Page 1

@lampostonline, @buraslampost

www.lampost.co

rabu, 25 junI 2014

T E R U J I T E PERC AYA

facebook.com/lampungpost

Karet Jadi Ladang Korupsi K

OMODITAS karet milik PTPN 7 Way Galih di­ duga menjadi ladang korupsi di kalangan internal. Modus penyimpangan ter­ jadi dari proses penyadapan hingga ke pabrik. Dugaan penyelewengan setidaknya berlangsung sejak September 2013—April 2014 atau delapan bulan. Sejumlah penyadap mengungkapkan mandor berinisial AR meme­ rintahkan empat orang man­ dor lainnya agar getah karet (lateks) dibuat kering (dry rubber content/DRC) 17%.

S

aya sudah laporkan ke manajer, Pak Arifin. Sejak itu kegiatan langsung berhenti. Ini benar, bukan rekayasa.

Seharusnya pengeringan tidak dilakukan di lokasi penya­ dapan, tetapi di pabrik, agar semua penyadap dan karyawan pabrik mendapat premi dari perusahaan. Dengan cara itu, penyadap yang normalnya mendapat Rp50 ribu untuk 16 kg lateks kering, untuk nominal yang sama harus mengumpul­ kan 95 kg lateks kering. Produksi karet Unit Way Ga­ lih yang diduga dicuri ditaksir 800 liter/hari. Setelah dike­ ringkan berupa lumb harganya mencapai Rp15.900/kg. Selama delapan bulan berjalan, nilai totalnya sekitar Rp3 miliar. Dugaan pencurian lateks mulai berhenti sejak dilaporkan para penyadap kepada manajer unit. “DRC 17 itu sudah dipatok mandor dan baru berhenti setelah diprotes pekerja,” ujar penyadap di PTPN 7 Way Galih, Selasa (24/6).

BACA.!

Atas terjadinya kebocoran itu, sejumlah penyadap siap menjadi saksi dan dikonfrontasi dengan manajer PTPN 7 untuk mengungkap fakta yang merugi­ kan perusahaan BUMN itu. Para penyadap sudah menyampaikan penyelewengan itu kepada mana­ jer saat berunjuk rasa, beberapa waktu lalu. Celakanya, beberapa penyadap dipindahkan ke lokasi lain. “Saya sudah laporkan ke manajer, Pak Arifin. Sejak itu kegiatan langsung berhenti. Ini benar, bukan rekayasa,” kata seorang penyadap yang diamini rekan-rekannya.

Orang Lapangan Secara terpisah, Asisten Kepala Tanaman PTPN 7 Unit Kedaton, Hidayat, membantah karet hasil sadapan di Unit Way Galih dicuri pegawainya. Ia membenarkan penyadap pernah melapor ke­ pada Arifin selaku manajer dan langsung ditindaklanjuti dengan membentuk tim pengawasan. Mereka terdiri atas bagian pengolahan dan petugas afde­ ling 4. Tim tersebut dibentuk guna memastikan tidak ada DRC 17 di lokasi penyadapan. “Kalau dikatakan DRC 17 itu dikunci di lapangan, itu sama sekali tidak benar. Mekanisme­ nya jelas, pembuatan DRC itu di pabrik. Semua administrasi­ nya tertulis,” ujar Hidayat. Hidayat juga membela AR yang dituding sebagai dalang yang memerintahkan empat mandor lain membuat DRC 17. “Saya ini juga kan orang lapang­ an. Saya membawahkan empat afdeling dan saya tahu persis proses di lapangan. Kalau ada indikasi tidak perlu menunggu mereka melapor. Saya yang akan menindak sesuai aturan. Kegiatan saya di afdeling itu pasti memeriksa laporan hasil produksi,” kata dia. (K2)

ekasetiawan@lampungpost.co.id

Tabloid Mingguan

Terbit hari ini

n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

i TAHUN XXXIX

Terbit Sejak 1974

Rp3.000

Vonis Cerdas Kasus Suap

n REUTERS/CARLOS BARRIA

GAGAL. Kiper Italia, Gialuigi Buffon, tidak mampu menghadang bola sundulan pemain Uruguay, Diego Godin (tak terlihat), yang menggetarkan gawangnya pada laga hidup mati Grup D di Estadio das Dunas, Natal, Rabu (25/6) dini hari WIB. Kemenangan satu gol membawa Uruguay lolos ke 16 besar mendampingi Kosta Rika.

Uruguay Pulangkan Italia NASIB tragis harus diterima Italia yang tersingkir di babak penyisih­ an Piala Dunia 2014. Hanya butuh hasil imbang di laga terakhir penyisihan Grup D, Gli Azzurri menyerah 0-1 dari Uruguay di Estadio das Dunas, Natal, Rabu (25/6) dini hari WIB. Hasil itu membuat La Celeste lolos ke 16 besar dengan mengum­pulkan poin 6 atau un­ ggul tiga angka dari Italia. Juara grup dikuasai Kosta Rika dengan poin 7 setelah di laga lain ditahan imbang Inggris tanpa gol. Pada fase knock out Uruguay akan menghadapi juara Grup C, sedangkan Kosta Rika ditan­ tang runner-up grup yang sama. Juara dan runner-up Grup C masih menunggu laga akhir yang hingga berita ini naik cetak masih berlangsung. Kolombia untuk sementara memimpin Grup C dengan

poin 6 diikuti Pantai G a­ ding (3), Jepang, dan Yunani

Jadwal pertandingan Nigeria Vs Argentina ANTV, Rabu (25/6) pukul 23.00 WIB

Bosnia Vs Iran TVOne, Rabu (25/6) Pukul 23.00 WIB

Ekuador Vs Prancis ANTV, Kamis (26/6) Pukul 02.00 WIB

Honduras Vs Swiss TVOne, Kamis (26/6) Pukul 02.00 WIB

masing-masing 1 poin. Laga hidup-mati bagi kedua

tim berlangsung ketat sejak menit-menit awal. Kedua tim berusaha menciptakan pe­ luang demi mencetak gol, tetapi hingga babak pertama ber­akhir skor tidak berubah. Momentum bagi Uruguay ter­ jadi pada menit ke-59 ketika Italia harus bermain dengan 10 orang. Wasit mengacungkan kartu me­ rah bagi Claudio Marchisio yang melanggar keras Arevalo Rios. Unggul jumlah pemain, Uru­ guay menggempur habis per­ tahanan Italia. Sempat terjadi insiden saat Luis Suarez terlihat menggigit bahu Giorgio Chiel­ lini, tetapi tak terlihat wasit. Kebuntuan Uruguay akhirnya pecah saat laga menunjukkan me­ nit ke-81. Umpan sepak pojok Gas­ ton Ramires diteruskan sundulan Diego Godin yang meluncur ke sisi kiri gawang tanpa bisa ditahan Gianluigi Buffon. (LUG/R4)

Massa Bakar Dermaga Jetty PT SERB RATUSAN warga di sekitar kaki Gunung Rajabasa yang ter­ gabung dalam Lembaga Lintas Umat dan Hadat untuk Rakyat Lampung (Leluhur Lampung) mendatangi dermaga jetty milik PT Supreme Energy Raja­ basa (SERB) di Dusun Pangkul, Desa Sukaraja, Kecamatan Rajabasa, Selasa (24/6). Keda­ tangan mereka untuk menolak pembangunan pembangkit lis­ trik tenaga panas bumi (PLTP)

di Gunung Rajabasa. Aksi penolakan yang berujung ricuh itu terjadi sekitar pukul 10.00. Massa yang mengenakan ikat kepala berwarna putih mulai bertindak anarki dengan mem­ bakar seluruh fasilitas yang ada di dermaga tersebut, seperti pos satpam, 6 unit kontainer beserta isi perkantoran, penampungan solar, pagar, 1 unit televisi. Bahkan, petugas keamanan PT SERB yang belum diketahui

identitasnya dan tengah berjaga menjadi korban. Massa memak­ sanya melucuti pakaian dan menceburkan diri ke laut. Sekitar 280 anggota kepoli­ sian dari Polres Lampung Selatan yang berjaga di lokasi kejadian tidak mampu berbuat banyak. Mereka hanya bisa melihat massa yang jumlah­ nya cukup banyak dan ada sebagian yang melengkapi diri dengan senjata tajam. (TOR/D3)

Megawati Ajak Lampung Pilih Jokowi

KAMPANYE JUSUF KALLA. Calon wakil presiden, Muhammad Jusuf Kalla, menghadiri kampanye akbar di lapangan Merah, Enggal, Bandar Lampung, Selasa (24/6). Kampanye yang dihadiri ribuan simpatisan itu juga dihadiri Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri.

No. 13179

TA JUK

Seharusnya pengeringan tidak dilakukan di lokasi penyadapan, tetapi di pabrik, agar semua penyadap dan karyawan pabrik mendapat premi dari perusahaan. Eka Setiawan

28 Hal.

KETUA Umum DPP PDIP Mega­ wati Soekarnoputri mengajak masyarakat Lampung memilih pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK). Sebab, kandidat yang diusung partainya itu mempunyai re­ kam jejak yang jelas, juga sederhana dan merakyat. “Jokowi-JK itu kecil-kecil cabai rawit,” kata Megawati, dalam orasinya saat berkampanye di lapangan Merah, Enggal, Ban­ dar Lampung, Selasa (24/6). Kampanye yang diikuti sekitar 5.000 simpatisan itu juga dihadiri cawapres JK. Selain itu, hadir Ketua Tim Pemenangan Jokowi-

JK Sumbagsel yang juga Ketua DPD PDIP Lampung Sjachroedin Z.P. dan caleg terpilih PDIP asal Lampung Henri Yosodiningrat. Dari partai koalisi, hadir Ke­ tua DPW NasDem Zamzani Yasin, Ketua DPW PKB Musa Zainudin, Ketua DPD Hanura Al­ bertus Haryono, dan Ketua DPP PKPI Dewi Widyaningsih. Megawati dalam orasinya mengajak warga Lampung tidak salah dalam memilih pemimpin. “Jokowi orangnya juga sederhana dan merakyat. Kalau Pak JK itu orangnya ren­ dah hati,” kata Megawati. Kemudian, JK mengatakan Jokowi dan dirinya bisa me­

menuhi keinginan masyarakat Indonesia, khususnya Lam­ pung. Hal itu dilakukan saat mereka diberi amanah memimpin bangsa. “Anak ayam turun sembilan, mati tujuh tinggal dua. Jangan lupa tanggal sembilan, kita pilih nomor dua,” kata JK berpantun. Untuk itu, JK berharap masyarakat Lampung untuk memilih Jokowi-JK pada Pilpres 9 Juli nanti. Mengingat du­ kungan masyarakat Lampung ­sangat berharga agar dia ber­ sama Jokowi bisa turut memaju­ kan Bumi Ruwa Jurai jika nanti terpilih sebagai presiden dan wakil presiden. (UIN/U1)

DELAPAN bulan silam, Komisi Pemberantasan Korupsi me­ nangkap Susi Tur Andayani. Pengacara kondang asal Lampung itu diciduk da­ lam kasus suap terhadap bekas Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar. Proses hukum kasus tersebut ter­ us bergulir. Dua hari lalu, Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta memvonis Susi hu­ n DP. RAHARJO kuman 5 tahun penjara dan denda Rp150 juta diganti pi­ dana kurungan 3 bulan penjara. Dari fakta persidangan, Majelis Hakim menyatakan Susi terbukti memberikan uang Rp1 miliar kepada Akil untuk memengaruhi putusan perkara Pemilukada Lebak, Banten, yang ditangani MK. Ia juga terbukti memberikan Akil Rp500 juta yang dikirimkan bertahap dalam pengurusan sengketa Pemilukada Lampung Selatan. Vonis tersebut mengundang kontroversi. Majelis Hakim menjatuhkan putusan tidak berdasarkan pasal yang didakwakan, tetapi memutus di luar hal yang dimintakan jaksa atau disebut ultra petita. Dalam dakwaan pertama, jaksa menuntut Susi dengan Pasal 12 huruf c UU Tipikor jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP atas perbuatan memberikan uang Rp1 miliar terkait Pemi­ lukada Lebak kepada Akil. Dalam dakwaan kedua, jaksa menuntut Susi dengan Pasal 12 huruf c UU Tipikor jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP atas perbuatan memberikan uang Rp500 juta terkait Pemilukada Lamsel, juga kepada Akil. Namun, dalam putusan itu hakim menerapkan Pasal 6 Ayat (1) huruf a UU Tipikor jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP dalam dakwaan pertama, sedangkan untuk dakwaan kedua dikenakan Pasal 13 UU Tipikor jo Pasal 64 Ayat (1) KUHP. Kedua pasal tersebut dianggap mendekati dengan dakwaan yang dimintakan jaksa. Penerapan pasal yang berbeda itu menimbulkan perbedaan pendapat dari dua hakim anggota, yaitu Sofialdi dan Alexander Marwata. Meskipun hukuman tersebut dianggap belum setimpal dengan perbuatan yang dilakukan Susi, putusan hakim perlu dihargai. Kecerdasan sosial yang tersirat di balik vonis tersebut tidak dimiliki semua hakim. Harus diakui terobosan hukum yang dilakukan Majelis Hakim berdasar keadilan materiel kini menjadi barang langka. Bangsa ini sudah membulatkan satu tekad dan semangat untuk memberantas korupsi hingga ke akar-akarnya. Sulit dibayangkan seorang terdakwa kasus korupsi dibebaskan dari segala tuntutan hanya karena persoalan teknis seperti salah menerapkan pasal. Kalau itu yang terjadi, keadilan substansi dikalahkan begitu saja oleh persoalan teknis. Publik berharap vo­ nis terhadap Susi menjadi preseden baik bagi upaya pemberan­ tasan korupsi. Terlebih, pengacara termasuk salah satu aparat penegak hukum. Dengan kata lain, penegakan hukum berlaku bagi semua orang berdasar asas kesamaan kedudukan. Pekerjaan membersihkan negeri ini dari virus korupsi te­ lah menjadi keniscayaan. Kejahatan korupsi bukan saja meng­ gerogoti keuangan negara, lebih dari itu merampas kesejahteraan masyarakat luas. Korupsi juga merusak kualitas pelayanan umum. Jalan raya rusak di mana-mana, jembatan ambrol, pelayanan ke­ sehatan berlarut-larut, dan program pendidikan terhambat. Tidak ada tempat lagi untuk koruptor di negeri ini. Siapa pun yang terbukti korupsi harus dihukum seberat-beratnya untuk menimbulkan efek jera. Negara ini hanya bisa maju di tangan orang-orang yang mau bersikap jujur serta tidak menumpuk ke­ kayaan untuk kepentingan pribadi dan golongan. Dalam kaitan itulah, vonis berat terhadap koruptor pasti disambut dengan su­ kacita oleh sebagian besar masyarakat. n

Oasis

Hukum dan Sakit Paru-Paru HUKUM lingkungan yang mengontrol polusi udara mam­ pu mengurangi intensitas sakit paru-paru masyarakat. Demikian kesimpulan Univer­ sitas Duke setelah melakukan pengamatan selama 17 tahun di North Carolina, AS. Pemimpin penelitian, Kim Lyerly, menyim­ pulkan hal tersebut setelah mengamati pengeta­ tan peraturan pencemaran udara dan jumlah kematian akibat penyakit paru-paru atau pernapasan. Dalam penelitiannya, Lyerly menemukan jumlah kema­ tian akibat sakit paru-paru, seperti asma dan pneumonia, menurun dari yang semula 12 per 100 ribu orang menjadi 7 per 100 ribu orang. Negara Bagian North Carolina telah mengeluarkan Perda Pengaturan Polusi Asap pada 2002 lalu. Peraturan itu mem­ perketat polusi udara. “Penelitian ini cenderung menun­ jukkan bahwa kebijakan lingkungan itu ternyata berfungsi meningkatkan kualitas kesehatan,” kata Lyerly dalam International Journal of COPD. (MI/R4)


POLITIK rabu, 25 juni 2014 LAMPUNG POST

Donny Irawan Pada debat capres yang sudah tiga kali digelar, Jokowi menyampaikan program secara nyata tidak makro atau berkhayal. Semua program detail dan hal itu yang dibutuhkan masyarakat. Konkret dan detail.

2 SELINTAS Calon Komisioner Perempuan Ajukan Keberatan PESERTA seleksi komisioner KPU Lampung Barat, Malia Damayanti, kecewa dengan keputusan tim seleksi yang hanya meluluskan 19 besar tanpa nama dirinya. Padahal, menurut­ nya, dia satu-satunya peserta tes perempuan. Melalui suratnya kepada timsel dan KPU Lambar, Selasa (24/6), Malia menilai pelaksanaan penerimaan calon ang­ gota KPU Lampung Barat tidak tranpsaran. Selain itu, tidak memperhatikan perundang-undangan yang berlaku yang me­ nyebutkan seleksi harus memperhatikan 30% keterwakilan perempuan. Dia meminta tim seleksi secara terbuka mengu­ mumkan hasil tes yang menyangkut dirinya. Di tempat terpisah, Sekretaris Timsel Lambar Iin Gusanto membenarkan telah menerima surat keberatan dari Malia. Menurut dia, Malia tidak lulus karena tidak memenuhi syarat khususnya pada tes psikologi. Soal peraturan yang menyebutkan 30% keterwakilan perempuan, kata dia, dalam Peraturan KPU No. 2/2013 dalam Pasal 26 disebutkan hasil tes dengan memperhatikan 30% keterwakilan perempuan, tetapi pasal tersebut tidak ada menegaskan keterwakilan perempuan diwajibkan. (ELI/U2)

Mahasiswa Minta Regenerasi Komisioner KPU

n LAMPUNG POST/CK8

SUJADI DI SPANDUK DUA CAPRES. Spanduk calon presiden Jokowi-JK bersama Bupati Pringsewu Sujadi terpasang di Jalan Kesehatan, kompleks Ponpes Nurul Huda, Kelurahan Pringsewu Selatan (kanan). Sujadi juga muncul pada spanduk capres Prabowo-Hatta di Jalan Ki Hajar Dewantara, depan kantor Dinas PU, Kelurahan Pringsewu Selatan (kiri). Foto dibidik Selasa (24/6).

Kader PAN Dukung Jokowi-JK Mengusung aspirasi pribadi, kader PAN Donny Irawan mendukung pencapresan Jokowi-JK. Sebab, program pembangunan yang ditawarkan pasangan nomor urut dua itu, menurutnya, detail dan konkret untuk masyarakat. Vera Aglisa

D

UKUNGAN bagi pasang­ an calon presiden Joko Widodo -Jusuf Kalla (Jokowi-JK) terus mengalir. Anggota legislatif dari Partai Amanat Nasional (PAN) Lam­ pung, Donny Irawan, secara terang-terangan memberi du­ kungan untuk calon presiden nomor urut dua itu. Menurut Donny, keputusannya mendukung Jokowi-JK merupa­ kan aspirasi pribadi. Dukungan yang diberikannya berdasarkan pada figur dua calon pemimpin bangsa itu. Dia menilai Jokowi merupakan sosok sederhana tapi memiliki konsep pemban­ gunan yang jelas, sementara JK

adalah birokrat yang juga pengu­ saha dan mengerti kebutuhan masyarakat. “Pada debat capres yang sudah tiga kali digelar, Jokowi menyam­ paikan program secara nyata tidak makro atau berkhayal. Semua program detail dan hal itu yang dibutuhkan masyarakat. Konkret dan detail,” ujarnya saat ditemui pada kampanye akbar pasangan Jokowi-JK, di lapangan Merah, Enggal, Bandar Lampung, Selasa (24/6). Padahal, PAN yang menaungi­ nya kini merupakan partai koalisi pendukung calon presiden-wakil presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. Anggota DPRD Lampung ini mengaku siap menerima sanksi atas keputusannya.

Kemungkinannya untuk ber­ gabung dengan PDIP, Donny mengaku tidak berpikir hal itu. Dukungan yang diberikannya pada capres yang juga didu­ kung NasDem, PKB, Hanura, dan PKPI itu murni aspirasi pribadi. Sementara itu, Plt. Ke­ tua DPW PAN Lampung Alimin Abdullah maupun Sekretaris

S

aya tidak tahu siapa yang pasang, foto yang mana yang dipasang, lagi senyum atau tidak.

DPW PAN Lampung Hazizi tidak dapat dihubungi untuk dimintai konfirmasi. Di Kabupaten Pringsewu, telah beredar spanduk calon presiden dan wakil presiden yang menyer­ takan gambar Bupati Sujadi Saddat. Tidak hanya pada banner satu capres, foto Sujadi juga terpampang pada alat peraga kampanye capres lainnya.

Menanggapi itu, Sujadi menga­ku tidak tahu-menahu dengan penempatan gambar dirinya pada alat peraga kampa­ nye. “Saya tidak tahu siapa yang pasang, foto yang mana yang di­ pasang, lagi senyum atau tidak,” katanya kepada Lampung Post saat ditemui di rumah dinasnya, Selasa (24/6). Menurutnya, hal itu bisa saja terjadi karena dua kubu saling mengklaim dukungan darinya. Pasalnya, saat mencalonkan diri menjadi bupati, dia diusung PDIP dan PKS. Lalu saat ini Sujadi men­ jabat sebagai dewan pembina Partai Gerindra Lampung. Seperti diketahui, PDIP mengu­s ung calon presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla, se­ dangkan Gerindra maupun PKS mengusung capres Prabo­ wo Subianto-Hatta Rajasa. Meski demikian, dia mengaku belum menetapkan sikap poli­ tiknya. Sujadi masih enggan membeberkan dukungan yang akan diberikannya pada capres pada Pilpres 9 Juli 2014.

Punya Warna M e n a n g g a p i i t u , Wa k i l Ketua DPD PDIP Lampung Watoni Nurdin mengapre­ siasi dukung­an yang diberikan Donny Irawan. Dia berharap dukungan Donny dapat men­ dongkrak perolehan suara pasangan nomor urut dua di Lampung. Di sisi lain, dia tak meng­ indahkan dukungan Bupati Pringsewu Sujadi Saddat kepada capres dan cawapres Prabowo-Hatta. Sebab, Bupati yang menang menggunakan perahu PDIP itu bukanlah kader banteng moncong putih. Memang awalnya pengu­ rus pernah meminta Sujadi masuk menjadi kader PDIP. Namun, saat itu Sujadi hanya menjawab akan berpikir ter­ lebih dulu. Bagi pihaknya, itu sah-sah saja. Apa pun sikap politik Sujadi akan dihargai partainya. (WID/CR11/U1)

veraaglisa@lampungpost.co.id

Meski Terlambat, KPU Optimistis Pilpres Lancar

n LAMPUNG POST/CK4

TIM PEMENANGAN PRABOWO-HATTA. Sekretaris Partai Gerindra Provinsi Lampung Pattimura (kiri) bersama tim pemenangan Prabowo-Hatta dan masyarakat melantunkan yel-yel capres dan cawapres nomor urut 1 itu di lapangan Semarang, Kecamatan Baradatu, Way Kanan, Selasa (24/6).

KPU Tanggamus optimistis Pemilu Presiden 9 Juli 2014 berjalan lancar meski logis­ tik belum diterima lengkap hingga Selasa (24/6). “Sampai saat ini kami baru menerima logistik pilpres berupa tinta saja, sementara yang lainnya belum ada yang masuk ke KPU Tanggamus,” ujar Komisioner KPU Tanggamus Bambang Heriadi, Selasa (24/6). Beberapa logistik pilpres yang belum diterima KPU Tanggamus ialah surat suara dan segel yang pendistribu­ siannya dari KPU RI. Amplop surat suara dan formulir yang pendistribusiannya dari KPU Provinsi Lampung juga belum diterima. Untuk keperluan lo­

gistik lain, seperti kotak suara, bilik suara, dan gembok, akan disediakan KPU Tanggamus. “Informasi terakhir yang kami terima, surat suara sudah siap dikirim ke masing-masing KPU di kabupaten dan kota. Informasinya, surat suara itu sudah dalam perjalanan ke daerah tujuan,” kata Bambang. Untuk Tanggamus, lanjutnya, jumlah surat suara yang akan diterima sebanyak 469.063 lem­ bar. Dengan perincian penam­ bahan 2% surat suara cadangan dengan jumlah sebanyak 10.400 lembar. Surat suara tersebut akan dikirimkan ke 1.522 tem­ pat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 20 kecamatan se-Tanggamus.

“Meski agak terlambat pendis­ tribusiannya, untuk pelipatan dan pendistribusian ke keca­ matan kami rasa tidak akan ada kendala. Karena untuk pilpres hanya satu lembar, jadi pasti lebih mudah,” kata Bambang. Menurutnya, hingga kini be­ lum ada penambahan pemilih dari jumlah yang termuat da­ lam daftar pemilih tetap (DPT) awal. Sebab, penentuan jum­ lah DPT telah dilakukan cek ulang dari snapshot perbaikan dan input ulang penambahan pemilih. Rata-rata penamba­ han pemilih dari pemilih pe­ mula dan pemilih yang masuk daftar pemilih khusus tetap tambahan (DPKTD) Pilpres 9 April 2014 lalu. (ABU/U2)

ORGANISASI kemahasiswaan Kabupaten Lampung Utara meminta tim seleksi calon komisioner KPU selektif dalam penetapan calon anggota KPU setempat. Hal itu ditegaskan Ketua Pengurus Cabang (PC) Ikatan Mahasiswa Muham­ madiyah (IMM) Kabupaten Lampung Utara Sigit Dwi Suwardi dan Ketua PC Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Kotabumi, Lampura, Fitriani, Selasa (24/6). Fitriani mengatakan harus ada regenerasi pada komisioner KPU kabupaten setempat. Sebab, terdapat tiga nama calon petahana yang lolos seleksi tim saat ini. Padahal, kinerja mereka dinilai kurang profesional. Selain itu, pihaknya meminta tim seleksi calon komisioner KPU lebih objektif dan transparan dalam menilai serta me­ netapkan calon yang dipilih. Mereka yang ditemui di kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) kabupaten setempat meminta timsel calon komisioner dapat bekerja tanpa in­ terupsi dari pihak mana pun, baik dari partai politik maupun dari pejabat daerah yang berkepentingan. (YUD/CK5/U2)

Mahasiswa Kotabumi Dukung Prabowo-Hatta PULUHAN mahasiswa Kotabumi, Kabupaten Lampung Utara, membubuhkan tanda tangan di sehelai kain putih sebagai bentuk dukungan bagi calon presiden-calon wakil presiden Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa, Selasa (24/6). Gerakan satu juta tanda tangan itu digelar di Kampus STKIP-STIH Muhammadiyah dan STMIK Surya Intan Kotabumi. Koordinator Jaringan Mahasiswa Nusantara Kabupaten Lampung Utara, Arya Dwi Zulfikar, mengatakan gerakan satu juta tanda tangan dari pemuda, mahasiswa, dan pelajar ini menjadi bentuk dukungan pihaknya bagi Prabowo-Hatta. “Satu juta tanda tangan dalam gerakan Indonesia Bangkit untuk mendukung pencalonan Prabowo-Hatta akan kami tindak lanjuti ke kampus-kampus lainnya” ujarnya. Menurutnya, Indonesia membutuhkan pemimpin yang komit­ men dan tegas. Sikap itu ada pada diri Prabowo. Selain itu, Prabo­ wo-Hatta memiliki komitmen menjaga keutuhan NKRI. (YUD/U2)

Koalisi Merah Putih Target Raup 75% Suara TIM pemenangan calon presi­ den-wakil presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa di Way Kanan yakin mendulang 75% suara pemilih pada Pilpres 9 Juli 2014. Hal itu mengemuka dalam deklarasi Koalisi Mer­ ah Putih Prabowo-Hatta di lapangan Semarang, Kecama­ tan Baradatu, Selasa (24/6). Deklarasi juga dibarengi dengan pengukuhan tim pemenangan di kabupaten setempat. Ketua DPC Partai Gerindra Way Kanan Abdul Haris Na­ sution mengatakan pihaknya akan bahu-membahu meme­ nangkan Prabowo-Hatta di Kabupaten Way Kanan. “Se­ top kampanye hitam. Mari bersama-sama berdemokrasi yang baik. Kami menargetkan kemenangan Probowo-Hatta dengan 70%—75% suara pemilih,” kata Wakil Ketua Tim Kemenangan PrabowoHatta ini. Sekretaris Partai Gerindra Provinsi Lampung Pattimu­ ra menambahkan visi-misi calon presiden nomor urut

satu ­sangat merakyat. Kare­ na itu, dia mengharapkan masyarakat tidak perlu ragu untuk memberikan dukungan suara bagi Prabowo-Hatta. “Mari bersama mendukung kemenangan Prabowo-Hatta dalam Pilpres 2014. Hal itu agar rakyat Indonesia dapat lebih baik dan aman. Kami butuh presiden yang luar biasa, bukan yang biasa saja,” ujarnya. Apalagi, lanjut Pattimura, mayoritas masyarakat Way Kanan merupakan petani. Prabowo-Hatta diklaimnya akan memperjuangkan hakhak petani untuk hidup lebih baik. Sementara itu, Suryati, warga Kecamatan Baradatu, berharap jika Prabowo-Hatta menjadi pemimpin negara ini lima tahun ke depan da­pat membawa Indonesia lebih maju. “Kami mendukung penuh pasangan dengan no­ mor urut 1. Kami gantungkan harapan kepada beliau untuk kesejahteraan rakyat Indone­ sia.” (CK4/U2)


rabu, 25 JUNI 2014 LAMPUNG POST

3


OPINI rabu, 25 juni 2014

Partisipasi Opini Lampung Post menerima opini orisinal dan tidak dikirim ke media lain, tak lebih dari 5.000 karakter. Kirim via e-mail ke redaksi@lampungpost.co.id atau redaksilampost@yahoo.com. Kami mengutamakan tulisan yang mengkaji fenomena aktual di lingkungan masyarakat Lampung.

4

LAMPUNG POST

Selilit Demokrasi Elektoral W. Riawan Tjandra Doktor Hukum Administrasi Negara UGM, Pengajar Hukum Kenegaraan Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta

M

n FERIAL

Menyambut Realisasi Jalan Tol Lampung Ida Bagus Ilham Malik Dosen Teknik Sipil UBL, Direktur Center for Urban and Regional Studies/CURS UBL

A

LOKASI anggaran dukungan pemodalan bagi Hutama Karya untuk membangun jalan tol Sumatera sudah tinggal dicair­ kan saja. Kemajuan ini disambut dengan penuh suka cita oleh pihak yang sudah sejak lama mendorong pembangunan jalan tol di luar Jawa. Konsep pembangunan jalan tol yang sebelumnya mengandalkan investasi swasta, secara sengaja ditinggalkan oleh penganut mahzab swastanisasi in­ frastruktur transportasi. Penyebabnya adalah lambannya realisasi pembangun­ an jalan tol jika mengandalkan sumber pembiayaannya dari swasta. Apalagi dengan melihat kenyataan pihak swasta pun mengandalkan dana dari (sindikasi) perbankan dalam mau­ pun luar negeri. Dan ketika ditelusuri lebih dalam, untuk perbankan dalam negeri, penyandang dana kredit infra­ struktur tersebut mayoritas didominasi perbankan BUMN yang notabene milik pemerintah. Dengan melihat kenyataan dukungan kredit perbankan BUMN ini diberikan kepada swasta murni saja bisa, tentu juga akan bisa jika dukungan kredit pemba­ ngunan infrastruktur tersebut diberikan kepada alat negara pembangun infrastruk­ tur yang juga berwujud BUMN, seperti Wi­ jaya Karya, Waskita Karya, Hutama Karya, dan PP. Grup perusahaan pembangun infrastruktur ini telah digabungkan dalam kelompok BUMN Karya. Dalam rangka mempercepat realisasi pembangunan jalan tol Sumatera, yang sudah belasan tahun ditunggu dan diharapkan masyarakat dan pemerin­ tahan di Sumatera, ditunjuklah BUMN untuk merealisasikan kebutuhan dan keinginan untuk memiliki jalan tol, dalam hal ini Hutama Karya (HK) tadi. Dana awal berasal dari pemerintah yang kini terplot sebesar Rp2 triliun. Besaran dana ini bisa ditambah sesuai dengan kebutuhan pada masa yang akan datang. Pemodalan tam­ bahan untuk HK ini juga bisa diambil dari kredit perbankan sindikasi bank BUMN atau bank swasta. Kerja sama

Member of Media Group

Direktur Utama: Raphael Udik Yunianto. Pemimpin Umum: Bambang Eka Wijaya. Pemimpin Redaksi/ Penanggung Jawab: Gaudensius Suhardi. Wakil Pemimpin Redaksi: Iskandar Zulkarnain. Pemimpin Perusahaan: Prianto A. Suryono. Dewan Redaksi Media Group: Saur M. Hutabarat (Ketua), Bambang Eka Wijaya, Djadjat Sudradjat, Elman Saragih, Laurens Tato, Lestari Moerdijat, Rahni Lowhur Schad, Suryopratomo, Toeti Adhitama, Usman Kansong. Kepala Divisi Pemberitaan: D. Widodo, Kepala Divisi Content Enrichment: Iskak Susanto. Kepala Divisi Percetakan: Kresna Murti, Asisten Kepala Divisi Pemberitaan: Nova Lidarni, Umar Bakti, Sekretaris Redaksi: M. Natsir.

±

investasi jalan tol juga nantinya bisa dilakukan HK dengan investor bidang infrastruktur lainnya. Semuanya dibuat sangat fleksibel untuk memastikan proses percepatan pembangunan jalan tol benar-benar cepat. Intinya, HK akan menjadi alat negara untuk membangun jalan tol. Dengan pe­ nyertaan modal Rp2 triliun ini, sangat­ lah diharapkan HK akan dapat menjadi perusahaan pembangun inftastruktur yang andal dan diperhitungkan. Model pembangunan jalan tol oleh negara ini bukan suatu hal yang baru. Beberapa negara juga sudah melakukannya, mulai dari AS hingga ke Malaysia. Dan bisa saja model inilah yang relevan diterapkan di Indonesia, di tengah rendahnya peran swasta da­ lam membangun berbagai kebutuhan infrastruktur di Tanah Air. Negara memang mau tidak mau harus turun tangan membangun suatu infrastruk­ tur melalui alat negara yang berbentuk BUMN, sehingga bisa dengan cepat mewujudkan kebutuhan masyarakat akan infrastruktur transportasi yang akan mengefisiensikan sistem perang­ kutan logistik di Sumatera. Meskipun untuk jangka panjang, di­ harapkan akan muncul sindikasi peru­ sahaan swasta yang membangun jalan tol atau membeli jalan tol yang sudah dibangun Hutama Karya ini. Lampung, sebagai provinsi yang berada di ujung Sumatera dan menerima beban paling besar untuk perangkutan barang dan penumpang dari dan ke Jawa, tentu sangat menyambut gembira dikeluarkan­ nya kebijakan penyertaan modal ini. Lam­ pung tentu sangat berharap segmen jalan tol Lampung dapat terealisasi pertama kali melalui pembiayaan penyertaan modal pemerintah ke HK ini. Peluangnya ada meskipun tetap harus diantisipasi dengan baik. Maksudnya begini, provinsi lain juga memiliki ke­ inginan yang sama dengan keinginan Lampung. Dan mereka mempercepat persiapan daerahnya menyambut ke­ datangan program jalan tol ini melalui proses pembebasan lahan yang di­ percepat. Karena itu, Lampung harus memastikan proses pembebasan lahan masuk daftar cepat selesai sehingga siap untuk dibangun jalan tol. Bagi HK, jalan tol yang akan dibangun

Redaktur: Hesma Eryani, Lukman Hakim, Muharam Chandra Lugina, Musta’an Basran, Rinda Mulyani, Sri Agustina, Sudarmono, Trihadi Joko, Wiwik Hastuti, Zulkarnain Zubairi. Asisten Redaktur: Abdul Gofur, Adian Saputra, Aris Susanto, Isnovan Djamaludin, Iyar Jarkasih, Fadli Ramdan, Rizki Elinda Sary, Sri Wahyuni, Sony Elwina Asrap, Susilowati, Vera Aglisa. Liputan Bandar Lampung: Agus Hermanto, Ahmad Amri, Fathul Mu’in, Ricky P. Marly, Meza Swastika, Wandi Barboy. Liputan Jakarta: Inge Olivia Beatrix Mangkoe. LAMPOST. CO. Redaktur: Kristianto. Asisten Redaktur: Delima Napitupulu, Sulaiman. Content enrichment Bahasa: Wiji Sukamto (Asisten Redaktur), Chairil, Kurniawan, Aldianta. Foto: Hendrivan Gumay (Asisten Redaktur), Ikhsan Dwi Satrio, Zainuddin.0 Dokumentasi dan Perpustakaan: Syaifulloh (Asisten Redaktur), Yuli Apriyanti. Desain Grafis redaktur: DP. Raharjo. Asisten Redaktur: Sugeng Riyadi, Sumaryono. Biro Wilayah Utara (Lampung Utara, Way

CMYK

adalah jalan tol yang memiliki peluang pendapatan paling besar saat diopera­ sionalkan. Sebab, dari sanalah HK menda­ patkan modal baru untuk membangun jalan tol di ruas atau segmen atau ruas lain. Karena itu, untuk wilayah Lampung, tentu ruas Tegineneng-Babatan adalah ruas yang paling prospektif bagi HK. Tam­ paknya, ruas inilah yang akan dipriori­ taskan. Namun, harap dicatat prospektif ini dalam skala bisnis HK sebagai BUMN yang ditugaskan membangun jalan tol Sumatera. Dari sisi bisnis murni memang masih belum tentu feasible dan inilah yang menyebabkan swasta tidak kunjung investasi jalan tol di Lampung. Panitia pembebasan lahan di ruas Lampung sudah dibentuk sejak bebe­ rapa bulan yang lalu. Dengan alasan agar tidak menimbulkan polemik dan menghindari spekulan tanah, proses pembebasan lahannya dibuat silent/ tidak terdengar. Namun, apakah benar tujuannya demikian? Kita tidak tahu. Namun, yang jelas masyarakat menaruh harapan proses pembangunan jalan tol dapat dilaksanakan dengan baik tanpa ada alasan klasik misalnya harga tanah yang tiba-tiba melonjak. Karena pembangunan jalan gol ini menggunakan uang negara, pembe­ basan lahannya masuk kategori untuk kepentingan umum. Jika ruang gerak untuk pembebasan ini tidak dimanfaat­ kan dengan bijak dan cerdik, sudah pasti Lampung akan tersalip oleh daerah lain. Tapi mudah-mudahan saja tidak. Jika jalan tol ini nanti sudah terba­ ngun (karena sudah menjadi kebijakan politik), diharapkan investasi di sektor industri dapat meningkat pula. Hal ini penting karena pengguna utama jalan tol adalah perangkutan logistik produk industri, yang memasukkan kompo­ nen perangkutan sebagai komponen produksi dan penjualan. Dengan semakin meningkatnya jum­ lah pabrik di Lampung, diharapkan akan dapat meningkatkan jumlah lapangan pekerjaan. Dan inilah pula yang diharap­ kan dapat dengan cepat mengangkat perekonomian Lampung sebagai salah satu provinsi dengan ekonomi terbesar di Sumatera. Mudah-mudahan pem­ bangunan jalan tol ini menjadi pintu masuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Lampung. n

Kanan, Lampung Barat): Mat Saleh (Kabiro), Aripsah, Buchairi Aidi, Eliyah, Hari Supriyono, Hendri Rosadi, Yudhi Hardiyanto. Biro Wilayah Tengah (Lampung Tengah, Metro, Lampung Timur): Chairuddin (Kabiro), Agus Chandra, Agus Susanto, Andika Suhendra, Djoni Hartawan Jaya, Ikhwanuddin, M. Lutfi, M. Wahyuning Pamungkas, Sudirman, Suprayogi. Biro Wilayah Timur (Tulangbawang, Mesuji, Tulangbawang Barat): Juan Santoso Situmeang (Kabiro), Merwan, M. Guntur Taruna, Rian Pranata. Biro Wilayah Barat (Tanggamus, Pringsewu, Pesawaran): Widodo (Kabiro), Abu Umarly, Erlian, Mif Sulaiman, Heru Zulkarnain. Biro Wilayah Selatan (Lampung Selatan): Herwansyah (Kabiro), Aan Kridolaksono, Juwantoro, Usdiman Genti. Kepala Departemen Marcomm: Amiruddin Sormin. Senior Account Manager Jakarta: Pinta R Damanik. Senior Ac­ count Manager Lampung: Syarifudin. Account Manager Lampung: Edy Haryanto. Asisten Manager Iklan Biro: Siti

±

ANDAT konstitusi re­ formasi melalui Pasal 6A UUD Negara RI 1945 yang menisbahkan sistem demokrasi elektoral untuk memilih presiden dan wakil presi­ den secara langsung, bisa ternoda oleh beberapa praktik permainan rivalitas politik curang maupun kampanye hitam. Pilihan untuk menempatkan sistem demokrasi elektoral seba­ gai instrumen demokrasi dalam pengisian pucuk pimpinan eksekutif seharusnya tak boleh dilepaskan dari roh konstitusi dalam pembu­ kaan UUD Negara RI 1945 yang di antaranya dimaksudkan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Tidak adanya ketegasan dari peng­ awas pemilu maupun aparat penegak hukum dalam merespons temuan praktik politik curang dan kampa­ nye hitam, selain secara perlahan menjadikan roh demokrasi elektoral dalam bentuk upaya mencerdaskan kehidupan bangsa akan sekarat, juga akan mereduksi kualitas negara hu­ kum demokratis yang menjadi karak­ ter utama konstitusi pascareformasi. Terungkapnya peran Setyardi Budiyono yang telah mengaku seba­ gai pemimpin tabloid Obor Rakyat, tabloid yang oleh Dewan Pers dinya­ takan sebagai tabloid abal-abal alias tak memenuhi kaidah jurnalistik, telah mencoreng proses demokrasi yang berlangsung.

D

engan adanya pengawasan yang intensif oleh institusi pengawas pemilu dan tindakan hukum yang tegas terhadap pelanggaran dalam pemilu diharapkan dapat diwujudkan indikatorindikator dalam kualitas Pemilu yang baik (good electoral governance), baik dalam standar internasional maupun dalam regulasi nasional. Setyardi merupakan mantan war­ tawan tabloid Paron dan majalah Tempo (1998—2007) dan diangkat menjadi asisten staf khusus presiden sejak 25 Fe­ bruari 2010. Sebagai asisten staf khusus presiden, konon Setyardi tidak diangkat presiden, tetapi diangkat seskab atas usulan dari staf khusus presiden. Felix Wanggai merupakan atasan Setyardi dalam posisinya sebagai staf khusus presiden. Meski memiliki hubungan dengan pihak istana, pihak istana melalui Seskab Dipo Alam me­ nyatakan apa yang dilakukan Setyardi merupakan inisiatif pribadi yang tidak terkait dengan penugasannya selaku asisten staf khusus presiden. Belajar dari kasus tersebut ke depan, idealnya presiden terpilih nanti mem­ batasi jumlah staf khusus maupun asis­ ten staf khusus yang posisinya rumit dijelaskan dalam struktur organisasi pemerintah di lingkungan sekretaris kabinet, dan masuknya ke lingkungan istana pun juga mengundang misteri. Lebih baik, presiden terpilih ke depan lebih banyak mengefektifkan fungsi Dewan Pertimbangan Presi­ den (Wantimpres) yang memiliki kedudukan lebih jelas dalam sistem organisasi pemerintah daripada membentuk “struktur gemuk” stafstaf khusus maupun asistennya di lingkungan sekretaris kabinet.

Fatimah. Manager Sirkulasi: Indra Sutaryoto. Manager Keuangan & Akunting: Rosmawati Harahap. Alamat Redaksi dan Pemasaran: Jl. Soekarno Hatta No.108, Rajabasa, Bandar Lampung, Telp: (0721) 783693 (hunting), 773888 (redaksi). Faks: (0721) 783578 (redaksi), 783598 (usaha). http://www.lampost.co e-mail: redaksi@ lampungpost.co.id, redaksilampost@yahoo.com. Kantor Pembantu Sirkulasi dan Iklan: Gedung PWI: Jl. A.Yani No.7 Bandar Lampung, Telp: (0721) 255149, 264074. Jakarta: Gedung Media Indonesia, Kompleks Delta Kedoya, Jl. Pilar Raya Kav. A-D, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Telp: (021) 5812088 (hunting), 5812107, Faks: (021) 5812113. Kalianda: Jl. Soekarno-Hatta No. 31, Kalianda, Telp/Fax: (0727) 323130. Pringsewu: Jl. Ki Hajar Dewantara No.1093, Telp/Fax: (0729) 22900. Kota­ agung: Jl. Ir. H. Juanda, Telp/Fax: (0722) 21708. Metro: Jl. Diponegoro No. 22 Telp/Fax: (0725) 47275. Menggala: Jl.

Harus Diungkap Dalam koridor hukum pidana umum yang diatur dalam KUHP tindakan pencemaran nama baik, dirumuskan pada Pasal 310 KUHP yang mengan­ cam pencemaran tertulis dengan pidana penjara paling lama 1 tahun 4 bulan atau pidana denda paling ba­nyak Rp4.500. Pasal 311 KUHP lebih jauh menegaskan jika yang melakukan ke­ jahatan pencemaran atau pencemaran tertulis tidak mampu membuktikan apa yang difitnahkan itu, dia diancam melakukan fitnah dengan pidana pen­ jara paling lama 4 tahun. Tindakan tegas terhadap pelaku kampanye hitam dalam pemilu kali ini sangat penting, bukan saja sebagai upaya pembelajaran untuk mencer­ daskan kehidupan bangsa sesuai dengan ruh Pembukaan UUD Negara RI 1945, melainkan juga untuk dapat dihasilkan sebuah preseden hukum (yurisprudensi) agar dapat dijadikan sebagai standar hukum ke depan dalam mendorong lahirnya sistem demokrasi elektoral yang bersih dan bebas dari permainan politik curang melalui kam­ panye hitam dan sejenisnya. Di sisi lain, tindakan asisten staf khusus presiden tersebut sebenarnya telah menderogasi dan menentang pidato SBY sebagai presiden dan kepala negara untuk bersikap netral dalam pemilu. Menteri saja tak berani menen­ tang ucapan seorang presiden, apalagi seseorang yang “hanya” berposisi seba­ gai asisten staf khusus presiden. Jaga Amanah Banyaknya menteri maupun para kepala daerah yang “larut” dalam sikap politik untuk mendukung pasangan capres sesuai dengan afilia­ si politik personal setiap pejabat itu juga perlu diantisipasi adanya penya­ lahgunaan anggaran negara/daerah yang bersumber dari APBN/D. Penyalahgunaan anggaran tersebut rawan terjadi karena sulitnya memi­ sahkan afiliasi politik dan kedudukan jabatan para pejabat tersebut. Baik UU kementerian negara maupun UU pemda tidak secara eksplisit melarang penggunaan hak politik dalam du­ kung-mendukung cawapres semasa pilpres asal tidak dilakukan dalam kedudukannya sebagai pejabat. Dengan mengefektifkan paket UU Keuangan Negara (UU No. 17/2003, UU No. 1/2004 dan UU No 15/2004) seharus­ nya sangat mudah untuk mengaitkan kedudukan jabatan dari para pejabat tersebut dalam skema pengelolaan keuangan negara/daerah sebagai peme­ gang kekuasaan pengelolaan keuangan negara/daerah dengan pertanggung­ jawaban anggaran negara/daerah. Ketatnya analisis kinerja (performance analysis) dalam pertanggung­ jawaban anggaran negara/daerah, se­harusnya dapat digunakan untuk menegah deviasi penggunaan angga­ ran negara/daerah dalam kegiatan yang tak berkaitan langsung dengan tugas pokok dan fungsi jabatan setiap pejabat negara/daerah itu dalam menggunakan hak politik personal mereka. Dengan adanya pengawasan yang intensif oleh institusi pengawas pemilu dan tindakan hukum yang tegas ter­ hadap pelanggaran dalam pemilu di­ harapkan dapat diwujudkan indikatorindikator dalam kualitas pemilu yang baik (good electoral governance), baik dalam standar internasional maupun dalam regulasi nasional, yaitu derajat kompetisi yang sehat, partisipatif, ke­ terwakilan yang tinggi, dan akuntabili­ tas yang jelas, terlaksananya tahapan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan serta asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Jangan sampai demokrasi elektoral yang menjadi amanah konstitusi reformasi dijagal para pencoleng demokrasi! n

Gunung Sakti No.271 Telp/Fax: (0726) 21305. Kotabumi: Jl. Pemasyarakatan Telp/Fax: (0724) 26290. Liwa: Jl. Raden Intan No. 69. Telp/Fax: (0728) 21281. Penerbit: PT Masa Kini Mandiri. SIUPP: SK Menpen RI No.150/Menpen/ SIUPP/A.7/1986 15 April 1986. Percetakan: PT Masa Kini Mandiri, Jl. Soekarno - Hatta No. 108, Rajabasa, Bandar Lampung Isi di Luar Tanggung Jawab Percetakan. Harga: Eceran per eksemplar Rp3.000 Langganan per bulan Rp75.000 (luar kota + ongkos kirim).

DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK, ­WARTAWAN LAMPUNG POST DILENGKAPI KARTU PERS DAN TIDAK DIPER­ KENANKAN MENERIMA ATAU ­M EMINTA IMBALAN DENGAN ALASAN APA PUN.

CMYK

±


OPINI

RABU, 25 juni 2014

Ruang Publik Kirimkan keluhan dan komentar Anda tentang pelayanan publik ke e-mail: redaksi@lampungpost.co.id, redaksilampost@yahoo.com, short message service (SMS) 0815-405-9000, www.facebook.com/lampungpost. interaktif. Setiap surat harus disertai identitas yang jelas.

5

LAMPUNG POST

NU ANSA

PAK D E PAK HO

Piala Dunia di Indonesia?

n LAMPOST/HENDRIVAN

Iyar Jarkasih Wartawan Lampung Post

ENAM hari perhelatan Piala Dunia 2014 di Brasil bergulir, Menteri Pemuda dan Olah­ raga (Menpora) Roy Suryo mengeluarkan pernyataan menarik. Ia menyebutkan Indo­ nesia siap menggantikan Qatar menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Pernyataan itu disampaikan Roy Suryo terkait adanya isu suap dalam penunjukkan Qatar se­ hingga mencuat opsi pembatalan mereka men­ jadi tuan rumah. Entah, apakah Roy Suryo se­ rius dengan ucapannya atau hanya sedang larut dalam euforia event empat tahunan itu yang kini sedang berlangsung di Negeri Samba. Menjadi tuan rumah Piala Dunia tentunya bukanlah hal yang mudah. Perlu dukungan dana yang tidak sedikit untuk membangun sarana dan prasarana, seperti stadion ber­ standar internasional. Paling tidak dibutuh­ kan sekitar 15 stadion yang dapat digunakan

untuk menggelar hajatan tersebut. Sementara Indonesia, saat ini praktis hanya memiliki Stadion Gelora Bung Karno dan Jakabaring, Palembang. Sekadar pembanding, Brasil sebagai tuan rumah Piala Dunia 2014, menggelontorkan dana sekitar Rp151 triliun untuk membangun sejumlah stadion. Selain masih terkendala tempat pertanding­ an, Indonesia juga dihadapkan pada masalah lainnya yaitu kualitas para pemain. Menpora perlu ingat, Piala Dunia bukan hanya sekadar prestise, melainkan juga soal prestasi. Boleh jujur dikatakan, prestasi Tim Nasional Indonesia saat ini masih jalan di tempat. Ja­ ngankan untuk bisa bersaing di pentas Piala Dunia, sekelas Piala Asia pun masih sangat sulit. Sederet negara raksasa di Asia, seperti Jepang, Korsel, Iran, Australia, dan Arab Saudi, masih menjadi tembok tebal bagi Indonesia. Jika pemerintah serius ingin menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia, lang­ kah pembenahan sepertinya harus dimulai dari

sekarang. Tidak hanya dalam hal sarana dan prasarana, tetapi juga perbaikan sistem kom­ petisi hingga pembinaan pemain usia dini. Terlepas masih banyaknya kendala dan kekurangan yang mesti dibenahi, wacana Indo­ nesia menjadi tuan rumah Piala Dunia tentu saja patut mendapatkan dukungan. Apalagi, banyak sisi positif yang bisa didapatkan dari perhelatan akbar tersebut, mulai dari pergerakan ekonomi hingga peningkatan pembangunan. Olahraga seperti sepak bola adalah sebuah kebanggaan. Ada istilah mengatakan hanya ada dua cara agar Merah Putih bisa berkibar di kancah internasional. Pertama, kunjungan kepala negara dan kedua prestasi olahraga. Mengutip salah satu kata bijak “tidak ada impian yang terlalu tinggi untuk dicapai, yang ada hanyalah niat yang terlalu rendah untuk berani melangkah”. Artinya, hanya ke­ beranian dan keseriusan yang bisa membuat Indonesia menjadi tuan rumah pesta sepak bola terakbar tersebut. n

SU RAT PE MB A CA

Presiden Terbaik untuk Negeriku PADA 9 Juli 2014 nanti di Indonesia akan diseleng­ garakan pemilihan umum untuk memilih presiden kita. Sebenarnya siapa yang akan menjadi orang nomor satu di negeri ini sudah dalam genggaman Allah swt. Yang Maha Mengetahui. Kewajiban kita sekarang hanyalah menebar ke­ baikan, antara lain terwujud dengan (a) membina kerukunan bangsa, tidak saling mengecewakan/me­ nyakitkan hati dan (b) memperhatikan rakyat kecil yang masih diliputi kebodohan dan kemiskinan. Untuk membina kerukunan bangsa kita perlu pe­ ngendalian diri dan sopan santun serta bersikap lemah lembut. Kedua hal itu merupakan refleksi dari sifat Allah swt., yaitu Maha Penyantun dan Mahalemah Lembut. Agar bisa memperhatikan rakyat kecil, kita perlu jujur dan memperhatikan serta merasakan peng­ aduan orang lain. Ini merupakan refleksi dari sifat Allah Yang Maha Pemelihara. Mari kita panggil kebaikan yang ada pada manusia sehingga sifat yang buruk, seperti benci, dendam, kikir, malas, dengki, dan sejenisnya dapat tersingkir dengan sendirinya. Kita pasti bisa menghidup-hidupkan sifat-sifat baik supaya disayang Allah sehingga diselamatkan dari ber­ bagai bencana dan keresahan. Kita tunggu saja, siapa yang akan dimunculkan dari dalam genggaman-Nya. Nila Elfreda Hajimena, Lampung Selatan

Mencari Intelektual Sejati EDWARD Shills dalam The Intellectual and the Po­ wers and Other Essays (1972) mengatakan intelektual adalah orang yang memahami nilai-nilai tertinggi (ultimate values), baik yang bersifat kognitif maupun estetik, demikian pula hasratnya akan kesepaduan. Dia mempunyai kepekaan terhadap hal yang suci (the sacred) dan mencari serta hal yang acap berhubungan dengan simbol-simbol keseharian bukan konkret dan referensinya jauh melampaui ruang dan waktu. Persoalan intelektual biasanya dibahas secara mendalam di dalam disiplin history of ideas atau sosiologi pengetahuan. Jika Ruslani mencoba me­ nyederhanakan hanya sekadar definisi yang ideal dan realistik, sebenarnya kenyataannya lebih rumit dibandingkan dengan yang telah diungkapkan oleh Julien Benda dan An-tonio Gramscy. Bagaimanapun dua hal yang terakhir itu selalu dikutip dalam perbincangan ihwal intelektual. Intelektual tidak saja mengurus gagasan, tetapi juga menghidupi dirinya. Oleh karena itu, kita per­lu memperhatikan apakah kaum intelektual di Indonesia bisa menghidupi dirinya? Boleh dikatakan mereka betul-betul ditantang oleh keadaan yang tidak bersahabat dengan kerja-kerja intelektual. Uang lebih banyak mengalir pada usaha untuk me­ menangkan ”politik” dan ekonomi, dan akhirnya menyandera kewarasan nurani dan akal budi. Jika merujuk kepada Edwards Shills, intelektual itu boleh jadi adalah wartawan, dosen, seniman, dan siapa pun yang di dalam konteks tersebut tak bisa hidup layak karena harus berjibaku dengan pemenuhan kebutuhan dasar sehari-hari. Akankah mereka mampu melihat persoalan secara jernih? Tidakkah mereka riskan untuk menjadi partisan? Agak susah menemukan intelektual seperti Arif Budiman yang masih menjaga kemandirian dan kesederhanaan di tengah godaan bisa dibajak dan disuap? Ignace Lepp dalam bukunya The Art of Being an In­ tellectual (1968: 9) menyatakan “The true intellectual is one who goes far beyond the limits of his specialty”. Itu adalah pernyataan yang paling tandas tentang sosok intelektual. Ia mengandaikan orang yang tidak terjebak pada keahliannya sendiri, tetapi mencoba menengok pers­ pektif lain agar bisa mendalami perincian sebuah masalah. Selain itu, juga mengandaikan pemahaman interdisipliner terhadap persoalan masyarakat. Keterbukaan pada disiplin lain sekaligus men­ syaratkan sebuah tim yang terdiri atas berbagai keahlian dalam melihat satu masalah. Contohnya, kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) tidak hanya dilihat dari sisi perhitungan ekonomi, tetapi juga biaya sosial (social cost) yang justru kadang luput dari perhatian dan berdampak sangat luas dalam kehidupan masyarakat kebanyakan. Pendek

kata, sosiologi, antropologi, politik, agama adalah sudut pandang yang juga dimanfaatkan untuk mengantisipasi efek domino yang mengakibatkan kesulitan hidup masyarakat. Dalam kerangka itulah, kebersamaan mereka yang mengaku intelektual dari pelbagai disiplin untuk tak lagi larut dalam ingar-bingar media, tetapi justru melakukan tindakan konkret yang mencerminkan pemikiran bersama. Jika pilot project itu tidak ber­ hasil, mereka duduk kembali untuk mengevaluasi keberkaitan teori dan tindakan. Singkatnya, ada usaha berkelanjutan dalam menyelaraskan buku teks dan dunia realitas. Seyogianya, keberhasilan Mohammad Yunus dengan Gramen Bank-nya di Bang­ladesh memberikan inspirasi kelompok intelek­ tual, bagaimana komitmen dan kehendak mewujud­ kan ide dalam tataran konkret bisa dilakukan. Seperti dikatakan oleh Talcott Parson, bahwa apa yang diharapkan dari intelektual adalah lebih mem­ berikan perhatian kepada norma dan makna pola sistem simbolik dibandingkan dengan tindakan atau kepentingan dari sebuah sistem sosial agen yang ada, baik individu maupun kolektif. Sayangnya, banyak kita temukan bahwa mereka yang secara formal berhak menyandang gelar intelektual menggadaikan kedudukannya untuk raihan sesat, baik materi maupun kedudukan. Dan Pemilihan Presiden 2014 menjadi jebakan berbahaya bagi intelektual. Sudah saatnya kita mendorong kaum cendekiawan untuk bersuara agar kaum cerdik pandai memikirkan kembali posisinya dalam pertarungan perebutan kekuasaan yang semakin kasar. Dengan sendirinya, kekasaran itu telah menyuburkan wacana yang berkembang di masyarakat dangkal dan karikatif. Budi Suharyono Gedongmeneng, Bandar Lampung

Budaya Gotong Royong Luntur DERASNYA arus globalisasi sudah menghantam ber­ bagai sendi kehidupan di Indonesia. Globalisasi juga selalu mengancam lunturnya budaya Indonesia yang mudah untuk dipengaruhi. Bahkan globalisasi mulai tidak mengenal adanya batasan ruang dan waktu. Globalisasi seperti mata uang logam yang memiliki dua sisi berlainan, sisi positif dan negatif, tergantung dari sudut mana kita memandang. Salah satu dampak positif yang ditunjukkan dari adanya globali­sasi saat ini ialah terjadinya akulturasi budaya yang dapat menciptakan kebudayaan baru yang unik. Selain itu, juga dapat menumbuhkan perkembangan iptek di Indonesia yang dapat digunakan untuk mem­ perkenalkan kebudayaan Indonesia pada dunia. Akan tetapi, globalisasi juga memberikan dampak negatif, salah satunya adalah lunturnya kebudayaan asli Indo­ nesia. Salah satunya budaya gotong royong. Gotong royong yang dilakukan oleh masyarakat set­ empat secara bersama-sama dengan tidak mengharap­ kan suatu imbalan atas pekerjaan yang telah dilakukan tersebut. Gotong royong dilandasi rasa solidaritas antar­ warga masyarakat yang tinggi karena pada hakikatnya manusia saling membutuhkan satu sama lain untuk kelangsungan hidupnya dalam bermasyarakat. Dalam budaya gotong royong, sikap saling tolongmenolong secara kolektif merupakan kegiatan sosial yang dilakukan tanpa mengharapkan suatu imbalan jasa atas pekerjaan yang dilakukan. Tindakan tersebut dilakukan dengan sukarela dan didasarkan pada se­ mangat hidup, senasib, dan sepenanggungan dengan tu­ juan meringankan pekerjaan atau beban orang lain. Namun, masyarakat Indonesia saat ini cenderung bersifat individu. Mereka lebih mementingkan pribadi atau golongan di atas kepentingan bersama. Kini bu­ daya sambatan telah bergeser menjadi sistem upah. Hal tersebut sebagai akibat adanya globalisasi yang membuat semakin menyempitnya lapangan peker­ jaan yang kini banyak dikuasai bangsa asing sehingga memaksa mereka melakukan segala sesuatu dengan mengharapkan imbalan atas apa yang dia kerjakan. Akibatnya, budaya gotong royong saat ini sudah jarang ditemukan, terutama pada masyarakat perkotaan. Dulu sebelum Indonesia memasuki era globali­ sasi, budaya itu sangat melekat keberadaannya di masyarakat Indonesia. Seiring perkembangan zaman yang memaksa Indonesia untuk memasuki dunia global, banyak kebudayaan asing yang masuk ke Indonesia tanpa filter lebih dulu. Selain itu, kini gotong royong dalam hal positif

pun berubah menjadi negatif, seperti gotong royong berkorupsi yang dilakukan bersama-sama atau berje­ maah oleh para kaum intelektual dan petinggi negeri. Fenomena inilah yang menyebabkan Indonesia kehi­ langan jati diri sebagai negara yang berbudaya. Bangsa Indonesia yang dikenal dunia sebagai bangsa yang kaya akan budaya dan “unggah-ung­ guh” ketimurannya, sudah selayaknya harus mem­ pertahankan eksistensi budaya Indonesia, seperti sambatan, yang saat ini mulai luntur terkikis zaman. Siapa lagi yang akan mempertahankan dan meles­ tarikan budaya Indonesia selain kita sendiri. Dian Utami Durianpayung, Bandar Lampung

Rasa Malu BANGSA ini terkenal memperlakukan rasa malu men­ jadi nomor wahid. Contoh, ketika harga minyak dunia melambung, segera rasa malu mengikuti de­ngan me­ naikkan harga BBM di negeri sendiri. Setelah dapat ”untung” segera keuntungan itu dibagi ”adil” pada rakyat berupa BLT (bantuan langsung tunai) yang tidak usah dikembalikan. Cukup membayar dalam bentuk komoditas yang makin tak terjangkau. Rasa malu pada mahasiswa yang menentang kenaikan BBM diwujudkan dalam bentuk BKM (bantuan khusus mahasiswa) yang berupa beasiswa. Namun, tidak terbukti efektif sebab BKM tidak diberikan sebelum ada kenaikan harga bahan bakar. Seolah pengambil kebijakan melakukan suap untuk meredam gejolak mahasiswa. Namun, mahasiswa punya rasa malu dengan ban­ tuan ini. Hal ini terbukti dengan tindakan mogok makan, begitu mau ada ”suap”. Terkait dengan BLT, rakyat miskin dapat menjadi contoh kedisiplinan dalam budaya antre. Mereka malu jika dikatakan tidak tertib hingga antre sampai berpanas ria demi mendapat kompensasi BBM. Tidak seperti di gedung Dewan yang tidak malu belum bisa memakmurkan rakyat yang diwakilinya. Malu bertanya sesat di jalan. Bertanya terus dikira tak tahu jalan. Begitulah gambaran arus bawah di era reformasi ini. Rukman Dasuki Hajimena, Natar, Lampung Selatan

Who’s Next? SETELAH Soekarno, Soeharto, B.J. Habibie, Gus Dur, Megawati Soekarnoputri, dan Soesilo Bambang Yoedoyono, who’s next yang akan menjadi presiden RI untuk periode 2014—2019? Tinggal bagaimana nanti, rakyat Indonesialah yang memilih. Siapa pun yang menjadi presiden dan wakil presi­ den Indonesia periode 2014—2019 pastilah pasangan yang bernasib baik. Tapi, Tuhan tidak akan begitu saja memberikan nasib baik kecuali kepada orangorang yang bekerja dengan sungguh-sungguh dan mempunyai ketulusan untuk mengabdi pada bangsa dan negara serta jujur dalam bertindak. Nasib bangsa Indonesia dalam lima tahun ke depan segera kita tentukan. Mulai sekarang, per­ hatikan visi-misi capres dan cawapres mana yang paling sesuai dengan hati nurani kita. Yang paling mantap menurut kita itulah yang na­ manya akan kita contreng pada Pemilu 2014 ini. Jangan lupa, berdoalah sebelum mencontreng agar Tuhan berkenan memberi kesempatan pada bangsa Indo­ nesia untuk mempunyai presiden dan wakil presiden yang jujur, adil, bersih pikiran dan tindakannya, serta dapat menjadi teladan yang baik bagi rakyatnya. Sangat tidak mudah menjadi presiden untuk nega­ ra kita yang terkenal banyak masalah dengan 253,60 juta juta jiwa penduduknya ini. Jadi, siapa pun yang terpilih menjadi presiden dan wakil presiden, harus kita dukung sepenuh hati walaupun mungkin mere­ ka bukan pasangan yang menjadi pilihan kita. Kita harus optimistis bahwa Indonesia akan menjadi negara yang jauh lebih baik dan maju pada lima tahun mendatang. Kita tidak boleh skeptis melihat keadaan Indonesia. Jika kita percaya kita mampu, kita pasti akan benar-benar mampu karena Tuhan selalu menu­ ruti pemikiran dan keyakinan umat-Nya. Cindy Eldina Kemiling, Bandar Lampung

Harga daging ayam dan telur naik lagi, Pak De.

Pokoknya menjelang Ramadan semua pada naik ya, Pak Ho.

n FERIAL

P OJOK Gubernur minta Umar Ahmad mencontoh Bachtiar. Apa dulu dong yang dicontoh? n Pemkot Bandar Lampung memangkas 20% PBB. Enggak sebanding dengan kenaikan 300%!

S MS IN TERAKTIF

Sekcam Enggal Terlambat Ngantor Assalamualaikum. Pak Wali, mohon sekali-sekali sidak ke Kecamatan Enggal. Sampai pukul 09.30, pak sekcamnya be­ lum datang. Kami terkatung-katung menunggu beliau untuk minta paraf. Terima kasih. 087899541xxx

Kecewa Pelayan Telkomsel Yth. Pimpinan Telkomsel, saya sedikit kecewa dengan kin­ erja yang menangani laporan saya, sudah lebih dari tiga kali saya buat laporan melalui 133 dan cs@telkomsel.co.id perihal Kartu Halo saya 0811952626 yang setiap pagi mendapat SMS notifikasi perpanjangan paket BB Lifestyle harian dan kena biaya Rp3.000, yang sebenarnya paket sudah nonaktif sejak 29 Mei, sampai sekarang belum selesai dan sampai kapan? Yusni, Febriansyah, Gunungsugih 0811952xxx

Sosialisasikan soal Korsleting Kepada Yth. Kepala Cabang PLN Provinsi Lampung. Kalau boleh kami menyarankan kepada Bapak untuk mengantisipasi sering terjadi kebakaran disebabkan arus pendek listrik. Kami sebagai kon­ sumen kebanyakan kurang memahami apa itu arus pendek listrik, mohon untuk sosialisasi bagi kami sebagai konsumen agar pihak PLN menyosialisasikan melalui media televisi atau media cetak, untuk lebih mengantisipasi apa yang harus diperhatikan bagi kami selaku konsumen. Atas perhatiannya kami ucap­ kan terima kasih. 08975404xxx

Periksa BKD Lamteng Untuk Kepala Biro dan jajarannya. Mohon diselidiki di BKD Lampung Tengah kenapa berkas K2 belum juga dikirim ke pusat. Ada apakah kiranya oleh mereka? Terima kasih. 082186275xxx

Listrik Lamteng Byarpet Terus Kepada Pimpinan PT PLN Lampung Tengah, Gunungsugih, kenapa listrik byarpet terus tidak pernah berhenti pada waktu malam. Kalau mati sekalian mati jangan byarpet. Karena peralatan rumah kami dan lampu rusak dan putus. Jangan semaunya tanpa ada imbauan terlebih dahulu. Tolong profesional melayani masyarakat, giliran bayar menunggak enggak mau tahu. Malu dong sama listrik di Pulau Jawa sedetik pun gak pernah mati. Terima kasih. Ismail, Lampung Tengah 085609691xxx

Perbaiki Jalan Provinsi di Lampung Yth. Kementerian PU di Jakarta. Tolong jalan-jalan di Provinsi Lampung diperbaiki dan diperlebar. Jangan hanya jalan di Pulau Jawa yang selalu diutamakan. Jangan pula kesenjangan pemban­ gunan membuat terjadi pemberontakan seperti awal kemerde­ kaan RI. Pemerintah Pusat wajib adil dalam pembangunan. 085768829xxx

Desa Bakung Masih Gelap Gulita Yth. Pak Bupati Tuba, sampai kapan di tempat kami Desa Bakung, Gunungtapa, Kecematan Gedungmeneng, Tulang­ bawang, gelap gulita, di wilayah PT ILP Km 43. Mohon pen­ erangan PLN, jangan harapan tinggal harapan Pak. 082376842xxx

Berantas Judi di Lamteng Kepada Yth. Bapak Kapolda Lampung. Mohon perintahkan Kapolres Lampung Tengah untuk memberantas segala jenis per­ judian di Kecamatan Pubian karena sangat bebas. Terima kasih. 082255227xxx

PLN Oh PLN Kepada siapa lagi kami mengadu, PLN oh PLN, kenapa ser­ ing padam, enggak peduli siang atau malam, Metro Selatan. 08975408xxx

Jalan Ragom Gawi Rusak Yth. Kepala Dinas PU Jalan Ragom Gawi, Kampung Kepayang, menuju BKP Kemiling rusak, sempit, dan berlubang. 085768829xxx


BANDAR

rabu, 25 juni 2014 LAMPUNG POST

Yusran Effendi (Kadispenda Bandar Lampung)

LAMPUNG

“(Peraturan) Ini masih dibahas, salah satunya akan mengatur secara detail tentang ketentuan zona bebas rokok.”

6

Gubernur Ajak KNPI Membangun Lampung GUBERNUR Lampung M. Ridho Ficardo berharap kepengurusan baru Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Lampung bersinergi dengan pemerin­tah dalam membangun Lampung. Di acara pelantikan pengurus Dewan Pengurus Daerah (DPD) KNPI Provinsi Lampung, di Balai Keratun, Senin (24/6), Ridho juga meminta pengurus KNPI periode 2014—2017 segera menyusun program nyata untuk masyarakat. “Pertama saya ucapkan selamat kepada pengurus yang baru dilantik. Segera susun program nyata. Jangan sampai terjebak diskusi berkepanjangan yang menghabiskan waktu dan tenaga. KNPI harus menjadi garda terdepan untuk mendukung program pemerintah di tengah-tengah masyarakat,” ujar Ridho. Ketua Dewan Pimpinan Pusat KNPI Taufan Eko Nugroho melantik pengurus baru DPD KNPI Lampung, yaitu Teguh Wibowo (ketua), Mislamuddin (sekretaris), Misgustini (bendahara), serta pengurus lainnya. Dalam sambutannya, Taufan berharap kepada pengurus DPD KNPI Provinsi Lampung bisa mendukung program Pemprov Lampung dalam memajukan masyarakat. “Saya juga menyematkan baju KNPI kepada Gubernur, ini sebagai simbol kehormatan. Beliau merupakan gubernur termuda di Asia Tenggara ini bisa menjadi inspirasi bagi pemuda di Lampung,” ujarnya. Ketua DPD KNPI Provinsi Lampung Teguh Wibowo me­ ngatakan kepengurusannya siap mendukung program pemerintah. “Kami pengurus DPD KNPI akan bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Lampung, tapi tetap kritis menjaga independensi untuk membangun pemuda di Lampung ini,” kata dia. (AMR/K1)

SELINTAS Jasa Raharja Bayarkan Santunan Rp50 Juta PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Lampung membayarkan santunan sebesar Rp50 juta kepada ahli waris korban kecelakaan kakak beradik, Frengky Sihotang dan Novianti Sesilia Sihotang. Pemberian santunan dilakukan di kediaman rumah ahli waris korban di Perumahan Bukit Kemi­ ling Permai Blok K No. 63, LK III RT 034, Kemiling, Bandar Lampung, Selasa (24/6). Kepala Cabang PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Lampung Triyugara, diwakili Kepala Bagian Operasional Uray Shied­ qie, mengatakan pembayaran santunan tersebut diterima langsung orang tua korban, Redi Serafinus Sitanggang, dengan metode pemindahbukuan ke rekening tabungan yang terdaftar di BRI Cabang Tanjungkarang. Menurutnya, pembayaran santunan itu dapat terlaksana dengan cepat berkat kerja sama yang baik dengan pihak Satlantas Polres Lampung Selatan dan dukungan masyarakat yang memberikan informasi secara cepat. “Santunan kami berikan hanya dalam waktu satu hari. Ini sebagai perwujudan komitmen pelayanan Jasa Raharja terhadap prinsip PRIME, yaitu proaktif, ramah, ikhlas, mudah, dan empati,” kata Triyugara, melalui siaran pers, kemarin. (YAR/K1)

PMII Gelar Pelatihan Kader Se-Sumatera n LAMPUNG POST/DOK. KOMINFO PROVINSI LAMPUNG

RIDHO KUNJUNGI LP RAJABASA. Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo (dua kanan) berbincang dengan penghuni LP Rajabasa yang juga mantan Bupati Lampung Selatan Wendy Melfa, di LP Rajabasa, Senin (23/6) malam. Wendy divonis penjara 4 tahun karena tersandung perkara korupsi pengadaan tanah PLTU Sebalang Lampung Selatan.

Pemkot Larang Reklame Rokok Kebijakan Pemerintah Kota Bandar Lampung melarang pendirian reklame rokok akan mengakibatkan banyak pengusaha periklanan gulung tikar. Ricky Marly

P

IHAK Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Bandar Lampung melarang pendirian reklame rokok di Kota Tapis Berseri. Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 109 Tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan yang Mengan­dung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau bagi Kesehatan. Ke depan, Kota Bandar Lampung akan menjadi zona bebas rokok. “Kami sudah melarang pihak advertising memasang reklame rokok di sejumlah jalan utama

dan protokol, hal ini sesuai dengan PP Nomor 109 Tahun 2012,” kata Kepala Dispenda Kota Bandar Lampung Yusran Effendi, Selasa (24/6), melalui sambungan telepon. Menurut Yusran, pihaknya j u g a su d a h m e n u r u n k a n dan membongkar beberapa reklame iklan rokok, tetapi masih ada beberapa yang dibiarkan karena kontraknya belum habis. “Setelah kontrak habis, iklannya harus dicabut dan pihak advertising tidak boleh lagi memasang iklan rokok,” ujarnya. Kini, pihaknya bersama Bappeda, Dinas Kesehatan,

serta Badan Penanaman Modal dan Perizinan tengah membahas Peraturan Wali Kota tentang Pengendalian Zoba Bebas Rokok. Peraturan ini akan membahas detail ketentuan zona bebas rokok yang akan diberlakukan di seluruh wilayah Kota Bandar Lampung. “Ini masih dibahas, salah

S

etelah kontrak habis, iklannya harus dicabut dan pihak advertising tidak boleh lagi memasang iklan rokok. satunya akan mengatur secara detail tentang ketentuan zona bebas rokok,” katanya. Terancam Gulung Tikar Wakil Ketua Kadin Lampung Bidang Perdagangan, Perindus-

trian, dan Media Promosi Roland Nurfa mengatakan kebijakan Pemerintah Kota Bandar Lampung yang melarang pendirian reklame rokok bakal mengancam kegiatan bisnis perusahaan periklanan (advertising). Menurut dia, hampir 60% pendapatan dari perusahaan periklanan di Lampung saat ini berasal dari iklan rokok. “Kalau kebijakan itu diterapkan, pengusaha advertising di Lampung habis karena bakal banyak yang gulung tikar,” kata Roland, melalui telepon, tadi malam. Roland meminta Pemkot untuk mengkaji ulang kebijakan tersebut. Menurut dia, pendapatan pajak daerah yang bersumber dari reklame rokok sangat besar. Pasalnya, ketentuan nilai pajaknya jauh lebih tinggi dibandingkan iklan lainnya. (YAR/K1)

rickymarly@lampungpost.co.id

n a pas kota

Saya Bersyukur atas Rezeki Hari ini PEREMPUAN berkerudung itu sibuk melayani pembelinya di depan Mapolda Lampung, Selasa (24/6). Dia didampingi adik iparnya saat melayani konsumen yang didominasi anak muda. Ahadiati, namanya, seharihari akrab disapa Titi. Sudah dua tahun Titi berjualan di depan markas Polda. Di depan markas Polda, Titi menjual bakso bakar, usus bakar, dan sosis bakar. Sambil menusuk bakso, dia tampak membolak-balik bakso yang tengah dibakar dan dikipas oleh adik iparnya. Mereka ramah melayani dan mela­

deni pembelinya. “Dua usus dan satu bakso ya, Bu,” pesan seorang bocah perempuan. Segera saja Titi mengambil yang dipesankan oleh bocah sambil tersenyum. Senyum tulus Titi hadir dari hati yang selalu bersyukur. Setiap hari, Titi bekerja mulai pukul 15.00 sampai 21.30. Dia ingin membantu meringankan beban suami yang bekerja sebagai buruh bangunan. “Alhamdulillah dengan semua rezeki yang sudah didapatkan hari ini,” ujar ibu satu anak in. Titi menjual tiga jenis camilan, yaitu bakso bakar, sosis bakar, dan usus bakar, yang dijual

n LAMPUNG POST/WANDY BARBOY

Titi (37) yang sudah dua tahun berjualan bakso bakar di depan markas Polda, Selasa (24/6) sore, melayani bocah perempuan. Ibu satu anak ini membantu suami karena tidak ingin berdiam diri di rumah. Rp1.000 per tusuk. Pengalaman menyedihkan yang pernah di­ alami Titi saat berjualan adalah

saat kondisi hujan. Dia pernah memaksakan diri berjualan di tengah hujan

deras. Tiba-tiba payung yang dia pegang terbang ditiup angin kencang, sementara dagangannya basah semua. “Payungnya terbang saya sampai tangis karena usaha jadi bubar,” kata dia. Perempuan berusia 37 tahun itu mengaku pada akhir minggu bisa menjual 1.000 tusuk, sedangkan pada hari-hari biasa menghabiskan 700 tusuk. “Alhamdulillah, pendapatan bersih bisa Rp100 ribu—Rp200 ribu sehari,” ujarnya. Titi bersyukur karena suami dan adik iparnya mau mendukung dirinya yang berjualan usaha ini. (K1) n Wandi Barboy

PERGERAKAAN Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Bandar Lampung menggelar Pelatihan Kader Dasar (PKD) se-Sumatera mulai 20—27 Juni 2014 di Aula KNPI Bandar Lampung. Acara ini diikuti 51 peserta dari berbagai cabang PMII di Sumatera. Selain 12 pengurus cabang PMII di Lampung, acara juga dihadiri PMII dari cabang Jambi, Palembang, OKI Timur, OKI Induk, Sarolangun, dan Baturaja. Riswan, selaku ketua pelaksana, mengatakan agenda pelatihan kali ini merupakan lanjutan dari proses kaderisasi formal PMII dan selanjutnya mengikuti Pelatihan Kaderisasi Lanjutan. Para peserta mendapatkan berbagai materi untuk bekal mengurus organisasi dan melanjutkan estafet kepemimpinan. Acara diisi pembicara yang berkompeten di bidangnya, seperti K.H. Khoiruddin Tahmid. Rencananya PMII akan terus mengadakan berbagai kegiatan-kegiatan keislaman agar moral mahasiswa Islam sejalan dengan Alquran dan sunah. (*7/K1)

Optimalkan Penyuluhan Pajak WAKIL Ketua Komisi I DPRD Lampung Hartarto Lojaya mengapresiasi kebijakan Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N. menurun­ kan nilai PBB 20%. Namun, ujarnya, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat membayar pajak, tidak cukup de­ ngan kebijakan memangkas nilai pajak. Dia mengimbau pihak Pemkot dan instansi yang terkait untuk mengoptimalkan penyuluhan tentang pajak ke masyarakat. “Sebenarnya, masalah pokoknya bukan pada nilai pajak yang harus dibayar. Jadi, mau dinaikkan atau diturunkan, kalau kesadaran masyarakat tidak ada, tetap saja banyak yang nunggak. Intinya, bagaimana menanam­ kan kesadaran membayar pajak ini kepada masyarakat,” kata politikus Partai Demokrat ini, Selasa (23/6). Menurut dia, persoalan pajak ini mirip dengan BBM, yang kebijakan menaikkan atau menurunkan harganya disosialisasikan jauh-jauh hari. Begitu juga dengan pajak, pihak Pemkot harus gencar menyosialisasikan kebijakan-kebijakan terkait pajak ini. Sementara itu, Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Kanwil Direktorat Jenderal Pa-

jak Bengkulu dan Lampung Eny Suryani mengatakan pihaknya rutin melakukan kegiatan penyuluhan pajak, baik kepada wajib pajak maupun calon wajib pajak. Salah satu upaya menanam­ kan kesadaran sejak dini kepada para calon wajib pajak adalah dengan memberikan penyuluhan kepada para mahasiswa dan pelajar di Lampung. “Sebelumnya kami memiliki program Tax to Campus. Nah, tahun ini kami menyasar para pelajar SMA,” ujarnya beberapa waktu lalu saat melaksanakan ke­ giatan Tax to School di SMA Alkautsar. Menurut Eny, penyuluhan pajak sejak dini itu penting untuk menumbuhkan kesadaran membayar pajak sejak dini pada para calon wajib pajak. Dengan kesadaran itu, diharapkan saat sudah bekerja dan memiliki penghasilan, mereka menjadi wajib pajak yang taat membayar pajak. S e l a i n i t u , k a t a E n y, p i h a k nya j u g a m e n e k a nkan manfaat pajak bagi masyarakat. Sebab, pajak merupakan salah satu sumber anggaran pendapatan negara yang nantinya digunakan untuk pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. (VER/K1)


BANDAR

LAMPUNG Tuntutan Pembuang Pasien Diprotes

rabu, 25 juni 2014 LAMPUNG POST

Wahrul Fauzi Silalahi (Direktur Eksekutif LBH) Kami sangat mengutuk keras rendahnya tuntutan para jaksa di Bandar Lampung. Akan kami laporkan ke Kejakgung perkara ini.

7

Kajari Jadi Saksi Kasus Tilang

Kami akan lapor ke Kejakgung. Kalau dibiarkan, nanti tidak menimbulkan efek jera kepada masyarakat lainnya. Hal ini yang berujung menjadi preseden buruk bagi penegakan hukum di Indonesia. Wandi Barboy

L

EMBAGA Bantuan Hu­ kum (LBH) Bandar Lam­ pung menilai tuntutan hukum yang ringan terhadap para terdakwa pembuang pasien Rumah Sakit Umum Daerah A. Dadi Tjokrodipo (RSUDADT) sangat mencederai rasa keadilan. Para pengacara itu berharap media dan publik terus me­ nyoroti perkara pembuangan kakek Suparman (meninggal dunia) yang kini mulai sepi. Tuntutan jaksa dalam per­ sidangan terhadap terdakwa

M

au apa pun alasan dari jaksa, dihukum di bawah 2 tahun itu tidak rasional dan sudah mencederai rasa keadilan.

mantan Kepala Subbagian Umum dan Kepegawaian seka­ ligus Humas RSUDADT Herian­ syah dan terdakwa mantan Kepala Ruang Rawat Inap E2 Mahendri terlalu ringan. Terkait itu, LBH Bandar Lam­ pung akan melaporkan keja­ dian itu ke Kejaksaan Agung. Hal itu disampaikan Direktur Eksekutif LBH Bandar Lam­ pung Wahrul Fauzi Silalahi. Dia mengatakan peran jaksa memaksimalkan tuntutan ter­ hadap para terdakwa, baik yang memerintahkan maupun teknis yang melaksanakan, dari bukti persidangan, keterangan saksi, yang pidana penjaranya di bawah 2 tahun tidak sesuai dengan harapan publik. “Jaksa kan mengangkatnya dari bukti persidangan, ke­

terangan saksi, dan lainnya. Hukumannya di bawah 2 tahun. Proses meninggalnya kan tragis tidak ada rasa kemanusiaan. Kasus ini juga sudah mulai sepi. Belum lagi putusan hakim nanti nantinya. Itulah harus dikawal terus kasus ini,” ujar Wahrul, di kantornya, Selasa (24/6). Menurut Wahrul, jaksa sangat minim dalam menggunakan ke­ wenangannya menurut hukum. “Mau apa pun alasan dari jaksa, dihukum di bawah 2 tahun itu tidak rasional dan sudah mencederai rasa keadilan,” katanya. Dia juga mempertanya­ kan apakah Kejari sudah meng­ evaluasi tuntutan hukuman yang ringan tersebut. “Kami akan lapor ke Kejak­ gung. Kalau dibiarkan, nanti tidak menimbulkan efek jera kepada masyarakat lainnya. Hal ini yang berujung menjadi preseden buruk bagi penegakan hukum di Indonesia,” ujarnya. Kepala Kejaksaan Negeri Ban­ dar Lampung Widiyantoro me­ nyatakan tuntutan hukuman da­ lam perkara pembuangan pasien sudah sesuai dengan hukuman yang berlaku dan telah melalui berbagai pertimbangan. “Itu sudah pas. Tidak ter­ lalu tinggi dan tidak terlalu ren­ dah. Meninggalnya kakek kan bebera­pa hari setelah dibuang, tidak langsung meninggal. Awal­ nya, kan mau ditaruh di pasar, di tempat yang ramai,” ujarnya saat dihubungi Selasa (24/6). Perkara tuntutan itu telah mencederai rasa kemanusiaan, menurut Widiyantoro, adalah penilaian masing-masing. “Ka­ lau dia niat mau bunuh, ya bunuh dijurang. Ini kan tidak,” Kajari. (K2)

wandibarboy@lampungpost.co.id

n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

GANJA KERING. Kabid Humas Polresta Bandar Lampung AKP Tietien menunjukkan barang bukti berupa dua puntung daun ganja kering yang sudah dipakai dan empat kertas rokok yang digunakan lima dari sembilan tersangka pengguna ganja yang ditangkap Satuan Narkoba Polresta Bandar Lampung, Selasa (24/6).

KEPALA Kejaksaan Negeri Bandar Lampung Widiyan­ toro hadir di persidangan dugaan korupsi dana tilang senilai Rp1,5 miliar dengan terdakwa Rika Aprilia (34). Kehadiran Widiyantoro un­ tuk memberikan kesaksian dalam sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor Tanjung­ karang, Selasa (24/6). Selain Widiyantoro, jaksa juga menghadirkan mantan Ka­ jari Bandar Lampung Priyanto dan dua karyawan Bank Buko­ pin, Hana dan Sigit Kurniawan Putro. Sidang dipimpin Hakim Nursiah Sianipar. Dalam sidang tersebut, Ma­ jelis Hakim Nursiah Sianipar mempertanyakan kepada Priyanto seputar tugas pokok terdakwa Rika Aprilia yang menjabat bendahara khusus di Kejari Bandar Lampung yang pernah dipimpin saksi Priyanto. Dalam aturannya, terdakwa harus menyetorkan peneri­ maan negara bukan pajak (BNBP) dan dana tilang kepada kasi-kasi di atasnya dan diketa­

hui kaur Keuangan serta kepala Subbagian Pembinaan. “Semua berjalan dengan lancar dan laporannya selalu masuk kepada saya walau­ pun saya tidak melakukan pengecekan langsung ke ben­ dahara. Tahu adanya korupsi ini justru dari berita di media massa,” kata Priyanto. Majelis Hakim juga mem­ pertanyakan keterangan saksi yang hanya sedikit. “Ba­ gaimana jaksa memperjelas dakwaannya jika saksi hanya memberikan keterangan sebanyak satu lembar dalam keterangan sebagai saksi,” ujar Ketua Majelis Hakim Nursiah Sianipar. Sementara itu, Kajari Ban­ dar Lampung Widiyantoro menjelaskan kepada Majelis Hakim sebenarnya ia selalu melakukan pengawasan ter­ hadap bendahara maupun anak buahnya yang lain. “Saya selalu melakukan pengece­ kan berdasarkan laporan dari kepala Subbagian Pembinaan. Semua berjalan dengan lan­ car,” ujar Widiyantoro. (BOY/K2)

Dua Pelajar Tewas Tertabrak Bus BUS Ranau Indah BE-7273-YI menabrak dua unit kendaraan bermotor, Supra X 125 BE-4577 -YM dan Suprafit BE-7986-CJ, di Km 19—20, atau depan pemandian air panas, Desa Merakbatin, Natar, Lampung Selatan, Selasa (24/6). Tabra­ kan ini menewaskan dua pela­ jar, Frengki Fidelis Sihotang (12) dan Noviati Sihotang (7), warga Bukit Kemiling Permai (BKP), Bandar Lampung. Kapolsek Natar Kompol Yo­ hanes Agustiandaru menga­ takan dua unit kendaraan

bermotor itu tengah parkir di bahu jalan ketika bus Ranau Indah melaju kencang dari arah Bandar Lampung dan menabrak motor tersebut. “Dua korban meninggal di tem­ pat kejadian akibat tergencet ban depan mobil,” kata Yohanes Agus­ tiandaru, Selasa (24/6). Sementara tiga orang lainnya selamat yaitu Redi Suratinus (38), Terisia Dani (14), dan Dasmarasih Sihotang (42). “Mereka hanya mengalami luka ringan.” Menurut Yohanes Agus­ tiandaru, sopir bus, Yamin,

melarikan diri masih dalam pengejaran petugasnya, se­ dangkan kernetnya, Anton, diamankan di polsek beserta barang bukti satu unit mobil bus dan dua unit sepeda motor milik korban. “Dugaan sementara bus tidak bisa mengendalikan laju kendaraan sehingga menabrak dua unit kendaraan bermotor yang sedang parkir di bahu jalan,” ujarnya. Kelima korban lakalantas tersebut dibawa petugas ke Rumah Sakit Natar Medika. (AMR/K1)

n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

SIDANG KORUPSI TILANG. Kepala Kejaksaan Negeri Bandar Lampung hadir menjadi saksi pada kasus penggelapan uang penerimaan negara bukan pajak (PNPB) senilai Rp1,45 miliar dengan terdakwa Rika Aprilia, mantan bendahara khusus penerimaan Kejaksaan Negeri Bandar Lampung, di PN Tanjungkarang, Selasa (24/6).

Pidsus Ambil Alih Perkara Disnakertrans PASCAKEPINDAHAN Asisten In­ telijen (Asintel) Kejaksaan Ting­ gi (Kejati) Lampung, perkara dugaan korupsi di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Lampung kini diambil alih oleh Bidang Pidana Khusus. Namun, hingga kini perkara itu terkesan masih jalan di tempat dan belum berubah status ke penyidikan. “Kendati telah berganti kepemimpinan, perkaranya tidak berhenti.

Sekarang sedang ditangani Pidsus. Kan awalnya ditangani Intel,” kata Kasi Penkum Kejati Lampung Yadi Rachmad. Perkara dugaan korupsi di Disnakertrans Provinsi Lampung mencuat setelah ada pengakuan dari beberapa staf dinas itu me­ reka dimintai sejumlah uang oleh oknum jaksa agar perkaranya tidak ditindaklanjuti. Perkaranya sendiri langsung ditangani tim jaksa yang dike­

tuai asintel saat itu, Sarjono Tu­ rin. Sejak ditangani beberapa bulan lalu, status perkara tidak berubah, hanya berkutat pada pengumpulan bahan keterang­ an dan data dengan dasar surat perintah tugas. “Saya belum tahu kalau ada surat perintah penyelidikan­ nya. Mungkin sekarang sudah berubah statusnya. Tapi, saya belum tahu. Harus saya kon­ firmasi lagi ke Pidsus, karena

dalam prosesnya sendiri hasil puldata-pulbaket sudah disam­ paikan ke Aspidsus. Mungkin juga sedang dalam proses. Kita tunggu sajalah ya,” kata dia. Sejauh ini Yadi belum dapat memastikan kapan perkaranya ditingkatkan ke penyidikan. Na­ mun, dia mengakui penyidik telah menemukan kerugian negara dalam salah satu kegiatan di dinas tersebut. “Kerugian awal sudah ditemukan penyidik. Kami

tetap profesional,” kata dia. Kajati Lampung Sri Hari­ jati Pujilestari mengaku baru mempelajari perkara tersebut secara umum. Tentang materi­ nya sendiri, mantan Wakajati Sumatera Selatan itu mengaku masih harus mendengar penda­ pat penyidik dalam ekspos perkara. “Baru sebatas global. Kalau materinya, mungkin saya akan dalami saat gelar perkara,” kata dia. (HER/K2)


RAGAM rabu, 25 juni 2014 LAMPUNG POST

Gatot Dewabroto Menpora terpaksa membatalkan penyewaan gedung karena acara dianggap berbau politis dan cenderung menjatuhkan salah satu pasangan capres.

8

Sayuran Berformalin Marak

bur a s

Lampung Usul 3 Jalur Baru KA!

Dari tahun ke tahun selalu ditemukan sayuran dan buah-buahan berformalin. Ini menandakan kinerja Badan Ketahanan Pangan Daerah Provinsi Lampung tidak optimal. Amiruddin Sormin

H

ASIL uji cepat (rapid test kit) Badan Ketah­ anan Pangan Daerah (BKPD) Provinsi Lampung di sejumlah pasar di enam kabu­ paten menunjukkan sayuran lokal positif mengandung ­formalin. Sayuran yang tercemar zat pengawet mayat ini, antara lain labu siam, kubis, daun bawang, sawi putih, bayam, kacang panjang, kangkung, dan selada. Sedangkan buah nonproduksi Lampung berfor­ malin, yakni apel merah, apel malang, dan anggur merah. M e n u r u t Ke p a l a B K P D Provinsi Lampung Kusnardi, pemakaian formalin itu kare­ na pedagang dan tengkulak tidak mau membeli putus

J

angan anggaran dikeluarkan tanpa hasil apa-apa, hanya menghabiskan anggaran. sayur dan buah. “Mereka kini hanya mau bayar sistem kon­ sinyasi. Artinya, pedagang hanya bayar buah dan sayur yang terjual. Nah, agar sayur dan buah tahan lama, me­ reka memakai formalin,” kata Kusnardi di Bandar Lampung, Selasa (24/6). Selama Maret dan April 2014, BKPD melakukan uji formalin di Lampung Barat, Pringsewu, Tanggamus, Pesawaran, Tu­ langbawang, dan Kota Metro. Pemakaian formalin terbesar ditemukan di Lampung Barat. “Kabupaten ini (Lampung Barat, red), memang sentra penghasil buah dan sayur,” kata Kusnardi. Uji cepat tersebut dilakukan di Pasar Sekincau dan Pasar Hamtobio (Lampung Barat),

Pasar Pringsewu, Pasar Pur­ wodadi, Gisting, Tanggamus, Pasar Sukaraja Gedongtataan, Pesawaran, pasar tradisional Tulangbawang, dan Pasar Cendrawasih, Metro. Menurut Kusnardi, uji cepat ini hanya memastikan buah dan sayur mengandung formalin. Pemakaian formalin dilaku­ kan pedagang pengumpul dengan cara disemprot dan dicelup. Sayuran seperti labu siam, kubis, daun bawang, sawi putih, bayam, kacang pan­ jang, kangkung, daun selada, dan kol umumnya disemprot formalin di sentra produksi.

Pengawasan Tidak Berjalan Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Lampung Subadrayani Mo­ ersalin mempertanyakan ke­ jadian yang terus berulang ini. Menurut dia, dari tahun ke tahun selalu ditemukan sayuran dan buah-buahan berformalin. “Berarti penyuluhan dan pengawasan di tingkat petani dan pedagang tidak dilakukan dong. Pengawasan pangan se­ gar inikan tugasnya Badan Ke­ tahanan Pangan juga. Jangan anggaran dikeluarkan tanpa hasil apa-apa, hanya mengha­ biskan anggaran,” ujarnya saat dihubungi melalui telepon, tadi malam. Menurut Subadrayani, se­ mua instansi terkait di ka­ bupaten/kota yang produksi sayurannya terindikasi ber­ formalin harus segera menyo­ sialisasikan ciri-ciri sayuran dan buah berformalin kepada masyarakat. “Ini harus sesegera mung­ kin, jangan sampai masyarakat ingin sehat makan sayur dan buah, malah memakan racun,” kata dia. (K1)

amiruddin@lampungpost.co.id

Jenis Sayuran dan Buah Berformalin 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15

Labu siam Kubis/kol Apel merah Anggur merah Daun bawang Kol/kubis Sawi putih Kangkung Daun selada Bayam Bayam Kacang Anggur Kol/kubis Anggur

Pasar Sekincau, Lampung Barat Pasar Sekincau, Lampung Barat Pasar Sekincau, Lampung Barat Pasar Sekincau, Lampung Barat Pasar Pringsewu Pasar Purwodadi, Gisting, Tanggamus Pasar Purwodadi, Gisting, Tanggamus Pasar Sukaraja, Gedongtataan, Pesawaran Pasar Sukaraja, Gedongtaan, Pesawaran Pasar Sukaraja, Gedongtaan, Pesawaran Pasar Sukaraja, Gedongtaan, Pesawaran Panjang Pasar Sukaraja, Gedongtataan, Pesawaran Pasar Tulangbawang Pasar Tulangbawang Pasar Cendrawasih Metro

Sumber: Hasil uji cepat dari Badan Ketahanan Pangan Daerah Provinsi Lampung, 30 April 2014

n MI/RAMDANI

AKTIVIS 98 DISKUSI DI DEPAN PINTU. Sejumlah mahasiswa melakukan aksi teatrikal dengan menaburkan bunga kepada korban kekerasan ‘98 bersamaan dengan diskusi oleh Aktivis 98 di depan gedung Kementerian Pemuda dan Olahraga, Senayan, Jakarta, Selasa (24/6). Aksi tersebut merupakan bentuk solidaritas terhadap Aktivis 98 yang berencana mengadakan diskusi, silaturahmi, dan mengambil sikap bersama terkait Pemilihan Presiden 2014. Diskusi akhirnya batal karena alasan perizinan.

Kemenpora Batalkan Diskusi Aktivis 98 DISKUSI aktivis angkatan 97 dan 98 yang seharusnya di­ lakukan di gedung Kemente­ rian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Selasa (24/6) pagi, batal digelar. Pihak Ke­ menpora membatalkan izin pemakaian gedung karena menilai acara tersebut berbau politis dan menjatuhkan salah satu calon presiden. Akibat pembatalan tersebut, ratusan aktivis berbaju hitam serta beberapa mahasiswa tertahan di pagar luar Ke­ menpora. Mereka berorasi di depan gedung di Jalan Gerbang Pemuda, Jakarta, memprotes pembatalan sepihak yang di­

lakukan Kemenpora. Deputi V Menpora Bidang Kemitraan dan Harmonisasi Ga­ tot Dewabroto mengungkapkan Menpora terpaksa membatal­ kan penyewaan gedung karena acara dianggap berbau politis dan cenderung menjatuhkan salah satu pasangan capres. Gatot menegaskan Kemen­ pora bukan melarang adanya diskusi di lingkungan kemen­ terian. Namun, diskusi aktivis tersebut ditengarai cenderung politis terkait Pilpres 2014. “Nanti ada omongan Ke­ menpora memfasilitasi untuk capres tertentu. Kami netral, independen. Misal Pak Roy

Suryo dari partai apa. Kami netral dan kami tidak menge­ kang kebebasan berekspresi,” ujarnya. Ratusan aktivis tetap berta­ han di luar gedung hingga siang. Selain berorasi, mereka juga membuat replika kuburan se­ bagai simbol masih ba­nyaknya aktivis yang hilang dan belum ditemukan hingga kini. Erwin Usman, juru bicara aktivis, mengatakan akan me­ laporkan pencabutan izin ke­ pada pihak kepolisian. Selain itu, mereka juga akan melapor ke Komnas HAM karena meng­ anggap kebebasan mereka berekspresi dikekang. (MI/U3)

Meski Curang, Suara Sulit Kembali PEMILIHAN presiden tinggal dua minggu lagi. Kekhawatiran adanya kecurangan dan pelang­ garan pemilu semakin tercium. Kecurangan semakin masif mendekati waktu pemungutan suara, seperti politik uang, pengerahan massa, dan surat suara yang telah tercoblos. Pakar hukum tata negara, Refly Harun, menyangsikan ada lem­ baga yang berani untuk mendis­ kualifikasi dan membatalkan suara pasangan capres-cawapres meskipun terjadi pelanggaran. Ia menilai Mahkamah Konstitusi pun tidak berani membatalkan suara pasangan calon yang ter­

bukti melakukan kecurangan “Apalagi KPU tidak punya kewenangan, Bawaslu cuma re­ komendasi. Pelaku kecurangan itu pun dihukum, diproses ke polisi. Persoalannya, bagaimana dengan uang yang telah dike­ luarkan? Bagaimana dia meng­ ubah suaranya? Apakah bisa mengembalikan suara?,” ujar Refly seusai diskusi di Universi­ tas Sahid, Jakarta, Selasa (24/6). Untuk itu, Refly menyarankan dugaan kecurangan diselesaikan Bawaslu di daerah. “Hal ini perlu diselesaikan di tingkat Bawaslu paling bawah dengan mekanis­ me penyelesaian sengketa. Peran

seperti itu bisa dilakukan, walau­ pun pilpres masih memakai UU Nomor 42 Tahun 2008, dalam UU No. 15 Tahun 2011 tentang Pe­ nyelenggara Pemilu disebutkan Bawaslu berwenang menyelesai­ kan sengketa pemilu, termasuk pilpres,” kata dia. Menurut dia, Bawaslu harus membentuk hukum acara penye­ lesaian sengketa pilpres. “Yang paling penting jaga suara. Selama ini peran Bawaslu sebagai penga­ was kurang efektif karena hanya menerima laporan pelanggaran dan kecurangan, tetapi tidak bisa mengembalikan suara yang dicuri,” ujarnya. (MI/R4)

Pertumbuhan Ekonomi Lampung Anjlok PERTUMBUHAN ekonomi Lam­ pung pada triwulan pertama 2014 berada di posisi 5,3% atau menurun tajam dibandingkan pada triwulan keempat 2013 sebesar 6,4%. Penurunan ini sebanding dengan penurunan perekonomian nasional pada periode yang sama, dari 5,7% turun menjadi 5,2%. Kepala Perwakilan Bank In­ donesia di Lampung M. Emil Akbar mengungkapkan penu­ runan pertumbuhan ekonomi di Lampung disebabkan adanya pengaruh ekonomi partner da­

gang yang lemah, impor BBM yang tinggi, industri dalam ne­ geri belum mampu memenuhi kebutuhan kelas menengah, dan defisit neraca perdagangan ekspor yang didominasi bahan mentah dengan harga rendah. Hal itu diungkapkan saat presentasi makroekonomi Lam­ pung bertema Potret Lampung hari ini di aula pertemuan Bank Indonesia lantai IV, Selasa (24/6), yang dihadiri Gubernur Lam­ pung M. Ridho Ficardo. Menurut Emil Akbar, sudah ada pembahasan kalau ang­

garan belanja di pusat akan dipotong Rp100 triliun ke de­ pannya. “Ini betul-betul diper­ hatikan, supaya Gubernur Lampung bisa merumuskan kebijakan yang unggul dan komparatif,” kata Emil. Jika dibandingkan provinsi lain di Sumatera, Emil menga­ takan sumbangan ekonomi di Lampung menempati posisi keempat (9,3%) setelah Sumatera Selatan (12,68%), Sumatera Utara (22,64%), dan Riau (28,77%). Menurutnya, di Riau sudah banyak industri yang meng­

gunakan teknologi tinggi se­ hingga bisa di urutan pertama di Sumatera. Sementara itu, di tingkat nasional Lampung menyumbang pertumbuhan ekonomi sebesar 2,22%. Erwanto, akademisi Fakultas Pertanian Unila, menyatakan hasil pemaparan dari Bank Indonesia adalah potret Lam­ pung yang tidak menggembi­ rakan. Ia menyarankan Peme­ rintah Provinsi Lampung fokus pada pembangunan pertanian karena di Lampung, sektor pertanian hanya mendapat

alokasi 3% di APBD. “Hal ini yang membuat perkembangan ekonomi di sektor pertanian Lampung turun,” ujarnya. Gubernur M. Ridho Ficardo mengatakan masukan ini men­ jadi awal pemanasan dalam membangun bangun sistem supaya masyarakat Lampung sejahtera. Ia juga mengatakan akan menambah APBD untuk pertanian di Lampung. “Tugas kita bersama untuk menjaga sistem produksi pertanian,” ujarnya. (CR6/E1)

Inflasi Lampung... Hlm. 17

DARI delapan Lampung, uta­ proyek usulan manya hasil per­ Pemprov Lam­ tambangan dan pung ke pusat perkebunan be­ dalam rangka sar. Itu berarti, Mesuji akan da­pat Masterplan Perce­ proyek menjadi patan dan Perluas­ an Pembangun­an pelabuhan strate­ Ekonomi Indo ­ gis yang lewat nesia (MP3EI), H. Bambang Eka Wijaya Laut Cina Selatan tiga di antaranya mudah tembus ke pembangunan jalur baru rel Samudera Pasifik!” kereta api (KA) beranggaran “Amat mendesak sebe­ Rp3,151 triliun!” ujar Umar. narnya jalur KA shortcut “Ketiga jalur rel baru Rejosari—Tarahan, untuk KA i t u m a s i n g - m a s i n g mengalihkan lintasan KA Terbanggibesar—Mesuji ­pengangkut batu bara dari (2014—2018) senilai Rp1,024 Kota Bandar Lampung yang triliun, Bakauheni—Rejosari sering menyebabkan kema­ (2015—2019) senilai Rp1,971 cetan lalu lintas!” tegas Amir. triliun, dan shortcut Rejosa­ “Karena itu, kalau bisa di­garap ri—Tarahan (2015—2017) dan selesai sesuai jadwal (2015—2017) amat membantu senilai Rp156 triliun!” “Usulan tiga jalur baru mengatasi kemacetan!” “Penyelesaian sesuai jad­ rel KA di Lampung itu amat signifikan, selain usul mem­ wal semua proyek itu ter­ bangun jalan silang (bypass gantung dukungan sikap feeder) dari lintas timur Me­ masyarakat yang lokasi­ suji tembus ke lintas tengah nya dilalui proyek!” timpal Umar. “Untuk itu, perlu Way Kanan!” timpal Amir. “Meski terkesan terlambat, sosialisasi yang efektif ke­ usulan mengalihkan beban pada segenap warga yang angkutan barang dan orang terkait proyek, terutama ke kereta api tetap relevan yang harus menyerahkan karena beban jalan raya su­ tanahnya! Lalu, proses gan­ dah tak tertahankan! Padahal, ti rugi dilakukan secara untuk angkutan cepat massal terang, jelas, dan terbuka, (mass rapid transit) saja di tak ada permainan apa pun di situ! Banyak proyek jadi negara maju pakai KA!” “KA Rejosari—Bakauheni terkendala akibat proses nantinya menyambung ja­ ganti rugi tanah rakyat ber­ ringan KA Lampung dengan bau permainan!” “Kalau KA Lampung—Aceh yang le­ uang ganti rugi tanahnya wat JSS nyambung ke jaring­ untuk proyek dikorupsi, an KA Jawa!” lanjut Umar. jelas orang bisa marah!” “Sedang Terbanggi—Mesuji tukas Amir. “Jadwal proyek mengurangi beban menuju pun terganggu!” Pelabuhan Panjang yang ke depan kewalahan menam­ NB: Tulisan ini pernah diterbitkan pada pung kemajuan produksi 23 Maret 2013.

Add on: facebook.com/buraslampost

Follow on: @buraslampost

sia pa menga pa

Lestarikan Budaya BUDAYA adalah ciri khas karak­ ter suatu bangsa sehingga memang harus dilestarikan. Begitu ungkapan nasio­nalis Kapolres Lampung Selatan AKBP Bayu Aji saat menonton pertunjuk­an seni kuda lum­ ping HUT Bhayangkara di Candipuro, Lampung Selatan, beberapa waktu lalu. Perwira menengah nomor satu di Polres Lampung Sela­ tan itu berharap seni tradi­ n LAMPUNG POST/DOK sional yang ada, seperti kuda lumping, terus dilestarikan karena merupakan seni budaya asli Indonesia. “Jika ada kelompok seni budaya tradisional yang butuh bantuan, kami siap membantu,” ujarnya. Selain itu, dia mengapresiasi anggotanya yang berupaya dekat dengan masyarakat. Sebab, kedekatan polisi dan masyarakat sebagai jalan menciptakan keamanan dan ke­ tertiban. “Dengan kegiatan seperti ini, masyarakat lebih dekat dengan polisi karena polisi tidak akan ada tanpa masyarakat,” kata dia. (*3/U1)

wat wat gawo h

Berebut Langit LANGIT itu luasnya tidak terkira, triliunan benda bisa be­ bas bergerak di sana. Jadi, aneh jika ada pesawat terbang yang bertabrakan di n DP. RAHARJO satu area langit. Nah layau, bang injuk mak dok rang lagi. (Nah kacau, kok seperti tidak ada tempat lagi di langit). Begitu cerita sebuah pesawat ringan yang bertabrakan dengan jet tempur milik Jerman. Insiden ini terjadi ketika kedua pesawat terlibat dalam latihan militer di Distrik Ols­ berg-Elpe, Negara Bagian North Rhine-Westphalia, yang berjarak 420 km dari Berlin. Seperti dilansir kantor berita AFP, pesawat ringan yang membawa dua orang itu jatuh di wilayah perdesaan dan berbukit di Jerman, yang juga dekat dengan permukiman warga setempat. Jet tempur Jerman atau yang disebut Eurofighter berha­ sil mendarat dengan selamat di markas militer dekat Kota Cologne. Meskipun mengalami kerusakan parah, jet tem­ pur yang terlibat tabrakan tersebut berhasil mendarat. Mulani kidah, kik latihan dang hiruk ga. Dang sampai rigu ulehni langik no. Wat-wat gawoh (Makanya kalau latih­an jangan gegabah. Jangan seperti berebut tempat di langit. Ada-ada saja). (U1)


Luiz Felipe Scolari “Jika saya bisa memilih, saya akan memilih lawan lain. Tim Amerika Selatan selalu sulit.” Rabu, 25 juni 2014 LAMPUNG POST

9

Motivasi Nigeria Jadi Ancaman Tango Motivasi tinggi para pemain Nigeria untuk memenangkan pertandingan bisa menyulitkan Argentina. Muharram Candra Lugina

L

AGA terakhir pada pe­ nyisihan Grup F mela­ wan Nigeria di Estadio Jose Pinheiro Borba, Porto Alegre, malam nanti, sebe­ narnya sudah tidak memenga­ ruhi kelolosan Argentina ke 16 besar. Namun, Tim Tango tetap harus mewas­ padai motivasi tinggi pemain Elang Su­ per.

Meski kini memimpin grup dengan 6 poin, posisinya masih bisa dilewati Nigeria, yang me­ ngumpulkan poin 4, jika kalah dalam laga nanti. Jika itu terjadi, berarti Albiceleste bakal bertemu tim kuat Prancis yang diyakini menjadi juara Grup E. Tentunya itu tak diinginkan Pelatih Alejandro Sabella. Tim dipastikan tetap bakal serius meladeni permainan Nigeria apalagi kondisi tim sangat kon­ dusif tak terkendala dengan ke­ bugaran dan cedera pemain. Gelandang Tim Tango, Angel di Maria, memastikan timnya akan tetap bermain serius se­ bagai bekal untuk menghadapi pertandingan pada babak selan­ jutnya. “Kami selalu berupaya memenangi semua pertanding­ an. Ini penting jika Anda ingin menjadi juara,” ujar pemain Real Madrid itu. Di dua laga teakhir, Argentina memang butuh sihir Lionel Messi untuk memenangi laga.

Hal itu pun tidak dimungkiri Sabella yang mengungkap ­ kan kemenangan atas Nigeria sangat penting bagi mereka, terutama sebagai mental untuk menghadapi babak selanjut­ nya. Nigeria pastinya bakal ber­ usaha tidak kalah dari Argen­ tina agar tetap lolos ke 16 besar. Memang betul, Peter Odemwin­

K

onsentrasi utama saya adalah membuat para pemain tetap fokus. Mereka hanya perlu membuat peluang yang mereka punya menjadi gol. gie dkk. kini berada di posisi kedua klasemen dengan nilai 4, surplus 3 angka atas Iran yang ada di urutan ketiga dan defisit 2 poin dari Argentina sebagai pamuncak grup. Namun, po­ sisi mereka sepenuhnya belum aman. Sebab, jika mereka kalah dan Iran mengalahkan Bosnia-Her­ zegovina dalam waktu yang bersamaan di Salvador, amat mungkin tiket ke fase knock out itu menjadi milik Iran. Itu

sebabnya arsitek Stephen Keshi mewanti-wanti para pemainnya untuk fokus menghadapi laga nanti. Satu-satunya hal yang me­ musingkan Keshi adalah dia tidak bisa menurunkan semua pemain terbaiknya. Selain Victor Moses dan Godfrey Oboabona, ia juga sepertinya tidak bisa mengharapkan jasa Reuben Ga­ briel lantaran kondisinya tidak bugar. Lebih Satu Gol Dalam waktu yang bersamaan, Iran dituntut bukan saja harus bisa mengalahkan Bosnia, me­ lainkan juga harus mencetak gol lebih dari satu jika ingin menjadi pendamping Argentina dari Grup F secara langsung. Untuk itu, mereka harus tampil lebih menyerang. Sebab, jika hanya menang 1-0 dan pada saat yang sama, Nigeria kalah 0-1 dari Argentina, kedua punya nilai dan jumlah gol yang sama. Apalagi dalam pertemuan mereka berakhirnya dengan skor 0-0. Jadi, amat mungkin un­ tuk menentukan runner-up grup akan diundi. Sesuatu yang tidak pernah dilakukan sebelumnya di

Piala Dunia. Masalahnya adalah Tim Melli kerap bermain bertahan. Me­ reka bahkan sempat mendapat kritik lantaran taktik bertahan yang mereka terapkan saat me­ nahan imbang Nigeria 0-0 dan kalah 0-1 dari Argentina. “Konsentrasi utama saya adalah membuat para pemain tetap fokus. Mereka hanya perlu membuat peluang yang mereka punya menjadi gol,” ujar arsitek Carlos Queiroz. Sebaliknya, arsitek Bosnia Safet Susic menampik kemung­ kinan timnya akan memberi­ kan kemenangan bagi Iran. Ia menegaskan timnya akan tetap bermain sungguh-sungguh pada laga terakhir untuk membuk­ tikan mereka memang pantas tampil di Piala Dunia. Apalagi, mereka sudah menunggu lebih dari dua deka­ de untuk tampil pada ajang em­ pat tahunan itu sejak merdeka pada 1992 silam. Selain itu, mereka juga ingin menebus dua kekalahan sebelumnya, yakni 1-2 dari Argentina dan 0-1 dari Nigeria. (MI/O1)

Nigeria (4–4–2)

Argetina (4–3–3)

1-Enyeama 5-Ambrose 2-Yobo 22–Omeruo 13–Oshaniwa 7-Musa 10–Mikel 17–Onazi 18–Babatunde 9-Emenike 8–Odemwingie

1-Romero 4-Zabaleta 2–Garay 17–F.Fernandez 16-Rojo 5-Gago 14–Mascherano 7–Di Maria 20-Aguero 10–Messi 9–Higuain

Peter Odemwingie n REUTERS/ERIC GAILLARD Siaran langsung ANTV Rabu (25/6) Pukul 23.00 WIB

Alejandro Sabella

Stephen Keshi

Lima laga terakhir Argentina 21 Jun 2014 Piala Dunia Argentina 1–0 Iran 16 Jun 2014 Piala Dunia Argentina 2–1 Bosnia 8 Jun 2014 Uji coba Argentina 2–0 Slovenia 5 Jun 2014 Uji coba Argentina 3–0 Trinidad & Tobago 6 Mar 2014 Uji coba Romania 0–0 Argentina

Duel Panas Penentu Nasib PARTAI hidup-mati bakal dila­ koni Swiss dan Honduras yang saling bentrok di Arena Amazonia, Manaus, dini hari nanti. Keka­ lahan bakal mengubur ambisi untuk mendampingi Prancis ke 16 besar. Kedua kubu pun dipastikan bakal berjuang mati-matian untuk memetik kemenangan. Laga ini menjadi pertemuan kedua mereka pada Piala Dunia setelah empat tahun lalu di Afrika Selatan pernah bertemu dengan skor sama kuat tanpa gol. Hasil itu menyiratkan jika kedua tim memiliki peluang yang sama untuk menang pada laga ini. Ke­ menangan akan sangat berarti karena kedua kubu masih memiliki kesempatan lolos ke 16 besar, tapi jika dilihat dari posisi klasemen, Swiss memiliki peluang lebih besar dibanding Honduras. Selain itu, La Nati memiliki performa yang lebih bagus dalam dua laga sebelumnya. Meski di laga terakhir dibantai Prancis 2-5, pasukan Ottmar Hitzfeld mampu memetik kemenangan di laga pertama dengan menundukkan Ekuador 2-1. Justru performa kurang bagus dialami tim besutan Luis Suarez. Los Catrachos menderita dua kekalahan masing-masing 0-3 dari Prancis dan 1-2 dari Ekuador. Hitzfeld yang mengungkapkan jika timnya masih memiliki pe­luang untuk lolos bakal memaksimalkan kekuatan yang ada untuk bisa

Siaran langsung HONDURAS Vs SWISS TV One, Kamis (26/6) Pukul 02.00 WIB

mewujudkan ambisi memenang­ kan laga. Starting eleven kemung­ kinan takkan banyak berubah, dengan Xherdan Shaqiri bakal menjadi dirigen di lini tengah. Untuk mencetak gol trio Granit Xhaka, Admir Mehmedi, dan Haris Seferovic bakal diforsir untuk bisa membongkar pertahanan Hondu­ ras. Bermain ofensif bakal menjadi pilihan tepat bagi Hitzfeld. Di kubu lawan, arsitek Luis Suarez bakal me­ nyiapkan pasukannya untuk bermain lebih ngotot. Duet striker Jerry Bengtson dan Carlo Costly diharapkan bisa memberi efek ke­ jut bagi lini per­ tahanan Swiss. Na mu n , fokus dan ke­ disiplinan saat ber­ main harus mendapat perhatian serius. Sebab, lawan pun bakal me ­ nampilkan permainan menyerang sehingga para bek harus lebih waspada menahan serbuan pemain lawan. Dengan ambisi besar yang di­ usung kedua tim, laga yang penuh tekanan itu diyakini bakal berlang­ sung seru dan ketat. Tim yang lebih siap mental bakal keluar sebagai pemenang. (LUG/K3)

Rekor pertemuan 6 Sep 2011 Uji coba Argentina 3–1 Nigeria 2 Jun 2011 Uji coba Nigeria 4–1 Argentina 12 Jun 2010 Piala Dunia Argentina 1–0 Nigeria 2 Jun 2002 Piala Dunia Argentina 1–0 Nigeria 10 Jan 1995 Piala Konfederasi Nigeria 0–0 Argentina

Mengejar Prestasi Saat Angkat Trofi PRANCIS dipastikan lolos ke 16 be­ sar Piala Dunia 2014 sejak menjegal Swiss 5-2 di laga kedua lalu. Namun, mereka masih akan membidik ke­ menangan ketika memainkan laga ketiga Grup E melawan Ekuador, di Stadion Maraca, Rio de Janeiro, Kamis (26/6) dini hari. Jika mampu mem­ bungkus poin sem­ purna, Les Bleus akan menyamai prestasi fase grup di Piala Dunia 1998. Saat itu tim Ayam Jantan mampu meng­ a n g k at t rof i juara sehingga kini suporter tim biru mulai menghubungkan poin sempurna dengan kemungkin­ an kembali menjadi kampiun di Brasil. E k s p e k t a s i masyarakat Prancis m e m b u n c a h s e te l a h melihat performa Karim Benzema dkk. pada dua laga pembuka. Pasukan Didier Deschamps itu tanpa ampun menghancurkan lawanlawannya dengan skor meya­ kinkan, yaitu menang 3-0 atas Honduras dan 5-2 atas Swiss.

Enner Valencia n REUTERS/DARREN STAPLES

lulu@lampungpost.co.id

Siaran langsung EKUADOR Vs PRANCIS ANTV, Kamis (26/6) Pukul 02.00 WIB

Yohan Cabaye dipastikan absen karena akumulasi kartu kuning. Loic Remy dan Laurent Koscielny berharap bisa menjadi starter, be­ gitu pula Paul Pogba yang dicadang­ kan di laga kontra Swiss dan Oliver Giroud yang tampil bagus di partai kedua. Bagi Ekuador, hasil imbang saja kemungkinan cukup untuk lolos ke 16 besar bersama Prancis. Namun, hasil akhir ini juga harus diikuti dengan Swiss gagal menang dari Honduras, mengingat kini Ekua­ dor hanya menang selisih gol dari negara La Nati itu. Jika pun kalah dan tetap ingin ke perdelapan final, Ekuador tidak boleh menderita gol terlalu banyak. Dengan syarat di Arena Amazonia, Honduras juga tidak berpesta gol ke gawang Stephan Lichsteiner dkk. karena akan membuat juru kunci itu justru menjadi pendamping Prancis. Pertahanan Prancis terlihat sedikit limbung karena bakal di­ tinggal dua pemain pilarnya. Ma­ madou Sakho dan Raphael Varane absen dalam sesi latihan akhir pe­ kan karena masing-masing cedera paha dan sakit perut. Ini bisa menjadi kesempatan emas bagi striker yang memborong tiga gol Ekuador dalam dua laga Enner Valencia. Apalagi, ia tengah berambisi melewati pencapaian Benzema yang juga telah membu­ kukan tiga gol dan menjadi salah satu kandidat terkuat peraih sepatu emas tahun ini. (MI/O1)

Lima laga terakhir Nigeria 22 Jun 2014 Piala Dunia Nigeria 1–0 Bosnia 17 Jun 2014 Piala Dunia Iran 0–0 Nigeria 8 Jun 2014 Uji coba AS 2–1 Nigeria 4 Jun 2014 Uji coba Yunani 0–0 Nigeria 6 Mar 2014 Uji coba Meksiko 0–0 Nigeria

Scolari Jeri dengan Kualitas Cile KEMENANGAN telak 4-1 atas Kamerun mem­ bawa Brasil menjadi juara Grup A. Meski bisa menjadi modal di 16 besar, arsitek Luiz Felipe Scolari mengaku Brasil akan mengalami ke­ sulitan. Neymar menjadi bintang kemenangan Selecao pada laga di Stadion Nacional, Brasilia, Selasa (24/6) dini hari WIB, dengan mencetak dua gol di menit ke-17 dan 35. Dua gol tambahan datang dari sundulan Fred pada menit ke-49 dan Fernandinho pada menit ke-84. Sebagai juara Grup A, Brasil bakal bertemu CIle yang menjadi runner up di fase knock out. “Kami merasa dalam kondisi yang baik. Brasil telah memberikan banyak harapan,” ujar Big Phil, julukan Scolari. “Kami jauh lebih mening­ kat hari ini ketimbang melawan Meksiko. Kami masih bisa mendapatkan yang lebih baik dan kami tahu Cile adalah tim yang sangat baik,” kata dia. Scolari berharap timnya dapat tampil lebih baik lagi saat berhadapan dengan La Roja. Pelatih yang sukses membawa Brasil juara 2002 itu juga merasa khawatir dengan lawan­ nya tersebut. “Kami harus lebih tenang, santai, dan pergi menuju laga berikutnya. Cile merupakan tim berkualitas. Jika saya bisa memilih, saya akan memilih lawan lain. Tim Amerika Selatan selalu sulit,” ujarnya. Pada saat melawan Cile nanti, Neymar diya­ kini akan kembali menjadi andalan Scolari. Neymar selalu menjadi andalan bagi Brasil. Scolari tidak memungkiri hal tersebut. “Dia selalu terlibat. Argentina bergantung pada Messi dan tim lainnya bergantung pada bintang mereka. Pemain lainnya membuat perbedaan,” kata dia. (MTVN/O1)


±

±

CMYK

CMYK

±

Vicente Del Bosque

Rabu, 25 juni 2014 LAMPUNG POST

“Dia (Villa) tentu sangat kesal. Dia mengatakan itu adalah pertandingan terakhir, tetapi saya tidak tahu hal itu. Saya yakin dia pasti marah.”

10

Tim Samba Pertahankan Tradisi

selinta s Bonus Besar Menanti Skuat The Elephants PRESIDEN Pantai Gading Alassane Ouattara berjanji memberikan bonus dua kali lipat bagi Didier Drogba dkk. jika menang atas Yunani dalam laga ketiga Grup C Piala Dunia 2014. Kemenangan atas Yunani menjadi satu-satunya cara agar The Elephants dapat melaju ke 16 besar. Pantai gading berpeluang mendapatkan bonus sekitar 16 juta franc (sekitar Rp288 juta). Jumlah itu akan dilipatgandakan menjadi 32 juta franc (sekitar Rp576 juta) jika lolos ke fase knockout. Penambahan jumlah bonus itu bertujuan menambah motivasi para pemain agar bisa mencetak sejarah pertama kali lolos ke babak 16 besar. “Perlihatkan tekad dan Anda akan berhasil menciptakan hal itu,” kata Ketua Parlemen Pantai Gading Guillaume Soro, yang menyampaikan kabar tersebut saat mengunjungi markas latihan skuad Pantai gading, di Sao Paulo, Brasil, Selasa (24/6). Saat ini Pantai Gading berada di peringkat kedua Grup C dengan tiga poin hasil kemenangan 2-1 dari Jepang. Hasil imbang atas Yunani akan memastikan langkah The Elephants ke 16 besar dengan catatan Jepang gagal menaklukkan Kolombia. (MTVN/K3)

Di fase knockout, tuan rumah akan ditantang Cile yang juga berasal dari Amerika Latin. Iyar Jarkasih

B

rasil memastikan satu tiket di fase 16 besar usai mengandaskan perlawanan Kamerun 4-1 pada laga ter­ akhir penyisihan Grup A di Estadio Nacional Bracilia, Selasa (24/6) dini hari. Dengan hasil itu, Tim Samba berhasil mempertahankan tradisi selalu menjadi juara grup dalam sembilan Piala Dunia secara berturut-turut. Brasil terakhir kali me­ nempati posisi kedua klasemen pada Piala Dunia 1978 di Argentina. Setelah itu, Seleccao selalu menempati posisi puncak. Tambahan tiga poin dari Kamerun membuat Brasil kokoh sebagai penguasa Grup A dengan poin tujuh atau unggul agregat gol dari Meksiko yang berada di tempat kedua. Sementara posisi ketiga menjadi milik Kroasia dengan tiga poin, sedangkan Kamerun harus puas menjadi juru kunci dengan poin nihil.

I

ni adalah permainan terbaik kami. Kami layak dengan skor ini dan kami lebih percaya diri menghadapi Cile.

Laga Brasil kontra Kame­ run berlangsung menarik sejak kick off. Neymar membuka kemenangan Tim Samba pada menit 17. Gol striker Barcelona itu diawali dari aksi Luis Gustavo yang memberi umpan matang dan langsung disambut Neymar dengan tendangan keras tanpa mampu dihalau kiper Kamerun, Charles Itandje. Namun, hanya berselang s e m b i l a n m e n i t , Ka m e ­ run berhasil menyamakan kedudukan lewat gol Joel Matip memanfaatkan umpan silang Allan Nyom dari sayap kiri. Neymar lagi-lagi membuat Brasil unggul pada menit 34. Skor 2-1 untuk Brasil bertahan hingga jeda. Babak kedua, saat laga

baru berlangsung empat menit, Brasil sukses menambah keunggulan lewat gol yang dicetak Fred. Kesalahan pemain Kamerun yang gagal menyapu bersih bola dari area kotak penalti menyebabkan bola jatuh ke kaki Fernandinho yang memberi umpan kepada David Luiz yang berada di posisi melebar. Bek yang baru saja bergabung ke Paris Saint-Germain itu kemudian memberikan umpan kepada Fred yang menyundul bola menembus gawang Kamerun. Menjelang laga usai, Seleccao kembali menambah gol melalui Fernandinho dan sekaligus memperbesar keunggulan menjadi 4-1. Di fase knockout, Brasil akan ditantang Cile yang juga berasal dari Amerika Latin. Kedua tim akan berlaga pada Sabtu (28/6), di Belo Horizonte. Pertandingan Terbaik Kemenangan Brasil atas Kamerun membawa sukacita bagi seluruh tim dan para fan Tim Samba. Neymar bahkan menyebut pertandingan tersebut adalah yang terbaik. “Ini adalah permainan terbaik kami. Semua orang layak untuk dipuji karena telah bekerja keras sampai akhir,” kata Neymar, usai pertandingan. “Kami layak dengan skor ini dan kami lebih percaya diri untuk menghadapi Cile,” ujar pemain berusia 22 tahun itu. Arsitek Brasil, Luiz Felipe Scolari, mengaku timnya akan selalu bergantung pada Neymar di Piala Dunia 2014. Pelatih berusia 65 tahun itu menilai Neymar adalah bintang Brasil yang dapat diandalkan seperti layaknya megabintang Lionel Messi yang menjadi andalan Argentina. Pelatih Kamerun, Volker Finke, mengakui anakanak asuhannya pantas kecewa. Pasalnya, dari tiga laga yang telah dilakoni, timnya gagal meraih poin. “Kami kecewa tidak mampu memenangi satu pertandingan,” kata Finke. (MTVN/O1)

iyar@lampungpost.co.id

Garuda di Dadaku Berkumandang di Brasil MESKIPUN tim nasional Indonesia tidak ikut ambil bagian pada perhelatan Piala Dunia 2014, hal itu ternyata tidak menyurutkan semangat para superter bola asal Tanah Air yang menonton langsung hajat empat tahunan itu di Negeri Samba. Lagu Garuda di Dadaku yang biasa menjadi mars Tim Nasional Indonesia sempat berkumandang di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Brasil. Lagu tersebut dinyanyikan sekelompok orang asal Indonesia yang berangkat ke Brasil atas sponsor perusahaan tertentu. Mereka menyanyikan lagu itu keras-keras di luar Stadion Maracana seusai laga Rusia kontra Belgia, Senin (23/6). Sontak aksi para suporter Indonesia itu memancing perhatian dari suporter negara-negara lain. Mereka pun bergabung dan berfoto bersama. (MTVN/K3)

Hasil dan klasemen Grup A 3 2 1 0 7-2 7

2.Meksiko

3 2 1 0 4-1 7

3.Kroasia

3 1 0 2 6-6 3

4.Kamerun

3 0 0 3 1-9 0

n AP/BERNAT ARMANGUE

RAYAKAN GOL. Penyerang Brasil Neymar merayakan gol keduanya ke gawang Kamerun dengan melompat ke udara pada pertandingan terakhir Grup A di Estadio Nacional di Brasilia, Selasa (24/6) dinihari. Pada laga yang berkesudah 4-1 untuk Seleccao tersebut, Neymar mencetak dua gol.

Grup B

Meksiko Tantang Belanda di 16 Besar Tim nasional Meksiko meraih tiga poin atas Kroasia se­telah menang 3-1 pada laga yang berlangsung di Arena Pernambuco, Recife, Brasil, Selasa (24/6) dini hari. Dengan kemenangan itu, El Tri mendam­ pingi Brasil lolos dari Grup A dan akan bersua dengan Belanda di babak 16 besar. Dari tiga kali pertandingan, Meksiko mengumpulkan tujuh poin dari dua kali menang dan satu kali seri. Satu-satunya hasil imbang didapat saat melawan Brasil yang berkesudahan 0-0. Laga Meksiko kontra Kroasia berlangsung dalam tempo lambat di babak pertama. Kedua tim terlihat bermain cukup hati-hati. Perubahan skema permainan mulai terlihat di babak kedua, saat penyerang Manchester United Javier Chicharito masuk di menit 62 menggantikan Giovani dos Santos. Masuknya pemain bertubuh mungil ini membuat

permainan yang diperagakan Meksiko lebih impresif dan laga kedua tim berjalan lebih menarik. Meksiko berhasil membuka keunggulan pada menit ke72 melalui gol yang dicetak kapten Rafael Marquez berkat tandukannya menyambut sepak pojok Hector Herrera. Berselang tiga menit, Andres Guarado memperbesar keunggulan tim Sombrero lewat serangan balik. Chicharito yang tidak ingin ketinggalan pesta El Tri berhasil mencetak gol di menit 82. Kroasia sempat memperkecil ketertinggalan menjadi 1-3 pada menit 87 melalui gol yang dibuat Ivan Perisic. Di sisa waktu pertanding­ an, Kroasia terus men­ yerang pertahanan Meksiko. Namun, hingga wasit Ravshan Irmatov asal Uzbekistan me­ niup pluit panjang skor tidak berubah. Dengan hasil ini,

Meksiko yang menjadi runnerup Grup A akan menghadapi juara Grup B Belanda di fase knock out yang akan digelar di Fortaleza, Minggu (29/6) mendatang. Pelatih El Tri, Herrera, me­ ngaku sangat senang dengan hasil tersebut. Menurutnya, kemenangan atas Kroasia adalah hari yang paling bahagia untuknya. “Ini adalah salah satu hari pa­ ling bahagia dalam hidup saya,” ujar pelatish berusia 46 tahun itu. (MTVN/K3)

cente Del Bosque, memutuskan untuk mengganti dirinya dengan Juan Mata. Sontak, keputusan tersebut membuat striker berusia 32 tahun itu meneteskan air mata. Rekan-rekan satu timnya, seperti Diego Costa, Gerard Pique, Iker Casillas, dan Pedro mencoba memberikan ketenangan kepada Villa yang tertunduk meninggalkan lapangan. Sementara itu, Del Bosque mengaku tidak sadar bahwa laga kontra Australia tersebut merupakan laga ter­akhir bagi Villa. “Dia (Villa) tentu akan sa­ngat kesal. Dia mengatakan itu adalah pertanding­ an terakhir, tetapi saya tidak tahu hal itu. Saya yakin dia pasti marah,” kata Del Bosque. Menurut Del Bosque, pada laga tera-

khir di fase penyisih­an tersebut, pihaknya hanya menginginkan timnya bisa meraih kemenang­ an. “Semua yang saya pikirkan adalah menang di pertandingan itu dan kami sudah melakukannya,” ujar dia. Kendati mampu membungkam Socceroos tiga gol tanpa balas, Spanyol tetap tidak bisa melaju ke 16 besar karena kalah poin dari Belanda dan Cile. Tim Matador sudah harus tersingkir sejak awal karena menderita dua kali kekalah­ an beruntun, masing-masing ditundukkan Belanda dengan skor telak 5-1 dan taluk 0-2 dari Cile. (MTVN/K3)

1.Belanda

3 3 0 0 10-3 9

2.Cile

3 2 0 1 5-3 6

3.Spanyol

3 1 0 2 4-7 3

4.Australia

3 0 0 3 3-9 0

Grup C 1.Kolombia

2 2 0 0 5-1 6

2.Pantai Gading

2 1 0 1 3-3 3

3.Jepang

2 0 1 1 1-2 1

4.Yunani

2 0 1 1 0-3 1

Grup D 1.Kosta Rika

2 2 0 0 4-1 6

2.Italia

2 1 0 1 2-2 3

3.Uruguay

2 1 0 1 3-4 3

4.Inggris

2 0 0 1 2-4 0

Grup E 1.Prancis

2 2 0 0 8-2 6

2.Ekuador

2 1 0 1 3-3 3

3.Swiss

2 1 0 1 4-6 3

4.Honduras

2 0 0 2 1-5 0

Grup F 1.Argentina

2 2 0 0 3-1 6

2.Nigeria

2 1 1 0 1-0 4

3.Iran

2 0 1 1 0-1 1

4.Bosnia

2 0 0 2 1-3 0

Grup G

Tangisan Villa di Laga Terakhir KEMENANGAN Spanyol atas Australia di laga ketiga pe­nyisihan Grup B merupakan laga terakhir bagi David Villa di kancah internasional. Bomber yang kini membela tim Major League Soccer, New York FC, itu pun tidak bisa menyembunyikan rasa emosionalnya ketika ditarik ke luar pada menit 57. Villa sebelumnya sudah memutuskan tidak akan lagi memperkuat La Furia Roja. Pada laga kontra Australia yang berlangsung di Arena da Baixada, Curitiba, Senin (24/6), mantan bomber Atletico Madrid itu sukses menciptakan gol indah menggunakan back-heel setelah mendapatkan umpan matang Juanfran. Namun, Villa tidak bisa menyelesaikan pertandingan hingga selesai karena pelatih Matador, Vi-

1.Brasil

1.Jerman

2 1 1 0 6-2 4

2.AS

2 1 1 0 4-3 4

3.Ghana

2 0 1 1 3-4 1

4.Portugal

2 0 1 1 2-6 1

Grup H 1.Belgia

2 2 0 0 3-1 6

2.Aljazair

2 1 0 1 5-4 3

3.Rusia

2 0 1 1 1-2 1

4.Korsel

2 0 1 1 3-5 1

top skor Neymar (Brasil)

4 3 2 David Villa n REUTERS/Amr Abdallah Dalsh

Thomas Mueller (Jerman), Robin van Persie, Arjen Robben (Belanda), Karim Benzema (Prancis), Enner Valencia (Ekuador) Lionel Messi (Argentina), Tim Cahill (Australia), Mario Mandzukic (Kroasia), James Rodriguez (Kolombia), Gervinho (Pantai Gading), Luis Suarez (Uruguay), Andrew Ayew (Ghana), Clint Dempsey (AS), Memphis Depay (Belanda), Ivan Perisic (Kroasia)


±

±

CMYK

rabu, 25 juni 2014 LAMPUNG POST

OLAHRAGA

CMYK

±

Novak Djokovic (Petenis Serbia) “Ini awal yang sangat bagus. Saya memuji Andrey karena berhasil bangkit dan memberikan perlawanan pada set ketiga.”

11 SELINTAS ASEAN Basketball League Bergulir 16 Juli THE AIR Asia ASEAN Basketball League (ABL) akan resmi digulirkan kembali pada 16 Juli 2014. Kejuaraan ini merupakan musim ke-5 dari liga bola basket profesional di kawasan regional ASEAN. Dalam kurun waktu lima tahun terakhir ABL telah mencatat sejumlah prestasi di regional ASEAN, seperti pengelolaan liga profesional selama enam bulan setiap tahunnya atau pengembangan talenta pebasket muda di berbagai negara. Chief Operating Officer Ridi Djajakusuma menyatakan ABL tetap konsisten pada komitmennya membangun serta mengembangkan olahraga basket di regional ASEAN. Di musim liga tahun ini, sebanyak enam tim akan bertarung, yakni HiTech Bangkok City (Thailand), Indonesia Warriors (Indonesia), JobStreet.com Singapore Slingers (Singapura), Laskar Dreya South Sumatera (Indonesia), Westports Malaysia Dragons (Malaysia), dan Saigon Heat (Vietnam). (MI/O2)

Anthony Akhiri Kontrak dengan Knicks CARMELO Anthony secara resmi memilih menyudahi kontraknya dengan New York Knicks. Anthony akan berstatus pemain bebas pada musim ini. Anthony mengambil keputusan untuk mengabaikan 23,5 juta dolar yang akan ia dapatkan untuk tahun terakhir kontraknya dengan Knicks. Tindakan yang dilakukan Anthony, yang mencatatkan 27,4 angka dan 5,1 rebound untuk Knicks pada musim lalu, tidak menjamin ia pergi dari New York karena presiden tim Phil Jackson dapat menawarinya lebih banyak hal daripada yang ditawarkan pihak lain. Knicks menyodorkan tawaran kepada mantan juara pencetak angka NBA itu dengan kontrak maksimal bernilai 129 juta dolar AS sepanjang lima tahun. Kesepakatan maksimal yang ditandatangani dengan tim baru akan membuat ia mendapat 96 juta dolar untuk empat tahun, di bawah peraturan-peraturan NBA yang baru. (ANT/O2) n ANT/SANG TAN

KEMBALIKAN BOLA. Petenis Amerika Serikat, Coco Vandeweghe, mengembalikan bola ke Garbine Muguruza dari Spanyol dalam pertandingan putaran pertama di All England Lawn Tennis Championships di Wimbledon, London, Senin (23/6).

Venus dan Li Na Lolos ke Babak II Tanpa kesulitan yang berarti, Venus Williams dan Li Na melaju ke babak kedua. Selanjutnya Venus akan berjumpa Kurumi Nara dan Li Na bertemu Yvone Meusburger. Soni Elwina

L

IMA kali menjuarai turnamen Grand Slam Wimbledon, Venus Williams melaju ke babak kedua setelah me naklukkan petenis Spanyol, Maria Teresa Torro Flor. Laga berat melawan Torro Flor akhirnya dimenangkan petenis Amerika itu lewat tiga set, 6-4, 4-6, dan 6-2, Selasa (24/6).

Pada babak kedua, Venus akan berjumpa Kurumi Nara. Petenis Jepang itu melewati babak pertama dengan me­ ngalahkan petenis Jerman, Anna-Lena Friedsam, 6-4 dan 6-4. Sementara unggulan kedua dari Tiongkok, Li Na, juga tidak menemui perlawanan berarti dan melenggang mudah ke babak kedua. Ia menjejakkan kaki pada babak kedua se­ telah menumbangkan petenis

kualifikasi dari Polandia, Paula Kania, 7-5 dan 6-2. Li Na akan berjumpa de­ ngan Yvonne Meusburger dari Austria pada babak kedua. Yvonne menang atas Vania King (Amerika Serikat) 7-5 dan 6-3.

L

aga berat melawan Torro Flor akhirnya dimenangkan petenis Amerika itu lewat tiga set, 6-4, 4-6, dan 6-2, Selasa (24/6). Di nomor tunggal putra, unggulan teratas Novak Djokovic tanpa kesulitan melaju ke pu-

taran kedua turnamen Grand Slam Wimbledon. Bermain di Centre Court, Selasa (24/6) dini hari WIB, Djokovic menundukkan wakil Kazakhstan, Andrey Golubey, tiga set langsung, 6-0, 6-1, dan 6-4. Djokovic yang kalah pada final Wimbledon tahun lalu dari Andy Murray membutuh­ kan waktu 1 jam dan 28 menit untuk mengalahkan Golubey. Djokovic sama sekali tidak terancam break point dan membukukan tujuh servis aces. “Ini awal yang sangat bagus. Saya memuji Andrey karena berhasil bangkit dan memberikan perlawanan pada set ketiga,” ujar Djokovic. Pada babak kedua, Nole,

sapaan karib Djokovic, akan berjumpa dengan petenis Republik Ceko, Radek Stepanek. Stepanek melaju ke babak kedua dengan menumbangkan petenis Uruguay, Pablo Cuevas, 6-2, 6-4, dan 6-4. Unggulan lainnya, Andy Murray, juga melaju mudah ke babak kedua. Menempati unggulan ketiga, Murray menumbangkan petenis Belgia, David Goffin, 6-1, 6-4, dan 7-5. (MTVN/O2)

elwina@lampungpost.co.id

nah merasa bahagia di Monaco dan telah menolak sejumlah tawaran untuk menerima ajakan dari Carlo Ancelotti. Tim-tim macam Chelsea, M a n c h e s te r C i t y, To t te n ham Hotspur, dan Liverpool dikabarkan siap menampung bomber 28 tahun itu. Isu bergabungnya Falcao semakin menguat karena Falcao masih memiliki rumah di Madrid. Namun, sampai berita ini diturunkan, belum ada konfirmasi resmi dari pihak AS Monaco, Madrid, atau Falcao sendiri. Sementara itu, masa depan Angel di Maria di Real Madrid santer dispekulasikan belakangan ini. Namun, untuk

sementara waktu Di Maria tak mau membahasnya lantaran mesti fokus penuh ke Piala Dunia 2014. Di Maria menjadi salah satu kunci sukses Madrid menjuarai Copa del Rey dan Liga Champions musim lalu. Sudah 11 gol dan 26 assist disumbangkan winger Argentina itu dalam 52 penampilannya di seluruh kompetisi. Performa apik Di Maria membuatnya menjadi komoditas yang diperebutkan klubklub top Eropa. Di antara beberapa klub yang berminat mendapatkan jasanya, Juventus dan AS Monaco kabarnya telah mengajukan penawaran

TIM polo air putra Jambi meraih kemenangan perdana dengan mengalahkan lawannya Hong Kong pada kejuaraan internasional polo air Betawi Cup 2014 di Jakarta, 24—28 Juni. Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengprov PRSI Jambi Olsen Tiger mengatakan pada laga perdana antara tim putra Jambi dengan Hong Kong, anak asuhnya berhasil meraih kemenangan dengan skor 12-7. Sementara tim putri di laga perdana melawan Jawa Barat hanya bisa bermain imbang 6-6 selama empat babak pertandingan yang berlangsung di kolam renang Senayan, Jakarta. Hasil pertandingan hari pertama di laga Betawi Cup 2014, tim putra dan putri Jambi berhasil meraih hasil yang cukup memuaskan karena mereka tidak ada yang kalah dilaga tersebut. Tim Jambi masih akan melakoni beberapa kali lagi pertan­ dinganya melawan beberapa tim dari nasional dan luar negeri yang ikut pada laga tersebut. Adapun pertandingan tersebut menggunakan sistem setengah kompetisi. (ANT/O2)

Menpora Kecewa Hasil Indonesia Open TIDAK meraih satu gelar pun di ajang turnamen bulu tangkis Indonesia Open 2014 membuat Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo mengungkapkan kekecewaannya. “Tercatat tiga kali, tim Merah Putih tidak meraih gelar apa pun di ajang turnamen bulu tangkis bergengsi ini. Terus terang saya juga kaget dan ini merupakan keprihatinan kami semua. Apalagi itu terjadi di Indonesia, jadi sayang sekali,” kata Menpora di Jakarta, Senin (23/6) malam. Roy memastikan pihaknya akan mengundang Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) untuk membahas penyebab kekalahan para atlet di turnamen bulu tangkis paling bergengsi di Indonesia tersebut. “Kami akan pastikan apa yang sebenarnya terjadi. Segera ada evaluasi bersama PBSI,” kata dia. Indonesia tanpa gelar di kejuaraan bergengsi BCA Indonesia Open Super Series

Falcao Merapat ke Madrid TIM-TIM Eropa terus membidik pemain incarannya meski hingar-bingar Piala Dunia masih membahana. Beberapa tim Eropa mulai melakukan pergerakan memboyong pemain incarannya. Kabar teranyar menyebutkan striker AS Monaco, Radamel Falcao, sudah sepakat dengan tim Ibu Kota Spanyol, Real Madrid. Usai Piala Dunia, proses transfer Falcao segera rampung. Seperti diketahui, Falcao tengah bergelut dengan cedera ligamen lutut. Oleh karena itu, Falcao pun urung membela Kolombia pada pentas sepak bola terakbar. Selain itu, rumor juga beredar Falcao tidak per-

Jambi Kalahkan Hong Kong di Betawi Cup

tinggi terhadap pemain berusia 26 tahun itu. Namun, Di Maria saat ini ingin jauh-jauh dari isu transfer. Di Maria tengah membela Argentina, yang te n g a h m e n ge j a r status juara Grup F dengan melawan Nigeria pada laga penyisihan terakhir. (MTVN/O2)

n REUTERS/ENRIQUE MALCARIAN

Radamel Falcao

Premier 2014 setelah satusatu wakil, yaitu pasangan Hendra Setiawan/Muhammad Ahsan, gagal menunjukkan kemampuan terbaiknya pada babak final. Meskipun berstatus unggulan pertama, pasangan Hendra/Ahsan harus mengakui keunggulan pasangan Korea Selatan, Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong, di Istora Senayan Jakarta, Minggu (22/6), dengan skor 15-21 dan 17-21. Kekalahan itu selain memupus keingin­ an tuan rumah meraih ke­ sempatan satu-satunya juara juga memperpanjang rekor pertemuan kedua pasang pemain itu menjadi 5-1 untuk keunggulan pasangan asal Negeri Gingseng tersebut. Bagi Indonesia, tanpa gelar di Indonesia Open sudah menjadi kebiasaan. Sebelum­ nya, pada 2009, 2010, dan 2011, hasil yang sama juga terjadi. Pada 2012, satu gelar bisa didapat lewat Simon Santoso dan pada 2013 lewat Hendra/Ahsan. (MTVN/O2)

Daud Yordan Tunggu Jadwal Pertandingan JUARA dunia kelas ringan (61,2 kg) IBO Daud Yordan tetap menjalani latihan sambil menunggu jadwal pertarungan untuk mempertahankan gelar yang kedua kalinya. Petinju dengan rekor bertarung 32 kali menang (23 di antaranya dengan KO) dan tiga kali kalah ini mengatakan sampai kini memang belum ada jadwal pertarungan bagi dirinya sejak pembatalan pertarungan pada 7 Juni 2014. “Saya tetap latihan secara rutin di Sasana Kayong Utara,

Kalimantan Barat, baik fisik maupun teknik, untuk menjaga kondisi tubuh juga untuk persiapan jika ada pemberitahuan soal pertarungan,” katanya. Latihan yang dijalani selama ini, kata Daud, adalah latihan fisik seperti biasa dan untuk latihan teknik dilakukan dengan mitra tanding petinju lokal. “Saya berlatih tanding dengan sparring petinju lokal untuk mengasah ketajaman teknik,” kata petinju yang merebut gelar juara dunia

kelas ringan IBO setelah mengalahkan petinju Argentina Daniel Eduardo Brizuela di Australia, 6 Juli 2013. Seperti diketahui, pertarungan antara juara dunia kelas ringan (61,2 kg) IBO Daud Yordan melawan petinju Mongolia, Choi Tseveenpurev, yang sedianya dilaksanakan di Kunming, Tiongkok, 7 Juni 2014, akhirnya batal. Pembatalan pertarungan sejak Daud Yordan mempertahankan gelar juara dunia saat mengalahkan petinju Afrika Selatan, Sipho Taliwe, di Australia, 6 Desem-

ber 2013, sudah yang kedua kalinya. Pertama, sebenarnya Daud Yordan dijadwalkan mempertahankan gelarnya melawan petinju Ghana, Immanuel Tagoe, di Australia, 2 April 2014, tetapi batal. Kemudian, pertarungan di Tiongkok melawan petinju Mongolia, Choi Tseveenpurev, 7 Juni 2014, juga batal. Daud Yordan mempertahankan gelar di kelas ringan yang pertama setelah menang dengan susah payah atas petinju Shipo Taliwe. (ANT/O2)

S be (57 hu jua bu


HUMANIORA RABU, 25 JUNI 2014 LAMPUNG POST

Suharto (Kepala SMAN 7 Bandar Lampung) “Tugas kami mendidik anak bangsa tanpa diskriminasi, termasuk soal seragam, kami bantu bagaimana agar semua siswa memakai seragam tersebut.”

12

Indonesia Kekurangan 1,3 Juta Kantong Darah INDONESIA masih kekurangan sekitar 1,3 juta kantong darah per tahun dengan tingkat kebutuhan mencapai 4,8 juta kantong dan baru terpenuhi 3,5 juta kantong darah. “Kondisi saat ini, kebutuhan (darah) itu meningkat 1% seluruh dunia, sedangkan ketersediaan turun 1%. Ini akan terjadi diskrepansi. Efeknya adalah ada manusia di dunia yang tidak memiliki akses dan mati sia-sia,” kata Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Teknologi Kesehatan dan Globalisasi Agus Purwadianto, pada seminar untuk memperingati Hari Donor Darah Sedunia, di Jakarta, Selasa (24/6). Ibu hamil dan melahirkan termasuk salah satu kelompok yang mengalami kerugian dari kekurangan kantong darah tersebut, dengan lebih dari sepertiga dari penyebab kematian ibu melahirkan adalah perdarahan. Angka Kematian Ibu (AKI) juga masih cukup tinggi, yaitu 359 per 100 ribu kelahiran (SDKI 2012) dengan pada tahun yang sama data Ditjen Gizi dan KIA Kementerian Kesehatan menunjukkan penyebab kematian ibu melahirkan 35% adalah akibat perdarahan. Permasalahan lain muncul karena ketersediaan darah saat ini tidak seluruhnya berasal dari donor sukarela, tetapi di beberapa daerah juga didominasi donor pengganti dari keluarga pasien. “Ini masih harus ditumbuhkan kesadaran ke sana (menjadi donor sukarela). Kami ingin evaluasi semua regulasi dan insentif, kami inginkan pendonor sukarela diberi penghargaan,” ujar Agus. Sebelumnya, Badan Kesehat­ an Dunia (WHO) menyerukan negara anggotanya untuk memfokuskan Hari Donor Darah Sedunia 2014 pada ketersediaan kantong darah untuk membantu ibu melahirkan karena transfusi darah adalah salah satu kunci penyelamatan nyawa pada penanganan komplikasi terkait kehamilan. (ANT/S1)

LA R A S B A H A SA

Kampanye Hitam Teguh Kariadi *

n LAMPUNG POST/EVA PARDIANA

MEMERIKSA BERKAS. Salah seorang guru SMAN 9 Bandar Lampung memeriksa berkas siswa bina lingkungan yang lolos verifikasi dalam pendaftaran peserta didik baru (PPDB) tahun pelajaran 2014—2015 di sekolah tersebut, Selasa (24/6). Pendaftaran ulang berlangsung pada Selasa—Kamis (24/6—26/6). Berdasarkan hasil verifikasi yang lolos Bina Lingkungan di SMAN 7 Bandar Lampung sebanyak 204 siswa, sedangkan kuota bina lingkungan hanya 160 siswa. Sisanya 44 siswa dialihkan ke SMAN 14 Bandar Lampung.

Siswa Tidak Wajib Beli Seragam Batik dan Olahraga Untuk seragam batik dan olahraga, sekolah memang menyediakan di koperasi. Namun, pengadaan kedua jenis seragam ini sifatnya hanya penawaran bukan kewajiban. Eva Pardiana

T

AHUN pelajaran baru identik dengan seragam sekolah baru. Ada beberapa jenis seragam yang dikenakan siswa dalam kegiatan belajar, di antaranya OSIS, pramuka, batik, dan olahraga. Namun, sekolah tidak mewajibkan siswa, baik itu reguler maupun Bina Lingkung­ an, untuk membeli seragam batik dan olahraga. Untuk siswa Bina Lingkung­ an Pemerintah Kota Bandar Lampung, melalui Dinas Pendidikan (Disdik), telah mengalokasikan anggaran pengadaan seragam OSIS dan pramuka. Bahkan, untuk siswa Bina Lingkungan SMA pengukuran seragam telah dilakukan pihak

Pascasarjana Unila Tambah 8 Prodi PROGRAM Pascasrajana Universitas Lampung (Unila) mendapat mandat khusus Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) untuk menambah delapan program baru tahun ini juga. Hal tersebut berlaku sesuai Surat Keputusan (SK) Ditjen Dikti No: 441/E.E2/DT/2014 tertanggal 18 juni tentang Penugasan Penyelenggaraan Penambahan Program Studi di Lingkungan Unila. Prodi pascasarja itu meliputi prodi Fisika, Ilmu Penyuluhan Pembangunan/Pemberdayaan Masyarakat, Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah, Keguruan Guru SD, Keguruan IPA, Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, dan Teknik Mesin. Menurut Direktur Pascasarjana Unila Sujarwo, proses pembukaan pendaftaran prodi baru ini akan berlangsung sejak satu Juli untuk semester pertama, sedangkan semester berikutnya Januari mendatang. “Kami membuka S-2 sepanjang tahun. Dengan penambahan itu berarti total prodi

Unila ada 30 untuk S-2 dan 2 prodi untuk S-3,” kata dia, saat ditemui Lampung Post di ruang kerja, akhir pekan lalu. Dari hal itu, kata dia, jika direkapitulasi rata-rata penerimaan kuota pascasarjana ada 40 orang untuk tiap prodi. Untuk menjadi mahasiswa pasca akan mengikuti dua macam tes masuk, yakni tes tertulis dan wawancara. Tes tertulis dilakukan bersama setelah kuota tiap prodi terpenuhi, sedangkan tes wawancara dilakukan untuk tiap orang di tiap ketua prodi masing-masing. Dari 30 prodi, rata-rata pendaftar per semester menjadi 1.200 orang. Diharapkan dengan penambahan prodi ini percepatan pembangunan SDM Lampung, termasuk kenaikan APK sebanyak 30% tahun ini tercapai. Selain itu, ia mengatakan ada yang khas dari penambahan prodi baru ini, yakni ditunjuknya FKIP Unila untuk menyelenggarakan program S-2 guru SD Unila. Ini menjadi pertama di Sumatera. (CR13/S3)

RALAT Sehubungan dengan pemberitaan di Lampung Post edisi Selasa (14/6) pada halaman 12 yang berjudul Disdik Larang Pungut Biaya Siswa Bina Lingkungan, tertulis nama Kepala SMPN 1 Bandar Lampung Edy Supriyono sebagai narasumber. Seharusnya Edy Supriyono sebagai kepala SMPN 4 Bandar Lampung. Demikian kekeliruan ini kami perbaiki. Kepada pihak-pihak terkait, kami mohon maaf. Terima kasih.

sekolah bersamaan dengan pendaftaran ulang yang berlangsung 24—26 Juni. “Ketentuannya sudah jelas, kadis (kepala Dinas Pendidik­ an Kota Bandar Lampung, red) memerintahkan sekolah mengukur baju siswa. Lalu, datanya dikirimkan ke Disdik,” kata Kepala Sekolah SMAN 7 Bandar Lampung Suharto, di kantornya, Selasa (24/6). Sementara untuk seragam batik dan olahraga, sekolah memang menyediakan di koperasi. Namun, pengadaan kedua jenis seragam ini sifatnya hanya penawaran, bukan kewajiban. “Bagi siswa yang mampu silakan membeli. Kalaupun tidak mampu tidak masalah,” ujarnya, Selasa (24/6).

Namun, untuk siswa bina lingkungan yang tidak mampu membeli, pihak sekolah memberikan solusi. Alumni yang baru saja lulus ditawarkan untuk menyumbangkan seragam yang masih layak pakai. Ini dilakukan agar tidak terlihat perbedaan antara yang mampu dengan yang tidak mampu. Suharto menambahkan setelah masuk sebagai siswa SMAN 7 Bandar Lampung, nantinya tidak diperbolehkan ada perlakuan yang berbeda antara siswa bina lingkungan dan reguler. “Tugas kami mendidik anak bangsa tanpa diskriminasi, termasuk soal seragam, kami bantu bagaimana agar semua siswa pakai seragam,” ujarnya. Berdasarkan hasil verifikasi, SMAN 7 Bandar Lampung menerima 204 siswa bina lingkungan. Kuota bina lingkungan sekolah hanya 160 siswa, 44 siswa lainnya dialihkan ke SMAN 14 yang belum terpenuhi kuota bina lingkungannya. Hal yang sama diungkapkan Wakil

Kepala Kurikulum SMAN 9 Bandar Lampung Sri Purwiyatni. Menurutnya, seragam batik dan olahraga penting sebagai identitas sekolah, khususnya ketika menghadiri kegiatan antarsekolah. Untuk itu, pihaknya juga memberikan solusi kepada siswa yang tidak mampu agar tetap bisa memiliki seragam. Sejak tahun lalu, SMAN 9 Bandar Lampung telah mengumpulkan seragam layak pakai dari siswanya yang telah lulus. Seragam yang terkumpul ini akan disalurkan kepada siswa yang tidak mampu. “Sekolah tetap menyediakan, tapi tidak memaksa,” kata dia. SMAN 9 Bandar Lampung menerima 191 siswa melalui jalur bina lingkungan, sedang­ kan kuota bina lingkungan ha­n ya 174 siswa. “Sisanya didistribusikan ke SMAN 14 Bandar Lampung dan SMAN 5 Bandar Lampung,” kata Sri, Selasa (24/6). (S1)

evapardiana@lampungpost.co.id

GSV Nasyid Gebrak Lampung SUARA emas kelima pemuda itu memenuhi seisi ruangan. Penonton dibuat terhenyak dengan penampilan mereka. Selain kostum yang terlihat “mewah”, suara emas mereka juga begitu memukau. Masing-masing dari mereka saling melempar senyum ke penonton yang didominasi kaum hawa itu. Syair-syair yang mereka lantunkan terasa damai dan menyejukkan hati. Itulah penampilan dari pemuda-pemuda muslim yang tergabung dalam Grup Nasyid Gema Senandung Vikri (GSV) dengan koordinator Adhi Ikhsan S. Mendoza.

Dalam rangka kembali mensyiarkan musik nasyid di Bumi Lampung, Kampoeng Nasyid Entertainment (KNE) menggelar agenda Fiesta Nasyid Indonesia yang mencakup kegiatan ajang pencarian bakat nasyid got talent, talk show, dan konser nasyid nasional bertajuk Simponi Nada dan Dakwah. Acara yang dihelat pada 7—8 Juni 2014 lalu di GSG IAIN Raden Intan Lampung ini berlangsung meriah. Acara konser GSV ini digawangi Adhi, Ari, Amin, Azam, dan Awan. Para penonton sangat puas. Ratusan penonton pun antusias mengikuti rangkaian

konser nasyid nasional yang dibuka dengan penampilan solo Azzam Dimas Prapanca. Ketua Pelaksana Arya Budiman pun menyampaikan antusias masyarakat Lampung terhadap kegiatan ini cukup baik, terbukti dari keikutsertaan peserta NGT yang cukup tinggi. Selain konser nasyid acara ini juga diisi dengan talk show nasyid yang menghadirkan 3 narasumber, yaitu tokoh nasional yang memiliki banyak kiprah dalam pengembangan musik nasyid dan religi, anggota DPR RI Almuzzammil Yusuf. (S2) n Tri Sujarwo

n ANTARA/NYOMAN BUDHIANA

TARIAN BOLLYWOOD INDIA. Sejumlah seniman India membawakan tarian bercerita The Great Indian Wedding dalam pergelaran kesenian partisipasi grup Bollywood pada Pesta Kesenian Bali ke-36 di Taman Budaya Denpasar, Selasa (24/6).

MENJELANG pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) pada 9 Juli mendatang, semua media, baik cetak, elektronik, maupun media sosial dijadikan sarana kampanye. Kampanye di ruang publik tidak hanya dilakukan tim sukses masing-masing kandidat. Perseorangan atau mereka yang bersimpati dengan salah satu kandidat memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan berbagai isu mengenai salah satu kandidat untuk menjatuhkan kandidat lawan atau biasa disebut kampanye hitam. Bahkan, media cetak Obor Rakyat sengaja disebar di sejumlah pesantren di Jawa untuk menjatuhkan salah satu kanidat calon presiden. Tak mau kalah, kandidat yang lain juga membuat media tandingan. Saya sendiri karena tidak tertarik dengan hiruk-pikuk kampanye. Lebih memilih tidak membuka media sosial yang isinya melulu kampanye. Menelisik lebih dalam mengenai kampanye hitam, saya tertarik untuk memahaminya. Sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring besutan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kam·pa·nye berarti gerakan (tindakan) serentak (untuk melawan, mengadakan aksi, dan sebagainya. Kampanye bisa juga diartikan sebagai kegiatan yang dilaksanakan organisasi politik atau calon yang bersaing memperebutkan kedudukan dalam parlemen dan sebagainya untuk mendapat dukungan massa pemilih dalam suatu pemungutan suara. Sementara hitam bermakna warna dasar yang serupa de­ ngan warna arang. Hitam bisa juga bermakna mengandung atau memperlihatkan warna yang serupa warna arang. Misalnya dalam kata hitam bagai pantat belanga, berarti perbuatan yang sangat buruk atau bisa diartikan sebagai tabiat seseorang yang sangat buruk. Hitam di atas putih bermakna perjanjian tidak hanya dengan perkataan, tetapi juga tertulis. Kemudian, hitam dikatakan putih, putih dikatakan hitam, maknanya tidak mengatakan yang sebenarnya atau yang baik dikatakan buruk dan sebaliknya. Berdasarkan definisi tersebut di atas, bisa diambil kesimpulan kampanye hitam adalah gerakan serentak untuk menjatuhkan atau menjelek-jelekkan seseorang atau lawan politik. Tujuannya, agar sang lawan tidak disukai, tidak dipilih, dan kemudian kalah dalam pemilihan presiden mendatang. Oleh sebab itu, marilah kita bijak menyikapi berbagai pemberitaan di berbagai media yang menjatuhkan seseorang. Tujuannya, agar saat pesta demokrasi pada 9 Juli mendatang kita semua bisa menggunakan hak politik dengan baik dan benar. *)= Pemerhati bahasa di Bandar Lampung

n ANTARA/HO/HUMAS KEMEN PU

DUTA SANITASI. Ibu Negara Ani Yudhoyono (kanan) memberikan hadiah kepada para duta sanitasi 2014 yang terpilih di Istana Negara, Jakarta, Senin (23/6). Kegiatan ini dalam rangka mengampanyekan perilaku hidup sehat di bidang sanitasi serta terus meningkatkan penyediaan prasarana dan sarana sanitasi bagi masyarakat di seluruh Indonesia.

Awal Juli Dana Sertifikasi Cair KABAR gembira bagi para guru pendidikan dasar (dik­ das)—TK, SD, SMP, dan pengawas sekolah—di Bandar Lampung. Pasalnya, dana sertifikasi triwulan kedua, baik guru pegawai negeri sipil (PNS) maupun non-PNS, akan cair awal Juli ini. Kepala Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Dikdas Dinas Pendidikan Kota (Disdik) Bandar Lampung Khairul Athar menjelaskan dana sertifikasi itu akan dibayarkan atas prestasi mengajar selama tiga bulan untuk masa bakti triwulan kedua, yakni April—Juni. Ia menyebutkan dalam triwulan kedua tersebut dana sertifikasi yang dicairkan untuk 3.692 guru. Namun, untuk triwulan kedua ini data guru yang masih direkap masih sekitar 2.000 guru. “Dapat-tidaknya dana sertifikasi berdasarkan data pedagogik, sertifikat pengajaran dan tercapainya jam mengajar selama 24 jam dalam tiga bulan terakhir. “Data yang kami dapat tidak main-main dan kredibel, karena data itu diperoleh dari para guru sendiri yang menginput tiap datanya ke pusat lewat operator sekolah,” kata dia, Selasa (24/6).

Ia mengakui pembagian dana sertifikasi guru dikdas untuk triwulan kedua ini jauh le­ bih banyak dibanding triwulan pertama. Itu karena rekapitulasi data yang diperoleh Disdik Bandar Lampung lebih banyak dan menyeluruh dibandingkan triwulan pertama. Selain itu, input data pusat pada triwulan kedua bagi guru dikdas mencakup TK, SD, SMP, dan pengawas jauh lebih banyak karena penerimaan guru PNS dan non-PNS sedang dibuka pada triwulan pertama. Sebab itu, proses sertifikasi baru bisa dicairkan pada triwulan kedua. Selain itu, proses para guru dalam mengembalikan tanda tangan yang terlambat membuat dana sertifikasi guru dikdas baru bisa diproses triwulan kedua yang dihitung dari masa dinas dan pengabdian meng­ ajar selama April—Juni 2014. Pada triwulan pertama pada 2014 membayarkan dana sertifikasi untuk 3.577 guru, yang terbagi 290 guru TK (2.316 guru SD), (845 guru SMP), dan 126 pengawas sekolah. Sedang­kan untuk triwulan kedua ada 3.692 orang guru, terbagi atas 243 guru TK, (2.087 guru SD), (1.295 guru SMP), dan 67 peng­ awas sekolah. (CR13/S1)


TER Rabu, 25 JUNI 2014 LAMPUNG POST

PONG

bintang pelajar

13

Pendidikan Islami Cetak Lulusan Berakhlak Mulia SMAIT Miftahul Jannah Bandar Lampung bertekad menghasilkan lulusan-lulusan berakhlakul karimah dan memiliki daya saing tinggi. Tri Sujarwo

P

AGI itu suasana sekolah di bilangan Rajabasa, Bandar Lampung, begitu ramai. Para siswa tampak semangat membaca lembar demi lembar materi pelajaran yang ada dalam genggaman mereka. Sesekali mereka saling memberikan pertanyaan, sementara yang lain menjawab pertanyaan yang diajukan. Itulah kegiatan siswa Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT) Miftahul Jannah Bandar Lampung di Jalan H. Komarudin, Gang Kutilang, Rajabasa. Mereka begitu aktif belajar melalui tanya-jawab yang rutin dilakukan, apalagi menjelang diadakannya sebuah kompetisi. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mengejar prestasi di sekolah yang berdiri pada 2012 ini. Kompetisi tersebut mulai dari lomba baca puisi, lomba dai, lomba kepenulisan, lomba bahasa Inggris, hingga lomba UUD 1945. Lewat ajang tersebut, siswa di sekolah yang baru seumur jagung ini banyak mengukir prestasi, antara lain meraih juara I lomba yel-yel UUD 1945, lomba baca puisi, hingga santri yang mampu menghafal hingga 27 juz Alquran.

Sekolah yang memiliki 14 guru tetap ini mempunyai visi dan misi mewujudkan pendidikan Islami yang berkualitas yang banyak memperhatikan aspek sosial serta mempunyai daya saing yang kuat. Walaupun menerapkan sistem pendidikan yang islami, sekolah ini berpedoman pada sistem pendidikan nasional. Siswa dibiasakan membaca Alquran setiap hari sebelum memulai belajar. Salat berjemaah juga menjadi agenda wajib setiap siswa saat waktu salat tiba. Namun, dalam pelajaran agama dan umum diseimbangkan sesuai dengan kurikulum 2013 yang kini menjadi acuan sekolah di seluruh Indonesia. Banyak siswa berprestasi di sini, salah satunya Nurul Fahriah. Selain cerdas, Nurul juga hafal 27 juz Alquran. Nurul mengaku senang dengan cara dan metode pengajaran yang dilakukan oleh guru-gurunya. Selain menjadi guru yang patut digugu dan ditiru, ujarnya, mereka juga seperti sahabat yang bisa berbagi keluh dan kesah. “Senang bisa sekolah di SMAIT Miftahul Jannah, selain islami, guru-gurunya juga asyik-asyik,” kata

Budayakan Menghafal Alquran SEKOLAH Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT) Miftahul Jannah, Bandar Lampung kini mulai dilirik banyak calon siswa. Sekolah ini memiliki beberapa program unggulan, di antaranya tahfiz Alquran. Sebuah program yang mengajarkan kepada siswa untuk menghafal Alquran. Setiap siswa memiliki tingkatan hafalan yang berbeda-beda, mulai 3 juz—27 juz. Setiap hari siswa yang masuk dalam boarding school ini selalu menghafal Alquran setiap pagi dan malam hari. Mereka pun ikut kelas formal untuk pengetahuan umum. Selain menghafal Alquran juga mengajarkan siswa untuk berkebun. Kebun tersebut digunakan setiap siswa untuk melakukan eksperimen. Ada berbagai tanaman, mulai dari tomat, sayuran, hingga buah-buahan. Siswa pun terbiasa merawat kebun mereka. Mulai dari proses

penanaman, perawatan, pemupukan, hingga proses pemanenan, para siswa selalu dilibatkan. Bahkan, sebagian besar yang melakukan proses perkebunan ini adalah para siswa. Zaki, salah satu siswa kelas boarding school, mengaku senang menjadi bagian dari Sekolah Miftahul Jannah. Selain bisa menambah hafalan Alquran, ia juga dilatih cara berkebun yang baik. Banyak hal yang didapatkannya selama menuntut ilmu di sekolah tersebut. Tak hanya belajar di bangku sekolah, tapi ia juga belajar tentang makna hidup yang sesungguhnya. Siswa dari Kotabumi, Lampung Utara, itu harus berpisah dengan keluarga besarnya untuk menuntut ilmu. Walaupun begitu, ia tetap senang dan sangat menikmatinya. “Saya senang bisa bersekolah di Miftahul Jannah,” kata dia. (S1) n Tri Sujarwo

dia, Selasa (24/6). Ada banyak kegiatan ekstrakurikuler yang dimiliki SMAIT Miftahul Jannah, di antaranya Muslim Leader Club (MLC). Klub ini mengakomodasi bagi siswa yang memang suka dengan dunia dakwah. Jika ingin menjadi dai, MLC bisa menjadi alternatif tempat yang tepat untuk para siswa yang ingin berlatih lebih dalam t e n -

tang dunia dakwah. Para dewan guru membimbing siswa dengan penuh semangat. Biasanya, para siswa akan tampil membawakan ceramah dalam perlombaan maupun acara-acara besar sekolah. Sebab itu, tak mengherankan jika banyak siswa yang berminat dan bergabung dalam MLC. Selain MLC, ada Club Arabic and English Speech. Klub bahasa Arab dan Inggris yang yang menitikberatkan pada

pidato. Siswa diasah untuk terampil dalam dua bahasa internasional ini, tapi dikemas melalui pidato. Tak sedikit siswa yang bergabung dalam klub ini, selain untuk mengasah keahlian berbahasa, mereka juga banyak mendapatkan ilmu tentang berbicara di depan umum. Kepala SMAIT Miftahul Jannah Eko Efriyanto mengatakan sekolah yang dipimpinnya akan terus berbenah dan berprestasi. SMAIT Miftahul Jannah terus berusaha mengembangkan diri menjadi

sekolah yang mampu menghasilkan lulusan-lulusan berakhlakul karimah dan memiliki daya saing tinggi. Sebab itu, tak mengherankan jika sekolah ini melakukan berbagai terobosan. Selain meng-upgrade kemampuan guru sekolah juga banyak mengikutkan siswanya dalam berbagai perlombaan. ”Kami senantiasa mengikutkan siswa dalam berbagai perlombaan,” kata dia. (S1)

trisujarwo@lampungpost.co.id

Motivasi Jadi Kunci Prestasi PADA masa kepemimpinan Eko Efriyanto, SMAIT Miftahul Jannah bisa mengukir prestasi hingga dunia internasional. Eko mengungkapkan ia selalu memotivasi peserta didiknya untuk mengikuti berbagai macam perlombaan, baik tingkat lokal maupun nasional. Ia pun sangat mengapresiasi para siswanya yang bisa meraih juara I lomba yel-yel UUD 1945 yang diadakan beberapa waktu lalu. Pengalaman mengikuti perlombaan itulah yang tentunya memberikan kesan dan pengalaman yang luar biasa untuk para siswanya. “Melalui kompetisi, mereka bisa belajar tentang arti sebuah sportivitas. Saya terus memotivasi siswa untuk terus berprestasi,” kata dia. Eko memiliki pengalaman berkeliling daerah untuk mendapatkan pengalaman dalam hidupnya. Beberapa tempat yang pernah dikunjunginya, di antaranya Palem-

bang, Bandung, Yogyakarta, hingga Semarang. Dari aktivitas melincahnya itu, ia banyak mendapatkan pengalaman baru yang tak ia dapatkan di mana pun. Atas pengalamannya ini juga sering berbagi dengan siswa sehingga hal ini memotivasi siswa-siswanya untuk terus membuka wawasan. Pria 24 tahun ini menjadi kepala sekolah SMAIT Miftahul Jannah sejak Februari 2014 lalu. Awalnya, ia merupakan seorang guru bahasa Inggris. Kecintaannya pada bahasa Inggris membuatnya bisa terus mengukir prestasi hingga menjadi kepala sekolah. Ia tak pernah menyangka menjadi kepala sekolah, apalagi menjadi kepala sekolah termuda se-Lampung. Ia hanya menjalami hidup ini dengan penuh semangat, fokus, dan totalitas. “Saya menjalani hidup ini dengan fokus agar bisa mencapai tujuan yang

diinginkan,” kata dia. Pria yang hobi traveling ini menyukai bahasa Inggris sejak SMA. Saat itu, ia begitu tertarik dengan metode pengajaran bahasa Inggris yang diajarkan gurunya. Sejak saat itulah, kecintaannya kepada bahasa Inggris begitu menggebu dan semakin terpupuk. Hingga ia memutuskan untuk melanjutkan ke Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Radin Intan Lampung mengambil jurusan bahasa Inggris. “Iya, senang saja dengan guru yang ngajarnya enak dan mudah dipahami,” ujarnya. Ia terus mengasah kemampuan berbahasa Inggrisnya agar para siswa tak mudah bosan dan selalu mendapatkan ilmu baru. Biasanya saat ada waktu luang pria yang suka makan bakso ini selalu membaca. “Semakin banyak membaca, semakin bertambah wawasan kita,” kata dia. (S1) n Tri Sujarwo


PARIWARA RABU, 25 JUNI 2014 LAMPUNG POST

14

M. Harun (Kepala Disbudpar Kota Bandar Lampung) Dua hari sebelum Ramadan semua tempat hiburan termasuk karaoke harus tutup selama satu bulan Ramadan.


PARIWARA RABU, 25 JUNI 2014 LAMPUNG POST

15

Mohammad Mukri (Rektor IAIN Raden Intan Lampung) Konsep take and give (mengambil dan memberi) sudah harus diubah menjadi konsep give (memberi) dan receive (menerima).


±

±

CMYK

INSPIRASI

Rabu, 25 juni 2014

Nendy Pratama Semua lobi saya lakukan seorang diri, alhamdulillah berhasil.

Persiapkan Sebuah Acara

Seorang Diri Eva Pardiana

M

ulai dari pemilihan tema, lokasi, penyusunan bujet, hingga pencarian sponsor. “Saya lakukan semua sendiri. Paling pas hari H baru butuh banyak bantuan,” kata Nendy, Jumat (20/6). Meski dilakukan seorang diri, Nendy mengaku tidak merasa keteteran. Ia mengatakan mengatur sebuah acara sudah menjadi hobinya sejak tiga tahun lalu. Bisa menyaksikan acara yang ditanganinya berjalan dengan lancar adalah sebuah kepuasan tersendiri baginya. “Kalau acara sukses, terbayar rasanya semua lelah,” kata ayah satu anak ini. Nendy mengatakan kunci keberhasilan menyelenggarakan sebuah acara adalah jaringan yang luas. Menurutnya, jaringanlah yang memudahkannya mencari sponsor acara. Jaringan yang sekarang dimiliki Nendy adalah para pelanggan warung tenda miliknya. Meski hanya lulusan sekolah menengah pertama, jaringan yang Nendy miliki cukup luas, dari kalangan pejabat pemerintah hingga petinggi perusahaan. “Kenalan saya kebayakan pelanggan,” kata pemilik Warung Tenda Mat Salim di Pasar Bambu Kuning ini. Saat ini Nendy disibukkan dengan persiapan peluncuran film religi lokal Taqwa. Pemainnya adalah aktor dan aktris Lampung. Setelah launching yang akan diselenggarakan awal Ramadan, Nendy akan mempromosikan film ini ke 14 kabupatan/kota di Provinsi Lampung hingga akhir 2014. Dia mengatakan kesempatan menangani peluncuran film ini diperoleh dari sang produser, Abah Maulana. Nendy menambahkan hanya butuh dua minggu baginya untuk memperoleh sponsor acara ini. “Semua lobi saya lakukan seorang diri, alhamdulillah berhasil,” katanya. Ke depannya, Nendy berencana membuka sanggar perfilman di Bandar Lampung. Menurutnya, Lam-

Sefnia Paling Gampang Beradegan Galak PEMERAN utama film religi Lampung, Sefnia Amalia Putri, mengaku gampang memerankan saat beradegan galak. Ia mengaku jika dirinya memang “galak” dalam kesehariannya untuk hal-hal yang enggak benar. Walaupun begitu, dia tetap sosok yang lembut dan penuh cinta kasih. “Iya gue galaknya dalam hal-hal tertentu aja, hehehehe,” kata dia. Gadis kelahiran Bandar Lampung, 19 September 1998, ini mengaku paling sulit memerankan adegan yang terlalu melow atau yang serbamenangis. Namun, walaupun begitu ia harus tetap profesional dalam memerankan setiap adegan yang akan diperankannya. Ia mengaku memiliki beberapa kiat agar bisa sukses memerankan adegan melow. Apalagi dalam film perdananya ia banyak memerankan adegan nangis-nangis dan penuh kesedihan. “Biar bisa nangis, ia selalu mengingat ayahnya,” ujarnya. Pelajar kelas X SMA Mardiyuana Serang, Banten, ini merupakan sosok yang begitu dekat dengan ayahnya. Ia paham betul perjuangan ayahnya menghidupi keluarganya. Bahkan, ayahnya sering keluar kota dan berpindahpindah tugas. Sebab itu, ia dengan mudah bisa menangis saat ingat ayahnya. Gadis penyuka shooping dan travelling ini pun berusaha sebaik mungkin memerankan film perdananya. “Saking seringnya pindah, rapor SD gue sampe empat di tempat yang beda,” kata dia. Dalam film religi garapan anak muda Lampung ini, Sefnia memerankan tokoh sebagai Wardah, seorang gadis cantik yang juga seorang anak kiai terpandang di kampungnya. Namun, sayang kecantikan wajahnya tak sebanding dengan kecantikan ahlaknya.

EVENT organizer (EO) bukan pekerjaan yang mudah, apalagi dilakukan seorang diri. Namun, hal itu tidak berlaku bagi Nendy Pratama. Pria berusia 23 tahun ini bisa menangani berbagai hal yang berkaitan dengan persiapan sebuah acara seorang diri. pung memiliki orang-orang dengan bakat seni peran yang luar biasa. Untuk menggali bakat-bakat tersebut, kata dia, harus ada wadah yang menyalurkannya. “Saya saksikan sendiri para pemain dalam film Taqwa begitu natural dalam memerankan masing-masing karakter. Lampung punya potensi yang luar biasa. Saya ingin bantu lejitkan potensi itu,” kata Dia. Film Taqwa, kata Nendy, merupakan film layar lebar pertama yang diproduksi di Lampung, tepatnya di Kawasan Wisata Lembah Hijau. Film berdurasi sekitar satu jam itu, menurut Nendy, diproduksi Napas Cinta Production. Sutradara dalam film itu ialah Ari Metal dari Lampung dan produser Tri Maulana Ardiyansyah dari Jakarta. “Sedangkan produser dari Lampung Puspita Widyasari dan asisten sutradara/instruktur casting Toto Firmanto.” Nendy juga menjelaskan film ini akan dipromosikan di 14 kabupaten/kota seLampung. Setelah dilakukan promosi, barulah film Taqwa yang merupakan film religi akan tayang di salah satu televisi swasta lokal. “Film akan ditayangkan perdana dalam Festival Islamic, pada 25 Juni 2014, di Taman Wisata Lembah Hijau. (S2)

evapardiana@lampungpost.co.id

Nendy Pratama Kelahiran : Bandar Lampung, 15 November 1991 Alamat : Jalan H. Agus Salim, Gang Pemuda, No. 18, Kaliawi, Tanjungkarang Pusat Istri : Puji Utari Anak : M. Miftahurohman Event yang pernah ditangani: -Kalianda Fair 2011 -HUT Pringsewu 2012 -Roadshow promosi film religi Taqwa di 14 kabupaten/kota di Provinsi Lampung (dalam proses)

1

Ratusan Tentara Irak Tewas

2

Jelang Mudik Lebaran, Toyota Gelar Paket Servis Berkala

RATUSAN tentara Irak tewas dalam serangan-serangan yang dilancarkan gerilyawan Arab Sunni di hampir seluruh wilayah negara itu, dalam beberapa hari terakhir. Hal itu disampaikan Juru Bicara Perdana Menteri Irak Nuri al-Maliki, Letjen Qassem Atta, Senin (23/6). (JAGAT)

TOYOTA kembali menggelar Paket Servis Berkala Jelang Mudik Lebaran pada 23 Juni—12 Juli 2014 di seluruh jaringan bengkel resmi Toyota di Indonesia. “Tujuannya, mengakomodasi kebutuhan pelanggan dalam mengecek kendaraan dalam persiapan mudik Lebaran,” kata Wakil Presiden Direktur Toyota Astra Motor Suparno Djasmin, lewat siaran pers di Jakarta, Selasa (24/6). (OTOMOTIF)

Jualan Takjil di Pinggir Jalan Diizinkan pengawet, enggak boleh itu.” Herman pun meminta kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat bersama Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) untuk memantau makanan yang dijual di pasaran. Hal ini dikarenakan banyak oknum yang biasanya menjual makanan yang sudah kedaluwarsa menjelang Ramadan. (RIC/S2)

CMYK

Karena itu, tak mengherankan jika banyak warga yang tak menyukai perangainya. Namun, akhirnya gadis manis itu insyaf setelah masuk pesantren. “Saya berusaha menjadi Wardah yang sesungguhnya, hehehehe,” kata alumni SMP PGRI 13 Kendal ini. (*7/S2)

n MI

Cara Jaga Keharmonisan Pernikahan SETIAP pasangan suami-istri pasti punya cara untuk menjaga keharmonisan rumah tangganya, termasuk pasangan Andhika Pratama dan Ussy Sulistiawati. Keduanya punya cara khusus agar rumah tangganya tetap harmonis. Apa itu? “Kalau kami sih memang tetap jaga komunikasi, telepon, SMS, BBM, apa pun yang perlu ditanyakan kami komunikasikan,” kata Andhika, saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Senin (23/6). Andhika menuturkan komunikasi memang menjadi bagian penting untuk terus menjaga keharmonisan pernikahan mereka. Bahkan, untuk masalah kecil pun selalu didiskusikan oleh mereka. “Kalau ada hal yang harus didiskusikan, kami bisa komunikasikan, sebisa mungkin saya sama Ussy jaga komunikasi. Saya sudah sampai di tempat kerja ya saya laporan. Hal-hal sepele pun masih kami jaga,” ujar Andhika. Selain itu, mengambil job bareng juga membuat hubungan keduanya semakin erat. Tak hanya bekerja, mereka pun tak jarang “pacaran” di lokasi syuting. (S2)

Syuting Haji Backpacker Sapa Warga Tibet

O N L IN E H A R I INI

±

±

16

LAMPUNG POST

WALI Kota Bandar Lampung Herman H.N. mempersilakan masyarakat untuk berjualan atau menyediakan hidangan takjil di pinggir jalan atau di beberapa trotoar. Namun, dia menyarankan agar dengan adanya penjual takjil tersebut tidak membuat macet jalan. “Ya, boleh-boleh saja, asal enggak membuat macet jalan, silakan saja,” kata Herman, Senin (23/6), usai peresmian salon mobil Sumber Jaya Variasi, Enggal, Bandar Lampung. Selain itu, dia menyarankan agar para penjual takjil tersebut tetap memperhatikan kebersihan makanan. “Ya harus bersih, walaupun jualannya di dekat jalan, apalagi pakai-pakai

CMYK

ABIMANA Aryasatya kembali harus melakoni proses syuting di Kota Lhasa, Tibet. Setelah mampir di dua istana nan megah, Abi yang berperan sebagai Mada di film Haji Backpacker tersebut menyambangi permukiman penduduk. Di bawah arahan sutradara Danial Rifki, Abi melakukan beberapa adegan, mulai dari berjalan melewati permukiman, beristirahat sambil menikmati pemandangan Lhasa dari ketinggian, hingga menyapa penduduk aslinya. Pada proses syuting kali ini, Abi harus menaiki ratusan anak tangga demi bisa mendapatkan lokasi terbaik. Lelah yang terasa pun seakan hilang karena pemandangan yang menakjubkan setelah sekitar 30 menit mendaki. Di atas, pemandangan permukiman khas Tibet pun terasa begitu kental, lengkap dengan rumah warga berwarna putih dengan gang-gang sempit. Belum lagi anjing khas dataran tinggi berbulu lebat yang wira-wiri seakan menyapa kedatangan kru. Di lokasi tersebut, Abi diarahkan untuk berbincang dengan wanita paruh baya yang merupakan warga asli Tibet. Tanpa canggung, ia menyapanya dan membantu sang ibu untuk memotong kayu bakar. Uniknya, sesekali Abi terlihat bingung menanggapi berbagai kalimat yang dilontarkan ibu tersebut. Maklum saja, warga asli Tibet memang sangat sedikit yang mampu berbahasa Inggris. Keduanya pun akhirnya samasama tertawa. (S2)

±

n MI

n MI

CMYK

±


EKO NOM I

LAMPUNG POST

BISNIS

“Pemerintah akan memprioritaskan sektor pertanian dalam APBD karena sektor ini memberikan dampak besar pada perekonomian Lampung.”

17

Inflasi Lampung di Bawah Nasional

Indeks VALUTA ASING

DOLLAR AUSTRALIA (AUD)

YEN JEPANG (JPY) 100

KURS JUAL

KURS BELI

KURS JUAL

KURS BELI

11.371,37

11.252,26

11.838,62

11.717,37

DOLLAR KANADA (CAD) KURS JUAL

KURS BELI

11.245,80

11.132,87

DOLLAR SINGAPURA (SGD)

DOLLAR NEW ZEALAND (NZD) KURS JUAL

10.511,50 per Selasa, 24 Juni 2014

KURS JUAL

KURS BELI

9.653,41

9.555,82

EURO (EUR)

DOLLAR AMERIKA (USD) KURS JUAL

KURS BELI

12.060,00

11.940,00

DOLLAR HONGKONG (HKD) KURS JUAL

KURS BELI

1.555,83

1.540,25

POUNDSTERLING INGGRIS (GBP)

KURS BELI

KURS JUAL

KURS BELI

10.399,74

16.396,78

16.232,43

KURS JUAL

KURS BELI

20.526,12

20.320,69

KOMODITAS

Indeks KOMODITAS

rabu, 25 juni 2014

M. Ridho Ficardo (Gubernur Lampung)

CPO Minyak kelapa Kakao Kopi arabika Kopi robusta Karet TSR 20 Lada hitam Lada putih Jagung (kering) per Selasa, 24 Juni 2014

� Sumber Bank Indonesia

LOKASI SENTRA

HARGA (Rp/Kg)

Medan Bitung Makassar Medan Lampung Palembang Lampung Pangkalpinang Lampung

9.761 15.877 30.912 55.451 21.027 19.386 78.435 127.477 1.751

� Bappebti-Kementerian Perdagangan www.bappebti.go.id

Inflasi Lampung masih tergolong aman di bawah angka nasional berkat adanya tim pemantau inflasi daerah. Dian Wahyu Kusuma

M

ESKIPUN pertum­ buhan ekonomi Lampung pada tri­ wulan pertama 2014 berada di posisi 5,3% atau mengalami penurunan tajam dibanding­ kan pada sebelumnya, inflasi Lampung yang berada di posisi 6,61% masih terbilang aman karena berada di bawah angka Sumatera dan nasional, yakni 6,69% dan 7,32%. “Inflasi di Lampung masih di bawah nasional. Inflasi ini bisa dikendalikan karena ada tim inflasi daerah di kabu­ paten dan kota,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia di Lampung M. Emil Akbar, saat presentasi makroekono­

I

nflasi yang terjadi banyak disumbang pergolakan harga beragam kebutuhan, terutama sektor pertanian dan harga komoditas.

mi Lampung bertema Potret Lampung hari ini, di aula per­ temuan Bank Indonesia lantai IV, Selasa (24/6). Menurut Emil, inflasi tert­ inggi di Sumatera justru terjadi di Metro (12,58%), diikuti Tan­ jung Pandan (12,02%), Tembi­ lahan (10,71%), dan Bandar Lampung (5,55%). Inflasi yang terjadi banyak disumbang pergolakan harga beragam kebutuhan, terutama sektor pertanian dan harga komoditas.

Emil menambahkan data pada 2012 penduduk Lampung sebesar 7,77 juta jiwa dengan pendapatan per kapita Rp5,60 juta/tahun, jumlah penduduk miskin 1,25 juta jiwa, dan ting­ kat kemiskinan 16,18%. Dengan data tersebut, menu­ rut Emil Akbar, Lampung masih harus bekerja lebih keras lagi. Selain itu, kuali­ tas pembangunan manusia dan pemerataan pendapatan masih perlu diperbaiki. Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo, yang hadir dalam keg­ iatan ekspos, mengatakan akan berupaya membangun sistem yang lebih baik, termasuk men­ jaga inflasi supaya masyarakat Lampung sejahtera. Pemerintah juga akan mem­ prioritaskan sektor pertanian dalam APBD karena sektor ini dinilai memberikan dampak besar pada perekonomian Lampung, termasuk menyum­ bang inflasi. “Tugas kita ber­ sama untuk menjaga sistem produksi pertanian,” ujarnya. Sektor yang digarap serius oleh Pemprov Lampung, se­ perti pemerataan ekonomi di Lampung dan sektor pari­ wisata di Tanggamus dan Pe­ sisir Barat. Menurut Gubernur, saran dan masukan di forum de­ ngan dinas, pengusaha, dan pengamat ekonomi bisa men­ jadi langkah kebijakannya da­ lam memimpin Lampung lima tahun ke depan. Ridho menga­ takan kegiatan mendatang akan dilakukan perumusan RPJMD selama tiga hari yang melibatkan banyak pihak. (E1)

dianwahyu@lampungpost.co.id

n LAMPUNG POST/DIAN WAHYU KUSUMA

PEREKONOMIAN LAMPUNG. Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo memberikan respons setelah mendengarkan paparan dari Bank Indonesia Lampung tentang anjloknya pertumbuhan ekonomi Lampung kuatral I 2014 di posisi 5,3% dari 6,4% pada kuartal sebelumnya, di aula pertemuan kantor BI Lampung, kemarin (24/6).

Tarif KA Ekonomi Diupayakan Tidak Naik KEMENTERIAN Perhubungan masih berupaya mendapatkan dana tambahan agar subsidi kereta api kelas ekonomi tetap bisa diberikan penuh dan tarifnya tidak jadi naik. Menu­ rut Kepala Pusat Komunikasi Kementerian Perhubungan J.A. Barata, upaya ini terus dilakukan karena kereta api public service obligation (PSO) kelas ekonomi ini merupakan kebutuhan masyarakat dalam transportasi.

“Apa pun pembahasan yang sedang berlangsung, kami akan terus berikhtiar terkait dana PSO tersebut. Lagi pula yang menetapkan tarif kereta PSO itu tetap kami,” kata Ba­ rata, di Jakarta, Selasa (24/6). Menteri Keuangan Chatib Basri mengatakan kemente­ riannya tidak memiliki dana lagi untuk menambah ang­ garan PSO. Menurut Chatib, dana yang sudah pasti ada di APBNP untuk kereta PSO

adalah Rp800 miliar. Anggar­ an PSO ini dipangkas karena memang tidak ada dana lagi untuk menambahnya. Sebelumnya, pemerintah memangkas sejumlah belanja kementerian/lembaga pada APBN Perubahan 2014. Salah satu yang terkena potongan adalah Kementerian Per­ hubungan. Akibat pemotongan ini, anggaran subsidi kereta api berkurang dari Rp1,2 triliun menjadi Rp871 miliar. (MI/E2)

n LAMPUNG POST/SRI AGUSTINA

BAZAR RAMADAN. Para pengurus Yayasan Sosial Buddha Tzu Chi Kantor Perwakilan Lampung beserta pengurus Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Lampung yang juga anggota DPRD Lampung, Hartato Lojaya (tengah), foto bersama di arena bazar menyambut Ramadan dan donor darah, di Gedung Pertemuan Metta Sarana, Telukbetung, Minggu (22/6).

IBI Darmajaya Bantu UKM Perajin Lidi INSTITUT Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya ber­ upaya meningkatkan ke ­ mampuan kelompok usaha kecil dan menengah (UKM) perajin lidi Budiarum di Desa Jatibaru, Kecamatan Tanjungbintang, Lampung Selatan. Upaya ini dilakukan de­n gan memberi bantuan dua unit laptop serta pelatih­ an pemasaran dan pelaporan keuangan. Ketua Lembaga Pengem­ bangan, Pembelajaran, Pe­ nelitian, dan Pengabdian Masyarakat (LP4M) IBI Darm­ ajaya Abshor Marantika men­ jelaskan pemberian dua unit laptop itu untuk memudah­ kan langkah produksi dan promosi perajin. Laptop yang diberikan, ujar dia, dilengkapi dengan modem dan aplikasi yang dapat menunjang pemasaran berbasis online. Sebelumnya, dosen IBI Darmajaya juga

telah memberikan pelatihan e-commerce dan manajemen usaha kepada UKM perajin setempat. “Menyempurnakan pelatih­ an tersebut, kami juga mem­ berikan bantuan dua unit laptop dan modem, dengan harapan akan memudahkan mereka dalam mengaplikasi­ kan,” kata Abshor di kan­ tornya, kemarin (23/6). Abshor menambahkan IBI Darmajaya juga akan membekali perajin dengan kemampuan pencatatan keuangan praktis, dengan harapan mereka bisa mem­ buat pelaporan keuangan yang sesuai dengan prosedur operasional standar. Dengan adanya pelaporan keuangan sesuai prosedur ini, pelaku UKM diharap­ kan mendapat kemudahan saat mengajukan kredit per­ bankan maupun menggaet investor. (CR13/E2)

Pemerintah Jaga Harga Daging Tidak Mencapai Rp100 Ribu

n ANTARA/SENO

KREDIT USAHA MIKRO BTPN. Perajin menata genting di Desa Tamansari, Wuluhan, Jember, Jawa Timur, Selasa (24/6). Melalui program Daya, Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) memberikan kredit kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah, dan secara nasional di triwulan I tahun 2014 BTPN telah menyelenggarakan 46.233 aktivitas Daya atau tumbuh 194% dari periode yang sama tahun 2013.

±

CMYK

PEMERINTAH berupaya men­ jaga harga daging agar tidak menembus Rp100 ribu. Men­ teri Perdagangan Muhammad Lutfi optimistis misi ini akan berhasil dengan melihat stok sapi yang melimpah. Sebelum Lebaran, kata Lutfi, akan ada pasokan sapi bakalan 145 ribu ekor, sapi siap potong 18.900 ekor, dan sapi lokal sebanyak 3.037 ekor. Adapun daging sapi dari persetujuan impor 43.613,49 ton, sebanyak

8.316 sudah direalisasikan. “Tendensinya menurun. Kalau ditanya bisa naik, rasa­ nya sulit sekali karena stok banyak,” ujar Lutfi, usai rapat koordinasi pangan di Jakarta, Selasa (24/6). Lutfi mengungkapkan da­ ging sapi beku untuk keper­ luan hotel, restoran, dan ka­ tering (horeka) berada di kisa­ ran Rp75 ribu—Rp80 ribu/kg. Sementara harga daging sapi di pasar tradisional dan toko

±

modern seharusnya menuju Rp88 ribu/kg sebab harga di tingkat feedloter (penggemu­ kan sapi) sudah berada di kisaran Rp34 ribu/kg. “Kalau lihat secara spesifik di Jakarta sebagai barometer besar konsumsi, daging sapi frozen impor antara Rp75 ribu—Rp80 ribu. Kemudian, harga daging sapi fresh yang dipotong dari bakalan menuju Rp88 ribu dari Rp93 ribu— Rp95 ribu di Jakarta,” kata dia.

Bahkan, setelah Idulfitri, kata Lutfi, harga daging sapi bisa mengarah ke Rp86 ribu/kg. Direktur Perdagangan Da­ lam Negeri Kemendag Srie Agustina mengatakan struktur harga daging sapi seharusnya berada di kisaran Rp92 ribu/ kg. Ini berdasarkan hitungan harga bobot sapi hidup di pengusaha feedloter (pengge­ mukan sapi) sebesar Rp34 ribu/kg. Sementara Wakil Menteri

Pertanian Rusman Heriawan mengatakan kenaikan harga daging sapi disebabkan feedloter yang menahan untuk melepas sapinya. Alhasil, men­ jelang Ramadan harga daging sapi belum juga turun. “Tetapi nanti semua mereka concern pada persiapan puasa dan Lebaran hingga nanti sapi siap potong dilepas dan dipotong sehingga tidak ada kelangkaan dan harga stabil,” ujarnya. (MI/E2)

CMYK

±


PARIWARA rabu, 25 JUNI 2014 LAMPUNG POST

18

Jim Brumby (Ekonom Bank Dunia) Bank Du足nia mengingatkan tambahan transfer daerah hingga ke desa sebagai amanat UU desa harus didampingi fasilitator agar uang itu bisa dimanfaatkan aparat desa.


BISNIS

rabu, 25 juni 2014 LAMPUNG POST

KORPORASI

Djan Faridz (Menteri Perumahan Rakyat) “Karena mereka selalu mengelak, nyerah saya. Makanya, dengan sangat menyesal saya laporkan ke polisi.”

19

Tiphone Akuisisi Perusahaan Telekomunikasi PT Tiphone Mobile Indonesia Tbk. akan mengakuisisi perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan perangkat telekomunikasi, distribusi pulsa telepon seluler, pengadaan konten seluler, dan reparasi telepon seluler pada triwulan keempat tahun ini. Direktur Tiphone Mobile Indonesia Meijaty Jawidjaja mengatakan akuisisi rencananya dilakukan pada perusahaan yang inline dengan Tiphone. Saat ini, ujar dia, Tiphone sedang mengkaji nilai akuisisi perusahaan lokal yang bergerak di bidang perdagangan perangkat telekomunikasi, distribusi pulsa telepon seluler, pengadaan konten seluler, dan reparasi telepon seluler. “Akuisisi itu belum akan memberikan kontribusi bagi pendapatan Tiphone Mobile Indonesia. Pelaksanaannya di akhir tahun,” ujar Meijaty, di Jakarta, Selasa (24/6). Meijaty menargetkan pendapatan Tiphone Mobile Indonesia sebesar Rp15,6 triliun pada

tahun ini atau naik 48,57% dibandingkan realisasi tahun sebelumnya yang hanya Rp10,5 triliun. Pencapaian itu akan dikontribusikan dari penjualan voucer seluler senilai Rp8,5 triliun, lalu penjualan telepon seluler Rp7 triliun. Adapun, Tiphone Mobile Indonesia membukukan pendapatan sebesar Rp3 triliun pada triwulan pertama tahun ini atau meningkat 52% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Direktur Utama Tiphone Mobile Indonesia Tan Lie Pin menuturkan penjualan voucer seluler mencapai Rp1,89 triliun atau berkontribusi sebesar 63,2% dari pendapatan perseroan pada triwulan pertama tahun ini. Sementara pendapatan dari penjualan produk ponsel mencapai Rp1,103 triliun. Pencapaian pada penjualan produk ponsel, katanya, dikontribusikan dari pengembangan gerai ponsel pintar (smartphone) melalui kemitraan dengan merek asing. (MI/E2)

n ANTARA/RIVAN AWAL LINGGA

Bukit Randu Tawarkan Paket Ramadan MENYAMBUT Ramadan, Hotel dan Restoran Bukit Randu menawarkan aneka paket untuk berbuka puasa sekaligus fasilitas untuk berbuka puasa bersama. Paket keluarga yang dikemas dengan harga lebih ekonomis dan menarik ini sengaja diusung untuk memberikan makna pada Ramadan, kata Sales dan Marketing Manager Bukit Randu Raban, dalam siaran persnya, kemarin (24/6). Paket tersebut antara lain menyajikan Paket Buka Bersama (Kurma) 1, 2, dan 3, yaitu paket untuk keluarga (6 orang). Pada Paket Kurma 1, menu yang ditawarkan antara lain takjil (teh manis, kurma, puding, kolak, dan buah irisan) dengan menu utama gurame bakar, ayam goreng mentega, capcai goreng, tahu dan tempe penyet, lalapan, dan nasi putih. Paket ini dibanderol Rp375 ribu. Paket Kurma 2 dengan harga Rp475 ribu menyajikan menu takjil (teh manis, kurma, puding, kolak, dan buah irisan) dengan menu utama gurame saus mangga, ayam bakar kebumen, cumi goreng tepung, sapo tahu, tahu dan tempe goreng, lalapan, sambal cobek, dan nasi putih. Paket Kurma 3 senilai Rp575 ribu dengan mengusung menu takjil (teh manis, kurma, puding, kolak, dan buah irisan) dan menu utama sup buntut, ayam goreng kalasan, udang goreng mentega, brokoli cah seafood, tahu dan tempe penyet, lalapan, sambal cobek, dan nasi putih serta aneka jus. Bagi penikmat makanan khas Jepang, menurut Raban, Restoran Suki juga menyajikan dua paket menu andalan, yaitu Paket Pasha Ramadan seharga Rp450 ribu, juga untuk 6 orang dengan menu shabu-shabu sudah termasuk takjil. Menu shabu-shabu berupa kangkung, sawi putih, poocay, selada, cikua, tofu, mi ikan, sanwich tofu, bakso udang, bakso ikan, bakso cumi, ikan salmon, lumpia ikan goreng, pangsit udang goreng, dan nasi putih. Ada juga Paket Bento Ramadan seharga Rp65 ribu per orang dengan menu Jepang, chicken teriyaki, ebi tempura, dan nasi putih, juga sudah termasuk takjil. (SAG/E2)

PENJUALAN BUNGA MENINGKAT. Penjual merapikan bunga tabur yang siap dijual kepada warga yang ingin berziarah di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tegalalur, Jakarta Barat, Selasa (24/6). Jelang Ramadan, penjualan bunga tabur meningkat tiga kali lipat dari hari biasa.

Pengembang Minta Klarifikasi Dinilai tak memiliki iktikad baik untuk memenuhi aturan hunian berimbang, Kemenpera laporkan 58 pengembang ke Kejaksaan Agung dan kepolisian. Sri Agustina

M

ENTERI Perumahan Rakyat (Menpera) Djan Faridz melaporkan 58 pengembang besar yang mencakup 191 proyek ke polisi terkait dengan sikap para pengembang yang tak patuh aturan hunian berimbang. Para pengembang pun meminta klarifikasi tentang hal ini. Laporan tersebut sudah dilayangkan pada Selasa (17/6) lalu. Sebelum melapor ke Mabes Polri, Djan melaporkan para pengembang tersebut ke Kejaksaan Agung setelah mendapatkan inventarisasi data pengembang yang tak melaksanakan hunian berimbang dari lembaga penyurvei independen PT Surveyor Indonesia. Menurut Djan, jika ada iktikad baik dari pengembang, diharapkan pihak pengembang segera mengirim surat ke Kemenpera yang isinya

menyatakan kesanggupan melaksanakan hunian berimbang. Pihak kementeriannya pun akan mencabut laporan soal dugaan pelanggaran kepada pengembang yang bersangkutan. “ Ka r e n a m e r e k a s e l a l u mengelak. Nyerah saya, makanya dengan sangat menyesal saya laporkan ke polisi. Saya tetap pesan ke Kapolri, tolong kalau mereka menyatakan siap untuk membangun, bikin surat ke saya, nanti kami bikin surat,” kata Kemenpera. Pada Selasa (24/6) sore, para pengembang di bawah Real Estate Indonesia (REI) berkumpul di Hotel Kempinski, Jakarta, untuk melakukan klarifikasi. Mereka mengaku belum mendapat surat pemberitahuan atau pemanggilan dari kepolisian. “Sampai sekarang pengembang itu belum mendapat surat. Tapi saya enggak tahu, setahu kami REI belum di-

laporkan oleh pengembang bahwa mereka sudah dapat panggilan apa tidak,” kata Ketua Umum REI Eddy Hussy dalam konferensi pers. Menurut Eddy, dalam membangun perumahan, pengembang sudah mendapatkan izin dari pemda. Dia mengakui juga sudah sesuai dengan rencana tata ruang wilayah.

S

ampai sekarang pengembang itu belum mendapat surat. Tapi saya enggak tahu, setahu kami REI belum dilaporkan oleh pengembang bahwa mereka sudah dapat panggilan apa tidak. “Maka kalau ada sesuatu yang menurut Kemenpera ada yang kurang sesuai dengan permen (peraturan menteri) yang diterbitkan, tentunya ada satu koordinasi bagaimana memecahkannya,” kata Eddy. Dari pihak pengembang mengaku akan mengklarifikasi mengenai hal ini kepada Kemenpera. “Kami enggak perlu lapor sini lapor sana. Orang

bilang kami nakal, belum tentu nakal,” katanya. Seperti diketahui, aturan hunian berimbang mengatur pengembang membangun 3 unit rumah sederhana tapak, 2 rumah menengah tapak, saat membangun 1 rumah mewah tapak. Ketentuan ini dikecualikan bagi pengembang yang keseluruhannya membangun rumah sederhana. Rumah mewah adalah yang harganya lebih dari 4 kali harga rumah sederhana, rumah menengah yang harganya 1-4 kali rumah sederhana, sedangkan rumah sederhana merupakan rumah yang harganya diatur pemerintah. Untuk membangun rusun (bukan rumah tapak), pengembang diwajibkan mengalokasikan 20% luas bangunan untuk rumah susun sederhana dalam membangun rumah susun komersial. Ketentuan hunian berimbang dalam UU No. 1 Tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman ditetapkan pada 12 Januari 2011 dan UU No. 20 Tahun 2011 tentang Rumah Susun ditetapkan pada 10 November 2011. (E2)

sriagustina@lampungpost.co.id

n ANTARA/RENO ESNIR

PENGANGKATAN DEPUTI GUBERNUR BI. Gubernur Bank Indonesia Agus Martowadojo (kanan) bersama Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara (tengah) dan Menteri Keuangan Chatib Basri (kiri) usai menghadiri rapat sidang paripurna ke-29 di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (24/6).

Software Bajakan Rugikan Produsen Rp17,3 Triliun SEPANJANG 2013, sekitar 84% perangkat lunak (software) yang terpasang di Indonesia diduga ilegal alias bajakan sehingga merugikan produsen software sebesar 1,46 miliar dolar AS atau Rp17,3 triliun. “Kerugian bisnis bagi produsen software asli akibat penggunaan software tidak berlisensi itu mencapai 1,46 miliar dolar AS. Kebanyakan orang tidak tahu apa yang dipasang ke dalam sistem komputer mereka. Itulah yang harus diubah,” kata Presiden dan CEO The Software Alliance (BSA), Victoria Espinel, di Jakarta, Selasa (24/6). Espinel menjabarkan jika angka kerugian tersebut diperoleh dari survei BSA Global Software yang dilakukan setiap dua tahun oleh lembaga riset pasar International Data Corporation (IDC). Tahun ini, BSA telah mewawancarai peng-

guna komputer di 34 pasar, termasuk hampir 22 ribu konsumen dan perusahaan pengguna komputer pribadi (PC) serta lebih dari 2.000 manajer teknologi informasi di Tanah Air. Dia menambahkan 16% pemasangan software yang legal itu memilih tidak menggunakan software bajakan demi menghindari ancaman keamanan dari malware. Di antara risiko-risiko yang terkait dengan software tidak berlisensi, 64% pengguna komputer di dunia paling mencemaskan terbukanya akses masuk secara gelap bagi para peretas. Sementara 59% lainnya mencemaskan risiko kehilangan data. “Namun, tidak sampai separuh dari mereka yang mengaku sangat yakin bahwa software yang digunakan di perusahaan mereka memang asli dan berlisensi dengan benar,” ujarnya. (MI/E2)

Alfamart Adakan Khitanan Gratis MENGUSUNG program kepedulian, PT Sumber Alfaria Tbk. (SAT) sebagai pengelola Alfamart dan Alfamidi kembali menyelenggarakan khitanan gratis di rumah Albi Kimaja 4 Kedaton, Bandar Lampung, kemarin (24/6). Khitanan gratis diikuti 35 anak dari keluarga prasejahtera di Bandar Lampung dan merupakan rangkaiam program sunatan massal bagi 1.000 anak Indonesia. Menurut Priyono, selaku branch manager Alamart, kegiatan khitanan gratis merupakan agenda rutin sebagai wujud tanggung jawab sosial perusahaan. “Momen libur sekolah dipilih agar peserta memiliki waktu yang cukup untuk masa

penyembuhan tanpa harus mengganggu aktivitas sekolah,” kata dia. Priyono mengatakan pelaksanaan khitanan dilaksanakan menyebar di berbagai kota yang terdapat jaringan toko Alfamart agar kehadirannya dirasakan manfaatnya bagi masyarakat, tidak sekadar melayani pemenuhan kebituhan pokok. “Khitanan gratis dilaksanakan di 23 kota, yakni Jakarta, Tangerang, Bandung, Cirebon, Semarang, Cilacap, Lampung, Cimahi, Malang, Klaten, Bali, Lombok, Palembang, Jambi, Makassar, Banjarmasin, Karawang, Pekanbaru, Medan, Sidoharjo, Bekasi, Bogor, dan Jember,” kata Priyono. Marketing Alfamart Sam-

bar mengatakan 35 anak yang mengikuti khitanan massal ini berasal dari keluarga prasejahtera di sekitar toko Alfamart 4 yang berada di Jalan Kimaja. “Khitanan massal ini sudah ketiga kalinya diadakan, yang pertama diadakan di rumah Albi Golib Pringsewu, Alfamart Ahmadyani Metro, dan Alfamart Kimaja 4. Selain sunatan massal, Alfamart juga memiliki kegiatan sosial yang lain, seperti donor darah, pembagian kacamata secara gratis, dan santunan untuk panti sosial,” ujar Samba. Samba mengharapkan dengan adanya khitanan massal dapat membantu warga sekitar yang ingin mengkhitan anak tapi belum memiliki biaya. (*5/E1)

n LAMPUNG POST/TIYAS ANISA

KHITANAN MASSAL. Alfamart menyelenggarakan khitanan gratis di rumah Albi Kimaja 4, Kedaton, Bandar Lampung, kemarin (24/6). Sebanyak 35 anak dari keluarga prasejahtera di Bandar Lampung mengikuti khitanan gratis yang secara nasional merupakan program sunatan massal bagi 1.000 anak Indonesia.


±

±

CMYK

±

CMYK M.S. Hidayat (Menteri Perindustrian) “Untuk menarik investasi, pemerintah harus bisa melakukan negoisasi secara bisnis tanpa melanggar ketentuan hukum yang berlaku agar investor merasa nyaman. Sebab, untuk investasi di sektor strategis, Indonesia tidak boleh ragu.”

Rabu, 25 juni 2014 LAMPUNG POST

20

Pergelaran Piala Dunia Sedot Penjualan Antena

n ANTARA/ERIC IRENG

PONSEL PINTAR ANTIMALING. LG Mobile Communications Indonesia meluncurkan smartphone yang memiliki berbagai fitur terbaru, di antaranya content lock (menyembunyikan berkas), kill switch (antipencurian), dan quick selfie (mengambil gambar selfie tanpa menekan tombol apa pun). Head of Mobile Communications PT LG Electronics Indonesia, Chorung Cho (dua dari kanan), dan National Sales Head Mobile Communication Division, Dony Friawan (dua dari kiri), menunjukkan seri terbaru smartphone LG G3, di Surabaya, Senin (23/6).

Samsung Digadang Bangun Pabrik Ponsel Samsung diharapkan kembali membangun pabrik ponsel di Indonesia, sebab selama ini sudah ada pabrik DVD player, set top box, air conditioner (AC), dan peralatan audio video yang dibangun di RI. Sri Agustina

D

IREKTUR Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian Budi Darmadi mengatakan kini Kemenperin melakukan pendekatan dengan Samsung. Tujuannya, Samsung mau membangun pabrik telepon seluler di Indonesia. Budi mengungkapkan Kemenperin melakukan pendekatan dengan mempertemukan investor dengan industri komponen dalam negeri. Pasalnya, pertanyaan yang kerap muncul adalah ketersediaan industri komponen.

Ia memastikan hampir semua komponen bisa dibuat kecuali cip. “Hampir semua bisa buat, hanya cip saja. Ada 16 industri komponen dan ada beberapa yang lakukan pendekatan. Sudah ada empat yang buat di sini, Axio, Polytron, Evercross, Smartfren, dan Mito juga mau bikin di sini,” ujarnya. Selain itu, pemerintah juga memakai pendekatan pajak penghasilan (PPh) Pasal 22 untuk barang impor. Berdasarkan buku tarif kepabeanan Indonesia (BKTI), kenaikan PPh barang impor ini naik dari 2,5% mencapai 7,5%. Barang elektronik dan telepon seluler masuk ke kelompok barang

yang terkena penaikan pajak. “Kalau barang jadi 7,5% kan lebih enak bikin di sini. Orang jualan HP untungnya kecil. Jadi kami sampaikan ke semua orang jangan imporlah, mending bikin di sini,” kata dia. Budi mengungkapkan pemerintah menawarkan industri komponen dan pasar kepada Samsung dan sejauh ini respons yang diberikan positif. Jika terealisasi, ini akan menjadi investasi yang menjanjikan, sebab di Vietnam kapasitas produksinya mencapai 200 juta unit. Indonesia sendiri dalam setahun mengimpor sekitar 10 juta unit telepon seluler Samsung. Dengaan porsi impor tersebut, ia berkeyakinan Samsung berpeluang membangun pabrik. Di sisi lain, Budi mengatakan Samsung sudah membangun pabrik di Indonesia. Pabrik tersebut antara lain memproduksi DVD player, set top box, air conditioner (AC), dan peralatan audio video. “Indonesia tuh juga banyak, ekspornya di atas 1 miliar dolar

AS,” ujarnya. Menteri Perindustrian M.S. Hidayat mengungkapkan untuk menarik investasi pemerintah harus bisa melakukan negoisasi secara bisnis tanpa melanggar ketentuan hukum yang berlaku. Tujuannya, investor merasa nyaman sebab untuk investasi di sektor strategis Indonesia tidak boleh ragu. Bukan berarti pemerintah mengikuti Vietnam yang mempunyai ketentuan tax holiday hingga 30 tahun. “Saya tidak pernah menganjurkan kita mengikuti kehendak orang menaikkan tax holiday menjadi 30 tahun. Kalau mereka masuk, akan bisa langsung menekan impor, ada multiplier effect, mereka juga bayar pajak jadi jangan kaku. Anda juga jangan isukan Samsung, nanti jual mahal. Biarlah berjalan, market kita lagi pada menarik soalnya,” kata dia. (MI/E1)

sriagustina@lampungpost.co.id

MUSIM Piala Dunia gaungnya memang mendunia, termasuk masyarakat di Lampung yang banyak menggemari tayangan sepak bola bergengsi ini di televisi. Alhasil, tontonan pertandingan banyak ditunggu dan tentu saja agar menyaksikannya bisa nyaman dan seru, butuh antena televisi yang mampu memberikan gambar cemerlang. Hal ini mendongkrak penjualan antena televisi. Juni Saputra (30), pengelola Toko Cemerlang di Jalan Pemuda, Tanjungkarang, mengatakan penjualan antena mengalami peningkatan pada momen Piala Dunia. Dari sebelumnya satu hari paling banyak menjual 5 unit, pada acara ajang pertandingan bola dunia, penjualannya bisa 7 unit per hari. Menurut Juni, antena paling laris di kisaran harga Rp75 ribu merek AVR, antena PV digital seharga Rp130 ribu, dan Sanex berikut remot untuk mengatur saluran TV Rp95 ribu. Ia mengatakan meningkatnya penjualan antena karena momen sepak bola, pelanggan antena parabola tidak bisa menyaksikan pertandingan karena stasiun TV yang menayangkan pertandingan bola diacak atau di-blacklist. “Banyak pembeli dari luar kota karena antena parabola enggak bisa nonton bola, jadi pakai antena analog UHF,” kata dia, Senin (23/6). Sementara untuk penjualan parabola masih standar berkisar 1—2 unit tiap harinya. Untuk parabola LNB 2 dengan 50 saluran dijual dengan harga Rp1 juta, dan parabola LNB 4 dengan 150 saluran Rp1,2 juta sudah termasuk pemasangan untuk dalam kota. Untuk di luar kota ada tambah biaya angkutan, sedangkan untuk parabola 2 TV jual dengan harga Rp1,6 juta. Di tokonya juga menjual kabel antena 20 meter Rp35 ribu, dan Rp5.000 untuk analog penghubung ke TV. “Untuk antena tidak ada garansi,” kata dia. Tjong (45), pemilik Toko Elektronik Tjong Makmur Abadi di Jalan Pemuda, Tanjungkarang, mengatakan penjualan antenanya mengalami peningkatan saat menjelang Piala Dunia. Dalam sehari ia bisa menjual 1—5 dus (1 dus berisi 24 unit). Tjong menjual antena di kisaran harga Rp30 ribu— Rp150 ribu. “Harga Rp80 ribu lebih ramai yang beli, tiap momen Piala Dunia, penjualan antena pasti meningkat,” ujarnya. Totong (32), warga Palapa, ini juga membeli antena untuk di rumah supaya saluran TV lebih bagus. Ia membeli antena seharga Rp80 ribu. (CR6/E1)

n ANTARA/AUDY ALWI

APLIKASI LAYANAN DIABETES. Medical Affairs Director MSD Indonesia Surya Nataatmaja (kanan) menunjukkan aplikasi pada smartphone, Jakarta, Senin (23/6). Merck Sharp & Dohme (MSD) Indonesia bagian dari penyedia layanan kesehatan global, meluncurkan program Ramadan Diabetes and Me berupa aplikasi smartphone untuk informasi penderita diabetes tipe 2 yang memilih berpuasa selama Ramadhan.

21 Toko Online Beri Diskon Besar-besaran

n ANTARA/YUDHI MAHATMA

EUFORIA GAME WORLD CUP 2014. Pengunjung bermain game virtual dengan tema World Cup-superhuman team di stan Samsung, Mall Central Park, Jakarta, Jumat (20/6). Euforia penyelenggaraan World Cup 2014 di Brasil telah merambah ke dunia permainan virtual sepak bola, yang dikembangkan PT Samsung Electronics Indonesia, dengan menghadirkan karakter Superhuman Team G11, yang terdiri dari Christiano Ronaldo, Lionel Messi, Rooney, serta pemain kelas dunia lainnya dalam varian terbaru Samsung Galaxi S5.

SEBANYAK 21 toko online (e-commerce) menggelar diskon besarbesaran yang dikemas dalam program Jakarta Great Online Sale sejak Jumat (20/6) hingga Senin (30/6). Program ini digelar untuk memperingati hari ulang tahun ke-487 DKI Jakarta. Founder Bilna.com, Jason Lamud, menjelaskan 21 toko online yang terlibat pada program ini antara lain Berrybenka.com, Bilna Link, Berrykitchen, Bobobobo, Damniloveindonesia.com, Hotelquickly, Lazada, Lojai, Luxola, Maskoolin, Q0010, Qraved, Reebonz, Getscopp, Shopdeca, Sribu, Tiket, Toko Edukasi, Traveloka, dan Zalora. Event ini didukung pula oleh BNI, Line, dan Yahoo. Berbagai toko online itu mem-

berikan diskon menarik bahkan hingga 90%. Ada juga penawaran lain yang memanjakan pelanggan. Menurut Jason, selain turut memeriahkan ulang tahun Jakarta, acara ini juga digelar untuk menyosialisasikan kemudahan dan keamanan belanja online kepada masyarakat. “Kini tak hanya masyarakat Jakarta yang bisa menikmati program tahunan ulang tahun Jakarta, tetapi juga masyarakat luar kota bahkan luar negeri. Tidak ada batasan dalam berbelanja online dan inilah keunggulan ecommerce,” kata Jason di Jakarta, Selasa (24/6). Jason optimistis pergelaran tahun ini lebih sukses dibandingkan tahun lalu karena partisipasi

konsumen pada e-commerce saat ini meningkat. Sementara itu, Ferry Tenka, founder Bilna.com, menambahkan tren customer saat ini semakin nyaman dan percaya untuk berbelanja online. “Ini terbukti dengan tingginya antusiasme customer terhadap beberapa online campaign yang dilakukan oleh banyak website e-commerce,” ujar Ferry. Apalagi, kata Ferry, peserta Jakarta Great Online Sale bertambah dari 11 e-commerce pada tahun lalu menjadi 21 e-commerce tahun ini. “Saya yakin kemeriahan dan feedback dari Jakarta Great Online Sale tahun ini akan jauh meningkat dibanding tahun sebelumnya,” kata Ferry. (HES/E2)


CMYK

F KUS RABU, 25 JUNI 2014 LAMPUNG POST

CMYK

MENELISIK INFRASTRUKTUR JELANG MUDIK

21

Perbaikan Jalinsum Terkendala Hujan Kendalanya hujan, tapi kami optimistis jalan nasional itu akan bisa digunakan sebelum H-10 Lebaran. Aan Kridolaksono

M

ENGHADAPI arus mudik dan balik Lebaran 2014, perbaikan jalan nasional di sepanjang Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) KM 80-82 Desa Hatta, Kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan, dikebut. Hal itu mengantisipasi sejumlah kendala seperti curah hujan yang cukup tinggi. Di sisi lain, sistem buka-tutup pada perbaikan Jalinsum tersebut mengakibatkan penumpukan kendaraan di Pelabuhan Bakauheni. Menghadapi persoalan itu, perwakilan Dinas PU Bina Marga Provinsi Lampung, Suparman, pada rapat bersama pemangku kepentingan di Mapolres Lampung Selatan, Jumat (20/6), mengatakan pekerjaan rigit di 2 titik pada ruas Jalinum KM 80/81 Dusun Pandegolan dan Km 81/82 Dusun Gubukseng, Desa Hatta, Kecamatan Bakauheni, sepanjang 1.120 meter selesai pada 28—30 Juni. Namun, jalan baru bisa dilalui 14 hari kemudian karena menunggu cor beton kering. “Kendalanya hujan, tapi kami optimistis jalan nasional itu akan bisa digunakan sebelum H-10 Lebaran,” kata Suparman. Rapat membahas kelancaran arus lalu lintas menjelang Lebaran itu dihadiri Kapolres Lampung Selatan AKBP Bayu Aji, Kasdim 0421/Lamsel Mayor Bowo, Ketua Gabungan Angkutan Sungai Danau dan Pelabuhan (Gapasdap) Bakauheni Warsa, Asisten Manajer Operasional PT ASDP cabang Bakauheni Waluyo, dan unsur Dinas Perhubungan Lamsel. Asisten Manager Operasional PT A S D P c a b a n g B a k au h e n i , Wa l uyo, mengatakan volume kendaraan barang dan angkutan umum terus mengalami peningkatan seiring memasuki libur sekolah dan bulan puasa. “Selain peningkatan arus kendaraan musim liburan sekolah hingga 50%, penumpukan kendaraan di Pelabuhan Bakauheni, terutama pada malam hari juga dampak dari pemberlakuan sistem buka-tutup dari pekerjaan rigit (cor beton) di Jalinsum Km 79/80 dan Km 81/82 Desa Hatta. Kalau perbaikan berlarut-

larut, kami yakin kemacetan panjang tidak dapat dielakkan,” kata Waluyo.

Selesai Tepat Waktu Bayu Aji berharap perbaikan Jalinsum di Desa Hatta selesai tepat waktu sehingga tidak mengganggu pelayanan mudik Lebaran. “Saya tidak ingin saat mudik Lebaran nanti masih ada pekerjaan yang mengganggu arus lalu lintas. Apalagi bila sampai membuat arus kendaraan terhenti. Kalaupun perbaikan belum selesai saat pelayanan mudik Lebaran, harus dihentikan,” kata Kapolres. Mantan Kapolres Tanggamus itu juga meminta kerusakan jalan yang akan dilalui untuk jalur mudik Lebaran bisa segera diperbaiki, seperti bahu jalan di Km 79/80 Desa Hatta yang beberapa waktu lalu sempat ambles. “Bahu Jalinsum yang ambles beberapa waktu lalu juga harus segera diperbaiki dan diperkuat. Sebab, sewaktu-waktu bisa saja ambrol lagi kalau turun hujan,” ujar Kapolres megingatkan. Kapolres juga prihatin dengan kondisi jalan alternatif Jalinpantim Simpang Ketapang tembus Jalinsum Simpang Gayam yang kondisinya rusak parah hingga sulit dilalui kendaraan. Padahal, jalan tersebut kerap digunakan sebagai jalur utama pengalihan arus kendaraan bila terjadi kemacetan parah di Pelabuhan Bakauheni. Ia menyebutkan awal Juni, jalan alternatif sempat diperbaiki, tapi pekerjaan berhenti sampai saat ini. “Kami juga meminta Dinas PU menyiapkan alat berat di jalan alternatif mengingat kondisi jalan tersebut memprihatinkan,” kata dia. Informasi yang dihimpun Lampung Post, jalan alternatif sepanjang kurang lebih 10 km itu sempat diperbaiki awal Juni. Bahkan, di jalan alternatif Desa Bangunrejo, tepatnya lokasi pesawahan yang kerusakan badan jalan cukup parah dibangun cor beton, tapi pekerjaan tersebut berhenti sejak dua pekan lalu. Begitu juga ruas jalan lainnya, perbaikan dengan sistem tambal sulam juga hanya dikerjakan kurang lebih sepanjang 1 km. (D2)

aankridolaksono@lampungpost.co.id

 LAMPUNG POST/AAN KRIDOLAKSONO

PASANG GORONG-GORONG. Jalan ambles di ruas jalan lintas Sumatera (Jalinsum) Km 85—86 Dusun Gubukseng, Desa Hata, Kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan, diperbaiki pada April lalu. Kini jalan di lokasi tersebut kembali ambles dan perbaikan ditargetkan selesai pada H-10 Lebaran.

Lamsel Minta Kementerian PU Perbaiki Jalinsum PEMERINTAH Kabupaten Lampung Selatan berupaya meminta kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum (PU) untuk memperbaiki jalan lintas Sumatera (Jalinsum). Pasalnya, Jalinsum di wilayah Lamsel sudah cukup lama usianya. “Jika curah hujan tinggi di wilayah Lampung Selatan, Jalinsum sering terjadi longsor, seperti di wilayah Kecamatan Bakauheni. Untuk diketahui, tanah longsor di tepi Jalinsum lokasinya berpindah-pindah. Itu menandakan usia jalan sudah cukup lama. Sebab itu, perlu dilakukan perbaikan kembali atau bisa mencari alternatif lain,

misalnya membangun jalan tol,” ujar Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Lamsel Sutono, Selasa (24/6), ketika dimintai tanggapannya terkait upaya Pemkab setempat tentang kondisi Jalinsum di kabupaten ini. Menurut Sutono, diharapkan para pengguna jalan dapat bersabar ketika melintasi Jalinsum di Kecamatan Bakauheni yang belum lama ini longsor. Apalagi, perbaikan Jalinsum tidak dapat diburu-buru. Karena, Jalinsum statusnya merupakan jalan nasional. “Ya, kami berharap para pengguna Jalinsum bisa bersabar ketika melintas di jalan tersebut. Jika semua mau

saling mendahului, antrean akan menjadi lama,” kata dia. Sutono menjelaskan peran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan hanya sebatas melakukan pengamanan saja dalam mengatur lalu lintas di Jalinsum tersebut. “Untuk perbaikan Jalinsum, kewenangannya ada pada Pemerintah Pusat melalui Kementerian PU. Sebab, status Jalinsum merupakan jalan nasional. Jadi, Pemkab Lamsel hanya bisa melakukan usulan kepada Pemprov Lampung dan Pemprov Lampung nanti yang akan meneruskan kepada Kementerian PU,” ujarnya. (TOR/D2)


PARIWARA

rabu, 25 JUNI 2014

Kanker Prostat Dapat Disebabkan Oleh Makanan Goreng

Para peneliti AS mengatakan, Pria seminggu sekali mengkonsumsi makanan yang digoreng celup (deep fried) seperti kentang goreng, ayam goreng dan donat, berisiko lebih tinggi terkena kanker prostat.

22

LAMPUNG POST

PARIWARA ac CV Prisma Utama Tehnik servis AC bngkr/psng cuci, sparepart, jual beli bru & second.Hub. 0721472180/08212542 7103/085769583316 PIN 2996BCE1. Rental AC & Mustccol jual beli AC baru, second, serv,cuci AC,mesin cuci,kulkas,dispenser. WINDA AC 0721-7174.866, 0852.7992.465, 0812.7921.648, 0897.9993.969 Pin BB 2569BDCE Minggu buka Sarana Sejuk AC. Melayani penjualan, perbaikan, perawatan unit AC rmh/ kntor, hrg trbaik hub: 0721.7333.700, 7469411 Agen AC RESMI PABRIK LANGSUNG. TERMURAH !!! Jika lebih mahal diganti selisihnya. Panasonic, LG, Sharp. Terima cuci, repair (Agen resmi) TIMMY ELECTRINDO Tlp 242222, 7444470.

ahli gigi Rama Dental ahli bikin gigi, psng behel gigi Jl P. Antasari 18/dpn bioskop Sinar Bdl. JL. Urip S. Smpng Tiga Pejajaran hub.087899516746, 0812.7945122 Ahli Gigi Fauzi panggilan/menrima pasang gigi atau behel gigi & bersihkan karang gigi Jl. Sultan Agung jalur II Way Halim dpn Mall Kdaton, HP.0878.9962.1732.

AIRLINES TIKET-2 mur ah Tiket liburan murah Tija, DFN, Odsawa, Sea World Free makan 1x Hub: Irmanto 08154060543, firdaus 08127215499, wiji utami 081540080094, 082376865272 Tiket murah Garuda, Sriwijaya, Merpati, Lion, Air Asia, Sky Aviation tiket diantar hub.GEMA TNT (0721) 486100, 7467967 SMS booking 081274777959

BADUT Istana Kado Badut Dekor Balon, Antasari sblh Bank Lampung. Hub. 0821.8554.2758 BB 2951184F Sewa badut ultah karakter DISNEY asli ILUNG BADUT hub. 0853.5708.0000

BARANG BEKAS Jual beli barang bekas, kardus, besi, plastik dll hrg bagus, timbangan jujur, Jl. Kamboja 38 HP.0821.81049676

BIRO JASA Kami penyelenggaraan perjalanan umroh dan haji plus terbesar di Indonesia sejak Thn’ 1990 memberikan solusi dan kemudahan biaya umroh. Hub. 0721-257430, 0811.799434 CV. Berkat Karunia bntu urus ijin pendirian PT. CV Api usiup, tdp, srt2 notaris, sertifikat tnh, pencairan, imb hub.Florentina SH 081517542510, 081382917220

BIBIT tanaman BIBIT SINGKONG Jual Bibit Singkong Gajah potensi hasil 100 ton/Ha (sdh pernah nympe 137 ton) Hb: 081279132723, 085764070530

BUS WISATA Sewa bus wisata, keselamatan penumpang tujuan kami, driver pengalaman,seat 33 yang baru 2014. www.busdarmaduta.com. Call me 0815.4019.822

CATRIDGE Dibeli catridge yg blm di isi ulang/ msh ori. Type canon 810/811, 40/41, hp 21/22, 60rb & toner laserjet type 85a, 12a, 35a dll. Anda telp kami siap jmpt. 085383568882

DANA CEPAT “Dana Tunai” pinjaman tanpa jaminan, 10 – 300 jt, syarat: pemilik kartukredit atau pemilik SPK KPR rumah.Hub. 0856.69690079-0823.77795298 (APRI). ANDA BUTUH DANA CEPAT ANDA BUTUH DANA CEPAT RP. 2 JT-3 M U/ JAMINKAN BPKB MBL-MTR ANDA/TAKE OVER-DANA TALANGAN/JUAL BELI MBL SECOND PILIHAN SNDRI CASHCREDIT/POS RESMI PENJUALAN MTR HONDA-YAMAHA-SUZUKI-KAWASAKI HUB.0811.721452

DISTRIBUTOR BUKU CV LSI UTAMA BOGOR CAB LAMPUNG Distributor & Suplier Buku dapatkan kebutuhan buku pelajaran TK,SD,SMP,SMA,Perguruan Tinggi & Umum untuk sekolah, toko buku, kampus & perorangan dengan harga bersaing & diskon. Hub. Inda 0813.6762.8707/0813.69911414

foto cop y LAMPUNG FC, jilid hard cover/soft cover, spiral kawat, Jl. Wr. Monginsidi 23 B T.Karang, Bandar Lampung telp. 0721-256053, 08127272602, email :lampung_fotocopy@yahoo.co.id

INDEKOST Kost harian/mingguan/bulanan fasilitas AC,TV, kamar mandi di dalam, parkir luas & aman, Jl. Pangeran Antasari No. 17/harga mulai dr 200rb/hari. Hub. 0821.8343.7171 Terima kost 250/bulanan, bisa mingguan/harian, Jl. Kar tini. Hub.0852.6972.8466. Kontrakan putri 6 pintu bangunan baru dekat SMA N 9 JL.P.Polim Gg.Randu 14 tlp.0812.7232.8928

INDOVISION Berlangganan indovision, ok vision, top TV, hrg 150 rb untuk awal pasang hub: 0853.7877.2004

INTERIOR Safira Interior spesialis membuat kitchenset, pantry lmr pjng, kmr set, minibar, meja ktr dll hub. (0721) 7164443, 081379337474

kehilangan SIM A An. Farida Nuryanti & STNK BE 8892 BB, Noka. MH1KEV8132K447430, Nosin. KEV8E1447673, an. SUROTO STNK BE 2412 NC, Noka. MHCNH55EY4J011024, Nosin. M011024, an. H. M. SUTRISNO. STNK BE 2829 AQ, Nok.a MH7M1BA3JAK260449, Nosin. DG24498, an. AL QOSIM. STNK B E 3 2 6 1 B E , Noka. MH1JB9133DK337679, Nomor Mesin. JB91E-3322334, an. PARYATI. STNK BE 3373 NA, Noka. MH33C10044BK639331, Nosin. 3C1-640388, an. ABDUL KARIM. STNK B E 3 4 2 0 N R , Noka. MH1JF5131CK305342, Nomor Mesin. JF51E-3297502, an. SUKANTI. STNK B E 3 9 4 4 C L , Noka. MH1JE5137CK207948, Nosin. JF51E3191108, an. WIWIK SAFITRI. STNK BE 4856 CJ, Noka. MH328D40DCJ685676, Nosin. 28D-3684837, an. YUNIARNI. STNK BE 5252 NQ, Noka. MH1HB32107K224348, Nomor Mesin. HB32E-1217493, an. ARIFIN. STNK BE 6987 NS, Noka. MH32P20026K093733, Nosin. 2P2-094424, an. SUPADMI. STNK B E 8 8 1 7 C W , Noka. MH35TL0067K850783, Nosin. 5TL849088, an. Wahyudi Yanto STNK BE 8824 FH, Noka. MH1HB61177K078890, Nosin. HB61E1069418, an. Suheri STNK BE 9310 R, Nomor Rangka. FE119E-024438, Nomo Mesin. 4D34C414440, an. SUPRI. STNK B E 9 9 3 5 E U , Noka. MJEC1G43C5042487, Nosin. W04D7 RJ46164, an. HAIYAT SUSANTO.

KESEHATAN tan PIJAT TRADISIONA L IinMassage & lulur siap panggil. Hubungi. 0812.7990.1117, 0852.6665.6600. PIN 79DO57C1 SPA & Pij at tradisonal asli Solo 3 in 1 80rb/pijat P/W buka setiap hari dari jam 09.00 – 20.00 WIB. hub.0823.7717.7377 Jl.Raden Saleh No.25 Durian Payung blk RS Bumi waras. ibu Sri Wahyuni Jl. SoekarnoHatta dpn pom bensin kota sepang dan cab. kalibalok gg. Waru 3. Hub. 0813.7911.5943 Vira Massage trima massage/ lulur, bisa dipanggil. Hubungi: 0823.7562.6842. NISA Massage urat, terapi, perawatan, pengobatan bisa dipanggil. Hub. 0821.8182.3301

VIVI Pijat tradisional, refleksi dll, trm panggilan hub.081933591789, 085267904681 Pijat tradisional asli Solo 3 in 1, 80rb/pijat,P/W buka setiap hari dr Jam 09.00-20.00. hub.0823.7717.7377 Jl.Rd Saleh No.25 Durian Payung blk RS Bumi Waras.

KOLAM RENANG Dunia Kolam Renang: Pembtn, prwtn, perbaikan, ob at-2 an, peralatan Jl. Hayam Wuruk 198 E Kedamaian tlp. 0721-7444567 CV Lampung Pool spesialis pembuatan kolam renang & water boom,buat pribadi, sekolah % umum. HP.0813.6914.4878 PIN BB 21810105

kursus-KURSUS kursus BAHASA JEPANG Kursus B. Jepang Koi Nobori pengajar berpengalaman dibantu oleh Volentir Prof dari Jepang, Jl. Way Sungkai No. 8 Garuntang (dekat RM Diggest). Hub. 0813.6916.4060.

kursus KUE Menerima murid baru kursus decorating cake, trm pesanan kue tar & kue pengantin & kue idul fitri Vie Ling Cake (Libra Cake) Villa Citra blok RA No. 7 telp.0721-253337 Pin. 32585036

kursus TEHNISI HP Nvuponsel service & kursus hp Jln.ZA Pagar Alam No.2 gdg meneng, bk kls mahir psti bs smua merk hp grnsi uang kembali Hub.089623676689

LABORATORIUMA nimo Che Mical & Lab: menjual bahan kimia industri & laboratorium, harga terjangkau Jl.Pemuda 126 dpn Chandra, HP.0812.7289997.

LAUNDRY Simpl y Fresh Laundr y menerima cuci kiloan, satuan express, 4 jam siap, bisa antar jemput di Jl. Cut Nyak Dien No.6 Palapa Duria Payung telp.0813.7358,5757

MAKANAN & Minuman Agen Jus Magozai dgn ekstrak kulit manggis pencegah kanker, diabetes, tumor & penyakit lainnya hub: 082178459555, 082185603337

mesin-mesi n MESIN FOTO COPY Foto Copy IR.5000, 22,5 jt, IR 6570 19,5 jt, IR 3570 9,5 jt, IR.6035 7 jt, hub. CV. Yupiter 0852.6952.5869 bergaransi+bonus neon box Jual/sewa/kerjasama mesin foto copy harga mulai 5 Jutaan. Hub. 0852.6822.1083. PT Buana Citr a. Copy machine sales/ rental/service mesin foto copy & sparepart, hrg mulai 5 Jutaan. Hub. 0721-2805754, 0823.7269.0599.

musik peralatan musik ADI Musik: jl/tkr tmb: i5(4) i4(5) i3(5,5) Pa50(7) Pa80 Pa500, PSR900, KN1400, 2400,2600,X50,CORA,Blazer,Beta 3 ,PV16ch,8ch,CS800,AD3600,Behr. 20 ch, a/esis,DOD, AXL. Ph.268983, 081369139529.

PAGAR PAN EL BETON Pagar Panel Beton sistem knock down ready stock hub.0721.7182.903, 0852.6607.5888

PAKAIAN BATIK Koleksi batik terlengkap, harga grosir. Model up date, dijamin tidak kecewa. 0857.1211.1115 www.grosirbatik. asia Buktikan.

PASAN G PARABOLA Berlangganan Indovision, OK Vision, TOP TV, harga 150 ribu untuk awal apsang. HP. 0813.7361.7111

PENDIDIKAN HIPNOTIS & HIPNOTERAPI

PENGOBATAN BEKAM Tarif seiklasnya. Ajak keluarga anda, dibuka Bekam Quantum Touch untuk berbagai penyakit hub.0812.7243.2244 (Ahmad)

PUPUK Pupuk T KOMPOS meningkatkan daya dukung tanah bagi peningkatan produk horticultura. Tersedia di CV Minatama. Pupuk organik yang memanfaatkan keunggulan technology limbah ternak kambing. Hayooo coba. Hub. 0811.111.8135

RUPA - RUPA ATASI MAM PET Mobil sedot wc & atasi mampet saluran air luar & dlm kota 24 jam, bisa kuras sumur, garansi. Hub. 0821.1171.0000/0857.8366.7003 Sedot WC mampet, sal. air dll luar dalam kota, stand by 24 jam. Hub: 0813.6606.0300, 0857.8843.4389

GESEK TUNAI

House of Succes “Pusat Pelatihan Hipnotis, Hipnoterapi, Fingerprint Counsulting & Multiple Intellegence. CP.0811.727150, 0721-712029

CV. Cahaya Abadi. Menjual berbagai apar +pengisian ulang Jl. Yos Sudarso No. 138 C (depan Budi Wahana Motor). Hub. 07217520099, 081278001238.

Privat Sahabat Edukasi, semua pelajaran TK,SD,SMP,SMA,Umum, mengaji, Guru datang ke rumah, siap Un & Semester. 5 orang gratis 1. Hub.07217511559, 0812.6919.9569 PRIVAT LAA TAN SA. Guru dtg kermh semua pelajaran TK, SD, SMP, SMA, umum, mengaji & Bhs Arab Hub.085279800177, PIN :2A13DD66

PELUANANG USAHA IFA Lampung: menerima agen baru bonus 2% s/d 10% banyak keuntungan lainnya. Hub. 0821.7845.9555/0821.8560.3337 “Bisnis oriflame” utk ibu RT, mhs, pgawai dftr 100rb, bonus produk grtis, cash blnan hub.0813.2112.1712

PENGINA PAN PONDOK PALAPA, HARGA MULAI DARI 95.000/hari, DI PUSAT KOTA, FAS : AC, TV, KM PRIBADI, BREAKFAST, PARKIR LUAS, JL. P.E.M NUR 7623158, 7188333, 087899764477, 085380151888

Indogas Service Kompor Gas, oven, pompa air, msn cuci, kulkas, dispenser dll bergaransi.hub. HP. 0821.8497.2555/0815.4152.8444.

SERVIS PANGGIL WIN JAYA Service panggilan spesialis kulkas, show cash, mesin cuci, freezer. Hub. 0813.7992.9560 Garansi, telp. Siap datang.

SERVIS PARABOLA Star Matrik, jual parabola + service parabola dll. HUB. 082376222292

PONDOK INAP NUWONO TASYA (SYARIAH) Hr/m/bln, AC/Non C, LED TV, KM dalam, CCTV, parkir luas, Jl.Perwira 9 (spg Rajabasa Unila). Hub. 0821.82701234.

RACUN API

SEDOT WC SEDOTWC & ATASI WC MAMPETSALURAN AIR, WASHTAFEL DLL, MELAYANI DLM & LUAR KOTA BY 24 JAM. HUB.0721-7905.006, 0853.7766.9976 MOBIL SEDOT WC & ATASI WC MAMPET LUAR DAN DLM KOTA 24 JAM, BSA KURAS SUMUR GARANSI TLP.0821.117 1.0000/0821.8080.3233.

SALON Be Salon khusus perawatan rambut, make up, hair dresser, facial, sulam alis, bibir & eyeliner dll Jl. Perintis Kemerdekaan No. 71 depan Panti asuhan Orsos Khusnul Khotimah tlp.0853.6615.6668. “DUNIA SALON” terima rias pengantin, massage, pnggilan lulur, pelamina, organ. HUB.0823.7908.0004 Maria

SANGGAR BUNGA LYDIA FLORIS menerima pesanan bunga papan sewa/lepas u/ pernikahan, sukses, duka cita, ultah, rias mobil pengantin dll hub. 0821.8168.4111 Pin 227EF318

service-service Teknik Jaya Elektronik. Servis & jual beli AC, kulkas, msn cuci, pompa air, dispenser, water heater

bergaransi. Chandra Canopy hub. 085208332414, 085378008111

ASSALAM sumur bor , servis, pompa air, genset, wtr heater. Hub. 0852.6973.0554. Tirta Jaya Bor. Menerima pembuatan sumur bor dikerjakan dgn bor mesin & tenaga profesional hub: 08127936428 Sumber Bor pembuatan, service, konsultasi, hrg nego, survey gratis HP.081367939779 Lestari Jaya Boror. menerima pembuatan sumur bor, service zetpam, sibel dll hub.putu 082377190327 “Bejo Boor ”. Anda membutuhkan pengeboran sumur, service jetpom/ sumarsibel.hub. kami pak bejo 0823.7295.7312

Jual tas branded import, dompet, jam tangan, fb sasha shop, www.

Canopy & Stainless, sgala jenis canopy, pagar, teralis dll, murah &

tasmurahgrosoronline.com hub. 0713.6995.6970, pin 29e47bb6

SUMUR BOR

TAS BRAN DED

SPESIALIS CANOPY

TANAMAN HERBAL Tanaman Herbal: pak Geogle berkata: Lalapan Pegagan mencerdaskan Bangsa (Bapak,Ibu & anak-2) bila anda berminat ada di 08111118135 atau 0721- 488976. Kata Pak Geogle : Pegagan … eh eh Pegagan (Kaki Kuda, Antanan, Pegaga, Ampagagan, Rendeng, Taidah, Paiduh, Wisu-wisu, Kisu-kisu, Sandanan, manfaat Daunnya LUAR BIASA. Ada di 08111118135 atau 0721-488976 dalam Keadaan segar bugar. Bila anda berminat membuat jamu modern kami Bersedia mengajarinya dengan ketentuan).

WEDDING Mau photo prewedding, pribadi, company, profile.gruf.food. promo kenutar photo. Hub. 0896.5433.5456.

LOWONGAN

PAKAN IKAN Jual pakan ikan. Pokdakan”Citra Lestari” gedong tataan pesawaran Hp.0812.7246.259, 0852.7924.1576

Privat bintang education smua pljrn TK, SD, SMP, SMA, umum, mengaji & bahsa arab guru dtg krmh, profesial 7 sabar, siap UN, semester hub. 0857.6811.8242, 081369277269 n

KOMPOR GAS

Visa/master kota karang teluk betung hub.0812.1888.1379

PELATIHAN & PRIVAT PROFESIONAL MASTER HIPNOTIS BERSAMA CHIKUNG DEWA HIPNOTIS (PAKAR HIPNOTIS EKSTRIM NO,1 DI INDONESIA) HUB: 085768627777 GARANSI PASTI MAHIR

PRIVAT

dll terima servis panggil Jl. Imam Bonjol No.355 hub. 0812.7249.646, 0819.2983.3390.

PT. Planet Indo Artha natar Jl.raya natar dpn bank lampung mmbthkn sales conter & sales force, tdk dbtsi pddkn & usia tbp trget hub: 081540982345, 081363676345

Dicari karyawan buat toko paka-

Dbthkn tenaga pengajar sbg Assisten

ian baju2 TK Harapan Jln. Sibolga

gr/assisten terapis & pegawai adm

No.43/42 pasar tengah

u/ sklh anak kbthn khusus (autis &

Dbthkn sopir SIM B1 umum mx 35

Dbthkn sgra marketing, syrt wanita, max 27 th, brpenampilan mnrik, bs brkomunikasi dg baik, siap bkrj dg max, mmpnyai networking krj & tdk berhijab ada gj pokok & komisi, lmrn diantar lsg ke CV. Timmy Electrindo JL. A.Yani no.7 dpn chrit bakery

th pddkn SMP, MTC PR mx 25 th pddkn

SHAKIRA LAUNDRY menerima karyawan laki/wanita Islam, jujur, taat beribadah, 800rb/bln, diutamakan yang berpengalaman Jl. Sam Ratulangi No. 150 Bdl tlp. 0878.9957.7807.

bbrp org S1-Teknik Sipil & STM-

Dibthkan Lls SMU/sdrjt u/dididik dan dijadikan guru TK-PAUD Hb: Mitra Husada Hp: 085768322244, 082378571751 Dbthkbthk n Sales Cou nter u/ dtmtkn di mal2 P/W, max 28 th, min SMU/Sdrjt, pnmpilan rapih & menarik, lmrn lsg dbawa ke pameran WAKI di Giant Antasari LT.1 dpn pnt msk giant suparmarket plg lmbt 26-6-14 Lembaga Antisipasi Panykt Kanker Ind Cbg Lampung membutuhkan Kary/ti min. SLT. Hub. 0856.0039.1465. ABK DI KPL PESIAR $1000 $ 10.000 MOUNT SEND CV TO crushijob@gmail. com 021 46470470, 081219570570, 085287670670 Buka lowongan krja wanita usia 2227 th blm menikah, jujur, rajin, krm lmrn Shio Baby Shop JL. Laksamana Malahayati no.118/8 T.Betung

SMK, PR&KS P&W pddkn SMU/SMK lmrn lgkp dtg lgsgke Jl. Tembesu No.8

ktrblkgn mental), P/W pddkn min SMA/SMK usia 18-30 th, diutmkn kristen/katolik. Krm lmrn ke PKLK Growing Hope Jl.Pulau Buton palmsville residence blok A1-A3 Jgbya II BDL

campang raya bdl

CP.0721.3629467,081379572068 dgn

Perusahaan kontraktor membutuhkan

syrt sbb:pasfoto, fotocopy ijazah trhr, fotocopy ktp, surat keterang

Bangunan berpengalaman krm ke

T. masak & pelayan pria, single, niat

PO.BOX 1080 BDL 35000

kerja, ada ktp, lok. Dkt enggal ada kmr

PT. Planet Indo Arta membutuh-

tgl hub.0812.7275.7777

kan pramuniaga persyaratan: Pria/

PT. AXA Financial Indonesia,

wanita, max 35 thn, SMA sederajat

dibthkan P/W usia 18-40 th, part

CP.0852.6823.0191

time (freeline) pnddkn min. SMA/

Mechanical Superintendent, Construction Superintendent, Mechanical Supervisor, Site Engineer, Site Administration, Cook, Safety Officer. Bersedia Ditmptkan di Luar Negeri. Krm CV ke PT.EMI, BIIE.Jl.Inti II blok C5/12, Cikarang-Bekasi 17550/E: recruitment.epiterma@gmail.com (Cantumkan kode ”SITE”) Dicari Sales Supervisior , produk kesehatan PT. Elken Jln.Yos Sdarso No.143

sdg kuliah, berpengalaman, penempatan manager (u/ AM). Hub. 089624875087 Bthkn krywn llsn SMU u/ toko, penampilan menarik, jujur, serius, kerja kras, tggung jwb, krm lgsg lmrn ke Meubel Ukir manunggal jepara Jl.Imam Bonjol seblm Jl.Darusalam 081369194843, 081215378999 Dicari beberapa karyawan u/ dididik jd Teknisi AC & CCTV, pdk tdk mutlak, asal mau kerja keras, gaji, u. makan & komisi. Lmrn ke CV Timmy Electrindo

Bandar Lampung hub.081379272995,

Jl.A.Yani No.7 dpn Christ Bakery up Bp

081927975789

Fery Ph.7444470.

Dicari SPG dengan produk kes-

Bth sgr SPV Promotor pria, max 35,

ehatan dengan gaji 3 juta/bulan.

min.SMU, pglmn di HP Krm lmrn ke :

Hub.0813.7927.2995, 0819.2797.5789

ruddy@mitomobile.com

PROPERTI ARSITEKTUR Arcitectual engenering gambar arsitektur 3D & pelaksanaan. Hub. 0813.6828.1319

KEBUN DIJUAL Dijl 2 bdg kebun + 8.000 m2, Rp.150 Jt, 1.500 M2 (ada empang) Rp.40 Jt, desa Tj Agung, + 4 km dr citra garden, bpk Sunardi 081540800130 Jual kebun di Karang Anyar kec. Jati agung luas 8.500 m, SHM, An. sendiri 310 jt nego TP Hub.0823.1990.6699

KEBUN SAWIT Dijual cepat kebun sawit, Ls 6 Ha buah pasir,hrg 150Jt/Ha nego, surat AJB, Dsn Kenihai Desa Sukatani Kec.Kalianda Kab. Lam-Sel. Hub. 0812.7934212, 0821.79849941

PERUMAHAN Dibuk a Perumahan Tanpa DP. Hubungi: 0857.6811.7586, 0823.7176.4365. ANDALUCIA RESIDENCE Jl. Perum Polri Rajabasa by pass Bandar Lampung rumah modern berkelas di lokasi strategis, tersedia type 45 -58 DP 25 Jtan, angsuran 2 Jutaan, gratis biaya proses. Hub. 0823.7218.8870.

RumaH DIJUAL Dijual rumah baru type 36 harga 110 Belakang Puskesmas karang anyar hub: 082185377717

Djl rmh tipe 36, LT 90 m2, LB 36 m2, 2 KM, 2 KT, R.tamu,R.kel, dpr, grasi 2 mbl perum BTN 3 JL.Cempaka Blok TC 1 No.14 WHP hrg 300 jt ng, Hb.081279029666 Rumah dijual di Way Halim Permai ukr. 200/100 m, hargamurah, 650 jt, permanen. Hub. 0897.593.2586 Rmh dijual hrg Rp.365 jt nego , luas tnh 364 m sertifikat alamat Jl. P.Singkep No.72 kl.Sukabumi kc.sukabumi B.L HP:085279054952 Dijual cepat Rmh beserta isinya di Jl. Way Umpu 17 Pahoman, Tj.Karang Bdl. Lt.425 m2, Lb. 247 m2, , 3 kt, 2 Gdg , garasi 2 mbl, hrg 2 M, hub. Salam 082180803688, Karnadi 08113537866 Rumh type 36/112 m2 hrg 210 Jt cash/ nego Perumahan Sejahtera Blok C No.11 Hajimena. Hb. 0896.5555.4472, 0878.2146.1399. Dijual rmh baru 3 lantai, 9 KT, 6 KM, 1 ruang usaha lokasi dekat kapus dan madrasah harga nego hub.0899.6491.496 Jual rmh tipe 36 LT.120 di Jl.P. Singkep Perum Rupi Indah Blok A3 No.20 sukarame hrg Rp.120 jt nego hub.0813.6921.7767 Rmah t.39 hrg 105 jt, minimalis blkng Puskesman Karang Anyar Jati Agung, nego. Hub. 0821.8537.7717 Hi. Joko

Dijual rumah dgn uk. 10 ½ x 12 m2 lokasi strategis, hrg nego hub. 0812.7277.695 , JL. Raya Tabek Indah Serbajadi natar Dijual rumah 2 Lt, SHM, LT 750 m2/LB 600 m2, 6KT+4KM+garasi+carpour, unik, 5 mbl, ada gazebo harganego Jl.Maulana Yusuf No. 39 A Bdl. Hub. 0812.72269699, 0852.6821.8627. Jual rmh LB: 150 m2, LT: 13x20 m, 5KT, 3KM, R.Tamu, R.keluarga, Paviliun, garasi, SHM, material super, lok. JL.Imam Bonjol Gg.Sultan Anom bwh no.91 kel.langkapura BDL hub.085267550338, 085313864142

dikontrakkan Dikntrakan rmh di Jl. Flamboyan II, 2 lntai,3 KT,2 KM, baru direnovasi Hub : Bpk Rizal Hp : 081369638338 Dikntrkn rmh Perum GMP T.Seneng 3 kmr tdr, 2 kmr mndi, 2 garasi tlp.0812.7275.7777 Dikntrn rmh JL. Karimun jawa komplek perumdam IV blok A No.2 Sukarame hub.Pak Budi HP.0852.6820.5857

RUKO dijual Dijual ruko 3 LT Uk.4x15m ada klebihan tnh ksong 3x4 m di blkg JL.Raya Lintas Timur Sumatra unit II-Tuba Hub:082176421246, 081908618500

Jual Ruko 2 Lt Lb/Lt. 70/112 Jl. Hi. Agus Salim Kaliawi Samping Indomaret Bandar Lampung Harga 540 Juta, (Nego) Hub.081317493777

DISEWAKAN Dikontrakan Ruko Citra Abadi 3 LT, Jl. Kimaja dpn kntr pengacara sitepu way halim hrg nego hub.0813.6951.4000 Ruko disewakan 2 lantai, komplek, pertokoan TAPIS MAS No. 16 Jl. Proklamator Bandar Jaya Lampung Tengah. Hb. 0812.7254.5535.

DIJUAL/SEWAKAN Dijual/disewakan ruko 2 unit 3 lantai kodisi baru Jl. Ki Maja No.173 C & 173 E Way Halim dpn Ktr pengacara Sopian Sitepu, fasilitas listrik 2200 Kva, sumur bor. Hub. 0853.5766.2977.

TANAH DIJUAL Dijual tnh + rumah LT.1294 M2, LB.121 M2, SHM Jl. Raya Linta Barat (samping SPBU) pajarisuk pringsewu lmpg hrg nego hub: 081381705167, 085382323512 Dijual tanah seluas 600 m di depan SMA 13, di belakang Unila Jl. Soekarno Hatta, Ls 1400 m2, harga nego. Hub. 0821.8640.1066.

Dijual cpt tanah perumahan uk 1 Ha SHM lok. Jl.Raya Suban Desa Tanjung Rame jrk 3 km dr pelabuhan panjang, hrg nego. Hub. 0821.3957.7555

Jual tanah LS 2.010 M2, SHM, JL. BUMI JAYA (dkt dealer mtr honda baypass) HP: 0821.8669.8987

Tnh luas 5200 m2, lokasi dpn Polsek Gd.Tataan/SMP N 1 Gd.tataan pesawaran, cck u/ kavlingan perumahan masuk ± 100 m dsmpg perum warkop 500 jt nego hub: 081379450100

Abung Selatan Lampura, ukr 10,755

Tnh luas 4500 m2 lok. Way Layap dpn depag tataan/sawah jln msuk lok. ± dikelilingi kavlingan 200 jt nego hub: 081379450100 dkt kntr pemda Tanah dijual seluas 1,7 hektar, isinya duren 60 batang ditambah coklat dll, siap panen di Lam-Sel. Hub. 0821.8640.1066 Tanah kebun kopi – coklat Ls 18.188 m2 hrg 250 jt di Desa Way Mamak, Pugung, Pagelaran Pringsewu. Hub. 0857.6829.7972. Dijual cepat tanah di JL.Padat Karya Sinar Harapan kotamadya Bdl depan SMA 13, ukuran 20x15 M, harga 75 jt HP. 0853.7994.0177 Tnh bkt/datar bs u/ villa & tnh keruk batu htm JL. S.Hatta (diatas terowongan PJKA) pgr jln Rp.5 M, LT. 1 Ha, Kp.Jambu Way Lunik hb: Asmidar TU SMU 1 pahoman 0721-252190, nurmawati TU SMA 6 082680332938

Dijual cpt tnh di Ds.Trimodadi Kec. m2, hrg 120 jt (nego) minat hb. Bu Puji 0852.6933.7112 Dijual tanah sertifikat 417 m2 1 jt/m nego JL. Hendro Suratmin Gg. Pembangunan 1 (100 m dr jl. H. Suratmin) hub. Ari 0812.8334.8484 Tnh dijual Luas 1.458 m2, sertifikat, Sukajadi Jl. Cut Nyak Dien Kaliawi, hrg1 Jt/m nego, cck u/ perumahan/

TANA H KAVLING diju al Tersedia tnh kavling strategis dkt ITERA & jalan utama Kota Baru. Minat hub. Fatih 0821.3394.7417 Tnh kav 800 m2, 600 m2, 400 m2, 300 m2, SHM,hrg nego, Tanjung Sari Natar, prospek bagus. Hub. 0823.7262.9131 No SMS

TOKO Dijual cepat toko 2 pintu uk 8 x 12 m, LT 200 m, SHM, IMB,(satu lantai/konstruksi ruko) Pasar Unit 2 Tulangbawang No.SMS hub.0813.8461.8350

Tanah kavling dkt Kota Baru Gubernur Lampung ukr 10x15=150m2 hrg 25 Jt trima AJB cash/kredit, lokasi Kec.Jati Agung dkt Margodadi. Hub. 0823.9863.3343 Tanah kavling Jati Agung dkt rencana Kantor Gubernur tanpa DP, 210 Rb – 4 th. Hub. 0899.4264333 (sms aja)

gudang/sekolah. Hub. 0811233960 Dijual tnh luas 1,3 Ha, dkt jln cck u/ ternak ayam & perkebunan hrg 350 jt nego di Rulung Helok Ds Rengas Natar hub.082183193845, 0721.7403498 Tnh 10.600 m tepi JL. Ry Kalianda (tran sumatra) Ds.Sukamaju lam-sel, SHM, tnh rata dan datar cocok usaha apa saja HP.0853.6948.0372 Dijual tanah 4.429 M2,SHM,dkt SPN Kemiling Hp: 08127929518 TP Tanah 1500 m2, SHM Metro strategis u/ usaha dekat stadion arah terminal hub. 0811811069

CV. MINATAMA PRODUKSEN

NANO ZEOLIT PERTAMA

DI INDONESIA

Hub. 0721-488976

DIJUAL CEPAT

DIJUAL SEGERA

Tanah strategis, pinggir jalan di Jl. Gatot Subroto Yosodadi Metro, prospek u/ ruko/kontrakan samping Kampus Terpadu UM Metro, uk. 30 x 15 m, hrg nego. Hub. 0822.9227.8799

Tanah SHM, 570 M2, Pinggir Jalan Pala 15 Kauman Metro cocok untuk usaha, TP. Hub: 0822-9227-8799


PARIWARA

rabu, 25 JUNI 2014

Disdik Kota Bandar Lampung melarang sekolah memungut biaya kepada siswa bina lingkungan (biling). Namun, untuk pembelian seragam olahraga dan batik yang menjadi ciri khas masingmasing sekolah, Disdik Kota menyerahkan sepe­nuhnya kepada pihak sekolah.

23

LAMPUNG POST

OTOMOTIF OPLOS CAT Toko Cat Cipta Karya Mandiri. Mnrima oplos warna cat mobil, mo-

DAIHATSU BU Luxio tipe X, th 2010,silver m e t. B E , ko n d. S a n g at Is t mw

tor, macam-2 cat: duco,pv,chandy

Hub:081369622245

,xeralic,syintetic,poxci,dempul dll

Grandmax mini’08, hitam, BE mulus

Jl.Raya Km 16 Srimulyo Natar Lamsel 085377383777

MICROBUS

siap pakai hub.081379986809

hino Dijual Mobil Hino Lohan Tronton

Mitsubishi PS 110 Th’10 Microbus, AC,

6x2 tahun 2008, mulus, siap kerja,

jokstel 14 set, hrg 215 Jta & Isuzu ELF

No.Pol. BE, hub. HP.0812.720.2035

Microbus Th’10 AC, jokstel 12 set hrg 210 Jta. Hub. 0812.2160.1122

mobil DIsewaKAN Zabdan Rent Car. New Innova, Avanza, Xenia, antar jemput bandara. Hub. 0853.6333.3019 ***** ALFAN RENTC AR ***** Avanza, Innova, Xenia, Sedan Pengantin. Hub. 0852.67268999, 0853.66908998.

MOBIL PENGANTIN Disewakan mobil pengantin khusus dalam kota. Hub. 0811.7988.57/0821.8377.7755

mobil dijual Grand Innova’11, BE, Hitam, Avanza G’05, BE, Silver, Terrano’03 Spirit BE Hitam, All New CRV’08 BE Abu-2, Matic BE LM’05 Silver. Terima nama pembeli 105 jtan, Avanza G’11 Hitam BE, New City V Silver LX Deisel C Dobel TV 2 power window, semua bisa tukar tambah, cash/kredit. Hub. 0813.79793612.

HONDA Honda Jazz IDSI AT th’07, silver stone, BE kodya, tgn 1, full ori, nopol cantik, 123 juta nego hub.085210020123 Honda Civic 2008 Vtec 1,8 Jok kulit,plat B, abu-abu,mls, nego 081366395588 / 087876550232

MITSUBISHI FUSO Mitsubishi th’99, plat kota madya kuning, orisinil, bak besi, harga nego hub.081369707498, 081210010716 Pajero Sport Exeed 2011, BE Kodya, ng hub.082186039775 Mitsubishi Lancer ex’2010, hitam, simpanan, cck untuk anak muda, km

New Corolla Th’97, kondisi standard, warna Biru Muda Metalik. Hub. 0821.8290.1995, 0821.8290.1991. Kijang Super SRD th 1993, warna hijau, BE Pringsewu Hp.0813.6978.7501 harga nego. Avanza’2005, Biru Met, C/Tape, pajak baru, harga 94 Jt nego. Hub. 0821.7741.5999 Vios limo’2005, lengkap hrg 75jt nego. Hub. Bpk pariyanto 0813.69790373 BU Kijang kapsul LX,solar,th 2002,merah met. BE, Hub: 081272074598

Dijual cepat khusus pemakai All

VARIASI MOBIL BJ Variasi splis mbl promo lbrn saunwrok almt JL.P.A.Sari nogomenyediakan pkt soun hmt 1 pkt 2 din+antena 1,8 jt 2 pkt audio split+pwr+subpwr 12 inc 2,5 jt promo kaca flm all mbl hingga 20% hub: 082186403501

Kijang Super ’89, BE Kodya, 5 Speed, Ac dingin, orisinil, siap pakai, harga nego. Hub. 0813.6936.3298

An. Pribadi H.39 Jt dmai S.pkai Jl. 08127937256 / 07217553110

TOYOTA

Ahli servis/pasang power stering semua jenis mobil. Hub. @wing Motor 0852.6956.6067, 0896.3163.3102 Jl. Sultan Agung No.34 jalur 2 Way Halim Bdl

Barokah Jaya Mandiri spesialis jok & interior mobil. Kami siap mempercantik mobil anda dgn tenaga ahli profesional, bhn berkualitas, hrg bersaing, Jl. Imam Bonjol Pal 12. Hub. 0819671000 , 0819671999 pin 298C46BC.

Fortuner 2010, bln 12,TRD, pth, automatic, disel, pemakai bkn pedagang, KM rnh, mls Hub: 08127960101 TP (tdk SMS)

MB Kijang 88 Astrea BE kota

hub.0813799868 09

POWE R STERING

SPESIALIS JOK

Kijang Innova G Diesel Th’08, pajak baru, warna Hitam, mulus, harga nego. Hub. 0819.2988.8467

hub: Pendi 0811728117

Futura PU’12 akhir, hitam, BE

Jazz RS’09 a/t Hitam 165 Juta, LGX new model 2002 bensin, silver,100Jt, LX new 2003 Silver BE AC Dobel, 92 Jt,All New CRV’08 Matic 205 Jt, Grand Innova G Hitam BE 205 Jt, Baleno’97 55 Jt, Altis’03 type G tv kamera mundur pjk baru 108 Jt. Hub. Abimanyu Motor 0813.7979.3612 Cash Kredit proses cepat.

Kijang Innova G Diesel Th’08, Warna Original Hitam, mulus, harga nego. Hub. 0721-7416096, 0853.6624.9679.

48.000, spt mbl artis dul ahmad dhani

SUZUKI

**** ABIMANYU MOTOR ****

TRUCK Dijual Isuzu Elf truck engkel & doubel (4 ban & 6 ban) th 2011, hino dutro truck 110 PS doubel (6 ban) kondisi istimewa hub: 085267952222

Sukses diluar kantor Dengan kemajuan teknologi dan tingginya biaya untuk bepergian, maka bekerja diluar kantor atau bekerja di rumah menjadi pilihan. Jika keadaan memungkinkan dan Anda bisa bekerja dari rumah tanpa harus ke kantor, berikut adalah beberapa hal yang perlu dilakukan. Tetap fokus Anda harus bisa menunjukkan bahwa meskipun bekerja di rumah, Anda tetap bisa produktif. Terkadang akan sulit untuk mengatur waktu bekerja dan membuat diri Anda tetap termotivasi saat bekerja di luar kantor. Karena itu, cobalah untuk meminimalisir gangguan, sehingga Anda bisa fokus bekerja dan menyelesaikan tugas. Mudah dihubungi

Pastikan juga Anda selalu bisa dihubungi, baik

melalui telepon, sms, atau e-mail. Sehingga jika ada kebutuhan mendadak dengan rekan kerja, atasan, atau klien semuanya bisa diselesaikan dengan segera. Jangan sampai Anda ketinggalan berita atau kabar terbaru yang ada di kantor.

Karena Anda bekerja di luar kantor, selalu cari cara untuk tetap aktif untuk menjaga kesehatan fisik dan pikiran. Lakukan olahraga ringan, stretching, jogging, atau apa pun jenis olahraga yang Anda sukai. Tak ada salahnya juga tetap bersosialisasi dengan teman-teman seusai kerja, Atur waktu setidaknya untuk menjauhkan pikiran Anda dari pekerjaan dan bersenang Buatlah jadwal dan daftar kerja, sehingga senang. Anda bisa mengatur waktu untuk menyelesaikan pekerjaan. Ambil juga waktu selama Minta masukan 30 menit atau satu jam untuk istirahat, sama seperti ketika Anda bekerja di kantor. Sesaat Cobalah untuk selalu minta masukan pada atasan untuk menilai bagaimana kinerja sebelum waktu kerja Anda selesai, lihat Anda selama bekerja di luar kantor. Jika lagi daftar Anda apakah sudah terpenuhi ada proyek tertentu yang Anda rasa lebih semuanya atau belum. baik dikerjakan di luar kantor, bicarakan juga kepada atasan dan rekan kerja. *int Jaga stamina


DAERAH rabu, 25 juni 2014 LAMPUNG POST

Okmal (Kepala Bappeda Lampung Barat) “Program GMBR merupakan dana stimulan yang diharapkan menjadi gerakan pembangunan yang dilaksanakan oleh, dari, dan untuk rakyat guna mengatasi masalah sarana-prasarana infrastruktur perdesaan/pekon.”

24

35 Pekon di Lambar Dapat Program GMBR

n LAMPUNG POST/M. RIDWAN ANAS

TRUK TERGULING. Akibat buruknya jalan milik Pemerintah Provinsi Lampung di Kabupaten Mesuji, truk BE-9893-TB yang sarat muatan singkong terguling, Selasa (24/6). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, tetapi seluruh muatan tumpah ke badan jalan.

51 Persen Sanitasi Tanggamus Tidak Layak Pembangunan bidang sanitasi di Tanggamus memang belum optimal. Abu Umar Ali

H

INGGA 2013, akses penduduk Tanggamu s te r h a d a p a i r minum yang layak mencapai 67,03%, sedangkan akses sanitasi dasar yang layak baru 49,10%. Hal itu diungkapkan Bupati Tanggamus Bambang Kurniawan, pada Kick Off Meeting program Sustainable Sanitation and Hygiene for AllSupporting STBM in Lampung yang digelar SNV Indonesia di Hotel 21, Kecamatan Gisting, Selasa (24/6). “Pembangunan bidang sanitasi di Tanggamus memang belum optimal,” kata Bambang. Tanggamus menjadi tuan rumah Kick Off Meeting program Sustainable Sanitation and Hygiene for All-Supporting STBM in Lampung. Kegiatan

K

egiatan MPS diharapkan lebih meningkatkan peran serta aktif masyarakat dalam mengatasi permasalahan lingkungan secara mandiri. ini terkait dengan penyehat­ an lingkungan untuk me ­ ngubah perilaku tidak sehat melalui pendekatan kepada masyarakat. Hadir dalam acara tersebut Bupati Tanggamus Bambang Kurniawan, Bupati Pringsewu Sujadi, Bupati Bojonegoro, Direktur Penyehatan Lingkungan Kemenkes Wilfried Purba, Kepala Subdirektorat Sanitasi Kemenkes Dasar Eko Saputro, Direktur Perumahan dan Permukiman Bappenas Fany Wedahutama, Direktorat Jenderal Bangda Kemendagri Nita. Dalam sambutannya, Country Director SNV Indonesia

Phil Harman menjelaskan pihaknya akan bekerja sama Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan, serta dinas terkait lainnya, dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) sebagai koordinator perencanaan dan pemba­ ngunan daerah. “Program ini mendapatkan dukungan dana dari Kedutaan Besar Kerajaan Belanda diwakili Ibu Christien Hukom yang hadir pada hari ini (kemarin, red),” kata Phil Harman. Untuk diketahui, tiga kabupaten yang akan didam­ pingi untuk program ini adalah Kabupaten Tanggamus, Pringsewu, dan Lampung Selatan. Bupati Tanggamus mengata­ kan berbagai upaya dalam pemenuhan sarana sanitasi dasar telah diupayakan pemerintah, baik pusat maupun daerah, melalui Program Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP) dan terselenggaranya Strategi Sanitasi Kabupaten/Kota (SSK) yang dilaksanakan pada 2013, selanjutnya pada 2014 disusun memorandum program sanitasi (MPS). “Kegiatan MPS diharapkan lebih meningkatkan peran serta aktif masyarakat dalam mengatasi permasalahan lingkungan secara mandiri,” kata dia. Terkait dengan target Millenium Development Goal’s (MDG’s) ke-7, yakni menjamin kelestarian lingkungan hidup, poin penting program kelestarian atau penyehatan lingkungan yang harus dicapai pada 2019, yakni meningkatnya akses penduduk terhadap air minum yang layak dan sustainable menjadi 100% serta meningkatnya akses sanitasi dasar yang layak menjadi 100%. (D2)

abuumarali@lampungpost.co.id

Dinkes Cari Penderita TB Paru MENGURANGI penderita tuberkulosis (TB) paru di Lampung Selatan, Dinas Kesehatan setempat menggelar sosiali­ sasi pos TB paru. Kegiatan ini diikuti empat desa, yakni Mekarmulya, Palaspasemah, Rejomulyo, dan Palasjaya, di Desa Mekarmulya, Kecamatan Palas, Selasa (24/6). Pemateri dari Badan Pemberantasan Penyakit Menular (BPPM) B. Didik Setiawan mengatakan kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan terhadap penyakit menular yang disebabkan kuman Mycobacterium tuberculosis itu. “Tujuan utama kegiatan ini menemukan penderita TB paru

yang diperkirakan masih ada di suatu daerah dan selama ini kami temukan. Jika masih ada pencerita TB paru, kami menganjurkan untuk berobat ke puskesmas,” kata dia. Didik menjelaskan dari 2012—2013 jumlah penderita TB paru di Lampung Selatan mengalami penurunan. Jumlah positif penderita TB paru pada 2012, sebanyak 834 orang, sedangkan pada 2013 (819). “Tahun ini dari Januari— Mei jumlah penderita TB paru 400 orang. Namun, menurut perkiraan dari hasil survei kami, di Lampung Selatan jumlah penderita ini kisaran-

nya 1.500—1.600 orang. Oleh sebab itu, dengan sosialisasi ini diharapkan bagi penderita TB paru segera diobati,” ujar dia. Penanggung jawab kegiatan, Iksan yang mendampingi Kepala Unit Teknis (KUPT) Puskesmas Palas Saeful Anwar berharap dapat meningkatkan peran aparat desa, tokoh masyarakat, serta bidan desa dalam menjaring penderita TB paru di setiap desa untuk berobat ke puskesmas. Menurut Iksan, penderita TB paru yang diobati pada 2012—2013 jumlahnya 17 orang. Namun, pada 2014, dari awal bulan hingga Mei baru delapan orang. (*2/D2)

B U PAT I L a mp u n g B a r at Mukhlis Basri, Rabu (25/6), mencanangkan program Gerakan Membangun Bersama Rakyat (GMBR) tahun anggaran 2014 dengan total nilai Rp2 miliar bagi 35 pekon/kelurahan. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lampung Barat Okmal menjelaskan program GMBR merupakan program pembangunan yang dilaksanakan dengan pola bantuan langsung masyarakat. “Tujuannya, meningkatkan pembangunan infrastuktur di tingkat desa dengan sasaran pengentasan kemiskinan dan ketertinggalan melalui penyediaan sarana perdesaan, serta meningkatkan kesempatan kerja bagi masyarakat desa,” kata dia, Selasa (24/6). A n g g a r a n G M B R ya n g diberikan dalam bentuk BLM ini merupakan dana stimulan yang diharapkan menjadi gerakan pembangunan yang dilaksanakan oleh, dari, dan untuk rakyat guna mengatasi masalah sarana dan prasara-

na infrastruktur perdesaan/ pekon. Melalui dana stimulan itu, kata Okmal, diharapkan peran aktif masyarakat untuk berpartisipasi langsung terhadap pelaksanaan pemba­ ngunan infrastruktur dasar. Untuk memotivasi agar hasil lebih maksimal, pemerin­ tah juga memberikan penilai­ an. Pekon yang berhasil menjadi lima terbaik akan diberikan penghargaan. Anggaran program GMBR sebesar Rp2 miliar per tahun dialokasikan untuk pemba­ ngunan jalan (22 unit), jembatan (6), serta pembangunan drainase. Program tersebut dilaksanakan di 35 pekon terpilih, termasuk 5 pekon yang mendapat penghargaan, karena menjadi pelaksana terbaik program GMBR 2013. Penetapan ke-30 pekon penerima program GMBR 2014 (di luar pekon penerima penghargaan) melalui hasil seleksi. Penetapan jenis kegiatan seperti untuk pembangunan jalan ditetapkan berdasarkan hasil musyawarah kelompok masyarakat. (ELI/D2)

Warga Minta Pengamanan Saat Panen Raya Kopi PANEN raya di beberapa sentra penghasil kopi di Lampung Barat tengah berlangsung. Masyarakat berharap pihak kepolisian kembali m e n g g a l a k k a n p rog r a m pengamanan panen raya demi memberikan rasa aman kepada petani. “Saat ini petani masih panen kopi, harapannya pak polisi bisa seperti tahun lalu yang melakukan pengamanan dan ronda bersama masyarakat,” kata Sumartono, petani kopi di Kecamatan Sekincau, kemarin (24/6). Harapan tersebut, kata dia, mengingat akhir-akhir ini warga mendapat kabar menghebohkan terkait perampokan yang berujung pembunuhan dan beberapa kali terjadi aksi pencurian rumah saat penghuninya tertidur lelap. “Di kampung kami tidak terjadi pencurian, tetapi kami takut karena baru dua minggu lalu ada pembunuhan oleh pencuri, itu terjadi di Liwa dan juga

Krui, belum lagi berita motor hilang, rumah dibongkar maling,” kata dia. Sriwahyuni, warga Kecamat­ an Belalau, mengatakan tiap panen raya kopi, kepolisian menggelar pengamanan de­ ngan menerjunkan anggota untuk melakukan ronda bersama warga. “Biasanya tiap panen polisi itu ada program pengamanan panen raya, polisi disebar di beberapa titik yang panen kopi, mereka ronda bersama warga. Namun, enggak tahu kenapa sekarang itu enggak ada lagi,” kata dia. Bahkan, tahun-tahun sebelumnya polisi memiliki program pendekatakan dengan masyarakat, akhir-akhir ini program tersebut tidak terdengar lagi. “Kalau dulu, tiap Jumat perwira polres melakukan jumat keliling dan mengisi ceramah di masjid-masjid, dari itu warga agak segan dengan polisi. Cuma enggak tahu sekarang tidak pernah terdengar lagi ada kegiatan seperti itu,” ujarnya. (RIF/D2)

n LAMPUNG POST/ABU UMAR ALI

PERBAIKAN LINGKUNGAN. Bupati Tanggamus Bambang Kurniawan menyerahkan cendera mata kepada perwakilan Kemenkes, SNV Indonesia, Bupati Bojonegoro, dan Bupati Pringsewu pada Kick Off Meeting program Sustainable Sanitation and Hygiene For All-Supporting STBM in Lampung, di Hotel 21, Gisting, Tanggamus, Selasa (24/6).

je lma r a m

Pesisir Barat Tunggu Kode Daerah KEPALA Bidang Pencatatan Sipil Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pesisir Barat Dharma Saputra mengatakan pihaknya sebatas menyiapkan blangko formulir yang harus diisi masyarakat Pesisir Barat jika hendak membuat kartu keluarga (KK), akta kelahiran, dan kartu tanda penduduk (KTP). “Di sini kami siapkan blangkonya, tetapi masyarakat Pesisir Barat kalau mau buat KTP, KK, akta kelahir­an masih di Disdukcapil Liwa-Lampung Barat,” kata suami dari Holiya tersebut. Bapak tiga anak ini menambahkan pembuatan identitas masyarakat dan hal lain terkait data pribadi seseorang sebenarnya bisa dilakukan di Pemkab Pesisir Barat. Namun, pihaknya masih menunggu keluarnya kode wilayah Pesisir Barat sebagai daerah otonomi baru (DOB) dari Dirjen Kependudukan.

Dharma Saputra Hal itu harus melalui survei dari Dirjen Pemerintahan Umum, baru kemudian hasilnya ke Dirjen Kependudukan. “Setelah itu baru kami memiliki sarana prasarana, seperti server untuk membuat identitas kependudukan masyarakat Pesisir Barat, yang selama ini dilakukan di Liwa,” kata pria kelahiran 27 Agustus 1975 tersebut.

Menurut alumnus Magister Hukum Unila tahun 2005 ini, meskipun dia terpisah de­ ngan anak istri yang tinggal di Bandar Lampung, dukungan keluarga, sahabat, dan rekanrekan menjadikan ia betah bertugas di Pesisir Barat. “Ya sebisa mungkin kalau akhir pekan diupayakan kumpul sama keluarga,” ujarnya. Pria berdarah Palembang-Bali itu menghimbau masyarakat Pesisir Barat yang belum memiliki identitas kependudukan agar segera mengurusnya. Selain menjadi kewajiban, banyak keuntungan memiliki KTP, KK, dan surat-surat kependudukan lainnya. Termasuk kemudahan mendapat berbagai bantuan pemerintah. Sebab, berbagai program pemerintah ke masyarakat tidak terlepas dari data kependudukan dan data-data lain yang terkait potensi dan kebutuhan daerah. (D2) n Yon Fisoma

Menanti Janji Bupati Perbaiki Jalan Alternatif MASYARAKAT desa di sepanjang jalan alternatif Jalinpantim simpang KetapangJalinsum simpang Gayam, Penengahan, Lampung Selatan, mempertanyakan janji Bupati Lampung Selatan terkait perbaikan jalan provinsi sepanjang 10 km tersebut. Pasalnya, hingga menjelang arus mudik Lebaran 2014, jalur utama pengalihan arus kendaraan dari Pelabuhan Bakauheni maupun Bandar Lampung itu kondisinya rusak parah. “Padahal jalan ini kalau di Jalinsum Desa Hatta dan Pelabuhan Bakauheni ada kemacetan, menjadi pilihan utama untuk pengalihan kendaraan yang mau ke Pelabuhan Bakauheni maupun ke Kalianda dan Bandar Lampung,” kata Slamet, salah satu tokoh pemuda Desa Sripendowo, Kecamatan Ketapang, Selasa (24/6). Menurutnya, beberapa

waktu lalu, Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza saat berkunjung di Kecamatan Ketapang menjanjikan jalan poros akan mulus. “Namun, pekerjaan yang pernah dilaksanakan di jalan alternatif malah terhenti sejak dua pekan lalu. Saat ini hanya pekerjaaan pembangunan talut di bahu jalan yang dibeton. Pembangunan cor beton sepanjang 100 meter di jalan alternatif Desa Bangunrejo juga sama saja, ditinggalkan di tengah perjalanan,” kata dia. Hal senada diungkapkan mantan Kepala Desa Tetaan, Kecamatan Penengahan, Mualimin, yang terpilih menjadi anggota DPRD Lampung Selatan dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Menurut dia, kondisi jalan alternatif di desanya cukup memprihatinkan. Kedalaman lubang jalan kerap membuat mobil truk patah as dan tersangkut di jalan. (KRI/D2)


Neneng Roshayati (Kabid Peternakan Dinas Pertanian Metro)

DAERAH RABU, 25 juni 2014 LAMPUNG POST

“Harga memang naik, tetapi relatif kecil hanya kisaran Rp1.000—2.000/kg.”

25

Bagian Kearsipan Kerap Terabaikan

SMA di Lamsel Belum Terima Blangko Ijazah KETERLAMBATAN blangko ijazah dan surat keterangan hasil ujian nasional (SKHUN) yang diterima pihak seko­ lah tingkat SMA mengham­ bat siswa untuk bekerja atau meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Blangko itu semestinya su­ dah diterimah pihak sekolah selambat-lambatnya satu pekan setelah pengumuman kelulusan siswa. Namun, setelah sebulan dari pengumuman pada 20 Mei yang lalu, hingga Selasa (24/6) belum diterima pihak sekolah. Kepala SMAN 1 Sidomulyo Dudung Abdulah membenarkan blangko ijazah dan SKHUN belum diterima pihaknya, padahal su­ dah sebulan lebih pengumuman kelulusan. Keterlambatan itu bisa menghambat siswa untuk be­ kerja atau melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Pasalnya, jika siswa ingin melanjutkan pendidikan di luar Provinsi Lampung, ter­ paksa harus menunggu tanpa ada kepastian. “Sampai hari ini blangko ijazah kosong dan SKHUN belum kami terima dari dinas,” kata Dudung, kemarin. Keterlambatan seperti ini tidak hanya terjadi tahun ini, tapi juga tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun lalu ada sekitar 30% ijazah yang belum diambil siswa. Beberapa orang tua siswa yang ingin mengambil ijazah ditolak pihak sekolah karena siswa yang bersangkutan tidak hadir akibat sudah merantau jauh, sedangkan ijazah belum ada cap jarinya. “Ijazah siswa tahun lalu masih banyak belum diambil, mau diambil orang tuanya tidak bisa karena siswa tersebut belum sidik jari,” kata mantan Kepala SMAN 1 Candipuro ini. Beberapa upaya sudah di­ lakukan pihaknya agar blangko ijazah dan SKHUN cepat dikirim dengan menanyakan ke Dinas Pendidikan (Disdik) Lampung Selatan. Namun, jawabannya tetap disuruh bersabar karena mereka pun menunggu kirim­ an Disdik Provinsi. “Beberapa siswa sudah me­ nanyakan ijazah, bahkan sam­ pai mendatangi kediaman saya, menanyakan kepastiannya. Sedangkan jika kami mena­ nyakan kepada Disdik Lamsel, kami disuruh sabar dan tidak ada kepastiannya,” ujarnya. Hal senada dikatakan Kepala SMAN 1 Candipuro Fahyumi Lutfi. Hingga kemarin pihaknya belum menerima blangko ijazah dan SKHUN dari Disdik Lam­ pung Selatan. “Setiap tahun pasti terlambat, bukan saat ini saja. Keterlambatan seperti ini tidak hanya dialami sekolahnya, tetapi semua sekolah di Lam­ pung Selatan. (*3/D3)

n LAMPUNG POST/JUWANTORO

PEMBAKARAN DI PT SUPREME ENERGI RAJABASA. Aksi unjuk rasa di dermaga milik PT Supreme Energy Rajabasa (SERB), persisnya di Dusun Pangkul, Desa Sukaraja, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan, berlangsung anarki. Akibatnya, sejumlah fasilitas milik PT SERB dibakar massa, Selasa (24/6), sekitar pukul 10.00. Kepulan asap menghitam membubung di angkasa. BERITA TERKAIT Hlm. 8

Pascalongsor, Jalinbar Pesisir Utara Mulai Lancar Pembersihan material longsoran dilakukan Satgas Jalan Nasional menggunakan satu alat berat sejak Selasa (24/6) pagi dan pukul 10.00 arus lalu lintas kembali normal. Yon Fisoma

S

ETELAH macet sepanjang 2 km dari arah Pasarkrui menuju Bengkulu dan se­ baliknya akibat longsor, jalan lintas lintas barat (Jalinbar) Pekon Kotakarang, Kecamatan Pesisir Utara, Pesisir Barat, Senin (23/6), sekitar pukul 21.30, kini mulai lancar. Kepala Bidang Perhubungan Darat Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dihubkominfo) Pesisir Barat Cahyadi Muis, kepada Lampung Post, melalui telepon, mengatakan tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut. “Tanah dari tebing jalan menimbun Jalinbar sepanjang 20 meter dengan ketinggian 1 meter. Kendaraan yang sempat

terjebak kemacetan sepanjang 2 km di masing-masing arah kini sudah terurai dan tidak ada korban jiwa pada peristiwa ini,” kata dia, Selasa (24/6). Pembersihan material longsor tanah beserta bebatuan, ujar Cahyadi, dilakukan Satuan Tu­ gas (Satgas) Jalan Nasional meng­ gunakan satu alat berat. Pada Se­ lasa (24/6), pukul 10.00, Jalinbar Pekon Kotakarang sudah bersih dari material longsoran dan arus kendaraan secara perlahan kembali normal. “Tadi malam arus lalu lintas macet total untuk kendaraan angkutan berkapasitas di atas 5 ton. Sementara mobil kecil dan mobil pribadi kami alih­ kan melalui jalan dalam Pekon Kotakarang. Tadi pagi Satgas Jalan Nasional mulai mem­

bersihkan material longsoran yang menutupi jalan. Pada pukul 10.00, longsoran sudah dibersihkan dan kemacetan bisa kami urai,” ujarnya. Jalinbar di bagian utara Pesi­ sir Barat, yang meliputi wilayah Kecamatan Karyapenggawa, Pesisir Utara, dan Lemong, hingga wilayah perbatasan dengan Provinsi Bengkulu, selain rentan terjadi longsor, juga di beberapa titik terjadi kerusakan jalan yang cukup parah dan hingga kini belum diperbaiki sepenuhnya. Sementara itu, di Jalinbar Pekon Way Sindihanuan, Pekon Way Sindiasahan, Pekon Way Sindi Utara, Pekon Tem­ bakak, di Kecamatan Karya­ penggawa, kerusakan jalan begitu parah. Sejumlah kendaraan ang­ kutan, terutama truk berka­ pasitas besar dengan muatan penuh, yang melintas wilayah itu kerap rusak dan mogok setelah terjebak lubang jalan. Mogoknya kendaraan besar di jalur itu sering membuat macet

arus lalu lintas sehingga banyak merugikan sopir, pemilik ken­ daraan perusahaan ekspedisi, dan masyarakat konsumen. Para sopir berharap peme­ rintah harus segera memper­ baiki jalan di wilayah itu secara permanen, selain pengerukan dan penalutan tebing sepan­ jang pinggir Jalinbar untuk pelebaran jalan dan mencegah longsor. “Banyak kerugian yang kami alami akibat jalan rusak. Uang jalan habis karena terlalu lama di perjalanan, padahal waktu perjalanan berikut biayanya su­ dah dihitung bos kami. Harap­ an kami pemerintah segera memperbaiki seluruh Jalinbar di Pesisir Barat yang rusak parah,” kata Ucok (35), sopir truk yang mengangkut barang kelontongan dari Jakarta tujuan Padang, kepada Lampung Post, saat terjebak macet akibat jalan rusak di Pekon Way Sindiasa­ han, Kecamatan Karyapeng­ gawa, dua pekan lalu.(D3)

yonfisoma@lampungpost.co.id

KEPALA Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Lampung Sela­ tan Ahmad Rodhi menyatakan arsip Pemkab Lamsel kerap terabaikan. Pasalnya, hingga kini Kantor Perpustakaan dan Kearsipan tidak memiliki tempat (gedung, red) sendiri untuk menyimpan arsip Pem­ kab setempat. “Jadi, kami sendiri bingung saat mencari arsip, misalnya mengenai sejarah suku Jawa masuk ke Lampung Selatan saja sulit dicari, baik arsip berupa elektronik maupun tu­ lisan,” ujar dia ketika dikonfir­ masi usai Bimbingan Teknis Perpustakaan di aula Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Lamsel, Selasa (24/6). Menurut Ahmad Rodhi, dengan ketiadaan gedung sebagai tempat menyimpan berbagai arsip milik Pemkab Lampung Selatan, lama-ke­ lamaan arsip yang ada akan hilang. Oleh sebab itu, Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Lamsel telah mengusulkan pengadaan gedung kepada Pemkab setempat. “Kami berharap pada 2015 usulan kami dapat terealisasi. Selain itu, kami juga telah mengusulkan perubahan sta­ tus Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Lampung Selatan menjadi badan,” katanya.

Dia menjelaskan salah satu tujuan bimtek perpustakaan yang diikuti 60 guru SD, SMP, dan SMA adalah mendorong peningkatan status Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Lampung Selatan menjadi badan dengan dasar UU No. 43/2007 tentang Perpustakaan dan UU No.43/2009 tentang Kearsipan. “Dengan dasar kedua undang-undang itu sebenarnya sudah kuat un­ tuk mengubah status Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Lampung Selatan menjadi badan,” jelasnya. Dalam kesempatan itu, Ahmad Rodhi menambahkan setelah bimtek nanti diharap­ kan tiap sekolah di Lampung Selatan dapat menjadwalkan waktu membaca di perpusta­ kaan, baik di perpustakaan sekolahnya maupun di Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Lamsel. “Ini dilakukan agar minat baca di perpustakaan dapat lebih ramai. Sebab, selama ini pengunjung sangat kurang. Padahal, koleksi buku di Kan­ tor Perpusatakaan dan Kear­ sipan Lamsel cukup lengkap. Selain itu, kami juga akan membuat terobosan agar minat membaca buku ramai dengan cara menggelar ba­ zar,” kata dia. (TOR/D3)

Stok Daging Sapi dan Ayam di Metro Aman STOK daging menjelang Ra­ madan dan Lebaran di Metro dijamin cukup. Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Metro Neneng Roshayati di ruang kerjanya, Selasa (24/6), mengatakan beberapa hari menjelang Ramadan harga daging di Metro masih terbi­ lang stabil. Harga daging di sejumlah pasar di daerah itu kini berkisar Rp95 ribu/kg, sedangkan harga ayam potong bervariasi antara Rp29 ribu—Rp30 ribu/kg. “Har­ ga memang naik, tetapi relatif kecil hanya kisaran Rp1.000— Rp2.000/kg,” kata dia. Meskipun demikian, dia memastikan harga tersebut stabil. Sebab itu, Neneng mengimbau masyarakat tidak khawatir. “Untuk daging aman dan dijamin cukup,” ujarnya. Hal yang sama juga terjadi pada komoditas telur ayam. Harga telur ayam di sejumlah pasar di Metro masih stabil Rp18 ribu/kg dan stok juga dijamin cukup. “Metro tidak akan kekurangan daging, baik sapi maupun ayam, dan juga telur,” ujarnya. Pemantauan Lampung Post

di sejumlah pasar, harga da­ ging sapi masih di kisaran Rp90ribu—Rp95 ribu/kg. Be­ gitu juga harga ayam potong di sejumlah pasar rata-rata Rp28 ribu—Rp30 ribu/kg. Meskipun kurang dari sepe­ kan lagi memasuki Ramadan, aksi belanja sudah mulai di­ lakukan masyarakat. Mereka di antaranya memborong ke­ butuhan pokok, seperti minyak goreng, gula, susu, beras, telur, serta kebutuhan bumbu masak dan tepung untuk bahan kue. Warga mengaku khawatir biasanya menjelang Ramadan, harga mendadak naik. “Bi­ asanya suka naik tinggi kalau udah deket puasa, makanya dari sekarang saja belanjanya,” ujar Eli, warga Hadimulyo. Hal senada juga dirasakan Eti, ibu rumah tangga yang tinggal di Yosorejo, Metro Timur. Dia mengatakan bi­ asanya kenaikan harga terja­ di menjelang puasa dan terus hingga menjelang Lebaran. “Oleh sebab itu, mumpung masih belum pada naik, ya belanja saja sekarang untuk stok kebutuhan Ramadan nanti,” kata dia. (CAN/D3)

Bupati Lampung Tengah Mutasi 169 Pejabat

Khamamik Minta Kades Aktif Sosialisasi JKN

SETAHUN menjelang akhir masa jabatannya, Bupati Lam­ pung Tengah Ahmad Pairin memutasi 169 pejabat eselon III, IV, pejabat fungsional, dan kepala sekolah. Para pejabat itu dilantik di Nuwo Balak, Selasa (24/6). Asisten Bidang Adminis­ trasi Zulkifli, yang mewakili Bupati Achmad Pairin, berpe­ san agar seluruh pejabat yang baru dilantik dapat mengem­ ban amanah, tugas, dan tang­ gung jawab dengan sebaikbaiknya. Menurut Zulkifli, promosi dan mutasi jabatan adalah hal biasa, tetapi bukan pula sebagai kegiatan rutini­ tas tiap tahun. Bagi Pemerintah Kabu­ paten Lampung Tengah, pro­ mosi dan mutasi jabatan adalah suatu kebutuhan, sekaligus merupakan bagian

BUPATI Mesuji Khamamik meminta kepada seluruh kepala desa yang ada di Me­ suji untuk aktif melakukan sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Sejauh ini Khamamik me­ nilai jika peran kepala desa dalam memberikan sosialisasi sangatlah minim. Itu terlihat dari banyaknya warga yang masih belum mengetahui persyaratan serta keuntung­ an JKN. “Saya berharap kepala desa bisa ikut berperan mem­ berikan sosialisasi mengenai JKN. Sangat banyak warga yang masih bertanya kepada saya mengenai JKN, juga pro­ gram lain,” kata Khamamik saat ditemui di kantornya, Selasa (24/6). Selain JKN, dia juga memin­ ta kepada seluruh kepala desa

dari proses pembinaan karier di lingkungan pegawai negeri Sipil (PNS). “Oleh karena itu, jika terdapat jabatan lowong karena pejabatnya pensiun atau dimutasi ke tempat lain, tidak perlu waktu yang lama untuk menunggu, tetapi ha­ rus segera ada penggantinya, agar tugas-tugas dan layanan kepada masyarakat tetap berjalan sebagaimana mesti­ nya,” ujarnya, sesaat sebelum pelantikan. Selanjutnya Zulkifli, mewa­ kili Bupati, melantik 61 pejabat struktural eselon III, 98 eselon IV, 5 pejabat fungsional pen­ didikan, dan 5 kepala sekolah. Pelantikan dihadiri Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Fachrudin, per­ wakilan dari Polres Lampung Tengah, dan Kejaksaan Negeri Gunungsugih. (WAH/D3)

n LAMPUNG POST/WAHYU PAMUNGKAS

LANTIK PEJABAT. Bupati Lampung Tengah Ahmad Pairin memutasi 169 pejabat. Pelantikan ratusan pejabat mulai dari eselon III, IV, dan pejabat fungsional dilaksanakan Asisten IV Zulkifli di Nuwo Balak, Lampung Tengah, Selasa (24/6).

untuk ikut menyosialisasikan seluruh program pemerintah Mesuji. “Termasuk program pele­ baran jalan, diperlukan pen­ jelasan yang baik dari kepala desa kepada masyarakat agar masyarakat mengetahui man­ faat dari program ini. Selain itu, masih banyak program lain yang perlu diketahui masyarakat,” ujar Bupati. Di sisi lain, banyak ma­ syarakat yang mengaku bi­ ngung dengan program JKN. Hal itu karena minimnya informasi mengenai program tersebut. “Katanya harus bayar, ka­ tanya juga banyak persyarat­ annya. Kami kan jadi bingung untuk ikut program JKN,” ujar Warsih, warga Desa Mekar­ sari, Kecamatan Pancajaya, Kabupaten Mesuji. (CK6/D3)


RUWA

rabu, 25 juni 2014

AKBP Yulias (Kapolres Lampung Tengah)

JURAI

“Silaturahmi polisi dengan masyarakat akan mendekatkan diri kedua pihak dan sebagai rangkaian kegiatan pembinaan tradisi menyambut HUT Bhayangkara.”

26

LAMPUNG POST

KALIANDA (09.25 WIB)

20 SKPD Lamsel Ikuti Sosialisasi E-Procurement

n LAMPUNG POST/ELIYAH

PERIKSA PRODUK MAKANAN. Tim monitoring pengawasan makanan dan obat-obatan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat memeriksa produk makanan, obat-obatan, dan kosmetik yang diperjualbelikan di Pasar Liwa dan sejumlah toko di wilayah setempat, Selasa (24/6). Pemeriksaan tersebut untuk memastikan kelayakan produk yang diperdagangkan memenuhi standar kesehatan menjelang Ramadan dan Lebaran.

MESUJI (18.03 WIB)

Kemenag Mesuji Respons Pungli KUA

KANTOR Kementerian Agama (Kemenag) Mesuji akan menindaklajuti dugaan pungutan liar (pungli) yang terjadi di Kantor Urusan Agama (KUA) Mesuji. Kepala Kantor Kemenag Mesuji Sudarno, saat dihubungi via pensan singkat, Selasa (24/6), mengatakan pihaknya baru mengetahui kabar tersebut. Dia mengaku segera memanggil Kepala KUA Mesuji, KA, yang diduga meminta uang pendaftaran kepada calon pegawai pencatat nikah (PPN). “Ada laporan dari salah satu kepala seksi saya tentang hal tersebut dan saya perintahkan kepala Subbagian Tata Usaha memanggil yang bersangkutan untuk dimintai keterangan,” ujar Sudarno kepada Lampung Post, Selasa (24/6). Namun, hingga pukul 18.00, kemarin, Sudarno belum bisa menjelaskan tentang sanksi yang akan dijatuhkan kepada oknum kepala KUA tersebut jika terbukti melakukan pungli. Diberitakan sebelumnya, KUA Mesuji diduga melakukan pungli dalam penerimaan calon PPN di seluruh desa pemekaran di Kabupaten Mesuji. Seorang calon PPN yang enggan disebutkan namanya mengaku dimintai uang oleh KA. Tidak hanya dirinya, hal serupa juga dialami calon PPN lain dengan jumlah mulai dari Rp200 ribu hingga Rp500 ribu. “Dia (Kepala KUA) mintain duit, itu sudah terjadi dua bulan lalu di setiap desa pemekaran. Katanya untuk biaya administrasi, bagi yang memperpanjang biayanya hanya Rp200 ribu, tetapi yang baru daftar biayanya hingga Rp500 ribu,” kata sumber Lampung Post tersebut. (CK6/D3)

Tim Monitoring Lambar Sita Kosmetik Bermerkuri Merkuri sebagai zat karsinogenik dapat menyebabkan kanker apabila terakumulasi dalam tubuh dalam jangka waktu lama. Eliyah

T

IM monitoring makanan dan obat-obatan Pemkab Lampung Barat, Selasa (24/6), menyita produk kosmetik berupa bedak racikan merek 99 sebanyak empat kotak dari seorang pedagang di Pasar Liwa. Produk itu disita karena selama ini beredar kabar bedak tersebut mengandung merkuri atau zat karsinogenik dapat menyebabkan kanker. Selain menyita produk kosmetik itu, tim monitoring yang terdiri dari unsur Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan, dan Pasar; Dinas Kesehatan; Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan; serta Satpol PP Bagian Ekonomi

tersebut juga menyita bebera­ pa susu kaleng yang sudah tidak layak jual karena kondisinya sudah berkarat meskipun masa kedaluwarsanya masih berlaku. Tim itu juga mengambil sampel beberapa bahan makan­ an berupa kerupuk mentah yang berwarna terang yang dicurigai mengandung zat berbahaya sehingga perlu dilakukan uji keaslian bahan pewarnanya. Sebab, selain warnanya mencolok, produk sejumlah kerupuk itu juga tidak memiliki rekomendasi kesehatan dari Dinas Kesehat­ an maupun BPOM. Kemudian, pihaknya juga menarik pasta/zat pewarna makanan berbagai warna dari salah satu toko di Pasar Liwa.

Sebab, pasta kemasan botol plastik yang dijual tersebut tidak mencantumkan tanggal kedaluwarsa. Pihaknya juga menemukan bedak merek Pond’s dengan harga cukup murah Rp5.000/buah sehingga keasliannya dicurigai. Sebab itu, pihaknya meminta pedagang

P

ada monitoring kali ini untuk sementara tim belum menemukan bahan makanan yang mengandung zat pengawet berbahaya seperti formalin dan boraks.

tersebut menariknya dan tidak memperjualbelikannya lagi. Pemantauan makanan dan obat-obatan oleh tim tersebut dilakukan mulai dari Pasar

Liwa hingga ke sejumlah minimarket Indomaret dan Alfmart. Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperindagpas Lampung Barat Suhartono, di sela-sela pemantauan, mengatakan monitoring yang dilakukan pihaknya tersebut dalam rangka pe­ ngawasan untuk memasti­kan produk yang diperjualbelikan pedagang tersebut dijamin kesehatannya. Pengawasan tidak hanya dilakukan pada sejumlah produk, tetapi juga terhadap penjualan bahan makanan lain seperti daging, bakso, ikan, dan tahu. “Pada prinsipnya dalam monitoring kali ini untuk sementara kami belum menemukan adanya bahan makanan yang mengandung zat pengawet yang berbahaya seperti formalin dan boraks,” kata dia. (D3)

eliyah@lampungpost.co.id

meningkatkan dan menjamin tercapainya efisiensi, efektivitas, transparansi, dan akuntabilitas dalam membelanjakan uang negara. “Dengan begitu, ketersedia­ an barang atau jasa dapat diperoleh dengan harga dan kualitas terbaik. Prosesnya pun lebih mudah dan cepat sehingga dapat meningkatkan kepercayaan publik,” ujar dia, ketika membacakan sambut­ an tertulis Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza. Selain itu, jelas Ridwan, proses pengadaan barang dan jasa pemerintah secara elektronik dipastikan mampu menjamin ketersediaan informasi, kesempatan pe­luang usaha, serta men­dorong tercapainya persaingan sehat. “Intinya, dapat mewujudkan keadilan bagi seluruh pelaku usaha yang bergerak di bidang pengadaan barang dan jasa di Kabupaten Lampung Selatan,” kata dia ketika membuka sosialisasi tersebut. (TOR/D3)

SEKAMPUNG (07.29 WIB)

Persada V untuk Lampung Timur Lebih Baik MAHASISWA yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Lampung Timur (Ikam Lamtim) mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dan sosial daerah (Persada) yang kelima di 2014. Acara tahunan itu dipusatkan di Jadimulyo, Sekampung, Lampung Timur, Sabtu—Minggu (21—22/6), dan merupakan kegiatan yang kelima kali sejak 2009. Berbeda dengan tahuntahun sebelumnya, agenda rutin Ikam Lamtim kali ini terdiri dari berbagai rangkai­ an acara yang tidak digelar dalam satu kesempatan. Persada V dimulai dengan tablig akbar, jalan sehat, dan pemeriksaan kesehatan gratis. Acara ini juga bekerja sama dengan Lembaga Kemanusiaan Nasional (PKPU), mahasiswa Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Lampung, dan salah satu jaringan telekomunikasi. Ketua Umum Ikam Lamtim, Imam Purnama, mengatakan pada dasarnya Persada V merupakan wujud pendekat­

an mahasiswa asal Lampung Timur kepada masyarakat. Kegiatan ini berusaha me­ ngaplikasikan ilmu yang didapat pengurus Ikam Lamtim selama belajar di perguruan tinggi. Ia pun berharap melalui kegiatan ini mahasiswa Lampung Timur dapat belajar tentang hidup dengan terjun langsung ke masyarakat. “Ini sebagai wujud bakti kami kepada Lampung Timur,” kata dia. Sementara Kepala Departemen Sosial Masyarakat Ikam Lamtim Didi Wahyudi mengata­k an masih dalam rangkaian Persada V, pada Ramadan nanti pihaknya akan menggelar banyak ­acara, di antaranya pesantren kilat, menyantuni anak yatim piatu, lomba-lomba islami, dan seminar keagamaan. Sejumlah kegiatan itu berbasis masyarakat desa dan rencananya digelar pada pekan pertama Ramadan 1435 H. “Kami akan menyambut bahagia Ramadan dengan berbagai acara,” kata dia. (*7/D3)

BANDARJAYA (16.39 WIB) n LAMPUNG POST/WAHYU PAMUNGKAS

SERAHKAN BANTUAN. Kapolres Lampung Tengah AKBP Yulias menyerahkan bantuan secara simbolis kepada pengurus Panti Almarhamah, Bandarjaya, Selasa (24/6). Bantuan yang diberikan Polres Lamteng itu sebagai rangkaian kegiatan memperingati HUT ke-68 Bhayangkara.

SIDOMULYO (08.15 WIB)

Polsek Sidomulyo Razia Pedagang Petasan UNTUK menciptakan kondisi aman dan nyaman menyambut bulan puasa dan menjelang Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 9 Juli mendatang, Polsek Sidomulyo menggelar razia petasan di pasar Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan, Senin (23/6). Memasuki bulan puasa pedagang petasan menjamur hingga pelosok desa. Petasan yang sering dimainkan anak-

GUNA meningkatkan pengetahuan dalam pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pemerintah secara elektro­ nik (e-procurement), khususnya bagi panitia pengadaan, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan melakukan pelatihan kepada 20 satuan kerja perangkat daerah (SKPD) setempat selaku panitia pengadaan barang dan jasa, di aula Grand Elty Krakatoa Nirwana Resort, pertengahan pekan lalu. Sosialisasi e-procurement yang digelar Kantor Bagian Pembangunan Setkab Lampung Selatan ini dilaksanakan selama tiga hari mulai dari Rabu sampai Jumat (18—20/6). Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Lampung Selatan Ridwan mengatakan kegiatan ini penting. Sebab, pengadaan barang dan jasa secara elektro ­ nik dengan memanfaatkan teknologi informasi yang berbasis internet akan lebih

anak dan remaja bisa memicu keributan dan bencana. Pasalnya, suara petasan sangat memekakkan telinga bisa menimbulkan kemarahan bagi yang tidak menyukainya. Selain itu, karena berbahan peledak, petasan bisa menjadi penyebab kebakaran. Hal tersebut diungkapkan Kapolsek Sidomulyo AKP Mulya­d i Yakub usai menggelar razia petasan. Kegia-

tan tersebut diadakan demi menciptakan keamanan dan ketertiban menyambut puasa dan menjelang pilpres. Dari pengalaman tahun lalu banyak masyarakat yang mengeluh kepada pihak kepolisian karena ibadah mereka terganggu karena maraknya petasan. Untuk itu, pedagang petasan ditertibkan dengan cara didata dan diberikan pembinaan, sedangkan untuk

petasan jenis mercon disita kepolisian. “Harapan kami, dengan menggelar razia petasan bisa menciptakan suasana kondusif bagi masayarakat,” kata Mulyadi Yakub. Jumlah petasan yang diamanakan Polsek Sidomulyo kini sedang didata karena hasil razia sangat banyak untuk petasan jenis mercon. Untuk jenis lain pihaknya tidak menyita karena petasan jenis

kembang api memiliki izin dari Dinas Koperasi dan Perdagangan (Diskoperindag) yang merupakan barang legal. “Jumlah yang kami sita masih dihitung, untuk jenis kembang api tidak kami sita karena ada izin dari Diskoperindag, meskipun sama bahayanya dengan jenis mercon jika disalahgunakan,” kata mantan Kapolsek Jatiagung itu. (*3/D3)

Polres Lamteng Bakti Sosial ke Panti Almarhamah POLRES Lampung Tengah (Lamteng) memberikan bantuan sembilan bahan pokok (sembako) dan bahan makanan lain kepada anak-anak penghuni Panti Almarhamah, Bandarjaya, Lamteng, Selasa (24/6). Menjelang HUT ke-68 Bhayangkara, jajaran Polres Lampung Tengah menggelar berbagai kegiatan, mulai lomba-lomba di bidang olahraga, seni, sampai kegiatan sosial. Kapolres Lamteng AKBP Yulias mengatakan kunjung­ an ke Panti Almarhamah untuk bersilaturahmi dengan pengurus panti dan melihat kondisi anak-anak panti tersebut. Menurut dia, silaturahmi itu akan mendekatkan polisi dengan masyarakat secara umum, khususnya penghuni panti. Selain bersilaturahmi, Polres Lamteng juga memberi-

kan bantuan berupa sembako dan bahan makanan lainnya kepada penghuni panti. “Jangan dilihat nilainya, tetapi semua ini bentuk tali kasih dan upaya menjalin kedekatan dengan anak-anak,” kata Kapolres. Anjangsana jajaran polres ini dipimpin Kapolres Lampung Tengah AKBP Yulias, didampingi ketua Bahayangkari dan sejumlah pejabat teras Polres Lampung Tengah. “Ini juga rangkaian kegiatan pembinaan tradisi menyambut HUT ke-68 Bhayangkara,” kata Kapolres. Salah seorang pengurus Pa n t i A l m a r h a m a h m e nyampaikan apresiasi atas kunjungan dan bantuan Polres Lamteng untuk 18 anak yang menghuni panti, terlebih bantuan diberikan menjelang datangnya Ramadan. (WAH/D3)


±

±

CMYK

F KUS RABU, 25 juni 2014

±

CMYK

BENIH PADI DAN KEDELAI

27

LAMPUNG POST

Dinas Pertanian TPH Lampung Gandeng Petani Genjot Produksi Benih TAK dapat dipungkiri ketersediaan benih merupakan salah satu kunci keberhasilan produksi pertanian demi menjamin ketahanan pangan. Namun, kondisi ideal itu sering berkata lain. Di lapangan petani masih sulit mendapatkan benih bermutu dan tersedia tepat waktu.

Semula, pasokan benih hibrida di Lampung banyak dipasok PT Sumber Alam Sutera (SAS), Trimurjo, Lampung Tengah. Namun, belakangan, perusahaan perbenihan milik Tommy Winata itu kurang aktif memasok benih padi hibrida. Penangkaran Langsung Terobosan pun dilakukan. Berpijak pada PP No. 44 Tahun 1995 tentang Perbenihan Tanaman, Dinas Pertanian TPH Lampung melalui Balai Pengawasan Sertifikasi Benih TPH menggandeng petani di sentra produksi padi dan jagung terlibat memproduksi benih. “Penangkaran langsung kami awasi sehingga petani mendapat benih bersertifikat pada musim tanam rendeng yang diperkirakan Oktober mendatang,” kata Lana, didampingi Kabid Tanaman Pangan Eko Dyah Purwaningsih. Sebagai langkah awal, penangkaran benih padi inhibrida seluas 300 hektare (ha) dilakukan di Lampung Tengah seluas 50 ha, Lampung Timur (110 ha), masing-masing 50 ha di Lampung Selatan, Tulangbawang, dan Tanggamus. Kemudian, masing-masing 10 ha di Tanggamus, Mesuji, Lampung Barat, Pringsewu, dan Pesawaran. Sedangkan penangkaran benih kedelai seluas 125 ha ditangkarkan di Tanggamus (35 ha), masing-masing 25 ha di Lampung Tengah, Lampung Timur, Tulangbawang, dan Pesawaran. Selain itu, masing-masing 10 ha di Lampung Selatan, Mesuji, dan Pesisir Barat. “Mengingat benih ini tidak disubsidi pemerintah harganya normal,” kata Lana. Normalnya, harga bernih padi inhibrida Rp9.500/kg, padi hibrida Rp90 ribu/kg, jagung hibrida Rp60 ribu/kg, dan kedelai Rp16 ribu/kg. Sedangkan harga eceran tertinggi (HET) benih padi inhibrida bersubsidi Rp2.200/kg, padi hibrida Rp5.000/kg, jagung hibrida Rp13.300/kg, dan kedelai bersubsidi Rp3.650/kg. Kendala penyediaan benih bermutu, menurut Lana, juga

Amiruddin Sormin

P

T Sang Hyang Seri (SHS) yang ditunjuk pemerintah menyediakan benih padi, kedelai, dan jagung bermutu bagi petani Lampung sering keteteran. Meskipun didanai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), penyediaan benih dari badan usaha milik negara itu tidak tepat waktu dan tidak sesuai dengan varietas yang diinginkan. “Tiap tahun target produksi padi Lampung terus naik. Tahun ini Lampung menargetkan produksi padi 3,34 juta ton gabah kering giling, jagung 1,9 juta ton pipilan kering, dan kedelai 10,05 ribu ton biji kering. Target itu tercapai jika ditunjang benih bermutu,” kata Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, dan Hortikultura (TPH) Provinsi Lampung Lana Rekyanti, di Bandar Lampung, Selasa (24/6). Mengandalkan pasokan benih dari swasta juga setali tiga uang.

akibat kurangnya pasokan Balai Benih Induk (BBI) di Lampung. BBI masih dibelit masalah sarana dan prasarana yang belum lengkap. Selain itu, untuk menghasilkan benih bersertifikat harus ditunjang ketersediaan pengawas benih tanaman (PBT). “Idealnya di tiap kabupaten/kota ada tiga petugas yang terdiri dari satu koordinator wilayah dan dua petugas teknis,” kata Lana. (D10) amirudin@lampungpost.co.id

n DOK. DINAS PERTANIAN TPH LAMPUNG

PENANGKARAN KEDELAI. Hamparan benih kedelai seluas 10 ha varietas Anjasmoro di lahan Kelompok Tani Sedia Maju, Pekon Tugurejo, Semaka, Tanggamus.

Produksi Tanaman Pangan Lampung Komoditas

Lana Rekyanti

Kepala Dinas Pertanian TPH Provinsi Lampung

2012 (ton)

ASEM 2013 (ton)

Kontribusi Nasional 2012(%)

Peringkat Nasional

2013 (%)

Padi

3,1 juta

3,2 juta

4,49

4,52

7

Jagung

1,7 juta

1,7 juta

9,08

9,51

3

Kedelai

7.993

6.156

0,95

0,51

12

Ubi kayu

8,3 juta

8,2 juta

34,69

34,58

1

Sumber: Dinas Pertanian TPH Lampung

n DOK. DINAS PERTANIAN TPH LAMPUNG

BENIH PADI. Penangkaran benih padi varietas Ciherang seluas 50 ha di lahan Kelompok Tani Makmur, Pekon Sukabanjar, Kotaagung Timur, Tanggamus.

Sinergi Pemkab dan Pers Majukan Pesawaran tuk membantu ekspos pembangunan dan rencana pembangunan yang akan datang. “Kami berharap media dapat profesional dan berimbang dalam melaksanakan tugasnya,” kata dia. Kabupaten Pesawaran, lanjut Aries, tepat 17 Juli mendatang genap berusia 8 tahun. Tentunya membutuhkan suatu dukungan dan sokongan saran dari rekan media. “Saya selalu meminta satuan kerja untuk terus beker-

N

arasumber berhak untuk menolak wartawan yang belum lulus uji kompetensi. Ini sudah menjadi imbauan Dewan Pers

S

INERGI antara Pemerintah Kabupaten Pesawaran dan insan pers bisa membawa kabupaten itu maju dalam hal pembangunan. Hal ini disampaikan Bupati Pesawaran Aries Sandi Darma Putra saat sarasehan atau ramah tamah dengan seluruh insan pers se-Pesawaran. Kegiatan Dinas Komunikasi dan Informasi kabupaten setempat itu dilaksanakan di Gedung Serbaguna (GSG) Andan Jejama, Selasa (24/6), menghadirkan Wakil Pemimpin Redaksi Lampung Post Iskandar Zulkarnain sebagai narasumber dan M. Nasir sebagai moderator kegiatan. Turut hadir, Koordinator Tenaga Ahli Pesawaran Abdurrachman Sarbini dan seluruh kepala satuan kerja se-Pesawaran. Aries Sandi menyebutkan sinergi dengan media massa merupakan dukungan untuk percepatan pembangunan di Bumi Andan Jejama. “Selama ini dukungan media sudah baik untuk mengawal berbagai program

kegiatan. Mudah-mudahan ke depan lebih ditingkatkan. Itu harapan kami kepada seluruh insan pers,” kata Aries Sandi. Dia mengakui dukungan media sangat diharapkan sebagai pemberi kritik, saran, dan masukan yang membangun. “Saya tidak pernah merasa alergi de-

ngan rekan pers. Apalagi memberikan kritik tentang kebijakan, hal itu justru memotivasi kami dalam pengabdian kepada masyarakat,” ujarnya. Menurutnya, sarasehan antara Pemkab Pesawaran dan insan pers untuk menjalin silaturahmi, sehingga kerja sama yang baik dapat terlaksana un-

ja dengan baik dan maksimal dalam menyejahterakan masyarakat, karena saya berniat memajukan Kabupaten Pesawaran,” kata dia. Iskandar Zulkarnain mengatakan peran madia sangatlah penting untuk membentuk opini serta menyuarakan kepentingan publik dan pembangunan, sehingga masyarakat bisa mengetahui program serta kinerja pemerintahannya. “Bupati kalau tidak dikritik dikhawatirkan bisa masuk jurang. Dengan kritikan itu, diharapkan bisa mengubah dan memperbaiki apa yang dianggap salah. Pers berkewajiban melakukan kontrol sosial asalkan tidak membuat fitnah dan menyerang

pribadi orang,” kata Iskandar. Wartawan melakukan tugas jurnalistiknya harus beretika dan profesional serta membuat berita berimbang. “Aturannya sudah jelas, profesional dan berimbang. Mengacu pada lima W dan satu H,” kata dia. Terhadap masih banyaknya wartawan yang belum mengikuti uji kompetensi, Iskandar mengingatkan jurnalis segera memenuhi persyaratan kompetensi tersebut. “Narasumber berhak untuk menolak wartawan yang belum lulus uji kompetensi. Ini sudah menjadi imbauan Dewan Pers,” kata Iskandar yang juga anggota tim penguji Uji Kompetensi Wartawan (UKW) PWI Pusat. Kepada mitra kerja, Iskandar mengimbau untuk tidak melayani oknum wartawan yang merusak citra profesi. “Wartawan yang memeras narasumber, segera lapor ke polisi. Jika wartawan itu anggota PWI dan sudah mengikuti uji kompetensi, dipastikan dipecat dari organisasi dan dicabut kartu kompetensi.” Tugas wartawan, kata Iskandar, mencari, menggali, serta menulis berita dan layak untuk disiarkan, bukan meminta-minta proyek. “Wartawan seperti inilah yang mencederai profesi. Harusnya dia tidak disebut wartawan, melainkan layak disebut kontraktor yang memanfaatkan profesi dan organisasi wartawan untuk kepentingan pribadi bukan menyuarakan kepentingan publik.” (IAN/D10)


NASIONAL rabu, 25 junI 2014 LAMPUNG POST

Hafidz Taftadzani

INTERNASIONAL 28

Operasi Militer Israel Kebablasan DUNIA menilai operasi militer Israel untuk mencari tiga remaja Yahudi yang diculik di Tepi Barat sejak dua pekan lalu di Tepi Barat mulai kebablasan. Dalam proses pencarian itu, Israel menggele­ dah ribuan rumah dan gedung serta menahan ratusan warga Palestina di Tepi Barat. Mantan Perdana Menteri Ing­gris Tony Blair yang men­ jadi utusan khusus kuartet Timur Tengah mengatakan dirinya terganggu atas keja­ dian—merujuk pada operasi militer pencarian remaja dicu­ lik—di kawasan Tepi Barat. Dia mengkritisi jatuhnya korban tewas dari pihak sipil dan penangkapan besar-besaran warga Palestina oleh tentara Israel selama operasi itu. Blair pun meminta Israel untuk bertindak menahan diri dalam melakukan operasi pencarian tiga remaja, Eyal Yifrach (19), Gil-ad Shaar (16), dan Naftali Fraenkel (16), yang diduga diculik pada 12 Juni lalu di permukiman Etzion, di utara Hebron. Operasi militer Israel mencari remaja yang diduga diculik itu pun menjadi pembahasan da­ lam pertemuan bulanan Dewan Keamanan PBB. Senada dengan Blair, Kepala Hubungan Politik PBB Jeffrey Feltman mengung­ kapkan kepada militer AS untuk menahan diri dalam mencari tiga remaja Yahudi yang diculik kelompok yang dituding terkait dengan faksi Hamas di Pales­ tina. (MI/U3)

K

Lebih dari itu, Kemenag d­ engan kondisi yang ada cukup memberatkan tugasnya dalam membina umat. Sebab itu, kami mengusulkan agar Kementerian Haji terpisah dengan Kemenag.

n MI/PANCA SYURKANI

MENHUT DIPERIKSA KPK Menteri Kehutanan (Menhut) Zulkifli Hasan memberikan keterangan kepada para wartawan seusai menjalani pemeriksaan di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai saksi kasus dugaan korupsi tukarmenukar lahan hutan seluas 2.574 hektare di Kabupaten Bogor, Jakarta, Selasa (24/6). Zulkifli menegaskan tidak pernah memberikan izin atau rekomendasi terhadap tukar-menukar lahan hutan yang menyeret Direktur PT Bukit Jonggol Asri Yohan Yap sebagai tersangka.

Menhut Diperiksa KPK Zulkifli mendukung KPK untuk mengusut tuntas dugaan korupsi proyek tukar-menukar kawasan hutan. Padli Ramdan

M

ENTERI Kehutanan Zulkifli Hasan mem­ bantah telah mem­ berikan izin rekomendasi tukar-menukar kawasan hutan seluas 2.754 hektare (ha) di Bo­ gor, terkait penyidikan kasus dugaan tindak pidana korupsi pemberian suap untuk menda­ pat rekomendasi dalam tukarmenukar kawasan hutan. “ Ja d i , s o a l B o g o r ya n g berkembang selama ini bahwa Kementerian Kehutanan mem­ berikan izin, saya jelaskan

CMYK

tidak betul. Yang betul baru mengajukan surat tukar-menu­ kar. Sekali lagi, belum ada izin apa pun,” kata Menhut, seusai diperiksa KPK sebagai saksi di Jakarta, Selasa (24/6). Ia mengatakan pihaknya juga mendukung KPK untuk melakukan penegakan hukum atas kasus tersebut. “Jika salah, ya salah.” Zulkifli datang ke gedung KPK didampingi beberapa staf Kementerian Kehutanan pada pukul 10.00. Menteri dari Partai Amanat Nasional (PAN) ini di­ periksa selama lima jam. Dalam

perkara itu, tidak hanya Zulkifli Hasan yang diperiksa sebagai saksi, tetapi juga Tantowi dan Andreas Dony Kurniawan yang berprofesi sebagai advokat. Pada kasus ini, KPK telah me­ netapkan Bupati Bogor Rachmat Yasin, Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Bogor Muham­ mad Zairin, dan Fransiskus Xaverius Yohan Yap dari PT Bukit Jonggol Asri sebagai ter­ sangka. Rachmat Yasin dan Zairin diduga sebagai pihak penerima suap, sedangkan Yo­ han sebagai pemberi suap. Kasus ini bermula dari op­ erasi tangkap tangan (OTT) pada Rabu (7/5), di Bogor. KPK mendapatkan uang Rp1,5 mil­ iar sebagai barang bukti suap untuk Rachmat Yasin karena sebelumnya telah menerima

Rp3 miliar untuk mengeluar­ kan rekomendasi atas lahan hutan seluas 2.754 ha itu. PT Bukit Jonggol Asri (BJA) diketahui didirikan pada 1994. Pada Januari 2010, PT Sen­ tul City Tbk. mengambil alih 88% saham PT BJA dan tepat pada Juli 2010, PT Sentul City Tbk. resmi menggandeng PT Bakrieland Development Tbk. dengan kepemilikan saham masing-masing 50%, tetapi pada 2013 BJA kembali dijual ke MNC Group. Pada 23 Juli 2011, PT BJA secara resmi mengumumkan proyek Sentul Nirwana yang akan memaksi­ malkan lahan seluas 12 ribu ha di wilayah Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (ANT/U1)

Haji Diusulkan Terpisah dari Kemenag ASOSIASI Bina Haji dan Umrah Nahdlatul Ulama (Asbihu NU) mengusulkan pemisahan Ke­ menterian Haji tersendiri atau terpisah dengan Kementerian Agama (Kemenag). Dengan de­ mikian, penyelenggaraan haji menjadi terfokus melayani je­ maah sekaligus mengurangi be­ ban Kemenag yang sarat dengan program keumatan lainnya. “Permasalahan Kemenag yang menimbulkan demora­ lisasi di masyarkat, seperti kasus korupsi haji, sungguh memprihatinkan kami semua. Lebih dari itu, Kemenag ­dengan kondisi yang ada cukup mem­ beratkan tugasnya dalam mem­ bina umat. Sebab itu, kami mengusulkan agar Kementeri­ an Haji terpisah dengan Keme­ nag,” ujar Wakil Ketua Asbihu NU Hafidz Taftadzani, pada

padliramdan@lampungpost.co.id

n REUTERS/DAVID MDZINARISHVILI

LOMBA LARI SEPATU HAK TINGGI. Peserta berlari saat perlombaan lari sepatu hak tinggi di Tbilisi, Georgia, Selasa (24/6). Lomba lari sepanjang 50 meter tersebut mengharuskan peserta memakai sepatu dengan tumit setidaknya setinggi 7 cm.

CMYK

Megawati Soekarnoputri Kawal JK Kampanye di Enggal

ETUA DPP PDIP Megawati Soekarnoputri berkampanye di hadapan ribuan simpatisan pendukung capres dan cawapres Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) di lapangan Merah, Enggal, Bandar Lampung, Selasa (24/6). Presiden ke-5 RI itu mendampingi cawapres yang didukung partainya Jusuf Kalla yang juga mantan wakil presiden. Kampanye itu ikut dihadiri Ketua Tim Pemenangan Jokowi-JK Sumbagsel yang juga Ketua DPD PDIP Lampung Sjachroedin Z.P dan caleg PDIP terpilih asal Lampung Hendri Yosodiningrat bersama masingmasing ketua partai pendukung lainnya. Megawati mengajak warga Lampung memilih Jokowi-JK yang sudah jelas keberhasilannya dalam memimpin. Misalnya Jokowi yang telah memimpin DKI Jakarta dan Solo, sementara JK juga pernah menjadi wakil presiden dan dikenal sebagai mediator ulung. “Jangan lupa untuk mencoblos calon yang memakai baju kotak-kotak. Saya sekarang pakai baju kotak-kotak. Nanti kalau bapak-bapak dan ibu-ibu ke TPS jangan lupa coblos capres yang pakai baju kotak-kotak,” kata Mega sambil menunjukkan baju yang dia pakai. (UIN/U10)

Rankaian Kampanye Megawati Soekarnoputri di Enggal, Bandar Lampung.

diskusi grup terfokus tentang penyelenggaraan haji di kantor PBNU Jakarta, Selasa (24/6). Menurut Hafidz, pihak PBNU telah merespons positif usulan tersebut karena mema­ hami di negara Timur Tengah mempunyai kementerian haji tersendiri. PBNU akan me­ nyampaikan usulan kemen­ terian haji dan rekomendasi lainnya tersebut kepada kedua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden untuk menjadi bahan masukan pe­ merintahan ke depan. Menurutnya,wacanapemben­ tukan badan haji yang memisah­ kan peran Kemenag dalam pe­ nyelenggaraan haji tidak setara karena urusan haji merupakan G to G (government to goverment), mesti dengan Kementerian Haji tersendiri. (MI/U3)

:: LAMPUNG POST :: Rabu, 25 Juni 2014  
Advertisement