Page 1

Graphic Standard Manual


Content Introduction Stationary

Company Profile 4 Introduction 5 Vission and Mission 6 Brand Story

Brand Identity 8 10 11 12 13 15 17

Concept Logo Grid System Minimum Clear Space Minimum Size Typeface Color Usage Unacceptable Usage

Supergraphic 20 Pattern Supergraphic

22 23 24 25 27

Letterhead Facsimile Envelope Folder Business Card

EGD 29 30 31 32 33 34 35 36 37 39 40 41

Receptionist Desk Sofa Toilet Sign Parking Sign Vechicle Employee Uniform Name Card Bedroom Card Room Amenities Bathroom Amenities Stamp Other Application

Promotional Items 43 44 45 46 47

Website Web Banner Powerpoint Template Brochure Poster

1


Introduction

Graphic Standard Manual ini dibuat dengan tujuan untuk memberikan penjelasan dan membantu pengguna dalam menggunakan maupun mengaplikasikan brand identity POP! Hotel ini yang berfungsi sebagai petunjuk penggunaan visual berupa elemen visual, layout, logo, penerapan elemen desain pada media, tipografi, hingga warna. Buku ini bertujuan untuk mempermudah pengguna dalam menggunakan brand identity sehingga dalam pemahamannya dapat menjaga konsistensi brand agar esensi dan nilai yang terdapat dalam brand POP! Hotel ini dapat tersampaikan dengan baik.

2


Brand Profile


Company Profile Introduction POP! Hotel merupakan hotel berbintang dua dengan harga yang bersahabat dan memiliki konsep ramah lingkungan yang ditujukan bagi para budget-traveller. Hotel ini telah memiliki cabang di berbagai wilayah Indonesia dengan lokasinya yang strategis dan terjangkau. Pertama kali didirikan oleh Tauzia Group di Bali pada tahun 2010. POP! Hotel dalam kurun waktu 5 tahun ini telah beroperasi sebanyak 6 buah hotel di Indonesia secara keseluruhan.

Previous Logo Logogram berupa font POP! Hotel dengan gaya yang dibuat bulat-bulat menunjukkan sisi modern dan fun dari POP! Hotel ini sendiri. Penggunaan warna pada logo tersebut merupakan kombinasi antara hijau daun dan orange yang mirip dengan hotel lain dari Tauzia Group yakni Harris Hotel.

4


Company Profile

Vission Dapat menjadikan POP! Hotel sebagai hotel dengan pendekatan multikultural managemen dan inovasi produk serta servis.

Mission

Mempromosikan keanekaragaman budaya dalam bisnis hospitality.

Menyajikan harga bersahabat namun tetap mempertahankan kualitas kerja dan efisiensi bagi kepuasan pelanggan. Menciptakan lingkungan yang profesional, dinamis, dan positif bagi karir dan perkembangan diri tim kami. Mengembangkan jaringan yang luas dimana yang menguntungkan karyawan dan pelanggan.

5


Company Profile Our Brand Big Idea Pay Less. Feel More.

Brand Personality Bright

Brand Essence Comfort

POP! Hotel selalu menggunakan warna-warna yang bright dan untuk mengungkapkan kesan ceria dan fun.

POP! Hotel selalu menjaga kenyamanan pelanggan dengan sebaik mungkin.

Modern

Selalu memperhatikan lingkungan dan menanamkan aspek-aspek kepedulian lingkungan dalam brand itu sendiri.

Sebagai brand, POP! Hotel menunjukkan kesan modern yang sesuai dengan budaya masa kini.

Efficient

POP! Hotel menunjukkan efisiensi bagi para pelanggannya untuk mendapatkan kenyamanan dengan biaya yang ekonomis.

Eco-friendly

Economic

Hotel dengan biaya yang ekonomis yang dapat menjadi alternatif bagi semua traveller.

6


Brand Identity


Brand Identity Concept Logo

Konsep dari logo POP! Hotel ini adalah

"A Hotel for cost-conscious, smart, and eco-friendly travellers"

Masterbrand logo terdiri dari logogram, logotype, dan berwarna.

8


Brand Identity Concept Logo

Logogram POP! Hotel terdiri dari font POP dengan huruf O diaksenkan sebagai tanda seru yang khas dilengkapi dengan stilasi gedung dan tunas tumbuhan.

Logogram

Penggunaan warna pada logo tetap mempertahankan hijau dan orange namun dengan image yang berbeda.

Logotype

Logotype dibuat simple dengan huruf l dibuat seolah menyerupai tangkai tunas pada stilasi tanda seru logogram.

9


Grid System Logo memiliki struktur yang harus diperhatikan agar dapat mencapai konsistensi di setiap penggunaannya. Pengukuran semua elemen logo harus sesuai dengan yang telah dicantumkan.

10


Minimum Clear Space Jarak spasi minimal yang digunakan ditentukan agar tampilan logo tidak terganggu oleh objek-objek lain di sekitar logo.

x

x

11


Minimum Size Ukuran minimum tetap harus memperhatikan kaedah ruang kosong. Tidak ada aturan bagi ukuran maksimum selama masih memperhatikan kaedah proporsi logo dan ruang kosong.

12


Typeface

Primary Typeface

Berikut adalah jenis font yang dipakai dalam pembuatan logo. Terdiri dari 2 jenis font yang masing-masing dapat digunakan sebagai huruf korporat dalam perancangan berbagai media promosi.

Comfortaa (dalam Logogram) 13


Typeface Secondary Typeface

Devanagari Sangam MN (dalam Logotype)

Regular

Bold

14


Color Usage Warna yang hendak diaplikasikan pada logo harus mengikuti kode warna yang telah ditentukan.

15


Color Usage BW/Grayscale Pengaplikasian warna hitam putih, reverse dan grayscale pada logo.

16


Unacceptable Usage jangan memberi efek apapun pada logo

jangan menghilangkan elemen pada logo

jangan mengubah logo menjadi format outline

jangan menambahkan elemen lain pada logo

jangan mengubah komposisi logo

jangan mengubah warna logo

Penyimpangan penggunaan logo dalam aplikasi dapat menyebabkan peralihan makna dari identitas yang ingin dibangun, oleh karena itu hindari penggunaan seperti pada contoh berikut ini.

17


Unacceptable Usage jangan merotasi logo dalam bentuk apapun

jangan mengubah ukuran logo tanpa perbandingan skala

jangan memberi shadow pada logo

jangan menempatkan logo pada background yang ramai

jangan mengubah perbandingan logogram dan logotype

jangan memberikan gradien pada logo

18


Super Graphic


Pattern Supergraphic Supergraphic dibuat untuk memperkuat dan mengembangkan komunikasi brand POP! Hotel secara visual. Elemen pada pattern supergraphic berasal dari daun tunas pada logogram yang kemudian dibuat pattern secara acak. Ada dua cara penggunaan supergraphic yakni blok warna untuk background putih dan outline pada background warna.

Blok warna

Outline

20


Stationary


Letterhead Letterhead menggunakan sistem "Alignment" dimana logo dan keterangan (alamat, nomor telepon) diletakan pada posisi kiri sedangkan supergraphic diposisikan dikanan kertas.

Letter text 12pt

22

Typerface : Devanagari Sangam NM Size letterhead : A4 (21 x 29.7 cm) Scale : 30% Keterangan 8pt


Facsimile

Head text 12pt Body text 11pt

Facsimile tetap menggunakan sistem alignment pada logo, keterangan, serta supergraphic. Dimana logo terletak diposisi kiri atas, keterangan dikiri bawah, serta supergraphic yang terletak di sebelah kanan kertas.

23

Typerface : Devanagari Sangam NM Size facsimile : A4 (21 x 29.7 cm) Scale : 30% Keterangan 8pt


Envelope Aplikasi identitas visual pada amplop menggunakan sistem alignment, seperti halnya pada letterhead serta facsimile namun dengan centering pada bagian keterangan ( alamat, telefon). Amplop ini dipergunakan untuk kertas berukuran A4. Keterangan 8pt

Typerface : Devanagari Sangam NM Size amplop : 22 x 11 cm Scale : 40%

24


Folder Folder ini dibuat vertical dengan sistem alignment, sama seperti aplikasi pada stationary lainnya. Pada bagian kanan depan dan belakang folder terdapat elemen supergraphic.

25

Typerface : Devanagari Sangam NM Size folder : 23 x 32 cm Scale : 30%


Folder Folder dibuat vertical dengan penempatan logo dibagian tengah depan dan supergraphic berada di sisi pojok kiri atas dan kanan dari bidang folder. Pada bagian dalam terdapat area untuk menempatkan kertas dengan warna orange.

26

Typerface : Devanagari Sangam NM Size folder : 23 x 33.5 cm Scale : 50%


Kartu Nama Sistem alignment tetap diaplikasikan pada bagian belakang kartu nama dimana berisi keterangan (alamat, nomor telepon) sedangkan pada bagian depan aplikasi logo menggunakan sistem centering.

27 Keterangan 8pt

Typerface : Devanagari Sangam NM Size kartu nama : 8.5 x 5 cm Scale : 100%


EGD

(Environnmental Graphic Design)


Customer Service Desk Aplikasi pada customer service desk yang berada pada lobby hotel menggunakan konsep minimalis berupa penggunaan warna hijau dan orange sesuai dengan warna pada logo POP! Hotel.

29


Sofa Aplikasi visual pada sofa berupa penggunaan warna dari logo POP! Hotel yakni hijau dan orange. Penempatan sofa berada di lobby hotel.

30


Toilet Sign Aplikasi visual pada tanda toilet menggunakan elemen yang berasal dari logo dan supergraphic dengan posisi dibalik menyerupai kumis untuk lambang toilet pria dan posisi keatas yang menandakan tunas atau bunga untuk toilet wanita..

31


Parking Sign Aplikasi visual pada tanda parkir yakni menggunakan bentuk persegi panjang dengan sudut membulat. Logo pada tanda dibuat besar agar sekiranya dapat dilihat dari kejauhan.

Parking 32

100 km


Vehicle Aplikasi visual pada kendaraan resmi POP! Hptel terdiri dari logogram pada bagian tengah dengan disertai supergraphic sebagai elemen pendukung.

33


Employee Uniform Seragam karyawan POP! Hotel menggunakan polo shirt untuk pemakaian sehari-hari serta kaos untuk kegiatan outdoor. Dimana pada polo shirt digunakan dua model dengan warna yang berbeda, namun pada ketiganya terdapat logogram POP! Hotel.

34


Name Card Dalam aplikasi kartu identitas, logo berada diatas dengan layout centering. Kartu identitas dibuat dalam dua muka dimana pada tiap sisi diberi visual supergrafis.

35


Bedroom Card Aplikasi identitas visual pada kartu kamar hotel yakni tampak depan blok warna disertai logo dan instruksi. Pada bagian belakang adalah magstripe dan supergraphic.

37


Room Amenities Aplikasi identitas visual pada perlengkapan fasilitas yang diberikan di dalam kamar pengunjung berupa notepad, korek api, pensil, serta kertas letterhead.

36


Room Amenities Aplikasi identitas visual lain yang diberikan di dalam kamar pengunjung antara lain berupa greeting card dan gantungan pintu.

38

Please, DO NOT Disturb Welco m

and e

njoy y o

e

ur sta y


Bathoom Amenities Aplikasi visual pada perlengkapan fasilitas kamar mandi pengunjung berupa peralatan mandi yakni berupa handuk, sabun batang, sabun cair, bath boam, shampoo, conditioner, dental kit, serta shower cap.

39


Stamp Aplikasi visual pada cap resmi POP! Hotel ini berupa logo dengan satu warna.

40


Other Applications Aplikasi-aplikasi lain yang digunakan pada identitas visual POP! Hotel antara lain berupa souvenir seperti payung, topi, mug, serta gantungan kunci official.

41


Promotional Items


Website Website POP! Hotel harus menunjukkan kualitas dan personality dari brand ini sendiri. Oleh karena itu website harus tersusun secara rapih dengan tetap menggunakan elemen grafis, layout, dan tipografi yang sesuai dengan aturan dalam Guiebook.

43


Web Banner Aplikasi pada web banner menggunakan sistem centering dengan logo berada di atas dan alamat website dibagian bawah. Web banner berukuran 240 x 400 px.

44


Powerpoint Template Berikut merupakan contoh dari aplikasi identitas visual pada template presentasi. Font yang digunakan untuk head text adalah Comfortaa 36pt dan Devanagari Sangam MN 18pt untuk body copy.

45


Brosur Aplikasi pada banyak brosur menggunakan pemakaian foto, untuk itu layout dan penempatannya harus diperhatikan. Berikut gambar contoh layout brosur berukuran 21 cm x 30 cm dengan font Comfortaa sebagai judul dan Devanagari Sangam NM sebagai body text.

46


Poster Aplikasi identitas visual pada poster. Logo POP! Hotel digunakan disebelah kanan atas dan keperluan gambar diletakkan dibawahnya. Pada bagian kiri bawah terdapat keterangan (informasi hotel, alamat, telefon), dan di bagian kiri atas terdappat elemen supergraphic.

Keterangan 8pt

47


Sunburst CBD Lot II No.18A Bumi Serpong Damai (BSD) , 15321 Serpong, Indonesia p. (021) 53159077 e. hm-bsdcity@pophotels.com www.pophotels.com


Pop Hotel - Graphic Standard Manual  

a college assignment for DKV 4 subject

Pop Hotel - Graphic Standard Manual  

a college assignment for DKV 4 subject

Advertisement