Page 68

yang mengikuti pengaturan umum bangunan. Hubungan ini dapat disimpulkan sebagai pilihan antara format “proscenium� atau format“panggung terbuka�: format proscenium seolah-olah pertunjukan dilihat melalui 'jendela' atau lubang di dinding dan ada pembagian yang jelas antara penonton dan artis; sedangkanformat panggung terbuka mengikuti konsep auditorium dan platform yang dalam volume tunggal dengan tempat duduk yang dihadapi, sebagian, atau seluruhnya sekitar panggung. Macam-macam bentuk auditorium dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu tipe produksi dominan (predominant types of production) atau format multifungsi.

Dalam kasus ini, ditentukan temasuk ke dalam tipe produksi

dominan. Dalam tipe ini, dibagi lagi menjadi 4 jenis produksi, yaitu untuk orkestra dan paduan suara klasik (musik klasik/akustik); untuk opera, tari, dan musik; untuk jazz/pop/rock; serta untuk drama. Untuk orkestra dan paduan suara (musik klasik/akustik) dalam ruang konser atau ruang resital, ada tiga kategori luasan, yaitu penonton hanya fokus pada orkestra dan paduan suara di panggung, hanya satu arah; penonton berada di tiga sisi panggung; dan penonton berada di semua sisi panggung. Tipe-tipe yang termasuk hubungan satu arah adalah kotak/persegi panjang, variasi dari kotak/persegi panjang, dan bentuk kipas. Semua bentuk kategori dapat dilihat pada gambar berikut ini.

54!

Laporan TA Arsitektur: BSD Performing Arts Centre  

Hasil laporan perancangan sebagai bagian dari penyelesaian tugas akhir saat menempuh program strata 1 bidang Teknik Arsitektur di ITB tahun...

Advertisement