Page 1

Majalah Kesehatan

Klinik Utama Quantum Sarana Medik, Denpasar

30 tahun

QUANTUM berkiprah

Volume 10 | Juli 2016

Layanan Tim Penjemput Sampel

tkan

Dukung Ketepatan Pengujian Laboratorium Quantum

dapa

25%

a harg gan saan n o t po merik pe lab.

Fungsi Labkes bagi Masyarakat

Penyakit Akibat Perubahan Iklim

Cerita MCU dari Konsulat Jenderal Australia di Renon, Denpasar


Keuntungan memiliki Platinum Card Laboratorium Quantum Sarana Medik Discount 10% untuk Pemeriksaan Laboratorium dan Biaya obat Discount 5% pada untuk layanan: »» Pemeriksaan Foto Rontgen »» Electrokardiografi (EKG) »» Echocardiography »» Treadmill test »» Ultrasonografi (USG) »» Audiometri Test Bebas biaya antar hasil pemeriksaan Bebas biaya konsultasi hasil pemeriksaan dokter umum Bebas biaya pe meriksaan vital sign: tekanan darah, nadi dll Konsultasi gratis sebelum dan sesudah Medical Check Up dengan dokter umum untuk pemeriksaan paket Health Care Seminar gratis yang diadakan oleh Quantum Sarana Medik Diskon di merchant-merchant khusus (lihat halaman 48)

MILIKI SEKARANG


‘Om Swastiastu, Kau semua yang disana angkat tinjumu Merambah dunia dengan meraih matahari satukan jiwa Kan ‘ku mainkan laguku dan teriakanlah suaramu Sekeras petir di angkasa pekakkan telinga dunia Sepenggal kutipan lirik tembang lama dari God Bless sangat tepat dinyanyikan saat memperingati 30 tahun kiprah PT. Quantum Sarana Medik tahun untuk mengangkat tinju merambah dunia. Tiga puluh tahun bukan waktu yang sebentar untuk bisa terus bertahan dan bersaing di era kerasnya persaingan global, terutama di dunia kesehatan. Dalam rentan waktu 30 tahun banyak sekali bermunculan klinik-klinik baru di Bali umumnya dan Denpasar khususnya, namun Klinik Utama Quantum tidak pernah lekang oleh waktu, terus berjaya mengikuti perkembangan dunia laboratorium dan memperbaiki kualitas layanan kepada masyarakat.

Tepat kiranya pada ulang tahun ketiga puluh ini Klinik yang makin dipercaya oleh berbagai kalangan mengusung tema “Dengan pengalaman dan semangat muda menjadikan Quantum lebih dinamis dan inovatif dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat” Pada kesempatan ini saya haturkan terima kasih kepada semua pihak, baik internal maupun eksternal yang telah mendukung Klinik Utama Quantum hingga mencapai titik mengagumkan ini. Om Shanti Shanti Om

Made Seriada, SE

Direktur PT. Quantum Sarana Medik FOLLOW US & BE STAY UPDATED quantumsaranamedik.com

@labquantum

quantum sarana medik

issuu.com/quantumsaranamedik

1


t n e t n o c Headline 4

DAMPAK REDUKSI LINGKUNGAN Dampak kesehatan manusia terkait perubahan iklim lingkungan seperti efek langsung panas, kenaikan permukaan laut, perubahan curah hujan yang mengakibatkan banjir dan kekeringan

14

RUANG BER-AC Ketahui Bahayanya Bagi para pekerja kantor, berada di dalam ruangan ber-AC adalah sesuatu yang sulit untuk dihindari, ketahui cara menghindari bahayanya.

34

LAB QUANTUM

Berbagai pemeriksaan laboratorium yang bisa dilakukan oleh Klinik Utama Quantum Sarana Medik

16

From us

Kegembiraan di acara ulang tahun Quantum #30

Perayaan ulang tahun merupakan suatu proses mengingatkan kembali awal mula keberadaan PT. Quantum Sarana Medik di tengah-tengah masyarakat

Q-Services

26

MCU Konsulat Jenderal Australia, Bali

Mendapat kepercayaan menangani pemeriksaan Medical Check Up Konsulat Jenderal Australia di Renon, Bali merupakan kepercayaan pihak asing kepada klinik Quantum.

cover Photo oleh: Wisnu Tanaya Model: Karyawan Lab Quantum Lokasi: Area perkir Quantum, Jl. Sesetan No. 20

2

Vol. 10 || Juli 2016


Quantum Health

Penasehat Komisaris Drs. Ketut Sumantra, MM, MSc Penanggung jawab Direktur Made Seriada, SE Pemimpin Redaksi Michel Hari Yudiprasongko, SE Sekretaris Putu Setya Sri Antary Marketing Indah Tri Handayani Distribusi Sulfi Sulissetyowati Keuangan Agung Ariyani, SE Konsultan Konten & Desain Mahmur Marganti

QUANTUM SARANA MEDIK Jl. Raya Sesetan 20, Denpasar-Bali t.: 0361-228835, f. 0361-245274 e.: tya.marketingquantum@gmail.com Iklan: komersil.quantum@gmail.com

Potong dan tunjukan voucher di bawah ini kepada kasir kami saat pemeriksaan untuk mendapatkan potongan harga

DISKON 25%

* berlaku hingga 31 Juli 2016

3


Headline

Dampak Reduksi Lingkungan

BAGI KESEHATAN

Konsumsi sumberdaya alam dan gaya hidup 7 miliar penduduk dunia saat ini telah melebihi kemampuan bumi untuk memulihkan diri secara alami dan menyangga kehidupan secara berkelanjutan. Saat ini dibutuhkan 1½ bumi untuk dapat menopang gaya hidup dan konsumsi manusia (WWF-Global Warming)

4

Vol. 10 || Juli 2016

Ambang batas ekologis atau kemampuan bumi menyediakan sumber daya untuk manusia harus dijadikan patokan dalam tindakan untuk ikut melestarikan sumber daya alam. Sumber daya bumi seperti keanekaragaman hayati dan jasa lingkungan adalah modal untuk memenuhi ketahanan pangan, air dan energi. Tanpa adanya


upaya untuk mengurangi konsumsi berlebih dan eksploitasi sumber daya alam, dengan populasi penduduk yang begitu besar dan terus meningkat akan menyebabkan kelangkaan sumber daya alam dan degradasi lingkungan. Kondisi ini akan turut mengancam kondisi kesehatan masyarakat bumi dari beberapa ancaman akibat ketidakseimbangan lingkungan. Untuk mengurangi dampak ekologis akibat aktivitas manusia, beberapa upaya untuk mengembangkan dan menerapkan upaya pengelolaan hutan, pertanian dan perikanan secara berkelanjutan harus terus dilakukan demi energi terbarukan dan mengurangi emisi karbon. Upaya mengurangi reduksi dampak lingkungan harus terus digalakkan agar setiap orang dapat berupaya untuk mengkonsumsi sumberdaya alam sesuai kemampuan planet Bumi untuk menopang kehidupan manusia. Selain itu perubahan iklim global juga jadi salah satu masalah kesehatan lingkungan dan masyarakat yang paling banyak dibicarakan. Dampak kesehatan manusia terkait perubahan iklim lingkungan seperti efek langsung panas, kenaikan permukaan laut, perubahan curah hujan yang mengakibatkan banjir dan kekeringan, badai dengan intensitas tinggi, kualitas udara terdegradasi dan meningkat akibat paparan polusi lingkungan beracun termasuk

polutan persisten organik, logam, dan pestisida. Pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana perubahan iklim secara langsung dan tidak langsung mengubah kesehatan manusia sangat penting untuk mengurangi atau mencegah penyakit dari dampak tersebut dan tentu memperkecil dampak kematian yang ditimbulkan. National Institutes of Health (NIH) di Amerika telah mempelajari dampak iklim global terhadap kesehatan manusia dalam sebuah perspektif kesehatan manusia tentang perubahan iklim. Dalam perspektif tersebut NIH menguraikan kategori konsekuensi dari perubahan iklim bagi kesehatan manusia. Beberapa penyakit yang ditimbulkan dari efek pemanasan global ini adalah asma dan penyakit pernapasan, kanker, penyakit kardiovaskular dan stroke, penyakit bawaan makanan dan gizi, efek perkembangan manusia, kesehatan mental dan gangguan yang berhubungan dengan stres, penyakit saraf, vectorborne dan penyakit zoonosis (infeksi yang ditularkan antara hewan vertebrata dan manusia atau sebaliknya), penyakit yang ditularkan melalui air, dan morbiditas terkait cuaca. Penyakit-penyakit diatas kini rawan menjadi penyebab kematian umat manusia di muka bumi selain kematian akibat bencana alam.

5


Headline

KELESTARIAN AIR

Sebanyak 70% permukaan bumi terdiri dari air. Namun saat ini diperkirakan hanya 0,3% air bersih dunia yang tersedia untuk menyuplai kebutuhan manusia dan 60% dari jumlah tersebut berasal dari 9 negara: Brasil, Rusia, Cina, Kanada, Indonesia, India, Kolumbia, Republik Demokratik Kongo, serta Amerika (WWF “Water Conflict – Myth or Reality� tahun 2012).

Krisis air bersih juga merupakan dampak dari perubahan iklim. Bila iklim di dunia tidak berjalan normal, kemarau panjang atau musim hujan yang tak kunjung usai akan menyebabkan aturan ekosistem tidak berjalan dengan baik. Sumber mata air bisa menjadi kering dan tercemar. Akibatnya kita akan kesulitan menemukan air bersih.

Dalam satu abad terakhir, penggunaan air bersih di dunia melonjak tajam karena pertambahan jumlah penduduk. Meningkatnya kebutuhan pertanian, energi, industri, sektor bisnis, dan rumah tangga memberikan tekanan yang mengancam ketersediaan air bersih.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga ketersediaan sumber air. Mulai dari halhal kecil yang bisa dilakukan sehari-hari, misalnya mematikan kran saat menggosok gigi, memilih mandi menggunakan shower dibanding gayung, atau memastikan telah menutup kran air dengan rapat. Tidak membuang sampah ke saluran air dan sungai juga salah satu cara menjaga sumber air.

Per hari, setiap orang membutuhkan 2-4 liter air untuk keseimbangan tubuh. Namun, setiap hari, diperkirakan 2 juta ton sampah rumah tangga dibuang ke air melalui berbagai saluran air, seperti sungai dan mengalir ke samudra. Sampah rumah tangga ini menyebabkan sumber air bersih berkurang.

6

Vol. 10 || Juli 2016

Menjaga kelestarian air berarti menjaga kehidupan kita. Ayo kita mulai dari sekarang untuk menjaga sumber mata air. Jangan sampai krisis mata air mendatangkan air mata bagi kita.


Penyakit Akibat Perubahan Iklim Suhu tinggi, udara terpolusi, gelombang panas, dan penyebaran penyakit infeksi merupakan masalah yang dialami manusia akibat perubahan iklim. Diperkirakan hingga tahun 2100 suhu bumi akan naik 4 hingga 7 derajat. “Kita tahu, bahwa gelombang panas bisa menyebabkan kematian ribuan orang, bahkan puluhan ribu”, kata Diarmid Campbell-Lendrum pemimpin tim peneliti perubahanan iklim dan kesehatan WHO. “Gelombang panas yang mencapai rekor, yang terjadi tahun 2003 di Eropa, menyebabkan korban meninggal sekitar 70.000 orang lebih banyak daripada yang biasanya terjadi pada musim ini.” Sebuah proyek yang saat ini sedang berjalan menganalisa risiko perubahan iklim di seluruh dunia bagi kesehatan manusia, mulai dari Bhutan hingga Kenya, dari Eropa Tengah sampai Eropa Timur. Suatu hal yang bisa jadi awal penyelesaian masalah adalah: instalasi yang memberikan peringatan. Sistem ini harus memberikan informasi bagi manusia, jika suhu di luar terlalu tinggi. Yang paling buruk adalah di beberapa bagian dunia suhu jadi begitu tinggi sehingga orang tidak mungkin lagi tinggal di sana. Dalam hal itu, tindakan cepat tidak cukup lagi, melainkan tindakan yang paling cepatlah yang diperlukan.

Berikut beberapa kasus penyakit yang kini telah terjangkit akibat perubahan perubahan iklim. Penyebaran penyakit infeksi Pemanasan bumi dan gelombang panas yang semakin sering terjadi menyebabkan penyakit infeksi semakin mudah meluas. “Salah satu penyakit infeksi yang paling berbahaya di seluruh dunia adalah Malaria. Penyakit ini merenggut nyawa sekitar 600.000 orang setiap tahun. Penyakit diare Akibat diare saja, sekitar 600.000 anak meninggal dunia”, menurut Campbell-Lendrum. “Suhu tinggi menyebabkan semakin mudahnya penyakit infeksi menyebar.” Dulu, penyakit-penyakit ini sebagian ditemukan di negara-negara tropis, sekarang jenis penyakit ini juga bisa ditemukan di Eropa. Polusi udara Menurut keterangan WHO, setiap tahunnya lebih dari tujuh juta orang meninggal akibat dampak polusi udara yang disebabkan penggunaan minyak bumi atau batu bara sebagai bahan bakar. “Kalau kami berhasil menggunakan energi yang lebih bersih dan sistem transportasi yang berkelanjutan, maka kami bisa mengurangi dampak atas iklim global.

7


Headline

Pasca Banjir Waspada Penyakit-Penyakit Ini Selain bahaya kekeringan, dampak lain yang mengancam kehidupan di bumi ini adalah Banjir. Banjir bukan saja perihal genangan air yang kemudian larut karena hujan berhenti dan genangan terbawa oleh arus aliran sungai yang ada. Perlu diperhatikan juga, pasca banjir banyak gangguan kesehatan yang bisa mengancam para

8

Vol. 10 || Juli 2016

korban banjir. Berikut beberapa penyakit pasca banjir yang patut diwaspadai. Penyakit Leptospirosis Penyakit Leptospirosis disebabkan oleh bakteri leptospira yang ditularkan ke manusia saat kulit kontak dengan air, tanah dan pembungkus


biasanya tiba-tiba panas, sakit kepala dan menggigil Penyakit Demam Berdarah Dengue dan Malaria Penyakit Demam Berdarah dengue dan Malaria adalah penyakit yang ditularkan oleh nyamuk pasca banjir. Karena pada musim hujan banyak sampah seperti kaleng bekas dan tempat-tempat tertentu terisi oleh air, dan terjadi genangan untuk beberapa waktu. Waspadai genangan air genangan air merupakan tempat berkembang biak nyamuk aedes aegypti yang menularkan penyakit demam berdarah. Penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) Pasca banjir jamur dapat tumbuh lebih cepat dan rentan menimbulkan masalah kesehatan. Paparan jamur yang berlebihan pasca banjir dapat menyebabkan ISPA, kambuhnya asma dan alergi. Gejala utama penyakit ini berupa batuk, nyeri dada dan lain-lain. Penyakit Diare dan Demam Typoi Penyakit ini bisa terjadi bila mengkonsumsi air atau makanan yang tercemar banjir. Pada saat banjir, sumber air minum banyak yang tercemar. Bahkan pengungsian pun dengab sarana serba terbatas termasuk ketersediaan air bersih menyebabkan terjadinya penyakit diare. Cucilah tangan Anda dengan sabun hingga bersih untuk antisipasi sehabis buang air atau saat akan makan.

makanan dan jamur yang tercemar urine tikus. Jika seseorang memilik luka, bisa jadi air banjir tercampur dengan kotoran/kencing tikus yang mengandung bakteri leptospira, maka akan berpotensi terinfeksi. Anda sebaiknya menggunakan pelindung kaki jika akan terjun ke daerah banjir. Gejala leptospira

Gangguan Emosional Banjir tidak hanya menimbulkan gangguan fisik tetapi juga gangguan psikis atau emosional yang tidak bisa diabaikan. Korban banjir rentan stres melihat air besar tergenang, kehilangan harta benda atau kerugian akibat beberapa barang terendam merupakan tekanan psikologis yang dihadapi, belum lagi kesedihan ketika banjir hingga merenggut nyawa.

9


Headline

Syarat Minimum Bagi Sebuah

TOILET UMUM Ketika membicarakan layanan publik sebuah kota, yang tergambar adalah layanan transportasi publik, pedestrian, taman kota, tempat parkir, maupun fasilitas untuk pengguna khusus (penyandang cacat, manula, wanita hamil dan anak-anak). Ini tidak salah, tetapi tidak cukup. Satu hal yang sangat vital dibutuhkan namun acapkali terlupakan untuk dibicarakan adalah fasilitas toilet. Sementara fasilitas toilet ini mutlak dibutuhkan untuk mengatasi permasalahan kebutuhan dasar manusia.

jembatan penyeberang di jalan protokol beberapa kota di Indonesia, tersebar aroma pesing menyengat.

Salah satu siklus yang selalu dialami setiap orang, selain makan dan minum adalah buang air besar (defecate) atau buang air kecil (urinate). Untuk memfasilitasi hal ini, ada kebutuhan akan tempat defecate/urinate berupa toilet. Ketika ada di rumah, kebutuhan ini bukan menjadi masalah serius, karena setiap rumah pasti ada fasilitas toilet. Mulai dari yang sederhana sampai yang super mewah dengan harga jutaan, dibangun untuk menyalurkan kebutuhan ini.

Bandingkan dengan sejumlah kota besar seperti di Hongkong atau Singapura. Walikota ke dua kota tersebut merasa bertanggung jawab untuk menyediakan toilet umum di sejumlah lokasi tempat berkumpul atau beraktivitasnya masyarakat di ruang terbuka. Mereka paham betul pentingnya toilet umum bersih untuk memenuhi kebutuhan warga maupun turis asing.

Namun bagaimana jika keinginan defecate/urinate itu muncul ketika kita sedang di jalan, di taman, atau di ruang terbuka? Kemana harus defecating/ urinating? Permasalahan ini menjadi serius – bahkan bagi sebagian orang akan sangat serius – untuk segera menyalurkan “keinginan mendesak� tersebut. Tidak aneh apabila dibeberapa lokasi

10

Vol. 10 || Juli 2016

Defecate/urinate sembarangan memang tindakan yang kurang berbudaya. Namun menyalahkan warga yang buat hajat sembarangan, juga tidak fair karena memang tidak tersedia fasilitas toilet umum. Toilet umum agaknya belum menjadi layanan publik yang harus disediakan di kota-kota besar Indonesia.

Tidak hanya itu, kalau kita amati map (peta) ke dua kota tersebut dalam legenda peta, terdapat petunjuk lokasi dimana saja tersedia rest area dalam kota. Artinya bahwa di kedua kota tersebut, rest area sudah menjadi kebutuhan warga. Dengan begitu informasi lokasi ketersediaan toilet umum masuk dalam legenda sebuah peta kota. Syarat Toilet Umum


Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam laporannya menyebutkan bahwa sebanyak 2,6 miliar orang di dunia ini tidak memiliki akses sanitasi yang layak, termasuk tidak terpenuhinya akses defecate/ urinate pada tempatnya. Tidak tersedianya toilet umum di tempat terbuka, juga akan menambah daftar buruk akses sanitasi. Ketersediaan publik toilet memang mutlak dibutuhkan. Namun menyediakan begitu saja tanpa memperhatikan hal-hal penting juga akan berdampak buruk. Tidak saja akan sia-sia keberadaanya, justru merusak pemandangan, sumber penyakit dan bau.

Toilet umum tak hanya berarti tempat defecate/ urinate saja, tetapi juga menyangkut beberapa aspek lain, yakni; aspek kemudahan pengguna, aspek kesehatan, aspek pemeliharaan, aspek lingkungan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengadaan sebuah toilet umum. Pertama, ketersediaan akses toilet umum. Selain ada toilet umum, hal yang juga tidak kalah penting adalah keberadaan toilet umum tersebut terinformasi kepada masyarakat luas, baik dalam bentuk penunjuk arah dan penandaan. Letak toilet umum tidak harus persis di pinggir jalan protokol, ini

London adalah kota yang pertama kali memiliki toilet umum. Sistem sanitasi dan penyediaan sarana lengkap banyak di temui di tempat umum di London.

11


Headline

justru akan mengganggu. Namun keberadaanya harus terinformasi dengan jelas. Penandaan atau penunjuk arah menjadi penting dalam hal ini.

toilet umum dengan kondisi yang lebih baik. sebaiknya hal-hal berikut Anda perhatikan sebelum menggunakan toilet umum

Kedua, desain toilet umum. Berbeda dengan toilet pribadi di rumah, dimana pengguna toilet hanya orang tertentu, pengguna toilet umum adalah masyarakat yang selalu berganti-ganti. Direkomendasikan seminim mungkin ada sentuhan tangan. Misalnya keran air secara otmatis, desain pintu utama model letter L, U atau S. Menghindari banyak sentuhan, efektif untuk mencegah masuknya kuman penyakit.

Cukup air bersih Air bersih yang cukup mengalir adalah syarat sebuah toilet disebut sehat. Jika tidak, maka sebaiknya Anda cari toilet lain saja.

Ketiga, pengelolaan toilet umum. Jamak ditemui toilet umum yang justru bau, jorok dan mempengaruhi psikologis pemakai. Untuk itu dibutuhkan perawatan dan pembersihan yang dilakukan secara berkala, dikerjakan oleh tenaga yang terlatih, serta menghindari penggunaan bahan kimia secara berlebihan dalam proses pembersihan untuk mencegah pencemaran lingkungan dan efek kesehatan bagi manusia. Keempat, charging (bebayar). Idealnya publik toilet tidak dikenakan biaya, karena ini bagian dari layanan publik sebuah kota. Kendati demikian, bila harus dikenakan biaya, prinsipnya adalah full cost recovery, yaitu sebagai pemulihan biaya pengadaan dan perawatan. Bukan malah dianggap sebagai revenue center, untuk mengeruk keuntungan dan sumber pendapatan. Sementara bagi Anda calon pengguna toilet umum, beberapa hal berikut harus Anda perhatikan sebelum menggunakan toilet umum, tentu jika kebutuhan hajat masih bisa ditahan memilih

12

Vol. 10 || Juli 2016

Cukup Udara dan cahaya Ventilasi udara yang cukup akan membawa aroma tak sedap keluar dari toilet. Selain itu pencahayaan juga dibutuhkan agar toilet mudah dibersihkan serta tak lembab dan gelap. Beberapa toilet umum biasanya memasang exhaust fan untuk memenuhi kebutuhan udara agar tidak lembab sebab tempat lembab akan jadi rumah nyaman untuk bakteri. Tempat sampah Sebuah tempat sampah sebaiknya ada di bagian dalam, atau luar toilet. Ini penting bagi sarana kebersihan, terutama untuk membuang tisu atau pembalut wanita. Wastafel Usai buang hajat, tangan harus dibersihkan dengan sabun hingga bersih dan bebas kuman. Karena itu sebuah tempat cuci tangan harus disediakan agar penyebaran kuman penyakit terputus. Fasilitas lansia dan difabel Sebuah pegangan untuk tangan di dalam toilet selayaknya ada, untuk membantu lansia dan difabel atau anak-anak. Toilet yang baik akan memperhatikan kepentingan semua pengguna, tak hanya orang normal saja.


BAHAYA ASAP KNALPOT Mengapa Anda harus sebisa mungkin melindungi diri dari menghisap asap knalpot? Karena gas karbon monoksida (CO) yg dihasilkan dari asap kendaraan bermotor dapat membuat orang yang menghirup sampai meninggal.

Dalam asap kendaraan bermotor terdapat sekitar 1.000 unsur beracun. Gas buang dari kendaraan bermotor ini tidak hanya memicu penyakit fisik tapi juga memicu penyakit mental, yaitu sifat agresif dan gelisah. Menurut pengamatan Pusat Penelitian Masalah Perkotaan dan Lingkungan (PPMPL) DKI, dari sekian banyak knalpot, berhamburan zat beracun berupa CO (karbon monoksida). Kadar CO yang terhirup akan memasuki tubuh melalui paruparu dan akan bersenyawa dengan hemoglobin (Hb) membentuk COHb. Hemoglobin sendiri berfungsi sebagai pembawa oksigen ke sekujur tubuh. Kemampuan hemoglobin untuk mengikat CO adalah 200 hingga 300 kali lebih besar dibanding

dengan kemampuannya mengikat oksigen. Akibatnya, oksigen di dalam darah berkurang sehingga membuat orang merasa pusing, pingsan bahkan bisa juga meninggal dunia. Semakin banyak CO yang terkandung dalam darah semakin besar ancamannya terhadap kesehatan. WHO memperkirakan setiap tahun polusi udara menyebabkan 800.000 kematian di seluruh dunia, kanker paru merupakan penyebab kematian tertinggi. Hampir 90% pengidap kanker paru tidak bisa diselamatkan, karena setelah akut kanker dengan mudah menyebar ke jaringan tubuh seperti hati, tulang belakang, dan otak melalui pembuluh darah. Kanker paru telah membunuh lebih dari sejuta orang setiap tahunnya.

13


Headline

Menghabiskan Waktu di Ruangan Ber-AC Bagi para pekerja kantor, berada di dalam ruangan ber-AC adalah sesuatu yang sulit untuk dihindari. Padahal ruangan ber-AC dapat memicu sejumlah masalah kesehatan, Flu salah satunya. Flu merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus. Banyak yang mengira bahwa flu adalah penyakit biasa dan mudah ditangani seperti pilek atau batuk. Namun, tahukah Anda penyebab flu adalah virus yang berbeda? Perlu diketahui bahwa flu berbeda dengan pilek. Memang keduanya sama-sama disebabkan oleh virus. Pilek memiliki gejala yang lebih ringan dan mungkin akan mereda dalam beberapa hari saja. Namun flu dapat membuat seseorang kurang sehat dalam waktu yang cukup lama. Flu adalah penyakit menular yang umum terjadi. Ada beberapa cara penularan virus flu ini. Antara lain dapat melalui kontak langsung dengan cairan atau lendir pada orang yang terkena flu. Seperti

14

Vol. 10 || Juli 2016

melalui berbagi peralatan makan, bersentuhan, atau penciuman. Selain itu juga dapat melalui pernapasan. Hal ini biasanya terjadi ketika orang yang menderita flu, batuk atau bersin sehingga menimbulkan partikel halus yang melayang di udara (aerosol) yang mengandung virus. Bukan hanya melalui pernapasan, melalui benda mati virus flu juga dapat menyebar seperti gagang pintu, keyboard, telepon, remote TV, dan lain-lain. Benda-benda tersebut dapat menularkan flu karena sebelumnya telah tercemar virus flu. Kondisi ini dapat diperparah apabila banyak kontak dengan orang dibanyak tempat serta kontak langsung dengan penderita flu. Ruangan ber-AC Membuat Virus ‘Bergerilya’ Apakah setelah menghindari cara penularan di atas lantas membuat virus flu tidak dapat menyerang kita? Belum tentu. Beberapa kondisi juga bisa memicu penularan virus. Salah satunya adalah


dalam ruangan ber-AC baik di rumah atau kantor. Sudah banyak perusahaan menggunakan ruangan kerja karyawannya dengan dilengkapi AC. Kondisi yang panas menjadikan AC sebagai penolong rasa pengap saat bekerja. Tapi. AC inilah yang dapat menularkan flu. Bagaimana bisa? Wabah flu biasanya terjadi pada bulan-bulan musim dingin. Ini dikarenakan pada kondisi tersebut virus dapat bertahan hidup, ini sama dengan AC. AC sendiri adalah bertujuan untuk menciptakan udara dingin dalam ruangan. Tapi pada kondisi ini virus, termasuk virus flu, akan dapat bertahan hidup. Memang, dengan berlama-lama beraktivitas dalam ruangan ber-AC bukan menjadi penyebab utama, tapi dapat memperberat flu yang terjadi. Daya Tahan Tubuh Melemah Kondisi tubuh juga dapat mempengaruhi seseorang terkena atau bebas dari flu. Apabila memiliki kondisi tubuh yang fit dan prima, maka virus akan kesulitan untuk menyerang tubuh. Namun apabila kondisi daya tahan tubuh melemah maka dengan mudah virus flu akan masuk dalam tubuh dan menyerang manusia. Di sinilah peran penting dari vitamin. Salah satu penyebab daya tahan tubuh lemah adalah karena kekurangan vitamin. Meski tidak harus dalam komposisi besar, peran vitamin sangat penting menjaga tubuh berfungsi secara maksimal. Tangkal Flu dengan Kekebalan Tubuh

Meningkatkan

adalah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, antara lain; 1. Pola makan Terutama dengan mengkonsumsi makananmakanan yang mengandung antioksidan tinggi seperti sayuran atau buah-buahan. Antioksidan akan membantu melindungi sel-sel Anda dari radikal bebas. 2. Rutin berolahraga Sibuk dengan pekerjaan bukan alasan untuk tidak berolahraga. Karena olahraga adalah salah satu cara paling sederhana untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Usahakan untuk rutin berolahraga 3-4 kali dalam seminggu. 3. Istirahat yang cukup Jika tidur Anda kurang maka tubuh tidak akan memiliki daya untuk melawan virus flu. Sebaiknya istirahat (tidur) setidaknya 7-8 jam setiap malam. 4. Asupan Vitamin Apabila asupan nutrisi harian Anda kurang mencukupi jika hanya dari makanan, Anda dapat menambahkannya melalui suplementasi. Suplementasi vitamin dapat membantu tubuh Anda mendapatkan kebutuhan vitamin yang cukup untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Sistem

Telah diketahui apa penyebab serta cara penularan flu. Cara terbaiknya kini adalah dengan mencegah agar flu tidak mudah menyerang tubuh kita serta tidak harus menghindari orang yang mengalami flu. Karena disebabkan oleh virus, maka cara jitu

Dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat dan bergizi dapat menjaga tubuh tetap terasupi nutrisi-nutrisi penting seperti vitamin dan mineral. Apabila kebutuhan vitamin tubuh tercukupi maka sistem kekebalan tubuh akan tetap terjaga dan Anda tetap dapat bekerja dengan semangat.

15


From us

30

TAHUN QUANTUM BERKIPRAH

Lebih dinamis dan inovatif melayani masyarakat

Tiga puluh tahun berkiprah dalam dunia kesehatan telah mengantarkan Quantum Sarana Medik menjadi laboratorium paling lengkap, paling maju dan paling baik layanannya bagi masyarakat di seantero Bali, Denpasar khususnya. Perayaan ulang tahun merupakan suatu proses mengingatkan kembali awal mula keberadaan PT. Quantum Sarana Medik di tengah-tengah masyarakat. 30 tahun PT. Quantum Sarana Medik merupakan waktu yang sangat matang untuk memantapkan posisi sebagai diagnostic centre pilihan utama masyarakat. Untuk itu perlu dibuat suatu perayaan sebagai bentuk menegaskan kembali eksistensi perusahaan di tengah-tengah masyarakat. Rangkaian kegiatan yang melibatkan seluruh keluarga besar PT. Quantum Sarana Medik baik karyawan dan keluarga maupun seluruh pihak pelanggan eksternal PT. Quantum Sarana Medik dimaksudkan untuk menggemakan eksistensi PT. Quantum Sarana Medik yang semakin populer di kalangan masyarakat Bali. Dengan melibatkan karyawan menduduki posisi panitia rangkaian acara ulang tahun dan anggaran yang tidak kecil, perayaan ulang tahun ini tentu memiliki berbagai tujuan: • Sebagai bentuk evaluasi diri. • Untuk lebih mendekatkan diri dengan para pelanggan yang telah dengan setia menunjukkan dukungannya terhadap keberadaan PT. Quantum Sarana Medik selama ini.

16

Vol. 10 || Juli 2016

• Untuk mempererat ikatan persaudaraan keluarga besar PT. Quantum Sarana Medik agar menumbuhkan semangat kerja team yang solid sehingga berdampak positif bagi kemajuan Perusahaan. • Sebagai media Promosi untuk lebih memperkenalkan PT. Quantum Sarana Medik kepada masyarakat luas. Dengan semakin banyaknya pasien yang terlayani dengan baik selama 30 tahun berkiprah, tepat rasanya jika ulang tahun kali ini mengambil tema: DENGAN PENGALAMAN DAN SEMANGAT MUDA MENJADIKAN QUANTUM LEBIH DINAMIS DAN INOVATIF DALAM PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT” Tema ini tentu diambil bukan tanpa maksud dan tujuan. Tujuan dari tema ini adalah ingin menjadikan perayaan HUT ke-30 PT. Quantum Sarana Medik sebagai momentum yang menunjukkan bahwa dengan pengalaman puluhan tahun dan dukungan generasi muda Quantum yang dinamis dan penuh semangat bekerja serta memiliki kemauan mengembangkan potensi diri, ingin menjadikan PT.Quantum Sarana Medik sebagai perusahaan yang selalu berinovasi dalam peningkatan kualitas


pelayanan bagi masyarakat. Tidak kalah penting dari perayaan ulang tahun ini adalah ajang berbagi kegembiraan dan rasa syukur kepada seluruh pihak yang telah mendukung kemajuan dan kesuksesan Perusahaan. Berikut rangakaian acara ulang tahun ke-30 PT. Quantum Sarana Medik. SEMBAHYANG BERSAMA Bertempat di Pura Kerta Kawat, Pura Pemuteran, Pura Pulaki, dan Pura Melanting, di Kabupaten Buleleng. Acara Sembahyang bersama dilaksanakan hari Minggu, 3 April 2016. Sembahyang bersama ini dilaksanakan sebagai rasa sujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia dan kemudahan yang telah diberikan selama ini kepada perusahaan, sekaligus memohon supaya rangkaian kegiatan HUT perusahaan yang akan dilaksanakan dapat berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan.

17


From us JALAN SEHAT, PERLOMBAAN, DONOR DARAH, PROMOSI KESEHATAN Acara bermula dari lokasi klinik Quantum Sarana Medik. Pelaksanaan acara ini hari Minggu tanggal 10 April 2016. Berbagai tujuan yang ingin dicapai pada pelaksaan berbagai kegiatan ini adalah untuk menunjukkan eksistensi perusahaan di tengah-tengah masyarakat, khususnya di wilayah Kelurahan/Desa Sesetan, sekaligus sebagai ajang mempromosikan layanan kesehatan yang dimiliki Perusahaan kepada masyarakat. Selain itu beberapa acara ini juga bertujuan sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap kegiatan kemanusiaan selain untuk meningkatkan kerjasama dan soliditas antar karyawan. Pelaksanaan jalan sehat mengambil start dari halaman depan Klinik Utama Quantum mengitari lingkungan sekitar, yang menempuh jarak Âą 2.1 km. Disamping itu, di waktu yang bersamaan juga digelar Senam Lansia di halaman depan Klinik Utama Quantum, dimana peserta yang hadir adalah perwakilan Lansia dari Kelurahan Desa Sesetan sebanyak 32 orang. Bertindak selaku instruktur dari senam tersebut adalah dr. A.A.I. Mira Yudiani. Setelah itu, juga dilakukan pemeriksaan kesehatan gratis bagi para lansia seperti pemeriksaan gula darah, pengukuran tensi dan konsultasi kesehatan Kemudian setelah melakukan jalan sehat para peserta yang mayoritas merupakan karyawan PT. Quantum Sarana Medik melaksanakan berbagai macam perlombaan yang telah disiapkan oleh panitia. Karyawan dari masing-masing departemen diharuskan untuk menunjuk perwakilan untuk mengikuti perlombaan tersebut. Perlombaan yang diadakan kali ini meliputi perlombaan: gebug bantal, lomba mengeluarkan bola, lomba mengumpulkan koin dari semangka, dan lomba menghabiskan roti pedas. Acara dilanjutkan dengan aktifitas donor darah bekerja-sama dengan PMI Bali. Sebanyak 25 karyawan Klinik Quantum turut dalam donor darah ini termasuk Bapak Direktur juga ikut mendonorkan darahnya.

18 18

Vol. 10 || Juli 2016


LOMBA FOTO SELFIE Lomba yang dimaksudkan sebagai ajang penyebarluasan brand Klinik Quantum di kalangan netizen dilaksanakan mulai tanggal 1 Februari sampai tanggal 29 Februari 2016. Peserta diwajibkan untuk foto selfie di lingkungan Klinik Quantum dan menyebutkan hal yang mereka rasakan tentang keunggulan layanan Klinik Quantum untuk kemudian mereka sebarkan melalui akun peserta di sosial media seperti Twitter, Facebook, dan Instagram. Penentuan pemenang dari lomba ini adalah penilaian dari segi pengambilan foto, komentar yang paling menarik, serta banyaknya orang-orang atau teman-teman dari peserta yang melihat, atau mengomentari foto tersebut. Diharapkan dari kegiatan ini, brand Quantum sebagai diagnostic centre bisa lebih dikenal masyarakat sebab penyebaran melalui media sosial terbukti sangat efektif. Perlombaan kali ini diikuti oleh 18 peserta yang kesemuanya merupakan pelanggan dari klinik utama Quantum. Kemudian yang berhasil menjadi juara pada lomba kali ini adalah: A.A.I Shintia Dewi sebagai juara ke- III, Rosalina A.D.P sebagai juara ke-II, serta untuk Juara I diraih oleh A.A.Gd. Ananda Sadhaka.

19


From us

SEMINAR ILMIAH Untuk menunjukkan kepada stakeholder di pelayanan kesehatan maupun customer bahwa perusahaan tidak hanya menjalankan bisnis semata tetapi ikut berpartisipasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan di bidang kesehatan/kedokteran, sehingga menimbulkan kesan ke publik bahwa Perusahaan benar-benar up to date di bidang ilmu kesehatan/kedokteran dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, salah satu rangkaian aktifitas ulang tahun ke-30 Klinik Quantum adalah dengan menyelenggarakan Seminar Ilmiah. Mengambil tema “Peran Tenaga Medis dalam Pencegahan dan Pendeteksian Demam Berdarah dan Demam Typhoid�, seminar dilaksanakan pada tanggal 16 april 2016 di Hotel Inna Bali. Pembicara yang hadir dalam seminar tersebut merupakan dokter spesialis penyakit dalam, spesialis patologi klinik dan spesialis mikrobiologi

20 20

Vol. 10 || Juli 2016

yang terkemuka di Bali, diantaranya: dr. Made Susila Utama, Sp. PD, dr Tjok Gede Oka, Sp.PK, serta DR. dr. Ida Sri Iswari.,Sp.M. Seminar Ilmiah ini dimoderatori oleh dr. I.G.A. Diah Sawitri, M.Biomed. FS yang juga merupakan Manajer Pemeriksaan dari Klinik Utama Quantum. Seminar ilmiah ini dibuka oleh Direktur PT. Quantum Sarana Medik Bpk. Made Seriada, SE Dalam Seminar Ilmiah kali ini PT. Quantum Sarana Medik bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Denpasar dan Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (Patelki) Cabang Denpasar sebagai organisasi induk dari profesi dokter dan tenaga analis kesehatan. Secara garis besar seminar ini membahas penyakit demam berdarah (DB) dan demam thypoid, sehingga dapat memberikan pertimbangan yang akurat dalam penanganan pasien, agar tenaga medis dapat memutuskan apakah pasien perlu mendapatkan rawat inap atau cukup dengan rawat jalan. Seminar dihadiri oleh 177 peserta dari berbagai profesi kedokteran


21


From us

ACARA PUNCAK Akhirnya sampai pada acara puncak pelaksanaan ulang tahun Quantum Sarana Medik yang diselenggarakan di Aston Bali Hotel hari Minggu tanggal 24 April 2016.

bagi karyawan yang telah berprestasi dan loyal pada perusahaan juga untuk mempromosikan Perusahaan kepada para tamu undangan dan kepada publik.

Acara puncak yang dihadiri oleh seluruh karyawan PT. Quantum Sarana Medik ini salah satunya adalah sebagai wujud nyata Perusahaan dalam menyapa langsung para pihak yang telah berkontribusi bagi kemajuan perusahaan, memberikan penghargaan

Acara yang berlangsung meriah dan sangat menghibur ini ditutup oleh pertunjukan Bondres dari Group Celekontong Mas yang diiringi tetabuhan oleh Sanggar Sunari Sesetan, tentu tak lupa pembagian doorprize bagi karyawan.

22 22

Vol. 10 || Juli 2016


SUSUNAN PANITIA : Pembina : Drs. Ketut Sumantra, MSc, MM, Penanggung Jawab : Made Seriada, SE Pembimbing : Seluruh Manager, Ketua Pelaksana : Ketut Hendra Darmawan, SH Wakil Ketua : Putu Alit Wardana, A.Md.AK, Sekretaris : Made Adi Sumanjaya, S.Farm.Apt. Bendahara : A.A. Istri Indrayani, SE, Koordinator Sie. Penggalian Dana : Putu Eka Sastra Dewi,SE, Koordinator Sie. Perlengkapan : Gede Dicky Suryadi, SE Koordinator Sie. Konsumsi : Kadek Dwi Jatiryani, S.Kep Koordinator Sie. Publikasi & Dokumentasi : Gede Abdi Krisna Guna, SE Koordinator Sie. Rohani : Dewa Made Puja, A.Md.Rad Koordinator Acara Jalan Sehat & Promkes : S. K Yudhistira, A.Md.AK Koordinator Acara Seminar Ilmiah : Ira Yuly Wulandari, S.Si

23


From us

24 24

Vol. 10 || Juli 2016


25


Q-Services

Medical Check Up

Konsulat Jenderal Australia, Bali

(foto: dfat.gov.au/)

Diberi kepercayaan melaksanakan Medical Check Up (MCU) berbagai perusahaan dan instansi di Bali sudah menjadi hal biasa yang diemban Klinik Quantum Sarana Medik. Setelah hampir seluruh Kapolsek dan Kapolda, Angkasa Pura II Bandara i Gusti Ngurah Rai, juga banyak instansi pemerintah lain, kali ini Klinik Quantum dipercaya melakukan Medical Check Up seluruh karyawan, baik karyawan lokal maupun ekspatriat Konsulat Jenderal Australia di Bali. MCU dilaksanakan di kantor Konsulat Jendral Australia di Renon. MCU berjalan lancar, komunikasi antara pihak Klinik Quantum Sarana Medik dengan para karyawan Konsulat Jendral Australia sangat baik dan lancar.

26 26

Vol. 10 || Juli 2016


Lokasi pemeriksaan yang telah disediakan di dalam lingkungan Konsulat pun sangat rapih dan bersih, para dokter dan staf Klinik Quantum merasa sangat nyaman dengan keramahtamahan seluruh karyawan di lingkungan Konsulat Jenderal Australia.

Kelengkapan alat, ketepatan dan kecepatan dalam mengambil sampel untuk diproses juga keramahan para dokter dan staf Klinik Quantum yang dikirim ke Konsulat membuat para keryawan Konsulat merasa puas dan ingin melakukan MCU berikut dengan Klinik Quantum Sarana Medik. 27


Q-Services

PEMERIKSAAN MIKROBIOLOGI

Pengetahuan Tentang Fungsi dan Alur Pemeriksaan Laboratorium

Pemeriksaan mikrobiologi adalah satu pemeriksaan yang sangat penting dalam menunjang diagnosis serta terapi penyakit infeksi terutama dalam penanganan infeksi Nosokomial. Diagnosis laboratorium penyakit infeksi dimulai saat pengambilan spesimen. Klinik Quantum memilik armada tim pengambilan spesimen yang cekatan dan sigap dalam penanganan spesimen. Armada motor dan mobil yang dilengkapi dengan alat-alat penunjang untuk menjaga agar spesimen sampai ke Klinik Utama Quantum Sarana Medik dalam keadaan layak uji menjadi dukungan penting untuk memperoleh hasil pengujian yang akurat.

28 28

Vol. 10 || Juli 2016

Untuk spesimen yang diambil dari luar Klinik Quantum, setelah spesimen sampai di Klinik Utama Quantum, peran analist merupakan kunci keberhasilan pemeriksaan laboratorium, karena pengumpulan dan pengambilan spesimen sangat tergantung cara, waktu, jumlah, serta metode pengirimannya. Spesimen yang dapat dikirim ke laboratorium untuk diisolasi dan diidentifikasi contohnya adalah darah, urine, tinja, sputum dan nanah dari luka atau luka operasi. Pengetahuan tentang jalannya penyakit dan pengamatan terhadap gejala penyakit membantu menentukan kapan spesimen harus diambil. Spesimen yang dipilih dan dikirim ke


laboratorium untuk dibiakkan , mengandung kuman hidup yang patogen. Setiap spesimen harus dipandang sebagai sumber penyakit bagi yang menanganinya. Macam-macam sampel pengambilannya :

yang

dapat

diambil

dan

cara

−− −− −−

lebih baik sebelum pengobatan antimikroba dimulai Diambil pagi hari Tidak tercampur urin Tidak terpapar udara dalam wadah tanpa penutup

Feses Cara pengambilan: Berikan kepada pasien 2 batang kayu dan penampungan yang sesuai dengan tutup yang anti bocor, misalnya : gelas kaca yang bersih, wadah tertutup ulir, dll.

Tujuan pemeriksaan spesimen −− Trofozoit motil −− Vibrio cholerae dan Campylobacter spp −− Eritrosit, debris seluler atau kelebihan lemak −− Protozoa entamoeba histolytica, entamoeba coli, entamoeba hartmanii, endolimax nanus, iodamoeba butschlil, dientamoeba fragilis, giardia intestinalis, trichomonas hominis, chilomastix mesnili, balantidium coli

Instruksikan pada pasien untuk mengumpulkan spesimen tinja pada sepotong tissue atau koran bekas dan memindahkannya ke wadah dengan 2 batang kayu tersebut. Syarat-syaratnya : −− Banyak spesimen minimal 5 gr/100gr −− Dalam waktu 2 jam setelah pengumpulan harus dikirim ke laboratorium kurang dari 2 jam −− Diambil dalam tahap awal penyakit diare,

Darah Cara pengambilan: Darah kapiler, tusukkan lanset pada jari tangan ke-3 atau ke-4, cuping telinga, tumit (pada bayi) tempelkan ujung tabung kapiler, biarkan terisi hingga ¾ tabung. Darah vena, dengan metode vena punksi lalu memasukkan darah

29


Q-Services −− −− −− −−

2-5 ml untuk (anak) 1-2 ml (bayi & neonatus) Terdapat dalam tabung yang mengandung antikoagulan steril Suhu 35 derajat celcius

Tujuan pemeriksaan spesimen: −− Estimasi Hb, fraksi volume eritrosit, konsentrasi jumlah eritrosit, jumlah leukosit, jumlah retikulosit, jumlah jenis leukosit, trombosit −− Mengukur masa perdarahan −− Pemeriksaan retraksi bekuan, masa lisis bekuan −− Uji sel sabit Sputum Cara pengambilan : Pasien bernapas dalam, lalu membatukkan dengan kuat dan menampung air liurnya didalam wadah. Jika spesimen akan dikultur bakterinya. Syarat-syaratnya : −− Diambil pada pagi hari sehabis bangun tidur −− Saliva yang encer dan berbusa serta sekret hidung dan faring tidak sesuai dipakai untuk sampel

tersebut kedalam tabung reaksi yang berisi larutan garam dikalium EDTA. Syarat-syaratnya : −− Diambil sebelum pemberian antibiotik −− Saat pasien diperkirakan menggigil atau suhunya naik −− 10 ml tiap pungsi vena (dewasa)

30 30

Vol. 10 || Juli 2016

Tujuan pemeriksaan spesimen: −− Bakteri : BTA gr (+) atau gr (–) −− Jamur −− Actinomycetes −− Parasit : telur trematoda paru dan sangat jarang, telur skistosoma dan cacing dewasa à Mammomonogamus laryngeus. (*)


masyarakat Klinik Quantum, telah dan terus menjaga mutu agar dapat memberikan hasil pemeriksaan laboratorium yang tepat, teliti, benar, dapat dipercaya dan memuaskan pasien baik yang datang perseorangan maupun korporat yang banyak ditangani oleh Klinik Quantum.

PERAN LABKESMAS QUANTUM Dalam Upaya Peningkatan Kesehatan Masyarakat

Laboratorium Kesehatan merupakan salah satu sarana kesehatan yang diharapkan mampu memberikan pelayanan terbaik terhadap kebutuhan individu dan masyarakat, edisi ini Majalah Quantum Health berkesempatan mewawancarai penanggung jawab laboratorium kesehatan masyarakat Drs. Gde Rimaya, DMM. Laboratorium Kesehatan adalah sarana kesehatan yang melaksanakan pengukuran, penetapan dan pengujian terhadap bahan yang berasal dari manusia atau bahan bukan berasal dari manusia untuk penentuan jenis penyakit, kondisi kesehatan atau faktor yang dapat berpengaruh pada kesehatan peroarangan dan masyarakat.

Dalam penatalaksanaan penyakit secara umum kita mengenal proses penanganan pasien yang diawali dengan : anamnesa pasien dan pemeriksaan fisik. Dalam kasus ringan mungkin dokter atau pengguna jasa lain dapat segera menentukan diagnosa sehingga langsung dapat memberikan terapi. Namun pada kasus-kasus yang lebih serius, pemeriksaan laboratorium menjadi sangat dibutuhkan dalam penentuan diagnosa, prediksi, terapi dan pemantauan suatu penyakit. Maka sebagai konsekuensi, hasil pemeriksaan laboratorium yang berkualitas/ bermutu sangat diperlukan oleh dokter atau pengguna jasa lainnya agar diagnosa dapat ditegakkan dan terapi yang diberikan menjadi lebih tepat dan efisien.

Sebagai bagian yang integral dari pelayanan kesehatan, pelayanan laboratorium sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan berbagai Produk Laboratorium Kesehatan program dan upaya kesehatan, dan dimanfaatkan untuk keperluan penegakan diagnosis, pemberian pengobatan dan evaluasi hasil Laboratorium kesehatan pengobatan serta pengambilan keputusan lainnya. Oleh karena itu merupakan sarana pelayanan jasa mutu pelayanan laboratorium kesehatan, laboratorium kesehatan

31


Q-Services yang menghasilkan produk berupa sekumpulan data yang akan digunakan sebagai bahan informasi bagi pihak tertentu dalam upaya mendukung dan penegakan diagnosis, evaluasi terhadap proses pengobatan, informasi terhadap adanya suatu kasus di masyarakat dan lain sebagainya. Sebagai sebuah sarana kesehatan yang menghasilkan data yang akan digunakan sebagai bahan pengambilan keputusan dan tindakan bagi pengguna jasa tersebut maka kehandalan hasil pemeriksaan tersebut sangat diutamakan. Hasil pemeriksaan dikatakan handal jika hasil pemeriksaan tersebut memenuhi syarat ketelitian, ketepatan hasil pemeriksaan, memiliki sensitivitas dan spesifisitas metode yang tinggi. Apabila hasil pemeriksaan laboratorium yang dikeluarkan oleh laboratorium tersebut handal menunjukkan laboratorium tersebut memiliki kualitas yang baik, dan untuk menunjang kualitas Laboratorium kesehatan tersebut maka 3 (tiga) faktor utama yang perlu diperhatikan, yaitu : Manajemen, Sumber Daya Manusia, dan Sarana Alat & Reagensia. Sampai saat ini sarana laboratorium kesehatan Klinik Quantum terus memberikan pelayanan laboratorium klinik disamping untuk mendeteksi adanya penyakit-penyakit infeksi yang mungkin diderita oleh pasien seperti penyakit yang disebabkan oleh berbagai kuman atau bakteri, virus dan parasit/jamur serta mikroorganisme lainnya. Untuk menjamin agar hasil pemeriksaan di laboratorium klinik Quantum ini berkualitas baik, yaitu memiliki ketelitian dan ketepatan yang tinggi maka seluruh kegiatan dilaboratorium mulai dari kegiatan pra analitik (Persiapan pasien, Pengambilan dan Penampungan spesimen,

32 32

Vol. 10 || Juli 2016

Penanganan spesimen, Pengiriman specimen, serta Pengolahan dan Penyimpanan specimen), analitik (Pemeriksaan spesimen, Pemeliharaan dan Kalibrasi alat, Uji kualitas Reagen, Uji Ketelitian, dan Uji Ketepatan), pasca analitik (pencatatan dan pelaporan hasil pemeriksaan) harus terkontrol dengan baik dan benar, dan jika ini dilakukan oleh laboratorium maka umumnya jarang dijumpai adanya keluhan bagi pengguna jasa Klinik Quantum. Kimia Air Kimia Air itu gunanya mencegah, pembuangan limbah yang bisa mencemari perairan di sumursumur, kemungkinan ada bahan-bahan beracun yang tidak bisa dirugikan lagi,lalu kalau kita mandi mengunakan air tersebut. Bahan kimia yang berada di air itu tidak boleh melebihi batas maksimal, jadi kalau melebihi apalagi itu diminum, bahkan untuk sikat gigi. Pemeriksaan Rutin Ada aturan dari Pemda, masing-masing kota/ kabupaten ada aturan yang mensyaratkan 3 bulan sekali dan kadang- kadang 6 bulan sekali harus dilakukan pengujian kimia air tetapi idealnya menurut saya 3 bulan sekali sebab jika terlalu panjang terjadi kemungkinan perubahan fatal, kalau 3 bulan terjadi penambahan logam-logam berat yang ada di air akan segera di ketahui dengan cepat. Fungsi klinik adalah untuk menjaga kesehatan, kalau masyarakat bilang klinik cuma untuk pengobatan orang sakit saja itu salah. Klinik menjaga kesehatan tubuh dengan melakukan fungsi pemeriksaan laboratorium, agar kita dapat cepat mendeteksi kemungkinan virus yang bersarang agar cepat ditangani. (*)


Ayo Biasakan Cuci Tangan Mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan sekedar pepatah lama yang diajarkan ketika sekolah dulu, dalam menjaga kesehatan tubuh pepatah ini harus benar-benar tertanam dalam diri kita. Salah satu cara mencegah yang baik adalah dengan membiasakan diri mencuci tangan. Kebiasaan mencuci tangan merupakan hal baik yang dapat mencegah masuknya kuman dan bakteri kedalam tubuh kita. Walaupun pada dasarnya, mencuci tangan tidak dapat memberikan dampak yang maksimal dalam mencegah timbulnya penyakit, namun dapat mencegah terjadinya gangguan kesehatan, beberapa penyakit yang bisa dicegah dengan rajin mencuci tangan. Diare Diare merupakan salah satu jenis penyakit yang gejalanya ditandai dengan keluarnya tinja yang encer dengan frekuensi yang sering, penyakit diare ini dapat disebabkan oleh bakteri. Bakteri penyebab diare ini dapat menular melalui kontak secara langsung dengan seseorang yang dalam kondisi sehat. Misalnya saja orang yang terkena diare tidak mencuci tangan dengan bersih, maka bakteri tersebut akan dapat berpindah kepada orang lain pada saat bersentuhan dengan cara salaman atau saat bersama-sama di angkutan umum. Hepatitis A Hepatitis A dapat disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang organ hati, penyakit ini dapat menular melalui mulut atau juga pada saluran pencernaan. Seseorang yang jarang membiasakan untuk menjaga kebersihan tangan bisa terkena risiko terkena virus hepatitis A. Gangguan ISPA Penyakit infeksi saluran pernafasan ini dapat dicegah dengan rajin membiasakan mencuci tangan pada saat sesudah dan setelah makan dan pada saat setelah buang air besar. ISPA merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh karena terjadinya infeksi

pada saluran pernafasan akut, penyakit infeksi ini tidak hanya dapat menyerang anak tetapi juga orang dewasa. Penyakit Skabies Scabies merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang dapat disebabkan oleh tungau. Tungau ini dapat masuk melalui jaringan yang ada di lapisan kulit epidermis yang ditandai oleh gejala gatalgatal pada kulit. Penyakit ini dapat menular jika bersentuhan kulit dengan seseorang yang terserang penyakit skabies, terutama pada orang-orang terdekat yang tinggal bersama. Penyakit ini dapat dicegah dengan menjaga kebersihan rumah dan lingkungan, mandi secara rutin dan rajin membersihkan tangan dengan menggunakan sabun. Kebiasaan mencuci tangan merupakan hal baik yang dapat mencegah masuknya kuman dan bakteri ke tubuh kita. Walaupun pada dasarnya, mencuci tangan tidak dapat memberikan dampak yang maksimal dalam mencegah timbulnya penyakit, namun dapat mencegah terjadinya gangguan kesehatan, beberapa penyakit yang bisa dicegah dengan rajin mencuci tangan.

33


Bones

Jangan Anggap Remeh

NYERI PUNGGUNG BAWAH Setiap orang pernah merasakan nyeri punggung bawah sedikitnya sekali semasa hidupnya. Nyeri punggung bawah merupakan alasan yang paling sering bagi seseorang pergi berobat ke Dokter atau absen bekerja dan penyebab utama disabilitas di dunia. Nyeri punggung bawah adalah nyeri yang dirasakan pada punggung bagian bawah, bervariasi kualitas, intensitas, dan durasi nyerinya, merupakan gejala dan tanda yang merujuk pada suatu penyakit tertentu. Insidensi dan prevalensi nyeri punggung bawah secara kasar sama di seluruh dunia. Gejala dan tanda nyeri punggung bawah, diantaranya: • Nyeri otot • Nyeri seperti tertikam/ tertembak • Nyeri menjalar hingga ke kaki • Nyeri yang membuat fleksibilitas dan kemampuan gerak punggung terbatas Nyeri punggung bawah dapat terjadi secara tibatiba dan berlangsung kurang dari 6 minggu (akut). Nyeri punggung bawah umumnya dipicu oleh jatuh atau mengangkat barang berat. Nyeri punggung yang berlangsung lebih dari 3 bulan (kronik) lebih jarang terjadi. Beberapa kondisi yang memberikan gejala nyeri punggung bawah, diantaranya:

34

Vol. 10 || Juli 2016

Tegang otot atau ligamen. Mengangkat benda berat secara terus-menerus atau melakukan suatu posisi yang salah secara tibatiba dapat menyebabkan tegang otot dan ligamen punggung. Apabila Anda kurang berolahraga, kejang otot yang terjadi secara terus-menerus pada punggung Anda dapat menyebabkan kaku/ keram otot. Penonjolan atau pecahnya diskus diantara tukang belakang. Diskus pada tulang belakang bertindak sebagai bantalan antara tulang belakang. Akibat tekanan yang kuat dan/ atau terus-menerus, diskus dapat menonjol atau pecah sehingga menekan saraf dan menyebabkan nyeri punggung bawah yang menjalar sesuai distribusi saraf. Artritis. Osteoartritis (pengapuran) dapat terjadi pada punggung bawah. Pada beberapa kasus, artritis pada tulang belakang menyebabkan penyempitan pada kanal saraf tulang belakang. Tulang belakang yang iregular. Nyeri punggung dapat terjadi jika tulang belakang Anda tidak melekuk secara anatomis/ normal. Skoliosis, kondisi dimana tulang belakang melekuk ke samping, dapat juga menyebabkan nyeri punggung, terutama jika skoliosisnya berat.


Osteoporosis Ini adalah kondisi dimana tulang keropos dan mudah patah, dapat menyebabkan patah tulang dan menyebabkan nyeri punggung bawah. Nyeri punggung bawah juga dapat terjadi, selain karena penyakit tulang dan otot, juga pada penyakit pada saluran cerna (misalnya, usus buntu, keganasan saluran cerna, dan lainnya), penyakit pada saluran kemih (misalnya, batu saluran kemih, infeksi saluran kemih bagian atas, dan lainnya), dan penyakit pada sistem reproduksi, terutama pada wanita (misalnya infeksi indung/ saluran telur, kehamilan ektopik, dan lainnya). Beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi nyeri punggung bawah: Olahraga. Lakukan peregangan pada punggung Istirahatkan punggung pasang bantalan pada punggung bawah

Pastikan posisi kerja Anda ergonomis misalnya, mengangkat barang berat dengan berlutut bukan menunduk Kompres dingin lalu hangat. Setelah pembengkakan Anda atasi dengan kompres dingin, 48 jam berikutnya, Anda dapat menghangatkan punggung Anda dengan kompres hangat. Periksakan diri Anda ke Dokter apabila hal-hal berikut: • • • • • • • •

Nyeri sangat berat dan menganggu Nyeri tidak membaik dengan istirahat Nyeri tidak membaik dengan pengobatan sendiri di rumah dalam 2 minggu Nyeri menjalar ke kaki Nyeri disertai demam Masalah pada BAB dan BAK Pernah jatuh atau kecelakaan Menggunakan obat-obat steroid atau penyalahgunaan obat/ alkohol.

35


Bones

OSTEOPOROSIS Bisa Berakhir Patah Tulang

Osteoporosis merupakan kelainan tulang yang disebabkan oleh berkurangnya kepadatan massa tulang sehingga tulang menjadi keropos atau rapuh. Usia menjadi salah satu faktor penyebab osteoporosis. Namun, ada beberapa penyebab osteoporosis lainnya yaitu jenis kelamin. Dalam kasus ini wanita yang sudah mengalami menopause akan lebih rentan mengalami osteoporosis. Selain itu, gaya hidup yang tidak sehat seperti pola makan yang tidak baik, kurang aktivitas fisik, merokok dan konsumsi alkohol juga memberi andil pada osteoporosis. Menurut Sunaryo Kusumo, dokter spesialis ortopedi, Siloam Hospitals Kebon Jeruk, osteoporosis dapat dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat dan perbanyak aktivitas fisik. “Secara alami manusia memang akan mengalami penurunan kepadatan tulang hingga berakibat osteoporosis tapi mulai usia berapanya bisa kita perlambat dengan gaya hidup sehat,� ucap Sunaryo. Osteoporosis terjadi karena kurangnya kadar kalsium dalam tulang. Hal tersebut bisa terjadi karena kurangnya vitamin D yang membantu penyerapan kalsium. Jadi, kalsium dan vitamin

36

Vol. 10 || Juli 2016

D bersinergi untuk meningkatkan kesehatan tulang Anda. Untuk itu pilihlah makanan yang mengandung banyak kalsium seperti kacangkacangan, brokoli, susu, dan lain-lain. Osteoporosis yang parah dapat menyebabkan patah tulang sehingga penderita bisa menjadi cacat dan menurunnya kualitas hidup. Agar osteoporosis tidak berakhir dengan patah tulang, sebaiknya ciptakan lingkungan yang aman dan minim risiko bagi penderita. Selain itu, hindari juga aktivitas berat atau olahraga yang memiliki gerakan menghentak atau berhenti mendadak. Hindari juga jenis olahraga yang butuh badan Anda untuk membengkok atau menekuk. Membangun fleksibilitas sangat penting untuk menjaga otot dan sendi tetap seimbang namun penderita osteoporosis tidak boleh melakukan olahraga yang melibatkan kedua jenis gerakan tadi. Selain jenis olahraga yang dihindari bagi penderita osteoporosis, ada juga olahraga yang disarankan bagi mereka. Diantaranya adalah yoga, pilates, jalan kaki, senam, dan berenang adalah olahraga ketahanan dan pengurangan berat badan yang menguntungkan bagi penderita osteoporosis.


JERMAN AKAN LEGALKAN GANJA Tahun Depan

Tahun depan Jerman akan melegalkan ganja untuk kepentingan medis. Penggunaannya dibatasi hanya untuk pasien sakit parah yang tak memiliki alternatif terapi lain Phillip Hague, kepala hortikultura di Mindful, perusahaan ganja yang berbasis di Denver, menanam ganja hampir seumur hidupnya dan melanglang buana untuk mengkaji banyak varietas tanaman ini. Ia berminat mengembangkan galur baru dengan konsentrasi yang lebih tinggi dari senyawa ganja yang kurang dikenal dan agaknya memiliki manfaat medis. Jerman akan melegalkan ganja untuk kepentingan medis tahun depan. Demikian pernyataan Menteri Kesehatan Jerman Hermann Gröhe dalam sebuah siaran pers Kementerian Kesehatan Jerman. Penggunaannya dibatasi hanya untuk pasien sakit parah yang telah berkonsultasi dengan dokter dan tak memiliki alternatif terapi lain. Dosis ganja yang diperbolehkan akan diputuskan oleh Kabinet Jerman hari Senin tanggal 9 Mei nanti. “Tujuan kami ialah untuk membantu mengobati orang yang sakit parah dengan mengerahkan seluruh kemampuan terbaik kami,” ujar Gröhe.

Marlene Mortler tetap memperingatkan bahwa ganja tak boleh dianggap benar-benar aman. “Penggunaan ganja sebagai obat dalam batasbatas tertentu amat berguna dan harus diteliti lebih detail lagi,” ujar Mortler. “Namun, ganja bukanlah zat yang tak berbahaya, legalisasi untuk kesenangan pribadi bukanlah tujuan dari kebijakaan ini. Kebijakan ini dimaksudkan untuk penggunaan medis saja,” tegasnya. Langkah tersebut diambil Jerman karena beberapa negara telah mulai melonggarkan hukum mengenai penggunaan ganja, baik untuk medis atau rekreasi. Amsterdam, Belanda, negara tetangga Jerman merupakan negara yang terkenal akan longgarnya hukum tentang penggunaan ganja. Sementara itu, Menteri Kesehatan Kanada mengatakan bahwa negaranya akan memperkenalkan undang-undang ganja federal saat musim semi 2017.

Gröhe juga mengatakan bahwa Ia ingin perusahaan asuransi kesehatan untuk membayar tagihan bagi pasien sakit parah untuk mengakses obat ganja jika pengobatan lain gagal dan tidak ada alternatif terapi lain yang tersedia.

Selain itu, Guam dan 24 negara bagian Amerika mengizinkan beberapa bentuk penggunaan ganja untuk medis, menurut Konferensi Nasional Legislatif Negara. Lebih jauh ke selatan, Chili barubaru ini membuat ladang ganja legal terbesar di Amerika Latin. Pada 2013, Uruguay menjadi negara pertama yang sepenuhnya melegalkan penggunaan ganja untuk rekreasi bagi orang dewasa. Hukum juga memberikan wewenang bagi negara untuk mengatur regulasi produksi, distribusi dan penjualan tanaman ganja.

Meski begitu, komisaris obat negara tersebut

Sumber: National Geographic

37


Nutrition

MAKANAN ORGANIK Kini makin banyak orang yang mengonsumsi makanan organik. Apakah Anda sudah mengetahui pentingnya makanan organik? Selain fakta bahwa bahan makanan organik dihasilkan dari proses yang sarat akan pentingnya keberlanjutan, makanan organik juga sangat diusahakan terhindar dari pestisida buatan, pupuk sintetis, organisme yang dimodifikasi secara genetik dan juga radiasi ion (ionizing radiation). Sebuah studi yang dilakukan di Melbourne pada tahun 2014 (Reduction in urinary organophosphate pesticide metabolites in adults after a week-long organic diet) menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan organik dalam satu minggu dapat mengurangi tingkat pestisida urin hingga hampir 90%. Ini jelas merupakan sebuah perbedaa yang signifikan megapa kita sebaiknya mengonsumsi makanan berbahan organik. Berikut ini beberapa alasan mengapa Anda sebaiknya mengkonsumsi bahan makanan organik: Gizi Beberapa penelitian menunjukkan makanan organik mengandung 20-70% lebih tinggi jumlah antioksidan dibanding bahan makanan nonorganik. Ini tentu hal yang masuk akal, karena bahan makanan organik belum diproteksi oleh pestisida dan herbisida. Paparan kimia Cepat atau lambat efek negatif atas paparan kimia dari bahan non-organik akan berdampak juga oleh tubuh akibat pestisida buatan. Bahan kimia yang

38

Vol. 10 || Juli 2016

ikut terbawa ketika mengonsumsi makanan nonorganik biasanya menyebabkan sering sakit kepala, mual, bahkan kanker dan kerusakan saraf. Hal ini tidak akan terjadi pada makanan organik. Meskipun tidak bisa menghindari semua racun yang memapar diri kita dari makanan non-organik, setidaknya dengan memilih bahan makanan organik Anda telah berupaya untuk menjaga tubuh dari kontaminasi zat yang sangat tidak dibutuhkan. Keberlanjutan Di negara-negara maju pertanian organik kian didukung, dengan tujuan untuk mengurangi polusi, menghemat air, mengurangi erosi tanah, meningkatkan kesuburan tanah, dan menggunakan lebih sedikit energi. Ini berarti jauh lebih baik bagi lingkungan dan dapat menghasilkan makanan yang lebih sehat untuk waktu yang lama tanpa merusak tanah. Pada bahan makanan organik tidak ada pestisida buatan yang digunakan, teknik menghasilkan bahan makanan organik juga lebih baik untuk semua hewan dan manusia yang tinggal di sekitarnya. Rasa Bicara soal rasa, mungkin masih dianggap hal yang subjektif, tapi jika melihat semakin banyaknya koki profesional yang memilih bahan makanan organik itu bisa berarti bahwa kualitas rasa yang lebih superior ada di makanan organik


CARA JAGA ASUPAN Banyaknya dampak buruk yang ditimbulkan oleh kebiasaan makan makanan dalam jumlah yang berlebihan, mengharuskan Anda untuk mencari beberapa cara menjaga asupan makanan. List yang dilansir oleh WebMD berikut bisa bantu Anda untuk mengurangi kebiasaan buruk makan secara berlebihan tersebut.

Mengunyah permen karet Anda tidak harus membeli makanan ketika Anda merasa lapar. Siapkan selalu permen karet saat Anda berada di lorong penjual makanan, saat Anda ragu untuk membeli makanan atau tidak, sibukkan diri Anda dengan mengunyah permen karet. Penuhi dengan sayuran. Saat antri di tempat makan prasmanan, pastikan Anda terlabih dahulu mengambil berbagai jenis sayuran sebelum mengambil nasi. Membeli makan siang Anda dengan uang tunai. Dengan membeli makanan dengan uang tunai akan terasa nilai uang yang Anda keluarkan dibanding Anda membeli makan siang dengan kartu kredit dimana Anda akan terus menambah porsi tanpa terasa berpengaruhnya terhadap pengeluaran Anda. Matikan acara memasak di TV. Jika Anda mencoba untuk menurunkan berat badan, melihat makanan di TV bisa membuat Anda ingin ngemil. Acara memasak di TV akan memicu Anda untuk mencoba makanan baru yang disajikan, dan ini bisa berakibat buruk terhadap kebiasaan makan Anda Gunakan mangkuk kecil dan piring.

Ukuran piring dan peralatan makan lain memberikan isyarat kepada otak Anda tentang berapa banyak makanan yang akan Anda makan. Dalam sebuah penelitian, orangorang di Cina ketika prasamanan menggunakan piring besar memiliki kecenderungan untuk makan lebih dari 52% dibanding saat mereka tidak menggunakan piring besar. Makan perlahan-lahan, dan minum. Kunyah makanan secara perlahanlahan, fokus pada setiap kunyahan adalah cara sederhana untuk menahan makanan berlebih yang masuk. Proses pengiriman isyarat kenyang dari lambung menuju otak membutuhkan waktu 20 menit, jika Anda mengunyah secara perlahan, sebelum makanan habis isyarat ini akan sudah tiba otak dan akan bisa ambil keputusan untuk menghentikan makan Anda.

39


Hal yang Membuat Kecanduan Beberapa kebiasaan yang mulanya Anda lakukan untuk coba-coba bisa berubah menjadi hal yang membuat Anda ketagihan bahkan sampai sulit untuk menghentikan kebiasaan itu. Beberapa kebiasaan berikut patut segera dikurangi. Ponsel Kebiasaan tidak bisa lepas dari ponsel merupakan ketagihan yang patut menjadi perhatian. Anda bisa menjadi orang yang setiap saat tidak lepas dari perhatian memeriksa teks pada ponsel dengan alasan pekerjaan namun Anda tetap melakukan hal yang sama saat akhir pekan. Kecanduan ponsel jika dibiarkan akan memengaruhi perilaku kehidupan sosial Anda. Kafein Apakah Anda tipe orang yang membutuhkan pemicu semangat di pagi hari dengan meminum secangkir kopi? Jika meminum kopi biasa Anda lakukan di pagi hari, biasakan lah sesekali untuk tidak melakukan hal itu agar Anda tidak menjadi orang yang kecanduan kopi. Belanja Kecanduan berbelanja juga menjadi salah satu kecanduan yang segera Anda hentikan. Alasan kesenangan yang didapat dengan berbelanja mampu meningkatkan produksi zat dopamin bagi kesehatan tubuh sebaiknya jangan dibesarbesarkan sebab kebiasan berbelanja yang berlebihan dimana kita sudah tidak lagi membeli kebutuhan tapi lebih kepada kesenangan. Judi Sebanyak 8 juta orang Amerika memiliki masalah dengan kebiasaan berjudi. Apakah Anda

40

Vol. 10 || Juli 2016

melakukannya secara langsung atau online, di mesin slot atau meja poker, yang terburu-buru memberikan pembenaran bahwa hal ini dilakukan meningkatkan produksi dopamin untuk membuat Anda bahagia untuk sementara waktu. Tetapi jika dewi keberuntungan tidak sedang bersama Anda dan terlalu banyak taruhan yang sudah Anda keluarkan dapat mendatangkan malapetaka dengan keuangan, pekerjaan, dan kehidupan keluarga Anda. Bedah plastik Beberapa orang merasa kurang puas dengan penampilannya saat ini, mulai penampilan wajah hingga bentuk tubuk. Bedah plastik merupakan satu-satunya cara cepat yang diambil untuk membuat kondisi seperti yang diinginkan. Obsesi memiliki wajah dan tubuh ideal secara praktis ini membuat seseorang kencanduan melakukan hal ini untuk bagian tubuh yang lain. Sosial Media Apakah Anda menghabiskan begitu banyak waktu di Facebook dan Twitter Anda merasa seperti Anda kecanduan? Studi baru menunjukkan bahwa mungkin antara 10% dari pengguna media sosial yang benar-benar kecanduan berbagai media sosial yang kini semakin banyak. Seks tidak bisa berhenti berhubungan seks - atau menonton film porno? Mungkin Anda memiliki dorongan seks yang kuat. Ini bukan kecanduan resmi, tetapi ada hal yang disebut gangguan hiperseksual. Jika Anda memilikinya, otak Anda mungkin kebal seperti itu dari seseorang dengan masalah narkoba atau judi.


Promote your brand!!!

Kami mengajak Anda untuk maju bersama melalui promosi yang kami sebarkan melalui Majalah Quantum, cukup beriklan 1 halaman atau liputan advetorial, produk dan jasa usaha Anda deliver kepada calon pelanggan dengan cepat

Keuntungan yang didapat dengan beriklan di Majalah Quantum Health »» »» »» »» »» »» »» »»

Dicetak 3.000 eksempar setiap edisi Terbit reguler setiap dua bulan Dibaca oleh seluruh pasien dan jaringan perusahaan Quantum Lebih dari 50 pick up point di Bali Setiap edisi publish dalam digital magazine melalui issuu.com Terbagikan pada moment seminar dan event kesehatan Terbagi juga kepada lebih dari 400 client perusahaan Klinik Quantum Promosi bisa berupa halaman iklan maupun advetorial dan diliput secara khusus

k a banya y n u p i k kam rik untu a n e m n nd tawara ikan bra s o m o r p Anda

an 25% m Quantu dapatotk Klinik ngan Lab. di poPemeriksaan

Majalah Kesehatan

Klinik Quantum Sarana Medik, Denpasar

Volume 08 | November 2015

Pengabdian Quantum bagi Masyarakat NTB

Pentingnya Pemeriksaan Kesehatan Pra Nikah

Keteduhan Pulau Moyo

info: Tya 0896 87743540

Indah 0819 9967 4660 41


Nutrition

Alternatif Sumber Kalsium Kalsium merupakan salah satu mineral yang paling banyak terdapat di dalam tubuh, selain kalsium asupan lain juga perlu mendapat perhatian

Sebagian besar tersimpan di dalam tulang dan gigi dan sisanya tersebar luas di dalam tubuh. Kalsium memiliki peranan penting selain menjaga kesehatan tulang dan gigi yaitu sebagai penunjang kinerja fungsi organ dan saraf seperti neurotransmitter, kontraksi otot dan penggumpalan darah. Kebutuhan kalsium berbeda-beda, tergantung pada usia. Pada pria dan wanita dewasa, kebutuhan kalsium adalah 1000 sampai 1100 mg per hari. Sedangkan pada ibu hamil, kebutuhan kalsium meningkat hingga 200 mg per hari. Untuk mencukupi kebutuhan tersebut, Anda bisa mengonsumsi beberapa bahan makanan sumber kalsium. Tak hanya susu, Anda bisa mendapatkan kalsium dalam jumlah banyak pada makanan berikut. Brokoli Sayuran renyah yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh ini ternyata mengandung kalsium yang cukup tinggi. Seratus gram brokoli mentah mengandung 47 mg kalsium atau memenuhi sekitar 5% dari kebutuhan kalsium harian Anda. Buah Tin Salah satu jenis buah-buahan ini mengandung kalsium yang tak kalah tinggi. Selain kaya akan serat,

42

Vol. 10 || Juli 2016

konsumsi 10 buah ara kering akan memberikan 269 miligram kalsium untuk tubuh Anda. Kacang Kedelai Selain kaya dengan protein nabati dan serat, ternyata kacang kedelai mengandung tinggi kalsium. Dalam 100 gram kacang kedelai rebus mengandung 102 mg atau memenuhi kurang lebih 10 persen kebutuhan kalsium sehari. Bayam Sayuran hijau ini juga tinggi kalsium. Satu mangkuk bayam yang sudah dimasak bisa memenuhi 24 persen kebutuhan kalsium. Sebab, satu mangkuk bayam mengandung kalsium sebesar 245 mg. Tahu Tahu merupakan sumber protein hewani sekaligus sumber kalsium. Konsumsi setengah piring tahu akan memberikan kalsium sebanyak 240 miligram. Jus jeruk Buah segar ini juga kaya akan kalsium, selain kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Satu buah jeruk mengandung kalsium sekitar 60 mg. Anda bisa menyajikan buah jeruk menjadi jus. Sementara jus jeruk kemasan yang banyak dijual di supermarket memiliki kandungan kalsium yang lebih tinggi.


Kandungannya bervariasi, mulai dari 300 hingga 500 miligram kalsium dalam satu botol. Susu Kedelai Susu kedelai dapat memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda. Satu cangkir susu kedelai dapat memberikan 500 miligram kalsium.

Biji-bijian Jenis biji-bijian seperti wijen,tahini, bunga matahari, dan biji labu ternyata memiliki kandungan 88 miligram kalsium. Menambahkannya sebagai topping untuk sereal, sayuran, salad, dan sup bisa menjadi resep yang menjadi pilihan untuk mendapatkan ekstra kalsium.

43


Nutrition

KANDUNGAN GIZI NANAS Meski sering terdengar mitos bahwa konsumsi nanas muda dapat menggugurkan kandungan, buah ini memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi dalam jumlah wajar Nanas yang dalam bahas latin Ananas comosus merupakan salah satu buah yang nikmat disantap baik dalam bentuk buah segar, jus, manisan, maupun dijadikan bahan masakan. Nanas berasal dari Amerika Selatan dan mudah dijumpai di beberapa tempat mulai pasar tradisional hingga pasar modern. Kandungan Gizi Nanas Kandungan nutrisi yang paling menonjol dari nanas adalah vitamin C dan mangan. The World’s Healthiest Foods mengungkap bahwa kandungan vitamin C pada 165 g nanas mencapai 105,1 % kebutuhan per hari. Sedangkan kandungan mangan mencukupi 76,5 % kebutuhan per hari.

diyakini berfungsi sebagai zat anti kanker. Hasil penelitian yang dilakukan Queensland Institute of Medical Research menunjukkan ada dua molekul penting yang terdapat pada bromelain, yakni CCS dan CCZ. CCS mampu menahan protein Ras yang ditemukan pada 30% penyakit kanker. Sedangkan CCZ berfungsi meningkatkan sistem imun tubuh untuk mengenali dan menghancurkan sel kanker. Sebagai sumber mangan yang baik, nanas merupakan penghambat radikal bebas yang sangat kuat. Nanas juga kaya vitamin C, salah satu anti oksidan alami yang dapat membantu mencegah kanker.

Ekstrak inti buah dan batang nanas banyak mengandung enzim proteolitik bromelain yang dapat membantu memecah protein. Selain mengandung proteolitik bromelain nanas juga kaya akan tembaga, vitamin B1, vitamin B6, serat pangan, folat, dan asam pantotenik. Vitamin A juga ditemukan dalam nanas meski dalam jumlah kecil. Berikut ini beberapa di antaranya:

Melancarkan Sistem Pencernaan Enzim bromelain membantu memecah protein dalam makanan sehingga lebih mudah dicerna dalam usus. Karena itulah nanas sering digunakan untuk melunakkan daging. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Clinical Immunology 2008 lalu, bromelain juga memiliki sifat anti inflamasi sehingga efektif mencegah peradangan dan penyakit pada usus besar termasuk cacingan.

Mencegah kanker dan melindungi tubuh dari radikal bebas Nanas kaya akan kandungan bromelain yang

Bantu menurunkan berat badan Nanas baik dikonsumsi untuk diet penurunan berat badan karena kandungan kalorinya yang rendah.

44

Vol. 10 || Juli 2016


Dalam 100 gram nanas, hanya terkandung 50 kalori yang setara dengan apel. Nanas juga bebas lemak jenuh dan kolesterol. Meningkatkan daya tahan tubuh Tingginya kandungan vitamin C dalam nanas membuat buah ini bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C diperlukan untuk proses sintesis kolagen dalam tubuh yang berfungsi mempertahankan fungsi pembuluh darah, kulit, organ, dan tulang. Konsumsi nanas dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan kuman penyebab penyakit dan melawan radikal bebas. Meredakan peradangan Bromelain mengandung zat anti peradangan, anti pengentalan darah, dan anti kanker. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi nanas secara

teratur dapat membantu melawan arthritis dan masalah pencernaan. Bromelain sering digunakan untuk mengatasi peradangan pada kulit. Misalnya saja untuk mengobati memar, keseleo, mengurangi bengkak, dan mengurangi rasa sakit. Mencegah penyakit degenerasi makula (AMD) Degenerasi makula (Age-related Macular Degeneration/ AMD) adalah kondisi penglihatan yang menurun seiring dengan pertambahan usia. Penelitian yang dirilis dalam Archives of Ophtalmology menunjukkan bahwa makan tiga atau lebih porsi buah dalam sehari dapat menurunkan risiko terkena AMD hingga 36 persen dibandingkan mereka yang hanya mengkonsumsi 1,5 porsi dalam sehari. Peneliti menyarankan untuk makan banyak buah yang mengandung vitamin A, C, dan E termasuk buah nanas.

45


Bagi pribadi sibuk seperti Anda, kesehatan tentu diatas segalanya. Memahami hal ini Quantum Sarana Medik mempersembahkan paket General Check Up yang dirancang secara terpadu (Komprehensif). Suasana ruangan yang bersih, nyaman, ditunjang peralatan canggih dan terkini, dengan dukungan tim dokter yang profesional serta paramedis yang ramah, membuat pasien tidak merasa gamang.

Paket Layanan Kesehatan

Kebiasaan memeriksakan kesehatan merupakan solusi tepat untuk dapat mencegah penyakit dan memelihara kesehatan jasmani menjadi lebih baik. Paket sehat bersama Quantum Sarana Medik, memastikan yang terbaik untuk Anda (Harga paket berlaku hingga 31 Desember 2016)

1. Pemeriksaan Internist 2. Rontgen Foto Thorax CR 3. EKG Resting 4. Pemeriksaan Laboratorium

1. Pemeriksaan Internist 2. Rontgen Foto Thorax CR 3. EKG 4. Pemeriksaan Laboratorium

a. Hematologi: Darah Lengkap (Hb, Leukosit, Hitung jenis Leukosit, LED, Eritrosit, Limfosit, Monosit, Granulosit, Trombosit, Hematokrit, MCV, MCH, MCHC, RDW, PCT, MPV, PDW)

a. Hematologi: Darah Lengkap (Hb, Leukosit, Hitung jenis Leukosit, LED, Eritrosit, Limfosit, Monosit, Granulosit, Trombosit, Hematokrit, MCV, MCH, MCHC, RDW, PCT, MPV, PDW)

b. Urine Lengkap

b. Urine Lengkap

c. Kimia: FAAL HATI: - SGOT - SGPT - Alkali Phosphatase PROFIL LEMAK: - HDL - LDL - Triglyceride - Cholesterol FAAL GINJAL : - Ureum - Creatinin - Asam Urat GULA DARAH: - Glukosa Puasa - HBA 1C

PAKET A

Rp 1.351.500,-

PAKET B

c. Kimia : FAAL HATI : - SGOT - SGPT - Alkali Phosphatase PROFIL LEMAK : - Cholesterol - HDL - LDL - Triglyceride FAAL GINJAL : - Ureum - Creatinin - Asam Urat GULA DARAH : - Glukosa Puasa - HBA 1C

Rp. 2.119.500,-

d. Imunologi - HBs Ag - Anti HCV - Anti HBs 46

Vol. 10 || Juli 2016


1. Pemeriksaan Internist 2. Rontgen Foto Thorax CR 3. EKG 4. Pemeriksaan Laboratorium a. Hematologi: Darah Lengkap (Hb, Leukosit, Hitung jenis Leukosit, LED, Eritrosit, Limfosit, Monosit, Granulosit, Trombosit, Hematokrit, MCV, MCH, MCHC, RDW, PCT, MPV, PDW) b. Urine Lengkap c. Kimia : FAAL HATI: - SGOT - SGPT - Alkali Phosphatase - Protein total - Bilirubin total - Bilirubin direct - Gamma GT PROFIL LEMAK: - Cholesterol - HDL - LDL - Triglyceride - APO B FAAL GINJAL: - Ureum - Creatinin - Asan Urat GULA DARAH: - Glukosa Puasa - HBA 1C ELEKTROLIT: - Natrium - Kalium - Klorida - Kalsium d. Serologi - VDRL e. Imunologi - HBs Ag - Anti HCV - Anti HBs

PAKET C

Rp. 3.026.500,-

1. Pemeriksaan Internist 2. Rontgen Foto Thorax CR 3. EKG 4. Pemeriksaan USG ABDOMEN 5. Pemeriksaan Laboratorium: a. Hematologi: Darah Lengkap (Hb, Leukosit, Hitung jenis Leukosit, LED, Eritrosit, Limfosit, Monosit, Granulosit, Trombosit, Hematokrit, MCV, MCH, MCHC, RDW, PCT, MPV, PDW) b. Urine Lengkap c. Kimia: FAAL HATI: - SGOT - SGPT - Alkali Phosphatase - Protein total - Bilirubin total - Bilirubin direct - Gamma GT PROFIL LEMAK: - Cholesterol - HDL - LDL - Triglyceride - Lipid Total - APO B, CKMB FAAL GINJAL: - Ureum - Creatinin - Asan Urat GULA DARAH: - Glukosa Puasa - HBA 1C

PAKET D

Rp. 4.047.500,-

ELEKTROLIT: - Natrium - Kalium - Klorida - Kalsium d. Serologi - VDRL e. Imunologi - HBs Ag - Anti Hbs - Anti HCV - IgM Anti HAV - Anti HCV - FT4 - Alfa Fetoprotein - CEA - TSH

47


Ketik QUANTUM, kirim ke 777 dan tunjukan SMS notifikasinya ke CS kami * Berlaku untuk pelanggan TEKOMSEL dengan menukarkan redeem point * Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi www.tselmerchant.com


Klinik dengan Layanan Terdepan di

Mataram, NTB Fasilitas: - Laboratorium - Treadmill - EKG - Praktek dokter umum - dll

Penanggung jawab lab: dr. IDG. Ngurah Agung

Menyediakan jasa on-call untuk mempermudah pasien

0370-649123

081999 809790

Jl. W. R. Supratman No. 18 Karang Medain, Mataram, NTB Buka mulai pukul 08.00 - 22.00 WITA

#10 Layanan Tim Penjemput Sampel Dukung Ketepatan Pengujian Laboratorium Quantum  

Laboratorium Kesehatan merupakan sarana kesehatan yang mampu memberikan pelayanan terbaik terhadap kebutuhan individu dan masyarakat, teruta...

Advertisement