Page 1

Majalah Kesehatan

%ntum kan 5 ik Qua daptaotngaLanb. 2 di Klin pPoemeriksaan

Klinik Quantum Sarana Medik, Denpasar

Volume 08 | November 2015

Pengabdian Quantum bagi Masyarakat NTB

Pentingnya Pemeriksaan Kesehatan Pra Nikah

Keteduhan Pulau Moyo


Keuntungan memiliki Platinum Card Laboratorium Quantum Sarana Medik Discount 10% untuk Pemeriksaan Laboratorium dan Biaya obat Discount 5% pada untuk layanan: »» Pemeriksaan Foto Rontgen »» Electrokardiografi (EKG) »» Echocardiography »» Treadmill test »» Ultrasonografi (USG) »» Audiometri Test Bebas biaya antar hasil pemeriksaan Bebas biaya konsultasi hasil pemeriksaan dokter umum Bebas biaya pe meriksaan vital sign: tekanan darah, nadi dll Konsultasi gratis sebelum dan sesudah Medical Check Up dengan dokter umum untuk pemeriksaan paket Health Care Seminar gratis yang diadakan oleh Quantum Sarana Medik Diskon khusus di merchant-merchant berikut: »» RSU Graha Asih, Jl. I Gusti Ngurah Rai No. 33X Kuta – Badung »» RSU Dharma Usadha, Jl. PB. Sudirman No. 60, Denpasar »» RSU Kasih Ibu, Jl. Teuku Umar No. 20 Denpasar »» RSU Prima Medika, Jl. Pulau Serangan No. 9X Denpasar »» RSU Surya Husada, Jl. Pulau Serangan No. 7 Denpasar. Keterangan lebih lanjut: 0361-228835

MILIKI SEKARANG


‘Om Swastiastu, Terus memberi komando kepada seluruh karyawan dan staf Klinik Quantum Sarana Medik dalam berbagai cara menjadi bagian yang tak terpisahkan dari suatu proses kepemimpinan di Klinik yang kini telah membuka cabang baru di Mataram, Lombok. Klinik yang telah mengabdi selama 30 tahun di Denpasar, tanggal 22 Oktober ini telah meresmikan cabang baru di Mataram, Lombok, bukan perjuangan yang mudah sampai akhirnya kami bisa merealisasikan peresmian laboratorium Quantum Cabang Mataram, rasa syukur kami panjatkan atas pembukaan ini, kini masyarakat Mataram khususnya dan NTB pada umumnya sudah menikmati layanan kami. Tidak hanya mengulas kehadiran Laboratorium Quantum, edisi ini juga kami hadirkan beberapa informasi seputar kesehatan anak, lifestyle, juga beberapa info menarik seputar kesehatan yang mungkin belum pernah kita ketahui.

Made Seriada, SE

Direktur PT. Quantum Sarana Medik

Tidak hanya info seputar kesehatan, edisi 8 ini redaksi kami juga menyempatkan menyambangi pulau indah di Sumabawa. Pulau yang pernah didatangi oleh Lady Diana semasa hidupnya itu menyimpan banyak keindahan dalam kebersahajaan penduduk yang berasal dari Bima. semua kami sajikan untuk Anda pembaca dan pelanggan setia Klinik Utama Quantum Sarana Medik Denpasar dan Laboratorium Quantum Mataram.

‘Om Shanti, Shanti Om

1


content

Laboratorium Quantum Mataram 4

10

40

Headline

Lab Quantum Mataram

Kids

Lifestyle

Waspada Kapan Tahi Lalat Pendengaran Anak Dianggap Bahaya

Dilayani oleh staf layanan sebanyak 11 orang, dengan jumlah total karyawan keseluruhan saat ini 29 orang, Laboratorium Quantum Mataram telah siap menerima kehadiran Anda di Mataram

Habilitasi memberikan fungsi pendengaran yang seharusnya dimiliki bayi/ anak yang sebelumnya belum pernah memiliki kemampuan/ pengalaman mendengar.

Mungkin sebagian diantara kita menganggap lumrah perihal tahi lalat di tubuh, tapi tahu kah Anda bahwa mendeteksi perubahan tahi lalat sejak awal itu sangat penting?

2

Vol. 08 || November 2015


Tunjukan potongan voucher ini kepada kasir kami saat pemeriksaan untuk mendapatkan

DISKON 25% Potongan pemeriksaan ini berlaku hingga 31 Desember 2015

Quantum Health

42

Pleasure Pulau Moyo Mendengar kata Pulau Moyo mungkin yang terbesit di benak kita pertama adalah kemewahan berbalut mahalnya kehidupan di pulau yang jadi kunjungi beberapa tokoh dunia, sebut saja Lady Diana dan Mick Jagger, Ronald Reagen dan nama lain yang pernah menginjak pulau ini. Kali ini redaksi Quantum Health mengunjungi Pulau Moyo dan melihat segala kesederhanaan berbalut kesahajaan, ikuti liputannya.

Penasehat Komisaris Drs. Ketut Sumantra, MM, MSc Penanggung jawab Direktur Made Seriada, SE Pemimpin Redaksi Michel Hari Yudiprasongko, SE Sekretaris Putu Setya Sri Antary Marketing Indah Tri Handayani Distribusi Sulfi Sulissetyowati Keuangan Agung Ariyani, SE Iklan cro.quantum@gmail.com komersil.quantum@gmail.com Konsultan Konten & Desain Mahmur Marganti Alamat QUANTUM SARANA MEDIK Jl. Raya Sesetan 20 Denpasar-Bali t. 0361-228835 f. 0361-245274 e. cro.quantum@gmail.com e. komersil.quantum@gmail.com w.quantumsaranamedik.com issuu.com/quantumsaranamedik @labquantum quantumsaranamedik

3


Headline

Laboratorium Quantum Mataram

LABORATORIUM PALING STRATEGIS DI MATARAM 4

Vol. 08 || November 2015


Berada di sumbu kota Mataram, dengan luas bangunan gedung 12 x 28 meter persegi, Laboratorium Quantum Mataram merupakan menempati lokasi strategis yang mudah dijangkau dari berbagai sisi. Posisinya yang dekat dengan kantor pemerintahan Nusa Tenggara Timur dan berada pada ruas jalan utama menjadikan banyak akses menuju Laboratorium Quantum Mataram.

Laboratorium yang sedang menuju perizinan untuk klinik ini dibangun dengan perencanaan yang sangat matang. Salah satu contoh persiapan yang matang pihak manajemen dalam proses pembangunan adalah ketersediaan lahan parkir seluas 24 x 20 meter persegi, dimana 20 kendaraan roda empat dan puluhan kendaraan roda dua leluasa menempati area parkir yang ada.

5


Headline

Rasa nyaman tidak hanya sampai pada area parkir yang luas. Kenyamanan terus diperhatikan hingga ruang lobby, ruang praktek, hingga fasilitas umum yang tersedia di seluruh bangunan. Lobby nyaman dengan beberapa pendingin ruangan diharapkan membawa keteduhan tersendiri bagi siapa pun yang memasukinya. Selain beberapa alat laboratorium yang telah terpasang, beberapa ruang untuk pemeriksaan dokter pun telah disediakan. Laboratorium Quantum Mataram yang kini baru mengantongi izin laboratorium sedang menunggu izin praktek dokter yang beberapa waktu lagi segera diterbitkan. Terpisah dari ruang laboratorium dan ruang praktek dokter, juga telah disediakan ruangan bagi Apotek. Pemisahan ini sengaja dilakukan untuk membagi jumlah antrian pasien demi kenyaman.

6

Vol. 08 || November 2015


Selain Apotek yang siap beroperasi, di sebelah bangunan utama juga terdapat area luas untuk menunggu antrian obat jika ada pasien yang tidak ingin berlama-lama di dalam ruangan. Fasilitas toilet bersih pun juga tersedia di area ini. Terdapat banyak area nyaman yang bisa dimanfaatkan sembari menunggu jadual periksa atau antrian obat, slah satunya area di belakang gedung. Bagi karyawan yang hendak melakukan sembahyang pun manajemen telah menyediakan pura pada sisi ini.

7


Headline

8

Vol. 08 || November 2015


Hingga akhir tahun 2015, laboratorium di jalan Panca Usaha No. 7D masih beroperasi, proses pemindahan masih berlangsung, mengingat banyaknya alat kesehatan yang akan dipindahkan dan sosialisasi perpindahan ke gedung baru Jl. W.R. Supratman No. 18. Namun demikian beberapa layanan laboratorium di gedung baru ini sudah dapat dilayani. Layanan tersebut adalah: - Laboratorium - praktek dokter umum - ECG - Treadmill - radiologi dan menyusul dalam waktu dekat Apotek. Dilayani oleh staf layanan sebanyak 11 orang,

dengan jumlah total karyawan keseluruhan saat ini 29 orang, Laboratorium Quantum Mataram telah siap menerima kehadiran Anda di Mataram khususnya dan Nusa Tenggara Barat pada umumnya baik untuk layanan personal maupun korporate seperti yang dilakukan oleh induk cabang ini di jalan Sesetan No. 20 Denpasar, Bali. Acara peresmian Laboratorium Quantum tanggal 22 Oktober 2015 lalu yang dihadiri oleh barbagai kalangan pejabat pemerintah Mataram termasuk para dokter, mitra kerja, klien, tokoh agama dan masyarakat setempat diharapkan menjadi tonggak baru kehadiran sebuah laboratorium dan klinik bertaraf internasional yang telah mengantongi sertifikat-sertifikat pengakuan standar mutu demi peningkatan kualitas sumber daya manusia Mataram dan NTB pada umumnya di bidang kesehatan.

9


Kids

Aspek-Aspek Perkembangan Anak Usia Dini Aspek-Aspek Perkembangan Anak Usia Dini Pada masa usia dini anak mengalami masa keemasan (the golden years) yang merupakan masa dimana anak mulai peka/sensitif untuk menerima berbagai rangsangan. Masa peka pada masingmasing anak berbeda, seiring dengan laju pertumbuhan dan perkembangan anak secara individual.

Masa peka adalah masa terjadinya kematangan fungsi fisik dan psikis yang siap merespon stimulasi yang diberikan oleh lingkungan. Masa ini juga merupakan masa peletak dasar untuk mengembangkan kemampuan kognitif, motorik, bahasa, sosio emosional, agama dan moral. Beberapa Aspek-Aspek Perkembangan Anak Usia Dini: 1. Aspek Perkembangan Kognitif Tahapan Perkembangan Kognitif sesuai dengan teori Piaget adalah: (1) Tahap sensorimotor, usia 0 – 2 tahun. Pada masa ini kemampuan anak terbatas pada gerak-gerak refleks, bahas awal, waktu sekarang dan ruang yang dekat saja; (2) Tahap pra-operasional, usia 2 – 7 tahun. Masa ini kemampuan menerima rangsangan yang terbatas. Anak mulai berkembang kemampuan bahasanya,

10

Vol. 08 || November 2015

walaupun pemikirannya masih statis dan belum dapat berpikir abstrak, persepsi waktu dan tempat masih terbatas; (3) Tahap konkret operasional, 7 – 11 tahun. Pada tahap ini anak sudah mampu menyelesaikan tugas-tugas menggabungkan, memisahkan, menyusun, menderetkan, melipat dan membagi; (4) Tahap formal operasional, usia 11 – 15 tahun. Pada masa ini, anak sudah mampu berfikir tingkat tinggi, mampu berfikir abstrak. 2. Aspek Perkembangan Fisik Perkembangan motorik merupakan perkembangan pengendalian gerakan jasmaniah melalui kegiatan pusat syaraf, urat syaraf dan otot terkoordinasi (Hurlock: 1998). Keterampilan motorik anak terdiri atas keterampilan motorik kasar dan keterampilan motorik halus. Keterampilan motorik anak


usia 4-5 tahun lebih banyak berkembang pada motorik kasar, setelah usia 5 tahun baru.terjadi perkembangan motorik halus.

cerita dengan nyaring. Hal ini dilakukan untuk mengajarkan anak tentang bunyi bahasa. 4. Aspek Perkembangan Sosio-Emosional

Pada usia 4 tahun anak-anak masih suka jenis gerakan sederhana seperti berjingkrak-jingkrak, melompat, dan berlari kesana kemari, hanya demi kegiatan itu sendiri tapi mereka sudah berani mengambil resiko. Walaupun mereka sudah dapat memanjat tangga dengan satu kaki pada setiap tiang anak tangga untuk beberapa lama, mereka baru saja mulai dapat turun dengan cara yang sama.

Masa TK merupakan masa kanak-kanak awal. Pola perilaku sosial yang terlihat pada masa kanak-kanak awal, seperti yang diungkap oleh Hurlock (1998:252) yaitu: kerjasama, persaingan, kemurahan hati, hasrat akan penerimaan sosial, simpati, empat, ketergantungan, sikap ramah, sikap tidak mementingkan diri sendiri, meniru, perilaku kelekatan.

Pada usia 5 tahun, anak-anak bahkan lebih berani mengambil resiko dibandingkan ketika mereka berusia 4 tahun. Mereka lebih percaya diri melakukan ketangkasan yang mengerikan seperti memanjat suatu obyek, berlari kencang dan suka berlomba dengan teman sebayanya bahkan orangtuanya

Anak pada masa ini bila sudah merasa mampu menguasai anggota tubuhnya dapat meimbulkan rasa otonomi, sebaliknya bila lingkungan tidak memberi kepercayaan atau terlalu banyak bertindak untuk anak akan menimbulkan rasa malu dan ragu-ragu; (3) Tahap 3 : Initiative vs Guilt (berinisiatif vs bersalah), usia 4-5 tahun.

3. Aspek Perkembangan Bahasa

Pada masa ini anak dapat menunjukkan sikap mulai lepas dari ikatan orang tua, anak dapat bergerak bebas dan ber interaksi dengan lingkungannya. Kondisi lepas dari orang tua menimbulkan rasa untuk berinisiatif, sebaliknya dapat menimbulkan rasa bersalah; (4) Tahap 4 : industry vs inferiority (percaya diri vs rasa rendah diri), usia 6 tahun – pubertas.

Hart & Risley (Morrow, 1993) mengatakan umur 2 tahun, anak-anak memproduksi rata-rata dari 338 ucapan yang dapat dimengerti dalam setiap jam, cakupan lebih luas adalah antara rentangan 42 sampai 672. Dua tahun lebih tua anak-anak dapat mengunakan kira-kira 134 kata-kata pada jam yang berbeda, dengan rentangan 18 untuk 286. Membaca dan menulis merupakan bagian dari belajar bahasa. Untuk bisa membaca dan menulis, anak perlu mengenal beberapa kata dan beranjak memahami kalimat. Dengan membaca anak juga semakin banyak menambah kosakata. Anak dapat belajar bahasa melalaui membaca buku

Anak telah dapat melaksanakan tugas-tugas perkembangan untuk menyiapkan diri memasuki masa dewasa. Perlu memiliki suatu keterampilan tertentu. Bila anak mampu menguasai suatu keterampilan tertentu dapat menimbulkan rasa berhasil, sebaliknya bila tidak menguasai, menimbulkan rasa rendah diri.

11


Kids

Perkembangan si 4-5 tahun Bertambahnya usia si kecil berbanding lurus dengan tumbuh kembang. Usia 4-5 tahun adalah periode mempersiapkan diri masuk sekolah. Persiapan mental pada lingkungan baru dapat anda rangsang dengan cara-cara menarik termasuk dengan mengajak anda bermain sambil belajar.

Perkembangan usia anak 4-5 tahun Pada usia persiapan masuk sekolah anak lebih cenderung menyukai permainan yang berkelompok. Sebelum mengenal beberapa permainan yang tepat dalam merangsang pertumbuhan usia 4-5 tahun, mari kita simak perkembangan yang terjadi pada usia 4-5 tahun.

pertanyaan yang sederhana. Bahkan kebiasaanya sudah mulai dilakukan seperti mencuci tangan sebelum makan, mencuci kaki dan tangan sebelum tidur dan beberapa kegiatan lainnya. Anak pada usia 4-5 tahun juga seringkali bernegosasi dengan orang tua untuk mendapatkan keinginan yang bermainnya. Mainan Usia 4-5 Tahun

Pada usia 4 tahun anak memiliki kesempatan yang lebih besar untuk bersosialisasi dengan luas. Bahkan lebih banyak melakukan gerakan fisik. Meskipun ketika melakukan gerakan fisik baru akan merasakan ragu dan takut. Selain itu pada usia 4-5 tahun akan lebih suka bermain berkelompok dengan mencoba hal yang baru. Disinilah peran aktif orang tua dalam membimbing anak sehingga tidak membahayakan keselamatan anak anda. Anak lebih banyak menggunakan kosakata bahkan sudah dapat menjelaskan keinginan dan cita-citanya meskipun hanya dari kesukaannya dengan tokoh idola. Pada usia 4-5 tahun anak sudah mengetahui gender, bisa mendengarkan dengan lebih baik dan juga lebih aktif dalam mengenal bentuk dan warna. Setidaknya pada usia 4-5 tahun anak sudah dapat menghitung benda 5-10 kemudian menjawab

12

Vol. 08 || November 2015

Mengetahui perkembangan anak pada usia 4-5 tahun peran orang tua sangat dibutuhkan untuk membentuk kepribadian anak. Anda dapat memperkenalkan hal-hal baru termasuk permainan yang menyenangkan dan memiliki nilai edukasi untuk anak. Pada rentang waktu usia 4-5 tahun anak lebih cenderung menyukai permainan yang kompleks sehingga mengasah kemampuan berpikir anak. Bahkan anak anak lebih aktif bergerak dan membutuhkan permainan yang lentur dan kuat untuh gerak tubuhnya. Sehingga permainan yang dianjurkan untuk usia 4-5 tahun kebanyakan adalah permainan yang meningkatkan daya kreativitas, imajinasi dan kecerdasan otak. Saat maraknya gadget yang sudah mulai dikenal anak sejak dini, tidak ada salahnya beberapa permainan berikut juga diperkenalkan kepada anak.


1. Ular Tangga Mainan yang sederhana dan mudah didapatkan akan tetapi memiliki nilai edukasi pada anak usia 4-5 tahun. Peranan media mainan seperti ular dapat menjadi mainan yang meningkatkan daya imajinasi dan juga belajar berhitung bagi anak anda. Bahkan dengan permainan ular tangga anak anda mampu mempertajam memori anak dan kemampuan visualisasi. 2. Monopoli Permainan ke dua yang dapat mengasah memori dan kemampuan visualisasi adalah permainan monopoli. Bahkan permainan yang dilakukan secara berkelompok ini mampu meningkatkan sosialisasi yang tinggi dengan teman sebaya. Anak anda dapat bermain berkelompok dan belajar bermain strategi. Meskipun kini permainan monopoli dan ular tangga sudah teralihkan oleh permainan game online. 3. Sepeda Sepeda roda tiga adalah salah satu mainan sikecil yang menyenangkan. Selain bermain anak juga dapat sambil berolahraga. Dengan mainan sepeda akan dapat dilatih keseimbangan bahkan ketika anak sudah pandai dalam menjaga keseimbangan dan mengayuh sepeda maka anak anda dapat dilatih menggunakan sepeda roda dua. Dengan bermain sepeda anak anda akan dilatih menyempurnakan kemampuan keseimbangannya. 4. Mewarnai dan Menggambar Permainan yang dapat diajarkan pada anak anda

adalah media dengan menggunakan buka gambar. Beberapa gambar yang sudah jadi dan siap diwarnai tersedia di toko buku. Permainan ini menyenangkan karena anak senang mengenal warna dan bermain dengan tokoh idolanya. Anak anda juga sudah mampu menggambar pemandangan alam. Selain itu peranan orang tua sangat dibutuhkan karena dapat mengajarkan anak anda mengenai lingkungan, misalnya mewarnai gunung hijau, awan berwarna putih, rambut berwarna hitam. Meskipun demikian jangan paksakan anak anda dalam memilih warna biarkan dia berimajinasi dan berikan pengertian secara bertahap. 5. Bermain Peran Anak usia 4-5 tahun sangat senang bermain peran. Apalagi anak perempuan yang memainkan peranan bersama dengan boneka kesukaannya. Dengan bermain peran anak belajar berimajinasi, belajar kreatif dan memecahkan masalah. Usia anak 4-5 tahun masih senang berbicara sendiri , hal itu dianggap wajar karena anak masih sedang berkhayal dan mencoba menirukan apa yang anak lihat disekitarnya. Inilah pentingnya peran orang tua dalam mengarahkan anak ketika sedang berada di lingkungan apalagi kini pengaruh media dan pertemanan anak di lingkungan harus disikapi bijak sehingga tidak memiliki efek negatif pada anak. Permainan yang dibutuhkan pada usia 4-5 tahun adalah permainan yang memiliki asfek kognitif. Anak sudah dipersiapkan untuk belajar. Dengan mengenal angka, huruf, menulis dan kejadian di lingkungan sekitarnya. Alat bantu yang bisa anda gunakan seperti papan tulis kecil, buku dogeng, puzzle, kitchen set anak-anak khusus untuk anak perempuan yang bermain peran.

13


Kids

Deteksi Dini Pendengaran Buah Hati, Jangan Terlambat Pendengaran normal adalah modal penting bagi setiap manusia termasuk bayi atau anak agar dapat berbicara dan berkomunikasi dengan lingkungannya. Untuk mengetahui gangguan pendengaran secara dini pada bayi dan anak-anak maka dilakukan skrining pendengaran, yang diprioritaskan untuk bayi dan anak yang berisiko mengalami gangguan pendengaran.

Untuk itu Joint Committee on Infant Hearing (2000) kemudian membuat program Universal Newborn Hearing Screening yang bertujuan mendeteksi dini gangguan pendengaran pada semua bayi baru lahir. Terdapat berbagai faktor risiko terjadinya ketulian, diantaranya adalah: kondisi atau penyakit yang memerlukan perawatan di Neonatus Intensive Care Unit (NICU) selama 48

14

Vol. 08 || November 2015

jam atau lebih setelah kelahiran, keadaan yang berhubungan dengan sindroma tertentu yang menyebabkan tuli sensorineural atau konduktif, riwayat keluarga dengan gangguan pendengaran sensorineural yang menetap sejak lahir, lahir belum cukup bulan (prematur), berat badan lahir rendah (<1500 gram), APGAR skor 0-3 dan 4-10, hiperbilirubin, riwayat infeksi TORCH saat masa kehamilan, dan kelainan tulang wajah/ tengkorak.


Bayi dengan salah satu faktor risiko tersebut mempunyai kemungkinan mengalami ketulian 10,2 kali lebih besar dibandingkan dengan bayi yang tidak memilikinya, Bila terdapat 3 buah faktor risiko, kecenderungan menderita ketulian diperkirakan sampai 63 kali. Sedangkan bayi baru lahir yang dirawat di ruang intensif (NICU) berisiko mengalami ketulian 10 kali lipat bayi normal. Salah satu metode pemeriksaan untuk mendeteksi dini gangguan pendengaran adalah emisi otoakustik (OAE= Otoacoustic Emission). OAE merupakan respons rumah siput (koklea) di telinga yang dihasilkan oleh sel-sel rambut luar dan dipancarkan dalam bentuk energi akustik. Teknologi ini memungkinkan deteksi dini ketulian sejak bayi usia minimal 2 hari. Pemeriksaan lainnya adalah Brain Evoked Response Auditory (BERA) atau dikenal sebagai Auditory Brainstem Response (ABR), yang merupakan pemeriksaan untuk menilai fungsi pendengaran dan fungsi saraf VIII (N. auditorius). Pemeriksaan ini merekam potensial listrik yang dikeluarkan sel koklea selama menempuh perjalanan mulai dari telinga dalam hingga ke inti-inti tertentu di bidang otak.

BERA umumnya dilakukan pada bayi dengan faktor risiko tersebut di atas, anak yang terlambat bicara (delayed speech), anak dengan gangguan sifat dan tingkah laku (autisme), dan bayi/ anak dengan cacat ganda (sindroma). BERA juga dilakukan untuk membantu memperkirakan jenis ketulian, menentukan prediksi ambang dengar dan membantu menentukan letak lesi di sepanjang serabut pendengaran sampai batang otak.

Jika hasil pemeriksaan menunjukkan adanya ketulian, maka bayi kemudian menjalani habilitasi. Habilitasi memberikan fungsi pendengaran yang seharusnya dimiliki bayi/ anak yang sebelumnya belum pernah memiliki kemampuan/ pengalaman mendengar. Program habilitasi terdiri dari amplifikasi (memperkeras input suara), latihan mendengar dan latihan wicara. Joint Committee on Infant Hearing (tahun 2000) melalui program Newborn Hearing Screening (NHS) telah menetapkan OAE dan BERA sebagai pemeriksaan wajib untuk skrining pendengaran pada bayi.

15


Kids

Asma Pada Anak Asma adalah suatu kondisi kronis dimana terjadinya penyempitan dan pembengkakkan saluran napas disertai produksi lendir yang berlebihan dari saluran napas tersebut. Kondisi ini menyebabkan kita sulit bernapas, timbul gejala batuk, serta napas yang sesak dan berbunyi seperti siulan (mengi).

Apakah bayi dan balita dapat terkena penyakit asma? Asma dapat menyerang tanpa memandang usia, bahkan usia balita sekalipun. Akan tetapi umumnya anak dengan usia sekolah (6 tahun) adalah usia yang mulai sering ditemukan terserang asma. Apakah penyakit asma bersifat genetik? Asma merupakan penyakit akibat kelainan genetik. Risiko terjadinya asma semakin tinggi bila ada riwayat anggota keluarga kandung juga menderita asma. Cara mencegah serangan asma pada anak Agar anak dapat terhindar serangan asma, dapat dilakukan pencegahan dengan menghindai faktor pencetus, seperti: kondisi lingkungan (udara dingin, polusi, hujan), infeksi saluran napas atas, exercise (olahraga yang dapat memicu asma), serta allergen dan iritan seperti tungau debu rumah, serbuk sari, kecoa, bulu kucing dan anjing, jamur, parfum dan asap rokok.

16

Vol. 08 || November 2015

Mengetahui Asma sedini mungkin Penyakit asma pada anak dapat diketahui dari gejala- gejala yang timbul, yaitu batuk, mengi, sesak napas, yang sering terjadi di saat tidur atau malam dan dini hari. Tindakan pertama Pertolongan pertama yang terbaik adalah segera bawa ke rumah sakit terdekat, karena sesak napas akibat penyempitan saluran napas harus diatasi secepat mungkin. Pemberian oksigen dan terapi inhalasi menggunakan obat- obatan yang berfungsi melebarkan saluran napas akan dilakukan oleh dokter. Pada kasus asma serangan berat, seringkali diperlukan perawatan rumah sakit. Anak dengan asma tidak dapat sembuh total. Selain itu, asma merupakan penyakit kronis sehingga sangat mungkin dapat kambuh, terutama bila tidak disiplin menghindari faktor- faktor pencetus atau mengurangi faktor risiko.


Promote your brand!!!

Kami mengajak Anda untuk maju bersama melalui promosi yang kami sebarkan melalui Majalah Quantum, cukup beriklan 1 halaman atau liputan advetorial, produk dan jasa usaha Anda deliver kepada calon pelanggan dengan cepat

Keuntungan yang didapat dengan beriklan di Majalah Quantum Health »» »» »» »» »» »» »» »»

Dicetak 3.000 eksempar setiap edisi Terbit reguler setiap dua bulan Dibaca oleh seluruh pasien dan jaringan perusahaan Quantum Lebih dari 50 pick up point di Bali Setiap edisi publish dalam digital magazine melalui issuu.com Terbagikan pada moment seminar dan event kesehatan Terbagi juga kepada lebih dari 400 client perusahaan Klinik Quantum Promosi bisa berupa halaman iklan maupun advetorial dan diliput secara khusus

k ya banya kami pun ik untuk r a n e m n tawara d Anda! n a r b n a promosik

info: Tya 0896 87743540

Indah 0819 9967 4660 17


From Us

Laboratorium Quantum Mataram

PENGABDIAN BAGI MASYARAKAT MATARAM 18 18

Vol. 08 || November 2015


Peresmian Laboratorium Quantum Cabang Mataram tanggal 22 Oktober 2015 diharap menjadi tonggak baru bagi dunia kesehatan di Mataram khususnya dan Nusa Tenggara Barat. Dalam sambutannya, Edo Frezzy, S.Far, Apt. selaku kepala cabang Lab. Quantum Mataram dan Penanggung Jawab Peresmian Laboratorium

Quantum Mataram mengharapkan dengan adanya laboratorium ini masyarakat kota Mataram lebih mengenal Quantum Sarana Medik dan mau memeriksakan kesehatannya di Laboratorium Quantum. Direktur Utama PT. Quantum Sarana Medik, Bapak Made Seriada, SE mengatakan bahwa Klinik

19


From Us

Utama Quantum di Jalan Sesetan No. 20 Denpasar memasuki usia 30 tahun, semakin banyak melayani masyarakat Bali dan semakin banyak dikenal. Selain tersedia Labatorium sebagai penunjang hasil uji kesehatan para dokter dengan hasil yang akurat, Klinik Quantum Sarana Medik di Sesetan juga didukung oleh Poliklinik Utama yang banyak didukung oleh para dokter yang berpengalaman

20 20

Vol. 08 || November 2015

dengan jam praktik setiap hari. Di bidang layanan poligigi, Klinik Utama Quantum Denpasar juga kini dilengkapi dengan alat rontgen gigi yang sangat canggih yaitu Panoramic lengkap dengan dokter ahli di bidang perawatan gigi. Bukan saja infrastruktur yang terus dilengkapi namun sistem layanan berkaliber internasional


pun kini sudah dikantongi oleh Klinim Utama Quantum dengan sertifikasi ISO 15189. Kerja sama kami dengan para instansi baik pemerintah maupun swasta nasional terus bertambah berkat kesempurnaan layanan yang berikan. Jaminan mutu pemeriksaaan Klinik Quantum Sarana Medik sudah berskala internasional. Dalam perkembangannya, Quantum Sarana Medik juga ingin menyumbangkan jasa pelayanan di Mataram, sejak 2010 Laboratorium sudah buka di Mataram, yaitu di Jl. Panca Usaha No. 7D. sehubungan dengan perkembangan yang menggembirakan itu, manajemen Quantum Sarana Medik, sejak tahun lalu berupaya untuk mewujudkan gedung baru ini, demi pemberian layanan yang lebih luas lagi kepada masyarakat Mataram.

Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh Direktur Utama kepada dinas setempat yang mendukung perizinan sampai gedung ini selesai dan bisa beroperasi. Beliau menyampaikan bahwa saat ini izin yang baru dikantungi PT. Quantum Sarana Medik di Mataram adalah Laboratorium dan menyusul Apotek, untuk layanan klinik utama seperti yang ada di kantor pusat di Denpasar bisa segera terealisasi pelayanannya di Mataram demi dedikasi PT. Quantum Sarana Medik bagi masyarakat Mataram. Komisari PT. Quantum Sarana Medik, Bapak Drs. Ketut Sumantra, M.Sc, MM menegaskan kembali bahwa sejak awal mutu lah yang dikedepankan oleh Quantum Sarana Medik, untuk menunjang mutu ini, Quantum Sarana Medik terus meningkatkan peningkatan pengetahuan, ketrampilan dan

21


From Us searah jarum jam: pemotongan pita tanda simbol dibukanya Laboratorium Quantum Mataram oleh CEO Quantum Sarana Medik, Bapak I Dewa Gede Sidan Putra, MBA CEO Bersama Komisaris Utama dan Dewa Sidan Bima Putra, Putra CEO Quantum CEO bersama Direktur Utama dan dokter penanggung jawab lab Quantum Mataram, IDG. Ngurah Agung Sajian makan siang Lab visit oleh para tamu dan undangan yang hadir

22 22

Vol. 08 || November 2015


attitude seluruh staf sehingga mampu memberikan pelayanan yang baik secara terus menerus. Dengan dukungan semua pihak, Komisaris Quantum Sarana Medik berkeyakinan Laboratorium ini akan terus lebih maju dengan semua layanan yang diberikan. Sebelum mengakhiri sambutannya, Komisaris Quantum Sarana Medik menegaskan agar jangan ada pihak yang menganggap kehadiran Laboratorium Quantum Sarana Medik Mataram sebagi pesaing, tapi jadikan sebagai partnership yang saling memberi motivasi demi peningkatan kualitas kesehatan masyarakat.

Acara peresmian gedung Laboratorium Quantum Sarana Medik hari Kamis, tanggal 22 Oktober yang dihadiri oleh kurang lebih 300 undangan dari kalangan dokter, instansi pemerintah dan swasta dan ditutup dengan pemotongan pita sebagai tanda dibukanya gedung baru ini oleh Komisaris Utama Quantum Sarana Medik, Bapak Dewa Gede Sidan Putra, MBA dilanjutkan dengan makan siang para tamu dan undangan. Usai menyantap makan siang, para undangan meninggalkan acara dengan membawa goody bag berisi kenang-kenangan dari Lab Quantum.

23


From Us

24 24

Vol. 08 || November 2015


25


Pleasure

26 26

Vol. 08 || November 2015


KETEDUHAN MOYO

27


Pleasure From Us

Kepulauan yang membentang sepanjang dua kali pulau Bali ini punya banyak kekayaan alam, berada pada sisi utara Sumbawa sejauh 2.5 km, pulau yang mendadak terkenal seantero jagad lantaran pernah disambangi Lady Diana tanggal 16 Agustus 1993 selama tiga hari dua malam ini terbilang sangat mudah dijangkau. Dari Dermaga Goa, Labuan Badas, sisi terdekat Sumbawa ke Pulau Moyo Anda hanya membutuhkan waktu 20 menit. Penyedia jasa penyeberangan speed boat Bintang Moyo Travel. Jasa ini adalah yang paling sering mengantar tamu-tamu baik lokal maupun mancanegara ke Pulau Moyo. Dengan tarif tiga juta rupiah pulang pergi untuk 10 penumpang, melakukan perjalanan berjamaah ke Moyo akan lebih murah dan hemat.

guess house, menyiapkan konsumsi, berkeliling ke berbagai objek wisata, hingga snorkling di Moyo Air Terjun Mata Jitu Butuh waktu kurang lebih satu jam dari Labuan AJi. Menurut penduduk setemat lokasi ini lah salah satu yang dikunjungi Lady Diana dan menghabiskan banyak waktu di tempat teduh dengan desiran air terjun dari beberapa titik itu.

Selain menggunakan boat, Anda yang ingin merasakan ambience perjalanan laut bersama penduduk Moyo yang lalu lalang ke Hanya satu alat transport menuju Sumbawa, Bintang Moyo juga menyediakan fasilitas transportasi lokasi ini, itu pun menuju titik ini umum dengan kapal berukuran besar dengan tarif yang lebih murah. Anda harus berjalan kaki sejauh kurang lebih setengah kilo meter. Demi alasan kenyamanan perjalanan Anda di Moyo, mintalah pihak Selain beberapa titik curam dan Bintang Moyo untuk mengatur itenerary dan fasilitas selama di harus melalui banyak pohon Moyo, mereka adalah para pemuda asli Pulau Moyo yang gencar rindang, motor yang kita tumpangi melakukan promosi dan kemudahan kepada siapa pun yang ingin tidak bisa menjangkau lokasi air berkunjung ke Moyo. Dengan senang hati mereka akan membantu terjun ini, mungkin itu salah satu

28 28

Vol. 08 || November 2015


kenapa area ini begitu terjaga keasriannya, tidak ada asap knalpot di area Mata Jitu. Di area yang masih disebut Mata Jitu itu, Anda masih bisa menelusuri menarik lain, guide yang mengantar saya waktu itu menyebut tempat ini juga bernama Mata Jitu.

info akomodasi moyo 0852 05111 611

Sumber air mata jitu yang berasal dari balik bebatuan besar tidak jauh dari air terjun Mata Jitu menghasilkan air yang sangat bening. Aliran saluran air yang dilalui menuju tempat yang lebih rendah bagaikan kaca kita bercermin, pasir pada dasar air terlihat jelas, tidak ada sedikitpun kotoran mengambang apalagi sampah yang dihasilkan manusia di area ini, yang ada hanya dadaunan dan ranting pohon tua yang jatuh.

Dawu Mbhaâ&#x20AC;&#x2122;i Usai menghabiskan banyak waktu di Air Terjun Mata Jitu, guide Anda pasti tahu destinasi berikutnya. Dengan waktu tempuh setengah jam pakai motor, lokasi menarik lain adalah Dawu Mbhaâ&#x20AC;&#x2122;i. Menurut bahasa lokal kata ini bermakna danau buaya, tempat semacam â&#x20AC;&#x2DC;water parkâ&#x20AC;&#x2122; yang banyak dikunjungi anak-anak lokal ini mengundang banyak perhatian. Aktifitas bermain air mereka yang sarat keberanian dijamin membuat anda berdecak melihatnya, bukan cuma aktifitas lompat dan naik melalui akar pohon, yang tidak kalah menarik adalah gaya mereka bergelantungan dan canda diantara mereka pada seutas tali dijamin bikin Anda iri dengan kebahagiaan itu.

Datang dan nikmati Pulau Moyo!

29


Pleasure From Us

ISTANA DALAM LOKA Kisah Istana yang Dibangun Seusia Bayi Dalam Kandungan Selagi masih di Sumbawa, sempatkan ke tengah kota Sumbawa Besar, tidak jauh dari Dermaga Goa tempat anda turun dari kapal usai kunjungan Anda ke Pulau Moyo, minta lah ojek motor untuk mengantarkan Anda ke Istana Dalam Loka, hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 menit Anda sudah tiba di bangunan istana tua yang megah. Sejarah mencatat, keberadaan Kabupaten Sumbawa atau Tana Samawa ini mulai dikenal sejak zaman Dinasti Dewa Awan Kuning (1350-1389). Pada masa itu corak kerajaan masih bersifat hinduistis. Corak hindu pada Dinasti Dewa Awan Kuning berakhir pada masa kepemimpinan Raja Dewa Majaruwa. Raja Dewa Majaruwa memeluk Islam setelah kerajaan menjalin hubungan dengan kerajaan

30 30

Vol. 08 || November 2015


Islam Demak di Jawa sekitar tahun 1478-1597. Kemudian pada tahun 1623 kerajaan Dewa Awan Kuning ditaklukan oleh Kerajaan Goa sehingga kekuasaan Kerajaan Sumbawa pun berpindah pada Dinasti Dewa Dalam Bawa. Raja pertama begergelar Sultan Hanurasyid 1. Kerajaan ini berkuasa selama 3 abad di tanah Sumbawa. Dan sampai saat ini masih terdapat peninggalan kerajaan berupa rumah istana Sumbawa atau Istana Dalam Loka.

Dalam Loka bermakna istana tempat tinggal raja. Dalam Loka memiliki luas 696,98 m2 dengan 2 bangunan kembar yang ditopang oleh 98 tiang kayu jati dan 1 buah tiang pendek (tiang guru) yang terbuat dari pohon cabe. Secara keseluruhan jumlah tiang penopang adalah 99 tiang yang melambangkan 99 sifat Allah (asmaul husna). Bangunan dalam loka menghadap ke selatan atau tepatnya ke arah Bukit Sampar dan alun-alun kota.

Rumah Istana Sumbawa atau Dalam Loka merupakan peninggalan bersejarah dari kerajaan yang berlokasi di kota Sumbawa Besar. Dalam Loka dibangun pada tahun 1885 oleh Sultan Muhammad Jalalludin III (1883-1931) untuk menggantikan bangunan-bangunan istana yang telah dibangun di tanah tersebut sebelumnya karena telah lapuk

Susunan tangga yang menjadi satu-satunya jalan masuk ke istana ini menyimbolkan bahwa siapapun harus menghormati raja. Hal ini tercermin dari keharusan membungkuk bagi siapapun yang melewati tangga ini. Di dalam komplek Dalam Loka terdapat dua bangunan kembar yang diberi nama Bala Rea atau

dimakan usia bahkan hangus terbakar. Istanaistana itu diantaranya Istana Bala Balong, Istana Bala Sawo dan Istana Gunung Setia. Dalam Loka sendiri berasal dari dua kata yakni dalam yang berarti istana atau rumah-rumah di dalam istana dan loka yang berarti dunia atau tempat. Jadi,

graha besar. Bangunan ini tersusun dari beberapa bagian yang memiki fungsi masing-masing. Istana Dalam loka merupakan saksi sejarah yang memperlihatkan kejayaan Kesultanan Sumbawa pada zamannya.

31


Pleasure From Us

Istana yang dibangun dengan bahan kayu ini memiliki filosofi â&#x20AC;&#x153;adat berenti ko syara, syara barenti ko kitabullahâ&#x20AC;?, yang berarti semua aturan adat istiadat maupun nilai-nilai dalam sendi kehidupan tau Samawa (masyarakat Sumbawa) harus bersemangatkan pada syariat Islam. Selain keunikan jumlah tiang penyangga, masa pembangunan istana ini pun memakan waktu 9 bulan dan 10 hari, persis dengan jumlah hari ibu yang mengandung bayi dalam rahim. Bangunan utama bala rea yang dibangun dengan kayu jati merupakan pengganti kediaman raja yang dulu pernah terbakar saat terjadi letusan bubuk mesiu kerajaan. Dibangun dengan sistem baji, bangunan ini memiliki tingkat kelenturan yang tinggi apabila terjadi gempa bumi.

32 32

Vol. 08 || November 2015

Awalnya, Istana Dalam Loka berfungsi sebagai kediaman raja. Fungsi itu berubah sejak dibangunnya istana baru pada tahun 1932. Kini, Dalam Loka berfungsi menjadi cagar budaya yang mengingatkan jika dahulu pernah berdiri Kesultanan Sumbawa yang pernah berjaya pada zamannya. Tidak jauh dari Istana Dalam Loka, sekitar 500 meter Anda juga bisa menemui sebuah istana modern yang dibangun oleh Belanda, Wisma Praja. Bangunan ini sempat menjadi kantor terakhir raja Sumbawa, Sultan Kaharuddin III, sebelum akhirnya pindah ke Istana Bala Kuning hingga beliau wafat. Sebagaimana umumnya bangunan di Eropa, terdapat sebuah lonceng yang selalu dibunyikan setiap jam di siang hari, kini lonceng itu sudah tidak pernah terdengar lagi dentumannya.


INFO

Tetap Cantik di Usia 40+ Tampil cantik dan terlihat muda menjadi dambaan setiap wanita, apalagi yang telah menginjak usia 40 tahun ke atas. Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan kulit yang cantik, mulai dari perawatan rutin, seperti facial hingga operasi pengencangan kulit wajah. Premature aging Penuaan dini (premature- aging) adalah proses perubahan pada (sel) tubuh baik secara anatomis maupun fisiologis yang tidak sesuai dengan tahapan proses perubahan yang seharusnya terjadi di usia kronologis tersebut. Premature aging sifatnya sangat terikat dengan waktu.

membersihkan wajah dengan menggunakan air dan produk pembersih wajah ber-PH balanced 5,5 yang mendekati kelembaban kulit, membesihkan wajah sebaiknya dilakukan minimal 2 kali sehari. Selain hal-hal diatas, disarankan untuk mebersihkan wajah sebelum tidur. Penggunaan tabir surya (minimal SPF 15) sebelum melakukan aktifitas sehari-hari juga bisa kita lakukan dan jika memungkinkan sebaikan hindari kontak langsung sinar matahari pada pukul 09.00- 15.00

Proses penuaan kulit terutama kulit wajah biasanya dimulai sejak usia 25 tahun, namun setiap orang memiliki polanya sendiri-sendiri; ada yang proses penuaannya berjalan lambat, sehingga tampak awet muda, ada juga yang berlangsung cepat. Penuaan kulit pada wajah, biasanya lebih cepat terjadi pada kaum laki-laki dibandingkan perempuan, karena kulit laki-laki lebih kasar daripada perempuan.

Cantik dan awet muda di usia 40 Untuk tetap cantik dan awet muda di usia 40, disamping melakukan perawatan kulit yang dilakukan secara mandiri atau di klinik kecantikan diperlukan juga perbaikan gaya hidup, diantaranya adalah mengontrol stres, pengaturan diet dan nutrisi, olahraga secara tepat dan teratur serta mengonsumsi suplemen antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, zinc, selenium, serta beta caroten, hindari makanan yang digoreng, makanan berminyak, dan makanan olahan karena dapat mempercepat penuaan dini.

Bagaimana cara mengantisipasi premature aging? Beberapa cara bisa kita lakukan sendiri untuk mencegah penuaan kulit, diantaranya

Mahnoor Baloch, salah seorang artis Pakistan kelahiran 14 Juli 1970 adalah salah satu artis yang dianggap tetap cantik setelah memasuki usia 45. 33


Health

ASAM LAMBUNG Jangan Dibiarkan

Asam lambung adalah gejala maag yang ditandai dengan terlukanya lambung atau terjadinya peradangan pada lambung. Hal ini bisa terjadi karena pola makan yang tidak teratur sehingga menimbulkan rasa perih dan mual.

Lambung adalah organ yang bertugas memproduksi asam untuk mencerna makanan secara teratur. Jadwal makan yang tidak teratur akan membuat lambung sulit beradaptasi dalam menjalankan tugasnya. Berikut adalah beberapa gejala penyakit asam lambung yang penting untuk diketahui.

34

Vol. 08 || November 2015

Sering merasa mual, bahkan muntah, hal ini terjadi karena impuls dari otak bawah yang berhubungan dengan saraf rasa sakit mengalami iritasi. Ini sebagai sinyal bahwa ada penyakit yang terjadi dalam tubuh.


Perut kembung kadar asam yang tinggi di dalam lambung menyebabkan perut menjad kembung. Apalagi dengan kurangnya enzim pada alat pencernaan. Sering bersendawa. Sebagian besar orang mengira bahwa sendawa saat perut kembung adalah baik. Sendawa dianggap dapat meringankan rasa tidak nyaman pada perut yang kembung. Pada kenyataannya, anggapan itu hanya berlaku sementara. Sendawa yang terjadi pada perut kembung hanya akan memperparah kekembungan perut. Tidak nafsu makan Penderita asam lambung akan merasa perutnya selalu penuh. Rasa perut kembung ini lah yang menyebabkan penderita menjadi kehilangan nafsu makan. Merasa sakit dan susah saat buang air besar dan pola makan yang tidak teratur akan berdampak pada susahnya buang air besar. Selain itu, gangguan pencernaan juga dapat menyebabkan saluran pembuangan akhir terganggu. Gejala lain dari asam lambung adalah Tubuh mengeluarkan keringat tanpa sebab, mudah

pingsan, gangguan pencernaan, cegukan, dan denyut jantung yang bergerak lebih cepat adalah beberapa hal yang menjadi gejala asam lambung. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit asam lambung. Berikut adalah beberapa penyebab asam lambung yang baik untuk diketahui. Asupan makanan yang kurang baik Asupan makanan dengan kadar keasamaan tinggi menjadi pemicu utama terjadinya asam lambung naik. Makanan jenis ini menyebabkan produksi asam lambung perut meningkat dalam jumlah banyak. Hal ini akan berakubat pada terserang penyakit maag. Pola makan tidak teratur Pola makan tidak teratur mengakibatkan manusia mengalami stres. Seperti diketahui, stres sangat memicu terjadinya asam lambung. Penderita akan merasakan nyeri pada ulu hati karena produksi asam lambung sedang meningkat. Segeralah lakukan tindakan untuk mengobati asam lambung anda degan cara konsultasikan ke dokter atau bisa juga gunakan obat herbal tradisional yang tentu pilih yang terjamin dan tanpa efek samping

35


Bone

Waspada Kanker Tulang Jenis kanker yang menyerang tulang ini dapat diidap oleh anak-anak hingga orang dewasa. Terbagi menjadi dua, kanker tulang primer dan sekunder. Dinamakan kanker tulang primer bilamana kanker tersebut muncul dan berkembang langsung di dalam tulang. Sedangkan kanker tulang sekunder adalah kanker yang berasal dari bagian tubuh lain yang menjalar ke tulang. Seluruh tulang di dalam tubuh bisa terserang oleh penyakit ini, namun sebagian besar terjadi pada tulang kaki dan lengan. Berikut ini beberapa gejala penyakit kanker tulang, diantaranya: • Nyeri. Seseorang yang terkena kanker tulang akan merasakan nyeri pada daerah tulang yang diserang. Nyeri ini biasanya berangsur- angsur meningkat dan memburuk, terutama ketika tulang digerakkan atau ketika malam hari. • Pembengkakan. Daerah sekitar tulang yang terkena kanker akan mengalami pembengkakan dan berwarna kemerahan. Bahkan jika pembengkakan terjadi di dekat suatu sendi, maka sendi tersebut akan sulit digerakkan. • Pelemahan tulang. Kanker tulang menyebabkan tulang menjadi lemah atau rapuh. Bahkan jika sudah parah, jatuh biasa atau cedera kecil saja bisa membuat tulang patah. • Tubuh terasa lelah. • Penurunan berat badan. • Demam. • Berkeringat, terutama pada malam hari. Pada orang dewasa, gejala nyeri tulang kadangkadang disalahartikan sebagai radang sendi. Pada anak-anak dan remaja, kadang-kadang

36

Vol. 08 || November 2015

disalahartikan sebagai efek samping dari pertumbuhan tulang. Sebaiknya temui dokter jika Anda atau anak Anda terus-menerus merasakan nyeri pada tulang selama lebih dari tiga hari. Penyebab kanker tulang Penyebab pasti kanker tulang belum diketahui, namun kondisi ini diduga disebabkan adanya perubahan atau mutasi di dalam struktur DNA yang mengendalikan pertumbuhan sel sehingga sel-sel tersebut terus tumbuh di luar kendali. Penumpukan sel-sel ini kemudian membentuk tumor yang dapat menyerang struktur tulang di dekatnya atau bahkan menyebar ke bagian tubuh lainnya. Berikut ini beberapa faktor yang diduga dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker tulang. • Paparan radiasi tinggi dari suatu pengobatan yang pernah dialami penderita, misalnya radioterapi. • Pernah memiliki riwayat suatu jenis kanker mata yang disebut retinoblastoma saat kecil. • Pertumbuhan tulang yang cepat pada pubertas. • Menderita penyakit Paget, yaitu suatu kondisi yang dapat menyebabkan tulang lemah. • Menderita penyakit hernia umbilitikus sejak lahir.


Ada empat tahapan yang menentukan tingkat keparahan suatu penyakit kanker tulang, di antaranya: Stadium 1. Pada tahap ini kanker baru mengenai satu bagian tulang dan belum menyebar ke bagian lainnya. Stadium 2. Hampir sama seperti stadium 1, tapi pada tahap ini kanker masih berada di satu bagian tulang dan belum menyebar. Pada tahap ini, agresivitas kanker sudah mulai terlihat. Stadium 3. Pada tahap ini kanker sudah mulai menyebar ke lebih dari satu area pada tulang yang sama. Stadium 4. Pada tahap ini, kanker yang menggerogoti tulang telah menyebar ke bagian-bagian lainnya di dalam tubuh, misalnya paru-paru, hati, atau otak. Diagnosis kanker tulang Kemoterapi Kemoterapi merupakan metode pengobatan kanker yang melibatkan pemberian sejumlah obat-obatan. Pada penyakit kanker tulang, obatobatan tersebut diinfus ke dalam pembuluh darah. Pada kasus kanker tulang, kemoterapi biasanya dilakukan sebelum operasi dengan tujuan untuk menyusutkan kanker agar tidak perlu dilakukan amputasi, serta dilakukan setelah operasi agar kanker tidak muncul kembali. Selain itu, Jika penderita kanker tulang sudah tidak bisa ditangani lagi dengan cara apa pun,

kemoterapi biasanya diberikan dengan tujuan untuk memperlambat gejala. Waktu pelaksanaan kemoterapi biasanya dibagi menjadi beberapa siklus, di mana tiap siklus terdiri dari beberapa hari. Jumlah siklus yang dibutuhkan oleh penderita kanker tulang berbeda-beda, tergantung pada jenis dan tingkat keparahan penyakit yang diidap oleh mereka. Tiap siklus kemoterapi biasanya dipisahkan oleh jeda waktu beberapa minggu. Tujuan pemberian jeda waktu ini adalah agar penderita dapat memulihkan diri dari efek kemoterapi. Beberapa efek samping kemoterapi adalah rambut rontok, rasa lelah, sariawan, diare, mual dan muntah, serta melemahnya sistem kekebalan tubuh. Biasanya efek samping ini akan hilang setelah pengobatan kemoterapi berakhir. Radioterapi Metode radioterapi dilakukan dengan menggunakan pancaran radiasi untuk menghancurkan sel-sel kanker. Pada kasus kanker tulang, radioterapi dapat digunakan sebelum atau sesudah operasi. Metode ini juga dapat dilakukan untuk memperlambat gejala kanker tulang pada penderita yang tidak bisa lagi diobati dengan cara apa pun. Selain tingkat penyebaran, seberapa parah jaringan sel yang terkena kanker juga bisa berdampak pada kesempatan penderita untuk sembuh. Menurut penelitian, rasio peluang hidup penderita kanker tulang chondrosarcoma stadium rendah dengan penderita stadium tinggi selama setidaknya 5 tahun ke depan adalah 80 persen banding 30 persen. (*)

37


Pleasure lifestyle

Jaga Hubungan Jaga Kesehatan Mulut

Tahu kah Anda hubungan bau mulut dengan pergaulan? Ya tentu mudah ditebak, bau mulut tidak sedap yang dihasilkan seseorang akan memengaruhi hubungan pergaulan, untuk itu mari kita ketahui info seputar bau mulut ini.

menyenangkan dan menusuk hidung. Bau mulut merupakan suatu keadaan dimana terciumnya bau mulut pada seseorang saat seseorang mengeluarkan nafas ketika ia berbicara. Bau nafas disebabkan oleh mulut kering.

Menurut istilah kedokteran Bau Mulut adalah â&#x20AC;&#x153;Fetor Ex Oreâ&#x20AC;&#x153; dalam bahasa Indonesia dan dalam bahasa Inggris dikenal sebagai HALITOSE ( Halitus = Bau, Osis = Abnormal ). Bau Mulut adalah akibat dari proses perubahan bahan dalam rongga mulut yang mengandung ikatan sulfur.

Bau mulut / Halitosis merupakan hasil dari metabolisme kuman di dalam rongga mulut dan sisa-sisa makanan serta aktivitas bakteri anaerob gram negative, yang merupakan produk hasil pemecahan protein yang mengandung sulfur berupa Gas Volatile Sulfur Compound (VSC) yang mudah menguap.

Halitosis adalah bau nafas yang tidak enak, tidak

38

Vol. 08 || November 2015


Nah untuk itu kenalilah beragam penyebab bau mulut berikut ini, agar Anda agar mudah diterima dipergaulan.. Faktor yang paling besar peranannya dalam menghasilkan bau mulut tak sedap adalah makanan. Berikut beberapa makanan yang bisa menimbulkan bau mulut: 1.Bawang putih dan bawang merah Bawang putih dan bawang merah ini mengandung senyawa sulfur dan mercaptan yang memiliki bau tidak sedap. Didalam pencernaan, kedua senyawa itu kemudian diserap lalu didistribusikan ke seluruh tubuh termasuk paru-paru. Uap yang dihasilkan dari proses senyawa tersebut akan ikut keluar bersama nafas dan memicu bau mulut. 2. Daging Bumbu-bumbuan yang biasa dipakai untuk memasak daging bisa memicu timbulnya bau mulut, sementara sisa daging yang menyelip pada gigi bisa membusuk dan memicu bau tidak sedap jika tak segera dibersihkan. Agar terhindar akibat bau mulut yang dipicu oleh bumbu-bumbuan, maka tambahkan jeruk nipis dalam masakan dan biasakan untuk gosok gigi setelah makan daging. 3. Susu Susu dan berbagai produk olahannya termasuk keju dan yoghurt yang berada didalam mulut dapat membentuk senyawa amino. Senyawa amino ini oleh mikroba alami yang terdapat di permukaan

lidah diolah menjadi senyawa sulfure, sehingga baunya menjadi tidak sedap. 4. Gula Minuman bersoda, permen dan kue yang mengandung gula bisa menjadi makanan bagi mikroba alami yang terdapat di mulut. Hasil dari metabolisme para mikroba adalah senyawa sulfur yang menyebabkan bau mulut tidak sedap. 5. Telur Sama seperti daging merah dan kacang-kacangan, telur mengandung banyak protein yang bisa memicu timbulnya bau mulut. Saat makanan tersebut bereaksi dengan cairan asam di saluran pencernaan, protein akan melepaskan bau tidak sedap dan bisa terbawa kembali ke rongga mulut. 6. Kopi dan alkohol Alkohol bisa membuat mulut menjadi kering, sementara kopi meningkatkan keasaman rongga mulut. Keduanya merupakan faktor pemicu pertumbuhan bakteri anaerob yang berlebihan sehingga bau mulut tidak sedap. 7. Tembakau Racun tembakau juga menjadi penyebab rongga mulut jadi lebih kering,sama seperti alkohol.Hal ini akan memicu pertumbuhan dan perkembang biakan bakteri anaerob penyebab bau mulut. Kita tentu butuh makanan diatas, tapi mengkonsumsi secara berlebihan dan penanganan pasca mengkonsumsi makanan itu sebaiknya kita perhatikan agar tetap eksis di pergaulan.

39


Pleasure lifestyle

Tahi Lalat Atau Gejala Kanker Kulit? Mungkin sebagian diantara kita menganggap lumrah perihal tahi lalat di tubuh, tapi tahu kah Anda bahwa mendeteksi perubahan tahi lalat sejak awal itu sangat penting?

Tahi lalat pada dasarnya tidak berbahaya, tetapi ada kemungkinan berubah menjadi melanoma, bentuk kanker kulit paling serius karena kemampuannya untuk menyebar. Itulah mengapa sangat penting untuk mendeteksi perubahan tahi lalat menjadi melanoma sejak awal. Pada umumnya tahi lalat bersifat jinak namun tahi lalat juga dapat berubah sifat menjadi ganas dan menjadi kanker kulit, yang disebut dengan melanoma maligna. Tipe kulit dan paparan sinar ultra violet matahari menjadi faktor yang sangat berpengaruh terhadap angka kejadian melanoma maligna. Rata-rata orang memiliki 10-40 tahi lalat di tubuhnya. Kebanyakan tahi lalat adalah bawaan lahir, tetapi ada juga yang baru muncul setelah lahir. Sebagian besar tahi lalat muncul selama 20 tahun pertama kehidupan, meskipun ada juga yang terus berkembang hingga usia 40-an. Namun, biasanya sebagian tahi lalat menghilang seiring bertambahnya usia.

40

Vol. 08 || November 2015

Istilah kedokteran tahi lalat disebut dengan nevus pigmentosus. Ciri khas tumor jinak ini adalah warnanya yang gelap, sebagian mempunyai ukuran yang menetap, namun sebagian lain terus membesar sehingga mengkhawatirkan si pemiliknya. Umumnya perkembangan ukuran ini dipicu oleh adanya kontak dengan sinar matahari. Tahi lalat timbul akibat terkena sinar matahari secara terbuka sehingga berdampak pada meningkatnya pigmen melanin menjadi berlebih. Orang kulit putih, lebih rentan terkena melanoma bila dibandingkan orang Asia atau Afrika. Demikian pula paparan ultra violet matahari yang bersifat kronik kumulatif akan meningkatkan risiko terjadinya masalah ini. Tanda Awal Kanker Kulit Tahi lalat secara umum tidak berbahaya, dan biasanya hanya menimbulkan keluhan kosmetis, meski dapat pula berubah menjadi kanker. Tahi lalat yang datar umumnya bersifat jinak, tapi bisa juga berubah menjadi ganas. Untuk tahi lalat


yang berupa benjolan, atau tumor dalam bahasa kedokteran, bisa digolongkan menjadi 3 jenis, yaitu jinak, bakal kanker/pra kanker, dan ganas. Tahi lalat dapat berubah semakin besar, terasa gatal, dan akhirnya menjadi kanker kulit yang sangat ganas. Tanda-tanda tahi lalat yang berubah menjadi ganas (melanoma maligna), yaitu bila muncul rasa gatal atau nyeri, perubahan warna menjadi lebih gelap, ukurannya membesar, melebar tidak teratur, permukaan menjadi tidak rata, sering diganggu (dikorek atau digaruk), gampang berdarah, menjadi luka dan koreng yang tidak sembuh-sembuh. Tahi lalat yang masuk dalam kategori berbahaya yaitu jika ukurannya terus membesar hingga memiliki diameter lebih dari 6 milimeter. Masalah tahi lalat bukan hanya masalah di permukaan kulit, tapi masalah dalam lapisan bawah kulit, sehingga jarang sekali tahi lalat dapat ditangani dengan

pengobatan tradisional. Tahi lalat yang berisiko kanker harus ditangani segera sebelum mengalami metastatis atau penyebaran ke bagian tubuh lainnya. Itulah mengapa sangat penting untuk mendeteksi perubahan tahi lalat menjadi melanoma sejak awal, ketika angka kesembuhan dengan operasi hampir 100%. Melanoma dapat muncul di manapun pada tubuh, namun paling sering ditemukan di punggung, pantat, kaki, kulit kepala, leher, dan di belakang telinga. Waspadai Melanoma Melanoma adalah jenis kanker kulit yang paling serius, terjadi pada sel yang menghasilkan pigmen melanin yang memberikan warna pada kulit. Melanoma dapat juga terjadi di mata dan organ internal, seperti saluran pencernaan, meskipun jarang terjadi. Penyebab pasti melanoma tidak

41


Pleasure lifestyle jelas, tetapi radiasi sinar ultraviolet (UV) dapat meningkatkan risiko terkena melanoma. Faktor lainnya adalah genetik yang mungkin juga memainkan peran. Tahi lalat yang tidak wajar dapat mengindikasikan melanoma. Ciri-cirinya adalah bentuk yang tidak beraturan, batas yang tidak beraturan yang merupakan karakteristik dari melanoma, perubahan warna pada tahi lalat, dan diameter lebih besar dari 6 milimeter. Selain itu, pada tahi lalat melanoma dapat muncul tanda dan gejala baru, seperti rasa gatal atau pendarahan. Bila terjadi perubahan pada tahi lalat Anda seperti ciri-ciri yang disebutkan di atas, segera periksakan ke dokter.

Ciri tahi lalat yang tidak wajar adalah bentuk dan batas yang tidak beraturan, perubahan warna pada tahi lalat, dan diameter lebih besar dari 6 milimeter.

42

Vol. 08 || November 2015

Diagnosa dan Pencegahan Segeralah mengunjungi dokter kulit jika Anda menemukan tahi lalat dengan ciri yang mengindikasikan melanoma. Dokter Anda mungkin akan meminta informasi tentang perkembangan tahi lalat Anda serta riwayat keluarga, untuk menilai risiko yang Anda miliki. Risiko melanoma meningkat bila Anda memiliki keluarga yang juga terkena penyakit tersebut. Umumnya dokter akan memeriksa dan menggunakan aturan ABCDE untuk menilai tahi lalat, yaitu: Asymmetry: simetris berarti baik dan sebaliknya Border : bila tahi lalat berbatas tegas berarti baik Color : bila terdapat banyak warna patut dicurigai Diameter: ukuran yang disepakati adalah 0,6 cm (6 mm). Bila lebih besar dari 0,6 cm (6 mm) bukan tanda yang baik Elevation/enlargement: meninggi dari permukaan kulit berarti bukan hal yang baik Di samping itu juga perlu waspada apabila memiliki jumlah tahi lalat yang banyak. Satu hal yang perlu Anda perlu ketahui adalah bahwa tahi lalat berambut bukan tanda ke arah kanker. Umumnya bila terdapat kecurigaan, dokter akan melakukan biopsi dan bila positif, terapi terbaik adalah dengan pengangkatan tahi lalat (tindakan bedah).


Deteksi Penyakit Lewat Kuku Kuku ternyata bisa menunjukkan beberapa penyakit yang diderita seseorang. Bahkan beberapa penyakit dalam yang bisa berakibat fatal bisa diketahui hanya dengan cara melihat perubahan warna dari kuku. Jika anda atau seseorang terdekat anda diketahui mengalami perubahan warna kuku yang tidak biasa anda patut curiga. Siapa tahu hal tersebut adalah deteksi dini terhadap penyakit berat yang diderita. Maka jangan ragu untuk memeriksakan diri atau menyarankan orang terdekat anda untuk segera berkonsultasi dengan dokter spesialis.

mengindikasikan bahwa seseorang menderita penyakit liver, anemia bahkan menderita penyakit jantung.

Berikut perubahan warna pada kuku yang menandakan deteksi untuk penyakit tertentu:

Tubuh kekurangan oksigen bisa menyebabkan kuku berwarna kebiruan. Namun infeksi paru seperti penumonia dan kelainan pada jantung juga bisa menjadi penyebabnya.

Jika warna kuku anda terlihat semburat kuning kehijau hijauan, kemungkinan anda mengalami infeksi jamur. Namun pada kasus tertentu, perubahan warna tersebut bisa juga sebagai tanda awal dari penyakit paru-paru.Jika warna kuku lebih ke warna kuning, bisa jadi ini menandakan menderita penyakit tiroid, paru-paru, diabetes, atau psoriasis. Jika terlihat noda kecokelatan pada kuku seperti tahi lalat,bisa diindikasikan sebagai penyakit psoriasis kulit. Warna kuku yang pucat dan memudar bisa

Kuku yang berwarna putih namun pada bagian tepi kuku berwarna lebih gelap bisa jadi merupakan ini menandakan menderita hepatitis.

Permukaan kuku yang tidak halus (bergelombang) adalah tanda-tanda awal dari penyakit psoriasis atau arthritis, kemudian hal ini biasanya akan disertai dengan memudarnya warna kuku. Jika kuku ada garis garis membujur yang berwarna kehitaman atau biru gelap,anda harus waspada. Karena ini bisa jadi merupakan tanda tanda awal melanoma, salah satu jenis kanker kulit. (dari berbagai sumber)

43


Pleasure lifestyle

Pentingnya Pemeriksaan Kesehatan Pra Nikah Menikah merupakan momen yang tidak hanya membahagiakan tapi juga merupakan fase akhir dalam sebuah hubungan tiap pasangan akan belahan jiwanya. Jauh-jauh hari sebelum momen itu banyak yang harus dipersiapkan, salah satu yang terbilang penting terhadap kelangsungan keturunan pasangan itu adalah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan pra nikah.

Pemeriksaan kesehatan pra nikah memang belum umum dilakukan di Indonesia, namun pemeriksaan ini merupakan salah satu prosedur menjelang pernikahan yang dianjurkan pakar kesehatan. Ada risiko bagi kesehatan Anda dan pasangan yang mungkin akan menghadang Anda dalam menjalani pernikahan kelak.

44

Vol. 08 || November 2015

Waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan pra nikah Pada dasarnya pemeriksaan kesehatan pra nikah dapat dilakukan kapanpun, namun waktu yang tepat adalah enam bulan sebelum menjelang hari pernikahan, alangkah baiknya apabila kedua calon mempelai dapat mengetahui kondisi kesehatan


pasangan masing-masing jelang saat bahagia itu dilangsungkan. Apabila dari hasil pemeriksaan ditemukan masalah, dokter akan segera melakukan tindakan pengobatan pada calon mempelai untuk meminimalkan risiko lebih lanjut yang mungkin timbul. Biasanya pemeriksaan pra nikah meliputi pemeriksaan darah rutin dan analisa hemoglobin untuk mengetahui adanya adanya kelainan atau penyakit darah. Sebagai contoh, pemeriksaan gambaran darah tepi dilakukan untuk mengetahui kelainan penyakit darah, seperti thalasemia trait. Laju Endap Darah (LED), untuk mengetahui proses inflamasi (peradangan). Pemeriksaan golongan darah dan rhesus faktor, untuk mengetahui kemungkinan golongan darah calon bayi. Pemeriksaan golongan darah dan rhesus juga akan berguna bagi calon janin. Pemeriksaan urin lengkap berguna untuk memantau fungsi ginjal dan penyakit lain yang berhubungan dengan ginjal atau saluran kemih. Pemeriksaan gula darah untuk memantau kemungkinan diabetes mellitus. Pemeriksaan HBsAg untuk mengetahui kemungkinan peradangan hati (Hepatitis B). Pemeriksaan VDLR/RPR untuk mengetahui adanya kemungkinan penyakit sifilis.

â&#x20AC;&#x153;

Klinik Utama Quantum Sarana Medik memiliki layanan pemeriksaan pra nikah dengan cakupan layanan medical check up pra nikah.

Pemeriksaan TORCH untuk mendeteksi infeksi yang disebabkan parasit Toxoplasma, virus Rubella, virus Cytomegalo (CMV), dan virus Herpes yang bila menyerang pada perempuan di masa kehamilan pada janin (cacat janin), dan kelainan prematur. Selain tidak sulit dan tidak memerlukan biaya besar, penanganan cepat terhadap masalah gangguan kesehatan yang terdeteksi juga dapat ditangani sedini mungkin oleh dokter berkat ketersediaan alat-alat lab yang canggih di Klinik Utama Quantum Sarana Medik Denpasar.

45


Paket Layanan Kesehatan

Bagi pribadi sibuk seperti Anda, kesehatan tentu diatas segalanya. Memahami hal ini Quantum Sarana Medik mempersembahkan paket General Check Up yang dirancang secara terpadu (Komprehensif). Suasana ruangan yang bersih, nyaman, ditunjang peralatan canggih dan terkini, dengan dukungan tim dokter yang profesional serta paramedis yang ramah, membuat pasien tidak merasa gamang. Kebiasaan memeriksakan kesehatan merupakan solusi tepat untuk dapat mencegah penyakit dan memelihara kesehatan jasmani menjadi lebih baik. Paket sehat bersama Quantum Sarana Medik, memastikan yang terbaik untuk Anda

(Harga paket berlaku hingga 31 Desember 2015)

PAKET A Rp 1.213.500,-

PAKET B Rp. 1.912.000,-

1. Pemeriksaan Internist 2. Rontgen Foto Thorax CR 3. EKG Resting 4. Pemeriksaan Laboratorium

1. Pemeriksaan Internist 2. Rontgen Foto Thorax CR 3. EKG 4. Pemeriksaan Laboratorium

a. Hematologi: Darah Lengkap (Hb, Leukosit, Hitung jenis Leukosit, LED, Eritrosit, Limfosit, Monosit, Granulosit, Trombosit, Hematokrit, MCV, MCH, MCHC, RDW, PCT, MPV, PDW)

a. Hematologi: Darah Lengkap (Hb, Leukosit, Hitung jenis Leukosit, LED, Eritrosit, Limfosit, Monosit, Granulosit, Trombosit, Hematokrit, MCV, MCH, MCHC, RDW, PCT, MPV, PDW)

b. Urine Lengkap

b. Urine Lengkap

c. Kimia: FAAL HATI: - SGOT - SGPT - Alkali Phosphatase PROFIL LEMAK: - HDL - LDL - Triglyceride - Cholesterol FAAL GINJAL : - Ureum - Creatinin - Asam Urat GULA DARAH: - Glukosa Puasa - HBA 1C

c. Kimia : FAAL HATI : - SGOT - SGPT - Alkali Phosphatase PROFIL LEMAK : - Cholesterol - HDL - LDL - Triglyceride FAAL GINJAL : - Ureum - Creatinin - Asam Urat GULA DARAH : - Glukosa Puasa - HBA 1C d. Imunologi - HBs Ag - Anti HCV - Anti HBs

46

Vol. 08 || November 2015


PAKET C Rp. 2.633.000,-

PAKET D Rp. 4.527.500,-

1. Pemeriksaan Internist 2. Rontgen Foto Thorax CR 3. EKG 4. Pemeriksaan Laboratorium

1. Pemeriksaan Internist 2. Rontgen Foto Thorax CR 3. EKG 4. Pemeriksaan Laboratorium

a. Hematologi: Darah Lengkap (Hb, Leukosit, Hitung jenis Leukosit, LED, Eritrosit, Limfosit, Monosit, Granulosit, Trombosit, Hematokrit, MCV, MCH, MCHC, RDW, PCT, MPV, PDW) b. Urine Lengkap c. Kimia : FAAL HATI: - SGOT - SGPT - Alkali Phosphatase - Protein Total (Albumin/Globulin) - Bilirubin Total / Direk - Gamma GT PROFIL LEMAK: - Cholesterol - HDL - LDL - Triglyceride - APO B FAAL GINJAL: - Ureum - Creatinin - Asan Urat GULA DARAH: - Glukosa Puasa - HBA 1C ELEKTROLIT: -Natrium -Kalium -Chlorida d. Serologi - VDRL e. Imunologi - HBs Ag - Anti HCV - Anti HBs

a. Hematologi: Darah Lengkap (Hb, Leukosit, Hitung jenis Leukosit, LED, Eritrosit, Limfosit, Monosit, Granulosit, Trombosit, Hematokrit, MCV, MCH, MCHC, RDW, PCT, MPV, PDW) b. Urine Lengkap c. Kimia: FAAL HATI: - SGOT - SGPT - Alkali Phosphatase - Protein Total (Albumin/Globulin) - Bilirubin Total / Direk - Gamma GT PROFIL LEMAK: - Cholesterol - HDL - LDL - Triglyceride - Lipid Total - APO B, CKMB FAAL GINJAL: - Ureum - Creatinin - Asan Urat GULA DARAH: - Glukosa Puasa - HBA 1C ELEKTROLIT: -Natrium -Kalium -Chlorida d. Serologi - VDRL e. Imunologi - HBs Ag dan anti Hbs - IgM Anti HAV - Anti HCV - FT4 - Alfa Fetoprotein - CEA - TSH

47


Ketik QUANTUM, kirim ke 777 dan tunjukan SMS notifikasinya ke CS kami * Berlaku untuk pelanggan TEKOMSEL dengan menukarkan redeem point * Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi www.tselmerchant.com


Klinik dengan Layanan Terdepan di

Mataram, NTB Fasilitas: - Laboratorium - Treadmill - EKG - Praktek dokter umum - dll

Penanggung jawab lab: dr. IDG. Ngurah Agung

Menyediakan jasa on-call untuk mempermudah pasien

0370-649123

081999 809790

Jl. W. R. Supratman No. 18 Karang Medain, Mataram, NTB Buka mulai pukul 08.00 - 22.00 WITA

#8 Pengabdian Quantum bagi Masyarakat NTB  

Liputan khusus peresmian laboratorium Quantum cabang Mataram