Page 1

± ±

± ±

CMYK CMYK

Terbit Sejak 1974 Sirkulasi: (0721) 788999 Layanan Umum: (0721) 783693 Iklan: (0721) 774111 SMS: 0815 4098 5000 Redaksi (0721) 773888 SMS: 0812 7200 999

www.lampungpostncom

jumat, 30 desember 2011

± ±

CMYK

l No. 12303 l TAHUN XXXVII

DINAMIKA MASYARAKAT LAMPUNG

Terbit 28 Halaman

lHARGA ECERAN : Rp3.000 KURS

± ±

Tahun 2013 hanya ‘e-KTP’ yang berlaku... HLM. 4

BURAS

H. BAMBANG EKA WIJAYA

NTP Lampung, Reputasi yang Layak Dijaga!

± ±

Menyantap satai nikmat malam hari... HLM. 28

1 US$ Rp9.160 kamis, 29 DESEMBER 2011 SUMBER BI

TPF Kembali ke Mesuji Banyaknya temuan membuat Tim Pencari

“DI balik catatan negatif yang mendera Lampung terkait kasus Mesuji akhir 2011, reputasi Lampung memuncaki nilai tukar petani (NTP) nasional sejak 2010 (pada 117,46) yang melejit November 2011 menjadi 123,24 (BPS Lampung) layak dijaga,” ujar Umar. “Dengan posisi jauh di atas NTP nasional yang No­ vember 2011 pada 105,64 (www.bps.go.id/index.php), reputasi itu punya arti penting bagi tingkat kesejahteraan lewat daya beli petani atas produk sektor lain! Itu mendukung pertumbuh­ an ekonomi Lampung triwulan III 2011 sebesar 6,85% yang didominsi konsumsi swasta!” “Posisi ranking satu nasional NTP Lampung itu jelas layak dijaga karena penurunan yang terjadi secara nyata mencer­ minkan penurunan daya beli petani daerah ini!” timpal Amir. “Salah satu alasan perlu diwaspadai, karena NTP November 2011 itu sebenarnya sudah terjadi penurunan dari NTP Oktober 2011 di posisi 123,67, akibat turunnya NTP subsektor tanaman pangan sebesar 0,88%!” “Itu dia!” tukas Umar. “Memang turunnya NTP subsektor tanaman pangan itu dicatat akibat turunnya harga singkong dan kacang tanah! Tapi harus diwaspadai dengan lebih saksama ekses yang bisa lebih buruk pada NTP akibat impor beras ke Lampung 60 ribu ton, apalagi kalau jadi sampai Februari 2012 ditambah menjadi 75 ribu ton!” “Koordinasi yang sinkron antarinstansi daerah ini untuk menjaga reputasi itu mutlak perlu. Karena jika ada instansi sesuka-suka sendiri hingga merusak reputasi tersebut, sisa rasa bangga warga Lampung mengatasi citra negatif yang telanjur mencekam itu akan ikut rusak!” timpal Amir. “Pemahaman perlu pada perasaan warga Lampung yang merasa dinodai nama baiknya oleh orang-orang luar yang datang menyulut masalah dan keonaran di Lampung! Terutama pemahaman bahwa rasa harga diri—fi’il—adalah segalanya bagi warga Lampung!” “Kebanggaan atas ranking satu nasional NTP Lampung pada angka 123,24, jauh di atas runner-up DIY pada 116,77, disusul Sumsel pada 109,50 dan Kalsel 109,31, bukan saja harus dipertahankan tetapi juga harus ditingkatkan sebagai usaha meningkatkan terus kesejahteraan keluarga petani daerah ini!” tegas Umar. “Untuk itu usaha terpenting pada 2012 adalah memperbaiki semua infrastruktur pertanian dan perdesaan, agar kualitas produksi dan sarana pemasarannya lebih baik sehingga petani bisa mendapatkan harga yang lebih baik lagi bagi produksi pertaniannya!” “Pokoknya prestasi 2010 berhasil ditingkatkan jadi reputasi tinggi pada 2011!” timpal Amir. “Tentu, itu harus dibuat lebih mapan pada 2012!” ***

Gigi Sehat, Paru-paru Sehat POSISI gigi memang jauh dengan paru-paru sehingga orang awam sulit memahami jika keduanya berhubungan. Na­ mun, sebuah penelitian di Yale University menunjukkan risiko pneumonia (radang paru-paru) cenderung meningkat ketika kesehatan gigi dan mulut tidak terjaga. Hal ini menunjukkan kesehatan gigi dan mulut be­ refek sistemik bagi organ lain. Berdasarkan pengamatan terhadap 37 pasien rumah sakit di Inggris, populasi bakteri gigi lebih banyak ditemukan pada penderita pneumonia. Artinya risiko pneumonia berbanding lurus dengan banyaknya bakteri yang menunjukkan tingkat kebersihan gigi pasien. “Temuan ini bisa membantu upaya pencegahan pneumonia di masa yang akan datang, dengan selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut,” kata Samit Joshi pemimpin penelitian dikutip Dailymail, Kamis (29-12). Nigel Carter, pimpinan British Dental Health Foundation, me­ngatakan bakteri gigi bisa terhirup masuk ke paru-paru bersama droplet atau bercak-bercak dahak. Carter merekomendasikan idealnya menggosok gigi setidaknya dua kali sehari masing-masing selama dua menit. (U-1)

Fakta (TPF) Mesuji memutuskan melakukan investigasi susulan dan kembali ke lapangan untuk kedua kalinya. Menurut Ketua TPF Denny In­ drayana, melihat temuan lapang­ an tidak cukup turun satu kali. “Setelah turun ke lapangan, baru laporan disusun. Senin (2-1), ada­ lah sekitar dua minggu lebih kami bertugas. Laporan temuan, kesim­ pulan, dan rekomendasi awal disampaikan sebelum 17 Januari 2012,” kata Denny, pada acara catatan akhir tahun pemberan­ tasan mafia hukum di Indonesia di Gedung UKP4, Kamis (29-12). Temuan, kesimpulan, dan re­ komendasi disampaikan pertama kali kepada pemberi tugas, yakni Menko Polhukam Djoko Suyanto. Mengenai jumlah korban, Den­ ny belum berani menyebutkan. “Kami menghindari berpolemik soal angka. Angka dikeluarkan se­ telah kami betul-betul punya bukti pendukung,” kata Denny. Anggota TPF Mesuji dari Uni­ versitas Lampung, Tisnanta, menga­takan masih memetakan es­ kalasi konflik antara masyarakat, perusahaan, dan pemerintah. Untuk itu, hari ini (30-12), TPF me­ manggil ketiga perusahaan, yakni PT Silva Inhutani dari Register 45 Lampung, PT Barat Selatan Mak­ mur Investindo (BSMI) dari Desa Sritanjung, Lampung, dan PT Sumber Wangi Alam (SWA) dari Desa Sodong, Mesuji, Kabupaten OKI, Sumatera Selatan. Selain itu, TPF memanggil pem­ buat kebijakan di Mesuji, yakni pihak perkebunan, kehutanan, dan kepolisian. Menurut anggota TPF, Ichsan Malik, pihak Mayjen (Purn.) Sau­ rip Kadi yang melaporkan tindak kekerasan di Mesuji ke DPR pada 14 Desember lalu juga ikut dipang­ gil. “Dia bagian peristiwa ini,” kata Ichsan Malik.

n ANTARA

DRAMA PENEMBAKAN PETANI. Sejumlah mahasiswa melakukan aksi teatrikal drama penembakan petani saat berunjuk rasa di depan Mapolres Kediri Kota, Jawa Timur, Kamis (29-12). Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi BEM Sahabat menuntut pemerintah menyelesaikan tragedi kemanusiaan berdarah di Mesuji (Lampung) dan Bima (NTB).

Ketua DPR Marzuki Alie menyata­ kan DPR segera membentuk panja untuk menindaklanjuti kasus keke­rasan Mesuji. Marzuki ber­ harap agar UU Pengadaan Tanah segera disahkan agar bisa mem­ bantu menyelesaikan berbagai persoalan kepemilikan lahan yang kerap menimbulkan bentrok. Panja beranggotakan Komisi III.

‘‘

Rekomendasi awal disampaikan sebelum 17 Januari 2012.

Bentuk Panja

Me sk ipu n d i s ebut bagian peristiwa Me­ suji, Ketua Tim Advokasi Warga Mesuji Saurip Kadi pesimistis dengan hasil akhir TPF. Untuk itu, Saurip mendorong pembentukan panitia kerja (panja) penega­ kan hukum DPR. Denny Indrayana Mengenai hal ini,

Namun, akan bertransformasi menjadi panitia khusus (pan­ sus) gabunga n lintas komisi dengan menggandeng Komisi II dan Komisi IV. “Panja ini lintas komisi. Penghilangan hak tanah milik warga di Mesuji bukan tidak mungkin diikuti kasus lain,” kata Marzuki. Dalam catatan Polda Lampung, terdapat 11 kasus konflik agraria di Lampung. Namun, menurut Kapolda Lampung Brigjen Pol. Jodie Rooseto, pada refleksi akhir tahun Polda Lampung, kemarin, yang menimbulkan korban jiwa terdapat dua kasus, yakni di kawasan BSMI dan Register 45 Mesuji. Buruknya kondisi petani yang tidur seadanya di tenda-tenda membuat organisasi kesehatan Medical Emergency Rescue Com­ mittee (MER-C) Indonesia mengi­ rimkan relawan tim kesehatan. Tujuan tim MER-C adalah Posko Tugu Roda yang merupakan lokasi pengungsian terbesar. “Keberangkatan tim ke lapangan menindaklanjuti permohonan war­ ga Mesuji,” kata Ketua Presidium MER-C Indonesia Sarbini Ab­ dul Murad k emarin. n ANTARA (ASP/U-1)

KASUS MESUJI

Warga Berharap Rekomendasi Jadi Solusi MESUJI (Lampost): Masyarakat Kabupaten Mesuji berharap re­ komendasi Tim Pencari Fakta (TPF) Mesuji dapat menjadi solusi konflik. Warga tiga kampung, yakni Sritanjung, Nipahkuning, dan Kagungan, yang berkonflik dengan PT Barat Selatan Makmur Investindo (BSMI) mengharapkan dua hal. Pertama, pelaku penembakan terhadap warga hingga tewas dan yang dirawat dihukum berat. Kedua, warga meminta agar lahan plasma diberikan kepada warga sekaligus diukur ulang luas lahan hak guna usaha (HGU) PT BSMI. Menurut Leman (50), warga Kampung Sritanjung, pihaknya menuntut HGU BSMI dicabut. “Perusahaan tidak bermanfaat bagi warga sekitar. Banyak pelanggaran pajak dan kewajiban plasma tidak diberi,” kata Leman, Kamis (29-12). Hingga kemarin, situasi di lokasi perkebunan BSMI, te­ patnya di sekitar wilayah Di­ visi II, aktivitas panen kelapa sawit masih berlangsung. Pabrik crude palm oil (CPO) belum berproduksi karena beberapa komponen belum diperbaiki.

±

Di Register 45 Sungai Buaya, terutama yang berpeluang dibe­ baskan, yakni Talanggunung dan Labuhanbatin, warga mendiri­ kan tenda-tenda. Di beberapa titik, seperti Tugu Roda, Alba V, Alba I, dan sepanjang jalur lintas Brabasan, ramai didatangi warga dari luar Mesuji. Warga berharap penyelesai­ an konf lik dan pelanggaran HAM. Sedangkan mengenai Register 45, warga mempunyai dua pendapat. Warga di Register 45 meminta agar diakomodasi mengelola lahan tersebut. Warga Moro-moro ingin di­ akui hak konstitusinya. Kemu­ dian mendapat pelayanan dasar sesuai undang-undang, yakni kese­hatan dan pendidikan. Begitu juga di Tugu Roda, ingin mengg­ arap lahan karena tanah tersebut merupakan milik turun temurun dari marga Megowpak. Kepala Kampung Wiralaga II, Mat Jaya, hanya meminta agar luas Register 45 Sungai Buaya diukur ulang. “Itu saja, maka selesailah per­ soalan Register 45. Setelah diukur ulang, cabut izin PT Silva Inhutani,” kata Mat Jaya. (UAN/U-1)

± AGRARIA

Alih Fungsi Lahan Pertanian Diatur Peraturan Gubernur BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pem­ prov Lampung menyatakan prihatin atas maraknya alih fungsi lahan pertanian padi menjadi lahan permukiman dan lahan ubi kayu. Kondisi ini berakibat penurunan produktivitas padi. “Untuk itu disiapkan peraturan guber­ nur dan peraturan daerah. Mengenai apa yang akan diatur masih dibahas Dinas Pertanian, Bappeda, dan Dinas Pengairan,” kata Wakil Gubernur Lampung M.S. Joko Umar Said, pada rapat koordinasi revital­ isasi pertanian, perikanan, dan kehutanan di Ruang Abung, Balai Keratun, Kamis (29-12). Menurut Wagub, peraturan tentang alih fungsi lahan ini mengacu pada UU No. 41 Tahun 2009 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan. UU ini mengatur lahan pertanian pangan abadi, yakni lahan pertanian pangan

± ±

±

JAKARTA (Lampost):

OASis

± ±

Proyek PU Pesawaran diduga sarat KKN... HLM. 23

Emma Watson artis bergaya rambut terbaik... HLM.16

CMYK CMYK

Lahan Pertanian Menyusut Secara nasional, dalam kurun waktu 1979—2011, Kementerian Pertanian mencatat konversi lahan pertanian ke nonpertanian mencapai 3,62 juta hektare. Lahan sawah beririgasi teknis dan nonteknis lenyap akibat alih fungsi mencapai 92.376 hektare. � Serikat Petani Indonesia (SPI) meminta Pemkab Pringsewu menghentikan alih fungsi 40 ha lahan sawah di Gadingrejo untuk lahan perkantoran.

� Hasil pencitraan satelit menunjukkan sekitar 96% dari total luas hutan mangrove di Lampung hilang. Luas lahan mangrove tersisa 3.108 ha, dari potensi lahan seluas 93.938,84 ha.

� Pemprov secara resmi mengalihkan fungsi eks kawasan hutan produksi seluas 145,12 ribu ha berdasarkan Perda No. 6 Tahun 2011. Data diolah Lampung Post, Grafis; Fahmi

yang tidak boleh dikonversi menjadi lahan lain. “Untuk lahan ini investasinya cukup mahal karena harus dibangun sebaik mungkin jaringan irigasi, pencetakan

± ±

sawah, dan infrastruktur pertanian lain­ nya,” kata Wagub. Alih fungsi lahan pertanian pangan, khususnya padi, menurut Dekan Fakultas Pertanian Universitas Lampung Wan

Abbas Zakaria, harus segera diatur agar swasembada pertanian tercapai. Produksi padi harus ditingkatkan semaksimal mungkin karena pertumbuhan penduduk semakin cepat. “Jadi harus ada tata ruang yang menga­ tur di mana lahan abadi bisa menjadi andalan. Misalnya di Mesuji yang masih memungkinkan. Luas fungsional sawah harus ditingkatkan. Untuk itu, alih fungsi lahan harus dibatasi dan diawasi secara ketat,” kata Wan Abbas. Menurut Wan Abbas, alih fungsi ter­ jadi karena petani tidak cukup mendapat pasokan air untuk mengairi areal padi. Daripada rugi, petani kemudian memilih menanam tanaman lain yang harganya kompetitif dan mudah perawatannya, se­ perti ubi kayu. “Namun, kalau semakin banyak petani beralih, makin sedikit pula produksi padi,” ujarnya. (LIN/U-1)

CMYK

± ±


–

JUMAT, 30 DESEMBER 2011 LAMPUNG POST OPERASI LILIN

6 Hari Pelaksanaan Mengungkap 32 Kasus –

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Kapolda Lampung Brigjen Jodie Rooseto mengatakan selama enam hari pelaksanaan Opera si Lilin Krakatau berhasil mengungkap 32 kasus. “Operasi Lilin Krakatau dijadwalkan dari tanggal 23 Desember hingga 1 Januari 2012,” kata Jodie Rooseto di sela-sela ekspos tahunan, Kamis (29-12), di Bandar Lampung. Jodie memerinci dari 32 total kasus tersebut, di antaranya kasus pencurian dengan kekerasan (7), pencurian dengan pemberatan (10), pencurian kendaraan bermotor (1). Selama 6 hari itu juga terjadi 12 kecelakaan lalu lintas dengan korban 6 tewas. Dalam menghadapi malam pergantian tahun baru, Polda mengerahkan seluruh pasukannya untuk melakukan pengamanan, terutama

–

CMYK

di daerah yang berpotensi menjadi lokasi konsentrasi masyarakat, seperti tempat rekreasi, lapangan Korpri, dan Saburai. “Pengamanan di lokasi itu dilakukan karena pada pergantian tahun sudah menjadi tradisi masyarakat mengisinya dengan kegiatan yang penuh nuansa kegembiraan dan berkumpul bersama, hal itu akan menambah aktivitas dan mobilitas masyarakat,” kata Jodie. Sedangkan untuk pengaman Natal lalu, kepolisian dapat meredam kemungkinan hal-hal yang dapat mengganggu jalannya perayaan umat Nasrani tersebut. Pihak kepolisian menurunkan 1.039 personel dalam Operasi Lilin Krakatau tahun ini. Operasi ini bertujuan menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam melaksanakan perayaan pergantian tahun. (MG7/K-1)

„ LAMPUNG POS/ZAINUDDIN

RILIS AKHIR TAHUN. Kapolda Lampung Brigjen Pol. Jodie Rooseto memberikan penjelasan atas keberhasilan jajarannya mengusut tuntas tindak kejahatan, Kamis (29-12). Polda juga siap mengamankan malam Tahun Baru.

–

CMYK

Bandar Lampung

I2

Buruh Andatu Demo Tuntut Gaji BANDAR LAMPUNG (Lampost): Ratusan karyawan PT Andatu Plywood Lestari berunjuk rasa menuntut pembayaran gaji, Kamis (29-12). Demo selama kurang

–

lebih tiga jam ini berlangsung dengan damai.

„ LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

TUNTUT GAJI. Ratusan pekerja PT Andatu Kembali melakukan aksi di halaman perusahaan tersebut, Kamis (29-12). Mereka meminta perusahaan membayar gaji dan membayarkan Jamsostek demi kesejahteraan karyawan.

DUGAAN KORUPSI

6 Kali P-18, Polisi Terbitkan SP3 BANDAR LAMPUNG (Lampost): Perkara dugaan korupsi dengan tersangka Dina Meilani, Fera Anggraini, dan Putri Marisa terkait dana bantuan sosial Pemerintah Provinsi Lampung 2009, yang sempat 6 kali dinyatakan belum lengkap (P-18) oleh pihak Kejati Lampung, kini di-SP3-kan. Dirkrimsus Polda Lampung AKBP Dono Indarto mengatakan memang berkas perkara dugaan korupsi tiga tersangka itu sudah 6 kali dinyatakan belum lengkap

atau P-18 oleh pihak Kejati Lampung. “Untuk itu, demi kepastian hukum, akhirnya saya menerbitkan surat penghentian penyelidikan perkara (SP3) perkara ini,” kata Dono di ruang kerjanya, Kamis (29-12). SP3 dikeluarkan karena perkara ini memang belum cukup bukti. Dono menjelaskan belum ada bukti yang menjelaskan keterlibatan ketiganya dengan tersangka utama, yakni Gandhi Fasha dan Desiyanti. Sementara itu dua pelaku utama sudah menerima vonis hakim berupa 1 tahun hukuman penjara.

Tapi, meskipun sudah terbit SP3, pihak kepolisian masih terus berupaya mencari bukti baru terkait perkara ketiga tersangka itu. “Jadi, SP-3 yang diterbitkan sifatnya sementara sampai ditemukan bukti baru atau novum,” ujar Dono. Sekadar mengingatkan, kelima tersangka memalsukan tanda tangan mantan Gubernur Lampung saat itu, Syamsurya Ryacudu. Sebelumnya para tersangka mengajukan proposal permohonan dana bansos 2009 dengan nama LSM fiktif sebanyak 49 dan jumlah dana keseluruhan yang dicairkan Rp1,02 miliar. (MG7/K-2)

Hampir seluruh karyawan berdemo di halaman PT Andatu di Srengsem, Panjang. Mereka menuntut hak atas gaji yang tidak kunjung dibayar pihak perusahaan. Salah seorang pengunjuk rasa, Heri, mengatakan gaji seluruh karyawan untuk Desember belum dibayar pihak perusahaan. “Seharusnya gaji sudah diterima sejak 20 Desember lalu, tapi sampai sekarang belum ada kepastian kapan dibayarnya,” kata Heri. Selain soal gaji, kata Heri, buruh juga mengeluhkan keterlambatan perusahaan membayar premi Jamsostek. Hal ini membuat karyawan kesulitan untuk berobat di rumah sakit. Jamsostek yang dimiliki karyawan tidak bisa dipakai untuk berobat. “Pihak perusahaan meminta agar biaya berobat menggunakan uang pribadi dahulu nanti akan diganti. Bagaimana mau berobat, biaya makan saja enggak cukup karena gaji belum dibayar perusahaan,” kata Heri. Pihak buruh meminta agar gaji semua karyawan secepatnya dibayar. Massa ditemui Kepala Personalia PT Andatu Suwarso. Kepada para buruh, Suwarso mengatakan pihak perusahaan belum memiliki dana untuk membayar gaji karyawan. Manajemen perusahaan meminta para karyawan untuk bersabar dan menunggu. Perusa-

haan menjanjikan pembayaran gaji pada 3 Januari mendatang. Dirumahkan

Menurut Heri, karyawan pun di rumahkan hingga 3 Januari sambil menunggu pembayaran gaji. “Kalau tidak ada uang pada 3 Januari kami enggak digaji dan diminta menunggu sampai waktu yang belum ditentukan,” ujarnya. Dia menambahkan para buruh hanya menuntut hak normatif agar gaji dibayar dan Jamsostek pun bisa dipakai. Sudah lima bulan perusahaan menunggak pembayaran premi Jamsostek. Heri juga mengatakan bila sampai Januari perusahaan tidak kunjung membayar gaji karyawan, karyawan menyerahkan permasalahan ini kepada Serikat Buruh Lampung (SBL) sebagai serikat pekerja para buruh Andatu. “Seluruh karyawan mengharapkan agar gaji yang menjadi hak buruh segera dibayar perusahaan,” kata dia. Hal senada dikatakan Lukmanuddin, seorang buruh PT Andatu. Dia menilai hingga kini perusahaan tidak memedulikan karyawannya tentang kepemilikan Jamsostek. Ada beberapa buruh harian yang ketika mendatangi rumah sakit atau puskesmas untuk berobat, tetapi kartu Jamsostek tidak bisa digunakan. Hal itu karena perusahaan belum membayar premi kepada Jamsostek. (MG2/MG5/K-2)

KORUPSI

Polda Selamatkan Uang Negara Rp2 Miliar BANDAR LAMPUNG (Lampost): Polda Lampung menyelamat kan uang negara Rp2,05 miliar yang ditilap para koruptor sepanjang 2011. “Polda Lampung menangani 14 perkara korupsi pada 2011 ini, terjadi kenaikan sangat signifikan dari tahun 2010 yang hanya ada empat kasus,” kata Direktur Kriminal Khusus Polda Lampung AKBP Dono Indarto, Kamis (2912), di ruang kerjanya. Menurut Dono, dari kasus tersebut kerugian negara mencapai Rp149 miliar dan yang

–

berhasil diselamatkan jajarannya Rp2,05 miliar. “Jumlah tersebut meningkat dari tahun 2010, kepolisian hanya menyelamatkan sekitar Rp400 juta uang negara,” ujarnya. Ia mengakui masih ada sejumlah uang yang bisa dikembalikan kepada negara, tetapi uang tersebut masih digunakan untuk kepentingan penyelidikan sebagai barang bukti. Berdasarkan hasil pencapaian itu, Polda Lampung menduduki peringkat 9 dari seluruh polda yang ada di bawah jajaran Mabes Polri.

“Kami mendapatkan penghargaan berupa sertifikat dari Kapolri karena masuk 10 terbaik penyelesaian perkara korupsi,” kata mantan Kapolres Kutai Kertanegara ini. Dono yang baru dua bulan menjabat sebagai Dirkrisus Polda Lampung itu mengatakan dirinya akan menerapkan kebijakan dalam menangani tindak pidana korupsi. “Saya akan terapkan kepastian hukum yang jelas, artinya jika suatu perkara dinyatakan lengkap berkasnya akan dilanjutkan.

Tetapi apabila tidak, akan di-SP3 kan. Jadi tidak akan ada perkara yang menggantung,” kata Dono. Untu k SP3, harus dila kukan dengan bersih, tidak ada ma in mata. “Jika terjadi (main mata, red) akan saya tindak tegas. Meskipun SP3 dikeluarkan, pihaknya akan terus aktif mencari bukti baru atau novum terkait perkara tersebut,” kata Dono. Jika ditemukan bukti baru, segera d i la njut ka n kemba l i sehingga SP3 sifatnya hanya sementara. (MG7/K-1)

–

–

–

–

CMYK

–

CMYK

–


±

±

CMYK

Jumat, 30 Desember 2011 lampung post

CMYK

I3

Bandar Lampung

Gubernur Temui Wartawan

±

Peraturan Matikan Pedagang juga bisa membuka usahanya sampai dengan 24 jam. Bandar Lampung No. 2 Tahun 2011 dan Perda 05/2011 Sedangkan dalam Peraturan Wali Kota No. 7/2009, toko swadinilai telah memarginalkan para pengusaha lemah di layan nasional hanya bisa dibuka kota ini. dengan jarak 1 km dari toko dan pasar tradisional. “Kami pernah Wali Kota Nomor 2 Tahun 2011 Hal itu terungkap dalam rapat dikumpulkan di Hotel Marcopolo itu. Kalau Peraturan Wali Kota dengar pendapat (hearing) antara untuk sosialisasi Peraturan Wali sebelumnya, yakni No. 7 Tahun Komisi A DPRD Bandar Lampung Kota terbaru itu, tapi ketika kami dengan para pedagang yang ter2009, kami masih merasa terlin­ minta Peraturan Wali Kotanya gabung dalam Asosiasi Pengusaha dungi, meskipun sebenarnya juga t id a k d i b e r i Retail Lampung (April), di ruang telah membuat oleh pihak Komisi A, Kamis (29-12). usaha kami yang mengunDalam hearing yang dipimpin S e n i n-K a m i s d a n g k a m i ,” Ketua Komisi A Barlian Mansur; (ny a r i s mat i, kata Syahril. Ketua April Syahril Taufik mengar e d ) , ” k a t a Pihaknya berharap Sedang kan takan Peraturan Wali Kota No. 2 Syahril. Komisi A bisa Perda 05 Tahun Tahun 2011 ini sangat merugikan Dia menjelas2011, Syahril para pedagang lemah dan menkan salah satu membantu para menambahguntungkan toko-toko swalayan item dari Perwali pedagang lemah. kan ia bersama nasional dan supermarket yang Nomor 2 Tahun beralih fungsi menjadi minimar2011, toko swarekan­n ya he­ ket yang bertumbuhan seperti layan nasional atau supermarket ran mengapa peraturan daerah cendawan di musim hujan. yang beralih fungsi menjadi miniseperti itu bisa ada di Bandar “Saya tidak habis mengerti apa market bisa dibuka dalam jarak 200 Lampung. Perda ini mengatur dasar pertimbangan Peraturan meter dari toko tradisional. Mereka tentang tarif retribusi sampah

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Peraturan Wali Kota

±

‘‘

n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. bersama Wakil Gubernur Lampung Joko Umar Said dan sejumlah Asisten Provinsi Lampung bertemu wartawan di aula utama Kantor Gubernur, Kamis (29-12).

yang ditarik dari para pedagang. “Bayangkan, Pak. Selama ini kami bayar retribusi sampah per bulan Rp60 ribu. Tapi dengan adanya perda tersebut, retribusi menjadi Rp600 ribu/bulan. Ini namanya ingin membunuh kami pelanpelan,” kata Syahril. Oleh sebab itu, pihaknya berharap Komisi A bisa membantu para pedagang lemah agar bisa terus hidup. “Kami ini berusaha bukan untuk membeli mobil mewah atau membangun rumah, melainkan untuk makan anak dan istri sehari-hari, untuk biaya sekolah anak, dan kebutuhan primer lainnya,” kata penasihat April, Rusdi. Menanggapi keluhan para pedagang yang tergabung dalam April, Ketua Komisi A Barlian Mansyur menyatakan keprihatinannya dan berjanji dalam waktu dekat akan menggelar hearing dengan peserta yang lebih luas. (UDA/K-2)

±

ANGGARAN DAERAH

Pemkot Audit Dana KONI Bandar Lampung

±

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pemkot Bandar Lampung akan mengaudit penggunaan anggaran Komite Olahraga Nasional Indonesia setempat untuk peningkatan kualitas olahraga di kota itu. “Itu uang negara sehingga harus dipertanggungjawabkan alokasi penggunaannya untuk kepentingan pengembangan bidang olahraga di kota ini,” kata Wali Kota Herman H.N., usai pengukuhan personalia antarwaktu KONI Bandar Lampung masa bakti 2011—2013, di Gedung PKK, Kamis (29-12). Menurut dia, alokasi anggaran untuk pembinaan bidang olahraga sekitar Rp2 miliar—Rp3 miliar itu merupakan upaya pemerintah meningkatkan kualitas olahraga di Kota Tapis Berseri ini. “Pemeriksaan anggaran bu-

kannya untuk menjatuhkan kepengurusan, tapi sepenuhnya dilakukan semata-mata kewajiban, karena semua penggunaan anggaran harus dipertanggungjawabkan dengan jelas,” kata dia. Ia menambahkan hal tersebut sesuai dengan kegiatan yang dilakukan, apalagi hasil pembinaannya belum maksimal. “Tahun ini banyak cabang olahraga di Bandar Lampung yang belum memperoleh hasil maksimal, contohnya dari cabang panahan yang sebelumnya selalu memperoleh hasil optimal,” ujarnya. Ia berharap kepengurusan baru dapat meningkatkan pembinaan terhadap atlet di Bandar Lampung, sehingga dapat membawa harum nama Provinsi Lampung di event nasional. (MG5/ANT/K-1)

±

INFRASTRUKTUR

Perlu Sinergi Bangun Koramil

±

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Komandan Korem (Danrem) 043/ Gatam Kolonel Czi. Amalsyah Tarmizi mengatakan diperlukan sinergi semua pihak untuk membangun satuan baru setingkat koramil untuk memenuhi kekurangan pasukan TNI AD di beberapa wilayah, terutama di daerah otonomi baru. “Untuk pembangunan koramil tidak mungkin dilakukan sendiri oleh pihak kami. Oleh sebab itu, diperlukan andil semua pihak untuk bekerja sama mewujudkannya,” kata Amalsyah, Rabu (29-12), di Bandar Lampung. Menurut Amalsyah, kerja sama tersebut sangat dibutuhkan, mengingat pihaknya terbentur keterbatasan anggaran yang ada. Ia mencontohkan, seandainya masyarakat mau

±

menyiapkan lahan, pemerintah daerah setempat yang mendirikan bangunan, tentara siap ditempatkan di daerah tersebut. Kerja sama ini, menurut Amalsyah, memang telah diperintahkan Panglima Kodam (Pandam) II/Sriwijaya untuk berkoordinasi dengen pemerintah daerah se­ tempat terkait dengan pengadaan lahan, dan kalau bisa pendirian bangunannya juga. Mengenai kesiapan personelnya untuk menempati koramil yang mungkin dibangun tersebut, Amalsyah berjanji menyiapkan anggotanya. “Akan tetapi tetap disesuaikan dengan kemampuan,” kata Amalsyah. Saat ini Danrem 043/Gatam telah menetapkan prioritas untuk pembangunan koramil, di antara­ nya Tulangbawang. (MG7/K-1)

CMYK

±

±

CMYK

±


2013, Hanya ’e-KTP’ yang Berlaku

Kecam Kekerasan Aparat

INFO PUBLIK RUMAH SAKIT

DARURAT

RSUAM Bandar Lampung 0721 - 702455

Ambulans

118

UGD RS Urip Sumoharjo 0721 - 771323

PMI

0721 - 253452

RSU Bumi Waras

0721 - 254589

Pemadam Kebakaran

0721 - 252741

I4

Bandar Lampung

JUMAT, 30 DESEMBER 2011 LAMPUNG POST

0721 - 263851

Gangguan Telepon

115.117

RSU Advent

0721 - 703459

Gangguan PAM

0721 - 483855

RSU Immanuel

0721 - 704900

Gangguan PLN

0721 - 263206

RS Graha Husada

0721 - 240000

RS Jiwa

0721 - 271170

TELEPON PENTING

RS Medika Keluarga

0721 - 771488

Denpom Lampung

0721 - 482931

Lampung harus memiliki kartu tanda penduduk

RSB Anugerah Medika

0721 - 262310

Polda Lampung

0721 - 486841

elektronik (e-KTP) pada 2013. Sejak itu, KTP

RS Bintang Amin Husada 0721 - 273601

0721 - 242901

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Semua warga Bandar

konvensional tidak berlaku lagi.

Poltabes Bandar Lampung 0721 - 255110

KESEHATAN

Mulai 1 Januari 2012, Berobat Cukup Bawa KTP BANDAR LAMPUNG (Lampost): Mulai 1 Januari 2012, seluruh masyarakat Lampung bisa berobat gratis di puskesmas dan rumah sakit umum di Lampung hanya dengan membawa kartu tanda penduduk (KTP). Pengobatan gratis yang tidak terbatas untuk masyarakat kaya atau miskin itu merupakan pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Semesta (Jamkesta) atau Universal Coverage yang secara nasional baru berlaku 2014 mendatang. Prog ra m i n i d ig u l i rka n untuk menjamin kesehatan masyarakat Lampung yang sama sekali belum memiliki jaminan kesehatan lain, seperti Jamkesmas, Jamkesda, Askes, Jamsostek, Asabri, atau asuransi swasta lainnya. “Kalau mau berobat jalan, pasien cukup membawa KTP saja. Kalau harus dirawat inap, selain KTP pasien juga harus membawa kartu keluarga, surat rujukan dari puskesmas, dan surat pernyataan tidak memiliki asuransi kesehatan apa pun. Hanya itu saja,” kata Kepala Dinas Kesehatan Lampung Reihana di ruang kerjanya, Kamis (29-12). Reihana menjelaskan program Jamkesta akan berlaku hanya untuk perawatan kelas III dan dilakukan secara berta-

hap mulai dari puskesmas. Kalau tidak mampu ditangani di puskemas, pasien baru dirujuk ke rumah sakit umum daerah di setiap kabupaten/kota. Jika di sana juga tidak dapat ditangani, baru dikirim ke Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM). “Jadi, memang harus mulai dari puskemas. Masyarakat saya harap mau berobat dulu ke puskemas dan tidak langsung buru-buru ke rumah sakit. Obat di puskesmas juga berkualitas kok. Untuk itu, kami dorong yang mau mendapat Jamkesta berobatnya harus dimulai dari puskesmas dulu,” ujar dia. Hanya saja, kata Reihana, program Jamkesta tidak bisa mengover rujukan pasien ke luar provinsi karena anggarannya terbatas, yaitu sekitar Rp105 mi liar. Rujukan terjauh jadi hanya sampai di RSUDAM. D i n a s Ke s e h a t a n p e rnah meng hitung ada sekitar 3.980.354 penduduk Lampung yang belum memiliki jaminan kesehatan. Dengan penghitungan biaya jaminan kesehatan, yakni Rp5.000/orang/bulan atau Rp60 ribu/orang/tahun, kebutuhan anggaran Jamkesta bagi yang tidak memiliki jaminan kesehatan di Lampung mencapai Rp238,821 miliar lebih. (LIN/K-2)

TABEL PELAYANAN YANG TIDAK DIJAMIN JAMKESTA No.

„ LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

Gerakan Rakyat Melawan Penindasan (GRMP) berunjuk rasa di depan kantor DPRD Lampung, Kamis (29-12). Mereka mengecam kekerasan aparat dan penghentian ekplorasi yang dilakukan di Bima, Nusa Tengara Barat.

APARATUR

Awal Tahun Gubernur Pastikan Mutasi BANDAR LAMPUNG (Lampost): Awal tahun depan Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. memastikan akan melakukan perombakan pejabat struktural di Pemprov Lampung. Selain itu, jabatan kepala dinas yang kini hanya dijabat seorang pelaksana tugas (plt.) juga akan ditetapkan pejabat definitifnya. Gubernur menjelaskan kini ada sekitar tujuh jabatan struktural yang belum memiliki kepala dinas atau kepala badan. Di antaranya, Sekretariat DPRD Lampung, Sekretariat KPU Lampung, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa, dan Dinas Peternakan. Selain itu, jabatan asisten I Bidang Pemerintahan Sekprov dan direktur utama Rumah Sakit Umum Daerah

Abdul Moeloek (RSUDAM) saat ini juga masih diduduki seorang plt. “Melihat banyaknya jabatan yang kosong, dapat saya pastikan Januari mendatang akan ada mutasi. Akan ada yang dipindah, dan akan ada yang didefinitifkan. Semuanya itu untuk memaksimalkan kinerja pejabat eselon II-A di tahun 2012,” kata Gubernur di ruang rapat utama Pemprov, Kamis (29-12). Untuk jabatan sekretaris DPRD Lampung sendiri, DPRD Lampung memilih Sudarno Eddi sebagai sekretaris Dewan. Rabu (28-12), DPRD Lampung telah mengirim surat mengenai keputusan itu ke Pemprov Lampung. Ketua DPRD Lampung Marwan Cik Asan mengatakan Pemprov telah mengusulkan tiga

nama birokrat untuk menduduki posisi sekretaris DPRD Lampung, yakni Hanan A. Razak, Kherlani, dan Sudarno Eddi. Menurut Marwan, pihaknya telah menggelar rapat pimpinan dan mengambil keputusan untuk memilih Sudarno Eddi. “Itu hasil rapim kemarin,” ujar dia. Menurut Marwan, pilihan dijatuhkan kepada Sudarno Eddi dengan beberapa pertimbangan, antara lain secara administrasi Sudarno Eddi dinilai memiliki kemampuan, karena pernah menjabat sebagai sekretaris Kota Bandar Lampung. “Secara administrasi dia memiliki pengalaman menjadi sekretaris. Secara politik, dia pernah menjadi penjabat bupati di Pringsewu,” kata Marwan. (LIN/K-2)

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bandar Lampung Syahrir Sanusi, Kamis (29-12), mengatakan mulai tahun 2013 hanya KTP elektronik yang berlaku. Sedangkan KTP konvensional tidak berlaku lagi. “Warga yang belum memiliki KTP elektronik dianggap tidak memiliki KTP meskipun ada kartu yang lama. Jadi bisa saja ditanyatanya oleh petugas keamanan karena dianggap tidak memiliki KTP. Hati-hati bisa kena razia KTP, karena tidak punya e-KTP,” kata dia. Menurut Syahrir, saat ini sedang dalam proses perekaman data guna pembuatan KTP elektronik. Warga harus memanfaatkan ini untuk sesegera mungkin membuat e-KTP. Sehingga pada 2013 sudah memiliki dokumen kependudukan yang berbasis elektronik. Dia menjelaskan sampai saat ini Disdukcapil terus melakukan perekaman di semua kantor kecamatan. Meskipun awalnya perekaman ditargetkan hanya sampai Desember. Disdukcapil akan terus bekerja melayani masyarakat. “Disdukcapil akan menghentikan perekaman jika memang ada perintah dari Kementerian Dalam Negeri. Bila belum ada, ya terus melayani,” kata dia. Sampai 26 Desember, jumah warga yang melakukan perekaman sudah mencapai 300.881 orang. Atau baru sekitar 35% dari total wajib KTP yang mencapai 873.352 orang. Terus Berjalan

Sementara itu, Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N. usai melantik pengurus KONI di Gedung PKK, mengatakan perekaman KTP elektronik akan terus dilaku-

JENIS PELAYANAN

1. Kacamata

HAK GUNA BANGUNAN

2. Alat bantu dengar

Wali Kota Tunda Eksekusi Ruko Pasar Panjang

3. Alat bantu gerak 4. Alat-alat spesialistik 5.

kan hingga April mendatang. Wali Kota kembali melihat proses perekaman e-KTP di beberapa kantor kecamatan yang terus berjalan. Herman menilai semua pelayanan e-KTP sudah bagus dan akan terus berajalan. Sedangkan target pembuatan 59 juta kartu tanda penduduk elektronik atau e-KTP yang sudah dicanangkan Pemerintah Pusat, hingga akhir 2011 jauh dari target. Salah satunya, terjadi di Bandar Lampung. Di Kecamatan Tanjungkarang Pusat (TKP), misalnya, dari 800 ribu lebih warga yang wajib KTP di kecamatan ini baru terdata sekitar 30 ribu warga. “Baru sekitar 40% yang sudah mendaftar e-KTP di kecamatan ini,” kata Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Slamet, Rabu (28-12), di ruang kerjanya. Slamet mengatakan Kecamatan Tanjungkarang Pusat memiliki sebelas kelurahan, yaitu Kelurahan Palapa, Durianpayung, Gotongroyong, Enggal, Pelita, Tanjungkarang, Kaliawi, Kelapa Tiga, Gunungsari, Pasir Gintung, dan Penengahan. Pelayanan e-KTP bagi masingmasing warga yang ada kelurahan tersebut sudah dijadwalkan dan terlaksana. Namun, masih banyak warga dari masing-masing kelurahan tersebut belum mendatangi kantor kecamatan untuk membuat e-KTP. Hal ini membuat petugas kecamatan kembali melakukan penjadwalan pelayanan e-KTP untuk warga dari masing-masing kelurahan. “Warga yang ada di kelurahankelurahan tersebut belum 100% mendaftar e-KTP. Sehingga dilakukan penjadwalan ulang. Saat ini masih melayani Kelurahan Kelapa III,” kata Slamet. (MG-2/MG-5/K-2)

Kemoterapi

6. Cuci darah 7.

Operasi jantung

8.

Pelayanan yang tidak sesuai prosedur

9.

Bahan yang bertujuan sebagai kosmetika

10.

General check-up

11.

Gigi tiruan

12. Pengobatan alternatif 13.

Bayi tabung dan pemeriksaan mendapatkan keturunan

14.

Pelayanan kesehatan tanggap darurat bencana

15.

Pelayanan kesehatan bakti sosial Sumber: Dinas Kesehatan Lampung

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pemkot Bandar Lampung membatalkan eksekusi penutupan rumah toko atau ruko di Pasar Panjang. Padahal sebelumnya tim eksekusi sudah siap untuk menutup ruko yang direncanakan, Kamis (29-12). “Penutupan dibatalkan. Hari Senin (2-1) mendatang, baru kami tutup. Ini masih menjelang libur Tahun Baru. Kami masih ada perikemanusiaan,” kata Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N., usai melantik pengurus KONI Bandar Lampung di Gedung PKK, Kamis (29-12).

Semula, tim akan mengeksekusi dengan menutup ruko di Pasar Panjang dan Pasar Ayam, Kamis (2912) dan Jumat (30-12). Jumlah ruko yang akan ditutup mencapai 20 unit, tersebar di dua pasar tersebut. Bahkan, tim sudah menyiapkan gembok dan rantai untuk mendukung proses penutupan ruko yang belum juga menyelesaikan pembayaran sewa menyewa dengan Pemkot, sedangkan hak guna bangunan (HGB) sudah habis. Sebelumnya, Asisten I Sekretariat Pemkot Dedi Amarullah men-

gatakan Pemkot sudah menyiapkan tim untuk mengamankan penutupan ruko. Tim meliputi kepolisian dan Satpol PP. Pemkot juga sudah menyiapkan gembok dan rantai untuk mendukung penutupan ruko. “Pokoknya, akan kami tutup semua ruko yang belum menyelesaikan sewa terhadap Pemkot. Pemilik dipersilakan mengurus sewa-menyewa dahulu agar bisa menempati kembali rukonya,” kata dia. Dia menambahkan Pemkot tidak akan memindahkan barang-barang milik pedagang. Ruko akan langsung

ditutup agar tidak ada lagi yang menempati ruangan. “Nanti pedagang silakan mengajukan permohonan untuk mengangkut barang yang ada dalam ruko,” kata dia. Penutupan ruko ini dilakukan dengan berakhirnya masa hak guna bangunan (HGB) yang dimiliki pedagang. Pedagang bisa menempati kembali ruko jika sudah menyelesaikan pembayaran sewa menyewa. “Beberapa pedagang sudah ada yang membayar sewa,” kata dia. Pemkot, kata Dedi, terus mengimbau kepada pedagang untuk

segera pindah ruko karena masa HGB habis. Untuk memperpanjang penempatan maka pedagang harus membayar sewa. Batas akhir pembayaran hingga 20 Desember lalu. Pemkot juga sudah memberikan toleransi dua hari sejak 20 Desember untuk pindah sendiri. Selain ruko Pasar Panjang dan Pasar Ayam, kata Dedi, ada beberapa ruko di pasar lain yang akan segera habis masa berlakunya. Seperti di Pasar Tengah, Tanjungkarang Pusat. (MG-2/K-2)

PENGUPAHAN

KEBIJAKAN

UMK Masih Tunggu Pengesahan Gubenur

Pemkot akan Bebaskan Retribusi Pedagang

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Upah minimum kota (UMK) sudah diserahkan ke Gubernur Lampung untuk mendapat persetujuan. Namun, sampai kini belum ada penetapan dari Gubenur. Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Bandar Lampung Dhomiril Hakim, Kamis (29-12), mengatakan pihaknya sudah menyampaikan laporan tentang UMK ke Pemprov Lampung pekan lalu. Namun, sampai saat ini belum turun dari Gubernur. Dia berharap agar UMK secepatnya disetujui Gubernur sebelum tahun 2012 agar segera disampaikan ke perusahaanperusahaan. “Setelah ditandatangani Gubernur, Disnaker akan menyosialisasikan kepada perusahaan tentang angka UMK,” kata Dhomiril kemarin. UMK yang sudah disepakati Dewan Pengupahan Kota Bandar Lampung dan disetujui Wali Kota sebesar Rp981 ribu. UMK tahun 2012 ini hanya sebesar 95,95% dari kebutuhan hidup

–

layak sebesar Rp1.022.352. Pertimbangan penetapan UMK sebesar Rp981 ribu, ujar Dhomiril, antara lain inflasi sampai dengan November 2011 sebesar 0,4, pertumbuhan ekonomi tahun 2010 sebesar 6,33, produk domestik regional bruto (PDRB), serta mempertimbangkan kemampuan perusahaan. Sebelumnya, Dhomiril menjelaskan penetapan UMK sudah disetujui dalam rapat DPK yang diwakili Apindo, akademisi, pemerintah, dan perwakilan serikat pekerja. Hanya perwakilan dari Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) yang menolak tanda tangan, sedangkan perwakilan Serikat Buruh Lampung (SBL) dan Serikat Pekerja Metal Indonesia (SPMI) menyetujui angka UMK. “Unsur akademisi dan perwakilan dari Apindo ada yang tidak tanda tangan karena tidak hadir. Akademisi yang duduk di DPK, Ibu Ida Budiarti, sedang di luar kota jadi tidak hadir,” kata Dhomiril. (MG2/K-2)

CMYK

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pemkot Bandar Lampung berencana memberikan keringanan bagi pedagang di Pasar Tugu yang baru direlokasi. Para pedagang akan dibebaskan dari pungutan retribusi. “Akan kami bebaskan pedagang dari pungutan retribusi dalam enam bulan. Tapi diserahkan keputusannya kepada Wali Kota,” kata Kepala Dinas Pengelolaan Pasar (DPP) Bandar Lampung Khasrian Anwar, Kamis (29-12). Pedagang akan dibebaskan dari retribusi, antara lain retribusi kebersihan dan salar pasar. Awalnya pedagang menempati halaman parkir. Pemkot membuat kebijakan dengan memindahkan pedagang ke lantai II Pasar Tugu agar tempat parkir bisa digunakan maksimal untuk menampung banyak kendaraan. Menurut Khasrian, keringanan bagi pedagang yang baru direlokasi untuk mengurangi beban saat menyesuaikan diri dengan tempat yang baru. Pembebasan dari retribusi ini dilakukan karena pedagang butuh waktu untuk

–

mencari pelanggan agar laris, seperti tempat sebelumnya. Pemkot, kata Khasrian, memberikan dua pilihan tempat relokasi, di bagian belakang dan lantai II Pasar Tugu. Kebanyakan pedagang memilih lantai II. Namun, sampai saat ini belum banyak pedagang yang menempati lantai II karena tempat yang belum bersih dan tidak nyaman. Menurut dia, Pemkot akan membantu pemasangan lampu dan membersihkan lantai II. Untuk pemasangan lampu masih menunggu kesiapan PLN. Setelah PLN selesai, baru lampu dipasang. Sedangkan untuk membersihkan lantai dua dari kotoran akan dikerahkan mobil pemadam kebakaran guna menyemprot tempat berjualan. Namun, pengerjaannya masih terhalang oleh pengerjaan halaman parkir pasar yang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum (PU). “Kalau disemprot sekarang maka halaman becek dan pedagang mengeluh. Kita semprot setelah pegerjaan halaman parkir selesai,” kata dia. (MG2/K-2)

CMYK

–


Jumat, 30 desember 2011 lampung post

LINTAS Vonis Hari Sabarno 5 Januari 2012

JAKARTA—Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) kemarin menunda pembacaan vonis terhadap mantan Mendagri Hari Sabarno. “Kami bacakan minggu depan, tanggal 5 Januari pukul 09.00,” kata Ketua Majelis Hakim Suhartoyo dalam persidangan di Pengadilan Tipikor kemarin. Alasannya, karena beberapa anggota majelis masih menjalani cuti. Majelis hakim terdiri dari Ugo (hakim ad hoc) , Anwar (hakim ad hoc), Pangeran Napitupulu, dan Sujatmiko. (MI/U-4)

Nasional & Internasional Ponpes Syiah Dibakar Massa

Longsor Ancam Jalan Lintas Sumatera

LAHAT—Ruas jalan lintas Sumatera terancam longsor akibat hujan yang terus mengguyur di sejumlah wilayah, sepekan terakhir. Salah satu titik longsor sudah terjadi di Desa Payo, Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. Selain tanah yang menutupi jalan, sejumlah batang pohon yang tumbang juga berserakan di jalanan. Di lokasi ini, sangat berpotensi untuk kembali terkena tanah longsor. Tidak jauh dari sana, tebing setinggi 2 meter juga rawan runtuh. “Jika longsor terjadi malam hari, pengguna jalan akan sulit menghindar,” kata Dendi, warga. (MI/U-4)

Bom Tewaskan 10 Polisi Afghanistan

KABUL—Ledakan bom lagi-lagi terjadi di Afghanistan. Sebanyak 10 polisi tewas dalam serangan bom di Provinsi Helmand, Afghanistan Selatan, kemarin. Para korban tewas adalah anggota Kepolisian Lokal atau Afghan Local Police (ALP) yang dibentuk tahun lalu dengan didanai pemerintah Amerika Serikat. Mereka terkena bom saat kembali dari pusat rekrutmen di Helmand. “Sepuluh polisi lokal tewas dan satu orang terluka setelah kendaraan mereka mengenai ranjau di Distrik Nad-e Ali, Provinsi Helmand,” kata Juru Bicara Gubernur Helmand, Daud Ahmadi. (DTC/U-4)

Jet Israel Bombardir Palestina

GAZA—Pesawat-pesawat tempur Israel kembali melancarkan serang­an udara ke wilayah Palestina. Sehari sebelumnya, militanmilitan Palestina menembakkan tiga roket ke wilayah Israel. Militer Israel menyatakan membombadir “lokasi-lokasi teror” di Gaza tengah dan utara pada Kamis dini hari waktu setempat. “Pesawat Angkatan Udara Israel menargetkan lokasi aktivitas teror di Jalur Gaza bagian tengah dan sebuah terowongan teror di Jalur Gaza bagian utara,” pernyataan militer Israel seperti dilansir AFP, Kamis (29-12). (DTC/U-4)

KORUPSI

Erwin Gutawa Diperiksa KPK JAKARTA (Lampost): Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa musisi Erwin Gutawa sebagai saksi kasus dugaan korupsi bekas Sekretaris Jenderal (Sekjen) Departemen Luar Negeri (Deplu) Sudjadnan Parnohadiningrat. Erwin mengaku tidak memiliki hubungan langsung dengan Sudjadnan. “Saya tidak ada hubungan langsung dengan Pak Sudjadnan,” kata Erwin usai menjalani peme­ riksaan di gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Kamis (29-12). Erwin mengaku hanya menjadi pengisi acara di Departeman Luar Negeri pada 2004. Menurut Erwin, tidak akan ada pemeriksaan lanjutan oleh KPK terhadap dirinya. “Saya hanya menjadi pengisi acara waktu itu. Tidak ada lagi periksaan lanjutan.” Erwin langsung memasuki mobil sebelum wartawan bisa bertanya lebih lanjut. Erwin tampak mengenakan kemeja bermotif kotak-kotak. Ia ditemani seorang pria yang me­ ngenakan safari biru. Erwin datang sekitar pukul 09.00 dan keluar pukul 13.00. KPK telah menetapkan bekas Sekjen Departemen Luar Negeri

MADURA (Lampost): Sebuah pondok pesantren Syiah di Dusun Nangkrenang, Desa Karang Gayam, Kecamatan Karang Penang, Sampang, Madura, dibakar, Kamis (29-12). Pembakaran ini diduga karena pesantren milik tokoh Syiah, K.H. Tajul Muluk, itu memaksakan paham Syiah ke lingkungan sekitar. Ratusan warga sekitar memaksa masuk lokasi dengan membakar musala dan rumah tanpa ampun. Selain membakar, warga membawa senjata tajam untuk merusak rumah dan mengusir penghuni rumah agar tidak lagi menyebarkan aliran Islam yang sudah diyakini warga. Kasat Reskrim Polres Sampang AKP Roy Aquari Prawiro Sastro membenarkan kejadian tersebut. “Kejadian sekitar pukul 10.00, tapi kasus ini sudah diambil alih Polda Jatim,” kata Roy kemarin. Hingga pukul 14.00, polisi yang semula diancam tidak diperbolehkan masuk, kini sudah bisa dikuasai. Kondisi rumah dan musala rata dengan tanah. Dari Jakarta, Mabes Polri berpendapat pembakaran ponpes Syiah itu dipicu masalah keluarga. Kakak beradik, Rois dan Rojul, berbeda paham agama. “Dari hasil keterangan sementara bahwa terjadinya karena ada permasalahan di masalah keluarga,” kata Kepala Divisi Humas (Kadiv) Humas Mabes Polri Irjen Pol. Saud Usman Nasution di Mabes Polri, Kamis (29-12). Saud meluruskan yang dibakar massa bukan sebuah pasantren, melainkan tiga

n ANTARA/Gito

RUMAH BUPATI DIBAKAR. Sejumlah warga menyaksikan rumah dinas bupati Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, yang dibakar massa yang menuntut pembatalan pelantikan bupati setempat, Kamis (29-12). Aksi pembakaran terkait dengan pelantikan bupati yang dimenangkan Mahkamah Konstitusi (MK), Ujang Iskandar dan Bambang Purwanto, yang rencananya dilangsungkan hari ini.

rumah dan satu musala. Ia menjelaskan pembakaran berawal dari kakak beradik, Rois dan Rojul, yang terlibat perselisihan. Rois memilih masuk Syiah, kelompok yang berbeda dengan keluarganya. “Sebenarnya ini sudah lama, empat hari yang lalu sudah diselesaikan di kecamat­ an, Muspida Sampang, dan sudah ada pernyataan saling menjaga. Tapi tadi pagi terjadi pembakaran,” ujar Saud. Menurut dia, aparat kepolisian juga berusaha mengantisipasi. Namun, aparat kepolisian sulit menempuh lokasi kejadian

yang sukar dimasuki kendaraan. Rumah Bupati

Di Kotawaringin Barat, rumah dinas bupati Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, terbakar. Petugas saat ini masih berada di lapangan untuk memadamkan kobaran api. Diduga rumah jabatan itu sengaja dibakar massa. “Rumah jabatan bupati diinformasikan terbakar pukul 14.30. Saat ini petugas masih di lapangan untuk pemadaman dan pengamanan,” ujar petugas jaga Polres Kotawaringin Barat

yang enggan disebutkan namanya kemarin. Api membubung dari rumah jabatan dinas bupati. Api sangat besar dan asap hitam menggumpal. Seisi bangunan tak luput dari jilatan api. Seorang warga menambahkan pembakaran lantaran massa menolak pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih, Ujang Iskandar dan Bambang Purwanto. Rencananya, Ujang dan Bambang dilantik di Jakarta hari ini. “Kejadiannya pukul 14.30. Massa menolak rencana pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih,” ujar saksi, Hendra Prayogi, kemarin. (DTC/U-4)

KEDAULATAN

Sudjadnan Parnohadiningrat sebagai tersangka. Sudjadnan diduga melakukan penyalahgunaan wewenang ketika menjabat sebagai Sekjen Deplu. Penyalahgunaan wewenang itu terkait dengan sejumlah kegiatan di Deplu, di antaranya seminar luar negeri yang dari kurun 2004-2005. Erwin dipanggil karena pernah menjadi pengisi dalam acara yang digelar Deplu pada 2004—2005. KPK menduga ada praktek penggelembungan anggaran di dalamnya. Selain Erwin, KPK akan memeriksa dua PNS Kementerian Luar Negeri, yakni Freddy Sirait dan Suwartini Wirta, serta Presiden Direktur PT Pacto Convex Susilowani Daud. KPK sebelumnya pernah memeriksa Sekjen Kementerian Luar Negeri Budi Bowoleksono. Penyidik KPK menjerat Sudjadnan dengan Pasal 2 Ayat (1) dan atau Pasal 3 UU 31 Tahun 1999 tentang Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). KPK menduga akibat perbuatan Sudjadnan yang bertentangan dengan prosedur itu, negara dirugikan sekitar Rp18 miliar. (DTC/U-4)

Kapal Induk AS Masuki Selat Hormuz TEHERAN (Lampost): Ketegang­ an Amerika Serikat dan Iran meruncing. Sebuah kapal induk AS bahkan memasuki zona dekat Selat Hormuz yang sedang digunakan Angkatan Laut Iran untuk latihan perang. “Kapal induk AS terlihat di zona manuver oleh sebuah pesawat pengintai Angkatan Laut,” kata Mahmoud Mousavi, juru bicara untuk latihan perang Iran, kepada kantor berita resmi Iran, IRNA, dan dilansir AFP, Kamis (29-12). Ia mengatakan pesawat pengin-

tai Iran telah mengabadikan kapal induk AS itu lewat video dan foto. Kapal induk AS itu diyakini sebagai USS John C. Stennis, salah satu kapal perang terbesar milik Angkatan Laut AS. Sebelumnya, pejabat-pejabat AS mengungkapkan kapal induk tersebut tengah bergerak menuju Selat Hormuz, rute penting di Teluk Persia yang dilalui kapal-kapal yang mengangkut sepertiga mi­ nyak dunia. Iran telah mengancam akan menutup selat tersebut jika negara-negara Barat benar-benar

menerapkan sanksi terhadap industri minyak Iran. Ancaman Iran itu telah me­ nimbulkan kemarahan AS. Militer AS mengancam tidak akan menoleransi setiap upaya Iran untuk menutup selat tersebut. “Aliran bebas barang-barang dan jasa lewat Selat Hormuz adalah vital bagi kemakmuran regional dan global,” kata Juru Bicara Armada Kelima Angkatan Laut AS yang berbasis di Bahrain, seperti dilansir harian Telegraph kemarin. (DTC/U-4)

n REUTERS

KAPAL INDUK AS DEKAT HORMUZ. Sebuah kapal induk AS terlihat di perairan Oman, dekat Selat Hormuz, yang sedang digunakan Angkatan Laut Iran untuk latihan perang, Kamis (29-12).

MYANMAR

Ledakan Keras, 17 Tewas YANGON (Lampost): Setidaknya 17 orang tewas dan 80 orang lainnya terluka dalam sebuah ledakan di daerah pinggiran sebelah timur Ibu Kota Myanmar, Yangon, Kamis (29-12) dini hari waktu setempat. Dilansir Reuters, penyebab terjadinya ledakan sampai sekarang belum diketahui. Menurut saksi mata, sekitar 50 korban tewas ditemukan. Sedangkan menurut versi dari pihak kepolisian, korban tewas terdiri dari 12 orang laki-laki dan lima orang wanita ditemukan pada pagi hari. Para saksi mata mendengar ledakan besar yang diikuti bebe­ rapa ledakan kecil. “Ada banyak korban. Kami tidak dalam posisi untuk memberikan informasi lebih lanjut. Kami masih mencari korban,” kata polisi dari Kantor Polisi Taungnyut Mingalar. Ledakan kemungkinan berasal dari sebuah gudang penyimpanan di Sat San Ward di Mingalar Taungnyunt. Ledakan ini juga bisa didengar beberapa orang di timur dan pusat Kota Yangon. Menurut saksi, seluruh pemadam kebakaran di Yangon berdatangan ke tempat kejadian. Api dari ledakan bom dikabarkan menyambar ke galangan kapal dan pabrik-pabrik terdekat.

±

I5

CMYK

±

Kebakaran diduga berawal di satu gudang dan menyebar ke rumah-rumah yang terbuat dari kayu pada saat penduduk tidu r. Pemada m keba ka ra n d i laporka n ter jeba k da la m ledakan saat berusaha masuk ke gudang itu. Seorang penduduk di Kota Botahtaung yang terletak tak jauh dari lokasi kebakaran, mengatakan, “Kami mendengar suara dentuman keras dan melihat asap membumbung ke udara.” “Rumah kami juga bergetar akibat ledakan itu. Kami tidak tahu apa yang terjadi,” kata dia. Burma terguncang serangkaian bom dalam tahun-tahun terakhir ini dan pemerintah menuding kelompok separatis. Para petugas pemadam kebakaran selama berjam-jam berupaya memadamkan kobaran api. Amukan si jago merah akhirnya berhasil dijinakkan sekitar pukul 06.45 waktu setempat. Ledakan itu menimbulkan lubang besar dan merusak sekitar 50 rumah di daerah tersebut. Sebagian besar rumah terbuat dari kayu. Di antara korban tewas, termasuk beberapa petugas pemadam kebakaran. Sementara 30 petugas pemadam kebakaran juga terluka. (DTC/U-4)

CMYK

±


–

CMYK

JUMAT, 30 DESEMBER 2011 LAMPUNG POST

–

CMYK

Pariwara

–

I6

–

–

–

–

–

–

–

CMYK

–

CMYK

–


–

–

CMYK

Politika

JUMAT, 30 DESEMBER 2011 LAMPUNG POST

I7

PTTUN Tak Pengaruhi Pelantikan

LINTAS PKB Usul Parlemen Hanya Ada Dua Fraksi

–

–

CMYK

JAKARTA̶Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengusulkan di parlemen hanya ada dua fraksi, yakni fraksi pemerintah dan partai oposisi. Usulan tersebut akan disampaikan DPP PKB dalam pembentukan Undang-Undang Pemilu. Ke depan di DPR itu hanya ada dua fraksi, fraksi pemerintah koalisi dan fraksi oposisi. Siapa pun partai politik yang duduk di parlemen boleh memilih. Tetapi dengan dua fraksi itu tidak akan ada main-main di dalam kebersamaan, baik di dalam koalisi maupun di oposisi, kata Ketua DPP PKB Muhaimin Iskandar, di sela-sela acara Catatan Akhir Tahun PKB dan Haul Ke-2 K.H. Abdurrahman Wahid di kantor DPP PKB, Jakarta, Kamis (29-12). Hadir dalam acara itu pengurus DPP PKB dan tokoh lintas agama, yakni Nuril Arifin (Islam), Romo Suseno (Kristen), dan Gede Aka (Hindu). (DTC/U-3)

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pemprov Lampung

Refleksi Ormas Nasdem

menyatakan Putusan Pengadilan Tinggi Tata Usaha pelaksanaan pelantikan bupati-wakil bupati Mesuji terpilih Khamamik dan Ismail Ishak.

PAN Nilai Capres dari TNI Sudah Tak Relevan JAKARTA̶Partai Amanat Nasional (PAN) telah menetapkan ketua umum mereka Hatta Radjasa sebagai calon presiden 2014 mendatang. Menurut Wakil Ketua Umum PAN Drajad Wibowo, PAN sudah tidak lagi melihat capres apakah berasal dari TNI ataupun etnis Jawa atau non-Jawa. PAN tidak akan terpaku apakah capres harus dari TNI atau tidak, Jawa atau luar Jawa, kata Drajad saat ditemui di gedung DPR, Kamis (29-12). Drajad mengakui alasan PAN tak lagi melihat calon dari unsur TNI berpeluang besar dipilih sebagai presiden berdasarkan pengalaman saat pemilihan kepala daerah. Pengalaman pilkada, banyak juga yang memakai dikotomi itu dengan mencalonkan TNI, ternyata mereka juga kalah oleh calon sipil, ujarnya. (MI/U-3)

„ ANTARA/PRASETYO UTOMO

Sekjen Ormas Nasional Demokrat (Nasdem) Syamsul Muarif memberi keterangan pers tentang catatan akhir tahun di Jakarta, Kamis (29-12). Ormas Nasdem mencatat bahwa pemerintah harus melakukan langkah strategis untuk mengaktifkan usaha rakyat menuju kemandirian ekonomi.

Dua Politisi PDIP Resmi Dilantik Ketua DPR JAKARTA̶Ketua DPR Marzuki Alie resmi melantik dua anggota DPR baru dari Fraksi PDIP, yakni Erwin Singajuru dari daerah pemilihan (DP) Sumatera Selatan dan Sayed Muhammad dari DP Jawa Timur V, Kamis (29-12). Erwin menggantikan terpidana kasus cek pelawat, Dudhie Makmun Murod, sedangkan Sayed menggantikan Gayus Lumbuun, yang kini menjabat sebagai hakim agung. Saat melantik, Ketua DPR menyarankan agar anggota DPR yang baru mempelajari UU yang terkait dengan pekerjaan mereka. Agar mempelajari UU tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD sehingga dapat melaksanakan tugas dengan baik, kata Marzuki di gedung DPR, Kamis, (29-12). (MI/U-3)

Prijanto Disurvei PDIP untuk Cagub DKI Jakarta JAKARTA̶Meskipun menaruh kekecewaan, PDIP masih memercayai sosok wakil gubernur DKI Jakarta yang mengundurkan diri, Prijanto. Prijanto masuk dalam survei calon gubernur DKI Jakarta yang digelar PDIP. Dia (Prijanto) masuk survei cagub DKI. Nanti ada keputusan di publik seperti apa, kata Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo kepada wartawan di gedung DPR, Jakarta, Kamis (29-12). PDIP memang menyayangkan mundurnya Prijanto di tengah jalan. Namun, PDIP masih bisa menerima penjelasan Prijanto. Saya menyayangkan. Namun tidak maslaah, Pak Pri sudah menyampaikan dia tidak diposisikan sebagai Wagub DKI seperti seharusnya, saya kira dia menyangkut harga diri, ujar Tjahjo. Namun, menurutnya, Mendagri tak perlu membuat aturan baru terkait pilkada. (DTC/U-3)

–

Negara (PTTUN) tidak berpengaruh terhadap

PILKADA 2012

Golkar Tuba Ajukan Cabup untuk Disurvei BANDAR LAMPUNG (Lampost): DPD Partai Golkar Kabupaten Tulangbawang (Tuba) mengajukan calon bupati dan wakil bupati yang akan diusung dalam Pilkada 2012. Sekretaris DPD Partai Golkar Lampung Ismet Roni yang ditemui Kamis (29-12) mengatakan usulan nama tersebut terlebih dahulu disurvei, sebelum diputuskan untuk ditetapkan. “Memang sudah masuk pengajuan dari DPD II Tulangbawang. Tetapi saya belum membaca surat itu, jadi belum tahu siapa saja,” kata Ismet Roni. Sebuah sumber di DPD Partai Golkar Lampung mengatakan ada dua nama yang masuk, yakni

Ismet Roni dan Herwan Saleh. Ditemui terpisah, Wakil Ketua DPD I Partai Golkar Lampung Ismet Jayanegara mengaku belum menerima surat usulan calon bupati dari Partai Golkar Tuba tersebut. Ismet Jayanegara mengatakan dirinya selalu berada di kantor DPD Partai Golkar Lampung. “Sampai sore tadi (kemarin, red) saya belum menerima daftar nama calon itu. Mungkin baru besok (hari ini, red) diserahkan secara resmi ke DPD I,” kata Ismet. Sebelumnya, sederet nama tokoh dikabarkan berniat maju pada Pilkada Tulangbawang 2012. Nama-nama yang muncul adalah jurnalis Heri Wardoyo,

dari kalangan politisi adalah sekretaris DPD PDIP Lampung Dedi Afrizal, Ketua DPRD Tulangbawang (PDIP) Winarti, mantan Wakil Bupati Tulangbawang Aa Sopandi. Dari kalangan birokrat Hanan A. Razak, Hotman Atiek, Frans Agung Mula Putra, dan Wakil Bupati Tulangbawang Agus Mardihartono. Banyak kabar dan prediksi bermunculan menjelang pilkada, di antaranya mengenai kemungkinan PDIP dan Demokrat berkoalisi mengusung Hanan atau Hotman (salah satu) berpasangan dengan Heri Wardoyo. Kabar lain mengenai kemungkinan PAN-PBR mengusung Frans Agung Mula Putra. (WAH/U-3)

Namun, Pemprov Lampung menunda jadwal pelantikan yang semula diagendakan pada 4 Januari 2012. Hal tersebut dikatakan Asisten I Bidang Pemerintahan Sekprov Lampung Tarmizi Nawawi, Kamis (29-12). Menurut Tarmizi, Putusan PTTUN Medan yang menguatkan Putusan PTUN Tanjungkarang yang membatalkan pencalonan Khamamik-Ismail Ishak, tidak berpengaruh karena Khamamik dan Ismail Ishak sudah mengantongi surat keputusan (SK) dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Ke p ut u s a n P T T U N , k at a Tarmizi, lebih lekat dengan KPU dibandingkan dengan pasangan calon. Jadi SK Mendagri yang menetapkan pasangan ini, menurut Tarmizi tetap berlaku dan harus segera dilaksanakan. “Pak Gubernur kan melantik berdasarkan SK Mendagri. Jadi karena SK nya sudah ada jadi bisa segera dilantik,” kata Tarmizi. Namun, Tarmizi mengatakan calon wakil bupati terpilih Ismail Ishak saat ini sedang menghadapi kasus yang masuk tahap kasasi di Mahkamah Agung (MA). Tarmizi beralasan, Ismail Ishak yang kini masih dalam penahanan itu harus mendapat izin dari MA agar bisa dilantik. Proses permintaan izin itulah, yang menurut Tarmizi, membutuhkan waktu yang panjang dan diperkirakan tidak bisa selesai dalam waktu satu pekan. “Jadi hampir pasti pelantikan yang tadinya dijadwal tanggal 4 Januari

2012 bakal mundur. Tapi kami tidak bisa memastikan kapan jadwal pasti pelantikannya karena menunggu izin dari Mahkamah Agung dulu,” kata Tarmizi, di Ruang Rapat Utama, Kompleks Perkantoran Pemprov Lampung. Izin Disiapkan Saat ini, kata Tarmizi, surat permintaan izin keluar dari tahanan selama beberapa jam untuk mengikuti pelantikan sedang disiapkan Pemprov Lampung yang kemudian disampaikan ke Mahkamah Agung. Seandainya kasus hukum masih di pengadilan tinggi, Tarmizi memastikan surat izin keluar dari penjara untuk mengikuti pelantikan bisa lebih mudah didapat dalam waktu singkat. Namun, karena kasus sudah sampai tingkat kasasi, mau tidak mau perizinan harus diurus ke tingkat Pusat. “Pengadilan Tingginya tidak mau mengeluarkan izin karena prosesnya kini kasasi,” kata dia. Pelantikan pun, menurut Tarmizi, tidak mungkin digelar di penjara karena pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih harus dilakukan di depan sidang paripurna. Pelantikan juga, ujar dia, tidak bisa dipa ksa ka n ha nya pada Khamamik, dan kemudian Ismail Ishak menyusul jika kasus hukumnya sudah selesai. Bupati dan Wakil Bupati, menurut dia, merupakan satu paket kepala daerah yang harus secara bersama-sama dilantik dan disahkan kepemimpinannya di Mesuji. “Tinggal menunggu izin keluar Pak Ismail,” kata dia. (LIN/U-3)

–

–

–

–

–

CMYK

–

CMYK

–


–

–

CMYK

–

CMYK

I8 JUMAT, 30 DESEMBER 2011

Terbit Sejak 1974

Sirkulasi: (0721) 788999

Layanan Umum: (0721) 783693

Iklan: (0721) 774111 SMS: 0815 4098 5000

Redaksi (0721) 773888

Segudang Masalah Menghadang di 2012

– SIAPA MENGAPA Kolektor Lelucon Legislator SEBAGAI anggota DPRD, rupanya Fahmi Sasmita menyimpan banyak lelucon tentang kehidupan legislator. Dalam perbincangan santai di ruang Ketua DPRD Bandar Lampung, di Jalan Basuki Rahmat, pekan lalu, beberapa koleksi cerita lucu tentang anggota Dewan dia sampaikan ke wartawan. Para kuli tinta pun tertawa terpingkal-pingkal dengan lelucon tentang anggota DPRD. Salah satu lelucon yang disampaikan Fahmi adalah tentang kecelakaan bus yang menewaskan beberapa orang. Dalam kecelakaan itu hanya sedikit yang selamat. Pada saat mau dikubur, ada seorang yang sedang sekarat mengaku sebagai anggota Dewan. Namun, warga sekitar tetap menguburkannya. Saat ditanya kenapa orang masih hidup tetap dikubur, dia mengaku ang„ DOK. LAMPUNG POST gota Dewan. Ya enggak percaya. Anggota Dewan banyak bohongnya, ujar Fahmi menutup ceritanya. Cerita Fahmi pun disambut tawa para wartawan yang menyimak. Politisi PKS ini mengaku mendapat cerita lelucon tentang legislator dari kalangan akademisi. Mulai dari yang lucu sampai yang satire. Dari dosenlah saya banyak dapat cerita. Kalau mereka cerita kadang saya diam saja. Kalau mau diceritakan semua banyak bener, kata wakil ketua DPRD Bandar Lampung ini. (MG2/U-2)

atas kertas memang menggembirakan, tetapi bukan berarti pemerintah telah menorehkan raihan yang membanggakan. Justru sebaliknya, masih segudang persoalan yang belum terselesaikan.

Kiat Sukses Perangi Kejahatan

–

KONFLIK AGRARIA

Pencabutan SK Jadi Solusi Kisruh Bima

„ DOK. LAMPUNG POST

Azis Syamsuddin

–

BIMA (Lampost): Kisruh di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), akan berakhir jika Surat Keputusan (SK) Bupati Nomor 188/2010 yang berisi izin kepada PT Sumber Mineral Nusantara (SMN) untuk melakukan eksplorasi pertambangan di wilayah itu dicabut. Sejumlah warga Desa Sumi dan Rato, Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima, mengemukakan itu saat berdialog dengan Wakil Ketua Komisi III DPR Azis Syamsuddin di Bima kemarin. Permintaan serupa disampaikan komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Ridha Saleh, yang saat ini memimpin tim investigasi kasus penembakan pengunjuk rasa blokade jalan menuju Pelabuhan Sape, Bima, yang merenggut tiga nyawa pada Sabtu (24-12) pagi. “Pemberhentian sementara tidak akan menyelesaikan persoalan. Bahkan, akan terulang kembali peristiwa yang terjadi baru-baru ini. Kami berharap agar dapat direalisasikan dan itu sudah menjadi harga mati bagi

–

kami,” kata Deni, salah seorang warga, saat dialog di Masjid Arrahman, Rato, Bima, kemarin. Ratusan warga dari dua desa bertetangga itu memadati area masjid dengan tertib. Selain pencabutan SK, mereka juga meminta agar keluarga mereka yang ditahan segera dipulangkan. Hingga kini, Polres Bima masih menahan 38 orang pengunjuk rasa. Awalnya, polisi menangkap 47 orang pengunjuk rasa, lalu membebaskan 9 orang di antara mereka. Ridha Saleh juga mendesak agar Pemerintah Pusat meninjau kembali izin pertambangan PT SMN di Bima. Dalam UndangUndang Nomor 4 Tahun 2010 tentang Mineral dan Batu Bara disebutkan pembatalan SK izin tambang bisa dilakukan jika perusahaan terlibat pidana, mengingkari perjanjian, atau pailit. Ridha menambahkan pencabutan izin itu sebenarnya telah didukung Bupati Bima Ferry Zulkarnaen, dengan syarat mendapatkan persetujuan dari pusat. Pada bagian lain, pengawas internal Polri telah menetapkan tiga anggotanya melakukan pelanggaran disiplin. “Ketiganya yakni F dari Brimob Polda NTB yang memopor warga, serta F dan S dari Polresta Bima yang memukul dan menendang,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Saud Usman Nasution di Mabes Polri, Kamis (29-12). (MI/R-2)

CMYK

–

JAKARTA (Lampost): Pertumbuhan ekonomi makro di

WAT-WAT GAWOH AMPAI muneh pandai (Baru saja tahu) jika kotoran babi efektif mengurangi kejahatan. Itulah trik yang dilakukan Pemerintah Kota Middlesbrough, Inggris, untuk memerangi perilaku kejahatan yang dilakukan para remaja di kawasan hutan Coulby Newham. Pejabat setempat memutuskan membabat beberapa pohon di kawasan hutan Coulby Newham agar kawasan hutan yang tadinya dipenuhi dengan pepohonan dapat terlihat jelas dari pinggir jalan. Lalu petugas menyebar tumpukan kotoran babi dan mulai meratakannya di jalan. Anah, ranjau tahini babui (Astaga, ranjau tahi babi). Sebelumnya, Pemerintah Kota Middlesbrough mendapat keluhan dari warga yang tinggal di sekitar kawasan tersebut. Warga mengeluhkan perilaku para remaja yang sering menggunakan kawasan itu sebagai tempat untuk minum-minum dan menggunakan obatobatan terlarang. Petugas melakukan inspeksi ke wilayah itu. Petugas menemukan bong, alat yang biasanya digunakan untuk mengonsumsi narkoba, ujar salah seorang pejabat setempat seperti dikutip The Telegraph, Rabu (28-12). Untuk menghentikan perilaku para remaja yang mengganggu tersebut, kotoran babi „ DP. RAHARJO dianggap menjadi alternatif yang murah dan efektif. Ternyata bau kotoran babi yang sangat menyengat sukses membebaskan daerah tersebut dari tindak kejahatan. Kidang, acak musuk kik jak sanak ngura makai narkoba (Lebih baik bau-bau daripada remaja memakai narkoba). (U-2)

www.lampungpost com

SMS: 0812 7200 999

„ ANTARA/ANDIKA WAHYU

AUDIT INVESTIGASI LANJUTAN CENTURY. Ketua BPK Hadi Poernomo menyampaikan penjelasan saat diskusi panel yang mengupas hasil pemeriksaan investigasi lanjutan atas kasus PT Bank Century Tbk. terkait bailout Rp6,7 triliun di gedung BPK, Jakarta, Kamis (29-12). BPK menyatakan tidak ada bukti keterkaitan ipar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Hartanto Edhie Wibowo (HEW), dalam kasus Century.

MEGASKANDAL CENTURY

Audit BPK Ditindaklanjuti JAKARTA (Lampost): Hasil audit forensik Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas kasus Bank Century akan ditindaklanjuti kepolisian, KPK, dan Kejaksaan Agung. Perwakilan tiga institusi penegak hukum itu telah mengunjungi BPK kemarin pagi. “Mereka menyatakan komitmen untuk menindaklanjuti tindakan pidana umum dan korupsi dalam temuan audit investigasi lanjutan BPK atas kasus Bank Century. Perwakilan ketiganya sudah datang ke kami, tapi saya tidak tahu yang mana yang akan menjadi bagian masing-masing,” kata Ketua BPK Hadi Poernomo di gedung BPK, Kamis (29-12). Mereka yang mengunjungi BPK adalah Wakapolri Komjen Nanan Soekarna, Jaksa Agung Basrief Arief, Ketua KPK Abraham Samad, dan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto.

Ketua BPK mengungkapkan bahwa temuan-temuan audit investigasi II menguatkan dan berhubungan dengan temuantemuan audit investigasi I. Ia menyebutkan temuan nomor 3 audit I tentang ketidaktegasan BI menerapkan ketentuan pengawasan terkait dengan temuan nomor 9 tentang aliran dana dari PT CBI kepada Budi Mulya. Kemudian temuan nomor 7 tentang penarikan DPK yang melanggar ketentuan terkait dengan temuan nomor 10 tentang penambahan rekening PT ADI (Antaboga) di Bank Century Rp23 miliar tanpa ada aliran dana masuk, dan temuan nomor 11 tentang pemberian cashback kepada BUMN, BUMD, dan yayasan. Wakil Ketua BPK Hasan Bisri menambahkan pihaknya mengaku kesulitan memperoleh akses ke sebagian personel kunci karena mereka yang dicari BPK

merupakan pemilik perusahaan yang masuk daftar pencarian orang (DPO). “Ini mengakibatkan BPK tidak memperoleh keterangan maupun dokumen terkait dengan pemeriksaan personel kunci tersebut,” ujarnya. Salah satunya BPK tidak bisa menemukan aliran dana dari DT yang berasal dari dana kelolaan valuta asing (valas) sebesar 18 juta dolar AS dengan mencairkan deposito nasabah Bank Century. Walaupun BPK menduga dana valas tersebut mengalir dari DT kepada ZEM, ZEM telah membantah. Selain itu, BPK menemukan dana pihak ketiga (DPK) Bank Century yang tidak terafi liasi dengan pemilik atau manajemen Bank Century, tetapi merupakan milik BUMN, BUMD, yayasan milik Bank Indonesia, serta dana milik Kementerian Keuangan. (MI/U-2)

Erwin Gutawa Diperiksa KPK

„ ANTARA/YUDHI MAHATMA

Musisi Erwin Gutawa usai menjalani pemeriksaan terkait kasus korupsi Departemen Luar Negeri di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Kamis (29-12). Dalam kasus tersebut, KPK telah menetapkan mantan Sekjen Departemen Luar Negeri Sudjadnan Parnohadiningrat sebagai tersangka. Ia diduga menyalahgunakan kewenangannya sehingga menyebabkan kerugian negara sekitar Rp18 miliar. „ ERWIN GUTAWA... Hlm. 5

–

Kesimpulan itu tercetus dalam refleksi akhir tahun Nasional Demokrat (Nasdem) di Kantor Pusat Nasdem, Gondangdia, Jakarta Pusat, kemarin. Hadir dalam acara itu Sekjen Nasdem Syamsul Mu’arif, Ketua Dewan Pertimbangan Nasdem Tedjo Edhy Purdijatno, Soleh Solahuddin dan Thomas Suyatno (anggota), dan anggota Dewan Pakar Nasdem Lalu Sudarmadi. Menurut Nasdem, pertumbuhan ekonomi tersebut tak berdampak langsung pada kehidupan rakyat kecil. Angka pengangguran dan kemiskinan relatif tidak berubah, kesenjangan antara pelaku ekonomi pun masih menganga. Di sisi penegakan hukum, apa yang diamanatkan konstitusi juga jauh dari realitas. Kasus-kasus berdarah di Mesuji (Sumsel dan Lampung) serta Bima (Nusa Tenggara Barat), aksi bakar diri aktivis Sondang Hutagalung di depan Istana Negara, dan kekerasan Papua menegaskan hal itu. Kasus-kasus besar, seperti megaskandal Bank Century, mafia pajak, cek pelawat, dan lumpur Lapindo kian menambah daftar masalah yang mesti dituntaskan pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono tahun depan. “Tahun 2011 bisa dibilang penyelenggaraan negara gagal. Sistem politik masih karut-marut dengan menjamurnya politik uang. Konsekuensinya, tahun depan akan lebih berat bagi pemerintah. Inilah yang mendasari prediksi bahwa pemerintah sekarang bisa selesai di 2012,” kata Syamsul. Ia menyoroti konflik-konflik sosial di pengujung tahun sebagai akibat politik pembiaran. “Indikasinya mudah dilihat. Ambil contoh aksi jahit mulut warga Padang belum lama ini. Mereka beraksi di gedung DPR tidak digubris. Pindah ke depan Istana pun masih diabaikan.

Kenapa tidak segera diatasi? Kalau mahasiswa sudah ikut turun mendukung, yang terjadi nanti adalah konflik yang lebih besar.” Pengentasan Kemiskinan

Menurut Lalu Sudarmadi, pengentasan kemiskinan harus menjadi fokus kebijakan pemerintah tahun depan. “Jangan hanya fokus ekonomi dan politik. Modal sosial harus dibangun. Jika tidak, susah untuk mengembalikan stabilitas ketika konflik terjadi,” kata dia. Thomas Suyatno menambahkan

‘‘

Angka pengangguran dan kemiskinan relatif tidak berubah, kesenjangan antara pelaku ekonomi pun masih menganga.

–

ketidakberpihakan pertumbuhan ekonomi terhadap rakyat kecil menimbulkan kerawanan sosial. Selain kemiskinan, pengangguran juga menjadi bom waktu. “Pertumbuhan ekonomi tidak mampu menyerap tenaga kerja. Karena itu, keberpihakan terhadap rakyat kecil harus menjadi tema pemerintah tahun depan.” Soal kedaulatan pangan, Tedjo mengatakan swasembada pangan masih akan tetap menjadi angan-angan jika tidak ada penyeimbangan kebijakan. “Harus ada rumusan yang jelas ke arah swasembada pangan. Menyederhanakan masalah dengan mengandalkan impor akan menjauhkan kita dari kedaulatan pangan,” kata Tedjo. (MI/U-2)

PERTANIAN

Alih Profesi Petani Memuncak di 2011 JAKARTA (Lampost): Petani di Indonesia semakin terpinggirkan. Jumlah petani yang beralih profesi pun kian meningkat. Berdasarkan catatan Serikat Petani Indonesia (SPI), setidaknya ada 273.888 keluarga petani alih profesi selama 2011. “Mereka berubah profesi karena berbagai tekanan dan keadaan yang tidak kunjung sejahtera,” kata Ketua Umum SPI Henry Saragih dalam catatan akhir tahun pertanian 2011, Kamis (29-12). Jumlah petani yang alih profesi pada 2011 merupakan yang tertinggi sejak 2007. Berdasarkan catatan SPI, jumlah keluarga petani yang tergusur dari profesinya pada 2007 ada 24.257, naik menjadi 31.267 pada 2008, sempat turun menjadi 5.835 di 2009, tetapi naik kembali menjadi 21.367 pada 2010. Tidak hanya itu, minat kaum muda untuk menjadi petani semakin berkurang. “Petani didominasi usia di atas 45 tahun, kaum muda semakin tidak mau menjadi petani,” kata Henry. Ketua Departemen Kajian Strategis Nasional SPI Ahmad Yakub menjelaskan alih profesi petani dise-

babkan terjadinya berbagai hal. “Ada yang dikarenakan penggusuran lahan, ketergantungan terhadap benih yang mahal, dan serbuan impor pangan,” ujar Yaqub. Pada 2012, Yaqub memprediksi jumlah petani semakin berkurang. Menurut data Badan Pusat Statistik, jumlah petani di Indonesia ada 42 juta orang di 2011. Dalam menanggapi itu, ekonom Indef Didik J. Rachbini mengatakan pemerintah harus bisa meningkatkan produktivitas petani. Pasalnya, jika petani yang ada saat ini tidak ditingkatkan produktivitasnya, ketahanan pangan bakal terancam. “Setidaknya, satu petani dapat berproduksi tiga kali lipat ketimbang sebelumnya. Pemerintah harus mendukung peningkatan produksi ini,” kata Didik. Didik juga mengkritik derasnya impor pangan sepanjang 2011. “Impor pangan sepanjang 2011 itu memang ngawur. Pemerintah seharusnya bisa memproteksi petani kita. Akibatnya ya seperti ini, petani beralih profesi, meski ini bukan penyebab utama,” ujarnya. (R-2)

CMYK

–

–


± Pengusaha perikan­ an pola kemitraan Isman Hariyanto memberikan testimoni saat seminar perikanan

Kepala sekolah adalah sosok pemimpin yang harus mampu memba­ wa siswa dan para guru dari apa adanya menja­ di apa yang seharusnya.

Hlm. 10

Hlm. 15

YEN JEPANG (JPY) 100

KURS JUAL

KURS BELI

9.279,65

9.182,36

DOLLAR KANADA (CAD) KURS JUAL 8.987,60

KURS BELI 8.893,44

KURS BELI 7.003,20

KURS JUAL 7.075,55

KURS BELI

KURS JUAL

11.708,63

9.114,00

DOLLAR HONGKONG (HKD) KURS JUAL 1.184,30

KURS BELI 1.172,31

POUNDSTERLING INGGRIS (GBP) KURS BELI

11.897,83

11.777,11

KURS JUAL 14.222,35

KOMODITAS

KURS BELI

9.206,00

KURS BELI 7.000,54

EURO (EUR) KURS JUAL

Ekonomi

DOLLAR AMERIKA (USD)

DOLLAR SINGAPURA (SGD)

DOLLAR NEW ZEALAND (NZD) KURS JUAL 7.077,57

KURS JUAL 11.832,90

KURS BELI 14.077,48

per Kamis, 29 Desember 2011 n Sumber Bank Indonesia

±

CMYK

Bisnis

Indeks KOMODITAS

Indeks VALUTA ASING

DOLLAR AUSTRALIA (AUD)

±

±

CMYK

LOKASI SENTRA

CPO

Medan

Minyak Kelapa Kakao Kopi Arabika Kopi Robusta Karet TSR 20 Lada Hitam Lada Putih Jagung (kering)

Bitung Makassar Medan Lampung Palembang Lampung Pangkalpinang Lampung

jumat, 30 desember 2011 lampung post

I9

HARGA (Rp/Kg)

8.787

±

13.924 15.355 39.736 12.590 29.981 54.622 83.098 1.797

per Kamis, 29 Desember 2011 n Sumber: Bappebti-Kementerian Perdagangan

klik

Inflasi Desember 2011 Capai 0,6%

Merangkak Naik

Harga Kedelai Naik, Tempe Mengerut

JAKARTA—Para perajin tempe memastikan akan merespons pe­ netapan bea masuk kedelai 5% dengan mengurangi ukuran produk tempe mereka. Pekan ini harga kedelai sudah terkerek naik akibat rencana penetapan bea masuk impor kedelai 1 Januari 2011. “Dari perajin tempe, paling akan menyiasati dengan mengecilkan produk,” kata Ketua II Gabungan Koperasi Produsen Tempe-Tahu Indonesia (Gakoptindo) Sutaryo, Kamis (29-12). Menurutnya, dengan mengurangi ukuran produk, para perajin masih menikmati margin yang wajar walaupun harga kedelai naik. “Adanya pengenaan bea masuk ini kesannya pemerintah kurang duit,” ujarnya. Meskipun ia mengatakan pengenaan bea masuk kedelai impor bertujuan melindungi petani kedelai lokal, saat ini harga kedelai sudah terlalu murah dibandingkan dengan beras, sehingga petani sudah malas menanam kedelai, yang bakal mengancam target swasembada kedelai. (E-1)

JAKARTA (Lampost): Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi bulan Desember 2011 berada di kisaran 0,5%—0,6%. Bank sentral meramal inflasi

ENERGI

Tahun Baru, Kenaikan BBM Diperkirakan 8%

±

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Kenaikan konsumsi BBM saat Natal dan Tahun Baru 2011 ini diprediksi tidak terlalu signifikan. Kenaikan ratarata sekitar 8% dari konsumsi total pada bulan Desember. Sementara itu, Pertamina telah menyiapkan stok BBM sebesar dua kali lipat. Demikian rilis yang diterima Lampung Post dari Asisten Manajer Eksternal Relation PT Pertamina Unit Pemasaran Sumbagsel Roberth M.V. Dumatubun, kemarin. Selain itu, PT Pertamina juga menjamin ketersediaan suplai pertamax selain premium dan solar di sepanjang jalur mudik baik di jalur lintas te­ ngah maupun jalur lintas timur, terutama di wilayah Provinsi Jambi, Provinsi Sumatera Selatan, dan Provinsi Lampung.

“Wilayah Sumbagsel, meliputi lima provinsi, yakni Sumatera Selatan, Jambi, Lampung, Bengkulu, dan Bangka Belitung,” kata Roberth, dalam rilisnya tersebut. Sedangkan dari sisi suplai dan distribusi, Pertamina akan mengerahkan mobil tangki yang ada di seluruh terminal BBM di Sumbagsel sebanyak lebih dari 200 unit. “Dan guna mengantisipasi kenaikan permintaan BBM pada saat Natal dan Tahun Baru, Pertamina sudah menyiapkan rencana ekstra mobil tangki sebanyak 40 unit lagi khusus untuk melayani distribusi apabila memang diperlukan.” Demikian pula selama Natal dan Tahun Baru, seluruh depot BBM, termasuk depot Pertamina Panjang akan dibuka dan beroperasi selama 24 jam. (RLS/E-1)

sepanjang 2011 mencapai 3,8%.

n LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

Seorang penjual beras merapikan beras di Pasar Perumnas Way Halim, Bandar Lampung, Kamis (29-12). Harga beras di Lampung mulai merangkak naik sekitar Rp500—Rp1.000/kg.

TRANSPORTASI UDARA

Akhir Tahun, Penumpang Pesawat Relatif Ramai BANDAR LAMPUNG (Lampost): Menjelang akhir tahun, jumlah pe­numpang pesawat udara relatif stabil. Peningkat­a n jumlah pe­ numpang justru terjadi menjelang hari Natal. Peningkat­a n jumlah penumpang menjelang Natal ini mencapai 15%. Branch Manager Garuda Indonesia Lampung Indrayadi, Rabu (28-12), mengatakan tidak terjadi penambahan jumlah penumpang menjelang akhir tahun. “Stabil saja, jumlah seat terisi rata-rata 85% hingga 90%,” kata Indra. Indra mengatakan kenaikan jumlah penumpang Garuda terjadi menjelang Natal, mencapai 15%. Dalam sehari, Garuda Indo-

nesia tujuan Lampung—Jakarta— Lampung melayani empat kali pemberangkatan pulang dan pergi. Menyinggung soa l se­ ringnya keterlambatan jadwal pemberangkatan, kata Indra, di­ sebabkan faktor cuaca. “Delayed penerbangan kebanyakan karena cuaca yang kurang mendukung,” kata Indra. Sementara itu, Sriwijaya Air yang juga melayani rute yang sama melakukan enam kali jadwal pemberangkatan dalam sehari. Dalam setiap kali pemberangkatan, hampir 90% seat yang tersedia terisi penuh. Sriwijaya kerap melakukan delayed pemberangkatan. Penundaan ini berkisar 2-3 jam dari

jadwal seharusnya. Pantauan Lampung Post, beberapa hari terakhir ini banyak keberangkatan maupun jadwal kedatangan pesawat sering terlambat. Bahkan pesawat Garuda, Kamis (22-12), dengan alasan cuaca sempat tidak mendarat dan kembali ke Jakarta. Demikian pula pesawat Sriwijaya Air yang dari Jakarta mengalami keterlambatan hingga malam hari sampai di Bandara Radin Inten. “Apalagi kondisi runag tunggu di bandara yang sudah terasa panas dan pe­ ngap, karena pendingin ruangan kurang berfungsi,” kata Doni, salah satu penumpang Sriwijaya Air. (WIN/E-1)

OTOMOTIF

Honda Vario 125 Cc Siap Ramaikan Pasar Motor BANDAR LAMPUNG (Lampost): PT Tunas Dwipa Matra (TDM), diler utama sepeda motor Honda di Lampung, optimistis kehadiran Vario 125 cc Injeksi dapat menambah market share Honda di Lampung. Rencananya, Honda All New Vario 125 cc Injeksi itu dipastikan bakal hadir pada semester I-2012 mendatang. Dan kabarnya produsen motor berlogo sayap mengepak itu pun sudah me­ nyiapkan skuter All New Vario 125 cc Injeksi untuk melawan Yamaha Xeon. Mesin Honda Vario naik dari 110 cc menjadi 125 cc.

±

±

CMYK

±

Sementara itu, menurut Supervisor Marketing TDM Yulian Dehaan, Honda Va­r io terbaru ini tidak hanya mesinnya yang berubah, secara tampilan bo­ dinya akan berubah total menjadi lebih baik. “Kini mesin Vario Injeksi naik menjadi 125 cc dan bo­dinya semuanya baru. Keha­diran Vario Injeksi ini memang dipersiapkan untuk menyambut pasar skuter 2012,” kata Dehaan kemarin. Dehaan menjelaskan, Honda Vario 125 cc Injeksi sangat efesien dalam hal konsumsi bahan bakar berkat adanya fitur injeksi. (WIN/E-1)

“Survei BI inflasi diperkirakan 0,5%-0,6% (MoM),” kata Deputi Gubernur BI Hartadi Sarwono saat ditemui di Gedung Mahkamah Agung (MA), Jakarta, Kamis (29-12). Dengan demikian, Hartadi memperkirakan inflasi sepanjang tahun sekitar 3,8%. “Dengan survei itu, perkiraan cukup drastis, diperkirakan year on year sedikit di bawah 4%, sesuai dengan ekspektasi kita,” ujarnya. Faktor utama yang menyebabkan inflasi, kata Hartadi, adalah faktor transportasi. “Faktor utama untuk membuat lebih tinggi dari bulan lalu, yaitu transportasi, karena masalah musiman di mana akhir tahun transportasi agak naik dan harga barang tetapi secara keseluruhan tidak terlalu tinggi 0,5%-0,6%,” kata dia. Sebelumnya dalam Rapat Dewan Gubernur, BI mengungkapkan akan terus mencermati risiko memburuknya ekonomi global dan akan terus menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuang­an serta memberikan stimulus untuk perekonomian domestik. Dewan Gubernur menegaskan penerapan bauran kebijakan mo­ neter dan makroprudensial yang bersifat counter-cyclical sangat diperlukan dalam pe­ngelolaan makroekonomi secara keseluruh­ an serta untuk membawa inflasi pada sasaran yang ditetapkan, yaitu 4,5%—1% pada 2012 dan 2013. Masyarakat ‘Ngirit’

Hartadi juga mengatakan rendahnya inflasi tersebut ka­rena masyarakat lebih berhati-hati membelanjakan uangnya. “Orang sekarang lebih hati-hati dalam spending uangnya, tidak terlalu berlebih-lebihan meskipun ada kenaikan harga tidak terlalu tinggi. Natal kemarin pun kita lihat orang pesta Natal, belanja, tapi tidak terlalu berlebih-lebihan

dibandingkan historical level kita,” kata dia. Hal ini, kata Hartadi, ka­rena ada keyakinan dalam diri masyarakat akan suplai barang yang cukup sehingga masyarakat tidak terlalu terburu-buru membeli barang. “Ada satu yang mungkin, kita masih akan teliti, tapi kelihatannya betul, yaitu kecukupan akan supply, itu penting. Jadi kalau konsumen melihat supply barang dan jasa cukup, dia tidak perlu buru-buru belanja dengan harga yang menabrak harga-harga tinggi,” ujarnya. Hartadi melihat kondisi saat ini berbeda dengan dulu di mana gairah berbelanja masyarakat mulai berkurang. “Dulu diskon-diskon itu kurang populer, sekarang sa­

±

‘‘

Orang sekarang lebih hati-hati dalam spending uangnya, tidak terlalu berlebihlebihan meskipun ada kenaikan harga tidak terlalu tinggi.

ngat populer kalau saya lihat di malmal. Bahkan ada yang berani 50% dan sebagainya ini menandakan supply-nya cukup sehingga orang tidak perlu berebut dan menaikkan harga. Itu agak struktural perubahannya, mudah-mudahan kalau ini bisa kontinu tahun-tahun ke depan itu bagus untuk pengendalian inflasi,” kata dia. Begitupun dengan beras, Hartadi menilai masyarakat sudah mulai mengerti kondisi musiman sehingga tidak terlalu khawatir dengan pasokan beras. “Misalnya beras, orang sudah tahu masalah cuaca dan impor, dan sebagainya. (E-1)

CMYK

±

±


±

±

CMYK

jumat, 30 desember 2011 lampung post

CMYK

Seminar Perikanan

±

I 10

Menutup akhir tahun 2011, Lampung Post kembali menurunkan tulisan hasil seminar perikanan yang digelar PT CP Prima Proteina Tbk., Lampung Post, Universitas Lampung, dan Politeknik Negeri Lampung, di Hotel Sheraton, Bandar Lampung, Rabu (21-12). Hal ini karena banyaknya informasi yang belum termuat dalam edisi Kamis (22-12). Redaksi

±

±

KOMODITAS

Ikan Tuna-Rumput Laut Potensi Dikembangkan BANDAR LAMPUNG (Lampost): Sektor perikanan di Lampung merupakan peluang usaha potensial yang dapat dikembangkan di Lampung. Saat ini, perairan Lampung belum banyak yang digali potensinya, terutama potensi laut dalam. Bahkan sepanjang pantai barat Lampung Barat dan Tanggamus memiliki potensi ikan yang besar, khususnya ikan tuna. Akademisi Universitas Lampung (Unila) Asrian Hendi Caya pada seminar perikanan yang digelar PT CP Prima Proteina Tbk., Lampung Post, Unila, dan Politeknik Negeri Lampung, di Hotel Sheraton, Rabu (21-12), mengatakan Bitung yang menjadi sentra perikanan laut saat ini menghasilkan ikan tuna dengan bobot 30—40 kg/ekor dan sudah ramai diusahakan. Sementara di Lampung belum dimanfaatkan. “Dengan dibangunnya dermaga ikan di Bengkunat, me-

mungkinkan penangkapan ikan di pantai barat Lampung makin ramai. Dan ini potensi ekonomi yang besar. Mengingat selama ini kapal nelayan membutuhkan waktu sebulan untuk berlayar sehingga kualitas ikan banyak yang rusak,” kata Asrian. Dengan adanya Dermaga Bengkunat memungkinkan nelayan dapat segera menurunkan ikan dalam keadaan lebih segar. Apalagi sekarang dengan mulai beroperasinya pelabuhan udara Pekon Seray yang lokasinya dekat dengan Dermaga Bengkunat, akan memberikan akses yang makin baik sehingga memungkinkan ikan diekspor dalam kualitas lebih baik. Menurut Asrian, saat ini tengah dirintis pengembangan usaha penangkapan ikan tuna. Oleh sebab itu, sedang disiapkan kapal tangkap dengan kapasitas lebih besar karena cukup jauh dari pantai, terumbu karang

buatan sebagai perangkap ikan tuna, dan membangun jaringan pengadaan batu es. “Juga sudah dijajaki kemungkinan kerja sama dengan pihak penerbangan Susi Air dan negara tujuan ekspor tuna ke Jepang.” Namun hal itu, kata dia, membutuhkan sarana pendukung, seperti pabrik es, cold storage, dan industri pe­ngolahan ikan. Serta Lampung Barat sudah menyiapkan kawasan unggulan agrobisnis terpadu (Kuat).” Kawasan pantai Lampung, khususnya Teluk Lampung dan Semangka, juga memiliki porensi ekonomi melalui pengembangan budi daya rumput laut. Saat ini mulai dirintis di Kabupaten Pesawaran. Potensi usaha rumput laut ini, menurut dia, sangat menjanjikan. Hal itu mengingat pertumbuhan permintaan rumput laut dunia yang tinggi (64%) sehingga har­ ganya cenderung naik. (NOV/E-1)

n LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

BERI KESAKSIAN KEMITRAAN. Pengusaha perikanan pola kemitraan Isman Hariyanto memberikan testimoni saat seminar perikanan dengan tema Pola kemitraan yang ideal dalam meningkatkan potensi sektor perikanan yang digelar Lampung Post, Unila, dan CP Prima Proteina Tbk., di Hotel Sheraton, Rabu (21-12).

Sektor Perikanan Penggerak Ekonomi Lampung BANDAR LAMPUNG (Lampost): Potensi perikanan di Lampung cukup besar, tapi belum tergarap optimal. Apalagi, pada 2014 Indonesia diharapkan dapat menjadi produsen perikanan terbesar di dunia.

n LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

±

BERBINCANG SERIUS. Wakil Gubernur Lampung M.S. Joko Umar Said, pengajar Ekonomi Unila Asrian Hendi Caya, Vice President CP Prima Proteina Paulus, dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Lampung Choiria Pandarita, berbincang di sela-sela seminar perikanan di Hotel Sheraton, Rabu (21-12).

Sebab itu, sektor perikanan tidak cukup mengandalkan budi daya laut, juga harus memiliki mimpi untuk membangun kawasan industri perikanan di Lampung. Demikian kesimpulan seminar perikanan dengan tema Pola kemitraan yang ideal dalam meningkatkan potensi sektor perikanan yang digelar Lampung Post, Unila, dan CP Prima Proteina Tbk., di Hotel Sheraton, Rabu (21-12). Selain itu, perlu adanya re­ gulasi yang tepat dan jelas. Ka­ rena regulasi yang tidak jelas akan menjadi sumber konflik. Perlu juga sinergi tripartit antara pemerintah, peng­usaha, dan masyarakat sebagai plasma. Selain transparansi dan kejujuran semua pihak. Seminar menghadirkan keynote speaker Wakil Gubernur Lampung Joko Umar Said, dilanjutkan dengan diskusi yang dimoderatori Pemimpin Redaksi Lampung Post Sabam Sinaga, dengan empat orang

sektor pertanian,” kata dia. Joko Umar Said juga mengatakan pertumbuhan ekonomi Lampung tidak ada artinya jika tidak bisa menyejahterakan rakyatnya. “Jangan sampai investasi yang ada tidak memberikan kemakmuran rakyat,” kata dia.

pembicara, yakni Dekan Fakultas Pertanian Unila Wan Abbas Zakaria, pengajar Faskultas Ekonomi Unila Asrian Hendi Caya, Kepala Budi Daya Rumput Laut Dinas Kelautan dan Perikanan Sedangkan Choiria menjelaskan Lampung Choiria Pandarita serta mengenai regulasi kemitraan dan pelaku usaha yang la nda sa n husudah 14 tahun kum pengemmenjalankan pola bangan dan kemitraan Isman pembinaan Potensi budi Hariyanto. kemitraan yang Joko Umar Said d iat u r da lam daya rumput mengatakan sekPa sa l 63 U U laut di Lampung tor kelautan dan Perikanan No.31 perikanan LamTa hu n 2 0 0 4 , sangat besar dan p u n g m e nj ad i Peraturan Pediharapkan dapat salah satu ungmerintah No.44 gulan dan prime Tahun 1997 tenmeningkatkan mover perekonotang Kemitraan, kesejahteraan mian Lampung. dan Keputusan Hal ini didukung Presiden Nomasyarakat letak geografis mor 127 Tahun Lampung. Lampung yang 2 0 01. “Sebab memiliki poitu, pemerintah tensi sumber daya kelautan dan mendorong berkembangnya kerja perikan­an yang cukup besar. “Se- sama yang saling menguntungkan. bab itu, jika dikelola dengan baik, Di Lampung, pola kemitraan yang potensi ini dapat menjadi salah sudah dilakukan, yakni pola inti satu sektor unggulan selain dari plasma,” kata dia.

‘‘

Lebih lanjut, Choiria mengatakan tahun depan, Pemprov Lampung mencanangkan sektor unggulan Lampung, yakni budi daya rumput laut. “Potensi budi daya rumput laut di Lampung sangat besar dan diharapkan dapat meningkatkan ke­ sejahteraan masyarakat Lampung.” Sedangkan Isman, dalam testimoninya mengatakan perlunya perubahan mindset bahwa plasma bukan pekerja tapi harus bisa menjadi pengusaha. Dengan demikian produktivitas kerja plasma menjadi meningkat karena kemitraan harus saling menguntungkan semua pihak. Isman juga mengatakan pola kemitraan yang ideal, antara lain menyangkut status lahan yang harus dibuatkan perda atau aturan tersendiri sebagai kawasan khusus. “Kemitraan yang ideal juga harus menentukan batasan waktu minimal dalam bermitra, termasuk adanya kepedulian lingkungan sosial perusahaan,” kata dia. Sedangkan Wan Abbas lebih menekankan adanya proses kemitraan yang ideal memerlukan kejujuran dan transparansi di antara para mitra, agar informasi dan perkembangan usaha sama-sama diperhatikan, termasuk komitmen di antara para pihak sangat dibutuhkan. (NOV/MG6/WIN/E-1)

±

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±


± ±

CMYK CMYK

jumat, 30 DESEMber 2011 lampung post

± ±

CMYK

± ±

I 11

Pariwara

± ±

±

± ±

±

± ±

±

± ±

CMYK CMYK

± ±

CMYK

± ±


±

±

CMYK

Opini

Jumat, 30 desEMBER 2011 lampung post

TAJUK Mencetak Guru Berkualitas

±

DALAM diskusi akhir tahun Lampung Post, Rabu (18-12), terungkap kualitas mengajar guru mengalami penurunan. Guru tak lagi memberikan pamahaman konsep. Di kelas, proses belajar-mengajar hanya sebatas menghafal. Aktivitas guru cukup datang ke kelas kemudian membagikan lembar kerja siswa. Siswa tinggal menghafal dan menjawab soal yang tersedia. Tidak ada penjelasan dan pembuktian jawaban. Inilah wajah sekolah kita sekarang. Masalah profesionalisme guru ibarat mengurai benang kusut. Mulai dari perekrutan, pengawasan, sampai penetapan kebijakan semuanya salah. Yang lebih parah, sertifikasi guru ditengarai ikut menyebabkan penurunan kualitas pendidikan. Dari hasil evaluasi, 10% guru menjadi tidak sungguh-sungguh mengajar setelah dapat sertifikat. Pada diskusi Hari Guru di Gedung Serbaguna Salman ITB, Kamis (25-11), Sekretaris Panitia Sertifikasi Guru Rayon X Jawa Barat Uman Suherman mengatakan turunnya kualitas mengajar itu karena guru menganggap sertifikasi sebagai hasil akhir. Padahal, kemampuan mengajar kembali diuji di kelas dan uji kompetensi ulang 5 tahun setelah sertifikat diraih. Berdasarkan evaluasi nasional, dari sekitar 2,7 juta guru di Indonesia, baru 540 ribuan guru yang telah mengikuti uji kompetensi dan mendapat sertifikat mengajar. Sebanyak 20% guru tersebut diketahui mengalami peningkatan cara mengajar setelah mendapat sertifikat, 70% guru tidak berubah, dan 10% guru malah menurun kinerjanya. Bagi guru seperti itu, pemerintah memang tidak bisa mencabut sertifikatnya, tapi tunjangannya bisa ditahan, karena mereka tidak bekerja secara profesional. Tugas utama guru sebenarnya sederhana, karena hanya mengajar, membelajarkan, dan mendidik. Tugas ini bisa dilaksanakan jika guru memiliki komitmen tinggi terhadap kemajuan dunia pendidikan kita. Tidak ada alasan lagi guru tak serius mengajar. Sebab, dari sisi penghasilan, gaji guru kini sudah cukup bahkan sangat layak, apalagi mereka yang telah bersertifikat. Dengan penghasilan sangat layak itu, sudah sepatutnya guru melaksanakan tugas dengan serius. Perilaku konsumtif yang selama ini sering terdengar, bahwa guru menggadaikan gajinya untuk membeli mobil dan barang konsumtif lainnya, boleh-boleh saja, tetapi tidak harus mengorbakan kualitas mengajarnya. Betapa pun besar gaji, kalau tidak diikuti dengan etos kerja tinggi, tidak ada gunanya. Sehingga, orang berpendapat tidak ada korelasi antara gaji tinggi dengan etos kerja seseorang. Banyak orang bergaji besar, tetapi prestasi kerjanya biasa-biasa saja. Sebaliknya, ada yang bergaji kecil, tapi karena memiliki tanggung jawab tinggi, etos kerjanya pun tak bisa dibilang rendah. Oleh karena itu, di tahun-tahun mendatang pemerintah harus memikirkan cara perekrutan guru yang baik agar kualitas mengajar mereka selalu meningkat. Ada baiknya uji kompetensi dilakukan sebelum seseorang menjadi guru. Dengan demikian, sertifikasi guru tidak diberikan kepada mereka yang telah menjadi guru. Jika ini bisa dilakukan, yakin kualitas pendidikan kita akan meningkat, pemahaman anak didik terhadap suatu pelajaran meningkat, yang akhirnya output pendidikan juga baik. n

Tanah Tak Bertuan LAMPUNG, di mata saya, kini bagai tanah tak bertuan. Sehingga, dengan mudah diobok-obok oleh kepentingan pusat. Semua yang datang tak permisi; datang tak diundang, pulang tak diantar (pocong kalee..). “Emangnya, dalam mengungkap kasus Mesuji, orang-orang pusat itu tidak lapor ke Gubernur atau Bupati,” kata istri saya. Entahlah. Yang jelas, semua sibuk mengobok-obok Mesuji demi terungkapnya sebuah tragedi kemanusiaan. Tak ada sapa, tak ada salam, selesai pun tak ada pamit. “Wajar saja kalau Gubenur berang dan mengatakan semua isu menyesatkan dan merusak nama baik Lampung di mata dunia,” kata teman menimpali. *** Mungkin, kita memang perlu tegas dengan datangnya tamu; apalagi tak diundang. So, silakan saja mengungkap fakta atas tragedi kemanusiaan yang ada. Namun, jangan sampai kedatangan mereka (pejabat Pusat); baik Dewan maupun siapa saja yang coba mengambil kepentingan; tidak menghargai tuan rumah. Provinsi Lampung dipimpin seorang gubernur yang penuh disiplin dan dapat dikatakan peduli dengan rakyat. Demikian juga Mesuji, sekalipun kabupaten baru, daerah itu memiliki penjabat bupati yang bisa mengambil kebijakan soal wilayahnya. “Tapi, mengapa Lampung seolah menjadi tanah tak bertuan,” kata teman lagi. Ini yang harus diluruskan. Kita sebagai putra daerah harus tegas dalam setiap langkah orang luar saat masuk pekarangan rumah kita. Boleh saja mengungkap kasus, seperti polisi memeriksa rumah kita kala ada pencurian. Namun, polisi pun pamit pada tuan rumah untuk memeriksa segalanya, demi terungkapnya pelaku. “Jangan jadikan Lampung wilayah jajahan, sekalipun oleh Pemerintah Pusat. Terlebih, bobroknya Pemerintah Pusat dalam berbagai kasus korupsi sampai saat ini tidak jelas penyelesaiannya,” kata teman lainnya. ** Kini, silakan semua diselesaikan dengan prosedur hukum yang berlaku. Terlepas benar atau tidak dari setiap kasus yang ada; faktanya ada pembantaian di Mesuji (walau bukan masuk wilayah Provinsi Lampung). Yang pasti, hargailah Lampung sebagai tuan rumah; dan jangan diobok-obok demi kepentingan lain, dengan datang tanpa muka, pergi tanpa punggung. Mudah-mudahan. n (LUKMAN HAKIM)

PAK DE

±

PAK HO

Ribuan penderita HIV/AIDS di Lampung tidak terdeteksi.

Makanya jangan suka “jajan sembarangan” ya, Pak De.

n FERIAL

POJOK Pengamat: Kualitas mengajar guru menurun. Sibuk ngurus sertifikasi sih! n Lampung termasuk wilayah rawan uang palsu. Lebih banyak lagi “uang panas”.

±

CMYK

±

I 12

Melanjutkan Pemikiran Gus Dur Akhmad Syarief Kurniawan Gusdurian, anggota GP Ansor NU Lampung Tengah

G

enap dua tahun tak terasa K.H. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) meninggalkan kita, sejak 30 Desember 2009 silam. Dalam tradisi Nahdlatul Ulama (NU) dikenal istilah tradisi peringatan haul (peringatan 1 tahun wafat seseorang). Haul akan terasa dahsyat gemanya jika yang meninggal itu seorang tokoh kharismatik, ulama besar, pendiri sebuah pesantren, dan seterusnya, dan Gus Dur salah satunya. Suatu hal yang tak terbantahkan di kalangan masyarakat Indonesia khususnya dan dunia umumnya, bahwa hingga hari ini almarhum K.H. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) masih menjadi sosok tokoh bahan pembicaraan, terutama ihwal yang positif, baik sebelum menjadi presiden maupun sesudah menjadi presiden keempat Republik Indonesia. Popularitas Gus Dur semasa hidup bukan semata-mata karena ia merupakan keturunan darah biru, popularitas Gus Dur dibentuk melalui proses panjang, di mana ia pernah belajar menuntut ilmu dan berorganisasi di Mesir, Bagdad, dan beberapa bagian negara Eropa. Di sejumlah negara tersebut, Gus Dur muda tekun mempelajari berbagai macam pengetahuan, baik yang lahir dari

rahim (tradisi) Islam maupun Barat. Perjalanan pendidikan Gus Dur tersebut tentu ikut memberikan kontribusi dalam memopulerkan nama besarnya. Gus Dur juga dikenal sebagai pembela sejati orang-orang tertindas yang termarginalkan di banyak sektor. Seperti Jamaah Ahmadiyah, Inul Daratista, dan banyak aliran sesat yang oleh kelompok-kelompok tertentu dinilai menghina Islam. Islam era Gus Dur itu terhitung sejak Gus Dur melemparkan gagasan pergantian “assalamualaikum” de­ ngan “selamat pagi” serta semangat “pribumisasi Islam”, hingga Gus Dur menjadi presiden RI dengan gagasan toleransi dan demokratisasinya tidak hanya di mata dunia internasional, tapi masyarakat Indonesia sendiri mulai merasakannya sebagai suatu perkembangan positif yang justru dapat mendamaikan dan menyatukan bangsa. Dalam buku Beyond the Symbols (2000), misalnya, Mudji Sutrisno, seorang budayawan, rohaniwan, dosen STF Driyarkarya dan Universitas Indonesia (UI), yang mengatakan bahwa ada dua obsesi yang selalu diperjuangkan Gus Dur. Pertama, obsesi makro, obsesi ini muncul bukan hanya karena dia anak atau cucu pendiri bangsa ini, melainkan karena Gus Dur memperjuangkan tiga hal.

Pertama, keutuhan bangsa agar tidak pecah. Pada posisi inilah Gus Dur sesungguhnya sosok yang selalu mengusahakan terbentuknya demokrasi, masyarakat pluralis yang saling menghormati, masyarakat lintas agama, lintas suku, dan lintas

‘‘

Karena itu, Gus Dur akan diingat atas komitmennya terhadap prinsipprinsip demokrasi dan pandangan politik yang inklusif.

golongan. Kedua, dia selalu mau tampil sebagai pionir, guru bangsa, terutama saat terjadi krisis. Dia selalu bisa mengambil posisi kunci (strategis) dalam setiap konflik. Ketiga, obsesi mikro, dalam arti tidak hanya sebagai diri sejati Gus Dur, tetapi sebagai bagian dari keluarga besar NU. Sebagai warga NU, dia amat concern dan prihatin terhadap peningkatan pendidikan, taraf hidup, dan cara berpikir warganya. Mereka yang dalam sejarahnya (historis) selalu diidentikkan sebagai kelompok ”sarungan”, di tangan Gus Dur diusahakan men-

jadi kelompok yang multidimensional, baik ekonomi, dalam sosial, budaya dan segala macamnya. Kedua, menyebarkan Islam inklusif, Islam sebagai agama rahmatan lil ‘alamin (mengayomi dan melindungi semesta alam) harus menjadi Islam yang terbuka dan mampu berdialog dengan budaya lokal. Islam yang ditawarkan Gus Dur adalah Islam yang menghargai pluralitas dalam keberagaman, bukan Islam yang eksklusif yang merasa bahwa kelompoknyalah yang berhak atas surga Allah swt. Gus Dur menyajikan Islam yang menghormati tradisi ijtihadi dan mengapresiasi budaya intelektual yang kritis dan dinamis dengan tetap berpegang kepada kaidah-kaidah yang berlaku, al muhaafadhatu ’alal qadiimish shaalih wal akhdu bil jadiidil ashlah, memelihara tradisi lama yang baik dan mengambil tradisi baru yang lebih baik. Ketiga, selera humor yang tinggi, tradisi humor bagi Gus Dur telah melekat dan menjadi pelengkap hidup dalam kepribadiannya. Dalam kesempatan dan pembicaraan masalah-masalah apa pun selalu terdengar joke-joke segarnya. Sikap Gus Dur yang humoris ternyata mampu mencairkan situasi yang tegang, mempermudah sesuatu yang rumit, meringankan hal yang berat. Meskipun demikian, humor-

Tren Pelanggaran HAM 2011 Saharuddin Daming Komisioner Komnas HAM

NUANSA

±

CMYK

M

enutup lembaran tahun 2011, wajah pemajuan dan penegakan HAM masih tampak buram. Kasus pelanggaran HAM yang terjadi dalam tahun ini relatif tinggi dan beragam, serta kerap diwarnai dengan tindak­ an kekerasan yang berlatar belakang politik, ekonomi, sosial, budaya, dan hukum atau aspek lain. Pelanggaran HAM tersebut bukan saja menimbulkan trauma bagi korban, melainkan juga berdampak secara multidimensional bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Ironisnya, karena kebanyakan pelanggaran HAM dimaksud nyaris tak tersentuh penyelesaian secara hukum maupun remedi. Tren pelanggaran HAM di sepanjang tahun ini tecermin dari jumlah pengaduan yang diterima Komnas HAM per Januari sampai Oktober 2011 adalah 3780 kasus. Tren ini meningkat 14,37% diband-

ing dengan periode yang sama pada tahun 2010 sebanyak 3237 kasus. Berdasarkan data tersebut, tren pelanggaran HAM yang ditangani Komnas HAM tahun ini rata-rata 378 kasus per bulan, atau 86 kasus per minggu atau 12 kasus per hari. Sebenarnya tren tersebut belum merefleksikan jumlah pelanggaran HAM secara keseluruhan. Diduga, lebih dari dua kali lipat kasus pelanggaran HAM yang tidak diadukan oleh masyarakat ke Komnas HAM karena berbagai faktor. Bentuk pelanggaran HAM yang paling menyita perhatian publik tahun ini tertuju pada kasus sengketa lahan (land tenurial conflict) yang meningkat 20,56% dari 479 menjadi 603 kasus. Tingginya kasus sengketa lahan tersebut dipicu oleh makin meningkatnya ekspansi investasi di sektor agraria dengan memarginalkan hak tradisional masyarakat. Ironisnya, karena syahwat ekspansionisme investor tersebut

dilegalkan bahkan berkolaborasi dengan decision maker sebagai upaya untuk menopang pertumbuhan ekonomi negara, tak ayal menggiring kekuatan masyarakat sipil terlibat konflik dengan investor di satu sisi dan negara pada sisi yang lain. Di mana masyarakat sipil selalu dikalahkan dan di­ salahkan, bahkan dikriminalisasi jika mereka melakukan perlawan­ an pembelaan diri. Adapun kasus pelanggaran HAM yang cukup serius di sepanjang tahun 2011 adalah kasus ke­ kerasan di Papua dan di tempat lain di samping konflik perburuhan, SARA, mafia peradilan, rendahnya keberpihakan kebijakan negara terhadap masyarakat sipil, buruknya layanan publik maupun praktek diskriminasi terhadap kelompok rentan. Namun, persoalan krusial yang menambah buram catatan penegakan HAM tahun 2011 adalah masih macetnya penyelesai­ an peristiwa pelanggaran HAM

berat seperti Peristiwa Trisakti, Semanggi I, Semanggi II, Mei 1998, penghilangan orang secara paksa, Talangsari, Wamena, dan Wasior. Hal ini terjadi karena jaksa agung sebagai penyidik dan penuntut umum enggan menindaklanjuti hasil penyelidikan Komnas HAM lantaran tersandera berbagai kepentingan. Tahun ini Komnas HAM telah menyelesaikan penyelidikan terhadap tiga kasus pelanggaran HAM berat yaitu Peristiwa 65, Petrus dan Lumpur Panas Sidoardjo. Namun, hasil penyelidikan tersebut kemungkinan besar akan mengalami nasib yang sama dengan hasil penyelidikan sebelumnya lantaran proses tindak lanjut, bergantung penuh pada political action lembaga lain yaitu jaksa agung. Semua ini menunjukkan bahwa kita gagal belajar dari sejarah yang membiarkan waktu terus berlalu tanpa prestasi. Sampai hari ini negara abai dari tanggung jawab-

humor yang ditujukan Gus Dur bukannya tanpa makna atau sekadar bercanda, ingat tentang masalah DPR, Gus Dur menyindir dengan sebutan Dewan Play Group. Kiai Bangsa adalah salah satu layaknya predikat yang perlu kita sematkan untuk Gus Dur, sosoknya kiai budaya, kiai politik, kiai kemanusiaan, kiai keberagaman, kiainya warga nu, kiai bangsa yang merangkul semua golongan tanpa tedeng aling-aling atau sekat perbedaan. Seorang tokoh Tionghoa pun mengakui akan jasa besar Gus Dur, yang dengan tegas dan berani memulai langkah penting dalam berkehidupan bernegara di Indonesia hal ini ditandai dengan upaya pengakuan agama Kong Hu Cu, penghapusan SBKRI, dan mencanangkan Imlek sebagai hari libur nasional. Bahkan, ketika Gus Dur Wafat, Juru Bicara Gedung Putih Robert Gibbs, mewakili Presiden Barack Obama, mengatakan Gus Dur merupakan suri teladan bagi toleransi beragama dan figur penting dalam transisi demokrasi di Indonesia. Karena itu, Gus Dur akan diingat atas komitmennya terhadap prinsip-prinsip demokrasi dan pandangan politik yang inklusif. Dia bekerja untuk perdamaian dan kemakmuran bagi rakyat Indonesia dan menjadi jembatan antarumat beragama. Wallahualam. n

nya sebagai pemangku kewajiban (duty barrier) yang mencakup kewajiban menghormati, melin_ dungi, dan memenuhi hak warga negara. Fenomena tragis tersebut merefleksikan pandangan GWF Hegel, filsuf Jerman, “History teaches us that people have never learnt anything from history”. Sejarah mengajari kita bahwa manusia tidak pernah sukses belajar apa pun dari sejarah. Karena itu, Komnas HAM sa­ ngat prihatin atas catatan buruk terhadap prestasi pemajuan dan penegakan HAM sepanjang tahun 2011. Tidak berlebihan jika kita semua mengingatkan komitmen pelaksanaan tanggung jawab negara (state responsibility) tersebut. Betapa tidak, karena hal ini bukan sekadar tanggung jawab moral, melainkan telah menjadi tanggung jawab konstitusional. Sudah waktunya Pemerintah mempunyai blueprint yang jelas dan prioritas dalam menangani isu HAM. n

±

±

Catatan Akhir Tahun Pendidikan Kita Rijal Firdaos Pengajar Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Intan, mahasiswa S-3 UNJ

P

lafon ruang kelas yang runtuh dan melukai siswa yang sedang belajar akhir-akhir ini sering kita dengar. Plafon runtuh bukan karena dimakan usia, melainkan akibat proses rehabilitasi yang ceroboh. Padahal, biaya rehabilitasi bisa ratusan juta rupiah. Data di atas, saya kutip dari salah satu harian sekaligus sebagai bahan renungan kita bersama. Bukan saja pemerintah se­ sungguhnya, melainkan setiap pemangku kepentingan, yang memiliki andil besar untuk meningkatkan, serta memajukan mutu pendidikan kita di masa depan, baik keluarga, masyarakat, maupun lembaga pendidikan. Kepentingan dalam memajukan kualitas pendidikan di masa depan tentu harus didukung dengan semangat dedikasi yang ikhlas dan orientasi pembangunan yang kompetitif, bukan dilatarbelakangi karena kepentingan berasaskan pragmatisme individu/kelompok, yang selama ini terjadi di hampir seluruh jagat nengeri. Memang pemerintah telah berupaya memfasilitasi 20% dari APBN untuk alokasi dana pendidikan. Namun, nyatanya dana sebesar itu belum menjawab tantangan yang

dibutuhkan. Lantas, bagaimana dengan nasib pendidikan kita pada tahun 2012? Sebagai sebuah organisasi yang tersusun secara sistematis, pemerintah dalam hal ini sangat berwenang sekaligus berkewajiban menyelamatkan masa depan bangsa Indonesia ke arah kemajuan yang bermartabat melalui akses pendidikan berkualitas. Kebutuhan pendidikan formal merupakan modal dasar yang harus dipenuhi. Syarat terjadinya proses pembelajaran yang utuh dan terstandar harus mencakup peserta didik, guru, kurikulum, saranaprasarana, serta pengelolaan yang baik. Sebagai sarat utama dalam pembelajaran, peserta didik merupakan input yang harus dijaga kemurniannya. Menilik keadaan peserta didik hari ini, sepertinya sekolah belum berhasil sepenuhnya dalam membekali peserta didik, dengan modal kognisi, afeksi, dan konasi yang diharapkan. Terjadinya tawuran antarpelajar atau mahasiswa menjadi salah satu indikator belum maksimalnya pembinaan pada diri peserta didik. Karena, jika saya analogikan, peserta didik adalah ibarat bahan mentah yang harus diproduksi menggunakan mesin andal untuk mendapatkan bahan jadi yang andal pula. Di samping itu, kebutuhan guru ter­ hadap pemenuhan syarat terstandar di atas

terkesan masih separuh jalan. Lihat saja, kompetisi perkembangan kompetensi guru selama ini tidak tampak secara signifikan, termasuk pascasertifikasi guru. Bahkan, data di lapangan, sebagaimana ditulis oleh Lampost beberapa waktu lalu, ada sekitar 80% guru di bawah Kementerian Agama adalah missmacth, alias salah kapling. Pendekatan teoritik di atas semestinya menjadi kerangka berpikir yang konstruktif dalam upaya memadukan antara unsur filosofis dan empiris. Termasuk di dalamnya perbaikan kurikulum, sarana-prasarana, serta pengelolaan yang selama ini belum terorganisasi maksimal. Evaluasi Program Definisi yang pertama dikembangkan Ralph Tyler (1950) mengatakan evaluasi merupakan sebuah proses pengumpulan data untuk menentukan sejauh mana, dalam hal apa, dan bagianmana tujuan pendidikan sudah tercapai. Jika belum, bagian mana yang belum, dan mengapa sebabnya. Gagasan Tyler tersebut sedianya harus selalu menjadi acuan dasar pemerintah untuk menentukan langkah pengumpulan data tentang semua hal yang berkaitan dengan pendidikan melalui sistem dan subsistemnya secara sistemik, yang diawali dari Pemerintah Pusat sampai kepada pe-

merintah daerah terkait. Fasilitas APBN yang jumlahnya triliunan rupiah hanya berputar pada tataran kebijakan nonpopulis, yang secara sadar ataupun tidak hanya akan merugikan rakyatnya sendiri, karena dinilai tidak memberi implikasi ber­ arti bagi perkembangan dunia pendidikan. Bahkan, malah sebaliknya, uang negara yang menjadi hak segenap anak bangsa diperkosa oleh oknum atau kelompok tertentu demi kepentingan mereka. Fenomena ini kemudian yang menyebarkan virus (penyakit) komplikasi yang tak kunjung terobati. Proyeksi pembangunan pendidikan selalu gagal di tengah jalan. Tujuan utama pendidikan sebagaimana termaktub dalam UU Sisdiknas No.20 Tahun 2003 sepertinya masih mandul. Jangankan membangun psikis (soft skill) yang tidak tampak dilihat orang, pembangunan fisik yang termasuk salah satu syarat dalam pembelajaran pun banyak terabaikan. Akhirul kalam, betapa pun kondisi pendidik­ an kita hari ini, optimisme ke arah peningkatan dan perbaikan selalu ada jika setiap kita yang hidup di masa kini memiliki niat mulia untuk menanam kebaikan di masa depan. Sebagaimana bahasa agama mengungkapkan, “Tanamlah pohon kurma hari ini meskipun esok dunia akan kiamat.” Wallahualam. n

Pemimpin Umum: Bambang Eka Wijaya. Wakil Pemimpin Umum: Djadjat Sudradjat. Pemimpin Redaksi: Sabam Sinaga. Wakil Pemimpin Redaksi: Heri Wardoyo. Pemimpin Perusahaan: Prianto A. Suryono. Kepala Divisi Percetakan: Kresna Murti. Dewan Redaksi Media Group: Elman Saragih (Ketua), Ana Widjaya, Andy F. Noya, Bambang Eka Wijaya, Djadjat Sudradjat, Djafar H. Assegaff, Laurens Tato, Lestari Moerdijat, Rahni Lowhur Schad, Saur M. Hutabarat. Sugeng Suparwoto, Suryopratomo, Toeti Adhitama. Redaktur Pelaksana: Iskandar Zulkarnain, Iskak Susanto. Sekretaris Redaksi: M. Natsir. Redaktur: Alhuda Muhajirin, Sri Agustina, Amiruddin Sormin, Wiwik Hastuti, Heru Zulkarnain, Zulkarnain Zubairi, Hesma Eryani, Sudarmono, Trihadi Joko, Umar Bakti, D. Widodo. Asisten Redaktur: Aris Susanto, Muharam Chandra Lugina, Musta’an, Kristianto, Nova Lidarni, Syaifulloh, Lukman Hakim. Liputan Bandar Lampung: Juniardi, Sri Wahyuni, Rinda Mulyani, Vera Aglisa, Sony Elwina Asrap, Zainuddin. Biro Lampung Utara: Buchairi Aidi (Kabiro), Ruhiman, Hari Supriyono. Lampung Barat: Henri Rosadi (Plt. Kabiro), Eliyah. Way Kanan: Yoel Lukasim (Kabiro), Warseno, Mat Saleh. Lampung Tengah: Ikhwanuddin (Kabiro), Andika Suhendra (Wakabiro), M. Lutfi, Agus Hermanto. Metro/Lampung Timur: Sudirman (Kabiro), Djoni Hartawan Jaya (Wakabiro), Chairuddin (Wakabiro), Agus Chandra, Eddy Ribut Herwanto, Suprayogi. Tulangbawang: Muhammad Guntur Taruna (Kabiro), Juan Santoso Situmeang. Tanggamus: Mif Sulaiman (Kabiro), Sudiono, Sayuti, Widodo. Lampung Selatan: Herwansyah (Plt. Kabiro), Aan Kridolaksono, Usdiman Genti. Pesawaran: Meza Swastika. Desain Grafis: DP. Raharjo, Sugeng Riyadi, Sumaryono, Sugito, Malianingsih, Ridwansyah, David Jackson, Djadi Satmiko, Ferial, Nanang B, Dede Darmawan, Nurul Fahmi. Penerbit: PT Masa Kini Mandiri. SIUPP: SK Menpen RI No.150/Menpen/ SIUPP/A.7/1986 15 April 1986. Harga: Eceran per eksemplar Rp3.000 Langganan per bulan Rp75.000 (luar kota + ongkos kirim). Account Executive Iklan: Oki Haray, Merry Destaria, Shiera Maqhruf, Mardlian Shah, Ferawati. Manajer Keuangan dan Akunting: Rosmawati Harahap. Manajer Sirkulasi: Indra Sutaryoto. Alamat Redaksi dan Pemasaran: Jl. Soekarno Hatta No.108, Rajabasa, Bandar Lampung, Telp: (0721) 783693 (hunting), 773888 (redaksi). Faks: (0721) 783578 (redaksi), 783598 (usaha). http://www.lampungpost.com e-mail: redaksi@ lampungpost.co.id redaksilampost@yahoo.com. Kantor Pembantu Sirkulasi dan Iklan: Jl. A.Yani No.7 Bandar Lampung, Telp: (0721) 255149, 264074. Jakarta: Gedung Media Indonesia, Kompleks Delta Kedoya, Jl. Pilar Raya Kav. A-D, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Telp: (021) 5812088 (hunting), 5812107, Faks: (021) 5812113. Kalianda: Jl. Sanggar Pramuka No. 9, Kalianda Telp/Fax: (0727) 322724. Pringsewu: Jl. Ki Hajar Dewantara No.1093, Telp/Fax: (0729) 22900. Kotaagung: Jl. Ir. H. Juanda, Telp/Fax: (0722) 21708. Metro: Jl. Imam Bonjol No.1, Telp/Fax: (0725) 47275. Menggala: Jl. Gunung Sakti No.271 Telp/Fax: (0726) 21305. Kotabumi: Jl. Pemasyarakatan Telp/Fax: (0724) 26290. Liwa: Jl. Raden Intan No. 69. Telp/Fax: (0728) 21281. Percetakan: PT Masa Kini Mandiri, Jl. Soekarno - Hatta No. 108, Rajabasa, Bandar Lampung Isi di Luar Tanggung Jawab Percetakan

±

CMYK

±

±


±

±

CMYK

±

CMYK

Suara Pembaca

jumat, 30 deseMBER 2011 lampung post

I 13

Lampung Post menerima kiriman tulisan berupa opini orisinal dan tidak dikirim ke media lain, tak lebih dari 5.000 karakter. Kirim via e-mail ke redaksi@lampungpost.co.id atau redaksilampost@yahoo. com. Kami mengutamakan tulisan yang mengkaji fenomena aktual di lingkungan masyarakat Lampung. Pengiriman surat pembaca via e-mail harus dilengkapi alamat lengkap dan nomor telepon.

±

± Perlu Tumbuhkan Kesadaran Masyarakat!

HINGGA ini fenomena kejahatan di angkutan umum masih menjadi topik hangat yang terus dibincang masyarakat, aksi kejahatan seperti pencopetan, penodongan, hingga pelecehan seksual seakan menjadi momok menyeramkan yang terus menggerayangi penumpang angkutan umum kapan pun dan di mana pun, tidak mengenal usia, tua atau muda, kaya atau muskin, bahkan laki-laki atau perempuan. Kejahatan terjadi karena ada kesempatan. Yah, ungkapan ini yang kiranya harus selalu kita ingat, betapa tidak

selamanya kejahatan terjadi karena ada niat pelakunya, tapi karena juga ada kesempatan yang kadang kita buat sendiri. Oleh karena itu, dalam hal ini tanggung jawab pemerintah selaku pengayom dan pelindung masyarakat serta kesadaran masyarakat menjadi dua modal penting yang harus sinkron. Bijaknya, ketika melihat fenomena kejahatan yang terjadi tidak sepantasnya kita langsung mengambinghitamkan pemerintah, menuntut bertanggung jawab atas apa yang terjadi. Kebijakan pemerintah memang penting, tapi kesadaran kita untuk menjaga keamanan diri sejatinya jauh lebih penting daripada sekadar

kebijakan pemerintah.

‘‘

Sejauh mana kita mawas diri serta mampu menjaga diri untuk tidak tampil berlebihan yang bisa menimbulkan aksi kejahatan yang menimpa diri kita.

Sebagai solusi, pemerintah dalam hal ini harus tampil lebih sigap dalam melayani dan melindungi masyarakat. Pengawasan terhadap angkutan umum harus lebih ditingkatkan, pelaku kejahatan harus diberi hukuman yang benarbenar ultimum remidium, yang bisa membuat pelakunya jera. Pemerintah pun harus bersikap lebih tegas terhadap para sopir dan pengusaha angkutan umum. Mengadakan seragam supir yang membedakan mana yang benar-benar sopir dan mana yang bukan sopir. Pembatasan operasional angkot bagi tiap angkutan pun dirasa penting, di samp-

ing pemerintah pun harus lebih sering mengingatkan masyarakat untuk lebih berhati-hati saat bepergian menggunakan kendaran umum. Ini tentu bukan solusi jaminan, karena jaminan terbesar akan keselamatan diri hanya ada pada diri kita sendiri. Sejauh mana kita mawas diri serta mampu menjaga diri untuk tidak tampil berlebihan yang bisa menimbulkan aksi kejahatan yang menimpa diri kita. Seperti, berpakaian yang sewajarnya serta berpenampilan yang tidak menarik timbulnya kejahatan. Khususnya bagi para wanita, yang hingga kini masih menjadi wanita sering menjadi objek kejahatan

terbesar. Wanita tidak perlu menggunakan perhiasan emas yang mencolok mata saat di angkutan umum. Penggunaan rok pendek juga harus dilarang di angkutan umum. Ini tentu akan sangat bermanfaat dalam menjaga diri dari tindakan yang tidak diinginkan. Dengan kesadaran yang tinggi dari masyarakat serta pengamanan yang intens dari pemerintah, harapanya segala macam tindak kejahatan di negeri ini, tidak mesti di kendaraan umum, bisa terminimalisasi. Dito Alif Pratama Semarang

Kami membuka ruang keluhan, harapan, kritik, dan saran terhadap pelayanan umum, fasilitas publik, masalah sosial, atau kebijakan pemerintah dalam rubrik suara pembaca. Tanggapan Anda dapat dikirim via short message service (SMS) ke nomor 0815-405-9000 disertai nama dan alamat lengkap. Redaksi.

Perlu Sosialisasi Penyakit Hepatitis

Saat ini banyak yang terjangkit penyakit hepatitis, untuk itu imbauan kepada Dinas Kesehatan Metro kiranya dapat menurunkan petugas kesehatan ke daerah kami guna memberikan informasi apa itu penyakit hepatitis, sekaligus penyebab dan juga pengoba-

tannya kepada masyarakat agar penderitanya tidak bertambah. Terima kasih. 085669617181

bawang. Kami perhatikan perwira polisi kurang di wilayah ini, sedangkan kejahatan mulai meningkat. 085267781269

Tambah Polisi di Way Kanan dan Tuba

Pelayanan RSUDAM Tidak Maksimal

Yth. Bapak Kapolda Lampung. Tolong penambahan perwira-perwira polisi di wilayah Way Kanan dan Tulang-

Yth. Kepala Yayasan RSUD Abdul Moeloek coba dokter-dokter yang aktif kerja selalu stand by, jangan

karena masyarakat pakai Jamkesmas pelayanannya tidak maksimal. 08569866030

Mana Honor PPK Tuba Barat?

Yth. Bapak KPU Tulangbawang Barat. Kami PNS dan PPK Tulangbawang Barat menanyakan honor kami yang ke delapan atau honor November. Kenapa hingga kini

honor kami tak dibayar. Dan untuk Bapak Bupati dan Wakil Bupati dan anggota Dewan Tulangbawang Barat, kami PPS dan PPK Tuba Barat minta tolong pada bapak-bapak yang terhormat untuk menggugah hati KPU untuk membayar honor kami. Rohmadi, Way Kenanga. 087798112394

Terima Kasih DPRD Metro

Yth. DPRD Metro, kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga atas penolakan kenaikan tarif Rumah Sakit Daerah A. Yani karena mereka tidak melayani masyarakat dengan sungguhsungguh (akal-akalan). Bagong, Metro Barat. 085269815151

Perbaiki Jalan ke ‘TVRI’ Lampung

Yth. Bapak Wali Kota Bandar L ampung. Tolong dip erbaik i jalan raya menuju T VRI Lampung di Sukarame karena kondisi jalan banyak lubang dan sangat berbahaya bagi sepeda motor. 085267781269

±

±

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±


±

CMYK

JUMAT, 30 DESEMBER 2011 lampung post

±

Pariwara

CMYK

±

I 14

±

±

±

±

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±


± ±

± ±

CMYK CMYK

± ±

CMYK CMYK

Pendidikan

jumat, 30 DESEMBER 2011 lampung post

I 15

Data Siswa Miskin

LINTAS Integritas Pengawas Dinilai Menurun

± ±

BANDAR LAMPUNG—Banyak tenaga pendidik yang tidak lagi percaya pada integritas pengawas. Akibatnya, kualitas tenaga pendidikan sulit ditingkatkan karena pengawas merupakan salah satu instrumen penting dalam meningkatkan kualitas guru. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung Abdurrahman mengungkapkan akibat ketidakpercayaan guru kepada pengawas menyebabkan kualitas pendidikan, terutama di madrasah atau sekolah keagamaan, menjadi sulit ditingkatkan. “Saya berharap dengan masuknya Pak Sartio sebagai salah satu pengawas di jajaran madrasah, intengritas dan kepercayaan guru kepada pengawas makin meningkat,” kata Abdurrahman dalam pelantikan pejabat eselon III dan IV di lingkungan Kanwil Kemenag Lampung, Kamis (29-12). (UNI/S-2)

± ±

Ekonomi Kreatif di SMAN 1 Kotagajah

BANDAR LAMPUNG—Rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) SMAN 1 Kotagajah menjadikan ekonomi kreatif sebagai bagian dari kegiatan pengembangan siswa mulai tahun 2012 ini. Kepala SMAN 1 Kotagajah Syatbi Tahmid mengatakan tema ekonomi kreatif merupakan salah satu bagian dari pendidikan karakter yang telah ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. “Saat ini kami telah menjalankan program kantin kejujuran, pe­ ngelolaan sampah organik menjadi kompos hingga pembuatan majalah Diksi sebagai kegiatan pengembangan kesiswaan. Ke depan akan kami tambahkan tema ekonomi kreatif,” kata Syatbi. Meskipun sekolahnya merupakan sekolah umum, Syatbi berharap para siswanya memiliki bekal kemampuan diri untuk menambah penghasilan melalui kegiatan yang produktif dan kreatif sejak di bangku sekolah. “Mengenai teknis pelaksanaannya akan dikonsep oleh tim dari Bandar Lampung Creative Networking (BLCN) yang beberapa waktu sebelum ini juga telah memberikan pelatihan mengenai e-learning di sekolah kami,” ujarnya. (MG1/S-3)

Umrah resmi menjadi universitas negeri

TANJUNGPINANG—Universitas Maritim Raja Ali Haji resmi menjadi universitas negeri setelah diresmikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh di Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau, Senin (26-12). Peresmian Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) menjadi universitas negeri ditandai penandatanganan prasasti oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh disaksikan oleh Wakil Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Eko Prasojo, Gubernur Kepulauan Riau Muhammad Sani, Ketua DPRD Kepulauan Riau Nur Syafriadi dan Pejabat Sementara Rektor Umrah Maswardi M Amin. “Diharapkan dengan adanya UMRAH di daerah perbatasan menjadi pusat-pusat unggulan sehingga negara-negara lain akan belajar ke UMRAH,” kata Muhammad Nuh dalam sambutannya. Pendirian universitas negeri di daerah perbatasan menurut dia, diharapkan menjadi pusat-pusat unggulan di beranda terdepan Tanah Air. (ANT/S-3)

PENDIDIKAN TINGGI

Unila-UML Teken Kerja Sama Pendidikan Karakter ± ±

± ±

BANDAR LAMPUNG (Lam­ post): Universitas Lampung (Unila) dan Universitas Mu­ hammadiyah Lampung (UML) menandatangani memoran­ dum of understanding (MoU) dengan Tiri-making intergrity work mengenai pendidikan integritas dan pengembangan karakter bangsa. Penandatanganan dilakukan oleh Hasriadi Mat Akin selaku pemba nt u rektor I Bida ng Akademik Unila, dalam hal ini mewakili Rektor Unila, dan UML diwakili Agus Pahrudin selaku rektor, sedangkan Tiri diwakili Ibrahim Fahmi Badoh, di Bandar Lampung, Kamis (29-12). Usai penandatanganan MoU, Hasriadi mengatakan kam­ pus memiliki kewajiban moral menjunjung tinggi kebenaran dan kejujuran serta menyebar­ luaskannya kepada masyarakat sebagai wujud dari Tridarma Perguruan Tinggi. “Dengan adanya atau tidaknya kerja sama ini Unila memiliki kewajiban membentuk insan muda yang berkarakter. Mem­ bangun institusi yang punya integritas. Serta membangun masyarakat yang juga memiliki integritas,” kata dia. Namun, dengan adanya kerja

sama dengan lembaga inter­ nasional, Tiri yang selama ini bergerak dibidang penguat­ an integritas lembaga dalam sebuah jaringan kerja sama, ia berharap fungsi kampus sebagai benteng terakhir pe­ negakkan moral dapat berjalan lebih optimal. Hasriadi mengatakan da­ lam pelaksanaannya, Tiri akan memfasilitasi berbagai kegiat­ an di kampus guna menun­ jang pendidikan integritas baik melalui seminar, kuliah umum, pelatihan, workshop, penelitian hingga studi banding dan per­ tukaran mahasiswa. Hal senada juga diutara­ kan Rektor UML Agus Pah­ rudin yang menyatakan perlu adanya upaya bersama dalam meme­rangi korupsi dan segala ketidakbenaran di negeri ini, salah satunya adalah melalui ranah pendidikan di kampus. Menurutnya, kampus sebaga lembaga yang meluluskan ber­ bagai insan yang akan berkerja dan berprofesi diberbagai bi­ dang harus bisa menghasilkan para alumni yang memiliki in­ gertias sehingga ketika mereka terjun kemasyarakat mereka juga siap tidak hanya secara akademik melainkan juga men­ talitas. (MG1/S-2)

n LAMPUNG POST/ZAINUDDIN

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung Bustami (kiri) memaparkan data siswa miskin dan jumlah guru yang tersertifikasi dalam diskusi akhir tahun di Lampung Post, Rabu (28-12). Bustami menyebutkan terdapat 40 ribu siswa miskin di Bandar Lampung dan akan mendapatkan bantuan dari Pemda Kota secara bertahap.

Kepsek Ciptakan Iklim Akademik BANDAR LAMPUNG (Lampost): Kepala sekolah adalah sosok pemimpin yang harus mampu membawa siswa dan para guru dari apa adanya menjadi apa yang seharusnya. Selain itu, kepala sekolah yang ideal dinilai dari kredibilitas dan akseptabilitas. Kredibilitas merujuk pada kompetensi yang harus dimi­ liki dan akseptabilitas merujuk pada sikap siswa dan guru dalam me­ nerima kehadiran kepala sekolah. Hal itu dikatakan Kaprodi S-2 Bimbingan Konseling Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Samsu Yusuf, Kamis, (29-12), me­ ngomentari peran kepala sekolah. Sebagai manajer di sekolah, kepala sekolah harus memiliki tang­ gung jawab terhadap tugas pokok dan fungsinya. Kepala sekolah, kata Samsu, bukan profesi yang ringan karena dituntut mampu mencipta­ kan iklim akademik yang kondusif serta menjalin relasi dengan guru, siswa, dan komite sekolah. Dalam diskusi pendidikan akhir tahun yang diadakan Lampung

Post, Rabu (28-12), dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unila Bujang Rahman me­ ngatakan saat ini guru berlombalomba menjadi kepala sekolah. Ber­ beda dengan keadaan di perguruan tinggi yang agak kesulitan mencari calon rektor, bahkan dekan, karena sedikit peminat. Sementara itu, Nurul Sofian M., dari SMAN 1 Bandar Lampung, menilai sebaiknya pemilihan kepala sekolah itu demokratis dan calonnya juga kharismatik. “Dengan kedua faktor tersebut, saya yakin sekolah bisa lebih baik dalam menciptakan anak didiknya,” ujar Nurul. Ket u a Mu s y aw a r a h Ker ja Kepala Sekolah (MKKS) SD Ban­ dar Lampung Nusyirwan me­ ngatakan guru yang ingin menjadi kepala sekolah harus memiliki jiwa kepemimpinan, memiliki visi dan

misi pendidikan, serta memenuhi persyaratan akademik. “Saat ini banyak guru berlomba-lomba menjadi kepala sekolah karena alasan materi,” kata dia. Ia menjelaskan sebenarnya tun­ jangan materi tambahan yang diber­ ikan pada kepala sekolah, contohnya kepala SD hanya Rp275 ribu/bulan. Namun wewenang yang dimiliki cukup besar, seperti mengelola dana BOS dan rehabilitasi sekolah. Untuk menilai keberhasilan kepala sekolah, salah satu indika­ tornya adalah dari prestasi siswa. Sekretaris Jurusan Magister Manajemen Pendidikan Unila Sowiyah menjelaskan pada tahun 2012 diadakan program untuk meninjau kelayakan seseorang menjadi kepala sekolah. “Program ini dinamakan penilaian kinerja calon kepala sekolah,” kata dia. Menurut dia, maju tidaknya s u at u s eko l a h d ip e n g a r u h i kepemimpinan kepala sekolah, sehingga sosok kepala sekolah adalah guru yang berpengalaman dan berprestasi. (MG-4/S-2)

PENDIDIKAN KARAKTER

Pendekatan Kultural Perangi Korupsi BANDAR LAMPUNG (Lam­ post): Langkah paling ampuh da­ lam memerangi korupsi adalah dengan melakukan pendekatan kultural. Pendekatan kultural baru akan berhasil jika dilakukan melalui pendidikan. Namun, pendidikan yang di­ maksudkan bukanlah aktivitas mendidik yang terbatas di ruangruang kelas pada lembaga sekolah maupun perguruan tinggi sema­ ta, melainkan aktivitas mendidik yang dilakukan menyeluruh di setiap aspek kehidupan. Demikian benang merah ku­ liah umum mengenai Pendidik­ an integritas dan pendidikan antikorupsi di Ruang Sidang Lantai II Gedung Rektorat Uni­ versitas Lampung, Kamis (2912). Hadir sebagai pembicara Wakil Rektor III Universitas Paramadina Wijayanto yang memaparkan makalah tentang

Role Of University in Promot­ ing Integrity. Kuliah umum ini diikuti lebih dari 50 mahasiswa, baik dari Unila maupun Para­ madina. Dalam paparannya, Wijayanto menyatakan terdapat empat pendekatan yang bisa dilakukan dalam menangani korupsi, yakni pendekatan hukum, pendekatan bisnis, pendekatan ekonomi, dan pendekatan kultural. Namun, dari keempat aspek tersebut, pendekatan kultural merupakan hal yang paling penting. Ia berkesimpulan memerangi korupsi di Indonesia yang ber­ sifat sistemik perlu dilakukan upaya yang luar biasa. Proses pengungkapan dan penang­ kapan saja tidak akan pernah cukup jika tidak diikuti proses pencegahan. Jika tidak, perang melawan korupsi akan menjadi perang seumur hidup dan takkan pernah usai. (MG1/S-3)

BANTUAN PENDIDIKAN

Bukit Asam Beri Beasiswa BANDAR LAMPUNG (Lampost): PT Bukit Asam (Persero) Tbk. Unit Pelabuhan Tarahan menyerahkan bantuan pendidik­an program Ayo Sekolah, di Gedung Serbaguna PTBA Unit Pelabuhan Tarahan, Bandar Lampung, Kamis (29-12). Pemberian panduan dihadiri Wali Kota Bandar Lampung, Kadis Pendidikan Kota, Camat Panjang, Lurah Srengsem, para kepala sekolah, mulai dari SD, SMP, SMA di Panjang, dan para ketua RT di lingkungan Dusun Batu Seram­ pok, serta siswa penerima bantuan sebanyak 379 orang. Bantuan pendidikan ini diberi­ kan kepada siswa tingkat SD, SMP, dan SMA wilayah Kecamatan Panjang atau ring 1 yang berasal dari keluarga kurang mampu, ter­ diri dari SD 17 sekolah berjumlah 262 orang; SMP sebanyak 8 seko­ lah (87 orang); SMA sebanyak 28 sekolah (30 orang). Proses penyerahan bantuan uang pendidikan tersebut PTBA Unit Pelabuhan Tarahan bekerja sama dengan BNI Cabang Pan­ jang berbentuk buku tabungan, yang akan diambil setiap tiga

bulan sekali. Untuk lebih mem­ permudah transaksinya, nanti dan langsung diterima siswa penerima bantuan. Asisten III Kota Bandar Lam­ pung Bidang Kesra Saprodi, me­ wakili Wali Kota Bandar Lampung, mengucapkan terima kasih kepada PTBA Unit Pelabuhan Tarahan yang sudah merealisasikan pro­ gram coorporate social respon­ sibility (CSR) kepada masyarakat sekitar perusahaan, tentu hal ini merupakan wujud komitmen PTBA Unit Pelabuhan Tarahan untuk mendukung program Pen­ didikan Wajib Belajar 9 tahun bagi masyarakat tidak mampu di wilayah Kecamatan Panjang. “Saya mohon kepada perusa­ haan-perusahaan yang ada di sekitar wilayah Panjang untuk mengikuti jejak PTBA,” ujarnya. General Manager PTBA Unit Pelabuhan Tarahan Ansyori Akhmad berharap adanya pem­ berian bantuan pendidikan ini dapat bermanfaat sesuai dengan kebutuhan, sehingga perusahaan dapat dirasakan manfaatnya. (IKZ/S-2)

n LAMPUNG POST/DOK

BEASISWA. Asisten III Kota Bandar Lampung Bidang Kesra Saprodi menyerahkan secara simbolis tabungan beasiswa pendidikan dari PTBA Unit Pelabuhan Panjang kepada siswa, disaksikan GM PTBA Pelabuhan Tarahan Ansyori Akhmad, di GSG PTBA, Kamis (29-12).

± ±

CMYK CMYK

± ±

± ±

CMYK CMYK

± ±

± ±


±

±

CMYK

Hiburan

jumat, 30 desember 2011 lampung post

INFO film

Film Karya Siswa ± SMKN 5 Juara di FFPY

I 16

10 ‘Girlband’ Top Indonesia TAHUN 2011 merupakan dan girlband di Tanah Air karena banyak sekali yang bermunculan, tapi ada juga yang kemudian tenggelam seiring dengan selera pasar. Namun, tercatat ada 10

girlband terbaik yang cukup

F

dari berbagai daerah. “Saya senang sekali, tidak sia-sia jauh-jauh dari Lampung bisa menyabet juara satu,” ujar Diana Wulandari yang mewakili kawan-kawannya yaitu M. Rahmadi Akib Wiharja sebagai kameramen dan Ahmad Saleh sebagai editor, dalam keterangan pers ke Lampung Post, Kamis (29-12). “Proses pembuatan film ini dimulai dari adanya Program Komite Film Dewan Kesenian Lampung, yang menunjuk dan menfasilitasi kami untuk produksi di Pulau Pahawang, Pesawaran,” ujar Irwan Wahyudi sebagai guru pembimbingnya. Film Ini Pulau Siapa? menceritakan tentang kehidupan realitas sosial masyarakat Pulau Pahawang, dan sesuai tema lomba yang mengusung Bhinneka Tunggal Ika. Film ini menuangkan keragaman suku dan agama. Dengan variasi shot dan angle, film ini sangat menarik untuk ditonton. SMKN 5 bukan pertama kalinya meraih prestasi yang membanggakan dalam event festival film tingkat nasional. Pada tahun 2009 film berjudul Seuntai Harapan dari Pulau Tabuan meraih juara II dalam ajang FLS2N, dan di FFPJ 2010 film berjudul Pulau Teri Asin meraih juara II, lalu videoklip Hari ini di ajang Festival Film Smekdors berhasil meraih juara II. “Di sekolah kami sangat men-support kreativitas siswa, tidak hanya di Jurusan Multimedia yang sering menjuarai film, begitu juga di jurusan lain yang juga sering menjuarai kegiatan di tingkat lokal maupun nasional,” kata Kepala SMKN 5 Komar Ranudipura. (S-2)

bertahan selama 2011. Blink

n detik

Berbeda dari ke-9 girlband lainnya, Blink masih sangat muda alias ABG. Ify, Shilla, Via, Pricill, dan Febby yang bergabung dalam Blink masih duduk di kelas III SMP. Girlband yang dibentuk pada 23 Juli 2011 ini menyanyikan ulang lagu milik band Beage bertajuk Sendiri Lagi sebagai debut single mereka.

Toon pun tak mau kalah. Ia membentuk sebuah girlband bernama Tina with D’Girls. Mereka digawangi Tina, Della, Jessica, Jili, Kiki, dan Dina. Mereka asalnya berkecimpung di dunia model dan tari. Sebagai perkenalan, mereka pun membawakan single Cinta Buta.

5 Bidadari

String

Adalah girlband 5 cewek c a nt i k d a n merek a masih berusia sangat muda, mereka mirip girlband a sa l Korea Wonder Girls. Lagu andalan mereka Ak u atau Dia d iba lut dengan nuansa dangdut. Tina D’Girls

with

Penya ny i Ti na

±

n reuters

±

Super Girlies

tahun kejayaan buat boyband

ILM dokumenter Ini Pulau Siapa? karya siswa SMKN 5 Bandar Lampung yang disutradarai Diana Wulandari menyabet juara I dalam ajang Festival Film Pelajar Yogyakarta (FFPY) pada November lalu. Film ini berhasil menyisihkan 200 film lainnya

±

CMYK

Keseksian sepertinya menjadi kunci utama yang ditawarkan girlband String yang digawangi Araky, Dewa, Saqe, Nonie, dan Landa. Lewat lagu Honey Bunny Sweety, String menawarkan penampilan girly dan seksi dengan lirik yang cukup berani. Maskara

G i r l b a n d i n i t e r b e nt u k p ad a Maret 2010 dan digawangi empat ora ng denga n ka ra k ter berbeda, yaitu Wisty Anatur Shana (Shana Girlish), Adonia Anastasia (Adon Athletic), Rency Florencia (Flo Boyish), dan Cynthia Pramita Rahardjo (Freaky Cayz). Mereka mengadopsi musik dance

pop, cutting edge R&B. Mereka bernaung di Seven Music dan Soundsation yang dimotori Indra Bekti. Satrio, gitaris band Alexa, juga menjadi produser sekaligus arranger lagu Boy yang menjadi single perdana mereka. Kilau

Awalnya Poppy Zahari atau Poza, Dian Kusumastuti atau Dee, Aridiastri Erningpraja atau Ai, dan Olin bergabung dalam Kilau sebagai dancer pada Agustus 2009. Meskipun memang menggeluti dunia tari, mereka juga piawai bernyanyi. Label 18 Musik lalu melirik mereka. Princess

Princess adalah girlband yang diproduseri pentolan band Vierra yang juga putra musisi Addie M.S., Kevin Aprilio. Lagu Jangan Pergi menjadi single pertama Princess. Princess terdiri dari lima perempuan cantik yaitu Elma, Ana, Alika, Rachel, dan Danita. Lagu ciptaan Kevin tersebut dinilai mirip dengan single milik After School Blue bertajuk Wonder Boy.

Grup vokal remaja ini dibentuk pada 14 Februari 2011 atas prakarsa Yerry “T-Five” dan Dorizo “KungPow Chicken”. Mereka bergabung dengan 18 Musik dan merilis single pertama Malu-Malu Mau. Lagu mereka dibalut dengan unsur dance yang sangat ceria dan berwarna. Girlband ini digawangi tujuh perempuan belia asal Jawa Barat: Larasati (21), Yui (21), Ratudewi (21), Mega (20), Opie (20), Kinang (19), dan Sarah (18). Barubaru ini mereka merilis single kedua bertajuk Aw Aw Aw. 7 Icons

Boleh dibilang 7Icons (dibaca Seven Icons) adalah girlband pertama yang muncul pada 2011 ini. Begitu tampil di beberapa acara TV, nama mereka langsung melejit. 7Icons beranggotakan tujuh perempuan: Natly, PJ, Vanila, Mezty, Linzy, Grace Wohangara, dan Angela Tee. Single perdana mereka Playboy langsung menyedot perhatian. Belum lagi mereka juga tampil dalam sebuah serial TV berjudul Go Go Girls. Single kedua 7Icons bertajuk Bidadari. Cherrybelle

Cherrybelle adalah Cherly Yuliana Anggraini, Anisa Rahma, Margareth Angelina, Devi Noviaty, Sarwendah Tan, Yefanny F., Christy Saura Noela Unu, Jessyca Stefany Auryn, dan Briggita Cynthia. Mereka mulai mencuri perhatian ketika merilis single Dilema. Enerjik dan gaya mereka yang centil menjadi ciri khas Cherrybelle yang juga akrab dipanggil ChiBi. Cherrybelle baru saja merilis single teranyar mereka Love is You. (DTC/S-2)

Emma Watson

Ariel dan Luna Maya

Artis dengan Gaya Rambut Terbaik

Tetap Bersama hingga 2012

SETELAH menyelesaikan syuting seri terakhir Harry Potter, aktris Emma Watson memotong rambutnya menjadi pendek. Sejak itu, gaya rambut Emma pun menjadi tren di kalangan remaja. Seperti dilansir US Magazine, Kamis (29-12), pemeran Hermione Granger itu pun dinobatkan sebagai Artis dengan Gaya Rambut Terbaik. Emma mengalahkan Jennifer Aniston. Sementara di kategori pria, gaya rambut berponi Justin Bieber menjadi yang terfavorit. Namun, kini kekasih Selena Gomez itu sudah meninggalkan gaya rambutnya itu. Karier Emma Watson memang semakin bersinar pada 2011 ini. Perempuan berusia 21 tahun itu juga masuk daftar artis muda Inggris paling kaya. Pendapatan Emma ditaksir mencapai angka 23,91 juta poundsterling. Angka tersebut didapatkannya dari film Harry Potter dan beberapa iklan. (DTC/S-2)

PENTOLAN Peterpan, Ariel, dan aktris Luna Maya masuk daftar sepuluh pasangan terhot 2011. Meskipun beberapa kali dikabarkan putus, pasangan itu pun diramal akan tetap bersama hingga 2012 mendatang. Namun, menurut prediksi Ki Kusumo, pasangan itu belum akan melangsungkan pernikahan dalam waktu dekat. “Kalau percintaannya masih adem ayem saja, enggak ada yang spesial,” ujarnya saat dihubungi melalui telepon, Kamis (29-12). Ki Kusomo juga mengatakan jika Ariel masih akan tetap bersama Luna tahun depan. Belum ada wanita lain yang menggantikan Luna. “Masih. Kalau menikah belum. Mereka lebih mengatur bagaimana menata kembali kehidupan masing-masing dan kedunya,” kata dia. Belum lama ini sempat beredar kabar kalau Ariel dan Luna telah menikah

±

di penjara. Namun, kabar itu langsung ditepis oleh Luna. Luna, yang mengganti penampilannya dengan rambut pendek dan tengah sibuk mempromosikan film terbarunya My BlackBerry Girlfriends, tak mempermasalahkan harapan atau keinginannya di tahun 2012. (DTC/S-2)

n detik

ACARA TELEVISI

08.05 8 Eleven Show 11.05 Agung Sedayu 13.05 Dunia Kita 13.30 Jakarta Jakarta 14.05 Metro Xin Wen 15.05 Bisnis Hari ini 15.30 Public Corner 16.05 Discover Indonesia 16.30 Metro Realitas 19.05 Suara Anda 20.30 Sentilan Sentilun 21.05 Top Nine News 21.30 Kick Andy

±

±

04.00 Assalamualaikum Ustaz 06.00 Go Spot 06.45 Si Doel Anak Sekolahan 07.45 Dahsyat 11.00 Intens 12.00 Seputar Indonesia Siang 12.30 Sinema Siang 14.30 Cek & Ricek 15.30 Hebad 16.15 TOP 5 18.00 Dewa 20.00 Mega Sinetron: Putri yang Ditukar 21.00 Mega Sinetron: Anugerah

CMYK

05.30 Behind The Scene: Langit Biru 06.00 Was Was 07.00 SL Inbox 09.03 Hot Shot 10.00 FTV Pagi 11.00 Liputan 6 Terkini 11.03 FTV Pagi: Getar 2 Cinta 12.30 FTV Siang: Jelita Tak Sejinak Merpati 14.30 Status Selebriti 15.00 Uya Emang Kuya 16.03 Jebakan Betmen New 17.30 Laskar Pelangi The Series 19.00 Sinetron: Aliya 20.30 Sinetron: Dia atau Diriku

22.00 Film Layar Lebar: IP Man 2 22.30 Liputan 6 Terkini

08.30 Happy Holiday 09.00 Mencari Keadilan 10.00 Spotlite 11.00 Warna 12.00 Selebrita Siang 12.30 Si Bolang 13.00 Laptop Si Unyil 14.00 Dunia Air 14.30 Kuas Ajaib 16.00 Jejak Petualang 17.30 Orang Pinggiran

±

18.00 Beritawa 18.30 Hitam Putih 20.00 Opera Van Java 22.00 Bukan Empat Mata 23.00 Masih Dunia Lain

05.00 Dora The Expoler 05.30 Chalkzone 06.00 Spongebob Squarepants 08.30 Pinguin of Madagascar 09.30 Super Hero Kocak 11.30 Hot Spot 12.00 Awas Ada Sule: Prikitiew 13.00 Main Kata

14.00 Steve Ewong Sang Pemburu 14.30 Deni Manusia Ikan 15.00 Hand Made

16.30 Layar Spesial: Winx Club The Secret of Lost Kingdom Bloom meminta bantuan teman-temannya untuk mencari kedua orang tuanya, Oritel dan Miriam, yang tiba-tiba menghilang, sementara di saat yang bersamaan mereka mencoba sekaligus mengungkap rahasia dari kerajaan yang bernama Domino, yang dapat mengubah hidup Bloom selamanya.

08.00 Sinema TV Pagi: Maaf untuk Mama Seumur hidupnya Arini merasa dibebani oleh dendam dan kemarahan pada Intan, mamanya. Papanya Handi masuk penjara dengan tuduhan korupsi dan penggelapan uang. Rumah dan harta mereka disita, baik oleh negara maupun juru sita dari orang-orang yang merasa dirugikan Handi.

CMYK

Sewaktu-waktu acara tv dapat berubah.

±

±


±

±

CMYK

KONI Kota Bandar Lampung harus memiliki terobosan dalam mencari dana untuk membantu pembinaan atlet. HAL 18

Majelis Arbitrase memutuskan Zakaria Malik sah sebagai atlet milik Lampung. HAL 18

Olahraga

LIGA PRIMER

±

±

I 17 ±

CHARLOTTE (Lampost/Dtc): Start manis ditorehkan Miami Heat di awal musim kompetisi NBA. Tembakan dua angka di detik terakhir dari Dwyane Wade memberi kemenangan 96-95 atas Charlotte Bobcats.

n REUTERS/CHRIS KEANE

AKSI ‘DUNK’. Power forward Miami Heat, Chris Bosh, bergelantung di ring usai melancarkan aksi dunk ke keranjang Charlotte Bobcats pada lanjutan kompetisi NBA yang berlangsung di Time Warner Cable Arena, Kamis (29-12). Heat menang tipis 96-95 dan membuat mereka belum terkalahkan dalam tiga laga yang dilakoni.

KARATE

KISRUH PSSI

Wadokai Lampung Juara Umum di Sumsel

Djohar Tak Pedulikan Niat KLB dari KPSI

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Karateka Perguruan Wadokai Karate-do Lampung menjadi juara umum Kejurda III dan Open Tournament Wadokai 2011 di Sumatera Selatan, 25—27 Desember lalu. Dari 21 karateka yang dikirim, tim Wadokai Lampung merebut 10 emas, 2 perak, dan 2 perunggu. Hasil yang ditorehkan tersebut terbilang fantastis mengingat kejuaraan tersebut baru pertama kali diikuti. “Luar biasa. Baru pertama kali partisipasi langsung juara umum. Kami sa­ ngat bersyukur dengan hasil ini, ternyata karateka yang kita kirim mengalami perkembangan yang sangat baik,” kata Ketua Harian Pengprov Wadokai Karate-Do Lampung, Ary Meizari Alfian, di sela-sela kedatangan para karateka di kampus Darmajaya, Bandar Lampung, Kamis (29-12). Karateka Lampung tampil domin­an baik di kategori putra maupun putri. Emas dari putri dipersembahkan Rizka di kelom-

jumat, 30 Desember 2011 lampung post

Heat Cetak Hasil Sempurna

Liverpool Siap Jaga Keangkeran Anfield LIVERPOOL—Liverpool akan berusaha memperpanjang hasil positif atas Newcastle United di Anfield. Usaha The Reds itu akan dapat ancaman dari Demba Ba di lini depan The Magpies. Siaran langsung Dicat at O pt a, LiverGlobalTV pool menang 14 kali dan Sabtu (31-12) belu m ka la h da ri tota l Pukul 02.45 WIB 16 pertandingan kontra Newcastle di Liga Primer Inggris ketika laga dihelat di Anfield. Hal itu niscaya memotivasi para pemain Si Merah yang kembali akan menjamu Newcastle, Sabtu (31-12) dini hari WIB. Modal lain untuk tuan rumah nanti adalah ketajaman Dirk Kuyt dalam menjebol gawang Newcastle. Dari tiga pertemuan lawan tim berjuluk Toon Army itu, si pirang asal Belanda dicatat selalu bikin gol serta membuat dua assist. Kuyt adalah pemain tersubur kedua saat Liver­pool berhadapan dengan Newcastle di Liga Primer, sebagaimana catatan Soccerpunter. Adalah Steven Gerrard yang menjadi pemain tersubur dengan total enam gol. Newcastle, yang kini duduk di posisi tujuh dengan selisih satu poin dari Liverpool, juga niscaya kian cemas saat melawat ke Anfield. Opta menyebut mereka selalu gagal bikin gol dalam lima partai terakhir Liga Primer di markas Liverpool itu. Akan tetapi, Newcastle kini punya Demba Ba. Penyerang Senegal yang bulan depan akan membela Senegal di Piala Afrika tersebut sudah berperan penting dalam performa apik Newcastle musim ini: dari 25 start di Liga Primer, ia menyumbang 21 gol. Sialnya, Ba dikabarkan cedera ringan usai melakoni laga sebelumnya. “Demba sedikit cedera pada lututnya, jadi akan kita lihat bagaimana nanti,” kata Alan Pardew, manajer Newcastle, kepada Chronicle. (DTC/O-2)

±

CMYK

n LAMPUNG POST/IYAR JARKASIH

JUARA UMUM. Ketua Harian Wadokai Karate-Do Lampung Ary Meizari Alfian (kanan) berpose bersama karateka muda yang menjadi juara umum Kejurda III dan Open Tournament Wadokai 2011 di Sumatera Selatan. Foto dibidik di aula kampus Darmajaya, Bandar Lampung, Kamis (29-12).

pok umur (KU) 10 tahun, Sekar (KU 11 tahun), Nicka Soviani (kelas 30 kg KU 12 tahun), Sevira (kelas 23 kg KU 12 tahun), dan Ulfa (kelas +45 kg KU 14—15 tahun). Sedangkan di putra emas ma­ sing-masing disabet Hendrik dari KU 11 tahun, Aldu (kelas 45 kg KU 13 tahun), Lingga (kelas 40 kg KU 14—15 tahun), Septian (kelas 45 kg

KU 14—15 tahun), dan M. Hamdi di kelas 60 kg under 21 tahun. Sementara perak diraih Desta di kelas 40 kg putri KU 13 tahun dan Mirzano di kelas 60 kg putra KU 16—17 tahun. Sedangkan perunggu datang dari Dedy dari kelas 55 kg putra KU 16—17 tahun dan Ulfa di kelas 48 kg putri KU 16—17 tahun. (YAR/O-2)

JAKARTA (Dtc/Lampost): Rencana kongres luar biasa (KLB) yang digulirkan Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia (KPSI) ditanggapi dingin Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husin. Pihaknya akan tetap berjalan di koridor yang diamanatkan FIFA. Seperti diberitakan sebelumnya, ketidakpuasan terhadap kepengurusan PSSI kini membuat KPSI menelurkan rapat akbar sepak bola nasional (RASN). Dalam pertemuan selanjutnya, Rabu (28-12), KPSI bahkan mencetuskan bakal menggulirkan KLB pada 6 Maret 2012 di Jawa Timur. Sebelumnya, KPSI juga akan mengadakan kongres tahunan di Bandung pada 21 Januari 2012. “Kami tidak berpengaruh, kami akan berusaha bagaimana agar tetap di barisan FIFA,” ujar Djohar melalui pesan singkat kepada detikSport, Kamis (29-12).

Orang nomor satu di asosiasi sepak bola Indonesia itu mengimbau kepada semua pihak tetap berpikir jernih agar tidak memperkeruh suasana. “Jangan hanya ingin merebut kedudukan Merah Putih dikorbankan, biarlah mereka mau seperti apa, yang jelas kami tetap pada pendirian,” katanya. Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng mendesak semua pihak di PSSI yang sedang bertikai agar duduk bersama-sama. Andi juga meminta Ketua KONI Tono Suratman memediasi ke­ dua kubu. “Mari kita duduk sama-sama, kita bicara yang baik. Saya sudah suruh Tono Suratman melakukan mediasi,” ujar Andi di selasela pertandingan Unity Cup antara Persebaya vs Kelantan FA di Stadion Gelora 10 November Tambaksari Surabaya, Rabu (2812) malam. (O-2)

Kemenangan dramatis tersebut menjadikan finalis musim lalu itu terus menuai hasil positif di awal musim. Kemenangan ini membuat catatan menang NBA kalah Heat menjadi 3-0, yang merupakan terbaik dari sejumlah tim papan atas sejauh ini. Bermain di depan ribuan pendukung Bobcats yang memadati Time Warner Cable Arena, Kamis (29-12), Heat tidak tampil seper­ ti dua laga sebelumnya di mana mere­ka terlihat sangat superior saat mengalahkan dua tim kuat Dallas Mavericks dan Boston Cel­ tics. Masih mengandalkan trio andalan mereka LeBron James, ­Crish Bosh, dan Wade, Heat seperti kesulitan menembus pertahanan Bobcats yang tampil sangat ketat. Banyaknya turn overs dan tembakan meleset membuat Heat harus menyerah 20-32 dan 25-28 di dua kuarter awal, yang membuat kedudukan hingga babak pertama menjadi 60-45 untuk Bobcats. Tertinggal tujuh setengah bola membuat Heat lebih agresif di babak kedua. Lewat aksi-aksi James dan Bosh, tim asuhan Erik Spoelstra itu mampu merebut kuarter tiga dengan skor cukup telak 24-10 yang membuat kedudukan hingga akhir kuarter ini menjadi 70-69, masih untuk Bobcats. Selisih poin yang hanya ­setengah bola membuat laga di kuarter ter­ akhir berjalan makin ketat. Kedua tim silih berganti mencetak poin yang membuat kedudukan hingga 5 detik akhir masih ketat 95-94 masih untuk Bobcats. Namun di saat kemenangan ada di depan mata Bobcats, Wade tampil menjadi pahlawan kemenangan Heat. Lewat drive-nya yang menembus pertahanan Bobcats, guard All Star tersebut melepaskan tembakan dua angka yang meng­ ubah kedudukan menjadi 96-95. “Kami memiliki kepercayaan diri yang tinggi di lapangan pada pertandingan itu,” kata James, yang menjadi pencetak angka terbanyak timnya dengan 35 poin. “Kami juga memberi kredit untuk dia (Wade)

yang membuat tembakan-tembak­ an hebat dalam pertandingan seperti itu,” ujar James, memuji penampilan rekannya. Bosh menjadi penyumbang angka kedua terbanyak Heat dengan 25 poin dan enam rebound disusul guard Mario Chalmers dengan 15 poin. Sementara itu, di kubu Bobcats dua guard, Gerald Henderson dan D.J. Augustin, memimpin dengan masing-masing mengemas 21 dan 20 poin.

‘‘

Miami Heat mengawali musim dengan manis untuk mencetak tiga kemenangan beruntun.

Pada laga lain, Boston Celtics kembali harus menelan kekalahan setelah menyerah dari New Orleans Hornets. Bertandang ke markas Hornets di New Orleans Arena, Paul Pierce dkk. menyerah 78-97. Ray Allen dan Rajon Rondo masing-masing menyumbangkan 15 dan 13 poin untuk Celtics. Sementara itu, di kubu Hornets, Jarrett Jack membukukan 21 poin dan Carl Landry mencetak 20 poin plus 11 rebound. Kekalahan ini menjadi kekalah­ an ketiga beruntun tim asuhan Doc Rivers tersebut yang membuat mereka belum sekalipun memetik kemenangan. (AP/MI/O-2)

±

Hasil lain Raptors 85 90 Pacers Hawks 101 83 Wizards Pistons 89 105 Cavaliers Grizzlies 95 98 Thunder Spurs 115 90 LA Clippers Nuggets 117 100 Jazz Suns 83 103 76ers Warriors 92 78 Knicks

±

± OFFside CR7 Bahagia di Madrid

MADRID—Cristiano Ronaldo menegaskan komitmennya bersama Real Madrid ketika berbicara di ajang Konferensi Olahraga Internasional Dubai Ke-6 yang digelar di Intercontinental Hotel. Penyerang Portugal itu berkeras tengah menikmati permainan liga Spanyol. “Saya adalah seorang pemain bola dan pemain bisa beradaptasi di liga mana pun. Saya bisa bermain di negara apa saja. Tapi kini saya bahagia bersama Real dan akan tetap bersama mere­ ka,” ujar pemain berjuluk CR7 itu seperti dikutip Gulf News. Mantan bintang Manchester United juga mengutarakan kekagumannya atas pola permainan di La Liga yang lebih banyak bergantung pada teknik pemain. “Liga Spanyol sangat luar biasa. Di sini keterampilan pribadi dan teknik pemain lebih berperan. Saya percaya La Liga adalah liga terbaik di dunia meskipun saya menghabiskan enam tahun di Inggris,” kata dia. (GOAL/MI/O-2)

Latih PSG Hari ini

CMYK

LONDON—Arsenal menawarkan kontrak memin­ jam mantan striker klub London itu, Thierry Henry, selama dua bulan. Menurut harian Daily Mail, Arsene Wenger, manajer Arsenal, mempertimbangkan kemungkinan Henry kembali ke klub lamanya itu untuk meningkatkan peluang The Gunners tetap berada di empat tempat teratas klasemen Liga Primer. Arsenal akan kehilangan Gervinho dan Marouane Chamakh yang akan bergabung timnas negara masing-masing di Piala Afrika, Januari depan. Pelatih asal Prancis itu memutuskan menawarkan kontrak dua bulan pinjaman bagi pemain yang merumput bersama New York Red Bulls itu. Jika ia menerima tawaran itu, Henry dapat tampil di tujuh laga liga dan juga laga Piala FA dan leg pertama Liga Champions melawan AC Milan. Arsenal akan menghadapi Manchester United dan Tottenham pada bulan Januari. (BBC/MI/O-2)

n reuters

n REUTERS/BENOIT TESSIER

n REUTERS/AHMED JADALLAH

±

Arsenal akan Pinjam Henry

PARIS—Paris Saint-Germain kabarnya bakal mengumumkan Carlo Ancelotti sebagai pelatih baru, Kamis (29-12) wak tu setempat. Menurut kabar beredar, Ancelotti telah menandatangani kontrak dua setengah tahun de­ ngan gaji hingga 5 juta euro per tahun yang menjadi pelatih dengan bayaran tertinggi di liga Prancis. Demikian dilansir Guardian. Laporan media juga menyebutkan Ancelotti bisa jadi akan diperkenalkan kepada pendukung PSG secara resmi akhir pekan nanti. Pelatih ber­ usia 52 tahun bakal dibantu Giorgio Ciaschini dan Giovanni Mauri dalam staf kepelatihannya, keduanya sudah bekerja sama dengan Don Carlo di Stamford Bridge. Selain itu, Ancelotti juga akan dibantu mantan pemain Timnas Prancis Sabri Lamouchi. (GOAL/MI/O-2)

±

CMYK

±


– –

– –

CMYK CMYK

KONI Harus Bisa Atasi soal Dana

VARIA SPORT Sony Terdegradasi dari Pelatnas

– –

I 18

Olahraga

JUMAT, 30 DESEMBER 2011 LAMPUNG POST

JAKARTA̶PB PBSI menetapkan komposisi baru pada pelatnas musim kompetisi 2012. Tunggal putra Sony Dwi Kuncoro akan digantikan amunisi lain. Status promosi dan degradasi berlaku bagi beberapa nama termasuk bagi Sony. Kabid Binpres PB PBSI Hadi Nasri mengatakan posisi Sony rencananya digantikan pemain lain yang kemungkinan adalah Tommy Sugiarto. Status promosi-degradasi tetap dijalankan. Pergeseran pemain tetap ada. Tampaknya Sony akan keluar dan posisinya diganti pemain lain, ujar Hadi, Rabu (28-12). Hadi menambahkan posisi Sony rencananya digantikan Tommy yang performanya cukup stabil sepanjang musim 2011. Rencananya, Tommy akan masuk karena agak stabil. Tapi, kami harus menunggu pemainnya itu mau atau tidak masuk pelatnas, kata Hadi. (O-2)

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Bandar Lampung jangan hanya mengandalkan dana dari pemerintah dalam menunjang setiap kegiatan olahraga di Kota Tapis Berseri. Harus ada terobosan untuk mengatasi

JEREZ̶Sempat terancam gagal menggelar balapan pada musim 2012, Jerez kini justru hampir dipastikan bakal jadi tuan rumah MotoGP untuk jangka panjang. Telah tercapai kesepakatan awal untuk menggelar race sampai 2016. Masalah keuangan sempat membuat Jerez nyaris kehilangan kesempatan menghelat MotoGP musim 2012. Namun, pengumuman FIM sebelum Natal lalu memastikan kalau lintasan sepanjang 4,428 km masih kedatangan Jorge Lorenzo dkk. Dalam perkembangan terbarunya, Jerez malah sangat mungkin mengamankan kesepakatan dengan MotoGP untuk terus menggelar balapan sampai 2016. Kepala Komersial MotoGP, Carmelo Ezpeleta, menyebut kalau kesepakatan menuju arah tersebut tengah dibicarakan saat ini. (DTC/O-2)

Nadal Masih Dibutuhkan Tim Davis LOS ANGELES̶Rafel Nadal sudah menyatakan rencananya mundur dari tim Piala Davis Spanyol. Karena masih sangat dibutuhkan tenaganya, petenis nomor dua dunia itu diharapkan bersedia tampil. Usai mengantar Spanyol menjuarai Piala Davis 2011 dengan mengalahkan Argentina beberapa pekan lalu, Nadal memberi indikasi akan mundur di tahun 2012. Pernyataan senada terlontar dari petenis terbaik kedua Spanyol, David Ferrer. Jika kedua petenis itu benar mundur, kekuatan Spanyol di Piala Davis jelas menurun. Karena itu, kapten tim Piala Davis Spanyol yang baru, Alex Corretja, berharap Nadal masih mau membela negaranya tahun depan. (DTC/O-2)

STATUS ATLET

Zakaria Malik Tetap Milik Lampung

– –

Ia menambahkan pada sidang Majelis Arbitrase tersebut, KONI Lampung melampirkan 16 bukti konkret kepemilikan Zakaria Malik disertai dengan keterangan saksi-saksi. Sedangkan KONI Yog ya ka r t a, t ida k ma mpu melampirkan bukti-bukti terkait klaim atas kepemilikan Zakaria. Acad berharap perjuangan KONI Lampung mempertahankan Zakaria Malik nantinya bisa berbuah positif. Untuk ajang sekelas PON yang dinilai mempunyai prestise kedaerahan, Acad berharap Zakaria bisa meraih hasil terbaik pada PON XVIII tahun 2012 di Pekanbaru, Riau. “Mudah-mudahan perjuangan kita tidak sia-sia, dan nantinya Zakaria bisa berjuang maksimal saat bertan ding di PON,” ujarnya. Zakaria Malik sebenarnya pernah membela Yogyakarta pada PON tahun 2008 di Kalimantan Timur. Namun, sejak 2009 atau setelah pra-PON, atlet Lampung tersebut tidak pernah lagi memperkuat daerah tersebut. Zakaria Malik merupakan atlet potensial dari cabang atletik. Atlet ini rencananya turun di beberapa nomor yang akan dilombakan di PON XVIII, di antaranya nomor 110 meter lari gawang, dasalomba, lompat jauh, dan lompat tinggi galah. (YAR/O-2)

––

kekurangan dana tersebut.

MotoGP Jerez sampai 2016

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Status atlet Zakaria Malik akhirnya dipastikan menjadi milik Lampung. Kepastian tersebut diketahui setelah hasil persidangan Majelis Arbitrase di Jakarta, Kamis (29-12), dime nangkan Komite Olahraga Nasional Indonesa (KONI) Lampung. Sebelumnya, atlet peraih perunggu SEA Games XXVI tahun 2011 itu diklaim KONI Yogyakarta sebagai milik provinsi tersebut. Untuk menyelesaikan perselisihan tersebut, keputusan akhirnya ditentukan melalui persidangan Majelis Arbitrase. “Kita mendapatkan informasi, jika kita (KONI Lampung, red) menang pada persidangan Arbitrase. Untuk surat resminya kemungkinan besok sudah bisa keluar,” kata Ketua Umum KONI Sjachrazad Z.P. di sekretariat induk olahraga di Lampung tersebut, kompleks PKOR Way Halim, Kamis (29-12). Menurut Acad, sapaan Sjachrazad, meskipun sebelumnya Zakaria pernah memperkuat Yogyakarta, hal itu bukan berarti atlet cabang atletik itu menjadi milik Yogyakarta. “Dia (Zakaria, red) ini kan memang kebetulan kuliah di Yogyakarta, tapi bukan berarti milik mereka. Mestinya Yogyakarta malulah, masa atlet daerah lain diakui miliknya,” kata Acad.

– –

CMYK CMYK

„ LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

TANDA TANGANI SK. Ketua KONI Lampung Sjachrazad Z.P. (kiri) menandatangani surat pelantikan personalia antarwaktu KONI Bandar Lampung periode 2011̶2013 disaksikan Ketua KONI setempat Rusdi Said di Gedung PKK Bandar Lampung, Kamis (29-12).

INVITASI BASKET

SMAN 2 Berjaya di Kategori Putri BANDAR LAMPU NG (Lampost): Tim basket putri SMAN 2 Bandar Lampung menjadi juara pertama kejuaraan Invitasi Olahraga setelah di final menundukkan SMKN 4 Bandar Lampung 33-25. Sedangkan di putra, SMA YP Unila keluar sebagai yang terbaik setelah mengandaskan ambisi SMAN 12 53-28. Pada final putri yang digelar di GOR Saburai, Kamis (29-12), berlangsung cukup ketat. Pertahanan yang ketat membuat kedua kubu kesulitan mencetak angka. Namun, di akhir kuarter skor 6-4 untuk keunggulan SMAN 2. Keunggulan tersebut dipertahankan SMAN 2 hingga akhir

kuarter kedua dengan skor 9-8. Di kuarter ketiga, perolehan poin kedua tim juga seret karena SMAN 2 hanya unggul tipis 5-3. Namun, di kuarter terakhir alias ke empat, putri SMAN 2 tampil trengginas. Perolehan angka mereka pun mampu mencapai dua digit atau 13 poin dan menghentikan perlawanan SMKN 4 dengan skor akhir 33-25. Sedangkan di putra, SMA YP Unila mendominasi laga sepanjang empat kuarter. Pada kuarter pertama, SMA YP Unila unggul 14-4, lalu kuarter kedua kembali unggul 10-31, kuarter ketiga unggul 41-17, dan di kuarter keempat YP Unila memastikan gelar juara setelah

menutup pertandingan dengan skor 53-28. Sementara itu, keluar sebagai juara ketiga di kategori putri, yakni SMAN 2 Metro, setelah mengalahkan SMAN 3 Bandar Lampung dengan skor 39-23. Sedangkan di kategori putra, SMAN 3 Bandar Lampung menjadi tiga besar setelah mengandaskan SMAN 5 Bandar Lampung 58-55. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Lampung Sugiarto menuturkan kegiatan tersebut sengaja digelar sebagai upaya menggiatkan olahraga basket di Lampung. Sebab, pebasket Lampung relatif memiliki potensi yang cukup baik untuk berprestasi. (YAR/O-2)

RANGKAP JABATAN

‘Logis jika Tidak Dapat Dana APBD’ BANDAR LAMPUNG (Lampost): Ketua Umum KONI Lampung Sjachrazad Z.P. menilai sangat logis jika kepengurusan KONI kabupaten/kota yang masih merangkap jabatan tidak mendapatkan anggaran olahraga pada 2012. Hal itu karena kepengurusan KONI kabupaten/kota tersebut berjalan tidak sesuai dengan aturan yang berlaku. “Tidak mungkin anggaran dari APBD diberikan jika pengurus KONI masih dipimpin pejabat publik,” kata Acad saat ditemui usai pelantikan pengurus antarwaktu KONI Bandar Lampung di Gedung PKK, Kamis (29-12). Menurut Acad, kepastian tidak turunnya anggaran olahraga untuk KONI kabupaten/kota yang masih merangkap jabatan tersebut

memang nantinya masih akan ditentukan berdasarkan kebijakan DPRD masing-masing. Namun, Acad menilai jika nantinya anggaran tersebut tetap diberikan, sedangkan status kepengurusannya masih dipegang pejabat publik, hal itu sebagai sebuah kekeliruan. “Masih tergantung DPRD masing-masing, tapi jika tetap dikasih anggaran, sedangkan masih dipimpin pejabat publik, itu keliru namanya,” kata Acad. Acad juga dengan tegas mengatakan langkah pejabat publik yang kini masih memimpin KONI kabupaten/kota merupakan sebuah kesalahan. Pasalnya, jabatan yang didudukinya tersebut melanggar ketentuan peraturan pusat yang tertuang dalam Surat

Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Acad berharap agar pembinaan prestasi atlet di tiap-tiap daerah berjalan baik, KONI kabupaten/ kota yang masih dipimpin pejabat publik hendaknya segera menggelar musyawarah olahraga luar biasa (musorlub). (YAR/O-2)

Pasalnya, dana pemerintah yang akan digulirkan untuk KONI Bandar Lampung memiliki batasan dan dikhawatirkan tidak bisa sepenuhnya dapat menunjang berbagai kegiatan keolahragaan. “Jangan terlalu banyak mengandalkan dana pemerintah, tapi KONI Bandar Lampung ha rus bisa mencari cara bagaimana mendapatkan dana dari sumber lainnya. Mungkin bisa dilakukan dengan menggaet pihak swasta,” kata Wali Kota Herman H.N. saat memberikan sambutan pada aca ra pelantikan pengurus antarwaktu KONI Bandar Lampung perio de 2011—2013 di Gedung PKK, Enggal, Bandar Lampung, Kamis (29-12). Kepengurusan baru KONI Bandar Lampung diketuai Rusdi Said. Sedangkan Wakil Ketua I dijabat Eva Dwiana Herman H.N. dan Wakil Ketua II Safei Ani. Selain terkait pendanaan, Herman H.N. juga menuturkan sistem pembinaan hendaknya lebih memberdayakan potensi atlet asli daerah. Ia mengungkapkan tidak ada nilai kebanggaan yang didapatkan, jika prestasi yang diraih dari kontribusi atlet luar Lampung yang dibina instan (hasil beli atlet). “Jangan beli atlet, tapi harus prioritaskan atlet asli daerah. Tidak dapat juara umum tidak apa-apa, yang penting atlet asal daerah sendiri. Itu baru sebuah kebanggaan,” ujarnya. Mantan Kepala Dispenda Lampung ini menambahkan para penggiat olahraga juga diharapkan dapat berorientasi pembinaan prestasi menuju jenjang nasional dan internasional dan tidak hanya berpatokan dari hasil ajang skala provinsi. Herman berharap para atlet khususnya dari Kota Bandar Lampung nantinya bisa mengha rumkan nama daerah Lampung di ajangajang nasional dan dunia. “Tentu kita berharap ke depan Bandar Lampung bisa sumbangkan atlet ke PON sebanyakbanyaknya. Jika nantinya bisa berprestasi, saya pasti akan kasih bonus,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Bandar Lampung terpilih, Rusdi Said, menuturkan pihaknya akan mencari solusi terbaik untuk mendapatkan dana selain dari pemerintah. Salah satu upaya yang akan dilakukan, yakni dengan menggandeng swasta dalam setiap kegiatan olahraga di Bandar Lampung. “Hal ini (dana dari pihak ketiga, red) memang sudah sejak lama kita bahas. Untuk sementara kemungkinan kami akan menggandeng swasta dari sisi promosi dalam agenda keolahragaan,” kata dia.

‘‘

Dana pemerintah yang terbatas harus diimbangi dengan dana dari pihak lain untuk mendukung pembinaan atlet. Sedangkan Ketua KONI Lampung Sjachrazad Z.P. menuturkan pengurus KONI Bandar Lampung yang baru diharapkan lebih memajukan prestasi olahraga di wilayahnya. Dengan begitu, diharapkan dapat berdampak positif dalam upaya KONI provinsi menargetkan perbaikan peringkat di PON XVIII tahun 2012 di Pekanbaru, Riau. “Jika 2008 Lampung ada di peringkat delapan, tahun depan kita harapkan bisa lebih baik. Mungkin bisa menembus peringkat lima besar,” kata Acad, sapaan Sjachrazad. Pada pelantikan pengurus KONI Bandar Lampung tersebut juga diberikan pemberian tali asih kepada 5 atlet Bandar Lampung yang berprestasi di SEA Games XXVI Palembang. Perebut emas Mulya Sitanggang dari cabang kempo mendapat Rp5 juta, sedangkan Sri Ayu Astuti dari sepak takraw, Andika, Iid Mundani, dan Fricharda Ostabima dari sofbol yang menyumbang perak masing-masing mendapat Rp2,5 juta (bukan Rp3,5 juta, seperti berita sebelumnya). (YAR/O-2)

– –

––

––

– –

CMYK CMYK

– –

CMYK CMYK

– –


± ±

± ±

CMYK CMYK

CMYK CMYK

I 19

Pariwara

Jumat, 30 Desember 2011 lampung post

± ±

n ADVERTORIAL

DPRD Way Kanan Sahkan APBD 2012 ± ±

±±

Bupati Way Kanan H. Bustami Zainudin disaksikan Wakil Bupati Raden Nasution dan Wakil Ketua DPRD Edi Rusdianto, menandatangani nota pengesahan APBD 2012 dalam paripurna DPRD setempat, Kamis (29-12).

B Ketua Komisi I H. Indrawani saat menyampaikan pemandangan umum.

± ±

Para anggota DPRD Way Kanan menyimak pidato Bupati Way Kanan dalam paripurna pengesahan RAPBD 2012 menjadi APBD.

LAMBANGAN UMPU—Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Way Kanan tahun 2012 disahkan. Pengesahan RAPBD menjadi APBD 2012 dilaksanakan melalui rapat paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Edi Rusdianto, di ruang rapat paripurna DPRD setempat, Kamis (29-12). Dalam RAPBD Way Kanan 2012, proyeksi pendapatan Rp706,696 miliar dan belanja daerah Rp694,196 miliar. Dengan demikian, APBD Way Kanan tahun 2012 terjadi surplus Rp12,5 miliar. Anggaran 2012 diprioritaskan untuk: 1. Percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat miskin serta penataan kelembagaan dan pelaksanaan sistem perlindungan sosial. 2. Pemantapan reformasi birokrasi dan hukum serta pemantapan demokrasi. 3. Peningkatan pembangunan pertanian, kehutanan, perkebunan, infrastruktur dan energi untuk mendukung penguatan perekonomian daerah. 4. Peningkatan kualitas sumber daya manusia. 5. Peningkatan upaya pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup. Adapun tema pembangunan 2012 sebagaimana visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Way Kanan, “Penguatan perekonomian daerah melalui optimalisasi peran pemerintah, swasta, dan masyarakat dalam pembangunan, guna mewujudkan masyarakat yang sejahtera, demokratis, berbudaya, dan religius di Kabupaten Way Kanan Bumi Petani.” Bupati Way Kanan H. Bustami Zainudin, dalam pidato pengantarnya berterima kasih atas disahkannya APBD 2012. Bupati juga meminta masukan, saran, dan kritik yang bersifat membangun dalam rangka pencapaian tujuan pembangunan daerah. (LEH/D-3) FOTO-FOTO: HUMAS DPRD WAY KANAN

Bupati H. Bustami Zainudin saat menyampaikan pidato pengantar di hadapan anggota DPRD setempat saat paripurna pengesahan RAPBD 2012 menjadi APBD.

Bupati bersama Wakil Bupati bersalaman dengan anggota DPRD Way Kanan usai pengesahan APBD 2012.

± ±

±±

±±

± ±

CMYK CMYK

± ±

CMYK CMYK

± ±


AC AC bergaransi 3 th, tunai/ kredit, panasonic, LG, Sharp, Crystal, Hub LINTAS SURYA Tlp. 0721 241101, 7490054 Winda AC jual AC/Secd, serv/cuci AC, kulkas, dispenser, PS ms cuci dll, 257556, 7403726 08127921648 & 0721-7174866.Minggu Buka AC spesialis AKIRA 0.5PK 1,5Jt. HITACHI 1PK 2Jt (Trade in), SHARP, LG, AUX,service dll. Hub. INDOCOOL LAMPUNG, 0721-3581133, 9381199. Anda butuh AC baru/second, cuci AC/rental. Hub.AnugerahAC,9799797, 9900540, 9900530. Agen AC RESMI PABRIK LANGSUNG. TERMURAH !!! Jika lebih mahal diganti selisihnya. Panasonic, LG, Sharp. Terima cuci, repair(Agen resmi) TIMMY ELECTRINDO Tlp 242222, 7444470

ahli gigi Rama Dental ahli bikin gigi, psng behel gigi Jl P. Antasari 18/dpn bioskop Sinar Bdl. 0812.7945122, 0721268544 Jl.HOS Cokroaminoto 18 Kebon Jahe.

BADUT

HANDPHONE Server Asli Lpg, trm pendaftaran Agen Telksl 5:5450, 10:10400,20:20250, Indst 5k:5050, 10k:10050, 25k: 24900 XL 5:5300,10:10300 Flx 5, 15/9.95/19.5 Esia 5,20/10.15. Minami_Cel, 085269555333, 0819.779.81001

FURNITURE Minimalis Produksi,interior + furnitur,spesialis furnitur minimalis modern,Jl.Flamboyan Raya No.14 Tjg Seneng 0721-9085166

hordenG “Neo Classic ” trm pemesanan/ pemasangan hordeng, vitrage, spiral, vertikal/horizontal blind dll,hsl memuaskan, hrg variatif. Hub. 081369342793,081977972187.

indekost Kost executive Penginapan dan Perkantoran DIVKA Residen Faslt AC,TV,Laundry dll Jl.P.Antasari No.114, Telp.0721 269763, 085658800281 Trima Kost Mggn, Blnn, Jl Griya Fantasi 2C/8 WHP Hub. 702498, 0812.727.7590

INTERIOR Nadia Interior, Mendesain/

Tama Ent. Mulai 150rb. Badut, dekor, balon dll. Hub.0812.79742313, 07217426047

Membuat kitchen set, kmr set, lemari

ANTO Ent. Badut, MC, decorasi balon, photographer, sulap. Hub. 0813.79408364

0811792863

BIRO JASA POTONG RUMPUT Jasa Sabit-Potong Rumput Taman, Kbn Ling rmh & Parik Hub:Winda Tlp 07217503570/082181824700/085 669307000

BUS PARIWISATA Sedia Bus untuk Wisata Rohani,Darma Wisata Acara Pernikahan,Keselamatan Penumpang Prioritas kami.Klik WWW. Darmadutawisata.com

Cuci springbed Cuci springbed, karpet, sofa, ACS antar jemput bersih hygenis, harum. Hub. 0721-3644254

elektronik DIGITAL PARABOLA Spesialis Parabola system distribusi Sales & Service. Sedia Indovision/tor tv dll. Hub. 0811.722855, 475331

pajangan, counter, bar, counter bank, meja kantor, r. karaoke. Phone 470206, Safira Interior: membuat kichen set, kmr set, lemari pajangan, bar, meja kantor, counter bank, partisi. Showroom: 0813.79129108, 7164443

kehilangan

STNK BE 3960 DH, Nk. MH8CF4EBA9J231581, Ns. F495-ID-233280, an. Lilmiyati. STNK BE 8358 GH, Noka. MH1KEV7122K-129610, Nosin. KEV7E1129090, an. Sukemi. STNK BE 5639 EW, Nk. MH1HB321X6K023748, Ns. HB32E-ID35377, an. Sutarno. S T N K B E 7 7 0 9 E D, N o k a . MH8FD125X4J264181, Nosins. F403ID264545, an. Karsiti. STNK BE 8176 EW, Noka. MH1HB32167K133374, Nosin. HB32E1126956, an. Sutoyo. STNK BE 8494 DI, Noka. MH34D70028J955992, Nosin. 4D7-956009, an. Rohyan. STNK BE 3370 EN, Nk. MH1JBC126BK229171, Ns. JBC1E-2214850, an. Ariyanto. STNK BE 4431 YE, Noka : MH328D20B9J055518 Nosin : 28D-1055709 An : Yenny Kustiangsih STNK BE 5859 BG, Noka : MH8BF13BL3J77127 Nosin : F125-ID-770188 An : K.M. Arifin Arief STNK BE 6225 FK, NK: MH1JB22134K032882, NS:JB22E1031930, An: Agus Erwanto STNK BE 6311 FH, NK: MH1JF11116 K001522, NS:JF11E1001490, An: Eko Rusdianto STNK BE 3717 YU, NK: MH328D3OCBJ902587, NS:28D2902132, An: Dadang STNK BE 4186 DD, NK : MH1 KC3111BK119394, NS: KC31E1119307, An: Tukimin

STNK BE 6468 FN, NK: MH314D003 AK688320,NS:140688329, An: Muhammad Awaluddin

STNK BE 5261 CC, NK: MH1KC3117 BK152044, NS: KC31E1151774, An: Hasbullah

STNK BE 6808 FG, Nk. MH1JB51146 K560971, Ns. JB51E-1552678, an. Drs. Mukhtar.

STNK BE 5442 EL, NK: MH35TP0065K446033, NS: 5TP679641, An: Erma Larianti

STNK BE 7185 DX, Nk. MH1HB71118 K626194, Ns. HB71E-1617790, an. Pariman R.Suprafto.

STNK BE 8250 EC, NK: MH33P90027K042389, NS: 3P9042444, An: Mustofa

STNK BE 7383 EM, Nk. MH33S00027 K204794, Ns. 3SO-204798, an. Agus Is Kosmayadi. STNK BE 7474 CO,NK:MHIHB41106 K 757287,NS:HBA1E1756634,An:Sant i Rahmawat i STNK BE 7986 FH, NK:MH33500027 K205666,NS:350205785,AN:I.Putu Ganepo,S.Sos.

KESEHATAN Pijat Kebugaran I i n m a ss a g e + lu lu r . Hub. 0813690 77114, 0721-3610197, 082183333471, 085840811170

PIJAT TRADISIONAL S h i n ta urut llur tradsnl St. Agung Gg.Murai 40. Hb: 7543674/ 081369372811 Siap Pngl

Yeni Message Urat Perawatan Urat Trima Panggilan. Hub:082181708055 Urut Tradisional Jl. Pagar Alam (Gg. PU) Perum Gria Sejahtera Blok B No.1 Hub: 082184703889

kolam renang Dunia Kolam Renang: Pembtn, prwtn, perbaikan, obat-2 an, peralatan Jl. Hayam Wuruk 198 E Kedamaian tlp. 0721- 7444567

KOMPUTER Jual Laptop asli USA, Dell Intel Centrino/512/30/dvd-cdrw Combo, hg 1,9Jt. Hub. 0813.19900982-9010982 Jual Laptop murah, merk HP Compaq, branded USA, knds 90% mls, DVD/CDRW, harga hanya 1.9 jt. Hub. 081319900982, 9010982

KURSUs menjahit Bisa cpt cari uang disk 20%-50%, bisa disalurkan kerja. Cpt2 ikut kursus menjahit &mode JULIANA JAYA.T.Umar Gg.Kiwi 5.Cp 701677-081540816997

MEJA BILLIARD Sokasi selalu sedia meja billiard 9’’/7 feet Second 95%/ bru + mcm aksesoris Jl. Ridwan Rais No.9 TKT Telp. 081272385555, 07217501705, 085789889853

mesin-mesin Dijual cepat 1 unit mesin boiler local, bahan kayu bakar, baru 6 bulan, lokasi Metro 19 A, nego. Hub. 0853.83202028

foto copy CV. Mitra Abadi jual, sewa, perbaikan, suku cdg, tinta, foto copy, msn Analog & Digital. Hub. 7505050, 0812. 7909898 Dijual cepat 1 Unit Mesin Boiler Lokal, Bahan Kayu Bakar,Baru 6 Bulan,Lokasi Metro 19A,Nego Hub:085383202028

musik Korg PA50, PA500, PA800 Yamaha s550,s710,s910,Casio ctk 5000,6000, 7000, EW, Dbx,DOD, PV, sundcraf,allen & heath, marvel, Cora,Yamaha, Sonor,Tama, Peal,Twister, DW, Effect, Alesis, lexicon,carter,RCH & karaoke 30 rb lagu & kmptr system, hrg mrh hny d GM MUSIC Jl Gajah Mada No 76 C , 267915 / 081310415106 Disc 30 % khusus Gitar.

CUCI GUDANG Paket alat music band Rp.15jt dijual seharga Rp.10jt saja (New) Sound System Tasso T3 ±6000w Rp.48jt (second, new Rp.100jt) OBRAL alat band & soundsystem berbagai merk terkenal, disc s/d 40% Yamaha,JBL,Mackie,Alle n&Heath,AXL,Sonor,Tama,RMV,Iban ez, Artrock,Cort,Best,Rhyme,Gallien Krger,dll Rama Swara telp.(0721) 251652-0811792034 Sinarta musik pernikahan, sourmatula, orgen tunggal, pesta banataon dlm & luar kota. Hub. 085216105475 Drs. Edison E. Sinurat.

n

OBAT-OBATAN Produk Sensasional Mengatasi Mslah Kesehatan & Kewanitaan Organ Intim Wnt. Hub:0852-86872003

OBAT TELAT BULAN Anda telat bulan & lancar haid ?? Kini ada solusi cpt & tpt, ckp 1xpake dlm 3jam dijmn lsg lancar 100% bergaransi aman tnp efek smaping. Hb. 0853.56716666, 087893535666

PELUANG USAHA Siap bantu dana cpt dg jaminan BPKB mtr/mbl, cpt terjamin & professional. Hub. 081272432244, 0857.58517071 Dicari Mitra Penjualan Air Mnum. Hub. (0721) 255971, 081279155798 Ada banyak keuntungan. B’gabunglah b’sama kami TWINTULIPWARE, ada banyak keuntungan yg akan anda raih. Hub. Elizabeth 7500308, 081279090979

PENDIDIKAN Dibuka pendaftaran S2 Magister Akuntansi di Univeristas. Info hubung: 0721-9779900

PRIVAT Privat Siklus Guru dtg kermh semua pelajaran SD,SMP,SMA Hub:07217481330/0857-68003557

PENGINAPAN PONDOK PALAPA, HARGA MULAI DARI 80 RBU, DI PUSAT KOTA, FAS : AC, TV, KM PRIBADI, BREAKFAST, PARKIR LUAS, JL. P.E.M NUR 7623158, 7188333, 087899764477, 08538151888

ADI Musik: jl/tkr tmb: i5(4) i4(5) i3(5,5) Pa50(7) Pa80 Pa500, PSR900, KN1400, 2400,2600,X50,CORA,Blazer,Beta 3 ,PV16ch,8ch,CS800,AD3600,Behr. 20 ch, a/esis,DOD, AXL. Ph.268983, 081369139529.

properti ARSITEK

KIOS DIJUAL

Pirnando ARCH Bangunan Komersil,

Dijual KIOS BKS lantai dasar dekat

Kantor,Rumah dll.2D,3D, Animasi, Mar-

Stasiun Kereta Api, harga 150 Juta

ket, Rab. Hub: 082181433450/0721-

nego. Hubungi: 0815.4177492

9792303 OA S E A r s i t e k t u r b e r p n g l a man merancang bangunan rmh tinggal,ktr,bangunan.hb:081272634488/0721-7410369

BAHAN BANGUNAN Aluminium Spesialis kusen, jndla, partisi, pntu almnium, folding gate, rolling door, rak alm dll, mrh ber garansi. Hub. Toko MITRA Jl. Samratulangi 33 A tlp.7477282, 081379200333

FOLDING GATE BINTANG FOLDING GATE khusus terima Pesanan Pintu Folding Gate. Hubung segera Jl.Raya Natar Km 16 No.8 A Srimulyo 1, Pemanggilan Natar TELP. 0721774905, 7324723

MATERIAL BANGUNAN Toko Material (Paping, Kayu, Bata, Pasir, Split) Jl.Tengku Cik Ditiro Gg.Melati 1. Hub:0721-7773037 & 082180797979

Pagar Elektrik Spesialis Pembuatan Pagar Elektrik/ Pagar Remote,Portal Elektrik.Hub: Jl Yos Sudarso Km 10 B.Lampung.Tlp 0853-57542499

GUDANG DISEWAKAN

kOLAM dijual Kolam ikan cck utk lobster, Kp Baru Unila, SHM, 1400 m2, 750 jt/ nego. Hub. 0812.72738989, 771704, 081379789456

RumaH DIJUAL Dijual cpt rmh LT:308 M2, LB:+ 175 M2, 4KT, 3KM,1RT,1RK,dpr, S. Bor, Lisk

Jual Ruko tanpa perantara.Jl.Imam Bonjol No.236.C,3Lt. Gedong Air T.Karang Barat. Hub: 082191148857, 081272557272, 081369319234. An: Bpk H.Muslieh Nurjaya

TanaH Dijl tnh 6000 m2 SHM hrg 230/m nego Jl.Soekarno Hatta By pass blkg Ktr Camat Kedaton. Hub. 0815.40885590 Tanah Ls 16.5 x 22 m2, SHM, Jl. Jati Durian Payung T.Karang Pusat. Hub.0853.69441100

1300 W, telp, SHM, Jl Ratudibalau

Dijual Tanah di Jl. Turi Raya Gg.Palem

Gg. Melati No. 17 <+ 30 M dr Jl Raya.

LS 450M. Hub: 081379625577

Hub : 085768488775

Tanah & bangunan LT/lB 12000 m2/

Rmh Prm WHP Jl.Rajabasa II Blok D-57/10, 4KT (2 atas, 2 bwh),List

Hub. 0811728622.

(angkot) nego. Hub.0853.84358510,

Jual tanah uk 35 x 72 m, Jl. Soekarno

085357569324

Hatta, sblh FIF Honda, SHM, nego.

RMH Perum Ragom Gawi F1/16

Hub. 0811.722018.

Kemiling Permai, LT/LB 130/75, 3KT,

Dijual tanah & bangunan cucian

s.bor, grs, 300 m dr Samsat. Hub.

mobil Kali Balok Jl.P.Antasari No.156

0813.69112128

Ls 2367 m2, SHM, tanpa peran-

Dijul rmh Perum Griya Sukarame

tara Peminat serius segera hubungi

Blok G 3 No 19, 3 KT, 2 KM, Ls : 120 M2

081905820777.

Renov. Nego Hub : 081279266310

BU jual cpt tnh Ls 6104 m2, 50rb/

Rmh LT 300m, bgnn full, SHM, 3KT,

m2, Dsn Banjarsari Merak Batin Natar

3KM, r.krja, musola, gdg, grs, Perum

Lamsel belakang RS Natar Medika. Hb.

Korpri. Hub. 0816402728

0815.41433080 TP

Rmh dijual cpt 2 rumah,LT/LB 361/108

Tnh LS ± 8.000 M2 lok pgr jln trans

& LT/LB 213/216,Jl. W. Monginsidi

smtra ±km 31 arah tegineneng utara

Gg.Murai 26 T.Betung,garasi luas,SHM.

branti, lampung segel 150/ m2 lgs

Hub:0821-81050309,0721-273348

tanpa perantara Hp. 085330283694

open storage 72 x 36 u/ masa Des’2011

Dijual rumah + tanah LT 275 m2,

Tnh L.1400m, SHM, Jl. P. Singkep Su-

Jl. P. Senopati Gg. Pertemuan

karame, Nego. Hub. 085769779391,

Jatimulyo Blok 2 RT 11 B. Hub.

085268205857, No SMS.

TK Timur Bdl + 8km dr Pelabuhan Pjng. Hub. 0811722018.

KANTOR & GEDUNG

0812.79315233, 0812.72213950.

DIJUAL- DIKONTRAKAN

Dijual/disewakan kntr 9x12m & Gdg

Rumah baru renov Villa Citra 2, LT

12x15m dgn tnh 1336m,SHM,IMB,Jl

249m2, LB 225m2, 3KT, 3KM, hub.

Tirtayasa Gg.Suharto min 10 th, Hub:

08154061111

0811722018

KEBUN DIJUAL

ruko

METRO Disewakan rmh jl. Tawes no.7, 21 A Yosodadi, 5KT, 2KM, Ac, list, telp, sanyo, grasi, pgr klling, nego. Hub. 072542419, 081369035344

TALANG PADANG Dijual cepat sawah bersertifikat, luas 10.680 m2, lokasi strategis, air terjamin, lokasi di Sukanegeri Jaya Kec. Tlg Padang Kab. Tanggamus. Hub. 0853.8308.6345.

seneng BL, cck u/ ruko/distributor.

Disewakan Gdg tertutup Ls 2340 m2 & s/d MAret 2012 di Jl.Ir.Sutami No.225

Tnh Kav. Jl U. Suropati Gg. Yudistira Kel. Harapan Jaya dkt lpgn Golf Sukarame LS : 10 x 16 M2 Hub : 07217539918 & 087899331993

23o m2, Jl.Ratu Dibalau No.88 Tj

1300, air pam, telp, grs, pgr jl.raya

TANAH KAVLING Tanah kav Ds Badran Sari blkg Psr Pekalongan uk 420 m2 & 820 m2, tanpa SMS & perantara nego. Hub.082175920925 Dijual tnh Kavpling dgn berbagai

Ruko Artha Makmur 3 Lantai

ukuran Jl. AMD Kotajawa Kel. NOG

Dijual kebun sawit Ls 10.5 ha, lks Ds

4,5x18,2M.Jl.S.Agung No.28 Dpn

TBB dkt Citra Garden harga mulai

Skdana Ilir Kec.Bunga Mayang LU.

Lap Sofboll.W.Halim. Hub: Yudi/Milan

35 Jt/Kav Hub : 07217539918 &

Hub. 0812.7901445

TLP 07217450752.081369556767

087899331993

I 20

Pariwara

JUMAT, 30 DESEMBER 2011 lampung post

OBAT TELAT BULAN Anda Telat? Produk Import untuk telat 5-7 Jam pasti Lancar aman & bergaransi. Hub : Apotek Sinar Farma Jl. Ampera 88-B Tanggerang Hp. 085330091112 garansi luar Kota obat dipakai baru dilunasi.

JUAL KAVLING TANAH SIAP BANGUN (KSB) “VILLA PINANG JAYA” BANDAR LAMPUNG CASH & KREDIT - Pembeli mendapat SERTIPIKAT - Sistim 1 pintu (cluster) - Pemandangan kota (city view) - Lokasi Seperti Pemandang Puncak Bogor - Hadiah langsung Blackberry - HUB: 0852 6944 5211, 0813-69126608 - NO SMS

PONDOK INAP ANTASARI/ Penginapan & Homestay & kost: harian / mingguan / bulanan, Fas : AC/TV, KM didlm, parkir luas, aman Hub: 07213651116 & 082183437171 Jl. Antasari 171 Bdl hrg mulai 75 rb/hari

pengobatan Sedia obat herbal batuk, tifus, kencing manis, asam urat, alergi, anak & dewasa. Hub. Bashir 087899296123. Ekstrak ikan gabus sari mina, asli, dpt naikan kdr albumin, prs penyembuhan stroke, kanker. Hub. Evi 081377752488

peralatan pesta Sulthan Tenda sewakan peralatan pesta, tenda, kursi, panggung, Katering, dll, tlp. 7392111, 0812. 79436222.

RUPA - RUPA IM2 berhadiah motor. Daftarkan IM2 kamu sgera. Kunjungi toko komputer terdkt. Hub. 085658919293 (Joko) n

panggilan TREES AGESTIEN: TOLONG SEGERA. HUBUNGI MAMA. PENTING SEKALI ! MAMA & ROTUA (0219380 8432).

ATASI KEBOCORAN MENGATASI KEBOCORAN, Rem-bes, Retak/Pecah pd bangn Anda, sprti: K.Mandi, Dak, Talang, Karpus, Basement, Terowongan, Bak Lim-bah, dpt kami atasi dg Grouting/Injeksi Beton, Couting, Waterpro-ning, Renov bangnn. Specialis Pengctn Crant Container/Tower Telkom, Gypsum, Polis Marmer. HELDINA 0813.79918592, 0721-7520154

SEDOT WC Sedot WC penuh, pipa-2 & westafel mampet hilangkan bau tnp bongkar paling mrh garansi. Hub.7400060

SALSA/ YOGA/DANSA Membentuk badan jadi padat & berisi, mengobati stress. Hub. 0721473097

SANGGAR BUNGA Sanggar Bunga Fanny, menerima pesanan bunga papan medan (sewa) & bunga segar Jl.jend.Sudirman No.110 tlp.0721-9928989, 3666219.

Lampung Florist menerima psnan U/ smua ucpn Bunga ppn medan (sewa) disk 25% & bunga ppn beli Jl. I. Bonjol No.169 Lebak Budi bdl telp 3664588, 085279714488 (24jam)

SERVICE DARMIN Elktrnik trm srvice pnggil TV, VCD, DVD, speakr active, k.angin, strika dll (bs tukr tmbh). Hub. 082184364724, 087899506812 RIZKY Service kulkas, p. air, mesin cuci, AC, Dispenser, water heater, k.gas, tbg elpiji, k. angin, m.com, J.beli AC baru&cuci AC. Hb. 7506931, 082185021331. Gransi 6 Bln service pANGGIL AC, Kulkas, Frezer, M. Cuci, W. Heater, dll. Hub. 081272590428 

SUMUR BOR Win jaya bor terima buat sumur bor & servis, pakai mesin manual. Hub. 081272471119, 085369644488.

TRAVEL HAJI & UMROH MAGFIRAH travel haji & umroh sesuai sunnah rasullah SAW, fas bintang 5 hub. Marina 08127934546, 0721 709198

VIDEO SHOOTING BDU production terima company profile, praweding/weding, video shooting. Hub. 0721-77724439779900

WALET Buana Jaya Walet Jl.Kartini 98 (sbrg BNI) tlp.262686 jual alat-2 Walet, telur, sound sytem, Twiter dll.

LOWONGAN Cari Free Sponsor menarik B.Sitter/Perawat untuk kerja di Jakarta Gaji smdgn di S’pore & Malaysia. Hub.tlp/SMS 0217506661/081399621114. Dicari bagian Administrasi / seketaris berpengalaman kerja, kirim lamaran ke Jl. P. Antasari no. 52 sorum JB motor Ada Perlu: 1)STAF ADM :W max.30 th min.SMU, 2)SPG/ SPB:P/L max.30 th min.SMU, 3) DRIVER :L max.35th min.SMU (Dpt Gp+Tunj+Komisi).Interview lsg Tgl 28-29 Des hari rabu Kamis jam 10-15 ke I HOME Mall Kartini Lantai II Blok C4 Jl.Kartini No.49 Lampung Bth cpt Baby Sitter, peg toko & resto u/ Jkt & Batam, gaji 1- 2 Jt, tdk ditmpg(lsg terbang lsg kerja). Hb. 0812.25085900. Ingin berkesempatan bekerja ke luar negeri yang aman & terjamin hanya di PT MMG bth pria/wanita, usia 18 s/d 35 th, Pria : job pabrik, konstruksi untuk dimalaysia gratis gaji ± 2 jt, wanita untuk di singapura uang saku 5 jt bersih + gaji ± 2,8 jt Jl. Pagar alam ( PU) Gg cendana no. 95 B kedaton. Tlp 0721 782227, 081272376199, 081541032777

LOWONGAN ELEGANT FRAME Kami Perusahan yang bergerak dalam pembuatan pigura membutuhkan beberapa Karyawan :

• Bagian Produksi

- - - -

Wanita Max 23 Tahun Pendidikan Min SMP Jujur dan Rajin Dapat bekerja sama dengan tim Kirim lamaran ke

ELEGANT FRAME

Jl. P. Antasari No.87 Bandar Lampung.

DIBUTUHKAN SEGERA Sebuah Perusahaan Nasional bergerak dalam bidang Industri Kayu di Lampung, membutuhkan tenaga kerja sbb: 1. Sekretaris (SK) 2. Mekanik / Elektrik / Security (M/E/S) 3. Pengemudi (P) Kualifikasi: Pria/Wanita usia maks. 27 th, pendidikan min. S1, menguasai MS Office, Bahasa Inggris lisan dan tulisan (1) Pria usia maks. 30 th, pendidikan SMK sederajat (2 & 3) Memiliki SIM B (3) Kirim lamaran dalam map dan amplop tertutup berikut pas foto terakhir dan No. Telp. ke alamat: PO BOX 1042 TNK Bandar Lampung 35001 Selambat-lambatnya 1 minggu setelah iklan ini diterbitkan (cantumkan kode lamaran disisi kiri amplop lamaran).

LOWONGAN KERJA Dibutuhkan

Accounting Staff Kriteria sebagai berikut: • Pria dan Wanita • Pendidikan minimal D3 Akuntansi • Berpengalaman sebagai accounting staff minimal tiga tahun • Ulet, tekun dan tangguh • Bersedia ditempatkan di luar kota • Menguasai Microsoft office • Mampu bekerja secara team dan bekerja di bawah tekanan Lamaran diantar langsung ke: Jl. Bumi Manti No. 17 Kampung Baru Bandar Lampung Paling lambat satu minggu setelah iklan ini terbit.


I 21

Pariwara

JUMAT, 30 DESEMBER 2011 lampung post

OTOMOTIF ALAT GPS MURAH GPS mobil termurah & terlengkap. Bisa lacak mbl via komputer/HP. Bisa matikan mbl via SMS. Bisa sadap pembicaraan. Bebas biaya abudemen. Cocok u/ mbl rental & mbl pribadi. Call Center 24 jam bantu pelacakan. “Harga hanya 1,75 Jt “. Hubungi CV. RADISTA GPS 0856.64622000

BOX & BAK MOBIL PERKASA MOTOR: Jual-Beli, TT bak baru, boks Kabin. Hub. 705054, 7570889, 08154043056

MOBIL PENGANTIN Disewakan mobil Pengantin Mercy New Eyes Warna Silver. Berminat hub. 0721-7361700-0811728117

mobil DIsewaKAN

Xenia VVTI XI, 2006, bensin, hitam, pajak bulan 10, plat B, hub. REGITA MOTOR telp. 0721 701076 ( Cash & Credit ) n Xenia Li VVTI, 2008, bensin, hitam pajak bulan 2, plat B, mulus, siap pakai, Cash & Credit hub. MELANA 2 telp 0721 7529555 n Terios TX, 2010, bensin, hitam, pajak bulan 7, BE, , terawat, mesin Ok, harga nego Hub. 0721266706 n Luxio, th 2009, hitam, BE, mulus mesin OK, s. pakai, hrg nego. Hub. 081369411030, 085378709022 n Grand Max Blind Pen 2011, hitam, BE, terawat, s. pakai, hrg nego. Hub. 081369411030, 085378709022 n Taft Hiline’92, hitam, 142jt/nego. Hub. 081541287866 n

CHEVROLET

Satria Perdana Rent C ar Xenia, Avanza,Jazz armada baru. Hub:085263539003 /7377246 (Hrn/ Bln) Low Price & Good Service

ZAFIRA Th’2003 MT, Warna Gold, istimewa, Plat BE. Hub. 082178751411

CV. Samania. Cary/Futura 125 – 175 rb Bmdra 100 PU/Kda 150-200, Avz/ Xen/Apv/Kjg 200-250, Inv 300-350. Hub. 0721-7344447, 9901230

Ford Ranger’2005, silver, BE, Hub. 081369587000, 0721 7493939 n

******** OTO RENT CAR ******* ******** XENIA / AVANZA ******* ***** 200 rb/hari – 4Jt/ bln ******* ***** syarat mudah - harga murah *** Call 241241, 7301153, 081279773313 MINANGA OKU CAR , sedia : INNOVA, AVANZA, XENIA, APV, Hub: 0721 7165600, 0812 72056000 Disewakan mbl TOYOTA ALPHARD/ FORTUNER. Hub. 0721-7349118. ****** OONK RENTAL CAR ****** Sewakan Sedan Pengantin, Innova, Avanza, Xenia. Hub: 0721-7471813, 0811.799813. n **** ARLENDI RENT CAR **** Menyewakan Avanza, Xenia, Innova, Sedan Pengantin. Hubungi. 0857.68362979, 081279085447 n ****** ALFAN RENT CAR ****** Menyewakan Avanza, Xenia, Innova, Sedan Pengantin. Hubungi. 07217525657 – 0813.69705657. n JONI NIAGA RENT CAR: Inova, Kijang Capsul, Avanza, Xenia, APV, Altis, ALphard. Hub. 7403700, 7692086, 0812.7264905

mobil dijual Honda stream MT Tahun 2005, Toyota yaris E tahun 2007, Kijang inova V tahun 2006, disel, Inova G, bensin tahun 2005 & 2006, Panther touring tahun 2002, Panther LV tahun 2004, Panther LM tahun 2005, Suzuki APV tahun 2007, Baleno tahun 97, yang berminat, Hub, BUDI WAHANA MOTOR Jl. Raden Intan No 68 T. karang ( depan BRI ) n

DAIHATSU Dijual Taruna FGX’04, Hitam Silver, BE Lampung, ACDB, PS, PW, CL, CD,DVD, ban bs 4 baru, mulus, nego.Hub. 0852.69188277. XENIA th 08 VVTi, w. Hijau Metalik, BE Kodya, Ass lengkap, harga nego. Hub: 0811721654 GRANDMAX PU ‘ 2011, htam BE, over kredit, nego, tanpa perantara. Hubungi. 085383202028. PROMO DAIHATSU ALL NEW XENIA DP Rp 24 Jt-an TERIOS DP Rp 23 Jt-an GRAND MAX PU DP Rp 10 Jt-an GRAND MAX MB DP Rp 15 Jt-an SIRION DP Rp 23 Jt-an LUXIO DP Rp 17 jt-an Free Jasa Service 50.000 KM, melayani Liwa, W.Kanan, T.Bawang, Kt.Bumi, Tanggamus,Kalianda dll. Proses mudah & cepat. Hub. ANGGA DAIHATSU 0813.69538676, 3661581. Xenia Li Plus, th 2008, warna Gold, BE, barang isitmewa, harga nego. Hubungi. 081541391166 Dijual Feroza Th’1994, Biru Metalik, Astrea Ban 31, kondisi istimewa, nego. Hub. 0812.7222286. Xenia Li 1.0 vvti 2010 BE Hitam ac.rt,pw,ps,ct Mobil Bagus dan Terawat Hub: 0812-7221250 Xenia Li Spor ty ’ 09, seper ti baru, harga 112 juta nego, hub. 081379766664 n Engkel Daihatsu Delta Bak’79, BE, pajak hidup, bak cargo, siap pakai. Hub. 0813.79986809 n Taft Hiline’92, hitam, 142jt/nego. Hub. 081541287866 n Daihatsu Feroza’94, hitam mulus, AC, TP, ban cangkul, p. sendiri, faktur, VR, hub. 081272305000 n Xenia ’04, gold, ac,tape, Hub. RAJABASA MOTOR .089631118222 n

Ford

Lancer’94 akhir, BE kodya, ungu, AC, tape, VRBR, bodi mulus, s.pakai, mesin oke. Hrg 17jt/nego. Hub 085658945168 n Ford Langer 2,9, th 2005, silver, BE kodya, s. pakai, pajak panjang. Hub. 7493939, 085381467883, 081369587000 n

HONDA

MITSUBISHI L300 Pick up’89 Solar, BE, kondisi istimewa, siap kerja. Hub. 0853.69441100 New Mitsubishi Colt T 120 SS, DP 7 Jt angs 2Jtan * Khusus Colt 1300 DP 19Jt angs 4jtan * Spesial. (Cold Diesel Paket) (Paket Pajero). Hub. UDA RONI 0812.79041010. Kuda GLS Diesel 2,5 ’01, BE, AC, VR, BR, TR, Hitam Met, PS, PW, 79 Jt. Hb. 0721-3624000 Jl.Ridwan Rais 68. n

Kijang Lgx Des 2002, Warna Biru Metalix. Harga Nego. Hub.081540811888

Mitsubishi PS 120’2002, siap pakai. Hub. 0811.724576. n

Kijang Lx’ 04, ACDB, PS, harga 108 juta nego hub. 081379766664 n

Mitsubishi PS 120’2005, siap pakai. Hub. 0811.724576 n

Dijual cpt Toyota Soluna th 2001 wrn Silver/pilih warna sendiri, hrg mulai 32,5 jt. Hub: 021-94154080, 081311163084

Lancer’ 90, putih, bdi kaleng, new, AC, PS, PW, Tape, pjk hidup, BE kodya, nego. Hub. 081379008866 n Colt Diesel PS 120’ 94, siap cari duit Hub. 081379986809 n Kuda ‘00, hitam, BE, ors, terawat, siap pakai bisa cash & credit Hub. 081379766664 n Truck PS 120’94, siap pakai 85 jt, bisa cash & credit Hub. 081379766664 n Colt Diesel’96, body mulus, s. pakai, bak tinggi, hrg nego Hub. 081379986809 n grandia 2.0, 2003, bensin, silver, pjk bulan 11, B, , hub. REGITA MOTOR telp. 0721 701076 ( Cash & Credit ) n

Kuda Grandia 1.6, 2002, bensin, coklat, pjk bulan 7, Plat BE, mulus L/D harga nego Hub. 0721266706 n

JAZZ idsi A/T ‘04 bensin, hitam , pjk bln 11, B, mulus, s. pakai, Cash & Credit hub. MELANA 2 telp 0721 7529555 n CRV2.0 A/V‘03, bensin, abu2, pjk bln 6, BE, mls, s.pakai, Cash & Credit hub. MELANA 2 telp 0721 7529555 n New CRV 2.0 AT’03, bensin, hitam pjk bulan 6, plat BE, Hub.0721 268706 n Jazz IDSI ‘05, matic, silver, B, mulus, terawat, pjk panjang. Hub. 7493939, 085381467883, 081369587000 n Ciello’ 94, merah, B, full s.system, bagus banget & mls, nego, s. pakai. Hb.0813 69411030, 085378709022 n Honda CRV 2.0, AT, 04, hitam met, BE kodya, pajak Jan 12, KM Rendah, istimewa Hub. 0721. 7524751, 081369519239 n

isuzu Panther Higrade’96, AC,BR,RT,BE Kodya. Over Kredit 52 jt,Ang 1.5 jt x 15. Hub: 0853-57542499 Panther’ 06, plat B, hitam, siap pakai hub. 081369587000 n Panther’05, hijau, plat B,istimewa, siap pakai hub. 081369587000 n Panther’04, plat B, biru, orisinil, c a t m u l u s , s i a p p a k a i h u b. 081369587000 n Panter Pick Up’2007, kondisi masih bawaan, hrg 97jt/nego. Hub. 081396161683 n Panther LM 25’2006, silver met, solar, plat B, pjk panjang, orisinil, kondisi oke dan mulus, hrg nego hub. 0813795926692 n Panther LS’2001, matic, plat B, biru met, kondisi oke dan mulus, hrg nego hub. 0813795926692 n Panther PU, 2001, solar biru, pajak bulan 7, BE hub. 0721 253817 n Panter LM-LV, th 2004, silver, plat B, mulus dan terawat, pajak panjang. Hub. 7493939, 085381467883, 081369587000 n Panter Royal, th 1996, matic, biru, plat B, mulus dan terawat, pajak panjang. Hub. 7493939, 085381467883, 081369587000 n Panther Grand Deluxe ’96, BE, AC, PS, PW, VR, BR, TR, Merah, 60 Jt nego. Hubungi 0721-3624000 Jl.Ridwan Rais 68. n Panther Royal 2.5 Th’97, BE, AC, PS, TR, Biru Met, 66 jt nego. Hb. 0721n 3624000 Jl.Ridwan Rais 68.

Mercy

Grand Max PU’2009, hitam BE kodya, kondisi oke dan mulus, hrg nego hub. 0813795926692 n

Mercy C 180, th 1994, silver, plat B, s. pakai, hrg nego. Hub. 081369411030, 085378709022 n

Taft Rocky’1987, ban 33, BE kodya, siap pakai. Nego. Hub. 081279236565 n

Mercy F 300, th 1992, hitam, BE,s. pakai, hrg nego. Hub. 081369411030, 085378709022 n

Kijang Pick Up 2001, Bensin,BE Kodya,HTM,BU.Hrg 69 jt,Nego. Hub:0811721532

Mitsubishi Engkel’2005 Box, siap pakai. Hub. 0811.724576. n

HONDA CRV 2.0 AT’2003, BE, Warna Hitam, harga 150 Juta. Hubungi: Telp. 0721-7422285.

Civic Wonder’86 abu-abu ac tape s,paki. Hub. RAJABASA MOTOR .089631118222 n

Dijual FORTUNER’2009, Solar, Hitam Metalik, BE 999 TM, Nego, Hub : 0852.69848878

Mitsubishi Engkel’2004, siap pakai. Hub. 0811.724576. n

L 300 PU, 2010, solar, hitam, pajak bln 12, plat A, harga nego. Hub. 0721266706 n

Sedan Prestige ’86, BE kodya, abu-2, body mulus, siap pakai, tidak menyesal. hrg nego,z Hub. 081379986809 n

TOYOTA

Great Corolla’94,Matic,Silver,Body +Msn Istw,utk Pmki,Hrg Nego Bisa TT. Hub: 08127901590

Stream’05,Matic,Silver,BE An S e n d i r i , I s t w. H rg N e g o, B s T T. Hub:7444651

Jazz ‘2005, matic, silver, plat B, Hub. 081369587000, 0721 7493939 n

Truck Rino/Dump Truck th’1991, merah, plat B, s. pakai dan siap kerja berat, hrg nego, Hub. 081379986809 n

NISSAN Nisan X-Trail’2004, abu-abu met, terawat dan mulus spt baru, mesin oke, hrg nego. Hub. 081396161683 n Nissan terano’97, silver, hrg 85 jt.ng. hub. 089631118222  Grand livina LXVI, 2007, bensin, hitam, pajak bulan 6, plat B, hub. REGITA MOTOR telp. 0721 701076 ( Cash & Credit ) n Grand Livina XV, 2007, bensin, abu-2, pajak bulan 1, BE, terawat, mesin Ok, cash & credit ,Hub. 0721266706 n

Opel Blazer LT 16 V, ‘98, silver, B, mulus & terawat, pjk panjang. Hub. 7493939, 085381467883, 081369587000 n

SUZUKI Suzuki Karimun Estilo’08 Plat BE, Warna Ungu, Velg Racing, bodi kit, kondisi bagus sekali. Hub. 0813.79492222 F U T U R A’ 2 0 0 4 , m e r a h , s i a p pakai, harga 58 juta nego, hub. 081379766664 n Forsa’ 86, merah, plat D, msn katana, siap pakai nego hub. 08992283077 n Swift ’2007, abu-2, BE, Built-up, Hub. 081369587000, 0721 7493939 n Suzuki Apv X, 2007, silver, B, Hub. 081369587000, 0721 7493939 n Carry’2002, abu2 met, hrg 80jt/ nego. hub. 089631118222  J.Katana’ 96, merah, BE, s. pakai mulus mesin oke Hub. 081369450489 n Futura GRV, 00 biru muda, orisinil, 55 jt nego, bisa cash & credit Hub. 081379766664 n

Sedan Vios Matic’07, Plat B 1 angka, Silver, KM 39 rb, 147 Jt. Hb. 0721n 3624000 Jl.Ridwan Rais 68. Truk Dina 125 HT Th’04, Merah, 118 Jt. Hb. 0721-3624000 Jl.Ridwan Rais n 68. Avanza Tipe E Press Up’2008, Hitam metailk, pajak baru, bag, istmewa. 0813.69519239. n Avanza G’2008, BE Kodya, Silver Met, pajak’08 km rendah, istimewa. Hub. 0812.79572228. n Sedan Corona Ex Saloon’87, B, Merah, 25 Jt nego. Hb. 0812 72241557 n Kijang LGX Solar’01, Coklat Gold, 65 Jt nego. Sisa 24 bln lagi. Hb. Bp. Ayub 0812 72241557 n Kijang Grand MB’96, Hijau, mulus, Plat B, nego. Hub. 705054 n Sedan corolla DX’81, B pajak hidup, AC, body mulus siap pakai, Cash & Credit Hub. 081379986809 n Kijang Kapsul SX’97, biru, BE, mesin & body bagus Hub. 081369450489 n Kijang super excite, solar, ACDB 78 jt nego, bisa cash & credit Hub. 081379766664 n Kijang SSX’97, hijau met, super bagus plat B 80 jt, bisa cash & credit Hub. 081379766664 n Kijang Super’88, merah, vr, br, ac, rt, 37 jt nego, bisa cash & credit Hub. 081379766664 n Corolla Al New th’1997, hitam, body orisini, mulus dan terawat, s. pakai. hrg nego, Hub. 081379986809 n Kijang LGX’2001, diesel, biru muda metalic, terawat dan mulus spt baru, mesin oke, hrg 116jt/nego. Hub. n 081396161683 Yaris Type S’2006, mobil sangat terawat dan mulus seperti mulus, hrg 137jt/nego. Hub. 081396161683 n Kijang LGX’ 02, B, biru, mulus, full ak sesoris, nego Hub. 085381467883 n Yaris tipe E’06, metik,hitam km msh 30 rb, B, tgn pertama/wanita, nego Hub. 085381467883 n

Inova G 2007, bensin , silver, pajak bulan 3, palt B, , hub. REGITA MOTOR telp. 0721 701076 ( Cash & Credit ) n Kijang Inova G 2004, bensin, hitam pajak bulan 11, plat B, mulus siap pakai, cash & credit, hub. REGITA MOTOR telp. 0721 701076 (Cash & Credit) n Avanza G 2006, bensin, hitam pajak bulan 5, Plat B dua digit, mulus siap pakai, cash & credit hub. MELANA IV telp 253812 n Kijang LGX, 2000, solar, silver, pajak bulan 11, orisinil, palt B, mulus siap pakai, cash & credit hub. MELANA IV telp 253812 n Kijang LGX 2000, solar, coklat, pajak bulan 10, orisinil, BE, mulus siap pakai, cash & credit hub. MELANA IV telp 253812 n Vios G 2003, bensin, silver, pajak bulan 11, plat B, mulus, siap pakai, Cash & Credit hub. MELANA 2 telp 0721 7529555 n

Avanza type G, th 2006, hitam, BE, s. pakai, hrg nego. Hub. 081369411030, 085378709022 n Inova G th 2008, solar, hitam, pajak bln 9, plat B, mulus, terawat s. pakai, nego. Hub. 0721266706 n

OVER KREDIT Kijang Inova Type G’2007 euro, full variasi, Dp. 70jt, siap pakai. Hub. 085279986688 n Inova Diesel’ 2005, kondisi baik pajak panjang, tidak menyesal,angsuran 3,85 jt, 34 bln lagi, hub. 081369161683 n

motor dijual Mio Soul bln 4 Th’2011, Merah, ada asuransi, 12,5 Jt nego. Hb. 085380672578. n Vixion ’09, hitam BE kdy, mesin oke, mulus terawat sekali, + Helm harga 17 jt nego Hub. 087899946603 n Honda Mega Pro’2007, hitam, mulus dan mengkilat, full variasi bergaya touring + box givi sh33, VR 17 tapak lebar palang 3, hrg 15,5jt/nego. Hub. n 085266894900 Yamaha Vega R’2005, hitam orange, mulu, mesin masih grass, hrg 6,5jt/ n nego. Hub. 081369342793

Jialing’2011, hitam, BE lamsel, Hub. Taba Motor 07217395342, 08127915724 bisa cash/credit n

Altis type Z’2002, silver met, mulus dan terawat, hrg 123jt/nego. hub. n 081369161683

Supra X’2006, biru, BE kodya, mesin oke, Hub. Taba Motor 07217395342, 08127915724 bisa cash/credit n

Baleno’ 00, biru ac tipe, s.pakai, Honda city’05, coklat muda, ac, tape, s. pakai, Avanza’ 08, gold, ac,tape, s.pakai, Xenia ’04, gold, ac,tape, Civic ’97, merah met, ac, tape, Kijang ‘ 95, abu-abu met, ac tape, Civic Wonder’86 abu-abu ac tape s,paki. Hub. RAJABASA MOTOR .089631118222 n

Camri’2004, hitam, harga 176jt/ nego, siap pakai, mesin ok hub. 081369161683

Honda Revo’2010, hitam, mesin ok, Hub. Taba Motor 07217395342, 08127915724 bisa cash/credit n

Toyota Hartop’1980, hijau, BE kodya, ban 33, mesin ok, kondisi sip. Nego. Hub. 081279236565 n

Supra Fit X’2008, silver hitam, 6,75jt/ nego, bisa cash/credit. Hub. Rafi motor 081272445005, 082184070770 n

Kijang Rovers’1989, plat B, siap pakai, Nego. Hub. 081279236565 n

Vario’2007, merah hitam, hrg 7,5jt/ nego, bisa cash/credit. Hub. Rafi motor 081272445005, 082184070770 n

Truk Dyna ET 110 Th’08, kndsi terawatt, siap kerja. Hub. 0812.7901445 Truck Rino PS115’96, BE, orisinil, siap pakai Hub. 081379986809 n

Kijang LGX 2.0 NM 2003, bensin, kuning, pjk bulan 1, plat B, hub. REGITA MOTOR telp. 0721 701076 (Cash & Credit ) n

Suzuki Sky Wave 125cc’2008, biru, mulus, s. pakai, nego, bisa cash/credit. Hub. Bagus Motor 081379723355

n

Suzuki Spin 125cc’2008, merah hitam, mulus, s. pakai, nego, bisa cash/credit. Hub. Bagus Motor 081379723355

n

Suzuki Smash’2006, silver, VR, BE, hrg nego Hub. 081369635666

n

Suzuki Smash’2009, gold hitam, BE kodya, Hub. Taba Motor 07217395342, 08127915724 bisa cash/credit

n

Suzuki Shogun’2008, silver hitam, 07217395342, 08127915724 bisa cash/credit

n

Viar N 10R’2010, matic seperti mio, 07217395342, 08127915724 bisa cash/credit

n

Viva Mercury Z’2008, biru hitam, BE 08127915724 bisa cash/credit

n

Viva’2010, hijau, BE kodya, Hub. Taba Motor 07217395342, 08127915724 bisa cash/credit

n

Yamaha RX King’2004, biru, BE lamsel, Hub. Taba Motor 07217395342, 08127915724 bisa cash/credit

n

Mio Sporty’2009, merah, mulus, s.

AVP GL, th 2009, BE, hitam, pajak baru, s. pakai, hrg nego. Hub. 081369411030, 085378709022 n

TRUK DIJUAL

BE, hrg nego, Hub. 081369635666 n

Kijang LGX 2.0 th 2003, bensin, kuning, pjk bln 2, mulus, terawat s. pakai, nego. Hub. 0721266706 n

Jialing’2002, merah ducati, mesin masih oke, tangan pertama, harga n damai, Hub. 082181322987

Kijang LGX 1.8 NM, 2003, bensin, biru, pajak bulan 7, plat B, , hub. REGITA MOTOR telp. 0721 701076 ( Cash & Credit ) n

Suzuki Thunder 125cc’2008, hitam,

Mio Sporty’2009, merah maroon, BE

Avanza S’08, silver BE kodya, VRBR, AC,PW, kondisi oke dan mulus, s.pakai, hrg nego hub. 0813795926692 n

Timor’01, silber, B, 40jt/nego. Hub. 07217380904 n

n

Kijang Inova G, th 2005, bensin, silver, pajak bln 2, plat B, mulus, terawat s. pakai, nego. Hub. 0721266706 n

Kijang ‘ 95, abu-abu met, ac tape, Hub. RAJABASA MOTOR .089631118222 n

Kijang LGX, 2001, solar, coklat, pajak bulan 12, plat B 3 digit, , hub. REGITA MOTOR telp. 0721 701076 ( Cash & Credit ) n

082184070770

lamsel. Hub. Taba Motor 07217395342,

AVP arena GX 2008, bensin, hitam, pajak bulan 5, plat B, terawat, mesin Ok, harga nego Hub. 0721266706 n

Timor ’00, dohc, be, merah , rt, full, interior, 38 jt nego, bisa cash & credit Hub. 081379766664 n

Hub. Rafi motor 081272445005,

Inova type E’ th 2007, merah, BE, orisinil, mulus, s. pakai, hrg nego. Hub. 081369411030, 085378709022 n

Honda Revo Vit’2011, hitam, masih seperti baru, Hub. Taba Motor 07217395342, 08127915724 bisa n cash/credit

TIMOR

Suzuki Smash CW’2007, merah hitam, hrg 7jt/nego. bisa cash/credit.

merah, BE lamsel, Hub. Taba Motor

Yamaha New Jupiter Z’2010 bln 7, merah maroon, mulus, kondisi oke, hrg 11jt/nego. Hub. 085768970200 n

Avanza G VVTI 2008, bensin, hitam, pajak bulan 1, plat B, , hub. REGITA MOTOR telp. 0721 701076 ( Cash & n Credit )

n

Inova G 2005, bensin, silver pajak bulan 1, palt B, mulus, siap pakai, Cash & Credit hub. MELANA 2 telp 0721 7529555 n

Inova G’2006, silver met, bensin, plat B, siap pakai, kondisi oke dan mulus, hrg nego hub. 0813795926692 n

APV GE, th 2010, putih, BE, s. pakai, hrg nego. Hub. 081369411030, 085378709022 n

Bagus Motor 081379723355

mulus dan terawat, Hub. Taba Motor

Futura MB ’93, hijau, s. paka, mesin oke, hrg nego, Hub. 081379986809 n

Baleno’ 00, biru ac tipe, s.pakai, . Hub. RAJABASA MOTOR .089631118222 n

s. pakai, nego, bisa cash/credit. Hub.

Kijang Krista ‘00, solar, biru, pajak bulan 10, plat B, mulus, siap pakai, Cash & Credit hub. MELANA 2 telp 0721 7529555 n

Kijang PU’91 Biru &’92 putih hrg 42,5 Juta nego, mls, siap pakai. Hb. 0721-705054. n

Avanza’ 08, gold, ac,tape, s.pakai, Hub. RAJABASA MOTOR .089631118222 n

Suzuki Smash’2008, hitam, mulus,

Honda Absolute Revo’2010, hitam, hrg 8,6jt/nego, bisa cash/ credit. Hub. Rafi motor 081272445005, n 082184070770 Absolute Revo’11, hitam, seperti baru, mesin oke. Hub. Taba Motor 07217395342, 08127915724 bisa n cash/credit Suzuki Smash’2010, biru, velg jarin jari. Hub. 081369635666 Suzuki Smash Titan‘2010, merah hitam, BE lamsel, motor masih mulus. Hub. Taba Motor 07217395342, 08127915724 bisa cash/credit n

kodya, Hub. Taba Motor 07217395342, 08127915724 bisa cash/credit

n

pakai, nego, bisa cash/credit. Hub. Bagus Motor 081379723355

n

Mio Sporty’2008, merah, mulus, s. pakai, nego, bisa cash/credit. Hub. Bagus Motor 081379723355

n

Mio Soul’2010, hijau, mulus, hrg 9,5 jt/nego, bisa cash/credit. Hub. Rafi motor 081272445005, 082184070770 n Vega R’2005, orange, hrg 6jt/nego, bisa cash/credit. Hub. Rafi motor 081272445005, 082184070770 n Mio Soul’2009, merah, mulus, trawat. Hub. 081369635666 n Vega R’2005, biru, hrg 6jt/nego, bisa cash/credit. Hub. Rafi motor 081272445005, 082184070770 n New Vega’2006, silver hitam, VR, hrg 7,5jt/ng, bisa cash/credit. Hub. Rafi motor 081272445005, 082184070770 n Vega ZR’2009, hitam, hrg 9jt/nego, bisa cash/credit. Hub. Rafi motor 081272445005, 082184070770 n Mio Soul’2009, biru, BE lamsel, Hub. Taba Motor 07217395342, 08127915724 bisa cash/credit n Vega ZR’2011, hitam, mesin oke, seperti baru, Hub. Taba Motor 07217395342, 08127915724 bisa cash/credit n Mio Soul’2009, merah, BE lamtim, Hub. Taba Motor 07217395342, 08127915724 bisa cash/credit n


±

±

CMYK

Pupuk Triwulan IV Belum Sampai

5 Pekerja Tersengat Listrik, 1 Tewas ±

BATANGHARI NUBAN (Lam­ post): Lima pekerja instalatur tersengat listrik saat memasang tiang di Desa Kedaton 2, Ke­ camatan Batanghari Nuban, Lampung Timur, kemarin (2912). Satu di antaranya tewas di tempat kejadian, lainnya dirawat di Rumah Sakit Mardiwaluyo, Kotagajah, Lampung Tengah. Awal kejadian, pagi itu lima pekerja instalatur mengganti tiang listrik milik KLP dengan tiang baru menggunakan ka­ trol atau derek manual. Entah bagaimana ujung bagian atas tiang beton yang akan dipasang menempel pada jaringan listrik milik KLP yang masih melayani pelanggan. Kontan arus listrik tegangan tinggi mengalir pada batang beton yang di bagian tengahnya terdapat besi. Lima pekerja yang memegang tiang dan menarik tali rantai kon­ tan tersengat arus listrik, terpental,

BANDARMATARAM (Lampost): Sebanyak 22 kios resmi Tengah, hingga kini belum mendapat jatah 52 ton pupuk urea bersubsidi untuk jatah triwulan terakhir (IV).

n LAMPUNG POST/AGUS CHANDRA

WALI KOTA MARAH. Dengan nada marah, Wali Kota Lukman Hakim menunjukkan absen di hadapan pegawai dan camat saat sidak di kantor Camat Metro Utara, Kamis (29-12). Dia kecewa menemukan delapan pegawai mangkir dan melihat ketidaksiapan kantor untuk pelayanan publik.

Pembongkaran Kasus Narkoba Meningkat

±

pupuk subsidi di Kecamatan Bandarmataram, Lampung

dan tak sadarkan diri. Sejumlah warga sekitar langsung menolong dan melarikan ke lima korban ke RS Mardiwaluyo Kotagajah. Satu di antarnya, Feri (24), war­ ga asal Pringsewu, tiba di instalasi gawat darurat (IGD) RS Mardi­ waluyo sudah tak bernyawa. Dia mengalami luka bakar pada le­n gannya dan mengeluarkan darah dari hidung dan mulutnya. Dua pekerja yang kondisinya tidak begitu mengkhawatirkan diperbolehkan pulang. Sementa­ ra dua lainnya, Jaja (19) dan Heru (20), keduanya warga Pringsewu, terpaksa menjalani rawat inap karena luka bakar serius. Ditemui di RS Mardiwaluyo, Jaja mengaku tak ingat sama sekali kejadian yang menimpa dia dan rekan-rekannya itu. “Saya baru kerja seminggu dan enggak ingat kejadiannya gimana, tahutahu mental tidak sadar,” ujar dia kemarin. (DRA/D-2)

KINERJA POLRES LAMSEL

KALIANDA (Lampost): Kepoli­ sian Resor Lampung Selatan mengungkap 158 kasus narkoba dengan 208 tersangka selama ta­ hun 2011. Jumlah tersebut naik 50% dibanding tahun 2010 yang mengungkap 102 kasus dengan 172 tersangka. Kapolres Lamsel AKBP Harri Muharram Firmansyah men­ gatakan nilai kerugian sosial akibat peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba) tahun 2011 menembus angka Rp400 miliar lebih. Sejak kepemimpinannya tiga bulan terakhir ini, ujar Kapolres, barang terlarang yang berhasil diamankan, yakni 14 kg sabusabu, 7,9 kg heroin, dan 458 kg ganja. Jika dirupiahkan, narkoba tersebut senilai kurang lebih Rp65 miliar.

I 22

Ruwa Jurai

Jumat, 30 desember 2011 lampung post

KECELAKAAN KERJA

Menurut Harri, sebanyak 208 tersangka sebagian besar merupakan jaringan peredaran gelap narkoba internasional yang beroperasi melalui pintu ger­ bang Pulau Sumatera. Jaringan sindikat internasional itu berasal dari Malaysia dan China. Selain itu, warga NAD, Su­ matera Utara, dan Riau terlibat da la m ja r i nga n pereda ra n gelap narkoba juga meningkat. “Terus terang saya prihatin dengan kasus narkoba yang meningkat setiap tahunnya,” kata mantan Kapolres Lam­ pung Barat itu. Untuk itu, ujar Harri, secara bertahap dan terprogram, kepoli­ sian akan melakukan upaya pe­ nanggulangan penyalahgunaan narkoba dengan upaya pencegah­ an dan penindakan. (KRI/R-2)

PELAYANAN PUBLIK

Kinerja Buruk, Wali Kota Copot Sukino METRO (Lampost): Wali Kota Metro Lukman Hakim membuk­ tikan janjinya menggeser pejabat yang tidak bisa menunjukkan kinerjanya untuk melakukan pe­ rubahan dalam melayani publik dengan baik. Dalam inspeksi mendadak (sidak) di Kantor Camat Metro Utara, Kamis (29-12), Wali Kota menyatakan akan mengganti Camat Sukino. Sukino sendiri akan distafkan, lantaran dinilai tidak mampu membina bawah­ annya dan tidak siap melakukan perubahan. Di kantor itu Wali Kota marah karena menemukan delapan pe­ gawai mangkir, ruang pelayanan publik yang tidak siap, serta kantor dalam kondisi tidak rapi. Bahkan pengumuman informasi pelayanan hanya tertulis di kertas

dan ditempel di tembok. “Tidak ada pilihan, pimpinan kerja yang tidak siap untuk melakukan perubahan kita nonjobkan,” ujarnya. Dia mengaku kecewa meli­ hat kinerja Camat Metro Utara Sukino. Lukman mengatakan sidak ke Kantor Camat Metro Utara juga disebabkan sudah banyak laporan yang masuk kepadanya. “Ini risikonya, har­ us ada yang jadi korban untuk melakukan perubahan. Saya saja menyatakan mundur menjabat Wali Kota jika dalam enam bu­ lan pelayanan publik tidak ada perubahan. Semestinya kantorkantor pelayanan publik sudah melakukannya,” kata dia. Usai sidak di Kantor Camat Metro Utara, Wali Kota menuju Kelurahan Purwosari. Di sana

Wali Kota bertanya langsung kepada warga yang sedang meng­ urus pembuatan akta kelahiran. Dia meminta warga melaporkan kepadanya jika ada oknum kelu­ rahan yang coba mengutip uang untuk pengurusan akta maupun KTP serta lainnya yang berkaitan dengan pelayanan kelurahan. “Laporkan ke Wali Kota, nanti akan saya tindak tegas orangnya,” kata Lukman Hakim kepada se­ jumlah warga. Lukman meminta lurah untuk siap melakukan perubahan jika ingin tetap menjadi lurah yang baik. “Tidak ada pilihan lain, re­ formasi birokrasi harus dilakukan sekarang ini,” kata dia. Lukman mengatakan jika ada pejabat yang tidak bisa melakukannya, dirinya tidak akan menolensi dan diganti atau dinonjobkan. (CAN/D-2)

n ADVERTORIAL

Reses, DPRD Tulangbawang Datangi Seluruh Wilayah

DIALOG. Ketua DPRD Tulangbawang Winarti bersama anggota DPRD DP 3 berdialog langsung dengan para kepala kampung dan BPK serta tokoh masyarakat dalam rangka reses di aula kantor Camat Penawartama, Selasa, (27-12).

±

M

ENGGALA—Den­ gan moto Tulang­ bawang kujaga, Tu­ langbawang kubangun, Tu­ langbawang kupelihara untuk bersama membangun Kabu­ paten Tulangbawang, DPRD Tulangbawang siap mengawal dan memberikan kontribusi dalam pembangunan sehingga Tulangbawang dapat menjadi daerah yang didambakan sesuai dengan motonya. Agar semua pembangunan berjalan dengan baik di segala bidang, pimpinan dan anggota DPRD Tulangbawang melaku­ kan reses dengan turun lapangan ke wilayah Tulangbawang sesuai daerah pemilihan (DP). Kegiatan ini dalam rangka menyerap aspi­ rasi masyarakat Tuba sehingga pengalokasian APBD ke depan dapat lebih menyentuh kepent­ ingan masyarakat. Ketua DPRD Tuba Winarti melakukan reses ke semua DP I di Kecamatan Gedungmeneng, Meraksa Aji, dan Penawartama. Winarti mengatakan reses yang dilakukan selama beberapa hari

±

±

CMYK

di berbagai kampung dan keca­ matan ini dalam rangka meny­ erap aspirasi masyarakat. Selain itu juga untuk memberikan in­ formasi, khususnya menjelang akhir 2011, yaitu apa saja yang telah dibangun di Kabupaten Tulangbawang. Dia juga menyo­ sialisasikan kegiatan apa saja yang akan dilaksanakan pada 2012. Winarti menjelaskan hasil re­ ses kali ini memang lebih banyak dari tahun sebelumnya. Sebab, banyak masyarakat yang antu­ sias memberikan masukan ten­ tang kebutuhan mereka dalam suatu daerah. Di antaranya yang selalu jadi permasalahan pokok di daerah yaitu dalam halnya perbaikan jalan, listrik, pemban­ gunan talut, sarana air bersih, dan peningkatan hasil pertanian yang merupakan andalan paling pokok di masyarakat. “Sejumlah masukan dan sa­ ran telah kami tampung untuk kemudian disampaikan ke ekse­ kutif sebagai mitra DPRD TUBA dalam penyusunan anggaran,” ujarnya. Winarti melanjutkan pihaknya

CMYK

Jatah tersebut sedianya akan dibagikan untuk 10 gabungan kelompok tani (gapoktan) yang ada dikecamatan tersebut. Alhasil, hingga saat ini beberapa komodi­ tas pangan, seperti jagung dan padi, tidak mendapatkan pupuk jatah musim tanam 2011. Beberapa kios dan ketua ga­ poktan menduga hilangnya pu­ puk tersebut ditahan di tingkat distributor setempat. Samidi, ketua gapoktan Sumber Rejeki, Bandarmataram, mengakui pupuk urea sulit didapat. Untuk membeli urea di pasaran mencapai Rp200 ribu per sak, sedangkan pupuk jatah bersubsidi telah menghilang sejak 2 bulan yang lalu. “Kami terpaksa beli di pasaran Mas, karena pupuk subsidi jatah pemerintah sudah hilang sejak 2 bulan lalu. Kami tidak mau tanam­ an kami merah dan rusak karena tidak ada pupuk, jadi kami dengan terpaksa sekali membeli pupuk itu,” ujarnya. Samidi dan rekan-rekan gapok­ tan lainnya telah mencoba mem­ pertanyakan kepada beberapa kios resmi, tapi jawabannya digantung­ kan pada distributor dengan alas­ an jatah 52 ton yang seharusnya dicairkan pada triwulan ter­a khir belum direalisasi. Sementara musim tanam 2012 sudah dimulai pada Desember 2011 ini. “Ini sudah mulai musim tanam 2012, tapi pupuk yang diandalkan petani untuk jatah 2011 sudah tak jelas seperti ini. Kami bingung mau ke mana mencari pupuk ini,” kata Samidi. Petani mengharapkan peme­

rintah dan distributor menaruh perhatian khusus terhadap pendis­ trusian pupuk karena petani selalu menjadi objek penderita. “Ini pu­ puk saya yakin sudah ada didis­ tributor, cuma ditahan mereka. Tapi saya sendiri sudah mengeluh­ kan pada kabupaten dan sampai sekarang belum ada tanggapan. Kami hanya menuntut hak kami saja. Kalau tidak dapat pupuk, saya yakin petani akan marah,” kata dia. Harga Naik

Kesulitan petani dalam mem­ peroleh pupuk subsidi juga akan dialami pada 2012. Sebab, ber­ dasarkan Peraturan Menteri Per­ tanian Nomor 87/Permentan/ SR.130/12/2011 tentang kebutuhan dan harga eceran tertinggi (HET) pupuk bersubsidi untuk sektor pertanian tahun anggaran 2012, terdapat kenaikan harga untuk semua jenis pupuk bersubsidi. Untuk urea akan mengalami kenaikan dari Rp80 ribu/sak men­ jadi Rp90 ribu/sak atau menjadi Rp1.800/kg. “Mungkin dengan rencana ke­ naikan itu, distributor nakal akan menahan pupuk hingga musim tanam 2012. Kalau tidak begitu, sekarang ke mana pupuk subsidi jatah petani?,” ujarnya. Demikian halnya dengan kios pupuk resmi, Yanto, yang juga mengaku belum mendapat pen­ jelasan dari pihak distributor. “Belum ada kabar dari distribu­ tor, ini juga sudah ada beberapa gapoktan yang menanyakan itu,” ujarnya. (HER/D-2)

REFLEKSI AKHIR TAHUN

Bupati Minta Media Bantu Awasi Pembangunan KALIANDA (Lampost): Bupati Lampung Selatan meminta media massa ikut membantu mengawasi dan mengontrol pembangunan di kabupaten itu. Pasalnya, aparatur pemerintah di lingkup Pemkab setempat tidak mampu men­ jangkau semuanya dalam hal pengawasan. “Memang kami akui, tangantangan aparatur pemerintah tidak dapat menjangkau semuanya dalam hal pengawasan Untuk itu, saya mengajak media massa untuk ikut melakukan pengawasan da­ lam pembangunan di kabupaten ini,” ujar Rycko Menoza, dalam acara refleksi akhir tahun 2011 antara Pemkab Lampung Selatan dan insan pers, Kamis (29-12), di Aula Rajabasa, Pemkab setempat. Dalam kesempatan itu, Rycko Menoza memaparkan pendapatan daerah 2011 mengalami peningka­ tan senilai Rp226,270 miliar atau 29,37%. Jika pada 2010 pendapatan daerah Rp770,528 miliar, 2011 naik senilai Rp996,798 miliar. Dari nilai pendapatan itu, kontribusi PAD senilai Rp67,603 miliar. Rycko menjelaskan sejalan de­ ngan visi misi Lampung Selatan, yakni Terwujudnya Kabupaten Lampung Selatan yang maju dan sejahtera berbasis ekonomi ke­ rakyatan, pencapaian pemba­ ngunan 2011, antara lain di bidang

pertanian dengan memberikan bantuan benih padi nonhibrida kepada 560 kelompok tani di 17 kecamatan, dan di bidang peternakan dengan menerapkan aplikasi teknologi usaha ternak rakyat dengan metode kawin sun­ tik atau inseminasi buatan (IB) di Kecamatan Tanjungsari yang kini berhasil semakin baik. “Di mana, angka kelahiran ternak sapi telah mencapai 665 ekor,” kata dia. Lalu, kata Rycko, pembangunan di Bidang Kelautan dan Perikan­ an telah berhasil meningkatkan produksi budi daya ikan lele di atas target nasional sebesar Rp169,21 ton. Kabupaten Lampung Selatan berha­ sil memproduksi ikan lele sepanjang tahun 2011 mencapai 386,70 ton. Sedangkan di Bidang Kependuduk­ an dan Catatan Sipil, pemberian akta kelahiran bebas biaya (gratis) bagi bayi usai 0-60 hari, dan di bidang kehutanan, memproduksi bibit tanaman kebun bibit rakyat sebanyak 4,1 juta batang. “Kami berharap apa yang telah dicapai bisa dipertahankan dan yang belum dicapai harus bisa kita capai. Sebab, tahun 2013 kita memiliki hajat yang besar, yakni MTQ. Maka, saya punya prinsip bisa memajukan Kabupaten Lam­ pung Selatan ini dan bagaimana Kota Kalianda ini bisa menjadi kota modern,” kata dia. (TOR/D-2)

BERI SAMBUTAN. Ketua DPRD Tulangbawang Winarti memberi sambutan saat reses ke DP 2 di aula kantor Camat Meraksa Aji, Rabu (28-12).

KEBERSAMAAN. Ketua DPRD Tulangbawang TINJAU JALAN. Ketua DPRD Tulangbawang Winarti Winarti dan Wakil Ketua Syarnubi bersama anggota meninjau jalan di Kecamatan Meraksa Aji dalam saat DPRD DP 1 foto bersama para kepala kampung reses di DP 2, Rabu (28-12). dan tokoh masyarakat saat reses di kantor Camat FOTO-FOTO : LAMPUNG POST/RIAN PRANATA Gedungmeneng, Kamis (29-12).

telah bekerja keras dan beru­ saha dalam penganggaran 2012 memprioritaskan kebutuhan masyarakat. Sebab, sebagai ang­ gota DPRD Tuba yang dipilih

langsung oleh masyarakat, ten­ tunya kebutuhan masyarakat akan menjadi topik utama dalam penyusunan anggaran. “Kami selalu membuka pintu

±

selama 24 jam. Sebagai wakil rakyat, itulah upaya pengabdian kami guna membangun Tuba, baik dalam bidang SDM atau SDA,” kata Winarti. (ATA/D-2)

±

n LAMPUNG POST/JUWANTORO

REFLEKSI. Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza, didampingi Wakil Bupati Eki Setyanto, dan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Lamsel Sutono, menyampaikan pencapaian pembangunan 2011 dalam refleksi akhir tahun dengan insan pers di Aula Rajabasa, Pemkab setempat, Kamis (29-12).

CMYK

±

±

±


±

±

CMYK

I 23

Ruwa Jurai

jumat, 30 DesemBER 2011 lampung post

LINTAS

DEMO LMND

Bantuan Insentif Guru Mengaji

Tanggamus Minim Layanan ± Gratis

Warga Tulangbawang Baru Dibegal

±

ABUNGKUNANG—Seorang pemuda bersama keponakannya menjadi korban aksi pembegalan sepeda motor oleh dua pelaku bersenjata api di jalan Desa Bindu, Abungkunang, Lampung Utara, Kamis (29-12), sekitar pukul 17.00. Akibat kejadian itu, salah seorang korban dilarikan ke rumah sakit akibat luka bacok di bagian punggung kiri. Satu unit sepeda motor Honda Absolute hitam BE-4708-VG milik korban dibawa kabur pelaku. Kedua korban tersebut adalah warga Desa Tulangbawang Baru, Bungamayang, Lampung Utara. Korban luka bacok adalah Kastoni (28), sedangkan keponakannya, Andi (14), shock atas peritiwa yang mereka alami tersebut. Kasus itu kini tengah ditangani aparat kepolisian daerah setempat. (HAR/D-1)

Gempar Datangi Pemkab Pesawaran

GEDONGTATAAN—Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Peduli Pesawaran (Gempar) berunjuk rasa di depan kantor Pemerintahan Kabupaten Pesawaran kemarin (29-12). Mereka menuding ada empat pekerjaan di Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pesawaran diduga sarat KKN (korupsi, kolusi, dan nepotisme). Sebelum berorasi di kantor Pemkab, puluhan mahasiswa terlebih dahulu berorasi di kantor Dinas PU Pesawaran. Rodianto, koordinator lapangan, dalam orasinya mengatakan keempat program Dinas PU yang diduga sarat KKN di antaranya proyek pembangunan bendungan jaringan irigasi di Way Cikiri dan Way Maja, Kecamatan Punduhpidada, dengan nilai proyek Rp4 miliar. (IAN/D-1)

FENOMENA ALAM

10 Warga Gunungsari Tersambar Petir PRINGSEWU (Lampost): Sepuluh warga Desa Gunungsari, Kecamat­ an Kedondong, Kabupaten Pe­ sawaran, tersambar petir di sebuah gubuk di tengah sawah, kemarin (28-12), sekitar pukul 15.30. Korban yang rata-rata meng­ alami luka bakar ringan tersebut dilarikan ke poliklinik rawat inap di Kecamatan Ambarawa, Pringsewu, untuk mendapatkan perawatan. Ke-10 orang korban adalah Tu­ kiman (45), Gojel (34), Sukiran (40), Rohyatin (30), Matroni (35), War­ tono (25), Mujito, Wagimun (40), Makhruf (30), dan Masyo (45). Mujito (35) saat ditemui me­ ngatakan awalnya para petani tersebut sedang bekerja me­ ngolah lahan yang akan ditanam padi. Pada saat hujan deras yang disertai petir mereka berteduh di

±

sebuah gubuk di tengah sawah. “Saat hujan kami berteduh di sebuah gubuk yang ada di tengah sawah. Tiba-tiba kilat menyam­ bar gubuk yang berukuran 3 x 3 meter akibatnya gubuk hancur berantakan dan kami yang ada di gubuk terpental,” ujarnya. Saat itu, lanjut Mujito, hanya Matroni yang sadarkan diri, sedangkan sembilan lainnya dalam keadaan pingsan. Matroni langsung minta pertolongan kepada warga sekitar yang dekat dengan areal persawahan. Sementara itu, Rahmat Sukoco, petugas medis Klinik Rawat Inap Welah Kasih, Kecamatan Amba­ rawa, mengatakan dari 10 orang korban, 7 di antaranya mengalami luka bakar ringan dan pada bagian gendang telinga pecah. (ONO/D-1)

±

CMYK

n LAMPUNG POST/YUDHI HARDIYANTO

Bupati Lampung Utara Zainal Abidin menyerahkan bantuan insentif bagi guru mengaji dari 23 kecamatan di sela-sela acara sosialisasi kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) tahun 2012 di aula Gedung Pusiban Agung Kotabumi, Kamis (29-12).

Pemkab Perjuangkan Hak Warga di Register 22 BANYUMAS (Lampost): Pemkab Pringsewu berjanji memperjuangkan kembalinya hak warga untuk dapat kembali mengolah lahan mereka di Register 22 Way Waya. Sementa ra pu lu ha n wa rga Pekon Giri Tunggal, Kecamatan Pagelaran, kemarin (29-12), hanya bisa melihat dengan tatapan ko­ song ke arah puluhan hektare sawah yang sejak 12 tahun lalu tidak lagi bisa digarap dan kini telah berpindah tangan. Kepada Lampung Post, Firman, salah satu pemilik lahan di Giri­ tunggal, mengatakan sejak 1998 dia tidak bisa menguasai lahannya. Ironisnya, lahan miliknya itu telah berubah kepemilikan. Namun, kehadiran Sek kab Pringsewu Idrus Effendi yang di­ dampingi Asisten I Firman Mun­

n ADVERTORIAL

tako, para pejabat eselon II, III, dan anggota DPRD di antaranya Zulmar, Syafruddin, Taufiqur­ rachim, dan Junianto ke lokasi konflik membawa harapan baru bagi warga Giritunggal, kelak la­ han lahan mereka dikembalikan. Sekkab Pringsewu Idrus Effendi berjanji memperjuangkan hak-hak warga yang selama ini telah hilang. Kepada warga yang berkonflik, diminta segera menyampaikan bukti-bukti hak kepemilikan la­ han mereka. “Baik pemilik lama ataupun pemilik baru, silakan me­ nyampaikan surat-menyurat yang dimiliki untuk dijadikan bahan

pembahasan bersama Dewan.” Kedatangan tim bentukan Pem­ kab Pringsewu ke lokasi tidak mendapatkan peta pasti batas ka­ wasan Register 22. Pasalnya, se­ bagian warga menyatakan batas ka­ wasan Register 22 berada di bawah Way Waya, sebagian lain menyebut batas register berada di gunung sekitar 1 kilometer dari lokasi. Mengetahui kesimpangsiuran data, dia lalu memerintahkan Kabid Kehutanan Turmuhidin menyiapkan peta kehutanan, se­ hingga batas antara register dan peta lahan marga bisa jelas. Sebagaimana dikhawatirkan banyak pihak, sengketa lahan Register 22 Way Waya di Pekon Madaraya, Neglasari, Sumber­ bandung, Kecamatan Pagelaran, Pringsewu, rawan konf lik bila

tidak diantisipasi sejak dini. Guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, Dewan Pengurus Serikat Tani Indonesia (Sertani) meminta Bupati Pringsewu mem­ bentuk tim khusus yang bertugas menangani sengketa lahan di register tersebut. Termasuk men­ indaklanjuti proses tuntutan petani kepada Menteri Kehutanan RI yang meminta agar SK Menhut Nomor 742 dibatalkan/dicabut kembali. “SK Menhut Nomor 742 terse­ but selain cacat hukum, juga telah menimbulkan kerugian material serta kecemasan spiritual di ka­ langan kaum tani. Dan sebagai bukti nyata adanya pelanggaran hak-hak ekonomi, sosial, dan budaya terhadap kaum tani yang juga warga negara Indonesia,” katanya. (WID/D-1)

KOTA AGU NG (Lampost): Program kesehatan gratis yang selalu digembar-gemborkan tak sesuai fakta disuarakan LMND (Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi) dalam unjuk rasa mengelilingi kompleks Pemkab setempat, kemarin (29-12). Koordinator lapangan (kor­ lap) LMND, Fhocklain Aprito, menilai Tanggamus sebagai kabupaten yang kaya akan sum­ ber daya alam (SDA) semestinya mempermudah dan memenuhi layanan terhadap masyarakat. Akan tetapi, yang terjadi layanan pendidikan, kesehat­ an, perekonomian, dan layan­ an infrastruktur lainnya yang diberikan selama ini tidak membuat masyarakat puas. Hal ini diperparah dengan adanya tangan-tangan asing yang menguasai aset-aset daerah dan eksploitasi kekayaan alam yang seyogianya mampu untuk men­ cukupi kebutuhan daerah. L M N D ju g a m e nyoro t i biaya pendidikan, khususnya u nt u k t i ng kat SM A y a ng tinggi. Pasalnya, banyak siswa lulusan SMP yang putus seko­ lah karena orang tua mereka tidak mampu membiayai. Hal lainnya, LMND menun­ tut agar pembangunan dan perba i ka n fa si l ita s u mu m diprioritaskan, pupuk murah dan berkualitas untuk petani, membangun Balai Latihan Kerja (BLK), berantas korup­ si, serta sita harta koruptor da n ya ng tera k h i r ada la h teknologi murah, massal serta modern untuk petani. (*/D-1)

±

TAHUN BARU ISLAM

Bupati Aries Sandi Harapkan Respons Masyarakat Pesawaran

Bupati Pesawaran Aries Sandi memberikan sambutan pada peringatan Tahun Baru Islam yang berlangsung di halaman Pemkab Pesawaran.

Ny. Ria Resti Aries Sandi, Ny. Musiran, dan Ny. Kesuma Dewangsa berfoto bersama dengan tim nasyid pada peringatan Tahun Baru Islam.

±

GEDONGTATAAN—Pemkab Pesawaran menggelar peri­ngatan Tahun Baru Islam 1433 di halam­ an Pemkab setempat, kemarin (29-11). Dalam peringat­a n itu, Bupati Pesawaran Aries Sandi Dharma Putra memberikan ban­ tuan kepada 98 rumah ibadah, 140 guru mengaji, 133 petugas pencatat nikah (PPN), 14 pondok pesantren (ponpes), dan 14 ma­ drasah, serta 35 taman pengajian Alquran (TPA). Dalam sambutannya, Bupati Aries Sandi mengatakan hijrah Nabi Muhammad saw. dari Me­ kah ke Madinah telah membawa perubahan besar terhadap per­ adaban umat manusia, perubah­ an dari zaman jahiliah menuju peradaban madaniah. Teladan yang diberikan oleh Rasulullah saw. itu memberi­ kan inspirasi penting untuk membangun sebuah peradaban baru di masa yang akan datang.

±

“Kita dapat mengambil pela­ jaran bagaimana beliau mulai membangun peradaban Islam dari tataran individual menuju tataran sosial yang lebih baik,” kata Aries Sandi. Pada tataran individual, Ra­ sulullah menegakkan akidah na fsia h, ya it u menega k ka n akidah dalam diri setiap insan. Hal ini mengandung makna bahwa segala sesuatu yang kita renca na ka n u nt u k ber uba h justru harus dimulai dengan melakukan perubahan dari diri sendiri. Perubahan yang kemudian leb­ ih meluas membangun komitmen bersama ke arah pembentuk­a n sebuah tatanan kehidupan yang diterapkan pada masyarakat Madinah. Rasulullah memba­ ngun sebuah konsep syariah istimayah, yaitu konsep hukum kemasyarakat­a n yang meliputi penegakan hukum, sosial, politik

CMYK

dan ketatanegaraan. “Dari Madinah kita menyak­ sikan apa yang dikenal dengan persamaan di depan hukum dan pemerintahan, dipraktekkan secara bermartabat dan beradab, dari Madinah pula kita menyak­ sikan bagaimana hukum dite­ gakkan, demikian juga dengan kerja sama antarke­lompok yang berbeda keyakinan agamanya, tentu masih banyak pelajaran berharga yang kita petik dari Rasulullah.” ‘Hijratul Nafsiah’

Selanjutnya, umat Islam di Kabupaten Pesawaran sudah tida k relevan lagi berhijra h berbondong-bondong, seperti hijrahnya Rasul, mengingat kita sudah bertempat tinggal di ne­ geri yang aman, di negeri yang dijamin kebebasannya untuk beragama. Tapi wajib untuk hijrah dalam

makna hijratun nafsiah dan hijratul amaliyah, yaitu per­ pindahan secara spiritual dan intelektual, perpindahan dari kekufuran kepada ke­i manan, dengan meningkatkan semangat dan kesungguhan dalam beriba­ dah, perpindahan dari kebodoh­ an kepada pe­n ingkatan ilmu, dengan mendatangi majelismajelis taklim, perpindahan dari kemiskin­a n kepada kecukupan secara ekonomi, dengan kerja keras dan tawakal. “Untuk itu, saya mengharapkan respons positif dari masyarakat terhadap pelaksanaan berbagai program pembangunan dan kebijakan pemerintah, secara ra­ sional, proporsional, konstruktif, dan objektif.” Masih banyak agenda yang harus diraih, seperti masalah kesejahteraan masyarakat, perce­ patan penanggulangan kemiskin­ an, pengangguran, penyakit

±

±

masyarakat, dan lain-lain. “Hal ini tentu menjadi tantangan di tahun ke depan yang harus kita jawab dengan karya nyata yang bermanfaat.” (SWA/D-1) FOTO-FOTO : LAMPUNG POST/MEZA SWASTIKA

Bupati Pesawaran Aries Sandi memberikan sejumlah bantuan kepada pengasuh pondok pesantren (ponpes).

Bupati Pesawaran Aries Sandi terlihat mendengarkan ceramah agama dalam peringatan Tahun Baru Islam.

CMYK

±


–

LINTAS Pedagang Kacamata Tewas Kecelakaan CANDRAKENCANA̶Jalan raya sempit di Kampung Candrakencana, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Tulangbawang Barat, kembali menelan korban. Nursani Samosir (30), pedagang kacamata, warga Kampung Candrakencana, tewas setelah sepeda motor yang dia kendarai, Honda BE-4095-Q, diserempet mobil dari belakang, Selasa (27-12), sekitar pukul 18.30. Warga membawa korban ke puskesmas terdekat, tapi akibat luka parah di kepala, korban lalu dirujuk ke rumah sakit di Bandarjaya. Namun, korban meninggal dunia dalam perjalanan. Kapol Pos Lakalantas Margomulyo, Tulangbawang Barat, Briptu Sukiman, mengatakan Nursani Samosir pulang dari Pasar Mulyoasri. Di depan SDN 3, Mitsubishi Colt L300 BE-9689-T yang dikemudikan Sudomo (40) menyerempet setang sepeda motor korban sehingga terjatuh dan kepalanya membentur aspal. (UNA/R-2)

I 24

APBD Way Kanan Disahkan dihadiri 26 dari 40 anggota, akhirnya DPRD Way Kanan menyetujui dan mengesahkan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Tahun 2012, Kamis (29-12).

KRUI̶Pembangunan jalan lingkar dari Simpang Pahmung̶ Simpang SDN 1 Pasar Krui, Kecamatan Pesisir Tengah, Lampung Barat, yang melewati Terminal dan Pasar Way Batu diharapkan dapat mengatasi kemacetan dan kesemrawutan lalu lintas serta meningkatkan perekonomian warga setempat. Helwi (40), warga setempat, Kamis (29-12), mengatakan kemacetan tersebut terjadi karena angkutan umum berhenti seenaknya walaupun di tempat yang dilarang untuk mencari penumpang. Dulu angkot enggan masuk terminal karena jalannya jelek, kalau sekarang tidak ada alasan lagi tidak masuk ke sana karena jalannya sudah di-hotmix , ujarnya. Hal senada disampaikan seorang pedagang di Pasar Way Batu, Iwel. Dia optimistis pembangunan jalan sepanjang 1,5 km tersebut dapat meningkatkan transaksi di pasar tersebut. Masyarakat akan lebih banyak lagi belanja di sini karena jalannya sudah bagus, kata dia. (*/D-3)

Lambar Luncurkan Sistem LPSE

–

„ LAMPUNG POST/ELIYAH

LUNCURKAN LPSE. Wakil Bupati Lampung Barat Dimyati Amin didampingi Kasubdit Lembaga Kebijakan Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Selamet Budiharto meluncurkan layanan pengadaan barang dan jasa secara elektronik (LPSE) di aula Pemkab setempat, Rabu (28-12).

–

BLAMBANGAN UMPU (Lampost): Meskipun hanya

Jalan Lingkar Pengurai Kemacetan

LIWA̶Pemerintah Kabupaten Lampung Barat melalui Bagian Pembangunan, Rabu (28-12), meluncurkan sistem layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) sekaligus sosialisasi dan pelatihan di lingkungan Pemkab setempat. Peluncuran LPSE diikuti seluruh perwakilan satuan unit kerja di Pemkab Lambar dan menghadirkan Kasubdit Pengeloloaan dan Pembinaan LPSE dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP), Selamet Budiharto. Wakil Bupati Dimyati Amin saat membuka acara menyatakan sistem pengadaan barang dan jasa pemerintah secara elektronik merupakan amanat Perpres Nomor 54/2010 Pasal 131. Sosialisasi dan pelatihan LPSE ini dapat menjadi momentum untuk membangun suatu sistem yang profesional, andal, dan memiliki transparansi sehingga menjamin keberhasilannya. Sementara itu, Selamet Budiharto dalam penjelasannya mengatakan Lambar merupakan kabupaten yang ke-8 di Provinsi Lampung yang telah melaksanakan LPSE setelah Provinsi Lampung, Kota Bandar Lampung, Kota Metro, Lampung Selatan, Lampung Utara, Pesawaran, dan Lampung Timur. (ELI/D-3)

–

CMYK

Ruwa Jurai

JUMAT, 30 DESEMBER LAMPUNG POST

–

–

CMYK

„ LAMPUNG POST/*

TERIMA BERKAS. Kajari Liwa Rahmad Triyono menerima berkas laporan pengaduan dugaan korupsi percetakan sawah fiktif di Kecamatan Suoh dari tahun 2009̶2011 dari perwakilan LSM di Kejari setempat, Rabu (28-12).

PENGADUAN LSM

Firmanyani Bantah Kelola Proyek LIWA (Lampost): A nggota DPR D P rov i n si L a mpu n g Firmanya ni membanta h pernyataan salah satu penggiat LSM di Lampung Barat terkait dengan proyek pembangunan jalan di Kecamatan Lumbokseminung sebagai miliknya. Saat dikonfirmasi via ponselnya, Kamis (29-12), Firman menilai pernyataan tersebut hanya mengada-ngada dan tidak seperti yang terjadi di lapangan. “Saya tidak tahu siapa pemilik proyek itu, dan silakan saja dicek siapa direktur pelaksananya karena itu bukan punya saya,” ujar dia. Namun, dia mengakui sebagai salah satu anggota yang

ikut memperjuangkan pengusulan pembangunan jalan di Kecamatan Lumbokseminung sampai terealiasi melalui anggaran provinsi tahun 2011 dan kini tengah dalam pengerjaan. “Memang benar saya ikut mengusulkan, bahkan tahun 2012 saya juga masih memperjuangkan pembangunan jalan menuju Kecamatan Suoh.” ujar politisi Partai Demokrat itu. Sebelumnya, penggiat LSM Merah Putih di Lambar Azis, saat beraudiensi dengan Kajari Liwa Rahmad Triyono bersama beberapa penggiat LSM lain, Rabu (28-12), mengatakan proyek pembangunan jalan di Kecamatan Lumbok diduga dikerjakan

oknum anggota Dewan Provinsi berinisial Fy, yang seharusnnya tidak mengejakan proyek tersebut karena merupakan wakil rakyat. “Pak Kajari kami minta proyek jalan di Lumbok diusut karena yang ngerjain itu anggota Dewan,” kata dia. Kepada Kajari, Azis mengaku telah menanyakan kepada penyuplai aspal dan beberapa material proyek jalan provinsi itu. Mereka mengaku material tersebut diperuntukkan proyek yang dikelola Fy. “Saya sudah tanya dan ada rekamannya mereka mengakui itu proyek Fy. Seharusnya tidak boleh anggota Dewan main proyek,” terang dia. (*/D-3)

Sidang paripurna pengesahan RAPBD yang hanya dipimpin Wakil Ketua I Edi Rusdiyanto itu sebelumnya sempat diskors satu jam. Pasalnya, dari 40 anggota Dewan, hanya hadir 25 orang, sehingga sidang tidak kuorum. Sesuai dengan tata tertib paripurna, untuk kuorum minimal 2/3 dari total jumlah anggota wakil rakyat harus hadir. Selama skors akhirnya bertambah satu anggota Dewan, yakni Wayan Mangku Suwarne. Dengan jumlah 26 anggota, sida ng pa ripu rna dia nggap kuorum serta dapat dilakukan paripurna pengesahan RAPBD 2012. Dari 14 anggota Dewan yang absen, hanya 4 yang membuat izin tertulis. Dalam laporan Badan Anggaran Legislatif disampaikan struktur APBD tahun 2012 surplus Rp12,5 miliar, dengan jumlah pendapatan Rp706 miliar. Sedangkan jumlah belanja tidak langsung Rp400 miliar dan belanja langsung hanya Rp293 miliar dengan jumlah keseluruhan belanja Rp694 miliar. Dalam sidang paripurna yang dihadiri Bupati Bustami Zainudin Kanan dan Wakil Bupati Raden Nasution itu hanya lima wakil rakyat yang memberikan pandangan umum. Di antaranya saran agar anggaran koordinasi dinas instansi pada tahun 2012 dikurangi. “Karena hal ini terkesan pemborosan dan perlu ditinjau kembali,” kata Romli. Dalam pandangan umumnya

anggota Dewan Maharatu menyoroti sidang paripurna RAPBD. Dia menganggap pelaksanaan dan tahapan pengesahan nota anggaran 2012 telah melalui mekanisme dan prosedur pembahasan. “Jangan menjerit untuk kepentingan rakyat dan jangan ada apa-apa di belakangnya,” ujar dia. Meskipun tanpa dihadiri Ketua DPRD Way Kanan Marsidi Hasan dan wakil Ketua II Yozirizal, sidang paripurna akhirnya menyetujui RAPBD 2012 disah-

‘‘

Dengan jumlah 26 anggota, sidang paripurna dianggap kuorum serta dapat dilakukan paripurna pengesahan RAPBD 2012. kan menjadi perda. Selanjutnya, dilakukan penandatanganan nota anggaran keuangan tersebut antara Bupati Way Kanan dan DPRD kabupaten setempat. Dalam sambutanya, Bustami Zainudin mengatakan dengan telah ditandatanganinya persetujuan sekaligus pengesahan APBD 2012, selanjutnya dilakukan evaluasi oleh Pemprov. “Hal ini untuk menyelaraskan dan menyinergikan pembangunan yang dianggarkan.” (LEH/R-2)

–

PEMBANGUNAN MASJID

Bupati Tulangbawang Donasikan Rp200 Juta

„ LAMPUNG POST/GUNTUR TARUNA

SERAHKAN BANTUAN. Bupati Abdurrachman Sarbini menyerahkan bantuan Rp200 juta bagi pembangunan Masjid Nur Iman kepada pengurus masjid di Kampung Tiuh Thoho, Kecamatan Menggala, Selasa (27-12) malam.

MENGGALA (Lampost): Bupati Tulangbawang Abdurrachman Sarbini memberikan bantuan termin kedua Rp200 juta dari total Rp500 juta untuk pembangunan Masjid Nur Iman, Kampung Tiuh Thoho, Kecamatan Menggala, Selasa (27-12). Sedangkan bantuan termin pertama diserahkan tahun 2009 sebesar Rp300 juta. Dengan bantuan ini, bangunan masjid diharapkan selesai dalam enam bulan ke depan. Menurut Bupati, program pembangunan yang dilaksanakannya juga termasuk di bidang keagamaan. Salah satunya membantu pembangunan Masjid Nur Iman yang letaknya strategis, di pinggiran jalan lintas timur. “Masjid ini selain sangat bermanfaat bagi warga sekitar, juga berguna bagi warga yang sedang dalam perjalanan. Mereka ia bisa mampir untuk menunaikan salat di masjid ini,” ujarnya saat meyerahkan bantuan di masjid setempat kemarin. Seda ng ka n Mu ha m mad Hasim, ketua pembangunan Masjid Nur Iman, mengatakan pembangunan masjid ini dibangun sejak Sabtu, 8 Agustus 2009.

–

–

CMYK

–

Pembangunan dimulai dengan membongkar bangunan masjid lama yang berdiri sejak tahun 1980-an karena fondasi dan dindingnya banyak yang retak. Semula warga hanya akan merehab bangunan masjid ini. Namun, saat dipugar diketahui fondasi bangunan hanya sedalam 20 cm, sehingga tidak memungkinkan memakainya untuk bangunan baru. Setelah pengurus masjid dan warga bermusyawarah, diputuskan untuk membangun ulang masjid dengan kapasitas lebih besar. “Pembangunan Masjid Nur Iman dimulai sejak tahun 2009 dengan bantuan dana hibah dari Bupati Tulangbawang Abdurrachman Sarbini sebesar Rp300 juta. Rencananya, masjid ini akan dibangun dua lantai,” kata Muhammad Hasim. Dia berharap Masjid Nur Iman berukuran 20 m X 20 m yang berdiri di atas tanah 50 m X 40 m ini bisa menjadi kebanggaan semua. Untuk menyelesaikan pembangunan masjid ini, masih banyak dibutuhkan dana dan bahan bangunan, sehingga panitia sangat mengharapkan sumbangan, baik dana maupun lainnya. (UNA/D-3)

CMYK

–

–


±

±

CMYK

CMYK

I 25

Lampung Post I 25

±

I TERBIT SETIAP JUMAT I Edisi 30 Desember 2011 I

Pakaian Dalam

±

±

Tak Hanya Sekadar Mode

KALAU dulu pakaian dalam hanya ditawarkan dengan desain

dan motif yang lebih sederhana. Seiring dengan perkembangan mode, kini pakaian dalam juga menjadi fashion yang berkembang sesuai dengan tren mode saat ini. Tapi ingat memilih pakai­an dalam bagi seorang wanita tak hanya memperhatikan model, fleksibilitas maupun penampilan, faktor kesehatan juga menjadi pertimbangan utama. Untuk kesehatan organ intim, mi­salnya, sebaiknya tidak memakai pakaian dalam berbahan satin. Apalagi jika Anda memiliki aktivitas yang cukup padat. Misalnya, saat kuliah, bekerja, atau berlibur. Vagina akan menjadi lembap karena bahan satin tidak menyerap keringat. Cukup gunakan saat Anda tidur di malam hari. Khusus model, tampaknya model lingerie yang seksi sangat diminati wanita masa kini. Pakaian dalam yang seksi ini biasanya juga menjadi kado pilihan yang diberikan oleh orang-orang tercinta. Bahkan, pakaian dalam ini menjadi kado yang paling disukai kaum wanita. Selain itu, pakaian dalam wanita dengan motif macan, atau renda-renda yang lucu kini banyak diminati masyakarat. Di Lampung, biasanya kaum wanita memburu pakaian dalam di mal-mal, seperti Superstore Chandra, Matahari Department Store, dan Centerpoint Lampung. Berbeda dengan pakaian dalam dengan model sangat biasa, lingerie ini didesain lebih modis dan lebih enak dipakai. Bahan-bahan yang digunakan untuk lingerie ialah sutra, polister, satin, lycra, nilon, dan lace. Lingerie ini amat sangat diminati para wanita karena dapat menunjang kecantikannya di atas ranjang. Dengan menggunakan model lingerie yang seksi dan dengan warna dan motif yang indah akan membuat penampilan semakin seksi. Salah satu merek lingerie yang paling terkenal dan selalu mendesain lingerie dengan mewah dan seksi adalah Victoria’s Secret. Dibandingkan dengan pakaian dalam pria, pakaian dalam wanita dijual lebih terbuka. Lihat saja di berbagai pasar atau mal-mal yang ada,

±

pakaian dalam wanita selalu ditampilkan dalam keadaan terbuka, digantung dengan menggunakan hanger, atau dipasang langsung pada patung boneka. Sebaliknya jika Anda membeli pakaian dalam pria. Selalu dalam bentuk dan kemasan yang lebih eksklusif, diletakkan dengan rapi dalam kotak khusus dan hanya berisi 3 helai saja. Meskipun harganya tidak terlalu mahal, kesan yang ditam­ pilkan lebih berkelas dibanding dengan pakaian dalam wanita. Belum pernah dijumpai pakaian dalam pria yang dijual selayaknya pakaian dalam wanita, terbuka, ditumpuk dalam boks, dan dikerumuni para pria. Aneh bukan. Berdasarkan penelitian, pria juga jarang sekali membeli pakaian dalamnya sendiri. Pakaian dalam pria lebih sering dibelikan oleh ibu atau istrinya. Menurut survei yang dilakukan pusat perbelanjaan asal Inggris, Debenhams, pria membeli pakaian dalam sendiri hanya sekitar 17 tahun. Dari survei diketahui, rata-rata pada usia 19 hingga 26 tahun pria mulai membeli celana dalam sendiri. Lalu pada usia 26 tahun ke atas pria mulai membeli boxer sendiri. Pada usia 23 tahun aktivitas membeli celana dalam sendiri paling tinggi. Lalu akan semakin menurun hingga usia 33 tahun. Pria akan semakin jarang membeli pakaian dalam sendiri. Jika membeli, juga lebih sering ditemani pasang­annya. Kemudian setelah usia 44 tahun, pria tidak lagi membeli pakaian dalam sendiri. Hal itu karena mereka sudah menikah atau dalam hubungan yang stabil. Pakaian dalam dan segala kebutuhannya pun diurus oleh istri. Pria memang cenderung menyerahkan segala pengaturan kebutuhan pribadinya pada pasangan. Bagaimana dengan Anda? n

±

±

± Tips Membeli Pakaian Dalam SETIAP wanita harus memiliki beberapa pasang pakaian dalam untuk berbagai kesempatan. Ada begitu banyak pilihan jenis pakaian dalam, dan mungkin Anda kebingungan kapan saat yang tepat menggunakannya. Untuk memilih pakaian dalam yang tepat dan sesuai cobalah trik berikut.

- Warna Jika Anda menggunakan pakaian lembut dan transparan, pilihlah warna pakaian dalam yang sama dengan warna kulit. Jika kulit Anda cenderung terang, pilihlah yang berwarna cokelat muda, tetapi jika gelap pilihlah yang cokelat gelap.

- Pastikan pakaian dalam tidak terlihat Saat mengenakan pakaian dalam, pastikan tidak terlihat saat Anda duduk. Terutama, saat menggunakan jins low cut. Saat ini sudah ada banyak celana dalam yang khusus diciptakan saat Anda menggunakan jins low cut.

- Pilih ukuran yang pas Jika saat duduk, Anda tidak nyaman dengan pakaian dalam yang dikenakan tandanya ukurannya terlalu kecil. Cobalah pilih satu nomor yang lebih besar. Jangan menggunakan pakaian dalam yang terlalu sempit karena tidak baik kondisi organ intim Anda.

- Tutupi kekurangan Jika paha Anda cukup besar dan tidak kencang, Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan pakaian dalam yang tepat. Pilihlah yang bisa menutupi dan membuat paha terlihat lebih kencang. Pakaian dalam jenis ini merupakan “modal” penampilan Anda di berbagai suasana.

- Sesuaikan dengan kegiatan Sebaiknya tidak memakai pakaian dalam berbahan satin jika Anda memiliki aktivitas yang cukup padat. Misalnya, saat kuliah, bekerja, atau berlibur. Vagina akan menjadi lembap karena bahan satin tidak menyerap keringat. Cukup gunakan saat Anda tidur di malam hari.

- Teliti dahulu sebelum membeli Tidak disarankan memakai pakaian dalam yang sudah robek, karetnya melar, atau bentuk pakaian dalamnya yang sudah berubah.

lokasi:

Superstore Chandra n

fotografer:

ikhsan dwi nursatrio

±

CMYK

±

CMYK

±


±

CMYK

±

I 26

Lampung Post I 25

CMYK

±

I TERBIT SETIAP JUMAT I Edisi 30 Desember 2011 I

±

±

±

±

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±


±

CMYK

±

I 27

Lampung Post I 25

CMYK

±

I TERBIT SETIAP JUMAT I Edisi 30 Desember 2011 I

±

±

±

±

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±


±±

±±

CMYK CMYK

I 28

Lampung Post I 25

CMYK CMYK

±±

I TERBIT SETIAP JUMAT I Edisi 30 Desember 2011 I

Menyantap Satai

±

±

Nikmat Malam Hari MENIKMATI satai kambing muda dengan daging yang empuk dilengkapi bumbu kecap atau kacang, tentu saja sangat nikmat. Apalagi bila daging satai disajikan dengan menggunakan hotplate. Membuat aroma daging kambing ini semakin harum dan mengundang selera. Satai Utami Solo

Jalan Patimura, Telukbetung, Bandar Lampung.

Satai Cak Umar

di Jalan Raden Intan, Tanjungkarang Pusat, Bandar Lampung

±

Satai Bontet Ria

Jalan Gatot Subroto, Bandar Lampung.

M e ­ nikmati satai pun kini tidak hanya malam hari. Warung satai yang ada di Lampung kini mulai melayani konsumen sejak siang hari. Saat ini, bisnis kuliner dengan menu satai dapat dijumpai di berbagai lokasi di Bandar Lampung, mulai dari pinggir hingga tengah kota bisa kita jumpai usaha kuliner ini. Kita bisa menikmati sajian satai daging kambing ini di Satai Bontet Jalan Yos Sudarso, Panjang. Untuk me­ nikmati satai di tempat ini, konsumen bisa memesan daging yang diinginkan. Misalnya daging kambing spesial tanpa lemak, hati atau jeroan, atau daging kambing berlemak. Bagi konsumen yang menyukai sa­ jian satai dengan bumbu kacang, bisa memesannya lengkap dengan taburan bawang goreng. Bila ingin menikmati satai dengan bumbu kecap saja, juga tak kalah nikmatnya. Kecap yang dilengkapi dengan irisian cabai rawit dan bawang merah mentah ini sangat nikmat. Daging satai terasa lebih segar dan nikmat karena disajikan dengan meng­ gunakan hotplate. Asap yang keluar ketika daging diletakkan di atas hotplate menggugah selera konsumen. Selain satai kambing, tersedia pula satai ayam dan sup. Lain halnya dengan Satai Utami dan

Satai Luwes. Satai Utami dan Satai Luwes ini menyajikan satai de­ ngan ukuran potongan da­g ing sedikit lebih besar. Satai Utami yang terletak di Jalan Pattimura ini juga selalu ramai dikunjungi konsumen. Demikian pula Satai Luwes. Selain daging satai kam­ bing, satai ayam, tongseng dan gulai juga tersedia di sini. Satai Cak Umar di Jalan Raden Intan juga bisa menjadi alternatif pilihan konsumen. Di sini, rasa satai yang disajikan merupakan khas satai madura. Cara pemanggangan yang sempurna membuat daging satai matang sempurna, dan tentu saja sangat nikmat ketika disantap. Santap satai juga ditemui di pinggiran jalan utama di Bandar Lampung. Santap satai di pinggiran jalan ini juga menam­ bah suasana tersendiri bagi penggemar makanan satai. Untuk menu, terkadang konsumen juga bisa menambahkan acar men­ timun, bila menyukainya. Pedagang satai juga menawarkan satai yang dinikmati dengan nasi atau lontong. Heemmm, membayangkan aroma satai yang keluar ketika dipanggang menggunakan arang, membuat satai banyak dijadikan alternatif lauk makan bagi masyarakat Lampung. Bahkan satai pun kini disajikan seba­ gai pelengkap hidangan pesta. Baik pes­ ta pernikahan, ulang tahun, atau acara-acara kantor. Untuk satu porsi satai berisi 10 tusuk satai biasanya dikenai tarif se­ harga mulai Rp20 ribu per porsi. (WIN/E-1)

±

Satai Luwes

di Jalan K.H. Mansyur, Rawalaut, Bandar Lampung.

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±

Lampung Edisi Edisi, Jum'at 30 Desember 2011  

Lampung Edisi Edisi, Jum'at 30 Desember 2011

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you