Issuu on Google+

LAPORAN PELATIHAN KOTA PINTAR DI KOTA SURAKARTA TAHUN 2016

CENTER FOR DIGITAL SOCIETY


1 Laporan Pelatihan Kota Pintar

I.

Pengantar

Center for Digital Society Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada bersama dengan Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia telah sukses menyelenggaraan pelatihan kota pintar di Kota Surakarta yang diadakan di Hotel Royal Surakarta Heritage, pada tanggal 8-9 Desember 2016. .

II.

Overview Materi Pelatihan

Pelatihan kota pintar di Kota Surakarta diselenggarakan dalam delapan sesi. Sesi pertama membahas mengenai urgensi kota pintar. Sesi ini mendiskusikan mengenai apa, mengapa dan bagaimana kota pintar dapat bekerja dan meningkatkan kinerja pelayanan perkotaan. Smart City hadir sebagai solusi cerdas untuk menyelesaikan permasalahan dan mengembangkan potensi setiap kota yang memiliki ciri khas masing-masing. Sebab itu pengembangan kota pintar harus disadari atas kebutuhan setiap kota. Pada sesi kedua, membahas mengenai tahapan-tahapan yang dapat dilalui setiap kota untuk menuju kota pintar yang optimal. Adapun tahapan ini terdiri dari 7 tahapan yaitu, (1) Pelajari teori kota pintar; (2) Rumuskan kebutuhan dan prioritas di kalangan masyarakat dan pihak swasta; (3) Rumuskan rencana dan komunikasi visi kota pintar dan upayakan pemangku kepentingan mendukungnya; (4) Pertimbangan untuk memanfaatkan teknologi cloud; (5) Tetapkan model pelaksanaan (build own, operate; build, operate, transfer; open business model; dan public private partnership); (6) Rancang pelaksanaan; (7) Mulai dengan proyekproyek awal. Pada sesi ketiga dan keempat, memberikan kesempatan kepada peserta untuk berdiskusi langsung dengan developer aplikasi kota pintar. Pada pelatihan di Kota Surakarta, hadir USADI yang fokus pada pengembangan aplikasi keuangan daerah dan AdIns yang mengembangkan aplikasi pelaporan masyarakat terhadap pelayanan public dan fasilitas umum. Developer secara detail menyampaikan berbagai ďŹ tur aplikasi dan juga berdiskusi dengan peserta mengenai sektor-sektor strategis yang dapat dikerjasamakan.


2 Laporan Pelatihan Kota Pintar

Pada sesi kelima, membahas mengenai kerangka ISO 18091:2014 mengenai Kota Pintar. Sesi ini memaparkan bahwa implementasi kota pintar telah memiliki ketentuan yang terstandar dan diakui secara internasional. Kerangka ini penting, bukan hanya sebagai acuan namun juga untuk memastikan bahwa konsep kota pintar yang dikembangkan memiliki standar keamanan, kredibilitas, dan inklusiďŹ tas. Secara umum kerangka ISO kota pintar dipetakan menjadi empat kluster yaitu (1) Pengembangan institusi pemerintahan yang baik; (2) Pengembangan Sosial yang Inklusif; (3) Pengembangan Ekonomi yang berkelanjutan; dan (4) Pembangunan lingkungan berkelanjutan. Pembahasan dilanjutkan pada teknologi komputasi awan dan urgensi keamanan sistem digital. Komputasi awan memberikan kemudahan dan ketepatan dalam pengembangan kota pintar. Penggunaan komputasi awam juga penting karena memiliki standar keamanan yang sangat baik. Pada sesi keenam, pelatihan memasuki sesi Focus Group Discussion. Peserta pelatihan dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan kluster pengembangan kota pintar yang relevan dengan visi misi dan masalah perkotaan. Pada sesi ketujuh, peserta mengidentiďŹ kasi solusi dari permasalahan yang sebelumnya telah diidentiďŹ kasi. Peserta pelatihan telah berhasil mengidentiďŹ aksi detail masalah, detail solusi dan sekaligus melakukan perencanaan pengembangan solusi kota pintar. Pada sesi kedelapan, hasil diskusi antar kelompok kemudian dipresentasikan secara bergiliran untuk mendapatkan umpan balik dari peserta lain dan juga fasilitator diskusi. Setelah memperoleh umpan balik, setiap kelompok menyempurnakan hasil presentasinya untuk kemudian dikumpulkan menjadi satu sebagai rekomendasi usulan perencanaan pengembangan kota pintar yang komprehensif.


3 Laporan Pelatihan Kota Pintar

III.

Overview Pemateri dan Peserta

Pada kesempatan kali ini kami juga hendak menyampaikan terimakasih berbagai pihak yang telah turut serta berpartisipasi dan membantu pelatihan kota pintar. Telah menjadi komitmen CfDS Fisipol UGM untuk menghadirkan para pembicara yang memiliki kapasitas dan pengalaman yang mumpuni. Pada sesi pertama dan kedua hadir sebagai pembicara, Dr. Dedy Permadi (Managing Director CfDS Fsisipol UGM); selanjunya hadir developer USADI dan AdIns yang berdiskusi bersama dengan peserta pelatihan. Kemudian hadir Anthonius Henricus, Developer Experience and Evangelism Director, Microso Indonesia. Sebagai fasilitator FGD yakni Nurhadi Susanto (Peneliti MAP dan CfDS Fisipol UGM). Adapun staf CfDS Fispol UGM yang bertugas pada pelatihan Kota Surakarta adalah Umar Abdul Aziz dan Hanadia Pasca Yurista.

IV.

Laporan dan Evaluasi Peserta

Pelatihan kota pintar di Kota Surakarta diikuti oleh 25 Pegawai Pemkot Surakarta. Peserta pelatihan terdiri dari Pejabat Eselon II, III, dan IV. Adapun para peserta berasal dari berbagai instansi kedinasan seperti Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Perhubungan, dan instansi lainnya. Pada kesempatan kali ini, kamipun hendak menyampaikan apresiasi kepada peserta yang telah berpartisipasi dalam pelatihan ini. Dalam waktu kedepan, komitmen dan sinergisitas antar pejabat eselon dan instansi harus terus ditingkatkan.

V.

Hasil Pre Test dan Post Test

Sebagai bentuk evaluasi yang efektif untuk memantau kinerja pelatihan dan daya serap peserta terhadap materi pelatihan, pelatihan Kota Pintar didukung dengan instrumen pre test dan post test. Pre test dan post test terdiri dari 20 soal yang terdiri dari bagian materi pelatihan. Pre test dibagikan kepada seluruh peserta sebelum materi pertama, sedangkan post test dibagikan setelah sesi FGD berakhir. Adapun ringkasan hasil pre test dan post test adalah sebagai berikut.


4 Laporan Pelatihan Kota Pintar

Ringkasan Hasil Pre test dan Post test berdasarkan jumlah soal benar Nilai Pre test

Nilai Post Test

Nilai Maksimal

16

18

Nilai Minimal

6

12

Nilai Modus

12

13

Rata-rata

11

14

Berdasarkan hasil pre test dan post test tersebut dapat diambil beberapa poin menarik. Pertama, titik awal pemahaman pegawai Pemerintah Kota Surakarta mengenai kota pintar sangat beragam. Hal ini dapat dilihat dari jumlah soal benar yang memiliki rentang minimal 6 soal benar hingga nilai maksimal 12 soal benar. Kedua, peningkatan pemahaman peserta mengenai kota pintar dapat dilihat dari peningkatan hasil post test peserta. Ketiga, berdasarkan nilai pre test dan post test dapat dilihat sumber daya manusia untuk pengembangan kota pintar di Kota Surakarta telah memiliki SDM yang mumpuni dan dapat terus diakselerasi.


5 Laporan Pelatihan Kota Pintar

VI.

Rangkuman FGD

Berdasarkan hasil FGD, dapat diidentiďŹ kasi bahwa konsern utama pengambangan kota pintar di Surakarta dapat mencakup beberapa dimensi pembangunan kota pintar meliputi yakni Smart Economy, Smart Governance, Smart Mobility, dan Smart People. Berdasarkan hasil FGD secara umum permasalahan dan peluang pengembangan kota pintar di Kota Surakarta adalah sebagai berikut.

Kelemahan Cepat puas; Pendataan kurang lengkap; Kurangnya inovasi; Tumpuan daerah lain

Surakarta Pertumbuhan ekonomi melesat; UMKM berkembang; Pelayanan publik efektif eďŹ sien; Lalu lintas dan trasnportasi

Visi Terwujudnya Surakarta sebagai kota budaya, mandiri, maju dan sejahtera.

Potensi Banyaknya UMKM; Masyarakat yang kuat; Infrastruktur

Solusi Pintar Pendampingan UMKM; Pemantapan masterplan; Perizinan terintegrasi; Aplikasi bid. perhubungan


6 Laporan Pelatihan Kota Pintar

VII.

Penutup Pada akhirnya kami segenap penyelenggara pelatihan mengucapkan terimakasih banyak atas kerjasama dan partisipasi Pemerintah Kota Surakarta dalam pelatihan Kota Pintar di Tahun 2016. Pada prinsipnya CfDS Fisipol UGM bersedia untuk terus bekerjasama dengan Pemerintah Kota Surakarta apabila dirasa perlu untuk melakukan diskusi, studi dan pengembangan lebih lanjut mengenai kota pintar. Hal ini senantiasa dapat kita lakukan demi menyongsong era masyarakat digital yang lebih baik.


7 Laporan Pelatihan Kota Pintar

VII.

Lampiran Kontak Peserta

No. Nama Instansi 1 Agus Martopo BKD Ari Yeppi Kusumawa , SE, 2 M.Si BAPPEDA 3 Arso Danardono 4 Arthaty Mulatsih 5 Dandy Y.E

DISHUBKOMINFO Dinas Kesehatan DTRK

6 Eko Nugroho Isbandijarso BPBD 7 Enike NoďŹ da Andriani DPU 8 Fahrudin Eka Cahyana 9 Jackson A. N. Lusia Sari Murnia , 10 S.Kom, M.Eng

DISPENDUKCAPIL

Nomor telp Email 081329093510 agmartopo@gmail.com bapppeda.sosbud@gmail.c 081393366399 om 085725540303 arsodanardono@gmail.com 08122620919 arthaty29@gmail.com eko_nugrohobpbd@yahoo. 081804400556 co.id 08122834481 cfahruddineka@yahoo.co.i 0818276925 d napitupulujackson@yahoo. 081329439699 co.id

DISHUBKOMINFO Bagian Administrasi Pembangunan 082225203311 lusiasari@gmail.com bappeda.surakarta@gmail.c 11 Perdani Budiar BAPPEDA 08121536863 om sap maininurbaity@gmail. 12 Dra. Sap Maini Nurbaity DISPERINDAG 085229081818 com 13 SriRejeki Ida S. DISIKOP UMKM 087846028611 idahi94@gmail.com 14 Sukriya BAPPEDA 081329273060 15 Sultan Nadjamuddin BLH 082226601649 16 Suratna BAPPEDA 17 Tri Lestari BPMPT 081329441301 trilestari36@ymail.com 18 Tri Rusnita DISBUDPAR 081567665441 rusnitatri@gmail.com 19 Tri Suryo Kuncoro BAPPEDA 081548559454 20 Tulus W BAPPEDA 08164263031 21 Wijayan BAPPEDA 22 Windy Satriawan PPPKA 082250044545 windsa @gmail.com 23 Yudit Cahyantoro NS Solo Technopark 087836157567 yuditcns@gmail.com 24 Zubaidi HS BAPPEDA 081915367986


8 Laporan Pelatihan Kota Pintar

VIII.

Lampiran Hasil Pre Test dan Post Test Kota Surakarta

No.

Nama

Instansi

Pre-test

1 Agus Martopo BKD 2 Ari Yeppi Kusumawa , SE, M.Si BAPPEDA 3 Arso Danardono DISHUBKOMINFO 4 Arthaty Mulatsih Dinas Kesehatan 5 Dandy Y.E DTRK 6 Eko Nugroho Isbandijarso BPBD 7 Enike NoďŹ da Andriani DPU 8 Fahrudin Eka Cahyana DISPENDUKCAPIL 9 Jackson A. N. DISHUBKOMINFO 10 Lusia Sari Murnia , S.Kom, M.EngBagian Administrasi Pembangunan 11 Perdani Budiar BAPPEDA 12 Sap Maini Nurbaity DISPERINDAG 13 SriRejeki Ida S. DISIKOP UMKM 14 Sukriya BAPPEDA 15 Sultan Nadjamuddin BLH 16 Suratna BAPPEDA 17 Tri Lestari BPMPT 18 Tri Rusnita DISBUDPAR 19 Tri Suryo Kuncoro BAPPEDA 20 Tulus W BAPPEDA 21 Wijayan BAPPEDA 22 Windy Satriawan PPPKA 23 Yudit Cahyantoro NS Solo Technopark 24 Zubaidi HS BAPPEDA

IX.

Post-test

8 13 15 12 10 9 10 9 14 16 6 12

15 16 14 13 15 16 18 12 14 14

9 12 14 12 12 14 13 10 6 10 11

Kota Semarang

Kota Serang Kota Tangerang Kota Depok Kota Bekasi Kota Yogyakarta Kota Sleman Kabupaten Kudus Kota Surakarta Kabupaten Sidoarjo Rata-rata

Posttest

Posttest

Pre test

Post test

3

6

11

14

15

18

1

5

10

14

14

18

3

7

9

7

14

15

6

8

10

15

15

18

4

5

11

8

15

16

2

4

9

11

16

16

5

8

9

13

15

18

3

6

10

9

11

14

12

12

13

16

18

4

9

8

14

16

16

4

7

10

12

15

17

6

Pretest

Pre test

Post test

8

12

9

12

10

10

10

17

10

10

8

13

8

13

8

10

11

14

9

13

9

12

13

13 16

Lampiran Hasil Pre Test dan Post Test 10 Kota Nilai Minimal Nilai Modus Nilai Maksimal Nilai Rata-Rata Pretest

13

16 13


9 Laporan Pelatihan Kota Pintar

X.

Lampiran Dokumen Forum Group Discussion

Smart Economy


10 Laporan Pelatihan Kota Pintar


11 Laporan Pelatihan Kota Pintar


12 Laporan Pelatihan Kota Pintar

Smart Mobility


13 Laporan Pelatihan Kota Pintar


14 Laporan Pelatihan Kota Pintar

Smart People


15 Laporan Pelatihan Kota Pintar


16 Laporan Pelatihan Kota Pintar


23 Laporan Pelatihan Kota Pintar

X.

Lampiran Foto Kegiatan


24 Laporan Pelatihan Kota Pintar


Center for Digital Society Faculty of Social and Political Sciences Universitas Gadjah Mada BC Building 202, 2nd Floor, Jalan Socio Yustisia No.1 Bulaksumur, Yogyakarta, 55281, Indonesia Phone : (0274) 551753, 0852 2527 7291 Email : cfds.ďŹ sipol@ugm.ac.id Website : cfds.ďŹ sipol.ugm.ac.id


Laporan surakarta