Issuu on Google+

Aktivitas ber 2011 Edisi Desem

Latih Teliti

Atasi kulit bayi sensitif

Kancil

& Siput

Pilih-pilih

camilan sehat untuk anak Ajari anak antisipasi BULLYING

Asri Welas Hindari gunakan kata ‘jangan’

Teliti penggunaan melamin dan plastik Edisi 12/VII/2011 Rp. 22.000

yang

Ibu

4

Besok adala pikir untuk h Hari memb Ibu, Dhani tuk Ibu. Teman erikan hadia n sedang berkan kejuta -tema h istime nnya memb wa unkita memb n pada hari itu. “Bagaantu memik Puti. “Aha..ereskan rumah irimana . ide hebat untuknya?” kalau !” ujar tanya Dhani n.

8

Saat Ibu dibantu sedang berbe rumah oleh Rafi dan lanja ke pasar bersa , Dhani kita memb ma-sama. Puti memb n ”Eh, bagai ereskan sing sebag uat kartu mana untuk kalau ibu kita usul Dhani ai tanda masin n tiba-t sayang dan iba. terima g-makasih? ”

7

www.anakk

Bonus

Merek a bertig kartu ucapa a pun berkr n terba easi memb senan Hilang ik. Rafi a Adik g karena uat dan Bonek timew2011, merek a a punya Puti pun Desember lis dalamuntuk ibu tersay hadia ang. Dhani h iscinta yangkartunya: ‘Terim tidak akasih n menuperna Ibu, atas h putus .’

u.net Sisipan

Panduan menonton TV bagi si kecil

Aku Sa

3

Sisipan

Desembe

r 2011 www.ana

kku.net ,

Ibu Dhani rapi dan n tepaku melih kan kartu bersih. Dhani at rumah sudah n seger ucapa “SELA nnya a memb MAT eriIbu meme HARI IBU!sambil berso rak: ca-kaca, luk Dhani n denga “Terim n mata a kasih ya, Sayan berkag.”


nutrilon royal

www.anakku.net Desember 2011,

1


Beranda Percayakah Anda, aktivitas paling sederhana yang kita lakukan setiap hari, dapat membantu memulihkan planet kita yang kian rusak ini. Demikian banyak buatan manusia yang pada akhirnya hanya akan mengotori bumi kita tercinta. Sebut saja plastik, melamin, dan stirofoam. Sayangnya, kita sering tidak menyadarinya, atau bahkan terlibat di dalamnya. Padahal bahan-bahan tersebut sebenarnya membahayakan kesehatan kita. Inilah yang memicu kami menulis tentang zat berbahaya di sekitar kita, yakni melamin dan tas plastik kresek hitam. Coba Anda ingat, apakah Anda bisa hidup tanpa plastik dalam sehari? Mulai dari warung kecil, pasar tradisional hingga hipermarket, benda satu ini tak lepas dari tangan Anda. Dan yang paling sering adalah ketika Anda membeli makanan. Ternyata plastik dan melamin menyimpan bahaya bagi kesehatan kita, terutama plastik kresek hitam dan melamin. Plastik kresek hitam dibuat dari daur ulang berbagai tas plastik bekas yang pernah digunakan untuk wadah pupuk, sampah, makanan, dan sebagainya. Bayangkan jika plastik hitam ini digunakan sebagai wadah aneka gorengan panas yang Anda beli? Betapa besar bahaya yang mengintai di balik kontaminasi ini? Demikian juga alat-alat makan yang terbuat dari melamin. Benarkah sudah sesuai standar foodgrade? Tingkatkan kehati-hatian Anda saat membelinya. Pembaca budiman, Jangan lewatkan tulisan tentang tumbuh kembang si kecil. Bagaimana stimulasi yang menyenangkan buat anak? Lantas, kalau di usia 2 tahun anak masih juga ngeces, bagaimana? Ketahui pula kiat jitu Asri Welas punya mengoptimalkan kecerdasan anaknya. Dan masih banyak informasi menarik yang kami ketengahkan di Anakku edisi ini.

Selamat membaca‌

Dr. Hardiono D. Pusponegoro, SpA(K)

PIMPINAN REDAKSI & USAHA Dr. Hardiono D. Pusponegoro, SpA(K) MANAGER BISNIS Rizal Alatas SEKRETARIS Indah Sembiring PEMIMPIN REDAKSI Desiyanti Hariana REDAKTUR PELAKSANA Dyah Soekasto REDAKSI Andesi KONTRIBUTOR Dr. Frida Susanti, SpA. Dr. Ivan Riyanto Widjaja ARTISTIK Evi Dwi Rahmawati Bogie ILUSTRATOR Andiko EVENT KOORDINATOR Kak Hendra Andesi PRA PRODUKSI Wahyudin KEUANGAN Ni Nyoman A. Puniati Edy Susanto KONTRIBUTOR FOTO Budhy Ashary Popy Agency (Model) Fahrizal Ibrahim REDAKSI Jl. Kayu Putih Selatan No. 74 Jakarta Timur Tel. (021) 4786 3434 (hunting) Fax. (021) 4786 4954 E-mail: redaksi@anakku.net MARKETING DAN IKLAN Rizal : (021) 680 000 70 Dilla : (021) 6881 5515 Tel. (021) 4786 3434 (hunting) DISTRIBUSI Mardani Tel. (021) 4786 3434 PELANGGAN Wahyu & Indah E-mail: redaksi@anakku.net

DILARANG MENGUTIP ISI MAJALAH ANAKKU

2

Desember 2011 www.anakku.net,

DALAM SEGALA BENTUK TANPA IZIN


www.anakku.net Desember 2011,

3


ruang utama

18 Melamin dan bahayanya 20 Bahaya di balik kresek hitam 22 Pengaruh makanan atau minuman pada obat

ruang Kehamilan & Menyusui

26 Atasi rasa takut saat melahirkan 30 Nutrisi ibu hamil = kesehatan mendatang 32 Bayi alergi, ibu perlu diet, lho 35 Artis : Asri Welas Anti berkata “jangan� pada anak

22

20

18 35

26

30

ruang anak

32 4

Desember 2011 www.anakku.net,

40 Si pencemar kulit bayi 43 Merangsang kecerdasan lewat bermain 46 Sudah besar masih ngeces


Kunjungi Website kami untuk mendapatkan berbagai artikel yang menarik di www.anakku.net

daftar isi

Desember 2011 COVER : Model : Christoper Abadie, Orang Tua: Linda & Andre Abadie, Fotografer : Fendi Anggoro (duamerpati photography), Pengarah Gaya : Andesi

68

ruang keluarga

60

54 Konsultasi 60 Menu: Yang ringan, teman diakhir tahun 62 Lupus, penyakit seribu wajah 66 Pilih mana: Jus atau potongan buah? 68 Tips: Alergi madu ruang sekolah

70 72 78

Seberapa penting sih istirahat di sekolah? Apa dampak dari kedekatan anak dan TV? Tips : Anak susah tidur

ruang pajang

72

80 Fashion :

“Run Way!”

84 Belanja Yuk:

“Let’s Go to the Beach!”

86 Ekspresi 89 Aktivitas Anakku

80 www.anakku.net Desember 2011,

5


info

produk

Pingu Judul : Pingu’s Family Celebrate Christmas VCD : Rp. 20.000 Genre : Animasi Sebentar lagi Natal tiba. Pingu dan keluarganya mempersiapkan hadiah untuk menyambutnya. Pingu dan Pinga tidak sabar menunggu acara tukar kado. Sementara ibu dan ayah sedang menghias pohon di luar. Mereka berdebat ingin menghias dengan warna kegemaran masing-masing.

Erlangga Fokus

Bagaimana akhirnya hiasan dan bentuk pohon Natal keluarga Pingu?

(Formula Khusus) Buku rangkuman materi soal dan pembahasan untuk UN SD/MI 2012 hadir sebagai pendamping unggulan menjelang UN 2012. Semakin dini persiapan dilakukan, semakin siap adik-adik menghadapi UN sesungguhnya. Agar persiapan lebih efektif, inilah formula khusus untuk mengenal dan siap menghadapi beragam tipe soal UN: - Memahami pokok bahasan dari Rangkuman Materi per SKL. - Mempelajari Soal UN yang pernah diujikan disertai pembahasan. - Berlatih mengerjakan Prediksi Soal UN 2012 secara mandiri. Kunci Jawaban dan Lembar Jawaban Komputer menjadi bonus buku ini agar adik-adik menjadi lebih terlatih dan percaya diri dalam mengerjakan soal. Mau tau bonus lainnya? Temukan Jawabannya di dalam buku ini. Pilihan tepat sudah ada di genggaman. Ayo adik-adik bersiap-siap lebih dini dengan berlatih dari sekarang!

Thomas & Friends Judul : Snow Track VCD : Rp.20.000 Genre : Animasi

Gordon berpikir dia adalah kereta api yang paling kuat dan terbaik. Saat musim salju tiba, ia mengabaikan saran dari pengawas Gendut untuk tidak mendaki bukit terjal yang bersalju. Dia menyemburkan air ke Spencer, menabrak beberapa gerobak, dan membuat Thomas tergelincir. Nah, Gordon tidak dapat membantu Thomas keluar dari timbunan salju. Dia memanggil Rocky untuk membantu Rocky menyelamatkan Thomas. Akhirnya Gordon belajar, bahwa semua kereta adalah spesial dan memiliki kepandaian masing-masing.

6

Desember 2011 www.anakku.net,


info

produk

Telon lang yang sebelumnya bernama Telon Cap Lang, di produksi oleh Cap Lang (PT. Eagle Indo Pharma) sebuah perusahaan farmasi yang sudah eksis selama 35 tahun dan sudah dikenal memiliki reputasi produk yang terbaik, baik di dalam negeri maupun di luar negeri, dan Telon Lang memiliki ciri khas sebagai warisan budaya leluhur. Telon Lang di produksi dengan 100% bahan alami. Manfaatnya meredakan perut kembung, dapat memberikan rasa hangat pada tubuh bayi, serta memberikan efek pelumas pada pelaksanaan pijat bayi. Telon Lang dapat di pakai setiap saat, terutama sehabis mandi dan bila udara dingin. Mulai tahun 2010, Telon Lang berganti kemasan dengan lima keunggulan, yaitu tutup botol Flip Top yang lebih praktis, Secure Flip Top yang menjamin keaslian Telon, Regulator tidak mudah tumpah, Botol yang unik dan trendi dan mudah di genggam, serta label menarik. Telon Lang diproduksi dengan pengawasan para ahli dan apoteker yang handal dan menerapkan standarisasi Cap Lang.

Termorex

Kembalikan Keceriaan si Kecil

KONVERMEX Basmi cacing Bebas cacingan Tahukah Anda penyakit yang disebabkan parasit cacing masih banyak dijumpai di Indonesia, tingkat infeksinya mencapai 70%-80%. Kenali beberapa tanda gejala penyakit cacingan antara lain lesu, nafsu makan kurang, perut kembung, sakit perut, gangguan pencernaan, gatal pada dubur, mual, diare, berat badan turun. Penyakit cacingan sangat mudah menular melalui makanan, pakaian, air, tanah dan tangan yang kotor. Oleh karena itu penting pengobatan menyeluruh terhadap seluruh anggota keluarga. Pengobatan sebaiknya dilakukan setiap 6 bulan sekali. Jangan biarkan cacing masuk ke dalam tubuh dan mencuri nutrisi dari makanan yang kita makan. KONVERMEX adalah obat cacing keluarga dosis sekali minum yang mengandung Pyrantel Pamoate. KONVERMEX membasmi cacing kremi, cacing gelang, cacing tambang dan cacing Trichostrongylus colubriformis serta Orientalis. Tersedia untuk anak-anak (Konvermex Suspensi 125 mg dengan rasa jeruk dan Konvermex Tablet 125 mg) dan untuk dewasa (Konvermex Suspensi 250 mg dengan vanilla latte dan Konvermex Kaplet 250 mg)

Berbagai obat penurun panas tersedia di pasaran, Anda perlu teliti dan cermat dalam memilih. Salah satu pilihan adalah Termorex, sirup penurun panas dengan paracetamol dosis tepat untuk anak, dengan rasa jeruk yang disukai anak. Termorex mengatasi demam yang disertai gejala flu dan batuk. Beberapa gejala demam yang harus diwaspadai serta perlunya konsultasi dokter antara lain: - Demam di atas 38째C pada bayi usia 3-6 bulan, atau suhu di atas 40째C pada anak di atas 6 bulan - Menangis terus menerus - Tidur terus menerus - Tidak mau minum atau sudah terlihat dehidrasi - Mengalami kejang - Sesak nafas, gelisah, muntah atau diare Waspadai gejalanya. Pilihlah produk yang tepat saat anak terlihat mulai memperlihatkan gejala demam. Termorex, membantu mengembalikan keceriaan si kecil.

Mulai sekarang, minum Konvermex rutin 6 bulan sekali. Basmi cacing, seluruh keluarga bebas cacingan. www.anakku.net Desember 2011,

7


info

agenda

ASI,

Sumber Karbohidrat Terbaik Dalam rangka memperingati hari Kesehatan Nasional 12 November 2011, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) menggelar temu wicara bagi jurnalis kesehatan di Jakarta, bertema “Batasi Asupan Sukrosa pada Bayi.” Dalam kesempatan ini, hadir dua pembicara; dr. Inge Permadhi, SpGK dari Departemen Ilmu Gizi FKUI dan dr. Ahmad Suryawan, SpA(K), Ketua Divisi Tumbuh Kembang Anak & Remaja dari Departemen Ilmu Kesehatan Anak – RSU Dr. Soetomo, FK Universitas Airlangga, Surabaya. Tumbuh kembang anak dipengaruhi oleh asupan nutrisi yang seimbang dan stimulasi yang tepat. “Seorang anak perlu diberi nutrisi yang sesuai kebutuhannya, baik dari sisi usia maupun keseimbangan kandungan gizinya. Konsumsi gula pada anak sebaiknya dibatasi, agar kebutuhannya terhadap jenis nutrisi lain dapat tetap terpenuhi dengan baik,” ungkap Dr. Ahmad. Sementara Dr. Inge menekankan bahwa sebaik-baiknya sumber karbohidrat bagi anak, ASI adalah yang terbaik karena mengandung laktosa. Selain menjadi sumber energi, laktosa dapat meningkatkan imunitas dan meningkatkan penyerapan kalsium.

Prevention of Mother to Child HIV Transmission PT Frisian Flag Indonesia (FFI) bekerja sama dengan Komisi Penanggulangan AIDS Nasional (KPAN) dan Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) serta dukungan World Health Organization (WHO) dan Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Barat, memperluas penyediaan akses layanan pencegahan penularan HIV/AIDS dari ibu ke anak (Prevention-Mother-ToChild-Transmission–PMTCT) ke lima kabupaten/kota di Jawa Barat yaitu Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Tasikmalaya, serta melanjutkan dukungan di kota Bandung. Dr. Hj. Alma Luchyati, M.Kes, MH.Kes, Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Barat pada jumpa pers 30 November 2011 lalu menyatakan “Peningkatan kasus HIV/AIDS di Jawa Barat cukup tinggi, menurut data kumulatif dari 1989 sampai September 2011 tercatat sebanyak 3.925 kasus AIDS dan 2.354 kasus HIV, di antaranya sebanyak 934 kasus AIDS dan 614 kasus HIV adalah perempuan yang juga merupakan calon ibu. Hal inilah yang membuat pemerintah bergerak cepat bekerjasama dengan berbagai institusi dan sektor swasta berupaya melakukan intervensi untuk mengoptimalkan upaya pencegahan dan pengobatan pasien HIV/AIDS pada perempuan dan anak-anak.”

8

Desember 2011 www.anakku.net,


info

agenda Futsal M I L O Sereal Sarapan

SEANUTS,

Pola Gizi Anak Indonesia Pemahaman komprehensif mengenai status, kebutuhan dan pola gizi anak-anak merupakan kajian penting untuk menjadi landasan dalam pembuatan program-program edukasi dan peningkatan gizi yang tepat sasaran serta sesuai dengan kebutuhan anak Indonesia. Sayangnya, data dari penelitian yang tersedia di Indonesia saat ini masih terbatas, tidak mencakup data nasional yang komprehensif, seperti data gizi makro dan mikro. Didasari oleh fakta tersebut, Frisian Flag Nutrition Institute (FFNI) berinisiatif untuk melakukan Southeast Asia Nutrition Survey (SEANUTS), sebuah studi komprehensif pertama dalam sejarah Indonesia yang melibatkan 7.200 anak usia 6 bulan hingga 12 tahun di 48 kabupaten/kota di 25 provinsi. Studi ini mengukur status gizi dengan perimeter yang luas, mencakup asupan gizi, dampak fisik & dampak kognitif. Studi ini dilaksakan bersama Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI) yang menjadi bagian dari upaya regional yang juga dilaksanakan di 3 negara tetangga, yaitu di Thailand, Malaysia dan Filipina.

MILO Sereal Sarapan menggelar kompetisi memperebutkan Piala Futsal MILO Sereal Sarapan dan uang pembinaan berjumlah lebih dari Rp 13 juta untuk mencari jawara futsal di Surabaya, yang diikuti 32 tim futsal SMP (Sekolah Menengah Pertama) di Gool Futsal, Komplek Mangga Dua, Surabaya, 3-4 Desember 2011. “Kami sangat senang dapat kembali menyelenggarakan MILO Sereal Sarapan Futsal di Surabaya, setelah sukses di Jakarta akhir Oktober lalu. Ini kedua kalinya kami mencari jawara futsal di Kota Pahlawan. Penyelenggaraan MILO Sereal Sarapan Futsal tahun lalu berlangsung sukses dan memperoleh respon sangat positif dari masyarakat Surabaya, yang terlihat dari besarnya animo peserta dan penonton,â€? ujar Country Business Manager Sereal Sarapan NestlĂŠ, Jose Oscar Yu saat jumpa pers, 2 Desember 2011 lalu. Selain itu tujuan diselenggarakannya acara ini adalah memberikan edukasi tentang pentingnya sarapan sehat yang memenuhi kebutuhan energi anak dalam beraktifitas. Kompetisi ini merupakan wadah yang positif untuk menyalurkan bakat para pelajar SMP.

Pada 29 November 2011 perwakilan Frisian Flag Indonesia bersama dengan perwakilan PERSAGI berkunjung ke salah satu lokasi survei di Kelurahan Tanjung Duren Utara, Jakarta Barat untuk melihat dan memantau secara langsung proses pemeriksaan. DKI Jakarta merupakan kota terakhir yang menjadi lokasi penelitian dari 48 kabupaten/kota. Kunjungan tersebut dihadiri oleh Moesijanti Y.E. Soekatri, MCN, Ph.D, Dosen Politeknik Kesehatan KEMENKES sekaligus Peneliti SEANUTS PERSAGI, Dr. Samuel Oetoro, Spesialis Gizi Klinik Anton Susanto, Corporate Communication Manager Frisian Flag Indonesia.

www.anakku.net Desember 2011,

9


world pneumonia day Fight Pneumonia. Save a Child

anakku news

Lindungi Anak Indonesia dari bahaya PNEUMONIA Bertepatan dengan World Pneumonia Day 12 November 2011, GlaxoSmithKline (GSK), menyelenggarakan edukasi mengenai bahaya pneumonia pada anak dengan judul “Lindungi Anak Indonesia dari Bahaya Pneumonia” yang bertempat di Brawijaya RoomHotel Novotel Surabaya, Sabtu 12 November 2011. Pneumonia adalah penyakit radang paru-paru akut yang disebabkan bakteri pnemukokus (Streptococcus pneumoniae) yang sementara ini hanya bisa dicegah dengan imunisasi. Menurut Ketua Pelaksana World Pneumonia Day (WPD) 2011 Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Jatim, dr. Deddy Iskandar, SpA, pneumonia menyumbang angka kesakitan dan kematian yang cukup tinggi untuk anak di bawah usia 5 tahun. “Pneumonia konsisten di ranking atas, bersaing dengan penyakit yang cukup sering seperti diare.” Diakui Deddy, penyakit yang disebabkan bakteri Streptococcus pneumoniae ini masih kurang populer di kalangan masyarakat. Apalagi, penyakit pneumonia tidak punya padanan dalam bahasa Indonesia atau awam. Karenanya dalam rangka World Pneumonia Day tahun ini, IDAI berusaha mengenalkan istilah ‘radang paru akut’ sebagai padanan pneumonia. Dengan harapan, masyarakat lebih menyadari adanya penyakit mematikan ini, sekaligus memahami bahwa pneumonia bisa dicegah dan disembuhkan. Sementara itu, dr. Agus Harianto, SpA(K) dari RSU Dr. Sutomo menegaskan bahwa kuman penyebab pneumonia ada di sekitar anak. Namun gejalanya memang terkadang tersamar dengan penyakit lain. Anak-anak dan lanjut usia

10

Desember 2011 www.anakku.net,


anakku news merupakan sasaran kuman pneumonia, karena kelompok usia ini memiliki daya tahan tubuh yang rendah. Oleh sebab itu disarankan langkah pencegahan melalui vaksinasi. Vaksinasi rutin yang diberikan sejak usia 2, 4 dan 6 bulan akan mengurangi risiko terserang bakteri dan virus, di samping juga meningkatkan kekebalan tubuh. Selain vaksinasi, anak tetap harus mendapatkan nutrisi seimbang, yakni ASI, serta makanan bergizi. Selain itu, perilaku hidup sehat juga harus dibiasakan, misalnya dengan mencuci tangan, menutup mulut atau hidung ketika batuk dan bersin, menghindari infeksi virus berulang, dan menghindari polusi asap rokok. Dampak terburuk adalah jika kuman sampai ke otak, jantung dan ginjal karena dapat berakibat fatal. Kenali gejala pneumonia sedini mungkin, seperti muntah, gelisah atau rewel, kepala menonjol dan kejang. Kejadian pneumonia semakin meningkat, misalnya di IRNA Anak RSU dr Soetomo dalam sebulan bisa menerima 10 pasien baru. Sebanyak 25% diantaranya meninggal karena sudah sangat parah ketika dibawa ke dokter. Pembicara lainnya dr. Retno Asih Styoningrum, SpA(K) dan dr. Agus Harianto, SpA(K) mengupas habis tentang pentingnya melindungi diri dan keluarga dari bahaya kuman Pneumokokus. Acara dilanjutkan dengan tanya jawab dan diakhiri dengan pengumuman pemenang lomba foto “Me & My Blue Jeans.�

www.anakku.net Desember 2011,

11


Aku aktif dan bebas bergerak karena ku nyaman...

diapers

Inilah finalis Lomba Foto “Diapers

Adelia Khansa F.M. (2)

Sahabatku�

Edric Alvaro Hadi (2)

Emmeline Chandra (2)

Abigail Faith, (2)

Kayla Zhafira (2,2)

12

Desember 2011 www.anakku.net,

Aldrick Alexis (2,7)


Qotrunnada Fajrina Achmad (1,2)

Rusell Edward S. (3,2)

Marcia Tania Ferlando (2,5)

Lionel Timothy, 1,7 thn

Pradipta Arya (8bln)

Chiesa Maliky Khadafi (1,2)

Bintang (3)

Maxell Marvellous (2,8)

Lionel Axel Ferguson (1,1)

www.anakku.net Desember 2011,

13


Finalis

24

Eyka Baby Photo Contest

Aleycia Nazwa

Graciella

Aisyah

Fayola

Kimberly

Begawan Revolusi

Shawn Dexter

Kirana Jingga

Eleanor

Naila

Gift dapat diambil di

Fathi Rizki

Costumer Service Centro Department Store tempat anak mendaftar dengan membawa foto kopi KTP orangtua, mulai tanggal 12 Desember 2011 s.d 12 Januari 2012. M. Rafky

14

Desember 2011 www.anakku.net,


Terima kasih kepada Ayah dan Bunda yang telah mengirimkan foto si kecil yang manis dan lucu-lucu. Setelah melalui proses penyeleksian, berikut adalah 24 Finalis Eyka Baby Photo Contest. Para Finalis berhak mendapatkan gift dari Eyka senilai Rp 600 ribu. Tunggu pengumuman pemenang di Majalah Anakku Edisi Januari 2012! Congratulations!

Abhijay

Abigail Kayleen

Abigael Xaviera

David Adjie

Allegra Tiara

Arkhan

Najla Sakinah

K.A Leica

Kevin

Princesline

Pradipta Arya

Lily

www.anakku.net Desember 2011,

15


s u r a t

anda

Tour Anakku Dear Anakku Saya sudah berlangganan Anakku selama 2 tahun, sangat senang dengan perubahan yang ada di majalah Anakku. Apalagi sekarang dilengkapi dengan lembar aktivitas anak, Oh ya, kapan Anakku mengadakan acara tur agar lebih dekat dengan para pelanggannya? Semoga usulan ini bisa diterima. Terima kasih. Salam Elza Tangerang Dear Ibu Elza, terimakasih sudah menjadi pelanggan setia kami. Usulnya sementara akan kami tampung.

Kirimkan Surat, Saran dan Kritik Anda ke Redaksi : Jl. Kayu Putih Selatan No. 74. Jakarta Timur. Tel. (021) 4786 3434 (hunting), 688 15515 Fax. (021) 4786 4954, E -mail: redaksi@anakku.net

Menu Kiriman

Edisi Khusus Bayi

Hai!

Dear Anakku,

Saya baru saja melahirkan anak kedua. Waktu menengok si kecil, seorang teman membawakan majalah Anakku sebagai hadiah. Wah, ternyata ada rubrik memasak. Kebetulan saya sangat senang sekali memasak. Apakah pada rubrik menu boleh diisi oleh orang awam. Saya tertarik ingin mengisi rubrik tersebut. Bagaimana caranya?

Semenjak hamil saya sudah berlangganan majalah Anakku. Saya sangat senang membaca artikelnya yang sangat berguna, dan banyak menambah pengetahuan dalam hal mendidik anak. Kapan majalah Anakku menerbitkan edisi lengkap tentang bayi baru lahir? Terimakasih, semoga Anakku semakin bagus.

Fetty Melalui e-mail

Andriana Jakarta Selatan

Hai juga Ibu Fetty Selamat atas kelahiran putra kedua. Jika ibu ingin mengisi rubrik menu sehat boleh saja, nanti ibu akan kami hubungi.

Dear Andriana Terimakasih sudah berlangganan majalah Anakku. Usulan Ibu adalah masukan bagi kami. Di tunggu awal tahun depan ya...

Ingin menjadi

model ilustrasi??

kirimkan foto Anak & Anda

dalam bentuk CD ke Redaksi Majalah Anakku Jl. Kayu Putih Selatan No. 74 Jakarta Timur Telp : (021) 4786 3434 (Hunting)

Di tunggu yaaa...!

16

Desember 2011 www.anakku.net,


r u a n g CHARLIZE ANGEL

u t a m a 16 Kontrasepsi “Pas” untuk pasangan cerdas 24 Ber-KB tapi tetap menyusui

www.anakku.net Desember 2011,

17


r u a n g

u t a m a

Melamin dan Bahayanya 18

Desember 2011 www.anakku.net,


r u a n g

u t a m a

M

elamin merupakan senyawa kimia organik yang bersifat basa yang mengandung kadar nitrogen sebesar 66%. Kemudian direaksikan dengan formaldehid membentuk plastik melamin sebagai bahan baku peralatan makan yang dikenal sebagai melamin. Tapi hatihati, saat ini peralatan makan melamin yang beredar di masyarakat banyak yang terbuat dari bahan dasar urea dengan formaldehid. Kandungan nitrogen yang tinggi pada melamin membuatnya kerap disalahgunakan, misalnya menambahkannya ke dalam makanan untuk ‘meningkatkan’ kadar protein (termasuk susu dan produk turunannya). Pada tahun 2007, Badan Pengawasan Obat dan Makanan AS, Food and Drug Administration (FDA) melaporkan adanya melamin dalam produk pakan hewan (sampel gluten gandum) yang diimpor dari Cina. Pada September 2008 beberapa perusahaan di Cina terlibat dalam skandal penambahan melamin ke dalam susu formula dan susu bayi, mengakibatkan batu ginjal dan gagal ginjal, terutama pada anak-anak. Terdapat sekitar 300.000 korban sakit dan lebih dari 12.800 orang dirawat di rumah sakit dan 4 bayi meninggal.

Organ tubuh yang menjadi ‘korban’ melamin adalah ginjal. Dengan bahaya paparan jangka panjang dan pendek.

Bahaya jangka pendek (akut) Jika terhirup: menyebabkan iritasi saluran pernapasan dan memengaruhi pernapasan (sesak). Reaksi dapat lebih cepat bila melamin yang terhirup dalam bentuk serbuk, dan menyebabkan kerusakan hati dan darah. Jika terkena kulit: menyebabkan iritasi kulit. Jika terkena mata: menyebabkan iritasi. Jika terelan: menyebabkan iritasi saluran pecernaan, mual, muntah, dan diare. Bahkan dapat menyebabkan urin sedikit atau tidak ada.

Bahaya jangka panjang Jika tertelan dalam jumlah besar, menyebabkan pembentukan batu ginjal dan kandung kemih. Bahkan dapat menyebabkan iritasi paru. Pada hewan uji dapat menyebabkan kanker. Memengaruhi fertilitas dan pada hewan uji memengaruhi genetika.

Di pasaran banyak beredar alat makan yang terbuat dari melamin namun tidak sesuai dengan standar peruntukan makanan. Maksudnya, komposisinya tidak sesuai dengan standar peralatan makan yang aman. Akibatnya, bila terkena makanan yang bersifat asam dan panas, maka zat kimia yang terkandung dalam alat tersebut mudah terurai menjadi racun. Oleh karena itu perlu kehatihatian bagi masyarakat dalam memilih alat makan. Pilihlah alat makan yang memiliki kode aman (food grade) buat makanan. Terutama yang terbuat dari plastik, karena ‘serbuan’ alat makan plastik di pasaran demikian hebatnya.

Penggunaan melamin -

sebagai formika, pelapis permukaan kitchen set

-

whiteboard

-

busa melamin

-

perekat tekstil

-

peralatan makanan

Ancaman kesehatan

Paparan terhadap melamin dapat terjadi bahkan pada proses pembuatannya di pabrik. Pekerja biasanya terpapar melalui saluran pernapasan dan kulit. Sedangkan pada masyarakat umum paparan terjadi melalui saluran pencernaan dan makanan yang terkontaminasi.

www.anakku.net Desember 2011,

19


r u a n g

u t a m a

“Aduh San, bahaya lho kalau makanan dibungkus pakai tas kresek hitam. Soalnya kan itu hasil daur ulang,� kata Ratih. Wah!

Mengingat proses pembuatannya, jelas bahwa plastik kresek hitam tidak layak digunakan sebagai bungkus makanan siap santap.

di Balik

Bahaya Kresek Hitam Tanpa kita sadari, sehari-hari kita bersentuhan dengan bahan-bahan yang berbahaya bagi kesehatan kita. Sebut saja stirofoam, melamin ‘palsu’, pengawet makanan, dan yang sehari-hari nyaris dekat dengan kita, kantung plastik atau lebih akrab disebut tas kresek.

Plastik kresek hitam sebaiknya hanya digunakan untuk membungkus barang lain misalnya mainan, pupuk, barang rumah tangga lain, atau bahan makanan mentah yang masih memiliki kulit. Intinya, makanan yang tidak langsung bersentuhan dengan plastik tersebut.

Plastik daur ulang Tas kresek berwarna hitam lebih berbahaya dibanding yang lainnya. Mengapa? Kantong plastik kresek hitam terbuat dari plastik bekas yang dikumpulkan oleh pemulung, yang kemudian didaur ulang. Dalam proses ini biasanya ditambahkan berbagai zat kimia sebagai bahan tambahan, dan selanjutnya dilelehkan pada suhu tertentu. Bayangkan, selain zat kimia tambahan, plastik-plastik tersebut memiliki riwayat penggunaan yang beragam, misalnya bekas bungkus pestisida, kotoran hewan, pupuk, sampah rumah tangga, limbah rumah sakit, dan sebagainya. Tidak mengherankan bila plastik kresek hitam ini memiliki aroma yang tajam. Yang memrihatinkan adalah plastik daur ulang ini juga digunakan untuk membuat alat-alat yang lain, seperti sedotan, piring plastik, sendok, dan lain sebagainya.

20

Desember 2011 www.anakku.net,

Apa bahayanya? jika terkena panas dapat terdegrasi dan mengeluarkan zat yang menjadi salah satu pemicu kanker (Karsinogenik). plastik akan mengurai di udara sebagai dioksin (racun). Senyawa ini berbahaya jika terhirup. gangguan sistem saraf.


r u a n g

u t a m a Tidak dianjurkan menaruh makanan panas langsung dalam kantung plastik kresek, tetapi alasi dulu dengan daun atau kertas yang aman untuk makanan, bukan kertas koran. Selain kantung plastik kresek, pembungkus makanan lain juga patut diperhatikan karena bisa saja mengandung zat berbahaya bagi kesehatan. Selama ini masyarakat menerima dengan lumrah makanan yang dibungkus oleh kertas biasa, kertas koran atau kertas bekas majalah. Kertas pembungkus tersebut di atas tidak didesain khusus untuk wadah makanan, sehingga mengandung zat berbahaya seperti timbal, karbon, dan lainnya. Timbal dapat mudah berpindah ke makanan jika terkena minyak dan panas yang mampu menyebabkan kelumpuhan. Jika Anda membeli gorengan, sayur-sayuran, kue, roti, dan lain-lain perhatikan pembungkusnya. Hindari kertas bekas atau kertas bukan untuk makanan (kertas koran, kertas majalah). Gunakanlah piring atau wadah lainnya yang didesain khusus untuk makanan.

www.anakku.net Desember 2011,

21


r u a n g

u t a m a

Pengaruh

Makanan

M

akanan atau minuman apa saja yang kita makan berpotensi untuk berinteraksi dengan obat-obatan? Hasil kerja obat di dalam tubuh dapat dipengaruhi oleh makanan atau minuman yang Anda konsumsi. Itu sebabnya, lebih disarankan untuk minum obat dengan air putih. Namun di sisi lain, beberapa obat lebih mudah ditoleransi bila dikonsumsi bersamaan dengan makanan:

kan gangguan lambung

-

dianjurkan diminum pada waktu makan atau sesaat setelah makan.

22

Desember 2011 www.anakku.net,

atau

Minuman

Contohnya: obat antinyeri: Asetosal, Asam mefenamat, diklofenak antibiotik: metronidazol, nitrofurantoin

dengan baik jika diminum saat lambung kosong (1-2 jam sebelum makan). Contohnya: anti-hipertensi (kaptopril) obat TBC: Isoniazid antibiotik: ampisilin antidiabetik: repaglinid, glipizid

Pada Obat


r u a n g

u t a m a

IPD GSK

www.anakku.net Desember 2011,

23


r u a n g

u t a m a Catatan Penting tentang interaksi obat dan makanan Baca aturan pakai pada kemasan obat. Baca semua aturan, peringatan, dan pencegahan interaksi yang ditulis pada label obat dan kemasan. Bahkan obat bebas pun dapat menyebabkan masalah kesehatan. Minum obat dengan air putih, kecuali ada saran khusus dari dokter. Hindari mencampur obat ke dalam makanan atau minuman, begitu juga membuka cangkang kapsul karena dapat memengaruhi khasiat obat. Hindari mencampur obat dengan air panas karena akan memengaruhi kerja obat.

Obat vs makanan atau minuman susu vs antibiotik: amoksilin, kloramfenikol, ampisilin, dan sebagainya. Susu memiliki efek menghambat penyerapan antibiotik dalam tubuh.

kopi vs obat pemacu susunan saraf pusat, seperti metilfenidat. Dapat meningkatkan rasa gugup, gangguan tidur, dan takikardia (Peningkatan detak jantung).

teh vs zat besi dan senyawa aktif lain. Teh mengandung senyawa tanin yang dapat mengikat zat besi dan beberapa senyawa aktif obat seperti efedrin, kolsikin, sehingga mengurangi atau menghambat penyerapan obat.

24

Desember 2011 www.anakku.net,


r u a n g

JAVAS

kehamilan & menyusui 28 Menjaga kulit sehat selama hamil 31 Catat khusus bagi ibu hamil berpostur pendek

33 Keunggulan nutrisi ASI 36 Artis :

Nova Eliza “Sebisa mungkin jangan Mal�

www.anakku.net Desember 2011,

25


r u a n g

kehamilan & menyusui

Atasi Rasa Dr. Yuditiya Purwosunu, SpOG(K) Divisi Fetomaternal Departemen Obstetri dan Ginekologi FKUI-RSCM Jakarta

B

agi Ibu Nisa (35 tahun) melahirkan terasa mudah, cepat dan tidak begitu menyakitkan. Nisa yang tinggal di Jepang, melahirkan di apartemen hanya ditolong sang suami. Tali pusatnya bahkan dipotong dengan pisau dapur yang dipanaskan dengan api. Bukan sengaja ingin melahirkan di rumah, tetapi begitu cepat prosesnya sehingga tidak sempat menunggu ambulan untuk dibawa ke rumah sakit. Baginya proses melahirkan anak pertama begitu menyenangkan, cepat, dan lancar. “Sama sekali tidak menakutkan atau menyakitkan. Rasanya lebih menakutkan nonton Fear Factor’ di TV,” tukas Nisa.

Darimana rasa sakit berasal? Rasa nyeri persalinan berasal dari nyeri otot rahim (karena berkontraksi terus dan meregang), tekanan pada mulut

26

Desember 2011 www.anakku.net,

Takut Saat Melahirkan

Seringkali calon ibu mereka-reka seberapa sakitnya melahirkan… Bahkan tak mau ambil risiko, dan memilih ceasar sebelum ada indikasi. Percayakah Anda, ada ibu yang tertawa saat melahirkan? rahim, posisi melahirkan, serta beberapa faktor lainnya. Sebagian besar wanita bersalin merasakan nyeri persalinan seperti rasa nyeri haid, terutama di bagian punggung belakang yang semakin lama semakin besar intensitasnya. Pada tahap kedua persalinan (saat kepala bayi sudah di bawah), adalah rasa nyeri menekan tulang dan jaringan di sekitar vagina. Bila diukur dengan skala rasa nyeri McGill, nyeri melahirkan diibaratkan dengan terpotongnya jari tangan. Namun, persepsi rasa nyeri sangatlah subyektif. Tidak ada pengukuran definitif dari rasa nyeri, yang ada hanya rasa yang dipersepsikan (sebagai rasa sakit). Persalinan bisa dipersepsikan amat

nyeri, atau amat rileks seperti cerita Nisa di atas. Atau, seperti pernah saya alami pada pasien yang saya bantu persalinannya, ada ibu yang sampai mengalami orgasme setelah persalinan seperti habis berhubungan seksual. Atau ibu yang tertawa-tawa selama persalinannya. Semua itu bukan sesuatu yang aneh. Tubuh mengeluarkan endorfin dan menurunkan adrenalin serta zat-zat lainnya untuk mengurangi atau melawan rasa sakit yang ada. Persalinan normal juga menghasilkan hormon oksitosin yang lebih tinggi dari kondisi persalinan ceasar. Oksitosin berperan dalam proses ‘cinta’ ibu-anak. Endorfin memicu rasa nyaman dan euforia


r u a n g

kehamilan & menyusui selama persalinan. Sehingga bila nyeri persalinan berakhir, bisa menimbulkan rasa orgasme dan mengurangi rasa depresi. Persalinan normal mengurangi angka ‘baby blues’ pada ibu setelah melahirkan. Bahkan rasa nyeri sebetulnya ‘dibutuhkan’ seorang wanita untuk siap mengasuh anaknya (motherhood). Rasa nyeri juga membantu persalinan untuk menjadi lebih cepat dan teratur. Tidak semua ibu mempunyai persepsi seberapa sakit saat persalinan tiba (untuk anak pertama). Tidak usah malu, di Inggris seperempat ibu yang melahirkan anak pertama akan memilih memakai analgesia epidural, walau sebelumnya tidak menginginkan sama sekali. Setengahnya mengubah pikiran untuk menggunakan obat-obat penghilang rasa nyeri. Pendidikan saat asuhan antenatal bisa mengurangi semua ketakutan ini. Banyak ibu yang memilih potong kompas operasi ceasar karena rasa nyeri yang berbeda dari yang dibayangkan sebelumnya. Penting untuk berdiskusi dengan tenaga medis, guna mendapat penjelasan bahwa proses persalinan mungkin sakit namun tidak berlebihan.

konsentrasi tingkat tinggi yang menggagalkan rasa yang dialami mencapai tingkat kesadaran. Kondisi hipnotik atau ‘trance’ ini ditandai dengan meningkatnya penerimaan akan sugesti. Hipnoterapi dapat didefinisikan sebagai penggunaan sugesti secara klinis untuk mengurangi kecemasan ataupun nyeri. Bagian otak sebelah depan, pada gambaran PET scan, menjadi bagian yang dipengaruhi oleh rangsangan dari hipnosis. Penekanan aktivitas saraf, antara korteks sensori dan sistem amygdala-limbik tampaknya menghambat rasa nyeri itu sendiri.

Intervensi psikologis seperti dukungan penuh saat melahirkan dibuktikan mengurangi kebutuhan akan obat antinyeri (analgesia), persalinan operatif, dan mengurangi ketidakpuasan persalinan. Dokter Obgin asal Inggris Grantly Dick-Read merangkum ini dalam publikasi “Childbirth wihout Fear,” bahwa menghilangkan rasa takut, stres dan ketegangan dapat mengurangi rasa nyeri dan menghilangkan rasa sakit. Persalinan dipandang sebagai salah satu bentuk paling intens dari rasa nyeri pada manusia, sekaligus tantangan fisik dan psikologis bagi ibu yang akan

Mengatasi nyeri persalinan Ada berbagai cara mengurangi atau menghilangkan nyeri persalinan, secara medis, seperti gas nitro oksida (gas etonox), morfin (pethidin), atau opium (fentanil). Yang populer adalah dengan antestesi sebagian (regional) epidural. Cara medis ini juga menambah biaya persalinan dan bukan tanpa efek samping. Sedang cara non-obat adalah dengan pijatan, akupuntur, dukungan suami atau orang tua, serta melahirkan di air yang bertujuan memberikan rasa rileks pada saat persalinan.

Hipnosis Penggunaan hipnoterapi pada kehamilan dan persalinan sudah dilakukan sejak seabad lalu, sebagai aplikasi paling baik dan berguna. Namun, gambaran tepat dari kondisi hipnosis masih belum jelas. Hipnosis berbasis perubahan kesadaran, seperti mimpi, meditasi atau

www.anakku.net Desember 2011,

27


r u a n g

kehamilan & menyusui melahirkan. Analgesia epidural merupakan metode yang paling efektif mengurangi rasa nyeri dalam persalinan, dan diterima sebagai baku emas (goldstandard) penghilang nyeri persalinan. Teknik ini banyak digunakan, walau memiliki efek samping, antara lain alergi, panjangnya proses persalinan, proses persalinan operatif yang lebih sering. Namun tetap dianggap mempunyai tingkat keberhasilan yang baik. Hipnosis bisa digunakan di mana analgesia epidural tidak bisa digunakan, dan diklaim memblok rasa nyeri persalinan pada 25% pasien. Bahkan telah didemonstrasikan pada pasien yang akan dioperasi caesar, dengan hanya hipnosis sebagai analgesia.

Hypnobirthing Hipnobirthing adalah istilah yang dipakai untuk penggunaan hipnosis pada proses persalinan. Istilah ini dipatenkan untuk penggunaan komersil di Amerika. Teknik ini dipelopori oleh Dokter Obsgin Inggris Grantly Dick-Read, sebelumnya juga dipopulerkan oleh Dr. Fernard Lamaze. Teknik Lamaze bertujuan meningkatkan kepercayaan diri ibu dalam persalinan, memberikan tips untuk mengatasi rasa nyeri, seperti teknik bernafas, gerakan, dan pijatan. Teknik ini diinspirasi gerakan ‘monitrice’ atau bidan di Rusia yang memberikan teknik bernafas dan relaksasi saat persalinan. Tehnik hypnobirthing mulai populer di negara maju. Tahun 2011 dimulai studi 18 bulan oleh NHS (National Health Service) di Inggris untuk penggunaan hypnobirthing pada persalinan sebagai alternatif dari anastesi epidural dan sekaligus mengurangi pembiayaan anastesi dan obat-obatan analgesia. Penggunaan analgesi epidural pada negara maju bisa mencapai angka 60% walaupun tetap beresiko pada persalinan. Di Inggris terdapat 250 terapis hypnobirthing terkualifikasi dan di Australia sekitar 95 terapis. Pembelajaran hipnosis diri berlangsung beberapa jam untuk teknik relaksasi-sendiri selama

28

Desember 2011 www.anakku.net,

persalinan. Terapis ini berbiaya sekitar 800 pounsterling, dan diklaim hanya bisa berfungsi sempurna pada satu dari empat ibu yang melahirkan (sekitar 25%). Victoria Parrot salah satunya. Wanita usia 34 tahun ini melahirkan anak ketiganya tanpa obat analgesia sama sekali. Dia menggunakan metode relaksasi-mandiri yang diajarkan pada sesi hipnosis sebelum melahirkan di London. “Saya tidak merasakan sakit saat melahirkan. Justru saya merasakan sensasi nyaman saat bayi melewati panggul sampai lahir.” Ini adalah contoh dari hypnobirthing yang berhasil. Beberapa ibu di negara maju menggunakan mp3 ‘hypnobabies’ untuk membantu relaksasi saat persalinan. Ada sekitar 20 studi yang meneliti pengaruh hipnosis dalam persalinan antara tahun 1969-2004. Secara garis besar, hipnosis memang mengurangi penggunaan obat anti-nyeri (analgesia) dan anestesi epidural dalam persalinan. Lama persalinan menjadi lebih pendek dua jam secara signifikan pada pasien yang mendapat terapi hipnosis. Penggunaan obat-obat induksi menjadi berkurang sekaligus mengurangi operasi pada pasien.

Hypnobirthing di Indonesia Terapis hypnobirth belum lazim di Indonesia atau Jakarta khususnya. Pernah dilakukan hipnosis pada ibu yang menjalani prosedur kuretasi di RSCM sebagai prosedur alternatif, namun tidak menjadi rutin. Diperlukan terapis yang berpengalaman dalam mendampingi pasien, yang belum baku dalam tatalaksananya. Dan juga amat tergantung dari keinginan, kemauan dan profil pribadi dari pasien untuk keberhasilan hipnosis. Pribadi yang dependen membuat terapi ini mudah dan berhasil melewati proses hipnosis. Kelahiran bayi melibatkan keluarga besar, selain bermakna bagi perempuan yang telah menjadi seorang ibu, juga bermakna bagi sebuah keluarga besar. Satu kelahiran membawa gema dan gelombang perubahan dalam keluarga. Rasa ini harus disertai dukungan penuh dan kepercayaan dari orang terdekat, melebihi dari rasa sakit yang ada dan obat analgesik yang terbaik. Rasa nyeri adalah realitas, namun rasa aman dan tenang adalah rasa yang jauh lebih mendalam.


r u a n g

kehamilan & menyusui

PRAXION

www.anakku.net Desember 2011,

29


r u a n g

kehamilan & menyusui Nutrisi saat hamil bukan hanya terkait dengan berat lahir bayi atau kecerdasan anak semata, namun juga terkait dengan kesehatan di masa mendatang.

P

ada musim semi 1944, saat puncak perang dunia kedua, tentara Jerman memblokade Belanda bagian Barat termasuk suplai makanan. Kemudian setelah blokade terjadi musim dingin yang parah, sehingga membekukan kanal-kanal di daerah itu. Makanan menjadi langka karena sama sekali tidak bisa dikirim. Banyak orang bertahan dengan makanan 500 kalori sehari (seperempat kebutuhan sesungguhnya). Sampai 5 Mei 1945 makanan benarbenar telah habis. ‘Hunger Winter’ itu membunuh puluhan ribu orang dan memengaruhi kondisi sekitar 40 ribu ibu hamil. Akibat malnutrisi saat kehamilan, terjadi keguguran, berat bayi rendah dan kematian janin.

Nutrisi Ibu Hamil = Kesehatan Mendatang Dr. Yuditiya Purwosunu, SpOG(K) Divisi Fetomaternal Departemen Obstetri dan Ginekologi - FKUI-RSCM Jakarta

Efek jangka panjang Namun, efek sesungguhnya akibat malnutrisi saat hamil baru terlihat puluhan tahun sesudahnya. Ahli epidemiologi kemudian menemukan bahwa orangorang yang terlahir dari ibu malnutrisi (500 kalori) mempunyai angka kegemukan, diabetes, dan sakit jantung lebih tinggi. Risiko tekanan darah tinggi tiga kali lipat dibanding mereka yang lahir dari ibu dengan nutrisi cukup. Sekitar 30 tahun lalu, David Barker, dokter asal Inggris mendapatkan bahwa frekuensi tinggi sakit jantung justru terdapat di daerah yang berpendapatan rendah. Padahal penyakit jantung biasa diidap seseorang yang berlebihan makan dan kurang gerak (sedentari). Barker menelusuri berat lahir penduduk di daerah tersebut.

30

Desember 2011 www.anakku.net,

Penemuannya mengejutkan, mereka yang lahir dengan berat badan rendah berisiko lebih tinggi mengidap penyakit jantung. Penemuan ini dipublikasikan tahun 1989, namun tidak popular, karena para peneliti lebih sibuk menghubungkan sakit jantung dengan faktor gaya hidup seperti merokok, hidup sedentari, dan diet tinggi lemak. Namun akhirnya penelitian Barker ditindaklanjuti oleh sekitar 25 penelitian besar (dengan sampel lebih dari 100.000) yang dilakukan untuk mengulang hipotesis ini. Akhirnya hipotesis ini diakui, dan dikenal sebagai ‘Hipotesis Barker.’

Ibu malnutrisi, picu sakit jantung Mengapa malnutrisi menyebabkan penyakit jantung di masa lanjut? Saat

ibu hamil malnutrisi, janin menyesuaikan kondisi itu. Bayi mengarahkan nutrisi ke organ-organ yang lebih vital, yakni otak, bukan ke organ yang lain seperti jantung dan hati. Mekanisme ini membuat bayi bertahan 9 bulan kehamilan, kompensasinya memengaruhi organ-organ lain selain otak. Dan kondisi ini akan dibayar di usia lanjut, seperti penyakit jantung, hati ataupun diabetes. Alasan kedua adalah sang bayi mengambil petunjuk dari lingkungan intrauterin (dalam kandungan) dan menyesuaikan secara biologis. Mereka menyiapkan kondisi dunia luar dengan mengambil petunjuk nutrisi saat intrauterin sebagai proses adaptasi situasi nanti. Proses ini bisa dikatakan sebagai evolusi.


r u a n g

kehamilan & menyusui Berat bayi lahir rendah dipengaruhi banyak hal seperti merokok selama kehamilan, plasenta tidak berfungsi baik, lahir sebelum waktunya. Namun kontribusi utama adalah faktor nutrisi. Nutrisi yang buruk, (seperti penelitian Barker) banyak ditemukan pada wanita usia reproduksi bahkan pada wanita kelas atas yang mampu mengonsumsi nutrisi yang baik. Kebiasaan makan atau nutrisi yang buruk pada usia reproduksi akan berlanjut saat hamil, dan memengaruhi sang bayi.

Konsumsi ikan Salah satu cerita dilema lain di bidang nutrisi adalah konsumsi ikan saat hamil. Ikan merupakan sumber tinggi protein dan besi serta rendah lemak yang dibutuhkan untuk perkembangan bayi dalam kandungan. Namun laporan sekitar tahun 1990-an menyimpulkan anak yang terpapar merkuri karena ibunya mengonsumsi ikan selama kehamilan akan memengaruhi kecerdasan kognitif dan perkembangan anak.

berikan kesimpulan bahwa konsumsi ikan laut yang rendah selama kehamilan berhubungan dengan angka kecerdasan verbal, sosial dan komunikasi pada anak usia 6 bulan sampai 8 tahun. Penelitianpenelitian berikutnya berkesimpulan bahwa asam lemak Omega-3 penting bagi perkembangan otak anak.

ukuran yang dianjurkan? Tahun 1980, FDA mengeluarkan batasan kafein pada ibu hamil. Kemudian diikuti peringatan akan makanan keju berbakteri, ikan yang tercemar merkuri, sayuran mengandung bakteri dan seterusnya. Saat hamil adalah masa paling baik untuk mengatur dan mengingat kembali cara makan (dan hidup) yang sehat. Tinggalkan gaya hidup yang tidak sehat ketika berencana hamil. Makan makanan beragam, tidak berlebih dan dalam batas kewajaran adalah yang terbaik. Gunakan gambar piramid makanan (atau 4 sehat 5 sempurna) sebagai panduan. Telah terbukti bahwa konsep nutrisi dalam masa kehamilan amat penting dan bisa mem’program’ bayi. Mungkin di masa-masa mendatang prinsip ini terus diteliti hingga ditemukan nutrisi apa saja yang esensial dan bisa mengurangi risiko penyakit di masa lanjut.

Hingga tahun 2001 Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika (FDA) memberikan rekomendasi untuk mengurangi konsumsi ikan laut. Lalu kondisi ini berbalik sampai tahun 2007, di mana laporan di jurnal Lancet mem-

Siapkan kehamilan Anda Kini, ragam makanan demikian berlimpah, bahkan menjadi dilematis saat menentukan pilihan. Apakah menyantap makanan A menjadi lebih baik? Berapa

Atau bahkan mem’program’ anak menjadi generasi yang lebih baik. Tidak ada yang lebih penting bagi masa depan bangsa, selain mendapatkan generasi yang lebih baik.

www.anakku.net Desember 2011,

31


r u a n g

kehamilan & menyusui

Bayi Alergi

F

rida panik ketika suatu pagi mendapati bayinya yang baru berusia 3 bulan pilek, saat menyusui si kecil tampak kesulitan karena hidungnya mampet.

Ibu Perlu Diet, Lho Bila bayi menunjukkan gejala alergi, siapsiap…ibu harus diet!

“Ini pertama kali Daffa terserang pilek. Padahal kan aku sudah memberinya ASI full, lagi pula di rumah kan enggak ada yang sedang pilek. Kok bisa ya?” kata Frida kepada suaminya. Karena khawatir, mereka membawa Daffa ke dokter anak. “Anak Ibu kemungkinan besar alergi. Coba Ibu ingat-ingat, Ibu makan apa saja?” tanya dokter. Selanjutnya dijelaskan bahwa biasanya pilek yang menyerang anak di bawah usia 2-3 bulan kebanyakan disebabkan oleh alergi. Selain itu, perlu ditarik garis ke atas, apakah kedua orang tua atau salah satunya memiliki riwayat alergi.

32

Desember 2011 www.anakku.net,

Siapa saja yang berisiko tinggi alergi?

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), bayi dengan risiko tinggi alergi adalah bayi dengan riwayat alergi yang kuat dalam keluarga, yaitu :

5-15% berisiko terkena alergi, bila kedua orangtua tidak memiliki riwayat alergi.

20-40% berisiko terkena alergi, bila salah satu orangtua memiliki riwayat alergi.

40-60% berisiko terkena alergi, bila kedua orangtua menderita alergi. Seorang anak mengalami alergi bila terdapat salah satu atau beberapa faktor berikut; riwayat keluarga alergi, bila seorang ibu hamil yang merokok atau berada di lingkungan


r u a n g

kehamilan & menyusui

Vaksin Kombinasi

www.anakku.net Desember 2011,

33


r u a n g

kehamilan & menyusui

Tip Mencegah bayi alergi jangan buru-buru menyapihnya.

perokok, anak tidak mendapat ASI atau hanya sebentar mendapatkannya, polusi, dan diet. Hal sama ditanyakan oleh dokter spesialis anak saat Frida membawa Daffa berkonsultasi.

makanan yang dikonsumsi yang berpotensi menimbulkan

Munculnya gejala alergi dapat mengenai tiga organ, yakni pada kulit (kemerahan, gatal, dsb), saluran cerna (diare), dan saluran napas (pilek, rhinitis).

jenis makanan baru agar dapat memantau bila muncul reaksi alergi.

Bukan alergi ASI Sayangnya, ketika bayi mengalami salah satu gejala alergi tersebut di atas, muncul anggapan bahwa bayi alergi ASI. Tentu saja ini tidak benar. Yang perlu diperhatikan adalah makanan yang telah dikonsumsi Ibu sehingga menyebabkan bayi menjadi bermasalah setelah diberi ASI. Terlebih lagi bila terdapat garis riwayat alergi pada kedua orang tua atau kakek-nenek. Setelah itu coba telusuri makanan yang menjadi alergen (penyebab alergi) bagi si bayi. Jika penyebab alergi ini sudah diketahui, ibu bisa menghentikan konsumsi makanan atau minuman tersebut. Reaksi spontan yang ditunjukkan bayi biasanya berupa gumoh lebih dari frekuensi normal. Bisa jadi ini disebabkan karena bayi alergi terhadap susu sapi (yang diminum

seperti asap, rokok, debu rumah, sebuk sari, dan binatang peliharaan. ibu). Terkadang bayi juga menunjukkan reaksi alergi lain, misalnya ruam merah pada kulit. Ini biasanya disebabkan makanan laut yang dikonsumsi ibu.

Jangan stop ASI Jika tanda-tanda alergi terjadi pada bayi Anda, jangan hentikan pemberian ASI eksklusif namun stop mengonsumsi makanan/minuman pemicu alergi. Jika ASI eksklusif ini dihentikan dan diganti dengan pemberian susu formula justru akan semakin mengurangkan nilai gizi yang diterima oleh si bayi. Nilai gizi ASI adalah yang terbaik, tidak dapat digantikan oleh susu formula yang mahal sekalipun. Teruskan pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan, dan lanjutkan hingga bayi berusia 2 tahun.

Referensi: List BA, Vonderhaar KJ. Should breastfeeding mothers avoid allergenic foods? Cincinnati Children’s Hospital Medical Center, Cincinnati, OH, USA. Betsy.list@cchmc.org. MCN Am J Matern Child Nurs. 2010 Nov-Dec;35(6):324-9.

34

Desember 2011 www.anakku.net,


a r t i s

a n a k k u

Asri Welas Anti Berkata ‘Jangan’ Pada Anak

Sadar bahwa anak memiliki periode emas tumbuh kembangnya. Asri sangat concern dalam mendidik buah hatinya. Misalnya saja berusaha tidak mengatakan ‘jangan’ kepada Ibam, sang buah hati.

M

asih ingat Welas, sosok perempuan Jawa berkarakter lucu dan lelet di sinetron ¨Suami-suami Takut Istri¨? Asri Welas yang bernama asli Asri Pramawati ini merasa mendapat banyak berkah dalam hidupnya setelah terjun sebagai bintang sinetron. Kini psikolog alumnus UI ini tengah menikmati kebahagiaan menjadi istri dan ibu. Presenter ‘Ngulik’ yang memiliki keahlian mendisain dan menjahit kebaya ini termasuk ibu yang sangat telaten merawat buah hatinya. “Sejak punya anak, aku ingin merawat sendiri. Bonusnya, tubuhku cepat kembali ke berat awal,” cerita Asri terbahak. Kelahiran Yogya 32 tahun lalu ini ingin menemani masa emas putranya Rajua Gilbram Ridha Rahaja (Ibam). Asri menyadari awalnya memang repot dan capek merawat anak sendiri, tapi lama kelamaan terbiasa dan malah menikmatinya. Bonding antara Asri dengan putranya Ibam sangat kuat. Sampai sekarang ia masih memberikan ASI. Pemilik butik yang handal menari ini bercerita bahwa dalam mendidik anak ia menerapkan cara tersendiri, “Aku tidak pernah berkata ‘jangan’ pada anak. Mungkin kesannya aku terlalu cuek dengan anak, kok anak tak pernah dilarang. Tapi buatku kalau anak terlalu banyak dilarang dia tidak tumbuh secara alami.”

www.anakku.net Desember 2011,

35


a r t i s

a n a k k u Ia mencontohkan saat Ibam sibuk memencet tombol dispenser. Walaupun sudah di ingatkan bahwa memainkan tombol yang merah nanti bisa kenapa air panas. Ibam tak menggubrisnya. Akhirnya, tangannya terkena air panas. “Nah, dia merasakan sendiri kan...”, ujar Asri. Wanita berambut panjang yang pernah tergabung dalam kelompok tari GSP binaan Guruh Soekarno Putra sejak usia 11 tahun ini mengatakan bahwa membuat anak mengerti memang tidak bisa instan, perlu waktu.

Maaf dan terima kasih

Mantan peragawati yang sudah melanglang buana hingga ke pusat mode Paris ini bercerita harus cermat mengatur waktu dengan putranya. Apalagi kini tawaran job banyak berdatangan setelah namanya dikenal lewat aktingnya sebagai Welas. ”Alhamdulillah... ini mungkin yang namanya rejeki dari Allah”, ucapnya. Diakui Asri, kesibukan sebagai presenter Ngulik membuat ibu muda ini sering jauh dari keluarga. Baginya berjauhan dari Ibam adalah saat paling berat buat Asri. “Ibam sempat rewel waktu aku tinggal syuting dalam waktu agak lama. Terpaksa disapih secara dadakan karena aku jarus pergi ke luar negeri selama lebih dari seminggu. Aku pikir sudah berhasil menyapihnya. Eee... saat ketemu di bandara, Ibam nangis nggak bisa diam dan langsung minta nenen. Nggak tega deh, sampai sekarang masih ASI,” tutur istri dari Galiech Ridha Rahaja ini. Wanita kelahiran 7 Maret ini ingin bersikap total untuk keluarga. “Aku harus pegang komitmen sebagai ibu. Jadi kalau harus kerja ke luar kota, sebisa mungkin aku ajak anak. Di luar jadwal syuting, aku total di rumah untuk keluarga, mulai dari memasak, main dengan anak, mengantarnya ke sekolah, dan juga mengurus suami,” terang presenter kocak ini. Meskipun selalu bertingkah kocak di layar kaca, dalam mengurus anak Asri tergolong serius. “Aku nggak mau sembarangan. Anak punya masa emas di lima tahun pertama usianya, jadi aku harus total berada di sampingnya. Sejak kecil aku menanamkan nilai agama, sosial, dan moral. Aku dan Mas Galiech mengajari Ibam mengucap salam, melihat kami sholat bersama, doa mau tidur, mau makan, dan sebagainya. Selain itu membiasakan Ibam mengucapkan maaf setiap melakukan kesalahan, dan berterimakasih saat diberi sesuatu,“ terang Asri panjang lebar.

Butik kebaya

Selebriti yang juga bintang iklan ini menyadari bahwa eksistensinya di dunia hiburan tidak selamanya langgeng. Itulah sebabnya ia perlu mencari peluang dengan memanfaatkan kesempatan yang terbuka.

36

Desember 2011 www.anakku.net,

foto : Fendi Anggoro (DuaMerpati Photography)


Ultima

www.anakku.net Desember 2011,

37


a r t i s

a n a k k u

Seperti banyak rekan sesama artis yang mencoba berbisnis, Asri pun melakukan hal yang sama. “Aku bisnis butik kebaya dan gaun, sejak lima tahun lalu. Alhamdulillah sampai sekarang berjalan dengan baik,” katanya. Asri menjalankan usahanya dengan sepenuh hati. Apalagi ia memang sangat mencintai segala hal yang berbau batik. Asri tampaknya benar-benar ingin total dalam menjalankan bisnisnya. “Sekarang aku sudah membuka cabang di Jepang. Kebetulan punya kenalan orang Jepang yang mau membuka bisnis baju kebaya di Jepang”. Setelah ini apa lagi rencananya? “Insya Allah aku ingin membuka sanggar tari anak yang tidak hanya mengajarkan tari, tapi juga mengajarkan cara mengenakan busana tradisional dan memahami arti dari busana yang dikenakan,” ujarnya menutup obrolan.

Tip mengasuh si Kecil dari Asri Welas : “Biarkan anak bereksplorasi sesuai keinginannya.” 38

Desember 2011 www.anakku.net,


r u a n g

HOSEA

a

n

a

k

40 Minyak telon, sahabat bayi 43 Merawat rambut bayi 46 Agar si kecil tak sulit makan www.anakku.net Desember 2011,

39


r u a n g

a

n

a

k

Si Pencemar Kulit Bayi

Kelihatannya mungkin sepele, namun ruam popok bisa menjadi lebih parah dan dapat ‘ditunggangi’ infeksi lain.

K

ulit bayi yang sensitif sangat rentan dengan berbagai paparan. Salah satunya ruam popok yang penyebabnya dekat dengan si kecil.

Iritasi feses dan urin. Paparan urin/

dr. Ari Muhandari Ardhie, SpKK Poli Kulit RSAB Harapan Kita Jakarta

Perubahan ini meningkatkan frekuensi buang air besar, sehingga dapat menyebabkan ruam popok. Jika bayi masih menyusu, makanan Anda dapat meningkatkan risiko ruam popok, misalnya makanan berbahan dasar tomat.

feses dapat mengiritasi kulit bayi yang sensitif. Bayi Anda rentan mengalami ruam popok jika sering buang air besar, karena kotoran lebih mengiritasi daripada urin.

Iritasi dari produk. Tisu basah, popok sekali pakai, deterjen, pelembut, bahan pemutih, semua bisa mengiritasi kulit bayi. Termasuk zat yang ditemukan di beberapa produk baby lotion, bedak, dan baby oil.

Pengenalan makanan baru. Ketika

Bakteri atau jamur. Infeksi kulit

bayi mulai makan makanan padat (4-12 bulan), terjadi perubahan feses, yang meningkatkan risiko ruam popok.

40

Desember 2011 www.anakku.net,

dapat menyebar ke daerah sekitar bokong, paha dan genital. Ini didukung oleh kondisi lembab, sehingga bakteri

dan jamur mudah berkembang biak. Ruam ini biasanya dimulai dari lipatan kulit, ditandai dengan bintik-bintik merah di sekitar lipatan.

Kulit sensitif. Bayi dengan kulit lebih sensitif lebih rentan mengalami ruam popok. Lecet akibat gesekan popok atau pakaian. Antibiotik. Antibiotik membunuh bakteri jahat dan baik. Rusaknya keseimbangan flora normal ini membuat kulit rentan mengalami infeksi jamur. Ini dapat terjadi pada bayi maupun ibu menyusui yang mengonsumsi antibiotik.


r u a n g

a

n

www.anakku.net Desember 2011,

a

k

41


r u a n g

a

n

a

k

Kapan ke dokter? Jika bayi Anda mengalami ruam popok yang gejalanya tidak kunjung membaik, bahkan disertai demam, konsultasikan dengan dokter. Buatlah catatan kecil tentang kondisi si kecil.

lakukan obat/makanan apa yang Anda konsumsi kontak dengan kulit bayi, misalnya merek popok, deterjen, sabun, lotion, bedak, dan baby oil yang telah digunakan

Buat daftar pertanyaan

Referensi Horil KA. Overview of diaper dermatitis in infants and children. http://www.uptodate. com/home/index.html. Diunduh 10 November 2011. Cydulka RK, et al. Diaper dermatitis. In: Marx JA, et al., eds. Rosen’s Emergency Medicine: Concepts and Clinical Practice. 6th ed. St. Louis, Mo.: Mosby; 2006. Diunduh 9 November 2011 Diaper dermatitis. American Osteopathic College of Dermatology. http://www.aocd. org/skin/dermatologic_diseases/diaper_dermatitis.html.

42

Desember 2011 www.anakku.net,


r u a n g

a

n

a

k

Merangsang K e c e r d a s a n Lewat Bermain Kecerdasan anak dipengaruhi oleh nutrisi dan stimulasi. Keduanya saling bersinergi, bahkan sejak bayi berada dalam kandungan.

K

ecerdasan anak dipengaruhi oleh sambungan sinaps yang memiliki perkembangan yang sangat cepat. Tanpa stimulasi, sinaps akan menghilang.

Stimulasi sambil bermain Ketika bicara soal stimulasi, jangan pikirkan suatu kegiatan yang rumit. Stimulasi yang sesungguhnya adalah aktivitas ibu dan buah hatinya dalam bentuk bermain. Ada beberapa faktor yang sebaiknya diperhatikan saat bermain bersama anak (floor time).

Dr. Hardiono D. Pusponegoro, SpA(K) Klinik Anakku Kelapa Gading

anak, berinteraksi dan bermain. dengan usia dan perkembangan anak

berpikir abstrak, pemecahan masalah

ibu dan si kecil

Dasar dari stimulasi anak dan ibu adalah kedekatan keduanya, bermain bersama, adanya interaksi keterlibatan fisik dan bersifat menyenangkan. Di dalamnya harus melibatkan multisensory, termasuk sentuhan, dan yang paling penting berlangsung menyenangkan. Libatkan sisi empati, kehangatan, kelembutan dan ketenangan serta kenyamanan. Pastikan Anda melakukannya pada waktu yang tepat, tidak dipaksakan, agar anak merasa nyaman dan senang.

www.anakku.net Desember 2011,

43


r u a n g

a

n

a

k

Jika berjalan dengan baik, stimulasi lewat bermain bersama anak ini akan menimbulkan rasa percaya diri pada anak sekaligus memberi kesempatan anak mengekplorasi diri.

Mengapa harus di lantai? Saat bermain, orang tua harus memosisikan diri sama dengan anak. Anak melihat orang tuanya sebagai partner bermain. Di mana didalamnya terjadi kontak mata dan interaksi dua arah. Tak jarang orang tua berbicara kepada anak sambil berdiri, akibatnya anak merasa orang tua superior, dan sebagai sosok yang menakutkan. Cobalah ubah kebiasaan ini dengan menyamakan garis mata Anda dan buah hati Anda.

Mari bermain Ada beberapa cara bermain yang menyenangkan bersama anak, beberapa di antaranya:

>> Bunyi-bunyian Dapat dilakukan pada anak usia 6 bulan. Caranya mudah; ambil mainan yang bisa berbunyi, perlihatkan kepada anak dan bunyikan mainan tersebut. Biarkan anak mengeksplorasi dan mencontoh. Selain dapat menstimulasi anak, cara ini dapat digunakan untuk menilai pendengaran anak. Catatan pentingnya buat orang tua, waspadai jika usia 6 bulan anak tidak menoleh kearah suara.

>> Mengeluarkan biji dari botol Pertama-tama Anda dapat mencontohkan bagaimana cara Anda mengeluarkan permen dari botol. Coba, apakah anak dapat menirunya? Inilah saat menilai kemampuan gerak halus anak dan kecerdasannya.

>> Tunjuk gambar Dapat dilakukan untuk anak usia 20 bulan. Pertama-tama biarkan anak melihat gambar-gambar. Pada awalnya, gambar harus mirip dengan benda

44

Desember 2011 www.anakku.net,

aslinya. Lalu biarkan anak menunjuk saat Anda menyebut nama salah satu benda. Demikian seterusnya, sampai semua gambar berhasil dikenali. Waspadai bila anak di usia ini anak tidak bisa menunjuk, dan tidak memahami benda yang Anda sebutkan.

>> Bola warna warni Ambil beberapa bola plastik aneka warna, lalu ajak si kecil mengenal warna tersebut dengan bermain tebak-tebakan. Cara bermain ini melatih penglihatan anak dan belajar warna.

>> Suara binatang Tunjukkan gambar-gambar binatang sambil menirukan suaranya. Cara sederhana ini dapat melatih pendengaran, kecerdasan, serta melatih gerak halus. Masih banyak cara bermain yang dapat menstimulasi kecerdasan buah hati Anda. Misalnya saja bermain pura-pura dengan piranti main sederhana, menyusun puzzle bersama, menyusun balok, dan sebagainya. Ayo Ibu, sisihkan waktu bersama anak, dan ajak mereka bermain. Stimulasi terbaik buat anak anak adalah bermain bersama ibunya. Selamat bermain!


r u a n g

a

n

a

k

Baby Huki

www.anakku.net Desember 2011,

45


r u a n g

a

n

a

k

Mengeces pada bayi sering disebabkan tumbuhnya gigi. Tapi, kalau sudah berumur 2 tahun masih ngeces, apa yang salah ya? “Wah, waktu ngidam nggak kesampaian ya? Tuh akibatnya, anakmu ngeces...�

K

alimat seperti itu mungkin pernah Anda dengar. Bahwa ngiler atau ngeces (drooling) sering dianggap sebagai akibat ibu hamil yang belum kesampaian atas yang dia inginkan. Tentu saja ini hanya mitos. Mengeces pada anak dipengaruhi oleh pematangan fungsi otot mulutnya. Sampai umur 18-24 bulan, fungsi gerakan mulut masih kurang sempurna sehingga wajar saja kalau anak mengeces. Mengeces juga ada komplikasinya. Kulit sekitar mulut menjadi basah, mudah infeksi, sering harus mengganti celemek dan baju, mainan dan buku jadi basah dan rusak.

Mengapa mengeces? # Apakah disebabkan produksi ludah yang terlalu banyak? Bisa saja, hanya jarang terjadi. Ingat bahwa liur kita menjadi banyak kalau makan buah yang asam, kan? Beberapa jenis obat juga menyebabkan produksi ludah yang banyak. # Sebagian anak yang mengeces berlebihan disebabkan gangguan motorik yang disebut sebagai cerebral palsy. Anak memang mengalami kelumpuhan termasuk gangguan otot mulut. Ludah jadi tidak bisa tertelan. # Anak-anak yang mengalami kesulitan menelan juga sering mengeces. Faktor lain misalnya lidah yang besar, karies gigi, gigi tidak menutup baik, atau infeksi gusi. Hidung tersumbat dengan bernapas melalui mulut atau pilek kronik juga menyebabkan mengeces.

46

Desember 2011 www.anakku.net,

r a s e B h a Sud Masih dr. Luh K. Wahyuni SpRM Klinik Anakku

Ngeces...


r u a n g

a

n

a

k

javan Bed

www.anakku.net Desember 2011,

47


r u a n g

a

n

a

k

Apa fungsi air liur?

Produksi air liur yang normal adalah 1-1,5 liter per hari. Sebanyak 70% berasal dari kelenjar di bawah tulang rahang, jumlahnya tidak dipengaruhi makanan. Sebanyak 20% diproduksi oleh kelenjar parotis. Yang 20% inilah yang produksinya dipengaruhi makanan. Sisanya 10% diproduksi oleh kelenjar di bawah lidah. Air liur melindungi gigi dan gusi dari infeksi, mencuci mulut sehingga tidak bau, serta membantu mencerna protein dan karbohidrat karena mengandung enzim amilase.

Adakah pemeriksaan yang harus dilakukan?

Kalau mengeces berlebihan dan tetap mengeces setelah umur 2 tahun, harus dilakukan pemeriksaan tertentu.

Ada obatnya tidak?

Biasanya diperlukan kerjasama tim: dokter THT, dokter gigi, terapi wicara dan fisioterapi.

Latihan otot mulut termasuk stabilisasi posisi kepala dan leher, mengurangi menjulurkan lidah, meningkatkan sensasi bahwa ada makanan di mulut, latihan menelan dan pemijatan. Latihan ini makan waktu lama, bisa minimal 6 bulan. Di rumah, ibu dapat memberikan mainan yang dapat digigit untuk melatih otot mulut. Kebersihan mulut juga harus dijaga.

Terapi perilaku. Dapat dilatih mengenal perintah sederhana untuk menelan, berilah reward atau hadiah.

Terapi obat. Biasanya digunakan obat antikolinergik. Sayangnya, dosis yang dibutuhkan akan menyebabkan beberapa efek samping. Anak menjadi gelisah, mengantuk, sulit mengatur suhu tubuh, susah buang air besar, wajahnya menjadi kemerahan.

Terapi bedah pada kasus yang sangat sulit. Biasanya bila ludah

anak sudah berumur lebih dari 6 tahun dan terapi biasa sudah dilakukan 6 bulan tanpa hasil.

keadaan hidung dan adenoid.

Referensi KR. Drooling. Emedicine. 2003. options for the drooling patient. Ear Nose Throat J 1989: 820, 825-6, 829-30.

48

Desember 2011 www.anakku.net,


r u a n g

a

n

a

k

Jungle

www.anakku.net Desember 2011,

49


r u a n g

a

n

a

k

10 Tips

Menyajikan Camilan Anak K

ebanyakan anak suka ngemil, tapi jangan biarkan anak ngemil sembarangan. Coba lihat ‘gempuran’ iklan aneka camilan di TV. Lebih baik Anda menyediakan camilan yang sehat buat anak di rumah. Kebiasaan ngemil tidak selalu buruk. Camilan justru dapat membantu mencukupi energi dan nutrisi penting yang dibutuhkan anak. Berikut cara menyajikan camilan sehat untuk anak.

1

Jauhkan junk food, dan

makanan yang tinggi lemak seperti cokelat atau keripik. Mungkin ini agak sulit jika mereka sedang di luar rumah.

2

Pilih camilan berbahan gandum, misalnya gandum

pretzel, tortila dan serealia yang tinggi serat. Gandum merupakan sumber energi yang baik bagi anak.

3

Mix and match. Sajikan

makanan dengan padu padan menarik. Misalnya kraker/potongan buah segar dalam yogurt. Roti bakar selai kacang, atau apel. Roti gandum dengan fla susu tabur irisan stroberi.

4

Menu lebih beragam.

Sebaiknya lebih kreatif dalam menyajikan camilan untuk anak. Pilih buah sebagai pelengkap camilan, misalnya cupcake dengan selai nanas, cranberry, paprika merah atau kuning, mangga, atau kacang kedelai panggang.

50

Desember 2011 www.anakku.net,


r u a n g

FASILITAS RUANG PERAWATAN PERINA - NICU - PICU

a

D

n

a

k

Di era yang serba modern ini, ternyata angka kesakitan dan kematian perinatal masih sangat tinggi. hal ini dipengaruhi banyak faktor, antara lain pertumbuhan dalam masa kehamilan. Kesehatan bayi sangat tergantung dari kesehatan ibu di masa kehamilan maupun saat melahirkan. Tetapi karena sesuatu hal, bayi baru lahir sering dijumpai kelainan sangat membutuhkan penanganan dan tempat perawatan yang khusus. Untuk penanganan hal-hal tersebut, Unit perawatan Perina, NICU, PICU menjadi semakin dibutuhkan. Untuk membantu kesembuhan pasien maka diperlukan pengawasan dokter, perawat yang profesional secara intensif dengan didukung oleh peralatan penunjang, agar perubahan klinis bayi dapat terpantau secara intensif dan baik.

RS

F

FETOMATERNAL

Fetomaternal merupakan sub bagian dari spesialis Kebidanan & Kandungan. Klinik Fetomaternal ditangani oleh seorang Dokter konsultan Fetomaternal.

Dr. Ika Fitriana

Dr. Ika Fitriana

Dalam pemeriksaan keadaan janin konsultan bekerja dengan bantuan alat USG. sebagai alat bantu yang cukup banyak manfaatnya untuk membantu dokter melihat kondisi dari janin (anatomi, keadaan jantung, aliran darah tali pusat, letak plasenta, jumlah air ketuban dan menentukan kesehatan janin se-

RSIA BUNDA ALIYAH Jl. Pahlawan Revolusi No. 100, Pd. Bambu, Jakarta www.anakku.net April 2011, www.anakku.net Desember 2011,

63 51


r u a n g

a

n

a

k

5

Sarapan dengan benar.

Sajikan menu sarapan praktis namun kaya gizi, misalnya telur orak-arik dan roti gandum. Sarapan merupakan bekal anak beraktivitas sepanjang hari.

6

Hindari banyak gula,

namun jangan mengurangi selera anak. Misalnya puding buah dengan fla, yogurt beku, potongan buah, smoothies dengan susu skim, yogurt rendah lemak.

7

Sajikan dengan menarik.

Misalnya puding dalam cetakan kupu-kupu, cake buah dengan hiasan keju bermotif gajah. Membuat menara dari biskuit gandum, belajar mengeja kata dengan cheese stick, atau menyajikan makanan dengan hiasanhiasan lucu.

8

Beri anak kebebasan memilih. Sediakan makanan

siap santap dalam lemari es, misalnya potongan buah segar, setoples cookies gandum tabur kismis atau

52

Desember 2011 www.anakku.net,

camilan lain yang mudah dijangkau anak.

9

Jangan tertipu label. Jika Anda ke pasar swalayan, hatihati memilih camilan yang mengklaim rendah lemak atau bebas lemak. Jangan-jangan camilan tersebut masih tinggi kalori dan sodiumnya. Telitilah dalam membaca labelnya. Demikian juga, dengan camilan yang disebut-sebut sebagai makanan bebas kolesterol ternyata masih bisa tinggi lemak, gula, dan lemak jenuh. Periksa label nutrisi untuk mengetahui keseluruhan komposisinya.

10

Tentukan zona ngemil anak. Batasi tempat dan

waktunya. Misalnya saja saat menonton TV, sebaiknya tidak sambil ngemil, karena biasanya akan berlebihan. Ajari anak untuk memilih camilan yang sehat mulai sekarang, agar ia terbiasa makan sehat seumur hidunya.


r u a n g

keluarga SHAKINA www.anakku.net Desember 2011,

53


r u a n g

konsultasi

Apa Penyebab Autis? Dr. dr. Tjhin Wiguna, SpKJ Konsultan Kesehatan Jiwa Anak

Dear DR. Tjhin, Dok, anak saya yang kedua didiagnosis mengalami autis ringan, dan tengah menjalani terapi secara rutin. Pertanyaan saya apa penyebab autis? Soalnya anak pertama saya baik-baik saja. Maksud saya selama kehamilan dan persalinan sampai pengasuhan, Ibu Henritta, Sampai saat ini masih belum diketahui dengan pasti apa penyebab dari autisme. Ada beberapa teori, antara lain; Teori psikososial, yang menyatakan adanya pengaruh psikogenik sebagai penyebab autisme; orang tua yang emosional, kaku, dan obsesif yang mengasuh anak mereka dalam suatu atmosfir yang secara emosional kurang hangat bahkan dingin. Pendapat lain menyatakan adanya trauma poada anak yang disebabkan karena hostilitas ibu yang tidak disadari, yang sebenarna tidak menghendaki anak ini, sehingga menyebabkan penarikan diri pada anak dengan autisme. Teori ini pada era tahun 1950-an sempat membuat hubungan dokter dan orang tua mengalami krisis dan menimbulkan perasaan bersalah dan bingung pada para orang tua yang telah cukup berat bebannya dalam mengasuh anak autistic.

tidak ada yang membedakan antara anak pertama dan kedua. Teori biologis Gangguan autistik merupakan suatu sindrom perilaku yang disebabkan oleh berbagai kondisi yang memengaruhi sistem saraf pusat. Sampai sekarang belum diketahui dengan pasti dimana letak keabnormalitasannya, diduga adanya disfungsi batang otak dan mesolimbik. Teori biologis melibatkan faktor genetik, perinatal, anatomi otak, zat-zat kimia (neurotransmitter) otak. Teori lainnya terkait dengan imunologi dan infeksi virus. Teori di atas hingga saat ini masih terus diteliti dan dikembangkan. Jadi, bila ditanyakan apa penyebab autisme, dapat dikatakan bahwa penyebabnya multifaktoral atau banyak faktor yang mungkin saling berkaitan.

Konsultasikan masalah Anda pada pakar kami. Kirimkan per tanyaan Anda ke Redaksi Anakku : Jl. Kayu Putih Selatan No. 74, Jakarta 54 Desember 2011 www.anakku.net, Fax : (021) 4786 4954, email : redaksi@anakku.net

Henritta Jakarta Selatan


r u a n g

konsultasi

Perawatan Gigi Susu Drg. Wina E. Darwis, MDSc Konsultan Kesehatan Gigi

Dear Dokter Wina, Putri saya (usia 8 bulan), gigi susunya baru tumbuh. Bagaimana agar giginya bisa tumbuh dengan baik, Dok? Maksud saya perawatan apa yang bisa dilakukan untuk anak seusianya? Oh ya Dok, lidah putri saya berwarna putih, apakah ini normal dan bolehkah dibersihkan dengan kain yang lembut? Mohon sarannya. Terima kasih. Adityanti SG Depok Timur

Dear Ibu Adityanti, Senang rasanya mengetahui ada seorang Ibu yang sangat antusias menjaga kebersihan gigi dan mulut si Kecil. Pada usia anak Ibu 8 bulan, gigi susu seri bawah mulai tumbuh (bisa lebih dini lagi). Pada usia ini, yang dapat Ibu lakukan adalah menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan: Mulai membersihkan gigi anak 2 kali sehari. Pembersihan gigi boleh dengan kain kasa steril yang dicelup air hangat matang (sekali pakai), handuk halus yang dicelup air hangat (cuci setiap habis dipakai) sikat gigi silikon yang dipakaikan di jari (sterilkan dulu sebelum digunakan). Setelah usia 1 tahun, boleh mulai memilih sikat gigi yang lembut sesuai usianya. Tidak perlu pakai pasta gigi dulu. Setelah usia 1 tahun baru boleh pakai pasta gigi dengan kandungan fluorida yang rendah yang aman bila tertelan, hanya oleskan tipis saja di sikat gigi.

Lidah memang perlu dibersihkan. Lidah yang berwarna putih bisa karena pengumpulan susu dan kotoran pada lidah. Lidah boleh dibersihkan dengan kain kasa ataupun sikat lidah untuk bayi. Lidah yang berwarna putih, disertai rasa sakit, tidak bisa dibersihkan bagian putihnya, dan terlihat menebal permukaan putihnya bisa jadi merupakan infeksi jamur. Anak Ibu perlu dibawa ke dokter, karena perlu diberi obat anti-jamur. Pada saat anak Ibu menginjak usia 1 tahun, perlu mulai dibiasakan minum susu dari gelas (training cup). Dari usia 8 bulan ini pun, lebih baik dibiasakan anak kenyang sebelum tidur, jangan tertidur dengan menghisap botol atau diberikan botol sepanjang malam. Apabila anak masih menyusui, mulai juga membiasakan kenyang dulu supaya jarak waktu menyusui pada malam hari semakin panjang. Kebiasaan tidur dengan botol atau menyusui terus sepanjang malam bisa menyebabkan gigi geripis.

Konsultasikan masalah Anda pada pakar kami. Kirimkan per tanyaan Anda ke Redaksi Anakku : Jl. Kayu Putih Selatan No. 74, Jakarta www.anakku.net Desember 2011, Fax : (021) 4786 4954, email : redaksi@anakku.net

55


r u a n g

konsultasi

Anak Sulit Berkonsentrasi Dr. Hardiono D. Pusponegoro, Sp.A(K) Konsultan Kesehatan Anak

Dear dr. Hardiono, Anak saya usia 5 tahun dan sekarang duduk di bangku TK-B. Belakangan ini di sekolah anak saya dikatakan sulit berkonsentrasi, dan mengganggu kegiatan belajar mengajar, karena sering dianggap mengganggu teman-teman sekitarnya.

Ibu Bintari Yth, Kemungkinan putra ibu memiliki gangguan perilaku perilaku yang disebut ADHD (attention deficit/hyperactivity disorder), yakni gangguan perilaku yang ditandai kurangnya perhatian (inattentiveness), perilaku impulsif (impulsivity), dan aktivitas berlebihan (overactivity) yang tidak sesuai dengan usianya. ADHD merupakan kelainan psikiatrik dan perilaku yang paling sering ditemukan pada anak. Prevalensi ADHD diperkirakan sekitar 4-12% di antara anak sekolah. Ibu, biasanya para orang tua baru berkonsultasi ke dokter ketika anak mulai bersekolah, karena keluhannya seperti yang ibu kemukakan di atas. Anak tidak mampu memberikan perhatian untuk waktu lama, mudah terpengaruh oleh stimulasi lain, tidak dapat menyelesaikan pekerjaan atau permainan, tidak mendengar dan mematuhi instruksi, sulit

mengorganisasi benda-benda miliknya, atau mengatur aktivitasnya, sering lupa, dan ceroboh, serta sulit mengikuti acara TV sampai selesai.

Apakah anak saya bermasalah dalam perilakunya Dok? Gangguan apa yang dialami anak saya? Mohon penjelasan. Terima kasih.

Sedangkan impulsivitas dapat berupa impulsivitas motor, anak selalu berpindah dari satu aktivitas ke aktivitas lain. Impulsivitas verbal atau kognitif terlihat berupa sikap terlalu cepat mengambil kesimpulan sebelum mendapat informasi. Mereka cenderung menyela pembicaraan, terbentur pada seseorang atau tidak sengaja merusak pekerjaan orang lain. Ciri lain adalah kegagalan untuk melakukan perilaku yang dibatasi oleh aturan. Mereka sulit mengikuti aturan permainan, aturan sekolah, dan aturan umum dalam kehidupan seharihari dan dalam hubungan dengan teman-temannya. Biasanya di sekolah, anak-anak dengan gangguan ini cenderung tidak bisa diam. Di saat anak lain duduk manis, anak dengan gangguan ADHD memanjat dan berlari berlebihan.

Konsultasikan masalah Anda pada pakar kami. Kirimkan per tanyaan Anda ke Redaksi Anakku : Jl. Kayu Putih Selatan No. 74, Jakarta 56 Desember 2011 www.anakku.net, Fax : (021) 4786 4954, email : redaksi@anakku.net

Bintari Junaedi Bogor


r u a n g

konsultasi

Kapan Keputihan Perlu Diwaspadai? dr. Med. Damar Prasmusinto, Sp.OG(K) Konsultan Obstetri & Ginekologi

Dear Dr. Damar, Dok, saya lajang (usia 24 tahun) belakangan ini sangat terganggu dengan masalah keputihan. Setiap kali menjelang menstruasi (3 hari sebelumnya) selalu terjadi keputihan, dan sesudah mesntruasi kembali keputihan datang lagi. Apakah ini lumrah Dok? Jika tidak, apa penyebabnya? Keputihan yang saya alami memang tidak gatal, namun secara fisik saya kurang nyaman dengan kondisi ini. Mohon saran. Terima kasih. Ria Bashir Jakarta Pusat

Keluarnya cairan dari vagina atau yang sering disebut keputihan merupakan gejala yang sering ditemukan pada perempuan. Antara 5-10% perempuan datang ke dokter hanya karena keluhan keputihan. Karena seringnya ditemukan, seringkali tidak mendapatkan perhatian atau pengobatan yang tuntas. Keluarnya cairan dari vagina yang lebih banyak ini bisa saja normal karena pengaruh hormon. Misalnya pada saat masa subur, sebelum menstruasi, saat orgasme, dan selama kehamilan. Selain itu juga dapat karena sedang dalam keadaan ‘stress’, pemakaian pil KB, atau seringnya melakukan douching vagina. Yang perlu diwaspadai adalah bila keluarnya cairan vagina yang berlebihan ini disebabkan oleh infeksi. Infeksi yang sering menjadi penyebabnya adalah Bacterial vaginosis, jamur, trichomonas, gonorrhoea, dan lain-lain. Karena infeksi ini mulut rahim atau vagina mengalami peradangan, sehingga mengeluarkan carian yang disebut keputihan tadi. Penyebab lainnya dapat pula karena adanya benda asing seperti tampon atau pemakaian antiseptik yang berlebihan. Keputihan juga dapat menjadi tanda adanya tumor di organ kewanitaan.

Yang harus anda lakukan mungkin pertama menjaga kebersihan organ kewanitaan, menghindari pemakaian antiseptik yang tidak perlu, memakai pakaian dalam yang nyaman dan tidak menimbulkan keringat yang berlebihan, serta memperbaiki gaya hidup. Kapan seorang perempuan harus datang ke dokter bila ada keluhan keputihan? Saya anjurkan untuk memeriksakannya bila Anda sudah mulai terganggu, misalnya karena jumlahnya berlebihan, gatal, berbau, atau warnanya berubah. Demikian jawaban saya mudahmudahan bermanfaat.

Konsultasikan masalah Anda pada pakar kami. Kirimkan per tanyaan Anda ke Redaksi Anakku : Jl. Kayu Putih Selatan No. 74, Jakarta www.anakku.net Desember 2011, Fax : (021) 4786 4954, email : redaksi@anakku.net

57


r u a n g

ts e k i o pl a hs

Hati-hati, Alergi Madu

adu dapat menimbulkan reaksi alergi, antara lain batuk, sesak napas, yang diduga berasal dari serbuk sari, sekresi kelenjar lebah. Ada beberapa pro-kontra soal ini. Ada yang menyatakan bahwa alergi madu disebabkan oleh partikel serbuk sari yang ditemukan dalam madu.

M

Yang paling memprihatinkan adalah penggunaan madu sebagai obat oles di negara berkembang, misalnya saja untuk luka terbuka. Padahal ini justru dapat menyebabkan luka yang tak kunjung kering, dan malah menunda penyembuhan.

Seseorang dengan riwayat alergi biasanya disarankan untuk tidak mengonsumsi madu, karena dapat menimbulkan reaksi seperti asma. Bahkan beberapa mengalami bibir kering dan gatal, ruam merah di tangan, angioedema (pembengkakan di bawah kulit) disertai disfagia (kesulitan menelan), bahkan sesak napas yang hebat.

Madu mengandung banyak fruktosa dibanding glukosa, sehingga menyebabkan gangguan perut atau diare.

Hati-hati‌ Secara umum, madu dapat ditoleransi dengan baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Namun pernah dilaporkan adanya kasus keracunan madu yang diistilahkan dengan ‘mad honey,’ yang merupakan madu yang berasal dari nektar bunga dari genus Rhododendron. Gejala keracunan madu tidak selalu sama dan amat bervariasi, mulai dari lemas, berkeringat, hipotensi (tekanan darah rendah), bradycardia (menurunkan denyut jantung), Wolff-Parkinson-White syndrome, gastritis (radang perut), nyeri lambung, mual, muntah, pingsan, lekositosis (sel darah putih meningkat), lumpuh ringan, pusing, vertigo, kabur penglihatan, kejang-kejang dan sesak napas. Cara mencegahnya, tentu saja dengan menghindari penggunaan madu yang dihasilkan dari nektar tumbuhan dari genus Rhododendron. Namun sayangnya, kita sulit mengetahui berasal dari nektar tanaman apa mau yang kita konsumsi.

58

Desember 2011 www.anakku.net,

Banyak dilaporkan kasus botulisme pada bayi yang disebabkan konsumsi madu yang mengandung spora dari bakteri Clostridium botulinum. Spora bakteri ini dapat berkembang biak dalam usus bayi dan menyebabkan keracunan. Namun, risiko potensial ini tidak terjadi pada anak-anak dan orang dewasa. Diduga ini erat kaitannya dengan belum matangnya saluran cerna si kecil, sehingga timbul reaksi keracunan. Inilah sebabnya mengapa dokter tidak menyarankan pemberian madu pada anak di bawah usia 12 bulan. Alasan lain adalah karena madu membuat kesehatan gigi anak terusik karena mengandung fruktosa lebih banyak, sehingga bersifat lebih asam.

Bagaimana dengan ibu hamil dan menyusui? Ada kekhawatiran bahwa penggunaan madu pada ibu hamil dan menyusui berpotensi menimbulkan kontaminasi bakteri berbahaya seperti Clostridium botulinum dan grayanotoxins dapat ditemukan dalam beberapa jenis madu. Kontaminasi ini mungkin berbahaya untuk ibu hamil dan perkembangan janin. Disarankan sebaiknya ibu hamil dan menyusui tidak mengonsumsi madu.


www.anakku.net Desember 2011,

59


r u a n g

m e n u

Yang Ringan, Teman di Akhir Tahun Akhir tahun biasanya diisi dengan acara keluarga. Acara tukar kado, karaoke bersama keluarga, dan sebagainya. Pokoknya seru! Nah, agar lebih lengkap, semarakkan suasana akhir tahun dengan hidangan ringan yang mudah dibuat. Dengan tetap memperhatikan nilai gizinya, Tryst Resto mempersembahkan hidangan ini sebagai santapan yang menemani kita menutup tahun 2011. Yuk, kita coba...

POTATO BOLOGNAISE Bahan :

Potato skin Bolognaise sauce

Cara membuat :

1. Masukkan potato skin ke dalam wajan lalu goreng sampai kecokelatan, tiriskan kemudian belah menjadi dua bagian memanjang. 2. Tuang bolognaise sauce ke atas potato skin yang telah dibelah tadi lalu taburkan keju yang mudah meleleh. Masukkan ke dalam microwave selama 2 menit sampai kejunya meleleh. Sajikan hangat untuk keluarga. Tambahkan taburan peterseli.

Resep: Tryst Resto (Telepon: 021-7183312, Jl. Kemang Utara 17 A) Naskah dan Penata Saji: Andesi Fotografer: Fendi Anggoro (Dua Merpati Photography)

60

Desember 2011 www.anakku.net,


r u a n g

m e n u Bahan :

puff pastry

cream cheese

Cara membuat :

1. Puff pastry diisi dengan ikan, udang, calamari, keju, dan potongan daun basil lalu masukkan ke dalam pemanggang selama kurang lebih 20 menit. 2. Rebus buncis dan kentang. Biarkan buncis memanjang, sedangkan kentang setelah direbus dihaluskan. 3. Panaskan cream cheese tambahkan merica dan garam.

SEAFOOD PARCEL

www.anakku.net Desember 2011,

61


r u a n g

m e n u POTATO BOLOGNAISE Bahan :

Bekal Sehat untuk Si Kecil Jajanan di sekolah memang beragam, namun kalau taruhannya kesehatan buah hati Anda? Wah, jangan deh. Mulai dari pewarna makanannya, zat pengawet, MSG, dan tentu saja nilai gizinya. Meski sedikit repot tapi manfaat membawakan bekal makan siang si Kecil amatlah besar. Berbekal kreativitas Anda, si Kecil tercukupi kebutuhan energinya sebagai pendukung aktivitas belajarnya di sekolah. Dan jangan lupa, satu keuntungan lagi adalah, Anda bisa berhemat.

larutkan dengan air hangat

Cara membuat : 1. Ambil selembar roti tawar lalu lapisi dengan bayam, wor tel, dan keju. Tumpuk kembali dengan roti tawar. 2. Lakukan selembar demi selembar, hingga selesai. Kukus hingga keju menempel dan sayuran matang, matikan api. 3. Masukkan susu Pediasure yang sudah dilarutkan ke dalam roti lapis lalu biarkan meresap. Cetak bentuk lucu dan sajikan.

Resep dan Penata Saji : Yeni Ismayani, S.Pd Naskah : Andesi Fotografer: Sandi (Food Stylish)

62

Desember 2011 www.anakku.net,


r u a n g

keluarga

Lupus, Penyakit Seribu Wajah Sumartini Dewi, dr. SpPD-KR, M.Kes Divisi Reumatologi, Departemen Ilmu Penyakit Dalam FK-UNPAD, RS Dr. Hasan Sadikin, Bandung

L

upus merupakan penyakit yang dapat menyerang semua usia, namun 80% kasus terjadi pada usia produktif, yaitu 15 sampai 45 tahun dan lebih banyak terjadi pada kaum wanita. Apa yang perlu kita ketahui tentang penyakit ini? Bisakah kita mencegahnya? Lupus Eritematosus Sistemik, atau yang lebih dikenal dengan Lupus, merupakan penyakit autoimun yang mempunyai tanda dan gejala yang berbeda-beda antara satu penderita dengan

penderita lainnya. Karena tanda dan gejala yang beragam itulah penyakit ini dikenal juga sebagai penyakit seribu wajah. Pada dasarnya, penyakit autoimun merupakan penyakit akibat gangguan sistem imun, dimana tubuh kehilangan kemampuan untuk membedakan antara yang berasal dari tubuh sendiri dan yang bersifat asing. Penyakit autoimun ditandai dengan adanya produksi antibodi yang menyerang jaringan tubuh sendiri secara berlebihan, sehingga menyebabkan proses peradangan dan kerusakan jaringan.

www.anakku.net Desember 2011,

63


r u a n g

keluarga

Faktor-faktor Pencetus Lupus bukanlah penyakit yang dapat terjadi akibat satu macam penyebab saja. Jangan bayangkan Lupus itu seperti demam berdarah yang penyebabnya sudah pasti virus Dengue atau tifoid yang penyebabnya adalah bakteri Salmonella typhi. Lupus adalah penyakit yang penyebabnya multifaktorial. Artinya, diperlukan interaksi beberapa faktor untuk dapat mencetuskan penyakit ini. Beberapa faktor pencetus dan penyebab Lupus adalah:

nya sangat beragam dan sering menyerupai penyakit lain. Karena penyakit ini dapat mengenai semua bagian tubuh, maka gejalanya pun sangat bervariasi, mulai dari nyeri sendi sampai mual dan muntah.

Paparan zat kimia seperti pewarna rambut, pewarna dan pengawet makanan, zat merkuri, silicon Paparan agen infeksius seperti virus dan bakteri Paparan sinar ultraviolet A (UVA) dan B (UVB) Obat-obatan seperti anti-kejang, antibiotik, anti-radang Trauma fisik Stres emosional Faktor genetik, faktor yang penting dalam proses munculnya Lupus karena pembentukan antibodi tubuh ditentukan secara genetik Faktor hormonal, yaitu pada saat pubertas, kehamilan, pasca persalinan, dan penggunaan pil kontrasepsi yang mengandung estrogen.

Gejala dan Tanda Penyakit Lupus Seperti yang diungkapkan sebelumnya, gejala dan tanda penyakit Lupus pada satu penderita dengan penderita lain-

64

Desember 2011 www.anakku.net,

Seseorang dapat dicurigai menderita Lupus apabila mengalami beberapa dari gejala dan tanda berikut ini: Wanita muda Gejala umum: Kelelahan, demam, penurunan berat badan Otot dan sendi: Nyeri otot atau nyeri sendi yang disertai pembengkakan sendi Kulit: Ruam yang berbentuk kupukupu di wajah, sensitif terhadap cahaya, kebotakan, ruam kebiruan pada kulit Ginjal: air seni berdarah, kelainan ginjal lainnya Pencernaan: luka pada selaput lendir di mulut, mual, muntah, nyeri perut Pernapasan: sesak napas Jantung: radang pada katup dan jaringan jantung Pembesaran organ-organ: pembesaran kelenjar getah bening, limpa, hati Anemia Kejang, gangguan kognitif, kelainan saraf

Dapatkah Berakibat Fatal? Penyakit Lupus memang tidak dapat disembuhkan dan dapat menyebabkan kematian. Namun dengan perkembangan ilmu dan pendekatan terapi yang berkembang pesat akhir-akhir ini, angka harapan hidup penderita Lupus pun meningkat. Studi penelitian terbaru menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketahanan hidup pada penderita Lupus sampai sebesar 90%. Pertanyaan selanjutnya, apakah penyakit ini dapat dicegah? Ya, itu sebabnya kita perlu menghindari faktor pencetus dan secara rutin menjalani pemeriksaan medical check-up agar pemunculannya dapat diketahui sedini mungkin. Terutama jika dalam keluarga Anda terdapat riwayat penyakit Lupus. Agar Anda pun dapat hidup tenang tanpa rasa takut.

Referensi : 1. Krishnan S, Chowdury B, Juang Tuang Y, Tsokos GC. Overview of The Pathogensis of Systemic Lupus Erythematosus. A Companion to Rheumatology; Systemic Lupus Erythematosus. First ed. Mosby. Philadelphia. 2007. 55-62. 2. Richardson BC, Sawakha AH. The Environtment in The Pathogenesis of Systemic Lupus Eryhtematosus. A Companion to Rheumatology; Systemic Lupus Erythematosus. First ed. Mosby. Philadelphia. 2007. 64-71. 3. Rekomendasi Indonesian Rheumatology Association (IRA) untuk Lupus Eritematosus Sistemik, 2011.


www.anakku.net Desember 2011,

65


r u a n g

keluarga

Pilih Mana:

Jus atau Potongan Buah? Menyehatkan, kaya nutrisi dan praktis membuat pamor jus kian meroket. Tapi, mana lebih banyak manfaatnya dibandingkan potongan buah segar?

K

ebiasaan minum jus kian melekat pada gaya hidup masyarakat, terutama yang tinggal di perkotaan. Lihat saja, betapa mudahnya menemui stan penjual jus di mal-mal. Bahkan ada jus segar yang bisa diantar setiap hari sampai ke depan pintu rumah Anda. Tak hanya sebagai penghilang dahaga, anggapan bahwa minum jus menyehatkan sekaligus mencukupi kebutuhan nutrisi lah yang turut mendongkrak kepopulerannya. Rasanya yang manis dan segar membuat jus juga digemari oleh anak-anak. Praktis, tinggal disedot tak perlu repot mengunyah. Tak heran bila jus dilirik sebagai cara praktis memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin. Namun, apakah minum jus sama sehatnya dengan mengonsumsi potongan buah segar?

66

Desember 2011 www.anakku.net,

Mana lebih baik?

Coba hitung, berapa kali dalam seminggu anak Anda mengonsumsi buah? Padahal buah-buahan merupakan sumber ideal vitamin, mineral dan serat yang dibutuhkan tubuh. Ketiganya bekerjasama mengendalikan metabolisme untuk menghasilkan energi dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, vitamin dan mineral juga memiliki fungsi khusus, yaitu untuk memelihara kesehatan mata, menjaga tulang dan kulit tetap kuat, serta sebagai antioksidan. Mengingat demikian besar manfaat buah, sebaiknya kenalkan buah sejak dini kepada anak. Sekurangnya lima porsi perhari dibutuhkan untuk memenuhi asupan gizi mereka. Buah-buahan ini secara sederhana dapat dikon-

sumsi dengan tiga cara, yaitu: dalam bentuk potongan buah segar, dijus dan diblender. Namun, di antara ketiga cara ini, menurut dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK, ahli gizi yang berpraktik di MRCCC Siloam Hospital, Semanggi, mengonsumsi buah utuhlah yang paling baik. “Makan buah langsung tanpa dijus atau diblender akan merangsang enzim di rongga mulut untuk pencernaan,� kata Samuel. Dengan mengonsumsi potongan buah segar, anak mendapatkan keuntungan, baik nutrisi maupun seratnya. Namun tak dapat dipungkiri, terkadang anak malas atau kurang suka mengonsumsi buah potong. Sebagai solusi, ibu


r u a n g

keluarga biasanya akan memberikannya dalam bentuk yang lebih praktis, yaitu jus. Hanya saja, menurut Samuel, walaupun kaya gizi, cara ini menghilangkan serat pada buah. “Kandungan gula pada buah pun jadi lebih mudah diserap tubuh. Akibatnya, kadar gula darah jadi lebih cepat naik,� ucapnya. Sedangkan bila anak memakan buah potong atau yang diblender, kadar gula darah dalam tubuh naik secara perlahan-lahan. Dengan diblender, serat masih didapat, walaupun tetap tidak merangsang enzim-enzim saliva di mulut.

alternatif, apalagi jika anak menolak makan potongan buah. Sebaiknya berikan secara selang seling pada anak. Selain kaya aneka vitamin, buah-buahan juga kaya akan mineral penting yang dibutuhkan tubuh, seperti zat besi, potasium, iodine, dan magnesium. Di sisi lain, jus juga bisa menjadi cara menarik untuk menikmati buahbuah yang

Serat menjadi komponen yang hilang saat proses pembuatan jus. Padahal, begitu banyak literatur kesehatan yang menjelaskan manfaat serat bagi kesehatan, di antaranya: gah konstipasi

Para pakar dari Mayo Clinic, AS, menyarankan para orang tua untuk memberikan jus buah murni alias 100% fruit juice. Agar khasiatnya tidak berkurang, perhatikan catatan penting ini: matang Ini penting untuk menjamin kandungan gizinya masih penuh. Pasalnya, vitamin A dan C sangat rentan terhadap cahaya, panas

dan oksigen. Buah yang terlalu matang juga kurang baik karena kandungan gizinya sudah berkurang.

darah stabil lebih kenyang, sehingga mencegah mereka makan berlebihan bagai tekstur, warna, dan rasa yang berbeda pas dan mengunyah diabetes, jantung, obesitas.

Jika jus jadi pilihan

sulit dimakan oleh anak Anda jika dalam bentuk masakan.

Anak sebaiknya diajarkan untuk mengonsumsi buah dalam bentuk potongan segar atau di-blender. Menurut Samuel, jus boleh-boleh saja diberikan sebagai

biasanya tidak pernah dicicipi. “Tak perlu khawatir mengonsumsi buah-buahan tertentu. Makan saja semua jenis buah. Masing-masing memiliki khasiat yang berbeda-beda,� kata Samuel. Anda pun bisa berkreasi dengan mencampur beberapa jenis buah sekaligus atau bahkan mengombinasikannya dengan sayur-sayuran yang mungkin

Tujuannya untuk membuang kotoran sekaligus menghilangkan sisa pestisida yang mungkin menempel pada buah. Anda bisa mencuci buah dengan air mengalir atau dengan metode lemon juice bath (merendam buah di dalam air yang telah dicampur dengan garam dan buah lemon). Kadang mengonsumsi jus tanpa dicampur apapun dirasa kurang nikmat. Bila Anda ingin menambah pemanis, sebaiknya gunakan madu. Hindari menambah gula, sirup apalagi pemanis buatan.

www.anakku.net Desember 2011,

67


r u a n g

keluarga Bagaimana bila anak menyukai jus dalam kemasan?

Boleh saja minum jus dalam kemasan, namun perhatikan beberapa hal sebelum membeli: Baca label dengan cermat. Pilih yang berlabel 100% fruit juice seperti 100% orange juice atau 100% apple juice. Jangan ambil yang berlabel drink, punch, cocktail, beverage atau ade. Semuanya tergolong junk fruit beverage yang berisi “sampah� alias kadar jus buahnya kurang dari 10% dan sisanya adalah air, gula, serta zat aditif. Baca dan perhatikan kandungan nutrisi (ingredients) yang tertera pada kemasan. Kebanyakan jus kemasan mengandung gula tinggi yang kurang baik bagi kesehatan. Pilih yang kemasannya kedap cahaya dan steril. Periksa apakah ada tulisan ‘ptasteurized’ yang artinya jus tersebut disterilkan dengan cara pasteurisasi, sehingga kandungan zat gizi di dalamnya tidak rusak. (Witri Rosana, kontributor Anakku)

68

Desember 2011 www.anakku.net,


r u a n g

t

i

p

s

r u a n g

sekolah VARREN www.anakku.net Desember 2011,

69


r u a n g

sekolah

Seberapa Penting Istirahat di Sekolah?

P

Setiap orang membutuhkan waktu istirahat. Begitu juga dengan anakanak. Dengan makin padatnya jam belajar di sekolah, ditambah dengan jam masuk sekolah yang lebih awal, tak pelak pentingnya jam istirahat bagi para siswa perlu dikaji kembali.

sejenak dari tugas-tugasnya. Pengadaan jam istirahat seperti ini dicetuskan pertama kali oleh Amos Bronson Alcott, seorang pendidik berkebangsaan Amerika kelahiran tahun 1799, yang menginginkan para muridnya memiliki waktu untuk permainan fisik yang aktif dan waktu untuk mengobrol.

Apa fungsinya? Jam istirahat yang dalam bahasa Inggris disebut dengan school recess atau school break ini merupakan istilah umum untuk menyebut periode waktu tertentu di mana para siswa berhenti

70

Desember 2011 www.anakku.net,

Menurut Dr. Endang Soelistiyowati, M.Pd, jam istirahat sekolah memiliki fungsi menurunkan ketegangan otot-otot dan mengurangi rasa bosan sehingga siswa bisa segar kembali dan siap menerima pelajaran selanjutnya.

Pada waktu istirahat yang ditentukan, para siswa bisa memanfaatkannya untuk mengembalikan kepenatan yang dirasakan saat menyerap pelajaranpelajaran sebelumnya. Waktu istirahat yang berkonotasi sebagai waktu bermain adalah penting bagi perkembangan anak, tidak hanya kemampuan fisik, namun juga kemampuan intelektual, sosial dan moral. Doktor Endang, pakar pendidikan alumnus Universitas Negeri Yogyakarta bidang Penelitian dan Evaluasi Pendidikan yang juga dosen Universitas Gadjah


r u a n g

sekolah

Mada ini memaparkan bahwa umumnya sekolah memberikan jeda sekitar 15 menit untuk setiap 3 x 45 menit pelajaran berlangsung. Semasa jeda tersebut, para siswa diperkenankan keluar kelas untuk makan, minum atau beraktivitas non-pelajaran sejenak. Bagi siswa Sekolah Dasar, biasanya mereka memanfaatkan jeda waktu ini untuk bermain bersama temantemannya, misalnya bermain bekel bagi putri dan main kejar-kejaran bagi putra. Untuk siswa yang lebih tinggi kelasnya, mereka cenderung memanfaatkan waktu istirahat ini untuk mengobrol dengan teman-temannya, misalnya seputar games atau gadgets terbaru hingga fitur paling gres dalam smartphones yang mereka miliki. Jam istirahat tambahan 30 menit pun bisa diberikan bagi para siswa yang ikut pelajaran tambahan di sekolah di siang hari. Pada jeda waktu setelah jam sekolah usai ini biasanya digunakan untuk makan siang sebelum mereka kembali masuk ke ruang kelas untuk memulai pelajaran tambahan yang umumnya berdurasi 90 menit.

Jam istirahat cukup

Menurutnya ini berdasarkan pada The Law of Readiness yang dicetuskan oleh Edward L. Thorndike, seorang psikolog Amerika yang menyebutkan bahwa proses belajar mengajar juga akan mengalami kesulitan jika pembelajar tidak siap, karena siswa merasa terpaksa melakukan sesuatu yang tidak diinginkannya. Jadi, jika para siswa telah selesai makan dan minum serta tidak ada kegiatan lainnya selama waktu istirahat yang lebih dari 15 menit, maka siswa cenderung akan memilih permainan yang menguras energi tetapi menyenangkan baginya. Ketika jam istirahat (yang lebih dari 15 menit) itu berakhir, padahal siswa belum ingin mengakhiri permainan serunya, maka muncullah keengganan untuk menerima pelajaran karena pikiran yang masih fokus pada permainan tadi. Lebih baik waktu istirahat dipecah menjadi 2 kali, yang masing-masing berdurasi 15 menit.

Waktu istirahat menyimpan banyak manfaat. Tinggal bagaimana sekolah menerapkan aturan yang tepat dan orang tua mengarahkan kegiatan yang positif bagi anak.

Manfaatkan jam istirahat Bekali anak dengan makanan/ minuman secukupnya agar tidak haus dan lapar di sekolah. Sebaiknya bawakan bekal praktis yang tidak merepotkan. Sebaiknya hindari makanan berkuah. Tekankan pada anak bahwa jam istirahat sebaiknya dimanfaatkan untuk pergi ke toilet, mencuci tangan, atau makan/minum. Diharapkan anak akan mampu melepaskan beban pelajaran sejenak sekaligus mengendurkan otot tangan, kaki dan badan serta otak dan lebih siap menerima pelajaran selanjutnya. Bila masih ada waktu luang, sarankan anak mengunjungi perpustakaan sekolah atau lab komputer (jika memungkinkan). Bagi para pendidik, doronglah anak didik melakukan kegiatan atau permainan yang melibatkan banyak anak, dengan membaginya dalam beberapa kelompok kecil. Pilih permainan fisik sederhana yang dipahami semua anak dan yang tidak menekankan ‘perolehan angka’ semata. Penelitian membuktikan bahwa permainan fisik seperti ini akan mengurangi jumlah anak obesitas. (Debby Lukito G, kontributor Anakku)

Endang menegaskan waktu istirahat 15 menit cukup ideal bagi para siswa untuk makan dan minum sekadarnya. Jumlah tersebut sebenarnya cukup karena jika diberikan waktu yang lebih lama, maka para siswa hanya akan menggunakannya untuk bermain yang berarti akan menguras tenaga mereka sehingga mereka justru akan kelelahan dan kurang bisa berkonsentrasi mengikuti pelajaran di kelas.

www.anakku.net Desember 2011,

71


r u a n g

sekolah

Kok Nonton TV Terus , Sih? M. Helly, M.Psi

Anak dan TV ibarat dua sahabat dekat. Bukan hanya terbatas pada programnya namun juga terkait efek paparan layar monitor terhadap kesehatan mata.

A

pakah Anda prihatin melihat kenyataan betapa banyak waktu yang dihabiskan anak di depan TV atau video game-nya? Memang betul, beberapa program baik bagi anak, namun ada efek lainnya yang lebih buruk. Apa saja? Bila terlalu lama di depan TV American Academy of Pediatrics merekomendasikan para orang tua agar membatasi waktu anak di depan layar TV—baik filem, video maupun komputer tidak lebih dari satu atau dua jam sehari. Mengapa? Obesitas. Anak-anak yang menonton lebih dari dua jam TV sehari, lebih berisiko mengalami kelebihan berat badan. Tidur jadi tidak teratur. Keasyikan di depan TV, membuat anak-anak semakin besar kemungkinan untuk terjaga dan insomnia.

72

Desember 2011 www.anakku.net,

Masalah perilaku. Siswa SD yang menghabiskan lebih dari dua jam sehari menonton TV atau di depan komputer lebih cenderung memiliki gangguan emosional, sosial, dan konsentrasi. Anak-anak yang menonton TV terlalu banyak cenderung memiliki temperamen keras dibandingkan anak yang tidak sering menonton TV. Bermasalah dalam pelajaran. Siswa SD yang kamarnya dilengkapi dengan TV cenderung memiliki prestasi sekolah yang buruk. Kekerasan. Terlalu banyak paparan kekerasan di televisi dan film, video musik dan video dan computer game, mudah memengaruh anak-anak untuk melakukan tindak kekerasan. Akibatnya, anak menganggap perilaku kekerasan sebagai hal yang normal dan untuk memecahkan masalah. Kurang waktu untuk bermain. Anak menjadi kurang beraktivitas, misalnya saja bermain permainan yang aktif dan kreatif.


www.anakku.net Desember 2011,

73


r u a n g

sekolah

Bagaimana cara membatasi? Membatasi waktu menonton TV (berlaku juga bagi semua anggota keluarga—termasuk Anda). Hindari meletakkan TV dan komputer di kamar tidur. Sulit bagi Anda memantau seberapa banyak anak menghabiskan waktu di depan TV atau komputernya. Belum lagi bahaya akan situs-situs dewasa yang berbau pornografi. Jangan biasakan anak makan di depan TV. Memberi iming-iming video game atau komputer sebagai hadiah untuk menyelesaikan pekerjaan dan tugas anak. Pastikan semua orang rumah mematuhi jadwal menonton TV.

Daripada menonton TV sebgai hiburan, bantu anak Anda menemukan aktivitas menarik lainnya. Misalnya membaca buku, olahraga atau permainan keluarga seperti scrabble. Berilah contoh yang baik. Jadilah

contoh yang baik dengan membatasi waktu Anda menonton TV. Coba terapkan “Hari tanpa TV” dalam seminggu. Ajak anak berdiskusi tentang hal-hal yang ia sukai.

Jadilah Orang Tua Aktif Anda harus aktif dalam menyeleksi program tontonan yang mendidik dan yang sesuai dengan anak. Sebaiknya dampingi anak selama menonton. Rencanakan apa yang ditonton anak Anda. Misalnya dengan mencari video berkualitas atau gunakan panduan program untuk memilih acara yang sesuai. Catat jadwal yang cocok buat anak, dan tempelkan di dekat TV. Sempatkan waktu luang, nonton TV bersama anak, dan bahas apa yang Anda lihat bersama anak-anak. tonnya kemudian. Dengan cara ini Anda bisa menyeleksi iklan yang menjual minuman/makanan junk food dan produk lainnya. Pilih video game yang mendorong aktivitas fisik. Pada akhirnya, keputusan di tangan Anda. Mungkin awalnya sebagai orang tua kita tidak ‘tega’ memisahkan anak dan TV-nya, namun percayalah disiplin yang tepat akan berbuah manis. Yang terpenting, mereka membutuhkan Anda untuk menemaninya tumbuh.

74

Desember 2011 www.anakku.net,

Referensi :

bedroom associated with overweight risk among low-income preschool children. Pediatrics. 2002;109:1028.

http://www.healthychildren.org/English/family-life/Media/Pages/ The-Benefits-of-Limiting-TV.aspx. Accessed 12 November 2011.

support, and television watching as predictors of subsequent bullying among grade-school children. Archives of Pediatrics & Adolescent Medicine. 2005;159:384.

of Pediatrics. http://www.healthychildren.org/English/family-life/ Media/Pages/Media-Education-What-Parents-Can-Do.aspx. Accessed 10 November 2011.


r u a n g

sekolah

www.anakku.net Desember 2011,

75


r u a n g

sekolah

Bullying Mengintai Anak M. Helly, M.Psi

Penindasan (bullying) meninggalkan trauma sepanjang hidup pada anak. Namun, apakah anak mau berterus terang? Bantu anak Anda membuat rencana untuk menghentikan bullying.

76

Desember 2011 www.anakku.net,

P

agi-pagi, Angga mengeluh sakit. Vivi memegang kening putranya, teraba demam. Yang terlintas adalah rasa khawatir bahwa putranya terserang demam berdarah, mengingat penyakit ini tengah menjadi ‘tren’ belakangan ini. Hasil pemeriksaan darah negatif, begitu juga dengan hasil tes yang lainnya. Ini sudah yang kesekian kalinya. Melalui pendekatan secara intensif, Vivi berhasil ‘mengorek’ fakta dari putranya yang duduk di bangku kelas 7 ini bahwa Angga mengalami bullying. Mulai dari ‘pemalakan’ sejumlah uang, menaburi kepala Angga dengan pasir, serutan pensil, bahkan olok-olok. Ibu dua anak pun segera bertindak. Langkah pertama adalah menemui guru sekolah. Dan langkah yang ekstrimnya, ia memasukkan Angga taekwondo, agar lebih percaya diri.


r u a n g

sekolah

Cyberbullying: Ketika teknologi bertemu intimidasi Ketika remaja mulai akrab dengan kemajuan teknologi, maka tak bisa tidak muncullah istilah cyberbullying, yakni segala bentuk pelecehan atau intimidasi yang terjadi melalui email, chatting, SMS, facebook, twitter, dan format elektronik lainnya. Pengirim dapat tetap anonim atau memalsukan nama pengguna dan dapat melampirkan gambar eksplisit atau merendahkan martabat. Dalam satu penelitian, remaja cenderung enggan untuk berbicara tentang bullying dengan guru atau orang dewasa lain di sekolah karena intimidasi sering terjadi pada ponsel. Dan ada kebijakan dilarang untuk menggunakan ponsel selama jam sekolah itu. Selain itu, remaja mungkin enggan untuk melaporkan bullying kepada orang tua karena takut kehilangan ponsel mereka atau hak internet.

Rangkul mereka

Beda lagi dengan Rezky, selain kekerasan fisik, ia juga mengalami pelecehan melalui e-mail, SMS. Murid kelas 7 ini di mata orang tuanya menjadi pribadi yang murung. Sampai suatu hari ayahnya mendapati pesan-pesan aneh di ponselnya, saat sang ayah memeriksa pulsa Rezky. Begitulah, kadang bullying mengendap di hati anak, tidak terungkap. Mungkin karena bullying dianggap sebagai ritual masa anak-anak, sehingga orangtua tidak terlalu khawatir. Namun, bullying sesungguhnya adalah masalah serius. Menurut American Academy of Psychiatry, setengah dari anak-anak dan remaja ditindas selama bertahun-tahun di sekolah mereka. Dan adanya kemajuan teknologi, bentuk pelecehannya pun lebih beragam, mulai dari cyberbullying dan bentuk lain dari pelecehan elektronik.

Untuk membantu anak yang mengalami bullying, ajari anak untuk belajar mengenali dan tahu bagaimana cara untuk merespon. Bullying bisa dalam bentuk apapun. Sebagai contoh, bullying fisik termasuk memukul, meninju, dan bentuk kekerasan fisik lainnya, atau bahkan perusakan barang-barang. Intimidasi juga bisa berentuk verbal meliputi menggoda, penghinaan, penghinaan rasial dan ejekan, dan penyebaran gosip berbahaya atau rumor. Cyberbullying termasuk melecehkan melalui email, pesan instan dan pesan teks dan situs mengintimidasi atau mengancam web, blog atau posting. Ciptakan kedekatan dengan anak-anak Anda. Buatlah mereka ‘mempercayai’ Anda, dan mau bercerita tentang kejadian di sekolah mereka. Mungkin Anda ingat ketika sekolah dulu juga sempat mengalami bullying, dan kini Anda adalah orangtua dari anak yang mengalami bullying. Nah, tempatkan Anda di sisi mereka.

Akibatnya? perut dan mengalami kesulitan berkonsentrasi pada sekolah Anak-anak yang dilecehkan memiliki tingkat depresi yang lebih tinggi, kecemasan, rendah diri dan kondisi kesehatan mental kan mungkin mempertimbangkan untuk bunuh diri. Luka hati ini dapat terbawa sampai ia dewasa.

Referensi: - Parental involvement key to preventing child bullying. American Academy of Pediatrics. http://www.aap.org/advocacy/releases/PAS2010/bullying.htm. Accessed July 1, 2010. - Agatston PW, et al. Students’ perspectives on cyber bullying. Journal of Adolescent Health. 2007;41:S59. - Committee on Injury, Violence, and Poison Prevention. Policy statement — Role of the pediatrician in youth violence prevention. Pediatrics. 2009;124:393.

www.anakku.net Desember 2011,

77


r u a n g

ts e k i o pl a hs

Tidur Yuk, Sayang...

B

anyak faktor yang menyebabkan anak atau balita mengalami susah tidur. Padahal, manusia selalu membutuhkan waktu untuk beristirahat yang cukup agar produktivitasnya tidak terganggu. Demikian juga dengan anak-anak. Bila waktu istirahat kurang dari yang dibutuhkan, patut diwaspadai bahwa bayi atau anak akan mengalami masalah sulit tidur. Jika orang dewasa butuh tidur sekitar 6-8 jam per hari, maka bayi membutuhkan 16-20 jam tidur per harinya. Pada balita diperlukan sekitar 12-13 jam tidur per hari, sedangkan anak-anak di atas 5 tahun membutuhkan sekitar 10 jam tidur setiap harinya.

agresif dan hiperaktif, suka melawan dan tidak kooperatif. Penyebab anak susah tidur diantaranya:

tidur dll).

games atau bersenda gurau. Berikut adalah beberapa gejala anak yang kurang tidur, yaitu:

Cara mengajak ia untuk mudah tertidur:

terlelap.

(Kak Hendra)

78

Desember 2011 www.anakku.net,


r u a n g

p a j a n g VENTURIO www.anakku.net Desember 2011,

79


r u a n g

fashion

Cardigan merah dan celana pendek biru, manis dikenakan Gadis kecil Anda. Untuk si Jagoan cilik, Polo shirt motif liris abu-abu merah dipadu celana jins

80

Desember 2011 www.anakku.net,


r u a n g

fashion

Anak-anak selalu tampil cerah ceria dengan warna terang. Alternatif menarik untuk si kecil yang senang berolahraga, pilihkan mereka baju model sporty.

Sweater warna abu-abu berbahan wol membuat penampilan buah hati semakin gaya.

Sackdress

retro

motif cantik dan nyaman dikenakan di segala kegiatan.

www.anakku.net Desember 2011,

81


r u a n g

fashion

T-shirt oranye jins hitam

bergambar mobil truk dan celana cocok untuk bermain di tanah lapang.

82

Desember 2011 www.anakku.net,


r u a n g

fashion

Untuk Bidadari kecil Anda, pilihkan gambar anjing dan pendek merah bermotif

t’shirt pudel celana polkadot Model: Alegra & Adlan Busana: GAP Kids (Pacific Place) Kaus kaki: Koleksi pribadi Naskah & Pengarah gaya: Andesi Fotografer: Budhy Ashary (Dua Merpati Photography) www.anakku.net Desember 2011,

83


r u a n g

belanja yuk!

M

erayakan pergantian tahun bersama keluarga di tepi pantai tentu sangat menyenangkan. Pastikan momen ini menjadi liburan yang berkesan dengan melakukan persiapan sebaik mungkin. Coba cek isi tas Anda: tabir surya, kacamata hitam, baju renang, dan tentu saja sendal berwana cerah yang ringan dan aman dikenakan.

Mens black blue Rp. 179.500,-

Mens Blue Rp. 279.000,-

84

Desember 2011 www.anakku.net,


r u a n g

belanja yuk! Ladies Green Rp. 149.500,Ladies White gold RP. 199.500,--

Ladies Purple Rp. 149.500,-

Ladies Red Rp. 299.000,-

Ladies Light pink Rp. 169.000,- Ladies Green white Rp.279.000,-

Kids Purple Rp. 124.500,Barbie pink Rp. 174.500,Mens Green Rp. 397.000,-

Barbie Purple Rp. 329.000,-

Barbie pink Rp. 174.500,-

Mens White Rp. 199.000,-

Koleksi : Ipanema, Grendha, Rider by Samba ( Grand Indonesia West mall. Lt. 1 ) Naskah & P.Gaya : Andesi Fotografer : Fendi Anggoro (Dua Merpati Photography)

Pink love Rp. 99.500,Pink mania Rp. 349.000,-

www.anakku.net Desember 2011,

85


r u a n g

ekspresi

Happy Holy Kid Playgroup & Kindergarten Apartemen Wisma Gading Permai RO 1/21, Kelapa Gading, Telp: (021) 458 44644

aku suka 86

Desember 2011 www.anakku.net,


r u a n g

ekspresi

sekolahku www.anakku.net Desember 2011,

87


88

Desember 2011 www.anakku.net,


Aktivitas Edisi Desember 2011

Latih Teliti

Kancil & Siput

cerita si

Dhanin

AKU SAYANG

Kisah:

4

3 4 8

Yuk Menggambar

7

Boneka Adik Hilang www.anakku.net Sisipan Desember 2011,

1


si

1

cerita

Dhanin

Besok adalah Hari Ibu, Dhanin sedang berpikir untuk memberikan hadiah istimewa untuk Ibu. Teman-temannya membantu memikirkan kejutan pada hari itu. “Bagaimana kalau kita membereskan rumah untuknya?” tanya Puti. “Aha... ide hebat!” ujar Dhanin.

Mereka bertiga pun berkreasi membuat kartu ucapan terbaik. Rafi dan Puti pun senang karena mereka punya hadiah istimewa untuk ibu tersayang. Dhanin menulis dalam kartunya: ‘Terimakasih Ibu, atas cinta yang tidak pernah putus.’

2

Sisipan Desember 2011 www.anakku.net,

Aku Sayang

Ib u

2

4

Saat Ibu sedang berbelanja ke pasar, Dhanin dibantu oleh Rafi dan Puti membereskan rumah bersama-sama. ”Eh, bagaimana kalau kita membuat kartu untuk ibu kita masing-masing sebagai tanda sayang dan terima kasih?” usul Dhanin tiba-tiba.

Ibu Dhanin tepaku melihat rumah sudah rapi dan bersih. Dhanin segera memberikan kartu ucapannya sambil bersorak: “SELAMAT HARI IBU! Ibu memeluk Dhanin dengan mata berkaca-kaca, “Terima kasih ya, Sayang.”


Serupa Tapi Tak sama Dua gambar berikut ini sepintas nampak sama Namun jika diteliti, ada 7 perbedaan pada keduanya. Dapatkah kamu membantu menemukannya?

7

an perbeda

www.anakku.net Sisipan Desember 2011,

3


KANCIL & SIPUT YANG CERDAS

P

ada suatu hari Si Kancil nam-

pak sangat mengantuk. Matanya terasa berat sekali untuk dibuka. “Aaah.....,” Si Kancil pun menguap. Karena hari itu cukup cerah, Si Kancil merasa rugi jika tidak menikmatinya. Ia mulai berjalan-jalan menelusuri hutan untuk mengusir rasa kantuknya. Sampai di atas sebuah bukit, ia berteriak dengan sombongnya, “Wahai penduduk hutan, akulah hewan yang paling cerdas, cerdik dan pintar di hutan ini. Tidak ada yang bisa menandingi kecerdasan dan kepintaranku.”

4

Sisipan Desember 2011 www.anakku.net,

Kakak Hendra

Sambil membusungkan dadanya, si Kancil pun mulai berjalan menuruni bukit. Ketika sampai di sungai, ia bertemu dengan seekor siput. “Hai Kancil!” sapa Siput. “Kenapa kamu berteriak-teriak begitu? Apakah kamu sedang bergembira?”, tanya Si Siput. “Tidak, aku hanya ingin memberitahukan pada semua penghuni hutan kalau aku ini hewan yang paling cerdas, cerdik dan pintar,” jawab Si Kancil dengan sombongnya. “Sombong sekali kamu Kancil, akulah hewan yang paling cerdik di hutan ini,” kata Si Siput. “Hahaha... mana mungkiiin?”


ledek Kancil. “Untuk membuktikannya, bagaimana kalau besok pagi kita lomba lari?” tantang Siput. “Baiklah, aku terima tantanganmu,” jawab Kancil. Akhirnya mereka berdua setuju untuk mengadakan perlombaan lari keesokan paginya. Setelah Si Kancil pergi, Si Siput segera mengumpulkan teman-temannya. Ia meminta tolong agar teman-temannya berbaris dan bersembunyi di jalur perlombaan, dan menjawab saat Si Kancil memanggil. Akhirnya hari yang dinanti pun tiba, Kancil dan Siput sudah siap untuk lomba lari. “Apakah kau sudah siap untuk berlomba lari denganku?” tanya Si Kancil. “Tentu saja sudah, dan aku pasti menang,” jawab Si Siput. Kemudian Siput mempersilahkan Kancil untuk berlari dahulu dan memanggilnya untuk memastikan ia sudah sampai di mana. Kancil berjalan dengan santai, dan merasa yakin kalau dia akan menang. Setelah beberapa langkah, Kancil memanggil Siput. “Siput... sudah sampai di mana kamu?” teriak Si Kancil. “Aku ada di depanmu!” teriak Siput. Kancil terheran-heran, dan segera mempercepat langkahnya. Kemudian ia memanggil Si Siput

lagi, dan Siput menjawab dengan kata yang sama.”Aku ada didepanmu!” Akhirnya si kancil berlari, tetapi tiap ia memanggil Si Siput, selalu terdengar jawaban yang sama di depan Kancil. Keringatnya bercucuran, kakinya terasa lemas dan nafasnya tersenggal-senggal. Kancil berlari terus, sampai akhirnya dia melihat garis akhir. Wajah Kancil sangat gembira, karena saat dia memanggil Siput, sudah tidak ada jawaban lagi. Kancil merasa bahwa dialah pemenang dari perlombaan lari itu. Betapa terkejutnya Si Kancil, karena dia melihat Si Siput sudah duduk di batu dekat garis akhir. “Hai Kancil, kenapa kamu lama sekali? Aku sudah sampai dari tadi!” teriak Si Siput. Dengan menundukkan kepala, Si Kancil menghampiri Si Siput dan mengakui kekalahannya. “Makanya jangan sombong, kamu memang cerdik dan pandai, tetapi kamu bukanlah yang terpandai dan tercerdik,” kata Si Siput. “Iya, maafkan aku Siput, aku tidak akan sombong lagi,” kata Si Kancil.

www.anakku.net Sisipan Desember 2011,

5


Ayo mewarnai gambarnya Doobie Domba nampak hebat saat bermain badminton. Warnailah Doobie agar ia terlihat lebih keren?

6

Sisipan Desember 2011 www.anakku.net,


? n a k u k la u m a k n a k a Apa yang Berilah tanda pada gambar yang sesuai dengan pilihanmu.

Adik menangis karena bonekanya hilang. Mana pilihanmu?

Memarahinya supaya segera diam. Menutup telinga agar tidak mendengar tangisannya.

Mencarikan boneka adik yang hilang.

www.anakku.net Sisipan Desember 2011,

7


Yuk menggambar 1

2

3

4

A

dik-adik yang kreatif, yuk belajar menggambar kartun. Kali ini yang akan kita gambar adalah seekor domba. Nah coba kamu ambil kertas gambarmu dan ikuti langkahlangkahnya. Jika sudah selesai, tunjukkan kepada ibumu, ya. Menggambar kartun itu mudah, kan?

5

Karya mu...

"tulisan yang bagus"

Kirimkan karya mu, cantumkan pula nama, umur, sekolah dan alamatmu ke Redaksi Anakku, Jl. Kayu Putih Selatan No. 74 Jakarta 13210. Kami tunggu hasil karyamu, ya. Selamat beraktivitas! Gambar yang terpilih akan mendapatkan hadiah menarik.

8

Sisipan Desember 2011 www.anakku.net,

Hanny Dzakiyatus Syifa (6,5 th )Kls 1 SDIT Amalia, Cibinong - Bogor

Rr.SitidiMaryami T.R." " menyanyi panggung (6,5 th )Kls 1 (MI)Ar’Rauddah jakarta



Edisi Desember 2011