Issuu on Google+

EXPEDISI M E M B A N G U N

B U D A Y A

BETA

K R I T I S

Semata-mata Karena Peluang; Dibukanya Kelas Internasional Pendidikan IPA Terkesan Dipaksakan


EDITORIAL KELAS INTERNASIONAL TAK SEKEDAR LABEL PENDIDIKAN IPA, Program Studi ter­ mu­da di Fa­kul­tas Ma­te­ma­ti­ka dan Ilmu Pe­nge­ta­hu­an Alam (FMIPA), ha­rus me­ le­wa­ti pro­ses pan­jang, untuk ber­di­ri sen­ di­ri men­ja­di Prodi yang ma­tang. Pro­di ini ma­sih ke­ku­rang­an. Ti­dak a­da­nya per­ pus­ta­ka­an dan la­bo­ra­to­ri­um yang leng­ kap, meng­ham­bat per­ku­li­a­han. Ke­ti­ka prak­ti­kum, pe­ra­la­tan­nya tak men­cu­ku­pi. A­khir­nya prak­ti­kum ter­beng­ka­la­i. Ke­ti­ ka mahasiswa Pen­di­di­kan IPA mem­bu­ tuh­kan li­te­ra­tur untuk tugas-­tugasnya­, ha­rus men­ca­ri ke per­pus­ta­ka­an prodi la­in dan me­nge­lu­ar­kan dana. Apa ja­di­nya bila Pro­di ini mem­bu­ ka ke­las In­ter­na­si­o­nal yang me­mu­ngut bi­a­ya le­bih be­sar, ta­pi tidak di­im­bang­i de­ngan fa­si­li­tas yang se­la­yak­nya? Se­ jak 2010/2011, Pro­di Pen­di­di­kan IPA mem­bu­ka ke­las In­ter­na­si­o­nal, yang ten­ tu­nya a­kan di­bu­ka pada ta­hun a­ja­ran se­lan­jut­nya. Da­lam hal ini, je­las ter­li­hat u­ni­ver­ si­tas ter­la­lu me­mak­sa­kan di­ri. Se­bu­ah pro­di di­ka­ta­kan siap mem­bu­ka ke­las In­ter­na­si­o­nal a­pa­bi­la per­pus­ta­ka­an, la­ bo­ra­to­ri­um, ke­si­a­pan peserta di­dik dan te­na­ga pe­nga­jar­nya su­dah me­ma­da­i. So­al pen­ci­tra­an, me­nge­sam­ping­kan ke­ti­dak­si­ a­pan. Prodi Pen­di­di­kan IPA di­i­ba­rat­kan ba­yi yang baru me­rang­kak ta­pi di­pak­sa me­nga­yuh sepeda. Citra u­ni­ver­si­tas sa­ngat pen­ting. Da­ ri si­tu­lah ke­se­ri­us­an­nya men­ja­lan­kan pros­es pen­di­di­kan yang di­ni­la­i sem­pur­ na, hing­ga bi­sa mencetak ge­ne­ra­si mu­ da ber­ku­a­li­tas. Na­mun, ci­tra tak ha­nya di­da­pat dari la­bel. Label In­ter­na­si­o­nal ha­rus se­ban­ding dengan pro­ses yang di­ja­la­ni. Bi­la ke­las In­ter­na­si­o­nal di Pro­di Pen­ di­di­kan IPA tetap di­per­ta­han­kan, bi­ro­ kra­si ha­rus meng­u­sa­ha­kan pe­nga­da­an per­pus­ta­ka­an dan la­bo­ra­to­ri­um yang le­ bih la­yak. Jika me­ma­su­ki ta­hun a­ja­ran ba­ru dan be­lum ada per­kem­bang­an sig­ ni­fi­kan, ke­las In­ter­na­si­o­nal ti­dak per­lu di­te­rus­kan. Ka­re­na sangat tim­pang bi­la la­bel In­ter­na­si­o­nal tak di­du­kung fa­si­li­tas yang di­bu­tuh­kan. Redaksi

+ Saya kuliah di Indonesia karena biayanya murah - Iya murah, tapi sayang masih banyak anak Indonesia yang tidak bisa sekolah

SURAT PEMBACA UNY Perlu Tingkatkan Pelayanan

Masalah Gedung dan Parkir di PKM FT

Pe­la­ya­nan ad­mi­nis­tra­tif di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) se­per­ti di Unit Pelayanan Teknis (UPT), ba­gi­an ke­ma­ha­sis­wa­an ba­gi­an Um­um dan Per­leng­ka­pan (Umper) sa­ngat tidak me­mu­as­kan. Me­re­ka ti­dak me­la­ya­ ni ma­ha­sis­wa se­pe­nuh hati. Seperti halnya, me­re­ka ter­ke­san me­ma­ra­hi ke­ti­ka ma­ha­sis­wa me­la­ku­kan suatu ke­sa­la­han da­lam prosedur pe­min­ ja­man. Ba­ik itu pe­min­ja­man alat, pe­min­ja­man buku, ma­u­pun sa­at me­min­ta cap. Se­la­in itu, se­ha­rus­nya se­ti­ap ruang sudah me­mi­li­ki LCD yang ber­fung­si de­ngan baik. Na­mun fak­ta­nya, tidak de­mi­ki­an. Se­hing­ga, se­be­lum me­ mu­la­i kuliah, ka­mi ha­rus me­min­jam LCD ter­le­bih da­hu­lu ke Umper. Contoh lain, ke­ti­ka prak­ti­kum di la­bo­ra­to­ri­um, se­ring ka­mi ke­ku­ rang­an a­lat dan ba­han. Di sam­ping itu, mes­ki­pun kom­pu­ter di la­bo­ra­ tu­ri­um jum­lah­nya banyak, tetapi ti­ dak se­mu­a be­ro­pe­ra­si de­ngan baik. A­ki­bat­nya, satu kom­pu­ter di­gu­na­kan be­be­ra­pa ma­ha­sis­wa. Selain itu, diharap diadakan transparansi pengelolaan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) kepada mahasiswa. Berupa jumlah uang yang masuk dan yang keluar beserta rincian penggunaannya. Sebagai universitas yang menuju World Class University (WCU). Semoga permasalahan-permasalahan tersebut dapat lebih diperhatikan dan segera ditindaklanjuti.

Pu­sat Ke­gi­a­tan Ma­ha­sis­wa (PKM) di Fakultas Teknik (FT) UNY. Bi­la di­ ban­ding­kan de­ngan ormawa yang du­lu, ta­ta ru­ang ge­dung ormawa FT yang se­ ka­rang mem­per­mu­dah ko­mu­ni­ka­si dan si­la­tu­rah­mi an­tar­or­ma­wa ka­re­na be­ra­da da­lam sa­tu atap dan ber­de­ka­tan. Gedung yang ber­di­ri di de­pan de­ ka­nat la­ma FT UNY ini me­mi­li­ki tiga lan­ta­i. Bila di­li­hat dari luar, ge­dung ini tam­pak ko­koh ka­re­na ba­ngu­nan­ nya ma­sih ba­ru. Namun, ge­dung ini tak se­ko­koh ke­li­ha­tan­nya, ka­re­na a­tap­nya bo­cor se­ti­ap ka­li hu­jan, hingga airnya meng­ge­nang di lan­ta­i tiga dan dua, serta mem­bu­at o­rang yang le­wat ra­wan ter­ pe­le­set. Hal ini meng­ham­bat ak­ti­vi­tas be­be­ra­pa ormawa. Selain itu, ge­dung PKM be­lum me­mi­li­ki tem­pat par­kir untuk ma­ha­ sis­wa, se­hing­ga ma­ha­sis­wa ke­su­li­tan me­nem­pat­kan ken­da­ra­an­nya. Se­la­in itu, ma­ha­sis­wa juga di­la­rang par­kir di de­pan ge­dung PKM. Ka­re­na itu, a­khir­ nya ma­ha­sis­wa par­kir di ti­mur ge­dung. Pa­da­hal, tem­pat itu sem­pit dan ba­nyak po­tong­an ma­te­ri­al sisa pem­bang­u­nan gedung. Alangkah ba­ik­nya ji­ka ma­ha­sis­wa di­buat­kan tem­pat par­kir ter­sen­di­ri, bi­sa di sam­ping ge­dung PKM, de­ngan di­be­ri atap dan paving, a­gar ma­ha­sis­wa atau pe­ngun­jung ormawa lebih e­fi­si­en me­ nem­pat­kan ken­da­ra­an­nya. Se­la­in itu, di sam­ping ge­dung PKM, ada la­han ko­song yang bi­sa di­fung­si­kan se­ba­ga­i tem­pat par­kir, yaitu di de­pan BEM FT yang lama.

Dini P.S. Prodi Pendidikan Kimia 2010 (Internasional)

Zumrotul Ahkamiyati Pendidikan Teknik Informatika FT UNY

pimpinan proyek Maria M.R Fernandez | sekretaris, Sulyanti | bendahara, Dwiningsih Afriati | redaktur pelaksana Yulinda R Yoshoawini redaktur Linda, Maulida, Yulinda, Dwi, Armada, Sulyanti, Ratih, Mahatir | reporter Ade, Ody, Suly, Rini, Ratih, Linda, Iga, Anis, Dwi, Armada, Maulida, Yulinda | redaktur Foto Ferlynda Putri S | artistik Rohhaji Nugroho, Rudianto Dika, Dwi Ambar Rini | produksi Triana Sari Fadhilah | iklan Maulida M. Nugroho | sirkulasi Irawan S. Adhi | alamat Gedung Student Center Lt. 2 Karang Malang Yoyakarta 55281 | email lpm_ekspresi@yahoo.com web ekspresionline.com | redaksi menerima artikel, opini dan surat pembaca. Redaksi berhak mengedit tulisan tanpa mengubah isi

2 • EXPEDISI • Mei, 2011


POLLING

Pentingnya keseimbangan fasilitas dan label Internasional

P

e­la­ya­nan a­ka­de­mik sa­ngat men­ du­kung da­lam ke­gi­a­tan be­la­jar me­nga­jar. Pelayanan di­bu­tuh­ kan ma­ha­sis­wa, untuk men­du­kung ke­gi­at­an me­re­ka. Se­la­in itu, a­kre­di­ta­si sa­ngat pen­ting un­tuk me­li­hat kemajuan se­bu­ah pem­be­la­ja­ran, yang te­lah di­lak­ sa­na­kan. A­da­nya a­kre­di­ta­si di­tu­ju­kan un­tuk me­nun­jang ke a­rah World Class University (WCU), de­ngan di­bu­ka­nya ke­las internasional di UNY. Bagaimana tang­ga­pan dan pen­da­pat pa­ra ma­ha­sis­wa Pendidika IPA ten­tang pe­la­ya­nan yang se­la­ma ini di­te­ri­ma? Un­ tuk me­nge­ta­hu­i­nya, tim Expedisi me­nga­ da­kan polling. Metode yang ka­mi gu­na­kan a­da­lah me­to­de kuantitatif, je­nis sim­ple random sampling. Di ma­na je­nis ini, ha­rus me­ nge­ta­hu­i ma­ha­sis­wa da­ri Pen­di­di­kan IPA secara ke­se­lu­ru­han. Tek­nik pe­nye­ba­ran­ nya meng­gu­na­kan ang­ket yang be­ru­pa per­ta­nya­an ter­bu­ka. Per­hi­tung­an sampel meng­gu­na­kan rumus slovin de­ngan sampel error 5%. Dari da­ta di­pe­ro­leh sam­pel se­ba­nyak 210 ma­ha­sis­wa da­ri 445 ma­ha­sis­wa. Polling ini di­se­bar­kan ke mahasiswa Pendidikan IPA karena sa­sa­ran­nya han­ya ma­ha­sis­wa me­nge­na­i Prodi Pendidikan IPA. Terkait fa­si­li­tas yang telah di­te­ri­ma ma­ha­sis­wa, se­ba­gi­an dari me­re­ka, se­ba­ nyak 47,6% res­pon­den men­ja­wab cu­kup. Res­pon­den yang men­ja­wab sangat baik 2,9%; baik 26,7%; buruk 11,9%; dan sa­ngat buruk 0,5%. Se­men­ta­ra si­sa­nya ti­dak men­ja­wab. Me­nu­rut me­re­ka, fa­

si­li­tas yang di­te­ri­ma selama ini cu­kup un­tuk per­ku­li­a­han yang ada, se­men­ta­ra fa­si­li­tas yang kurang me­ma­da­i a­da­lah be­lum adanya per­pus­ta­ka­an jurusan. Mengenai ham­ba­tan yang bi­a­sa di­ ha­da­pi, dari se­ba­gi­an ma­ha­sis­wa yang men­ja­wab ya 68,6% dan yang ti­dak 21,3%. Da­ri data yang di­pe­ro­leh, jum­ lah res­pon­den yang tidak men­ja­wab ada 10%. Se­men­ta­ra jenis ham­ba­tan yang di­ a­la­mi, di an­ta­ranya ke­su­li­tan da­lam men­ cari re­fe­ren­si dengan 47,1% res­pon­den, 19% ke­lu­ar masuk per­pus­ta­ka­an ju­ru­san la­in de­ngan bi­a­ya yang telah di­ten­tu­kan o­leh pi­hak per­pus­ta­ka­an. Sisanya, 9 % res­pon­den men­ja­wab biasa saja. De­ngan ja­wa­ban lebih dari sa­tu jawaban 31,4% dan si­sa­nya tidak men­ja­wab. Tentang pentingya a­kre­di­ta­si, yang se­la­ma ini be­lum di­te­ri­ma oleh Pro­ di Pen­di­di­kan IPA, 82,4% responden berpendapat sangat penting, 8,1% res­ pon­den men­ja­wab pen­ting, dan 9,5% res­pon­den tidak menjawab. Berdasarkan ke­in ­ gi­nan ma­ha­sis­wa pro­ses a­kre­di­ta­si se­ba­ik­nya dipercepat, a­pa­la­gi de­ngan adanya pem­bu­ka­an ke­las bi­li­ngu­al atau ke­las in­ter­na­si­o­nal yang se­ka­rang sering digembar-­gemborkan.­ Ka­re­na dari me­re­ka yang me­nya­ta­kan sa­ngat penting se­ba­nyak 19%, se­be­sar 52% me­nga­ta­kan pen­ting, dan se­ba­nyak 17,6% me­nya­ta­kan tidak pen­ting. Se­ dang­kan si­sa­nya ti­dak men­ja­wab. Mahasiswa ber­pen­da­pat, di­bu­ka­nya ke­las in­ter­na­si­o­nal ini, tidak di­im­bang­i de­ngan pe­la­ya­nan yang di­be­ri­kan ba­ik

fa­si­li­tas dan pe­nga­ja­ran. Me­nu­rut ma­ha­ sis­wa, a­la­san dibukanya ke­las in­ter­na­ si­o­nal, 19% me­nya­ta­kan un­tuk me­nya­ ma­kan dengan universitas lain, 21,4% men­ja­wab ha­nya me­ngi­ngin­kan UNY me­nu­ju WCU, 37,1% ber­pen­da­pat ter­ la­lu ce­pat da­lam pembukaan dan si­sa­nya ti­dak menjawab. Dilihat dari pe­la­ya­nan, baik fa­si­li­tas ma­u­pun pe­nga­ja­ran yang di­be­ri­kan, ter­ nya­ta be­lum bisa men­du­kung. Da­ri jum­ lah ke­se­lu­ru­han mahasiswa Pro­di IPA, yang me­nya­ta­kan men­du­kung se­be­sar 21,4% dan se­ba­nyak 58,4% me­nya­ta­ kan tidak. Yang la­innya ti­dak men­ja­ wab. Se­men­ta­ra untuk ken­da­la da­lam pem­be­la­ja­ran, dari jum­lah total se­be­sar 23,8% me­nga­ta­kan ya dan se­ba­nyak 17,6% me­nya­ta­kan tidak, si­sa­nya tidak menjawab. Dari kelas in­ter­na­si­o­nal me­nya­ta­kan, pe­la­ya­nan dalam hal fa­si­li­tas be­lum ba­ ik dan yang meng­ham­bat a­da­lah be­lum ter­a­kre­di­ta­si­nya Prodi IPA. Yang men­ja­ wab ya 60,5%, tidak 28,1%,dan 11,4% ti­dak men­ja­wab. Dalam hal ini, se­ba­gi­ an da­ri me­re­ka me­nya­ta­kan, ke­bu­tu­han yang di­beri­kan ku­rang bisa mem­ban­tu ma­ha­sis­wa. Dari hasil yang te­lah di­pa­par­kan, da­pat di­ta­rik ke­sim­pu­lan bah­wa a­kre­ di­ta­si sa­ngat penting, untuk me­nen­tu­kan dibukanya kelas internasional. Selain itu, pe­la­ya­nan yang di­be­ri­kan harus me­ma­ da­i ba­ik pe­nga­ja­ran ma­u­pun fa­si­li­tas yang bi­sa di­ra­sa­kan semua ma­ha­sis­wa. Tim Expedisi

Mei, 2011 • EXPEDISI • 3


SENTRA

PELUANG DIBALIK KETIDAKJELASAN KELAS INTERNASIONAL

i dis pe Ex

4 • EXPEDISI • Mei, 2011

Akreditasi dan fasilitas Me­nu­rut Suyoso, ak­re­di­ta­si Pen­di­di­kan IPA ma­sih di­pro­ses di Jakarta. Ba­nyak­nya per­gu­ ru­an ting­gi yang me­nga­ju­kan ak­re­di­ta­si juga men­ja­ di ma­sa­lah se­hing­ga mem­bu­at pro­ses ini la­ ma. Un­tuk Pen­di­di­kan IPA dapat di­is­ti­lah­kan se­dang me­ma­su­ki ge­ lom­bang ke­du­a yang ar­ti­nya pro­ses di Dikti atau Badan Ak reditasi Nasional (BAN) su­dah di­mu­la­i. Nan­ti­nya tim aksesor a­kan tu­run ke UNY un­tuk me­ ngo­rek­si berkas-­berkas­ yang su­dah di­ ki­rim de­ngan bukti-­bukti fi­sik yang ada. “Ja­di ber­kas yang di­bu­tuh­kan di­ki­rim untuk di ak­se­sor dan ha­sil­nya a­kan di­co­ co­kan de­ngan ke­nya­ta­an dan di­kun­jung­i aksesor,” te­gas Suyoso. Ke­te­rang­an yang sa­ma juga di­sam­pa­i­kan Dadan Rosana, “Akreditasi kan ha­nya pro­ses, nan­ti ju­ga se­ki­tar bu­lan Juli a­kan da­pat kita li­hat hasilnya.” Di lain sisi masalah yang di­ke­luh­ kan oleh ma­ha­sis­wa a­da­lah fa­si­li­tas. Al Fatoni, ma­ha­sis­wa Pen­di­di­kan ke­las in­ter­na­si­o­nal me­ngung­kap­kan fa­si­li­ tas yang di­nik­ma­ti ma­sih sa­ma de­ngan kelas-­kelas re­gu­ler mes­ki­pun de­ngan SPP yang ber­be­da. Heru Nurcahyo, M.Si, pem­ban­tu dekan II FMIPA ju­ga mem­be­nar­kan, yang mem­be­da­kan an­ta­ra ke­las in­ter­ na­si­o­nal dan ke­las reguler ha­nya­lah ma­ sa­lah pe­nga­ja­ran­nya. Ke­mu­di­an, un­tuk fa­si­li­tas yang di­te­ri­ma mahasiswa ti­dak ada pem­be­da­an khusus. Seperti yang diujarkan PR I bah­wa ti­dak ada sa­lah­nya me­man­fa­atkan fa­si­li­ tas yang su­dah ada. Ka­re­na un­tuk mem­

| da uli

D

e­mi­ki­an di­ung­kap­kan oleh Suyoso, M.Si se­la­ku Pem­ban­ tu Dekan I FMIPA UNY. Ia ju­ ga me­nam­bah­kan, bah­wa di Lem­ba­ga Pen­di­di­kan Rin­ti­san Se­ko­lah Ber­ta­raf In­ter­na­si­o­nal (RSBI) yang ber­stan­dar in­ter­na­si­o­nal a­da­lah ma­ta pe­la­ja­ran yang ber­ka­i­tan de­ngan sains. Se­hing­ga, su­dah se­layaknya UNY mem­per­si­ap­kan lu­lu­ san yang mam­pu me­ngi­si kebutuhan­kebutuhan­ itu. Hal se­na­da ju­ga di­sam­ pa­i­kan oleh Dr. Dadan Rosana, se­la­ku Ke­tu­a Pro­gram Stu­di Pendidikan IPA, “Ya, se­ba­ga­i lem­ba­ga kan ha­rus bi­sa mem­ba­ca peluang.” Harapan agar lulusan UNY mampu me­ngi­si peluang-­peluang­, a­kan ke­bu­tu­ han gu­ru RSBI juga di­ung­kap­kan Prof. Dr. Nurfina Aznam,SU.Apt, se­la­ku Pem­ ban­tu Rek­tor I (PR) UNY. Me­ngi­ngat se­ka­rang ini ba­nyak sekolah-­sekolah RSBI-SBI se­per­ti SMP dan SMA, o­leh ka­re­na ke­bu­tu­han akan guru, yang me­ mi­li­ki ku­a­li­tas in­ter­na­si­on­ al, se­dang ter­ bu­ka le­bar dan UNY di­ha­rap­kan bi­sa me­ngi­si itu. Ja­lan yang di­tem­puh a­da­lah de­ngan mem­bu­ka kelas-­kelas­in­ter­na­si­ o­nal, un­tuk ber­ba­ga­i pro­gram stu­di di UNY ter­ma­suk Pen­di­di­kan IPA. Pembukaan kelas internasional Pen­ di­di­kan IPA ju­ga ter­nya­ta tidak me­nge­de­ pan­kan ma­sa­lah ak­re­di­ta­si. “Ti­dak bi­sa ka­la­u ak­re­di­ta­si­nya du­lu, ta­pi se­ba­lik­nya ki­ta mem­bu­ka ke­las ba­ru ak­re­di­ta­si me­ nyu­sul. Kita kan UNY pu­nya se­ga­la­nya, ge­dung pu­nya, fa­si­li­tas pu­nya, do­sen pu­nya. Sya­rat mem­bu­ka pro­di ju­ga ti­dak sem­ba­rang­an se­per­ti ha­rus pu­nya do­sen S2 se­ki­an, do­sen S3 se­ki­an. Se­be­nar­nya kalau lang­sung bu­ka in­ter­na­si­o­nal ju­ga ti­dak apa-­apa”, ujar Nurfina Aznam ke­ ti­ka di­te­mu­i di ruang kerjanya

Ma

Se­su­a­i de­ngan Undang-­Undang No. 20 Tahun 2003 bah­wa se­ti­ap sa­tu­an pen­di­di­kan ha­rus ada ke­las in­ter­na­si­o­nal, RSBI atau SBI dari ting­kat SD, SMP, SMA. Se­men­ta­ra IPA sen­di��ri di­tu­ju­kan un­ tuk SMP. Se­hing­ga mem­ba­ca pe­lu­ang itu, UNY mem­bu­ka kelas­kelas in­ter­na­si­o­nal un­tuk men­su­pla­i te­na­ga pe­nga­jar ke­las in­ter­na­si­o­nal.

Suyoso, M.Si selaku Pembantu Dekan I FMIPA

bu­ka kelas in­ter­na­si­o­nal ti­dak a­kan bi­sa ji­ka me­nung­gu fa­si­li­tas leng­kap du­lu. “Fa­si­li­tas kan bisa sam­bil ja­lan, sam­bil me­leng­ka­pi, yang pen­ting stan­dar mi­ni­ mal ha­rus ter­pe­nu­hi, ja­di ti­dak a­sal bu­ka ke­las in­ter­na­si­o­nal,” ujar beliau. Fasilitas yang seringkali di­ke­luh­kan o­leh ma­ha­sis­wa a­da­lah per­pus­ta­ka­an dan la­bo­ra­to­ri­um. Lines (mahasiswa Pendidikan IPA 2009) me­nga­ku, un­tuk ma­suk ke per­pus­ta­ka­an da­ri ju­ru­san la­in ha­rus mem­ba­yar bi­a­ya ad­mi­nis­tra­si. PD II sen­di­ri ke­ti­ka di­min­ta­i kon­fir­ma­si, ti­dak ter­la­lu me­nang­ga­pi hal ter­se­but, ka­re­na hing­ga sa­at ini be­lum ada ke­lu­han lang­sung da­ri ma­ha­sis­wa ke pi­hak fa­kul­ tas. Be­li­a­u ju­ga me­nam­bah­kan, Pem­ban­ tu Dekan bu­kan­lah orang yang me­mi­li­ki ke­we­nang­an untuk me­mu­tus­kan se­su­a­tu, ka­re­na ke­pu­tu­san adalah ke­we­nang­an dari Dekan. “Se­la­ma me­re­ka ti­dak me­ ngang­kat hal itu da­lam fo­rum, pi­hak fa­ kul­tas tidak bisa ber­bu­at apa-­apa. Fo­rum bi­sa melalui BEM” ujarnya. “Akan sangat hebat se­ka­li ji­ka se­bu­ ah prodi me­mi­li­ki per­pus­ta­ka­an sen­di­ri,” ka­ta Dadan Rosana. Beliau ber­pen­da­pat bah­wa per­pus­ta­ka­an Pen­di­di­kan IPA ti­


Maulida | Expedisi

dak bi­sa di­a­da­kan, ka­re­na status pro­di Pen­di­di­kan IPA sen­di­ri, ma­sih se­ba­ga­i Program Studi bukan Ju­ru­san. Be­li­a­u me­nyam­pa­i­kan ke­du­du­kan pro­di Pen­ di­di­kan IPA ini be­ra­da diba­wah de­kan langsung. Keterangan berbeda di­ung­kap­kan Suyoso, PD I yang men­ga­ta­kan bah­wa se­ka­rang sta­tus Pen­di­di­kan IPA, su­dah be­ra­da di­ba­wah Jurusan Fisika dan hal itu su­dah di­ba­has dalam rapat fakultas se­be­lum­nya. Yuli Astono, M.Si, Ke­tu­a Ju­ru­san Fisika juga me­nyam­pa­i­kan bah­ wa hal itu ba­ru u­su­lan da­ri Dekan dan un­tuk ke de­pan­nya ia be­lum tahu. Hal se­ma­cam itu se­ma­kin ti­dak mem­per­ je­las sta­tus pro­di Pen­di­di­kan IPA itu sendiri. Bukan hanya per­pus­ta­ka­an yang men­ja­di ma­sa­lah, pe­nye­di­a­an la­bo­ra­to­ ri­um Pendidika IPA ju­ga ter­li­hat ba­nyak ke­ku­rang­an. Lines ma­ha­sis­wa Pen­di­di­ kan IPA 2009 me­nya­ta­kan bah­wa se­ba­ik­ nya pro­di Pen­di­di­kan IPA ju­ga me­mi­li­ki per­pus­ta­ka­an sen­di­ri be­gi­tu pula de­ngan la­bo­ra­to­ri­um yang per­lu di­leng­ka­pi. “A­pa­bi­la ki­ta di­bu­ka ke­las in­ter­na­si­on­ al ma­ka pe­ra­bo­tan di­da­lam­nya ju­ga ha­rus di­u­ta­ma­kan,” tam­bah Lines. “Kedepannya, untuk efisiensi ma­lah se­ba­ik­nya perpustakaan-­perpustakaan­ ju­ru­san ini ti­dak per­lu di­a­da­kan, ka­re­na jus­tru akan meng­a­ki­bat­kan dis­in­te­gra­si di fa­kul­tas. Ba­gus­nya malah, per­pus­ta­ ka­an itu ha­nya sa­tu un­tuk satu fa­kul­tas. Dan un­tuk la­bo­ra­to­ri­um Pen­di­di­kan IPA juga le­bih ba­ik di­ti­a­da­kan. Pen­di­di­kan IPA sen­di­ri a­da­lah il­mu a­lam ja­di ter­la­lu glo­bal. O­leh ka­re­na itu, me­re­ka kan bi­sa me­ma­ka­i laboratorium-­laboratorium ­dari ju­ru­san la­in,” ung­kap Suyoso. Se­la­in fa­ si­li­tas, ku­a­li­tas pe­nga­ja­ran di Pen­di­di­kan IPA in­ter­na­si­o­nal, ju­ga ma­sih di­ka­ta­kan ba­ru me­nga­rah ke ku­a­li­tas in­ter­na­si­o­nal, tam­bah­nya. Perlu seleksi khusus “Untuk peng­gu­na­an ba­ha­sa inggris di Pen­di­di­kan IPA ini ren­ca­na­nya di­la­ ku­kan se­ca­ra ber­ta­hap me­nging­at SDM yang ter­se­di­a,” ungkap Dadan Rosana. Lines, ma­ha­sis­wa pen­di­di­kan IPA, meng­ha­rap­kan agar pe­nye­di­aa­ n SDM itu ha­rus benar-­benar di­per­si­ap­kan da­ri orang-­orang­yang kom­pe­ten dan pe­nya­ ring­an­nya juga harus di­per­ke­tat. Hingga saat ini, pe­ne­ri­ma­an ma­ha­ sis­wa ba­ru kelas internasional di UNY,

suasana perkuliahan yang terbatas mahasiswa prodi pendidikan IPA di laboratorium IPA.

ti­dak di­a­da­kan seleksi khusus. Itu juga ter­ja­di di Pendidikan IPA. “Tes TOEFL ada, ta­pi se­te­lah men­ja­di ma­ha­sis­wa. Ti­dak ada tes tam­ba­han, yang ada ha­ nya tes SNMPTN. A­pa­bi­la ma­ha­sis­ wa yang ti­dak lolos tes, ma­ka ia ha­rus mem­fa­si­li­ta­si sen­di­ri ke­ku­rang­an­nya,” te­rang Nurfina Aznam ke­ti­ka di­min­ta me­nang­ga­pi ma­sa­lah pe­nya­ring­an ma­ ha­sis­wa baru. Senada dengan keterangan PR I, PD I ju­ga me­ne­rang­kan bah­wa me­mang upaya se­ma­cam itu be­lum di­la­ku­kan di UNY. “Untuk ke­de­pan­nya, pe­nya­ring­an khu­sus se­per­ti itu mung­kin bisa di­u­pa­ya­ kan,” tam­bah be­li­a­u. Dadan Rosana ju­ga me­ngung­kap­kan, ke­mam­pu­an ber­ba­ha­sa

"

Ka­la­u ti­dak ada per­pus­ta­ka­ an ki­ta bi­sa meng­gu­na­kan E-Learning, internet. Un­tuk men­ca­ri sum­ber itu ti­dak ha­rus di per­pus­ta­ka­an, te­gas Prof. Dr. Nurfina Aznam. -ba­han yang di­bu­tuh­kan da­ri sum­ber yang la­in.

"

inggris me­re­ka bisa di do­rong de­ngan pe­ngan­tar ba­ha­sa inggris da­lam ke­gi­a­ tan be­la­jar meng­aj­ar. Yang mem­be­da­kan ke­las in­ter­na­si­o­nal de­ngan kelas re­gu­ler a­da­lah per­la­ku­an­nya. Perlakuan untuk ke­las internasional misalnya dengan ma­ ta ku­li­ah tam­ba­han ba­ha­sa inggris dan a­da do­sen tamu. Ke­mu­di­an pem­ba­ya­ran SPP-nya ju­ga ber­be­da “Kelas beda, Per­

la­ku­an ju­ga ber­be­da,” ujar beliau Diminta Transparan Al Fatoni mahasiswa Pen­di­di­kan IPA internasional, per­nah me­nan­ya­kan lan­gsung ke­pa­da pihak dekan, ter­ka­it trans­pa­ran­si da­na. Menurutnya, ia me­ ra­sa ke­be­ra­tan untuk mem­ba­yar­kan uang se­jum­lah Rp 3.250.000,- se­ti­ap se­mes­ ter­nya, ka­re­na tidak se­ban­ding de­ngan apa yang di­te­ri­man­ya. “Be­li­a­u pak PD II bi­lang ka­la­u mau min­ta trans­pa­ran­si da­na, se­mu­a kelas internasional ha­rus nga­ju­in juga,” ujar Al Fatoni men­ce­ri­ ta­kan ke­ti­ka di­ri­nya me­ngi­ku­ti di­al­og ber­sa­ma ja­ja­ran de­ka­nat. “Ka­la­u min­ta rin­ci­an­nya itu san­gat ba­nyak mas, nan­ti kan ada bu­at ba­yar lis­trik juga,” tam­ bah Al Fatoni me­ni­ru­kan ja­wa­ban PD II FMIPA. Me­nang­ga­pi hal ter­se­but, PD II me­nga­ta­kan, “SPP itu un­tuk mem­bi­a­ya­i program-­program­yang banyak.” Upaya lain untuk me­ning­kat­kan ku­ a­li­tas kela­s internasional Pendidikan IPA a­da­lah de­ngan pe­nga­da­an do­sen da­ri lu­ar ne­ge­ri. Seperti yang diungkapkan oleh Suyoso, dengan pem­be­ri­an mata kuliah ba­ha­sa inggris wajib 0 sks, English Purposes Subject, bah­kan per­tu­ka­ran pe­la­jar den­gan ne­ga­ra lain. “Ke de­pan da­na ke­las in­ter­na­si­o­nal digunakan untuk ker­ja­sa­ma de­ngan luar negeri se­ pe­rti prak­tek me­nga­jar ke Malaysia. Ta­pi ten­tu itu ada bi­ay­ a sen­di­ri ju­ga untuk bi­a­ya a­ko­mo­da­si. Untuk internasional PPL di lu­ar ne­ge­ri nilai TOEFLnya mi­ ni­mal 550,” te­rang Suyoso. Dwiningsih Afriati

Dwi, Iga, Lida, Linda, Rudi, Suly, Yulinda

Mei, 2011 • EXPEDISI • 5


PERSEPSI

Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi: Mau Menghasilkan Apa? (Karakter Baik, Karakter Tidak Baik, atau Bermain Karakter)

P

em­bang­u­nan ma­nu­si­a se­u­tuh­nya, me­ru­pa­kan tu­ju­an pen­di­di­kan na­ si­o­nal yang ter­si­rat da­la­m pem­bu­ ka­an Undang-­undang­Dasar 1945. Yang di­bang­un ti­dak han­ya jas­ma­ni, ta­pi ju­ ga rohani. Sa­at ini, pen­di­di­kan men­ja­di “kam­bing hi­tam”, at­as bo­brok­nya si­kap men­tal pa­ra e­li­te po­li­tik dan ca­cat­nya mo­ral para pe­mim­pin. Pen­di­di­kan di­ ang­gap ga­gal, se­hing­ga me­mun­cul­kan pe­nyim­pang­an perilaku. Pa­da­hal ha­nya oknum-­oknum­ yang me­mi­li­ki ke­pen­ ting­an ter­ten­tu sa­ja yang me­lak­sa­na­kan praktik nakal tersebut. Pada da­sar­nya ma­nu­si­a ter­la­hir di du­ ni­a ini se­ba­ga­i individu yang ber­ka­rak­ter ba­ik. Se­ti­ap ma­nu­si­a di­la­hir­kan da­lam ke­a­da­an fitrah, yaitu me­mi­li­ki ke­cen­ de­rung­an ber­bu­at baik (Najib Sulhan, 2010). Na­mun, se­i­ring per­kem­bang­an da­lam ke­hi­du­pan­nya dan berbagai situasi ser­ta kon­di­si yang di­a­la­mi o­leh orang ter­se­but, ma­nu­si­a bi­sa berubah. Kon­sep “karakter” se­ca­ra umum bi­sa di­ar­ti­kan se­ba­ga­i sifat-­sifat­ ke­ji­wa­an, akh­lak, atau bu­di pe­ker­ti yang di­mi­li­ki o­leh setiap individu. Ka­rak­ter baik di­ da­sar­kan pa­da em­pat sendi di­an­ta­ra­nya: sa­bar, ke­hor­ma­tan di­ri, keberanian, dan a­di­l. Se­dang­kan ka­rak­ter ti­dak baik, ju­ ga di­da­sar­kan pa­da em­pat sendi, ya­i­tu: ke­bo­do­han, ke­dza­li­man, syah­wat, dan ma­rah (Ibnu Qayyim, 2005: 258). Se­ o­rang ma­nu­si­a dikatakan ber­ka­rak­ter, ji­ka te­lah ber­ha­sil me­nye­rap nilai dan ke­ ya­ki­nan yang di­ke­hen­da­ki masyarakat, ser­ta di­gu­na­kan sebagai ke­ku­a­tan mo­ral da­lam hidupnya. Pen­di­di­kan karakter saat ini se­ring di­de­ngung­kan. Bah­kan, pro­gram pen­di­ di­kan ka­rak­ter akan di­lun­cur­kan di se­ti­ap ma­ta pe­la­ja­ran di sekolah-­sekolah.­Hal ter­se­but, di­ra­sa sangat di­bu­tuh­kan dan di­ha­rap­kan untuk bi­sa men­ja­di obat ba­gi su­a­tu bang­sa yang “sakit”. De­gra­da­si mo­ral dan akh­lak manusia, di­pi­cu oleh ka­rak­ter yang ti­dak ba­ik, yang di­mi­li­ki

6 • EXPEDISI • Mei, 2011

se­ti­ap ma­nu­si­a. Ma­sih banyak lagi pen­da­pat pa­ra ah­li, ba­ik bi­dang pendidikan ma­u­pun pe­nga­mat, pe­mer­ha­ti po­li­tik dan bu­da­ya. Me­re­ ka ber­ar­gu­men bah­wa, me­ro­sot­nya mo­ral suatu bang­sa dan ter­ ja­di­nya kasus-­kasus­se­ per­ti: ko­rup­si, po­li­tik ko­ tor, dan ma­fi­a pa­jak adalah ti­dak ba­ik­nya su­a­tu ka­rak­ter yang di­mi­li­ki, khu­sus­nya ka­rak­ ter da­sar se­se­o­rang. La­lu se­per­ti apa ben­tuk, pro­ses, dan tu­ju­an akan di­a­da­kan­nya su­a­tu pen­di­di­kan ka­rak­ter, yang akan di­mu­ la­i di­te­rap­kan di sekolah-­sekolah?­Dan a­pa­kah e­fek­tif serta bisa ber­man­fa­at, a­pa­bi­la pen­di­di­kan karakter di­ma­suk­ kan ke da­lam mata pe­la­ja­ran dan ma­ta ku­li­ah, da­lam suatu pen­di­di­kan formal? Ma­sih ba­nyak la­gi per­ta­nya­an yang akan mun­cul da­lam be­nak tiap orang. Se­mu­a o­rang ber­ha­rap program ini bu­kan me­ ru­pa­kan su­a­tu proyek yang a­khir­nya ha­ nya a­kan me­men­ting­kan ke­pen­ting­an in­di­vi­du atau go­long­an saja, na­mun da­ pat men­ja­di su­a­tu “o­bat” mu­ja­rab yang da­pat mem­per­ba­i­ki mo­ral dan akh­lak khu­sus­nya para ge­ne­ra­si muda pe­ne­rus bang­sa ini nantinya. A­pa­bi­la di­ka­ji lebih men­da­lam, ten­ tang ke­e­fek­ti­fan dan ha­sil yang a­kan di­ca­pa­i da­lam pen­di­di­kan ka­rak­ter, yang ter­in­te­gra­si di mata pe­la­ja­ran atau ma­ta ku­li­ah di per­gu­ru­an ting­gi, a­pa­kah hal ter­se­but da­pat ter­wu­jud se­ca­ra op­ti­mal? Se­ba­ga­i­ma­na di­ke­ta­hu­i ber­sa­ma, bah­wa se­se­o­rang yang su­dah du­duk di bang­ku per­gu­ru­an ting­gi, su­dah me­mi­li­ki ting­ kat pe­nge­ta­hu­an dan “ka­rak­ter” yang ter­ben­tuk oleh pen­di­di­kan se­be­lum­nya, ya­i­tu for­mal dan non for­mal. Se­la­in itu ju­ga di­du­kung tiga ling­kung­an u­ta­ma ma­nu­si­a ya­i­tu, ling­kung­an ke­lu­ar­ga, se­ko­lah dan ma­sya­ra­kat yang sa­ngat

Hoho | Expedisi

Oleh: Sujarwo, M.Or Staf Pengajar FIK UNy

ber­pe­nga­ruh be­sar dalam pem­ben­tu­kan ka­rak­ter se­se­o­rang. Ha­ra­pan nyata yang i­ngin di­pe­ro­leh, da­ri pendidikan ka­rak­ter ini a­da­lah ma­ha­sis­wa ter­se­but memiliki ka­rak­ter ba­ik. Na­mun tidak di­pung­ki­ri ma­ha­sis­wa akan ber­ma­in ka­rak­ter. Ber­ ma­in ka­rak­ter ini ju­ga masih abu-­abu­, bi­la ma­ha­sis­wa me­mi­li­ki ke­mam­pu­an ber­ma­in ka­rak­ter, se­ha­rus­nya bukan se­ per­ti itu tu­ju­an pen­di­di­kan ka­rak­ter. Pen­di­di­kan karakter ala Indonesia se­ ca­ra blue print-nya, se­di­kit ba­nyak ma­sih meng­a­dop­si dari nilai-­nilai­lu­hur, yang di­amb­il dari tokoh-­tokoh­ be­sar bang­sa Indonesia se­per­ti, Ki Hajar Dewantara, Soekarno, Hatta, Tan Malaka, Moh. Natsir dan lain-­lain.­Pa­da­hal kondisi dan si­tu­a­si se­la­lu me­ngi­ku­ti perkembangan za­man, ma­ka hen­dak­nya dasar fi­lo­so­fis ju­ga ikut ber­kem­bang. Mung­kin ni­la­i mo­ral pa­da zaman itu sa­ngat re­le­van de­ ngan ni­la­i fi­lo­so­fis tokoh-­tokoh ter­se­but, na­mun ber­be­da la­gi dengan za­man ini. Ji­ka ki­ta i­ba­rat­kan, “za­man da­hu­lu yang di­ha­da­pi pa­ra pe­ju­ang adalah ma­nu­si­a juga, na­mun se­ka­rang yang di­ha­da­pi adalah ro­bot bah­kan alien”. Mes­ki­pun se­ca­ra sa­dar bah­wa se­mu­a orang me­ nger­ti ten­tang “long-life-educations”, na­mun ja­ngan me­lu­pa­kan bah­wa “ma­ nu­si­a dan waktu sa­ling me­ngu­kur”.


INFO KAMPUS

OLAHRAGA (tidak) sama dengan POLITIK

K

e­ca­ca­tan or­ga­ni­sa­si se­pak­ bo­la Indonesia ini tam­pak da­ri fe­no­me­na se­be­lum­nya. Pertandingan-­pertandingan­ yang di­a­ da­kan se­ring be­ra­khir ru­suh. Ber­mu­la dari pen­ju­al tiket, ke­pu­tu­san wa­sit, ke­ na­ka­lan pe­ma­in sampai pe­ri­la­ku a­nar­ki suporter. Masalah lainnya a­da­lah ba­nyak­nya pe­ma­in asing yang ber­la­ga di Indonesia. Hal ini me­ru­pa­kan sa­lah satu ben­ca­na ba­gi pe­ma­in lokal. Ke­po­pu­le­ran se­o­rang Irfan Bachdim, mem­bu­at per­se­pak­bo­ la­an Indonesia ber­lom­ba men­ca­ri Irfan Bachdim la­in­nya untuk di­na­tu­ra­li­sa­si. Pe­ma­in naturalisasi di­ja­di­kan u­jung tom­bak ke­se­be­la­san Indonesia. Se­o­lah ba­rang da­lam ne­ge­ri tidak di­per­ca­ya, be­gi­tu­pun per­ma­i­nan sepak bo­la­nya. Se­ a­kan, se­bu­ah tim di­ang­gap tidak he­bat a­pa­bi­la tidak ada pemain asingnya. Ke­na­ka­lan pemain dan wa­sit ju­ga me­war­na­i du­ni­a sepak bola Indonesia. Pe­ma­in yang ti­dak men­jun­jung spor­ti­ vi­tas se­ring mem­bu­at ulah. Mu­la­i dari pe­ma­ka­i­an doping sam­pa­i me­la­ku­kan tindakan men­ci­de­ra­i la­wan. Be­be­ra­pa diantaranya, ber­ma­in han­ya un­tuk me­ nang. Be­gi­tu ju­ga dengan wasit yang me­nu­rut isu ma­sya­ra­kat bisa di­su­ap. Se­hing­ga wa­sit bukan lagi se­ba­ga­i pe­ mim­pin per­tan­ding­an, tapi se­ba­ga­i ke­ pan­jang­an tangan dari orang-­orang yang ber­ke­pen­ting­an. Hal itu me­mung­kin­kan ke­ti­dak­pu­ a­san su­por­ter, lalu di­wu­jud­kan de­ngan meng­ gang­gu ja­lan­nya per­ tan­ding­an. Hal ter­se­ but me­nun­juk­kan bah­wa se­p ak bola me­r u­ pa­k an s a l­ a h satu o ­l a h ­ ra­ga yang mam­pu me­man­ cing e­mo­si o­rang dan me­nyi­hir pe­

BAKSOS LPM UNY

non­ton ikut da­lam permainan. Untuk mem­per­ba­i­ki per­se­pak­bo­la­an Indonesia, di­bu­tuh­kan so­sok pe­mim­pin yang me­ma­ha­mi sepak bola, me­nge­ ta­hu­i po­si­si apa yang co­cok un­tuk tim Indonesia, ta­pi ju­ga ha­rus bi­sa me­ma­ne­ je­men or­ga­ni­sa­si, punya ke­cin­ta­an ter­ ha­dap se­pak bo­la dan alang­kah ba­ik­nya jika berasal dari orang-orang olahraga, yang me­nge­ta­hu­i ten­tang olahraga. Sepak bola me­mang bisa se­ba­ga­i a­jang me­ngum­pul­kan massa, tak se­la­ yak­nya di­gu­na­kan untuk ke­pen­ting­an po­li­tik, se­per­ti meng­gu­na­kan ke­fa­na­ti­ kan su­por­ter dan ke­po­pu­le­ran pe­ma­in. Ke­ti­ka pe­ma­in atau tim se­dang da­lam po­pu­la­ri­tas ting­gi, banyak oknum po­li­tik yang men­de­ka­ti. Ba­nyak yang mem­be­ri­ kan “sum­bang­an”. Ta­pi setelah po­pu­la­ri­ tas me­re­ka me­re­dup, di­ting­gal­kan be­gi­tu sa­ja. se­pak bo­la se­ba­ga­i o­lah­ra­ga, bu­kan a­jang men­ca­ri ke­un­tung­an po­pu­la­ri­tas. Pemain pun perlu di­per­ba­i­ki de­ngan pe­ning­ka­tan ke­mam­pu­an me­la­lu­i pe­la­ti­ han tek­nik sepak bola dan pe­la­ti­han da­ri segi psi­ko­lo­gis. Ke­se­im­bang­an ke­mam­ pu­an gerak dan ke­mam­pu­an me­nge­lo­la e­mo­si sangatlah pen­ting. Ki­ta li­hat pe­ ma­in di Eropa, ke­ti­ka a­da pe­ma­in men­ ja­tuh­kan pe­ma­in la­wan, ma­ka ia se­ge­ra berdiri tanpa ma­rah dan me­nye­rah­kan ke­pu­tu­san ke­pa­da wasit. Ber­be­da de­ ngan pemain Indonesia. Ja­di­kan ke­se­ be­la­san di Indonesia tidak ha­nya ja­go kan­dang, te­ta­pi ju­ga kan­dang­nya ja­go se­pak bola. Demikian de­ngan su­por­ter ha­rus di­la­ tih men­ja­di pe­non­ton yang ba­ik de­ngan meng­har­ga­i ke­pu­tu­san wa­sit, me­nga­ma­ ti cara ber­ma­in baik tim, ser­ta mam­pu men­ja­ga ja­lan­nya per­tan­ding­an. Ke­fa­na­ ti­kan membuat se­se­o­rang men­ja­di pi­cik, ti­dak bisa ber­pi­kir ter­bu­ka dan i­tu ha­rus di­hin­da­ri oleh su­por­ter Indonesia. Se­pak­bo­la merupakan o­lah­ra­ga yang me­rak­yat, se­ka­li­gus bi­sa me­me­cah be­lah ma­sya­ra­kat. Da­lam se­pak bola, yang di­ li­hat bu­kan skor yang di­ce­tak, ta­pi ni­la­i dalam per­ma­i­nan itu. Se­pak bola juga bu­kan tem­pat un­tuk ber­po­li­tik. HIDUP SEPAKBOLA INDONESIA!!!! Ferlynda Putri S

Da­lam rang­ka Dies Natalis UNY ke-47, di­se­leng­ga­ra­kan Bakti So­si­al (Baksos) di ti­ga tem­pat, di Ke­ca­ma­ tan Cangkringan yaitu Jetis Sumur, Glagahmalang, dan Glagaharjo, Minggu (1/5). A­ca­ra di­bu­ka o­leh PR I, Ibu Nurfina Aznam. Bak­sos ini ter­ se­leng­ga­ra atas ker­ja­sa­ma LPM UNY Recovery Merapi, de­ngan mem­be­ri­ kan pe­la­ya­nan ke­se­ha­tan gra­tis, per­ pan­jang­an Su­rat Ijin Mengemudi (SIM), pa­ge­la­ran wa­yang ku­lit, pijat gra­tis, dan pem­ba­gi­an sem­ba­ko ke­pa­ da war­ga, di tem­pat ter­se­but yang ter­ ke­na a­wan panas. Acara ini di­me­ri­ah de­ngan organ tunggal. “Ban­tu­an ini sa­ngat mem­ban­tu dalam me­ri­ngan­kan pe­la­ya­nan ke­se­ha­tan di sini, se­hing­ga ti­dak su­sah jauh-­jauh­dan mem­ba­yar,” ka­ta se­o­rang war­ga Jetis Sumur. Iga

HARI PENDIDIKAN NASIONAL Senin 2 Mei 2011, di rektorat UNY di­se­leng­ga­ra­kan u­pa­ca­ra mem­pe­ri­ nga­ti hari pen­di­di­kan na­si­on ­ al. Se­ la­ku pem­bi­na upacara, Ibu Nurfina Aznam (PR 1), mem­ba­ca­kan pi­da­to da­ri Men­te­ri Pen­di­di­kan Bapak M. Nuh. yang isinya, pen­di­di­kan ka­rak­ ter di­lang­sung­kan se­ca­ra me­nye­lu­ruh, ke­se­ga­la jenjang pen­di­di­kan. Ke­gi­a­tan ka­li ini juga se­ba­ga­i ajang pem­be­ri­an peng­har­ga­an, ke­pa­da 18 guru se­ko­lah dari TK sampai SMA, be­ser­ta guru olahraga dari UNY. Annis

KEJURDA PENCAK SILAT PELAJAR Da­lam rang­ka Dies Natalis UNY ke-47, Minggu (20/4), UKM pen­cak si­lat me­nye­leng­ga­ra­kan pem­bu­ka­an acara Ke­ju­a­ra­an Daerah (Kejurda) pen­cak silat ting­kat SD sam­pa­i SMA se-Yogyakarta di GOR UNY. Jum­lah pe­ser­ta se­ba­nyak 747. Ber­lang­sung se­la­ma 3 hari dari tanggal 24-26 April. A­ca­ra ber­lang­sung lan­car dan me­ri­ah. Pem­bu­ka­an dan Pe­nu­tu­pan Ke­jur­da oleh Rektor UNY, be­li­au­ me­nga­ta­kan sangat bang­ga dan pu­as a­tas di­a­da­kan­ nya Ke­jur­da pen­cak silat pe­la­jar ini. Sulyanti

Hoho | Expedisi

Mei, 2011 • EXPEDISI • 7


TEPI

Indahnya Berbagi Perbedaan Dalam Perkuliahan Ma­ha­sis­wa a­sing yang se­ca­ra ge­no­ti­pe dan fe­no­ti­pe ber­be­da de­ngan ma­ha­sis­wa lo­kal, tu­rut me­war­na­i per­ku­liah­an di UNY.

Ade | Expedisi

un­tuk ne­ga­ra-ne­ga­ra ber­kem­bang. Ti­ dak se­per­ti pro­gram Dar­ma­sis­wa yang ke­ba­nyak­an me­nam­pung ma­ha­sis­wa da­ri Eropa. Ne­ga­ra-ne­ga­ra ber­kem­bang yang me­ngi­rim­kan ma­ha­sis­wa­nya di­an­ta­ra­ nya In­dia, Ma­da­gas­kar, Bang­la­desh, Sri­ lan­ka, La­os, Thai­land, Kam­bo­ja, Pa­pua Nu­gi­ni dan se­ba­gai­nya. Se­ba­gi­an be­sar meng­am­bil pro­gram S2, de­ngan jang­ka wak­tu pen­di­di­kan se­ki­tar sa­tu ta­hun. Se­ men­ta­ra pro­gram You to You, me­ru­pa­kan pro­gram ker­ja sa­ma uni­ver­si­tas da­lam ne­ge­ri de­ngan lu­ar ne­ge­ri yang di­bia­yai o­leh Dik­ti. Peng Zee Lien (memakai kaca mata), mahasiswa dari Cina sedang bercanda dengan teman-teman satu kelasnya. Peng Zee Lien kuliah di FBS mulai tahun 2010.

K

e­ber­ada­an ma­ha­sis­wa a­sing di UNY, mem­be­ri­kan kon­tri­bu­si yang be­sar, ba­ik ba­gi uni­ver­si­tas itu sen­di­ri, mau­pun ma­ha­sis­wa lo­kal. Ba­gi uni­ver­si­tas, ke­ber­ada­an me­re­ka men­ja­di sim­bol ke­ma­ju­an se­bu­ah uni­ ver­si­tas. “Ti­dak se­mua uni­ver­si­tas bi­sa men­ja­di pro­vi­der, ku­rang le­bih sa­tu In­ do­ne­si­a itu ada 40 uni­ver­si­tas,” ung­kap Ari Kusmiatun, dosen PBSI. “Dan da­ri 40 pro­vi­der i­tu, di­am­bil em­pat sam­pai de­la­pan o­rang. Da­ri 30 pe­ser­ta, yang di­am­bil 20-25 orang,” tam­bah­nya. Ke­ber­ada­an ma­ha­sis­wa as­ing me­ nan­da­kan bah­wa UNY me­ru­pa­kan sa­lah sa­tu uni­ver­si­tas di In­do­ne­sia yang te­lah go­In­ter­na­tio­nal. Ba­gi ma­ha­sis­wa as­ing mau­pun lo­kal, uni­ver­si­tas men­ja­di tem­ pat per­tu­kar­an ke­bu­da­ya­an an­tar­ne­ga­ra, se­hing­ga ti­dak meng­he­ran­kan pro­ses asi­mi­la­si mau­pun a­kul­tu­ras­i ke­bu­da­ya­ an mu­dah ter­ja­di de­ngan per­ga­ul­an an­ tar­ma­ha­sis­wa a­sing de­ngan ma­ha­sis­wa lo­kal. “Ki­ta bi­sa be­la­jar mul­ti­kul­tu­ral, bu­da­ya me­re­ka, ke­bia­sa­an me­re­ka, li­fe st­yle me­re­ka dan mem­bu­ka po­la pi­kir ki­ta ten­tang mak­na mul­ti­kul­tu­ral yang se­be­nar­nya,” ujar Ari Kusmiatun. Ja­lur Ma­suk Ku­li­ah ”Ka­re­na bi­aya ku­li­ah di In­do­ne­sia mu­rah, dan ti­dak ja­uh da­ri ne­ge­ri sa­

8 • EXPEDISI • Mei, 2011

ya, wak­tu sa­ya da­tang per­ta­ma ka­li ke Jakarta, sa­ya ba­wa u­ang tu­nai wak­tu i­tu $100 Amerika,” u­jar Peng Zee Lien, ma­ha­sis­wa a­sal Cina. Ber­ba­gai pro­gram yang di­ta­war­kan da­ri Dik­ti, me­mung­kin­kan se­ti­ap ma­ ha­sis­wa a­sing ber­ke­sem­pat­an ku­li­ah di In­do­ne­sia dan mem­pe­la­ja­ri ber­ba­gai ke­ bu­da­ya­an yang a­da. Ja­lur ma­suk yang di ta­war­kan an­ta­ra la­in, Pro­gram Dar­ma­sis­ wa, KNB (Kemitraan Negara Berkembang), You toYou. Na­mun a­da pu­la yang ku­li­ah de­ ngan bi­aya sen­di­ri (swa­da­na). Pro­gram Dar­ma­sis­wa, be­ru­pa pem­ be­ri­an bea­sis­wa ke­pa­da ma­ha­sis­wa a­sing, un­tuk da­pat ku­li­ah di In­do­ne­sia. Pro­gram yang di ta­war­kan ya­itu pro­ gram e­nam bu­lan dan sa­tu ta­hun. “Ta­ hun i­ni a­da se­ki­tar 24-25 o­rang, ada 6 o­rang yang su­dah pu­lang, ka­re­na cu­ma e­nam bu­lan dan yang la­in nan­ti se­le­sai bu­lan Ju­ni. Ki­ta me­ne­ri­ma la­gi bu­lan Sep­tem­ber dan i­ni ru­tin”, ung­kap Ari Kusmiatun. Dan UNY sen­di­ri te­lah men­ ja­di pro­vi­der da­lam pro­gram i­ni, se­la­ma le­bih ku­rang 20 ta­hun dan se­ki­tar 40-an ne­ga­ra yang te­lah ber­ha­sil di­ta­ngan­i. Ma­ha­sis­wa yang ma­suk le­wat ja­lur i­ni be­bas me­mi­lih pro­di. KNB me­ru­pa­kan pro­gram se­ru­pa de­ngan Dar­ma­sis­wa, na­mun khu­sus

An­tu­si­as dan Sa­ling Pe­nger­ti­an Be­la­jar mul­ti­kul­tu­ral da­ri ber­ba­gai ne­ga­ra, men­ja­di hal yang me­nye­nang­kan ke­ti­ka ki­ta sa­ngat an­tu­si­as de­ngan ke­bu­ da­ya­an da­ri sua­tu ne­ga­ra. Se­per­ti yang te­ngah di­la­ku­kan o­leh se­orang ma­ha­sis­ wa a­sing a­sal Latvia. Asnate Strike (23 tahun), na­ma leng­kap­nya, na­mun bi­asa di­sa­pa “mbak Nate” di Ju­rus­an PBSI FBS. Se­la­in be­la­jar ba­ha­sa In­do­ne­sia, dia ju­ga be­la­jar ke­te­ram­pi­lan yang la­in di ju­rus­an yang ber­be­da. “Sa­ya me­ngam­ bil ti­ga ma­ta ku­li­ah la­in se­per­ti ba­tik dan me­ma­sak di FT,” ung­kap­nya. Se­la­in itu, Nate ju­ga me­nga­jar ba­ha­ sa Ing­gris di FMIPA. Ma­ha­sis­wa yang ma­suk me­la­lui ja­lur Dar­ma­sis­wa ini me­nga­ku sa­ngat se­nang da­pat meng­ ajar ba­ha­sa Ing­gris di FMIPA. “Me­re­ka nam­pak sa­ngat an­tu­si­as de­ngan ma­ta­ ku­li­ah ba­ha­sa Ing­gris yang sa­ya a­jar­kan. Ja­di, sa­ya ju­ga sa­ngat me­nik­ma­ti sa­atsa­at meng­a­jar mes­ki cu­kup me­le­lah­kan ju­ga”, ujar­nya. Ia ber­ku­li­ah di UNY dan be­la­jar Ba­ha­sa In­do­ne­sia a­tas sa­ran da­ri Prof. Leons Gabriels Taivans. Ke­nya­man­an ma­ha­sis­wa a­sing se­la­ma di UNY, ti­dak le­pas da­ri pe­ran pa­ra do­sen yang pe­nger­ ti­an ter­ha­dap ma­ha­sis­wa­nya, se­ka­li­pun me­re­ka ber­be­da da­ri ma­ha­sis­wa lo­kal. Na­mun si­kap spor­tif, friendly, dan lo­yal­ itas yang ting­gi men­ja­di­kan ma­ha­sis­wa


"

Mereka nampak sangat antusias dengan mata kuliah bahasa Inggris yang saya ajarkan. Jadi, saya juga sangat menikmati saat-saat mengajar meski cukup melelahkan juga.

pur ba­ha­sa­nya an­ta­ra ba­ha­sa In­do­ne­sia dan ba­ha­sa Ing­gris, ka­mi ju­ga bi­ngung ka­lau mau ber­ca­kap-ca­kap de­ngan me­ re­ka”, u­jar Budi ma­ha­sis­wa PBSI 2010 (29/04). Per­be­da­an ting­kah la­ku ju­ga men­ ja­di ken­da­la da­lam pro­ses in­ter­ak­si.

Se­per­ti spe­si­al­isasi BIPA (Ba­ha­sa In­do­ ne­sia un­tuk Peng­ajar A­sing). Di UNY sen­di­ri a­da pro­gram bridging course ya­itu se­ma­cam kur­sus pen­jem­bat­an un­tuk ma­suk UNY, ba­ik un­tuk Dar­ma­sis­wa mau­pun KNB, tan­pa bi­a­ya tam­bah­an, ke­cu­a­li ba­gi me­re­ka

Keterbatasan Berbahasa Membuat Kurangnya Interaksi Ter­ka­dang mes­ki ki­ta ma­sih me­ra­sa a­neh dan he­ran, bi­la me­li­hat ma­ha­sis­wa a­sing, ka­re­na per­be­da­an fi­sik, pa­da da­ sar­nya me­re­ka pu­nya prin­sip yang sa­ma. “Sa­ya ra­sa i­tu ada­lah hal yang nor­mal, bi­la me­re­ka ter­li­hat ke­he­ran­an se­per­ti i­tu. Apa­la­gi o­rang Eropa me­mang ber­ be­da se­ca­ra fi­sik. Ja­di sa­ya ra­sa, i­tu hal bi­a­sa yang ter­ja­di di­si­ni. Yang je­las ma­ ha­sis­wa lo­kal sa­ngat ra­mah,” u­jar Asnet de­ngan lo­gat Ing­gris­nya. Ke­ter­ba­tas­an ba­ha­sa, mem­bu­at ma­ ha­sis­wa lo­kal dan ma­ha­sis­wa a­sing su­lit ber­in­ter­ak­si. “Sa­ya dan te­man sa­ya da­ lam ber­ga­ul de­ngan ma­ha­sis­wa a­sing ti­dak be­gi­tu a­krab, ka­re­na ke­ter­ba­tas­an ba­ha­sa. Ka­mi bia­sa ber­bi­ca­ra de­ngan ba­ha­sa In­do­ne­sia, se­men­ta­ra dia me­ma­ kai ba­ha­sa Ing­gris. Dan mes­ki­pun dia bi­sa me­nang­kap yang ki­ta bi­ca­ra­kan, te­ta­pi su­sah un­tuk me­nang­ga­pi da­lam ba­ha­sa In­do­ne­sia, ja­di ya cam­pur-cam­

Linda | Expedisi

"

be­tah meng­ikut­i per­ku­li­ah­an. Di­sam­ping itu, si­kap ma­ha­sis­wa lo­ kal yang ter­bu­ka, da­lam per­ga­ul­an de­ ngan ma­ha­sis­wa a­sing­pun, tu­rut ber­pe­ ran da­lam ke­nya­man­an me­re­ka. “Ka­re­na di si­ni orang­nya ramah-­ramah­, baik-­baik su­ka ka­sih ban­tu itu sa­ya ka­lau uji­an”, ujar Peng de­ngan lo­gat man­da­rin­nya. Ma­ha­sis­wa lo­kal sen­di­ri meng­aku­i, ke­ ber­ada­an ma­ha­sis­wa a­sing mem­ban­tu me­re­ka da­lam pem­be­la­jar­an ba­ha­sa. “Sa­ya ra­sa ke­ber­ada­an me­re­ka di­si­ni a­mat po­si­tif. Khu­sus­nya di Pro­di sa­ya sen­di­ri, ji­ka ada ma­ha­sis­wa a­sing da­ri Jerman, a­kan sa­ngat mem­ban­tu ka­mi be­la­jar le­bih da­lam me­nge­na­i Ba­ha­sa Jer­man. Ca­ra me­re­ka ber­bi­ca­ra dan la­in se­ba­gi­nya. Ka­mi ju­ga bi­sa be­la­jar ten­ tang bu­da­ya ne­ga­ra me­re­ka”, u­jar Juli, ma­ha­sis­wa Pen­di­di­kan Ba­ha­sa Jer­man 2008 (29/4).

Asnate Strike, mahasiswa asal Latvia

Per­nah pu­la se­orang ma­ha­sis­wa a­sing, me­nge­luh a­tas si­kap ma­ha­sis­wa lo­kal yang ti­dak di­si­plin da­lam ber­pa­kai­an, se­per­ti meng­gu­na­kan ka­os ob­long sa­at ku­li­ah dan ke­bia­sa­an me­lang­gar a­tur­an la­lu lin­tas. Be­gi­tu ju­ga de­ngan po­la hi­ dup yang ber­be­da. “Ma­ha­sis­wa se­mua pa­kai i­tu na­ma­nya mo­tor. I­tu ti­dak ba­ gus un­tuk u­da­ra. Sa­ya mau u­da­ra se­gar dan itu a­sap te­bal da­ri mo­tor ti­dak ba­ik un­tuk ke­se­hat­an,” ke­luh Peng de­ngan lo­gat man­da­rin­nya. Penanganan Kesulitan Belajar Ti­dak se­mua ma­ha­sis­wa a­sing yang ku­li­ah di In­do­ne­sia, da­pat “fa­sih” ber­ ba­ha­sa In­do­ne­sia. “Ma­ha­sis­wa a­sing itu ada yang nol ba­ha­sa In­do­ne­sia, ter­u­ta­ma da­ri Pro­gram Dar­ma­sis­wa. Ka­re­na pro­ gram ini ti­dak men­sya­rat­kan me­re­ka un­ tuk bi­sa ba­ha­sa”, ung­kap Ari Kusmiatun. A­da pu­la yang ti­dak da­pat ber­ba­ha­sa In­do­ne­sia mau­pun ba­ha­sa Ing­gris, hal ini ten­tu sa­ja men­ja­di tan­tang­an ter­sen­di­ri ba­gi te­na­ga peng­aj­ar. “Ba­ha­sa In­do­ne­sia i­tu me­mang su­lit, ba­nyak ko­sa­ka­ta un­tuk ung­kap­in se­su­a­tu, ka­lau Ba­ha­sa Man­da­rin kan mur­ni, ti­dak ada ka­ta se­rap­an­nya”, je­las Peng. Un­tuk me­na­ngan­i hal se­ma­cam ini, di­buat­lah pro­gram-pro­gram ter­ten­tu un­tuk te­na­ga pe­nga­jar ma­ha­sis­wa a­sing di In­do­ne­sia.

yang ma­suk de­ngan bia­ya sen­di­ri, se­ hing­ga ti­dak di­wa­jib­kan un­tuk meng­ ikut­i pro­gram ini. Se­dang­kan di Ju­rus­an PBSI, di bu­at pro­gram PBIA (Pen­di­di­ kan Peng­ajar Ba­ha­sa In­do­ne­sia un­tuk o­rang A­sing). Pro­gram-pro­gram yang di­bu­at un­tuk mem­ban­tu ma­ha­sis­wa a­sing, da­lam pe­ma­ham­an ba­ha­sa, ba­ik yang di­ca­nang­kan o­leh pi­hak pe­me­rin­tah mau­pun o­leh UNY sen­di­ri, sa­ngat mem­ ban­tu me­re­ka da­lam pe­ngo­lah­an ba­ha­sa. Se­per­ti yang di ka­ta­kan o­leh Peng, “Sa­ya se­nang de­ngan ada­nya pro­gram itu, su­dah ba­gus, ka­re­na di si­ni be­la­jar­nya san­tai, ti­dak u­sah pu­sing-pu­sing, yang pen­ting ki­ta ma­suk”. Ber­ba­gai ke­gi­at­an pe­nun­jang ke­ ber­ha­sil­an peng­ajar­an pun di la­ku­kan se­per­ti di­ada­kan­nya work­shop bu­da­ya dan ba­ha­sa, work­shop ba­tik, ta­ri ja­wa, ga­mel­an, dan per­gi ke tem­pat wi­sa­ta. “Un­tuk KNB, ki­ta a­jak ke se­ko­lah se­ko­ lah (TK,SMP) dan me­re­ka di­sa­na ju­ga ber­dia­log”, u­jar Ari Kusmiatun. Da­ri In­ter­na­tion­al Office me­nye­leng­ga­ra­kan in­ter­na­sio­nal day, per­for­man­ce bu­da­ya, ta­ri dan food ba­za­ar, in­ter­na­ti­on­al night, ser­ta Summer Camp se­ca­ra gra­tis, yang tu­ju­an­nya un­tuk me­nge­nal­kan bu­da­ya yang a­da. Dwi Ambar Rini

Ratih, Ody, Sari, Lynda, Mahatir

Mei, 2011 • EXPEDISI • 9


WACANA

Pendidikan Profesional Guru (PPG) mau dibawa kemana para calon guru? PPG (Pen­di­di­kan Pro­fe­si­o­nal Guru) ma­u di­ba­wa ke­ma­na pa­ra ca­lon gu­ru?

I

ng ngarso sung tuladha ing madya mangun karsa tut wur handayani(KI Hajar Dewantara) Kata pe­pa­tah “Gu­ru di­gu­gu lan di­ ti­ru.” Be­gi­tu­lah so­sok gu­ru di­kan­cah pen­di­di­kan kini se­ma­kin di­tun­tut per­ kem­bang­an za­man, sebagai ba­gi­an da­ ri pe­ran ak­tif se­or­ ang te­na­ga pen­di­dik. Ber­sa­ma­an de­ngan di­sah­kan­nya UU RI No.20 tahun 2003 ten­tang Sisdiknas yang di­i­ku­ti UU RI No 14 Th. 2005 ten­tang stan­dar pro­fe­si guru, ma­ka di­ su­sun­lah pro­gram Pen­di­di­kan Pro­fe­si Gu­ru (PPG). Menurut Permendiknas No.8 ta­hun 2009, pro­gram pen­di­di­kan profesi gu­ru pra ja­ba­tan atau se­lan­jut­nya di­se­but pro­ gram PPG, me­ru­pa­kan pro­gram pen­di­di­ kan yang di­se­leng­ga­ra­kan, untuk mem­ per­si­ap­kan lu­lu­san S1 ke­pen­di­di­kan/D IV non ke­pen­di­di­kan agar me­ngu­a­sa­i kom­pe­ten­si gu­ru secara utuh, de­ngan stan­dar na­si­o­nal pen­di­di­kan. PPG, me­ nu­rut pa­sal 4 ayat 1 pe­ra­tu­ran pe­me­rin­ tah no 74 ta­hun 2008, akan di­lak­sa­na­ kan me­la­lu­i pro­gram pen­di­di­kan pro­fe­si yang akan di­se­leng­ga­ra­kan o­leh per­gu­ ru­an ting­gi, yang me­mi­li­ki pe­nga­da­an ker­ja te­na­ga ke­pen­di­di­kan te­ra­kre­di­ta­si. Ren­ca­na­nya PPG ini a­kan di­ber­la­ku­ kan se­ca­ra wa­jib mu­la­i da­ri ma­ha­sis­ wa ke­pen­di­di­kan angkatan 20091 dan di­lak­sa­na­kan se­la­ma satu ta­hun un­tuk men­da­pat­kan lulusan ber­pre­di­kat guru

10 • EXPEDISI • Mei, 2011

pro­fe­si­o­nal. Jika menilik so­sok guru, me­nu­rut UURI No.14 ta­hun 2005, se­o­rang pen­ di­dik di­ha­rus­kan memiliki ku­a­li­fik ­ a­si pen­di­di­kan S1 atau D4 ke­pen­di­di­kan ma­up­ un non ke­pen­di­di­kan. Hal itu di­ber­ la­ku­kan se­men­jak UU tersebut di­sah­kan. Mu­la­i sa­at itu para pendidik ber­lom­ba­lom­ba un­tuk me­lan­jut­kan studinya, ba­ik yang su­dah di­ang­kat sebagai pe­ga­wa­i ne­ge­ri sipil maupun guru-­guru­yang be­ lum di­ang­kat men­ja­di PNS. Semenjak isu a­da­nya PPG, yang di­ber­la­ku­kan dengan iming-­iming ga­ji yang lu­ma­yan ini, pa­ra pen­di­dik men­ja­di le­bih aktif dan ber­se­mang­at me­ngi­ku­ti ber­ba­ga­i seminar ke­pen­di­di­kan ma­u­pun penataran-­penataran se­ru­pa, de­ngan tu­ ju­an mengum­pul­kan poin de­mi men­da­ pat­kan pre­di­kat ser­ti­fi­ka­si. Na­mun hal itu ku­rang tepat sa­sa­ran ji­ka me­ni­lik bahwa se­o­rang gu­ru di­tun­tut me­mi­li­ ki kepribadian so­si­al dan pro­fe­si­o­nal me­la­lu­i pen­di­di­kan pro­fe­si. Hal itu me­ngi­sya­rat­kan bah­wa untuk men­ja­di pen­di­dik pro­fe­si­o­nal, guru harus me­ nem­puh PPG. Dengan di­ber­la­ku­kan­nya PPG ini pa­ra te­na­ga pen­di­di­kan ma­u­pun non ke­ pen­di­di­kan ber­ke­sem­pa­tan mem­pe­ro­leh ser­ti­fi­kat te­na­ga kependidikan pro­fe­si­o­ nal de­ngan ga­ji lu­ma­yan. Namun a­pa­kah be­nar de­ngan di­ber­la­ku­kan­nya PPG itu pa­ra gu­ru benar-­benar­ men­ja­di te­na­ga

pen­di­dik pro­fe­si­o­nal? Hal yang patut di­per­ta­nya­kan, di­ma­ na PPG ju­ga mem­per­bo­leh­kan ma­ha­ sis­wa S1 non ke­pen­di­di­kan mengambil ja­lur ini. Ten­tu­nya hal ter­se­but menjadi mo­mok ter­sen­di­ri ba­gi lu­lu­san ke­pen­ di­di­kan ka­re­na akan lebih ba­nyak la­gi calon-­calon­te­na­ga pendidik yang a­kan di­ce­tak nan­ti­nya. Atau su­a­tu saat PPG di­ja­di­kan se­ba­ga­i ba­tu loncatan bagi lu­lu­san non ke­pen­di­di­kan untuk me­ra­ ih ser­ti­fik­ at guru pro­fe­si­on­ al. Ke­bu­tu­ han gu­ru yang ku­rang lebih men­ca­pa­i 747.898, ji­ka di­ru­nut dari tahun 2008 sampai 2014, di­ma­na untuk lu­lu­san PPG ang­ka­tan per­ta­ma 2009, ke­mu­di­an ma­ sa tran­si­si yang ber­lang­sung se­la­ma 3 tahun, dari 2010 hing­ga 2012 dan ke­ mu­di­an lu­lu­san PPG dari tahun 2013 sampai 2014. Dengan PPG me­mung­kin­kan pa­ra gu­ru da­pat mengeksplor ke­mam­pu­an me­re­ka da­lam bidang pen­di­di­kan. Na­ mun a­pa­kah hal ter­se­but da­pat men­ja­ di­kan se­o­rang pen­di­dik itu pro­fe­si­o­nal? Ke­ha­di­ran PPG pun se­ma­kin di­per­ta­nya­ kan. Tan­pa PPGpun tena­ga pen­di­dik di Indonesia saat ini su­dah lu­ma­yan mam­pu un­tuk hal ter­se­but. Hal ini da­pat di­li­hat da­ri pres­ta­si be­be­ra­pa gu­ru da­lam hal a­ka­de­mis ma­u­pun non a­ka­de­mis yang mung­kin ti­dak ba­nyak di­eks­po­se oleh media. Maulida Mawadati Nugroho


RESENSI

Manusia : Mesin Pembunuh

B

e­be­ra­pa pe­ker­ja­an, per­lu ter­li­ hat se­per­ti ke­ce­la­ka­an, yang la­in mung­kin me­nye­bab­kan ke­cu­ri­ ga­an, aku me­la­ku­kan tu­gas dan tar­get ter­ten­tu.” Se­peng­gal petikan ka­li­mat dari to­koh Arthur (Jason Statham), se­o­rang pem­bu­nuh bayaran, de­ngan se­gu­dang misi pem­bu­nu­han. Arthur me­nga­la­mi per­ten­tang­an batin, se­te­lah pem­bu­nu­ han yang di­la­ku­kan­nya, ke­pada re­kan se­ka­li­gus o­rang yang mem­pe­ker­ja­kan­ nya, Harry (Donald Sutherland), se­bab Dean (Tony Goldwyn) mem­ba­lik­kan fak­ta yang ada. Se­te­lah ke­ma­ti­an Harry, mun­cul tokoh ba­ru yaitu Steve McKenna (Ben Foster), anak Harry. Di­a sa­ngat ber­am­bi­si men­ca­ri un­tuk ke­mu­di­an mem­bu­nuh o­rang yang telah meng­ha­ bi­si ayahnya. Ka­­­re­na me­ra­sa ber­sa­lah te­lah mem­ bu­nuh Harry, Arthur ke­mu­di­an me­nga­ ja­ri Steve, mem­ben­tuk men­ta­li­tas un­tuk me­wu­jud­kan ka­rak­ter pem­bu­nuh­nya. Steve yang am­bi­si­us ingin mem­ba­las den­dam atas ke­ma­ti­an ayahnya, ti­dak sa­dar bah­wa pem­bu­nuh a­yah­nya a­da­lah gu­ru­nya sen­di­ri yaitu Arthur. Mes­ki­pun Dean a­da­lah da­lang di­ba­lik se­mu­a itu. Akhirnya, Arthur dan Steve men­ja­di part­ner ker­ja se­ba­ga­i pem­bu­nuh ba­ya­ran, me­re­ka men­ja­lan­kan mi­si pem­bu­nu­han yang di­tu­gas­kan oleh Dean, ka­re­na te­ lah me­ru­gi­kan­nya dalan du­ni­a bisnis. Ke­ti­dak­ta­hu­an me­re­ka te­lah di­man­fa­ at­kan oleh Dean, da­lam me­nang­gal­kan pesaing-­pesaingnya­ di kan­cah bisnis. Lam­bat laun ke­li­ci­kan Dean te­rung­kap, se­te­lah Arthur ber­te­mu de­ngan o­rang yang te­lah ia bu­nuh. Ter­nya­ta Dean me­ nyem­bu­nyi­kan ra­ha­si­a tersebut, se­hing­ga pem­bu­nu­han itu tidak te­rung­kap, pa­da­ hal ia yang me­ru­pa­kan kun­ci da­ri ke­ bu­su­kan Dean. E­go­is­tik da­ri tiap to­koh tam­pak, di­ma­na masih ter­da­pat hu­kum rim­ba yang ter­tu­ang da­lam film ini. Ke­ te­gang­an ke­ti­ka sa­ling men­ja­tuh­kan dan ter­tang­kap sa­ngat be­gi­tu jelas dan rapi. Se­te­lah itu ter­ku­ak pu­la peng­khi­a­na­ tan Dean atas me­re­ka, wa­la­u­pun mem­ bu­tuh­kan wak­tu dan ke­je­li­an da­lam

men­ca­ri­nya. Ka­re­na mereka ti­dak ta­hu tem­pat ting­gal­nya. Se­te­lah me­mak­sa be­be­ra­pa re­kan Dean de­ngan ke­ke­ra­ san, a­khir­nya me­re­ka me­ne­mu­kan­nya. Mes­ki­pun me­re­ka ha­rus me­ne­ri­ma ba­ku tem­bak, ber­ba­ga­i cara di­la­ku­kan untuk mem­ba­las­kan den­dam me­re­ka masing­masing­. Arthur me­ra­sa otaknya te­lah di­cu­ ci un­tuk mem­bu­nuh Harry, di­tam­bah ia ha­rus me­nang­gung ra­sa ber­sa­lah­nya, ke­mu­di­an Steve yang ingin mem­bu­nuh Dean, ka­re­na ia ta­hu bah­wa Dean yang mem­bu­nuh ayahnya. Se­te­lah me­re­ka ber­ha­sil mem­bu­nuh Dean, Arthur me­ra­ sa, ra­sa ber­sa­lah yang ia de­ri­ta ter­ba­yar, be­gi­tu­pu­la dengan Steve yang me­ra­sa pu­as, men­ja­di se­buah gam­ba­ran yang di­te­lur­kan, dari ra­sa den­dam yang tak te­re­dam. Se­bu­ah fe­no­mena pe­re­bu­tan ke­ku­a­sa­an dan pem­bu­nu­han, yang ha­ rus di­ten­tu­kan de­ngan se­bu­ah pis­tol pengakhir kehidupan. Konflik ba­ru mun­cul, ke­ti­ka Steve se­ca­ra ti­dak se­nga­ja, me­ne­mu­kan pis­tol a­yah­nya di kotak per­ka­kas mi­lik Arthur, yang be­ru­kir­kan “Amat Victoria Curam” di sa­lah sa­tu ba­dan pistol. A­khir­nya ia ta­hu Arthur lah yang te­lah mem­bu­nuh a­yah­nya. So­sok Steve yang sa­ngat be­ ram­bi­si­us un­tuk mem­bu­nuh Arthur, sa­ngat­lah ken­tal sam­pa­i me­nu­tup ha­ti nu­ra­ni­nya. Den­dam yang ia nya­la­kan jus­tru ber­ba­lik de­ngan ke­ga­ga­lan­nya, dan se­bu­ah akhir yang tra­gis ter­ja­di se­ te­lah Ste­ve ga­gal mem­bu­nuh Arthur, hing­ga ia me­ne­mu­kan a­jal­nya. Se­bu­ah film yang mam­pu mem­ bang­kit­kan ga­i­rah ke­hi­du­pan. Se­bu­ah pe­ker­ja­an yang me­mang ada, me­la­ku­kan ke­ja­ha­tan de­mi ke­un­tung­an pri­ba­di, de­ ngan meng­ha­lal­kan segala cara, wa­la­u dam­pak ter­se­but hing­gap pa­da o­rang la­in. Be­gi­tu pu­la ke­le­ka­tan hu­ma­nis­tik yang pa­dat, pen­ting dan wa­jib di­ga­ris ba­wah­i. Ma­nu­si­a di­ja­di­kan se­per­ti me­sin pem­bu­nuh je­las sekali. Se­la­mat me­non­ ton, ber­fan­ta­si, dan meng­ha­ki­mi la­bi­rin ke­be­na­ran.

Genre Film | Action-Thriller Produser | Irwin Winkler, Avi, Lerner, Robert Chartoff Produksi | Millennium Films Durasi | 92 menit Pemain | Jason Statham, Ben Foster, Donald Sutherland, Tony Goldwyn, Christa Campbell Sutradara | Simon West

Armada Nurlinsyah

Mei, 2011 • EXPEDISI • 11


EKSPRESPEDIA

segway, kendaraan idaman Mes­ki­pun tan­pa me­sin dan di­pa­ten­ kan se­ba­ga­i ken­da­ra­an angkut pri­ba­di atau personal mobility vehicle (PMV), segway di­ran­cang ha­nya untuk satu pe­ ngen­da­ra. Sa­ra­na trans­por­ta­si yang mi­rip otopet ini mam­pu me­lun­cur de­ngan ke­ ce­pa­tan 20 km/jam de­ngan da­ya je­la­jah 27 km di a­tas ja­lan datar. Arah dan laju ken­da­ra­an ini, cu­kup di­kon­trol le­wat per­ge­ra­kan ke­se­im­bang­ an ti­tik berat pe­ngen­da­ra­nya, pada pi­ ja­kan yang di­ran­cang khu­sus, se­hing­ga sa­ngat pe­ka dan reaktif. Un­tuk ber­hen­ ti pun tak per­lu me­ngin­jak rem, ha­nya de­ngan me­nga­tur po­si­si ba­dan se­ca­ra te­gak lurus. Se­ca­ra fisik, ia ter­di­ri atas em­pat e­le­men u­ta­ma: ro­da dan motor, sis­tem sen­sor, pa­pan sir­ku­it otak, dan sis­tem kon­trol o­pe­ra­tor. Ia juga me­mi­li­ki li­ma sen­sor gi­ro­skop yang me­nga­tur me­ka­ nis­me ke­se­im­bang­an secara sem­pur­na, mes­ki­pun yang di­per­lu­kan ha­nya ti­ga

12 • EXPEDISI • Mei, 2011

sen­sor untuk men­de­tek­si ge­ra­kan ma­ ju, mun­dur. Ju­ga ber­be­lok ke kiri a­tau ke ka­nan. Seluruh in­for­ma­si, ter­ma­suk dari sen­sor tam­ba­han, tentu harus me­le­wa­ ti ”otak”, yang di­bu­at da­ri dua sir­ku­it pe­ngon­trol e­lek­tro­nik, terdiri atas 10 mi­kro­pro­se­sor, yang ti­ga kali ke­ku­a­tan PC atau kom­pu­ter pri­ba­di. ”Otak” atau pro­gram kom­pu­ter itu akan me­man­ta­u se­mua in­for­ma­si yang da­tang dari sen­sor gi­ro­skop lalu me­nga­tur ke­ce­pa­tan mo­ tor lis­trik da­lam me­res­pons in­for­ma­si tersebut. Segway se­be­nar­nya bu­kan barang ba­ru, alat trans­por­ta­si alternatif yang di­ pro­duk­si pe­ru­sa­ha­an Segwal LLCC yang ber­ba­sis di Bedford, New Hampshire ini su­dah di­per­ke­nal­kan ke pu­blik se­ jak 3 Desember 2001 oleh pe­ne­mu­nya, Dean Kamen di Bryant Park, New York, Amerika Serikat. Ada ha­ra­pan, Segway yang pa­da

mu­la­nya di­be­ri na­ma sandi ”IT” dan ”Ginger” ini akan men­ja­di sa­ra­na trans­ por­ta­si ra­mah lingkungan. Se­la­in an­ti po­lu­si, ia ju­ga di­ra­mal­kan bakal men­ja­ di ken­da­ra­an masa depan yang nya­man dan a­man untuk di­ken­da­ra­i. Ken­da­ra­ an ro­da dua yang hemat energi, de­ngan me­ngan­dal­kan te­na­ga ba­te­ra­i  nickel cadmium (NiCd) ataupun nickel metal hydrate (NIMH). Pe­ngi­si­an ba­te­ra­i se­la­ ma sa­tu jam meng­ha­sil­kan te­na­ga un­tuk dua jam pe­ma­ka­i­an. Irawan S Adhi


Buletin EXPEDISI Edisi Beta - Semata-mata Karena Peluang