Page 1

LAPORAN PELATIHAN KOTA PINTAR DI KABUPATEN SIDOARJO TAHUN 2016

CENTER FOR DIGITAL SOCIETY


1 Laporan Pelatihan Kota Pintar

I.

Pengantar

Center for Digital Society Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada bersama dengan Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia telah sukses menyelenggaraan pelatihan kota pintar di Kabupaten Sidoarjo yang diadakan di Kantor Setda Kabupaten Sidoarjo, pada tanggal 21-22 Desember 2016.

II.

Overview Materi Pelatihan

Pelatihan kota pintar di Kabupaten Sidoarjo diselenggarakan dalam delapan sesi. Sesi pertama membahas mengenai urgensi kota pintar. Sesi ini mendiskusikan mengenai apa, mengapa dan bagaimana kota pintar dapat bekerja dan meningkatkan kinerja pelayanan perkotaan. Smart City hadir sebagai solusi cerdas untuk menyelesaikan permasalahan dan mengembangkan potensi setiap kota yang memiliki ciri khas masing-masing. Sebab itu pengembangan kota pintar harus disadari atas kebutuhan setiap kota. Pada sesi kedua, membahas mengenai tahapan-tahapan yang dapat dilalui setiap kota untuk menuju kota pintar yang optimal. Adapun tahapan ini terdiri dari 7 tahapan yaitu, (1) Pelajari teori kota pintar; (2) Rumuskan kebutuhan dan prioritas di kalangan masyarakat dan pihak swasta; (3) Rumuskan rencana dan komunikasi visi kota pintar dan upayakan pemangku kepentingan mendukungnya; (4) Pertimbangan untuk memanfaatkan teknologi cloud; (5) Tetapkan model pelaksanaan (build own, operate; build, operate, transfer; open business model; dan public private partnership); (6) Rancang pelaksanaan; (7) Mulai dengan proyekproyek awal. Adapun sesi ketiga membahas mengenai kerangka ISO 18091:2014 mengenai Kota Pintar. Sesi ini memaparkan bahwa implementasi kota pintar telah memiliki ketentuan yang terstandar dan diakui secara internasional. Kerangka ini penting, bukan hanya sebagai acuan namun juga untuk memastikan bahwa konsep kota pintar yang dikembangkan memiliki standar keamanan, kredibilitas, dan inklusiďŹ tas. Secara umum kerangka ISO kota pintar dipetakan menjadi empat kluster yaitu (1) Pengembangan institusi pemerintahan yang baik; (2) Pengembangan Sosial yang Inklusif; (3) Pengembangan Ekonomi yang berkelanjutan; dan (4) Pembangunan lingkungan berkelanjutan.


2 Laporan Pelatihan Kota Pintar

Kemudian pada sesi keempat, pembahasan dilanjutkan pada teknologi komputasi awan dan urgensi keamanan sistem digital. Komputasi awan memberikan kemudahan dan ketepatan dalam pengembangan kota pintar. Penggunaan komputasi awam juga penting karena memiliki standar keamanan yang sangat baik. Pada hari kedua, pelatihan menginjak pada sesi lima. Sesi ini memberikan kesempatan kepada peserta untuk berdiskusi langsung dengan developer aplikasi kota pintar. Pada pelatihan di Kabupaten Sidoarjo hadir Sonar yang fokus pada pengembangan aplikasi Sosial Media Management. Developer secara detail menyampaikan berbagai ďŹ tur aplikasi dan juga berdiskusi dengan peserta mengenai sektor-sektor strategis yang dapat dikerjasamakan. Pada sesi keenam, pelatihan memasuki sesi Focus Group Discussion. Peserta pelatihan dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan kluster pengembangan kota pintar yang relevan dengan visi misi dan masalah perkotaan. Pada sesi ketujuh, peserta mengidentiďŹ kasi solusi dari permasalahan yang sebelumnya telah diidentiďŹ kasi. Peserta pelatihan telah berhasil mengidentiďŹ aksi detail masalah, detail solusi dan sekaligus melakukan perencanaan pengembangan solusi kota pintar. Pada sesi kedelapan, hasil diskusi antar kelompok kemudian dipresentasikan secara bergiliran untuk mendapatkan umpan balik dari peserta lain dan juga fasilitator diskusi. Setelah memperoleh umpan balik, setiap kelompok menyempurnakan hasil presentasinya untuk kemudian dikumpulkan menjadi satu sebagai rekomendasi usulan perencanaan pengembangan kota pintar yang komprehensif.


3 Laporan Pelatihan Kota Pintar

III.

Overview Pemateri dan Peserta

Pada kesempatan kali ini kami juga hendak menyampaikan terimakasih berbagai pihak yang telah turut serta berpartisipasi dan membantu pelatihan kota pintar. Telah menjadi komitmen CfDS Fisipol UGM untuk menghadirkan para pembicara yang memiliki kapasitas dan pengalaman yang mumpuni. Pada sesi pertama dan kedua, Dr. Ratminto (Peneliti MAP dan CfDS Fisipol UGM). Kemudian hadir Ruben Hattari (Director of Coorporate Aairs Microso Indonesia) dan Reza Topobroto (Director of Legal Aairs Microso Indonesia). Adapun pada hari kedua hadir Sonar. Pelatihan kemudian dilanjutkan dengan FGD yang dipandu oleh Dyah Ratih, M.A. (Peneliti MAP dan CfDS Fisipol UGM). Adapun staf CfDS Fispol UGM yang bertugas pada pelatihan Kabupaten Sidoarjo adalah Hanadia Pasca Yurista dan Laras Paninggar.

IV.

Laporan dan Evaluasi Peserta

Pelatihan kota pintar di Kabupaten Sidoarjo diikuti oleh 25 Pegawai Pemda Sidoarjo. Peserta pelatihan terdiri dari Pejabat Eselon II, III, dan IV. Adapun para peserta berasal dari berbagai instansi kedinasan seperti Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Perhubungan, dan instansi lainnya. Pada kesempatan kali ini, kamipun hendak menyampaikan apresiasi kepada peserta yang telah berpartisipasi dalam pelatihan ini. Dalam waktu kedepan, komitmen dan sinergisitas antar pejabat eselon dan instansi harus terus ditingkatkan.

V.

Hasil Pre Test dan Post Test

Sebagai bentuk evaluasi yang efektif untuk memantau kinerja pelatihan dan daya serap peserta terhadap materi pelatihan, pelatihan Kota Pintar didukung dengan instrumen pre test dan post test. Pre test dan post test terdiri dari 20 soal yang terdiri dari bagian materi pelatihan. Pre test dibagikan kepada seluruh peserta sebelum materi pertama, sedangkan post test dibagikan setelah sesi FGD berakhir. Adapun ringkasan hasil pre test dan post test adalah sebagai berikut.


4 Laporan Pelatihan Kota Pintar

Ringkasan Hasil Pre test dan Post test berdasarkan jumlah soal benar Nilai Pre test

Nilai Post Test

Nilai Maksimal

16

16

Nilai Minimal

4

9

Nilai Modus

8

14

Rata-rata

9

13

Berdasarkan hasil pre test dan post test tersebut dapat diambil beberapa poin menarik. Pertama, titik awal pemahaman pegawai Pemerintah Kabupaten Sidoarjo mengenai kota pintar sangat beragam. Hal ini dapat dilihat dari jumlah soal benar yang memiliki rentang minimal 4 soal benar hingga nilai maksimal 16 soal benar. Kedua, peningkatan pemahaman peserta mengenai kota pintar dapat dilihat dari peningkatan hasil post test peserta. Ketiga, berdasarkan nilai pre test dan post test dapat dilihat sumber daya manusia untuk pengembangan kota pintar di Kabupaten Sidoarjo dapat terus ditingkatkan dan diakselerasi.


5 Laporan Pelatihan Kota Pintar

VI.

Rangkuman FGD

Berdasarkan hasil FGD, dapat diidentiďŹ kasi bahwa konsern utama pengambangan kota pintar di Sidoarjo dapat mencakup keenam dimensi pembangunan kota pintar meliputi yakni Smart Economy, Smart Governance, dan Smart People. Berdasarkan hasil FGD secara umum permasalahan dan peluang pengembangan kota pintar di Kabupaten Sidoarjo adalah sebagai berikut.

Permasalahan Ego sektoral; Kurang melek teknologi; Banyaknya penduduk tdk tetap; Kurangnya modal.

Cita-cita Sidoarjo: Investasi meningkat; infrakstruktur; lapangan pekerjaan; destinasi wisata; Pelayanan efektif eďŹ sien; Akses dan kualitas pendidikan baik

Visi: "Mewujudkan Kabupaten Sidoarjo yang inovatif, mandiri, sejahtera, dan berkelanjutan"

Potensi Sudah ada aplikasi awal; Anggaran mencukupi; Daerah satelit strategis; Masyarakat yang kuat.

Solusi Pintar Integrasi sistem; Sosialisasi ke masyarakat; Pendampingan dan pemodalan; Optimalisasi TIK kepada berbagai sektor.


6 Laporan Pelatihan Kota Pintar

VII.

Penutup Pada akhirnya kami segenap penyelenggara pelatihan mengucapkan terimakasih banyak atas kerjasama dan partisiapsi Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dalam pelatihan Kota Pintar di Tahun 2016. Pada prinsipnya CfDS Fisipol UGM bersedia untuk terus bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo apabila dirasa perlu untuk melakukan diskusi, studi dan pengembangan lebih lanjut mengenai kota pintar. Hal ini senantiasa dapat kita lakukan demi menyongsong era masyarakat digital yang lebih baik.


7 Laporan Pelatihan Kota Pintar

VII.

Lampiran Kontak Peserta

No. Nama 1 AriďŹ n 2 Ahmad Haris 3 Anas Budi Utama

Instansi

Nomor telp

Email

Kesbangpol Kasubag Perencanaan BLH

08561497802 081252995688

4 Andjar S

Inspektorat

0318923249

harisub3y@gmail.com anasbnazir@gmail.com baguspagilpahing@yahoo.c o.id

5 Angga Kharisma 6 Arief Budianto 7 Arif Mulyono 8 Dewi Kar kawa 9 Hajid Arif Hidayad

Dishub

081334647118

penggo_06556@yahoo.com

BKD

081359070023

arifsidoarjo08@gmail.com

Bagian Pemerintahan

082352885869

10 Heni Purwitasari 11 Ineke Dwi Se awa 12 Istrinengah

Inspektorat Kasubag perekonomian

085234324803 08155005995

hajidhidayat@gmail.com henipurwitasari1978@gmai l.com ineke_ds@yahoo.com

13 Khoiril Erwinda 14 Made Suyatna 15 Novie Wardani Y. 16 Nur Iskan 17 Oskar Basong

Dispendik

085228214541

khairil@dispendiksidoarjo. net

RSUD Sidoarjo Kec. Sukadono Dispendukcapil

081331966544 081230260800 081330633326

18 Sedia Pranoto 19 Se ya H

Dinas Kesehatan

085645962661

himavie.only@gmail.com skarey217ann@gmail.com www.sediapranoto009@gm ail.com

20 Sigit Setyawan 21 Sujianto 22 Ti k Purnamawa 23 Tri Mur ni 24 Yoko 25 Zainul AriďŹ n

Kepala DPU BM Dispendukcapil Kec. Tarik Dinas Kebersihan

0811376796 081335010882 081331562622 081330648867

setyawansigit61@icloud.co m antooeko@gmail.com monalisapret@gmail.com cindana.tri@gmail.com

Bagian Kerjasama

0811314561

zay.inoel.011@gmail.com


8 Laporan Pelatihan Kota Pintar

VIII.

Lampiran Hasil Pre Test dan Post Test Kabupaten Sidoarjo

No. Nama 1 AriďŹ n 2 Ahmad Haris 3 Anas B Utomo 4 Andjar S 5 Angga Kharisma 6 Arief Budianto 7 Arif Mulyono 8 Dewi Kar kawa 9 Hajid Arif Hidayad 10 Heni Purwitasari 11 Ineke Dwi Se awa 12 Istrinengah 13 Khoiril Erwinda 14 Made Suyatna 15 Novie W 16 Nur Iskan 17 Oskar Basong 18 Sedia Pranoto 19 Se ya H 20 Sigit Setyawan 21 Sujianto 22 Ti k Purnamawa 23 Tri Mur ni 24 Yoko 25 Zainul AriďŹ n

Instansi Kesbangpol Kasubag Perencanaan BLH Inspektorat Dishub BKD Bagian Pemerintahan Inspektorat Kasubag perekonomian Dispendik RSUD Sidoarjo Kec. Sukadono Dispendukcapil Dinas Kesehatan Kepala DPU BM Dispendukcapil Kec. Tarik Dinas Kebersihan Bagian Kerjasama

Pre-test

Post-test 8 9 8 14 13 12 7 12 9 8 14 8 8 15 9 14 13 13 8 6 16 9 10 14 8 14 4 16 10 9 5 9 7 11 8 12


Laporan Pelatihan Kota Pintar

IX.

Lampiran Hasil Pre Test dan Post Test 10 Kota

Pretest

Kota Semarang

Kota Serang Kota Tangerang Kota Depok Kota Bekasi Kota Yogyakarta Kota Sleman Kabupaten Kudus Kota Surakarta Kabupaten Sidoarjo Rata-rata

Posttest

Nilai Modus

Pretest

3

6

1

5

3

7

6

8

4

5

2

4

5

8

3

6

6

12

4

9

4

7

Nilai Maksimal

Posttest

11 10

14

7

10

15

11

8

9

11

9

13

10

9

12

13

8

14

Pre

14

9

10

9

Nilai Minimal

X.

Post test

test

15 14 14

15

16

12

15

15 11 16 16 15

Nilai Rata-Rata Pre test

18

8

12

18

9

12

15

10

18

10

16

10

Post test

10

17

16

8

13

18

8

13

14

8

18

11

14

16

9

13

17

Lampiran Dokumen Forum Group Discussion

9

10

10

12


10

Smart Economy

Laporan Pelatihan Kota Pintar


11 Laporan Pelatihan Kota Pintar


12 Laporan Pelatihan Kota Pintar

Smart Economy 2


13 Laporan Pelatihan Kota Pintar


14 Laporan Pelatihan Kota Pintar


15 Laporan Pelatihan Kota Pintar

Smart Government


16 Laporan Pelatihan Kota Pintar


17 Laporan Pelatihan Kota Pintar

Smart People


18 Laporan Pelatihan Kota Pintar


19 Laporan Pelatihan Kota Pintar


20 Laporan Pelatihan Kota Pintar

XI. Lampiran Foto Kegiatan


Center for Digital Society Faculty of Social and Political Sciences Universitas Gadjah Mada BC Building 202, 2nd Floor, Jalan Socio Yustisia No.1 Bulaksumur, Yogyakarta, 55281, Indonesia Phone : (0274) 551753, 0852 2527 7291 Email : cfds.ďŹ sipol@ugm.ac.id Website : cfds.ďŹ sipol.ugm.ac.id

Laporan sidoarjo  
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you