Page 1

Kunjungi

anakku.info

@anakku

Liputan Talkshow Alergi Susu Sapi

Titi Kamal

“ Siap jadi ibu” Pilah pilih

Tes Alergi Deteksi depresi sedini mungkin Menelaah

‘ketindihan’ saat tidur

BB ideal

ibu hamil

Diet bagi anak Obesitas Edisi 11/VIII/2013 Rp. 25.000 (Jawa, Bali, Lampung)

Rp. 27.000

(Luar Jawa, Bali, Lampung)


www.anakku.net November 2013

1


beranda Salam Hangat, Selamat memperingati Hari Kesehatan Nasional, 12 November 2013! Dalam menjaga kesehatan keluarga, ibu adalah kuncinya. Jadi, jangan pernah lelah untuk selalu mengingatkan dan menjaga kesehatan keluarga Anda. Terutama untuk memerhatikan asupan nutrisi mereka sehari-hari. Nutrisi yang baik adalah yang memenuhi kebutuhan si kecil untuk tumbuh kembangnya, namun tidak kekurangan maupun berlebihan.

Pimpinan Usaha

Dr. dr Hardiono D. Pusponegoro, Sp.A(K) Manager Bisnis

Rizal Alatas Pemimpin Redaksi

Desiyanti Hariana Redaktur Pelaksana

Dyah Soekasto Redaksi

dr. Ika Fitriana, Andesi, Shelvy Dwi Citra

Bulan November juga bertepatan dengan Hari Pneumonia Dunia, sayangnya masih banyak orang dewasa yang belum begitu paham mengenai penyakit tersebut. Lindungilah anak dengan memberikan ia vaksinasi secara lengkap agar dapat terhindar dari berbagai penyakit menular berbahaya seperti Pneumonia. Mari kita selalu menjaga kesehatan karena dengan tubuh yang sehat, anak-anak dapat bertumbuh kembang dengan baik, kita pun senantiasa dapat berkontribusi positif dalam masyarakat.

Salam,

Sekretaris

Eunike Yenny Burnama Kontributor

Dr. Suryo Dharmono, SpKJ(K)., Prof. dr. Cissy Kartasasmita, PhD, SpA(K)., Dr. dr. Zakiudin Munasir, SpA(K)., Prof. dr. Juffrie, SpA(K)., Dr. Endang D. Tatar, SpA(K)., Anna Surti Ariani, Psi, M.Psi., Evi Junita, M.Psi., Dr. Widodo Judarwanto, SpA., Irma Gustiana A. M.Psi., Dr. dr. Tjhin M. Wiguna, SpKJ(K)., Dr. Damar Prasmusinto, SpOG(K) Konsultan Desain

Wulan Natasha Pusponegoro Artistik

Evi D. Rahmawati, Agus Moller Ilustrator

Dr. dr. Hardiono Pusponegoro, Sp.A(K)

Andiko, Agus Moller Event Manager

Kak Hendra Pra Produksi

Wahyudin

Halo Ibu Cerdas, Melihat maraknya berita mengenai anak-anak remaja yang melakukan hubungan seksual, baik di rumah maupun di sekolah, terbersit dalam pikiran, ke mana orang dewasa yang seharusnya mengajari dan memberi arahan pada mereka? Apa yang bisa kita lakukan? Sudah saatnya kita tidak menganggap angin lalu berita-berita seperti ini dan lebih serius menjalankan sex education baik di rumah maupun di sekolah. Agar mereka tahu cara menghargai dan melindungi diri mereka sendiri.

Website & Social Media

Adi Maryanto Keuangan

Ni Nyoman A. Puniati, Edy Susanto Fotografer

Ramos Pane Koordinator Foto

Nathal Adjie Marketing & Iklan

Rizal Alatas

Gaya berhijab sudah semakin banyak macamnya. Agar Anda tidak bosan dengan gaya yang itu-itu saja, memang dibutuhkan semangat untuk bereksperimen menggunakan warna, aksesoris, maupun bahan yang berbeda. Kami berikan beberapa inspi- rasinya di halaman fashion Anakku edisi kali ini.

Cheers,

Desi Hariana

2

November 2013 www.anakku.net

Distribusi

Mardani Pelanggan

Wahyudin

Redaksi :

Majalah Anakku Jln. Kayu Putih Selatan No. 74, Jakarta Timur Telp. : (021) 4786 3434 (Hunting), Faks. : (021) 4786 4954, E - Mail: redaksi@anakku.net, anakku.info @anakku DILARANG MENGUTIP ISI MAJALAH ANAKKU DALAM SEGALA BENTUK TANPA IZIN.


cover story

Smiling Face

Imani

Foto: Nathal Adjie

Studio Amadeus Portraiture mendadak lebih cerah dengan kedatangan model cantik, Sahana Imani (6 tahun). Pemotretan dengan beragam adegan bisa dibilang lancar tanpa hambatan berarti. Bahkan, Sang Fotografer, Nathal Adjie, pun membingkai suasana sesi foto saat itu dengan komentar, “Asyik banget!”. Keasyikan pada hari itu ‘disponsori’ oleh kesigapan sang model dalam bergaya di depan kamera. Luwes, bersemangat, dan piawai bekerja sama dengan fotografer. Imani yang baru tinggal di Indonesia selama 3 bulan ini ternyata lebih lancar berbahasa Inggris dan Mandarin, serta masih belajar berbahasa Indonesia. Namun demikian, ia tetap aktif berkomunikasi dengan fotografer. Di sela pergantian adegan foto, Imani beristirahat sejenak dengan bermain dan minum teh dingin. Imani senang sekali dengan minuman ini, “She likes Indonesian iced tea,” ujar Sang Mama. Tumbuh di kota besar seperti London, Jerman, dan Singapura membuat Imani pawai beradaptasi, jadi ia pun tak merasa kagok saat harus berganti adegan foto. Setelah istirahat, ia sudah siap kembali bergaya ceria. You rock, Imani!

Nama Anak

Sahana Imani Sky Berlin Diekmann Nama Ayah

Mark Diekmann Nama Ibu

Janet Diekmann Tempat/ Tanggal Lahir

London, 24 September 2007 Tempat tinggal

Cilandak, Jakarta

www.anakku.net November 2013

3


d a f t a r

i s i

November 2013 Anakku News obesitas pada anak Penelitian mem18 Bahaya buktikan obesitas di masa kanak-kanak berisiko mengundang banyak penyakit di masa dewasanya.

Rubrik

22 Benarkah obesitas diturunkan? 24 Strategi diet pada anak obes hidup sehat sejak dini Anak obesitas 27 Gaya rentan menerima ejekan dari teman-temannya. Bagaimana

Utama!

Anak gemuk memang lucu, tapi waspadai bahaya di balik obesitas pada anak. Dampaknya bisa beragam. Bagaimana pola diet yang tepat?

agar anak menanggapinya?

Anakku Sehat berat badan saat hamil Hindari ang30 Kontrol gapan bahwa kenaikan BB ibu signifikan dengan berat badan bayi.

33 Makanan penderas ASI, benarkah? tentang bayi prematur Ketahui 36 Update, skrining tertentu untuk memahami kebutuhan bayi prematur. tahun: Pneumonia: Ancaman bagi 38 0-1 buah hati Anda

On Our Cover Model: Sahana Imani Sky Berlin Diekmann Photo & Digital Imaging: Nathal Adjie

Majalah Anakku Edisi 11/VIII/2013 diterbitkan oleh Anakku Media Jln. Kayu Putih Selatan No. 74, Jakarta Timur. Telp.: 6221-4786 3434 (Hunting), Faks.: 6221-4786 4954 E-mail: redaksi@anakku.net

tahun: Mengenal macam-macam tes 41 1-3 alergi tahun: Meresapi hangatnya minyak 44 1-3 kayu putih tahun: Lebih dekat mengenal 46 3-5 penyakit gondongan tahun: Hati-hati radang usus buntu 49 >5 menyerang buah hati Anda anak banyak minum air putih 48 Biasakan Karena asyik bermain, anak-anak sering lupa minum. Bagaimana menyiasatinya ya?

52 T&J Kesehatan anak: Aktivitas bagi anak hiperaktif 4

November 2013 www.anakku.net


Artis: Titi Kamal Siap lahir & batin menjadi Ibu

6

Anakku Cerdas 56 Speech delay dan speech disorder: serupa tapi tak sama

58 Stimulasi indera penciuman si kecil, sehari-hari

60 Pentingnya pendidikan seks sesuai usia Hindari memberi julukan macam-macam untuk organ intim. Sebut saja 'penis' dan 'vagina' saat menjelaskan kepada anak.

60

62 Les tambahan, perlukah? Jangan paksakan

Pentingnya pendidikan seks sesuai usia anak

anak mengikuti les. pastikan bahwa ia benar-benar membutuhkannya.

64 T&J Psikiater anak: Sudah besar masih tidur bareng ortu?

Anakku Galeri 66

Fashion: tampil gaya dengan hijab Tak perlu ragu memadu-padankan warna hijab dan kerudung Anda. Hasilnya? Coba buka halaman ini.

38

70 Furnitur mini, unik dan minimalis Bosan

Pneumonia: Ancaman bagi buah hati Anda

dengan furnitur yang lama? Coba pilih furnitur imut berikut ini.

72 Tip: Perawatan alami untuk kuku indah terawat 73 Info produk & agenda

82

Anakku Famili

Meraup vitamin dan serat dari puding buah

76 'Ketindihan' saat tidur, benarkah karena mahluk halus? Ternyata bukan itu sebabnya. Kuncinya ada di pasokan oksigen di otak Anda.

78 Menyadari hadirnya depresi 81 T&J Obgin: Bila momongan tak kunjung datang 82 Menu: Puding aneka buah, sumber serat dan vitamin

84 Tingkatkan kualitas bercinta Anda Coba

lakukan jurus-jurus tertentu yang beda. Hmm...apa saja ya?

Fashion: Tampil 82 gaya dengan hijab

Aktivitas Anakku 89 Lembar bonus untuk anak Yuk, mewarnai, tebak gambar, dan belajar menggambar.

www.anakku.net November 2013

5


artis anakku

Titi

Kamal

Siap Lahir & Batin Jadi Ibu Andesi

Calon ibu muda yang cantik dan selalu tampil seksi selama hamil ini, tengah mempersiapkan kelahiran anak pertamanya. Apa saja yang telah dipersiapkan oleh pemilik nama lengkap Kurniati Kamilia (32 tahun) ini? Layaknya ibu - ibu yang lain, istri pemain sinetron Christian Sugiono ini pun merasa deg-degan. "Iya, aku galau nih, deg-degan gimana ya rasanya mau jadi ibu," ungkap Titi Kamal saat ditemui di lokasi syuting CLBK. Sebagai calon ibu baru,Titi sudah mempersiapkan kelahiran pertamanya dengan baik. Dari asupan makanan pun, bintang film Mendadak Dangdut ini melakukan pola makan sehat. Kini, nasi putih ia ganti dengan nasi merah yang jauh lebih sehat. "Sebelum hamil, aku sudah mulai menerapkan pola hidup sehat. Jadi nasi putih aku ganti dengan nasi merah. Aku juga konsumsi gandum dan sayuran. Eh, akhirnya keterusan sampai hamil sekarang," lanjut aktris film Barbie 3 ini.

6

November 2013 www.anakku.net

Tetap aktif dan bikin seksi Ditanya tentang jenis kelamin calon bayinya, pasangan selebritis ini sepakat untuk merahasiakannya. "Untuk jenis kelamin kami belum mau cerita, hehehe‌ nanti saja deh, ya, kalau sudah lahiran kita kabari. Pokoknya apapun jenis kelaminnya kita terima dengan senang hati. Yang penting dia sehat," tutur Titi sambil terkekeh. Hamil nyatanya membuat Titi merasa sangat bahagia. Tak hanya bangga dirinya sebentar lagi akan menjadi seorang ibu, wanita berambut indah ini merasa kehamilan membuat dirinya justru tampil lebih seksi dan cantik. "Aku lebih merasa seksi sekarang pas hamil. Auraku pun terasa lebih bersinar," cerita Titi dengan tatapan mata yang berbinar.

Aku sudah siap lahir dan batin deh, jadi ibu. Buatku, titik pencapaian seorang perempuan menjadi lebih sempurna manakala sedang mengandung,�


www.anakku.net November 2013

7


Menunggu cukup lama Empat tahun menunggu kehadiran sang buah hati membuat Titi lebih siap menjadi ibu. "Aku sudah siap lahir dan batin deh, jadi ibu. Buatku, titik pencapaian seorang perempuan menjadi lebih sempurna manakala sedang mengandung,� ungkap pemain film Doa yang Mengancam itu. Titi pun merasa sudah berada pada titik tersebut saat ini, “Ngerasain ada bayi di dalam perut itu gimana ya, antara bahagia dan terharu, kok bisa ya kayak begini," ungkap Titi penuh haru.

Jaga pola hidup sehat Bintang film Ada Apa Dengan Cinta ini mengaku tak sabar menunggu detikdetik kelahiran buah hati. "Sudah mulai berat bawa perut, dan rasanya pengin buru-buru melihat si bayi. Aku juga sudah menyicil membeli pakaian bayi dan peralatan lainnya. Rencananya, meskipun akan dibuatkan kamar sendiri, aku dan Tian ingin tidur bertiga dengannya sampai berusia setahun. Aku ingin supaya bonding kami lebih kuat," terang ibu muda yang berencana memberi ASI hingga anak usia dua tahun ini.

dapat berjalan lancar," terang pengemar traveling ini.

Selama hamil, wanita kelahiran 7 Desember 1981 ini juga tetap gemar berolahraga. Jika sebelum hamil Titi memilih berlari cepat sebagai pilihan olahraganya, selama masa kehamilan Titi memilih renang, jalan pagi dan senam hamil. Dalam seminggu, paling tidak Titi melakukannya tiga kali. "Semoga dengan rajin berolahraga dan senam hamil, proses kelahiran nanti

jangan kecapekan aja," ungkap Titi yang berniat setelah melahirkan ingin segera berlibur ke Bali ini.

Dalam menjalani gaya hidup sehatnya ini, Titi didukung penuh oleh sang suami. Tian, sapaan Christian, juga mulai mengonsumsi makanan yang dipilih Titi. Tian pun mulai terbiasa menyukai makanan pilihan Titi seperti mengonsumsi telur ayam kampung. Soal perhatian, Titi mengungkapkan Tian tidak terlalu protektif selama hamil. Tian masih membebaskan Titi melakukan aktivitasnya. "Suamiku ngingetin supaya aku

Memasuki usia kehamilan 9 bulan, Titi Kamal masih tetap aktif menjalani pekerjaannya di dunia hiburan. Titi mengaku memang enggan terlalu banyak di rumah meski telah hamil besar. " Selama hamil muda aku sengaja istirahat total dari dunia hiburan, setelah kehamilan berusia 5 bulan, aku baru aktif syuting lagi. Nggak tahu kenapa ya, sekarang pas hamil besar kalau nggak kerja, di rumah bawaannya bosen," terang Titi yang selama hamil bobotnya sudah naik 13 kg ini. Meski diperbolehkan bekerja oleh suami, Titi tetap membatasi diri. Wanita kelahiran 7 Desember 1981 ini tetap tak mau memforsir diri melakukan pekerjaan di luar kota, juga dalam waktu yang terlalu lama. "Untuk menjaga kehamilan, aku stop menerima tawaran sinetron stripping, aku lebih memilih pekerjaan dalam kontrak yang pendek atau nyanyi. Yang penting, sehari nggak lebih dari dua acara. Jangan sampai pulang malam banget aja pokoknya. Lagi hamil, aku juga nggak ambil kontrak film dulu," papar pelantun lagu "Jablai" yang tetap tidak mau memotong rambutnya ini meskipun sering gerah saat hamil.

8

November 2013 www.anakku.net

Semakin mendekati masa-masa melahirkan, Titi merencanakan untuk melahirkan secara normal dan memberikan ASI eksklusif pada si kecil. Semoga lancar ya, Titi.


RSIA Hermina Pasteur

RSAB Bunda Aliyah

RS Grha Permata Ibu

Pastikan Alergi

Tidak Menghambat Potensi Si Kecil

Morinaga mengadakan roadshow edukasi mengenai alergi, terutama alergi susu sapi, di beberapa rumah sakit. Roadshow ini bertujuan untuk memberi edukasi bagi para orangtua mengenai cara mencegah dan mengatasi alergi serta bagaimana mengoptimalkan potensi Si Kecil yang alergi.

www.anakku.net November 2013

9


Alergi adalah kondisi kesehatan yang sering ditemukan pada anak, terutama yang masih berusia di bawah 3 tahun. Alergi dapat mengurangi kualitas hidup seseorang, itu sebabnya gejala alergi harus dapat dikontrol atau diatasi sejak dini. Hal ini disampaikan dalam talkshow di RSIA Hermina Pasteur, Bandung, hari Sabtu, 28 September 2013. Peserta berdatangan untuk mendengarkan dr. Erman Tjhan, Sp.A ahli tumbuh kembang dari RSIA Hermina Pasteur, dr. Reny Ghrahani, Sp.A, M.Kes, seorang dokter spesialis anak subspesialis alergi, dan dokter wakil dari Kalbe Nutritionals untuk berbagi ilmu.

Talkshow di hari yang sama di RSAB Bunda Aliyah, Jakarta juga mengupas tuntas tentang tumbuh kembang anak alergi, mengoptimalkan potensinya sejak dini, serta mengenali alergi sedini mungkin. Para peserta yang terdiri dari banyak pasangan muda, mendapat tambahan ilmu dari tiga nara sumber, yaitu dr. Dyah Kurniati, Sp.A, dr. Dina Muktiarti, Sp.A(K), dan dokter wakil dari Kalbe Nutritionals. Para pembicara yang memberikan presentasinya pada talkshow di RS Grha Permata Ibu, Depok, tanggal 20 Oktober 2013 adalah dr. Natasha Manurung, NP Mkes (Ped), Sp.A, dr. Nila Kusumasari, Sp.A dan dokter wakil dari

Sophia, Bandung Bunda dari Trixy Abigail (3 tahun) “Saya senang sekali mendengar penjelasan para dokter karena saya jadi tahu alergi itu tak hanya karena susu sapi. Saya juga mendapat informasi mengenai bagaimana mengenali jenis alergi dan apa yang bisa saya dilakukan di rumah ketika anak saya mengalami alergi.�

Gangguan alergi yang terjadi pada anak di masa pertumbuhannya perlu mendapat perhatian khusus. Salah satunya adalah dengan Solusi Total Alergi dari Morinaga agar tumbuh kembang Si Kecil pun optimal. Morinaga Chil Kid P-HP (Protein Hidrolisat Parsial) berbahan dasar protein susu sapi dengan rantai protein yang lebih pendek dan mudah dicerna, susu ini dapat membantu mengurangi risiko alergi untuk anak usia 1-3 tahun.

10

November 2013 www.anakku.net

Kalbe Nutritionals juga mengangkat pembahasan yang sama. Intinya, jangan sampai kondisi alergi yang dialami Si Kecil menghambatnya untuk menjadi anak Generasi Platinum Multitalenta. Tanya jawab seru berlangsung setelah para nara sumber menyampaikan materinya. Ternyata, banyak peserta yang memiliki riwayat alergi dan merasa khawatir alergi menurun pada Si Kecil. Pada acara ini juga anak-anak dapat mengikuti Morinaga Star Photo Contest dimana juara pertamanya berpeluang untuk menjadi juara utama, dengan hadiah utama menjadi model cover majalah Anakku.

Yulia, Depok Bunda dari Ineth (5 tahun) “Dengan ikut seminar ini banyak pengetahuan yang saya dapat, terutama tentang beragamnya gejala alergi yang muncul. Bukan hanya ruam merah dan gatalgatal, tapi bisa berupa batuk pilek, diare, dan sebagainya.� Najwa, Jakarta Bunda dari Arwa (2 tahun)

Morinaga Chil Kid Soya (1-3 tahun) dan Morinaga Chil School Soya (3-12 tahun) berbahan dasar isolat protein kedelai berkualitas tinggi setara susu sapi. Dukung Si Kecil menjadi Generasi Platinum yang siap menghadapi tantangan dengan sinergi nutrisi tepat dari Morinaga P-HP dan Morinaga Soya.

Pemenang pertama lomba foto acara talkshow Morinaga Chil-Kid Soya ini, adalah anak yang pernah mengalami alergi terhadap protein susu sapi sejak bayi. Wajahnya bengkak dan ruam saat minum susu sapi. Yulia, bundanya Ineth segera mengganti susu sapi dengan ASI. Di usia 3 tahun, gejala alergi Ineth menghilang."

Majalah Anakku Edisi Nov 2013  

Majalah Anakku edisi November 2013

Advertisement