Page 1


Jim Yong Kim (Presiden Bank Dunia)

HUMANIORA senin, 3 FEBRUARI 2014 LAMPUNG POST

“Bila kota-kota di seluruh dunia rendah karbon, tingkat emisi gas rumah kaca akan berkurang hingga 10 giga ton atau setara 30 persen emisi dunia.”

4

Dunia Butuh Kota Rendah Karbon

Lintas

Mahasiswa Arsitektur Unila KKL ke Surabaya SEBANYAK 54 mahasiswa Diploma Tiga (D-3) Teknik Arsitektur Unniversitas Lampung (Unila) mengikuti program Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ke Surabaya selama 10 hari ke depan. KKL ini untuk mengembangkan pola penciptaan gedung dan bangunan secara 3D (tiga dimensi). Menurut Koordinator KKL Daud Haminan, sebelum pemberangkatan Sabtu (1/2), dipilihnya Surabaya sebagai lokasi KKL selain sebagai kota perjuangan, daerah ini juga memiliki nilai historis pada ornamen arsitekturnya yang bernilai tinggi. Nilai itu dilihat tidak hanya secara akademis, tetapi menelisik nilai perjuangan dari sisi bentuk bangunan yang bersejarah. Selama di Surabaya, para mahasiswa dituntut tidak hanya menggambarkan sketsa, tetapi menggambar animasi gedung berikut historis yang berkembang dari gedung itu. Dimaksudkan agar gedung dapat dinilai tidak hanya dari nilai citra, tetapi juga mencari bentuk solusi berupa perbaikan bila gedung tersebut apabila perlu dikonservasi. (CR13/S1)

Planet yang semakin memanas akibat perubahan iklim akan menurunkan kesejahteraan dari jutaan orang dan menghambat pembangunan hingga beberapa dekade. Abdul Gafur

B

Kurang Tidur Percepat Pertumbuhan Sel Kanker TERNYATA kurang tidur tak hanya menyebabkan masalah fisik maupun mental, tapi juga bisa memicu penyebaran kanker secara agresif. Hal ini ditemukan peneliti setelah melakukan penelitian terhadap tikus. Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Cancer Research mengatakan terbangun dari tidur secara konstan dapat membuat perbedaan hanya dalam empat pekan. Kuncinya adalah kerusakan sistem kekebalan tubuh yang mampu merusak kemampuan kontrol atau memberantas sel-sel kanker sejak dini. Seperti dilansir Daily Mail, para peneliti mengatakan temuan ini dapat mengarah pada pengobatan baru untuk kanker. Namun, mereka memperingatkan masyarakat agar menjaga kualitas dan kuantitas tidur seperti menjaga akun bank. Penelitian dilakukan pada objek tikus yang disuntil sel-sel tumor. Mereka (tikus) dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok dibiarkan tidur dengan waktu cukup, sedang­k an yang lainnya tidur dengan banyak gangguan sehingga mereka sering terbangun dan kurang tidur. (MIU/S1)

n ANTARA/BASRI MARZUKI

PACUAN KUDA TRADISIONAL. Sejumlah joki memacu kudanya menuju garis finish pada lomba pacuan kuda tradisional yang digelar di Desa Bora, Biromaru, Sigi, Sulawesi Tengah, Minggu (2/2). Lomba yang diikuti sejumlah pencinta kuda pacu ini dimaksudkan sebagai hiburan sekaligus menguji kemampuan kuda pacu.

Lampung Raih Rancage 2014 SASTRAWAN Lampung, Fitri Yani, meraih hadiah Sastra Rancage 2014. Warna lokal yang mencolok dalam buku puisi, Suluh, membuat karyanya terasa lengkap sebagai karya sastra Lampung. Karena itul, Suluh yang diterbitkan Lampung Literatur pada 2013 ini dipilih dewan juri sebagai peraih Sastra Rancage 2014 untuk sastra Lampung. “Bukan saja karena disajikan dalam bahasa Lampung, melainkan juga membicarakan perkara kelampungan. Tidak ada satu pun sajak yang dimuat dalam Suluh yang tidak mengandung war-

n ANTARA/FENY SELLY

AKSI PEDULI LINGKUNGAN. Sejumlah mahasiswa berkampanye peduli lingkungan dengan membawa karton pesan lingkungan, di Taman Kambang Iwak Palembang, Sumsel, Minggu (2/2). Mereka mengajak warga untuk lebih memperhatikan lingkungan dengan hal-hal kecil.

Darmajaya Dapat 7 Hibah Dikti INSTITUT Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya kembali memenangkan tujuh hibah kompetisi penelitian Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan Nasional. Ketujuh penelitian tersebut terdiri dari tiga kategori, yakni program pengabdian masyarakat (PPM), kompetitif nasional dan penelitian desentralisasi, serta kategori program kreativitas mahasiswa (PKM) kewira­ usahaan. Rektor IBI Darmajaya Andi Desfiandi memaparkan penerima hibah untuk kategori PK M d i mena ng k a n t iga dosennya, yaitu Sushanty Saleh dengan judul Pengembangan Kelompok Usaha Pengrajin Lidi di Desa Jati Baru Kecamatan Tanjung Bintang, Deli Maria dengan judul Komputer Akuntansi bagi Kemandirian Gapoktan Penerima PUAP Lampung Selatan, dan Citrawati Jati­ ningrum berjudul Pelatihan

Perempuan Pedesaan dalam Bidang Usaha Kerajinan Sulam Usus Bandar Lampung. Sementara penerima hibah penelitian kompetitif nasional dan penelitian desentralisasi yakni Anuar Sanusi dengan judul Desain Model Pemberdayaan Perubahan Manajemen Tata Kelola Perguruan Tinggi Berbasis Mutu di Bandar Lampung. Selain itu, IBI Darmajaya juga menerima hibah penelitian lanjutan atas nama Su hend ro Yusu f I r ia nto dengan judul Image Retrival Berbasis Citra Wajah dan Posisi/Gerakan Anggota Tubuh untuk Mengeta hu i Kond i si Kejiwaa n Manusia. Sekaligus penel itian Nisar Zaidal yang berjudul Rancang Bangun Si s tem Per i ngata n Di n i G empa Bu m i Rea l T i me Men g g u na k a n G eomagnetism dan Total Electron Content dengan Fuzzy Logie di Lampung. (CR13/S1)

na lokal Lampung, utamanya Lampung Barat,” kata Ketua Dewan Pem bi na Yayasan Kebudayaan Rancage, Ajip Rosidi, dalam keputusannya yang diterima Lampung Post, Sabtu (1/2). “Dalam bahasa Lampung, tidak setiap tahun ada buku terbit, sehingga hadiah Sastra Rancage tidak bisa diberi kan setiap tahun. Tahun 2013 yang lalu terbit dua judul buku dalam bahasa Lampung, sehingga tahun ini ada hadiah Sastra Rancage untuk sastra Lampung,” kata Ajip. Selain Lampung, hadiah Sastra Rancage 2014 diberi-

kan juga diberikan kepada A bdu l la h Mu stappa dengan karyanya, Titimangsa: 68 Sajak Alit untuk Karya Sastra Sunda. Untuk karya sas t ra Jawa d i ra i h Nono Warnono dengan kumpulan cerita Cekak Kluwung. Sementara I Wayan Westa dengan kumpulan ceritanya, Tutur Bali, memenangkan Sastra Rancage untuk karya sastra Bali. K e t u a Ya y a s a n K e b u dayaan Rancage Rachmat Taufiq Hidayat mengatakan upacara penyerahan Sastra Rancage 2014 dan hadiah Samsudi 2014 belum ditetapkan. (UZK/S3)

A N K D u n i a m e n e kankan pentingnya p e m b a n g u n a n ko t a rendah karbon yang berguna untuk mengantisipasi fenomena perubahan iklim yang dapat mengancam terjadinya banjir dan bencana alam lainnya di berbagai negara. “Membang-un kota rendah karbon adalah sangat penting,” kata Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu. Menurut dia, bila kota-kota di seluruh dunia mengambi l la ng k a h menuju ja la n pengembangan rendah karbon, tingkat emisi gas rumah kaca akan berkurang hingga 10 giga ton atau setara 30 persen emisi dunia. Ia memaparkan bila dunia tidak bertindak tegas sekarang, planet yang semakin mema nas it u a k a n menurunkan kesejahteraan dari jutaan orang dan menghambat pem bang u nan h i ng ga beberapa dekade. Selain itu, lanjutnya, hal itu juga diperkirakan bakal me­ ngancam terutama kaum yang paling terkena dampak paling besar yaitu orang-orang yang m i s k i n d a n merek a ya n g rentan. Bank Dunia berfokus pada beberapa hal antara lain membangun kota rendah k a rbon , bergera k menuju pertanian yang ramah iklim, serta mempercepat efisiensi energi dan investasi dalam energi terbarukan.

Pertanian Sumbang GRK Guru besar Fakultas Pertanian Universitas Lampung (Unila) Muhajir Utomo me­ ngungkapkan permasalahan per ubahan i k l im memang sudah d irasakan dampakny a ter ma s u k I Ndones i a. Sayangnya, berbagai kegiat­ a n mas yara k at per ta n ia n yang kini lebih berorientasi kepada business usually di tanah air justru memperburuk fenomena perubahan iklim. Be berapa k a s u s , Mu h aji r mencontohkan, banyak yang memanfaatkan lahan di dae­ rah untuk ditanami dengan membakarnya hingga menyebabkan gas karbon adalah contoh terbesar. “Di daerahdaerah, khususnya yang berlahan gambut, pembukaan lahan dengan cara dibakar sangatlah besar menghasilkan gas rumah kaca (GRK),” kata mantan Rektor Universitas Lampung ini. Selain itu, pengolahan tanah pertanian yang dilakukan petani kebanyakan kini cenderung lebih berpotensi menyumbang karbon (CO2). Tanah garapan, yang sebelum ditanami diolah dengan dicangkul bahkan menggunakan alat berat, sebenarnya tanah tersebut juga mengeluarkan karbon. Muhajir menyebutkan sawah yang selalu digenangi air juga akan melepaskan karbon hingga pengg unaan pupu k berlebi han yang menghasilkan nitrous oksida (N2O) yang juga bagian dari GRK. (*/ANT/S3)

gofur@lampungpost.co.id

Diskusi, Puisi, dan Kopi Panas SABTU (1/2) malam, gedung kemahasiswaan Unila riuh. Lantai satu gedung itu disulap menjadi tempat pertunjukan beraksen minimalis. Puluhan penonton antusias menunggu aksi pementasan. Mereka duduk lesehan sembari meni k mati sug uhan kopi panas. Pementasa n Pa ng g u ng Sastrawan Lampung Jilid II pun dimulai. Edy Samudra Kertagama, salah satu sastrawan senior, membuka acara ma lam it u dengan mem baca k a n k ar ya berjudul Sajak Negeri Kampret. Di setiap akahir sajaknya, selu r u h penonton d iaja k u nt u k i k ut mener i a k a n , “Kampret!”. Secara bergiliran puluh­an sastrawan lintas ge­n erasi membacakan sajak dan puisinya. Beberapa sastrawan yang hadir malam itu se­ perti Ahmad Yulden Erwin, Ari Pahala Hutabarat, Inggit Putria Marga, Panji Utama, Udo Z . K a r zi , F it r i Ya n i , h i ng ga A sa roed i n Ma l i k Zu lqornai n, tokoh senior sastrawan Lampung yang sering disapa Datok Sastra Lampung. Pementasan malam itu sema k i n semara k ket i ka

Panji Utama membacakan k a r ya nya den ga n pos i s i tiduran di lantai. Banyak penonton yang ber usaha mengabadikan. Tak hanya itu, Datok Sastra Lampung Asaroedin Malik Zulqornain turut membacakan sajaknya berjudul Semanda. Meski kini sudah berusia 57 tahun, Asaroedin masi h tampak power f u l l da n mem buat penonton bertepuk tangan keras. Usai pementasan, tak ke­ tinggalan digelar sesi diskusi sastra. Malam itu Ahmad Yulden Erwin dan Ari Pahala Hutabarat memandunya. Dalam diskusi, Ahmad Yu lden Er w i n meng u ngkapkan saat ini Lampung adalah salah satu daerah yang cu kup d iperhitungkan sastrawanya di kancah nasional. Banyak karya sastrawan Lampung yang kini di tunggu penikmat sastra. Ia optimistis seluruh sastrawan Lampung dapat serius dan tak berhenti belajar untuk menghasilkan karya sastra terbai k. Panggung Sastrawan Lampung akan semak i n d iperh itu ngkan oleh dunia sastra nasional bahkan internasional. (S3) Rudiyansyah

n LAMPUNG POST/RUDIANSYAH

TEMU SASTRAWAN LAMPUNG. Jimi Maruli Alvian membacakan karya puisinya dalam helatan silaturahmi dan temu sastrawan Lampung, di Unila, Sabtu (1/2).

100 Ribu Dolar untuk Stradivarius SEOR A NG pendonor me nawarkan ganjaran 100 ribu dolar AS bagi mereka yang bisa memberikan informasi mengenai keberadaan biola Stradivarius bernilai jutaan dolar yang dicuri dari pebiola Milwaukee Symphony Orchestra asal Wisconsin. Stradivarius berumur 300 tahun itu dicuri dari pebiola Frank Almond pada Senin malam oleh seseorang yang menyerang musisi tersebut dengan pistol listrik setelah ia selesai tampil di pinggiran kota Milwaukee. “ K a m i b e rh a r ap p e m -

berian ganjaran ini akan membantu penemuan harta tak terni lai tersebut sehi ngga bisa d n i k mat i lag i oleh masyara kat budaya Milwaukee dan dunia seni intenasional ke depan,” kata Mark Niehaus, presiden dan eksekutif orkestra tersebut. Pendonor yang tak ingin disebutkan namanya tersebut menawarkan had ia h sebesar 100 ribu dolar bagi siapa saja yang bisa memberikan informasi yang me­ ngarahkan pada penemuan Stradivarius yang dicuri itu, kata jurubicara orkestra.

Biola bernama Lipinski Stradivarius buatan tahun 1715 itu bisa dibedakan dari garis-garis unik di bagian belakangnya. Pemiliknya meminjamkan biola tersebut tanpa batas waktu kepada Almond. Instrumen yang hilang itu merupakan satu dari sekitar 600 biola, biola alto, dan cello yang dibuat oleh artis terkenal Italia Antonio Stradivari. Laporan BBC menyebutkan, biola Stradivarius serupa terjual dengan harga 2,3 juta dolar pada lelang Desember lalu. (S1)


NASIONAL

INTERNASIONAL senin, 3 FEBRUARI 2014 LAMPUNG POST

Ina Primiana PR Gita Wiryawan yang paling dekat sekarang ini masalah impor berat Vietnam.

5

Militer Thailand Siap Ambil Alih

Komisi Pemilihan Thailand membatalkan pemilu di sejumlah provinsi. Selain bentrokan terus berlanjut, massa oposisi juga memblokade jalur distribusi logistik pemilu. Eka Setiawan

S

UARA tembakan dan ledakan meletus di Bangkok , i bu kota T hai land, dalam bentrokan terbaru antara polisi dan pengunjuk rasa a nt ipemer i nta h Perda na Menteri (PM) Yingluck Shinawatra. Insiden itu terjadi hanya beberapa jam sebelum warga Thailand berbondong-bondong ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk memeberikan hak pilih mereka dalam pemilihan umum (pemilu), Minggu (2/2). Massa pengunjuk rasa antipemerintah menutup dengan paksa sejumlah TPS di Bangkok dan wilayah Thailand Selatan. Meskipun diwarnai gangguan, sebagian besar proses pemungutan suara di seluruh penjuru ‘Negeri Gajah Putih’ diklaim berjalan aman dan damai. Laman dari ng Bangkok Post melaporkan sedikitnya sem bi l a n ora n g terlu k a , dua d i a ntara nya cedera serius, dalam tiga insiden kekerasan dan penembakan di penjuru Bangkok. Korban tersebut terma­

s u k w a r t a w a n A me r i k a Seri kat, James Nacht wey. Namun, belum jelas apakah tembakan berasal dari laras polisi atau dilakukan peng­ unjuk rasa. Koordinator Pusat Penanganan dan Penanggulang­ an Korban Protes Pol it i k d i Kementer ia n Kesehat­ a n M a s y a r a k at S om k i at Kasemthamkhun mengata­ k a n sebag ia n besa r da r i mereka yang terluka adalah korban akibat baku tembak di persimpangan Lak Si menjelang pemungutan suara. Sek ita r 150 r i bu pol i si dan 5.000 tentara yang dike­ rahkan untuk mengaman­ kan pemilihan umum tidak mampu meredam gejolak protes dan kekerasan sepe­ nuhnya. Padahal, pemerintah juga telah menetapkan status darurat keamanan da n menerbit k a n su rat p e r i n ­t a h p e n a n g k a p a n bagi mereka yang mencoba merusak ketenteraman pemilu. Kom i si Pem i l i ha n ( EC) terpaksa membatalkan pemungutan suara di delapan provinsi di wilayah Thailand Selatan, wilayah yang menjadi basis pengunjuk rasa yang

dipimpin mantan Wakil Perdana Menteri Suthep Thaugsuba, yang juga berasal dari Thailand Selatan, yaitu Surat Thani. Pengiriman logistik pemilu ke sejumlah wilayah tersebut telah diblokade oleh massa pendukung oposisi pemerintah.

Kudeta Terbuka Para ahli dan pengamat percaya pemilu akan membawa sedikit solusi untuk menyelesaikan krisis politik da n kea ma na n T ha i l a nd yang berlangsung sejak November lalu. Jika pemilu kali ini gagal ya ng d i i k ut i kekosonga n kekuasaan, akan membuka jalan bagi intervensi militer seperti kala menggulingkan rezim Thaksin Shinawatra, kakak kandung Yangluck, pada 2006 lalu. “ Saya pi k i r seper t i nya kami sedang bergerak menuju sebuah kudeta yudisial dari berbagai bentuknya,” kata Chris Baker, seorang analis politik yang berbasis di Bangkok. Senada, pakar politik Asia Tenggara di University of Leeds, Inggris, Duncan McCargo, ya k i n ji ka k udeta militer tidak bisa dikesampingkan dalam situasi politik yang sedang menyandera negeri itu kali ini. (U1)

ekasetiawan@lampungpost.co.id

KPK Harus Maksimalkan OTT R EVISI K itab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) membuat sejumlah per u bahan, salah satunya kewenangan penyelidikan dihilangkan. Untuk itu, Komisi Pemberantasan Korupsi terpaksa harus memaksimalkan operasi tangkap tangan. Dalam hal ini, KPK akan kesulitan dalam menyidik sebua h k as u s ya n g ha nya mengandalkan laporan masyarakat. Padahal lapor­ a n m a s y a r a k at me njad i salah satu bentuk partisipasi bersama dalam pemberantasan korupsi. K arena t ida k mem i l i k i kewenangan lagi untuk mema ng g i l da n memer i k sa orang, menggeledah tempat tertentu, dan proses lainnya yang biasa dilakukan dalam penyelidikan. “ Yang past i K PK har us selalu menangkap tangan.

Kalau tangkap tangan kan tidak perlu penyelidikan. Bisa langsung penyidikan. Karena ketika tindak pidana terjadi tidak masalah untuk pembuktian. Tapi untuk memproses aduan masyarakat, KPK tidak bisa lagi,” ujar Pengamat Hukum Pidana Universitas Trisakti Abdul Fickar Hadjar, saat dihubungi beberapa waktu lalu. Aduan masyarakat sulit ditindak lanjuti, kata dia, k arena K PK t ida k mem iliki kewenangan lagi untuk memanggil dan memeriksa orang dalam proses sebelum penyidikan. Lembaga penegak hukum lain, seperti kepolisian dan kejaksaan, mem i l i k i i ntel ijen u nt u k menelusuri info. Tapi, hal itu tidak bisa dilakukan KPK karena intelijen tidak memil i k i daya pa k sa, pija k a n hukumnya lemah. “Bisa saja KPK mengun-

dang, tapi t ida k y u r id i s. Yang diundang mau dateng ya sy ukur, enggak ya sudah. Penyelidikan tidak bisa masuk ke ruangan-ruangan orang dan menyita barang bukti. Menyadap orang juga bagian dari penyelidikan. Kalau dihilangkan tindakan menyadap tidak ada dasar hukumnya. Ini bisa dipersoalkan,” kata dia. Dia menegaskan kewenangan penyelidikan seharusnya tetap dipertahankan dalam revisi KUHAP, terutama u nt u k lem ba ga penega k hukum, seperti KPK yang tidak memiliki kewenangan menghentikan penyidikan. “Tidak semua tindak pidana korupsi yang ditangani KPK berawal dari operasi tangkap tangan. Penyelidik­ an itu tindakan investigasi yang dibutuhkan KPK. Tanpa itu, K PK akan lemah,” ujarnya. (MI/U1)

n AP/APICHART WEERAWONG

PEMILU THAILAND. Pejabat pemilu menandai suara saat penghitungan suara setelah pemilihan umum di Bangkok, Minggu (2/2). Pengunjuk rasa mencoba untuk menggagalkan pemilu nasional Thailand dengan memaksa penutupan ratusan TPS pada pemungutan suara kontroversial, yang telah menjadi titik baru dalam memperdalam krisis politik di negara itu.

Gita Profesional Jalankan Tugas Mendag MESKI Menteri Perdagang­ a n G it a W i r jaw a n me n g­ ajukan diri dari jabatannya pada 31 Januar i 2014, d ia diminta untuk terus melaksanakan tugas sampai penggantinya ditunjuk presiden. Sambil menunggu pengganti definitifnya, Gita perlu menyelesaikan kisruh impor beras Vietnam dan penyelesaian Rancangan Undang-Undang Perdagangan. Guru besar Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran, Ina Primiana, memandang

dua hal tersebut harus menjad i pr ior itas uta ma Gita Wi r jawan dar i sek ian ba­ nyak pekerjaan rumahnya sebelum pengganti definitif ditunjuk. “ Pa l i ng t ida k d ia har us konsolidasikan tugas dulu, PR (pekerjaan rumah) dia masih banyak. PR yang paling dekat sekarang ini masalah impor berat Viet na m, kemud ia n juga RUU perdagangan,” ujar Ina, kemarin. Kisruh impor beras Vietnam menjadi prioritas utama

lantaran k isruh ini merupakan kulminasi dari kebijakan Kemendag yang sering kontraproduktif dengan kementerian lain, misalnya Kementerian Pertanian. “Sekarang saatnya ditunjukkan, siapa sebetulnya yang ambil keputusan tanpa koordinasi. Kalau sekarang, kan kesannya sal ing menyalahkan,” kata dia. Menu r ut nya, Kemendag me r u p a k a n k e me nte r i a n yang seharusnya dapat ber­ koordinasi dengan Kemen-

terian Pertanian dalam hal importasi beras. Kemendag tidak bisa mengambil keputusaan kebijakan tanpa koordinasi dengan yang lain. “Ini kan kaitannya dengan imporimpor yang lain juga. Saat ini juga daging impor sudah masuk ke pasar tradisional juga. Apakah sejauh ini Kementan tahu hal tersebut?” ujarnya. Penyelesaian kisruh beras impor, jika segera dapat dise­ lesaikan Gita, akan menjadi perbaikan ke depan. (MI/U1)


BANDAR

SENIN, 3 Februari 2014 LAMPUNG POST

LAMPUNG

Benson Werta (DPRD Bandar Lampung) “Seharusnya, sebelum izin IMB maupun HO diterbitkan, tidak dibenarkan mendirikan bangunan, termasuk perumahan.”

6

Lintas

MTI Al Hanif Lampung Peringati Milad MAJELIS Tholabul Ilmi (MTI) Al Hanif Lampung meraya­ kan milad ke-19 dengan menggelar berbagai kegiatan. Rangkaian kegiatan bertema Bersama kita tingkatkan semangat untuk menjadi insan yang bertakwa dan ber­ akhlakul karimah itu dimulai 26 Januari lalu. Menurut Pembina dan Pemimpin MTI Al Hanif Lam­ pung Brigpol H. Suhaimi Yusuf, yang disampaikan Redi Rinaldi, setiap tahun MTI Al Hanif yang berdiri 16 Janua­ ri 1995 memperingati milad. Tahun ini kegiatan digelar secara internal maupun eksternal dengan harapan dapat mempererat silaturahmi antarjemaah dan dikenal luas masyarakat. Rangkaian kegiatan eksternal dimulai 26 Januari 2014 dengan jalan sehat jemaah bersama masyarakat sekitar Alhanif, dilanjutkan dengan donor darah bekerja sama dengan PMI. Sementara acara internal digelar kemarin (2/2) dengan acara inti zikir dan doa bersama di gedung baru ber­ lantai III, yang pembangunannya masih berjalan lebih kurang 70%. Gedung ini dibangun dengan anggaran biaya Rp2,1 mi­ liar dan dana bersumber dari jemaah Al Hanif. Gedung ini akan menjadi gedung majelis taklim termegah di Lampung. (NOV/K2)

Program CEFIL Perkuat OMS di Lampung ORGANISASI masyarakat sipil (OMS) di Lampung perlu penguatan melalui program Civil Education for Future Indonesian Leaders (CEFIL). Program pemberdayaan ini sudah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia, termasuk Lampung. Insan Kamil dari lembaga Satu Nama Yog yakarta, melalui rilisnya, Sabtu (1/2), mengatakan pertarungan di ruang publik sering didominasi kelompok pengusaha atau pemilik modal. Rakyat yang diwakili organisasi berbasis masyarakat kerap absen dalam upaya merebut ruang publik. Jikapun organisasi tersebut ikut dalam perebutan ruang publik, kapasitas dan sumber daya mereka masih lemah sehingga sering kalah. Untuk itu, bertempat di Sekretariat Walhi, Jalan Tupai, Kedaton, Bandar Lampung, Sabtu (1/2), mereka menggelar focus discussion group yang dihadiri akademisi Wahyu Sasongko dan OMS di Lampung. Acara digelar dua hari hingga kemarin (2/2). “Untuk Minggu diskusi digelar di YPSK di Jalan Raden Intan,” kata Hermansyah, kepala Divisi Advokasi Hutan dan Perkebun­ an Walhi Lampung yang menjadi tuan rumah diskusi pertama FGD. (BOY/K1)

n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

JALAN RUSAK. Pengendara melintasi jalan rusak di Jalan Kepayang, Rajabasa, Bandar Lampung, Minggu (2/2). Kondisi jalan tersebut memprihatinkan karena hampir semua badan jalan berlubang dan tergenang saat hujan.

Springhill Belum Miliki IMB Hingga saat ini Kepala BPMP Bandar Lampung Nizom Ansori mengaku belum pernah menandatangani berkas IMB dan HO Perumahan Springhill. Ricky P. Marly

P

ERUMAHAN elite Spring­ hill yang berlokasi di Kecamatan Kemiling, Bandar Lampung, belum memi­ liki izin mendirikan bangunan (IMB) dan izin gangguan (HO). Walaupun belum memiliki izin tersebut, sudah ada beberapa bangunan rumah dan kantor

pemasaran di perumahan yang beberapa waktu lalu ditengarai menyebabkan banjir di Peru­ mahan Bukit Kemiling Permai (BKP) tersebut. Kepala Badan Penanaman Modal dan Perizinan (BPMP) Kota Bandar Lampung Nizom Ansori mengatakan hingga s aat i n i pi h a k ny a be lu m menerbitkan IMB maupun HO

untuk bangunan rumah milik Springhill. “Kami belum per­ nah menandatangani berkas IMB atau HO milik Perumahan Springhill ini,” kata Nizom, Minggu (2/2), saat dihubungi melalui sambungan telepon. Namun, menurut Nizom, ada informasi pengembang perumahan itu telah meng­ ajukan permohonan penerbit­ an IMB dan HO di loket per­ izinan. “Belum ada sampai ke meja saya,” ujar dia. Dalam Proses Sementara itu, Kabid Per­ izinan BPMP Khenderi membe­

narkan pihak Springhill telah mengajukan berkas perizinan kepada petugas loket di kan­ tornya. Pengajuan permoho­ nan sudah dimasukkan loket perizinan BPMP, sekitar dua minggu lalu. “Kalau untuk izinnya, memang belum ada, sedang kami proses,” ujar dia. Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Komisi A DPRD Kota Bandar Lampung Benson Werta mengatakan seharus­ nya sebelum izin IMB maupun HO diterbitkan, tidak dibenar­ kan mendirikan bangunan, termasuk perumahan. Ini me­ langgar Perda No. 7 Tahun 2011

tentang Retribusi Perizinan Tertentu dan Peraturan Wali Kota No. 40 Tahun 2011 tentang Tata Cara Pelaksanaan IMB. “Jadi, pengusaha juga harus taat aturan dong. Sudah ba­ nyak yang seperti ini, izin belum ada, tetapi bangunan sudah ada. Ini jelas melang­ gar peraturan,” kata politikus Partai Golkar ini. Terpisah, Manajer Opera­ sional Springhill Bandar Lam­ pung Bambang belum bisa berkomentar mengenai per­ masalahan perizinan ini. (K1)

rickymarly@lampungpost.co.id

Lomba Burung Kicau Keterangan Foto :

Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza berharap dari perlombaan burung berkicau yang diselenggarakan BnR Community di Lapangan Korpri Pemkab Lamsel, Minggu (2-2), menjadikan wilayah kabupaten ini dapat lebih dikenal masyarakat secara luas. Apalagi, kegiatan ini banyak diikuti para pengemar burung berkicau dari berbagai daerah di Provinsi Lampung dan pulau Jawa. “Untuk itu, saya mengapresiasi BNR Community sebagai penyelenggara lomba burung berkicau piala Bupati Lampung Selatan Cup ini,”ujar Rycko Menoza, kemarin. Menurut Rycko, wilayah Kabupaten Lampung Selatan banyak sekali memiliki potensi wisata yang dapat dikunjung. Selain itu, berbagai eveneven perlombaan serupa seperti ini akan terus di selenggarkan di Ibukota Kalianda ini. “Dengan perlombaan ini, bisa menambah kawan, jaringan dan informasi seandainya Kota Kalianda ini akan dijadikan tuan rumah berbagai perlombaan serupa seperti ini. Oleh

sebab itu, kegiatan seperti ini bisa menjadi agenda rutin baik enam bulan sekali atau satu tahun sekali,”katanya. Lebih lanjut Rycko, menambahkan Pemkab Lampung Selatan akan terus berbenah. Sebab, kabupaten ini akan dijadikan tempat tujuan wisata. Apalagi, di kabupaten ini kaya akan potensi pariwisata seperti pemandian Way Belerang, Kalianda. “Pada akhir Februari 2014 ini, Kabupaten Lampung Selatan yang merupakan bagian dari Provinsi Lampung akan menggelar even Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Ke-VII, semoga even bergengsi ini nantinya dapat berjalan baik dan lancar. Saya juga mengucapkan selamat berlomba kepada para peserta dan semoga usai berlomba dapat kembali dengan selamat tanpa ada halangan suatu apapun,”tambahnya. Sementara itu, Ketua Panitia Lomba Burung Berkicau Yansen Mulia, menyampaikan apresiasi kepada para pengembar burung berkicau. Karena, para pengemar burung berkicau dapat menjaga dan melestarian satwa di lindungi tersebut. Sebab, burung-burung itu merupakan aset nasional yang di lindungi. Namun, dapat dipelihara oleh masyarakat. “Kegiatan ini merupakan dalam rangka memperkenalkan potensi wisata yang ada di Kabupaten Lampung Selatan. Apalagi, para peserta

7

1 yang ikut meramaikan perlombaan burung berkicau datang dari berbagai daerah seperti Palembang, Jambi, Baturaja, Serang, Jakarta, Cilegon dan 15 Kabupaten/Kota Se-Provinsi Lampung,”kata Yansen Mulia, yang juga Kepala Dinas Pariwisata Lamsel itu. Lebih lanjut Yansen Mulia, menjelaskan peserta lomba burung berkicau mencapai 849 perserta untuk mengikuti 21 jenis lomba antara lain jenis lomba Murai Batu AMB memperebutkan piala Bupati Lampung Selatan Cup. Lalu, jenis lomba Kacer BNR Vit, Murai Batu BNR Vit, Love Bird, Kapas Tembak BNR Vit, Kenari Standar BNR Vit dan Kacer Vita Grow. “Saya berharap kepada para dewan juri dapat memberikan penilaian seadiladilan dan kepada para panitia lomba saya ucapkan terima kasih,”jelasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Lampung Post, pada lomba Murai Batu Bupati Cup dimenangkan oleh burung murai batu milik Sona dari Bandarlampung yang meraih juara satu dan dua. (TOR/D10)

2

1.

Bupati Lampung Selatan H. Rycko Menoza, SZP, MBA membuka Lomba Burung Berkicau Bupati Lamsel Cup Yansen Mulia menyampaikan Laporan Pelaksanaan Burung Berkicau Bupati Lamsel Cup yang digelar dilapangan Korpri Pemkab Lamsel, Minggu (2/2/2014).

2.

Ketua Panitia Burung Berkicau Bupati Lamsel Cup Yansen Mulia menyampaikan Laporan Pelaksanaan Burung Berkicau Bupati Lamsel Cup yang digelar dilapangan Korpri Pemkab Lamsel, Minggu (2/2/2014).

3.

Bupati Lampung Selatan H. Rycko Menoza, SZP, MBA menyaksikan Lomba Burung Berkicau Bupati Lamsel Cup yang digelar dilapangan Korpri Pemkab Lamsel, Minggu (2/2/2014).

4.

Para Tim Juri mengikuti Pembukaan Burung Kicau Lakbet Burung Berkicau Bupati Lamsel Cup yang digelar dilapangan Korpri Pemkab Lamsel, Minggu (2/2/2014).

5.

Tim Juri melakukan Penilaian Burung Kicau Lakbet Burung Berkicau Bupati Lamsel Cup yang digelar dilapangan Korpri Pemkab Lamsel, Minggu (2/2/2014).

6.

Bupati Lampung Selatan H. Rycko Menoza, SZP, MBA menyerahkan Penggantangan kepada Ketua Panitia Burung Berkicau Bupati Lamsel Cup yang digelar dilapangan Korpri Pemkab Lamsel, Minggu (2/2/2014).

7.

Bupati Lampung Selatan H. Rycko Menoza, SZP, MBA menyerahkan Trophy Juara Umum kepada H. Sona Group Republik SF pada Lomba Burung Berkicau Bupati Lamsel Cup yang digelar dilapangan Korpri Pemkab Lamsel, Minggu (2/2/2014).

 FOTO-FOTO: HUMAS PEMKAB LAMPUNG SELATAN

6

5

4

3


BANDAR LAMPUNG SENIN, 3 februari 2014 LAMPUNG POST

7

Cemburu, Pemuda Bunuh Karyawan Indomaret Selain menyita barang bukti, anggota Polsek Natar juga telah meminta keterangan tiga saksi, yakni Yani, seorang pedagang rokok, dan karyawan Indomaret lainnya. Aris Susanto

D

IPICU rasa cembu­ ru, Rido Hasan (21), karyawan Indomaret, Candimas, Natar, Lampung Selatan, tewas ditikam man­ tan kekasih pacarnya, Sabtu (1/2), sekitar pukul 22.00.Rido Hasan, warga Dusun IV, Desa Pancasila, Natar, Lampung Se­ latan, mengalami tiga tusukan badik di bagian leher belakang. Pemuda lajang itu menghem­ buskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Medika Natar tak lama setelah kejadian. Se­ mentara pemuda berinisial F, warga Brantiraya, Natar, yang diduga sebagai pelaku, melari­ kan diri. Anggota Reskrim Polsek Natar yang mendatangi rumah tersangka di Branti pun tak menemukan tersangka. Berdasarkan keterangan yang dihimpun, malam itu F datang mengendarai mobil menuju

Indomaret di Candimas, Natar, mencari mantan pacarnya, Yani, warga Masgar, Lam­ pung Tengah, dan Rido Hasan. Tak lama kemudian, terjadi perang mulut antara Rido Hasan (kekasih Yani, red) dan F, mantan kekasih Yani.Dari dalam Indomaret, Rido digeret keluar menuju samping tos­ erba itu. Tanpa diduga, F yang diduga telah mempersiapkan senjata tajam menusuk leher Rido dari arah belakang seban­ yak tiga kali. Tanpa bisa ber­ buat banyak, Rido tersungkur bersimbah darah. Mendengar keributan tersebut, semua karyawan Indomaret yang sudah bersiap siap hendak menutup toserba itu terkejut dan menjerit melihat teman­ nya terkapar. Tak lama kemu­ dian, petugas dari Polsek Natar tiba di lokasi kejadian. Korban yang sudah tak berdaya itu di­ larikan ke Rumah Sakit Medika

Lintas

Pussbik Ajak Warga Tuntut Pelayanan Publik PUSAT Studi Strategi dan Kebijakan (Pussbik) Lampung mengajak warga daerah setempat untuk berani menuntut pelayanan publik agar optimal, lebih baik, dan manusiawi dari pemerintah maupun institusi layanan umumnya. Direktur Pussbik Lampung Aryanto Yusuf mengatakan selama ini warga sudah mulai paham akan haknya sebagai warga negara untuk menuntut kualitas pelayanan publik yang baik sesuai dengan Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. “Karena itu, upaya advokasi pe­ layanan publik bagi warga di Bandar Lampung harus terus berjalan secara masif,” kata Aryanto, Minggu (2/2). Menurutnya, hal itu diperlukan agar mampu meng­ inspirasi warga di daerah lain untuk mau lebih peduli dan berani dalam menuntut haknya, termasuk ketika kualitas pelayanan publik itu buruk. Aryanto menambahkan warga harus memiliki kebera­ nian dan mampu melakukan advokasi sekaligus memberi­ kan solusi agar pelayanan publik tersebut menjadi lebih baik. (ANT/K1)

n LAMPUNG POST/DOKUMEN GAC

BAKTI SOSIAL. Komunitas sepeda Gowes Asik Club (GAC) Bandar Lampung berfoto bersama penghuni panti asuhan yatim piatu di Lempasing, kemarin (2/2). GAC menggelar bakti sosial dengan memberikan sembako ke penghuni panti asuhan.

Natar. Sayangnya, sulung dari tiga bersaudara itu meregang nyawa. “Setelah sampai Ru­ mah Sakit Medika Natar, anak pertama dari tiga bersaudara itu meninggal,” ujar Jarot yang turut memandikan jenazah korban.Dari penuturan Juwa­ riah, bibi korban, lanjut Jarot, hubungan Yani dan tersangka F memang tidak direstui orang tua Yani. Kemudian Yani me­ mutuskan hubungannya den­ gan F dan memilih berpacaran dengan Rido (korban). Namun, F berkeras tak ingin diputus­ kan. Puncaknya, sepekan sebelum pembunuhan itu, F yang dike­ tahui bekerja di Tangerang pu­ lang ke Lampung lalu mencari Yani dan Rido ke Indomaret Candimas, Natar.Kapolsek Natar Kompol Y. Agustiandaru mengatakan selain menyita barang bukti, anggota Polsek Natar juga telah meminta keterangan tiga saksi: Yani, seorang pedagang rokok, dan karyawan Indomaret lain­ nya. Hingga kemarin, petugas masih mengejar tersangka. Diduga, pembunuhan itu su­ dah direncanakan. Tersangka

dengan sengaja membawa senjata tajam mencari korban ke tempat kerjanya di Indo­ maret Candimas. “Motif pem­ bunuhan itu berlatar belakang kecemburan tersangka terh­ adap korban,” kata mantan Kapolsek Kedaton itu.Kemarin siang, jenazah Rido Hasan dimakamkan di kampung halamannya di Desa Pancasila. Suasana duka menyelimuti ke­ luarga korban. Kerabat korban berharap pelaku pembunuhan itu ditangkap dan diproses hukum sesuai dengan perbua­ tannya. Tetangga korban tidak menyangka pemuda yang ramah dan sopan itu dibunuh secara tragis di tempat ker­ janya. Korban sangat dikenal di lingkungan Rejosari, Natar, pasalnya ia sering berkunjung ke tempat keluarganya, bah­ kan kakeknya pun tinggal di Rejosari. Kasat Reskrim Polres Lampung Selatan AKP Feria Kurniawan tadi malam menga­ takan, tersangka masih dikejar petugas. “Pembunuhan itu memang bermotif cemburu,” kata dia. (AMR/K1)

arissusanto@lampungpost.co.id

Pemenang Tender PDAM Diumumkan Mei

Korban Penganiayaan Minta Polisi Tangkap Pelaku

PENGUMUMAN pemenang tender proyek kerja sama pemerintahswasta (KPS) sistem penyediaan air minum (SPAM) yang dijalankan PDAM Way Rilau Kota Bandar Lam­ pung dilaksanakan akhir Mei 2014 mendatang. Kepala Bagian Humas dan Hu­ kum PDAM Way Rilau Rozi Amri me n gat a k a n Pe mer i nt a h K ot a (Pemkot) Bandar Lampung mela­ lui PDAM Way Rilau sudah sejak t iga ta hu n la lu merenca na ka n proyek yang juga mendapat du­ ku ngan dar i Pemer i ntah Pusat melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dengan Viability Gap Funding (VGF). Dana bantuan dari Pemerintah Pusat i n i ke depan untu k mer­ ingankan tarif yang digunakan dalam proyek kerja sama ini, se­ dangkan besaran nilai atau tarif akan d iupayakan keluar ak h i r Februari. “Namun, untuk pemenang ten­ der nya akan d iumum kan pada akhir Mei 2014. Pada bulan Juni akan dilakukan penandatanganan kontrak kerja bagi pemenang ten­ der kepada Pemkot Bandar Lam­ pung,” kata Rozi, kemarin (2/2), melalui sambungan telepon.

TIGA korban penga­ niayaan di Dusun Sakal, Merbaumataram, Lam­ pung Selatan, minta aparat kepolisian mem­ proses hukum terlapor sesuai prosedur, apalagi di antara penganiaya ada yang membawa pis­ tol yang diduga tanpa di­ lengkapi surat izin. Hal itu diungkapkan Erwin Nusantara, Edi Sutisna, dan M. Fadil saat berkunjung ke redaksi Lampung Post, kemarin (2/1), sekitar pukul 20.00. Penganiayaan itu ber­ mula ketika Erwin dan dua saudaranya (Edy Sutisna dan M. Fadil, red) memerintahkan tukang chainsaw me­ nebang pohon di ke­ bun milik kakek mere­ ka, Sabtu (25/1), sekitar pukul 10.00. Sekitar pukul 13.30, warga Dusun Sakal meng­ abari Erwin dan kedua saudaranya ada sekitar 15 orang menyetop pen­ ebangan, bahkan ada

Rozi menerangkan keempat pe­ rusahaan konsorsium yang masuk tender ini yakni Wijaya Karya dan Abeima; Acuatico dan Mitsubishi Coorporation; PT Potum, Itochu, dan Hyundai Contractor; serta Manila Water dan Great Giant Pineapple. Keempat per usahaan konsor­ siu m tersebut pada Apr i l men­ datang akan membuat proposal p e n aw a r a n . P r o s e s i n i d i b e r i wa k t u sela ma empat m i ng g u at au s at u bu l a n . S e te l a h pr o ­ pos a l ma s u k , a k a n d ieva lu a s i dan d i k lari f i kasi dengan pi hak p e n a w a r. S e l a n j u t n y a , p a d a a k h i r Mei suda h keluar peme ­ na ng tender nya da n pena nda­ tanganan kontrak pada Juni. “Bagi perusahaan konsorsium yang menang tender, selama 4--6 bu lan ke depan d i mi nta untu k membuat financial closed (rancan­ gan mengenai sumber dana yang dipakai). Kemudian bagaimana sistem amdalnya dan detail de­ sain dalam menjalankan proyek kerja sama pemerintah (KPS) ini,” ujarnya. Me nu r ut ny a ker ja s a m a pe ­ merintah dan swasta ini harus mendapat bantuan dari Pemerin­ tah Pusat. (RIC/K1)

yang mengaku Polsus Ke­ hutanan merampas dua mesin chainsaw yang di­ gunakan buruh tebang. Setelah salat zuhur dan makan siang, Erwin ke lokasi penebangan, tetapi mereka tak menemukan perampas chainsaw yang mengaku aparat. Karena terjadi perampasan mesin chainsaw, Erwin pun men­ cari orang tersebut. Sekitar pukul 14.30, Erwin ber­ temu Murad dan temantemannya yang merampas chainsaw di kebun, masih dalam lokasi tanah milik kakek mereka. Erwin menanyakan mengapa mesin chain­ saw dirampas dan terjadi perang mulut yang meng­ akibatkan Erwin yang hanya bertiga terkepung oleh belasan orang. Me­ lihat kondisi itu, Erwin menyemprotkan gas air mata dengan harapan lepas dari kepungan. Na­ mun, ia malah diserang belasan orang menggu­ nakan senjata tajam.

“Saya yang ditodong pakai pistol,” ujar kakak sepupu Erwin. Saat itu, Erwin men­ gaku terjatuh lalu diinjak-injak dan diba­ cok kepalanya. Melihat Erwin terluka, sepupu­ nya berteriak minta to­ long. Dalam hitungan detik, beberapa warga datang menolong. Murad dan teman-te­ mannya kemudian ka­ bur dari kebun itu. Tak lama setelah kejadian, Erwin melaporkan ke­ jadian tersebut ke pol­ sek terdekat. Erwin dan keluarganya berharap penganiayaan dan pe­ rampasan mesin chain­ saw itu diusut tuntas. Kasat Reskrim Polres Lampung Selatan AKP Fe­ ria Kurniawan, saat dikon­ firmasi, membenarkan adanya kejadian tersebut. “Laporannya masih di meja kapolres, intinya ka­ sus itu tetap diproses lan­ jut,” ujar Kasat Reskrim, tadi malam. (RIS/K1)

NA PA S K OTA

Tak Ingin Menyusahkan Menantu dan Cucu

Sembunyi di Bak Sampah Pencuri Tertangkap POLISI menangkap pria berinisial A (35) karena diduga mencoba mencuri di rumah dinas Bank Negara Indonesia (BNI), Jalan K.S. Tubun, Rawalaut, Tanjungkarang Timur, Sabtu (1/2). Warga Gunungsari, Tanjungkarang Pusat, itu dipergoki warga dan petugas bersembunyi di bak sampah. Menurut saksi mata Nasib, dia melihat tiga pria tak dikenal mengendap-endap lalu masuk ke rumah dinas BNI yang kosong. Kejadian itu kemudian dilaporkan ke polsek terdekat. Sementara Sule mengatakan polisi terpaksa mendobrak pintu rumah dinas itu untuk mencari pencuri yang di­ duga sudah masuk. Ternyata, kompor gas dan raket listrik peranti penjaring nyamuk sudah berpindah tempat. Kapolsek Tanjungkarang Timur AK P Heru Adrian mengata k a n da l a m peny i si ra n d i lok asi kejad i a n , hanya ditemukan satu orang, yaitu A, yang bersembu­ nyi di bak sampah. Namun, pihaknya sedang mengem­ bangkan kasus ini. “Tapi yang kami temukan hanya A,” kata Heru. Barang bukti yang disita dari lokasi kejadian berupa tabung gas dan raket listrik serta tas tersangka. Dalam ak­ sinya, tersangka menggunakan palu. “Kami temukan alat yang digunakan pencuri adalah palu,” ujar Heru. (BOY/K2)

n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

LATIHAN SAR. Kapolresta Bandar Lampung Kombes Dwi Irianto, didampingi Kasat Sabhara Kompol Irawan, memberikan arahan kepada anggota Sabhara Polresta Bandar Lampung sebelum melakukan latihan SAR terbatas, di Pantai Mutun, Sabtu (1/1). Latihan ini untuk melatih para anggota untuk tanggap bencana.

n LAMPUNG POST/WANDI BARBOY

Harni (82) berjualan rengginang dan peyek di Jalan P. Bangka, Perumahan Tirtayasa Indah, Sukabumi, Bandar Lampung, Minggu (2/2). PEREMPUAN berkain jarit k has Jawa dan selendang itu melangkah pelan d i Ja l a n P. B a n g k a , Pe r ­ umahan Tirtayasa Indah, Su kabu m i Indah, Bandar L a m p u n g , M i n g g u ( 2 / 2) siang. Mengenakan caping pada kepala dan kain biru u nt u k me n g ge ndon g b a ­

kulnya, tatapannya lurus dan sesekali menawarkan kepada siapa saja yang me­ lintas dan tertarik membeli dagangannya. Dalam keranjangnya ter­ hampar bungkusan reng­ ginang. Selain itu, di kan­ tong plastik yang diusung­ nya berisi peyek dan telur

asin. Perempuan yang su­ dah tak muda lagi itu setiap hari berjualan di lingkup perumahan di Cendana In­ dah dan Tirtayasa Indah, Sukabumi. Namanya Karni, keseha­ riannya biasa disapa Mbah Karni karena usianya yang memang sudah berkepala delapan. Perempuan kela­ hiran Bandung, Jawa Barat, 82 tahun silam, ini sudah 14 tahun ber jualan reng­ g i na ng. Sua m i nya suda h meninggalkan dirinya se­ jak 40 tahun silam. Namun, Karni tidak mau menyerah­ kan hidupnya dengan kepu­ tusasaan. Bersama kelima anaknya, mereka berjuang untuk me­ naf kahi keluarga bersamasama sepeninggal ayah me­ reka. Kini, kelima anaknya

itu sudah berumah tangga dan bekerja. Karni tinggal bersama me­ nantu dan putrinya di Perum Cendana Indah, Sukabumi. Pendapata n mena nt u nya hanya cukup untuk kebutuh­ an anak dan istrinya saja. “Saya kadang sakit. Karena itu, saya harus bisa mencu­ kupi kebutuhan saya sendiri. Ma nt u saya pu nya peng­ hasilan yang pas-pasan bagi keluarganya,” ujar Karni, sabar. Biasanya Karni berkeli­ l i n g seja k pu k u l 0 8.0 0 — 16 . 0 0 . S e b u n g k u s r e n g ­ g i n a n g d i j u a l n y a R p10 ribu, peyek Rp6.000/ bu n g k u s , d a n te lu r a s i n Rp2.700/ butir. “ Yang pen­ ting bisa usaha. Kalau di r u ma h aja, saya ma la h jat u h sa k it ,” k ata K a r n i ,

sambil menghela napas. Nenek tujuh cucu itu juga mem i l i k i ketera mpi la n memijat. Dia biasa memijat sejak mudanya. “Ya, kadang kalau lagi sepi, saya juga bisa pijat. Saya mah pasrahkan hidup pada Sang Gusti aja,” ujarnya. K a r n i me n g at a k a n s e ­ gala usaha yang di lakoni­ nya tidak d ijalani dengan n goyo k a ren a d i a s ud a h terlalu lelah ji ka d ipaksa beker ja keras. Peker jaan y a n g d i ja l a n i ny a s e t i ap har i hanya u nt u k me ­ menu h i kebut u ha n nya send i r i saja. Dia t ida k mau meny usah kan anak , mena nt u , da n c uc u nya. Selagi badan masi h sehat, Karni i ngi n ter us beker ja d a n p a nt a n g me ny e r a h . (K1) n Wandi Barboy


RAGAM senin, 3 FEBRUARI 2014

LAMPUNG POST

8 BURAS

SIAPA MENGAPA

Pendidikan Akhlak Antikorupsi! (2)

Penggerak APAR AT menjadi penggerak pembangunan daerah sehingga jangan pernah ada kekosongan dalam sebuah jabatan di suatu pemerintahan. Hal itu yang membuat Bupati Lampung Timur Erwin Arifin terus mereposisi, promosi, mutasi, dan pengisian jabatan kosong. “Setiap ada perubahan, selalu diikuti dengan reposisi jabatan dan n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN itu harus segera ditindaklanjuti. Mereka harus segera dilantik agar tidak terjadi kekosongan hukum,” kata dia. “Pelantikan ini dilaksanakan karena ada perubahan nomenklatur agar tidak ada kekosongan hukum,” ujar Bupati yang juga mantan Ketua KPU Lampung Timur itu. Untuk itu, bagi pejabat yang telah dilantik harus segera bergerak, sehingga seluruh program dapat berjalan dan pembangunan berlanjut. Sebab, aparat menjadi roda penggerak pembangunan dengan melaksanakan program pemerintah. “Diharap bekerja sesuai dengan aturan dan ikhlas dalam rangka meningkatkan pembangunan di Bumi Tuwah Bepadan ini,” katanya. (CK7/U1)

“IPAK—Indeks Perilaku AntiKorupsi—3,82 untuk berpendidikan SMA dan 3,94 untuk di atas SMA, keduanya masuk kategori sangat antikorupsi, selain menunjukkan semakin tinggi pendidikan kian tinggi pula sikap antikorupsinya, juga mencerminkan makin tingginya resistensi kelompok terdidik terhadap perilaku korupsi!” ujar Umar. “Tetapi, justru dari kelompok itu pula dominan berasal elite pelaku korupsi! Itu jelas penyimpangan perilaku yang luar biasa hingga secara universal korupsi diberi label extraordinary crimes!”

“Resistensi yang tinggi dari masyarakat terdidik terhadap perilaku korupsi terus meningkat, dari IPAK 2012 untuk SMA 3,78 dan di atas SMA 3,93, sekalian mendorong naiknya IPAK semua dimensi!” timpal Amir. “Media massa terbukti efektif bagi peranti proses kultural edukatif membina akhlak tegas bersikap antikorupsi! Sekitar 71% responden atau naik 4% dari 2012 (67%) menilai televisi merupakan jenis media yang paling efektif sebagai penyalur informasi dan pengetahuan antikorupsi!” “Jadi, masyarakat terdidik yang sekaligus well-informed

H. Bambang Eka Wijaya itu merupakan kapsul akhlak antikorupsi yang terampuh untuk menggempur dan memperkecil ruang gerak perilaku korupsi!” tegas Umar. “Melalui media televisi yang hadir di ruang keluarga nyaris setiap rumah, kapsul akhlak antikorup­ si itu merebak ke semua warga bangsa, yang lewat interaksi sosial terus memperkuat dan mengembangkan akhlak antikorupsi dalam masyarakat!”

“Proses sedemikian tanpa disadari sudah berjalan hingga semua dimensi IPAK naik dari angka 2012 ke 2013, juga kaitannya dengan sikap dalam keluarga, komunitas, dan publik!” timpal Amir. “Seperti IPAK untuk sikap antikorupsi kepala rumah tangga dari 3,56 (2012) ke 3,62 (2013), istri/suami dari 3,54 ke 3,63, perkotaan dari 3,66 ke 3,71, perdesaan dari 3,46 ke 3,55, laki-laki dari 3,59 ke 3,66, wanita dari 3,53 ke 3,60, dan seterusnya! Semua itu menunjukkan adanya pendidikan akhlak antikorupsi yang sedang berproses efektif

Add on: facebook.com/buraslampost

Sutradara Cabul

Hentikan Dikotomi Ilmu Agama dan Umum MEN T ER I A gama Su r ya­ dharma Ali mengajak berbagai pihak untuk meng­ hentikan dikotomi antara ilmu agama dan nonagama. Sebab, hal itu tidak pernah membawa keberuntungan bagi masyarakat dan bangsa yang lebih luas, sebaliknya justru merugikan. Di kalangan agamawan, k hususnya Islam, misalnya, dikotomi muncul ada­ nya anggapan hanya ilmu agama yang bila dipelajari mend at a n g k a n ma n faat dan pahala. Oleh karena itu, yang dipelajari pun berkisar pada tafsir, hadis, akidah, akhlak, dan tasawuf. Sebaliknya, ilmu lainnya hampir t idak mendapat kan tempat. “Padahal, Allah tidak pernah mendikotomikan itu,” k ata Su r yad ha r ma, saat meresm i kan peng­a l i han status Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ma’arif menjadi Institut Agama Islam Ma’arif Nahdlatul Ulama (IAIM-NU) di kampus se­ tempat, Minggu (2/2). Ia menambahkan ekonomi perlu d i kelola secara baik dan benar dan itu ada ilmunya. Kekayaan alam juga perlu d igarap agar mampu memberi sebesarsebesarnya kesejahteraan

rakyat. Semua itu ada dan diperintahkan Allah dalam Alquran. “Jika dikotomi itu tidak berubah, jangan salahkan jika kekayaan alam yang dimiliki kemudian dikuasai orang lain. Ekonomi dan keuangan juga dikendalikan pihak lain. Sebab, me­ reka memiliki ilmunya, sedangkan bangsa kita tidak. Negara yang sehar usnya mengelola dan menikmati justru hanya menjadi penonton,” ujar dia. Selain itu, di kalangan eksternal pun tidak boleh melakukan hal yang sama. Merek a t ida k boleh lag i berpandangan semua pendidikan berbasiskan agama t id a k mem i l i k i kema mpuan d i bidang lai n, se ­ perti teknologi, sosial, politik, dan ekonomi. Sebab, pendidikan jenis itu telah melakukan satu perubahan yang sangat tinggi. “Mereka tidak boleh menuntup mata akan kemajuan luar biasa yang dicapai oleh pendidik­ a n berbasi sk a n aga ma,” k at a Su r y a , d i h ad apa n Ketua PP Ma’arif NU Mamat Selamat Burhanuddin, Sekprov Lampung Berlian Tihang, Rektor IAIN Raden Intan Mu h. Mu k r i, ser ta sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat. (NUD/R4)

Follow on: @buraslampost

Ujian City Jaga Rekor Kandang

WAT WAT GAWOH

SUTRADARA menjadi profesi yang bergengsi di kalangan selebritas. Walau d i belakang pangg ung, namanya tetap disebut dalam setiap tayangan. Helau do ana, kidang dang jadi cabul ulihni guwai seno (Hebat profesi it u, tapi jangan cabul alias porno). Nah, kalau cabul, di AS ada juga sutradara yang dituduh cabul. n DP. RAHARJO Bukan karyanya yang cabul, melainkan dia yang melakukan pencabulan. Tak urung kini dia harus berhadapan dengan penegak hukum. Sutradara itu, Allen, dituduh putri angkatnya, Dylan, melakukan pelecehan seksual saat dia masih anak-anak. Allen pernah diselidiki atas tuduhan melakukan pelecehan seksual tetapi tidak sampai didakwa secara resmi. “Dia menyuruh saya untuk tengkurap dan bermain kereta api punya abang saya. Kemudian dia melakukan pelecehan seksual atas saya.” Nah seno say mak helau sa mamak, mak guna iya mbatin api pintar kik mak buiman. Bang kawani jama sanak, watwat gawoh (Nah, itu yang tak bagus, tak ada guna kaya atau pintar jika tak beriman. Kok beraninya dengan anak-anak, ada-ada saja). (U1)

secara kukltural edukatif!” “Proses pendidikan nonformal melalui interaksi dan komunikasi itu menjadi cara dan ciri masyarakat era informasi dewasa ini!” tegas Umar. “Hingga, tanpa memakai cara dan sarana kerja formal pun, hasilnya efektif bahkan dalam usaha mengarahkan perilaku warga masyarakat! Sampai akhirnya nanti, setelah semua pelaku korupsi bersih digulung aparat penegak hukum, di lain sisi sikap dan perilaku antikorupsi masyarakat juga mendekati klimaks puncak IPAK-nya!” ***

Grafis: Irsyad

Caleg Usir Panwas Tugas panwas mengawasi, caleg tidak boleh menghalangi, apalagi memaksa menghapus dokumentasi kegiatan. Aripsah

C

ALON anggota legislatif dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Efan Tolani, berurusan dengan Panitia Pengawas Pemilu Lampung Barat. Calon anggota DPRD Lampung itu meng­ usir anggota panitia pengawas kecamatan (panwascam) saat sosialisasi di Pesisir Tengah sekitar dua pekan lalu. Namun, kejadian tersebut baru terungkap kemarin. Ketua Panwaslu Lampung Barat Radityo Ariadi Nugroho menjelaskan pihaknya me­ nerima laporan dari Panwascam Pesisir Tengah, terkait tindakan caleg provinsi dari PKS dengan nomor urut 3 atas nama Efan Tolani.

Da l a m l ap or a n it u d i ­ sebut kan Efan meng usi r panwascam saat mengawasi kegiatan sosialisasi. “Kami terima laporan pada Kamis (30/1). Kejadiannya lima hari sebelum laporan masuk,” ujar Radityo, Minggu (2/2). Berdasar keterangan panwascam, selaku pelapor dan saksi, pengusiran terjadi saat anggota panwascam mendokumentasikan kegiatan sosialisasi Efan yang dilakukan tanpa pemberitahuan ke aparat kepolisian. “Alasan caleg, itu bukan kampanye, cuma sosialisasi calon gubernur. Namun, yang dibagikan atribut sosialisasi calon dan formulir dukungan pencalon­ an.” kata Radityo. Ironisnya, kata dia, caleg

it u mem i nta panwascam menghapus seluruh dokumentasi kegiatannya. “Tugas panwas mengawasi, caleg tidak boleh menghalangi, apalagi memaksa menghapus dokumentasi kegiatan,” ujar dia. Sejauh ini Efan yang telah dipanggil untuk dimintai klarifikasi belum memenuhi panggilan panwas. Namun, dari keterangan dan buktibukti, tanpa dihadiri terlapor sekalipun proses ter­ hadap pelanggaran akan tetap d i la k u k a n pa nwas untuk mengetahui apakah tindakan tersebut masuk ranah pidana pemilu atau pelanggaran administrasi. “Sabtu, kami minta ke­ terangan, tetapi terlapor tidak datang. Infonya akan datang pada Selasa (4/2). Nanti kami akan klarifikasi,” ujar dia. Di pihak lain, Efan Tolani menyatakan siap datang ke panwaslu mengklarifikasinya. “Saya akan jelaskan se-

muanya mengenai tuduhan itu. Saya akan kooperatif.” Menurut Efan, tidak semua tuduhan panwas itu benar. Saat sosialisasi di rumah ad i k nya dan panwascam tidak permisi. “Kalau kulonuwun, ya kami persilakan mengikuti acara kampanye saya,” ujar dia. Ketua Badan Pengawas Pemilu Lampung Nazarudin berharap partai politik dan ca leg mema ha m i at u ra n pemilu agar kegiatan sosialisasinya tidak melanggar. “Kami menunggu klarifikasi ca leg agar persoa lan nya menjadi jelas,” kata dia. KPU Lampung mengecam arogansi ca leg PK S yang meng­u sir panwascam saat bersosialisasi. Komisioner KPU Lampung Edwin Hanibal, sebaliknya caleg harus berkoordinasi dengan panwas saat akan bersosialisasi, bukan mengusir. (UIN/CR11/R4)

aripsah@lampungpost.co.id

MENJAMU Chelsea di Etihad Stadium, dini hari nanti, menjadi ujian bagi Manchester City menjaga rekor kandang sempurna. Tim tamu tentunya sangat berambisi menghentikan 11 kemenangan beruntun City untuk menyamai poin di puncak klasemen. Laga ini memang bakal berlangsung seru dan ketat. Ketajaman para penyerang City yang sudah menggelontorkan 115 gol di empat kompetisi yang diikuti harus diwaspadai lini belakang The Blues. Fokus kini memang harus dipegang City, satu-satunya tim yang berkompetisi di empat kompetisi, termasuk kembali bersua Chelsea di babak kelima Piala FA. Laga ini juga sangat dinanti para penggawa City untuk membalaskan kekelahan di pertemuan pertama. Saat itu The Citizens kalah 2-1 akibat blunder Joe Hart dan Matija Nastasic pada menit terakhir. Kali ini dengan tampil di depan publik sendiri tentunya bakal menambah motivasi Edin Dzeko untuk bisa meraih kemenangan. Meski kehilang­ an Sergio Aguero yang cedera, sisi penyerangan tim besutan Manuel Pellegrini masih tetap tajam karena masih ada Alvaro Negredo dan Stevan Jovetic. Chelsea datang pun dengan semangat tinggi untuk membawa pulang tiga poin. Namun, arsitek Jose Mourinho harus mengembalikan mental anak asuhnya usai ditahan imbang tanpa gol West Ham United di kandang, akhir bulan lalu. Skuat The Blues harus menyiapkan mental yang lebih tangguh melakoni laga ini. John Terry dkk. harus bermain sabar dan disiplin untuk menandingi tuan rumah. (LUG/U1)

Korban di Sinabung Mungkin Bertambah JUMLAH korban meninggal akibat awan panas Gunung Sinabung kemungkinan bisa bertambah. Pasalnya, petugas sempat melihat korban awan panas yang belum bisa dievakuasi. “ K e mu n g k i n a n k or b a n bertambah mungkin masih ada. Ada petugas mengaku sempat melihat sosok tubuh hang us, tetapi belum bisa dievakuasi karena ada potensi susulan,” ujar Kepala P usat Data In for masi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, kemarin. Jika proses evakuasi berjalan optimal, kepastian jum-

lah korban awan panas sudah didapat. Kini kendati intensitas awan panas menurun, tetapi masih bisa menjangkau wilayah hingga 4,5 km dari kawah. Sementara lokasi kejadian korban awan panas semuanya berada d i sek itar Desa Sukameriah yang berada sekitar 3 km dari kawah Sinabung. Kendati potensi erupsi dan awan panas terus menghantui proses evakuasi, Sutopo menambahkan proses evakuasi korban tetap dilakukan walaupun kadang dihentikan kalau potensi bahaya mengancam.

Pek a n la lu , Pemer i nta h Pusat melalui BNPB mengambil alih penanganan bencana er ups i Gu nu n g Si n a bu n g (2.460 m) di Kabupaten Karo, P rov i nsi Su matera Uta ra. Hal itu diputuskan karena dampak erupsi luar biasa dan tidak mungk i n ter tangani pemerintah daerah. Untuk tindakan jangka menengah, pemerintah segera merelokasi desa-desa yang berada d i da lam rad ius 3 k i lometer yang berjumlah 900 lebih keluarga. “Mereka diberikan hunian tidak jauh dari tempat asal,” ujar Presiden, pekan lalu. (MI/S3)

n ANTARA/IRSAN MULYADI

PENCARIAN KORBAN SINABUNG. Personel kepolisian yang menggunakan kendaraan khusus melakukan pencarian korban akibat awan panas Gunung Sinabung, di Desa Suka Meriah, Karo, Sumut, Minggu (2/2). Erupsi yang disertai awan panas pada Sabtu (1/2) menyebabkan sedikitnya 15 orang meninggal dunia.


EKONOMI

Robert Pakpahan (Direktur Jenderal Pengelolaan Utang)

BISNIS senin, 3 FEBRUARI 2014 LAMPUNG POST

“Penyebab kenaikan tersebut adalah pelemahan nilai tukar rupiah (NTR) sejak pertengahan 2013. Saat ini pun rupiah sudah mencapai Rp12 ribu/dolar AS.”

9

Lintas

BRI Terus Genjot Layanan Renminbi PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. telah membuka layanan mata uang Renminbi (RMB) sejak 2010 lalu. Seiring me­ ningkatnya hubungan dagang Indonesia-China, BRI meli­ hat potensi layanan RMB bakal terus tumbuh pesat. “Layanan RMB yang disediakan BRI antara lain tran­ saksi ekspor-impor, remitansi, money changer, maupun simpanan (giro dan deposito),” ujar Sekretaris Perusahaan BRI Muhamad Ali, Minggu (2/2). Layanan tersebut efektif dimanfaatkan oleh nasabah perusahaan. Selama 2013, BRI mencatat penerimaan hasil ekspor melalui BRI dalam RMB sebesar 4 miliar RMB. “Volume perdagangan yang tinggi di kedua negara meru­ pakan peluang bagi BRI untuk meningkatkan layanannya. Kami optimistis dengan jasa ini, apalagi saat ini China jadi kekuatan ekonomi terbesar dunia yang perdagangannya sangat bagus dengan kita,” ujar Ali. Melihat peluang itu, BRI juga telah mengaktifkan layanan money changer-nya pada 2012 dan pada 2013 transaksi jual-beli tercatat sebesar 3,9 juta RMB. (E1)

10.803,03

10.691,24

12.020,28

11.895,53

12.328,00

12.206,00

11.094,31

10.978,59

9.673,57

9.571,83

1.587,82

1.572,01

10.056,52

16.859,77

16.690,48

20.447,22

20.239,99

10.160,74

per Kamis, 30 Januari 2014 n Sumber Bank Indonesia

CPO Minyak kelapa Kakao Kopi arabika Kopi robusta Karet TSR 20 Lada hitam Lada putih Jagung (kering)

Medan Bitung Makassar Medan Lampung Palembang Lampung Pangkalpinang Lampung

9.664 15.177 29.374 20.171 18.678 21.760 78.353 119.257 1.750

per Kamis, 30 Januari 2014 n Bappebti-Kementerian Perdagangan www.bappebti.go.id

Merpati Tak Beroperasi Sementara PT Merpati Nusantara Airlines (Merpati) sedang dalam masalah yang sangat serius karena utangnya yang men­ capai triliunan rupiah. Dengan masalah tersebut, Merpati mengalami kendala-kendala operasional. Direktur Operasi Merpati, Daryanto, mengatakan Mer­ pati sedang menghadapi beberapa kendala, di antaranya tuntutan gaji yang harus dipenuhi, kemampuan beli bahan bakar avtur harus selalu tersedia, sistem reservasi harus dibayar pada 31 Januari 2014, serta asuransi yang harus dilunasi dan juga pembayaran termin berikutnya. “Yang sekarang sudah muncul adalah biaya pengembalian tiket yang tidak sedikit,” kata Daryanto, Minggu (2/2). Kendala yang dihadapi Merpati berawal dari semakin menurunnya “cash in” per hari, ditambah semakin menu­ runnya kepercayaan masyarakat/agen terhadap Merpati, sehingga sampailah ke titik di mana tidak mampu melaku­ kan kegiatan operasional sebagai mana mestinya Dengan kondisi seperti itu, dia mengatakan terhitung mulai 1 Februari sampai 5 Februari 2014, penerbangan Merpati ditiadakan. “Dan semua izin rute MZ (Merpati) di-suspend (ditunda) sampai akhir bulan Februari 2014. Akan tetapi begitu ada kesiapan MZ dan situasi lapangan sudah kondusif, maka rute-rute tersebut akan kita terbangi kembali,” kata Daryanto menjelaskan. Dijelaskan Daryanto, proses kerjasama operasi masih tetap berlangsung, begitu juga dengan pembentukan anak perusahaan, divestasi aset, dan langkah debt to equity yang masih dalam restrukturisasi dan revitalisasi. (E1)

n ANTARA/YUDHI MAHATMA

MANFAATKAN LIBUR PANJANG. Calon penumpang kereta api mengantre di loket check-in Stasiun Gambir untuk berlibur ke luar kota, Jakarta, Jumat (31/1). Dari data PT KAI, jumlah penumpang menuju luar kota Jakarta meningkat hingga 35% untuk memanfaatkan liburan panjang akhir pekan, dari hari ini hingga hari Minggu (2/2) mendatang.

Utang Indonesia Membengkak Karena nilai tukar rupiah melemah, total utang pemerintah dalam rupiah menjadi besar. Hal ini karena banyak dari utang tersebut dibayar dengan menggunakan mata uang asing. Sri Agustina

U

n LAMPUNG POST/SRI AGUSTINA

SIMUSIM TANAM. Memanfaatkan musim hujan, pekerja menanam padi di petak persawahan Way Kandis, Bandar Lampung, Minggu (2/2). Para pekerja musiman tersebut merupakan buruh harian dengan upah berkisar Rp25 ribu sampai Rp35 ribu/hari/orang.

TA NG Pemer i nta h Indonesia pada akhir 2013 sudah mencapai Rp2.371,39 tri l iun. Di ban­ dingkan dengan 2012 sebesar Rp1.977,71 triliun, ada kenaik­ an Rp393,68 triliun. Direktur Jenderal Pengelo­ laa n Uta ng ( DJ PU ) Rober t Pakpahan menuturkan pe­ nyebab kenai kan tersebut adalah pelemahan nilai tukar rupiah (NTR) sejak pertenga­ han 2013. Saat ini pun rupiah sudah mencapai Rp12 ribu/ dolar AS. “Kalau dilihat, kok nambah banyak utang, kan tadinya cuma Rp2.100 triliun, seka­ rang kok jadi Rp2.300 triliun. Ini gara-gara ada kira-kira ada 40 miliar dolar AS yang dalam bentuk valuta asing dan paling banyak dolar,” kata Robert, Minggu (2/2). Padahal, menurut Robert,

denominasi dolar AS hingga akhir 2013 mencapai 194,55 miliar dolar AS. Turun diband­ ingkan utang di akhir 2012 yang mencapai 204,52 miliar dolar AS. Namun, karena nilai tukar rupiah yang melemah, total utang pemerintah dalam rupiah menjadi besar. “Jadi mema ng pelema ha n k u r s yang mem buat utang k ita nambah. Kalau dihitung da­ lam dolar, sebenarnya utang berkurang,” ujarnya. Ia menilai pelemahan kurs itu sangat sensitif terhadap utang, termasuk cicilannya. Namun, utang dalam bentuk yen ataupun euro pada 2013 memberikan dampak positif. Sebab, mata uang tersebut juga melemah lebih dalam. “Kalau utang dalam bentuk yen itu melemah, jadi utang berkurang. Sama juga dengan euro,” kata Robert. Robert mengaku akan terus berupaya untuk mengurangi

OJK Keluarkan Surat Terkait Penipuan

porsi utang dalam bentuk valuta asing agar ketika ter­ jadinya gejolak nilai tukar, dampaknya tidak signifikan. “Loan itu rata-rata foreign c u r r enc y, d a r i s it u pa s t i berkurang porsi. Tapi, karena kurs lemah, jadi nambah. Dari situ pasti berkurang. Artinya, kebijakan kami mengurangi porsi valuta asing dari pinja­ man setiap tahun,” ujarnya. Sementara itu, berdasarkan data dari Bank Indonesia, tren perlambatan pertumbu­ han utang luar negeri (ULN) I ndonesi a berl a njut pad a November 2013. ULN tumbuh sebesar 3,7% (yoy), melambat dibandingkan dengan per­ tumbuhan bulan sebelumnya sebesar 5,9% (yoy). Posisi ULN Indonesia pada November 2013 tercatat sebe­ sar 260,3 m i l iar dolar A S atau mencapai 29,2% dar i PDB. Pertumbuhan ULN yang melambat, terutama dipen­ garuhi turunnya posisi ULN sektor publik pada November 2013, tercatat turun menjadi 123,3 miliar dolar AS atau tumbuh negatif sebesar 2,7% (yoy). (E1)

sriagustina@lampungpost.co.id

BA N YA K cara untu k melakukan aksi kejahatan, seperti penipuan, termasuk yang dialami otoritas jasa keuangan (OJK), seh i ng­ ga ha r u s mengelua rk a n edaran yang mengingatkan selu r u h d i rek si da n pe ­ ngurus industri keuangan nonbank untuk berhati-hati akan adanya oknum-oknum yang meminta sumbangan dengan mengatasnamakan kepala eksekutif pengawas IKNB OJK. Peringatan ini disampaikan secara resmi melalui Surat Edaran No. SE-1/D.05/2014. Dalam keterangan resmi yang dikeluarkan OJK da­ lam situs resminya, Jumat (31/1), surat edaran ini dike­ luarkan karena akhir-akhir ini OJK mendapat informasi dari beberapa pihak me­ ngenai aksi sejumlah oknum yang meminta sumbangan dengan mengatasnamakan Kepala Eksekutif Pengawas IKNB Firdaus Djaelani, baik secara pribadi, institusi, maupun keluarga. Melalui surat edaran ini, OJK menegaskan tidak per­ nah menugaskan siapa pun untuk meminta sumbangan d a l a m bent u k apa pu n. Karena itu, pelaku industri keuangan nonbank diminta

untuk terus meningkatkan kewaspadaan. Jika ada pertanyaan me­ ngenai OJK, bisa juga di­ tanyakan melalui layanan konsumen di (kode area) 500 655. Jika menemukan pelanggaran kode etik pe­ gawai OJK, bisa disampai­ kan melalui Sistem Pelapor­ an Pelanggaran Kode Etik (SPP-OJK) di http://spp.ojk. go.id/. Sementara itu, sebelum­ nya sejumlah kontraktor di Lampung meminta panitia lelang proyek mematuhi at u ra n ya ng d itetapk a n OJ K . H a l i n i me ny u s u l banya k nya proyek yang digugurkan panitia lelang karena kontraktor menja­ m i n k a n per u sa haa n nya melalui asuransi (surety bond). Ses u a i ketent u a n OJ K yang mencantumkan k lausu l t ida k menjam i n kerugian yang disebabkan praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme. Peraturan OJK No. SE-04/ NB/2013 tentang pencantum­ a n k l au s u l d a l a m pol i s su ret y sh ip u nt u k t ida k menjamin kerugian yang disebabkan praktik KKN. Namun, ternyata itu ditolak panitia lelang. (SAG/E1)

Pengunjung Padati Pusat Perdagangan L I BU R A N pa nja n g I m lek sejak Jumat hingga kemarin (2/2) membuat mal dan pusat perbelanjaan di Bandar Lam­ pung dan sekitarnya dipadati pengunjung, baik warga Kota Tapis maupun pendatang. Padatnya pengunjung pun membuat antrean mengular d i pi nt u mas u k ma l d a n pusat perbelanjaan tersebut. Rieka, salah satu pengunjung dari Palembang, mengatakan memanfaatkan waktu libur pa nja ng nya ke La mpu ng bersama teman-teman. “Saya dulu pernah tinggal di Lampung selama dua ta­ hun. Nah, sekarang kepengin lagi main-main menyusuri

pantai d i Lampung,” ujar wanita yang berprofesi seba­ gai karyawan swasta ini. Selain ke pantai, Rika ber­ sama teman memanfaatkan waktu liburannya dengan mengunjungi pusat perbe­ lanjaan. “Lumayan banyak dan ramai juga di Lampung ini, padahal waktu saya di Lampung baru beberapa saja sih,” kata dia. Sementara itu, berdasar­ kan pemantauan Lampung Post, beberapa kar yawan di pusat perdagangan men­ gakui adanya peningkatan pengunjung selama liburan Imlek. “Sebelum Imlek me­ mang ada peningkatan pen­

gunjung, tetapi pas liburan malah lebih banyak lagi,” ujar salah satu karyawan di Chandra Telukbetung. Begitu juga dengan sua­ sana di Simpur Center yang padat pengunjung dan ratarata membawa tentengan belanjaan. Tak cuma pusat perbelan­ jaan, sejumlah restoran dan r umah makan pun ramai pengunjung. “Alhamdulillah, Lampung sudah jadi tujuan wisata dan mulai ramai pen­ gunjung kalau pas liburan. Omzet juga ikut naik,” kata pemilik restoran di Bandar Lampung, kemarin. Hal sama dirasakan pemi­

lik lesehan Zahra di kawasan Telukbetung. Selama akhir pekan ini dagangannya le bih cepat habis dan banyak warga dari luar yang makan di lapaknya. “Biasanya sampai d i n i hari, tapi sejak Jumat ke­ marin, belum jam 12 malam stok sudah habis. Sebab itu, k a m i men a m ba h sed i k it stok aneka ikan dan ayam,” kata salah satu karyawan di sana. Selain pedagang yang me raup omset besar, tempat pariwisata di Lampung juga menikmati imbas daru libur panjang Tahun Baru Imlek ini. (E2) n Sri Agustina)

n ANTARA/ZABUR KARURU

TOLAK KIAMAT INTERNET. Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Lingkar Studi Mahasiswa Gunadarma menggelar aksi Tolak Kiamat Internet, di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (2/2). Aksi tersebut merupakan bentuk kepedulian atas berkembangnya persoalan dunia internet Indonesia atas kasus PT Indosat Mega Media (IM2) yang dapat berimbas pada kelangsungan jaringan internet yang ada di Indonesia.


BISNIS

Andri Wibawanto

KORPORASI senin, 3 FEBRUARI 2014 LAMPUNG POST

(VP Customer Care Telkomsel) “Pihaknya memahami gaya hidup pelanggan yang makin digital dengan mobilitas tinggi .”

10

Lintas

PTPN 5 dan 7 Ingin Lepas Saham PEMERINTAH akhir pekan kemarin menggelar rapat privatisasi dua BUMN perkebunan, PT Perkebunan Nusantara 5 dan PT Perkebunan Nusantara 7. Kedua BUMN tersebut ingin melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan melepas saham minoritas. Menko Perekonomian Hatta Rajasa yang memimpin rapat tersebut mengatakan prinsipnya pemerintah sudah sepakat mengenai initial public offering (IPO) dua perusahaan tersebut. Namun, ada tiga catatan yang harus dilakukan sebelum secara resmi izin tersebut diberikan. “Yang pertama holding BUMN perkebunan harus diselesaikan terlebih dahulu. Lalu, pembenahan manajemen, efisiensi meningkatkan kinerja, memangkas ongkos-ongkos, dan ketiga adalah timing, pricing, sizing menjadi penting, apakah saat ini tepat atau tidak,” kata dia. (MI/E1)

Asuransi Bencana di Tangan Pemerintah BENCANA yang marak terjadi di Indonesia membuat asuransi bencana terasa perlu untuk diaplikasikan seperti di beberapa negara. Namun, keinginan pemerintah untuk itu dirasa masih kurang. Ketua Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (A AUI) Kornelius Simanjuntak mengatakan skema asuransi bencana alam nasional memang perlu untuk diterapkan di Indonesia. “Namun, skema tersebut harus didasarkan kemauan politik yang besar dari pemerintah,” ujar dia, ketika dihubungi beberapa waktu yang lalu. K or ne l iu s pe s i m i s t i s s ke m a a s u r a n s i be nc a n a d apat d i l a k sa na k a n pad a pemer i nta ha n per iode i n i. “Pemer i nta h kan sudah mau berak h i r, mudahmudahan pemer i ntah selanjut nya. Sekarang pada si bu k pem i lu.” (MI /E1)

Dana Pensiun lewat Kantor Pos PT Taspen Persero bekerja sama PT Pos Indonesia dalam penyaluran dana pensiun. Ini meliputi pelayanan pembayaran Tabungan Hari Tua (THT), Tabungan Hari Tua Multiguna, pelayanan pembayaran pensiun, dan pelayanan kiriman Taspen. Direktur Utama Taspen Iqbal Latanro mengatakan dengan adanya kerja sama Taspen dan Pos Indonesia ini, para pensiunan diberikan alternatif pilihan untuk pengambilan uang pensiun sesuai dengan pilihan hati dan tempat tinggal. “Perjanjian kerja sama ini meliputi kegiatan pelayanan pembayaran Tabungan Hari Tua (THT), Tabungan Hari Tua Multiguna, pelayanan pembayaran pensiun, dan pelayanan kiriman Taspen,” kata Iqbal, dalam siaran persnya, Minggu (2/2). Jumlah pensiun yang di bayarkan melalui PT Pos I ndonesia seba nya k 654 r i bu ora ng denga n tota l pembayar pensiun sebesar Rp1,036 tri l iun per bula n da n mer upa k a n m it ra terbesa r kedua da la m ju m lah peser ta pensiun yang d i bayarkan melalu i kantor pos. Iqbal menawarkan pelayanan yang cepat dan nyaman kepada pensiunan. Sesuai moto layanan Taspen, yaitu tepat orang, tepat waktu, tepat jumlah, tepat tempat, dan tepat administrasi. (E1)

n LAMPUNG POST/SRI AGUSTINA

MOBILIO MELUNCUR DI LAMPUNG. Honda meluncurkan kendaraan MPV pertamanya, Honda Mobilio. Kendaraan keluarga dengan tujuh penumpang yang ditargetkan terjual 80 ribu unit secara nasional ini sudah muncul di diler Honda PT Istana Lampung Raya, bahkan telah diserahkan ke konsumen yang pertama kali melakukan pemesanan. Kendaraan dengan tipe S dan E baik manual dan matic ini dibanderol dengan harga untuk Lampung mulai dari Rp168,5 juta sampai Rp207,5 juta.

Mobilio Hadir di Lampung Mobilio merupakan model low MPV pertama dari Honda yang dirancang khusus untuk pasar Indonesia. Kendaraan keluarga ini diharapkan bisa menjadi pilihan konsumen. Sri Agustina

K

onsumen di Lampung mulai menikmati kendaraan MPV terbaru Honda Mobilio, Sabtu (1/2), setelah diserahkannya sejumlah kendaraan terbaru tersebut dari diler Honda di Lampung PT Istana Lampung Raya kepada konsumen. Hingga k ini tercatat ada sekitar 500 unit konsumen yang menginden kendaraan terbaru ini, termasuk di Lampung. “Konsumen yang inden sejak tahun lalu secara ber ta hap a k a n mener i ma

kenda raa n pa l i ng la m bat April mendatang, sedangkan yang inden saat ini baru akan tersedia pada Mei mendatang. Hal ini karena Mobilio masih diproduksi secara awal,” kata Direktur PT Istana Lampung Raya, Stephanie Tjen, di showroom Honda di Jalan Raden Intan, kemarin (1/2). Mobilio merupakan model low MPV pertama dari Honda yang dirancang khusus untuk pasar Indonesia. Model ini sepenuhnya dirakit di pabrik kedua H PM d i K a rawa ng , Jawa Barat, dan mempunyai kandungan lokal hingga men-

capai 85%. Sthepanie optimistis kendaraan MPV keluaran Honda i n i bisa mengam bi l cer u k pasar MPV di Indonesia yang berdasarkan data mencapai 32%. “Honda Mobilio secara nasional akan mengam bi l pasar MPV sebesar 14% dan itu optimistis tercapai,” ujarnya, didampingi Supervisor Arif dan Sales Marketing Zaki. Mobilio dirancang khusus u nt u k keluarga Indonesia melalui proses riset dan penel it ia n ya ng cer mat da n tepat, sehingga menghasilkan kendaraan seven seater (tujuh penumpang) yang memanjakan penu mpang dengan tempat duduk nyaman, pengatur udara AC sistem double blower (tipe E), dan ruang interior yang lega, sehingga tidak membuat lelah dalam

aran persnya, akhir pekan kemarin. Telkomsel mendapatkan skor response rate hingga 91.55% atau setara dengan 20.295 respons selama triwulan IV 2013, dengan response time terkecil sekitar 4 menit. Skor ini berada jauh di atas rata-rata yang diperoleh industri lainnya, seperti penerbangan, ­fashion, elektronik, banking, bahkan telekomunikasi sendiri. Melalui situs web resm i nya, Socia l ba kers me m apa rk a n pe n g h a r gaa n i n i d i ber i k a n ke pada merek-merek yang sigap menanggapi setiap respons dar i peng g u na T w i t t e r. S o c i a l b a k e r s meng u k u r da n men i la i cara per usahaan terke mu k a d i d u n i a d a l a m memberikan respons tercepat ket i k a menjawa b per t a ny aa n d a r i pe n gguna Twitter. Socialbakers meli hat komuni kasi dua ara h antara merek dan pelanggannya menjad i ha l pent i ng u nt u k menghindari setiap sentimen negatif yang muncul. (SAG/E2)

ter ini dan tinggi 1,89 meter ini. Dilengkapi mesin 1500 cc i-VTEC empat silinder PGM-FI yang irit bahan bakar dan stabil, siap membawa pengguna melaju dengan tenaga 118 PS dan torsi 14,8 kg.m, sistem kemudi rack pinion dengan electric power steering, dan tilt steering yang memberikan kemudahan berkendaraan. Juga sistem keamanan yang canggih seperti dual SRS airbag, sabuk pengaman dengan pretensioner load limiter dan str u ktur bod i G - GON+ACE lengkap dengan side impact beam untuk semua tipenya. Mobilio juga dilengkapi sensor ECO drive yang memantau pengemudi berkendaraan secara benar dan irit bahan bakar, kata Zaki. (SAG/E1)

sriagustina@lampungpost.co.id

Electrolux Rugi Rp1,8 Triliun

Akun Twitter Dapat Pengakuan MENGAKHIRI tahun 2013, akun T w itter @Tel komsel mendapat peri ngkat terbaik (teratas) sebagai akun yang paling respons i f d a l a m me n a n g g api mention dari pelanggannya. Pen i laian tersebut disampaikan Socialbakers.com selaku provider i ndependen terkemu k a ke l a s du n i a ya n g a k t i f melakukan analisis ter­ h ad ap a k t i v i t a s a k u n akun media sosial. Vice President Customer Care Management Telkomsel Andri Wibawanto me­ ngatakan pihaknya memahami gaya hidup pelanggan yang mak i n d ig ital dengan mobilitas tinggi. “Kami sadar pentingnya menyed iakan akses untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan yang jumlahnya mencapai lebih dari 131 juta di seluruh Indonesia. Med ia sosia l menjad i salah satu solusi pilihan yang kami anggap cukup efek t i f u nt u k menja l i n komunikasi dan kedekatan dengan pelanggan kami dan masyarakat pada umumnya,” ujar dia, dalam si-

perjalanan. Ada empat t ipe Mobi l io yang dipasarkan, baik manual maupun automatic (matic), yakni tipe S/MT, E/MT, E/CVT, dan E/CVT Prestige. Pilihan warnanya ada tujuh, enam di antaranya merupakan warna spesial di luar putih. Mobil keluarga yang tahun ini penjualannya ditarget 80 ribu unit tersebut mengusung mesin berkapasitas 1.500 cc yang dik laim dapat menghasilkan performa tinggi dan irit bahan bakar. Untuk pasar Lampung, Mobilio dipasarkan mulai dari harga Rp168,5 juta hingga Rp207,5 juta. Tidak ada potongan harga, tetapi konsumen dapat bonus pemasangan kaca film. Arif dan Zaki menjelaskan banyak kelebihan dari kendaraan dengan panjang 4,3 me-

n ANTARA/ AKBAR NUGROHO GUMAY

KERAJINAN TOPENG BATIK. Seorang pekerja menyelesaikan proses pembuatan topeng batik di Klaten, Jateng, Jumat (31/1). Topeng batik yang dijual seharga Rp25 ribu hingga Rp125 ribu bergantung ukuran tersebut dibuat guna memenuhi pesanan sejumlah daerah yang ada di Indonesia.

PRODUSEN elektronik asal Swedia, Electrolux, menderita r ug i besar d i triw u lan IV 2013, mencapai 987 juta kronor (151 juta folar AS atau Rp1,8 triliun). Rugi ini terjadi gara-gara penjualan di pasar Eropa yang lesu. Ru g i i n i jau h lebi h besa r dibandingkan prediksi analis yang memperkirakan Electrolux hanya menderita kerugian 621 juta kronor (Rp1,15 triliun). Padahal, satu tahun sebelumnya Electrolux mencatat laba sebesar 242 juta kronor (Rp451 miliar). I n i per tama ka l i nya E lectrolux menderita kerugian sejak 2009. Omzetnya juga turun tipis 1% menjadi 28,89 miliar pada periode Oktober— Desember 2013. Perusahaan juga sudah menggelontorkan dana 1,5 miliar kronor untuk restrukturisasi. Electrolux

mengumumkan rencana pemut u s a n hu bu n ga n ker ja (PHK) 2.000 karyawan seiring dengan penut upan pabr i k di Australia dan Eropa pada Oktober lalu. Sepanjang 2013, total laba Electrolux mencapai 672 juta kronor jatuh 72% dibandingkan posisi tahun 2012. Sementara omzetnya menipis 1% menjadi 109,15 miliar kronor. “Lesunya pasar Eropa serta gejolak nilai tukar mata uang me m b er i k a n i m b a s y a n g tidak terduga,” kata CEO Electrolux Keith McLoughlin, dalam keterangan tertulis yang dikutip AFP, Sabtu (1/2). Menguatnya mata uang Swedia itu memberi imbas buruk kepada laporan keuangan Electrolux yang dicatat dalam dolar AS. Electrolux menderita rugi selisih kurs senilai 442 juta kronor. (E1)

n ANTARA/RUDI MULYA

PERCEPAT PANEN. Petani memetik buah rambutan jenis bulus saat panen di Desa Wonokerto, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.


senin, 3 februari 2014

LAMPUNG POST

PARIWARA 11


OPINI senin, 3 FEBRUARI 2014 LAMPUNG POST

Peneliti di Pusat Penelitian Ekonomi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

D

ALAM beberapa pekan ter­ akhir kita telah menyaksikan bencana alam berturut-turut terjadi di hadapan kita, mulai dari banjir, gempa bumi, hingga letusan gunung berapi. Beberapa kejadian bencana baru-baru ini menunjukkan bencana besar tidak jauh lagi dari kehidupan keseharian kita. Banjir yang kembal i melanda Jakarta dan juga beberapa daerah, seperti di Manado dan kawasan Pantai Utara Jawa, letusan Gunung Sinabung di Sumatera Utara, serta yang baru saja terjadi gempa bumi di Kebumen, menimbulkan korban jiwa dan memaksa puluhan ribu orang har us meng ungsi. Selai n korban jiwa dan pengungsi, bencana juga menimbulkan kerugian ekonomi yang tidak sedikit, mulai dari terganggunya arus distribusi barang dan jasa hingga terhambatnya kegiatan berproduksi. Kurang optimalnya pemerintah da lam mengant i sipasi dan me ­ ngelola risiko bencana terjadi hampir di semua tingkatan, mulai dari lokal hingga ke tingkat nasional. Terlebih, di era desentralisasi ini Indonesia seakan menjadi mozaik yang tercerai berai tanpa koordinasi. Akibatnya, kita bisa lihat ketika alam berjalan sesuai dengan

B

encana tidak terjadi begitu saja. Dalam taraf tertentu, bencana terjadi karena kegagalan kita dalam melakukan kegiatan pembangunan yang mengakibatkan peningkatan kerentanan terhadap risiko bencana.

siklusnya, timbul berbagai macam bencana yang merata di berbagai daerah. Selama ini bencana selalu dianggap sebagai sesuatu yang di luar kend a l i ma nu s i a. Oleh k a rena itu, faktor alam selalu dijadikan sem ac a m k a m bi n g h it a m d a r i semua bencana yang kita alami. Sebetulnya jika kita kaji lebih jauh, bencana yang menimpa kita juga tidak lepas dari kegagalan kita untuk memasukkan faktor dan potensi pengurangan risiko bencana ke dalam arus utama perencanaan dan kebijakan pembangunan. Bencana memang tidak dapat kita hindari. Pertanyaannya, mengapa peme­ rintah seakan tidak pernah belajar dari berbagai peristiwa bencana yang sudah terjadi? Jawabannya antara lain, pertama, kurangnya insentif untuk mengurangi risiko bencana karena masalah ini se­r ing d ianggap sebagai sesuat u yang bernuansa jangka panjang, yang prosesnya tidak dapat dilihat dan dirasakan langsung dalam jangka pendek. Apalagi situasi sekarang diperparah oleh kepentingan politik sesaat yang lebih dominan. Antara dekade 1950-an dan 1990an, dilaporkan terjadi peningkatan 15 kali lipat biaya yang ditimbulkan ak i bat bencana secara rii l, dan sekitar 1,6 miliar orang terdampak dalam periode 1984 —1983 yang men i ng k at menjad i sek ita r 2,6 miliar orang dalam dekade selanjutnya (World Bank, 2006). Dalam beberapa tahun terakhir kita juga

Lampung Post menerima opini orisinal dan tidak dikirim ke media lain, tak lebih dari 5.000 karakter. Kirim via e-mail ke redaksi@lampungpost.co.id atau redaksilampost@yahoo.com. Kami mengutamakan tulisan yang mengkaji fenomena aktual di lingkungan masyarakat Lampung.

12

Manajemen Bencana dalam Pembangunan Teddy Lesmana

Partisipasi Opini

menyaksi kan berbagai bencana besar terjadi, mulai dari gempa dan tsunami Samudera Hindia pada 2004, badai Katrina di Amerika Serikat pada 2005, gempa bumi di Kashmir pada 2005, hingga topan Haiyan yang melanda Filipina pada 2013. Untuk meminimalkan bencana dan dampak yang ditimbulkannya, seyogianya harus mulai untuk membuat disain perencanaan pembangunan yang memasukkan kajian sistematis terhadap risiko bencana. Dalam disain tersebut hendaknya ada berbagai pilihanpilihan kebijakan dalam rangka me­ ngatasi kerawanan dan kerentanan terhadap bencana alam bagi semua kelompok dalam masyarakat. Lebih jauh, perencanaan pembangunan pemerintah mulai dari pusat hingga daerah harus menetapkan target yang jelas dan indikator kinerja, yang dapat digunakan untuk me­ ngevaluasi kemajuan dari risiko bencana, sebagai upaya peng urangan risiko ke dalam kebijakan pembangunan. Kajian terhadap risiko bencana harus dilakukan secara berkala u nt u k memast i kan kea k u ratan manajemen risiko bencana sesuai dengan perubahan dalam dinamika kehidupan sosial-ekonomi masyarakat dalam proses pemba­ ngunan. Untuk lebih spesifik dalam kaitannya dengan penanganan bencana, kita perlu membangun siklus manajemen bencana. Manajemen siklus ini harus meliputi, pertama, pencegahan dengan mengukur dan memprediksi terjadinya bencana kajian ilmiah yang kredibel. Kedua, mitigasi untuk meminimalkan dampak bencana yang terukur dalam langkah program aksi pascabencana. Ketiga, kesiapan, langkah-langkah prosedur standar, dan sosialisasi penanganan tanggap bencana sehingga masyarakat siap untu k mengant isipasi bencana. Keempat, respons yang cepat dan terstruktur penanganan pascabencana. Sebagai penutup, dalam rangka menciptakan kondisi yang kondusif dalam pengarusutamaan manajemen risiko bencana kebijakan dalam pembangunan, beberapa prakondisi yang harus disiapkan, ya it u per ta ma, aspek leg i slasi. Rancangan landasan hukum yang tepat untuk manajemen risiko bencana, termasuk pengarusutamaan pengurangan risiko bencana ke dalam perencanaan dan kebijakan pembangunan, merupakan komponen kunci dalam menciptakan lingkungan dan kerangka kerja sehingga strategi-strategi manajemen risiko bencana dapat lebih diberdayakan. Kedua, strategi manajemen risiko benca na. Perlu d i kem ba ng k a n strategi manajemen risiko bencana yang komprehensif yang secara aktif melibatkan berbagai pemangku kepentingan dari berbagai tingkat­ an pemerintahan dan juga kalang­ an swasta, komunitas lokal, dan masyarakat madani d iperlukan dalam implementasi kerangka kerja legislatif dan memberikan platform susunan koordinasi dan mekanisme monitoring. Ketiga, susunan dan kapasitas kelembagaan untuk manajemen risiko bencana yang terkoordinasi, mulai dari tingkat pusat dan daerah termasuk kapasitas pelaksanaan manajemen risiko bencana yang memadai. n

Member of Media Group

Direktur Utama: Raphael Udik Yunianto. Pemimpin Umum: Bambang Eka Wijaya. Pemimpin Redaksi/ Penanggung Jawab: Gaudensius Suhardi. Wakil Pemimpin Redaksi: Iskandar Zulkarnain. Pemimpin Perusahaan: Prianto A. Suryono. Dewan Redaksi Media Group: Saur M. Hutabarat (Ketua), Bambang Eka Wijaya, Djadjat Sudradjat, Elman Saragih, Laurens Tato, Lestari Moerdijat, Rahni Lowhur Schad, Suryopratomo, Toeti Adhitama, Usman Kansong. Redaktur Pelaksana: Iskak Susanto. Kepala Divisi Percetakan: Kresna Murti. Sekretaris Redaksi: M. Natsir. Asisten Redaktur Pelaksana: D. Widodo, Umar Bakti.

Presiden Pilihan Rakyat? Abdul Muluk Lulusan Pascasarjana IAIN Raden Intan Lampung

M

ENJELANG pemilihan kepala negara dan wakil rakyat yang akan dilaksanakan pada 2014, mengundang perhatian seluruh elemen masyarakat, baik dari mereka yang hanya menjadi pekerja bangunan maupun mereka yang berada di kalangan elite. Dengan maraknya obrolan sosok pemimpin yang akan menakhodai negara yang penuh problematika, mulai dari warung kopi; oleh masyarakat kelas bawah sampai restoran berkelas yang dilakukan oleh para intelektual (mahasiswa dan dosen, red), politikus, hingga artis. Dalam menyikapi momen lima tahunan ini, sudah tentu para elite partai politik mempersiapkan atau bahkan sudah melakukan manuver-manuver untuk mendapatkan simpati masyarakat, seh i n g ga d apat men ga nt a rk a n kader-kader terbaiknya duduk di kursi parlemen atau bahkan mengambil kursi RI 1. Fenomena dem i k ian menjad i kan semua kalangan sepakat menganggap tahun 2014 tahun politik. Lihat saja, pada 2013, banyak kasus korupsi yang melibatkan petinggi dari sebuah partai politik, seperti PKS dengan kasus impor daging sapi, Demokrat dengan kasus Hambalang, PPP dengan isu APBN di lingkungan Kemenag, PKB dengan isu APBN di lingkungan Kemenakertrans, Golkar kasus dengan suap Pemilukada Lebak, Banten, yang melibatkan MK, dan kasus korupsi APBD Banten oleh Ratu Atut yang merupakan gubernur dua periode. Beberapa partai yang kaderkadernya terlibat dalam kasus kor upsi d i atas. Banyak yang menganggap hal ini tidak lepas dari manuver partai guna menjatuhkan partai lain. Untuk itu, para elite partai mulai lebih teliti dan hati-hati dalam melakukan

manuver politik sehingga tidak merugikan suara partai menjelang pemilihan legislatif pada 9 April mendatang, itu akan menentukan apakah partainya dapat mengusung calon presiden atau harus melakukan koalisi dengan partai lain. Belajar dari Founding Father Dalam hiruk pikuk politik 2014, banyak tokoh-tokoh yang sengaja

atas meja makannya agar saat menyantap makanan ia selalu ingat akan rakyatnya yang berada dalam kondisi kelaparan, seh i n g ga seora n g pem i mpi n harus tahan menderita dan jauh dari hidup manja dengan katakatanya “Berdikari, berdiri pada kaki sendiri, bersemangat tinggi, dan berorintesi prestasi”. Kedua, sosok berkepribadian tegas dengan penuh percaya diri

n DP. RAHARJO

dimunculkan oleh partai atau pun kelompok tertentu sehingga sedikit sekali tokoh-tokoh yang muncul secara alamiah. Hal itu menjadi rutinitas dalam dunia demokrasi dewasa kini. Tidak mengherankan kepemimpinan yang dianut pun tidak lepas dari kei ng i na n pa r ta i peng u su ng dirinya ketika terpilih, bukan serta-merta keinginan hati atau pun kehendak rakyatnya. Oleh sebab itu, ada baiknya ma na k a l a k ita f l ash bac k se jenak untuk sekadar mengetahui karakter founding father dalam mengemban amanah rakyat guna mempertahankan negeri ini dari belenggu pihak asing. Pertama, Ir. Soekarno, presiden pertama Repu bl i k I ndonesia, mer upakan sosok yang bersahaja dan begitu dekat dengan rakyatnya, sampai-sampai ia meletak kan lu k i san seorang pengem i s d i

terhdap identitasnya, yakni Agus Salim. Pada saat mengikuti konfrensi meja bundar di Den Haag, ia menggunakan sarung, peci hitam, dan dengan percaya diri mengisap rokok kretek di antara k u mpu l a n pet i ng g i penjaja h tersebut. Saat dirinya diprotes karena bau menyengat dari rokok tersebut dia dengan mantap menjawab, “Tuan-tuan, benda ini pula yang membuat tuan-tuan datang dan menjajah negeri kami”. Ket i ga, Moeh. Hat ta, tokoh proklamator yang selalu diasingkan oleh penjajah hingga ke tanah Papua, di penjara Boven Digoel. Tidak pernah lepas dari buku sehingga saat kembali ke ibu kota dua buah peti yang dibawanya penuh dengan buku, begitu banyak hasil pemikiran dan gagasannya ya n g d it u a n g k a n d a l a m bentuk buku saat ia diasingkan di penjara. Keempat, Jenderal

Soedirman, seorang tokoh yang harus ditandu ke mana-mana demi menjalankan perang grilya untuk melumpuhkan kolonial penjajah, jelas memiliki tekad yang keras dan daya juang yang tinggi. Untuk itu, rakyat hari ini merindukan sosok seperti mereka, alangkah indah dan mengharukannya manakala seorang presiden duduk bareng dan bercengkrama di warung-warung kopi guna mendengarkan keluh kesah yang dirasakan rakyatnya, bukan pada saat pencitraan semata, melainkan pada saat terpilih nanti. Pemimpin demikian, dapat diwujudkan hanya dengan kesadaran diri kita masing-masing dalam bertindak dan berperi laku di tengah-tengah masyarakat setiap hari. Sebab, dahulu seorang pemimpin dilihat dari kearifan dan kebijaksanaannya di lingkungan masyarakat, kini seorang pemimpin tidak harus berniat baik, asalkan ia mampu meraup suara terbanyak pada saat pemilu, secara otomatis ia akan menjadi pemimpin dan orientasinya kebanyakan untuk kekuasaan, mengelola sumber daya alam guna menghasilkan keuntungan dan ketenaran dirinya, keluarga, dan kelompoknya. Kalau tidak sekarang, hendak kapan lagi pemimpin itu akan terwujud, seperti yang dirindukan oleh rakyat, kapan lagi negara ini akan keluar dari masalah yang membelenggu. Pada dasarnya, perubahan itu yang paling berpengaruh bagi masyarakat, yang dimulai dari level paling atas, yakni pemimpinnya. Semoga, tahun ini pemimpin terpilih merupakan sosok yang dikehendaki rakyat, bukan sosok yang diciptakan atau pun sengaja dimuncu l kan pri badi-pri badi yang hanya mengikuti perintah par tai, sehi ngga benar-benar mengabdi dan memberikan solusi terhadap permasalahan yang kompleks di negeri ini. n

Putusan Pengadilan Tipikor Ahmad Irzal Fardiansyah Dosen Bagian Pidana Fakultas Hukum Universitas Lampung

P

UTUSAN pengadilan merupakan akhir dari rentetan penanganan kasus tindak pidana, dari tingkat Pengadilan Negeri sampai Mahkamah Agung. Dengan fungsi yang penting, putusan pengadilan ha­ruslah mampu mencerminkan rasa keadilan yang baik, termasuk yang demikian itu adalah putusan Pe­ ngadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). Dengan kekhususannya, tindak pidana korupsi berdampak pada kerugian keuang­ an negara dan menghambat pembangunan nasional sehingga harus diberantas dalam rangka mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Akibat tindak pidana korupsi yang terjadi selama ini, selain merugikan keuang­ an negara atau perekonomian negara, juga menghambat pertumbuhan dan kelangsung­ an pembangunan nasional yang menuntut efisiensi tinggi. Aspek khusus dari tindak pidana korupsi inilah yang tentunya yang harus menjadi pertimbangan khusus di dalam pemberian putusan tindak pidana korupsi. Secara umum banyak hal yang dapat dipertimbangkan oleh hakim dalam menjatuhkan putusan. Pertama adalah unsur kesalahan pelaku tindak pidana. Hal ini menurut banyak ahli hukum pidana merupakan syarat utama un-

Redaktur: Hesma Eryani, Lukman Hakim, Muharam Chandra Lugina, Musta’an Basran, Nova Lidarni, Sri Agustina, Sudarmono, Trihadi Joko, Wiwik Hastuti, Zulkarnain Zubairi. Asisten Redaktur: Abdul Gofur, Aris Susanto, Isnovan Djamaludin, Iyar Jarkasih, Fadli Ramdan, Rinda Mulyani, Rizki Elinda Sary, Sri Wahyuni, Sony Elwina Asrap, Susilowati, Vera Aglisa. Liputan Bandar Lampung: Agus Hermanto, Ahmad Amri, Delima Napitupulu, Fathul Mu’in, Ricky P. Marly, Meza Swastika, Karlina Aprimasyita, Wandi Barboy. LAMPOST.CO. Redaktur: Kristianto. Asisten Redaktur: Adian Saputra, Sulaiman. Content enrichment Bahasa: Wiji Sukamto (Asisten Redaktur), Chairil, Kurniawan, Aldianta. Foto: Hendrivan Gumay (Asisten Redaktur), Ikhsan Dwi Satrio, Zainuddin. Dokumentasi dan Perpustakaan: Syaifulloh (Asisten Redaktur), Yuli Apriyanti. Desain Grafis redaktur: DP. Raharjo, Dedi Kuspendi. Asisten Redaktur: Sugeng Riyadi, Sumaryono. Biro Wilayah Utara

tuk dapat dipidananya seseorang. Kesalahan ini, menurut Barda Nawawi Arief, mempunyai arti yang seluas-luasnya, yaitu dapat dicelanya pelaku tindak pidana tersebut atas perbuatan yang dilakukannya. Tak kalah penting diperhatikan di dalam putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi adalah sikap batin jahat dari pelaku tindak pidana korupsi. Hakim sebagai pembuat putus­ an harus betul-betul jeli terhadap aspek ini. Sikap batin jahat terlihat saat persidangan.. Kekhususan Tindak Pidana Korupsi Hakim di dalam memutuskan suatu perkara pidana haruslah mempertimbangkan berat ringannya pengenaan pidana, serta hal yang dapat dijadikan pembebasan pidana dalam perkara yang dihadapi agar sesuai dengan asas untuk berlaku adil agar terciptanya keadilan. Tujuannya adalah untuk mencegah muncu l nya kecem bu r uan sosia l ak i bat dar i suatu putusan yang dianggap tidak adil oleh masyarakat. Khusus untuk tindak pidana korupsi, dengan terdapat kekhasan, yakni terdapat kerugian negara, sebab itu pertimbangan hakim hendaknya juga mengacu pada kekhasan tersebut. Artinya, jumlah kerugian negara menjadi perlu dipertimbangkan sebagai dasar menjatuhkan pidana. Di dalam memori penjelasan KUHP Belanda yang diadopsi oleh Indonesia, seperti yang dijelaskan oleh Soedarto, menyebutkan dalam

(Lampung Utara, Way Kanan, Lampung Barat): Mat Saleh (Kabiro), Aripsah, Buchairi Aidi, Eliyah, Hari Supriyono, Hendri Rosadi, Yudhi Hardiyanto. Biro Wilayah Tengah (Lampung Tengah, Metro, Lampung Timur): Chairuddin (Kabiro), Agus Chandra, Agus Susanto, Andika Suhendra, Djoni Hartawan Jaya, Ikhwanuddin, M. Lutfi, M. Wahyuning Pamungkas, Sudirman, Suprayogi. Biro Wilayah Timur (Tulangbawang, Mesuji, Tulangbawang Barat): Juan Santoso Situmeang (Kabiro), Merwan, M. Guntur Taruna, Rian Pranata. Biro Wilayah Barat (Tanggamus, Pringsewu, Pesawaran): Sayuti (Kabiro), Abu Umarly, Erlian, Mif Sulaiman, Widodo, Heru Zulkarnain. Biro Wilayah Selatan (Lampung Selatan): Herwansyah (Kabiro), Aan Kridolaksono, Juwantoro, Usdiman Genti. Kepala Departemen Marcomm: Amiruddin Sormin. Senior Account Manager Jakarta: Pinta R Damanik. Senior Account Manager Lampung: Syarifudin. Account Manager Lampung: Edy Haryanto.

Manager Sirkulasi: Indra Sutaryoto. Manager Keuangan & Akunting: Rosmawati Harahap. Alamat Redaksi dan Pemasaran: Jl. Soekarno Hatta No.108, Rajabasa, Bandar Lampung, Telp: (0721) 783693 (hunting), 773888 (redaksi). Faks: (0721) 783578 (redaksi), 783598 (usaha). http://www.lampungpost.com e-mail: redaksi@ lampungpost.co.id, redaksilampost@yahoo.com. Kantor Pembantu Sirkulasi dan Iklan: Gedung PWI: Jl. A.Yani No.7 Bandar Lampung, Telp: (0721) 255149, 264074. Jakarta: Gedung Media Indonesia, Kompleks Delta Kedoya, Jl. Pilar Raya Kav. A-D, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Telp: (021) 5812088 (hunting), 5812107, Faks: (021) 5812113. Kalianda: Jl. Soekarno-Hatta No. 31, Kalianda, Telp/Fax: (0727) 323130. Pringsewu: Jl. Ki Hajar Dewantara No.1093, Telp/Fax: (0729) 22900. Kotaagung: Jl. Ir. H. Juanda, Telp/Fax: (0722) 21708. Metro: Jl.

menentukan tinggi rendahnya pidana, hakim untuk tiap kejadian harus memperhatikan keadaan objektif dan subjektif dari tindak pidana yang dilakukan, harus memperhatikan perbuatan dan pembuatannya. Hak-hak apa saja yang dilanggar, dan kerugian yang ditimbulkan. Sebagai rujukannya, putusan sebelumnya dapat dijadikan acuan, bila putusan sebelumnya dengan kerugian negara Rp12,5 miliar divonis 4,5 tahun dan denda, putusan berikutnya dengan kerugian negara Rp1 miliar seharusnya tidak lebih besar dari 4,5 tahun dan denda. Bila melihat aspek lain sebagai dasar putus­ an, semua terdakwa tindak pidana korupsi tidak ada yang secara mutlak menyatakan benar telah melakukan tindak pidana korup­ si. Semua pelaku tindak pidana korupsi pastilah menolak tuduhan melakukan korupsi. Jadi, aspek ini tidak terlalu dapat dijadikan rujukan di dalam membuat putusan tindak pidana korupsi. Sebagai bentuk perwujudan rasa keadilan, sudah seharusnya putusan sebelumnya dijadikan yurisprudensi bagi hakim berikutnya untuk memberikan putusan karena hakim juga harus menjadikan yurisprudensi sebagai sumber rujukan. Yurisprudensi yang perlu diperhatikan adalah terkait dengan besaran kerugian negara dari tindak pidana korupsi yang dilakukan sehingga putusan hakim tindak pidana korupsi tidak terlihat janggal. n

Diponegoro No. 22 Telp/Fax: (0725) 47275. Menggala: Jl. Gunung Sakti No.271 Telp/Fax: (0726) 21305. Kotabumi: Jl. Pemasyarakatan Telp/Fax: (0724) 26290. Liwa: Jl. Raden Intan No. 69. Telp/Fax: (0728) 21281. Penerbit: PT Masa Kini Mandiri. SIUPP: SK Menpen RI No.150/Menpen/ SIUPP/A.7/1986 15 April 1986. Percetakan: PT Masa Kini Mandiri, Jl. Soekarno - Hatta No. 108, Rajabasa, Bandar Lampung Isi di Luar Tanggung Jawab Percetakan. Harga: Eceran per eksemplar Rp3.000 Langganan per bulan Rp75.000 (luar kota + ongkos kirim).

DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK, ­WARTAWAN LAMPUNG POST DILENGKAPI KARTU PERS DAN TIDAK DIPERKENANKAN MENERIMA ATAU M ­ EMINTA IMBALAN DENGAN ALASAN APA PUN.


senin, 3 FEBRUARI 2014 LAMPUNG POST

OPINI

Ruang Publik Kirimkan keluhan dan komentar Anda tentang pelayanan publik ke e-mail: redaksi@lampungpost.co.id, redaksilampost@yahoo.com, short message service (SMS) 0815-405-9000, www.facebook.com/lampungpost. interaktif. Setiap surat harus disertai identitas yang jelas.

13

­ Nuansa

Pak de Pak Ho

Cari Aman

S Sudarmono

Wartawan Lampung Post

ATAHUN 1980-an, jumlah sepeda motor di desa saya masih bisa dihitung dengan jari tangan. Tak usah tambah jari kaki. Kakak ipar saya salah satunya. Dia membeli Suzuki A-100 baru seharga Rp375 ribu pada 1977. Sebagai bujang kecil, rasa ingin naik motor saya luar biasa. Diboncengkan saja sudah kemimpi-mimpi, apalagi mengendarai sendiri. Luar biasa. Rasa hati itu bercampur aduk. Jika membayangkan, rasa itu masih terasa. Saat naik pesawat dan terjadi turbulensi sehingga pesawat seperti kehilangan pijakan, saat itu pula saya ingat masa kecil dibonceng sepeda motor. Untuk merawat motornya, kakak ipar saya itu hanya mau mendengar dari orang yang dia anggap tahu. Padahal, bisa jadi pembisiknya adalah orang yang tidak tahu persis.

SM S I NT E R AK T I F Jalan Berlubang Depan Kantor Camat Bakauheni

Yth. Kepala Dinas Jasa Marga Lampung Selatan. Mohon jalan berlubang dekat Kantor Camat Bakauheni segera diperbaiki karena sangat membahayakan pengguna jalan, disebabkan drainase yang buruk di sekitarnya setiap hujan air nyeberang ke tengah jalan. Wahidin 081273043271

Kedai Tuak Resahkan Warga

Mohon Polres Tulangbawang. Di tempat kami, Pasar Traya, Kampung Mulyojadi, Kecamatan Gunungterang, ada kedai tuak yang sering menjadi tempat muda-mudi mabuk-mabukan sehingga tidak jarang terjadi keributan antaranak muda dan timbul meresahkan masyarakat. Mohon ditutup, apalagi ini mau pemilu. Ahmad 085367303xxx

Tindak Pungli Rumah Makan di Way Jepara

Pak Kapolda dan Pak Kapolres Lampung Timur. Tolong tindak tegas pungli yang berkedok parkir rumah makan di Kampung Way Jepara, Lamtim, yang dibeking aparat karena telah memakan korban atas nama Hidayat dan berdampak menimbulkan keributan antarpemuda dan antarkampung. 082378649xxx

Sertifikasi Guru Mulok Tidak Cair

Yth. Gubernur Lampung. Saya guru muatan lokal Bahasa Daerah SD. Sudah satu tahun dana sertifikasi saya tidak bisa cair alasan dirjen pelajaran mulok tidak diakui karena belum ada surat rekomendasi dari gubernur Lampung yang menyatakan mulok yang dipakai di Lampung adalah mulok Bahasa Daerah Lampung, jadi saya mohon ditolong. Terima kasih. 081379621xxx

Keluhan JNE Lampung

Dengan ini, saya menyampaikan keluhan terhadap pihak JNE, khususnya cabang utama JNE Lampung yang berlokasi di Jalan Tamin depan Pasar Tamin, pelayanannya sangat buruk dan merugikan customer, baik materi maupun nonmateri. Contoh, pengiriman paket dengan layanan Yes yang seharusnya satu hari sampai tapi kenapa baru sampai di tujuan bisa empat hari bahkan lebih. Saya sudah sangat sering dirugikan oleh pihak JNE dan terus berulang, ketika saya komplain pun petugas CSnya sangat tidak ramah. 087878487xxx

Pasang Lampu Jalan di Kantor Bupati Pesawaran

Yth. Bupati Pesawaran. Tolong dong dipasang lampu jalan di Binong, masak jalan kantor bupati seperti hutan. Terima kasih. 085269307xxx

Perbaiki Terminal Betan Subing

Yth. Bupati Lampung Tengah dan Dinas PU-Kadis Perhubungan. Mohon tolong diperbaiki jalan Terminal Subing karena hancur, lubang yang dalam, kasihan pengguna jalan mobilmobil kecil. Masak Pemda hanya menarik TPR-nya mau tapi menimbun jalan enggak mau. Tolong Bupati dan dinas terkait turun lihat langsung dan sidak, terima kasih. 085279067xxx

Polisi Asal Tendang

Saya mau lapor malam ini saya abis ditendang sama Buser Pelabuhan Bakauheni. Permasalahannya, saya memberi uang Rp5.000 terus jatuh, lalu dia marah-marah. Saya diam saja karena dimarah. Saya disuruh turun, pas terus saya dia mendang perut saya. Kejadian pukul 23.20 di Pelabuhan Bakauheni, di tempat pembayaran tiket mau masuk pelabuhan. 085758003xxx

Bibit Subsidi Dijual

Di Desa Mekarjaya, Kecamatan Jabung, Lamtim, ada bibit padi bantuan bersubsidi dari pemerintah yang dijual oleh pengusaha 25 ribu per kantong. Mohon perhatian dan penyelidikan dari Pemkab Lamtim. 085609111xxx

Penimbunan BBM

Yth. Kapolda Lampung. Mohon ditindak pelaku penimbunan BBM berkedok bengkel dan tambal ban di jalan by pass, sekitar 150 meter dari PJR. Pagi dan sore ada mobil tangki Pertamina yang ngecor muatan di situ sebelum mengirim ke SPBU. 081957142xxx

Aspal Jalan Jatiagung!

Buat Pemerintah Lampung. Tolong buruan diaspal dong jalannya, khususnya di pelosok-pelosok desa di Jatiagung. 085764968xxx

Salah satu keyakinannya adalah agar sepeda motor awet dan tenaganya tetap kencang, harus selalu dibersihkan busi dan ruang bakar di blok. Ada beberapa fanatik dia yang lain soal merawat motor yang dia dapat informasinya dari orang yang dia percaya, termasuk menambal knalpot pada sambungannya dengan pasta gigi. Ya, zaman itu, setiap knalpot ada sambungannya di bagian leher. Tak heran, saat motor panas, aroma odol terbakar menjadi ciri khas parfum motor itu. Saya sebenarnya banyak yang tidak sepakat dengan cara dia merawat motornya. Soa l mem bersi h kan blok , m i sa l nya, fakta saat ini membuktikan tidak setahun sekali dibersihkan dan tetap jalan. Busi juga dibuka saat hendak mengganti. Bayangkan, setidaknya tiga kali seminggu saya harus membuka empat baut mesin, menggosok ruang bakar sampai klimis, lalu memasang lagi. Bahkan, kemudian harus sering ganti baut dan mur karena

dol. Apalagi dengan penggunaan odol untuk knalpot. Namun, semua itu saya lakukan tanpa membantah. Toh, semua yang dia yakini tidak membahayakan diri, keluarga, saya, dan orang lain. Bahwa yang dia takzimi ternyata tidak tepat, itu dosa para pembisiknya. Sekarang, saya merasa itu adalah periode-periode lucu yang dengan renyahnya kami kenang sebagai guyonan segar saja. Tidak ada ejekan, celaan, cemoohan, apalagi dendam. Sekarang pula, saya merasa belum berubah. Masih sering mengamini saja apa kata atasan dan orang-orang besar hanya karena i ng i n tetap mendapat fasilitas. Padahal, sangat mungkin apa yang saya iyakan adalah jebakan atau jalur yang di kemudian hari bisa mengantarnya ke jalan sesat, bahkan penjara. Asal saya aman, persetan orang lain. Saya bisa jadi juga Anda, bahkan kita. n

Sebanyak 1.769 ha sawah gagal panen.

Lagi-lagi petani yang ketiban susah ya, Pak De.

n FERIAL

P ojok Tempat penimbunan BBM di Rajabasa terbakar. Memang susah membungkus bau busuk. n Dalang pembuang kakek belum terungkap. Wah, pasti dalang hebat...

SU R AT PEMB ACA Koreksi atas Grafis Lampost di Halaman 1 SEBELUMNYA kami ucapkan terima kasih atas kerja sama yang telah terjalin baik selama ini dalam menyebarluaskan informasi statistik untuk mencerdaskan bangsa. Merupakan kebahagiaan dan kebanggaan bagi kami dengan selalu dimuatnya data-data produk BPS dalam bentuk grafis pada halaman utama surat kabar harian Lampung Post. Untuk tersampaikannya informasi statistik yang benar, pada grafis surat kabar harian Lampung Post pada Rabu, 29 Januari 2014, di halaman utama dengan judul Perkembangan Penduduk yang Bekerja Menurut Lapangan Pekerjaan Utama di Lampung dan Kamis, 30 Januari 2014, di halaman utama dengan judul Jumlah Penduduk Miskin di Lampung Menurut Daerah 2011-2013 ada beberapa hal yang perlu kami koreksi, yaitu sebagai berikut: 1. Pada grafis dengan judul Perkembangan Penduduk yang Bekerja Menurut Lapangan Pekerjaan Utama di Lampung tertulis penduduk yang bekerja pada sektor industri pada Agustus 2013 sebesar 83,9 ribu seharusnya 283,9 ribu. 2. Masih pada grafis dengan judul Perkembangan Penduduk yang Bekerja Menurut Lapangan Pekerjaan Utama di Lampung tertulis total penduduk yang bekerja menurut lapangan pekerjaan utama di Lampung pada Agustus 2013 tertulis 5.385,0 ribu seharusnya 3.385,0 ribu. 3. Pada grafis dengan judul Jumlah Penduduk Miskin di Lampung Menurut Daerah 2011-2013 terbaca dari diagram batang bahwa diagram batang yang berwarna biru adalah desa dan yang berwarna abu-abu adalah kota, padahal seharusnya yang berwarna biru adalah kota dan yang berwarna abu-abu adalah desa (sesuai Berita Resmi Statistik No. 07/01/18/TH.V, 2 Januari 2014 pada halaman 3 tabel 1). Ini perlu kami koreksi karena jika diagram batangnya seperti itu terjadi salah data (datanya tertukar). Padahal, sesuai rilis BPS Provinsi Lampung pada 2 Januari 2014, jumlah penduduk miskin di Lampung pada daerah perkotaan lebih kecil daripada di daerah perdesaan. Demikianlah hak koreksi ini kami buat, kami mohon kepada redak si su rat kabar har ian Lampung Post untuk dapat memuat dan memberitakan hak koreksi ini secara proporsional agar tidak terjadi salah persepsi para pembaca. Terima kasih kami ucapkan atas perhatian dan kerja samanya dalam mencerdaskan bangsa. Humas BPS Provinsi Lampung

Pelayanan JNE Lampung Mengecewakan SAYA ingin memberitahukan terhadap publik, khususnya masyarakat Lampung, bahwa pelayanan JNE cabang utama Lampung, Jalan Tamin/depan Pasar Tamin) sangat burukK dan merugikan konsumen. Saya sebagai konsumen merasa sangat dirugikan secara materi maupun nonmateri oleh pihak JNE Cabang Utama Lampung, sudah banyak sekali kesalahan yang mereka lakukan. Saya sebagai konsumen sudah memenuhi kewajiban apabila mengirim paket untuk membayar sesuai tarif yang telah ditentukan dan JNE juga mempunyai kewajiban mengirimkan paket saya sampai di tujuan. Tapi, sering paket sampai di tujuan melebihi target waktu mereka, bahkan sampai berharihari lebih baru sampai! Ketika komplain pun saya diterima oleh petugas CS yang sangat tidak ramah dan menganggap remeh komplain saya! Satu masalah belum selesai tapi sudah ada masalah lagi yang dibuat oleh pihak JNE cabang utama Lampung dan masalah seperti itu terus terulang dan berlanjut sehingga ada beberapa kesalahan fatal yang bagi saya sudah tidak dapat ditoleransi lagi! Namun, walaupun saya sudah membuat pengaduan, komplain, dan bertemu langsung dengan

manajer CS-nya, hanya permohonan maaf yang keluar dari mulutnya, saya sudah sangat bosan mendengar kata maaf dari pihak JNE cabang utama Lampung! Sedangkan untuk masalah kompensasi/ganti rugi yang akan diberikan kapan saya beliau mengatakan akan berkoordinasi dulu dengan atasannya. Ternyata setelah beliau (Manajer CS JNE cabang utama Lampung) berkoordinasi dengan atasannya, dia mengatakan kalau hanya mengganti biaya ongkos kirim dan meminta maaf saja. Luar biasa sekali pertanggungjawaban pihak JNE cabang utama Lampung terhadap konsumennya yang telah mereka rugikan sampai berkalikali. Yang ingin saya tanyakan, apakah pihak JNE cabang utama Lampung, terutama manajer CS dan kepala cabangnya tidak mengetahui bahwa konsumen itu memiliki hak dan dilindungi oleh undang-undang serta ada lembaga yg menaungi konsumen, yaitu YLKI? Saya mohon untuk tindaklanjutnya karena saya sudah sangat dirugikan sekali oleh pihak JNE cabang utama Lampung. Saya sengaja membuat pengaduan ini karena sudah banyak sekali masyarakat Lampung yang dirugikan oleh JNE dalam hal pelayanannya, dan saya tidak ingin masyarakat lampung yang dirugikan oleh JNE cabang utama Lampung semakin banyak dan bertambah! Terima kasih. Ahmad Agung Muzaini Jalan Singosari Tanjungkarang, Bandar Lampung

Banjir dan Dosa, Ada Hubungannyakah? SETIAP tahun kita melihat fenomena banjir dan tanah lonsor terjadi di beberapa wilayah, sungguh sangat miris melihat saudara kita yang sedang ditimpa musibah, kita hanya mampu menolong semampu kita, dan berdoa semoga Allah meringankan penderitaan mereka, bukankah di kala kita ditimpa suatu musibah. K ita umat muslim harus bersabar dengan semua cobaan ini. Namun, kita jangan sampai melupakan semua yang terjadi di alam semesta ini adalah kehendak dari Allah swt. pencipta kita, mungkin saatnya sekarang kita lebih introspeksi diri mengapa kita selalu diberikan Allah begitu banyak cobaan dan ujian? Mungkin saatnya sekarang kita lebih peka dengan teguran yang Allah beri sekarang ini. Sudahkah kita menjadi hambanya yang taat? Menjadi hambanya yang selalu mengikuti aturan dan menjauhi larangannya. Sudahkah kita menjadi Islam yang kafah? Menjadikan Islam sebagai ideologi hidup kita? Sudahkah kita menjadikan Allah sebagai pengatur hidup kita? Bisa jadi apa yang terjadi sekarang ini adalah buah dari dosadosa kita. Yanti Jatimulyo, Lampung Selatan

Betapa Hedonismenya Pejabat

ALFIN Toffler, seorang pakar tentang masa depan, pernah meramalkan manusia akan digoda oleh 3F, yaitu food (makanan), fashion (pakaian), fun (kesenangan). Ternyata, ramalan Toffler menjadi kenyataan dan ini terjadi juga di Indonesia yang menempati peringkat bawah dalam urutan negara termiskin di dunia. Data Maret 2013 menunjukkan jumlah penduduk miskin (penduduk dengan pengeluaran per kapita tiap bulan di bawah garis kemiskinan) di Indonesia mencapai 28,07 juta orang (11,37%). Kenyataannya, banyak orang mengeluarkan uang untuk hal-hal mubazir. Orang lebih suka dan bangga memakai pakaian dan sepatu bermerek Prancis dan Singapura daripada Cibaduyut. Orang lebih suka pergi mencari hiburan di kelab malam ketimbang mengikuti kajian-kajian rohani untuk mengisisi kekosongan spiritual walaupun sebenarnya uang mereka pas-pasan. Itulah paham hedonisme dan pragmatisme yang sudah mewabah di negeri ini. Manusia yang

berpaham hedonisme adalah orang yang hanya mengejar kesenangan. Standar baik-buruknya suatu perbuatan dalam hedonisme adalah kesenangan dan kenikmatan materi. Segala sesuatu yang menyenangkan adalah baik, segala sesuatu yang memberikan kenikmatan materi adalah baik, bahkan kadang tanpa memperhatikan prinsip legitimasi halal-haram. Dalam kekuasaan pun paham hedonisme sudah mewabah di negeri ini, hingga Abraham Samad pernah menyindir para pejabat dengan ungkapan “kenapa masih banyak pejabat penyelenggara pemerintahan sudah bergaji besar tetap saja korupsi?” Di akhirat mereka harus mempertanggungjawaban semua perbuatannya. Ya Allah, jauhkan kami dari hedonisme dan pragmatisme. Amin. Muhammad Fatoni Kedaton, Bandar Lampung

Ironi-Ironi Kehidupan Bangsa Kita

ADA rasa bangga luar biasa menyaksikan Tim Merah Putih mengharumkan nama bangsa Indonesia. PSSI U-19 juara pada laga final Piala AFF 2013. Menundukkan Vietnam melalui dua kali perpanjangan dan adu penalti. PSSI U-19 taklukkan juara Asia 12 kali Korea Selatan 3-2 dan lolos ke final piala Asia di Myanmar tahun 2014. Chris John, sebelum gantung sarung tinju dan mengalami kekalahan pertama, telah 18 kali mempertahankan gelar juara dunia kelas bulu WBA. Dia bertarung berdarah-darah di berbagai arena tinju mancanegara. Angelique Widjaja menjuarai tunggal putri Wimbledon 2001 kelompok junior, berlanjut dengan juara Prancis Terbuka Junior 2002. Deddy Corbuzier meraih Piala Merlin sebagai The Winner of International Best Mentalist of The Year 2010 dari International Magical Society yang membuat sejajar dengan David Copperfield. Eko Yuli Irawan berhasil meraih emas di kejuaraan dunia angkat besi 2009 di Goyang, Korea. Farid Firman Syah menjadi juara dunia catur pelajar kelompok usia 15 tahun 2007 di Halkidiki, Yunani. Gita Gutawa menjuarai International Nile Children Song Festival (INCSF) ke-6 di Kairo, Mesir, tahun 2008. Goenawan Mohamad terpilih World Press Review menjadi Editor of The Year 1999, di New York. Nova Widianto-Liliyana Natsir juara dunia ganda campuran 2005, 2007, juara Asia 2006. Jacobus Busono, Presiden Direktur PT Pura Group, Kudus, dipercaya menjadi anggota World Enterpreneurship Forum (WEF) tahun 2008, satu dari tujuh orang Asia yang menjadi anggota lembaga tersebut. Forum ini dibina langsung Presiden Perancis Nicolas Sarkozy dan masih banyak lagi warga kita yang berprestasi dari berbagai bidang yang tak bisa disebut satu per satu. Tim Merah Putih tangguh dan terus mengharumkan nama bangsa dan negara dengan mengukir berbagai prestasi membanggakan. Sementara Tim Oranye juga mencatatkan raihan predikat. Tim Oranye juga dikenal bermain total, ulung, dan sistematis. Menempatkan Indonesia sebagai negara ke-114 dari 174 negara terkorup di dunia. Sama-sama ada keringat, doa, dan air mata. Namun, lakon hidup yang berbeda. Tim Oranye jago kandang yang menundukkan rakyat sendiri dengan jurus manipulasi. Namun, predikat yang ditoreh dan berusaha dipertahankan Tim Oranye memang tanpa perlu dengan berdarah-darah seperti Chris John. Keikhlasan selalu berseberangan dengan keserakahan dan kehipokritan. Akibatnya, juga pasti berbeda. Tim Oranye akan bersimbah keringat dingin saat tertangkap KPK. Dan doa diyakini bagai uraian ayat-ayat undangundang untuk pembenaran diri di berkas PK (peninjauan kembali) untuk menghasilkan vonis ringan plus bonus remisi. Tim Merah Putih jago betulan karena raihan prestasi dengan menaklukkan jago-jago dari negeri seberang, sehingga tak sepatutnya dibandingkan/disandingkan, apalagi ditandingkan dengan Tim Oranye. Meski sama-sama menangis (Susi Susanti menangis saat meraih medali emas di Olimpiade Barcelona 1992), meski sama-sama melambaikan tangan, bahkan sama-sama dijuluki “Angie”. Itulah ironi-ironi yang kita saksikan. Hamzah Arfan Kemiling, Bandar Lampung


INSPIRASI SENIN, 3 FEBRUARI 2014 LAMPUNG POST

Decky Ferdiansyah “Pengelolaan obat agar sampai di masyarakat yang membutuhkan memanglah tidak mudah. Pengelolaan obat tersebut harus melalui beberapa tahap, mulai dari perencanaan, pengadaan, penerimaan, penyimpanan, distribusi, hingga penggunaan oleh masyarakat.”

14

Apoteker Teladan dari Tanah Lado Ketika kasus rabies akibat gigitan anjing mewabah di salah satu kabupaten, Decky segera turun tangan mendistribusikan obat ke lokasi permintaan. Rudiyansyah

M

E N JA D I s e o r a n g a p o teker hingga akhirnya dianugerahi sebagai tenaga farmasi terbaik tingkat nasional tidak pernah dibayangkan Decky Ferdiansyah. Menteri Kesehatan pun memberikan pujian atas kerja keras dan ketekunan dirinya membangun jaringan. Jaringan yang ia bangun terbilang komplet, mulai dari pusat h i ngga puskesmas daera h terpencil. Hal itu ia lakukan sebagai bent u k upaya pemenu ha n ke butuhan obat bagi masyarakat. “Apotek mengemban tugas yang sangat mulia, melayani kebutuhan masyarakat yang ingin sembuh dari segala penyakit,” ujar dia. Jumat, 11 Oktober 2013, menjadi hari yang tidak bisa dilupakan oleh Decky. Pria kelahiran Kotabumi, 19 Agustus 1979 ini menuturkan usai menjalan kan salat jumat, dirinya menerima telepon dari salah seorang rekannya yang bekerja di Kementerian Kesehatan di Jakarta. Decky menceritakan kejadian yang dialaminya. Saat itu temannya menya mpa i k a n k a ba r d i r i nya ter pi l i h menjad i tenaga farmasi pengelola obat terbaik se-Indonesia. “Dia juga meminta saya bersiap-siap karena penghargaan akan langsung diberikan oleh Ibu Menteri Kesehatan Indonesia,” kata dia. Jika tidak berhalangan, Presiden

juga akan turut hadir dalam acara yang akan digelar pada puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional di Jakarta, demikian informasi temannya dari ujung sambungan telepon kala itu. Dengan rasa gemetar dan sedikit tidak percaya, Decky beberapa kali menanyakan kebenaran kabar itu pada temannya, hingga akhirnya ia benar-benar percaya pada kabar itu. Alumnus Jurusan Farmasi Universitas Padjadjaran, Bandung, ini akhirnya benar-benar mewakili Lampung dalam pemilihan tenaga kesehatan kategori tenaga farmasi pengelola obat terbaik di tingkat nasiona l. Sela i n it u, beberapa waktu sebelum pengumuman, dua orang anggota Kementerian Kesehatan datang ke kantornya untuk melakukan sur vei secara langsung. Decky yang juga menjabat sebagai kepala Seksi Bidang Bina Farmasi dan Alkes di Dinas Kesehatan Provinsi Lampung mengaku benarbenar dimonitoring oleh orang dari pusat pada saat itu. Namun, Decky mengaku dirinya tetap bekerja seperti biasa, sesuai SOP yang memang ada d i kantornya. Beberapa kali juga penilai dari kementerian melakukan dialog terkait pengelolaan obat yang ada di Provinsi Lampung. Decky menjelaskan, pengelolaan obat agar sampai di masyarakat yang membutuhkan memanglah tidak mudah. Pengelolaan obat tersebut harus melalui beberapa tahap, mulai dari perencanaan, pengadaan, penerimaan, penyimpanan, distribusi, hingga penggunaan oleh masyarakat. Selain itu, selama ini Decky mengaku sangat menjaga komunikasi jaringan yang ada di bidang kesehatan Lampung. Sudah semua ru-

mah sakit di Lampung dan hampir seluruh puskesmas dirinya sambangi. Ayah dari tiga orang putri ini mengatakan meskipun saat ini dirinya sebagai pimpinan, harus mengetahui kondisi lapangan. Setiap melakukan kunjungan di Dinas Kesehatan hingga puskesmas, Decky tidak segan langsung menanyakan kebutuhan obat di tempat itu ser ta mengevaluasi pelaksanaan pendistribusian obatobatan. Seringnya Decky turun ke lapangan membuatnya mudah memantau ketersediaan obat di Lampung. Dia juga mengaku harus selalu siap siaga untuk permintaan obat yang mendadak. Tidak jarang Decky menerima telepon langsung saat beberapa daerah membutuhkan obat secara mendesak. Seperti saat terjadi kasus rabies akibat gigitan anjing di salah satu kabupaten di Lampung, saat itu di daerah tersebut tidak tersedia serum antirabies. A l hasi l, dirinya harus turun tangan segera mengoordinasikan segenap anggotanya untuk mendistribusikan obat tersebut ke lokasi permintaan. “Karena jika tidak langsung diberi serum tersebut dalam waktu 2 x 24 jam, nyawa menjadi taruhanya.” Decky juga memahami meskipun sebagian besar masyarakat terkadang tidak tahu proses yang panjang yang harus dilalui sampai akhirnya mereka mendapatkan obat. Di balik itu semua, Decky merasa bangga dapat berperan ser ta bersama dengan jajarannya di Dinas Kesehatan Provinsi Lampung. Decky menyampaikan kuncinya selama ini bekerja adalah kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas. (S3)

rudiyansyah@lampungpost.co.id

Ingin Mengabdi untuk Lampung KETERTARIKAN Decky dengan dunia farmasi dan apoteker berawal pada masa sekolah. Alumnus SMAN 2 Bandar Lampung ini mengaku sejak SMA menggemari k i mia. Deck y meny ukai k i mia karena saat praktik di laboratorium dirinya dapat mengamati reaksi kimia dari percampuran zat tertentu. “Saat akan melanjutkan jenjang pendidikan ke universitas, saya tertarik untuk masuk di jurusan farmasi. Mulanya niat tersebut hampi r ber u bah karena tante yang berprofesi sebagai dokter menyarankan memilih fakultas kedokteran karena lebih baik,” ujarnya. Namun, dengan keyakinan dan kem a mpu a n d it a m ba h or a n g tua yang memang selalu mendu kung keputusan sang anak,

Decky memilih untuk berkuliah di Jurusan Farmasi Universitas Padjajaran Bandung. Menempuh pendidikan selama kurang lebih empat tahun, Decky dapat menyelesaikan kuliahnya pada 2003 dan mendapat prestasi sebagai lulusan terbaik di jurusannya. Prestasi tersebut membuat Decky mendapatkan banyak tawaran pekerjaan. Beberapa perusahaan farmasi besar memintanya langsung untuk bergabung. Decky juga mengaku pernah dikontak langsung oleh perusahaan asing yang menawarinya pekerjaan dengan gaji fantastik, tetapi d i r i nya ta k menga m bi l kesempatan tersebut. Decky mengungkapkan setelah menyelesaikan studi S-1 dan program profesi, saat itu yang terpikir

Decky adalah dirinya ingin segera kembali ke Lampung dan mengabdikan diri di daerah yang menjadi tempat kelahirannya. Setelah berada d i Lampu ng, suami dari Erika Santi ini mengaku sempat menjadi dosen di Universitas Tulangbawang sebelum akhirnya menjadi PNS di lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Lampung. Beberapa jabatan pernah diem ba n sa mpa i d i r i nya k i n i d i a ma na h k a n sebaga i kepa l a Sek si Obat d a n Napza Bid a ng Bina Farmasi dan Alkes di Dinas Kesehatan Prov i nsi Lampu ng. Sebagai seorang pegawai negeri sipli (PNS) Decky mengaku saat i n i t ugasnya ada la h melayan i masyarakat Lampung, k hususnya untuk pemenuhan kebutuhan obat. (S3)  Rudiyansyah

Kuncinya Kekuatan Jaringan MESKIPUN masih tergolong muda, pria yang baru berusia 34 tahun ini sudah menjadi penanggung jawab atas segala pengadaan obat di Provinsi Lampung. Di bawah Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Decky mengaku cukup intens berkoordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatan Reihana. Sejak diamanahkan sebagai kepala Seksi Obat dan Napza Bida ng Bi na Fa r masi da n Alkes mulai 23 Maret 2011, di lingkungan kerjanya, Decky mengaku segera melakukan penguatan jaringan lembaganya. Selain itu, Decky berusaha untuk menyolidkan tim kerjanya secara internal. Aw a l ny a D e c k y me m a n g merasa kaku karena banyak staf yang membantunya lebih t ua dar i d i r i nya. Na mu n, Decky mencairkan itu semua dengan terus membang un komunikasi yang santai. Dia menga k u ser i ng mem i nta masu k a n d a r i semua t i m kerja setiap akan mengadakan sebuah program. “Dari masukan itulah akan tercapai kesepakatan bersama yang terbaik,” kata dia. Selain itu, Decky sangat menekankan pentingnya memperluas jaringan dengan berkomunikasi secara baik kepada setiap pemangku kepentingan. Sampai saat ini memiliki hampir seluruh kontak kepala Dinas Kesehatan serat kepala rumah sakit dan puskesmas di seluruh Lampung. Dari hubungan baik dan jaringan yang kuat tersebut, ia dapat menjalan kan tugasnya dengan baik dan lancar. Menurut dia, tidak mungkin sanggup dirinya memenuhi kebutuhan obat di Lampung ini jika hanya seorang diri. “Kuncinya kerja sama tim dan jaringan yang kuat.” Selain jaringan lokal, Decky

juga membangun jaringan di tingkat nasional. Ia memiliki jaringan di Kementerian Kesehatan dan sering terbantu jika ada sebuah kasus kebutuhan obat yang mengharuskan bantuan pusat secara cepat.

Dengan jaringannya tersebut, beberapa kal i d ia d itawari menjadi salah satu tenaga kesehatan di Kementerian Kesehatan, tetapi lagil a g i k e s e mp at a n i t u i a tol a k . (S3)  Rudiyansyah

BBIIOODDAATTDOK. AA PRIBADI

Nama : Decky Ferdiansyah, S.Si., Apt. Lahir : Kotabumi, 19 Agustus 1979 Jabatan Kepala Seksi Obat dan Napza Bidang Bina Farmasi dan Alkes Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Alamat : Jalan Wortel Blok K, No. 16, Beringinraya, Kemiling, Bandar Lampung, 35158 Ayah : Thamrian Alfian, S.H. Ibu : Kameta Karyus Istri : Erika Santi, S.T. Anak : 1. Hana Sumayyah Raihan 2. Hanan Hudzaifah Raihan 3. Hanin Salman Raihan Pendidikan : SDN 1 Tanjungaman, Kotabumi, 1986—1992 SMPN 5 Kotabumi, Lampung Utara, 1992—1995 SMAN 2 Bandar Lampung, 1995—1998 S-1 Farmasi Universitas Padjadjaran, Bandung, 1998—2003 Program Profesi Apoteker Universitas Padjadjaran, Bandung, 2003—2004 Organisasi : Ketua Angkatan 1998 Mahasiswa Farmasi FMIPA, Unpad, Bandung, 1998—sekarang


F KUS SeNIN, 3 FEBRuari 2014

Petani Tak Putus Dirundung Malang

15

LAMPUNG POST

HAMA KEONG MAS. Petani di Desa Pulautengah, Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan, memungut keong mas di lahan persawahan yang ia garap. Serangan hama itu membuat petani terancam gagal panen. Foto dibidik Senin (27/1).

Padi Diserang Berbagai Jenis Hama Berbagai macam hama menyerang padi di lahan sawah di Lampung. Erlian Utama

N

ASIB petani memang tidak pernah beruntung di negeri agraris ini. Saat hasil panen melimpah, harga anjlok, sehingga mereka merugi karena hasil panennya tidak laku di pasaran. Namun, kali ini lain, tanaman di sawahnya terserang berbagai hama. Akibatnya, mereka terancam gagal panen. Puluhan hektare areal persawahan di sejumlah desa di Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan, diserang keong mas dalam beberapa pekan terakhir. Sementara para petani padi di Desa Pemulihan, Kecamatan Way Sulan, Kabupaten Lampung Selatan, resah lantaran padi yang baru berumur dua bulan diserang hama sundep dan tikus. Padi petani di Desa Kampungbaru, Punduhpidada, Pesawaran, diserang pipit. Jika dibiarkan, serangan pipit menyebabkan petani mengalami kerugian. Sebab, dalam satu hari, padi yang dihabiskan kawanan burung itu mencapai 0,5 hektare.Samiah, petani di Desa Kampungbaru, Punduhpidada, itu rela menjaga tanaman padinya yang sebentar lagi siap panen agar tidak

diserang ribuan pipit pemakan gabah. Bahkan, kata Samiah, petani lain memilih untuk melakukan panen lebih awal guna menghindari serangan pipit yang dijuluki burung pembuat rugi petani ini. Dia menyatakan petani di daerahnya setiap hari terus menjaga sawahnya masing-masing, apalagi saat akan memasuki panen. “Dijaga sawahnya. Kalau ada burung, langsung kami usir,” kata Samiah. Dia menyebutkan gerombolan pipit yang jumlahnya mencapai ratusan itu melakukan penyerangan pada pagi dan sore. Jika tanaman padi siap panen tidak dijaga, burung itu dengan leluasa memakan padi tersebut. Segerombolan burung bisa menghabiskan satu kotak lahan sawah yang luasnya setengah hektare. “Kalau tidak dijaga dan dibiarkan, sudah pasti petani mengalami kerugian.” Mengantisipasi serangan itu, para petani membuat bendera yang terbuat dari plastik dan lonceng dari bekas kaleng, sehingga saat bendera itu tertiup angin, kaleng tersebut akan tertarik dan mengeluarkan suara seperti lonceng. Tujuannya, membuat burung tersebut kaget dan tidak akan kembali lagi saat itu. “Petani juga ada yang membuat orang-orangan

sawah untuk menakuti burung-burung pemangsa gabah,” kata dia. Suwarto (56), seorang petani Desa Bumirestu, Kecamatan Palas, mengatakan keong bermunculan sejak awal pembibitan. Dari luas 1 hektare, hanya tersisa setengahnya. Keong mas pada

musim tanam ini cukup banyak dan meresahkan petani. Saat ini jumlah keong mas makin banyak hingga mencapai jutaan ekor dalam 1 hektare,” kata Suwarto. Dia menambahkan luas persawahan miliknya yang diserang sekitar 2,5 hektare. Upaya yang dilakukan

para petani di antaranya memberi obat pembasmi keong. Namun, upaya tersebut tidak terlalu memengaruhi hama itu. Ya, tidak ada cara lain lagi selain memunguti keong itu. Keong berukuran besar

Sebab, jika tanaman padi sudah berusia lebih satu bulan, keong mas tidak menggerogoti tanaman padi, tetapi memakan rumput yang tumbuh sekitar tanaman. Hal ini akan membantu petani untuk membasmi tanaman liar. “Petani diuntungkan karena tidak susah untuk mencabuti rumput, tetapi mema ng pa ra peta n i ha r u s tetap melakukan pengawasan. Sebab, jenis hama tersebut terbilang berbahaya. Semoga saja musim ini petani tidak disusahkan dengan adanya ganguan keong mas ini,” kata dia. Sementara serangan hama sundep sudah mencapai areal seluas lima hektar dari jumlah seluruh padi sawah 165 hektar. Sedangkan hama tikus menyerang lebih kurang 5 hektar di Desa Pemulihan, Kecamatan Way Sulan, Kabupaten Lampung Selatan. ”Jika hama ini tidak cepat diatasi, maka besar dugaan akan lebih luas UDDIN lagi, sedangkan masa panen masih ST/ Z AIN UNG PO n LAMP kira-kira dua buan lagi baru tiba,” ujar dimanfaatkan petani Zainudin warga Desa Pemulihan untuk pakan ternak bebek. Namun, sePadahal menurut dia, warga desa Pebagian lainnya hanya dibuang di jalan mulihan masyoritas petani padi sawah. dan pekarangan kering. Kepala Unit Di desa ini hampir 100 % merupakan laPelaksana Teknis (KUPT) Kecamatan han persawahan tadah hujan yang terkaPalas Ujuk Kusnadi mengatakan keong dang hanya dapat melakukan tanam mas dapat ditanggulangi dengan pes- sekali dalam setahun. (USD/+/D2) tisida pembasmi keong. Namun, tidak erlianutama@lampungpost.co.id sepenuhnya keong merugikan petani.

Cara Alami Atasi Hama Keong Mas DALAM mengendalikan keong m a s , u mu m ny a pa ra pet a n i mem i l i h meng g u na k a n obat kimia yang berharga mahal, berspektrum luas, dan mengganggu organisme lainnya. Padahal, ada pengendalian keong mas dengan cara yang lebih aman, seperti halnya secara fisik (penggunaan saringan), mekanis (pengambilan langsung), ataupun secara biologis (pemberian tanaman yang tidak disukai di saluran-saluran air. Kemudian, penggembalaan itik, penanaman bibit yang cukup kuat/tua. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengendalikan keong mas. Pertama, pengambilan keong mas secara langsung dengan tangan dari sawah pada pagi dan sore hari ket i ka keong dalam keadaan aktif dan mudah diambil. Di Provinsi Gorontalo, kelompok tani bekerja sama dengan LSM mengadakan lomba pemungutan keong mas antarkelompok tani. Di

Tangerang, keong diambil satu per satu, dimasukkan ember dan dijual dengan harga Rp300/kilogram ke peternak bebek. Sementara di Brebes, seorang petani bisa mengumpulkan sekitar dua ember keong mas dan di Kecamatan Margadana (Tegal), seorang petani dapat mengumpulkan keong mas rata-rata hampir sekitar 20—30 kilogram selama empat jam. Kedua, menggunakan tumbuhan yang mengandung racun bagi keong mas. Misalnya, daun sembung (Blumea balsamifera), dau n /a k a r t u ba, dau n eceng gondok (Monochoria vaginalis), dan daun tembakau (Nicotiana tabacum). Kemudian, daun calamansi atau jeruk (Citrus microcarpa), makabuhay (Tinospora rumphii), dan cabai merah. Selain itu, beberapa tanaman lain yang juga dapat digunakan untuk memberantas keong mas adalah starf lower (Calotropis gigantis), nimba (Azadirachtha indica), dan asyang (Mikania cor-

data) yang mengandung bahan yang dapat membunuh keong mas. Berbagai tumbuhan tersebut dianjurkan diaplikasikan sebelum penanaman padi. Saluran kecil dibuat agar keong mas berada di dalam saluran tersebut dan selanjutnya di atas saluran tersebut tempatkan tumbuhan tersebut. Ketiga, menggunakan atraktan, seperti daun talas (Cococasia esculenta), daun pisang (Musa paradisiaca), daun pepaya (Carica papaya), bunga terompet, dan koran bekas, supaya mudah mengumpulkan keong tersebut. Daun sebagai atraktan diletakkan dalam petakan sawah secara ber jejer, ber jarak 1—2 meter antarumpan, yang dilakukan sebelu m pa nen sa mpa i l i ma minggu setelah tanam. Jumlah atraktan sebagai umpan yang diperlukan sekitar 40 kilogram/ hektare. Tinggi air di sawah disarankan sekitar 5—10 sentimeter (BP2TP NAD, 2004). (UNI/D2)

n LAMPUNG POST/ERLIAN UATAMA

HAMA PIPIT.Ratusan pipit menyerang areal persawahan di Dusun Susukan, Desa Sukaraja, Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan. Serangan hama tersebut membuat hasil produksi pertanian menjadi turun. Foto dibidik Minggu (2/2).


Jaya Suprana

HIBURAN SENIN, 3 FEBRUARI 2014 LAMPUNG POST

Sebanyak 18 karya musik ini sebagai bentuk terima kasih saya pada Ibu Ayla. Tanpa ada dukungan beliau, sulit berjalan seperti Muri, bikin sekolah, pergelaran wayang orang di mancanegara, dan lain-lain.

16

Berjaya tanpa Nama Koeswoyo

Victoria Beckham Tak Pernah Mengeluh

Eddy Ribut Harwanto

Jadi Model Juwita Bahar EKSISTENSI penyanyi multitalenta asal Lampung, Eddy Ribut Harwanto, kembali dipertaruhkan. Selebritas yang juga ber profesi sebagai pengacara dan pesulap itu didapuk menjadi model videoklip penyanyi Juwita Bahar lewat singgelnya bertajuk Simalakama . Tembang tersebut rencananya bakal dilempar untuk pasaran lagu di Asia, khususnya di Brunei Darussalam, Malaysia, Hong Kong, Singapura, hingga Jepang. “Al hamdulillah, saya dimintai tolong oleh An nisa Bahar (ibunda Juwita Bahar, red ) untuk menjadi model di videoklipnya terbaru Juwita,” kata Eddy saat syuting pengambilan gambar di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta akhir pekan ini. Lagu Simalakama tersebut menceritakan tentang penolakan wanita karena adanya perjodohan. Eddy mengaku tertarik saat diberi tahu konsep dan tema lagu tersebut. Setelah mempelajari skenarionya, Eddy yang memang kerap wara-wiri di depan kamera mengaku tidak kesulitan saat pengambilan gambar tersebut walaupun ia menjadi pe meran utamanya. “Saya bersyukur semua lancar. Mudah-mudahan selancar pula nanti bila albumnya dirilis,” ujar dia. Selain menjadi model, kemarin Eddy juga melakukan syuting videoklip tembang Suara Hati di Kota Tua, Jakarta Utara. Ia mengaku harus kejar waktu untuk meram pungkan tembang tersebut yang albumnya akan dirilis akhir Februari mendatang. Musisi besutan Harpa Record ini men jelaskan sengaja mengambil gambar di Kota Tua karena lokasinya sangat bagus, sesuai dengan konsep dan tema lagu tersebut se hingga menghasilkan gambar yang sangat (AST/S1) yang menahjudkan.

ISTRI pesepak bola terke nal David Beckham, Victoria Beckham, ternyata tidak pernah men geluh tentang pekerjaan barunya sebagai seorang perancang mode yang merangkap sebagai ibu dengan empat anak. Victoria mengaku tidak pernah stres akibat peker jaannya tersebut, karena ibunda Harper Seven ini mencintai profesi barunya sebagai perancang mode seka ligus mengurus anak. Jadi, kata lelah dan menyerah tak ada dalam kamus hidup Victoria Beckham. Dia mengatakan tidak ke beratan mendapatkan tekanan dari profesi barunya sambil mengurus anak, selama dirinya mencintai tumpukan peker jaan tersebut. “Saya merasa tidak stres. Saya merasa sangat diberkati memiliki pekerjaan yang saya cintai dan saya bisa mengubah energi negatif men jadi energi positif,” ujarnya, sebagaimana dilansir dari FemaleFirst , Minggu (2/2). Mantan anggota grup vokal Spice Girls ini malah mengaku latar belakangnya sebagai pe nyanyi justru membuatnya sulit untuk mengejar karier impian menjadi seorang desainer. Victoria pun merasa bangga ketika melihat para wanita mengenakan busana hasil rancangannya. Dia berkata, “Momen paling membang gakan bagi saya sebagai seorang desainer ialah saat melihat perempuan di jalan mengenakan pakaian yang (S1) saya rancang.”

D

UNIA musik Tanah Air kem bali berduka. Drumer band legendaris Koes Plus, Kasmuri atau Murry, meninggal dunia pada Sabtu (1/2), pukul 05.00, pada usia 64 tahun karena sakit, di kediamannya di Perumahan Kranggan Permai, Jalan Cempaka 1, Jati Sampurna, Bekasi, Jawa Barat. Ia meninggalkan satu istri, em pat anak, dan lima cucu. Istri almarhum Murry “Koes Plus”, Yanti Nurhayati, mengaku tidak mem punyai fiarasat apa pun mengenai kepergian suaminya. Ia mengung kapkan ses aat sebelum meninggal, suaminya sempat mera sa kedinginan. B a h k a n , Ya nt i menuturkan Murry mengalami kejang hingga akhirnya menghembuskan napas terakhir. Jenazah sang drumer kelahiran Jember, Jawa Timur, 19 Juni 1949, itu dimakamkan di TPU Pondok Rangon, Ci payung, Jakarta Timur, Sabtu (1/2). Kabar meninggalnya Murry juga mengundang simpati Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Jokowi pun datang ke pemaka man sang drumer. Bagi Jokowi, Murry menjadi salah satu tokoh yang berjasa dalam sejarah musik Indonesia. “Dia adalah salah satu legen

INFO MUSIK

Luncurkan 18 Komposisi Musik

Jaya Suprana  MI

ON L I N E HAR I I N I

-

-

Gading, Jakarta Utara, baru-baru ini. Pria kelahiran Denpasar, 27 Januari 1949, ini mengaku membuat 18 komposisi musik itu dalam kurun waktu yang cukup panjang dengan inspirasi dari berbagai kebudayaan di seluruh nusantara, di antaranya musik gamelan Jawa, Bali, Sunda, Melayu, Batak, Maluku, Keroncong, dan dangdut. “Ada 18 lagu masing-masing pencarian saya terhadap musik di Indonesia maupun di dunia yang kemudian saya gabung menjadi satu siklus,” ujar pendiri Museum Rekor(MI/S1) Dunia Indonesia (Muri) ini.

LAMPOST.CO

Cardiff Catat Kemenangan Penting

10 Pendaki Sindoro Ditemukan

KENWYNE Jones mencetak gol penting untuk Cardiff City ketika mereka menang 2-1 atas tamunya Norwich City dalam laga Liga Utama Inggris, Sabtu malam (1/2). Gol kemenangan pemain Trinidad yang direkrut dari Stoke City itu mengakhiri rentetan kekalahan Cardiff dalam tujuh pertandingan liga. Cardiff sempat tertinggal lebih dulu

SEBANYAK 10 pendaki yang tersesat di Gunung Sindoro berhasil ditemukan, Minggu (2/2). Dari 10 orang tersebut, tujuh di antaranya ditemukan dalam kondisi sehat. Sementara tiga pendaki lainnya masih lemas akibat kelelahan. “Dari 10 orang itu, yang tujuh sudah dibawa turun karena dalam kondisi sehat, sedangkan yang tiga masih di atas karena masih lemas akibat kelelahan. Mungkin nanti siang baru dibawa turun,” ujar Kepala Seksi Kesiapsiagaan Bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Temanggung, Gito Walngadi, Minggu (2/2). (MTVN/L2)

saat Robert Snodgrass mencetak gol cepat untuk Norwich pada menit kelima, menerima umpan dari Martin Olsson dari sisi kiri. Cardiff kemudian berjuang untuk menyamakan kedudukan. Namun, upayanya melalui Peter Whittingham gagal pada menit 38, sebelum ia ditarik keluar dan digantikan Wilfried Zaha. (MTVN/L2)

danya,” kata dia. Di antara para pelayat, Yok Koeswoyo hadir mengiringi sahabatnya menuju peristirahatan terakhir. Ia mengaku tidak sedikit kenangan yang dialami Yok Koes woyo bersama almarhum Murry. Pasalnya, kedua musisi ini telah saling kenal selama puluhan tahun dan bekerja sama di grup musik Koes Plus. Saking banyaknya cerita ten tang almarhum, menurut Yok, takkan cukup satu malam untuk mencerita kannya. Namun, bagin ya Murry adalah sosok yang sangat berdedi kasi pada lingkun gan sekitar. “Semua banyak kesan. Kalau saya ceritakan, eng gak akan habis sam pai malam. Dia san gat berdedikasi kepada bangsa dan negaranya,” ujar Yok. Sementara Koes Plus awal nya terbentuk sebagai grup band keluarga Koeswoyo. Berdiri sejak 1960, Koes Plus diisi oleh John Koeswoyo (bas), Tonny Koeswoyo (gitar), Yon Koeswoyo (vokal, gitar), Yok Koeswoyo (vokal, bas), dan Nomo Koeswoyo (drum). Formasi itu pun hanya bertahan se lama tiga tahun. Tepat pada 1963, John Koeswoyo memutuskan untuk hengkang. Personel yang tersisa pun mampu bertah an hingga 1968. Pada tahun itu lah sosok Murry masuk menggantikan Nomo. Murry pun mengukir sejarah sebagai personel Koes Plus pertama yang bukan (S1) berasal dari keluarga Koeswoyo.

Murry

 MI

KOMPONIS, pianis, sekaligus kartunis Jaya Suprana meluncurkan 18 karya komposisi musik buat istrinya, Aylawati Sarwono, yang selama ini sudah mendukungnya dalam berkarya. “Sebanyak 18 karya musik ini seba gai bentuk terima kasih saya pada Ibu Ayla. Tanpa ada dukungan beliau, sulit berjalan seperti Muri, bikin sekolah, pergelaran wayang orang di mancane gara, dan lain-lain,” kata dia, pada pertunjukan berjudul Untuk Ayla di Jaya Suprana School of Performing Art, Kelapa

-

BACAAN FAVORIT

1 2

KETUA DPR Marzuki Alie menyatakan tidak akan mengikuti langkah mantan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, untuk mundur dari jabatannya. Marzuki menegaskan siap melepas jabatannya bila resmi menjadi calon presiden (capres) Partai Demokrat. (NASIONAL) BENCANA yang marak terjadi di Indonesia membuat asuransi bencana terasa perlu untuk diaplikasikan seperti di beberapa negara. Namun, keinginan pemerintah untuk itu dirasa masih kurang. (EKBIS)

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-


Mia Miranda (Kabid Tata Ruang Dinas PU Lampung Barat)

DAERAH senin, 3 februari 2014

“Lahan sedikit, penduduk terus bertambah, maka harus ditata dengan baik.”

17

LAMPUNG POST

Lintas

Rumah Aspirasi Wadah Gotong Royong RUMAH Aspirasi Rakyat (PAR) yang didirikan Endro S. Yahman di Pekon Rejosari, Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Minggu (2/2), menjadi wadah berkumpul semua lapisan masyarakat. Rumah aspirasi tersebut berslogan “gotong royong bersama rakyat”. Usai peresmian, dilakukan tasyakuran dan pemantapan. Ketua Panitia Rumah Aspirasi Agus Purnomo menjelaskan rumah aspirasi sebagai wadah berkumpul bagi seluruh lapisan masyarakat guna menyampaikan berbagai aspirasinya. Agus berharap dengan didirikannya rumah aspirasi bisa bermanfaat bagi masyarakat terutama dalam menyalurkan aspirasi demi mempercepat pembangunan di Pringsewu. “Rumah aspirasi rakyat ini pertama kali didirikan di Lampung,” ujarnya. Menurut Agus, rumah aspirasi serupa juga akan didirikan di beberapa tempat lain.WID/D2

Panen Petani Turun Drastis PETANI di Dusun Susukan, Desa Sukaraja, Kabupaten Lampung Selatan, mengeluhkan panen kali ini tidak sebagus tahun lalu. Akibatnya, pendapatan petani turun drastis. Gunawan (41), petani setempat, mengakui hasil panen padi kali ini tidak sebaik tahun lalu. Hasil produksi padi di lahan persawahan di Dusun Susukan, Desa Sukaraja, yang lebih dikenal masyarakat sekitar lahan sawah Lebung Larangan itu rata-rata hanya 4—5 ton/hektare. Padahal, tahun lalu produksi padi di lahan sawah ini mencapai 6—7 ton/ha. “Hasil produski padi di sini pada musim kali ini turun. Salah satu faktor penyebabnya adalah serangan hama wereng dan cuaca yang tidak menentu,” kata dia saat ditemui di rumahnya, Minggu (2/2). Gunawan menjelaskan jika dilihat sepintas, perkembangan tanaman padi cukup bagus. Namun, ketika dipanen, banyak buah padi yang hampa.*/D2

Lomba Burung Kicau di Lampung Selatan BUPATI Lampung Selatan Rycko Menoza berharap dari perlombaan burung berk icau yang diselenggarakan BnR Community, di lapangan Korpri, Pemkab Lamsel, Minggu (2/2). Wilayah ini lebih dikenal masyarakat secara luas. Apalagi, kegiatan ini diikuti penggemar burung berkicau dari berbagai daerah di Lampung dan Pulau Jawa. “Saya mengapresiasi BnR Community sebagai penyelenggara lomba burung berkicau Piala Bupati Lampung Selatan Cup ini,” ujar Rycko Menoza, kemarin. Menurut Rycko, Lampung Selatan memiliki banyak potensi wisata yang dapat dikunjungi. Berbagai event perlombaan serupa seperti ini akan terus diselenggarakan di Kalianda. “Dengan perlombaan ini, bisa menambah kawan, jaringan, dan informasi seandainya Kalianda ini akan dijadikan tuan rumah berbagai perlombaan seperti ini. Oleh sebab itu, kegiatan seperti ini bisa menjadi agenda rutin baik enam bulan sekali atau satu tahun sekali,” katanya. (TOR/D-2)

n LAMPUNG POST/M. IKHWANUDIN

PERESMIAN IAIM NU. Menteri Agama Republik Indonesia Suryadharma Ali, didampingi Rektor Mispani dan Kakanwil Kemenag Abdurrahman, kemarin (2/2), membubuhkan tanda tangan pada prasasti sekaligus pertanda dimulainya pengalihan status Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ma’arif menjadi Institut Agama Islam Ma-arif Nahdlatul Ulama (IAIM-NU) Metro. Sejumlah pejabat dan tokoh pusat hingga daerah hadir pada kesempatan itu.

2 PT Tampung Singkong Perambah Lima lapak singkong di seputaran Register 45 menampung singkong perambah. Dua lapak menjual ke PT Lambang Jaya dan 3 lapak ke PT BAJ di Kabupaten Tulangbawang. TIM LAMPUNG POST

P

ERAMBAH di Hutan Register 45 Sungaibuaya, Kabupaten Mesuji, bertahan menanam singkong karena hasil panennya ditampung dua perusahaan besar tapioka di wilayah tersebut. Dua perusahaan tersebut yak ni pabr i k tepung tapioka PT Lambang Jaya di Desa Sukaagung, Kecamatan Way Serdang, dan pabrik tepung tapioka PT Bumi Acid Jaya (BAJ) di Kabupaten Tulangbawang. Hasi l penelusuran Lampung Post, dua perusahaan

besar itu yang secara rutin menampung singkong perambah, baik wilayah Moromoro maupun lokasi yang ba r u d idudu k i sepa nja ng Jalintim. Bahkan, salah satu pabrik, yakni PT BAJ, ternyata bagian dari Group BW, sama dengan PT Silva sebagai pemegang hak pengusahaan hutan tanaman industri (HPHTI) Register 45. Penelusuran Lampung Post, dari lima lapak singkong di seputaran Register 45 yang menampung singkong perambah, dua lapak secara rutin menjual ke PT Lambang Jaya

di Kabupaten Mesuji dan tiga lapak rutin menjual ke PT BAJ Kabupaten Tulangbawang. Dua lapak yang menyetor ke PT Lambang adalah lapak milik Apuk di Kecamatan Tanjungraya dan lapak milik Munip di Kecamatan Simpangpematang. Setiap hari, rata-rata dua pabrik itu menerima 8 ton singkong dari para perambah. Sementara yang rutin menyetor ke PT BAJ Bumi Waras Grup adalah lapak mi lik A kuet, milik Yusuf, di Kecamatan Simpangpematang, dan milik Supri di Simpang D kawasan Moro-moro Register 45. “Harga singkong sekarang Rp730/kg. Lapak kami menjual singkong ke PT BAJ. Pasokan singkong datang dari perambah,” kata petugas lapak m i l i k A kuet, saat d itemu i di lapak singkongnya, Rabu

(22/1).Di sisi lain, para perambah mengaku hanya bisa menjual ke lapak-lapak terdekat saja jika singkong yang dipanen dalam jumlah kecil. “Saya sering menjual singkong ke lapak-lapak saja karena pa nen si ng kong saya hanya satu mobil Colt Diesel. Jika satu truk Fuso, baru bisa jual ke PT (pabrik),” ujar seorang perambah yang tengah menjual singkong ke lapak. Pihak PT BW mengaku tidak tahu jika singkong dari perambah masuk ke salah satu perusahaan BW. “Saya tidak tahu soal itu. Kalau enggak salah, dulu sempat tidak boleh,” kata Humas PT BW Fitri, yang dikonfirmasi Lampung Post mengikuti rapat di Rumah Dinas Bupati Mesuji membahas kemitraan untuk perambah di Register

45 pada Selasa (28/1) lalu. Sebelumnya diberitakan, perambah bertambah terus, saat ini berjumlah 17.569 jiwa atau 8.784 kepala keluarga. Mereka membangun rumah permanen dan menggarap lahan dengan alat berat. Perambah juga memasang spanduk bahwa di kawasan hutan itu akan dibangun perumahan. Tanah di sana pun diperjualbelikan. Sedikitnya 20 hektare tanah hutan lindung di Register 45 d itanami si ngkong. Itu artinya, keuntungan perambah mencapai Rp140 miliar. Keu nt u n ga n y a n g s a n gat menggiurkan, bahkan lebih menggiurkan daripada menanam akasia. Tidak susah menertibkan Register 45 kalau ada kemauan. (TIM/D-2)

redaksi@lampungpost.co.id

MI Nurul Iman Helat Ajang Kreatifitas Siswa U N T U K me n ge m b a n g k a n k reat iv itas da n meng ga l i p ote n s i s i s w a , M ad r a s a h Ibtidaiah Nurul Iman, Pulu n g kenc a n a , Kec a m at a n Tulangbawang Tengah, Tulangbawang Barat, mengelar Ajang Kreativitas Siswa (AKS), Sabtu (1/2). Kegiatan di aula kompleks sekolah tersebut menampilkan kemampuan siswa di bidang seni dan kreativitas lainnya, seperti bermain drama, membaca puisi, menyanyi, drama musikal, pidato, dan menari. Para siswa tampil di hadapan perwakilan kelas, orang tua, dan para guru. Kepala MI Nurul Iman, Muhammad Febri Aryono, men-

gatakan kegiatan tersebut dalam rangka pengembangan kreativitas dan menggali potensi para siswa di sekolah tersebut. Selain itu, sebagai ajang mengasah kemampuan dan melatih percaya diri, untuk memotifasi bakat siswa. “Dengan pergelaran ini, para siswa dapat menampi l kan kemampuan mereka berkreasi secara terbuka di depan umum. Ini untuk mendidik mereka agar percaya d i r i tampil secara terbuka, baik depan rekan-rekan maupun dewan guru dan orang tua,” ujarnya. Dia menyambut positif kegiatan tersebut serta didukung para wali murid karena kegi-

tan itu sebagai wahana berkreasi siswa, dengan siswa bisa menampilkan hobinya. Kegiatan tersebut sebagai pendukung kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, seperti seni musik, seni tari, drumben, mu hadarah, t i lawah, pramuka, dan olahraga. “Banyak bakat yang dimiliki siswa di sekolah ini. Sebab itu, setiap kemampuan yang mereka miliki langsung kami salurkan dalam setiap kegiatan, baik tingkat kecamatan maupun kabupaten,” kata dia. Bersamaan dengan kegiatan tersebut, sekolah meresmikian aula yang di bang un di kompleks sekolah. “Dengan tersedianya aula ini, para

siswa dapat dengan leluasa melakukan berbagai kegiatan di lingkungan sekolah. Selain itu, aula ini juga sebagai pendukung kegiatan belajar para siswa,” ujarnya. Sebab di aula siswa bisa menggelar berbagai kegiatan yang menunjang bakat dan potensi yang mereka miliki. Siswa juga bisa berlatih dan menampilkan hasil latihannya dihapadan siswa, guru, orang tua dan tamu undangan lainnya. Menurut Muhammad Febri Aryono. dengan adanya berbagai kegiatan ekstra kurikuler di sekolahnya diharapkan bakat dan minat siswa bisa tersalur . (MER/D-2)

n DOKUMENTASI LAMPUNG POST

SINGKONG PERAMBAH. Perambah di Register 45 menjual singkong mereka ke lapak-lapak yang memang di seputaran Register 45. Dari lapak-lapak tersebut, singkong perambah disalurkan ke dua perusahaan besar, yaitu PT Lambang dan PT BAJ, Minggu (2/2).

JeLMA R A M

Menjadi Manusia yang Berharga

n DOKUMENTASI DISDIK LAMSEL

KUPT LAMSEL OUTBOUND. Untuk memaksimalkan kinerja dalam meningkatkan mutu pendidikan di Lampung Selatan, 17 Kepala Unit Pelaksana Teknis (KUPT) Pendidikan dan Kepala Dinas Pendidikan Lampung Selatan Tri Kuncoro melakukan outbound di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Kegiatan tersebut diharapkan menumbuhkan semangat kerja dan kekompakan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Lampung Selatan, Minggu (2/2).

JABATAN dan gelar yang diemban tidak akan berar ti apa-apa ji ka tidak bermanfaat bagi orang lain. Sepenggal kalimat itu dijadikan Komandan Kodim (Dandim) 0426/ Tulangbawang Letkol Inf. Yana Susana sebagai pegangan untuk selalu berkarya membantu sesama selain tugas utama menjaga NKRI. Yana memandang jika jabatan adalah amanah yang harus dibayar dengan kinerja terbaik. Bekerja maksimal dan selalu berani mengambil risiko dalam memperjuangkan yang benar. “Jangan jadi pejabat jika takut akan tanggung jawab, semuanya hanya amanah yang harus dibayar lunas dengan kinerja maksimal.

n LAMPUNG POST/m. ridwan anas

Letkol Inf. Yana Susana Siapa pun kita, semua akan berharga ket i ka k ita berg una bag i orang lain, itu bagian dari tanggung jawab,” kata Dandim yang hobi menembak dan motocross tersebut. Dia menam ba h kan t ugas T NI

bukan hanya menjaga keutuhan negara, mela i n kan har us menjadi angin segar di tengah masalah masyarakat. “Kita jangan hanya pandai memegang senjata. Jari dan otak kita juga harus mampu menjadi solusi di tengah masalah masyarakat. Sesuai komando atas, saya perintahkan seluruh jajaran saya agar bekerja ikhlas, cerdas, dan tuntas. Jangan selalu mengukur sebuah pekerjaan dengan materi, giliran ada duitnya baru mau bekerja, itu ciri mental manusia rusak,” ujar pria lulusan Akademi Militer 1994 ini. Dandim berharap dirinya bisa berguna, terlebih dengan jabatan yang diembannya sebagai koman-

dan kodim. Dirinya juga berpesan kepada seluruh anggota TNI, khususnya yang ada di Kodim 0426 u ntu k selalu mendekat kan d i r i dengan masyarakat dan menjadi bagian dari solusi setiap masalah yang ada. “Saya hanya ingin menjadi manusia yang berguna dan menjadi komandan yang memberikan contoh yang baik bagi bawahan saya. Kepada seluruh jajaran Kodim 0426, ikuti aturan dan jadilah pribadi yang selalu membawa solusi bagi masalah masyarakat,” kata dia. Muaranya, agar sebagai manusia kita menjadi berharga. Sebab, sebaikbaik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesama. D-2. n M. Ridwan Anas


DAERAH SENIN, 3 februari 2014

18

LAMPUNG POST

Alokasi Pupuk Bersubsidi 25 Ton Ke-25.126 ton pupuk bersubsidi yang akan dialokasikan untuk Lambar terdiri dari urea 11,569 toni, SP36 2,104 ton, ZA 1,277 ton, NPK 7,799 ton, dan petro organik 2,377 ton. Eliyah

P

upuk bersubsidi tahun anggaran 2014 untuk wilayah Lampung Barat dan Pesisir Barat dialokasikan sebanyak 25,126 ton. Alokasi pupuk itu masih mer upakan gabungan antara Lambar dan Pesisir Barat. Jumlah itu diketahui berdasarkan Peraturan Gubernur No. 46 Tahun 2013 tentang Alokasi Pupuk Bersu bsid i Sek tor Per tan ian Provinsi Lampung 2014 yang ditetapkan pada 27 Desember 2013. Ke-25,126 ton pupuk bersubsidi yang akan dialokasikan untuk wilayah Lampung Barat itu terdiri dari urea 11,569 ton, SP36 2,104 ton, ZA 1,277 ton, NPK 7,799 ton, dan petro organik 2,377 ton, total 25,126 ton. Ke-25,126 ton pupuk bersubsidi itu akan dibagi dalam dua subsektor, yaitu sektor pertanian dan perkebunan. Kasi Kelembagaan Tani Dinas Pertanian Lampung Barat Dina Prihatini, kemarin (2/2), menjelaskan jumlah alokasi itu mengalami penurunan ji ka di bandingkan 2013 yang mencapai 33,424 ton.

Soal seberapa besar penyerapa n a lok a s i pupu k ber s u bs id i d i 2013, k at a dia, pihaknya belum dapat menjelaskan karena saat ini masih dalam proses rekapit u lasi ser ta masi h ada distributor yang belum menyampaikan laporan pendistribusian pada Desember. Untuk pembagian alokasi pupuk bersubsid i kepada seluruh kecamatan, ujarnya, pihaknya juga belum dapat menjelaskan karena saat ini masih dalam proses pengajuan pembagian alokasi per kecamatan kepada bupati yang akan ditetapkan melalui SK bupati. “ Me n ge n a i p e m b a g i a n alokasi kepada masing-masing kecamatan, saat ini prosesnya masih dalam usulan penerbitan SK bupati. Yang jelas, masing-masing kecamatan tidak sama karena bergantung dengan luasan lahan pertaniannya itu sen­ diri,” kata Dina. Alokasi pupuk bersubsidi tahun ini jenis urea sebanyak 11,569 ton jumlah itu dibanding tahun lalu mengalami penurunan sebanyak 3,989 ton yang pada 2013 alokasi ditetapkan sebanyak 15.558 ton. Penur unan juga ter jad i

pada alokasi pupuk SP36. Pad a t a hu n i n i a lok a s i ditetapkan 2,104 ton sementara 2013 dialokasikan sebanyak 2.759 ton. Kemudian, ZA dari alokasi 2013 sebanyak 2.302 ton dan tahun ini dialokasikan sebanyak 1,277 ton. NPK dari 10.432 ton pada 2013 pada 2014 ditetapkan sebanyak 7,799 ton. Lalu, pupuk organik hanya mengalami sedikit perubahan yaitu pada tahun i ni dialokasikan sebanyak 2,377 ton dari tahun sebelumnya sebanyak 2,373 ton. Alokasi pupuk bersubsidi pada tahun ini di tiap jenis umumnya menurun, kata d ia, it u d isebabkan daya serap pupuk pada tahun-tahun lalu dinilai rendah yang antara lain disebabkan daya tebus petani rendah. Sementara alokasi pupuk bersubsidi Lamsel 2014 berkurang dibanding dengan 2013. Hal ini berdasar pada Surat Peraturan Gubernur Lampung No. 46/2014 tertanggal 27 Desember 2013. “Berkurangnya alokasi pupuk bersubsidi akibat turunnya nilai tukar rupiah terhadap dolar. Memang nilai uangnya besar, tetapi begitu dibelikan pupuk hanya dapat sedikit,” ujar Kasi Iklim Pupuk dan Pestisida Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Lamsel , Yanti Sriyani. (TOR/D1) eliyah@lampungpostr.co.id

n (LAMPUNG POST/**) JALAN RUSAK. Pengendara sepeda motor di Dusun Susukan, Desa Sukaraja, Palas, Lampung Selatan, harus ekstrahati-hati saat melintas. Jalan yang merupakan penghubung antardesa dan kecamatan itu sudah rusak parah . Foto dibidik Minggu (2/2).

Alih Status Hutan Sulit Dilakukan SEKRETARIS Kabupaten Lampung Selatan Sutono mengatakan sulit mengabulkan permohonan alih status hutan register menjadi hak warga sesuai harapan warga delapan desa di tiga kecamatan yang ada di kawasan Register 1 Way Pisang. Kecuali, ujar Sutono, warga dari beberapa desa tersebut menyiapkan lahan pengganti seluas yang diusulkan. “Sangat sulit kalau tidak ada lahan pengganti untuk dijadikan hutan register. Minimal penggantinya seluas lahan yang dialihkan,” kata Sutono, ditemui beberapa hari lalu di lingkungan kantor Pemkab

Lampung Selatan. Menurut dia, alih fungsi hutan register tersebut pernah dilakukan Pemprov untuk pembangunan kota baru di Kecamatan Jatiagung. Pemprov Lampung menyiapkan lahan register di tempat lain. Dia mengatakan harapan warga akan terwujud bila warga dapat menyediakan pengganti untuk kawasan Hutan Register 1 Way Pisang yang ingin dialihkan statusnya menjadi hak milik dan bersertifikat. Namun, kata dia, warga bisa mengusulkan kembali ke Kementerian Kehutanan. “Alih status dapat dalam ben-

tuk alokasi penggunaan lain (APL) sehingga dapat disertifikasi. Warga bisa mencari lahan pengganti di wilayah Kabupaten Way Kanan atau Mesuji. Harganya pun lebih murah dan warga juga tidak akan rugi,” ujar Sutono. K epa l a D e s a K e mu k u s I m a m Ju n ae d i men gat akan perwakilan kedelapan desa sampai saat ini masih menunggu surat balasan dari Pemkab terkait usulan hearing membahas usulan alih status Hutan Register I Way Pisang menjadi hak milik masyarakat. “Senin besok belum bisa bertatap muka, Mas, karena

para Dewan kita sedang kunjungan kerja ke Yogyakarta,” ujar Imam, saat dihubungi Lampung Post, Minggu (2/2). Menurut dia, anggota Komisi II, III, dan IV DPR RI telah merespons harapan puluhan ribu warga delapan desa di Kecamatan Ketapang, Sragi, dan Penengahan. “Tidak ada alasan peme­ rintah tidak mengabulkan per mohon a n r a k y at ny a , kare­na banyaknya desa yang definitif tapi status tanahnya imajinatif. Ini kan lucu?,” kata Imam, menirukan perkataan Wakil Ketua IV Komisi III DPR RI Al Muzamil Yusuf Selasa (26/1) lalu. (KRI/D1)

Kunjungan Kerja Gubenur Lampung Di Kabupaten Lampung Timur Kunjungan kerja Gubernur Lampung di Kabupaten Lampung Timur yang berlangsung selama dua hari (2930/1) dalam rangka peyerahan bantuan yang berasal dari APBN dan APBD provinsi Lampung Tahun 2014 yang berjumlah Rp. 103.886.071.479,-.

D

ana tersebar di berbagai sektor pembangunan di wilayah Kabupaten Lampung Timur. Kunjungan Gubernur Lampung yang diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Ir. Berlian Tihang, MM, dan rombongan di awali dengan acara pertandingan sepak bola dan Volli Ball antara Pemerintah Daerah Provinsi Lampung dan Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Timur dan pada malam harinya silaturahmi tersebut dilanjutkan dengan acara ramah tamah dengan jajaran Pemkab Lamtim berserta masyarakat di Gedung Pusiban Komplek Pemmdakab Lamtim, puncak acara diadakan di Lapangan Merdeka Kecamatan Way Jepara, hadir dalam acara tersebut Bupati Lampung Timur H. Erwin Arifin, SH, MH, Ketua Tim Penggerak PKK Kab Lamtim Ny. Asmara Dewi Erwin, SH, Sekretaris Daerah Kab Lamtim I Wayan Sutarja, SH, MM Forkompimda Kab. Lamtim, Kepala satker, Camat, Kepala Desa Se-kabupaten Lamtim, Tokoh Agama, Pemuda, Masyarakat dan Ribuan Masyarakat Lampung

KUNJUNGAN GUBERNUR. Gubernur Lampung yang diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Berlian Tihang, Bupati Lamtim Erwin Arifin dan Ketua PKK lamtim Ny. Asmara Dewi Erwin dalam agenda kunjungan Gubernur di Kabupaten Lamtim. Timur. Dalam sambutannya Bupati Lampung Timur menyampai ucapan selamat datang kepada Gubernur Lampung berserta Rombongan dan terima kasih disampaikan kepada seluruh masyarakat Lamtim yang hadir pada agenda tersebut, bupati berharap kehadiran bapak gubernur dapat memberikan motivasi bagi masyarakat dalam proses pembangunan untuk mencapai kemajuan dan kemakmuran masyarakat Kabupaten Lampung Timur dimasa yang akan datang, dijelaskan bahwa Kabupaten Lampung Timur terdiri dari 24 Kecamatan dan 264 desa yang berpenduduk lerbih dari

satu juta jiwa mempunyai keragaman suku dan budaya, namun keragaman suku dan budaya tersebut justru menjadi keunikan dan peluang dalam proses pembangunan di Kabupaten Lampung Timur, dari segi giografis Kabupaten Lampung Timur sangat potensial dijadikan daerah industri karna didukung dengan adanya jalan lintas pantai timur yang sebagian besar membentang di sepanjang wilayah kabupaten Lampung Timur, akses jalan tersebut pula didukung dengan berbagai fasilitas lainnya dan yang sangat penting keterbukaan masyarakat terhadap para pemilik modal untuk

menanamkan modalnya di kabupaten Lampung Timur, masyarakat terus menjaga keamanan dan kenyamanan hal tersebut dibuktikan dalam dengan meningkatnya investor yang menanamkan modalnya dikabupaten Lamtim, disampaikan pula bahwa bantuan yang diberikan pemerintah provinsi lampung sangat berarti dalam rangka membangun Kabupaten Lampung Timur dan diharapkan pada masa yang akan datang Bumei Tuwah Bepadan dapat mensejajarkan dengan kabupaten/kota yang lebih maju di Provinsi Lampung bahkan di Indonesia, pada tahun yang akan datang melihat potensi dan luas wilayah bupati berharap agar Kabupaten Lampung Timur menjadi salah satu prioritas pembangunan di Provinsi Lampung. Dalam pidato Gubernur Lampung yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Ir. Berlian Tihang, MM bahwa kunjungan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan koordinasi dan sinergitas antara pemerintah provinsi lampung, pemkab lamtim dan masyarakat terkait dengan percepatan pelaksanaan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Lampung baik pembangunan yang sedang, akan dan telah dijalankan. Dijelaskan pembangunan yang dilaksanakan di Provinsi Lampung adalah bagian yang tidak terpisahkan dari pembangunan Nasional, beranjak darihal tersebut pemerintah provinsi lampung terus melakukan pembinaan dan memfasilitasi pengembangan berbagai potensi yang dimiliki oleh kabupaten/kota khususnya Kabupaten Lampung Timur diberbgai sektor seperti pariwisata, pertanian, pendidikan, pengembangan ekonomi

BERI SAMBUTAN. Sambutan Bupati Lampung Timur dalam agenda kunjungan Gubernur di Kabupaten Lamtim di Lapangan Way Jepara. dan teknologi, diharapkan bantuan yang diberikan dapat menunjang pelaksanaan pembangunan dan kelancaran pelayanan kepada masyarakat dan dilaksanakan dengan asaz administrasi pemerintahan yang baik dan benar sesuai dengan prinsif 5 T yaitu tepat aturan, tepat sasaran, tepat waktu, tepat administrasi dan tepat biaya sehingga pelaksanaan pembangunan terlaksana secara baik dan terbebas dari permasalahn hukum dikemudian hari. Pada akhir sambutannya gubenur menekankan agar meningkatkan koordinasi serta percepatan pelaksanaan pembangunan diberbagai sektor untuk kesejahteraan dan kemakmuran khususnya di Kabupaten Lampung Timur. (D10)  FOTO-FOTO: HUMAS PEMKAB LAMPUNG TIMUR

ANTUSIAS WARGA. Ribuan masyarakat Lamtim berpartisipasi dalam rangka Kunjungan Gubernur Lampung di Lapangan Way Jepara Kabupaten Lampung Timur.

SERAHKAN BANTUAN. Gubernur Lampung diwakili Sekdaprov. Berlian Tihang didampingi Bupati Lamtim Erwin Arifin menyerahkan batuan di Lapangan Way Jepara Kabupaten Lampung Timur.

PECAHKAN REKOR MURI. Gubernur Lampung yang diwakili Sekdaprov. Berlian Tihang dan Bupati Lamtim Erwin Arifin beramah tamah dalam agenda kunjungan Gubernur di Kabupaten Lampung Timur.


RUWA

AKBP Helmi Santika (Kapolres Lampura)

JURAI Pencuri Buron Diringkus SENIN, 3 FEBRuari 2014

“Dari hasil pemeriksaan petugas, kedua tersangka mengakui melakukan aksi pencurian di rumah korban bersama seorang rekannya berinisial Hi (DPO). Caranya, membobol rumah dengan modus mencongkel jendela.”

19

LAMPUNG POST

Kedua tersangka ditangkap di rumah masing-masing. Petugas menyita barang bukti satu pucuk senjata api (senpi) dan berikut dua butir peluru serta kunci leter T. Hari Supriyono

D

UA buronan kasus pencurian di rumah warga di daerah Desa Way Melan, Aji kag u nan, A bu ngk u nang, Lampu ng Ut a ra, d ita n g k ap pol i s i , Minggu (2/2), sekitar pukul 04.00, sedangkan satu rekannya masih buron. Selain mengamankan tersangka, petugas menyita barang bukti berupa 1 pucuk senjata api (senpi) rakitan berikut 2 butir pelaku, 5 k u nci leter T, 2 obeng, 1 tang, serta 2 kawat pembuka kunci gembok. Selain itu, juga diamankan satu tas kecil dan topeng penutup wajah warna hitam yang digunakan aksi tindak kejahatan. Kemudian, polisi menyita satu unit chainsaw hasil curian milik korban. Kedua tersang k a d i ke tahui adalah warga Desa A ji k a g u n ga n , A bu n g k u nang, Lampung Utara, yakni Muhtar (34) dan Bambang Irawan. Mereka kini telah dimankan di kantor Polsek Abung Barat. AKP Rohmadi Kapolsek

Abung Barat, mewakili Kapolres Lampung Utara AKBP He l my S a nt i k a , M i n g g u (2/2), mengatakan kedua tersangka ditangkap di rumah masing-masing. Dari tangan tersangka Muhtar, petugas menyita barang bukti satu pucuk senjata api (senpi) beri kut dua butir peluru serta kunci leter T. K asu s ter sebut ter jad i pada 31 Desember 2012 lalu di rumah Saidi (31), warga Desa Pekurunudik, Abungpekurun, Lampung Utara. Da r i h a s i l pemer i k s aa n petugas, kedua tersangka mengakui yang melakukan aksi pencurian di rumah korban bersama seorang rekannya berinisial Hi (DPO). Caranya, membobol rumah dengan modus mencongkel jendela. Setelah masuk ke rumah, korban mengambil barang berharga berupa satu unit mesin chainsaw, satu unit TV ukuran 14 inci, dan satu unit DVD merek Viar. Mereka juga mengatakan barang hasil curian telah mereka jual dan uangnya dibagi rata. ”Kami berdua

SIDOMULYO (04.00)

Pencuri Sikat Motor Warga

hanya melakukan aksi pencurian di r umah warga, bukan melakukan aksi tindak kejahatan lai n nya,” kata Rohmadi, menirukan pe nut u r a n Mu ht a r d a n Bambang. Roh mad i ju ga mengatakan kini pihaknya masih melakukan pengembangan atas penangkapan kedua tersangka itu. Salah seorang tersangka diduga kuat terlibat sejumlah kasus tindak kejahatan lainnya selain melakukan pembobolan rumah warga. Sementara itu, pihaknya juga kini masih memburu salah seorang rekan tersangka, yaitu berinsial Hi (DPO), yang berhasi l kabur saat akan ditangkap. “Kami masi h melaku kan pengembangan atas diketahui adanya senjata api dan kunci leter T yang diduga kuat dipergunakan untuk mel a k u k a n a k s i pem be galan sepeda motor maupun pencurian motor yang ada d i d aera h ny a ,” k at a d i a lagi. Dari hasil barang bukti yang disita, mereka bukan saja melakukan aksi pencurian dengan modus pembobolan rumah, melainkan juga melakukan aksi tindak kejahatan. (D1)

harisupriyono@lampungpost.co.id

n LAMPOST/ERLIAN UTAMA

PERBAIKI JALAN. Warga Desa Binong, Gedongtataan, memperbaiki jalan raya Kedondong secara swadaya menggunakan tanah urukan agar kendaraan bisa lancar melintas. Jalan milik provinsi yang kondisinya berlubang itu tidak kunjung diperbaiki. Foto dibidik Sabtu (1/2).

GUNUNGSUGIH (09.0 WIB)

LPA Desak Pemkab Peduli AMPK LEMBAGA Perlindungan Anak (LPA) Lampung Tengah baru-baru ini menyalurkan bantuan dari Kementerian Sosial untuk 211 anak yang memerlukan perlindungan khusus (AMPK). L PA b e r h a r a p P e m d a Lamteng menunjukkan peran dalam perlindungan AMPK. Setiap anak, yang termasuk AMPK, yang terdiri dari korban kekerasan seksual, HIV, dan narkoba, itu mendapat bantuan berupa uang sebesar Rp800 ribu. Ketua LPA Lampung Tengah Eko Yuwono mengatakan bantuan itu sebagai wujud

perhatian kepada anak-anak yang masuk kategori AMPK. Selain bantuan uang, perhatian psikologis dan pendidikan mereka, menurut Eko, juga harus jadi perhatian. “Bantuan kami salurkan melalui bank. Anak-anak itu membuka rekening. Selanjutnya dana langsung dimasukkan ke rekening masing-masing. Bantuan tersebut agar dapat digunakan untuk membeli peralatan sekolah dan susu bagi yang masih balita,” ujarnya. Dia mengaku hanya meneruskan dari kementerian. Namun, penggunaan-

nya nanti harus dilaporkan kepada kami agar bantuan ini tepat guna. Jumlah keseluruhan AMPK di Lampung Tengah, yang sudah dilaporkan ada 500. Pada 2013 lalu, bantuan diberikan untuk 83 anak dan belum semuanya terbantu karena keterbatasan dana. Menurut Eko, seharusnya Pemda ikut membantu menangani permasalahan AMPK. Sementara gadis cilik berusia 8 tahun yang menjadi korban pelecehan seksual oleh tetangga mengalami trauma. Dia ketakutan setiap bertemu orang dewasa. (WAH/D1)

RUMAH Erizal (28), warga Desa Kotadalam, Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan, dibobol maling pada Sabtu (1/2), sekitar pukul 04.00. Honda Beat hitam BE-4969-DT miliknya disikat. Kerugian ditaksir mencapai jutaan rupiah, pasalnya sepeda motor 2011 itu dibeli secara kontan oleh korban. Dia menjelaskan tamu tak diundang itu masuk melewati jendela rumah dengan cara merusak dengan dicongkel. “Tidak tahu persis pelaku melakukan aksi jam berapa, mereka masuk lewat jendela kaca dengan cara mencongkel,” kata Erizal. Sepeda motor tersebut se­ perti biasanya ditaruh di ruang keluarga berdekatan dengan kendaraan sepeda motornya yang lain, Suzuki Thunder, hanya saja yang diambil hanya sepeda motor Honda Beat. “Padahal, malam itu saya dan bapak tidur di depan TV, motor tepat di samping saya. Anehnya lagi, yang diambil hanya motor Beat, padahal motor Thunder kunci kontaknya menempel tapi tidak diambil pelaku, saya mengetahui ketika bangun pagi,” kata dia, yang mengaku telah melaporkan hal ini ke Polsek Sidomulyo. Kepala Desa (Kades) Kotadalam, Kecamatan Sidomulyo, Asli Jauhari, mengimbau kepada masyarakat agar mening­ katkan siskamling di wilayah setempat. n (***/D1)

BMT Assyafi’iyah Segera Berskala Nasional Sejak dua tahun lalu Pengurus KJKS Syari’ah BMT Assyafi’iyah mengupayakan peningkatan pelayanan kepada nasabah dan peningkatan SDM karuawan.

K

arena itu, pembangunan gedung pusat di Kota Gajah, Lampung Tengah dan kantor cabang baru di Purbolinggo, Lampung Timur segera dilakukan untuk menunjang pelayanan. Sementara untuk peningkatan SDM, dibangun gedung pelatihan yang lengkap dengan ruang pertemuan dan penginapan. Ketua BMT Assyafi’iyah Rohmat Susanto, SKM, M.Kes mengatakan saat ini BMT Assyafi’iyah masih dalam skala provinsi. Ditargetkan tahun ini sudah mampu berskala nasional. Tetapi untuk mewujudkan hal itu, menurut Rohmat, harus dilakukan penataan secara organisasi dan kelembagaan, disamping peningkatan SDM. “Kementrian sudah membuka jalan. Kami sedang menata semuanya, agar benar-benar dapat bersaing di tingkat nasional,” kata Rohmat. Rohmat optimis dengan kinerja yang semakin baik, profesionalitas pengelola dan karyawan serta ekspansi yang dilakukan ke Banten (daerah merak) dan Sumatera Selatan (Tugumulyo), upaya menuju skala nasional segera terwujud. Menurut Rohmat, perkembangan BMT Assyafi’iyah juga sangat menjanjikan. Hal itu dibuktikan dengan peningkatan pertumbuhan aset, dari Rp63 miliar lebih pada 2012, menjadi

8

Rp103 miliar lebih pada 2013. Sementara untuk 2014 ditargetkan berkembang menjadi Rp150 miliar lebih. “Kami optimis karena peningkatannya dari tahun ke tahun lebih dari 60 persen,” jelasnya. Pertumbuhan juga didukung peningkatan simpanan anggota yang sebesar Rp39 m lebih pada 2013 menjadi Rp59 m lebih dan ditargetkan meningkat hingga Rp80 m lebih. Saat ini BMT Assyafi’iyah memiliki 26 Kantor Cabang Pembantu yang tersebar di tujuh kabupaten se-Lampung. Jumlah anggota yang dilayani pada 2013 mencapai 10.417 dengan empat jenis pembiayaan, Murabahah Angsuran, Murabahah Jatuh Tempo, Hiwalah dan Qordul Hasan. Rencananya pada 2014, BMT Assyafi’iyah akan menjalankan sejumlah program, diantaranya: memperkuat struktur permodalan dengan meningkatkan simpanan anggota dan kerjasama pihak ketiga. Selain itu guna mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, akan dibuka kantor layanan baru. Sedangkan untuk peningkatan SDM, akan dilakukan pelatihan, studi banding dan mengirim pengurus, pengawas atau karyawan pada diklat-diklat. (WAH/D10)

7

2

1

3

BMT Assyafi’iyah Layak Jadi Koperasi Percontohan

Keterangan Foto:

KEMENTRIAN Koperasi berharap Koperasi Syari’ah BMT Assyafi’iyah menjadi salah satu percontohan. Sebab dengan perkembangan yang menggembirakan hanya dalam beberapa tahun saja. Hal ini disampaikan Deputi Kelembagaan Koperasi Kementrian Koperasi dan UKM Setio Harianto mengatakan jika di setiap kabupaten di Lampung ada satu koperasi seperti BMT Assyafi’iyah, maka peran koperasi dalam pembangunan ekonomi kerakyatan akan lebih nampak. Menurut dia, perkembangan BMT ini, yang maju pesat hanya dalam waktu beberapa tahun, membuat BMT ini akan layak menjadi percontohan. “Saya mengapresiasi kinerja koperasi ini. Saya berharap ini terus ditingkatkan agar nantinya dapat menjadi percontohan,” kata Setio. Setio Harianto maupun juga menyampaikan selamat atas penyelenggaraan Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-16 yang berhasil diselenggarakan pengurus BMT Assyafi’iyah jauh sebelum batas akhi penyelenggaraan yang ditetapkan undang-undang. Menurut dia, RAT merupakan ajang evaluasi dan penyampaian

6

pertanggungjawaban pengurus dihadapan anggota koperasi. Maka RAT penting dan wajib dilaksanakan. “Kalau pengurus tidak melaksanakan berarti khianat,” kata Setio. Sementara Kadis Koperasi dan UKM Lampung Tengah Syahreza juga menyampaikan apresiasi atas kinerja pengurus BMT Assyafi’iyah. Menurut dia, setelah berskala provinsi dan mampu meraih posisi di skala nasional, BMT ini akan menjadi barometer perkoperasian di Lampung. Terkait RAT, Syahreza mengatakan ini RAT ke-16 BMT Assyafi’iyah adalah yang ke-25 di Lamteng. Diharapkan RAT BMT tersebut mampu mendorong koperasi-koperasi lain untuk segera menggelar RAT. Selain meresmikan tiga gedung, menggelar RAT, BMT Assyafi’iyah juga memberikan penghargaan kepada dua orang pengurus dan dua orang karyawan yang berprestasi. (WAH/D10)

5

1.

Penandatanganan prasasti peresmian gedung.

2.

Pemberian penghargaan pengurus BMT Assyafi’iyah.

3.

Foto bersama pengurus BMT Assyafi’iyah.

4.

Para peserta Rapat Anggota Tahunan BMT Assyafi’iyah.

5.

Tamu dan Peserta Rapat Anggota Tahunan berdiri untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars BMT Assyafi’iyah.

6.

Penari memberikan sirih kepada salah seorang tamu sebagai ucapan selamat datang.

7.

Ketua Koperasi BMT Assyafi’iyah memberikan sambutan sekaligus melaporkan perkembangan koperasi beberapa waktu terakhir.

8.

Deputi Kelembagaan Koperasi Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Setio Harianto menyampaikan sambutan dan apresiasi atas kinerja pengurus Koperasi BMT Assyafi’iyah.

4


senin, 3 februari 2014

PARIWARA

LAMPUNG POST

20

pariwara AC AC….AC…AC…Rental, penjualan , service, perbaikan AC, Misticool, kolkas, mesin cuci, freezer, hub. 07217199155, 082177584002 Agen AC RESMI PABRIK LANGSUNG. TERMURAH !!! Jika lebih mahal diganti selisihnya. Panasonic, LG, Sharp. Te­ rima cuci, repair (Agen resmi) TIMMY ELECTRINDO Tlp 242222, 7444470. Sarana Sejuk AC, jual, perbaikan, perawatan unit ac rmh/kntor,cpt & garansi tlp.7469411-7333700081632383515 KURNIA AC, spesialis AC rumah, kantor,jual/beli AC baru/second/ bnkr psng,service/cuci dll. Jl.P.Tirtayasa 34 Sukarame tlp.0813.69550834, 085380787808, 0721-7147771 Winda AC jual AC/Secd, serv/cuci AC, kulkas, dispenser, PS ms cuci dll, 257556, 7403726 08127921648 &

BIBIT tanaman Jual bibit pala, cengkeh, kakao & karet (Bersertifikat), jual bibit pepaya california, kel tani marga jaya 6 tataan Hp : 08127246259, 089683164532

BIBIT SAWIT Aneka bibit kelapa sawit PPKS PE-260 Gamaru Cendana dll. Hub. 0852.6877.8787. Dijual bibit kelapa sawit bersertifikat resmi Jumlah : 100.000 (seratus ribu) Umur bibit : 21 s/d 32 bulan Harga : Negosiasi/Negotable Hubungi : Telp/Fax (0726) 750751 Email : ernasusan76@yahoo.com

Bibit Singkong Bibit Singkong Gajah Samarinda Rp.6,5 jt/Ha atau Rp.650/btg, ambil sendiri ditempat silakan buktikan, singkong super hebat ini, hasil 7 Kg15 Kg/btg, segera hub.081270959696 stok terbatas 20 Ha

0721-7174866 Minggu Buka

biro jasa

Teknik jaya elektrik servis & jual

JASA ANGKUTAN

beli: AC,Kulkas, msn cuci, pompa air, dispenser, water heater dll, trm srvis pggl, Jl.Imam bonjol no.355 hb.08127249646,081929833390 Rental AC & Musticol jual beli AC baru, second, serv, cuci AC, mesin cuci, kulkas, dispenser. WINDA AC 07217174866, 08527992465, 08127921648, 08979993964 Pin BB 25C9BDCF. CV Prisma Utama Tehnik servis AC bngkr/psng cuci, sparepart, jual beli bru & second.Hub. 0721472180 /082125427108/085769583316 PIN 2580F2PE

AIRLINES TIKET Tiket murah garuda, sriwijaya, merpati, lion, air asia, sky aviation tiket diantar hub.GEMA TNT (0721) 486100, 7467967 SMS booking 081274777959

ahli gigi Irul Ahli Gigi trm pnggilan di jamin nymn buat makan HP.081253006119 Rama Dental ahli bikin gigi, psng behel gigi Jl P. Antasari 18/dpn bioskop Sinar Bdl. JL. Urip S. Smpng Tiga Pejajaran hub.087899516746, 0812.7945122

ALAT-ALAT BAYI Mau mencari kebutuhan bayi & persiapan ibu melahirkan. Hub. Little Zhafran Baby 085669900019, 085789160369 dptkn penawaran & hrg khusus u/ box bayi & stroller free ongkir utk Bandar Lampung.

ALAT PAMERAN Sewa alat/matrial pameran (expo menywkn partusi, tenda roder, sarnavu, froling ac standing dll u acara expo/ pmeran, lauching produk gathering. Hub. 0812.72710876, 7188776

BADUT ISTANA KADO Badut Dekor, Balon dll, Antasari sebelah Bank Lampung 0821.85542758.

Menerima jasa angkutan u pindahan rumah, kantor, pengiriman motor, mobil & barang-2 lain. Hub. 0812.72710876, 7188776

KURSUS STIR MOBIL Belajar mobil ADILA diantar jemput 360rb/paket, drop Bandara 95rb. Hub.07219369661, 081379640519

BIRO PERJALANAN TRAVEL BHW TRAVEL LAMPUNG – BENGKULU. Hubungi: 0813.6971.7888. CV. PO Family Raya Ceria: melayani jurusan: pekanbaru, jambi, padang, bukit tinggi, kayu aro, kerinci, jkrta, yogyakrta, semarang, surabaya, tlp.081279947774,082181932345

BUS WISATA Sewa bus wisata darmaduta seat 32 Keselamatan penumpang tujuan kami, please call me 08154019822 www.busdarmaduta.com

CANOPY Canopy & Stainless ,sgala jenis canopy, pagar, teralis dll, murah & bergaransi. Chandra Canopy hub. 085208332414, 085378008111

DEKORASI Khaila Citra Mandiri mengerjakan dekorasi plafon gypsum, propilan, keramik, baja ringan, pengecatan tralis, pagara canopy dll. mutu terjamin hrg bersaing. Hub. 081379743460

DEPOT AIR Anda ingin buat depot air minum mineral/ro std amdk, menatasi: air berbau karat,lumpur, kuning. Hub.Auto Tehnic Water Treatment 0813.69288439-082371255868.

EXTERIOR Apri Cat mengerjakan cat dinding cat was, pasang walpaper JL.P.Antasari hub.085377907154, 081540830913

foto copy LAMPUNG FC, jilid hard cover/soft cover, spiral kawat, Jl. Wr. Monginsidi 23 B T.Karang, Bandar Lampung telp.0721-256053, 08127272602, email: lampung_fotocopy@yahoo.co.id

GORDYN Asia prima, menerima pesanan gordeng, wallpaper, vertical, roll blind untuk rumah & kantor Jl. Ratu dibalau TJ.Senang BDL hp.081383994908 Pusat penjualan horden, yang menarik, simpel & elegan + modern, bisa diantar langsunmg segera hubungi Bpk. Iyeb 0821.86692219

HERBAL Toko Medika Herbal jual: gamat gold G, luxor, ace maxs, xamthone, tricajus,cmp,gopakupu, jamsi, foredi,madu, dll www.mediakherbal. com 085769869999/085269066135 Hijrah Moslem Store menjual herbal grosir & eceran. Agen: xanthnoni, solusi: jantung, diabetes,asam urat, radang sendi,paru-paru,hiv/ aids,keputihan,wasir/ambeien. Hub. 08127937357.

indekos Wisma Badar trm kost harian/blnan, fasilitas lgkp, JL. Perintis Kemerdekaan No.18/24 Tanjung gading hub.0721253967,081298697777 Trima Kost Mggn, Blnn, Jl Griya Fantasi 2C/8 WHP Hub. 702498, 0812.727.7590

INDOVISION Indovision, top tv, telkom vision, orange tv, aora hub. 085378772004

INTERIOR SAFIRA INTERIOR, Spesial membuat kitchen set, pantry, lemari pnjg, kmr set, minibar, d.partisi, meja kantor, hub.0721-7164443,081379337474

KATERING WM. Kasta Nusantara terima pesanan nasi kotak/bungkus, catering bulanan & delivery order dgn hrg relattif murah. CP.0821.3132.1112.

KEHILANGAN STNK BE 4380 DW, Noka. MH1JB H114BK080456, Nosin. JBH1E1077854, An. Markaya Ashari Kehilangan STNK dari 2 bulan yang lalu atas nama bpk.JUNAIDI dgn nomor register BE 8559 AC merk honda type NF 100 TD SP motor 2007

KITCHEN SET CV Rafi Jaya. Special Kitchen Set, menerima pembuatan kamar set, room set, kantor, butik dll, hrg dimulai dr Rp.1.200.000/m hub.081272166609, 082179176076, 082179966606

kesehatan Bu Siti urut tradisional capek-2, keseleo, anak-2 jl. Bebas gg Swidah samping Indomaret, Alfamart. Hub. 0812.79727978. Pijat tradisional asli Solo 3 in 1, 80rb / pijat P/W, buka setiap hari dr jam 09.00 – 20.00. Hub.0823.77177377 Jl.Raden saleh No.25 Durian Payung blk RS Bumi Waras. Iin Massage & lulur siap panggil. Hubungi. 0812.7990.1117, 0853.7726.6697, 0858.3279.9928, 0813.6991.1105

PIJAT TRADISONAL P i j a t u r u t re f l e k s i p ke l a d a & alat terapi srba guna u/ kshtn mengobati asm urat,skt pinggang,rematik,encok,ksleo, drh tggi,drh rndh,ksemutan,bdn pegel dll hb.mulya 081366162717 ARIEL & BUNGA terima panggilan pijat tradisional, reflexi siatsu, lulur dll. Hub. 0896.70800029 Urut tradisional Ibu Sri Wahyuni Jl.Soekarno Hatta bypass depan pom bensin Kota Sepang arah 19. Hub. 0813.79115943. VIVI URUT TRADISIONAL, Refleksi dll terima panggilan. Hub. 0852.679046681, 081933591789 Shinta pijat urut Jl.Sultan Agung dua jalur W.Halim No.59 (dkt SMA Sriwijaya) 0813.6937.2811, 07217543674 siap panggil 24 jam

PIJAT INDONESIA Ahlinya urat kejepit, skt pinggang 10 th 3x pijat smbh @ 100rb krddk urt 2 kaki, stroke,skpi urt,pasurti 70 krs kmbli, stel body, wkt th

kcll bru trsa umr 40 th bs nmbh Hb:085769153124/082376229770

TERAPI Macam-2 terapi, refleksi, dll, panggil ke rumah/hotel. Hub. 081369112589.

kolam renang Dunia Kolam Renang: Pembtn, prwtn, perbaikan, ob at-2 an, peralatan Jl. Hayam Wuruk 198 E Kedamaian tlp. 0721- 7444567

KOMPUTER

MESIN -mesin dijual mesin foto copy CV. Mitra Abadi jual, sewa, perbaikan, suku cdg, tinta, foto copy, msn Analog & Digital. Hub. 7505050, 0812. 7909898. CV. S.Bandar Digital Copier, menjual mesin foto copy Canon tipe digital (bergaransi) sparepart, toner, Bambu Kuning Square Lt 1 No.37 (dpn stasiun kereta api Ramayan). Hub.07212800411-082371754455. Dijual foto Copy Canon 6030 kondisi 80% cocok untuk kantor/umum hrg 7 juta, bonus mesin pres+pisau potong toner HP.0852.69525869.

MESIN PUPUK Jual msn pupuk organik granul & siap psang di wil prop lmpg dg pan granul 3m 3 unit, conveyer, 5m 1 unit, drier 12m diameter 80 cm 1 unit, bunner 1 unit, ayakan 3m diameter 1 mtr 1 unit, hrg 500 jt trm psng di wil prop lmpg dg kapasitas prdksi min 25m per shift hb.0811722018

MINUMAN KESEHATAN Beauty Water & Strong Acid (tidak ada efek samping) Just Water air dengan PH Asam mengatasi masalah kulit seperti: jerawat,kusam, kering, rusak akibat zat kimia Jl. Nusantara Gg. Pipit 55 A (belakang Radar Lampung). Lia: 081977944772, PIN 3310841E

musik Sinarta Musik Ent sedia musik tradisional Tapanuli u/ Resepsi nikah, ultah,b.taon srtua. Hub. 085216105475 E. Sinurat, M.Kes, Jl.RA.Basyid,Jl.Kapt. Subh No.21 Lb Dlm Bdl

peralatan musik ADI Musik: jl/tkr tmb: i5(4) i4(5) i3(5,5) Pa50(7) Pa80 Pa500, PSR900, KN1400, 2400,2600,X50,CORA,Blazer,Beta 3 ,PV16ch,8ch,CS800,AD3600,Behr. 20 ch, a/esis,DOD, AXL. Ph.268983, 081369139529.

PALET PLASTIK Jual palet plastik (bekas) u/ keperluan industri dgn brbgai ukr. Hb. 0821. 1311.5073.

PENDIDIKAN KURSUS MENJAHIT

Privat Sahabat Edukasi : guru dtg kerumah semua pljrn TK, SD, SMP, SMA, Umum & mengaji 5 org gratis 1 hub.0721-7511559, 081279199569 Privat Siklus Guru dtg kermh semua pelajaran SD,SMP,SMA Hub:07217481330, 0857-68003557 Privat Bintang Education smua pljrn TK, SD, SMP, SMA, umum, mengaji, guru dtg ke rmh, professional & sabar, siap UN, semester. hub. 07213667558, 0813 69 277 269 

PELUANG USAHA Peluang usaha biro travel haji/ umroh mdl kecil resiko 0% potensi penghaislan ratusan jt solusi cpt tnp kendala biaya, hadiri seminarnya 25 Jan 2014. Hub. 081379985665 Hanya dg 1,3 jt bk kntor prwkilan tour travel haji, umroh tnpa dftr tggu bs grts , dpt dna tlangan 30 jt tnp jminan surve ad pluang usha jtaan/ hr Hub.081541099222

DANA TUNAI Pinjaman Dana Tunai 1M s/d 500M dlm& luar daerah, jaminan bisa nama orang lain.menerima mediator Global Nusa Dana Hub 081297099758,

Invstasi Dana Cash/Aset Rmh,Tnh,M bl,GND,081297099758,08129709973 8,081287795506

KOPI Kopi rasa buah : durian, melon, jambu, mangga, anggur, leci, sirsak, strawberry, bluberry, moka & capuccino: peluang usaha bisnis jaringan tnp mdl bagi hsil hub.081379272995, 0721.7504122

PENGEMBANGAN DIRI Hipnotis & Magic Pusat pelatihan hipnotis dan magic/ sulap garansi bimbingan mahir hub.085768627777 (call only)

PENGINAPAN PONDOK PALAPA, HARGA MULAI DARI

Jl.Kiwi No.5 Kedaton tlp.0721-701677,

LUAS, JL. P.E.M NUR 7623158, 7188333,

0813.30125042.

081540816997 Disk 30% s.d. 50%

087899764477, 085380151888

uang kembali Hub.0856.6977.7966

LABORATORIUM Animo Chemical & Lab: menjual

PENGOBATAN Sakit kulit & kelamin, gatal-2, herves,

Privat & Kursus membaca pola sidik

go, kutil, lemah syahwat, kanker dll.

jari, garansi bimbingan mahir. Hub.

Hub. 0878.23006200.

Jimmy 0813.88069672 Privat Profesi. Guru datang ke rumah semua pljrn TK, SD, SMP,

bahan kimia industri & laboratorium,

SMA, Ngaji, Sempoa. 0721-7503131-

harga terjangkau Jl.Pemuda 126 dpn

085658957909 - 081369152541

Chandra, HP.0812.7289997.

profesional & sabar, siap un.

BEKAM HERBAL Omah Bekam Herbal melayani: bekam, pijat syaraf, reflexy, terapi mata, DIET SEHAT turun 4-8 Kg/bln. Hub. 081927845812, 085381527712 (Soleh).

PROPERTI AGEN PROPERTY Agrindo Energitama property agen jual/beli rumah baru, second. Hub.Yulita (0721) 7627151 Adit 08976053787 Andre 089631422882 Bobi 089650315459.

ARSITEK G. Arsitek terima jasa arsitek 3D, rab, pemborongan, pengawasan, p e m b u at a n m a r ke t & t a m a n hub.082310919901

bahan bangunan Terima pembuatan kusen pintu, bangku sekolah telp.081541247037

BATA Jual Bata Ringan Apung harga loco pabrik Rp 625.000/m3 isi 83 pcs/111 pcs. Hub. 0813.10917800.

RANGKA BAJA Tersedia rangka baja ringan+atap metal polos & pemasangan canopi atap polos.atap pasir,canopi spandek, tersedia juga baja ringan+atap spandek 0,35(rangka baja ringan saja) Rp 120 rb/m hrg tsb sesuai kualitas bahan. Bp. Deden Arifin Jl.Ki Maja 28 Bdl. 0852 68252225

Rmh djl cpt LT 6x13,5 kmr 2, Perum Bukit Mas G/16 Sukabumi BDL JL.Tirtayasa. hub. 085279810760

Dijual rumah tipe 22 Perum Sejahtera Jl. Komarudin Rajabasa Raya harga nego hub. 085383101007

Dijual rmh SHM, LT/LB 750 m2/600 m2/2 LT/4 KT/+2 KT, pembantu 4 kmr, garasi+corpart/u 5 mbl ada gazebo JL.MAULANA YUSUF NO.39 a hrg nego hub:081272269699

Dijual 2 unit rumah di Perum Nunyai Permai Jl. Komarudin Blok C7-8 Rajabasa Bdl. Hub. 0812.7943390

Dijual rumah & tanah ukuran 200 m, SHM, Bangunan permanen, hrg 300 jt nego. Hub. Bpk.Jon 081367917107, 089672662701. Rumah dijual Jl.M Ryacudu Prum BBI Blok 3 no 2 Campang Raya 3KT,SHM, Hub: 081379909174 Dijual rumah+ tanah ukr 20 x 20, tempat strategis Jl.Tabek Indah Serbajadi I, hrg 170 jt ng. Hub. 081367917107. Dijual rumah tipe 50 & 36 minimalis full, belakang Puskesmas Karang Anyar, sangat murah. Segera hub: 0821.85377717 Rmh dijual Jl.Bukit Kemiling Raya blok O no.14 LK II Kel.Kemiling permai kec.Kemiling BDL, SHM, LT 200 m,LB 115 m, 3 KT hub.081369406455,08127929441

dikontrakkan Rmh JL.Basuki Rahmat No.45/45 s m p g a p o t i k n o v a / f a s l g k p, tlp, pam, lstrk, (bs u/ dagang) hb.484266, 481196, 08127953091, 08127913140

RUKO DIJUAL Ruko harga 4 M nego di Jl. Teuku Umar samping pasar Koga depan Rumah Sakit Advent. Hub. 081541407777 Dijual ruko 4 lantai,sumur bor,Jl.Gajah Mada No. 17 F,dpn Apotik Sentosa 800 Jt/Ng, Hub.081279777999

dikontrakkan Dikntrkn ruko 2 lantai, berikut rmh tmpt tinggal diblkngnya, Jl. P. M.Noor No. 28B, fas list, telp, pam. Hub. 0721484266/481196, 08127953091/08127915140

TANAH DIJUAL

Dijual rumah LT 400 m2 bangunan permanen, tmpt strtgs, jl.aspal, Jl. Serbajadi Tabek Indah Gg.Kartini Pemanggilan hub. 0823.78365801, 089672662701.

TNH 740 M2, shm, Jl. Bandar Agung (Jl. A.Salim atas dkt Villa Lamban Gunung) Kaliawi, jl aspal 5m, Rp 175 Jt. Hub. 0853.67053258.

Dijual rmh di JL.Tabek Indah Serbajadi 1 Natar ukrn ± 300 m, tmpt strategis, bangunan permanen, hrg 250 jt (nego) hub.bpk jone 081367917107

Rmh baru 2 (dua) unit T/B 128/80 m, 3KT/ 2KM listk 2.200 watt, SHM @ Rp.495 jt Jl. Aster No.5A/5B Rw laut enggal hub.082372194569

Dijual tnh uk: 430 m3, JL. P.Damar Gg. Nusa Indah 9 waydadi sukarame bdl Rp.120 jt nego hub.081540019018, 082186036465

Rmh SHM,LT 143 m3 JL. Raja Basa II No.26 , dkt pasar Perumas Way Halim cocok u/ usaha hub. 085279810760

rumah, 2 lantai, luas lahan 400 m2, listrik 3500 watt, harga 1,2 milyar, kontak person ke iqbal 08127926232

Tanah ukr 27.456 m2, di Jl. Srimulyo blk pabrik areng, hrg 170/m, harga nego. Hub. 0813.67917107

RumaH dijual

Jual murah 250 jt (nego), tnh 1635 m2, SHM, Bulukkarto, Sidoarjo, PSW, lampung HP.081931835247 TNH 4500 M (75x60) pggr Jl Ry Kalianda dkt rumah dinas bupati, cck u/usaha apa saja, SHM @Rp.250 rb/m Hub:085369480372 Tnh 2 Ha, tnh Gunung di Sukajaya Hanura, 150 M dr Jl. Raya, srt SKT Sporadik dkt TPI Rp.500 Jt Hub: 08127212000 Dijual tnh bukit datar bs u/ villa & tnh keruk JL.S.Hatta diatas terowongan KA pggr jln Way Lunik pnjg Rp. 5 M, LS 1 Ha, hub.0721252190 (asmidar) TU SMA 1 pahoman,081271039921, 081286068344, 08128191372 Dijual tnh Jl. Darusalam 600 m, SHM, Gg. Rj.Ratu 370 m, SHM, K.anyar 200 m, SHM, Jl.Nyunyai 585 m, AJB Bilabong 675 SHM Hub. 08127953230, 081541433154 Dijual tanah di tengah kota, lokasi sangat strategis, SHM, Ls 1420 m2. Hub. 0821.1131.5073 Dijual cpt tnh luas 1.020 M, vieu laut pnjg sangat indah, lebar 30 M, pnjg 34 M Huk, lok.Campang Raya T.Karang Timur minat serius hub.081296113643, 08176692277

TANAH KAVLING Raja group, jual cpt tnh kavling 8x20 hrg 25 jt, bs kredit lokasi kota bru dkt kntr gubernur hub.Adang 7360009, 082379691111

Jl tnh kav. di Kotabaru Lpg jrk 500 m dr lok. Pem.Ktr.Gubernur/Pemprov Lpg yg baru. Hub. CV Patok Emas (Candra 0852.79787894) Dijual kavlingan di Kota Baru Lampung lokasi Desa Banjar Agung Kec. Jati Agung di tengah-2 Kota Baru, dkt BL, pusat pemerintahan Kota Baru & ITERA DP 3Jt Angs 500.000 x50 bln. Hub. 0813.69035568 Dijual tnh kavlingan dkt ktr baru GB Lampung, ukr 10x15=150 m2 hrg 15 Jt trm AJB cash/kredit lokasi Kec. Jati Agung LS jgn smpai telat. Hub. Graha Kapling 082185540500 Heboh jual tanah kavling Tabek Indah Natar (1) Bunga 0% (2) Bisa libur bayar 1 th (3) Sistem Bayar Mudah & Ringan (4) Booking skrng lsg dpt hadiah mnrk (5) Lok.mantap & strtgs (6) Ada jaminan kenaikan hrg. Sgr stok hnya 18 unit. Hub.0813.69177652

RAWAJITU KEBUN SAWIT DIJUAL Dijual kebun sawit luas 72 Ha lokasi di Rawajitu pinggir jalan poros. Hub. 0821.8495.5299

DICARI TANAH Dbthkan tnh utk membangun pabrik pakan LS ± 4 Ha, pjg 120 m, lbr 240 m, kawasan industri (cnth Jl IR.Sutami), tanah jauh dr penduduk,Email: w u y @ n ew h o p e g ro u p. c o m , Kontak : 08151393510 (Mr.Chen), 085248849032 (Mr.Apeng)

RUPA - RUPA

SEDOT WC mampet sal.air, dll, luar dalam kota stndbay 24 jam hub.081366060300, 085788434389 SEDOT WC & ATASI MAMPET, LIMBAH STAND BY 24 JAM (LUAR & DLM KOTA). HUB.0721-7905006, 0853.7766.9976. Sedot WC dan atasi mampet standby 24 Jam. Hubungi. 0721-7971.222, 0821.79924000 SEDOT WC & atasi mampet LUAR dan DALAM KOTA 082180803233, 085783667003

ATASI MAMPET Ahli atasi mampet, atasi wc. Mampet sal. air, westafel dll tp bgkr, luar dalam kota garansi. Hub.0813.66060300. Spesialis Atasi Mampet Sal. Air, Wastafel, WC dll, tanpa bongkar garansi, bisa kuras sumur. Hub. 082180803233.

MAKANAN NASI KOTAK Nasi kotak, nasi bungkus murah aneka lauk lengkap Jl. Purnawirawan/ depan MM-UBL Hub.07213618481

Sedot WC & atasi mampet “Clean Care” 4 unit dlm & luar bdl, berpengalaman sejak’08 pionir di lpg 07217400060, 081252711000

SANGGAR BUNGA LYDIA FLORIS menerima mepasan bunga papan sewa/lepas u/ pernikahan, sukses, duka cita, ultah, rias mobil pengantin dll hub. 0821.8168.111 Sanggar Bunga Lampung Florist. Trm pesanan ucp. Karangan

Planet Mars Lasso Florist menyewakan bunga papan & Planet Mars Casso Outomotive jual beli motor mobil berkas. 089621137003 Pin BB 211813 AC.

VISA TUNAI Trm gesek tunai visa & master, jl. Hayam Wuruk dpan Candra Karang. Hub. 7514526 / 0823.76227762

LAMPUNG TIMUR STEAM Tirta Jaya Steam Mobil Hidrolid menerima cucian steam mobil, motor di Jl. Pertanian no.547 blkg psr pekalongan ± 100 m, Lam-Tim HP.081379515892 (Ari)

Metro APOTIK Apotik Adil Jl.S.Syahrir 24B Tejoagung Metro, jual herbal order/ecrn disc 5% tiap jumat konsul obat gratis tensi, cek gula darah, asam urat, mandi sauna sepuasnya Rp.15.000 HP.08127245463

LOWONGAN

Agunan) bagi hasil 60% perbln.Bs

type / merk. Harga tinggi. Hubungi:

kls mahir psti bs smua merk hp grnsi

Adinda Skripsi percetakan dan penjilidan Jl. Sultan Haji (depan Kampus Teknokrat /belakang dealer Nissan) Kedaton Bdl. Hub. 0721-7360579.

Dana Permodaln (Usha Pnjmn dg

TV, KM PRIBADI, BREAKFAST, PARKIR

ZA Pagar Alam No.2 gdg meneng, bk

PENJILIDAN SKRIPSI

hub: 7360009, 082379691111

pung kursus menjahit Juliana Jaya

Nvu ponsel service & kursus hp Jln.

SEDOT WC

Cetak apa saja tanpa minimal dilayani di tempat anda ? LINTAS KREASI Jl. Teuku Umar 30 Bdl 0815.41339354, 082177158254 (24 jam)

nopol di luar Lampung. Kami layani

Dibeli komputer / Laptop berbagai

PRIVAT

PERCETAKAN

Menjual ayam kampung & bebek berapapun anda butuhkan kami siap antar, terima pesanan, siap potong & hidup hub. Ibu sri mulyani 081366162717, 089626601259

bunga,papan bunga meja di Bandar Lampung Pasar 085279714488, Pasar Tugu 082183156777, Kalianda 085267336888, Pringsewu 085366759222 Pin BB 2942TEB5 Jl.Imam Bonjol 114 Lebak Budi Bdl.

Jaminkan BPKB mobil/motor plat

95.000/hari, DI PUSAT KOTA, FAS : AC,

lebih dari 25 cabang.

Terapi lintah mengobati: darah tinggi, kolesterol, jantung,asam urat, kanker, gatal-2, nyeri otot dll. Hub. 0812.72729660

081297099738,081287795506

Top di Jakarta Kini di Bandar Lam-

KURSUS TEHNISI HP

JUAL AYAM

TERAPI LINTAH

dijual segera Tanah strategis, SHM, uk: 2115 m2, cocok utk investasi, rmh makan di JL.Lintas Sumatera 100 M dari POM Bensin AKR Terbanggi Besar (bisa tukar mobil) Hub.081276809999

Dibthkn karyawan mekanik yg berpengalaman handal dibidang mobil, harap menghubungi jogja motor Jl.Untung Suropati no.22 Bpk Supanji 07217324500 PT Kera sakti, prushaan yg sedang brkmbng membthkn marketing, spv, adm, stap md, pend min sma, smk, D3, S1 hub. Merta p 082180082911, 089631117003 Dbthkn SPG butik, kryawati single, mx 25 th, sopan, ramah,ulet, bs bkrja dg team, brpglamn,SMK, bs kmptr (min work,exel) lmrn diantar lgsg ke Jl.Soekarno hatta, ruko perum bukit kencana 3 no.8 dpn tunas supermarket bypass sukarame BDL 0721.707772

Dbthkn sopir SIM B1 umum mx 35

Dibthkn sgr Staf Kantor Wanita Single

th, pddkn SMP, Admin/P&W mx 25 th

Sarjana Ekonomi pengalaman min. 3

pddkn S1/D3, PR&KS P&W pddkn SMU/

th. Lmr ke Jl. Kemuning 1 No. 34 A

SMK lmrn lgkp dtg lgsg ke JL.Tembesu

R.Laut Bdl. Tlp.0721-268782.

No.8 Campang Raya BDL PT. Jaya Ara Sakti Dbthkn Karyawan

Dibthkn ke Jepang hub. Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) ChuOo

& Supervisor, min SMA, Gaji pokok 1 Jt,

Mandiri Blok H1 No.09 Kemiling

Jl. Printis Kemerdekaan No.10 hub.

081277373311,0721272868,081957

Bpk Dani 081541128030

132044,08978910663.

Dibutuhkan 1 orang untuk pang-

Venus Elektronik dbthkn Head

kas rambut berpengalaman hub.

Marketing, SPV,Adm, Sales u Cab.

082184299864

T.Karang,Metro,Way Jepara,Jl.Un-

Dibutuhkan remaja laki-laki & wanita diatas 40 th untuk bekerja dirumah

tung Suropati (ruko Eldorado) No.67 tlp.07218011805 Intervie Langsung.

tangga hb. 081279522716

Dicari karyawan untuk market-

LOWONGAN

LOWONGAN

pekerja keras, siap bekerja dengan

AIRA Skin Clinic membutuhkan :

Bank MAU Syariah (BPRS) membutuhkan :

team hub.08127624727

ing, pria usia max 30 th, jujur, rajin,

BA KOSMETIK WANITA, KULIT WAJAH BERSIH PERNAH SEBAGAI BA KOSMETIK DOMISILI DIKOTA LAMPUNG BERKAS LAMARAN DIKIRIM KE :

AIRA Skin Clinic

JL. PEMUDA No.114, B.LAMPUNG (depan Chandra Karang)

1. Sales officer (marketing) 2. Accounting Persyaratan : ~ Pria umur max 23 tahun ~ Pendidikan SMK/SMA dan D3 ~ CV, Pashpoto 3x4 2 lmbr ~ Memiliki kendaraan & SIM C Lamaran antar langsung Jam kerja ke : Jl. Hayam Wuruk No.95 Tanjung Karang Timur Bandar Lampung


senin, 3 februari 2014

LAMPUNG POST

PARIWARA 21

otomotif mobil dijual

BENGKEL B E N G K E L 5 1 . J u a l a l at - a l at mobil, motor, bengkel, dll. Hub. 0823.76227762.-

mobil DIsewaKAN JONI NIAGA RENT CAR: Inova, Kijang Capsul, Avanza, Xenia, APV, Altis, ALphard. Hub. 7403700, 7692086, 0812.7264905 ****** OONK RENTAL CAR ****** Sewakan Sedan Pengantin, Innova, Avanza, Xenia. Hub: 0721-7471813, 0811.799813

n

Disewakan toyota camry untuk mobil pengantin, avanza antar jemput bandara, hub.081369086666, 081379366669 Azzam Rencar menyewakan mbl Innova, Avanza, Xenia, Sedan utk pengantin. Hub. 0823.75292647.

DAIHATSU Luxio’10, Hitam Met, BE, tipe D, istimewa. Hub. 0813.6962.2245 Gran Max ’08 Optima 1,5 CC, Htm Met, BE, AC, PS, VR,istmmw. Hub.0812.74014112 Grandmax mini’08, hitam, BE mulus siap pakai hub.081379986809 Espass Pu’04, hitam, 33 jt nego hub. 081379766664

HONDA Honda New City Idsi 2004 manual, plat B, gold met, mobil bagus terawat hub.08127221250 Maestro 91, merah, BE kdy, body, mesin, kaki2 oke, S.pkai Hp. 081379929120

isuzu Panther New Hi Grade, wrn hijau’2000, 87 jt, hub. 0852.7980.5927.

MERCY MERCY C 230 Ex SilverBird 175 jt & 185 jt, trwt Cash/Credit harga nego 0217989000 Ext 139, HP : 08170961828

MITSUBISHI Pajero Sport Exeed 2011, BE Kodya, ng hub.082186039775

NISSAN Nissan X-Trail, warna silver, 2004, hrg nego, hub. 0813.7949.2222.

SUZUKI KARIMUN ESTILO’08 VXI BE Kotamadya, an sendiri, Pink Original, VR,CL,BR, PS, MP3, mulus, msn oke siap pakai, 85 jt nego. Hub. 0812.79497934,081379208113 Futura PU’12 akhir, hitam, BE hub.0813799868 09 Grand Vitara JLX MT 2007, wrn abu-abu metalik, plat istimewa BE 18 PJ, tangan pertama, hrg 160 jt nego. Peminat serius hub. 081369958888, 085379636396

TIMOR Timor’98 BE, Biru tua Met, mls L/D, s. pakai,lkp,AC,EM,PS,DVD,BR,VR17,rmt ng 08127937256/07217553110 Timor Dohc, wrn hijau’97, over kredit 25 jt hub. 0852.7980.5927.

TOYOTA K ijang Inova 2010, tipe G, Bensin, mobil bagus, orisinil hub.0821.8539199 Kijang LGX’2004 Silver, mobil bagus, orisinil. Hub. 0813.69991519 Kijang Grand long’96 hijau, BE mulus siap pakai hub.081379986809 Kijang pick up’96, hitam, siap bekerja, 50 jt nego hub.081379766664

OVER KREDIT Over Kredit Avanza All New ‘12,G M/T, Silver, kembali 85 jt angsrn sisa 14 bln, BE,tgn 1,mls Hp.0821.7945.1520

metro POWER STERING ISTANA MOTOR. Ahli power stering, AC mobil semua jenis mobil. Hub. 0721-7512104, 0821.77460825 Ahli servis/psng power stering semua jenis mobil. Hub. @wing Motor 085269566067, 089631633102 Jl. Z.A. Pagar Alam 46 Lb Ratu sbrng Sekolah Darma Bangsa.

VARIASI MOBIL EKO JAYA: kaca film, audio, alarm, sarung jok, karpet, asesoris, Jl.P.Atasari 154 B (dpn GIANT) ekonomis kualitas oke. Hub. 082184721000


senin, 3 februari 2014

LAMPUNG POST

PARIWARA 22


±

±

CMYK

SENiN, 3 FEBRuari 2014 LAMPUNG POST

±

CMYK

OLAHRAGA 23

Bull Gagal Tuntaskan Dendam Kekalahan itu membuat Chicago Bulls harus menghapus ambisi untuk membalaskan dendam setelah kalah di pertemuan pertama. Muharram Candra Lugina

P

ada perte­mu­ an pertama di kandang sendiri, United Center, Desember lalu, NBA Bulls menyerah 131128. Kali ini pun saat bertandang ke New Orleans Arena, New Orleans, Minggu (2/2), Bulls kalah 79-88. Anthony Davis benar-benar men­jadi pahlawan lantaran men­cetak 24 poin, 8 rebound, dan 6 kali melakukan blok. Da­v is pun menjadi pemain ke­d ua NBA yang m a mpu me­­n g u mpu l k a n lebih dari 22 poin di empat laga bertu­r ut-turut setelah Patrick Ewing pada November 1990. D.J. Austin menjadi bintang Bulls dengan menorehkan 23 poin. S ement a r a d i E a s ter n Conference juga terjadi duel k lasi k nan sengit antara New York Knicks dan Miami Heat. LeBron James dk k. akhirnya keluar sebagai pemenang untuk pertama kali tahun musim di kandang Knicks, sekaligus menyetop empat tren positif Knicks di empat laga terakhir. LeBron dengan raihan 30 poin berperan besar atas kemenangan Heat 106-91 atas Knicks. Kemenangan itu sekaligus menuntaskan dendam atas kekalahan di pertemuan pertama di mar-

kas Heat, 9 Januari lalu, saat kalah 92-102.

Hingga Akhir Musim Indiana Pacers menambah kedalaman skuat di sektor big man. Pacers secara resmi merekrut mantan center Los A ngeles Lakers, A nd rew Bynum. Pacers akan membayar Bynum 1 juta dolar AS hingga akhir musim ini. Berga bu ng nya By nu m membuat posisi center Pa­ cers akan makin tangguh. Dia akan menjadi cadang­a n Roy Hibbert dan Ian Mhainmi. Ditambah pemain power forward David West dan Luis Scola, Pacers memiliki tim paling lengkap untuk posisi big man. Praktis, keberhasilan Pa­ cers mendapatkan Bynum membuat Heat gigit jari. pada musi m lalu, Pacers harus takluk dari Heat pada final Wilayah Timur. Saat ini, Pacers memiliki rekor lebih baik dari Heat. (U1)

lulu@lampungpost.co.id Hasil Lengkap Raptors 103-106 Blazers Jazz 79-90 Clippers Nets 96-97 Pacers Thunder 81-96 Wizards Timberwolves 113-120 Hawks Sixers 96-113 Pistons Cavaliers 92-106 Rockets Bucks 90-99 Grizzlies Kings 93-95 Spurs Bobcats 95-105 Suns

SMK BLK Maju ke Perempat Final SMK BLK bertemu dengan APJ FC pada perempat final tur­namen sepak bola U-17 Na­ gata Berlian Cup. Pada 16 be­ sar, SMK BLK menundukkan Mandiri FC 2-1 pada laga yang berlangsung di lapangan Way Galih, Dusun V, Minggu (2/2). Pertandingan kedua kese­ belasan berlangsung cukup berimbang. Serangan demi serangan dilakukan kedua tim untuk bisa membuka keunggulan lebih dulu. Dari sejumlah peluang yang tercipta, satunya berakhir gol bagi Mandiri FC. Saat babak pertama menyisakan lima menit, penyerang Mandiri FC Riki mampu membobol gawang SMK BLK. Keunggulan satu gol mampu dipertahankan Mandiri FC hingga waktu istirahat. Tertinggal satu gol membuat para pemain SMK BLK meningkatkan tekanan untuk menyemakan skor. Serangan demi serangan mereka lancarkan dari semua sisi. Usaha keras pemain SMK BLK akhirnya membuahkan hasil saat laga memasuki menit ke-40. Aji dengan sem-

purna menuntaskan peluang yang didapatnya untuk menyamakan skor. Berhasil menyamakan skor menambah motivasi pemain SMK BLK untuk menambah gol. Lima belas menit berselang, Bagus menggandakan keunggalan SMK BLK. Skor 2-1 untuk keunggulan SMK BLK bertahan hingga wasit meniupkan peluit panjang. Hasil itu membawa SMK BLK lolos ke perempat final untuk menghadapi APJ FC. Tiket ke perempat final juga diraih APJ FC. Pada 16 besar APJ harus mengeluarkan seluruh kemampuan terbaiknya untuk mengalahkan Srimurti Barat. Kedua tim bermain imbang 1-1 hingga waktu normal sehingga pemenang harus ditentukan lewat drama adul penalti. Dalam drama adu pe­nalti, dewi fortuna lebih berpihak kepada kubu APJ. Mereka mampu mencetak tujuh gol dari tujuh eksekutor yang menjadi algojo. Sedangkan Srimurti Barat hanya mence­ tak tujuh dari delapan eksekutor. (LUG/U1)

VARIA SPORT Daud Yordan Pertahankan Gelar di China

n AP/RICK SCUTERI

JARINGKAN BOLA. Power forward Phoenix Suns, Markieff Morris (11), melancarkan aksi dunk untuk menambah poin timnya saat menghadapi Charlotte Bobcats pada lanjutan kompetisi NBA di US Airways Center, Minggu (2/2).

Aldo-Divia Berjaya di Lampung Masters Seri I PETENIS putra Bandar Lampung Aldo dan putri Divia asal Lampung Selatan akhirnya keluar sebagai juara turnamen tenis terbuka Lampung Master Seri I. Hasil manis itu diraih setelah berjuang selama tiga hari. Pada final yang berlangsung di lapangan tenis Way Halim, Minggu (2/2), Aldo mengatasi perlawanan rival terberatnya asal Lampung Selatan, Faisol Rizka. Sementara Divia menumbangkan petenis tuan rumah, Anissa Nindya. Sebelum melangkah ke laga puncak, Aldo di semifinal me­ nundukkan Rizki dengan skor cukup telak 8-4. Sementara Divia berjuang cukup ketat sebelum menang 8-6 atas Nabila. Di awal pertandingan, permainan agresif Faisol membuat Aldo cukup kerepotan. Hal itu terbukti di mana Faisol mampu menyelesaikan set pertama lewat pertarungan

ketat dengan skor 7-5. Namun, perlahan tetapi pasti, Aldo yang mengandalkan forehand dan backhand mampu mengendalikan permainan di dua set berikutnya. Aldo menunjukkan konsistensi permainan. Set kedua pun direbut Aldo dengan skor cukup telak 6-1. Pertarungan lebih ketat terjadi di set ketiga atau penentuan. Namun, keberuntungan riupanya lebih menaungi Aldo. Lewat permainan konsistensinya, petenis Bandar Lampung itu mampu menjadi yang terbaik setelah memenangkan partai melelahkan itu dengan skor akhir 10-6. Laga berbeda terjadi di final tunggal putri. Divia tampil dominan untuk bisa mengatasi perlawanan Anissa dengan skor 6-2 dan 6-2 membawa petenis Lampung Selatan itu tampil sebagai juara. Kejuaraan yang pertama kali

digelar itu sudah menampakkan sejumlah kejutan dengan tumbangnya sejumlah petenis yang sudah berpengalaman. “Banyak kejutan di turnamen ini, pemain-pemain junior yang sebelumnya kurang diperhitungkan malah mendominasi, Aldo dan Faisol Rizka melaju ke final setelah sebelumnya menumbangkan pemain-pemain yang lebih senior,“ ujar Tecky Sartono, ketua panpel. “Hasil pertandingan ini akan menjadi masukan bagi Pengprov Pelti Lampung dalam menyusun strategi pembinaan jangka panjang,” ujarnya. Lampung Master Seri I digelar tiga hari dari 31 Januari 2014 hingga 2 Februari 2014. Kejuaraan diikuti 57 petenis terbaik putra dan putri seProvinsi Lampung. Turnamen ini merupakan rangkaian dari tiga seri Lampung Master yang akan digelar Pengprov Pelti pada 2014. (WIN/O1)

JUARA dunia kelas ringan (61,2 kilogram) Daud Yordan bakal mempertahankan gelar yang kedua kalinya di China pada 28 Maret 2014. “Saya memang mendapat pemberitahuan dari manajemen bahwa pertarungan saya mendatang dilaksanakan di China pada 28 Maret 2014,” kata pemilik rekor 32 kali menang (23 di antaranya dengan KO) dan tiga kali kalah, Minggu (2/2). Namun, hingga kini dirinya masih menunggu kepastian dari manajemen soal lawan yang akan dihadapi dan apakah masih akan menjalani latihan di Sasana Herry’s Gym di Perth, Australia, seperti yang dilakukan dalam beberapa kali pertandingan terakhir ini. “Yang jelas saya masih menunggu kepastian dari manajemen sambil mempersiapkan diri menjalani latihan,” kata petinju Sasana Katong Utara, Kalimantan Barat itu. (ANT/O1)

Penampilan Persib Belum Meyakinkan BUTUH gol dari titik putih untuk membawa Persib meraih tiga angka di laga perdana mereka pada Indonesia Super League 2014. Berlaga di Stadion Si Jalak Harupat, Minggu (2/2), yang dibirukan pendukung atau bobotoh, Konate Makan menjadi pahlawan kemenangan dengan eksekusinya di menit ke-82. Dengan hasil ini, Maung Bandung bergabung bersama Persija Jakarta dan Pelita Bandung Raya yang juga meraih poin penuh di laga perdana Wilayah Barat. Meskipun demikian, penampilan kurang meyakinkan itu harus diperbaiki di laga berikutnya kontra Persita Tangerang, (5/2). Ketajaman lini depan menjadi pekerjaan rumah paling besar yang harus dibereskan pelatih Djajang Nurjaman. Kehilangan striker naturalisasi Sergio van Dijk, finalis Inter Island Cup 2014 ini, masih kurang tajam sehingga sulit menembus pertahanan lawan. (MI/O1)

Samator Taklukkan Juara Bertahan TIM bola voli putra Surabaya Samator menaklukkan juara bertahan Palembang Bank Sumsel Babel 3-0 pada ajang Bina Sarana Informatika Proliga seri pertama putaran II di GOR Ken Arok Kota Malang, Jatim, Minggu (2/2). Pelatih Samator Ibarsyah mengakui mematikan smes-smes tajam para pemain juara bertahan menjadi kunci kemenangan. “Saya rasa memang lebih baik melakukan blok daripada melakukan serangan,” ujar dia. Selain itu peran dua pemain asing Raydel Hieerzuelo Aquirre dan Gonzales Toiran, memang cukup sentral, meskipun semua pemain yang diturunkan juga tidak kalah bagus meredam permainan lawan. “Untuk poin kami memang aman, tetapi bagaimana dengan mental pemain, sebab tim kami lebih banyak dihuni para pemain usia muda.” (ANT/O1)

Sixsens Rebut Trofi Smanda Cup I 2014 ITIM Sixsens tampil sebagai juara kejuaraan sofbol putra Smanda Cup 2014. Pada final Sixsens menundukkan tuan rumah Smanda 12-6 di lapangan Perak Way Halim, Minggu (2/2). Dengan keberhasilan itu Sixsens menggondol piala bergilir dan piala tetap. Sementara Smanda mendapat piala tetap dan Balista di urutan ketiga. Selain trofi, juara I dan II mendapat hadiah uang pembinaan dari simpatisan sofbol Ridho Ficardo, yang turut menyaksikan laga final itu. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Hannibal mengungkapkan kejuaraan sangat berperan dalam pembinaan. Diharapkan, dari event-event yang digelar muncul atlet-atlet berbakat yang menjadi andalan

Lampung di tingkat nasional maupun internasional. “Saya harap cabang sofbol bisa mengikuti bisbol yang merebut perak di PON lalu. Bagi sang juara jangan cepat puas karena gelar yang diraih merupakan langkah awal untuk mencapai prestasi lebih tinggi lagi,” kata Hannibal. Sementara Ketua Harian Pengprov Perbasasi Lampung Marindo menambahkan dari kejuaraan ini sudah terlihat bibit-bibit atlet. “Kami optimistis dari kejuaraan seper­ti ini dapat dibentuk tim bagus. Sebab, tim bisbol yang merebut perak di PON lalu hasil dari kompetisi,” ujarnya. Sementara itu, Ridho meng­ apresiasi para pemenang. Dia mengungkapkan jika untuk

meraih prestasi itu dibutuhkan perjuangan keras. “Meraih prestasi itu tidak semudah membalikkan telapak tangan, tetapi dibutuhkan kedisplinan dalam berlatih dan yang terpenting atlet harus cerdas,” kata dia. Penampilan para pemain Sixsens di awal laga belum maksimal. Terbukti hingga inning IV mereka tertinggal poin dari Smanda. Namun, tim yang diperkuat sejumlah pemain penuh pengalaman, seperti Heri Haruman, Djadjat Sudrajat, dan Fricarda Ostabima, bangkit di inning V. Mereka mendapatkan 8 poin berbanding 1 milik Smanda. Begitu pun di dua inning selanjutnya dengan merebut 1 dan 3 poin, sedangkan Smanda tanpa poin. (LUG/U1)

n DOK. AQUA LAMPUNG

SERAHKAN TROFI. Simpatisan sekaligus calon gubernur Lampung Ridho Ficardo menyerahkan piala bergilir Smanda Cup 2014 kepada tim Sixsens. Pada final di lapangan Perak Way Halim, Minggu (2/2), Sixsens menumbangkan Smanda 12-6.


SEPAK BOLA senin, 3 februari 2014 LAMPUNG POST

MU Kurang Beruntung di Kandang Stoke MANCHESTER United menuai hasil memilukan saat ditekuk tuan rumah Stoke City 1-2 di Britannia Stadium, Sabtu (1/2) malam. Hasil itu membuat skuat Setan merah kecewa. MU menyerah dengan skor 2-1 setelah Charlie Adam mencetak dua gol ke gawang David de Gea. Dua gol itu hanya mampu dibalas satu oleh Robin van Persie. Gelandang sayap Ashley Young menilai kekalahan itu karena timnya tidak bisa mengonversi banyak peluang emas menjadi gol. “Pada banyak kesempatan kami bisa mencapai byline, mendapatkan bola ke kotak penalti dan kami hanya ingin itu menjadi gol, tetapi Ashley Young di hari n AP/JON SUPER l a i n kami bisa saja menciptakan tiga atau empat (dengan peluang-peluang itu),” ujar Young

Hasil buruk itu mengancam posisi Barcelona di puncak klasemen yang dapat tergeser Atletico Madrid dan Real Madrid.

Muharram Candra Lugina

R

“Hari ini jadi hari duka olahraga. Ia memiliki peran besar untuk membawa sepak bola Spanyol berjaya.”

24

Valencia Nodai Rekor Kandang Barcelona LFP

Florentino Perez

EKOR 10 kemenangan kandang beruntun Barcelona terhenti di pekan ke-22 La Liga. Valencia menodai rekor itu berkat kemenangan 3-2. Hasil itu masih menempatkan Barca di puncak klasemen dengan 54 poin, tetapi posisinya terancam Atletico Madrid yang memiliki poin sama dan baru bertanding dini hari tadi melawan Real Sociedad serta Real Madrid yang bertamu ke markas Athletico Bilbao. Sementara El Che naik ke posisi delapan dengan 28 poin dari sebelumnya di urutan 10. Berlaga di Nou Camp, Sabtu (1/2) malam WIB, Azulgrana membuka keunggulan lewat gol cepat Alexis Sanchez pada menit ke-7 dan eksekusi penalti Lionel Messi menit ke-54. Namun, Los Che bangkit lewat gol-gol Daniel Parejo, Pablo Piatti, dan Paco Alcacer. Kemalangan tua rumah bertambah dengan keluarnya kartu kuning kedua alias kartu merah bagi Jordi Alba di menit ke-78. Kekalahan itu membuat bek Dani Alves begitu kecewa karena merasa Nou Camp seperti markas lawan menyusul minimnya dukungan suporter. Pemain Brasil itu yakin tim membutuhkan bantuan yang bisa mereka dapatkan dari suporter. “Kadang ini terasa seperti kami main sebagai tim tandang,” katanya. “Koneksi (antara tim dan fan) harus positif. Kami kalah dan harus bangkit. Tidak ada waktu untuk menyesal. Kami harus dewasa dan belajar dari kekalahan sehingga ini tak terjadi lagi. Kami harus mengontrol seluruh pertandingan, tidak hanya mempertegang,” ujarnya. “Kami kehilangan tiga poin saat mengontrol laga. Kami mencetak gol. Ini bukan masalah kepercayaan diri berlebih. Kehilangan puncak La Liga hari ini tidak penting,” ujarnya. Sementara itu, arsitek Gerardo Martino tak bisa menjelaskan bagaimana timnya kolaps. “Setelah 30 menit pertama, saya tak bisa menjelaskan mengapa pertandingan berubah se­ telah itu. Kami tim berbeda di babak kedua,” ujar Martino. “Sebelum laga, saya katakan setiap kesalahan dibayar mahal dan kami membuat beberapa kesalahan hari ini. Ketika Anda memiliki peluang untuk menghabisi lawan, Anda harus melakukan itu. Anda tak seharusnya memberikan mereka peluang comeback. Hari ini kami melakukan itu dan Valencia mengambil keuntungan.”

Arsitek Valencia, Juan Antonio Pizzi, mengungkapkan kemenangan atas Barca sangat krusial untuk membangkitkan Los Che dari keterpurukan musim ini. “Di babak pertama kami kekurangan agresivitas, tapi di babak kedua kami menemukannya,” kata Pizzi. “Kami lebih agresif di kotak penalti dan menimbulkan ke­ salahan. Inilah sebabnya kami merasa kemenangan yang berharga.” “Ini kemenangan penting dan dorongan karakter besar. Kami harus mewujudkan ke dalam kepercayaan untuk menang di lapangan,” ujarnya. Di laga lain, Malaga mengandaskan perlawan­ an tamunya, Sevilla, 3-2 di La Rosaleda. Malaga membuka keunggulan lewat tendangan penalti Duda. Tim tamu membalas usai jeda lewat tendang­an Carlos Bacca. Sevilla kembali unggul melalui gol Federico Fazio. Los Boquorons tak menyerah. Dukungan fan fanatik membuat mereka tampil bersemangat. Alhasil, kedudukan pun kembali ber­imbang 2-2 lewat gol Samuel. Tuan rumah akhirnya me mastikan kemenangan me­reka setelah bintang laga malam itu, Duda, yang melepaskan sepak­ an spektaku­ler pada menit ke83. (O1) n AP/ALBERTO SAIZ

Gol Rami Selamatkan Milan WALAUPUN ditahan imbang 1-1 Torino di San Siro, Minggu (2/2) dini hari WIB, arsitek AC Milan Clarence Seedorf tetap memuji penampil­ an anak-anak asuhnya. Baginya, yang terpenting ialah anak-anak asuhnya itu terus menjaga tren positif tanpa kalah di Seri A selama ditukanginya. “Hari ini saya menyaksikan anakanak saya melakukan kemajuan dan yang paling penting mereka mampu menjaga tren positif,” kata Seedorf, seperti dilansir situs Football Italia.

Pablo Alcacer

lulu@lampungpost.co.id

Barcelona 20(5) 18 9 1 65% 2 1 1

kepada MUTV. “Gol mereka dari defleksi dan salah satu dari yang datang tiba-tiba de­ ngan tendangan jarak jauh, tetapi itu tentu saja mengecewakan untuk kalah ketika Anda menciptakan banyak peluang.” Kekecewaan juga diungkapkan arsitek David Moyes. Dia menyebut kekalahan timnya untuk kesekian kali karena masalah keberuntungan. “Ya, tidak diragukan. Malam ini boleh dibilang kami sangat tidak beruntung,” ujar Moyes. “Kami bermain di kondisi yang begitu sulit. Kami harus kalah karena gol pantulan yang aneh dan satu gol lain yang tidak seharusnya terjadi,” kata mantan manajer Everton tersebut. Bek Chris Smalling mengakui jika kekalahan timnya di markas Stoke City amat sangat membuat frustrasi. “Saya pikir kami mendominasi di sebagian besar permainan dan di hari lain peluangpeluang yang kami miliki mungkin akan masuk,” ujar Smalling. “Ini amat sangat membuat frustrasi.” “Kami menekan di sepanjang babak kedua, kami mendapatkan banyak bola, tetapi semua tidak berpihak pada kami. Di hari lain, sembilan dari sepuluh, kami akan memenangkan pertandingan,” katanya. (O1)

Valencia Tendangan (gawang) Pelanggaran Sepak pojok Offside Penguasaan bola Kartu kuning Kartu merah Penyelamatan

8(4) 8 5 1 35% 3 0 3

Adil Rami n AP/ANTONIO CALANNI

Torino membuka keunggulan di menit ke-17 lewat Ciro Immobile yang bertahan hingga turun minum. Empat menit memasuki paruh kedua, Adil Rami menyelamatkan timnya dari kekalahan dengan gol debutnya sejak ditransfer dari Valencia Januari lalu. Meskipun hanya mampu menyimpan satu angka di kandang sendiri, Seedorf memuji kesabaran para pemainnya untuk mendobrak pertahanan Torino. Apalagi, para banteng Turin itu tampil dengan organisasi pertahanan bagus yang sulit ditembus. Terutama di babak pertama, pertahanan Torino sangat rapat sehingga saya memerintahkan (Keisuke) Honda untuk menekan dari sisi sayap,” kata dia. Dengan tambahan satu angka ini, Milan tetap bertahan di 10 besar dengan 29 poin. Mereka pun masih menyimpan mimpi berlaga di pentas Eropa musim depan mengingat kini hanya selisih sedikitnya empat angka dari peringkat lima Inter Milan yang berlaga kontra Juventus, dini hari tadi. Di laga lainnya, Fiorentina gagal menempel Napoli di peringkat tiga setelah tumbang dari tim papan bawah Cagliari 0-1. La Viola harus mengaku kalah di Sardinia setelah Mauricio Pinilla sukses menjadi eksekutor penalti di menit ke-39. Pelatih Fiorentina Vincenzo Montella pun tidak bisa menyembunyikan raut kecewa. Meskipun demikian, ia tidak ingin berlama-lama murung dan meminta pasukannya melupakan kekalahan ini kemudian bangkit di laga berikutnya. (MI/O1)

OFFSIDE Kroos Takkan ke MU

Spanyol Berjaya Berkat Aragones

Van Persie Mulai Tak Betah

BAYERN Muenchen tidak akan menjual Toni Kroos ke Manchester United. Pemain berusia 24 tahun itu ragu untuk menandatangani kontrak baru. Direktur Olahraga Muenchen Matthias Sammer mengungkapkan takkan melepas sang gelandang yang kotraknya habis pada Juni 2015 itu ke Setan Merah. Arsitek David Moyes tertangkap kamera bicara dengan agen pemain Januari lalu. Ketertarikan MU terhadap Kroos tidak cukup untuk mengajukan tawaran kepada sang bintang, yang menolak berkomitmen dengan tim Pep Guardiola, tetapi chief Die Roten mengatakan mereka tidak akan menjual Kroos. “Kami tidak akan menjual Toni sebelum kontraknya berakhir,” ujar Sammer. “Saya akan ulangi apa yang dikatakan Uli Hoeness; Bayern adalah klub pembeli, bukan penjual.” “Kami ingin dia memperpanjang kontrak, tidak ada keraguan soal itu. Namun, dia bukan kasus sederhana. Saat ini kami tidak dapat mengatakan kesempatannya bertahan 80%—20% atau 70%—30%.” (O1)

BERPULANGNYA legenda pelatih Spanyol, Luis Aragones, membawa kesedihan mendalam bagi para pelaku sepak bola di dunia, salah satunya adalah Presiden Real Madrid Florentino Perez. Dalam laman resmi Los Blancos, Perez meng­ ucapkan rasa belasungkawa atas meninggalnya pelatih yang membawa La Furia Roja jadi kampiun Euro 2008 itu. Ia pun menyebut Aragones memiliki peran besar untuk membawa Spanyol berjaya di dunia sepak bola. “Kematian Luis Aragones membuat semua pihak yang berkecimpung di dunia sepak bola bersedih. Hari ini menjadi hari duka olahraga, tetapi kita harus tetap menghormati sosok legendaris sepertinya. Ia memiliki peran besar untuk membawa sepak bola Spanyol berjaya,” ujar Perez, di laman resmi klub. “Luis Aragones selalu mengutamakan kejujuran dan kerja keras di sepanjang kariernya. Saya mengucapkan rasa duka cita yang sedalam-dalamnya bagi sanak saudara dan klub seumur hidupnya, Atletico Madrid,” katanya. (O1)

PENYERANG Manchester Uni­ ted Robin van Persie berpeluang kembali ke klub lamnya, Arsenal. Pemain Belanda itu d i k a b a rk a n mu l a i t i d a k b e t a h d i O l d ­T rafford. The Mail on Sunday mengklaim Van Persie kecewa dengan perginya Sir Alex Ferguson musim panas lalu yang diikuti pelatih tim Rene Meulensteen. Van Persie bisa saja melakukan hal yang mengejutkan dengan hengkang setelah hanya dua tahun memperkuat Red Devils. Sementara itu, sudah diketahui sang striker dan keluarganya tidak cukup betah di Manchester dan kabar di Belanda menyebutkan pemain berusia 30 tahun itu kurang cocok dengan latihan klub di bawah David Moyes. Van Persie mencetak gol untuk Setan Merah saat menghadapi Stoke City kemarin (1/2), tetapi itu belum cukup untuk menghindarkan timnya dari kekalahan 2-1. (O1)

n REUTERS/WOLFGANG RATTAY

n REUTERS/MIGUEL VIDASL/FILE

n REUTERS/DARREN STAPLES

:: LAMPUNG POST :: Senin, 3 Februari 2014  
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you