Issuu on Google+

free magazine

bring bright future next to you

Vol XII/3/2011

www.ecc.ft.ugm.ac.id

Pretty Tricky Priority What’s Up Dilema Sarjana Bekerja atau Kuliah S2 Kuliah & Bekerja, kenapa Tidak? Impression Don’t Worry You Can Do It! Strategi Berburu Pekerjaan Handout Berburu Beasiswa S2 dari Luar Negeri


Ti-Fi

all by my sms :)

(Texted Information Fidelity)

Manfaatkan Layanan SMS Notifikasi Fitur Terbaru ECC UGM!

ti -fi

Sedang tidak tersambung internet?

Harap-harap cemas menanti email verifikasi?

Ketik ECC(spasi)LAMAR (spasi)ID_LOWONGAN

Tak akan terjadi lagi! Member akan mendapatkan sms notifikasi bahwa akunnya sudah diverikasi oleh admin dan siap digunakan.

Status member akan otomatis terupdate. Maka Anda bisa mencari pekerjaan dimanapun dan kapanpun!

Perlu tahu masa kadaluarsa lowongan pekerjaan?

Cukup ketik ECC(spasi) STATUS(spasi) ID_LOWONGAN

Update info lowongan terbaru?

Ketik ECC(spasi) INFO(spasi) LOWONGAN

Anda bisa mengetahui tanggal ditutupnya satu lowongan. Jika lowongan sudah ditutup, kami akan mengirimkan informasi tanggal tes jika ada tes lanjutan.

editorial.

Dapatkan daftar terbaru nama perusahaan dan lowongan yang tersedia.

Kirim ke:

0815-1599-2003 Tarif regular sesuai kebijakan masing-masing provider. Selamat menikmati kemudahan yang ditawarkan oleh ECC UGM.

Pretty Tricky Priority Semakin mahalnya biaya pendidikan menjadi salah satu faktor bagi pelajar masa kini untuk merampungkan kewajiban akademisnya sesegera mungkin. Selain faktor biaya, tingkat kompetisi yang semakin meruncing pun menjadi cambuk tersendiri. Bagaimana caranya agar mampu menjadi pribadi yang unggul? Jika beberapa tahun yang lalu, gelar sarjana strata 1 sudah merupakan sebuah prestasi maka belakangan ini tak lagi cukup. Kebutuhan atas sumber daya manusia yang berkualitas menuntut generasi sekarang untuk memiliki kemampuan akademis yang lebih mumpuni. Maka, gelar master pun kemudian menjadi incaran. Namun, tak semua lulusan S1 memiliki biaya lebih untuk melanjutkan ke jenjang S2. Lagi-lagi, terbentur masalah tingginya biaya untuk melanjutkan studi. Lalu bagaimana solusinya? Beberapa memilih untuk menjalani keduaduanya, bekerja sekaligus meneruskan studi. Beberapa yang lain memilih meneruskan studi dengan mencari beasiswa strata 2.

Pembina Dekan FT UGM Ir. Tumiran, M.Eng., Ph.D.

Wakil Dekan Bidang Akademik Prof. Ir. Bambang Hari Wibisono, MUP, M.Sc, Ph.D.

Edisi ini, Career News akan mencoba memberikan gambaran untuk membantu lulusan muda strata 1 agar dapat menentukan skala prioritas. Simak liputan utama di rubrik What’s Up mengenai dilema Sarjana : melanjutkan studi atau berkarir. Kemudian opini dari tiga orang narasumber yang memilih menjalani lakon ganda, kuliah sembari bekerja. Siapa tahu saja bisa menjadi inspirasi bagi para pembaca khususnya dalam hal manajemen waktu. Sementara itu, bagi lulusan muda yang tertarik untuk mendapatkan beasiswa strata 2 Career News berhasil mendapatkan informasi beberapa lembaga penyedia beasiswa. Syarat dan keterangan lebih lanjut bisa ditengok di rubrik Handout “Berburu Beasiswa S2 dari Luar Negeri�. Last but not least, besar harapan kami artikel yang hadir kali ini dapat membantu pembaca sekalian mengatasi problematika dilema kelulusan.

Salam karir! Salam sukses, lulusan muda!

Wakil Dekan Bidang Administrasi Keuangan dan SDM Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng.

Penanggung Jawab Wakil Direktur ECC Deka Isnadi

Sekretaris Bima Ardhitya

Graphic Designer Bentarestu Sadani Ahmad Muludi

Iklan dan Distribusi Inaulia Sekar Rarastiti

Direktur ECC Nurhadi

Fotografer Maufiroh Isnainto

Pemimpin Redaksi Destila Vitisfera Putri

Kirim pendapat anda untuk kritik, saran, atau pertanyaan seputar ketentuan pemasangan iklan ke redaksicn@ecc.ft.ugm.ac.id, 0274-552665 (jam kerja Senin-Jumat 08.00-16.00 WIB) atau ke 0812 2708 1000 (hotline-Dee).

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Penelitian, dan Kerjasama Prof. Ir. Jamasri, Ph.D. Staf Redaksi Aryasatyani Dhyani Anissa Rahma N Widarti


do you know. Love in office

What’s Up Dilema Sarjana Bekerja Atau Kuliah S2

06. What’s up Kuliah dan Bekerja, Kenapa Tidak?

05. Do you know 20. Handout

16.

Cheerful Strawberry

18.

Impression Don’t Worry You Can Do It!

Impression Strategi Berburu Pekerjaan

Cover Story

diterbitkan oleh alamat ECC UGM Plaza KPTU Fakultas Teknik UGM, Jl. Grafika no 2 Yogyakarta Telp. (0274) 655 7500/Fax 552665 Email. redaksicn@ecc.ft.ugm.ac.id. Website. www.ecc.ugm.ac.id/careernews

Model: Inaulia Sekar Rarastiti Lokasi: Kampus Fisipol UGM, Jl. Yustisia Bulaksumur, Yogyakarta.

Apa buah atau jus yang biasa Anda pesan? Jika mangga atau jambu, suatu kali cobalah makan buah strawberry. Banyak anggapan yang mengungkapkan strawberry dapat mengalihkan mood seketika. hal itu dipercaya karena kandungan folat di dalamnya. Rasa asam, manis dan segar dari strawberry akan membentuk hal yang menyenangkan dalam diri Anda. Rasa bahagia akan segera menyergap Anda dan membentuk keceriaan. (Wid)

Cinta memang bisa jatuh pada siapa saja dan di mana saja, tak terkecuali di kantor. Hanya saja, menurut Michelle Marrinan, seorang konsultan karier di New York, tidak mudah membina hubungan cinta dengan rekan sekantor. “Salah satu masalahnya adalah memelihara profesionalitas dan perasaan pada saat yang bersamaan,” ujarnya. Sebuah survei tentang dating at work di Amerika Serikat terhadap sekitar 5.000 karyawan dari berbagai perusahaan beberapa waktu yang lalu menunjukkan, 68% responden menganggap bahwa dalam sebuah perusahaan memang tak seharusnya ada hubungan cinta. Sebanyak 66% responden memang sadar bahwa hubungan baik memang diperlukan untuk kemajuan perusahaan dan interaksi dengan para klien, tapi bukan hubungan cinta. (perempuan.com). -Ay

Precious Smile Tahukah kamu, bahwa ternyata orang dewasa kehilangan 385 tawa seiring bertambahnya usia. Diungkapkan oleh Joan Coggin, M.D., seorang kardiolog di University School of Medicine, Loma Linda, Amerika Serikat, anak-anak tertawa hingga 400 kali dalam sehari sementara orang dewasa rata-rata hanya tertawa sebanyak 15 kali sehari. “Padahal berbukti, tertawa bermanfaat bagi kesehatan,” kata Coggin. Merujuk hasil riset yang pernah dilakukannya, doktor bidang medis itu menjelaskan jika tertawa memberikan relaksasi dan mengurangi stres. Demikian seperti dikutip dari situs web id.shvoong.com. Jadi, mulai sekarang tak ada salahnya meningkatkan tawa setiap harinya untuk memberikan relaksasi alami.

Pacific Building Jl. Laksda Adisucipto no 157, Yogyakarta. 05. CAREERNEWS


what’s up.

Dilema Sarjana

Bekerja atau Kuliah S2? Anda boleh sedikit berbangga ketika lulus dan menyandang gelar sarjana. Eits, tapi tunggu dulu, banyak pilihan yang siap menghadang Anda setelah fase kelulusan itu Anda lalui, misalnya piliihan untuk bekerja atau melanjutkan kuliah ke jenjang S2. Dilema untuk memilih bekerja atau melanjutkan kuliah S2 ini yang kerap kali dialami banyak sarjana. Para sarjana lulusan S1 ini sering dilanda kebingungan dalam menentukan nasib mereka selanjutnya. Pilihan untuk bekerja atau melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 samasama menggiurkan. Dan masing-masing ada untung ruginya. Lalu mana yang lebih penting? Bekerja atau kuliah lagi? Pilihan ini bisa ditentukan sesuai dengan prioritas yang akan Anda kedepankan saat ini.

06. CAREERNEWS

07. CAREERNEWS


1

2

Petakan keinginan dan tujuan dengan jelas

Ada beberapa hal yang bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk mengambil pilihan tepat yang akan ditempuh. Pertimbangan pertama biasanya dipikirkan berdasarakan tujuan yang ingin dicapai. Jangan sampai salah pilih, karena jika Anda salah melangkah maka Anda bisa sangat menyesal dan Anda tidak dapat menjalani pilihan tersebut dengan maksimal. Jadi petakan tujuan Anda dengan jelas sesuai dengan prioritas yang ingin Anda raih. Jika Anda memilih untuk bekerja terlebih dahulu, beberapa faktor dibawah ini mungkin bisa menjadi pertimbangan bagi Anda.

Ingin segera membangun karir

networking. Bekerja juga melatih Anda agar lebih taktis dalam mengambil keputusan, dan pengalaman ini akan sangat membekali proses belajar mengajar di jenjang S2, mengingat pendidikan S2 cenderung merangsang mahasiswanya untuk menjadi spsesialis yang menguasai aplikasi dan praktek kerja sesuai bidang yang ditekuni. Modal berharga ini tentu tidak bisa Anda peroleh bila Anda belum berpengalaman kerja. Selain itu, dengan bekerja terlebih dahulu, Anda akan mengetahui spesialisasi apa yang dibutuhkan di instansi, terlebih lagi jika Anda berniat untuk serius membangun karir di bidang tertentu.

3

Pilihan bekerja terlebih dahulu bisa diambil jika seseorang ingin segera membangun karir. Anda bisa memutuskan untuk fokus pada pekerjaan dan mengoptimalkan performa kerja karena banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan fokus untuk bekerja terlebih dahulu. Misalnya dengan bekerja selama 2-3 tahun Anda sudah mampu menggali pengalaman kerja yang sangat berharga. Dengan bekerja, pemahaman akan dunia kerja bertambah, ketrampilan kerja meningkat, serta Anda juga mendapatkan bekal

4

08. CAREERNEWS

Memilih Jenjang Akademis

Tuntutan keluarga

Alasan lain yang paling sering dilontarkan para sarjana mengapa lebih memprioritaskan untuk bekerja terlebih dahulu adalah karena tuntutan keluarga. Banyak orang tua yang menginginkan anaknya mendapatkan pekerjaan yang mapan setelah lulus kuliah dengan harapan agar mampu memberi kontribusi secara materi kepada keluarga. Hal inilah yang dialami oleh Nurlaela Setyawati, SIP. Sarjana lulusan S1 Ilmu Komunikasi UGM yang saat ini bekerja sebagai staff di Departemen Promosi dan Pengembangan Program PT. Taman Impian Jaya Ancol ini mengaku harus memutuskan untuk segera mencari pekerjaan setelah lulus kuliah, padahal saat itu tawaran beasiswa S2 di Belanda sudah di tangan. “Saya memutuskan untuk bekerja karena demi menopang keuangan keluarga yang pas-pasan, apalagi saya anak tertua sehingga orang tua menaruh harapan lebih pada saya�, tuturnya. Memang, tuntutan keluarga terkadang menjadi alasan yang paling sulit untuk dihindari. Lain pula yang diungkapkan oleh Aci Primasari yang saat itu ditemui di stand Office of International Affair Fakultas Teknik UGM saat Career Days VIII berlangsung. Aci memprioritaskan untuk bekerja dibandingkan melanjutkan jenjang S2 karena selain ingin mengembangkan ilmu dan ketrampilan melalui dunia kerja juga karena keinginan untuk segera menikah. “Setelah lulus kuliah, saya dan pasangan merencanakan untuk segera menikah, orang tua juga menuntut kami untuk segera menikah, sehingga kami bekerja dan bisa menabung untuk bekal financial ketika kami menikah nanti�, ungkap Aci.

Jenuh kuliah

Empat tahun yang Anda jalani untuk menempuh jenjang S1 ternyata cukup membuat Anda jenuh. Anda harus berkutat dengan tugas kuliah dan buku-buku referensi setiap hari. Jika ini yang Anda rasakan, maka beristirahat sejenak dari rutinitas kuliah menjadi pilihan tepat. Dengan memutuskan untuk bekerja, Anda bisa menemukan ritme kehidupan yang jauh berbeda dengan ketika kuliah. Meski bekerja juga tidak bisa menghindarkan Anda dari tugas-tugas, namun dunia kerja yang konon lebih menantang juga bisa membuat hidup Anda semakin berwarna.

Lain halnya jika Anda memprioritaskan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan S2. Berikut ini beberapa pertimbangan yang seringkali menjadi alasan para sarjana mengapa memutuskan untuk kuliah lagi setelah lulus S1.

1

2

Ingin jadi akademisi

timbangkan kembali berapa banyak uang yang harus Anda persiapkan. Terlebih lagi jika beasiswa tersebut ditawarkan untuk sekolah di luar negeri, tentu biaya hidup yang akan dikeluarkan jauh lebih mahal dibandingkan di Indonesia. Pertimbangkan pula konsentrasi studi yang ditawarkan oleh beasiswa tersebut, apakah sesuai dengan minat, karakteristik, dan bakat Anda. Sebaiknya Anda memilih jurusan yang benarbenar sesuai dengan minat, agar mendekati life goal Anda. Nah, jika ada tawaran beasiswa yang menjamin pendidikan Anda secara gratis, dan pilihan jurusan pun sesuai dengan minat Anda, kenapa tidak? Manfaatkan kesempatan emas ini dengan sebaik-baiknya.

Bertanyalah kembali pada diri Anda sendiri, apa tujuan Anda mengambil jenjang S2, terutama kaitannya dengan profesi yang ingin Anda geluti. Tidak semua profesi mengharuskan pendidikan S2 sebagai syarat utama.Namun jika Anda berniat untuk menjadi akademisi, maka Anda perlu menempuh jenjang ini. Pasalnya, untuk menjadi dosen atau peneliti, pendidikan S2 menjadi syarat utama yang menjadi pintu masuk Anda untuk menggeluti bidang tersebut. Selain itu, S2 memberikan Anda kesempatan untuk mempelajari ilmu yang lebih banyak dan mendalam, sehingga secara akademis kemampuan Anda meningkat.

Ada kesempatan beasiswa

Banyaknya tawaran beasiswa untuk melanjutkan ke jenjang S2 memang kerapkali menjadi faktor menggiurkan yang sulit ditolak. Bagaimana tidak, beasiswa memberi kesempatan bagi Anda untuk dapat bersekolah secara gratis. Apalagi, menurut Anisa Gita Srikandi, salah satu penerima beasiswa Erasmus Mundus, saat ini banyak sekali tawaran full scholarship untuk S2, terutama ke Jepang dan Belanda. Menurut wanita yang sekarang menjadi Dosen di Jurusan Ilmu Hubungan Internasional UGM ini, banyak Negara-negara maju yang menawarkan beasiswa penuh dengan sasaran negara-negara berkembang seperti Indonesia, sehingga peluang bagi mahasiswa Indonesia untuk bersekolah di luar negeri sangatlah besar. Namun pertimbangkan dengan matang beasiswa yang akan Anda pilih. Tidak semua beasiswa bersifat full scholarship, sehingga hanya bersedia menanggung sebagian dari biaya studi Anda. Jadi per-

3

Ingin ambil spesialisasi bidang tertentu

S2 juga bisa menjadi jalan untuk mempelajari bidang tertentu secara lebih spesifik. Jika Anda ingin menjadi ahli di bidang tertentu maka studi S2 bisa menjadi pilihannya. Misalnya, jika Anda ingin menekuni profesi tertentu yang spesifik dan mensyaratkan pendidikan profesi. Seperti yang dialami Ayu Rizqia, tim psikolog di ECC UGM sekaligus announcer di sebuah radio swasta ini memilih untuk melanjutkan pendidikannya di Magister Profesi Psikologi UGM karena berniat ingin mengambil profesi sebagai psikolog. Selain itu, bagi Anda yang sudah bekerja Anda, maka pilihan ini juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan organisasi saat itu. Apalagi dengan basic pendidikan yang lebih tinggi Anda tidak hanya memiliki modal wawasan keilmuan yang lebih luas, tapi Anda juga akan memiliki bargaining position yang lebih pula untuk posisi tersebut.

09. CAREERNEWS


What’s up.

4

Sekolah = investasi jangka panjang

Pilihan untuk sekolah lagi atau berkarir perlu dipikirkan dengan matang, karena masing-masing ada untung ruginya. Jika berkarir akan memberikan Anda modal pengalaman kerja, ketrampilan praktis, serta bekal networking, maka lain halnya dengan pilihan untuk sekolah lagi. Mengenai pilihan untuk sekolah lagi, Anisa Gita menyebutnya sebagai investasi jangka panjang. “Sekolah itu merupakan investasi jangka panjang, karena manfaatnya baru akan dirasakan kelak ketika Anda bekerja. Ilmu yang Anda dapat tidak akan sia-sia, dengan catatan ilmu tersebut sesuai dengan minat dan bidang yang Anda geluti ’’, paparnya. Lebih lanjut Anisa Gita mengungkakan bahwa pilihan sekolah S2 juga akan meningkatkan bargaining position seseorang. Daya tawar yang tinggi ini juga akan mempengaruhi besarnya gaji yang akan Anda terima. Pasalnya, standar gaji yang diterima karyawan dengan background pendidikan S2 akan lebih tinggi dibandingkan level pendidikan di bawahnya. Dari sisi masyarakat, pendidikan S2 juga akan meningkatkan status sosial Anda. Anda yang berpendidikan tinggi biasanya akan lebih dihargai di mata masyarakat. Namun, ada resiko yang harus Anda tanggung pula jika Anda memutuskan untuk menunda pekerjaan dan merelakan 2-3 tahun Anda untuk bersekolah. Uncertainty tentu menjadi besar ketika Anda belum mendapatkan pekerjaan. Inilah yang biasanya kerap ditakutkan banyak orang jika bersekolah dahulu.

Indra Priyahutama, Employee Selection Officer HCD Departement PT PAMAPERSADA NUSANTARA, di dunia kerja S2 tidak menjadi sebuah kebutuhan yang mendesak untuk saat ini. Karena perusahaan, terutama yang bergerak di industri pertambangan seperti PT. PAMA ini, lebih membutuhkan calon karyawan yang siap bekerja, bukan melihat berdasarkan tingkat pendidikannya. Terlebih lagi Indra mengungkapkan bahwa dalam pengembangan karir saat ini perusahaan melihat karyawan dari performance-nya bukan dari basic pendidikannya. Hal serupa juga diungkapkan oleh Danisworo, Pejabat Sementara Reqruitment and Assessment BNI 46. Beliau menegaskan bahwa saat ini modal pendidikan S2 tidak terlalu penting untuk terjun ke dunia kerja. Menurutnya, pendidikan S2 belum tentu menjamin kompetensi sesorang dibandingkan yang berlatar pendidikan S1 atau D3. Bekal S2 tidak menjamin seseorang untuk lolos serangkaian test seleksi perusahaan, karena seleksi yang diterapkan di perusahaan ini adalah competence based test, bukan berdasarkan pendidikan formal.

Nah, dengan melihat beberapa faktor dan pendapat para pakar di atas, Anda mulai bisa menimbang-nimbang pilihan mana yang paling tepat untuk Anda ambil. Jika keduanya penting dan memberi manfaat bagi Anda, tidak perlu bingung. Anda bisa mengambil jalan tengah dengan cara bekerja sambil kuliah.

Kuliah & Bekerja, Kenapa Tidak? Dilema meneruskan studi atau bekerja kerap kali menghinggapi lulusan strata 1. Ketatnya kompetisi di dunia profesional menuntut lulusan muda untuk terus meningkatkan kualitas personal. Beberapa rekan CN berikut merupakan pribadi yang tangguh untuk memutuskan menjalani keduanya secara beriringan, bekerja dan melanjutkan kuliah.

Jika Anisa memandang sekolah sebagai investasi, maka lain halnya jika dilihat dari sudut pandang perusahaan. Banyak praktisi dari perusahaan-perusahan ternama memandang bahwa sekolah S2 bukanlah syarat dan kebutuhan mendesak untuk terjun ke dunia kerja. Menurut 10. CAREERNEWS

11. CAREERNEWS


Seakan sudah menjadi hobi bagi penyandang dua gelar kesarjanaan, gelar profesi, dan kandidat Master ini untuk terus menempuh jenjang pendidikan formal. Yang istimewa status ganda sebagai mahasiswa dan karyawan selalu dijalaninya sejak awal masa studi, dengan alasan ‘menghemat usia’ dalam mencari pengalaman kerja sekaligus ilmu akademis. Kepada Career News wanita yang pernah menjadi duta muda Indonesia untuk Indonesia Malaysia Youth Exchange Program ini membagi kisahnya. Apa motivasi yang mendorong Anda untuk terus menjalani jenjang pendidikan akademis? Saya memang hobi belajar, bagi saya itu menyenangkan, menempuh 2 (dua) jenjang S1, jenjang profesi, dan kini studi S2 yang sudah memasuki tahapan tesis adalah sebuah tantangan yang harus saya taklukan. Pendidikan itu menantang karena selalu ada sesuatu yang baru dan tentunya ada target yang harus kita capai. Lantas apa alasan Anda selalu “nyambi” kerja selama menjalani studi? Alasan yang pertama memang untuk menambah uang saku, selanjutnya adalah untuk ‘menghemat usia’ mencari pengalaman kerja sekaligus ilmu akademis dalam waktu tempuh yang singkat. Alasan lain lebih ke personalitas saya yang suka kesibukan dan enjoy aja ketika ditekan dengan aneka jadwal yang padat. Saya juga selalu mencoba berbagai jenis pekerjaan yang berbeda – beda

12. CAREERNEWS

Ilsa Haruti Suryandari seperti asisten auditor, staf pajak, dan sekarang mengajar bahasa demi mendapatkan sensasi pengalaman kerja yang berbeda, dan tentu bisa menjadi modal ketika saya ingin bekerja sesuai dengan pilihan hati saya. Apa sajakah tantangan yang Anda hadapi selama menjalani status ganda sebagai mahasiswa dan karyawan? Tantangan nomor satu adalah masalah pembagian waktu untuk kuliah dan bekerja, kadang juga susah untuk bisa berkonsentrasi dan fokus penuh ketika sedang mengerjakan suatu hal baik itu ketika kuliah atau berkaitan dengan masalah pekerjaan, belum lagi lelah capek fisik dan mental serta merasa jenuh, masalah lain ya jadi sedikit menghabiskan waktu bersama keluarga terutama pasangan karena sekarang saya sudah menikah. Apakah pengalaman yang paling berkesan bagi Anda selama menjalani kuliah sambil kerja? “Ya ketika ujian akhir kuliah bertabrakan dengan deadline kantor yang biasanya terjadi pada akhir tahun, pernah juga mengalami dilema saat harus masuk kuliah sedangkan klien minta untuk meeting pada saat itu juga, akhirnya saya memutuskan untuk bolos kuliah demi profesionalitas kepada klien, yah harus melihat situasi dan kondisi untuk bisa menentukan prioritas.

Bagaimana tips dan trik Anda mengatasi aneka tantangan yang timbul karena kuliah sambil kerja? Yang jelas berani kuliah sambil kerja maka harus memiliki ‘good time management’, pandai-pandai memanfaatkan waktu sebaik mungkin, lalu untuk menjaga kesehatan fisik maka harus beristirahat yang cukup dan berkualitas, lebih lanjut dukungan moral dan pengertian dari orang-orang terdekat baik keluarga, pasangan, rekan kerja, dan temanteman sangatlah dibutuhkan, dan yang paling penting adalah ‘be happy’ dalam menjalani semuanya dengan senang hati. Bagaimana peran orang-orang terdekat Anda dalam mendukung Anda menjalani status ganda ini? Untungnya saya memiliki keluarga dan pasangan yang sangat menyupport saya dalam menjalani kuliah sambil kerja, contoh konkritnya adalah dengan adanya pembagian tugas rumah tangga yang fleksibel di rumah, keluarga yang menghargai privacy time saya ketika belajar, dan mereka juga memiliki pengertian besar ketika kondisi fisik saya sedang capek Apakah kegiatan Anda dalam mengisi sedikit waktu luang yang tersisa? Pastinya tidur untuk memulihkan energi, tapi saya juga masih suka membaca komik, berolahraga terutama main badminton, dan juga berkesenian menari dan memainkan gamelan Jawa, saya masih sempat ikut berkegiatan di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Jawa Gaya Yogyakarta di kampus lho.

Apakah rencana Anda kedepannya setelah lulus dari jenjang S2 (Master) ini ? “Saya masih ingin mengambil kuliah S2 lagi dengan jurusan yang berbeda dari sekarang, dan tetap bekerja juga pastinya”. Apa pesan Anda bagi rekan-rekan yang masih dalam kebimbangan memilih antara melanjutkan kuliah lagi atau bekerja? Khususnya bagi fresh graduate S1 bisa juga memilih bekerja dahulu sebelum meneruskan pendidikan S2 , tujuannya agar kita tahu apa yang kita inginkan ketika lanjut kuliah S2. Nah ketika kita memang menginginkan kuliah S2 diusahakan kita tidak perlu resign dari tempat kerja namun bisa tetap kuliah. Sembari kuliah S2 ambilah pekerjaan sambilan (part time) yang tidak terlalu banyak menyita waktu, kalau memang kita mampu menjalani keduanya. Tapi juga jangan asal mencari pekerjaan sambilan, carilah jenis pekerjaan yang dapat mendukung impian karirmu di masa depan. Jika memilih menjalani kuliah sekaligus bekerja, ingatlah bahwa kuliah harus tetap jadi prioritas! Apapun yang terjadi kuliah harus tetap diselesaikan walaupun agak lama. Karena dalam bekerja itu tidak ada batas waktunya, sedangkan masa kuliah itu terbatas. Jangan pula dibutakan oleh uang yang bisa dihasilkan selama bekerja lantas mengabaikan kuliah, bagaimanapun juga kalau sudah lulus kuliah akan memperluas peluang karir kita nantinya (CN/Ay-Rhm).

13. CAREERNEWS


Untari Sari Gading

S2 Psikologi UGM, HR Service Manager ECC UGM

Ike Irawati S2 Linguistik UGM

Pengajar di LBPP LIA dan PPB UGM

Setelah lulus kuliah S1 lebih memprioritaskan untuk kuliah atau bekerja? Sejak masih kuliah S1 saya memang sudah merencanakan untuk melanjutkan ke jenjang S2, jadi begitu lulus saya tidak berpikir panjang untuk mengambil S2 Linguistik di UGM. Apalagi saya memang ingin memperdalam ilmu di bidang sastra karena saat S1 saya mengambil jurusan Sastra Inggris. Lalu kenapa memutuskan untuk menjalani kuliah sambil bekerja juga? Sebenarnya saya tidak prioritaskan untuk bekerja dulu, tetapi karena saya tertarik untuk menjadi pengajar dan saat itu ada kesempatan jadi saya coba untuk menjalani keduanya. Apalagi pekerjaan ini tidak full time jadi saya rasa tidak akan mengganggu aktivitas kuliah. Seberapa penting kebutuhan untuk melanjutkan ke jenjang S2 menurut Anda? Menurut saya sangat penting karena melihat kebutuhan di dunia kerja saat ini dengan persaingan yang semakin ketat. Pendidikan yang tinggi tentu akan membekali kita dengan kemampuan yang lebih, terutama kemampuan akademis. Dengan menjalani kuliah sambil bekerja, apakah tantangannya? Yang jelas yang paling berat dan nggak enak adalah masalah waktu. Apalagi pekerjaan saya kebanyakan dilakukan dari sore sampai malam, dan setelah pulang kerja masih harus belajar untuk kuliah esok hari, apalagi sering ada kuis dan banyak paper. 14. CAREERNEWS

Bagaimana Anda menghadapi tantangan ini agar keduanya dapat berjalan beriringan? Kalau untuk mengatasinya, yang jelas harus pintar bagi waktu. Biasanya saya mengerjakan tugas di saat weekend atau membaca bahan kuliah di saat-saat waktu luang. Pokoknya harus pintar mencuri-curi waktu. Awalnya saya mengira pasti banyak teman kuliah yang sambil bekerja juga, jadi pasti tidak akan seberat yang saya bayangkan sebelumnya. Tapi setelah menjalani ternyata memang berat. Tapi karena saya sudah niat dari awal, maka saya tetap bisa menjalaninya dan akhirnya menjadi pekerjaan yang ringan. Apakah waktu pribadi Anda terganggu dengan menjalani dua kesibukan ini? Asal bisa jeli mengatur waktu sebenarnya tidak akan ada yang terganggu. Tapi yang pasti waktu istirahat menjadi berkurang dari biasanya. Dulu ketika weekend saya gunakan untuk istirahat. Namun sekarang saya harus menghabiskan weekend untuk menyelesaikan tugas kuliah, belajar atau mengerjakan pekerjaan kantor. Saya menyiasatinya dengan memanfaatkan satu hari full di hari sabtu untuk menyelesaikan semua pekerjaan dan tugas, jadi hari Minggu bisa digunakan untuk istirahat atau berkumpul bersama keluarga atau teman. Apa sebenarnya kunci utama jika harus menjalani kuliah sambil bekerja? Selain harus pintar bagi waktu, yang terpenting ketika harus menjalani dua kesibukan ini secara bersama-sama adalah niat. Menurut saya niat adalah faktor yang sangat besar pengaruhnya. Karena jika diawali dengan niat maka akan ada suatu tujuan yang ingin dicapai dan kita bisa mengusahakannya. Selain itu niat juga harus dibarengi dengan semangat. Baik pekerjaan maupun kuliah keduanya samasama punya tantangan, dan ketika kesulitan yang kita temui di dalam pekerjaan datangnya bersamaan dengan kesulitan di kuliah maka kita membutuhkan semangat tinggi untuk menghadapi keduanya sehingga bisa berjalan beriringan.

Untari Sari Gading, tak hanya memiliki profesi sebagai tim HR dalam rekruitmen perusahaan ia juga tengah sibuk menyelesaikan tesis S2nya di Fakultas Psikologi UGM. Perempuan kelahiran 1983 ini juga memiliki usaha rumahan membuat cokelat yang ia namai “Chocoline Praline”. Meski baginya Chocoline Praline adalah hobi, sarana melepas penat setelah menyibukkan diri dengan berbagai aktivitas pekerjaan formal dan kehidupan akademik. Setelah lulus kuliah S1 lebih memprioritaskan untuk bekerja atau lanjut kuliah S2? Menurut saya dua-duanya penting. Setelah lulus S1 sebenarnya saya langsung bekerja di sebuah perusahan TV swasta. Namun karena bidang pekerjaannya bukan di psikologi dan saya pikir pengalaman sudah cukup, maka saya memutuskan untuk resign. Kemudian saya ambil S2 profesi psikologi untuk memperdalam ilmu, apalagi memang basic saya di psikologi industri selama ini masih kurang. Lalu kenapa memutuskan untuk bekerja kembali? Untuk bidang yang saya geluti, terutama di Human Resources memang membutuhkan jam terbang yang tinggi dalam menangani rekrutmen di perusahaan. Jadi memang harus bekerja dan terjun langsung untuk mengaplikasikan ilmu di perusahaan. Kalau kita menyebutnya “ngasong”. Jadi modal pengetahuan saja memang akan sedikit susah, mau tidak mau harus “ngasong” karena memang disini aplikasinya. Oleh karena itu saat ini saya menjalani kuliah sambil kerja karena memang dari kedua tempat inilah saya belajar teori dan sekaligus mengaplikasikannya di perusahaan.

Apakah pernah mengalami deadline tugas kuliah dan pekerjaan datang bersamaan? Lalu bagaimana mengatasinya? Namanya kuliah sambil bekerja, pasti deadline bersamaan itu sering sekali ditemui, karena memang dua hal tersebut berjalan beriringan. Sebenarnya hal seperti ini sudah sering kita hadapi juga pada masa kuliah S1 dulu, misalnya ada dua atau tiga matakuliah dengan deadline di hari yang sama. Mungkin memang menjadi sedikit lebih sibuk, toh dulu bisa melewatinya jadi sekarang juga pasti bisa. Kalau menurut saya tergantung bagaimana kita menjalaninya. Saya merasa senang dan menikmati semua kesibukan selama ini jadi tidak pernah menganggapnya menjadi masalah. Asal dikerjakan satu persatu pasti akan selesai.

Menurut Anda seberapa pentingkah pendidikan S2 saat ini? Menurut saya penting atau tidaknya lebih tergantung kepada kebutuhan. Untuk profesi tertentu mungkin memang membutuhkan pendidikan S2 sebagai syaratnya. Namun bukan berarti ini sebuah keharusan. S1 juga tidak menjadi masalah jika memang memiliki kemampuan. Yang membedakan menurut saya lebih pada aplikasinya, juga pada perusahaan2 tertentu tingkat pendidikan ini biasanya akan mempengaruhi jenjang karir seseorang.

Bagaimana biasanya Anda membagi waktu antara pekerjaan dan kuliah? Saya biasanya lebih fleksibel, jadi mana yang bisa dikerjakan terlebih dahulu ya itu yang diselesaikan. Apalagi dalam 24 jam kita tidak bekerja full jadi pasti ada waktu yang bisa digunakan untuk mengerjakan hal-hal berkaitan dengan kuliah. Tapi menurut saya, jika pekerjaan kita terikat waktu tidak fair kalau kita mengerjakan tugas kuliah disaat jam kantor, kecuali memang pekerjaan bersifat freelance. Jadi yang terpenting tetap menjalankan tanggung jawab masingmasing jangan sampai saling mengganggu.

Apa tantangan menjalani kuliah sambil bekerja? Apakah Anda merasa berat menjalaninya? Kalau saya pribadi sih merasa tidak ada tantangan yang benar-benar memberatkan. Jadi saya menjalaninya selama ini biasa saja tidak merasa terbebani. Jadwal kuliah S2 tidak terlalu padat, paling hanya akan padat di semester awal saja, jadi tidak ada masalah jika sambil bekerja. Apalagi yang dikerjakan di tugas kuliah akan selalu berhubungan dengan pekerjaan. Jadi keduanya bisa saling membantu sebenarnya.

Apa tips buat teman-teman yang menjalani kuliah sambil bekerja? Yang penting menurut saya adalah jalani dan nikmati saja. Dua-duanya tanggung jawabnya sama. Hanya perlu membagi tenaga dan pikiran saja. Semua ini pasti bisa dinikmati jika kita ihklas dan semangat menjalaninya tanpa merasa kalau waktu bermain berkurang. Karena bekerja dan kuliah sebenarnya juga bermain hanya otaknya saja yang berbeda. (CN/Ay-Rhm). 15. CAREERNEWS


impression.

Don’t Worry You Can Do It! Jika saat ini Anda sudah mendapatkan pekerjaan tetap dan Anda bisa memanajemen waktu dengan baik, terbiasa melakukan multitasking serta merasa adrenalin semakin terangsang ketika mengemban banyak kewajiban sekaligus, maka jangan takut untuk mengambil pilihan bekerja sambil kuliah S2. Pilihan ini bisa Anda ambil mengingat saat ini banyak perusahaan yang mengijinkan karyawannya untuk kuliah S2 sambil bekerja, bahkan beberapa perusahaan memberi kesempatan bagi karyawan yang berprestasi untuk disekolahkan. Karena bagi perusahaan, memberi kesempatan karyawan untuk sekolah S2 merupakan salah satu usaha capacity building. Jika pendidikan Anda itu akan sangat menunjang karir dan memberikan kontribusi bagi perusahaan tempat Anda bekerja, serta Anda tetap mampu menjalankan tugas dari atasan dengan baik, yakinlah perusahaan akan sangat mendukung Anda. Bekerja sambil kuliah tentu bukan perkara mudah, perlu motivasi yang kuat agar keduanya dapat berjalan beriringan. Yang dibutuhkan adalah komitmen tinggi, karena jika Anda tidak bekerja keras dan pintar membagi waktu, bisa-bisa Anda malah keteteran menjalaninya. Harus disadari sejak awal, dengan melanjutkan kuliah sambil bekerja artinya beban fisik dan psikis akan berlipat ganda. Pekerjaan kantor dan tugas kuliah bisa datang dalam waktu bersamaan. Jika ini yang terjadi, jangan putus asa dan menyerah di tengah jalan. Simak beberapa trik dan strategi berikut ini jika Anda ingin kerja sukses dan kuliah beres.

Jeli mengatur waktu

Menurut Sabrina Santyha Hemas, Mahasiswa Sekolah Pascasarjana Konsentrasi Studi Hubungan Internasional FISIPOL UGM, tantangan terberat yang dihadapi ketika 16. CAREERNEWS

bekerja sambil kuliah adalah membagi waktu. Wanita yang saat ini merangkap sebagai salah satu staff pengajar di sebuah lembaga pendidikan Bahasa Inggris ini menuturkan pengalamannya, bahwa kuliah S2 yang tugasnya banyak membuatnya harus pandai membagi waktu antara pekerjaan, kuliah dan juga waktu pribadi. Julie-Ann Moss, penulis buku Making The Most of Your Time berpendapat bahwa Anda tidak membutuhkan waktu yang lebih banyak, melainkan harus memaksimalkannya . Salah satu caranya dengan first thing first, berpikirlah strategis dengan memperhatikan prioritas. Jangan Anda kerjakan semuanya dalam waktu bersamaan. Cobalah untuk membuat daftar prioritas, mana yang lebih penting dan mana yang lebih mendesak untuk dikerjakan. Selain itu, cobalah pecah-pecah pekerjaan besar menjadi bagian-bagian kecil. Misalnya untuk tugas membuat makalah Anda bisa membagi menjadi mencari buku di perpustakaan, mencari bahan di internet, dan seterusnya, sehingga manajemen waktu Anda akan semakin jelas. Pintar-pintarlah mencuri-curi waktu di tengah kesibukan. Bila Anda bisa membaca buku sewaktu perjalanan menuju kantor atau mengerjakan latihan di saat jam makan siang, lakukanlah. Atau Anda bisa belajar disaat teman-teman Anda bermain. Pada prinsipnya gunakan waktu seefektif mungkin.

Selalu informasikan kondisi Anda pada atasan

cara jujur kepada atasan bahwa Anda tengah menjalani kuliah S2 dan memohon pengertiannya, dengan catatan Anda tetap berprestasi bagus di tempat kerja. Dengan begitu, atasan bisa memberi alternative saat Anda memerlukan izin kuliah yang bertepatan dengan jadwal kegiatan kantor.

Kerjakan tugas saat weekend

Mengerjakan tugas kuliah setiap malam setelah pulang dari kantor akan sangat menguras energy Anda. Jika Anda memaksakan diri untuk mengerjakan tugas kuliah disaat kondisi badan dan pikiran capek, bisa-bisa hasilnya tidak maksimal. Anda bisa memanfaatkan waktu akhir pekan Anda untuk mengerjakan tugas yang menumpuk. Dengan begitu, Anda masih bisa menyimpan energi setiap hari dan tetap punya waktu istirahat yang cukup agar terhindar dari stress.

Pilih Alternatif Kuliah yang tidak mengganggu kerja

Sebelum memutuskan untuk melanjutkan kuliah S2, jelilah dalam memilih tempat kuliah/kampus yang tepat, memiliki akreditasi baik, berjarak cukup dekat dengan kantor dan rumah. Anda juga bisa memilih alternative waktu kuliah yang tidak terlalu mengganggu jadwal kerja, misalnya kuliah di saat weekend. Memilih untuk kuliah di Universitas Terbuka pun bisa Anda pertimbangkan.

Pilih Profesi dengan Jam Kerja Tak Terlalu Mengikat

Tidak sedikit pula perusahaan yang keberatan jika karyawannya bekerja sambil kuliah. Alasannya, karyawan yang kuliah biasanya akan banyak untuk meminta ijin untuk urusan kuliah, ujian, dan sebagainya. Jika Anda tidak mau terjebak dalam situasi seperti ini, Anda bisa memilih pekerjaan yang jam kerjanya tidak terlalu mengikat. Misalnya pekerjaan seperti dosen, penulis lepas, penerjemah, desainer, penyiar radio, fotografer, atau guru les privat. Strategi tadi bisa Anda terapkan sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi jika harus bekerja sambil kuliah S2. Dengan menjalani kedua pilihan ini secara maksimal maka tidak hanya pengalaman kerja yang Anda dapat, tetapi juga wawasan akademis akan meningkat. Jadi jangan takut untuk menjalani kerja sambil kuliah, Anda pasti bisa! (Rhm) sumber foto: istimewa

Cobalah untuk selalu menginformasikan mengenai kondisi Anda kepada atasan di kantor. Anda bisa memberi tahu se17. CAREERNEWS


impression.

Strategi Berburu Pekerjaan Pernahkah Anda melakukan sistem random dalam mencari pekerjaan? Mengirimkan aplikasi ke banyak perusahaan tanpa melakukan pertimbangan yang mendalam. Alasan coba-coba ini yang seringkali justru menjadikan job seeker mungkin saja kehilangan peluang emas untuk masuk ke perusahaan impian. Psikolog Ratna Sosetya, memberikan beberapa strategi berburu pekerjaan yang perlu diperhatikan oleh para pencari kerja :

18. CAREERNEWS

Percaya diri Percaya diri memegang peranan penting dalam kesuksesan seseorang. Bermodalkan rasa percaya diri yang tinggi Anda akan mengeluarkan potensi terbaik agar bisa meyakinkan perusahaan untuk merekrut Anda sebagai karyawan. Umumnya, orang dengan kepercayaan diri rendah cenderung menutup diri terhadap lingkungan sekitar termasuk dari sebuah kesempatan. Tapi, jangan pula terlalu percaya diri. Over confidence justru menjebak Anda meninggalkan kesan berlebihan.

Siap segala sektor Jobseeker wajib mempersiapkan diri untuk bekerja di segala sektor. Mungkin saja, kesempatan bekerja yang datang tak terkait dengan bidang ilmu yang dimilikinya. Maka, jobseeker sebaiknya siap menghadapi pekerjaan apapun berbekal kemauan untuk terus belajar. Akan jauh lebih baik jika sebelum melamar pekerjaan di sebuah perusahaan, pencari kerja sudah lebih dulu memiliki gambaran mengenai perusahaan, bidang kerja, dan gambaran posisi yang dilamar. Ini akan memberikan nilai plus sebagai calon karyawan baru.

Siap mutasi atau berpindah tempat kerja Jika Anda mendaftar untuk posisi Management trainee bersiaplah dengan kemungkinan tingginya tingkat mutasi. Beberapa posisi di perusahaan menerapkan sistem rotasi bagi

karyawannya. Baik itu rotasi dari divisi yang berbeda atau daerah kerja. Pada beberapa perusahaan rotasi dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja sekaligus promosi bagi karir karyawannya. Bersiaplah dengan berbagai kemungkinan tersebut.

Mengukur kemampuan Ukur kemampuan diri sendiri. Setiap posisi pekerjaan membutuhkan kemampuan personal yang berbeda. Misalnya saja antara customer service dengan staff administrasi, kemampuan komunikasi jelas lebih dibutuhkan bagi customer service. Nilai kelebihan dan kekurangan diri sendiri sebelum memutuskan untuk melamar sebuah posisi pekerjaan. Jangan sampai Anda merasa tidak nyaman saat sudah berada di tengah jalan. Kenyamanan Anda dalam bekerja akan berpengaruh erat terhadap kinerja.

Selektif memilih lowongan yang ada Sekali lagi, menggunakan alasan coba-coba bukanlah strategi yang jitu. Itu justru menunjukkan bahwa Anda berputus asa atas diri sendiri. Ketakutan tidak mendapatkan pekerjaan malah akan membuat Anda panik dan bersikap sembarangan. Tentukan prioritas dan selektiflah memilih lowongan pekerjaan. Hal yang terpenting ialah mengetahui kemampuan yang Anda miliki. Apakah Anda sudah memenuhi kualifikasi lowongan yang ada? Penting juga dipikirkan apakah Anda benar-benar tertarik pada posisi tersebut atau tidak?

Pastikan kelengkapan berkas lamaran “Banyak dari pelamar yang tak lolos seleksi administrasi di perusahaan kami hanya karena kurang pas foto dan fotokopi KTP saja, sayang sekali sebenarnya,� ungkap Sentot Iman Setiaji, Recruitment Officer Bumitama Gunajaya Agro. Maka, para pelamar diharapkan lebih teliti sebelum memasukkan lamaran ke perusahaan. Pastikan seluruh syarat administrasi lengkap dan sudah ada dalam satu bendel lamaran.

Tidak menuntut gaji terlalu tinggi Lulusan muda sebaiknya tidak menuntut gaji yang terlalu tinggi di awal karirnya. Bukan tanpa alasan, seorang pegawai akan diapresiasi dengan gaji yang tinggi setelah menunjukkan sejumlah prestasi. Ekspektasi yang berbeda akan terlihat dari pelamar fresh graduate, pelamar berpengalaman 5 tahun dan pelamar 10 tahun. Ada baiknya jika Anda melakukan survey kecil-kecilan untuk mengetahui standar gaji bagi lulusan muda. Patut diingat juga bahwa setiap perusahaan memiliki standar yang berbeda.

Memiliki nilai plus Seorang pelamar akan dipilih karena beberapa nilai plus yang akan terlihat saat tahapan seleksi dilaksanakan. Ratna menambahkan nilai plus yang harus dimiliki pelamar diantaranya : penampilan, kepribadian, pengalaman organisasi dan dunia kerja, sertifikat dan piagam, serta jenjang pendidikan. (Wiwid)

19. CAREERNEWS


Handout

Pengajuan permohonan

Permohonan pengajuan beasiswa magister atau tunjangan akademisi ditujukan secara langsung ke Konsorsium Magister Erasmus Mundus, surat permohonan tidak dapat diajukan ke Komisi Eropa. Saat ini, terdapat 116 beasiswa magister yang dapat diketahui melalui Google dengan mengetik : “Erasmus Mundus List� atau cek di situs : http://eacea.ec.europa. eu/erasmus_mundus/ .

Berburu Beasiswa S2 dari Luar Negeri

Tak sedikit lulusan S1 yang bersaing untuk mendaftarkan dirinya pada beberapa beasiswa dari luar negeri. Peluang untuk meraih beasiswa dari luar negeri semakin terbuka karena banyaknya program kerkasama dengan luar negeri dan kemajuan pendidikan di Indonesia. Berikut tiga beasiswa yang menawarkan beragam bidang studi dan fasilitas yang menarik. Tiga beasiswa itu mencakup : beasiswa Erasmus Mundus (dari Konsorsium Magister Erasmus Mundus), beasiswa Australian Development Scholarship (ADS) dan beasiswa dari Pemerintah Perancis.

Iinformasi mengenai program, persyaratan lengkap, proses pengajuan permohonan, formulir-formulir dan tenggat waktu bisa diketahui dari situs tersebut. Perlu diketahui, setiap tahunnya Erasmus Mundus kerap menawarkan program Magister baru sebagai tambahan.

Persyaratan umum untuk mendaftar beasiswa ini adalah Tertarik mengikuti beasiswa ini? Berikut persyaratan umum yang ditetapkan oleh penyandang dana :

Beasiswa Erasmus Mundus

Beasiswa Erasmus Mundus adalah bantuan hibah dari Uni Eropa yang bertujuan untuk mendorong dan membuka kesempatan kepada mahasiswa/i lulusan S1 yang memenuhi syarat dari negara-negara di luar Uni Eropa untuk mengikuti program Magister Erasmus Mundus di Eropa dalam waktu 1-2 tahun. Selain menyediakan beasiswa bagi jenjang studi S2 lembaga ini juga menyediakan dana untuk para akademisi guna melaksanakan tugas mengajar atau penelitian dan kegiatan ilmiah di lembaga-lembaga yang turut serta dalam Program Magister Erasmus Mundus. Program Magister Erasmus Mundus adalah program studi terpadu pada tingkat magister (tidak diperuntukan untuk S1 dan S3) yang ditawarkan oleh Konsorsium Magister Erasmus Mundus sebagai penyandang dana. Konsorsium Magister Erasmus Mundus merupakan kelompok yang terdiri atas minimal tiga lembaga pendidikan tinggi dari tiga negara Eropa yang berbeda dan telah dipilih oleh Komisi Eropa untuk melaksanakan program ini. Peserta beasiswa program magister dari Erasmus Mundus ini nantinya akan menjalani masa kuliah tidak hanya di satu 20. CAREERNEWS

tempat, tapi bisa di tiga lembaga pendidikan sekaligus di dua negara Eropa yang berbeda. Annisa Gita, penerima beasiswa Network on Humanitarian Action dari Erasmus Mundus (2009) pernah menjalani masa kuliah magister di Belanda, Finlandia dan Swiss. Tak heran jika kemudian lulusan dari program ini akan menghasilkan pemberian gelar kesarjanaan ganda. Umumnya, program Magister Erasmus Mundus terdiri atas 60-120 kredit -European Credit Transfer System (ECTS)pada tingkat magister yang memerlukan jangka waktu pendidikan selama 1-2 tahun akademik. Program-program Magister yang ditawarkan oleh Erasmus Mundus mencakup beragam disiplin ilmu seperti ilmu pertanian dan kehutanan, ilmu bisnis dan manajemen, ilmu bisnis dan manajemen, ilmu komunikasi dan informasi, pendidikan dan pengajaran, teknik dan teknologi, humaniora dan hukum. Nilai beasiswa dari program magister di Erasmus Mundus sebesar 24.000 euro per tahun yang mencakup biaya perjalanan, biaya kuliah, tunjangan bulanan, akomodasi, dan lain-lain. Sementara untuk tunjangan bagi akademisi diberikan per periode tiga bulanan sebesar 14.800 euro per orang.

1. Pelamar tidak terdaftar sebagai penduduk di negara anggota Uni Eropa manapun. Negara-negara Uni Eropa meliputi : Belgia, Bulgaria, Republik Ceko, Denmark, Jerman, Estonia, Irlandia, Yunani, Spanyol, Perancis, Italia, Latvia, Lithuania, Luksemburg, Hongaria, Malta, Belanda, Austria, Polandia, Portugal, Rumania, Slovenia, Slowakia, Finlandia, Swedia dan Kerajaan Inggris. Lalu diikuti negara EEA-EFTA yaitu Norwegia, Islandia dan Liechtenstein. Uni Eropa juga mencakup negara Turki, Negara-negara Balkan Barat (Albania, Bosnia, Herzegovina, Kroasia, Kosovo, Republik Makedonia, Swiss, Motegnegro dan Serbia).

Beasiswa Maheva

Beasiswa Maheva merupakan salah satu aksi beasiswa Erasmus Mundus kedua. Beasiswa ini dibiayai oleh Komisi Eropa dan dikoordinasi oleh Universitas Montpellier. Tema sentral yang diakomodasi beasiswa Maheva diantaranya ilmu manusia, ilmu kesehatan, ilmu lingkungan dan keanekaragaman hayati. Maheva sendiri singkatan dari man, health, environment and biodiversity. Negara yang bersedia mahasiswa penerima beasiswa Maheva antara lain : Belgia, Finlandia, Perancis, Swedia, Spanyol, Polandia, dan Italia. Pelamar yang boleh melamar beasiswa ini dari negara yang memiliki pendidikan jenjang D3 dan mereka yang berkewarganegaraan : Thailand, Kamboja, Vietnam, Laos, Filipina, Malaysia, Sri Lanka, India dan Indonesia. Sementara jenjang pendidikan yang ditawarkan Maheva : strata 1, strata 2, strata 3, post doctorate, staf akademis dan peneliti.

2.

3. 4. 5.

Belum pernah kuliah atau bekerja selama lebih dari 12 bulan selama lima tahun terakhir di negara anggota Uni Eropa manapun. Pelamar beasiswa ini harus sudah menyelesaikan pendidikan tingkat S1 nya. Telah diterima atau telah terdaftar pada sebuah program Magister Erasmus Mundus. Untuk akademisi, selain keempat syarat umum diatas yang terkait juga harus memiliki pengalaman akademik dan atau profesional yang sangat baik, serta merupakan akademisi dan tenaga pengajar profesional serta terbiasa melakukan penelitian.

19. CAREERNEWS 21.


Mekanisme pendaftaran : 1. 2.

Beasiswa dari Pemerintah Prancis

Pemerintah Perancis melalui Kedutaan Perancis di Jakarta, menyediakan Excellence scholarships untuk warga Indonesia selama kurang lebih 30 tahun dengan tujuan meningkatkan sumber daya manusia Indonesia. Beasiswa ini diberikan kepada pegawai pemerintah, dosen, siswa dengan prioritas yang terkait dengan program kerjasama antara Perancis dan Indonesia. Dua program yang ditawarkan adalah tingkat master (maksimal studi 2 tahun) dan tingkat doktoral (maksimal studi 18 bulan)

Persyaratan : 1.

Kursus bahasa Perancis di Campus France Indonesia-CCF di Jakarta kecuali kandidat dengan nilai FRENCH DELF tingkat B2 dan kandidat program bahasa Inggris. 2. Biaya hidup selama di Perancis meliputi : biaya makan, rekreasi-hiburan dan tranportasi. 3. Satu tiket pulang ke Indonesia, biaya kuliah dan asuransi kesehatan. (Wiwid)

1. 2. 3. 4. 5.

Minimum lulusan S1 Fasih berbahasa Inggris (International TOEFL 550/IELTS 6), Usia maksimum 35 tahun IPK minimal 3,2 Menyertakan seluruh dokumen bersama form aplikasi (form diunduh di www.indonesia.campusfrance. org). Dokumen yang perlu disertakan meliputi CV (dalam bahasa Inggris/ Perancis), motivation letter-mengapa mengajukan permohonan beasiswa, rencana pekerjaan selanjutnya (untuk pelamar master), copy transkrip nilai terakhir dalam bahasa Inggris, copy ijazah lainnya jika ada (misal TOEFL, DELF dan seterusnya), foto 3x4 (1 lbr) dan akta kelahiran dalam bahasa Indonesia.

Beasiswa ini mencakup :

22. CAREERNEWS

Australian Development Scholarship (ADS)

Australian Development Scholarship adalah program beasiswa yang dibiayai oleh Pemerintah Australia melalui AusAID untuk program studi S2 dan S3 di universitas-universitas Australia. Tujuan utama dari beasiswa ini untuk bekerjasama dengan pemerintah RI menuju Indonesia yang makmur, demokratis dan aman melalui program beasiswa S2 dan S3. Beasiswa ini terbuka bagi sektor swasta dan pemerintah. Prioritas yang diutamakan untuk bidang-bidang yang menunjang tujuan utama di atas, diantaranya : pertumbuhan berkelanjutan dan manajemen ekonomi; investasi untuk pembangunan manusia; keamanan dan perdamaian; demokrasi, keadilan, dan pemerintahan yang baik.

3.

Melengkapi formulir pendaftaran ADS. Lalu, menyerahkan 3 rangkap formulir aplikasi yang telah terisi beserta dokumen yang diperlukan ke kantor ADS (bisa diantar langsung/melalui pos). Terakhir, ADS akan mengirimkan surat pemberitahuan kepada seluruh pelamar atas hasil seleksi.

Persyaratan:

ADS terbuka bagi individu dari sektor pemerintah dan swasta. Syarat yang ditetapkan ADS antara lain : 1. Pelamar maksimal berusia 42 tahun pada tanggal penutupan aplikasi, 2. Memiliki IPK minimal 2,9 dan IELTS minimal 5 (TOEFL Institusional/Paper Based minimal 500 atau TOEFL Internet Based Test minimal 39). IELTS atau TOEFL harus yang terbaru-minimal 2 tahun terakhir. TOEFL yang dilampirkan minimal 1 copian original yang dikeluarkan institusi TOEFL terkait, dan nilai Bahasa Inggris lainnya tidak akan diterima. 3. Menyiapkan dokumen sebagai berikut : copy Akta Kelahiran, copy KTP atau Paspor bagian identitas diri, daftar Riwayat Hidup (bahas Inggris), copy Ijazah dan Transkrip S1 yang telah dilegalisir (cap asli) bagi pelamar S2 dan S3, copy Ijazah dan Transkrip S2 yang telah dilegalisir (cap asli) bagi pelamar S3, copy hasil IELTS atau TOEFL minimal copy original yang dikeluarkan institusi terkait (Institutional TOEFL bisa digunakan), referensi dari pembimbing S2 bagi pelamar S3 dan proposal penelitian (minimum 50%) bagi pelamar program S3 dapat mengikuti format dari situs ADS. Formulir pendaftaran beasiswa ADS dapat diperoleh di : Pusdiklat di tiap departemen, Rektorat universitas negeri dan swasta, Kopertis, BUMN, Kantor Cabang IALF, Kantor cabang IDP, kantor ADS di Jakarta atau dapat diunduh di : www.adsindonesia.or.id.

19. CAREERNEWS 23.


Bidang studi

Bidang studi prioritas yaitu Australia Indonesia Partnership Priority Development Areas (PDA) yang mencakup 4 bidang, yaitu : Sustainable Growth and Economic Management Fields of study : Natural Resource Management, Agriculture, Fisheries, Forestry, Climate Change, Economics, Infrastructure Planning, Water and sanitation, Rural Growth, Small and medium enterprise and development. Democracy, Justice, and Good Governance Fields of study : Law, Legal and judicial system, Political Science and Government, Public administration, Public expenditure management, Public Sector Reform, Environmental Law, Anti-corruption, Decentralitation.

Investing in People Fields of study : Communicable Disease Prevention, Health Management, Health Services, Maternal and Child Health, Women and Gender Studies, Disability Services, Public Health, Education and Training, Education Management, Human Resource Development. Safety and Peace Fields of study : Conflict Resolution, Disaster Prevention and Management, Transport Safety, Transnation Crime Prevention, Development Studies, International Studies. Kecakapan dan persamaan sangat diutamakan dalam beasiswa ini. Prioritas besaiswa ADS akan dialokasikan ke propinsi-propinsi yang menjadi target “Strategi Kerjasama Pembangunan Australia Indonesia 2008-2013�. Saat ini, beberapa propinsi yang diprioritaskan antara lain Papua, Papua Barat, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Timur dan Nanggroe Aceh Darussalam.

Melalui beasiswa ini ADS menanggung beberapa hal berikut : Biaya pendidikan Seluruh biaya akademis dan biaya lain yang bersifat wajib bagi siswa internasional. Bantuan tutorial tambahan Bila dibutuhkan, bantuan tutorial akan diberikan pada siswa yang mengalami kesulitan mata kuliah tertentu untuk membantu proses belajar. Biaya perjalanan Penerbangan kelas ekonomi ke dan dari Australia pada awal dan akhir masa beasiswa. Kerja lapangan di luar Australia Bila riset mencakup setidaknya 50% dari program, siswa dapat menerima satu kali tiket pp ke Indonesia untuk melaksanakannya. Anggaran pemukiman Diberikan satu kali pada awal studi di Australia. Penyertaan keluarga Keluarga (istri/suami dan anakanak) boleh ikut serta ke Australia atas biaya sendiri jika telah memenuhi persyaratan AusAID dan imigrasi.

24. CAREERNEWS

Biaya hidup Tunjangan hidup selama siswa studi di Australia. Besarnya jumlah tunjangan untuk perorangan atau berkeluarga adalah sama. Asuransi kesehatan Diberikan bagi penerima beasiswa saja selama masa studi di Australia. Pelatihan bahasa Inggris Tersedia untuk tujuan akademis. Pelatihan ini mmerupakan bagian dari beasiswa dan wajib diikuti. Biaya perjalanan reuni keluarga Penerbangan kelas ekonomi ke dan dari Indonesia untuk setiap akhir tahun ajaran. Ini tidak berlaku bagi siswa yang hanya menjalankan program studi 1 tahun. Biaya ini berlaku bagi siswa yang belum maupun sudah berkeluarga, namun tidak membawa serta keluarganya. sumber foto: istimewa

daunhitamshop

Guest House

Diskon menginap sebesar Rp 300.000,(dari harga publish) untuk Simply Homy Guest House No. 1 dan discount menginap sebesar Rp 250.000 (dari harga publish) untuk Simply Homy Guest House No. 2. Info selengkapnya klik www.ecc.ft.ugm.ac.id.

the Exclusive Boutique with Reachable Price

Ikuti kuis berhadiah voucher makan di Foodfezt 'Semacam Tempat Makan' sebesar Rp 25.000,setiap hari Jumat mulai bulan April 2011. Follow twitter ECC UGM @ecc_ugm dan jawab pertanyaannya.

Kunjungi Daun Hitam Shop di Jl. Kusbini no. 42 Jogjakarta atau cek di facebook Daun Hitam shop dan dapatkan diskon sebesar 5% untuk setiap pembelian diatas Rp 150.000,00 pada hari Jumat-Minggu.


Hot Job

Id Lowongan

886

Laing O'Rourke Indonesia Graduate Ascenders Program

Berikut sebagian lowongan yang aktif di web ECC UGM. Info lengkap silahkan buka website ECC UGM. Lowongan ini dapat juga dilamar via sms “Ti-Fi�

Kualifikasi : Sarjana/S1 Jurusan: Teknik Elektro,Teknik Mesin,Teknik Pertambangan,Teknik Sipil

khusus member ECC UGM.

Id Lowongan

Caranya silahkan baca pada halaman lain di CN ini.

Id Lowongan

938

PT. Kangar Consolidated Industries Account Payable & Tax Accountant Requirements : 1. Bachelor degree in Accountancy 2. Have experience at least 1 - 2 years with similar duties in a same position 3. Strong of communication and analytical skill 4. Good command of English in both written and spoken

941

PT. Eonchemicals Putra Position : 1. Business Development Engineer (BDE) 2. Sales Consultant 3. Process Improvement Specialist 4. R&D Engineer 5. Technical Editor

Id Lowongan

937

Kualifikasi yang dibutuhkan : 1. D3 Jurusan Teknik Mesin, Teknik Elektro, dan Teknik Kimia 2. IPK minimal 2,5 3. Diutamakan yang bisa berbahasa inggris 4. Usia maksimal 25 tahun 5. Tinggi badan 165 cm 6. Pengalaman tidak diutamakan 7. Bersedia kerja shift 8. Bersedia bekerja di daerah Jakarta Timur PT. Bumitama Gunajaya Agro Asisten Agronomi (Kode : PAMA)

936

PT. Pamapersada Nusantara

Engineer

Id Lowongan

Position : 1. Production Group Leader (S1/D3) 2. Mine Engineer (S1/D3) 3. Data Evaluator (S1/D3) 4. Business Development (S1) 5. Plant Group Leader (D3) 6. Safety, Health & Environment Officer (S1/D3) 7. Inventory Analyst (D3) 8. Civil Construction (D3) 9. Accounting Officer (D3) 10. General Services Officer (D3) 11. Human Capital Development (HCD) (S1)

Id Lowongan

921

Kualifikasi Umum : 1. Pria, usia maks. 28 Tahun (PAMA & PAMK). 2. Persyaratan IPK Minimal 2,50. 3. Pengalaman tidak diutamakan. 4. Bersedia mengikuti pelatihan di BGA Learning Center, Metro Pundu Kualifikasi Khusus PAMK : D3/S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi & Managemen (PAMK)

26. CAREERNEWS

PT. Gameloft Indonesia

Kualifikasi : S1 Jurusan Ilmu Komputer, Seni dan Desain, Teknik Informatika, Teknik Manajemen Informatika, Teknik Komputer

13 Mei 2011

9 Mei 2011

14 Mei 2011

10 Mei 2011

15 Mei - 17 Mei 2011

11 Mei 2011

21 Mei - 31 Mei 2011

Tes Tahap 1 Perusahaan Sponsor Gold V

Tes eksklusif tahap 1 PAMA

Tes Tahap 1 Perusahaan Sponsor Gold VI Tes Tahap 1 Eon & XL

Tes Tahap 1 KCL, Adhimix, Baramulti Group

Tes Tahap 1 Median

Check our website

Id Lowongan

Position : 1. 2D Graphic Artist 2. 3D Graphic Artist 3. Game Designer, Java Game Programmer 4. C++ Game Programmer 5. Game Tester 6. Game Producer 7. IT Support Technician 8. Hardware Expert

Tes Tahap 1 Perusahaan Sponsor Gold IV

7 April - 8 Mei 2011

Tes Tahap 1 Mandiri

935

Kepala Seksi Administrasi (Kode : PAMK)

Career Workshop (Presentasi Perusahaan)

Tes Tahap 1 Gameloft

Requirements: 1. Fresh Graduate 2. Khusus HCD pengalaman min 3 tahun

920

12 Mei 2011

23 April - 24 April 2011

Lowongan Graduation Fair

Id Lowongan

PT. Kangar Consolidated Industries

Jobfair Goes Online

Kualifikasi : 1. Fresh Graduate atau pengalaman kecuali BDE (Lulusan + calon lulusan Teknik Kimia) 2. Min. D3 kecuali R&D Engineer (S1) 3. IPK. Min 3.0

www.ecc.ft.ugm.ac.id on

1 April - 31 Mei

2011


press the fast forward button

GREAT JOBS WITHIN A CLICK

JOIN NOW ! one stop career solution

www.ecc.ft.ugm.ac.id GET BENEFITS

Life time

Keanggotaaan seumur hidup

Career Workshop

Persiapan memasuki dunia kerja

App-On Fasilitas lamar online

AND MANY MORE

* free for member (berlaku sekali)

CUSTOMER SERVICE 0274 655 7500 KANTOR Gedung KPFT Fak. Teknik UGM Lt.1 Jl. Grafika no 02 Yogyakarta 55281


Career News XII