Page 1

TANJUNGPINANG POS KELISTRIKAN HALO BERLANGGANAN

TIGA KABEL JARINGAN PLN PUTUS DISAMBAR PETIR

TELEPON : 0771-7447234 SMS : 085328896464

METROPOLIS HALAMAN 9

SABTU 13 JULI 2013 / 4 RAMADAN 1434 H

RP1.800

Usut Dana FTZ Tanjungpinang

jadwal

Imsakiyah MAGRIB

IMSAK

Sabtu 13 Juli 2013

Ahad 14 Juli 2013

18.16

SUBUH 04.42

ZUHUR 12.10

04.32

ASAR 15.35

ISYA 19.29

Terkait Anggaran dari APBN-APBD

Sunah-Sunah Ramadan Oleh Fauzi, SAg, MSi

Maskur Tilawahyu

Ramadan Petuah

TAUFIK A HABU - ABAS, Tanjungpinang DEWAN Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tanjungpinang kesal dengan tak bergeraknya BPK FTZ Tanjungpinang. Jika dana yang dianggarkan di APBN senilai Rp3,9 miliar tak bisa dijelas-

kan, lembaga legislatif mempersilakan aparat mengusutnya. Hal ini disampaikan Ketua Komisi I DPRD Kota Tanjungpinang,

 Lanjut ke...Hal. 2

SAUDARA-SAUDARAKU yang seiman dirahmati Allah SWT, Ramadan ini merupakan satu bulan yang sangat istimewa. Karenanya banyak ulama berharap bahwa setiap bulan adalah Ramadan.

 Lanjut ke...Hal. 2

JARINGAN LISTRIK BLACKOUT KENA PETIR

F-ADLY BARA HANANI/TANJUNGPINANG

Usai plastik, kalong, petir, ape lagi?

SWEEPING: Seorang anggota FPI Kota Tanjungpinang mengamati aktivitas di sebuah kamar wisma di Tanjungpinang, Jumat (12/7) malam.

Jembatan I Dompak Perlukan Rp280 Miliar

Dewan Belum Setujui Permintaan Pemprov Rasyina

Tak Berarti MAHASISWI Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Fakultas

 Lanjut ke...Hal. 2

TANJUNGPINANG - Pemprov Kepri meminta persetujuan anggota DPRD Kepri untuk melanjutkan pembangunan Jembatan I Dompak yang menghubungan Pulau Dompak dengan Tanjungpinang. Dalam rapat kerja antara Gubernur, Wakil Gubernur Kepri bersama sejumlah SKPD dengan Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kepri serta Ketua Fraksi di Gedung

 Lanjut ke...Hal. 2 BELUM JELAS: Warga masih harus menahan keinginan melintasi Jembatan I Doampak akibat tak jelasnya soal dana.

Lawana

F-DOK/TANJUNGPINANG POS

Kejati Seriusi Dugaan Korupsi Ruang Belajar UMRAH

Ingin Untung, Material Dimanipulasi UMRAH seperti tak lepas dari pemberitaan. Dari uang hibah, status dosen dan karyawannya hingga belakangan dugaan korupsi pembangunan ruang belajar di Dompak. Pada kasus ruang belajar, material bangunan menjadi ”ladang” untuk meraup keuntungan. FEBRIMA SURYA, Tanjungpinang F-DOK

PENYIDIKAN: Kejati Kepri mengubah status kasus pembangunan gedung belajar UMRAH ini dari penyelidikan ke penyidikan. Bisa dimungkinkan tersangka tak hanya dua orang.

WEBSITE: www.tanjungpinangpos.co.id

KEJAKSAAN Tinggi Kepulauan Riau masih bekerja keras ungkapkan kasus ini.

EMAIL: redaksi@tanjungpinangpos.co.id

 Lanjut ke...Hal. 2

ADD US ON FACEBOOK Tanjungpinang Pos

FOLLOW US ON TWITTER @TgpinangPos


TANJUNGPINANG POS SABTU 13 JULI 2013

2

NASIONAL

Lagi, Saksi Djoko Akui Ditekan KPK JAKARTA - Setelah saksi Benita Pratiwi, membantah keterangan yang diberikannya kepada Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), giliran operator Komputer Korlantas Polri, Wasis Tripambudi, yang mengaku diintervensi penyidik KPK saat diperiksa. Wasis mengakui mengantar empat kardus bersama Ketua Primkoppol Ajun Komisaris Besar Polisi Teddy Rusmawan ke Plaza Senayan yang diduga untuk beberapa Anggota DPR. Meski demikian, Wasis berkelit tidak tahu apa isi kardus itu. "BAP saya dikarang pak. Saya memang antar kardus ke Plaza Senayan bersama Pak Teddy. Tapi saya tidak tahu apa isinya," kata Wasis, saat bersaksi dalam perkara dugaan korupsi Driving Simulator SIM terdakwa bekas Kepala Korlantas Irjen Djoko Susilo, di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jumat (12/7). Namun, Wasis mengaku diarahkan Penyidik KPK bahwa isi kardus itu adalah uang. "Tapi di BAP ditulis oleh penyidik isinya uang. Saya diarahkan penyidik kardus itu berupa dana," ujar Wasis. Namun, Ketua Majelis Suhartoyo tidak percaya begitu saja pengakuan Wasis. Suhartoyo kemudian mencecar siapa yang memerintahkan mengantar kardus itu. Wasis menjawab yang memerintahkannya adalah Djoko berdasarkan ucapan Teddy. "Jadi saya bersama Pak Teddy bawa kardus ke Plaza Senayan," kata Wasis. Namun, lagi-lagi ia berkelit tidak tahu uang itu diberikan buat siapa. "Saya stand by di parkiran, tiduran. Waktu itu naik Avanza," lanjut Wasis. Pada sidang sebelumnya, Ketua Panitia Lelang Simulator, Teddy Rusmawan, mengakui pernah mengantarkan empat kardus berisi uang ke Plaza Senayan. Menurut dia, duit itu diberikan buat beberapa anggota DPR, antara lain Aziz Syamsudin, Herman Heri, dan Bambang Soesatyo, buat melobi alokasi anggaran di Korlantas Polri. Ketiga politisi ini pernah diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi. Ketiganya pun membantah. (jpnn)

Dewan......dari halaman 1 Daerah Tepi Laut Tanjungpinang, Jumat (12/7) kemarin, Pemprov Kepri meminta anggaran tambahan Rp280 miliar. “Itu di luar pembayaran yang harus dilakukan kepada kontraktor Rp35 miliar belum termasuk estimasi harga. Perkiraan mereka sekitar Rp280 miliar untuk melanjutkannya,” ujar Nur Syafriadi, Ketua DPRD Provinsi Kepri. Secara pribadi, Nur menyetujuinya. Namun, sebagai anggota DPRD dia tidak bisa membawa suara dewan lainnya. Ada 45 anggota DPRD Kepri yang sama-sama punya hak suara. Karena itu, permintaan tersebut harus dibahas dulu di internal DPRD. “Kita akan bahas ini secepatnya dan meminta persetujuan anggota DPRD lainnya. Jika memang disetujui kita beri jawabannya saat paripurna nanti. Kalau saya secara pribadi setuju, karena sudah ada niat baik pemprov,” tambahnya. Nilai ini kata dia, harus benar-benar sudah dihitung dengan baik. Sebab, jumlahnya bukan sedikit. Maka harus dibutkan juga Perda Multiyears untuk melanjutkannya. Sebab, anggarannya besar, tidak mungkin diselesaikan dalam satu tahun. Dewan pada prinsipnya setuju dilanjutkan pembangunan tersebut. Sebab, apa yang sudah dimulai harus dilanjutkan sampai selesai. Namun, pemprov harus memastikan persoalan Jembatan I Dompak jangan bermasalah secara hukum lagi. “Informasinya sudah tak masalah lagi dengan hukum. Makanya kita, say secara pribadi setuju. Sebab, ini untuk mendekatkan jarak antara Pulau Dompak dan Tanjungpinang. Adek-adek wartawan aja, kalau mau ke Dompak harus memutar jauh. Kalau jembatan ini sudah jadi, jaraknya kan makin dekat,” bebernya lagi. Ditanya kepastian apakah ada kemungkinan penolakan dari dewan, Nur menyebutkan, hasil akhirnya harus dirapatkan dengan anggota DPRD lainnya. “Kalau itu tetap tergantung teman-teman yang lain,” singkatnya. Selain membahas persoalan Jembatan I Dompak, rapat kerja itu juga membahas tentang RSUD Tanjungpinang, kenaikan BBM, pengentasan kemiskinan dan opini WTP. Namun, dari pihak Pemprov Kepri tidak ada yang menyampaikan hasil rapat terkait pokok pembahasan yang lain tersebut. (mas)

Tak...........dari halaman 1 Ekonomi Jurusan Akutansi Semester enam ini sangat mengagumi jerih payah orang tuanya. Semangat dan tetes keringat membanting tulang yang dilakukan merekalah yang bisa membuatnya duduk di bangku perguruan tinggi. Rasyina lahir di Midai, 16 April 1990. Anak ketiga dari empat bersaudara yang nyaman mengenakan jilbab ini tinggal di Jalan Sultan Machmud, Tanjungunggat, Tanjungpinang. Gadis ramah ini putri pasangan Zulkifli - Asmidar. Ayahnya bekerja sebagai pekerja perbaikan kapal-kapal di Kijang, sementara ibunya ibu rumah tangga. “Tanpa perhatian orang tua, saya merasa tak berarti. Perhatian itu lebih ke perasaan kasih sayang yang dicurahkan orang tua kepada anak-anaknya,” jelas Rasyina. Ia bercita-cita menjadi akuntan profesional, dan membantu kedua orang tua dan keluarga. “Tanpa mereka apalah guna hidup kita ini,” ujarnya kembali menegaskan. (cr16)

Penjaga Warnet Dibekuk di Atas Motor Curian TANJUNGPINANG - Seorang pelaku pencurian sepeda motor ditangkap di gerbang Bintan Center pada 9 Juli lalu malam. Pelaku ditangkap saat masih mengendarai sepeda motor yang digunakannya. Kepala Polsek Tanjungpinang Timur Ajun Komisaris Polisi Suhardy Hery Haryanto, Kamis (11/ 7), mengatakan, tersangka berinsial AS (18), penjaga warung internet. Penangkapan tersangka berdasarkan laporan seorang warga Perumahan Kijang Kencana I, Ruli Setiawan (27), pada 6 Juli lalu. Dalam laporannya korban menyatakan, sepeda motor Yamaha Jupiter BP 4657 BC miliknya diparkir di halaman rumah malam sebelum tidur. Ketika akan berangkat kerja sekitar pukul 06.00, sepeda motor sudah tidak ada ditempatnya lagi. “Atas laporan korban, kami melakukan penyelidikan. Pelaku ditangkap saat menggunakan sepeda motor korban di Bintan Center,” ujar Suhardi. Pengakuan AS, ia beraksi sendirian. Pencurian ini merupakan pencurian pertama kali dilakukan. Namun, pengakuan itu tak digubris. Pihak penyidik mencurigai jika AS beraksi dengan tiga rekannya yang lain. Sementara itu, pantauan Tanjungpinang Pos, korban terlihat kaget dengan sepeda motornya. Ada beberapa bagian sepeda motor yang sudah diganti oleh pelaku. Bahkan, sepeda motor hampir tak dikenali lagi. “Sebelum dicuri bukan begitu bentuknya,” kata Ruli. (sur)

Usut FTZ ........................................................................................dari halaman 1 Maskur Tilawahyu kepada Tanjungpinang Pos, Jumat (12/7) kemarin. ”Kami juga meminta agar DPRD Tanjungpinang mengagendakan pemanggilan Ketua BPK Tanjungpinang, bersama pengurus lainnya. Kami ingin mempertanyakan, ke mana anggaran BPK yang sudah diberikan. Dan apa hasil dari penggunaan anggaran itu,” kata Maskur. Menurut Politisi Partai Demokrat ini, BPK Tanjungpinang memang perlu diaudit secara khusus. Sebab lembaga di bawah koordinasi Dewan Kawasan (DK) FTZ Kepri ini menerima dana cukup banyak setiap tahunnya. Dan ironisnya, dana yang diterima cukup besar, tapi hasil atau output kinerja BPK FTZ Tanjungpinang tidak terlihat. ”Apa sih yang mereka selesaikan dan bawa ke Tanjungpinang yang berkaitan dengan FTZ dan perdagangan bebas. Tidak ada sama sekali. Makanya, aparat jangan tinggal diam mengenai penggunaan anggaran di BPK

Meskipun keinginan ini tidak pernah terwujud, mereka senantiasa berusaha me-ramadan-kan seluruh bulan. Baik di awal maupun di akhir setelah bulan Ramadan, agar ibadahnya sepanjang Ramadan diterima. Dan senantiasa berdoa agar kiranya dapat betemu dengan bulan Ramadan yang akan datang. Lalu saat Ramadan tiba seperti saat ini, mereka betul-betul memanfaatkan Ramadan secara optimal. Maka, di antara hal yang perlu dilakukan adalah mengikuti sunah-sunah Ramadan yang telah dicontohkan Rasulullah SAW di antaranya: 1. Sahur dan Mengakhirkannya Di antara sunah Ramadan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW adalah makan sahur. Dalam salah satu hadits beliau ber-

Penyidik dari Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau masih melakukan pengumpulan data di lokasi bangunan. Jika ada yang khawatir kasus ini akan berhenti atau ditangani lambat, mungkin pernyataan Kepala Kejati Kepri Elvis Johnny bisa menjadi penenangnya. “Kasus dugaan korupsi UMRAH masih berlanjut. Saat ini, penyidikan sedang melakukan pemantauan di lapangan,” kata Elvis, kemarin. Untuk diketahui, kasus dugaan korupsi proyek pembangunan ruangan belajar UMRAH

Alamat Redaksi: Komplek Pinlang Mas No.15 Lt 2-3 JL.DI Panjaitan-Batu IX Tanjungpinang, Telepon : (0771) 7447234 (hunting), Fax (0771) 7447085

Rida K Liamsi. Makmur. Socrates. Asnida Syukur. Hasan Aspahani. Candra Ibrahim.

FTZ Hanya Dongeng Tak ingin FTZ Tanjungpinang berjalan di tempat, Wako Lis Darmansyah meminta Ketua Dewan Kawasan (DK) FTZ Kepri mengganti Ketua BPK FTZ Tanjungpinang serta memindahkan kantornya ke lokasi yang lebih menjual. Seperti diakui oleh Ketua BPK FTZ Tanjungpinang, Herman, Kamis (11/7), dirinya sakit sehingga tak maksimal memimpin badan ini. Ia bahkan tak tahu dana yang diturunkan dari APBN peruntukannya untuk apa. ”Saya sudah usul ke Dewan Kawasan (DK) FTZ Kepri untuk penggantian itu. Kita tak cari siapa yang salah, tetapi mengapa Dewan Kawasan (DK) FTZ Kepri membiarkan FTZ di Tanjungpinang tidak berjalan baik? Ketua lama tak masuk kantor dibiarkan, tidak diganti-ganti,” tegas Lis kesal, Jumat (12/7). Pemerintah pusat memang telah menetapkan Senggarang dan Dompak, sebagai kawasan FTZ Tanjungpinang. Tetapi sampai sejauh ini lahannya belum disentuh. Lahan di kawasan ini mil-

ik masyarakat dan pihak ketiga, pemerintah belum membebaskannya. Lis melihat FTZ Tanjungpinang tak ada pergerakan sama sekali. Lis menambahkan, dengan kondisi seperti itu, siapa yang menjadi Ketua BPK FTZ Tanjungpinang, baik Bobby Jayanto atau Hengky Suryawan tak akan mampu berbuat banyak. Memajukan FTZ di ibu kota tidak semudah membalikkan telapak tangan. Soal kantor BPK FTZ Tanjungpinang yang menempati bekas gedung DPRD Kota Tanjungpinang, Lis pun menyindirnya. ”Kantornya saja berbentuk panggung seperti itu, seolah tak berpenghuni, sebaiknya dipindahkan. Biar lebih bagus, hidup dan bernilai jual,” katanya. Bahkan ia menyebut FTZ di Tanjungpinang tak ubahnya dongeng. Ceritanya ada, tetapi wujudnya tak pernah tampak. FTZ itu ada tetapi wujudnya seperti apa masyarakat tak pernah tahu. Jika ada yang mengatakan ada kawasan FTZ di Tanjungpinang, seharusnya masya-

rakat tahu kawasan itu yang mana. Dari mana batasnya sampai mana. ”FTZ hanya cerita,” tambahnya. Ketua Kadin Kota Tanjungpinang, Bobby Jayanto berharap agar kawasan FTZ di Pulau Bintan menyeluruh. Kalau masih terpetak-petak (enclave), maka FTZ di Tanjungpinang tetap mati suri. Kalah saing dengan FTZ Bintan,yang sudah berkembang duluan. Sebelum Bintan ditetapkan FTZ, mereka sudah memiliki sarana dan prasarana infrastruktur yang sudah memadai dan ada. Sedangkan Tanjungpinang nihil infrastrukturnya. ”Mau ke Pelabuhan Tanjungmoco, Dompak, lewat darat saja belum ada aksesnya,” kata Bobby. Mantan Ketua DPRD Kota Tanjungpinang, periode 20042009 ini berpikir FTZ Pulau Bintan masih bisa diperjuangkan menyeluruh ke pusat. Asalkan Pemko Tanjungpinang, Pemkab Bintan dan Pemprov Kepri didukung DPRD masing-masing mem perjuangkannya. ***

sabda: Makan sahurlah engkau karena makan sahur itu berkah. (HR. Bukhari Muslim) Sayyid Sabiq dalam Fiqih Sunah menjelaskan hal yang menyebabkan berkahnya sahur adalah karena ia menguatkan orang yang berpuasa, menggiatkan, dan memudahkannya. Kapankah waktu yang disebut mengakhirkan sahur yang dilakukan oleh Rasul SAW dan para shahabatnya? Zaid bin Tsabit menjawab itu saat ditanya oleh Anas bin Malik. Dari Zaid bin Tsabit berkata: ”Kami makan sahur bersama Rasulullah SAW, kemudian melaksanakan shalat (Shubuh)”, maka saya (Anas) bertanya: “Berapa kira-kira jarak keduanya?” Zaid menjawab “Lima puluh ayat.” (HR.Bukhari) 2. Menyegerakan Berbuka

Puasa Sunah Ramadan yang kedua adalah menyegerakan berbuka. Rasulullah SAW bersabda: Manusia tetap dalam kebaikan selagi menyegerakan berbuka. (Muttafaq ‘alaih) Ketika matahari telah terbenam dengan jelas, maka disunahkan untuk segera berbuka. Sebaiknya berbuka adalah dengan buah kurma dan jika tidak ada, maka berbuka dengan minum air. 3. Memperbanyak Doa di Tengah Puasa dan Ketika Berbuka Karena doa orang yang berpuasa tidak ditolak oleh Allah SWT, baik saat tengah berpuasa maupun saat berbuka. Rasulullah SAW bersabda: Sesungguhnya doa orang yang puasa pada saat berbuka tidak tertolak. (HR. Hakim, Thabrani, Baihaqi) 4. Menghindari Hal-Hal yang

Bisa Membuat Puasa Sia-Sia Terkadang kita jumpai masyarakat memaknai puasa hanya sekadar menahan makan dan minum. Sementara lisannya, telinganya, atau bahkan tangan dan kakinya melakukan hal-hal yang keji. Rasulullah bersabda tentang hakikat puasa: Puasa bukan hanya sekadar menahan makan dan minum, sesungguhnya puasa itu menahan diri dari hal-hal yang sia-sia dan keji (HR. Hakim dan dia menshahihkan sesuai syarat Muslim). 5. Shalat Tarawih Di antara sunah dalam bulan Ramadan adalah salat tarawih; sebuah ibadah sunah muakkad yang tidak kita jumpai di bulan yang lain. Kesempatan yang langka ini hendaknya kita manfaatkan sebaik-baiknya. Jangan biarkan diri kita kehilangan satu

malam pun untuk salat tarawih. Dari Abu Hurairah RA. Berkata: ”Sesungguhnya Rasulullah SAW menganjurkan salat malam pada bulan Ramadhan tanpa mewajibkannya”, kemudian beliau bersabda:”Barangsiapa yang salat malam pada bulan Ramadan karena iman dan mengharap perhitungan (pahala) akan diampuni dosadosanya yang telah lalu”. (HR. Muslim) 6. Memperbaiki Amal dan Tadarus Alquran Sunah lainnya pada bulan Ramadan adalah memperbaiki amal dan tadarus Alquran. Kita perbanyak tilawah Alquran juga melakukan tahsin tilawah dan mempelajari Alquran dan tafsirnya. *** Penulis adalah Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul ‘Ulum Kota Tanjungpinang

Ingin Untung...................................................................................dari halaman 1

Diterbitkan Oleh: PT Batam Intermedia Pers Terbit sejak tanggal 28 Oktober 2009

: : : : : :

Tanjungpinang. Perlu ada penyelidikan lebih lanjut,” ujarnya. Ditanya mengenai besaran Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tanjungpinang yang dikucurkan ke BPK, Maskur sendiri tidak mengetahui secara pasti. Pertama setiap penganggaran, pemerintah dan BPK sendiri terkesan menutup-nutupi besaran anggaran itu. ”Yang kedua, dana APBN mereka terima langsung tanpa melalui pemerintah daerah. Tentunya ini tidak terawasi juga,” imbuhnya. Maskur hanya menyayangkan, selama ini banyak pihak yang tidak mau tahu dengan masalah BPK FTZ ini. Akhirnya dengan sikap apatis dan cuek inilah yang membuat pengelola badan kawasan tidak maksimal bekerja. ”Sekarang perlu dicari tahu juga, Rp3,9 miliar dari APBN diapakan mereka. Sudah habiskah? Atau sudah dipakai untuk program kerja, kalau ada, pekerjaan apa yang dibuat mereka,” tutup Maskur dengan nada setengah bertanya.

Sunah-Sunah...................................................................................dari halaman 1

TANJUNGPINANG POS

Chairman Chief Executive Officer Presiden Komisaris Wakil Presiden Komisaris Komisaris Direktur

F-ADLY BARA HANANI/TANJUNGPINANG POS

JAGA TRADISI: Belasan bocah di Darusalam, Kampung Baru, Tanjungpinang, membangunkan warga untuk sahur setiap hari selama Ramadan. Sambil memainkan alat-alat musik tradisional, anak-anak belasan tahun ini melakukan kegiatan turun-temurun ini secara sukarela.

akan berubah status dari penyelidikan ke penyidikan. Pihak Kejati Kepri sudah menetapkan dua orang tersangka dalam dugaan korupsi sebesar Rp2,2 Miliar ini. Dua inisial tersangka diungkapkan Kajati Elvis Johnny pada 4 Juli lalu. Dua tersangka tersebut berinisial TA dan RS. Dalam proyek ini TA menjabat sebagai Pejabat Pembuat Komitmen dan RS menjabat sebagai direktur di perusahaan kontraktor. Penetapan kedua tersangka berdasarkan keterangan para saksi yang telah diperiksa sebelumnya.

Pimpinan Umum/GM/Penjab Wakil GM/Pimpinan Perusahaan Wakil Pimpinan Perusahaan Pemimpin Redaksi Wakil Pemimpin Redaksi

: Candra Ibrahim.

Dewan Redaksi

: Candra Ibrahim (Ketua), Arham, Sigik Rahmat, Nurali Mahmudi, Dinir M Sono. : Sutan J Siregar SH.

Ombudsman

: : : :

Arga Permadi. M Nur Hakim. Arham. Sigik Rahmat.

Tindak pidana korupsi ini dilakukan kedua tersangka dengan cara memanipulasi laporan perkembangan pekerjaan proyek. Proyek yang dilaporkan pengerjaannya telah selesai 42,1 persen. Kenyataannya tidak demikian di lapangan. Berdasarkah hasil audit Badan Pemeriksan Keuangan dan Pembangunan, dugaan korupsi sementara sebesar Rp2,2 Miliar. Penahanan keduanya masih belum dilakukan pihak kejaksan. Pasalnya, kasus ini masih dikembangkan dan kemungkinan

besar jumlah tersangka akan bertambah. Terungkapnya dugaan korupsi ini berdasarkan laporan dari masyarakat yang disampaikan kepada pihak kejaksaan. Diduga ada tindak pidana korupsi dalam proyek pembangun UMRAH. Sejumlah orang dipanggil untuk dimintai keterangan. Empat orang baik pihak UMRAH maupun dari pihak kontraktor pada April lalu yakni IM dari pihak konsultan, MY yang berperan sebagai PPTK, AG dan ED dari pihak kontraktor, dan TA yang menjabat sebagai PPK.

Redaktur Pelaksana: Nurali Mahmudi. Koordinator Liputan: Dinir M Sono. Redaktur: Martunas Situmeang, Abdul Rasyid Daulay. Asisten Redaktur: Martua Butarbutar, Slamet Nofasusanto, Abas. Reporter: , Febrima Surya, Taufik A Habu, Yusfreyendi, Andri Dwi Sasmito, Suhardi, Yuni Astuti, Desi Liza Purba, Adly Hanani (Fotografer). Manajer Adm/Umum/Keuangan/HRD : Arga Permadi Manajer Iklan : M Nur Hakim Manajer Pemasaran & EO : Mider Sinaga Kepala Perwakilan Batam : Zakmi Biro Lingga : Tengku Irwansyah Biro Karimun : Alrion Biro Anambas : Roni Kadep Pracetak/Layout/Perwajahan : Heru Irawan (Pjs) Kabag Layout/Perwajahan : Sakban Hasibuan Kabag Pracetak : Rijon Sitohang Staf Pracetak : Fauziahmadrisa Syafrul Amri Jaringan/IT/Online : Syafrinaldi

Dicetak pada : PT Ripos Bintana Press. Isi di luar tanggung jawab percetakan.

Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang dikucurkan untuk proyek pembangunan ruang belajar dan kompetensi mahasiswa UMRAH 2012 ini sebesar Rp13,4 Miliar lebih. Pelaksanaan ini tidak selesai dikerjakan pihak kontraktor. Proyek ini seharus diselesaikan dalam waktu 90 hari. Kenyataannya, proyek ini hanya selesai sekitar 42,1 persen. Temuan lainnya, harga bahan bangunan di mark-up atau digembungkan dari nilai sebenarnya oleh pihak kontraktor agar mendapat keuntungan lebih. *** Tarif Iklan Halaman Muka (FC) Rp. 30.000,-/mm kolom. Halaman Muka ( BW) Rp. 25.000,-/ mm kolom. Halaman Dalam,(FC) Rp. 25.000,-/ mm kolom. Halaman Dalam ( BW) Rp. 15.000,-/ mm kolom. Iklan Umum/Display (BW) Rp. 15.000,-/mm kolom. Iklan Ucapan Selamat (FC) Rp. 7.000,-/mm kolom. Iklan Ucapan Selamat (BW) Rp. 3.500,-/ mm kolom. Iklan Dukacita Rp 3.500,-/mm kolom. Sport Color Rp 7.000,/mm kolom. Advertorial Rp. 5.000,-/ mm kolom.


TANJUNGPINANG POS SABTU 13 JULI 2013

Semarak Ramadan

3

Bagikan 50 Paket Kek Pisang Setiap Hari TANJUNGPINANG - Rombongan Oleh-Oleh didalamnya snack box, kek villa dua varian, Villa Kek Pisang cabang Tanjungpinang, sela- voucher potongan harga Rp10 ribu, dan terama sepuluh hari di bulan khir teh sosro kotak. Ia juga suci Ramadan membagikan menuturkan kegiatan mem50 paket takjil (makanan unbagikan takjil ini selain septuk berbuka puasa, red) keanjang sepuluh hari ke pada pengguna kendaraan depan juga serentak di daer“Kegiatan ini sudah berjalan di simpang lampu merah ah Padang, Banjarmasin, sejak pertama umat muslim Pamedan Ahmad Yani TanBalik Papan, Pekanbaru sermelaksanakan ibadah puasa, jungpinang. ta kota Batam. ”Kegiatan ini sudah ber- sebanyak 50 paket kek yang di Pantauan Tanjungpinang jalan sejak pertama umat Pos, kegiatan tersebut didalamnya terdapat voucher muslim melaksanakan lakukan dimulai pukul 17.00 belanja bagi konsumen yang ibadah puasa, sebanyak 50 sampai menjelang azan mapaket kek yang di dalamnya grib. Satu persatu rombonmenyempatkan belanja olehterdapat voucher belanja gan Oleh-Oleh Villa kek oleh di Villa Kek Pisang bagi konsumen yang Pisang membagikan takjil Tanjungpinang,” menyempatkan belanja yang berisikan voucher beoleh-oleh di Villa kek Pisang lanja tersebut. Ta n j u n g p i n a n g , ” u n g k a p Kepada Tanjungpinang Firman Koordinator Area Pos, Firman menuturkan unFirman, Koordinator Area Villa Villa Kek Pisang cabang tuk memperoleh Kek Villa Kek Pisang Tanjungpinang, Kamis (11/ Pisang berbagai macam vari7) lalu. an, langsung saja ke Villa Firman menjelaskan dalam paket yang dibagi- Kek Pisang Tanjungpinang jalan Merdeka Tankan ke setiap pengguna jalan raya terdapat jungpinang. (adi)

Ajak Hemat dan Sederhana Selama Bulan Ramadan TANJUNGPINANG - Bicara soal ibadah di Bulan Ramadan, Neviana Indriyati, Pengurus Dewan Koperasi Indonesia (Dekopinda) Kota Tanjungpinang, juga punya pesan khusus. Salah satunya adalah mengingatkan agar tidak bersikap berlebih-lebihan, terutama saat berbuka. ‘’Karena sudah menjadi kebiasaan kita, ketika berbuka, segala jenis hidangan yang terpikir maupun terlihat di siang hari akan tersedia di meja makan. Padahal, tak semuanya nantinya bisa termakan,’’ ujar Neviana yang membidangi Pemberdayaan Perempuan dan Pemuda Koperasi ini. Makanya, sempena melaksanakan ibadah puasa ini, Neviana mengimbau kepada umat muslim yang melaksanakan ibadah puasa, agar bisa berhemat dan tidak berlebih-lebihan ketika berbuka puasa. ‘’Harusnya kita mengingat pada salah satu tujuan berpuasa yaitu mengajarkan kita untuk

mengendalikan hawa nafsu, baik itu amarah, riya, berlebih-lebihan dan di samping itu kita harus sabar dalam berpuasa karena berpuasa ini juga termasuk ujian kesabaran, mampukah kita mengendalikan itu,’’ paparnya lagi. Tak jarang ditemukan di tengah masyarakat, lanjut Neviana, setelah dihitung-hitung belanja harian, ternyata untuk berbuka puasa saja, jauh melebihi biaya makan di hari-hari biasa. Padahal sepanjang siang hari kita melaksanakan puasa. ‘’Jadi, marilah kita kembali kepada konsep hidup sederhana, karena hal itu sangat dianjurkan dalam agama Islam maupun agama lainnya. Sederhana dalam berpenampilan, sederhana dalam hidangan berbuka puasa, sederhana dalam kehidupan sehari-hari tidaklah menjadikan diri kita rendah di mata masyarakat,’’ timpal warga Jalan Anggrek Merah Kampung Bulang Tanjungpinang Timur ini.

Dengan tetap sederhana dalam menjalankan ibadah puasa, lanjutnya, mudah-mudahan hal ini bisa memaknai tujuan dan maksud dari ibadah puasa itu sendiri. Menutup imbauanya, Neviana juga tak lupa mengucapkan selamat berpuasa dan mohon maaf lahir batin. (cr16)

Neviana Indriyati

Pelajar Wajib Ikut Pesantren Kilat ANAMBAS - Madrasah Aliyah (MA) Fatahillah menggelar Pesantren Kilat bagi pelajar. Hal ini sesuai dengan kalender pendidikan dan ketentuan Kementerian Agama, selama bulan Ramadan siswa sekolah diwajibkan melaksanakan pesantren kilat. “Siswa-siswi kita wajibkan mengisi kegiatan Ramadan ini dengan pesantren kilat,”ujar Marquzi Khozin, Kepala Sekolah Madrasah Aliyah Fatahillah, Tarempa, kemarin. Menurutnya, oleh Kementerian Agam, kegiatan Ramadan ini nanti akan diserahkan kepada masing-masing sekolah yang dilaksanakan selama 6 hari atau 1 minggu. “Untuk kegiatan pesantren kilat ini, dilaksanakan di sekolah mulai dari pagi sampai usai zuhur, sedangkan untuk malamnya setiap siswa diwajibkan untuk membuat laporan amaliah Ramadan sampai akhir Ramadan,” ujarnya Lanjut Marquzi, selama Ramadan siswa juga bisa mengikuti kegiatan tadarus di

rumah, salat bersama keluarga serta kegiatan agama lainnya. Yang penting kegiatannya terkontrol dengan kegiatan yang sudah disesuaikan seperti format yang terlampir. “ Hasil dari kegiatan ini nantinya akan dinilai, untuk menambah nilai ujian mereka bagi yang tidak melaksanakan tugasnya selama Ramadan selain mendapat sanksi juga tidak akan mendapat nilai,” bebernya. Jelasnya, untuk pembelajaran di madrasah menggunakan dengan konsep 70 persen pembelajaran umum

dan 30 persen pembelajaran agama, dalam arti apa yang di pelajari di SMU pada umumnya sama yang dipelajari di Aliyah. ‘’Jadi masuk Aliyah ini sama halnya dengan masuk SMU, hanya yang membedakan pembelajaran agamanya lebih diperdalam lagi,’’ jelas Marquzi. Khusus di MA Fatahillah, ia mengaku banyak juga siswa-siswinya yang berprestasi punya nilai bagus untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dengan mendapat bantuan beasiswa.(ron)

F-ADI.

MAKANAN: Tim dari Villa Kek Pisang Tanjungpinang saat membagikan paket berbuka puasa di simpang lampu merah Lapangan Pamedan, Jalan Ahmad Yani Tanjungpinang, Kamis (11/7) lalu.

Tadi Malam, Safari Ramadan Perdana

Lis di Bukit Cermin, Syahrul di Kampung Bulang ABAS, Tanjungpinang WALI Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah, mengawali hari pertama safari Ramadan di tengah masyarakat, Jumat (12/7) tadi malam di Masjid Darussalam di Kelurahan Bukit Cermin. Sedangkan Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul, melaksanakan safari Ramadan di Masjid Al Amin di Jalan Stadion Sulaiman Kelurahan Kampung Bulang. Selain menjadi momentum bersilaturahmi dan menyerap aspirasi masyarakat, dalam Safari Ramadan ini Wali Kota dan Wakil Wali Kota juga akan menyerahkan bantuan pembangunan masjid. Bantuan yang disalurkan ini sesuai dengan permintaan pengurus masjid. Dalam kesempatan Safari Ramadan , Lis Darmansyah dan H Syahrul juga menyem-

Lis Darmansyah.

H Syahrul.

patkan diri berbuka puasa, salat magrib dan mengikuti salat tarawih bersama warga. Dalam Safari Ramadan ini orang nomor satu di jajaran Pe-

merintahan Kota Tanjungpinang ini, hadir bersama tim safari yang terdiri dari berbagai unsur pemerintahan mulai dari camat hingga lurah hingga ke-

pala dinas. Pengurus dan jamaah masjid yang dikunjungi rombongan Safari Ramadan ini merasa sangat senang. Karena mereka bisa langsung bertatap muka dan bersilaturahmi dengan Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Kesempatan ini juga dijadikan ajang menyampaikan aspirasi tentang berbagai hal yang dihadapi warga. Tradisi Safari Ramadan ini sudah berlangsung lama dan juga dilakukan kepala-kepala daerah di tempat lainnya. Di Tanjungpinang, era Wali Kota Tanjungpinang Suryatati A Manan lalu, tiap tahun selama Ramadan, juga melakukan Safari Ramadan ke masjid-masjid. Safari Ramadan merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan Pemko Tanjungpinang, melalui Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdako Tanjungpinang. ***


TANJUNGPINANG POS SABTU 13 JULI 2013

4 PENDIDIKAN

Kadisdik: LKS Siswa Kadang Ada Unsur Pornografi ANAMBAS - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Anambas, Herianto, mengatakan terkait temuan buku mata pelajaran SD yang mengandung unsur pornografi, perlu mendapat pengawasan dari berbagai pihak. Termasuk dari dinas pendidikan sendiri. Menurutnya, permasalahan mengenai sejumlah buku mata pelajaran yang ditengarai mengandung unsur pornografi lebih dominan ditemukan pada Lembar Kerja Siswa (LKS, red). “Insyaallah untuk permasalahan buku seperti itu tidak ada di kita. Kadang-kadang hal seperti itu sering ada di LKS beberapa siswa,” ucapnya Jumat (12/6) kemarin. Herianto menjelaskan, mengenai mekanisme pendistribusian sejumlah buku mata pelajaran menggunakan anggaran yang bersumber dari APBD. Saat ini pihaknya tengah fokus pada pergantian kurikulum 2013 di sejumlah sekolah yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas. “Saat ini kita lagi memikirkan pengadaan kurikulum baru. Melalui sekolah. Melalui anggaran kurikulum 2013 sambil berjalan, sambil mengganti sejumlah buku yang disesuaikan dengan pelaksanaan kurikulum tahun 2013. Sehingga perlahan namun pasti, tidak sekaligus,” ungkapnya. Temuan buku paket mata pelajaran yang mengandung unsur pornografi, sempat membuat heboh beberapa daerah di Indonesia. Hal ini setelah adanya seseorang yang melaporkan temuan buku tersebut ke Dinas Pendidikan setempat. Penemuan buku mata pelajaran yang mengandung unsur pornografi diketahui telah terjadi dua kali selama satu tahun ini. Perlunya pengawasan terlebih instansi terkait dalam pengawasan mulai dari proses cetak hingga ke pengendali utama. Sehingga peristiwa serupa tidak kembali terulang. (ron)

BBM

F-RONI/TANJUNGPINANG POS

BERJEJALAN: Kapal pompong masih sarana transportrasi utama yang digunakan masyarakat di Kepulauan Anambas dan sekitarnya. Seperti yang terlihat di foto ini, masyarakat berjejalan di dalam dan di atas pompong yang akan mengantar ke tujuan mereka.

Tak Ada Kompensasi, Tak Ada Dukungan Rencana Penambangan PT NC dan PT WM di Dusun Bukit Belah TENGKU, Dabo WARGA Dusun Bukit Belah, Desa Kuala Raya, belum menyatakan sikapnya atau dukungan terkait dengan rencana masuknya dua perusahaan penambagan

di daerah ini, yaitu PT Nusantara Cakrawala dan PT Welsun Mineral (WM). Warga dusun ini belum menyatakan dukungan atau sikapnya, karena mereka juga belum mendapatkan kepastian kompensasi apa yang akan diberi-

kan dua perusahaan tersebut jika menambang di daerah ini. “Hingga saat ini, kami belum pernah diajak untuk rapat. Untuk membahas kompensasi yang akan diberikan perusahaan itu kalau mereka menambang di

sini,’’ kata Jepri, warga Dusun Bukit Belah, kepada Tanjungpinang Pos, kemarin. Menurutnya, pada dasarnya warga mendukung segala rencana investasi yang masuk di daerahnya. Namun, perusahaan harus dapat memberikan kompensasi untuk masyarakat. “Jangan belum ada kesepakatan aktivitas sudah dilakukan,” ucap nya. Ia menuturkan, informasi yang diterimanya warga dusun lain di

Ongkos Kapal Diusulkan Naik

F-RONI/TANJUNGPINANG POS

TUMBUH: Pesatnya pertumbuhan ekonomi di Anambas tampak dari semakin banyaknya kendaraan bermotor ini. Sekaligus, menuntut peningkatan penggunaan BBM.

Pemkab Anambas Minta Tambahan ke Pertamina ANAMBAS - Masalah Bahan Bakar Minyak (BBM) menjadi salah satu komponen penting dalam roda perekonomian masyarakat di Anambas. Kendati harga kenaikan BBM sudah diumumkan, namun tidak jarang masalah kelangkaan BBM ini kerap terjadi di beberapa wilayah di Anambas Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, Eka Saputra enggan berkomentar banyak saat disinggung mengenai ketersediaan bensin selama Bulan Suci Ramadan 1434 H. Dirinya mengaku belum mendapat informasi mengenai hal tersebut. “Belum ada informasi, nanti lah kalau sudah ada informasi akan kita kabari kembali,” ucapnya saat dihampiri wartawan, Jum’at (12/6) kemarin. Ditambahkannya, pihaknya saat ini terus melakukan koordinasi dengan pihak di Batam perihal ketersediaan BBM termasuk adanya penambahan kuota guna mencukupi kebutuhan BBM ini. “Minggu depan baru surati ke Batam. Insyaallah aman. Jadi, saya belum bisa berkomentar banyak. Nanti, ya, kalau sudah ada informasi saya beritahu kembali,” ucapnya. Eka juga pernah menyampaikan adanya kelangkaan yang terjadi disebabkan oleh meningkatnya kebutuhan akan BBM di wilayah Anambas. Adapun untuk saat ini total kuota yang diberikan oleh Pertamina untuk Kabupaten Anambas berjumlah 720 ton. Sementara, perkiraan besaran kebutuhan daerah Kabupaten Anambas berkisar 950 ton per bulannya. Dengan rincian perkiraan 300 ton untuk bahan bakar jenis solar, 400 ton untuk premium, serta 250 ton untuk minyak tanah. Dengan kebutuhan yang semakin meningkat, Pemerintah Kabupaten Anambas juga membuka peluang bagi industri untuk menyalurkan bahan bakar non subsidi kepada masyarakat. Ditempat terpisah, Bupati Kabupaten Anambas T Mukhtaruddin mengatakan saat ini minyak industri (non subsidi, red) sudah digunakan oleh kendaraan pemerintahan dan dunia usaha. “Minyak subsidi kita prioritaskan kepada masyarakat terutama para nelayan. Nelayan ini sangat membutuhkan minyak subsidi. Untuk pemerintahan dan sektor usaha sudah menggunakan minyak industri,” pungkasnya. (ron)

LOWONGAN KERJA

F-TENGKU/TANJUNGPINANG POS

TALANGI: Pertemuan asosiasi, SPKP PNPM saat menerima dana talangan dari kelompok untuk membantu kelompok yang bermasalah.

Asosiasi SPKP Talangi Utang LINGGA - Asosiasi kelompok Simpan Pinjam Khusus Perempuan (SPKP) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Kecamatan Singkep, membayarkan tunggakan 46 anggota kelompok SPKP yang berjumlah sekitar Rp12,542 juta. Dengan pembayaran tersebut berarti saat ini tidak lagi tunggakan SPKP kepada PNPM. “Pembayaran hutang kelompok bermasalah ini, adalah hasil talangan asosiasi. Kalau hutang ini tidak dibayarkan akan berpengaruh pada pemberian pinjaman pada tahap

DIBUTUHKAN KARYAWAN

Dibutuhkan segera :

KA. ACCOUNTING Syarat :

1. Wanita/ pria 2. Min. SMK sederajat 3. Pengalaman dibidang accounting 4. Disiplin & tanggung jawab Lamaran diantar langsung ke :

PT Sumber Seri Sekawan Telp. 0771-319072 Jl. D.I. Panjaitan Km.7 Belakang Morning Bakery Bt.7

Syarat Ÿ Ÿ Ÿ Ÿ Ÿ

Kuala Raya, sudah pernah melakukan pertemuan dengan dua perusahaan lainnya. Namun tidak dengan warga Bukit Belah. Kondisi ini, jelas membuat warga menduga ada permainan antara perangkat desa dengan pengusaha tambang. “Dampak pertambangan dirasakan langsung oleh warga Bukit Belah, kenapa kami tidak pernah diiutkan dalam rapat,” imbuhnya. ***

Laki-laki >18th Tidak merokok Punya kendaraan sendiri Penampilan menarik Jujur, rajin, ramah Lamaran antar/ kirim ke :

JUS MAMA Ruko Bintan Permata Indah C-5 Jl. Ganet Km.11 Tg.Pinang 0771-7335954 0812 7034685, 085668836800 Atau di outlet-outlet Jus Mama - Djoto Supermarket - RM. San San Seafood Email : surya_di2006@yahoo.com

selanjutnya,” kata Ketua Asosiasi SPKP, Askeri LR, kemarin. Menurutnya, asosiasi kelompok SPKP ini dibentuk pada Bulan Mei 2013, lalu. Tujuannya, untuk menyelesaikan persoalan yang dihadapi kelompok SPKP yang bermasalah dalam melakukan pembayaran pinjaman dan persoalan lainnya di Kecamatan Singkep. “Dengan adanya asosiasi ini, diharapkan tujuan SPKP dapat berjalan sesuai tujuannya. Yaitu membantu usaha perempuan untuk mengembangkan usaha. Program

KANTOR BJK MENCARI LAHAN YANG BISA DIAJAK KERJASA SAMA BAGI HASIL UNTUK PERUMAHAN DENGAN SYARAT :

1. Kawasan Tanjungpinang 2. Luas antara 5000M-10H 3. Sertikat 4. Tidak timbun/rawa

Telp : 0771 335842 HP : 0852 6427 5866 0852 7220 6666

Bagi yang ada info lahan biar cepat HUB : KANTOR BJK BINTAN JAYA TANJUNGPINANG Alamat Jl. Raya Uban dekat Rumah Sakit Provinsi KM.8 Tanjungpinang Email : bjkgroup23@gmail.com

ini, sangat membantu. Sayang jika dihentikan, karena ada kelompok yang bermasalah,” ungkapnya. Sementara itu PNPM Kecamatan Singkep, Suherman, mengatakan hadirnya asosiasi ditengah-tengah kelompok SPKP, merupakan merupakan tulang punggung dalam membantu kelancaran kegiatan bagi kelompok. Tunggakan yang terjadi bagi kelompok, merupakan pelajaran yang sangat penting bagi semua kelompok. “Mudah-mudahan ini tidak terjadi lagi di masa-masa datang,” kata Suherman. (tir)

DIBUTUHKAN SEGERA Manajer Syarat : 1. Pria 2. Berpengalaman mengelola karaoke keluarga min. 2 thn 3. Bersedia ditempatkan di luar Tanjungpinang

Supir Syarat : 1. Memiliki SIM A 2. Mengerti jalan di Tanjungpinang 3. Jujur Lamaran dikirim ke :

Ruko D’Green City Blok A1 No. 6-7 Simpang Dompak Email : rudyoei@yahoo.com

LINGGA - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Pemkab Lingga, mengajukan draf ongkos pelayaran lokal di Kabupaten Lingga. Besaran ongkos yang diajukan ini, rata-rata naik Rp10 ribu untuk berbagai tujuan. Draf usulan yang diajukan operator pelayaran ini, nantinya akan diajukan ke Bagian Hukum Sekretariat Pemkab Lingga untuk ditelaah sebelum disetujui Bupati Lingga. “Draf sudah kami kirimkan ke bagian hukum. Setelah itu baru diajukan ke bupati untuk dibuat SK,” kata Kadishubkominfo Pemkab Lingga melalui Kabid Perhubungan Laut, Mawardi, Jumat (12/7). Dilanjutkannya, rapat koordinasi pengajuan tarif transportasi laut ini, telah tiga kali digelar. Rapat pertama tidak dapat disimpulkan, karena banyak operator pelayaran yang tidak mengikuti rapat begitu juga dengan rapat kedua. “Rapat ketiga, barulah semua operator pelayaran hadir. Draf usulan yang diajukan merupakan usulan dari operator yang telah dipertimbangkan oleh dinas,” ucapnya. Dituturkannya, untuk ongkos

speedboat jurusan Dabo-Tanjung Buton diusulkan jadi Rp50 ribu dari Rp40 ribu. Kemudian dari Dabo - Pulau Lalang jadi Rp50 ribu dari Rp40 ribu. Selanjutnya dari Dabo-Pulau Berhala jadi Rp110 ribu dari Rp100 ribu. Dan, speedboat dari Pancur ke Senayang jadi Rp40 ribu dari Rp30 ribu. “Begitulah seterusnya, ratarata naik Rp10 ribu,” ucapnya. Ketika ditanyakan, apakah ada ada perwakilan masyarakat yang ikut rapat koordinasi penuntuan harga transportasi laut ini, Mawardi menyebut, rapat koordinasi ini, tidak dihadiri oleh perwakilan masyarakat. “Setelah ini, baru kita ajak undang masyarakat untuk rapat,” sebutnya. Ditegaskannya, Mawardi untuk ongkos tranportasi ke Kota Tanjungpinang dan Batam, akan ditentukan oleh pihak Provinsi Kepri melalui SK gubernur. “Ongkos ke Tanjungpinang dan Batam ditentukan provinsi. Untuk feri yang singgah di pulau sebelum ke Pinang ongkosnya, Tanjung Buton-Jagoh Rp40 ribu, Tanjung Buton-Pulon Rp60 ribu. Tanjung Buton-Tanjung Kelit, Rp60 ribu dan TanjungButon-Rejai Rp60 dan Tanjung Buton-Pulau Benan Rp90 ribu,” imbuhnya. (tir)


5

SABTU 13 JULI 2013

Resep Sarden Ala Cynthiara Alona RAMADAN memang menjadi bulan yang banyak menyediakan aneka ragam jenis makanan. Banyak jenis makanan yang bermunculan kala Ramadan sebagai hidangan sahur dan berbuka. Namun, bagi Cynthiara Alona untuk menu sahur dirinya terbiasa menyajikan masakan yang simple, sarden adalah salah satunya. ”Biasanya yang simple seperti sarden, sup atau ayam goreng. Yang cepet dimasak. Bangun kan jam setengah 4. Jadi biar ga buru-buru masaknya,” katanya. Dan Alona pun memberikan resep rahasianya untuk memasak sarden. ”Ya sediakan ikan sardennya dulu. Terus kasih bumbu cabe, bawang putih, bawang merah. Trus dikasih bumbu garem dikit,” lanjut Alona. Untuk mendapatkan rasa yang sedap, Alona memilih menggunakan rempah-rempah, bukan penyedap rasa. ”Aku paling anti memakai penyedap rasa. Makanya pakai rempah-rempah gitu,” tandasnya. (net)

ULTAH WARGA

Ussy Sulistiawaty Jakarta 13 Juli 1980

CANCER 22 Jun - 22 Jul JANGAN khawatir tentang rahasia seseorang. Dia atau dia mungkin berusaha untuk mengejutkan anda. Jadilah kreatif tentang investasi anda dan anda akan membuat keuntungan keuangan.

LEO 23 Jul - 22 Agt ANDA akan berada di puncak dunia hari ini jika anda terlibat dalam peristiwa yang akan memungkinkan anda menunjukkan kemampuan kepemimpinan anda. Anda akan berada dalam suasana hati yang mengambil biaya dan harus mampu mengesankan siapapun yang berbicara dengan anda.

GEMINI 22 Mei - 21 Jun ANDA mungkin mengirimkan sinyal ganda hari ini. Pastikan anda tidak mengarah pada seseorang, pastikan anda rasakan sebelum anda berbicara tentang rencana masa depan

TAURUS 21 Apr - 21 Mei ANDA mungkin bingung tentang masa depan dan apa yang ingin anda lakukan untuk hidup, tapi hari ini anda harus kesampingkan semuanya itu dan fokus pada melakukan pekerjaan sebaik mungkin. Kemungkinan yang baik bahwa anda menemukan jalan anda.

ARIES 21 Mar - 20 Apr HAL yang memerlukan bantuan dalam memecahkan. Anda akan tertarik oleh seseorang yang sama cerdas dan intelektual seperti anda.

CAPRICORN 22 Des - 20 Jan PASTIKAN anda memiliki segalanya dalam rangka dan menyadari apa tanggung jawab untuk orang lain. Jika anda berada di puncak permainan, kemajuan akan menjadi milik anda.

LIBRA 24 Sep - 23 Okt MULAI proses untuk terlibat dalam hal hal yang suka anda lakukan. Cinta mengudara dan anda jangan ingin kehilangan fungsi yang mengarah ke hari yang menarik.

SCORPIO 24 Okt - 22 Nov INI adalah hari keberuntungan anda. Cek out peluang investasi tapi jangan mengambil resiko yang tidak perlu. Ikuti firasat anda

AQUARIUS 21 Jan - 19 Feb ANDA akan memiliki begitu banyak ide bagus hari ini, tapi jangan mencoba pergi melakukan semuanya sekaligus. Kaca diri anda dan anda akan mendapatkan sesuatu. Sisi romantis mungkin terungkap.

PISCES 20 Feb - 20 Mar ANDA mungkin mengecewakan teman lama dengan tindakan yang anda buat. Pertimbangkan mengapa anda sedang mendendam. Ini mungkin terlalu terlambat untuk mundur

VIRGO 22 Agt - 22 Sep BERGERAK maju dengan hati hati. Menjadi terlalu percaya diri akan menghasilkan kehilangan sesuatu yang anda seharusnya menyadari. Jangan tertipu.

SAGITARIUS 23 Nov - 21 Des TIDAK semua orang akan setuju dengan anda hari ini, tetapi jika anda mengikuti naluri anda sendiri. Anda akan mendapatkan cara anda. Nikmat akan di berikan dan teman teman baru akan mengembangkan.

SORAYA Larasati kini tampil beda dengan menggunakan hijab. Dia mengaku, sudah melakukannya sejak satu bulan lalu. Menurut Soraya, keinginan berhijab sudah terpikirkan sebelum ia menikah. Dia juga mengaku, jika kesadaran tersebut datang dari dirinya sendiri, bukan dorongan sang suami. ”Dari dulu sudah ingin berhijab, suami juga dorong dari sebelum nikah. Kalau bisa nikah nanti hijab ya. Tapi aku maunya atas kesadaran sendiri. Habis melahirkan merasa penuh berkah,” ucap Soraya ditemui di Hotel Mulia, Jakarta Pusat. Ibu anak satu ini mengungkapkan, memutuskan untuk menggunakan hijab bukanlah hal yang mudah. Apalagi, Soraya selalu merasa penampilannya tidak pernah sempurna. ”Banyak jalani yang enggak gampang. Kayak ada yang kurang. Banyak petunjuk, dikasih buku, ceramah Jumat. Mungkin itu sign, jadi aku coba jalani saja,” terangnya. (net)

Soraya Larasati

Berhijab Bukan Dipaksa Suami

Gaya & Selebriti

Ginanjar

Ingin Masuk Surga dengan Jadi Pelawak

KOMEDIAN Ginanjar mengatakan, pekerjaannya di dunia hiburan merupakan sebuah aset menuju akhirat. Menurutnya, dengan menghibur banyak orang, dia akan mendapat pahala. “Kita kan seorang entertaint, pasti banyak yang kenal. Menurut saya, banyak banget

ladang pahala buat entertaint. Dengan kita menebar senyum ke setiap orang yang menyapa kita di jalan saja, itu sudah merupakan sebuah kebaikan,” ujar Ginanjar. Personel grup lawak 4 Sekawan ini menganggap, porsi pahala seseorang yang bekerja di dunia hiburan, lebih banyak dibandingkan orang lain. Oleh karenanya, Ginanjar ingin membahagiakan semua orang. “Saya merasa enggak harus melulu jadi seorang penghibur ketika di atas panggung. Saat sedang tidak manggung pun, menurut saya harus tetap menyenangkan orang lain. Saya tidak mau menyia-nyiakan semua bentuk kebaikan yang bisa saya lakukan, walaupun itu cuma sebatas hal kecil. Ya apa salahnya sih, sekedar menyapa penggemar yang kebetulan ketemu sama kita di jalan. Kebaikan kan bisa kita lakukan di mana-mana,” terangnya. (net)

Sule

Curhat Masa Hidupnya sebelum Sukses MENJADI pelawak sukses bukanlah perkara mudah bagi Sule. Ia pernah melewati masa-masa pilu diawal karirnya sebagai seorang komedian. "Saya dulu seniman kampung, yang istilahnya pernah ngerasain bulan puasa nggak ada job. Saya ngerasain sampai beberapa tahun," kenang Sule. Perlajanan karir pria bernama asli Entis Sutisna mulai terbuka ketika ia mengikuti ajang pencarian bakat API (Audisi Pelawak Indonesia) yang digelar TPI (sekarang MNCTV) ketika itu. Setelah dikenal masyarakat le-

wat ajang itu nama Sule mulai dikenal luas dan karirnya pun kian cemerlang. "Teman-teman saya di Bandung atau di mana juga pernah merasakan hal seperti itu. Jadi saya sekarang mendapat pekerjaan syukur alhamdulillah," kata Sule. Pria berdarah Sunda itu mengakui, a sempat merasa miris tidak bisa membelikan sepatu untuk anaknya merayakan lebaran. "Dulu ngemis-ngemis buat beliin sepatu anak, nggak kebeli. Sekarang harus disyukuri," kenangnya lagi. (net)

Hengky Kurniawan

Pilih Sahur dan Buka Puasa di Lokasi Syuting AKTOR Hengky Kurniawan merasakan perbedaan bulan Ramadan tahun ini dari sebelumnya. Kali ini, dia berstatus sebagai duda beranak satu. Mulai dari sahur hingga berbuka puasa, dia menjalaninya sendiri. "Perbedaan dengan tahun lalu pasti ada-lah. Kalau tahun lalu Ramadan masih sama keluarga, kalau sekarang sendiri. Buka dan sahur kebanyakan di lokasi syuting," kata Hengky. Hengky tak memungkiri, dia merindukan momen berkumpul dengan keluarga di bulan Ramadan. "Manusiawi ya, yang namanya kangen sih pasti ada, tapi yang penting saat ini ya ibadahnya, bagaimana kita menjalani ibadah puasanya," tukasnya. Dengan banyaknya aktivitas selama bulan Ramadan, mantan suami Christy Jusung

itu mengaku tidak terlalu merasakan kesepian. "Ya, paling ditemenin kru," tandasnya. (net)


TANJUNGPINANG POS SABTU 13 JULI 2013

6

Keisuke Honda

Milan Sepakati Transfer Honda MILAN - AC Milan segera mendapatkan pemain buruannya Keisuke Honda. Rossoneri dikabarkan telah mencapai kesepakatan untuk menggaet pemain CSKA Moskow itu secara cuma-cuma di Januari. Menurut laporan Sky Sport 24, saudara dan agen Honda telah bertemu dengan wakil presiden Milan Adriano Galliani beserta seorang perantara Ernesto Bronzetti pada hari, Rabu (11/7). Pada pertemuan itu, mereka membicarakan soal kesepakatan untuk Honda dan Milan setuju untuk memboyong si pemain setelah kontraknya berakhir pada Januari 2014. Disebutkan pula kesepakatan itu bisa saja akan dimajukan pada musim panas ini. Namun, untuk mewujudkan itu Milan mesti menjual beberapa pemain dalam beberapa pekan ke depan. Demikian diwartakan Football Italia. Honda menjadi salah satu pemain kunci CSKA meraih gelar liga dan Piala Rusia pada musim lalu. Gelandang serang berusia 27 tahun ini membukukan sembilan gol dalam 28 pertandingan. (net)

Martin Demichelis

JOVETIC KEMAHALAN TURIN - Antonio Conte menutup kans Juventus untuk mendatangkan Stevan Jovetic dari Fiorentina. Allenatore Juve itu menilai harga Jovetic terlalu tinggi untuk klub-klub di Italia. Fiorentina mematok harga sebesar 30 juta euro untuk pesepakbola berkebangsaan Montenegro itu. Di antara beberapa klub Eropa yang tertarik untuk memboyong Jovetic, Juve adalah salah satunya. Namun harga itu dinilai terlalu tinggi oleh Juve. Karenanya, mereka menyiapkan pemain plus uang tunai sebagai mahar yang akan dibayarkan untuk mendapatkan Jovetic. Tapi Fiorentina tetap pada pendiriannya. La Viola hanya akan melepas pemain 23 tahun itu jika Juve membayar tunai sebesar 30 juta euro dan bukan dengan pertukaran pemain. Presiden Fiorentina, Andrea Della Valle, beberapa hari lalu juga sudah mengeluarkan ultimatumnya untuk Juve soal transfer ini. Kini Conte mengindikasikan bahwa Juve mulai mundur dari perburuan Jovetic. Dia menyebut harga Jovetic terlalu mahal untuk klub-klub Italia, termasuk Juve. "Jovetic punya harga yang tinggi, tapi itu beralasan," sahut Conte dalam konferensi pers seperti dikutip Soccernet. "Dia adalah pemain top dan dia bisa berharga bahkan lebih dari 30 juta euro di masa depan. Dia akan pergi ke klub yang punya uang sebanyak itu, dan itu tidak di Italia. Klub-klub lain di Eropa lebih baik dari kami," imbuhnya. Juventus Datangkan Ogbonna Juventus memperkuat lini belakang mereka dengan mendatangkan bek tim nasional Italia, Angelo Ogbonna. La Vecchia Signora menggaet Ogbonna dari tim sekota mereka, Torino. Lewat situs resminya, Juve menjelaskan detail transfer Ogbonna. Mereka

membeli bek berusia 25 tahun itu seharga 13 juta euro. Jumlah ini akan dibayar secara bertahap dalam waktu tiga tahun ke depan. Nilai transfer Ogbonna bisa bertambah 2 juta euro di waktu mendatang kalau si pemain memenuhi target-target tertentu yang telah disepakati oleh Juve dan Torino. Setelah melewati tes medis, Ogbonna menandatangani kontrak dengan Juve. Pemain keturunan Nigeria itu dikontrak selama lima tahun. Nama Ogbonna mulai mencuat setelah dia tampil impresif bersama Torino. Dia untuk pertama kalinya dipanggil ke timnas Italia pada tahun 2011, ketika klubnya masih bermain di Seri B. Ogbonna hingga kini telah mengoleksi enam caps bersama Gli Azzurri. Ogbonna menjadi pemain baru ketiga Juve di musim panas ini. Sebelumnya, Fernando Llorente dan Carlos Tevez lebih dulu bergabung dengan Bianconeri. (net)

Stevan Jovetic

SPURS BURU STRIKER Atletico Resmi Dapatkan Martin MADRID - Atletico Madrid telah sukses mendapatkan pemain bertahan Malaga, Martin Demichelis dengan free transfer. Pihak klub telah mengkonfrimasi di situs resmi, Kontrak bek berusia 32 tahun ini telah berakhir pada musim panas ini. Sebenarnya pihak Malaga sendiri berniat untuk memberinya perpanjang kontrak, bahkan River Plate berniat memulangkannya kembali ke Argentina. Namun Demichelis memutuskan untuk bergabung bersama Atletico Madrid. Ia sudah sukses melewati tes medis dan menandatangani kontrak selama 1 musim di Vicente Calderon. “Martin Demichelis telah menandatangani komitmennya dengan Atletico Madrid selama semusim.� bunyi pernyataan di situs resmi Atletico Madrid. Demichelis merupakan salah satu pemain kunci Malaga yang sukses menoreh sejarah klub mencapai babak perempat final Liga Champions musim lalu. Ia memiliki torehan caps sebanyak 84 kali bersama Malaga di ajang La Liga sejak tahun 2010 dan menciptakan 7 gol. (net) Thiago Silva

LONDON - Musim lalu kegagalan Tottenham Hotspur finis empat besar sedikit banyak dipengaruhi tumpulnya lini depan mereka. Untuk itu The Lilywhites diminta fokus mendatangkan pemain depan top di bursa transfer kali ini. Spurs memang mencetak 66 gol musim lalu, tapi jumlah itu kalah dibanding Liverpool yang cuma finis di posisi ketujuh dan menorehkan 77 gol. Duet penyerang mereka, Emmanuel Adebayor dan Jermain Defoe, total cuma bikin 15 gol masih kalah dibanding Gareth Bale yang bikin 23 gol. Mandulnya lini depan Spurs ini berakibat kegagalan mereka merebut tiket ke Liga Champions meskipun sampai pertengahan musim Spurs masih duduk di posisi tiga besar. Seiring penampilan Bale yang sempat menurun, ketajaman tim asal London Utara itu juga ikut terganggu. Praktis sepanjang musim lalu Spurs cuma bertumpu pada Defoe dan Adebayor sebagai penyerang, dengan Clint Dempsey kadang-kadang didorong ke depan.

Christian Benteke

Hal ini tentunya tak ingin terulang lagi musim depan jika Spurs ingin bersaing di papan atas atau minimal menuntas-

Ronaldinho Mentor Awal Messi

Thiago Bantah Sepakat dengan Barca PARIS - Thiago Silva memang punya mimpi bermain untuk Barcelona. Tapi, dia membantah kabar yang menyebutkan dirinya sudah mencapai kesepakatan untuk pindah ke klub raksasa Spanyol itu. Adalah surat kabar Sport yang mengembuskan kabar Silva sudah mencapai kesepakatan kontrak tentatif dengan Barca. Menurut laporan yang sama, Barca kini tinggal mengajukan penawaran harga ke klub pemilik Silva, Paris Saint-Germain. Lebih lanjut lagi, disebutkan bahwa Silva sudah menyetujui kontrak lima tahun dengan Barca. Bek asal Brasil itu juga disebut akan menerima gaji "level dua" di Los Cules, setara dengan yang diterima Xavi Hernandez dan Andres Iniesta. Tapi, laporan Sport tersebut mendapatkan bantahan dari pihak Silva. Silva dan agennya menegaskan bahwa mereka bahkan tak pernah bertemu dengan perwakilan Barca. "Thiago Silva dan agennya Paulo Tonietto menyangkal kesepakatan apa pun terkait transfer ke Barcelona, seperti yang telah dipublikasikan oleh surat kabar Spanyol Sport," demikian pernyataan pihak Silva yang dikutip Sky Sports. "Selain itu, kami menegaskan bahwa tidak ada pertemuan atau kesepakatan dengan klub Catalan itu, dan si pemain terikat kontrak dengan PSG." (net)

kan musim di posisi empat besar. Maka dari itu Spurs pun harus membeli striker berkualitas di musim panas ini dan menepikan dulu pemain di posisi lain. Sampai saat ini Spurs justru baru mendatangkan Paulinho yang berposisi gelandang, sementara David Villa yang jadi incaran mereka sudah gabung ke Atletico Madrid. Target mereka kini adalah penyerang Aston Villa, Christian Benteke, yang cetak 19 gol musim lalu. "Saya memang penyerang tapi saya tidak bisa menjadi satu-satunya penyerang di klub ini. Selama bertahun-tahun, klub yang memenangi titel juara punya banyak striker," ujar Defoe speerti dilansir Soccernet. "Ketika Manchester United meraih treble di tahun 1999, mereka punya penyerang-penyerang luar biasa seperti Andy Cole, Teddy Sheringham, Ole Gunnar Solksjaer dan Dwight Yorke Anda butuh itu," sambungnya. "Jika Anda ingin tampil baik maka penting adanya persaingan di tim Anda. Itu jelas akan membuat kami mencetak lebih banyak gol," demikian dia. (net)

Ronaldinho Lionel Messi

BARCELONA - Masuk skuat utama Barcelona yang diisi banyak pemain bintang bukan hal mudah bahkan untuk Lionel Messi sekalipun. Mengenang

kembali debutnya bersama The Catalans, Messi dapat banyak bantuan dari Ronaldinho. Messi melakukan debutnya bersama

Barcelona pada sebuah laga ujicoba dengan FC Porto pada 16 November 2003. Tak sampai setahun kemudian dia dapat kepercayaan dari Frank Rijkaard turun di pertandingan La Liga dalam pertandingan dengan RCD Espanyol pada 16 Oktober 2004. Dengan usianya saat itu baru 16 tahun, Messi mengaku sempat mengalami kesulitan di periode awal dia menembus skuat utama Barca. Apalagi di sana berkumpul nama-nama besar. Adalah Ronaldinho yang kemudian membantunya beradaptasi dengan skuat utama Barca. Selain terus memberi semangat, Ronaldinho juga jadi mentor buat Messi di periode tersebut. "Saya selalu bilang, sejak saat pertama saya berjalan masuk ke ruang ganti pemain, Ronaldinho dan pemain asal Brasil seperti Deco, Sylvinho dan Motta, menyambut saya dan memberikan banyak hal untuk saya. Tapi terutama Ronaldinho, karena dia dihormati oleh tim. Saya banyak belajar dengan berada bersamanya dalam satu tim," sahut Messi seperti diberitakan Marca. Pernyataan Messi tersebut terekam dalam sebuah video yang dipersiapkan Barcelona untuk memperingati 10 tahun bergabungnya Ronaldinho dengan Barcelona. Selain berkontribusi dengan aksiaksinya di atas lapangan, Ronaldinho ternyata punya peran besar 'membimbing' Messi melewati tahun-tahun pertamanya di Barcelona. "Itu bantuan besar yang dia berikan pada saya. Tidak pernha mudah masuk ke runag ganti dalam usia 16 tahun dan dengan kondisi yang saya alami. Ronaldinho membuat semuanya lebih mudah. Saya beruntung bisa mengenalnya dan berbagi bermacam hal dengannya. Saya katakan kalau dia adalah individu yang hebat, dan itu adalah yang paling penting," lanjut dia. (net)

Fasilitas Mewah Monaco untuk CR7 MADRID - Meski Real Madrid dikabarkan telah siap menaikkan gaji Cristiano Ronaldo, peluang dia pergi tetap terbuka lebar. Sebuah media cetak di Prancis mengklaim CR7 sudah bertemu dengan bos besar AS Monaco. Dengan masa depannya yang terus jadi spekulasi, Ronaldo paling tidak dikaitkan dengan dua klub berbeda di bursa transfer musim panas ini. Selain sempat disebut-sebut bakap pulang ke Manchester United, Manchester City diklaim sudah menawarkan dana dalam jumlah besar untuk menariknya ke Etihad Stadium. Tapi saat duo Manchester itu masih sebatas wacana dalam upaya mendatangkan Ronaldo, langkah cepat dilakukan Monaco. Bos besar Monaco, yang juga merupakan sosok di balik transformasi klub tersebut menjadi salah satu yang terkaya di Eropa, Dmitry Rybolovlev, disebut sudah bertemu langsung dengan Ronaldo. Adalah media Le10Sport yang mengeluarkan klaim tersebut. Pertemuan antara Ronaldo dan Rybolovlev disebut terjadi pekan ini di Monaco, saat Ronaldo menghadiri sebuah pesta di sana. Disebut juga kalau pertemuan tersebut juga melibatkan Jorge Mendes yang adalah agen CR7. Monaco disebut berupaya membujuk Ronaldo untuk bergabung dengan mereka di musim panas 2014, dengan asumsi mereka sudah lolos ke Liga Champions untuk musim 2014/2015. Selain menawarkan gaji besar, Rybolovlev juga mengiming-imingi pesepakbola asal Portugal itu dengan berbagai fasilitas mewah di Monaco. Dikutip dari AS, Ronaldo membenarkan dirinya baru saja mendatangi Monaco untuk berpesta. Namun di sana dia tak bertemu dengan Rybolovlev dan menyangkal akan pindah ke klub tersebut. "Saya tidak pernah datang ke klub dan bertemu dengan pemiliknya, sekarang saya sangat bahagia di Real Madrid. Ke Monaco, itu hanya liburan saja," jelas Ronaldo. (net) Cristiano Ronaldo


TANJUNGPINANG POS SABTU 13 JULI 2013

7

BUPATI TINJAU PELAKSANAAN SEJUMLAH PROYEK

Jalan Puakang Dilebarkan 7 Meter ALRION TAMBUNAN Karimun

F-DOK/TANJUNGPINANG POS

SURVEI: Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepri dan tokoh masyarakat Desa Tanjung Hutan Kecamatan Buru Kabupaten Karimun melakukan survei lokasi bencana akibat gelombang pasang, belum lama ini.

BUPATI Karimun, Nurdin Basirun melakukan peninjauan beberapa proyek bagian dari program kerja pembangunan yang telah disusun sebelumnya oleh Pemkab Karimun melalui Dinas Pekerjaan Umum PU (PU). Pelaksanaan pembangunan tugu MTQ dan tulisan Karimun di coastal area menjadi proyek yang ia tinjau, kemarin. Nurdin Basirun ingin melihat sejauh mana proyek tersebut dikerjakan mengingat harus selesai pada bulan April 2014 mendatang. Sebab, Karimun jadi tuan rumah MTQ tingkat Provinsi Kepri. Peninjauan dilanjutkan ke proyek pembuatan batu miring dan penahan ombak mulai dari jembatan satu sampai jalan lingkar tahap dua yang direncanakan harus siap tahun ini. Akan dibangun juga tambatan perahu nelayan di Sei ayam, Tebing. Nantinya disana akan menjadi tambatan perahu nelayan dan sekaligus menjadi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) untuk Pulau Karimun. Jika berjalan sesuai rencana, semuanya didukung dengan dana yang cukup. Proyek tersebut siap sebelum tahun 2016. Kabag Humas Pemkab Karimun, M

Yosli ST, mengatakan, kemudian bupati melanjutkan peninjauan proyek lain yaitu rencana pelebaran jalan di bilangan Puakang, Karimun menuju Pasar Puan Maimun. Jalan ini direncanakan dilebarkan 7 meter. Ini yang sedang dibahas. Pelebaran jalan ini mengenai lahan warga. Namun belum diketahui apakah akan diberikan ganti rugi atau tidak. “Atau pemiliknya bisa menghibahkan kepada pemerintah, karena diperuntukkan untuk kepentingan umum,” ujar Yosli yang ikut mendampingi bupati, Jumat (12/7). Pada prinsipnya, kata dia, warga di sekitar Puakang Karimun mendukung program pelebaran jalan itu. Apalagi pelebaran jalan dilakukan sekarang di saat kondisi jalan belum macet. Nantinya, akan adajuga proyek lanjutkan pembangunan jembatan dari Pasar Puan Maimun disambungkan ke Kolong Laut dan jalan pantai Pak Imam. Usulan ini sudah masuk dalam rencana pembangunan Karimun. Tinggal pembahasan anggaran di APBD Karimun tahun 2014 atau 2015 kemungkinan akan dilaksanakan. “Ada juga upaya penambahan dana dari APBD Provinsi Kepri dan APBN,” ujar Yosli mengakhiri. ***

Safari Ramadan Sekaligus Tampung Aspirasi KARIMUN - Wakil Bupati Karimun, Aunur Rafiq memberikan santunan kepada pengurus Masjid Al Falah, Sei Pasir, Meral Karimun, Jumat (12/7) usai pelaksanaan Salat Jumat. Selain memberikan santunan, ia juga melihat proses pembangunan Masjid Al Falah yang saat ini sedang berlangsung. Kesempatan itu digunakan Aunur melakukan temu ramah dengan jamaah masjid di Sei Pasir. Kepada warga ia berpesan agar masyarakat dapat melaksanakan ibadah puasa dan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT. Tahun ini tidak ada terjadwal secara khusus safari ramadan ke Masjid Al Falah. Bertepatan dengan kesempatan yang ada, dilakukan safari ramadan ke masjid di luar yang sudah terjadwal. Ramadan kali ini, Pemkab Karimun melakukan safari ramadan yang terbagi dalam dua kelompok

yakni rombongan Bupati Karimun dan Wakil Bupati Karimun tujuan Pulau Kundur, Moro dan di Pulau Karimun Besar. Kegiatan safari ramadan disejalankan dengan pemberian santunan pengurus masjid, pembangunan masjid dan penjelasan tentang program pembangunan yang dijalankan pemerintah. Ajang safari ramadan juga menjadi ajang menjaring aspirasi masyarakat sekitarnya. Tak jarang masyarakat menyampaikan aspirasinya tentang usulan pembangunan, seperti jalan, air bersih, fasilitas kesehatan, rumah ibadah, sekolah, TPQ dan usulan lainnya. Pada umumnya usulan yang disampaikan saat safari ramadan langsung direalisasikan pada APBD Perubahan atau pada tahun anggaran berikutnya. Masyarakat pun gembira menyambutnya. (yon)

F-ALRION/TANJUNGPINANG POS

SIDAK: Wakil Bupati Karimun, Aunur Rafiq berfoto bersama dengan pengurus Masjid Al Falah Sei Pasir, Jumat (12/7) usai melaksanakan Safari Ramadan.

Hamilton Dukung Raikkonen Gabung RedBull

Bromo Marathon, 5 Lomba Lari Top Asia JAKARTA - Bromo Marathon yang akan digelar 1 September mendatang masuk sebagai salah satu lomba lari terbaik Asia. Lokasi unik dengan pemandangan menakjubkan adalah keistimewaan terbesarnya. Bromo Marathon memang baru akan pertama kali digelar. Namun event menawarkan berbagai hal yang mungkin amat jarang ditemui di lomba lari lainnya. Situs CNN memasukkannya sebagai salah satu lomba lari terbaik Asia tahun ini, bersaing dengan ajang lainnya di Cina, Laos, Thailand, dan Kamboja. Lokasinya berada setidaknya di ketinggian 1.700 meter dengan trek bervariasi, jalan aspal dan tanah. Rutenya amat menantang dan menarik karena peserta akan dibawa naik-turun bukit, melewati candi hindu, dan sekaligus disuguhi pemandangan menakjubkan gunung berapi aktif yang dikelilingi gurun pasir luas. Tak hanya itu, ikut serta di ajang lari yang memperlombakan tiga kelas: marathon, half marathon, dan 10K ini juga memberikan para pesertanya kesempatan untuk melakukan kegiatan sosial. Acara ini memang diselenggarakan untuk mengumpulkan dana demi mengembangkan pendidikan di pedesaan di sekitar Bromo. Gunung Bromo sendiri merupakan satu dari lima puncak yang berada di tengah sebuah kaldera raksasa. Karena masih aktif, Bromo seringkali menyemburkan abu vulkanis sehingga akan memberikan suasana lain di kompetisi tersebut. Selain Bromo Marathon, CNN memasukkan empat kompetisi lain karena dinilai punya keunikan masingmasing. Mereka adalah The Genghis Khan Grassland Extreme Marathon (Cina), Luang Prabang Half Marathon (Laos), Standard Chartered Bangkok Marathon (Thailand), dan Angkor Wat International Half Marathon (Kamboja). "Butuh motivasi untuk berlari lebih cepat? Yakinkan diri Anda bahwa gunung berapi besar dan mendidih ini siap meletus," tulis CNN tentang Bromo Marathon. (net)

Pebalap Jerman, Marcel Kittel (kanan) melintasi garis finish bersama Mark Cavendish (kiri) dari Inggris di garis 218 km tahap kedua belas edisi ke-100 Tour de France balap sepeda pada 11 Juli 2013.

MARCEL KITTEL RAIH KEMENANGAN KETIGA TOURS - Pebalap tim Argos-Shimano Marcel Kittel berhasil meraih kemenangan ketiganya di tur. Menyusul sukses menjuarai etape kedua belas dengan mengalahkan rival terdekatnya, Mark Cavendish. Melewati medan datar sepanjang 218 km dari Fougeres ke Tours, Kittel dan Cavendish terlibat duel ketat di 100 meter terakhir. Pebalap Jerman itu akhirnya tampil sebagai pemenang dengan keunggulan setengah ban di garis finis. Menjelang akhir balapan, terjadi

kecelakaan yang melibatkan sejumlah pebalap. Beruntung, Kittel dan Cavendish mampu menghindarinya. Posisi ketiga ditempati pebalap Slowakia Peter Sagan (Cannondale) diikuti Alexander Kristoff (Katusha) dan Roberto Ferrari (LampreMerida). Dua kemenangan Kittel sebelumnya didapat di etape pertama dengan

rute Porto-Vecchio ke Bastia dan etape kesepuluh yang menghubungkan Saint-Gildas-des Bois ke Saint-Malo. Pebalap Britania Raya Christopher Froome masih mampu mempertahankan kaus kuning dengan catatan waktu keseluruhan 47 jam 19 menit dan 13 detik. Froome memimpin tiga menit 25 detik dari Alejandro Valverde dan tiga menit 37 detik dari Bauke Mollema. Juara dua kali Alberto Contador ada di peringkat keempat dengan selisih 3 menit 54 detik dari Froome. (net)

LONDON - Gosip Kimi Raikkonen dengan RedBull terus bergulir. Pebalap Mercedes Lewis Hamilton mendukung Raikkonen untuk bergabung dengan Sebastian Vettel di musim depan. Raikkonen menjadi kandidat paling kuat untuk menggantikan Mark Webber, yang akan pindah ke sportcars. Namun, menjelang kontraknya habis dengan Lotus di akhir musim ini pebalap Finlandia tersebut belum membuat keputusan. Bos Lotus Eric Boullier sudah mengatakan bahwa Red Bull sedang mengupayakan segala cara untuk menduetkan Raikkonen dengan Vettel di 2014. Vettel juga menyambut positif kans gabung The Ice Man. Selain Raikkonen, duo Toro Rosso Daniel Ricciardo dan Jean-Eric Vergne juga menjadi kandidat pengganti Webber. Namun, Hamilton lebih tertarik apabila Raikkonen yang dipilih. "Sekarang, itu akan sangat keren untuk melihat Kimi mengendarai RedBull," ucap Hamilton yang dikutip The Sun. "Dia akan membuat Seb kesulitan." "Kimi adalah seorang pebalap handal. Jadi dengan mendapatkan sebuah mobil yang lebih baik maka akan menarik untuk dilihat apa yang bisa dia lakukan." (net)

Lewis Hamilton


TANJUNGPINANG POS SABTU 13 JULI 2013

8

Kuota Impor Hortikultura 1.170 Ton MARTUA, Batam HINGGA saat ini Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) belum dilimpahkan Kementerian Pertanian ke Badan Pengusaha (BP) Batam. Namun, soal kuota impor hortikultura BP Batam sudah menerimanya. Dari produk hortikultura yang disetujui, jumlahnya sekitar 1.170 ton untuk beberapa bulan ini. Kasubdit Humas dan Publikasi BP Batam, Ilham, mengatakan, total kuota itu ada yang hingga Oktober dan ada yang hingga Desember 2013. Sementara asal negara impor hor-

tikultura itu diantaranya Thailand, Vietnam, Cina, dan New Zealand. Menurut Ilham, pasca keluarnya Peraturan DK tahun 2013, baru satu importir yang mendaftar melalui BP Batam. Importir ini sudah mendapat RIPH dari Kementan. ”Bawang merah segar untuk konsumsi kuotanya 85 ton. Bawang merah itu didatangkan dari Thailand dan berlaku Juli, Agustus, dan September 2013,” ujar Ilham, Jumat (12/7) di Batam. Selain itu, ada juga bawang merah segar untuk konsumsi 85 ton dari Vietnam untuk Juli,

Agustus, dan September. Sementara bawang Bombay segar untuk konsumsi berasal dari Cina dan New Zealand. Dari Cina, kuota impor mulai Juli sampai Desember 2013 sebanyak 38 ton. Selain dari Cina, ada juga dari New Zealand pada kurun waktu yang sama sebanyak 38 ton. Impor wortel juga diperoleh kuotanya untuk Batam sebanyak 149 ton asal Cina mulai Juli sampai Desember 2013. Orange segar juga akan diimpor 114 ton dari Cina untuk JuliDesember 2013. Buah jeruk Mandarin untuk kuota Batam sebanyak 224 ton dari Cina

mulai Juli-Desember 2013. Selain itu, Lemon dan Limau dengan kuota 19 ton dari Cina untuk Juli-Desember 2013. Sementara Lengkeng diimpor dari Thailand sebanyak 320 ton untuk Juli-Desember 2013. ”Durian kita impor dari Thailand sebanyak 108 ton,” imbuh Ilham. Di tempat sama, Sekretaris DK Batam Bintan dan Karimun (BBK), Jon Arizal meminta BP Batam terus mengupayakan impor holtikultura untuk kebutuhan warga Batam. DK sendiri sudah mengajukan agar RIPH dilimpahkan ke BP Batam. Namun hingga saat ini belum

dipenuhi. ”Kalau tidak dilimpahkan, orang pusat yang harusnya di tempatkan di Batam,” ungkap Jon. Sementara Wakil Sekretaris DK FTZ BBK, Taufik mengatakan, RIPH sudah selayaknya dilimpahkan ke BP Batam. Alasannya, untuk mempermudah dan memperpendek jalur pelayaran. Terakhir diakui, RIPH secara lisan untuk dilimpahkan ke BP sudah disetujui. Namun secara tertulis belum diterima. ”Kalau itu jadi, mungkin tidak sepenuhnya. Namun sifatnya, gelondongan untuk satu tahun,” imbuhnya. ***

F-NET

Durian salah satu produk hortikultura yang akan diimpor.

Hak Karyawan PT SCI Diselesaikan dengan Arbitrase

F-NET

TUMBUH: Industri perkapalan terus tumbuh pesat di Pulau Batam. Lahan baru untuk pembangunan shipyard bahkan dinyatakan sudah habis meski permintaannya untuk Batam cukup banyak.

Afsel Minta MoU Agustus 2013

Kerja Sama Pariwisata dan Perdagangan BATAM - Pemprov Kepri akan melakukan kerja sama dengan Afrika Selatan di bidang pariwisata, perdagangan dan usaha kecil menengah (UKM). Memorandum of Understanding (MoU) direncanakan ditandatangani Agustus 2013 sesuai dengan permintaan pihak Afsel di negara yang berada di Benua Afrika itu. Kehadiran Accreditation for Timor Leste and ASEAN, Noel N Lehoko, di Graha Kepri Batam, Jumat (12/7), disebutkan untuk menindaklanjuti pertemuan sebelumnya. Karena sebelumnya rombongan gubernur salah satu daerah di Afsel sudah berkunjung ke Batam. "Mereka menindaklanjuti pertemuan sebelumnya. Mereka menginginkan MoU dilakukan Agustus 2013 ini," kata Jon, Sekretaris Dewan Kawasan (DK) Batam Bintan Ka-

F-MARTUA/TANJUNGPINANG POS

TUKAR KARTU NAMA: Sekretaris DK BBK, Jon Arizal (kanan) saling tukar kartu nama dengan Noel N Lehoko, Accreditation for Timor Leste and ASEAN, di Graha Kepri Batam, Jumat (12/7).

rimun (BBK). Permintaan itu disampaikan karena pada Agustus 2013 ini

ada event investasi di Afsel. Sehingga Afsel berharap, MoU dilakukan di negaranya. Saat

ini Pemprov sendiri sebenarnya sudah membentuk tim untuk merealisasikan rencana MoU tersebut. "Tapi saya tanya ke pak gubernur dulu nanti. Apa bisa kita realisasikan permintaan mereka," beber Jon. Ditanya bentuk kerja sama yang diharapkan, menurut Jon, mereka mau belajar dengan Kepri. Kerja sama itu diantaranya untuk bidang pariwisata Kepri, dalam hal ini Batam yang mekakukan training dengan Sumber Daya Manusia (SDM) Afsel. Kerja sama antar Provinsi Kepri dengan provinsi di Afsel itu difasilitasi Kementerian Luar Negeri. "Mereka menganggap, Kepri pusat ekonomi yang bagus dan kawasan di sini baik untuk perdagangan dan pariwisata. Mereka mau belajar disini," imbuhnya. (mbb)

BATAM - Kaburnya pengusaha asal Jepang PT Sun Creation Indonesia (SCI) tanpa menyelesaikan hak karyawannya, disarankan diselesaikan lewat jalur arbitrase (alternatif penyelesaian sengketa). Dewan Kawasan (DK) Batam Bintan dan Karimun (BBK) siap untuk membantu mediasi memenuhi hak karyawan. Namun dalam hal ini Dinas Tenaga Kerja Kota Batam harus proaktif membantu. Demikian disampaikan Sekretaris DK BBK, Jon Arizal, Jumat (12/7) di Graha Kepri Batam. Menurut dia, kalaupun investornya sudah lari, namun karena dia Penanam Modal Asing (PMA), harus ada penang-

gungjawabnya dari orang Indonesia. Termasuk didalamnya adalah notarisnya. Pengusaha yang melarikan diri itu juga bisa ditegur lewat Kedutaan Besar negaranya. "DK bisa turun tangan untuk membantu mediasi. Ini bisa dilakukan melalui badan arbitrase," ungkapnya. Namun DK masih menunggu laporan dulu, barulah pihaknya mempelajarinya. Perusahaan yang tutup dan investornya melarikan diri tanpa memenuhi hak karyawan, sudah melanggar aturan ketenagakerjaan. Apalagi, status pekerjanya sudah permanen. "Harus dilihat siapa dibalik investor itu, karena harus ada

orang Indonesia yang harus bertanggungjawab," ungkapnya. Sebelumnya, tiga orang pimpinan PT SCI di Kawasan Industri Tunas Batam Centre pergi meninggalkan Batam diam-diam. Perusahaan ini juga dikabarkan tutup sejak dua pekan lalu. Stok material milik perusahaan itu untuk dikerjakan juga sudah kosong. Akibatnya, sekitar 732 karyawan terlantar. Tanggal 27 Juni 2013 lalu, perusahaan sudah berhenti berproduksi karena material tidak ada lagi. Terkait gaji, karyawan terakhir mendapat haknya pada Mei 2013. Sementara gaji Juni 2013 belum diterima. (mbb)

Pemko Batam Gugat PT Bumi Asih Jaya Sebesar Rp118 Miliar BATAM - Pemerintah Kota Batam melalui Jaksa Pengacara Negara, resmi menggugat PT Asuransi Bumi Asih Jaya (BAJ) ke Pengadilan Negeri Batam. Gugatan didaftarkan, Kamis (11/7) lalu dengan tuntutan ganti rugi materil Rp115 miliar dan imaterial Rp3 miliar. Dengan demikian, gugatan yang diajukan totalnya Rp118 miliar. Menurut Jaksa Pengacara Negara, Syafei, di ruang kerjanya, Jumat (12/7) di Kantor Kejari Batam, gugatan No.136/ PDT.G.BTH/2013/PN BATAM itu belum diketahui kapan sidangnya. Dia menyebutkan masih menunggu penetapan dari PN Batam. "Gugatan kita wan prestasi," ungkap Syafei. Menurut Syafei, gugatan didaftarkan setelah mediasi dengan BAJ gagal dilakukan. Mediasi sudah dilakukan tiga kali agar BAJ membayar dana pensiun pegawai Pemko Batam

F-HUMAS PEMKO BATAM

MEGAH: Gedung Pemko Batam berdiri megah. Gedung ini tempat melayani masyarakat Batam.

sebesar Rp115 miliar. "Pemko meminta pengembalian dana pensiun minimal Rp115 miliar untuk 5.934 pegawainya. Itu sesuai nilai yang disepakati dengan BAJ," ungkapnya. Hanya saja, BAJ hanya bersedia membayar Rp65 miliar. Disebutkan Syafei, alasan PT

BAJ karena kemampuan mereka hanya membayar sebesar itu. Selain itu, BAJ merasa dirugikan oleh pemutusan kerja sama secara mendadak sehingga tidak bisa membayar secara penuh. "Tapi, Pemko Batam berhak menerima pembayaran Rp115 miliar dari BAJ," tegas Syafei. (mbb)


TANJUNGPINANG POS SABTU 13 JULI 2013

9

KORUPSI BANDARA

Pelaku Pencurian Ditangkap di Gerbang Bintan Center

Jaksa Ancam Panggil Paksa Tersangka TANJUNGPINANG - Terkait dugaan korupsi pembangunan terminal Bandar Udara Raja Haji Fisabilillah, pihak kejati masih melakukan pemanggilan terhadap dua calon tersangka. “Kami masih melakukan pemanggilan terhadap dua calon tersangka,” kata Kepala Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau Elvis Johnny, Kamis (11/7) lalu. Untuk diketahui, dua calon tersangka yang akan dipanggil tersebut yakni mantan manajer PT Angkasa Pura II Bandara RHF Tanjungpinang berinsial IDR dan pihak kontraktor dari PT Jaya Konstruksi berinisial GMAA. Keduanya ditetapkan sebagai calon tersangka dengan alasan sebagai penandatangan kontrak kerjasama. Bila keduanya calon tersangka ini dipanggil sebanyak dua kali tetap tidak hadir, maka penyidik Kejati melakukan upaya paksa. Upaya paksa ini dilakukan karena level kasus ini telah ditingkatkan dari penyelidikan ke penyidikan.

 Lanjut ke Hal 10

SEMBAKO

F-DESI/TANJUNGPINANG POS

NAIK: Harga bawang merah kembali naik. Kemarin, per kilogram dijual Rp50 ribu.

Harga Bawang Merah Naik Lagi TANJUNGPINANG - Minggu pertama Ramadan, harga bawang merah di pasar kembali melejit. Sebelumnya, harga per kilogram hanya Rp35 ribu, kemarin menanjak menjadi Rp50 ribu. Dari beberapa kebutuhan rempah-rempah di pasar, memang harga bawang inilah yang paling mengagetkan kenaikannya. Sementara bawang putih hanya Rp16 ribu per kilogram sama dengan bawang Bombai. Sementara, harga cabai merah sudah kembali turun ke angka Rp48 ribu setelah pernah naik jadi Rp60 ribu. Sementara, cabai rawit Rp36 ribu. Harga yang sama untuk cabai kering.

 Lanjut ke Hal 10

F-ADLY BARA HANANI/TANJUNGPINANG POS

JUAL PETASAN: Setiap musim Ramadan sampai lebaran, penjual petasan selalu terlihat di beberapa titik di Kota Tanjungpinang. Tampak satu tempat penjualan petasan padat pembeli di Bintan Center, Kamis (11/7) malam.

TANJUNGPINANG SEMPAT PADAM TOTAL

Kabel PLN Putus Disambar Petir ABAS, Tanjungpinang

F-ISTIMEWA

PUTUS: Kabel PLN tampak tergeletak di tanah setelah putus disambar petir di Tanjungunggat, kemarin.

BARU dua hari masyarakat menikmati listrik tanpa padam di bulan suci Ramadan, Jumat (12/7) siang, listrik di Kota Tanjungpinang kembali mengalami blackout alias padam total karena ada jaringan tersampar petir. Asisten Manager (Asmen) Pelayanan, Administrasi dan Humas PLN Tanjungpinang, Nasri, menjelaskan, hujan disertai petir yang terjadi kemarin siang telah mengganggu jaringan listrik. Pembangkit PLTD Sukaberenang dan PLTD Air Raja termasuk PLTU Galang Batang, blackout karena petir. “Teknisi jaringan PLN terus mencari jaringan yang disambar petir. Padamnya listrik bukan karena daya berkurang. Tapi jaringan disambar petir,” kata Nasri saat dihubungi di tengah listrik mati total kemarin.

 Lanjut ke Hal 10

TANJUNGPINANG - Seorang pelaku pencurian sepeda motor ditangkap di gerbang Bintan Center, Selasa (9/7) malam lalu. Pelaku ditangkap saat masih mengendarai sepeda motor yang digunakannya. Kapolsek Tanjungpinang Timur AKP Suhardy Hery Haryanto, Kamis (11/7), mengatakan, tersangka berinsial AS (18), merupakan penjaga warung internet. Penangkapan tersangka berdasarkan laporan seorang warga Perumahan Kijang Kencana I, Ruli Setiawan (27), pada 6 Juli lalu. Dalam laporannya, korban menyatakan, sepeda motor Yamaha JuAKP Suhardi Heri piter BP 4657 BC miliknya diparkir di halaman rumah malam sebelum tidur. Ketika akan berangkat kerja sekitar pukul 06.00, sepeda motor sudah tidak ada ditempatnya lagi. “Atas laporan korban, kami melakukan penyelidikan. Pelaku ditangkap saat menggunakan sepeda motor korban di Bintan Center,” ujar Suhardi. Pengakuan AS, ia beraksi sendirian. Pencurian ini merupakan pencurian pertama kali dilakukan. Namun, pengakuan itu tak digubris. Pihak penyidik mencurigai jika AS beraksi dengan tiga rekannya yang lain. Sementara itu, pantauan Tanjungpinang Pos, korban terlihat kaget dengan sepeda motornya. Ada beberapa bagian sepeda motor yang sudah diganti oleh pelaku. Bahkan, sepeda motor hampir tak dikenali lagi. “Sebelum dicuri bukan begitu bentuknya,” kata Ruli. (sur)


TANJUNGPINANG POS SABTU 13 JULI 2013

10

Seputar Pinang

Gerak Jalan Tri Lomba Juang Tetap Ada SENGGARANG- Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah memimpin langsung rapat dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) dan Satuan Kerja Perangkat Daerah Pemerintah di lingkungan Pemko Tanjungpinang, Kamis (11/7) lalu di ruang rapat Kantor Walikota Tanjungpinang di Senggarang. Beberapa hal yang dibahas terkait persiapan memperingati 17 Agustus dan kegiatan penunjang yang akan di lakukan pemerintah untuk menyemarakkan hari kemerdekaan itu. Pertama, pemerintah memiliki wacana, tempat upacara detik-detik proklamasi, biasanya dilaksanakan di Kantor Wali Kota. Ada rencana akan dipindahkan ke lokasi yang dekat dengan warga. Ada dua tempat pilihan, Lapangan Dewa Ruci atau di Lapangan Sepak Bola Sulaiman Abdullah. Kemudian, untuk memaknai hari kemerdekaan, pemerintah juga membahas, soal empat menit menjelang detik-detik proklasimasi dibacakan tepat pukul 10.00 WIB, kendaraan di jalan raya atau di laut, harus berhenti. Pemerintah juga tetap melanjutkan program pemerintah

F-DESI/TANJUNGPINANG POS

TAS BERMEREK: Toko Planet 2001 di jajaran pertokoan Bestari Mal menjual berbagai tas bermerk.

Komisi I Sidak ke Pinang Lestari BATU 10- Ketua Komisi I DPRD Kota Tanjungpinang, Maskur Tilawahyu bersama dengan utusan Dinas Kesehatan Tanjungpinang, Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BP2T) Kota Tanjungpinang melakukan sidak ke Minimarket Pinang Lestari, Kamis (11/7). Sidak ini dilakukan untuk melihat kondisi pangan yang akan dibeli, untuk menjamin ketersediaan dan keamanan pangan di masyarakat. Maskur Tilawahyu menjelaskan, kedatangannya bersama dengan Dinas Kesehatan dan BP2T, tak lain untuk melihat langsung kondisi makanan pangan yang akan dibeli oleh masyarakat. Apakah harganya melangit, apakah sudah sehat, bagaimana penyimpanannya, dan apakah ada makanan yang kadarluarsa yang dijual. “Kita melihat penyimpanan makanan dan minuman di gudang, apakah sudah memenuhi standar kebersihan dan kesehatan,” tambahnya. Kata Politisi Demokrat ini, ia juga menegur pengelola minimarket Pinang Lestari karena masih menyimpan makanan dan minuman yang tidak standar. Kebersihannya juga belum terjaga dengan baik, karena lantainya masih menggunakan semen dan tidak kramik. “Bulan Ramadan ini, karyawan tentu akan meningkatkan amal ibadahnya, tapi tempat salatnya tidak ada. Setelah ditegur, pengelola berjanji akan menyediakan tempat sholat,” kata Maskur. Di tempat terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Rustam, menambahkan, Dinas Kesehatan juga akan turun langsung untuk mengecek dan mengambil sampel makan dan jajanan termasuk minuman yang dijual di swalayan dan minimarket yang ada di Tanjungpinang. “Minggu depan rencana kita turun. Kita memantau pengerakan arus barang dan minuman yang akan dikonsumsi oleh masyarakat. Apakah ada makan dan minuman, yang memakai pengawet, formalin dan zat kimia lainnya, yang sangat membahayakan bagi kesehatan masyarakat,” paparnya. (ass)

Toko Planet 2001 Jual Tas Bermerek TANJUNGPINANG - Tidak semua toko tas menyediakan tas bermerk. Tapi, jangan bingung untuk mendapatkannya, cukup datang ke Toko Planet 2001 di jajaran pertokoan Bestari Mal blok B nomor 2 sudah akan didapat. Tas berbagai merk berkualitas bahan impor lengkap di sini. Baik untuk dipakai oleh pria maupun wanita. Pemilik toko, Ade, mengatakan, tas yang tersedia selalu model terbaru. Biasanya, tas akan melengkapi

penampilan. Karena itu, tak ada salahnya datang dan mampir di toko ini. Terlebih, posisinya juga tepat berada pusat perbelanjaan Kota Tanjungpinang. Selain tempat yang strategis kualitas barang yang tersedia terjamin. Kebanyakan tasnya didatangkan dari luar daerah dan luar negeri. “Disini kita menyediakan berbagai produk yang identik menjadi gaya fashion baik untuk pria dan wanita.

Kualtasnya pasti terjamin bagus,” kata Ade kepada Tanjungpinang Pos, Jumat (12/7) Anda mau tas jenis apa? tas pegang, ransel, travel back, sandang atau koper? Datang saja ke toko ini. Tas dengan berbagai ukuran tersedia. Untuk harga, tentu sesuai kualitas. Di sini harga yang ditawarkan mulai dari Rp 295 ribu sampai Rp900 ribu. Tergantung merk.(cr15)

Harga ......................................dari halaman 9 Sedangkan untuk beberapa harga sayur juga mengalami kenaikan harga seperti sayur sawi kini dihargai Rp14 ribu dan untuk sayur bayam Rp8 ribu. Buka Sampai Sore

Selama Ramadan ini, Pasar Bestari Bintan Center berjualan lebih lama sampai sore. Biasanya hanya buka sampai pukul 2 siang. Bahkan, menjelang berbuka puasa, masyarakat masih bisa berbelanja.

Lauren, salah satu pedagang menuturkan, mereka senang berjualan sampai sore. Makin sore, ternyat semakin ramai. Sehingga mereka juga rela menunggu menjelang berbuka. (cr15)

Jaksa ........................................dari halaman 9 Dua calon tersangka ini sudah diumumkan Kajati Kepri Elvis Johnny pada 4 Juli lalu. Penetapan dua calon tersangka ini terkuak berdasarkan hasil audit internal dari pihak PT Angkasa Pura terhadap proyek pembangunan terminal di bandara RHF

Tanjungpinang. Anggaran proyek tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara sebesar Rp90 Milyar. Kerugian negara didapati sebesar Rp7 Milyar. Proyek ini ditargetkan selesai pada

tahun 2012. Kenyataannya, proyek tersebut masih dalam pengerjaan. Audit yang dilakukan pihak internal PT Angkasa Pura masih berkutat pada bangunan. Audit ini belum termasuk termasuk dalam perluasan area landas pacu. (sur)

sebelumnya, yakni gerak jalan tri lomba juang. Baik untuk 8 kilometer, 17 kilometer dan 45 kilometer. Hanya saja, mungkin nantinya akan dibagibagi beberapa kategori. Misalnya, kategori perjuangan, peserta harus menggunakan alat-alat perjuangan, misalnya, peserta membawa bambu runcing, mengunakan pakaian ala perang tempo dulu.” Atau satu lagi kategori hiburan, misalnya peserta mengunakan pakain unik-unik,” paparnya. Ketua tim pelaksanan kegiatan upacara 17 Agustus mendatang, Tengku Dahlan, menambahkan, pemerintah juga akan mengelar pesta rakyat, lomba renang melintasi Tanjungpinang-Pulau Penyengat. Lomba renang ini, diusahkan dilibatkan masyarakat-masyarakat, yang memiliki hobi berenang. ”Kita ajak TNI dan Polri dan para atlet-atlet renang, termasuk nelayan untuk meramaikan wacana pesta rakyat, yang acaranya sedang di susun oleh panitia,” tegas mantan plt Sekda Pemko Tanjungpinang, dan juga mantan calon Wakil Wali Kota, berpasangan dengan Maya Suryanti. (ass)

Kabel .........................................................................................dari halaman 9 Kata Nasri, setelah dicari, ditemukan penyebab gangguan jaringan karena petir. Salah satu jaringan express feeder di dua lokasi berbeda, di Tanjungunggat kabel kawat jaringan listrik PLN putus disampar petir pada pukul 14.00 WIB. “Setelah ditemukan penyebabnya, langsung dikerjakan dan kondisi listrik di Tanjungpinang dan sekitarnya, mulai beran-

sur-ansur normal kembali,” paparnya. Mesin PLTD Jangan Dipindahkan Sementara itu, masih soal listrik, masyarakat di Pulau Penyengat bersyukur karena listrik yang dinikmati sudah dari PLN Tanjungpinang, melalui interkoneksi kabel di bawah laut. Tapi, masyarakat minta kepada

JULI NO.

1.

NAMA KAPAL KM.KELUD

Lurah Penyengat, supaya Mesin PLTD milik PLN, yang tidak difungsikan lagi, baiknya jangan di pindahkan dulu. Hal ini diungkapkan Anton, tokoh masyarakat Penyengat di Kampung Datuk. “Kita bukan menolak interkoneksi, masyarakat kita bersyukur listrik di Penyengat arusnya dari Tanjungpinang. Kalau Tanjungpinang pad-

am Penyengat ikut padam. Tapi masalahnya, listrik di Tanjungpinang masih sering padam,” tegasnya. Baiknya, menurut Anton, Lurah Penyengat menyampaikan permintaan warga kepada PLN Tanjungpinang. Agar PLTD yang ada di Penyengat, sudah tidak difungsikan, walaupun sudah uzur, tapi masih bisa difungsikan, kalau listrik in-

terkoneksi mengalami gangguan. “Kalau listrik di Tanjungpinang mengalami gangguan, masih ada back up PLTD yang ada di Penyengat. Bisa di hidupkan kembali. Warga kita minta agar PLN jangan mengangkut dulu mesin PLTD, sambil menunggu benar-benar listrik kondusif di Tanjungpinang,” harap Anton. ***

JADWAL KEDATANGAN DAN KEBERANGKATAN KAPAL PENUMPANG PT.PELNI DI PELABUHAN KIJANG RENCANA TIBA DARI TG. BALAI

RENCANA BERANGKAT

HARI

TANGGAL

JAM

DARI

HARI

RABU

10 JULI 13

12.00

BATAM

RABU

TANGGAL

JAM

10 JULI 13

15.00

2013 TUJUAN TG.PRIOK (PP)

TG.PRIOK

JUM’AT

12 JULI 13

02.00

KIJANG

JUM’AT

12 JULI 13

06.00

TG.PRIOK - SURABAYA - MAKASAR BAU-BAU - NAMLEA - AMBON TERNATE - BITUNG (PP)

BLINYU

SABTU

13 JULI 13

08.00

KIJANG

SABTU

13 JULI 13

10.00

LETUNG - TAREMPA - NATUNA - MIDAI SERASAN - PONTIANAK - SURABAYA (PP)

KM. KELUD

TG.PRIOK

SABTU

6 JULI 13

15.00

BATAM

SABTU

6 JULI 13

18.00

T.BALAI - BELAWAN (PP)

KM. KELUD

TG.PRIOK

SABTU

13 JULI 13

15.00

BATAM

SABTU

13 JULI 13

18.00

T.BALAI - BELAWAN (PP)

TAMBELAN-PONTIANAK-SERASANSUBI-RANAI-P.LAUT-KELARIK-SEDANAUP.TIGA-MIDAI-TAREMPA-K.MARAS

2.

KM. LAMBELU

3.

KM. BINAIYA

4. 5 6.

KM. SABUK N-30

7.

KM. KELUD

TG.PINANG

MINGGU

14 JULI 13

10.00

TG.PINANG

RABU

17 JULI 13

10.00

TG.BALAI

RABU

17 JULI 13

12.00

BATAM

RABU

17 JULI 13

15.00

8.

KM. SIRIMAU

BLINYU

RABU

17 JULI 13

23.00

KIJANG

KAMIS

18 JULI 13

04.00

9.

KM. BINAIYA

LETUNG

SELASA

23 JULI 13

08.00

KIJANG

SELASA

23 JULI 13

10.00

10. KM. LAMBELU 11. KM. BINAIYA

TG.PRIOK (PP)

BLINYU - TG.PRIOK - SEMARANG BATULICIN - MAKASAR-LARANTUKA KALABAHI-KUPANG BLINYU - TG.PRIOK

TG.PRIOK

JUM’AT

26 JULI 13

02.00

KIJANG

JUM’AT

26 JULI 13

06.00

TG.PRIOK - SURABAYA - MAKASAR BAU-BAU - NAMLEA - AMBON TERNATE - BITUNG (PP)

BLINYU

SABTU

27 JULI 13

08.00

KIJANG

SABTU

27 JULI 13

10.00

LETUNG - TAREMPA - NATUNA - MIDAI SERASAN - PONTIANAK - SURABAYA (PP)

1. PERUBAHAN SCHEDULE TSB DIATAS BILA ADA PERUBAHAN / KOREKSI AKAN KAMI BERITAHUKAN. 2. KEPADA CALON PENUMPANG PEMBELIAN TIKET AGAR SESUAI IDENTITAS. 3. KHUSUS LANSIA (60 TH KEATAS) HARAP LAMPIRKAN FOTO KOPY KTP YG MASIH BERLAKU UNTUK MENDAPATKAN DISCON 20% 4. KETERANGAN LEBIH LANJUT DAPAT MENGHUBUNGI PT. PELNI CABANG TANJUNGPINANG

TELP. 0771 - 21513 dan Website PT.PELNI : www.pelni.co.id 5. 1 (SATU) Jam sebelum kapal tiba sudah dipelabuhan

TANJUNGPINANG

, 09 JULI 2013


TANJUNGPINANG POS

DUNIA digital membuka peluang bisnis menggiurkan: menjadi kaya raya tanpa perlu menunggu rambut beruban. Bukan hanya bagi mereka yang mencipta aplikasi digital, tapi juga mereka yang memanfaatkan aplikasi tersebut.

SABTU 13 JULI 2013

Reza Nurhilman, Pengusaha Keripik Pedas Maicih

11

Lenovo Gelontorkan 3 Tablet Murah

DESI/TANJUNGPINANG POS

BARU BUKA: Banyak paket perawatan rambut dan tubuh di LR Salon dan SPA yang baru buka Kamis (11/7) lalu.

LR Salon dan SPA, Pilihan Tepat Wanita TANJUNGPINANG - Menghabiskan waktu seharian di salon menjadi surganya wanita. Terlebih, ketika sudah beraktivitas selama seminggu, tak ada salahnya di akhir pekan memanjakan diri . LR Salon dan Spa yang beralamat di Jalan DI Panjaitan KM 6, bersampingan dengan POM Bensin Batu VII, Tanjungpinang, tepat jadi pilihan. Ina, pemilik LR Salon dan Spa, mengatakan, tak ada salahnya untuk mencoba melakukan perawatan diri di salon yang baru dibuka Kamis (11/7) lalu. Kini, banyak penawaran perawatan dan produk yang berkualitas untuk calon pelanggan. Tentu, dengan harga terjangkau. Kata Ina, calon pelanggan bisa mendapatkan berbagai perawatan dari ujung rambut sampai ujung kaki. Untuk perawatan facial misalnya, pelanggan cukup membayar Rp30 ribu. Itu memang untuk hara facail dengan cara manual. Sedangkan untuk facial dengan menggunakan alat penyedot lemak, biayanya lebih besar dan hanya Rp60 ribu. Kelebihannya, penyedotan sama sekali tidak terasa sakit. Meski salon ini dirancang dengan suasana sederhana, tapi kualitas perawatan dan produk berkualitas. Itu terlihat dari alat dan pengerjaan yang cepat oleh pekerjanya dan memang andal di bidangnya. “Lihatlah, karyawan kita sudah ahli,” kata Ina. Saat ini, juga tersedia beberapa paket murah untuk pelanggan yang ingin memanjakan diri, seperti facial alat tambah creambat hanya di patok Rp75 ribu, Facial emas di tambah perawatan creambat dan blow rambut di kenakan Rp 180 ribu. Untuk paket perawatan SPA badan dengan berbagi produk yang ditawarkan, juga cukup menggiurkan. Di antaranya, SPA susu atau coklat ditambah perawatan facial hanya dikenakan biaya paket Rp240 ribu. Dan untuk perempuan yang sudah menikah, ada perawatan Vagina Spa yang dikenakan biaya Rp150 ribu. Untuk ibu rumah tangga yang baru melahirkan dan menyusui juga dapat melakukan pengencangan dan pembesaran sekali pertemuan Rp150 ribu. “Sekali perawatan hasil sebenarnya sudah ada, tapi jika ingin maksimal dapat melakukan 3-4 kali perawatan,” tuturnya Selain itu, ada juga perawatan lainnya yang memang termasuk murah seperti massage seluruh tubuh. Tarif massage hanya Rp60 ribu. Setelah dari perawatan tubuh, kini perawatan rambut. Beragam perawatan yang ditawarkan untuk mengindahkan mahkota wanita yang satu ini. Mulai dari masker rambut yang dikenakan biaya Rp50 ribu, creambat Rp40 ribu serta bonding dan smoting yang dikenakan biaya tergantung panjang dan pendeknya ukuran rambut. Tarifnya mulai Rp150 ribu sampai Rp250 ribu.(cr15)

Rumah Subsidi Bakal Naik Jadi Rp124 Juta JAKARTA - Pemerintah sedang menimbang-nimbang untuk menaikkan harga patokan rumah subsidi/rumah murah pasca kenaikan harga BBM subsidi. Kalangan pengembang swasta mengusulkan harga rumah naik dari Rp 95 juta (Jabodetabek) menjadi Rp 124 juta/unit. Setujukah pemerintah? Rumah subsidi yang dimaksud terkait program pemerintah yaitu fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) atau subsidi bunga Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Jika kenaikan harga rumah ini terjadi, artinya dalam setahun pemerintah menaikkan harga patokan rumah subsidi. Tahun lalu pada akhir Mei 2012, Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz telah menaikkan harga rumah subsidi dengan tujuan merangsang pengembang membangun rumah sederhana/murah. Deputi Perumahan Formal Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) Pangihutan Marpaung menegaskan saat ini melum ada keputusan final mengenai kenaikan harga patokan rumah sederhana yang akan ditentukan oleh pemerintah. "Usulan harga dari Real Estate Indonesia (REI) Rp 124 juta tidak termasuk prasarana sarana utilitas (PSU) seperti jalan dan drainase. Kami sedang mengkaji harga jual, jadi belum final," kata Pangihutan, Selasa (9/7) lalu. Kementeriannya telah meminta lembaga survei Sucofindo untuk melakukan survei ke sejumlah lokasi di seluruh Indonesia untuk mengetahui berapa kira-kira apakah ada dampak kenaikan harga BBM terhadap harga rumah di daerah-daerah. "REI sudah mengusulkan kenaikan harga sebesar 30% dari harga rumah yang dipatok oleh pemerintah saat ini. Tapi kami perkirakan kenaikan harganya tidak mencapai angka 30%," katanya beberapa waktu lalu. Seperti diketahui akhir Mei 2012 lalu Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz menerbitkan Peraturan Menteri Perumahan Rakyat (Permenpera) No. 7 dan 8 Tahun 2012 tentang perubahan atas Permenpera No. 4 2012 tentang pengadaan perumahan melalui kredit/pembiayaan pemilikan rumah sejahtera dengan dukungan FLPP dan tentang perubahan atas Permenpera No. 5 tahun 2012 tentang petunjuk pelaksanaan pengadaan perumahan melalui kredit atau pembiayaan pemilikan rumah sejahtera dengan FLPP. (net)

JAKARTA - Tanpa banyak berkomentar, Lenovo langsung menggelontorkan jajaran tablet terbarunya dengan harga terjangkau. Peta persaingan tablet kelas bawah dari merek-merek kelas atas tampaknya bakal semakin sengit dengan kehadiran tablet PC Lenovo A1000, A3000, dan S6000. Harga ketiganya pun termasuk miring, yakni berada di rentang USD 150 sampai USD 280 untuk yang paling tinggi. Versi paling rendah yakni, A1000

memiliki layar 7 inch dengan resolusi 1024x600 pixel. Untuk dapur pacu diperkuat prosesor Mediatek dual-core 1,2 GHz, memori RAM 1 GB dan ROM 16 GB. Produk ini juga sudah dilengkapi fitur Dolby Digital Plus dengan speaker yang memadai. Sedangkan A3000 memiliki spesifikasi yang mirip dengan A1000, sama-sama punya layar 7 inch beresolusi 1024 X 600 pixel. Hanya saja di dalamnya sudah dibenamkan prosesor 1,2 GHz quad-

core besutan MediaTek. Produk ini dibanderol USD 180. Sedangkan versi paling tinggi adalah S6000, yakni tablet PC 10 inch dengan layar IPS 1280x800 pixel, prosesor quadcore 1,2 GHz MTK 8389/8125, RAM 1 GB, dan media penyimpanan sebesar 32 GB. Tablet ini dijual mulai USD 280. Seperti dikutip dari Android Police, Senin (8/7), ketiga tablet tersebut kini sudah mulai dijajakan melalui sejumlah retailer besar seperti Amazon dan BestBuy. (net)

PASCA KENAIKAN BBM

Harga Mazda Tetap, Chevrolet Naik ANDRI DWI S Tanjungpinang HARGA bahan bakar minyak (BBM) yang naik diperkirakan akan serta merta mempengaruhi berbagai industri. Begitu juga dengan industri otomotif yang berpeluang besar terkena imbas langsung keputusan pemerintah tersebut. Namun, ternyata tidak bagi PT Bintan Excelindo selaku dealer resmi Mazda, Chevrolet dan Proton di Tanjungpinang, penjualan ketiga jenis mobil itu tetap seperti biasa. Sales Supervisor PT Bintan

Excelindo, Irwan Purnawan mengakui, hingga kini tidak ada pengaruhnya dengan penjualan mobil tiga merk itu. Harga mobil juga memang belum ada kenaikan. Meski tidak memberikan angka, Irwan mengatakan, angka penjualan tetap seperti biasa. Tidak begitu terlihat penurunan angka penjualan, meskipun tidak ada kenaikan. Begi juga soal harga, masih sama dengan sebelum harga BBM naik. “Saya ambil contoh, harga mobil Mazda 2 masih tetap. Harga mobil Mazda 2 dibanderol mulai dari Rp208 juga sampai Rp248

juta,” papar Irwan kepada Tanjungpinang Pos, kemarin. Berbicara tren, Irwan melihat bahwa segmen yang sedang panas saat ini ada di kelas SUV dan low MPV. Dan Mazda ikut menikmati tren ini.Penjualan SUV premium Mazda yang baru dirilis beberapa bulan lalu, yaitu CX9, cukup baik. Di luar SUV dan low MPV, performa Mazda secara keseluruhan terbilang bagus. Salah satu alasannya adalah produk yang merupakan tulang punggung Mazda, yaitu

Mazda2 dan CX-5, penjualannya masih oke. Chevrolet Naik Rp5 Juta Lain Mazda, lain pula harga mobil Chevrolet . Chevrolet All New Spin kini mengalami kenaikan Rp5.000.000. “Sebenarnya sih harga mobil Chevrolet All New Spin ini tidak naik, karena harga itu adanya launching frees. Hadirnya mobil Chevrolet All New Spin di Tanjungpinang di banderol Rp157.000.000, sekarang mencapai Rp162.000.000,” papar Irwan. Dikatakanya, penjualan

mobil di CC rendah tidak ada pengaruh dengan adanya kenaikan BBM. Tapi untuk mobil CC besar seperti mobil Mazda CX7 dan CX9 ada pengaruhnya. Karena mobil tersebut CC besar dan juga memakan BBM cukup lumayan banyak kalau dibandingkan dengan mobil CC rendah. “Saya prediksi, harga mobil akan mengalami kenaikan. Karena harga produksi mobil biayanya besar dan juga ditambah dengan ongkos kirim biayanya besar,” pungkasnya. Bagaimana? Anda berminat? Datang saja ke dealer PT Bintan Excelindo di Jalan DI Panjaitan Batu 7 Tanjungpinang. Sebelum harga mobil naik, ada baiknya jatuhkan pilihan sekarang. (dri)

TAK PENGARUH: Penjualan Mazda tidak terpengaruh dengan adanya kenaikan BBM. Seorang karyawan Bintan Excelindo berpose di dekat mobil Mazda kemarin. F-ANDRI DWI S/TANJUNGPINANG POS


TANJUNGPINANG POS SABTU 13 JULI 2013

12

Bawaslu Siap Tindak Caleg Melanggar Aturan Kampanye SUHARDI, Tanjungpinang KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), terus melakukan sosialisasi tentang pelaksanaan pemilu 2014 mendatang. Seperti Kamis (11/7) di Hotel Pelanggi, Tanjungpinang. KPU menggelar sosialisasi pedoman pelaksanaan kampanye pada pemilu anggota DPR, DPD, dan DPRD tahun 2014. Kegiatan yang mengangkat tema”Sosialisasi Kampanye dan Peningkatan Peran Masyarakat dalam Pemilu 2014” ini, dihadiri Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Kepri, Hamdani, Ketua Bawaslu Kepri, Razaki Persada, utusan media, mahasiswa, dan perwakilan partai peserta pemilu. Dan komisioner KPU Kepri lainnya, KPU Kabupaten dan Kota. Dalam sosialisasi pemilu tersebut, materi yang paling banyak dibahas, tentang pedoman pelaksanaan kampanye pemilu dan peran media masa terhadap kampanye. Sesuai dengan undangundang yang ditentukan KPU nomor 2 tahun 2013, di mana disebutkan setiap caleg wajib memahami materi dan metode kampanye, jadwal kampanye, pemberitaan, penyiaran, dan iklan kampanye, larangan kampanye, sanksi-sanksi yang bisa terjadi dalam kampanye. IKLAN

Tahan Kantuk, Anggota DPR Diminta Minum Vitamin JAKARTA- Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Priyo Budi Santoso, meminta kepada semua anggotanya untuk minum vitamin agar bisa menjaga stamina saat menjalankan ibadah puasa. Hal itu juga untuk menghindari agar tak tertidur pada saat sidang. “Saya mohon semua minum vitamin yang banyak supaya tidak terkantuk-kantuk,” kata Priyo di Gedung DPR, Jumat kemarin. Meski demikian, lanjutnya, dia meminta agar masyarakat memaklumi jika ada anggota DPR yang tertidur pada saat sidang. “Kemungkinan yang bersangkutan kecapekan karena dari daerah dan memaksakan diri ke sini, lalu tertangkap kamera dan tertidur,” ujarnya. Sementara untuk anggotanya

DISKUSI: Priyo Budi Santoso (kiri) dan Siswono.

yang sering membolos, Priyo mempersilahkan agar Badan Kehormatan memantau jalannya sidang. “Kita persilakan saja kalau BK memantau itu semua, sudah tugas kami untuk memastikan tata etika dan kode etik dijalankan dengan baik oleh ang-

gota,” kata dia. Sementara, Wakil Ketua Badan Kehormatan, Siswono Yudhohusodo, mengatakan, jika ada anggota dewan yang kerap membolos saat sidang paripurna atau tertidur, dia serahkan kepada konstiuen yang memilihnya. (net)

PDIP Belum Tentukan Nasib Emir Moeis di DPR FOTO SUHARDI.

SOSIALISASI: Ketua Bawaslu Kepri, Razaki Persada (berdiri), siap menindak caleg yang melanggar aturan kampanye. Hal ini diungkapkan, saat sosilisasi pemilu yang digelar KPU Kepri, Kamis (11/ 7) di Hotel Pelangi, Tanjungpinang.

Komisioner KPU Kepri, Said Sirajuddin, menjelaskan sukses pemilu 2014 merupakan sukses kita bersama. KPU terus berusaha untuk menciptakan pemilu berjalan lancar, damai, sukses secara subtansial dan prosedural. Artinya, pemilu yang memiliki kapabilitas pemimpin yang amanah dan layak memimpin masyarakat. Pemilu 2014 sukses secara prosedur yang telah ditentukan oleh KPU Pusat. ”Kami mengajak masyarakat

untuk berperan serta dalam mengawasi serta ikut mensukseskan pemilu dengan baik,” harapnya. Di tempat yang sama, Ketua Bawaslu Kepri, Razaki Persada, mengatakan setiap caleg yang berkampanye wajib mengikuti peraturan yang telah ditetapkan oleh KPU Pusat. Misalnya, tidak diperbolehkan mencantumkan nomor urut maupun daerah pemilihan sebelum tanggal 16 Maret hingga 5 April 2014. ”Masa kampanye terbuka han-

ya boleh dilakukan selama 21 hari. Setelah itu, para caleg wajib menertibkan kembali atribut kampanye miliknya,” tegasnya Razaki Persada juga mengungkapkan bahwa ia akan memberikan peringatan bagi caleg yang melanggar. Kalau sudah diberikan surat teguran, namun masih tidak dihiraukan, maka Bawaslu akan menindak caleg yang melanggar, sesuai kesalahan yang telah dilanggar, sesuai dengan ketentuan dan aturan KPU Pusat. ***

Puan Maharani

JAKARTA- Anggota Komisi IX dari FPDIP, Emir Moeis resmi ditahan oleh KPK terkait

sangkaan menerima hadiah dari PT Alstom Indonesia dalam pembangunan PLTU Tarakan. Terkait akan hal ini Ketua Fraksi PDIP DPR, Puan Maharani menyatakan partainya belum tentukan status Emir Moeis baik di DPR maupun di partai. “Kita kan tidak mungkin menargetkan DO seperti itu, tapi nanti akan dibahas setelah reses ini nanti tentunya,” kata Puan Maharani, Jumat (12/7). Anak Ketua umum PDIP, Megawati Soekarnoputri ini juga menyatakan bahwa par-

tainya prihatin terhadap adanya kasus ini. Namun dirinya merasa partainya sejauh ini telah melaksanakan UU MD3 dalam melakukan kontrol dan evaluasi kader partai. “Kita sudah lakukan kontrol dan evaluasi terhadap kader, nah hasilnya kita laporkan ke BK, biar BK nantinya yang sampaikan ke publik mengenai hasil evaluasi kami,” tambahnya. Ketika ditanya apakah partainya serius melawan korupsi Puan menjawab, “Iyalah PDIP serius dalam masalah korupsi,” ujarnya. (net)


TANJUNGPINANG POS SABTU 13 JULI 2013

13

TANJUNGPINANG POS dapat diakses menggunakan iPad, iPhone, iPod Touch, Blackberry Playbook, dan Tablet Android. Caranya, melalui aplikasi SCOOP, yang bisa di-download dari GOOGLE play store.

TELEPON PENTING Pemadam Kebakaran Bintan Pemadam Kebakaran Tpi Polsek Bukit Bestari Polsek TPI Kota Polsek Bintan Timur Unit Lakalantas Tpi Kantor Badan SAR Tpi Camat Tpi Kota PLN Polres Tanjungpinang PDAM Jasa Raharja Tpi RSUD Tpi Lantamal IV Tanjungpinang KPAID Kepri RSUD Prov Kepri Batu 8 Tpi

081364363030 0771-20949 / 113

0771-318211 0771-314110 0771-61110 0771-7000009 0771-29125 0771-7008251 0771-23755/21048

0771-314351 0771-21574 0771-317537 0771-313000 0771-23071 0771-7004406 0771-7335202

Pertanyaan dan saran, SMS ke: 0812 75 812 812 F-ADLY BARA HANANI/TANJUNGPINANG POS

Dokter Umum dan Spesialis Bisa! SELAMAT siang, saya mau tanya kalau mau sirkumsisi/ sunat anak di RSUP ditangani oleh dokter apa ya ? (+628117728999)

REZEKI DI JALAN: Penarik becak barang di Kawasan Pasar Tanjungpinang tampak bersantai duduk sambil menunggu barang yang akan diangkut. Biasanya, menjelang lebaran, permintaan pengangkutan barang akan meningkat. Foto diambil kemarin.

Dengan Alam Pun Harus Jaga Ukhuwah (1)

Ramadan, Momentum Tepat Memperhatikan Lingkungan

JAWAB : Terima kasih atas pertanyaannya. Proses sirkumsisi akan ditangani oleh dokter umum maupun dokter spesialis bedah. Bapak/ ibu bisa datang ke rumah sakit langsung untuk keterangan lebih lanjut. (dri) Manajemen RSUD Provinsi Kepri

!

SMS

Tanya Jawab

Anda ingin menyampaikan keluhan soal pelayanan umum seperti listrik, air, KTP, dan lainnya? Atau ingin mengomentari kebijakan pemerintah untuk perbaikan ke depan? Di rubrik ini tempatnya. Sebaliknya, bagi kalangan terkait atau humas instansi yang ingin

Cukup SMS ke

0812-7012-8909

TOLONG dievaluasi kinerja Depag dan instansi yang terkait di Tpi memang tidak ada imbauan untuk menutup sebagian dagangannya dengan kain atau apa. Hormati orang muslim terutama yg menjalankan ibadah puasa lihat morning bakery Batu 7 dan Kedai Kopi Batu 9. Terima kasih. +6281276560422 SEPERTI diberitakan sebelumnya, memang (SEPERTI sudah kesepakatan antara pemerintah dan Ormas Islam agar tidak boleh menggunakan kain atau tirai penutup bagi rumah makan dan kedapi kopi. Bahkan, bagi rumah makan dan kedai kopi yang menggunakan tirai, akan dibuka oleh petugas. Tujuannya, untuk menciptakan budaya malu. Redaksi) MENGUTUK MENGUTUK/menyumpah lah segenap warga... Gesek (Toapaya)... Lagi mau melaksanakan saur.. Tiba-tiba, mak pet... Modar lagi PLN... +6285272523930 ASS ASS. Kepada Bapak HM Sani selaku Gubernur Kepri. Tolong pak stafnya dikasih peringatan bagi yang terhormat ke kantor, istirahat lwat dari jamnya dan jika ada kerjaan. Tolong diselesaikan di kantor. jangan sampai di rumah pulak menyelesaikan kerjaan tu. +6285318218836 UNTUK yth pak Lis Darmansyah tolong didata kembali yang berhak menerima BLSM karena ada anak piatu yg harus betul2 berhak menerima BLSM kok tak dapat begitu juga berasnya ingat hak orang2 miskin biasanya dapat bantuan dari pemerintah banyak orang yg tidak berhak dapat tolong lurah Kemboja data ulang kembali jangan hanya sembunyi dalam ruangannya. +6285272672000

Oleh: Sayed Sudrajad Mazlan, MSi Kabid Perlindungan Masyarakat Satpol PP Provinsi Kepri

U

khuwah dapat berarti senan tiasa menumbuhkan perasaan kasih sayang, persaudaraan, kemuliaan, terhadap seseorang dan atau lingkungan. Dengan berukhuwah akan timbul sikap tidak saling mengganggu karena Allah (seperti pantang larang ketika berihram). Dengan berpuasa di bulan Ramadan yang sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW, insya Allah kita menjadi orang bertaqwa, salah satu ciri orang bertaqwa adalah senantiasa menjaga hablum (hubungan dengan Allah SWT, sesama manusia, serta dengan lingkungan alam sekitar). Al-shiyâm (puasa) berarti menahan, dan Ramadan berasal dari kata akar, yang berarti panas, maka sekilas dapat kita simpulkan berpuasa di bulan ramadan, kita harus menahan untuk berperilaku yang merugikan, baik bagi diri kita sendiri, orang lain maupun lingkungan alam sekitar, perilaku yang merugikan tersebut kita bakar dengan panas ramadhan. Khusus menjaga hablum dengan lingkungan alam sekitar, terutama negeri

Kirim tulisan Anda lewat email ke: tanjungpinangpos@yahoo.com

Salon Rias Pengantin dan SPA

Jl. D.I Panjaitan No. 16 Km.8 Tanjungpinang - Kepri / Telp : 085272751000

Buka Setiap Hari : Senin - Jumat : 09.00 - 19.00 / Sabtu : 08.00-20.00

Creambath rambut panjang : Rp. 50.000 Bonding harga mulai : Rp. 150.000 30% S Facial : Rp. 50.000 N O SK GUSTU Masker rambut : Rp. 70.000 DI A

I-

ME

JU DI AL

Rumput Kebar Solusi Cepat Untuk Hamil Alami Sangat bagus untuk kesuburan suami istri

TH 2008 AKHIR

VELG RACING 20" HARGA NEGO HUB : 0812 773 6869 / 087894457100

digunakan untuk kepentingan kehidupan Masyarakat, Pemerintah atau Pemerintah Daerah menerbitkan HP-3 setelah melakukan musyawarah dengan Masyarakat yang bersangkutan. Masih banyak lagi ketentuan dalam UU tersebut yang mengatur tentang pemanfaatan pesisir dan pulau-pulau kecil. Poin pokok pertama dari UU tersebut adalah ketentuan tentang larangan, yaitu : Dalam pemanfaatan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, setiap orang secara langsung atau tidak langsung dilarang : menambang terumbu karang yang menimbulkan kerusakan ekosistem terumbu karang, mengambil terumbu karang di Kawasan konservasi, menggunakan bahan peledak, bahan beracun, dan/atau bahan lain yang merusak ekosistem terumbu karang, menggunakan peralatan, cara, dan metode lain yang merusak Ekosistem terumbu karang, menggunakan cara dan metode yang merusak ekosistem mangrove yang tidak sesuai dengan karakteristik wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil, menebang melakukan konversi ekosistem mangrove di Kawasan atau zona budidaya yang tidak memperhitungkan keberlanjutan fungsi ekologis Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, menebang mangrove di kawasan konservasi untuk kegiatan industri, pemukiman, dan/atau kegiatan lain, menggunakan cara dan metode yang merusak padang lamun, melakukan penambangan pasir pada wilayah yang apabila secara teknis, ekologis, sosial, dan/ atau budaya menimbulkan kerusakan lingkungan dan/atau pencemaran lingkungan dan/atau merugikan Masyarakat sekitarnya, melakukan penambangan minyak dan gas pada wilayah yang apabila secara teknis, ekologis, sosial dan/ atau budaya menimbulkan kerusakan lingkungan dan/atau pencemaran lingkungan dan/atau merugikan Masyarakat sekitarnya, melakukan penambangan mineral pada wilayah yang apabila secara teknis dan/atau ekologis dan/atau sosial dan/atau budaya menimbulkan kerusakan lingkungan dan/atau pencemaran lingkungan dan/atau merugikan Masyarakat sekitarnya, serta melakukan pembangunan fisik yang menimbulkan kerusakan lingkungan dan/atau merugikan Masyarakat sekitarnya. Poin pokok kedua adalah tentang sanksi pidana. Dipidana dengan pidana penjara paling singkat 2 tahun dan paling lama 10 tahun dan pidana denda pal-

Rumah Cantik Sylvi

HAL O Pak Wali... Guru cabul hanya divonis 3 HALO tahun. Bagaimana dengan hukum di Kepri ini? Apakah bisa di lobi ya? Itu minimal 10 tahun. Kami selaku orang tua murid resah. +6281261315359

GRAND VITARA

kita yang berkarakteristik pulau-pulau kecil, dapat menoleh UU 27 Tahun 2007 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir Dan Pulau-Pulau Kecil, yang menyebutkan bahwa pulau kecil adalah pulau dengan luas lebih kecil atau sama dengan 2.000 km2 (dua ribu kilometer persegi) beserta kesatuan ekosistemnya. Sumber daya pesisir dan pulau-pulau kecil adalah sumber daya hayati, sumber daya nonhayati; sumber daya buatan, dan jasa-jasa lingkungan; sumber daya hayati meliputi ikan, terumbu karang, padang lamun, mangrove dan biota laut lain; sumber daya nonhayati meliputi pasir, air laut, mineral dasar laut; sumber daya buatan meliputi infrastruktur laut yang terkait dengan kelautan dan perikanan, dan jasa-jasa lingkungan berupa keindahan alam, permukaan dasar laut tempat instalasi bawah air yang terkait dengan kelautan dan perikanan serta energi gelombang laut yang terdapat di wilayah pesisir. Mengacu kepada UU tersebut, dapat dipastikan bahwa seluruh pulau di Provinsi Kepulauan Riau adalah pulau kecil, karena berdasarkan data luasan pulau, bahwa 5 pulau terluas di Kepri adalah : Pulau Bunguran seluas ± 1.720 Km², Pulau Bintan ± 1.100 Km², Pulau Lingga ± 889 Km², Pulau Singkep ± 757 Km² dan Pulau Batam ± 415 Km². UU tersebut juga mengamanatkan bahwa aktivitas yang dapat dilakukan pada daratan pulau-pulau tersebut, antara lain : Pemanfaatan pulau-pulau kecil dan perairan di sekitarnya diprioritaskan untuk salah satu atau lebih kepentingan berikut: konservasi, pendidikan dan pelatihan, penelitian dan pengembangan, budidaya laut, pariwisata, usaha perikanan dan kelautan dan industri perikanan secara lestari, pertanian organik dan/atau peternakan. Kecuali untuk tujuan konservasi, pendidikan dan pelatihan, serta penelitian dan pengembangan, pemanfaatan pulau-pulau kecil dan perairan di sekitarnya wajib: memenuhi persyaratan pengelolaan lingkungan, memperhatikan kemampuan sistem tata air setempat serta menggunakan teknologi yang ramah lingkungan. Pemanfaatan pulau-pulau kecil dan perairan di sekitarnya sebagaimana dimaksud wajib mempunyai Hak Penguasaan Perairan Pesisir (HP-3) yang diterbitkan oleh Pemerintah atau Pemerintah Daerah sesuai dengan kewenangannya. Untuk pemanfaatan pulau-pulau kecil dan perairan di sekitarnya yang telah

Selain itu bisa untuk : - Melancarkan haid - Membesarkan sel telur - Menggesitkan gerakan sperma - Menebalkan dinding rahim Sehingga mempermudah untuk hamil bagi yang sudah lama belum kunjung hamil

Untuk pemesanan pembelian dengan berat per ons Hp : 081365698989 Pin : 25A89F21 Whatsapp : 0896 48117691

ing sedikit Rp2 miliar dan paling banyak Rp10 miliar setiap orang yang dengan sengaja : melakukan kegiatan menambang terumbu karang, mengambil terumbu karang di Kawasan konservasi, menggunakan bahan peledak dan bahan beracun, dan/atau cara lain yang mengakibatkan rusaknya ekosistem terumbu karang, menggunakan cara dan metode yang merusak ekosistem mangrove, melakukan konversi ekosistem mangrove, menebang mangrove untuk kegiatan industri dan permukiman, menggunakan cara dan metode yang merusak padang lamun, melakukan penambangan pasir, melakukan penambangan minyak dan gas, melakukan penambangan mineral, melakukan pembangunan fisik yang menimbulkan kerusakan, tidak melaksanakan mitigasi bencana di Wilayah Pesisir dan pulau-pulau kecil yang diakibatkan oleh alam dan/atau orang sehingga mengakibatkan timbulnya bencana atau dengan sengaja melakukan kegiatan yang dapat mengakibatkan terjadinya kerentanan bencana, dalam hal terjadi kerusakan karena kelalaian, dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan denda paling banyak Rp1 miliar. (bersambung)

Telah Meninggal Ibu Tan Mui Kiang (45 thn) Disemayamkan di Yayasan Marga Lim Jalan Kampu Baru Tanjungpinang dikebumikan Minggu 14 Juli 2013 Pukul 12:30 wib

Kolom layanan masyarakat ini disediakan oleh:

IKATAN TIONGHOA MUDA BEKERJA SAMA DENGAN

TANJUNGPINANG POS


TANJUNGPINANG POS SABTU 13 JULI 2013

14

Encik Puan Bulang: Sebuah Penjelasan Sejarah N ama Encik Puan Pulang sempat mengemuka melalui sosok Buntat setelah sebuah novel berjudul Bulang Cahaya karya Rida K Liamsi terbit pada bulan Juli 2007. Dalam novel berlatar sejarah kerajaan Riau-Lingga-Johordan Pahang pada akhir abad ke-18 hingga dekade kedua abad ke-19 itu, Encik Puan Bulang atau Buntat adalah salah satu tokoh utamanya. Ia adalah tokoh sejarah, historical figures, anak perempuan Engku Raja Muhammad yang sangat terkenal Bagaimana susungghnya kedudukan Encik Puan Bulang dalam sejarah Riau-Lingga-Johor-dan Pahang? Saya akan coba membuat sebuah penjelasan sejarahnya (historical explanation) melalui kolom Jerumat minggu ini. *** Sosok Encik Puan Bulang sempat muncul menjelang berakhirnya perselisihan antara ayahnya, Temenggung de facto Engku Muda Raja Muhammad ibni Temenggung Abdul Jamal, dengan Raja Ali ibni Daeng Kemboja yang ditandai dengan sebuah perdamaian di atas perahu Engku Oleh Busu di Kuala Bulang. Dalam arsip lama dan Aswandi Syahri laporan orang-orang Inggris serta Belanda Sekretaris Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) tentang silsilah dan siCabang Provinsi Kepri arah raja-raja RiauLingga-Johor-dan Pahang, nama anak perempuan tunggal Engku Muda ini dituliskan dengan berbagai cara. Seorang bekas Residen Riouw, LC van Ranzouw, mencatat namanya adalah Toenkoe Puan (Tunku Puan). Sedangkan Peter James Begbie, seorang penulis sejarah dan juga perwira militer Inggris yang penah mengunjungi Engku Puteri Raja Hamidah di Pulau Penyengat, menyebut nama anak gadis Engku Muda ini Tuankoo Poean (Tuanku Puan). Di lain pihak, sejumlah silsilah lama dan sejarawan Riau seperti Raja Ali Haji, menyebutkan nama lengkapnya dengan melekatkan nama tempat asalnya yang sekaligus menandai kebesaran keluarganya dan darah Temenggung yang mengalir di tubuhnya sebagai zuriat Temenggung JohorRiau yang menguasai Pulau Bulang dan kawasan sekitanya: Encik Puan Bulang atau Raja Bulang atau Engku Puan Bulang. Encik Puan Bulang adalah anak tunggal Engku Muda Raja Muhammad ibni Temenggung Abdul Jamal, dengan istrinya yang bernama Tengku Lebar, puteri sultan Riau-Johor-Lingga-dan Pahang yang petama atau Sultan Sulaiman Badrul Alam Syah. Bedasarkan sebuah riwayat atau cerita lisan yang diperoleh dari seorang yang bernama Encik Abdul Latif, Raja Ali Haji menceritakan peri kecantikan Encik Puan Bulang yang tiada tolok bandingnya diantara anak-anak perempuan kalangan bangsawan di Riau ketika itu, seperti dinukilkannya dalam Tuhafat al-Nafis: “…Adalah paduka anakanda itu cantik, tiadalah dapat bandingnya anak rajaraja perempuan di dalam negeri Riau ini seperti paduka anakanda itu, seorang pun tiada boleh menyamai paduka anakanda itu.” Selain peri kecantikannya, ada suatu informasi menarik yang dipaparkan oleh

F-DOK/ASWANDI SYAHRI

Nama Encik Puan Bulang diabadikan sebagai nama sebuah museum mini Cik Puan Bulang di Pulau Bulang, Batam.

Raja Ali Haji tentang posisi Encik Puan Bulang dalam kaitannya dengan upayaupaya penyelesaian perselisihan antara Engku Muda dan Raja Ali atau antara puak Melayu dan Bugis, yang ketika itu dijembatani oleh Raja Ibrahim Yang Dipertuan Selangor atas permintaan Sultan Mahmud Ri’ayatsyah. *** Oleh karena perselisihan antara puak Melayu-Bugis tidak juga menunjukkan tanda-tanda akan usai, akhirnya Sultan Mahmud Ri’ayatsyah mengirim seorang utusan bernama Encik Kaluk menemui Raja Ibrahim yang telah dua tahun berada di Lingga untuk mencari jalan penyelesaian perselisihan itu. Kepada Encik Kaluk, Sultan Mahmud menitipkan tiga perkara yang harus diselesaikan oleh Raja Ibrahim berkaitan dengan konflik Melayu dan Bugis di Riau. Menurut riwayat Encik Abdul Latif yang dicatat oleh Raja Ali Haji dalam Tuhfat al-Nafis, tiga perkara yang harus diselesaikan itu disampaikan oleh Encuk Kaluk kepada Raja Ibrahim dalam kata bersayap yang dapat ditafsirkan macam-macam: “Pertama yang jauh minta dekatkan, kedua yang rosak minta baikkan, ketiga yang tiada minta adakan.” Rupanya, langkah-langkah yang ditempuh oleh Raja Ibrahim dalam menyelesaikan perselisihan antara Melayu-Bugis dan mengembalikan kedamaian serta kemakmuran Riau tidak mendapat dukungan dari orang-orang Melayu. Terlebih lagi tentang pekara yang pertama, yang menjadi kunci dari semua persoalan perselisian Melayu dan Bugis. Yaitu pengembalian hak Yang Dipertuan Muda kepada Raja Ali yang ketika itu telah berpindah ke Muar. Ketika rencana Raja Ibrahim itu disampai oleh Sultan Mahmud kepada pembesar-pembesar sebelah Melayu yang terdiri dari Engku Muda Raja Muhammad, En-

gku Busu, dan lain-lainnya, maka maksud Raja Ibrahim itupun ditolak. Menurut Engku Muda dan orang-orang Melayu, Yang Dipertuan Muda Riau haruslah dipilih ulang diantara keturunan Upu-Upu Bugis. Dan hak menentukan serta memilihnya berada sepenuhnya di tangan Sultan Mahmud. Dalam riwayat Encik Abdul Latif yang dikutip Raja Ali Haji, dijelaskan sebagai berikut, “Adapun pekerjaan Yang Dipertuan Muda itu boleh kita memilih, karena Riau itu dipulangkan kompeni Inggris kepada Baginda Sultan Mahmud. Sekarang mana sahaja suka Baginda Sultan Mahmud hendak dijadikannya Yang Dipertuan Muda itu asalkan jangan yang lain daripada keturnan opu-opu itu raja Bugis.” Dari riwayat Encik Abdul Latif yang dikutip Raja Ali Haji ini, dapat diketahui bahwa sebenarnya orang-orang Melayu tidak menerima kehadiran kembali Raja Ali di Riau. Namun demikian, tampaknya mereka masih membuka pintu perdamaian dengan orang-orang Bugis tersebut, jika jabatan Yang Dipertuan Muda Riau diserahkan kepada Raja Jakfar putera Raja Haji Marhum Teluk Ketapang. Selain itu, mereka juga berencana mengeratkan lagi hubungan Melayu dan Bugis di Riau dengan menikahkan Raja Jakfar ibni alarhum Yang Dipertuan Muda Raja Haji dengan anak perempuan Engku Muda Raja Muhammad yang bernama Encik Puan Bulang. “Syahdan kata riwayat Encik Abd al-Latif itu adalah cenderung suku-suku sebelah Melayu itu yang hendak dijadikan Yang Dipertuan Muda itu iaitu Raja Jaafar, putera Marhum Raja Haji Fisabilillah. Maka adalah maksud suku-suku sebelah Melayu itu iaitu hendak didudukkannya Raja Jaafar itu dengan Putera Engku Muda yang bernama Encik Puan Bulang.” Menurut Raja Ali Haji, rencana orang-

orang Melayu tersebut akhirnya disampaikan juga oleh seorang yang bernama Encik Hasan kepada Raja Jakfar. Bahkan Encik Hasan selalu memuji-muji sifat dan kecantikan anak gadis Engku Muda ini di hadapan Raja Jakfar. “Apabila Raja Jaafar mendengar kata Encik Hasan itu maka ia pun tersenyum rupa-rupanya sukalah konon.” Riwayat Encik Abdul Latif yang dikutip Raja Ali Haji selanjutnya mengatakan, semua rencana Engku Muda dan orang-orang Melayu tersebut akhirnya sampai juga kepada Raja Ibrahim Yang Dipertuan Selangor, yang memihak Raja Ali Marhum Pulau Bayan. Raja Ibrahim mencugai ada suatu recana besar pihak Melayu dibalik rencana mendudukkan atau menikahkan Raja Jakfar dengan Encik Puan Bulang. Karena itulah, berulang kali pula Raja Ibrahim menasehati Raja Jakfar agar berhati-hati, karena ia mencurigai adanya sebuah upaya “memecah” belah orang-orang Bugis di Riau di balik rencana tersebut. Menurut riwayat Encik Abdul Latif, pada suatu waktu, Raja Ibrahim pernah berkata kepada Raja Jakfar yang juga adalah iaparnya, dengan nada memperingatkan: “Jangan lepas suku-suku Melayu itu membuat kita semua dipecahbelahkannya seperti raja negeri-negeri lain adikberadik asyik berambil-ambilan kebesarannya jua, akhirnya kita semua bertaburan segenap negeri orang.” Bagaimana kelanjutan rencana Engku Muda Raja Muhamad dan orang-orang Melayu memilih Raja Jakfar sebagai Yang Dipertuan Muda dan kemudian menikakahkannya dengan Encik Puan Bulang binti Temenggung de-facto Engku Muda Raja Muhammad? Dan bagaimana pula dengan misi Raja Ibrahim Yang Dipertuan Selangor dalam menyelesaikan perselisiahan puak Melayu dan Bugis serta mengembalikan Raja Ali ibni Daeng Kam-

boja sebagai Yang Dipertuan Muda Riau? Kesemua rencana dua kelompok yang bertikai itu gagal. Perselisihan MelayuBugis di Riau dalam kenyatannya terus berlanjut hingga awal bulan september 1803. Dan fakta sejarahnya, Encik Puan Bulang binti Engku Muda Raja Muhammad akhirnya dinikahkan oleh Sultan Mahmud Ri’ayatsyah dengan putera sulungnya yang bernama Tengku Husin, yang nama timang-timangannya adalah Tengku Long atau Tengku Sulong pada tahun 1803, dan kelak ditabalkan oleh Inggris sebagai Sultan Husin Syah di Singapura. Sejak saat itu pula Encik Puan Bulang menyandang kebesaran adat sebagai Raja Ampuan. Dan dari dari perkawinan ini pula lahir satu-satunya anak laki-laki yang bernama Tengku Muhammad Hitam bergelar Tengku Besar Selat pada tahun 1805. *** Sepenggal kisah Encik Puan Bulang yang diperoleh Raja Ali Haji dari riwayat yang dikisahkan oleh Encik Abdul Latif ini telah lama mencuri perhatian kalangan budayawan dan sejarawan yang bergelut dengan sejarah kerajaan Riau-Lingga-Johor-dan Pahang. Sejarawan dan budayawan Hasan Junus di dalam sejumlah tulisannya yang tersebar, pada pertengahan tahun 1990-an umpamanya, pernah mengaitkan kisah “romantis” Encik Puan Bulang ini dengan rangkaian peristiwa dalam “perebutan tahta” antara dua putera Sultan Mahmud Syah III - Tengku Long atau Tengku Husin dan Tengku Abdulrahman atau Raja Jum’at-yang berakhir dengan campur tangan Inggris dan Belanda serta “terbelahnya” kerajaan Riau-LinggaJohor-dan Pahang pada tahun 1824. Sosok historis bernama Encik Puan Bulang inilah yang telah ‘dimainkan’ dengan begitu indahnya oleh Rida K Liamsi melalui novel berlatar sejarah yang berjudul Bulang Cahaya. ***

Kelahiran Rusdiyah Klab Baru MUNGKINKAH sejarah berulang kembali? Tentunya sebuah pertanyaan yang mempunyai jawaban bersayap. Apa yang dilakukan manusia hari ini adalah merupakan pengulangan sejarah, pengulangan peristiwa-peristiwa dari masa lalu. Apakah demikian juga dengan yang terjadi pada hari sabtu malam tanggal 6 Juli 2013. Sebuah pertemuan antara para sastrawan, sejarahwan, tokoh penyair senior dengan para penyair angkatan yang lebih muda, penikmat sastra dengan mengusung bincang sastra dalam sebuah apresiasi sastra yang telah begitu lama terlupakan di negeri ini. Adakah merupakan pengulangan sejarah ? Mungkin sama persis mungkin juga tidak, seperti yang pernah dilakukan para penulis yang tergabung di dalam Rusdiyah Klab ketika itu yang menjadi sejarah panjang kegemilangan dan menara gading dunia kepenulisan sastra Melayu, tentu dengan Pulau Penyengat Indera Sakti sebagai porosnya yang mengantarkan Kepulauan Riau sebagai dermaga sastranya Indonesia. Hari ini setelah dua ratus tahun lebih, Tanjungpinang menjadi penerajunya, dan memang Tanjungpinang sudah berulang kali menjadi centrum sastra seperti yang pernah disampaikan oleh Alm. Hasan Junus ketika beliau masih hidup. Seorang rekan pernah bertanya kepada beliau, di manakah sebenarnya posisi Tanjungpinang dalam peta sastra Riau atau Nasional? Jawab beliau, Tanjungpinang adalah centrum sastra Riau pada tahun 1950-an dengan mercu

suarnya Sutardji Calzoum Bachri dan menjadi tempat titik awal dari kepenyairan beberapa orang penyair antara lain; Idrus Tintin, BM. Syamsuddin dan Rida K. Liamsi, yang karya-karyanya masih bisa kita lihat dan nikmati. Dan sumber inspirasinya adalah R. Ali Haji dan kawan-kawan dari Pulau Penyengat lewat “Rusdiyah Klab” – sebuah perkumpulan lembaga kebudayaan non pemer-

Oleh

Heru Untung Leksono

intah yang didirikan tahun 1886 oleh para cendekiawan, ulama dan politikus. Menurut Hasan Junus, satu hal yang terpenting buat para penyair adalah keberadaan media publikasi karya-karya mereka itu. Bahwa karya-karya itu tidak hanya sebatas dibaca tapi juga harus dipublikasikan kepada khalayaknya untuk dikenal, diapresiasi sehingga memberikan pencerahan dan nilai tambah, dan yang terpenting lagi adalah adanya kritikus sastra. Tanpa adanya kritikus sastra, maka karya-karya hebat para penulis tadi tidak akan ada artinya. Kritikus sastra sangat diperlukan untuk mengangkat popularitas dan juga keberadaan si penyair dengan karyakaryanya, sebagaimana dulu HB Jassin mengkritisi hebat dan mengangkat Chairil Anwar meraih popularitasnya menjadi pelopor

penyair Angkatan 45. Hari ini, kehidupan bersusastra di Kota Tanjungpinang sedang menggeliat dengan munculnya beberapa penulis/penyair muda berbakat yang tergabung dalam beberapa komunitas seperti Pelantar Kusam, Sabda Bunian, dan lain-lain. Keberadaan komunitas-komunitas tadi adalah sebagai sebuah vitamin atau suplement namun diperlukan adanya seorang peneraju, pemandu, pemacu atau pengarah untuk mengasah lebih tajam lagi pisau-pisau ide dan kreativitas mereka dan bagaimana memberi laluan untuk mendapatkan panggungpanggung kemuliaan itu. Dunia kepenyairan memang memiliki kecenderungan kepada individualis anarkhis. Egosentris yang melekat kuat untuk menunjukkan siapa dirinya. Membangun keegoan itu sangat penting bagi seorang penyair namun untuk membangun keegoannya itu perlu moralitas dan keilmuan agar tahu sisi kemanusiaan dirinya bisa lebih mulia dari malaikat sekalipun. Keberadaan komunitas itu sebenarnya lebih berperan sebagai rumah ekspresi dan berapresiasi untuk meng-elaborasi berbagai ide dan kreativitasnya tersebut. Pertemuan apresiasi dan bincang sastra digagas oleh para penyair senior seperti Teja Alhabd, Junewal Muchtar dan kawan-kawan bermula dari diskusi singkat dengan Sutardji Calzoum Bachri di Istana oleh-oleh Dapoer Melayoe Tanjungpinang adalah salah satu ben-

tuk dari upaya meng-elaborasi dan menampung aspirasi para penulis dan penyair muda yang merasakan adanya kesenjangan usia dan generasi dengan para seniornya yang secara tidak langsung menjadi kecemburuan. Pertemuan ini juga setidaknya telah menghilangkan dikotomi senior dan junior. Bahwa rentetan pertemuan berikutnya pun diharapkan terus digelar menjadi agenda dwi mingguan. Dan kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya agar para penyair muda bisa segera mendapatkan panggung terhormatnya, yaitu sebuah kemuliaan. Tongkat estafet kepenyairan kota Tanjungpinang sudah saatnya harus segera beralih kepada penyair muda dan di mana keberadaan para penyair seniornya saat ini bisa dihitung dengan jari. Satu hal sangat menarik, terselenggaranya pertemuan apresiasi dan bincang sastra ini sebenarnya tidak terlepas dari kepedulian pihak Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Tanjungpinang, Drs. Efiyar M. Amin yang telah memberi laluan halaman bermain kepada para penyair untuk saling bertukar pemikiran, ide dan gagasan dengan menjadikan Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah sebagai sentra kegiatan perkembangan sastra hari ini dan ke depannya sehingga bisa menjadi daya tarik tersendiri sangat patut diapresiasi dan diacungi jempol. Apakah telah lahir Rusdiyah Klab baru dengan kekinian. Sebuah langkah maju, setidaknya kini ada media atau jembatan untuk menyalurkan luapan jiwa berekspresi dan berkreativitas dengan tetap mengedepankan kegemilangan penulisan sastra Melayu masa lalu sebagai inspirasinya lewat karya master peace Raja Ali Haji yaitu Gurindam Dua Belas, sebuah tunjuk ajar kearifan yang tidak hanya

bagi dirinya tapi juga bagi kemanusiaan. Bincang sastra ini pun semakin hangat dengan kedatangan kiriman 60 kotak kue dari Kadis Kebudayaan Provinsi Kepulauan Riau, Drs. H. Arifin Nasir, MSi sebagai bentuk dukungan spontan meski pun beliau tidak bisa hadir dalam pertemuan tersebut. Dan kiriman ini diamini oleh para peserta diskusi dan semoga tidak berhenti sampai di sini saja. Teringat akan tantangan Sutardji Calzoum Bachri tempo hari, “buatlah sesuatu yang besar, maka kalian bisa mencipta sejarah!”. Dengan pertemuan bincang sastra ini sebagai pendulumnya, Insyaallah akan lahir hiu, paus, todak dan ikan-ikan besar dalam khazanah kearifan sastra di kawasan ini untuk disumbangkan pada seluruh umat manusia. ***

HERU UNTUNG LEKSONO


TANJUNGPINANG POS SABTU 13 JULI 2013

15

Jelang Masuk Sekolah, Terima Seragam Gratis Aksi Peduli K3S Bintan di SD 004 Pengujan BINTAN - Puluhan murid Sekolah Dasar (SD) Negeri 004 Desa Pengujan Kecamatan Teluk Bintan berbaris rapi, Kamis (11/7) siang kemarin. Jika hari biasa menggunakan seragam merah-putih, saat itu para murid menggunakan seragam muslim. Hampir semua anak masyarakat hinterland (pinggiran) itu sedang menjalankan ibadah puasa. Para murid berbaris di depan Ketua Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Bintan, Dewi Kumalasari Ansar, ketika itu bukan mendapatkan ceramah agama maupun pesentren kilat. Tapi, setiap murid mendapat bantuan seragam sekolah. Mulai dari pakaian seragam merah-putih, tas buku sampai dengan sepatu sekolah. “Alhamdulillah, orang tua kami tidak perlu membeli seragam dan tas buku. Baru tahun ini kami menerima bantuan gratis untuk pendidikan,” sebut seorang murid dari keluarga kurang mampu Desa Pengujan. Usai penyerahan seragam dan perlengkapan sekolah, Ketua K3S Bintan, Dewi Kumalasari Ansar, menyampaikan, pendidikan merupakan modal penting

F-YUSFREYENDI/TANJUNGPINANG POS

SERAGAM: Ketua K3S Bintan Hj Dewi Kumalasari Ansar di dampingi Ketua GOW Bintan Nur Sa'adah Khazalik menyerahkan seragam kepada murid SD 004 Desa Pengujan, Kamis (11/7).

untuk menunjang kehidupan lebih baik pada masa mendatang. Pendidikan harus ditangani secara baik dan dan ditekankan pada anak sejak sekarang. Un-

tuk menunjang pendidikan anak, peran orang tua sangat penting. Terutama memberikan motivasi agar anak giat belajar. Untuk membantu anak dan peran or-

ang tua, K3S Bintan melaksanakan aksi sosial pemberian seragam sekolah kepada murid SD 004 yang berada di daerah pinggiran. Kegiatan aksi peduli menje-

lang masuk sekolah tahun ajaran baru ini bertujuan untuk memberikan fasilitas pendidikan. Sehingga para murid lebih semangat dan giat belajar.

Lapangan Kawal Belum Diresmikan BINTAN - Meski tahun anggaran 2013 sudah berjalan 6 bulan, proyek pembangunan Tribun dan lapangan sepakbola di Kelurahan Kawal hingga

saat ini belum diresmikan. Padahal, proyek pembangunan Tribun di lapangan sepakbola itu menggunakan anggaran tahun 2012 lalu.

Seorang warga Kawal, Eno (28) menyampaikan, fasilitas olahraga lapangan sepakbola Kawal belum bisa dimanfaatkan masyarakat. Karena pe-

Baru Gunung ...........................dari halaman 16 Khusus mengenai penambangan yang dilakukan PT BAK di Sungai Enam, Supriyono, mengaku, pihaknya sudah menyampaikan kepada Bupati Bintan, Ansar Ahmad. Pada intinya masyarakat ingin meningkatkan kesejahteraan dengan bekerja di PT BAK Sungai Enam. Hanya saja, Pemkab Bintan tidak bisa membiarkan aktifitas penambangan yang tidak memiliki izin itu. Selanjutnya Pemkab Bintan akan mengarah kepada penindakan hukum. Karena pengawasan ke lokasi itu atas perintah Bupati. Se-

mentara, pihak pekerja hanya boleh memberi izin masuk setelah melapor kepada Ketua RT setempat. “Kan aneh, perintah Bupati masuk ke lokasi tambah harus melapor dan mendapat izin dari Ketua RT. Sementara, lokasi tambang itu milik PT Alumina dari PT Antam Kijang. Antam saja protes lahannya digarap,” tutur Supriyono. Di lain pihak, seorang warga Sungai Enam, Ramli menyebutkan, penolakan Kadistamben dan Kepala Satpol PP masuk ke lokasi tambang hanya miskomunikasi.

Sedangkan tuntutan masyarakat agar penambangan bauksit dijalankan karena tuntutan ekonomi. Apalagi saat ini menghadapi lebaran. Di lain hal, masyarakat menilai pemerintah tidak adil. “Lahan lain diberikan izin dan diperbolehkan buka usaha tambang. Kami tidak pernah mendapat kompensasi. Sekarang ada perusahaan yang memberikan kompensasi dan perhatian kami, kenapa tidak diberi izin. Selain kompensasi, puluhan kepala keluarga mendapat pekerjaan,” demikian disebutkan Ramli. ***

Nelayan .................................dari halaman 16 susah mau mencari solar,'' tambahnya. Selain itu Maindan mengakui saat ini jatah solar untuk Kecamatan Mantang sangat kurang. Karena saat ini sekitar 2 ton solar jatah dibagikan untuk 20 nelayan yang ada. ''Bayangkan

kalau satu nelayan hanya dibagikan 2 drum untuk mengoperasikan mesin kapal 3 GT. Padahal idealnya mesin kapal 3 GT perlu sekitar 1,5 ton,'' jelasnya menambahkan nelayan di wilayahnya sekurangnya masih butuh 3 ton solar lagi. (dri)

Pengrajin ...............................dari halaman 16 Suno sudah menjadi pengrajin rotan pembuatan keranjang sejak 8 tahun lalu. Awalnya, usaha tersebut memberikan penghasilan yang cukup besar. Karena, ketersediaan bahan baku rotan cukup mudah didapatkan. Kala itu Suno bisa menghasilkan keranjang mencapai 100 buah dalam satu bulan. Namun sejalan dengan perubahan waktu, bahan baku rotan berkurang dan sulit dicari. “Saat ini hanya di Pengudang kami bisa menemukan rotan, itupun jenis rotan ukuran yang besar. Terkadang rotan tersebut ditemukan setelah ditimpa kayu besar atau di bawah timbunan tanah rawa. Kalau yang hidup, sangat sulit dicari. Kami kewalahan mencari bahan baku rotan saat ini,” sebut Suno, Jumat (12/7). Akibat bahan baku rotan sedikit, dalam satu bulan hanya sekitar 30 keranjang yang dihasilkan. Setiap keranjang dijual antara Rp225 ribu sampai Rp250 ribu per buah, tergantung besar dan kualitas. Harga tersebut tergolong murah untuk daerah Bintan. Bagi pedagang yang membawa keranjang rotan ke daerah timur (flores) harga jual satu keran-

jang bisa mencapai Rp600 ribu. “Penghasilan kami sangat kecil. Karena dari penjualan keranjang harus dikeluarkan juga untuk membeli rotan dan

upah serta kebutuhan lain. Saya berharap bahan baku rotan bisa tersedia lebih mudah di Bintan,” demikian diharapkan Suno. (fre)

IKLAN RAGAM

nah muncul lagi. Kami berharap agar fasilitas lapangan sepakbola Kawal segera diselesaikan dan diresmikan. Sehingga pemuda dan kalangan pelajar bisa memanfaatkan fasilitas tersebut,” harap Eno, Jumat (12/7). Pada kesempatan lain, Camat Gunung Kijang, Ronny Kartika enggan memberikan penjelasan tentang pembangunan fasilitas Tribun lapangan sepakbola Kawal itu secara rinci. Menurutnya, pemerintah sudah menyampaikan kondisi proyek kepada Dinas PU dan pasangan kepala daerah. “Proyek itu memang belum serah-terima. Tanya kepada Dinas PU saja,” saran Ronny. Kepala Dinas PU Bintan, Juniriyanto, mengungkapkan, saat ini PPTK kegiatan proyek Tribun sedang menyiapkan administrasi untuk serah-terima dengan pemerintah kecamatan. “Dari laporan PPTK, tidak ada masalah. Tinggal menyiapkan administrasi saja. Setelah itu baru dilakukan serahterima,” demikian Juni. (fre)

Pra Sekolah

Mandarin

Cukup 30 Kapsul penghancur lemak untuk melangsingkan perut paha, lengan & tubuh. Dalam 1 Minggu turun 2-6kg. 100% Natural untuk Pria& Wanita

www.galerikecantikan.com

&

VACUM + CREAM PAYUDARA PENGGEMUK BADAN IDEAL PENINGGI BADAN SUPER VITALITAS K PEMERAH BIBIR SENSUAL O CIALIS 20/50mg OBAT FRIGID PEMITUH MUKA & BADAN H SPRAY TAHAN LAMA LINTAH OIL A V6/VIAGRA ARABIAN OIL SARI RAPET VEGT KESAT N MAXIMUM POWER COBRA OIL PENGHILANG BEKAS LUKA OBAT6499 JERAWAT PATENT BATAM : 0778-750 1113- 750 / 08131113 6499 6663 BATAM : 0778 / 0813 6663 PENGHILANG CELULITE Perum Golden Land Blok D No.57 Simpang Kara Batam Centre

IKLAN BARIS

TANJUNGPINANG POS

CONVERSTATION CLUB SD-SMP-SMA I TOEFL-IELTS Bussines English

SABLON & PERCETAKAN

DIJUAL MOTOR

MENJUAL

CONVERSATION CLUB SD, SMP, SMU, TOEFL, IELTS, TOEIC

SABLON KAOS, SWETER,RAGLAN ,KEMEJA SERAGAM BORDIR DAN CETAK U N D A N G A N P E R N I K A H A N HUB : 085376534571 / 083183232305

MOTOR VEGA THN 2006, PAJAK HIDUP HARGA 5 JUTA BISA NEGO, KONDISI MASIH BAGUS HUBUNGI : 0 8 1 2 7 6 2 9 9 2 7 9

GTR FENDER STRATOCASTER 1,8JT NEGO, IBANEZ GIO 2,4JT NEGO,FX ZOOM G1 700RB NEGO,TERSEDIA JGA MIC SHURE SM,KBEL JACK,SOFT CASE.HUB.085272737257

Mencari staff TETAP untuk Bergabung di Dunia Pendidikan & dilatih oleh Mentor-mentor yang ber-skill, berpengalaman, prestasi Juara Kota, Provinsi Kepri, Nasional & Internasional, Pelatih Lokal, Anak Daerah Lulusan Luar Negri & Pelatih asing Australia, London & Canada Call : 0856 6828 6736 Fb : eenngglliisshh Cclliinniicc PIN : 27B4C9CE

CONTACT PERSON MARKETING

PENTINE KACA, GRAFIRE KACA, UKIR KACA JENDELA, LEMARI DPUR, KACA CERMIN,DLL UTK PMSANAN HUB BPK. PRISWARDI 0 8 1 2 7 0 6 1 3 3 3 8 / 081536772503 SABLON,DIGITAL RNTNG,CTKUNDGN,KRT NMA,BLIHO,X-BNNER,SPNDK,JLD BKU,PIN STMPL,STCKR,YSIN,DLL.HUB 08566700519/ 081268038373 ( YELLOW GREEN ADV )

TERIMA PESANAN

TANJUNGPINANG POS KORAN TERBESAR DI KEPULAUAN RIAU

CALL ME : 0771 - 7447234

Bahasa Inggris

www.galeripelangsing.com KOSMETIK :

- VEGY GETAR - VEGY MULUT - VEGY BULU - VEGY GETAR GOYANG - BONEKA FULL BODY

Jl. A.Yani (Simpang Kuantan No.1 Bt.5 Atas) Samping Kiri KODIM

SD-SMP

Diskon Uang Pendaftaran s/d 17 Agustus

AKSESORIS P / DEWASA

TG.PINANG : 081277454454/081991311555 0812 7745 4454

Melukis

Untuk sis wa :

w Dapat BEASISWA bagi yang berprestasi w Penghargaan/ Reward untuk siswa yang rajin w Saudara kandung dari siswa TALENT POINT mendapat discount uang pendaftaran w Hanya membayar 1 kali pendaftaran bila siswa mengambil lebih dari satu paket pelajaran w Murid yang ranking 10 besar disekolah dapat discount uang pendaftaran dan SPP w Bimbingan belajar yang lengkap sehingga memudahkan dan menghemat waktu Orang Tua dalam mengantar dan menjemput anak w Dapat fasilitas discount bila belanja kebutuhan sekolah di Mitra yang bekerja sama dengan Talent Point w Ruang belajar full AC yang nyaman maksimal 7 anak w Free trial class/ gratis percobaan kelas w Terdapat pertemuan orang tua dan guru untuk membahas perkembangan anak didik

Setelah di oles & dipompa langsung tambah besar, panjang kuat & tahan lama dan juga mengobatik ejakulasi dini. Dengan hasil permanen...Cukup 1set untukm selamanya.. Terbukti .. !!!

- PENGGELI - PENY GETAR KECIL/BESAR - PENY GETAR GOYANG - PENY TEKUK MANUAL - PENY MAJU MUNDUR

Muhammad Ali, ketika melihat para murid menerima seragam sekolah dan bahagia hanya bisa menuturkan terima kasih kepada Ketua dah pengurus K3S Bintan. “Saya berharap bantuan yang diberikan K3S bisa dimanfaatkan murid secara baik,” kata Muhammad Ali yang juga dibenarkan majelis guru lainnya. (fre)

Buka p endaftaran baru

JAMAICA OIL + VACUUM

PIN BBM 21043C5A

Meski kenaikan harga BBM ditolak di sejumlah daerah, Maindan justru bersyukur. Karena kenaikan itu tidak menimbulkan gejolak di daerahnya. ''Kami di sini tenang saja, tidak seperti daerah lain yang terjadi gejolak. Tapi jangan lantas

merintah Kecamatan Gunung Kijang belum melakukan serah-terima dengan pihak kontraktor. Akibatnya, lapangan sepakbola yang baru selesai dibangun tumbuh rumput tinggi. Sementara, fasilitas Tribun lapangan sepakbola itu belum siap dan tidak bisa digunakan. Padahal, anggaran pembangunan Tribun lapangan mencapai Rp1,8 miliar. Bangunan itu ditata dengan pondasi yang kokoh, drainase dan kamar ganti pemain di dalam tanah. Namun sampai saat ini, kamar ganti pemain di Tribun itu tidak beres. Jika hari hujan, genangan air setinggi lutut. Jaringan lampu di kamar ganti pemain tidak ada. Penataan air di Tribun tidak sesuai dengan bestek. Karena fasilitas tidak sesuai bestek, Pemerintah Kecamatan Gunung Kijang tidak mau melakukan serah-terima proyek tersebut. “Anehnya, kontraktor tidak memperbaiki Tribun itu. Sampai saat ini kontraktor pembangunan Tribun lapangan sepakbola Kawal malah tidak per-

“K3S tiap tahun mempunyai program bantuan untuk anak sekolah. Tahun ini SD 004 Pengujan menjadi sasaran kami untuk diberikan bantuan. Bantuan yang diberikan K3S untuk seluruh murid itu berupa seragam sekolah lengkap,” ujar Dewi Kumalasari Ansar di dampingi Ketua GOW Bintan, Nur Sa’adah Khazalik. Kepala SD 004 Pengujan,

MNRIMA PSANAN GITAR LISTRIK BRBGAI MERK & TYPE / KEINGINANMU,HARGA 1,5 S/D 3JT. TRSEDIA JUGA GTR SCHECTER HUBUNGI NOMOR :0 8 7 7 5 9 8 8 8 8 1 6

KIJANG LGX TH98 WARNA BIRU TUA.POWER STERING. POWER WINDOWS. DOUBLE BLOWER. SOLAR.HARGA 75 JT .MINAT HUBUNGISEGERA: 0 8 5 3 1 7 6 7 9 4 4 4 ABADI SEJAHTERA MOTOR. JUAL BELI MOTOR BARU & BEKAS. JL. SOEKARNO HATTA NO.24 HUB: SUJONO 085264049020 NEW MAZDA ALL TYPE.PROMO MARET DISC_VOUCHER BELANJA 5 JT+HP BB.CASH/CREDIT.HUB: FELLY :081270139577 BELI MOTOR.KAMI SIAP DATANG DAN PROSES DIRUMAH ANDA.HUB: SUBHAN:085272088433.RUDI:085264524171 BELI MOTOR.KAMI SIAP DATANG DAN PROSES DIRUMAH ANDA.HUB: ANTO : 08127752230.NORMAN : 082169099697

VIDEO EDITING,PHOTOWORK, MOTION VIDEO, GRAPHIC DESIGN, HUB. 085272737257

BELI MOTOR.KAMI SIAP DATANG DAN PROSES DIRUMAH ANDA.HUB: HENDRA:085264886006.TONGA:085263657074

HOME INDUSTRI ARTHA LANGGENG MENERIMA PESANAN KERIPIK KACANG DANBILIS. ANDA BERMINAT HUBUNGI HANDPHONE : 0 8 5 2 7 2 5 8 5 9 6 4

NEW MAZDA ALL TYPE.PROMO MARET DISC_VOUCHER BELANJA 5 JT+HP BB.CASH/CREDIT.HUB: IRWAN:081270234666

SENTURY MENERIMA PESANAN ECERAN DAN GROSIR SEMBAKO DAN KEBUTUHAN A N D A S E H A R I - H A R I HUBUNGI SEGERA : EVI 085272116524

INFO : 0771 7447234

SUZUKI MOBIL TPI ERTIGA,ALL NEW SWIFT,SX 4,PICK UP XTRA,PICK UP,DLL.PKT KRDIT HNGGA 6TH, DP TRJNGKAU,ANGSRN RNGAN, HUB. ADE : 081270112012 DIJUAL CEPAT SUZUKI SIDEKICK 96 WARNA MERAH MULUS SEPERTI BARU. HUB : 0 8 1 3 6 4 7 0 2 7 0 7

TOKO BAJU PINANG FASHION MENJUAL BERBAGAI JENIS PAKAIAN PRIA & WANITA DARI ANAK-ANAK HINGGA DEWASA ALAMAT : JL. BRIGJEN KATAMSO KM.2 TPI AMAN MULIA MENJUAL BERBAGAI TAS, SEPATU KOPER, DAN AKSESORIS LAINNYA. ALAMAT : JALAN D.I PANJAITAN SEBELAH PINANG LESTARI KM.9 BINTANCENTER MODEL DAN BAHAN-BAHAN TERBARU ALAMAT : JL. MT. HARYONO NO.6 SAMPING KANTOR PM HUBUNGI : 085272502851 MELIALA GAS MENJUAL ISI ULANG GAS 12 KG/3 KG. JL. CUT NYAK DIEN KP.JAWA. TELP : 0771-317735 / HP : 081364247878 FELIX’Z MOBILE MENJUAL BERBAGAI JENIS HANDPHONE BARU/SECOND . ALAMAT :JL. BRIGJEN KATAMSO 0 8 5 6 6 8 3 5 5 9 5 5

KEHILANGAN STNKB HONDA/NF100 SL ASLI A.N JUWEDI WAHYUDI SUBAKTI NOPOL : BM 3859 EI. NO MESIN : HB31E-1188624. NO RANGKA:MH1HB31176K189839 BPKB MOTOR A/N.HJ.NETTY WAHAB.PERUM GANETA FAMILY TOWN.JL.GANET NO.03F BT.11 NOPOL:BP2273 SUZUKI HITAM

TLH HLANG BRG/SRT2 PNTNG BRUPA 1LBR STNK MTR NOPOL BP 6063 BE AN TAUFIG AGUSRI NO BGI YG MNMUKN HUB JOKO NURYONO.081991857584 DOMPET BERISI UANG, KTP, STNK, NPWP, SIM, ATM AN. RAYA YUSUF. BG YG MENEMUKAN BS HUB: 08127714590/ TOKO SUCI JL.RJ.ALI HAJI NO.47.DIBERI IMBALAN BPKB MOBIL SUZUKI FUTURA MINI BUS ST 130 TH 97 NOPOL : BP 1493 DB. A/N. ASTIMIN SILITONGA.NO BPKB : 5998201-D. BAGI YG MENEMUKAN HUB : 08127769625 1 LBR KTP ASLI AN. JAYA SUPRIATNA . NIK : 2101060201910001 YG DIKELUARKAN DISDUK DAN CAPIL KABUPATENBINTAN 1 LBR STNKB AN. JAYA SUPRIATNA NO : BP 2581 BJ MERK HONDA . NO.RANGKA : MHIJBC214BK625590.NO MESIN : JBC2E.1611792 .DIKELUARKAN DIBINTAN

DI JUAL RUMAH DIJUAL RUMAH JLN SUTAN SYAHRIR NO.21 YUDOWINANGUN, LT 420M2, HRGA 600JT NEGO, SHM. HUB 081355020110 (TANPA PERANTARA) LOKASI KP. KOLAM MEJA TUJUH. SURAT SHM.LUAS TANAH HITAM 200M2.LUAS BANGUNAN 120M2. 4 KMR TDR. 3 KMR MANDI. SUDAH BERPAGAR HARGA 250 JUTA LOKASI PERUMAHAN MUTIARA BINTAN BLOK A NO.16.JL. ADI SUCIPTO BT.10 TYPE 45/108 HARGA NEGO HUB : 081266695396


PRO BINTAN

16

TANJUNGPINANG POS SABTU 13 JULI 2013

KIJANG BERSERI Nelayan Minta Tambah Stok Solar

KIJANG - Kenaikan harga BBM jenis solar menjadi Rp5.500 per liter ternyata tidak membuat persoalan nelayan terpecahkan. Justru nelayan di Kecamatan Mantang kesulitan mendapatkan solar yang dijadikan bahan bakar untuk melaut. Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kecamatan Mantang, H Maindan kepada Tanjungpinang Pos, kemarin mengungkapkan, sebenarnya pihaknya tidak mempersoalkan kenaikan harga BBM jeni solar. Tapi kenapa setelah naik per 22 Juni kemarin, solar menjadi barang langka. ''Mau naik kami tidak menjadi masalah, tapi yang penting pasokan solar ke nelayan tidak susah ditemukan,'' ujarnya.

KAWAL - Suno (47) seorang pengrajin rotan Kelurahan Kawal mengaku kesulitan mengembangkan usaha paska kenaikan harga BBM. Sementara, produk keranjang rotan yang dihasilkan semakin tahun semakin berkurang. Sedangkan harga jual kepada pedagang maupun pembeli langsung tidak mengalami kenaikan harga.

 Lanjut ke Hal 15

F-ANDRI DWI S

 Lanjut ke Hal 15

H Maindan

F-YUSFREYENDI/TANJUNGPINANG POS

KERAJINAN: Pengrajin rotan di Kelurahan Kawal membuat keranjang. Saat ini pengrajin rotal mengeluhkan susahnya mendapatkan bahan baku rotan.

Baru Gunung Sion Diberi Izin Tambang Penambangan Bauksit Jalan Kembali YUSFREYENDI, Bintan SETELAH 3 bulan berjalan, Pemkab Bintan mencabut kem bali kebijakan penghentian sementara aktivitas dan ekspor penambangan bauksit. Hanya saja, penambangan bauksit yang diberi izin pada tahap awal itu baru ditujukan untuk PT Gunung Sion saja. Sedangkan beberapa perusahaan lain masih dalam proses. Pada saat jumpa wartawan, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Bintan, Supriyono, menyampaikan, terhitung 11 Juli 2013, PT Gunung Sion sudah bisa beroperasi dan melakukan ekspor bijih bauksit. Dari CnC (Clear and Clean) yang diberikan Men-

perindag RI, kuata yang dimiliki PT Gunung Sion sampai akhir Desember ini (6 bulan) sebanyak 1,2 juta ton. Pelabuhan ekspor berada di Mantang dan Bintan Pesisir dengan beberapa lokasi penambangan seperti di Pulau Telang dan Siulung. Pemkab Bintan akan mencabut izin PT Gunung Sion jika membeli atau mengambil bijih bauksit dari perusahaan yang tidak memiliki Izin Usaha Penambangan (IUP). Jual-beli lokal boleh dilakukan jika bauksit tersebut milik perusahaan yang memiliki IUP. Upaya tersebut bertujuan untuk menghindari ilegal mining. Sedangkan untuk PT Wahana, sampai saat ini tidak dikeluarkan rekomendasi ekspor bauksit di

Perusahaan lain yang bakal diberikan izin tersebut antara lain PT Lobindo. Hanya saja, PT Lobindo perlu mengklarifikasi tentang kepemilikan lahan dengan PT Ganda Sari milik Acok. Meskipun PT Ganda Sari tidak memiliki kewenangan lagi soal lahan PT Lobindo itu. Untuk rekomendasi melanjutkan penambangan PT Lobindo, Pemkab Bintan akan memanggil kedua belah pihak. Setelah selesai, penambangan bisa dilanjutkan. Sedangkan F-YUSFREYENDI

Supriyono

wilayah Bintan. Karena terhitung 16 Juni lalu habis masa berlaku izinnya. Untuk memperpanjang izin tersebut, seharusnya PT Wahana mengajukan perpanjangan 3 bulan sebelum masa izin usaha habis. Selain tidak mengajukan perpanjangan, PT Wahana juga tidak memiliki cadangan bauksit lagi.

untuk PT Danpac Resorces, tidak ada kendala. Hanya saja perusahaan tersebut tidak melakukan aktivitas karena lahannya seluas 20 hektar milik orang lain. “Gunung Sion tidak ada masalah lagi. Kalau perusahaan lain masih menunggu hasil evaluasi tim Optimalisasi Penerimaan Negara dari ESDM dan BPKP,” sebut Supriyono di Kantor Bappeda, Jumat (12/7).

 Lanjut ke Hal 15

Epaper Tanjungpinangpos 13 Juli 2013  

13 Juli 2013

Advertisement