Issuu on Google+

TANJUNGPINANG POS PENYENGAT

OTOMOTIF

PENGUNJUNG DISAMBUT ATAP KEROPOS

KREDIT MOTOR, DISKON ANGSURAN TIGA BULAN

METROPOLIS HALAMAN 9

KOMBIS HALAMAN 11

HALO BERLANGGANAN TELEPON : 0771-7447234 SMS : 085328896464

RABU 14 AGUSTUS 2013 / 7 SYAWAL 1434 H

RP1.800

Terima Bintang Mahaputera Utama dari Presiden SBY

Pembunuh A Keng Terancam Hukuman Mati

Sani: Bahagia Bisa Bahagiakan Warga Kepri TANJUNGPINANG - Kepada Gubkepri Drs HM Sani, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono secara khusus berpesan, agar HM Sani terus meningkatkan kinerja demi kesejahteraan masyarakat. Pesan khusus itu disampaikan presiden sembari menyampaikan ucapan selamat, ketika menyerahkan Bintang Mahaputera Utama kepada HM Sani di Istana Negara, Jakarta, Selasa (13/8). ”Selamat, terus tingkatkan kinerja demi masyarakat,” kata HM Sani menirukan ucapan Presiden saat memberi ucapan selamat kepadanya.

 Sani ke...Hal. 2 HMLanjut

Lawana

Suningsih

Arti Hijab HIJAB sudah jadi komitmen kita kepada Allah Swt dan hukumnya wajib bagi wanita, khususnya yang muslim. Hijab bukanlah sekadar identitas atau jadi hiasan semata dan juga bukan penghalang bagi seorang muslimah menjalankan aktivitas kehidupannya.

SURYA, Tanjungpinang

 Lanjut ke...Hal. 2

F-ISTIMEWA

PENGHARGAAN: Gubernur Kepri HM Sani saat menerima penghargaan Bintan Mahaputera Utama dari Presiden SBY di Istana Negara, Jakarta, kemarin (13/8).

DANA PENANGANAN BANJIR DI PEMKO TANJUNGPINANG HABIS Jangan pulak nanti tambah banjir!

UMRAH Cari 640 Calon Mahasiswa Ilmu Hukum. Terkait hal ini, maka UMRAH setidaknya bisa membuka peluang bagi 640 calon mahasiswa baru. Kepada Tanjungpinang Pos, Humas UMRAH, Rafki Rasyid SE MM, mengatakan semua persyaratan sudah dilengkapi. Statusnya saat ini adalah mandat dari Dirjen Dikti. Jika izinnya keluar, maka UMRAH akan langsung menerima mahasiswa baru untuk ke delapan Prodi.

TANJUNGPINANG - Ini kabar gembira bagi jebolan SLTA yang belum diterima di perguruan tinggi negeri (PTN). Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) segera membuka 8 program studi baru jenjang Strata Satu (S1) di luar program studi yang sudah ada selama ini. 8 Program studi baru tersebut adalah Program Studi Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, Manajemen, Teknologi Hasil Perikanan, Budidaya Perairan, dan

Rafki Rasyid

HAITI, (50), pelaku pembunuhan A Keng alias Bandi, (58), di Jalan Tambak pada 11 Agustus lalu diancam dengan pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana dan pasal 351 KUHP tentang penganiyaan. ”Atas perbuatannya menghilangkan nyawa orang lain dan menganiaya korban lainnya, pelaku diancam dengan pasal pembunuhan berencana dan pasal penganiayaan,” kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Tanjungpi-

F-ADLY BARA HANANI

AKP Memo Ardian

nang Ajun Komisaris Polisi (AKP) Memo Ardian, Selasa (13/8).

 Lanjut ke...Hal. 2

Pelaku Disebut Pernah Ditantang

F-ADLY BARA HANANI

MENURUT rekan Haiti sesama pedagang di kawasan Potong Lembu, A Hua, sejak dua tahun lalu, Haiti sudah menjalin hubungan dengan Nurbaiti, janda beranak dua. ”Pasangan ini tinggal di Sei Jang,” ungkap A Hua. Kesehariannya, Haiti berjualan sate mi di Pusat Makanan Tradisional Akau Potong Lembu. Ia dibantu berjualan oleh Nurbaiti.

Haiti, pelaku pembacokan.

 Lanjut ke...Hal. 2

 Lanjut ke...Hal. 2

Memeriahkan Agustusan, Berbagai Event Digelar

Tak Pasang Bendera, Berarti Tak Cinta NKRI Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 68 Kemerdekaan RI sudah di depan mata. Berbagai kegiatan dipersiapkan Pemerintah Kota Tanjungpinang untuk memeriahkan hari bersejarah bagi seluruh rakyat Indonesia. ABAS, Tanjungpinang KEMERDEKAAN RI jatuh pada 17 Agustus diperingati setiap tahunnya oleh seluruh rakyat Indonesia, termasuk masyarakat Tanjungpinang. Berbagai acara digelar untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan ini. Selain agar semaraknya perayaan Kemerde-

WEBSITE: www.tanjungpinangpos.co.id

F-ADLY BARA HANANI

BENDERA: Pedagang bendera Merah Putih marak menjelang HUT ke 68 Kemerdekaan Republik Indonesia. Tampak salah satu pedagang di Jalan DI Panjaitan Batu 9, kemarin.

EMAIL: redaksi@tanjungpinangpos.co.id

ADD US ON FACEBOOK Tanjungpinang Pos

kaan RI ini, acara yang digelar juga bertujuan menanamkan semangat perjuangan bagi para generasi muda. Di Kota Tanjungpinang, Pemko sudah menyiapkan sejumlah event. Di antaranya ajang tahunan Tri Lomba Juang, Dragon Boat, Lomba Renang lintas Tanjungpinang-Penyengat, Lomba Perahu Jong dan banyak lagi. Bahkan, tahun ini juga ada lomba panjat pinang. “Panjat pinang kita gelar di Tepi Laut pada hari Minggu tanggal 18 Agustus. Jadi mari kita meriahkan. Bagi yang ingin ikut silakan datang ,” ujar Tengku Dahlan, selaku Ketua Penanggung Jawab Kegiatan 17 Agustus Tingkat Pemerintah, Selasa (13/8).

 Lanjut ke...Hal. 2

FOLLOW US ON TWITTER @TgpinangPos


TANJUNGPINANG POS RABU 14 AGUSTUS 2013

2

Pembunuh A Keng ........................................................................dari halaman 1 Ketua MPR Sidarto Danusubroto mengatakan, soal mengendalikan pertambahan penduduk, Indonesia sebaiknya harus belajar ke Tiongkok lagi. "Dulu Indonesia pernah sukses melaksanakan program KB. Itu terjadi karena regulasi yang kini diberlakukan di Tiongkok pernah diterapkan di Indonesia. Tapi tidak seekstrim di sana,’’

Ansar Tendang Bola Perdana KIJANG - Bupati Bintan, Ansar Ahmad meresmikan pertandingan bola kaki ke 34 Idul Fitri Cup tahun 2013, Selasa (13/8) di Lapangan Bola Kaki Sungai Enam. Ansar melakukan penendangan bola perdana. “Saya mengucapkan apresiasi kepada masyarakat dan khususnya pemuda Sungai Enam setiap tahun secara eksis mengadakan turnamen ini yang sudah ke 34 tahun,” ujar Bupati Bintan, Ansar Ahmad. Ansar mengatakan, karena ini kegiatan positif, pemerintah tetap mendukung. “Kita berharap kepada tim peserta dapat bermain dengan sportifitas. Berjalan dengan lancar apa yang diinginkan bersama. Dengan hasil yang lancar mengukir prestasi dan mencetak klub yang andal,” harap Ansar. Dengan adanya kegiatan turnamen tersebut, Pemda membantu dana sebesar Rp30 juta ditambah Rp5 juta dari Dewi Kumalasari Ansar, istri Ansar Ahmad. Lurah Sungai Enam, Ikhsan, turut hadir dalam pembukaan. Dia berharap terjalinannya silahtuhrahmi antar kampung yang mengikuti pertandingan ini. (dri)

Arti ........dari halaman 1 Hijab ataupun berjilbab sama artinya dengan menutup aurat, bukan sekedar hanya ikut-ikutan tetapi karena sadar untuk menggunakan hijab itu sendiri adalah kewajiban seorang wanita muslim. Hal inilah yang dialami oleh Suningsih, dara kelahiran 4 November 1988 ini merasa hijab sebagai salah satu keberkahan yang senantiasa kita dapatkan dari-Nya. Tidak dipungkiri lagi, hijab memang mungkin dijadikan sebagai suatu tren masyarakat terutama bagi kaum hawa yang berkembang pesat. Hampir semua kalangan wanita menyukai hijab yang saat ini mempunyai model dan motif yang bermacam-macam pula. Tetapi kita juga tidak bisa keluar dari aturan-aturan dari tata hijab yang sesuai syariat islam. “Syukur Alhamdulillah semenjak menggunakan hijab, banyak perubahan dari hal kecil sampai hal besar yang dirasakan sampai sekarang, perubahannya adalah sejak menggunakan hijab mampu menjaga diri dari hal-hal yang tidak diinginkan serta dari menggunakan hijab bisa mengetahui bagaimana tren-tren sekarang dengan membuka online shop kecil-kecilan yang menawarkan hijab terkini maupun busana muslim hijab bagi kaum hawa,’’ tutur Neng panggilan akrabnya saat ditemui Tanjungpinang Pos. Bersyukur dengan apa yang sudah didapatkan, percaya segalanya sudah diatur oleh-Nya, termasuk rejeki yang tak pernah putus diberikan kepada setiap orang yang selalu berusaha, yang selalu bersungguh-sungguh dan tentunya selalu mengikuti segala perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. “Walaupun menggunakan hijab sejak Agustus 2012, tetapi sampai sekarang pun saya masih perlu banyak belajar untuk menggunakannya dan mengerjakan semua ajaran-ajaran yang sesuai dengan syariat Islam. Semua kelancaran dan rejeki yang selalu mengalir dari bisnis juga tak luput atas doa kedua orang tua saya dan yang teristimewa Dedi R.Hasibuan,’’ ujar Neng. Tak ada kata terlambat untuk berubah perlahan-lahan menyadari istimewanya hijab, karena masa lalu hanyalah pendewasaan diri, masa depan akan kita tentukan sendiri. (*/din)

Dalam pasal 340 KUHP disebutkan, barang siapa sengaja dan dengan rencana lebih dahulu merampas nyawa orang lain diancam, karena pembunuhan dengan rencana (moord), dengan pidana mati atau pidana penjara seumur hidup atau selama waktu tertentu, paling lama dua puluh tahun. Lalu, pasal 351 KUHP dijelaskan, penganiayaan dihukum dengan hukuman penjara selama-lamanya dua tahun delapan bulan. Jika perbuatan itu menjadikan luka berat, si tersalah dihukum penjara selama-lamanya lima tahun. Lalu, jika perbuatan itu menjadikan mati orangnya, dia dihukum penjara selama-lamanya tujuh tahun.

Sejak dua bulan lalu, Haiti memutuskan mencari nafkah di Singapura. ”Selama Haiti di Singapura, kekasihnya itu berkeliaran dengan pria lain. Bahkan, ia terlihat makan bersama sejumlah teman prianya hingga dini hari,” ujar pedagang makanan ini. Mengenai hubungannya dengan A Keng, hubungan ini diperkirakan terjalin sejak dua minggu lalu. A Keng dikenal sebagai pria yang

Tengku Dahlan menuturkan, dirinya juga tak ingin kegiatan 17 Agustus di Tanjungpinang ini, minim. Makanya, Pemko telah menyiapkan serangkaian kegiatan. Untuk Tri Lomba Juang digelar lomba gerak jalan 17 Kilometer, 8 Kilometer dan 45 Kilometer. Dijadwalkan acara ini digelar awal September. Kemudian, untuk ajang kegiatan pesta rakyat, misalnya lomba Dragon Boat Race (DBR), lomba perahu Jong, Lomba Renang melintasi perairan Penyengat dan Tanjungpinang, juga ditaja pada bulan depan. Rangkaian kegiatan ini diawali dengan Upacara Peringatan HUT RI di Kantor Wali Kota Senggarang pada Sabtu (17/8) ini. Sementara itu, Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah juga tak mau warga Tanjungpinang minim kegiatan untuk memeriahkan HUT RI 17 Agustus mendatang. Lis meminta agar warga turut membuat kegiatan di lingkungan sendiri termasuk me-

Haiti Dijaga Dua Polisi Pantauan koran ini, Haiti menjalani perawatan di ruang rawat inap Dahlia, RSUD Tanjungpinang. Kedua tangan dan kaki Haiti diikat di ranjang tempat tidurnya. ”Dia diikat supaya tidak melarikan diri atau mencoba

bunuh diri lagi,” ungkapnya. Seorang anggota reskrim yang ditemui mengatakan, kasus ini sudah dilaporkan oleh adik A Keng ke Polsek Tanjungpinang Barat. Kasus ini dilimpahkan ke Sat Reskrim Polres Tanjungpinang. ”Di sini, Haiti dijaga dua orang petugas berpakaian dinas dan bebas,” ujar anggota ini. Petugas berpakaian dinas berasal dari Satuan Sabhara. Setiap dua jam, petugas berpakaian dinas ini berganti jaga di dalam ruangan rawat inap A Keng. Sedangkan, anggota reskrim yang menjaga Haiti bertugas selama 12 jam di luar ruang rawat inap. ***

suka mengganggu istri orang lain di kawasan Pecinan. Profesinya sebagai pengojek ini mempermulus niatnya untuk menggoda istri orang. ”Dia terkenal suka mengganggu istri orang lain di kawasan ini. Wajar jika dia dihabisi oleh Haiti,” ujarnya. Diketahui juga, uang hasil kerja keras Haiti di Singapura dikirimkan ke Nurbaiti. Ternyata, uang tersebut diberikan kepada A Keng.

”Wanita itu hanya dimanfaatkan oleh A Keng,” imbuhnya. Ketika pulang dari Singapura, Haiti mendapat kabar jika kekasihnya berhubungan lagi dengan pria lain, A Keng. Mendengar hal tersebut, kediaman A Keng didatangi Haiti mempertanyakan hubungan keduanya. Akan tetapi, Haiti mendapat bogem mentah pada bagian pelipis kanan. ”Di samping itu, beberapa teta-

ngga juga melihat wajah Haiti yang bengkak. Saat ditanya, pelipis mata kanannya akibat dipukul oleh A Keng,” ungkapnya. Kabar lain yang diperoleh dari adik Haiti, malam itu ia dihubungi oleh A Keng. Haiti ditantang berkelahi. Mendapat tantangan itu, Haiti datang ke kos tersebut dan menikam A Keng hingga tewas. Usai membunuh A Keng, Haiti terlihat minum teh di kawasan potong

lembu sekitar pukul 22.30. Mendapat kabar ia dicari anggota polisi, Haiti melarikan diri ke rumah orang tuanya di Lorong Nusantara II. Menurut para tetua Tionghoa, bulan ini merupakan bulan ketujuh atau Bulan Hantu. Setiap manusia diharapkan untuk tidak melakukan kegiatan pada malam hari atau kematian akan menghampiri. ”Pada bulan hantu ini, hawanya sangat dingin,” tukasnya.(sur)

masang bendera Merah Putih, baik di kendaraan, perumahan, kantor hingga pusat pertokoan. Lis mengaku sengaja mengajak warga agar turut berpartisipasi dalam HUT RI ini, karena dirinya melihat animo masyarakat untuk memeriahkan HUT RI mulai berkurang atau luntur. Bayangkan, untuk memasang bendera merah putih saja masih banyak yang tak mau. Kata Lis, ini bisa dilihat hingga saat ini, masih sepi masyarakat memasang bendera merah putih. Untuk itu, Lis meminta pada HUT RI tahun ini, seluruh masyarakat, perkantoran, dinas, ruko-ruko dan perumahan wajib memasang bendera merah putih, sebagai lambang menghormati Hari Kemerdekan RI. Karena, dengan mengibarkan bendera Merah Putih juga bagian dari rasa syukur dan hormat kita terhadap jasajasa para pejuang dulu. Lis sudah membuat surat edaran, bahwa pe-

masangan bendera dilakukan mulai Rabu (14/8) hari ini hingga Minggu (18/8) mendatang. “Kita sudah mengeluarkan Surat Edaran supaya masyarakat, perkantoran, dinas, ruko harus memasang bendera merah putih. Bagi yang tidak memasang, berarti tidak mencintai kemerdekaan dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI,” tegas Lis, kemarin. Diakui Lis, pihaknya telah menyurati semua pemilik ruko maupun pengelola ruko, terutama ruko-ruko yang ada di Pasar Lama. Khusus untuk kawasan ini, selain diminta memasang bendera Merah Putih, pengelola ruko juga diminta agar menghiasi rukonya. Ruko-ruko yang sudah tak bagus lagi catnya, baik luntur dan kumuh agar dicat kembali. Tujuannya agar kemeriahan perayaan HUT RI semakin tampak dengan kawasan Tanjungpinang yang rapi, bersih dan asri. “Ruko-ruko yang mulai kumuh harus dicat kembali. Kita sudah men-

gajak pemilik toko untuk mencat ulang ruko yang mulai luntur catnya atau sudah kusam,” tegas Lis. ‘’Mari hormati jasa-jasa para pahl-

awan, hargai aturan-aturan yang berlaku. Dan paling penting sama-sama memeriahkan Hari Kemerdekaan,” tambah Lis. ***

UMRAH............dari halaman 1 “Rencana per kelas akan dibuka untuk 40 orang calon mahasiswa, masing-masing prodi akan dibuka dua kelas, jadi perkiraan total akan di terima 80 kali 8 yakni sekitar 640 mahasiswa,” ungkap Rafki, Selasa (13/8). Lantas kapan diperkirakan terbitnya SK Dikti tentang izin 8 program studi baru tersebut? Rafki mengatakan hal tersebut belum dapat dipastikan karena semuanya tergantung dari Dirjen Dikti. Namun, sampai saat ini, kesiapan UMRAH sendiri sudah 90 persen untuk menjalankan 8 program studi tersebut. Ia juga menjelaskan jika seandainya SK Dikti terhadap 8 Prodi tersebut keluar dan mendapatkan izin, pi-

hak UMRAH akan langsung membuka pendaftaran bagi calon mahasiswa baru yang nanti akan sepenuhnya diselenggarakan pihak kampus UMRAH. ‘’Kalau kelarnya tahun depan, berarti kita rekrut tahun depan. Tapi, kalau memang kelarnya tahun ini atau dalam waktu dekat kita akan langsung buka penerimaan tanpa harus menunggu semester baru lagi. Ya, prosedur ujian tetap ada. Tapi dilaksanakan sepenuhnya oleh UMRAH,” timpal Rafki yang juga berharap UMRAH mampu melaksanakan 8 prodi ini dengan baik nantinya. Tentunya juga didukung oleh masyarakat Kepri. (adi)

Sani: Bahagia .................................................................................dari halaman 1 Atas penghargaan tertinggi dari negara itu, HM Sani, menyampaikan rasa terima kasihnya atas dukungan yang diberikan untuknya selama ini. Terutama dukungan dari istri tercinta dan keluarga. Sehingga dia terus bisa mengabdi selama 47 tahun untuk memberi pelayanan kepada masyarakat. Ucapan terima kasih juga disampaikan Sani kepada masyarakat Kepri, pers dan semua pihak yang selama ini mendukung dan memberi kritik yang membangun. Sehingga pembangunan di Kepri terus berjalan sesuai koridornya. Menurut Sani, dia akan bahagia selama bisa membahagiakan masyarakat. Karena itu, Sani mengatakan, dia akan terus memberi pelayanan sehingga kesejahteraan masyarakat terus meningkat. Saat penerimaan Gubernur Sani didampingi Istri Ny Hj Aisyah Sani dan tiga anaknya Herry Andrianto, Heni Adriani dan Rini Fitrianti. Hdir juga Plt Sekda Robert Iwan Loriaux dan Kadispenda Isdianto.

Alamat Redaksi: Komplek Pinlang Mas No.15 Lt 2-3 JL.DI Panjaitan-Batu IX Tanjungpinang, Telepon : (0771) 7447234 (hunting), Fax (0771) 7447085

Rida K Liamsi. Makmur. Socrates. Asnida Syukur. Hasan Aspahani. Candra Ibrahim.

ruko di pinggir Jalan Tambak. “Saat terjatuh itu, pelaku menusukkan pisaunya berulang kali ke tubuh korban,” jelas Memo. Pelaku kemudian dapat ditangkap di Lorong Nusantara II dengan kondisi leher robek. Saat ditangkap, Haiti berusaha mengakhiri nyawanya dengan pisau yang menghilangkan nyawa A Keng.

Tak Pasang .....................................................................................dari halaman 1

Diterbitkan Oleh: PT Batam Intermedia Pers Terbit sejak tanggal 28 Oktober 2009

: : : : : :

“Pelaku berteriak memintan korban keluar. Saat pintu kos dibuka, pisau yang telah pelaku persiapkan langsung dihunus ke tubuh korban,” terang Memo membeberkan kronologis kasus pembunuhan ini. Tak hanya itu, Nurbaiti yang saat itu berada di kamar tersebut juga tak luput dari bacokan pelaku. Pisau yang ada di genggaman Haiti terjatuh di kamar tersebut. Korban kemudian melarikan diri dengan hanya mengenakan celana dalam. Melihat pria yang menantangnya berusaha meloloskan diri, Haiti mengejar. Tubuh bagian belakang A Keng kemudian ditusuk dengan pisau kedua. A Keng terjatuh di depan

Pelaku Disebut ...............................................................................dari halaman 1

TANJUNGPINANG POS

Chairman Chief Executive Officer Presiden Komisaris Wakil Presiden Komisaris Komisaris Direktur

Soal hukuman yang menjerat Haiti, tentunya tak terlepas dari hasil penyelidikan yang telah dilakukan polisi atas kasus ini. Menurut keterangan para saksi mata, sebelum pembunuhan di Jalan Tambak itu terjadi, Haiti bertemu A Keng di Mal Ramayana. Saat itu A Keng sedang bersama Nurbaiti, mantan kekasih Haiti. Di tempat tersebut sempat terjadi cek-cok mulut antara keduanya. Kemudian A Keng pulang ke tempat kosnya bersama Nurbaiti. Kemudian Haiti dihubungi oleh A Keng untuk mengajak berkelahi. Beberapa menit kemudian, Haiti datang ke kos yang dihuni A Keng di Jalan Tambak Nomor 153 B.

Gubernur Kepri HM Sani termasuk satu dari 28 tokoh bangsa yang menerima Tanda Kehormatan RI yang diserahkan langsung Presiden SBY. Gubernur menerima Bintang Mahaputera Utama bersama dua Gubernur lainnya. Bintang Tanda Jasa diserahkan pada Upacara Penganugerahan Tanda Kehormatan RI, di Istana Negara, Selasa (13/8) pukul 14.30 WIB. Para tokoh yang dinilai berjasa kepada negara diberikan tanda kebesaran melalui Keppres nomor 57/TK/2013. Pada kesempatan itu, Presiden didampingi Ibu Negara Hj Ani Bambang Yudhoyono, Wapres Boediono, dan Ibu Herawati Boediono. Hadir juga Ketua DPD RI Irman Gusman, Ketua MK Akil Mochtar, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menko Kesra Agung Laksono, Menhut Zulkifli Hasan, Menlut daa Perikanan Cicip Sutardjo, dan Menakertrans Muhaimin Iskandar, Menteri BUMN Dahlan Iskan serta Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.

Pimpinan Umum/GM/Penjab Wakil GM/Pimpinan Perusahaan Wakil Pimpinan Perusahaan Pemimpin Redaksi Wakil Pemimpin Redaksi

: Candra Ibrahim.

Dewan Redaksi

: Candra Ibrahim (Ketua), Arham, Sigik Rahmat, Nurali Mahmudi, Dinir M Sono. : Sutan J Siregar SH.

Ombudsman

: : : :

Arga Permadi. M Nur Hakim. Arham. Sigik Rahmat.

Setara dengan Pahlawan Raut wajah HM Sani nampak ceria ketika mendapat surat pemberitahuan bahwa dirinya salah seorang dari 27 putra bangsa ini yang berhak menerima penghargaan Bintang Maha Putera Utama. “Ini penghargaan tertinggi untuk putra bangsa ini. Dan, saya salah seorang diantaranya. Saya putra Kepri pertama yang menerima ini,” ujarnya saat berbincang dengan wartawan di ruang kerjanya di Kantor Gubernur di Dompak, Senin (12/8) lalu. Dengan penghargaan ini, Sani boleh dimakamkan nanti di Taman Makam Pahlawan. Sebab, penghargaan tertinggi ini sudah dianggap sebagai pahlawan karena jasa-jasanya dalam pengabdian kepada negara. Sani 47 tahun mengabdi untuk masyarakat mulai dari pegawai biasa, camat, kabag, bupati, walikota, wakil gubernur hingga gubernur. Masyarakat Kepri benar-benar mempercayai kinerjanya selama hampir setengah abad ini. Bagi Sani, penghargaan ini tidak

hanya melekat pada dirinya sendiri. Namun, ini kebanggaan masyarakat Kepri yang selalu bersamanya selama ini. Tanpa kepercayaan masyarakat, Sani tidak mungkin mendapatkannya. Sani berharap, setelah dirinya, akan muncul lagi sosok Kepri yang bisa mendapatkan penghargaan serupa nanti. “Saya harap ini menjadi motivasi untuk warga Kepri ke depan. Saya yakin akan ada warga Kepri yang bisa mendapatkan penghargaan seperti ini nanti,” kata Sani mengungkapkan harapannya. Ia menyebutkan, dirinya tidak mengusulkan untuk mendapatkan penghargaan tersebut. Namun, setiap menjelang perayaan HUT RI, presiden selalu memberi penghargaan kepada putra-putri terbaik bangsa ini dengan berbagai jenis penghargaan. Yang mengusulkan Sani menjadi salah satu yang berhak mendapatkannya adalah Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Gamawan Fauzi. Selanjutnya, nama-nama calon penerima penghargaan ini disampaikan ke Menkopolhukam

Redaktur Pelaksana: Nurali Mahmudi. Koordinator Liputan: Dinir M Sono. Redaktur: Martunas Situmeang, Abdul Rasyid Daulay. Asisten Redaktur: Martua Butarbutar, Slamet Nofasusanto, Abas. Reporter: , Febrima Surya, Taufik A Habu, Yusfreyendi, Andri Dwi Sasmito, Suhardi, Yuni Astuti, Desi Liza Purba, Adly Hanani (Fotografer). Manajer Adm/Umum/Keuangan/HRD : Arga Permadi Manajer Iklan : M Nur Hakim Manajer Pemasaran & EO : Mider Sinaga Kepala Perwakilan Batam : Zakmi Biro Lingga : Tengku Irwansyah Biro Karimun : Alrion Biro Anambas : Roni Kadep Pracetak/Layout/Perwajahan : Heru Irawan (Pjs) Kabag Layout/Perwajahan : Sakban Hasibuan Kabag Pracetak : Rijon Sitohang Staf Pracetak : Fauziahmadrisa Syafrul Amri Jaringan/IT/Online : Syafrinaldi

Dicetak pada : PT Ripos Bintana Press. Isi di luar tanggung jawab percetakan.

dan Kementerian Sekretariat Negara (Mensetneg RI). Nama-nama yang diajukan Mendagri tersebut selanjutnya dikaji apakah layak menerima penghargaan tersebut atau tidak. Nama-nama yang sudah dikaji lalu diserahkan ke presiden. “Jadi, ini hak prerogatif presiden yang menentukan siapa-siapa yang berhak menerimanya. Banyak yang diusulkan, namun tak semua disetujui pak presiden. Mungkin karena saya sudah dianggap layak, makanya pak presiden memilih saya. Ini semua penghargaan untuk masyarakat Kepri juga,” tambahnya. Presiden RI, SBY, kata Sani memiliki perhatian yang besar terhadap Kepri. SBY sendiri sudah tiga kali datang ke Kepri baik ke Batam, Pulau Nipa, Bintan dan Tanjungpinang. Bahkan, direncanakan SBY akan datang lagi ke Tanjungpinang tanggal 27 September nanti untuk menerima penghargaan Sri Perdana Mahkota Negara dari Lembaga Adat Melayu (LAM) Provinsi Kepri. (git/mas)

Tarif Iklan Halaman Muka (FC) Rp. 30.000,-/mm kolom. Halaman Muka ( BW) Rp. 25.000,-/ mm kolom. Halaman Dalam,(FC) Rp. 25.000,-/ mm kolom. Halaman Dalam ( BW) Rp. 15.000,-/ mm kolom. Iklan Umum/Display (BW) Rp. 15.000,-/mm kolom. Iklan Ucapan Selamat (FC) Rp. 7.000,-/mm kolom. Iklan Ucapan Selamat (BW) Rp. 3.500,-/ mm kolom. Iklan Dukacita Rp 3.500,-/mm kolom. Sport Color Rp 7.000,/mm kolom. Advertorial Rp. 5.000,-/ mm kolom.


TANJUNGPINANG POS RABU 14 AGUSTUS 2013

3 DEWAN SOROTI KINERJA KADIS PU PEMPROV

Proyek Rp21 M Belum Dikerjakan MARTUNAS-TAUFIK, Tanjungpinang

F-MARTUNAS/TANJUNGPINANG POS

TINJAU: Gubernur Kepri, HM Sani meninjau salah stau proyek Dinas PU Pemprov Kepri berupa pembangunan jalur dua ke Bandara RHF Tanjungpinang, baru-baru ini.

Sani Gesa Proyek Segera Ditenderkan PERSOALAN lahan dan lambatnya rancangan Detailed Engineering Design (DED) memperlambat sejumlah kegiatan/proyek di Pemprov Kepri. Pembangunan tak mungkin dilanjutkan jika pada akhirnya bermasalah. Sehingga, sebagian proyek ditunda di tahun berikutnya. "Tak mungkin dilanjutkan jika lahannya saja tak beres. Kalau lahannya sudah tersedia, pembangunan bisa dilanjutkan lagi," ujar Sardison MTP, Kepala Biro Administrasi Pembangunan Pemprov Kepri. Tahun ini, terdapat 47 proyek Pemprov yang belum ditenderkan.

Jika sampai awal September nanti belum juga dilelang, maka proyek tersebut terancam gagal. Jika dipaksakan dilelang dan dikerjakan, kemungkinan besar tidak akan rampung sampai akhir Desember 2013 ini. Sebab, waktu pengerjaan tinggal empat bulan lagi. Jika proyek tersebut nilainya besar, diyakini tidak akan selesai tepat waktu. Gubernur Kepri, HM Sani terus mendesak agar proyek ini dipercepat tendernya. Gubernur meminta agar lelang sudah selesai akhir Agustus ini. "Saya harap ini jangan berlarutlarut lagi. Kita harus bergerak ce-

pat," kata sani saat rapat bersama seluruh kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemprov Kepri, Senin (12/8) lalu. Sani menegaskan, realisasi fisik dan keuangan semua kegiatan di pemprov harus digesa. Diharapkan, semua proyek sudah harus rampung akhir tahun ini. Meski itu sulit direalisasikan, namun kerja keras tetap harus dilakukan untuk mencapai hasil maksimal. Ditambahkan Sardison, tahun ini terdapat 1.768 kegiatan fisik dan non fisik di lingkungan Pemprov Kepri. Hingga akhir Juli lalu, sudah terealisasi 53,83 persen untuk fisik dan 40,43 persen untuk keuan-

gan. Kegiatan non fisik seperti pelatihan atau seminar. "Realisasi fisik dan non fisik tahun ini lebih bagus dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Hasil yang dicapai tahun ini meningkat sedikit. Tapi sudah ada perbaikan-perbaikan yang lebih bagus," jelasnya. Laporan bulanan dari 44 SKPD di lingkungan Pemprov Kepri makin bagus. Seluruh laporan realisasi fisik dan keuangan ini akan disampaikan gubernur ke presiden. Sebab, setiap tiga bulan sekali, laporan ini harus disampaikan ke presiden untuk mengetahui perkembangan pembangunan di

Sardison

daerah. Harusnya, laporan ini disampaikan Juli lalu ke presiden. Namun, karena suasananya masih puasa, akhirnya diundur hingga Lebaran selesai. HM Sani sendiri juga mengaku sibuk paska Lebaran. Namun dia tetap menyempatkan diri mengadakan rapat bersama wagub, sekda dan SKPD untuk mengetahui perkembangan yang ada. "Sangat banyak yang kami bahas. Mulai dari evaluasi pembangunan, persiapan HUT RI, keuangan, pelepasan sekda lama dan lainnya. Agenda saya penuh minggu ini. Tapi ini juga sangat penting," tambahnya. (mas)

MEMASUKI triwulan ketiga tahun 2013 ini, masih banyak proyek milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri yang lokasi pekerjaanya di ibu kota provinsi Kepri, yakni Kota Tanjungpinang belum dikerjakan oleh sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemprov Kepri terkait. "Sampai dengan rapat evaluasi pada akhir Ramadan lalu, mayoritas proyek di beberapa SKPD yang menjadi mitra kami diantaranya Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan dinas-dinas lainnya statusnya masih dalam proses lelang, dan belum ada pemenang,� anggota Komisi III Bidang Pembangunan DPRD Kepri, Sofyan Samsir. “Kalau baru sampai di situ prosesnya, kapan mau mulai kerja? Sedangkan sekarang sudah pertengahan Agustus," ungkapnya kepada Tanjungpinang Pos, kemarin. Sofyan menjelaskan, proyekproyek yang belum dikerjakan itu jumlahnya puluhan, dengan anggaran yang mencapai puluhan miliar juga. Kegiatan ini kalau tidak disegerakan, maka bisa jadi diakhir tahun, banyak lagi proyek yang gagal dan tidak terselesaikan. "Di dinas PU saja jumlahnya cukup banyak, dan yang baru dikerjakan rata-rata proyek kecil yang nilainya tidak sampai Rp200 juta. Sedangkan yang miliaran, mayoritas belum ada yang dikerjakan," sebutnya. Adapun beberapa proyek besar milik Dinas PU Kepri di Kota Tanjungpinang yakni, peningka-

tan dan pemeliharaan jalan Tanjungpinang dengan pagu mencapai Rp4,8 miliar. Pemeliharaan Jalan Dompak Rp1,2 miliar, Peningkatan Jalan Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Rp9,7 miliar, pembangunan pipa air bersih Dompak Rp1,4 miliar, pembangunan kantor TVRI di Dompak Rp1,8 miliar dan penataan kawasan gubernuran di Dompak dengan nilai pagu anggaran Rp2,8 miliar. Jika ditotal, maka jumlah anggaran untuk beberapa proyek besar yang belum dikerjakan ini mencapai sekitar Rp21 miliar. "Itu baru di PU saja, belum lagi proyek-proyek di dinas lainnya. Yang di PU pun itu belum semuanya. Perkiraan kami jumlahnya puluhan dengan anggaran yang lebih dari Rp21 miliar," terangnya. Belajar dari kegagalan sejumlah proyek di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kepri tahun-tahun sebelumnya, kata Sofyan, pihaknya berencana akan meninjau satu-satu lagi semua proyek Pemprov Kepri di Kota Tanjungpinang, seperti yang dilakukan Komisi III DPRD Kepri di wilayah Bintan pada pertengagan bulan puasa lalu. "Saya sudah berkoordinasi dengan ketua komisi, dan akan menjadwalkan pengecekan semua proyek. Dan kemungkinan besar akan melibatkan kawan-kawan anggota dewan lintas komisi, yang asal Dapil Tanjungpinang. Kebetulan di Komisi III, tidak ada yang berasal dari Dapil Pinang," tukasnya. ***

50 Titik Reklame Sudah Dipesan 5 Parpol BATAM - Titik reklame gratis yang diberikan Badan Pengusahaan (BP) Batam kepada calon anggota legislatif (caleg), mendapat sambutan positif. Hingga saat ini, 50 titik reklame gratis sudah dipesan caleg mulai dari Golkar, PDI Perjuangan, Gerindra, PAN dan PKS. Beberapa diantaranya bahkan sudah memasang baleho. "Sudah ada baleho yang kita keluarkan untuk reklame caleg. Ukuran reklamenya yang diberikan tiga kali empat meter," ujar Diki Indramuliawan, Kasi Penghijauan, Pertamanan dan Penataan Reklame BP Batam,

F-HUMAS PEMKO BATAM

LOMBA: Inilah salah satu peserta lomba Sea Eagle Road Race di Belakangpadang-Batam.

Singapura Ikuti Sea Eagle Boat Race 2013 BATAM - Dinas Pariwisata Kota Batam kembali akan menggelar Sea Eagle Boat Race pada 30 Agustus sampai 1 September 2013 di Belakang Padang. Pada acara itu, akan digelar juga Pesta Sampan Layar di tempat yang sama. Diharapkan, penggabungan dua acara ini akan menyemarakkan acara tahunan itu. Menurut Kepala Bidang Sarana dan Objek Wisata Dinas Pariwisata Batam, Rudi Panjaitan, Senin (12/8), penggabungan dua acara ini diharapkan menambah meriahnya kegiatan ini. "Kedua negara ini sudah dipas-

tikan ikut pagelaran tersebut. Jadi Pesta Sampan Layar akan digabungkan dengan Sea Eagle Boat Race 2013," katanya. Ditanya pesertanya, Rudi mengaku sudah 12 tim dari kedua negara ini mendaftar. Diharapkan, peserta dari luar negeri ini akan terus meningkat. "Ini karena masih ada yang menyampaikan rencana bergabung. Mereka tim dari Malaysia," beber Rudi. Terkait dengan acara ini, diakui Rudi, sudah dibicarakan tokoh masyarakat dan Camat Belakang Padang. Karena itu, pesta layar yang biasa digelar 17 Agustus,

akan digeser menjadi bersamaan dengan Sea Eagle Race Boat 2013. "Kalau digabung akan semakin semarak. Jadi harapannya, turis ke Batam akan meningkat," ujar dia. Selain itu, melalui pagelaran Sea Eagle Boat Race 2013 bertaraf internasional ini, maka budaya masyarakat (pesta sampan) akan semakin dikenal dunia internasional. "Jadi kita harapkan, acara ini akan semakin meriah dan sukses. Pagelaran ini akan menambah keinginan turis untuk berkunjung ke Batam," imbuhnya. (mbb)

Selasa (13/8) di ruang kerjanya. Untuk pengurusan baleho, caleg bisa menghubungi Seksi Penghijauan Pertamanan dan Penataan Reklame di Gedung Bida lantai I, Batam Centre. Hanya dituntut berkoordinasi. Sewa lahan sudah ditiadakan dan proses tidak lama. Menurut dia, yang empat titik sudah diperoleh caleg, diantaranya atas nama Kasri. Selain itu, ada juga atas nama Werton Panggabean enam titik. Hanya saja diingatkan, ketentuan seperti jarak dari persimpangan harus dipenuhi. "Tidak bisa menutup reklame yang sudah ada. Penempatan

izin dari kita gratis dan retribusi di Pemko Batam," bebernya. Sementara Kasubdit Penataan Pemukiman BP Batam, Boy Zasmita mengatakan, pemberian kesempatan kepada caleg dengan harapan reklame caleg tertib. Hanya saja diingatkan, harus sudah mendapat izin resmi dari BP dan Pemko Batam. "Sewa lahan tidak ada. Tapi diwajibkan ada jaminan. Nanti kalau diajukan, kita turun ke lapangan untuk menentukan titik untuk survei dulu. Setelah tepat, baru diberikan izin. Paling lama 1 minggu," ungkap Boy. Jika tidak ada izin, maka BP

Batam akan menertibkan. Termasuk baleho caleg yang terbuat dari kayu dan di bawah 3x4 meter. "BP Batam mengimbau caleg, harus memberikan contoh yang baik untuk mentaati aturan," jelasnya. Di luar yang melapor ke BP Batam, akan diberikan surat peringatan dan akan ditertibkan BP Batam. Khusus penertiban, akan dilakukan di sepanjangan jalan di Batam dan berkelanjutan. "Terakhir telah kita tertibkan sekitar 400-an lebih dengan 4 kali penertiban. Penertiban selanjutnya Oktober 2013," sambungnya. (mbb)


TANJUNGPINANG POS RABU 14 AGUSTUS 2013

4 NATUNA

PemkabNatuna Akan TerimaCPNS RANAI - Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pem kab Natuna Ab dullah, mengatakan Pemkab Natuna berencana membuka lowongan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2013. Ka rena, sampai saat ini Pemkab masih kekurangan pegawai hingga sekitar 4.778 orang. Kekurangan PNS ini, kata Kepala BKD Natuna, Abdullah. Abdullah, akan dilakukan secara bertahap dalam waktu sekitar lima tahun ke depan. Namun, pengisian itu harus mendapat persetujuan Menpan dan BKN. Untuk penerimaan CPNS tahun 2013 ini, Abdullah belum bisa dipastikan jumlahnya. “Berapa kuota untuk Natuna dan jadwal penerimaan masih menunggu persetujuan Menpan dan BKN. Tetapi tahun ini direncanakan akan dibuka penerimaan CPNS,” kata Abdullah di ruang kerjanya, Senin (12/8). Rencana penerimaan CPNS tahun ini kata Abddullah, menyesuaikan pengelompokan kebutuhan yang masih kekurangan di lingkungan Pemkab Natuna. Diantaranya guru, medis dan tenaga teknis. Namun detil formasi kepastian masih dalam proses di Menpan dan BKN. Menurut Abdullah, untuk guru tidak terlalu diprioritaskan, karena secara umum sudah memenuhi. Hanya pemerataan penempatan. Namun yang masih banyak kekurangan adalah medis. Sepeti dokter umum dan dan dokter spesialis anak. Serta PNS tenaga teknis seperti tenaga penyuluh perikanan, pertaninan, penyuluh KB, pengawas konstruksi jalan dan jembatan, perencanaan, akuntan, perpajakan. Ditambahkannya, penerimaan CPNS dokter umum dan dokter spesialis anak serta dokter gigi untuk ditempatkan di Puskesmas daerah-daerah terpencil dan pulau terluar. Namun dokter spesialis anak akan ditempatkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), karena selama ini masih sistem kontrak. Diakui Abdullah, pengangkatan dokter umum untuk daerah terpencil di Natuna sudah diusulkan tahun lalu. Bahkan sudah mengusulkan upaya ke Menpan dan BKN melalui pengangkatan dokter PTT. Namun dengan syarat bersedia ditugaskan didaerah terpencil dan pulau terluar minimal lima tahun. “Tetapi usulan ini (Pengangkatan dokter PTT ke CPNS) belum belum disetujui. Mudahmudahan tahun ini bisa disetujui, kami masih menunggu persetujuannya,” pungkasnya. (cr16)

Cuaca Buruk, Puluhan Pegawai Masih Libur TENGKU, Dabo PULUHAN Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemkab Lingga yang berdomisili di Dabo, hingga kemarin (13/8) tak bisa masuk kerja alias menambah liburan. Mereka urung bekerja akibat speedboat yang menjadi sarana transportasi dari Dabo ke Tanjungbuton, Lingga tidak diizinkan berlayar. Sebab, sedang terjadi angin kencang yang menyebabkan gelombang tinggi di sekitar perairan Singkep. “Tidak ada kapal yang diizinkan berangkat dari Dabo ke Tanjungbuton Daik. Ada puluhan orang pegawai yang batal berangkat,” kata salah seorang pegawai yang enggan nama disebutkan kepada Tanjungpinang Pos, Selasa (13/8). Menurutnya, ia dan beberapa rekannya masih berusaha menunggu di pelabuhan hingga cuaca membaik dan berharap speedboat dapat berangkat. Namun hingga pukul 10.00, tidak ada satu pun speed yang berani berlayar. Sehingga, mereka tak bisa berangkat kerja ke kantornya di Daik, Lingga.

F-TENGKU/TANJUNGPINANG POS

SANDAR: Salah satu speedboat yang menjadi sarana transportasi pegawai dari Dabo ke Tanjungbuton, Lingga, tampak masih tersandar di pantai. Speed ini tidak diizinkan untuk berlayar, karena cuaca yang buruk.

“Mau bagaimana lagi. Kalau berangkat dari Pelabuhan Jagoh juga sudah tidak mungkin,” ucapnya. Pembatalan keberangkatan dua speedboat dari Pelabuhan Dabo ke Pelabuhan Tanjungbu-

ton, Lingga dibenarkan Kantor Pelayanan (Kanpel) Dabo. Faktor cuaca menjadi penyebab pembatalan keberangkatan kapal. “Benar tidak ada speedboat dari dari Dabo yang berangkat ke Buton. Gelombang sangat

tinggi hingga dapat membahayakan keselaatan penumpang,” kata Kepala TU Kanpel Dabo, Emran. Kepala BKD Lingga Samsudi, belum memberikan tanggapan atas persoalan ini. Ketika dikon-

firmasi ke ponselnya, ia tidak menjawabnya. Sebagai informasi, saat ini ada dua speedboat muatan seratusan orang yang melayani keberangkatan dari Dabo ke Pelabuhan Tanjungbuton. ***

Enam Perempuan di Terempa Terjaring Razia Pekat ANAMBAS - Beberapa orang perempuan muda yang berada di kamar sebuah penginapan di Tarempa, Anambas dijaring oleh tim gabungan yang sedang melaksanakan razia penyakit masyarakat (pekat), beberapa hari lalu. Perempuan-perempuan muda di kamar hotel itu dicurigai sebagai wanita penghibur, yang berasal dari Tanjungpinang dan dari Anambas. Kegiatan razia pekat tersebut dilaksanakan tim gabungan yang terdiri dari 15 anggota Polsek Siantan, 2 anggota Lanal Tarempa, 3 orang anggota Koramil, serta 10 orang personil Satpol PP tersebut, kemudian dipecah menjadi 3

kelompok. Tim melaksanakan razia mulai pukul 00.00 dan memeriksa sejumlah tempat hotel dan penginapan maupun tempat kos yang terdapat di beberapa wilayah di Tarempa. Di salah satu hotel di Tarempa, tim ini mencurigai salah satu kamar dengan nomor 320. Setelah dilakukan pendataan tim menyerahkan lima orang perempuan muda ke Dinsos untuk pembinaan. Sedangkan seorang lagi harus menjalani tes urine dan sempat ditahan, namun atas jaminan seseorang perempuan muda itu tak lagi ditahan. Kapolsek Siantan AKP Dedy Suryaman, mengatakan pihaknya

telah mengirimkan sampel urine seorang perempuan muda berinisial FD (17) yang terjaring razia pekat di kamar sebuah penginapan di Tarempan, belum lama ini ke Batam. Hingga kini polisi masih menunggu hasil pemeriksaan sampel tersebut. “Sudah kita kirim ke Batam sampelnya. Jika positif akan kita tindak pidana. Jika tidak terbukti, akan kita serahkan ke Dinas Sosial,” kata AKP Dedy Suryaman kepada wartawan, kemarin. Menurut Dedy, begitu perempuan muda itu terjaring dari kamar 320 di penginapan tersebut, pihaknya langsung membawa ke Puskesmas terdekat. Namun,

Puskesmas tersebut tidak punya peralatan untuk melakukan pemeriksaan. “Satu atau dua minggu ke depan hasilnya mungkin sudah keluar,” ucapnya. Dikonfirmasi terpisah Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Anambas, Nasri mengatakan tak tahu apa yang akan dilakukan terhadap perempuan-perempuan muda tersebut. Selain karena ketiadaan fasilitas panti rehabilitasi, Anambas juga belum memiliki Perda terkait masalah pekat. “Sebenarnya kita merasa bingung juga untuk memproses lebih lanjut dari mereka yang terjaring razia pekat tersebut. Karena

hingga saat ini, kita belum memiliki Peraturan Bupati (Perbup) maupun Peraturan Daerah (perda) tentang hal tersebut,” ucapnya. (ron)

JOB VACANCY Untuk ditempatkan di salah satu resort di lagoi 1. Waiter/ Waitress 2. Helper 3. Cashier 4. Cook/ juru masak 5. Captain

Kualifikasi : 1. 2. 3. 4. 5.

Min 18 tahun SMA sederajat Pengalaman, fresh graduate are welcome Bahasa Inggris minimal pasif Berkemauan keras untuk belajar

Proposal/ Lamaran diantar langsung ke :

BANDAR PINANG RESTO

Jl. Pantai Impian No.1 Email : bandarpinangrestobpr@yahoo.com


Ustaz Solmed

5

Gaya & Selebriti

RABU 14 AGUSTUS 2013

Saya Tak Pernah Minta Bayaran!

Vega Darwanti

Tak Biasakan Anak Jajan di Luar SEBAGAI ibu, presenter Vega Darwanti mengaku memberikan perhatian lebih terhadap kebutuhan anak-anaknya terutama dalam hal asupan makanan. Selain mengutamakan protein dan sayuran, Vega juga menjaga makanan yang dikonsumsi dengan membatasi kedua anaknya, Raska dan Letizia jajan di luar. ”Kalau urusan Jajan emang nggak pernah di luar. Kalau lapar di luar aku minta mbaknya di rumah bikin dulu,” ujar Vega seperti dikutip detikHOT, Selasa (13/8). Menurut Vega, makanan yang dijual di luar rumah diragukan kebersihan dan gizinya. Kini sebisa mungkin, ia memantau keinginan sang anak bila ingin jajan ketika bepergian. ”Sangat disayangkan para pedagang mungkin di posisi pengen untung lebih besar jadi suka ada yang pakai bahan-bahan yang nggak boleh dikonsumsi. Kalau udah gitu, tinggal kesadaran ibu sendiri. Kalau anak pengen es cream dibikinin sendiri,” paparnya. (net)

Krisbiantoro

Meninggal Dunia KABAR duka datang dari presenter senior Krisbiantoro. Sosok yang ngetop lewat program Dansa Yo Dansa itu menghembuskan napas terakhirnya hari ini, Selasa (13/8) dalam usia 75 tahun. Kabar duka tersebut diungkapkan oleh anak Krisbiantoro, Arto. ”Bapak sudah tidak ada (meninggal),” ujar Arto. Sayangnya, Arto belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut. Ia lebih memilih untuk menunggu pernyataan resmi dari dokter. ”Sekarang lagi dibawa ke Rumah Sakit Melia, Cibubur. Menunggu keterangan resmi dari dokter saja,” tuturnya. Sosok kelahiran Magelang, 19 Maret 1938 itu memang sudah sakitsakitan. Suami dari Maria Nguyen Kim Dung tersebut diketahui mengidap gagal ginjal selama 38 tahun terakhir. Selain sebagai presenter, Krisbiantoro juga dikenal sebagai penyanyi, bintang iklan, dan film. Last Tanggo in Jakarta, Bulan di Atas Kuburan, Tiga Sekawan merupakan beberapa judul film yang dibintanginya. Selamat jalan, Krisbiantoro. Semoga mendapat tempat terbaik di sisi-Nya. (net)

Meisya Siregar

Belum Bisa Kasih THR Karyawan SUKSES menjadi presenter, Meisya Siregar kini tengah menekuni bisnis kuliner. Karena bisnis rendangnya baru dua bulan berjalan, Meisya pun belum bisa memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi para karyawannya. ”Aku kan baru jalan dua bulan jadi belum ada THR (Tunjangan Hari Raya). Aku baru bisa bilang kasih angpao sama bingkisan. Ada kemeja, perempuan mukena yang laki-laki sarungnya,” tutur presenter Insert Investigasi Trans TV itu. Bisnis rendang itu diberi nama Rendang Natulang. Menurutnya, nama tersebut memang sangat cocok karena usahanya itu dijalankan bersama sang tante. (net)

KABAR mengenai pasang tarif untuk dakwah membuat Sholehuddin Mahmoed kebakaran jenggot. Ustaz yang akrab disapa Solmed itu membantah tegas dan menyatakan tidak pernah minta bayaran. ”Setiap dakwah, saya tidak pernah minta bayaran dan tidak pernah dibisniskan,” ujar Solmed. Menurut sebuah media online di Hongkong, Solmed membatalkan dakwah yang sudah dijadwalkan di Lapangan Victoria, Hong Kong lantaran harga yang diminta tidak mencapai kata sepakat dengan pihak penyelenggara.

Terkait situs online yang menuliskan judul Tarif Ustaz Dipasang, EO Hong Kong Meradang pada 23 Juni 2013 itu, Solmed mem protesnya karena ia justru tak mau jamaah yang datang diminta untuk membayar. ”Saya nggak mau, justru saya yang protes,” terang Solmed. Bahkan Solmed sempat mengancam EO (event organizer) yang meminta bayaran dari jamaah. Ia tak bersedia datang memenuhi permintaan karena alasan tersebut. ”Saya dakwah ikhlas, tapi di lokasi, jemaah disuruh bayar,” ujarnya. (net)


TANJUNGPINANG POS RABU 14 AGUSTUS 2013

6

An dr eS ch ur rle

DINASTI BIRU MOU Isaiah Brown Stipe Perica

Mark Schwarzer

Marco Van Ginke

JAKARTA - Ada banyak faktor yang membuat Chelsea menjadi unggulan merebut titel Premier League 2013/2014. Berada di posisi teratas faktor-faktor penentu itu adalah Jose Mourinho. Tidak seperti tujuh tahun lalu, kali ini tidak ada kehebohan mengiringi kedatangan Jose Mourinho ke Stamford Bridge. Tak ada konferensi pers yang menunjukkan arogansi sang manager, di sisi lain The Blues juga tak membekali pria asal Portugal itu dengan uang berlimpah dan pembelian pemain dengan nama-nama besar. Setelah 'kekacauan' yang terjadi di kompetisi domestik 2012/2013 terlepas dari sukses menjadi juara Liga Europa kedatangan kembali Mourinho menumbuhkan optimisme besar akan musim Premier League yang kompetitif. Itulah mengapa John Terry dkk diunggulkan di posisi teratas sebagai juara Lia Inggris oleh banyak rumah taruhan, bersama dengan Manchester City. Mourinho kini dianggap jauh berbeda dibanding Mourinho tujuh tahun lalu. Setelah petualangan di Inter Milan dan Real Madrid, pria 50 tahun itu kini menjadi sosok yang baru. Mourinho tentu masih punya rasa lapar yang besar untuk terus menang, masih ambisius, tetap menunjukkan dirinya sebagai manajer yang cerdas dan juga masih lihai memanipulasi kata-kata dan isu. Tapi Mourinho setidaknya kini (terlihat) mulai menjauhi kontroversi. Dia juga lebih menghindari konfrontasi dengan kolega atau seteru-seterunya. Fans Chelsea mungkin mengharapkan Mourinho masih seperti saat datang pertama kali di tahun 2004 lalu, yang mengantar mereka mendominasi Inggris selama dua musim, yang dengan konsisten mengintimidasi lawan-lawannya, dan dengan terangterangan berkonfrontasi dengan Arsene Wenger dan Sir Alex Ferguson.

LINTAS

Messi Tidak Ternilai Harganya BARCELONA - Jordi Alba diberikan pertanyaan seputar harga Gareth Bale dan diminta membandingkannya dengan harga Lionel Messi. Apa jawabannya? Bale jadi perbincangan hangat setelah Real Madrid disebut-sebut siap mengeluarkan uang 100 juta euro untuk membelinya. Kendati rumor itu kini mulai mereda, harga fantastis itu tetap saja jadi bahan perbincangan. Tidak sedikit pula yang menciLionel Messi bir harga yang ditawarkan Madrid. Manajer Arsenal Arsene Wenger menyebutnya sebagai sebuah lelucon. Sementara manajer timnas Republk Irlandia Giovanni Trapattoni mengatakan tak ada pemain yang layak dihargai sedemikian mahal. Dalam wawancaranya dengan Marca, Alba pun diberikan pertanyaan demikian: "Jika Bale dihargai 100 juta euro, berapa harga Messi kira-kira?" Dengan enteng, Alba pun menjawab, "Kita sedang membicarakan pemain terbaik di dunia. Bagi kami, dia tidak ternilai harganya." Dalam wawancara yang sama, Alba juga mengaku tidak akan puas jika Barca hanya menjadi juara La Liga musim depan. "Kami ingin memenangi segalanya liga, Copa del Rey, Liga Champions dan Piala Super Spanyol," tegas bek kiri bernomor punggung 18 ini. (net)

Karim Benzema Targetkan Ballon D’Or MADRID - Karim Benzema mengaku bahwa menjadi pemain sepak bola merupakan impian masa kecilnya. Dan kini, pemain berusia 25 tahun tersebut ingin menjadi yang terbaik dengan memenangkan Ballon D’Or. “Ballon D’Or berada dalam pikiran saya. Saya berusaha keras dari hari ke hari dengan tujuan untuk memenangkannya,” ujar Karim Benzema. “Hal terbaik bagi saya adalah Karim Benzema saya telah memimpikan menjadi pemain sepak bola sejak masih anak-anak dan kini saya hidup dalam mimpi saya tersebut.” Gelar Ballon D’Or diberikan setiap tahun kepada pemain sepak bola terbaik dunia. Adalah Lionel Messi sosok pemain yang berhasil meraihnya selama empat tahun terakhir berturut-turut. Selain target individu, Benzema juga memiliki ambisi besar bersama Real Madrid yang dianggapnya sebagai klub terbaik. “Kami harus berpikir positif dan fokus. Kami adalah sebuah tim hebat dan kami disini untuk memenangkan sesuatu,” lanjutnya. “Real Madrid merupakan klub terbaik. Saya merasa sangat bahagia berada disini.” Bagaimana komentar Sundulers mengenai berita bola ini. (net)

Tapi Mourinho diyakini sudah punya cara pandang yang beda kali ini. Mourinho diyakini ingin menciptakan sebuah dinasti baru di Liga Inggris dengan Chelsea-nya menjadi tokoh utama. Dan perubahan-perubahan tersebut dilakukan demi mewujudkan target itu. Keinginan membangun 'Dinasti Biru' di Premier League juga terlihat dari pola belanja mereka di musim panas ini. 'Si Biru' asal London mengubah kebijakan mereka terkait pembelian pemain. Gelandang AC Milan, Ignazio Abate (atas) berjuang mendapatkan bola dengan gelandang Inter Milan asal Argentina Esteban Matias Cambiasso pada pertandingan Serie A antara Inter Milan dan AC Milan di Stadion San Siro di Milan, 06 Mei 2012.

Periode menghambur-hamburkan uang untuk membeli pemain mahal sudah selesai. Kini adalah musimnya membeli pemain muda, berinvestasi pada mereka dengan potensi dan bisa berkontribusi besar untuk kurun waktu yang panjang. Dengan banderol 18 juta poundsterling, Andre Schurrle (Bayer Leverkusen) jadi pembelian termahal di musim ini. Belanja besar Chelsea lainnya adalah Marco van Ginkel, yang diboyong dari Vitesse dengan harga 8 juta poundsterling. Selain itu ada juga Isaiah Brown (WBA), Mark Schwarzer (Fulham), Cristian Cuevas (O'Hinggins) dan Stipe Perica (Zadar). Kecuali Schwarzer yang adalah kiper senior, dari nama-nama tersebut Schurrle adalah pembelia tertua. Pemain depan internasional Jerman itu kini berumur 22 tahun. Schurrle dan van Ginkel diyakini akan langsung masuk dalam skuat utama The Blues. Lini tengah menjadi bagian yang paling minim butuh tambahan skuat. Karenanya kedatangan van Ginkel dan dipulangkannya Kevin De Bruyne dari periode peminjaman bersama Werder Bremen diyakini akan cukup membuat Mourinho bisa merotasi skuatnya dengan banyak keleluasaan. (net)

Milan Penantang Scudetto

JOSE MOURINHO

Karir MU Diragukan

Manager Manchester United, David Moyes (kanan) dan Robin Van Persie berpose dengan trofi setelah kemenangan mereka melawan Wigan Athletic pada akhir FA pertandingan English Community Shield sepak bola di Stadion Wembley di London, Minggu 11 Agustus 2013.

JAKARTA - Untuk kali pertama dalam sekitar 20 tahun terakhir, publik sepakbola tidak tahu harus berharap apa pada Manchester United. Kepergian Sir Alex Ferguson, kegagalan transfer dan pramusim yang buruk, The Red Devils dihadapkan pada tanda tanya besar. Musim panas 2013 menjadi momen yang mungkin menghadirkan kegelisahan besar buat banyak pendukung MU. Semua berawal pada 8 Mei 2013 lalu, saat Fergie akhirnya memutuskan pensiun dan

meninggalkan kursi manajer MU yang sudah didudukinya selama 27 tahun, atau sejak 1986 silam. Moyes sesungguhnya sudah jadi salah satu kandidat pengganti Fergie. Setidaknya namanya sudah berulang kali disebut dalam beberapa tahun terakhir bersama, di antaranya, Jose Mourinho dan Josep Guardiola. Pria yang juga berasal dari Skotlandia itu juga dianggap cukup sukses bersama Everton, di mana dia jadi pelatih di sana

dalam 11 tahun terakhir. Tapi apakah 'cukup' sudah cukup untuk tim sebesar MU? Setidaknya rumah taruhan di Eropa menganggap itu tak cukup. The Red Devils cuma berada di posisi tiga kandidat juara Liga Inggris musim 2013/2014, yang akan dimulai akhir pekan ini. Faktanya, MU memang dihadapkan pada musim yang punya potensi besar menyulitkan mereka. Terlepas dari suksesi Fergie ke Moyes, MU menjalani musim panas yang buruk tahun ini. 'Setan Merah' gagal total di bursa transfer setidaknya sampai hari ini. Sementara rangkaian pertandingan ujicoba banyak berakhir dengan mengecewakan. Memperburuk kondisi tersebut adalah saga terkait Wayne Rooney, yang sudah meminta dijual dan kini tengah jadi incaran Chelsea. Cuma satu nama yang sudah berhasil dibeli MU saat ini. Dia adalah Guillermo Varela, bek berkebangsaan Uruguay yang didatangkan dari Penarol. MU bukannya tidak punya pemain incaran karena beberapa nama sempat dikaitkan dengan mereka, dan penawaran resmi juga sudah diajukan. Namun upaya memboyong pemain-pemain tersebut ke Old Trafford sejauh ini belum membuahkan hasil yang diinginkan. MU awalnya berharap Leighton Baines bisa menyusul Moyes pindah ke MU, namun Everton ternyata tak mau melepas bek andalannya itu. Baines menjadi awal dari serangkaian kegagalan transfer MU. Thiago Alcantara yang tak betah di Barcelona kemudian dibidik, tapi dia lantas memilih bergabung dengan Guardiola di Bayern Munich. Menyusul kemudian adalah Cesc Fabregas. Hasilnya? Barcelona sejauh ini menyatakan tak akan melepas pemainnya itu. Padahal MU sangat butuh gelandang baru untuk menemani Michael Carrick di lapangan tengah. Carrick butuh rekan yang bisa tampil konsisten lantara Anderson dan Tom Cleverley masih belum menunjukkan hal tersebut. (net)

Luiz Gustavo Masuk Radar Arsenal MUNICH - Luiz Gustavo kini sedang diincar oleh sejumlah klub dari berbagai liga. Arsenal kabarnya termasuk salah satu klub yang meminati gelandang internasional Brasil itu. Kalau tetap bertahan di Bayern Munich, Gustavo harus menghadapi persaingan yang ekstra ketat untuk mendapatkan satu tempat di lini tengah. Kalau musim lalu dia bersaing dengan Javi Martinez dan Bastian Schweinsteiger, maka musim ini pesaing lainnya telah hadir, yaitu Thiago Alcantara. Kalau mau hengkang, Gustavo tak akan kesulitan untuk menemukan pelabuhan baru. Wolfsburg menaruh minat

Luiz Gustavo

pada Gustavo, tapi pemain berusia 26 tahun ini kabarnya lebih menyukai klub yang tampil di Liga Champions. Sky Sports mengabarkan bahwa Ar-

senal kini masuk ke dalam perburuan Gustavo. Mereka menyebut The Gunners sudah mengajukan tawaran senilai 17,2 juta poundsterling kepada Bayern. Klub lainnya yang disebut-sebut melirik Gustavo adalah runner-up Seri A musim lalu, Napoli. CEO Bayern, Karl-Heinz Rummenigge, membenarkan bahwa klubnya mendapatkan banyak tawaran untuk Gustavo. Tapi, si pemain sampai sekarang belum membuat keputusan. "Luiz punya tawaran dari Inggris, Spanyol, Rusia, dan Jerman. Si pemain belum membuat keputusan," katanya kepada Abendzeitung Muenchen. (net)

MILAN - Bek AC Milan, Ignazio Abate, menatap musim baru dengan optimistis. Dia menyebut Rossoneri sebagai salah satu tim penantang scudetto. Milan selalu menjadi tim yang bersaing di papan atas Liga Italia. Dalam lima musim terakhir, Il Diavolo Rosso selalu finis di tiga besar dengan tiga musim lalu meraih scudetto. Namun start buruk di musim lalu membuat Milan kesulitan mengejar Juventus yang pada akhirnya tampil sebagai juara. Meski finis di urutan tiga, Milan tertinggal hingga 15 angka dari Bianconeri. Untuk musim baru yang akan datang, Abate menyebut Milan sebagai salah satu tim yang akan bersaing di jalur juara. Dia pun berharap start buruk Milan di musim lalu tidak akan terulang. "Kami adalah salah satu dari tim yang bisa menargetkan scudetto," sahut Abate kepada Milan Channel. "Aku pikir Juventus selangkah di depan yang lain dan kemudian diikuti tim-tim lainnya, termasuk kami, untuk mencoba dan menyulitkan mereka," lanjut bek internasional Italia itu. "Ini adalah musim yang panjang dan ada banyak faktor yang berpengaruh. Kami hanya harus menjalaninya selangkah demi selangkah dan mencoba untuk start dengan baik, yang mana tidak kami lakukan musim lalu. Kemudian kami akan lihat sebagus apa tim ini tampil seiring dengan berjalannya musim," katanya. (net)

Pepe dan Di Maria Komitmen di Madrid MADRID - Dua pemain Real Madrid, Pepe dan Di Maria, kompak menyatakan komitmennya bersama klub. Di Maria dilaporkan ditawarkan ke Tottenham Hotspur sebagai bagian dari usaha Real Madrid mendatangkan Gareth Bale ke Santiago Bernabeu. Namun, pemain berusia 25 tahun tersebut mengaku bahagia dan ingin tetap bertahan di Real Madrid. “Saya bertahan di Madrid, karena saya masih memiliki tiga tahun tersisa dalam kontrak saya, dan saya merasa sangat bahagia disini,” ujar Di Maria. Sementara itu, Pepe disebut-sebut sebagai target Manuel Pellegrini untuk memperkuat lini belakang Manchester City. Senada dengan Di Maria, Pepe juga masih ingin berkomitmen bersama Los Blancos. “Saya telah menandatangani kontrak dengan Real Madrid. Masa depan saya adalah urusan presiden klub,” ujar Pepe. “Saya hanya harus berlatih dengan keras dan berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi tim.” (net)

Xabi Alonso

Fiorentina Dekati Xabi Alonso FLORENCE - Setelah sukses mendatangkan Mario Gomez ke Artemio Franchi Stadium, kali ini Fiorentina akan mencoba mendatangkan bintang milik Real Madrid Xabi Alonso ke markas mereka. Seperti yang diketahui kontrak pemain internasional Spanyol ini dengan klub Real Madrid akan habis pada tahun 2014 nanti, namun sampai saat ini pihak Real Madrid belum menawarkan sang pemain tersebut untuk memperpanjang masa baktinya di Santiago Bernabeu. Dari hal tersebut kubu Fiorentina mencoba memanfaatkan momen tersebut, dengan mencoba menggoda Xabi Alonso untuk bergabung ke Fiorentina pada bursa transfer kali ini. Namun Fiorentina sepertinya akan mendapat persaingan dari klub lainnya yang ingin mendatangkan pemain gelandang berusia 31 tahun tersebut. Saat ini Alonso telah dihubungkan dengan klub lamanya Liverpool dan juga raksasa Italia Juventus. Walaupun begitu, Fiorentina sendiri yakin akan dapat mendatangkan Xabi Alonso pada musim depan, dengan berstatus free transfer. Nilai transfer Xabi Alonso saat ini menurut menurut data yang ada yaitu sekitar 18 juta euro. Selama berseragam Real Madrid, Xabi Alonso telah sukses mencetak 4 gol dari 132 kali penampilannya bersama Real Madrid di liga La Liga. (net)


TANJUNGPINANG POS RABU 14 AGUSTUS 2013

7

PENGERJAAN BELUM DIMULAI, MASIH MENUNGGU PEMPROV

Data Penerima RTLH Tak Valid ALRION, Karimun

F-ALRION/TANJUNGPINANG POS

CARI BUKU: Setelah liburan panjang dan sekolah akan masuk kembali, Selasa (13/8) sore belasan orang tua terlihat mencari buku bacaan dan buku tulis untuk keperluan anaknya di salah satu toko buku di Karimun.

Jadwal Pembahasan APBDP Belum Ditetapkan KARIMUN - Sampai pertengahan bulan Agustus ini, DPRD Karimun belum mengetahui kapan pembahasan APBD Perubahan (APBDP). Padahal, waktu tinggal 4 bulan lagi. Ketua DPRD Karimun, Raja Baktiar yang ditemui Tanjungpinang Pos, Selasa (13/8) di ruang Komisi A DPRD Karimun, ketika

ditanya kapan jadwal pembahasan APBD P, dia tak bisa memastikannya. "Sampai hari ini belum ada pemberitahuan dari pemerintah," kata Raja Baktiar. Dia berharap secepatnya disampaikan agar dibahas dan disahkan mengingat pembahasan APBD murni tahun 2014 juga akan dimulai. Belum diketahui apakah anggaran devisit atau

tidak. Jadi Raja belum bisa menyampaikannya untuk saat ini. Ditambahkan Ketua Komisi A DPRD Karimun, Jamaludin, bila terjadi devisit anggaran, maka akan ada program yang telah disusun pemerintah yang dipangkas atau dicoret atau bisa tidak dilaksanakan. “Kita harapkan tidak terjadi devisit anggaran,” tuturnya.

Di tempat terpisah, Sekretaris Bappeda Karimun Aries Fahriandi yang dihubungi Tanjungpinang Pos mengatakan, untuk saat ini masih dilakukan pembahasan di tingkat internal atau TAPD. "Secepatnya akan disampaikan pada pak bupati dan akan diteruskan kepada DPRD Karimun untuk dibahas,” katanya.

Ditanya kapan waktu penyampaian pembahasan APBD Perubahan itu ke DPRD, ia hanya menyampaikan secepatnya. "Kami akan upayakan bulan Agustus ini juga. Untuk APBD Perubahan Karimun belum pernah mengalami devisit anggaran. Kita harapkan hal itu tidak terjadi,” kata Aries Fahriandi.(yon)

PROGRAM kerja Pemprov Kepri dan Pemkab Karimun tentang pengentasan kemiskinan melalui program renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Karimun terancam terlambat atau tidak sesuai dengan rencana sebelumnya. Sampai bulan Agustus ini, pengerjaan RTLH di Karimun belum ada dilaksanakan. “Kami masih menunggu dari Pemprov Kepri dan masih ada 51 data yang harus dilengkapi,” ujar Indra Gunawan, Kadinsos Karimun kepada Tanjungpinang Pos, Selasa (13/8) kemarin ketika dihubungi via ponselnya. Ironisnya, ia tidak berani menjamin program RTLH bulan September sudah berjalan. Ia tak bisa memastikannya lantaran masih menunggu kabar dari Dinsos Pemprov Kepri. Sebab, bantuan renovasi RTLH 500 unit rumah berasal dari Provinsi Kepri. Sedangkan 250 berasal dari APBD Kabupaten Karimun. Selain menunggu validasi data sekaligus juga menyamakannya dengan program PNPM tahun 2013 yang akan berjalan, karena masih baru menjabat sebagai Kadinsos ia belum bisa menyampaikan terlalu banyak ten tentang program RTLH yang belum diketahui kapan akan terlaksana. Lambatnya program RTLH dilaksanakan bukti ketidakmam-

puan pemerintah melaksanakan program kerjanya yang berhubungan dengan masyarakat miskin. Mereka hanya mampu berkata atau berjanji akan mensejahterakan masyarakat. Selain lambatnya pelaksanaan program RTLH tahun ini, jumlah penerima program RTLH tahun ini juga berkurang dari tahun sebelumnya yaitu 1.050 unit. Tidak diketahui siapa yang tidak mampu mewujudkan janjinya, apakah Pemerintah Kabupaten atau Pemerintah Provinsi Kepri . Meskipun sudah berjalan dua tahun, masih didapati kekurangan dalam pengerjaan RTLH di Karimun, dengan masih ditemukannya rumah yang tidak selesai dikerjakan yang akhirnya dengan terpaksa harus dikerjakan si pemilik rumah dengan mengumpulkan uang dengan waktu yang lama. Diharapkan tahun ini, pemerintah harus lepas tangan cukup hanya sebagai pengawas saja. Ttidak ikut mencampuri urusan pengerjaan rumah seperti tukang dan bahan. Si pemilik rumah saja langsung yang mencari tukang dan bahan bangunan untuk rumahnya. Kenaikan harga bahan bangunan dan upah tukang juga tahun ini akan berpengaruh pada mutu rumah yang akan direnovasi. Diharapkan pemerintah dapat menambah dana renovasi RTLH kalau memang serius untuk mengentaskan kemiskinan.***


TANJUNGPINANG POS RABU 14 AGUSTUS 2013

8

DED MULAI DIKERJAKAN TAHUN INI

Jalan Tol Khusus Angkutan Barang MARTUA, Batam

F-NET

JALAN TOL: Jalan tol terus dibangun di kota-kota besar. Di Batam, jalan tol mulai dikerjakan DED-nya tahun ini. Fungsinya khusus mobil angkutan barang.

INVESTASI

Semester 1, 44 Investor Masuk Batam BATAM - Selama enam bulan terakhir (semester I) tahun 2013, sebanyak 44 investor masuk Batam. Jumlah itu meningkat hingga 86,27 persen. Walau nilai investasinya tidak sebesar periode yang sama pada tahun lalu, namun meningkatnya jumlah investor masuk menunjukkan daya tarik Batam bagi investasi semakin tinggi. "Jumlah perusahaan yang masuk lebih banyak, tapi nilai investasi tidak sebesar tahun lalu," ujar Ilham Eka Hartawan, Kasubdit Humas dan Publikasi Badan Pengusahaan (BP) Batam. Disampaikannya, peningkatan jumlah investasi, tidak lepas dari promosi investasi, insentif yang diberikan dan kemudahan bagi investor. Sementara nilai investasi yang menurun, dinilai tidak lepas dari kebijakan untuk selektif menerima investor. "Walau diberikan kemudahan berinvestasi, namun kita lebih selektif untuk menerima mereka," katanya. Peningkatan jumlah investor yang masuk Batam, terjadi karena pada semester I terdapat 44 perusahaan dengan nilai investasi 112.375.000 dolar AS. Jumlah itu, belum termasuk yang melakukan perluasan usaha. "Selain perusahaan baru, banyak juga yang menambah investasi atau melakukan perluasan usaha," ungkapnya. Dibeberkan Ilham, triwulan I, Januari sampai Maret 2013, ada 20 PMA yang mendapatkan persetujuan. Mereka mengajukan nilai investasi sebesar 29,53 juta dolar AS. Sementara triwulan II, April sampai Juni, nilai investasi sebesar 12,25 juta dolar AS. "Mei 2013 ada 16 PMA masuk dengan nilai investasi 22,4 juta dolar AS. Pada Juni 2013, ada tujuh PMA dengan nilai investasi sebesar 13,1 juta dolar AS," bebernya. Perusahaan yang melakukan perluasan usaha pada Januari 2013 sebesar 400 ribu dolar AS, Februari sebesar 73,4 juta AS, Maret sebesar 11,12 juta dolar AS, dan Juni sebesar 3,6 juta AS. (mbb)

ABSEN DI HARI PERTAMA KERJA USAI LEBARAN

42 Pegawai Pemko Diberi Sanksi BATAM - Sebanyak 42 orang pegawai Pemko Batam absen pada hari pertama masuk kerja pasca-Lebaran. Selain mereka, ada juga yang tidak masuk dengan alasan izin, sakit dan cuti. Ke-42 orang pegawai ini akan diberikan sanksi, sesuai Peraturan Pemerintah No.53 tahun 2010. Demikian disampaikan Kabag Humas Pemko Batam, Ardiwinata, Selasa (13/8) di Batam. Menurut dia, kalau pegawai dimaksud baru absen sekali ini, maka hanya diberikan sanksi teguran lisan. "Dikenakan hukuman disiplin berupa teguran lisan, kalau pertama absen. Tapi kalau absennya sudah beberapa kali, sanksinya ditingkatkan," beber Ardi. Selain ke-42 orang yang absen itu, disebutkan masih ada 29 orang yang beralasan absen. Sementara yang meminta izin sebanyak 27 orang. "Kalau yang izin dan sakit dengan alasan benar, tidak ada sanksi. Selain mereka, ada juga yang cuti 81 orang," imbuhnya. Sebelumnya, Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan mengungkapkan, tindakan tegas terhadap dua pegawai Pemko yang dipecat. Keduanya dipecat karena selama empat bulan tidak masuk kerja. Mereka dipecat, setelah melakukan proses tahapan, sebelum diambil tindakan tegas. Dahlan meminta, PNS lainnya untuk tidak mengikuti langkah keduanya. Diingatkan, agar PNS yang bergaji dari pemerintah untuk bekerja

F-MARTUA BUTARBUTAR/TANJUNGPINANG POS

BERI PENGHARGAAN: Wakil Wali Kota Batam Rudi memberikan penghargaan kepada pegawai yang berprestasi.

dengan baik. "Kalau bisa, saya tidak menandatangani SK pemecatan ketiga, karena ketidakdisiplinan. Saya tandatangani pemecatan dengan perasaan berat," ujar Dahlan. Diluar kedua PNS ini, Dahlan mengaku bangga dengan keberadaan pegawai di lingkungan Pemko Batam. Khususnya mereka yang datang tepat waktu dan tak terlambat. Sementara PNS yang terlambat, Dahlan dapat memahami dengan alasan yang lo-

gis. "Kalau telat karena pesawat mogok di udara, tidak masalah. Selama technical error, tidak masalah," kata Dahlan sambil tersenyum. Dahlan mengingatkan, setelah Lebaran, PNS agar bekerja dengan semangat. Jika tidak, akan menimbulkan kemarahan masyarakat. "Saya berterimakasih atas dukungan selama ini. Ke depan kita harus bekerja lebih keras," imbuh Dahlan. (mbb)

RENCANA pembangunan tol sepanjang 25 kilometer di Batam tinggal menunggu Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum. Proses administrasi sudah selesai dan akan dilanjutkan dengan rancangan Detailed Engineering Design (DED) dan sudah dianggarkan. Hanya saja, untuk melanjutkan rencana pembangunan, masih menunggu SK Menteri PU. Menurut Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Humas Badan Pengusahaan (BP) Batam, Dwi Djoko Wiwoho, direncanakan tahun ini akan mulai dikerjakan DED-nya. "Tahun ini direncanakan sudah selesai DED. Sekarang kami masih menunggu SK Menteri, tentang jalan tol koridor Sumatera," kata Djoko. Sementara kontraktor yang akan melakukan pembangunannya adalah PT Hutama Karya. Menurut Djoko, perusahaan ini sudah siap mulai melakukan proses pengerjaan proyek. Terkait dengan proyek ini, Djoko mene-

gaskan ada di bawah BP Batam dan bukan Pemko Batam. "Batam ini beda dengan daerah lain. Jadi pengerjaan dari Kementerian PU kerja sama dengan BP Batam," ungkap Djoko. Terkait dengan fungsi jalan tol ini disebutkan, diperuntukannya untuk lalu lintas barang. Dengan demikian, arus lalu lintas angkutan barang, tidak akan mengganggu kendaraan penumpang. "Nanti biar masyarakat yang menggunakan jalan umum," ungkapnya. Sebelumnyan Kepala BP Batam, Mustofa Widjaya mengatakan, jalan tol yang dibangun dari Batu Ampar, Mukakuning hingga ke Bandara Hang Nadim. Dana yang dibutuhkan untuk membangunnya sekitar Rp1,2 triliun. Tahap pertama pembangunan menggunakan anggaran sekitar Rp400500 miliar. "Itu akan menghubungkan keluar masuk barang, bahan baku maupun hasil produksi. Nanti jalurnya Mukakuning, bandara dan Batuampar," kata Mustofa.***

Diam-Diam SP Janjian dengan GM PT SCI BATAM - Diam-diam, pengurus serikat pekerja (SP) PT Sun Creation Indonesia (SCI), berencana melakukan pertemuan dengan General Manager (GM) perusahaan itu, Rudi Haryanto. Rencana pertemuan yang kemudian terungkap, saat ratusan karyawan mendatangi Rudi Haryanto. Mendengar pengakuan Rudi tersebut, karyawan mengaku kecewa terhadap serikat pekerja. Saat ditemui wartawan di lokasi perumahan tempat kediaman Rudi, di Perumahan Citra Indah Batam, Selasa (13/8), mereka mengaku sangat kecewa. “Kan, sudah ada rencana pertemuan dengan serikat hari ini,” ungkap Rudi, sambil menyampaikan rencana pertemuan dengan serikat pekerja itu. Mendengar pengakuan Rudi itu, ratusan karyawan yang mayoritas perempuan mengungkapkan kekecewan mereka. Mereka

sempat melakukan protes karena terkesan, pengurus serikat pekerja akan melakukan pertemuan diam-diam tanpa diketahui buruh, yang bernasib naas tersebut. “Kalau ada pertemuan dengan managemen, harusnya dikasih tahu sama kami (buruh). Serikat jangan diam-diam. Harusnya dibicarakan secara terbuka,” ujar seorang buruh perempuan, sambil berteriak. Mendengar reaksi itu, Ketua PUK PT SCI, Sugeng mengakui rencana pertemuan tersebut. Menurut dia, rencana pertemuan antara pengurus PUK dengan Rudi Haryanto akan dilakukan sebelum buruh datang ke kediaman Rudi. “Sebenarnya sudah ada jadwal pertemuan dengan Hartono. Buruh datang kesini bukan instruksi serikat,” katanya. Karena alasan itu juga, Hartono tidak bersedia bicara dengan Rudi. Buruh kembali kecewa. (mbb)


04.45

12.09

18.13

15.28

19.24

TANJUNGPINANG POS RABU 14 AGUSTUS 2013

9

PERTANAHAN

Pendataan untuk Lahan Tidur TANJUNGPINANG - Pemerintah Kota Tanjungpinang akan mendata lahan tidur di daerah ini yang tidak diolah pemiliknya. Jika tidak diolah bertahun-tahun, bisa saja lahan tidur itu diambil negara. Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, mengatakan, sesuai amanah undangundang, pemerintah daerah diamanatkan untuk melakukan inventarisasi jumlah dan titik lokasi lahan tidur. Tentu, Lis Darmansyah lahan milik negara yang sudah dikuasai oleh pihak ketiga akan turut didata. “Di Tanjungpinang paling ada dua persen saja lahan negara yang tidak dikuasai oleh pihak ketiga. Ini yang akan kita data,” kata Lis Darmansyah kepada Tanjungpinang Pos, Selasa (13/8).

 Lanjut ke Hal 10

PENERTIBAN

Satpol PP Akan Terus Razia Petasan TANJUNGPINANG- Kepala Kantor Satpol PP, Surjadi meminta agar pedagang petasan tidak lagi menjual petasan. Bila masih ada yang menjual petasan, maka tim gabungan akan melakukan razia. “Lebaran sudah selesai. Selama Ramadan memang kita berikan kelonggaran untuk menjual petasan, karena Ramadah bulan rezeki. Tapi Surjadi lebaran sudah selesai, berarti tidak boleh lagi menjual petasan,” kata Surjadi kepada Tanjungpinang Pos, Selasa (13/8). Di beberapa lokasi di Tanjungpinang memang masih terlihat beberapa pedagang petasan. Mereka masih menjual petasan. Padahal, sebelumnya pemerintah sudah membuat surat edaran. Dan surat edaran akan disampaikan kepada pedagang mulai hari ini. Bila masih ada yang melanggar surat edaran, maka petasannya akan diambil. Selain akan melakukan razia petasan, pedagang kali lima (PKL) akan dirazia. Saat Ramadan kemarin, pedagang ini juga diberi kelonggaran.

 Lanjut ke Hal 10

KEROPOS: Pengunjung berjalan ke arah dermaga melintasi jalan penghubung yang atapnya sudah keropos kemarin.

SUDAH SETAHUN LEBIH RUSAK DAN TIDAK DIPERBAIKI

F-SUHARDI/TANJUNGPINANG POS

Atap Keropos Sambut Pengunjung Penyengat SUHARDI, Tanjungpinang ANDA pernah ke Penyengat baru-baru ini? Ternyata, infrastruktur di Penyengat saat ini terbilang memprihatinkan. Kondisi atap yang biasanya menaungi pengunjung ke-

tika baru tiba dan akan berangkat pulang di pelantar beton lintasan ke dermaga kini tinggal kerangka. Atap plastik berwarna hijau yang sebelumnya tampak membuat lintasan ini berbeda, kini sudah jadi pemandangan buruk. Bahkan, kalau hujan, pengunjung pun sudah akan basah karena tidak ada lagi pelindung.

Keroposnya atap pelantar lintasan ke dermaga itu cukup mencolok pandangan. Bisa dibayangkan, begitu sampai di dermaga Penyengat, kondisi keroposnya atap itu akan pertama terlihat.

 Lanjut ke Hal 10

Jalan Berlumpur karena Tumpahan Bauksit Pemerintah jangan tinggal diam. Ini harus ditindak, paling tidak diberi teguran kepada penambang yang menggunakan jalan raya saat mengangkut bauksit,” Zarnizar Ahmad, Anggota DPRD Tanjungpinang

F-DOK/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG - Komisi III Dewan Pewakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tanjungpinang meminta kepada perusahaan yang bergerak di bidang penambangan bauksit, agar memerhatikan kondisi asilitas umum (fasum), khususnya jalan raya yang terkena imbas dari penambangan bauksit saat musim hujan tiba. “Sekarang ini banyak jalan, tepatnya jalan menuju kantor kami di daerah Senggarang, yang kotor dan berlumpur, akibat aktifitas

BERLUMPUR: Pengangkutan bauksit lewat jalan raya membuat jalan berlumpur. Foto diambil di kawasan Batu 11, baru-baru ini.

 Lanjut ke Hal 10


TANJUNGPINANG POS RABU 14 AGUSTUS 2013

10

Seputar Pinang

Terdakwa Korupsi Dituntut 4,5 Tahun TANJUNGPINANG - Mantan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Anambas, Sofyan, dituntut selama empat tahun dan enam bulan penjara oleh tim Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau. Sidang agenda tuntutan ini digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Tanjungpinang, Selasa (13/8). Selain tuntutan pidana penjara, terdakwa juga dituntut untuk membayar denda senilai Rp50 juta. Jika tidak mampu membayar, akan digantikan hukuman selama tiga bulan penjara. Untuk diketahui, dua terdakwa korupsi proyek pengadaan alat kesehatan di Kabupaten Anambas Sofyan dan Tadjri menghadapi sidang perdana di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Tanjungpinang pada 2 Agustus 2012 silam. Sofyan dan Tadjri didakwa telah melakukan tindak pidana korupsi dalam proyek pengadaan alat kesehatan di Kabupaten Anambas tahun anggaran tahun 2009.

Warga Pancur Berharap TPS Sampah TANJUNGPINANG - Warga Kawasan Jalan Pancur mengharapkan adanya tempat pembuangan sementara (TPS) sampah yang disediakan Pemko Tanjungpinang. Saat ini, banyak sampah yang berserakan di pinggir jalan karena tidak ada TPS. Melewati Jalan Pancur, sampah yang bertumpuk di jalan terlihat. Sampah yang ditumpukkan ini bukan hanya di satu tempat, tapi di terlihat di beberapa lokasi. Irma, warga setempat mengungkapkan, sampah yang bertumpuk itu memang setiap harinya terlihat. Kalaupun petugas kebersihan sudah mengangkutnya setiap hari, tetap saja sampah bertumpuk. Untuk, Irma mengaku, ada harapan warga Jalan Pancur kepada Dinas Kebersihan Kota untuk bisa meletakkan gerobak sampah di Jalan Pancur. “Kalau ada TPS nanti, sampah yang bertumpukan tidak terlihat lagi. Tak enak juga dipandang,” ujarnya. Warga lain, Adi , juga berharap sama. TPS itu dianggap sebagai solusi dari Dinas Kebersihan untuk mengatasi sampah yang terus bertumpuk di lokasi ini. (cr13)

Dana Penanganan Banjir Habis TANJUNGPINANG - Ketua penanganan banjir Kota Tanjungpinang, Ahadi, mengakui, dana yang diproyeksikan untuk menangani banjir di Tanjungpinang 2013 ini sudah habis. Sebelumnya, dana untuk penanganan banjir hanya dianggarkan Rp2 miliar. Kata Ahadi, sejak Januari 2013 lalu, dana tersebut sudah digunakan untuk penanganan banjir. Di antaranya, di depan Ahadi SMPN 6 Tanjungpinang, lokasi banjir 1818, dan lokasi banjir di depan Taman Harapan Indah. ”Kita berharap anggaran penanganan banjir yang diposkan anggarannya di Dinas PU tetap dianggarkan di APBD Perubahan 2013,” kata Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Tanjungpinang ini. Ahadi mengakui, titik banjir di Tanjungpinang masih mencapai 56 titik lagi. Dikatakannya, pemerintah terus berusaha untuk menangani banjir. Karena kekurangan dana, pemerintah juga mengajukan bantuan penanganan banjir dari dana ABPN dan APBD Provinsi Kepri. Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Tanjungpinang, Robert Pasaribu, menjelaskan, proyek gorong-gorong baru akan dikerjakan setelah lebaran ini. ”Lepas lebaran-lah baru kita kerjakan. Staf saya masih libur, jadi saya tidak tahu apa saja yang belum dikerjakan tahun ini, saya tidak ingat. Datanya di kantor,” kata Robert singkat. (ass)

Terdakwa Sofyan ketika itu menjabat sebagai Kepala Dinas Kabupaten Anambas. Sementara itu, Tadjri menjabat sebagai Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan. Dalam pelaksanaannya, kedua pejabat ini menggandeng kontraktor pengadaan alat kesehatan yaitu CV Intan Diagnosatika. Dalam pelaksanaannya, alat kesehatan yang diterima tidak sesuai dengan spesifikasi. Dari hasil audit instansi yang berkompeten, ditemukan penyalahgunaan uang negara sebesar Rp3.589.000.000 dalam proyek tersebut. Sidang kedua terdakwa ini sempat tertunda beberapa bulan. Pasalnya, mobil tahanan Kejati Kepri yang ditumpangi Sofyan dan Tajri terbalik di Batu 14 Jalan Tanjungpinang-Tanjunguban tahun lalu. Kedua terdakwa dan tiga petugas jaga tahanan cidera. Tajri menderita cidera pada bagian punggung. Sementara itu, Sofyan mengalami luka robek di kepala. (sur)

Pendataan ........ dari halaman 9

F-SURYA/TANJUNGPINANG POS

HADAPI TUNTUTAN JAKSA: Mantan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Anambas, Sofyan (belakang) berjalan ke luar ruangan sidang usai menghadapi tuntutan jaksa, kemarin.

Satpol ..................................... dari halaman 9 “Yang masih berjualan di pinggir jalan raya, di atas trotoar, tetap akan kita tertibkan. Tapi sebelumnya kita surati dulu. Karena lebaran sudah selesai, sudah masuk bulan Syawal, jadi keindahan Kota Tanjungpinang harus ditata kembali,” paparnya. Ia juga sedang berkoordinasi dengan Dinas Perizinan Terpadu untuk

menertibkan baleho atau spanduk ucapan lebaran. Baik yang dipasang oleh instanasi, perorangan, ataupun para caleg. Khusus para caleg, ia meminta yang bersangkutan untuk mencopot spanduknya. Begitu juga yang atas nama partai politik (parpol) untuk menurunkan sendiri spanduk atau balehonya.

Saat ini, di tempat yang melanggar aturan masih ditemukan pemasangan baleho. Seperti di jalanjalan utama, di pagar sekolah, masjid dan di tiang-tiang listrik. ”Masyarakat kita sudah pintar, tentu akan menilai parpol mana yang melanggar pemasangan atribut parpol,” tegasnya. (ass)

“Di Kecamatan Bukit Bestari saja contohnya, ada 100 hektar lebih lahan milik negara, mestinya dimanfaatkan oleh negara,tapi sekarang sudah dikuasi oleh pihak-pihak lain,” tambah Lis. Di Tanjungpinang, memang terlihat banyak lahan tidur yang tidak diolah pemiliknya. Di kawasan Senggarang misalnya. Bahkan, sepanjang jalan menuju kantor wali kota, lahan kosong terlihat masih banyak dan tidak dimanfaatkan. Meski tidak dimanfaatkan, di beberapa titik, terlihat pula beberapa pelang yang menunjukkan siapa pemilik lahan itu. Nah, ke depan, bila tidak dimanfaatkan pemiliknya, maka lahan tersebut akan diambil negara lagi. Ditegaskan Lis, lahan kosong atau yang potensi menghasilkan, sebaiknya diserahkan saja kepada masyarakat untuk dikelola sebagai lahan pertanian. Lahan kosong juga rentan dengan sengketa. “Masyarakat jangan membiarkan lahan kosong miliknya terlantar. Apalagi, selama ini, banyak sengketa lahan yang terjadi akibat tanah

yang dimiliki tidak dikelola,” katanya. Tentu saja, banyak lahan yang kini masih belum diolah akan menjadi incaran, khususnya pelaku pengembang properti. Hanya, untuk saat ini, ternyata kawasan yang menjadi incaran pengembang masih dominan di Kawasan Dompak. Menurut Ketua DPD REI Kepulauan Riau, YasinulArif, Dompak akan lebih cepat berkembang dibanding Senggarang. Terutama perkembangan perumahan. ”Bukan soal lahan. Mengapa developer belum mau mendirikan perumahan di kawasan Senggarang, malah memilih Dompak? tentu ada alasannya,” kata Yasinul Arif belum lama ini. Menurutnya, di Senggarang belum diminati developer karena masih belum ada peminat. Masih minimnya sarana dan prasarana, baik listrik maupun air bersih, juga menjadi satu alasan. ”Tapi saya yakin Senggarang ke depan akan menjadi daerah bisnis baru, setelah Kota Lama, Bintan Centre, Dompak dan Senggarang,” tegasnya. (ass)

Atap...........................................................................................dari halaman 9 “Kok bisa dibiarkan ya seperti ini,” cetus seorang pengunjung. Pantauan Tanjungpinang Pos, selain kerusakan di bagian atap, beberapa tiang besi juga sudah tampak keropos. Selain mengganggu mata, tentu hal itu juga akan sangat berbahaya bagi keselamatan pengunjung. Ayub, warga Penyengat, ketika diajak berbincang soal kerusakan bangunan ini mengatakan, pemandangan seperti itu sudah lebih dari satu

tahun. Makin lama, kondisinya pun makin parah. Atap plastik, semuanya sudah hampir keropos termakan usia. “Satu tahun lah (rusak, red),” ungkap Ayub, Selasa (13/8). Diakuinya, pelindung lintasan ke dermaga itu sebelumnya dibangun pemerintah. Saat baru dibangun, kesan mewah dan terjaga pun terasa ketika masuk ke daerah yang terkenal dengan objek wisata religiusnya ini.

Yang menjadi pertanyaan bagi Ayub, tidak jarang pejabat Pemko Tanjungpinang berkunjung ke daerah ini dan menyaksikan kerusakan bangunan itu. Tapi, seakan kondisi bangunan itu terbiarkan, meskipun posisinya berada di pintu masuk. Baru- baru ini, satu lagi infrastruktur yang rusak untuk akses ke Penyengat, yakni dermaga penyeberangan dari Tanjungpinang. Tiang ponton dermaga ini tumbang dan tengge-

lam ke laut dan atapnya hancur. Beruntung, masih ada tangga darurat yang menjadi akses warga bisa naik ke atas pompong. Banyak Wisatawan Tingkat kunjungan ke Penyengat, baik oleh wisatawan lokal maupun luar negeri sebenarnya terus tinggi. Seperti terlihat saat lebaran baru-baru ini, puluhan ribu pengunjung diperkirakan memadati pulau berse-

jarah ini. Tidak ada data resmi terkait kunjungan ke tempat ini selama lebaran. Namun, kepadatan benar-benar terlihat. Wisatawan asing dari luar negeri, seperti dari Malaysia, Singapura, Cina, bahkan Jepang tak jarang berkunjung ke tempat ini. “Kita berharap pemerintah memperbaiki. Ini kebanggaan kita,” kata Ayub. ***

Jalan ..........................................................................................dari halaman 9 penambangan bauksit ini,” ujar Ketua Komisi III DPRD Kota Tanjungpinang, Zarnizar Ahmad kepada Tanjungpinang Pos, kemarin. Ia menegaskan, imbauan ini bukan berarti melarang penambangan bauksit. Sebab walaupun dilarang oleh pemerintah setempat, aktifitas ini tetap jalan juga. Artinya, jika penambangan terus dilakukan, paling tidak perusahaan-perusahaan yang mengangkut metarial tanah dan bebatuan ini tidak menggunakan jalan raya umum,

ketika hujan turun. “Banyak jalan yang kotor. Kalau dibiarkan ini lama kelamaan akan merusak lingkungan, khususnya jalan raya yang seyogyanya dipakai oleh masyarakat umum,” imbuhnya. Politisi partai Golkar ini mengakui, aktifitas penambangan bauksit di wilayah Kota Tanjungpinang sudah sangat banyak, dan sudah seperti aktifitas tambang rakyat. Apabila ini tidak diawasi, maka imbasnya pada kerusakan lingkungan serta fasilitas

AGUSTUS NO.

NAMA KAPAL

1.

KM.SIRIMAU

2.

KM. KELUD

3.

KM. SABUK N-30

4.

KM. BINAIYA

umum. “Boleh-boleh saja menambang, tapi perhatikan juga dong lingkungan sekitar. Soalnya yang namanya jalan, itu bukan milik pengusaha tambang aja. Apalagi yang namanya aktifitas pertambangan, tidak semestinya melalui atau melintasi jalan raya umum,” jelasnya. Kepada pemerintah daerah, khususnya Dinas KP2KE Tanjungpinang, Zarnizar juga meminta agar ada tindakan tegas atau pelarangan atas penggunaan jalan raya ini.

Sebab lembaga ataupun anggota DPRD tidak punya wewenang untuk menindak, kecuali memberi saran dan mengawasi segala tindakan indvidu ataupun kelompok yang melanggar aturan. “Pemerintah jangan tinggal diam. Ini harus ditindak, paling tidak diberi teguran kepada penambang yang menggunakan jalan raya saat mengangkut bauksit,” tegasnya. Senada dengan Zarnizar, Ketua Fraksi Demokrat DPRD Tanjungpinnag, Maskur Tilawahyu juga menye-

salkan hal ini. Seharusnya, ada aturan-aturan tegas yang ditegakkan pemerintah, terkait dengan pengangkutan hasil tambang. “Dan kondisi ini sebenarnya bukan di jalanan menuju Senggarang saja. Di jalan raya lainnya juga terjadi hal yang sama. Kadang alasannya karena ada proses cut and fill. Meskipun itu dalihnya, mestinya proses pengangkutan tanah diperhatikan dengan benar supaya meterial tanahnya tidak tumpah ke jalan raya,” akhirnya. (fik)

JADWAL KEDATANGAN DAN KEBERANGKATAN KAPAL PENUMPANG PT.PELNI DI PELABUHAN KIJANG, TANJUNGPINANG DAN BATAM RENCANA TIBA DARI

HARI

TANGGAL

RENCANA BERANGKAT JAM

DARI

HARI

TANGGAL

JAM

2013

TUJUAN BLINYU - TG.PRIOK - SEMARANG BATULICIN - MAKASAR-LARANTUKA KALABAHI-KUPANG

BLINYU

JUMAT

2 AUG 13

12.00

KIJANG

JUMAT

2 AUG 13

17.00

TG.PRIOK

SABTU

3 AUG 13

15.00

BATAM

SABTU

3 AUG 13

18.00

TG.BALAI - BELAWAN (PP)

TAMBELAN-PONTIANAK-SERASANSUBI-RANAI-P.LAUT-KELARIK-SEDANAUP.TIGA-MIDAI-TAREMPA-K.MARAS

K.MARAS

SENIN

5 AUG 13

10.00

TG.PINANG

SELASA

6 AUG 13

08.00

LETUNG

SELASA

6 AUG 13

08.00

KIJANG

SELASA

6 AUG 13

10.00

BLINYU - TG.PRIOK

BLINYU

SABTU

10 AUG 13

08.00

KIJANG

SABTU

10 AUG 13

10.00

LETUNG - TAREMPA - NATUNA - MIDAI SERASAN - PONTIANAK - SURABAYA (PP)

KM. KELUD

TG.BALAI

RABU

14 AUG 13

12.00

BATAM

RABU

14 AUG 13

15.00

TG.PRIOK (PP)

7.

KM. KELUD

TG.PRIOK

SABTU

17 AUG 13

15.00

BATAM

SABTU

17 AUG 13

18.00

TG.BALAI - BELAWAN (PP)

8.

KM. KELUD

BELAWAN

SELASA

20 AUG 13

09.00

BATAM

SELASA

20 AUG 13

12.00

BELAWAN

9.

KM. KELUD

TG.BALAI

KAMIS

22 AUG 13

15.00

BATAM

KAMIS

22 AUG 13

17.00

TG.PRIOK (PP)

10. KM. KELUD

TG.BALAI

MINGGU

25 AUG 13

15.00

BATAM

MINGGU

25 AUG 13

18.00

TG.BALAI - BELAWAN (PP)

11. KM. KELUD

TG.BALAI

RABU

28 AUG 13

12.00

BATAM

RABU

28 AUG 13

15.00

TG.PRIOK (PP)

12. KM. KELUD

TG.PRIOK

SABTU

31 AUG 13

15.00

BATAM

SABTU

31 AUG 13

18.00

TG.BALAI - BELAWAN (PP)

5

KM. BINAIYA

6.

1. PERUBAHAN SCHEDULE TSB DIATAS BILA ADA PERUBAHAN / KOREKSI AKAN KAMI BERITAHUKAN. 2. KEPADA CALON PENUMPANG PEMBELIAN TIKET AGAR SESUAI IDENTITAS. 3. KHUSUS LANSIA (60 TH KEATAS) HARAP LAMPIRKAN FOTO KOPY KTP YG MASIH BERLAKU UNTUK MENDAPATKAN DISCON 20% 4. KETERANGAN LEBIH LANJUT DAPAT MENGHUBUNGI PT. PELNI CABANG TANJUNGPINANG

TELP. 0771 - 21513 dan Website PT.PELNI : www.pelni.co.id

5. 1 (SATU) Jam sebelum kapal tiba sudah dipelabuhan

29 JULI 2013


TANJUNGPINANG POS MODAL tidak begitu penting dalam berbisnis. Pengalaman tidak begitu penting. Anda bisa mendapatkan kedua hal tersebut. Yang penting adalah ide-ide.

RABU 14 AGUSTUS 2013

Harvey Firestone, Pendiri Firestone Tire & Rubber Co.

11

BELI SEPEDA MOTOR DI PT CAPELLA DINAMIK NUSANTARA

Uang Muka Cukup Rp1.100.000 DESI LIZA P, Tanjungpinang

F-ANDRI DWI S/TANJUNGPINANG POS

PROMO MENARIK: Sepeda motor yang dipajang di Showroom PT Capella ini cukup mudah untuk dibawa pulang. PT Capella menawarkan promo untuk pembelian berbagai jenis sepeda motor merk Honda saat ini.

PT Capella Dinamik Nusantara menawarkan potongan angsuran selama tiga bulan. Potongan berlaku untuk pembelian berbagai jenis sepada motor. Selain memberikan potongan angsuran selama tiga bulan, pelanggan juga akan diringankan uang muka pembelian kendaraan. Kepala Cabang PT Capella Dinamik Nusantara Tanjungpinang, Ricky Wijaya, mengatakan, program ini masih merupakan lanjutan dari program lama, yang tujuannya untuk memberikan keringanan bagi masyarakat dalam memiliki sepeda motor. Untuk uang muka, Ricky mencontohkan, pembelian sepeda motor Beat cukup membawa uang sebesar Rp2.700.000. Tidak hanya itu, ada juga

promo voucher uang tunai sampai dengan 1.600.000. Dengan begitu, konsumen tinggal membayar uang muka senilai Rp1.100.000. ”Artinya pelanggan juga mendapat keringanan dalam membayar uang muka pembelian kendaraan,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, Senin (12/8). Promo voucher uang ini berlaku untuk semua tipe motor Honda yang dijual di showroom PT Capella Dinamik Nusantara. Tentu, nilainya berbeda-beda, sesuai harga dan tipe motor. Adapun jenis motor yang tersedia di showroom PT Capella Dinamik Nusantara, di antaranya vario tekno, Beat, Verza, Supra, Scoopy, CBR. Sedangkan untuk pembelian tunai, ada juga progam cash back atau pengembalian uang sampai dengan Rp750 ribu. Dicontohkannya, salah satu sepe-

da motor yanag mendapatkan cash back sampai Rp750 ribu adalah kendaraan sepeda motor Revo cw. Ricky juga mengatakan, kini semua sepeda motor Honda sudah dilengkapi dengan injeksi. Dikatakannya, keuntungan kendaraan injeksi adalah ramah lingkungan, hemat bahan bakar, tarikan lebih responsif, mesin mudah dihidupkan dan perawatan mudah. Di sini juga tersedia jasa melayani masyarakat untuk menukarkan motor lama dengan sepeda motor merek Honda. Dengan proses pengurusan dari survei, mencarikan tempat penjualan kendaraan sampai proses pemelian motor baru. Jika berminat bisa langsung menghubungi Doni di nomor Handphone 085271732287 atau langsung datang ke Jalan Brigjen Katamso nomor 4-5 batu 2, Tanjungpinang. ***

Akan Diajari Membuat Website Usaha Workshop Internet Marketing TANJUNGPINANG - Bisnis dengan memanfaatkan fasilitas internet atau biasa disebut bisnis online saat ini mulai dianggap menjanjikan. Ya, karena pemasaran produk lewat internet tak terbatas ruang dan waktu. Tentu, ini menjadi peluang yang mungkin membawa kesuksesan bagi pelaku usahanya. Tentu, untuk memulai bisnis berbasis internet harus ada trik dan tipsnya. Setidaknya, ada beberapa langkah dan persiapan yang harus dilakukan sebelum memulai bisnis ini. Nah, bicara trik dan persiapan, dalam waktu dekat ini akan ada pelatihan atau workshop internet marketing yang yang diadakan Komunitas Otak Kanan bekerja sama dengan Event Organizer HP Education Center. Diyakini, kesempatan ini akan sangat berharga bagi Anda. Sang trainer, DR Herry Putra SB SE MBAakan membagi kiat dan trik untuk memulai usaha berbasis internet ini. Tentu, dengan metode pembelajaran yang asik, nyaman dan mudah dipahami. Pelatihan pertama akan

F-DESI/TANJUNGPINANG POS

WORKSHOP: DR Herry Putra SB SE MBA akan membuka rahasia sukses berbisnis dengan menggunakan internet saat penyelenggaraan workshop nanti.

digelar 31 Agustus mendatang dan akan terus berkelanjutan selama 4 kali yang diadakan setiap hari minggu 8,15,22, dan 29 September. Tempat pelaksanaannya, direncanakan digelar di Hotel Sempurna Jaya, Tanjungpinang. “Bisa juga diadakan kelas khusus untuk hari Sabtu. Asalkan peserta yang mengikuti pelatihan berjumlah 25 orang,” ujarnya kepada Tan-

jungpinang Pos, Senin (12/8). Tentu, kelas khusus memang akan dibuka jika peserta mencukupi. Herry juga menjelaskan, untuk peserta, tentunya diwajibkan membawa laptop sendiri. Nanti akan ada pelatihan dan praktek membuat website usaha. Website itu berfungsi sebagai tempat pemasaran produk atau jasa yang akan ditawarkan ke masyarakat luas.

Isi Acara di TV Herry juga mengajak warga Tanjungpinang dan Bintan untuk sejenak menonton televisi 15 Agustus mendatang, tepatnya channel Metro TV. Ia akan mengisi acara entrepreneurship secara langsung pada pukul 13.00. Herry memang sudah menjadi langganan mengisi acara Enterpreneurship di beberapa televisi nasional. Selain di Metro TV, ia juga sering meng-

isi acara di TV One, TVRI, Kompas TV, Sindo TV. Perlu di ketahui, trainer ini juga merupakan salah satu Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan pangkat IV/C yang sudah mengundurkan diri karena niat dan bakatnya untuk membangkitkan bisnis ke depannya. Untuk itu bagi generasi muda tak ada salahnya untuk mengarahkan cita-cita pada bisnis. “Dengan berbisnis sendiri, maka kita dapat menjalankan pola pikir sebagai penggerak untuk menghasilkan keuntungan dan dapat membuka lapangan pekerjaan bagi yang lain,” jelasnya. Dalam kesempatan itu, peserta akan mendapatkan materi tentang mamfaat internet untuk Pembuatan Website secara GRATIS, Brainstroming mendapatkan uang di dunia maya, berbagai cara memasarkan produk di internet, rahasia menaikan traffic blog, Blog SEO, penggunaan fasilitas penunjang gratis, rahasia mendapatkan halaman pertama di google, 10 cara pertama mendapatkan halaman pertama di google dan memasang iklan gratis secara radikal dan tepat sasaran. Dengan begitu, Anda yang terbiasa membuang waktu facebookan, twitter, chatting dan browsing, akan bisa memanfaatkan untuk hal-hal yang lebih berguna. (cr15)

Smartphone Layar Jumbo Mulai Populer JAKARTA - Para vendor global berbondong-bondong meluncurkan smartphone dengan layar besar, bahkan melebihi 5 inci. Rupanya tren smartphone baru ini cukup digandrungi di Tanah Air. Pergantian tahun dan perkembangan teknologi menjadi dua diantara sekian banyak faktor kehadiran smartphone “jumbo”. Hal ini diakui oleh distributor perangkat komunikasi mobile, Erajaya Group. Marketing & Communications Director Erajaya Group Djatmiko Wardoyo, mengungkapkan bahwa tren smartphone saat ini memang telah berkembang dan popularitas layar kecil juga telah menurun. “Dulu kalau ponsel kecil semakin bagus, tapi sekarang sudah beda,” ungkapnya kepada Okezone beberapa waktu lalu.

Menurutnya, layar besar saat ini lebih disenangi karena berbagai alasan, salah satunya peningkatan kebutuhan entertainment. Pengguna smartphone, katanya, kini tidak lagi hanya melakukan panggilan telefon dan SMS, tapi juga layanan hiburan lain seperti menonton video, bermain game, dan media sosial. “Layar lebar kini lebih disenangi, terutama untuk entertainment seperti menonton video yang dengan ukuran layar lebih besar tentu lebih menyenangkan,” kata Djatmiko. Namun ia menekankan, layar besar akan lebih menarik perhatian konsumen jika dipersenjatai dengan spesifikasi yang mumpuni. “Bukan hanya sekedar layar besar, seperti smartphone 5 inci, tapi kualitas smartphone itu sendiri juga harus bagus,” jelasnya. (net)

BNI Akan Ekspansi ke Singapura PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) mengaku, meski akusisi DBS-Danamon dipastikan gagal, BNI tetap akan mengajukan ekspansinya ke Negeri Singa, Singapura untuk membuka cabang. Pasalnya, masih banyak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di sana yang sangat butuh bank BUMN untuk bertransaksi. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Direktur Utama BNI Gatot Suwondo seiring Group DBS yang sebelumnya mengajukan akuisisi 67,37 persen saham Bank Danamon yang dimiliki oleh Fullerton melalui Asia Financial, dalam hal ini BI tidak bisa langsung memuluskan niat tersebut terkecuali dengan syarat agar Bank BUMN Indonesia bisa membuka cabang dan melebarkan bisnisnya karena selama ini dinilai terbatas. "Kita masih tetap kalau bisa masih ada resiprokal, kitakan bertetangga harus kaya begitu dong, dan kita tetap akan rajin saja walau sampai saat ini belum ada kabar. Kita minta kerjasamanya karena TKI cukup banyak di sana, dan pengusaha kita ada hubungan sana," ujar Gatot baru-baru ini. Dia mengungkapkan, bahwa BNI sendiri sudah mengajukan ekspansinya ke Singapura sejak dua tahun lalu. Namun demikian, hingga sampai saat ini BNI belumlah mendapatkan respon positif dari bank sentral Singapura. Gatot menegaskan, ekspansinya bank BUMN ke Negeri Singa sana cukup positif mengingat warga Indonesia yang bekerja di sana cukup banyak, akan tetapi dia mempertanyakan mengapa bank sentral sana selalu membatasi Bank-Bank BUMN yang sudah berekspansi di sana sehingga dalam segi operasional selalu dibatasi. "Ya kalau kita sih tetap demand-nya resiprokal lah, ini kan sama negara tetangga, jadi kalau ditanya kenapa gak jadi, ya mungkin mereka taku atau tak berani bersaing dengan bank-bank Tanah Air," tukas Gatot. Dia juga meminta kepada BI agar tetap pada prinsip resiprokal. " Ini kita refresh, tetap kalau bisa sih ya sama tetangga selama ini ya harus ada dong timbal baliknya, jangan ngenakin tetangga mulu," ucapnya. Sebagaimana diketahui DBS Group Holdings Ltd (DBS), Singapura dipastikan batal mengakuisisi PT Bank Danamon Indonesia Tbk. Kepastian itu diungkapkan Direktur Danamon Fransiska Oei dalam keterbukaan Informasinya di Bursa Efek Indonesia. ?Dia menyatakan Danamon telah menerima surat dari Fullerton Financial Holding Pte Ltd (FFH) tertanggal 31 Juli 2013 soal perjanjian jual beli saham bersyarat antara Fullerton dan DBS Group Holding Ltd akan berakhir 1 Agustus 2013 dan tidak diperpanjang kembali. "Karenanya perjanjian tersebut tidak berlaku lagi setelah tanggal 1 Agustus 2013," katanya.? Konsekuensinya Fullerton akan tetap sebagai pemegang saham pengendali Danamon melalui Asia Financial (Indonesia) Pte Ltd. Dia memperkirakan perkembangan ini tidak akan menimbulkan dampak terhadap kegiatan bisnis operasional perseroan.(net)


TANJUNGPINANG POS RABU 14 AGUSTUS 2013

12 PILPRES

Agung Laksono: Elektabilitas Kalah dari Jokowi, Ical Tetap Nyapres JAKARTA- Niat Partai Golkar untuk mencapreskan Aburizal Bakrie (Ical) sudah benar-benar mantap. Ical akan tetap diusung meski saat menjelang pemilu nanti elektabilitasnya masih kalah dari tokoh lain. “Tetap maju terus,” kata Waki Ketua (Waketum) Golkar Agung Laksono menanggapi pertanAgung Laksono yaan wartawan soal elektabilitas Ical yang masih di bawah Jokowi dan Prabowo, di Kantor Menko Kesra, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (13/8). Agung berharap elektabilitas Ical terus meningkat. Oleh karenanya dia mendukung jika memang akan ada evaluasi untuk tim sukses pencapresan Ical. “Evaluasi dalam arti sektor-sektor mana yang perlu ditingkatkan penggalangannya, sektor-sektor mana yang perlu diisi agar lebih mengenal beliau,” paparnya. “Saya berharap semakin hari semakin meningkat elektabilitas Pak Ical,” imbuhnya. (net)

PARPOL

Sakit Hati, Politisi Demokrat RamaiRamai Daftar Jadi DPD JAKARTA- Politikus Demokrat Eddy Sadeli lebih memilih untuk maju menjadi caleg DPD ketimbang DPR. Setelah sebelumnya, ada Ketua Komisi III DPR, Gede Pasek Suardika yang juga memilih menjadi caleg senator dari pada meneruskan kiprahnya sebagai legislator. Namun rupanya, tak hanya Pasek dan Eddy yang memutuskan untuk nyaleg di DPR. Ada juga Politikus Demokrat lainnya seperti Gondo Radityo Gambiro yang juga memilih daftar DPD. Padahal Gondo sudah dipercaya oleh fraksi Demokrat di DPR untuk menjabat sebagai pimpinan Komisi VIII DPR. Selain Gondo, ada pula istri dari elite-elite Demokrat seperti istri Anggota Dewan Pembina Demokrat Roy Suryo, Ismarindayani Priyanti dan istri Ketua Fraksi MPR, Mhammad Jafar Hafsah, Monirah Jafar Hafsah juga pilih berkiprah di DPD. Mengapa mereka lebih pilih menjadi senator ketimbang legislator? Gede Pasek Suardika mengatakan, jika mereka yang lebih memilih maju sebagai caleg DPD karena berawal dari kekecewaan dan cemooh dari petinggi Demokrat. “Yang pasti setelah awalnya dicemooh, langkah saya, pak Eddy, Pak Radityo Gambiro ke DPD RI diikuti juga oleh istri pak Jafar Hafsah, istri Pak Roy Suryo, mantan sekpri SBY Pak Kurdi Mustofa dan lain-lain dan lain-lain,” jelas Pasek,Selasa (13/8). Meski tak menjelaskan secara rinci cemoohan yang telah dilakukan Demokrat oleh orang-orang yang pilih maju lewat DPD, Pasek menyebut yang terpenting kini adalah bekerja untuk rakyat. “Lihat-lihat saja di media komentar beberapa elit Partai Demokrat waktu itu. Sampai dicopot segala dari pengurus harian Partai Demokrat juga. Ya nikmati saja. Yang penting tetap kerja yang terbaik,” lanjut dia. (net) IKLAN

Jelang Pilgub Riau, Distribusi Surat Suara Belum Merata PEKANBARU- Masyarakat Riau akan memilih Gubernur dan Wakil Gubernur yang baru. Tanggal 4 September 2013, Pilkada Gubernur Riau akan digelar. Namun hingga kini distribusik logistik justru masih belum merata. Distribusi logistik Pilkada Gubernur Riau yang dilakukan KPU Riau masih banyak yang belum sampai ke sejumlah kabu-

paten. Sejumlah daerah malah ditemukan surat suara yang tertukar. Salah satunya, adalah Kabupaten Bengkalis, Riau. Untuk kabupaten ini ada kekurangan surat suara sebanyak 3 ribu. Ditambah surat cadangan 2,5 persen belum juga diterima dengan jumlah seluruhnya menjadi 9 ribu surat suara. “Selain itu surat cadangan 2,5

persen juga belum kami terima. Padahal seharusnya sejak kemarin seluruh logistik harus sudah kami terima dari Pekanbaru untuk segera dibagikan ke tingkat kecamatan,” Ketua KPU Kabupaten Bengkalis, Iskandar, kepada wartawan Selasa, (13/8/ 2013). Iskandar menjelaskan, logistik Pilkada ini diterima pada 12 Agustus 2013. Jumlah daftar

pemilih tetap (DPT) di Kab Bengkalis berjumlah 360.371, plus surat cadangan 2,5 persen. Surat suara ini lanjut, Iskandar akan didistribusikan ke 1.123 TPS. Kondisi kekurangan ini sudah disampaikan ke KPU Riau. Namun hingga sekarang kekurangan logistik itu belum juga ada tambahan. “Kita tidak tahu mengapa sampai terjadi kekurangan ini

terjadi,” kata Iskandar. Saat ini pihak KPU Bengkalis masih terus melakukan pemeriksaan surat suara. Dari surat suara yang telah diterima, juga ditemukan kertas suara yang rusak. “Nanti kertas suara yang rusak atau yang salah cetak, akan kita laporkan juga ke KPU Riau. Saat ini seluruh surat suara masih dicek,” kata Iskandar. (net)

Gerindra Cemas, Pemilih Fiktif Menembus Angka 7 Juta Jiwa JAKARTA- Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang berada di tangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) saat ini masih amburadul. Lembaga pemilu pimpinan Husni Kamil Manik diminta segera membereskan DPS dari anasir pemilih fiktif. Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra Habiburokhman menyatakan, DPS amburadul berpotensi mengacaukan dan melemahkan lega-litas Pemilu 2014. Jika tidak segera dibereskan bisa menyebabkan naiknya jumlah pemilih fiktif di pemilu. “Secara sederhana kita dapat dibandingkan, jika pemilih fiktif pada Pemilu 2009 diklaim sebanyak 7 juta. Maka, jumlah pemilih fiktif Pemilu 2014 bisa jauh melampaui 7 juta atau bahkan bisa mencapai puluhan juta,” ungkap Habiburokhman. Menurutnya, kekacauan DPS yang diumumkan 1 Agustus lalu formatnya masih berantakan dan masih banyak DPS dari kabupaten/kota yang belum diunggah. Nah, dari sanalah kemudian diketahui ada empat masalah mendasar. Pertama, mengenai fakta adanya 50 juta DPS berbasis kartu tanda penduduk (KTP) non elektronik. Kedua, soal format pengumuman yang tidak sesuai standar UU Nomor 8 Tahun 2012, sehingga sulit mendeteksi pemilih ganda dan pemilih fiktif. Ketiga, jadwal sub tahapan pemilu yang sangat sempit dan tidak sinkron. Terakhir, DPS luar negeri yang hingga kini masih kacau balau. Habiburokhman menilai, tidak ada satupun dari empat masalah itu sudah diselesaikan atau ditindak lanjuti secara serius oleh KPU. “Soal DPS berbasis KTP non elektronik misalnya, KPU tidak pernah mencari solusi apa yang bisa dilakukan untuk mencegah pemilih fiktif dan ganda, yang sangat mungkin muncul dengan memanipulasi KTP non elek-

Habiburokhman

tronik,” jelasnya. Dia menambahkan, jika empat masalah itu tidak segera diselesaikan, sangat mungkin Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2014 akan jauh lebih berantakan dibandingkan DPT Pemilu 2009. Pengamat pemilu, Ray Rangkuti menilai, masih terjadi sengkarut dalam DPS karena masih ada perbedaan data yang dikeluarkan KPU dengan data pemilih yang disebutkan Kemendagri. KPU menetapkan DPS Pemilu 2014 sebanyak 177.257.048 jiwa, namun jumlah itu belum termasuk DPS dari daerah lain seperti Provinsi Papua, Sumatera Selatan dan Maluku Utara. Jika ditambah dengan jumlah calon pemilih luar negeri yang berkisar 2.160.253 jiwa maka total DPS mencapai 179.417.301 jiwa. Kemendagri sebagai sumber pemilih Pemilu 2014 pernah menyebut perkiraan total pemilih Indonesia akan mencapai 185 juta jiwa. Hal ini didasarkan pada jumlah Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang diserahkan Kemendagri ke KPU yang mencapai 190.463.184 jiwa. Oleh karena itu, sebaiknya tiga lembaga KPU, Kemendagri dan Bawaslu segera bertemu dan duduk bersama. “Mereka harus menyelesaikan masalah besar ini sesegera mungkin. Sehingga, dengan begitu dapat dipastikan

jumlah pemilih yang sesungguhnya serta rencana membuka pendaftaran khusus bagi pemilih yang tidak terdaftar segera dibatalkan,” paparnya. Kata Ray, waktu yang tersedia bagi Kemendagri dan KPU hanya tinggal satu setengah bulan. Sebab pada 24 Juli sosialisasi DPS akan berakhir, kemudian penetapan DPT dilakukan pada September 2013. Sementara, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ferry Kurnia Rizkiyansyah menyatakan, akan melakukan pengecekan ulang untuk memastikan penduduk masuk dalam daftar pemilih tetap. “Walau pun sifatnya tidak formal, kami akan berusaha proaktif. Mengecek kembali ke beberapa titik yang diindikasikan banyak yang belum terdaftar,” kata Ferry, kemarin. Upaya pengecekan itu, lanjut Ferry, akan dilakukan bersamaan dengan perbaikan daftar pemilih sementara (DPS). Berkelanjutan hingga daftar pemilih tetap disusun. Artinya, kesempatan bagi masyarakat untuk masuk ke dalam DPT akan terus terbuka hingga penetapan Oktober 2013. KPU juga akan mengupayakan dengan optimalisasi sistem informasi data pemilih (sidalih). Tujuannya, untuk memastikan pemilih hantu atau penduduk yang harusnya tidak terdaftar dalam DPS tapi belum dicoret. “Sekarang data yang sudah terunggah ke sidalih mencapai 88 persen. Begitu sudah lengkap kami akan melakukan pengecekan dan pembabatan pemilih yang harusnya tak ada dalam DPS,” jelasn Ferry. Ditegaskan, data ganda, pemilih hantu, hingga penduduk seperti TNI/Polri atau penduduk berusia di bawah 17 tahun namun terdaftar dalam DPS akan dibabat. “Jadi, DPT nanti merupakan daftar penduduk yang benar-benar memiliki hak untuk memilih,dan tidak ada ganda,” tutupnya. (net)

Megawati Soekarnoputri dan Jokowi

Arbi Sanit: Mega-Jokowi Pilihan Baik untuk PDIP dan Indonesia JAKARTA- Dua persyaratan pokok untuk bisa menjadi pemimpin negara, yaitu rekam jejak dalam melakukan tugas kenegaraan dan memiliki popularitas. Sosok Joko Widodo memang sudah punya popularitas. Tapi track record dalam tugas negara masih belum menonjol. Mungkin Jokowi punya prestasi saat menjabat Walikota Solo, dan di Jakarta ini sedang sibuk menertibkan Tanah Abang. Tapi Jokowi diingatkan, persoalan yang ada di republik ini jauh lebih besar dari itu. Pengamat politik senior, Arbi Sanit, menegaskan kesepakatannya dengan pernyataan mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Pekan lalu di sela silaturahmi Idul Fitri di rumahnya, Kalla menegaskan, Jokowi bukan butuh waktu untuk maju ke pencapresan melainkan lebih membutuhkan pembuktian atau prestasi yang ditunjukkan kepada rakyat. “Persoalan Indonesia jauh lebih banyak dari masalah di Solo dan Jakarta. Tapi kita lihatlah kinerja dia di Jakarta ini. Apakah dalam waktu tidak sampai satu tahun ini dia bisa setidaknya selesaikan 50 persen atau 60 persen dari seluruh masalah di ibukota?” terang Arbi Sanit Selasa (13/8). “Kita lihat saja nanti apakah jalan layang non tol itu terbangun? Jalan kereta api bawah tanah terbangun? Monorel terbangun? Kalau itu semua kelihatan fisiknya jelang pemilu 2014, rakyat Indonesia bisa mendapat harapan dari Jokowi,” tambahnya. Mengenai PDI Perjuangan yang sampai saat ini lebih banyak diam melihat geliat wacana pencapresan Jokowi, Arbi Sanit bisa memahaminya. Menurut dia, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sedang bingung. “PDIP sedang bingung. Dia sudah bersikukuh sejak lama akan mencalonkan Megawati. Tapi tiba-tiba Jokowi sebagai orang baru dalam kepemimpinan tingkat lokal dan masuk nasional langsung melejit,” ucap Arbi. (net)


TANJUNGPINANG POS dapat diakses menggunakan iPad, iPhone, iPod Touch, Blackberry Playbook, dan Tablet Android. Caranya, melalui aplikasi SCOOP, yang bisa di-download dari GOOGLE play store.

TELEPON PENTING Pemadam Kebakaran Bintan Pemadam Kebakaran Tpi Polsek Bukit Bestari Polsek TPI Kota Polsek Bintan Timur Unit Lakalantas Tpi Kantor Badan SAR Tpi Camat Tpi Kota PLN Polres Tanjungpinang PDAM Jasa Raharja Tpi RSUD Tpi Lantamal IV Tanjungpinang KPAID Kepri RSUD Prov Kepri Batu 8 Tpi

081364363030

TANJUNGPINANG POS RABU 14 AGUSTUS 2013

13

Mengecek DPS untuk Menggunakan Hak Pilih

0771-20949 / 113

0771-318211 0771-314110 0771-61110 0771-7000009 0771-29125 0771-7008251 0771-23755/21048

0771-314351 0771-21574 0771-317537 0771-313000 0771-23071 0771-7004406 0771-7335202

Oleh: Robby Patria Ketua KPU Tanjungpinang

Telah Meninggal Bpk Chua Eng Kwang (61 thn) Disemayamkan di Jalan Gambir Tanjungpinang Dikebumikan pada Jumat 16 Agustus 2013 Pukul 12:30 wib Telah Meninggal Ibu Cang Boi Lang (69 thn) Disemayamkan di Pulau Kelong Kabupaten Bintan Dikebumikan pada Kamis 15 Agustus 2013 Pukul 12:30 wib Telah Meninggal Ibu Ng Sai Eng (66 thn) Disemayamkan di Rumah Duka Marga Lim Kp Baru Tanjungpinang Dikremasikan pada Rabu 14 Agustus 2013 Pukul 13:30 wib

Kolom layanan masyarakat ini disediakan oleh:

IKATAN TIONGHOA MUDA

BEKERJA SAMA DENGAN

TANJUNGPINANG POS

!

SMS Tanya Jawab

K

PU telah mengumumkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada 11 Juli lalu. Data tersebut cikal bakal menjadi Data Pemilih Tetap (DPT) sebelum ditetapkan pada 713 September 2013 mendatang. Sebelum DPT ditetapkan, DPS tersebut akan mengalami beberapa tahapan yang panjang dan terus mengalami perubahan karena KPU melakukan pemutahiran dari Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang diserahkan pemerintah. KPU menyediakan waktu masukan

masyarakat sejak diumumkan DPS pada 11-24 Juli, agar siapapun yang sudah memiliki hak pilih di luar TNI/Polri untuk menyampaikan temuan kepada PPS di kelurahan agar nama yang belum didaftarkan petugas supaya dimasukan daftar. Dengan demikian, warga yang belum terdata bisa diakomodir haknya untuk memilih pada pemilu legislatif 9 April 2014 mendatang. Yang jadi masalah sekarang, sampai dengan habis masa masukan dan tanggapan masyarakat, tidak banyak warga yang mengecek namanya dan memberikan masukan ke PPS. Kebiasaan yang terjadi, warga yang sudah memiliki hak pilih mulai memberikan masukan dan tanggapan kepada PPS dan KPU, ketika KPU sudah mengumumkan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Atau di saat panitia pemilihan sudah membagikan surat undangan untuk memilih. Harusnya di masa perbaikan DPS saat ini, warga juga aktif mengecek apakah nama mereka sudah terdata atau belum. Bahkan sangat penting dilakukan, caleg caleg yang ikut berkompetisi di pemilu mendatang, aktif menjaga konstituennya dengan menanyakan apakah sudah terdaftar di DPS. Sejauh ini, KPU sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat pentingnya untuk mengecek data di tiap kelurahan apakah nama warga yang bersangkutan sudah terdaftar hingga ke TV nasional. Contohnya, di Tanjungpinang, sarana yang digunakan KPU Tanjungpinang

MAKIN bertambahnya jumlah penduduk dan terbatasnya lahan untuk hunian, dan tidak jelasnya peraturan tentang tata ruang dan wilayah, menjadi penyebab utama kawasan perkotaan yang semrawut, kumuh, gersang, macet, dan tidak manusiawi. Institute for Transportation and Development Program (ITDP) bekerja sama dengan para ahli perencana dan disainer di sepuluh kota di dunia, menawarkan sebuah konsep menata kota hingga layak huni. Kota yang layak huni, kata CEO ITDP Wolter Hook, antara lain ditandai warganya tak lagi berjalan-jalan di jalanan berlumpur, berjam-jam duduk di kursi mobil, transportasinya ramah lingkungan, tidak

macet, terdapat ruang publik sebagai tempat berinteraksi dan bermain. Tidak bising. Menurut Hook, ada delapan prinsip untuk mewujudkan cita-cita dasar tersebut. Pertama, walk, menyediakan areal jalan kaki, sebab, jalan kaki adalah bentuk transportasi yang universal. Kedua, cycle, memberikan kemudahan akses bersepeda sebagai sarana transportasi jarak pendek, dari rumah ke rumah atau dari gedung ke gedung. Moda transportasi ini jelas ramah lingkungan jika dibandingkan naik ojek, taksi, atau mobil pribadi untuk jarak pendek. Ketiga, connect. Agar berjalan kaki atau bersepeda terasa nyaman, antarblok atau gedung dibuat terkoneksi. Keem-

0812-7012-8909

YTH Bapak Kepala Pelindo. Alangkah baiknya speaker yang ada di ruang runggu bapak bawa pulang saja simpan di rumah. Kalau tidak ada dana untuk ganti pinjam saja speaker dari masjid untuk umat juga kok. Seperti kata gubernur apakah tidak ada malu lagi kinerja seperti ini? +6281364771155 KALAU memang benar dewan pindah partai tidak perlu (putusan MK) berarti kades yang ikut nyalon dewan tak perlu mundur juga, masalahnya dewan sama kades tak ada bedanya. Sama2 dipilih masyarakat. +6282383359046 MINAL Aidin walfaizin kepada pak wali. Dan instansi terkait. Tindak tegas bagi tmepat KTV keluarganya yang buka di hari pertama hari raya. Ini hari besar loh. Tolong hargai. +6282391014644 YTH Bapak Gubernur Kepri dan Bp Bupati Bintan. Saya prihatin dengan msyarakat yang menggarap lahan di jalan raya Simpang Busung sudah bertahun-tahun selalu didatangi oleh Satpam PT SBP dimintain bukti sertifikat dan petanya tidak pernah diberikan. Bahwa di sini sudah nampak ada yang tidak beres atau ada kong kalikongnya. Kalau bermasalah tolong diselesaikan. Kasihan masyarakat dibikini terkatung-katung.. Apalagi hidup ini semakin lama semakin susah. Kalau ada niat baik dari pemerintah tolonglah masrakat yang sudah lama menderita baik itu uang, tenaga, perasaan dan akhir2nya stres karena tidak ada keputusan yang jelas. +6281270457545 BBM naik, semua naik. Tolong donk pemerintah pertimbangkan lagi kebijakannya itu! Pikirkan nasib rakyat miskin. +6281991280004 UNTUK bapak walikota Tanjungpinang= Bapak Lis Darmansyah. Bapak kalau emang walikota perhatikanlah Kota Tanjungpinang macam mana pulalah kok jadi aneh kota gurindam ini, Km13 aspalnya yang dulu warnanya hitam sekarang berwarna merah dan kuning macam hewan bunglon saja. Aspal tu sebabkan hewan bunglon tu kan dpt tukar2 warna. Tolong ya pak, proyek tanah boleh berjalan dekat satu asalnya ada penyemprotan air setiap harinya agar aspalnya bersih dan tidak menimbulkan dbu dn polusi udra dn membri knyamanan bgi pengguna jalan tersebut. +6285263735401

Pentingnya Menggunakan Hak Pilih PPS akan menetapkan kembali DPS Hasil Perbaikan (DPSHP) yang sudah mengalami perubahan karena mendapatkan masukan dari masyarakat pada 16 Agustus 2013. Pengumuman dan masukan, tanggapan masyarakat terhadap DPSHP mulai dari 17-23 Agustus. PPS melakukan perbaikan kembali terhadap DPSHP jika ada masukan masyarakat dimulai dari 24 Agustus- 6 September dan akhirnya DPSHP ditetapkan KPU menjadi DPT pada 7-13 September. Data inilah yang akan menjadi dasar DPT untuk pemilihan legislatif 9 April 2014. Pentingnya hak suara masyarakat dalam pemilu legislatif menentukan wajah masa depan daerah dan Indonesia. Karena melalui wakil wakil rakyat yang duduk di DPR, DPRD dan DPD arah pembangunan Indonesia mereka bawa dan diperjuangkan guna membela kepentingan rakyat secara umum untuk mencapai tujuan menjadi masyarakat adil dan makmur. Karena pentingnya suara rakyat,

Ini Dia Kota yang Tertata Baik

Anda ingin menyampaikan keluhan soal pelayanan umum seperti listrik, air, KTP, dan lainnya? Atau ingin mengomentari kebijakan pemerintah untuk perbaikan ke depan? Di rubrik ini tempatnya. Sebaliknya, bagi kalangan terkait atau humas instansi yang ingin memberi tanggapan, di sini juga tempatnya.

Cukup SMS ke

melalui RRI, Radio Green, datang ke sekolah sekolah, melalui media cetak dan menebar spanduk. Bahkan KPU Tanjungpinang juga menyurati parpol agar ketika melakukan sosialisasi mengingatkan pemilih supaya terdaftar dalam DPS hingga menjadi DPT. Jumlah DPT merupakan persoalan yang sangat serius. Karena dari jumlah DPT menjadi dasar ditentukan berapa jumlah surat suara yang akan dicetak nantinya.

F-DOK/TANJUNGPINANG POS

PADAT: Meski semakin padat, Kota Tanjungpinang mestinya tetap menjadi kota yang layak huni. Penataan kota harus terus dilakukan. Lokasi foto diambil di Pasar Tanjungpinang, belum lama ini.

pat, transit, yaitu memprioritaskan angkutan umum massal sebagai sarana transportasi bersama untuk menempuh jarak yang lebih jauh. Angkutan umum massal dapat memindahkan atau mengantarkan jutaan warga kota ke tempat tujuan dengan cepat dan nyaman, serta hemat bahan bakar. Kelima, mix, yaitu mewujudkan ruang jalan umum yang memadai dan baik dapat mengakomodasi pergerakan warga kota ke tempat-tempat hunian tetap. Keenam, density, yaitu menyesuaikan kepadatan penduduk dengan kapasitas transportasi yang memadai. Tersedianya sarana transportasi yang memadai diharapkan mampu mengantarkan perjalanan jutaan warga ke tempat tujuan. Ketujuh, compact. Merencanakan pusat kota baru yang kecil di pusat-pusat kota. Perlunya, kata Hook, untuk mendekatkan lokasi hunian dengan pusat-pusat aktivitas seperti perkantoran, sekolah, pusat perbelanjaan, kantor pemerintah, maupun tempat ibadah. Kedelapan, shift. Mengatur, atau dalam bahasa lainnya membatasi kendaraan pribadi dan dialihkan menggunakan ke angkutan umum yang memadai. Caranya membatasi lahan parkir untuk mencegah penggunaan kendaraan bermotor pada jam sibuk. Hal itu dapat meminimalisasi kemacetan sekaligus membangun trek khusus untuk pesepeda dan pejalan kaki. Sepuluh kota pilihan yang dapat menjadi contoh bagaimana menata kota secara baik dan manusiawi tersebut adalah Mexico City (Meksiko), New York (Amerika Serikat), Kopenhagen (Denmark), Hangzhoe (Tiongkok), Melbourne (Australia), Malmo (Swedia), Johannesburg (Afrika Selatan), Massena, Paris (Prancis), Zurich (Swiss), dan Curitiba (Brazil). Di Hangzhoe, sekitar 43% perjalanan ditempuh dengan sepeda. Ratusan kilometer jalur sepeda dan bus rapid transit (BRT) tersedia. Bahkan, kota itu memiliki sistem bike sharing (stasiun sepeda) terbesar di dunia. Sejak diluncurkan pada 2008, bike shaing di sana memiliki 90 ribu unit sepeda dengan 1.700 stasiun. Bike sharing terkoneksi dengan bus kota atau busway, dan sistem parkir terpadu. Kopenhagen juga tercatat sebagai kota sepeda. Barcelona di Spanyol juga sudah punya program bike sharing dengan istilah Bicing. “Kami berharap pemimpin nasional dan lokal di seluruh dunia dapat menggunakan konsep itu sebagai sumbe inspirasi,� kata Hook. (net)

setiap warga negara Indonesia yang sudah berumur 17 tahun diharapkan menggunakan hak suaranya. Dalam Pasal 149 Undang-Undang No 8 Tahun 2012 disebutkan, pemilih berhak menggunakan hak suara di TPS ada tiga yakni, pertama pemilih yang terdaftar di DPT tempat TPS yang bersangkutan. Kedua, pemilih yang terdaftar di pemilih tambahan dan yang ketiga adalah pemilih yang tidak terdaftar di pemilih tetap dan pemilih Tambahan. Di pasal 150 UU No 8 Tahun 2012 disebutkan, jika pemilih tidak terdaftar di DPT dan pemilih Tambahan bisa menggunakan hak suara dengan KTP atau paspor. Mereka yang menggunakan KTP harus memilih di alamat yang tertera di KTP, dan melaporkan kepada KPPS setempat sebelum satu jam berakhirnya pemilihan. Akhirnya, sebelum masa ditetapkan DPT tiba, bagi saudara-saudara yang belum terdata bisa langsung mengecek di kelurahan masing-masing tempat di mana DPS dan DPSHP diumumkan. Hak suara rakyat sangat menentukan proses pembangunan Indonesia yang akan datang. Apalagi kita akan melakukan pemilu yang keempat di zaman reformasi. Kita harus menjadikan pemilu legislatif ke depan menjadi pemilu yang berkualitas dengan tingginya partisipasi pemilih. Tentu saja, hasilnya dengan melahirkan wakil wakil rakyat yang berkualitas, berintegritas dan memiliki kapabilitas untuk memperjuangkan aspirasi rakyat yang diwakilinya di gedung parlemen.***

UNTUK PAK WALI KOTA Kondisi sebagain jalan di Tanjungpinang sudah rusak. Meski, ada juga jalan yang kondisinya baik. Menurut Anda, jalan mana yang kondisinya paling rusak, dan jalan mana yang paling bagus. Kepada pembaca, silakan informasikan melalui rubrik ini. Cukup SMS ke 081270128909 JALAN di Tanjungpinang kok udah sama macam bekas jerawat berlubang ya? Pembangunan udah pada gak jelas semua. Mau jadi apa kota kita ini? Yang dipikirkan hanya perut sendiri! Apa gak ada kesadaran ya untuk petugas bersangkutan? Sadarlah sadar manusia! Jangan perut buncit aja yang dipikirkan! +6281991280004

BU AT Bapak Walikota sampai kapankah jalan BUA Ganet dibiarin rusak pak. Apakah menunggu jalan itu benar2 hancur apalagi banyak di depan ruko2 yang dibangun tidak dibuat parit dan air mengalir ke jalan menambah rusaknya jalan. Mohon perhatian bapak walikota. Terima kasih. +6285668242556 UNTUK bapak walikota Tanjungpinang= Bapak Lis Darmansyah. Bapak kalau emang walikota perhatikanlah Kota Tanjungpinang macam mana pulalah kok jadi aneh kota gurindam ini, Km13 aspalnya yang dulu warnanya hitam sekarang berwarna merah dan kuning macam hewan bunglon saja. Aspal tu sebabkan hewan bunglon tu kan dpt tukar2 warna. Tolong ya pak, proyek tanah boleh berjalan dekat satu asalnya ada penyemprotan air setiap harinya agar aspalnya bersih dan tidak menimbulkan dbu dn polusi udra dn membri knyamanan bgi pengguna jalan tersebut. +6285263735401

Kirim tulisan Anda lewat email ke: tanjungpinangpos@yahoo.com

KANTOR BJK MENCARI LAHAN YANG BISA DIAJAK KERJASAMA BAGI HASIL UNTUK PERUMAHAN DENGAN SYARAT :

1. Kawasan Tanjungpinang 2. Luas antara 5000M-10H 3. Sertikat 4. Tidak timbun/rawa

Telp : 0771 335842 HP : 0852 6427 5866 0852 7220 6666

Bagi yang ada info lahan biar cepat HUB : KANTOR BJK BINTAN JAYA TANJUNGPINANG Alamat Jl. Raya Uban dekat Rumah Sakit Provinsi KM.8 Tanjungpinang Email : bjkgroup23@gmail.com


TANJUNGPINANG POS RABU 14 AGUSTUS 2013

14

Wakil Bupati Lingga Abu Hasyim berfoto bersama saat open house lebaran di kediaman Jalan Telex, Dabo Singkep.

Open House Bupati dan Wakil Bupati Lingga BUPATI Lingga Drs H Daria dan Wakil Bupati Lingga Abu Hasyim, menggelar open house lebaran di dua tempat yang berbeda, selama dua hari berturut-turut. Open house pertama bupati dan wakil bupati digelar di Kota Daik. Sedangkan pada hari kedua open house dilaksanakan di Dabo Singkep. Event silaturahmi lebaran ini, tidak begitu saja dilewatkan masyarakat Lingga. Ribuan masyarakat mendatangi Gedung Daerah, Dabo Singkep untuk dapat bersilaturahmi dengan bupati dan wakil bupati. Satu persatu warga, pegawai di jajaran

Pemkab Lingga, menyalami bupati dan wakil bupati, untuk bersilaturahmi dan bermaaf-maafan. Dari tamu yang hadir, tampak yang paling bersemangat adalah anak-anak yang ingin mendapatkan angpau dari orang nomor satu di Lingga ini. Ribuan anakanak sudah terlihat di depan pagar Gedung Daerah, sejak sejam sebelum open house dibuka sekitar pukul 10.00. Tidak hanya berbagi saat open house lebaran. Sebelumnya Pemkab Lingga juga memberikan bantuan kepada berbagai kalangan warga yang tidak mampu saat Safari

Ramadan. ”Semua orang harus berbahagia saat menyambut haru kemenangan. Berbagai bantuan yang diberikan diharapkan dapat membantu masyarakat dalam menyambut lebaran,” kata Bupati Lingga, Daria. Dia juga berpesan bantuan yang diberikan harus dimanfaatkan dengan baik agar men jadi berkah. ”Sebesar apapun bantuan yang diberikan harus disyukuri. Karena dengan bersyukur maka Allah SWT akan menambah rezeki,” kata Bupati Daria saat Safari Ramadan di Desa Batu Berdaun. ***

Narasi: Tengku Foto: Tengku

Bupati Lingga menyerahkan bantuan bus sekolah kepada masyarakat Desa Batu Berdaun, saat Safari Ramadan.

Bupati Lingga Drs H Daria dan istri menyambut kedatangan warga masyarakat saat open house di Gedung daerah.

Salah seroang anak bersilaturahmi dengan Bupati Lingga dan keluarga.

Bupati Lingga H Daria beserta keluarga menyambut hangat siapa saja yang datang di Gedung Daerah saat open house di Dabo Singkep.

Ketua Pengerak PKK Kabupaten Lingga Hj Syarifah Rosemawatie Daria menyerahkan bantuan kepada warga saat Safari Ramadan.

Salah seorang pegawai di lingkungan Pemkab Lingga juga menghadiri open house bupati di Gedung daerah.

Buapti Lingga H Daria menyerahkan bantuan kepada anak yatim.

Warga Dabo bersilaturahmi dengan Daria dan keluarga.

Wakil Bupati Lingga Abu Hasyim menyerahkan bantuan kepada anak yatim.

Anak-anak yang mengantre ingin bersilaturahmi dengan Bupati Lingga dan keluarga saat open house.

Bupati Lingga H Daria saat Safari Ramadan di Desa Batu Berdaun.

Bupati Lingga H Daria dan keluarga menyambut kedatangan masyarakat saat open house lebaran di Gedung Daerah, Dabo.


TANJUNGPINANG POS RABU 14 AGUSTUS 2013

15

Tak Ada Rambu Pengingat Jalan di Proyek Drainase KIJANG - Proyek drainase Jalan Kampung Sungai Datuk atau depan Pujasera Rindu Alam, Kijang sangat berbahaya. Soalnya kontraktor kurang mengindahkan keselamatan pengendara dengan mengacuhkan rambu pengingat jalan. Andri warga Kijang kepada Tanjungpinang Pos mengatakan pengerjaan drainase Kampung Sungai Datuk Kijang sangat menganggu keselamatan pengguna jalan. Pernah seorang pengguna jalan terjatuh ke dalam galian proyek karena

tidak melihat rambu pengingat jalan. ‘’Rambu pengingat jalannya tidak ada,’’ kata Andri. Selain itu kata Andri, pengerjaan galian sangat dekat dengan ruas jalan, sehingga kenyamanan pengguna jalan terusik. Kepala Dinas PU Pemkab Bintan Juniriyanto saat dihubungi mengatakan galian drainase di Jalan Kampung Sungai Datuk dan Jalan Tokoja Kijang adalah proyek PU. Tapi Juniriyanto mengaku kurang ingat berapa jarak semestinya pengerjaan galian

dari ruas jalan. Pantauan di lapangan papan proyek galian drainase di Jalan Tokojo tampak anggaran proyek senilai Rp786.287.000 dengan waktu pelaksanaan 150 hari kalender yang dikerjakan consultant CV Cemerlang Multi Guna. Kegiatan pembangunan dan perbaikan saluran drainase jalan dan paket pekerjaan pembangunan drainase jalan dalam Kota Kijang Kecamatan Bintim dengan 800 meter satu kegiatan dan dibangun oleh nama perusahaan CV Budi Putera Indonesia (Bupindo). (dri)

F-ANDRI DWI S/TANJUNGPINANG POS

DRAINASE: Proyek galian drainase di Kampung Sungai Datuk masih dikerjakan, sayangnya tidak ada rambu pengingat jalan bagi pengguna jalan.

F-ANDRI DWI S/TANJUNGPINANG POS

KEDAI KOPI: Pegawai Pemkab Bintan sedang santai di salah satu kedai kopi di Kijang, belum lama ini.

Jam Kerja, Pegawai Ngantor di Kedai Kopi KIJANG - Usai cuti bersama, kedai kopi menjadi sasaran paling banyak diserbu oleh pegawai. Sayang, mereka berada di kedai kopi saat jam kerja atau jam kantor. Selamet, warga Kijang kepada Tanjungpinang Pos mengaku heran karena masih ada pegawai yang bandel dan nga-

ntor di kedai kopi saat jam kerja. Sebelumnya Bupati Bintan justru menegaskan agar pegawai meningkatkan kedisiplinan dan pelayanan terhadap masyarakat, usai Hari Raya kemarin. ‘’Mereka digaji dari uang rakyat, seharusnya paham kerjanya melayani masyarakat,’’

Belasan Jaringan ..............................................dari halaman 16

cetus Selamet. Pantauan Tanjungpinang Pos, beberapa pegawai dengan mejanya masing di kedai kopi di Kijang. Mereka terlihat asyik bercengkrama sambil menikmati secangkir kopi. Terpisah Sekretaris Daerah Pemkab Bintan Lamidi belum berhasil dihubungi. (dri)

Jumat .....................................dari halaman 16 Pada kesempatan lain, Kapolsek Bintan Timur, Kompol Deden Nurhidayatullah, menyatakan, pihaknya terus melakukan pengawasan di pelabuhan dan lalu lintas darat selama operasi ketupat. Kegiatan operasi ketupat berakhir, Minggu (18/8) malam akhir pekan ini. Selama arus mudik tidak ada kendala yang urgence. Hanya saja, pihak kepolisian dan instansi terkait sempat menahan keberangkatan bawang impor dari pelabuhan Kijang yang ingin dibawa ke

Jawa, beberapa pekan lalu. “Kami mengingatkan agar penumpang maupun pihak terkait tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum seperti membawa barang tidak sesuai dengan ketentuan kepabeanan,” tegas Deden. Untuk arus balik, Deden menyebutkan, pihaknya akan meningkatkan pengamanan dan pelayanan di pelabuhan Kijang. Karena jumlah orang masuk ke Pelabuhan Kijang pada saat arus balik bakal banyak dibandingkan jumlah penumpang arus mudik. Saat arus

mudik, KM Lambelu tujuan Jakarta dan daerah bagian timur (Sulawesi, Ambon, NTT) membawa 2.435 orang penumpang dewasa. KM Sirimau mengangkut penumpang mencapai 1.350. KM Binaiya ke daerah Pulau Tujuh hampir mencapai 1.000 orang. “Pada saat arus balik ini, penumpang yang turun di Pelabuhan Kijang mungkin lebih banyak lagi. Kami sudah menyiapkan antisipasi untuk kelancaran dan ketertiban saat arus balik,” demikian Deden. (fre)

Pemerintah sudah bersusah payah menyediakan penerangan jalan untuk kenyamanan masyarakat, tapi malah peralatannya dicuri,” sebut Raja Muhammad, Kepala Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Bintan, Selasa (13/ 8). Seharusnya, lanjut Raja Muhammad, semua lapisan masyarakat menjaga dan mengamankan peralatan listrik yang telah disediakan masyarakat. Karena fasilitas umum itu disediakan untuk kepentingan orang

“Terhitung 13 Agustus ini, PT Lobindo juga sudah bisa beroperasi. Sebelumnya, Lobindo belum bisa beroperasi sejak 31 Maret karena masih ada kewajiban yang harus diselesaikannya,” sebut Supriyono, Selasa (13/8). Menurut Supriyono, kuota PT Lobindo untuk ekspor terhitung 9 Maret lalu sebanyak 2,9 juta ton sampai 31 Desember 2013 ini. Kuota itu akan dilanjutkan

ingga, masyarakat Bintan di bagian timur dan daerah pulau maupun di bagian utara tidak perlu lagi harus berobat ke Tanjungpinang. “Kita juga akan memperjuangkan agar pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin dan kurang mampu diberikan secara gratis,” tegas H Amran yang bakal maju pada saat Pileg 2014 asal Dapik III itu. (fre)

IKLAN RAGAM

sejak 13 Agustus sampai akhir Desember 2013. Izin beroperasi diberikan kepada Lobindo karena kewajibannya seperti administrasi, teknis maupun royalti dan jaminan reklamasi sudah dipenuhi. Sedangkan perusahaan lain seperti GBA dan BCT masih dalam proses sertifikasi dan CnC dari Kementerian ESDM. Bagi Lobindo, Pemkab Bintan akan mencabut izin jika

membeli atau mengambil bijih bauksit dari perusahaan yang tidak memiliki Izin Usaha Penambangan (IUP). Jual-beli lokal boleh dilakukan jika bauksit tersebut milik perusahaan yang memiliki IUP. Upaya tersebut bertujuan untuk menghindari ilegal mining. “Kami akan awasi itu,” tegas Supriyono. Pada kesempatan lain, Humas PT Lobindo, Hasriawadi, mengaku belum menerima su-

apa sekolah. “Kalau dihitung-hitung, sebelumnya ada belasan listrik tenaga surya yang rusak. Pihak DKPP Bintan sudah melaporkan kerusakan itu, sekarang sudah ada yang diperbaiki. Kami berharap agar masyarakat menjaga sarana umum itu,” sebut Hasan. Pantauan wartawan Koran ini, Senin (12/8) malam, sarana lampu penerangan jalan di Jembatan Busung masih belum diperbaiki. Saat malam hari jembatan di jalur lintas barat itu gelap gulita. ***

Setelah di oles & dipompa langsung tambah besar, panjang kuat & tahan lama dan juga mengobatik ejakulasi dini. Dengan hasil permanen...Cukup 1set untukm selamanya.. Terbukti .. !!!

Cukup 30 Kapsul penghancur lemak untuk melangsingkan perut paha, lengan & tubuh. Dalam 1 Minggu turun 2-6kg. 100% Natural untuk Pria& Wanita

AKSESORIS P / DEWASA

- PENGGELI - PENY GETAR KECIL/BESAR - PENY GETAR GOYANG - PENY TEKUK MANUAL - PENY MAJU MUNDUR

- VEGY GETAR - VEGY MULUT - VEGY BULU - VEGY GETAR GOYANG - BONEKA FULL BODY

www.galerikecantikan.com

TG.PINANG : 081277454454/081991311555 0812 7745 4454 Jl. A.Yani (Simpang Kuantan No.1 Bt.5 Atas) Samping Kiri KODIM

&

ENGLISH CLINIC

Kelas : - Kelompok bermain PAUD & TK (Km.9 & Kijang Kencana Km.11 - English Teori for SD/SMP/UMUM - Conversation SD/KIDS-CLUB,SMP,SMA,UMUM - IELTS,TOEFL & TOEIC - Calistung + BIMBEL for SD & SMP (English + Matematika) - Kelas Private One to One - ECCSP-English Clinic Choral Speaking Programs PRESTASI EC : - Lembaga berpengalaman mendidik sejak tahun 2002 - Juara TINGKAT NASIONAL dalam metode pembelajaran english & Pengelola Kursus mewakili Prov. Kepri - Pengalaman melatih staff/ officer swasta maupun pemerintah - Parents Meeting & Pentas seni programs - Tenaga pengajar gabungan lulusan dalam & luar negeri

CONTACT PERSON MARKETING

Info : Miss.Rizna,SE 085272020741 / 085668286736 Mr. Mark Merriman/ FB : eenngglliisshhcclliinniicc / Pak Indra BB : 27B4C9CE

SABLON & PERCETAKAN

DIJUAL MOTOR

MENJUAL

SABLON KAOS, SWETER,RAGLAN ,KEMEJA SERAGAM BORDIR DAN CETAK U N D A N G A N P E R N I K A H A N HUB : 085376534571 / 083183232305

MOTOR VEGA THN 2006, PAJAK HIDUP HARGA 5 JUTA BISA NEGO, KONDISI MASIH BAGUS HUBUNGI : 0 8 1 2 7 6 2 9 9 2 7 9

GTR FENDER STRATOCASTER 1,8JT NEGO, IBANEZ GIO 2,4JT NEGO,FX ZOOM G1 700RB NEGO,TERSEDIA JGA MIC SHURE SM,KBEL JACK,SOFT CASE.HUB.085272737257

PENTINE KACA, GRAFIRE KACA, UKIR KACA JENDELA, LEMARI DPUR, KACA CERMIN,DLL UTK PMSANAN HUB BPK. PRISWARDI 0 8 1 2 7 0 6 1 3 3 3 8 / 081536772503 SABLON,DIGITAL RNTNG,CTKUNDGN,KRT NMA,BLIHO,X-BNNER,SPNDK,JLD BKU,PIN STMPL,STCKR,YSIN,DLL.HUB 08566700519/ 081268038373 ( YELLOW GREEN ADV )

TERIMA PESANAN

TANJUNGPINANG POS

KORAN TERBESAR DI KEPULAUAN RIAU

CALL : 0771 - 7447234

VACUM + CREAM PAYUDARA PENGGEMUK BADAN IDEAL PENINGGI BADAN SUPER VITALITAS A PEMERAH BIBIR SENSUAL B CIALIS 20/50mg OBAT FRIGID PEMITUH MUKA & BADAN E SPRAY TAHAN LAMA LINTAH OIL N V6/VIAGRA ARABIAN OIL SARI RAPET VEGT KESAT G MAXIMUM POWER COBRA OIL PENGHILANG BEKAS LUKA OBAT6499 JERAWAT PATENT BATAM : 0778-750 / 08131113 6499 6663 BATAM : 07781113- 750 / 0813 6663 PENGHILANG CELULITE Perum Golden Land Blok D No.57 Simpang Kara Batam Centre

IKLAN BARIS

TANJUNGPINANG POS

Tanjungpinang - Batam Km.9 Bintan Centre Blok O No.37. Depan/ Deretan Cafe Bola/ Pasar Bestari

rat putusan pemerintah daerah tentang diperbolehkan beroperasi kembali bagi PT Lobindo tersebut. “Kami cek lagi. Memang sejak beberapa pekan lalu kami sudah lengkapi semua persyaratan. Kalau sudah ada izin, kami akan segera beraktivitas lagi. Karena sudah banyak karyawan yang menganggur,” demikian disebutkan Hasriawadi yang biasa disapa Gentong tersebut. (fre)

www.galeripelangsing.com KOSMETIK :

JAMAICA OIL + VACUUM

PIN BBM 21043C5A

pendidikan maupun kesehatan, masih bisa menggunakan SKTM,” sebut Amran politisi asal Golkar tersebut. Untuk pelayanan kesehatan bagi masyarakat, H Amran menambahkan, pembangunan RSUD di Kijang akan ditujukan untuk pelayanan bagi seluruh lapisan masyarakat. Bahkan untuk peningkatan pelayanan, pemerintah akan menyediakan dana pengadaan sarana medis yang lebih baik. Seh-

Muhammad. Camat Bintan Timur, Hasan, mengaku, sebelumnya pemerintah kecamatan mendapat keluhan dari warga mengenai penerangan jalan. Terutama listrik tenaga surya yang dipasang di sepanjang jalan dari waduk Sungai Pulai sampai ke Kijang. Semua listrik tenaga surya bantuan dari Pemprov Kepri itu rusak, tidak ada yang berfungsi. Namun, saat ini pihak Pemprov melalui pihak ketiga sudah melakukan perbaikan. Termasuk perbaikan traffic light di beber-

Lobindo Kembali ..........................................dari halaman 16

Warga .....................................dari halaman 16 Hal itu terbukti dengan pelayanan saat penerimaan siswa baru lalu. Bagi masyarakat yang memiliki KBS maupun surat keterangan tidak mampu (SKTM), gratis saat masuk sekolah. Bahkan pemerintah menyediakan sarana pendidikan seperti pakaian maupun perlengkapan belajar. “Kami berharap agar masyarakat yang belum memiliki KBS bersabar untuk sementara waktu. Untuk perhatian

banyak dari program pemerintah. Jika peralatan dicuri, akibatnya jalan yang sudah terangbenderang menjadi gelap-gulita kembali. Saat ini, pihak Pemprov Kepri sudah memperbaiki beberapa sarana listrik tenaga surya yang sudah rusak. Seperti di daerah Bintan Timur, beberapa listrik tenaga surya sudah hidup kembali. “Dari Pemkab Bintan, kami berharap agar semua listrik tenaga surya di wilayah Bintan dicek dan diperbaiki untuk jaringan yang rusak,” harap Raja

MNRIMA PSANAN GITAR LISTRIK BRBGAI MERK & TYPE / KEINGINANMU,HARGA 1,5 S/D 3JT. TRSEDIA JUGA GTR SCHECTER HUBUNGI NOMOR :0 8 7 7 5 9 8 8 8 8 1 6

KIJANG LGX TH98 WARNA BIRU TUA.POWER STERING. POWER WINDOWS. DOUBLE BLOWER. SOLAR.HARGA 75 JT .MINAT HUBUNGISEGERA: 0 8 5 3 1 7 6 7 9 4 4 4 ABADI SEJAHTERA MOTOR. JUAL BELI MOTOR BARU & BEKAS. JL. SOEKARNO HATTA NO.24 HUB: SUJONO 085264049020 NEW MAZDA ALL TYPE.PROMO MARET DISC_VOUCHER BELANJA 5 JT+HP BB.CASH/CREDIT.HUB: FELLY :081270139577 BELI MOTOR.KAMI SIAP DATANG DAN PROSES DIRUMAH ANDA.HUB: SUBHAN:085272088433.RUDI:085264524171 BELI MOTOR.KAMI SIAP DATANG DAN PROSES DIRUMAH ANDA.HUB: ANTO : 08127752230.NORMAN : 082169099697

VIDEO EDITING,PHOTOWORK, MOTION VIDEO, GRAPHIC DESIGN, HUB. 085272737257

BELI MOTOR.KAMI SIAP DATANG DAN PROSES DIRUMAH ANDA.HUB: HENDRA:085264886006.TONGA:085263657074

HOME INDUSTRI ARTHA LANGGENG MENERIMA PESANAN KERIPIK KACANG DANBILIS. ANDA BERMINAT HUBUNGI HANDPHONE : 0 8 5 2 7 2 5 8 5 9 6 4

NEW MAZDA ALL TYPE.PROMO MARET DISC_VOUCHER BELANJA 5 JT+HP BB.CASH/CREDIT.HUB: IRWAN:081270234666

SENTURY MENERIMA PESANAN ECERAN DAN GROSIR SEMBAKO DAN KEBUTUHAN A N D A S E H A R I - H A R I HUBUNGI SEGERA : EVI 085272116524

INFO : 0771 7447234

SUZUKI MOBIL TPI ERTIGA,ALL NEW SWIFT,SX 4,PICK UP XTRA,PICK UP,DLL.PKT KRDIT HNGGA 6TH, DP TRJNGKAU,ANGSRN RNGAN, HUB. ADE : 081270112012 DIJUAL CEPAT SUZUKI SIDEKICK 96 WARNA MERAH MULUS SEPERTI BARU. HUB : 0 8 1 3 6 4 7 0 2 7 0 7

TOKO BAJU PINANG FASHION MENJUAL BERBAGAI JENIS PAKAIAN PRIA & WANITA DARI ANAK-ANAK HINGGA DEWASA ALAMAT : JL. BRIGJEN KATAMSO KM.2 TPI AMAN MULIA MENJUAL BERBAGAI TAS, SEPATU KOPER, DAN AKSESORIS LAINNYA. ALAMAT : JALAN D.I PANJAITAN SEBELAH PINANG LESTARI KM.9 BINTANCENTER MODEL DAN BAHAN-BAHAN TERBARU ALAMAT : JL. MT. HARYONO NO.6 SAMPING KANTOR PM HUBUNGI : 085272502851 MELIALA GAS MENJUAL ISI ULANG GAS 12 KG/3 KG. JL. CUT NYAK DIEN KP.JAWA. TELP : 0771-317735 / HP : 081364247878

DIJUAL RUMAH DIJUAL RUMAH JLN SUTAN SYAHRIR NO.21 YUDOWINANGUN, LT 420M2, HRGA 600JT NEGO, SHM. HUB 081355020110 (TANPA PERANTARA)

PASANG IKLAN HUB : 0771 7447234 Tanjungpinang Pos


PRO BINTAN

16

Belasan Jaringan Listrik Surya Rusak

Aki Diambil Orang Tidak Dikenal YUSFREYENDI-SLAMET Bintan

SEMAKIN gencar Pemkab Bintan menjalankan program penerangan jalan, semakin gencar pula aksi pencurian peralatan jaringan listrik yang dilakukan orang tidak bertanggungjawab. Buktinya, hampir 10 jaringan listrik tenaga surya di Jembatan Busung, Seri Kuala Lobam raib dicuri. Sehingga, jembatan penghubung jalan lintas barat tersebut mulai gelap-gulita. Ternyata bukan hanya di sekitar jembatan Busung, beberapa titik jaringan listrik tenaga surya

F-YUSFREYENDI/TANJUNGPINANG POS

SALING BERMAAFAN: Anggota DPRD Bintan H Amran mengadakan halalbihalal dan open house bersama warga baru baru ini.

Warga Minta Perhatikan Kesehatan Dari Halal Bihalal H Amran KIJANG - Warga Bintan Timur dan sekitarnya meminta agar pemerintah terus melakukan peningkatkan pelayanan pendidikan dan kesehatan pada masa mendatang. Pelayanan itu merupakan implementasi dari penerapan Kartu Bintan

di daerah lain juga rusak akibat accu (aki) diambil orang tidak dikenal seperti jalan antara waduk Sungai Pulai sampai ke Kijang. “Kami mendapat laporan dari warga, banyak aki jaringan listrik tenaga surya di sekitar Jembatan Busung dicuri orang.

F-YUSFREYENDI

Lobindo Kembali Beroperasi BINTAN - Beberapa waktu lalu, Pemkab Bintan memberikan izin kepada PT Gunung Sion untuk melakukan penambangan. Namun setelah 3 bulan berjalan, Pemkab Bintan mencabut kembali kebijakan penghentian sementara aktivitas dan ekspor penambangan bauksit bagi PT Lobindo Nusa Persada. Sedan-

gkan beberapa perusahaan lain masih dalam proses. Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Bintan, Supriyono, menyampaikan, terhitung 11 Juli 2013, PT Gunung Sion sudah bisa beroperasi dan melakukan ekspor bijih bauksit. Dari Clear and Clean (CnC) yang diberikan Menper-

indag RI, kuota yang dimiliki PT Gunung Sion sampai akhir Desember ini (6 bulan) sebanyak 1,2 juta ton. Pelabuhan ekspor berada di Mantang dan Bintan Pesisir dengan beberapa lokasi penambangan seperti di Pulau Telang dan Siulung.

 Lanjut ke Hal 15

KIJANG BERSERI

Di Pelabuhan Sri Bayintan Kijang

Guritno

F-YUSFREYENDI/TANJUNGPINANG POS

Sejahtera (KBS). “Beberapa warga masih ada yang belum memahami tentang cara penggunaan KBS. Bahkan masih ada yang bertanya, kapan se-

luruh warga miskin dan kurang mampu diberikan KBS. Hal itu disampaikan warga karena meminta agar pendidikan dan kesehatan terus diperhatikan,” ujar H Amran, anggota DPRD Bintan usai halalbihalal sekaligus open

house di kediamannya barubaru ini. Menurut H Amran, Pemerintah Kabupaten dan DPRD Bintan terus meningkatkan pelayanan pendidikan dan kesehatan bagi masyarakat miskin dan kurang mampu.

 Lanjut ke Hal 15

Jumat, Ribuan Arus Balik Masuk Kijang

 Lanjut ke Hal 15

MENYALA: Petugas tenaga surya memperbaiki jaringan listrik di sekolah dasar KM 23 Kijang, Selasa (13/8).

TANJUNGPINANG POS RABU 14 AGUSTUS 2013

BINTAN - Kantor Administrasi Pelabuhan (Adpel) Kijang memperkirakan, puncak arus balik lebaran Idul Fitri melalui Pelabuhan Sri Bayintan Kijang akan terjadi, Jumat (16/8) ini. Saat itu dijadwalkan akan tiba kapal Pelni KM Sirimau membawa ribuan penumpang. Jika tidak terjadi kendala cuaca, KM Sirimau tiba di Pelabuhan Sri Bayintan Kijang, Jumat pagi. Kapal tersebut mengangkut penumpang dari Tanjung Pri-

ok Jakarta dan Blinyu Bangka Belitung. KM Sirimau ketika arus mudik lalu, membawa penumpang sekitar 1.350 orang dari Kijang. Tapi pada saat arus balik tiba di Kijang, Jumat (16/ 8) ini, diperkirakan bakal membawa penumpang sekitar 2.500 orang. “Selama arus mudik ada sebanyak 6.714 orang penumpang yang naik dari Pelabuhan Kijang. Kita perkirakan, jumlah penumpang yang turun pada arus balik di pelabuhan Kijang

akan meningkat, Jumat ini,” sebut Guritno, Kepala Adpel Kijang, Selasa (13/8). Biasanya, Guritno menambahkan, saat arus balik lebaran, jumlah penumpang membludak dibandingkan arus mudik. Pasalnya, beberapa penumpang kapal merupakan pendatang baru yang ingin mencari kerja di Kepri. “Pengawasan arus balik lebih kita perketat demi kelancaran dan ketertiban di kawasan pelabuhan,” sebut Guritno.

 Lanjut ke Hal 15


Epaper Tanjungpinangpos 14 Agustus 2013