Issuu on Google+

±

±

CMYK

± Terbit Sejak 1974 Sirkulasi: (0721) 788999 Layanan Umum: (0721) 783693 Iklan: (0721) 774111 SMS: 0815 4098 5000 Redaksi (0721) 773888 SMS: 0812 7200 999

sabtu, 2 maret 2013

T E R U J I T E PERC AYA

www.lampost.co

No. 12719

±

TAJUK Aktris Anne Hathaway meminta maaf pada perancang busana Valentino... Hlm. 16

Dari 852 ruko di Bandar Lampung, 772 di antaranya belum berizin... Hlm. 17

Bela Wong Cilik Sebatas Cita-cita

Herman H.N. Wali Kota Bandar Lampung

n MI

KESEHATAN merupakan hak asasi manusia yang wajib dihor­ mati, dilindungi, dan dipenuhi setiap negara beradab. Kewajiban itu dilakukan antara lain dengan cara menciptakan persamaan akses pelayanan n DP. RAHARJO kesehatan dan menyediakan anggaran yang memadai. Indonesia selaku negara beradab mencantumkan dalam konstitusi perihal kewajiban negara di bidang kesehatan. Akan tetapi, kewajiban itu masih indah sebatas teks. Tidak sedikit warga negara, terutama orang miskin, yang diping­ girkan dalam pelayanan kesehatan. Orang miskin seakan dilarang sakit di negeri ini. Pemerintah baru sebatas berkewajiban membayar iuran jaminan kesehatan bagi fakir miskin dan tidak mampu. Itulah kewajiban pemerintah yang diperintahkan Pasal 17 Butir 4 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. Mestinya, pemerintah juga berkewajiban untuk memasti­ kan tidak ada rumah sakit yang menolak pemegang kartu ja­ minan kesehatan. Itu yang sering lalai dilakukan pemerintah. Sedikitnya ada empat kartu jaminan kesehatan. Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) dan Jaminan Persali­ nan (Jampersal) dikelola Pemerintah Pusat melalui Askes. Ada pula Jaminan Kesehatan Semesta (Jamkesta) dan Jami­ nan Kesehatan Daerah (Jamkesda) yang dibiayai APBD. Perbedaan keempat kartu jaminan kesehatan itu terle­ tak pada peruntukan. Jamkesmas, Jamkesta, dan Jamkesda hanya didedikasikan bagi warga yang belum mampu, se­ dangkan Jampersal berlaku untuk semua warga. Dalam praktek di berbagai daerah di Indonesia, kartu Jam­ kesda malah diperjualbelikan. Di Depok, Jawa Barat, misal­ nya. Kartu Jamkesda diperjualbelikan antara Rp500 ribu dan Rp2 juta per orang. Sedangkan di Bandar Lampung ditemu­ kan kasus kartu Jamkesda dijual Rp10 ribu per orang. Jamkesda juga sudah menjadi komoditas politik. Setiap calon kepala daerah berlomba-lomba menjanjikan pe­ layanan kesehatan gratis. Ironisnya, hampir semua daerah di Indonesia menunggak biaya Jamkesda yang berujung orang miskin ditolak rumah sakit. Sejauh ini memang belum ditemukan kasus rumah sakit menolak pasien miskin di Provinsi Lampung. Akan tetapi, tidak sedikit daerah yang menunggak pembayaran ja­minan kesehatan di rumah sakit. Kasus itu ditemukan di lima daerah, yaitu Bandar Lampung, Lampung Selatan, Lampung Utara, Way Kanan, dan Lampung Barat. Kita percaya, sangat percaya, daerah berutang Jamkesda bu­ kan karena bangkrut. Dana itu pasti ada karena sudah diang­ garkan dalam APBD. Persoalan yang sering terjadi ialah dana itu dipakai untuk kebutuhan daerah yang lebih mendesak. Kepatuhan pemerintah daerah membayar dana Jam­ kesda tepat waktu tentu mencerminkan adanya komitmen yang kuat untuk berpihak kepada rakyat kecil sekalipun. Jangan sampai keberpihakan kepada wong cilik hanya se­ batas cita-cita. n

n Lampung Post.DOK

PDIP-Golkar Percepat Kota Baru TELUKBETUNG UTARA (Lampost): PDI Perjuangan dan Partai Golkar sepakat mempercepat pengesahan peraturan daerah tentang pembangunan kota baru di Lampung Selatan. Komitmen mempercepat realisasi kota baru itu disam­ paikan Ketua DPD I Golkar Lampung M. Alzier Dianis Thabranie, saat bertemu de­ ngan Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. di ruang kerja Gubernur, Jumat (1-3). Selain sebagai gubernur, Sjachroedin juga menjabat sebagai ketua DPD PDIP Lampung. “Fraksi Golkar mendukung percepatan perda sebagai payung pembangunan kota baru. Ini untuk kepentingan masyarakat dan tidak boleh dihambat hanya karena kepen­ tingan politis,” ujar Alzier. Alzier berjanji akan meng­ hadap Menteri Kehutanan Zulki­ fli Hasan untuk menyelesaikan permasalahan kota baru.

A

lzier tahu tentang prosedur itu, kan pernah di (ketua DPC) PDIP Lampung Selatan. Apalagi pernah menjadi gubernur secara de jure, kekalahan awal kemenangan.

±

i TAHUN XXXVIII

Rp3.000

±

±

24 Hal.

“Saya segera menghadap Menteri Kehutanan, apala­ gi kementerian kan sudah me­n yetujui konversi hutan produksi,” kata Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Kehutanan itu. Ketua Panitia Khusus Ra­ perda Kota Baru DPRD Lam­ pung Farouk Danial mem­ bantah adanya muatan politis dalam penyusunan Raperda Kota Baru. Pansus sedang menunggu berita aca­r a pe­ nyerahan izin prinsip tentang pembebasan lahan pengganti. “ Tidak ada yang meng­ hambat. Ini hanya prosedur adminis­t rasi dan pekan de­ pan draf perda diserahkan ke pimpinan Dewan,” kata politisi Partai Gerindra itu.

Pertama Kali Pertemuan Sjachroedin dan Alzier kemarin merupakan yang pertama kali sejak men­ jelang Pemilihan Gubernur Lampung 2002 silam. Namun, keduanya mengaku sering ber­ temu langsung tanpa diketahui banyak orang. “Kami memang baru per­ tama kali ini muncul bersama di depan publik. Tapi kalau pertemuan pribadi apa ada yang tahu? Apa ada yang tahu kami bertemu di Batam?” ujar Alzier sambil tersenyum. Alzier mengaku berkunjung ke Kantor Gubernur untuk me­ minta Sjachroedin membuka ­acara Nahdlatul Ulama (NU) pada Minggu (3-3). Namun, spekulasi yang berkembang me­ nyebutkan pertemuan tersebut masih berkaitan rencana koalisi PDIP dan Golkar dalam pemilih­ an gubernur mendatang. “Saya dengan Alzier saudara, saya dukung Alzier, tapi ke­ putusan (pencalonan) di PDIP tergantung pusat. Alzier tahu tentang prosedur itu, kan per­ nah di (ketua DPC) PDIP Lam­ pung Selatan. Apalagi pernah menjadi gubernur secara de jure, kekalahan awal kemenang­ an,” kata Sjachroedin. Alzier menambahkan se­ lama ini tidak memiliki per­ soalan dengan PDIP dan Sjach­ roedin. Ia juga membantah sa­ ling berkonflik dengan Sjach­ roedin. “Tidak benar jika kami dituduh berseberangan. Saya dan Gubernur masih keluarga dan ini bagian dari silaturahmi keluarga,” ujar dia. Menanggapi pertemuan ke­ dua tokoh Lampung yang kerap berseteru itu, akademisi Univer­ sitas Lampung Arizka Wargane­ gara melihat sebagai sinyal baik bagi konstelasi politik Lampung. “Sudah ada silaturahmi antara kedua elite tersebut walaupun dalam konteks koalisi politik masih banyak kemungkinan,” ujarnya. (VER/CR-2/MIN/R-4)

Wayne Rooney � AP

n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

PELUKAN Dua TOKOH. Dua tokoh politik Lampung, Sjachroedin Z.P. dan M. Alzier Dianis Thabranie, berpelukan usai melakukan pertemuan di ruang kerja Gubernur Lampung, Jumat (1-3). Kedatangan Alzier ke Kantor Gubernur merupakan yang pertama kali sejak Sjachroedin menjabat gubernur Lampung.

OAS IS PARTAI POLITIK

CMYK

Keringat dan Bakteri

Ketua Umum Demokrat dari Internal JAKARTA (Lampost): Partai Demokrat melakukan kon­ solidasi internal dan memper­ siapkan nakhoda baru untuk menggantikan Anas Urbaning­ rum sebagai ketua umum. Sejumlah nama mulai ber­ edar. Tak hanya datang dari internal partai, juga dari luar partai, antara lain KSAD Jen­ deral TNI Pramono Edhie Wi­ bowo, Menko Polhukam Djoko Suyanto, dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo. Sementara dari internal adalah Sekjen Demokrat Edhie Baskoro Yudho­yono (Ibas) dan anggota Majelis Tinggi Marzuki Alie. Ketika dimintai tanggapan­

nya, Marzuki Alie mengatakan pengganti Anas sebaiknya tidak berasal dari luar partai. “Saya jamin internal. Kalau tidak internal itu akan menim­ bulkan kesalahpahaman,” ujar Marzuki Alie, Jumat (1-3). Marzuki yakin Ketua Ma­ jelis Tinggi Susilo Bambang Yudhoyono tidak akan memi­ lih calon nonkader. Karena Demokrat adalah partai ka­ der, tidak mungkin orang luar tiba-tiba masuk dan menjadi ketua umum. “Nanti dipikir parpol ini SBY fans club ber­ bahaya bagi demokrasi. Saya yakin SBY punya pikiran yang sama,” katanya.

APAKAH Anda pernah mendengar un­ gkapan “berkeringat itu sehat”? Hal tersebut bukanlah sebuah ungkapan main-main. Cairan yang keluar dari kulit tersebut adalah pelindung tu­ buh dari jamur, bakteri, dan vi­ rus jahat. Tim peneliti gabungan dari n DP. RAHARJO empat universitas terkemuka di Eropa menyimpulkan keringat memiliki fungsi antibiotik alami yang ampuh membunuh biang penyakit itu pada titik terlemahnya. Dari pengamatannya, para peneliti menemukan zat ala­ mi yang disebut antimicrobal peptides (AMP) yang mampu menghambat perlawanan bakteri sehingga lebih ampuh menyerang biang penyakit yang menempel di kulit. Bak­ teri yang bisa diserang, di antaranya penyebab tuberkulo­ sis (TB), Mycobacterium tuberculosis. “Sekarang kita tahu lebih perinci bagaimana (keringat) ini bekerja sebagai antibiotik alami, kita dapat menggunakan ini untuk membantu pengembangan yang lebih efektif dari­ pada antibiotik konvensional,” ujar salah satu peneliti dari Universitas Edinburgh, Inggris, Ulrich Zachariae. (MI/R-4)

Kemarin, SBY kembali me­ manggil 33 DPD Demokrat seIndonesia untuk konsolidasi terkait rencana kongres luar biasa (KLB). Mereka akan menggelar rapat sore ini di Cikeas. Sedangkan KLB akan dige­ lar setelah Majelis Tinggi merestrukturisasi dan re­ posisi kepengurusan di DPP dan Fraksi Demokrat DPR. Kini, SBY tengah menyusun formasi yang baru. “Sedang disusun untuk menempat­ kan orang yang tepat di tempat yang tepat,” kata Ketua DPP Demokrat Sutan Bathoegana. (MI/R-4)

LA LIGA

Kemenangan demi Jaga Gengsi MADRID—El Clasico jilid IV antara Real Madrid dan Barcelona kembali tersaji malam ini (2-3) di Santiago Bernabeu. Bentrok kali ini di La Liga menjadi agenda balas dendam bagi Barca. Tengah pekan lalu di leg II semifinal Copa del Rey, Los Blancos memper­ malukan El Barca 3-1 di Nou Camp untuk merebut tiket final. Hal itu menjadi tamparan keras bagi gaya permainan tiki-taka yang kini sudah tidak superior lagi. Permainan indah kaki ke kaki mampu diredam Jose Mourinho de­ ngan strategi bermain disiplin dan fokus yang ditunjang serangan balik cepat. Kini, strategi tersebut layak diwaspadai Barca yang cukup longgar

±

±

di lini pertahanan. Apalagi dua kekalahan beruntun, sa­ tunya lagi dari AC Milan di ajang Liga Champions, setidaknya bisa meme­ ngaruhi mental para pemain. Pelatih sementara, Jordi Roura, memikul beban berat untuk membangkitkan mental anak asuhnya menghadapi laga superberat ini. Dilema juga dirasakan Jose Mourinho di kubu Madrid. Meskipun performa anak ,,asuhnya sedang menanjak, The ,,,,,,,, Special One dipusingkan dengan mepet­ nya jadwal dengan Liga Champion, yak­ ni tiga hari ke depan harus bertandang ke markas Manchester United pada leg II babak 16 besar dengan skor 1-1 hasil pertemuan pertama.

±

Cristiano Ronaldo

Barcelona (4-3-3) Pelatih: T.Vilanova/J. Roura

Real Madrid (4-2-3-1) Pelatih: Jose Mourinho

2-Alves

6-Xavi

Siaran langsung TransTV, Sabtu (2-3) Pukul 22.00 WIB

19-Modric

17-Pedro

17-Arbeloa 14-Alonso

5–Puyol 1-Valdes 14–Mascherano

18–Alba

2–Varane 16–Busquets

8–Iniesta

10–Messi

25-Lopez

9-Benzema 10–Ozil 6-Khedira

7–Villa

7–Ronaldo

4–Ramos

12–Marcelo

� FOTO: REUTERS, GRAFIS: JADS

Kondisi tersebut bisa jadi membuat Mou memarkir beberapa pemain inti. Sebab, kesempatan merebut titel lebih 10 Rooney terbuka di Liga Champions dibanding­ kan La Liga, tempat Cristiano Ronaldo dkk. tertinggal 16 poin dari Barca.

Ap a p u n ya n g t e r j a d i d i d u a kubu, pertandingan dua musuh bebuyutan tetap akan berlangsung seru dan keras. Gengsi menjadi pertaruhan dalam setiap bentrok kedua tim. (LUG/R-4)

±

±


–

SABTU, 2 MARET 2013 LAMPUNG POST

–

–

CMYK

CMYK

–

3

Penetapan DP Rawan Intervensi Partai BANDAR LAMPUNG (Lampost): Penetapan daerah pemilihan (DP) di daerah rawan intervensi partai besar. Untuk itu, KPU diminta netral dengan mengakomodasi kepentingan seluruh partai. Hal itu dikemukakan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lampung Nazarudin. Menurutnya, penetapan DP di beberapa kabupaten terindi kasi adanya permainan partai. Pihaknya menerima pengaduan sejumlah partai politik atas kinerja KPU yang memaksakan pembengkakan DP. Hal itu dinilai merugikan partai-partai kecil dan menengah. “DP yang ditetapkan KPU kabupaten ini tidak sesuai dengan PKPU Nomor 5/2013. Mereka memaksakan DP jadi gemuk tanpa memperhatikan unsur proporsional,” kata Nazarudin, Jumat (1-3). Dia mengatakan KPU belum

menjalankan tugas secara netral dan independen, bahkan membuat partai kecil dan menengah kecewa karena tidak berpihak pada kepentingan bersama. “Harusnya KPU itu bisa objektif dan memperhatikan psikologis semua partai politik,” ujarnya. Anggota Bawaslu Lampung Ali Sidik mengatakan pihaknya menemukan banyak kabupaten yang terlalu memaksakan penambahan DP, seperti Lampung Tengah, Lampung Barat, dan Tanggamus. Pembengkakan DP dinilai merugikan partai karena sebaran jumlah kursi sangat menguntungkan partai besar

dan mapan. “Saya melihat di Lampung Tengah DP-nya membengkak dua kali lipat dari sebelumnya lima menjadi 10 DP,” ujarnya.

D

P yang ditetapkan KPU kabupaten ini tidak sesuai dengan PKPU Nomor 5/2013. Mereka memaksakan DP jadi gemuk tanpa memperhatikan unsur proporsional.

Revisi DP Bawaslu berjanji menindaklanjuti laporan partai. Bawaslu Lampung akan menyampaikan keluhan partai kepada Bawaslu dan KPU Pusat sebagai pertimbangan dalam

–

„ LAMPUNG POST/ANDIKA SUHENDRA

SAMPAIKAN ASPIRASI. Kader Golkar Bangunrejo, Lampung Tengah, menyampaikan aspirasinya kepada Ketua DPD II Achmad Junaidi Sunardi dalam konsolidasi di Balai Kampung Bangunrejo, Kamis (28-2).

–

memutuskan DP. Ketua Badan Pemenangan Pemilu dan Pemilukada PKS Lampung Ade Utami Ibnu mengatakan usulan penambahan DP merugikan beberapa partai politik. KPU dinilai tidak mengakomodasi masukan partai politik. “Bayangkan jika satu DP jumlah kursinya hanya tiga. Padahal, jumlah partai ada 10,” kata Ade saat menyampaikan keberatannya kepada KPU Provinsi Lampung, Kamis (28-2). Dia berharap KPU di beberapa kabupaten merevisi penambahan DP, sekaligus mengharapkan KPU bekerja lebih independen dan mengakomodasi kepentingan 10 partai politik. “Kami sudah laporkan ini. Mudah-mudahan menjadi pertimbangan KPU Pusat,” ujar dia. (CR-2/U-2)

„ LAMPUNG POST/YUDHI HARDIYANTO

HASIL PENJARINGAN CALON. Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Lampung Sjachroedin Z.P. menerima berkas hasil penjaringan bupati dan wakil bupati Lampung Utara periode 2014—2019 dari Ketua DPC PDIP Lampung Utara Zainal Abidin, saat rapat konsolidasi DPD PDIP Provinsi Lampung di rumah dinas bupati setempat, Jumat (1-3).

PEMENANGAN PEMILU

PARTAI POLITIK

Kader PDIP Diminta Solid

PKPB Bebaskan Kader Pilih Partai

K O TA B U M I ( L a m p o s t ) : P a r t a i Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Provinsi Lampung bertekad menangkan pemilihan umum, baik pemilihan legislatif, presiden, maupun kepala daerah. Kader diminta bersatu untuk kemenangan partai berlambang banteng bermoncong putih ini. Demikian dikemukakan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Provinsi Lampung Sjachroedin Z.P. dalam rapat konsolidasi DPD PDIP di rumah dinas Bupati Lampung Utara, Jumat (1-3). Demi kemenangan pemilu, Sjachroedin mengimbau kader untuk tetap solid sehingga partai semakin kuat. “Setiap kader mesti menyatukan barisan, sehingga PDIP satu suara memenangkan pemilu.” Dia menambahkan kekompakan dan kebersamaan harus dimulai dari seluruh tingkatan, baik pengurus DPD, dewan pimpinan cabang (DPC)

di kabupaten/kota, lalu pimpinan anak cabang (PAC) di kecamatan sampai ke tingkat desa serta dusun. Menurut Gubernur Lampung, hal itu dilakukan agar kader PDIP yang mencalonkan diri pada pemilihan legislatif, presiden, dan kepala daerah dapat memperoleh kemenangan dengan mudah. Selain itu, kader PDIP juga diminta menjadikan partai lebih besar dan tetap lantang menyuarakan suara masyarakat kecil. Pada rapat konsolidasi itu, Sjachroedin menerima berkas hasil penjaringan Bupati dan Wakil Bupati Lampura periode 2014—2019. Penyerahan berkas diserahkan langsung oleh Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Lampung Utara Zainal Abidin. Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPC PDIP Way Kanan Bustami Zainuddin. (YUD/U-2)

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB) membebaskan kadernya mencalonkan diri dari partai pilihan pada pemilihan legislatif 2014. PKPB merupakan partai yang tidak lolos verifikasi peserta Pemilu 2014. Ketua PKPB Lampung Sunardi mengatakan pihaknya membebaskan anggota legislatif untuk maju kembali melalui 10 partai politik yang lolos verifikasi. Menurutnya, hal itu dilakukan agar karier politik kader PKPB tidak mati, meskipun kini mereka tidak lagi

membawa bendera PKPB. Anggota Komisi III DPRD Lampung ini, Jumat (1-3), memastikan pihaknya tidak mengintervensi kadernya untuk memilih partai tertentu. Pasalnya, pengurus pusat tidak melakukan merger dengan partai tertentu. Hal itu mempermudah kader untuk memilih partai sebagai kendaraan politik maupun afiliasi. “Kami tidak mengarahkan mereka gabung dengan partai A ataupun partai B. Mereka bebas memilih partai sesuai dengan kecocokan mereka,” ujarnya. (CR-2/U-2)

–

ASPIRASI DAERAH

DPD Kurang Ruang Rumuskan UU YOGYAKARTA (Lampost): Dewan Perwakilan Daerah tidak diberi peran signifikan dalam perumusan undangundang. Demikian dikemukakan peneliti pusat kajian antikorupsi fakultas hukum Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Hifdzil Alim, Jumat (1-3). “Hal itu menyebabkan un dang-undang (UU) yang dihasilkan DPR tidak sesuai aspirasi daerah, bahkan banyak UU yang kontradiktif antarmasing-masing UU,”

–

–

CMYK

–

kata dia, pada Focus Group Discussion (FGD) RUU tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD, di Yogyakarta. Menurut dia, perlu ada perubahan UU tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD sebagai bentuk penyempurnaan terhadap penggantian atas UU Nomor 27 Tahun 2009. Anggota DPD asal Provinsi Papua Paulus Sumino mengatakan tujuan keberadaan DPD di legislatif bertujuan membawa aspirasi daerah menjadi kebijakan nasional. (ANT/U-2)

CMYK

–

–


±

±

CMYK

NASIONAL LAMPUNG POST

Masa Kerja UPK PNPM Tetap Dibatasi

KORUPSI HAMBALANG

KPK Jadikan Muhammad Noer Tersangka balang,” kata Juru Bicara KPK Johan Budi, di gedung KPK, Jakarta, Jumat (1-3). Ia disangka melanggar Pasal 2 Ayat (1) dan atau Pasal 3 Undang-undang Tipikor junto Pasal 55 Ayat (1) KUHP. Menurut pasal tersebut, tersangka diduga memperkaya diri sendiri atau korporasi dengan menyalahgunakan wewenang dan merugikan keuangan negara dan diancam 20 tahun

penjara. Noer bukanlah orang baru dalam kasus tersebut. Ia pernah disebut tersangka kasus Wisma Atlet SEA Games Muhammad Nazaruddin. Dia berperan sebagai perwakilan Adhi Karya yang menyanggupi pemberian fee Rp100 miliar. Uang tersebut adalah kompensasi kemenangan PT Adhi Karya dalam proyek Hambalang. Dana kemudian diserahkan

Noer bersama Mahfud Soeroso kepada Yulianis, direktur Keuang­an Grup Permai. Dana Rp50 miliar, kata Nazar, digunankan untuk pemenangan Anas dalam Kongres Demokrat pada 2010. Nazar juga Noer juga disebut punya hubungan kekeluargaan dengan Athiyah Laila. Dengan dijadikannya Noer sebagai tersangka, KPK sudah menetapkan empat tersangka dalam kasus tersebut. (MI/U-2)

BOM IRAK

Korban Tewas Capai 22 Jiwa BAGDAD (Lampost): Sedikitnya 22 orang tewas akibat aksi pengeboman di Bagdad dan sekitarnya, Kamis (28-2). Seorang pejabat Kementerian Dalam Negeri mengatakan satu bom mobil meledak di dekat lapangan bola di wilayah Shuala Bagdad, diikuti oleh ledakan kedua setelah pasukan keamanan tiba di lokasi kejadian.

±

Saat ini maksimal menjabat tiga tahun setiap periode. Ke depan, mungkin bisa kami tambah setiap satu periode memimpin lima tahun.

4

n ANTARA/NILA FU’ADI ALQURAN RAKSASA. Peserta Konferensi Persatuan Parlemen Anggota OKI (PUIC) mengagumi 30 juz Alquran raksasa yang terbuat dari ukiran kayu dan dikerjakan selama sembilan tahun di Pondok Pesantren Modern IGM, Gandus, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (28-2). The Parliamentary Union Of The OIC Member States (PUIC) Conference berlangsung pada 24—31 Januari yang diikuti 51 negara Islam.

JAKARTA (Lampost): Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan tersangka baru Tubagus Muhammad Noer dalam proyek pembangun­an Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) Hambalang. Noer adalah kepala Divisi Operasional PT Adhi Karya. “TB MN kondisinya sebagai pihak kontraktor dalam kaitan dengan pembangunan Ham-

±

Agung Laksono

INTERNASIONAL sabtu, 2 maret 2013

CMYK

Ledakan itu menewaskan sedikitnya 19 orang dan melukai 30 lainnya. Sementara tiga orang tewas ditembak di Irak Utara, kata para pejabat keamanan dan medis. Dengan aksi kekerasan terbaru, lebih dari 210 orang telah tewas dan lebih dari 550 orang terluka dalam serangan pada Februari. Orang bersen-

CMYK

jata juga membunuh seorang komandan dalam milisi Sahwa anti-Qaeda dan milisi lain. Tidak ada kelompok yang me­ ngaku bertanggung jawab atas serangkaian serangan itu. Kekerasan di Irak turun secara signifikan dari puncaknya 2006—2007. Selama 10 tahun setelah invasi pimpinan AS pada 2003 yang mengguling-

kan diktator Saddam Hussein, serangan masih terjadi hampir setiap hari. Wakil Perdana Menteri Hussein al-Shahristani mengatakan 4.000 tahanan telah dibebaskan sejak awal tahun ini. Beberapa di antaranya dapat meminta kompensasi jika mereka tidak bersalah atas satu kejahatan. (MI/U-2)

±

JAKARTA (Lampost): Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono menolak tuntutan pencabutan erata (draf) petunjuk teknis operasional (PTO) X, yang mengatur masa kerja pengurus unit pelaksana kegiatan (UPK) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri maksimal dua kali periode. “Masa tugas pengurus UPK wajib dibatasi. Capek juga kami melihat pengurus UPK yang tidak perform terusmenerus menjabat di sana,” ujar Menko Kesra usai membuka Seminar Nasional UPK PNPM Mandiri Pedesaan (PNPM-MP), di Solo, kemarin. Penegasan itu diungkapkan Menko guna menanggapi penolakan terhadap penerapan erata PTO X yang dilakukan mayoritas pengurus UPK Jawa Tengah yang mengikuti seminar. “Kalau masa kepengurusan dibatasi, setelah selesai kita mau kerja apa?” kata salah satu pengurus UPK yang menolak disebut namanya. UPK adalah salah satu unit yang dibentuk oleh m u s yawa r a h a n t a r d e s a (MAD). Tugasnya, mengelola seluruh kegiatan PNPM-MP di masing-masing kecamat­ an. Kegiatan itu meliputi pembangunan prasarana,

seperti pendidikan, kesehat­ an, kegiatan ekonomi, serta pengelolaan administrasi keuangan. Satu UPK umumnya terdiri dari satu ketua, sekertaris, dan bendahara. Pada kesempatan itu, Menko mengungkapkan sejumlah alasan mengapa masa kepengurusan UPK perlu dibatasi, antara lain untuk merotasi pengurus yang dianggap tidak bekerja dengan baik dan menghindari praktik korupsi dana PNPM yang dilakukan pengurus. Kendati menolak mencabut penerapan Erata PTO X, Menko berjanji mengakomodasi sejumlah tuntut­ an. Salah satu yang bakal ditinjau ulang adalah masa periode setiap sekali menjabat. “Saat ini maksimal menjabat tiga tahun setiap periode. Ke depan, mungkin bisa kami tambah setiap satu periode memimpin lima tahun,” ujarnya.

Kurangi Korupsi Deputi Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Bidang Penanggulangan Kemiskinan Sujana Royat menegaskan erata PTO X perlu diterapkan untuk meng­urangi berbagai praktik korupsi dalam pelaksana­ an PNPM. Dalam tujuh tahun pelaksanaan, kata dia, kebocoran PNPM Mandiri mencapai Rp200 miliar. Para pelaku pembocoran kebanyakan pengurus dan fasilitator yang mendampingi warga miskin dalam menjalankan program. Menurut Sujana, dana PNPM yang dikorup sekitar 0,13% dari total dana PNPM yang telah digelontorkan. Saat ini, terdapat sekitar 40 kasus korupsi dana bantuan langsung masyarakat (BLM) untuk PNPM. Menurut Sujana, sebagian besar pelaku korupsi adalah oknum tenaga fasilitator progam. Saat ini sudah ada 17 orang fasilitator yang menjadi buron karena telah masuk daftar pencari­ an orang (DPO) polisi, sementara 1 orang fasilitator telah ditangkap. (MI/U-1)

KASUS CENTURY

Demokrat Tolak Timwas Libatkan Anas JAKARTA (Lampost): Fraksi Partai Demokrat menolak T i m P e n g awa s ( T i mwa s ) Bank Century yang melibatkan mantan Ketua Umum Anas Urbaningrum. Timwas dinilai mempolitisasi kasus Century. “Ada oknum-oknum yang bermain pergi ke rumah Anas, pengin sensasional dan disorot televisi,” kata anggota Timwas Bank Century dari Fraksi Partai Demokrat Sutan Bhatoegana, Jumat (1-3).

Sutan mengingatkan ketika memanggil bekas Ketua KPK Antasari Azhar dan mantan Wapres Jusuf Kalla, timwas tak membuahkan hasil apa-apa. Menurutnya, hal itu hanya panggung politik. Dia melanjutkan tidak ada relevansi timwas memanggil Anas. Mengingat, Anas sen­ diri pernah menjadi anggota Panitia Khusus Hak Angket DPR untuk Bank Century. “Pak Anas itu ketum Demokrat 2010. Kasus Cen-

tury 2008. Relevansinya apa? Kalau Pak Anas bilang tahu semuanya, dia berarti bohong. Pembohongan publik dong karena dia pernah jadi anggota pansus,” ujar Sutan. Ia pun berharap tak ada politisasi lagi. Pasalnya, ­tudingan aliran dana bailout senilai Rp6,7 triliun mengalir ke Demokrat pun sudah terbantahkan. “Kalau panggil Anas, orang ketawa nanti,” katanya. (MI/U-2)

CMYK

±


±

±

CMYK

DAERAH Sabtu, 2 Maret 2013 LAMPUNG POST

CMYK

±

Ishak (Sekretaris Kabupaten Lampung Selatan) Saya minta PDAM Tirta Jasa, Kalianda, membuat air kemasan. Jadi, ketika ada kegiatan air kemasan yang dipakai adalah air kemasan produksi PDAM Tirta Jasa, Kalianda.

5 BADAN USAHA

PDAM Kalianda Diminta Produksi Air Kemasan

n LAMPUNG POST/M. IKHWANUDDIN

ORIENTASI KEPALA KAMPUNG. Bupati Lampung Tengah Ahmad Pairini menyerahkan tanda kelulusan kepada salah seorang kepala kampung yang menjadi peserta Orientasi Kepala Kampung 2013, kemarin. Orientasi di aula Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah di Kotagajah itu berlangsung sejak tiga haru lalu.

Pengecer Bensin pun Wajib Beli Pertamax LIWA (Lampost): Kelangkaan bensin (premium) melanda Lampung Barat dan Lampung Timur. Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Kabupaten Lampung Barat pun mewajibkan pengecer bensin untuk membeli pertamax di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Langkah itu untuk meningkatkan daya beli pertamax di sejumlah SPBU di Lampung Barat. Tim monitoring Dinas Koperindag mewajibkan pengecor yang menggunakan jeriken membeli pertamax senilai Rp10 ribu setiap pembelian 35 liter premium. Ketentuan pengecer yang mengecor wajib membeli pertamax setiap pembelian 35 litar premium itu diberlakukan di SPBU Kembahang dan Fajarbulan. Sementara di SPBU Biha setiap pembelian 70 liter, pengecor diwajibkan membeli pertamax senilai Rp10 ribu. “Mulai Februari kemarin, setiap pengecer yang membeli premium di tiga SPBU wajib membeli pertamax senilai Rp10 ribu setiap pembelian bensin sebanyak 35 liter dan 70 liter,” kata Kepala Seksi Perdagangan Dalam dan Luar Negeri Dinas Koperindag Lampung Barat Umar Hasan, mendampingi Kepala Dinas Koperindag Lampung Barat Zukri Amin kemarin. Umar menambahkan tiga SPBU di Lampung Barat yang diminta untuk mewajibkan pengecor membeli pertamax itu adalah SPBU Kembahang, Biha, dan Fajarbulan. Sedangkan SPBU Liwa sampai saat ini tidak ada pertamax. Bagi pengecer yang membeli premium di SPBU mulai Februari lalu ada ketentuan, yaitu setiap pembelian 35 liter premium, pengecor tersebut diwajibkan membeli pertamax senilai Rp10 ribu. Ketentuan itu diberlakukan bagi pengecer yang membeli

premium di SPBU Fajarbulan dan SPBU Kembahang.

Tidak Memberatkan Di SPBU Biha ketentuannya setiap pembelian 70 liter, pengecor diwajibkan membeli pertamax senilai Rp10 ribu. Ketentuan itu, menurutnya, bertujuan membantu peningkatan penjualan pertamax. Ketentuan itu hanya diberlakukan bagi para pengecer BBM dalam rangka membantu meningkatkan penjualan pertamax. Dia menjelaskan ketentuan pengecor membeli pertamax senilai Rp10 ribu tersebut tidak akan memberatkan pengecor karena jumlahnya hanya sedikit, yakni tidak sampai 1 liter. Umar Hasan juga mengingatkan agar pihak SPBU tidak lagi melayani kendaraan dinas yang hendak membeli premium. “Kalau ada yang melihat masih ada kendaraan dinas pejabat, baik roda empat dan roda dua yang masih membeli premium di SPBU, silakan wartawan mengambil fotonya dan dilaporkan,” kata dia. Berdasarkan hasil monitoring pihaknya selama dua hari berturut-turut, pada dasarnya ketersediaan BBM tetap seperti biasa atau cukup dengan pengiriman setiap hari. Hanya saja waktu pengiriman sampai di SPBU terlambat sehingga dalam beberapa jam premium langsung habis terjual. (ELI/D-3)

KALIANDA (Lampost): Se ­ kretaris Kabupaten Lampung Selatan Ishak meminta Per­ usahaan Air Minum Daerah (PDAM) Tirta Jasa, Kalianda, memproduksi air minum dalam kemasan. Dengan begitu, PDAM Tirta Jasa bisa memperoleh keuntungan dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan Pemkab Lamsel. “Saya minta PDAM Tirta Jasa, Kalianda, membuat air kemasan. Jadi, ketika ada kegiatan air kemasan yang dipakai adalah air kemasan produksi PDAM Tirta Jasa, Kalianda,” kata Ishak, Kamis (28-2), dalam kegiatan temu pamit Badan Pengawas PDAM Tirta Jasa di aula kantor PDAM setempat. Menurut Ishak, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan mengimbau PDAM Tirta Jasa untuk meningkatkan kinerja serta perbaikan fasilitas pelayanan yang dinilai hingga kini tidak berjalan dan terkesan jalan di tempat. Sebab, banyaknya permasalahan perusahaan PDAM Tirta Jasa, seperti faktor kondisi alat yang tua (pipa penyalur air bocor) sehingga saluran air ke masyarakat terhambat, serta tunggakan tagihan konsumen dalam setiap tahun mening­ kat. “Hingga kini, sejak berdiri 20 tahun yang lalu, memang belum ada peningkatan. Mari, bangkit dan mandiri untuk membangun kantor dan pelayanan PDAM ini,” kata Ishak kemarin. D a l a m ke s e mp at a n i t u , Ishak menegaskan kepada kepengurusan baru Badan Pengawas (BP) PDAM Tirta Jasa periode 2013—2016 agar lebih bersinergi antara peng­ awas dan pengurus beserta seluruh karyawan PDAM. Untuk mempunyai konsep dan pemikiran yang sama dalam memajukan serta peningkat­ an kinerja. “Untuk tugas BP yang baru ini, bagaimana mempelajari persoalan yang ada. Ini dilakukan dalam menanamkan rasa kepemilikan akan seluruh fasilitas yang ada sehingga berpikir bagaimana kantor PDAM lebih baik lagi,” kata dia. (TOR/D-3)


±

±

CMYK

sabtu, 2 Maret 2013 LAMPUNG POST

±

CMYK

DAERAH 6

INFRASTRUKTUR

DPRD Desak PU Perbaiki Jalan ±

KRUI (Lampost): DPRD Lam­ bar mendesak Dinas PU memperbaiki kerusakan ja­l an sepanjang 4 kilometer yang menghubungkan Sim­pangker­ bang, Pekon Pengga­walima, dan Pekon Gunungkemala, Kecamatan Way Krui. Anggota DPRD Lambar asal DP Pesisir, Dedi Ansori, mengatakan kerusakan jalan di jalan Liwa—Krui itu telah menimbulkan korban pengguna jalan. Dedi juga meminta agar Dinas PU Lambar berkoordinasi dengan PU provinsi

±

selaku yang membawahi pekerjaan perbaikan jalan di jalur tersebut. “Benar, jalan itu bukan tanggung jawab PU kabupaten, tetapi jangan seolah saling melemparkan tanggung jawab. Untuk itu, Dinas PU kabupaten segera berkoordinasi dengan Dinas PU provinsi untuk memperbaiki kerusakan tersebut, meskipun sebatas perbaikan sementara dengan melakukan penimbunan lubang yang berada di sepanjang jalan,” ujar dia, kemarin. (CK-3/D-1)

BAKTI SOSIAL

UPTD Puskesmas Serupa Indah Khitan Ratusan Anak WAY KANAN (Lampost): Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Serupa Indah, Kecamatan Pakuonratu, Kabupaten Way Kanan, melaksanakan khitanan massal di kantor UPTD setempat. Acara bakti sosial diselenggarakan bersamaan dengan pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kecamatan setempat, Rabu (27-2). Dalam sambutannya, Bupati Way Kanan Bustami Zainudin berharap kegiatan tersebut dapat memberi nilai lebih bagi masyarakat, khususnya masyarakat yang kurang mampu. “Dan mudahmudahan kegiatan ini dapat

meringankan masyarakat yang membutuhkan.” Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Way Kanan Edwin M. Rusli menyambut baik terselenggaranya khitan massal yang waktunya bersamaan dengan agenda MTQ Kecamatan Pakuonratu. Sebab, selain bermuatan sosial, di dalamnya ada unsur keagamaan dalam rangka meningkatkan kader keimanan masyarakat setempat. “Saya sangat mengaperesiasi kegiatan yang digelar ini, selain bermuatan sosial di dalamnya, ada kegiatan religi,” ujarnya. (HAR/D-1)

±

n LAMPUNG POST/HARI SUPRIYONO

ANAK JEMPOLAN. Bupati Way Kanan Bustami Zainudin, didampingi Kepala Dinas Kesehatan setempat Edwin M. Rusli, mengangkat jempol menandai anak yang baru saja dikhitan tak ada satu pun yang menangis karena takut.

n LAMPUNG POST/ANDIKA SUHENDRA

PERBAIKI ATAP TOKO. Pekerja memperbaiki atap toko di Pasar Kampung Ruktiharjo yang rusak diterjang angin puyuh, Jumat (1-3) sore.

Penanganan SK CPNS Palsu Undang Pertanyaan PRINGSEWU (Lampost): Berlarut-larutnya penanganan perkara SK CPNS palsu oleh pihak Polres Tanggamus mengundang pertanyaan masyarakat Kabupaten Pringsewu. Pasalnya, sejak kasus SK palsu mencuat ke permukaan sejak hampir dua bulan lalu, hingga kini tak diketahui adanya tanda-tanda para tersangkanya berhasil ditangkap. Suyudi, aktivis LSM Pringsewu, menginginkan Polda Lampung segera turun tangan menangani perkara tersebut. “Tujuannya agar penanganan kasus ini jangan berlarur-larut karena pihak polres belum ada kemajuan yang signifikan dalam mengusut kasus ini,” ujarnya, kemarin. Menurutnya, Bareskrim Mabes Polri hendaknya juga

ikut andil dalam penanganan perkara SK CPNS palsu di Pringsewu. Sebab, menurut dugaan, pelaku pembuat SK CPNS palsu daerah hanya sebagai kaki tangan dan menjadi korban dari oknum-oknum di pusat yang memang sudah profesional di bidang percaloan SK PNS. “Terungkapnya SK CPNS palsu di Kabupaten Pringsewu kami duga hanya sebagian kecil yang muncul ke permukaan. Jaringannya bisa dipastikan seIndonesia. Korban-korbannya juga dipastikan banyak sekali,” kata dia. Sementara itu, Ketua Aliansi

Mahasiswa Pringsewu (AMP) M. Iqbal W.T. menyangsikan penanganan perkara hukum yang melibatkan pihak berwajib, termasuk penanganan perkara CPNS palsu ini. Sementara Kapolres Tanggamus AKBP A. Djoko Widiyanto, saat dikonfirmasi, menjelaskan pihaknya sudah berupaya mencari pelaku pembuat SK palsu dari semua informasi yang ada. “Berdasarkan informasi yang didapat, polisi juga sudah melacak sampai ke Bogor dan Jakarta, tetapi tersangka tidak ditemukan,” kata dia. Kapolres mengatakan bila pelaku sudah tertangkap, baru akan ada pengembangan lebih lanjut. “Saat ini, polisi fokus pada tersangka yang diduga kuat terlibat pembuatan SK PNS palsu,” ujarnya. (WID/D-1)

PUTING BELIUNG

Warga Perbaiki Sejumlah Kerusakan SEPUTIHRAMAN (Lampost): Pascaterjangan puting beliung, Kamis (28-2), warga mem­perbaiki sendiri ke­ru­ sak­an yang terjadi, kemarin. Pemkab Lamteng melalui dua instansi terkait juga memverifikasi kerusakan yang terjadi. Hasil pendataan aparat Kampung Ruktiharjo, kerusakan rumah dan fasilitas umum terjadi di enam dusun, dengan kerusakan rata-rata pada atap rumah warga dan pohon tumbang. Angin puyuh yang mener­ jang Kampung Ruktiharjo beberapa waktu lalu itu didahului dengan hujan cukup lebat dan aliran listrik padam. Puting beliung pertama me­ ner­­jang Dusun VIII dan merobohkan puluhan batang dan menerbangkan atap rumah. Tak sedikit atap rumah warga

juga rusak akibat tertimpa pohon yang tumbang. Angin kencang yang me­ nim­­bulkan suara gemuruh terus bergerak ke arah pasar kampung dan menerbangkan belasan atap toko warga yang terbuat dari asbes. Atap pelataran parkir tak luput dari terjangan angin hingga roboh. Angin terus bergerak ke Kampung Ramagunawan dan merobohkan puluhan pohon dan menerbangkan atap rumah warga. Hasil pendataan aparat Kampung Ruktiharjo rumah rusak sebanyak 60 unit, lima fasilitas umum di antaranya Balai Kampung Ruktiharjo, SMK Muhamadiyah Seputihraman, TK Pertiwi, TK Al Quran, dan musala. Hingga kemarin, warga masih membersihkan sisa-sisa terjangan puting beliung. (DRA/D-1)

±

KESEHATAN GRATIS

Pengguna Meningkat, RSUD Liwa Beri Talangan LIWA (Lampost): Program Kesehatan Masyarakat Gratis (PKMG) sebagai salah satu pro­g ram unggulan Pemkab Lam­pung Barat diminati ma­ syarakat. Tak pelak jika RSUD Liwa hingga Desember 2012 memiliki total klaim sebesar Rp307,5 juta. Kepala Sub-Bidang (Kasub­ bid) Perencanaan dan Evalua­si RSUD Liwa Sahri, kemarin,

mengatakan PKMG diperuntukkan warga yang berdomisili di Lampung Barat tapi belum terkover dalam program ja­ min­a n kesehatan lainnya, seperti Jamkesmas, Jamkesda, Askes, dan lainnya. Bagi warga yang belum memegang kartu PKMG dapat melampirkan fotokopi KTP dan KK berikut surat rujukan dari puskesmas terdekat. “PKMG

hanya berlaku di puskesmas dan RSUD Liwa,” ujarnya. Sahri menambahkan pada 2012, RSUD Liwa menerima total anggaran Rp3 miliar, dana tersebut dalam praktiknya hanya mampu mengover biaya pelayanan kesehatan hingga November. Untuk memberikan pe layanan terhadap pasien rumah sakit, pihaknya harus

memberikan dana talangan. “Jelasnya, untuk Desember 2012 total klaim ke PKMG sebesar Rp307,5 miliar,” kata dia. Tentang kekurangan dana PKMB, pihak RSUD Liwa sudah memberi tahu Pemkab Lampung Barat agar membayar kekurangan tersebut. Dia menga­k u dengan ada­ nya program PKMG, animo

masyarakat untuk berobat ke rumah sakit cukup tinggi. Selama 2012, jumlah pel aya n a n k e s e h a t a n ya n g mengunakan kartu PKMG meningkat. Namun, dia tidak memungkiri jika pelayanan yang diberikan pihak rumah sakit belum sepenuhnya sempurna. “Tidak kami mungkiri kalau masih ada kekurangan,” ujarnya. (CK-I/D-1)

BUMD

±

±

Dimutasi, Pegawai PDAM Temui Pengawas SUKADANA (Lampost): Mutasi pegawai PDAM Way Guruh Kabupaten Lampung Timur mengundang protes. Kemarin, sebanyak 14 pegawai BUMD tersebut menemui Ketua Dewan Pengawas Iwan Nurdaya guna meminta Direktur P DA M s e te mp at u nt u k tidak sewenang-wenang dengan para karyawan. Sebelumnya, Direktur PDAM Way Guruh Ahmad Basri memutasi para kar­ ya­­wan yang kebanyakan murni karyawan PDAM, bukan mantan karyawan Lampung Timur Cemerlang (LTC) yang bergabung kemudian. Menanggapi isu mutasi yang dilakukan bernuasa dendam lantaran usianya

±

CMYK

yang menginjak 65 tahun tersebut dipersoalkan, Ahmas Basri menepis dugaan tersebut. “Mutasi ini semata untuk penyegaran karena sudah empat tahun tidak ada mutasi.” Usai mendapat penjelas­ an juru bicara karyawan PDAM Way Guruh, Dewan Pengawas yang juga Asisten II Pemkab Lamtim Iwan Nurdaya mengatakan akan berkoordinasi dengan Bupati Lamtim Erwin Arifin. “Nanti kami lihat, apakah SK itu harus dibatalkan atau akan ada penunjukan pejabat sementara (pjs.) direktur. Dewan Pengawas hanya bisa mengajukan usulan, sedangkan Bupati sebagai penentu,” ujar dia. Dalam penunjukan pjs.

±

direktur, Iwan Nurdya me­ nga­­takan pihkanya akan me­libatkan para pegawai PDAM setempat, apalagi penjaringan direktur yang baru diperkirakan akan memakan waktu enam bulan. Sementara itu, Sekkab Lamtim I Wayan Sutarja mengatakan sementara sebelum adanya penjaringan Ahmad Basri masih menduduki jabatannya sebagai direktur PDAM Way Guruh. (*/D-1) Terkait dengan mutasi tersebut, Panca Dinda Pertiwi selaku Personalia PDAM Way Guruh mengkhawatirkan omzet PDAM Rp100 juta per bulan akan merosot, karena ketiadaan gariah karyawan bekerja. (*/D-1)

n LAMPUNG POST/*

TOLAK DIMUTASI. Pegawai PDAM Way Guruh, Lampung Timur, mengadukan nasib mereka setelah dimutasi atasannya, beberapa hari lalu. Mereka bertemu Ketua Dewan Pengawas PDAM Way Guruh Iwan Nurdaya, kemarin.

CMYK

±


±

±

CMYK

RUWA

Kalau kembali dibangun jembatan gantung, kami khawatir jembatan kembali putus, makanya PU melakukan perhitungan untuk membangun jembatan permanen yang pelaksanaannya pada tahun 2014.

7

LAMPUNG POST

BEKRI (08.00 WIB)

±

Wates—Kalirejo. Sekretaris Format Berbe­ kas Suharno mengatakan selain tokoh masyarakat di lima kecamatan, ada ang­ gota DPRD Lampung Tengah dari daerah pemilihan 3 dan perusahaan swasta yang su­ dah menjadi anggota forum tersebut. Saat ini perusahaan yang sudah tergabung dalam forum adalah PTPN 7, PT Santosa Agrindo, PT Kalirejo Lestari, dan PT Kharisma Nusa Multi Niaga. Menurut Suharno, fo­ rum itu akan berkoordinasi dengan Dinas PU Provinsi Lampung terkait pembangun­ an jalan Wates—Kalirejo. Se­ bab, pihaknya harus memas­ tikan spesifikasi material yang akan disusun di jalan tersebut. Selain itu, setelah pemasang­ an batu sabes diharapkan Pemerintah Provinsi segera mengaspal jalan. “Kami akan mengajukan banyak proposal, kami juga berkoordinasi dengan Pem­ kab Lampung Tengah dan Pemprov Lampung terkait perbaikan jalan itu,” kata Suharno. (WAH/D-2)

KOTAAGUNG (10.00 WIB)

Listrik Tanggamus Terus Byarpet ±

HINGGA kini arus listrik di Kabupaten Tanggamus kerap diputus oleh PT PLN. Hal ini menimbulkan keluhan warga selaku konsumen BUMN tersebut. Seperti yang diung­ kapkan oleh Ahmad Junaedi, warga Pekon Gisting Atas, Kecamatan Gisting. Ia bah­ kan mengaku tak habis pikir mengapa PLN sering sekali melakukan pemadaman. Meskipun pemadaman tidak berlangsung lama, pe­ madaman itu sangat meng­ gangu aktivitas. “Sebentarsebentar mati, lalu hidup lagi, beberapa jam kemudian terang. Ini berlangsung set­ iap hari, baik pagi, sore atau tengah malam,” ujar dia, Kamis (28-2). Pemadaman yang ber­ ulang-ulang ini menimbulkan pertanyaan warga, apakah sebenarnya yang terjadi. “Ka­ lau memang terjadi kerus­ kan, mengapa tidak segera diperbaiki, toh konsumen rutin membayar,” kata dia. Sepengetahuan konsumen, ketika listrik padam, warga

sungkan untuk segera mema­ tikan dan saat listrik hidup kembali alat-alat tersebut akan menyedot tenaga yang besar. “Kabar yang beredar di kalangan warga seperti itu, kebenarannya saya juga tidak tahu.” Keluhan-keluhan terhadap buruknya pelayanan tersebut juga dilontarkan oleh salah satu anggota DPRD Tang­ gamus Akhmadi Sumaryato. Menurutnya, pelayanan dan kinerja PLN di Provinsi ini masih perlu ditingkatkan lagi. “Kami semua pasti mera­ sa kalap tatkala sedang asik bekerja dengan alat-alat yang menggunakan listrik tiba-tiba mati lampu,” katanya. Pasalnya, banyak kerugian yang ditimbulkan dari pem­ adaman seperti terganggu­ nya aktivitas kerja dan umur alat-alat elektronik yang tidak akan lama. “Keluhan warga atas ketidaknyaman­ an ini seharusnya menjadi bahan pemikiran PLN agar berusaha lebih baik lagi,” kata dia. (CK-2/D-1)

BARADATU (16.00 WIB)

±

METRO (10.30 WIB)

Lelang Proyek Islamic Center Tidak Cacat Hukum

Forum Lima Kecamatan Perbaiki Jalan Provinsi MERASA jengah dengan kon­ disi jalan Wates—Kalirejo yang rusak parah, tokoh masyarakat dan pengusaha di lima kecamatan berinisi­ atif mengumpulkan bahan untuk perbaikan jalan. Selain itu, rencananya banyak pro­ posal akan disampaikan ke berbagai pihak guna mendo­ rong percepatan perbaikan jalan tersebut. Tokoh masyarakat di lima kecamatan membentuk fo­ rum silaturahmi dengan nama Format Berbekas sejak beberapa waktu lalu. Berbe­ kas merupakan singkatan nama lima kecamatan, Bekri, Bangunrejo, Kalirejo, Anaktu­ ha, dan Sendangagung yang terlibat di dalamnya. Forum ini ingin mendo­ rong percepatan pemba­ ngunan oleh pemerintah dengan melibatkan partisi­ pasi masyarakat dan dunia usaha. Sebagai wujud nyata, forum ini kini telah berhasil mengumpulkan 117 rit batu sabes dan dana sebesar Rp8 juta yang rencananya akan digunakan untuk membantu pembangunan jalan provinsi

Warga Baradatu Keluhkan Sampah TEMPAT pembuangan akhir (TPA) sampah di Kampung Tiuhbalak, Kecamatan Bara­ datu, Kabupaten Way Kanan, sudah penuh dan tumpukan sampah sudah mencapai 3—4 meter. Warga setempat pun mengeluhkan bau me­ nyengat yang keluar dari tumpukan sampah tersebut. Pemantauan di lapangan, Jumat (1-3), terlihat tum­ pukan sampah yang meng­ gunung dan berserakan di sekitar TPA. Dari jalan lintas Sumatera pun sudah terlihat jelas kondisi TPA tersebut dan truk pengangkut sampah terkesan membuang sampah sembarangan. TPA yang berada di kam­ pung tersebut bersebelah­an dengan irigasi dan tidak menutup kemungkinan su­ dah ada yang jatuh ke aliran

±

±

Okmal (Kepala BPBD Lambar)

JURAI

sabtu, 2 maret 2013

CMYK

irigasi tersebut. Aliran iri­ gasi pun akan tercemar oleh sampah yang berjatuhan ke dalamnya. Masyarakat setempat kha­ watir akan terjangkit penya­ kit yang ditimbulkan oleh sampah tersebut. Pasalnya, banyak warga setempat yang mandi dan mencuci di irigasi yang sudah tercemar sampah itu. Warga mengharapkan agar tumpukan sampah itu bisa dikeruk dan dikelola dengan baik. Sementara itu, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dari Komisi A, Elyas Usman, mengata­ kan sebenarnya sudah ada anggaran untuk pengeru­ kan sampah tersebut. Ang­ garan tersebut sudah keluar September dan Desember 2012. (*/D-2)

CMYK

n DOKUMENTASI LANAL LAMPUNG.

KE PROKIMAL. Danlanal Lampung Kolonel Laut (E) Fery Sidjaja mendampingi Kadis Faslanal Laksma TNI Lefran Alanus Tuelah dan tim terpadu Mabes TNI AL yang dipimpin Brigjen TNI (Mar.) Wingky Soeindarwanto, yang menangani masalah sengketa lahan milik TNI AL Prokimal dengan masyarakat, di Kecamatan Kotabumi Utara, Kabupaten Lampung Utara, Senin (25-2) lalu.

Terpidana Mati Ajukan Grasi KALIANDA—Terpidana mati, Leong Kim Ping alias Away (40), warga negara Malaysia, akan mengajukan upaya hukum luar biasa, yakni peninjauan kembali (PK) dan grasi kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Hal ini diungkapkan Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejaksaan Negeri Ka­ lianda Pradana Probo Setyarjo, Kamis (28-2), ketika ditemui di ruang kerjanya. “Pernyataan terpidana mati Leong Kim Ping itu dinyatakan yang bersangkutan di Lembaga Pemasyarakatan Rajabasa, Bandar Lampung, pada Selasa (19-2),” ujar Pradana. Atas pernyataan Leong Kim Ping, kata dia, Korps Adhyaksa berpendapat PK dan grasi adalah hak terpidana. Namun, untuk batas waktu permoho­ nan PK tidak diatur dalam Undang-Undang Pasal 264 Ayat (3) KUHP dan berdasar­ kan UU RI No. 5/2010 ten­

tang Perubahan Atas UU No. 22/2002 tentang Grasi Pasal 7 Ayat (1), permohonan grasi dapat diajukan sejak putusan pengadilan yang memperoleh kekuatan hukum tetap. Selain itu, pada Ayat (2) per­ mohonan grasi sebagaimana dimaksud pada Ayat (1) diajukan paling lama dalam jangka waktu 1 tahun sejak putusan memper­ oleh kekuatan hukum tetap. “Jadi, dengan diundangkan­ ya UU RI No. 5/2010 tentang Perubahan Atas UU No. 22/2002 tentang Grasi, batas waktu pengajuan grasi yang diberikan kepada terpidana Leong Kim Ping pada Selasa (31 Desember 2013) mendatang,” kata dia. Meskipun upaya grasi dan

PK tidak menghalangi ek­ sekusi, kata Pradana, untuk upaya grasi waktunya 1 tahun. Sedangkan, upaya PK tidak ada batasan waktu. “Yang menjadi persoalan kami, Leong Kim Ping meru­ pakan terpidana mati. Untuk itu, kami belum tahu bagaima­ na hasil upaya hukum luar biasa yang dilakukan oleh ter­ pidana. Oleh karena itu, untuk bisa menjawabnya nanti pada tahun depan,” kata dia. Seperti diketahui, Majelis Hakim Mahkamah Agung (MA) menolak permohonan kasasi dari Leong Kim Ping alias Away (40), terpidana mati kasus kepemilikan sabusabu seberat 45 kg. Hal itu ter­ ungkap dalam surat petikan putusan Pasal 226 KUHP No. 2142 K/PID. Sus/2012 tertang­ gal 18 Desember 2012. Berdasar informasi yang dihimpun Lampung Post, Rabu (6-2), dalam surat petikan pu­

BLAMBANGAN UMPU (10.00 WIB)

Dua Anggota Polres Way Kanan Dipecat SIDANG etik dan disiplin ang­ gota Polri memberhentikan dua anggota yang melanggar. Mereka dikenai pemecatan tidak dengan hormat (PTDH) oleh Polres Way Kanan. Sidang digelar di Aula Adi Pradana Mapolres setempat, Kamis (28-2), pukul 10.00. Kedua anggota Mapolres Way Kanan yang dikenakan sanksi adalah Briptu Asep Indrawan, anggota unit Babin Basumda, serta Briptu Abe Ma­

nurung, anggota unit SPKT. Etik disiplin yang tidak mereka patuhi yakni tidak melaksanakan dinas selama lebih dari satu bulan. Briptu Asep telah meninggalkan tugas selama 46 hari kerja, terhitung sejak 1 September, sementara Briptu Rubara tehitung 28 Februari pada tahun 2011. Keduanya pun masih absen dalam kurun waktu proses penyelidikan hingga diputuskannya hasil

persidangan. Bertindak sebagai ketua sidang yakni Waka Polres Way Kanan Kompol Indra Widyat­ moko, dihadiri pengamat Pro­ pam dari Polda Lampung Aiptu Kasimudin. Sesuai Ketentuan Pasal 14 Ayat 1A Tahun 2003 tentang Tata Cara Pemberhentian Anggota Polri, setelah dilaku­ kan persidangan, mereka tidak lagi bertugas seperi biasanya. (*/LEH/-D-2)

n LAMPUNG POST/*

SAMPAH MENGGUNUNG. Warga Tiuhbalak melewati tempat pembuangan akhir (TPA) sampah yang sudah menggunung dengan ketinggian 3 meter—4 meter. Sampah yang tidak dikelola dengan baik tersebut dikeluhkan warga setempat.

±

tusan itu, memeriksa permo­ honan pidana khusus dalam tingkat kasasi telah memutus­ kan perkara terdakwa Leong Kim Ping. Dalam akta permo­ honan kasasi yang diajukan oleh terdakwa No. 04/Akta. Pid/2012/PN.Kld tertanggal 17 September 2012, telah mem­ baca surat-surat yang bersang­ kutan memperhatikan Pasal 114 Ayat (2) jo Pasal 132 Ayat (1) UU RI No. 35/2009, UU No. 48/2009, dan UU No. 8/1981. Lalu, UU No. 14/1985 seba­ gaimana telah diubah dan ditambah dengan UU No. 5/2004 dan perubahan kedua dengan UU No. 13/2009, meno­ lak permohonan kasasi dari pemohon kasasi/terdakwa Leong Kim Ping berdasarkan rapat permusyawaratan MA, 18 Desember 2012, oleh Majelis Hakim Komariah E. Supardjaja, Suhardi, Sri Murwahyuni, dan dibantu Rahayuningsing selaku panitera pengganti. (TOR/D-2)

PANITIA LPSE sudah bekerja sesuai prosedur dan penetap­ an PT Ujung Gunung sebagai pemenang tender proyek pem­ bangunan Islamic Center tidak cacat hukum. Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Kota Metro Edwin Sony menanggapi pernyataan Direktur PT CPP Abdul Wahid yang menilai proses lelang pembangunan Islamic Center Kota Metro sebesar Rp8,9 miliar cacat hukum. “Proses lelang sudah sesuai aturan,” kata Edwin Sony, saat acara syukuran empat pejabat eselon II di Rumah Makan 21, kemarin. Edwin Sony juga mengatakan bahwa sebelum­ nya Perusahaan Terbatas Citra Pimadona Perkasa (PT CPP) telah melakukan sanggahan banding dan sanggahan ban­ ding tersebut sudah dijawab. Namun, kata Edwin, sesuai hasil evaluasi teknis pokja PU ULP Kota Metro, PT CPB dinyata­ kan gugur karena jangka waktu pelaksanaan tidak diuraikan per item pekerjaan secara keseluruh­ an, sehingga tidak menggam­ barkan penyelesaian pekerjaan. Sementara itu, dalam konferensi pers beberapa hari lalu, Abdul Wahid menilai proses lelang proyek pembangun­an Islamic Center Kota Metro serta pen­ etapan perusahaan pemenang lelang senilai Rp8,9 miliar dinilai cacat hukum. Melihat kenyataan tersebut, Ab­ dul Wahid menekankan agar se­ baiknya dilakukan tender ulang. “Harapan saya harus dilakukan tender ulang biar semua jelas dan tidak ada lagi kecurigaan,” ujarnya. Dia mengakui desakan tersebut berkaitan digugurkan­ nya PT CPP dalam proses tender dengan alasan yang tidak sub­ stantif oleh panitia LPSE. Ironisnya, kata Abdul Wahid. panitia LPSE justru memenang­ kan PT Ujung Gunung, padahal sudah jelas bahwa perusahaan tersebut belum memiliki serti­ fikasi badan usaha (SBU) LPJK versi undang-undang (hak cipta) tapi SBU versi PU, yang notabene tidak diakui oleh LPJK nasional. (OGI/D-2)

±

±

KRUI (09.30 WIB)

2014, Jembatan Jebol Diperbaiki

PEMBANGUNAN jembatan di Pekon Tulungbamban, Kecamatan Pesisir Selatan, yang putus akibat banjir beberapa waktu lalu, masih menunggu kalkulasi dan perencanaan yang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) setempat. “Kami masih menunggu perencanaan pekerjaan dan perhitungan anggaran yang masih dilakukan Dinas PU,” kata Kepala Badan Penang­ gulangan Bencana Daerah (BPBD) Lambar Okmal, Ju­ mat (1-3). Jembatan gantung tersebut sudah dua kali mengalami putus. Pada 2011 lalu, Pemkab Lambar telah memberikan dana perbaikan, tapi pada 2012 jembatan yang berada di aliran Way Mahnay tersebut kembali jebol akibat banjir. “Kalau kembali dibangun jembatan gantung, kami kha­ watir jembatan kembali pu­ tus, makanya PU melakukan perhitungan untuk mem­ bangun jembatan permanen yang pelaksanaannya pada 2014, karena untuk 2013 anggaran kabupaten sudah

disahkan,” ujarnya. Menurut dia, hasil perhi­ tungan dan perencanaan tersebut nantinya juga ter­ gantung besarnya dana yang diajukan pemkab dan dis­ etujui DPRD. “Kalau dananya tidak terlalu besar, mungkin nantinya pelaksanaan pem­ bangunan jembatan dilaku­ kan warga melalui kelompok masyarakat (pokmas) pekon itu,” kata dia. Okmal mengatakan untuk perbaikan jembatan gantung tersebut, walaupun sifatnya se­ mentara, hanya mengatasi agar akses jalan warga di pemangku satu Pekon Tulungbamban kembali lancar dan tidak ter­ isolasi seperti saat ini, BPBD terkendala tidak adanya dana stand by di di badan tersebut. “Yang memiliki dana on call yaitu Badan Penang­ gulangan Bencana Pusat, seperti putusnya jalan lintas barat akibat banjir beberapa waktu lalu bisa langsung diperbaiki karena memang ada dananya, sementara di BPBD kabupaten/kota tidak ada dana seperti itu,” ujar dia. (CK-3/D-2)

CMYK

±

±


± ±±

± ±±

CMYK CMYK CMYK

RAGAM sabtu, 2 Maret 2013

Marzuki Alie Lo ini banyak nama. Macem-macem ini harus diteliti, dikonfirmasi, diuji tidak boleh berfantasi.

8

LAMPUNG POST

SIAPA MENGAPA

BURAS

± ± ± Bangga dengan PPL

Tantangan Investasi di Lampung!

SELALU bangga dengan pekerjaan menunjukkan sosok yang mempunyai karakter dan moral yang tinggi. Sebab, kerja merupakan salah satu ibadah kepada Sang Pemilik Jagat Raya. Begitu prinsip yang selalu dipegang Wakil Gubernur Lampung M.S. Joko Umar Said yang selalu bangga dengan pekerjaan seorang penyuluh pertanian la­ n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN pang­­an (PPL). Tokoh pe­ nyu­luh itu mengatakan seorang PPL sangat berpengaruh ter­hadap produktivitas petani. “Tugas PPL adalah mendorong petani meningkatkan produksinya dengan sentuhan teknologi,” kata mantan Pj. Wali Kota Metro pada panen raya padi Ciherang hasil program SLPTT di Kelompok Tani Sido Rukun Pekon Wonodadi, Kecamatan Gadingrejo, Pringsewu, Kamis (28-2). Mantan Sekprov Lampung itu mengatakan Sekolah Lapang Pertanian Tanaman Terpadu (SLPTT) salah satu ilmu yang dibawa PPL, yakni untuk menemukan benih unggul, sistem budi daya, dan pascapanen untuk ditularkan ke petani. “Saya berharap petani bisa menanam padi sebanyak dua atau tiga kali dalam setahun,” ujar dia. (WID/U-1)

“NILAI investasi di Lampung 2012 Rp3,4 triliun, naik lebih 50% dari 2011!” ujar Umar. “Persentase kenaikannya aduhai! Tapi dilihat dari investasi nasional 2012 sebesar Rp340 triliun, capaian itu cuma 1% saja dari prestasi nasional! Bahkan jauh di bawah ratarata 33 provinsi—Rp10 triliun! Realitas itu layak mendorong para pemimpin mencari tahu tantangan penghambat investasi ke Lampung!” “Nilai investasi itu cuma dihitung yang masuk! Coba dikurangi yang keluar, juga divestasi dengan penurunan kegiatan, bisa jadi nilai in-

vestasinya malah minus, alias negatif!” timpal Amir. “Dalam tiga tahun terakhir sejak 2010, PT AWS pengelola 16.250 hektare tambak udang ultramodern dengan fasilitas bernilai investasi riil lebih Rp10 triliun, angkat kaki akibat lokasi usahanya tidak kondusif! Disu­ sul PT BSMI meninggalkan ribuan hektare kebun sawit dan pabrik beserta fasilitasnya senilai lebih Rp2,5 triliun! Lalu PT Silva Inhutani memberhentikan 3.000-an buruhnya karena lahan hutan tanaman industri (HTI)-nya diduduki perambah, yang membabat tanaman albasia lebih besar

H. Bambang Eka Wijaya dari paha!” “Semua tantangan itu terkait ‘modus lama’ era reformasi, gerakan massa yang gagal diantisipasi dan diatasi oleh pemerintahan negara!” tukas Umar. “Untuk itu, selain penyakit lama birokrasi berbelit yang belum sembuh, tantangan de­ ngan ‘modus baru’ tetap harus diwaspadai, semisal politisasi menyerimpung jalannya usaha

atas investasi milik seorang politisi, berlatar persaingan di panggung politik!” “Gejala ke arah itu yang mulai terlihat bisa menjadi tantangan berat investasi di Lampung, karena jika modus baru itu bisa menjatuhkan sebuah grup investasi bisnis seorang politisi, sekaligus politisinya jatuh, grup-grup investasi bisnis lain milik politisi tinggal menunggu giliran untuk dikerjai!” sambut Amir. “Padahal, terjunnya para pengu­saha ke dunia politik merupakan gejala sehat bagi dunia politik

STATISTIK

Inflasi Februari Tertinggi dalam 10 Tahun

± ± ±

JAKARTA (Lampost): Laju inflasi pada Februari 2013 yang tercatat Badan Pusat Statistik (BPS) mencapai 0,75%. Angka tersebut me­ ru­p akan angka tertinggi di­bandingkan bulan yang sama dalam sepuluh tahun terakhir. “Inflasi ini memang cukup tinggi dalam sepuluh tahun terakhir,” kata Kepala BPS Suryamin di Jakarta, Jumat (1-3). Menurut Suryamin, salah satu penyebab laju inflasi tinggi pada Februari ini adalah kebijakan pembatasan impor komoditas hortikultura yang dilakukan pemerintah sehingga menyebabkan kenaikan harga. “Kebijakan pemerintah ini menyebabkan kenaikan harga, padahal permintaan tinggi dan suplai dalam negeri masih menyesuaikan,” katanya. Suryamin mengharapkan pemerintah dapat meng­ an­tisipasi kenaikan harga komoditas tersebut karena laju inflasi pada awal tahun ini sudah termasuk tinggi. Inflasi pada Februari dipengaruhi inflasi umum yang tercatat mencapai 0,75%, inflasi inti 0,30%, harga di­ atur pemerintah 0,72%, dan harga bergejolak 2,32%. “Tingginya harga diatur pemerintah memperlihatkan pengaruh kenaikan tarif dasar listrik mulai terasa,” katanya.

±± ±

Menurut dia, berdasarkan kom­p onen pengeluaran, kelompok bahan makanan masih menjadi penyumbang inflasi terbesar, yaitu 2,08% yang diikuti kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar 0,82%. Dengan demikian, inflasi tahun kalender Januari—Februari 2013 tercatat mencapai 1,79%, sedangkan inflasi year on year 5,31%, inflasi komponen inti 0,30%, dan inflasi inti year on year 4,29%. Untuk inflasi di Bandar Lampung periode Februari 2013 tercatat 0,73%, se­ dikit lebih kecil dari tingkat inflasi nasional sehingga menduduki peringkat ke-31 dari 66 kota yang diamati perkembangan harganya. Pemantauan BPS Provinsi Lampung, terjadi kenaikan indeks harga konsumen (IHK) pada periode ini, dari 148,79 pada Januari 2013 menjadi 149,88 pada Februari 2013. Berdasarkan penghitungan inflasi tahun kalender (point to point), tingkat inflasi Kota Bandar Lampung sebesar 1,74%. Kepala BPS Lampung Ahmad Jaelani mengatakan beberapa komoditas yang dominan memberi andil inflasi, di antaranya bawang putih, tomat buah, tukang bukan mandor, tarif listrik, bawang merah, dan ayam goreng. (*/ANT/E-1)

CMYK CMYK CMYK

± ±

Follow on: @buraslampost

MUSIK

Raisa Buka Java Jazz Festival 2013

Nekat, Terjun Bebas dengan Payung BAKAS inji nangon nadol (Pria ini memang nekat). Sebuah video ekstrem beredar di internet. Dalam video itu seorang dari balon udara dan terjun menggu­ pria melompat n a ­k a n payung. Se­orang pemain ski profesional, Erik Roner, mengunggah video dirinya ke YouTube dengan judul Roner Vision. Seperti dilansir Huffington Post, Jumat (1-3), Roner melompat dari balon udara menggunakan sebuah payung. Roner memang memiliki hobi melakukan aksi-aksi yang ekstrem. Selain ia mengunggah videonya ke YouTube, ia juga mengunggah video itu di jejaring sosial Facebook dengan judul Roner Vision dan dilengkapi dengan pengalamannya saat melakukan penyelaman di Danau Tahoe, di California, Amerika Serikat (AS). Aksi-aksi ekstrem Roner ini diberin DP. RAHARJO takan oleh New York Time, dengan artikel yang membahas lokasi paling populer untuk melakukan penerjunan dan sky diving. Induh Mamak, kik guai merereno (Entahlah Paman, kok kerjaan seperti itu). (P-1)

seperti di negara maju! Sebab, para pengusaha itu terjun ke politik bukan untuk cari makan dari politik, melainkan dengan dukungan finansialnya yang cukup mereka mengabdikan diri pada bangsa dan negaranya!” “Karena itu, para pemimpin di Lampung layak mewaspadai bertambahnya variabel tan­tang­ an penghambat investasi!” tukas Umar. “Di sisi lain, kalangan politisi agar bersaing ele­gan, tak menghalalkan segala cara untuk menjatuhkan pe­saing di panggung politik!” ***

Add on: facebook.com/buraslampost

WAT WAT GAWOH

± ± ±

± ±±

CMYK

n MI/PANCA SYURKANI

JAVA JAZZ FESTIVAL DIMULAI. Grup musik Maliq & D’Essentials tampil menghibur penonton di panggung BNI Hall Java Jazz Festival (JJF) 2013 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (1-3). JJF merupakan pergelaran musik jazz tahunan bertaraf internasional yang telah memasuki tahun ke-9. Perhelatan akbar yang menampilkan sekitar 1.500 musisi internasional dan Indonesia di 17 panggung ini berlangsung selama tiga hari, 1—3 Maret.

Jamkesmas Salah Sasaran METRO (Lampost): Program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) salah sasaran. Pasalnya, sekitar 3% atau 2,5 juta kartu program itu jatuh pada mereka yang tidak berhak. Dirjen Bina Upaya Kesehat­ an Kementerian Kesehatan Akmal Taher mengatakan di sejumlah daerah, pegawai negeri sipil (PNS) yang notabene sudah memiliki jaminan kesehatan dari Askes diberikan pula kartu Jamkesmas. “Data dari mereka yang tidak berhak akan kami validasi lagi. Kalau tidak se­suai, otomatis langsung kami co­ ret,” kata Akmal Taher di Ja­ kar­ta, Kamis (28-2) petang. Karut-marutnya pendistribusian kartu Jamkesmas itu membuat pemerintah mencetak kartu baru hasil up date data penerima manfaat. Akibatnya, masa berlaku kartu Jamkesmas lama diperpanjang satu bulan. “Masa berlaku kartu baru kami perpanjang satu bulan.

Jadi pemegang kartu Jamkesmas lama tetap mempunyai hak untuk dilayani di rumah sakit (RS) yang terikat kerja sama dengan Jamkesmas,” kata dia. Konsekuensi dari perubah­ an data berdampak adanya sejumlah data peserta yang terhapus dan terjadi perpindahan. Akmal mengatakan me mang terjadi perpindahan data peserta dari mereka yang sebelumnya masuk Jamkesmas menjadi Jamkesda, dan begitu pula sebaliknya, jumlah perpindahan data ini jumlahnya sekitar 10%. Adanya proses up date data ternyata menyebabkan sejumlah data peserta Jamkesmas yang lama terhapus. Hal ini diungkapkan Irwin Ramadhany

Syukur, peserta Jamkesmas yang menjalani cuci darah di RUSPAU Halim. Dari 20 peserta Jamkesmas yang menjalani cuci darah rutin di RUSPAU Halim, menurut Irwin, hanya dua orang saja yang terdata mendapat kartu. Padahal, mereka telah bertahun-tahun menjalani cuci darah dengan kartu tersebut. “Kami sudah urus ke manamana, dari kelurahan sampai Dinkes. Selalu dipingpong. Kalau cuci darah harus membayar, kami tidak mampu,” ujarnya sembari menangis. Respons DPRD Di Metro juga ditemukan PNS yang berobat menggunakan kartu Jamkesmas. Di Puskesmas Metro Pusat saja ditemukan lima PNS yang memiliki kartu Jamkesmas maupun Jamkesda. Selain itu, juga ada 28 warga mampu, termasuk pensiunan PNS, yang memiliki kartu Jamkes-

KASUS HAMBALANG

Indikasi Keterlibatan Ibas Menguat JAKARTA (Lampost): Indikasi keterlibatan Sekretaris Jende­ ral Partai Demokrat (Sekjen PD) Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas dalam skandal korup­ si Hambalang menguat. Tiga pernyataan mencuat, yakni dari mantan Ketua Umum PD Anas Urbaningrum dan diperkuat beredarnya dokumen di parlemen. Bahkan mantan Wakil Direktur Keuangan PT Permai Grup Yulianis pernah mengungkap keterlibatan Ibas dalam persidangan. saat itu Yulianis mengungkapkan ia sempat satu kali mem­beri­ kan uang senilai 200 ribu dolar AS kepada Ibas pada 29 April

2010. Dari data yang beredar di DPR, keterangan Yulianis pun sesuai dengan aliran dana yang mengalir kepada Ibas sebanyak 900 ribu dolar AS, dipecah dalam empat kali transaksi. Transaksi itu 500 ribu dan 100 ribu dolar pada 29 April 2010 dengan keterangan berasal dari kas Amir R. dengan PIC (person in charge) Amir R. Kemudian juga 200 ribu dan 100 ribu dolar pada 30 April 2010 dari kas Amir R. dengan PIC Bahri. Dalam dokumen yang tidak berkop surat tersebut, di halam­an 5, Ibas tercatat di nomor 247-248 dan 253-254 sebagai penerima aliran dana dari Permai Grup.

±± ±

Catatan menyerupai laporan keuangan itu tertera 1.047 aliran dana keluar dari Permai Grup sebanyak Rp185.154.829.885 per 18 Januari—29 Desember 2010. Namun, Wakil Ketua Dewan Pembina PD Marzuki Alie meragukan data yang beredar terkait dugaan aliran dana proyek Hambalang ke Ibas. Dia meminta data tersebut diteliti, dikonfirmasi, dan diuji. “Lo ini banyak nama. Macemmacem ini harus diteliti, dikonfirmasi, diuji tidak boleh berfantasi,” kata ketua DPR saat melihat data yang disodorkan wartawan, kemarin. (MI/U-1) n KPK JADIKAN...Hlm.4

mas di Metro Pusat. “Ini data yang dilaporkan ke kami hasil verifikasi,” ujar anggota Komisi II DPRD Kota Metro, Nasrianto, kemarin (1-3). DPRD mendesak agar verifikasi bisa menghasilkan validasi data akurat agar warga miskin yang benar-benar miskin bisa terakomodasi kartu sehat. “Untuk Metro Pusat ini saja ada 175 kartu sehat yang bermasalah.” Lembaga legislatif itu hingga kemarin masih menunggu data hasil verifikasi yang dilakukan Bappeda dan Dinas Kesehatan terkait tingginya pemilik kartu sehat miskin yang mencapai hingga 66 ribu jiwa. Nasrianto mengatakan untuk warga miskin di Metro, data Bappeda menyebutkan jumlahnya mencapai 26 ribu. “Berarti menunjukkan banyak warga mampu mendapatkan kartu sehat miliknya orang miskin,” kata dia. (CAN/U-1)

JAKARTA—Penyanyi molek, Rai­s a, membuka salah satu pang­g ung Java Jazz Festival (JJF) 2013 hari pertama di Hall A2 BNI arena JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (1-3) malam. Ia berkolaborasi dengan Tulus, penyanyi jazz muda yang tengah naik daun. Bersama Tulus, Raisa membawakan dua lagu, yakni karya Tulus bertajuk Teman Hidup dan A Whole New World, yang merupakan tembang favorit Raisa. Selain memberi kejutan pada penonton yang berkolaborasi dengan Tulus, Raisa juga menyuguhkan lagu spesial berkolaborasi dengan grup vokal Be3 lewat tembang Kerinduanku dan If You Wanna Be My Lover yang dipopulerkan Spice Girls. Penonton pun bersorak atas kehadiran Be3 yang tampil di ajang Java Jazz Festival itu. Makin malam, Java Jazz Festival makin panas. Ribuan penggemar musik jazz memadati arena JIExpo Kemayor­ an, Jakarta. Konser Java Jazz Festival merupakan salah satu festival musik jazz terbesar di Indonesia. Festival yang memasuki tahun kedelapan itu berlangsung hingga 3 Maret mendatang. Promotor Java Festival Production menampilkan sekitar 1.500 musisi di 17 panggung, salah satunya grup dari Sekolah Musik Pondok Daud, Lampung, tampil bersama para musisi dunia itu. Di hari pertama menampilkan 60 konser dengan penampil­ an spesial dari Joss Stone pada pukul 23.00. Sebelum puncak acara, beberapa musisi lokal dan internasional tampil menghibur penonton, seperti Jimmy Cliff, Andien, RAN, Maliq and D’essentials, Indra Lesmana (LLW) featuring Eva Celia dan Maurice Brown. (MI/S-1)

INDEKS MINGGU

REPORTER CILIK Kota Kami Kota Pendidikan KOTA Metro terkenal dengan sebutan kota pendidikan karena di sini banyak sekolah dan perguruan tinggi. Bahkan, di sini ada kawasan pendidikan. Reporter cilik Lampung Post, Jihan, Anissa, dan Affan, jalan-jalan ke beberapa sekolah dan kampus favorit di Metro. Hlm. 13

fokus

Jejak China Kuno di Lampung JEJAK Tionghoa di Bandar Lampung sengat terasa saat melewati kawasan Telukbetung. Tidak hanya banyaknya warga Tinghoa yang  bermukim, juga peninggalan-peninggalan kebudayaan China yang masih terawat. Hlm. 15

CMYK

±± ±

± ±

± ±


CMYK

±

CMYK

±

EKO NOM I

BISNIS

“Awalilah setiap pekerjaan dengan perencanaan yang baik karena gagal dalam merencanakan sama dengan merencanakan kegagalan.”

9

JAKARTA—PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGN) membukukan pertumbuhan laba sebesar 915,256 juta dolar AS pada 2012 atau naik 30,39% dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 701,9 juta dolar AS. Direktur Utama PGN Hendi Prio Santoso mengatakan nilai tukar (kurs) mendukung pencapaian laba 2012. Keuntungan dari kurs yang diperoleh perseroan sebesar 49,757 juta dolar AS dari rugi kurs sekitar 26,49 juta dolar AS pada 2011. Selain itu, beban keuangan tercatat sebesar 21,576 juta dolar AS atau turun 22,13%. “Pencapaian laba pada 2012 semakin memperkuat fundamental PGN untuk semakin lebih baik,” kata Hendi melalui siaran pers, Jumat (1-3). PGN juga mencatat pendapatan sebesar 2,576 miliar dolar AS pada Januari—Desember 2012 atau naik 15,51% dari perio­ de sebelumnya yang hanya 2,230 miliar dolar AS. (MTVN/E-2)

KURS JUAL 9.950,67

KURS BELI 9.847,64 8.551,10

KURS JUAL 10.497,57

DOLLAR KANADA (CAD) KURS JUAL 9.448,22

DOLLAR SINGAPURA (SGD)

KURS BELI 9.349,51

KURS JUAL 7.861,30

DOLLAR NEW ZEALAND (NZD)

KURS JUAL 8.047,29

KURS BELI 10.391,71

KURS BELI 7.783,08

EURO (EUR)

KURS BELI 7.963,05

KURS JUAL 9.726,00

KURS BELI 9.630,00

DOLLAR HONGKONG (HKD) KURS JUAL 1.254,08

KURS BELI 1.241,54

POUNDSTERLING INGGRIS (GBP)

KURS JUAL 12.719,66

KURS BELI 12.592,19

KURS JUAL 14.758,23

KURS BELI 14.608,71

±

DOLLAR AUSTRALIA (AUD) KURS JUAL

KURS BELI

YEN JEPANG (JPY) 100 KURS JUAL

KURS BELI

DOLLAR AMERIKA (USD) KURS JUAL

KURS BELI

8.551,10 DOLLAR KANADA (CAD) KURS JUAL

KURS BELI

DOLLAR NEW ZEALAND (NZD) KURS JUAL

KURS BELI

DOLLAR AUSTRALIA (AUD) KURS JUAL

KURS BELI

DOLLAR KANADA (CAD) KURS JUAL

KURS BELI

DOLLAR NEW ZEALAND (NZD) KURS JUAL

KURS BELI

DOLLAR SINGAPURA (SGD) KURS JUAL

KURS BELI

EURO (EUR)

DOLLAR HONGKONG (HKD) KURS JUAL

KURS BELI

POUNDSTERLING INGGRIS (GBP)

KURS JUAL

KURS BELI

YEN JEPANG (JPY) 100 KURS JUAL

KURS BELI

DOLLAR SINGAPURA (SGD) KURS JUAL

KURS BELI

EURO (EUR)

KURS JUAL

KURS BELI

DOLLAR AMERIKA (USD) KURS JUAL

KURS BELI

DOLLAR HONGKONG (HKD) KURS JUAL

KURS BELI

POUNDSTERLING INGGRIS (GBP)

KURS JUAL

KURS BELI

KURS JUAL

KURS BELI

Indeks VALUTA ASING

DOLLAR AUSTRALIA (AUD) KURS JUAL

KURS BELI

DOLLAR KANADA (CAD) KURS JUAL

KURS BELI

DOLLAR NEW ZEALAND (NZD) KURS JUAL

KURS BELI

YEN JEPANG (JPY) 100 KURS JUAL

KURS BELI

DOLLAR SINGAPURA (SGD) KURS JUAL

KURS BELI

EURO (EUR)

DOLLAR AMERIKA (USD) KURS JUAL

KURS BELI

DOLLAR HONGKONG (HKD) KURS JUAL

KURS BELI

POUNDSTERLING INGGRIS (GBP)

KURS JUAL

KURS BELI

KURS JUAL

KURS BELI

n ANTARA/ZABUR KARURU

NERACA PERDAGANGAN. Sejumlah petugas bank menumpuk uang kertas rupiah Indonesia di Bank BNI di Jakarta, Jumat (1-3). Kementerian Perdagangan menyatakan defisit neraca perdagangan disebabkan tekanan impor migas.

±

±

CMYK

CPO Minyak Kelapa Kakao Kopi Arabika Kopi Robusta Karet TSR 20 Lada Hitam Lada Putih Jagung (kering)

HARGA (Rp/Kg)

Medan Bitung Makassar Medan Lampung Palembang Lampung Pangkalpinang Lampung

7.856 7.722 17.275 0 0 26.413 51.993 87.834 2.088

±

KOMODITAS

LAMTIM

LAMTENG

TUBA

PRINGSEWU

KOMODITAS

LAMTIM

LAMTENG

TUBA

PRINGSEWU

NTP Lampung Turun Lagi BANDAR LAMPUNG (Lampost): Nilai tukar petani (NTP) Lampung pada Februari 2013 kembali turun 0,32%. Penurunan NTP ini memosisikan Lampung pada peringkat ke-23 dari 32 provinsi di Tanah Air. Kepala Badan Pusat Statis- kan ekspor Desember 2012. tik (BPS) Provinsi Lampung Dalam periode yang sama Akhmad Jaelani, Jumat (1-2), p a d a t a h u n l a l u , e k s p o r mengatakan turunnya NTP Provinsi Lampung juga naik Lampung disebabkan kenai- 44,8 juta dolar (14.44%) dari kan harga yang dibayar petani senilai 310,5 juta dolar. secara umum lebih tinggi Kenaikan ekspor tersebut daripada kenaikan harga yang disumbang dari lemak dan KOMODITAS LAMTIM LAMTENG TUBA PRINGSEWU diterima petani. minyak hewani/nabati sebesar “Indeks yang diterima petani 181,2 juta dolar, meningkat mengalami kenaikan sebesar 90,69 juta dolar atau 100,25%. 0,36%, tetapi pada saat yang Golongan barang utama lainsama indeks yang dibayar nya yang turut mendongkrak petani pun naik lebih tinggi, nilai ekspor adalah kopi, teh, yaitu 0,69%,” kata Jaelani. dan rempah-rempah 49,6 juta Selisih angka tersebutlah dolar, bubur kayu/pulp 14,6 yang menyebabkan persentase juta dolar, ikan dan udang penurunan nilai NTP Lam- 14,0 juta dolar, serta karet pung. Berdasarkan data dari dan barang dari karet 10,7 BPS Provinsi Lampung, untuk juta dolar. periode Februari 2013, NTP ndeks yang diterima tercatat sebesar 124,37. Nilai tersebut mengalami penupetani mengalami runan dibandingkan Januari 2013 sebesar 124,77. Posisi di kenaikan sebesar 0,36%, Januari pun NTP sudah turun 1 tetapi pada saat yang sama % dari bulan sebelumnya. indeks yang dibayar petani BPS mencatat ada lima subsektor yang memengaruhi nilai pun naik lebih tinggi, yaitu NTP dan hanya satu subsektor 0,69%. yang mengalami kenaikan, yaitu subsektor tanaman perkeSementara itu, nilai ­impor bunan rakyat yang naik 0,12%. Subsektor tanaman padi dan P r o v i n s i L a m p u n g p a d a palawija turun 0,55%, subsek- Januari mencapai 242,9 juta tor tanaman hortikultura turun dolar atau naik 84,7 juta dolar 0,21%, subsektor peternakan (53,50%) dibanding dengan turun 0,38%, dan subsektor Desember 2012. Lima golongan barang perikanan turun 0,02%. Subsektor yang naik ini ­impor utama adalah gula dan dipengaruhi oleh tinggi harga kembang gula, pupuk, mesinkomoditas perkebunan. Ber- mesin/pesawat mekanik, gandasarkan catatan Lampung dum-ganduman, dan ampas/ Post, sejumlah komoditas sisa industri makanan. Tiga perkebunan mengalami kenai- golongan mengalami kenaikan kkan harga, seperti cengkih, dan dua golongan mengalami penurunan. CPO, cokelat. Kenaikan impor tertinggi terjadi pada impor migas 54,19 Ekspor Naik Sementara itu, BPS juga men- juta dolar dan diikuti golongan catat total nilai ekspor Provinsi barang utama, yaitu gula dan Lampung pada Januari 2013 kembang gula 24,38 juta dolar, mencapai 355,4 juta dolar AS pupuk 10,98 juta dolar, mesinatau mengalami kenaikan 73,4 mesin/pesawat mekanik 4,27 juta dolar (28,64%) dibanding- juta dolar. (*/E-1)

±

I

Air Asia Targetkan 20 Juta Penumpang JAKARTA—Manajemen maskapai Air Asia Indonesia akan mendatangkan sepuluh unit pesawat setiap tahunnya mulai 2014. Rencana tersebut merupakan bentuk dukungan untuk merealisasikan target penumpang hingga 20 juta orang pada 2018. Presiden Direktur Air Asia Indonesia Dharmadi mengatakan saat ini Air Asia Indonesia telah memiliki 22 unit pesawat. Rencananya, Air Asia kembali mendatangkan delapan unit pada tahun ini. “Nantinya Air Asia Indonesia total memiliki 30 pesawat,” kata Dharmadi di Jakarta, Jumat (1-3). Menurutnya, Air Asia Indonesia menargetkan 8,5 juta penumpang tahun ini atau tumbuh 41,66% dibandingkan 2012 yang hanya 6 juta penumpang. Hingga kini, Air Asia Indonesia memiliki lima bandara penghubung, antara lain Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali, dan Medan. (MI/E-2)

LOKASI SENTRA

per Jumat, 1 Maret 2013 n Bappebti-Kementerian Perdagangan www.bappebti.go.id

Negara Diuntungkan Rp320 Triliun JAKARTA—Keuntungan negara yang didapat dari tata kelola migas, termasuk pajak, pada 2012 mencapai 35,6 miliar dolar AS atau setara Rp320 triliun. Angka itu lebih tinggi dari target APBNP 2012 sebesar 33,5 miliar miliar dolar atau setara Rp301 triliun. “Penerimaan negara yang bukan pajak dari tata kelola migas saat ini jauh lebih besar dari penerimaan negara dari sektor pertambangan batu bara, mineral, dan panas bumi,” kata Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Rudi Rubiandini, Kamis (28-2). Ia menjelaskan bagian negara dari hasil pengelolaan migas di Indonesia pada 2012 bahkan lebih tinggi diban­ dingkan China yang menduduki urutan keenam. Rudi mengatakan rata-rata negara di dunia mendapatkan keuntungan baik dari bagi hasil maupun pajak hingga 63% dari tata kelola migas. (MTVN/E-2)

KOMODITAS

DOLLAR AMERIKA (USD)

Indeks KOMODITAS

Laba PGN Tumbuh 30,39%

YEN JEPANG (JPY) 100

per Jumat, 1 Maret 2013 n Sumber Bank Indonesia

Indeks VALUTA ASING

BANDAR LAMPUNG—Perusahaan leasing peralatan elektro­ nik dan furnitur, Columbia, bertekad mempertahankan gelar Top Brand sebagai perusahaan nomor satu di Indonesia. Branch Manager Columbia Lampung Akmal Hidayat mengatakan untuk mempertahankan predikat tersebut, pihaknya akan terus mengembangkan usaha bisnisnya dan mengedepankan pelayanan maksimal kepada konsumen. “Ke depan kami akan fokus menambah cabang baru di Lampung,” kata Akmal di sela-sela acara perayaan ulang tahun Columbia ke-31 di kantor pusat Columbia Pasar Te­ ngah, Bandar Lampung, Jumat (1-3). Akmal menuturkan Columbia juga akan terus mengembangkan varian produknya. Saat ini pihaknya telah menyediakan sejumlah produk, seperti audio video elektronik, perlengkapan rumah tangga, komputer, produk telekomuni­ kasi, furnitur, dan sepeda motor. (CR-2/E-2)

Indeks VALUTA ASING

Columbia Fokus Pengembangan Cabang

Indeks VALUTA ASING

DOLLAR AUSTRALIA (AUD)

Indeks KOMODITAS

k i l as

Indeks KOMODITAS

LAMPUNG POST

±

Abdullah Gymnastiar

Indeks KOMODITAS

sabtu, 2 maret 2013

±

n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

PEMICU INFLASI. Pedagang sayuran menunggu dagangannya di Pasar Gintung, Bandar Lampung, beberapa waktu lalu. Komoditas hortikultura, seperti sayuran, bawang, tomat, dan cabai, memicu inflasi tertinggi dalam 10 tahun terakhir.

PERHIASAN

Model Terbaru Felice Jewelry Diminati BANDAR LAMPUNG (Lampost): Aneka perhiasan berlian dengan model terbaru dan desain apik mendapat antusiasme pengunjung dalam Pameran Perhiasan Felice Jewelry di Hotel Novotel, Bandar Lampung. “Modelnya unik-unik dan bagus, terutama untuk liontin dan cincin, apalagi ada promosi one price yang mulai dari Rp500-an ribu, jadi kepengin menambah koleksi. Kan perhiasan itu bisa dipakai tapi juga sifatnya investasi atau menabung,” ujar Ina, salah stau pengunjung pameran, kemarin (1-3). Ina yang datang bersama rekan-rekannya mengaku selalu menghadiri pameran perhiasan. “Kita jadi paham ten-

tang model terbaru perhiasan,” kata ibu muda yang modis ini. Model-model terbaru perhiasan berlian yang berbalut emas putih dan emas merah ini, menurut Manager Exhibition Felice Jewelry, Devy, Jumat (1-3), berasal dari Afrika Selatan, sedangkan untuk cutting-nya dari Belgia sehingga selalu up to date. Pameran perhiasan ini akan berakhir hingga Minggu (3-3) mendatang, dan diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Lampung untuk memiliki sekaligus mengoleksi perhiasan berlian. “Selama ini, kesan berlian itu adalah mewah dan mahal, tetapi ternyata ada juga yang

±

bisa terjangkau masyarakat. Karena itu, kami memamerkan ribuan perhiasan berlian berbalut emas putih dengan harga mulai dari Rp500 ribuan hingga Rp10 juta per item,” ujarnya. Tak hanya itu, untuk pembelian perhiasan hingga Rp10 juta disediakan hadiah langsung Samsung Galaxy Tab 2. “Hadiah ini diberikan langsung ke konsumen dan jumlahnya terbatas, jadi konsumen bisa memanfaatkan promosi ini,” kata Devy. Devy melanjutkan membeli perhiasan berlian itu ada dua keuntungan, yakni bisa tampil bergaya dan juga berinvestasi karena harga jual perhiasan cenderung naik. (SAG/E-2)

CMYK

±

±


–

–

CMYK

–

CMYK Ir. Ciputra (Pengusaha Properti)

PROPERTI SABTU, 2 MARET 2013 LAMPUNG POST

10

INFO

–

RNI Rambah Bisnis Properti JAKARTA—BUMN perkebunan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) akan merambah bisnis properti. Setelah sebelumnya RNI masuk ke bisnis ritel dengan merek Rajawali Mart, perseroan menambah bisnis inti mereka di perkebunan tebu dan sawit. Rencananya bangunan perkantoran berlantai 27 siap dibangun di tahun ini, lokasinya di Jalan M.T. Haryono, Jakarta Selatan. “Saya akan menyiapkan sebuah bangunan berlantai 27 tepatnya di Jalan M.T. Haryono,” kata Direktur Utama PT RNI (Persero) Ismed Hasan Putro, di Jatitujuh Majalengka Jawa Barat, Jumat (1-3). Gedung tersebut dibangun atas prakarsa RNI melalui anak perusahaannya PT Rajawali Properti Indonesia. Gedung tersebut akan diberi nama Rajawali Phapros Tower dengan investasi sebesar Rp450 miliar. “Kami maksimalkan aset lahan dengan membangun bangunan yang stretegis di bawah komando PT Rajawali Properti Indonesia. Nanti, kami akan kasih nama Rajawali Phapros Tower. Kita bangun di sana paling telat Oktober 2013 sudah ground breaking, dan selesai pada 17 Agustus 2014. Biaya investasi Rp450 miliar,” ujar Ismed. RNI sendiri akan melakukan kerja sama dengan pihak kontraktor BUMN Kar ya untuk membangun gedung tersebut. Nantinya penggunaan gedung ini akan terbagi dua, yaitu 50% sebagai kantor RNI dan 50% lainnya disewakan. “Kami kerja sama dengan BUMN Karya sebagai kontraktor dengan sinergi. Nantinya bila gedung ini jadi, penggunaanya 50% untuk internal RNI dan 50% lainnya kami sewakan. Kami harapkan 1 tahun itu selesai. Bisa dikatakan ini adalah bisnis properti pertama,” kata dia. (E-1)

–

„ ANTARA/MOHAMMAD AYUDHA.

PENJUALAN CERMIN. Pedagang cermin membuat bingkai kaca dagangannya di kawasan Pejompongan, Jakarta, Kamis (28-2). Cermin merupakan bagian dari dalam rumah maupun perkantoran. Kaca-kaca tersebut dijual dengan harga Rp60 ribu hingga jutaan rupiah, bergantung ukuran dan kerumitan dalam pembuatan bingkai kaca.

‘Cluster’ Kota Modern Modernland

–

JAKARTA—Pengembang Kota Modern di Tangerang, PT Modernland Realty Tbk. (MDLN), meluncurkan cluster baru Neo Pasadena. Pembangunan cluster baru ini menelan investasi Rp50 miliar. Cluster ini dibangun eksklusif dengan jumlah sangat terbatas, yakni hanya 29 unit yang dibangun di atas lahan seluas 5.500 meter persegi. Penjualan perdana (launching) cluster Neo Pasadena dilakukan Rabu (27-2) lalu. Sesuai namanya, Neo Pasadena merupakan bagian dari pengembangan cluster Pasadena dan Sakura yang keduanya berada di lokasi yang berdekatan. Kini, hampir keseluruhan rumahnya telah dihuni, jadi lingkungannya sudah hidup. “Neo Pasadena dirancang menjadi cluster eksklusif dengan jumlah rumah yang sangat terbatas. Ideal untuk konsumen yang mendambakan sebuah hunian di satu cluster dengan jumlah populasi yang tidak terlalu banyak,” ujar Managing Director MDLN Andy K. Natanael, dalam siaran pers, Jumat (1-3). Tersedia pilihan rumah dua lantai dengan 2 dan 3 kamar plus satu kamar pembantu. Luas bangunannya berkisar 60—97 meter persegi dengan ukuran kaveling 120—130 meter persegi. Masing-masing rumah yang dijual mulai dari Rp1,2 miliar sampai Rp1,6 miliar ini menyediakan spasi lahan di sisi belakang yang cukup memadai untuk area pengembangan ruang. “Bahkan, kami sudah menyiapkan layout pengembangan nya agar tidak mengganggu bangunan inti,” kata Andy. Emiten berkode MDLN itu optimistis tahun ini dapat meraih penjualan (marketing sales) Rp2,6 triliun. Naik 260% dibandingkan perolehan 2012 lalu yang sebesar Rp1 triliun lebih. (E-1)

Daftar Harga Kayu dan Asbes (Properti)

Lampu Tidur buat Kenyamanan dan Kesehatan

–

TIDUR merupakan kebutuhan alami tubuh yang harus dipenuhi. Tidur membuat metabolisme tubuh kita akan ditata kembali. Dengan tidur yang berkualitas, sel-sel dalam tubuh kita akan melakukan regenerasi untuk mengganti sel-sel tubuh yang mati. Namun, banyak dari kita yang belum memperhatikan cara tidur yang baik. Ada sebagian orang yang merasa tidak nyaman, atau bahkan tidak dapat tidur pada kondisi gelap gulita. Padahal, tidur dalam kondisi lampu menyala dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit. Dari berbagai penelitian, diketahui bahwa anak-anak yang tidur dengan lampu menyala berisiko mengidap leukemia. Para ilmuwan menemukan tubuh perlu suasana gelap dalam menghasilkan zat kimia pelawan kanker. Bahkan, ketika menyalakan lampu toilet, begadang, bepergian melintas zona waktu, lampu-lampu jalanan dapat menghentikan produksi zat melatonin. T u bu h memerlu k a n zat kimia untuk mencegah kerusakan DNA dan ketiadaan zat melatonin tersebut akan menghentikan asam lemak menjadi tumor dan mencegah pertumbuhannya. Sebuah konferensi tentang anak penderita leukemia yang diadakan di London menyatakan orang menderita kanker akibat terlalu lama memakai lampu waktu tidur di malam hari dibanding dengan yang tidak pernah memakai lampu waktu tidur. Hal ini menekan produksi melatonin yang normalnya terjadi antara pukul 21.00 dan pukul 08.00. Oleh karena itu, para orang tua disarankan mengg unakan bola lampu yang suram berwarna merah atau kuning jika anak-anaknya takut pada kegelapan. Ya, lampu tidur ternyata tak hanya untuk keindahan ruangan saja, tetapi memiliki alasan secara klinis bagi kesehatan. Tidak heran jika saat ini banyak sekali lampu tidur yang ditawarkan di pasaran, mulai dari jenisnya seperti lampu berdiri, lampu duduk, lampu tempel, hingga ke model lampu dan warnanya. Di Bandar Lampung, banyak toko lampu yang menyediakan lampu tidur dengan beragam bentuk dan jenis. Tentu saja harganya juga bervariasi, mulai dari puluhan ribu rupiah sampai jutaan tergantung dari jenis bahannya. “Lampu tidur dari kristal bi sa mencapai jutaan rupiah, tapi lihat juga modelnya. Kalau lampu biasa dari plastik, ada yang belasan ribu saja,” ujar salah satu karyawan di toko lampu yang ada di Jalan Raden Intan, Bandar Lampung, kemarin. Untuk ruang tidur anak-

anak, ujar kar yawan tadi, tersedia aneka lampu yang unik, seperti gambar lampion, gambar bola, ada juga gambar boneka yang sedang tren. Lampu tidur merupakan p e l e n g k ap i nte r i or y a n g ampuh menghadirkan suasana hangat d i da lam kamar. Menurut arsitek Fritz A. Nuzir, lampu tidur yang banyak diminati adalah lampu berdiri, baik yang berukuran pa nja ng maupu n pendek . Lampu berdiri banyak dipilih masyarakat karena lebih praktis. La mpu berd i r i ya ng biasanya terbuat dari mater i a l loga m at au k ay u it u bi sa d iu ba h-u ba h dengan mengganti warna kap lampu. Warna lampu tidur biasanya diselaraskan dengan warna dinding kamar. “Warna lampu tidur favorit krem yang temaram,” kata dia. Ia mencontohkan jika pada suatu keluarga terdiri dari beberapa kamar tidur, lampu berdiri tersebut bisa dipindah dari kamar yang satu dengan yang lain. “Misalnya anak ingin tidur dengan diterangi lampu berdiri yang ada di kamar orang tuanya, ya tinggal diangkat saja kan,” kata Fritz kepada Lampung Post, Jumat (1-3). Sebagai arsitek, Fritz sering diminta membuat desain rumah, termasuk desain kamar tidur yang lengkap dengan lampu tidur. Ia mengisahkan masyarakat yang hendak membangun rumah atau merenovasi kamar tidur biasanya meminta untuk dibuatkan desain lampu dinding. Selain menghemat tempat, efek cahaya yang diberikan terbilang unik karena pencahayaannya tidak langsung, tetapi ke atas atau ke bawah. Sebagian masyarakat meni lai lampu dinding lebi h berkelas karena banyak dipakai kamar-kamar tidur di hotel mewah. “Biasanya yang menggunakan lampu dinding adalah kalangan menengah ke atas,” kata dia. Kalangan tersebut umumnya tidak terlalu mempermasalah-

„ LAMPUNG POST/DOK.

ANEKA LAMPU TIDUR. Mungkin tak banyak yang mengetahui jika lampu tidur yang remang-remang itu berperan besar dalam kesehatan tubuh. Tak heran jika kini banyak lampu tidur yang ditawarkan di pasaran, mulai dari warna hingga jenisnya.

*Harga Kayu dan Asbes untuk Risplang „ Kayu meranti: Rp120 ribu/lembar (panjang 4 meter, lebar 25 sentimeter) „ Kayu lada: Rp140 ribu/lembar (panjang 4 meter, lebar 25 sentimeter) „ Kayu damar: Rp90 ribu/lembar (panjang 4 meter, lebar 25 sentimeter) „ Asbes biasa: Rp30 ribu/lembar (panjang 3 meter, lebar 20 sentimeter) „ Asbes urat kayu: Rp46 ribu/lembar (panjang 3 meter, lebar 20 sentimeter) Sumber: Pemantauan Lampung Post di Bandar Lampung hingga Jumat (1-3)

CMYK

JAKARTA (Lampost): Kementer ian Per u mahan Rak yat ( K e me np e r a) a k a n t e r u s men i ngkat kan koord i nasi teknis dalam melaksanakan program pengembangan kawasan yang dilakukan di berbagai daerah di Tanah Air. “Meningkatnya kekurangan pasokan rumah (backlog) menjadi 13,6 juta unit menunjukkan bahwa koordinasi antara Pemerintah Pusat dan daerah perlu lebih diintensif kan,” kata Deputi Bidang Pengembangan Kawasan Kemenpera

–

kan biaya yang harus dikeluarkan untuk merenovasi dan menggonta-ganti desain ruangan, termasuk kamar tidur. “Misalnya penghuni kamar ingin memindahkan lampu dinding ke kiri tempat tidur yang sebelumnya terletak di sebelah kanan, maka tinggal direnovasi saja dindingnya,” kata Fritz. Selain lampu tidur dengan cahaya standar, kini hadir lampu tidur dengan proyeksi. Saat lampu dinyalakan, cahaya ya ng t i m bu l ber upa gambar-gambar yang dipantulkan ke lantai, tebok atau langit-langit kamar. “Yang banyak diminati adalah gambar bulan dan bintang,” ujar dia. (MG4/SAG/E-2)

–

Kemenpera Koordinasikan Program Pengembangan Kawasan

*Harga Kayu untuk Kasau „ Kayu racuk: Rp85 ribu/ikat (enam pcs) „ Kayu sengon: Rp85 ribu/ikat (enam pcs) „ Kayu gelam: Rp85 ribu/ikat (enam pcs)

–

“Pemerintah yang entrepreneur harusnya memiliki target kerja supaya mindset-nya adalah menciptakan peluang, berinovasi, dan berani ambil risiko.”

Hazaddin T.S. dalam rilis Humas Kemenpera yang diterima di Jakarta, Kamis (28-2). Menurut Hazaddin, selain menghadapi kondisi rumah yang tidak layak huni, masyarakat juga harus menghadapi rendahnya tingkat aksesbilitas terhadap prasarana, sarana, dan utilitas (PSU) umum, seperti ketersediaan jalan, drainase, air bersih, dan listrik. Untuk itu, lanjutnya, Kemenpera ju ga a k a n ter u s me n i n g k at k a n koor d i n a -

–

si tek n i s terk a it prog ra m pengembangan kawasan agar program tersebut, khususnya kota-kota baru di Indonesia dapat berjalan dengan baik. Ia mengingatkan dari seluruh rumah tangga yang ada di Indonesia, sebanyak 21,1% ru mah tangga di Indonesia be lum dapat mengakses air ber sih. Selain itu, lanjutnya, 8,54% rumah tangga belum mendapat kan sam bu ngan l istr i k dan 22,85% r u mah tangga tidak memiliki akses terhadap jamban.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Kemenpera sesuai tugas pokok dan fungsinya akan terus membantu dan memfasilitasi masyarakat untuk menghuni rumah yang layak huni dan terjangkau dalam suatu kawasan yang dilengkapi dengan PSU yang memadai. Ia juga mengatakan adanya program pengembangan kawasan khususnya kota baru di Indonesia yang menjadi salah satu program Pemerintah Pusat yang perlu mendapat dukungan dari pemda,

mulai dari tingkat provinsi hingga kabupaten/kota. Nantinya terdapat sekitar 24 kota baru sebagai bagian dari program pembangunan kota baru (new town development) di sejumlah kota besar di Indonesia. “Kami berharap pemerintah provinsi bisa berperan aktif dalam pembangunan kota-kota baru. Apalagi pengembangan kawasan di daerah terus meningkat mengingat kebutuhan rumah masyarakat yang terus meningkat setiap tahunnya,” ujarnya. (ANT/E-1)

CMYK

–


–

CMYK

SABTU, 2 MARET 2013 LAMPUNG POST

11

–

CMYK

–

Property

–

–

–

–

–

–

–

CMYK

–

CMYK

–


±

±

CMYK

OPINI sabtu, 2 maret 2013

±

Biro Wilayah Barat (Tanggamus, Pringsewu, Pesawaran): Sudiono (Kabiro), Abu Umarly, Erlian, Meza Swastika, Mif Sulaiman, Sayuti, Widodo. Biro Wilayah Selatan (Lampung Selatan): Herwansyah (Kabiro), Aan Kridolaksono, Juwantoro, Usdiman Genti. Senior Account Manager Jakarta: Pinta R Damanik. Senior Account Manager Lampung: Syarifudin Account Manager Lampung: Edy Haryanto. Manager Sirkulasi: Indra Sutaryoto. Manager Keuangan & Akunting: Rosmawati Harahap. Harga: Eceran per eksemplar Rp3.000 Langganan per bulan Rp75.000 (luar kota + ongkos kirim). Alamat Redaksi dan Pemasaran: Jl. Soekarno Hatta No.108, Rajabasa, Bandar Lampung, Telp: (0721) 783693 (hunting), 773888 (redaksi). Faks: (0721) 783578 (redaksi), 783598 (usaha). http://www.lampungpost.com e-mail: redaksi@lampungpost.co.id, redaksilampost@yahoo.com.

Asisten Redaktur: Aris Susanto, Isnovan Djamaludin, Kristianto, Lukman Hakim, Musta’an Basran, Rinda Mulyani, Rizki Elinda Sary, Sri Wahyuni, Vera Aglisa.

Kantor Pembantu Sirkulasi dan Iklan: Gedung PWI: Jl. A.Yani No.7 Bandar Lampung, Telp: (0721) 255149, 264074. Jakarta: Gedung Media Indonesia, Kompleks Delta Kedoya, Jl. Pilar Raya Kav. A-D, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Telp: (021) 5812088 (hunting), 5812107, Faks: (021) 5812113.

Liputan Bandar Lampung: Agus Hermanto, Delima Napitupulu, Iyar Jarkasih, Ricky P Marly, Sony Elwina Asrap. LAMPOST.CO Redaktur: Amirudin Sormin. Asisten Redaktur: Adian Saputra, Sulaiman. Content enrichment redaktur: Alhuda Muhajirin. Bahasa: Wiji Sukamto (Asisten Redaktur), Chairil, Susilowati. Foto: Hendrivan Gumay (Asisten Redaktur), Ikhsan Dwi Satrio, Zainuddin. Dokumentasi dan Perpustakaan: Syaifulloh (Asisten Redaktur), Nani Hasnia.

Kalianda: Jl. Soekarno-Hatta No. 31, Kalianda, Telp/Fax: (0727) 323130. Pringsewu: Jl. Ki Hajar Dewantara No.1093, Telp/Fax: (0729) 22900. Kotaagung: Jl. Ir. H. Juanda, Telp/Fax: (0722) 21708. Metro: Jl. Diponegoro No. 22 Telp/Fax: (0725) 47275. Menggala: Jl. Gunung Sakti No.271 Telp/Fax: (0726) 21305. Kotabumi: Jl. Pemasyarakatan Telp/Fax: (0724) 26290. Liwa: Jl. Raden Intan No. 69. Telp/Fax: (0728) 21281.

Desain Grafis redaktur: DP. Raharjo, Dedi Kuspendi. Asisten Redaktur: Sugeng Riyadi, Sumaryono. Biro Wilayah Utara (Lampung Utara, Way Kanan, Lampung Barat): Mat Saleh (Kabiro), Aripsah, Buchairi Aidi, Eliyah, Hari Supriyono, Hendri Rosadi, Yudhi Hardiyanto.

Penerbit: PT Masa Kini Mandiri. SIUPP: SK Menpen RI No.150/Menpen/ SIUPP/A.7/1986 15 April 1986.

Biro Wilayah Tengah (Lampung Tengah, Metro, Lampung Timur): Chairuddin (Kabiro), Agus Chandra, Agus Susanto, Andika Suhendra, Djoni Hartawan Jaya, Ikhwanuddin, M. Lutfi, M. Wahyuning Pamungkas, Sudirman, Suprayogi.

Percetakan: PT Masa Kini Mandiri, Jl. Soekarno - Hatta No. 108, Rajabasa, Bandar Lampung Isi di Luar Tanggung Jawab Percetakan. DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK, ­WARTAWAN LAMPUNG POST DILENGKAPI KARTU PERS DAN TIDAK DIPERKENANKAN MENERIMA ATAU M ­ EMINTA IMBALAN DENGAN ALASAN APA PUN.

Biro Wilayah Timur (Tulangbawang, Mesuji, Tulangbawang Barat): Juan Santoso Situmeang (Kabiro), Merwan, M. Guntur Taruna, Rian Pranata.

Nuansa Bukan Komputer Jepang

±

Lampung Post menerima opini orisinal dan tidak dikirim ke media lain, tak lebih dari 5.000 karakter. Kirim via e-mail ke redaksi@lampungpost.co.id atau redaksilampost@yahoo.com. Kami mengutamakan tulisan yang mengkaji fenomena aktual di lingkungan masyarakat Lampung.

Member of Media Group Pemimpin Umum: Bambang Eka Wijaya. Wakil Pemimpin Umum: Djadjat Sudradjat. Pemimpin Redaksi/Penanggung Jawab: Gaudensius Suhardi. Wakil Pemimpin Redaksi: Iskandar Zulkarnain Pemimpin Perusahaan: Prianto A. Suryono. Dewan Redaksi Media Group: Saur M. Hutabarat (Ketua), Bambang Eka Wijaya, Djadjat Sudradjat, Djafar H. Assegaff, Elman Saragih, Laurens Tato, Lestari Moerdijat, Rahni Lowhur Schad, Suryopratomo, Toeti Adhitama, Usman Kansong. Redaktur Pelaksana: Iskak Susanto. Kepala Divisi Percetakan: Kresna Murti. Sekretaris Redaksi: M. Natsir. Asisten Redaktur Pelaksana: D. Widodo, Umar Bakti Redaktur: Heru Zulkarnain, Hesma Eryani, Muharam Chandra Lugina, Nova Lidarni, Sri Agustina, Sudarmono, Trihadi Joko, Wiwik Hastuti, Zulkarnain Zubairi.

±

Partisipasi Opini

12

LAMPUNG POST

±

±

CMYK

ADALAH seorang teman, sebut saja A. Dia menjalani hidup de­ ngan apa adanya. Tak ada rencana-rencana masa depan yang muluk dalam hidupnya. Ka­ laupun ada, itu tak dinyatakan pada kami. Tertawa, bercanda, dan bahagia, itu­ lah mungkin moto hidupnya. Meski ada masalah yang ruwet, di saat temannya tegang, dengan santai dia memberi solusi n LAMPOST/HENDRIVAN kocak sambil menirukan logat almarhum Gus Dur: “Gitu aja kok repot”. Susilowati Wartawan Adalah teman yang lain, sebut saja B. B Lampung Post memandang hidup dengan perhitungan matematis. Segala sesuatu direncanakan dengan matang. Kami pun sering menjadi tempat presentase rancana hidup­ nya. Selesai kuliah, melanjutkan S-2, bekerja, hidup mapan, lalu menikah, demikian planning-nya. Suatu ketika kami mendapat kabar A menikah di kampung halaman saat liburan semester. Kami pun kaget. Bukan karena dia belum lulus kuliah, melainkan karena kami tidak pernah mendapat bocoran dia akan menikah dalam waktu dekat. Ja­ ngankah menikah, dekat dengan wanita juga belum lama. Kami pun menunggu-nunggu kapan bertemu dia untuk menginterogasi karena “tidak pamit”, atau sekadar memberi kabar tentang pernikahannya. Sampailah saat yang ditunggu. Kami berkumpul di markas organisasi saat ada acara diskusi. Si B pun ada di sana. Mu­ lailah interogasi kami, dan dia pun mengklarifikasi dengan memuaskan. Tibalah giliran B berkomentar. “Kok kamu berani menikah, kan kuliah belum kelar, ker­ jaan belum punya, mau dikasih makan apa anak-istrimu? Kalau saya, belum lulus dan mapan belum berani menikah,” kata B. “Emang yang membagi rezeki komputer Jepang, jadi takut enggak kebagian. Yang membagi rezeki itu Allah, jangankan kita yang gagah gini, semut di lubang saja kebagian,” jawab A dengan santai tapi pasti. Kami pun tediam, tak bisa memban­ tah kebenaran ungkapannya, juga B. Selang beberapa bulan, kami mendengar B pun menikah, padahal studinya belum selesai, pekerjaan pun belum di tangan. n

Pak de Pak Ho Penjegal dijegal sudah biasa, Pak Ho.

Ical dan Prabowo dijegal, Pak De.

n FERIAL

Poj ok Timwas kasus Century akan sambangi Anas. Saatnya berkicau.

n Pertamina harus waspadai pengoplosan. Waspadalah, waspadalah!

±

CMYK

n FERIAL

Mengurai Benang Kusut Pendidikan Tri Sujarwo Guru Mentor PPAI SMPIT Miftahul Jannah Bandar Lampung

menuntaskan jam belajar saja, tetapi sadar bahwa proses transfer of knowledge harus berjalan dengan lancar.

ENDIDIKAN meru­ pakan salah satu ke­ butuhan yang harus dipenuhi oleh setiap manusia di dunia ini. Pendidi­ kan memiliki arti yang sangat penting bagi masyarakat di suatu negara. Mengapa de­ mikian? Tentu jawabannya karena pendidikan bisa men­ gubah pola pikir ke arah yang lebih baik dan meningkatkan derajat hidup manusia. Kita bisa berkaca dari negara-ne­ gara maju di dunia ini, mereka sangat mengedepankan pen­ didikan dalam menyiapkan generasi penerus di masa mendatang. Ilmu merupakan bagian tidak terpisahkan dari proses pendidikan. Dengan memiliki ilmu yang diperoleh melalui bangku pendidikan tentunya akan membuat diri kita makin berkualitas. Pendidikan yang berkualitas bisa diperoleh melalui proses pendidikan yang efektif dan efisien. Di­ tunjang juga dengan tenaga pendidik yang memiliki pe­ mahaman yang utuh menge­ nai proses pendidikan. Tidak hanya sekadar mengajar dan

Peran Keluarga Proses pendidikan berkarak­ ter yang menitikberatkan pada penanaman nilai dan moral itulah yang sangat diperlukan bagi setiap manusia. Oleh karena itu, keluarga sebagai bagian terkecil dari suatu negara menjadi madrasah pertama bagi anak-anak. Peran orang tua sangatlah besar dalam mendidik anakanak. Walaupun negara Indo­ nesia telah menetapkan ber­ bagai macam program untuk menunjang pendidika melalui Kemendikbud, tetap harus ada proses mendidik dalam setiap keluarga. Nilai-nilai moral dan nilai agama menjadi menu utama yang seharusnya diter­ ima oleh setiap anak. Karena dengan nilai-nilai tersebutlah kita mampu mengendalikan sikap destruktif. Nilai agama harus benarbenar ditanamkan sejak dini. Dengan memahami agamanya, setiap anak akan lebih paham lagi bagaimana mereka harus bersikap dan menghargai orang lain. Disinilah tantangan pertama bagi orang tua untuk mendidik dan memberikan

P

pengajaran yang benar. Setiap orang di Indonesia telah dijamin dalam undangundang untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Na­ mun, sayang, hal ini belum sejalan dengan kenyataan yang ada di masyarakat. Masih banyak anak-anak Indonesia yang belum tersentuh pendidi­ kan dengan layak. Walaupun kita pahami bersama luasnya wilayah Indonesia bukan men­ jadi alasan bagi pemerintah untuk tidak memaksimalkan pendidikan mereka. Justru itu semua menjadi aset bagi bangsa ini ke depannya. Pendidikan Berkarakter Pemerintah harus lebih banyak lagi menanamkan in­ vestasinya di ranah pedidikan. Masalah sulitnya medan dan sukarnya kebudayaan yang dianggap menghambat pen­ didikan jangan dijadikan alibi untuk tidak menyentuh mer­ eka. Pemerintah hanya butuh pendekatan khusus dan me­ nyiapkan SDM yang mumpuni dalam bidang pendidikan, ke­ mudian mereka disebar ke penjuru negeri untuk menga­ jarkan pendidikan yang sesung­ guhnya. Setidaknya hal ini akan mengurai benang kusut dari pendidikan di Indonesia. Seharusnya segenap anak

bangsa di pelosok-pelosok neg­ eri di daerah terpencil (remote area) juga merasakan seperti apa yang dirasakan oleh anakanak didik di pusat-pusat kota. Hal ini seharusnya menjadi perhatian pemerintah karena salah satu tolok ukur majunya suatu negara adalah dilihat dari kualitas pendidikan yang ada di negaranya. Hal ini akan lebih parah lagi bila kita melihat pendidikan di tempattempat terpencil di pelosok nusantara, semacam daerah perbatasan, pulau-pulau ter­ pencil, maupun daerah peda­ laman, yang sulit dijangkau. Mereka nyaris tidak tersentuh pendidikan. Pendidikan berkarakter­ lah yang dibutuhkan untuk membentuk peserta didik di segenap penjuru negeri. Pendidikan yang berkarakter bisa terwujud dengan adanya sumber daya manusia (baca: guru) yang mampu membaca lingkungan sekitarnya dengan mata hatinya. Sesuatu yang be­ rasal dari hati cenderung lebih bisa diterima oleh orang-orang di sekeililingnya. Di sinilah pentingnya peran­ an seorang guru dalam mem­ bentuk karakter peserta didik. Pendidikan berkarakter yang mengedepankan nilai-nilai ketuhanan dan kemanusian

akan berpengaruh besar dalam diri setiap peserta didiknya. Namun, sayang, sistem pendidi­ kan Indonesia saat ini belum maksimal dalam menciptakan SDM yang mumpuni seperti harapan kita. Sistem pendidi­ kan di Indonesia lebih memen­ tingkan akademik (nilai dalam bentuk angka) ketimbang nilai moral. Sistem pendidikan di Indo­ nesia juga seharusnya jangan hanya mengedepankan nilainilai akademik semata. Tetapi, satu hal penting penanaman nilai dan moral itu seharusnya menjadi pelajaran dasar yang diterima para siswa ketika memasuki jenjang pendidikan. Nilai untuk saling menghargai orang lain, membudayakan sikap kejujuran, sikap saling memiliki, dan penanaman nilai-nilai agama yang akan membawa bangsa ini ke arah yang lebih baik lagi. Pendidikan saat ini sangat berpengaruh besar terhadap masa depan bangsa Indone­ sia. Pemimpin bangsa saat ini adalah hasil dari proses pendidik­an di masa silam. Jika hari ini banyak yang korupsi atau melakukan tindakan-tin­ dakan yang tercela, itu mung­ kin ka­rena proses dan sistem pendidikan di Indonesia yang perlu diperbaiki. n

±

‘Methylone’, ATS, dan Penanganannya Andhika Chrisnayudhanto Pengamat masalah narkoba

M

ENARIK menyimak berita akhir-akhir ini mengenai penahanan artis Raffi Ahmad atas kepemilikan narkoba, utamanya yang terkait de­ngan zat psikotropika baru yang disebut methylone (3,4 Methylendioxy methcathinone). Secara hukum nasional, methylone bukan golongan narkotika yang terdaftar dalam UU No. 35/2009 tentang Narkotika. Namun, para ahli menyebutkan zat tersebut merupakan turunan dari metakatinona yang masuk daftar golongan I narkotika. Selain itu, methylone merupakan stimulan yang secara analogi struktural memiliki efek yang sama dengan MDMA (3,4 Methylenedioxy methamphetamine) atau lebih dikenal sebagai ekstasi. Oleh karena itu, sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Selandia Baru menggolongkan methylone seba­ gai obat terlarang. Bagaimana di Indonesia? Apakah kepemilikan suatu obat yang tidak dia­ tur secara jelas dalam UU bisa menjerat seseorang ke ranah hukum pidana? Hal itu mengingat methylone bukan obat yang terdaftar dalam golongan I narkotika dan pencantuman methylone dalam UU No. 35/2009 hanya bisa

dilakukan melalui keputusan Menteri Kesehatan (Pasal 6 ayat [3]). Jika memang sudah ada keputusan Menteri Kesehatan yang memasukkan methylone sebagai golongan I narko­ tika saat ini, apakah berlaku retroaktif mengingat kejahatan dilakukan saat masih terdapat kekosongan hukum? Negara Produsen ATS Di sisi lain, terdapat masalah yang lebih urgen dan memprihatinkan ketimbang penanganan zat baru, se­ perti methylone dan memerlukan pe­ nanganan secara komprehensif, yakni masalah amphetamine-type stimulants (ATS). Di Indonesia ATS lebih dikenal dengan jenis narkoba dalam bentuk pil-pil ekstasi (MDMA) dan sabu (methamphetamine). Hal itu berdasarkan pengamatan bahwa selama ini pena­ nganan ATS belum maksimal. Salah satu argumennya ialah kenyataan bahwa dalam kurun waktu 20 tahunan, Indonesia telah menjadi negara pro­ dusen untuk ATS (ekstasi dan sabu). Padahal, sejak 1997, sudah terdapat dua produk hukum yang melarang peredaran ATS jenis ekstasi dan sabusabu, yang pada 1990-an Indonesia masih menjadi negara tujuan untuk jenis ATS dimaksud. Lebih jauh lagi, Dewan Pengawasan Narkoba Inter­ nasional (INCB), berdasarkan laporan

±

2011, menyebutkan skala produksi ge­ lap ekstasi di Indonesia menimbulkan keprihatan karena menjadi sumber utama narkoba di wilayah regional. Baru-baru ini kantor PBB Urusan Narkoba dan Kejahatan (UNODC) ber­ sama BNN mengeluarkan laporan Indonesia: situation assessment on amphetamine-type stimulants dari Global SMART Programme (Februari, 2013), yang intinya menyebutkan meluasnya perdagangan gelap dan keuntungan dari ATS merupakan ancaman yang signifi­ kan terhadap keamanan, kesehatan, dan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Data Statistik Secara singkat, laporan-laporan menggambarkan. Pertama, dari jumlah 3,7–4,7 juta (2011) pengguna narkoba, 1,2 juta menggunakan sabu-sabu, dan 950 ribu menggunakan ekstasi. Kedua, sejak 2006, 135 laboratorium gelap ATS telah terbongkar, termasuk 25 labo­ ratorium pada 2011. Di tahun-tahun belakangan ini muncul laboratorium kecil (kitchen-type) ATS. Ketiga, volume terbesar prekursor kimia guna memproduksi gelap ATS berasal dari India, China (termasuk Hong Kong dan Taiwan), dan Ame­ rika Serikat. Keempat, jumlah kasus narkoba terkait dengan ekstasi dan sabu-sabu terus meningkat. Pada 2011,

jumlah kasus terkait dengan sabu-sabu mencakup 62% dari seluruh kejahatan narkoba. Pengawasan prekursor data tersebut tidak lain menunjukkan betapa besar permasalahan ATS di Indonesia, uta­ manya terkait dengan sabu-sabu. Dalam hal ini ada tiga hal yang cukup penting untuk mendapat perhatian. Pertama, meningkatnya jumlah pasokan ATS dengan lokasi laboratorium kecil yang berdekatan dengan konsumen. Kedua, sebagai negara produsen, upaya untuk mencegah masuknya prekursor kimia untuk memproduksi ATS belum maksimal. Ketiga, pengobat­ an dan rehabilitasi terhadap pengguna ATS yang meningkat jumlahnya dari tahun ke tahun menunjukkan keper­ luan agar unsur kesehatan memainkan peran yang sama pentingnya dalam upaya pemberantasan narkoba. Sebagai konklusi, sudah 20 tahun bangsa Indonesia mengalami pergo­ lakan dalam menanggulangi masalah ATS. Berbeda dengan masalah ATS yang sudah tercakup dalam produk UU saat itu, methylone belum termasuk obatobatan yang dilarang. Namun, akan sangat mengerikan untuk membayang­ kan apabila ke depannya methylone tidak diatur secara komprehensif. Sikap pemerintah dan aparat hukum perlu lebih dioptimalkan. n

CMYK

±

±


INTERAKTIF sabtu, 2 maret 2013 LAMPUNG POST

surat

pembaca

Ruang Publik Kirimkan keluhan dan komentar Anda tentang pelayanan publik ke e-mail: redaksi@lampungpost.co.id, redaksilampost@yahoo.com, short message service (SMS) 0815-405-9000, www.facebook.com/lampungpost.interaktif

13

Tanggapan PLN Distribusi Lampung

MENANGGAPI keluhan pelanggan di rubrik SMS Interaktif pada 9, 14, 18, 19, dan 27 Februari 2013, perkenankanlah kami menyampaikan penjelasan sebagai berikut: 1. Terima kasih atas perhatian pembaca dengan nomor ponsel 08779***** kepada PLN dan Bapak Ningrat Nata Marga dengan nomor ponsel 081279544***. Sebelumnya kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya perihal gangguan listrik yang terjadi. Kami mengucapkan terima kasih atas informasi gangguan listrik yang disampaikan, tetapi kami mengalami kesulitan untuk menindak­ lanjuti keluhan Bapak dikarenakan tidak disertai nomor ponsel yang lengkap untuk menanyakan informasi mengenai lokasi padam untuk memudahkan kami dalam menelusurinya. Untuk selanjutnya, pelanggan dapat me­ nyampaikan keluhan seputar kelistrikan PLN dengan menghubungi Contact Center PLN 123 (lokal Bandar Lampung) atau (0721) 123 (luar Bandar Lampung/via ponsel), atau kunjungi website kami di www.pln.co.id, atau Facebook di PLN 123 atau follow kami di Twitter @ pln_123, kami siap melayani Anda. 2. Terima kasih atas perhatian pelanggan dengan nomor ponsel 085357644*** kepada PLN. Kami mohon maaf atas ketidaknya­ manannya perihal kualitas tegangan yang kurang baik di daerah Tanjungbintang. Di daerah Tanjungbintang, terutama di arah Sumberrejo, memang sempat terjadi tegang­ an rendah, tetapi sudah ditindaklanjuti dengan dilakukan perbaikan dan keadaan sekarang sudah normal. Dikarenakan sulitnya kami menghubungi pelanggan karena nomor ponsel yang tercantum tidak lengkap, pelanggan dapat menyampaikan keluhan seputar kelistrikan PLN dengan menghubungi Contact Center PLN 123 (lokal Bandar Lampung) atau (0721) 123 (luar Bandar Lampung/via ponsel), atau kunjungi website kami di www.pln.co.id, atau Facebook di PLN 123 atau follow kami di Twitter @ pln_123, kami siap melayani Anda. 3. Menanggapi keluhan pembaca dengan nomor ponsel 085369432*** di Sukabumi ke­ pada PLN, kami mohon maaf atas ketidaknya­ manannya. Perlu kami informasikan bahwa terkait lampu jalan yang belum disambung­ kan tersebut merupakan tanggung jawab dari penerangan jalan umum (PJU). Sebagai informasi, pengelolaan PJU se­ penuhnya wewenang dan tanggung jawab pemeritah daerah (pemda setempat/peme­ rintah kota) melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP). Instansi tersebut me­ ngelola PJU dari perencanaan, penambahan,

perluasan, pemeliharaan, perbaikan, dan pengawasanya. PLN hanya bertanggung jawab pada pasokan listriknya dan pemung­ utan pajak PJU (PPJ). PPJ tersebut juga disetorkan kembali kepa­ da pemda setempat sebagai pendapatan asli daerah (PAD). Oleh karena itu, pelanggan da­ pat menanyakannya langsung ke pemerintah daerah setempat agar segera ditindaklanjuti. Perihal kenaikan tarif listrik juga merupakan wewenang dari pemerintah, PLN merupakan Badan Usaha Milik Negara yang menjalankan kebijakan yang telah ditetapkan pemerintah tersebut. 4. Menanggapi keluhan Bapak Helmi dengan nomor ponsel 082182429*** ke­ pada PLN, sebelumnya kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Terkait dengan melonjaknya rekening listrik di daerah Way Kenanga, Tuba Barat, kami mengalami kesulitan untuk menindaklanjuti keluhan Bapak karena tidak disertai nomor ponsel yang lengkap untuk menanyakan informasi IDPEL agar dapat kami cek pada sistem kami. Maka kami mengimbau supaya Bapak untuk mencocokkan kembali angka stand kwh meter dengan angka kwh meter di rekening. Jika memang ada perbedaan, Saudara dapat melaporkan kembali ke petugas kami atau datang ke kantor PLN terdekat agar segera kami tindak lanjuti. 5. Menanggapi keluhan Bapak Indra di Ko­ taagung dengan nomor ponsel 085279702*** kepada PLN, sebelumnya kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya perihal gangguan aliran listrik yang terjadi di wilayah Kota­ agung dan sekitarnya. Kondisi beberapa kali padam pada beberapa waktu terakhir ini di­sebabkan kondisi cuaca ekstrem dengan an­ gin kencang yang menyebabkan pohon tum­ bang dan menempel pada jaringan listrik. Namun, kami berusaha maksimal untuk meningkatkan keandalan suplai listrik di wilayah Kotaagung, dan kami mohon juga partisipasi dari seluruh masyarakat untuk memberikan izin pemangkasan pohon-pohon di sekitar jaringan agar tidak sampai mengenai jaringan listrik untuk mendukung keandalan jaringan listrik di Kotaagung dan sekitarnya. Untuk selanjutnya, jika ada keluhan yang ingin disampaikan atau ingin memperoleh in­ formasi seputar kelistrikan, pelanggan dapat menghubungi Contact Center PLN 123 (lokal Bandar Lampung) atau 0721-123 (luar Bandar Lampung/ponsel), atau kunjungi website kami di www.pln.co.id, atau Facebook di PLN 123 atau follow kami di Twitter @pln_123, kami siap melayani Anda. Terima kasih. Hari Nugroho Subbidang Hukum & Humas PT PLN (Persero) Distribusi Lampung Jalan Z.A. Pagaralam No. 5 Bandar Lampung

Pulsa Hilang, Esia Bungkam tanpa Solusi BETAPA terkejutnya saya menghadapi ke­ nyataan pulsa Esia yang telah saya isi senilai Rp100 ribu untuk koneksi internet telah berkurang dan hanya tersisa Rp8.166, pada­ hal saya tak pernah memakainya. Saya meminta penjelasan kepada Call Cen­ ter Esia, tetapi hasilnya sia-sia karena telah tiga hari saya mengadukan hal itu. Tak ada penjelasan apa pun dari pihak Esia, apalagi solusi. Masalah ini dimulai ketika saya, pengguna Esia 021-89633XXX, mengisi pulsa pada 20 Februari 2013 pukul 11.30 untuk memper­ panjang internet Super Giga seharga Rp100 ribu, masa aktif sampai 20 Maret 2013 pukul 19.00 WIB. Paket Super Giga saya pada Februari 2013 akan berakhir pada 20 Februari 2013 pukul 19.00 WIB. Saya pun telah mengecek di customer area Esia max-d bahwa pulsa telah terisi Rp108.166. Saat itu, saya merasa tenang. Namun, ketika saya akan memakai inter­ net pada 20 Februari 2013 pukul 20.00 WIB, ternyata internet tidak bisa digunakan karena saldo tidak mencukupi. Saya pun mengecek pulsa saya yang ternyata telah berkurang dan tinggal Rp8.166. Saya terkejut karena saya mengisi pulsa sebelum masa berlaku berakhir. Saya segera menelepon Call Center Esia, yang menerima Saudara Andi, dan saya juga sudah memberi­ tahukan bukti transaksi serta sudah dibuat­ kan pelaporan kehilangan pulsa. Namun, sehari berlalu dan belum ada ke­ jelasan. Saya pun menelepon kembali. Saya disuruh menunggu 1 x 24 jam lagi karena Esia belum menerima rekaman data pemotongan pulsa untuk investigasi lebih lanjut. Hari berganti dan saya harus menelepon berulangulang sampai bosan. Terakhir, laporan saya diterima oleh saudara Hari. Sekali lagi Esia hanya menga­ takan “Maaf kenyamanan Anda terganggu” yang intinya Esia minta ulur waktu lagi. Saya akhirnya menyadari bahwa percuma menelepon Call Center Esia. Pihak Esia hanya mengatakan sudah berusaha se­ cara maksimal sembari mengulang-ulang pela­p oran saya tanpa tahu solusi yang ditawarkan apabila pelanggan mengalami pengurangan pulsa tanpa pemakaian se­ perti yang saya alami. Hingga surat ini saya tulis pada 23 Februari 2013, tidak ada berita sama sekali dari Esia. Saya merasa sangat terganggu dan sangat dirugikan oleh provider Esia. Yovi Andriani Jakarta Pebisnis online

Mana Bantuan Korban Banjir?

sms

Raskin Jangan Ditahan

Kepada Kepala Bulog Lamsel dan para wartawan Lamsel, jatah raskin di Desa Sukapura, Kecamatan Sragi, kok sering enggak pernah full pada tahun 2012? Jangan ditahan, 2013 jatah bulan satu sudah enggak ada, tetapi tetangga desa ada. Tolong, Pak Pejabat, ditegur dn ditindak bawahannya. 085758212xxx

ATM Bandarjaya Rusak Mohon perhatian untuk Bank Mandiri Cabang Bandarjaya. ATM di lingkung­ an PT GGP Terbanggibesar rusak me­ lulu, apalagi jika saat gajian, se­hingga karyawan tidak bisa melakukan tran­ saksi tarik tunai. Yang dibutuhkan uang, Pak, bukan kata maaf seperti yang tertera di monitor ATM. 081379715xxx

Realisasikan Pemasangan Listrik Yth. Pimpinan PLN Wilayah Lampung, saat ini kami sudah banyak mengeluar­ kan uang. Untuk pemasangan jaringan listrik di kampung kami tidak tere­ alisasi dengan baik dan tidak sesuai dengan Surat Perintah Kerja No.036. PJ/140/NIAGA-PP/KTB/2012 tanggal 6 Agustus 2012. Kami mengharapkan supaya bisa terealisasi dengan baik dan listrik bisa segera dialiri. Masyarakat Desa Sumberreja, Tulangbawang 085279113xxx

Polisi Kok Pungli Yth. Ditlantas Polda Lampung, tolong di­ tindak oknum anggota polantas, di jalur lintas timur dan tengah, yang melaku­ kan pungli terhadap sopir truk yang bermuatan secara paksa setiap hari. Hal itu bisa memperburuk citra polisi dan sangat meresahkan pengemudi. 082113608xxx

Ramainya Kejahatan Jalanan Yth. Kapolda Lampung, tolong diper­ banyak personel kepolisian di per­ batasan antara Provinsi Lampung dan Provinsi Sumatera Selatan, karena kejahatan jalanan di wilayah itu sangat meresahkan! 085267781xxx

Yth. Wali Kota, kami warga Kelurahan Kangkung, Telukbetung, Kecamatan Bumiwaras, sampai sekarang belum mendapat bantuan korban banjir, khususnya RT 06. Kami mohon di­ tindak lurah dan RT-nya. Kami sangat kecewa mengapa RT yang lain sudah dapat, tetapi sampai sekarang kami belum menerimanya. 081957164xxx

SPBU Pringsewu Sering Kosong Yth. pihak terkait, mohon dilakukan pengawasan kembali di SPBU Pring­ sewu dan Tanggamus, karena selaku kosong. Anehnya, kios di sekelilingnya penuh. Tidak logis jika premium dan solar kosong, sementara kios berjejer tiap 50 meter. 081369520xxx

Tertibkan Tukang Palak Yth. Kapolda Lampung dan Kapol­ res Way Kanan, kami mohon segera ditindak tegas karena sering terjadi pemalakan dengan paksa, bahkan di­ ancam dengan senjata. Mereka minta uang dengan kami para sopir, khusus­ nya truk angkutan umum, mulai dari wilayah Giham sampai Bukitkemun­ ing. Itu terjadi dari pukul 21.00 malam sampai pukul 05.00. Atas tindakannya, kami ucapkan terima kasih. 085367533xxx

Raskin Digelapkan Ke mana lagi masyarakat Desa Ke­ payungan, Kecamatan Pubian, Lam­ pung Tengah, mengadu tentang raskin bulan 11—12 tahun 2012 yang tidak dibagi dan digelapkan oleh kepala kam­ pung dan cariknya? Kenapa Polres dan Bupati hanya diam saja? Wassalam. 085380598xxx

Jalan Rusak Tanggung Jawab Bina Marga? Enak saja, oknum DPR asal ngomong. Tahu enggak, uang miliaran untuk re­ hab jalan habis dijarah oknum dua dari aparat pemda, mulai gubernur hingga bupati, semua minta. Pemborong kebagian kurang dari 50%. Makanya, kalau ada proyek jalan hanya umur 1 bulan, aparat tidak berani bertindak. Ini yang ngomong rakyat, lo. 082136651xxx

Manfaat Daun Alpukat MANFAAT alpukat dan daun­ nya, sudah banyak diketahui orang. Malahan sudah diter­ bitkan jadi buku obat. Tetapi, penulis mempunyai pengala­ man sendiri menyangkut bi­ dang per-daunan dan man­ faatnya bagi kesehatan. Alpukat termasuk suku Lauraceae,bersifat melancar­ kan air seni dan antibakteri. Pertama tama bagi saudara yang terkena sakit pinggang, ambil 7 helai daun alpu­ kat direbus dengan 3 gelas air,hingga airnya tinggal 2 gelas. Daun rebusan diang­ kat dari kompor dan didin­ ginkan. Kalau jaman leluhur, panic gerabah di embunembunkan di halam­a n ru­ mah. Supaya tidak kotor ke­ masukan polusi pencemaran udara, panic di tutup de­ngan selembar kain putih dan ber­ sih. Juga bisa di embunkan di atas genting,supaya sedikit aman dari gangguan anak kecil atau ayam. Rebusan daun alpukat bisa diminum besok pagi,satu gelas dan sore sebelum tidur malam satu gelas. Dan ini bisa di­ lakukan selama dua minggu berturut-turut. Bila masih sakit, istirahat dahulu satu minggu setelah itu bisa dilan­ jutkan lagi seperti penyem­ buhan pertama. Yang perlu diperhatikan, pendi­nginan atau peng-embunan tidak bisa dilakukan dengan me­ masukan ramuan kedalam kulkas. Biarkan proses jamu secara alamiah. n


±

sabtu, 2 MARET 2013

LAMPUNG POST

CMYK

±

±

PARIWARA 14

±

±

±

±

±

±

±

CMYK

±

±


±

sabtu, 2 maret 2013 LAMPUNG POST

±

CMYK

±

CMYK Tirza Hanum

INSPIRASI

Mengajar itu memberikan kepuasan tersendiri. Kalau diperkenankan, saya ingin mengajar sampai akhir hayat. Selama belum dipensiunkan, saya akan terus mengajar.

15

TIRZA HANUM ±

Guru Besar Perempuan Pertama di Lampung DIA termasuk salah satu perempuan yang bisa mengenyam pendidikan sampai jenjang paling tinggi, meraih guru besar bidang teknologi pangan. Berkat kerja keras dan kegigihannya, dominasi dan sinisme sejumlah kaum lelaki terhadap bidang ilmu yang ditekuninya bisa ditaklukkannya.

P

erempuan kelahiran Padang Panjang, 3 Februari 1947 ini dibesarkan di lingkungan keluarga berpendidikan tinggi. Hal itu yang membuat Tirza Hanum tidak punya pilihan, kecuali belajar keras agar bisa berhasil meraih sarjana seperti kakek, om, tante, dan saudara-saudaranya. Tidak tanggungtanggung, Tirza muda mendobrak dominasi lelaki di Institut Teknologi Bandung (ITB). Sejak menapakkan kaki di kampus ITB, Tirza Hanum tidak pernah membayangkan akan berdiri di depan kelas memberikan kuliah. Yang ada di benak anak keempat dari tujuh bersaudara ini adalah bekerja di dunia industri. Namun, Tuhan berkehendak lain. Setelah menikah dengan Zoelfikar Zoebir, Tirza terpaksa memilih dosen sebagai profesi. Selain di Lampung belum terbuka pekerjaan di bidang itu, Tirza juga harus pandai-pandai membagi waktu untuk mengurus keluarga. Biodata Saat itu dia ditawari Tagor Nama : Prof. Ir. Tirza Hanum, M.S., Ph.D. Lubis, dosen senior di Unila, Lahir : Padang Panjang, Sumatera Barat, 3 yang ketika itu sedang merin Februari 1947 Suami : Drs. Zoelfikar Zoebir (Apoteker) tis Fakultas Pertanian Unila. Anak : Tirza yang pindah ke Lam - Vicky Tanka Zoelfikar, S.T., M.M. - Tizzy Tanka Zoelfikar, S.E. pung pada 1974 akhirnya - Saphira Tanka Zoelfikar, S.Si. mulai mengajar pada 1975. Ayah : H. St. Kamaruddin Ibu : Hj. Anizah Dia mengajar ilmu-ilmu dasar karena dia memang bukan Riwayat pendidikan : - S-1 Teknik Kimia ITB Bandung, 1974 orang pertanian. - S-2 Ilmu Pangan IPB Bogor, 1983 Kini, 38 tahun sudah ibu - S-3 Ilmu Pangan Michigan State University, Amerika Serikat, 1995 dari Vicky Tanka Zoelfikar, Karier : Tizzy Tanka Zoelfikar, dan - Dosen - Pembantu Dekan Fakultas Pertanian Saphira Tanka Zoelfikar ini - Ketua Persiapan F-MIPA menggeluti dunia pendidikan. - Pembantu Rektor I Bidang Akademis Unila Bersama dengan perjalanan Prestasi : waktu, Tirza makin mencintai 1. Dosen Teladan II Fakultas Pertanian Unila (1984) 2. Harapan II Lomba Penelitian, USAID (1989) profesinya. 3. Satyalancana Karya Satya dari Presiden “Ternyata mengajar itu mem Republik Indonesia (2006) berikan kepuasan tersendiri.

Kalau diperkenankan, saya ingin mengajar sampai akhir hayat. Selama belum dipensiunkan, saya akan terus mengajar. Tapi, memang suatu waktu saya harus mundur. Setelah saya tidak bisa mengucapkan kata-kata dengan jelas lagi. Ketika mahasiswa saya sudah mulai takut melihat wajah saya yang keriput. Itulah saatnya saya harus mundur. Kalau tidak mundur, ketika mengajar saya tiba-tiba hang begitu, nanti mahasiwa saya bingung,” kata dia kepada Lampung Post dalam buku 100 Tokoh Terkemuka Lampung. Meski bukan termasuk dosen killer, Tirza dikenal sebagai dosen yang tegas. Saat kuliahnya, jangan coba-coba berulah jika tidak ingin dihujani berbagai pertanyaan. “Saya bukan dosen killer. Memang sih, sebagian besar mengatakan saya orang yang straight, tegas. Tapi jarang yang bilang saya galak. Tapi makin ke sini kayaknya saya makin galak. Kalau ada mahasiswa yang ngobrol, saya kirimkan pertanyaan kepada dia supaya dia kembali memperhatikan saya. Di balik itu, saya juga makin rileks dalam mengajar. Banyak bercandanya juga, meski sedikit tegas,” kata dia. Sikap tegas juga diterapkan Tirza dalam menerapkan pendidikan pada ketiga putraputrinya. Sejak mereka masih kecil, Tirza yang lahir dan dibesarkan dalam keluarga berpendidikan selalu menekankan prestasi akademik pada anak-anaknya. “Pendidikan penting buat saya. Ibu saya juga selalu bilang tidak bisa memberikan harta, tapi pendidikan. Ibu saya mengutamakan pendidikan. Dari tujuh bersaudara, hanya kakak saya yang tertua yang tidak lulus sarjana. Empat lulusan ITB dan dua lulusan kedokteran. Dan pola pendidikan ibu itu yang saya tiru dan terapkan pada anak-anak. Sebab itu, saya sangat ketat dengan anak-anak karena saya punya sasaran mereka harus menyelesaikan pendidikan tertinggi,” kata dia. Pada awalnya, Tirza memilih kuliah pada

jurusan teknik kimia dengan harapan bisa bekerja di bidang industri setelah menjadi sarjana. Untuk itu, Tirza harus berjuang menyelesaikan kuliahnya, termasuk mengalahkan sinisme dosen-dosennya. “Waktu saya masuk ITB tahun 1967, belum apa-apa dosennya sudah sinis. Saya masih ingat, waktu itu Khokhian Ho bilang, kenapa kalian ini perempuan-perempuan masuk jurusan teknik kimia. Waktu itu kami marah sekali. Mungkin waktu itu dia berpikir perempuan tidak cocok di jurusan ini ka­r ena di industri yang diperlukan tenaga lakilaki. Tapi, de­ngan sinisme itu, saya makin semangat,” kata doktor lulus­ an Michigan State University, Amerika Serikat, itu. Tirza pun menyadari puncak karier seorang guru itu adalah guru besar. Bukan rektor atau pembantu rektor. Sebab itu, dia pun terus kuliah. Setelah menjadi dosen, lalu kuliah S-2. Selanjutnya, melanjutkan program S-3. Dia dikukuhkan menjadi guru besar bidang teknologi pangan tahun 1998. Untuk meraih gelar profesor pun Tirza relatif tidak banyak mengalami hambatan. Tirza mengaku masa kecilnya menyenangkan. Sejak kecil hingga SMP ia mengaku senang karena ayahnya yang pejabat di pemerintahan sering berpindah-pindah.

±

n LAMPUNG POST/DOK. PRIBADI

Namun, mereka sempat mengalami masa transisi, masa yang kurang enak karena adanya pemberontakan di Sumatera Barat. Ayahnya berhenti dari pekerjaannya karena dianggap terlibat pemberontakan dan dipensiunkan dini. Sang ayah lalu beralih profesi menjadi pe­ ngusaha, tapi ternyata tidak terlalu berbakat. Tapi, sejak itulah ibunya makin ketat me­ ngawasi anaknya agar berjuang agar terlepas dari ketidaknyamanan itu. “Ibu saya mengutamakan pendidikan,” ujar Tirza. (100 TOKOH TERKEMUKA LAMPUNG/S-3)

±

±

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±


±

±

CMYK

CMYK

HIBURAN Sabtu, 2 Maret 2013 LAMPUNG POST

±

Anne Hathaway Saya meminta maaf pada perancang busana Valentino karena tidak mengenakan gaun buatannya di acara Oscar.

16

Malam ini De

Neno Kolaborasi dengan Andra and The Backbone

±

DE Neno, band asal Jakarta dengan genre musik alternatif, siap berkolaborasi dengan musisi papan atas Andra and The Backbone (AATB). Band pemenang A Mild WANTED 2012 ini tampil sepanggung AATB dalam acara WANTED Winner National Tour di Golden Dragon, Bandar Lampung, malam ini.

B

Andra and The Backbone n MI

±

and pendatang baru di belantika musik Tanah Air ini bakal memberikan kejutan spesial bagi pencinta musik di Bandar Lampung. Penampilan band yang digawangi Adamas (vokalis), Surya (gitaris), Harlingga (gitaris), dan Martin (drumer), serta Fauzi (additional bassis) ini tak kalah menarik setelah sebelumnya berkunjung ke beberapa kota seperti di Samarinda dan Pekanbaru. Sepanggung dengan AATB merupakan pengalaman yang spesial bagi grup band yang terbentuk sejak 2010 di Jakarta ini. Nanti malam, AATB digawangi Dedy, Stevie, dan Andra Junaidi juga akan tampil total. Grup musik ini dibentuk pada tahun 2007 ini di antaranya akan membawakan tembang-tembang hitnya seperti Main Hati, Sempurna, Terdalam, dan lain-lain. Ramadhanty dari Associate Maverick menjelaskan acara ini merupakan bentuk apresiasi Sampoerna A bagi pemenang WANTED 2012, sekaligus bentuk apresiasi dan komitmen Sampoerna A dalam memajukan industri musik Tanah Air. “WANTED sebagai ajang pencarian band baru berbakat telah menghasilkan

±

De Neno sebagai musisi baru yang siap memberi warna baru di industri musik Tanah Air,” katanya dalam siaran persnya, kemarin. Sebagai pemenang WANTED 2012, De Neno mendapatkan hadiah utama kontrak rekaman bersama Musica Studio dan telah selesai merampungkan album perdana mereka. “Materi dari album perdana mereka inilah yang akan diperkenalkan kepada penikmat musik di Bandar Lampung,” ujarnya. Sebelumnya, ia menjelaskan WANTED Winner National Tour berlangsung di 10 kota di seluruh Indonesia, yakni Banda Aceh, Samarinda, Pekanbaru, Makassar, Bandar Lampung, Malang, Jakarta, Semarang, Bandung, serta Denpasar, yang dimulai Februari hingga Maret 2013. Acara ini melibatkan musisi-musisi papan atas seperti J-Rocks, Naif, Kotak, dan AATB. Untuk diketahui, De Neno terbentuk sejak 2010 di Jakarta. Nama De Neno berasal nama dewa di Nusa Tenggara, yang berarti langit. Band yang mengusung aliran musik alternatif ini terinsipirasi dari grup musik Muse, Coldplay, 30 Seconds to Mars, hingga Dewa dan Peterpan. Andra and The BackBone digawangi Dedy, Stevie, dan Andra Junaidi. Grup musik ini dibentuk pada 2007. Lagu utamanya ialah Musnah yang dipopulerkan ulang oleh Mulan Jameela. (AST/S-2)

Tommy Kurniawan

Anne Hathaway

Larang Anak Terjun ke Dunia Hiburan

Minta Maaf pada Valentino

n MI

Tommy Kurniawan sadar betul pendidikan lebih penting dibanding memulai karier di jagad hiburan. Diapun melarang buah hatinya, Muhammad Al Fatih Fabrizio, terjun ke dunia entertainment mengikuti jejaknya. “Kebetulan saya ingin anak ke depan concern ke pendidikan daripada entertainment,” kata Tommy ketika ditemui di kantor DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jalan Raden Saleh, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (28-2) malam. Selain melarang anak berkiprah ke dunia hiburan, Tommy juga mengaku kini punya banyak waktu bersama keluarga sejak terjun ke dunia politik. “Betul, libur bisa manfaatkan untuk main,” ujar dia. Tommy Kurniawan menikahi Fatimah Tania Nadira pada 11 April 2011. Dari pernikahan keduanya, Tommy dikaruniai dua anak, Muhammad Al Fatih Fabrizio dan Naira Syabila Azzahra Kurniawan. (S-2)

Aktris Anne Hathaway meminta maaf pada perancang busana Valentino karena tidak mengenakan gaun buatannya di acara Oscar. Aktris 30 tahun yang meraih penghargaan Aktris Pendukung Terbaik itu mengagetkan orang-orang saat datang ke acara Oscar dengan mengenakan gaun merah muda prada. Padahal, beberapa jam sebelumnya, Valentino mengeluarkan pernyataan bahwa dia telah menyiapkan busana untuk sang aktris Les Miserables itu. Anne menjelaskan dia sangat menyesal telah menimbulkan kekecewaan karena memutuskan memakai busana lain. Keputusan tersebut diambilnya setelah mendengar kabar Amanda Seyfried mengenakan busana yang sangat mirip dengan gaun Valentino yang sebelumnya disiapkan Hathaway, demikian seperti yang dikutip dari Female First.

±

“Meskipun saya menyukai busana yang saya pakai, itu keputusan mendadak yang sangat sulit karena saya telah menantikan kesempatan menggunakan busana Valentino untuk menghargai hubungan akrab saya dengan rumah mode itu dan Valentino sendiri,” ujarnya. Perancang Italia Valentino (80) adalah kawan lama dari sang aktris. Dia merancang gaun pernikahan pink dan putih yang dipakai Hathaway pada upacara pernikahannya dengan Adam Shulman September lalu. Sementara itu, dalam acara Oscar, Anne dibantu oleh guru fashion selebritas Rachel Zoe. Zoe juga dikabarkan membantu Jennifer Lawrence, pemenang Aktris Terbaik, untuk memilih gaun Christian Dior Haute Couture. (ANT/S-2) n MI

O nl i n e ha r i i n i

LAMPOST.co

Pelukan Alzier-Sjachroedin, Sinyal Baik Politik Lampung

±

BANDAR LAMPUNG (Lampost.co): Pertemuan dua tokoh Lampung Alzier Dianis Thabranie yang juga ketua DPD Partai Golkar Lampung dan Sjachroedin yang juga ketua DPD PDIP Lampung dipandang sebagai sinyal baik bagi konstelasi politik Lampung. “Saya pikir ini sinyal baik bagi konteslasi elite lokal di lampung. Artinya, dari dimensi hubungan antarelite sudah mulai minimal. Sudah ada silaturahmi antarkedua elite tersebut walaupun dalam konteks koalisi politik masih banyak kemungkinan,” kata pengamat politik dari Universitas Lampung, Arizka Warganegara, Jumat (1-3). Arizka diminta pendapatnya terkait pertemua kedua tokoh yang selama ini dikenal bersiteru, di ruang kerja Sjachroedin, tadi pagi. (MIN/L-2)

±

CMYK

Cedera, Tim Krul Absen Lima Pekan LONDON (Lampost.co): Penjaga gawang Newcastle United Tim Krul harus beristirahat sekitar lima pekan, kata manajer Alan Pardew, Kamis (28-2). Krul, pemain internasional Belanda berusia 24 tahun, menderita cedera ankle saat pertandingan Liga Eropa pada pekan lalu saat menghadapi Metalist Kharkiv dan ia harus dipapah ke luar lapangan saat menghadapi Southampton di pertandingan Liga Utama Inggris yang dimenanginya. “Angkle-nya masih sedikit

±

membengkak,” ujar Pardew kepada wartawan. “Kami pikir dia tidak bisa dimainkan untuk jangka waktu maksimal empat atau lima pekan ke depan, tetapi kami masih berharap kurang dari waktu itu.” Pemain pengganti Rob Elliot disiapkan untuk menggantikan Krul saat Newcastle menghadapi Swansea City pada Sabtu, setelah ia membuat debut di Liga Utama Inggris tatkala menang 4-2 atas Southampton. (ANT/L-4)

BACAAN FAVORIT

1

Aktris, model, serta mantan bintang film porno Sasha Grey akan tampil perdana di Indonesia sebagai seorang DJ (disc jockey). Sasha akan memanaskan acara Parade GirlsDJ 2013 yang digelar pada 1 Maret di Back Stage, Ancol, dan 2 Maret di Klapa, Bali. (SELEB)

2

Julio Cesar Chavez Jr. dihukum 9 bulan dan denda sebesar 900 ribu dolar oleh komisi atletik Negara Bagian Nevada, Kamis, karena gagal dalam tes obat terlarang setelah kalah atas Sergio Martinez pada pertandingan September, demikian diumumkan Top Rank Boxing, Kamis (28-2). (OLAHRAGA)

3

Pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan jika Said Faisal selaku ajudan Gubernur Riau H.M. Rusli Zainal terbukti berbohong saat memberikan kesaksian ke penyidik, sehingga yang bersangkutan harus bersiap menjadi tersangka. (NASIONAL)

CMYK

±

±


CMYK CMYK

± ±

BANDAR

sabtu, 2 maret 2013

± ±

Alzier Dianis Thabranie

LAMPUNG

LAMPUNG POST

CMYK CMYK

± ±

Payung hukum sangat penting untuk kelanjutan pembangunan kota baru di pemerintahan yang akan datang.

17

lintas

±

± Disnakkeswan akan Kebiri 100 Anjing KEDATON—Tahun ini Dinas Perternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Provinsi Lampung menargetkan mengebiri 100 ekor anjing di kabupaten/kota se-Lampung. Hal itu dilakukan untuk menekan angka pertumbuhan anjing. Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Lampung, Arsyad, Jumat (1-3), mengatakan program tersebut akan disosialisasikan ke camat dan lurah serta instansi terkait lainnya untuk ditindaklanjuti ke pemilik anjing di wilayah masing-masing. “Selain itu, tahun ini kami juga akan memvaksin 5.000 hewan penyebar rabies seperti anjing, kucing, dan monyet,” kata dia. Arsyad menjelaskan 70% penyebaran rabies berasal dari anjing, lainnya dari kucing dan monyet. Karena itu, program tersebut harus mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat, khususnya yang memelihara anjing. (CR-1/K-1)

Pegawai BPS Latihan Menulis

n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

SENAM BERSAMA HUT LAMPUNG. Pemerintah Provinsi Lampung mengadakan senam bersama di lapangan Kopri, Pemprov Lampung, Jumat (1-3). Senam yang diikuti Forkopimda dan para pegawai Pemprov ini dalam rangka HUT ke-49 Provinsi Lampung.

772 Ruko Belum Berizin BANDAR LAMPUNG (Lampost): Dari 852 rumah toko (ruko) yang didata Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung, hanya 12 ruko yang memiliki izin, sementara 68 ruko dalam proses perizinan dan 772 ruko lainnya belum berizin.

±

Kepala Badan Penanaman Modal dan Perizinan (BPMP) Kota Bandar Lampung Nizom Ansori mengatakan 852 ruko yang didata itu baru sekitar 15%—20% dari ribuan ruko di Bandar Lampung. Karena itu, menurut Nizom, tim perizinan akan terus menyisir ruko-ruko lainnya. Menurutnya, BPMP telah memberikan surat peringatan ketiga kepada pemilik ruko yang tidak berizin. “Rencananya, awal Maret ini ruko tidak berizin akan dieksekusi atau langsung kami segel,” ujar Nizom, Jumat (1-3). Berdasarkan penyisiran tim, kata dia, banyak pemilik ruko yang mengaku tidak tahu rukonya harus memiliki izin mendirikan bangunan (IMB) dan izin gangguan (HO). Namun, menurutnya, tim perizinan masih akan tetap mengakomodasi keterangan pemilik

ruko walau tetap wajib segera melengkapi perizinannya tanpa alasan apa pun. “Alasan mereka kami tampung, namun kewajiban melengkapi perizinan tetap harus dijalankan. Tidak ada alasan untuk itu,” kata dia. Berbeda dengan ruko, tim pener­tiban perizinan nyaris 100% telah mendata gudang di Kota Tapis Berseri ini. Berdasarkan data terkini, terdapat 709 gudang di Bandar Lampung. Dari jumlah tersebut, 149 gudang telah lengkap perizinannya. Sementara izin gudang yang telah diterbitkan BPMP berjumlah 439 gudang dan yang tidak beroperasi lagi sebanyak 25 gudang. Sisanya, 99 gudang, dipastikan tidak miliki izin alias ilegal. D i a m e n g a k u b a nya k l a p o r a n masyarakat terkait keberadaan gudang ilegal tersebut. Rencananya, BPMP

secara bertahap akan menertibkan gudang-gudang itu. “Ada beberpa gudang yang memang belum ada izinnya. Namun, kami menunggu agenda tim perizinan untuk menertibkannya,” ujar dia.

B

anyak pemilik ruko yang mengaku tidak tahu rukonya harus memiliki izin mendirikan bangunan (IMB) dan izin gangguan (HO). DPRD Bantu Penertiban Sementara itu, Komisi A DPRD Bandar Lampung menyatakan akan membantu Pemkot mengawasi dan mener­ tibkan segala bentuk perizinan di kota ini, termasuk untuk perizinan karaoke dan hiburan malam. “Berdasarkan hasil kesepakan rapat ­internal Komisi A, kami sepakat tim khusus perizinan ini akan bekerja lebih ekstra. Sebab, kami bukan hanya akan

NAPAS KOTA

±

±

Perbaikan Jalan Dimulai April

n LAMPUNG POST/CR-4

Sigit (30) mengganti knalpot mobil di Jalan Sultan Agung, Bandar Lampung, Jumat (1-3). Ia sudah membuka usaha penjualan knalpot variasi tersebut sejak dua tahun lalu. onderdil, melainkan untuk gaya dan aksesori saja,” ujarnya. Harga knalpot yang dia jual bervariasi, antara Rp100 ribu sampai jutaan, bergantung baru atau bekas dan kualitas bahannya. Omzet usahanya dalam sebulan bisa mencapai Rp7 juta. Usaha knalpot yang dirintis Sigit di Jalan Sultan Agung sejak Februari 2011 lalu itu merupakan cita-citanya sejak duduk di bangku sekolah. Saat itu sepulang sekolah, Sigit bekerja di bengkel knalpot dengan gaji hanya Rp4.000 per hari. “Saat itu, saya enggak begitu berharap pada gaji. Saya nyari ilmunya. Diam-diam saya mem-

CMYK

Korem Tingkatkan Kemanunggalan WAY HALIM—Jajaran Korem 043/Garuda Hitam (Gatam) terus meningkatkan kemanunggalan TNI dan rakyat, antara lain dengan mengadakan Manunggal Subuh di Masjid Nurul Yaqin, Pondok Pesantren Alhikmah, Way Halim, Bandar Lampung, Jumat (1-3). Acara itu dihadiri Komandan Korem 043/Gatam Kol. Czi. Amalsyah Tarmizi, Komandan Kodim 041/Bandar Lampung, Katdisjan Jajaran Korem 043/Gatam, Kasi Korem 043/Gatam, Danyonif 143/TWEJ, serta para prajurit dan PNS jajaran Korem 043/Gatam, para santri Alhikmah, dan masyarakat sekitar pondok pesantren. Komandan Korem 043/Gatam Amalsyah Tarmizi mengatakan Manunggal Subuh ini merupakan program dari komando atas yang bertujuan menciptakan kemanunggalan TNI dan rakyat. “Kalau sudah begitu, TNI akan semakin dicintai rakyat,” ujar Amalsyah. Dalam kesempatan itu, Danrem yang mengusung slogan “Damai itu Indah” juga mengajak seluruh yang hadir untuk turut serta menciptakan kedamaian di Provinsi Lampung. (CR-4/K-1)

±

INFRASTRUKTUR

Pelanggan Saya dari Mobil Mewah sampai Motor Butut WAY HALIM—Lalu lalang kendaraan cukup padat menghiasi Jalan Sultan Agung, Way Halim, Jumat (1-3) siang. Di samping SPBU yang baru dibangun di ruas jalan tersebut tampak beberapa mobil dan sepeda motor mampir di depan bengkel knalpot. Sekilas bengkel itu terlihat sangat sederhana. Deretan knalpot beraneka ukuran, mulai dari yang kecil sampai yang besar, tersusun rapi dalam rak aluminium di dinding bengkel itu. Di depan bengkel itu terpampang plang besi panjang bertuliskan ‘Bajak Knalpot’. Menurut si empunya bengkel, Sigit (30), bajak knalpot itu merupakan singkatan dari Bambo Jaya Knalpot. Dari usaha inilah Sigit menggantungkan hidupnya. Knalpot yang dijual Sigit tidak semuanya baru, ada juga yang bekas. Dia juga dengan senang hati memasangkan knalpot di kendaraan pelanggannya. Menurut Sigit, saat ini knalpot bukan sekadar onderdil kendaraan. Knalpot kini sudah menjadi aksesori mobil dan sepeda motor karena bentuknya yang beraneka ragam dan masingmasing knalpot bisa mengeluarkan suara deruan yang berbeda. “Semua jenis knalpot saya jual di sini. Makanya pelanggan saya beraneka ragam juga. Mulai dari mobil mewah, sampai motor butut. Kebanyakan mereka mengganti knalpot bukan karena kebutuhan

mengawasi perizinan hiburan malam, tapi semua bentuk perizinan, baik izin gudang, IMB tower provider, atau lainnya,” kata Ketua Komisi A DPRD Wiyadi, kemarin. Menurutnya, sebelum bertindak, pihaknya lebih dahulu akan meminta surat tugas tim dari pimpinan DPRD. “Memang untuk pengawasan perizinan tugas Komisi A, tetapi untuk tim khusus ini mesti ada surat izin dari pimpinan DPRD. Kami pun siap akan lakukan pengawasan 24 jam dalam sidak nantinya,” kata politisi PDI Perjuangan ini. Wiyadi mengungkapkan dalam pengawasan perizinan ini, pihaknya tidak akan melibatkan satker terkait saat melakukan inspeksi mendadak (sidak). Hal ini dikhawatirkan bocornya informasi sidak. “Diduga bocornya beberapa sidak yang dilakukan satker terkait beberapa bulan itu karena oknum satkernya sendiri yang memberi tahu. Tapi, bukan berarti kami tidak percaya kepada satker itu, hanya kami khawatir enggak dapat apa-apa dari hasil sidak nantinya,” ujar dia. (MG5/K-1)

TELUKBETUNG—Senin (4-3) mendatang, pegawai di Badan Pusat Statistik (BPS) Lampung menyelenggarakan pelatihan menulis artikel di kantor BPS setempat. Kepala BPS Lampung Akhmad Jaelani, Jumat (1-3), mengatakan pelatihan ini bertujuan membekali pegawai statistik agar piawai menulis. Sebab, selama ini banyak data yang menarik, tetapi tidak pernah diejawantahkan dalam bentuk tulisan. Ia berharap setelah mengikuti pelatihan ini, semua karyawan punya kemampuan menulis yang baik. Menurut Jaelani, dengan remunerasi yang diterima pegawai, institusi mengharuskan amtenar punya keterampilan menulis. Apalagi, di internal BPS ada majalah yang rutin terbit dan bisa menampung artikel karyawan. (ASP/K-1)

pelajari semua tentang knalpot,” kata pria lajang tersebut. Setelah bekerja di bengkel knalpot yang satu ke bengkel lainnya, akhirnya Sigit membulatkan tekad untuk membuka usaha knalpot sendiri. Berbekal pinjaman dari sana-sini dan menjual beberapa barang berharganya, terkumpullah modal awal bengkel ini sebesar Rp20 juta. “Alhamdulillah, sampai sekarang usaha saya berjalan dengan baik. Karena ini memang dunia saya, suatu saat saya berharap bisa membuka bengkel knalpot yang lebih besar lagi,” ujar Sigit. (WANDI BARBOY/K-2)

TELUKBETUNG UTARA (Lampost): Perbaikan jalan di ruas jalan provinsi baru akan dimulai pada April 2013 mendatang. Menurut Kepala Dinas Bina Marga Lampung Arief Hidayat, saat ini proses tender masih berlangsung dan panitia masih memilih rekanan yang dianggap paling mampu dan berkualitas memperbaiki kerusakan jalan di Lampung. “Kami bukannya lamban, tapi prosedurnya kan tidak bisa langsung cepat, harus sesuai mekanisme tender,” kata Arief, di lapangan Korpri Pemprov, Jumat (1-3). Meskipun perbaikan baru dimulai April, kata Arief, dia optimistis menjelang arus mudik nanti kondisi jalan sudah lebih baik dan secara fungsional bisa dilewati. Dinas Bina Marga juga sudah menyiapkan Rp2 miliar untuk perbaikan sementara ruas jalan yang rusaknya parah. Sementara itu, dengan anggaran infrastruktur Rp647 miliar pada APBD 2013, Dinas Bina Marga hanya mampu menargetkan kondisi jalan mantap sebesar 66%. Menurut Arief, perbaikan memang tidak bisa dilakukan menyeluruh karena anggaran itu bukan hanya untuk perbaikan jalan dan jembatan, melainkan juga untuk infrastruktur lainnya. “Jadi dananya memang terbatas, kami pilih yang paling mendesak. Sementara pengerjaannya disesuaikan dengan kondisi lokasi setempat. Apakah perbaikan dengan lapen atau hotmix,” ujarnya. Untuk diketahui, hingga Agustus 2012, 19,41% ruas jalan provinsi mengalami rusak berat, rusak ringan 19,87%, dan mantap 60,72%. Banyaknya ruas jalan yang masih rusak ini membuat banyak masyarakat secara swadaya memperbaiki sendiri dengan dana sumbangan dari masyarakat. (VER/K-2)

±

n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

BELUM DIBONGKAR. Iklan balon bertiang Tri masih terpasang di trotoar Jalan Kartini, Bandar Lampung, Jumat (1-3). Pemerintah Kota Bandar Lampung berencana membongkar iklan balon tersebut, tetapi hingga kemarin belum dilakukan.

PEMERINTAHAN

Gubernur segera Tetapkan Penjabat Pesisir Barat TELUKBETUNG UTARA (Lampost): Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. segera menetapkan penjabat (pj.) bupati Kabupaten Pesisir Barat. Namun, dia masih merahasiakan penjabat yang dipercaya untuk mempersiapkan pembangunan daerah otonomi baru itu. “Maksimal sembilan bulan dari penyerahan UU DOB ha­rus sudah ada penjabat, tetapi saya ingin cepat. Seminggu atau dua minggu ke depan sudah selesai (penetapan penjabat Pesisir Barat),” kata Sjachroedin, Jumat (1-3). Gubernur mengatakan pihaknya perlu pertimba­ ngan cermat sebelum memutus­k an pj. bupati. Beberpa pertimbangan itu ialah golongan minimal IV/c, lalu syarat pendidikan, dan pengalaman. “Tugas pj. itu mempersiapkan daerah, bukan jadi bupati selamanya. Dia bertugas mempersiap-

kan daerah. Senin (4-3) akan kami bahas mengenai hal itu,” ujarnya. Mengenai personel yang akan bertugas di Pesisir Barat, lanjut dia, saat ini telah ada sekitar 200-an PNS yang siap menjalankan roda pemerintahan setempat. Me­n genai b a n g u n a n p e rk a nto r a n , menurut Sjachroedin, akan dipersiapkan dengan sistem sewa pada tahap awal. “Penjabat bupati merencanakan kantor, baik untuk bupati maupun DPRD. Kalau untuk kepala dinas, mungkin lima atau enam saja dulu, terutama bidang kesehatan, pendidikan, bina marga, kelautan, dan perkebunan,” kata dia. Diketahui, Januari lalu Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) Pemerintah Provinsi Lampung telah mengantongi lima nama calon pj. bupati Pesisir Barat. (VER/K-1)

CMYK

±

±


±

Sabtu, 2 maret 2013 LAMPUNG POST

±

CMYK

CMYK

BANDAR LAMPUNG 18

PERKEBUNAN

L i n ta s

Disbun Budayakan Tanam Lada

Napi Dibawa ke RSUDAM tanpa Pengawalan

±

±

BANDAR LAMPUNG—Dede (31), narapidana (napi) kasus narkotika di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Way Huwi, dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) Bandar Lampung karena menderita diabetes. Di ruang Kenanga RSUDAM, tempat Dede dirawat, tak satu pun petugas LP yang mengawal. Wanita yang sudah dua tahun mendekam di LP Way Huwi itu hanya ditemani kerabatnya. “Saya hanya ditemani ibu saya. Enggak ada dari LP,” ujar Dede, di ruang Kenanga III.A RSUDAM, Ju­ mat (1-3). Sementara itu, saat akan dikonfirmasi perihal ketiadaan pengawal, kepala ruang Kenanga RSUDAM dan perawat di sana tidak ada yang bersedia memberi komentar. Kepada Lampung Post, Dede mengatakan penyakit ini sudah lama dideritanya. Namun, semakin parah selama ia berada di tahanan. “Tulang-tulang sakit semua,” kata Dede. (*/K-2)

Penutupan Jalan Tidak Sekaligus BANDAR LAMPUNG—Penutupan Jalan Gajah Mada—Jalan Ir. Juanda akibat pembangunan jembatan layang (f lyover) tidak dilakukan sekaligus, tetapi per segmen sesuai tahapan pengerjaan flyover. “Ya, enggak semua ditutup. Yang sedang dikerjakan saja,” kata Humas PT Waskita Karya selaku kontraktor pembangunan flyover Sudarya, Kamis (28-2). Menurut dia, jika jalan tidak ditutup, padatnya lalu lintas bisa menghambat pengerjaan flyover. Sudarya mengaku belum bisa memperkirakan sampai kapan penutupan ini dilakukan. “Ya, akan ditutup sampai pekerjaannya selesai, tak bisa ditentukan, karena kontrak kami selesai sampai 2014 nanti,” ujarnya. Saat ini sendiri, menurut dia, pem­ bangunan sudah memasuki tahap penebangan pohon dan pembuatan fondasi. (MG5/K-2)

Polisi Tunggu Hasil Visum KEDATON—Polsek Kedaton masih menunggu hasil visum tiga siswa SMPN 19 Bandar Lampung yang diduga menjadi korban penganiayaan pegawai Rumah Sakit (RS) Bhayang­ kara, Anto (33), Selasa (26-2) lalu. Ketiga siswa itu yakni Hilman Kurniawan (15), Roy Rama­ dhani (15), dan M. Deby Diningrat (15). Menurut Kapolsek Kedaton AKP Yohanes Agustiandaru, sampai saat ini polisi belum menerima hasil visum dari tiga siswa yang mengaku dianiaya. Dengan demikian, sampai saat ini Anto masih berstatus sebagai saksi dan belum ditahan. “Namun, kami sudah memeriksa pelaku sebagai terlapor. Dia sendiri yang beriktikad baik datang ke sini,” kata dia, Kamis, (28-2). (CR-1/K-2)

TELUKBETUNG UTARA (Lam­ post): Dinas Perkebunan (Dis­ bun) Provinsi Lampung meng­ gelorakan penanaman lada di pekarangan sebagai gerakan daerah. Hal ini dilakukan un­ tuk mengembalikan kejayaan daerah ini sebagai penghasil lada hitam di pasar dunia. Kepala Dinas Perkebunan Lampung Sutono, Rabu (27-2) lalu, menyatakan pihaknya tengah berupaya agar Lam­ pung kembali diprioritaskan menjadi penghasil rempah nasional. Utamanya lada yang menjadi kebanggaan dapat menjadi gerakan nasional, selain gula yang kini hangat diperbincangkan. “Indikasi Tanoh Lado (sebu­ tan Provinsi Lampung) tentu produksi lada berlimpah, ini yang terus kita perjuangkan. Kami berharap dukungan stakeholder pada program Lada Kembali Jaya,” ujar Sutono, pada ekspos hasil pembangunan di aula Dinas Komunikasi dan In­ formatika Provinsi Lampung. Dia mengemukakan saat ini Lampung berada dalam era ke­ terpurukan pengembangan lada. Produksi terbaik untuk lada hi­ tam Lampung, kata dia, terakhir terjadi pada periode 1980-an. Bahkan pada masa sebelum kemerdekaan, produksi lada hitam bisa mencapai 70 ribu ton/tahun. Sementara saat ini untuk mencapai 30 ribu ton/ tahun sangat sulit. (VER/K-1)

n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

DEMO ANAS. Komunitas Masyarakat Peduli Kebenaran kembali mengadakan aksi di Bundaran Tugu Adipura, Bandar Lampung, Jumat (1-3). Aksi mereka membawa poster yang menggambarkan Anas digantung di Monas (Monumen Nasional).

Penetapan Tersangka Korupsi Terus Molor TELUKBETUNG SELATAN (Lampost): Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung terus mengulur waktu penetapan tersangka dua perkara korupsi sejak dua pekan lalu. Mereka beralasan masih menunggu kepastian total kerugian negara dalam perkara tersebut. Padahal, sebelumnya Kejati telah menggelar perkara bersama Badan Pengawasan Keuangan dan Pem­ bangunan (BPKP) Lampung untuk mem­ verifikasi jumlah kerugian. Penyitaan do­ kumen pun sudah dilakukan keduanya. Namun, kerugian negara dari perkara DAK bidang pendidikan Lampung Tengah tahun 2010 dan dana bansos cetak sawah Kabupaten Mesuji tahun anggaran 2011 belum juga dapat ditetapkan. Dalam perkara DAK Pendidikan Lamteng tahun anggaran 2010 terkait pengadaan buku dan alat peraga senilai Rp29 miliar tersebut, berdasarkan

perhitungan awal sebelum kejaksaan berkoordinasi dengan BPKP, mencapai Rp10 miliar. Sementara untuk cetak sawah Mesuji tahun 2011, berdasarkan pemeriksaan dan keterangan saksi, terdapat 100 dari 500 hektare lahan sawah baru yang tidak sesuai dengan spesifikasi, tetapi belum dapat diinvetarisasi nominal kerugian negaranya. “Ya, sekarang kan kami masih dalam proses, tidak dapat berandai-andai terlebih untuk memutuskan berapa kerugian negara yang ada dalam perkara-perkara itu,” kata Kasi Penkum Kejati Lampung Heru Widjatmiko, Jumat (1-3).

Ada Isyarat Hingga kini penyidik juga telah menyita 32 dokumen Dinas Pertanian Mesuji dan dari kelompok tani. Se­ mentara dari DAK Lamteng, penyidik harus berbagi dokumen dengan BPKP yang juga sedang menginventarisasi kerugian negara. “Kami harus berhati-hati dalam menetapkan tersangka. Karena, kalau sudah jadi, tidak mungkin kerugian negara akan berubah dalam persidang­ an. Dalam hal ini penyidik dan BPKP punya tanggung jawab untuk data itu,” kata dia. Beberapa waktu lalu, diisyaratkan beberapa penyidik di Kejati, dalam perkara korupsi DAK Bidang Pen­ didikan Lamteng, terdapat empat tersangka dari Dinas Pendidikan dan empat tersangka dari pihak rekanan. (HER /K-1)

KORUPSI PDAM

±

Perkara Jaringan Ilegal Mandek di Kejari TELUKBETUNG BARAT (Lam­ post): Kasus dugaan korupsi pemasangan jaringan ilegal PDAM Way Rilau 2008—2009 mandek di Kejaksaan Negeri (Kejari) Bandar Lampung. Saat ini, Kejari berhenti memperdalam kasus tersebut dengan alasan lima tersangka masih masuk daftar pencarian orang (DPO) sehingga tidak ada yang bisa dimintai keterangan. Lima tersangka itu yakni Agus Sugianto, Andika, Sutrisno, Deni, dan Sumarno. Sementara satu tersangka, Junaidi, sudah divonis peng­

±

adilan. Keenam tersangka itu merupakan pegawai PDAM Way Rilau. “Kami belum me­ meriksa kembali kasus itu karena saya saja belum tahu perkaranya seperti apa,” kata Kasi Pidsus Kejari Bandar Lam­ pung Donny, Kamis (28-2). Meskipun demikian, kata Donny, Kejari tetap mencari tersangka yang menjadi DPO agar kasus ini bisa dilanjut­ kan. Donny menjelaskan korup­ si pegawai PDAM Way Urang ini mengakibatkan negara rugi Rp111,25 juta. Modusnya,

±

para tersangka melakukan pe­ masangan baru dan menyam­ bung jaringan pipa ke rumah 796 pelanggan. Dari jumlah tersebut, biaya pemasangan yang diminta tersangka sebesar Rp2 juta— Rp4,5 juta per rumah dari 108 pelanggan tidak disetorkan ke PDAM Way Rilau. Donny menilai ada aktor intelektual dalam perkara ini karena mo­ dusnya sangat sistematis. “Ada aktornya di belakang itu. Ya, kita lihat nanti ba­ gaimana kelanjutannya,” ujarnya. (HER/K-2)

‘REFRESHING’

Nongkrong Santai dan Murah di PKOR WAY HALIM—Akhir pekan tidak melulu harus diisi de­ ngan liburan yang mahal, mi­ salnya, di kafe, lounge, karaoke, atau pusat perbelanjaan. Bagi yang berkantong ti­ pis atau Anda yang bosan menghabiskan akhir pekan di tempat-tempat tersebut, nong­ krong di area PKOR Way Halim bisa menjadi pilihan tepat. Kompleks lapangan yang ada di Jalan Sultan Agung itu kini sudah menjelma menjadi pusat keramaian baru dan dijadikan tempat nongkrong bertema outdoor yang nyaman dan mengasyikan, khususnya saat sore dan malam. Suasananya sama se­perti kafe terbuka, langit yang menjadi atapnya. Untuk masuk ke sana pun pengun­ jung tidak dipungut uang masuk. Paling hanya di­ mintai uang parkir Rp2.000/ kendaraan. Di dalam area PKOR, aneka kudapan bisa dengan mu­ dah didapatkan, mulai dari menu yang berat atau hanya sekadar camilan ringan. Bila perut lapar, santap saja nasi goreng, mi goreng, mi

±

±

CMYK

±

±

n LAMPUNG POST/IKHSAN DWI NUR SATRIO

Sejumlah orang bersantai di area PKOR Way Halim, Bandar Lampung, untuk menikmati jagung bakar, Kamis (28-2). rebus, siomay, atau satai. Sedangkan jika hanya untuk mengganjal perut, di sana tersedia jagung bakar dan aneka keripik. Untuk minuman, ada yang dingin, seperti sop buah dan aneka jus, serta minuman hangat; kopi, susu, dan teh. Untuk menikmati semua ini, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam karena harga satu porsi makanan atau minuman tidak lebih dari Rp10 ribu. Penjual ma­ kanan juga memanjakan pembelinya dengan menye­ diakan meja dan kursi malas

sehingga pembeli pun betah duduk lama-lama di sana. Seperti enam mahasiswa kedokteran Universitas Mala­ hayati yang akhir pekan lalu ditemui Lampung Post di PKOR Way Halim. Mereka duduk melingkar sambil me­ nikmati hidangan yang ter­ saji lengkap di meja. Susana terasa santai dan gembira. “Kami pengin refreshing setelah seharian ujian. Mau ke kafe malas, enak di sini. Lebih nyaman,” kata Singgih Hadi, salah satu mahasiswa yang bersantai di PKOR Way Halim. (PADLI RAMDAN/K-2)

CMYK

±


±

±

CMYK

HUMANIORA sabtu, 2 maret 2013 LAMPUNG POST

CMYK Djuariyati (Kepala LPMP Lampung) Seminar kurikulum 2013 bertujuan agar semua tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di Lampung memahami tentang kurikulum 2013 dan siap menerapkannya di sekolah masing-masing.

19 PERPUSTAKAAN

Gagas

±

Sahabat Pulau Lampung Terkendala Dana

Siswa Tak Bisa SNMPTN karena Keteledoran Sekolah Hisna Cahaya

±

TERJADI ketidakadilan dan ketidakberuntungan karena kurangnya kepedulian. Banyak siswa sekolah menengah atas (SMA)/sederajat yang akan mengikuti ujian nasional (UN) tahun ini tidak dapat mengikuti seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) 2013. Salah satu faktornya karena keteledoran dan ketidaktahuan pihak sekolah tentang mekanisme pendaftaran SNMPTN. Padahal, SNMPTN tahun ini tidak dipungut biaya alias gratis. Selain itu, semua siswa SMA/sederajat, baik negeri maupun swasta, dapat ambil bagian. Namun, kesempatan itu kandas jika data mereka tidak terdapat di pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS). Pengisian PDSS ditutup 8 Februari 2013, tetapi masih banyak sekolah yang belum mengisi data siswanya di PDSS. Berdasar data dari panitia SNMPTN lokal Lampung, baru 331 SMA/sederajat yang mendaftar di PDSS, sementara yang mengisi data nilai baru 246 di PDSS (data 4 Februari 2013, diterima panitia lokal 6 Februari 2013). Padahal, jumlah SMA/sederajat di Lampung, baik yang berstatus negeri maupun swasta, lebih dari 946 sekolah. Artinya, belum sampai setengah dari jumlah sekolah yang ada yang mendaftar, apalagi mengisi nilai di PDSS. Meskipun panitia lokal SNMPTN Lampung telah tiga kali menyosialisasikan SNMPTN 2013 ini secara formal, yakni pada 20 Desember 2012, di ruang sidang Rektorat Unila; 22 Desember 2012, di SMA YP Unila; dan 17 Januari 2013, di GSG Unila, tidak semua perwakilan sekolah di Lampung hadir dan menyimaknya. Tidak semua sekolah mengetahui PDSS merupakan pintu gerbang bagi siswa mengikuti SNMPTN tahun 2013. Tanpa terdaftar di PDSS, siswa tidak dapat mendaftarkan diri sebagai peserta SNMPTN 2013. SNMPTN tahun ini sebenarnya hampir sama dengan SNMPTN jalur undangan tahun lalu. Penilaian didasarkan pada nilai rapor dan prestasi yang dimikili. Namun, data-data itu harus di-input terlebih dahulu oleh sekolah di laman https://pdss.snmptn.ac.id/. Untuk dapat mengisi PDSS, sekolah harus memiliki nomor pokok sekolah nasional (NPSN). Bagi sekolah yang belum memilikinya, dapat mendaftar terlebih dahulu. Selanjutnya, untuk mengisi data siswa, sekolah juga menggunakan nomor induk siswa nasional (NISN). Pengisian NISN kerap menjadi masalah yang diajukan pihak sekolah dan siswa dari berbagai daerah kepada Call Center Humas SNMPTN Lampung di Universitas Lampung. Biasanya, soal siswa yang belum memiliki NISN atau memiliki NISN ganda. Masalah lainnya, terkait nilai kognitif dan normatif di sebagian sekolah. Pada pengisian nilai siswa di PDSS, sekolah hanya dapat menuliskan nilai dalam bentuk angka, dari 1—100. Jika terdapat pelajaran yang menggunakan nilai normatif, hendaknya dikonversi menjadi angka sehingga dapat diterima oleh database pusat. Sekolah juga berkewajiban, mengisi data nilai siswa kelas X dan XI. Selanjutnya, pihak sekolah akan memperoleh password bagi setiap siswa. Mereka nantinya akan melakukan verifikasi terkait nilai yang telah diisikan sekolah. Sekiranya terjadi kesalahan data, siswa harus melaporkan kepada pihak sekolah untuk dapat diperbaiki. Namun, perbaikan data hanya bisa dilakukan di semester yang bersangkutan. Jika telah melewati semester tersebut, perubahan nilai tidak bisa dilakukan. n

n LAMPUNG POST/IKHSAN DWI NUR SATRIO

WAWANCARA 100 TOKOH. Penggagas Lampung Peduli, Juperta Panji Utama, diwawancarai Wakil Pemimpin Umum Lampung Post Djadjat Sudradjat dalam acara 100 Tokoh di Lampung TV, Bandar Lampung, Kamis (28-2).

Kurikulum Baru bagi Sekolah Terakreditasi BANDAR LAMPUNG (Lampost): Kurikulum 2013 tidak semua diterapkan di sekolah. Hanya sekolah dengan guru lengkap dan terakreditasi saja yang berhak mengimplementasikan kurikulum baru yang akan berlangsung pada Juli mendatang. Kasubbag Penyusunan Program Monitoring Evaluasi Dinas Pendidikan Bandar Lampung Soni menjelaskan bagi sekolah yang telah ditetapkan sebagai penyelenggara dan peserta implementasi kurikulum 2013 akan mengikuti bim­ bingan teknis (bimtek) untuk membekali para guru tentang kurikulum baru tersebut. Soni menyebutkan dari 254 SD di Bandar Lampung, hanya 60 SD yang menjadi peserta implementasi kurikulum 2013. Sepuluh di antaranya menjadi sekolah penyelenggara, yaitu SDN 1 Sidodadi, SDN 3 Kemiling, SDN 2 Way Gubag, SDN 2 Sukarame, SD Kristen BPK Penabur, SDN 4 Penengahan, SDN 3 Keteguh­an, SDN 1 Pe-

cohraya, SDN 5 Talang, dan SDN 1 Batuputu. “Block grant untuk bimtek akan diberikan Pemerintah Pusat melalui sekolah penyelenggara,” kata Soni, Jumat (1-3). Setiap SD penyelenggara bertangung jawab atas 4—6 sekolah peserta implementasi kurikulum 2013. Sedangkan pada tingkat SMP, dari 118 sekolah di Bandar Lampung, hanya 67 sekolah terpilih menjadi peserta implementasi kurikulum 2013, 22 di antara­ nya menjadi sekolah penyelenggara. Setiap SMP penyelenggara bertanggung jawab atas 1—3 sekolah peserta implementasi kurikulum 2013. Untuk guru mata pelajaran SMP yang akan mengi-

±

±

±

CMYK

±

kuti bimtek, yaitu Pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Bahasa Inggris, Seni dan Budaya, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, serta Prakarya. Block grant akan digunakan untuk membiayai bimtek para guru yang akan berlangsung sekitar April sampai Juli mendatang. Adapun jumlah guru yang akan mengikuti bimtek disesuaikan dengan jumlah mata pelajaran. “Guru sekolah peserta bimtek dari masing-masing sekolah sekitar 2—7 orang dan guru SMP masing-masing sekolah 6—11 orang,” kata Soni. Lalu, untuk tingkat SMA terdapat empat sekolah penyelenggara, yaitu SMAN 9 Bandar Lampung, SMAN 2 Bandar Lampung, SMAN 10 Bandar Lampung, dan SMAN 6 Bandar Lampung. Setiap SMA penyelenggara memiliki 14—15 sekolah peserta implementasi kurikulum.

Soni menjelaskan Dinas Pendidikan kabupaten/kota melakukan verifikasi ke sekolah-sekolah, lalu mengirimkan hasilnya kembali ke pusat. Selanjutnya, Pemerintah Pusat menetapan sekolah yang menjadi penyelenggara dan peserta penerapan kurikulum 2013. Kesiapan Sekolah Walaupun tidak semua sekolah ditunjuk oleh Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung sebagai pihak penyelenggara dan peserta, sejumlah sekolah sudah mempersiapkan diri menyambut penerapan kurikulum baru, seperti di SMP Muhammadiyah 2. Sekalipun pihak sekolah belum mengetahui apakah sekolahnya sebagai peserta atau penyelenggara kurikulum baru. “Kami menunggu informasi dari Dinas Pendidikan dan keputusan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS),” kata salah satu guru. (MG4/*/S-1)

±

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Perjuangan Komunitas Sahabat Pulau Lampung membangun perpustakaan representatif bagi anak-anak di Pulau Pahawang masih terkendala dana. Sahabat Pulau butuh uluran tangan dari para pihak yang peduli pada pendidikan. Koordinator Sahabat Pulau Lampung Iwan Setiawan me­ ngungkapkan saat ini pihaknya telah memperoleh bantuan dana melalui program kreativitas mahasiswa (PKM) dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) sebesar Rp12,5 juta, sementara dana yang dibutuhkan mencapai Rp22 juta. “Alhamdulillah, kami memperoleh dukungan dari Dikti. Namun, dana itu belum cukup. Rencananya, dari Rp12,5 juta yang diberikan, Rp7 juta akan digunakan untuk pembangun­ an fisik, sedangkan Rp5,5 juta akan digunakan untuk perlengkapan perpustakaan dan operasional kegiatan dalam empat bulan ke depan,” kata dia, Jumat (29-2). (MG1/S-3)

TENAGA PENDIDIK

LPMP Helat Seminar Pendidkan

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, terutama guru sebagai tenaga pendidik, Ke­lompok Kerja Kepala Sekolah Dasar (K3SD) dan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) akan menggelar seminar tentang kurikulum 2013. Seminar tersebut bertempat di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Lampung dan terbuka bagi semua guru seLampung yang ingin mengetahui hal-hal penting mengenai kurikulum tersebut. Kepala LPMP Lampung Djuariyati mengatakan seminar akan dilaksanakan pada Rabu (6-3). Sementara narasumber yang akan dihadirkan, antara lain Wakil Menteri Pendidik­an dan Kebudayaan Musliar Kasim, kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, serta dari Pusat Kurikulum Jakarta. Menurut dia, narasumber adalah mereka yang paling kompeten dan paling mengetahui mengenai kurikulum 2013 sehingga mereka mampu menjelaskan mengenai kurikulum baru tersebut. Tujuannya, agar semua tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di Lampung paham dan mengetahui tentang kurikulum 2013 dan siap menerapkannya di sekolah masing-masing. (MG4/S-2)

CMYK

±

±

±


PARIWARA

sabtu, 2 MARET 2013

20

LAMPUNG POST

4 Makanan yang dapat menurunkan kolesterol Memiliki kolesterol tinggi dapat berbahaya dan menjadi penyebab berbagai masalah kesehatan seperti serangan jantung, stroke, dan penyempitan arteri. Semua orang dari berbagai etnis dan usia beresiko sama terhadap kolesterol tinggi. Apa itu Kolesterol? Kolesterol adalah jenis lemak yang ada dalam tubuh seperti sel-sel lemak. Ini adalah zat penting yang digunakan dalam berbagai fungsi tubuh. Kolesterol pada dasarnya dibuat oleh hati dan digunakan untuk memproduksi berbagai hormon, membran sel dan juga membantu dalam memproduksi vitamin D. Tubuh kita dapat memenuhi kebutuhan untuk kolesterol dengan sendirinya karena lebih dari 70% kolesterol diproduksi secara otomatis dalam tubuh. Kolesterol yang diproduksi oleh hati ini kemudian dibawa melalui aliran darah ke berbagai jaringan tubuh. Informasi di atas membuktikan bahwa kolesterol sangat penting bagi tubuh kita untuk berfungsi dengan baik tetapi memiliki kadar kolesterol di

atas tingkat tertentu (200 mg/dl untuk pria dan wanita) atau memiliki jenis kolesterol terentu dalam jumlah yang tinggi bisa berbahaya. Berikut adalah dua jenis kolesterol yang ada dalam tubuh kita:Kolesterol LDLKolesterol LDL (low-density lipoprotein) juga dikenal sebagai kolesterol jahat karena kandungan yang tinggi dalam tubuh dapat meningkatkan kemungkinan pembentukan deposit lemak dalam arteri dan dengan demikian meningkatkan risiko penyakit jantung. Kolesterol HDL High-density lipoprotein juga dikenal sebagai kolesterol baik yang membuang kolesterol LDL ekstra dari tubuh dan mengembalikannya kembali ke hati sehingga dapat diproses ulang. Memiliki tingkat tinggi kolesterol HDL memiliki efek protektif / pencegahan terhadap penyakit jantung. Inilah Makanan Yang Dapat Menurunkan Kolesterol: 1. Kacang-kacangan Menambahkan kacang-kacangan pada diet harian Anda dapat memainkan peran penting dalam menurunkan

kolesterol. Penelitian telah menunjukkan bahwa asupan rutin kacang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 9%. Kacang kaya serat dan asam lemak tak jenuh ganda dan mengurangi jumlah kolesterol yang diserap oleh tubuh kita dari makanan lain. Semua jenis kacang memiliki efek menurunkan kolesterol yang sama. 2. Oatmeal Oatmeal dapat menurunkan kolesterol karena kaya akan serat sehingga membantu mengurangi penyerapan kolesterol LDL ke dalam aliran darah kita. Makan sekitar 10 sampai 15 gram serat per hari dapat mengurangi kadar kolesterol secara signifikan. Makan 2 cangkir oatmeal setiap hari bisa memenuhi kebutuhan tubuh kita untuk serat. Oatmeal adalah makanan wajib dalam rencana diet menurunkan kolesterol. Beberapa makanan kaya serat lainnya adalah:  Blueberry, Strawberry, Roti Gandum, dan Bayam. 3. Ikan Ikan adalah makanan sehat untuk jantung karena mengandung asam lemak omega-3 yang memainkan

peranan penting dalam mengurangi tekanan darah dan mengurangi kemungkinan terjadinya pembekuan darah. Dokter menyarankan asam lemak omega-3 untuk pasien yang memiliki masalah jantung karena secara signifikan mengurangi kemungkinan kematian mendadak pada orang tersebut. Selain itu, direkomendasikan untuk makan setidaknya dua porsi ikan setiap minggu untuk menurunkan kadar kolesterol dan tetap sehat. Sumber terbaik omega-3 antara lain ikan salmon, sarden, dan tuna. 4. Teh Teh memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan karena mengandung antioksidan kuat yang membantu melawan berbagai jenis kanker dan juga mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa asupan rutin teh secara signifikan mengurangi tingkat lipid dalam darah dan dengan demikian menjaga hati kita sehat. Jenis-jenis teh terbaik untuk menurunkan kolesterol adalah teh hijau, teh putih dan teh oolong.*(INT)

PARIWARA AC Winda AC jual AC/Secd, serv/cuci AC, kulkas, dispenser, PS ms cuci dll, 257556, 7403726 08127921648 & 0721-7174866. Minggu Buka Agen AC RESMI PABRIK LANGSUNG. TERMURAH !!! Jika lebih mahal diganti selisihnya. Panasonic, LG, Sharp. Terima cuci, repair(Agen resmi) TIMMY ELECTRINDO Tlp 242222, 7444470

ahli gigi Rama Dental ahli bikin gigi, psng behel gigi Jl P. Antasari 18/dpn bioskop Sinar Bdl. 0812.7945122, 0721268544 Jl.HOS Cokroaminoto 18 Kebon Jahe.

BUS WISATA Sedia bus untuk wisata rohani, darma wisata, bus khusus wisata, keselamatan penumpang prioritas kami. Klik www.darmadutawisata.com. Hub. 08154019822

DIGITAL PARABOLA Spesialis Parabola system distribusi Sales & Service. Sedia Indovision/top tv dll. Hub. 0811.722855, 475331

foto copy LAMPUNG FC, jilid hard cover/skripsi, spiral kawat, Jl. Wr. Monginsidi 23 B Tanjung Karang, Bandar Lampung telp.0721-256053, 08127272602, email: lampung_fotocopy@yahoo.co.id

FURNITURE Minimalis Produksi, interior + furnitur,spesialis furnitur minimalis modern, Jl.Flamboyan Raya No.14 Tjg Seneng 0721-9085166

HORDENG NEOCLASSIC INTERIOR trm pemesanan gordeng,vitrage,vertical/horizontal blind dll, hsl memuaskan,hrg variatif. hb.081369342793, 081977972187

indekost Trm Kost bulanan baru isi lgkp, KM dlm Jl. KH Mas Mansyur 76 Rawa Laut 0721254202, 085378422469 Trima Kost Mggn, Blnn, Jl Griya Fantasi 2C/8 WHP Hub. 702498, 0812.727.7590

INTERIOR Safira interior membuat kitchen set, kmr set, lemari pjgn, bar, partisi, meja ktr, couner bank, showroom: 7164443, 081379337474 Nadia Interior, Mendesain/ Membuat kitchen set, kmr set, lemari pajangan, counter, bar, counter bank, meja kantor, r. karaoke. Phone 0811792863

KEHILANGAN STNK BE 3397 DI, Noka. MH1JBC1 159K503557, Nosin. JBC1E-1507663, An. Agus Feryanto

STNK BE 4297 RG, Nomor Rangka. 358364, Nomor Mesin. 1352320, an. Muallim Aziz.

STNK BE 4102 EW, NOKA: MH350C002CK342717, NOSIN : 50C-342996, AN: ZULKIFLI.

STNK BE 4487 DR, Nomor Rangka. 344986, Nomor Mesin. 1345060, an. Nikun.

STNK BE 7932 EA, NOKA: MH1HB11104K247792, NOSIN: HB11E1235505, AN: MANSYUR.

STNK BE 4706 RE, Nomor Mesin. 091180, Nomor Rangka. 1092682, an. Suroto NS

STNK BE 8518 DG, NOKA: Q06527476, NOSIN: CB125SE-1167157, AN: DALIMAN

STNK BE 4878 AH, Nomor Rangka. 049969, Nomor Mesin. 039109, an. Haryanto.

STNK BE 3415 DJ, Noka. MH331B0029J017716, Nosin. 31B-017777, An. Budi Purnomo

STNK BE 5036 EY, Noka. MH8CF486NA9J-108105, Nosin. F4A9-ID108056, An. Nyoman Suparte

STNK BE 3604 NJ, Noka. MH35D9204BJ484293, Nosin. 5D91484386, An. Narwan

STNK BE 6770 YK, Noka. MH1JBB112AK259445, Nosin. JBB1E1248488, An. Tahir M

STNK BE 3836 EM, Noka. MH1JBC127AK1631132, Nosin. JBC1E2164750, An. Romly Irawan

STNK BE 7145 YO, Nomor Rangka. 353032, Nomor Mesin. 353506, Octavia Maullida.

kesehatan PIJAT KEBUGARAN

STNK BE 3587 DH, Noka. MH1 JF22169K184098, Nosin. JF22E1185615, An. Sumiyati

STNK BE 7188 BT, Nomor Rangka. 590709, Nomor Mesin. 1588327, an. M. Yusuf.

Vivi urut tradisional, refeleksi dll. Terima panggilan. Hb. 0721-7179066, 085267904681, 081933591789

STNK BE 8361 EL, Noka. MH1JB2 2155K540675, Nosin. JB22E1539685, An. Dasiman

STNK BE 7852 EK, Nomor Rangka. 893028, Nomor Mesin. 1259368, an. Adung.

N i sa M assage urat, terapi pengobatan,perwtn, bisa dipgl. 082181823301

STNK BE 3026 BI, Nomor Rangka. 222864, Nomor Mesin.223704, an. Ledi Liana

STNK BE 8901 C, Nomor Rangka. 232461, Nomor Mesin. 033343, an. Sakri MS

STNK BE 3155 CL, Nomor Rangka. 187280, Nomor Mesin.187619, an. Purbo Racono.

STNK BE 9023 BW, Nomor Rangka. 070261, Nomor Mesin. 770268, an. Bambang Sukisno.

STNK BE 3687 RC, Nomor Rangka. 487020, Nomor Mesin. 1482624, an. Susisno

STNK BE 9431 TC, Noka. MHMFE349ER4065548, Nosin. 4034455559, An. Sukatno

STNK BE 3980 DL, Noka. MH8BE4DLAAJ-140357, Nosin. E451-ID816519, An. Syafe’I

STNK BE 3136 ER, NOKA: MH1 JB8116BK654538, NOSIN: JB81E1649660, AN: SITI ROMLAH.

STNK BE 4048 BQ, Nomor Rangka. 605510, Nomor Mesin. 579685,an. Kasmin.

STNK BE 3603 DS, NOKA: MH314D003AK773864, NOSIN : 14D-774186, AN: DINO IRAWAN.

kolam renang Dunia Kolam Renang: Pembtn, prwtn, perbaikan, obat-2 an, peralatan Jl. Hayam Wuruk 198 E Kedamaian tlp. 0721- 7444567

KOMPUTER Dibeli komputer/laptop berbagai tipe dan merk, segala kondisi, hrg beli tinggi hub.081330125042, 081957253818,085766932126

KURSUS TEHNISI HP Nvu ponsel service & kursus hp Jln. ZA Pagar Alam No.2 gdg meneng, bk kls mahir psti bs smua merk hp grnsi uang kmbli tlp.07219368064

LOWONGAN MEBEL Menerima pesanan kusen, pintu, jendela, bangkusekolah SD, SMP, SMA, dan kos2an, hub. 081541247037

MUSIK ALAT MUSIC DIJUAL Paket alat music band Rp.15jt dijual seharga Rp.10jt saja (New) Sound System Tasso T3 ±6000w Rp.48jt (second, new Rp.100jt) OBRAL alat band & soundsystem berbagai merk terkenal, disc s/d 40% Yamaha,JBL,Mackie,Allen & Heath,AXL,Sonor,Tama,RMV,Iban ez, Artrock,Cort,Best,Rhyme,Gallien Krger,dll Rama Swara telp.(0721) 251652-0811792034 ADI Musik: jl/tkr tmb: i5(4) i4(5) i3(5,5) Pa50(7) Pa80 Pa500, PSR900, KN1400, 2400,2600,X50,CORA,Blazer,Beta 3 ,PV16ch,8ch,CS800,AD3600,Behr. 20 ch, a/esis,DOD, AXL. Ph.268983, 081369139529.

musik pesta sinarta musik pernikahan, saurmatua, orgen tunggal, pesta bonataon dlm & luar kota. Hub. 085216105475 Drs. Edison E. Sinurat. 

Privat Bintang Education smua pljrn TK, SD, SMP, SMA, umum, mengaji, guru dtg ke rmh, professional & sabar, siap UN, semester. hub. 07213667558, 0813 69 277 269

PELATIHAN MASTER HIPNOTIS pertama & terdahsyat di Lampung bersama 3 PAKAR Hipnotis DUNIA !!!. Hub: 0853.79662737

pengobatan OBAT TELAT BULAN Anda telat bulan & lancer haid..??? kami ada solusi cepat & aman, cukup 1x pakai dlm waktu 3 jam dijamin lsg lancar 100 % aman tnp efek smpng, BERGARANSi sampai tuntas. 082169071222, 082388563333

PENGINAPAN PONDOK PALAPA, HARGA MULAI DARI 85 RBU, DI PUSAT KOTA, FAS : AC, TV, KM PRIBADI, BREAKFAST, PARKIR LUAS, JL. P.E.M NUR 7623158, 7188333, 087899764477, 085380151888

MESIN

peluang usaha

FOTO COPY

DANA TUNAI

CV. Mitra Abadi jual, sewa, perbaikan, suku cdg, tinta, foto copy, msn Analog & Digital. Hub. 7505050, 0812. 7909898

mesin cetak Dua mesin cetak offset toko 910 & computer langsung Lincah Store Jl.Pemuda No.94 Tj Karang seberang Ramayana.

PENDIDIKAN privat Privat Siklus Guru dtg kermh semua pelajaran SD,SMP,SMA Hub:07217481330, 0857-68003557

Dana Tunai,Proyek Perkebunan 1Ms/d 250M dlm & Luar daerah trm mediator PT ADB,Hub Lya 082123135991,Widiya 081311112196,Yogie 081271537072, Fredy 085311245373

RUPA - RUPA

ATASI KEBOCORAN MENGATASI KEBOCORAN, Rembes, Retak/Pecah pd bangn Anda, sprti: K.Mandi, Dak, Talang, Karpus, Basement, Terowongan, Bak Limbah, dpt kami atasi dg Grouting/Injeksi Beton, Couting, Waterpro-ning, Renov bangnn. Specialis Pengctn Crant Container/Tower Telkom, Gypsum, Polis Marmer. HELDINA 0813.79918592, 0721-7520154

Sedot wc Sedot tinja/wc pakai mbl tangki & atasi mampet slrn tnp bkr, dlm & luar kota, bs sewa toilet portable. 07217400060, 085377528233

SALSA/YOGA/DANSA Membentuk badan jadi padat & berisi, mencegah penyakit hub.0721473097

SERVICE

Butuh cpt, PRT, Baby Sitter, pegawai toko, dan restoran u/ jkrt dan batam gj 1 jt s/d 3 jt lgsg krja hub.081225085900 Dibthkn laki2 u/ gudang (jenjang karir) max 25 th min SMA Jl.Cut Nya Dien Gg Hamid No.9 telp.3699124. Low kerja Batam PT. Bintang Lima Abadi, PRT, B.Sitter, Toko, Mall, Restoran, Pria/Wanita, 18 th, 40 th, Jl. Pemanggilan No. 48 Natar. Hub. 0813.18252518, 087889688412 Cari baby sitter, perawat, PRT Gaji Tinggi, lgsg krja. Cari sponsor TKW/ Lokal fee tinggi hb.0817734330 Dibthkn tentor, Matematika, Fisika, S1 PTN IPK 2,85, Islam, berjilbab bgi perempuan krm lmrn ke Bimbel Eksis Jl Antasari No. 104 B, telp. 0721260706 Dicari patner bisnis makanan utk ibu rmh tangga & mahasiswa bs di kerjakan paruh wkt hb.082130658882

LOWONGAN KERJA

DARMIN Elktrnik trm srvice pnggil TV, VCD, DVD, speakr active, k.angin, strika dll (bs tukr tmbh). Hub. 082184364724, 087899506812 service pANGGIL AC, Kulkas, Frezer, M. Cuci, W. Heater, dll. Hub. 081272590428  Wahyu Elektronik. Servis berbagai merk TV, kulkas, m.cuci, kpr gas, genset, P. Air, dll. Hub. 0812.72302983.

KESEMPATAN BERKARIER PT. BANK ARTHA GRAHA INTERNASIONAL TBK membutuhkan karyawan-karyawan handal untuk posisi : 1. TELLER (TL) 2. CUSTOMER SERVICE (CS) 3. BACK OFFICE (BO) 4. MARKETING (AO) 5. SECURITY (SC) 6. DRIVER (DR) 7. OFFICE BOY (OB) SYARAT & KUALIFIKASI : 1. Pria/Wanita (No.1 s/d 7) 2. Penampilan menarik (No 1 s/d 4) 3. Usia maksimal 24 tahun (No. 1,2,3 dan 7), maksimal 30 tahun (No.4,5 dan 6) 4. Pendidikan minimal D3 (no. 1 s/d 4), minimal SLTA / Sederajat (No.5 s/d 7) 5. Pengalaman di bidangnya (No. 4 s/d 6) 6. Mampu bekerja dengan target (no.4) dan memiliki jaringan relasi yang luas Lamaran lengkap dengan mencantumkan kode bagian pada amplop dikirimkan ke alamat : Bagian SDM PT. BANK ARTHA GRAHA INTERNASIONAL TBK JL.LAKSAMANA MALAHAYATI NO.32A/51 TELUK BETUNG – BANDAR LAMPUNG 35224 (PALING LAMBAT 1 MINGGU DARI IKLAN INI TERBIT)

Spesialis kusen, jndla, partisi, pntu almnium, folding gate, rolling door, rak alm dll, mrh ber garansi. Hub. Toko MITRA Jl. Samratulangi 33 A tlp.7477282, 081379200333

BAHAN BANGUNAN FOLDING GATE Moga Jaya Folding Gate melyni penjualan bahan & pembuatan folding gate harmonka juga mlyni pembuatan trails, pagar, canopy, stenlis & besi tempa, work shop Jl. Tawas 31 Yosodadi Metro tlep.0725-7007373, 0812.72324459

GUDANG DIJUAL Jual gdg lk strtgs sntra cklt jg kpra u/gd p’pul LT 2.880 Lg 702 Pswu lpg 082372368309

KEBUN DIJUAL Kebun SHM,Ls. 2,1 Ha di Pal Pu t i h simpang dkt PTPN 7 akses Kotabaru Jatiagung, 2 KM dr Jl.Ir.Sutami, hrg 50rb/m, ada jati, coklat, kelapa & deposit silica. Hub.0811722018

kOLAM dijual Kolam ikan cck utk lobster, Kp Baru Unila, SHM, 1400 m2, 750 jt/ nego. Hub. 0812.72738989, 771704, 081379789456

RumaH dijual Cepat !! LT 275 m2, 4KT, 2KM, Perum Taman Palem 3 Gedong Meneng blk BNI Unila. Harga nego. Hub.0811.722709. Dijual cpt rmh di Perum Prasanti

Dijual rumah ukr 8 x 23 m, 4KT 2KM (2KT di dalam + 2Kmr kost+2KM di Jl. Hanoman Gg. Musolla No.12. Hub. Eka 082377190102

DISEWAKAN Rmh 3 KT, 3 KM, dpr, R.Tamu luas, listrik, s.bor, smpg kmps malahayati Jl.

Blok B 5 no.8 metro pusat, Uk 10

Pramuka rj basa hb.081379434924,

m2 tingkat, SHM, 4KT, 2KM, siap

085208667711.

huni, 150 jt nego hub.08123505217, 081539977168

Rmh di Way Halim Permai & kos2an di unila dikontrakan hub.

Dijual rmh Perum Kampus Hijau

08127204966, 089636800800,

Resident Blok G-14 Kampus Kam-

085279634666

pus Unila Type 80/140, 3KT, 1KM, Telp.0816.1881173-082177016373

Rumah komplit dengan isinya, K.Tidur 2, K.Mandi 1 Jl.Tamin Gg.

Dijl Rmh Perum Bukit Sukabumi Indah (Puskut) Jl. Safir Blok H 5 No 15, Renov, Type 36 SHM 087899690736,

Budiman III No.33 hb.08127986868, 081279121475

081279193273 TP

ruko

dijual cpt 2 rumah,LT/LB 361/108 & LT/LB 213/216, Jl. W. Monginsidi Gg.Murai 26 T.Betung,garasi luas,SHM. Hub:0821-81050309,0721-273348

dijual

Dijual warnet beserta rmh LT 14X16 m3, LB 6X14 & 4X6 di JL.R.E.Martadinata No.26 Purwata T.Betung Timur hb.082176613111,0721470334 Rmh LB. 120m (blm slsai) LT.380m,SHM di kel. Kedaung Kemiling/smpg Perum Ragom Gawi 3 Rp.150 Jt Hp.08127212000,085377331422.

Ruko di Pringsewu, 4,5 x 16 m, 2 1/2 Lt, Jl. A. Yani dkt Chandra. hb. 0821.82075777 Ruko 2 Lnti, Jl. Imam Bonjol No. 119, smpg pegadaian hrg 600 Jt/Ng Hp: 082182143860 Dijual murah ruko Jl. Sultan Agung 28 IN, 3Lt full, harga nego. Hub. 0815.4040045.

TanaH dijual Djl tnh 6000 M/SHM, hrg Rp.230/M nego, Jl.Sukarno Hatta by pas blakang KT.Camat Kedaton Bdl. hb.081540885590 LT 2.850 M2 Komp. Perum Polri Rajabasa, cocok u/ ternak ayam, ikan, harga nego. Hub.0811.722709.

Spesialis Atas Mampet Sal. Air, Wastafel, WC dll, tanpa bongkar garansi, bisa kuras sumur. Hub. 082180803233.

RENTAL & SERVICE

– FORKLIFT – WHEEL LOADER – EXAVATOR – GENSET

utk rmh tinggal, kosan, gudang, beng-

085377331422

kel, kntr, dll. Hub. 0813.1887.7820

Tnh 10.800 M2 Pinggir Jl Raya Trans

Tnh LS 650 m2, bsrta rmh, lok. brjarak

Sumatra DS. Sukamaju Sidomu-

20 m kearah pasar dr rmh, dkt RM

lyo Lamsel,Rp. 125 rb/m2 Hub:

siang malam bandar jaya lamteng,

085369480372

hub. Bpk.Hi Lutfi hp.081379934655,

Sumatra, Ds Gunung Terang Ka-

Djl tnh 10x15, SHM, sdh ada pondasi rmh 7x9, pondasi keliling, sdh ada sepliteng, hrg 45jt, lok.100 mtr dr Psr Natar hb.081369507778 Tanah 34x40, SHM, strategis Jl.Raya Alamsyah Rpn Metro Pusat/Protokol peminat serius hb.085811737217 (pemlik lgsg) Tnh dijual cepat Jl.Pulau Bawean II LK II LT: 450 M2, SERTIFIKAT, sdh pondasi, kel.Sukarame Kec.Sukarame, harga nego hub.081272202525 Tanah kav di Korpri Sukarame Blok B 14 No.20, Lt.425 (17x25), hrg 150 Jt, dikontrakan rmh di Villa Citra, 20 Jt/th. Hb. 07213638288 tdk sms

Tnh 2,2 Ha pinggir Jl Raya Trans lianda, SHM Rp. 100 rb/m2 Hub: 085369480372 Tnh 2,1 Ha Jl Raya Sidomulyo (Trans) dpn SPBU,SHM Rp.100 rb/m2 Hub : 085369480372 BU. Dijual cepat tnh kosong Ls.537 m2 Jl. KH. Anwar (Palapa) Bdl, hrg 1 Jt/M, 2 unit Ruko gandeng di Ps. Tugu. Hub. 0878.9980.7218 (tdk sms) Dijual cpt tnh luas 5200 m2, shm, lok. Jl raya Tj.bintang -LS (dpn Polsek  Tj.bntg). Hrga nego. Hub. 081279389588/081379258685 Tanah dijual Luas 730 m2, SHM, di Kel. Kelapa Tiga, 500 m2 di Perum Citra Persada tepi jln aspal. HB.0853.77331422

Syarat : ~ Laki – laki / Perempuan (1-3) ~ Min S2 Jurusan Akuntansi & Manajemen (1 & 2) ~ S1 Sarjana Hukum dan S1 Sarjana Psikologi (3) ~ Laki-Laki, min SMK jur Multimedia, dapat me ngendarai Mobil (4) Lamaran dikirim ke : Bagian HRD STIE Lampung, Jl. ZA Pagar Alam – Pelita 1 No. 24 Labuhan Ratu - Bandar Lampung

GARANSI

1

TAHUN

SALES, RENT , & SERVICE COPY, PRINT, SCAN

Hubungi

Citra Persada ,Rp. 250 rb/m2 Hub:

Ls. Jual tnh kavling dpn ktr Gubernur kota baru lpg, mrh, stock terbatas, hub.CV Patok Emas 081369000068,081379193637

1. Dosen Tetap Akuntansi 2. HRD 3. Dosen Tetap Manajemen 4. Marketing

bizhub 164

strategis, 50 m dr jalan antasari c/

m2 Hub: 085369480372

LOWONGAN PEKERJAAN PERGURUAN TINGGI A2L & STIE LAMPUNG Dibutuhkan segera :

Solusi BisnisTerbaik Anda

Dijual tnh LS + 1.000 M2,SHM, sgt

DS. Lubuk Kalianda, SHM Rp. 200 rb/

MADATO (DRTV INDONESIA), membthkn sales consultan (off ice in charge), syarat : Pria/wanita, SMU, D1, D3, good looking,komunikatif. Benefit : Gaji pokok,komisi dan bonus kirim lamaran ke MADATO, Jln. Brigjend Katamso 30.Bdl

“RIZKY BOR“Menerima Pembuatan Sumur Bor Mesin,Service Pompa air,Gulung Dinamo,Instalasi dll Hub:085367519001, 081379136574

Ahli Atasi Mampet Saluran Air, WC, Westafel dll, tanpa bongkar garansi hub. 082178790789

naham T.K.B Jl aspal dekat Perum

Tanah di Sumur Putri sukarame 2, SHM, lokasi strategis, Ls.8.500 M2, Hub. 0821.82075777

Low krja Batam PT.BINTANG LIMA ABADI.PRT, B.Sitter, toko, mall, restoran,pria/wanita 18th – 40th, Jl. Ry pemanggilan no.48, natar hb.081318252518, 087889688412

ATASI MAMPET

Tnh 700 M2, SHM, kel Sukada-

Tnh 4600 M2 Jl Raya Trans Kalianda

Prshan expedisi bth sgra supir truk engkel/tronton, lintas SumatraJawa usia 30-45 th, pglmn min. 2 TH, pnya ijazah asli pddkn trkhr, pnya HP, SIM B1 umum & B2 umum (Penghasilan jls, kesejahteraan D11). Info lbh lnjt hb. 082269526069, 085279170995, 081369775337

SUMUR BOR

PROPERTI ALUMINIUM

Dbthkn pramu & kasir, P & W Max 25 Th,pddkn SMU, Teknik, Las/Listrik & Elektro pria Mx 25 TH pndk SMK/ SMA, lmrn lgkp dtg lgsg ke JL.Tembesu 8 Campang Raya bdl

ALOK

0813-85931888 0721-3560288

Pastikan Membeli Yang Resmi & Bergaransi Daler Resmi

PD SAKURA Jl. Ikan Bawal 37 Teluk Betung telp. 0721 481779, 484714

081369385500 TP

LAMPUNG UTARA Dijual rumah kontrakan 6 pintu, LT 444 M2, AJB, Kel.Kelapa Tujuh Kotabumi Lam-UT hrg 250 jt, nego hub.0811721532

LAMPUNG SELATAN DIKONTRAKAN RMH+TMP USHSTRTGS Jl.UTAMA RADEN INTAN 51 KALIANDA (EX PEMPEK 21) Hub. 081930049000

KLINIK PENGOBATAN TRADISIONAL SPECIALIS DITANGANI OLEH AHLINYA

Bpk. ABDUL AZIZ

Yang Sudah Teruji & Berpengalaman DINKES.448,502.09.2011 Pastikan anda berobat pada ahlinya Tanpa Efek Samping Permasalahan semua Agama & usia. Bukan Bahan Kimia Menggunakan RAMUAN TRADISIONAL Disertai penerapian yang unik dibantu do’a MENGATASI KELUHAN PRIA & WANITA * MAMPU MENGOBATI MATA KATARAK/rabun

R

0

.00

00 p.5

ya

Bia

Pria: Wanita: 1. Impotensi Total Normal Kembali 1. Menjaga Keharmonisan Pasutri 2. Lemah Syahwat/Ejakulasi Dini 2. Ramuan Rapat Vagina 3. Disfungsi Seksual 3. Keputihan 4. Diabetes 4. Membuka Aura Kecantikan & Ketampanan 5. Kesuburan Sperma 5. Memperindah Payudara 6. Stamina Pria 6. Ingin Mudah Keturunan 7. Menambah Ukuran Kejantanan Besar Panjang 7. Kangker Rahim Kista Keras Tahan Lama 8. Ingin Pasang Susuk ALAMAT PRAKTEK

Jl. Teuku Umar Gang Gajah No. 45 Kedaton, (depan Makam Pahlawan) Bandar Lampung Telp. 0858 4011 1656 – 0812 7225 5554 Buka setiap hari pkl. 08.00 – 21.00 WIB Segera dapatkan & Buktikan Khasiat Pengobatannya Hanya di Klinik Bpk. ABDUL AZIZ


PARIWARA

sabtu, 2 MARET 2013

21

LAMPUNG POST

OTOMOTIF mobil DIsewaKAN ****** OONK RENTAL CAR ****** Sewakan Sedan Pengantin, Innova, Avanza, Xenia. Hub: 0721-7471813, 0811.799813 n UJM RENT CAR New Inova Diesel, New Avanza, antar / jemput bandara, harian / blnan Hub. 260633, 7442800, 085287815588, 081217983555, 087899728656, 085769220808 JONI NIAGA RENT CAR: Inova, Kijang Capsul, Avanza, Xenia, APV, Altis, ALphard. Hub. 7403700, 7692086, 0812.7264905

MOBIL PENGANTIN Disewakan mobil Pengantin Mercy New Eyes Warna Silver. Berminat hub. 0721-7361700-0811728117

mobil dijual BMW BMW thn 97 warna biru donker, over kredit atau tunai harga Nego 082177731991

Cevrolet Cevrolet Aveo silver’05, be, orsnl, siap pakai, hub.082326036565 

DAIHATSU PAKET KREDIT SUPER MURAH XENIA 1.0 D DP 36 Jt Angs 2,3 Jt-an XENIA 1.0 M DP 37 Jt Angs 2,4 Jt-an XENIA 1.3 R S td DP 41 Jt Angs 2,6 Jt-an TERIOS TS XTRA DP 42 Jt Angs 3 Jt-an TERIOS TX DP 49 Jt Angs 3,4 Jt-an PU DP 14 Jt Angs 2,3 Jt-an LUXIO D DP 29 Jt Angs 3,5 Jt-an Proses cepat syarat mudah. Hubungi M A S A N TO A ST R A M o b i l HP.0811.721578, 0721-7333100 Dijual cpt Xenia bergaransi dp awal 37jt angs 2,7jt 3th, Hub. 081272341188 Jual cpt BU, Terios 2007 TX, Hitam, ors, mewah, BE Kodya, AC DB dingin, dijual cepat. Hub. 081369363298

PROMO DAIHATSU ALL NEW XENIA TERIOS GRAND MAX PU GRAND MAX MB SIRION LUXIO

DP 26 Jt-an DP 30 Jt-an DP 11 Jt-an DP 27 Jt-an DP 26 Jt-an DP 28 jt-an

Free Jasa Service 50.000 KM, melayani

Futura PU ’03, putih, bodi ,mulus,

Honda City th 2007, BE, Vtec, matic,

Panter LV’04 akhir, barang mulus,

BE, s. pakai . Hub.081379986809

silver, anss All Risk 1 th Rp. 150 Juta

siap pakai, jual cepat 116 jt, hub.

03, coklat tua met, BE, kndisi bgs, 95jt

nego Hub: 0819698869

081280549669

nego. Hub. 085279278739

n

Jual cpt Espass mini’97, BE, pajak baru, AC, bodi mulus, plek resing. Hub.081379986809

n

Ford

Mitsubitshi Kuda Grandia 1.6 th

(Evo 3) BE,silver,mls, hrg 50 Jt/Ng

AC, HU Pioner, TV, PW, PS, CL, tgn

hrg 167 jt nego, hub.085368432008

minat Hub : 085669729366

prtma, terawat, siap pakai hrg 130 jt,

mls spt baru, hrg 305 Jt nego. Hub.

Mitsubishi Greandis A/T’06 , mls

be, bodi mulus, siap pakai 23 juta

081272707065

dah & cepat. Hub. ANGGA DAIHATSU

negi, hub. 081379986809

0812.79049277.

hitam, mits lanser ex A/T’09 Silver

JAZZ tipe s’a/t 2008, hitam, plat B, masih ada asuransi, allrisk tangan

Taft Hi Line Long, gelap BE Kdy,

CRV Th’2010, BE, Putih Muti-

istmewa spt baru hrg 60 jt ng hub.

ara, jok kulit, TV DVD, km 28.000,

pertama, hub.santo 081379358787

anton 0811726094, 081272861318 

an.sendiri, Nopil cantik, hrg ng. Hb

Honda Mestro th’93 plat BE, warna

TAFT GT’87, Biru, BE hubungi: 081272707065

Met, Plat B, mobil bagus & terawat. Hub. 0812.722.1250.

Taft rocky 4x4’06, pjk bru, hitam, nego, hub.081379766664

Honda City IDSI’2004 Manual, Bold

Honda Cielo 94,hju,BE kdy,pjk pjg,istmw skli,tdk kcwa,ayo pecinta Cielo 081379929120,08996434115

merah hub.081379986809

Honda Cielo’95 hitam, BE hub. 085269322254

Honda City Z.VITEC’01, siap pakai, hub.081274568439

isuzu

Panter grnd Deluk ’96, biru,

hub.0811728748

hub.081272707065

L300’99, Solar, coklat tembakau hub

08538182005, 085368361111

KIA Sedan Kia Visto th 2001 wrn silver, plat BE, hub.081379986809

Mercy Mercy F 300, th 1992, hitam, BE,s. pakai, hrg nego. Hub. 081369411030, 085378709022

n

MITSUBISHI

full orsl,serv toyota, pemakai serius

OVER KREDIT Xenia 1,3 th 10 & Avanza th 11,

hub.0811794545.

silver, Nego Hub. 085381018000

nego hb.08176058014

Avanza’08 G, hitam, B, mulus, ta­

Katana GX’95, BE, ac, vr, br, hijau

ngan pertama, Tanpa Perantara, harga

Inova Diesel G, manual thn 2012,

met Jl.Hayam Wuruk no.68 hb.0721-

125 jt, nego, hub.081279530270

wrn silver, plat B, tangan perta-

7413500

Inova 05 metic 20 G, bensin,

n

KM 51,500, silver metalic, pakai

TIMOR Timor DoHC th 97 BE, merah, siap

sendiri tgn pertama istimewa Hub :

ma, NEGO HUb. 081217983555, 085287815588

TRUK dijual

0811720554

Truck Colt Diesel Canter 2008,

Grand Livina’10, 1,5 XV, hitam, nego,

Timor Dohc’00, B, Hijau Met, ac,

Inova G’05,bensin,manual,silver,BE,

dinding plat, lantai kayu siap pakai

orisinil sprti br, hb.081379766664 n

ps, pw, remot, br, vr, bu, 49 jt nego

pjk baru nego Hp: 08127909451

kerja, nego hub.08127930001,

hb.081272131789

Opel Opel Blazer montera th 2000, kondisi sangat mulus tdk kecewa pjk pjg harga nego hub. 081369900065

Corolla All New Xi 1,8 Th’2000

Honda City Z 2002, BE Kodya, Silver,

Panther Hi Grade’95, Hijau Metalik,

pjk pjg, orsnl spt baru, hrg ng. hb.

Ors, Accessoris Lux, Ac Dingin, jual

ACDB, CD, pjk pjg, BE Kotamadya, 62 Jt

2003, hitam silver, plat BE, hrg 83 jt

Kodya, siap pakai, harga nego. Hb.

cepat. Hub. 081369363298

nego. Hub. 0857.89886660.

hb. 082179183333 (pemilik)

0812.79236565.

n

081379895088

Timor Dohc, biru’99, be kodya,

akhir, Plat BE, Gold Met, mobil bagus

Fuso missi th 2000 bak bebagua,

mulus, sound sstm, siap pakai hub.

& terawat. Hub. 0812.722.1250

pelat be, siap pakai, 275 jt, nego

082179967007

TOYOTA

Opel Blazer LT’99, Abu-abu Met, BE

Xenia Li Sporty’11, Abu-abu Met,

blk electric, ass all risk, cat ors, jok klt,

pakai, H. nego Hub : 082179038889

nissan

Mitsubishi Kuda Grandia 2,0 th

7164443, 081379337474.

hub.081274578429

turbo 2,5, kondisi siap pakai, plat BE,

Tanggamus,Kalianda dll. Proses mu-

ngi segera 081272707065

Sun roof, 3 camera, lampu hid, pintu

harga nego tlp 085369093829

Panter higrid’95, hijau, hub.

0812.72783973, 0857.89886660.

pakai, H. nego Hub : 082179038889 Suzuki APV GX TH’2010, silver, MT,

Putih Mutiara, ban baru, pjk pjg,

TAFT ROCXY 1.93 Hitam, BE. hubu-

Katana th 92 merah, BE Kdy, siap

mulus, siap pakai Rp.105 jt TP

Dijl cpt mbl Mitsubishi Lancer 94

Honda All New CRV 2.0 A/T’2010

HONDA

Kijang LSX’2004, bensin, merah,

Full Spec Th’2005 bln 9, Hitam, Plat B.

Panther LS 2006, orisinil, Hitam,

Sedan Ford Laser th 97, wrn merah,

0813.69538676, 085788999975

Toyota Harier 2400 CCm L Premium

CRV thn 2007 warna metalic brown

Liwa, W.Kanan, T.Bawang, Kt.Agung ,

SUZUKI

Avanza’07 G, hitam, mulus, BE Kodya B.lampung, tanpa perantara harga 125 jt, nego hub.08117202220

Kijang Grand’96 plat BE, warna abu2 hub.081379986809

Kijang Super G, be, merah, mulus, siap pakai hub.081379986809

hub.081379986809 Dijual Mitsubishi Truk Fuso ps 220 (fm 516 L) th 97, 140 jt. Hub. 085269613331, 087870544584, 081315617418

Rino Engkel’91 Merah, siap pakai, BE Kodya, 45 Jt. Hb.0815.41287866, 0721-7380904, 0812 722 41557. n


±

±

CMYK

F KUS sabtu, 2 maret 2013 LAMPUNG POST

±

CMYK

Pendidikan Usia Dini

22

‘Golden Age’

±

±

Penentu Perkembangan Generasi USIA emas merupakan patokan seorang manusia dalam perkembangan hidupnya di masa mendatang, sehingga pendidikan anak usia dini (PAUD) sangat penting dikembangan dalam mengelola karakter dan pengetahuan manusia pada masa golden age.

S

ejumlah pemerintah dae­ rah di Lampung pun berpacu mengembangkan PAUD di wilayahnya. Mulai dari dibentukan forum PAUD hingga diangkatnya Bunda PAUD untuk membina lembaga edukasi anak usia bawah tiga tahun (batita). Di Way Kanan, Pemkab mendorong Dinas Pendidikan menyusun rencana strategis pengembangan PAUD untuk lima tahun ke depan. “Kami sidah menyusun renstra (rencana strategis) PAUD untuk lima tahun ke depan. Saat ini kami sedang melakuikan workshop penyusunan bahan ajar untuk parenting skill sebagai turunan dari renstra tersebut. Ini langkah awal dalam mengembangkan PAUD dengan konsep yang ho-

BACA SENIN F KUS NTP, Takaran Keringat Petani

listik. Holistik artinya menyertakan banyak pihak,” ujar Kadisdik Way Kanan Gino Vanolie kepada Lampung Post, Kamis (28-2). Di Lampung Tengah, organisasi masyarakat (ormas) juga ikut mengembangkan PAUD, salah satunya Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lampung Tengah yang akan lebih sungguh-sungguh membina perkembangan anak usia dini. Media yang dikembangkan terutama taman pendidikan Alquran (TPA) dan PAUD. “Pertimbangan atas hal itu, pada usia tersebut, sebagaimana disabdakan Nabi Muhammad saw. dalam hadisnya, anak bagaikan kertas putih. Apa yang ditanam saat itu akan menentukan perkembangan hingga yang bersangkutan dewasa. Salah di awal, bisa salah finisnya,” ujar Ketua PCNU Lampung Tengah Ahmad Jaelani. Dia mengakui kedua lembaga pendidikan itu sudah banyak yang menggarap. Namun, beberapa pengelola lebih mementingkan kecerdasan intelektual dibanding spiritual. Selain itu, penguasaan antara ranah kognitif, afektif, dan psikomotoriknya tidak setimbang. Sementara itu, Bupati Lampung Tengah Ahmad Pairin ketika membuka acara itu mengharapkan PCNU setempat bisa menyusun program kerja yang bersinergi dengan kebijakan pemerintah maupun kepen­ tingan masyarakat luas.

n ANTARA/RAHMAD

MANASIK HAJI. Sejumlah siswa PAUD mengikuti manasik haji. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan akhlak dengan pengenalan cara berhaji.

Peran PKK Yang sangat diperlukan peran dalam perkembangan PAUD adalah PKK. Ketua Tim Penggerak PKK Elviana Khamamik yang juga ketua Muslimah NU Mesuji menggerakan anggotanya.

Elviana menyampaikan betapa pentingnya menjadikan pendidikan anak-anak sebagai program prioritas. Karena itu, menurutnya, pendidikan anak-anak semestinya mulai dilaksanakan sejak usia dini. “Saya harap agar setiap desa hendaknya memiliki

tempat pendidikan anak usia dini (PAUD) di Way Serdang,” kata dia. Elviana menganggap perhatian terhadap pendidikan anak-anak sangat penting karena menyangkut generasi bangsa, khususnya Kabupaten ­Mesuji. (MG1/NUD/UAN/U-1)

Harapan Baru dari Peran para ‘Bunda’

±

LIKA-LIKU perkembangan pendidikan anak usia dini (PAUD) mulai menjadi perhatian pemerintah. Salah satunya dengan munculnya para “Bunda PAUD” yang berkomitmen untuk ikut mengembangkan dan membina pusat edukasi para batita itu. Seperti dikatakan Ketua Tim Penggerak PKK Tulangbawang Erna Su’ud Hanan yang mengingatkan “Bunda PAUD” kecamatan dan desa dapat berperan lebih aktif melakukan pembinaan. “Ini adalah profesi sukarela yang dilandasi rasa cinta dan kasih sayang kepada anak-anak. Lakukan komunikasi dengan baik dan jangan segan berkomunikasi dengan anakanak,” kata Erna, yang juga “Bunda PAUD” Kabupaten Tulangbawang saat melantik para 15 “Bunda” kecamatan se-Tuba di Lapangan Ethanol, Banjaragung, Kamis (28-2). Para “Bunda PAUD” diharapkan dapat membina 229 PAUD yang tersebar di 15 kecamatan. Jumlah total siswa laki-laki 2.071 dan

±

±

n LAMPUNG POST/RIAN PRANATA

BUNDA PAUD. Bunda PAUD Tulangbawang, yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Tulangbawang, Erna Su’ud Hanan, melantik 15 bunda PAUD kecamatan se-Tuba, Kamis (28-2). 2.045 untuk siswi perempuan. Erna juga mengatakan suatu hari nanti, Tulangbawang akan memiliki ribuan anak-anak dengan 10 kualitas dari PAUD yang ada kini, yaitu anak yang beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, cerdas, jujur,

bertanggung jawab, kreatif, percaya diri, dan cinta Tanah Air. “Peran PAUD itu penting karena pengalaman anak pada tahun-tahun pertama kehidupannya akan menentukan karakter sang anak kelak. Tahun-tahun itu disebut golden age atau usia emas,” ujarnya. (RIAN PRANATA/U-1)

18 PAUD di 12 Desa Se-Katibung PERKEMBANGAN pendidikan anak usia dini (PAUD) makin menyeruak hingga ke pelosok. Banyak muncul pusat edukasi anak bawah 3 tahun (batita) yang didirikan masyarakat. Di Kecamatan Katibung, Lampung Selatan, setidaknya ada 18 PAUD di 12 desa yang didirikan secara swadaya masyarakat. Tempat pendidikan itu rata-rata mempunyai 60 orang peserta didik pada setiap angkatan. Hal ini tak luput dari kesadaran orang tua bahwa pendidikan tingkat usia dini sangat perlu bagi putra-putri mereka. Sementara tempat

±

CMYK

±

kegiatan statusnya masih beragam, mulai milik sendiri hingga menumpang di ba­ ngunan atau rumah warga setempat. Namun, hal itu tak mengurangi antusiasme para tenaga pendidik dan siswa untuk beraktivitas. Yang membuat “mengernyitkan” dahi adalah para tenaga pendidik itu berlatar belakang sekolah lanjutan dan sarjana. Namun, tenaga profesional mereka hanya dinilai Rp15 ribu per bulan sebagai imbal jasa pengabdiannya. “Honor mereka dibayar dengan uang iuran para orang tua peserta didik yang besarnya berkisar antara

Rp10 ribu—Rp15 ribu per bulan,” ujar Sri Yustati, pembina PAUD di Katibung. Beberapa pembina PAUD juga mengatkan hal serupa. Mereka menginformasikan bahwa pendanaan kegiatan di PAUD masih merupakan swadaya. Hingga kini tidak ada bantuan dana rutin dari Pemerintah Pusat maupun daerah, seperti dana bantuan operasional sekolah (BOS) seperti pada SD dan SMP. “Kami berharap pemerintah mempertimbangakan kucuran dana bantuan, se­ perti BOS, mengingat perkembangan PAUD sangat pesat dan bagus. (USDIMAN GENTY)

CMYK

±

±


–

–

CMYK

CMYK

–

OLAHRAGA SABTU, 2 MARET 2013 LAMPUNG POST

23

Roy Tegaskan Hanya Satu Kongres PSSI

VARIA SPORT

SDN Banjaragung Juara Sepak Bola O2SN

–

BANDAR LAMPUNG—SDN Banjaragung meraih gelar juara cabang sepak bola dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat rayon Margodadi, Jatiagung, yang berlangsung di SDN Margodadi, Kamis (28-2). Selain dari sepak bola, SDN Banjaragung juga merebut juara II voli putra dan tenis meja putra, serta juara III tenis meja putri. Ofi sial SDN Banjaragung, Untung Riyadi, mengungkapkan keberhasilan para siswanya meraih beberapa gelar sungguh membanggakan. “Prestasi yang ditorehkan sangat membanggakan karena mereka sudah menunjukkan kemampuan terbaik untuk mengharumkan nama sekolah,” kata dia, Kamis (28-2) Kepala SDN Banjaragung Musbiran Ali yang didampingi Ketua Rayon Margodadi Amirsyah dan KUPT Kecamatan Jatiagung yang diwakili Latif Imawan berharap siswa dapat terus meningkatkan prestasi, baik di bidang akademik maupun olahraga. (LUG/O-3)

JAKARTA (Ant/Lampost): Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo menegaskan Kongres PSSI dengan agenda menjalankan perintah FIFA hanya dilakukan di satu tempat, yaitu Hotel Borobudur, Jakarta.

Doping, Chavez Jr. Dihukum 9 Bulan NEVADA—Petinju Julio Cesar Chavez Jr. dihukum 9 bulan dan denda 900 ribu dolar AS oleh Komisi Atletik Negara Bagian Nevada, Kamis (28-2), karena gagal dalam tes obat terlarang setelah kalah atas Sergio Martinez pada pertandingan September lalu, demikian diumumkan Top Rank Boxing, kemarin (1-3) WIB. Chavez (27) positif menggunakan mariyuana setelah kalah angka atas petinju Argentina, Martinez, pada perebutan gelar kelas menengah Dewan Tinju Dunia (WBC) di Las Vegas pada 15 September. Petinju Meksiko itu baru boleh aktif berlaga pada 15 Juni, tetapi pengacara Chavez menyatakan akan naik banding karena hukuman dan denda yang dijatuhkan padanya tidak sebanding dengan alasan tidak menggunakan obat untuk meningkatkan penampilannya. (ANT/O-3)

Djokovic-Federer ke Semifinal Dubai DUBAI—Novak Djokovic dan Roger Federer memperlihatkan kepiawaian mereka ketika memimpin empat pemain top ke semifinal Kejuaraan Tenis Dubai, Kamis (28-2) waktu setempat. Kedua petenis top dunia itu bergabung dengan rekan mereka di babak empat besar turnamen, bersama Tomas Berdych dari Republik Ceko serta Juan Martin del Potro dari Argentina. Djokovic memperpanjang rekor kemenangan ke-16 ketika mengalahkan Andreas Seppi 6-0 dan 6-3 serta menatap pertemuan ke-10 dengan Del Potro, yang maju ke babak empat besar setelah mengalahkan petenis kualifi kasi dari Jerman, Daniel Brands, 6-4 dan 6-2. Federer menyudahi harapan pemain dari Rusia, Nikolay Davydenko, 6-2 dan 6-2. Lawan Federer, petenis nomor enam dunia, Berdych, harus memeras keringat ketika menumbangkan petenis wild card Dmitry Tursunov 6-3 dan 6-2. (ANT/O-3)

–

„ REUTERS/HENRY ROMERO

TEMBUS 4 BESAR. Petenis Spanyol, Rafael Nadal, merayakan kebrhasilannya melangkah ke semifinal turnamen Acapulco Internasional di Acapulco Meksiko, Jumat (1-3) WIB. Nadal mengalahkan Leonardo Mayer dari Argentina 6-1 dan 7-5.

DIVISI III

KONI Lamtim Bantah Tak Perhatikan Persilamtim

–

SUKADANA (Lampost): KONI Lampung Timur kembali menegaskan bantahan tidak memperhatikan klub Persatuan Sepak Bola Lampung Timur (Persilamtim) yang tampil pada kompetisi Divisi III putaran nasional regional Sumatera di Bangkabelitung. Hal itu dikatakan Ketua KONI Lamtim Wahid, melalui Humas Eko Arif. Pemkab dan KONI Lamtim bukan berarti tidak mau memberikan bantuan dana kepada Persilamtim, melainkan pihaknya menilai klub itu tidak berkompetisi di kejuaraan tersebut karena tidak ada persiapan matang dan itu sudah dirapatkan KONI dan pengurus klub. “Mereka itu berangkat ke Bangkabelitung bermodal nekat karena ketua Persilamtim tidak mengizinkan berangkat,” kata Eko. Karena berangkat tanpa restu ketua klub, tim Persilamtim yang dipimpin Pelatih Kepala Hayatullah Khomeini akan mendapat sanksi dari pengurus. “Jangan menyudutkan Pemkab atau KONI, sebelum membeberkan melalui media, cerna dulu apa masalah yang sebenarnya sehingga KONI

–

tidak memberikan dana,” kata Eko. Sementara itu, Persilamtim masih berpeluang tampil di Senayan karena menyisakan tiga laga lagi. Saat ini Persilamtim berada di peringkat empat klasemen hasil sekali kalah dan sekali seri. Sedangkan wakil lampung lainnya, Tubabar, menjadi juru kunci tanpa poin. Poin Persilamtim merupakan hasil bermain imbang 1-1 kontra Rumbai FC, Kamis (28-2). Sedangkan pada pertandingan perdana, Rabu (27-2), Persilamtim takluk dari Belitung Timur 0-1. “Kekalahan kami dari Belitung Timur karena kelelahan setelah menempuh perjalanan dari Lampung. Kami tidak bisa tampil maksimal dan akhirnya harus kalah,” kata Hayatullah Khomeini. Hari ini Persilamtim akan menghadapi sesama tim Lampung, Tubabar FC. Sedangkan besok (3-3), mereka akan meladeni PS Dumai dan Bangka Tengah. Wakil Lampung lainnya, Tubabar FC, menempati posisi juru kunci setelah menelan dua kekalahan dari PS Dumai 1-4 dan Bangka Tengah 1-3. (GUS/WIN/O-3)

CMYK

–

„ AP/CHARLES REX ARBOGAST

HINDARI TEKANAN. Center Chicago Bulls, Joakim Noah (13), berupaya menghindari tekanan center Philadelphia 76ers, Spencer Hawes, pada paruh kedua lanjutan kompetisi NBA di Chicago, Jumat (1-3) WIB. Noah, yang mencetak triple-double, memimpin Bulls mengalahkan 76ers 93-82.

NBA

‘Triple-Double’ Noah Menangkan Bulls CHICHAGO (Ant/Lampost): Joakim Noah mencatatkan triple-double ketiganya sepanjang berkiprah di NBA, Jumat (1-3) WIB, dengan mencetak 23 angka, 21 rebound, dan 11 blok untuk memimpin Chicago menang 98-92 atas Philadelphia. Carlos Boozer menambahi 21 angka dan 12 rebound untuk Bulls, serta Luol Deng berkontribusi 12 angka, 8 rebound, dan 4 assist. Kemenangan ini merupakan pendongkrak semangat bagi Bulls yang kalah pada tiga pertandingan kandang sebe lumnya. Sementara itu, wajah pebasket asal Inggris

Luol Deng mendapat sikutan dari forward 76ers Spencer Hawes menjelang pertandingan berakhir. Ia tetap berada di lapangan selama beberapa menit sebelum kemudian beranjak menuju ruang ganti. Adapun 11 blok Noah merupakan yang terbanyak sepanjang kariernya dan menyamai rekor Bulls untuk blok dalam satu pertandingan. Ia menjadi pemain keempat dalam 25 tahun terakhir yang mencatatkan triple-double yang menyumbangkan setidaknya 20 angka, 20 rebound, dan 10 blok, bergabung dengan legenda Rockets Hakeem Olajuwon, Shaquille O’Neal, dan Shawn Bradley. Bulls mengalahkan 76ers

untuk ketiga kalinya secara berturut-turut dan menyapu bersih musim pertama mereka sejak memenangi keempat pertemuan dengan 76ers pada musim 1996—1997. Kekalahan ini memperpanjang rentetan kekalahan Sixers menjadi tujuh pertandingan dan harapan mereka untuk dapat menembus playoff makin pudar. 76ers menjalani pertandingan ini dalam kondisi tertinggal 5 1/2 game dari Bucks untuk berebut peringkat kedelapan sekaligus posisi playoff terakhir di Wilayah Timur. Jrue Holiday mencetak 22 angka untuk 76ers dan Hawes menambahi 20 angka dan 15 rebound. (O-3)

“Kongres 17 Maret nanti ya di Jakarta. Kongres ini juga telah disetujui semuanya,” kata Menpora di kantor Kemenpora, Jumat (1-3). Dengan adanya keputusan pelaksanaan Kongres PSSI di Jakarta itu, Roy Suryo berharap pihak-pihak lain untuk tidak menggelar kegiat an yang sama di tempat berbeda. Menurut dia, semua pihak harus mendukung pelaksanaan kongres yang telah dijadwalkan dan telah disetujui PSSI maupun Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia (KPSI). Bahkan, rencana kongres ini telah disampaikan ke AFC dan FIFA. “Tidak usah ada kongres tandingan. Kongres PSSI ya yang di Jakarta.” Pernyataan orang nomor satu di Kemenpora itu jelas memupuskan rencana pelaksanaan Kongres PSSI yang dimotori mantan Sekjen PSSI Halim Mahfudz. CEO Halma Strategic itu menyatakan jika kongres akan dilakukan di Bandung dengan waktu yang sama. “Saya akan komunikasi dengan pihak-pihak lain, termasuk dengan Pak Halim Mahfudz. Komunikasi ini sangat penting,” ujar pengganti Andi Mallarangeng itu.

FIFA Akui Nil Sementara itu, meskipun PSSI sudah memecat Nil Maizar dari jabatan pelatih tim nasional, FIFA masih mengakui mantan pelatih Semen Padang itu sebagai juru taktik timnas. Namun,

mereka sudah mencoret Halim Mahfudz dari jabatan sekretaris jenderal PSSI. Hal tersebut terungkap dalam situs FIFA per 28 Februari malam atau sehari setelah PSSI mengumumkan pemecatan terhadap keduanya. Di halaman khusus sepak bola Indonesia itu, FIFA menulis sekjen PSSI ialah Tunjuk Hadiyandra dan Pelatih Timnas Nil Maizar. Meskipun demikian, pengakuan FIFA ini tidak lantas membuat Nil tenang. Ia masih mempertanyakan kejelasan nasibnya kepada Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husin sebagai orang yang mempekerjakannya dengan kontrak setidaknya hingga usai kualifikasi PraPiala Asia 2015. “Saya cuma minta kejelasan. Kalau saya diberhentikan, tolong surat pemberhentian diterbitkan. Jangan gantung nasib kami seperti ini,” kata Nil Maizar, kemarin. Nil rencananya digantikan pelatih asal Argentina Luis Manuel Blanco. Ini merupakan bagian dari skema besar Djohar yang membentuk Badan Tim Nasional dengan semangat rekonsiliasi dengan kubu Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia. Bukan hanya Nil yang didepak, Asisten Fabio Oliveira dan Pelatih Fisik Komarudin juga akan dicopot. Sekretaris Jenderal PSSI Hadiyandra menyatakan keputusan ini sudah bulat diambil oleh enam anggota komite eksekutif yang melakukan rapat pada Rabu (27-2). (MI/O-3)

CATUR BUDI HARIADI CUP

FUTSAL ‘LAMPUNG POST’

Percasi Bandar Lampung Kirim 14 Atlet

Danrem 043/Gatam Buka Turnamen Pagi ini

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pengurus Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kota Bandar Lampung mengirim 14 pecaturnya ke kejuaraan catur cepat Budi Hariadi Cup, 2—3 April, di Tangerang, Banten. Ke14 pecatur itu merupakan para atlet yang dipersiapkan tampil di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII akhir tahun ini di Kalianda, Lampung Selatan. D e m i k i a n d i s a mp a i k a n Ketua Umum Percasi Bandar Lampung Doddy Anugerah, Jumat (1-3). Pengiriman para pecatur itu merupakan salah satu agenda awal tahun 2013

Percasi Bandar Lampung. “Kejuaraan itu sebagai ajang uji coba atau try-out pecatur Bandar Lampung yang tengah mempersiapkan diri tampil di Porprov nanti,” kata Doddy, didampingi Manajer Pelaksana Pusdiklat Catur Bandar Lampung Hendri Gere, kemarin. Menurut Doddy, pihaknya tidak menargetkan juara di kejuaraan itu. Namun, dia optimistis para pecaturnya bisa tampil maksimal. Adapun ke-14 pecatur yang berangkat ke Tangerang itu adalah Nevi Arifin, M. Yunus, Cristian Ginting, Aris Ariyanto,

Suripto, Suyanto, Jono, Supriyadi, Syamsul Bahri, Deden, Diky Chandra, Yakob, Bambang Yos, dan Didik. Mereka dipimpin Manajer Tim Agus Karnadi. Tim yang berangkat mengikuti kejuaraan Budi Hariadi Cup itu dilepas langsung Ketua Umum Percasi Kota Doddy Anugerah di Pusdiklat Catur, Jalan Dr. Harun II No. 94 Tanjungkarang Timur, hari ini. Percasi Bandar Lampung kini tengah menggodok 20 pecatur yang akan tampil di Porprov nanti. Mereka bertekad meraih hasil terbaik di Porprov mendatang. (WIN/O-3)

„ AP/MANU FERNANDEZ

WEBBER TERCEPAT. Pembalap tim F1 Infiniti Red Bull, Mark Webber dari Australia, melakoni tes pramusim di Sirkuit Montmelo, Barcelona, Kamis (28-2). Webber menjadi yang tercepat denga catatan waktu 1 menit 22,693 detik.

–

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pagi ini (2-3), turnamen futsal Lampung Post perdana di Raya Futsal Stadium, Tanjungsenang, dimulai. Turnamen antarperusahaan dan instansi se-Lampung selama dua hari itu, Sabtu—Minggu (2—3 Maret) akan dibuka Danrem 043/Garuda Hitam Kol. Czi. Amalsyah Tarmizi. Manager Communication Lampung Post Armalia mengatakan persiapan turnamen sudah rampung dan tinggal pelaksanaannya saja. Dia pun berharap turnamen perdana ini dapat berlangsung sukses dan peserta turnamen tampil dengan menjunjung tinggi sportivitas. “Persiapan turnamen sudah selesai dan tinggal pelaksanaannya saja. Kami berharap turnamen berjalan lancar dan peserta pun bisa tampil sportif,” ujar Armalia, Jumat (1-3). Sementara itu, tim Bank Mandiri menyiapkan kekuatan penuh guna menghadapi Putera Sekawan pada laga perdana di lapangan dua, hari ini. Para pemain Bank Mandiri di bawah asuhan pelatih Yulisarnanda Kurniawan ini berupaya tampil semaksimal mungkin. Meskipun harus menghadapi

lawan-lawan yang cukup berat untuk menjuarai turnamen ini, tim Bank Mandiri tetap akan menampilkan permainan terbaiknya. Dengan diperkuat 10 pemain, yaitu Kiagus Reza, Jamsari, Dedi Komara, Syarifudin, Riwayanto, Febi Wirandi, Rizaldy Sobrian, Rendi Hartanto, Ansori Kurniawan, dan Jendro Trikrisnantoko, mereka menargetkan mampu meraih kemenangan. “Meskipun kami tidak menguasai materi dan profil pemain lawan, saya menekankan tim untuk fokus pada kedalaman tim dan strategi yang lazim,” kata Yulisarnanda. Tim Bank Mandiri sebelumnya pernah menjadi juara I Liga Futsal Perbankan 2011 dan juara III Porbank Lampung 2012. Sedangkan di lapangan satu, partai pembuka akan diisi tim Ayam Ras yang dimotori Doris melawan CPB Feedmil di bawah asuhan pelatih Pandu dan Juraida. Ayam Ras diperkuat para pemain andalan seperti M. Agus, Rahmat, Wahyu, Yusiffulah, Tommy, Hari, Putera, Ades, Duran, Jinoy, dan Firland Ichsany. Sementara CPB Feedmil menurunkan Dedi, Irfav, Irvan, Sahril, Julianto, Felix, Darmaji, Jimin, Manaf, dan Hadi. (WIN/O-3)

CMYK

–

–

–


±

±

CMYK

Adriano Galliani

OLAHRAGA sabtu, 2 maret 2013 LAMPUNG POST

Global TV Sabtu (2-3) 22.00 WIB MU vs Norwich City

ac milan

El Shaarawy Bertahan hingga 2018

Minggu (3-3) 21.00 WIB Sampdoria vs Genoa Senin (4-3) 02.45 WIB Roma vs Genoa

Minggu (3-3) 00.00 WIB Wigan vs Liverpool MNCTV Minggu (3-3) 23.00 WIB Tottenham vs Arsenal Trans TV Sabtu (2-3) 22.00 WIB Real Madrid vs Barcelona Trans7 Minggu (3-3) 04.00 WIB Valencia vs Levante Senin (4-3) 02.00 WIB Malaga vs Atletico TVRI Minggu (3-3) 02.45 WIB Milan vs Lazio Minggu (3-3) 18.30 WIB Torino vs Palermo

El Shaarawy sekarang sudah terproteksi penuh. Setelah menurunkan rata-rata usia tim musim panas lalu, menjual pemain muda terbaik bukan hal yang harus dikerjakan Milan.

24

Jadwal Siaran Langsung

±

MILAN (Lampost): Stephan El Shaarawy membuat klub-klub yang meminatinya gigit jari. Penyerang AC Milan tersebut menambah kontrak satu tahun dengan klub Seri A itu. Hal itu berarti striker berusia 20 tahun itu akan bertahan di Rossoneri hingga musim 2017—2018. Milan mengumumkan perpanjang­an kontrak itu di laman daring resmi mereka, Kamis (28-2), se­ telah El Shaarawy lewat akun Twitter pribadinya menulis mengaku bangga dan terhormat bisa mengenakan seragam AC Milan. “Saya sangat bahagia de­ ngan perpanjangan kontrak

Indosiar Sabtu (2-3) 02.30 WIB Frankfurt vs M’Gladbach Minggu (3-3) 00.30 WIB Leverkusen vs Stuttgart ANTV Sabtu (2-3) 15.30 WIB Persita vs PSPS Sabtu (2-2) 19.00 WIB Persela vs Persisam Minggu (3-3) 15.30 WIB Persib vs Persija Minggu (3-3) 19.00 WIB Persepam vs Mitra Kukar * Jadwal siaran sewaktu-waktu dapat berubah

n REUTERS/GIORGIO BENVENUTI

Stephan El Shaarawy

OFFSIDE

Man. United (4-4-1-1)

LONDON—Manajer West Bromwich Albion Steve Clarke membantah spekulasi yang menyebutkan dirinya akan menangani Chelsea pada musim depan. Manajer interim The Blues saat ini, Rafael Benitez, sudah menyatakan pada Rabu (27-2) akan meninggalkan Stamford Bridge pada musim panas mendatang. Setelah pernyataan itu, muncul sejumlah nama yang diisukan akan menjadi penerus, salah satunya adalah Clarke. Clarke pernah hampir 20 tahun mengabdi untuk Chelsea, yakni sebagai pemain dan pelatih. “Saya pikir ini masih terlalu dini untuk mulai menghubungkan saya dengan Chelsea,” ujar Clarke. “Ada banyak manajer lain di n AP/JON SUPER luar sana yang lebih baik dari saya. Saya belum genap setahun melaksanakan tugas di sini. Hingga sekarang, kami menjalani musim yang hebat. Saya belum melihat ada di tempat lain setelah musim ini berakhir.” (O-2)

Tunggu Tawaran Muenchen LIVERPOOL—Penyerang Liverpool Luis Suarez mengeluarkan isyarat mungkin akan pindah klub. Suarez secara terbuka meng­ akui besar kemungkinan ia tidak akan menolak seandainya klub Jerman, Bayern Muenchen, meng­ajukan tawaran di akhir musim. “Kalau Bayern Muenchen menawar saya, saya jelas akan melihat dan mempertimbangkan tawaran mereka,” kata Suarez seperti dikutip media di Inggris, Kamis (28-2). “Bukan berarti saya akan langsung pindah. Saya hanya ingin menegaskan bahwa saya tidak akan sertamerta menolak klub lain.” Nama Suarez dikaitkan dengan Muenchen sejak klub di Bundesliga ini mengumumkan bahwa mereka me­ ngontrak mantan manajer Barcelona, Pep Guardiola. Agen Suarez adalah saudara Guardiola, Pere, dan berbagai n AP/JON SUPER kalangan memperkirakan Guardiola akan dengan mudah mendapatkan Suarez seandainya ia ingin membeli pemain asal Uruguay tersebut. (METROTVNEWS/O-2)

Kaka Ingin ke MLS

±

MADRID—Playmaker Real Madrid Kaka memiliki keinginan pindah ke Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat, demikian menurut pengakuan saudaranya yang kini bermain di New York Red Bulls, Digao. Masa depan Kaka di Santiago Ber­ nabeu memang masih menjadi pertanyaan. Selain tidak mendapat posisi tetap sebagai pemain inti Los Blancos, keinginan AC Milan mendatangkan mantan pemain mereka pada bursa transfer musim dingin Januari lalu itu berujung kegagalan. Salah satu opsi Kaka adalah ­hijrah ke MLS. Digao sudah membujuk saudaranya itu untuk bermain di liga utama Amerika Serikat itu. “Sulit untuk dikatakan. Sepak bola berubah sangat cepat. Itu adalah impian yang dimiliki­ nya, datang dan bermain di AS. Harap­a nnya, itu akan menjadi kenyataan,” ujar Digao seperti dilaporkan Goal.com, Jumat (1-3) “Saya sudah sampaikan hal-hal baik kepadanya. Ia mengungkapkan keinginannya suatu saat nanti bermain di Amerika ­Se­rikat.” (METROTVNEWS/O-2) n REUTERS/TYRONE SIU

±

CMYK

ini. Saya telah memperpanjang kontrak saya hingga 2018. Saya bahagia dan bangga mengenakan seragam ini,” kata El Shaarawy dalam akun Twitter pribadinya. Perpanjangan kontrak itu dilakukan setelah striker yang dijuluki Milanisti, pendukung Milan, sebagai Firaun itu tampil impresif selama sepekan terakhir. El Shaarawy mencetak gol saat AC Milan bermain imbang dalam derby La Madonnina pada Minggu (24-2). Dia juga menjadi otak gol kedua Milan saat menang 2-0 atas Barcelona di laga Liga Champions pada pekan lalu. El Shaarawy telah mencetak 16 gol di Seri A pada musim ini, ter­

±

tinggal dua gol dari pemuncak daftar pencetak gol terbanyak saat ini, striker Napoli Edinson Cavani. Wa k i l P r e s i d e n AC M i l a n ­A driano Galliani menegaskan diperpanjangnya kontrak El Shaarawy bisa dijadikan indikasi kuat pergerakan positif klub. “El Shaarawy sekarang sudah ter­ proteksi penuh,” ujar dia. “Setelah menurunkan ratarata usia muda di tim musim panas lalu, menjual pemain muda terbaik bukan hal yang harus dikerjakan Milan. Kami kembali ke trek yang tepat dalam tempo singkat. Fan memahami proyek yang sedang kami kerjakan,” kata dia. (METROTVNEWS/O-2)

Norwich City (4-4-2)

Siaran langsung GlobalTV, Sabtu (2-3) Pukul 21.30 WIB

Belum Tertarik ke Chelsea

±

±

CMYK

REKOR PERTEMUAN 18 Nov 2012 Liga Primer Norwich 1-0 Man. United 26 Feb 2012 Liga Primer Norwich 1-2 Man. United 1 Okt 2011 Liga Primer Man. United 2-0 Norwich Pelatih:

Pelatih:

Chris Hughton

Sir Alex Ferguson 10

Rooney 26–Kagawa

28–Buttner 5–Ferdinand

9

Holt

7-Snodgrass

8-Howson

11–Giggs

2-Martin

5–Bassong 28-Bunn

1-De Gea 12–Smalling

Wayne Rooney � AP

16–Carrick

14-Hernandez

4-Johnson

6–Turner

19–Becchio 2-Rafael

17-Nani

14–Hoolahan

Grant Holt

18–Garrido

� AP

±

GRAFIS: JADS

Kesempatan MU Terus Berlari MANCHESTER—Kesempatan Manchester United untuk terus menambah poin terbuka lebar di pekan ke-28 saat menjamu Norwich City di Old Trafford, malam nanti (2-3). Rekor belum terkalahkan dalam 15 laga terakhir coba diperpanjang pasukan Sir Alex Ferguson. Sejak kalah di kandang calon lawannya pada November tahun lalu, sepak terjang Setan Merah di Liga Primer seakan tak tertahankan dan menjadikan mereka sebagai pemuncak klasemen dengan keunggulan 12 poin dari pesaing terdekatnya, Manchester City. Hanya dua kali imbang dengan 13 kemenangan menjadi prestasi sensasional pemegang 19 kali gelar liga ini. Dalam laga nanti, Ferguson kemungkinan akan merotasi pemain starter. Hal itu dikarenakan tengah pekan depan, The Red Devils akan melakoni laga berat saat menjamu Real Madrid pada leg II babak 16 besar Liga Champions. Starter yang dimainkan saat menghadapi tuan rumah Queen Park Rangers bisa saja kembali dimainkan. Meski menurunkan starting eleven yang berbeda, tetap saja MU mampu menunjukkan kemampuan terbaik­ nya untuk menang dua gol tanpa balas.

Memang kualitas pemain baik itu pemain inti maupun cadangan tak jauh berbeda sehingga tak terlalu mengganggu performa tim secara keseluruhan. Bahkan, Fergie pun dibuat pusing untuk melakukan rotasi karena semua pemain yang ada siap dimainkan.

L

aga ini menjadi kesempatan bagi Manchester United untuk terus menjaga performa apik.

Hanya saja, Fergie kemungkinan akan menyimpan bomber Robin van Persie. Penyerang Belanda tersebut sempat mengalami cedera pinggul saat menghadapi QPR. Meski kehilangan sang top skor sementara Liga Primer, Fergie masih memiliki banyak alternatif di lini depan. Selain Wayne Rooney yang kini

lebih banyak bermain di belakang striker, masih ada Javier “Chicharito” Fernandez dan Danny Welbeck. Performa yang sedang apaik-apiknya ditambah dengan tampil di depan publik sendiri pastinya menjadi dorongan motivasi bagi para penggawa MU untuk bisa meraih kemenangan. Sebab, tambah­ an tiga poin tetap menjaga selisih poin tetap 12 dengan sang rival, itu pun jika City menang atas Aston Villa yang baru dimainkan Selasa (5-2). Meski diunggulkan, baik secara materi maupun hitungan matematika, kewas­ padaan tetap harus dijaga para pemain. Sebab, Norwich juga tak ingin dipermalukan begitu saja. Tim besutan Chris Hughton itu juga membutuhkan poin tambahan untuk tetap menjaga peluang masuk papan tengah klasemen. Apalagi, posisi yang kini mereka huni cukup rawan dilewati tim-tim di bawahnya. Kemenangan pada November lalu coba kembali mereka ulang. Meski performa MU sedang on fire, Hughton tetap berusaha untuk bisa mengimbangi tuan rumah dengan menyiapkan strategi yang ampuh. (LUG/O-3)

±

PENGHARGAAN

Jose Mourinho Jadi Nama Jalan di Setubal LISBON (Lampost): Pelatih Real Madrid Jose Mourinho mendapatkan penghormatan dengan pemakaian namanya untuk sebuah jalan di Setubal, Portugal. Itu dilakukan sebagai wujud perhormatan atas prestasi di bidang olahraga, khususnya sepak bola. Mourinho yang sering dilabeli dengan julukan Special One dinilai sebagai salah satu pelatih Portugal tersukses. Dia telah memenangkan gelar liga di empat negara yang berbeda, yakni bersama Porto, Chelsea,

Inter Milan, dan Real Madrid. Dia juga sukses merengkuh trofi Liga Champions bersama Porto dan Inter Milan. Dewan Kota Setubal mengatakan dalam sebuah pernyataan pihaknya telah membuat keputusan karena dari Mourinho berperan luar biasa dalam olahraga di kancah internasional. “Dia dengan segala yang dimiliki, layak menjadi salah satu pelatih di dunia dengan prestasi terbaik.” Jalan yang akan menggunakan

±

nama Jose Mourinho memang belum ditetapkan, tetapi Dewan Kota Setubal sepakat menggunakan nama pelatih yang juga berjuluk The Only One itu. Setubal yang terletak tepat di selatan-timur dari Lisbon merupakan kota yang dulunya menjadi pusat industri. Namun, kini menjadi salah satu kota termiskin dan tingkat pe­ngangguran tinggi di Portugal. (METROTVNEWS/O-2)

n AP/ANDRES KUDACKI

CMYK

±


lampungpost edisi 2 maret 2013