Issuu on Google+

±

±

CMYK

± Terbit Sejak 1974 Sirkulasi: (0721) 788999 Layanan Umum: (0721) 783693 Iklan: (0721) 774111 SMS: 0815 4098 5000 Redaksi (0721) 773888 SMS: 0812 7200 999

selasa, 19 maret 2013

T E R U J I T E PERC AYA

www.lampost.co

No. 12736

±

TAJUK Di hari ulang tahun ke-27, Nikita Mirzani berharap bertemu jodoh... hlm. 16

Bulog harus mengganti raskin yang tidak layak untuk dikonsumsi... hlm. 17

Herman H.N. Wali Kota Bandar Lampung

n MI

n Lampung Post.DOK

INFRASTRUKTUR

Perjuangkan Jalan Tol dan JSS

±

i TAHUN XXXVIII

Rp3.000

±

±

24 Hal.

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Gubernur Lampung menga­ jak semua elemen masyarakat Lampung memperjuangkan pembangunan jembatan Selat Sunda (JSS), kota baru, dan jalan tol. Agenda tersebut juga akan menjadi pembahasan utama da­ lam Rapat Koordinasi Gubernur (Rakorgub) se-Sumatera. Ajakan tersebut dikatakan Gubernur Lampung Sjachroe­ din Z.P. saat sidang paripurna peringatan HUT ke-49 Provinsi Lampung di gedung DPRD Lampung. Rapat paripurna dihadiri seluruh anggota DPRD Lampung dan pejabat Pemprov Lampung, Senin (18-3). Menurut Sjachroedin, di sisa akhir jabatannya, dia ingin semua elemen masyarakat ikut memper­ juangkan program pembangun­ an yang sudah dirancang sejak ia terpilih menjadi gubernur Lampung, mulai dari pembangu­ nan kota baru, JSS, jalan tol, dan bandara internasional Branti. Dia juga meminta agar semua elemen masyarakat meninggalkan kon­ flik kepentingan untuk sebuah tujuan bersama. “Kami ingin semua elemen bersama-sama untuk mem­ bangun Lampung ini. Meng­ ingat itu adalah tanggung jawab masyarakat di provinsi ini,” kata Gubernur. Sebagai tahun terakhir pe­ ngabdiannya, Kiay Oedin, pang­ gilan akrab Gubernur, meng­ harapkan bantuan dari semua pihak untuk menjadikan Sai Bumi Ruwa Jurai ini bisa bersaing dengan provinsi lain di Sumatera. “Ini tahun ter­akhir pengabdian saya. Karena saya tidak lagi nya­ lon maupun berpolitik sehingga semua pihak harus bersatu untuk membangun provinsi yang kami cintai ini,” ujar dia. Dia menjelaskan pembangun­ an JSS dan jalan tol akan menjadi isu utama dalam Rakorgub se-Su­ matera yang akan digelar Selasa (19-3). Mengingat pembangunan tersebut bermanfaat untuk selu­ ruh masyarakat di Sumatera dan Jawa. “JSS ini program nasional untuk semua. Rakorgub juga se­ cara khusus membahas ini selain isu lainnya.” Di akhir sambutannya, Gu­ bernur juga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada DPRD Lampung dan se­ luruh masyarakat yang sudah ikut bahu-membahu mem­ bangun provinsi ini. (CR-2/R-5)

n ANTARA/ROSA PANGGABEAN

ASET DJOKO SUSILO. Bus pariwisata yang diduga terkait kasus pencucian uang oleh Irjen Djoko Susilo diparkir di sebelah gedung KPK, Jakarta, Senin (18-3). KPK menyita enam bus pariwisata milik Djoko Susilo terkait kasus korupsi simulator SIM dan kasus tindak pidana pencucian uang. BERITA TERKAIT… Hlm. 8

Gagal Kredit Rp73,6 M Tanggung Jawab BRT BANDAR LAMPUNG (Lampost): Gagal kredit yang dialami konsorsium Trans-Bandar Lampung senilai Rp73,6 miliar menjadi tanggung jawab manajemen bus rapid transit (BRT). Pemerintah Kota Bandar Lampung meminta kegagalan kredit ini jangan dijadikan alasan manajemen untuk tidak mengelola BRT dengan baik. Sekretaris Kota Bandar Lampung Badri Tamam mengatakan kegagalan kredit konsorsium BRT melalui PT Pracico Multifinance kepada Bank Jawa Barat dan Banten (BJB) sebesar Rp73,6 miliar merupakan tanggung jawab manajemen BRT. Pemkot hanya sebagai regulator untuk mendorong agar manajemen menjalankan BRT dengan baik. “Kami harap dengan gagal kredit ini, manajemen harus berupaya semaksi­ mal mungkin menjalankan BRT dengan benar,” ujar Badri, Senin (18-3). Dia juga mengaku sudah bertemu dengan pihak Bank BJB dan PT Pracico Multifinance pada Februari lalu. Namun, menurutnya, pertemuan itu hanya sila­ turahmi untuk meningkatkan koordinasi dengan Pemkot Bandar Lampung.

Komitmen Membayar Direktur Utama BRT Trans-Bandar Lampung I Gede Jelantik masih belum

bisa memberikan data jumlah pinjaman mereka ke PT Pracico Multifinance, termasuk nilai dana untuk pembelian armada BRT dari pinjaman tersebut dan jumlah yang sudah dilunasi. “Kami bukan tidak mau memberikan data, tapi itu rahasia perusahaan. Ma­ sak kami punya utang harus diungkap­ kan ke media,” kata Jelantik kemarin.

P

emkot hanya sebagai regulator untuk mendorong agar manajemen menjalankan BRT dengan baik.

Namun, dia memastikan konsorsium berkomitmen membayar pinjaman ke PT Pracico Multifinance, juga utang Rp1 miliar ke Pemkot Bandar Lampung. “Kami akan komitmen melunasi utang tersebut. Kami ini pengusaha, apa pun risikonya akan kami tanggung. Kami akan berupaya sebaik-baiknya,” ujar anggota Komisi V DPRD Provinsi Lam­ pung ini.

Hari ini manajemen BRT juga akan menemui Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N. untuk menjelaskan kon­ disi akhir keuangan manajemen. “Be­ sok (hari ini, red) kami akan ke Pemkot untuk bertemu Wali Kota. Kami akan membahas kelanjutan operasional BRT ini serta mencari solusi-solusi terbaik,” kata Jelantik. Pihak manajemen PT Pracico Multi­ finance memilih bungkam menyikapi kegagalan kredit BRT Trans-Bandar Lampung. Saat Lampung Post mencoba mengon­firmasi Direktur Utama PT Pra­ cico Multifinance Tedy Agustiansjah, dia tidak menjawab telepon maupun pesan singkat yang dikirim, Senin (18-3). Menanggapi kegagalan kredit TransBandar Lampung, Pemimpin Grup Komunikasi Perusahaan dan Hubung­ an Masyarakat Bank BJB, Boy Pan­ dji, menga­takan pihaknya tengah ber­ koordinasi dengan PT Pracico untuk menyelesaikannya. “Kami akan mencari informasi detail dulu ke PT Pracico karena penyaluran dana melalui Pracico dan pengguna akhirnya Trans-Bandar Lampung. Kami menangani masalah ini secara serius agar kepercayaan nasabah terhadap BJB terjaga,” ujar Boy Pandji melalui telepon. (MG5/MIN/K-1)

Lampung Menuju Emas PADA 18 Maret 2013, Provinsi Lampung genap berusia 49 tahun. Usia yang tak lagi muda. Banyak catatan baik dan buruk dalam perjalanan suatu daerah. Ada prestasi, pencapaian, prospek, dan tantangan untuk men­ capai kemajuan. Di usia hampir setengah abad ini, ada banyak rencana pembangu­ nan untuk daerah yang memiliki berbagai masalah pada infrastruk­ tur, kemiskinan, pengangguran, juga po­ tensi konflik yang cukup tinggi. n DP. RAHARJO Menjadi provinsi di ujung Pulau Sumatera, Lampung memiliki keuntungan secara geografis. Namun, hal ini tentunya perlu didukung dengan infrastruktur yang memadai. Kapasitas jalan lintas yang tak lagi sanggup me­ layani arus kendaraan menjadikan infrastruktur sebagai tantangan terbesar yang dihadapi Lampung. Rencana pembangunan jembatan Selat Sunda (JSS), tol Sumatera, dan jalur kereta api di Pulau Sumatera (TransSumatera Railways) diharapkan bisa memberikan keun­ tungan secara ekonomi bagi Sai Bumi Ruwa Jurai. Karena itu, pembangunan megaproyek itu pun harus disikapi agresif Pemerintah Provinsi Lampung agar segera tereal­ isasi. Jangan biarkan semua rencana indah di atas kertas. Diperlukan rencana matang untuk mempercepat pem­ bangunan. Baik dari segi biaya maupun tim teknis. Pem­ bangunan infrastruktur ini tentunya dapat membawa manfaat sosial dan ekonomi. Di sisi lain, rencana pembangunan infrastruktur itu da­ pat membantu penyerapan tenaga kerja. Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Agustus 2012, jumlah pengang­ guran terbuka di Provinsi Lampung mencapai 6,14% dari total jumlah penduduk. Meskipun angka ini turun diban­ dingkan periode sebelumnya, Februari 2012 yang menca­ pai 6,32%, tentunya masih dibutuhkan banyak lapangan kerja untuk menyerap para pengangguran ini. Angka kemiskinan pun masih menjadi tantangan daerah ini untuk membenahi diri di tahun-tahun mendatang. BPS mencatat jumlah penduduk miskin di Lampung periode September 2012 mencapai 1,22 juta jiwa atau 15,65% dari total penduduk. Patut disyukuri, angka ini menurun 0,53% dibandingkan periode Maret 2012 yang sejumlah 1,26 juta jiwa. Namun, diperlukan upaya-upaya untuk terus mene­ kan jumlah penduduk miskin ini. Permasalahan lain yang cukup menghantui Lampung adalah konflik horizontal. Potensi konflik di daerah ini cu­ kup besar akibat pembauran belum tuntas dan masalah agraria. Tentunya perlu perhatian khusus untuk meredam pemicu konflik yang terkadang hanya masalah sepele. Polda Lampung sudah meluncurkan program rembuk pekon untuk mengakomodasi berbagai masalah hingga menyelesaikannya mulai dari tingkat pemerintahan ter­ endah. Jika hal ini dapat dilaksanakan efektif, tentunya konflik-konflik antarwarga bisa ditahan lebih awal. Butuh perhatian lebih pada pelaksanakan program pembangunan ketimbang konflik terus-menerus. Semoga perjalanan menuju pesta emas tahun mendatang, Lam­ pung menjadi daerah yang maju dengan perekonomian lebih baik sehingga rakyat makmur. n

OAS IS

Makan dan Televisi MAKAN sambil menonton televisi adalah kebiasaan yang buruk. Pasalnya, hal tersebut dapat menimbulkan penumpuk­ an kalori lebih banyak diban­ dingkan menghabiskan makanan di meja makan. Demikian hasil ke­simpulan peneliti Universitas Liverpool, Inggris, baru-baru ini. n DP. RAHARJO Pemimpin penelitian, Eric Robin­ son, mengatakan partisipan yang memiliki kebiasaan makan sambil menonton televisi, membaca, atau bermain game men­ galami peningkatan konsumsi makanan 50% lebih banyak. Robinson dan timnya melakukan kajian ilmiah dari literatur penelitian yang pernah dilakukan antara 1997 dan 2011. Dalam kurun waktu tersebut, ada 24 kajian dengan variasi partisipan dari 14—122 orang yang memiliki berat badan normal di awal pelaksanaan masing-masing kajian. Rata-rata kebiasaan makan yang disertai gangguan perha­ tian seperti siaran televisi akan menghabiskan waktu 10% lebih lama dibandingkan yang dilakukan secara khusus. Se­ lain itu, lanjut Robinson, perhatian partisipan terhadap ma­ kanan pun berkurang sehingga orang tidak memperhatikan jumlah asupan yang dikonsumsinya. (MI/R-4)

POLITIK

PBB Berhak Ikut Pemilu 2014 JAKARTA (Lampost): Komi­ si Pemilihan Umum (KPU) ­akhirnya menetapkan Partai Bulan Bintang (PBB) sebagai salah satu peserta Pemilu 2014. Partai tersebut diberi nomor urut 14. Ketua KPU Husni Kamil Manic menjelaskan setelah melakukan pleno seluruh komisioner sepakat menin­ daklanjuti putusan pengadil­ an dengan menerbitkan SK Nomor 142/2013 tentang Pene­ tapan PBB sebagai Peserta Pemilu 2014 dan SK Nomor 143/2013 tentang Penetapan

±

CMYK

Nomor Urut Peserta Pemilu. “Atas putusan itu, kami akan sampaikan pada pemohon maupun parpol yang ditetap­ kan sebagai peserta pemilu sebelumnya,” ujarnya di kan­ tor KPU, Jakarta, Senin (18-3). Dalam tahapan pemilu, se­ luruh komisioner tidak setuju PBB diberi dispensasi terkait pendaftaran calon anggota legis­latif. “Tidak ada dispen­ sasi untuk PBB,” kata Husni. Komisioner KPU, Ida Bu­ dhiati, mengatakan keputusan tersebut seperti memakan buah simalakama. Di satu sisi,

±

±

KPU menilai secara formal proses verifikasi PBB di bebera­ pa provinsi dan kabupaten yang dilakukan KPU daerah sudah tepat dan memutuskan PBB tidak lolos. Namun, di lain sisi, KPU harus realistis melolo­ skan PBB agar seluruh tahapan pemilu tidak terganggu. Menurutnya, semua komi­ sioner sepakat mengorbankan diri untuk tidak melakukan kasasi agar tidak mengganggu tahapan pemilu yang sedang berjalan. “Kami harus mengor­ bankan diri untuk tidak kasa­ si,” ujarnya. (MI/R-4)

±

±


± ±

± ±

CMYK CMYK

TER Selasa, 19 Maret 2013 LAMPUNG POST

PONG

CMYK CMYK

± ±

Polling

2

±

±

n LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

DANA RASKIN. Sejumlah pengawai mendata keluarga yang menerima raskin. Dana raskin pada 2013 ini mencapai Rp17,2 triliun yang diambil dari APBN. Sebanyak 15,5 juta kepala keluarga masing-masing mendapatkan subsidi beras sejumlah 15 kg per penyaluran selama 12 kali penyaluran.

Berharap Raskin sampai Si Miskin KEKACAUAN penyaluran beras untuk keluarga miskin (raskin) bukanlah hal pertama terjadi. Hal ini pula yang membuat sejumlah kalangan menilai kebijakan penyaluran raskin masih jauh dari kata baik.

±

S

elain itu, bagi sebagian kalangan kebijakan ini dinilai salah satu kebi­ jakan yang meninabobok­ an masyarakat kurang mampu. Kalangan terse­ but menilai kebijakan tersebut mendidik masyarakat kurang mampu di Indonesia untuk bersikap malas karena sering disuguhi makanan siap saji, bukannya olahan makanan. Hal ini terbukti, sejak 1998 penyalur­ an raskin hanya mampu mengurangi kemiskin­an dalam angka. Pelayanan kepada rakyat miskin malah semakin buruk. Penyaluran raskin di berbagai wilayah kacau-balau, belum lagi bicara kualitas raskin busuk. Itulah fakta yang dialami masyarakat miskin di Lam­ pung. Dana raskin pada 2013 ini mencapai Rp17,2 triliun, dana ini diambil dari APBN 2013. Sebanyak 15,5 juta kepala keluarga masing-masing mendapatkan

nyaluran akibat lambannya birokrasi. Bulog Lampung Selatan menunda menyalurkan raskin dengan alasan Pemkab belum mengirim surat perintah alokasi. Berdasarkan gambaran tersebut, polling Minggu ini mengangkat tema Kacaunya Penyaluran Raskin. Diharapkan dengan tema tersebut, dapat menjaring opini-opini yang beredar di khalayak umum serta dapat memberikan sum­ bangsih pemikiran kepada Instansi terkait kacaunya penyaluran raskin. Perbaiki Kinerja Pemerintah Kebijakan pemerintah dalam mem­ bantu masyarakat berekonomi rendah dengan mendistribusikan raskin tam­ paknya harus dikaji kembali. Hal ini di­ sebabkan kebijakan yang menelan dana dari APBN 2013 hingga Rp17,2 triliun dinilai memiliki sejumlah permasalahan yang harus dibenahi. Masih adanya permasalahan dalam

Kacaunya Penyaluran Raskin 1. Menurut Anda, bagaimanakah kinerja pemerintah dalam pendistribusian beras untuk keluarga miskin (raskin)? a. Baik = 39% b. Tidak baik = 61% 2. Menurut Anda, apakah masih diperlukan kebijakan penyediaan raskin tersebut? a. Iya = 62% b. Tidak = 38% 3. Menurut Anda, faktor apakah yang menyebabkan ketidakoptimalan pelayanan raskin? a. Adanya penyelewengan raskin = 30% b. Data penerima yang tidak akurat = 31% c. Sistem pendistribusian yang buruk = 39% 4. Menurut Anda, langkah strategis apakah yang dapat dilakukan oleh pemerintah untuk membenahi pendistribusian raskin? a. Membenahi data rumah tangga sasaran penerima manfaat (RTSPM) = 19% b. Menerapkan kartu kontrol = 34% c. Mengevaluasi koordinasi tim pelaksana distribusi raskin = 29% d. Memperluas titik distribusi dan titik bagi raskin = 18%

±

subsidi beras senilai 15 kg per penyalu­ ran selama 12 kali penyaluran. Selain itu, berkurangnya jumlah RTSPM raskin sebanyak 43.865 RTS ten­ tunya memengaruhi alokasi beras untuk Lampung pada 2013 yang turun cukup signifikan, dari 120.370.545 kg pada 2012 menjadi 103.311.720 kg tahun ini. Akan tetapi, realisasi penyaluran raskin di Lampung pada 2012 tidak mencapai 100%. Dari pengadaan alokasi sebanyak 120.370.545 kg, hanya tersalur 120.276.855 kg atau sekitar 93,7%. Tidak tercapainya realisasi penyalu­ ran raskin disebabkan adanya kesalahan pendataan RTSPM. Misalnya, warga Reg­ ister 45 Mesuji terdata sebagai penerima. Padahal, warga di sana tidak termasuk RTSPM. Kalau dari data saja sudah ka­ cau, wajar jika kemudian penyalurannya sering salah sasaran. Keluhan masyarakat pun berham­ buran mulai dari keterlambatan pe­

±

CMYK

±

ke­terlambatan pendistribusian raskin merupa­kan salah contohnya. Hal ini pu­ lalah yang membuat 61% responden me­ nilai bahwa kinerja pemerintah dalam pendistribusian raskin masih jauh kata baik. Pemerintah masih mempunyai banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan untuk menyelesaikan per­ masalahan pendistribusian raskin ini. Masih terlambatnya jadwal pendistri­ busian, tidak tepat sasaran, dan kualitas beras yang rendah merupakan beberapa permasalahan yang harus segera dicari solusinya oleh pihak-pihak terkait dalam penyaluran raskin, ungkap salah respon­ den. Adanya keluhan warga di sejumlah daerah disebabkan tidak mendapatkan raskin sesuai jatah adalah fakta kinerja pemerintah masih kurang optimal, ung­ kap responden lainnya. Program bantuan pangan melalui operasi pasar khusus (OPK) yang sejak 2002 telah berganti nama menjadi raskin

masih terus berjalan dengan berbagai dinamika dan penyempurnaan hingga sekarang. Sekelumit masalah pemerin­ tah untuk menunjukan komitmennya dalam mengurangi beban pengeluaran rumah tangga miskin, tetap mendorong 62% responden untuk menyampaikan dukungannya terhadap pemerintah dalam memerangi kemiskinan dan ke­ laparan melalui raskin. Bagaimanapun juga beras merupa­ kan kebutuhan pokok masyarakat luas. Responden menilai program raskin ini merupakan program perlindungan sosial bagi masyarakat miskin karena be­ ras sebagai bahan pangan pokok berkon­ tribusi signifikan terhadap pengeluaran setiap rumah tangga miskin. Untuk itu, pemerintah harus melan­ jutkan komitmennya dalam pemenu­ han kebutuh­an pangan warga kurang mampu, di samping menyiapkan pro­ gram jangka panjang guna menuntas kemiskinan di Indonesia. Selanjutnya, sebanyak 39% respon­ den beranggapan ketidakoptimalan pelayanan raskin selama ini disebab­ kan buruknya sistem pendistribusian. Sejumlah responden menilai perbaikan sistem pendistribusian mutlak untuk diperbaiki. Hal ini dilakukan agar dapat mengurangi frekuensi keterlambatan pendistribusian raskin. Salah satu responden menuturkan ke­terlambatan pendistribusian raskin akan berakibat pada rusaknya beras di gudang penyimpanan. Responden menambahkan hal tersebut tentu akan memengaruhi mutu beras yang akan diterima oleh masyarakat. Di lain pihak, sebanyak 31% responden menyoroti akurasi data rumah tangga sasar­a n penerima manfaat (RTSPM). Pasalnya, menurut sejumlah responden tersebut, terdapat data yang tidak absah sehingga membuat distribusi raskin men­ jadi salah sasaran. Kriteria pembagian raskin yang tidak jelas membuat banyak warga yang benar-benar membutuhkan raskin tersebut tidak diprioritaskan, tambah salah satu responden. Terakhir, menanggapi pertanyaan langkah strategis apa yang dapat dilaku­ kan oleh pemerintah untuk membenahi pendistribusiaan raskin, sebanyak 34% responden sepakat untuk menerapkan kartu kontrol. Mayoritas mengimbau kepada pemerintah agar penyaluran raskin tepat sasaran, pemerintah perlu menerbitkan kartu raskin sebagai kartu kontrol. n

‘POLLING’

Polling ini terselenggara atas kerja sama antara Lampung Post dan Laboratorium Politik dan Otonomi Daerah FISIP Unila pada 16—17 Maret 2013. Responden merupakan masyarakat Kota Bandar Lampung dan sekitarnya berjumlah 200 orang, yang diambil secara acak dari buku telepon menggunakan metode systemic random sampling.

CMYK

±

±

±


CMYK

±

Selasa, 19 Maret 2013 LAMPUNG POST

±

CMYK

±

3

Berlian Klaim Dukungan PDIP BANDAR LAMPUNG (Lampost): Sekretaris Provinsi Lampung Berlian Tihang optimistis mendapatkan perahu PDIP untuk maju dalam Pemilihan Gubernur Lampung mendatang. Dia mengklaim telah mendapatkan dukungan dari hampir seluruh ketua DPC dan DPP PDIP. Hal itu dikemukakan Berli­ an Tihang seusai menghadiri ra­pat paripurna HUT ke-49 Provinsi Lampung di kantor DPRD Lampung, Senin (18-3). Menurut Berlian, dirinya telah bertemu Ketua Dewan Pertimbangan Pusat PDI Perjuangan Taufiq Kiemas beberapa waktu lalu. Berlian menambahkan dirinya telah menyatakan niatnya untuk maju sebagai calon gubernur dari PDIP. “Saya sudah ketemu beliau (Taufiq Kiemas) dan alhamdulillah responsnya baik,” kata Berlian. Setelah bertemu Ketua MPR tersebut, Berlian berencana menemui Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ka­ mis (21-3), di Lenteng Agung, Jakarta. Pertemuan tersebut juga untuk meminta restu dari ketua banteng moncong putih untuk maju di pilgub mendatang melalui PDIP. “Kami sudah jadwalkan untuk bertemu Bu Mega untuk membahas pilgub ini. Mudah-mudahan res­ ponsnya juga baik,” ujarnya.

±

Berlian menambahkan selain intensif menjalin komu­ nikasi dengan jajaran DPP PDIP, dia telah menjalin komunikasi dengan jajaran peng­urus PDIP di Lampung. Komunikasi politik telah dilakukan mulai dari struktur DPD, DPC, hingga tingkat kelurahan. Bahkan, komunikasi tersebut sudah dilakukan sejak beberapa bulan lalu. “Sebelum ada rencana maju, komunikasi saya cukup baik dengan seluruh lapisan PDIP. Mudah-mudahanlah tidak ada masalah dan lancar hingga menjelang pendaftar­ an di KPU,” ujar dia. Menanggapi itu, Ketua DPD PDIP Lampung Sjachroedin Z.P mengapresiasi langkah ce­ pat Berlian yang telah berkomunikasi dengan DPP PDIP. Menurutnya, dalam politik hal itu normal. Bahkan, dirinya tidak merasa dilangkahi kewenangannya. “Itu kan bagian dari usaha bakal calon. Jadi, menurut saya, tidak masalah, itu malah bagus,” kata Guber-

KONFLIK PARTAI

Demokrat Persilakan Eva Mundur

nur Lampung. Di sisi lain, dia memastikan PDIP hingga kini belum membuka penjaringan calon gubernur sebelum ada kepasti­an jadwal Pilgub Lampung. Karena itu, semua kandidat yang memiliki minat menggunakan perahu PDIP masih memiliki peluang. “PDIP be­lum buka penjaringan. Jadi, silakan bertemu dengan DPP maupun dengan kader,” ujarnya. Mekanisme Organisasi PDIP akan membuka penja­ ringan calon gubernur selu­ as-seluasnya jika sudah ada keputusan tentang kepasti­an jadwal pilgub. Proses penentuan calon gubernur dan calon wakil gubernur di PDIP akan dilakukan secara transparan tanpa dipungut biaya apa pun. Hal itu ditegaskan Wakil Ketua DPD PDIP Lampung Tulus Purnomo beberapa waktu lalu. Saat itu Tulus membantah kabar yang ha­ nya mengaitkan PDIP dengan Berlian dan Herman H.N. dalam pencalonan Pilgub Lampung mendatang. Pasalnya, masih banyak kader ideologis dan calon gubernur eksternal yang juga tertarik untuk mengikuti penjaringan di partainya. (CR-2/U-2)

n ANTARA/RENO ESNIR

PBB PESERTA PEMILU. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik (tengah), anggota KPU Ida Budhiati (kanan) dan Sigit Pamungkas (kiri), saat memberikan keterangan kepada wartawan mengenai pengumuman tentang peserta Pemilu 2014 di kantor KPU, Jakarta, Senin (18-3). KPU akhirnya meloloskan Partai Bulan Bintang (PBB) menjadi peserta Pemilu 2014 dengan nomor urut 14 setelah sebelumnya Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara memenangkan gugatan PBB menjadi peserta Pemilu 2014. n Berita Terkait Hlm. 1

KIPRAH

Politisi Wajib Tepati Janji DUKUNGAN besar masyarakat agar politisi pilihannya dapat duduk di kursi legislatif harus berbalas manis. Anggota DPRD Lampung, Riswansyah Djahri, mengatakan politi­si memiliki keharusan meme­nuhi janji politik kepada rakyat. Menurut politisi Partai Hanu­r a itu, menepati janji politik men­j adi bagian meningkatkan kepercayaan masyarakat ter­hadap proses de­mokrasi di dae­rah ini. “Ketika amanah atau janji politik itu sudah ditunaikan, maka otomatis ada ke­puasan batin,” kata anggota DPRD asal Daerah Pemilihan Lampung Utara dan Way Kanan itu.

Riswansyah Djahri Riswansyah Djahri yang juga Ketua Badan Kehormat­an (BK) DPRD Lampung itu mengatakan ia selalu ber­upaya menepati janji politik yang dibuatnya. Mulai dari memperjuangkan infrastruktur jalan dan jembatan, pendidikan, kesehatan, dan kebutuhan air bersih di daerah pemilihannya.

Menurut pria kelahiran 18 Agustus 1950 di Tanjungkarang, politisi yang menjadi legislator wajib memiliki keteladanan politik. “Itu satu tugas saya di BK untuk menegakkan aturan organisasi dan memperbaiki citra DPRD Lampung,” kata pendiri Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Lampung. Dia berharap politisi selalu menjaga etika politik de­ngan berpegang teguh kepada norma-norma sosial. Mengingat sebagai wakil rakyat, mereka dituntut untuk selalu berkepribadian baik dan memberikan contoh kepada masyarakat. (CR-2/U-2)

±

BANDAR LAMPUNG (Lampost): DPD Partai Demokrat Lampung mempersilakan Ketua DPC Bandar Lampung Eva Dwiana Herman H.N. keluar dari partai berlambang bintang Mercy itu. Eva dinilai telah mencemarkan nama baik dan menginter vensi pene­t apan calon gubernur yang akan diusung partai. Demikian ditegaskan Wakil Ketua DPD Demokrat Lampung Bidang Infokom Imer Darius. Sikap Eva memaksa partai un­tuk mengusung suaminya, Her­man H.N., telah melanggar aturan organisasi. “Itu kan tidak elok ngomong di media mengancam mundur, tetapi buktinya kita belum terima surat pengundurannya. Kalau mau mundur, ya silakan, kami siap cari penggantinya,” kata anggota DPRD Lampung itu, Senin (18-3). Menurut Imer, berdasarkan perintah Majelis Tinggi De­ mokrat, seluruh kader dan peng­urus harus menaati atur­ an partai, termasuk tidak boleh me­­lakukan intervensi de­ngan tindak­a n apa pun dalam memutus­kan calon yang akan diusung oleh Demokrat. Mengenai itu, Ketua DPC Demokrat Bandar Lampung Eva Dwiana Herman H.N. belum dapat dikonfirmasi. (CR-2/U-2)

±

±

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±


CMYK

±

NASIONAL

INTERNASIONAL selasa, 19 maret 2013 LAMPUNG POST

CMYK

±

±

Didi Irawadi Syamsuddin, anggota Komisi III DPR Bagaimana membuktikan bahwa seseorang memiliki ilmu gaib atau ilmu hitam?

4

LINTAS

China Eksportir Senjata Kelima BEIJING—China menjadi negara terbesar kelima peng­ ekspor senjata di dunia dengan Pakistan sebagai konsumen utama. Lembaga Penelitian Perdamaian Antarbangsa Stockholm (SIPRI) yang berkantor di Swedia, Senin (18-3), melaporkan peringkat tersebut merupakan capaian tert­ inggi sejak perang dingin. Sejak 2008 hingga 2012, ekspor senjata dari China melonjak hingga 162% dibandingkan lima tahun sebe­ lumnya. Pangsa pasar negara tersebut juga naik dari dua menjadi 5%. Menurut laporan SIPRI, China menggeser Inggris dari lima besar negara eksportir senjata, yang sampai saat ini masih dikuasai Amerika Serikat dan Rusia dengan pangsa pasar 30% dan 26%. Posisi ketiga dan keempat diduduki Jerman dan Prancis. “China sedang memantapkan posisinya sebagai penye­ dia senjata dalam tren global ketika negara-negara makin membutuhkan senjata,” kata Direktur Arms Transfers Programme SIPRI Paul Holtom. (ANT/RT/R-4)

n ANTARA/M. AGUNG RAJASA

PENYELIDIKAN VIDEO KEKERASAN Ketua Tim Pemantauan dan Penyelidikan Penanganan Tindak Pidana Terorisme Komnas HAM Siane Indriani (kanan), didampingi Ketua Komnas HAM Siti Nurlaela (kiri), memberi keterangan mengenai hasil pemantauan dan penyelidikan peristiwa video kekerasan dalam penanganan terorisme Poso, Jakarta, Senin (18-3).

Polisi Tangkap Pembantu PM Zimbabwe HARARE—Tiga pejabat dari kantor Perdana Menteri Zim­ babwe Morgan Tsvangirai, MDC-T, ditangkap Minggu (17-3) pagi. Juru bicara partai itu, Douglas Mwonzora, mengatakan belum ada dakwaan yang diajukan kepada mereka. Ketika pengacara mereka, Beatrice Mtetwa, pergi ke kantor polisi untuk memastikan apa yang terjadi, juga ikut ditangkap. Beberapa sumber mengatakan ketiga pejabat tersebut mungkin telah ditangkap karena diduga menyamar sebagai polisi. Mwonzora menambahkan polisi juga telah meng­ geledah kantor Tsvangirai di Belgravia, tempat di depan pusat kota. Penangkapan itu terjadi cuma sehari setelah negara tersebut menyelenggarakan referendum untuk memu­ tuskan nasib rancangan undang-undang dasar baru. Semua partai politik utama mendesak agar mengesahkan rancangan tersebut. Belum jelas apakan penangkapan itu berkaitan dengan kemajuan dalam proses persetujuan undang-undang dasar. (ANT/XINHUA-OANA/R-4)

Aktivis Inggris Ungkap Nuklir Israel BERLIN—Aktivis perdamaian Inggris akan meningkatkan upayanya untuk mengungkap kebenaran mengenai pro­ gram nuklir Israel. Kate Hudson dari Campaign for NuclearDisarmament (CND) berikrar akan berusaha dengan sangat kuat untuk membongkar rahasia seputar program nuklir Israel. Ia mengecam Israel karena beroperasi sepenuhnya di luar NPT atau kerangka kerja IAEA dan menolak mengizinkan pemeriksaan atau pengawasan internasional. Hudson menyampaikan kemarahan sehubungan dengan kenyataan Israel bahkan tidak setuju memasuki proses ­dialog mengenai program nuklirnya, demikian laporan IRNA, seperti yang dikutip Antara, di Jakarta, Senin (18-3). Dalam salah satu rahasia yang paling disembunyikan di dunia, Israel dilaporkan berubah menjadi raksasa nuklir. Israel diperkirakan memiliki ratusan senjata nuklir, sim­ panan yang menempatkannya pada posisi kelima di antara negara nuklir dan membuat kerdil program India, Pakistan, dan Korea Utara. (ANT/IRNA/OANA/R-4)

terorisme

Polri Benarkan Ada Densus di Video Poso JAKARTA (Lampost): Polri mengonfirmasi keterlibatan personel Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror dalam video beraroma kekerasan yang dilakukan aparat ter­ hadap terduga teroris, di Kelurahan Gebangrejo, Kabu­ paten Poso, Sulawesi Tengah, pada 22 Januari 2007. Tayangan ini sendiri dika­ takan Komnas HAM me ­ mang mengandung unsur kekerasan. “Enggak hanya (ada) Densus (pada tayangan video itu). Di Sulteng wak­ tu itu ada beberapa unsur satuan-satuan (kepolisian),” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Boy Rafli Amar, Senin (18-3). Komnas HAM sendiri, lewat salah satu komisionernya, Siane Indriani, mengonfirma­ si adanya tindak kekerasan dalam proses interogasi ter­ hadap sejumlah orang di era berkobarnya konflik sosial di Poso, 2007 silam. Dalam video, dia menga­ takan ada sejumlah anggota

Densus 88 yang terlibat dalam penembakan terhadap tiga orang yang sudah me­nyerah. Yakni, Icang, yang mening­ gal di tempat; Rasiman, yang terkena tembakan di kaki ka­ nan; dan Wiwin, yang dihajar timah panas di bagian dada tembus punggung. Atas temuan itu, Boy melan­ jutkan pihaknya mempersila­ kan agar Komnas HAM me­ laporkan dan berkoordinasi dengan Polri untuk ditindak­ lanjuti. “Kalau dikatakan ada pelanggaran HAM, letak pe­ langgar HAM-nya seperti apa itu silakan dikomunikasikan, dijelaskan. Karena di sana (anggota kepolisian) sedang bertugas dalam konteks pe­ negakan hukum,” katanya. Meskipun demikian, Boy tetap meragukan orisinalitas video yang juga diadukan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin, Ketua MUI Amid­ han, serta sejumlah perwakilan ormas Islam lainnya, kepada Kepala Polri Jenderal Timur Pradopo, beberapa waktu lalu itu. (MI/R-4)

RUU KUHP

Pasal Santet Dinilai Tak Perlu Ada JAKARTA (Lampost): Anggota Komisi III DPR Didi Irawadi Syamsuddin menilai bila pasal santet dianggap sebagai delik materiil dalam RUU KUHP yang akan mengundang masalah karena pembuk­ tiannya amat sulit. “Bagaimana membuktikan bahwa sese­ orang memiliki ilmu gaib atau ilmu hitam? Apalagi bila sampai harus membuktikan apakah benar akibat perbuatan orang itu, atau santetnya, ilmu gaibnya, ilmu hitam­ nya, menyebabkan korban meninggal atau luka-luka?” ujar Didi, Senin (18-3). Menurut Didi, jika pasal santet di­ kategorikan sebagai delik formal, tak perlu dibuktikan akibat dari perbuatan orang

±

tersebut. Namun, lagi-lagi juga akan menim­ bulkan masalah, bahkan kegoncangan so­ sial. Pasalnya, seseorang bisa saja dipenjara karena tuduhan bisa menyantet atau dukun santet. “Bahkan kini sudah menggejala, masyarakat langsung main hakim sendiri terhadap orang yang dituding sebagai du­ kun santet,” kata politikus Demokrat itu. Oleh karena itu, ia menilai pasal santet tak perlu ada dalam RUU KUHP. “Kalaupun kaidah hukum pidana semacam itu dikehendaki, tidak perlu dimasukkan ke RUU KUHP, cukup di­ akomodasi dengan kaidah hukum pidana yang bersifat umum tentang aturan menyangkut permufakatan jahat

CMYK

atau adanya orang yang hendak melaku­ kan tindak pidana,” ujarnya. Delik santet diatur dalam Pasal 293 Ran­ cangan KUHP yang menyatakan, “Setiap orang yang menyatakan dirinya mem­ punyai kekuatan gaib, memberitahukan, memberikan harapan, menawarkan, dan memberitahukan bantuan jasa kepada orang lain, bahwa karena perbuatannya itu dapat menimbulkan penyakit, kema­ tian, serta penderitaan mental atau fisik seseorang, maka dapat dipidana paling lama 5 tahun atau denda paling banyak Rp300 juta”. Jika ilmu gaib itu dikomersial­ kan, ancaman pidana ditambah sepertiga dari 5 tahun. (MI/R-4)

±

Perampok Tambora Jaringan Abu Omar JAKARTA (Lampost): Komplotan perampok toko emas di Tambora, Jakarta Barat, dinyatakan terkait jaringan teroris Abu Omar. Kaitan itu dalam hal persenjataan api yang mereka gunakan saat merampok. “Ya, terkait (Abu Omar), termasuk kelompok Thorik dkk. yang di Depok dan ke­ lompok Badri yang tertangkap di Surakarta,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Boy Rafli Amar, Senin (18-3). Komplotan perampok Tam­ bora terdiri dari tujuh orang. Mereka ditangkap di kawasan Teluk Gong, Jakarta Utara, dan Mustika Jaya, Bekasi, Jawa Barat, Jumat pekan lalu. Tiga di antaranya tewas ditembak polisi. Dari tiga yang tewas, salah satunya dikenali sebagai Mak­ mur alias Bram. Dia dinya­ takan terlibat perampokan di Bank CIMB Niaga, Medan, Sumatera Utara, 2010. Dia juga tersangka ledakan bom di Beji, Depok, Jawa Barat, pada 2012. Dua kejadian itu dinya­ takan terkait jaringan Abu Omar, yang dikenal sebagai penyelundup senjata api dari Filipina. Ia kerap memasok senjata untuk para pelaku teror. Diduga, komplotan pe­ rampok Tambora mendapat pasokan senjata dari jaringan

tersebut. “Selain itu, mereka diindikasikan terkait jaringan teroris karena memiliki dan menguasai bahan peledak,” kata Boy. Di lokasi penangkapan, polisi menyita 5 senjata api rakitan Scorpion, 12 bom pipa aktif berdaya ledak rendah, 34 butir peluru kaliber 9 mm, 2 sepeda motor, dan emas hasil rampokan.

M

ereka bagian dari kelompok Abu Omar. Awalnya kami tidak tahu kalau mereka teroris, karena awalnya kan mereka kasus pencurian dengan kekerasan di Tambora.

Seperti diberitakan, ketu­ juh tersangka merampok toko emas di Tambora pada 10 Maret silam. Mereka menggondol 1,5 kilogram emas. Ditengarai, aksi terse­ but untuk mendanai aksi teror yang telah direncana­ k a n . M e r e k a d i n ya t a k a n

mengincar markas tentara dan kepolisian. Direktur Reserse Krimi­ nal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol Toni Harmanto m e n a m b a h k a n p i h a k n ya tak menyangka komplotan perampok yang ditangkap ternyata jaringan teroris. Mereka beraksi untuk uang mendanai aksi teror. “Mereka bagian dari kelompok Abu Omar. Awalnya kami tidak tahu kalau mereka teroris, karena awalnya kan me­reka kasus pencurian dengan kek­ erasan di Tambora,” kata Toni di Mapolda Metro Jaya, Senin. Tersangka yang tewas dalam penangkapan yakni M (di­ tangkap di Teluk Gong) serta A dan H alias P (ditangkap di Bekasi). Sementara empat lain yang masih hidup berinisial H (ditangkap di Teluk Gong), S, T, dan K (ditangkap di Bekasi). Hingga kemarin, Detase­ men Khusus 88 Antiteror ber­ sama Satuan Reserse Mobil Polda Metro Jaya mengejar dua orang yang diduga terlibat per­ ampokan Tambora. Ke­duanya segera dimasukkan DPO (daf­ tar pencarian orang). “Ber­ dasarkan pemeriksaan kasus di Tubagus Angke (Tambora), dua nama akan ditetapkan DPO. Inisial ED dan SH,” kata Boy Rafli. (MI/R-4)

CMYK

±


–

–

CMYK

SELASA, 19 MARET 2013

–

Kesuma Dewangsa (Mantan Sekkab Pesawaran)

DAERAH LAMPUNG POST

CMYK

“Sidang masih terus jalan, sekarang masih memeriksa para saksi.”

5

L I N TA S

–

–

Dua PNS Lampura Diberhentikan KOTABUMI—Inspektorat Kabupaten Lampung Utara memberhentikan dua pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkab setempat karena melanggar aturan disiplin. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Inspektorat Kabupaten Lampung Utara Nozi Efi alis di ruang kerjanya, kemarin. Menurut Nozi, pemberhentian dua PNS itu sesuai Peraturan Pemerintah (PP) No. 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS. “PNS yang diberhentikan itu karena melanggar disiplin pegawai yang merujuk PP No. 53 Tahun 2010, yakni tidak masuk kerja lebih dari 46 hari selama setahun tanpa keterangan yang jelas.” Selain dua PNS, Inspektorat juga menjatuhkan sanksi kepada 15 PNS yang melanggar aturan. Dengan perincian, yaitu teguran ringan secara tertulis (3) PNS, penundaan kenaikan pangkat selama setahun (8), dan pembebasan dari jabatan struktural (2). Dilanjutkan pemindahan dalam rangka penurunan jabatan setingkat lebih rendah (1), serta penundaan gaji berkala selama setahun (1). (YUD/D-3)

„ LAMPUNG POST/AAN KRIDOLAKSONO

PEMBAYAR PAJAK MENINGKAT. Suasana kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Lampung Selatan terlihat padat, Senin (18-3). Sejak diluncurkannya pemutihan (penghapusan) denda pajak kendaraan bermotor (PKB) dan bea balik nama (BBN) mulai Februari hingga April, jumlah wajib pajak meningkat 100% dibandingkan hari biasa.

Warga Keluhkan Pemadaman Listrik BATANGHARINUBAN—Warga Kecamatan Batanghari Nuban, Kabupaten Lampung Timur, mengeluhkan pemadaman listrik yang kerap dilakukan Perusahaan Listrik Negara (PLN). Dalam sepekan, rata-rata empat hari listrik padam. Kondisi tersebut mengganggu aktivitas warga yang menggunakan listrik. Tidak hanya itu, akibat seringnya listrik byarpet mengakibatkan banyak peralatan elektronik warga yang rusak. Bahkan, beberapa pemilik usaha, seperti warnet dan fotokopi, merugi karena listrik yang terus padam. Abdul Karim (33), masyarakat Kedaton Induk, Kecamatan Batangharinuban, menjelaskan dirinya menyesalkan sikap PLN yang melakukan pemadaman setiap harinya, kondisi ini sudah berlangsung selama dua bulan terakhir. “Sebenarnya kami ini anggota KLP dan belum pindah ke PLN sebab KLP Sinar Siwo Mego (SSM) Lampung Tengah yang diketuai Junaidi belum bubar, tetapi jaringan kami (KLP, red) memang sudah 1 tahun ini disewa PLN, jadi listrik kami yang nyuplai dari PLN dan sudah dua bulan terakhir listrik ini sering padam,” kata dia. (CK-7/D-3)

Masyarakat Usul Jembatan segera Dibangun

–

NGAMBUR—Masyarakat Kecamatan Ngambur, Lampung Barat, meminta Pemkab setempat segera membangun Jembatan Way Tembulih atas yang dapat menghubungkan Pekon Sukabanjar—Gedungcahya Kuningan. Jembatan itu selain penghubung kedua pekon itu, juga merupakan jalan lingkar kecamatan yang menjadi jalan lintas bagi masyarakat dari beberapa pekon. Pernyataan itu disampaikan sejumlah tokoh masyarakat setempat beberapa hari lalu, antara lain Maskur (55) dan Anwar (42), keduanya warga Gedungcahya Kuningan. Kemudian, Puad Zen (44), warga Pekon Sukabanjar serta Sahrial (Aleg) dari daerah setempat. Sejumlah tokoh masyarakat itu menjelaskan Jembatan Way Tembulih atas itu tidak semata penghubung kedua pekon itu, tetapi juga merupakan jalan lingkar kecamatan yang dapat dilintasi semua pekon di kecamatan itu. Bahkan, kata Maskur, sebagian besar masyarakat Kecamatan Ngambur berada di dua pekon yang berhubungan langsung dengan jembatan tersebut. Sebab, itu dinilai layak jika masyarakat meminta agar jalan dan jembatan penghubung kedua pekon itu segera dibangun. Alasanya, jembatan itu merupakan urat nadi bagi perekonomian masyarakat Kecamatan Ngambur. (ELI/D-3)

Ijazah Palsu Marak di Pemilihan Kades KOTAAGUNG (Lampost): Penggunaan ijazah palsu dalam pemilihan kepala desa (kades) atau di Tanggamus disebut kepala pekon marak terjadi. Sejumlah calon dilaporkan menggunakan ijazah palsu. “Dugaan penggunaan ijazah paket palsu terjadi dalam pemi lihan kepala Pekon Sampangturus,” kata seorang warga Pekon Sampangturus, Kecamatan Wonosobo, Sarbini, Senin (18-3). Hal serupa juga disampaikan Thamrin, warga Pekon Paku, Kecamatan Kelumbayan, yang mengatakan pelaksanaan pemilihan kepala pekon di Pekon Paku, Kecamatan Kelumbayan, beberapa waktu lalu, diwarnai dugaan penggunaan ijazah palsu oleh salah seorang calon kepala pekon. “Yang bersangkutan menggunakan ijazah Ponpes Gontor, tetapi setelah dicek ke Gontor ternyata Gontor tidak pernah mengeluarkan ijazah untuk orang itu. Tetapi anehnya dia lolos sebagai calon kepala

pekon,” kata Thamrin. Umumnya para calon kepala pekon yang terbentur persyaratan karena tidak memiliki ijazah atau ijazah paket, mengambil jalan pintas dengan cara membeli ke sejumlah lembaga pendidikan atau lembaga penyelenggaran kegiatan paket yang banyak tersebar di Kabupaten Tanggamus. Meski diduga menggunakan ijazah palsu atau ijazah paket abal-abal, mereka justru lolos dalam verifikasi dan seleksi yang dilakukan oleh panita pemilihan kepala pekon. Keabsahan ijazah yang dipakai untuk mencalonkan diri sebagai kepala pekon ini sering menjadi permasalahan. Penyebabnya, pihak terkait kurang teliti dalam menyelidiki

keabsahan ijazah tersebut. Tak jarang, masalah ijazah kadang berlarut-larut dan men jadi masalah besar di tingkat desa. Data Resmi Di sisi lain, Lembaga Analisis Kebijakan Publik (Lankip) Tanggamus mencatat penggunaan ijazah palsu dan ijazah paket abal-abal juga terjadi di sejumlah pemilihan kepala pekon lainnya. Lankip memiliki data resminya. “Ini semua karena ketidak hati-hatian panitia dalam memverifikasi keabsahan ijazah yang digunakan,” kata Koordinator Lankip Tanggamus Panroyen kemarin. Menurut Panroyen, yang harus menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Tanggamus dan Dinas Pendidikan adalah keberadaan sejumlah lembaga yang mengeluarkan ijazah yang ternyata tidak diakui sebagai lembaga yang sah menerbitkan ijazah. (UTI/D-3)

ANGGARAN DAERAH

APBD Pesawaran 2013 Bisa Dijalankan GEDONGTATAAN (Lampost): Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pesawaran 2013 akhirnya bisa dijalankan meski lembaran daerah hanya ditandatangani Pelaksana Harian (Plh.) Sekretaris Kabupaten. “Sekarang masih diproses, mungkin Rabu (20-4) sudah mulai jalan,” kata sumber Lampung Post di Sekretariat Kabupaten, Senin (18-3). Pelaksana Harian Sekkab Hendarma juga menyatakan hal tersebut terkait kepastian anggaran yang sudah mulai dijalankan. “Iya sudah mulai jalan,” ujar Hendarma.

–

Bahkan, pelaksanaan MTQ yang semula sempat terhambat akhirnya bisa dilaksanakan akhir bulan ini. “Sudah bisa dilaksanakan (MTQ, red).” Ketika ditanya terkait lembaran daerah yang harus ditandatangani sekretaris kabupaten yang definitif dan instruksi Gubernur Lampung agar jabatan sekkab Pesawaran dikembalikan kepada Kesuma Dewangsa, Hendarma tak menjawabnya. Namun, sumber Lampung Post di DPRD Pesawaran menyebutkan jika lembar daerah sudah diteken oleh Plh. Sekkab Hendarma. “Agar perda ang-

garan bisa diundangkan melalui lembar daerah kan harus diteken sekretaris kabupaten yang definitif, tapi Bupati sudah minta persetujuan kepada Dewan agar Plh. Sekkab bisa menandatangani lembar daerah,” kata sumber tersebut. Sementara itu, mantan Sekkab Pesawaran Kesuma Dewangsa yang dilengserkan Bupati Aries Sandi masih terus mencari keadilan di PTUN. Menurutnya, kini sidang masih dalam tahap pemeriksaan saksi-saksi. “Sidang masih terus jalan, sekarang masih memeriksa para saksi,” kata Kesuma. (SWA/D-3)

ORGANISASI KEMASYARAKATAN

Pairin Minta FKPPI Dukung Agrobisnis BANDAR LAMPUNG (Lampost): Bupati Lampung Tengah A. Pairin meminta Forum Komunikasi Putra Putri Polri/TNI (FKPPI) Pengurus Cabang (PC) 0804 Labupaten Lampung Tengah mendukung pengembangan agrobisnis di daerah setempat. Hal itu dikemukakannya pada Musyawarah Cabang (Muscab) ke-8 2013 di Aula Desa Bandarsakti, Kecamatan Terusannunyai, Lampung Tengah, Minggu (17-3). Bupati mendapat lencana dan penghargaan tertinggi dari keluarga besar FKPPI. Kemudian diserahkan

–

CMYK

pula bintang pengabdian dan kesetiaan kepada Ketua FKPPI PC Lampung Tengah Girutno Widjono, yang telah mengabdi selama 24 tahun. Pairin mengapresiasi penghargaan dan dukungan yang diberikan keluarga besar FKPPI. Dia berharap program kerja yang digulirkan kepengurusan FKPPI mendatang dapat sejalan dengan visi-misi yang sedang dijalankan Pemkab. Salah satunya, mengembangkan agrobisnis karena sektor tersebut menjadi andalan di Lamteng, misalnya komoditas padi.

–

Ketua PD FKPPI VIII Lampung Tony Eka Chandra mengatakan FKPPI setempat harus bersinergi dengan pemerintah daerah. Termasuk mendukung dan memberikan dorongan dalam percepatan pembangunan. “Saya berharap pengurus terpilih membuat program kerja sejalan dengan program yang digulirkan oleh Pemkab Lamteng,” kata dia. Hingga saat ini anggota FKPPI se-Lampung mencapai 240 ribu orang. Jumlah anggota FKPPI Lampung menduduki peringkat empat Indonesia. (VER/NUD/D-3)

LAMPUNG BARAT

Warga Keluhkan Razia Polisi Lalu Lintas KRUI (Lampost): Sejumlah orang di Lampung Barat mengeluhkan razia yang dilakukan polisi lalu lintas di wilayah itu. Selain razia yang kerap digelar sehingga mengganggu kelancaran lalu lintas, warga juga mengeluhkan pungutan dalam setiap tindakan pelanggaran lalu lintas. Keluhan itu di antaranya disampaikan warga Pekon Negeriratu Tenumbang, Kecamatan Pesisir Selatan, Abid (39). “Saya waktu itu mau ke sawah yang berada di Pekon Walur, Kecamatan Krui Selatan, berjarak sekitar 10 kilometer dari rumah saya. Waktu di jalan antara Pekon Pemerihan dan Pekon Sukajadi, dua orang anggota polisi yang melakukan razia memberhentikan sepeda motor saya, saya memang enggak pakai helm. Saya kena Rp50 ribu yang diberikan kepada polisi, setelah itu baru bisa jalan lagi,” kata Abid, kemarin. Keluhan serupa disampaikan Desi, seorang ibu rumah tangga warga Pekon Ulu Krui, Kecamatan Way Krui. Menurut Desi, dirinya terganggu dengan polisi yang kerap melakukan razia dan kadang warga menganggap aneh dengan apa yang dilakukan polisi. “Waktu itu saya mau ke

Pugung, Kecamatan Pesisir Uta ra. Po lisi memang sering melakukan operasi di Kayulada jalur lintas barat di Kecamatan Karyapenggawa. Waktu itu sa ya naik angkutan umum, ada empat polisi yang memberhentikan mobil kami. Anehnya waktu memberhentikan mobil, satu di antara polisi itu bilang ke kami, ‘ibu-ibu yang memakai jilbab agar sedikit membuka jilbabnya’,” kata Desi. Di sisi lain, Kasat Lantas Polres Lampung Barat AKP Bestiana mengatakan razia itu dilakukan sesuai jadwal. Bestiana bahkan mengatakan kesadaran berlalu lintas warga Pesisir, Lambar masih rendah. “Kami melakukan razia sesuai rencana kegiatan yang telah disusun,” kata Bestiana, didampingi Kanit Turjawali Polres Lambar Ipda. Suharto, saat razia di Simpangkerbang, Pekon Penggawalima, Kecamatan Way Krui, Senin (18-3). Menurut Bestiana, rendahnya kesadaran berlalu lintas warga pesisir, seperti mengen darai sepeda motor tidak menggunakan helm hingga tidak adanya surat-menyurat kendaraan, perlu disikapi dengan rutin melakukan razia. (CK-3/D-3)

–

TANGGAMUS

Perbaikan Bendungan Way Ngarip Telan Rp12 Miliar WO N O S O B O ( L a mp o s t ) : Bendungan Way Ngarip di Pekon Balak, Kecamatan Wonosobo, Tanggamus, akan diperbaiki pada 2013 dan menelan anggaran maksimal Rp12 miliar. Bendungan yang dapat mengairi ribuan hektare sawah warga tersebut sebelumnya hancur pada saat banjir bandang 2010. Kepala Bidang Bina Program dan Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tanggamus Retno Noviana mengatakan pekerjaan tersebut dilaksanakan oleh Dinas Pengairan dan Permukiman Provinsi Lampung. “Rencananya (perbaikan, red) dilaksanakan tahun ini. Tetapi, semua wewenang provinsi, jadi kami juga tidak tahu spesifikasi pembangunan tersebut,” kata Retno, Minggu (17-3). Menurut Retno, perkiraan anggaran menghabiskan antara Rp7 miliar hingga Rp12 miliar. Hal ini karena harus membangun ulang bendungan lantaran tidak ada lagi bagian yang bisa difungsikan. Bendungan selebar 50 me-

ter dan tingginya 5 meter ini hancur saat di terjang banjir bandang. Bersamaan dengan itu, jembatan di jalan lintas barat (Jalinbar) ruas Wonosobo yang jaraknya 3 kilometer pun rusak berat. Upaya perbaikan, sementara ini, juga sudah dilakukan berupa pemasangan beronjong. Namun, tetap saja ketika musim hujan tiba dan volume air meningkat, beronjong pun hancur kembali. Pemberian beronjong sudah dilakukan dua kali, tetapi tetap sia-sia. Retno menjelaskan karakter sungai di wilayah tersebut memang tidak selalu dipenuhi air. Saat tidak ada hujan di hulu, volume dan debit air kecil. Tetapi, sebaliknya, saat hujan deras, volume dan debit airnya meningkat drastis sehingga memiliki kekuatan yang bisa menjebol bendungan. “Perlunya pembangunan bendungan ini karena sangat penting bagi pertanian. Bendungan ini bisa mengaliri sawah lebih dari 1.000 hektare di Kecamatan Wonosobo dan Semaka,” ujar Retno. (CK-3/D-3)

CMYK

–

–


CMYK

±

selasa, 19 Maret 2013 LAMPUNG POST

CMYK

±

DAERAH 6

Lamsel-Lamteng Peringati HUT Ke-49 Provinsi

HUKUM

±

Pemkab Pringsewu dan Kejari Teken MoU PRINGSEWU (Lampost): Bupati Kabupaten Pring­ sewu Sujadi Saddat kemarin melakukan penandatangan­ an nota kesepahaman (MoU) dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kotaagung dalam hal penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara (TUN). Penandatanganan kerja sama yang berlangsung di Aula Gerojokan Sewu, Kelurah­an Pringsewu Barat, tersebut dihadiri Sekkab Idrus Effendi, Ketua DPRD Pringsewu Ilyasa, dan satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

Bupati Pringsewu Sujadi mengatakan kerja sama kedua lembaga ditujukan membantu memecahkan permasalahan yang terjadi. Sebagai contoh kasus Register 22 Way Waya, yang hingga kini penanganan­ nya masih di kementerian. Kepala Kejaksaan Negeri (Ka­ jari) Kotaagung Bahrudin men­ jelaskan tugas dan kewenangan Kejaksaan Negeri sebagaimana telah tertuang dalam UndangUndang RI Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan RI, yang juga mencakup bidang perdata dan tata usaha negara serta ke­ tertiban umum. (WID/D-1)

Tanggamus Ingin Buka Jalur Baru ke Cilegon

±

tur Bina Marga, dirjen Bina Marga Kementerian PU, dan direktur LL ASDP Dirjen Per­ hubungan Darat. Kemudian, direktur Pengembangan Fasilitas Industri Wilayah I, ditjen Pengembangan Perwilayah­ an Industri dan ketua Masyarakat Transfortasi In­ donesia Provinsi Lampung. Acara tersebut dimoderatori Wakil Pemimpin Redaksi Lampung Post Iskandar Zulkarnain dan akademisi Asrian Hendi Caya. Semiloka ini dinilai sangat penting sebagai upaya meningkatkan pemahaman sistem transfortasi dan seba­ gai upaya terobosan baru jalur penyeberangan alternatif dari Pelabuhan Kotaagung ke Pelabuhan Ciwandan, Kota Cilegon, Banten. (UTI/D-1)

n LAMPUNG POST/YUDHI HARDIYANTO

MTQ KABUPATEN. Bupati Lampung Utara Zainal Abidin, didampingi Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Lampung Mawardi A.S., memukul beduk sebagai tanda dimulainya Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-40 tingkat kabupaten, di lapangan Desa Madukora, Kecamatan Kotabumi Utara, kemarin.

±

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan dan Lampung Tengah kemarin memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-49 Provinsi Lampung di tempat berbeda.

PENYEBERANGAN

KOTAAGUNG (Lampost): Pemkab Tanggamus berke­ inginan membuka jalur penyeberangan alternatif baru yang menghubungkan Lampung dengan Ciwandan, Cilegon, Banten. Untuk maksud tersebut, menurut rencana, Selasa (19-3), Pemkab Tanggamus menggelar seminar dan lokakarya (semi­ loka) dengan tema Manajemen transfortasi laut dalam rangka mengantisipasi overcapacity Pelabuhan Bakauheni, ber­ langsung di Hotel Marcopolo, Bandar Lampung. Kegiatan yang direncana­ kan dibuka Gubernur Lam­ pung Sjahroedin Z.P. ini akan menghadirkan sejumlah pem­ bicara, di antaranya direktur Pelabuhan dan Pengerukan Dirjen Pelabuhan Laut, direk­

±

Dari Lampung Tengah, pung. dilaporkan peringatan HUT Sementara dari Lampung Provinsi dilakukan dalam Selatan, paripurna istime­ sidang paripurna istimewa wa yang berlangsung Senin di gedung DPRD setempat. (18-3) dihadiri Bupati Rycko Sidang dihadiri Bupati Ah­ Menoza, Forum Komunikasi mad Pairin, Ketua DPRD Pimpinan Daerah (Forko­ A g u s t i a n Fa d i l a h , p a r a pimda) setempat, seluruh kepala satuan kerja perang­ kepala dinas/instansi, dan kat daerah (SKPD), dan se­ para tokoh adat Lampung. Membacakan sambutan jumlah tokoh. Kegiatan diawali ­dengan Gubernur Lampung Sjachroe­ pembacaan kembali se ­ din Z.P., Bupati Rycko Menoza jarah singkat berdirinya mengatakan Pemprov dan se­ Provinsi Lampung, yang luruh komponen masyarakat sebelumnya merupakan Sai Bumi Ruwa Jurai meng­ bagian dari Provinsi Su­ ucapkan terima kasih serta matera Selatan yang beribu penghargaan yang setinggikota di Palembang. Setelah tingginya kepada para pendiri berdiri, provinsi baru ini kemudian embangunan di berbagai beribu kota di Te­ bidang di Provinsi Lampung lukbetung, yang pascapemekaran semakin tampak maju dan Lampung Selatan memberi manfaat yang besar menjadi Bandar bagi kehidupan bermasyarakat, Lampung. Selain itu, acara berbangsa, dan bernegara. diakhiri dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Bu­ pati Ahmad Pairin untuk Provinsi Lampung, antara diberikan kepada sejumlah lain Zainal Abidin Pagaralam, tokoh Lampung yang hadir. Koesno Danoepoyo, serta Acara dilanjutkan dengan tokoh penerus Pemerintah makan siang bersama dan Provinsi Lampung Soetiyoso, ramah tamah antarpejabat Poedjono Pranyoto, dan Oe­ dan tokoh yang hadir pada marsono. Dengan segenap pengor­ kesempatan itu. Bupati dalam sambutannya banan dan pengabdiannya menyampaikan pembangun­ telah mempersembahkan an di berbagai bidang di serta mewarisi nilai-nilai Provinsi Lampung semakin perjuangan untuk memban­ tampak maju dan memberi gun masyarakat dan Provinsi manfaat yang besar bagi Lampung. Secara historis, kata Rycko kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Menoza, tanggal 18 Maret Hal itu terwujud berkat terja­ 1964 Provinsi Lampung masih linnya kerja sama yang baik merupakan keresidenan. seluruh pemangku kepentin­ Dengan ditetapkannya per­ aturan pemerintah sebagai gan di provinsi ini. Meskipun demikian, Bu­ pengganti Undang-Undang pati tetap mengakui adanya No. 03/1964 yang kemudian kekurangan dari pembangu­ menjadi Undang-Undang No. nan dan belum memenuhi 14/1964 tanggal 8 Maret 1964, harapan semua pihak. Kare­ Karesidenan Lampung resmi na itu, dia berharap semua menjadi Provinsi Lampung. “Atas nama Pemerintah pihak senantiasa mening­ katkan kerja sama serta Provinsi Lampung, saya kuantitas maupun kualitas mengucapkan selamat mem­ pengabdian untuk mema­ peringati HUT ke-49 Provinsi jukan bangsa dan negara, Lampung tahun 2013,” kata khususnya di wilayah Lam­ Bupati. (NUD/TOR/D-1)

P

n LAMPUNG POST/M. IKHWANUDDIN

HUT KE-49 PROVINSI. Bupati Lampung Tengah Ahmad Pairin memberikan nasi tumpeng kepada seorang tokoh Lampung pada peringatan HUT ke-49 Provinsi Lampung di gedung DPR setempat, kemarin.

KEAGAMAAN

MTQ Ke-40 Kabupaten Lampura Dibuka KOTABUMI UTARA (Lampost): Bupati Zainal Abidin mem­ buka secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-40 tingkat kabupaten di lapangan Desa Madukora, Kecamatan Kotabumi Utara, kemarin. Acara yang digelar selama tiga hari bertajuk MTQ Ke-40 Kabupaten Lampung Utara Se­ bagai Ajang Prestasi dan Media Penunjang Syiar Islam ditandai dengan membunyikan sirene dan pemukulan beduk. MTQ ke-40 tahun ini mem­ perebutkan juara I, II, dan III pada enam cabang perlom­ baan, masing-masing tilawatil Quran, hifdzil Quran, tafsir Quran, cerdas cermat, fahmil Quran, Syarhil Quran, dan khottil Quran ini, diikuti 230 kafilah dari 23 kecamatan. Zainal mengatakan lomba MTQ tingkat kabupaten lebih diarahkan untuk mempersiap­

kan dan menjaring sumber daya manusia (SDM) qari dan qariah yang andal sehingga mereka yang terbaiklah yang akan diajukan mengikuti ajang MTQ ke-41 tingkat Provinsi yang digelar di Gunungsugih, Lampung Tengah. Selain itu, ajang MTQ ini merupakan salah satu sarana untuk pelestarian seni baca tulis Alquran. Bupati berharap dengan ajang lomba MTQ, selain para peserta menunjukkan kemam­ puan yang terbaik, pada ke­ sempatan tersebut mereka mesti mempererat ikatan sila­ turahmi antarsesama. “Pererat ukhuwah Islamiah antarpeserta dan tunjukkan kemampuan yang terbaik saat ajang perlom­ baan digelar,” ujarnya. Sementara, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Lampung

Mawardi A.S. menuturkan MTQ merupakan salah satu upaya me­ masyarakatkan nilai-nilai yang terkandung dalam Alquran. Selain siar agama, MTQ di­ tujukan memasyarakatkan nilai-nilai yang terkandung dalam Alquran. Dia berharap pada 47 orang dewan hakim untuk melaku­ kan penilaian saat lomba agar seobjektif mungkin sehingga pemenang yang terpilih benarbenar bibit unggul yang layak mewakili kabupaten pada ajang MTQ tingkat Provinsi. Juri mesti melakukan penilai­an seobjektif mungkin pada kafilah yang mengikuti tiap tangkai cabang perlom­ baan yang digelar. Dengan inilah, kafilah yang terpilih se­ bagai juara benar-benar layak mewakili kabupaten pada lomba MTQ tingkat Provinsi Lampung, kata dia. (YUD/D-1)

±

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±


CMYK

±

CMYK

±

RUWA

Alfis Sahrin (Kepala Kantor Perpustakaan Lambar)

JURAI

selasa, 19 maret 2013

“Hingga saat ini jumlah buku koleksi yang dimiliki Perpustakaan Kabupaten Lampung Barat baru mencapai 10.860 eksemplar yang terdiri dari berbagai judul. Jumlah itu jika dilihat dari kebutuhan masyarakat secara umum masih sangat minim.”

7

LAMPUNG POST

LIWA (04.00 WIB)

DARI PEKON KE PEKON

±

Oknum Kapolsek Digerebek Warga

Polisi Tunggu Pemeriksaan Tersangka PUNGGUR—Hasil pemeriksaan medis tersangka Sabariman (40) yang diduga sakit jiwa dan membantai tetangganya akan diketahui pada 14 April mendatang. Dari peristiwa pembantaian itu, Polsek Punggur telah me­ minta keterangan dua saksi, yakni Desmiyati (25), keponakan tersangka, dan Aditia Maulana (22), anak korban. Yusnanto Nasution alias Ucok (50) meregang nyawa di tangan Sabariman yang diduga sakit jiwa pada Jumat (15-3), sekitar pukul 02.00. Sebelum membantai Ucok, tersangka mengamuk dengan merusak kandang kambingnya sendiri dengan golok dan hendak membakarnya. Malam itu, Sabariman mengamuk di rumah Ucok dan membacok daun pintu. Aditia Maulana yang ada di rumah menahan daun pintu dengan pundaknya. Tak lama kemudian, Ucok ke luar rumah dan dikejar Saba­ riman. Tak jauh dari rumahnya, Ucok terjatuh dan langsung dibantai Sabariman. Melihat itu Aditia berusaha membantu ayahnya dengan melempar batu ke arah tersangka. Walaupun luka parah, Ucok menyuruh anaknya untuk pergi. Setelah Ucok tak berdaya, Sabariman yang masih emosi mengejar Aditia. Melihat itu Aditia langsung kabur dan tersang­ ka kembali ke rumahnya. Usai mengganti pakaian, Sabariman menyerahkan diri ke kepala kampung setempat. (DRA/D-2)

Bocah Jadi Korban Tabrak Lari ABUNG TINGGI—Akbar Fahrozi (9), siswa kelas IV SD, tewas mengenaskan setelah menjadi korban tabrak lari truk diesel di jalan lintas tengah Sumatera (Jalinsum) Desa Sukamarga, Abung Tinggi, Lampung Utara, Jumat (15-3), sekitar pukul 19.30. Peristiwa itu terjadi ketika korban hendak menyeberang jalan menuju ke rumah usai pulang mengaji. Kasus tersebut masih ditangani aparat kepolisian setempat. Anak kedua dari tiga bersaudara pasangan Pulang Wijaya (30) dan Yani (28), warga Desa Sukamarga, tewas di lokasi kejadian dalam posisi tubuh telentang dan mengalami luka parah di kepala sebelah kanan. Raden Ayu (30), tetangga korban, mengatakan pada saat kejadian itu ia sedang makan di warung bakso tidak jauh dari tempat kejadian itu. Mendengar suara benturan benda keras dan teriakan kakak korban, yakni Riski (13), ia langsung beranjak dari warung dan mendekati tubuh anak kecil yang sudah tergeletak berlumuran darah di pinggir jalan. Menurut keterangan Riski dan dikuatkan keterangan warga yang sempat melihat kejadian itu, korban ditabrak truk dari arah Bukitkemuning menuju Kotabumi. (HAR/D-2)

±

Gotong Royong lewat Gerakan Sapu Lidi GEDUNGSURIAN—Guna meningkatkan semangat gotong royong bersama masyarakat, Camat Gedungsurian, Lampung Barat, Danang Harisuseno, Minggu (17-3), melaksanakan gotong royong. Kegiatan gotong royong yang diberi nama Gerakan Sapu Lidi itu diikuti sekitar 450 orang, terdiri dari seluruh apara­ tur pekon, kaum ibu Karang Taruna, dan seluruh elemen masyarakat setempat. Danang mengatakan kegiatan tersebut sengaja dilakukan sebagai upaya membangkitkan kembali kesadaran dan semangat masyarakat terhadap arti penting gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat. Melalui semangat gotong royong itu masyarakat akan mengetahui arti pentingnya satu sama lain saling membantu dalam mewujudkan Gedungsurian yang bersih dan indah. Kegiatan itu juga sebagai upaya membantu program peme­ rintah dalam mewujudkan masyarakat yang sehat. (ELI/D-2)

±

n LAMPUNG POST/GUNTUR TARUNA

DAMRI TABRAK POHON. Bus DAMRI B-7700-BW menabrak pohon di Tulungboho, Kecamatan Menggala, Tulangbawang, Senin (18-3), dini hari. Tabrakan terjadi diduga karena sopir yang mengantuk. Akibat kejadian itu, sejumlah penumpang mengalami luka-luka.

Pembangunan Kelas SMAN Dipertanyakan SUKADANA—Pembangunan empat ruang kelas di SMA Negeri Margatiga, Lampung Timur, dipertanyakan. Pasalnya, proyek yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) 2012 senilai Rp460 juta tersebut terkesan asal jadi. Pengurus Lembaga Advoka­ si Rakyat Lampung Timur Endy Abdur Raup menjelas­ kan pada anggaran 2012 Pemerintah Pusat melalui DAK mengucurkan bantuan sebesar Rp460 juta ke SMAN Margatiga. Dana itu untuk membangun empat ruang kelas. Setelah dana turun, pihak sekolah yang saat itu di­pimpin Adam Usman kemudian mem­ bangun empat ruang kelas dimaksud. Setelah pemba­ ngunan selesai, Adam Us­ man dimutasi menjadi kepala SMAN Sukadana. Adam Usman

mengerjakan proyek tersebut termasuk yang menerima dananya adalah Adam Usman selaku kepala sekolah yang lama. Namun, pihak komite sekolah membenarkan jika pembangunan empat ruang kelas itu hanya menghabiskan anggaran Rp310 juta, bukan

kemudian digantikan Iswanto asal SMAN Way Jepara. Hasil penelusuran, ternyata dana yang dihabiskan da pernyataan tertulis dari untuk membangun empat ruang kelas pihak komite dan kepala hanya sebesar Rp310 sekolah yang baru jika anggaran juta. Sedangkan sisa anggaran Rp150 juta pembangunan empat unit ruang belum jelas. kelas itu hanya menghabiskan Dari hasil temuan dana Rp310 juta. tersebut, kata Endy, pihaknya lalu me ­ minta keterangan pihak sekolah. Na­ mun, Iswanto selaku kepala Rp460 juta. “Ada pernyataan tertulis sekolah yang baru mengaku tak tahu-menahu karena yang dari pihak komite dan kepala

A

sekolah yang baru jika anggar­ an pembangunan empat unit ruang kelas itu hanya meng­ habiskan dana sebesar Rp310 juta,” kata Endy, Senin (18-3). Oleh sebab itu, kata dia, pihak terkait seperti kepoli­ sian atau kejaksaan diharap­ kan menyelidiki dugaan penyelewengan anggaran tersebut. Adam Usman saat dihubu­ ngi lewat telepon membantah jika mengorupsi bantuan Pemerintah Pusat itu. Dia menegaskan bantuan pusat sebesar Rp460 juta yang di­ kucurkan lewat DAK 2012 telah dilaksanakan sesuai dengan prosedur. “Dana bantuan Rp460 juta telah saya laksanakan sesuai prosedur. Dan, tidak benar jika saya mengorupsi uang terse­ but,” kata Adam. (DIN/D-2)

LIWA (10.30 WIB)

Alkohol Jadi Pemicu Keributan

Koleksi Perpustakaan Lambar Masih Minim

ALKOHOL kerap menjadi pemicu keributan antar­ kelompok, seperti yang ter­ jadi belum lama ini, antara Marga Tenumbang, Keca­ matan Pesisir Selatan, dan Marga Ngambur, Kecamatan Ngambur, Lampung Barat. Konflik ini belum tuntas diselesaikan dan berpotensi menimbulkan konflik lagi. Tokoh pemuda di Ke­ camatan Pesisir Selatan Bangsawan Utomo, Senin (18-3), menjelaskan keribut­ an tersebut berawal dari senggolan antara pemuda/ remaja yang sedang berjoget di acara hiburan organ tung­ gal. Ini bisa terjadi karena kedua pihak sama-sama ter­ pengaruh minumam keras atau alkohol. Menurut Utomo, ini sebe­ narnya persoalan sepele karena hanya ribut kecil. Namun, keributan berlanjut hingga menjadi keributan antarmarga. “Sampai saat ini masalah tersebut belum selesai dan dendam kedua pihak masih tinggi.” Upaya penyelesaian yang akan dilakukan adalah de­ ngan mempertemukan sai

JUMLAH buku koleksi Perpus­ takaan Kabupaten Lampung Barat hingga saat ini masih minim. Karena itu, pihak kan­ tor perpustakaan dan arsip selaku pengelola terus me­ nyampaikan usulan penam­ bahan buku koleksi untuk memperkaya koleksi. Kepala Kantor Perpustakaan Kabupaten Lampung Barat Alfis Sahrin, Minggu (17-3), menyatakan hingga saat ini jumlah buku koleksi yang dimiliki Perpustakaan Kabu­ paten Lampung Barat baru mencapai 10.860 eksemplar terdiri dari berbagai judul. Jumlah itu jika dilihat dari kebutuhan masyarakat se­ cara umum, tampaknya masih sangat minim. Karena itu, pihaknya setiap tahun terus mengajukan usulan tambahan koleksi buku. Namun, karena keterbatasan dana, realisasi pengadaan buku setiap tahun­ nya hanya sedikit, yaitu paling banyak 2.000 eksemplar. Ke-10.860 eksemplar buku koleksi yang ada saat ini kata dia, selain hasil dari pengadaan yang bersumber dari APBD, juga didapat dari sumbangan perorangan/pribadi.

batin atau kepala bujang marga kedua pihak. Na­ mun, kata dia, yang men­ jadi kendala adalah untuk Marga Tenumbang, kepala bujang marganya telah me­ nikah dan belum dilaku­ kan penunjukan kembali. “Marga Tenumbang saat ini belum memiliki kepala bujang marga karena yang terdahulu sudah menikah dan kami belum menunjuk kembali.” Utomo menilai satu-satu­ nya solusi agar tidak lagi terjadi keributan hingga menjadi peperangan antar­ marga, yaitu dengan cara diundangnya seluruh kepala bujang pekon dalam acara tersebut. Selanjutnya, kepala bujang pekon akan bertin­ dak dengan mengondisikan anak buahnya untuk tidak mengacau atau membuat terjadinya keributan. “Apabila masih tetap ter­ jadi keributan, kami hanya perlu menegur kepala bu­ jang pekon yang anak buah­ nya menimbulkan keributan dan permasalahannya juga akan lebih cepat selesai,” kata dia. (CK-3/D-2)

CMYK

n LAMPUNG POST/AGUS SUSANTO

BURONAN CURAS. Anggota Polisi Polres Lampung Timur melakukan penjagaan terhadap Rais, yang sedang dirawat di Rumah Sakit Sukadana, Senin (18-3). Buronan kasus curas ini mengalami luka tembak sebanyak empat lubang di kaki kanan dan kaki kirinya.

SUKADANA (12.35 WIB)

Buronan Kasus Perampokan Ditembak SETELAH dua tahun menjadi buronan kasus perampokan, Rais (38) ditangkap di Cijan­ tung, Jakarta Timur. Warga Desa Sukaraja, Kecamatan Margatiga, Lampung Timur, ini ditembak di kakinya se­ banyak empat lubang. “Rais dan komplotannya cukup sadis dalam ber­aksi. Bahkan, komplotan dia yang menembak polisi di Pring­ sewu pada 2009,” kata Kasat Re s k r i m P o l r e s L a m t i m

AKP Ketut Suriyana, Senin (18-3). Menurut Ketut, polisi ter­ paksa menembak kakinya sebanyak empat kali, yakni sebelah kanan dua dan sebe­ lah kiri dua. Dia ditangkap di kontrakannya, Sabtu (16-3), sekitar pukul 12.35. Akibat luka tembak yang dideritanya, Rais kini dirawat di RS Sukadana. Saat ditemui Lampung Post, di RS Sukadana, kemarin, Rais mengaku hasil

±

dari kejahatannya di­gunakan untuk menghidupi keluar­ ganya, sebab sangat susah mencari lahan pekerjaan. Rais mengaku aksi curas terakhir dilakukan di Kabu­ paten Pringsewu pada 2009. Sementara di Lampung Timur melakukan kejahatan seba­ nyak dua kali, yakni di Keca­ matan Metrokibang dan di Kecamatan Sekampung pada 2008. Setelah itu, dia kabur ke Jakarta. (GUS/D-2)

±

OKNUM polisi M, yang bela­ kangan diketahui seorang ka­ polsek di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Provinsi Sumatera Se­ latan, digerebek warga Pekon Tapaksiring, Kecamatan Sukau, Lampung Barat, Sabtu (17-3), sekitar pukul 04.00. Saat itu M sedang berada di dalam mobil bersama dua wanita, salah satunya masih kelas XII SMA yang juga warga setempat. Oknum polisi terse­ but sempat diinterogasi warga dan akhirnya dilepaskan se­ telah terjadi proses perdama­ ian yang dimediasi oleh pera­ tin Pekon Tapaksiring. Peratin Pekon Tapaksiring Iyan Toni, Minggu (17-5), mem­ benarkan pada Sabtu subuh warga menggrebek mobil yang di dalamnya terdapat M dan dua wanita. “Salah satu wanitanya adalah warga kami yang masih kelas XII SMA dan satunya warga Pagardewa,” kata dia. Saat digrebek, lelaki terse­ but mengaku sebagai anggota polisi berinisial M yang bela­ kangan diketahui merupakan seorang kapolsek. Oknum ang­ gota tersebut, kata peratin, mengaku dirinya telah beristri dan memiliki empat anak. “Hubungannya dengan gadis yang dibawa, yang tidak lain adalah D, siswa kelas XII di salah satu SMA di Kecamatan Sukau, adalah pacaran. Saat itu oknum polisi tersebut siap menikahi secara siri. Namun, D tidak siap karena tiga bulan lagi mau ujian sekolah. Kesim­ pulannya, terjadi perdamaian dan M diminta tidak membawa gadis di bawah umur di luar waktu kewajaran,” kata dia. Terpisah, M, oknum kapolsek tersebut, saat dihubungi melalui ponselnya membantah telah terjadi penggerebekan terhadap dirinya. Dia mengaku hanya terjadi kesalahpahaman dengan warga karena dirinya dicegat saat tengah menjalankan tugas. “Selisih paham saja, itu kan da­ lam rangka tugas.” (CK-1/D-2)

KRUI (09.00 WIB)

±

±

Minimnya koleksi buku itu, ujarnya, tentu memengaruhi jumlah pengunjung perpusta­ kaan. “Kalau koleksi buku sudah banyak terdiri dari berbagai jenis, pengunjung secara otomatis akan berminat datang,” kata dia. Masih minimnya jumlah koleksi buku perpustakaan ini dikarenakan pengadaan hanya mengandalkan APBD. Sementara pengadaan buku yang bersumber dari ban­ tuan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) selama ini hanya diperbolehkan untuk kebutuh­ an perpustakaan pekon. “Bantuan dari Perpusnas un­ tuk perpustakaan kabupaten se­ lama ini hanya berupa pelatih­ an dan sosialisasi saja. Sejak berdiri pada 2008, Perpusnas hanya membantu buku satu kali saja pada 2008,” ujarnya. Selain membantu, pelatihan dan sosialisasi pihak pusat juga memberikan bantuan berupa satu unit komputer untuk sarana pelayanan dan satu unit mobil pintar. Mobil itu digunakan untuk sarana sosia­ lisasi dan pembinaan kepada seluruh perpustakaan, baik kecamatan, pekon, maupun sekolah-sekolah. (ELI/D-2)

CMYK

±

±

±


CMYK CMYK CMYK

± ±±

RAGAM Selasa, 19 Maret 2013

LAMPUNG POST

CMYK

± ±± Zulkifli Hasan (Menteri Kehutanan)

Izin penggunaan hutan PT Supreme Energy Rajabasa sebagai pelaku usaha sumber panas bumi akan dipercepat setelah melalui proses kualifikasi oleh Kemenhut.

8

SIAPA MENGAPA

BURAS

± ± ± Tidak Berlebihan

Indeks Teknologi Indonesia Turun!

CARA orang merayakan datangnya hari lahir memang berbeda-beda. Ada yang me­ rayakannya dengan menggelar pesta meriah, makan-makan, dan sebagainya. Namun, hal berbeda dilakukan Direktur PT Rindang Tiga Satu Pratama (RTSP) Rahmat ­Mirzani Djausal. n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN Saat merayakan hari ulang tahunnya yang ke-33, Senin (18-3), Ketua Dewan Pembina Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Lampung itu justru mengundang rekan-rekannya untuk melakukan iktikaf bersama di rumahnya hingga dini hari. “Saya menggelar iktikaf bersama ini sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah swt.,” kata Mirza. Bagi ayah tiga orang anak ini, perayaan hari ulang tahunnya tidak harus berlebihan. Ia merasa akan lebih baik jika kedatangan hari lahirnya dilakukan dengan kegiatan yang lebih bermanfaat. “Hidup ini hanya sementara, akhirat itu yang selamanya,” ujar wakil bendahara Hipmi Pusat ini. Menurut Mirza, dengan melakukan iktikaf, ia bisa merasakan manfaat besar. Selain dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah, melalui ibadah tersebut dirinya pun seakan mendapat tuntunan untuk selalu berpikir dan bertindak lebih jernih. “Banyak manfaatnya, dan itu yang saya rasakan,” kata Mirza. (YAR/R-4)

“INDEKS daya saing teknologi Indonesia di Global Growth Competitiveness Index rilisan World Economy Forum untuk 2012—2013 turun dari peringkat 46 ke 50 dari 144 negara yang disurvei!” ujar Umar. “Menurut Menristek Gusti Muhammad Hatta, hal itu terjadi karena ‘ABG’—Akademisi, Business, Government—tak bisa bersinergi memproduksi hasil riset! Untuk mengatasi itu, Menristek menerapkan Insentif Sinas—Sistem Inovasi Nasional—mendorong aplikasi riset teknologi!” (detiknews, 16-3) “Aplikasi riset ke produk

industri sebenarnya hanya salah satu aspek dalam survei tersebut!” timpal Amir. “Secara komprehensif, kapasitas daya saing bangsa, utamanya kemampuan sumber daya manusianya dalam mengelola sumber-sumber daya memajukan peradaban manusia (termasuk moralitasnya) lewat sisi ekonomi, yang disurvei lewat sejumlah variabel! Itu terlihat pada 10 besar indeks dengan urutan Swiss, Singapura, Finlandia, Swedia, Belanda, German, Amerika Serikat, Inggris, Hong Kong, dan Jepang!” “Memang, kita selalu masih menganggap remeh soal pe-

H. Bambang Eka Wijaya layanan publik, hingga kita tetap terbelit birokrasi yang mengisap rakyat, padahal variabel itu dipakai dalam banyak jenis survei mengukur kemajuan bangsa, dari indeks korupsi, indeks pembangunan manusia (IPM) sampai indeks daya saing!” tukas Umar. “Lihat, dalam indeks daya saing global, di ASEAN saja Indonesia di urutan 5 setelah Singapura

(2), Malaysia (25), Brunei (28), dan Thailand (38).” “Tapi untuk menghibur diri bolehlah Indonesia berbangga, meski di peringkat 50 posisinya di bawah Brasil dan Portugal, bahkan di atas Kazakhstan dan Afrika Selatan!” timpal Amir. “Tapi menghibur diri untuk berbangga dengan posisi 48 tingkat di bawah Singapura dan 25 tingkat di bawah Malaysia jelas konyol! Karena, justru realitas kita tertinggal jauh dari negara-negara tetangga itulah seharusnya menjadi cemeti buat melecut diri kita

KORUPSI

Nilai Aset Djoko Susilo yang Disita Rp70 Miliar

± ± ±

JAKARTA (Lampost): Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memperkirakan aset milik tersangka kasus simulator SIM Irjen Djoko Susilo bernilai Rp60 miliar—Rp70 miliar. Angka itu masih bisa bertambah karena KPK terus menelusuri aset lainnya. “Info terkait penyitaan aset yang diduga milik DS, pun dilakukan KPK terhadap tersangka lain, itu tergantung kebutuhan penyidik. Total aset Rp60 miliar sampai Rp70 miliar untuk DS,” kata Juru Bicara KPK Johan Budi di gedung KPK, Senin (18-3). Informasi terbaru, KPK kembali menyita aset yang diduga terkait DS dalam dugaan TPK dan TPPU, yaitu sebuan tanah di kawasan Perumahan Harvest Land, Kuta, Bali. Selain itu, KPK kemarin kembali menyita aset berupa tanah beserta rumah peristirahatan di Desa Kumpay, Kecamatan Jalancagak, Subang, dan Desa Cirangkong, Kecamat­ an Cijambe, Subang. Johan menjelaskan maksud dan tujuan penyitaan aset ini disangkakan kepada DS atas kasus simulator SIM untuk tindak pidana korup­ si (TPK) dan tindak pidana pencucian uang (TPPU). Penyitaan itu sendiri dilakukan dalam konteks peng­

±± ±

usutan kasus oleh penegak hukum yang akan dibuktikan dalam persidangan. “Disita itu bukan dirampas, kami harus punya catat­ an yang nantinya dalam persidangan dibuktikan sampai ada putus­an hakim,” kata Johan. Adanya protes dari tim peng­acara DS yang mengaku keberatan ter­ hadap penyitaan aset DS yang diambi dari aset tahun 2000 karena saat itu DS belum menjadi Kakorlantas ditanggapi Johan. Menurut Johan, apa yang menjadi keberatan peng­ acara sebaiknya ditempuh melalui jalur hukum karena penegak hukum boleh melakukan penyitaan terkait aset terduga. “Silakan menempuh jalur hukum, sebagai penegak hukum bisa menyita aset yang diduga. Aset di bawah 2011 bisa disita,” kata dia. Telusuran lain terkait aset DS ini mengarah di Kota Madiun, yakni aset berupa tanah seluas 25 hektare. Terkait dengan beberapa aset yang diduga terkait dana kreasi DS, seperti NTMC Polri, Polres Jakarta Utara, gedung Dirlantas Polda Metro Jaya, KPK belum melihat aset tersebut termasuk aset DS. “Enggaklah, kan bukan aset Djoko,” ujarnya. (MI/R-4)

CMYK CMYK CMYK

± ±

Follow on: @buraslampost

TIMNAS PPA

RD Umumkan Skuat Usai Seleksi Hari Kedua

Kalajengking Menyusup di Belanjaan SAPA muneh sai mak merabai (Siapa pula tidak takut) jika ada kalajengking di kantong belanjaannya. Itulah yang dialami seorang perempuan di Dumfries, Skotlandia. Binatang dengan capit itu ditemukannya saat tengah membongkar belanjaannya. Amanda Johnstone melihat binatang itu di lantai rumahnya. Saat ditemukan, binatang tersebut tengah berjalan menuju putranya yang baru berusia 6 tahun dan ibunya yang sudah lanjut usia. Melihat kalajengking itu Amanda langsung memanggil keponakannnya Aaron untuk mengambilnya. Aaron pun menjebak kalajengking dengan menggunakan gelas. “Ross yang pertama n DP. RAHARJO kali menemukannya. Dia berteriak ‘kalajengking, kalajengking!’. Ketika saya melihatnya, saya hanya bisa terkejut dan menyadari binatang itu memang kalajengking,” ujar Johnstone, seperti dikutip Metro, Senin (18-3). Setelah Amanda menelepon pengawas binatang, ditemukan kalajengking ini tidak berbahaya sedikit pun. Diperkirakan kalajengking yang berasal dari Amerika itu terbawa dari kiriman pisang yang dijual di toko buah setempat. Mujor nihan Minan, kalajengking mak api-api (Untung benar, Tante, kalajengkingnya tidak berbahaya). (P-1)

agar tidak selalu cuma merasa hebat sendiri!” “Untuk mengejar ketertinggalan kita dalam hal kapasitas SDM seperti dari indeks teknologi itu, kita bisa melihat lewat hal-hal fisis pendukung kapasitas SDM!” tegas Umar. “Misalnya dalam konsumsi daging sapi, Malaysia 47 kg/ kapita/tahun, sedang kita baru naik 0,2 kg menjadi 2,2 kg/ kapita/tahun! Kalau bisa konsisten naik 0,2 kg/kapita/per tahun, 225 tahun ke depan kita baru menyamai Malaysia masa kini! Oke?” ***

Add on: facebook.com/buraslampost

WAT WAT GAWOH

± ± ±

± ±±

n MEDIA INDONESIA/RAMDANI

PIMPIN LATIHAN. Rahmad Darmawan (kanan, topi biru) memimpin latihan Timnas Indonesia di lapangan C Senayan, Jakarta, Senin (18-3). Setelah pelatih asal Argentina Luis Manuel Blanco diistirahatkan PSSI, latihan Timnas Indonesia untuk persiapan melawan Arab Saudi, 23 Maret mendatang, diambil alih duet RD (Rahmad Darmawan) dan Jacksen (Thiago).

Panas Bumi Rajabasa Terganjal Izin Menhut JAKARTA (Lampost): Kementerian Kehutanan belum memberikan izin kepada PT Supreme Energy untuk melakukan pengembangan potensi panas bumi di Gunung Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan. Alasan belum terbitnya izin itu karena pemerintah daerah belum mengeluarkan surat rekomendasi. Sejak dua tahun lalu, PT Supreme Energy sebagai induk dari PT Supreme Energy Rajabasa dan PT Supreme Energy Rantau Dadap telah mengajukan dua permohon­ an izin pinjam pakai hutan lindung untuk melakukan eksplorasi panas bumi kepada Kementerian Kehutanan (Kemenhut). Namun, baru satu izin yang dikeluarkan, yaitu Rantau Dadap. Sementara Rajabasa

belum juga dikeluarkan. “Secara teknis dan administrasi permohonan izin PT Supreme Energy itu sudah memenuhi persyaratan yang ada di Permenhut P.18/2011,” kata Head of Business Relations PT Supreme Energy Argo Ismoyo, dalam siaran persnya, Senin (18-3). Seperti diketahui, proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Rajabasa tersebut termasuk proyek percepatan 10 ribu megawatt (mw) tahap II dan masuk juga ke RUPTL PLN dengan rencana COD 2017.

Sebelumnya, Bupati Lamsel telah memberikan izin kepada PT Supreme Energy untuk melaksanakan pengeboran (eksplorasi). Hal itu dikatakan Kepala Bagian Bina Pemerintahan Pemkab Lamsel Saipul. “Pemberian izin lokasi pengeboran sumber panas bumi Gunung Rajabasa telah diterbitkan Rabu (2-3). Izin ditujukan kepada PT Supreme Energy sebagai pelaksana pengembangan kegiatan pengeboran panas bumi Gunung Rajabasa,” kata dia. Menurut Saipul, surat izin penggunaan lahan untuk kepentingan eksplorasi panas bumi yang akan dilakukan PT Supreme Energy itu ter­ tuang dalam SK Bupati Lamsel No.B/71/I.01/HK/2011 tentang pemberian izin lokasi seluas

kurang lebih 7.775 hektare. Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan juga pernah mengatakan pembangunan PLTP merupakan program unggulan Kemenhut. Saat ini, kata dia, sangat kekurangan energi. Oleh karena itu, izin penggunaan hutan PT Supreme Energy Rajabasa sebagai pelaku usaha sumber panas bumi akan dipercepat setelah melalui proses kualifikasi oleh Kemenhut. “Perusahaan yang ber­gerak di bidang pengelolaan panas bumi harus memba­ngun Kabupaten Lamsel. Ja­n gan se­telah memiliki izin lalu dijual,” ujarnya dalam suatu kesempat­an acara penanaman pohon di lapangan Raden Mas, Desa Sukaratu, Kecamatan Kalianda, belum lama ini. (R-2)

JAKARTA (Lampost): Rahmad Darmawan mulai melakukan tugas perdananya menangani timnas dengan memimpin langsung seleksi pemain menjelang laga ke­d ua Pra-Piala Asia (PPA) 2015 melawan Arab Saudi, Sabtu (23-3). Seleksi yang diikuti 58 pemain tersebut digelar di Lapangan C Senayan, Jakarta, Senin (18-3). Pelatih yang biasa disapa RD ini menerapkan sesi permainan dengan sedikit latihan fisik untuk melihat potensi para pemain sesuai kebutuh­ an tim. Suasana seleksi yang diikuti para pemain dari dua kompetisi berbeda tersebut berjalan harmonis, tidak se­ perti ketika melakukan walk out saat masih dilatih Blanco. Meskipun baru sekali memimpin tim, pelatih Arema Indonesia itu akan langsung mengumumkan 23 pemain untuk melawan Arab Saudi pada Selasa (19-3) malam atau Rabu (20-3) pagi. “Seleksi sampai besok (hari ini, red). Besok malam atau Rabu pagi sudah ada pengumuman pemain yang akan saya pilih,” ujar pelatih asal Lampung itu. Dia mengakui masalah waktu menjadi kendala. Sebab, hingga lima hari jelang laga, skuat Ga­ ruda belum memiliki tim inti dan dipastikan tampil dengan tim berbeda dibandingkan laga pertama kontra Irak. “Saya tahu ini berat, tetapi niat saya menolong tim. Sama seperti ketika saya pernah membantu timnas saat transisi Riedl ke Wim lawan Turkmenistan 2011 lalu,” kata RD. Ia menambahkan hanya akan menangani timnas untuk satu laga. Hal senada diungkapkan pelatih Persipura, Jacksen F. Tiago, yang belum datang karena masih menunggu surat resmi pengangkatan dari Badan Tim Nasional. (O-2)

KEJAHATAN MIGAS

Polda Tangkap 3 Tersangka Penyalahgunaan BBM TELUKBETUNG BARAT (Lampost): Menyusul kelangkaan bahan bakar minyak (BBM), Polda Lampung menangkap tiga tersangka penyalahgunaan BBM serta menyita 8,5 ton solar berikut 2,5 ton bensin. Direktur Kepolisian Perairan Polda Lampung Komisaris Besar Edion, didampingi Kabid Humas Polda Lampung AKBP Sulistiyaningsih, kemarin menjelaskan penangkapan para tersangka dilakukan secara terpisah dalam kurun waktu tiga hari. Polda Lampung melalui Direktorat Kepolisian Perairan Polda Lampung sebelumnya hendak menyusuri perairan Way Mesuji (perbatasan Provinsi Lampung

dan Sumatera Selatan). Tepatnya pada 6 Maret 2013, sekitar pukul 10.00, anggota peng­ amanan Markas Unit Patroli Muara 15 mencurigai speedboat merek Bebelac. Setelah dilakukan peme­ riksaan, diketahui Saiman(45), pengemudi speedboat, meng­ angkut 31 jeriken BBM jenis solar. Pada saat ditangkap tidak ditemui kelengkapan dokumen pengangkutan bahan bakar jenis solar itu. Penangkapan berikutnya dilakukan terhadap Nasri (47) pada Sabtu (9-3). Anggota pengamanan Markas Unit Mesuji mencurigai KM Semoga Bahagia dari Pidada, Mesuji,

±± ±

Lampung, menuju Sungaipasir, Ogan Komering Ilir, Sumsel. Setelah dilakukan pemeriksaan diketahui nakhoda kapal, Nasri, membawa 33 jeriken berisi bensin serta 100 jeriken solar. “Dia juga tidak dapat menunjukkan kelengkapan dokumen pengangkutan BBM itu,” ujar Edion. Pada Sabtu (9-3), sekitar pukul 08.00, petugas mencurigai KM Sekeluarga dengan nakhoda kapal Asnawi (30) yang membawa 24 jeriken berisi bensin dan 98 jeriken solar. “Yang bersangkutan pun tidak dapat menunjukkan kelengkap­a n dokumen pengangkutan BBM.” (CR-5/D-1)

n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

SITA BBM. Direktorat Kepolisian Perairan Polda Lampung menyita 8,5 ton solar dan 2 ton bensin di Direktorat Polairud Lampung, Senin (18-3). BBM tersebut diselundupkan di Kualateladas, perbatasan Lampung dan Sumatera Selatan.

CMYK

±± ±

± ±

± ±


±

±

CMYK

EKO NOM I

JAKARTA—Investor asing kini tengah gencar mengakuisisi bank-bank umum di Indonesia. Mereka melakukan kepemilikan saham bank umum dengan porsi pemegang saham pengendali yakni maksimum 40%. Kondisi ini merupakan dampak setelah Bank Indonesia (BI) mengeluarkan surat edaran (SE) yang menguatkan Peraturan Bank Indonesia (PBI) tentang Kepemilikan Saham Bank Umum. “Mereka pasti memperhitungkan SE BI ini,” kata Direktur Eksekutif Departemen Hubungan Masyarakat Bank Indonesia (BI) Difi A. Johansyah, Senin (18-3). Menurut Difi, perbankan Indonesia masih sangat menarik. Hal ini terbukti, pada awal tahun sudah ada tiga bank lokal yang sedang menjalani proses akuisisi oleh asing, di antaranya Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN), Bank Mayapada, dan Bank Saudara. (MI/E-2)

KURS JUAL 10.322,34

DOLLAR KANADA (CAD) KURS JUAL 9.537,15

DOLLAR SINGAPURA (SGD)

KURS BELI 9.437,77

KURS JUAL 7.809,23

DOLLAR NEW ZEALAND (NZD)

KURS JUAL 8.043,12

KURS BELI 10.214,45

KURS BELI 9.669,00

DOLLAR HONGKONG (HKD)

KURS BELI 7.730,25

EURO (EUR)

KURS BELI 7.958,55

KURS JUAL 9.767,00

KURS JUAL 1.258,57

KURS BELI 1.245,92

POUNDSTERLING INGGRIS (GBP)

KURS JUAL 12.605,29

KURS JUAL 14.750,12

KURS BELI 12.477,84

KURS BELI 14.599,22

KURS BELI

KURS JUAL

KURS BELI

DOLLAR NEW ZEALAND (NZD) KURS JUAL

KURS BELI

DOLLAR AUSTRALIA (AUD) KURS JUAL

KURS BELI

DOLLAR KANADA (CAD) KURS JUAL

KURS BELI

DOLLAR NEW ZEALAND (NZD) KURS JUAL

KURS BELI

DOLLAR AUSTRALIA (AUD) KURS JUAL

KURS BELI

DOLLAR KANADA (CAD) KURS JUAL

KURS BELI

DOLLAR NEW ZEALAND (NZD) KURS JUAL

KURS BELI

YEN JEPANG (JPY) 100 KURS JUAL

DOLLAR AMERIKA (USD)

KURS BELI

KURS JUAL

KURS BELI

DOLLAR SINGAPURA (SGD) KURS JUAL

DOLLAR HONGKONG (HKD)

KURS BELI

EURO (EUR)

KURS JUAL

KURS BELI

POUNDSTERLING INGGRIS (GBP)

KURS JUAL

KURS JUAL

KURS BELI

YEN JEPANG (JPY) 100 KURS JUAL

DOLLAR AMERIKA (USD)

KURS BELI

DOLLAR SINGAPURA (SGD) KURS JUAL

KURS JUAL

KURS BELI

DOLLAR HONGKONG (HKD)

KURS BELI

EURO (EUR)

KURS BELI

KURS JUAL

KURS BELI

POUNDSTERLING INGGRIS (GBP)

KURS JUAL

KURS BELI

YEN JEPANG (JPY) 100 KURS JUAL

KURS JUAL

DOLLAR AMERIKA (USD)

KURS BELI

DOLLAR SINGAPURA (SGD) KURS JUAL

KURS JUAL

KURS BELI

DOLLAR HONGKONG (HKD)

KURS BELI

EURO (EUR)

KURS BELI

KURS JUAL

KURS BELI

POUNDSTERLING INGGRIS (GBP)

KURS JUAL

KURS BELI

KURS JUAL

KURS BELI

PERBANKAN

BRI Syariah Tingkatkan Penabung

±

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Melalui program Hujan Emas yang diluncurkan, Bank BRI Syariah telah berhasil meningkatkan jumlah penabung di Lampung, yakni 2.263 rekening selama tiga bulan. Kepala Cabang BRI Syariah Lampung Ciknan Sawak mengatakan program Hujan Emas BRI Syariah 2013 ini memberikan total hadiah 5.050 gram untuk 1.001 pemenang. “Selama tiga bulan ini, penabung yang mengikuti program Hujan Emas sudah melebihi dari yang kami targetkan. Dan melalui open table nasional yang kami gelar bisa menambah jumlah penabung lebih banyak lagi,” kata Ciknan di sela open table BRI Syariah di PKOR Lampung, Minggu (17-3). Dalam acara tersebut, BRI Syariah Lampung menyerah­ kan hadiah undian Hujan Emas BRI Syariah kepada

empat pemenang, yakni Yuni Stalia, Wike Prihandini, Dwi Aprianto, dan Septi Andria yang masing-masing memperoleh hadiah berupa emas seberat 5 gram. Pemenang tersebut merupa­k an bagian dari 177 orang pemenang seluruh Indonesia, dengan total hadiah 1.980 gram. Program ini akan terus berlanjut untuk periode 1 Februari hingga 31 Desember 2013. Hujan Emas akan diundi tiga kali dengan total hadiah 5.050 gram untuk 1.001 orang pemenang. Sementara pada open table ada 300 rekening baru berhasil dihimpun BRI Syariah. Nasabah yang membuka rekening pada saat itu mendapatkan hadiah langsung dan doorprize. Program Hujan Emas BRI Syariah 2013 berlaku bagi rekening tabungan BRI Syariah yang sudah ada maupun yang baru buka selama periode program. (WIN/E-1)

Medan Bitung Makassar Medan Lampung Palembang Lampung Pangkalpinang Lampung

KOMODITAS

LAMTIM

LAMTENG

TUBA

PRINGSEWU

KOMODITAS

LAMTIM

LAMTENG

TUBA

PRINGSEWU

JAKARTA (Lampost): Pemerintah mewajibkan distributor melepas harga bawang putih Rp15 ribu per kilogram. Kebijakan tersebut merupakan kesepakatan Menteri Perdagangan dan Menteri Pertanian yang telah berkomunikasi dengan pasar-pasar. “Kami sudah berkomunikasi peranan BUMN ini mudah dan dengan pelaku pasar untuk bisa diawasi. Sistem kuota bimelepas harga bawang putih di ang karut-marut yang enggak Rp15 ribu per kg,” kata Menteri jelas kriteria dan dapat siapa Perdagangan Gita Wirjawan, saja memanipulasi kuota. Uang dalam konferensi pers ber- yang masuk tidak jelas dan leKOMODITAS LAMTIM LAMTENG TUBA PRINGSEWU sama Menteri Pertanian Sus- wat pos yang mana. Tarif itu wono di kantor Kementerian harus fair dan harus masuk ke Perdagangan, Senin (18-3). kas negara melalui bea cukai. Menurut Gita, saat ini pe- Ini yang nyata,” ujarnya. merintah sudah mengizinkan 332 kontainer di beberapa Harga Bawang Merah pelabuhan sudah boleh dilepas Terkereknya harga bawang ke pasar. “Karena 332 kon- merah juga disebabkan betainer sudah ada yang dilepas ralihnya para petani bawang ke pasar, saat ini sudah 40 kon- merah menanam padi. “Harga tainer yang dilepas ke pasar, bawang merah naik dalam ini akan menurunkan harga beberapa pekan ini karena bawang putih,” ujarnya. stoknya berkurang,” kata MenSeperti diketahui harga teri Pertanian Suswono. bawang putih dalam beberapa omisi Pengawasan minggu ini mengalami lonjak­ dan Persaingan Usaha an harga, di beberapa daerah bahkan harganya sempat me- (KPPU) mendukung nembus harga fantastis di atas Badan Usaha Milik Negara Rp50 ribu per kilogram. Sementara itu, Komisi Peng­ (BUMN) melakukan awasan dan Persaingan Usaha importasi bawang putih. (KPPU) mendukung Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melakukan importasi bawang putih. Menurut Mentan, saat ini para Cara ini efektif dilakukan untuk petani bawang merah beralih memberantas para importir na- menanam padi disebabkan sekal yang mengambil keuntungan dang musim tanam padi dan besar dari proses impor. harga beras sekarang jauh lebih “Yang bisa dilakukan segera stabil dan ada kepastian harga. perintahkan Bulog untuk impor “Karena lagi musim tanam bawang biar para spekulan dan padi, petani bawang merah bepenjahat ini gigit jari,” kata ralih ke padi. Padi lebih menkomisioner KPPU, Munrokhim janjikan harganya, ada kepasti­ an harga dan penanganannya Misanam, di Jakarta, kemarin. Ia berpendapat sistem impor lebih mudah, makanya stoknya bawang putih yang dilakukan In- berkurang,” ujar Suswono. Bahkan, pada saat musim donesia agak lucu karena impor bawang putih dilepas begitu saja panen bawang merah Indonetanpa ada tatanan (sistem) yang sia menjadi eksportir bawang baik. Padahal, produksi bawang merah. “Kita itu saat panen putih di Tanah Air tidak sampai raya jadi eksportir bawang 5% sehingga Indonesia lebih merah, ini bisa jadi peluang mengandalkan impor bawang swasta di bidang cold storage. Jadi saat panen bisa menyimputih untuk kebutuhan 95%. “Kita tidak bisa makan tanpa pan bawang merah, saat pabawang. Tata niaga harus sokan berkurang stoknya bisa menjamin pasokan untuk itu dikeluarkan,” kata dia. (E-1)

±

K

n ANTARA/M. RISYAL HIDAYAT

BAWANG PUTIH IMPOR. Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan (kanan) mengamati bawang putih impor asal China ketika melakukan sidak di Terminal Petikemas Surabaya (TPS), Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Senin (18-3). Sebanyak 39 dari 364 peti kemas berisi bawang putih yang sempat tertahan di TPS telah keluar karena telah dilengkapi rekomendasi impor produk hortikultura (RIPH) dari Kementerian Pertanian.

PUPUK

Pusri Salurkan 217.122 Ton Urea PA L E M BA N G ( L a mp o s t ) : Hingga Maret 2013, PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) telah menyalurkan 217.122 ton urea bersubsidi kepada petani di sembilan provinsi ya n g k e b u t u h a n p u p u k petaninya menjadi tangg u n g j awa b p e r u s a h a a n tersebut. “Sembilan provinsi yang telah mendapatkan pupuk urea bersubsidi itu, yakni Sumate­ ra Selatan, Lampung, Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung, Jawa Tengah, Banten, DKI Jakarta, dan Daerah Istimewa Yogyakarta,” kata Manajer

Humas PT Pusri Sulfa Ghani di Palembang, Senin (18-3). Realisasi penyaluran urea bersubsidi paling banyak di beberapa provinsi di luar Pulau Sumatera, seperti Daerah Istimewa Yogyakarta mencapai 89.775 ton dan Jawa Tengah 51.739 ton. Sedangkan realisasi penyaluran urea bersubsidi di Pulau Sumatera tertinggi di Provinsi Lampung mencapai 20.733 ton, sedangkan yang paling sedikit di Provinsi Jambi, yakni hanya 609 ton. “Sementara realisasi penyaluran urea bersubsidi di

wilayah Sumsel hingga Maret 2013 telah mencapai 13.679 ton,” katanya. Ia menjelaskan realisasi penyaluran urea bersubsidi tersebut diprediksi beberapa bulan ke depan akan lebih banyak lagi karena sekarang kegiatan penanaman masih terus berlangsung. Untuk mengatasi terjadinya kelangkaan urea bagi petani di sembilan provinsi yang menjadi tanggung jawab PT Pusri, pihaknya telah menyiap­kan stok di daerah sentra produksi pertanian dalam jumlah cukup. (ANT/E-1)

PERTANIAN

Chandra Diskon 50% Diminati

Harga Jagung di Lamsel Naik

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Diskon 50% untuk hampir se mua produk busana di Chandra Department Store dalam rangka ulang tahun Superstore Chandra diminati sejumlah konsumen untuk memborong aneka busana dan aksesori. Berdasarkan pemantauan Lampung Post di Chandra Telukbetung, Senin (18-3), pengunjung terlihat antre di ruang pengepasan baju (fitting room) untuk mencoba busana yang akan dibelinya. Begitu pula di kasir, terjadi antrean konsumen yang hendak membayar belanjaan. Mery, salah satu warga Telukbe-

KATIBUNG (Lampost): Harga jagung pipilan di Katibung, Lampung Selatan, naik dari sebelumnya Rp2.200/kg menjadi Rp2.350/kg. Pedagang jagung di Pasar Tanjungan, Katibung, Mulyadi, mengata­ kan harga jagung tersebut lebih baik dibandingkan pada tahun lalu yang hanya sebesar Rp1.600/kg. “Pada musim tahun 2012, dengan kadar air yang sama yakni lebih kurang 30 persen, harga jagung hanya Rp1.600 per kilogram. Harga yang ada sekarang jauh lebih memadai,” kata Mulyadi, kepada Lampung Post, Senin (18-3). Ia menjelaskan kini mayoritas petani telah melakukan panen

tung, mengaku sengaja memborong baju pada saat ulang tahun Chandra. “Seperti kebiasaan tahun-tahun sebelumnya, biasanya diskonnya besar-besar, makanya saya sengaja menunggu momen yang tepat ini,” ujar ibu muda yang berbelanja dengan anaknya itu. Ia mengaku membeli tujuh potong busana dan dua pasang sepatu. “Mumpung lagi diskon besar,” kata Mery. Sekitar pukul 15.00, ada pengumuan seluruh karyawan Chandra diminta untuk berkumpul di lantai IV karena ada pertemuan dengan manajemen. Selang beberapa menit terdengar suara riuh dan sejumlah

CMYK

±

Harga Bawang Putih Ditetapkan Rp15 Ribu

PROMOSI

±

7.710 7.509 17.152 0 0 26.627 54.124 84.253 2.091

per Senin, 18 Maret 2013 n Bappebti-Kementerian Perdagangan www.bappebti.go.id

8.551,10 DOLLAR KANADA (CAD)

CPO Minyak Kelapa Kakao Kopi Arabika Kopi Robusta Karet TSR 20 Lada Hitam Lada Putih Jagung (kering)

HARGA (Rp/Kg)

Indeks KOMODITAS

KURS JUAL

LOKASI SENTRA

Indeks KOMODITAS

Investor Asing Akuisisi Bank Lokal

KURS BELI 10.014,18 8.551,10

KOMODITAS

DOLLAR AMERIKA (USD)

Indeks KOMODITAS

JAKARTA—Program swasembada pangan pada 2014 berantakan. Program yang didengungkan pemerintah ini dinilai terganjal masalah lahan dan harga. Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Serikat Petani Indonesia Henry Saragih mengatakan ada dua hal yang menghambat produksi pangan sehingga program swasembada pangan pemerintah 2014 berantakan. Pertama, janji pemerintah untuk memberikan lahan bagi petani dan kontrol harga lewat harga pembelian pemerintah (HPP). “Target pemerintah tidak tercapai dan terus menerus direvisi karena beberapa prasyarat untuk tercapainya swasembada pangan tidak dilaksanakan,” kata Henry, Minggu (17-3). (MTVN/E-2)

KURS JUAL 10.117,64

DOLLAR AUSTRALIA (AUD)

Indeks VALUTA ASING

Swasembada Pangan Terganjal Lahan

YEN JEPANG (JPY) 100

per Senin, 18 Maret 2013 n Sumber Bank Indonesia

Indeks VALUTA ASING

SINGAPURA—Harga minyak turun di perdagangan Asia, Senin (18-3). Kondisi ini dipicu retribusi deposito bank di Cyprus. Kontrak utama New York, minyak mentah light sweet untuk pengiriman April turun 1,18 dolar AS, menjadi 92,27 dolar AS/barel. Sedangkan minyak mentah brent north sea untuk penyerahan Mei turun 1,34 dolar ke level 108,48 dolar/barel. “Harga minyak merosot sejalan dengan harapan mengenai perkembangan Siprus,” kata Jason Hughes, kepala manajemen premium klien IG market di Singapura. Ia mengatakan perincian sementara terkait retribusi deposito bank di Cyprus masih belum jelas. Ia menilai langkah Cyprus dapat memaksa perdagangan investor asing dengan zona euro berbasis perusahaan yang mempertanyakan pengaturan mereka di wilayah tersebut. (MTVN/E-2)

Indeks VALUTA ASING

Harga Minyak Asia Turun

Indeks VALUTA ASING

DOLLAR AUSTRALIA (AUD)

Indeks KOMODITAS

k i l as

±

“Kita sudah berkomunikasi dengan pelaku pasar untuk melepas harga bawang putih Rp15 ribu per kilogram.”

9

LAMPUNG POST

±

Gita Wirjawan (Menteri Perdagangan)

BISNIS

Selasa, 19 Maret 2013

±

CMYK

karyawan memberikan salah satu nama karyawan Chandra yang mendapat reward pergi jalan-jalan ke luar negeri. “Wah, mimipi apa si Wanda ya, dapat jalan-jalan ke luar negeri,” cerita karyawan yang ikut bahagia. Sebelumnya, Kepala Promosi Chandra Didin mengatakan sudah menjadi tradisi pada ulang tahun Chandra dilakukan syukuran dan doa bersama antara manajemen dan karyawan. Pada saat yang bersamaan juga manajemen memberikan penghargaan atau reward kepada karyawan atas prestasi dan pengabdian. (SAG/E-2)

±

dengan hasil rata-rata 7,5 ton per hektare (ha). Jumlah ini meningkat signifikan dibandingkan musim panen tahun lalu yang hanya mencapai rata-rata 4,5 ton/ha. “Lebih dari 65 persen petani sudah memanen jagung. Hingga kini sudah Ada perbaikan lebih kurang 3 ton per hektare dibandingkan tahun lalu,” ujarnya. Petani jagung di Katibung, Lampung Selatan, Suharto, mengaku cukup puas dengan harga jual jagung saat ini. Menurutnya, tarif tersebut memberikan keuntungan yang lebih. Apalagi, kata Suharto, proses tanam tahun ini kondisinya lancar

tanpa terganggu hama dan penyakit. “Bersyukur dan sangat puas dengan harga jagung sekarang. Untungnya cukup lumayan bagi kami,” kata dia. Ia menjelaskan proses produksi jagung yang meningkat tersebut dipengaruhi dukungan faktor cuaca. “Saat jagung belum tua, curah hujan sangat mendukung. Begitu pula ketika memasuki musim panen,” ujarnya. Ia menuturkan tanaman jagung di Katibung, Lampung Selatan, merupakan salah satu komoditas utama dari sektor pertanian selain padi. Tanam­ an pangan ini menjadi andalan sumber pencarian warga. (USD/E-2)

CMYK

±

±


–

–

CMYK

CMYK

–

Herdi Mansyah (Direktur PKBI Lampung)

KESEHATAN SELASA, 19 MARET 2013 LAMPUNG POST

10

20,9 Persen ABG Hamil di Luar Nikah

–

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Tren pergaulan bebas, pemerkosaan, bahkan aborsi di kalangan remaja terus meningkat. Riset Pusat Penelitian Kesehatan Universitas Indonesia (UI) menyebutkan 650 ribu ABG sudah tidak perawan. Riset itu dilakukan tahun 2010—2011. Jika ditambah Tangerang dan Bekasi, ada 20,9% remaja hamil sebelum menikah. Di Lampung, khususnya Bandar Lampung, umumnya memang belum ada penelitian khusus. Namun, sebagai salah satu kota yang terdekat dengan Jakarta, pergaulan di Lampung tidak jauh berbeda dengan di Ibu Kota negara tersebut. Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sugiri Syarief mengatakan perilaku seksual yang tidak sehat di kalangan remaja khususnya remaja yang belum menikah cenderung meningkat. Berdasarkan penelitian dari Australian National University (ANU) dan Pusat Penelitian Kesehatan Universitas Indonesia (UI) tahun 2010—2011 di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi (Jatabek), dengan jumlah sampel 3.006 responden (usia 17— 24 tahun), menunjukkan 20,9% remaja mengalami kehamilan dan kelahiran sebelum menikah dan 38,7% remaja mengala mi kehamilan sebelum menikah dan kelahiran setelah menikah. “Dari data tersebut, terdapat proporsi yang relatif tinggi pada remaja yang melakukan pernikahan disebabkan kehamilan yang tidak diinginkan,” kata Sugiri. Dia menegaskan agar berha-

–

–

Salah satu penyebab permasalahan dialami remaja itu adalah kurangnya pengetahuan yang jelas, benar, dan tepat mengenai informasi hak seksual dan reproduksi, serta tidak mendapatkan pelayanan kesehatan seksual dan reproduksi remaja.

sil membantu remaja untuk tidak menjadi korban dari tiga risiko kesehatan reproduksi remaja (KRR) tadi, harus bersama-sama membantu remaja agar terhindar dari berbagai pengaruh negatif. Apalagi, remaja sekarang mendapat informasi soal reproduksi dari teman sebaya (71%). Dia mengatakan BKKBN melalui program Genre yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja, sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan terencana, berkarier dalam pekerjaan yang terencana, dan menikah dengan penuh perencanaan, dengan sasarannya adalah remaja usia 10—24 tahun dan belum menikah. “Secara umum, masalah menonjol di kalangan remaja digolongkan pada tiga hal (triad KRR) yakni seksualitas, HIV dan AIDS, serta narkotika dan zat terlarang (napza),” ujarnya. Musibah Sebelumnya, Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) merilis sebanyak 62,7% remaja SMP tidak perawan dan 21,2% remaja mengaku pernah aborsi. “Perilaku seks bebas pada remaja tersebar di kota dan desa pada tingkat ekonomi kaya dan miskin,” kata Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait, belum lama ini. Data tersebut didapat berdasarkan survei yang dilakukan Komnas PA tahun 2008, dari 4.726 responden siswa

„ DOKUMENTASI LAMPUNG POST

KAMPANYE ANTINARKOBA DAN SEKS BEBAS. Selain seminar dan talkshow, untuk menggugah kesadaran remaja agar menjauhi narkoba dan seks bebas, Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Lampung menggelar Dancelife. Kampanye antinarkoba dan seks bebas melalui tarian dan nyanyian ini diikuti 2.000-an siswa se-Bandar Lampung di PKOR Way Halim, baru-baru ini. SMP dan SMA di 17 kota besar. Karena itu, DPR mendesak Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) segera meningkatkan sosialisasi program penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja (PKBR). “Ini dilakukan sebagai antisipasi meningkatnya perilaku seks bebas pada remaja yang saat ini sudah sangat mengkhawatirkan. Pemerintah harus meningkatkan program sosialisasi yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi remaja,” ujar anggota Komisi IX DPR Herlini Amran di Jakarta, kemarin. Dari data Komnas PA juga di peroleh 97% remaja pernah menonton film porno

dan 93,7% pernah melakukan adegan intim, bahkan hingga melakukan seks oral. Untuk itu, pemerintah perlu meningkatkan peran Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja di daerah-daerah dan harus terus dipantau. Herlini menyampaikan jika tidak segera diantisipasi, hal ini akan berisiko besar bagi pengelolaan kependudukan Indonesia yang akan memicu rendahnya kualitas generasi bangsa Indonesia selanjutnya. Deputi Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKKBN Sudibyo Alimoeso menambahkan permasalahan seks bebas pada remaja tergolong kompleks dan meng-

khawatirkan. Hal ini dipicu dengan kurangnya pengetahuan akan reproduksi dan seksual yang benar. Selain itu, kurangnya pengawasan orang tua di rumah juga sering membuat remaja merasa nyaman dan aman untuk melakukan hubungan seks pranikah. Ini juga karena pengetahuan orang tua yang tidak cukup untuk berkomunikasi tentang seksualitas dengan anak. Anak seharusnya mendapatkan informasi yang tepat dari orang tua agar dia tidak mendapatkan informasi yang salah dari luar. “Menurut survei, kebanyakan remaja dapat informasi tentang seks dari temannya,” kata Sudibyo.

Ketua Umum Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) seluruh Indonesia Tutty Alawiyah menegaskan wanita yang melakukan hubungan seks sebelum menikah harus bertobat. Menurut Tutty, kecenderungan remaja wanita melakukan seks sebelum nikah karena akibat pergaulan bebas, kaum remaja putri dengan tidak malu mempertontonkan auratnya dengan mengenakan pakaian minim. Selain itu, betapa bebasnya media seks sekarang ini melalui internet. “Sebab itu, orang tua agar sungguh-sungguh mengawasi putri remajanya. Tanamkan pendidikan agama kepada mereka, di samping pendidikan umum,” ujar Tutty. (S-2)

PKBI Lampung Kampanyekan Remaja Antiseks Bebas

Sosialisasikan Kespro lewat Daku

ARUS globalisasi serta tuntutan remaja dan kaum muda untuk memperpanjang masa abstinensinya agar meraih pendidikan yang lebih tinggi dan pekerjaan yang lebih baik dapat meningkatkan pula masalah kesehatan seksual dan reproduksi remaja (KSRR) yang dapat terjadi dan dialami mereka. Menurut Direktur PKBI Lampung Herdi Mansyah, masalah itu dapat berdampak tidak hanya secara fisik, tapi juga psikis maupun dalam kehidupan sosial para remaja dan kaum muda tersebut. Sejumlah permasalahan kaum remaja itu, antara lain kehamilan yang tidak diinginkan (KTD), penyakit akibat hubungan seksual (HIV/AIDS), infeksi menular seksual (IMS), aborsi, serta penyalahgunaan narkoba (narkotika dan zat adiktif lain seperti alkohol dan rokok). Permasalahan itu, ujar Herdi, perlu ditanggulangi dengan baik agar masa depan remaja menjadi baik dan akan menopang pula bagi masa depan bangsa ini. Herdi menilai salah satu penyebab permasalahan dialami remaja itu adalah kekurangan pengetahuan yang jelas, benar, dan tepat mengenai informasi hak seksual dan reproduksi, serta tidak mendapatkan pelayanan kesehatan seksual dan reproduksi remaja. Oleh karena itu, perlu meningkatkan akses dan kualitas program Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) serta meningkatkan kemampuan petugas dalam memberikan informasi kesehatan remaja, pelayanan konseling, dan pelayanan kesehatan seksual, serta reproduksi lainnya. PKBI Lampung bergabung dalam Aliansi Satu Visi, aliansi berbagai lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang berpartisipasi dalam memberi-

PENGETAHUAN remaja tentang reproduksi sampai saat ini belum mampu melin dungi mereka dari perilaku berisiko. Sikap remaja tentang reproduksi dan seksualitas cenderung masih belum memampukan mereka untuk bertanggung jawab. Karena itu, Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Lampung giat menyosialisasikan pendidikan kesehatan reproduksi ke sekolahsekolah dan pondok pesantren (ponpes) melalui program Daku (Dunia Remajaku Seru). Daku berbentuk modul interaktif yang berisi tentang kesehatan reproduksi dan seksual remaja, pengembangan diri, narkoba, gender, dan pencegahan IMS serta HIV dan AIDS. Modul itu berisi 15 pokok bahasan yang terbagi dalam beberapa bagian yang difasilitasi oleh guru dan langsung dapat dipelajari siswa secara interaktif. Program itu dilakukan setiap satu pekan dengan durasi pertemuan selama satu jam, berisikan ceramah dan tutorial mengenai organ reproduksi oleh aktivis PKBI maupun guru

–

„ DOKUMENTASI LAMPUNG POST

SOSIALISASI DI PONPES. Tidak hanya di SMA, siswa pondok pesantren (ponpes) pun juga mendapat pendidikan kesehatan reproduksi (kespro). Pendidikan ini diberikan setiap satu pekan sekali dengan durasi pertemuan selama satu jam, berisikan ceramah dan tutorial mengenai organ reproduksi oleh aktivis PKBI maupun guru setempat yang telah dilatih sebelumnya. kan pelayanan dan edukasi terkait KSRR pada remaja dan bergerak dalam meningkatkan kesehatan seksual dan reproduksi remaja berbasis hak (sexual reproductive health right), serta mencegah dan mengatasi kekerasan berbasis gender (gender based violence). Salah satu misi aliansi itu adalah meningkatkan akses pelayanan seksualitas yang komprehensif (comprehensive sexuality for service). Serta melakukan kampanye antiseks bebas bagi kalangan remaja. Antara lain melalui seminar, talkshow, ataupun perlombaan, seperti membuat majalah dinding ataupun poster antiseks bebas. Program ini bertujuan menggugah kesadaran dan peran serta siswa dalam penanggulangan permasalahan seks bebas di kalangan remaja. Acara ini dapat merangsang daya kreativitas siswa untuk membuat sebuah karya kreatif terkait kampanye antiseks bebas. Para siswa diminta merancang kampanye antiseks bebas yang berujung pada penyalahgunaan narko-

CMYK

ba dan penyebaran HIV/AIDS dalam bentuk majalah dinding, juga menjadi penyuluh tentang kesehatan reproduksi remaja. Bantu Turunkan Terinfeksi HIV Direktur Eksekutif Sentra Kawula Muda Lampung (Skala) PKBI Lampung Dwi Hafsah Handayani mengungkapkan ko mitmennya melakukan advokasi kepada penderita HIV/AIDS di Lampung, salah satunya melalui implementasi program penjangkauan populasi kunci di Lampung. “Kami berupaya menyebarluaskan informasi tentang HIV dan AIDS kepada populasi kunci,” kata Dwi Hafsah. Hal tersebut merupakan bagian dari usaha menekan jumlah penderita HIV dan AIDS, yang juga didukung oleh upaya promosi perubahan perilaku. Populasi kunci diarahkan pada layanan voluntary counseling test (VCT) dan PABM (drug center), serta layanan harm reduction bagi injection drug users (IDU) dan pasangan seksualnya. Harm reduction artinya adalah strategi untuk mengurangi dampak buruk

–

dari kegiatan atau perilaku yang beresiko bagi pengguna napza. Beberapa kelompok sasaran Skala PKBI, yaitu wanita penjaja seks (WPS), lelaki berisiko, waria, lelaki yang berhubungan seksual dengan lelaki lain (LSL), pengguna narkoba suntik dan pasangan seksualnya, serta warga binaan pemasyarakatan. Ia menyebutkan beberapa strategi program yang dijalankan Skala PKBI selama ini dengan penjangkauan. Bentuk kegiatan yang dilakukan adalah menjangkau komunitas di lokasi-lokasi tempat perkumpulannya. Mereka akan menjangkau komunitas baru dan mendampingi komunitas lama untuk mempromosikan perilaku aman dari HIV dan AIDS. Dwi Hafsah menjelaskan komunitas akan dihitung sebagai orang baru jika sudah mendapatkan informasi tentang HIV dan AIDS, serta komunikasi atau diskusi di antara mereka. Selanjutnya komunitas dirujuk ke layanan VCT dan infeksi menular seksual (IMS). (AST/S-2)

–

setempat yang telah dilatih sebelumnya. Pendidikan kespro diintegrasikan dengan beberapa mata pelajaran, seperti Biologi, Agama, Penjaskes, serta diintegrasikan sebagai salah satu bentuk ekstrakurikuler di sekolah. Menurut Direktur PKBI Lampung Herdi Mansyah, sistem pengajaran pendidikan kespro bukanlah pendidikan seks sebagaimana dipahami masyarakat awam. “Pendidikan itu sama sekali bukan mengajarkan bagaimana berhubungan seks atau sejenisnya, melainkan memberikan pengetahuan tentang organ reproduksi dan pengetahuan anatomi yang diperlukan untuk hidup secara sehat dan bergaul secara benar, sejalan norma sosial dan aturan agama yang dianut,” ujar dia, saat rakerda PKBI Lampung ke-2 di wisma setempat, Sabtu (16-3) lalu. Di Lampung, pendidikan kespro diberikan di 24 SMA di Bandar Lampung, di antaranya 23 sekolah pendidikan kespro ke dalam kegiatan ekstrakurikuler, satu sekolah, SMA Utama II, sebagai muatan lokal, dan

–

tujuh pondok pesantren. Selain di Bandar Lampung, pendidikan kespro juga akan diujicobakan di Kabupaten Lampung Barat dan Metro. Bahkan, tahun ini pendidikan kespro akan dimasukkan bagian kurikulum sekolah. Sebagai pemula pendidikan akan diujicobakan masuk kurikulum di tiga sekolah di Bandar Lampung: SMA Utama II, SMA 16, dan SMK 4 serta SMA Taman Siswa sebagai pembanding. Layanan di Puskesmas Selain di sekolah-sekolah dan ponpes, PKBI Lampung juga menginisiasi layanan kespro remaja di puskesmas-puskesmas. Upaya ini dilakukan untuk memudahkan kalangan remaja yang memiliki persoalan terkait kespro serta berkonsultasi hingga menemukan solusinya. Herdi mengakui selama ini remaja umumnya malu menyampaikan masalah kespronya ke layanan umum di puskesmas. Karena itu, dengan dibuka layanan khusus yang dirancang khusus, para remaja tidak malu lagi menyampaikan keluhannya tersebut. (AST/S-2)

„ DOKUMENTASI LAMPUNG POST

LOKAKARYA KESPRO. Direktur PKBI Lampung Herdi Mansyah (tengah) bersama wakil ketua dr. Wirman saat memberikan presentasi akan pentingnya pendidikan kesehatan reproduksi bagi siswa dan remaja dalam lokakarya yang digelar beberapa waktu lalu.

CMYK

–

–


CMYK

±

SELASA, 19 Maret 2013 LAMPUNG POST

±

CMYK

±

PARIWARA 11

±

±

±

±

TIPS

Cara Mengatasi Sakit Maag PENYAKIT maag yang dipicu oleh sakit pada lambung bisa mengakibatkan gangguan pada pencernaan sehingga bila tidak ditangani dengan tepat maka bisa saja akhirnya mengganggu tubuh secara keseluruhan bila sakit yang diderita pada lambung sudah tergolong kronis. Obat Sakit Maag Upaya yang paling bagus untuk mengatasi dan mencegah penyakit maag adalah makan tepat waktu yaitu secara teratur dan tidak berlebihan, pola hidup yang seimbang dan sehat, menjaga kebersihan, dan menghindari stres. Adapun untuk mengobati sakit maag secara tradisional bisa menggunakan bahanbahan herbal berikut: Alpukat Obat sakit maag yang pertama yaitu menggunakan Biji buah Alpukat. Untuk membuatnya, cuci bersih biji alpukat dengan menggunakan air matang, kemudian parut biji alpukat dan campurkan 100 CC air matang dengan parutan biji alpukat tadi, kemudian saring.

±

Aturan pakai obat maag: - Sakit maag ringan, minum sari biji alpukat 1 kali sehari; - Sakit maag kronis, minum sari biji alpukat 2 kali sehari, pagi dan sore, sampai sembuh. Kunyit Obat maag yang kedua menggunakan ramuan kunyit. Untuk membuatnya, ambil 2 ruas kunyit, lalu dikupas dan bersihkan, kemudian parut kunyit, tambahkan air matang dan peras untuk mengambil sarinya. Untuk aturan pemakaian, minum dua kali sehari, pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur.

±

CMYK

±

CMYK

±

±


CMYK

±

OPINI selasa, 19 maret 2013

Member of Media Group Pemimpin Umum: Bambang Eka Wijaya. Wakil Pemimpin Umum: Djadjat Sudradjat. Pemimpin Redaksi/Penanggung Jawab: Gaudensius Suhardi. Wakil Pemimpin Redaksi: Iskandar Zulkarnain Pemimpin Perusahaan: Prianto A. Suryono. Dewan Redaksi Media Group: Saur M. Hutabarat (Ketua), Bambang Eka Wijaya, Djadjat Sudradjat, Djafar H. Assegaff, Elman Saragih, Laurens Tato, Lestari Moerdijat, Rahni Lowhur Schad, Suryopratomo, Toeti Adhitama, Usman Kansong. Redaktur Pelaksana: Iskak Susanto. Kepala Divisi Percetakan: Kresna Murti. Sekretaris Redaksi: M. Natsir. Asisten Redaktur Pelaksana: D. Widodo, Umar Bakti

Biro Wilayah Barat (Tanggamus, Pringsewu, Pesawaran): Sudiono (Kabiro), Abu Umarly, Erlian, Meza Swastika, Mif Sulaiman, Sayuti, Widodo. Biro Wilayah Selatan (Lampung Selatan): Herwansyah (Kabiro), Aan Kridolaksono, Juwantoro, Usdiman Genti. Senior Account Manager Jakarta: Pinta R Damanik. Senior Account Manager Lampung: Syarifudin Account Manager Lampung: Edy Haryanto. Manager Sirkulasi: Indra Sutaryoto. Manager Keuangan & Akunting: Rosmawati Harahap. Harga: Eceran per eksemplar Rp3.000 Langganan per bulan Rp75.000 (luar kota + ongkos kirim).

Redaktur: Heru Zulkarnain, Hesma Eryani, Muharam Chandra Lugina, Nova Lidarni, Sri Agustina, Sudarmono, Trihadi Joko, Wiwik Hastuti, Zulkarnain Zubairi.

Alamat Redaksi dan Pemasaran: Jl. Soekarno Hatta No.108, Rajabasa, Bandar Lampung, Telp: (0721) 783693 (hunting), 773888 (redaksi). Faks: (0721) 783578 (redaksi), 783598 (usaha). http://www.lampungpost.com e-mail: redaksi@lampungpost.co.id, redaksilampost@yahoo.com.

Asisten Redaktur: Aris Susanto, Isnovan Djamaludin, Kristianto, Lukman Hakim, Musta’an Basran, Rinda Mulyani, Rizki Elinda Sary, Sri Wahyuni, Vera Aglisa.

Kantor Pembantu Sirkulasi dan Iklan: Gedung PWI: Jl. A.Yani No.7 Bandar Lampung, Telp: (0721) 255149, 264074. Jakarta: Gedung Media Indonesia, Kompleks Delta Kedoya, Jl. Pilar Raya Kav. A-D, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Telp: (021) 5812088 (hunting), 5812107, Faks: (021) 5812113.

Liputan Bandar Lampung: Agus Hermanto, Delima Napitupulu, Iyar Jarkasih, Ricky P Marly, Sony Elwina Asrap. LAMPOST.CO Redaktur: Amirudin Sormin. Asisten Redaktur: Adian Saputra, Sulaiman. Content enrichment redaktur: Alhuda Muhajirin. Bahasa: Wiji Sukamto (Asisten Redaktur), Chairil, Susilowati. Foto: Hendrivan Gumay (Asisten Redaktur), Ikhsan Dwi Satrio, Zainuddin. Dokumentasi dan Perpustakaan: Syaifulloh (Asisten Redaktur), Nani Hasnia.

Kalianda: Jl. Soekarno-Hatta No. 31, Kalianda, Telp/Fax: (0727) 323130. Pringsewu: Jl. Ki Hajar Dewantara No.1093, Telp/Fax: (0729) 22900. Kotaagung: Jl. Ir. H. Juanda, Telp/Fax: (0722) 21708. Metro: Jl. Diponegoro No. 22 Telp/Fax: (0725) 47275. Menggala: Jl. Gunung Sakti No.271 Telp/Fax: (0726) 21305. Kotabumi: Jl. Pemasyarakatan Telp/Fax: (0724) 26290. Liwa: Jl. Raden Intan No. 69. Telp/Fax: (0728) 21281.

Desain Grafis redaktur: DP. Raharjo, Dedi Kuspendi. Asisten Redaktur: Sugeng Riyadi, Sumaryono. Biro Wilayah Utara (Lampung Utara, Way Kanan, Lampung Barat): Mat Saleh (Kabiro), Aripsah, Buchairi Aidi, Eliyah, Hari Supriyono, Hendri Rosadi, Yudhi Hardiyanto.

Penerbit: PT Masa Kini Mandiri. SIUPP: SK Menpen RI No.150/Menpen/ SIUPP/A.7/1986 15 April 1986.

Biro Wilayah Tengah (Lampung Tengah, Metro, Lampung Timur): Chairuddin (Kabiro), Agus Chandra, Agus Susanto, Andika Suhendra, Djoni Hartawan Jaya, Ikhwanuddin, M. Lutfi, M. Wahyuning Pamungkas, Sudirman, Suprayogi.

Percetakan: PT Masa Kini Mandiri, Jl. Soekarno - Hatta No. 108, Rajabasa, Bandar Lampung Isi di Luar Tanggung Jawab Percetakan. DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK, ­WARTAWAN LAMPUNG POST DILENGKAPI KARTU PERS DAN TIDAK DIPERKENANKAN MENERIMA ATAU M ­ EMINTA IMBALAN DENGAN ALASAN APA PUN.

Biro Wilayah Timur (Tulangbawang, Mesuji, Tulangbawang Barat): Juan Santoso Situmeang (Kabiro), Merwan, M. Guntur Taruna, Rian Pranata.

Nuansa Bawang Oh Bawang

±

±

“WIS ra sah masak, tuku mateng wae sayure karo lauk, lah wong rego brambang kok ngalahi iwak ayam telung kilo (sudah tidak usah masak, beli sayur dan lauk matang saja, soalnya harga bawang merah kok melebihi harga daging ayam 3 kilo),” ujar seorang ibu paruh baya, ketika sedang membeli sayur matang di salah satu warung nasi tegal di Pasar Kangkung, Bandar Lampung, akhir n LAMPOST/HENDRIVAN pekan kemarin. Sri Agustina Wartawan Pedagang warteg langsung menyahut. Lampung Post “Lah sing puyeng iki akulah, Bu. Masak kudu nganggo brambang karo bawang putih, regone sak langit, meh dodol sayur nek dipunggahi sewu yo pelangganne ngomel. Piye to yo, kok iso koyo ngene,” ujar dia. Saya yang sedang menunggu peyek udang matang terse­ nyum sambil nimpali. “Iya barang-barang sudah pada mahal semua, jadi repot ya,” kata saya. Seorang bapak yang sedang makan dengan lahapnya ru­ panya ikut mendengarkan pembicaraan kami dan ikutan nimbrung. “Ya sudah, kalau bawang mahal masakanya kasih Micin aja yang banyak.” Sontak saya langsung menjawab. “Waduh, Pak, Micin tuh berbahaya buat kesehatan kalau sering dipakai dalam waktu lama dan jumlahnya banyak, bisa kanker dan bodoh kata te­ man saya yang dokter,” tegas saya. Si bapak tadi cuma nyengir saja. Hade! Yang saya miris lagi, dari kasus bawang ini pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pertanian, mengakui data produksi bawang di Tanah Air tidak valid. (Lampung Post, Jumat (15-3)). Artinya, datanya salah sehingga pengambilan kebijakan pun salah juga yakni dengan membatasi impor bawang. Saya pikir tujuan mengurangi impor itu baik untuk meng­ gairahkan produksi bawang lokal dan meningkatkan ke­ sejahteraan petani. Sayangnya penerapan kebijakan tersebut tidak tepat waktu. Yang pasti, pemerintah harus segera mem­ buat tindakan nyata soal bawang ini, yaitu menggairahkan petani bawang lokal dan mengatur pasokan dan permintaan di pasaran. Yang pasti lagi, supaya bawang jangan sampai disubstitusi dengan Micin, bisa gawat! n

Pak de Pak Ho Ini menjadi momen kebangkitan sepak bola kita ya, Pak Ho.

Indonesia terhindar dari sanksi FIFA.

n FERIAL

Poj ok Nilai ujian nasional tahun ini lebih objektif. Kok masih pada cemas, kayak ada hantu aja?

n Pungutan di eks RSBI SMAN 1 Metro dipertanyakan. Itulah tradisi yang sulit dilupakan.

±

±

Partisipasi Opini Lampung Post menerima opini orisinal dan tidak dikirim ke media lain, tak lebih dari 5.000 karakter. Kirim via e-mail ke redaksi@lampungpost.co.id atau redaksilampost@yahoo.com. Kami mengutamakan tulisan yang mengkaji fenomena aktual di lingkungan masyarakat Lampung.

12

LAMPUNG POST

±

CMYK

±

CMYK

Kebersamaan Membangun Lampung Syafarudin Dosen, Ketua Lab. Politik Lokal dan Otonomi Daerah FISIP Unila

S

ETIAP 18 Maret, Lampung memperingati kelahiranya. UU No. 14/1964 yang dikeluarkan pada tanggal itu menandai ba­ bak baru Lampung menjadi provinsi dan pisah dari Sumatera Selatan. UU pelengkap Perpu No. 3/1964 itu makin memperkuat kedudukan provinsi se­ bagai pintu gerbang Sumatera. Terlepas masih ada yang kontra pemilihan tanggal lahir, saya kira momentum milad perlu dijadikan sarana refleksi dan proyeksi bersama. Selain mengucapkan syukur, mencatat kemajuan dan kelemahan, yang juga penting sekarang mempelajari daya saing, mengurangi ketegangan poli­ tik, dan memikirkan agenda strategis melanjutkan pembangunan. Hiruk pikuk persiapan pemilukada, pemilihan legislatif, dan pilpres semes­ tinya tidak melenakan semua pihak se­ hingga lupa sejarah kelahiran dan masa depan provinsinya. Momentum pemilu dan momentum pembentukan awal provinsi hakikatnya sejalan. Keduanya bertujuan menyiapkan sistem dan pe­ jabat publik yang mampu menawarkan dan melaksanakan lompatan perubah­ an demi kesejahteraan rakyat. Alhamdulillah, Lampung lahir dan sudah tumbuh sebesar sekarang. Ini semua berawal dari kerja sama sinergis para tokoh, masyarakat, aparat daerah, dan pusat kala itu. Para pelaku sejarah yang meletakan fondasi pemerintahan lokal, itu mungkin tidak mengharap­ kan apresiasi. Namun, wajar kiran­

ya generasi sekarang berkomitmen melanjutkan pembangunan. Lampung waktu itu nasibnya lebih beruntung ketimbang Banten. Tahun 1964, Presiden Soekarno bersama Dewan merespons usulan dan menge­ luarkan UU yang membentuk Provinsi Lampung. Sedangkan usulan Banten menjadi provinsi di tahun yang sama tidak terealisasi. Padahal, Banten mempersiapkan diri sejak 1953. Banten terus berjuang sepanjang rezim Orde Baru berkuasa, tetapi gagal juga. Akhirnya tahun 2000, pada masa Presiden Abdurahman Wahid, barulah Banten ”merdeka”. Jadi, provinsi sendiri pisah dari Jawa Barat. Meskipun Provinsi Banten berusia muda, Lampung tidak per­ lu melihat sebelah mata. Malah tampaknya perlu melihat keberanian politisi perempuan mereka menjadi gu­ bernur, bupati, atau wakil bupati. Lampung juga harus melihat Aceh. Meskipun rakyat miskin, Aceh lebih banyak, Aceh melakukan dua lompatan besar. Pertama, Aceh membangun kerja sama pemprov-rakyat membuka perke­ bunan rakyat orientasi ekspor demi kes­ ejahteraan rakyat dan penguatan saham pemerintah lokal. Aceh saat ini concern mengundang investor asing di bidang perkebunan. Kedua, Aceh melakukan terobosan membangun wisma haji di Mekah mendahului program Kemenag, yang tentu menguntungkan masyarakat dan Pemerintah Aceh. Saya percaya Lampung memi­

liki berbagai keunggulan dan modal sosial-budaya yang bisa dikelola melebihi Aceh dan provinsi lain di Sumatera. Beberapa kabupaten dan Pemerintah Provinsi Lampung belakangan memprogramkan pe­ ngentasan kemiskinan di desa-desa. Bila ditunjang dana corporate social responsibility (CSR) perusahaan swasta dan kepedulian kaum mampu (melalui zakat, beasiswa, angkat-saudara, atau memberi kerja), plus me­ nekan penyimpangan, niscaya kemiski­ nan akut perlah­ an-lahan segera ditekan. Meskipun angka human development index (HDI) Provinsi Lampung di po­ sisi menengah di Sumatera, saya ya­ kin Lampung juga n DP. RAHARJO bisa melebihi Su­ matera Barat yang banyak ditunjang cerdik pandai dan pedagang yang giat mengumpulkan modal mela­ lui gebu minang, membangun jaringan UKM nusantara, dan mencari terobos­ an pasar. Lampung yang memiliki tokoh-tokoh bisnis, saya yakin mampu membuka jaringan atau bahkan memindahkan sebagian etalase perdagangan Sumatera berikut komunitas bisnis dari Batam ke Bandar Lampung, Penengahan, atau Bakauheni, misalnya. Lampung poten­ sial menjadi lumbung ternak, sentra baru ketahanan pangan, dan sentra terminal agrobisnis Sumatera.

±

Lampung yang memiliki cita-cita be­ sar, seperti mendorong pembangun­an JSS, jalan tol, kota baru modern, jalur baru kereta api, bandara interna­ sional, terminal agrobisnis, dan jalan layang dalam kota, saya yakin juga memiliki kemampuan gerak cepat menyediakan infrastruktur listrik, transportasi, kesehatan, dan sekolah bagi kaum papa di pelosok yang belum tersentuh jalan aspal. Lampung yang mengalami libido pemekaran tanpa kawalan grand design for territorial reform, saya yakin bisa juga cerdas memperkuat sisi lain pemerintahan lokalnya. Pilihan lain yang berkembang sekarang adalah kerja sama antardaerah dan desen­ tralisasi asimetri yang rasional. Gagasan networking city and state, saya kira bisa melengkapi bahkan melampaui pilihan yang ada. Gagasan ibu kota negara perlu wilayah/provinsi penyangga (ekonomi, pemerintahan, in­ frastruktur, dan lainnya) lazim ditemui di berbagai negara, seperti Den Haag yang menyokong Amsterdam di Belanda dan Cape Town menunjang Pretoria di Afrika Selatan. Dalam pandangan ini, Lampung sangat strategis didorong dikembang pusat untuk menopang Jakarta. Akhirnya, para pendiri bumi kopilada dan kita tentu bangga bila me­ lihat semua pihak bisa mulai rajin silaturahmi, ramah menyapa, saling menyokong, dan berlomba-lomba berbuat kebaikan. Bisa juga sportif membedakan kapan kontestasi, rehat sejenak, dan memulai bekerja sama membangun kembali Lampung yang sudah berusia 49 tahun ini. Tabik pun. n

Masih Adakah Asa di PSSI? Suryopratomo Anggota Dewan Redaksi Media Group

S

ETELAH melalui jalanan yang berliku, Kongres Luar Biasa Persatuan Sepak Bola Seluruh In­ donesia (KLB PSSI) digelar pada Minggu (17-3) di Jakarta. Ke­ sepakatan di antara dua kubu, yaitu PSSI dan Komite Penyela­ mat Sepak Bola Indonesia (KPSI), untuk mau duduk bersama dalam pelaksanaan KLB meru­ pakan modal berharga untuk mengakhiri kekisruhan pembi­ naan sepak bola Indonesia. KLB PSSI tidak hanya akan bisa menyelamatkan persepak­ bolaan nasional dari sanksi Fe­ derasi Sepak Bola Internasional (FIFA), tetapi juga menemukan kembali arah pembinaan sepak bola nasional yang hendak kita lakukan. Oleh karena itu, KLB

PSSI tidak boleh berhenti hanya pada penyusunan kepengurus­ an PSSI yang baru, tetapi harus mampu melahirkan konsep pembinaan sepak bola yang akan dilakukan dalam 25 tahun ke depan. Tidak ada jalan pintas dalam membangun kesebelasan na­ sional yang bisa dibanggakan. Pembinaan sepak bola mem­ butuhkan kerja keras apabila ingin mencapai keberhasilan. Kita bisa lihat pengalam­ an Prancis dalam membina persepakbolaan mereka. Bayangkan Prancis, yang melahirkan ide untuk meng­ gelar ajang Piala Dunia dengan menyediakan trofi emas Jules Rimet pada 1930, baru bisa menjadi juara dunia pada 1998. Keberhasilan Prancis untuk menjadi kesebelasan terbaik di dunia diraih setelah Presiden Federasi Sepak Bola Prancis

Fernand Sastre membangun Akademi Sepak Bola Prancis di Clairefontaine pada 1976. Untuk itu, KLB PSSI jangan sekadar menjadi ajang berkum­ pulnya para elite sepak bola yang memiliki hasrat mengejar kekua­ saan semata. Para peserta KLB PSSI harus membawa ide yang cemerlang tentang bagaimana sebaiknya pembinaan sepak bola Indonesia dilakukan. Oleh karena itu, para peserta KLB PSSI harus mengerjakan pekerjaan rumahnya sebelum datang ke Jakarta. Semua harus bisa mengumpulkan ide besar yang ada di daerah masingmasing untuk dijadikan bahan pemikiran bersama di KLB PSSI. Pilih model, kita harus memilih model pembinaan se­ pak bola yang akan dilakukan. Berbagai model pembinaan yang dikembangkan banyak negara bisa dijadikan sebagai

acuan, tetapi pelaksanaannya harus berpijak pada kondisi nyata yang kita hadapi. Hal lain yang juga harus kita pikirkan ialah sistem kompeti­ si yang akan digelar. KLB PSSI bukan hanya harus mengakh­ iri dualisme kompetisi, Liga Su­ per Indonesia dan Liga Primer Indonesia, melainkan juga harus mengkaji apakah lebih baik menggelar satu kompetisi nasional atau membagi Indo­ nesia dalam wilayah. Menteri Pemuda dan Olah­ raga Roy Suryo berjanji untuk mengawal pelaksanaan KLB PSSI agar bisa berjalan de­ ngan baik. Untuk itu, Menpora jangan larut dalam perbedaan yang masih ada. Menpora jus­ tru harus menjadi penengah yang mampu membawa semua pihak untuk selalu menda­ hulukan persamaan, bukan memperbesar perbedaan.

Meminjam istilah pemimpin China Deng Xiaoping, tidak peduli kucing itu warnanya hitam atau putih, yang penting bisa menangkap tikus. Bagi pe­ cinta sepak bola, tidak peduli siapa yang akan memimpin PSSI, yang terpenting ia bisa membawa kemajuan bagi persepakbolaan Indonesia. Satu yang kita ingin in­ gatkan, mereka yang akan memimpin PSSI hendaknya mempunyai kredibilitas, ka­ pasitas, dan koneksi. Tiga hal itu penting agar PSSI menjadi lembaga yang dihormati ka­ rena di­pimpin oleh orang yang mempunyai kapasitas mana­ jerial yang baik dan mampu membangun jaringan. Semoga memang masih ada asa di PSSI. KLB PSSI bisa menunjukkan adanya harapan bagi kita un­ tuk melihat persepakbolaan Indonesia yang lebih cerah. n

±

Ketika Partai Berbasis Agama Rontok Ahmad Ubaidillah Mahasiswa Program Magister Studi Islam UII Yogyakarta

H

arus diakui bahwa partaipartai berbasis agama di Indonesia, khususnya par­ tai-partai beraroma Islam, pada hakikatnya sudah tidak ada lagi. Sepak terjang partai-partai yang me­ ngaku berideologi Islam sudah tidak lagi mencerminkan nilai-nilai dan semangat Islam. Mereka tidak jauh berbeda dengan partai yang tidak men­ jadikan Islam sebagai ideologi. Bahkan, bisa dikatakan pula partaipartai politik Indonesia, yang lahir dari rahim keagamaan, sepertinya sudah mulai menceburkan diri ke lubang par­ tai nonagama. Mencuatnya kader-ka­ der korup dari partai-partai beraroma samawi adalah salah satu bukti bahwa partai agama tidak mampu menjadi benteng kekuatan moral. Inilah juga yang menjadi salah satu penyebab partai-partai berbasis keagamaan perlahan mulai rontok. Beberapa hasil survei yang lalu telah memperlihatkan popularitas dan elek­ tabilitas yang semakin menurun dan terjun bebas dari waktu ke waktu.

Saya melihat rontoknya partai-partai Islam juga terkait budaya politik yang tidak Islami. Budaya politik yang di­ mainkan para politikus Islam semakin menunjukkan budaya politik yang sangat rendah, miskin jiwa idelalisme Is­ lam. Serangkaian akitivitas politik yang dilakukan politikus baik di tingkat legis­ latif, eksekutif, maupun yudikatif kian melenceng jauh dari budaya luhur poli­ tik Islam. Akibatnya, mereka gampang terjerat oleh politik hasrat kepentingan diri dan kelompok (partai)-nya. Hal ini juga bisa kita lacak, misalnya berbagai tindakan politik yang dilaku­ kan para politikus dalam menjalankann pemerintahan. Mereka sudah tidak lagi mengedepankan kepentingan rakyat, melainkan sudah terperosok pada ke­ pentingan diri dan kelompoknya yang tidak jarang melukai hati nurani rakyat. Yang lebih ironis, partai-partai Islam masih terus menyuarakan misi Islam­ nya dan bertekad menyejahterahkan rakyat meski tanpa pembuktian secara nyata. Padahal, rakyat mendambahkan wujud nyata nilai-nilai Islam ke dalam tatanan kebangsaan dan kenegaraan. Di sinilah orang-orang dari partai Islam dituntut menerapkan kembali bu­ daya politik Islam dalam berpolitik agar

±

tercapai kemakmuran dan kesejahtera­ an seluruh rakyat Indonesia. Budaya politik Islam harus membumi ke dalam jiwa-jiwa para politikus Islam di tengah gempuran budaya politik yang semakin rendah dan remeh temeh tersebut. Teologi Pembebasan Menurut saya, orang-orang partai Is­ lam perlu membumikan teologi pembe­ basan. Ini mengandung makna bahwa partai-partai Islam harus mau mem­ perjuangkan keadilan bagi semua dan melawan segala bentuk penindasan. Orang-orang partai harus pandai menggali nilai-nilai dari ajaran Islam, terutama bersumber dari Alquran dan hadis, untuk dijadikan pedoman, prinsip, dan asas memperjuangkan kemaslahatan umat manusia. Sayang­ nya, orang-orang partai Islam sekarang tidak banyak yang mau menerapkan teologi pembebasan sebagai salah satu semangat Islam tersebut. Agenda pemberantasan korupsi, suap, penyucian uang, gratifikasi seks, misalnya, harus menjadi perhatian utama partai-partai berideologi Islam. Partai-partai Islam tersebut diharapkan mampu menjadi garda depan mengatasi persoalan-persoalan bangsa tersebut.

Justru, yang terjadi sekarang adalah ka­ der partai Islam terlibat korupsi. Ini tentu saja sama sekali tidak mencerminkan perilaku partai religius (Islam). Saya berkeyakinan partai-partai Is­ lam akan mendulang suara di Pemilu 2014 mendatang kalau segenap kom­ ponen partai (pemimpin atau para kader) memiliki kesadaran tinggi membangun kembali partainya yang betul-betul berlandaskan ideologi Islam tersebut. Partai-partai politik Islam bisa menerapkan teologi pembebasan, misalnya pembebasan kebodohan, ketidakadilan, kesewenang-wenangan, kemiskinan, korupsi, dan sebagainya. Jadi, saya kira pemimpin-pemimpin atau kader partai Islam tidak perlu menyuarakan atau berkoar-koar ke­ pada publik bahwa partainya berideologi agama (Islam). Cukup, mereka membuk­ tikan kepada rakyat bahwa ideologi yang diusung tersebut (ideologi Islam) mampu menyejahterahkan seluruh rakyat In­ donesia dan mampu membebaskan se­ gala bentuk persoalan bangsa (ekonomi, politik, pendidikan, hukum, sosial, dan sebagainya). Inilah hakikat partai Islam yang masih perlu diperjuangkan oleh para kadernya di tengah ketidakjelasan ideologi partai-partai saat ini. n

CMYK

±

±


INTERAKTIF selasa, 19 Maret 2013 LAMPUNG POST

sms

Ruang Publik Kirimkan keluhan dan komentar Anda tentang pelayanan publik ke e-mail: redaksi@lampungpost.co.id, redaksilampost@yahoo.com, short message service (SMS) 0815-405-9000, www.facebook.com/lampungpost.interaktif

13

Kepala Sekolah Menjabat Seumur Hidup?

Bupati Tuba Barat yang terhormat, me­ ngapa kepala-kepala sekolah di daerah pedalaman, seperti Gunungterang, Gunungagung, Way Kenanga, dan lain-lain menjabat seumur hidup. Ada apa? Sutrisno, Gunungterang 085609095xxx

Kerugian PLN akibat Listrik Mati

Tiada Hari tanpa Mati Lampu

Yth. Pimpinan PLN wilayah Lampung, mohon jangan sering-sering mema­ damkan listrik karena PLN sendiri yang akan merugi. Pelanggan pun terkena imbasnya. Pelayanan primanya mana? Bukannya listrik adalah dapat menerangkan lahir-batin. Ayo dong kita tingkatkan pelayanannya semua. Terima kasih. 08127976xxx

Kami warga Kecamatan Candipuro kecewa dengan PLN. Tiada hari tanpa mati lampu! Setiap magrib mati terus atau pukul 12 malam dan subuh, tetapi pihak PLN masih saja bisa berdalih alasan ini itu. Dengan mati lampu, sering terjadi pencurian. Mohon perbaiki pelayanan karena kami bayar, Pak. 085215382xxx

Perbaiki Jalan NatarNegerisakti Tolong akses jalan tembus­ an dari Natar menuju ke Negerisakti, Pesawaran, diperhatikan guna kelancaran aktivitas warga yang melalui jalan tersebut. 081930166xxx

Preman di Jembatan Terbanggi Yth. Kapolres Lampung Te­ ngah, kami pengguna jalan merasa terganggu bila melewati Jembatan Terbanggi, karena masih banyak preman dan pemalak ganas. 085269764xxx

Kapan Lampura Aman? Yth. Bupati Lampung Utara, Kapolres Lampura, Kapolda Lampung, kapan Kabupaten Lampura aman? Kami masyarakat selama lima tahun terakhir sudah tidak merasakan aman lagi. 082179193xxx

Jangan Hilangkan Kebanggaan Kami Luar biasa kejadian pe ­ nyerangan Polres Baturaja. Coba kehebatan itu untuk ngelawan negara lain yang m e n g g a n g g u ke u t u h a n NKRI, mungkin jauh lebih bermakna. Coba keberanianmu ditunjukkan waktu Pulau Sigalang Ambalat direbut negara lain atau Timoer-Timoer keluar dari NKRI. TNI-ku jangan hi­ langkan kebanggaan kami sebagai rakyat Indonesia. 082374188xxx

Jalan P. Antasari Sangat Gersang Yth. Bapak Wali Kota Bandar Lampung, Jalan P. Antasari sangat gersang dan panas karena tidak ada pepohonan yang tumbuh di sekitarnya. Supaya indah dan asri, mohon jalur tengah jalan ditanam pepohonan. 081369758xxx

surat

pembaca

DAMRI Berkawat Pelindung

KEHIDUPAN liar di hutan rimba pada era prasejarah telah memaksa manusia untuk membuat perlindungan dari bahaya binatang buas. Berkembangnya manusia membuat mereka mulai memasuki era menetap, yang sebelumnya masih nomaden atau berpindah-pindah. Seiring dengan berkembangnya zaman pada saat itu, manusia mulai memiliki budaya. Melihat dari sekilas manusia pada zaman prasejarah tersebut, dengan berkembangnya zaman, manusia akan makin mempunyai peradaban. Namun, apa yang terjadi beberapa hari ini dengan adanya kabar bahwa DAMRI sebagai salah satu penyedia angkutan jalan mengalami teror berupa pelemparan batu di bagian kaca depan hingga beberapa kali, hingga akhirnya DAMRI memasang kawat pelindung di bagian kaca depan bus untuk mengantisipasi tindakan tersebut. Kabar tersebut sungguh membuat miris dan menimbulkan pertanyaan Apakah kita kembali kepada zaman rimba? Jika dahulu manusia membuat perlindungan untuk menghindari dari serangan binatang buas. Lalu, jika dikaitkan dengan kejadian di atas, apakah hal itu sama dengan dahulu? Jawabannya sudah pasti tidak karena DAMRI berjalan di atas jalan dari Jakarta menuju Lampung atau sebaliknya yang sepanjang jalan tersebut sudah tidak ditemukan lagi adanya binatang buas. Pemasangan kawat pelindung pada DAMRI lebih disebabkan karena tindakan dari sesama manusia itu sendiri. Pertanyaan selanjutnya adalah Apakah sejarah manusia akan berputar kembali kepada era prasejarah, setiap manusia akan membuat perlindungannya masing-masing? Kita semua tidak berharap demikian, kesadaran akan budaya dan peradaban manusia harus dibina dan diteruskan kepada setiap generasi manusia, mulai dari sekarang hingga keturunnya, sehingga kehidupan yang berbudaya dan beradab dapat terus berkembang. Adi Asmariadi Budi Alumnus Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta

Mengapa ‘Zebra Cross’ Dihilangkan? SAYA tertarik untuk mengomentari gambar pada harian Lampung Post, Kamis 14 Maret 2013, halaman 17, dengan judul Menyeberang Sembarangan. Siswa SD menyeberang sembarangan di tengah padatnya lalu lintas Jalan Kartini, Rabu (13-3). Banyak masyarakat memilih menyeberang jalan tanpa menggunakan jembatan lalu lintas meskipun bahaya mengancam, (mungkin yang dimaksudkan jembatan penyeberangan). Sayangnya pemotret kurang tepat waktunya untuk mengabadikan momen tersebut. Ada saatnya ramai murid-murid SD, SMP, SMK menyeberang di sini. Di sebelah timur Jalan Kartini adalah Jalan Suprapto. Di sini terdapat dua sekolah, yaitu SD negeri dan SMP Tamansiswa, yang beraktivitas pagi, dan satu sekolah, SMK Tamansiswa, yang beraktivitas siang dan letak tiga sekolah ini saling berdempetan.

Tampaknya murid SD yang menyeberang di sini beralamat di Kaliawi, yang keluar dari Gang Luwes, sedangkan murid SMP dan SMK, mengendarai angkot yang turun di tempat ini juga. Mereka tidak mungkin turun angkot di RM Garuda atau simpang tiga Kaliawi yang terdapat jembatan penyeberangan. Murid SD tidak mungkin menuju kedua jembatan penyeberangan tersebut karena relatif jauh dari Gang Luwes. Berhadap-hadapan dengan Gang Luwes terdapat Gang Setia yang menghubungkan Jalan Kartini dengan Jalan Suprapto. Seingat saya, kalau tidak salah sampai dengan 10 tahun yang lalu di tempat ini terdapat Zebra Cross yang menghubungkan Gang Luwes—Gang Setia. Mengapa kemudian ditiadakan? Sejak 1966, orang tua saya tinggal di sekolah Tamansiswa tersebut. Kemudian sejak 1984 saya beralamat di Kemiling dan 2005 beraktivitas di sekolah Tamansiswa Jalan Suprapto. Dalam setahun terakhir, sudah dua kali saya terserempet sepeda motor waktu menyeberang di sini. Harapan kami yang terpaksa harus menyeberang jalan di sini adalah dibuatkan lagi Zebra Cross untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas. Semoga harapan kami dapat ditindak lanjuti oleh instansi terkait. Terima kasih. Subandhoro Jl. Bukitpunggur A4/21 RT 014, Wana Asri Beringinraya, Kemiling, Bandar Lampung

Lingkungan Pendidikan Religius dan Hiburan Malam SUKARAME bisa dikatakan sebagai lingkungan pendidikan religius. Betapa tidak, mulai dari madrasah iftidaiah, madrasah tsanawiah, madrasah aliah, hingga perguruan tinggi Islam ada di lingkungan ini. Belum lagi beberapa waktu lalu dipercaya sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ tingkat Kota Bandar Lampung. Namun, belakangan ini Sukarame juga menjadi lingkungan yang rawan kriminalitas, mulai dari pencurian kelas teri sampai kelas kakap. Sayangnya sampai sekarang belum terlihat adanya upaya dari pihak-pihak berwenang untuk menyelesaikan masalah ini. Masalah yang paling krusial adalah keberadaan tempat hiburan malam, yang beroperasi di lingkungan ini beberapa tahun terakhir, tepat berdampingan dengan kampus Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung dan terbilang dekat dengan sekolahsekolah agama yang ada di lingkungan ini. Mungkin banyak orang yang tidak sadar kalau ini adalah tempat hiburan malam karena tempat ini berlabelkan kafe. Faktanya, tempat ini buka dan pengunjung (pria dan wanita) berdatangan sekitar pukul 23.00, lalu tutup dan pelanggan pulang sekitar pukul 02.00 dini hari. Apa ini bukan tempat hiburan malam? Bagaimana bangsa ini akan maju kalau lingkungan pendidikan yang akan melahirkan generasi penerus saja sudah dikotori dengan hal-hal seperti ini. Saya berharap pihak berwenang segera mengambil tindakan tegas untuk menertibkan hal ini, terutama ayahanda Wali Kota Bandar Lampung. Kalaupun akan diperjelas statusnya terlebih dahulu, silakan dilakukan sesegera mungkin. Rahman Hakim Sukarame, Bandar Lampung


CMYK

±

SElasa, 19 MARET 2013

LAMPUNG POST

±

±

PARIWARA 14

±

±

±

±

±

±

±

CMYK

±

±


CMYK

±

selasa, 19 maret 2013 LAMPUNG POST

CMYK

±

±

Rifa Nabila Putri

INSPIRASI

“Sekolah tetap nomor satu. Kalau melukis, hanya menyalurkan bakat dan hobi. Tapi, saya akan melukis sampai kapan pun juga.”

15

RIFA NABILA PUTRI ±

Jawara Lukis dari Lampung D SEKARANG, perempuan muda satu ini menjadi siswi di SMP Negeri 1 Bandar Lampung. Sekalipun masih sangat belia, dengan usia 13 tahun, prestasinya sangat banyak, terutama dalam dunia seni lukis.

ialah Rifa Nabila Putri. Putri pertama pasangan Supriyadi dan Rohyati Sari ini memang sejak kecil menyukai dunia menggambar. Hampir sebagian kertas HVS berlogo nama perusahaan ayahnya dihabiskannya untuk mencoret-coret gambar apa saja. Dia juga suka mencoret-coret kertas pekerjaan ibunya yang kini menjadi staf tata usaha di SMP Negeri 2 Merbaumataram, Lampung Selatan. Melihat bakat anaknya di dunia seni lukis itu, sang ibu pun mulai memberinya krayon kepada Rifa kecil. Padahal, waktu itu usianya belum genap 3 tahun dan belum sekolah. Bakat gadis kecil kelahiran Bandar Lampung, 20 April 2000 itu sangat terlihat saat dia mulai duduk di bangku Taman Kanak-kanak (TK). Alhasil, ayah dan ibunya pun harus membuat waktu ekstra demi membimbing bakat Rifa yang

n LAMPUNG POST/LUKMAN HAKIM

CAMPING ART 2011. Anggota DPRD Lampung dari Fraksi PDIP, Syafariah Widianti Z.P. (jilbab merah muda), saat melihat lukisan pemandangan pantai pada pameran lukisan di Taman Budaya Lampung tahun 2012, hasil karya Rifa Nabila Putri. Sebelumnya Rifa mengikuti Camping Art 2011 di Pantai Pegadung, Desa Kelumbayan, Tanggamus.

akhirnya menjadi salah satu maestro lukis dari Lampung saat mendampingi beberapa pelukis dari nasional dan luar negeri pada Camping Art 2011 di Pantai Pedagung, Desa Kalumbayan, Tanggamus. Prestasi terbaru Rifa Nabila Putri ialah menjadi peserta tamu dalam Adventure Lampung Art 2011 di Taman Budaya Lampung, beberapa waktu lalu. Rifa mengaku darah seni mengalir begitu saja. Padahal, kedua orang tuanya bukanlah penggiat seni. “Kini Rifa sudah mulai melukis keindahan alam,” kata gadis itu malu-malu. Tanggal 4—5 April 2011, Rifa diajak maestro lukis dari Jerman, Swedia, Yogyakarta, Jakarta, Lampung, dan berbagai pelukis profesional dari Indonesia dan Asia lainnya dalam Camping Art 2011 di Pantai Pegadung. Sebagai pelukis cilik, Rifa memang tidak sendiri. Dia ditemani Nabila Ayu, teman satu sekolahnya saat di SD dulu. “Perjalanan empat jam yang melelahkan terbayar dengan panorama keindahan pantai Teluk Kelumbayan,” kata putri pertama dari dua bersaudara itu. Kalau soal prestasi di dunia lomba lukis, jangan ditanya. Ratusan piala hasil lomba mewarnai dan melukis yang dilakoninya sejak duduk di taman kanak-kanak sudah menyesakkan rumahnya di Way Huwi, Lampung Selatan. Namun, hal itu tidak membuahkan kesombongan dan kepuasan dalam diri Rifa. Padahal, dia sendiri telah meraih Best Indrowing dalam lomba nasional menggambar di Jakarta tahun 2007. Saat masih duduk di TK (2006), Rifa sudah mengikuti lomba mewarnai tingkat internasional di Tangerang. Walaupun tidak juara, Rifa masuk 10 lukisan terbaik peserta lomba. “Hal yang membanggakan diundang sebagai peserta tamu dalam Adventure Lampung Art 2011 dan Camping Art 2011. Karena, dalam kegiatan itu kita dianggap profesional dan mampu satu panggung dengan pelukis-pelukis profesional dari dalam dan luar negeri,” kata dia.

±

Satu mimpi yang belum terwujud, kata lulusan SD Alkautsar itu adalah dia ingin menggelar pameran lukisan dan melelang lukisan-lukisannya. Namun, dia masih membutuhkan waktu yang tepat dan kalau ada sponsor. Mengingat, baginya pameran lukisan itu membutuhkan tenaga, biaya, dan waktu yang tidak sedikit. Sementara dia juga harus membagai waktu menyalurkan hobi dan belajarnya. Sebab, bagaimana pun juga, bagi Rifa sekolah tetap nomor satu. Hal itu dapat dibuktikannya selalu meraih prestasi baik di sekolah, bahkan nilai pun selalu di atas rata-rata 8,5. “Belajar tetap nomor satu. Kalau melukis, hanya menyalurkan bakat dan hobi saja,” kata dia. (LUKMAN HAKIM/S-2)

Biodata Nama : Rifa Nabila Putri Tempat/Tgl. Lahir : Bandar Lampung, 20 April 2000 Pendidikan : Pelajar SMP Negeri 1 Bandar Lampung Alamat Ayah Ibu Adik

: : : :

Perumahan Way Huwi, Lampung Selatan Supriadi, S.P. Rohyatisari, S.E. Rafi Athalah Putra (6)

Prestasi : - Juara menggambar tingkat nasional dengan predikat Best in Drawing - Juara menggambar tingkat internasional dengan predikat Consulation - Juara I Beregu Koko MIPA se-Provinsi Lampung - Juara I Olympiade IPA se-Kecamatan Rajabasa - Juara I Siswa Berprestasi Nonakademik SD Alkautsar. - Juara I Lomba Poster di Yayasan Alhuda, Lamsel, 2013 - dan ratusan juara tingkat Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung, dan tingkat nasional lainnya. n LAMPUNG POST/LUKMAN HAKIM

Ingin Melukis di Ruang Angkasa

±

KALAU ditanya soal cita-citanya, Rifa Nabila Putri selalu menjawab ingin jadi astronot. Sebuah cita-cita yang jarang sekali terdengar dari mulut anak-anak seusiannya. Rifa memang ingin sekali ke ruang angkasa. Sebab, dia ingin melukis tentang antariksa di angkasa raya. “Dari Indonesia kan belum ada astronot perempuan ke ruang angkasa. Dulu pernah ada, tapi kan batal ke angkasa,” kata Rifa. Sekalipun berusia masih sangat muda, gadis kecil ini sudah sangat memikirkan orang-orang di sekelilingnya yang hidup dalam kekurangan. Jangan heran jika banyak hadiah dari lomba melukisnya, seperti buku, meja belajar, tas, dan uang sering dia sumbangkan kepada anak-anak kurang mampu. “Rifa diajarkan untuk selalu menolong dan memberi, terutama bagi teman-teman yang kurang mampu. Sebagian hadiah Rifa tabung untuk melanjutkan sekolah nanti. Mungkin itu rezeki mereka dari tangan saya. Lagi pula hadiah yang saya dapat sa­ ngat banyak, kalau dijual juga sayang, mendingan diberikan kepada orang yang lebih membutuhkan,” ujar dia. Satu hal yang dia ingin laksanakan dalam waktu dekat ini, Rifa akan menggelar pameran lukisan tunggal. Untuk mewujudkan mimpinya itu, guru pembimbing melukisnya sedang berusaha keras melatih Rifa dan menyiapkan segala sesuatunya. Sebuah niatan aman, baik, dan tulus akan dia lakukan dalam pameran dan lelang lukisan itu. Uang hasil lelang dan penjualan lukisan akan dia berikan kepada pamannya yang mengalami cacat di wajah dan

±

±

sebagian tubuhnya akibat terkena setrum tegangan tinggi saat menjalankan tugas mencari nafkah. “Rencananya uang hasil lelang akan Rifa berikan kepada Ayah Firmansyah, yang kini membutuhkan biaya operasi face off akibat kecelakaan yang dialaminya. Biayanya sangat besar sih, lebih dari Rp1 miliar. Tapi, paling tidak Rifa dapat membantunya. Semoga Allah mengabulkan niatan ini,” kata peraih juara I lomba foster di Yayasan Alhuda Lampung Selatan, tahun ini. Ditanya soal keikutsertaannya dalam Camping Art 2011, Rifa mengaku bangga dan terpesona dengan ciptaan Yang Mahakuasa. Ternyata, kata dia, Lampung memiliki potensi wisata yang sangat indah dengan panorama alam yang menakjubkan, salah satunya Pantai Pegadung, Kelumbayan, Tanggamus. “Kami diberi kebebasan melukiskan ciptaan Tuhan ke atas kanvas. Rifa berharap kegiatan seperti ini dapat diadakan di lokasi wisata lainnya. Tujuannya, selain menyalurkan jiwa seni di atas kanvas, kita juga dapat merenungi, menghargai, dan menjaga ciptaan Allah itu,” ujar dia. Ditanya apakah Rifa tertarik dalam dunia jurnalistik yang sudah cukup banyak mengabadikan namanya dalam dunia mewarnai dan melukis, Rifa mengaku sangat ingin. Terlebih, dia juga suka mengarang dan menulis. Namun, kesempatan menjadi reporter cilik baginya sudah berlalu karena dia sudah tidak lagi duduk di bangku sekolah dasar. “Kalau sekarang, mungkin Rifa masuk di Bintang Pelajar Lampung Post aja, ya,” kata dia bersemangat. (LUKMAN HAKIM/S-2)

±

n LAMPUNG POST/LUKMAN HAKIM

PAMERAN. Rifa Nabila Putri bersama neneknya, Nilla Nargis (mantan anggota KPU Provinsi Lampung/kerudung putih), saat mengikuti pameran lukisan di Taman Budaya Lampung, tahun 2012 lalu.

±

CMYK

±

CMYK

±


±

±

CMYK

CMYK

±

HIBURAN Selasa, 19 Maret 2013 LAMPUNG POST

16 Tata Dado

Komedian itu Kini Telah Tiada

±

Gwyneth Paltrow Keguguran

JAGAT hiburan Tanah Air berduka. Komedian Tata Dado meninggal dunia, Senin (18-3), setelah berjuang melawan penyakit komplikasi yang dialami­ nya beberapa tahun belakangan ini. Tata dipanggil ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa pukul 16.30 di usianya yang ke-48 tahun. Ucapan belasungkawa pun mengalir deras di situs jejaring sosial. Kebenaran kabar mening­galnya Tata Dado dibenarkan Ozi, salah satu keluarganya. “Iya bener (meninggal), sekitar pukul 16.30,” ujar Ozi, Senin (18-3). Beberapa jam sebelum­nya,

AKTRIS Gwyneth Paltrow akhirnya buka-bukaan soal keguguran yang pernah dialaminya. Istri vokalis Coldplay, Chris Martin, itu mengaku nyaris meninggal karena kegugurannya itu. Seperti dilansir ShowbizSpy, Senin (18-3), Gwyneth yang kini memiliki dua anak, Apple dan Moses, mengungkapkan ia keguguran saat hamil anak ketiganya. “Aku punya pengalaman buruk ketika aku hamil anak ketiga. Kehamilanku tidak berhasil dan aku nyaris meninggal,” ujar bintang film Iron Man itu. Gwyneth menuturkan kondisi kesehatannya

±

santer dikabarkan Tata telah meninggal. Namun, hal tersebut sempat dibantah Ozi. Ia menegaskan kabar itu hanyalah gosip. Namun, setelah melihat langsung kondisi terakhir Tata, Ozi akhirnya membenarkan kabar tersebut. “Saya sedang ada di rumah duka, tadi saya bilang ha­ nya gosip. Sekarang sudah ada buktinya,” kata Ozi seraya terisak. Bintang sitkom Lenong Rumpi itu menderita stroke dan diabetes sejak satu tahun lalu. Ia sempat dirawat di rumah sakit, tetapi tidak ada perubah­ an yang berarti. (S-1)

n MI

NIKITA MIRZANI

Berharap Bertemu Jodoh AKTRIS Nikita Mirzani hari ini sedang me­rayakan ulang tahunnya yang ke-27. Banyak doa yang dipanjatkan bintang film Nenek Gayung itu di hari ulang tahunnya, termasuk soal jodoh. “Semoga bisa jadi wanita lebih dewasa lagi, minta masalahnya cepat selesai, enteng jodoh. Target nikah Niki itu tahun 2015,” kata dia ketika ditemui di kawasan Pondok Gede, Bekasi Barat, Minggu (17-3). Dalam usianya yang menjelang kepala tiga, Nikita berusaha terus memperbaiki diri. Soal asmara, ia mengaku tak mulukmuluk dalam kriteria pasangan. “Niki penginnya pintar, mapan, mature, bisa diajak sharing,” ujarnya. Nikita merayakan ulang tahunnya bersama sejumlah anak panti asuhan Yayasan Ikrom Maswaya. Ia membawa sumbangan berupa kasur, bantal, guling, buku tulis, mainan, dan perlengkapan n MI sekolah. (S-3)

sangat menurun saat itu. Ia mengaku dirinya kekurangan vitamin D dan menderita beberapa penyakit. “Aku kekurangan vitamin D, aku memiliki anemia, aku punya masalah tiroid, hati saya sesak, saya memiliki ketidakseimbangan hormon dan tumor jinak pada ovarium,” kata dia. Oleh karena itu, dia berpikirpikir lagi untuk hamil. Padahal, keduanya anaknya sangat ingin memiliki adik. (S-3)

±

±

info Film

‘THE NIGHT COMES FOR US’

Joe Taslim-Yayan Kembali Bertarung

n MI

n MI

O nl i n e ha r i i n i

±

JOE Taslim sepertinya akan memiliki ke­ sempatan untuk membalas kekalahannya dari Yayan Ruhiyan dalam pertarungan di film The Raid. Mereka kembali dilibatkan dalam sebuah produksi film garapan Gareth Evans dan Timo Tjahjanto. Film terbaru yang dibintangi Yayan Ruhiyan dan Joe Taslim adalah The Night Comes for Us. Film bergenre thriller itu

LAMPOST.co

Stok Daging Sapi di Bandar Lampung Mulai Berkurang

Warga Hanura-Piabung Dukung Keberadaan DAMRI

BANDAR LAMPUNG (Lampost.co): Stok daging sapi di Kota Bandar Lampung pekan ini mulai berkurang karena pasokannya tidak diimbangi dengan permintaannya yang cenderung meningkat sejak Februari 2013. “Permintaan meningkat tidak dibarengi dengan pasokan sapi dari rumpah potong hewan (RPH) yang menipis,” kata Ketua Persatuan Pedagang Daging (PPD) Bandar Lampung, Tampan, saat dihubungi Senin (18-3). Dia mengatakan RPH membatasi pasokan dengan alasan stok daging sapi berkurang. “Hal ini sudah terjadi sejak tiga hari lalu,” ujarnya. Pembatasan pasokan daging sapi itu juga sebagai dampak pembatasan impor daging sapi oleh pemerintah. Harga daging sapi sekarang sudah mencapai Rp85 ribu—Rp98 ribu/kg. Pedagang daging sapi lainnya pun berharap pemerintah dapat mengatasi kondisi seperti ini karena dikhawatirkan banyak usaha penjualan daging gulung tikar. (ANT/L-4)

PADANGCERMIN (Lampost.co): Aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh sopir angkot juruan Hanura—Piabung ternyata tidak didukung warga Hanura. Sebagian besar masyarakat Padangcermin justru mendukung keberadaan bus DAMRI jurusan Hanura—Piabung. Warga justru menilai bus DAMRI sangat membantu dibandingkan angkutan kota. “Kalau penumpang cuma tiga orang, sopir angkot memaksa penumpangnya turun di tengah jalan walaupun belum sampai tujuan,” kata Hasan, warga Padangcermin. Tak hanya itu saja, tarif yang dikenakan sopir angkot juga terkadang berlebihan jika dibandingkan tarif bus DAMRI. “Kami ini naik angkutan karena tak punya uang untuk beli motor apalagi mobil, jadi ongkosnya jangan seenaknya saja.”

±

bercerita tentang pembunuh bayaran. “Looking forward to seeing the first draft of The Night Comes For Us script soon. A @Timobros directed film to star @Joe_Taslim, action by us,” tulis Gareth lewat akun Twitter-nya. Ini adalah kerja sama kedua antara Gareth dan Timo dalam pembuatan film. Sebelumnya mereka berkolaborasi dalam Safe Haven di S-VHS (VHS 2). Timo akan bertindak sebagai sutradara dan penulis, sementara Gareth membantu dalam penulisan skenario. Belum diketahui informasi lebih lanjut soal detail plot dan bintang lain yang terlibat. Sekarang Gareth dan Timo masih menulis skenario­ nya. (S-3)

n LAMPUNG POST/IKHSAN DWI NUR SATRIO

CMYK

±

BACAAN FAVORIT

1

Katie Holmes tampaknya tak mau terpuruk atas perceraiannya dengan Tom Cruise. Katie mulai kembali berani menampilkan lekukan tubuhnya yang tak lagi muda lewat iklan perhiasan H. Stern. (SELEB)

2

Bahasa tubuh yang baik menjadi nilai positif bagi seseorang, salah satunya saat bekerja. Bahasa tubuh yang salah bisa meninggalkan kesan buruk pada atasan dan rekan lainnya. (LIFESTYLE)

3

Rafa Nadal menambah satu gelar lagi sejak penampilannya musim ini, ketika mengalahkan Juan Martin Del Potro dari Argentina 4-6, 6-3, dan 6-4 pada babak final turnamen tenis BNP Paribas Terbuka yang berlangsung di Indian Wells, Minggu waktu setempat. (OLAHRAGA)

CMYK

±

±


CMYK CMYK

± ±

CMYK CMYK

± ±

BANDAR

Selasa, 19 Maret 2013 LAMPUNG POST

± ±

Salim Segaf Aljufri (Menteri Sosial)

LAMPUNG

Rakyat harus mengetahui kualitas beras yang mereka terima, karena negara sudah mengeluarkan dana sangat besar, Rp17,19 triliun, untuk subsidi beras tersebut.

17

l i ntas

± Satai Udang Terbanyak Masuk Rekor Muri

±

BANDAR LAMPUNG—Acara makan satai udang terbanyak yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung di lapangan Saburai, Minggu (17-3), tercatat dalam Museum Rekor Dunia-Indonesia (Muri). Dalam acara tersebut disajikan 1,5 ton udang yang dijadikan 30 ribu tusuk satai. “Makan satai udang terbanyak baru pertama kali terjadi. Ini masuk rekor Muri,” kata Deputi Manager Muri Awan Rahargo. Awan mengatakan pemecahan rekor dengan bahan udang sudah pernah dilakukan di sejumlah kota, yakni Surabaya dan Kalimantan Timur. Surabaya berhasil memecahkan rekor Muri dengan satai udang terpanjang mencapai 46,81 meter. Sementara di Kalimantan Timur menggoreng udang terba­ nyak dengan pesertanya 1.801 orang pada 2011. “Setelah, kemarin, memecahkan rekor Muri dengan senam lansia dengan peserta terbanyak dan kali ini makan satai udang terbanyak. Masyarakat Bandar Lampung cukup kreatif,” kata dia. Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N. menilai pemecahan rekor seperti ini sangat bermanfaat untuk mengenalkan Bandar Lampung ke tingkat nasional bahkan dunia, sehingga wisatawan dapat lebih tertarik datang ke Bandar Lampung. (ANT/K-2)

Pencinta Lingkungan Peringati Hari Air BANDAR LAMPUNG—Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Lampung bersama belasan komunitas pencinta lingkungan lainnya akan memperingati Hari Air Sedunia dengan melakukan aksi damai 22 Maret 2013. Aksi damai dilakukan dalam bentuk parade komunitas mulai dari lapangan Merah, Enggal, menuju Bundaran Adipura. “Akan ada juga penanaman pohon dan pembuatan lubang resapan biopori,” kata Supriyanto, aktivis Walhi Lampung, dalam rilisnya, Senin (18-3). Menurut Supriyanto, permasalahan air tidak hanya urusan LSM lingkungan saja, tetapi juga tanggung jawab bersama. Isu yang akan diusung dalam peringatan Hari Air 2013, ujar dia, adalah banjir dan kekeringan di Kota Bandar Lampung. Selain itu, komunitas juga akan mengajak semua pihak untuk membuat lubang biopori sebagai solusi mengatasi cadangan air tanah yang makin menipis. “Jika musim kemarau akan langsung kekeringan. Hujan sedikit saja, langsung banjir. Lubang resapan biopori menjadi salah satu solusi guna menangkap air hujan sehingga mencegah banjir dan menambah cadangan dalam tanah agar tidak terlalu kekeringan saat kemarau,” kata Supriyanto. (CR-3/K-2)

±

n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

LOMBA OLAHAN PATIN. Ketua PKK Provinsi Lampung Trully Sjachroedin Z.P. meninjau pelaksanaan lomba masak ikan dengan bahan baku patin di halaman Kantor Gubernur Lampung, Senin (18-3). Lomba tersebut ikuti seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Lampung.

Sang Pekerja Keras itu pun Menghadap Ilahi ±

±

Bulog Harus Ganti Raskin Rusak JAKARTA (Lampost): Menteri Sosial Salim Segaf Aljufri meminta Bulog mengganti beras untuk keluarga miskin (raskin) yang tidak layak konsumsi, seperti diterima warga Pesawaran akhir bulan lalu. Penerima raskin berkualitas buruk juga diminta segera mengembalikannya kepada Bulog untuk ditukar dengan beras yang lebih layak konsumsi. “Bulog harus menggantinya,” kata Menteri Sosial dalam konferensi pers peluncuran program raskin di kantor Kementerian Sosial, Jakarta, Senin (18-3). Menurut Salim, raskin yang diterima masyarakat harus dalam kondisi baik karena negara sudah mengeluarkan dana sangat besar untuk menyubsidi beras tersebut, yakni Rp17,19 triliun. Masyarakat juga tidak menerimanya secara gratis, tetapi menebus Rp1.600 per kilogram. Salim juga meminta pemda melakukan deteksi dini atas kualitas beras serta pengawasan dari pihak terkait. Tujuan diluncurkannya raskin ini, kata Salim, mengurangi beban rumah tangga sasaran melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan pokok

dalam bentuk beras, penanggulangan kemiskinan dan perlin­ dungan sosial di bidang pangan, serta memastikan kelompok miskin mendapat cakupan pangan

M

asyarakat yang menerima beras jelek cukup melaporkannya ke kantor Bulog terdekat dan Bulog akan menukar dengan beras yang lebih layak konsumsi.

dan nutrisi karbohidrat. “Kalau berasnya dalam kondisi buruk dan tak layak konsumsi, bagaimana kecukupan gizinya bisa terpenuhi,” ujarnya. Siap Mengganti Menanggapi hal tersebut, Direktur Pelayanan Masyarakat Bulog

PEMBANGUNAN PUSKESMAS

Pelaksana Proyek Juga Harus Diganti

Agusdien Faried menegaskan Bulog siap menukar beras yang tidak sesuai dengan spesifikasi dalam waktu 24 jam. Masyarakat yang menerima beras jelek cukup melaporkannya ke kantor Bulog terdekat dan Bulog akan menggantinya. Sebelumnya, Komisi B DPRD Pesawaran menemukan raskin di Desa Cimanuk, Way Lima, Pesawaran, dengan kualitas ratarata tidak layak konsumsi. Salah satu tokoh masyarakat Desa Cimanuk, Pazen, mengatakan raskin yang disalurkan berbau dan warnanya merah. Wakil Ketua Komisi B DPRD Pesawaran Mustika Bahrum melihat sendiri kondisi beras tak layak konsumsi yang dibagikan Bulog. “Kasihan, masyarakat sudah miskin dikasih beras jelek pula,” ujar dia. Mustika meminta Bulog tidak semaunya menyalurkan jatah raskin sebelum melakukan pemeriksaan. “Bila perlu, rasakan dulu beras jatah raskin tersebut sebelum didistribusikan. Kalau enak dimakan, barulah disalurkan,” kata dia. (HES/K-2)

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Gabungan Pengusaha dan Konstruksi (Gapensi) Lampung meminta Pemerintah Kota (Pemkot) mengganti pelaksana proyek pembangunan puskesmas rawat inap dan puskesmas pembantu (pustu) jika kontraktor yang mengerjakan proyek ini jadi diganti. Menurut Sekretaris Gapensi Lampung Abdul Haris, jika suatu proyek dianggap gagal, yang harus bertanggung dalam sebuah proyek bukan hanya kontraktor, melainkan juga pelaksana lainnya seperti konsultan pengawas, pengawas pekerjaan umum, pejabat pembuat komitmen, dan kuasa pengguna anggaran. “Jika kontraktornya diganti, pelaksana lainnya juga harus diganti. Mereka juga punya tanggung jawab yang sama,” kata Abdul Haris di gedung DPRD Lampung, Senin (18-3). Politisi PKB itu juga menduga pernyataan dan wacana penggantian kontraktor tersebut sengaja dilontarkan pihak yang ingin memanfaatkan situasi. Dia menuding ada pihak yang ingin memasukkan kontraktor baru dalam proyek tersebut. “Dugaan saya sih begitu. Ada kepentingan tertentu dalam kasus ini,” ujarnya. Menurutnya, kontraktor pelaksana proyek tersebut merupakan pemenang tender yang sudah dinilai paling layak mengerjakan proyek tersebut. Dengan adanya penggantian kontraktor, dikhawatirkan akan merusak hubungan antarsesama kontraktor sehingga akan memengaruhi hasil kinerja pelaksanaan proyek. “Selaku sekeretaris Gapensi, saya prihatin atas persoalan ini. Mudah-mudahan penggantian kontraktor ini tidak terjadi. Kalaupun terjadi, empat komponen itu juga harus diganti,” kata dia. (CR-2/K-2)

±

NAPAS KOTA

OBITUARIUM

BA N DA R L A M PUNG—Puluhan bunga papan tersusun rapi di halaman rumah duka seolah berusaha menghibur keluarga dan rekan-rekan kerja yang ditinggalkan Wakil Sekretaris Umum KONI Provinsi Lampung almarhum Tadjuddin Nur. Almarhum wafat setelah hampir tiga bulan bergelut dengan penyakit yang dideritanya. Tadjuddin menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek, Minggu (17-3), sekitar pukul 22.30. Pria yang dikenal sebagai pekerja keras dan selalu bersemangat ini meninggal dunia dalam usia 64 tahun. “Sejujurnya kami sangat kehilangan beliau, sosok yang tegas, penuh semangat, dan tidak mengenal lelah,” kata Wakil Ketua KONI Lampung Margono Tamudji, saat me-

n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

PARIPURNA HUT KE-49 LAMPUNG. Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P., Wakil Gubernur Lampung M.S. Joko Umar Said, dan Ketua DPRD Lampung Marwan Cik Asan menghadiri rapat paripurna istimewa hari ulang tahun (HUT) ke-49 Lampung di ruang sidang paripurna DPRD Lampung, Senin (18-3). Dalam acara itu, seluruh peserta paripurna mengenakan pakaian adat Lampung.

layat ke kediaman almarhum di Jalan Letjen Ryacudu No. 10 Sukarame, Bandar Lampung. Sebelum pensiun, Tadjudin menjabat direktur Bank Lampung. Almarhum aktif menjadi pengurus KONI Lampung sudah lama, dengan jabatan terakhir wakil sekretaris umum KONI Lampung. Almarhum yang lahir di Gunungsugih, 7 Oktober 1949, itu terkenal sebagai sosok pekerja keras. Semua pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya diselesaikan secepatnya tanpa mengenal waktu. Bahkan, tidak jarang almarhum membawa pulang pekerjaan ke rumah pada Sabtu dan Minggu. “Kalau akhir pekan, pekerjaan dibawa pulang. Nanti Senin tinggal ketik saja. Pokoknya pekerjaan harus selesai, tidak boleh ditunda,” ujar Margono. (SONI ELWINA/O-3)

CMYK

Terus Bekerja untuk Bertahan Hidup NATAR—Di daerah Desa Tanjungsari, Natar, Senin (18-3) siang itu, nadi lalu lalang kendaraan di jalan lintas Sumatera terus berdenyut. Di tepi jalan yang berseberangan dengan sawah, terdapat sebuah gubuk bambu sederhana. Di gubuk tampak bungkusan-bungkusan plastik transparan terpajang. Terlihat jelas isinya, beberapa ekor belut melingkar di air dalam bungkusan plastik. Seorang perempuan tampak menimbun tanah menahan limpahan air hujan. Dewi Laila (33), sudah 2,5 tahun dia berjualan belut di gubuk tepi jalan itu. Suaminya, Ferliansyah (32), adalah seorang kuli panggul di perusahaan pakan ayam. Ibu dari bocah laki-laki berusia lima tahun itu memulai usaha belut karena belum ada tempat menangkar belut di rumahnya. Dia sudah memiliki ternak kelinci di rumahnya. Namun, dengan terpaksa beberapa kelinci yang ada mesti dijualnya. “Karena enggak ada tempat,

saya jual dulu kelinci di rumah untuk modal dagang belut,” kata Dewi. Semua modalnya dalam beternak kelinci harus dikorbankan demi membuka usaha penjualan belut di tempat sekarang pada Desember 2012. Belut-belut itu diperoleh dari kakaknya yang di Menggala, Tulangbawang, yang mengumpulkan belut dari para nelayan di rawa Menggala. “Saya orang ketiga yang menjual belut ini,” kata perempuan tamatan SD itu. Setiap hari, Dewi Laila membuka usahanya setelah membereskan urusan rumahnya. Dia buka sejak pukul 08.00—16.00. Selepas itu, dia mengurus ternak kelincinya. Kesederhanaan dan pe­ ngalaman hidup yang pahit mengajarkan dirinya tegar. “Perjuangan hidup saya pahit, tapi saya hanya terus bertahan saja,” ujarnya. Dari berjualan belut itu, dia mendapat Rp30 ribu—Rp100 ribu/hari. Bahkan, pernah dia hanya mendapat Rp1.000 se-

±

±

n LAMPUNG POST/CR-4

Dewi Laila (33) sudah berjualan belut selama 2,5 tahun. Dalam sehari, pendapatannya bisa berkisar Rp30 ribu—Rp100 ribu. hari. “Hanya satu belut kecil saja yang laku,” ujarnya. Berjualan belut, menurutnya, bergantung musim. Saat kemarau, saat belut-belut sulit didapat, dia mengisi waktunya dengan berjualan

keripik pisang. Dia juga pernah berjualan gorengan di sekolah-sekolah. Baginya, yang hanya lulusan SD, perjalanan hidup merupakan perjuangan di tengah kemajuan zaman

yang semakin canggih ini. Dia bekerja berdasar ke mampuannya saja karena tak memiliki pendidikan tinggi. “Saya hanya bekerja untuk terus bertahan hidup,” kata dia. (WANDI BARBOY/K-1)

CMYK

±


–

–

CMYK

CMYK

–

BANDAR LAMPUNG SELASA, 19 MARET 2013 LAMPUNG POST

18

Istri Mance Terima Setoran

L I N TA S Rampok Bermodus Pecahkan Kaca Dibekuk

–

TANJUNGKARANG TIMUR—Sandy (43), tersangka perampok bermodus memecahkan kaca mobil, dibekuk anggota Polsek Tanjungkarang Timur (TKT), Jumat (15-3). Sandy sempat melakukan perlawanan dan akhirnya dilumpuhkan dengan timah panas. Menurut Kapolresta Bandar Lampung Kombes Pol. M. Nurochman, penangkapan Sandy berawal dari laporan Yalizar Muslim, korban yang kaca mobilnya dipecah dan dicuri barang-barangnya di Jalan Hayam Wuruk, depan Toko Toy, Sabtu (2-3) lalu. Tanpa disadari, aksi Sandy ini terekam CCTV di toko tersebut. Polisi kemudian menangkap Sandy di rumahnya di Jalan P. Antasari, Gang Sadar, Kedamaian, Tanjungkarang Timur. Dari rumahnya, polisi juga mengamankan 40 barang bukti berupa tas dan barang elektronik yang diakui Sandy merupakan barang hasil perampokan. “Sudah ada sepuluh korban yang mengaku barang itu milik mereka, dan setelah dicek dengan laporan kehilangan ternyata benar,” kata Nurochman, didampingi Kapolsek Tanjungkarang Timur Kompol Irawan, saat ekspos di kantor Polsek Kedaton, Senin (18-3). Atas perbuatannya ini, Sandy diancam Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara. (CR-1/K-2)

TELUKBETUNG SELATAN (Lampost): Istri mantan Bupati Tulangbawang, R.A. Sri Adiati Rahman, diduga menerima setoran yang berasal dari sumbangan para pejabat eselon II dan III di Kabupaten Tulangbawang.

Tabrakan, Pengendara Motor Tewas di Tempat TANJUNGKARANG PUSAT—Dwi Bowo (31), warga Jalan Pulau Buton, Sukabumi, Bandar Lampung, tewas di tempat setelah sepeda motor Vixion BE-5745-YN yang dikendarainya bertabrakan dengan mobil pikap L300 BE-9758-R di Jalan Jendral Sudirman, depan SMPN 2 Tanjungkarang, Minggu (17-3), sekitar pukul 01.30. Sopir mobil itu sendiri berhasil kabur, tetapi mobilnya ditinggalkan dengan posisi terkunci di lokasi kejadian. Kanit Lakalantas Polresta Bandar Lampung AKP H.D. Pandiangan mengatakan kecelakaan itu terjadi ketika Dwi memacu sepeda motornya dengan kecepatan tinggi dari arah Garuntang. Di depan SMPN 2 Tanjungkarang, Dwi berusaha menyalip sepeda motor di depannya dengan mengambil jalur kanan. Tanpa diduga, dari arah berlawanan muncul mobil L-300 yang juga sedang kebut. Tabrakan pun tak dapat terelakkan. “Berdasarkan pemeriksaan, korban langsung meninggal di tempat setelah tabrakan terjadi dan langsung dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek,” ujar Pandiangan, saat dihubungi, Minggu (17-3). Dia menambahkan korban meninggal dunia karena menderita luka cukup serius di kepala, patah paha kanan, dan betis kanan. (CR-1/K-2)

Polisi Tangkap Pencuri Beras dan Telur

–

TELUKBETUNG BARAT—Jumrik (48), warga Jalan Teluk Bone, Gang Teluk Bakau, Kota Karang, Telukbetung Barat, Bandar Lampung, ditangkap petugas Polsek Telukbetung Barat (TBB) karena mencuri beras dan telur di rumah tetang ganya, Saiful Bahri (60), Jumat (14-9) tahun lalu. Jumrik sempat buron setelah menghilang beberapa bulan dan berhasil diamankan saat pulang ke rumahnya, Jumat (15-3). Kapolsek TBB Kompol Suntana Yusuf, melalui Panit II Reskrim Polsek TBB Bripka Abu Naseh, menjelaskan Jumrik beraksi dengan merusak pintu rumah Saiful pada tengah malam. Kemudian, dia dan satu rekannya mengambil lima karung beras dan satu peti telur di rumah Saiful. “Kami mendapat laporan kalau pelaku yang sempat menghilang sudah kembali ke rumahnya. Petugas langsung melakukan penangkapan,” kata Abu Naseh, Sabtu (16-3). Akibat perbuatannya, tersangka terpaksa mendekam di sel tahanan Polsek Telukbetung Barat dan dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara. (CR-1/K-2)

„ LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

TERSANGKA PEMECAH KACA MOBIL. Kapolresta Bandar Lampung Kombes M. Nurochman, didampingi Kapolsek Tanjungkarang Timur Kompol Irawan, menginterogasi perampok dengan modus memecahkan kaca mobil, Senin (18-3). Dari tangan tersangka, petugas berhasil menyita puluhan tas dan alat elektronik hasil kejahatannya.

KREDIT FIKTIF

Kurang Alat Bukti, Pelimpahan Ditunda T E L U K B E T U N G S E L ATA N (Lampost): Pelimpahan tahap dua kasus dugaan kredit fiktif BRI Telukbetung 2004—2006 senilai Rp81,2 miliar ditunda karena Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung menilai alat buktinya belum lengkap. “Terdapat kurang bukti pada berkas itu. Jadi menunggu penyidik dari kepolisian melengkapinya,” kata Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejati Lampung Heru Widjatmiko, Senin (18-3). Pelimpahan tahap dua ini rencananya dilakukan kemarin dengan menyerahkan empat tersangka, yakni mantan Pinca

BRI Telukbetung Didit Wijayanto, mantan Administrasi Keuangan Ahmad Nizam Iqbal dan Firdaus, serta Acounting Oficer (AO) Fredi Fictori. Hingga saat ini, keempat tersangka kasus yang melibatkan PT Natar Perdana Motor (NPM) ini tidak ditahan penyidik kepolisian karena beberapa alasan, seperti kerugian sudah dikembalikan, ada jaminan dari keluarga, dan seluruh tersangka dianggap kooperatif dalam pemeriksaan. “Kalau sudah dilimpahkan nanti, kami belum tahu tersangkanya akan ditahan atau tidak. Nanti lihat bagaimana hasil pe-

meriksaan tim jaksa,” ujarnya. Kuasa Hukum Firdaus Agusman Chandra (salah satu tersangka) mengaku penetapan tersangka kliennya tidak mendasar. “Klien saya itu dalam struktur BRI Cabang Teluk dalam posisi keempat dari top leader. Paling atas ada pimpinan cabang, AO pemutus, AO pertimbangan, dan baru klien saya yang ada di administrasi keuangan. Artinya, jika tidak ada arahan, perintah, atau rekomendasi dari atasan ya dia tidak akan melakukan,” kata dia. Agusman juga menilai ada tebang pilih dalam penegakan hukum perkara BRI. (HER/K-2)

Pimpinan TNI Harus Paham Pembinaan Satuan

–

NATAR (Lampost): Pimpinan Tentara Nasional Indonesia (TNI) hendaknya memahami hakikat dari kinerja, profesionalisme, dan pembinaan satuan. Hal itu mengingat prajurit TNI berperan sebagai kunci penentu dalam mengawasi alat utama sistem pertahanan (alutsista). Demikian diungkapkan Panglima Kodam (Pangdam) II/Sriwijaya Mayor Jenderal TNI Nugroho Widyotomo pada apel komandan satuan (dansat) tingkat Kodam II/ Sriwijaya di lapangan Batalion 143/Tri Wi ra Eka Jaya (TWEJ) Candi mas, Natar, Senin (18-3). Apel dan sat ini merupakan program latihan dari komando atas tahun anggaran 2013 dan berlangsung tiga hari, 18—20 Maret 2013, di Mayonif 143/ TWEJ. Dalam amanatnya, Pangdam menyampaikan apel dansat itu adalah sarana para pimpinan dalam melaksanakan fungsi komando dan pengendalian terhadap satuan jajaran Kodam II/ Sriwijaya. Kegiatan ini bertujuan menindaklanjuti kebijakan pimpinan atas dan me neruskan apel dansat terpusat TNI AD. “Hal ini akan mewujudkan suatu pola tindak dan kesamaan persepsi dari para

–

komandan satuan dalam memecahkan berbagai permasalahan pembinaan satuan dan mampu meningkatkan mutu serta kualitas para perwira di satuannya,” kata Mayjen Nugroho. Melalui kegiatan ini, Pangdam berharap para unsur pimpinan mampu merumuskan metode yang tepat untuk meningkatkan kiner ja, profesionalisme prajurit, dan pembinaan satuan guna mencapai keberhasilan pelaksanaan tugas. Apel dansat di jajaran Kodam II/Sriwijaya ini juga untuk kepemimpinan di lapangan, pembinaan satuan, supaya tidak terjadi lagi sebagaimana di Ogan Komering Ulu (Oku). Ke depan, lanjut Pangdam II Sriwijaya, tentara selalu membantu polisi. “TNI dan polisi ke depannya harus saling mendukung. TNI akan membantu polisi untuk pengamanan di tahun 2013 yang sarat dengan nuansa politik,” ujarnya. Acara apel dansat itu juga dihadiri Komandan Korem (Danrem) 043/Garuda Hitam (Gatam) Kolonel Czi. Amalsyah Tarmizi, para danramil, dandim, danyonif, dan da/ka Satdisjan jajaran Kodam II/ Sriwijaya. (CR-4/K-1)

CMYK

12 Truk Dilepas Satlantas TANJUNGKARANG PUSAT (Lampost): Sebanyak 12 unit dump truck yang ditahan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Bandar Lampung di Jalan Z.A. Pagaralam, Rajabasa, sejak Rabu (6-3), dibebaskan Sabtu (16-3). Menurut Kasat Lantas Polresta Bandar Lampung Kompol I Made Bayu Sutha, ke-12 dump truck itu dibebaskan setelah pemilik menunjukkan surat bukti kepemilikan kendaraan dan membayar biaya bukti pelanggaran (tilang). “Sudah dibebaskan karena sudah bisa menunjukkan surat kepemilikan dan sudah membayar denda

Hal itu diungkapkan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Tulangbawang Darwis Fauzi, saat diperiksa Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung, Senin (18-3). Darwis datang ke Kejati sekitar pukul 16.30 dan langsung masuk ruang kasi Penuntutan dan kasi Urek. Sebelumnya, Kejati juga telah memeriksa keempat asisten dan bendahara gaji Pemkab Tulangbawang. Pemeriksaan terkait dugaan pemotongan dana beban kerja jabatan eselon II dan eselon III sebesar Rp1 juta/ orang selama tiga tahun sejak 2010 hingga 2012. Terdapat 55 pejabat eselon II dan III dengan total jumlah potongan per bulan mencapai Rp25 juta yang diserahkan kepada istri Bupati saat itu, Abdurrachman Sarbini. Seusai diperiksa, Darwis Fauzi membenarkan ada dana Rp25 juta/bulan yang diberikan jajaran eselon II dan III kepada istri Mance, sapaan Abdurrachman Sarbini. Namun, dana itu bukan pemotongan, me lainkan inisiatif para pejabat tersebut. “Saya diperiksa terkait dugaan korupsi pemotongan dana beban kerja. Masuk akal kalian tidak seorang sekda memotong dana beban kerja jajarannya. Seolaholah ada yang mangatakan saya yang memotong, tidak mungkin itu, masih banyak cara untuk mencari uang,” kata dia.

Ada Bukti

LALU LINTAS PENGAMANAN

–

tilang,” ujar Kompol I Made Bayu Sutha, Senin (18-3). Kapolresta Bandar Lampung M. Nurochman, ditemui saat ekspos di Polsek Tanjungkarang Timur, membenarkan pembebasan 12 unit dump truck bertuliskan ‘United Tractor’ tersebut. “Benar, 12 mobil truk tersebut sudah dilepas setelah mereka menunjukkan surat kendaraan juga membayar denda tilang.” Menurut Nurochman, ke-12 dump truck tersebut memiliki izin operasi di daerah pertambangan. Namun, karena mereka sudah habis masa kontrak

kerja di pertambangan tersebut, kendaraan itu pun keluar area. “Mobil itu resmi dan membayar pajak, tetapi mereka keluar karena habis masa kontrak di daerah pertambangan. Saat mereka keluar dari daerah pertambangan itu terjaring razia petugas satuan lalu lintas,” ujar dia. Namun, Nurochaman enggan memberi keterangan mengenai jumlah denda tilang. “Tanya saja langsung ke Bagian Satuan Lalu Lintas mengenai berapa denda tilangnya,” ujar dia. (CR-1/K-1)

„ LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

PASANG BAN BEKAS. Warga memasang ban bekas di Jalan Soekarno-Hatta (bypass) depan SPBU untuk menghindari kecelakaan akibat banyaknya besi cor yang keluar dari aspal, Senin (18-3).

–

Dalam pemeriksaan itu, D a r w i s m e n ya m p a i k a n bukti SPj. pejabat yang berhak menerima tunjangan tersebut, termasuk surat keputusan (SK)-nya. “Awalnya saya menahan diri, tetapi karena didesak terus oleh media, hari ini saya memenuhi panggilan Kejati. Sudah saya jelaskan semua beserta bukti-bukti, termasuk tanda terima. Yang

perlu diperjelas itu bukan pemotongan, tapi inisiatif dari pejabat-pejabat. Ada semua kok buktinya,” kata dia setelah diperiksa selama tiga jam. Namun, Darwis mengaku lupa berapa pejabat yang berinisiatif tersebut. Dia juga mengaku tidak tahu peruntukan dana tersebut. “Saya lupa, karena banyak pejabatnya, tapi saya ada catatanya. Untuk apa dana itu, saya tidak tahu,” kata dia. Dia menegaskan ada tunjangan untuk Bupati dan diterima istrinya yang bersumber dari sumbangan pihak eselon II dan III. “Kalau ditotal 2011 mencapai Rp255 juta dan 2012 mencapai Rp300 juta. Bukti kas keluar ini

D

arwis Fauzi membenarkan ada dana Rp25 juta/bulan yang diberikan jajaran eselon II dan III kepada istri Mance.

ada paraf istri Bupati, saya peroleh dari bendahara yang disetorkan ke istri Bupati,” ujarnya. Dar wis mengaku siap jika kejaksaan memerlukan keterangan dan klarifikasi ulang atas hasil pemeriksaan kemarin. Dihubungi melalui ponselnya, Mance menegaskan dana tersebut memiliki dasar hukum dan diperuntukkan dirinya tapi diterima oleh istri. “Ada SK yang juga ditandatangani DPRD-nya dan bukti uang kas keluar itu juga ada, jadi uang itu resmi,” kata dia. Mance mengaku ada 70 pejabat yang menyerahkan Rp1 juta/bulan dan dalam setahun mencapai Rp2 miliar. “Yang melaporkan itu kan pejabat yang tidak suka jika insentifnya dipotong dan pejabat-pejabat itu juga sudah diperiksa di Kejati juga,” ujar dia. (HER/K-1)

–

ASUSILA

Siswi SMK Dicabuli Mantan Pacar KEDATON (Lampost): DI (16), siswi salah satu SMK di Bandar Lampung, dicabuli mantan pacarnya, Eko Santoso (21), di kediaman Eko di Jalan Harapan, Sepangjaya, Jumat (15-3). Aksi pria pengangguran itu sempat dipergoki warga lalu dilaporkan ke polisi. Kapolsek Kedaton AKP Yohanes Agustiandaru menjelaskan Eko dan DI pernah berpacaran saat DI masih SMP. Keduanya bertemu lagi saat acara kuda lumping di dekat rumah Eko. Kemudian, Eko mengajak DI ke rumahnya dan merayu DI untuk berhubungan layaknya suami-istri. Empat hari berse lang, Eko kembali merayu DI agar mau berhubungan sua mi istri dengannya. DI sempat menolak lalu diancam oleh Eko. “Kepada korban, pelaku

–

meng aku memiliki video rekaman saat mereka berhubungan yang pertama kali. Tersangka mengancam akan menyebarkan video itu kalau korban tidak mau melakukan hubungan suami-istri lagi. DI akhirnya terpaksa mengikuti kemauan Eko,” kata Yohanes saat ekspos di kantornya, Senin (18-3). Eko sendiri mengaku sudah beristri dan memiliki satu anak. Eko mengatakan dia sudah pisah ranjang dengan istrinya dan DI sudah menjadi pacar barunya. Akibat perbuatannya ini, ter sangka kini mendekam di Polsek Kedaton dan bakal dijerat Pasal 81 Ayat (2) dan Pasal 82 Undang-Undang Nomor 23/2002 tentang Perlindungan Anak dengan ancaman maksimal 15 tahun penjara. (CR-1/K-2)

CMYK

–


CMYK

±

HUMANIORA Selasa, 19 maret 2013 LAMPUNG POST

CMYK

±

±

Admi Syarief Lembaga Penelitian Unila memiliki native speaker (penutur aktif) bahasa Jepang, yakni profesor Yoshie Yamazaki.

19

UJIAN

±

Nilai UAS Sumbang 40% Kelulusan Siswa BANDAR LAMPUNG (Lam­ post): Siswa SMA/SMK/MA di Lampung serentak mengikuti ujian akhir sekolah (UAS) ke­ marin. Hari pertama UAS yang antara lain mengujikan mata pelajaran Bahasa Indonesia dan PKn itu akan berlangsung hingga 23 Maret mendatang. Kepala SMK 2 Mei Djumadi menjelaskan nilai UAS me­ mengaruhi kelulusan siswa. Nilai ujian itu menyumbang 40%, sedangkan nilai ujian nasional (UN) menyumbang 60% nilai akhir. Agar lulus, siswa harus meraih nilai akhir di atas 5,5. Namun, lanjut Djumadi, untuk siswa SMK kelulusan juga dipengaruhi nilai uji kompetensi. Nilai uji kom­ petensi terdiri dari dua, yaitu uji praktek 70% dan uji teori 30%. “Siswa harus mendapat nilai uji kompetensi minimal 6,” kata dia kemarin. Djumadi menjelaskan walaupun siswa mendapat nilai akhir di atas 5,5, tapi jika nilai uji kompetensinya di bawah 6,0, maka tidak lulus. “Syarat kelulusan bagi

siswa SMK lebih berat dari­ pada SMA,” ujar dia. Mata pelajaran yang diuji­ kan, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matema­ tika, PKn, Kewirausahaan, Penjaskes, Fisika, Kimia, Pendidik­a n Agama, Kete­ rampilan Komputer dan Pe­ ngelolaan Informatika, Seni Budaya, IPA, dan IPS. Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMK itu me­ ngatakan soal UAS disusun oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kota Ban­ dar Lampung. Namun, un­ tuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika disusun oleh MGMP Provinsi Lampung. Ia mengatakan untuk ke­ tiga mata pelajaran itu, lem­ bar kerja siswa dipindai di Dinas Pendidikan Provinsi Lampung. Sedangkan yang lainnya dikoreksi bersama. Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika di­ pindai di Dinas Pendidikan Provinsi Lampung karena ke­ tiga mata pelajaran itu turut diujikan dalam UN. (MG4/S-1)

KEPEMUDAAN

Menjadi Agen Perubahan melalui Seleksi PPAN ±

BANDAR LAMPUNG (Lam­ post): Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Lampung melalui Purna Car­ aka Muda Indonesia (PCMI) Lampung mengadakan Road­ show dan Talkshow Program Pertukaran Pemuda AntarNegara (PPAN), Sabtu (16-3). Kegiatan yang diselenggara­ kan di Aula DCC Lampung ini bertujuan memberikan informasi lebih luas kepada para pemuda di Lampung tentang program tersebut. “Selama ini banyak kampus yang mengeluh kurangnya informasi tentang PPAN se­ hingga melalui roadshow ini in­ formasi akan diberikan serata mungkin dan sama,” kata Myra Desmayenni, delegasi Provinsi Lampung PPAN 2012. Ada beberapa program yang bisa diikuti para pe­ muda dengan pilihan negara

yang berbeda. Meliputi Pro­ gram Pertukaran Pemuda Indonesia-Kanada (ICYEP), Program Pertukaran Pemuda Indonesia-Australia (AIYEP), Program Kapal Pemuda ASE­ AN-Jepang (SSEAYP). Selain itu, Program Pertukaran Pemuda Indonesia-Malaysia (IMYEP), Program Pertu­ karan Pemuda IndonesiaKorea (IKYEP), dan Program Pertukaran Pemuda Indone­ sia-China (ChIYEP). “Kegiatan ini sudah dilaku­ kan di beberapa kampus, seperti Teknokrat dan DCC. Tanggal 23 Maret nanti akan dilaksanakan di Darmajaya. Melalui PPAN, semoga bisa menjadikan para pemuda Lampung lebih antusias un­ tuk menjadi agen perubahan, khususnya bagi Lampung dan Indonesia umumnya,” kata Mira. (CR-7/S-3)

±

n LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

UJIAN AKHIR SEKOLAH. Sejumlah siswa serius mengerjakan soal ujian akhir sekolah (UAS) hari pertama di SMA Gajah Mada Bandar Lampung, Senin (18-3). UAS dimulai Senin (18-3) dan berakhir Sabtu (23-3) digelar serentak di seluruh Lampung.

Deteksi Plagiarisme Multibahasa Ditemukan BANDAR LAMPUNG (Lampost): Dosen IBI Darmajaya menciptakan sistem pendeteksi tindak penjiplakan (plagiarisme) multibahasa. Sistem itu mampu mendeteksi kemiripan naskah berbahasa Indonesia maupun naskah berbahasa Inggris. Penemu sistem itu adalah Wasilah, tenaga pendidik pada Fakultas Ilmu Komputer In­ stitut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya. Menurut dia, plagiarisme terjadi di berba­ gai profesi. Plagiarisme tidak hanya terjadi di lingkungan pelajar, mahasiswa, dan dosen di lingkungan akademisi, tapi juga di berbagai kalangan, seperti penulis karya populer dan penyair. Menyikapi hal tersebut, dia menciptakan sistem yang da­

pat mendeteksi tindak pen­ jiplakan pada karya ilmiah, yaitu sistem pendeteksi plagia­ risme multibahasa. Sistem pendeteksi ini menda­ patkan kepercayaan dengan me­ menangkan hibah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah II, yaitu jenis Penelitian Hibah Bersaing kategori Pendanaan Hibah Penelitian Desentralisasi Usulan Baru Tahun 2013. “Penemuan ini diharapkan

dapat membantu meminimali­ sasi tindakan plagiarisme di Indonesia, khususnya di ka­ langan perguruan tinggi,” kata Wasilah, Senin (18-3). Dia juga mengatakan akan mengembangkan sistem pen­ deteksi tersebut sehingga dapat digunakan untuk memeriksa karya ilmiah yang dihasilkan mahasiswa dan dosen pada suatu perguruan tinggi. Tujuan­ nya, agar mereka tidak melaku­ kan plagiat baik di kampus dan antarperguruan tinggi. “Sistem informasi tersebut dapat digunakan untuk me­ meriksa kesamaan dari doku­ men, khususnya pada karya ilmiah di perguruan tinggi sebelum dipublikasikan di jur­ nal ilmiah. Hal ini diperlukan

Vaksinasi Lebih Aman dari Pemakaian Obat ±

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Vaksin merupakan salah satu cara mempertahankan keke­ balan tubuh agar terhindar dari penyakit-penyakit berba­ haya yang dapat menyebabkan cacat dan kematian dari pada penggunaan obat lainnya. Pro dan kontra penggunaan vaksin di Indonesia masih ter­ dengar hingga kini, mulai dari keamanan penggunaannya sampai isu paling krusial, yaitu tentang kehalalan vaksin. Dokter spesialis anak , Pimprin Basarah Yanuarso, pemilik rumah vaksinasi, mengatakan vaksinasi meru­ pakan bakteri atau virus yang dilemahkan atau dimatikan. Kemudian disuntikkan ke da­ lam tubuh untuk pertahanan dari penyakit tertentu. Hal itu dikatakan dokter spesialis anak Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta itu dalam seminar kesehatan nasional yang digelar Forum Ukhuwah Lembaga Dakwah Kampus Fakultas Kedokteran (FULDK) Universitas Lam­ pung (Unila) di Graha Gading

±

Karang, Sabtu (16-3). Dia menjelaskan saat ini be­ lum ada fatwa yang mengata­ kan vaksinasi itu haram. “Pan­ dangan ulama internasional saja, seperti dokter Yusuf Qardawi, yang mengatakan vaksinasi itu boleh dan sah di­ gunakan sehingga masyarakat seharusnya mengikuti katakata yang benar bukan (keja­ dian ikutan pasca-imunisasi (KIPI),” kata Piprim. Seminar juga dihadiri mantan Menkes Farid An­ fasa Moeloek, Asep Sukohar, dosen FK Unila; dan spesialis kandungan Basuki Supar­ tono yang juga Ketua Majelis Pemusyawaratan Bulan Sabit Merah Indonesia. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Rapat Kerja Summa­ tion FULDK wilayah I. Piprim menjelaskan imu­ nisasi merupakan cakupan dari vaksinasi. Beberapa waktu lalu merebak kasus imunisasi di Indonesia sehingga masyarakat enggan untuk memvaksin anakanaknya karena ketakutan isu tersebut. (CR-7/S-3)

CMYK

Mendukung Rektor IBI Darmajaya Andi Desfiandi sangat mendukung kegiatan penelitian segenap dosennya. Hal itu, kata dia, sejalan dengan surat edaran Dikti No:152/E/T/2012 tentang publikasi karya ilmiah. Terhitung mulai kelulusan setelah Agustus 2012 berlaku ketentuan untuk lulus pro­ gram sarjana, magister, dan doktor diwajibkan membuat makalah yang diterbitkan pada jurnal ilmiah. “Dengan jumlah mahasiswa

yang sangat banyak, terutama untuk program sarjana, hal itu tentu bukan hal yang mudah untuk memublikasikan karya ilmiah yang berkualitas. Salah satu hal yang menjadi perha­ tian dalam penerbitan suatu jurnal ilmiah adalah masalah plagiarisme,” kata dia. A n d i j u g a m e n g at a k a n plagiat dapat menghambat kreativitas seseorang. Kegiat­ an plagiat juga memberikan dampak yang sangat merugi­ kan serta menunjukkan tidak adanya penghargaaan ter­ hadap karya intelektual. “Ini yang harus kita hindari. Jangan sampai karya ilmiah yang dihasilkan merupakan karya dari menjiplak,” kata Andi. (MG1/S-3)

±

KURIKULUM IKLIM

Kota Bandar Lampung Terapkan secara Luas

n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

KEKEBALAN TUBUH

untuk menghindari adanya plagiarisme pada karya ilmiah yang dihasilkan,” kata wanita kelahiran Negararatu, 3 Januari 1967.

BERMAIN AYUNAN. Sejumlah siswa SD bermain ayunan di bawah pohon beringin di depan Kantor Gubernur Lampung. Kurangnya sarana bermain dan area terbuka menjadi pekerjaan rumah untuk pemerintah.

PELATIHAN

Pusat Bahasa Unila Buka Kursus Gratis BANDAR LAMPUNG (Lam­ post): Pusat Bahasa Universi­ tas Lampung (Unila) bekerja sama dengan Lembaga Pene­ litian Unila membuka pelatih­ an berbahasa Jepang secara gratis mulai bulan ini. “Kami mencoba meman­ faatkan sumber daya manusia yang ada di Unila, khususnya para dosen yang punya pe­ ngalaman studi di Jepang dan menguasai bahasa Jepang un­ tuk berbagi ilmu,” ujar Admi

Syarief, ketua Lembaga Pene­ litian Unila, Jumat (15-3). Terlebih, kata Admi, Lembaga Penelitian Unila memiliki native speaker (penutur aktif) bahasa Jepang, yakni profesor Yoshie Yamazaki. Dia merupa­kan pe­ neliti asal Kioe University yang sedang melakukan kerja sama riset dengan Unila. “Alhamdulillah, kursus ba­ hasa yang rencananya akan diselenggarakan sekitar 16 kali pertemuan ini cukup di­

minati. Hingga saat ini sudah 80 orang yang mendaftar. Kursus ini kami gratiskan bagi sivitas akademika Unila. Tidak menutup kemungkinan bagi para alumni yang bermi­ nat,” kata dia. Admi juga menjelaskan dengan adanya kursus bahasa Jepang ini diharapkan dapat me­ nambah penguasaan kemam­ puan bahasa asing, khususnya bagi mahasiswa dan dosen di lingkungan Unila. (MG1/S-3)

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Mulai tahun ajaran baru men­ datang, Bandar Lampung akan menerapkan secara luas tentang kurikulum iklim. Hal itu dikata­ kan Kepala Bidang Pendidikan Dasar Kota Bandar Lampung Tatang Setyadi, Minggu (17-3). “Jika tidak halangan dan kendala yang berarti, kuriku­ lum adaptasi terhadap peruba­ han iklim yang selama ini telah diujicobakan pada empat seko­ lah akan diterapkan di seluruh sekolah di Bandar Lampung, baik negeri maupun swasta,” kata Tatang. Namun, kata dia, penerapan kurikulum yang memberikan materi sisipan bidang ling­ kungan hidup khusus untuk adaptasi perubahan iklim ini baru akan diterapkan secara luas hanya untuk jenjang pen­ didikan SD dan SMP. “Berdasarkan observasi dari uji coba yang dilakukan, kami berkesimpulan pemberian materi perubahan iklim ini cukup bagus dan memberikan dampak baik. Tidak hanya pemahaman, tetapi juga sikap

yang positif di kalangan siswa tentang lingkung­a n hidup,” kata dia. Atas dasar inilah kurikulum iklim akan direplikasi secara luas di tahun ajaran baru men­ datang. Tatang juga mengung­ kapkan adanya perubahan kuri­ kulum pada tahun ajaran baru mendatang oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tak menjadi penghalang untuk melanjutkan rencana aplikasi kurikulum iklim di Bandar Lampung. Hal itu mengingat mata pela­ jaran IPA dan IPS yang menjadi mata pelajaran perantara kuri­ kulum iklim tetap dipertah­ ankan di tingkat SD. Sedangkan Ketua Program Peningkatan Kapasitas Guru dan Siswa terhadap Perubahan Iklim Kota Bandar Lampung Maulana Mukhlis mengungkap­ kan saat ini tim penyusun buku materi sisipan kurikulum iklim masih menunggu kompetensi inti dan kompetensi dasar (KIKD) dari kurikulum baru. Baik pada jenjang pendidikan SD maupun SMP. (MG1/S-3)

DINAMIKA KAMPUS

UKM UBL Wadah Kreativitas Mahasiswa BANDAR LAMPUNG (Lampost): Universi­ tas Bandar Lampung (UBL) sebagai uni­ versitas swasta terbesar di Lampung sela­ lu berusaha memfasilitasi bakat maupun hobi yang dimiliki setiap mahasiswanya, salah satunya yaitu dengan mendirikan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Hal itu dilakukan agar mahasiswa UBL dapat mengukir berbagai prestasi tidak hanya pada bidang akademik, tetapi juga pada bidang nonakademik.

Wakil Rektor III UBL Bidang Kema­ hasiswaan Thontowie Dauli menjelas­ kan UKM ini merupakan media yang didirikan UBL sebagai wadah bagi mahasiswa untuk belajar berorga­nisasi dan melatih jiwa kepemimpinan ma­ hasiswa UBL. “Dalam UKM ini, mahasiswa UBL dapat mengembangkan bakat maupun potensi yang dimilikinya khususnya pada bidang nonakademik, baik bi­

±

dang keagamaan, budaya dan seni, maupun bidang olahraga. UKM ini juga termasuk dalam kuliah Orkesbud yang wajib bagi seluruh mahasiswa UBL semester I dan II dengan bobot 1 SKS setiap semesternya,” ujar Wakil Rektor III UBL dalam rilisnya, kemarin. Sementara itu, Kepala Biro Kema­ hasiswaan dan Hubungan Alumni (BPKHA) Yulfriwini menambahkan melalui fasilitas yang ada di setiap UKM

ini, mahasiswa dapat mengembangkan bakat dan hobi yang dimilikinya untuk siap mengikuti berbagai kompetisi baik tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, nasional, bahkan internasional. “Salah satu UKM bidang olahraga yakni UKM Futsal, yang siap mencetak tim futsal yang andal melalui latihan rutin dan telah berbagai pengalaman mengikuti turnamen futsal,” kata Yul­ friwini. (S-1)

CMYK

±

±


SElasa, 19 MARET 2013

LAMPUNG POST

PARIWARA 20

pariwara AC Winda AC jual AC/Secd, serv/cuci AC, kulkas, dispenser, PS ms cuci dll, 257556, 7403726 08127921648 & 0721-7174866. Minggu Buka Agen AC RESMI PABRIK LANGSUNG. TERMURAH !!! Jika lebih mahal diganti selisihnya. Panasonic, LG, Sharp. Terima cuci, repair(Agen resmi) TIMMY ELECTRINDO Tlp 242222, 7444470

ahli gigi Rama Dental ahli bikin gigi, psng behel gigi Jl P. Antasari 18/ dpn bioskop Sinar Bdl. JL. Urip SUMOHARJO Simpang Tiga Pejajaran hub.087899516746

air mineral Bio Alterna, Aqua, Tripanca, Grand, Gas 3/12 Kg, diantar ke rumah, DICARI AGEN Bio Alterna, hb. 082178040908

ALAT BERAT Sewa alat berat Forklift, Wheel Loader, Excavator, genset hub: ALOK 081385931888, 0721-3560288

BUS WISATA Sedia bus untuk wisata rohani, darma wisata, bus khusus wisata, keselamatan penumpang prioritas kami. Klik www.darmadutawisata.com. Hub. 08154019822

DAGING AYAM Dijual daging ayam dada paha tanpa tulang dijamin harga terjangkau hub.08127909877, 082183060933

ELEKTRONIK DIGITAL PARABOLA Digital parabola system distribusi sales dan service sedia indovision, top TV, dll. Hub. 475331, 0811722855

FURNITURE Minimalis Produksi, interior + furnitur,spesialis furnitur minimalis modern, Jl.Flamboyan Raya No.14 Tjg Seneng 0721-9085166

foto copy LAMPUNG FC, jilid hard cover/skripsi, spiral kawat, Jl. Wr. Monginsidi 23 B Tanjung Karang, Bandar Lampung telp.0721-256053, 08127272602, email: lampung_fotocopy@yahoo.co.id

HORDENG NEOCLASSIC INTERIOR trm pemesanan gordeng,vitrage,vertical/horizontal blind dll, hsl memuaskan,hrg variatif. hb.081369342793, 081977972187

indekost Trm Kost bulanan baru isi lgkp, KM dlm Jl. KH Mas Mansyur 76 Rawa Laut 0721254202, 085378422469 Trima Kost Mggn, Blnn, Jl Griya Fantasi 2C/8 WHP Hub. 702498, 0812.727.7590

INTERIOR Nadia Interior, Mendesain/ Membuat kitchen set, kmr set, lemari pajangan, counter, bar, counter bank, meja kantor, r. karaoke. Phone 0811792863 Safira interior membuat kitchen set, kmr set, lemari pjgn, bar, partisi, meja ktr, couner bank, showroom: 7164443, 081379337474

KAIN KEBAYA CARI Kain KEBAYA KELUARGA, BELI di Toko Textile SENTAUSA JAYA Batu Sangkar Bambu Kuning telp.263523

KAMBING AQIQAH Kambing aqiqah hrg dr 900rb, bs masak aneka menu hb.7448380, 081272354984, 081540802586, www. aqiqahlampung.com

KEHILANGAN STNK BE 4147 DV, Noka. MH1JB11 6BK278339, Nosin. JBE1E-1276184, An. Sukur Edy STNK BE 4756 DP, Noka. MH35C001BK221218, Nosin. 50C-221482, An. Nico Tardian

STNK BE 1023 AI, Noka. KNAFA3232V5699821, Nosin. B5349744, an. Tondo Sujatmiko STNK BE 6721 ER, Noka. MH3500 016K124936, Nosin. 3S0-125330, an. Hetti Widayanti STNK BE 5102 FF, Noka. MGRVR 15STAAL006820, Nosin. YX161FMG10011475, An. Budi Nugroho STNK B E 5 1 8 9 F E , Nok a. MH8FD110 C4J644726, Nosin. E402ID-670384, An. Ari Kurniawan STNK BE 6051 CQ, Noka. MH32P20027K294081, Nosin. 2P2-294571, An. Thamrin STNK BE 6218 LF, Noka. 3KA011730, Nosin. 3KA-039493, An. Drs. Sarjono,S STNK B E 7 2 2 6 F N , Noka. MH1JBC211AK387005, Nosin. JBC2E1375116, An. Alizar STNK BE 7519 FS, Noka. MH1NFGE171K032202, Nosin. NFGEE1032937, An. Juminah STNK BE 8162 FL, Noka. MH1JB9 11195K699175, Nosin. JB91E1694921, An. Hermanto STNK BE 8440 FR, Nk. MH11MC2310CK047380, Ns. MC23F1046844, An. Muhamad Alfarizi STNK BE 9105 CF, Noka. MHMFM517ABK005263, Nosin. 6D16G08560, an. Suharlim. STNK BE 9612 TA, Noka. FE119E028595, Nomor mesin. 4D34C-488597, An. Kholik

kesehatan PIJAT KEBUGARAN Vivi urut tradisional, refeleksi dll. Terima panggilan. Hb. 0721-7179066, 085267904681, 081933591789 N isa M assage urat, terapi pengobatan,perwtn, bisa dipgl. 082181823301

KOMPUTER Dibeli komputer/laptop berbagai tipe dan merk, segala kondisi, hrg beli tinggi hub. 081330125042, 081957253818,085766932126 Jual laptop kondisi 90% normal hy 1.9jt, Laptop i3 hny 3 jtan, garansi stock terbatas trm jg jual beli laptop bekas hrg plg tinggi. Hb.081319900982

KURSUS TEHNISI HP Nvu ponsel service & kursus hp Jln. ZA Pagar Alam No.2 gdg meneng, bk kls mahir psti bs smua merk hp grnsi uang kmbli tlp.07219368064

MESIN FOTO COPY Msn FC super canggih, bs connect computer, rekondisi 90%, gransi, Canon IR4570,5000,3045,3300, 1022. Hb. 0721-7144481-085269405389 CV. Mitra Abadi jual, sewa, perbaikan, suku cdg, tinta, foto copy, msn Analog & Digital. Hub. 7505050, 0812. 7909898

mesin cetak Dua mesin cetak offset toko 910 & computer langsung Lincah Store Jl.Pemuda No.94 Tj Karang seberang Ramayana.

MUSIK ALAT MUSIC DIJUAL Paket alat music band Rp.15jt dijual seharga Rp.10jt saja (New) Sound System Tasso T3 ±6000w Rp.48jt (second, new Rp.100jt) OBRAL alat band & soundsystem berbagai merk terkenal, disc s/d 40% Yamaha,JBL,Mackie,Allen & Heath,AXL,Sonor,Tama,RMV,Iban ez, Artrock,Cort,Best,Rhyme,Gallien Krger,dll Rama Swara telp.(0721) 251652-0811792034 ADI Musik: jl/tkr tmb: i5(4) i4(5) i3(5,5) Pa50(7) Pa80 Pa500, PSR900, KN1400, 2400,2600,X50,CORA,Blazer,Beta 3 ,PV16ch,8ch,CS800,AD3600,Behr. 20 ch, a/esis,DOD, AXL. Ph.268983, 081369139529.

musik pesta sinarta musik pernikahan, saurmatua, orgen tunggal, pesta bonataon dlm & luar kota. Hub. 085216105475 Drs. Edison E. Sinurat. 

LOWONGAN OLEH-OLEH LAMPUNG Oleh-oleh Lampung. Kopi Lampung rasa buah dgn 11 variant rasa: durian, melon, strawberry, anggur, cappucino, mocca, leci, jambu, mangga dan sirsak. Hub. 0813.7927.2995, 0721-750.41222

PENDIDIKAN privat “Privat Go Education“ Semua pljrn TK, SD, SMP, SMA, Umum, mengaji, guru dtg krmh siap UN & Smster hub.0721-7511559, 081279199569 Privat Siklus Guru dtg kermh semua pelajaran SD,SMP,SMA Hub:07217481330, 0857-68003557 Privat Bintang Education smua pljrn TK, SD, SMP, SMA, umum, mengaji, guru dtg ke rmh, professional & sabar, siap UN, semester. hub. 07213667558, 0813 69 277 269 

PELATIHAN MASTER HIPNOTIS pertama & terdahsyat di Lampung bersama 3 PAKAR Hipnotis DUNIA !!!. Hub: 0853.79662737

PENGINAPAN PONDOK PALAPA, HARGA MULAI DARI 85 RBU, DI PUSAT KOTA, FAS : AC, TV, KM PRIBADI, BREAKFAST, PARKIR LUAS, JL. P.E.M NUR 7623158, 7188333, 087899764477, 085380151888

RUPA - RUPA ATASI MAMPET Spesialis Atas Mampet Sal. Air, Wastafel, WC dll, tanpa bongkar garansi, bisa kuras sumur. Hub. 082180803233. Ahli Atasi Mampet Saluran Air, WC, Westafel dll, tanpa bongkar garansi hub. 082178790789

ATASI KEBOCORAN MENGATASI KEBOCORAN, Rembes, Retak/Pecah pd bangn Anda, sprti: K.Mandi, Dak, Talang, Karpus, Basement, Terowongan, Bak Limbah, dpt kami atasi dg Grouting/Injeksi

Beton, Couting, Waterpro-ning, Renov bangnn. Specialis Pengctn Crant Container/Tower Telkom, Gypsum, Polis Marmer. HELDINA 0813.79918592, 0721-7520154

POM BENSIN Bagi yg minat mau mendirikan pom bensin/spbu diseluruh indonesia 60% modalnya dr sy hb. 085344499905

Sedot wc Sedot tinja/wc pakai mbl tangki & atasi mampet slrn tnp bkr, dlm & luar kota, bs sewa toilet portable. 07217400060, 085377528233

SERVICE DARMIN Elktrnik trm srvice pnggil TV, VCD, DVD, speakr active, k.angin, strika dll (bs tukr tmbh). Hub. 082184364724, 087899506812 service pANGGIL AC, Kulkas, Frezer, M. Cuci, W. Heater, dll. Hub. 081272590428  Wahyu Elektronik. Servis berbagai merk TV, kulkas, m.cuci, kpr gas, genset, P. Air, dll. Hub. 0812.72302983.

SUMUR BOR “RIZKY BOR“Menerima Pembuatan Sumur Bor Mesin,Service Pompa air,Gulung Dinamo,Instalasi dll Hub:085367519001, 081379136574

PRINGSEWU RENTAL KIPAS ANGIN BERKABUT/ MISTY C00L 26 &30 INC. ADA DI DYTEX JL MAKAM KH GHALIB PRINGSEWU 081369329030 UNTUK ACR INDOR/ OUTDOOR

Dibthkn karyawan utk Staf Umum, syarat : laki2,llsn SMU/sederajat, punya Sim C, Lmrn krm/antar lgsg ke PT. SAP / Sinar Agung Prasadikindo, Jl. P. Emir M. Noer No. 28 M, Pengajaran BDLTelp. 0721 – 474447 Dbthkn sgr Market Wnt/Pria, Kolektor, jujur, mempunyai kendaraan motor, lmr antr Jl.Sisingamangaraja Gg.Merpati No.50 TKB Gd Air Bth surveyor kredit bank, SMU, gaji tetap & komisi, Punya motor & HP,CV ke PT Wira, Plaza Pasifik A4/77 Jkt-14240/E:hrd@wira.pt Penempatan area Lampung Dbthkn PR&KS, P&W MX 25th pndkn SMU, Maintenance pria MX 25th pndkn SMK listrik/elektro, supir MX 30th, SIM B1, lmrn lgkp dtg Lgsg Jl.Tembesu 8 Campang Raya BDL

Dbthkn cpt llsn S1/D3 semua jrsn utk dtmptkn sbg staf management syarat p/w, pnmpilan mnarik, komunikatif & bs bekerja dg team hub.ida 081310141988 Low kerja Batam PT. Bintang Lima Abadi, PRT, B.Sitter, Toko, Mall, Restoran, Pria/Wanita, 18 th, 40 th, Jl. Pemanggilan No. 48 Natar. Hub. 0813.18252518, 087889688412

Low krja Batam PT.BINTANG LIMA ABADI.PRT, B.Sitter, toko, mall, restoran,pria/wanita 18th – 40th, Jl. Ry pemanggilan no.48, natar hb.081318252518, 087889688412 Cari baby sitter, perawat, PRT Gaji Tinggi, lgsg krja. Cari sponsor TKW/ Lokal fee tinggi hb.0817734330

Dibthkn tentor, Matematika, Fisika, S1 PTN IPK 2,85, Islam, berjilbab bgi perempuan krm lmrn ke Bimbel Eksis Jl Antasari No. 104 B, telp. 0721260706

MADATO (DRTV INDONESIA), membthkn sales consultan (off ice in charge), syarat : Pria/wanita, SMU, D1, D3, good looking,komunikatif. Benefit : Gaji pokok,komisi dan bonus kirim lamaran ke MADATO, Jln. Brigjend Katamso 30.Bdl

Dicari patner bisnis makanan utk ibu rmh tangga & mahasiswa bs di kerjakan paruh wkt hb.082130658882

Tanaka Karaoke membutuhkan Teknisi Listrik, Supervisor berpengalaman. Bawa lamaran langsung hub. 0721-482304

LOWONGAN KERJA Dicari:

Dibthkn karyawan max 27 th min SMA lmrn antar lgsg ke HOTEL PACIFIC Jl. Yos Sudarso no.3 bumi waras T. Betung

MARKETING

Kami distributor bahan bangunan di Telukbetung Selatan membutuhkan karyawan berpengalaman dengan kriteria: 1.  Pria, usia maksimal 36 tahun 2.  Min SMA 3.  Memiliki SIM A & 4. Berbadan Sehat 5.  Berpengalaman min 1 thn di bidang Marketing Lamaran & CV harap dikirim ke:

Bth cpt, PRT, Baby Sitter, pegawai toko dan restoran u/ Jkt & Batam gj 1 jt s/d 3 jt lsg krj hub. 081225085900. PT. FREEPORT INDONESIA menerima karyawan L/P Stara S1,S2,D3 krm daftar Riwayat,Fhoto 4x6,No.Hp, kirim Via Email:ptfi.asia@gmail.com

HRD CV. PACIFIC PLASTINDO Jl. KH. Agus Anang No. 999 TBS, Bandar Lampung

(Paling lambat 1 minggu setelah iklan)

LOWONGAN KERJA

Perusahaan Industri & Pertambangan Kapur membutuhkan:

Audit Administrasi Tambang

Kriteria : a. Min pendidikan S1 b. Pria umur maks 28 tahun c. Mengerti komputer (Microsoft Office : Excel, Word, Power Point) d. Bersedia ditempatkan di lokasi Tambang Branti e. Memiliki sepeda motor sendiri untuk ke lokasi tambang branti f. Jujur, rajin dan bertanggung jawab

Kirim surat lamaran kerja dan CV anda ke PT ANEKA SUMBERBUMI JAYA Via Email : Enquiry@asj-indo.com

KLINIK PENGOBATAN TRADISIONAL SPECIALIS DITANGANI OLEH AHLINYA

Bpk. ABDUL AZIZ

Yang Sudah Teruji & Berpengalaman DINKES.448,502.09.2011 Pastikan anda berobat pada ahlinya Tanpa Efek Samping Permasalahan semua Agama & usia. Bukan Bahan Kimia Menggunakan RAMUAN TRADISIONAL Disertai penerapian yang unik dibantu do’a MENGATASI KELUHAN PRIA & WANITA * MAMPU MENGOBATI MATA KATARAK/rabun

Pria: Wanita: 1. Impotensi Total Normal Kembali 1. Menjaga Keharmonisan Pasutri 2. Lemah Syahwat/Ejakulasi Dini 2. Ramuan Rapat Vagina 3. Disfungsi Seksual 3. Keputihan 4. Diabetes 4. Membuka Aura Kecantikan & Ketampanan 5. Kesuburan Sperma 5. Memperindah Payudara 6. Stamina Pria 6. Ingin Mudah Keturunan 7. Menambah Ukuran Kejantanan Besar Panjang 7. Kangker Rahim Kista Keras Tahan Lama 8. Ingin Pasang Susuk

PROPERTI ALUMINIUM Spesialis kusen, jndla, partisi, pntu almnium, folding gate, rolling door, rak alm dll, mrh ber garansi. Hub. Toko MITRA Jl. Samratulangi 33 A tlp.7477282, 081379200333

BAHAN BANGUNAN FOLDING GATE

RumaH dijual Butuh cpt 2 toko+16 kamar kos+rmh (3KT,2KM), lok strtgis dkt ubl-darmajaya hub.081379409311,081279259659 no sms Dijual cpt rmh di Perum Prasanti Blok B 5 no.8 metro pusat, Uk 10 m2 tingkat, SHM, 4KT, 2KM, siap

Moga Jaya Folding Gate melyni

huni, 150 jt nego hub.08123505217,

penjualan bahan & pembuatan fold-

081539977168

ing gate harmonka juga mlyni pem-

Dijual rmh Jl. Hendro Suratmin, Su-

buatan trails, pagar, canopy, stenlis & besi tempa, work shop Jl. Tawas 31 Yosodadi Metro tlep.0725-7007373, 0812.72324459

GUDANG DIJUAL Jual gdg lk strtgs sntra cklt jg kpra u/gd p’pul LT 2.880 Lg 702 Pswu lpg 082372368309

KEBUN DIJUAL Kebun SHM,Ls. 2,1 Ha di Pal Pu t i h simpang dkt PTPN 7 akses Kotabaru Jatiagung, 2 KM dr Jl.Ir.Sutami, hrg 50rb/m, ada jati, coklat, kelapa & deposit silica. Hub.0811722018

karame dpn SLB, SHM, LT.500 M2, hub. 081218972566, 085669753388 dijual cpt 2 rumah,LT/LB 361/108 & LT/LB 213/216, Jl. W. Monginsidi Gg.Murai 26 T.Betung,garasi luas,SHM. Hub:0821-81050309,0721-273348

DISEWAKAN Rmh di Way Halim Permai & kos2an di unila dikontrakan hub. 08127204966, 089636800800, 085279634666 Rumah komplit dengan isinya, K.Tidur 2, K.Mandi 1 Jl.Tamin Gg. Budiman III No.33 hb.08127986868, 081279121475

over kredit Dijual Over kredit rmh di Blok J 98 Bukit Kemiling Permai, 3 KT, sdh renov, hrg 150 jt nego hub.085383748239

ruko dijual Ruko 2 Lnti, Jl. Imam Bonjol No. 119, smpg pegadaian hrg 600 Jt/Ng Hp: 082182143860 Dijual murah ruko Jl. Sultan Agung 28 IN, 3Lt full, harga nego. Hub. 0815.4040045.

TanaH dijual Dijual cepat tanah luas 1135 m2 + bangunan 88 m2 (exs pabrik batako) Jl. Pagar Alam Gg. Cinde No.60 hub.085279986688, 081379681188 D ijual tanah luas 750 m, Jl. Endo Suratmin gg bintara II hub.085269686173, 08127962039 Djl tnh 6000 M/SHM hrg Rp.230/M, Jl.Sukarno Hatta bypas blakang KT.Camat Kedaton. Hub: 081540885590 Dijual tnh ukrn 15x20 M, di Jln. Labores Gg.Angkasa I Kel.Labuhan Ratu Kec.Kedaton hrg 150 jt, hub:085366752970,085208374451

Jual tnh kavling dpn ktr Gubernur kota baru lpg, mrh, stock terbatas, hub.C V Patok Emas 081369000068,081379193637 Djl tnh 10x15, SHM, sdh ada pondasi rmh 7x9, pondasi keliling, sdh ada sepliteng, hrg 45jt, lok.100 mtr dr Psr Natar hb.081369507778 Tanah 34x40, SHM, strategis Jl.Raya Alamsyah Rpn Metro Pusat/Protokol peminat serius hb.085811737217 (pemilik lgsg) Tanah kav di Korpri Sukarame Blok B 14 No.20, Lt.425 (17x25), hrg 150 Jt, dikontrakan rmh di Villa Citra, 20 Jt/th. Hb. 07213638288 tdk sms Tnh+kolam ikan di Negeri Sakti Pesawaran ls 1,5 Ha, hrg ng. Hub. 0081271530800 TP.

00

0.0

50 Rp. ya

Bia

081379762345, 087898777754 Dijual rmh SHM LT/LB 1050M2 /350M2, 5 KT,4 KM,RT,RM,DPR, grasi, listrik, sanyo Jl.Stn Demak Kuaso no.14A K.Bumi LU hrg 700 jt ng, hb.081279047772.

ALAMAT PRAKTEK

Jl. Teuku Umar Gang Gajah No. 45 Kedaton, (depan Makam Pahlawan) Bandar Lampung Telp. 0858 4011 1656 – 0812 7225 5554 Buka setiap hari pkl. 08.00 – 21.00 WIB Segera dapatkan & Buktikan Khasiat Pengobatannya Hanya di Klinik Bpk. ABDUL AZIZ

metro Disewakan Rmh 5KT, 2 KM, Kmr Utama ada kmr mndi, AC, Tlp, Sanyo/ Tower, Garasi, Pagar keliling di Jl. Tawes No. 07 A Yosodadi Metro Hub. 0725-42419,081369035344

RENTAL & SERVICE

– FORKLIFT – WHEEL LOADER – EXAVATOR – GENSET

GARANSI

1

TAHUN

SALES, RENT , & SERVICE COPY, PRINT, SCAN

LAMPUNG UTARA Di jual tanah 2600 m2, SHM, cocok utk usaha, di pinggir jln lintas, Hub:

TANAH DIJUAL Dijual sebidang tanah SHM, LT + 412 M2, Jl. Kenanga Rawalaut BDL Hub: 085279000757 (Bpk Gunara)

bizhub 164

Solusi BisnisTerbaik Anda Hubungi

ALOK

0813-85931888 0721-3560288

Pastikan Membeli Yang Resmi & Bergaransi Daler Resmi

PD SAKURA Jl. Ikan Bawal 37 Teluk Betung telp. 0721 481779, 484714


SElasa, 19 MARET 2013

LAMPUNG POST

PARIWARA 21

otomotif mobil DIsewaKAN JONI NIAGA RENT CAR: Inova, Kijang Capsul, Avanza, Xenia, APV, Altis, ALphard. Hub. 7403700, 7692086, 0812.7264905 ****** OONK RENTAL CAR ****** Sewakan Sedan Pengantin, Innova, Avanza, Xenia. Hub: 0721-7471813, 0811.799813 n UJM RENT CAR New Inova Diesel, New Avanza, antar / jemput bandara, harian / blnan Hub. 260633, 7442800, 085287815588, 081217983555, 087899728656, 085769220808

MOBIL PENGANTIN Disewakan mobil Pengantin Mercy New Eyes Warna Silver. Berminat hub. 0721-7361700-0811728117

mobil dijual BMW BMW thn 97 warna biru donker, over kredit atau tunai harga Nego 082177731991

Cevrolet Cevrolet Aveo silver’05, be, orsnl, siap pakai, hub.082326036565 

DAIHATSU Dijual cpt Xenia bergaransi dp awal 37jt angs 2,7jt 3th, Hub. 081272341188 PROMO DAIHATSU ALL NEW XENIA DP 26 Jt-an TERIOS DP 30 Jt-an GRAND MAX PU DP 11 Jt-an GRAND MAX MB DP 27 Jt-an SIRION DP 26 Jt-an LUXIO DP 28 jt-an Free Jasa Service 50.000 KM, melayani Liwa, W.Kanan, T.Bawang, Kt.Agung , Tanggamus,Kalianda dll. Proses mudah & cepat. Hub. ANGGA DAIHATSU 0813.69538676, 085788999975, 085279470666 TAFT ROCXY 1.93 Hitam, BE. hubungi segera 081272707065 

HONDA Honda City IDSI Th’2004 Manual, Gold Met, Plat B, mobil bagus & terawat. Hub. 0812.7221250.

CRV thn 2007 warna metalic brown harga nego tlp 085369093829 CRV Th’2010, BE, Putih Mutiara, jok kulit, TV DVD, km 28.000, an.sendiri, Nopil cantik, hrg ng. Hb 0812.72783973, 0857.89886660. Honda Cielo 94,hju,BE kdy,pjk pjg,istmw skli,tdk kcwa,ayo pecinta Cielo 081379929120,08996434115

isuzu Panther Hi Grade’95, Hijau Metalik, ACDB, CD, pjk pjg, BE Kotamadya, 62 Jt nego. Hub. 0857.89886660. Panter LV’04 akhir, barang mulus, siap pakai, jual cepat 116 jt, hub. 081280549669

Panther LS 2006, orisinil, Hitam, turbo 2,5, kondisi siap pakai, plat BE, hrg 167 jt nego, hub.085368432008 Panter higrid’95, hijau, hub.  081272707065

KIA Sedan Kia Visto th 2001 wrn silver, plat BE, hub.081379986809 

Mercy

SUZUKI

Mercy F 300, th 1992, hitam, BE,s. pakai, hrg nego. Hub. 081369411030, 085378709022 n

AC, HU Pioner, TV, PW, PS, CL, tgn prtma, terawat, siap pakai hrg 130 jt, nego hb.08176058014

MITSUBISHI Dijual Mitsubishi Fuso th 2001/2003/2004 hrg nego hub. HP 0811723681. Mitsubishi Kuda Grandia 2,0 th 2003, hitam silver, plat BE, hrg 83 jt hb. 082179183333 (pemilik)

nissan Nissan Grand Livina 1.5 M/T 08, BE, abu2 metalik, asuransi, mulus terawat, istimewa, hrg 136,5 jt, nego, hb.085669611900,081272567274 Grand Livina’10, 1,5 XV, hitam, nego, orisinil sprti br, hb.081379766664 n

Opel Opel Blazer montera th 2000, kondisi sangat mulus tdk kecewa pjk pjg harga nego hub. 081369900065 Opel Blazer LT’99, Abu-abu Met, BE Kodya, siap pakai, harga nego. Hb. 0812.79236565.

Suzuki APV GX TH’2010, silver, MT,

n

Suzuki Esteem th 1994, warna merah maron, AC, Tafe, PW/PS, 1300 CC hub.081379857380 Katana GX’95, BE, ac, vr, br, hijau met Jl.Hayam Wuruk no.68 hb.07217413500

n

TIMOR Timor Dohc ’ 00 Hijau met,AC, VR,BR, RT,Rmt,PW,PS, H 36 Jt/Ng 081272870000

TOYOTA

Toyota Harier 2400 CCm L Premium Full Spec Th’2005 bln 9, Hitam, Plat B. Sun roof, 3 camera, lampu hid, pintu blk electric, ass all risk, cat ors, jok klt, full orsl,serv toyota, pemakai serius hub.0811794545. Dijual Toyota Dyna 115 ET’03, A, pajak hidup, warna Merah, 75Jt, Hb. 085377944555, 08129998136, 081315617418.

OVER KREDIT Inova Diesel G, manual thn 2012, wrn silver, plat B, tangan pertama, NEGO HUb. 081217983555, 085287815588 

kalianda

Toyota Avanza1,5 S tgb’09 manual, plat B, aqua blue, ACDB, CD, R/T, PW, PS CL, foot step, km rendah mbl bgs & terawat hb.08127221250

Jl cpt Xenia Li Sporty’06, plat B, w.hitam, hrg 90 jt net (over kredit Rp. 42 jt, angs Rp.3.280.000,-x15 bln) hb.082179183333 brg dikalianda

Innova E Diesel M/T 2009 , abu2, TV, alloy wheel, ban baru tgn pertama km 58 ribu, service toyota, hrg 182 jt nego hub.082179153322

Jl cpt Jazz IDSI 2004 Akhir plat kodya, w.merah ferrari, TV,DVD,Power Sound System, Jok Kulit, hrg Rp.123 jt, ng hb.082184289008, brg dikalianda

Tips Yang Benar Merawat Kaca Film Mobil Merawat kaca film yang benar akan membuat kaca film mobil Anda berfungsi dengan benar. Hujan yang mengguyur hampir di setiap daerah saat ini membuat sebagian pemilik kendaraan roda empat enggan untuk menggunakan mobilnya. Mereka kebanyakan tidak bisa melihat bebas dan cermat akibat kaca mobil mereka terguyur hujan sehingga pandangan menjadi buram dan menggangu jarak pandang. Sebenarnya, hal itu tidak perlu terjadi jika Anda tahu cara merawat kaca film mobil yang benar. Berikut tips merawat kaca film mobil. Menurut Nurwahyudi, salah satu finalis Asia Pacific Tint-Off Competition 2012 asal Indonesia, ada beberapa trik merawat kaca film: 1. Hal yang paling pertama harus anda lakukan untuk merawat kaca film di saat musim hujan, adalah dengan membersihkannya dari kotoran-kotoran yang disebabkan cipratan air hujan. Anda cukup membilasnya dengan air bersih bertekanan sedang agar kotoran-kotoran yang hinggap bisa langsung menghilang. Hindari penggunaan kain saat mencoba menghilangkan kotoran yang hinggap, karena hal tersebut justru akan merusak lapisan kaca film yang membuatnya tergores. 2. Hindari penggunaan cairan kimia apapun mereknya. Karena menu-

rut Nurwahyudi penggunaan cairan kimia tersebut bukannya merawat kaca film melainkan merusak unsur-unsur yang ada pada kaca film. Biasanya kaca film yang sering terkena cairan kimia akan lebih mudah terkelupas dan juga akan menimbulkan efek pelangi pada kaca film. 3. Hindari juga penggunaan bahan kain dalam membersihkan kaca film, karena bahan kain biasanya akan membuat kotoran mengumpul di bahan, dan sangat tidak bagus jika bersentuhan langsung dengan kaca film yang membuatnya mudah tergores. Sebagai solusinya anda bisa menggunakan tissue yang sebelumnya sudah dibasahi dengan air bersih yang lebih bersahabat untuk lapisan kaca film. 4. Jangan biarkan kotoran terlalu lama hinggap diatas kaca film, karena jika terlalu sering bisa mempercepat munculnya jamur dalam kaca film. Menurut Nurwahyudi anda cukup membilasnya saja dengan air bersih jika anda tidak memiliki waktu banyak untuk membersihkan kaca film anda.

5. Yang terakhir anda harus memperhatikan juga bagian karet yang ada pada jendela kendaraan anda. Karena ditempat ini banyak kotoran yang hinggap yang sangat berpotensi merusak lapisan kaca film saat kaca kendaraan dinaikturunkan.* int


CMYK

±

F KUS selasa, 19 maret 2013 LAMPUNG POST

CMYK

±

±

FESTIVAL BAMBU SERIBU 2013

22

Pringsewu Jadikan Rebung Makanan Khas

±

REBUNG, tunas muda tanaman bambu, telah menjadi bahan makanan yang populer di masyarakat. Tidak tanggung-tanggung, kini Kabupaten Pringsewu yang terkenal dengan ikon seribu bambu menjadikan rebung sebagai makanan khas daerah.

I

nsipirasi menjadikan rebung sebagai makanan khas daerah Pringsewu muncul dari Festival Bambu Seribu 2013, Sabtu (16-3). Bupati Pringsewu Sujadi Saddat mengatakan bambu dapat dikelola tidak hanya dapat dibentuk menjadi beragam karya kerajinan. Bambu, kata dia, terutama bambu muda (rebung), dapat menjadi makanan yang kaya manfaat. Rebung menjadi komoditas pilihan dalam pe­ nganekaragaman makanan di daerah setempat. Pasalnya, rebung memiliki karbohidrat yang tinggi yang bisa dijadikan tepung rebung, memiliki protein tinggi, serta glukosa. Apalagi tanaman bambu merupakan komoditas yang paling potensial di Kabupa­ ten Pringsewu. Karena itu, pihaknya menjadikan rebung sebagai makanan khas yang akan dikembangkan dalam hal produksinya. “Mulai dari Festival Bambu Seribu, rebung kini menjadi makanan khas Pringsewu,” ujar Sujadi. Ketua TP-PKK Kabupaten Pringsewu Nurrohmah Sujadi menambahkan keragaman olahan pangan berbasis potensi lokal

n LAMPUNG POST/SUDIONO

OLAHAN REBUNG. PNS di lingkungan Pemkab Pringsewu merapikan penganan berbahan dasar rebung. Rebung menjadi makanan khas Kabupaten Pringsewu.

±

BACA BESOK F

KUS

Lampung Timur Membangun

seperti rebung wajib dilakukan kini. Dia yakin rebung kini dapat disajikan dalam berbagai bentuk olahan. Apalagi, ujar dia, pengolahan rebung tidak sulit. “Jika kita tahu cara mengolahnya, rebung dapat menjadi alternatif berbasis pangan lokal di sekitar kita,” kata dia. Rebung digolongkan ke dalam sayuran. Rebung merupakan ta­ naman yang jarang dimanfaatkan oleh menusia dalam kehidup­an sehari-hari. Rebung yang sering dikenal dengan nama bung (Bung Jawa) oleh masyarakat pedesaan atau bamboo shoot dalam bahasa inggris. Dibanding sayuran lain, se­ perti sawi atau brokoli, bambu muda alias rebung terdengar kurang bergengsi. Namun, di­ lihat dari kandungannya, makan rebung bisa memberikan banyak manfaat, mulai dari menurunkan berat badan hingga mencegah kanker. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Comprehensive Reviews in Food Science and Food Safety mengungkap rebung banyak mengandung antioksidan. Kandungan ini bisa menangkal radikal bebas atau senyawa berbahaya yang bisa memicu pertumbuhan kanker. Menurut penelitian tersebut, jenis antioksidan yang terdapat dalam rebung adalah fitosterol. Ilmu pengobatan tradisional China mengatakan herbal dengan kandungan ini juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Selain antioksidan, kandungan serat yang tinggi pada rebung juga bisa mengurangi risiko kanker, khususnya di saluran pencernaan. Dalam usus, serat bisa berfungsi sebagai sikat yang akan

±

menyingkirkan berbagai pengotor sekaligus pemicu kanker. Dalam kehidupan sehari-hari, rebung menjadi pencampur sayuran dalam masakan lainnya. Banyak masakan eksotik yang diolah dari rebung, antara lain lumpia Semarang, oseng-oseng khas Probolinggo, sayur ketupat Bojonegoro, serta gulai santan. Rebung juga sering dibuat menjadi asinan maupun dibuat acar yang sangat enak untuk dijadikan bahan camilan. (ONO/U-2)

±

Nurrohmah Sujadi

Pengolahan Rebung Rebung segar dapat disimpan dengan baik dengan cara menempatkan ke wadah yang tertutup rapat, diisi dengan air, lalu dinginkan di kulkas. Dengan cara ini, rebung dapat disimpan selama sekitar dua minggu. Rebung segar dapat bertahan selama beberapa hari bila disimpan dalam lemari es. Rebung segar harus dimasak dengan air mendidih agar racun dapat dibuang. Irisan segar juga bisa direndam dalam air selama sekitar 24—36 jam untuk menghapus kepahitan tunas. Untuk memasak rebung ram, potong menjadi kubus, stik, atau irisan dan masak dalam air asin ringan selama sekitar 30 menit. Kemudian, masak rebung sesuai resep Anda. (ONO/U-2)

±

±

CMYK

±

CMYK

±

±


CMYK

±

F KUS selasa, 19 maret 2013 LAMPUNG POST

CMYK

±

±

FESTIVAL BAMBU SERIBU 2013

22

Pringsewu Jadikan Rebung Makanan Khas

±

REBUNG, tunas muda tanaman bambu, telah menjadi bahan makanan yang populer di masyarakat. Tidak tanggung-tanggung, kini Kabupaten Pringsewu yang terkenal dengan ikon seribu bambu menjadikan rebung sebagai makanan khas daerah.

I

nsipirasi menjadikan rebung sebagai makanan khas daerah Pringsewu muncul dari Festival Bambu Seribu 2013, Sabtu (16-3). Bupati Pringsewu Sujadi Saddat mengatakan bambu dapat dikelola tidak hanya dapat dibentuk menjadi beragam karya kerajinan. Bambu, kata dia, terutama bambu muda (rebung), dapat menjadi makanan yang kaya manfaat. Rebung menjadi komoditas pilihan dalam pe­ nganekaragaman makanan di daerah setempat. Pasalnya, rebung memiliki karbohidrat yang tinggi yang bisa dijadikan tepung rebung, memiliki protein tinggi, serta glukosa. Apalagi tanaman bambu merupakan komoditas yang paling potensial di Kabupa­ ten Pringsewu. Karena itu, pihaknya menjadikan rebung sebagai makanan khas yang akan dikembangkan dalam hal produksinya. “Mulai dari Festival Bambu Seribu, rebung kini menjadi makanan khas Pringsewu,” ujar Sujadi. Ketua TP-PKK Kabupaten Pringsewu Nurrohmah Sujadi menambahkan keragaman olahan pangan berbasis potensi lokal

n LAMPUNG POST/SUDIONO

OLAHAN REBUNG. PNS di lingkungan Pemkab Pringsewu merapikan penganan berbahan dasar rebung. Rebung menjadi makanan khas Kabupaten Pringsewu.

±

BACA BESOK F

KUS

Lampung Timur Membangun

seperti rebung wajib dilakukan kini. Dia yakin rebung kini dapat disajikan dalam berbagai bentuk olahan. Apalagi, ujar dia, pengolahan rebung tidak sulit. “Jika kita tahu cara mengolahnya, rebung dapat menjadi alternatif berbasis pangan lokal di sekitar kita,” kata dia. Rebung digolongkan ke dalam sayuran. Rebung merupakan ta­ naman yang jarang dimanfaatkan oleh menusia dalam kehidup­an sehari-hari. Rebung yang sering dikenal dengan nama bung (Bung Jawa) oleh masyarakat pedesaan atau bamboo shoot dalam bahasa inggris. Dibanding sayuran lain, se­ perti sawi atau brokoli, bambu muda alias rebung terdengar kurang bergengsi. Namun, di­ lihat dari kandungannya, makan rebung bisa memberikan banyak manfaat, mulai dari menurunkan berat badan hingga mencegah kanker. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Comprehensive Reviews in Food Science and Food Safety mengungkap rebung banyak mengandung antioksidan. Kandungan ini bisa menangkal radikal bebas atau senyawa berbahaya yang bisa memicu pertumbuhan kanker. Menurut penelitian tersebut, jenis antioksidan yang terdapat dalam rebung adalah fitosterol. Ilmu pengobatan tradisional China mengatakan herbal dengan kandungan ini juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Selain antioksidan, kandungan serat yang tinggi pada rebung juga bisa mengurangi risiko kanker, khususnya di saluran pencernaan. Dalam usus, serat bisa berfungsi sebagai sikat yang akan

±

menyingkirkan berbagai pengotor sekaligus pemicu kanker. Dalam kehidupan sehari-hari, rebung menjadi pencampur sayuran dalam masakan lainnya. Banyak masakan eksotik yang diolah dari rebung, antara lain lumpia Semarang, oseng-oseng khas Probolinggo, sayur ketupat Bojonegoro, serta gulai santan. Rebung juga sering dibuat menjadi asinan maupun dibuat acar yang sangat enak untuk dijadikan bahan camilan. (ONO/U-2)

±

Nurrohmah Sujadi

Pengolahan Rebung Rebung segar dapat disimpan dengan baik dengan cara menempatkan ke wadah yang tertutup rapat, diisi dengan air, lalu dinginkan di kulkas. Dengan cara ini, rebung dapat disimpan selama sekitar dua minggu. Rebung segar dapat bertahan selama beberapa hari bila disimpan dalam lemari es. Rebung segar harus dimasak dengan air mendidih agar racun dapat dibuang. Irisan segar juga bisa direndam dalam air selama sekitar 24—36 jam untuk menghapus kepahitan tunas. Untuk memasak rebung ram, potong menjadi kubus, stik, atau irisan dan masak dalam air asin ringan selama sekitar 30 menit. Kemudian, masak rebung sesuai resep Anda. (ONO/U-2)

±

±

CMYK

±

CMYK

±

±


CMYK

±

selasa, 19 Maret 2013 LAMPUNG POST

CMYK

±

OLAHRAGA 23

Sharapova dan Nadal Berjaya di Indian Wells

VARIA SPORT

Red Bull akan Beda di Sepang

±

±

MILTON KEYNES—Sebastian Vettel gagal memulai balapan Formula Satu (F1) dengan meraih kemenangan di Grand Prix Australia. Vettel berjanji Red Bull akan tampil berbeda dalam balapan kedua di Malaysia, Minggu (24-3) nanti. “Apa yang kami lihat merupakan kegagalan pertama, tapi kami masih jauh dari kemunduran,” kata Vettel, dilansir Reuters, Senin (18-3). “Malaysia jelas merupakan trek yang berbeda dan dari apa yang kita lihat, semua bergantung pada pembalap mengatasi daya tahan ban.” Pembalap Red Bull itu berhasil merebut posisi terdepan pada sesi kualifikasi di Sirkuit Albert Park. Namun, dalam perlombaan GP Australia, Vettel dikalahkan Kimi Raik­ konen yang tampil gemilang. Kendati gagal meraih kemenangan perdana, Vettel tidak mau terpuruk terlalu lama. Juara F1 tiga kali secara beruntun itu menegaskan tidak akan dikalahkan Fernando Alonso dan Kimi dalam balapan di Sirkuit Sepang, pekan ini. (O-3)

INDIAN WELLS (Lampost): Maria Sharapova dan Rafael Nadal sukses merebut titel juara turnamen tenis WTA/ATP Indian Wells 2013, Senin (18-3) WIB.

Marquez Bisa Ubah Peta Kekuatan BOLOGNA—Marc Marquez memiliki potensi mengubah peta kekuatan di MotoGP musim ini. Demikian pendapat yang datang dari Nicky Hayden. Sejak bergabung dengan Repsol Honda, Marquez memang tampil sangat konsisten dalam beberapa tes pramusim. Terbukti, juara 125 cc dan Moto2 itu bisa bersaing ­dengan pembalap papan atas macam Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo. Bahkan, Marquez menjadi pembalap tercepat dalam tes terakhir yang berlangsung di Sirkuit Austin, pekan ini. Hayden mengatakan Marquez berhasil tampil lebih cepat dari dugaan awal para pesaingnya. “Saya tidak merasa siapa pun meragukan. Marquez merupakan seorang pembalap yang sangat cepat. Bahkan lebih cepat dari yang diduga para rivalnya,” ujar Hayden mengenai Marquez seperti dikutip Autosport. “Bahkan, kemampuan Marquez tampil sangat konsisten dan cepat tidak diharapkan sama sekali. Dia akan membuat balapan MotoGP menjadi menarik karena mengendarai motor yang sangat tangguh dan dia juga sangat lapar gelar.” (O-3)

±

n AP/CHRIS YOUNG

TEMBUS PERTAHANAN. Bintang Miami Heat, LeBron James (6), berusaha menembus pertahanan pebasket Toronto Raptors Jonas Valanciunas (17) pada paruh pertama lanjutan kompetisi NBA di Toronto, Senin (18-3). Heat meraih kemenangan ke-22 secara beruntun usai menang 108-91 dari Raptors.

±

n AP/MARK J. TERRILL

TROFI PERDANA. Sang jawara turnamen tenis Indian Wells 2013 kelompok putri, Maria Sharapova, dari Rusia, memamerkan trofi perdananya tahun ini di Indian Wells, California, Senin (18-3). Di final, Sharapova menundukkan petenis Denmark Caroline Wozniacki 6-2 dan 6-2.

SOSIALISASI ANGGAR

Pengprov Ikasi Jaring 24 Talenta Muda BANDAR LAMPUNG (Lam­ post): Sebanyak 24 atlet ang­ gar muda terjaring melalui sosialiasi olahraga anggar yang digelar Pengprov Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (Ikasi) Lampung. Ke-24 talenta muda ini akan berlatih intensif tiga kali sepekan sebagai bibit anggar baru yang diharapkan berprestasi di tingkat nasional dan internasional. Ketua Umum Pengprov Ikasi Lampung Yusuf Kohar menga­ takan untuk menjaring bibit atlet anggar, pihaknya meng­ gelar sosialisasi anggar, Sabtu (16-3). Dalam kesempatan itu, tujuh sekolah mengirimkan wakilnya mengikuti sosialisasi tersebut. “Mudah-mudahan ke-24 atlet

ini disiplin berlatih sehingga bisa mengharumkan nama Lampung di tingkat nasional maupun internasional,” kata Yusuf, Minggu (17-3). Lebih lan­ jut, dia mengatakan Pengprov Ikasi sudah menyiapkan perala­ tan dan perlengkapan atlet yang akan berlatih intensif. Latihan dilakukan di gedung anggar Stadion Pahoman, Ban­ dar Lampung, setiap Selasa, Rabu, dan Jumat. Latihan akan dipimpin pelatih anggar profe­ sional agar para atlet menda­ patkan pembinaan yang lebih baik. Menurut Yusuf, Pengprov Ikasi juga akan mempersiap­ kan atletnya untuk tampil di kejuaraan nasional anggar di Jakarta, Juni mendatang. “Ke­

jurnas ini menjadi ajang atlet anggar Lampung menunjuk­ kan prestasi lebih baik lagi.” Menghadapi kejurnas terse­ but, Pengprov Ikasi akan menggelar seleksi atlet pada Mei mendatang. “Hanya atlet yang lolos seleksi dan memiliki potensi menyumbang medali yang dikirim. Oleh sebab itu, para atlet diharapkan berlatih sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.” Selain mempersiapkan ke­ jurnas, Pengprov Ikasi juga tengah bersiap menggelar kejuaraan daerah sebagai ajang para atlet mengasah keterampilan sebelum tampil di tingkat nasional, yaitu ke­ jurda rencananya digelar Juli mendatang. (WIN/O-3)

Sharapova mengalahkan Caroline Wozniacki 6-2 dan 6-2 di final untuk meraih gelar juara yang kedua kali­ nya di turnamen yang sama, tempat gelar pertama direbut pada 2006. Petenis Rusia berusia 25 tahun itu dua kali mematahkan servis Wozni­ acki pada setiap set dalam laga yang berlangsung 1 jam 21 menit itu. Gelar tersebut merupakan yang perdana bagi Sharapova tahun ini sejak ia berjaya di Prancis Terbuka 2012. “Apa yang menjadikannya spe­sial ialah, Anda mengakhirinya dengan gelar juara. Itulah menga­pa saya tersenyum,” ujar Sharapova seperti dikutip Eurosport, usai pertandingan. Sementara itu, Wozniacki dengan legawa mengakui kekalahannya. Meskipun de­ mikian, petenis asal ­Denmark ini bertekad membalaskan dendamnya pada ajang WTA Miami Masters, pekan de­ pan. “Maria bermain sangat baik, dia lebih baik dari saya. Tetapi, saya akan melakukan pembalasan di Miami, mung­ kin kami akan kembali ber­ temu di final,” kata petenis muda 22 tahun itu. Sedangkan di bagian putra, Rafael Nadal menambah satu gelar lagi sejak kem­ bali berlaga musim ini, ketika mengalahkan Juan Martin Del Potro dari Argentina 4-6, 6-3, dan 6-4 di final, kemarin. Petenis kidal dari Spanyol itu, yang sempat rehat tujuh bu­ lan karena cedera kaki kiri, berhasil mengatasi lawannya yang memiliki pukulan keras dalam laga tiga set untuk meraih gelar tunggal putra ATP ke-53 dalam kariernya.

Nadal mematikan servis Del Potro pada game kelima set terakhir, setelah lawannya mengamankan game ketiga, kemudian melancarkan servis untuk memenangi laga selama dua jam 29 menit itu. Pertandingan berakhir ketika pukulan forehand Del Potro melebar ke luar lapang­ an. Ini merupakan gelar ATP ketiga Nadal tahun ini dan sekaligus gelar pertama di lapangan keras sejak di To­ kyo pada 2010.

G

elar itu merupakan yang perdana bagi Sharapova tahun ini sejak ia berjaya di Prancis Terbuka 2012.

“Ini merupakan kemenang­ an yang sangat penting untuk saya, meraih kemenang­a n melawan petenis terbaik dunia di lapangan yang bagus bagi mereka. Serius, apakah mungkin melihat comeback yang lebih baik dari ini?” ujar dia. Setelah turnamen ini, Na­ dal memutuskan rehat satu bulan guna mengistirahat­ kan kakinya seperti yang disarankan tim dokter. Dia akan kembali bermain di Monte Carlo, Barcelona, Ma­ drid, dan Roma dalam usaha memenangkan Grand Slam Prancis terbuka tahun ini. “Saya akan ke Monte Carlo dengan harapan yang sama ketimbang sebelumnya dan saya akan mencoba datang dengan kondisi sehat dan yang terbaik, serta mencoba kembali bermain,” ujar Na­ dal. (O-3)

±

NBA

Heat Samai Rekor Kemenangan Rockets

±

PERINGATAN HARI BUMI

‘Lampung Post’ akan Gelar Sepeda Santai

TORONTO (Ant/Lampost): Mi­ meman­cing semangat kami ami Heat mengu­ dan pertahanan yang lebih kir kemenang­a n solid,” kata pelatih Miami ke -22 beruntun Heat, Erik Spoelstra, seperti se­telah mengalah­ dikutip Reuters. kan Toronto Rap­ Rekor kemenangan terbaik tors 108-91, Senin sepanjang sejarah NBA masih (18-3). Heat sukses dipegang LA Lakers dengan 33 menyamai rekor kemenangan kemenangan beruntun yang kedua terpanjang NBA yang ditorehkan sejak November ditorehkan Houston Rockets 1971 hingga Januari 1972 pada pada musim 2007—2008. musim 1971—1972 silam. Bertanding di Air Cana­ Di laga lain, Chris Paul da Center, Toronto, juara mencetak angka 20 poin dan bertahan NBA, itu sempat 8 assist ketika memenang­ memimpin 16 poin di ba­ kan Los Angeles Clippers bak pertama. Namun, Rap­ atas New York Knicks 93-80, tors sukses menyamakan kemarin. Caron Butler me­ kedudukan menjadi 77-77 di nyumbang 14 poin, sedang­ awal kuarter keempat lewat kan Blake Griffin mencetak tembakan bebas Rudy Gay. angka 12 poin serta 12 reHeat lantas merespons bound untuk Clippers. dengan menorehkan 12 poin Kini, Clippers sudah me­ berturut-turut, termasuk nang tujuh kali dari 10 laga sebuah slam dunk Dwyane terakhir mereka dan mem­ Wade yang memanfaatkan buat catatan 46-21 untuk umpan lob setengah lapan­ memimpin di Divisi Pasifik. J.R. Smith membuat angka gan dari Norris Cole. Wade total mengemas 24 tertinggi dengan 17 poin se­ poin, sedangkan LeBron James telah melakukan lemparan membuat double-double 22 4-for-20 dari lapangan, se­ poin dan 12 rebound. Dari dangkan Raymond Felton me­ kubu Raptors, Rudy Gay men­ nambah 16 poin serta 9 assist untuk Knicks cetak 27 poin yang tidak dan Amir John­ Hasil Laga Lain: diperkuat pe­ son menoreh­ Thunder 107–101 Mavericks main andal Allkan 18 poin. Kings 102–113 LA Lakers “ M e r e k a Hornets 95–97 Timberwolves Stars Carmelo Anthony dan membuat Magic 109–115 Bucks tembakanTyson Chandler Hawks 105–93 Nets Warriors 108–78 Rockets t e m b a k ­a n karena men­ yang sulit dan galami cedera 18 Maret 2013 13:41 WIB ANTARA - OLAHRAGA DAN KRIDA saya kira itu kaki. (O-3)

±

CMYK

BANDAR LAMPUNG (Lam­ post): Harian Umum Lampung Post akan menggelar sepeda santai dengan tema Bandar Lampung hijau fun bike, Minggu (7-4). Kegiatan ini dalam rangka mem ­ peringati Hari Bumi 2013 sekaligus ajang silaturahmi komunitas bersepeda di Lampung. M a n a g e r Co m m u n i c a ­ tion Lampung Post Armalia mengatakan Lampung Post sebagai harian terkemuka di Lampung ingin meng­ apresiasi Hari Bumi yang jatuh setiap tanggal 22 April dengan melakukan kegiatan penanaman pohon sekaligus bersepeda santai. “Peserta akan mendapat­ kan bibit pohon untuk di­ tanam di kediaman masingmasing demi mengurangi polusi udara serta pemanas­ an global,” kata Armalia, Minggu (17-3). Lebih lanjut, dia mengata­ kan peserta fun bike akan me­ nempuh jarak 10 km ­dengan rute mulai dari halaman Museum Lampung di Jalan Z.A. Pagaralam—Pramuka— Imam Bonjol—Teuku Cik Ditiro—Raden Imba Kes­ umaratu, dan finis di Taman Wisata Lembah Hijau. Peringatan Hari Bumi,

±

kata Armalia, merupakan program tahunan Lampung Post yang selalu diisi kegiat­ an-kegiatan positif. Selain penanaman pohon, melalui kegiatan ini pula dilakukan pembinaan komunitas sepe­ da yang kian tumbuh dan berkembang di Lampung. “Melalui kegiatan ini, para komunitas sepeda diharap­ kan dapat saling tukar infor­ masi dan pengalaman dalam menekuni hobi bersepeda,” kata Armalia. Ada pun ha di a h ya n g disediakan pada acara itu berupa sepeda gunung, pon­ sel BlackBerry, lemari es, televisi, dan ratusan hadiah menarik lainnya. Bagi peminat kegiatan da­ pat mendaftar di kantor Lampung Post di Jalan Soekar­ no—Hatta No. 108 Rajabasa, kantor perwakilan Lampung Post di Jalan Ahmad Yani No. 7, dan Toko Sepeda Utama Jalan Teuku Umar No. 5 Ban­ dar Lampung. Peserta dari luar kota bisa mendaftar di sekretariat sepeda tua di seluruh ka­ bupaten/kota Provinsi Lam­ pung. Setiap peserta dikena­ kan biaya Rp25 ribu dan akan mendapat kaus, minuman Hydro Coco, dan tiket gratis di Lembah Hijau. (WIN/O-3)

CMYK

±

±


CMYK

±

OLAHRAGA Selasa, 19 maret 2013 LAMPUNG POST

±

CMYK

± Jordi Roura Hubungan antara Messi dan David Villa baik-baik saja dan berjalan seperti biasanya. Saya malah tak sampai kepikiran ada sesuatu yang harus dipertanyakan.

24

‘Barca’ Jauhi Kejaran Madrid

SERI A

Roma Jaga Asa ke Kompetisi Eropa ROMA (Lampost): AS Roma menjaga peluang menembus kompetisi E r o p a musim depan usai menun­ dukkan Parma 2-0 dalam lanjutan Seri A. Kemenang­ an tersebut membawa Il Giallorossi ke urutan kelima klasemen dengan menggusur Lazio dan Inter Milan. Kini tim asal ibu kota Italia itu mengumpulkan 47 poin atau sama kedua tim, tetapi unggul produktivitas, namun Inter masih menyimpan satu laga di tangan. Sementara Parma tertahan di posisi 12 dengan 35 poin. Roma yang tampil di de­ pan pub­

liknya, Stadion Olimpico, Senin (18-3) dini hari WIB, mengawali pertandingan ­dengan sempurna setelah unggul cepat di menit ketujuh berkat gol Erika Lamela. Ge­ landang andalan Roma terse­ but memanfaatkan umpan Daniele de Rossi. Giallorossi hampir menggandakan ke­ unggulan, tetapi tendangan Simone Perrotta masih mem­ bentur mistar gawang. Pa r m a b e r m a i n cukup baik di babak kedua dengan menda­ patkan dua pe­ luang emas untuk menyamakan skor. Tandukan Paletta masih membentur mistar dan tembak­ an Parolo yang di­ halau dengan gemi­ lang Nicolas Burdisso. Roma memberi respons dengan mencetak gol kedua. Tendangan bebas Francesco Totti menembus gawang Parma untuk kedua kalinya dan memastikan tuan ru­ mah meraih tiga poin. Nasib sial dialami tim ibu kota lain­ nya Lazio yang ditundukkan tuan rumah Torino 0-1. Gol tunggal kemenangan Torino dicetak Jonathas. (O-2) n REUTERS/GUSTAU NACARINO

Francesco Totti

Liga Primer

La Liga Granada 1-1 Levante Barcelona 3-1 Vallecano Osasuna 0-2 Atl. Madrid Sevilla 4-0 Zaragoza Malaga 0-2 Espanyol Valencia 3-0 Betis Real Madrid 5-2 Mallorca Getafe 1-0 Athletic Bilbao Sociedad 4-1 Valladolid La Coruna 3-1 Celta Vigo

1.Man. United 29 24 2 3 2.Man. City 29 17 8 4 3.Chelsea 29 16 7 6 4.Tottenham 30 16 6 8 5.Arsenal 29 14 8 7 6.Everton 29 12 12 5 7.Liverpool 30 12 9 9 8.WBA 30 13 5 12 9.Swansea 30 10 1 0 10 10.Fulham 29 9 9 11 11.Stoke 30 7 13 10 12.Norwich 30 7 13 10 13.Newcastle 30 9 6 15 14.West Ham 29 9 6 14 15.Sunderland 30 7 1 0 13 16.Southampton 30 7 1 0 13 17.Aston Villa 30 7 9 14 18.Wigan 29 7 6 16 19.Reading 30 5 8 17 20.QPR 30 4 11 15

69-31 74 51-26 59 58-30 55 51-37 54 55-32 50 46-35 48 57-39 45 40-38 44 40-38 40 40-44 36 27-35 34 28-46 34 41-52 33 32-43 33 33-42 31 42-52 31 31-56 30 35-56 27 35-57 23 26-48 23

1.Barcelona 28 24 2.Real Madrid 28 19 3.Atl. Madrid 28 19 4.Sociedad 28 13 5.Valencia 28 13 6.Malaga 28 12 7.Betis 28 13 8.Getafe 28 12 9.Vallecano 28 13 10.Sevilla 28 11 11.Levante 28 10 12.Valladolid 28 9 13.Espanyol 28 9 14.Ath.Bilbao 28 9 15.Granada 28 7 16.Osasuna 28 7 17.Zaragoza 28 7 18.Mallorca 28 6 19.Celta Vigo 28 6 20.La Coruna 28 4

2 2 4 5 3 6 8 7 6 9 8 8 4 11 6 10 2 13 5 12 7 11 8 11 8 11 5 14 7 14 7 14 5 16 6 16 5 17 8 16

88-31 74 71-27 61 50-24 60 49-35 47 41-40 45 38-27 44 39-42 43 38-44 42 37-46 41 43-40 38 33-41 37 36-38 35 33-37 35 32-51 32 26-39 28 23-32 28 25-42 26 30-55 24 27-41 23 32-59 20

57-18 65 50-26 56 52-32 54 53-35 51 60-49 47 44-37 47 37-35 47 39-36 45 38-38 41 39-38 35

Milan 2-0 Palermo Fiorentina 3-2 Genoa Siena 0-0 Cagliari Bologna 0-2 Juventus Catania 3-1 Udinese 11.Sampdoria 28 10 6 12 12.Parma 29 9 8 12 13.Cagliari 29 9 8 12 14.Chievo 29 10 5 14 15.Torino 29 8 12 9 16.Atalanta 29 10 5 14 17.Genoa 29 6 8 15 18.Siena 29 8 7 14 19.Pescara 29 6 3 20 20.Palermo 29 3 12 14

35-33 35 36-39 35 35-48 35 31-44 35 34-36 35 30-42 33 29-45 26 29-40 25 21-58 21 23-43 21

Seri A Roma 2-0 Parma Torino 1-0 Lazio Napoli 3-2 Atalanta Pescara 0-2 Chievo 1.Juventus 29 20 5 4 2.Napoli 29 16 8 5 3.Milan 29 16 6 7 4.Fiorentina 29 15 6 8 5.Roma 29 14 5 10 6.Inter Milan 28 14 5 9 7.Lazio 29 14 5 10 8.Catania 29 13 6 10 9.Udinese 29 10 11 8 10.Bologna 29 10 5 14

±

LIGA PRIMER

Chelsea 2-0 West Ham Wigan 2-1 Newcastle Tottenham 0-1 Fulham Sunderland 1-1 Norwich Man. United 1-0 Reading Aston Villa 3-2 QPR Southampton 3-1 Liverpool Stoke City 0-0 West Bromwich Albion Swansea City 0-2 Arsenal Everton 2-0 Man. City

LFP

Barcelona menambah tiga poin seusai meme­ cundangi tim papan tengah Vallecano 3-1 di Stadion Camp Nou, Senin (18-3) dini hari. Barca kini mengumpulkan 74 poin, sedang­ kan Madrid 61 angka. Lionel Messi yang sempat meredup sinarnya saat Azulgrana dua kali dipermalukan Madrid di ajang La Liga kembali menemukan ketajamannya. Ia melesakkan sepasang gol ke gawang Vallecano yang dikawal Ruben menit ke-40 dan 57. Ini merupakan kedua ka­ linya berturut-turut Messi menjaringkan dwigol. Pekan lalu, Messi juga mencetak dua

Real Madrid, Atletico Madrid kembali ke trek positif dengan mempermalukan Osasuna 2-0. Bomber asal Brasil, Diego Cos­ ta, menjadi bintang kemenang­ an Los Colchoneros di markas Osasuna, Estadio El Sadar, lewat sepasang golnya ke gawang An­ dres Fernandez. Dengan hasil ini, skuat Diego Simeone tetap berselisih satu poin di belakang Madrid, sementara Osasuna masih berkutat di urutan 15, berjarak empat angka di atas zona degradasi. Osasuna sebenarnya lebih dominan dalam penguasaan bola, tetapi mereka kerap keteteran oleh serangan balik cepat yang memang menjadi andalan Atletico. Keunggul­ an tim tamu emenangan membuat Barcelona tetap p u n d i b u k a nyaman di puncak klasemen dengan lewat sebuah fast break yang keunggulan 13 poin atas Madrid. berujung gol sundulan Diego Costa dari jarak gol saat melakoni leg kedua ba­ dekat di menit ke-36. Tiga menit bak 16 besar Liga Champions setelah jeda, Costa mencetak melawan AC Milan. Adapun gol keduanya sekaligus mem­ gol pertama Barca ke gawang perbesar skor Los Colchoneros Vallecano dicetak striker David memanfaatkan umpan Koke Villa (25’) menuntaskan umpan dari situasi bola mati. Di laga lain, Granada terus Messi. Gol semata wayang Val­ lecano dicetak pemain senior menjauh dari zona degradasi meskipun hanya memetik satu Raul Tamudo (70’). Kerja sama Messi dan Villa angka saat bermain imbang di lapangan seolah membuyar­ 1-1 ketika menjamu Levante. kan rumor yang menyebutkan Kedua tim saling melakukan jika mereka berselisih. Pihak serangan di awal pertanding­ klub juga menampik speku­ an, tetapi kiper kedua tim lasi tersebut dan memastikan (Tono dan Gustavo Munua) keduanya memiliki hubungan tidak terlalu banyak melaku­ kan penyelamatan berarti. yang sehat satu sama lain. Kedudukan tanpa gol baru “Saya sudah mendengar kabar tersebut belakangan ini, pecah di menit ke-32 ketika bek tapi tak ada yang serius,” kata Levente Pedro Lopez melaku­ Jordi Roura, pelatih sementara kan handball di kotak terlarang Barcelona. “Hubungan antara dan Guilherme Siqueira men­ Messi dan David Villa baik- gonversi tendangan penalti baik saja dan berjalan seperti menjadi gol. Namun, Levante biasanya. Saya malah tak sam­ menyamakan skor lima menit pai kepikiran ada sesuatu yang usai jeda, ketika Vicente Iborra harus dipertanyakan.” mampu mencuri bola sebelum melepaskan umpan ke kotak Dwigol Costa penalti tim tuan rumah, lalu Gagal menang di dua laga Robert Acquafresca menyambut terakhir, sekali imbang dan ka­ umpan itu dengan tendangan lah, sehingga harus merelakan voli yang menjadikan skor men­ posisi kedua klasemen direbut jadi 1-1. (METROTVNEWS/O-2)

LFP

TEKNIK. Penyerang Barcelona Lionel Messi mencungkil bola untuk mengelabui kiper Rayo Vallecano, Ruben, pada lanjutan La Liga di Stadion Nou Camp, Barcelona, Senin (18-3).

Hasil dan klasemen

±

BARCELONA (Lampost): Barcelona kembali memperlebar selisih poin dengan Real Madrid di klasemen. Kemenangan atas Rayo Vallecano membuat selisih kembali menjadi 13 poin.

n AP/RICARDO DE LUCA

±

±

Chelsea Naik ke Posisi Tiga LONDON (Lampost): Chelsea menggeser To t t e h a m Hotspur dari posisi tiga klase­ men Liga Primer. Ke­ menangan 2-0 atas West Ham United ditandai gol ke200 Frank Lampard bersama The Blues. Tim besutan Rafa Benitez kini memimpin satu poin atas The Lilywhites yang dikalahkan Fulham 0-1, dan berpeluang me­ nambah jarak meng­ ingat mereka masih punya satu laga sim­ panan. Bahkan, po­ sisi runner-up milik Manchester City pun cukup realis­ tis dibidik meng­ i n g at m e r e k a hanya terpaut tiga angka dari The Eastlands. Kemenang­ an di Stamford Bridge, Senin (18-3) dini hari WIB, dipastikan

lewat gol Frank Lampard serta Eden Hazard di masingmasing babak. Lampard pun meng­ungkapkan rasa senangnya mampu mencetak gol ke-200 bersama Chelsea. “Gol itu terasa spesial. Ini jelas suatu pencapaian yang telah saya dapat­ kan,” ujar Lampard. “ S aya senang dan b a ­

hagia karena gol itu terbi­ lang penting untuk tim. Saya sangat beruntung bermain bagi klub ini untuk rentang waktu yang lama bersama pemain-pemain hebat. Pe­ main-pemain yang terkadang memberikan Anda bantuan seperti Hazard. Saya sung­ guh bersyukur,” ujar pemain jebolan West Ham itu. Di laga lain, optimisme Roberto Martinez lolos dari jeratan degradasi menun­ jukkan bukti ketika Wigan Athletic sukses mem­ bekuk Newcastle ­United 2-1 secara dramatis. Jean Beausejour membuka keung­ gulan tuan rumah di babak pertama yang disamakan Davide Santon di menit ke-72. Arouna Kone memastikan tiga poin tuan rumah saat laga memasuki menit terakhir di waktu normal. (METROTVNEWS/O-2)

n AP/SANG TAN

Frank Lampard

K

±

OFFSIDE Adriano Negoisasi Kontrak Baru

Gomez Pasrah pada Klub

Lescott Masuk Timnas Inggris

BARCELONA—Adriano sedang membi­ carakan perpanjangan kontrak dengan Barcelona. Sebelumnya, pemain berusia 28 tahun itu dikaitkan dengan Paris Saint Germain (PSG), tetapi diban­ tah sang agen, Alffonso Paulo. “Kami sangat dekat untu k mencapai kesepakatan (kon­ trak baru),” ujar sang agen. “Sejauh ini kami belum deal, namun Barca tengah melan­ carkan usaha yang besar. Mereka ingin memperba­ rui kontraknya dan Adria­ no juga ingin bertahan,” katanya. Penampilan pemain Brasil musim ini cukup apik bersa­ ma tim yang bermarkas di Nou Camp meski jarang menjadi starter. Adapun kontrak mantan penggawa Sevilla itu akan habis pada musim panas 2014. (METROTVNEWS/O-2)

M U N ICH—Mar io Gomez menyera h kan nasibnya pada Bayern Muenchen terkait rumor kepindahannya. Meski belum ter­ lalu lama, tepatnya pada April tahun lalu, meneken perpanjangan kontrak sampai 2016, terbatasnya kesempatan tampil sebagai starter diyakini memicu keinginan Gomez hengkang dari A l l ia n z A rena mu si m pa nas mendatang. “Saya tak suka segala per­ tanyaan tentang masa de­ pan saya. Pekerjaan saya adalah bermain sepak b ol a. O r a n g- or a n g yang memimpin ­B ayern-lah ya ng memut u sk a n d i ma na masa depan saya terbentang,” ujar bomber Timnas Jerman itu. “Saya bahagia di Muenchen dan saya tak akan menandatangani kontrak baru kalau saya tak merasa itu sebagai pilihan tepat.” (O-2)

MANCHESTER—Bek Manchester City Joleon Lescott dipanggil skuat Inggris untuk kualifikasi Piala Dunia 2014 melawan San Marino dan Montenegro. Lescott sebelumnya ditinggalkan Mana­ jer The Three Lions Roy Hodgson karena musim ini jarang bermain di tim utama City. Akan tetapi, ia akhirnya dipang­ gil untuk menggantikan bek Tot­ tenham Hotspur Michael Dawson yang menga lam i cedera saat Spurs takluk 1-0 dari tamunya Fulham di White Hart Lane, Senin (18-3) dini hari. Dawson disusul Aaron Len­ non yang juga menga lam i cedera karena dipaksakan bermain saat Spurs mela­ wa n I nter M i la n d i L iga Eropa pertengahan pekan ini. (METROTVNEWS/O-2)

±

±

n AP/MANU FERNANDEZ

CMYK

±

n AP/MATTHIAS SCHRADER

n AP/EFREM LUKATSKY

CMYK

±


lampungpost edisi 18 maret 2013