Page 1


Tokoh Pemuda Kota Depok Akan Terus Kawal Kasus Mantan Walikota Kota Depok dan Mantan Sekda Kota Depok

Depok | Tokoh Muda Anti korupsi ini Angkat jempol dan salut atas kinerja Tim Tipikor Polresta Kota Depok telah melimpahkan berkas dua mantan pejabat Kota Depok tersangka dugaan korupsi Pengadaan asset jalan Nangka Cimanggis Kota Depok, Dua mantan pejabat ini antara lain Mantan Walikota dan Mantan Sekda Kota Depok ke Kejaksaan Negeri Kota Depok. Berkas penyidikan perkara tersebut telah dilimpahkan oleh Polresta Kota Depok ke Seksi Pidana Khusus Kejari Kota Depok sesuai dengan alur perkara Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) ” berkas tersangka NMI dan HP telah kami terima hari ini, untuk selanjut kami Tim Seksi Pidana Khusus sedang mempelajari berkas tersebut guna kelengkapan berkas dan proses selanjutnya” ujar Kasi Pidsus, Kejari Depok Daniel de Rozari kepada pewarta. Seperti yang telah diberitakan media massa sebelumnya, mantan Walikota Depok NMI dan mantan Sekda Depok HP diduga terlibat kasus korupsi Pembelian Aset Pelebaran Jl Gg Nangka, Tapos Depok, disin yang telah

merugikan Negara sebesar 10 Milyar, pada anggaran tahun 2015. Semetara ditempat terpisah Ketua LSM Penjara Kota Depok. Tompay Baraba mengatakan,” kami siap mengawal kasus ini sampai tutas,kami juga berharap kepada penegak hukum nantinya dapat memutuskan hukuman seberat-beratnya dalam kasus ini,”kata Tompay kekantor halaman Walikota kemarin. Prestasi Tim Tipikor Polresta kota Depok luar biasa setelah sekian lama Kota Depok mendapat julukan kota terkorup no.2 se Indonesia tapi tak dapat menangkap atau meduga siapa pelaku utamanya. papar Tompay pada pewarta di Balaikota Depok. Semoga kami bersama anggota LSM Penjara tetap eksis secara rutin memantau dan mengawal kota depok tanpa ada kata Kota Terkorup di Nusantara ini Tegas Tompay. (Red)


38

DEPOK Pradi Tutup Turnamen Sepak Bola Pordek Cup 2018 “Secara umum kita punya potensi sumber daya manusia yang luar biasa, dengan penduduk yang mencapai 250 juta, masa tidak dapat membentuk tim Piala Dunia yang selalu kita impikan,” ungkapnya. Terkait masalah fasilitas lapangan, Haris menyatakan akan berkoordinasi dengan Pemkot Depok apakah nantinya lapangan yang digunakan lokasi pertandingan dapat dijadikan sebagai Fasilitas Sosial (Fasos) dan Fasilitas Umum (Fasum) warga. “Ini sangat memungkinkan dan sudah semestinya perusahaan memperhatikan dan memberikan Fasos dan Fasum kepada masyarakat. Kita akan bicarakan ke Pemkot Depok dan nantinya diajukan ke pemerintah provinsi Jabar,” pungkasnya. Depok, Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna secara resmi menutup turnamen Sepak Bola Pordek Cup tahub 2018 di Lapangan Sepak Bola Krukut, Kp Utan Jalan Masjid Darul Taqwa RT04/06, Kelurahan Krukut, Kecamatan Limo, Depok, Minggu (21/10/2018).

Wakil Walikota Depok Pradi Supriyatna memberikan apresiasi kepada panitia dan seluruh unsur terkait atas terselenggaranya turnamen ini dengan tertib dan lancar.

“Saya apresiasi kepada panitia karena turnamen ini berjalan dengan tertib dan lancar. Saya yakin Penutupan dilakukan setelah digelar pertandin- tahun depan hadiah buat pemenang semakin began grand final antara kesebelasan Kancil Borneo sar,” ujar Pradi. Tangsel melawan ADAC Cinere dengan skor 6-0 untuk kemenangan Kancil Borneo FC. Menurutnya, lapangan olahraga menjadi salah satu sarana yang sangat penting dalam menunjang prHadir dalam penutupan tersebut Wakil Ketua estasi olahraga. DPRD Provinsi Jawa Barat, Abdul Haris , anggota DPRD Depok, Camat Limo Hari Restu Gumelar, “Untuk membina prestasi jika dari sarana prasaraDanramil 07/Limo, Kapten Ema Suherman, Lurah na tidak mendukung bagaimana mau berkembang Krukut, tokoh masyarakat, para donatur dan ratu- prestasinya?” ujar Pradi. san penonton. Diakui Pradi, banyak potensi yang luar biasa Kota Wakil Ketua DPRD Provinsi Jabar, Abdul Haris Depok tapi akhirya tidak terbina dengan baik kamenilai turnamen ini luar biasa dan harus kita rena keterbatasan sarana prasarana. hargai. Masyarakat kelurahan Krukut Kecamatan Limo, Depok punya semangat untuk memajukan Saat ini, kata Pradi yang menjadi permasalahan di sepakbola. Kota Depok adalah banyak sekali ruang terbuka seperti lapangan di tengah pemukiman penduduk “Ini harus kita hargai meskipun tidak memiliki tetapi milik swasta. fasilitas lapangan olahraga tetapi mampu menyelenggarakan kegiatan Turnamen Sepakbola yang Dari itu, lanjut Pradi, pihaknya akan melihat aset banyak disaksikan masyarakat,” ujar Haris usai mana yang menjadi milik pemerintah daerah, apapenutupan turmanen sepak bola Pordek Cup 2018. kah sudah dibeli atau lahan tersebut merupakan Fasum dan Fasos warga masyarakat. Ia mengatakan, jika turnamen ini didukung dengan fasilitas yang ada tentunnya prestasinya akan lebih “Kita akan menginventarisir lahan-lahan tersebut baik dan berkembang, terlebih mereka masih muda termasuk lapangan Sepakbola Krukut ini,” tandas muda. Pradi.(ndi) Majalah Pantau Edisi 01 Bln.X 2018

REDAKSIONAL Susunan Redaksi

Diterbitkan Oleh: PT. Selaras Solusi Sistem

Direktur : SURACHMAT Kantor . Rukan Graha Cempaka Mas Blok B 28 Jl. Letjen Suprapto Kel. Sumur Batu, Kec. Kemayoran Jakarta Pusat Telepon – 0811 -391-2879 Notaris - Hj.Nurmiati, S.H No.19. Tanggal 23/07/2012 , Siup : Pem Prov.DKI Jakarta - 07388 -01/1.824.271 TDP : 09.05.1.46.75885 No. NPWP : 03.250.875.6-027.000. No.kumham : AHU.0074338.AH.01.09 Thn 2012 , Tanggal 13 Agustus 2012 Didirikan Pada Tahun 2012 oleh : Deddy Djumhana S.Kom Dewan Redaksi Ketua: Wilson Lalengke. S.Pd,M.Sc, MA. Surjanto, Pemimpin Umum/Pimpinan Redaksi: Deddy Djumhana., S.Kom Wakil Pemimpin Redaksi: Muchlis Redaktur: Jaya Kamarullah. Agus Gondronk Sekretaris Redaksi: Rosana Zaenab Manager Iklan : Djamaludin Fotografer : Dendy Dirgantara , Koordinator Nasional Muhlis, Ichdar Abdurahman, BIRO DAERAH : Jakarta : Victor, Steven, Tjong Wendi, Tiven Husyin, Chai Tjhai Bui Khian, Depok : Koes Haryadie (kabiro) , Haryadi Bogor : Lukman Achmad Fauzi, Banten : Nurita Djohadi ,Darus Samin,Surini,. Sukabumi Usep, Eddy F Harahap, Cianjur : Gilang. Purwakarta, Endang Jawa Tengah: Cahyo Nugroho, Jawa Timur : Surya Lampung : Bambang Irawan, Wawan Rafika Kepri . Dibutuhkan Riau / Pekanbaru : Dibutuhkam Asahan: Ahmad Sofwan, Bormen Panjaitan Medan: Evi Marini. Nias : Dibutuhkan Kalimantan Timur . Frety Butar butar, Bambang Wardhani Balikpapan : Joko Bambang Wardani, Edi Barito , Joko . Gorontalo . (Dibutuhkan) Sulawesi : Muchlis (Ka Perwakilan), Korldinator Lapangan : Suardi DM Kepala Biro : Makasar, Bone ,Sopeng: Andi Indra Dewa Wajo : Arief Rahman Biro Luwu Raya - Enrekang Tator: Nasruddin Biro Morowali dan Morowali Utara Nivon Barru Biro Luwu Timur dan Luwuk Utara : Handayani, Muhammad Nor, Slamet Riyanto No. Rekening : BCA KCP DEPOK 7150860835 a/n. Deddy Djumhana Kantor Redaksi (Pusat): Rukan Graha Cempaka Mas, Kemayoran , Jakarta Pusat Phone : 081281379596 - 082299959044 Kode pos : 10650 . Online : http://www.pantauterkini.com Email : redaksipanter@gmail. com HOTLINE : SMS / WA 08113912879 - 0822 9995 9044

Sudah 22 Tahun Jadi Ketua RW H.Romli Andy Sanjaya Ingin Maju Jadi LPM

Depok | “Berat dijinjing rinngan sama dipikul” ucap H.Romli Andi San-

jaya putra asli bedahan ini aktif berorganisasi jabatab yang diembannya Ketua Rukun Warga sejak 1997 - 2018 ini bukan karena keinginannya tapi karena warga masyarakat di wilayahnya enggan melepas atau memilih yang lain . “Ini suatu amanah warga jadi saya laksanakan dengan keihlasan, apalagi saya asli orang sini dan pasti semua saudara-saudara saya “ ungkap H. Romli Andy Sanjaya yang kali ini ditunjuk sebagai Bendahara Persatuan Pewarta Warga Indonesia Kota Depok. Antusias belajar jurnalistik sangatlah baik apa lagi ketika organisasi ini mempunyai program program yang cukup jelas membangun, mencerdaskan anak bangsa papar H.Romli Andi Sanjaya kepada Pewarta Pantau Terkini. PPWI (citizen Jurnalism) adalah sarana pendidikan warga dan penyaluran bagi para pelajar untuk belajar jurnalism (pewartaan) di luar mata pelajaran di sekolah ini yang saya inginkan apa lagi zaman sekarang sudah zaman canggih ribuan berita setiap jamnya beredar di handphone kita ungkap H.Romli Andi Sanjaya kepada Pantau Terkini. Selain mencintai lingkungan H.Romli Andi Sanjaya juga menciptakan kebersihan lingkungan agar warga juga ikut bersih dari berbagai hal terutama terbebas dari penyakit. Selain lingkungan yang bersih membangun warga masyarakat dengan Usaha Kecil Menengah agar terbebas dari penumpukan pengangguran di wilayahnya . Memang ini tidak mudah baginya mengatur warga di wilayahnya saya bangga terhadap para Ketua Rukun Tetangga yang membantu secara langsung di wilayah masing masing dalam perogram menjaga kebersihan wilayah dan membangun Usaha Kecil Menengah di wilayah masing masing. Semoga kelak saya dapat memberdayakan warga masyarakat yang lebih luas agar kelurahan Bedahan atau kecamatan sawangn ini Bersih dan Sejahtera papar H.Romli Sanjaya (dk)

Setiap Wartawan Pantau Terkini dilengkapi oleh idcard / kartu pers. Pengaduan 082299959044


4

NASIONAL Sambangi Pusat Perbelanjaan di Padang, Presiden Belanja Celana Jeans Padang, Sebelum kembali ke Jakarta, Presiden Joko Widodo menyempatkan untuk menyambangi pusat perbelanjaan yang berada di kawasan Jl Pemuda, Kota Padang, Provinsi Sumatra Barat, Senin 8 Oktober 2018.

memutuskan untuk membeli dua buah celana jeans.

DEPOK 37 Walikota Minta OPD Gencar Sosialisasikan Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun benar harus bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” pintanya. Dikatakan Walikota, bahwa tangan bisa menjadi sumber berbagai penyakit karena banyak kuman setelah bersalaman atau menyentuh sesuatu dan sebagainya.” Kata Nabi Muhammad SAW, kalau bangun tidur jangan langsung memegang sesuatu yang bisa masuk ke mulut, tetapi harus cuci tangan dulu, karena kita tidak tahu tangan kita bergerak kemana saja saat tidur,” tuturnya.

Presiden kemudian berkeliling untuk melihat-lihat produk lain. Saat berjalan-jalan, masyarakat yang melihat kedatangan orang nomor satu di Indonesia ini pun langsung mengerubungi Presiden. Momen ini pun mereka manfaatkan untuk berjabat tangan dan berfoto bersama, Presiden pun dengan senang hati melayani permintaan warga tersebut.

Selesai berbelanja dan menyapa warga Kota Padang di pusat perbelanjaan tersebut, sekira pukul 20.45 WIB, Presiden langsung menuju Bandara Internasional Minangkabau, KaTiba pada bupaten Padang Pariaman untuk lepas landas menuju Jakarta. pukul 20.05 WIB, Presiden yang mengenakan kemeja putih len- Padang,8Oktober2018 Deputi Bidang Protokol, Pers, dan gan panjang langsung menuju sebuah toko pakaian Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin yang berada di lantai 2. Setelah melihat-lihat, Presiden

Presiden Jokowi Ingin Semangat Wirausaha Mahasiswa Bangkit Presiden Joko Widodo mengajak lembaga pendidikan tinggi di Indonesia untuk turut berperan sejak dini mengembangkan sekaligus melahirkan para wirausaha yang mampu menciptakan lapangan kerja. Harapan itu disampaikannya saat memberikan orasi ilmiah dalam rangka Dies Natalis ke-66 Universitas Sumatera Utara (USU) di Auditorium Kampus USU pada Senin, 8 Oktober 2018. Dalam orasinya itu, Kepala Negara memberikan gambaran betapa Indonesia memerlukan lebih banyak wirausaha untuk dapat bersaing dengan negara lainnya. Ia menyebut bahwa saat ini, semangat kewirausahaan bangsa kita masih berada pada tahap yang rendah. “Dalam Global Entrepreneurship Index tahun 2017, peringkat kewirausahaan kita masih di ranking 90 dari 137 negara.

Oleh karenanya, Presiden Joko Widodo meminta lembaga pendidikan tinggi di Indonesia untuk mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman sekaligus mendukung segala kreasi baru yang mampu memberikan solusi bagi permasalahan yang ada di tengah masyarakat. Ia berharap agar universitas mampu menjadi inkubator awal bagi lahirnya banyak wirausaha muda di Indonesia. “Saya yakin cara-cara baru harus dikembangkan. Kreasi-kreasi baru harus difasilitasi dan dikembangkan. Para sociopreneur yang memecahkan masalah di masyarakat harus kita dukung,” Satu hal lainnya yang diingatkan oleh Presiden, bahwa pendidikan tinggi tak hanya bertanggung jawab untuk mencetak lulusan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Di tingkat Asia Pasifik, peringkat kita ke-16 dari 24 negara. Jumlah inovasi dan paten kita juga masih rendah, yaitu peringkat 87 dari 137 negara. Artinya masih banyak pekerjaan besar yang harus kita selesaikan,” kata Presiden. Banyak cara dapat dilakukan pimpinan universitas untuk mengembangkan semangat kewirausahaan itu di lembaganya masing-masing. Salah satunya yang disebut Presiden ialah dengan membangun ekosistem bagi para wirausaha pemula dan mengembangkan sejumlah skema pembiayaan alternatif bagi mereka. Meski demikian, dirinya mengingatkan bahwa semangat kewirausahaan ini tidak selalu berbicara soal keuntungan dan bisnis.

Namun, juga bertanggung jawab untuk melahirkan lulusan yang mencintai bangsa dan negara Indonesia. “Pendidikan tinggi memang harus mencetak lulusan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Banyak masalah - masalah sosial yang juga harus dipecahkan oleh para wirausaha ini. “Kewirausahaan tidak selalu semata menghasilkan profit bagi perusahaan, tapi juga melahirkan benefit bagi masyarakat luas.

Ulos “gatip” untuk Presiden dan ulos “ragi-ragi” untuk Ibu Iriana, makna dari kedua ulos itu adalah agar sepanjang hayat sehat, bahagia bersama keluarga.

Berusaha menjadi sociopreneur yang memecahkan masalah sosial melalui cara-cara kewirausahaan. Sungguh saya berharap agar pendidikan tinggi mampu meningkatkan perannya dalam pengembangan ekosistem untuk mencetak para sociopreneur,” tuturnya.

Namun, perguruan tinggi juga harus membuat alumninya mencintai Indonesia yang melahirkan para pembela Pancasila, yang menancapkan jiwa kerakyatan, serta yang menanamkan integritas dan profesionalisme untuk membangun keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” tandasnya. Di penghujung acara, Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo diberi kenang-kenangan ulos.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi M Nasir, Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi, dan Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu. Medan, 8 Oktober 2018 Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin

Majalah Pantau Edisi 01 Bln.X 2018

Dari itu, Walikota meminta gerakan cuci tangan harus sering disosialisasikan meskipun terlihat mudah tapi sering terabaikan.”Kepada para OPD untuk proaktif kembali mensosialisasikan masalah ini khususnya kepada ibu-ibu yang sering bersentuDalam kesempatan itu, Idris mengatakan bi- han dengan anak-anak,”tandas Idris. asanya yang mengabaikan cuci tangan pakai sabun adalah orang dewasa. Seharusnya Dalam acara tersebut juga dilakukan penanorang dewasa bisa memberikan keteladanan datanganan komitmen bersama program keskepada anak-anak tentang cuci tangan yang ehatan antara Dinas Kesehatan Kota Depok dengan PT YKK, BMP Unilever, dan BKPbaik. MRI.(ndi) “Saya berharap acara ini tidak sekedar seremonial saja, tetapi sejatinya orang tua harus memberikan keteladanan kepada anak-anak bagaimana cuci tangan yang benar,” ujar Walikota. Depok, Walikota Depok Mohammad Idris membuka acara Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) Sedunia tahun 2018 di lapangan Balaikota Depok, Selasa (16/10/2018).

Idris juga mencontohkan beberapa fasilitas di perkantoran, seperti ruang makan bersama tidak dilengkapi dengan tempat cuci tangan.”Sesudah makan tentunya mereka yang rajin cuci tangan kesulitan untuk cuci tangan, terpaksa harus ke toilet atau diberikan kobokan. “Air kobokan itu tidak memadai untuk cuci tangan secara higynis dan bersih. Karena itu cuci tangan yang Majalah Pantau Edisi 01 Bln.X 2018


36

PALOPO Walikota Palopo Melakukan Doa dan Dzikir Dalam Rangka Masuk Kembali ke Rumah Jabatan Saokotae

5 Presiden Dorong Perempuan Pengusaha untuk Ekspor Produknya

NASIONAL

Doa dan dzikir setelah maghrib pada hari Minggu 21 Oktober 2018 serta pada subuh hari melaksanakan salat subuh berjamaah Senin tanggal 22 Oktober 2018. Pemandu Zikir oleh Ustad Syahruddin.S.Ag Baca Doa : Ustad Nazaruddin Bin A dan Imam Sholat berjamaah oleh : Ustad Umar.

Dengan harapan kiranya dalam menjalankan tugas sebagai walikota Palopo, Palopo | Pantau Terkini | Dalam rangka men- HM Judas Amir dan keluarga selalu mendaempati kembali rumah jabatan Walikota patkan perlindungan dan berkah dari Allah Palopo yang berada di Jalan Veteran Kota Subhanahu wa ta’ala Palopo Wali Kota Dars. HM Judas Amir MH melakukan doa dan dzikir dalam rangka Turut hadir Walikota Palopo Hm Judas Amir kembali masuk rumah jabatan. Karena beli- beserta ibu Hj. Utia Sari Judas dan seluruh au sudah definitif menjabat sebagai Walikota kepala SKPD yang hadir mengikuti ibadah sholat dan dzikir.(suardi) Palopo 2018-2023.

Oleh sebab itu, Presiden percaya bahwa Indonesia membutuhkan lebih banyak perempuan pengusaha jika ingin semakin maju ekonominya. Tidak hanya itu, dalam menghadapi persaingan ekonomi ke depan, Indonesia membutuhkan semakin banyak pengusaha yang mampu membuka lapangan pekerjaan, pengusaha yang tidak hanya kuat di pasar dalam negeri tapi juga kuat untuk pasar-pasar ekspor. “Ingat bahwa tulang punggung ekonomi kita adalah terbesar di Asia Tenggara. GDP kita terbesar di Asia Tenggara dan di dalamnya yang terbesar memang usaha mikro, usaha kecil, usaha menengah. Yang di dalamnya lagi adalah pengusaha-pengusaha perempuan,” ujarnya. Di penghujung sambutannya, Presiden mengajak para pengusaha untuk beradaptasi dalam menghadapi perubahan global cepat sebagai akibat dari revolusi industri 4.0, termasuk hal-hal seperti artificial intelligence, internet of thing, crypto currency, bit coin, hingga virtual reality. Presiden Joko Widodo mendorong para perempuan pengusaha untuk memasarkan produk-produknya ke pasar-pasar di mancanegara. Dirinya meyakini dengan meningkatkan ekspor dan investasi maka akan memperbaiki defisit neraca perdagangan dan neraca transaksi berjalan. “Saya mengajak ibu-ibu semua agar berani mengarahkan produknya ke pasar ekspor. Enggak usah ragu karena pasar itu ada segmentasinya yang berbeda-beda. Ada segmentasi atas, tengah, dan bawah,” kata Presiden dalam sambutannya saat membuka Rapat Kerja Nasional ke-28 Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) tahun 2018 yang digelar di Hotel Grand Inna, Kota Padang, Sumatra Barat, Senin, 8 Oktober 2018.

“Kalau ini kita enggak mengerti, kita masih pakai cara-cara lama padahal dunia sudah berubah, hati-hati. Saya senang tadi Bu Nita menyampaikan sudah mulai mengajak para perempuan pengusaha untuk menjual produknya secara online, kalau kita ingin barang-barang kita terjual dengan cepat dengan harga yang baik,” tandasnya. Turut mendampingi Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo dalam acara ini Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise, dan Gubemur Sumatra Barat Irwan Prayitno. Padang, 8 Oktober 2018 Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin

Presiden meyakini produk-produk yang dihasilkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Indonesia tidak kalah bersaing dengan produk-produk dari negara lain. Hanya saja, terkadang para pengusaha terjebak dalam pemikiran bahwa tujuan ekspor itu harus ke Amerika, Eropa, atau Jepang. “Jadi yang namanya pasar ekspor itu kita selalu mikirnya harus Amerika, harus Eropa, harus Jepang, padahal pasar-pasar yang lain di Asia Afrika terbentang sangat luas dan produk-produk kita bisa bersaing dengan produk-produknya dari negara lain, harganya, kualitasnya,” ujarnya. Presiden menuturkan itu setelah dirinya mengundang salah seorang pengusaha wanita untuk berbagi cerita. Leni, begitu seorang ibu memperkenalkan dirinya, menyampaikan bahwa ia sudah mengeskpor produknya ke pasar-pasar ekspor nontradisional, yaitu negara-negara di Asia dan Afrika. “Saya ekspor ke Afrika. Nigeria, Kamerun, Ghana, dan juga ke Korea, dan satu lagi saya masuk ke pasar Filipina Pak,” ujar Ibu Leni. Kepada Kepala Negara ia menceritakan awal dirinya membuka usaha dengan berjualan sendiri memakai ransel. Hingga kini ekspornya sudah puluhan ribu produk per satu kontainer yang nilainya ditaksir sebesar USD100 ribu. “Dan nanti bulan depan kami membuka market baru lagi yaitu di Kamerun. Grand Openingnya 27 November,” ujar Ibu Leni. Melihat banyaknya perempuan pengusaha yang sukses, Presiden pun berkata bahwa perempuan pengusaha sebenarnya itu lebih gigih, lebih ulet, lebih teliti, dan lebih perhitungan dari pengusaha laki-laki. Semua hal itu menurutnya merupakan modal besar pengusaha untuk sukses. “Kalau pengusaha itu apa pun yang namanya berjualan menentukan harga pasti dihitung, dikalkulasi, cost-nya berapa, untung mau berapa, itu yg saya yakini,” lanjut Kepala Negara.

Majalah Pantau Edisi 01 Bln.X 2018

Majalah Pantau Edisi I Bln.X 2018


6

NASIONAL Bertemu Deputi PM Malaysia, Presiden Bahas Perlindungan TKI hingga Sawit

BANTEN 35 Polsek Kebon Jeruk Gelar Lomba Mewarnai dan Kaligrafi Tingkat TKQ/TPQ

“Oleh karena itu Indonesia meminta agar community learning centre juga dapat dibentuk atau ada di Semenanjung karena jumlah anak Indonesia yang tinggal di sana cukup banyak,” ujarnya. Kepala BNP2TKI Nusron Wahid menambahkan bahwa pemerintah Indonesia mengucapkan terima kasih kepada Malaysia, yang sudah memberikan izin sekitar 59 CLC di kawasan Serawak dan Sabah yang total muridnya sekitar 84.000. “Di kawasan Semenanjung, ada sekitar 40 ribuan anak-anak Indonesia terutama di sektor konstruksi. Karena itu, kita meminta ke pemerintah Malaysia untuk dikasih kesempatan, izin mendirikan CLC di kawasan Semenanjung, untuk kawasan Kuala Lumpur, Johor, dan Penang. Boleh dikelola oleh pemerintah langsung lewat KBRI, KJRI, atau dikelola oleh kelompok masyarakat yang ada di Malaysia,” kata Nusron. Sementara itu dalam bidang keamanan, Presiden menyampaikan agar kerja sama peningkatan keamanan di perairan wilayah Indonesia ditingkatkan. Lebih khusus Presiden menyampaikan kasus terakhir yang terjadi pada dua warga neBOGOR | PANTAU TERKINI | Presiden Joko Widodo menerima kunjungan ke- gara Indonesia yang bekerja pada kapal ikan Malaysia yang diculik di perairan hormatan Deputi Perdana Menteri Malaysia Wan Azizah Wan Ismail di Istana Sabah. Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa, 9 Oktober 2018. Pertemuan digelar di “Oleh karena itu, Presiden meminta perhatian otoritas Malaysia untuk meningruang kerja Presiden sekira pukul 10.00 WIB. katkan kerja sama di dalam menjaga keamanan dalam perairan laut di wilayah Dalam pertemuan tersebut Presiden didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara masing-masing,” ucap Retno. Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi, dan Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlind- Menanghapi hal tersebut, Retno mengungkapkan bahwa Wan Azizah mencatat ungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Nusron Wahid. Sementara Wan Azi- dengan baik dan menyampaikan bahwa saat ini sedang dipersiapkan patrol boat yang lebih besar dan canggih sehingga akan mampu menjaga perairan secara zah tampak didampingi oleh tiga orang delegasinya. lebih aman. Selepas pertemuan yang berlangsung sekira satu jam tersebut, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan kepada para jurnalis bahwa kedatangan Dari pihak Malaysia, Deputi PM juga menyampaikan beberapa hal. Pertama, Wan Azizah ini merupakan kunjungan perkenalan dalam kapasitasnya sebagai pentingnya peningkatan kerja sama penanggulangan terorisme dengan cara tukar informasi intelijen. Deputi PM Malaysia. “Di dalam perbincangan tadi intinya adalah sebagai negara paling dekat, tetangga dekat serumpun, maka pemimpin Indonesia dan Malaysia sepakat untuk mengin- “Dalam konteks counter terorism ini kan juga ada kerja sama sub regional untuk countering terorisme. Jadi sebenarnya sudah ada, tetapi kita akan tingkatkan untuk pertukaran informasi intelijen,” kata Retno. Kerja Sama Promosi Sawit Kemudian yang kedua, Deputi PM juga menyampaikan mengenai masalah sawit. Menurut Retno, kedua negara mau tidak mau harus terus bekerja sama dalam rangka promosi sustainable sawit. “Presiden mengatakan iya dan kerja sama yang baik ini tercermin dalam CPOPC (Council of Palm Oil Producing Country). CPOPC adalah organsasi kerja sama dari produsen minyak sawit yang anggotanya adalah Indonesia dan Malaysia dan melalui CPOPC ini kta terus bekerja sama dalam mempromosikan sustainable palm oil,” tandasnya. Bogor, 9 Oktober 2018 Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin .

tensifkan komunikasi di antara para pemimpin kedua negara, karena dengan komunikasi yang baik jika terjadi masalah maka akan lebih mudah menyelesaikan masalah tersebut,” kata Retno. Menurut Retno, kedua pemimpin mengatakan bahwa hubungan Indonesia dengan Malaysia pada kondisi yang sangat baik dan perlu terus ditingkatkan. Presiden juga menitipkan warga negara Indonesia yang tinggal dan bekerja di Malaysia dalam diskusi tadi. “Kita juga bicara mengenai masalah pendidikan untuk anak-anak TKI kita yang ada di Malaysia,” lanjutnya. Terkait hal ini, Menlu menuturkan bahwa untuk Sabah dan Sarawak saat ini Indonesia sudah memiliki community learning center (CLC), tetapi untuk Semenanjung belum ada.

Majalah Pantau Edisi 01 Bln.X 2018

JAKARTA, Dalam memperingati hari Santri dan Sumpah Pemuda, Polsek Kebon Jeruk Polres Metro Jakarta Barat menggelar lomba mewarnai dan kaligrafi tingkat TKQ / TPQ se Kecamatan Kebon Jeruk, yang diselenggarakan di Aula Gedung P3PAUD dan Pendidikan Masyarakat Provinsi DKI Jakarta, Jalan Kebon Jeruk Raya, Kebon Jeruk Jakarta Barat, Sabtu (20/10/18). Kapolsek Kebon Jeruk Polres Metro Jakarta Barat Kompol M Marbun SH MM mengatakan, lomba mewarnai dan kaligrafi ini mengusung tema Dengan Semangat Hari Santri dan Sumpah Pemuda Kita Wujudkan Santri

yang Cinta NKRI. Untuk kepada Panitia serta orang tua yang mendampingi anak-anaknya supaya diatur anak anaknya, agar pelaksanaannya bisa berjalan tertib dan lancar. “Semoga anak-anak yang ada di sini nantinya dapat menjadi harapan orang tua. Hormati orang tua dan guru, dan jangan lupa rajin sembahyang,” Katanya. Terlihat ratusan anak-anak peserta begitu antusias mengikuti lomba tersebut. ( Nurita /tim)

Majalah Pantau Edisi 01 Bln.X 2018


34

WAJO Ketua DPRD Kabupaten Wajo Membuka Acara Porseni Desa Lempa Camat Pammana , Kepala Desa Lempa, Kepala Dusun , BPD,LPMD, Tokoh Masyarakat, bersama perangkat Desa Lempa. Ketua DPRD Kabupaten Wajo , HM.Yunus Panaungi dalam sambutannya, sebelum membuka acara PORSENI Desa Lempa, bahwa kegiatan Porseni yang dilakukan oleh Pemerinta Desa Lempa, merupakan satu inovasi, apalagi desa lempa yang pertama melaksanakannya di kecamatan Pammana.

WAJO, Pemerintah Desa Lempa bersama masyarakatnya menggelar pekan olahraga dan seni(PORSENI) tingkat desa lempa, yang berlangsung selama 8(delapan hari) dimulai hari Sabtu, 20 Oktober 2018. Hadir Ketua DPRD Kabupaten Wajo, H.Muh.Yunus Panaungi ,SH, Danramil Pamana, Polsek Pammana ,

“Apa yang dilakukan oleh Pak Desa Lempa suatu inovasi yang sangat bagus, karena dengan porseni bisa menjaling silaturahmi yang semakin erat antar dusun, masyarakat dan pemerintah, apa lagi tahun ini tahun politik yang bisa saja memecah belah kita, tapi dengan adanya porseni itu bisa dilebur menjadi satu kekeluargaan yang makin erat, dan pesan saya kegiatan porseni ini harus lanjut terus , untuk lapangan sepakbola saya sudah anggarkan Rp.200.000.0000(dua ratus juta rupiah)untuk pembebasan lahannya, dan sudah bisa dimanfaatkan pada tahun 2019 yang akan datang,”kata HM.Yunus Panaungi (Muhlis)

Berita Ditemukan Bayi Terkubur Lumpur Di Palu Selama Dua Minggu Ternyata Hoax

7 4(Empat) Hal Pedoman Bagi PNS /ASN Kota Depok Untuk Berprestasi

DAERAH

Dalam sambutannya Walikota Depok KH.Mohammad Idris menyampaikan “ Terima kasih atas sumbangsihnya dalam mendarmabaktikan selama menjadi PNS/ASN dii Pemerintahan Kota Depok hingga sampai pada masa Purna Bakti “ ucap Idris “ Ada 4 hal khususnya bagi PNS/ASN di Pemerintahan Kota Depok untuk dipedomi, yaitu 1. Memahami , mempunyai wawasan yang pas dan tepat di bidang kita serta trampil dibidangnya . 2. berfikir dan bersikap positif dibidang pekerjaan , jika berfikir dan bersikap negative dibidang pekerjaannya maka mustahil berprestasi. 3. Kerja keras dibidangnya sehingga menghasilkan kelDepok, Pelaksanaan apel pagi kali ini sekaligus penyera- ebihan dibandingkan dengan rekan kerja yang lain dan han Surat Keputusan Pensiun bagi PNS/ASN di Pemer- merupakan keniscayaan untuk meraihi prestasi intahan Kota Depok yang dilaksanakan di lapangan Balai 4. Termotivasi untuk peningkatan prestasi kerja “ papar Idris Kota Depok, senin 03 September 2018 Hadir diacara ini Walikota Depok KH.Mohammad Idris didampingi Sekda Kota Depok drg.Hardiono, para Asisten beserta Kepala Dinas,OPD dan seluruh jajaran Camat dan Lurah.

‘ 4 Hal ini jika dilaksanakan dengan sungguh sungguh maka pasti akan nampak/menonjol prestasi prestasi tersebut, seperti halnya atlet atlet oleh raga yang mendapatkan medali emas di pesta oleh raga Asian Games yang ke 18 di tahun 2018 “ pungkas Idris ( Koes - Kabiro Depok )

AGM, Makin Banyak Tagihan Pajaknya , Maka Makin Sejahtera (PAD) hanya empat juta rupiah tahun ini. Jika masyarakat sudah paham regulasi dan ‘sadar pajak,’ maka target tersebut tidaklah banyak.

PALU,PANTAU TERKINI.CO.ID-Berita yang banyak beredar tentang ditemukannya balita yang terkubur di perumahan petobo maupun Balaroa yang selama dua minggu terkubur ternyata rekayasa alias Hoax. Karena itu video yang sudah marak beredar di media sosial langsung diklarifikasi oleh pemilik video, bahwa bayi itu bukan ditemukan oleh warga pada sabtu, 13/10/2018,

melainkan pada malam pertama gempabumi terjadi , jumat, 28/09/2018.

WAJO | PT | Badan pendapatan daerah (bapenda) lakukan sosialisasi peraturan daerah nomor 8 tahun 2011 tentang pajak sarang burung walet, kegiatan tersebut dilaksanakan karena rendahnya kesadaran pengusaha walet membayar pajak sehingga realisasi pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pajak daerah tersebut sangat rendah.

“Penemuan dan lokasi ditemukannya bayi bukan di Petobo atau Balaroa melainkan di Desa Langaleso yang hanyut dari Desa Jono kabupaten Sigi Sulawesi Tengah,” tulis akun istagram @makassar_info Sumber: istagram @makassar Info..Editor:Muhlis

Kepala bapenda kabupaten wajo Ir. Hj. Armayani, dalam sosialisasinya mengungkapkan rumah walet di kabupaten wajo sudah lebih lima ratus unit. Target pendapatan asli daerah

Majalah Pantau Edisi 01 Bln.X 2018

Sementara Bengnga, salah satu peserta sosialisasi asal desa Nepo menyatakan tidaklah berkeberatan terkait perda tersebut sebab pajak ditarik setelah adanya hasil penjualan, Hal yang sama juga diungkap sek- hanya saja ia berharap pemerintah ertaris komisi bidang ekonomi dan bisa membantu kiat-kiat berusaha keuangan DPRD kabupaten Wajo Ir. walet. A. Gusti Makkarodda yang menghadiri kegiatan yang dilaksanan di kantor Terpisah, Asri Jaya A. Latief, SE. kecamatan Tanasitolo, Tancung, Ju- menyampaikan jika hari sebelumnmat (31/8/2018). ya telah menghadiri sosialisasi yang sama di kecamatan Bola, Takkalalla, Jika kita cermati perda pajak sarang Penrang dan Sajoanging . Ketua burung walet ini, maka seharusnya komisi II ini, berharap para pengupara pengusaha berdoa, supaya men- saha walet semakin sadar pajak sudapatkan tagihan pajak dalam jumlah paya target PAD bisa dicapai dan banyak. Kenapa demikian? Karena usaha walet semakin baik. semakin banyak jumlah tagihan pajak “Kami berharap perda tersosialisasi yang harus dibayar ke pemerintah dae- dengan baik, semua elemen paham rah maka tentu kita makin sejahtera, peraturan, target PAD tercapai dan tagihan pajaknya kan dihitung dari kondisi usaha walet makin baik pula.” sepuluh persen hasil penjualan pen- Tutup Asri Jaya(Advetorial:Humas gusaha walet, tutur ketua DPD Partai Dan Protokoler Sekretariat DPRD Nasdem Wajo ini dihadapan peserta Kabupaten Wajo) sosialisasi. Majalah Pantau Edisi 01 Bln.X 2018


DAERAH 8 Jaga Netralitas ASN, Sekretariat Presiden Sosialisasi Aturan Kampanye Pilpres dan menimbulkan pelanggaran-pelanggaran selama masa kampanye.

LAMPUNG 33 Pembukan Lampung Fair 2018 Lampung Utara Menunjukkan Beberapa Potensi dan Prestasi di Stand Rumah Anjungan Lampura

“Tadi sudah diberi penjelasan oleh KPU dan Bawaslu. Di sini juga saya hadirkan protokol Kementerian Luar Negeri sehingga ketika Bapak Presiden melakukan kunjungan ke luar negeri beliau yang menangani di luar negeri bisa paham aturan mana yang bisa kita gunakan dan mana yang harus dipahami dan dihindari,” ungkapnya. Kepala Biro Tekmas KPU Nur Syarifah, dalam kesempatan yang sama, menyampaikan bahwa tugas Presiden yang kebetulan juga kandidat calon presiden tetap harus mengacu pada peraturan perundang-undangan. Beberapa hal yang tetap melekat kepada Presiden baik dalam kapasitasnya selaku kepala negara maupun kandidat presiden ialah pengamanan, keprotokolan, dan kesehatan. Jakarta, Sekretariat Presiden (Setpres) selaku lembaga kepresidenan di bawah naungan Kementerian Sekretariat Negara mengundang Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) ke kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta. Kedua pihak menyosialisasikan aturan-aturan kampanye Pemilihan Presiden 2019 dalam kaitannya dengan netralitas ASN lembaga kepresidenan.

“ASN yang melekat kepada lembaga kepresidenan tetap harus bekerja dengan baik sesuai dengan prosedurnya. Prinsipnya adalah profesional dan proporsional sesuai dengan tugas-tugas kelembagaannya. Tetap harus netral dalam kapasitas ketika berhadapan dengan kandidasi untuk Pilpres 2019,” imbuhnya.

Adapun Bawaslu dalam acara ini menitikberatkan pada penyampaian PKPU Nomor 23 Tahun 2018 sebagai objek “Hari ini kami mengundang teman-teman Bawaslu dan yang akan diawasi oleh lembaga pengawas pemilu itu seKPU untuk memberi penjelasan kepada jajaran Setpres, lama masa kampanye. Sesmil, dan Paspampres yang tentunya di bawah Kementerian Sekretariat Negara. Semua unsur staf hadir supaya semua paham aturan-aturan KPU,” ujar Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono dalam pernyataan pers bersama pada Senin, 24 September 2018. Sosialisasi aturan kampanye berlangsung selama kurang lebih dua jam dengan menghadirkan Kepala Biro Teknis dan Masyarakat (Tekmas) KPU Nur Syarifah dan Kepala Biro Teknis Pengawasan Penyelenggaraan Pemilu Bawaslu La Bayoni. Untuk diketahui, sosialisasi yang digelar hari ini merupakan yang kedua kalinya setelah sosialisasi serupa digelar pada 17 September 2018. “Yang pertama minggu lalu di jajaran pimpinan, yang berikutnya (hari ini) ada unsur staf pelaksana. Tadi sudah didengar langsung oleh semua jajaran dan staf Paspampres. Kami sendiri sudah dijelaskan oleh KPU dan Bawaslu mengenai rambu-rambu yang harus kita ikuti,” tutur Kasetpres. “Dalam kaitan dengan pelaksanaan peran ASN Sekretariat Presiden, Bawaslu telah memberikan penjelasan lebih jauh Dalam acara sosialisasi itu, Kasetpres menyampaikan bagaimana posisi ASN dalam sekretariat kepresidenan unkomitmen Sekretariat Presiden untuk menerapkan dan tuk memfasilitasi tugas-tugas yang dijalankan oleh Presmemperhatikan seluruh aturan yang telah ditetapkan oleh iden,” ujar La Bayoni. (Deputi Bidang Protokol, Pers, KPU dan Bawaslu agar tidak mengganggu netralitas ASN dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin )

Lampung utara, Pembukaan Festival Lampung Fair Tahun 2018 dilaksanakan hari ini, Jum’at (12/10/2018), di PKOR Way Halim Bandar Lampung. Kabupaten Lampung Utara menjadi salah satu Peserta Festival Lampung Fair dan menunjukkan beberapa potensi dan prestasi di Stand Rumah Anjungan Lampung Utara, PKOR Way Halim, Bandar Lampung. Bupati Lampung Utara, H. Agung Ilmu Mangkunegara, S.STP., MH., diwakili Asisten II, Syahrizal Adhar bersama Ketua TP-PKK Kabupaten Lampung Utara, Hj. Endah Kartika Prajawati Agung, S.STP.,MH., menyambut dan mengucapkan selamat datang kepada Tim Rombongan Penilaian yang dipimpin langsung Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Provinsi Lampung Hery Suliyanto berama Kapolda Lampung Irjen Pol. Drs. Purwadi Arianto, M.Si, saat menyambangi Anjungan Kabupaten Lampung Utara. Beberapa potensi yang dimiliki Kabupaten Lampung Utara ditampilkan pada event Festival Lampung Fair 2018 ini memamerkan beberapa produk dan hasil kerajinan tangan. Yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya adalah pada perayaan Festival Lampung Fair 2018 ini, Kabupaten Lampung Utara menayangkan beberapa prestasi yang telah di raih Kabupaten Lampung Utara di bawah pimpinan Bupati Lampung Utara, H. Agung Ilmu Mangkunegara, S.STP.,MH. Setelah melihat berbagai macam prestasi dan miniatur

Majalah Pantau Edisi 01 Bln.X 2018

yang terpajang di Rumah Anjungan Kabupaten Lampung Utara, Tim Rombongan Penilaian menuju keacara Pembukaan yang dibuka secara langsung oleh Gubernur Provinsi Lampung, M. Ridho Ficardo yang ditandai dengan penekanan tombol bersama Forkopimda Provinsi Lampung. Dalam sambutannya, Gubernur Lampung mengatakan event tahunan ini harus dijadikan sebagai perangsang untuk Bupati dan Walikota yang ada di seluruh Provinsi Lampung untuk lebih meningkatkan potensi dan prestasi yang ada di Kabupaten masing-masing. Dilanjutkan dengan menyaksikan penampilan penyanyi ternama, Judika. (Irawan)

Majalah Pantau Edisi 01 Bln.X 2018


32

WAJO

Ini Latihan Yang Diberikan Kepada Satgas Linmas Pol PP Kabupaten Wajo

DAERAH

Komisi IV DPRD Kab.Wajo

9

Desak RSUD Lamaddukelleng Siapkan Dokumen Akreditasi

Satgas Linmas, bahwa pelatihan dan materi yang diberikan adalah, pertolongan pertama orang yang patah leher, orang tersendak tulang ikan , belajar renang dan cara penyelamatan jika terjadi bencana banjir atau bencana alam termasuk di dalamnya menyelamatkan orang tenggelam, terangnya. “Kita bekerjasama dengan KODIM 1406 Wajo, Dinas Kesehatan , memberikan materi tentang pengendalian keamanan termasuk jika terjadi bencana alam, dan anggota yang sudah pelatihan kita bagi tugas di 14 kecamatan untuk melakukan pemantauan atau pelaporan terkait tugas pokok perlindungan masyarakat dan bencana yang terjadi , terang Syamsu Alam. Ditambahkan bahwa, pada hari kedua kemarin , latihan WAJO, Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten(SATPOL di pusatkan di bendungan Kalola , untuk latihan praktek PP) Wajo melaksanakan pelatihan pengendalian dan langsung cara berenang dan cara menyelamatkan orang keamanan , selama 3(tiga hari) bekerjasama dengan tenggelam, dilatih dan dibina langsung oleh Personil Kodim 1406 Wajo yang juga menerjunkan langsung tim KODIM 1406 Wajo, Selasa, 17 Oktober 2018. medisnya sebagai jaga-jaga jika terjadi hal-hal yang tidak Menurut Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat ( diinginkan, dan acara berlanjar lancar tanpa kendala samSATGAS LINMAS)) Satpol PP kabupaten Wajo, Syam- pai penutupan pada hari ini, tutup Syamsu Alam(Muhlis) su Alam, S.Sos, saat ditemui pada penutupan pelatihan

Ini Kehebatan Perikanan Wajo Dalam Meningkatkan Potensi Perikanan Dan Kesejahteraan Nelayan 5 buah Freezer bantuan dari kementerian kelautan dan Perikanan RI. “Freezer itu berguna untuk menyimpan ikan agar tetap segar dan tiap Freezer berkapasitas 300 kg ikan , jadi ikan belum laku di pasar masih bisa bertahan lama dalam Freezer sehingga ikan dapat diolah menjadi abon, bakso dan lain-lain,”kata Naspari.

WAJO,PANTAU TERKINI.CO.ID-Dinas Perikanan Kabupaten Wajo , melalui Kadisnya ,Ir.Naspari saat ditandangi oleh wartawan media ini . Jumat,19 Oktober 2018, bahwa perikanan kabupaten Wajo menunjukkan kehebatannya dalam meningkatkan potensi perikanan sehingga Pemerintah Pusat menaruh perhatian dan dukungan atas kemajuan yang diraih dalam meningkatkan pendapatan rakyat khususnya para petani nelayan. Menurut Kadis Perikanan kabupaten Wajo , Ir.Naspari, kepada media , bahwa dalam tahun 2018 ia mendapat

Ditambahkannya , bahwa kelima Freezer ini telah diserahkan ke kelompok pengusaha perikanan(UMKM) yang aktifitas dan lokasinya di pinggir Danau Tempe sebagai sumber perikanan. UMKM tersebut yakni , kembar di kelurahan Mattirotappareng Kecamatan Tempe, Sinar Rembulan di Kelurahan Laelo Kecamatan Tempe, Sinar Majur di kelurahan Laelo, Sinar Mentari di kelurahan Salomenraleng dan PS, Ikan Segar di kelurahan Salomenraleng kecamatan Tempe , jelasnya Naspari juga menuturkan bahwa, tersebarnya Freezer itu, masyarakat tentunya diharapkan persedian ikan segar tetap langgeng untuk dinikmati para konsumen, guna mempertahankan gizi yang bersumber dari protein hewani secara kontiniu sehingga di masa depan generasi semakin genius guna menangkal perkembangan teknologi di era perubahan yang semakin dinamis dan berkembang, tuturnya. Laporan:Arif Rahman. PT Editor:Muhlis.PT

Majalah Pantau Edisi 01 Bln.X 2018

WAJO, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah(DPRD) Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan, melalui Komisi IV kembali menggelar rapat untuk menindaklanjuti status Rumah Sakit Umum Daerah(RSUD) Lamaddukelleng Sengkang yang sudah berakhir akreditasinya. Di Ruang rapat lantai I Ruang Kantor Ketua DPRD Kabupaten Wajo. Rabu,01 Agustus 2018.

sana tugas, dan akan secepatnya menyampaikan dan menghadap Bupati Wajo usai rapat ini terkait statusnya sebagai pelaksana tugas, tuturnya

Ditambahkan bahwa , kendala yang lain dan masuk peraturan yang harus ada disiapkan , adalah adanya ijin Instalasi Pengolah Air Limbah( IPAL) dan masih menunggu rekomendasi dari Badan Agenda rapat, membicarakan proses Akreditasi RSUD Lamad- Lingkungan Hidup Daerah( BLHD) Kabupaten Wajo. dukelleng Sengkang , memimpin rapat Ketua Komisi IV Hj. Husniaty, Hadir Ketua Bapemperda Ir.Junaidi, dan Anggota Komisi IV, “saya sebagai Pelaksana tugas akan berusaha semampu kita, berDinas Kesehatan Kabupaten Wajo, Direktur RSUD Lamaddukel- sama rekan di RSUD Lamaddukelleng, dalam bulan agustus minleng , Tim Akreditasi RSUD Lamaddukelleng, Ketua Pokja Akredi- ggu kedua kita akan menyiapkan data –data penting dan berkas yang diperlukan untuk proses akreditasi, mudah- mudahan bisa tasi RSUD Lamaddukelleng. siap untuk akreditasi sebelum masuk 2019,”ucap dr.Nur Tangsi. Anggota Komisi IV sekaligus ketua Bapemperda Ir.Junaidi, mempertanyakan bahwa apakah bisa direktur RSUD Sementara Ketua Komisi IV , Hj.Husniaty, berharap bahwa semua Lamaddukelleng(dr.Nur Tangsi bisa secepatnya mendorong per- dokumen untuk proses akreditasi harus sudah siap, walaupun kencepatan proses akreditasi, mengingat batas yang diberikan hanya dala utama adalah ijin IPAL yang masuk aturan standar Nasional sampai 1 Januari 2019, jika tidak maka RSUD Lamaddukellng yang harus disiapkan. tidak bisa lagi bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. “Makanya saya bersama teman setelah rapat ini, meminta pihak Bahkan semua anggota DPRD Kabupaten Wajo, dari Komisi IV RSUD Lamaddukelleng, pulang dari sini , segerah melakukan , berharap dan menaruh harapan besar kepada direktur RSUD rapat , dan progres tindak lanjut, dan hasilnya akan kita bantu , nantinya akan kami bawa ke kementerian kesehatan , mudah-muLamaddukelleng, mempercepat proses Akreditasi. dahan masih ada celah dan kebijakan yang bisa ditempuh, karena Menjawab pertanyaan Komisi IV , Direktur RSUD Lamaddukel- bulan Januari 2019, sudah berakhir batas yang diberikan, jika tidak leng, dr.Nur Tangsi menuturkan, bahwa ada beberapa kendala akreditasi maka kerjasama dengan BPJS Kesehatan akan terpuyang dihadapi , termasuk dirinya yang masih Pelaksana Tugas se- tus,” tegas Hj.Husniaty.(Advetorial :Humas Dan Protokoler Sekrebagai direktur, yang menurut aturan harus direktur bukan pelak- tariat DPRD Kabupaten Wajo) Majalah Pantau Edisi 01 Bln.X 2018


10

DAERAH Warga Desa Sukamantri Kec pasar Kemis Pertanyaan Sertifikat Tanah Situ Cilongok

TEGAL 31 40 Bakal Calon Kades Se Kecamatan Margasari Siap Berkompetisi Sekertaris Kecamatan Margasari Teguh Mulyadi dalam siaran pers nya melalui Grup Whatapps (18/10) menyampaikan 10 Desa yang melakukan Pilkades Serentak Gelombang 2 se Kecamatan Margasari,berdasarkan daftar bakal calon kades yg mendaftar sampai tgl 17 oktober 2018 dengan total calon diantaranya, Prupuk Selatan(3 orang), Prupuk utara (4orang), Kaligayam (3 Orang) , Pakulaut (4orang), Wanasari (3 orang), Danaraja (6 orang) , Karangdawa (4 orang) Kalisalak (7 orang) , Jatilaba (3 orang) dan Desa Marga ayu (3 orang) sehingga total bakal calon kepala desa se kecamatan Margasari berjumlah 40 orang.

SLAWI - Pemilihan kepala desa serentak periode gelombang II Kabupaten Tegal mendapat apresiasi dari masyarakat desa di 18 kecamatan yang ada. Kecamatan Margasari kabupaten Tegal terdiri dari 13 desa hanya 10 Desa yang melakukan pemilihan kepala desa, tiga desa yang tidak termasuk diantaranya Desa Margasari, Jembayat dan Desa Dukuhtengah.

Dirinya juga menerangkan panitia akan melakukan penyaringan dan skoring bagi Desa yg jumlah bakal calonnya lebih dari 5 orang yaitu Danaraja dan Kalisalak. Masyarakat juga berhak untuk menyampaikan keberatan terhadap bakal Calon tersebut. Surat keberatan dari masyarakat dapat disampaikan kepada Bupati Tegal melalui Panitia Pilkades di Balai Desa masing masing sehingga pelaksanaan pemilihan dapat menjadi transparan sesuai harapan masyarakat. (red- CN)

Giat Bersih Yonif 407/PK Pasar Pagi Kota Tegal Tangerang, Warga Desa Sukamantri Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang beserta Dinas PUPR Balai Besar Ciliwung – Cisadane yang diwakili Bidang Pengairan, PUPR Provinsi Banten melalui Kepala Bidang Pengairan, UPT Balai Cisadane – Cidurian, Biro Hukum Provinsi Banten, Binamarga dan Sumber Daya Air Kabupaten Tangerang lakukan peninjauan langsung ke lokasi situ Cilongok berdasarkan adanya laporan warga Sukamantri. Peninjauan ini dilakukan terkait adanya dugaan telah terbitnya sertifikat di atas lahan Situ Cilongok, Selasa 18 September 2018 Sebelumnya salah satu warga Cilongok, Parman mempertanyakan adanya sertifikat yang muncul diatas lahan yang dulunya sebagai rawa atau situ Cilongok namun tiba-tiba ada yang mengklaim bahwa itu tanah pribadi dengan dasar yang tidak jelas dan tidak bisa untuk menunjukkan keabsahan asalmula tanah tersebut. Parman mempertanyakan mengapa situ Cilongok bisa bersertifikat? Sewaktu dirinya menggarap tanah tersebut dengan atas nama Ir Rosadi. “Jelas sekali di mana kami membuat surat dari Dinas Sumber Daya Air Provinsi Banten dan suratnya pun kami sudah memberitahukan ke intansi terkait. Kami disini semua hanya ingin memastikan apakah sertifikat yang ada

itu sesuai dengan riwayat tanah tersebut atau malah sebaliknya ada oknum yang sengaja ingin memiliki tanah situ tersebut demi keuntungan pribadi,” lanjut Parman. Masih menurut penuturanya , ini akibat lemahnya pengawasan dari dinas terkait. Seharusnya dinas terkait lebih jeli dengan adanya situ yang terletak di wilayah Sukamantri Kec Pasar Kemis ini” lanjutnya H Daud sebagai Kepala Bidang Pengairan Dinas PUPR Banten mengatakan, pihaknya akan kembali mengadakan rapat khusus dengan jajaranya untuk mengetahui lebih lanjut tentang setatus tanah tersebut. “Saat ini kami masih mengumpulkan data dan bukti terkait lokasi yang sudah memiliki sertifikat dan hasil dari peninjauan kami ke lokasi ini adalah sebuah bahan untuk kami laporkan ke atasan kami agar segera menemukan solusi yang terbaik. Sampai saat ini data yang kami miliki hanya sebatas luas keseluruhan situ Cilongok dengan luas 23 ha, dan data atau peta wilyah belum kami miliki dan itu masih berada di Dinas Provinsi Jawa Barat. Dari hasil peninjauan dan insvetigasi ini kami bersama instansi terkait akan segera untuk melakukan pengecekan ulang dan akan meminta data yang otentik terkait situ Cilongok,” jelasnya. (Rini)

Majalah Pantau Edisi 01 Bln.X 2018

TEGAL. Karya Bakti di Pasar Pagi Tegal dalam rangka HUT ke 54 Yonif 407/PK dengan masyarakat sekitar pasar pagi didampingi Maman Suherman kepala bidang pasar Kota Tegal menjadi moment penting dalam bersinergitas dengan masyarakat. Maman Suparman menyampaikan terima kasih banyak kepada Danyonif 407/PK menghadirkan anggotanya di

tengah keramaian Pasar Pagi dengan tujuan sosial membersihkan keseluruhan sampah sekitar Pasar Pagi. ”Semoga dengan kegiatan seperti ini dapat menjadi contoh kepada masyarakat pentingnya gotong royong untuk meningkatkan masyarakat yang bersih dan sehat serta indah tempatnya.” paparnya (red-CN/tim)

Majalah Pantau Edisi 01 Bln.X 2018


TEGAL 30 KTTM Wlahar Peduli Musibah Wasmin Alami Patah Kaki

11

DAERAH

Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Wajo Tentang APBD Perubahan Telah Tuntas Dan Rampung WAJO, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD ) Kabupaten Wajo melaksanakan sidang paripurna dari penyelasaian akhir pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah(APBD-P) Tahun Anggaran 2018. Selasa, 18 September 2018, pukul 21.00 wita. Dengan 4(empat) agenda sidang ,1. Penyampaian laporan hasil rapat gabungan komisi DPRD Kabupaten atas APBD-P Tahun 2018, yang dibacakan oleh Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Wajo, H.Rahman Rahim. 2.Per-

BREBES - Wasmin (46) warga Dusun Buntrak Rt 7/2 Desa Wlahar Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes kini tak lagi mampu beraktivitas memenuhi kebutuhan keluarganya, kondisi rumahnya masih dengan geribik, saat di temui oleh Karang Taruna Tunas Mandiri (KTTM) Desa Wlahar, kemarin (20/10).

gar keluhan warga, dirinya berinisiatif untuk mengadakan penggalangan dana untuk membantu keluarga Wasmin. “ Alhamdulillah hari ini penyaluran tahap pertama karang taruna membantu, semoga ini bisa membantu untuk setiap harinya”, tuturnya.

Dirinya hanya mengandalkan penyembuhan dengan di urut warga sekitar dengan harus bayar Rp. 300.000 per sekali memanggilnya untuk menyatukan tulang-tulangnya yang di rasa patah, kaki kanannya di lapisi dengan bambung untuk membantu dirinya bergerak agar tidak kaku.

Dirinya menambahkan, wasmin hidup dengan 1 istri dan 2 anaknya yang masih kecil, dengan kondisi seperti ini, dirinya pasti tidak bisa bekerja dan memberikan nafkah, sehingga kami sangat simpati dengan kondisi nya.

Wasmin menuturkan, dirinya mengalami kecelakaan di tempat kerja saat bongkar rumah warga sekitar, ketika itu, di pagi hari dirinya bersama warga lain ikut gotong royong membantu warga nya yang lagi buat rumah, sampai siang kejadian itu terjadi, dimana dirinya yang tidak tahu dari sisi kanan tembok rubuh menimpa dirinya, sampai kaki kanannya tidak bisa menghindari runtuhan tembok tersebut, hingga mengakibatkan kakinya langsung tertimpa dan patah, tuturnya. Eko Dardirjo (25), Ketua Karang Taruna Wlahar menden-

“ Bagian dari kami peduli terhadap masyarakat yang butuh bantuan kita, dan kami sudah mulai menggalang dana agar warga yang lain juga ikut berdonasi dalam bentuk sembako atau uang”, tambahnya. Selanjutnya Shela Atika Putri (18) Pengurus Forum Anak Desa Wlahar mengungkapkan rasa prihatin terhadap wasmin dan keluarganya, semoga banyak yang membantu untuk keluarganya. “ Dia punya anak kecil masih yang sedang bersekolah, dan forum anak hanya bisa bantu paket alat tulisnya saja agar tetap semangat bersekolah”, ungkapnya. (red-Eko/ Cah)

Majalah Pantau Edisi 01 Bln.X 2018

mintaan persetujuan dari Anggota Dewan secara lisan oleh pimpinan rapat, 4.Penandatanganan berita acara persetujuan bersama pemerintah Kabupaten Wajo dengan DPRD, dan yang terkahir, 5.Pendapat akhir Bupati Wajo sehubungan dengan Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD-P Tahun 2018.

yang akan datang,”kata Bupati dua priode ini. Sementara Ketua DPRD Kabupaten Wajo, H.Muh.Yunus Panaungi,SH, pada sambutannya sebelum menutup acara sidang paripurna bahwa, secara aklamasi, para anggota Dewan sudah menyetujui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Tahun 2018, dengan secara lisan , sehingga ditetapkan menjadi sebuah Rancangan Peraturan Daerah APBD-P Tahun 2018, jelasnya.

Hadir Bupati Wajo, Kodim 1406 Wajo, Polres Wajo, Kepala Kejaksaan Negeri Sengkang, Sekda Kabupaten Wajo, OPD, LSM dan Pers(Advetorial :Humas Dan Protokoler Sekretariat DPRD Kabupaten Wajo)

Bupati Wajo, Drs.H.Andi Burhanuddin Unru, MM pada sambutannya menuturkan bahwa, dengan selesainya penandatanganan berita acara persetujuan bersama , maka secara konstitusional proses pembahasan Rancangan Peraturan Daerah telah tuntas dan rampung, tuturnya “Pada kesempatan ini saya atas nama dan seluruh jajaran pemerintah kabupaten Wajo menyapaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya pada seluruh Anggota Dewan, dan atas saransarannya akan menjadi perhatian serta bahan evaluasi bagi pemerintah yang baik, utamanya dalam hal pengelolaan keuangan daerah yang transparan dan akuntabel di masa-masa Majalah Pantau Edisi 01 Bln.X 2018


12

DAERAH

Sosialisasi Bantuan Keuangan Kepada Partai Politik

PALOPO | PANTAU TERKINI | Kegiatan Sosialisasi bantuan keuangan kepada partai politik bertema Implementasi Permendagri nomor 36 tahun 2018 tentang “ Pedoman tata cara penghitungan, penganggaran dalam APBD dan tertib administrasi pengajuan,penyaluran, dan laporan pertanggung jawaban penggunaan bantuan keuangan partai politik” Berlangsung di Aula Hotel Harapan Kota Palopo, kamis 20 September 2018. Maksud dan tujuan dari kegiatan Sosialisasi bantuan keuangan kepada partai politik, Mensosialisasikan peraturan pemerintah dan peraturan Menteri Dalam Negeri yang terkait dengan bantuan keuangan pada partai politik agar persyaratan, ketentuan dan proses pengajuan, penyaluran dan pertanggung jawaban penerimaan dan penggunaan bantuan keuangan dapat dipahami oleh partai politik yang menerima bantuan keuangan Sambutan Pj.Walikota Palopo yang di wakili sekda kota palopo H.jamaluddin SH.MH, Menyampaikan bahwa bantuan keuangan partai politik ini sebetulnya ada peraturan baru karena demikian saat ini namanya pengelolaan pemerintahan, pengelolaan partai politik, pengelolaan keuangan . Kita harus transparan atau akuntabel dan dapat di pertanggung jawabkan, tidak boleh lagi mengelolah keuan-

gan negara dengan semau-mau kita, apalagi lingkup pemerintah, lingkup partai politik adalah orang yang dimata matai oleh siapa saja “Saya selaku sekertaris Daerah sangat mengapresiasi acara ini karena ini akan memberikan pencerahan, pengalaman dan memberikan pemahaman yang pendalaman kepada kita semua, sehingga nanti dalam pengelolaan bantuan keuangan partai politik tidak ada lagi yang menimbulkan masalah masalah karena kita sadari bersama bahwa tahun tahun sebelumnya melalui kegiatan yang berulang-ulang terus masih ada yang pandai membelanjkan tapi tidak pandai mempertanggung jawabkan.” Ucapnya Lanjutnya, Pada Prinsipnya berapun yang dibelanjakan sebanyak itu juga yang harus di pertanggung jawabkan, dan yang lebih bagus di gunakan menurut catatannya dan di pertanggungjawabkan sesuai dengan ketentuan. Sosialisasi ini juga dimaksudkan untuk mempererat silaturahmi antar partai politik walaupun berbeda partai, oleh karena itu selain memberikan pembelajaran, mari kita senantiasa mengelola keuangan partai politik dengan baik dan benar. Turut hadir kepala Kesbangpol dan Linmas Kota Palopo Dr. Baso Sulaiman M.Si, narasumber dan panitia dan para partai politik.(suardi)

Majalah Pantau Edisi 01 Bln.X 2018

DEPOK PPWI Kota Depok Akan Adakan Pembinaan dan Pelatihan Blogger Masyarakat Dan Pelajar

Depok, Setelah mengadakan musyawarah bersama pengurus dan kordinasi dengan Ketua Umum Wilson Lalengke dan telah memberikan surat pengunduran diri dengan mandat No.090 /SK /2016 Zakaria Shudu maka pengurus cabang mengubah kepengurusan lewat mandat yang sudah ada telah terbentuklah DPC PPWI Tahun 2018 -2023 dengan komposisi Susunan Pengurus Cabang Persatuan Pewarta Warga Indonesia Kota Depok Priode 2018 - 2023 Dewan Pengurus Cabang : Ketua Deddy Djumhana, Sekretaris : Surjanto , Bendahara : H. Romli Andi Sanjaya , Biro Hukum & Advokasi : Leo Prihadiansyah.S.Sos., S.H., Biro Organisasi : Hayat Holidy, Biro Litbang & Diklat : Barata , Biro Usaha & Keuangan: Welly . Biro Humas & Publikasi : Jamaludien. Biro Sekretrariat : Herman Kurniawan, Biro Investigas : Ronny. Dalam Waktu dekat mereka akan mengadakan sosialisasi dengan instansi terkait antara lain : Diskominfo dan dinas Pendidikan guna mengadakan pelatihan dan mengembangan Media Blog - Blog Masyarakat Umum dan Pelajar . Program kerja ini akan di selenggarakan rutine dan berkesinambungan seperti yang dituturkan Ketua DPC Depok Deddy Djumhana kepada Pewarta. Dengan melakukan musyawarah cabang bersama rekan-rekan ppwi pengurus lama maka terbentuklah

29

satu program yang dengan tujuan mencerdaskan anak bangsa yang creatif dan cerdas selain akan membangun blog-blog di siswa/ Pelajar dan masyarakat maka ppwi akan memberi pembelajaran pewartaan yang baik . Menurut Deddy PPWI adalah milik warga masyarakat yang ingin maju di bidang teknologie digital / Online terutama bidang pewartaan dan informasi publik. Kami memberikan keterampilan di luar sekolah dan pekerjaan dan untuk pembinaan profesional akan kami berikan pada event kegiatan tahunan DPN PPWI . Selain bertujuan dalam bidak pendidikan kami juga akan menyelenggarahkan pada dunia informasi tepat guna dalam bidang Informatika dan akses data. “ Yah tak jauh dengan dunia computerlah “ papar Deddy pada pewarta di Redaksi pantau terkini yang beliau pimpin. Kami anggota PPWI hanya dititifkan pewartaan dan melakukan pendidikan untuk mencerdaskan anak bangsa sekalis mempersiapkan generasi muda kedepan menjadi mental yang responsif dan peka terhadap lingkungan untuk itu saya sebagai ketua dan instruktur dalam memberikan materi pendidikan kepada siswa . “Sabar yach waktu waktu dekat ini kami akan adakan dan tentunya untuk siswa kami siap terjun ke sekolahsekolah agar tidak banyak mengeluarkan anggaran baik bagi siswa maupun tim PPWI. (Koes Kabiro Depok)

Majalah Pantau Edisi 01 Bln.X 2018


28

DEPOK Wakil Wali Kota Depok Pradi Jadi Inspektur Upacara Bendera di Makodim 0508/Depok

13

DAERAH

Pandangan Umum Oleh Fraksi Gerindra Dalam Rapat Paripurna Dalam Pandangan Umum Fraksi dan Jawaban Walikota Depok DEPOK, Rapat Paripurna Dalam Pandangan Umum Fraksi dan Jawaban Walikota Depok yang diselenggarakan di ruang sidang DPRD Kota Depok, senin 24 September 2018, tampil dari Fraksi Gerindra yang diwakilkan oleh Hamzah. Mewakili Partai Gerindra Hamzah menyampaikan “ Perubahan Anggaran sering kali tidak dapat dihindari karena adanya perkembangan dan dinamika yang terjadi ditambah adanya kebijakan Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat , mengingat APBD Kota Depok masih sangat terpengaruh dengan kebijakan APBN dimana untuk tahun 2018 Pemerintah Pusat memutuskan tidak ada melakukan perubahan APBN , namun asumsi dasar ini perlu digunakan dalam penyajian APBN 2018 secar konkret mengingat terkait dari struktur Anggaran Daerah yang sangat tergantung transfer dana dari Pemerintah Pusat “ ucap Hamzah “ Perumbuhan Ekonomi Indonesia pada semester 1 kurang menggembirakan yakni 5.1% dari target APBN 2018 5.4% sedang untuk semester ke 2 target 5.3%, sedang target inflasi pada APBN 2018 adalah 3.5% pada semester 1 sama dengan proyeksi target semester ke 2, kemudian nilai tukar kurs Rupiah terhadap US.Dolar sempat tembus Rp.15.000.-/$ dari proyeksi APBN 2018 Rp.13.400.-/$ dan pada semester 1.direalisasikan pada nilai Rp.13.746./$ “ ungkap Hamzah

Depok | Pantau Terkini | Wakil Walikota Depok, H. Pradi Supriatna menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada pelaksanaan upacara pengibaran bendera di Markas Kodim 0508/Depok, Senin (08/10/2018). Hadir dalam upacara tersebut Dandim 0508/Depok Letkol Inf Iskandarmanto, Kasdim Mayor Arh Ervan, para Perwira staf, para Danramil jajaran Kodim 0508/Depok, para Babinsa serta PNS Kodim Depok. “Ini hal yang luar biasa bagi saya menjadi Irup di Kodim Depok, sekaligus untuk mengucapkan Selamat HUT TNI ke-73,” kata Pradi. Pradi juga memberikan apresiasi kepada unsur vertikal Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Depok yang telah bersinergi sehingga terbangun situasi dan kondisi Kota Depok yang aman dan nyaman.”Ini semua berkat dukungan semua pihak, terutama para Babinsa di lapangan dalam rangka menjaga kenyamanan dan keamanan wilayah. TNI harus tetap semangat dan ojo kendor,” imbuhnya.

Pradi menilai selama ini kontribusi TNI terhadap Pemerintah Kota Depok sudah banyak dilakukan, seperti program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD), Tentara Manunggal Kesehatan KB (TMKK), rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan satu lagi, yaitu TNI selalu responsif terhadap adanya bencana. “Saya ingin program TMMD tetap berlanjut dan kami siap mensupport. Semoga kolaborasi antara TNI dan Pemkot Depok tetap berjalan,”harap Pradi. Dandim 0508/Depok, Letkol Inf Iskandarmanto mengaku mendapat kehormatan dari Pemkot Depok dalam rangka memberikan ucapan Selamat Ulang Tahun buat TNI ke73.”Apel pagi ini luar biasa karena dipimpin oleh Wakil Walikota yang ingin mengucapkan selamat Ulang Tahun buat TNI ke-73. Kita harus tetap semangat sesuai yang disampaikan Wakil Walikota agar tetap semangat dan ojo kendor,” tutup Dandim.Usai upacara bendera dilanjutkan dengan acara ramah tamah dan sarapan pagi bersama di lapangan Makodim Depok.(ndi)

Majalah Pantau Edisi 01 Bln.X 2018

“ Permasalahan permasalahan dibidang Pendapatan Daerah hal ini disebabkan oleh ,A. Masih kurangnya tingkat kesadaran masyarakat dalam memenuhi dan menyampaikan data yang benar sebagai objek pajak. B. Hak hak pendapatan Pemerintah Daerah yang bersumber dari dana bagi hasil pajak sering terhambat karena tidak akuratnya akan besaran alokasi untuk Pemerintah Daerah yang diatur oleh Peraturan Menteri Keuangan, C. Masih terbatasnya sarana dan prasarana kualitas pelayanan pajak daerah dan reatribusi daerah terutama dalam pemanfaatan tekhnologi imformasi . D. Belum optimalnya pemanfaatan Asset Pemerintah Daerah sebagai salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah ( PAD ). E. Masih perlunya peningkatan koordinasi dan integrasi data antar perangkat daerah dan pengelola pendapatan daerah “ papar Hamzah “ Rencana Petubahan APBD 2018. harus mengakomodir agenda pembangunan Kota Depok serta Visi Misi Pemerintah Kota Depok berdasarkan Rencana Jangka Panjang dan Jangka Menengah Pemerintah Daerah , naiknya angka Pendapatan Daerah mencapai 15.36% secara sepintas cukup menggembirakan , namun sebenarnya ada beberapa hal yang membuat kita risau yakni nilai PAD kita turun 1.32% dan Pos Retribusi Daerah turun 45.52% “ imbuh Hamzah

“ Belanja Daerah meningkat 18.55% hal ini disebabkan beberapa Dinas didalam Perubahan Anggaran tahun 2018 cukup meningkat Anggarannya secara signifikan hingga diatas 35% ,untuk itu perencaan lebih diperkuat lagi oleh Pemerintah Daerah Kota Depok dan tim Anggaran “ kata Hamzah “ Kami dari Fraksi Gerindra meminta kepada Pemerintah Kota Depok : 1. Berfokus pada Visi Misi Pemerintah Kota Depok 2. Berfokus pada pada peningkatan pelayanan publik. 3. Meningkatkan kinerja dan perbaikan disektor Pemerintah dan administrasi. 4.Berpihak kepada Usaha Kecil, Koperasi dan Menengah 5. Melakukan optimalisasi penyerapan anggaran. 6. Memaksimalkan kinerja Organisasi Perangkat Daerah. 7. Mencari, menggali dan mengelola sumber sumber Pendapatan Daerah hingga saat ini belum maksimal 8. Meningkatkan peran swasta dalam hal pemanfaatan dana CSR untuk pembangunan di Kota Depok “ pungkas Hamzah ( Koes - Kabiro Depok )

Majalah Pantau Edisi 01 Bln.X 2018


PALOPO 14 Rapat Paripurna DPRD Kota Palopo Sedangkan pada sisi Pengeluaran Pembiayaan mengalami Peningkatan sebesar 21,13 Persen dimana pada APBD Pokok dianggarkan sebesar Rp.2,9 Milyar menjadi Rp.3,5 Milyar pada APBD Perubahan atau bertambah sebesar Rp.,621,6 Juta, peningkatan tersebut untuk penambahan penyertaan Modal kepada PDAM Kota Palopo.

PALOPO | PT | Rapat Paripurna DPRD Kota Palopo dalam rangka Penyerahan Raperda tentang Perubahan APBD Kota Palopo Tahun anggaran 2018 diruang Rapat Paripurna DPRD Kota Palopo, Senin 10 September 2018. Sambutan Pj Sekretaris Walikota Palopo, Andi Arwien Azis S.STP yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Palopo, H Jamaluddin menyampaikan bahwa pelaksanaan rapat Paripurna merupakan tahapan lebih lanjut dari proses penyusunan Perubahan APBD sebagaimana yang diamanatkan dalam pasal 172 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah dimana Kepala Daerah menyampaikan Rancangan Peraturan Daerah disertai dengan Nota Keuangan Perubahan APBD kepada DPRD untuk dibahas dengan berpedoman pada Kebijakan Umum Perubahan Anggaran serta Prioritas dan Plafon Anggaran Perubahan APBD, yang telah disepakati antara Pemerintah dan DPRD Kota Palopo. Disampaikan H Jamaluddin bahwa secara umum Perubahan APBD Tahun Anggaran 2018 dapat disampaikan bahwa pada sektor Pendapatan Daerah, direncanakan adanya perubahan target pendapatan yang semula ditargetkan sebesar Rp. 978,3 Milyar bertambah menjadi Rp.1 Triliun 607,9 juta atau terjadi peningkatan kurang lebih sebesar Rp.22,2 Milyar atau setara dengan 2,27 Persen, dimana peningkatan pendapatan daerah antara

DEPOK 27 Pembinaan Sinergitas Kecamatan dan Lomba Kecamatan Layak Anak Tahun 2018 Pancoranmas

“Guna mendorong dan meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah sebagai sebagai bagian dari tugas dan tanggung jawab kita bersama dalam menjalankan roda pemerintahan di Kota Palopo. hal ini patut dijadikan kunci dalam menjaga stabilitas pelayanan pemerintah daerah untuk menegakkan transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pengelolaan keuangan daerah”.

lain disebabkan karena adanya Pendapatan Bantuan Keuangan dari Provinsi Sulawesi Selatan dan optimalisasi dari beberapa Pendapatan Daerah dengan memperhatikan Realisasi Semester Pertama dan Aturan yang ada. Selain itu, H Jamaluddin juga menegaskan terkhusus bagi para kepala Lanjutnya, pada bagian belanja dae- OPD, agar sebagai penanggung rah, seiring dengan adanya penyesua- jawab pengelolaan keuangan di tingian target pada bagian pendapatan kat OPD, kiranya harus bersungguhdaerah, maka secara langsung akan sungguh mengikuti secara seksama mempengaruhi alokasi rencana be- hal-hal yang menjadi tanggung jawab lanja daerah baik pada bagian belanja dan kewenangan saudara sehingga tidak langsung maupun pada belanja proses pembahasan perubahan APBD langsung, sehingga secara kumulatif Tahun Anggaran 2018 pada tahap taterjadi penyesuaian rencana alokasi hap selanjutnya dapat dilaksanakan belanja daerah yang semula dialokasi- sesuai dengan harapan kita bersama. kan sebesar kurang lebih Rp.995,4 Milyar setelah perubahan meningkat Turut hadir pula Ketua DPRD Kota menjadi Rp.1 Triliun 19,8 Milyar atau Palopo, Harisal A Latief, Asisten III bertambah sebesar Rp.24,4 Milyar Bidang Administrasi Umum, Munaatau setara dengan 2,46 persen. Pen- sirah, Kepala BPKAD Kota Palopo, ingkatan jumlah belanja diarahkan un- Hamzah Jalante, Kepala Inspektorat, tuk menganggarkan Kegiatan Utang Samil Ilyas, Para pimpinan PerangBelanja Tahun 2017, Belanja Dana kat Daerah Lingkup Pemerintah Kota BOS serta optimalisasi pencapaian Palopo dan para, Anggota Dewan.(supelaksanaan program kegiatan OPD ardi) sampai dengan akhir Tahun Anggaran 2018.

DEPOK |PANTAU TERKINI |Pembinaan Sinergitas Kecamatan dan Lomba Kecamatan Layak Anak tahun 2018 di Kecamatan Pancoranmas bertempat di Aula Kecamatan dan pelataran Kecamatan untuk peserta UMKM, , Selasa 02 Oktober 2018, Walikota Depok KH.Mohammad Idris nampak sumringah atas sambutan dari tarian anak anak PAUD sebelum memasuki aula.

namun belum terjangkau pemenuhan RW Ramah Anak nya dari 107 RW baru 22 RW yang menyandang predikat RW Ramah Anak, sedangkan orientasi Pemerintah Kota bukan mrengeluarkan Surat Keputusan ( SK ) namun berdasarkan realitas , eksistensi dan aktivitas sudah terjadi memenuhi standar kulifikasi RW Ramah Anak “ ungkap Idris “ Untuk menjadi Kota Layak Anak seluruh RW di Kota Depok sekitar 950 RW harus sudah Ramah Anak, sedangkan saat ini baru berkisar 243 RW Ramah Anak jadi masih cukup jauh , untuk itu salah satu tolok ukur Pemerintahan yakni Pemberdayan sebagai fasilisator dari segi pemberdayaan “ imbuh Idris

Lebih lanjut disampaikan bahwa penerimaan pembiayaan daerah pada APBD Perubahan Tahun Anggaran 2018 menjadi Rp.22,8 Milyar atau mengalami peningkatan dari APBD pokok yang awalnya dianggarkan sebesar 20 Milyar naik sebesar 14,18 persen. Peningkatan tersebut berasal dari SILPA Tahun 2017 berdasarkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kota Palopo Tahun Anggaran 2017.

Hadir diacara ini Walikota Depok KH.Mohammad Idris turut hadir pula Ketua TP.PKK Kota Depok Elly Farida , Kadisdukcapil Misbahul Munir, Camat Pancoranmas Utang Wardaya, beserta Ketua TP.PKK Kecamatan , DPAPMK, Tito Achmadriadi Kabag Pemerintahan, Perwakilan Diskominfo, Sekcam Pancoranmas Rika beserta jajaran Lurahnya, Danramil serta Kapolsek atau yang mewakili ,Ketua MUI , Kepala UPT, LPM, Karang Taruna, KNPI, FKUB, DKM, LLI, Tokoh masyarakat, agama, ulama, TP PKK dan kadernya, Ketua RW dan RT, serta masih banyak lagi lainnya Walikota Depok KH.Mohammad Idris menyampaikan “ Dari catatan yang hadir ini yang terkomplit dari beberapa Kecamatan ada catatannya tapi orangnya tidak ada dan ini Kecamatan terpadat setelah Kecamatan Beji dengan jumlah 14.000 jiwa /km, maka saya tanyakan ke Pak Camat masih ada tidak asset Pemda, karena Asset terbesar adalah Taman Lembah Gurame, Taman Leli dan Taman Mawar , khusus untuk Taman Terpadu setiap Kelurahan kita cukupkan dengan 3 taman ini “ ucap Idris

Majalah Pantau Edisi 01 Bln.X 2018

“ Kecamatan Pancoranmas yang Sumber Daya Manusia ( SDM ) sangat luar biasa dari sisi potensi dan energinya ,

“ Untuk pembangunan infrastruktur hingga kemarin kami Pemerintah Kota belum mendapatkan jawaban dari Pemerintah Pusat terkait kewenangan Camat untuk membamgun infrastruktur di wilayahnya, untuk kegiatan di PUPR sendiri pada tahun Anggaran 2018 ini ada 2000 lebih kegiatan baik secara lelang maupun tidak lelang se Kota Depok yang hanya ditangani sekitar 10 personal, saya menginginkan kegiatan dibawah nominal Rp.200 juta bisa ditangani oleh Camat dengan dibantu Lurah dan LPM namun belum ada jawaban dari Pemerintah Pusat “ papar Idris Selaku Camat Pancoranmas Utang Wardaya menyampaikan “ Secara pribadi maupun Pemerintahan sangat appresiasi atas terselenggaranya acara ini baik yang secara langsung maupun tidak langsung turut serta mensukseskan acara ini( Koes - Kabiro Depok )

Majalah Pantau Edisi 01 Bln.X 2018


26

DEPOK Tanah Baru Depok ... Berbagi Untuk Negeri Berkualitas, adapula Muroja’ah dan Muhasabbah baru terbentuk forum Anak Kelurahan Tanah Baru dan masih banyak yang lainnya dan alhamdulillah terkumpul dana Rp.29.030.000.’ untuk segera disetorkan ke rekening SATLAK .PB Kota Depok “ papar Zakky

15

DEPOK Car Free Day...Taman Pijar RW.08 Perumahan Pondok Cibubur

Kegiatan ini atas kolaborasi Kelurahan dengan LPM, BKM, TP.PKK,Forum Komunikasi Bank Sampah Wahana Asri, FKK RW 11, Pustaka Entong, SDN Tanah Baru 1.2.3.5 , SDIT Tunas Iblam, SDIT izzati, KA Nurish ( Kampung Dongeng ), MELILEA , warga masyarakat dan masih banyak yang lainnya “ pungkas Zakky. ( Koes - Kabiro Depok )

DEPOK | Dari duduk bareng akhirnya mendapatkan ide ide cemerlang berupa solusi cerdas itulah Kelurahan Tanah Baru Kecamatan Beji Depok dalam giatnya penggalangan dana untuk saudara sauadara kita yang tertimpa musibah di Palu, Donggala, Sigi, sabtu 20 Oktober 2018 dan minggu 21 Oktober 2018 Selaku Lurah Tanah Baru Zakky menyampaikan “ Kesemuanya ini terselenggara berkat dukungan semua pihak , baik secara langsung maupun tidak langsung untuk suksesnya acara ini dengan mengedepankan prinsip kemanusiaan, berbagi pada sesama, solidaritas sebagai anak negeri “ ucap Zakky “ Pada dasarnya inisiatif kegiatan adalah sama yakni penggalangan dana untuk kemudian disumbangkan kepada saudara kita yang sedang tertimpa musibah di Palu, Donggala, Sigi, niatan baik ini kami sinergikan dengan program program unggulan Kota Depok disamping dukungan nyata cita cita Kota Depok sebagai Kota Layak Anak “ ungkap Zakky “ Kami sisipkan konten konten kegiatan yang menjadi refleksi dukungan kegiatan tersebut dawali dengan donasi shodaqoh sampah dilanjutkan dengan dongeng SKPA, Pojok Konsultasi Keluarga ( Saung Parenting ), Pojok Baca dan Saung Literasi, Pemeriksaan Kesehatan Tensi dan Gula Darah, Bazaar produk UP2K binaan Pokja II PKK Tanah Baru, Bobok Celengan, Lelang Barang Bekas Majalah Pantau Edisi 01 Bln.X 2018

DEPOK, Gelaran Car Free Day yang diisi oleh bazaar UKM Paguyuban Warga Cisalak Pasar ( PWCP ) yang diawali dengan senam poco poco, maumere dan link dancer,minggu 30 Septembet 2018 yang dihadiri dan dibuka oleh Ketua TP.PKK Kota Depok Elly Farida, Camat Cimanggis Eman Hidayat dan Lurah Cisalak Pasar Cahyanto, ada salah satunya yang menarik dari Ketua RW 08 Perumahan Pondok Cibubur Kelurahan Cisalak Pasar H.Ir.Suko Purwosunu Nugrohokusumo. S.T

“ Kami warga Perumahan Pondok Cibubur tidak henti hentinya melakukan pembangunan infrastruktur dan dibantu oleh Pemerintah Kota Depok yang bekontribusi dan kami berterima kasih dapat menikmati jalan yang bagus serta taman yang indah “ imbuh Suko. “ Saya berpesan dan menghimbau kepada para pengunjung agar menjaga kebersihan mari kita lakukan bersama serta rasa memiliki yang tinggi , ada satu kekecewaan setiap ada tambahan icon icon baru maupun perbaikan agar taman ini menjadi asri, indah dan nyaman tidak berumur lama entah hilang maupun rusak walaupun kami sudah menyediakan security siang dan malam dan taman ini dilengkapi CCTV serta fasilitas Wi Fi dan Pos Yandu “ papar Suko.

“ Car Free Day ini adalah hasil duduk bareng antara Lurah, RW dan RT,tokoh masyarakat,LPM dan karang taruna dan pemangku wilayah yang menghasilkan ide ide cemerlang dan solusi cerdas dengan memberdayakan UKM khususnya Kelurahan Cisalak Pasar dan warga perumahan setempat dalam geliat perekonomian kerakyatan “ ucap Suko. “ Untuk kedepannya barangkali akan kami buatkan pagar keliling dan untuk masuk “ Saya pribadi maupun atas nama warga RW serta keluarnya pengunjung terfokus di satu 08 sangat berterima kasih sekali atas keper- pintu pos penjagaan security dimana taman cayaan yang diberikan oleh pihak Kelura- ini dibuka dari jam 09.00 pagi hingga jam han sebagai pioner atau yang pertama kali 22.00 malam atas kesepakatan dari 9 RW , Perumahan Pondok Cibubur diberikan ke- untuk itu sekali lagi saya himbau mari kita percayaan melaksanakan Car Free Day di jaga, kita rawat taman ini dengan mematuhi barengi dengan bazaar UKM “ ungkap Suko. peraturan yang ada “ pungkas Suko ( koes kabiro Depok ) Majalah Pantau Edisi 01 Bln.X 2018


16

DEPOK

Car Free Day ...Gebyar Bazaar UKM Paguyuban Warga Cisalak Pasar ( PWCP )

PALOPO 25 Studi Tiru Pengelolaan sampah dan PKL oleh Pihak Ke Tiga. Pemkot Palopo Kunjungi Pemkot Bandung. disetiap setiap SKPD. Penempatan, termasuk bagaimana mengarahkan masyarakat agar dapat mengurangi sampah memisahkan dan memanfaatkan sampah mereka di rumah masing masing.

Depok, Cae Free Day .RW 08 Kelurahan Cisalak Pasar Kecamatan Cimanggis Kota Depok mengadakan Bazaar oleh PWCP dan diawali senam Poco Poco, Maumere dan Link Dance berlokasi di depan Taman Pijar RW 08 Perumahan Pondok Cibubur ,minggu 30 September 2018 dihadiri oleh Ketua TP PKK Kota Depok Elly Farida, Camat Cimanggis Eman Hidayat, Lurah Cisalak Pasar Cahyanto , dr.Naweng Kepala Puskesmas Cisalak Pasar , para RW dan Rt dan warga Kelurahan dan Perumahan

warga masyarakat untuk produksi dan belanja cukup di wilayah Cimanggis sudah tersedia “ ungkap Eman

Selaku Ketua TP.PKK Kota Depok Elly Farida menyampaikan sambutannya “ Saya sangat appresiasi sekali atas kegiatan yang positif dan produktif tidak hanya sekedar bazaar UKM namun jalinan kerjasama dalam kebhinekaan dari berbagai etnis menjalin silaturahhmi saling berinteraksi satu sama lainnya dalam kebersamaan “ ucap Elly

“ Dari duduk bareng dan kami melontarkan gagasan berupa solusi cerdas dan disambut oleh RW 08 sebagai pioner permulaan Car Free Day dengan ditopang bazaar UKM dari Paguyuban Warga Cisalak Pasar, semoga dikesempatan lainnya menyusul Car Free Day lainnya “ imbuh Cahyanto

Camat Cimanggis Eman Hidayat menyampaikan “ Kami dari Kecamatan mempunyai program untuk Kelurahan . Cisalak Pasar ini pemberdayaan UKM sebagai pilot projek yakni tidak hanya di Kecamatan Cimanggis saja namun untuk Kota Depok ,sehingga

Cahyanto selaku Lurah Cisalak Pasar menyatakan “ Kegiatan ini Insya Allah dapat dilaksanakan untuk setiap minggunya, sehingga pemberdayaan ekonomi masyarakat juga menggeliat dan adanya trend kenaikan taraf hidup masyarakat dari 96 peserta UKM saat ini yang ada serta warga masyarakat sekitar “ papar Cahyanto

Ibu Mey peserta bazaar UKM dati Taman Puri menyampaikan “ Alangkah baiknya waktunya dalam 1 bulan yakni 2 kali awal dan akhir agar warga tidak jenuh dan lokasi yang berbeda tentunya dengan segala kesiapannya “ pungkas Mey ( Koes Depok )

Majalah Pantau Edisi 01 Bln.X 2018

Didampingi, Asisten Pemerintahan Burhan Nurdin, Asisten Tafuq, kadis Perizina Farid Kasim Judas, Kepala Bapenda, Abdul Waris, Kadishub Palopo Andi Farid Baso Rakchim AP, Kepala UPTD PJU Makmur, Kasatpol PP Ade Chandra, Kadis Pariwisata Andi Enceng dan para camat serta lurah diterimanlangsung olrh Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana Di Kantor Walikota Bandung. Palopo | Sejalan dengan perkembangan pembangunan dan pertumbuhan penduduk yang semakin pesat, tentunya berimbas pada banyaknya persoalan yang ada dalam penerintahan, salah satunya adalah terkait pengelolaan persampahan yang juga menjadi tanggung jawab pemerintah.

Didampingi Satgas PKL Bandung, Yana Mulyana menyampaikan selamat datang kepada pemkot palopo atas kunjungannnya.Namun terkait beberapa hal pada kesempatan yang sama akan lebih baik dilakukan shering kasus terkait persampahan dan pengelolaan PKL.

Sejalan dengan hal tersebut, pemerintaj kota palopo melakukan study tiru, ke Kota Bandung yang saat ini melakukan pengelolaan sampah oleh pihak ke tiga.

“ Kunjungan pemkot palopo adalah bahgian dari silaturahmi antara sesama pemkot, namun beberapa hal akan kita bahas dengan diskusi dan shering masalah atau kasus terkait persampahan sehingga ada hal yang lebih baik lagi yang dapat kita lakukan bersama,” Ungkapnya.

Hal ini disampaikan Wakil Walikota Palopo Ir. H. Rahmat Masri Bandaso, (RMB) yang turut dalam rombongan pemkot palopo di Kota Bandung. Pada selasa 23 Oktober 2018. Menurut RMB kunjungan pemkot Palopo ini untuk melihat langsung bagaimana pengelolaan sampah yang dikelolah oleh pihak ketiga, dan sejauh mana hasil dari pengelolaan sampah tersebut.

Selain melihat persoalan pembenahan persampahan, rombongan pemkot palopo juga melihat langsung pengolahan dan penataan pedagang kaki lima (PKL) menjadi destinasi wisata.(suardi)

“ Kota Palopo sebagai salah satu daerah yang dikenal sebagai Kota bersih dan kerap mendapatkan adipura sangat perlu memahami perkembangan persoalan pengelolaan sampah, “ ungkap RMB di sela sela kunjungannya di Kota Bandung. Lanjut RMB, beberapa hal yang menjadi pokok kunjungan diantaranya pengangkutan sampah oleh perusda kebersihan selanjunya pemilahan sampah di rumah atau Bank sampah yang ada Majalah Pantau Edisi 01 Bln.X 2018


24

DEPOK Walikota Depok Buka Pelaksanaan TMMD Reguler ke-103

17

PALOPO

“Kurangi Bicara, Banyak Bekerja” ungkap Nurdin Abdullah Pada Acara Sertijab tan yang sudah sempat hadir, dan kepada seluruh masyarakat Kota Palopo yang turut menyaksikan kegiatan Sertijab. “Pada hari ini saya tidak ingin terlalu banyak bicara dan bercerita, karena saya ingin memberikan kesempatan kepada Gubernur Sulawesi Selatan Prof. Nurdin Abdullah”, ucapnya. Dalam sambutan Gubernur Sulawesi Selatan, Prof Nurdin Abdullah menyampaikan kehadirannya sangat spesial, 4 Bupati dan Walikota yang dilantik namun spesial untuk Walikota dan Wakil Walikota Palopo diantar langsung oleh Gubernur Sulsel. “ Ini adalah wujud perhatian khusus Gubernur untuk Luwu Raya dan Walikota sudah menyiapkan kantor untuk Gubernur Sulsel. Dengan alasan agar mempercepat pembangunan di Luwu Raya. Untuk menyemangati dan menjadi spirit kita semua, maka presiden akan berkunjung ke Kota Palopo” Ungkap Nurdin. PALOPO, Rombongan penjemputan Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Nurdin Abdullah, Walikota Palopo HM. Judas Amir, Wakil Walikota Palopo, Rahmat Masri Bandaso, serta Pj Walikota Palopo, Andi Arwien Azis, start dari halaman Kantor Walikota Palopo menuju Bandara Bua Lagaligo Kec.Bua Kabupaten Luwu.

Depok | Wali Kota Depok Mohammad Idris menjadi inspektur upacara (Irup) sekaligus membuka secara resmi kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-103 Tahun 2018, di lapangan Sepak Bola, Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung, Depok, Senin (15/10/2018), Dalam amanatnya, Idris menyampaikan bahwa kegiatan TMMD bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mempunyai arti penting dalam hal memecahkan kesulitan sosial di masyarakat.

(KIA), penyerahan paket sembako, penyerahan bantuan kursi roda, dan penyerahan bingkisan kepada pelaksana TMKK Terbaik dalam pelayanan MKJP (Metode Kontrasepsi Jangka Panjang) Tahun 2018.

Usai penjemputan, rombongan Gubernur kemudian menuju Lapangan Pancasila untuk menghadiri kegiatan Serah Terima Jabatan (Sertijab) Walikota dan Wakil Walikota Palopo, Jumat 28 September 2018.

Walikota juga meninjau lokasi pekerjaan fisik TMMD didampingi Kasdam Jaya, Dandim 0508/Depok, Kapolres Kota Depok dan Anggota DPRD Kota Depok.(dj)

Sertijab yang dihadiri langsung oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Prof Nurdin Abdullah disaksikan juga seluruh masyarakat Kota Palopo. Ini merupakan penghargaan yang luar biasa dari beliau dimana salah satunya Kota Palopo dihadiri langsung oleh beliau. Pj Walikota Palopo, Andi Arwien diakhir masa jabatannya menyampaikan pada hari tersebut mengakhiri masa jabatannya, dimana sejak di kukuhkan pada tanggal 16 February 2018 sebagai Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Palopo, dan kemudian dilanjutkan dengan menjabat sebagai Penjabat pada tanggal 9 Juli 2018. “Saya bersyukur karena pengabdian di Kota Palopo ini diawali dengan shalat subuh di mesjid tua dan melakukan shalat di penghujung pengabdian pula. Salah satu tugas kami di Kota Palopo adalah mewujudkan proses demokrasi di Kota Palopo secara aman, dan damai”.

“Melalui kegiatan TMMD ini, marilah kita wujudkan kerjasama masyarakat dalam berbagai bidang pembangunan yang diarahkan pada penguatan persatuan dan kesatuan bangsa serta peningkatan peran aktif masyarakat dalam pembangunan yang dilakukan dengan prinsip dari, oleh dan untuk masyarakat,” ujarnya. Serahterima BAP proyek fisik TMMD Usai pembukaan, dilakukan penandatangan naskah serah terima proyek fisik TMMD dari Wali Kota Depok kepada Dandim 0508/Depok, Letkol Inf Iskardarmanto. Selanjutnya Wali Kota Depok juga menyerahkan bantuan obat-obatan kepada perwakilan tim dokter, penyerahan administrasi kependudukan berupa 250 Akta Kelahiran, Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Identitas Anak Majalah Pantau Edisi 01 Bln.X 2018

Lanjutnya mengatakan, “Hari ini saya telah mengantarkan ke gerbang pemerintah yang baru tahun 2018-2023. Menjadi pelajaran berharga bagi kami untuk melaksanakan tugas dimasa yang akan datang. Penghargaan Kepada seluruh masyarakat Kota Palopo yang telah mendukung tugas kami dalam proses pemilu dapat berjalan tentram dan damai”. Sementara itu, Walikota Palopo HM Judas Amir pada kegiatan Sertijab berterimakasih kepada Gubernur Sulawesi Sela-

Ditambahkannya bahwa tentu kita berharap bahwa hari ini kita menerima Walikota dan Wakil Walikota Palopo yang baru untuk periode 2018-2023. Dan menitipkan agar atribut pemilu di kubur dalam-dalam. “Oleh karena itu, mari bersamaan merajut tali silaturahmi menatap masa depan yang lebih baik. Saya yakin dan percaya, dibawah kepemimpinan Walikota Palopo HM Judas dan Wakil Walikota Palopo, Rahmat Masri Bandaso, ini merupakan kombinasi yang bagus dan akan membawa Kota Palopo ke yang lebih baik lagi”. Karena menurutnya, Walikota Palopo, Judas Amir sudah punya pengalaman selama 5 tahun merubah wajah Palopo, begitupun dengan Wakil Walikota Palopo, Rahmat Masri Bandaso. Dan Terkait sambutan Walikota yang hanya singkat itu bermakna bahwa “Kurangi bicara, banyak bekerja” Selain itu, Prof Nurdin Abdullah juga menyampaikan Kepada Pj Walikota Palopo, Andi Arwien sudah berhasil memimpin Palopo, dan atas nama pemerintah Provinsi Sulsel menyampaikan terimakasih kepada Andi Arwien. “Dititipkan kota Palopo untuk menjadi tanggung jawab membangun akselerasi Kota Palopo lebih cepat dan mengayomi seluruh masyarakat kota Palopo”. Usai kegiatan Sertijab,rombongan Gubernur Sulawesi Selatan Kemudian melakukan peninjauan sekaligus bersantap siang bersama di Ruang Pola Kantor Walikota, setelah itu menuju Bandara Lagaligo Kec. Bua untuk bertolak ke Makassar, kemudian Walikota dan rombongan kembali ke Palopo untuk shalat Jumat bersama di Mesjid Agung Kota Palopo. Turut hadir pula Seluruh Pejabat Pemerintah Kota Palopo, Eselon II, III, dan IV, Forkopimda, Para Kepala SKPD lingkup Pemerintah Kota Palopo, serta seluruh masyarakat Kota Palopo yang hadir menyaksikan kegiatan ini di Lapangan Pancasila. (tim.humas/suardi)

Majalah Pantau Edisi 01 Bln.X 2018


18

MADIUN

Danramil 0803/02 Nglames Hadiri Undangan Doa Bersama Dan Pemberiaan Santunan Anak Yatim

LAMPUNG 23 Lampung Utara Tampilkan Beberapa potensi dan Prestasi di stand Rumah Anjungan di Lampura di PKOR Way Halim

Lampungutara | Pembukaan Festival Lampung Ilmu Mangkunegara, S.STP.,MH. Fair Tahun 2018 dilaksanakan hari ini, Jum’at (12/10/2018), di PKOR Way Halim Bandar Lam- Setelah melihat berbagai macam prestasi dan miniapung. tur yang terpajang di Rumah Anjungan Kabupaten Lampung Utara, Tim Rombongan Penilaian menuju Kabupaten Lampung Utara menjadi salah satu Peser- keacara Pembukaan yang dibuka secara langsung ta Festival Lampung Fair dan menunjukkan beberapa oleh Gubernur Provinsi Lampung, M. Ridho Ficarpotensi dan prestasi di Stand Rumah Anjungan Lam- do yang ditandai dengan penekanan tombol bersama pung Utara, PKOR Way Halim, Bandar Lampung. Forkopimda Provinsi Lampung.

MADIUN, Kapten Inf Muhayat Danramil 0802/02 Nglames Kodim 0803/Madiun Bersama Kapolsek Nglames AKP Marthinus Tjanu hadir dalam acara doa bersama dan pemberian santunan anak yatim piatu Oleh Camat dan Muspika Kecamatan Nglames, jumat (28/09/2018). Bertempat di Pendopo Kecamatan Nglames Kabupaten Madiun, Danramil 0803/02 Nglames Kapten Inf Muhayat menyampaikan,”Acara ini merupakan rasa

syukur kita kepada Allah Swt dan berbagi kebahagian bersama anak – anak yatim piatu dengan menyantuni mereka dari sebagian harta kita yang menjadi hak mereka”. “Rasa peduli sosial yang tinggi dapat kita rasakan dengan adanya kegiatan ini bersama Muspika Kecamatan Nglames sebagai wujud rasa cinta kasih kita kepada sesama, Semoga kegiatan ini dapat meringankan saudara kita yatim piatu untuk merasakan Berkah”, Ujar Danramil.(red)

Majalah Pantau Edisi 01 Bln.X 2018

Bupati Lampung Utara, H. Agung Ilmu Mangkunegara, S.STP., MH., diwakili Asisten II, Syahrizal Adhar bersama Ketua TP-PKK Kabupaten Lampung Utara, Hj. Endah Kartika Prajawati Agung, S.STP.,MH., menyambut dan mengucapkan selamat datang kepada Tim Rombongan Penilaian yang dipimpin langsung Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Provinsi Lampung Hery Suliyanto berama Kapolda Lampung Irjen Pol. Drs. Purwadi Arianto, M.Si, saat menyambangi Anjungan Kabupaten Lampung Utara.

Dalam sambutannya, Gubernur Lampung mengatakan event tahunan ini harus dijadikan sebagai perangsang untuk Bupati dan Walikota yang ada di seluruh Provinsi Lampung untuk lebih meningkatkan potensi dan prestasi yang ada di Kabupaten masing-masing. Dilanjutkan dengan menyaksikan penampilan penyanyi ternama, Judika.(Eva/ADV)

Beberapa potensi yang dimiliki Kabupaten Lampung Utara ditampilkan pada event Festival Lampung Fair 2018 ini memamerkan beberapa produk dan hasil kerajinan tangan. Yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya adalah pada perayaan Festival Lampung Fair 2018 ini, Kabupaten Lampung Utara menayangkan beberapa prestasi yang telah di raih Kabupaten Lampung Utara di bawah pimpinan Bupati Lampung Utara, H. Agung Majalah Pantau Edisi 01 Bln.X 2018


DEPOK 22 DPRD Kota Depok Setujui Raperda APBD Perubahan Tahun 2018

19 Gubernur Serahkan Penghargaan Kepada Judas Amir

PALOPO

PALOPO | Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Dr. Nurdin Abdullah menyerahkan penghargaan kepada Wali Kota Palopo, HM. Judas Amir, di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulawesi-Selatan, kamis, (18/10) siang kemarin. Depok | Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok, menggelar Rapat Paripurna Persetujuan DPRD Kota Depok terhadap Raperda APBD Perubahan tahun 2018, dan Persetujuan terhadap dua Raperda serta Persetujuan terhadap tiga rancangan Peraturan DPRD Kota Depok, Jum’at (28/09). Sidang dipimpin langsung Ketua DPRD Hendrik Tangke Allo, dihadiri 35 anggota dewan serta para kepala OPD. Dalam surat keputusan persetujuan anggaran perubahan APBD tahun 2018 yang dibacakan Sekertaris DPRD Kota Depok, Zamrowi menyebutkan bahwa APBD Depok tahun 2018 semula berjumlah Rp 2.998.429.827.435,24 bertambah sejumlah Rp. 532.384.980.140,78. Sehingga total anggaran tahun 2018 menjadi Rp. 3.530.814.875.830, 2. “Apa yang sudah kita sepakati dan tetapkan pada hari ini, harus sesuai pelaksanaannya. Mari kita saling mengingatkan apa yang telah disepakati dapat dilaksanakan dengan baik, saling mengingatkan satu sama lainnya sesuai dengan tupoksi masing-masing. Mudah-mudah penetapan dan persetujuan bersama ini dapat bermanfaat bagi kesehjateraan rakyat Depok tanpa menimbulkan persoalan baru,” harap Hendrik Tangke Allo. Sementara itu, Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, proses penyusunan RAPBD 2018 telah diawali dengan penyusunan Kebijakan Umum Anggaran dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) yang

telah disepakati oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok beserta dengan DPRD Kota Depok. Selain itu, Raperda APBD Perubahan juga telah dibahas dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Depok pada sebelumnya. “Sehingga, proses persetujuan Raperda APBD ini merupakan hasil dari sinergitas yang selama ini sudah berjalan dengan baik antara Pemkot Depok bersama dengan DPRD Kota Depok,” katanya. Pihaknya memberikan apresiasi kepada tim Anggaran Pemerintah Daerah (APD) bersama dengan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Depok yang telah berkoordinasi dalam melakukan pembahasan terkait RAPBD tahun 2017. Hal itu menghasilkan sejumlah masukan-masukan yang positif bagi kemajuan pembangunan di Kota Depok. “Masukan saran serta koreksi yang diampaikan dari Banggar DPRD Depok selama pembahasan telah kami tindak lanjuti, dan dijadikan pertimbangan dalam penyempurnaan penyusunan rencana perubahan APBD tahun 2018,” ujar Idris. Selanjutnya, Walikota juga menyambut baik terhadap nota keuangan dan rancangan peraturan daerah tentang perubahan APBD tahun 2018.”Diharapkan seluruh sasaran kegiatan program tersebut dapat tercapai sesuai target yang ditetapkan dan semoga apa yang direncanakan pada rancangan perubahan APBD 2018 dapat memberikan manfaat lebih besar bagi kemajuan Kota Depok yang unggul, nyaman dan religius,” tandas Idris. (barata)

Majalah Pantau Edisi 01 Bln.X 2018

Di periode kedua kepemimpinannya, Wali Kota Palopo berkomitmen untuk mempertahankan hal tersebut bahkan lebih ditingkatkan lagi sesuai pesan Gubernur Sulsel.

Penghargaan yang diterima Wali Kota Palopo ini, “Target kita bukan WTP tetapi lebih dari itu. Terwuterkait pengelolaan keuangan oleh Pemerintah Kota judnya pengelolaan keuangan yang baik dan akuntaPalopo yang baik dan akuntabel. bel atau mampu dipertanggungjawabkab akan sendirinya memberikan penilaian yang baik oleh BPK,” “Hal tersebut dibuktikan dengan raihan opini Wajar ujarnya. Tenpa Pengecualian atau WTP dari BPK selama beberapa tahun terakhir sejak kepemimpina Judas Amir Terkait penggunaan atau pengelolaan keuangan di Palopo,” ujar Nurdin Abdullah. lingkup Pemkot Palopo, Wali Kota Palopo dua periode ini pula berjanji untuk menindak setiap aparat Dirinya berpesab agar prestasi dan pengelolaan yang melakukan penyelewengan keuangan negara keuangan yang baik di Kota Palopo dapat dipertahan- atau daerah.(suardi) kan dan lebih ditingkatkan lagi kedepan. “Bukan hanya Palopo, termasuk Kota Makassar, dan sejumlah daerah lain di Sulsel. Ini harus dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi kedepan. Ini membuktikan pemerintah daerah di Sulsel sudah mulai bagus dalam mengelolah keuangan masing-masing,” katanya. Sementara itu, Judas Amir, usai kegiatan kemarin mengatakan baiknya pengelolaan keuangan di Kota Palopo karena didukung oleh seluruh aparat pemerintah yang taat hukum dan taat administrasi. “Periode pertama saya kemarin memang menekankan untuk lebih meningkatkan kehati-hatian dalam mengelolaah keuangan di lingkup OPD masing-masing. Ini didukung oleh seluruh aparat, dan saya berterima kasih untuk itu,” ujarnya. Majalah Pantau Edisi 01 Bln.X 2018


WAJO 20 Luar Biasa! Aksi Kapolda Sulsel Kepada Gubernur Ini Di Hujani Tepuk Tangan Hadirin

21 RMB Lepas Bantuan dan Relawan Kemanusiaan

PALOPO

“Mungkin ini dinilai terlambat (bantuan), dibanding yang lain. tapi itu memang sasaran kami, sebagai wujud pelayanan misi. Tidak hanya medis, tapi bantu mereka secara psikis, bantu restorasi, minimalisir kecemasan kecemasan mereka”, kata Yulianti. Sementara itu, wakil Walikota Palopo Rahmat Masri Bandaso, pada kesempatan itu menegaskan tidak ada yang terlambat (bantuan) untuk korban gempa Palu, Sigi dan Donggala. “Bantuan yang disalurkan akan sangat bermanfaat bagi mereka (korban). Karena kami lihat langsung disana, mereka masih butuh logistik dan obat obatan”, ungkap RMB. PALOPO, Kepedulian dan bantuan untuk korban gempa Palu, Sigi, dan Donggala terus mengalir. Rabu,17 Oktober 2018, Wakil Wali Kota Palopo Rahmat Masri Bandaso (RMB) berkesempatan melepas bantuan dan relawan kemanusiaan untuk korban bencana Palu, Sigi, dan Donggala Sulawesi Tengah. Pelepasan Bantuan dan relawan kemanusiaan keluarga besar PT. PT Citra Ratna Nirmala dan yayasan Ratna Miriam itu dilaksanakan di Halaman RS. Bintang Laut Palopo, Kelurahan Patenne.

MAKASSAR, Ada hal yang menarik saat Kapolda Sulsel Irjen Pol Drs Umar Septono menghadiri kegiatan Rapat Paripurna Istimewa Peringatan Hari Jadi ke 349 Prov. Sulawesi Selatan.

minum ke gelas yang berada di atas Podium. Atas itu, Gubernur mengucapkan terima kasih, kemudian melanjutkan membaca sambutan, “Terima kasih,”, Tutur Nurdin sambil tersenyum.

Dimana saat Gubernur tengah memberikan sambutan, sekiranya tidak lebih dari Usai menuangkan air minum, Irjen Umar 30 menit, Tiba tiba terhenti di karenakan kemudian duduk, dan para hadirin pun bertepuk tangan karena aksinya tersebut. tersedak.

Tiba-tiba dari arah belakang Gubernur, Ir- Kegiatan tersebut di selenggarakan di Rujen Umar berdiri dan mengambil botol air ang Paripurna Lt III Gedung DPRD Prov. mineral dari mejanya dan menuangkan air Sulawesi Selatan, Jum’at (19/10) pada pukul 09.00 Wita(rls) Majalah Pantau Edisi 01 Bln.X 2018

atas nama pemerintah, lanjut wakil walikota, kami mengapresiasi dan berterimakasih atas kontribusi bantuan yang diberikan kepada saudara kita di Sulawesi Tengah. Kepada para relawan, RMB berpesan agar Kerja yang tulus, jika tulus Tuhan juga akan menolong kita. “membantu sesama adalah mulia, dan dibutuhkan kepekaan untuk itu,” kunci RMB.

drg. Yulianti Wirawan, yang mewakili Direktur RS. Bintang Laut mengatakan bantuan dan relawan itu merupakan wujud visi dari Kongregasi Suster-suster Jesus Mario Joseph,

Hadir pula pada kesempatan itu Kasdim 1403 Swg, Martinus Pagasing, Wakapolres Palopo Woro Susilo, Ketua Paroki St Mikail Palopo Martinus Pasomba, Kadis Kesehatan Palopo Ishak Iskandar, kepala UPTD Jemput Antar (JA) dr. Bakri serta para dokter, Karya kesehatan PT Citra Ratna Nirmala dan yayasan perawat dan jajaran RS. Bintang Laut.(Suardi) Ratna Miriam, serta Paroki St Mikail Palopo. “Ini adalah wujud visi dari Kongregasi Suster suster Jesus Mario Joseph, termasuk RS. Bintang laut Palopo, RS. Stella Maris Makassar, dan RS. Santa Ana di Kendari, serta RS. Fatimah di Toraja,” ungkap Yulianti. drg. Yulianti menambahkan bahwa pihaknya akan mengirimkan dokter, perawat, tenaga laboratorium, apoteker dan para suster untuk membantu saudara kita di Palu. Majalah Pantau Edisi 01 Bln.X 2018


The Rolling Stones Akan Rilis Buku Bersamaan dengan Album Baru

B

and legendaris asal Inggris Rolling Stones akan merilis sebuah buku bersamaan dengan album baru barunya tahun ini. Buku yang diberi judul The Rolling Stones: On Air in the Sixties akan diterbitkan Penguin Random House pada 8 September mendatang.

lansir NME.

Nantinya, dalam buku itu akan mencatat sejarah band tersebut di radio dan televisi selama dekade pertama ketenaran mereka.

Sementara itu, Mei lalu band ini telah mengumumkan akan menggelar 13 pertunjukan di 12 kota di Eropa.

Disebutkan, buku itu juga akan dilengkapi dengan salinan dokumen yang sebelumnya tidak pernah tayang dari arsip TV dan radio komersial. Gambar-gambar menarik yang belum pernah terlihat pun akan menjadi bagian dalam buku ini. “Dalam peluncuran terbaru ini menawarkan wawasan dan perspektif baru yang belum terjelajahi tentang kisah band rock n roll terbesar di dunia,” ujar siaran pers, di-

Meski sudah memiliki gambaran akan buku yang bakal terbit, belum ada rincian lebih lanjut soal konten yang akan masuk dalam album terbaru Rolling Stones.

Hanya saja, tur bertajuk “No Filter” itu tidak dapat diselenggarakan di Inggris tahun ini karena keterbatasan tempat. “Maaf bagi penggemar kami di Inggris, tidak ada jadwal untuk Inggris dalam tur ini karena kurangnya tempat yang tersedia karena digunakan untuk keperluan kegiatan olahraga. Kami berharap dapat tampil di sini pada 2018,” terang Majalah Rolling Stones.

Majalah Pantau Edisi 01 Bln.X 2018

Majalah Pantau  

Era Baru Pantau terkini

Majalah Pantau  

Era Baru Pantau terkini

Advertisement