Issuu on Google+

HOTLINE :

www.malang-post.com redaksi@malang-post.com

Redaksi / Iklan / Sirkulasi: Jl. Sriwijaya 1-9 Telp. 340081 - 2

SENIN, 21 OKTOBER 2013

Harga Eceran Rp. 3.500,-

Korane Arek Malang

LSI: Dahlan Iskan Raih Dukungan Terkuat JAKARTA - Dahlan Iskan lagi-lagi diunggulkan sebagai yang terkuat memenangkan Konvensi Calon Presiden dari Partai Demokrat 2014. Lingkaran Survei Indonesia merilis bahwa jika dilakukan hari ini maka Dahlan yang juga Menteri Badan Usaha Milik Negara itu akan memenangkan Konvensi Capres PD dengan raihan 16,1 persen.

Disusul Pramono Edhie Wibowo 5,3 persen dan Marzuki Alie 3,2 persen, Gita Wirjawan 2,2 persen. Sedangkan kandidat lainnya seperti Irman Gusman, Anies Baswedan, Sarundajang, Hayono Isman, Endiartono Sutarto, Dino Patti Djalal dan Ali Masykur Musa hanya meraih di bawah 2 persen. Dia menegaskan di antara peserta konvensi, Dahlan mem-

peroleh dukungan paling kuat atau di atas 10 persen. “Maka sesuai hasil survei LSI Oktober 2013 dari 11 nama yang ikut Konvensi Demokrat Dahlan Iskan memeroleh dukungan terkuat publik,” kata Peneliti LSI Adjie Alfaraby, Minggu (20/10), dalam paparan hasil survei bertajuk

Baca LSI: Dahlan Iskan ....11

MOCHTAR/JATENG POS

OLAHRAGA : Dahlan Iskan ketika senam di Jogja kemarin. Survei LSI menempatkan Menteri BUMN itu di posisi tertinggi

Nakalnya Tata Bikin Heboh

Giliran Pipa Jalan Ijen DIRUSAK PROYEK MALANG - Tak hanya menghantam pipa saluran PDAM, di Gadang dan Jalan Aris Munandar, rupanya bekho piranti proyek Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Pengawasan Bangunan (DPU PPB) Kota Malang, juga merusak pipa saluran air di Jalan Besar Ijen. Akibatnya fatal, hampir 10 ribu pelanggan PDAM di Kecamatan Klojen, terganggu buruknya pemenuhan kebutuhan air. Dari yang biasanya pasokan cukup lancar, sejak Sabtu (19/10) lalu, menjadi agak tersendat. ‘’Mulai kemarin (Sabtu, Red.) kurang lancar. Kalaupun mengalir sedikit sekali,’’ tutur Shandi Pramono, warga Jalan Kepundung. Sekalipun pipa yang rusak di Jalan Besar Ijen, dampaknya cukup besar. Karena saluran bawah tanah tersebut, terhubung untuk sebagian wilayah Klojen. Mulai dari kawasan Simpang Balapan, Jalan Kawi, kawasan Bareng, Kelampok Kasri sampai daerah Raya Langsep. Salah satu pipa saluran terganggu, maka dipastikan menimbulkan efek domino ke sambungansambungan lain. ‘’Di tempat saya malah macet sejak sore,’’ gerutu Kanita, warga Jalan Rambutan.

MALANG - Hadir kembali ke Malang dengan nafas baru, tak membuat artis ibukota ini, kehilangan pamornya. Ya, kemarin malam, artis polesan tangan Ahmad Dhani, hadir untuk menyapa publik Malang.

Baca Nakalnya ....11

Baca Giliran ....11

PIPA PDAM YANG DIRUSAK BEKHO Pipa Arismunandar 3.200 pelanggan Pipa Jalan Cokroaminoto dan Gadang 7.000 pelanggan Pipa Jalan Ijen 10.000 pelanggan

MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

NAKAL : Tata Janeeta tampil memukau di hadapan penonton kemarin malam di Hugo’s Café Malang. Penampilannya sangat memuaskan pengunjung yang hadir.

Senam Sehat Demi Indonesia

Abah Anton Goyang Caisar

RIZAL FANANI/MALANG POST

KOMPAK : Kontestan Kakang Mbakyu ketika mengikuti salah satu game dalam outbond di Araya kemarin.

Mulai Diuji Teamwork MALANG- Jika sebelumnya, kontestan Kakang Mbakyu Kota Malang 2013 diberondong ujian individu, Minggu (20/10) kemarin, mereka diuji dengan materi berbeda. Bukan sesi interview, bukan pula talent show. Kali ini, Vanni Kumalasari dkk dilihat kemampuan teamwork-nya. Dikemas santai dan penuh keakraban, pagi hingga sore kemarin para finalis Kakang Mbakyu mengikuti serangkaian materi outbond di lapangan Family Club Araya. Total ada delapan game yang sengaja disiapkan untuk menguji kreativitas dan

MALANG - Senam Sehat Demi Indonesia (SDI), yang diselenggarakan Malang Post dan didukung Kodim 0833 Kota Malang, di lapangan Rampal, Minggu pagi kemarin, dikejutkan dengan kedatangan orang nomor satu di Kota Malang. Wali Kota Malang, H Moch Anton. Abah Anton, panggilan akrabnya, datang bersama istrinya, Farida. Keduanya langsung menyatu dengan para senamers dan tak sungkan ikut goyang Caisar bareng.

Tak urung, kedatangan Abah Anton ini langsung membuat heboh suasana senam rutin, yang digelar setiap Minggu. ‘’Selamat datang Abah Anton. Kehadiran Abah, suatu kebanggaan bagi kami,’’ kata Kordinator Senam Rampal, H Sudarno. Sementara Direktur Malang Post, Djoko Purwanto, ikut menyambut kedatangan Abah Anton. Peserta senam yang semula serius mengikuti gerakan nyentrik dari trio instruktur, Farida Ariyani,

Ellen dan Sugeng Bahenol, dengan cepat mengambil ponsel, setelah tahu Abah Anton ikut bergabung. ‘’Abah, boleh foto bareng, ya. Jarang-jarang bisa foto bareng sama Abah,’’ kata Inul salah satu member Senam Rampal ini. Pasangan Sutiaji ini, juga ikut senam ala Caisar, yang kini sudah menjadi salah satu ‘menu’ senam SDI di Rampal. Bersama-sama Djoko Purwanto, Abah Anton membaur dengan ribuan senamers lainnya.

Baca Abah ....11

RIZAL FANANI/MALANG POST

RUSAK LAGI : Petugas PDAM saat memperbaiki pipa air yang rusak akibat bekho saat mengerjakan proyek drainase.

kerjasama para calon duta wisata Kota Malang tersebut. Mulai dari game ketangkasan sampai game yang membutuhkan tingkat intelegensi tinggi disajikan oleh panitia. ‘’Dengan adanya outbond seperti ini, kita jadi bisa tahu karakter masingmasing peserta.

Baca Mulai ....11

NGOPI BARENG DAHLAN ISKAN

GUEST GESANK/MALANG POST

DADAKAN: Abah Anton bersama Djoko Purwanto (samping kiri) saat mengikuti Senam Sehat Demi Indonesia di lapangan Rampal,kemarin.

Ngalam

Ebes

Pelita Kadit Utem

Belajar Otodidak, Terima Order di Lingkup Polisi Hingga Polda Di tengah kesibukannya sebagai anggota Polres Malang, Iptu Sudarto memiliki hobi yang menarik. Kasat Tahti (tahanan dan barang bukti) Polres Malang tersebut, adalah salah satu pelukis handal yang ada di Kabupaten Malang. Karyanya yang tidak terikat dengan satu aliran, membuatnya cukup fenomenal.

Ebes : Oyi jes, soale iki wis rame jarene Pelita te kerja sama karo Persebaya Kana : Untung isu cepet ditanggapi Arema, soale iki ayahab lo bes Ebes : Bener jes, lek Pelita bener-benar utem, Arema osi soro, tapi ayas optimis, Pelita kadit utem oket Arema, soale tim iki kekuatane gede, opo maneh dukungan Aremania.

AREMA INDONESIA

Kasat Tahti Polres Malang, IPTU Sudarto yang Pelukis

Kana : Jare bos Nawi, Pelita Jaya Cronous tetap dukung Arema bes

POY HERI PRISTIANTO/MALANG POST

SENIMAN : IPTU Sudarto saat menunjukkan karya lukisan yang masih dalam pengerjaan.

Sosok super sibuk, tampaknya cukup melekat pada diri pria setengah baya ini, saat bertugas dalam satuan Tahti Polres Malang. Kejelian dan kerapian dalam bertugas, harus ditunjukkan dalam menjalankan tugas sehari-hari. Maklum, pemilik nama lengkap Sudarto, kelahiran Malang, 12 Desember 1956 ini, bertugas memberikan pelayanan, perawatan dan ke-

‘’Tidak bisa ditahan lagi. Ekonomi Indonesia berlari kencang. Lupakan politik. Kita kejar harga diri kita.’’

sehatan tahanan yang ada di Polres Malang. Termasuk melakukan pembinaan jasmani dan rohani. Darto dan timnya menerima, menyimpan dan memelihara barang bukti yang didukung penyelenggaraan adminitrasi umum, sesuai bidang tugasnya. Dia bertanggung jawab kepada Kapolres dan pelaksanaan tugasnya sehari-hari dibawah kendali Wakapolres.

Baca Belajar ....11

De Facto, RD ke Persebaya MALANG – Pelan tapi pasti, kabar hengkangnya Rahmad Darmawan (RD), mulai terkuak. Bahkan karena perpindahan itulah, muncul rumor jika musim depan PT Pelita Jaya Cronous, bakal ikut menyeberang ke Persebaya. Bahkan pihak Persebaya sudah mengklaim, RD tidak teken saja untuk membesut tim promosi tersebut. Pelatih yang juga mayor TNI ini, juga disebut-sebut sudah bekerja untuk Persebaya. Direktur Olahraga Persebaya, Dhimam Abror Djuraid, yang sebelumnya masih malu-malu berbicara soal status RD, akhirnya berujar juga, pelatih asal Metro Lampung ini adalah pelatih de facto Persebaya.

Baca De Facto....11 Jawa Pos Group


2

SENIN, 21 OKTOBER 2013

ICW Desak Kejaksaan Tuntaskan Kasus Korupsi Era Soeharto JAKARTA–Koalisi Masyarakat Anti-korupsi mendesak Kejaksaan Agung menuntaskan seluruh kasus korupsi era Presiden Soeharto yang saat ini proses hukumnya mandek. Setidaknya ada 43 koruptor yang belum dieksekusi sampai sekarang. Padahal 37 dari 43 koruptor tersebut telah dipidanakan. Peneliti Indonesia Corruption Watch dan juga juru bicara Koalisi Masyarakat Antikorupsi, Tama S Langkun, mengatakan ke-37 koruptor yang memiliki kasus berbeda tersebut proses hukumnya tersebar di 10 provinsi di Indonesia, dengan rincian 18 kasus di Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, 4 kasus di Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, 5 kasus di Kejaksaan Tinggi Riau, dan 2 kasus di Kejaksaan Tinggi Jawa Timur. Hingga saat ini Kejaksaan beralasan 25 dari 37 kasus yang melibatkan 37 koruptor tersebut belum dieksekusi, karena pelakunya buron. Sementara 6 kasus lain perkembangannya tidak jelas, 4 kasus lagi terpidananya sakit fisik atau sakit jiwa, dan 1 kasus sisanya terpidananya mengajukan peninjauan kembali (PK). “Lambatnya eksekusi terhadap koruptor ini memperbesar kemungkinan bagi mereka untuk melarikan diri,” kata Tama di kantor ICW, Jakarta, Minggu 20 Oktober 2013. Selain para koruptor tersebut belum dihukum, eksekusi terhadap uang pengganti hasil korupsi pun tidak berjalan maksimal. Dari laporan hasil audit keuangan negara tentang

BURON: Daftar buronan koruptor Kejaksaan yang sampai saat ini belum terungkap dan didesak untuk segera dituntaskan. piutang Kejaksaan Agung RI per 30 Juni 2012, BPK menyebut saldo piutang untuk pengganti hasil korupsi adalah Rp12,7 triliun. “Piutang Kejaksaan dari eksekusi uang pengganti berdasarkan data BPK sebesar Rp12,7 triliun dan US$290,4 juta. Padahal eksekusi pidana uang pengganti dapat segera dilaksanakan setelah putusan inkrah sehingga tidak ada alasan bagi Kejaksaan untuk tidak melakukannya. Hal ini diatur secara jelas dalam Undang-Undang Tindak Pi-

dana Korupsi,” ujar Tama. Ada pula masalah eksekusi Yayasan Supersemar milik Presiden Soeharto. Yayasan tersebut dinyatakan bersalah dan harus membayar denda Rp3,7 triliun karena terbukti melanggar hukum dalam kasus mekanisme pemberian beasiswa. “Kami merekomendasikan pengajuan gugatan perdata terhadap enam yayasan milik Soeharto lainnya seperti Yayasan Dana Sejahtera Mandiri, Yayasan Dharmais, Yayasan Dana Abadi Karya Bhakti, Yayasan Amal

Bhakti Muslim Pancasila, dan Yayasan Dana Gotong Royong,” tambah Tama. ICW juga menyebut sejak 2010 sampai sekarang ditemukan 461 kasus korupsi. Koordinator Divisi Monitoring Hukum dan Peradilan ICW, Emerson Yuntho, mengatakan dari 461 kasus tersebut diperkirakaan ada potensi kerugian negara mencapai Rp6,4 triliun. “Dari tahun 2010 sampai 2013 semester satu, potensi kerugian negara mencapai Rp6,4 triliun,” ujar Emerson di kantor ICW Jalan Raya Kalibata Timur IV/

D, Kalibata Jakarta, kemarin. Selain itu, menurut Emerson, vonis Pengadilan Tipikor sudah masuk dalam siaga satu. Sebab, kata dia, berdasarkan evaluasi semester pertama 2010 hingga 2013, vonis terhadap koruptor sangat ringan. Dari 461 hanya lima kasus saja yang dihukum 10 tahun lebih. Menurutnya tren vonis satu sampai lima tahun belum memberi efek jera. “Koruptor masih dalam zona nyaman meski diadili di Pengadilan Tipikor. Tapi pemberian remisi bagi koruptor juga masih relevan,” katanya. (jpnn/udi)

Pencuri dan Penadah Motor Pasuruan Dibekuk MALANG-Jajaran Polsekta Blimbing kembali menangkap dua orang yang terlibat dalam pencurian kendaraan bermotor di Kota Malang. Yakni Wahid Wahyudi, 30 tahun, warga Purwosari, Pandaan dan penadahnya, Ahmad Affandi, 20 tahun, warga Desa Capang, Purwodadi, Pasuruan. Dari dua tersangka ini, polisi menyita tiga motor Yamaha dan satu motor Honda Mega Pro, kunci T serta satu unit BlackBerry. Kapolsekta Blimbing, AKP Budi Adhy Buono, SH, SIK mengaku cukup puas dengan kinerja anak buahnya. “Meski demikian, anggota serse masih memburu motor-motor yang dicuri tersangka,” ungkapnya kemarin. Dijelaskan Budi, berawal ketika anak buahnya dan masyarakat menangkap Wahid Wahyudi saat hendak mencuri motor di Jalan Hamid Rusdi Malang, akhir pekan kemarin. Dalam pemeriksaan, Wahid mengaku sudah melakukan

Mantan Bupati Sidoarjo Win Hendrarso Ditangkap SURABAYA- Mantan Bupati Sidoarjo Win Hendrarso terpidana kasus korupsi uang kas daerah Sidoarjo Rp2,3 miliar ditangkap Tim Jaksa Pidana Khusus Kejaksaan Negeri (Kejari) Sidoarjo. Win dieksekusi langsung ke Lembaga Pemasyarakatan (LP) Porong Sidoarjo sekitar pukul 14.00 WIB. “Terpidana sudah lama kita cari, sejak dinyatakan kasasinya ditolak. Tapi kami temukan saat berobat di Surabaya,” kata jaksa dari Kejari Sidoarjo Wahyu Dwi Prasetyo, Minggu (20/10). Semula keberadaan Win tidak diketahui lagi sejak putusan kasasi atas kasus korupsi yang diajukan jaksa dikabulkan oleh Mahkamah Agung (MA) pada 12 September lalu. Setelah beberapa lama, kata Wahyu, Jaksa menerima laporan dari pengacara Win bahwa kliennya sakit jantung dan dirawat di Rumah Sakit (RS) Premier Surabaya. “Hari kamis (17/10) kami berenam langsung menuju ke RS tersebut dan nyanggong di sana mengawasi kamar Wien Hendrarso,” ujarnya. Di RS tersebut Tim Jaksa mendapatkan informasi dari dokter yang merawat Win, bahwa mantan Bupati Sidoarjo itu dalam keadaan sehat. (jpnn/udi)

MARGA NURTANTYO/ MALANG POST

TERTANGKAP: Polisi menunjukkan tersangka Ahmad Affandi dan Wahid Wahyudi serta motor curiannya.

lima kali pencurian motor. Tiga unit motor dicurinya di wilayah hukum Polsekta Blimbing, sedangkan dua unit lagi dicuri dari wilayah hukum Polsekta Lowokwaru. “Kami sudah melakukan koordinasi dengan

Polsekta Lowokwaru. Modus yang dilakukan tersangka adalah mencuri motor yang ditaruh di halaman rumah,” ujar mantan Kasatlantas Polres Batu tersebut. Ketika melakukan pencurian, lanjut Budi, tersangka Wahid

dengan harga Rp 1,2 juta. Setelah mendapatkan motor curian ini, mereka menemui tersangka Ahmad untuk menjual motor itu. Rata-rata, keduanya mendapatkan pembayaran antara Rp 2,5 juta hingga Rp 3 juta, tergantung dari motor yang didapatkan. “Mendapat nama penadahnya ini, kami langsung menggerebek rumahnya dan berhasil mendapatkan beberapa motor. Untuk penyelidikan, motor-motor ini masih kami lakukan identifikasi,” tegas dia. Khusus tersangka Ahmad, sambung Budi, pernah dipenjara di LP Pasuruan dalam kasus yang sama, yakni menjadi penadah motor curian. (mar)

KASUS GRAHA DEWATA

Ajukan Peninjauan Kembali Putusan Pailit PT. DAN MALANG- Warga perumahan Graha Dewata kembali merapatkan barisan. Kemarin, mereka melakukan pertemuan di perumahan tersebut, membahas beberapa hal jika upayaupaya diluar pengadilan, mengalami jalan buntu atau menemui kegagalan. Salah satunya, bila upaya penyelesaian dengan pejabat BRI Pusat yang akan dilakukan Rabu (23/11) nanti tidak mendapatkan titik temu. “Warga sudah sepakat akan melakukan peninjauan kembali (PK) ke Mahkamah Agung di Jakarta atas putusan pailit PT. Dewata Abdi Nusa (DAN), developer perumahan Graha Dewata. Sebab, kami sudah mengumpulkan bukti-bukti baru yang akan diberikan kepada Mahkamah Agung,” tutur Abdul Azis, salah seorang perwakilan warga. Menurut dia, materi untuk PK tersebut, sudah disusun Gunadi Gunadi Handoko Handoko, SH, MM, M.Hum, kuasa hukum mereka. ‘Ancaman’ tidak hanya itu saja. Warga perumahan juga memutuskan untuk melakukan aksi demonstrasi di Bundaran HI Jakarta, BRI Pusat serta Bank Indonesia Pusat. “Sebab selama ini, warga sudah sangat tidak sabar untuk menyelesaikan masalah rumah yang dimiliki,” sambungnya. Sebagai bukti kekompakan pula, Kamis (24/11), warga wajib mengikuti verifikasi ke Pengadilan Niaga Surabaya. Hal ini dibenarkan Gunadi Handoko. Dikonfirmasi sore kemarin, dia tidak menampik rencana warga yang menjadi kliennya tersebut. “Selain itu, warga juga akan menyerahkan dugaan gratifikasi pejabat BRI ke KPK dan Kementerian BUMN sesuai dengan bukti-bukti yang sudah dimiliki,” papar dia. Sedangkan Minggu (27/11) nanti, warga akan kembali melakukan rapat dengan Komisi III DPR RI di lingkungan perumahan Graha Dewata. Seperti pernah diberitakan, warga perumahan Graha Dewata, kembali melakukan unjuk rasa ke kantor BRI Malang Kawi. Mereka tidak hanya datang untuk menagih janji bank tersebut untuk menyelesaikan ‘penyanderaan’ 125 sertifikat, namun mereka juga membawa daftar 19 pejabat BRI yang diindikasikan menerima gratifikasi tanah seluas 7.000 meter persegi dari PT. DAN. Di bagian lain, Waluyo S Putro, SH, kuasa hukum Direktur PT. DAN, Dewa Putu Raka Wibawa, juga dipolisikan. Menjelang akhir pekan kemarin, dia dilaporkan Budiono, 30 tahun, sesama pengacara yang tinggal di Jalan Sawojajar VII Malang ke Polres Malang Kota. Waluyo yang tinggal di Perum Nirwana Sulfat Malang ini, dianggap menggelapkan BPKB mobil Daihatsu Xenia, 2006, N 997 VA yang dijualnya kepada Budiono. Informasi yang didapat, Waluyo menjual mobil tersebut seharga Rp 105 juta. Namun, dia hanya meminta uang muka Rp 65 juta, dengan alasan BPKB mobil masih dibawa kakaknya. Korban yang menunggu beberapa hari, mulai curiga. Budiono lantas mencek keberadaan BPKB tersebut, dan dia mendapat informasi bila BPKB itu sudah dijaminkan Waluyo ke Koperasi Artha Mandiri. Merasa tertipu, Budiono pun mempolisikan Waluyo. Kasusnya sendiri masih dalam penyelidikan anggota Satreskrim Polres Malang Kota. (mar)

INFO HAJI

Jamaah di Mina Diusulkan Naik Kereta JEDDAH- Jamaah haji yang ditempatkan di Mina Jadid akan diusulkan dapat menggunakan kereta menuju Jamarat untuk melontar jumroh karena terlalu jauh jika berjalan kaki. “Seandainya tidak ada tempat lainnya, kita akan minta izin menggunakan kereta. Jarak dari Mina Jadid ke stasiun sekitar 2 km, sedangkan dari Mina Jadid ke Jamarat sekitar 6-8 km,” ujar Menteri Agama Suryadharma Ali di Jeddah, Sabtu (19/10).(jpnn/udi)

selalu berpartner dengan Heri, temannya yang sudah ditangkap anggota Satreskrim Polres Malang Kota. Masih menurutnya, Wahid juga mengaku pernah melakukan pencurian Yamaha Mio di Stasiun Lawang dan dijual

Sebut Subur “Dijemput” BIN, Rahmad Harus Minta Maaf JAKARTA-Partai Demokrat menyayangkan pernyataan M Rahmad yang menyebut pendiri Partai Demokrat, Subur Budisantoso, “dijemput” Badan Intelijen Negara (BIN) dalam acara diskusi Perhimpunan Pergerakan Indonesia (PPI). Saat diskusi soal “Dinasti Versus Meritokrasi Politik” di kantor PPI di Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat 18 Oktober 2013, M Rahmad, yang merupakan mantan Wakil Direktur Eksekutif Partai Demokrat, menyatakan Profesor Subur tidak hadir dalam diskusi karena dijemput BIN. Dalam diskusi itu, Rahmad bertindak sebagai moderator. Menurut Ketua DPP Partai Demokrat Didi Irawadi Syamsuddin, Minggu, 20 Oktober 2013, M Rahmad harus segera meminta maaf terkait pernyataannya itu. “Kami menyayangkan adanya kabar itu. Ini sangat tidak bertanggung jawab. Kenyataannya kan, tidak ada. Lagipula, sudah jelas sekali Pak Subur menyatakan tidak benar ada kejadian itu,” ujar Didi. Anggota Komisi III ini berharap agar Rahmad segera meminta maaf terkait dengan maraknya pemberitaan yang menyoal pernyataannya. “Kami sekarang hanya berharap Rahmad hadir ke publik. Kami me-

Marciano Norman mandang ini secara arif. Jangan lari dari kenyataan dan minta maaf. Anda yang memulai ini,” kata dia. Pernyataan Rahmad ini membuat pihak BIN langsung mengklarifikasi. Kepala BIN, Letjen TNI, Marciano Norman, membantah kabar tersebut. Dalam konferensi pers yang digelar Sabtu malam 19 Oktober 2013, Marciano menegaskan bahwa tidak benar ada penjemputan paksa terhadap Subur. Menurut dia, BIN tidak berkepentingan untuk menjemput mantan Ketua Umum Demokrat itu. Dia mengaku sangat kecewa dengan pemberitaan itu. “Bahkan Presiden tanya langsung ke saya tentang peristiwa ini,” ujarnya.

Hingga saat ini, M. Rahmad belum mengeluarkan pernyataan terkait dengan kabar tersebut. Kabarnya, sore ini, pukul 16.00 WIB, Rahmad akan mengadakan jumpa pers di kantor PPI yang juga kediaman mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum. Terpisah, Kepala BIN, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman, geram dengan isu yang berkembang di lapangan terkait penculikan mantan Ketua Umum Partai Demokrat Subur Budisantoso. Dalam acara konfrensi pers yang diadakan di kantornya, Sabtu malam 19 Oktober 2013, Marciano mengungkapkan tidak menutup kemungkinan akan membawa permasalahan ini ke jalur hukum. “Kami akan melaporkan pihak yang menyampaikan pernyataan itu,” katanya. Marciano menjelaskan, dirinya baru saja menelepon Budi dan menurutnya sejak hari Jumat pukul 13.00 WIB, Budi berangkat ke Pontianak. Hingga saat ini, dia masih berada di sana untuk keperluan sosialisasi kader Partai Demokrat. Dia mengaku sangat kecewa dengan pemberitaan yang dikatakan pihak tidak bertanggung jawab dan menyudutkan bahwa Budi dijemput atau diculik BIN. (jpnn/udi) REDAKTUR : MAHMUDI, LAYOUTER : KURDI


SENIN, 21 OKTOBER 2013

Huawei

3

MICROSOFT

Seri P6

Diluncurkan MALANG- Setelah ramai dibicarakan, Huawei akhirnya menghadirkan ponsel seri P6 nya ke pasar gadget Malang Raya. Keluarga Ascend ini baru sepekan kemarin mengisi ruang etalase konter atau gerai penjualan ponsel. Tak pelak kehadirannya pun membuat banyak orang penasaran. Selain datang dengan jaringan dual SIM, ponsel dengan ketebalan hanya 6.18 inci ini diklaim sebagai ponsel tertipis di dunia. Ketebalannya mengalahkan ponsel Sony Xperia Z Ultra yang memiliki ketebalan hingga 6.3 inci. “Ini merupakan ponsel paling tipis di dunia, tebalnya hanya 6.18 inci,” kata promotor Huawei Malang, Enda Budi Utami kepada Malang Post kemarin. Tidak hanya itu saja, secara spesifikasi ponsel ini juga patut diacungi jempol. Hadir dengan LCD seluas 4.7 inci, layar ponsel memiliki resolusi HD yaitu 1280 x 720 piksel. Tak pelak, gambar yang jernih nan tajam pun seketika terlihat pada layar ponsel. Ponsel ini juga diotaki dengan pro-

Fitur-fitur Menjanjikan di Windows 8.1

sesor quad core berkecepatan 1.5 GHz cortex A9, yang didukung RAM 2 GB. Kinerja prosesor tersebut tidak perlu diragukan, alias semua kinerja ponsel, seketika dikerjakan dengan sangat ringan, termasuk bermain game. Layaknya smartphone pada umumnya, Huawei Ascend P6 ini juga hadir dengan dua kamera pada bodinya. Kamera utama ada di belakang, yaitu 8 megapiksel, sedangkan kamera kedua di depan 5 megapiksel. Ponsel ini juga mendukung operating system Android 4.2.2 (Jelly Bean) yang memiliki ratusan ribu aplikasi, dan dapat diunduh secara gratis maupun berbayar. “Ponsel ini memiliki penyimpanan internal hingga 8 GB. Namun tidak perlu kawatir, kepada pengguna yang kekurangan memory bisa menambahnyya dengan micro SD card. Sedangkan jaringannya ponsel ini sudah mendukung HSPA. Dan fitur lain, ponsel ini memiliki fitur WiFi, FM Radio, dan fitur menarik lainnya” tandasnya. (vik/mar)

MICROSOFT akhirnya secara resmi merilis update terbaru dari Windows 8, yakni Windows 8.1. Ada beberapa fitur di dalam sistem operasi ini yang layak dicoba. Secara garis besar, pembaharuan yang diusung di Windows 8.1 ini adalah mengembalikan tombol start dan memungkinkan komputer untuk kembali ke antarmuka desktop tradisional. Tapi jika ditilik lebih dalam, ternyata ada beberapa fitur lain yang tak kalah menarik dari sistem operasi yang baru ini. Berikut segelintir fitur anyar Windows 8.1 yang dirangkum dari berbagai sumber. Live Tile Lebih ‘Hidup’ Microsoft melakukan gebrakan besar terhadap interface Windows 8.1. Kini, pengguna bisa lebih leluasa mengantur antarmuka sistem operasi tersebut. Ukuran kotak-kotak yang halaman muka kini memiliki ukuran yang bisa disesuaikan. Kemudian menyatukan beragam aplikasi pada satu folder kini dapat dilakukan dengan mudah. Selain Live Tile, Microsoft juga membenahi fitur start screen, yakni dengan menambahkan kemampuan untuk tampil berbarengan dengan desktop secara bersebelahan. IRA RAVIKA/MALANG POST

TERTIPIS: Huawei Ascend P6, ponsel tertipis dengan jaringan dual SIM.

Layanan Data Cepat, Harga Terjangkau SimPATI Loop

IRA RAVIKA/MALANG POST

MURAH: Perdana Simpati Loop dijual dari harga Rp 3.000.

M MALANG– Berbagai layanan dditawarkan operator, untuk kem mudahan komunikasi dan layanan ddata. Tidak terkecuali Telkomsel. M Melalui layanan SimPATI Loop nnya, operator plat merah ini mennawarkan layanan data dengan hharga lebih terjangkau. Promotor T Telkomsel Malang, Aghis Satria m menjelaskan, SimPATI Loop, hadir dengan memberikan kemudahan in internet hingga 2 GB, dengan hharga Rp 49.000 per bulan. Layanan internet tersebut dapat ddimanfaatkan pengguna untuk m melakukan chatting, mebuka jeja jaring sosial, browsing, streaming aataupun download. Bukan itu saja, kepada Malang P Post, pria yang ditemui di Both Telkomsel Malang Town Square

(Matos) ini mengatakan selain terjangkau, pengguna juga akan puas dengan kecepatan internetnya. Paket data SimPATI Loop ini telah menggunakan jaringan 3G dengan kecepatan internet hingga 7.2 Mbps. “Paket SimPATI Loop ini hadir dengan layanan yang memuaskan. Ini cocok diguanakan oleh untuk pelajar dan mahasiswa, serta para profesional,” tambah Aghis. Bukan itu saja, yang membuat SimPATI Loop kemudian banyak dicari lantaran perdananya yang mudah dicari dan bisa didapatkan d e n g a n h a rg a t e r j a n g k a u . Menurut dia, perdana SimPATI Loop ini dijual mulai dari harga Rp 3.000. Dengan harga tersebut, pengguna akan mendapatkan bonus data internet 100 MB, di jaringan 3G. Layanan data tersebut bisa

digunakan selama 30 hari. “Untuk menikmati paket SimPATI Loop 2 GB Rp 49 ribu per bulan, pelanggan bisa langsung melakukan aktifasi dengan menekan *999*232#. Saat itu akan muncul pilihan, dan bisa dipilih salah satunya,” urainya. Selain menyediakan paket layanan data SimPATI Loop juga hadir dengan paket layanan BlackBerry Internet Service (BIS). Tentu, layanan ini bisa digunakan dengan harga terjangkau juga. “Layanan paket BlackBerry untuk SimPATI Loop Rp 10.000 masa aktif 7 hari, dan Rp 30.000 dengan masa aktif 30 hari. Paket ini hadir dengan layanan unlimited, selain paket BlackBerry pengguna juga bisa melakukan browsing, chatting atau mengakses Facebook, Twiter termasuk WhatsApps dan lainnya,” pungkasnya. (vik/mar)

Aksesori Tablet Bergambar Laris Manis MALANG– Munculnya produk tablet juga dimanfaatkan banyak perusahaan untuk menciptakan aksesorinya. Namun begitu, berbeda dengan aksesori ponsel yang cukup beragam, jumlah aksesori tablet jauh lebih sedikit, bahkan bisa dibilang sangat minim. Lantaran minim tersebut, pengguna tablet pun membeli saat menemukan aksesori yang cocok untuk tabletnya. Salah satu aksesori paling laris adalah flip cover. Aksesori ini diciptakan awalnya untuk melindungi tablet dari berbagai benturan, dan menjaga layar tablet agar tetap mulus. Tapi seiring waktu, flip cover yang diciptakan juga mampu membuat tampilan tablet lebih cantik. Itu karena flip cover sekarang hadir dengan beragam pilihan warna dan bentuk. Seperti pada ponsel, flip cover untuk tablet tidak hanya polos. Banyak juga perusahaan yang menciptakan flip cover bergambar. Mulai dari gambar tokoh kartun, realis, abstrak, dan banyak lagi. Adanya gambar-gambar pada cover depan flip cover ini tentu menarik perhatian sendiri bagi pengguna tablet. “Kalau dulu memang polos, tapi karena seka rang tabletnya banyak, jenisnya

IRA RAVIKA/MALANG POST

AKSESORI: Flip cover bergambar terutama flip cover Samsung Galaxy Tab 2 paling laris.

juga banyak, muncul flip cover yang bergambar. Pilihan gambarnya banyak, tinggal dipilihnya,” kata marketing UD Jaya Mandiri Aksesori Malang Plasa, Mohammad Mansur. Pengguna tablet merek lokal pun tidak perlu khawatir tentang ketersediaan flip cover untuk perangkatnya karena sudah

bersifat universal. Dengan kata lain, dapat digunakan untuk semua tablet ukuran 7 inci. Hanya saja, penggunaan flip cover universal ini kurang nyaman, lantaran pengguna harus melepaskan tabletnya dari flip cover saat akan memfoto. “Biasanya pengguna tablet lokal me-

mi milih flip cover universal. Setidaknya me meskipun tidak senyaman penggunaan fliip cover yang sesuai bentuk tablet, flip co cover universal ini cukup melindungi, minimal pada bodi dan layarnya,’’ m tambahnya. Namun begitu, Mansur juga tam mengatakan flip cover untuk Samsung me Galaxy Tab 2 7 inci tetap laris dan Ga banyak dicari. ba Bahkan setiap hari, 6 hingga 10 flip cover Samsung Galaxy Tab 2 7 inci laku co terjual. “Flip cover bergambar memang ter banyak yang membeli, tapi kalau paling ba laris tetap dari dulu sampai sekarang lar adalah flip cover untuk Samsung Galaxy ad Tab 2 7 inci,” urainya. Aksesori tablet Ta juga bisa didapatkan di Loly Pop. jug Berbeda dengan UD Jaya Mandiri Aksesoris yang menyediakan aksesoris Ak pasaran, di Loly Pop terkesan lebih pa elegan. Itu karena toko penyedia aksesoele ris perangkat ponsel, tablet ataupun laptop ini menyediakan aksesoris dengan tema-tema atau gambar khusus ala Loly Pop. Seperti Moo Collection. Tokoh utama dalam koleksi ini adalah sapi. “Ada beberapa gambar, atau tema sapi, lucu dan menarik,’’ kata Marketing Loly Pop Mall Olympic Garden (MOG), Yuli Trihapsari. (vik/mar)

Tahukah Anda?

Dual Core iPhone 5S, Ponsel Tercepat JAKARTA- Sebuah benchmark independen dilakukan untuk menguji mana smartphone ponsel tercepat. Pengujian itu memasukan iPhone 5S, Galaxy S4, LG G2 dan lainnya. Mana yang tercepat? Dilihat dari spesifikasinya, jelas prosesor dual core iPhone 5S terlihat tertinggal dari ponsel papan atas Android yang sebagian besar sudah mengusung quad core. Tapi pada praktiknya hal itu belum tentu benar.

Majalah Which coba melakukan percobaan dengan memakai aplikasi GeekBench. Aplikasi ini akan melakukan test berat untuk prosesor dengan memanfaatkan kemampuan single core, dan juga multi core dari masing-masing perangkat. Dalam pengujian tersebut, ternyata dual core iPhone 5S yang hanya memiliki clock 1,3 GHz, mampu melibas lawan-lawanya yang rata-rata memiliki kecepatan lebih tinggi dan jumlah inti yang lebih banyak.

Disinyalir ini terjadi karena arsitektur 64bit yang diusung chip A7 Apple. Hasil dari benchmark itu dianggap sudah cukup untuk mencerminkan pemakaian di dunia nyata. Saat untuk bernavigasi menu atau membuka aplikasi ringan, baik iPhone 5S atau lawan-lawannya sama cepat dan sama responsif. Bedanya, prosesor iPhone 5S teryata unggul saat dibebani tugas berlebih. Hal ini biasa terjadi saat dipakai untuk edit video, bermain game, atau sejenisnya. (dk/mar)

Tidak Rakus Hardisk Meski memiliki banyak fitur dibanding Windows 8 tak membuat versi terbaru ini ‘lapar’ hardisk. Justru sebaliknya, Microsoft mengklaim Windows 8.1 lebih hemat tempat 8-15% dibanding saudara tuanya. Multitasking Lebih Baik Snap, salah satu fitur di Windows 8, memiliki konsep yang cukup menarik. Fitur ini dibuat agar memudahkan pengguna untuk melakukan multitasking dengan beberapa window. Tapi pada kenyataannya fitur tersebut tidak semanis yang dijanjikan. Pasalnya, pengguna masih terbatasi oleh ukuran yang tidak bisa disesuaikan dan ketersediaan yang mentok di dua window. Mesin Pencari Pintar Salah satu fitur yang diunggulkan pada Windows 8 yakni kemudahan mencari aplikasi. Hal itu kian ditingkatkan pada Windows 8.1. Kini, mesin pencari pada sistem operasi itu sudah disatukan dengan Bing. Jadi bukan hanya bisa menelusuri isi hardisk, tapi pengguna juga bisa menemukan konten yang ada di internet. Lock Screen Lebih Dinamis Biasanya, gambar pada lock screen di Windows 8 hanya bersifat statis dan terlihat membosankan. Untuk mengakali hal itu, Microsoft memberikan sentuhan apik pada fungsi lock screen. Kini, gambar pada fungsi tersebut lebih dinamis karena bisa ditampilkan secara slide show dengan mengambil foto pada folder yang sudah ditetapkan. Hadirnya Start Button Benar, tombol Start khas Windows itu kini telah kembali di Windows 8.1, tapi dengan fungsi yang berbeda. Saat diklik tombol tersebut akan membawa pengguna ke menu terakhir yang diakses, sedangkan klik kanan pada tombol tersebut masih menyajikan menu yang seperti sediakala. Namun dari tombol ini juga pengguna bisa dapat dengan mudah mematikan komputer atau mengakses fitur-fitur seperti system settings, Device Manager, Task Manager, Control Panel, File Explorer, fungsi Search dan Run. Booting Langsung ke Desktop Pada Windows 8.1 pengguna bisa langsung mengakses desktop tanpa melewati antarmuka Start Screen yang dianggap menyebalkan. Caranya, pergi ke tampilan Desktop dan klik kanan di mana saja pada area taskbar. Pilih Properties, kemudian klik Navigation tab. Langkah selanjutnya yakni dengan memberikan centang pada opsi ‘Go to the desktop instead of Start when I sign in’. Cukup mudah bukan? (dk/mar)

SAMSUNG

IST/MALANG POST

UPDATE: Samsung Galaxy S4 kini bisa update sistem operasi Android 4.3.

Galaxy S4 Update Android 4.3 JAKARTA- Pemilik Samsung Galaxy S4 kini mulai bisa mendapatkan update dari sistem operasi Android terakhir versi 4.3. Bergulir sejak 17 Oktober lalu, perubahan ini bisa diterima secara bertahap. Nantinya, pemakai Samsung Galaxy S4 yang telah melakukan update ke versi Android 4.3 akan mendapatkan beberapa tambahan fitur termasuk layanan khusus, seperti dukungan Galaxy Gear, Open GL 3.0, Samsung Knox, dan TRIM. Menurut Gottamobile, pembaruan telah mulai bergulir ponsel dengan kode GT-9500 versi internasional dari perangkat yang menggunakan prosesor Exynos 5 Octa. Menurut SamMobile, update telah dimulai di Rusia dan mungkin akan menuju ke negara-negara lain dalam waktu dekat, termasuk di Indonesia. Samsung nantinya juga akan melakukan update ke beberapa perangkat high end miliknya ke versi Android 4.3 ini, dua diantaranya adalah Galaxy Note 2 dan Galaxy S3. Dikabarkan, update terbaru ini akan mulai disebar pada bulan November untuk Samsung Galaxy Note 2 diikuti Galaxy S3 yang mulai debut pada akhir tahun 2013. (dk/mar) REDAKTUR: MARGA, LAYOUTER: OLIS


SENIN, 21 OKTOBER 2013

4

LINTAS POLITIKA

Cara PDIP Kumpulkan Dana Kampanye 2014

HASIL SURVEI: Lingkaran Survei Indonesia mengungkapkan Partai NasDem, PBB, dan PKPI tidak akan lolos dalam parlementary treshold DPR.

Survei: Hanya Tiga Capres Bisa Maju Pilpres 2014 JAKARTA- Hasil riset terbaru Lingkarang Survei Indonesia (LSI) menyebutkan hanya bakal calon presiden yang bisa diajukan pada Pemilu Presiden 2014, yaitu tiga dari partai perolehan suara terbanyak. Peneliti LSI Adjie Alfaraby didampingi Ardian Sopa di Jakarta, mengatakan, hasil survei LSI jika pemilu legislatif dilaksanakan hari ini, tiga partai menduduki urutan teratas yakni Partai Golkar (20,4 persen), PDIP (18,7 persen), dan dan Partai Demokrat (PD) sebesar 9,8 persen. Kemudian Gerindra (6,6 %), PAN (5,2 %), PPP (4,6 %), PKB (4,6 %), PKS (4,4 %), Hanura (3,4 %), Nasdem (2,0 %), PBB (0,6 %), PKPI (0,3 %) dan yang belum menentuan (19,4 %). “Jika hasil pemilu se-

PDIP Dukung Revisi UU Pilkada JAKARTA- Wasekjen PDIP Hasto Kriatiyanto mengatakan bahwa partainya kini sedang membahas kemungkinan revisi UU Pilkada. Revisi ini terkait dengan pembatasan politik keluarga yang saat ini dikenal dengan istilah dinasti politik. “Kami sedang melakukan kajian mendalam. Untuk mengurangi dampak-dampak negatif demokrasi secara langsung,” ujar Hasto di Hotel Morrissey, Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2013). Hasto mengatakan bahwa pembahasan internal ini dilakukan bersama tim ahli. “Kami undang tim karena ini menyangkut hajat hidup orang banyak,” lanjutnya. Hasto menjelaskan, partainya telah melakukan pembatasan terkait potensi dinasti politik. Pembatasannya, dengan larangan dalam satu keluarga inti maju untuk posisi yang sama dalam satu waktu. “Maksimal dua orang di satu keluarga inti. Misalnya suami istri sama-sama maju DPR RI. Kalau di posisi boleh, tapi maksimal dua orang,” jelasnya. “Tujuannya untuk memberi kesempatan yang lain saja,” tambah Hasto. (jpnn/udi)

perti survei dan persyaratan capres adalah diajukan parpol dengan suara nasional 25 persen dan perleh kursi DPR 20 persen, maka hanya Golkar, PDIP dan Demokrat yang bisa mengajukan capres pada Pilpres 2014,” kata Adjie. Survei LSI itu diadakan pada 12 September—5 Oktober 2013, di 33 Provinsi dan menggunakan 1.200 responden. Dengan metode multistage random sampling, estimasi kesalahan penyamplingan sekitar 2,9 %. Survei itu juga menggunakan instrumen kuesioner dengan wawancara tatap muka (face to face interview). Adjie menjelaskan, Jika hasil survei itu disimulasikan ke dalam indeks Capres 2014 yang dibuat LSI, maka akan hanya

ada 3 nama capres riil yaitu Aburizal Bakrie (Partai Golkar dan koalisinya), Megawati Soekarnoputri (PDIP dan koalisinya), dan pemenang konvensi Partai Demokrat. “Jokowi dan Prabowo walaupun tinggi elektabilitasnya, hanya akan menjadi capres wacana karena masih tergantung pada kebaikan hati/dukungan tokoh/partai di luarnya,” katanya. Dalam survei LSI Maret 2013, elektabilitas Prabowo mencapai 19,2 % (termasuk tiga besar kandidat tekuat capres selain Megawati dan Aburizal Bakrie). Namun elektabilitas Prabowo tidak didukung dengan elektabilitas Partai Gerindra. Partai Gerindra dalam sejumlah survei yang dilakukan LSI masih di bawah 10 % dan di ba-

wah tiga partai (Golkar, Demokrat, dan PDIP). Elektabilitas Prabowo belum mampu dikonversikan menjadi elektabilitas partai. Jokowi pun bukanlah pemimpin struktural PDIP. Walaupun memiliki elektabilitas yang tinggi, maju tidaknya Jokowi dalam Pilpres masih menyisahkan perbedaan pendapat di internal PDIP. Karena itu, kata Adjie, suka atau tidak suka, majunya Jokowi dan Prabowo masih dinilai oleh publik sebagai wacana belaka. Kedua tokoh ini belum bisa dimasukkan sebagai capres riil yang akan bertarung dalam pilpres 2014 nanti. Lingkaran Survei Indonesia juga mengungkapkan Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Bulan Bintang (PBB),

dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) tidak akan lolos dalam parlementary treshold DPR. “Ada sembilan partai yang suaranya dibawah 10% dan ada tiga partai yang terancam tidak lolos dalam parlementary tershold (PT), seperti NasDem, PBB dan PKPI,” kata peneliti LSI Adjie Alfaraby. Seperti diketahui, untuk masuk dalam DPR maupun untuk mencalonkan presiden, sebuah partai peserta pemilu harus mampu melewati ambang batas PT sebesar 25% suara DPR dan 20% suara secara nasional. “Namun masih ada harapan, ada yan belum memutuskan 19,4% suara, inilah yang akan diperebutkan oleh partai-partai tersebut agar lolos PT,” ujar Adjie. (jpnn/udi)

51% Masyarakat Tidak Puas Kinerja Pemerintahan SBY-Boediono JAKARTA- Lembaga PolTracking Institute menemukan bahwa sebagian besar masyarakat tidak puas dengan kinerja Pemerintahan SBY-Boediono selama empat tahun ini. Selain menyoroti kinerja pemerintah, lembaga ini juga merilis hasil kepuasan masyarakat terhadap kinerja Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Hal ini diungkapkan Manajer Riset Pol-Tracking Institute, Arya Budi, dalam “Evaluasi 4 Tahun SBY-Boediono: Stagnansi Kepuasan Publik terhadap Kinerja Pemerintah dan DPR” di Hotel Morrisey, Jakarta, Minggu 20 Oktober 2013. “Secara umum, hanya 40,5 persen masyarakat yang puas dengan kinerja pemerintahan SBY-Boediono, 51 persen tidak puas dengan rincian 41,5 persen merasa kurang puas, dan 10 persen sangat tidak puas. Sementara sisanya sebesar 8 persen yang menyatakan tidak tahu,” kata Arya Budi. Ketidakpuasan masyarakat terhadap kinerja Pemerintahan SBY-Boediono itu disebabkan oleh adanya “wajah ganda” pre-

PARIPURNA: Presiden SBY dan Wakil Presiden Boediono memimpin Rapat Paripurna Kabinet di Kantor Presiden

siden dan para menterinya menjelang Pemilu 2014. Wajah ganda yang dimaksud adalah di satu sisi sebagai pengurus negara, di sisi lain sebagai pengurus partai politik.Ada 19 kursi atau 55 persen jabatan dalam kabinet yang merupakan anggota partai politik. Dari 19 menteri itu, 4 orang di antaranya adalah ketua umum partai, yaitu Muhaimin Iskandar (PKB), Suryadharma Ali (PPP), Hatta Rajasa (PAN), dan Syarief Hassan (Demokrat). Ditambah SBY yang menjadi ketua umum

Partai Demokrat. Selain itu, ada 10 menteri dari unsur partai yang turut maju sebagai calon legislatif Pemilu 2014. “Dengan posisi ganda itulah, konsentrasi para menteri dan presiden menjadi terpecah antara urusan partai dan negara,” ujar dia. Survei ini juga menemukan bahwa sebagian besar masyarakat menilai kinerja DPR tidak memuaskan. Rinciannya adalah 61,68 persen menilai bahwa kinerja badan legislatif itu buruk, dan 25,68 persen menilai

tidak tahu. Hanya 12,64 persen responden yang menilai kinerja DPR baik. Menurut hasil survei ini, rendahnya penilaian publik disebabkan oleh rendahnya kualitas dan kuantitas kinerja dan produk DPR di tiga fungsi utama, yaitu legislasi, penganggaran, dan pengawasan. Hal ini juga diperburuk oleh anggota dewan yang banyak tersangkut kasus korupsi, skandal moral, dan komunikasi publik yang kurang etis di media. (jpnn/udi)

JAKARTA- Menjelang Pemilihan Umum 2014, partai politik mulai sibuk mengumpulkan dana kampanye. Berbagai macam cara mereka lakukan untuk mengumpulkan dana itu. Misalnya saja, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, yang lebih memilih mengumpulkan dana lewat saweran para calegnya. “Mengumpulkan uangnya gotong royong,” kata Sekretaris Jenderal PDIP, Tjahtjo Kumolo, kemarin. Ada pembagian saweran di masing-masing tingkatan, Tjahtjo mengatakan, caleg yang saat ini menjabat sebagai anggota DPR biasanya memberikan 30-50 persen dari total penghasilan setiap bulan. Sementara bagi anggota DPRD tingkat Provinsi di potong Tjahtjo Kumolo 30 persen dan DPRD di tingkat kabupaten/kota dipotong 20 persen. “Ditambah lagi ada bantuan dari simpatisan,” ujar dia. Tapi, ada cara yang lebih unik lagi. Mereka yang mencalonkan diri sebagai caleg PDIP, bersama-sama meminjam uang di bank untuk dana kampanye. Tapi, yang harus menanggung membayar hutang ke bank adalah caleg terpilih. “Ada yang meminjam uang di bank dan yang membayar DPRD yang jadi,” tambah dia. Hal yang sama, juga berlaku untuk kader-kader yang duduk di jabatan eksekutif. Sementara untuk menjamin bahwa dana yang digunakan untuk kampanye itu halal, Tjahtjo mengatakan, partainya memiliki beberapa rekening. Yaitu untuk menyimpan dana yang berasal dari depdagri dan rekening partai. Selain itu, masing-masing caleg juga harus memiliki rekening terpisah antara rekening pribadi dan rekening untuk dana kampanye yang harus dilaporkan ke partai. “Nanti kan kelihatan, si caleg punya dana sekian, tapi kok bisa iklan di TV, nah itu bisa dicurigai,” ujar dia. (jpnn/udi)

Mayoritas Fraksi DPR Tolak Perppu MK JAKARTA- Mayoritas fraksi di DPR menolak peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu) penyelamatan Mahkamah Konstitusi (MK). Alasannya, perppu yang ditanda tangani oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu dianggap tidak begitu genting untuk diterbitkan. Menurut Ketua Fraksi Partai Hanura, Sarifudin Sudding, mayoritas dari sembilan fraksi di DPR telah menyatakan sikapnya untuk menolak perppu penyelamatan lembaga tinggi negara itu. “Fraksi-fraksi telah menyampaikan sikap apakah itu sikap pribadi atau fraksi tapi jelasnya hampir semua melakukan penolakan,” kata Sudding, Jakarta, kemarin. Dia mengemukakan, beberapa fraksi di DPR memiliki pandangan agar pemerintah mengajukan untuk merevisi undangundang (UU) MK. Merevisi UU MK justru dapat menyelesaikan persoalan yang sedang dihadapi MK. “Pemerintah kan mempunyai hak inisiatif kenapa nggak mengajukan revisi terhadap UU MK, untuk dituangkan pola rekruitmen, pola pengawasan dan pola persyaratan, itu lebih cepat bila dianggap mendesak,” kata anggota Komisi III DPR itu. Hanya saja, wacana DPR bakal menolak Peraturan Pengganti undang-undang (Perppu) penyelamatan Mahkamah Konstitusi ditanggapi santai. Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha tidak terlalu persoalkan penolakan tersebut, karena regulasi yang baru diterbitkan itu belum diajukan ke DPR Untuk dibahas. “Yang pasti sudah dipertimbangkan secara mendalam, sesuai konstitusional Presiden,” kata Julian di Halim Perdanakusumah, Sabtu (19/10/2013). Disinggung, DPR menilai Perpu itu inskonstional, Julain berkilah jika regulasi itu telah sesuai dengan Undang-undang Dasar. “Presiden selalu bekerja sesuai sistem dan ini tidak melanggar aturan,” kata Julian. Perpu ini oleh pengamat Margarito Khamis dinilai inskonstitional dan melanggar Undangundang Dasar 1945. (jpnn/udi)

PKB: Mahfud MD Bukti Parpol Sukses Pimpin MK JAKARTA - Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Marwan Jafar mengatakan kasus suap yang menjerat ketua Mahkamah Konstitusi(MK) Akil Mochtar tidak bisa dipukul rata karena adanya perwakilan partai politik di MK. Buktinya, kata Marwan, mantan Ketua MK Mahfud MD dari kader PKB terbukti bekerja secara profesional. “Buktinya Mahfud MD dari parpol (PKB) bersih dan bagus. Dia (Mahfud) orang parpol yang sukses dan kredibel memimpin MK. Tidak bisa semua dipukul rata, karena belum tentu juga orang non parpol bersih dan tidak korupsi, begitu pun orang parpol belum tentu bersih,” ujar Marwan, Minggu (20/10/2013). Marwan mengatakan adanya pihak yang mengaitkan adanya campur tangan partai politik di kasus suap Akil Mochtar ditengarai sebagai upaya atau agenda-agenda tertentu orangorang non parpol yang ingin menguasai MK. Untuk itu, yang paling penting harus dilakukan parpol adalah menghadapi ancaman deparpolisasi. “AM (Akil Mochtar) kan hanya pribadi dan sudah lama keluar dari parpol sejak jadi hakim MK, kok ini parpolnya yang dipojokkan, dicaci maki dan dihina. Memang betul ada gerakan deparpolisasi yang menjadi musuh bersama. Kita harus lawan adanya ancaman demokrasi, karena demokrasi melalui parpol,” kata Marwan. (jpnn/udi)

REDAKTUR : MAHMUDI, LAYOUTER : KURDI


SENIN, 21 OKTOBER 2013

Xpress Air Akui Malang Potensial Bisnis

5

YAMAHA FORCE F1

Tak Familiar, Reinkarnasi Vega

Layani Rute Malang – Makassar

RIZAL FANANY/ MALANG POST

PAMERAN: Yamaha memamerkan Force FI di MOG.

IST/STENLY REHARDSON/MALANG POST

POTENSIAL: Kota Malang dilirik Xpress Air sebagai kawasan potensial penerbangan dan (foto bawah) Siti Khodijah (berkerudung) dalam acara Agent»s Gathering Xpress Air Terbanglah Indonesia. MALANG–Mulai Jumat (25/ 10) nanti, Xpress Air resmi melayani penerbangan rute Malang – Makassar dan sebaliknya. Maskapai ini mengakui, Malang merupakan potensial bisnis penerbangan ke bagian timur Indonesia. Hal ini dikatakan Direktur Komersial Xpress Air, Siti Khodijah. Menurut dia, Xpress Air telah memiliki rute dari Surabaya ke Makassar. “Ternyata 50 persen penumpangnya, banyak berasal dari Malang,” ungkapnya di selasela Agent’s Gathering Xpress Air Terbanglah Indonesia, beberapa waktu lalu. Dijelaskan dia, penumpang asal Malang ataupun dari Bandara Sultan Hassanudin, Makassar saat ini sudah bisa menghemat waktu perjalanan, tanpa diganggu dengan kemacetan di ruas tol Porong atau perjalanan Malang menuju

Bandara Juanda Surabaya. Dia memaparkan, Xpress Air akan melayani penerbangan seminggu tiga kali, yakni hari Selasa, Kamis dan Sabtu dengan kapasitas 124 sheet (tempat duduk). “Jam keberangkatan pesawat menuju Makassar pukul 07.00, sementara untuk kedatangan di Malang setiap keesokan harinya pukul 15.30. Jadi hanya ada satu jadwal penerbangan saja menuju Makassar,” ungkap dia. Selama masa perkenalan ini, harga tiket diberikan sebesar Rp 300.000 untuk kelas ekonomi. “Kami sebenarnya juga memiliki kelas yang bukan ekonomi. Belum bisa dibilang sebagai kelas bisnis, tapi pelayanan lebih dari kelas ekonomi,” papar Bunda, sapaan akrabnya. Perempuan berkerudung ini menerangkan, keuntungan

dengan adanya Xpress Air yakni dapat connect (berhubungan) dengan penerbangan ke wilayah timur lain seperti Manokwari, Papua dan Ternate. “Kami sangat optimis akan bisa melayani penumpang dari Malang dan sekitarnya. Bahkan, bila sesuai rencana, bulan Desember ini akan ada penambahan jam penerbangan dengan pesawat Boeing 737-200 dan 737-500,”

urainya. Masih kepada Malang Post, Xpress Air tetap memasang target jumlah penumpang yang tinggi meski masih dalam tahap perkenalan. Terpisah, Danlanud Abd Saleh, Marsma TNI Gutomo mengaku bandara sudah siap dengan adanya rute baru tersebut. “Malahan dalam waktu dekat, ada rute baru lagi,” jelasnya di sela-sela acara HUT Kota

Batu. Menurutnya, saat ini juga tengah diproses dengan adanya rute dari Malang-Balikpapan yang akan semakin menunjang banyak hal, baik dari sisi perekonomian maupun kemudahan transportasi antarpulau. Dia meyakinkan tidak ada permasalahan dengan penambahan rute, sebab berbagai persiapan telah dilakukan untuk kemajuan Bandara Abd Saleh. (ley/mar)

Pesona Wisata Wilayah Timur Tinggi BEBERAPA agen perjalanan, menyambut baik dengan rute Malang – Makassar yang dirintis Xpress Air. Terlebih, melihat potensi penerbangan ke wilayah timur yang semakin diminati, baik untuk urusan wisata, bisnis ataupun pendidikan. Hubungan yang baik antara Makassar dan Malang dalam berbagai hal, membuat masyarakatnya kerapkali melakukan perjalanan ke sana. “Tentunya semakin tertolong sekarang. Apalagi, minat masyarakat untuk berwisata ke daerah timur juga tinggi. Baik itu

orang Malang asli maupun wisatawan,” beber Janiar Sinaga, Owner Erina Travel Sigura-Gura. Menurutnya, akhir-akhir ini pesona wilayah timur sedang tinggi. Selain tujuan Makassar, daerah Maluku dan Sorong menjadi buruan. Adanya tempat wisata seperti di Raja Ampat telah terdengar sampai luar negeri. “Dengan begini kami mudah untuk menerima permintaan wisata ke Raja Ampat dan wilayah Papua lain. Selain Makassar yang juga memiliki potensi wisata sangat besar,”

paparnya panjang lebar. Menurut Janiar, selama ini dari wisatawan kerap bertanya mengenai paket wisata di wilayah Malang seperti Bromo, Semeru atau Kota Batu yang berpadu dengan wilayah timur Indonesia seperti Makassar serta Papua. Dia pun berharap, terkoneksinya antara penerbangan Malang-Makassar dengan wilayah timur Indonesia mendongkrak perjalanan bagi biro wisata. “Paling tidak, kami optimis adanya tambahan 10 hingga 20 persen peningkatan permintaan

wisata setelah ini,” ungkapnya. Sementara itu Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Jawa Timur Dwi Cahyono tidak kalah senang dengan adanya ekspansi Xpress Air. Menurut dia, koneksi dalam berbagai hal antara Jawa Timur dan Makassar tergolong tinggi. “Baik wisata, bisnis dan pendidikan, seringkali terjadi pertukaran antara kedua propinsi ini. Banyak pelajar Makassar di Malang, begitu pula sebaliknya banyak orang Malang yang bekerja atau kunjungan kerja ke

sana,” papar Dwi. Menurutnya, Malang memiliki angka paling tinggi dalam hal hubungan bisnis dengan Makassar diantara beberapa kabupaten dan kota lain yang ada di Jawa Timur. Sedangkan dari sisi pariwisata, dia menilai kedua belah pihak sangat diuntungkan, sebab potensi wisata yang ada sangat besar diantara keduanya. Mulai dari wisata alam, wisata buatan dan juga wisata sejarah. “Sudah seharusnya ini bermanfaat, dan dimanfaatkan oleh pelaku bisnis,” imbuhnya. (ley/mar)

MALANG– Pabrikan motor Yamaha mencoba menggenjot penjualan salah satu unit terbarunya, Yamaha Force FI 115 cc yang baru diluncurkan pertengahan tahun ini. Salah satu caranya, dengan membuka pameran tunggal di Mall Olympic Garden (MOG), sejak 15 Oktober lalu hingga 24 Oktober mendatang. Head Promotion Yamaha Surya Inti Putra (SIP) Soekarno Hatta, Yovie menyampaikan, pameran tersebut sebagai upaya meningkatkan penjualan. “Selama ini di beberapa dealer penjualan Yamaha Force FI belum maksimal, antara 10 sampai 20 unit. Mungkin karena belum terlalu familiar. Padahal di Malang unit sudah tersedia sejak bulan Juli,” ujarnya. Menurutnya, Yamaha Force ini merupakan reinkarnasi dari Yamaha Vega. Sebab untuk bodinya tidak merubah bentuk dari tampilan Vega. Namun kini telah menggunakan YMJET untuk mengontrol konsumsi BBM. Tampilan tetap sporty namun irit bahan bakar. “Mesinnya telah menggunakan mesin Yamaha Jupiter Z1 dan berteknologi injeksi. Selama ini teknologi injeksi terkenal membuat irit konsumsi bahan bakar,” terangnya. Dia menambahkan, pengguna motor bebek Yamaha selama ini masih mempercayai Vega sebagai motor yang irit. Bila dengan teknologi baru ini dan masyarakat sudah mengenal, dia berharap penjualan akan terus menanjak. Targetnya, hingga akhir tahun ini memperkenalkan merek baru. “Baru di tahun depan harus ada target bulanan. Untuk dua bulan terakhir ini, harus mencapai 30 unit untuk Yamaha SIP Soekarno Hatta,” imbuh Yovie. Sementara itu, tampilan Yamaha Force kini dengan striping bernuansa modern, dinamis, trendi, lampu depan, lampu sein, dan lampu belakang mencerminkan gaya modern sporty yang khas. Yamaha Force memiliki dua varian, yakni Sporty dan Elegance. Untuk pilihan warna Yamaha Force Sporty terdiri dari WhiteForce, Red-Active dan White-Shadow. Sedangkan untuk pilihan warna Yamaha Force Elegance terdiri atas White-Power, PurpleAction dan Red-Spirit. Dia menyampaikan, dalam pameran memiliki penawaran hadiah langsung melalui undian. Seperti jaket, helm atau tas bisa didapatkan oleh pembeli yang bertransaksi selama pameran. Untuk harga Yamaha Force FI dipatok mulai dari Rp 13,9 juta. “Masih lebih murah dari Jupiter Z1,” pungkasnya. (ley/fia)

BBM SUBSIDI

Konsumsi Solar dan Premium Meningkat JAKARTA- Hingga akhir September 2013, kuota Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi sudah terpakai sebanyak 34,4 juta KL (71,6 persen), tersisa 13,6 juta KL atau 28,3 persen. Konsumsi BBM subsidi seperti solar dan premium terus naik, kecuali untuk minyak tanah. Jatah kuota BBM subsidi dalam APBN Perubahan 2013 sebesar 48 juta kiloliter (KL). Sekretaris Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Djoko Siswanto mengatakan bila dibandingkan realisasi penyaluran BBM subsidi hingga triwulan III-2012 hanya sebesar 33,3 juta KL, jumlah ini artinya meningkat sebesar 3,3 persen. Djoko mengatakan hanya konsumsi minyak tanah (kerosine) yang tahun ini konsumsinya turun. “Hanya kerosine yang turun, sedangkan premium dan solar hingga September ini masih lebih tinggi dibandingkan penyaluran tahun lalu,” ucap Djoko dalam pesan singkatnya, kemarin. Dia merinci, penyaluran premium hingga September 2013 sudah mencapai 21,85 juta KL atau lebih tinggi 4,49 persen dibandingkan periode yang sama 2012 yang hanya mencapai 20,91 juta KL. “Untuk Solar konsumsinya hingga September 2013 mencapai 11,72 juta KL, jumlah ini lebih tinggi dibandingkan periode yang sama 2012 yakni hanya 11,53 juta KL,” tutupnya. (dk/mar)

Kumpulkan Komunitas Bikers, Evalube Tingkatkan Sales MALANG-Pabrikan pelumas merek Evalube, yakni PT Wiraswasta Gemilang Indonesia (WGI) memberi apresiasi tingginya penjualan pelumas di area Jawa Timur dengan menggelar acara Kumpul Bareng Bikers di Kota Malang. Acara yang mengundang 12 komunitas sepeda motor ini berlangsung di Monopoli 1 Cafe, kemarin. Komunitas berbagai jenis motor mulai dari bebek, matik dan sport ini pesertanya antara lain Neo Gats, Thunder, Scorpio dan Vision.

“Ini merupakan program tahunan yang telah berlangsung selama empat tahun. Namun di Kota Malang baru pertama kali, setelah beberapa gelaran memilih Surabaya,” ungkap Advertising and Promotion Manager PT WGI, Ivan Rastianto. Menurut dia, Jatim menyumbang 15 persen penjualan total di seluruh Indonesia. Pasar terbesar antara lain Surabaya, Malang dan Jember. Dari angka tersebut, Malang pada kisaran 20 persen untuk distribusi pelumas Evalube.

Dia menambahkan, Malang juga memiliki berbagai macam komunitas motor yang memungkinkan peningkatan penjualan pelumas. “Tentunya kegiatan ini juga sebagai brand image kepada komunitas. Target acara ini diikuti 250 peserta, namun jumlahnya melebihi itu. Sepertinya sekitar 400 peserta,

dan tidak jauh berbeda dari acara yang berlangsung di Surabaya di tahun lalu yang mencapai 500 peserta,” papar dia panjang lebar. Ivan menambahkan, di tahun 2013 ini Evalube menargetkan peningkatan sebesar 10 persen penjualan untuk wilayah Jawa Bali yang selama

tahun 2012 lalu tercatat sebesar 60 persen dari keseluruhan market di Indonesia. Sementara untuk wilayah Malang, secara konkrit Ivan tidak bisa memastikan, namun dia juga menargetkan peningkatan sebesar 20 persen. “Catatan melalui distributor Evalube wilayah Malang Raya di

akhir tahun ini kami targetkan bertambah pula. Apalagi pertumbuhan pengguna kendaraan juga tinggi,” tegasnya. Sementara itu, dalam kegiatan juga memberi kesempatan untuk mendapatkan ganti oli gratis bagi 50 peserta. Ada pula talkshow tentang produk Evalube Scootic dan

Evalube 4T Pro. Masih ada pula nobar moto GP serta Moto 2 dimana Indonesia memiliki perwakilan melalui Rafid Topan Sucipto. Yang menarik, berbagai komunitas berkumpul jadi satu untuk berinteraksi dalam kegIatan tersebut. Bahkan ada peserta dari Surabaya. (ley/mar)

RIZAL FANANY/MALANG POST

KUMPUL: Meningkatkan penjualannya, Evalube juga mengumpulkan berbagai komunitas. REDAKTUR : MARGA N, LAYOUTER : KURDI


SENIN, 21 OKTOBER 2013

Jerawat tumbuh di wajah itu rasanya campur aduk. Ada yang bilang gara-gara kangen seseorang, kebanyakan makan kacang, sampai ada juga yang bilang karena memendam rasa sama seseorang tetapi nggak berani mengutarakan.

Fase Alami Pada Semua Remaja SETIAP remaja tentunya mengalami fase-fase yang bergejolak dalam hidupnya dan salah satunya adalah tumbuhnya jerawat. Jerawat muncul karena tubuh sedang memproduksi lemak yang berlebihan, sehingga fase tersebut merupakan fase alami yang akan dialami oleh setiap remaja SMP dan SMA. Rata-rata anak yang sedang berjerawat ini sedang mengalami masa-masa di mana ketidak percayaan dirinya menurun. Pada akhirnya menarik dirinya di lingkungan sosialnya, konsentrasi belajar yang kurang juga membuat proses belajar mengajar juga terganggu. Setiap anak memiliki kepribadian yang berbeda, ada yang akhirnya malu dengan jerawatnya, ada yang tetap percaya diri, ada yang ditutupi dengan plester, ditutupi dengan masker dan lain-lain. Setiap anak memiliki keunggulan dan potensi masingmasing, sehingga tidak perlu ada rasa ketidak percaya dirian yang dirasakan oleh anak-anak ini. Karena memandang seseorang tidak melulu harus dilihat dari segi fisiknya saja, namun juga bisa dilihat dari kepribadiannya, sopan santunnya, atau prestasi belajarnya. Sehingga, guru serta Guru Bimbingan Konseling, orang tua memiliki SMKN 5 Malang peran untuk memupuk rasa optimis yang perlu dibangun dalam diri seorang anak, dan menghilangkan krisis percaya diri yang sedang dialami si anak. Semua ini adalah fase alami yang akan dilalui setiap remaja umumnya. Apalagi jika si anak mulai menyukai lawan jenisnya maka akan ada rasa malu dan ketidak percaya dirian yang luar biasa. Beberapa anak ini akhirnya melakukan beberapa upaya untuk menghilangkan jerawat ini. Ada yang termakan dengan iklan atau reklame karena kebanyakan dari mereka mudah termakan oleh suatu produk. Menghilangkan jerawat itu solusinya sangat mudah, yaitu harus rajin membersihkan muka. Jika aktivitas sekolah seharian penuh, maka siswa-siswi SMP dan SMA ini perlu upaya yang ekstra pula untuk rajin mencuci muka agar jerawat tidak tumbuh subur di wajah. Selain itu menggunakan obat-obat atau tumbuhan herbal itu mungkin menjadi salah satu solusi yang tepat, agar bekas jerawat juga tidak membuat hitam di wajah.

Setiap remaja kebanyakan melewati fase-fase jerawat menghiasi wajah mereka. Biar jerawat ini nggak kelamaan nongol di wajah, biasanya sobat M-Teens rela membeli berbagai macam obat. Yuk simak, gimana ‘perjuangan’ sobat M-Teens perang melawan jerawat mereka. Setiap kali tumbuh jerawat rasanya bukan hanya sakit tetapi juga malu. Selain sakit dan malu, Febiyanto Saputra siswa kelas VII SMP PGRI 1 Dau ini juga mengaku kepalanya terasa pusing dan cenat-cenut. Bahkan tak jarang sampai bikin doi bad mood. “Setiap kali aku jerawatan bawaannya pusing terus. Apalagi kalau jerawat merah dan besar, bisa bikin bad mood seharian. Soalnya aku jadi malu keluar rumah,” ujar Febiyanto. Ia menambahkan jika dirinya mulai berjerawat sejak kelas 6 SD. Faktor pubertas, karena memikirkan seseorang, serta memendam rasa yang berlebihan dan tidak diungkapkan pada akhirnya membuat wajah Febiyanto dihiasi oleh yang namanya jerawat. “Biasanya aku tumbuh jerawat itu gara-gara suka sama seseorang tapi aku nggak berani bilang gitu ke orangnya. Selain karena akibat memikirkan seseorang, jerawat juga tumbuh karena aku jarang cuci muka, jadi banyak kotoran yang akhirnya diam diwajahku,” ungkapnya. Hal yang serupa juga diungkapkan oleh Feby Puspita. Siswi kelas VIII MTSN 1 Malang ini mengaku jika dirinya sering

berjerawat karena malas membersihkan muka. “Pernah pas pulang sekolah aku panas-panasan terus kena debu di pinggir jalan, tapi aku males banget buat cuci muka. Akhirnya besok pagi ada yang terasa aneh di wajah dan ternyata jerawat nongol di hidungku,” ujar gadis yang akrab dipanggil Feby ini. Feby mengaku jika dirinya kerap kali membeli sebuah produk anti jerawat agar jerawat di wajahnya perlahan bisa hilang. Sejak saat itu Feby akhirnya rajin untuk mencuci muka dengan menggunakan facial wash. “Jadi setelah aku jerawatan pertama dulu, aku mulai memakai pembersih wajah dan jadi rajin buat cuci muka,” ungkap Feby yang kini sibuk dengan ekskul pramuka dan harus akrab dengan sinar matahari. Bagi Feby, setiap anak yang sudah memasuki usia remaja maka harus rajin untuk membersihkan muka. Selain dirinya berusaha melawan rasa malas, Feby juga menyadari jika dirinya sudah menjadi gadis remaja yang rentan berjerawat.

6

Perang Melawan Jerawat TEKS

: CITA TERANISA

MODEL : WINDY ASHA NURAIDA/ SMKN 3 MALANG FOTOGRAFER

: CITA TERANISA

DESAIN DAN ILUST

: TEM & REEP/MALANG POST

Tri Octavia S.Pd,

Justru Bisa Cepet Tua Saras Ratna, SMAN 4 Malang

Pede Aja, Lagi!

“Aku sih nyantai aja kalau jerawat tumbuh di wajahku. Waktu kali pertama jerawatan pasti bawaannya heboh. Tapi karena cuma satu yang tumbuh ya aku nggak begitu heboh-heboh banget. Soalnya nyadar diri juga kan sudah menginjak masa remaja. Kalau menurutku jerawat itu wajar-wajar aja buat remaja dan jangan sampai merasa nggak pede gitu, karena justru kalau nggak tumbuh jerawat itu biasanya jadi cepet tua”.

SIAPA sih yang tak kenal jerawat? Sepertinya hampir setiap orang pernah berurusan dengan gangguan kulit yang satu ini. Apalagi jerawat pada umumnya menyerang anak remaja yang seru-serunya dengan segudang aktivitas. Gangguan kulit berupa jerawat ini ternyata cukup mengganggu bukan hanya sebatas gangguan fisik yang terkadang terasa cenat-cenut, tetapi juga mengganggu secara psikologis karena dapat menurunkan kepercayaan diri si anak. Nah, karena setiap remaja rata-rata pernah mengalami masalah dengan jerawat. Jadi, untuk apa risau lagi dengan kehadiran si jerawat ini karena kuncinya adalah tetap percaya diri aja. Seperti yang dipaparkan oleh Tuhrotul Fuada, siswi kelas XI SMAN 10 Malang ini mengaku jika dirinya tidak pernah merasa malu jika sedang berjerawat. Karena alasannya

Bagai Bintang di Wajah Alivianti Sinta Putri, SMPN 4 Malang “Aku benar-benar bad mood waktu pertama berjerawat soalnya kan ganggu banget kayak ada yang nempel gitu di wajah. Selain malu, aku juga suka diledek sama tementemenku kalau ada bintang di wajahku. Soalnya biasanya kalau aku tumbuh jerawat itu nggak cuma satu, tapi banyak. Akhirnya aku nyoba berbagai macam produk untuk bisa ngilangin jerawat-jerawatku biar nggak dibilang lagi ada bintang di wajah”.

Kangen Sama Seseorang Dimas Wijaya, SMKN 2 Malang “Aku berjerawat biasanya kalau lagi kangen sama seseorang. Mungkin karena aku sedang menginjak masa remaja gitu. Mungkin banyak orang yang bilang kalau tumbuh jerawat gara-gara kangen sama seseorang itu adalah mitos. Tapi kalau aku sih percaya-percaya aja, soalnya memang kejadian sama aku. Makanya jangan kangen sama seseorang kalau nggak mau jerawatan”.

setiap remaja pernah mengalami permasalahan ini. “Kalau aku sih pede aja lagi, soalnya jerawat kan memang menandakan kalau aku udah bukan anak kecil lagi, jadi ngapain aku harus malu?” ujar gadis yang akrab disapa dengan panggilan Tuhrotul. Bagi Tuhrotul, tidak perlu memakai berbagai macam produk yang anehaneh karena selain kulit remaja yang masih sensitif, penyembuhan secara herbal memang lebih baik. Pencegahan terbaik yang dilakukan oleh Tuhrotul adalah dengan rajin mencuci muka. “Nggak pernah tuh pakai produk yang aneh-aneh buat ngilangin jerawat, biasanya aku cuma rajin cuci muka aja. Kalau jerawat versi aku memang datangnya bulanan soalnya itu kan juga salah satu pengaruh produksi lemak yang berlebihan makanya jerawat juga suka muncul gitu,” ungkap Tuhrotul. Hal berbeda diungkapkan oleh Dwi Setyowati. Siswi kelas VII SMP PGRI 1 Dau ini menjelaskan jika dirinya sangat malu jika sedang tumbuh jerawat. Akhirnya, aksi malu tersebut sangat mengganggu aktivitas Dwi di sekolah, bahkan setiap saat Dwi harus menutupi wajahnya yang

Selalu Positive Thinking SETIAP orang tentu pernah sebel dan bad mood sama yang namanya jerawat. Selain membuat pusing, cenatcenut, malu, dan yang lainnya, jerawat terkadang membuat aktivitas tidak bisa berjalan normal. Misalnya aja, sampai harus ditutupi dengan sesuatu agar tidak terlihat nantinya. Biar tidak malu dengan jerawat, maka solusinya adalah cuek saja karena jerawat adalah hal yang normal untuk anak seumuran SMP dan SMA. Hal tersebut yang telah diungkapkan oleh Alivia Salsabila, siswi kelas VIII MTSN 1 Malang. Gadis periang ini mengatakan agar semua remaja tidak malu jika sedang

berjerawat. “Jerawat kan juga tanda kalau sudah bukan anak kecil lagi, makanya kalau aku sih selalu positive

berjerawat dengan dasi. “Waktu itu pertama jerawatan dan rasanya aku bingung banget mau aku tutupin pakai apa. Akhirnya aku tutupin aja pakai dasi sekolah biar nggak keliatan,” ujar Dwi Selain malu, gadis yang akrab dengan panggilan Dwi ini juga latah dengan produk anti jerawat yang akhirnya bukan menyembuhkan tetapi lebih menyuburkan jerawat-jerawat tersebut. Pada awalnya Dwi memang berniat coba-coba karena jerawat di wajahnya yang tak kunjung ilang. “Awalnya aku cuma coba-coba aja pakai suatu produk anti jerawat, tapi bukannya malah hilang tapi mukaku langsung iritasi karena nggak cocok, jadi sekarang aku udah nggak berani pakai yang aneh-aneh gitu,” ujar Dwi. Tanggapan orang sekitar Dwi juga menuai aksi protes. Selain banyak teman-temannya yang menggodanya karena sedang berjerawat, orang tua Dwi juga ikut memarahi putri kesayangan mereka ini. “Kadang mamaku sih lumayan protes kalau aku sudah ada jerawat di wajah, katanya cewek kok wajahnya nggak bersih,” ungkap Dwi.

Alivia Salsabila Kelas VIII MTSN 1 Malang

thinking. Soalnya kan salah satu faktor tumbuhnya jerawat itu juga garagara banyak pikiran juga atau stres gitu,” ujar gadis yang akrab dengan panggilan Salsa. Salsa mengungkapkan jika dirinya tidak pernah menggunakan produk anti jerawat. Bahkan ingin mencobanya saja tidak. “Menurutku daripada berusaha untuk mencoba produkproduk anti jerawat, lebih baik aku rajin cuci muka aja, soalnya kalau udah baligh kan memang harus rajin membersihkan diri, selain itu tubuh juga lebih memproduksi lemak yang lebih banyak,” ujar Salsa. Menurutnya, daripada dirinya harus menggunakan berbagai macam produk untuk menghilangkan jerawat di wajahnya, lebih baik ia lebih rajin mebersihkan muka dengan air wudhu.

Selain bisa mencegah timbulnya jerawat, dengan sering-sering berwudhu juga bisa mencerahkan wajah. “Lebih baik kan memperbanyak wudhu, selain menghilangkan energi negatif yang ada di dalam tubuh kan juga bisa mempercerah wajah,” ujar gadis yang pernah menjuarai lomba ibadah ini. Salsa menambahkan jika sebaiknya semua remaja selalu berfikiran positive jika ada yang meledek bahkan hingga mengejek karena sedang berjerawat. Solusi terbaiknya adalah cuek dan jangan hiraukan. Karena harusnya kan bangga kalau sudah pernah tumbuh jerawat sebab itu tandanya sudah bukan anak kecil lagi. “Selalu positive thinking dan jangan pernah malu gara-gara cuma tumbuh jerawat, apalagi si jerawat itu sampai membuat aktivitas remaja-remaja ini terhenti,” pungkasnya. REDAKTUR: ADINDA, LAYOUTER: TEM, REEP


SENIN, 21 OKTOBER 2013

7

RAGAM

Baju Motif Tartan

Sepatu dan Tas untuk Tampil Maskulin

KEMBALI TREN MOTIF tartan ala Skotlandia yang dulu pernah jadi tren di tahun 90-an, kini kembali diminati. Tren tartan yang dapat menambah kesan grunge pada penampilan itu, tentunya akan membuat padanan simpel jadi lebih berkarakter. Berikut inspirasi padu padan tartan dari para selebriti stylish: 1. Cara Delevingne Model Inggris yang identik dengan gaya boyish ini tampil mengenakan celana tartan dengan warna hijau. Ia melengkapinya dengan T-shirt dan cardigan basic. Sneakers dan ransel kulit, kupluk serta kacamata hitam ditambahkan untuk menyempurnakan tampilannya yang bertema grunge. 10 2. Chloe Moretz Chloe Moretz memilih dress pendek tartan yang klasik dengan warna merah dan hitam. Ia memberi sen tuhan edgy dengan memadukan dress tartan, bersama ankle boot hitam. Untuk padanannya itu, Chloe cukup memoleskan makeup natural dan rambut yang digerai alami. 3. Diane Kruger Motif tartan juga bisa dikenakan saat 8 acara formal sekalipun. Ambil contoh dari gaya Diane Kruger berikut ini. Ia memilih tartan yang diaplikasikan

menjadi strapless dress yang modern, namun tetap terkesan elegan ala ladylike. Strappy heels sederhana, kuncir rambut dan lipstik merah semakin menyempurnakan penampilan Diane. 4. Atlanta De Cadenet Gaya dari putri musisi Duran Duran, John Taylor, menjadi inspirasi untuk bergaya ala tahun 90-an dengan tren tartan. Ia mengenakan rok mini tartan merah, yang dipadukan bersama T-shirt band yang klasik. Atlanta memadukannya bersama stocking dan sepatu mary-jane agar tetap terkesan manis. 5. Emma Stone Bintang ‘The Amazing Spiderman’, Emma Stone memberi warna pada penampilannya yang simpel. Emma cukup menambahkan jaket tartan berpotongan boxy pada paduan blouse dan jeansnya, untuk tampil stylish. Padanan yang chic berikut bisa Anda aplikasikan di berbagai kesempatan. Gunakan flat shoes untuk tampil kasual, atau ganti dengan pump heels jika ingin pergi ke pesta. 6. Zooey Deschanel Menggunakan gaun tartan seperti 2 milik Zooey berikut, bisa jadi berisiko. Namun bintang ‘500 Days of Summer’ ini tahu benar bagaimana membuat penampilannya stand out di karpet

merah. Untuk gaun yang sudah catchy tersebut, Zooey tidak lagi memakai asesori dan menggunakan riasan sederhana, agar tidak berlebihan. 7. Rita Ora Penyanyi Inggris yang gemar berpenampilan quirky ini mengenakan tartan sebagai celana 9 flare yang terkesan vintage. Sebagai paduannya, bintang kampanye DKNY terbaru itu memadukannya bersama kemeja putih oversized dan high-heels merah yang matching. Asesori emas seperti arloji, cincin dan anting menambah kesan glamour untuk tampilan Rita. 8. Anna Kendrick Artis yang bermain di film ‘Up in the Air’, Anna Kendrick tampil ala lady-like dengan rok midi tartan dari Vivienne Westwood. Ia memadukan rok berwarna ungu, kuning itu bersama kemeja putih dan jaket kulit ungu. Sepasang s e p a t u heels putih 6 dipilihnya, u n t u k membaurkan warna pada keseluruhan outfit. 9. Olivia Palermo Sosialita dan fashionista, Olivia Palermo memberi sentuhan retro ala tahun 60-an pada penampilannya saat itu. Lihat saja terusan tartan lengan panjang yang dipadukan bersama boot tinggi berbahan suede. Padanan yang begitu fashionable, disempurnakan dengan aksen zipper di ba-

TAMPILAN maskulin kini tengah menjadi favorit para wanita untuk tampil beda. Selain lewat busana, Anda juga bisa mendapatkan look satu ini lewat aksesori penunjang penampilan seperti sepatu dan tas. Untuk mendapat sepatu dan tas bergaya maskulin yang kekinian tersebut, Anda bisa melirik beberapa koleksi brand high-street berikut ini: 1. Mango Retailer high-street Mango memiliki koleksi sepatu loafers yang cocok untuk gaya maskulin Anda. Sepatu ini terbuat dari bahan glossy mengilap dari warna hitam, sehingga bisa dipakai untuk tampilan formal ataupun kasual. Sepatu seharga Rp 999 ribu ini juga dilengkapi detail tassel dan sol tebal agar tetap feminin. 2. Zara Gaya maskulin identik dengan kata terstruktur, sederhana, tanpa banyak detail, namun terlihat bergaya. Begitu 2 pula saat Anda melihat tas keluaran Zara berikut. Tas berbahan kulit ini dapat Anda genggam maupun di selempang sesuai kebutuhan, sehingga tas ini cocok dipakai di berbagai kesempatan. Untuk tas satu ini harganya adalah Rp 1,6 juta, dan bisa didapat di gerai Zara. 3. H&M Salah satu item yang akan mengubah penampilan Anda jadi lebih boyish dan edgy adalah sepasang sepatu boot yang stylish. Sepatu satu ini contohnya, yang bisa Anda dapatkan di gerai H&M. Sepatu dari bahan suede dan hak transparan berikut, bisa Anda miliki dengan harga Rp 599 ribu. 4. Topshop Retailer high-street selanjutnya adalah Topshop. Brand asal Inggris ini memiliki tas ransel yang terlihat stylish dan edgy. Tas seharga Rp 1,4 juta ini cocok bagi wanita dinamis, yang suka dengan hal praktis.

gian bawah gaun dan clutch hijau besar. 10. Victoria Beckham Victoria Beckham juga pernah tampil dengan rok mini bermotif tartan yang terkesan ‘playful’ berikut. Padanan dari ibu empat anak itu tampak terinspirasi dari gaya anak sekolahan. Ia memadukan rok pendeknya bersama sweater hitam, ankle boot dan tas yang juga hitam.(jpnn/lim)

Kacamata Cat Eye yang Digandrungi Selebriti KACAMATA hitam dengan bentuk mata kucing atau biasa disebut Cateye. Berawal dari sering terlihat di atas catwalk, beberapa selebriti kini tertangkap kamera menggunakan kacamata tersebut. Dengan desain yang cukup unik yaitu lancip di sisi kanan dan kiri bagian atas, tidak heran bahwa kacamata ini sedang digandrungi.

4. Solange Knowles Adik dari penyanyi terkenal Beyonce Knowles, Solange Knowles, pun tidak mau kalah dari selebriti lainnya. Penyanyi berambut keriting ini memakai Alexander Wang Cat Eye Sunnies, ia memadukannya dengan crop tee dan rok pendek. 5. Olivia Palermo Selain Kourtney Kardashian, sosialita Olivia Palermo juga mengenakan kacamata cat eye keluaran Tom Ford. Ia terlihat memakai kacamata tersebut saat sedang berjalan-jalan di kota New York. 6. Kirsten Dunst Selebriti lainnya yang menyukai kacamata cat eye adalah Kirsten Dunst.

1. Miranda Kerr Miranda Kerr, top model yang stylish, pakaian yang digunakannya selalu menjadi tren bahkan masuk ke dalam kategori best-dressed. Tidak heran bila ibu dari Flynn Bloom ini selalu mengikuti tren yang ada, ia pun tidak ketinggalan untuk memakai kacamata cat-eye keluaran Christian Dior saat ia berada di Paris.

4 2

1 2. Kourtney Kardashian Terkenal dengan reality show yang dibintangi oleh dirinya dan keluarga besarnya, Kourtney sering menjadi s o r o t a n p a p a r a z i . Ti d a k h a n y a acara realitynya, cara ia berpakaian

pun juga menjadi sorotan kamera. Membuka lini pakaian dengan kedua saudaranya Kim dan Khloe dengan nama Kardashian Kolection, Kourtney tampil selalu fashionable. Selebriti ini beberapa kali tertangkap kamera memakai kacamata cat-eye Tom Ford. 3. Rihanna Tidak ingin memakai kacamata cat-eye yang terlalu lancip? Mungkin kacamata yang dipakai Rihanna bisa menjadi pilihan Anda. Penyanyi yang akrab disapa Riri ini memakai kacamata Versace Semi Cat-Eye saat meninggalkan hotel di Manchester beberapa bulan yang lalu. Kacamata ini terbuat dari plastik dengan logo Versace di sisi kiri dan kanannya.

Aktris yang berperan sebagai Mary Jane di film Spiderman ini terlihat memakai kacamata dengan bentuk mata kucing. Ia memadukannya dengan celana panjang bermotif hewan, kaus putih dan blazer hitam.

9

7. Kim Kardashian Seakan tak ingin kalah dari sang kakak Kourtney, Kim juga tampil dengan memakai kacamata cat eye. Artis yang penampilannya semakin terlihat stylish semenjak berhubungan dengan Kanye West ini, memakai kacamata dengan merk Christian Dior, ia memadukannya dengan kemeja berwarna putih, celana nude dan tas hitam keluaran Hermes. 8. Jennifer Lopez Penyanyi yang kerap tampil seksi di atas panggung ini pernah tertangkap kamera memakai kacamata cat eye keluaran rumah mode ternama Christian Dior. Sambil tersenyum kepada paparazi, J-Lo tampak cantik mengenakan kacamata ini. 9. Alexa Chung Bagi seorang Alexa Chung yang selalu tampil manis dan fashionable, tentunya kacamata cat eye merupakan asesori yang tidak boleh dilewatkannya. Alexa terlihat memakai Havana Cat Eye Shades yang dipadukan dengan kemeja bermotif bunga.(jpnn/lim)

5. Pull & Bear Sepatu berikutnya datang dengan model pantofel. Namun tentunya, sepatu tampil lebih stylish karena dibuat dengan warna metalik. Selain itu, sepatu juga dilengkapi detail cutout di bagian samping. Sepatu ini bisa didapat di gerai Pull & Bear seharga Rp 699 ribu.(jpnn/lim)

JFW 2014

Desainer Paling Banyak Dicari PROGRAM buyers’ room yang dibuka selama tiga hari di Jakarta Fashion Week 2014 rupanya membawa hasil yang positif. Hal inipun diungkapkan oleh Tito Prasetyo, suami Dian Pelangi. Bahkan dalam kesempatan tersebut, ada beberapa buyer yang siap melakukan pembicaraan untuk transaksi bisnis. “Buyer ada dari Bahrain, Milan, mereka tertarik dan sedang kita obrolin lagi,” ujarnya di Buyers’ room JFW 2014, Senayan City, Jakarta, Sabtu, (19/10) akhir pekan kemarin. “Ada dari Zalora internasional juga,” imbuhnya. Lebih lanjut, Tito menambahkan bahwa ketertarikan buyer dengan produk Dian Pelangi, lantaran koleksi Dian memiliki keunikan tersendiri. “Produknya unik dan mereka bilang karena Dian termasuk desainer yang paling banyak dicari di search engine (internet),” terangnya. “Banyak dari mereka baru mau start untuk baju muslim, sesuatu yang baru, sangat spesifik dan tidak umum,” imbuh Tito. Program buyers’ room memang telah berlangsung dari tanggal 17-19 Oktober 2013 lalu. Dalam program tersebut, buyer dari berbagai negara hadir untuk melakukan transaksi bisnis dengan para pelaku mode indonesia. Tentu saja, hal ini pun sangat penting bagi perkembangan industri mode Tanah Air ke depan.(jpnn/lim)

DIAN PELANGI

Nike Rilis Sepatu Terinspirasi Selai Kacang JAKARTA - Jika Anda pecinta selai kacang dan sandwich jeli, mungkin sepatu olahraga yang satu ini bisa menjadi pilihan Anda. Ya, baru-baru ini Nike merilis sepatu basket terbarunya dengan warna yang tak biasa. Sepatu tersebut didominasi dengan warna kuning keemasan, sama seperti warna kacang yang dipadukan dengan selai berwarna ungu dan hitam. Untuk menghasilkan tekstur seperti jeli, label perlengkapan olahraga itu menambahkan glitter kenyal di

atas sepatu tersebut. Alas kaki ini digagas oleh bintang NBA, Kevin Durant. Ternyata, sepatu itu terinspirasi dari makanan favoritnya selama ia berada di Seat Pleasant, Maryland. “Selama saya di taman kanakkanak dan sekolah dasar, Bibi Pearl selalu membuatkan saya selai kacang dan sandwich jeli. Dan saya selalu makan itu, maka saya terinspirasi untuk membuat sepatu ini,” jelas Durant dalam videonya di Youtube, seperti dikutip dari Daily Mail.

Sepatu tersebut merupakan alas kaki keenam hasil kolaborasi pria 25 tahun itu dengan Nike. Berbagai tanggapan dan komentar negatif, serta lucu tentang sepatu ini pun mulai muncul. Situs HoopVib bahkan menulis, “Saya pikir kita harus bersyukur karena Durant tidak tumbuh karena makan hati dan bawang. Kalau iya saya tidak tahu bagaimana nanti jadinya sepatu ini.” Adapula komentator lainnya yang mengatakan di Youtube, bahwa sepatu ini bisa membuat mereka merasa lapar. Sementara komentator

yang lainnya lagi menanyakan apakah mungkin selai kacang, jeli, dan roti jadi kunci sukses Durant untuk bisa jago main basket. “Jadi selai kacang dan jeli bisa membuat Anda punya tubuh setinggi itu?,” ungkap salah satu orang yang berkomentar di Youtube. Sepatu eksklusif tersebut kini sudah tersedia di seluruh gerai Nike dan dijual seharga US$ 130 atau sekitar Rp 1,4 juta. Bagaimana dengan Anda, apakah tertarik untuk memiliki sepatu basket yang eye catching ini? (jpnn/lim) REDAKTUR: ABDUL HALIM, LAYOUTER: DJ AMIEL


SENIN, 21 OKTOBER 2013

Lorenzo Perkasa, Marquez Didiskualifikasi PHILLIP ISLAND - Seri ke-16 MotoGP yang berlangsung di Sirkuit Phillip Island Australia siang kemarin WIB berhasil menjadikan Jorge Lorenzo sebagai pemenangnya. Sedangkan, Marc Marquez harus bernasib sial karena terkena diskualifikasi. Kemenangan ini semakin memperketat persaingan Lorenzo dan Marquez dalam meraih gelar juara dunia MotoGP di musim ini. Marquez memang masih berada di posisi teratas klasemen sementara dengan 298 poin, akan tetapi kini hanya selisih 18 poin dengan Lorenzo yang berada di posisi kedua dan balapan menyisakan dua seri lagi. Motegi dan Valencia. Seperti janjinya, Lorenzo tidak akan menyerah dan berjuang habis-habisan disisa balapan paling bergengsi ini. Sejak start balapan dimulai, Jorge Lorenzo

yang berada di depan langsung tancap gas disusul oleh Marc Marquez dan Dani Pedrosa.Sedangkan di posisi keempat, masih dikuasai Rossi meski sempat disusul oleh Bautista pada lap awal yang berlangsung di Sirkuit Phillip Island. Sementara itu, para mekanik tim masingmasing terlihat telah mempersiapkan motor kedua atau ban baru bagi para pembalap guna melakukan keputusan Race Direction. Pasalnya, ban diklaim tak mampu bertahan hingga balapan usai dan balapan sendiri menjadi 19 lap saja dari 27 lap. Memasuki lap keenam, Rossi harus turun ke posisi enam usai disalip oleh Bautista dan Cal Crutchlow. Tentunya, kondisi ini cukup disayangkan karena jawara dunia MotoGPtujuh kali tersebut memulai balapan dari posisi ketiga. Lorenzo hampir saja tersalip oleh Marquez

saat akan memasuki lap ke-12. Pedrosa dan beberapa pembalap lainnya memilih masuk pit stop pada lap ke-10. Alhasil, pertarurangan tinggal antara Marquez dan Pedrosa. Marquez terlihat mengalami goyangan, dan belum memutuskan masuk pit stop. Sementara itu, Lorenzo akhirnya memilih masuk pit stop dan mengganti motornya dan Rossi pun melakukan hal yang sama. Lorenzo yang kini beradu dengan Pedrosa di posisi terdepan, sedangkan Marquez tengah memasuki pit stop. Lorenzo yang kini berada di posisi kedua klasemen sementara, langsung menyalip Marquez yang baru saja keluar dari pit stop. Memasuki lap ketujuh, Lorenzo masih terdepan disusul oleh Pedrosa, Marquez, dan Rossi. Marquez berhasil menyalip Pedrosa, dan Rossi disusul oleh Crutchlow

saat balapan menyisakan enam lap lagi. Sayang sekali, Marquez harus terkena black flag dari Race Direction di lima lap terakhir karena terlambat untuk masuk pit stop. Bendera hitam ini sendiri artinya diskualifikasi, dan Marquez pun gagal memenangkan balapan di seri ke-16 ini dan harus menunda gelar juara dunia di musim pertamanya ini. Menyisakan dua lap lagi, Rossi sukses menyodok posisi ketiga dan posisi di depan belum ada perubahan. Akhirnya, Lorenzo keluar sebagai pemenang disusul Pedrosa di tempat kedua dan Rossi sebagai pembalap yang finis ketiga. Kesialan Marquez memberikan keuntungan besar buat Lorenzo, yang kini berhasil mengikis defisit poinnya menjadi hanya 18 poin. Kondisi ini membuat dua seri tersisa pun kian menarik.(jpnn/lim)

Rossi Puas Finis Ketiga PHILLIP ISLAND - Pembalap Yamaha Valentino Rossi sangat puas bisa meraih podium tiga MotoGP Australia. Namun ia juga menegaskan bahwa performa motornya perlu dikembangkan lagi agar lebih baik di dua seri tersisa. Pada balapan yang digelar di sirkuit Philip Island, Minggu (20/10) siang WIB, Rossi finis di urutan ketiga sementara rekan setimnya, Jorge Lorenzo menjuarai seri ini diikuti Dani Pedrosa. Sepanjang balapan, Rossi sebenarnya lebih banyak bertarung di kelompok kedua dengan Cal Crutchlow dan Alvaro Bautista, memperebutkan posisi empat. Sementara di kelompok terdepan, Lorenzo, Pedrosa, dan Marc Marquez bersaing ketat. Namun pada prosesnya, Marquez didiskualifikasi sehingga kesempatan untuk menempati posisi tiga pun terbuka lebar untuk para pembalap di kelompok kedua. Beruntung bagi Rossi, ia memenangi duel dengan Crutchlow yang sempat mengunggulinya dan memastikan satu tempat di podium. “Pada akhirnya, ini adalah hasil yang bagus. Saya sangat senang bisa berada di podium di

FAMILY FUN DAY

sini, di Philip Island, karena ini selalu menyenangkan dan atmosfernya yang hebat,” kata Rossi seperti dilansir situs resmi MotoGP. “Saya mencoba untuk memberikan usaha yang maksimal, balapannya sangat menegangkan dan saya sangat menikmatinya, terutama karena bersama tim, kami mampu melakukan pekerjaan yang sangat bagus di pit dan meraih dua posisi ( di podium),” lanjutnya. “Saya menjalani pertarungan sengit dengan Crutchlow. Ketika menyadari itu bisa berujung ke podium, saya mencoba memberikan upaya maksimal. Di setengah lap terakhir, mulailah turun hujan dan itu sangat menakutkan, tapi pada akhirnya tidak ada masalah dan hasilnya bagus. Kami masih perlu bekerja dan berkembang agar lebih cepat lagi untuk balapan berikutnya,” tuntas enam kali juara dunia MotoGP ini. Musim MotoGP kini tinggal menyisakan dua seri lagi, yakni Motegi dan Valencia. Rossi sendiri saat ini berada di posisi empat klasemen dengan nilai 214, selisih 50 angka dari Pedrosa di urutan tiga dan unggul 35 poin dari Crutchlow di tempat kelima.(jpnn/lim)

TANGGUH: Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi

RCM RUTIN GELAR KEJUARAAN

SIRHAN SAHRI/MALANG POST

RUTIN GELAR LOMBA: Araya Circuit Park yang berstandart internasional. Tampak peserta sedang memainkan mobil di lintasan.

Araya Circuit Park Bertaraf Internasional MALANG – Komunitas Radio Control Malang (RCM) di Kota Malan semakin besar dan menggeliat. Ini karena komunitas pecinta mobil balap mainan dengan radio control ini semakin solid dengan adanya Araya Circuit Park. Sirkuit yang lokasinya persis di sebelah Plaza Araya ini bertaraf nasional bahkan internasional. Luas 40 x 18 m2 dengan landasannya memakai aspal sesuai dengan standart internasional. Dan ketebalannya hampir sama dengan landasan yang ada di bandara udara. “Araya Circuit Park ini saya dirikan sejak tiga tahun yang lalu tepatnya 2010 lalu. Ini saya peruntukkan bagi para penggila RC yang ada di kota ini,” jelas Ade Jatmiko selaku owner Araya Circuit Park kepada Malang Post kemarin. Dijelaskan Ade, di tempat ini juga merupakan tempat berkumpulnya komunitas RC Driver yang notabene mereka adalah mantan pembalap sungguhan. Mereka bernaung dalam satu organisasi yang mereka beri nama radio control Malang (RCM). Di tempat ini juga sering diadalan berbagai kejuaraan, baik lokal Malang hingga kejuaraan daerah (kejurda).‘’Sirkuit ini sirkuit yang terbaik yang ada di Indonesia, khususnya di wilayah timur dan ada dua sirkuit yang kami siapkan yaitu On Road dan Off Road,’’ papar pria yang juga pemilik stand United RC di Plaza Araya. Untuk mentapkan sirkuit ini, setiap dua minggu atau sebulan sekali selalu diadakan berbagai lomba. Baik di tingkat anggota RC Malang, maupun mengundang para RC driver dari luar daerah. Seperti Minggu (20/10) kemarin, digelar kejuaraan daerah (kejurda) yang bertitel C Netix Fun R/C yang diikuti oleh 40 peserta. Mereka berasal dari Malang, Ngawi, Surabaya, dan Bali. Lomba ini merupakan kerja sama Semeru Persada Advertising, RC Malang, C Netic Surabaya dan Untited RC. “Untuk kerjuda ini ada beberapa kelas yang kami lombakan. Seperti Mini casis, Front will drive dan GT Class,” terang Yusra Sudirman selaku owner Semeru Persada advertising. Untuk para pemenang dalam kerjurda kali ini, mereka akan mendapatkan berbagai doorprize dari beberapa sponsor yang ikut mendukung dalam kegiatan rutin ini. ‘’Event ini digelar selain hobi dan menambah prestasi juga untuk memberitahukan kepada masyarakat Malang, utamanya para penggila radio control tentang sirkuit ini, ‘’ ungkapnya. Di Kota Malang perkumpulan ini dirikan pada tahun 2003 dengan nama Malang Radio Control. Seiring berjalannya waktu, perkumpulan ini berubah nama menjadi Radio Control Malang (RCM) yang kini diketuai oleh Ade Jatmiko. (ian/sir/lim)

KARNAVAL KOSTUM DUNIA

JOB FAIR UM

FUNK COUSTIC

SAC-UM Job Fair 22 – 23 Oktober 2013, pukul 09.00 – 15.00 Gedung Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang.

Contest Shake your mind funk coustic, Dj perform, pada 26 Oktober 2013 di Siluet cafe.

Festival Kampung Celaket akan menampilkan Kesenian Bali dan World Costume Carnival 26 Oktober 2013, lokasi di Kampung Celaket Kota Malang.

TECHNICAL MEETING LPI

DEKLARASI KORWIL ARTER

SAINT LOCO VS SID

Selasa (22/10) diadakan Technical Meeting ™ Liga Pendidikan Indonesia tingkat Nasional di kantor Pengcab PSSI Kota Malang.

Selasa, 22 Oktober 2013, Suporter Arema Indonesia, Aremania menggelar deklarasi korwil baru, yakni korwil Arter Arek Terminal Landungsari.

ProMildTour w/ Saint Loco dan SID, pada 26 Oktober, di Lapangan Rampal pukul 19.00 WIB.

SMARIHASTA SPARKLING NIGHT

Araya Family Fun Day 2013 di gelar di Plaza Araya Malang pada 8-10 November 2013. Beragam lomba digelar, mulai foto keluarga, foto anak dan adu bakat keluarga.

PENTAS KENTRUNG

SEMINAR SAVING ENERGI

UKM Blero UM akan menggelar Pentas Kentrung dan Operet (PKO) pada 31 Oktober 2013. Acara akan digelar di Graha Cakrawala start pukul 19.00 WIB. Menghadirkan tampilan kentrung kreasi, operet dan musik kontemporer.

Kamis 24 Oktober 2013, Fakultas Teknik UB menggelar seminar Saving Energy. Kepanitiaan dihandel oleh Jurusan Mesin UB. Acara digelar mulai pukul 08.00 WIB.

PILKADES ORO-ORO DOWO

KARNAVAL SASTRA

Pemilihan Kepala Desa Oro-oro Ombo Kota Batu akan digelar pada Senin, pada 4 November 2013.

TEMU KANGEN DIMPA UMM

Coming Soon! Karnaval Sastra 2013 “Festival Perkusi”, Nov,10 @ Taman D7-D8 Fakultas Sastra UM

SEMINAR PROPERTY STIE INDOCAKTI Kamis 24 Oktober, STIE Indocakti menggelar seminar property di eDotel SMKN 3 Malang Jalan Surabaya. Acara digelar mulai pukul 14.00-18.00 WIB.

DETEKSI BAND COMPETITION Honda Deteksi Band Competition 2K13 dimulai: 24-27 Oktober 2013, di Malang Olympic Garden (MOG)

Mengundang saudara-saudara dalam Temu Kangen Tri Dasa Warsa Divisi Mahasiswa Pecinta Alam (DIMPA) Universitas Muhammadiyah Malang. Pelaksanaan hari Sabtu-Minggu tanggal 19-20 Oktober 2013, mulai pukul 16.00 WIB – selesai. Bertempat di homestay Kampung Wisata Temas Kecamatan Batu Kota Batu.

PELANTIKAN TIGA KADES

PILKADES GUBUGKLAKAH

Bupati Malang Rendra Kresna akan melantik tiga kepala desa di Kecamatan Tumpang, yaitu Ngingit, Pulungdowo dan Tumpang, pada Rabu, 23 Oktober 2013. Bupati Malang Rendra Kresna juga akan mengunjungi sumber air Sumberpitu Kecamatan Tumpang.

Pemasangan baner kegiatan Pemilihan Kepala Desa Gubugklakah oleh panitia Pilkades dan Karang Taruna Desa Gubuglakah. Pelaksanaan Pilkades digelar 25 November mendatang.

KARNAVAL KELURAHAN PESANGGRAHAN

SOSIALISASI PENCEGAHAN LONGSOR

Karnaval Kelurahan Pesanggrahan Kota Batu akan dilaksanakan pada Rabu, 23 Oktober 2013. Acara akan berlangsung seru dan menarik. Karena peserta akan menampilkan karya-karya heboh.

BPBD Kota Batu menggelar Sosialisasi Pencegahan longsor di Dusun Brau Desa Gunungsari Kota Batu pada Sabtu dan Minggu (27-28/10).

GRAND FINAL KAKANG MBAKYU

PAGELARAN HUKUM INDONESIA

Minggu, 27 oktober 2013 Grand Final Kakang Mbakyu Kota Malang 2013 di Graha Cakrawala UM. Menjadi babak puncak ajang duta pariwisata Kota Malang yang setiap tahun diagendakan. Juara akan mengemban misi sebagai duta wisata Kota Malang hingga setahun ke depan dan tampil di event Raka Raki Jawa Timur.

Pagelaran Hukum Indonesia “Revitalisasi Gerakan Mahasiswa Menuju Bangsa Madani dan Berjiwa Nasionalisme”. 25 Oktober @Gazebo UB. Menghadirkan Sudjiwo Tejo, Arswendo Atmowiloto, Permadi SH, Rudolf Puspa, Sammy Stand Up Comedy Indonesia, Teater Ronggowarsito

BULAN BAHASA UM HMJ Sastra Indonesia UM menggelar kegiatan Bulan Bahasa dan Sastra pada 30 Oktober - 1 November 2013. Kegiatan Nasional dan Regional Jatim ini digelar dengan beberapa format, yakni Seminar Nasional Pendidikan dan Bahasa Indonesia, Lomba Pidato Bahasa Jawa Tingkat SMP se- Jawa Timur, Lomba Video Dokumenter: Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia, Lomba Adu Cinta Bahasa Indonesia Tingkat SMA se- Jawa Timur, Festival Teater, Festival Adu Sastra (FESDUSA).

8

SMAN 8 Present KSSH 26, Smarihasta Sparkling Night pada Sabtu, 26 Oktober mulai 15.00 WIB di Dome UMM. Guest Star RAN.

KEJURNAS MALANG OPEN 5 FORKI Kota Malang menggelar even tahunan Kota Malang yang diikuti oleh atlet-atlet karate yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Kejurnas akan dilaksanakan pada 15-17 November 2013 di GOR Ken Arok Malang.

FOOD FESTIVAL October Food Festival, 21 Oktober di Grand Hall Matos, Bento Class, Cup Cake Makeover, Cooking Shof by Chef Lucky

SENAM BERSAMA JABUNG Latihan senam bersama tim TP-PKK Kecamatan Jabung di halaman Pendopo Kecamatan Jabung, hari Rabu (23/10) nanti.

BIA 2013 The 3rd Brawijaya’s International Agriculture (BIA) on 2013 akan diisi dengan serangkaian kegiatan meliputi: International conference, Expo, dan Fieldtrip. Kegiatan ini menggabungkan 4 aspek pembelajaran Agrokompleks di UB yaitu Pertanian, Perikanan dan Kelautan, Peternakan, serta Teknologi pangan. 30 Nov Seminar’s by keynote speaker, 1 Des International Conference and Expo), 2 Des Fieldtrip.

PAMERAN PENDIDIKAN AUSTRALIA Pameran pendidikan Australia 2013 lokasi Hotel Santika dilaksanakan Rabu 23 Oktober 2013 mulai 13.30 -18.00 WIB.

CASUAL IN ACTION Event Casual in Action, Minggu 27 Oktober 2013, Lomba menyanyi kategori Anak dan Remaja, foto model, foto kalender.

PAMERAN GADGET PLAZA DIENG Pameran Gadget dan Laptop, tema Pasukan Berani Murah di Hall Plaza Dieng Malang dari On Production berlangsung sampai tgl 27 Oktober. Terdapat Lomba Fotografi Berhadiah Total Rp 2,5 juta, pendaftaran Rp 30 ribu.

KIDZ GLOWING 2013 Dalam rangka Dies Natalis FIA UB ke 53 pada tanggal 13-14 November 2013 akan dilangsungkan acara Kidz Glowing 2013. Acara ini akan menjadi saksi sejarah siapa yang akan menjadi pemenang dari National English Olympic 2013 kidz glowing 2013.

DZIKIR AKBAR Dzikir Akbar Majelis Maulidurrosul Muhammad SAW bersama Jamaah Al Hikmah bertempat di Jalan Panglima Sudirman Kota Batu pada Sabtu, 26 Oktober 2013.

KOMET XIII 2013 UIN Himpunan Mahasiswa Jurusan Matematika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengadakan acara Kompetisi Matematika (KOMET) XIII 2013 Tingkat SMA dan Sederajat Se- Jawa dan Bali. Kegiatan Kompetisi Matematika 2013 Tingkat SMA dan yang Sederajat Se Jawa dan Bali digelar pada 3 November 2013 untuk babak I (penyisihan I dan penyisihan II) di distrik masing-masing. Semifinal dan final 17 November 2013. REDAKTUR: HALIM, LAYOUTER: OLIS


9

SENIN, 21 OKTOBER 2013 MALANG

• SUZUKI •

RUMAH

RUPA-RUPA

RUPA-RUPA

KULINER

TOUR & TRAVEL

MOBIL - MOTOR

JUAL Suzuki Esteem 1.3 Th 96 Plat L a/n sndri Merah Metalik hrg 46 jt nego 081390454277

RMH DIJUAL 6x16m2 lt 2 KT 5 KM2 SHM PLN PDAM hrg 120jt HUb. Bp. Yusuf Tlp. 085259056313 Kebonagung

CAMILAN Khan Batu “TIGA DARA” menyediakan kripik kentang. Melayani grosir dan eceran. Harga bersaing. Hub. Jl Diponegoro 76 Batu. Tlp 0341-5418108

(PRATAMA AHLI SEDOT WC ) melayani sedot wc got buntu dll. Jl. Dirgantara VI B XI no.23 sawojajar mlg tlp.03417647878/7630312 hr libur tetep buka.

WARUNG ENGON menyediakan spesialis SATE ,GULE MADURA juga menerima AQIQOH Jl.LA. Sucipto 36 malang hub.HUDA (081945729566)

BL-19/10

DICARI alat second. Perkan toran & mixer, Video, Per alatan Shooting Video. hub: 081803830045

ANGKASA RENT CAR melayani sewa mbl: APV Arena, Xenia, Avanza, Kijang LGX, Mercy pengantin, Grand max, Grand Livina. Travel Mlg-Juanda/ Perak/ Srbya. Carter sgl jursn. telp/Hp: 0341-7324064/ 081 55373516/ 0819318 71298

PT. BFI FINANCE (0341475400). Penawaran atas unit = Reo 2009, Mio Sporty 2010, Astrea Legenda 2010, Crry 1.5 Pv Box 2006, Carry 1.5 Pv Box 2008(3 unit), Carry Futura 6X 1.5 MT.2008(2 unit), Xenia XL Deluxe +VVTI 1.3 MT.2011, Daihatsu Neo Zebra 1.3 Toyota Vios G 1.5 MT.2005, Espass 1.6 MT.1999, Daihatsu Taruna Csx RFI 1.5 2000

BL-30/10

GRATIS Konsultasi kredit /tunai, Mobil baru Suzuki HUb. Hai 2374008/ 085239073708 BG-30/10

BG-16/10

“PROMO SPLASH DP 25JT/PU, DP 15JT/APV, DP 33JT/ERTIGA, DP 45JT Hub. 2888236/087759798877

DIJUAL KIA VISTO N’2001 hitam, mesin, bagus,mulus,harga NEGO. Hub.081334512426. Perum Puri Indah triple O Blok K3 No.25 Beji-Batu

READY Stock Ertiga GA GL 8 GX Manual 8 Matik DP. 52 jt -an Bisa Tenor 5th 082141959999/9568253

BG-29/10

BG-2/11

BG-28/10

HONDA revo absolute um800 angsr 300rb an kondisi ok, brg terbatas hub.081231774417-7728007

SUZUKI FUTURA GRV TH.2000 TLP:0341(2810547) 081233126916

BG-19/9

AIRLANGGA mbl mlg Jl. Danau Toba Raya E 1-27 (0341) 7557181-0811362010. Jual Beli Tukar Tambah mobil bekas Cash & Kredit www.kapanlagi.com BG-29/12

ISUZU DIJUAL mobil panter HiGrade 1995 warna biru Bu hub.081253743162 BL-21/10

BL-27/10

•HONDA• DIJUAL H.MAESTRO’92 PGMFI Istimewa 43JT Nego Tipis U/ ONH Hub.085790978974 Pajak Masih Lama Mlg Asli. BG-20/11

DIJUAL Honda Accord.Thn’85 Warna Merah, N.Kota, Ac, Power Window, Power Staring, Interior Ori, Central Lock, Alarm, Harga 28Jt. Hub: 081937986494. Jl.Panji Suroso no.8E. BG-30/10

DAIHATSU BIG SALE “XENIA DP 18JT, Terios 20jt, GM PU , MB 16jt, LUXIO 23jt, HUB. 082131930990/9572750 BG-6/10

VARIASI MOBIL ALRM 275rb, central lock 200rb, kaca film 200rb, DVD/USB/MP3 775rb, audio 1,2 jt, cover jok 575rb, Jl. Veteran 17 / Hub.0341-7020502/7750675

JUAL CHARADE CLASY’94 HITAM FULL HG 42 JT Siap Pakai Hub. 085732310559 / 085815481695 BL-28/10

MITSUBISHI PROMO Mitsubishi diskon super besar. Pajero, Outlander, Mirage & Colt diesel hub.Anna 081233709181-085777621788 BG-01/11

GEBYAR Promo Lebaran Pajero, Outlander, Mirage, Discount s/d 25jt free: KC, S. Visor, Bumper 081235146235/5186696 BG-10/10

DIJUAL cpt mbl Mitsubishi L300 Ctitzen th86 Indonesia Jaya Istimewa, N Kab, Hrg 42,5jt Hub: 081333452872 BG-30/10

NISSAN DIJUAL OPER KREDIT GRAND LIVINA Thn 2012 Warna Putih sdh 18x angsuran sisa 30x Minta 50 Juta. Hub Jl. Bondowoso 1B 081334614154 BG-30/10

TOYOTA JUAL :ELF 2005 wrn:oranye hrg 210 nego, 2007 wrn:putih hrg:245 nego body Edi Putro AC,audio,tv, hub.081945555402,0341-7720803 BG-12/11

DIJUAL cepat kijang grand extra’96 plat N,long nusa,double blower,power window,71 juta nego 081333378555 BG-11/11

KIJANG NUSA’94 , AC, TAPE, RC BAGUS. Hub. 081 233 086 801, 0341-7346127 Jl.Mondoroko I/42 Singosari mlg. BG-5/11

JUAL KIJANG,94,bi ru,Ac,Tp,Pajak br,Asli N.Harga nego.Hub. Jl.Bayam Asabri Bumiayu Indah C 14,T.085645078877/751569 BG-30/10

DIJUAL terios thn 2007 wrn hitam hub:7780727, 082143503013

BG-21/9

TANAH JUAL cpt tanah ada bangunanya dkt campus baik utk kos Lt ± 175 m Lb. ± 42,5 m dlm gang tlp 085235085068 BG-18/11

J.TNH Sawojajar Gg 21 (dkt terusan sulfat dan sawojajar mas) Ls.139 m2 SHM. 185 jt Nego hub.0341-724435/081233081622 BG-18/11

DIJUAL TANAH: LUAS 693m2 SHM Jl. Raya Abd. Saleh, dekat Bandara. Hub. 081352978588 BL-7/10

TOKO DIJUAL : RMH + TOKO 7 ×18m SHM JL.RY SUMBER PASIR – PAKIS DKT.POM BENSIN 350 JT. HUB. 087859444129 BG-18/10

KOST DIKONTRAKAN “PERUM TIRTASANI” PELANGI BLOK M2 NO.6 Lt. 105M2 TIPE 47 KARANGPLOSO MIN.3THN HUB. 082139529736 BG-7/10

DIJUAL mbl Toyota twin cim thn’88 Wrn Putih’Hub: 08123399874 .Pak Sa nto

BG-19/11

DJL rmh dan tnh 1370 m2. kyai Tambak Deres. Sby. Hub. 081916492079/085755130040

ASHAFA Bodymist Aromaterapi ada 18 aroma. Hrga grosir Jl. Kyai Tamin I/9 Hub. 081933011366/ 083114210902/ BB.332FF78D

BG-31/10

DIJUAL Rumah tipe 47. Luas tanah 105 m2. Alamat Perum Tirtasani Blok M2 no.6. Karangploso Malang Hub: 082139529736 BG-29/10

DIJUAL rmh Bandulan atas T.36 hrg:120jt anda ajak pembeli kami beri komisi 5jt. Hub: 0818050 1147081945334462 BG-11/10

RUMAH mrh yg lain 200jt, kami 120jt T.36/61 lks.Bandulan bonus TV-LCD tlp. 08180501147/085746571600 BG-11/10

DIKONTRAKKAN Rmh 3KT 2 KM 2200W TLP AC 2 UNIT Grasi water Heater Prbt, 085755538358/ 085239669963 BL-22/10

DIJUAL rmh Prum Mas Bumi Indah Blok F30D Jedong Mlg shm : kt2 km 1 L : 12 m2. Hub : 081555838552 (P. Antok). Hrg : 135jt, nego BG-8/10

KEHILANGAN STNK STNK spd mtr Honda’06 N-6472 -CJ noka:MH1JB51136K742578 nosin:E-2024825-J a/n BOEDYA DJATMIKA, Drs, ST, MT. d/a Jl. Klayatan III/25 Rt 10/02 Mlg BL-20/10

BERKAS SERTIFIKAT SHM No.458/2002 a/n: MAKHRUS SHOLEH Luas Tanah 232m² Lokasi: Kecamatan Turen, Kelurahan Talang Suko, Kabupaten Malang. Telah hilang sertifikat tersebut diatas, mohon bagi yang menemukan harap menghubungi Bpk MAKHRUS SHOLEH Tlp. 081334423004 / 03417043322 BL-20/10

LOWONGAN BPK/Ibu/Sar yang ingin penghasilan nyata Hub.Kris Dewi 081944825463 DIBUTUHKAN sgra sopir valley Jl.Sriwijaya1-9 Mlg hub.GWR 507 (0341) 7558248/081333496836 BL-20/10

DCR sopir & Ops Min SMA 20-30th sim A B1 Pnglmn lam esl Hasyim Asyari 20 Mlg Tlp. 362030 BL-19/10

DIBUTUHKAN sgra Capster p/w Bayu Salon Jl.Puncak Mandala 44E Tidar (0341) 553581

BG-21/11

DIJUAL TP Rumah T300/B 145 SHM PLN PDAM Jl. D. Maninjau 35 HP. 0818 0501 3399 Azhar Saleh BG-27/ 11

RUMAH DIJUAL rmh murah lt:72m lb:72m Genengan Pakisaji, rt01 rw09 Hub Rodiyah 7568026

BG-26/9

BG-19/11

DJL INNOVA ’08 grey m/t rp 195jt siap pakai hub. 08123360893/081281070950

DJL rmh perum BMR SHM + IMB T.36 3KT, Renov Full fasilitas lgkp tingkat hrg nego hub:0341 9089500 / 085235170784

BG-22/10

BG-30/10

BG-23/10

DIKONTAKKAN Rumah Type 54 di Perum sumber wuni indah Blok A no 41 Lawang 8jt pertahun , Bisa pertiga bulan Hub.081219908512

BG-17/11

• SUZUKI • JUAL Suzuki Baleno matic 1.5 Th 2001 Plat Cantik sampai Desember akhir a/n sndri Hitam Metalik hrg 81 jt nego 08164291898

DIJUAL Rumah+toko L126m² SHM Jl.Raya Pakis Lok.Strategis dkt Pom bensin & sekolah cocok utk usaha Hub.087859444129

BL-22/ 10

BL-18/10

“PROMO SUZUKI DISCON SU PER BESAR” APV, Swift, Sx 4, Pick Up, DP & Angsran termurah Hub. 0341-7562297 BG-30/ 10

BG-19/11

KURSUS piano privat guru sabar, telaten, profesional, berpengalaman. Serius Hub 081937787292

PURI CEMPAKA PUTIH kwasan pemkot,pnddkn,Dpn terminal Hamid Rusdi,Tipe baru UM 9JT (Jamsostek) 754055/7025005/081945155552 BG-11/11

UD.AZIZ KUSUMA jual mcm2 pot bunga, air mancur, mainan les, gypsun, pilar dan pembuatan taman hub: Jl.Ry Pakisaji(sebl kantor kec pakisaji) Mlg 085649554292

JUAL RUMAH Jl.angrek blok A11 kepanjen 1km dr pasar kepanjen 1km dr pasar sumedang luas 85 hub.0881-9922112 NEGO

BG-17/11

DIKONTRAKKAN 1.Ruko tingkat cocok buat usaha Jl.Puntodewo no.3 Mlg lt.204m² lb: 230m² 2.Rumah lt.234m² Jl.Permadi no.12 Mlg hub. segera Ivan: 087884510184, Agus: 0341320358 / 082139500516

BL-30/10

AVANZA G 2009 HITAM N MLG Ko ta Perum Graha Kencana Seltan I/IIA Hub. 081333452767

BG-2/11

RUMAH

BG-21/10

TOYOTA

BG-18/10

DIKONTRAKKAN Perum Type 27 Renovasi + perabotan, lokasi belakang BNS, nego. Hub. 081334512426. Perum Puri Indah triple O Blok K3 No.25 Beji-Batu

BL-16/10

DCR ibu rmh tangga pensiunan/ PNS/Pendidikan min. SMA/ income 500rb s/d 5jt/bln SMS Rini 085755135500/0341-7716371 BG-16/12

RUPA-RUPA NIA Massage kebugaran dgn pelayanan ramah and sopan.Khusus panggilan ke Hotel Hub.081335039157 BG-17/11

PT. BFI FINANCE (0341475400). Penawaran atas unit = Reo 2009, Mio Sporty 2010, Astrea Legenda 2010, Crry 1.5 Pv Box 2006, Carry 1.5 Pv Box 2008(3 unit), Carry Futura 6X 1.5 MT.2008(2 unit), Xenia XL Deluxe +VVTI 1.3 MT.2011, Daihatsu Neo Zebra 1.3 Toyota Vios G 1.5 MT.2005, Espass 1.6 MT.1999, Daihatsu Taruna Csx RFI 1.5 2000 BL-16/10

TOKO “JUARA SPORT” jual alatalat olahraga harga bersaing, mutu berkualitas. Hub Jl. Diponegoro 62 TLP. 0341-7723930

BG-13/11

AKI SENTRAL 3 Menyediakan Aneka AKI MOBIL & SEPEDA MOTOR –Bergaransi Chek Kondisi Aki & tes Dinamo Isi GRATIS Jl.LA. Adi Sucipto 332A Blimbing telp.0341-8660952

BG-11/11

PLANET SERVICE.Service panggilan pendingin dan elektronik, AC, kulkas, m.cuci, dll. Hub.085334227002, 0341-7833840 BG-10/11

TOKO TANI Sejahtera Jl.Brakmojo Merjosari Kepanjen Tlp.0341392965, 0811366615.Menyediakan : Benih, pupuk, obat2an dll. BG-10/11

D’LUUK Boutique pusat grosir dan eceran tas pria dan wanita berkualitas, juga menyediakan aksesoris wanita lainnya dgn harga bersaing dapatkan potongan 10 % datang langsung ke ruko Cipto Jl.Cipto kav 17 Malang BG-9/11

BMC (Becam Medicine Center)pengobatan modern cara Nabi, menyediakan terapi: becam, hirudo, lintah, gurah dll.Jl.pepen dpn pom bensin Kepanjen Tlp: 0341-7060111, 085755181862, 085785062601 BG-10/11

JASA pembuatan rombong franchise, both, stan pameran, interior, kicten set,pagar,canopy DLL Hrg 1 juutaan hub.0341-2801809/081216550509 (Cr marketing) BG-4/11

JUAL beli+tukar tambah barang elektronik:Tv.Dvd led,Kulkas DLL. Jl.S.Supriadi 6/32 tlp:7021089/085649861563.

MP-JUAL: 2set rak supermarket . Harga nego. Mau pindah. Siapa cepat dapat. Hub 081217619000 MP-JUAL: JUAL JUS MENGKUDU DAN BUNGA ROSELLA UNGU UTK MENSTABILKAN PENYAKIT: TEKANAN DARAH,KOLESTEROL DLL.HUB: 081553034700(SMS).

MP-JUAL: JASA SPECIALIS PEMBUATAN BOTH, ROMBONG, GEROBAK FRANCHISE, STAND PAMERAN DLL HUB. 0341-2801809 / 081555992213 MP-jual: tanah bekas kebun apel,SHM,luas 3800m2,ds pandansari kec.poncokusumo harga 100jt nego.hub.085785768453 MP jual: rumah di perum.pondok mutiara pandanlandung blok D5-19.harga 50jt nego. hub.085785768453

ANDA BTH INTERIOR RMH, KNTR, HOTEL MLPTI: gorden, vitras, spending, wall paper, vertikal & horisontal Blind, karpet, kasa nyamuk, taplak meja, canopi tnpa di las (New Produk) Hub: GALERY GORDEN Jl. Ranugrati 33/sawo jajar 6358 666/726960 BG-26/10

MAHMUD CELL SERVICE HP. LAPTOP ASSESORIS,PULSA ELEKTRIK,PLN JL.KEBON AGUNG DPN DEPOT SONETA TLP. 0856093888608238080900 MALANG BG-7/10

DANA TUNAI BUTUH biaya sekolah Reno rumah/mudal usaha kami solusinya jaminan BPKB MTR/MBL dan SHM bisa to.hub.9157776 BG-6/11

BUTUH Dana cepat+trm gadai titipkan Laptop/HP/Kendaraan+BPKB Jl.Bendungan sutami 33B Sumbersari tlp. 0341-7359448 BG-3/11

BTH dana cpt? Prs mdh,syrt proposal perkebunan, property, pertambangan dll. SDAI jkt, Aryo 081210058489, dena 089651511978 BG-31/10

PENGOBATAN PENGOBATAN alternative pijat refleksi mngobati sgala sgala mcm pnyakit, stroke, darah tinggi, kanker dll Jl. Kbnsari 2 skun (dpn Gg. salak) T. 03414333882 BG-24/12

BL-29/10

WWW.RDV MALANG.COM TERIMA JASA RANCANG & BANGUN EXTERIOR-INTERIOR HUB.0817535712/0341-7744022 BL-6/10

PT. BFI FINANCE (0341475400). Penawaran atas unit: MioCW cakram,2009.ega ZR,2010.Mio cakram,2004.New Fit S,2007.New Supra fit,2006.New supra fit S,2007. Beat,2010.Beat,2012.Colt diesel L300 2.5 PU,2010.Colt diesel L300 2.5PU.Carry box 1.5PU,2009 BG-25/10

BUTUH biaya sekolah,reno rumah/ modal usaha. Kami solusinya. Jaminan BPKB mtr/mbl & SHM bisa TO hub. tlp. 9363696 BG-30/10

JUAL garam,per 1 ton rp.1.200. 000,- diantar hub.081554324458 BG-25/9

PRAYOGO AHLI SEDOT WC GOT BUNTU & mslh lain mengenai saluran pmbuangn limbah Rmh tangga Hub. Jl. Kebonsari 7 Telp. (0341) 802826 . 9443937

BG-30/10

MP-CARI

MP- cari : kontrakan rumah di mergan dsktr max 2,5jt/th +6288805510003

MP-cari : motor 4tak plat N hrg <7jt ato mtr grobak roda 3 gardan knds baik pmilik sndri tdk makelar hub 9101651

MP-Cari : kary. Laki-laki untuk sales kue&frozen food plus mini kafe , py kendaraan sndiri, jujur, niat, bkrja, lulusan smp, hub 085759053312 (sms only)

MP-CARI: TENAGA LAS, NGECAT DUCO, PERKAYUAN INTERIOR, ALMUNIUM KUSEN, KONTRUKSI, BANGUNAN, SERABUTAN. FASILITAS : GAJI, UM, UT, HUB. CV. LINTANG ABADI JL. RAYA KASIN 170 AMPELDENTO KARANGPLOSO TELP. 0341-2801809 / 081555992213 MP-CARI : kary laki-laki untuk tenaga serabutan bengkel kulkas lulusan apa saja jujur, ulet,niat bkerja kirim lmaran ke jl.s.supriadi 17 kebonsari rt 1 rw 1 sukun malang telp 806886, 7050574 MP-CARI: segera supir sim A berpengalaman minimal satu tahun,usia mak 35 tahun berminat hub: bpk nana sujana di no: 08563334276 0341-9875462.

BG-12/11

KING’S BAKSO&JUICE menerima pesanan Kuah Segar Anti Lemak & Dijamin 100% halal Jl.Raya La.Sucipto 214 Malang hub.(0341-2828955) BG-12/11

BAKSO CAK TOHA Menerima Pesanan Campur dan Istimewa 100% Halal. Jl.LA Sucipto Timur SD Pandanwangi 1 Malang telp.087859996347 BG-12/11

MERY’S BAKERY & CAFÉ menerima Pesanan Roti, Donut, tart, Spiccu, DLL Jl.LA.Sucipto No.339 Depan SDN Pandanwangi 1 telp.03419552483/087852501110 BG-12/11

WARUNG KARTINI : mnrm pesanan : nasi kotak, tumpeng, prasmanan juga melayani rias pengantin Jl.Galimbar Kepanjen Tlp : 0341-7305477 BG-10/11

BG-1/11

BL-19/11

MP-jual : rmh 2 lantai 150 jt jedong wagir??hub no +6285607967804

BG-26/10

SERVIS

SEGERA! Prminiaga ce, trampil, kreatif, lmrn &CV&Rmh kado jl.gajayana 107A mlg.

BL-25/10

MP-Jual: Baglog jamur tiram putih kondisi siap panen, tanpa resiko gagal krn kontaminasi. Hub. 081333102295

AERRO LAUNDRY spesialis cuci sofa, springbed, kursi kantor, karpet, karpet permanen, gordyn, jok mobil, obras karpet dll siap dtg ketempat anda 24 jam non stop hari lbr ttp bka mlyani hotel, kantor, & perumahan Juga mlyni laundry kiloan hub. 03417077 376/736 7077/ 085646604841 ruko sulfat boulevard kav. I

BG-4/11

MEBEL Nusantara menerima cash & kredit kursi, sofa, almari, sping bed dan segala peralatan rumah tangga. Hub Jl. Agus Salim No. 18-20 Batu. Tlp. 0341-592444

MP - JUAL : jual kartu chip penghemat pulsa 185rb & cairan penghemat BBM 45rb + pulsa 5rb. Minat hub Vina 085646334272

BG-26/10

Terima OKS cetak offset CS Brosur, buku, kards mkanan, etiket wrn dll. Hub. PERC. Merpati Mas Jl. S. Supriadi 57B telp. 362978

DI JUAL RMH JL.ACALIPA NO 1 KEDAWUNG SHM TNH 299/250 KM 7 SIAP UNT KOS2AN HRG 1,5 M NEGO HUB.087788564762

MP-JUAL: rmh dikalimosodo,2 lantai,luas tnh 210m2,luas bngunan 290m2,kmr tdr 6,kmr mandi 4(water heather),kmr pmbntu,garasi 2,r.tamu,r. klrg,balkon&tmpt jemuran HRG 1,2M nego hub 085608766656

BG-26/10

BERKAH JAYA AC, service AC mobil/split, kulkas, m-cuci, wtr heater, dll. 03415334555 / 5430 345 Jl. Cengger Ayam 30A

BG-4/11

BG-6/10

MP-jual: Mobil Bimantara thn97 istimewa hrg 45jt,hup.081334160423

PASANG parabola gratis indovision/topytv/okvision di scpparabola rukokaranglomega kav.3 0341456222/456333

DICARI ,Laptop,LED,LCD,BB,T,PS2.Telp.08885443336 Pin. BB 314CF4A4

ATOM clinic handphone service semua jenis HP, hardware dan software Jl. Bendungan Sutami No. 6 Sumber sari (depan kampus UMM II) telp: 0341 579998 Pin: 268BD5B7

MP-JUAL: Jual ayam kate sepasang pejantan kluruk kencang banget, ekornya pnjang malek bagus warna ptih& kuning harga 150rb/ bs tukar sm burung. hub03413167167

BG-31/9

BG-12/11

PP PRIMA PERMATA melayani pemasangan & jual bhn plafon gypsum + atap baja ringan &dinding peredam Jl.Raya Genengan 272 Tlp 0341-806234 Pakisaji Malang.

BL-19/10

MP JUAL

BG-20/10

MP-CARI:Sales counter cwek. diutmkan bsa desain.SMU/SMK jujur,rajin dom malang. 6276787 no SMS MP-CARI: ADMINISTRASI, DATANG LANGSUNG KE JL, B.S. RIYADI ORO ORO DOWO 176 FASILITAS : GAJI MP-Cari : percetakan mencari banyak tenaga muda smk grafika, hubungi 083842210571 www.bungbungshop.com MP-CARI : office boy sls cv tenaga kirim p atauwnt pengalaman kerja bawalamaran langsung pt trio indah sukses jl perunggu utara q5 perumahan purwantorojamkerja0900sd 16 00senin sdjumat langsung intervicw +6285755784957

DEPOT MANINJAU sedia masakan Jawa & madura mnrima psnn nasi Bungkus, rantang, kotak, kuning, tumpeng. Buka setiap hari mulai 05.30. Jl. Danau Maninjau No. 91/ 711842 BG-31/11

TOUR & TRAVEL “BOROBUDUR TRANS” “Penjor” = mlg-dps PP “Buana”= mlg-blt, TL Agung Trenggalek PP “Surya”= mlg-jember PP346966/ 359155/ 7751155 BG-30/10

BG-31/10

STASIUN TIKET. Solusi Penjual tiket transportasi dengan harga termurah dan pengiriman paket kilat se-Indonesia. Hub: Jl. Tru nojoyo 46 F-1 Malang. Telp 0341-322777. website: www. stasiun tiket .com BG-29/10

WWW.AIRLANGGARENTCAR. COM (0341-716458/7056458-081838 6458) menyewakan mobil pngan tin, tamu VIP dan travel mlg-sby/juanda(PP), dgn driver pengalaman, sabar,tepat waktu, & tdk merokok, Alphard, Velfire, Camry, Mercy, Altis, Fortuner, Innova, Avanza, Xenia, Dll. Jl. Danau Toba E1-27 Mlg Hotline: 081 730 1000 BG-26/10

PIJAT “MILENIUM MASSAGE” dgn tenaga wanita muda professional khusus panggi lan ke hotel Hub.085774410568 BG-16/10

KOMPUTER CENTRA COMPUTER –TOSHIBA-LENOVO-ASUS- Spesialist Store Toshiba N at kasir, Finger Print paling murah kualitas ter jamin..!!! ISI TONER Mulai 55rb, bisa Infus GRATIS, Ambil antar service. Hub. Jl. Panjaitan 111 Mlg telp. 5765939037898 BG-31/10

SURYA TOUR & TRAVEL PUSAT NYA TRAVEL SGL JURUSAN Melayani Bis mlm, Pswt, Kapal laut, Carter mbl, pkt ke sgl jurusan. Jl. Trunojoyo 10 E telp. 0341-354117. Website: www. surya travel. com.

KOMPUTER PUSAT GROSIR & SERVICE LAPTOP &PRIN TER Printer : IP2770 Lkp infuse 459rb, Mp287 Lkp infus 659rb, T13= 615rb, BISA INFUS GRATIS Lap top : Acer AOD270 Dualcore 2,5jt-an, Compaq CQ43 3,4jt-an disini semua plg MURAH dan plg berkualitas, CEEK..!! Hub : Jl. Galunggung No.91Mlg Telp. 558440-9634440 Hp. 085735 607111-0821 31475761

BG-29/10

BG-23/10

HARLIN travel antar jemput malang-denpasar,carter paket telp 0857 9353 2977-03418441677 BG-2/10


SENIN, 21 OKTOBER 2013

Persema Jr

Kalahkan PS Nusaina MALANG–Persema Jr melakukan pertandingan uji coba dengan Nusaina FC di Stadion Gajayana Malang, Minggu (20/10) kemarin. Dalam pertandingan itu, Persema Jr berhasil membantai tamunya dengan skor 4-1. Laga tersebut dilaksanakan dalam rangka persiapan kedua tim dalam menghadapi even yang akan diikuti. Persema Jr tengah mempersiapkan diri menghadapi Liga Remaja Piala Suratin awal November mendatang. Sedangkan Nusaina akan melakoni tur ke Itali Desember mendatang. Dalam pertandingan tersebut, Persema Jr yang ditangani pelatih Amin Zakaria bermain menyerang sejak menit-menit awal pertandingan. Tim berkostum biru-biru itu tak segan-segan menggempur pertahanan Nusaina yang turut diperkuat dua pemain Timnas U-19 yang menjuarai Piala AFF U-19 beberapa waktu lalu, Alqomar Tehupelasury danIrfandy Al Zubeidy. Usaha Persema Jr baru berbuah gol di menit 20 melalui tendangan penalti. Ciputra Ari sukses menjadi algojo dan membuka skor menjadi 1-0 untuk Persema Jr. Nusaina bukan tanpa perlawanan. Tim asal Maluku Utara itu beberapa kali melakukan serangan balik. Namun kokohnya pertahanan Persema Jr belum mampu ditembus tim berkostum putih itu. Pertandingan menjadi seru dan ketat. Serangan semi serangan dilancarkan kedua tim. Namun hingga turun minum, skor 1-0 untuk Persema Jr. Di babak kedua Persema Jr kembali menguasai kalangan. Gol cepat terjadi di menit 48 melalui aksi

individu Arsyad Yusgiantoro sekaligus menambah keunggulan menjadi 2-0. Nusaina sebenarnya mendapat kesempatan mengejar ketertinggalan melalui penalti di menit 53, namun eksekusi yang dilakukan gagal dimanfaatkan. Arsyad Yusgiantoro kembali mencatatkan namanya di papan skor setelah mencetak gol lagi dengan sundulannya. Gol terakhir Persema Jr lagi-lagi tercipta melalui sundulan. Kali ini kepala Andika Agraprana sukses melesakkan bola ke gawang Nusaina sekaligus mengubah skor menjadi 4-0 untuk Persema. Gol penghibur Nusaina dicetak Pemain Timnas U-19, Irfandy Al Zubeidy melalui tendangan bebas di menit 90. Pemain nomor 17 itu sekaligus menutup pertandingan dengan skor 4-1 untuk kemenangan Persema Jr. Menanggapi hasil ini, Pelatih Persema Jr Amin Zakaria mengaku bangga atas hasil yang ditorehkan anak asuhnya. “Sangat bangga, mengingat level usia lawan diatas pemain kita,” ujarnya kepada malang Post ketika ditemui usai pertandingan. Dia menyatakan, masih ada beberapa hal yang harus dievaluasi untuk kedepannya. “Finishing dan passing masih ada kelemahan,” tuturnya. “Nanti ada pengurangan beberapa pemain, cuma pemain yang siap yang akan masuk skuad di piala suratin,” lanjutnya. Sementara itu penasehat tim Nusaina, Aji Lestaluhu mengakui konsentrasi timnya masih kurang bagus. “Permainan hari ini menarik, sayang anak-anak kurang fokus,” ujar pria asal Ambon itu kepada Malang Post. (mg11/jon)

Guest Gesang /MALANG POST

Festival Akademi Arema

Tambah Frekuensi Pertandingan

Porlis dan Nusantara Jawara MALANG–Piala Wali Kota yang digelar sejak 13 Oktober lalu menemui partai puncaknya Minggu (20/10) kemarin. Dalam partai pamungkas yang digelar di Lapangan Klabang, Porlis tambil sebagai juara U-14. Posisi runner up diduduki Puma setelah kalah adu penalti di final. Sedangkan juara tiga dan empat masing-masing diraih Akorta dan Alap-Alap. Sementara itu, untuk kelompok U-11, Nusantara tampil sebagai juara setelah mengalahkan PS Naga Mas di partai final. Dengan demikian Naga Mas harus puas di posisi runner up. Sedangkan Porto dan Boca Junior masing-masing berada di posisi tiga dan empat. Pada pertandingan puncak, Porlis sempat tertinggal terlebih dahulu pada babak pertama. Gol pemain nomor 7 melalui tendangan jarak jauh membuka skor dan mengubah kedudukan menjadi 1-0 untuk Puma. Tim berkostum hitam-hitam itu relatif menguasai pertandingan babak pertama. Alhasil, hingga turun minum skor 1-0 untuk Puma bertahan. Di babak kedua Porlis mulai bangkit. Terbukti dengan berkali-kali melancarkan serangan ke barisan pertahanan Puma. Usaha tim besutan Purwo Endi Artono itu baru berbuah manis di menit 30 melalui tendangan keras pemain nomor 9. Kedudukan berubah menjadi 1-1 dan bertahan hingga 2 kali 20 menit waktu normal. Hasil imbang ini membuat pertandingan harus dilanjutkan dengan adu pinalti. Dalam adu penalti itu Porlis

berhasil unggul 4-2 atas Puma sekaligus menobatkan tim berkostum merah-merah itu menjadi jawara Piala Wali Kota U-14. Menanggapi hasil ini, pelatih Porlis Purwo Endi Artono mengaku puas atas hasil yang diraih anak asuhnya. “Anak-anak berjuang keras. Kita sempat tertinggal tapi anak-anak tidak menyerah,” katanya kepada Malang Post ketika ditemui usai pertandingan. Hal senada diungkapkan Manajer Porlis Supono. “Kita bangga Porlis juara. Karena ini memang tim bagus dan layak juara. Ada beberapa pemain yang tergabung dalam Banteng Muda yang pernah ke Swedia,” kata Supono. Dengan berakhirnya partai final, maka berakhir pula Piala Wali Kota tahun ini. Even tersebut ditutup oleh sambutan Sekretaris Dispora Atus Bakhtiar, mewakili Wali Kota Malang yang berhalangan hadir. Atas suksesnya even ini, Sekretaris Umum Pengcab PSSI Kota Malang Haris Thofly menyatakan banyak pemain-pemain hebat yang bermunculan. “Kita akan rekrut dan bina mereka yang menonjol,” kata Haris kepada Malang Post. Menurutnya, Pengcab PSSI Kota Malang sudah menyiapkan sarana pra sarana yang dibutuhkan untuk pembinaan. Waktu jangka panjang juga akan dipersiapkan. “Nantinya yang usia 11 akan kita proyeksikan ke Grass Root Gothia di Swedia dan Danone Cup mendatang. Sedangkan yang usia 14 akan disiapkan untuk Manchaster United Premier Cup,” imbuhnya. (mg11/jon)

Sambungan dari Halaman 12

Hal itu mempengaruhi prestasi timnas sepakbola wanita, baik di level ASEAN maupun Asia. Tak pernah ada trofi maupun medali yang bisa dimenangkan oleh julukan timnas sepakbola wanita Indonesia. Putri Garuda, julukan timnas sepakbola wanita Indonesia, hampir tak pernah berpartisipasi dalam kualifikasi Piala Dunia. Jangankan di level dunia, timnas sepakbola wanita tidak aktif berpartisipasi dalam even level Asia, Piala AFC sepakbola wanita. Kiprah timnas wanita hanya tersiar di level ASEAN. Kali terakhir, timnas wanita ikut dalam kejuaraan sepakbola ASEAN tahun 2008, saat dibesut mantan pelatih Persema Malang, Timo Scheunemann. Mirisnya, timnas wanita bahkan tak lolos putaran pertama. Nihilnya prestasi dari timnas wanita tak lepas dari minimnya pesepakbola wanita yang potensial dan memiliki bekal jam terbang profesional. Padahal, RD meyakini bahwa Indonesia bisa mencetak pemain sepakbola wanita yang bisa berbicara banyak di level dunia. ”Saya meyakini, sepakbola wanita di Indonesia bisa bangkit. Tapi membutuhkan kerjasama seluruh komunitas besar sepakbola Indonesia,” tegas pelatih asal Metro Lampung ini. Selain tak memiliki atlet sepakbola wanita yang mencolok, tidak ada liga maupun kompetisi yang mewadahi para atlet sepakbola wanita. Sebab, perhatian publik dan stakeholder sepakbola hanya tertuju pada sepakbola lakilaki saja. Tak heran, wacana pembinaan sepakbola wanita di level akademi klub seperti tak signifikan. Masyarakat sepakbola Indonesia masih tabu untuk mewacanakan kompetisi dan pembibitan pesepakbola profesional dari kaum hawa. Sebaliknya, negara-negara sepakbola Asia sejatinya sangat memandang penting perkembangan sepakbola wanita. Negeri sakura Jepang yang meraih Piala Dunia sepakbola wanita tahun 2011, adalah contoh negara yang menuai buah prestasi yang sangat manis, setelah bertahun-tahun mengembangkan sepakbola wanita. ”Ya kita tahu sepakbola wanita masih tabu dan jauh levelnya ketimbang sepakbola laki-laki. Tapi, itu tak menyurutkan niat Arema dan Akademi Arema untuk mengembangkan sepakbola wanita di Indonesia, khususnya di Akademi Arema,” tegas pelatih berlisensi A AFC tersebut. Media Officer Arema, Sudarmaji sendiri menyebut, Akademi Arema sangat mengharapkan ada siswi-siswi atlet perempuan yang bisa mendaftar ke akademi Singo Edan. ”Kita mengharapkan ada siswi akademi, karena di luar negeri perkembangannya sudah sangat pesat. Akademi Arema juga ingin ikut pergerakan sepakbola wanita,” kata Sudarmaji ketika dikonfirmasi Malang Post. Mantan wartawan ini menyebut, Akademi Arema sangat terbuka dan siap bila ada siswi yang berharap mengikuti pembinaan sepakbola. ”Semoga saja induk organisasi PSSI dan PT Liga Indonesia juga mulai memikirkan adanya kompetisi berkelanjutan, demi mengangkat prestasi timnas wanita,” tutup Sudarmaji.(fin/jon)

Sambungan dari Halaman 12

MENANG: Tim Persema Jr saat mengalahkan PS Nusaina yang diperkuat dua pemain Timnas U-19 di Stadion Gajayana, kemarin sore.

JUARA: Juara U-14 saat menerima Piala yang diserahkan Sekretaris Dispora Atus Bakhtiar, di Lapangan Klabang, kemarin siang.

Mimpikan Cetak Pesepakbola Wanita

Timnas U-23 Batal Main di Kanjuruhan

Wali Kota Cup

MUHAMMAD CHOIRUL/MALANG POST

10

MALANG–Akademi Arema menggelar 1st Festival Akademi Arema untuk menjalankan salah satu program kerjanya. Festival yang baru pertama kali digelar itu dilaksanakan di dua tempat, yakni Lapangan Sawojajar dan Stadion Kanjuruhan, Minggu, (20/10) kemarin. Dalam festival tersebut dipertandingkan beberapa kelompok usia. Di Lapangan Sawojajar bertanding U-10 dan U-12. Sedangkan di Stadion Kanjuruan bermain tim-tim U-16. Even ini diikuti para peserta yang berasal dari klub internal Akademi Arema dan beberapa tim undangan. Adapun tim yang bertanding dalam laga di Lapangan Sawojajar adalah SSB Tunas Bangsa, Tim Akademi Arema Kota, SSB MSE, dan Akademi Arema Singosari. Masing-masing tim mengirimkan dua tim untuk usia 10 dan 12. Dalam even tersebut Akademi Arema Kota tampil sebagai juara U-12 setelah mendapat tiga kali kemenangan. Sedangkan untuk U-10, tim undangan SSB Tunas Bangsa berhasil menjadi juara dengan nilai 9. Rencananya, 27 Oktober mendatang akan kembali digelar Festival Akademi Arema yang mempertandingkan sembilan tim internal U-14 di Lawang. Hal tersebut dikemukakan Asisten Pelatih Arema Indonesia, Joko ‘Gethuk’ Susilo. Menurutnya, beberapa festival yang diadakan ini merupakan bentuk pembinaan yang dilakukan Akademi Arema. “Ini termasuk program kerja kami,

Muhammad Choirul /MALANG POST

PERDANA: Pemain MSE berduel dengan pemain Akademi Arema Kota kemarin.

mereka harus mengalami uji coba dalam bentuk turnamen,” ujarnya kepada Malang Post kemarin. Gethuk – sapaan akrabnya – menyatakan, dalam rentang waktu setahun setidaknya ada 45 pertandingan yang harus dilakoni masing-masing tim. “Untuk menyiasati frekuensi pertandingan, kita gelar festival seperti ini,” kata Gethuk. Untuk tahun depan, Akademi Arema akan mengundang tim-tim dari luar kota. Gethuk menilai hal tersebut merupakan cara efektif untuk melakukan pembinaan. “Banyak tim hebat di luar sana. Surabaya, Pasuruan, Kediri, Bali, dan Tulungagung sudah konfirmasi dan mereka mendukung,” tegasnya. “Kita manfaatkan link mantan pemain Arema yang sekarang punya SSB di luar Malang,” lanjut Gethuk. Dia menambahkan, festival yang dilaksanakan bukanlah ajang untuk meraih gelar. “Even ini hanya untuk pembinaan sekaligus unjuk kebolehan, jadi tidak ada gelar yang diperebutkan,” jelasnya. Sementara itu, penanggung jawab Festival Akademi Arema Rayon Tengah, Doni Suherman menyatakan tidak ada kendala berarti dalam melaksanakan even ini. Hanya saja, ia mengaku sempat kesulitan dalam penentuan jadwal. “Karena ini baru pertama kali, selanjutnya bisa dipakai bahan evaluasi,” ujar Doni kepada Malang Post ketika ditemui disela-sela pertandingan. (mg11/jon)

Pertimbangannya, Malang memiliki Aremania yang siap memadati Stadion Kanjuruhan demi kemenangan timnas U-23. Bahkan, Aremania sendiri mengaku sangat siap membirukan stadion bila timnas U-23 membutuhkan pemain ke-12 untuk mengalahkan negara Timor Leste banyak warga pendatangnya banyak berasal Portugal dan Brazil itu. “Aremania itu selalu siap. Kalau ada timnas main di Malang, jangan ditanya. Aremania siap memerahputihkan Kanjuruhan. Karena kita Arema Indonesia, bukan Arema saja, kalau ada timnas yang main ya kita dukung,” tutur Aremania Korwil Kanjuruhan, Awang ketika dikonfirmasi Malang Post. Sayangnya, harapan dari Aremania itu tidak akan bisa terwujud dalam waktu dekat. Sebab, kabar terbaru menyebut, skuad asuhan RD ini batal main di Stadion Kanjuruhan. Hal ini diungkapkan oleh Ketua UPTD Stadion Kanjuruhan sekaligus Ketua Panpel Arema, Abdul Haris. Ia menyebut, PSSI dan BTN menghubunginya untuk membatalkan penggunaan Stadion Kanjuruhan sebagai venue pertandingan. “Laga lawan timnas Timor Leste di Kanjuruhan gak jadi, saya dapat info terbaru dari PSSI. Laganya dipindah di tempat lain,” terang Haris dikonfirmasi terpisah.(fin/jon)

SMS Sambungan dari Halaman 12

Kembalikan Robert

Tolong kembalikan ROBERT RENE ALBERTO ke BUMI AREMA. Kami aremani aremanita sejagad rindu juara. By Yoga Aremania Trenggalek 085790727787

Persebaya Cronous

Kalo persebaya nggawe jeneng cronous, lbh baik arem aga usah pake nama cronous 085736806519

Duetkan Gethuk dan Robert

Alhamdulillah selamat jalan BUNG RD. tuk manajemen tunggu apalagi, duetkan mener Robert n sam getuk. Arema is best of the best team. Salam satu jiwa aremaaaa 085855477034

Tim Masih Utuh

Arema aku setuju kalau 80 persen pemain masih bertahan. Itu lbh baik dan mempunyai karakter atau mempunyai kedasyatan luar biasa di ISL. Jika tim ini masih utuh ya sangat luar biasa dan menakutkan krn trisula mautnya semakin padu 085790807079

Indra Safri Beri PR Pemain Timnas U-19 JAKARTA-Sudah sepekan pemain Timnas U-19 mendapatkan libur setelah berjuang untuk lolos ke putaran final Piala AFC U-19 2014 mendatang. Mulai hari ini, beberapa pemain harus kembali menjalani latihan di daerah masing-masing untuk memenuhi pekerjaan rumah (PR ) dari pelatih Indra Safrie. Indra menjelaskan, bahwa sampai hari ini, dia belum mengagendakan waktu untuk bertemu dengan Badan Tim Nasional (BTN). “Saya masih libur, di Sumatera Barat (Sumbar), belum ada jadwal apa-apa, Selasa (22/10) saya baru ke Jakarta,” katanya saat dihubungi, kemarin (20/10). Karena itu, dia belum memberikan kepastian kapan skuad Garuda Jaya, julukan Timnas U-19, bakal dipanggil kembali untuk menjalani pemusatan latihan (TC) di Jogjakarta. Bahkan, untuk program yang akan dipaparkan kepada BTN pun Indra masih belum menyiapkan secara terperinci . Hanya, itu tak membuat Indra melepas Evan Dimas Darmono dkk tanpa program begitu saja. Indra mengaku, telah memberikan PR terhadap pemain-pemainnya. Itu berupa peningkatan kemampuan Individu untuk seluruh pemain agar secara teknik dan fisik tak menurun selama liburan. (aam/jpnn/jon) REDAKTUR: jons, LAYOUTER: ABDEE


SAMBUNGAN LSI: Dahlan Iskan Raih Dukungan Terkuat Sambungan dari Hal 1 “Indeks Capres Pemilu 2014 : Capres Rill Versus Capres Wacana”, di Jakarta.Ia mengungkapkan jika Susilo Bambang Yudhoyono dan PD konsisten dengan hasil survei, maka Dahkan adalah salah satu tokoh kuat yang dicalonkan sebagai presiden oleh partai berlambang bintang mercy ini. Survei LSI ini diadakan pada 12 September hingga 5 Oktober 2013 pada 33 provinsi di Indonesia dengan menggunakan 1200 responden. Metodenya adalah multistage random sampling dengan margin error kurang lebih 2,9 persen. Survei menggunakan kuisioner dengan wawancara tatap muka. Dalam survei ini, LSI menggunakan indikator baru yang disebut Indeks Capres. Ada tiga variabel yang mencakup Indeks Capres, yaitu dicalonkan oleh koalisi atau tiga partai terbesar atau teratas dalam perolehan suara pemilu, pengurus struktural partai atau pemenang konvensi dan dicalonkan secara resmi oleh partai. Karenanya, LSI menyatakan dari survei terbaru Oktober 2013, tiga partai yang berpeluang masuk tiga besar adalah Partai Golkar 20,4 persen, PDI Perjuangan 18,7 persen dan PD 9,8 persen. Menurut Adjie, di luar Golkar,

PDIP, PD belum ada satupun partai perserta pemilu 2014 yang elektabilitasnya di atas 10 persen. Dari sejumlah tracking survei LSI sejak 2011, elektabilitas partai-partai tersebut masih di bawah 10 persen. “Jika terjadi “tsunami politik” yang maha dahsyat, Golkar, PDIP, Demokrat tetap punya kans yang lebih kuat untuk menjadi tiga partai perolehan suara terbanyak dengan elektabilitas di atas 10 persen,” ujar Adjie. Menurutnya pula, walau dilanda berbagai kasus korupsi yang melibatkan petingginya, PD adalah partai penguasa yang masih banyak “amunisi” untuk tetap bertahan di tiga besar. “Di antaranya adalah jika kinerja pemerintahan dipersepsikan baik dan berbagai program pupulis yang dibuat menjelang pemilu 2014,” kata Adjie. Nah, ia menambahkan, jika hasil survei partai politik di atas disimulasikan ke dalam indeks capres 2014 yang dibuat LSI, maka akan hanya ada tiga nama capres riil. (berita lengkap di Politika) Yakni Aburizal Bakrie (Partai Golkar dan koalisinya), Megawati Soekarnoputri (PDIP dan koalisinya dan pemenang Konvensi Capres PD). Jika Dahlan Iskan menang konvensi dan memeroleh tiket Capres

PD, maka sesuai hasil survei LSI Oktober 2013 posisi elektabilitas masing-masing kandidat hanya ada dua yang elektabilitasnya di atas 25 persen. Yakni, Megawati 29,8 persen dan Aburizal 28,6 persen. Sedangkan Dahlan Iskan memeroleh dukungan di bawah 10 persen yakni 9,2 persen. “Namun, masih banyak mereka yang belum menyatakan memilih ketiga tokoh tersebut yaitu 32,4 persen,” ungkap Adjie. Lebih jauh Adjie mengatakan berdasarkan survei Oktober 2014 capres rill yang memenuhi syarat Indeks Capres 2014 hanya Megawati, Aburizal dan pemenang Konvensi Capres PD. Menurut Adjie, Joko Widodo, Prabowo Subianto, Wiranto dan lain-lain hanya menjadi capres wacana karena tidak memenuhi Indeks Capres 2014. Menurutnya, Capres Rill 2014 dapat berubah jika Megawati menolak mencalonkan diri sebagai Capres 2014 jika Megawati menolak mencalonkan dirisebagai Capres 2014. “Dan Demokrat tak mendapatkan dukungan partai lain untuk memenuhi syarat tiket Capres 2014 (yaitu) : 20 persen kursi atau 25 persen suara dalam pemilu legislatif 2014,” ungkap Adjie. (boy/gil/jpnn)

Giliran Pipa Jalan Ijen Dirusak Proyek Sambungan dari Hal 1 Beruntung petugas PDAM langsung cepat tanggap. Begitu mendapat laporan dari warga, tim perbaikan langsung meluncur ke lokasi. Pipa yang rusak berada persis di depan rumah Jalan Besar Ijen No 77, samping ritel waralaba Alfamidi. Ada dua sambungan pipa yang terpisah sekitar 5 meter. Mengerahkan empat tukang, perbaikan dimulai pukul 10.00 WIB dan baru tuntas sekitar pukul 14.30 WIB sore kemarin. Para pekerja harus membongkar galian sedalam 1 meter, untuk membetulkan sambungan pipa berdiameter 3 inchi dengan ketebalan pelapis 2 cm tersebut. ‘’Sebetulnya membetulkannya cepat. Menggalinya saja yang lama,’’ terang Totok, petugas

perawatan PDAM Kota Malang yang bertugas. Begitu pipa yang terus memancarkan air itu sudah terlihat, para tukang langsung memasang stainless klem untuk merekatkan sambungan yang rusak tersapu garukan bekho. Hanya sekitar 20 menit, pengerjaannya tuntas. Lagi-lagi, butuh waktu untuk menutup lubang galian, yang tak kalah lama dari proses pengerukannya. ‘’Sambungannya yang pecah kena bekho. Tampaknya kurang hati-hati saat mengerjakan,’’ bebernya kepada Malang Post. Sayangnya, lagi-lagi pihak DPU PPB Kota Malang belum bisa dimintai keterangan akan keteledoran pengerjaan proyek di bawah penga-

wasannya ini. Kepala DPU PPB, Jarot Edi Sulistyono tak kunjung bisa dihubungi. Saat ponselnya aktif, telepon Malang Post tidak diangkat. Tak berselang lama, dua nomor ponselnya malah tidak dapat dihubungi. Sebelumnya, 3.200 pelanggan PDAM Kota Malang di Jalan Arismunandar dan 7.000 pelanggan di Jalan Cokroaminoto serta Gadang lebih dulu menjadi korban proyek gorong-gorong di kawasan tempat tinggalnya. Mereka bahkan sampai kesulitan air, untuk sekadar mandi di rumah masing-masing. Diketahui begko pekerja menghajar pipa saluran PDAM sedemikian keras sampai sambungannya lepas. (tom/avi)

Abah Anton Goyang Caisar Sambungan dari Hal 1 Setelah berjoget bersama, Abah Anton dan istrinya naik ke panggung, sambil memberi pesan terhadap senamers, dia juga menyampaikan komitmennya yang pernah dijanjikannya dulu. ‘’Saya ucapkan selamat kepada Malang Post yang senantiasa memberi wadah bagi warga Malang untuk berolahraga. Apalagi tidak dipungut biaya. Sama halnya, saya juga meminta kerjasama dari warga semua untuk terus mendukung

program Pemerintah Kota Malang. Salah satunya yakni Malang bersih, hijau dan indah,’’ kata Abah saat diberi kesempatan untuk memberikan sambutan. Selain itu, kata dia, akhir tahun ini, infrastruktur jalan di Kota Malang bakal mulus dan tidak berlubang lagi. Termasuk saat memasuki musim penghujan, Kota Malang akan terbebas dari banjir. ‘’Saya berjanji akan memberikan

yang terbaik bagi warga Malang. Mohon kerjasama, nggeh,’’ ujarnya disertai tepuk tangan dari peserta senam yang kemarin hadir dengan dresscode orange. Senam SDI itu sendiri, kemarin dibuka langsung oleh penampilan gank Inul. Kelompok tersebut beberapa waktu lalu keluar sebagai juara dalam lomba Senan Sehat Demi Indonesia. Selain itu, para senamers juga tetap mendapatkan dorprize dari panitia. (mik/avi)

Belajar Otodidak, Terima Order di Lingkup Polisi Hingga Polda Sambungan dari Hal 1 Pria yang juga menjabat sebagai Ketua RW 3 di Kelurahan Turen ini, dibantu kepala urusan adminitrasi dan ketatausahaan (Kaur Mintu), Kepala Unit Perawatan Tahanan (Kanit Wattah) dan Kepala Unit Barang Bukti (Kanit Barbuk). ‘’Saya menjabat sebagai Kasat Tahti Polres Malang sejak 23 Januari 2013, lalu. Ketika saya lepas dinas, saya gunakan untuk melukis. Selama ini lebih banyak dilakukan saat santai di rumah,’’ aku mantan KA SPKT Polres Malang saat ditemui Malang Post usia pengajian rutin anggota Polres Malang di Masjid Polres Malang, beberapa hari lalu. Sembari menikmati suguhan dari penitia pengajian umum, Darto bercerita, hobi melukis dimiliki sejak kecil. Didapat secara otodidak, atau belajar sendiri tanpa sekolah. Dia mengaku, melukis digambarkanya seperti sebuah garis keturunan dari orang tua. Karena ibu Darto, Hj Kasinem, yang kini sudah berusia 80 tahun, juga jago melukis. Bahkan, hobinya ini kini juga menurun ke anakanaknya. Anak sulung, Intan Elok Youharti, pernah juara lomba melukis

di lingkungan Polda Jatim. Sedangkan, Darto sendiri, mengaku mulai menyukai menggambar dengan gaya atau konsep sketsa wajah, sejak pindah dinas dari Jakarta ke Malang. Itu sekitar tahun 1988. Seiring perjalanan karirnya sebagai anggota polisi, dia sempat menyalurkan hobi menggambar dengan konsep humoris dan kartunis pada majalah milik Polres Malang, ’Semeru’, yang terbit sebulan sekali di lingkungan Polda Jatim. ‘’Waktu itu, materi gambarnya di majalan Semeru lebih pada usaha sosialisasi tentang upaya dan peningkatan Kamtibmas. Saya selesaikan tugas-tugas menggambar humor dan kartun itu bersama Bendot Suwandi, rekan saya sampai sekarang juga bertugas di Polres Malang,” terang pria yang berdomisi di Jalan Gunung Ceneng, Turen ini. Kini, sosok Darto sebagai seorang polisi yang juga jago melukis semakin terkenal di lingkup Polres Malang. Tak jarang, suami dari Pipip Harianti ini mendapat order. Baik dari di lingkup Polres Malang maupun Polda Jatim. Terutama ke-

tika ada kegiatan mutasi atau sertijab, karya lukis Darto yang sudah dibingkai menarik, ikut melengkapi sebagai hadiah dalam acara pisah kenang. Terakhir, dia menggambar sketsa wajah AKP Pratolo Saktiawan, Kasat Narkoba yang kini bergeser ke Probolinggo, sebagai Kapolsek Wonoasih. Selain itu, dia juga sedang menyelesaikan ’pekerjaan rumah’ hadiah untuk Kapolres Malang, AKBP Adi Deriyan Jayamarta. Hadiah yang disiapkan untuk kado ulang tahun istri orang nomor satu di Polres Malang itu, berupa lukisan sketsa dari seluruh petinggi di jajaran Polres Malang. Dia tidak menargetkan akan rampung atau selesai kapan. Sebab, Darto berusaha menyelesaikannya lukisannya di waktu kosong, ketika lepas dinas. ‘’Lukisannya belum selesai. Biasanya seminggu bisa selesai. Semoga lukisan untuk Pak Kapolres ini cepat selesai,’’ harap pria yang juga bapak dari Ista yuliarti dan Rista Ayumawarti sembari menunjukkan foto lukisan yang sedang dia selesaikan. (poy heri pristianto)

De Facto, RD ke Persebaya

11

Kunjungan Wisatawan Lewat Pelabuhan Meningkat SURABAYA - Manajemen PT Pelindo III (Persero) pada tahun 2013 ini telah mengalokasikan anggaran ratusan miliar rupiah untuk diinvestasikan dalam penyiapan pelabuhan dalam rangka menunjang kunjungan kapal pesiar pada pelabuhan di wilayah kerjanya yang ingga kini semakin banyak diminati untuk dikunjungi wisatawan. Salah satu investasi yang dilakukan di Pelabuhan Benoa yaitu penguatan dermaga selatan dan timur, pembangunan terminal penumpang domestik, pembangunan ponton untuk kapal pesiar kecil, dan pengerukan turning basin hingga kedalaman 12 meter. Terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang juga dipoles dan ditata ulang, bahkan terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dibongkar dan dibangun terminal penumpang modern yang baru dan rencananya akan dilengkapi dengan garbarata. Kepala Humas PT Pelindo III Edi Priyanto secara umum menguraikan, bahwa arus kunjungan kapal pesiar dan wisatawan mancanegara yang melalui pelabuhan di wilayah PT Pelindo III mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, terbukti kunjungan kapal pesiar pada tahun 2010 hanya 57 unit, meningkat menjadi 76 unit pada tahun 2011 dan 96 unit kapal pada tahun 2012. “Berdasarkan data internal Pelindo

III, arus kunjungan kapal pesiar sampai dengan semester 1 tahun 2013 ini telah mencapai 60 unit”, jelas edi. Pria alumnus Universitas Airlangga ini menambahkan, awalnya jumlah wisatawan mancanegara pada tahun 2010 hanya mencapai 28.255 orang turis saja, namun terjadi peningkatan hampir dua kali lipatnya pada tahun 2011 yaitu tercatat 46.351 oranturis, dan meningkat lagi pada tahun 2012 yaitu sebanyak 56.506 orang turis. “total jumlah wisatawan mancanegara via pelabuhan di wilayah kerja Pelindo III sampai dengan semester 1 tahun 2013 ini telah tercatat sebanyak 50.622 orang, apabila dirinci terbanyak mengunjungi Pulau Bali melalui Pelabuhan Benoa sebanyak 21.968 turis dengan menggunakan 23 kapal pesiar, disusul ke Pulau Lombok via Pelabuhan Lembar sebanyak 15.867 turis dengan menggunakan 16 kapal pesiar, lalu ke Jawa Tengah dan DIY via Pelabuhan Tanjung Emas sebanyak 8.755 turis dengan menggunakan 12 unit kapal pesiar, disusul kunjungan wisatawan mancanegara ke Jawa Timur melalui Pelabuhan Tanjung Perak dan Probolinggo, demikian juga di Pulau Kalimantan Selatan melalui Pelabuhan Banjarmasin” sebut Edi. Saat ini Pelindo III tengah menyiapkan Pelabuhan Benoa Bali sebagai turn around port bagi kapal pesiar di Indo-

nesia. Salah satu bagian penting untuk mewujudkan turn arraound port bagi Pelabuhan Benoa Bali yaitu dengan telah terealisasinya pembangunan jalan tol di atas laut Bali. Para turis manacanegara maupun domestik yang menikmati liburan ke Bali bisa naik kapal pesiar dari Pelabuhan Benoa selanjutnya berkeliling perairan Indonesia mengunjungi beberapa obyek wisata Indonesia. “Nanti para wisatawan terbang ke Bali. Dia naik kapal cruise keliling Indonesia. Umumnya ke Indonesia Timur. Balik ke Bali untuk terbang ke negara asal,” ucap Direktur Utama Pelindo III Djarwo Suryanto beberapa waktu lalu. Selama ini, pelabuhan di Indonesia hanya menjadi lokasi transit dan tujuan kapal pesiar dunia. Kapal pesiar tersebut rata-rata diberangkatkan dari 2 (dua) megara yaitu dari Singapura dan Australia. “Multiplayer efek cukup besar bagi perekonomian masyarakat apabila kunjungan wisatawan asing didaerah setempat. Saat kapal pesiar bersandar di pelabuhan, maka bisa menghasilkan nilai ekonomi bagi masyarakat disekitarnya”, sebutnya. Tak hanya pelabuhan Benoa yang menjadi jujukan kapal pesiar dan turisnya, pelabuhan Lembar Lombok NTB juga tidak kalah menariknya, demikian halnya Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. (jpnn)

Penyaluran Tunjangan Profesi Guru Lambat JAKARTA - Sudah berjalan hampir dua bulan, upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menuntaskan pencairan tunjangan profesi pendidik (TPP) lambat. Hingga kini belum ada kejelasan pencairan TPP yang mengendap di pemkab dan pemkot hingga Rp 10 triliun itu. Temuan pengendapan TPP itu awalnya diramaikan oleh tim Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemendikbud. Karena keterbatasan personel, Itjen Kemendikbud menjalin kerjasama dengan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Seluruh auditor di kantor BPKP tingkat provinsi diterjunkan untuk mengaudit dana riil TPP yang mengendap di pemda. Menurut sejumlah informasi, dana TPP yang mengendap itu untuk sementara dibekukan dulu. Supaya tidak ada perubahan nominalnya. Termasuk juga bunga hasil simpanannya. Anggaran ini bisa dicairkan jika audit BPKP tadi sudah beres. Wakil Mendikbud Bidang Pendidi-

kan Musliar Kasim menuturkan, sampai saat ini proses pengecekan TPP yang mengendap masih berlangsung. “Soalnya saya dan pak Menteri (Mendikbud) belum menerima laporan dari lapangan,” katanya kemarin. Mantan rektor Universitas Andalas (Unand) Padang itu, pengecekan terhadap penyaluran TPP yang dikelola oleh pemkot atau pemkab itu cukup sulit. Sebab, uangnya langsung ditransfer dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) ke daerah. “Ke depan kami berupaya untuk lebih intensif meminta laporan pencairan TPP,” ujarnya. Baik itu laporan penyaluran dari Kemenkeu, maupun dari pemda ke guru. Musliar menuturkan hasil audit oleh BPKP dan timItjen Kemendikbud itu nantinya akan dijadikan bahan evaluasi. Tidak menutup kemungkinan, pencairan TPP diubah seperti penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Penyaluran dana BOS diganti, tidak lagi ditransfer ke rekening pemk-

ab atau pemkot. Tetapi dari Kemenkeu ditransfer ke pemprov, lalu ke sekolah sasaran. Menurut Musliar, perubahan cara penyaluran uang TPP bisa berdampak positif. Dia mencontohkan perubahan pencairan TPP khusus guru swasta. Saat ini pencairan TPP guru swasta ditangani penuh oleh Kemendikbud. Musliar mengatakan, persentase pencairan TPP guru swasta untuk triwulan ketiga (Juli-Agustus) mencapai 93 persen. Begitu juga untuk pencairan TPP guru swasta triwulan satu dan dua, sudah mencapai 90 persen lebih. “Kami tidak tahu berapa persentase pencairan TPP yang di pemda (untuk guru PNS, red). Karena tidak ada laporannya ke Kemendikbud,” papar mantan Irjen Kemendikbud itu. Sisa pencairan TPP guru swasta yang dikelola Kemendikbud, belum tersalurkan karena urusan administrasi. Seperti guru tidak memenuhi standar jam mengajar (24 jam tatap muka per pekan) dan lainnya. (wan/jpnn)

KY-MK Segera Bentuk Majelis Kehormatan Hakim JAKARTA - Komisi Yudisial (KY) siap untuk segera melaksanakan amanah Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Presiden Nomor 1 Tahun 2013 mengenai perbaikan Mahkamah Konstitusi (MK). Salah satunya mempersiapkan peraturan pembentukan Majelis Kehormatan Hakim Konstitusi bersama MK. KY menilai amanah Perppu perlu segera diproses karena KY hanya diberikan waktu tiga bulan sejak Perppu tersebut ditandatangani Presiden SBY pada 17 Oktober lalu. Karena itu, KY tidak menunggu persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). “Perppu memerintahkan tenggat waktu 3 bulan peraturan bersama harus keluar. Kalau menunggu DPR bisa terlambat. Pekan ini kita akan bicarakan dengan MK,” ujar Taufiq kepada

JPNN kemarin (20/10). Selain membahas MKH, KY juga akan membahas pembentukan Panel Ahli dalam sistem rekruitmen hakim konstitusi. “Dengan dua kewajiban tersebut, kami berharap kerjasama dari MK,” ucapnya. Selain itu, terkait mengenai lokasi sekretariat Majelis Kehormatan Hakim Konstitusi yang berada di Gedung KY, Taufiq mengaku bahwa pihaknya belum memikirkan sampai sejauh itu. Namun demikian, menurutnya masalah tersebut merupakan persoalan teknis yang mudah dilakukan. “Kalau sekretariat itu masalah mudah. Dulu KY juga masih meminjam gedung milik Radio Republik Indonesia (RRI) untuk sidang,” imbuhnya. Sementara itu, Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Marwan

Jafar menegaskan kasus suap yang menjerat Ketua MK nonaktif Akil Muchtar tidak bisa dipukul rata dengan peran partai politik. Buktinya, kata Marwan, mantan Ketua MK Mahfud MD. merupakan kader PKB telah terbukti bekerja secara profesional. “Mahfud MD. dari PKB bersih dan bagus. Dia (Mahfud) orang parpol yang sukses dan kredibel memimpin MK. Tidak bisa semua dipukul rata, karena belum tentu juga orang nonparpol bersih dan tidak korupsi, begitu pun orang parpol belum tentu bersih,” tegas Marwan. Marwan juga menjelaskan bahwa dengan adanya klausul persyaratan hakim MK dengan ketentuan tidak menjadi anggota parpol sedikitnya dalam kurun waktu 7 tahun terakhir sangat tidak logis. (dod/jpnn)

Mulai Diuji Teamwork Sambungan dari Hal 1 Siapa yang bisa jadi leader, siapa yang bisanya hanya nyuruh-nyuruh dan siapa yang sekadar menunggu aksi teman-temannya,’’ terang Ketua Paguyuban Kakang Mbakyu Kota Malang, Bimanda Yuswandono. Lewat serangkaian permainan seru tersebut, malah bisa terlihat jelas sisi psikologis ke-20 finalis ajang tahunan geberan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang ini. ‘’Terlihat sekali mana yang mengandalkan egonya, siapa yang mementingkan kebersamaan. Inilah pentingnya kegiatan hari ini (kemarin), walaupun terlihat hanya sekadar game saja,’’ lanjut Bimanda yang juga Kakang Kota

Malang 2012. Dalam beberapa game, tampak para finalis dituntut menyelesaikan game penuh taktik. Misalkan saja harus melangkah dari satu petak ke petak lain, namun semua awak tim harus berada di titik yang sama. Panitia kemarin membagi ke-20 finalis ke dalam empat kelompok yang dibagi sama rata antara kontestan putra dan putri. Ada juga game yang terlihat sederhana, namun ternyata sarat filosofi. Yakni ketika tiap tim diberi kertas HVS, gunting dan plester untuk dijadikan bangunan setinggi mungkin. Faktanya, tidak ada yang berhasil.

‘’Mereka hanya fokus membuat bangunan setinggi mungkin, tapi melupakan pondasinya. Padahal, dalam berbagai hal kita harus kuat dari dasar sebelum melangkah setinggi mungkin,’’ urai Bimanda kepada Malang Post. Masa karantina sendiri sudah semakin dekat. Mulai Jumat (25/10) nanti, para finalis sudah tidak bebas kemanamana dan harus berkumpul di satu tempat khusus. Mereka kembali menunjukkan aksinya di hadapan publik saat malam grand final Kakang Mbakyu Kota Malang 2013 yang sedianya dihelat di Graha Cakrawala UM, 27 Oktober mendatang. (tom/avi)

Nakalnya Tata Bikin Heboh

Sambungan dari Hal 1 ‘’Secara de facto dia sudah bekerja. Tinggal tunggu formalitas atau de jure saja,’’ ujar Abror, yang juga Ketua harian KONI Jawa Timur tersebut, kepada Malang Post, kemarin. Status RD yang hampir pasti jadi milik Persebaya itulah yang disebutsebut menjadi pemicu munculnya berita miring soal kepindahan Pelita Jaya Cronous dari Arema ke Persebaya. Sebab, RD sendiri memang dikenal dekat dengan Cronous. Sejak melatih Pelita Jaya, RD setia kepada perusahaan Bakrie Grup ini. Tak heran, spekulasi soal kepindahan RD ke Persebaya, mau tak mau akhirnya dikaitkan dengan ikutnya PT Pelita Jaya Cronous untuk memperkuat tim berkostum hijau itu. Namun, pihak Cronous lewat Vice President Helmi Rahman dengan tegas membantah. Cronous, kata dia, sama sekali tidak meninggalkan

SENIN, 21 OKTOBER 2013

Arema. ‘’Cronous tetap konsentrasi membesarkan Arema,’’ tuturnya kepada Malang Post. Namun, isu tak bisa berhenti begitu saja. Walaupun akhirnya Cronous angkat bicara dan membantah soal isu meninggalkan Arema, isu sudah terlanjur menggelinding. Bantahan Helmi memang sudah menghentikan isu soal kepergian Cronous. Tapi, isu lain justru muncul. Kabarnya, akan ada dua Cronous di kompetisi ISL 2013/2014 mendatang. Selain Arema, Persebaya disebut-sebut bakal ‘bernama’ Cronous musim depan. Pendek kata, akan ada tiga klub yang berada di bawah kendali PT Pelita Jaya Cronous, yakni Pelita Bandung Raya, Arema dan Persebaya. Soal isu ini, pihak Cronous juga menampiknya. Helmi menyebut bahwa Cronous hanyalah Arema musim de-

pan. ‘’Kita sama sekali tidak bergerak ke Persebaya. Cronous musim depan adalah Arema, kita memperjuangkan yang terbaik untuk Arema. Sama sekali tidak ada rencana meninggalkan Arema,’’ terang Helmi. Bahkan program jangka panjang pun sudah disusun untuk mengembangkan Arema. Termasuk menjadikan Arema bakal banyak bicara di kancah internasional. ‘’Karena beberapa klub dunia, juga masuk dalam grup Cronous,’’ sebutnya. Pihak manajemen sendiri masih enggan berkomentar. soal isu yang satu ini. Yang jelas, manajemen menegaskan bahwa Cronous tetap menjadi bagian Arema. ‘’Kita tidak tahu kalau soal isu itu (bahwa akan ada dua Cronous musim depan) yang jelas kita fokus untuk Arema saja,’’ tutur Media Officer Arema, Sudarmaji. (fin/avi)

Sambungan dari Hal 1 Dengan tajuk, Tata Janeeta Live In Concert di Hugo’s Cafe, penyanyi cantik tersebut mengguncang dunia malam di Kota Malang. Tata Janeeta sangat bersemangat ketika bertemu penggemarnya. Bagaimana tidak, Tata selalu mengingat setiap kali tampil di Kota Malang. ‘’Masih tetep seru, yah! Ini pertama kali saya tampil sebagai soloist. Kalau sama Mahadewi dulu, sering main di Hugo’s sini,’’ ujar Tata. Malam itu, Tata Janeeta membuka penampilannya dengan lagu Sakit Minta Ampun. Rupanya, Tata Janeeta masih tidak bisa melepaskan bayang-bayang Mahadewi, yang melambungkan namannya. Banyak lagu yang dibawakannya, adalah lagu milik Mahadewi ‘’Lanjut lagu kedua, ya? Masih in-

gat nggak lagu ini, Dr. Cinta? Lagu lama banget ini. Lagunya Dewi Dewi pas masih ada Ina Kamara disitu. Pasti ingatlah ya,’’ ucap penyanyi bersuara seksi tersebut. Di penampilannya malam itu, kenakalan Tata Janeeta muncul untuk menghibur penonton. Tata pun tidak sungkan mengajak penonton laki-laki dan merayunya mesra. Kenakalan Tata, tak pelak mengundang penonton tertawa. Pasalnya dari rayuan maut Tata, membuat penonton laki-laki tersebut mati kutu. Tidak itu saja, Tata tidak canggung untuk turun langsung kekerumunan penonton, bernyanyi bersama. Tata Janeeta, tidak hanya membawakan lagu dari grup duo terdahulunya, namun juga membawakan lagu hits internasional. Seperti Give Me a Reason

milik Penyanyi eksentrik, Pink dan Don’t You Remember milik Adele. Selain itu, tidak lupa penyanyi bersuara serak tersebut membawakan single pertamanya, Penipu Hati. Di lagu tersebut, Tata sedikit curhat terkait masalah perceraiannya dengan suaminya terdahulu. ‘’Ini semuanya memang cerita tentang mantan suamiku yang sudah menyakiti aku,’’ tukas Tata sembari menebar senyum. Sembilan lagu masuk dalam song list Tata yang di bawakan di Hugo’s Café seperti Sakit Minta Ampun, Dr. Cinta, Bawalah Cintaku, Give Me A Reason, Ayang-Ayang Ku, Don’t You Remember, Penipu Hati, Wonder Women, Separuh Nafas. Di penampilan solonya, Tata juga di temani oleh penyanyi Rapper setia nya, Fajar yang tampil menghibur juga. (man/avi) REDAKTUR : SUNAVIP RA INDRATA, LAYOUTER : MOKA


SENIN, 21 OKTOBER 2013

Mimpikan Cetak Pesepakbola Wanita

i A k a d e ma Arem

MALANG–Selama ini kaum hawa diidentikkan sebagai pemanis dalam dunia sepakbola. Wanita mendukung sepakbola hanya sebatas suporter. Maskulinitas sepakbola seakan mencegah wanita untuk terjun dalam dunia sepakbola sebagai atlet. Akademi Arema yang baru saja resmi memulai programnya, tampaknya siap mempelopori pergerakan baru. Yakni, pembinaan dan pembibitan pesepakbola wanita Indonesia. Hal ini dibenarkan oleh pelatih Arema Rahmad Darmawan (RD) ketika dikonfirmasi Malang Post.

”Akademi Arema nantinya tak hanya mencetak pesepakbola laki-laki saja. Nantinya, kita mengarahkan akademi ini juga untuk membina atlet sepakbola wanita,” terang RD. Sampai saat ini, belum ada satupun akademi sepakbola klub Indonesia yang sanggup mencetak pemain sepakbola wanita secara profesional. Belum ada klub profesional di Indonesia yang benar-benar turut aktif mengembangkan sepakbola bagi atlet wanita. Baca Mimpikan... Hal. 10

Timnas U-23 Batal Main di Kanjuruhan GUEST GESANG/MALANG POST

MASIH SUPORTER: Wanita sering hanya diidentikkan sebagai suporter dalam sepakbola. Akademi Arema wacanakan terobosan membibit pesepakbola wanita.

MALANG – Tim nasional U-23 pimpinan Rahmad Darmawan (RD) membutuhkan banyak laga uji coba demi mematangkan skema dan formasi sebelum SEA Games Myanmar Desember 2013 mendatang. Tak heran, timnas U-23 sempat dikabarkan bakal melakoni laga uji coba lawan timnas Timor Leste senior.

Tanggal 26 Oktober atau Sabtu depan, Sunarto dkk siap bertarung lawan negara yang pernah jadi bagian Indonesia. Informasi yang berhembus, Stadion Kanjuruhan Malang adalah venue yang dipilih Badan Tim Nasional (BTN) untuk menggelar laga uji coba melawan Timor Leste. Baca Timnas U-23... Hal. 10

12

Arema Indonesia mulai mempersiapkan diri menghadapi Indonesia Super League (ISL) musim depan. Sebagai Aremania, berikan masukan siapa pemain maupun pelatih yang layak di tim Singo Edan.

Pilih Pelatih dan Pemain AREMA

Dari Aremania Blitar Kalau pemain terbaik thierri gathusi jangan sampai keluar. Kalau pelatih saya tetapkan Robert, ini dari blitar untk aremaku 081232637300

Ambil Bustomi Halo aremania saya mintak ahmat bustomi harus diambil jangan sampe keluar dari malang 085649992744

Pertahankan Kayamba Arema, sasaji, pertahankan KAYAMBA-2 Gonza. Ambil pelatih lokal suharno TERBUKTI MENYELAMATKAN AREMA DARI DEGRADASI taon lalu. kera p4tan Manuel UtaB 083848652722

Baca SMS AREMA... Hal. 8 EDISI 21 OKTOBER 2013

Bangga Jadi Alumni, Jendral Lulusan Smanti Sumbang Almamater SIMBOLIS: Kepala SMAN 3 Malang, Drs H M Sulthon M.Pd menerima plat nomor mobil operasional dari Pangkoopsau I Marsda TNI M Syaugi S.Sos yang mewakili rekan angkatannya.

SOLID: Lulusan SMAN 3 Malang angkatan 1980 foto bersama, tampak Laksamana Muda TNI Agung Pramono dan Marsda TNI M Syaugi diantaranya. DISAMBUT HANGAT: Kepala SMAN 3 Malang, Drs H M Sulthon M.Pd menyambut kedatangan para perwira TNI lulusan Smanti.

BERKUMPUL: Keluarga Besar SMAN 3 Malang, bersama para perwira TNI alumni angkatan 1980 dan para guru yang dulu mengajar mereka.

SMAN 3 Malang kedatangan tamu istimewa, Sabtu (19/10) lalu. Rombongan jenderal bintang dua yang digawangi Panglima Komando Armada Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Agung Pramono, SH, M.Hum dan Pangkoopsau I Marsda TNI M Syaugi S.Sos mengunjungi Bhawikarsu (sebutan SMAN 3 Malang). Dua perwira tinggi TNI AL dan AU itu sama-sama lulusan Smanti angkatan 1980. Selain menjadi pemateri dalam Gerakan Jendral Mengajar, mereka yang tergabung angkatan Panzer (delapan zero) turut menyumbang satu unit mobil operasional sekolah. FOTO-FOTO: GUEST GESANG//MALANG POST, TEKS: TOMMY YUDA PAMUNGKAS//ADV//MALANG POST

GUYUB: Pangkoopsau I Marsda TNI M Syaugi S.Sos (berdiri) saat diperkenalkan di hadapan para siswa SMAN 3 Malang.

JADI PUJAAN: Marsda TNI M Syaugi langsung cepat akrab dengan siswa kelas IPA 3.

SATUKAN SUARA: Paduan suara Bhawikarsu menyemarakkan kegiatan Gerakan Jendral Mengajar.

VISIONER: Kepala SMAN 3 Malang, Drs H M Sulthon M.Pd memacu para siswa untuk terus mengejar prestasi tertinggi di segala bidang.

MEMBAUR: Pangarmatim Laksamana Muda TNI Agung Pramono, SH, M.Hum bersama para siswa siswi Smanti. REDAKTUR: JONS, LAYOUTER: ABDEE


MALANG POST

SENIN,, 21 OKTOBER 2013 SENIN

13

Galakan Gerakan

Gemar Makan Bupati Malang H Rendra Kresna mengajak seluruh masyrakat utamanya anak-anak usia dini untuk banyak mengkonsumsi ikan. Karena, ikan banyak mengandung protein yang baik bagi perkembangan dan pertumbuhan otak manusia. Untuk itu Pemkab Malang saat ini sangat getol mengkampanyekan program gerakan gemar makan ikan (Gemarikan). â&#x20AC;&#x153;Konsumsi ikan sangat bagus bagi pertumbuhan otak anak-anak. Dengan

mengkonsumsi ikan ini, nantinya diharapkan kecerdasan anak-anak yang notabene sebagai calon penerus bangsa ini akan meningkaat,â&#x20AC;&#x153; ujar Bupati kepada Malang Post. Menurutnya, program Gemarikan terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Malang. Mengingat potensi alam Kabupaten Malang yang salah satunya, memiliki luas laut selatan cukup luas. Baca Galakan... Hal.14

TK Negeri Pembina Kepanjen Biasakan Siswa Makan Ikan Langkah Pemkab Malang terus mengajak masyarakat Kabupaten Malang untuk meningkatkan konsumsi ikan. Sebab, catatan Pemkab Malang baru 60 persen dari seluruh masyarakat yang sudah akrab dengan mengkonsumsi ikan, tepatnya 16-17 kilogram per orang per tahun. Catatan ini dibawah standar nasional yang diharapkan seluruh masyarakat mampu mengkonsumsi daging dan ikan rata-rata 31 kilogram per tahun. Pengelola TK Negeri Pembina, Jalan Sumedang 161, Kepanjen merespon positif gerakan yang akrab disebut gemar makan ikan (Gemarikan). Caranya, TK Pembina menerapkan program untuk rajin mengkonsumsi ikan kepada anak didiknya. Kegiatan yang sudah berjalan sejak memasuki tahun ajaran 2011 ini juga mendapat dukungan penuh para wali murid. Mereka bersama-sama ingin mengantarkan Indonesia meningkatkan jumlah catatan konsumsi ikan yang tinggi. Pasalnya, Indonesia masih dibawah Malaysia dengan catatan rata-rata 45 kilogram per orang per tahun, Baca TK... Hal.14

SOSIALISASI : Ketua Umum FORIKAN, Hj. Jajuk Rendra Kresna mensosialisasikan gemar makan ikan pada anak-anak.

Canangkan Tanggal 17, HARI MAKAN IKAN Pemerintah Kabupaten Malang bertekad terus mengkampanyekan Gemarikan (Gerakan Gemar Makan Ikan) kepada masyarakat. Banyak cara dilakukan untuk dapat memaksimalkan program itu. Begitu juga, terobosan menarik juga siap digagas Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) en Malang agar Gemarikan Ge emarikan ini Kabupaten

semakin memasyarakat. Salah satunya, adalah terus mengkampanyekan gerakan wajib makan ikan setiap tanggal 17. Sasaran sosialisasi gerakan ini menyeluruh kepada seluruh lapisan masyarakat. Baca Canangkan... Hal.14

HASIL ASIL IKAN DI KABUPATEN MAL MALANG Ikan Laut (tahun 2012)

10.277 ton

Ikan Tawar

7000 ton

Potensi ikan laut

403.444 ton/tahun

POTENSI SENDANGBIRU Jumlah Nelayan

2.641 orang

Armada Kapal

534 Unit

Produksi Ikan

10.277 ton

Nilai Produksi

Rp 1,1 triliun

PAD

Rp 1,6 miliar GRAFIS: TEM, REEP/MALANG POST

DOK/MALANG POST

BAKAR IKAN : Bupati Malang, H. Rendra Kresna membakar ikan laut dalam petik laut di Sendangbiru, beberapa waktu lalu. Pemkab Malang terus menggalakan gerakan gemar makan ikan untuk peningkatan kecerdasan generasi bangsa.

REDAKTUR: MUHAIMIN, LAYOUTER: TEM


SENIN, 21 OKTOBER 2013

Kekeringan, PDAM Suplay Air Bersih

POY HERI PRISTIANTO/MALANG POST

TERTIB : Warga Dusun Krajan, Desa Slamparejo, Kecamatan Jabung rela antrian untuk mendapatkan air bersih dari bantuan PDAM Kabupaten Malang

JABUNG – Kekeringan yang melanda sejumlah wilayah di Dusun Krajan, Desa Slamparejo, Kecamatan Jabung membuat sejumlah pihak turut prihatin. Kali ini, giliran PDAM Kabupaten Malang turun tangan memberikan bantuan suplay air bersih kepada warga setempat lewat truk tangki berisi 3000 liter. Sebanyak 367 KK (kepala keluarga) kesulitan air bersih untuk kebutuhan rumah tangga sehari-hari. Kemat, salah satu warga asli RT3 RW1 Dusun Krajan mengatakan, bencana tersebut mulai dirasakan dirinya dan warga lainnya kurang lebih sudah hampir tiga bulan terakhir. Tepatnya sebelum datangnya lebaran Idul Fitri, bulan Agustus lalu. Diakuinya, seluruh penduduk memaksimalkan air bersih dari sumber air Pakem dan Sumber Suko. Namun akibat datangnya musim kemarau yang berkepanjangan, debet air dari dua sumber tersebut kini sudah mulai berkurang. ‘’Untuk air dari Sumber Pa­ kem saat ini hanya bisa dinikmati warga di RW 2. Airnya gak kuat sampai mengalir ke RW disini (RW1, Red),” terang pria berusia 55 tahun ini.

Nada yang sama diakui Timbul, 78 tahun. Dia menyebut, masalah krisis air bersih di wilayah tempat tinggalnya mulai dirasakan pertama kali sejak datangnya musim kemarau tahun ini. Wajar, ketika PDAM membantu air bersih dengan mengisi tandon-tandon air dan langsung ke kaleng atau jurigen warga. Seluruh warga setempat menyambut gembira. Mereka rela antri dengan tertib. Selain PDAM, PMI Kabupaten Malang juga rutin dua hari sekali mengirim air bersih. Bahkan, untuk sehari pengiriman, truk tangki berisi 5000 liter itu harus tiga kali melakukan pengiriman. Air bersih itu diambil dari hydrant air PDAM yang berada di pinggir jalan, persis di depan Pasar Pakis. PMI menyuplay ke warga yang ada di tiga gang, diantaranya Dahlia yang dihuni penduduk cukup banyak. ‘’Ya baru ketigo (musim kemarau, Red) tahun ini, kami mulai merasakan kekurangan air sampai seperti ini. Sebelumnya tidak pernah terjadi musibah kekeringan. Kalau nggak ada kiriman air, warga coba nyari air ke sumber berjarak 1 kiloan meter,” aku Timbul. (poy/aim)

14

GP Ansor Gelar Aksi Sosial di Daerah Pesisir KEPANJEN - Cara menarik dilakukan PC GP Ansor Kabupaten Malang untuk membentuk karakter anggotanya agar peduli kepada masyarakat. Yakni menyerahkan lima hewan kurban kambing, perawatan masjid dan pengobatan massal gratis di Dukuh Sukorame Desa Srigonco Kecamatan Bantur Kabupaten Malang. ‘’Ini sebagai langkah  untuk  membentuk karakter  anggota GP Ansor agar peduli terhadap warga. Tetapi yang lebih penting adalah mengedepakan solidaritas dan kebersamaan sesama anggota dan masyarakat,’’ papar Ketua GP Ansor Kabupaten Malang, Hasan Abadi, kemarin. Penyerahan dan pembagian hewan kurban kemarin, dipusatkan di Pondok Pesantren Darul Hikam yang dipimpin oleh Ustad Mufid. ‘Ansor sengaja memilih kampung Sukorame, karena daerah pesisir ini agak tersisih dan relatif tertinggal dibanding daerah lainnya di Kabupaten Malang. “Kami berharap bisa membantu dan menyapa masyarakat di daerah ini serta akan menginformasikan kepada pihak terkait kalau masih banyak daerah-daerah yang perlu disentuh pembangunan di Kabupaten Malang seperti daerah ini’’ tambah Hasan. Selain penyerahan hewan kurban, juga bantuan berupa cat untuk mempercantik dan perawatan di lingkungan masjid. Pengecatan itu dilakukan bersama-sama antara pengurus pesantren, anggota Ansor, dan masyarakat sekitar pesantren. Suasana kebersamaan itu, mereka bersama melakukan aktivitas idul kurban dan pengecatan masjid. Dengan begitu maka terjadilah suasana yang kebersamaan serta gayeng antara masyarakat, santri, dan anggota GP Ansor. Ditambahkan Hasan, program seperi ini ternyata mendapat respon positif. Sehingga, di tahun yang akan datang, GP Ansor akan dijadikan progam tahunan dengan target daerah yang  berpindah-pindah. Disesuaikan dengan

TOPIK/MALANG POST

TEBAR HEWAN KURBAN: PC GP Ansor Kabupaten Malang menebar hewan kurbaan di daerah pesisir yang dibarengi dengan aksi sosial lainnya. kondisi serta usulan maupun hasil survei anggota GP Ansor di daerah.  ‘’Mudah-mudahan, tahun depan kegiatan serupa akan lebih baik dan lebih bagus. Demikian juga dengan bantuan dan jumlah hewan kurban, semoga akan lebih besar’’ ujarnya Dalam waktu bersamaan, juga digelar pengobatan massal secara gratis. Kegiatan ini  merupakan kerjasama GP Ansor dengan Dokter Rakyat Centre.  ‘’Ternyata masyarakat disini sangat membutuhkan akses kesehatan yang memadai, dengan jumlah kepala keluar­ ga 35 ternyata ada 50 lebih yang ikut pengobatan massal,’’ tambah dr H Umar Usman, Direktur Dokter Rakyat Centre. (ds/sir/aim)

Gerakan Koin Siswa Untuk Warga Miskin KEPANJEN - Bagi keba­ nyakan orang, uang koin Rp 100 rupiah mungkin tidak ada artinya. Tetapi tidak dengan siswa SMK Al Kaaffah Kepanjen. Koin Rp 100 justru sangat berharga karena bisa membantu meringankan beban masyarakat miskin dengan gerakan koin Rp 100 untuk warga miskin yang dilakukan para siswa. Selain terus menciptakan inovasi untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan siswa, sekolah yang berada di Jalan Raya Dilem, Kepanjen ini juga mencetak siswa berakhlak tinggi. Siswa diajari untuk peduli dengan kehidupan masyarakat kurang mampu yang ada di sekitarnya.

Program peduli kasih siswa terhadap masyarakat miskin ini, diawali Minggu (20/10) kemarin. Seluruh siswa turun ke perkampungan serta jalanjalan, untuk membagikan beras kepada masyarakat. Seperti para janda, jompo serta kepada para pengayuh becak yang ada di wilayah Kecamatan Kepanjen. Mohammad Sinar Panjalu, siswa kelas XII jurusan TKJ yang menjadi koordinator, me­ ngatakan bahwa program peduli kasih adalah ide dari para siswa, bukan lembaga sekolah. Beras yang dibagikan kepada masyarakat merupakan beras yang dibeli dari uang iuran semua siswa setiap harinya. “Kegiatan peduli kasih ini,

merupakan infaq kami (Siswa, red) yang terkumpul selama sebulan. Dengan infaq berupa beras yang kami berikan itu, setidaknya bisa mengurangi beban masyarakat miskin,” ungkapnya. Sinar menambahkan, bahwa ide peduli kasih tersebut tercetus saat para siswa berkumpul di kegiatan Persami Kampung English Day yang diadakan setiap Sabtu malam di halaman SMK Al Kaaffah. Karena beranggapan bahwa kegiatan seperti ini belum pernah dilakukan sekolah lain, para siswa kemudian sepakat mulai melakukan penggala­ ngan dana. Setiap harinya, semua siswa

AGUNG PRIYO/MALANG POST

Siswa ketika sibuk menimbang dan mengemas beras sebelum dibagikan. Dan siswa SMK Al Al Kaaffah ketika menghitung uang logam yang terkumpul hasil infaq.

diminta untuk menyisihkan uang jajan (saku) minimal Rp 100. Setelah sebulan, uang yang terkumpul tersebut dibelikan 1 ton beras untuk dibagikan kepada masyarakat miskin. Setiap masyarakat diberi 2,5 kilogram. “Program ini tidak hanya sekali ini saja. Tetapi akan kami lanjutkan terus setiap sebulan sekali,” tutur Sinar. Pembagian beras sendiri, dilakukan dengan cara jemput bola. Siswa dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama membagikan ke perkampungan, sedangkan kelompok lainnya ke para tukang becak di pinggir jalan raya. Mereka yang menerima, mengaku kagum dan merasa sangat senang. Ketua Yayasan Al Islamu Al Ainul Baahiroh, KH Nur Muhammad Soleh, mengaku kalau ide peduli kasih terhadap masyarakat miskin tersebut, memang murni dari siswa. Lembaga SMK Al Kaaffah, sama sekali tidak ikut campur dengan program itu. Namun, Gus Soleh, sapaan akrabnya sangat mendukung sekali karena program itu bisa membentuk akhlak dan karakter siswa yang baik dan mulia. “Kalau siswa SMK saja bisa melakukan seperti ini, lembaga dan instansi lainnya pastinya

TK Negeri Pembina Kepanjen Biasakan Siswa Makan Ikan g

Sambungan dari Halaman 12

Thailand 35 kilogram per orang per tahun dan Jepang 110 kg per orang per tahun. ‘’Dengan makan ikan, asupan gizi kepada anak juga tinggi, kami juga terus sosialisasikan setiap tanggal 17 adalah hari makan ikan. Jadi, saat di sekolah, menu lauk anak-anak yakni masakan olahan ikan laut. Seperti menu ikan tuna, cumi, udang dan tongkol,” terang Kepala TK Negeri Pembina Kepanjen, Sri Nurani, Selama tiga tahun terus ikut

mengkampanyekan Gemarikan, TK Negeri Pembina ini pernah menyabet penghargaan tingkat Provinsi Jawa Timur (Jatim). TK yang memiliki siswa 150 yang terbagi dalam delapan kelas tersebut meraih juara harapan II Lomba Gemarikan tingkat Provinsi Jatim di tahun 2013. Setiap hari, anak didik melahap menu makanan olahan ikan yang disiapkan sekolah dengan menghadirkan tenaga katering. ‘’Hari Senin sampai Kamis, kami siapkan menu makan

ikannya. Untuk hari Jumat dan Sabtu, anak-anak membawa bekal sendiri. Kami sarankan bukan bekal jajanan dan makanan instan,” terang Anik, sapaan akrab kepala TK Negeri Pembina. Dalam program Gemarikan ini, TK ini juga mengajak anak didiknya mengenal cara merawat ikan dengan memberi makan ikan di kolam ikan lele dan mengenal jenis ikan hias dari aquarium sekolah. Minimal, tiap sebulan sekali anak didik

diajak memberi makan ikan lele. Itupun yang menjadi poin penilaian dari Pemprov sebelum memberikan penghargaan. ‘’Penilaian diantaranya berdasarkan wawancara tim penilai dengan anak-anak. Seperti, apakah betul diberi makan olahan ikan, dan ada kegiatan memberi makan ikan,” pungkas Anik sembari menyebut penghargaan diserahkan langsung Ketua Forikan Jatim, Bude Karwo, yang juga istri dari Gubernur Jatim, Soekarwo. (poy/aim)

bisa. Sebab hanya menyisihkan Rp 100 perak, bisa meringankan beban masyarakat miskin. Dan kalau semua lembaga dan ins­ tansi seperti ini, maka angka kemiskinan akan berkurang di Indonesia ini,” papar Gus Soleh.(agp/sir/aim)

Galakan Gerakan Gemar Makan Ikan g

Sambungan dari Halaman 12

Otomatis produksi ikannya juga melimpah. Lanjut Bung Rendra begitu dia akrab disapa, sekarang tinggal kerja pemerintah untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat masyarakat mengenai manfaat makan ikan. “ ini yang harus kita terapkan dan akan terus didorong kepada masyarakat dimana menyantap hidangan ikan merupakan sebuah gaya hidup sehat,“ ungkapnya. Disamping itu, ia memaparkan dibandingkan dengan negara-negara Asia Tenggara, tingkat konsumsi ikan di Indonesia masih rendah, kendati setiap tahun terus meningkat. Tercatat  tingkat konsumsi ikan nasional tahun lalu sebesar 31,64 kilogram perkapita per tahun, masih lebih kecil dibandingkan dengan

Malaysia 45 kilogram perkapita per tahun. Oleh sebab itu, lanjutnya, pihaknya akan terus menggalakan sosialisasi Gemarikan kepada masyarakat. Bentuknya yakni mengkampanyekan Gemarikan yang diharapkan meningkatnya konsumsi ikan. “Bila konsumsi ikan naik, otomatis perekonomian nelayan di Kabupaten Malang juga akan ikut terdongkrak,“ katanya disuatu kesempatan. Menurut Bung Rendra, makan ikan juga lebih baik ketimbang makan daging yang mempuyai lemak tinggi dan harganya cukup mahal. “Apalagi Gemarikan ini sudah menjadi program nasional. Kami yang di daerah sifatnya wajib untuk menyukseskan program pemerintah pusat itu,“ tegasnya. (big/aim)

Canangkan Tanggal 17, Hari Makan Ikan g

Sambungan dari Halaman 12

Seperti saran Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Laut (Forikan) Kabupaten Malang, Hj. Tjajuk Rendra Kresna, gerakan ini betul-betul mampu membangkitkan semangat keinginan untuk mengkonsumsi ikan. Upaya akan dilakukan dengan lebih giat memberikan pengertian kepada masyarakat bahwa kandungan gizi pada ikan sangat tinggi dan sangat penting bagi pertumbuhan dan kecerdasan anak serta dapat menyehatkan bagi orang dewasa. ‘’Kampanye gerakan makan ikan dilakukan secara terencana sebagai pemicu dan stimulan masyarakat untuk gemar makan ikan. Selain itu, masyarakat selalu ingat dan mengetahui tanggal 17 adalah hari makan ikan,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat kepada Malang Post. Terobosan lainnya yang akan dicanangkan pemerintah melalui DKP adalah memberikan harga khusus bagi para konsumen ikan. Utamanya, mereka yang selama ini membeli ikan melalui balai benih ikan milik Pemkab Malang. Rencananya, harga khusus tersebut

diberikan juga setiap tanggal 17 bersamaan dengan hari makan ikan. Salah satu sasaran dalam program ini adalah para pengusaha katering yang ada di Kabupaten Malang. Wahyu mengatakan, DKP akan berusaha secepatnya melakukan pendataan atau inventarisir keberadaan para pengusaha katering yang berdomisili di wilayah Kabupaten Malang. Pasalnya, tercatat jumlah pengusaha katering yang ambil ikan dari balai benih ikan Kabupaten Malang lebih didominasi dari pengusaha asal Kota Malang. Kelak, mereka akan dikumpulkan dalam sebuah kegiatan sosialisasi Gemarikan. Kampanye juga dilakukan lewat website dan kalender DKP. ‘’Selain itu, tiap tanggal 17, kami juga menyiapkan satu katering untuk memasak masakan olahan ikan. Meski dengan jumlah stok terbatas, diharapkan bisa dikonsumsi masyarakat, yang datang untuk kegiatan pelayanan ke Kantor DKP. Bisa hanya sekedar mencicipi, namun mereka bisa mengerti hari makan ikan dan apa saja jenis masakan hasil olahan ikan,” terang Wahyu. (poy/aim)

REDAKTUR: MUHAIMIN, LAYOUTER: REP


SENIN, 21 OKTOBER 2013

15

Info Penting! JADWAL PENERBANGAN MALANG - JAKARTA GUEST GESANG / MALANG POST

HATI-HATI ADA LAMPU HATI-HATI: Bagi pengendara di Jalan Raden Intan harap berhati-hati dengan tiang lampu tanda hati-hati yang ada di depan pom bensin. Sebab tiang lampu ini miring ke jalan dan hanya diganjal dengan tangga kayu. Entah apa sebabnya tapi hal ini harus segera diperbaiki sebelum ada korban.

Maskapai

berangkat

kedatangan

10:45 12:55 08:35 12:40 14:35

12:15 14:25 10:00 14:05 16:00

Garuda Indonesia Garuda Indonesia Sriwijaya Air Sriwijaya Air Sriwijaya Air

BANGSA Indonesia dewasa ini menghadapi krisis multidimensi, politik, hukum, sosial budaya, hankam, bahkan moral masyarakat, sehingga mengakibatkan krisis kepercayaan. Tampaknya masalah besar tersebut belum dapat diatasi oleh para penyelenggara negara; termasuk elite politik yang diisi oleh kebanyakan orang-orang tua, baik di suprastruktus maupun infrastruktur yang akibatnya mengganggu stabilitas sosial budaya yang sedang dikembangkan dalam rangka pembangunan nasional. Kolusi, korupsi, dan nepotisme (KKN) semakin berkembang, kepastian hukum semakin tidak jelas, pengangguran, kemiskinan belum diatasi secara optimal. Akibatnya, rakyat bingung dan mempertanyakan tentang kemampuan elite politik dalam menyelesaikan masalah bangsa. Di samping itu, keadaan ini mengakibatkan terjadinya frustasi sosial, yang mengarah kepada kehidupan yang anarkis, konflik sosial, penjarahan, kebebasan tanpa batas, keberingasan yang bertentangan dengan adat istiadat

nenek moyang bangsa kita yang terkenal sopan, lemah lembut, dan penuh toleransi. Di dalam kancah perpolitikan, baik di tingkat nasional maupun daerah, semakin merajalela praktik-praktik yang kurang bermoral. Di tengah-tengah kehidupan kita terjadi pertarungan kepentingan antar pribadi dan kelompok yang sangat kuat sehingga tidak lagi mengindahkan siapa kawan siapa lawan, termasuk saudaranya sendiri. Keadaan ini diperparah oleh kasus-kasus yang belakangan yang membawa para politikus elite, seperti menteri, gubernunr, bupati, dan walikota ke jerujijeruji penjara satu per satu. Itu semua mendakan kebejatan dan kehinaan moral suatu bangsa. Tidak ada lagi kesadaran untuk membentuk peradaban secara sehat dan berwibawa. Kini, masyarakat kita me­n galami krisis identitas diri. Masyarakat sungguh memerlukan kepemimpinaan yang dipegang pribadi-pribadi yang bertanggungjawab, yang memegang amanat berlandaskan pada dasardasar keagamaan. Artinya, para elite politik perlu meneladani

 

SIUPP No: 369/SK MENPEN/SIUPP/1998 Tanggal 17 Juli 1998 Penerbit: PT. Malang Pos Cemerlang Rekening BCA KCP Gatot Subroto no. 400.310.35 98

   





REDAKSI / SIRKULASI / IKLAN Jl. Sriwijaya 1-9 Malang Telepon (0341) 340081-2 Fax (0341) 369503



BIRO BATU Jalan Diran 1B Telp: (0341) 592967 Batu

PERWAKILAN JAKARTA Gedung Graha Pena Lt VI, Jl. Kemayoran Lama No. 12 Telp/Faks (021) 53699683 (Hendra)

  

Oleh:

ALWAFI RIDHO SUBARKAH Mahasiswa Hubungan Internasional, FISIP Universitas Muhammadiyah Malang praktik-praktik para nabi dan rasul dalam menjalankan amanah dari masyarakat, berdaulat, adil, dan jujur untuk kesejahteraan masyarakat. Alangkah malangnya bangsa ini karena perilaku elite politiknya yang tidak menjunjung tinggi nilai kejujuran, keamanahan, dan keberwibawaan. Mereka kebanyakan tidak lagi berpihak kepada rakyat, tetapi hanya mengedepankan kepentingan pribadi dan kelompok yang pada prinsipnya merugikan masyarakat secara keseluruhan. Bangsa ini mengalami krisis kejujuran, krisis kesadaran kolektif untuk tidak melakukan tindakan yang bersifat destruktif yang merugikan kepentingan bersama. Saatnya pemuda yang memiliki berbagai potensi yang luar

PEMBINA: Dahlan Iskan KOMISARIS: Hj Dewanti Rumpoko DIREKTUR UTAMA: H Imawan Mashuri DIREKTUR: H Juniarno D Purwanto General Manajer: H Sudarno Seman Pemimpin Redaksi: Sunavip Ra Indrata Senior Editor: H Husnun N Djuraid Manajer Iklan: H Edi Iswanto Manajer Pracetak: Yudi Armadioka

biasa jika dibandingkan dengan kelompok usia lainnya seperti kondisi fisik yang mumpuni, pemikiran kritis nan jernih, rasa ingin tahu yang besar, kemauan untuk terus bergerak, serta semangat yang terus menggelora. Tidaklah berlebihan jika pemuda sering disebut sebagai agen perubah peradaban  (agent of change), kontrol sosial pemerintah (social control), serta berbagai sebutan lainnya yang sudah jelas mengembankan harapan yang besar kepada pemuda akan perbaikan bangsa. Keikutsertaan anak muda dalam politik, paling tidak, bisa dilihat dalam partisipasinya dalam Pemilihan Umum. Kesadaran politik tidak terbatas pada mengetahui bagaimana cara melakukan ritual politik — pencoblosan kertas suara dalam pemilu — tapi juga mengetahui dengan jelas siapa dan apa yang ia pilih, serta mengapa ia memilihnya. Harold D. Lasswell, seorang ilmuwan politik dan komunikasi, memberikan pengertian terhadap politik dengan sangat sederhana,  “Politics is who gets what, when, how”. Politik berkutat dengan siapa yang mendapatkan apa, kapan dan bagaimana. Sebagai bagian dari masyarakat, anak muda memiliki kuasa untuk berpolitik. Dengan jumlah yang tidak sedikit anak muda memiliki posisi strategis dalam berpolitik. Anak muda dapat ikut menentukan siapa yang mendapatkan apa, kapan, serta bagaimana mendapatkannya. Melihat kondisi perpolitikan nasional dengan berbagai permasalahannya, sudah sewa­ jarnya pemuda menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari solusi atas permasalahan yang terjadi. Bukan lantas memilih untuk menarik diri, pesimistis bahkan menjadi penyebar berbagai kebobrokan politik kepada masyarakat luas. Sudah saatnya pemuda Indonesia bersatu padu menjadi aktor-aktor pencerdasan politik bagi masyarakat Indonesia. Bahwa politik tidak hanya berdampak negatif, namun lebih jauh dari itu politik pada hakikatnya dapat menjadi sarana untuk mewujudkan berbagai harapan tentunya dengan partisipasi aktif seluruh rakyat Indonesia. Semangat tersebut harus diawali oleh gerakan keteladanan kaum muda dalam menyalurkan

    

 

hak-hak politiknya. Dengan menjadi partisipan aktif dalam berbagai momentum politik diharapkan dapat menjadi stimulus awal membangun politik yang beradab di negeri ini. Efektivitas gerakan keteladanan pemuda pun lebih jauh dapat dilakukan dengan turut serta membangun dan mengembangkan hak-hak politiknya termasuk bergabung dalam organisasi sosial maupun politik yang menjadi pilar utama demokrasi. Melalui organisasi sosial dan politik pemuda dapat mewujudkan harapan perbaikan bangsa dengan memberikan solusi secara langsung serta bergerak terjun ke masyarakat menjadi aktor perubahan. Sarana ini sangat ampuh menjadi media up­grading pemuda dalam membangun kapasitas politiknya dengan tetap mampu memberikan manfaat kepada masyarakat. Satu hal yang perlu disadari oleh anak muda adalah peran anak muda dalam politik bukan lagi tentang mengenang romantisme sejarah, namun membuat sejarah baru untuk masa depan. Berpolitik tidak harus selalu identik dengan pergolakan seperti di masa lalu. Perkataan Ong Hok Ham, sseorang sejarawan Indonesia,  tentang golongan muda yang hanya dibutuhkan pada masa revolusi tak lagi berlaku saat ini. Peran anak muda juga dibutuhkan dalam masa damai dan cara damai, salah satunya dengan berpartisipasi dan berkontribusi dalam Pemilu. Hal lain yang selalu hadir dalam setiap pergerakan anak muda tersebut adalah independensi yang diusung mereka dalam melakukan perubahan. Independensi yang dimiliki anak muda adalah modal pen­ting dalam mempengaruhi prosoes politik. Independensi tidak semata-mata berarti anak muda harus bergerak diluar sistem dan lingkungan politik yang ada. Sebaliknya, anak muda harus ikut serta dalam proses politik itu sendiri. Pemilu selanjutnya akan berlangsung kurang dari satu tahun lagi, dan sudah saatnya anak muda menyadari arti dan posisi penting mereka dalam politik Indonesia. Partisipasi anak muda dalam Pemilu tahun 2014 selain menentukan masa depan republik ini, akan membuktikan apakah anak muda telah sadar akan arti dan posisi strategis dirinya dalam sistem politik Indonesia.

Manajer Umum dan Keuangan: Laily Junaida Manajer Pemasaran: Buari Koordinator Liputan: Sri Nugroho Sekretaris Redaksi: Noer Adinda Zaeni Kompartemen: Sumarga Nurtantyo, Abdul Halim Redaktur Pelaksana: Dewi Yuhana Redaktur: Mahmudi Muchid, Samsuliono, Jon Soeparijono, Shuvia Rahma, Muhaimin



  



Lion Air Garuda Sriwijaya Citilink

0341- 400680 0341- 419494 0341- 471777 0341- 405438

JADWAL KERETA API DARI STASIUN KOTA BARU MALANG: Kereta Api: Penataran Tujuan: Blitar Pemberangkatan : 04.25 WIB 07.28 WIB 10.40 WIB 13.48 WIB 19.00 WIB Kereta Api: Penataran Tujuan: Surabaya Pemberangkatan : 04.20 WIB 07.00 WIB 09.53 WIB

12.37 WIB 15.38 WIB 19.48 WIB

Pekalongan-Cirebon-Pasar Senen Jakarta Pemberangkatan : 14.50 WIB

Kereta Api: Malioboro Express Tujuan: Jogjakarta Pemberangkatan : 08.35 WIB

Kereta Api: Gajayana Tujuan: Jakarta Kota Pemberangkatan : 13.45 WIB

Kereta Api: Tawangalun Tujuan: Banyuwangi Pemberangkatan : 14:40 WIB

Kereta Api: Malabar Tujuan: Bandung Pemberangkatan : 15.45 WIB

Kereta Api: Matarmaja Tujuan: Madiun – Solo Jebres-Semarang Poncol-Tegal-

Kereta Api: Senja Kediri Tujuan: Bandung Pemberangkatan : 13.25 WIB

JADWAL SIM KELILING KOTA MALANG Senin : Alun-alun Selasa : Universitas Widyagama Rabu : RM. Ringin Asri Kamis : Giant Sawojajar Jumat : Pos Polisi Mitra I KOTA BATU Mei, Minggu keempat Pukul: 17.00-20.00 WIB

Saatnya Anak Muda yang Berpolitik!

Nomor Telepon Maskapai Penerbangan

Ipok

KABUPATEN MALANG Senin : Terminal Bus Dampit Selasa : Stadion Talok Turen Rabu : Dealer Honda Sekawan Motor Bululawang Kamis : Dealer Yamaha Gondanglegi Jumat : Stadion Kanjuruhan Sabtu : Stadion Kanjuruhan Minggu : Bend. Lahor Karangkates

Ngalam

Kontroversi Densus Antikorupsi MENJELANG pergantian Kapolri, muncul wacana agar Polri membentuk Densus (Detasemen Khusus) Antikorupsi untuk memberantas korupsi di Indonesia yang sudah sampai pada taraf darurat. Begitu massifnya tindak korupsi sampai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dibentuk secara khusus untuk memberantas korupsi merasa kewalahan. Korupsi tidak hanya terjadi di Jakarta sebagai pusat pemerintahan dan ekonomi, tapi sudah merambah ke seluruh daerah, mulai dari Banda Aceh sampai Timika. Begitu banyaknya kasus yang masuk ke KPK, sementara personel lembaga itu sangat terbatas, menyebabkan banyak kasus yang terbengkelai. Sementara ini yang berhasil ditangani KPK adalah korupsi yang terjadi di Jakarta atau di daerah lain tapi dengan jumlah kerugian negara yang sangat besar. Selain itu, kasus yang ditangani KPK kebanyakan yang berasal dari kegiatan tangkap tangan pelaku korupsi, sementara korupsi yang berasal dari laporan masyarakat, sangat sulit diungkap. Tentu KPK punya banyak alasan, tapi yang paling utama adalah keterbatasan personel yang membuatnya tidak mampu menangani kasus korupsi dengan cepat. Soal hasil, masyarakat tidak meragukan lagi kemampuan lembaga tersebut menangani korupsi, tapi kalau dilihat dari segi kuantitas, masih terlalu kecil dibanding banyaknya kasus yang harus ditangani. Berangkat dari kondisi tersebut, kalangan DPR mengusulkan agar Polri membentuk Densus Antikorupsi tentu dengan tujuan untuk membantu KPK memberantas korupsi di Indonesia. Wacana ini mendapat reaksi yang sangat keras, terutama dari aktivis pegiat antikorupsi yang khawatir tentang keberadaan Densus tersebut. Sebelum ini Polri sudah memiliki Densus 88 Antiteror yang menimbulkan banyak masalah dalam melaksanakan tugasnya di lapangan. Kalau Densus yang diusulkan anggota komisi III DPR itu sama seperti Densus 88, maka wajar kalau timbul kekhawatiran. Densus itu bukan menyelesaikan masalah, tapi justru akan menimbulkan masalah baru yang menyebabkan masalah korupsi tidak terselesaikan, malah semakin menjadi. Membentuk Densus harus dengan persiapan yang baik, termasuk harus menyediakan anggaran yang besar, paling tidak sama seperti yang ada di KPK. Meskipun demikian, sebelum benar-benar dibentuk, harus dipikirkan secara mendalam urgensi pembentukannya, karena dikhawatirkan menimbulkan tumpang tindih dengan KPK. Bisa-bisa antara dua lembaga ini akan rebutan kasus untuk menarik simpati masyarakat. Pertanyaannya adalah, kalau sudah ada KPK, mengapa masih harus ada lembaga baru untuk menangani korupsi. Kalau selama ini kerja KPK masih lambat, maka pemerintah harus meningkatkan kemampuannya dengan penambahan anggaran, personel dan kebutuhan lain. Kesan yang muncul adalah, DPR berusaha untuk berkolusi dengan Polri dalam membentuk Densus, agar kasus korupsi yang menimpa para anggota DPR tidak jatuh ke tangan KPK. Atau sebaliknya, kasus korupsi yang terjadi di Polri cukup ditangani oleh Densus sendiri. Kalau memang begitu keadaannya, maka layak kalau banyak pihak yang pesimis, bahkan menentang pembentukan Densus Antikorupsi. (redaksi@malang-post)

Menerima kiriman foto lucu, unik dan kejadian menarik lainnya di wilayah Malang Raya. File dikirim dalam format JPG ke redaksi@malang-post.com

Staf Redaksi: Lailatul Rosida, Bagus Ary Wicaksono, Hary Santoso, Febri Setyawan, Ira Ravika, Vandri Battu, Sigit Rokhmad, Poy Heri P, Agung Priyo, Tommy Yuda P, Yudistira Satya WW Redaktur Foto: Guest Gesang Fotografer: Muhammad Firman, Rizal Fanany, Information & Technologi: Jl Junaedi (koordinator), Nyono Juari Pracetak: Slamet Prayitno (koordinator), Kurdiyanto, Susilo, Achmad Muzamil, Eko Abdi Hasyim,









Arif Syaifurrahman, Siti Nurchasanah Iklan: H Iswanto, Ismadi, Rendiyantok Sapto P, Zainal Arifin, Imam Wahyudi Sirkulasi: Wiyono (koordinator), Sirhan Sahri, Ronny, Hendro, Moch Suadi, Lutfi, Yunindra Pengembang Usaha: Taufikur Rahman (koordinator), Sinyo Suwignyo, Umum dan Keuangan: Syafiudin (koordinator), Huda, Nur Towilir (Iklan), Reni SP (sirkulasi), Siti Muzayanah, Sujono, Bambang TL.

Wartawan Malang Post dilengkapi tanda pengenal dan tidak diperkenankan menerima atau meminta uang dan barang apa pun dari narasumber. Redaksi menerima Artikel dan Opini. Panjang naskah artikel tidak lebih dari satu Halaman dan tidak mengandung SARA. Kirim bersama Flash Disk/CD ke Malang Post, Jl. Sriwijaya 1-9 Malang, Telp (0341) 340081-340082 atau lewat e-mail: redaksi@malang-post.com, Website: www.malang-post.com Tulisan atau foto dengan kode sirkulasi, advertorial dan society adalah iklan. REDAKTUR: ADINDA, LAYOUTER: SLATEM


16

SENIN, 21 OKTOBER 2013

BA RESTU 1

Cara Asyik Sikat Gigi MALANG – Tingginya keluhan tentang kesehatan gigi anak yang disampaikan orangtua, membuat BA Restu 1 mencari alternatif selain menjelaskan sendiri pentingnya kesehatan gigi dan mulut kepada siswanya. Untuk itu, Sabtu (19/10) kemarin di aula sekolah, sekolah tersebut menyambut baik mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (UB) yang melaksanakan kegiatan sikat gigi bersama. Kurang lebih seratus siswa dari empat kelas Kelompok B mengikuti demo sikat gigi yang benar oleh calon dokter tersebut. Kepala BA Restu, Siti Ruqoiyah S Ag, mengatakan bahwa kesadaran untuk merawat gigi dengan baik harus ditanamkan kepada siswa sejak dini. Tak hanya harus rutin menyikatnya, tapi juga harus diperhatikan cara menyikat gigi yang baik dan benar. “Kebetulan juga, tema kami saat ini adalah kesehatan dengan subtema kebersihan diri. Masalah seputar gigi yang sering timbul ialah gigi berlubang, sakit gigi, caries gigi hingga gigi berwarna. Meski gigi anak-anak masih berupa gigi susu, hal ini harus diwaspadai sejak saat ini, ujar Yayak, panggilan akrab wanita berkulit putih tersebut. Apalagi, ujar Yayak, sebagian besar anak-anak biasanya tidak suka memeriksakan gigi mereka ke dokter gigi. Anak menganggap dokter gigi sebagai sosok yang mengerikan ditambah dengan peralatan yang seram. Untuk itu, peran sekolah sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan mereka sebelum berakibat fatal. Dengan menggosok gigi di sekolah bersama teman-teman, siswa akan merasa fun dan melanjutkan kebiasaan ini hingga di rumah. Tak hanya kesehatan gigi, belasan mahasiswa tersebut juga mengajak siswa BA Restu 1 untuk menjaga pola hidup sehat dengan selalu mencuci tangan dengan sabun. Karena peserta demo kali ini adalah anak-anak, maka Yayak meminta mahasiswa untuk enjelaskannya dengan sederhana agar mengena. Untuk itu, di sela-sela kegiatan mahasiswa tersebut memberi game-game dengan hadiah menarik. Siswa jua diminta untuk mempraktikkan langsung cara menyikat gigi yang baik dan benar dengan gigi tiruan yang dibawa dari kampus. “Nanti di akhir acara, siswa akan praktik menyikat gigi sendiri di halaman sekolah. Harapannya, siswa BA Restu 1 dapat memahami dan bisa dipraktekkan di ruah masing-masing,” (ily/nda)

LAILI SALIMAH/MALANG POST\

BEGINI, DOK?: Siswa BA Restu 1 bersemangat mengikuti demo sikat gigi bersama mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (UB) di aula sekolah Sabtu (19/10) lalu.

SENIN, 21 OKTOBER 2013

MOMEN KENALKAN

Awas Serangan Virus Writer’s Block!

Keanekaragaman Budaya Bangsa MALANG – Jangan kaget jika pada acara-acara di Universitas Negeri Malang (UM) selanjutnya, undangan tidak mendapati sajian berbahan roti. Sebagai penggantinya, gethuk, lemper, nagasari, jenang, dan berbagai jajanan tradisional akan memenuhi meja di hadapan undangan. Hal ini akan terjadi jika panitia penyelenggara mengikuti amanat Rektor UM, Prof. Dr. Suparno, yang ia sampaikan dalam acara Berbalas Pantun yang dikemas dalam Pagelaran Budaya Tiga Negara Serumpun Sabtu (19/10) pagi kemarin. Pada kegiatan yang diselenggarakan oleh Radio Republik Indonesia (RRI), Radio Television Brunei (RTB), dan Radio Televisyen Malaysia (RTM) tersebut, Suparno menyinggung hidangan untuk tamu yang sebagian adalah aneka roti dan kue-kue modern meski ada juga beberapa jajanan tradisional. “Padahal, momen ini adalah kesempatan besar kita untuk memperkenalkan keanekaragaman olahan singkong kepada tamu kehormatan dari Malaysia dan Brunei. Anda pasti kagum melihat singkong dapat diolah menjadi belasan bahkan puluhan menu lezat yang berbeda,” ujar Suparno saat mendapat kesempatan untuk menyampaikan sambutannya sebagai tuan rumah. Dalam acara ini, atraksi bantengan juga berhasil memikat para petinggi badan penyiaran terbesar tiga negara serumpun melayu yang diberangkatkan dari Hotel Regent tersebut. Sambutan hangat RRI yang bekerjasama dengan UM sebagai tuan rumah tak berhenti sampai di situ saja. Tamu juga disambut dengan prosesi simbolik Cucuk Lampah. “Prosesi Cucuk Lampah yang hanya ada di Indonesia biasanya digunakan untuk menyambut pengantin dalam adat Jawa. Kami memunculkannya di sini sebagai wujud penghormatan kepada tamu dari Brunei dan Malaysia,” terang Humas kegiatan tersebut, Anang MS. Pada acara tersebut, Direktur Pro-

SUGENG RAWUH: Direktur Program Produksi RRI, Kabul Budiono beserta ketua delegasi RTB dan RTM disambut dengan prosesi simbolik Cucuk Lampah dalam Pagelaran Budaya Tiga Negara Serumpun (Berbalas Pantun).

LAILATUL ROSIDA/MALANG POST

GEOGRAFI: Pembicara dalam seminar geografi, (ki-ka) Dr. Wan Ibrahim Wan Ahmad, Dr I Komang Astina, Ferryati Masitoh S.Si M.Si saat menyampaikan materi dalam seminar Geografi Unikama.

2030, Jumlah Warga Lanjut Usia Capai Puncak LAILI SALIMAH/MALANG POST

BANTENGAN: Atraksi Bantengan saat penyambutan direksi Radio Republik Indonesia (RRI), Radio Television Brunei (RTB) dan Radio Televisyen Malaysia (RTM) dalam Pagelaran Budaya Tiga Negara Serumpun Sabtu (19/10) kemarin. gram Produksi RRI, Kabul Budiono, rum-forum budaya melayu. Hal senada tradisi melayu,” ujar Makhmud. Turut hadir di antara undangan, Kepala menyampaikan bahwa estetika pantun disampaikan oleh Sukri Muhamad dari melayu tidak boleh musnah. Untuk itu, RTM Malaysia dan Ahmad Pangeran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang, Ida Ayu Made berbagai upaya dilakukan oleh RRI, Makhmud dari Brunei. “Dengan upaya-upaya tersebut, Wahyuni SH, M Si. Sedangkan Walikota, RTB dan RTM untuk melestarikan budaya melayu. Di antaranya ialah diharapkan rangkaian pantun melayu Mohammad Anton, diwakili oleh Asisten pemutaran sandiwara radio, pagelaran dengan segala keluhuran pesan mor- Administrasi Pemerintahan Sekretaris budaya di daerah-daerah perbatasan alnya dapat tetap bertahan sebagai Daerah Kota Malang, Dr. Handi Priyanto Indonesia-Malaysia-Brunei, serta fo- khazanah budaya yang mengekalkan Ap, M Si. (ily/nda)

Menyikapi tergerusnya budaya berpantun sebagai salah satu budaya Melayu, badan penyiaran terbesar di tiga negara serumpun, Radio Republik Indonesia (RRI), Radio Television Brunei (RTB), dan Radio Televisyen Malaysia (RTM), menyelenggarakan acara tersebut untuk mengembalikan corak komunikasi masyarakat melayu yang eksotis. Bertempat di Gedung Sasana Budaya Universitas Negeri Malang (UM), jajaran direksi yang juga pemerhati budaya tersebut menyampaikan tunjuk ajar berupa pantun yang sarat berisi pesan moral kepada masyarakat. Dengan nilai-nilai luhur agama, budaya, dan norma-norma sosial, pantun diharap tetap bertahan sebagai khazanah budaya yang mengekalkan tradisi melayu. TEKS: LAILI SALIMAH/MALANG POST - FOTO: RIZAL FANANY/MALANG POST

17

MALANG - Indonesia belum memberikan perhatian kepada kaum lanjut usia, di atas 60 tahun. Padahal diprediksikan pada 2030 mendatang, jumlah kaum tua di Indonesia akan mencapai puncaknya. Data menunjukkan pada pertengahan abad nanti (tahun 2050), total penduduk Indonesia berjumlah 284,6 juta, dengan 67,3 juta di antaranya (24 persen) berusia 60 tahun. Associate Profesor dari Universiti Utara Malaysia, Dr. Wan Ibrahim Wan Ahmad mengungkap penduduk berusia 60 tahun akan meningkat jumlahnya di seluruh dunia. Pertumbuhan ini akan membawa masalah pada negara berkembang. Sebab di negara berkembang, perhatian untuk kaum tua belum besar sementara di negara maju sebaliknya. ”Di negara maju sumbangan pemerintah banyak dan penduduk tua rata-rata

memiliki tabungan yang banyak, sehingga saat tua mereka masih bisa melancong kemana saja,” ungkap Wan Ibrahim saat menjadi pembicara dalam seminar Geografi Perbandingan Penduduk Malaysia dan Indonesia di Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama), Sabtu (20/10/13). Sementara di negara berkembang masih banyak kaum tua berusia diatas 50 tahun yang masih aktif bekerja. Selain itu lebih banyak lagi adalah pekerja tua wanita, yang bekerja hingga usia 70 tahun. Mereka terpaksa bekerja karena hidup sendiri sehingga membutuhkan uang untuk makan dengan cara bekerja. Di negara berkembang, pertumbuhan populasi penduduk tua ini berkembang sangat pesat walaupun populasinya kecil, berbeda dengan negara maju yang membutuhkan waktu hingga tiga abad untuk

mencapai tsunami penduduk tua ini. Hal senada diungkapkan Dr. I Komang Astina yang juga menjadi pembicara dalam seminar Geografi tersebut. Menurutnya di Indonesia belum ada penghargaan pada warga tuanya. Dari penamaan saja, Malaysia memberikan nama kepada penduduk tua dengan istilah warga emas, sementara di Indonesia diberi istilah lansia atau manula. ”Di Indonesia ini juga belum ada kajian khusus tentang Gerontologi, yaitu kajian tentang geografi di Indonesia, kita ketinggalan dari Malaysia yang sudah mengajarkan hal ini mulai dari sekolah hingga kampus,” ujarnya. Dosen Universitas Negeri Malang (UM) ini menuturkan jumlah penduduk tua wanita lebih banyak karena beberapa hal. Diantaranya karena tradisi menikah

wanita dengan laki-laki yang lebih tua sehingga suaminya lebih dulu meninggal. Selain itu harapan hidup wanita tua meningkat dari sebelumnya hanya 65 tahun menjadi lebih dari 70 tahun. Sementara itu selain seminar Geografi, Sabtu lalu juga digelar seminar konseling keluarga oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Unikama. Dalam acara tersebut hadir pembicara dari Universiti Kebangsaan Malaysia, Prof. Madya Dr. Zainab Ismail. Menurut Ketua Panitia, Erik Teguh Prakoso, tema konseling keluarga sengaja dipilih karena selama ini belum masuk di kurikulum BK Unikama. ”Kami targetkan tahun depan konseling keluarga bisa menyatu di kurikulum BK yang sudah mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI),” harapnya. (oci/nda)

MALANG – Writer’s block atau hilangnya ide dalam proses penulisan pasti pernah dialami semua penulis, bahkan mereka yang terbilang produktif sekalipun. Banyak orang yang gemar menulis atau memiliki latar belakang pekerjaan yang membutuhkan kecakapan menulis seperti penulis buku atau penulis naskah film yang sering merasa mentok. Hal ini menjadi trending topic dalam diskusi kepenulisan TechnoFair Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (UB), Creativolution: Revolusi Kepenulisan yang Bukan Sekedar Goresan Pena di Gedung Widyaloka Sabtu (19/10) pagi lalu. Pada kegiatan tersebut, ketiga pemateri, Husnun N Djuraid, Eros Djarot, dan Agustinus Wibowo dihujani dengan pertanyaanpertanyaan seputar proses kreatif penulisan. “Rasanya, apa yang kita tulis tidak lagi ‘menggigit’ saat dibaca. Karya yang kita buat tidak maksimal, dan yang paling mengesalkan, kita seperti tersesat pada alur naskah itu,” urai Eros yang disambut anggukan setuju oleh kurang lebih 200 peserta yang memadati gedung. Menurut ketiga pemateri tersebut, writer’s block tidak akan berakibat fatal jika disikapi dengan bijak. Terkait hal itu, setiap penulis memiliki cara masing-masing yang dirasa paling tepat untuk mengatasi writer’s block. Ketua pelaksana kegiatan tersebut, Fitrul Ilhamadi, mengungkapkan, kegiatan tersebut diselenggarakan atas dasar keresahan terhadap surutnya produktifitas mahasiswa dalam menulis. “Diharapkan, alumni diskusi ini akan lebih bersemangat dalam berkarya, dapat mengapresiasi karya tulis dan akhirnya bisa menemukan jiwa penulis dalam dirinya,” ujar Fitrul. (ily/nda)

LAILI SALIMAH/MALANG POST

GAYENG: Peserta diskusi Creativolution berdiskusi seputar proses kreatif mulai dari penggalangan ide sampai pada penerbitannya bersama Eros Djarot (budayawan nasional), Husnun N Djuraid (Redaktur Senior Malang Post) dan Agustinus Wibowo (Penulis buku travelling)

SERIUS: Peserta seminar di Prodi BK saat mengikuti acara di Gedung Multikultural Unikama. MATERI: Prof Madya Dr Zainab (tengah) saat memberikan materi didampingi moderator dan notulen.

GERONTOLOGI: (ki-ka) Dr Wan Ibrahim Wan Ahmad dari Universiti Utara Malaysia dan Dr I Komang Astina dari Universitas Negeri Malang saat membeberkan materinya.

MELAYU: Ketua delegasi Radio Televisyen Malaysia (RTM), Sukri Muhamad, menyampaikan sambutan dengan diselingi pantun-pantun melayu. INDONESIA-MALAYSIA: Suasana Sarwakirti Hall Unikama yang dipadati peserta seminar Human Geography Perspective.

ANTUSIAS: Mahasiswa Prodi Geografi Unikama mengikuti kegiatan dengan antusias.

UNIVERSITAS Kanjuruhan Malang (UNIKAMA) menghadirkan dua pakar dari dua universitas di Malaysia dalam dua agenda seminar yang berbeda pada Sabtu (19/10/13). Masing-masing adalah Dr Wan Ibrahim Wan Ahmad dari Universiti Utara Malaysia dan Prof Madya Dr Zainab Ismail dari Universiti Kebangsaan Malaysia. Dr Wan Ibrahim mengupas tentang ilmu gerontologi di hadapan mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Unikama dan Prof Madya Dr Zainab mengupas tentang konseling keluarga di Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK) Unikama. Acara berlangsung sukses dan peserta pun antusias dengan hadirnya para pembicara. FOTO HUMAS UNIKAMA/LAILATUL ROSIDA/MALANG POST - TEKS: LAILATUL ROSIDA/MALANG POST

MESRA: Ketua delegasi Radio Televisyen Malaysia (RTM), Sukri Muhamad, menyalami Rektor Universitas Negeri Malang (UM), Prof Dr Suparno usai menyampaikan sambutannya.

BANGGA: Ida Ayu Made Wahyuni SH, M Si, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang bangga dengan dipilihnya Kota Malang sebagai tuan rumah Pagelaran Budaya Tiga Negara Serumpun (Berbalas Pantun).

SERUMPUN: Radio Republik Indonesia (RRI), Radio Television Brunei (RTB), dan Radio Televisyen Malaysia (RTM) berupaya untuk melestarikan pantun sebagai salah satu bentuk komunikasi klasik dan penguat penyampaian pesan.

MENEGANGKAN: Atraksi Bantengan membuat undangan khususnya delegasi dari Brunei dan Malaysia berdecak kagum TAMPIL: Pengisi suara Doraemon, Nurhasanah, turut ambil bagian dalam menyumbang kemeriahan Pagelaran Budaya Tiga Negara Serumpun (Berbalas Pantun).

TRADISIONAL: Undangan terpukau menyaksikan Tari Topeng Malangan khas Malang yang turut memeriahkan penyambutan tamu dari Brunei dan Malaysia.

GAYENG: (ki-ka) Ketua Prodi BK, Lenylatifah S.Pd, Kons, Dekan FKIP, Drs FI Soekarman M.Pd dan pembicara seminar Prof Madya Dr Zainab.

REDAKTUR : NOER ADINDA ZAENI, LAYOUTER : DJ AMIEL

APRESIASI: Wakil Rektor 1 Unikama, Dr. Sudi Dul Aji M.Si memberikan sambutan dalam seminar geografi.

BERSINERGI: Ketua Prodi Pendidikan Geografi, Drs. Tri Wahyudianto S.Pd M.Si memberikan sambutan pembukaan.


KOTA WISATA

SENIN, 21 OKTOBER 2013

P e m k o t

M i n t a

B a n t u a n

A P B D

P r o v i n s i

d a n

A P B N

Block Office Kurang Dana Rp 95 Miliar BATU –Tak ingin proyek block office gagal lagi, Pemkot Batu mengajukan bantuan resmi ke APBD Provinsi dan APBN. Pengajuan bantuan itu diproyek­ sikan untuk penye­lesaian proyek block office. Sebab, gedung perkantoran di Jalan Panglima Sudirman Kota Batu itu ditar­ getkan selesai total pada tahun 2015 mendatang. ‘’Ya nanti Pemkot Batu segera mengirim surat kepada Guber­ nur untuk permintaan bantuan anggaran block office tersebut,’’ ungkap Plt Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Batu, Arief Setiawan. Proyek besar itu, sepanjang tiga tahun telah diangganggar­ kan melalui APBD Kota Batu. Namun untuk menyelesaikan­ nya, ternyata dibutuhkan dana

yang tak sedikit. Menurut Arief, anggaran untuk menyelesaikan komplek perkantoran Wali Kota dan SKPD-SKPD tersebut membutuhkan Rp 150 M. Pemkot Batu sudah melaku­ kan pembangunan berupa kerangka gedung A, B senilai Rp 35 M melalui APBD tahun 2011 lalu. Pemkot masih mem­ butuhkan anggaran sekitar Rp 95 M untuk menyelesaikan gedung perkantoran tersebut. ‘’Tahun 2014, pembangunan block office kembali dilanjut­ kan dan tahun 2015, kantor tersebut sudah bisa ditempati dan selesai total. Sisa anggaran itulah yang diajukan melalui APBD tahun 2014 dan ban­ tuan dari APBD Provinsi serta APBN,’’ katanya. Hal itu senada juga diiung­

kapkan Wakil Walikota Batu, Punjul Santoso. Menurut dia, kegagalan melanjutkan pem­ bangunan hingga dua tahun anggaran itu tidak boleh terjadi lagi dalam tahun 2014 dan 2015 nanti. Masalahnya, block office yang segera ditempati sudah tidak bisa ditawar lagi. Proses pembangunan block office itu akan dilakukan se­ cara langsung. Maksudnya tidak lagi bertahap alias per block. Itu karena penyelesaian sudah sangat mendesak, se­ iring­kegagalan pembangunan selama dua tahun anggaran. Seperti diketahui, block office itu dibangun di atas tanah milik Pemkot yang dibeli dari seorang pengusaha Jakarta pada tahun 2010. Luas lahan itu sekitar satu hektar dengan lokasi yang

MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

KERANGKA BANGUNAN: Komplek perkantoran Kota Batu yang masih membutuhkan biaya besar untuk penyelesaian sangat strategis karena berada di jantung Kota Batu. Pada tahun 2011 lalu sudah dibangun dengan menggunakan APBD dengan menghabiskan sekitar Rp 35 M. Namun pem­ bangunan itu hanya blok A dan B dan berupa kerangka. Tahun 2012 dan 2013, pem­ bangunan dianggarkan lagi melalui APBD, tetapi tidak bisa terwujud dengan alasan tidak ada rekanan yang ber­ sedia mengerjakan. ����� Kega­ galan penggunaan anggaran pembangunan block office itu membuat anggaran tidak terserap. Pemkot Batu men­ gubah anggaran itu melalui

PAK dan dimasukkan kepada beberapa SKPD. Pembangunan block office sangat diperlukan karena se­ bagian kantor masih menyewa rumah. Hingga Kota Batu beru­ sia 12 tahun, banyak SKPD yang menyewa kantor. Misal­ nya, Kantor Lingkungan Hidup (KLH) menyewa sebuah rumah di kawasan Jalan Abdul Gani Atas, Kantor Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana, Dispenda, Disnakersos dan masih banyak lagi. Jika kantor sudah tidak menyewa, anggaran untuk sewa bisa dialihkan untuk kegiatan kepada masyarakat. (feb/ary)

FEBRI SETYAWAN/MALANG POST

DILARANG : Mulai tahun 2014, SKPD di Pemkot Batu dilarang membeli aset sendiri, termasuk menganggarkan mobil dinas.

Satu Pintu, SKPD Dilarang Beli Pakaian BATU - Pemerintah Kota Batu mene­ rapkan sistem penganggaran satu pintu untuk pembelian aset. Dampaknya, seluruh Satuan Kerja Perangkat Da­ erah (SKPD) dilarang mengalokasikan anggaran pembelian aset. Tak hanya aset berupa lahan atau tanah, bahkan pakaian dan kendaraan dilarang me­ nganggarkan sendiri. Kebijakan itu akan dimulai tahun 2014. Adapun penganggaran untuk aset tersebut bakal menggunakan sistem satu pintu melalui Badan Pe­ ngelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD). Pola satu pintu pengalo­ kasian anggaran pembelian barang oleh BPKAD itu, demi memudah­ kan pendataan dan pengelolaan aset Pemkot Batu. “Dulu ada SKPD menganggarkan pengadaan mobil atau seragam. Kini penganggaran tersebut tidak boleh dilakukan karena harus satu pintu,” ungkap Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso. Dulu juga ada pejabat SKPD tetap membawa kendaraan dinasnya ketika pindah SKPD baru. Malahan dia sudah pensiun masih membawa kendaraan itu. Salah satu alasannya, dia ikut peren­ canaan dan menganggarkan kendaraan sehingga tetap membawanya. Ketika penganggaran melalui Bagian Aset, keluar masuk barang tercatat dengan jelas. Hak dan kewajiban pemakai juga jelas, dia langsung menyerahkan aset kembali ketika pindah SKPD kepada BPKAD untuk selanjutnya digunakan pejabat baru. “Ketika pindah ke SKPD lain, mobil yang dibeli itu tetap dibawa. Bahkan sampai pensiun pejabat itu masih membawa. Hal ini tidak boleh terjadi lagi sehingga harus ada system yang mengatur,” tegas politisi PDIP ini. Selain itu, Punjul menjelaskan, pe­ ngalokasian program di APBD masingmasing SKPD harus memiliki tim kecil. Tim tersebut melibatkan kepala seksi dan kepala bidang sehingga program beserta anggarannya ketika diberikan ke tim anggaran Pemkot sudah matang. ‘’Tidak ada alasan lagi. Sebut saja sebuah SKPD menganggarkan Rp 50 M, tapi mereka tidak tahu untuk apa saja uang itu dan akhirnya banyak ang­ garan yang menjadi SILPA (Sisa Lebih Perhitungan Anggaran). Kalau sudah jadi SILPA, anggaran yang sangat dibutuhkan untuk kegiatan masyarakat itu akhirnya tidak bisa digunakan,” kata mantan anggota DPRD Kabu­ paten Malang ini. (feb/ary)

MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

BERSIH DESA: Para peserta karnaval saling menunjukkan hasil kreatifitasnya dalam karnaval bersih desa Sumberejo, kemarin.

Kawinkan Tradisi dan Modernisasi BATU - Bersih Desa Sumberejo dimeriahkan karnaval yang me­ nyuguhkan berbagai kreatifitas masyarakat, kemarin. Kegiatan ini memberikan hiburan kepada ma­ syarakatnya. Karnaval tetap ramai, meski pelaksanaannya bersamaan dengan rangkaian perayaan HUT Kota Batu seperti Pameran Alutsista TNI dan Polri. Kegiatan tersebut diawali dari Dusun Santrean melewati perkam­ pungan dan finish di lapangan Sum­ berejo. Arak-arakan dimulai seki­ tar pukul 09.00, dengan melewati kerumunan masyarakat terdiri dari

anak-anak, tua dan muda berbaur di sepanjang jalan. Sebanyak 10 RW di Sumberjo, masing-masing mengirim empat perwakilan. Seluruhnya menampil­ kan kreatifitas pada karnaval ini. Salah satunya seperti RW. 02 yang menampilkan goyang bang jali dan ngidam pentol. Sedangkan kreatifi­ tas lainnya yaitu seperti kura-kura yang menandakan kepedulian warga terhadap binatang itu. Ada juga raja dan ratu menaiki dokar dikawal oleh para prajurit dibelakangnya. Ogoh-ogoh perpaduan budaya Jawa dan Bali juga turut dipertunjuk­

kan. Serta seni budaya yang selalu digemari kalangan masyarakat Batu yaitu Bantengan. Tak ketinggalan kreasi bunga dan tarian sanduk juga turut andil dalam kegiatan itu. Bersih Desa Sumberejo ini sudah memasuki usia 93 tahun. Penye­ lenggara mengambil tema “siap mengembangkan modernisasi tanpa meninggalkan tradisi”. ”Kami siap menjaga tradisi di desa ini, juga siap mengembangkan modernisasi, dalam artian keduanya nantinya bakal disatukan,” kata Kepala Desa Sumberejo, Riyanto disela-sela acara, kemarin.(mik/ary)

Catatan Wali Kota Batu

BIRO BATU Jalan Diran 1 B, Batu Telp. 0341 - 592 967

18

Taniku Wisataku dan Ekonomi Kerakyatan

SAYA memahami kalau ba­ nyak pihak yang mengkha­ watirkan kondisi pertanian di Kota Wisata Batu (KWB), sejalan dengan perkemba­ ngan kota yang semakin pe­ sat. Meskipun sudah kerap disampaikan bahwa pemba­ ngunan kota akan tetap mem­ pertahankan pertanian, tapi tetap saja muncul keraguan soal masa depan pertanian. Yang jelas, sekarang Pemkot KWB tengah berusaha mem­ pertahankan pertanian dengan memberi nilai tambah, agar semakin banyak yang bermi­ H. Eddy Rumpoko nat pada bidang ini. Kondisi sekarang menunjukkan, banyak warga desa yang meninggalkan pekerjaan pertanian, karena dianggap tidak menguntungkan secara ekonomis. Jadi petani dianggap bukan pekerjaan yang bergengsi, apalagi penghasilannya. Bagaimana kalau pertanian mampu memberi penghasilan yang lebih baik ? Inilah yang sedang dilaksanakan, memberi nilai lebih pada pertanian dengan cara menggabungkan pertanian dengan wisata melalui program taniku wisataku. Kegiatan ini tidak hanya bertumpu pada pertanian atau wisata secara terpisah, tapi menggabungkannya sebagai kegiatan yang menguntungkan keduanya. Selama ini pertanian dianggap kurang menguntungkan, karena petani belum mampu memasarkan hasil panennya dengan harga yang baik. Mata rantai yang panjang menyebabkan harga komoditas mereka jatuh, padahal harga itu meningkat berlipat saat sampai di end user. Melalui program taniku wisataku, daerah pertanian akan menjadi tempat kunju­ ngan wisata, sebagai alternatif wisata yang sudah umum dikenal masyarakat. Banyak wisatawan ingin sajian yang baru dan alami, menikmati alam tanpa harus merusaknya. Wisata desa yang selama ini sudah dikembangkan di KWB disambut gembira oleh para wisatawan, terutama di desa yang memiliki hasil pertanian khusus, seperti buah, bunga, sayur dan susu. Nantinya sistem ini akan diintegrasikan dengan pertanian warga. Para wisatawan bisa menyaksikan kegiatan dan terlibat dalam kegiatan pertanian yang dilakukan oleh para petani di desa, seperti yang selama ini sudah dilakukan, tapi nantinya mereka bisa membeli hasil panen petani. Para petani tidak hanya didatangi wi­ satawan, tapi mereka juga bisa melakukan interaksi bisnis dengan menjual hasil pertaniannya dengan harga yang baik. Inilah efek ekonomi yang kita harapkan mampu meningkatkan pereknomian rakyat yang sejak awal memang berbasis pertanian. Dengan menjual langsung kepada pembeli, harga yang dipatok bisa lebih menguntungkan bagi petani, sebaliknya bagi pem­ beli harganya lebih murah. Bukan hanya murah, tapi mereka mendapat barang yang kualitasnya bagus dan segar karena baru saja dipetik dari sawah atau kebun. Bagi para petani, mereka akan mendapatkan keuntungan karena hasil panennya dibeli dengan harga yang lebih baik melalui transaksi langsung antara produsen langsung kepada konsumen. Inilah sistem ekonomi kerakyatan yang akan terus dikembangkan di KWB. Penghasilan yang meningkat ini bisa menjadi daya tarik bagi yang lain untuk tetap konsisten pada pilihan pekerjaannya sebagai petani. Menekuni pekerjaan petani bukan sesuatu yang rendah, tapi bisa menjadi pilihan pekerjaan yang menjanjikan. Dengan demikian, semakin banyak yang tetap tinggal di desa untuk menekuni pertanian, akan menjadikan sektor ini tetap bertahan. Selama ini, salah satu penyebab matinya pertanian, karena tidak ada anak muda yang menekuninya. Bagi wisatawan, membeli hasil pertanian langsung dari tempatnya merupakan sensasi sen­ diri, apalagi kalau mereka ikut terlibat langsung saat memanen. Bagi kebanyakan wisatawan yang berasal dari kota, terlibat dalam kegiatan pertanian di desa menjadi pengalaman tersendiri. Banyak masyarakat, terutama anak muda yang tidak tahu tentang pertanian, termasuk apa yang dihasilkannya. Ketidaktahuan itu juga menyebabkan rendahnya minat anak muda untuk terjun dalam bidang pertanian, padahal nenek moyang kita dulu adalah petani. Setelah mereka tahu seluk beluk dan peluang ekonominya, akan banyak yang terjun sebagai petani. Sehingga menurut saya, kita tidak perlu khawatir soal masa depan pertanian di KWB. Pemkot sudah membuat program yang baik, apalagi kalau didukung oleh partisipasi masyarakat, tentu harapannya sektor pertanian akan berkembang dengan baik. Bukan hanya sebagai penghasil komoditas pertanian, tapi juga menjadi objek wisata alternatif yang menarik dan bernilai ekonomis.(Wali Kota Batu H. Eddy Rumpoko)

Kompetisi U 16 Kapolres Cup

Menang, Gunungsari Tersingkir BATU - Desa Gunungsari memetik kemenangan 1 – 0 (0 – 0) atas Desa Tlekung dalam Kompetisi U 16 Kapolres Cup, kemarin. Bertanding di lapangan Gelora Arjuno Desa Bumiaji, gol semata wayang ini dile­ sakkan oleh pemain depan bernomor punggung 12 Sugeng Joko. Gol pada menit 53, itu berawal dari sklimit di depan gawang lawan. Pertandingan yang dipimpin oleh wasit Sulhan itu, pada awal babak kedua sempat berjalan panas. Per­ mainan menjurus kasar, tak tanggungtanggung dua kartu kuning keluar dari wasit. Diberikan kepada Sofii dari Tlekung dan Rianggi dari Gunungsari. Meski demikian, Gunungsari bermain lebih efektif. Permainan umpan pendek yang diperagakan oleh desa penghasil bunga ini mampu mengakhiri pertandingan dengan kemenangan. Sebab, kesebelasan Gunungsari yang berkaos merah ini

lebih mendominasi jalannya per­ tandingan. Kemenangan ini menjadi bukti bahwa Gunungsari bukanlah lawan yang enteng. Meskipun Gunungsari tergolong tim baru dalam Kompetisi U 16 Kapolres Cup Pengcab PSSI Kota Batu. Gunungsari beberapa kali memang menelan kekalahan. Sehingga di­ harapkan kemenangan perdananya ini mampu mengangkat semangat dan memberi motivasi terhadap pemain. Tentu agar lebih siap lagi dalam melakoni kompetisi di musim depan.”Alhamdulillah akhirnya mampu memetik kemenangan, meski kami tidak lolos ke babak selan­ jutnya,” kata Sugeng pencetak gol kemenangan Gunungsari itu. Sementara pada pertandingan pertama, Desa Sumberbrantas juga memetik kemenangan pertamanya, setelah mengalahkan Desa Beji de­

ngan skor tipis 1- 0 (1-0) di lapangan Gelora Arjuno Desa Bumiaji Minggu (20/10) kemarin. Gol tunggal keme­ nangan tersebut dicetak pemain no­ mor punggung 10 Arka pada menit 10 lewat tendangan kerasnya dari luar kotak penalti. Kedua kesebelasan saling jual beli serangan sejak menit awal. Namun naas menimpa tim Beji, pada menit 31 harus bermain 10 orang. Setelah penjaga gawangnnya Cecep diganjar kartu merah oleh wasit pertandingan Gatot. Cecep dinilai melakukan pelanggaran dengan sengaja meraih bola dari luar kotak pinalti. Namun, Sumberbrantas tidak mampu memanfaatkan peluang tersebut. Hingga peluit panjang per­ tandingan babak pertama dibunyikan mereka tidak mampu menambah pundi-pundi golnya. Skor tetap 1-0 untuk kemenangan Sumberbrantas hingga akhir babak kedua. (mik/ary) REDAKTUR: BAGUS ARY, LAYOUTER: REP


SENIN, 21 OKTOBER 2013

Bangga Lulusan Smanti, Jendral TNI ’Hadiahi’ Mobil SUARA sirine meraung keras dari kejauhan. Sejumlah siswa berseragam pramuka langsung merapatkan barisan di gerbang sekolah. Sebagian tampak sibuk membetulkan atribut, sementara yang lain berkasak-kusuk. Mereka kemudian membentuk ‘barikade’ berjajar layaknya barisan penerima tamu di acara resepsi. Sabtu (19/10) pagi itu, SMAN 3 Malang kedatangan tamu istimewa. Menilik pengawalannya, yang ada di dalam rombongan mobil tersebut jelas bukan orang sembarangan. Ke pala sekolah, Drs H M Sulthon M.Pd bahkan sampai ke luar pagar untuk menyambut tamu yang sudah dinanti-nantikan. Begitu pintu mobil terbuka, terjawab sudah siapa saja sosok yang kehadirannya sengaja ditunggu. Lambaian tangan dan sapa mesra langsung menyambut Panglima Komando Armada Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Agung Pramono, S.H, M.Hum dan Pangkoopsau I Marsda TNI M. Syaugi S.Sos begitu turun dari kendaraan. Sejenak keduanya terpaku di depan gerbang, lantas saling memandang. “Jauh berbeda, tapi rasanya masih seperti dulu,” ujat TNI Agung Pramono. “Ya harus masuk dulu, kita lihat-lihat

GUEST GESANG// MALANG POST

SUMBANGSIH: Pangkoopsau I Marsda TNI M. Syaugi S.Sos saat test drive mobil operasional SMAN 3 Malang sumbangan alumni angkatan 1980.

bagaimana sekarang,” jawab Marsda TNI M Syaugi tampak tidak sabar. Tak lama kemudian serombongan pria dan wanita paro baya berkaos biru dengan logo ‘Panzer 80’ menyapa ke duanya dengan akrab. Sua sana mendadak cair, tak ada kesan formal sekalipun yang ada di hadapan mereka adalah jendral bintang dua TNI. Agung dan Syaugi tidak sendiri, mereka di te mani Lak samana Pertama Dwi Wijayanto, Kolonel AD Hariono dan Kolonel AU Heru Anggraito. Bangunan Smanti jelas tidak asing bagi mereka. Maklum saja, selama kurun waktu tiga tahun periode akhir tahun 70’an ke awal 80’an, para perwira TNI ini tercatat sebagai siswa Bhawikarsu (julukan Smanti). Mereka pun langsung

diajak bereuni denga dengan mengelilingi area sekolah, sengaja bernostalgie membangkitkan memori ke era 33 tahun silam. “Wah, ini kelasnya anak pintarpintar. Kalau sekarang bagaimana ya?” celetuk Agung Pramono di depan kelas Matematika di lantai II. Puas berkeliling sekolah yang dinilai penuh memori indah, para perwira tinggi itu kemudian diajak ke Aula Tugu. Rupanya, disana ribuan siswa-siswi Smanti sudah ber kumpul menanti kehadiran sang senior yang sukses di jagad militer. Meski bertajuk Gerakan Jendral Mengajar, namun forum di aula itu berlangsung gayeng dan penuh canda. Baik Agung maupun Syaugi tak jarang melontarkan motivasi diselingi jokejoke segar yang membuat seluruh siswa

kian bersemangat. Dalam sambutannya, Laks Muda TNI Agung Pramono menekankan besarnya peran Smanti dalam men didik siswa berprestasi. “Kami bisa seperti sekarang bukan tanpa per juangan dan tidak dengan tangan kosong. Modal kami sudah dipupuk sejak saat bersekolah di SMA 3. Semoga adik-adik sekarang bisa mengikuti sukses kami, bahkan bisa jauh lebih sukses di segala bidang,” serunya bersemangat. Tak sekadar berbagi pengalaman serta wawasan anyar, alumni Panzer (delapan zero) alias angkatan 80 ini kian membaur dengan para siswa lewat ajang tanya jawab dan bernyanyi bersama. Salah satu siswi kelas XI, Ragilda Rachma tampak luwes berduet dengan M Syaugi yang dalam kunjungannya mengajak serta sang putri. Rasa bangga kepada almamater itulah yang kemudian menginspirasi para jendral angkatan 1980 tersebut untuk menyumbang satu unit mobil Daihatsu Xenia untuk dijadikan mobil operasional SMAN 3 Malang. “Rasa syukur dan bangga kami kepada almamater tercintalah yang mendorong kami untuk me wu judkannya dalam bentuk seperti ini. Semoga bisa bermanfaat bagi sekolah,” tutur Marsda TNI M Syaugi sebelum test drive mobil di halaman sekolah. (tommy yuda pamungkas)

WARGA RESAH, KERAP MAKAN KORBAN ’’ Rumah Melayang’’ di Jalan Bougenville

BAGUS ARY WICAKSONO/MALANG POST

BAHAYA : Rumah milik warga Jalan Bougenville dibangun diatas jalan membuat resah warga setempat.

MALANG-Warga Jalan Bougenvile Bawah RT 1 RW 9 Kelurahan Jatimulyo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang dibuat resah keberadaan ‘’rumah melayang’’. Rumah itu dibuat melayang diatas tanah, mirip dengan poskamling bertingkat di gang-gang kampung. Keberadaan rumah itu dikhawatirkan membuat celaka warga karena strukturnya retak. Hanya saja sampai saat ini, warga Bougenville Bawah tak tahu secara pasti pemilik rumah itu. Sebab, pemilik jarang sekali datang langsung untuk meninjau rumahnya. Padahal, keberadaan rumah itu, beberapakali menyebabkan warga celaka. “Warga banyak yang terjatuh karena rumah itu dibangun diatas jalan kampung, tembok bawahnya menghalangi pandangan warga sehingga kerap terjadi kecelakaan,” aku Ketua RT 1 Suprahana kepada Malang Post. Pria ini mengaku, dirinya baru dua tahun ini tinggal di Bougenville bawah. Akan tetapi,

selama memimpin RT 1, tercatat lebih dari delapan warga celaka. Bahkan, terakhir Sugiyono seorang pencari pasir harus dirawat hingga kini karena terjatuh dibawah rumah tersebut.“Karena tak tahu pemiliknya, saya membongkar tembok bawah, sebab tembok bawah juga memakan jalan warga, silahkan pemilik protes ke saya, kami nanti juga akan protes lagi,” imbuhnya. Sehingga sampai saat ini, Suprahana mengaku tak tahu secara pasti asal muasal izin dari rumah tersebut. Hal ini sulit dilacak, sebab Ketua RW lama sudah meninggal dunia. Adapun Ketua RW yang baru juga tak tahu menahu perihal perizinan.“Lantai rumah yang diatas jalan warga juga retak, ini kan bisa membahayakan,” akunya. Hal senada diungkapkan warga bernama Mukidi. Kata dia, status tanah dibawah rumah melayang itu adalah tanah warga. Sebab, selama ini areal tersebut digunakan untuk jalan warga Bougenville bawah. Seingat Mukidi, pembangunan rumah itu, dulu sempat diprotes warga. “Dulu sempat diprotes warga, kemudian berhenti, tapi entah dapat izin dari siapa, kemudian berlanjut,” katanya. (ary/nug)

19

KECAMATAN KLOJEN

IST/MALANG POST

PEMBINAAN : Wakil Wali Kota Malang Sutiaji membuka pelatihan pengembangan kapasitas masyarakat, diselenggarakan FKA (Forum Komunikasi Antar) BKM se-Kecamatan Klojen.

Forum Komunikasi Antar BKM Gelar Pelatihan MALANG-Forum Komunikasi Antar BKM se-Kecamatan Klojen menggelar pelatihan pengembangan kapasitas masyarakat selama tiga hari. Pelatihan tersebut digelar di Kantor Kecamatan Klojen mulai tanggal 18 - 20 Oktober, kemarin. Pesertanya adalah organ Badan Keswadayaan Masyarakat dari 11 kelurahan di Kecamatan Klojen. Para peserta terdiri dari dewan pengawas, sekretariat, UPK, UPL, UPS dan relawan. Jumlah peserta mencapai 121 orang, dengan materi terkait pemakaian anggaran yang diperoleh dari PNPM Mandiri Perkotaan 2013. Kegiatan tersebut dibuka Wakil Wali Kota Malang Sutiaji. Sutiaji selain sebagai Wawali Malang, sekaligus juga selaku Ketua Forum Komunikasi BKM se-Kota Malang. Dalam kesempatan itu, Sutiaji menekankan mengenai pentingnya kemandirian BKM. Sebab, BKM sebagai ujung tombak kesuksesan kegiatan untuk keswadayaan masyarakat. Sujito SE selaku Ketua Panitia Pelatihan mengatakan bahwa program seperti ini bersifat pembinaan. Materi diberikan kepada peserta di kelas yang berbeda-beda. Dengan harapan agar mereka semakin fokus dan gamblang dalam kaitan bidang kerjanya masing-masing. “UPS mendapatkan materi pengembangan KSM, UPL mengenai perencanaan sampai evaluasi kegiatan masing kelurahan sedangkan relawan diberi materi perencanaan partisipatif di tingkat kelurahan dan BKM masing-masing,” urai pria yang juga Ketua FKA Kecamatan Klojen itu. Lebih lanjut, Sujito menambahkan, bahwa Sekretariat mendapatkan materi mengenai sistem adminitrasi dan pembukuan. Adapun UPK juga diberikan pemahaman lebih lanjut terkait perencanaan perguliran dana simpan pinjam. Tak kalah penting, Dewan Pengawas juga dimatangkan mengenai sistematika pengawasan perguliran dana PNPM Mandiri Perkotaan. “Peserta juga diberikan motivasi dari motivator Hartoyo,” katanya. Pemateri antara lain, soal UMKM Dr Sunardi SE MM Kepala Program Diploma keuangan dan perbankan Unmer. Pemateri lainnya dari Inspektorat Kota Malang soal pengawasan. Adapaun untuk pembangunan infrastruktur diberikan oleh pegawai DPUPB. UPL juga DPUPB, UPS dari BKBPM Kota Malang dan terkait perencanaan pembangunan dari Bappeda Kota Malang. “Kami berharap dengan kegiatan ini, untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengelola program yang ada di masing-masing BKM, dan BKM lebih bisa mandiri ke depan dalam mengelola dana dari pusat untuk program penanggulangan kemiskinan di Kota Malang,”urai pria yang sehari-hari sebagai staff satpol PP Kota Malang itu. Adapun, Winardi selaku Korkot 18 PNPM Mandiri Perkotaan Kota Malang, mengamini pentingnya pelatihan. Diharapkan, masing-masing unit pengelola yang ada bisa berkembang dalam bertugas lebih dari sekedar menjalankan tupoksi. Muncul juga kreatifitas, seperti bekerjasama dengan lembaga lain yang potensial sebagai mitra. (ary/sir/nug)

KELURAHAN MOJOLANGU

Tiadakan Jambong, Permudah Perizinan

AAM Butuh Waktu Sosialisasikan Kenaikan Pajak Reklame MALANG- Rencana Pemkot Malang menaikkan pajak reklame sampai 300 persen langsung direspon serius oleh para pengusaha periklanan. Mereka yang tergabung dalam Asosiasi Advertising Malang (AAM) bahkan telah melayangkan masukan tertulis secara resmi kepada Walikota Malang, H Moch Anton. Intinya, AAM mendukung kebijakan Pemkot untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Malang, namun jangan sampai menimbulkan efek domino yang justru merugikan wong cilik. “Karena pelaku usaha iklan terdiri dari berbagai strata. Ada yang besar, tapi banyak juga yang skala kecil. Belum tentu semuanya bisa mengimbangi kenaikan pajak ini,” seru Ketua AAM, Rachmad Santoso. Para pelaku usaha periklanan sebenarnya sudah cukup terkejut mendengar wacana kenaikan pajak reklame hingga tiga kali lipat. Mereka mempertanyakan dasar penghitungan pajak yang naik drastis tersebut. “Kok tiba-tiba bisa ketemu angka 300 persen, itu darimana?” lanjut Rachmat dalam forum diskusi bersama para anggota AAM, siang kemarin. Mereka semakin bertambah shock begitu tahu kebijakan anyar yang

TOMMY YUDA PAMUNGKAS//MALANG POST

KEBERATAN: Ketua AAM, Rachmad ‘Jade’ Santoso menunjukkan salinan surat usulan mengenai peningkatan PAD yang dilayangkan kepada Walikota Malang.

berpayung hukum Perwali No 32 Tahun 2013 itu bakal diterapkan dalam waktu dekat. Mereka lantas membandingkan dengan Permen PU no 20/PRT/M/2010 yang baru direalisasikan dua tahun pasca dirilis. “Kalau ini kenapa buru-buru sekali. Paling tidak, kami diberi waktu untuk

me mempersiapkan segala sesuatunya,” tuk tukasnya kepada Malang Post. P Pemilik Jade Indopratama itu berharap Pe Pemkot memberi tenggat waktu bagi pa para pengusaha untuk melakukan so sosialisasi dan edukasi kepada klien. M Minimnya, ada durasi waktu peralihan sel selama tiga bulan sebelum tarif pajak ba baru diberlakukan. Sehingga, mereka bis bisa mengkondisikan kenaikan tersebut ke berbagai pihak terkait. D Di samping itu, AAM juga berharap pi pihak Pemkot merevisi kebijakan jam jaminan pembongkaran alias jambong. Ka Karena faktanya, dana jambong yang tak ubahnya deposito tak pernah kemba bali sekalipun masa reklame sudah be berakhir. “Yang non PAD lebih baik dit ditiadakan, seperti halnya jambong. Itu kan uang titipan kami. Kalaupun masih ada, nilainya jangan terlalu besar,” ujar pengelola Majesty Printing, Yanuar. Selama ini, para pengusaha reklame harus membayar jambong sebesar 50 persen nilai pajak. Sebagai ilustrasi, jika memasang spanduk berukuran 5x1 meter maka dikenakan pajak Rp 50 ribu dan jambong Rp 25 ribu. Jadi, pengusaha harus membayar Rp 75 ribu setiap pekan. “Padahal, biaya cetaknya saja tidak sampai Rp 15 ribu,” selorohnya.

Usulan itu juga sudah dimasukkan dalam surat kepada walikota, tertanggal 16 Oktober lalu. Jika tidak bisa dihapus, maka dana jambong bisa dipangkas setinggitingginya 10 persen dari tarif pajak yang diberlakukan. Selain itu, AAM meminta prosedur pembayaran dan pengembalian dana jambong dipermudah. Ruwetnya birokrasi perizinan selama ini juga tak luput dari sorotan para pengusaha periklanan. Mereka menilai pelayanan selama ini kurang optimal. Setidaknya, proses perizinan cukup dilakukan di Badan Perizinan dan Pelayanan Terpadu (BP2T) dengan masa layanan sampai jam kerja normal berakhir. Para pebisnis iklan khawatir, kebijakan yang terkesan buru-buru ini justru berdampak boomerang bagi Kota Malang. Kemungkinan terburuk adalah PHK besar-besaran, karena banyaknya perusahaan advertising yang gulung tikar. “Bisa-bisa nanti malah tidak ada yang mau pasang iklan. Klien pastinya juga cukup shock. Efek dominonya ke rakyat yang bahaya. Kalau merasa tidak kuat, tidak ada opsi lain bagi kami untuk memangkas jumlah karyawan,” tutur Bayu, pengelola Maxx Adv berpendapat. (tom/nug)

ASA Warga Kota Malang Sambungan dari Halaman 20

Padat dan Panas

Kepada abah Anton, tolong dibatasi ijin pembangunan perumahan dan hunian lain. Malang sudah terlalu padat dan panas. Kembalikan Malang seperti dulu 085755390xxx

Berantas Kemiskinan

Good for father Anton. Berantas kemiskinan di Kota Malang 08990346xxx

Kapan Diperbaiki

Jalan Mojopahit tepatnya menuju pasar burung sudah lama rusak.Kapan diperbaiki? 08155550xxx

Sekolah Gratis

Apa kabar soal sekolah gratis? Sebab sampai sekarang masih banyak tarikan dan pungutan di sekolah negeri.

Percepat Pengurukan Sambungan dari Halaman 20

Adi menambahkan, bahwa jacking nantinya bakal dibangun ke arah Sungai Metro. Pihaknya akan membuat lubang besar yang berfungsi sebagai mainhole dengan jarak 50 meter. Kemudian box culvert akan didorong ke lubang bawah tanah itu dengan system jacking.“Nanti pakai jacking

hidrolis, seperti tabung hidrolis, di Indonesia baru ada dua, yakni di Jakarta dan Bali,” tandasnya. Sementara itu, sejumlah tukang parkir di kawasan Jalan Bondowoso mengaku sudah mendapatkan ganti rugi. Namun ganti rugi itu sebesar Rp 3.500.000 dibagi untuk 14 juru parkir. Mereka

enggan meminta kembali, karena gengsi dengan pelaksana proyek.“Sudahlah kami malas minta-minta, nanti dikira ngemis,” aku salah satu juru parkir. Direktur PT Citra Gading Asritama Heri Mursid Brotosejati menegaskan bahwa kompensasi itu muncul karena dampak sosial. Secara otomatis, tentu

bakal mengurangi keuntungan dari kontraktor selaku pelaksana proyek. Untuk kompensasi kali ini, diberikan dari kantong pribadi Ardiansyah selaku manager proyek tersebut.“Kalau untuk proyek ini, margin keuntungan kami tipis sekali, nilai proyeknya kan Rp 38,4 miliar,” akunya.(ary/nug)

BINAR GUMILANG / MALANG POST

SIMBOLIS : Lurah Mojolangu, Joao M.G De Carvalho SIP menyerahkan dana hibah kepada Pokmas.

33 Pokmas Terima Dana Hibah Tahap Dua LOWOKWARU- Masyarakat Kelurahan Mojolangu Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, kembali berbahagia. Setelah Pemkot Malang kembali mencairkan dana hibah sebesar Rp 251 Juta kepada 33 kelompok masyarakat (Pokmas). Dana hibah tahap kedua itu, diserahkan Lurah Mojolangu Joao M G De Carvalho SIP, Jumat (18/10) malam. Joao D Carvalho mengatakan 33 pokmas yang menerima dana hibah tahap kedua itu, mayoritas menggunakannya untuk kegiatan non fisik. “Berbeda saat pencairan tahap pertama pada bulan Agustus lalu, yang mayoritas pokmas menggunakan untuk pembangunan dan perbaikan fasilitas umum,” ujarnya. Dipaparkan, terdapat 28 pokmas yang sebelumnya mengajukan proposal untuk kegiatan non fisik seperti, pelatihan, penyuluhan, dan kegiatan pemberdayaan enonomi masyarakat yang sifatnya dana bergulir seperti hibah modal atau usaha simpan pinjam. Sedangkan pada kesempatan kali ini, hanya terdapat lima pokmas yang mengajukan proposal untuk pembangunan fisik. Bentuknya yakni pemasangan penerangan jalan umum (PJU), pembanguan shelter atau tempat berlindung, pavung jalan, penyedia bak sampah dan pembangunan tembok balai RW yang rusak.“Mayoritas kondisi fisik bangunan jalan atau fasilitas umum lainnya di Kelurahan Mojolangu sudah bagus. Jadi, wajar saja kalau mereka menggunakan dana hibah itu untuk penguatan modal usaha. Sehingga diharapkan nantinya dapat mendongkrak pertumbuhan perekonomian masyarakat,” bebernya kepada Malang Post. Lanjut pria berusia 48 tahun tersebut, penyaluran dana hibah kali ini merupakan tahapan terakhir untuk Kelurahan Mojolangu. Pencairan tahapan pertama, sudah dilakukan pada awal bulan Agustus lalu. Total dana hibah yang diterima yakni Rp 502 Juta dan bersumber dari APBD Pemkot Malang tahun anggaran (TA) 2013.Selanjutnya, Joao meminta kepada seluruh pokmas agar benar-benar mempertanggungjawabkan penggunaan dana hibah itu. Diwajibkan setiap pokmas melampirkan foto pengerjaan dan pengadaan saat membuat laporan pertanggung jawaban (LPJ), sebagai tanda proyek tersebut tidak fiktif,” tegasnya. (big/sir/nug) REDAKTUR: NUGROHO, LAYOUTER: OLIS


RONCE NGALAM SENIN, 21 OKTOBER 2013

20

PERCEPAT PENGURUKAN Lubang Drainase di Jalan Bondowoso MALANG-Lubang drainase di Jalan Bondowoso sudah mulai diuruk oleh rekanan PT Citra Gading Asritama, kemarin. Ditargetkan pengurukan total kawasan tersebut selesai pada hari Rabu (23/10) lusa. Selain mempercepat pengurukan, pihak kontraktor juga mencairkan dana ganti rugi kepada warga terdampak. Menurut Adi Wibowo selaku pelaksana proyek di lapangan, pengurukan masih diprioritaskan di dua rumah warga yang “tersandera” proyek itu. Terutama rumah di Jalan Bondowoso nomor 6 yang dihuni dua lansia kakak beradik. Pihaknya telah memasang box culvert di depan dua rumah tersebut. “Box culvert ini dimensinya 3,1 meter x 3,1 meter dengan ketebalan 1 meter, total mulai dari Universitas Widya Karya hingga depan Niki Kopitiam, kita targetkan selesai hari Rabu (23/10) sesuai dengan rapat di Kelurahan,” urainya kepada Malang Post. Menurut dia, untuk jalan Bondowoso memang berfungsi sebagai drainase ter-

RIZAL FANANY/MALANG POST

DIURUK : Rekanan proyek drainase di Jalan Bondowoso mulai menguruk box culvert, kemarin.

buka. Nanti pengerjaannya akan digali sepanjang 5 meter hingga 10 meter. Adapun jacking mulai dikerjakan di perempatan Jalan Galunggung atau di dekat CIMB Niaga.“Jacking butuh tekanan tertentu.

Kalau di Jalan Bondowoso ini memakai kemiringan tertentu agar air tidak kembali, jacking sendiri minimal kedalamannya 7 8 meter,” katanya. Baca Percepat... Hal.19

ASA WARGA KOTA WARGA Kota Malang sampaikan harapan anda kepada duet Abah Anton dan Sutiaji yang menjadi pemimpin baru Bumi Arema hingga lima tahun ke depan. Kirimkan suara anda lewat sms ke nomor

0857 9119 1887

Jalan Rusak Bah, Abah Antonku,,,, jalan Danau Jonge yang menuju arah velodrome rusak parah. Padahal di sana rame sekali yang lewat. Mohon ditambal aspalnya. Dari warga Sawojajar 081333320xxx Baca ASA... Hal.19

ABAH ANTON SEMARAKKAN SENAM DI RAMPAL Senam Sehat Demi Indonesia yang digelar kemarin pagi kedatangan tamu istimewa, Wali Kota Malang, Moch Anton. Tak hanya menyapa warga Malang, Abah Anton juga berbaur dan ikut senam di tengah-tengah member. Kehadiran Abah Anton membuat suasana Sehat Demi Indonesia jadi lebih segar. FOTO: GUEST GESANG/MALANG POST

IDOLA KITA: Kehadiran Abah Anton di Lapangan Rampal disambut gembira oleh para member Senam Sehat Demi Indonesia bersama Malang Post dan Kodim 0833 Kota Malang, kemarin.

SEHAT BERSAMA: Abah Anton mengikuti senam berbaur dengan instruktur dan senamers di Lapangan Rampal.

REBUTAN: Setelah senam, Abah Anton jadi rebutan foto bersama senamers.

SELAMAT: GM Malang Post H Sudarno menyerahkan hadiah doorprize untuk senamers yang beruntung.

JEMPOL: Abah Anton bersama pemenang Lomba Senam Sehat Demi Indonesia. SEGAR: Instruktur Farida Ariani tampil fresh dengan dress code orange.

SELALU RAMAI: Kegiatan Senam Sehat Bersama Demi Indonesia selalu dipenuhi warga Malang. REDAKTUR: NUGROHO, LAYOUTER: OLIS


Mp2110