Page 1

–

–

CMYK

Terbit Sejak 1974 Harga Eceran Rp3.000/Eks Sirkulasi: (0721) 788999 Layanan Umum: (0721) 783693

Iklan: (0721) 774111 SMS: 0815 4098 5000 Redaksi (0721) 773888 SMS: 0812 7200 999

–

Hlm. 16

Hlm. 17

Hlm. 22

Tomat rasa kurma cocok untuk hidangan berbuka puasa.

Kepindahan Wesley Sneijder ke MU menemui titik terang.

Pembangunan tahap awal Metro Mega Mal bakal molor lagi.

www.lampungpost.com

BURAS

SUAP WISMA ATLET

H. BAMBANG EKA WIJAYA

Nazaruddin Dideportasi

KATA peribahasa, sejauh-jauh bangau terbang kembali ke kubangan juga! Begitulah Nazaruddin, sejauh-jauh ia terbang dengan pesawat carter ke Cartagena, kota pantai sisi tenggara Karibia, akhirnya dengan pesawat dan pengawalan gratis kembali ke kubangan! ujar Umar. Welcome home, Nazaruddin! Sejak kabur ke luar negeri 23 Mei, meskipun secara praktis ia cuma melancong ke belahan bumi lain, tujuan sesungguhnya Nazaruddin kabur̶untuk melakukan perlawanan terhadap usaha-usaha penumbalan dirinya̶sudah terlampiaskan secara maksimal! sambut Amir. Setidaknya ia sempat membuat tameng yang menabiri dirinya dari intervensi politik terhadap proses hukum! Sebab, dengan peluru yang ia berondongkan dari luar negeri, Nazaruddin berhasil menabalkan diri sebagai tokoh penting bagi pemberantasan korupsi di jantung kekuasaan̶dalam posisinya selaku bendahara umum partai penguasa! Posisi Nazaruddin selaku bendahara umum partai penguasa, jabatan yang relevan dengan tindakan korupsinya! Sebab, kalau cuma Nazaruddin bocah gembala sapi di Bangun, Simalungun, tempat ia dilahirkan, tak bakalan bisa mengatur komisi proyek wisma atlet dan Sport Center Hambalang! tegas Umar. Tindak pidana memang dilakukan perorangan atau kerja sama beberapa orang, tapi tindak pidana korupsi hanya bisa dilakukan jika ada dasar kekuasaan dan tak terlepas dari kepentingan-kepentingan kekuasaan! Jadi, meskipun proses hukum berjalan atas pribadi Nazaruddin, si Nazaruddin itu adalan yang bendahara umum partai, bukan Nazaruddin gembala sapi! Namun, dengan relevansi Nazaruddin sebagai bendahara umum partai, eksistensinya menjadi politisi yang diburu penguasa, bisa dia buat alasan untuk berkelit dengan menggunakan haknya meminta perlindungan hukum pada negara tempat ia berada! timpal Amir. Itu kalau ia mau melakukan perlawanan atas deportasi dirinya ke Indonesia! Contohnya Hendra Raharja, buron koruptor, melalui pengadilan Australia ia ajukan gugatan kalau ia dibawa pulang akan mendapat perlakuan hukum yang tak adil di Indonesia, lalu di penjara Indonesia ia bisa ketularan penyakit HIV! Gugatannya dimenangkan pengadilan, Hendra pun tak bisa dibawa pulang ke Indonesia! Sejauh ini belum ada laporan Nazaruddin akan melakukan perlawanan hukum di Bogota! tegas Umar. Mungkin ia tertangkap setelah merasakan, hidup dalam pelarian tak lebih enak dari terpidana di negeri sendiri̶apalagi kalau banyak uang bisa mengubah ruang penjara jadi istana! ***

KURS

Rp8.530/dolar AS Rabu, 10 Agustus 2011 „ Sumber BI

OASIS

Susu Sapi dan Bayi

–

AHLI gizi dari Universitas Bristol menyatakan bayi berusia di bawah 1 tahun tidak boleh diberikan susu sapi karena terlalu asin. Susu sapi hampir empat kali lebih asin daripada air susu ibu (ASI). Hal tersebut terungkap setelah uji coba membuktikan bayi di bawah 12 bulan yang diberikan susu sapi cenderung memiliki kadar garam tinggi. Dr. Pauline Emmett dan Vicky Cribb, ahli gizi dari Universitas Bristol, menemukan bahwa 70% bayi memiliki terlalu banyak kadar garam dalam tubuh mereka. Memberikan bayi terlalu banyak garam dalam makanan mereka dapat membuatnya kurang mampu merasakan makanan kala dewasa. Dari sisi kesehatan, terlalu banyak memberikan garam pada bayi bisa meningkatkan tekanan darah. Selain itu, pemberian garam terlalu banyak untuk anak-anak juga dapat merusak ginjal mereka. (MI/U-1)

„ ANTARA/REUTERS

NAZARUDDIN DITANGKAP. Polisi Kolombia membawa tersangka pemalsuan dokumen keimigrasian M. Nazaruddin (tengah) di Bogota, Kolombia, Selasa (9-8). Nazaruddin merupakan tersangka kasus suap wisma atlet yang melarikan diri ke Kolombia.

Saat ini sekitar 80% keadaan jalan lintas Sumatera (jalinsum) di Lampung dalam kondisi baik saat arus mudik Lebaran dimulai. Sementara itu, 54% jalan provinsi dalam kondisi rusak. “Tetapi, rusaknya jalan provinsi tidak terlalu mengkhawatirkan karena sebagian besar pemudik menggunakan jalan negara yang kondisinya 80% bagus. Sementara jalan provinsi hanya akan menjadi jalan alternatif,” ujar Kepala Bidang Perencanaan Dinas Bina Marga Lampung M. Zaini tadi malam. Beberapa titik jalinsum yang diperkirakan bisa menghambat kelancaran lalu lintas karena kondisinya belum mulus, antara lain jalan lintas tengah (jalinteng) Jalan Soekarno-HaĴa (by pass) dan Km 75/76, Desa Hatta, Kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan. Jalan Soekarno-HaĴa masih dalam tahap pelebaran dan pembuatan dua jalur sepanjang 18,1 km. “Kalau by pass kan memang baru selesai 2013 mendatang,” kata M. Zaini. Pemasangan gorong-gorong di

Km 75/76 Desa HaĴa juga diperkirakan belum selesai pada arus mudik nanti. Tetapi, ujarnya, paling tidak bisa tetap dilewati. Selain itu, pelebaran jalan menjelang simpang Tegineneng dari arah Bandar Lampung yang belum selesai juga bisa menjadi sumber kemacetan mengingat padatnya arus lalu lintas yang melalui jalur tersebut.

Rusaknya jalan provinsi tidak terlalu mengkhawatirkan karena pemudik menggunakan jalan negara. “Pelebaran belum bisa selesai sampai di persimpangan karena masih terganjal pembebasan lahan,” ujar M. Zaini. M. Zaini mengatakan Dinas Bina Marga juga akan meminta kontraktor membersihkan material, seperti batu dan pasir, serta alat berat pa-

JAKARTA (Lampost): Sikap kooperatif kembali ditunjukkan Kolombia. Setelah membantu penangkapan buron, Muhammad Nazaruddin, di Cartagena, Kolombia menyetujui pemulangan mantan Bendahara Umum Partai Demokrat itu melalui jalur deportasi alias pengusiran. “Pemerintah Kolombia sudah dapat menerima yang kami sampaikan itu,” kata Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (10-8). Indonesia sudah menyerahkan sejumlah dokumen tentang kasus hukum yang melibatkan Nazaruddin. Namun, Marty tidak dapat memastikan waktu pemulangan Nazaruddin ke Tanah Air karena masih menunggu proses penyerahan tersangka kasus korupsi wisma atlet SEA Games 2011 di Jakabaring, Palembang, itu dari kejaksaan Kolombia ke imigrasi setempat. Nazaruddin ditangkap Interpol Kolombia pada Minggu (7-8), pukul 02.00 waktu setempat, di Kota Cartagena, sebuah kota wisata yang ditempuh satu jam perjalanan dengan pesawat dari Bogota. Minggu malam, Nazaruddin diterbangkan ke Bogota dan hingga kini ditahan di markas polisi Bogota. Nazaruddin diketahui menggunakan paspor sepupunya bernama Syarifuddin. Pekan ini kemungkinan Nazaruddin tiba di Tanah Air. (MI/U-1) NAZARUDDIN TERNYATA...Hlm. 5

ALIRAN SESAT

Lintas Tengah Rawan Macet BANDAR LAMPUNG (Lampost): Jalan negara di Lampung yang rawan kemacetan saat arus mudik Lebaran nanti diperkirakan hanya di jalan lintas tengah wilayah Lampung Selatan.

Nurul Amal Menyimpang dari Islam

ling lambat pada H-7 agar tak menghambat arus kendaraan. Potensi kemacetan juga masih berpeluang terjadi di sekitar jembatan Cakat, Menggala, jika saat arus mudik berlangsung hanya jembatan alternatif yang digunakan. Secara umum jalinsum di Lampung memang sudah baik. Jalan lintas barat (jalinbar) dari Bukitkemuning hingga Liwa, misalnya, tak tampak lagi lubang-lubang besar. Jalinpantim yang membentang dari Bakauheni melewati Lampung TimurLampung Tengah hingga Menggala juga relatif baik. Di wilayah Lampung Timur, hanya ada beberapa jalan yang menyempit dan berlubang. Jalan Provinsi Sementara itu, 54% jalan provinsi yang rusak di antaranya jalan penghubung Ketapang—Gayam, Lampung Selatan. “Di sana memang belum bisa mulus. Tapi kami upayakan paling tidak secara fungsional bisa dilalui,” kata Zaini. Selain itu, jalan sepanjang 43 km dari Simpang Pugung PJR ke Sribhawono juga tidak tertangani. Kerusakan jalan yang cukup parah di sana hanya mendapat alokasi dana perbaikan senilai Rp10 miliar. Dana sebesar itu hanya cukup untuk memperbaiki jalan sepanjang 15 km. (LIN/*/R-2)

–

KOTABUMI (Lampost): Majelis Ulama Indonesia (MUI) Lampung Utara menyatakan kegiatan Yayasan Nurul Amal pimpinan Rahmat Hamdani di Desa Kalicinta, Kotabumi, menyimpang dari ajaran Islam. Beberapa penyimpangan itu, antara lain jemaah Nurul Amal tidak menunaikan puasa wajib dan dosanya akan ditanggung Rahmat Hamdani dengan cara memotong 100 ekor ayam. Lalu, memerintahkan jemaahnya untuk mabit di Bukit Sembilan, Lampung Selatan, selama 40 hari dan di Bukit Suyak, Muaradua, selama 100 hari. “Untuk zakat dan sedekah ditentukan Hamdani dengan cara dipaksakan,” ujar Ketua MUI Lampura Mughofir, Rabu (10-8). Dia menyampaikan hal itu usai bertemu dengan perwakilan Nurul Amal, polisi, dan Pemkab di kantor MUI Lampura kemarin. Penyimpangan lain, jemaah yang melanggar ketentuan Nurul Amal akan disiksa dengan hukuman cambuk. “Lebih parah lagi, pimpinan yayasan boleh berhubungan badan dengan istri jemaahnya,” kata dia. Sehari sebelumnya nyaris terjadi bentrok antara jemaah Nurul Amal dan warga. Untuk mencegah kerusuhan, Polres Lampura mengamankan 31 orang pengikut Nurul Amal. “Kami masih meminta keterangan mereka yang diduga penganut aliran sesat. Ajaran mereka dianggap meresahkan warga sekitar,” ujar Kapolres Lampung Utara AKBP Prans Sentoe. Pengikut jemaah Nurul Amal yang diamankan antara lain berasal dari Lampura 6 orang, Way Kanan (4), Bandar Lampung (1), dan Sumatera Selatan (15). “Mereka yang kami amankan di Polres lengkap dari pimpinan jemaah hingga pengurus dan anggotanya,” kata Kapolres. (HAR/U-1)

TAFSIR AL MISHBAH

Optimistis dalam Hidup nabi pun, kecuali EPISODE 12 Tafsir Kami timpakan Al Mishbah di penduduknya deMetro TV (grup ngan kesulitan dan Lampung Post) penderitaan supaya membahas Ayat mereka tunduk ber94 hingga 99 Surah mohon.” Al Araf. Ayat-ayat Dalam Ayat 94 ini mengajarkan, dinyatakan secara antara lain sunahK.H. Quraish Sihab sepintas kesimpulsunah Allah dalam menghadapi orang-orang an bahwa, “Alangkah banyaknya negeri yang telah Kami durhaka. Pada awalnya mereka diberi binasakan lalu disusul dengan peringatan melalui aneka uji- penjelasan yang lebih terpean dan bencana agar mereka rin ci tentang siksaan yang sadar dan memperbaiki diri. me nimpa setiap penduduk “Dan Kami tidaklah meng- negeri, sesuai kedurhakaan utus ke satu negeri seorang mereka.”

–

CMYK

–

–

KAMIS, 11 AGUSTUS 2011 | NO.12170 | TAHUN XXXVII | 24 HALAMAN

DINAMIKA MASYARAKAT LAMPUNG

Welcome Home Nazaruddin!

–

–

CMYK

Ayat-ayat selanjutnya menjelaskan bahwa keimanan dan ketakwaan menjadikan seseorang senantiasa optimistis dalam kehidupan sehingga dapat berkonsentrasi dalam usahanya. Hal ini kemudian memicu prestasi sehingga maksimal dalam menjalankan tugas sebagai khalifah. Ketika semua itu berjalan secara merata, mengucurlah keberkahan dari segala penjuru dan aspek kehidupan manusia. Itulah sebabnya keimanan kepada Allah swt. selalu ditekankan dengan segala hal,

termasuk dalam memperoleh rezeki yang telah dijamin Allah untuk binatang melata sekalipun. Namun, perlu dicamkan bahwa ini bukanlah anjuran menanti rezeki tanpa usaha, tapi tujuannya adalah menanamkan rasa percaya diri, mengembangkan cinta kasih, serta ketenangan batin bila rezeki yang diharapkan belum kunjung tiba.

Sebaliknya, mempersekutukan Tuhan menjadikan perhatian tertuju kepada sekian sumber yang berbeda-beda, dan mengakibatkan jiwa tidak tenang sehingga tidak dapat berkonsentrasi dalam usaha. Di sisi lain juga kedurhakaan dan kebohongan akan membuat kekacauan dan permusuhan. (MI/S-1) LIPUTAN RAMADAN...Hlm. 15-16

JADWAL IMSAKIAH 1432 HIJRIAH 11 Ramadan 11 Agustus 12 Ramadan 12 Agustus

IMSAK 04.39 04.39

SUBUH 04.49 04.49

CMYK

MAGRIB 18.04 18.04

–

–


±

±

CMYK

±

CMYK

Lampung Post I 2

Kamis I 11 Agustus 2011

BANDAR LAMPUNG LINTAS

±

Sidang Andy Achmad, Jaksa Hadirkan Saksi Ahli

BANDAR LAMPUNG—Jaksa A. Kohar, Yusna Adia, dan Sri Apri­ linda dari Kejati Lampung menghadirkan saksi ahli pengelolaan keuangan negara, Suyanto D.A., dalam sidang lanjutan korup­si pemindahbukuan APBD Lampung Tengah senilai Rp28 miliar dengan terdakwa mantan Bupati Andy Achmad Sampurnajaya, Rabu (10-8). Di hadapan Majelis Hakim yang diketuai Robert Simorangkir, saksi mengatakan yang berwenang menempatkan rekening adalah pe­ ngelola keuangan daerah, yaitu bupati atau satker. Bupati, menurut dia, berhak menunjuk penempatan kas daerah di tempat yang aman, yaitu bank pemerintah. “Penempatan uang negara harus di tempat yang aman, karena uang itu uang rakyat dipungut dari rakyat,” kata saksi. Selain itu, kata saksi, kepala daerah tidak bisa menempatkan uang negara di suatu bank hanya karena alasan bunga yang besar. Sidang dilanjutkan pekan depan. (RIS/K-1)

PNS Kesbang Dilaporkan Menipu

Antisipasi Kecelakaan Kereta Api

Satlantas Polresta Bandar Lampung memasang spanduk peringatan di sejumlah perlintasan kereta api di Bandar Lampung. Hal ini dilakukan untuk mengingatkan para pengendara agar lebih berhati-hati.

SIDANG

Chandra Didakwa Menipu Rekanan BANDAR LAMPUNG (Lam­ post): Chandra Aprihantara (41), warga Jalan SoekarnoHatta, Rajabasa, diadili di Pengadilan Negeri Tanjung­ karang, terkait dengan dugaan penipuan uang senilai Rp70 juta, Rabu (10-8). Jaksa Fahrul mendakwa Chan­

dra melanggar pasal 378 KUHP tentang penipuan. Sidang itu dipimpin Ketua Pengadilan Robert Simorangkir Menurut jaksa, pada 3 No­ vember 2009, terdakwa bertemu saksi Suhendra dan Muhyin di rumah saksi Dede, Jalan Si­ ngosari, Enggal, Tanjungkarang

±

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Direktorat Narkoba Polda Lampung menembak kaki kanan tersangka bandar narkoba, Ismail Iskambing (43), warga RT 7, Dusun VII, Desa Negarabatin, Jabung, Lampung Timur, Rabu (10-8), sekitar pukul 03.30.

n LAMPUNG POST/DOK LANTAS�

BANDAR LAMPUNG—Adi (30), pegawai Kesbang Linmas Provinsi Lampung, dilaporkan ke Polresta Bandar Lampung atas sangkaan melakukan penipuan terkait dengan pembuatan kanopi senilai Rp8 juta. Menurut Mustaqin, terlapor Adi sejak memesan kanopi senilai Rp8 juta pada 7 April 2011 lalu belum membayar sedikit pun. Padahal, pesanan kanopi sudah dipasang sesuai keinginannya di Perum Per­ mata Asri, Jatiagung, Lamsel. “Sejak memesan kanopi hingga kini, Adi belum bayar sesen pun. Kalau ditagih, selalu bilang tarsok-tarsok,” kata Mustaqin. Kasatreskrim Kompol Saipul Wahyudi mengatakan petugas masih mendalami laporan Mustaqin (30), warga Jalan Perwira, Sukarame, Bandar Lampung, yang mengaku ditipu atas pembuatan kanopi, Selasa (9-8) malam. Jika didasari bukti-bukti yang cukup kuat, petugas akan menjemput pegawai negeri sipil itu secara paksa. “Akan dijemput paksa kalau terbukti malakukan penipuan,” ujar Saipul. (KRI/K-2)

±

Polda Tembak Bandar Narkoba

Pusat. Terdakwa mengatakan ke­ pada Suhendra dan Muhyin, dapat mengupayakan menda­ patkan proyek pengadaan mebel senilai Rp320 juta. setelah saksi memberikan uang Rp70 juta ternyata proyek yang dijanjikan itu tidak pernah ada. (RIS/K-1)

Menurut petugas, buronan kasus narkoba yang masuk daftar pencarian orang (DPO) Polresta Bandar Lampung, Pol­ res Lampung Timur, dan Polda Lampung itu dilumpuhkan karena melakukan perlawanan menggunakan senjata rakitan saat digerebek. Dalam penggerebekan yang melibatkan lima petugas, di­ pimpin Kanit Opsnal Ditnarko­ ba AKP Indra Herlianto Denis, itu disita sepucuk pistol rakitan jenis revolver, 6 peluru aktif, 8 paket sabu-sabu, 2 butir pil ineks, 1 senapan angin, dan sebilah golok. Kabid Humas Polda Lam­ pung AKBP Sulistyaningsih mengatakan tersangka penge­ dar sabu-sabu itu dibekuk di Simpangkemuning, Jabung. Tersangka berhasil dibekuk berkat kerja sama warga sekitar dan anggota Polsek Jabung. “Saat ini tersangka masih

kami rawat di Rumah Sakit Bhayangkara Bandar Lam­ pung,” kata Sulistyaningsih. Hingga kemarin, Polda masih mengembankan kasus tersebut karena tidak menutup kemung­ kinan tersangka menjual narkoba itu dengan melibatkan sejumlah teman-temannya. “Anggota Reskrim masih menyelidiki ke­ mungkinan itu,” ujarnya. Menurut Kabid Humas Pol­ da, tersangka Ismail Iskambing diduga kuat memiliki jaringan dan kaki tangan untuk menjual narkoba. Tetapi tersangka be­ lum mau mengakui dari mana dia mendapatkan narkoba (sabu-sabu dan ineks). “Kami yakin secepatnya bandar be­ sarnya kami bekuk,” kata Su­ listyaningsih. Sebelumnya, Ditnarkoba Polda Lampung juga mering­ kus tersangka bandar narkoba dan menyita 5,28 gram sabusabu. (GUS/K-2)

±

n ADVERTORIAL

Kabupaten Pesawaran Menerima Predikat WDP dari BPK RI Perwakilan Lampung G

EDONGTATAAN—Di te­ ngah tudingan miring ter­ hadap pengelolaan anggaran tahun 2010 oleh DPRD Pesawaran, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK RI) Perwakilan Lampung justru memberikan predikat wajar dengan pengecualian (WDP) kepada Bupati Pesawaran Aries Sandi Dharma Pu­ tra, di gedung BPK Perwakilan Lam­ pung, Rabu (10-8). Kepala BPK perwakilan Lam­ pung Novy G. A. Pelenkahu menilai meskipun masuk dalam kategori wajar dengan pengecualian, untuk ukuran sebuah daerah otonomi baru (DOB) sudah sangat baik. Novy G.A. Pelenkahu juga berharap agar Kabupaten Pesawaran bisa lebih meningkatkan kinerja dan laporan keuangannya agar mendapatkan predikat yang lebih baik. Kabag Keuangan Sekretariat Ka­ bupaten Pesawaran Yosa Rizal usai penyerahan tersebut bersyukur atas predikat WDP yang diberikan BPK Perwakilan Lampung tersebut. “Predikat wajar dengan pengecualian ini sudah sangat baik untuk ukuran sebuah daerah otonomi baru,” kata Yosa Rizal. Yosa membenarkan dalam predikat itu terdapat catatan yang berkenaan dengan opini dan penyajian laporan keuangan daerah, khususnya berke­ naan dengan penilaian aset daerah. “Karena ada peralihan aset dari Kabu­

±

paten Lamsel selaku kabupaten induk kepada Kabupaten Pesawaran.” Menurut dia, peralihan aset dari kabupaten induk ini yang perlu dibenahi. “Untuk tahun berikutnya, mudah-mudahan semua aset daerah sudah bisa diinventarisasi. Sehingga mendapat penilaian dan predikat yang lebih baik,” kata Yosa Rizal. Yosa juga berharap di tahun-tahun yang akan datang satuan kerja akan lebih ditingkatkan terkait dengan laporan penyusunan keuangan da­ erah. Sebab, kinerja satuan kerja sa­ ngat mendukung dalam tercapainya realisasi serapan keuangan daerah. Sementara itu, Bupati Pesawaran Aries Sandi Dharma Putra usai me­ nerima predikat tersebut mengatakan dia selaku bupati akan terus mening­ katkan kinerja jajarannya di seluruh satuan kerja yang ada di Kabupaten Pesawaran. “Peningkatan profesionalitas kerja khususnya dalam hal laporan pe­ nyusunan keuangan di satuan kerja sangat penting untuk menunjang kinerja pemerintahan, khususnya dalam laporan pertanggungjawaban penggunaan anggaran di satuan kerja masing-masing,” tegas Aries Sandi. Aries Sandi juga menambahkan dia bersama dengan Wakil Bupati Musi­ran akan terus melakukan peng­ awasan penggunaan keuangan di tiap-tiap satuan kerja. (SWA/IAN/D-3)

TANDATANGANI LHP. Bupati Pesawaran Aries Sandi D.P. dan Wakil Ketua DPRD Pesawaran Areh Sulistio menandatangani LHP dengan predikat wajar dengan pengecualian (WDP), disaksikan ketua BPK RI Perwakilan Lampung. FOTO-FOTO: LAMPUNG POST/MEZA SWASTIKA

Bupati Aries Sandi D.P. menerima predikat wajar dalam pengecualian (WDP) dari Ketua BPK Perwakilan Lampung, disaksikan Wakil Ketua DPRD Pesawaran Areh Sulistio.

Bupati Aries Sandi D.P. melakukan foto bersama usai menerima predikat wajar dalam pengecualian (WDP) dari BPK perwakilan Lampung.

±

CMYK

Ketua BPK Perwakilan Lampung bersama dengan Bupati Pesawaran Aries Sandi D.P. berjalan menuju ruang untuk menyerahkan predikat wajar dalam pengecualian (WDP).

±

Bupati Aries Sandi D.P. dan Wakil Bupati Musiran beserta Wakil Ketua DPRD Pesawaran Areh Sulistio mendengarkan arahan dari Ketua BPK Perwakilan Lampung.

CMYK

±

±


±

CMYK

±

±

CMYK

Lampung Post I 3

Kamis I 11 Agustus 2011

BANDAR LAMPUNG Piutang Pemkot Meningkat

±

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Piutang Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung meningkat per 31 Desember 2010 sebesar Rp13,76 miliar. Piutang tersebut berasal dari pajak daerah yang belum dibayarkan. Hal tersebut menjadi salah satu sorotan beberapa fraksi di DPRD Bandar Lampung dalam rapat paripurna pandangan umum atas laporan pelaksanaan APBD tahun 2010 di gedung DPRD, Rabu (10-8). Paripurna yang di­ pimpin Ketua DPRD Budiman A.S. ini dihadiri Wali Kota Herman H.N. dan Wakil Wali Kota Thobroni Harun. Anggota Fraksi Kebangkitan Nurani Rakyat, M. Yasser Achmad, mempertanyakan kenaikan piutang Pemkot tahun 2010 dibandingkan tahun 2009. Sekretaris Fraksi Golkar Bar-

lian Mansyur mengatakan berdasarkan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), ada beberapa piutang pajak yang belum tertagih. Piutang pajak itu, antara lain pajak hotel Rp610 juta, pajak restoran Rp183 juta, pajak hiburan Rp7,6 juta, pajak reklame Rp92,04 juta, pajak parkir Rp26,9 juta, retribusi pasar Rp206,9 juta, piutang penjualan kendaraan bermotor Rp164 juta. “Total piutang mencapai Rp1,2 mi­ liar,” kata dia. Menurut Barlian, besarnya piutang terjadi karena rendahnya kesadaran para wajib pajak untuk membayar pajak.

Wali Kota harus bersikap tegas kepada wajib pajak yang belum membayar kewajibannya. Sekretaris Fraksi PKS Handrie Kurniawan mengkritisi besarnya tunggakan nasabah program dana bergulir ekonomi kerakyatan yang mengalami kemacetan tahun 2010 sebesar Rp937,71 juta. Hal ini berdampak pada berkurangnya penerimaan daerah. Yaser mengungkapkan Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian, dan Perdagangan untuk menginstruksikan kepada bidang terkait mengadakan inventarisasi dana bergulir agar mengetahui nilai dana bergulir yang valid. Pelaksanaan atau realisasi dana bergulir juga direkomendasikan BPK kepada Wali Kota. Fraksi Kebangkitan Nurani Rakyat juga mengkritisi ten-

±

tang aset tanah Pemkot. Menurut Yaser, ada aset tanah Pemkot yang tidak tercatat sebagai aset dan bukti kepemilikannya masih dikuasi pihak ketiga. Ada pula aset tanah yang belum memiliki sertifikat. Begitu pula aset milik Pemkot yang dipinjamkan kepada instansi vertikal dan semivertikal harus dilengkapi dengan perjanjian pinjam pakai agar semuanya jelas. “Saat ini masih banyak yang belum dilengkapi perjanjian pinjam pakai,”kata dia. Handrie mengatakan persoalan aset Bandar Lampung senantiasa menjadi persoalan pada setiap catatan BPK setiap tahunnya. “Kami meminta Wali Kota untuk dapat membuat langkah yang komprehensif agar persoalan ini dapat diminimalisasi,” kata dia. (MG3/K-2)

PENIPUAN

Pengirim Pesan Gelap Catut Nama Kapolda Lampung BANDAR LAMPUNG (Lampost): Waspadai berbagai bentuk penipuan yang mencatut nama pejabat menjelang Idulfitri. Salah satu korbannya ialah Kapolda Lampung Brigjen Sulistyo Ishak, Rabu (10-8). Seorang pengirim pesan gelap me­ ngaku sebagai kapolda mengirim pesan pendek via ponsel untuk meminta sejumlah uang. Keruan saja jenderal bintang satu mantan Wakadiv Humas Mabes Polri itu menjadi gerah. Menurut Brigjen Sulistyo Ishak, pesan singkat yang mengatasnamakan

dirinya itu dikirimkan kepada beberapa kolega­nya yang notabene adalah pejabatpejabat di lingkungan pemerintahan Lampung. “Saya tidak pernah seperti itu (mengirimkan SMS meminta sesuatu), jelas itu kelakuan oknum yang tidak bertanggung jawab,” ujar Kapolda. Dia mengakui beberapa koleganya juga sudah mengonfirmasi ulang terkait dengan pesan singkat yang berisi permintaan uang itu kepadanya secara langsung. “Sudah ada yang tanya kepada saya secara langsung dan saya katakan itu tidak benar,” kata Kapolda.

Terkait dengan maraknya modus penipuan yang mengatasnamakan pejabat, Kapolda secara pribadi dan atas nama kepolisian daerah Lampung mengimbau seluruh warga Lampung agar tidak memercayai pesang pendek (SMS) tersebut. “Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak memercayai SMS yang mengatasnamakan saya atau kepolisian yang isinya meminta uang dengan alasan apa pun juga, terlebih ini menjelang Lebaran, saya khawatir uangnya akan dipake Lebaran,” ujar Kapolda. (HER/K-2)

±

±

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±


±

CMYK

±

±

CMYK

Kamis I 11 Agustus 2011

Lampung Post I 4

BANDAR LAMPUNG Ribuan Hektare Padi Alami Kekeringan

±

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Hingga Juli 2011, seluas 2.273 ha lahan pertanian padi di Lampung mengalami kekeringan akibat kemarau. Dari jumlah tersebut, sebanyak 296 hektare dipastikan puso alias gagal panen. “Yang puso baru ditemukan di Lampung Selatan seluas 291 hektare dan Pringsewu seluas 5 hektare. Sementara ribuan hektare lainnya masih kekeringan dan belum sampai puso,” kata Kepala UPTD Balai Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Lampung Rozali di ruang kerjanya, Rabu (10-8). Dari seluruh wilayah, kekeringannya pa­ ling luas melanda Lampung Selatan, yakni 1.645 hektare. Tidak hanya tanaman padi, sekitar 1.250 hektare lahan tanaman jagung

di Lampung Selatan juga terancam puso. Saat ini, kata Rozali, ribuan lahan tersebut masih mengalami kekeringan ringan, yakni seluas 750 hektare dan kekeringan sedang seluas 500 hektare. “Kalau dalam waktu dekat tidak turun hujan, ribuan lahan pertanian jagung itu juga terancam puso,” ujarnya. Menanggapi hal ini, Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Lampung Manila Rangga menjelaskan Dinas Pertanian Provinsi akan mengusulkan pemberian bantuan cadang­an

benih nasional dari Kementerian Pertanian kepada petani yang lahannya puso. Saat ini, kata Manila, instansinya masih menunggu laporan dan permintaan bantuan cadangan benih dari pemerintah kabupaten/ kota yang lahan pertaniannya puso. “Seperti tahun sebelumnya saja. Kalau puso ada bantuan benih 25 kilogram per hektare untuk pertanian lahan kering, dan 15 kilogram per hektare untuk hibrida,” kata Manila melalui ponselnya, Rabu (10-8). Menurut Manila, petani memang harus pintar mengatur pola tanam agar tidak kekeringan seperti sekarang. Penyuluh di lapangan juga sudah menyampaikan sampai kapan musim kemarau terjadi di Lampung sehingga jika tidak ada sumber air, petani tidak menanam terlebih dahulu. (LIN/D-2)

Anggota Dewan Pengganti

KEPEGAWAIAN

Kebutuhan PNS akan Dihitung Kembali

n LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

Ketua DPRD Lampung Marwan Cik Asan melantik I Gede Jelantik sebagai anggota DPRD Lampung menggantikan A. Pairin yang menjadi Bupati Lampung Tengah pada paripurna pelantikan pergantian antarwaktu (PAW) di Gedung DPRD Lampung, Rabu (10-8).

LOMBA MENULIS

±

Adian Saputra Juara Blogshop Tips BANDAR LAMPUNG (Lampost): Asisten Redaktur Bahasa Lampung Post Adian Saputra memenangkan lomba menulis Blogshop Tips yang digelar Kompasiana-Telkomsel ­periode Juli 2011. Naskah Adian berjudul Menulis Cerita Anak, Mem­ bangun Budaya Membaca menyisihkan ratusan karya lain dalam lomba ngeblog itu.

±

±

CMYK

±

Dikutip dari portal Kom­ pasiana, pemenang kali ini adalah yang ketiga sejak perlombaan dimulai pada Juni lalu. Lomba ini sendiri akan terus berlangsung sampai akhir 2011. Pemenang akan mendapatkan sebuah telepon seluler sebagai hadiah. Dalam tulisan itu, Adian menulis beberapa kiat menulis

±

cerita anak yang baik. Dimulai dari menggunakan bahasa yang baik dan mudah dimengerti, mengedepankan keteladanan, ada tokoh utama, konflik, jangan terlalu banyak tokoh, ada narasi dan dialog, membangun suasana yang detail, membuat judul semenarik mungkin, dan rajin mengobservasi. (NOV/D-2)

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Kebutuhan riil pegawai negeri sipil (PNS) di lingkung­ an Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan pemerintah kabupaten/kota akan dihitung kembali berdasarkan analisis beban kerja. Menurut Kepala Bagian Analisis dan Formasi Jabatan Biro Organisasi Sekprov Lampung Akrom, penghitungan kembali ini sesuai instruksi Pemerintah Pusat melalui Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 26 Tahun 2011. “Tidak hanya Pemprov yang menghitung kembali kebutuhan riil PNS. Pemerintah Pusat dan pemerintah kabupaten/kota juga melakukan hal yang sama,” kata Akrom usai mengikuti rapat tindak lanjut peraturan Menpan dan Reformasi Birokrasi di depan ruang rapat asisten, Rabu (10-8). Akrom menjelaskan dalam perhitungan kebutuhan pegawai berdasarkan analisis beban kerja ini dapat diketahui berapa banyak kebutuh­ an PNS di masing-masing tugas pokok dan fungsi di seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD). “Berapa yang struktural, berapa yang fungsional, semua dihitung berdasarkan beban kerjanya,” ujarnya. Selain itu, penghitungan juga dilakukan berdasarkan indikator lain yang ditetapkan Menpan, misalnya untuk kebutuhan PNS provinsi indikatornya jumlah kabupaten/kota, dan kebutuhan PNS kabupaten/kota indikatornya jumlah penduduk. “Sudah ada grade-nya. Kalau Pemprov misalnya memiliki 14 kabupaten/kota berarti kebutuhan idealnya pada grade berapa. Sudah ada pedomannya,” kata Akrom. Pada rapat kemarin, ujar dia, telah dibentuk tim yang akan menghitung jumlah kebutuhan PNS. Di provinsi, tim penghitung ini diketuai Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. dan Sekprov Lampung Berlian Tihang. Anggotanya Asisten IV Bidang Umum Sekprov, Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pendidikan, dan Kepala Biro Organisasi. Tim ini akan bekerja dan ditargetkan menghasilkan kesimpulan pada minggu kedua September 2011 mendatang. Hasil perhitungan ini kemudian disampaikan kepada Pemerintah Pusat. (LIN/D-2)

CMYK

±

±

±


Lampung Post I 5

Kamis I 11 Agustus 2011

POLITIKA LINTAS Nilai Moral Merosot, Berbagai Masalah Muncul JAKARTA̶Berbagai persoalan bangsa Indonesia yang muncul silih berganti, seperti tindakan anarki, konflik horizontal, hingga korupsi, salah satu penyebabnya adalah merosotnya nilai-nilai moral. Demikian diungkapkan Mantan Wakil Presiden Hamzah Haz usai menerima kunjungan Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Irman Gusman, di kediaman pribadinya, di Jakarta, Rabu (10-8). Irman berkunjung ke kediaman pribadi Hamzah Haz menyampaikan undangan secara langsung untuk menghadiri pidato kenegaraan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Gedung MPR/ DPR/DPD RI, di Jakarta, pada 16 Agustus mendatang. Menurut Hamzah, agar bangsa Indonesia kembali kepada Pancasila sebagai salah satu pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. (MI/U-2)

Parpol Jangan Tergantung APBN/APBD JAKARTA (Lampost): Partai politik harus mandiri untuk membiayai diri sendiri. Karena itu parpol tidak boleh tergantung kepada songkongan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Pancasila dan Syariat Islam

Mendagri Enggan Komentar soal Kotawaringin JAKARTA̶Mendagri Gamawan Fauzi enggan berkomentar tentang kemungkinan penolakan DPRD Kotawaringin Barat atas SK Kemendagri yang memutuskan pasangan Ujang Iskandar-Bambang Purwanto sebagai bupati dan wakil bupati Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, periode 2011̶2016. Ya lihat saja nanti, kata dia, kemarin, di Jakarta. Diketahui, Kementerian Dalam Negeri melalui SK No. 131.62-585 menetapkan pasangan Ujang Iskandar-Bambang Purwanto sebagai pasangan bupati‒wakil bupati Kotawaringin. Sementara itu, Gubernur Kalimantan Teras Narang kemarin, Selasa (9-8), mengaku sudah menerima SK Mendagri tersebut, termasuk SK pemberhentiannya sebagai Pejabat Bupati Kotawaringin Barat. Menurut Teras, surat tersebut segera diserahkan ke DPRD Kotawaringin Barat untuk mempersiapkan pelantikan. (MI/U-2)

Demokrat Harus Ikut Partai Tengah JAKARTA̶Meskipun partai tengah lainnya sudah mulai menyusun skenario menaikkan besaran ambang batas parlemen (parliamentary treashold/PT) ke angka 4%, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) belum berniat mengekor ke angka 4%, angka yang diinginkan Partai Demokrat. Wasekjen PKB Hanif Dhakiri mengatakan justru pihaknya mengupayakan agar Demokrat dapat merapat ke angka 3% seperti yang diinginkan partai tengah dalam koalisi. Kami ingin Demokrat ke kami, ke partai tengah. Demokrat tidak rugi, apa ruginya kalau Demokrat ke 3%? Demokrat seharusnya membantu menciptakan keterwakilan yang lebih baik, ujarnya. (MI/U-2)

„ ANTARA/REZA FITRIYANTO

Penulis buku berjudul Pancasila 1 Juni dan Syariat Islam Prof. Dr. Hamka Haq (kanan) didampingi Juru Bicara FPI Habib Muhsin (tengah) menyampaikan sinopsis saat bedah bukunya di Megawati Institute, Jakarta, Rabu (10-8). Bedah buku mendiskusikan tentang titik temu Pancasila 1 Juni dan syariat Islam yang menolak tuduhan pertentangan nilai kebangsaan dan Islam, serta melakukan kritik nalar terhadap agenda negara dengan syariat Islam.

PILKADA

Cabup Protes Daftar Pemilih Pringsewu PRINGSEWU (Lampost): Penetapan daftar pemilih tetap (DPT) oleh KPU Pringsewu pada deklarasi pemilu damai, Selasa (9-8), sempat diprotes calon bupati Abdullah Fadri Auli. Protes dilayangkan calon bupati yang diusung Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Hanura itu karena jumlah DPT yang ditetapkan sama dengan jumlah di daftar penduduk potensial pemilih pilkada (DP4).

Padahal, KPU sebelumnya sempat menghapus 50 ribuan pemilih dari DP4 karena tidak akurat. Abdullah Fadri yang berpasangan dengan Tri Prawoto itu langsung angkat bicara begitu diberi kesempatan oleh Ketua KPU Pringsewu Warsito terkait dengan DPT pilkada yang ditetapkan. Dalam penjelasannya, Warsito mengatakan KPU memang sempat menghapus sebagian data

pemilih di DP4 sekitar 50 ribuan jiwa. Menurut dia, penghapusan da ta yang masuk dalam DP4 karena saat verifikasi ternyata banyak calon pemilih yang sudah pindah dan juga merupakan anggota TNI dan Polri. Dalam DP4, menurut Warsito, tercatat ada 286.669 pemilih. Setelah diverifikasi dan dilakukan pencoretan tinggal 236.335 pemilih. (WID/U-2)

SUAP WISMA ATLET

Nazaruddin Ternyata Masih Anggota DPR JAKARTA (Lampost): Hingga tertangkap di Cartagena, Kolombia, politisi Partai Demokrat yang tersandung kasus korupsi M. Nazaruddin ternyata masih tercatat sebagai anggota DPR. Padahal, se belumnya Partai Demokrat me nyatakan Nazaruddin sudah dipecat dari lembaga wakil rakyat. “Belum-belum (menerima surat dari PD). Sampai sekarang saya belum menerima mengenai pergantian antarwaktu (PAW) apa pun bentuknya tentang Pak Nazaruddin. Jadi Pak Nazaruddin sampai sekarang masih tercatat sebagai anggota DPR,” kata Sekretaris Jenderal DPR Nining Indra Saleh usai menjalani pemeriksaan di gedung

KPK, Jakarta, Rabu (10-8). Nining menjelaskan mekanisme PAW anggota DPR. Hal itu sesuai dengan UU tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3) Tahun 2007. Apabila akan ada pergantian antarwaktu, diusulkan oleh parpol yang bersangkutan kepada pimpinan DPR. “Nanti dari pimpinan DPR itu akan menyampaikan surat kepada KPU terlebih dahulu untuk meminta siapa penggantinya. Nah, itu kan KPU yang tahu,”kata Nining yang dimintai keterangan kesaksian untuk Nunun. Sementara itu, Wakil Sekjen DPP Partai Demokrat Saan Mustopa mengatakan kepastian kalau Nazaruddin sudah dipecat dari DPR. (DTC/U-2)

“Jangan terlalu berharap banyak dari negara. Parpol harus berpikir mencari dana, dengan tidak melanggar aturan. Jangan juga mengambil dari APBN dan APBD,” kata pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Indria Samego, Rabu (10-8). Menurut Indria, kucuran dari negara untuk parpol saat ini terbilang tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan partai. Apalagi, partai harus memiliki kepengurusan di seluruh Tanah Air. Tetapi, Indria menekankan bahwa negara juga tidak hanya memikirkan parpol, dan banyak urusan lain. Dengan menjadi partai mandiri yang tidak tergantung pada APBN, menurut Indria, partai justru dapat meraih simpati rakyat.“Nanti rakyat simpati kepada partai dan semangat membantu program partai sehingga tidak tergantung pada negara. Mau mengadakan sosialisasi dan pendidikan partai bisa sejalan,”ujar dia. Semua Bobrok Sementara itu, Indonesia Budget Center (IBC) menilai semua parpol yang ada di dalam Badan Anggaran (Banang) DPR memiliki kinerja yang buruk. Peneliti IBC Roy Salam mengatakan kinerja buruk ini tidak hanya terhadap Partai Demokrat. “Di Banang itu ada 9 partai, saya meyakini semua partai

itu bobrok. Artinya mereka juga punya kelemahan, saat ini mereka dalam posisi yang diuntungkan, belum ketahuan,”kata Roy di Jakarta, kemarin. Menurut Roy, semua yang diputuskan dalam Banang disetujui 9 fraksi yang ada di Banang. Ia mengatakan bisa saja ada keputusan lain yang diputuskan di luar keputusan resminya.

Ini sebuah sistem yang masih bermasalah, politik anggaran yang tidak sehat yang menimbulkan masalah. “Ini sebuah sistem yang masih bermasalah, politik anggaran yang tidak sehat yang menimbulkan masalah,”ujarnya. Roy Salam juga mengatakan Banang sebenarnya tidak tahu kondisi sesungguhnya yang ada di daerah karena langsung memutuskan alokasi anggarannya. Banang pun dinilai memiliki kelemahan dalam memutuskan alokasi anggarannya. “Di Banang ini ada 84 orang dan memutuskan Rp1.200 triliun, tapi mereka tidak tahu kondisi daerah yang terjadi. Misal, Papua dan Sumut. Tapi, mereka berani memutuskan alokasi anggaran,” kata dia. (U-2)


–

–

CMYK

–

CMYK

Lampung Post I 6

Kamis I 11 Agustus 2011

NAS I O N A L & I N TERNA SIO NA L LINTAS

–

Menhub Tak Serius Urus Merak

2020 Hutan di Kalsel Terancam Hilang BANJARMASIN̶Tingginya laju deforestasi karena pembabatan dan alih fungsi kawasan hutan berimbas terancam hilangnya hutan di Kalimantan Selatan pada 2020. Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kalsel Rahmadi Kurdi, Rabu (10-8), menyebutkan hingga kini 60% kawasan hutan di Kalsel telah rusak dan sebagian sudah beralih fungsi. Hutan Kalsel yang tersisa hanya sekitar 40%, dengan areal tutupan juga rendah, kata dia. Data yang ada di BLHD Kalsel mencatat, pada 1985 luas hutan Kalsel mencapai 73% dan terus berkurang hingga tersisa 44% pada 2010. (MI/U-3)

Korut-Korsel Kembali Saling Tembak SEOUL̶Korea Utara (Korut) dan Korsel, Rabu (10-8), kembali terlibat saling serang dengan menggunakan senjata artileri. Kondisi ini dikhawatirkan akan makin memanas. Menurut keterangan, tembakan artileri Korut yang sedang melakukan latihan militer jatuh di dekat Pulau Yeonpyeong. Namun, tidak jelas apakah tembakan artileri itu jatuh ke wilayah Korsel. Pejabat Kementerian Pertahanan Korsel menyebut tembakan artileri itu jatuh ke perairan Yeonpyeong. Menurut kantor berita Yonhap, Korsel telah membalas dengan menembakan artileri. (MI/U-3)

Warga Adat Sepakat Jaga Hutan Lindung KUPANG̶Di lokasi tambang, mulai muncul kelompok yang pro dan kontra tambang. Forum Peduli Pembangunan Sumba Timur (FP2ST) yang mendampingi warga telah mengingatkan pemerintah tentang potensi konflik yang bakal muncul. Masyarakat yang kontra berpendapat bahwa aktivitas tambang selalu menimbulkan kesengsaraan bagi masyarakat seperti kerusakan lahan pertanian. Areal Taman Nasional Lai Wanggi Wanggameti meliputi lima kecamatan, yakni Matawai Lapau, Karera, Paberiwai, Pinu Pahar, dan Tabundung. (MI/U-3)

AS Desak Saleh Tidak Pulang WASHINGTON̶Amerika Serikat (AS) mendesak Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh agar tidak kembali ke negaranya dari Arab Saudi setelah menjalani perawatan pascaoperasi. Sumber diplomatik mengatakan pesan tersebut langsung disampaikan kepada Saleh saat masih menjalani perawatan di rumah sakit di Riyadh, Arab Saudi. Namun, sumber tersebut tidak mengetahui apakah Saleh menyetujui permintaan pemerintah AS itu. (MI/U-3)

JAKARTA (Lampost): Menteri Perhubungan Freddy Numberi dinilai tidak serius dalam menangani antrean atau kemacetan di Pelabuhan Merak, Banten. Freddy Numberi yang dijadwalkan melakukan kunjungan kerja bersama Kapolri Jenderal Timur Pradopo di Pelabuhan Merak, kemarin, dibatalkan. Freddy Numberi bersama Timur Pradopo rencanan„ ANTARA/ASEP FATHULRAHMAN ya tiba pukul 08.00 dengan MERAK TETAP MACET. Ratusan truk mengantre untuk memasuki kapal feri yang akan menyeberang ke Sumatera di menggunakan helikopter di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu (10-8). Kemacetan tersebut terjadi akibat jumlah truk yang menuju ke Sumatera melonjak Pelabuhan Indahkiat, yang ber- dari 2.100 unit/hari menjadi 2.800 unit/hari, sementara 20 dari 38 feri masuk dok untuk perbaikan. sebelahan denPresiden SBY tidak mau, gimana mau lancar,” “Mau bilang apalagi, volume gan Pelabuhan d i S e r p o n g , kata Wajid Nuad, salah seorang kendaraan yang masuk Merak Merak. meningkat,” kata La Mane. Ta n g e r a n g , wartawan yang kecewa. N a m u n , Bahkan, menurut dia, peSementara antrean dan Banten, sehingga pukul Kalau setiap hari hingga mem- kemacetan kendaraan kembali ningkatan volume terjadi sejak 11.00, kedua ada 25 kapal yang batalkan kun- terjadi di Pelabuhan Merak. April dan puncaknya terjadi pejabat negara jungannya ke Antrean dan kemacetan telah pada Juni dan Juli. Rata-rata tersebut belum operasi, saya jamin P e l a b u h a n mencapai 8 kilometer. Ujung kendaraan yang masuk Merak juga datang. tidak ada antrean. M e r a k . “ I n i antrean berada di dalam tol di atas 3.000 atau meningkat Bahkan, informasi yang beredar di ling- bukti bahwa Menteri Per- Tangerang-Merak tepatnya 12%. “Untuk kendaraan besar peningkatannya mencapai kungan PT Angkutan Sungai hubungan tidak tanggap da- di Km 97. 50%,” ujar La Mane. Danau dan Penyeberang an lam menangani antrean dan Terkait masalah jumlah ka(ASDP) Indonesia Ferry, keda- kemacetan di Merak,” ujar Volume Meningkat Kepala Cabang PT ASDP In- pal, PT ASDP Indonesia Ferry tangan Freddy Numberi dan salah seorang pengusaha truk Timur Pradopo molor menjadi di Merak, Thomson Sianipar. donesia Ferry Merak La Mane Merak berupaya memecahkan Selain itu, para wartawan mengaku tidak dapat berbuat hal itu. Pihaknya dalam waktu pukul 13.00. Belakangan diinformasikan yang menunggu sejak pagi juga banyak dengan terus terjadi- dekat membeli dua kapal roll Freddy sedang mendampingi kecewa. “Melihat antrean saja nya antrean dan kemacetan. on roll off (roro) bekas. (MI/U-3)

PERTAHANAN

China Uji Kapal Induknya

–

BEIJING (Lampost): Angkatan Laut China mulai melakukan uji coba terhadap kapal induk pertamanya. Kantor berita Xinhua yang mengutip sejumlah sumber militer di negera itu menyebutkan bahwa kapal bekas Uni Soviet itu terlihat meninggalkan galangan di timur laut Provinsi Liaoning dan melakukan uji coba yang tidak lama. Langkah China ini menunjukkan upaya serius negara itu dalam membangun kekuatan militernya. Beijing saat ini memang tengah dihadapkan pada sejumlah sengketa dengan negara lain di wilayah perairannya. Salah satu yang cukup mendapat perhatian mereka adalah persoalan sengketa di Laut China Selatan. Kapal induk tersebut terlihat meninggalkan galangan kapal di Pelabuhan Dalian yang terletak di wilayah timur laut Provinsi Liaoning pada Rabu pagi. “Sumber di lingkungan militer mengatakan bahwa uji coba di laut ini merupakan rangkaian dari jadwal proyek kelengkapan kapal induk tersebut,” tulis Xinhua dalam laporannya.“Setelah kembali dari uji coba di laut, kapal induk itu akan kembali melanjutkan uji cobanya besok.”(DTC/U-3)

KORUPSI DAMKAR

Hari Sabarno Siap Disidang JAKARTA (Lampost): Tersangka kasus korupsi pengadaan mobil pemadam kebakaran (damkar) di beberapa pemerintahan daerah, Hari Sabarno, telah melengkapi berkas pemeriksaan. Tersangka telah menyerahkan berkas ke jaksa untuk disidangkan. Pria yang pernah menjabat sebagai menteri Dalam Negeri itu menyatakan hal tersebut saat keluar dari ruang steril kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta, Rabu (10-8). “Tadi penyerahan berkas saja ke jaksa penuntut. Saya tidak tahu istilahnya apa, mungkin Anda lebih tahu,” kata mantan karteker Gubernur Lampung itu sebelum masuk ke mobil tahanan kepada para wartawan. Sebelumnya, Hari menjalani pemeriksaan sekitar tiga jam dari pukul 12.40 sampai pukul 14.20. Pria yang saat ditemui menggunakan safari berwarna abu-abu ini ditetapkan tersangka sejak September 2010. Penyidik menilai Hari ikut bertanggung jawab atas kasus korupsi pengadaan mobil damkar dengan spesifikasi tertentu di sejumlah daerah. Korupsi pengadaan mobil pemadam kebakaran itu juga mengaitkan dengan sejumlah kepala daerah yang diperiksa KPK. Salah satu mantan kepala daerah yang diperiksa adalah mantan Bupati Tanggamus Fauzan Sya’ie, terkait dengan pengadaan di daerahnya. (MI/U-3)

–

–

–

CMYK

–

CMYK

–

–

–


–

CMYK

–

CMYK

– Lampung Post I 7

Kamis I 11 Agustus 2011

PARIWARA –

–

–

–

–

–

–

CMYK

–

CMYK

–


–

–

CMYK

Terbit Sejak 1974 Harga Eceran Rp. 3000/Eks Sirkulasi: (0721) 788999 Layanan Umum: (0721) 783693

Iklan: (0721) 774111 SMS: 0815 4098 5000 Redaksi (0721) 773888 SMS: 0812 7200 999

Kamis I 11 Agustus 2011

–

–

CMYK

Lampung Post I 8

SIAPA MENGAPA

–

Anak Transmigran SEBAGAI putra transmigran, Sugeng P. Harianto, rektor Universitas Lampung (Unila), akan didengar pendapatnya tentang Masih Relevankah Program Transmigrasi. Pria kelahiran Pringsewu pada 23 September 1958 itu bersama Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar diundang Kompas pada acara diskusi di Jakarta, Jumat (12-8). Banyak hal yang dilakukan transmigran agar bisa sukses membangun daerah, kata Sugeng di selasela acara berbuka puasa bersama alumni dan anggota Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bandar Lampung di kediamannya di kawasan Unila, Rabu (10-8). Lampung adalah salah satu tujuan perpindahan penduduk dari Jawa ke „ LAMPUNG POST/DOK. Sumatera. Transmigrasi masih relevan dalam penguatan Negara Kesatuan RI. Program itu mampu mengikis sukuisme dan menghilangkan SARA, kata alumnus University of The Philippines at Los Banos (UPLB) Filipina itu. Di balik kesuksesan sebagai putra transmigran dan memimpin Unila, diam-diam Sugeng mempunyai tokoh favorit, yakni Bima. Tokoh pewayangan itu kalau sudah maju pantang mundur. Bima adalah murid yang sangat percaya semua kata-kata gurunya, kata aktivis HMI Cabang Bogor itu. Dengan berbekal kegigihan Bima, Sugeng bersama Wan Abbas Zakaria dan Paul Benyamin Timotiwu akan maju dalam pemilihan rektor Unila. Penetapan calon rektor sendiri pada 15 Agustus mendatang. (IKZ/U-3)

WAT - WAT GAWOH

Salah Guna, Ya Dihukum

–

PENYALAHGUNAAN sesuatu akan berbuntut masalah sebab ada norma yang dilanggar. Ya api ya juga kik tipakai mak sesuai atoran jadi cadang. (Ya apa juga, kalau dipakai tidak sesuai akan rusak.) Seperti seorang pramugari maskapai penerbangan nasional yang salah memanfaatkan barang miliknya. Sudah tahu braseri itu untuk menyimpan kaleng susu , justru dia pakai untuk menyimpan narkoba. Tak urung, Winnie Raditya, begitu nama pramugari itu, harus menjalani hari-harinya di dalam bui. Pengadilan Negeri Jakarta Pusat mengganjarnya dengan hukuman 4 tahun penjara karena terbukti mengonsumsi sabu-sabu. Ulihni iya mak benor makai halatni, iya tihukum pak tahun (Karena dia menyalahgunakan peralatannya, dia dihukum 4 tahun), kata ketua Majelis Hakim. Winnie diciduk aparat Polres Jakarta Pusat di indekosnya di Karet, Tanah Abang. Saat digerebek, perempuan lajang berusia 23 tahun ini kalang kabut. Sampai-sampai untuk menyembunyikan barang haram miliknya, dia „ DP. RAHARJO memasukkan satu paket sabu-sabu ke braseri yang dikenakannya. Nyak rabai, jadi api ya juga kupakai nyimbinni. (Saya panik, jadi apa saja saya gunakan, termasuk braseri, untuk menyembunyikan narkoba itu.) Ini buat stamina, biar kerja semangat. Saya sudah memakai sejak 2007, kata Winnie. (DTC/U-3)

KASUS NARKOTIKA

Langgar Aturan Dewan, Golkar Pecat Firmansyah

„ DOK. LAMPUNG POST

Tisnanta

–

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Anggota DPRD Lampung Firmansyah dinilai melanggar aturan mencemarkan citra institusinya. Jika terbukti menggunakan narkotika, Partai Golkar siap memecatnya. Aktivis Lampung Parliament Watch (LPW) Tisnanta menilai perilaku anggota Dewan itu mencerminkan citra lembaga itu. Menurut dia, jika ada seorang anggota Dewan yang terjerat kasus narkoba, meskipun hanya pemakai, akan mencoreng citra lembaga. Tisnanta menuturkan publik bakal memberikan penilaian secara merata jika lembaga tidak segera mengambil tindakan di internal melalui penegakan kode etik. “Ini persoalan etika. Jadi harus segera diambil langkah tegas. Jangan menunggu masyarakat berpikir janganjangan anggota Dewan yang lain seperti itu juga, atau jangan-jangan yang lain diam ka-

–

rena sama saja,” kata Tisnanta saat dihubungi Rabu (10-8). Terkait dengan belum adanya keputusan hukum tetap, Tisnanta mengatakan sanksi moral tidak perlu menunggu keputusan hukum. Hal itu akan mendorong pengembalian kepercayaan publik kepada lembaga.“Tegakkan dulu kode etik. Sudah jelas ada ketentuan tentang etika Dewan,” kata dia. Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Lampung Jusni Sofyan mengatakan pihaknya sudah menerima keluhan dari masyarakat melalui SMS terkait dengan persoalan itu. Jusni mengakui pandangan masyarakat sudah tidak lagi pada sosok satu per satu anggota Dewan, tetapi pada lembaga secara keseluruhan sehingga ia sependapat hal seperti itu merusak citra lembaga. Namun, sebagai Ketua BK Jusni tidak dapat mengambil tindakan dengan menabrak aturan yang berlaku. BK tetap harus menunggu hasil keputusan hukum sebelum mengambil tindakan di internal. “Kami terbentur aturan. Jadi tidak bisa bertindak sebelum ada keputusan hukum mengingat itu sudah ditangani pihak kepolisian,” kata Jusni. (WAH/U-3)

CMYK

„ REUTERS

BARIKADE TERBAKAR. Perusuh berdiri di depan barikade yang terbakar di Liverpool, Selasa (9-8). Pergolakan dan kekerasan yang berkobar di sejumlah kota di Inggris memaksa polisi untuk menangkap ratusan perusuh.

Kerusuhan Menjalar ke Manchester LONDON (AP/BBC): Kerusuhan di Inggris yang berawal dari Tottenham, London utara, mulai menjalar ke Manchester pada hari kelima kemarin. Di kota terbesar ketiga di Inggris itu, kelompok pemuda merusak toko dan menjarah isinya. Para perusuh juga mengusir fotografer. Di sana polisi didesak mundur kelompokkelompok pemuda yang menutupi wajahnya dengan selendang dan topeng ski. Geng-geng itu menghancurkan toko sepatu dan membakar toko pakaian perempuan di pusat kota. Dua perampok memecahkan pintu kaca masuk pusat perbelanjaan Arndale, mal yang menjadi pusat perbelanjaan utama Manchester. Ratusan pemuda kemudian memasuki sebuah toko dan kembali dengan membawa pakaian dan sepatu. Para penjarah mengeruk habis barang dari sebuah toko listrik, sementara polisi yang tak berdaya hanya menyaksikan peristiwa itu. Para pemuda itu meneriakkan kata-kata kotor ke arah polisi. Asisten Kepala Kepolisian Manchester Garry Shewan mengakui polisi kewalahan menghadapi aksi kekerasan. Penjarahan juga dilaporkan masih terjadi di Liver-

pool, Birmingham, Nottingham, dan Gloucester. Namun, situasi di London mulai pulih setelah warga turun ke jalan menjaga kawasan permukiman mereka.

Kami akan melakukan apa pun untuk memulihkan hukum dan ketertiban di jalan-jalan kami. Kondisi ini tidak bisa dibiarkan. Tindakan Tegas Perdana Menteri Inggris David Cameron, kemarin (10-8), menyerukan tindakan tegas tengah dilakukan terhadap para perusuh untuk memulihkan ketertiban dan keamanan di jalanan negeri itu. Namun, aksi anarki masih berlangsung dan meluas ke luar Kota London. Cameron mengatakan Inggris

tidak akan membiarkan rasa takut menguasai jalanan kota. Ia pun meminta polisi menyusun rencana darurat untuk menggunakan meriam air jika memang diperlukan. “Kami akan melakukan apa pun untuk memulihkan hukum dan ketertiban di jalan-jalan kami. Kondisi ini tidak bisa dibiarkan,”kata Cameron di televisi. Wali Kota London Boris Johnson mendesak pemerintah mempertimbangkan kembali rencana pemotongan anggaran kepolisian terkait dengan melebarnya aksi kerusuhan ke berbagai penjuru kota. Kepolisian Inggris sudah menempatkan sekitar 16 ribu anggota dan 5.000 detektif di jalanan London dan kota-kota lain untuk mengantisipasi terjadinya kerusuhan lebih besar. Hingga tadi malam, sebanyak 100 polisi dilaporkan terluka, 770 orang ditangkap, termasuk 113 orang di Manchester dan Salford, serta 50 orang di Liverpool. Di kawasan West Midlands, polisi menangkap 87 orang. Kerusuhan di Inggris dipicu penembakan seorang pemuda kulit hitam oleh polisi di London utara, Sabtu (7-8) malam. Masifnya aksi anarki diperparah oleh kesenjangan sosial yang terus melanda Inggris. (MI/U-1)

KODE ETIK

KY Usulkan 3 Hakim Antasari Nonpalu JAKARTA (Lampost): Selain memutuskan tiga hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang mengadili perkara Antasari Azhar melanggar kode etik, rapat pleno Komisi Yudisial juga merekomendasikan agar ketiga hakim itu nonpalu. Wakil Ketua KY Imam Anshory Saleh mengungkapkan hal itu di Jakarta kemarin berkaitan dengan rapat pleno KY pada Selasa (9-8). Tiga hakim itu adalah Heri Swantoro, Prasetyo Ibnu Asmara, dan Nugroho Setiaji. Mereka memvonis mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Antasari Azhar dengan hukuman 18 tahun penjara. KY menilai ketiga hakim tersebut melanggar prinsip profesionalitas karena mengabaikan sejumlah barang bukti penting di hadapan pengadilan.“Rekomendasi yang kami berikan bukan rekomendasi berat, melainkan sebagai hakim nonpalu selama 6 bulan ke depan,” kata Imam. Sebelum keluarnya rekomendasi KY, ketiga hakim itu telah mendapat promosi naik jabatan. Juru Bicara Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali mengatakan Hery Swantoro menjadi hakim anggota di Pengadilan Tinggi (PT) Denpasar, Bali, Nugroho Setiadji menjadi hakim pengawas di MA, dan Prasetyo Ibnu Asmara menjadi hakim anggota di PT Jawa Tengah.“Kalau tidak salah SK dari MA keluar sekitar 2 bulan lalu,” ujar Hatta. Saat ditanya apakah rekomendasi KY memengaruhi putusan MA, Hatta mengatakan sangat tergantung dari proses di MA. Misalnya, MA tidak serta-merta menggelar Majelis Kehormatan Hakim (MKH) untuk memeriksa para hakim itu.MKH dibentuk jika ada sanksi berat bagi para hakim. (MI/U-3)

–

HUT KE-37 LAMPUNG POST

Media Dukung Percepatan Pembangunan Daerah BANDAR LAMPUNG ̶ Pemimpin Umum Lampung Post Bambang Eka Wijaya berharap koran yang dipimpinnya itu bisa terus memberikan informasi aktual, akurat, dan tepercaya. Dengan begitu, informasi yang diberikan dapat mendukung percepatan pembangunan serta menopang peningkatan kesejahteraan di Bumi Ruwa Jurai. “Tak kalah utama, Lampung Post tetap dicintai masyarakat Lampung,” kata Bambang di sela-sela peringatan HUT ke-37 Lampung Post di kantor redaksi harian ini. Peringatan HUT Lampung Post kali ini dikemas lebih sederhana dengan tetap melibatkan masyarakat. Peringatan diawali dengan kunjungan ke panti asuhan di Bandar Lampung, Rabu (10-8). Bekerja sama dengan Rotary Club Telukbetung, sebanyak 200 paket dibagikan kepada anak yatim piatu di Panti Asuhan Al Khairi Amanah dan Panti Asuhan Al Baitul Amanah Mulya Putri. Menurut Bambang, meskipun dalam jumlah yang tidak banyak, bantuan yang diberikan itu diharapkan dapat membantu kebutuhan anak yatim piatu

„ LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

POTONG TUMPENG. Pemimpin Umum Lampung Post Bambang Eka Wijaya memotong tumpeng saat merayakan HUT ke-37 Lampung Post di halaman kantor redaksi harian itu, Rajabasa, Bandar Lampung, Rabu (10-8).

di panti asuhan tersebut.“Ini hanya bantuan kecil yang dapat kami berikan. Kami berharap wujud kepedulian Lampung Post dapat sedikit membantu kebutuhan anak yatim maupun piatu di panti asuhan ini,” ujar Bambang di hadapan penghuni Panti Asuhan Al

–

Khairi Amanah, Tanjungkarang Timur, Rabu (10-8). Sementara itu, Presiden Rotary Club Telukbetung Merry Thio, didampingi Rotarian (anggota Rotary Club, red) Lunto Hasan, mengapresiasi kepedulian perusahaan penerbitan itu terhadap

anak yatim piatu. Menurut Lunto, peringatan HUT yang bertepatan dengan bulan Ramadan tentu sangat spesial. Pada bulan yang sangat suci ini, Lampung Post hadir dengan kerendahan hati menunjukkan kepedulian sosial. Hal itu tentu selaras dengan misi dan visi Rotary Club yang merupakan organisasi kemasyarakatan di bidang sosial. “Kami pun berharap Lampost terus berkembang, jaya, dan akan terus menjadi ‘sarapan pagi’ yang selalu dinanti, serta tentunya semakin disayang oleh masyarakat Lampung,” kata Lunto. Kegiatan dengan tema Indahnya berbagi keceriaan di bulan Ramadan ini juga dihadiri Pemimpin Perusahaan Lampung Post Prianto A. Suryono. Lalu hadir pula Rotarian lainnya, Ali Dermawan, Ramona Harahap, Ade Widiyanti, Yanti Satya, Arpin Sutanto, dan Arif Lasmono. Sore harinya, pada resepsi ulang tahun, anak yatim piatu itu diajak berbuka puasa bersama di kantor redaksi koran ini bersama karyawan dan masyarakat sekitar. Pada acara itu, dihadirkan Ustaz Endang untuk memberi tausiah agama tentang Ramadan. (VER/U-3)

CMYK

–

–


±

CMYK

Beli New Blade Bonus Jaket Eksklusif

LAMPUNG POST, Kamis, 11 Agustus 2011 HALAMAN 9

Pesantren Benteng Pendidikan Karakter

PT Tunas Dwipa Matra ( TDM), diler utama sepeda motor Honda di Lampung, meluncurkan Honda New Blade, Selasa (9-8).

Pondok pesantren dinilai sebagai benteng pembangunan akhlak dan pusat pendidikan karakter bangsa dengan pola pembinaan yang berlangsung selama 24 jam.

Hlm...10

Hlm...19

Indeks VALUTA ASING

±

DOLAR AUSTRALIA (AUD)

YEN JEPANG (JPY)/100

KURS JUAL

KURS BELI

9.331,60

KURS BELI

9.203,95

KURS JUAL

8.178,02

7.464,04

DOLAR NEW ZEALAN (NZD)

7.531,02

10.444,85

DOLAR SINGAPURA (SGD)

KURS JUAL

KURS JUAL

6.690,60

12.958,05

KOMODITAS

KURS JUAL

9.030,00

KURS BELI

8.030,00

DOLAR HONG KONG (HKD) KURS BELI

6.631,98

KURS JUAL

1.157,14

KURS BELI

1.028,89

POUNDSTERLING INGGRIS (GBP)

EURO (EUR) KURS BELI

EKONOMI

DOLAR AMERIKA (USD) KURS BELI

11.748,63

DOLAR KANADA (CAD)

KURS JUAL

KURS JUAL

8.294,19

KURS BELI

11.521,44

KURS JUAL

14.707,16

KURS BELI

13.075,25

per Rabu, 10 Agustus 2011 n Sumber Bank Indonesia

CPO Minyak Kelapa akao Kopi Arabika Kopi Robusta Karet TSR 20 Lada Hitam Lada Putih Jagung (kering)

n DOKUMENTASI IIP BUMN

BANTUAN SOSIAL

IIP BUMN Beri Santunan Anak Yatim

±

BANDAR LAMPUNG (Lam­ post): Ikatan Istri Pemimpin (IIP) BUMN Provinsi Lam­ pung memberikan santunan kepada anak yatim piatu. San­ tunan yang diberikan berupa bantuan sembako dan uang tu­ nai. Bantuan diberikan kepada Pondok Pesantren Al-Fatah dan dan Panti Asuhan Putri Azizah, Bandar Lampung. Ketua IIP BUMN Lam­ pung Yenni Andi Punoko, Rabu (10-8), mengatakan ban­ tuan ini merupakan bentuk kepedulian pengurus dan anggota IIP Lampung untuk membantu masyarakat yang kurang mampu. Bantuan ini diperoleh dari zakat dan infak anggota IIP BUMN Lampung. “Jangan dinilai berapa besar yang diberikan, tapi ini meru­ pakan bentuk kepedulian, ke­ tulusan, dan keikhlasan untuk membantu,” kata Yenni. Lebih lanjut Yenni menga­ takan bantuan ini diharap­ kan bermanfaat untuk anakanak panti asuhan, sekaligus mempererat tali silaturahmi antaranggota IIP BUMN. Yenni menjelaskan IIP BUMN merupakan orga­ nisasi sosial di lingkungan BUMN yang beranggotakan istri pimpinan BUMN yang dibentuk sejak tahun 2002. IIP bertujuan menjalin hubungan antaristri pimpin­ an dalam melaksanakan kegiatan sosial kepada masyarakat dan keluarga besar BUMN. Pada 2010,

±

IIP juga telah melaksanakan kegiatan semacam ini dengan memberikan bantuan berupa pakaian dan makanan kepada Panti Asuhan Darmasari dan Pondok Pesantren Al-Fatah. Dalam kesempatan tersebut, Ketua Pondok Pesantren AlFatah A. Roni Tirzan menga­ takan banyak terima kasih atas apa yang diberikan IIP. “Saat ini kami sangat membutuh­ kan dan alhamdulillah pada Allah mengijabah doa kami, mudah-mudahan apa yang disumbangkan ini akan dicatat di sisi Allah swt. menjadi amal saleh,” kata A. Roni. (WIN/E-1)

CMYK

Medan Bitung Makassar Medan Lampung Palembang Lampung Pangkalpinang Lampung

±

8.225 11.846 19.324 38.263 14.080 39.082 47.496 69.254 1.751

Kemampuan Interkoneksi Daya ke Lampung Naik 100%

Disnak Lamtim Kontrol Daging Gelonggongan

SERAHKAN BANTUAN. Ketua Umum IIP Yenni Andi Punoko menyerahkan bingkisan kepada Ketua Ponpres Al-Fatah A. Roni Tirzan. Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian IIP BUMN terhadap masyarakat kurang mampu.

HARGA (Rp/Kg)

ENERGI

KLIK

±

LOKASI SENTRA

per Rabu, 10 Agustus 2011 n Sumber: Bappebti-Kementerian Perdagangan

Penjualan Mobil Bekas Stabil

SUKADANA—Peredaran ternak dan daging hewan ternak pada bulan puasa dan menjelang Idulfitri di Lamtim mendapat perhatian serius pihak Dinas Peternakan setempat. Pasalnya, Dinas Peternakan Lamtim tidak mau ambil risiko hewan ternak yang diperjualbelikan atau dipotong terjangkit suatu penyakit. Kepala Dinas Peternakan Lamtim Laksmiwanti, melalui Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dewanto, kemarin (9-8), menjelaskan memasuki bulan puasa dan menjelang Idulfitri, kebutuhan daging ternak seperti ayam, sapi, kerbau, dan kambing akan terus meningkat. Situasi meningkatnya kebutuhan daging tersebut bukan tidak mungkin dimanfaatkan oleh pedagang nakal untuk mengeruk keuntungan. Misalnya menjual daging gelonggongan, daging ayam tiren atau da­ ging ayam yang dipotong karena sakit, dan lain-lain. “Daging-daging seperti itu tentu saja sangat tidak sehat dan tak layak konsumsi sebab bisa menimbulkan penyakit bagi manusia,” kata Dewanto. (JON/E-1)

±

CMYK

Indeks KOMODITAS

±

n LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

Seorang calon pembeli sedang melihat mobil bekas di salah satu gerai mobil bekas di Jalan Sultan Agung, Way Halim, Bandar Lampung, Rabu (10-8). Hingga saat ini penjualan mobil bekas relatif stabil.

SPBU Alami Susut Pengisian BBM

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Lampung mengeluhkan seringnya terjadi losses (kehilangan/susut) pengisian bahan bakar. Kondisi ini membuat SPBU harus menanggung kerugian yang tidak sedikit akibat jumlah kiriman bahan bakar yang tidak sesuai dengan jumlah seharusnya. Diduga, losses terjadi aki­ bat tidak maksimalnya hi­ tungan meter arus yang ada di Pertamina Depot Panjang. Ketua Bidang SPBU Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswanamigas) Lampung Donny Irawan me­ ngatakan kondisi ini sudah ber­ langsung cukup lama dengan waktu yang berfluktuatif. “Hampir seluruh pengusaha SPBU di Lampung menyam­ paikan keluhannya terkait masalah ini (losses, red),” kata Donny, kemarin (10-8). Donny menambahkan di Lampung ada sekitar 126 SPBU dengan kebutuhan bahan bakar sebanyak 1.900 kl/hari. Dalam satu hari, tiap-tiap SPBU me­ nerima kiriman bahan bakar sebanyak satu hingga tiga mobil tangki dengan jumlah liter yang bervariasi sesuai kapasitas mobil antara 15 ribu liter dan 32 ribu liter. “Jika diambil minimnya saja, satu SPBU mengalami losses 75 liter,

kemudian dikalikan dengan 126 SPBU, sudah berapa nilai kerugian pengusaha SPBU,” kata Donny. Jika dikalkulasi, untuk satu SPBU yang kehilangan 75 liter/ hari, artinya secara kumulatif total seluruh SPBU di Lampung kehilangan 9.450 liter dengan nilai kerugian mencapai Rp42 juta lebih. Jika dalam satu bu­ lan, nilainya terhitung fantastis, yakni sekitar Rp1,2 miliar. Donny yang juga anggota Komisi II DPRD Lampung ini mengatakan pihaknya sudah menyampaikan keluhan terse­ but kepada Pertamina. Namun, hingga kini belum juga ada respons dalam menyelesaikan persoalan tersebut. Audit Meteran Selain itu, Donny juga mem­ inta agar UPTD Metrologi da­ pat segera melakukan pengece­ kan dan audit meter arus yang ada di Pertamina Depot Pan­ jang. “Berdasarkan keluhan

±

dari SPBU, kami minta UPTD Metrologi untuk mengecek dan melakukan peneraan ulang meter arus dan mobil pengisian bahan bakar di Depot Panjang,” kata dia. Donny menambahkan pe­ nyusutan bahan bakar yang terjadi di SPBU secara otomatis akan membuat kelebihan stok di Pertamina. Dikhawatirkan, kelebihan tersebut akan meng­ akibatkan terjadinya penyele­ wengan. “Pertamina harus transparan, jika terjadi losses, premium di Pertamina kan bertambah, nah dikemanakan kelebihan bahan bakar terse­ but.” Sebagai operator distribusi bahan bakar dan regulator tunggal, kata Donny, Pertamina harus bisa menjalankan tugas dan fungsinya secara mak­ simal. “SPBU ditekan pasti pas, tapi Pertamina belum tentu pasti pas. Sekarang depot mana yang terkontrol? Sedang­ kan kami (SPBU, red) harus terima apa adanya, mereka ini (Pertamina, red) kan pelayan publik,” kata dia. Donny mengancam jika masalah penyusutan tersebut tidak kunjung bisa dibenahi, pihaknya akan mendorong per­ masalahan itu untuk diaudit BPKP atau bahkan hingga ke ting­ kat yang lebih tinggi. (YAR/E-1)

BANDAR LAMPUNG (Lam­ post): Kemampuan transmisi daya interkoneksi dari Sum­ bagsel ke Lampung mening­ kat dua kali lipat dari 200 megawatt (mw) menjadi 400 mw. Hal ini akibat telah ram­ pungnya proyek penggantian konduktor berteknologi baru 8 Agustus lalu. Manajer Unit Transmisi PT PLN Tanjungkarang Sugiyono mengatakan penggantian kabel sepanjang 32 km dari Kotabumi sampai Bukitkemu­ ning dengan 150 kv sebanyak dua jalur mulai dikerjakan sejak Mei lalu. “Pekerjaan ini dilakukan 24 jam tanpa pemadaman yang dilakukan tim pekerjaan dalam keadaan bertegangan berjumlah 12 orang,” kata Sugiyono kemarin. Menurut Sugiyono, de­ ngan bertambahnya kemam­ puan transmisi tersebut, interkoneksi daya yang disalurkan selama ini ke Lampung sebanyak 200 mw meningkat menjadi 400 mw. Seperti diketahui beban pun­

cak kebutuhan daya di Lam­ pung sekitar 480 mw yang disuplai dari PLTU Tarahan 2 x 100 mw, pembangkit sek­ tor Tanjungkarang 100 mw, interkoneksi sebanyak 150 mw, dan pembangkit sewa lainnya. “Tadinya interkoneksi dari Sumbagsel sebesar 200 mw terdiri dari 90 mw dari pem­ bangkit Way Besai, dan 110 mw dari interkoneksi Sum­ bagsel. Sekarang, dengan penampang yang sama, dari Way Besai misalnya sebanyak 90 mw, interkoneksi Sumbag­ sel bisa mencapai 200 mw,” kata dia. Dengan demikian, upaya memaksimalkan transfer melalui interkoneksi dapat menambah daya di Lampung. “Apalagi, ke depan kebutuh­ an daya di Lampung akan semakin meningkat. Untuk itu, PLN telah me­ nyiapkan berbagai pembang­ kit seperti pembangunan PLTU Sebalang 2 x 100 mw dan juga pembangkit sewa lainnya.” (WIN/E-1)

±

INFRASTRUKTUR

Perbaikan Jalan Dipastikan Selesai BANDAR LAMPUNG (Lam­ post): Perbaikan ruas jalan yang menjadi jalur mudik dipastikan selesai menjelang mudik Lebaran. Meskipun demikian, bila terjadi keter­ lambatan, bukan disebabkan lambannya pekerjaan kon­ traktor, melainkan terlambat­ nya proses tender dilakukan. Demikian diungkapkan Ketua Gabungan Pelaksana Konstruksi Indonesia (Ga­ pensi) Lampung Iskandar Hartawi, Selasa (9-8). Menurut Iskandar, khusus perbaikan ruas jalan jalur mudik, telah dikebut sejumlah kontraktor. Bahkan pekerjaan dilakukan hingga malam hari. “Kami optimistis pekerjaan bisa selesai menjelang mudik H-7,” ujarnya. Sedangkan untuk perbaik­ an Jalan Soekarno-Hatta (by pass), belum dapat diselesaikan mengingat keterlambatan di­

sebabkan karena proses tender dan pengumuman terlambat. Sementara jalan by pass mem­ butuhkan penyelesaian jangka panjang dan biaya yang tinggi pula. “Karena pengumuman lamban, akhirnya daerah yang keteteran, jalan belum mulus saat Lebaran,” kata Iskandar. Sementara itu, rencana pe­ merintah mengalokasikan anggaran Rp12 miliar un­ tuk perbaikan tiga ruas jalan peng­hubung feed road di Lam­ pung disambut baik Gapensi. Perbaikan ini, kata Iskandar, akan meningkatkan kualitas jalan di Provinsi Lampung. Namun, Iskandar menyangsi­ kan perbaikan tiga ruas jalan tersebut, yakni Gayam-keta­ pang, Kalianda-Kunyir, dan Way Baka-Totoharjo dapat selesai H-7 Lebaran. Menurut dia, ketiga ruas jalan tersebut banyak yang rusak dan ber­ lubang. (WIN/E-1)

CMYK

±

±


± Kamis I 11 Agustus 2011

±

CMYK

CMYK

± Lampung Post I 10

BISNIS & KORPORASI BINCANG BISNIS

±

Fokus ke Pertanian, Jadikan ‘Leader’ Pembiayaan POTENSI pertumbuhan ekonomi yang cukup besar di Lampung membuat pembiayaan pada sektor pertanian menjadi salah satu bidang yang menarik bagi perbankan untuk meraih pangsa pasar pada sektor ini. Untuk mengetahui bagaimana perkem-

fokus pada pembiayaan sektor pertanian. Apalagi selama ini, kita ketahui petani kesulit­ an mendapatkan kredit dari perbankan. Dengan memfokuskan diri pada sektor pertanian, kami bisa menjadi leader dalam hal pembiayaan di sektor pertanian. Apakah bentuk pembiayaan yang BPR Sejahtera berikan hanya dalam bentuk dana atau ada jenis lainnya?

BIODATA Nama Kelahiran Istri Anak Hobi

: Pungki Zulkarnaen : Desember 1972 : Kania Mustika Sari : 2 orang : Olahraga, traveling

Pendidikan terakhir : S-1 Hukum di Universitas Brawijaya, Malang Karier : 1998—2008 Bank Mandiri Lampung Januari 2010—sekarang Direktur BPR Lampung Bina Sejahtera

bangan pembiayaan pada sektor pertanian di Lampung, berikut petikan wawancara wartawan Lampung Post Soni Elwina dengan Direktur PT BPR Bina Sejahtera Pungki Zulkarnaen di ruang kerjanya, Rabu (10-8).

±

Lampung merupakan salah satu provinsi yang memiliki potensi pertanian yang cukup tinggi. Komoditas pertanian Lampung bisa memenuhi kebutuhan masyarakat Lampung bahkan surplus. Bagaimana Anda melihat potensi ini? Persaingan perbankan di Lampung saat ini, khususnya pada pembiayaan sektor mikro, sudah cukup ketat. Sebagai BPR yang masih berkembang, sulit rasanya untuk turut dalam persaingan tersebut mengingat hambatan dalam bidang sumber daya manusia maupun teknologi yang ketinggalan dibanding bank milik pemerintah dan bank-bank swasta lainnya. Oleh karena itu, kami

Perbedaaan pembiayaan yang dilakukan oleh BPR Sejahtera dengan bank lain adalah kami tidak hanya memberikan bantuan dalam hal dana saja. Namun, juga dalam bentuk pendampingan. Kami juga memberikan bantuan dari sisi budi daya pertanian. Ada tim yang tergabung dalam konsorsium, seperti penyuplai pupuk, obat-obatan, dan dengan pihak akademisi Politeknik Negeri Lampung untuk mendampingi petani dalam hal budi daya Pertanian. Program ini sudah kami jalankan di wilayah Tulangbawang, Tulangbawang Barat, dan Mesuji, khususnya bagi petani padi sawah. Program pembiayaan sektor pertanian ini diharapkan dapat mening­ katkan pengetahuan petani dan pada akhrnya meningkatkan hasil pertanian. Apakah Anda optimistis pembiayaan sektor pertanian oleh BPR Sejahtera ini bisa menjadi leader di Lampung?

±

Persaingan dalam hal pemberiaan pembiayaan selalu ada. Namun, peluang pembiyaan di sektor pertanian ini bila digarap dengan lebih konsen akan mendapatkan pasar yang cukup besar. Apalagi, sebelumnya banyak bank-bank yang ­alergi memberikan pembiyaan pada sektor ini. Persaingan untuk pembiayaan oleh bank umum atau BPR lainnya saja sudah cukup berat. Baik pembiayaan sektor perdagangan, jasa, dan mikro belum lagi dengan BMT atau koperasi yang masuk ke pelosok-pelosok daerah. Sementara untuk pembiayaan pada sektor pertanian masih terbuka lebar. Selama 2009—2011 untuk pembiayaan pertanian oleh BPR Sejahtera sudah tersalur sebesar Rp11 miliar. Tahun ini diharapkan meningkat menjadi Rp17 miliar. Bagaimana dengan produk perbankan lainnya, apakah BPR Sejahtera juga turut mengembangkannya? Selain pembiayaan, tentu saja kami juga melakukan penghimpunan dana. BPR Sejahtera mengembangkan produk tabungan sekolah. Selain itu, juga membuka minibank di sekolah sehingga siswa dapat melakukan kerja praktek di minibank tersebut. Selain itu, kami juga mengembangkan beasiswa kepada murid sekolah. BPR Sejahtera juga turut berpartisipasi dalam dunia pendidikan melalui program kembali ke sekolah dengan memberikan bantuan peralatan olahraga. Termasuk penghimpunan dana korporasi untuk penabung-pena­ bung besar. Kendala apa yang paling dirasakan dalam mengembangkan produk perbankan ini? Faktor utama keterbatasan BPR Sejahtera adalah keterbatasan produk. Hal ini disebabkan akses IT yang masih kurang baik, termasuk kendala dari sisi SDM. Untuk meningkatkan hal tersebut, kami melakukan pelatihan in house training maupun eksternal. PT BPR Sejahtera juga melakukan kerja sama dengan bank-bank umum untuk produk electronic banking sehingga nasabah bisa melakukan transaksi di mana pun. Penyesuaian IT tentu saja harus dilakukan termasuk kerja sama linkage program. Saat ini, kami hanya memiliki satu kantor cabang di Jalan Wolter Monginsidi dan satu kas keliling. Serta pelayanan cash back-up di Lampung Selatan. (E-2)

n LAMPUNG POST/SONI ELWINA

HONDA NEW BLADE. Peluncuran Honda New Blade digelar di Rumah Makan Saung Desa, Selasa (9-8). PT TDM optimistis 1.000 unit New Blade akan terjual selama Agustus ini dengan promosi penjualan berhadiah langsung jaket eksklusif.

Beli New Blade Bonus Jaket Eksklusif BANDAR LAMPUNG (Lampost): PT Tunas Dwipa Matra (TDM), diler utama sepeda motor Honda di Lampung, meluncurkan Honda New Blade, Selasa (9-8). Sebanyak 200 pembeli pertama New Blade mendapatkan hadiah langsung jaket eksklusif. Peluncuran Honda New Blade ditandai konvoi menuju Rumah Makan Saung Desa dan dilanjutkan dengan acara buka puasa bersama dan pemberian santunan pada anak Panti Asuhan Mulya Pusat, Bandar Lampung. Direktur Utama PT TDM Hendra Utama mengatakan TDM menargetkan penjualan Honda New Blade mencapai 1.000 unit selama Agustus 2011 ini. Menurut dia, New Blade merupakan sepeda motor yang tercatat dalam rekor MURI karena berhasil membukukan penjualan 951 unit motor untuk

satu tipe dalam kurun waktu kurang 8 jam. Rekor yang dibukukan Astra Honda Motor (AHM) ini, kata Hendra, merupakan terobosan baru, yang sukses digelar di Cilandak Towns Square, Sabtu (6-8). “Melalui program Jadilah 1.000 Pemilik VIP Honda New Blade, membuktikan sepeda motor Honda menjadi pilih­ an utama masyarakat dalam berkendara roda dua,” kata Hendra. Lebih lanjut dia mengatakan pembelian New Blade tidak perlu inden karena sepeda motor ini ready stock.

Fitur Andal Honda New Blade memiliki desain baru dengan dibekali mesin efficent and low friction technology (EFT) berkapasitas 110 ccm SOHC, 4 tak yang memiliki performa tinggi tapi efisien. Mesin ini disempurnakan menggunakan teknologi Honda, yaitu HVIC (Honda variable ignition control technology). Teknologi ini membuat proses pengapian mesin pada motor lebih efisien, tarikannya bertenaga tapi tetap hemat bahan bakar. Sementara itu, Sales Supervisor PT TDM Yullian Dehaan mengatakan optimistis target penjualan Blade sebanyak 1.000 unit dapat terealisasi. “Dengan didukung fitur-fitur andal New Blade menjadi pilihan tepat masyarakat Lampung,” kata Dehaan. (WIN/E-2)

±

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±


±

CMYK

Kamis I 11 Agustus 2011

±

CMYK

± Lampung Post I 11

Pariwara

±

±

±

±

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±


Kamis 11 Agustus 2011

AC AC spesialis AKIRA 0.5PK 1,5Jt. HITACHI 1PK 2Jt (Trade in), SHARP, LG, AUX,service dll. Hub. INDOCOOL LAMPUNG, 0721-3581133, 9381199. Anda butuh AC baru/second, cuci AC/rental. Hub.ANUGERAHAC,9799797, 9900540, 9900530. Agen AC RESMI PABRIK LANGSUNG. TERMURAH !!! Jika lebih mahal diganti selisihnya. Panasonic, LG, Sharp. Terima cuci, repair(Agen resmi) TIMMY ELECTRINDO Tlp 242222, 7444470

SERVER ASLI LPG, trm pendaftaran AGEN Telksl 5:5450, 10:10400,20:20250, Indst 5k:5050, 10k:10050, 25k: 24900 XL 5:5300,10:10300 Flx 5, 15/9.95/19.5 Esia 5,20/10.15. Minami_Cel,085269555333, 0819.779.81001

HORDENG “Neo Classic ” trm pemesanan/ pemasangan hordeng, vitrage, spiral, vertikal/horizontal blind dll,hsl memuaskan, hrg variatif. Hub. 081369342793,081977972187.

INDEKOST

Lampung Post 12

STNK BE 5137 DX,NK:MF3VR10BB8 LO98920,NS:YX150FM608068384,A n:Marjaya STNK BE 4046 DD, Nk: MH1JBC310B K031299,NS:JBC3E1030701,An:Ahm ad Mulyadi STNK BE 4978 RD, NK:MH328D20CAJ9 14920,NS:28D191495R1,An:A.Nasir STNK BE 3350 YL, NK:MH1JBB116A 267418,NS:JBB1E1258222,An:Yuli an Saputra STNK BE3948 D,NK:MH35D90019J212 869,NS:5D9212921,An:Agus sulistiyo

AC bergaransi 3 th, tunai/ kredit, Panasonic, LG, Sharp, Crystal, Hub LINTAS SURYA Tlp. 0721 241101, 7490054

Rmh kost fas.lkp,AC,TV,klks,kmr mdi dlm,prkr ls,Jl.P.Kemerdekaan 18 tlp.253967.

STNK BE 6818 EI, Nk. MH1JB8 1187K015620, Ns. JB81E-1019025, an. Sadiman Adi Susilo

WINDA AC jual AC/Secd, serv/cuci AC, kulkas, dispenser, PS ms cuci dll, 257556, 7403726 08127921648 & 0721-7174866.Minggu Buka

Asrama IKL trm Kos Pel/Mhs/umum Lok Aman & Nyaman cck utk ktnagan Bljr Air Brsh&bnyk lok Blkg Unila Gg.Pandan I No.43 HP.082880186405

STNK BE 2011 DO, Nk. M505202, Ns. A.005202, an. Muh. Yusuf, S.Pd

AHLI GIGI RAMA DENTAL ahli bikin gigi, psng behel gigi Jl P. Antasari 18/dpn bioskop Sinar Bdl. 0812.7945122, 0721268544 Jl.HOS Cokroaminoto 18 Kebon Jahe.

ALAT- ALAT CV. TANRUA GILIRAYA Pengadaan / pengisian PEMADAM KEBAKARAN. Hub. Jl. Imam Bonjol 423-B. Lk-Pura Tlp.0721-260626, 260320

BADUT Tama Ent. Mulai 150rb. Badut, dekor, balon dll. Hub.0812.79742313, 07217426047

BRANKAS Utk Tk Emas,Bank, Finance,Kntr dll, knds bgs,T=1,2m x L=76cm x D 86cm Brt 1,4Ton, Kc.kombinasi, thn api,baja hrg 17Jt ng. HP.0815.41294400, 0721-7464149

BUTIK Datang & kunjungi Butik Che N Chie tsedia aneka ragam baju bautique dgn hrg mrh & berkualitas terjamin. Hb. 081272348888. „

BUS PARIWISATA Bus Pariwisata Merce.32 Seat, Kselmtn pnmpng Prioritas Prsh Klik www.Darmadutawisata.com Hb: 0815 4019822

TRAVEL PO Sari Mustika - PO BASUMA JAYA melayani jurusan Semarang-PatiSurabaya, Denpasar-Smtra PlmbangJmbi-Pkn Baru. Hb. Bp. Juang 0852. 69711333. „

ELETRONIK ROHIM TV Beli TV Rusak dan service TV Panggilan SLS Ditempat 07219957747

FURNITURE Minimalis Produksi, interior + furniture, spesialis furniture minimalis modern, Jl.Flamboyan Raya No.14 Tjg Seneng, 0721-9085166. „

HANDPHONE Dicari agn dist.m.kois & all oprt hrg mrh 5:4250,10:9250,50:47250,100:9 1250. Hub.085215352744

Trima Kost Mggn, Blnn, Jl Griya Fantasi 2C/8 WHP Hub. 702498, 0812.727.7590 Kost executive Penginapan dan Perkantoran DIVKA Residen Faslt AC,TV,Laundry dll Jl.P.Antasari No.114, Telp.07212697631, 085669961111 ‘Ervino Graha’ Trm Kost Bln Khss Krywn/Ti Baik2 Fas Lkp, View Laut, AC Non AC, Cci Strk, Aman,Prkr Ls Jl.Slamet Riyadi 1 No.40 Gruntg.082183558542, 082176411971 (Bp Sukriya)

INTERIOR SAFIRA Interior: membuat kichen set, kmr set, lemari pajangan, bar, meja kantor, counter bank, partisi. Showroom: 0813.79129108, 7164443 NADIA INTERIOR, Mendesain/ Membuat kitchen set, kmr set, lemari pajangan, counter, bar, counter bank, meja kantor, r. karaoke. Phone 470206, 0811792863 ASIA PRIMA DECORINDO. Jual & Trima pesanan gordyn utk rmh, kntr, Jl. Ratu Dibalau No. 115 Tj Senang Bdl „ Hb: 0721 7547482

KAMERA DIJUAL NIKON F55D Kit, Zoom - Nikkon 28-80mm F/3,3 - F/5,6 G. masih Komplit (manual book, bok, pembungkus) jarang pakai. Segera hub. IAN-081318603144

KEHILANGAN STNK BE 1250 DO,NK:EV21069150,NS: SB353841193,An:Harun Alrosyid STNK BE 6278 DI, Nk. MH1HB61168K448082, Ns. HBG1E-1446223, an. Samad.

STNK BE 2948 D, Nk. MH35D90019J 212869, Ns. 5D9-212921, an. Agus Sulistiyo. STNK B 6299 ESP, Nk. MH35D9002A J692644, Ns. 5D9692128, an. Tarsono. STNK BE 8687 DS, Nk. MH8FD11DXEJ626422, Ns. E109-ID-628716, an. Efendi. STNK BE 5540 FE, Nk. MH1HB11124K409406, Ns. HB11E-1407762, an. Sri Sutanti. STNK BE 6182 FN, Nk. MJ2AL1D4F9J001145, Ns. JLIP50FMG209AD 01133, an. Masayu Maulana.

KESEHATAN Iin massage+lulur. Hub. 0813690 77114, 0721-3610197, 082183333471, 085840811170

PIJAT S h i n t a U r u t L u l u r Tr a d i s ional Sultan Agung Gg. Murai 40 Hub:7543674/081369372811 siap panggil

PIJAT KEBUGARAN Pijat Tradisional P/W lulur Facial Hub: Perum Griya Sejahtera Blok B/1 (PU) 085768537118, 085228856973, 082184703889

KOLAM RENANG Dunia Kolam Renang: Pembtn, prwtn, perbaikan, obat-2 an, peralatan Jl. Hayam Wuruk 198 E Kedamaian tlp. 0721- 7444567

KOMPUTER

STNK BE 2370 EO,NK:MHF11KF83Y0 014877,NS:7K0345604,An:PT.Sinar Pematang Mulia

Pusat transaksilaptop second, membeli Laptop bekas sgl kondisi merk & spek, service& sparepart. H r g & k u a l i t a s t e r j a m i n . H b. 081319900982, 9010982

STNK BE 8859 DJ, Nk: MH34D720 38J048781,NS:4D71048755,An:Sr i wahyuni

Jual Komputer Warnet Amd Lcd 19” Br 9Bln Pkai 11 Unit Meja Kursi 55Jt 0811796969 Metro Nego

KONVEKSI CV Ely Karya Trm psnn bermcm srgam, sablon kain, kaos, bordir, kbaya, „ topi, tas dll. Tlp. 251468 Elly.

KURSUS MENJAHIT Bisa cpt cari uang disk 20%-50%, bisa disalurkan kerja. Cpt2 ikut kursus menjahit &mode JULIANA JAYA.T.Umar Gg.Kiwi 5.Cp 701677-081540816997

MEJA BILLIARD Sokasi selalu sedia meja billiard 9’’/7 feet Second 95%/ bru + mcm aksesoris Jl. Ridwan Rais No.9 TKT Telp. 081272385555, 07217501705, 085789889853

MEJA MAKAN DIJUAL Jual murah meja makan Ukr 80 X 130 bekas kantin Hub : 07219900852

MESIN-MESIN CV. Mitra Abadi jual, sewa, perbaikan, suku cdg, tinta, foto copy, msn Analog & Digital. Hub. 7505050, 0812. 7909898 PT BUANA CITRA ABADI, Pusat penjualan / sewa mesin foto copy rekondisi, BERGARANSI, canon NP 6551 IR 5000 / 5570, Jl.KH. Ahmad Dahlan No. 158 kupang raya T. Betung , Telp : 0721 480346, 7151071, 082177587787, 08159685862

MUSIK ADI Musik: jl/tkr tmb: i5(4) i4(5) i3(5,5) Pa50(7) Pa80 Pa500, PSR900, KN1400, 2400,2600,X50,CORA,Blazer,Beta 3 ,PV16ch,8ch,CS800,AD3600,Behr. 20 ch, a/esis,DOD, AXL. Ph.268983, 081369139529.

CUCI GUDANG Paket alat music band Rp.15jt dijual seharga Rp.10jt saja (New) Sound System Tasso T3 ±6000w Rp.48jt (second, new Rp.100jt) OBRAL alat band & soundsystem berbagai merk terkenal, disc s/d 40% Yamaha,JBL,Mackie,Alle n&Heath,AXL,Sonor,Tama,RMV,Iban ez, Artrock,Cort,Best,Rhyme,Gallien Krger,dll Rama Swara telp.(0721) 251652-0811792034

PENGINAPAN PONDOK PALAPA, HARGA MULAI DARI 80 RBU, DI PUSAT KOTA, FAS : AC, TV, KM PRIBADI, BREAKFAST, PAR KER LUAS, JL. P.E.M NUR 7623158, 7188333

PENDIDIKAN PELATIHAN OTAK IBC STIMULASI OTAK 5-40 th anak anda ingin bergabung di Club Jenius Lamp daftr dgn DEMRI Spd 081279705100

PRIVAT Privat Annisa SMW pljrn mengj, MIPA IPS Bing 085669762054 / 3633033.

Privat Gemilang smw pljrn TK/ SD – SMA, ngaji 0721-9006960, 085379862017 Privat Bintang Education smua pljrn TK, SD,SMP,SMA Umum,mengaji,guru datang ke rumah. Prfsional & sabar. Hb.3667558, 081369277269 Ingin anak anda berprestasi 7 Privat Siklus, Guru datang kerumah,semua pelajaran, SD, SMP, SMA. Call. 07217481330, 085768117586 Ninth Eleven, Bimbel smua mapel+B. inggris.Alamat:Perum Grha Madu Pesona cluster 1,jl.Turi Raya no.88 T.Seneng B.Lpg. Call :0721-7356817

PELUANG USAHA

KOPI LUWAK

WALET

Jual 100% Kopi Luwak Liar Asli Kopi Luwak Robusta,Arabica Aceh & Mix. Dicari Agent. Hub: 085213470070 www.warungkopiluwak.com

Buana Walet Jaya Jl.Kartini 98 (sbrg BNI) tlp.262686 jual prlkp wallet, telur dll.

Butuh ADMIN menguasai Prog Scylla lamaran antar langsung ke Jl.M.Salim 18 Way Lunik BDL 341558/470955 Dicari Marketing Eksekutif utk memasarkan pelaratan multi media sekolah, pendidikan SMK/D-3 komputer diutamakan yang sudah berpengalaman, mempunyai kendaraan bermotor dan sim C, mau bekerja keras, jujur, ulet, kirim lamaran ke Jl. Sultan Agung Y-23 WHP Bandar Lampung

SABLON Sablon Balon, cocok utk promo, ultah dll sgl jns balon, mrh, cpt, sdia pratai bsr. 081804077600 (Heny)

SALSA/ YOGA/DANSA

SANGGAR BUNGA

Sedia obat herbal batuk, tifus, kencing manis, asam urat, alergi, anak & dewasa. Hub. Bashir 087899296123. Ekstrak ikan gabus sari mina, asli, dpt naikan kdr albumin, prs penyembuhan stroke, kanker. Hub. Evi 081377752488

Sanggar Bunga Fanny, menerima pesanan bunga papan medan (sewa) & bunga segar Jl.jend.Sudirman No.110 tlp.0721-9928989, 3666219.

PERALATAN PESTA SULTHAN TENDA SEWAKAN PERALATAN PESTA, TENDA, KURSI, PANGGUNG, KATERING, dll, tlp. 7392111, 0812. 79436222.

RUPA - RUPA Regu Operator Excavator Proyek HTI Jepang di Pontianak Kalbar Hub:0821-54812009 IM2 berhadiah motor. Daftarkan IM2 kamu sgera. Kunjungi toko komputer terdkt. Hub. 085658919293 (Joko) „

ATASI KEBOCORAN MENGATASI KEBOCORAN, Rem-bes, Retak/Pecah pd bangn Anda, sprti: K.Mandi, Dak, Talang, Karpus, Basement, Terowongan, Bak Lim-bah, dpt kami atasi dg Grouting/Injeksi Beton, Couting, Waterpro-ning, Renov bangnn. Specialis Pengctn Crant Container/Tower Telkom, Gypsum, Polis Marmer. HELDINA 0813.79918592, 0721-7520154

Bank Mega KCP Bndar Jaya mmbthkn marketing AO SME, FO, LEGAL, min D3 diutmakan brpnglmn, brdomisili dlamteng & sktrny, lmrn krm ke Jl. Proklamator No.142 RT.001/001 Bndr jaya 0725528288

Membentuk badan jadi padat & berisi, mengobati stress. Hub. 0721473097

Lampung Florist menerima psnan U/ smua ucpn Bunga ppn medan (sewa) disk 25% & bunga ppn jual Jl. I. Bonjol No.169 Lebak Budi bdl telp 3664588, 085279714488 (24jam)

PENGOBATAN

Mekanik alat & mekanik las proyek HTI Jepang di Pontianak Kalbar. Hub:082154812009

PAKAN TERNAK Terima bongkol jagung giling kering. Hub. 0812.82108888, 083170111010 (trm drh Bandung).

FRANCHISE Ingin punya penghasilan ttp setiap bln? Hnya dg Investasi 21 Jt, 26 Jt, dan 75 Jt, anda dpt miliki Franchise Martabak Bangka Sinar Fajar (SF26). Hub. 0811791231, 07217551231 (tanpa royalti selamanya)

LOWONGAN

SERVICE RIZKY Service kulkas, p. air, mesin cuci, AC, Dispenser, water heater, k.gas, tbg elpiji, k. angin, m.com, J.beli AC baru&cuci AC. Hb. 7506931, 085788814931. GRANSI 6 BLN SERVICE PANGGIL AC, Kulkas, Frezer, M. Cuci, W. Heater, dll. Hub. „ 081272590428

SUMUR BOR Winjaya Bor terima buat sumur bor & servis, pakai mesin manual. Hub. 081272471119, 085369644488.

TAS Bikin TAS apapun kami ahlinya tas u/ seminar,sklh, laptop,ktr, sgl mcm model kami bisa DISOREN, Jl. T.Umar 26 dpn Mkm Pahlawan (0721) 9789755-081369627610 „

LOWONGAN KERJA PT Fastrata Buana – Kapal Api Global cabang Lampung, membutuhkan :

1. Finance & Accounting Area Supervisor. ~ Pengalaman min 3 tahun sebagai Akunting/Finance ~ Pendidikan min S1 Akuntansi ~ Usia min 26 tahun 2. Sales Motoris (Area Metro) ~ Berpengalaman sebagai salesmen motoris ~ Diutamakan berdomisili di kota Metro ~ Pendidikan min SMA ~ Usia min 20 tahun 3. Fakturis (Area Kota Bumi) ~ Berpengalaman sebagai Fakturis (Fresh Graduate are Welcome) ~ Bersedia ditempatkan di Kota bumi ~ Pendidikan min D3 Ekonomi Akuntansi ~ Usia min 21 tahun

Galeri Busana BTH kan SPG wnt SPR Cleaning Service Penjahit Wnt/Pria. Antar Lgs Jl.Perintis Kemerdekaan No.5 telp 0721-252805 Perusahaan Expedisi membutuhkan segera SOPIR TRUK BESAR & KECIL, lintas Sumatra - Jawa, umur 30-45 th, pengalaman min 2 th punya Ijazah Asli Pendidikan terakhir, punya HP, SIM BI-Umum & BII-Umum. Info lebih lanjut Hubungi segera : Ari 0821-77206226 Dwi 0821-78117210 Sulistio 081273369911, tidak terima SMS

LOWONGAN KERJA Dibutuhkan segera: 1. Operator Boiler 2. Electricom (Tukang Listrik) 3. Kepala Gudang

Lamaran dan CV dikirimkan maks 16 Agustus 2011 ke:

Persyaratan: ~ Point 1 & 2: Pria max 35 th, min STM sederajat, berpengalaman dibidangnya min 3 th, sanggup bekerja shift. ~ Point 3: Pria max 35 th, min SMA, berpengalaman bekerja pada industri perdagangan, dapat mengoperasikan komputer dengan baik.

Divisi PGA PT Fastrata Buana Jl M Salim no.38 Way Lunik Teluk Betung Selatan Bandar Lampung. Telp. 0721-32024

Kirimkan lamaran lengkap dan CV anda via pos ke alamat: Jl. Lintas Timur, Ds Kecubung Terbanggi Besar KM 75 Lampung Tengah 34163 atau email ke: recruit.ibpjkt@gmail.com

Cepat kerja KURSUS SINGKAT pelatihan guru TK/PAUD langsung ditempatkan Hub : 0721-262839, 085788822699, 3646525 Bth tenaga Kanvaser, Pria brpglmn, mmlk mtr (Sim C). Krm lmr ke CV Fortune Jl.Amir Hamzah No.46/90 Gotong Royong Bdl Dibthkan llsn Arsitek/Sipil Bangunan & STM Bangunan usia max 30th. Hb. Jl.G.Mada 29 Bdl tlp.0721-7410054, 082111900080 Dibthkan llsn Arsitek/Sipil Bangunan & STM Bangunan usia max 30th. Hb. Jl.G.Mada 29 Bdl tlp.07217410054, 082111900080 Ingin berkesempatan bekerja ke luar negeri yang aman & terjamin hanya di PT MMG bth pria/wanita, usia 18 s/d 35 th, Pria : job pabrik, konstruksi untuk dimalaysia gratis gaji ± 2 jt, wanita untuk di singapura uang saku 7 jt bersih + gaji ± 2,8 jt Jl. Pagar alam ( PU) Gg cendana no. 95 B kedaton. Tlp 0721 782227, 087899900599 Dicr PRT usia 30 tahun, jujur, ramah, sopan, niat kerja u/urus rumah + masak gaji Ng .Hub. Sri 085279975847 Dibthkn sgr krywan/i, u/ toko pnddkn min SMA, lam krm lsg ke jl. R.Intan no.90 sblh hotel andalas.plg lmbt 1 minggu setelah iklan ini

LOWONGAN PEKERJAAN

PERGURUAN TINGGI A2L & STIE LAMPUNG Membutuhkan segera 1.Dosen Tetap Akuntansi 2.Dosen Tetap Manajemen Syarat : 1. Pendidikan SI Jurusan Akuntansi dan atau S2 Jurusan Akuntansi (1) 2. Pendidikan S2 Manajemen (2) 3. Memiliki jiwa dan kemampuan mengajar Bagi anda yang memiliki kualifikasi di atas, Aplikasi dan Lamaran dapat dikirim 1 minggu setelah iklan ini terbit ke : Bagian HRD STIE Lampung, Jl. ZA Pagar Alam – Pelita 1 No. 24 Labuhan Ratu Bandar Lampung

AIR BERSIH Bagi anda berminat kami menyediakan AIR BERSIH max 5.000 Lt dr Sumber mata air Gng Betung Kemiling Permata, 7516745, 7522624 „

ATASI MAMPET Sedot WC penuh, pipa-2 & westafel mampet hilangkan bau tnp bongkar paling mrh garansi. Hub.7400060 Ahli atasi mampet wc, wastafell, saluran air dll tnp bongkar garansi.07219310946, 085380979966.

LOWONGAN KERJA RS. SWASTA YMC yang sedang berkembang pesat, terbesar dan terlengkap di Kabupaten Lampung Tengah akan ekspansi menambah SDM Pria dan Wanita yang ramah, menarik, skill dan berakhlak baik dengan persyaratan sbb: 1. 2. 3. 4. 5. 6.

Dokter Umum & Dokter Gigi Perawat & Perawat Gigi Perawat (Nurse) Assisten Bidan/Perawat / Baby Siter Apoteker Asisten Apoteker

D3 S1 D1 S1 D3

1. 2. 3. 4. 5. 6.

Akuntansi Rekam Medis Radiolografer Analis Kesehatan Tata Boga Marketing & Public Relation

Syarat : 1. Bersedia bekerja Full Timer 2. Lebih diutamakan yang sudah berpengalaman. 3. Untuk Marketing & PR diutamakan fasih berbahasa Inggris. Lamaran / Permohonan tertulis lengkap dikirim Via Pos ke: HRD RS Yukum Medical Centre Jl. Negara No 99 Km 67 Yukum Jaya - Lampung Tengah (kode pos 34160)

S1 D3 D4 D3 D3 S1


Kamis 11 Agustus 2011

Lampung Post 13

OTOMOTIF BOX & BAK MOBIL PERKASA MOTOR: Jual-Beli, TT bak baru, boks Kabin. Hub. 705054, 7570889, 08154043056

MOBIL PENGANTIN Disewakan MOBIL PENGANTIN Mercy New Eyes Warna Silver. Berminat hub. 0721-7361700-0811728117

MOBIL DISEWAKAN CV. SAMANIA. Cary/Futura 125 – 175 rb Bmdra 100 PU/Kda 150-200, Avz/ Xen/Apv/Kjg 200-250, Inv 300-350. Hub. 0721-7344447, 9901230 ******** OTO RENT CAR ******* ******** XENIA / AVANZA ******* ***** 200 rb/hari – 4Jt/ bln ******* ***** syarat mudah - harga murah *** Call 241241, 7301153, 081279773313 Trlkp & mewah, alphard, camri, pejero sport, double cabin fortuner, mercy, BMW, Inova, Terios, avanza, Hub : 081369695051, 3588881, Ready driver hafal jakarta & jawa, siap antar jemput Bandara. Disewakan Toyota ALPHARD Hub : 0721-7349118 MINANGA OKU CAR , sedia : INNOVA, AVANZA, XENIA, APV, Hub: 0721 7165600, 0812 72056000 JONI NIAGA RENT CAR: Inoova, Kijang Capsul, Avanza, Xenia, APV, Altis, ALphard. Hub. 7403700, 7692086, 0812.7264905 Trlkp & mewah, alphard, camri, pejero sport, double cabin fortuner, mercy, BMW, Inova, Terios, avanza, Hub : 081369695051, 3588881, Ready driver hafal jakarta & jawa, siap antar jemput Bandara. **** ARLENDI RENT CAR **** Menyewakan Avanza, Xenia, Innova, Sedan Pengantin. Hubungi. 0857.68362979, 081279085447 „ ****** ALFAN RENT CAR ****** Menyewakan Avanza, Xenia, Innova, Sedan Pengantin. Hubungi. 0721„ 7525657 – 0813.69705657. **** SHANDINA RENT CAR **** Menyewakan Avanza, Xenia, Innova, Sedan Pengantin.Hub: 07217547560. „ ****** OONK RENTAL CAR ****** Sewakan Sedan Pengantin, Innova, Avanza, Xenia. Hub: 0721-7471813, „ 0811.799813.

MOBIL DIJUAL CHEVROLET Dijual Mobil CHEVROLET Thn’90 Warna Hijau,Nego Hub: 0721255407/081369143581

DAIHATSU Feroza, Biru Metalik, Arema, istimewa, ors, s.pakai, ban 31 khusus u/ pemakai. Yg hobi nego Hub. 0725-43102. Sdn Classy’94, htm met, mls L/D, VR, BR, CD,EM,PW,PS lkp s.pkai 35jt ng 08127937256, 0721-7553110 Daihatsu Terios warna silver metalik thn 2009 over kredit. Hub:085281228333 Dijual cepat mobil Espass’ 1995, biru, istimewa, body bagus dtg lht lsg ke. Jl. Sultan Agung Y-23 WHP Bdl telp. 0721 701769, 087899595777 Bpk Nasrun Daihatsu Charade’ 85, body ok, AC dingin, tap, VR, biru Nego, Hub. 0721 7443311

HONDA CRV 2.0 CC’2003, Hitam Matic, 160 Jt, BE, pajak baru. Hub. 0812.7915466. Honda Accord Maestro’90, Silver, BE Kdy, pjk baru 1 bln, Ac dingin, harga nego. Hub. 0813.69282098, 081957338328 JAZZ SPORT’06, Silver, asuransi, tgn 1, ex wanita, khusus pemakai hg 139 jt nego Hub. 081541411919 Dijual Honda CRV 2.0 Th 08,AT Dark Moca Tangan 1 Hub: 081997598178 Stream’05, B, Silver Trip Tonik VR17, mbl sip, ng,bisa TT. Hb. 7444651

ISUZU Dijual Panther HI-Grade Tahun 96/95 Istimewa & LM 2000 istimewa Hub:0853-69862222 Panther Hi Grade Th’95, ACDB, PW, CL, RT, VR, BR, harga 58 Juta. Hubungi: 0852.79728864.

KIA KIA VISTO 00 Silver BE,PW,PS,AC,Sound system pemakai Nego Hub:07213626771

MITSUBISHI Bth kndrn Mitsubishi pkt dsyt CIT 120 PU tdp 7Jt aja angs 2,6Jt x 47 bln/3,2Jt x35bln. Hb. Tedi Santoso (0721) 7550721, 0813.77688508.

SUZUKI Suzuki Baleno Type SY416 DX 1590 cc tahun 1997 Harga Nego. Peminat segera hubungi 081369316468,TP Futura GRV 2004 biru,AC Double ban baru,Pjk baru,BE HARGA 60 JT Nego. Hub: 081369001970, 081519190589 Dijual cpt mbl Suzuki Sidekick Thn’97 warna Hitam, All Original. Hub: 0812-79412789

Dijual mobil NEW BALENO 2008 Silver BE Pajak Baru EKS Wanita Mulus Ban Baru.Nego. Hub: 081541297716

TOYOTA Avanza G’07, Silver, BE Kdy, Km 26000, istimewa. Hb. 081369519239 Corolla SE Saloon BE BDL.Hijau metalik mesin bgs siap pakai V/R R/T AC Dingin Hrg Nego Hub: 0852-18984469 Kijang LGX’98, Hijau Metalik, istmewa, siap pakai, konidis orisinil, nego. Hub. 0813.17614798. Fortuner 07 akhir, pmk 08, hitam be, bns 2,7, lux, Yaris 06 Akhir, pmk 07, mrh type e, matic, hub. 081957386068 FORTUNER GRV 04, biru, acbd, ban baru, pjk baru, BE, hrg 60 jt, nego, hub. 081519190586 Dijual Avanza S th 2007,Warna Hitam Manual KM 44.000. Hub: 085369862222 Kijang Super,91 Abu-Abu Metalic VR/RT,Ban Baru,CDI Karoseri Kencana Rp 45 jt.Nego.Hub:085769814474, 085382928774

MOTOR DIJUAL Anda butuh motor Yamaha all tipe. Hub: 7532627, 0812.79467778 „ Dijual cepat Mega Pro Th’2008, BE, jarang pakai, pajak baru. Hubungi: HP. 0813.69002383.


Kamis 11 Agustus 2011

Lampung Post 14

PROPERTI APARTEMEN DIJUAL Dijual cepat apartement Serpong Town Square (setos) LT 20-2 Bed room full purnish dkt kawasan perum alam sutera & BSD hadap water park lokasi ditepi tol jakarta-kebon jeruk –merak Hub. 087899595777, 081288847300 ( NO SMS)

ARSITEK Doughlas Arsitektur, rancang bangun rumah, ruko, kantor + Renovasi bangunan + pelaksanaan + pengawasan Hub : 081279448120, 0721 7502831. OASE Arsitektur berpnglaman merancang bangunan rmh tinggal, ktr, bangunan. Hb. 0812.72634488, 0721-7410369. „

BAHAN BANGUNAN ALUMINIUM Spesialis kusen, jndla, partisi, pntu almnium, folding gate, rolling door, rak alm dll, mrh ber garansi. Hub. Toko MITRA Jl. Samratulangi 33 A tlp.7477282, 081379200333

ASPAL Aspal Pertamina Cilacap, 60/70 Shell Esso Hrg Besaing Dswakan Wall 810ton Ph 0811722075/07217474171

FOLDING GATE BINTANG FOLDING GATE khusus terima Pesanan Pintu Folding Gate. Hubung segera Jl.Raya Natar Km 16 No.8 A Srimulyo 1, Pemanggilan Natar

GEDUNG WALET DIJUAL Dijual Gedung Walet uk 8 x 16 di Pematang Pasir Kalianda Lam – Sel, Hub:081540007988 Gdg Walet Uk 4 X 12 M, 3 lnti tnh 15 X 70 M SHM sdh produksi sarang 100 + buah putih Palas Lamsel hrg : 320 Jt/Ng Hub : 081379416713

KOLAM DIJUAL Kolam ikan cck utk lobster, Kp Baru Unila, SHM, 1400 m2, 750 jt/nego. Hub. 0812.72738989, 771704, 081379789456

RUMAH Jual rmh LT. 300/bgn full, SHM, 3KT, 3KM, R.krj, mushola, gdg, grasi, 2200W, Perum Korpi 0816402728 Rmh Jl. Ikan Kerapu No.11 Bdl, SHM, Ls T/B 540/300, 4KT+2KP+2KM, 2 garasi + 3AC +kit. set +furnit Ariston + kulkas + m.marmer. Hub.087871008739, 0811724509 Rmh model minimalis Lux + Perabotan, bangunan baru L.518M hrg 1,3M B.Lampung Hub:0821-787129766 Rmh dijual 5 Kmr Tdr,3 Kmr Mandi.

OBAT TELAT BULAN Anda Telat? Produk Import untuk telat 5-7 Jam pasti Lancar aman & bergaransi. Hub : Apotek Sinar Farma Jl. Ampera 88-B Tanggerang Hp. 081272115788 GARANSI LUAR KOTA Obat dipakai baru dilunasi.

Metro Kibang dan Tanah ukuran 25x50 Sertifikat.Berminat Hub:08127963211/0815880603 Rmh mewah 2Lt, Lt. 3000m2, 9300m2, Shm, Atp Beton, R.Baja, Pintu & Jndela Merbau, Lt Granit, Pmnas Air, Skm, Grs 2mbl. Peminat Loksui 08137945067 Rmh Jl P. Bangka Perum Karunia Indah Blok H/26 Sukabumi LT/LB:100/180 M2 3 KT 2KM grs Nego Hub: 081369148560 & 081270276312

DIKONTRAKKAN Rmh Perum Wana Asri Beringin Raya Kemiling, 2LT, 5KT, 1 GDNG, 2 KM, Musola, min 2 th. Hub:0813.6931.6468 Rumah Jl. P.Emir M.Noer Komplek Kehakiman(BI) No.C2, 4KT, 2KM, listrik 2200W, garasi luas. Hb. 0815.40952498. Rmh Perum Wana Asri Beringin Raya Kemiling, 2LT, 5KT, 1 GDNG, 5 KM, Musola, min 2 th. Hub:0813.6931.6468 Dikontrakan rmh Perum Kedamaian Indah Blok MI, listrik 2200 W, 3KT, 3KM. Hub. 0813.69288990.

DIJUAL- DIKONTRAKAN Rmh 3KM, KM pembantu, perabotan, LT 220M, LB150M.Perum T.Damai lestari Hub: 08161128712,0816412824

RUKO

Dijual cepat ( TP ) tanah di Citra Garden Blok D-2 No.7 Bd.Lampung Luas 324 M2 Hub. 087899595777, 081288847300 ( NO SMS) Tanah Ls ± 1000m2, Jl. Rasuna Said T. Betung. Hub.0721702249, 3555277,484696 Tanah 1540m2, 600M2 (20x30), 200 M2 (12x 19) Jl. Terusan S. Hamdani ( Palapa 10 ) L.Ratu. Hub. 0721702249, 3555277,484696 Tanah Ls. 4000 M2 & 510 M2, Jl. Z.A. Pagar Alam L. Ratu Bandar Lampung. Hub. 0721702249, 3555277,484696 Tanah pertanian, durian, rambutan, duku, dll. hak milik, LS. 12360 m, Hb : 081379189555, 087899820444 Dijual cepat tanh di Jl Imam Bonjol LS 700 M2 harga Rp 300 rb/m SHM Hub : 081284415143 & 0721-9982789 Tanah Jl. By Pass Soekarno Hatta dkt FIF Honda uk pj 72 x 35 m2, SHM, nego. Hb. 0811.722018, 081279207477 Dijual tanah Perkarangan SHM LT 347 M. Jl Untung SP Gg.Pertama Gg Somat dpn wisma Bdl. Hub: 085769779391-085268205857

LOWONGAN KERJA Perusahaan asing membutuhkan tenaga profesional sebagai berikut:

n FINANCE & ACCOUNTING STAFF (FAS)

Persyaratan: ~ Sarjana (S1) di bidang Akuntansi ~ Usia maximum 28 tahun ~ Minimum 1 tahun pengalaman di bidang akuntansi & keuangan ~ Mampu melakukan kegiatan akuntansi & keuangan seperti faktur dengan penerimaan pajak, aktivitas kas/bank ~ Pengalaman dalam menggunakan sofware akuntansi ~ Mampu bekerja di bawah tekanan dan dapat bekerjasama dalam team ~ Jujur, sangat akurat, teliti dan pro aktif Kemampuan: ~ Cepat belajar dan menyukai tantangan baru mengeksplorasi ~ Memiliki motivasi, pro aktif, kreatif, dan berorientasi pada hasil

n AGRONOMIST (AG) Persyaratan: ~ Sarjana Pertanian ~ Laki-laki usia maximum 27 tahun ~ Dapat bekerjasama dengan team dan memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik ~ Mmepunyai Surat Ijin mengemudi (SIM C) ~ Bersedia ditempatkan di area perkebunan ~ Dapat mengoperasikan komputer ~ Mempunyai kemampuan bahasa Inggris minimal pasif Lamaran lengkap dapat dikiirm via email ke: Hrd-2010@hotmail.com atau melalui PO BOX 1133. Lamaran diterima paling lambat dua minggu setelah iklan ini dimuat dengan mencantumkan Kode pada subject email.

TANAH KAVLING DIJUAL Ruko 3 Lt uk 4 x 12 tempat strategis, 700 jr nego, Jl. Pemuda 94 smpg Ramayana. Hb. 0813.99576924, 250130, 021-3923785, 0812.86729961

KANTOR + GUDANG Disewkn min. 10 th kantor +gudang LT 1338 m2 LB 9 x 12 m2, SHM, Ls gudang 12 x 15 m2, Jl. Tirtayasa Gg.Suharto sblm LPG/Aman Jaya, nego. 0811.722018

TANAH Jual tanah kapling Pemanggilan LT 200M2,SHM.Hrg 40 jt,Hub:085377527832 Tnh 10.600 M2, SHM, Sukadana Pasar (Lamtim), ppgr jalan/aspal hotmix, 55 rb/m, nego. Hub.081272154455, 087899110050

Dijual tanah kapling SHM LT 1400 M. Jl P.Sikep SKBM Hub:085769779391085268205857. Dijual tanah kav ukuran 12 x 35 M = 420 m2, & ukuran 52 x 35 m2, di Desa Badransari Pekalongan ( belakang pasar pekalongan ) tanpa perantara, tanpa SMS. Hub. 08127235532

DISEWAKAN Sebidang tanah, strategis uk 20 x 25, Jl. Soekarno Hatta, bonus $10000. Hub. SMS 0821122549357 Kotabumi.

BANDAR JAYA RUMAH DIKONTRAKAN di Bandar Jaya Kota (jl.Krakatau No.3) 4 kmr tdr,2 kmr mnd listrik 2200 Watt,Garasi luas min 2thn.Hub 0821-81050309

TANAH DIJUAL Luas 1062 M2 Jl Cut Nyak Dien Gg. Sukajadi Kaliawi samping gudang, depan sekolah SD. Hubungi: 081510007480,081369744632

PRINGSEWU Dijual tanah & bangunan, SHM, LT 650 m2, cck utk rumah tinggal, gudang, GSG, lokasi di Pringsewu blk cucian mbl Lang Lang Buana. Minat hub. 0812.7271888, 7337888.

LAMPUNG TENGAH Jual tanah luas 960 m, SHM, Strategis lokasi Kaliwungu-Kalirejo Lamteng. Hub. 087821116625.

METRO Dijual rmh Jl.Ikan Koi (dekat WU) 21 A Metro, LT 560 m2 LB 185 m2, SHM, 3KT, 2KM, Listrik 2200 W nego. Hub. 0813.69120651, (0725) 7025729.

PERCETAKAN MEDIA TANJUNG KARANG Terima OC OLIVER 58 : 2 Mesin Jl. Duku Pasir Gintung Telp. 0721-256169 Percetakan & Reklame Media Jl. Z.A. Pagar Alam Labuhan Ratu depan Jl. Sukardi Hamdani/Palapa Terima Pesanan: „ Undangan „ Brosur „ Stamp Warna „ Stamp Kristal „ Plank Merk „ Buku Nota

TELP. 0721-782 937 Konsultasi :

BP. MAHMUDI 0815.4054.469 0812.7948.2321 0721-755.3961


±

±

CMYK

Lampung Post I 16

Kamis I 11 Agustus 2011

sosok

±

Latihan Sabar BULAN Ramadan adalah bulan kesabaran dan tidak ada balasan kesabaran selain surga. Sabar yang menjadi inti dari puasa itulah yang selalu tertanam kuat dalm diri Kasubbid Dikyasa Ditlantas Polda Lampung AKBP Fatmawati. Menurut Fatma- Fatmawati wati, bulan Ramadan adalah syahrus shabr (bulan sabar). Sebab, pada bulan Ramadan umat muslim dilatih sekaligus diuji dengan kesabaran. Antara lain tidak mengeluh pada saat haus dan lapar. Fatmawati yang ditemui di ruang kerjanya, Selasa (9-8), mengungkapkan sabar menjadi kekuatan jiwa dari segala bentuk kelemahan mental, spiritual, maupun penopang segala aktivitas. Menurut dia, dengan bersabar banyak keistimewaan yang didapat. Utamanya ialah mendapatkan pahala tanpa batas, seperti dalam Surah Az-Zumar: 10. “Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” “Jika pahala puasa dinilai langsung oleh Allah swt. tanpa dibatasi pelipatgandaan pahala seperti yang biasanya. Maka sangat wajar jika sabar mendapatkan pahala tanpa batas,” kata mantan Kabid Humas Polda Lampung itu. Mengurai latihan kesabarannya selama berpuasa, mantan Kaops Satlantas Poltabes Palembang itu tampak antusias menceritakan. Sebagai aparat penegak hukum, ia siap ditempatkan di mana saja untuk bekerja optimal. Termasuk menjalani tugas sebagai pengatur lalu lintas. (VERA AGLISA/S-1)

Berhijrah, Ciri Sukses Puasa I

Takut Melawan Perintah Allah swt. LELAKI bertubuh kecil itu menghentikan laju gerobak yang ditariknya, usai menepi di bilangan Jalan Raden Intan Bandar Lampung. Wajah letih jelas tergurat pada raut wajahnya yang mulai keriput. Dahlan nama lengkapnya. Bapak berusia 45 tahun ini telah seharian menempuh perjalanan mencari berbagai barang rongsokan di seputaran Kaliawi, Kampungsawah, Enggal, Simpur, Kebonjahe. Karung bekas, botol bekas, plastik air mineral bekas, besi besi tua

Dahlan

bertumpuk dalam gerobaknya. “Saya mulai muter sejak jam sepuluh pagi. Sekitaran jam 12 saya biasa cari masjid atau musala untuk istirahat. Sekitar jam setengah dua siang saya lanjut cari barang. Hingga jam lima sore saya stor ke bos rongsok di Enggal. Habis itu pulang ke rumah,” kata Dahlan kepada Lampung Post, Rabu (10-8). Warga Kaliawi, belakang Mal Kartini, ini mengaku masih tetap bersabar menahan lapar dan dahaga hingga magrib. Baginya hal itu merupakan hal biasa. Ia rela tak makan agar cukup membawa pulang uang untuk keluarganya. Sementara berpuasa adalah sebuah kewajiban yang harus ditunaikan. “Saya takut melawan perintah Allah. Maka dari itu saya wajib berpuasa. Lagian haus lapar itu sudah biasa Mas. Saya makan biasanya cukup dua kali. Pagi sebelum bekerja dan malam hari bersama anak istri. Kalau siang saya sudah biasa nahan enggak makan,” ujarnya. Menurut Dahlan, tak ada yang istimewa yang harus dilakukan agar tetap kuat bekerja selama berpuasa. Kalau lelah duduk, kalau lemas istirahat. Selain itu, ia berpantang untuk pecah di jalan. Kerja fisik memang sudah menjadi bagian hidupnya sejak dulu. Sebelum memulung, Dahlan biasa menjadi kuli panggul di pasar-pasar. Pasar Tamin, Pasar SMEP, Pasar Gintung adalah tempat ia dulu biasa mangkal. (ABDUL GOFUR/S-1)

±

n ANTARA

ALQURAN BRAILLE. Sejumlah penyandang tunanetra mengaji Alquran braille seusai salat zuhur di Masjid An Nur, Dinas Sosial Rehabilitasi Cacat Netra, Janti, Malang, Jawa Timur, akhir pekan lalu. Sebanyak 91 peserta mengikuti kegiatan Ramadan yang khusus bagi penyandang tunanetra, yakni berupa mengaji braille, hadrah, dan tarawih.

SUARA SAUDARA KITA

Ramadan Sumber Kasih Sayang RAMADAN bukan hanya menumbuhkan kasih sayang antara sesama orang-orang yang beriman dan manusia secara umum. Melainkan juga kasih sayang menjadi satu misi dan target pokok dari puasa Ramadan sehingga sudah selayaknya jika Ramadan dapat dijadikan sumber kasih sayang agar umat muslim bertakwa. “Sudah selayaknya Ramadan yang merupakan bulan suci benar-benar menjadi sumber inspirasi. Lalu peningkatan ke­s abaran, pendekatan kepada Tuhan YME, dan utamanya menjadi sumber kasih sayang,” kata Donny Irawan, anggota Komisi II DPRD Lampung, Selasa (9-8).

Pemeluk agama Kristen Katolik gas) Lampung ini, Ramadan ini mengakui meskipun meme- juga menjadi momentum pe­ luk agama berbeda, ia sangat ningkatan toleransi beragama. dekat dengan nuansa Rama- “Rasa kebersamaan dan to­ dan. Mengingat istrinya, Maria leransi beragama tentu harus Darmariah, adalah seorang ditingkatkan. Karena agama muslim yang menjalankan adalah pilihan hidup ibadah puasa. yang tidak akan Begitu juga dengan bisa diperdebatanak-anaknya yang juga kan,” kata manmengikuti agama ibutan atlet kempo ini. (VERA AGLISA/ nya. Bahkan, lanjut Donny, dirinya pun sering meng­ S-1) ikuti tradisi mudik ataupun kunjungan ke keluarga besar pada saat Idulfitri. Menurut Ketua Bidang SPBU Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswanami- Donny Irawan

Samsul Zakaria, Lampung Barat 085764239507

Kirim pantun Anda ke e-mail redaksilampost@yahoo.com atau SMS di nomor 0815-405-9000

±

CMYK

hanya untuk menahan lapar dan haus semata. Dengan lidahnya, ia mencegah dari berkata dusta, menggunjing, memfitnah, menipu, dan perkataan yang tidak berguna. Sebaliknya, ia menyi­ bukkan dengan zikir kepada Allah, membaca Alquran, dan menghafal ilmu. Dalam kesehariannya, sudah tidak tampak lagi kata-kata kotor keluar dari lisannya. H a t i n ya . O r a n g ya n g mukmin dan bertakwa akan me­n geluarkan dari dalam hati­n ya rasa permusuhan, kedengkian, hasut kepada teman, ujub, dan sombong. Orang yang sukses menjalankan ibadah puasa akan tampak keceriaan dan ketenangan pada wajah me­ reka karena berhasil mengenyahkan dengki dan rasa permusuhan dalam hatinya. Pandangannya. Seorang yang sukses dalam ibadah Ramadan, ia tidak akan lagi memandang sesuatu yang diharamkan. Pandangannya pun tidak ditujukan kepada kedu­ niaan dengan penuh cinta. Sebaliknya, ia akan memandang untuk mengambil hikmah di balik apa yang ia lihat. Perutnya. “Orang yang takut kepada Allah tidak akan memasukkan makanan yang haram ke dalam perutnya. Sebab, hal itu merupakan dosa dan penghalang terkabulnya doa,” kata Agus. (MG1/L-1)

±

n LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

BUKA BERSAMA. Anggota DPRD Lampung berbuka bersama di rumah dinas Ketua DPRD Lampung Marwan Cik Asan di Jalan Ahmad Dahlan, Pahoman, Bandar Lampung, Selasa (9-8). Acara tersebut diisi dengan ceramah agama dan salat berjamaah.

Mengenal Ahli Tafsir Kontemporer Indonesia

Radin Intan, seorang pahlawan Dengan gigih melawan penjajahan Ramadan tiba, Menebar ampunan, Semoga pahala dilipatgandakan

Keluarga Basir, Pekalongan, Jawa Tengah 085642953009

badah puasanya ha­ nya sebatas menahan lapar dan dahaga semata, dan berakhir sia-sia. Demikian dikatakan Rektor Universitas Muhammadiyah Lampung (UML) Agus Pahrudin di Bandar Lampung ketika ditemui Lampung Post, Rabu (10-8), terkait berlalunya sepertiga perjalanan waktu bagi kaum muslimin dalam menunaikan ibadah puasa sepanjang Ramadan. Agus menganalogikan, jika seorang musafir sukses me­nempuh jalan yang dilaluinya, ia akan sampai di kota tujuan. Demikian pula, jika seorang yang beriman sukses dalam menjalankan ibadah puasa, ia akan sampai pada tujuan puasa itu, yakni menjadi hamba yang bertakwa. “Orang yang bertakwa itu adalah orang yang takut kepada Allah swt. Ketakutan ini teraplikasi dalam diri se­seorang dengan mengerjakan perintah Allah dan menjauhi laranganNya. Orang yang beriman adalah orang yang takut kepada Allah dengan seluruh anggota badannya,” kata Agus. Itulah mengapa ciri-ciri mereka yang berpuasa adalah mereka yang mampu berpuasa dengan segenap organ tubuhnya. Matanya berpuasa, telinganya berpuasa, kakinya berpuasa, tangannya berpuasa. Mereka berpuasa tak

KISAH

PANTUN

Terselip khilaf dalam canda Tergores luka dalam tawa Terbelit pilu dalam tingkah Tersinggung rasa dalam bicara Mari kita saling maaf memaafkan pada bulan yang suci ini Semoga kita tetap sebagai saudara yang baik dalam satu jembatan satu doa dan satu tujuan dalam menuju rida Allah. Amin ya robbal allamin.

±

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Berhijrah atau adanya perubahan sikap hidup ke arah yang lebih baik merupakan ciri utama orang lulus berpuasa di bulan Ramadan. Sementara mereka yang gagal menjalankan rukun Islam ketiga ini adalah mereka yang tak mampu mengubah perilaku hidupnya ke arah yang lebih baik.

INSPIRASI

±

±

CMYK

M. Quraish Shihab M. Quraish Shihab lahir di Rappang, Sulawesi Selatan, pada 16 Februari 1944. Pria ini merupakan tokoh ahli tafsir kontemporer Indonesia yang dikenal sangat produktif. M. Quraish Shihab meraih gelar MA untuk spesialisasi bidang tafsir Alquran di Universitas Kairo, Mesir, pada 1969. Pada 1982, dia berhasil meraih gelar doktor di bidang ilmu-il-

mu Alquran dengan yudisium summa cum laude disertai penghargaan tingkat pertama di universitas yang sama. Produktivitasnya dalam menulis menghasilkan puluhan karya yang meliputi berbagai bidang, terutama pada bidang kajian Alquran yang menjadi spesialisasinya. Di antara karyanya dalam bidang kajian Alquran yang paling legendaris adalah Membumikan Alquran (Mizan, 1994), Lentera Hati (Mizan, 1994), Wawasan Alquran (Mizan, 1996), Tafsir Al-Misbah (Lentera Hati, 2003) yang merupakan tafsir Alquran 30 juz pertama di Indonesia sejak 30 tahun terakhir, Secercah Cahaya Ilahi (Mizan, 2007), dsb. Pemikiran M. Quraish Shihab dalam bidang hukum layak untuk dikaji ka­ rena dia selalu berusaha menyelesaikan persoalan hukum yang di­hadapinya dengan menggunakan dalil, baik dari Alquran maupun Al-Hadis, bahkan dikuatkan dengan mengutip pendapat para ulama, baik ulama dahulu maupun kontemporer. Kemampuannya dalam bidang tafsir menjadikannya mampu beristimbath

±

hukum dengan memakai dalil-dalil Alquran yang disesuaikannya de­ ngan kondisi masa sekarang. Ia selalu mampu menguatkan argumentasinya dengan mengemukakan ayat Alquran, hadis Nabi, ataupun dengan mengutip pendapat para ulama. Malah-masalah hukum klasik se­ perti masalah hukum akikah dan cara pelaksanaannya, tentang hukum talak tiga, tentang batal atau tidaknya seseorang yang mencium istrinya dan sebagainya. Masalah-masalah kontemporer yang dibahasnya misalnya tentang ope­rasi plastik, bunga bank dan deposito, zakat saham, kloning, euthanasia, multilevel marketing, dan sebagainya. Sedangkan masalah-masalah keindonesiaan misalkan masalah poligami dan PP No. 10, hukum PNS dan istri keduanya, hukum mengucapkan selamat Natal, dua Idulfitri, KB, dan sebagainya. Dalam memecahkan permasalahan hukum yang dihadapi, Quraish Shihab menjadikan Alquran dan sunah sebagai rujuan utamanya. Dia berkata

ketika memberikan kata pengantar pada salah satu kumpulan fatwanya, “Bagi saya, aneka persoalan yang terhidang dalam buku ini semakin membuktikan betapa kayanya ajaran Islam-Alquran dan sunah. Oleh karena itu, masalahmasalah kontemporer-seperti operasi plastik, euthanasia, dan kloning- yang beberapa waktu lalu belum terbetik dalam benak para pakar hukum dan fuqaha, dapat ditemukan rujukannya dalam kedua sumber ajaran Islam tadi.” Menanggapi pertanyaan tentang hukum melakukan operasi plastik dengan tujuan untuk mempercantik diri dan meluruskan gigi, Quraish Shihab terlebih dahulu mengemukakan dalil-dalil yang dipakai para ulama yang berisi larangan me­ ngubah ciptaan Allah, di antaranya ayat Alquran Surah Ar-Rum: 30 dan An-Nisa: 119 dan hadis Nabi saw. riwayat Imam Muslim tentang laknat Allah terhadap pemakai tato dan pembuatnya, yang mencabut rambut wajah dan pencabutnya, dan yang mengatur giginya yang mengubah ciptaan Allah. (S-1)

CMYK

±

±


±

±

CMYK

±

CMYK

Lampung Post I 15

Kamis I 11 Agustus 2011

KONSULTASI

±

±

Mimpi Basah, Apakah Batal? Assalamualaikum. Pak ustaz ini perta­ nyaannya; Apabila sedang berpuasa dan saat tidur di siang hari mimpi basah dan mengakibatkan air mani keluar, apakah hal itu membatalkan puasa? Mohon penjelasan. Terima kasih. Sri, Sukarame Jawaban: Ejakulasi (keluar mani) yang bukan karena persentuhan kulit laki-laki dan perempuan (‘an ghair mubasyarah), atau karena disengaja (onani), seperti ejakulasi (keluar mani) akibat mimpi basah (ihtilam) di siang hari pada saat puasa tidak membatalkan puasa. Artinya, puasanya tetap sah terus dilanjutkan hingga magrib. Hanya, ketika sudah terjaga dari tidur, bersegeralah membersihkan diri dengan mandi besar (mandi junub). Demikian jawaban saya, semoga ada manfaatnya. Khairuddin Tahmid, dosen IAIN Raden Intan

n ANTARA/Andika Wahyu

PENUKARAN UANG. Seorang pria menukarkan uang pecahan besar dengan pecahan kecil di tempat penukaran uang keliling milik Bank Indonesia di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat, Jumat (5-8). Bank Indonesia memperkirakan kebutuhan uang selama masa puasa Ramadan dan Lebaran tahun 2011 sebesar Rp61,36 triliun atau meningkat Rp6,57 triliun dibandingkan realisasi kebutuhan tahun sebelumnya Rp54,78 triliun.

Menukar Uang Tak Senilai Hukumnya Riba

Rubrik konsultasi ini diasuh oleh narasumber Prof. Dr. Syarifuddin Basyar, Dr. H. Moh. Mukri, Dr. H. Khairuddin Tahmid, Buya H. Nurvaif Chaniago. Pembaca yang ingin bertanya beberapa masalah seputar puasa, bisa mengirimkan pertanyaan ke e-mail redaksilampost@yahoo.com atau alamat redaksi Lampung Post , Jalan Soekarno-Hatta, No. 108, Rajabasa, Bandar Lampung, de­ngan mencantumkan Konsultasi Ramadan di pojok kanan amplop. Bisa juga via SMS di nomor 0815-405-9000.

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Menukar uang recehan yang menjadi tradisi menjelang Lebaran patut menjadi perhatian. Pasalnya, menukar uang dengan jumlah yang melebihi jumlah yang ditukar adalah riba.

SERBA-SERBI Tontonan Sahur Tidak Mendidik

±

BLAMBANGAN UMPU—Mahasiswa IAIN Raden Intan Lampung dan penggiat literasi di Kabupaten Way Kanan mengharapkan pemerintah tegas menyikapi tontonan sahur tidak mendidik di beberapa stasiun televisi swasta nasional. “Tontonan sahur menjelang sahur kendati lucu tapi sangat tidak mendidik karena mengesampingkan beberapa hal seperti etika. Adapun jika dicermati lebih banyak mudaratnya daripada manfaatnya,” kata Jimi Harianto, mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Intan Lampung, yang mengikuti KKN di Way Kanan, kemarin. Selain minim dari nilai edukasi, kata Jimi, banyolan fisik yang jauh dari cerdas jelas tidak bisa diharapkan untuk pembentukan karakter generasi Indonesia masa mendatang. “Oleh sebab itu, negara melalui instansi terkait harus bertindak tegas atau bahkan mengambil alih tontonan sahur yang tidak mendidik dan menggantinya dengan tayangan bermutu semisal sejarah nabi,” kata dia. (ANT/S-1)

Mahasiswa Diajak Khusyuk Ramadan

BANDUNG—Institut Teknologi Bandung (ITB) mempunyai cara tersendiri untuk mendorong mahasiswa dan mahasiswi mengisi Ramadan dengan khusyuk, yakni menggelar dialog interaktif di Masjid Salman ITB. Dialog interaktif bertajuk Inspirasi Ramadan digelar mulai 1—19 Agustus yang diselenggarakan Yayasan Pembina Masjid (YPM) Salman. Kegiatan ini adalah rangkaian dari Festival Gebyar Ramadan 1432. Sejumlah pakar menjadi pembicara, di antaranya Hatta Rajasa (Menteri Perekonomian), Ridwan Kamil (arsitek), Abah Iwan (seniman dan budayawan) dan dosen ITB, Mikrajudin Abdullah. Topik pembicaraan terbagi dalam tiga bidang, yaitu seni dan budaya, teknologi dan sains, serta motivasi diri. (ANT/S-1)

Aktivitas Asmara Subuh

±

PARIAMAN—Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pariaman, Sumatera Barat, memantau aktivitas “asmara subuh” di tepi pantai. Kepala Satpol PP Pariaman, Sabar Maris, di Pariaman, Minggu (7-8), mengatakan pihaknya menurunkan sejumlah personel, baik berpakai­ an dinas maupun berpakaian seragam, untuk memantau muda-mudi yang berkegiatan sesuai salat subuh. “Biasanya para muda-mudi memanfaatkan hari Minggu pertama untuk berkumpul-kumpul dan berpacaran meskipun dalam suasana Ramadan,” ujarnya. Pemantauan tersebut akan dilakukan di sejumlah objek wisata pantai Pariaman, mulai dari Pantai Kata, Gandoriah, hingga kawasan pantai Manggung serta Jalan Bypass Pariaman. (ANT/S-1)

±

CMYK

M

enjelang Idulfitri biasanya banyak orang menukar uang besar dengan uang receh di pinggir jalan, terminal, ataupun tempat penukaran uang lainnya, tapi dengan nilai yang tidak sama. “Namun umat muslim tidak menyadari penukaran uang dengan jumlah melebihi hukumnya riba,” kata Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Lampung Mawardi A.S. Alasan termasuk riba, ia menjelaskan karena penukaran uang seperti itu tidak memenuhi syarat kesamaan nilai. Mawardi mengilustrasikan penukaran uang kecil seperti ribuan yang biasa dipakai untuk tunjangan hari raya (THR) dapat menjadi riba. Seperti uang recehan Rp100 ribu ditukarkan menjadi Rp110 ribu. Atau bahkan, masyarakat menukar uang Rp100

atau ukuran/kadar (al-miqdar). Lalu harus ada serah terima (attaqabudh) di majelis akad. Dengan artian bahwa serah terima harus kontan, tidak boleh ada penundaan pada salah satu dari apa yang dipertukarkan. ribu, tapi justru hanya mendapatkan Dua syarat di atas terdapat dalil yang Rp95 ribu. diriwayatkan dari Abu Said al-Khudri “Menukarkan uang untuk THR ra., bahwa Rasulullah sah-sah saja. Namun, saw. Bersabda, “Emas harus diperhatikan daditukar dengan emas, lam sistem penukaran perak dengan perak, tidak ada unsur riba di dalamnya. Seperti jumMenukarkan uang untuk gandum dengan ganlah ataupun nilai uang dum, jewawut de­ yang ditukarkan harus THR sah-sah saja, asal ngan jewawut, kurma senilai,” kata Mawardi dengan kurma, gatidak ada unsur riba di di Bandar Lampung, ram dengan garam, dalamnya. Rabu (10-8). harus sama dengan Menurut dia, penusama (sama beratkaran uang sejenis wajib memenuhi nya/takarannya), dan dari tangan ke dua syarat. Jika terpenuhi dua syarattangan (kontan). Maka barangsiapa nya hukumnya mubah. Namun, jika menambah atau minta tambah, maka tak terpenuhi salah satu atau keduanya, dia telah berbuat riba, yang mengambil hukumnya haram karena kelebihan/ dan yang memberi dalam jual beli ini tambahan yang ada adalah riba. Syarat sama saja (dosanya).” (H.R. Muslim, tersebut ialah harus ada kesamaan (atno. 1584). tasawi) dalam kuantitas (al-kamiyah) Menurut Mawardi, tidak hanya pen-

jual uang receh yang telah mendapat kelebihan uang yang tak diragukan lagi, adalah riba yang haram hukumnya. Konsumen atau orang yang menukarkan uang termasuk juga menerima uang haram. Karena menurut hadis, baik pemberi maupun penerima samasama telah melakukan transaksi riba. Seperti sabda Nabi Muhammad saw., “Barangsiapa menambah (yaitu dari pihak pemberi/pembeli) atau minta tambah (yaitu dari pihak penerima/penjual), maka ia telah melakukan riba, yang mengambil dan yang memberi dalam jual beli ini sama saja (dosanya).” (H.R. Muslim, no. 1584). Mawardi mengharapkan masyarakat agar menukarkan uang pada bank syariah, yakni bank yang benar-benar se­ suai dengan ajaran Islam. Sebab, dikhawatirkan jika melakukan penukaran di luar bank syariah akan terjadi riba. “Meskipun sah-sah saja, masyarakat harus berhati-hati. Pilihlah bank atau tempat penukaran uang yang telah sesuai dengan syariat Islam, seperti bank syariah.” (VER/S-1)

±

KULINER

Tomat Rasa Kurma, Camilan Favorit Ramadan TOMAT rasa kurma alias “torakor” menjadi camilan favorit saat Ramadan karena rasa legitnya cocok sebagai makanan pembuka saat berbuka puasa. Menurut perajin torakor Asep Sopari (50), warga Dukuh Wringin, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, penjualan penganan berbahan dasar buah tomat tersebut semakin meningkat saat Ramadan, bahkan hingga usai Lebaran torakor semakin laris diburu pembeli.

“Jika hari biasa kami memproduksi torakor antara 2030 kilogram tomat, sementara jika Ramadan kami meng­ olah sekitar 1 kuintal tomat menjadi torakor,” kata dia. Ia mengatakan ide pembuatan torakor muncul akibat buah tomat melimpah di wilayah tersebut. Harganya bisa jatuh, bahkan jika sedang panen raya harganya hanya Rp500 per kilogram sehingga muncul ide untuk mengolah buah kaya vitamin tersebut menjadi penganan yang

±

mempunyai nilai jual tinggi. Selain bahan bakunya mudah didapat, proses pembuatan pa­

nganan torakor juga tidak sulit, yakni buah tomat segar yang telah dicuci bersih lalu ditusuk-

tusuk menggunakan garpu, se­ telah tusukan merata buah tomat selanjutnya direndam dengan air kapur sirih selama dua jam. “Buah tomat dibuang bijinya, rebus selama dua jam di dalam gula pasir dengan perbanding­ an lima kilogram tomat dan 1 kilogram gula pasir. Setelah matang angkat, tiriskan satu malam, lalu paginya dijemur di bawah sinar matahari langsung selama dua sampai tiga hari hingga kadar air berkurang,” kata dia. (ANT/S-1)

CMYK

±

±


–

–

CMYK

–

LAMPUNG POST , Kamis, 11 Agustus 2011 HALAMAN 17

Juara Bertahan Murray Tumbang

Selebritas Dunia Sepak Bola

Kejutan terjadi saat juara bertahan Piala Rogers Andy Murray tersisih di putaran kedua di tangan petenis Afrika Selatan Kevin Anderson.

MARKUS Haris Maulana adalah sedikit dari pemain Timnas Indonesia yang ramah dan mudah akrab dengan siapa saja, sehingga bukan hal aneh jika ia kerap diserbu penggemar.

OLAHRAGA

Hlm...18

Hlm...18

CMYK

–

– KEJUARAAN DUNIA BULU TANGKIS

Argentina Ditantang Portugal

Simon-Greysia/Meiliana Maju ke Babak Kedua LONDON (Dtc/Lampost): Simon Santoso mengikuti jejak Taufik Hidayat dengan melaju ke babak kedua Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2011. Juga lolos ke babak kedua ganda putri Greysia Polii/Meiliana Jauhari. Simon butuh waktu 29 menit saja untuk mengatasi lawannya Pedro Martins asal Portugal itu dalam pertandingan yang digelar Rabu (10-8) dini hari. Pemain yang diunggulkan di posisi ke-13 itu menang dua set langsung 21-10 dan 21-14. Dengan keberhasilan tersebut Simon maju ke babak kedua, yang sebelumnya juga sudah dipijak Taufik Hidayat, untuk menghadapi Dmytro Zavadsky. Hasil positif juga dituai pasangan ganda putri Greysia Polii/Meiliana Jauhari yang melaju ke babak. Di babak pertama Greysia/Meiliana menang 21-8 dan 21-8 atas pasangan Turki Neslihan Kilic/Neslihan Yigit. Di pertandingan sebelumnya, pasangan ganda campuran Fran Kurniawan Teng/Pia Zebadiah Bernadet harus tersingkir di babak awal usai dikalahkan pasangan Taiwan, Chieh Min Fang/Pei Rong Wang, dengan 13-21, 21-11, dan 19-21. Di tunggal putri, Indonesia tidak menyisakan lagi wakilnya di babak ketiga. Satu-satunya yang tersisa, Lindaweni Fanetri tersingkir. Bertanding di Court 2 Wembley Arena, Selasa (9-8) malam, Linda dikalahkan unggulan sembilan asal Jerman, Juliane Schenk dalam duel tiga set. Setelah takluk 20-22 di set pertama, Linda sempat menghidupkan peluang dengan merebut set berikutnya dengan kemenangan 21-18. Akan tetapi, Schenk kembali menemukan bentuk permainannya untuk menyingkirkan Linda usai memenangi set ketiga dengan skor 21-11. Kegagalan Linda dialami dua ganda Merah Putih. Ganda campuran Muhammad Rijal/Debby Susanto juga dipaksa berkemas lebih awal setelah kalah dari pasangan Denmark Mads Pieler Kolding/Julie Houmann 17-21 dan 19-21. (O-1)

–

CARTAGENA (Dtc/Lampost): Argentina dan Portugal melewati 16 besar Piala Dunia U-20 usai memperoleh kemenangan atas lawan-lawannya. Di perempat final, kedua tim akan saling berhadapan.

„ REUTERS/JOHN VIZCAINO

HIBUR REKAN. Keyner Brown (kanan) menghibur rekannya, Bryan Vega, yang menangisi kegagalan Kosta Rika maju ke perempat final kejuaraan dunia U-20. Pada perdelapan final di Estadio Nemesio Camacho “El Campin” Bogota, Rabu (10-8), Kosta Rika takluk 2-3 dari tuan rumah Kolombia.

JELANG UJI COBA

LIGA CHAMPIONS

Pelatnas PPD Pindah ke Solo

Arsenal Daftarkan Fabregas dan Nasri

JAKARTA (Ant/Lampost): Pelatnas sepak bola yang dipersiapkan untuk laga Pra-Piala Dunia (PPD) 2014 dipindahkan dari Cilegon, Banten, ke Solo, Jawa Tengah. Koordinator timnas PSSI Bob Hippy mengatakan pemindahan lokasi pelatnas berkaitan dengan rencana pertandingan uji coba melawan Timnas U-23 dan Palestina. “Besok, Kamis (11-8), paling lambat Jumat (12-8), timnas sudah menjalani pelatnas di Solo,” kata dia di Kantor PSSI Senayan Jakarta, Rabu (10-8). Menurut dia, sesuai de-

ngan jadwal yang ada, laga uji coba melawan Timnas U-23 dilaksanakan 18 Agustus dan Palestina, 22 Agustus nanti. Kedua laga ini digelar di Stadion Manahan. Dengan adanya laga ini, kata dia, seluruh persiapan timnas dialihnya ke Solo hingga Firman Utina dkk. terbang ke Yordania untuk menjalani uji coba pada 27 Agustus nanti. “Sebelum ke Yordania, pemusatan latihan tetap di Solo,” kata mantan pemain timnas itu. Timnas Merah Putih pada Pra-Piala Dunia 2014 putaran tiga berada di grup E zona

Asia bersama Iran, Qatar, dan Bahrain. Sesuai dengan jadwal laga pertama melawan Iran di Teheran, 2 September nanti. Setelah itu pertandingan pertama kandang yang rencananya digelar di Gelora Bung Karno, Jakarta, menjamu Bahrain, 6 September mendatang. Kini 30 pemain masih dalam penggodokan di Stadion Krakatau Steel, Cilegon, Banten, oleh jajaran pelatih yang dipimpin Wim Rijsbergen. Dari jumlah itu, masih ada peluang penambahan dari Timnas U-23. (O-1)

NYON (Lampost): Arsenal memasukkan nama Cesc Fabregas dalam daftar pemain yang bisa mereka turunkan dalam laga playoff Liga Champions melawan Udinese. Hal itu diungkapkan Konfederasi Sepak Bola Eropa (UEFA), Rabu (10-8). Aturan UEFA melarang pemain yang telah diturunkan di laga playoff memperkuat tim lain sepanjang Liga Champions. Sebab itu, Fabregas diduga akan menolak bermain dalam laga melawan Udinese agar bisa memperkuat Barcelona di ajang Liga Champions. Arsenal dijadwalkan menjamu Udinese pada 16 Agustus dan bertandang ke Italia pada 24 Agustus. Barcelona telah memburu Fabregas selama lebih dari setahun dan berharap bisa mendapatkan mantan pe-

main mereka tersebut sebelum jendela transfer berakhir pada 31 Agustus. Selain Fabregas nama Samir Nasri juga didaftarkan The Gunners. Gelandang enerjik asal Prancis itu juga dikabarkan akan meninggalkan Emirates Stadium karena ingin mencarai klub yang memiliki tradisi juara. Seperti dilansir situs resmi Arsenal, nama-nama baru seperti Gervinho dan Alex Oxlade-Chamberlain juga dimasukkan daftar 25 nama yang diajukan untuk bermain. Di sisi lain, pelatih Timnas Prancis Laurent Blanc mengungkapkan Nasri sedang berbicara dengan Arsenal untuk meninggalkan klub tersebut. Pemain tengah itu acap disebut-sebut berpeluang hijrah ke Manchester United dan Manchester City. (AP/MI/O-1)

Argentina menyisihkan Mesir dengan skor tipis 2-1 pada perdelapan final di Atanasio Girardot yang berakhir Rabu (10-8) pagi WIB. Erik Lamela membawa Albiceleste muda memimpin setelah tendangan penaltinya menembus jala gawang yang dikawal Ahmed El-Shenawy di menit ke-42. Di babak kedua, Lamela menggandakan keunggulan Argentina pada menit ke-64 lagi-lagi melalui titik putih. Mesir memperkecil kedudukan enam menit kemudian juga lewat titik 12 pas. Hingga laga usai kedudukan tidak berubah dan Argentina berhak atas kemenangan. Portugal bakal menjadi lawan juara enam kali, Argentina, di perempat final setelah di saat yang bersamaan memetik kemenangan atas Guatemala di Pascual Guerrero. Nelson Oliveira tampil sebagai pahlawan Seleccao das Quinas usai menceploskan gol dari titik putih di menit ketujuh, yang menjadi gol tunggal di laga ini. Sementara itu, Meksiko merebut tiket ke perempat final Piala Dunia U-20 usai menang adu penalti atas Kamerun. Mereka akan menghadapi Kolombia di babak berikutnya, yang juga menang susah payah atas Kosta Rika. Dalam pertandingan yang dilangsungkan di Estadio Hernan Ramirez Villegas, kemarin pagi WIB, Meksiko dan Kamerun bermain imbang 1-1 di waktu normal. Frank Ohandza membawa Kamerun lebih dulu unggul saat laga masuk menit ke-79. Namun, Meksiko hanya butuh tiga menit untuk menyamakan kedudukan melalui Carlos Emilio Orrantia. Skor 1-1 tersebut bertahan hingga waktu normal 90 menit dan periode perpanjangan waktu. Kiper Meksiko Jose Rodriguez sukses menahan eksekusi penalti Franck Ohandza. Sementara dua algojo Kamerun

berikutnya Idriss Nguessi dan Christ Mbondi, tendangannya membentur tiang gawang. Adapun algojo Meksiko Erick Torres, Ulises Davila, dan Marvin Pinnon sukses menjebol gawang Kamerun. Pada pertandingan sebelumnya, Kolombia memetik kemenangan dramatis saat ditantang Kosta Rika. Kemenangan sekaligus tiket ke perempat final baru bisa mereka pastikan setelah mencetak gol di periode injury time. Setelah bermain tanpa gol di babak pertama, Luis Muriel membuka keunggulan Kolombia di menit ke-56. Namun, tujuh menit berselang Ruiz bisa mencetak gol untuk Kosta Rika dan menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

– Argentina akan menghadapi tantangan berat dari Portugal pada perempat final. Kosta Rika bahkan bisa balik unggul di menit ke-65, saat Escoe merobek jala Kolombia. Namun, Franco kembali mengantar Kolombia menyamakan skor dengan golnya di menit ke-79. Skor 2-2 tersebut sepertinya akan membuat laga dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu. Tapi di menit ketiga injury time wasit memberi hadiah penalti buat Kolombia. Jamez Rodriguez yang maju sebagai eksekutor tak membuang peluang tersebut dan menjebol gawang Kosta Rika untuk membawa timnya menang 3-2. Empat pertandingan tersisa akan mempertemukan Nigeria vs Inggris, Spanyol vs Korea Selatan, Brasil menghadapi Arab Saudi, dan Prancis menghadapi Ekuador. Spanyol dan Nigeria termasuk yang difavoritkan dalam turnamen ini. (O-1)

–

– OFFSIDE

MU-Inter Sepakat Soal Sneijder

„ LAMPOST/DOK.

–

LONDON̶Setelah sempat menjadi spekulasi, kepindahan Wesley Sneijder dari Inter Milan ke Manchester United, menemui titik terang. Kedua klub dilaporkan telah mencapai kata sepakat soal tranfers gelandang asal Belanda tersebut. Dilaporkan BBC Radio Five Live, MU menyetujui harga yang diminta Inter senilai 33 juta pound atau sekitar Rp462 Miliar. Bahkan, Setan Merah juga diizinkan bernegosiasi langsung dengan Sneijder yang diwakili perwakilannya. Jika proses negosiasi lancar, dipastikan Sneijder akan bergabung ke Old Trafford, Rabu (10-8) ini waktu setempat. Sneijder mengaku sudah merasakan kalau kepindahannya dari Inter hanya tinggal menunggu waktu. Ajang SuperCoppa Italia pekan lalu diyakninya menjadi laga terakhirnya bersama Nerrazurri. (GOAL.COM/MI/O-1)

CMYK

Miyaichi Dapat Izin Kerja LONDON̶Gelandang Arsenal Ryo Miyaichi mendapatkan izin kerja untuk bermain di Liga Primer Inggris meskipun memiliki pengalaman yang minim bersama Timnas Jepang. Gelandang berusia 18 tahun itu bergabung Arsenal pada Januari tapi dipinjamkan ke klub Belanda Feyenoord karena tidak mendapatkan izin kerja di Inggris. Arsenal mengatakan Miyaichi mendapatkan izin karena kemampuannya yang luar biasa. Kami sangat senang Ryo mendapatkan izin kerja, ujar arsitek Arsenal Arsene Wenger. Ryo telah berusaha keras di masa pramusim dan tampil apik dalam laga di Asia, Jerman, dan Portugal. Ryo memiliki kemampuan teknis yang alami. Dia memiliki kecepatan yang fenomenal serta passing dan crossing yang berkualitas. Kami berharap dia akan memberikan kontribusi bagi Arsenal, kata Wenger. (AP/MI/O-1) „ LAMPOST/DOK.

–

Eto o Didekati Anzhi MILAN̶Striker Kamerun Samuel Eto o kemungkinan akan meninggalkan Inter Milan untuk bergabung klub kaya Rusia Anzhi Makhachkala. Berdasarkan laporan media massa, Anzhi yang diperkuat bek kiri Brasil Roberto Carlos dan mantan gelandang Chelsea Yuri Zhirkov telah mengajukan penawaran 30 juta euro (sekitar Rp363,9 miliar). Anzhi juga dikabarkan menawarkan gaji 20 juta euro (sekitar Rp242,6 miliar) per tahun. Memang telah ada pembicaraan informal dengan Anzhi. Namun, karena Eto o adalah pemain penting bagi Inter Milan, transfer ini tidak bisa selesai dalam waktu singkat. Jika pemain Kamerun ini benar hijrah ke Anzi, Inter berkesempatan memboyong striker Carlos Tevez yang tidak bahagia berada di klubnya Manchester City. (RTR/MI/O-1)

CMYK

„ LAMPOST/DOK.

–


±

±

CMYK

CMYK

Kamis I 11 Agustus 2011

± Lampung Post I 18

OLAHRAGA VARIA SPORT

±

Persipura Jadwalkan Uji Coba Internasional

JAYAPURA—Persipura Jayapura akan melakoni leg I perempat final Piala AFC pada September mendatang menghadapi klub Irak, Arbil. Guna mengilapkan penampilan, sang juara Indonesia Super League (ISL) itu pun mengagendakan serangkaian uji coba. Pertemuan pertama kedua kesebelasan akan berlangsung di markas Persipura pada 13 September depan. Persipura ganti melawat ke markas Arbil pada 27 September. “Uji coba tersebut akan dilakukan, baik dengan tim lokal Papua maupun internasional,” ujar pelatih Jacksen F. Tiago. Pelatih berpaspor Brasil menambahkan uji coba internasional rencananya dihelat pada 4—6 September 2011 di Singapura melawan tim-tim lokal dari negara tersebut. (DTC/O-1)

Lapangan Tenis Tinggal Pemasangan Lampu

PALEMBANG—Delapan lapangan tenis untuk SEA Games 2011 di Jakabaring, Palembang, hampir rampung dan tinggal memasang lampu tempat pertandingan saja. Dari pantauan di lapangan tenis Jakabaring Palembang, Rabu (10-8), para pekerja sudah banyak yang beristirahat karena pengerjaan venues tersebut hampir rampung. Menurut salah seorang pekerja, Marianto, sekarang ini pihaknya masih menunggu pemasangan lampu, terutama untuk arena pertandingan. “Untuk pengerjaan yang lainnya sudah hampir rampung karena lapangan tenis tersebut sudah lama dikerjakan,” ujarnya. “Arena tenis yang terdiri dari delapan lapangan tersebut memang pengerjaannya tidak begitu sulit karena hanya membangun gedung terbuka dan tempat penonton,” kata dia. (ANT/O-1)

Hopkins Siap Pertahankan Gelar

NEW YORK—Meskipun telah berusia 46 tahun, juara dunia tinju kelas berat ringan versi WBC Bernard Hopkins mengaku siap memperta­ hankan gelarnya. Hopkins akan berhadapan dengan petinju berusia 29 tahun, Chad Dawson, di Los Angeles pada 15 Oktober mendatang. “Saya belum mau beristirahat. Tidak di usia 46 ini,” ujar Hopkins. Hopkins bahkan optimistis menaklukkan Dawson dan mengaku mengincar pertandingan ulang melawan Joe Calzaghe yang hingga kini memiliki rekor tak terkalahkan. Hopkins kalah angka dari Calzaghe pada 2008. Masalahnya, Calzaghe telah pensiun sejak 2,5 tahun lalu. (AP/MI/O-1)

Juara Bertahan Murray Tumbang MARKUS HARIS MAULANA

Selebritas Dunia Sepak Bola MARKUS Haris Maulana adalah sedikit dari pemain Timnas Indonesia yang ramah dan mudah akrab dengan siapa saja. Bukan hal aneh jika kiper kelahiran Pangkalan Brandan, Medan, Sumatera Utara, itu banyak diserbu penggemarnya. Senyum yang selalu tersungging jika bertemu para fan akan berubah 180 derajat jika sedang membela klub atau timnas. Wajah seram laksana harimau siap menerkam siapa saja lawan menjadi ciri khas kiper yang memulai karier di Diklat Sumatera Selatan itu. Pria bertinggi 1,86 meter dan berat 75 kg ini begitu kokoh dalam setiap menjaga daerah gawangnya. Keberanian dalam berjibaku tanpa mengenal risiko dan bahaya m e n jadi ciri khas anggota skuat Persib Ban­ dung ini.

Sodorkan Benayoun demi Modric

LONDON—Chelsea dikabarkan kian gencar untuk mendapatkan Luka Modric. The Blues kini disebut siap memberikan penawaran baru plus Yossi Benayoun. Chelsea dikabarkan sudah memberikan penawaran 22 juta poundsterling dan naik menjadi 25 juta poundsterling. Namun, Tottenham Hotspur bertahan pada pendiriannya. Kini, Chelsea dikabarkan siap menjadikan Benayoun sebagai alat barter plus sejumlah tawaran baru. Gelandang Israel tersebut gagal mendapatkan tempat di skuat utama lantaran banyak diganggu cedera. (DTC/O-1)

BIODATA

Nama : Markus Haris Maulana Lahir : Pangkalan Brandan, 14 Maret 1981 Tinggi : 1,86 m Klub : Persib Bandung Debut Timnas : Piala Asia 2007 Indonesia vs Korsel n DOK. LAMPOST

Pemain berdarah Ambon yang sebelumnya bernama Markus Horison Ririhina ini juga dikenal sebagai salah satu kiper yang memiliki kelebihan dalam hal umpan lambung. Namun, dia sedikit lemah dalam mengantisipasi bola-bola bawah. Kiprah kiper yang berciri khas kepala pelontos ini di timnas terjadi pada 2007. Saat itu, Timnas Indonesia bersua Korea Selatan di ajang Piala Asia yang berakhir 0-1 untuk kemenangan lawan. Walaupun kalah, aksi luar biasanya yang ditampilkannya saat itu mengundang banyak pujian. Salah satunya pujian datang dari Wakil Presiden Indonesia saat itu, Jusuf Kalla. Di sisi lain, walaupun berposisi sebagai kiper, selama berkarier Markus mampu mengemas tiga gol baik yang dicetak dari sundulan hasil umpan pojok maupun dari tendangan penalti. Namun, kebiasaan tersebut menjadi bumerang saat di final Divisi Utama Liga Indonesia 2007 menghadapi Sriwijaya FC, saat gawangnya kebobolan tiga akibat kebiasaannya meninggalkan posisi aslinya. Markus juga boleh berbangga dengan prestasi yang diraihnya. Dia menjadi orang Indonesia pertama sepanjang sejarah yang terpilih sebagai salah satu dari nominasi AFC untuk Pemain Terbaik Asia tahun 2009. Dengan ketenarannya itu membuat Markus pun mulai merambah dunia pertelevisian. Tawaran menjadi bintang tamu di acaraacara talkshow beberapa kali dilakoninya. Tak disangka, Markus mendapat jodoh seorang artis, Kiki Amalia. “Ke­ dua bintang” menikah 27 Desember tahun lalu. Kini, Markus harus lebih mengasah kemampuan untuk bersaing dengan Ferry Rotinsulu untuk kembali merebut posisi kiper utama timnas. (DBS/O-1)

±

±

MONTREAL (Lampost/Dtc): Kejutan terjadi saat juara bertahan Piala Rogers Andy Murray tersisih di putaran kedua, Rabu (10-8). Adalah petenis Afrika Selatan, Kevin Anderson, yang menyingkirkan unggulan keempat itu 6-3 dan 6-1. Murray yang mendapat bye di putaran pertama menduduki peringkat empat dunia atau 31 tinggi lebih tinggi ketimbang lawannya. Petenis Inggris Raya itu menjadi juara turnamen tenis Piala Rogers di Montreal pada 2009 dan mempertahankan gelar itu pada tahun lalu di Toronto menyebut kekalahannya terjadi karena servis Anderson yang luar biasa. “Dia mempunyai servis yang sangat bagus dan lapangan di Montreal adalah jenis lapangan cepat. Jadi servis dia menjadi senjata yang sangat bahaya,” ujar Murray. Sementara itu, hujan memaksa laga Novak Djokovic melawan Nicolay Davydenko harus ditunda. Kondisi ini membuat jadwal pertandingan yang akan berlangsung Rabu (10-8) menjadi sangat padat. Djokovic bertemu Davydenko di babak kedua Rogers Cup. Laga ini sedianya digelar Rabu (9-8) malam waktu setempat. Dilansir dari ESPN, laga ini harus ditunda karena hujan membuat lapangan tak memungkinkan menggelar pertandingan. Djokovic baru memulai pertandingannya di babak kedua Rogers Cup karena ia mendapatkan bye. Sedangkan Davydenko lolos ke babak kedua usai mengalahkan Flavio Cipolla di putaran pertama dengan skor 6-3, 6-3. Putri Petenis putri Serbia, Ana Ivanovic, melaju ke babak kedua turnamen Rogers Cup. Ivanovic pun membangun jalan bertemu dengan petenis nomor satu du­ nia, Caroline Wozniacki. Memainkan pertandingan babak pertama di lapangan keras Rexall Center, Torotono, Rabu

(10-8) dini hari WIB, Ivanovic mengungguli petenis China, Zhang Shuai, 6-1 dan 6-1. Di babak kedua, lawan Ivanovic adalah pemenang pertandingan petenis kualifikasi Iveta Benesova (Republik Ceko) menghadapi ung­gulan 16 Dominika Cibulkova (Slovakia). Pemenang Ivanovic melawan Benesov/ Cibulkova kemungkinan akan menghadapi Wozniacki di babak ketiga. Syaratnya, Wozniacki ha­ rus mengalahkan Roberta Vinci di babak kedua dahulu.

Kekalahan dari Kevin Anderson membuat ambisi Andy Murray mencetak hattrick trofi kandas. Sama dengan Ivanovic, satu petenis cantik lainnya, Daniela Hantuchova, juga melangkah ke babak kedua. Hantuchova me­ ngalahkan Gisela Dulko 6-3 dan 6-4 di babak pertama. Lawan Hantuchova di babak selanjutnya adalah petenis kualifikasi asal Spanyol, Maria Jose Martinez Sanchez, yang di babak pertama mencetak kejutan dengan menumbangkan unggulan 14, Alexandra Pavlyuchenkova. Mereka yang juga lolos ke babak kedua, antara lain Se­ rena Williams, Samantha Stosur, Peng Shuai, Nadia Petrova, Petra Martic, Aleksandra Radwanska, Andrea Petkovic, Greta Arn, Anabel Medina Garrigues, Bojana Jovanovski, Flavia Pennetta, Galina Voskoboeva, Stephanie Dubois, Ekaterina Makarova, Lucie Safarova, Simona Halep, Julie Gorges, dan Zheng Jie. (AP/MI/O-1)

±

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±


±

±

CMYK

±

CMYK

Lampung Post I 19

Kamis I 11 Agustus 2011

PENDIDIKAN Tunggu Jemputan

SEKOLAH KEJURUAN

±

Siswa SMK Makin Siap Kerja BANDAR LAMPUNG (Lampost): Para siswa lulusan SMK makin siap kerja, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Sebab, mereka dibekali dengan berbagai kompetensi sesuai jurusan masing-masing sebelum memasuki dunia kerja. Kepala Seksi SMK Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung Margiono mengatakan sesuai dengan slogan SMK Bisa!, maka siswa SMK dituntut untuk menguasai kompetensi sesuai dengan jurusan masing-masing. “Sehingga setelah lulus lulus­a n SMK bisa langsung terjun ke masyarakat,”kata dia saat memberikan sambutan pada talkshow perakitan laptop di SMKN 4 Bandar Lampung, Selasa (9-8). Sementara itu, Kepala SMKN 4 Bandar Lampung Septiana mengatakan pihaknya meng­ adakan jemput bola dengan mengundang dunia usaha dan

dunia industri untuk bekerja sama dengan SMKN 4. Pasalnya, siswa-siswanya sangat membutuhkan masukan dari dunia usaha dan industri se­ hingga mereka lebih siap terjun ke dunia kerja atau menjadi wirausahawan setelah lulus kelak. “Kami telah menjalin kerja sama dengan Besnet Komputer untuk mengembangkan jiwa wirausaha. Kami juga menjalin kerja sama dengan Kacang Garuda,” kata dia. Menurut Septi, dunia usaha akan menjadi guru tamu dan sekaligus menjadi tempat bagi siswa-siswa untuk berpraktek. Sementara itu, dari Jakarta dilaporkan lulusan SMK dari DKI Jakarta akan semakin kompeten. Dengan kualitas yang dimilikinya, kesempatan kerja lulusan SMK tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga bisa di luar negeri. (UNI/S-1)

PENDIDIKAN TINGGI

IAIN Raden Intan Siap Jadi UIN

±

BANDAR LAMPUNG (Lampost): IAIN Raden Intan Lampung terus berbenah diri untuk menyongsong peningkatan status dari institut menjadi universitas Islam negeri (UIN). Salah satunya dengan mening­ katkan kualitas pembelajaran agar para lulusan IAIN lebih siap terjun ke masyarakat. Pembantu Rektor III IAIN Raden Intan Afif Anshori mengatakan tahun ini IAIN memecahkan rekor dengan menerima mahasiswa seba­ nyak 1.800-an orang. “Tahun ini jumlah peminat kami juga terbanyak di Sumatera di antara perguruan tinggi agama Islam negeri (PTAIN) lain. Ini merupakan sinyal baik bagi IAIN Raden Intan untuk terus

meningkatkan kualitas pembelajaran dan kualitas lulusan,” kata Afif saat ditemui di IAIN awal pekan ini. Dia mengatakan untuk meningkatkan mutu lulusan, pihaknya menjalin kerja sama dengan berbagai pihak. Salah satunya dengan bank syariah yang ada di Lampung maupun pemerintah daerah sehingga setelah lulus alumnus lebih siap pakai dan siap terjun ke masyarakat. “Mulai tahun ini kami meng­ ajak mahasiswa untuk berlatih manajemen. Oleh sebab itu, saya selalu mengajak mahasiswa untuk mengikuti unit kegiatan mahasiswa agar me­ reka berpengalaman dalam berorganisasi,”kata Afif. (UNI/S-1)

PENDIDIKAN TINGGI

RUU PT Mirip UU BHP

n LAMPUNG POST/HENDRIVAN GUMAY

Dua orang anak bermain alat berat saat menunggu orang tuanya menjemput sepulang sekolah di salah satu sekolah di Jalan Ahmad Yani, Bandar Lampung, Rabu (9-8).

Pesantren Benteng Pendidikan Karakter BANDAR LAMPUNG (Lampost/Ant): Pondok pesantren dinilai sebagai benteng pembangunan akhlak dan pusat pendidikan karakter bangsa dengan pola pembinaan yang berlangsung selama 24 jam. Pengasuh Pondok Pesantren Darul Muttaqien, K.H. Mad Rodja Sukarta, Rabu (10-8), di Bogor, mengemukakan pondok pesantren merupakan institusi pendidikan yang menaruh perhatian besar terhadap pembangunan akhlak para peserta didiknya. “Bagi pesantren pemba­ ngunan akhlak santri di atas segala-galanya. Variabel terbesar keberhasilan pendidikan di pesantren adalah akhlak,” kata Mad Rodja Sukarta. Pembangunan akhlak menjadi perhatian besar bagi keba­ nyakan pesantren di Tanah Air. Penyelenggaraan pendidikan di pesantren umumnya selalu

diprioritaskan pada penggemblengan masalah akhlak. Pola pembinaan santri selama 24 jam yang dilakukan pesan­ tren ditujukan untuk membina akhlak. Dengan pola 24 jam santri tinggal di asrama, kiai dan guru dapat mengontrol perilaku santri dan mengarahkannya sesuai dengan akhlak Islam. “Pembinaan selama 24 jam sebagai wujud keseriusan pesantren dalam membina akhlak santri. Dengan tinggal dalam asrama selama 24 jam, pihak pesantren dapat melakukan kontrol secara ketat perkembangan akhlak santri,” kata tokoh MUI Kabupaten Bogor. Pola pembinaan 24 jam yang

dikembangkan pesantren, kata Mad Rodja Sukarta, memudahkan pesantren dalam menanam­ kan nilai-nilai akhlak kepada para santri. “Pesantren merupakan kawah candradimuka pendidikan karakter bangsa. Pesantren memberikan kontribusi signifikan dalam membangun moralitas dan karakter bangsa,” ujar Mad Rodja. Dia melanjutkan, “Pesantren telah berkontribusi sebelum republik berdiri. Bahkan pesantren telah berkembang sejak zaman Wali Songo beberapa abad si­ lam, memberikan kontribusi bagi pembinaan akhlak bangsa.” Di Lampung juga banyak pondok pesantren, salah satunya pondok pesantren Diniy­ yah Putri Lampung. Ketua Yayasan Perguruan Diniyyah Putri Lampung Halimah Syukur mengatakan pondok ini bertujuan mendidik putri-putri berjiwa islami dan menjadi ibu

pendidik. Karena itu, pendidik­ annya menekankan penanam­ an nilai-nilai Islam sesuai dengan kodrat wanita. “Perempuan itu kan kodratnya menjadi ibu, maka perempuan harus disiapkan menjadi ibu pendidik. Karena, generasi unggulan hanya akan terbentuk apabila ibunya memahami pendidikan dan berilmu,” kata Halimah beberapa waktu lalu. Selain belajar materi umum, Alquran, hadis, para santri juga belajar keterampilan, seperti tata busana, tata boga, dan administrasi. Menurut Halimah, banyak wanita zaman sekarang yang menolak kodratnya sebagai ibu. Apalagi, dunia modern memberi peluang untuk berkarier sepenuhnya kepada wanita sehingga wanita sekarang cen­ derung menyerahkan pendidik­ an anak sepenuhnya kepada pembantu. (RIN/S-2)

±

YOGYAKARTA (Lampost/Ant): Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi (PT) perlu dikaji ulang karena secara substansial sama dengan Undang-Undang Badan Hukum Pendidik­an (BHP) yang telah dibatalkan Mahkamah Konstitusi, kata Ketua Tim Ahli Pusat Studi Pancasila Universitas Gadjah Mada Sutaryo. “Jangan sampai Rancangan Undang-Undang (RUU) Pendidikan Tinggi (PT) hanya ‘ganti baju’dari UU Badan Hukum Pendidikan (BHP),”kata dia di Pusat Studi Pancasila (PSP) Universitas Gadjah Mada (UGM)Yogyakarta, Selasa (9-8). Ia mengatakan RUU PT dengan kondisi saat ini ditakutkan hanya mendukung pasar global dan tidak spesifik memperbaiki kondisi pendidikan Indonesia. Oleh karena itu, RUU tersebut perlu dikaji ulang, dan PSP UGM sudah menyiapkan draf sandingannya. “Keberadaan RUU PT saat ini banyak ditolak oleh perguruan tinggi swasta (PTS) maupun perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia karena roh dan substansinya belum mampu mengaktualisasikan filosofi dan ideologi pendidikan Pancasila,”ujarnya. Dengan demikian, menurut dia, tidak menjadi masalah jika kemudian RUU PT tersebut terpaksa disahkan kemudian dilakukan judicial review. “Jadi, tidak masalah ditolak meskipun pembahasannya telah menghabiskan banyak anggaran, karena ada yang lebih penting dibandingkan besarnya anggaran yang telah dikeluarkan, yakni masa depan pendidikan kita,” kata Sutaryo. Anggota Tim Ahli PSP UGM Sudjito mengatakan secara filosofis-ideologis RUU PT itu tampak belum mampu mengaktualisasikan roh filosofi dan ideologi pendidikan Pancasila. Roh itu seharusnya menjadi acuan nilai, tujuan, dan orientasi pendidikan tinggi yang diharapkan. (S-2)

±

±

±

±

CMYK

±

CMYK

±


Kamis I 11 Agustus 2011

Lampung Post I 20

TAJUK

Lampung Jalur Utama Narkoba

Pers dan Opini Publik

TERTANGKAPNYA Firmansyah, anggota DPRD Lampung, membawa 0,5 gram sabu-sabu yang diselipkan di sakunya, saat operasi Kilat Jaya di lampu merah Pesing, Jakarta Barat, Sabtu (6-8), membuktikan narkoba mudah didapat dan rentan terhadap siapa pun. Kasus ini sekaligus membuktikan narkoba dan pecandu narkoba ada di sekitar kita. Hampir setiap hari, media massa tak pernah luput memberitakan penangkapan pemakai, pengedar, dan bandar narkoba. Terlebih posisi Lampung sebagai gerbang Pulau Sumatera menjadi tempat paling potensial menjadi jalur distribusi narkotika jaringan internasional. Saat gelar perkara penangkapan dan pengungkapan 8 kg sabu-sabu di Mapolres Lampung Selatan, 8 Juni 2011, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Lampung Brigjen Pol. Sulistyo Ishak menyebutkan Lampung kini menjadi jalur utama peredaran narkotika dari Malaysia. Dalam kurun waktu sete­ ngah tahun terakhir ini, Polda Lampung menangkap lebih dari delapan kali penyelundupan narkotika jenis sabu-sabu lewat Pelabuhan Bakauheni. Dengan demikian, selama semester I 2011, Polda Lampung menggagalkan pengiriman lebih dari 20 kg sabu-sabu senilai lebih dari Rp40 miliar dan beberapa jenis narkotika lain, seperti puluhan ribu butir pil erimin 5. Pelaku rata-rata dihukum maksimal seumur hidup karena melanggar UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Firmansyah yang berasal dari Fraksi Partai Golkar, bukan satu-satunya politisi yang terlibat narkoba. Sederet nama dari berbagai latar belakang profesi, seperti pegawai negeri sipil (PNS), polisi, jaksa, pengusaha, hingga aktivis organisasi kepemudaan pernah menghias pemberitaan media massa karena terlibat narkoba. Memecat mereka dari posisinya memang langkah paling mudah untuk membersihkan citra lembaga. Namun, bukan berarti menekan peredaran narkoba. Terungkapnya berbagai kasus narkoba, hanya puncak gunung es yang tak pernah menyentuh akar permasalahannya. Indonesia memang pasar potensial narkoba. Oleh karena itu, peredaran produksi dan peredaran narkoba melibatkan organisasi dan mafia yang rapi dan kuat. Mustahil memberantasnya dengan sekadar menyebarkan pesan-pesan moral di berbagai sudut kota. Perlawanan terhadap produksi dan peredaran narkoba merupakan upaya terus-menerus tanpa henti dan tak bisa dilakukan secara parsial. Ringannya hukuman terhadap pelaku terbukti tidak memberikan efek jera. Meskipun UU No. 35/2009 memberikan hukuman maksimal kepada para pelaku, siapa pun tahu, hukum masih bisa diperjualbelikan di negeri ini. Oleh karena itu, tak ada kata lain bagi narkoba selain perang. Perang terhadap pelaku dan sistem korup yang memungkinkan pelaku dijerat dengan hukuman ringan. n

ata pers seakan memiliki daya magis yang diidentikkan de­ ngan keberanian dan kebebasan. Di era perjuangan kemerdekaan, pers menjadi alat perjuangan untuk mewujudkan suatu bangsa dan negara yang merdeka. Melalui pers, dibangun kesamaan gagasan untuk bangkit melawan penjajahan. Melalui pers pula di­ sebarluaskan semangat dan keberanian untuk mengungkapkan pendapat. Tapi, apakah gambaran seperti itu masih relevan dengan situasi dan kondisi sekarang? Era kemajuan teknologi komunikasi mengubah model, cara, dan kebiasaan manusia dalam berkomunikasi. Demikian pula media komunikasi massa, yang juga telah bergeser dalam bentuk dan cara. Pers sekarang memiliki ciri yang berbeda dengan pers masa lalu. Pers era kini adalah pers yang mampu menembus batas ruang, waktu, dan keterbatasan biaya. Suatu peristiwa negara yang berada di belahan dunia lain bisa dilaporkan secara seketika melalui media radio atau televisi. Paralel dengan media elektronik, media massa cetak telah bermetamorfosis menjadi media massa yang sifatnya khas. Kekhasan itu dapat berupa

NUANSA

Ikrar Nusa Bhakti

Mahasiswa Pascasarjana FKIP Unila

K

“EIT, Anda siapa, mau ke mana, mau ngapa? Enggak boleh sembarangan masuk, di sini pakai peraturan,” ujar sipir kepada seorang yang hendak masuk lembaga pemasyarakatan. “Saya wartawan. Jadi, biarkan saya masuk. Kalau Anda khawatir saya bawa narkoba atau sesuatu yang membahayakan, periksa saja,” ujar kuli tinta itu. “Eit, tidak bisa. Jangankan Anda, bupati saja tidak bisa sembarangan keluar masuk sini,” cegah sipir. “Pak, saya ini dilindungi UU No. 14/ 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Jadi, kalau Bapak melarang, Bapak saya tuntut. Kalau selama ini Bapak menjaga penjara, bisa-bisa giliran Bapak masuk penjara,” jelas wartawan. Bahkan, wartawan itu juga mengatakan bahwa kalau ada pihak yang menghalangi tugasnya untuk mendapatkan informasi, akan dituntutnya. Jangankan sekelas sipir, presiden pun akan dia gugat. “Eh, enggak usah ngancam ya. Saya ini kerja pakai tupoksi, tugas pokok dan fungsi. Jadi enggak sembarangan,” tegas Sipir. “Memangnya apa yang mendasarimu melarang saya?” “Perintah Pak Mentri. Pak Patrialis Akbar menyuruh semua sipir melarang wartawan meliput kegiatan dan suasana di LP. Anda baru boleh liputan di sini dengan syarat harus bersama-sama Pak Menkumham,” jelas sipir. Jadi, jelas dia, kalau saja dirinya akan dituntut oleh wartawan, tentu yang harus digugat adalah Menkumham lebih dulu. “Jadi?” tanya wartawan. “Ya, silakan Anda keluar dan pulang,” jawab sipir. “Aneh, nyeleneh, gemagah, ora lumrah!” ujar wartawan singkat. “Apanya yang aneh?” sipir tersinggung. “Seorang menteri kok berani-beraninya bikin perintah melawan undang-undang. Seharusnya dia itu bisa menjamin berlakunya undangundang tanpa pandang bulu. Bukan malah sebaliknya,” jelas wartawan. “Sudah, sudah, enggak usah berdebat. Silakan keluar. Lagi pula, apa yang kamu mau cari di sini. Menteri menjamin semua LP bebas narkoba,” kata sipir dengan nada kesal. “La, yang dekat sepatu Bapak itu apa?” tanya wartawan. “Lo, o... ini sabu-sabu hasil penyitaan terhadap salah seorang pengunjung,” jawab sipir. “La, yang di kantong baju bapak itu kayaknya ganja. Dari mana, Pak?” tanya wartawan lagi. “O..., sama. Ini juga dari menyita salah seorang napi,” ujar sipir agak gugup. Wartawan pun bergegas pergi saat sipir berusaha menyuap untuk tidak diberitakan. (M. IKHWANUDDIN)

PAK HO Betul dan yang penting tepat sasaran.

Daerah diminta menggelar operasi pasar.

n FERIAL

POJOK

Seorang anggota DPRD Lampung yang ditangkap polisi positif mengonsumsi narkoba. Ya elah... makin lupa diri... n

Krisis utang Amerika dinilai menguntungkan Indonesia. Yang untung yang kaya, yang miskin tetap buntung.

segmentasi pembacanya, misalnya Ia harus mendahulukan kepentingan kelompok hobi, kelompok profesi, dan umum dan kepentingan orang banyak, sebagainya, atau berupa media komu- tapi bukan menjadi alat penekan oleh nitas. Dapat dilihat, sekarang hampir mayoritas. Pers harus terbebas dari tekadi setiap daerah, memiliki penerbitan media massa cetak. nan ke­l ompok kepentingan. Dalam Secara sederhana, idealnya pers keadaan bagaimanapun, pers harus mengemban tiga misi, yaitu (1) menye- selalu berusaha mencari kebenaran dan barluaskan informasi, (2) melakukan pen- mengedepankan kebenaran. didikan, dan (3) media hiburan. Adapun Pers harus melakukan fungsi konfungsi-fungsi lain, dapat ditambahkan, trol sosial, tetapi bukan alat mencaci. seiring dengan dinamika pers yang meru- Pers harus membuka wacana dan idepakan entitas industri, ide alternatif. Dengan seperti fungsi bisnis. demikian masyarakat Misi ideal itu secara akan memiliki banyak i m p l i s i t m e m b a wa Halaman Opini di suatu pilihan, ketika akan nilai-nilai universal: menentukan pilihan. kebenaran, kebaikan, surat kabar seperti Tentu saja ide-ide alkejujuran, keterbukaan, Lampung Post adalah ternatif yang disajikan kebebasan mengungmelalui media memikapkan pendapat, dan sarana menjaring liki argumentasi dan sebagainya. Artinya, gagasan mainstream di logika yang sehat. apa pun jenis media Lampung Post adalah komunikasi massa itu, masyarakat. salah satu media masmisi ideal itu harus sa di Lampung yang menjadi garis arah. Dalam situasi sejauh ini menunjukkan komitmen bagaimanapun dan jenis sajian yang dan konsistensi dalam mengemban bagaimanapun, nilai-nilai universal misi pers sebagaimana dikemukakan tersebut tidak boleh ditanggalkan. di atas. Halaman Opini—termasuk Selain mengemban misi ideal dengan Surat Pembaca—ang terbit setiap hari membawa nilai-nilai, pers juga harus di Lampung Post dalam pandangan memiliki doktrin memihak yang lemah. penulis, telah menjadi panggung Pers juga harus diupayakan sejauh pergulatan pemikiran semua elemen mungkin terbebas dari dilema etik. masyarakat.

Halaman Opini di suatu surat kabar seperti Lampung Post adalah sarana menjaring gagasan mainstream di masyarakat. Apa yang dikemukakan para penulis melalui opini, dapat dilihat sebagai wacana dan aspirasi yang berkembang dalam masyarakat. Terlepas dari itu, opini publik juga merupakan sumber informasi dan sekaligus umpan balik bagi media itu sendiri. Dengan demikian pers akan terjaga dari kecenderungan negatif alergi terhadap kritik. Tradisi berpikir kritis dan mengemukakan kritis, harus dibarengi dengan autokritik dan me­ nerima kritik. Para penulis artikel dengan segala gagasannya, yang mengirimkan tulisannya ke suatu media massa, harus dilihat sebagai representasi wacana publik. Ini mencerminkan keragaman pendapat dan pers serta pembaca dapat melakukan “pengerucutan” atau kristalisasi atas pendapat yang berkembang dalam masyarakat itu sendiri. Akhirnya, sebagai warga masyarakat, saya berharap hadirnya pers yang cerdas, lugas, berimbang, dan santun dalam penyajiannya. Pers yang demikian hanya terwujud oleh pers yang diawaki oleh mereka yang berpegang teguh pada prinsip kebenaran dan memihak yang lemah. Selamat ulang tahun yang ke-37 kepada Lampung Post. n

Meretas Jalan Damai Papua Profesor Riset di Pusat Penelitian Politik LIPI

Semau ‘Gue’

PAK DE

Dwi Rohmadi Mustofa

D

alam dua bulan ter­ akhir ini isu mengenai Papua kembali menyeruak. Paling tidak ada dua konferensi yang menyebabkan isu Papua muncul kembali, yaitu Konferensi Perdamaian di Tanah Papua yang diadakan Jaringan Damai Papua dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang berlangsung di Auditorium Universitas Cenderawasih, Abepura, Papua, pada 5—7 Juli 2011, dan konferensi yang diadakan International Lawyers for West Papua di Oxford, Inggris, bertajuk West Papua–Road to Freeedom Conference, 2 Agustus 2011. Dari sisi keamanan, walaupun secara umum kondisi Papua amat kondusif, ada beberapa kejadian yang membuat seolah-olah Papua kembali

bergolak. Peristiwa-peristiwa tersebut, antara lain penembakan secara sporadis oleh oknum TNI ke honae (rumah tradisional di pegunungan tengah Papua) di Kalome, 14 Juli 2011, sehingga seorang ibu dan tiga anak kecilnya terluka. Penyerangan 16 orang anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) terhadap mereka yang sedang membangun menara televisi di Kabupaten Paniai pada 29 Juli 2011. Kasus saling serang antardua kubu calon bupati dari Partai Gerindra di Illaga, Kabupaten Puncak, pada 31 Juli 2011, yang menewaskan 21 orang. Serangan pencegatan oleh kelompok yang menamakan dirinya OPM di Tanjakan Gunung Merah, Kampung Nafri, di jalan yang menghubungkan AbepuraKoya-Arso yang menyebabkan 4 orang tewas, termasuk seorang anggota TNI. Terjadinya penembakan terhadap

helikopter TNI oleh kelompok OPM pimpinan Gholiat Tabuni di Tingginambut, Puncak Jaya, yang menewaskan seorang anggota TNI. Bila kita analisis jaringan pendukung Papua Merdeka, tampaknya terjadi pergeseran gerakan dari yang dulunya terpusat di Belanda, Australia, Vanuatu, dan Nauru menjadi ke Inggris, dan AS. Di Australia khususnya di Sydney dulu ada The Australian West Papua Association, tapi hanya aktif pada 1990an saja. Sebelum konferensi Damai Papua, LIPI juga pernah me­ ngadakan dua kali seminar di Hotel Niko Jakarta. Pada pertemuan kedua, Juwono Sudarsono menantang para elite Papua untuk menentukan dua wakil Papua dari Pegunungan dan pesisir untuk menjadi juru runding dengan pemerintah Indonesia. Jika hasilnya seperti yang tampak pada 5 Juli 2011 di

mana juru rundingnya semua berasal dari luar Papua, jangan kaget jika Menkopolhukam terkejut. Kita hanya berharap jangan sampai apa yang terjadi di Sentani 7 Juli lalu sama dengan pertemuan antara Presiden B.J. Habibie dengan Tim 100 tokoh Papua pada Februari 1999 di Jakarta. Saat mereka menyatakan ingin menarik diri dari Indonesia, berhentilah dialog itu. Dialog damai memang perlu. Kedua pihak juga jangan ngotot untuk mengatakan “Kemerdekaan adalah penyelesaian akhir masalah Papua” dari pihak Papua dan “NKRI adalah harga mati” dari pihak Indonesia. Kita sepakat, 1 Desember 1961 bukanlah proklamasi kemerdekaan Papua melainkan hanyalah manifesto politik oleh 19 tokoh Dewan New Guinea mengenai lagu kebangsaan Hai Tanahku Papua, Ben­dera Bintang Kejora, Lambang Negara Burung

Mambruk, dan semboyan “One People, One Soul.” Manifesto itu disetujui oleh residen Hollandia (Jayapura sekarang) saat itu J.P.K. van Echoud. Kini bagaimana pemerintah RI dan Rakyat Papua duduk sama-sama untuk menentukan masa depan Papua dalam bingkai NKRI. Apa yang dikatakan Marcus Kaisiepo, anggota Niuew Guinea Raad asal Biak pada 1 September 1945 masih relevan, ”Sekarang adalah zaman kemerdekaan, Orang Indonesia ddan orang Papua bersaudara. Orang Indonesia jangan memonopoli jabatan dan kekayaan. Ketika itu terjadi akan terus ada masalah antara orang Indonesia dan Papua.” Melihat posisi jabatan yang kini di tangan orang Papua dan dana Otsus Papua yang melimpah ruah lebih dari Rp 28 triliun, dapatkah para elite Indonesia dan Papua menyejahterakan rakyat Papua? n

Nazaruddin dan Kredibilitas KPK Imam Mustofa Ketua Ikatan Keluarga Alumni Pondok ­Pesantren Universitas Islam Indonesia

S

aat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga-lembaga pe­ negakan hukum di negeri ini semakin menipis, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang diandalkan menjadi panglima pemberantasan korupsi malah dilanda krisis kepercayaan dan kredibilitas. Krisis tersebut setidaknya memperpuruk dan memperburuk citra penegakan hukum di Indonesia. Hasil survei dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menyebutkan bahwa tingkat kepercayaan publik terhadap KPK menurun, dari 58,3% pada Oktober 2005 menjadi 41,6% pada Juni 2011 (Tempointeraktif.com: 7-8-2011). Hasil survei ini sebenarnya tidak terlalu mengejutkan, karena akhir-akhir ini petinggi KPK dituding melanggar kode etik penegak hukum. Penyebab krisis kredibiltas tersebut, antara lain nyanyian yang dilantun­ kan mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Nazaruddin. Dari persembunyainnya, Nazaruddin melemparkan tuduhan bahwa sebagian petinggi KPK

telah melakukan deal-deal politik dan kepentingan dengan salah satu ketua partai. Deal-deal ini adalah untuk membiarkan atau mebebaskan orang-orang tertentu yang terjerat kasus korupsi atau suap, khususnya kasus suap Wisma Atlet. Menurut pengamat LSI Adjie Alfaraby, terdapat tiga faktor penyebab lainnya terkait dengan merosotnya kepercayaan publik terhadap KPK. Pertama, kasus ditahannya mantan pimpinan KPK Antasari dan ‘kriminalisasi’ atas pimpinan KPK Bibit dan Chandra ini menjadi shock therapy yang dianggap melunturkan keberanian pimpinan KPK terhadap pe­nguasa. Kedua, kasus Bank Century yang bertele-tele dan menggantung. Ketiga, kasus yang melanda Miranda Gultom (centroone .com: 7-8-2011). Terlepas siapa yang mendanai, pesanan ataupun bukan, survei yang dilakukan LSI tersebut harus dijadikan bahan introspeksi KPK. Para petugas KPK, terlebih jajaran pimpinannya harus lebih berhati-hati dalam bertindak. Jangan sampai melakukan hal-hal yang dapat meruntuhkan kewibawaan KPK demi mempertahankan eksistensinya. KPK tidak hanya berkewajiban men-

jaga eksistensinya, tetapi juga kredibilitasnya. Sebab, banyak pihak yang mengendaki “matinya” KPK. Terlepas dari berbagai permasalahan di atas, bagaimana pun juga menurunnya kepercayaan masyarakat tidak bisa dijadikan alasan untuk membubarkan KPK. Pembubaran KPK berarti kemenang­an bagi para koruptor. KPK merupakan lembaga penegak hukum yang mempunyai kewenangan yang cukup luas terkait dengan pemberantasan korupsi. Pada dasarnya KPK telah melakukan langkah-langkah untuk membersihkan lembaga. KPK telah berusaha menjaga integritas dan kredibiltasnya. Hal ini dilakukan dengan pembentukan komite etik yang anggotanya juga tokoh kredibel dari eks­ternal KPK. Komite etik berusaha me­ ngungkap dan mencari fakta dan bukti nyanyian Nazaruddin yang berkaitan dengan para petinggi KPK. Bukan hanya itu, Komite Etik berusaha menemukan kaitannya dengan nama-nama di luar KPK yang dituduh Nazaruddin terlibat kepentingan dengan petinggi KPK. Langkah di atas perlu diapresiasi dan didukung demi terjaganya keper-

cayaan masyarakat kepada KPK yang semakin menurun. Langkah tersebut dilakukan untuk mendukung terlaksananya proses penegakan hukum secara optimal dan maksimal. Hilang­ nya kepercayaan masyarakat akan menimbulkan krisis kredibiltas yang berimplikasi pada ketaatan hukum masyarakat. Terlebih apabila yang hi­ lang adalah kepercayaan kepada KPK, hal ini merupakan pertanda genderang kemenangan para koruptor. Kini Nazaruddin telah tertangkap dan akan diproses. Apabila Nazar tidak dapat membuktikan tuduhannya ter­ hadap petinggi KPK, hal ini setidaknya membawa secercah harapan untuk mengangkat citra dan kredibiltas KPK. Akan tetapi bila yang terjadi sebaliknya, tuduhan Nazar terbukti, petinggi KPK melanggar kode etik atau bahkan melanggar hukum, melakukan deal-deal politik dan kepentingan yang merugikan lembaga KPK yang berimplikasi pada kerugian negara, akan lebih me­ runtuhkan kepercayaan publik. Lalu kepada siapa lagi masyarakat melabuhkan harapan untuk pemberantasan korupsi di negeri ini? n

Pemimpin Umum: Bambang Eka Wijaya. Wakil Pemimpin Umum: Djadjat Sudradjat. Pemimpin Redaksi: Sabam Sinaga. Wakil Pemimpin Redaksi: Heri Wardoyo. Pemimpin Perusahaan: Prianto A. Suryono. Kepala Divisi Percetakan: Kresna Murti. Dewan Redaksi Media Group: Elman Saragih (Ketua), Ana Widjaya, Andy F. Noya, Bambang Eka Wijaya, Djadjat Sudradjat, Djafar H. Assegaff, Laurens Tato, Lestari Moerdijat, Rahni Lowhur Schad, Saur M. Hutabarat. Sugeng Suparwoto, Suryopratomo, Toeti Adhitama. Redaktur Pelaksana: Iskandar Zulkarnain, Iskak Susanto. Sekretaris Redaksi: M. Natsir. Redaktur: Alhuda Muhajirin, Sri Agustina, Amiruddin Sormin, Wiwik Hastuti, Heru Zulkarnain, Zulkarnain Zubairi, Hesma Eryani, Sudarmono, Trihadi Joko, Umar Bakti, D. Widodo. Asisten Redaktur: Aris Susanto, Muharam Chandra Lugina, Musta’an, Kristianto, Nova Lidarni, Syaifulloh, Lukman Hakim. Liputan Bandar Lampung: Juniardi, Sri Wahyuni, Rinda Mulyani, Vera Aglisa, Sony Elwina Asrap, Zainuddin. Biro Lampung Utara: Buchairi Aidi (Kabiro), Ruhiman, Hari Supriyono. Lampung Barat: Henri Rosadi (Plt. Kabiro), Eliyah. Way Kanan: Yoel Lukasim (Kabiro), Warseno, Mat Saleh. Lampung Tengah: Ikhwanuddin (Kabiro), Andika Suhendra (Wakabiro), M. Lutfi, Agus Hermanto. Metro/Lampung Timur: Sudirman (Kabiro), Djoni Hartawan Jaya (Wakabiro), Chairuddin (Wakabiro), Agus Chandra, Eddy Ribut Herwanto, Suprayogi. Tulangbawang: Muhammad Guntur Taruna (Kabiro), Juan Santoso Situmeang. Tanggamus: Mif Sulaiman (Kabiro), Sudiono, Sayuti, Widodo. Lampung Selatan: Herwansyah (Plt. Kabiro), Aan Kridolaksono, Usdiman Genti. Pesawaran: Meza Swastika. Desain Grafis: DP. Raharjo, Sugeng Riyadi, Sumaryono, Sugito, Malianingsih, Ridwansyah, David Jackson, Djadi Satmiko, Ferial, Nanang B, Dede Darmawan, Nurul Fahmi. Penerbit: PT Masa Kini Mandiri. SIUPP: SK Menpen RI No.150/Menpen/ SIUPP/A.7/1986 15 April 1986. Harga: Eceran per eksemplar Rp3.000 Langganan per bulan Rp75.000 (luar kota + ongkos kirim). Account Executive Iklan: Oki Haray, Merry Destaria, Shiera Maqhruf, Mardlian Shah, Ferawati. Manajer Keuangan dan Akunting: Rosmawati Harahap. Manajer Sirkulasi: Indra Sutaryoto. Alamat Redaksi dan Pemasaran: Jl. Soekarno Hatta No.108, Rajabasa, Bandar Lampung, Telp: (0721) 783693 (hunting), 773888 (redaksi). Faks: (0721) 783578 (redaksi), 783598 (usaha). http://www.lampungpost.com e-mail: redaksi@ lampungpost.co.id redaksilampost@yahoo.com. Kantor Pembantu Sirkulasi dan Iklan: Jl. A.Yani No.7 Bandar Lampung, Telp: (0721) 255149, 264074. Jakarta: Gedung Media Indonesia, Kompleks Delta Kedoya, Jl. Pilar Raya Kav. A-D, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Telp: (021) 5812088 (hunting), 5812107, Faks: (021) 5812113. Kalianda: Jl. Sanggar Pramuka No. 9, Kalianda Telp/Fax: (0727) 322724. Pringsewu: Jl. Ki Hajar Dewantara No.1093, Telp/Fax: (0729) 22900. Kotaagung: Jl. Ir. H. Juanda, Telp/Fax: (0722) 21708. Metro: Jl. Imam Bonjol No.1, Telp/Fax: (0725) 47275. Menggala: Jl. Gunung Sakti No.271 Telp/Fax: (0726) 21305. Kotabumi: Jl. Pemasyarakatan Telp/Fax: (0724) 26290. Liwa: Jl. Raden Intan No. 69. Telp/Fax: (0728) 21281. Percetakan: PT Masa Kini Mandiri, Jl. Soekarno - Hatta No. 108, Rajabasa, Bandar Lampung Isi di Luar Tanggung Jawab Percetakan


Lampung Post I 21

KamisI 11 Agustus 2011

Lampung Post menerima kiriman tulisan berupa opini orisinal dan tidak dikirim ke media lain, tak lebih dari 5.000 karakter. Kirim via e-mail ke redaksi@lampungpost.co.id atau redaksilampost@yahoo. com. Kami mengutamakan tulisan yang mengkaji fenomena aktual di lingkungan masyarakat Lampung. Pengiriman surat pembaca via e-mail harus dilengkapi alamat lengkap dan nomor telepon.

Klarifikasi RT Gunungterang Minta Lurah Ditindak BERDASAR hasil rapat kami yang telah diadakan pada Senin, 8 Agustus 2011, bertempat di aula Kelurahan Gunungterang, pada pukul 15.00—selesai, yang dihadiri: Kepala Lingkungan I dan II, Ketua Forum Paruga, Kelurahan Gunungterang, RT se-Kelurahan Gunungterang; terkait dengan berita pada surat kabar harian Lampung Post edisi 8 Agustus 2011, halaman 2, dengan judul (Kinerja) 22 RT Gunungterang Minta Lurah Ditindak yang disampaikan saudara Rasyid Nawawi selaku Ketua RT 09 LK II, Kelurahan Gunungterang. Kami perlu memberikan klarifikasi

yang sebenarnya kepada khalayak umum, bahwa kami tidak pernah mengetahui hal tersebut dan dengan sengaja saudara Rasyid Nawawi mencatut nama-nama Kepala LK 1-2 dan 23 RT se-Gunungterang. Maka (saya) Hasun, selaku Kepala Lingkungan II, Kelurahan Gunungterang, mewakili seluruh RT dan LK I-II Kelurahan Gunungterang, dengan ini kami membantah keterlibatan sebagaimana yang disebutkan oleh oknum RT 09 LK.II yakni saudara Rasyid Nawawi. Yang isinya menyudutkan serta menuding lurah telah berbuat ulah. Kami menyatakan hal tersebut tidak benar.

Hal tersebut adalah pernyataan Saudara Rasyid Nawawi sendiri secara pribadi yang seharusnya tidak melibatkan nama dan jabatan kami yang telah dicatut oleh Saudara Rasyid Nawawi. Kami tegaskan bahwa apa yang telah disampaikan semua itu tidak benar. Kami telah dikumpulkan dalam rapat yang telah diadakan Senin 8 Agustus 2011 pukul 15.00 sd selesai bertempat di aula Kelurahan Gunungterang, Bapak M. Isan, selaku lurah Gunungterang, Kecamatan Tanjungkarang Barat memberikan penjelasan kepada kami dalam rapat tersebut terkait dengan pernyataan Saudara Rasyid Nawawi dan Swisman sebagai perantara untuk mengurus

sertifikat milik Kirman yang diperoleh dari pembelian dengan Saudara Romli di atas segel tahun 2000 tidak ada saksi-saksi dan tidak diketahui RT setempat. Di mana seharusnya surat keterangan jual beli di atas segel tersebut ditandantangani saksi-saksi dari pihak pembeli dan pihak penjual beserta RT di mana letak lokasi tanah tersebut berada. Namun, dalam surat keterangan jual beli tersebut, Saudara Swisman selaku perantara untuk mengurus sertifikat milik Kirman yang diperoleh dari pembelian dengan Saudara Romli di atas segel tahun 2000 tidak ada saksi-saksi sehingga Bapak M.Isan selaku Lurah Gunungterang, Kecamatan Tanjung-

karang Barat menyarankan kepada yang bersangkutan untuk menandatangani surat tersebut oleh saksi-saksi dari pihak pembeli dan pihak penjual beserta RT setempat. Kami juga perlu menjelaskan surat permohonan sertifikat yang diajukan sudah ditandatangani oleh Bapak M. Isan selaku lurah Gunungterang, Kecamatan Tanjungkarang Barat pada saat Saudara Swisman menghadap Kamis siang, 4 Agustus 2011. Tetapi beberapa saat setelah ditandangani kertas yang ditandangani Bapak M. Isan selaku lurah Gunungterang, Kecamatan Tanjungkarang Barat dirobek oleh Saudara Swisman pada bagian yang ditandatangani Lurah Gunungterang,

Kecamatan Tanjungkarang Barat (Bukti robekan terlampir). Demikianlah klarifikasi dan penjelasan dari kami untuk diketahui khalayak umum sebagai tanggapan terkait dengan berita pada surat kabar Lampung Post, 8 Agustus 2011 halaman 2, dengan judul 22 RT Gunungterang Minta Lurah Ditindak, adalah tidak benar adanya. Harap Maklum. Kami yang mewakili pernyataan: Ketua LK.II Hasun, Ketua LK. I: Didi Supardi, Ketua Paruga Hartono Yang mengetahui Lurah Gunung Terang M. Isan

Kami membuka ruang keluhan, harapan, kritik, dan saran terhadap pelayanan umum, fasilitas publik, masalah sosial, atau kebijakan pemerintah dalam rubrik suara pembaca. Tanggapan Anda dapat dikirim via short message service (SMS) ke nomor 0815-405-9000 disertai nama dan alamat lengkap. Redaksi.

Nazaruddin Tertangkap, Ada yang Gemetar Ada pihak-pihak yang gemetar dengan tertangkapnya Nazarudin, orang-orang ini mulai merumuskan cara bagaimana membungkam Nazaruddin setibanya di Indonesia. Hati-hati dengan kepolisian karena lembaga ini amat pandai dan sa­ ngat profesional merekayasa kasus. Hati-hati dengan Partai Demokrat,

karena di dalamnya para bajinganbajingan tengik. Terima kasih 085377542200

lamat bertugas. Jayalah Lampung Post. Marni, Kotabumi 085788992699

mengganggu kekhusyuskan yang lagi salat. Sulaiman 082184913959

Selamat Ulang Tahun ‘Lampung Post’

Petasan Meresahkan Warga

Kembalian Receh Tidak Dihitung?

Semoga aja semakin jaya, sukses dan semakin dekat di hati masyarakat, karena berita-berita yang kau berikan. Buat seluruh karyawan Lampung Post juga se-

Yth. Bapak Kapolsek Pringsewu. Tolong ditertibkan petasan yang mengganggu umat muslim ber­ ibadah di bulan puasa ini. Seperti di saat umat muslim sedang salat tarawih, suara petasan sangat

Untuk Alfamart di Liwa, khususnya di Simpangserdang. Kalau mau ngambil kembaliannya bilang, jangan potong gitu. Belanja 17.800, pembayaran dengan uang Rp20.

ribu di kembalikan 2.000. Yang Rp200-nya ke mana. Kalau dikali 100 orang Rp20 ribu. Eko, Liwa. 087798407021

juga keluar? Terima kasih 081379917180

Perhatikan Nasib Guru Honorer

Lampu penerangan jalan umum di desa Ramadewa, Kecamatan Seputih Raman, Lampung Tengah, telah lama mati total. Mohon perhatian, Pemkab Lampung Tengah 08127971733

Kepada yang terhormat Anggota Dewan Kabupaten Lampung Te­ ngah. Tolong perhatikan kami guru honorer, gaji kami sudah menurun, kenapa insentif dan fungsional tak

Lampu Penerangan Jalan Desa Ramadewa Mati

Kapan Jalan Kotaagung Bisa Bagus? Kapan jalan di Kotaagung, Tanggamus, mulai bagus dan rapi. Sementara Lebaran sudah dekat tapi jalan masih rusak dan masuk dalam perbaikan. Apalagi saat ini masih kemarau, debu berterbaran ke mana-mana akibat jalan belum selesai. 085711821795


±

±

CMYK

Lampung Post I 22

Kamis I 11 Agustus 2011

LINTAS

±

LIMBAH

PT GI Bantah Cemari Lingkungan

Perbaiki Mesin Pompa Air, Kepsek Tewas

RUMBIA—Karena kurang hati-hati memperbaiki mesin pompa air, Sajiman (58), kepala SDN 4 Reksobinangun, Rumbia, Lampung Tengah, tewas kesetrum, Rabu (10-8), sekitar pukul 09.30. Pagi itu mesin pompa air di rumahnya mendadak macet dan Sajiman berinisiatif memperbaikinya sendiri sebelum berangkat ke sekolah. Saat asyik memperbaiki mesin pompa air, Sajiman teringat pekerjaan kantor yang harus dibawa ke sekolahnya. Dia lalu menghubungi Sutardi, guru di sekolahnya, untuk mampir ke rumahnya mengambil daftar nomor unik pendidik tenaga kependidikan (NUPTK). Sutardi yang mampir dan mengambil daftar NUPTK langsung terus ke sekolah, sedangkan Sajiman meneruskan memperbaiki mesin pompa airnya. Pagi itu suasana rumah korban sepi, karena anak-anaknya sudah berangkat sekolah. Sedangkan istrinya menjadi TKW di Taiwan. Sekitar pukul 10.00, penjaga SDN 4 Reksobinangun, Eko Nurhadi, merasa aneh dengan keterlambatan kepala sekolah yang terkenal rajin dan disiplin itu. Eko kemudian menyusul ke rumah korban. Karena suasana rumah sepi, Eko langsung menuju belakang rumah. (DRA/D-3)

Abdul Ditemukan Tewas Tenggelam

KATIBUNG—Setelah dua hari tiga malam dinyatakan hilang di laut, akhirnya Abdul Kiar (60), warga Dusun Karyasakti, Desa Karyatunggal, Kecamatan Katibung, Lampung Selatan, ditemukan tewas dengan kondisi mengenaskan, Selasa (9-8). Hilangnya Abdul Kiar bermula pada Sabtu (6-8) saat dia pergi memancing seorang diri. Kemungkinan dia tergelincir dan tercebur ke laut. Saat ditemukan, almarhum masih mengenakan pakaian lengkap. Korban pertama kali ditemukan Yatno (31), anak kandungnya. “Mayat ditemukan, Selasa (9-8), sekitar pukul 11.00. Kondisi korban sangat mengenaskan dengan kulit sudah mengelupas. Namun, masih bisa dikenali keluarganya,” kata Kepala Desa Karyatunggal, Suhiryadi, kemarin. (USD/D-3)

KRIMINALITAS

Perampokan Marak di Rumbia

±

RUMBIA (Lampost): Sejak menjelang Ramadan, peram­ pokan marak di wilayah Ke­ camatan Rumbia, Lampung Tengah. Sedikitnya tercatat tiga kali kasus perampokan yang dilakukan gerombolan bersenjata api dengan modus yang sama: mendobrak pintu kemudian menodong korban. Kawanan perampok yang berjumlah enam orang perta­ ma kali beraksi di Dusun VII Kampung Binakarya Baru, Minggu (10-7). Sekitar pukul 02.30, kawanan itu menda­ tangi rumah Muhtarom (50). Dari lemari, pelaku mengambil uang tunai Rp3,5 juta, perhiasan emas, kalung, dan cincin 24 karat seberat 40 gram. Pelaku juga mengam­ bil sepeda motor Honda Beat warna merah milik korban. Selanjutnya, Jumat (22-7), sekitar pukul 01.30, kawanan perampok yang berjumlah enam orang dan bersenjata pistol kembali beraksi di ru­ mah M. Sidik (45), warga Kampung Bina Karya Buana. Sepertinya pelaku mengeta­ hui korban memiliki uang cu­ kup banyak. Dari lemari pakai­ an, mereka menjarah uang tunai Rp40 juta. Belum puas dengan uang puluhan juta tersebut, pelaku membawa kabur sepeda motor Yamaha Scorpio dan Vega

R milik korban. Sabtu (6-8), sekitar pukul 01.35, kawanan perampok ber­ jumlah enam orang bersenjata api dan tajam beraksi di Kam­ pung Rantau Jaya Ilir, Putera Rumbia. Pelaku menguras harga Agus Sugimin (40). Agus diikat dan kepalanya dipu­ kul. Perampok juga menjarah sepeda motor Yamaha Vega ZR warna merah, ponsel, serta dompet berisi surat-surat. Masih di Kabupaten Lam­ pung Tengah, sehari se­telah kejadian yang menimpa Agus, empat perampok ber­ mobil membajak sebuah truk bermuatan 75 dus oli di jalinsum, dekat rumah dinas Bupati Lampung Tengah, Minggu (7-8) dini hari. Kawanan bersenjata api yang mengendarai mobil Isuzu Panther tersebut beraksi sekitar pukul 02.30. Mereka memaksa truk Colt Diesel PS 135 kuning berpelat BE-9457-FC berhenti dengan cara memalangkan kendaraan mereka. Truk dari Palembang tu­ juan Bandar Lampung itu dikemudikan Abu Sairi (45) dan kernetnya, Yogi Andre Pangestu (22), keduanya war­ ga Yosomulyo, Metro, beserta seorang penumpang wanita, Mulyanti (40), warga Padang­ cermin, Pesawaran. (DRA/R-2)

n LAMPUNG POST/EDDY RIBUT HARWANTO

TAK RAMPUNG. Perpanjangan kontrak kerja yang dilakukan akhir Desember 2010 lalu tetap membuat pengembang Metro Mega Mal tak mampu merampungkan proyek tahap pertama itu pada akhir tahun ini. Para pekerja di proyek M3 itu sendiri terus melakukan aktivitasnya.

Pembangunan Tahap Awal M3 Diprediksi Molor Lagi METRO (Lampost): Panitia Khusus (Pansus) Metro Mega Mal (M3) DPRD Kota Metro memprediksi pembangunan tahap pertama yang dijadwalkan selesai akhir tahun 2011 bakal molor lagi. Hal itu dapat dilihat dari pencapaian fisik pembangun­an selama delapan bulan terakhir yang belum ada kemajuan. Pansus mendesak agar apa pun masalah yang terjadi da­ lam manajemen pembangun­ an M3 saat ini, prestasi fisik harus baik. “Selain itu, target pemba­ ngunan harus dikejar sesuai dengan batas waktu kontrak kerja dengan eksekutif,” kata Ketua Pansus M3 DPRD Kota Metro Fahmi Anwar, Rabu (10-8) pagi. Menurut Fahmi, pembangun­ an M3 banyak menyita waktu. Pada akhirnya akan melahirkan titik jenuh di tengah masyarakat pedagang dan DPRD sendiri. Namun, karena hal ini menyang­ kut urusan publik, Dewan tidak boleh patah semangat. “Dewan terus memantau perkembangan fisik pemba­

ngunan M3. Ini sudah menjadi tangung jawab Dewan untuk terus melakukan pengawasan dan kontrol terhadap kebi­ jakan yang telah diambil ek­ sekutif,” kata dia. Fahmi juga mengatakan pihaknya sering melihat lang­ sung pencapaian fisik M3 se­ lama delapan bulan ini. “Ada proses pembangunan, tapi be­ lum signifikan, masih meram­ bat, seperti proses pembangun­ an sejak awal,” kata dia. Dalam konteks ini, Pansus telah melaksanakan tugasnya untuk memberikan rekomen­ dasi kepada eksekutif terkait dengan pelaksanaan pemba­ ngunan M3. Namun, eksekutif memiliki solusi lain yang da­ pat dipertangungjawabkan. Masalah Teknis Sementara itu, Kadis Pasar Kota Metro Junaidi menga­

takan saat pengembang ingin menutup Jalan Kiai Arsat, pihaknya tetap menolak per­ mintaan PT Nolimax Jaya. Dia meminta agar pihak pengembang menyelesaikan pembangunan di dalam lebih dulu, baru membangun bagian luar. Karena saat ini jalan terse­ but dipenuhi pedagang dan rawan gejolak sosial.

Ada proses pembangunan, tapi belum signifikan, masih merambat, seperti proses pembangun­an sejak awal. “Kita tahu pembangunan M3 lambat, tidak sesuai de­ ngan rencana awal. Hal itu karena terkendala masalah teknis dan lain-lain. Namun, apa pun masalah itu, kita tetap terus memacu agar pemba­ ngunan tahap pertama selesai tahun ini,” kata Junaidi.

Jalan Menyempit

±

cam tenggelam itu sebenarnya bukan disebabkan penambang tradisional yang jumlahnya mencapai puluhan orang, melainkan ulah perusahaan besar yang mengeksploitasi pasir belasan tahun silam. Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pertambangan Lamtim Sesar Djayaputera mengata­ kan pihaknya akan mengkaji ulang atau melihat dulu lokasi penambangan. “Karena ini menyangkut hajat hidup orang banyak, kami akan mempelajari dulu masalahnya,” kata dia. Terkait dengan PAD yang didapat dari galian C, menurut Sesar, bukan lagi wewenang Di­ nas Pertambangan. Tapi saat ini telah dikelola Dinas Pendapat­ an, Pengelola, Keuangan dan Aset daerah (DP2KAD). “Soal PAD dari sektor galian C bukan lagi wewenang Dinas Pertam­ bangan, melainkan wewenang DP2KAD,” kata Sesar. (DIN/D-3)

CMYK

n LAMPUNG POST/M. IKHWANUDDIN

Penimbunan puluhan lubang di ruas badan jalan provinsi di Buyutudik, Gunungsugih, Lamteng, terkesan semaunya. Gundukan tanah dan batu yang masih dibiarkan teronggok membuat jalan menyempit dan menghambat arus lalu lintas, Selasa (8-8).

KEMARAU

Warga Sulit Dapatkan Air Bersih MARGATIGA (Lampost): Musim kemarau membuat warga di sejumlah desa di Ke­ camatan Margatiga kelabakan. Sebab, musim kemarau yang ditandai dengan suhu udara cukup tinggi mengakibatkan sumur milik warga menga­ lami kekering­an. Warga pun kesulitan mendapatkan air bersih. Fauzi, warga Kecamat­ an Maargatiga, Selasa (9-8), menjelaskan musim kemarau

GUNUNGSUGIH (Lampost): Lagi, Komisi III DPRD Lam­ pung Tengah berang dalam hearing lanjutan penyelesaian limbah PT Gunung Intan (GI). Sebab, dua utusan perusahaan mengaku sama sekali tidak merasa mencemari lingkungan, Selasa (9-8). Dalam pertemuan itu, Komisi III dipimpin Indrajaya (seker­ taris), Zainudin, Kadek Wijaya, Made Rimbawe, dan Firdaus Ali. Sementara dari pihak PT GI hadir M. Asrin dan satu stafnya. Ketua Komisi III Bambang Suryadi, ditemui di luar ruang rapat, mengatakan pihak peru­ sahaan masih belum kooperatif dengan mengirim stafnya. “Biar rekan-rekan dulu yang menanyakan itu,” kata dia. Dalam pertemuan itu juga tampak sekali pihak perusa­ haan tidak peduli dengan ling­ kungan sekitar. Hal itu terde­ ngar dari jawaban dan cecaran pertanyaan anggota Dewan terhadap pihak perusahaan. M. Asrin yang ditunjuk pimpinannya menjawab se­ kenanya saja. “Kami merasa tidak mencemari lingkungan, bahkan kami tidak menggang­ gu warga,” kata dia. I Kadek Wijaya yang turun ke lokasi langsung angkat bicara dengan menunjukkan bukti rekaman suara dan bundel pe­ ngaduan masyarakat. “Saya tu­ run langsung dan warga yang Bapak sebut tadi ada rekaman­ nya dengan saya. Ini bundel pengaduan warga ditandatan­ gani dan bisa ditempuh jalur hukum jika mengada-ngada,” kata Kadek Wijaya. Mendengar hal itu, Zainudin, anggota Komisi III lainnya, juga angkat bicara. “Bapak tidak tahu bagaimana penderitaan warga. Dan, kami di sini hanya mem­ fasilitasi bukan mencari-cari. Silakan mau ditempuh jalan negosiasi dengan masyarakat atau hukum,” kata dia. Menurut Zainudin, pihaknya juga bisa menempuh jalur hukum dan meminta Bupati untuk men­ cabut izin operasional perusahaan. Akhirnya M. Arsin meminta wak­ tu dua hari untuk berkoordinasi dengan pimpinannya. (DRA/D-3)

±

Pairin Rombak SKPD dan Lantik 651 Pejabat

DPRD Lamtim Minta Tambang Pasir Ditutup SUKADANA (Lampost): Kalangan DPRD Lampung Timur meminta Pemkab setempat segera menutup pe­ nambangan pasir di Kecamat­ an Pasirsakti dan Kecamatan Labuhanmaringgai. Sebab, selain penambangan galian C itu telah merusak lingkungan dan mengancam permukiman penduduk, PAD yang didapat dari eksploitasi bahan tambang itu tidak jelas. Anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Lamteng Hasan Basri mengatakan pe­ nambangan pasir di Keca­ matan Pasirsakti dan Labu­ hanmaringgai yang telah ber­ langsung belasan tahun itu selain merusak lingkungan, juga mengancam permukiman penduduk. Terutama pen­ duduk yang tinggal tak jauh dari lokasi penambangan. Perusakan lingkungan serta permukiman penduduk teran­

Sedangkan perwakilan PT No­ limax Jaya kepada Lampung Post beberapa waktu lalu me­ngaku siap dan masih sanggup meram­ pungkan pembangun­an M3. Pepen, pimpinan PT Nolimax Jaya, saat menggelar jumpa pers mengatakan pihaknya masih siap merampungkan M3. Apalagi pembangunan M3 merupakan program untuk kemajuan Kota Metro ke de­ pan. “Kami ingin berbuat untuk memperbaiki pasar agar lebih bersih dan nyaman,” kata Pepen. Sebelumnya, Fahmi Anwar mengatakan dalam kondisi saat ini Pansus melihat asas manfaat dan asas keadilan bagi masyarakat dalam pem­ bangunan M3, bukan dari sisi penegakan hukumnya. “Kalau pansus sikapnya su­ dah jelas, bahwa pengembang harus diganti. Karena memang sangat tidak profesional dalam melaksanakan pembangunan. Sehingga Dewan sudah mem­ berikan rekemendasi agar pengembang dikaji ulang dan diputus kontrak kerjanya,” kata dia. (EDI/D-3)

±

PERDA No. 8/2011

GALIAN C

±

±

CMYK

menjadi masalah, terutama bagi warga Kecamatan Mar­ gatiga. Selain itu, akibat musim kemarau, suhu udara sangat tinggi dan sumur warga de­ ngan kedalaman 30—40 meter pun kering. Fauzi mengakui di sam­ ping mengandung bebatuan di dalam tanahnya, sejumlah desa di Kecamatan Margatiga letaknya memang lebih tinggi

±

dibandingkan desa lainnya. Tetapi, meskipun terletak di daerah tinggi, warga tetap berusaha mendapatkan air bersih dengan membuat sumur dengan menggali lebih dalam. “Sumur warga di desa-desa itu memang cukup dalam. Ka­ lau tidak dalam tidak dapat air. Sebab, beberapa desa letaknya memang lebih tinggi diban­ ding beberapa desa lainnya,” kata Fauzi. (JON/D-3)�

GUNUNGSUGIH (Lampost): Bupati Lampung Tengah A. Pairin merombak sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan pejabat eselon II, III, dan eselon IV. Perombakan SKPD sesuai dengan perubahan Peraturan Daerah (Perda) No. 12 tahun 2007, tentang Organisasi Perang­ kat Daerah Kabupaten Lampung Tengah yang telah diubah de­ ngan Perda No. 8 tahun 2011. Akibat perubahan SKPD itu, sebanyak 651 pejabat ikut mengalami rotasi. Mereka ter­ diri dari 29 pejabat eselon II, 155 pejabat eselon III, dan 477 pejabat eselon IV. Sedangkan dinas yang me­ ngalami perubahan, di antaranya Dinas Pendapatan dan Pengelo­ laan Keuangan Daerah (PPKD) berubah menjadi Badan Pengelo­ laan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), serta Dinas Pendapat­ an Daerah (Dispenda). Kemudian Dinas Pertam­ bangan Energi dan Lingkung­ an Hidup (Distemben LH) berubah menjadi Dinas Pertam­ bangan dan Energi, serta Badan Lingkungan Hidup. Di antara pejabat eselon II yang mengalami rotasi adalah Madani, yang sebelumnya

kadis PPKD Lamteng seka­ rang menjabat kepala BKAD. Sedangkan Abdulhak, yang sebelumnya asisten Bidang Pe­ merintahan, sekarang menjabat kepala Dispenda Lamteng. Muhibatullah yang sebelum­ nya sebagai kadis Cipta Karya menjadi kepala Distamben. Sedangkan Nasir A.T. yang sebelumnya kadis Tamben LH, sekarang menjabat kepala Badan Lingkungan Hidup Lamteng. Pairin mengingatkan pelan­ tikan pejabat ini jangan dipan­ dang secara parsial dan diang­ gap sebagai tradisi pergeseran kepemimpinan. Namun, hal itu semata-mata hanya sebagai implementasi kebijakan, mem­ bina, dan meningkatkan karier pegawai. Serta sebagai bagian dari upaya penyegaran dan peningkatan kinerja dalam mengadaptasi ling­ kungan strategis yang berubah sedemikian cepat menyesuaikan dengan perubahan zaman. “Dengan proses ini, pembi­ naan karier harus selalu dilihat sebagai salah satu tujuan dari ke­ seluruhan kebijakan pemantapan organisasi, yaitu dalam rangka menciptakan pemerintahan yang baik melalui reformasi birokrasi,” kata Pairin, Selasa (9-8). (LUT/D-3)

CMYK

±

±


±

±

CMYK

Lampung Post I 23

Kamis I 11 Agustus 2011

KEBUTUHAN GAS

±

Warga Pringsewu Sulit Dapatkan Elpiji 3 Kilogram PRINGSEWU (Lampost): Gas elpiji berukuran 3 kg dalam sepekan terakhir sulit didapatkan warga Pringsewu di tingkat pengecer. Dampaknya, kaum ibu rumah tangga tidak leluasa dalam melakukan pekerjaan rumah mereka. Beberapa ibu rumah tangga yang ditemui kemarin (10-8) mengatakan jika ada pengecer yang menjual gas elpiji berisi 3 kg, tapi har­ ganya sudah tinggi. “Kalau biasanya untuk ukuran itu pengecer menjual Rp15 ribu, belakangan harganya naik bisa mencapai Rp20 ribu,” kata seorang ibu yang enggan disebut namanya. Demikian halnya dengan gas elpiji berisi 12 kg. “Kalau biasa harganya Rp89 ribu, sekarang mana bisa, karena pengecer mematok harga Rp100 ribu,”

Cek Kesiapan Pos Keamanan

PERTANIAN

Air Tak Merata, Warga ke DPRD

ujar ibu lainnya. Kelangkaan elpiji di Pringsewu sudah terjadi sejak sepekan lalu. Tak heran jika warga menyerbu saat mengetahui kendaraan agen elpiji menurunkan barang. Kondisi ini boleh jadi dimanfaatkan sementara orang untuk menaikkan harga karena ba­ nyak warga yang membutuhkan. “Jangankan untuk tabung yang berisi 3 kg, untuk 12 kg tak kalah diserbu warga,” ujar Atin, warga Perumnas Podomoro Indah, Pekon Rejosari, Kecamatan Pringsewu. Dia mengatakan hampir seluruh ibu rumah tangga di kompleks perumnas memasak de­ngan menggunakan kompor gas. Sejak warga beralih dari minyak tanah, mereka menga­ku masih mudah mendapatkan gas elpiji, termasuk harga beli diterima sesuai ketentuan. (ONO/D-1) n LAMPUNG POST/JUWANTORO

Kapolda Lampung Brigjen Polisi Sulistyo Ishak mengecek kesiapan pos keamanan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Rabu (10-8). Kapolda Lampung berbincang-bincang dengan Kapolres Lamsel AKBP Bahagia Dachi.

BAHAN POKOK

Pemkab Lampura Sidak di Dua Pasar

Uji Kelayakan Dipertanyakan KALIANDA (Lampost): Dinas Perhubungan Provinsi Lampung dan Kabupaten Lampung Selatan dinilai tidak serius dalam melakukan uji kelayakan angkutan Lebaran. Warga berharap peristiwa terbakarnya mesin kendaraan tidak terulang kembali.

n LAMPUNG POST/YUDHI HARDIYANTO

±

PANTAU HARGA SEMBAKO. Bupati Lampung Utara Zainal Abidin didampingi Asisten II Azwar Yazid, Kadis Pasar Syaiful Darmawan, serta Kabag Humas dan Protokol Syahrudin Putra memantau harga kebutuhan pokok di Pasar Pagi Kotabumi, kemarin (10-8).

KOTABUMI (Lampost): Guna memantau perkembang­ an harga dan stok barang, khususnya sembako selama Ramadan, Pemkab Lampung Utara menggelar inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Pagi Kotabumi dan Pasar Sentral kemarin (10-8). Dalam sidak tersebut, tim I yang dipimpin Bupati Lampura Zainal Abidin mendatangi Pasar Pagi Kotabumi, sedangkan tim II yang dipimpin Wakil Bupati Rohimat Aslan menggelar sidak di Pasar Sentral. Di sela-sela sidaknya, Bupati mengatakan kenaikan harga bahan pokok selama Ramadan masih dalam kate­ gori wajar, dan stok masih mencukupi. Berdasarkan pantauan, harga sembako di

beberapa pedagang khusus beras terdapat kenaikan berkisar 2%—5,2%. Dalam artian, belum beranjak dari harga minggu lalu. Seperti harga beras kualitas I dari Rp9.000/kg naik menjadi Rp9.500/kg, kualitas II dari Rp8.200/kg naik Rp8.400/kg, dan kualitas III dari Rp7.000/ kg naik menjadi Rp7.200/ kg. Begitu juga dengan beras asalan yang juga mengalami kenaikan dari Rp6.300/kg menjadi Rp6.500/kg. Kabid Perdagangan Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian, dan Perdagangan se­tempat Cik Gus mengatakan kenaikan harga beras yang berkisar 2%—5,2% per kg masih dalam ambang toleransi dan dalam batas kewajaran. (YUD/D-1)

Informasi yang dihimpun Lampung Post menyebutkan kebakaran mesin mobil bus Puspa Jaya jurusan Rajabasa—Bakauheni, Rabu (10-8), sekitar pukul 10.00, sempat menghebohkan warga di lingkungan Jatiindah, jalinsum Kalianda. Tak hanya warga setempat, para pengguna jalan dan petugas operator SPBU Jatiindah pun sempat panik lantaran kebakaran mesin mobil bus itu tepat berada di depan Stasiun Pengisian Bahan Umum (SPBU) terdekat. Awalnya, bus Puspa Jaya BE-2315-CU mendadak mogok. Tekap (45), sang sopir memeriksa mesin bagian belakang mobil. Namun, bagian belakang mobil tiba-tiba mengeluarkan api yang cukup besar. Nyala api nyaris membakar kendaraan dengan 25 penumpang itu. “Saya juga

tidak tahu penyebabnya apa. Saat ingin saya cek mengapa mesin mobil yang mati tiba-tiba keluar api,” ujar Tekap.

Tekap mengaku kendaraannya sudah dilakukan uji kelayakan oleh petugas Dinas Perhubungan sehingga dinilai laik jalan. Dia mengatakan mulanya mesin mobil baik-baik saja. Dia mengemudikan bus dari Rajabasa sekitar pukul 08.00 dengan 25 penumpang. Setelah sampai di jalin-

±

KOTAAGUNG (Lampost): Bupati Tanggamus Bambang Kurniawan mengganti 8 pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD), 5 sekretaris SKPD, dan 1 camat dalam mutasi yang digelar mendadak, Rabu (10-8). Dalam mutasi yang digelar di ruang rapat utama Pemkab setempat itu, Bupati juga melantik dan mengambil sumpah 33 pejabat eselon III dan IV, masing-masing 9 orang pejabat eselon III-A, 15 pejabat eselon III-B, dan 9 orang pejabat eselon IV-A, yang dituangkan dalam Keputusan Bupati Tanggamus No. 821/101/21/2011 Tanggal 5 Agustus 20011. Delapan pimpinan SKPD yang diganti terdiri atas 1 kepala dinas, 1 kepala badan, 2 kepala kantor, 3 kepala bagian (kabag), dan 4 sekretaris SKPD. Kepala Dinas yang diganti adalah kepala Dinas Pendidik­ an, Pemuda, dan Olahraga dari pejabat lama Aristoteles kepada pejabat baru, Anas Anshori. Selanjutnya, Aristoteles menduduki jabatan baru yang “kering” sebagai kepala Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kebersihan yang ditinggalkan Anas Anshori. Dua kepala kantor yang diganti adalah Kepala Kantor Satpol PP Jonsen Vanisa, dan Kepala Kantor Perpusta-

Sementara itu, bagi setiap usaha peternakan yang hendak memotong hewan harus memiliki surat izin potong. Hal ini untuk mengantisipasi adanya sapi yang sakit. “Kalau ditemukan ada sapi yang sakit, tidak akan diizinkan untuk dipotong,” ujarnya. Terpisah, Kepala Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Pesawaran Abu Sofian juga menjamin persediaan kebutuhan sembilan bahan pokok terpenuhi hingga Idulfitri. Persediaan bahan pokok, se­perti beras, terigu, minyak, gula, telur, sampai Idulfitri aman. Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Pertanian Kabupaten Pesawaran, Budi Wirawan menambahkan kebutuhan beras di Pesawaran hingga Lebaran cukup dan harga­nya diperkirakan stabil, ka­re­na saat ini memasuki musim panen gaduh di setiap kecamatan di Pesawaran. (IAN/D-1)

CMYK

Sempat Macet Tekap mengaku kendaraannya sudah dilakukan uji kelayakan oleh petugas Dinas Perhubungan sehingga dinilai laik jalan. “Kalau uji kelayakan sudah, Mas, tapi saya tidak tahu bus mengalami kerusakan pada mesin secara mendadak,” ujarnya lagi. Kebakaran bus sempat membuat kemacetan ringan. Petugas dari Satlantas Polres Lamsel dan Polsek Kalianda juga turun ke lapangan untuk mengamankan jalinsum, sedangkan ke-25 penumpang yang terbengkalai diangkut menggunakan armada lain. Kepala Dinas Perhubungan Lamsel Abdul Kohar Ayub, ketika coba dikonfirmasi enggan berkomentar dan terkesan menghindar. “Nanti aja, Mas. Saya masih ada pekerjaan dan kegiatan lain,” kata dia sembari berlalu meninggalkan sejumlah wartawan. (TOR/D-1)

PRINGSEWU (Lampost): Sedikitnya 14 petani dari Pekon Margakaya, Pringsewu, mendatangi Komisi C DPRD Pringsewu beberapa hari lalu. M e re k a m e m i n t a w a k i l rakyat setempat mencarikan solusi pembagian air dari Way Ngison, mengingat sejauh ini pembagian air dari bendungan tersebut tidak adil, sehingga ratusan hektare padi sawah di wilayah P e k o n M a rg a k a y a , S i d o harjo, Waluyojati, Margodadi, menga­lami kekeringan, padahal usia padi saat ini sebagian mulai mengeluarkan padi. Zainal, salah satu wakil petani, usai bertemu dengan Komisi C menjelaskan dalam waktu dekat air dari Bendung­ an Way Ngison tidak juga dibagi ke bagian yang bawah, ancaman kekeringan akan terjadi dan dapat berdampak warga gagal panen. Sementara Kepala UPTD Wilayah Lampung di Pringsewu Ponirin D. menyatakan saat ini Bendungan Way Ngison kerap ditutup dan airnya dialirkan ke bagian lain yang luas tanaman padinya mencapai 1.980 ha, sedangkan luas padi yang dituntut warga karena kekeringan hanya sekitar 214 ha. Untuk itu, ia meminta Dewan memfasilitasi agar pintu penguras bisa dibuka, sehingga air bisa mengal i r k e P e k o n M a rg a k a y a , Margodadi, Sidoharjo, dan Waluyojati. Menyoal laporan warga, Komisi C langsung melakukan langkah-langkah konkret terkait aliran air irigasi. Dalam pertemuan tersebut, Ketua DPRD Ilyasa memerin­ tahkan beberapa anggota Komisi C untuk turun ke lokasi. (WID/D-1)

±

Bupati Tanggamus Ganti 8 Pimpinan SKPD

Stok Daging Sapi Memasuki Lebaran Cukup ±

sum Jatiindah, Kalianda, mobil mendadak mogok meskipun pedal gas kendaraan telah diinjak.

±

KEPEGAWAIAN

SEMBAKO

GEDONGTATAAN (Lampost): Stok daging sapi memasuki Hari Raya Idulfitri mencukupi dan aman. Kabupaten Pesawaran menyiapkan 15 ribu ekor sapi. “Stok daging sapi hingga Lebaran cukup,” kata Januar, kasi Kesehatan Hewan Dinas Perternakan Pesawaran, Selasa (9-8). Dia juga menjamin tidak ada penjual daging nakal yang menjual daging gelonggongan di seluruh pasar di Pesawaran. Tim bentukan Pemkab se­ tempat akan terus melakukan pemantauan. “Kemarin kami melakukan pemantauan, dan hasilnya tidak menemukan daging gelonggongan yang dijual di pasar,” katanya. Dia menjelaskan ciri-ciri daging sapi gelonggongan itu berwarna agak pucat dan banyak kandungan airnya. Jika digantung akan meneteskan air terus-menerus. Mutu daging ini sangat kurang, tidak tahan lama, serta cepat membusuk.

±

CMYK

±

kaan, Arsip, dan Dokumentasi Daerah Idham Khalid. Sementara tiga kepala bagian (kabag) yakni Kabag Ekonomi dan Pembangunan Razi Azanisyah, Kabag Tata Pemerintahan Mukhtar, dan Kabag Organisasi Rozi Zaini. Sementara lima sekretaris SKPD tersebut adalah Pelaksana Tugas (Plt.) Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) M. Riza Pahlevi, Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa, Politik, dan Perlindungan Masyarakat Relawan, Sekretaris Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kasmanudin, Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat Romzi, dan Sekretaris Badan Pelaksana Penanggulangan Bencana Daerah Edi Narimo. Camat yang dilantik adalah Camat Semaka A. Syarif Zen. Sementara 24 pejabat ­eselon III-A dan III-B yang dilantik dan diambil sumpah antara lain Roni Witono (Kabid Cipta Karya Dinas PU), Muhtar (Kabid Bina Marga Dinas PU), Zuldi Erwin Sinungan (Kabid Pengairan Dinas PU), Zainuddin (Kabid Pengkajian Masalah Politik dan Strategis pada Badan Kesbangpol dan Linmas), Hartono (Kabid Pemulihan Lingkungan Hidup pada Badan PLHK). (UTI/D-1)

CMYK

±

±


±

±

CMYK

Kamis I 11 Agustus 2011

lintas Mudik, Polres Lambar Dirikan 8 Posko

± LIWA—Guna memberi kenyamanan selama berlangsungnya arus mudik Lebaran tahun ini, Polres Lampung Barat berencana melakukan pengamanan di delapan titik sepanjang wilayah hukum polres setempat, 23 Agustus—8 September mendatang. Wakapolres Kompol Joensoen Sihotang belum lama ini mengatakan pendirian delapan posko bertujuan memberi kenyamanan dan keamanan bagi pemudik. “Selain itu, untuk meminimalisasi tindakan kriminal dan antisipasi kecelakaan di jalan raya selama arus mudik berlangsung,” kata dia. Kedelapan titik posko itu, kata dia, di antaranya ditempatkan di Pinus, Kecamatan Sumberjaya, yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Lampura. Posko kedua di Kecamatan Sekincau, Balikbukit. “Untuk perbatasan Lampung Barat dengan Sumatera Selatan akan didirikan posko di Kecamatan Sukau,” ujar dia. (*/D-3)

CMYK

Hanan Beri Bantuan Masjid

KELISTRIKAN

2011, Pembangunan GI Ditargetkan Selesai

±

MUTASI

Enam Mantan Camat Dilantik Susulan

±

BLAMBANGAN UMPU (Lam­ post): Karena tidak hadir dalam pelantikan yang dilakukan se­ pekan lalu, enam mantan camat yang dimutasi ke dinas dilantik ulang oleh Bupati Way Kanan Bustami Zainuddin. Keenam pegawai itu diminta berkomit­ men dalam menduduki jabatan baru mereka. Enam pegawai yang dilan­ tik susulan adalah Yaumar sebagai kabid Penanggulang­ an Bencana, Hamdani seba­ gai kabid di Dinas Pasar, dan Edi Widarsa Putra menjabat kabid PMK. Selain itu, Marbawi menja­ bat kasi di Inspektorat, Ashari menjabat kabid PSDA, dan Moh. Abraham menjabat kasi di PSDA. “Sebelum Saudara dilantik, jabatan baru yang Saudara duduki sekarang be­ lum sah. Untuk itu dilakukan pelantikan susulan,” kata Bustami kemarin. Menurut Bustami, sesuai PP No. 100 Tahun 2000, pengang­ katan seorang pegawai negeri sipil (PNS) dalam jabatannya wajib dilantik dan mengu­ capkan sumpah dihadapan pejabat yang berwenang.

±

“Mutasi dan alih tugas PNS merupakan hal yang biasa dan wajar, serta memang harus terjadi, sesuai dengan kepen­ tingan dinamika organi­sasi birokrasi,” ujar dia. Proses mutasi dimaksud­ kan menumbuhkan suasa­ na baru bagi pejabat yang bersangkutan dalam upaya meningkatkan prestasi kerja. Kemudian, tujuan mutasi un­ tuk memenuhi tuntutan bagi kelancaran dan suksesnya pelaksanaan tugas dan tang­ gung jawab kepada instansi. Banyak jabatan kosong yang memang harus diisi. “Saudara secepatnya harus menjabarkan tugas pokok dan fungsi jabatan masingmasing. Jangan sampai tidak tahu apa tugas dan batasan Sudara-Saudara,” kata dia. Jabatan, ujar Bustami, meru­ pakan kepercayaan pemimpin. Jabatan bukanlah hak, me­ lainkan amanah yang harus dipertanggungjawabkan, baik di dunia maupun di akhirat. “Jika kita berhasil mengemban amanah ini, insya Allah men­ jadi amal dan ibadah kita,” kata dia. (ENO/D-3)

CMYK

n LAMPUNG POST/MERWAN

Penjabat Bupati Tulangbawang Barat Hanan A. Razak memberi bantuan kepada pengurus Masjid Nurul Akmal, Kampung Gunungtimbul, Kecamatan Tumijajar, Selasa (9-8). Bantuan tersebut merupakan bagian dari kegiatan safari Ramadan yang dilaksanakan Pemkab setempat selama bulan puasa.

DUGAAN SUAP

Mukhlis Tunjuk Kasi Trantib sebagai Plh. Kepala Satpol PP LIWA (Lampost): Bupati Lam­ pung Barat menunjuk Kasi Trantib Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sukardi men­ jadi pelaksana harian (plh.) kepala Satpol PP setempat menggantikan Farid Wijaya. Farid Wijaya sendiri sebelum­ nya diciduk aparat kepolisian karena tertangkap tangan da­ lam kasus suap perekrutan tenaga sukarela di lembaga itu beberapa hari lalu. Penunjukan Sukardi melalui surat perintah tugas (SPT) yang

diterbitkan Bupati melalui Sek­ kab Lambar, Rabu (10-8). “Un­ tuk tidak menghambat roda pemerintahan, kami melalui Sekkab telah menunjuk Kasi Trantib (Sukardi) menjadi plh. Satpol PP Lampung Barat,” kata Bupati Lambar kemarin. Untuk lebih jelasnya, kata dia, silakan tanyakan lang­ sung ke Sekkab. “Yang pasti kami menunjuk plh. untuk kelancaran tugas pelaksanaan roda pemerintahan, karena pejabat yang bersangkutan se­

dang tidak dapat melaksana­ kan tugasnya sebagai kepala Satpol PP,” ujar Mukhlis. Di tempat terpisah, Sekkab Lambar Nirlan, mengatakan SPT tentang penunjukan Sukar­ di sebagai plh. kepala Kantor Satpol PP sudah ditandatangani hari ini (kemarin, red). “Yang jelas, SPT penunjukan Sukardi sebagai plh. Satpol PP Lambar sudah saya tanda tangani dan telah disampaikan ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD),” kata Nirlan. (ELI/D-3)

Rapat Persiapan Mudik

n LAMPUNG POST/WARSENO

Bupati Way Kanan Bustami Zainudin memberi penjelasan persiapan arus mudik Lebaran di depan semua kepala dinas dan Forkopimda di aula rapat utama Pemkab setempat, Rabu (10-8).

Disclaimer terjadi karena ada­ nya sejumlah persoalan pada tahun anggaran sebelumnya. Per­ soalan itu di antaranya penempa­ tan dana kas daerah di rekening PT BPR Tripanca Setiadana. “Selain itu, penyertaan mo­ dal pada PT Lampung Timur Cemerlang (LTC) yang kini sedang dalam proses likuidasi dan lain-lain,” kata Erwin saat menyampaikan jawaban atas pemandangan umum fraksi atas LPj. Pelaksanaan APBD 2010, Rabu (10-8). Erwin juga menjelaskan hasil audit BPK terhadap Lamtim yang tidak memberikan opini (disclaimer) merupakan untuk yang ketiga kalinya. Hal itu juga merupakan kenyataan yang tidak bisa dipungkiri. Namun, kata dia, hal itu juga terjadi karena ada sejumlah persoalan yang muncul. Hanya saja, pernyataan disclaimer un­ tuk APBD Lamtim itu sendiri akan dijadikan sebagai tambah­ an semangat untuk mengoreksi dan mengevaluasi kembali ber­ bagai program yang telah dan akan dilaksanakan. “Sehingga dengan cara itu di­ harapkan pengelolaan keuang­ an daerah di tahun-tahun men­ datang harus menjadi lebih baik lagi,” ujar dia. Kemudian, mengenai masalah aset, kata dia, Pemkab Lamtim secara bertahap telah melaksanakan inventarisasi data aset daerah pada tahun anggaran 2011. Yakini BPK Hal itu kemudian akan dilan­ jutkan dengan pelaksanaan sink­ ronisasi saldo aset tetap, sehingga ke depan BPK juga diharapkan bisa memperoleh keyakinan atas akurasi aset dan validasi data aset daerah Lamtim. Sementara itu, pada bagian lain

Erwin juga menjelaskan menge­ nai rendahnya pencapaian target PAD pada sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Hal itu disebabkan karena beberapa peraturan daerah yang men­ jadi payung hukum penarikan PAD sudah tidak sesuai dengan perkembangan yang ada. Namun demikian, kata dia, ke depan Pemkab berupa­ ya lebih maksimal menggali potensi daerah, baik dengan memanfaatkan Perda tentang Pajak dan Retribusi Daerah yang baru maupun melalui ekstensifikasi dan intensifikasi penerimaan daerah.

Ke depan Pemkab berupaya lebih maksimal menggali potensi daerah Sedangkan mengenai peng­ hentian penambangan pasir galian C, kata Erwin, sejauh ini Pemkab masih mempela­ jari dasar hukum penghentian penambangan pasir galian C di Kecamatan Pasirsakti dan Labuhanmaringgai. Hal itu perlu dilakukan agar tidak melanggar UU No. 4 Tahun 2009 tentang Per­ tambangan Mineral dan Batu Bara. Pasalnya, penghentian penambangan pasir itu hen­ daknya tidak berdasarkan status wilayah. “Namun, dipilah atas dasar pemilik IUP yang melakukan penambangan di kecamatan tersebut. Sehingga jika ada yang melanggar dikenakan sanksi penghentian sementara atau izin usaha pertambangannya dicabut,” ujar dia. (JON/D-3)

DPRD Hanya Setujui Tambah Rp1,6 Miliar PANARAGAN (Lampost): DPRD Tulangbawang Barat hanya me­ nyetujui penambahan anggaran pemilihan kepala daerah (pilkada) sebesar Rp1,6 miliar dari Rp1,9 miliar yang diajukan eksekutif. Anggaran tersebut akan digu­ nakan sebelum APBD Peruba­ han 2011 disahkan Dewan. “Ini kan hanya anggaran tambahan, jadi tidak seharusnya diakomo­ dasi,” kata Wakil Ketua DPRD Tulangbawang Barat Bukhori Muzzamil usai melakukan ra­ pat dengan Badan Anggaran (Banang) Eksekutif kemarin. Bukhori menjelaskan dari lima item anggaran yang diaju­ kan, semuanya disetujui Dewan. Namun, dalam item anggaran tersebut terdapat pengurangan dari angka yang diajukan. Secara terperinci, untuk ang­ garan panwas, dari Rp900 juta,

hanya Rp550 juta yang disetu­ jui; pengamanan dari Rp500 juta, hanya Rp400 juta; Gak­ kumdu dari Rp100 juta, cuma Rp50 juta yang disetujui. Selain itu, persiapan DP4 tetap disetujui sebesar Rp427,9 juta karena sudah selesai dilaksana­ kan. Sedangkan untuk penga­ wasan, evaluasi, dan pelaporan, desk pilkada hanya disetujui Rp250 juta dari Rp318 juta. “Anggaran yang diajukan ini sebelumnya juga sudah diposkan melalui APBD murni. Ini hanya anggaran tambahan yang mereka minta untuk digunakan sebelum APBD disahkan,” kata dia. Bukhori juga mengatakan dengan tambahan Rp1,6 miliar tersebut, pelaksanaan pilkada di Tulangbawang Barat dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. (MER/D-3)

Istri Diduga Dibawa Kabur Sekkam, Warga Lapor Polisi itu ke Mapolsek Baradatu. “Saya sudah lapor ke Kepala Kam­ pung, tapi sepertinya tidak ada tang­ gapan yang positif, sehingga saya didampingi keluarga lapor ke Polsek Baradatu,” ujar dia. Bukti laporan itu bernomor TBL/276/VIII/2011/LPG/RES WK/ SEK DATU tertanggal 5 Agustus 2011. Dalam laporan itu, Latif menyebutkan pada 4 Agustus 2011, ketika pulang

±

±

PILKADA TUBA BARAT

KELUARGA

BARADATU (Lampost): M. Latif (27), korban yang kehilangan istrinya yang diduga dibawa kabur Sekretaris Kam­ pung (Sekkam) Tiuhbalak 1, Baradatu, Way Kanan, menyesalkan kurang tang­ gapnya Kepala Kampung setempat atas masalah yang dihadapinya. Kendati sudah melapor, Kakam Tiuhbalak 1, Samsul Huda, terkesan cuek. Akibat tidak ditanggapi secara serius, M. Latif melaporkan kejadian

±

SUKADANA (Lampost): Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Lampung Timur Erwin Arifin mengatakan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang menyatakan APBD Lamtim disclaimer merupakan kenyataan.

MESUJI—Pasar murah yang banyak dimintai warga dalam bulan Ramadan dan menjelang Idulfitri 1432 Hijriah akhirnya dapat dirasakan masyarakat Kabupaten Mesuji. Sebab, Pemkab setempat berencana menggelar pasar murah pada 23—24 Agustus 2011. Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Industri, dan Perdagangan Mesuji Surizal Zikri mengatakan pelaksanaan pasar murah ini akan dipusatkan di tiga titik, yaitu halaman kantor Kecamatan Tanjungraya, Balai Kampung Sidomulyo, dan halaman kantor Kecamatan Rawajitu Utara. “Sasaran pasar murah seperti tahun sebelumnya adalah masyarakat kurang mampu. Jumlahnya mencapai sekitar 3.000 kepala keluarga (KK). Masing-masing kecamatan ditargetkan 1.000 KK,” kata Surizal, Selasa (9-8). Atas dasar itulah, ujar Surizal, seluruh perusahaan yang ada di kabupaten ini diimbau untuk memberi bantuan berupa hasil produk perusahaan sesuai dengan bidang usahanya masing-masing. “Utamanya berkaitan dengan sembilan bahan pokok (sembako),” kata dia. (UAN/D-3)

30%. Itu pun hampir setiap saat terjadi pemadaman akibat kekurangan daya,” ujar dia. Dengan dibangunnya GI, kata dia, ke depan diharapkan kekurangan daya dapat diatasi. Bahkan, daerah yang saat ini belum menikmati penerangan listrik juga dapat dijangkau. Kemudian, dengan di­ bangun­n ya GI dan sutet, para investor juga diharapkan dapat memanfaatkan potensi yang ada di Lambar, se­perti sungai-sungai yang dapat dijadikan sebagai sumber tenaga listrik guna memenuhi kebutuhan listrik ke depan. “Kalau kami lihat potensi, seperti sungai-sungai dan pa­ nas bumi, di Lampung Barat cukup tinggi untuk dapat dimanfaatkan menjadi sum­ ber tenaga listrik. Kami akan memberikan kemudahan kepengu­rusan perizinan bagi para investor yang hendak memanfaatkan atau mengelola potensi itu,” kata dia. (ELI/D-3)

Lampung Post I 24

Erwin Akui Lamtim ‘Disclaimer’

Pemkab Mesuji akan Gelar Pasar Murah

L I WA ( L a m p o s t ) : P e m ­ bangun­an gardu induk (GI) listrik yang saat ini sedang berlangsung dengan dana dari Pemerintah Pusat di Ke­ camatan Batubrak ditarget­ kan selesai pada tahun ini. “Setelah pembangunan gardu induk, PLN juga akan membangun saluran tegang­ an tinggi (sutet). Semuanya dilaksanakan tahun ini se­ hingga tahun 2012 men­ datang ditargetkan sudah dapat beroperasi,” kata Bu­ pati Lampung Barat Mukhlis Basri, Rabu (10-8). Dia juga mengatakan pembangunan GI dan sutet di Lambar bertujuan me­ nambah daya listrik yang hingga kini terus mengalami kekurangan daya. “Lampung Barat memang memiliki PLTA sebagai sumber tenaga listrik, namun sangat miris karena sampai saat ini warga yang menikmati pene­ rangan listrik baru mencapai

±

dari tahlilan di rumah pamannya, tidak lagi mendapati Santi, istrinya. “Saya cari-cari di sekitar rumah, tapi istri saya tidak ada. Terus saya tanya tetangga, ternyata kata seorang tetangga istri saya pergi bersama Li,” kata dia. Sementara itu, Kakam Tiuhbalak 1 mengatakan belum tentu dugaan itu benar. “Ya, saya sudah dapat laporan dari Latif, tapi kan semua itu belum

tentu benar. Yang jelas, sekarang Li sama Santi itu sama-sama pergi. En­ tah perginya bersamaan atau tidak itu kami belum tahu,” ujar dia. Menurut Samsul, masalah tersebut sudah dilaporkan ke camat dan masih menunggu tindakan dari penegak ke­ disiplinan PNS. “Tugas saya melapor ke atasan saya, yaitu camat, dan sudah saya laporkan. Jadi kita tunggu saja kabarnya nanti,” kata dia. (ENO/D-3)

CMYK

±

±

lampung post edisi 11 agustus 2011  

lampung post edisi 11 agustus 2011

Advertisement