Page 1


Salam | Editorial Pembina Andi Darussalam Tabusalla Meike Bunadi

Dari Pasar Segar ke Topaz

M

emasuki bulan Maret, seabrek kesibukan mewarnai aktivitas kami. Selain menjalin kerjasama dengan berbagai komunitas sosial, UKM, dan lain-lain, kami juga boyongan dari kantor lama di kawasan Pasar Segar ke kompleks Topaz Raya Blok.F 67-68 Panakkukang. Tidak hanya ‘pindah kantor’ tapi kami pun menggandeng mitra baru di kantor baru tersebut diantaranya RM. Ikan Bakar ‘Paotere’ dilantai satu dan barber shop untuk kalangan pria, disamping salon rambut ‘Rainbow’ yang memang sudah sejak awal kami rintis. Sedangkan untuk memperluas cakupan pembaca majalah, kami pun telah menjalin kerjasama dalam bentuk MOU (memorandum of understanding) dengan sejumlah komunitas seperti IWAPI Sulsel, Prestist, Klabelanja, TDA (Tangan Di Atas), UKM binaan Disperindag Makassar, Makassar Cooking Community, dan lain-lain. Semua upaya yang kami lakukan tersebut sebagai wujud daripada hasil catatan evaluasi, refleksi dan introspeksi yang kami lakukan di usia satu tahun majalah ini. Tentu saja dengan harapan agar majalah ini makin mendapat hati dan kian dekat dengan para pembacanya. Pada edisi Maret 2014 ini, kami banyak memuat liputan aktivitas kerjasama dengan sejumlah komunitas. Kedepan, kehadiran majalan ini sudah mulai on the track dengan tetap konsisten mengusung tagline sebagai ‘family magazine’. Pada edisi berikutnya, kami juga terus berupaya dan membuka diri untuk menjalin kerjasama dengan pihak lain. Hal tersebut tergambar dari rubrikasi kami yang lebih variatif. Akhirnya, kami berdoa dan berharap semoga pada edisi-edisi selanjutnya, kami bisa tampil dengan spirit baru serta komunitas baru. Selamat membaca! ***

Pemimpin Umum & Perusahaan Bang Mar Pemimpin Redaksi Rusman Madjulekka Manajer Bisnis Rafael S. Hadjon Marketing Dede, Fadli, Taufik Event & Promo Sherly Management Fotografer Armin Sulfikar Yahya Layout & Design www.imagistudio.com Finance & Admin Endang Martiningsih Penasihat Hukum H. Tadjuddin Rahman, SH., MH Penerbit CV. Artha Ajeg Agung Alamat Redaksi/Iklan Jl. Topaz Raya No. F 67-68 Komp. Bisnis Panakkukang Mas. Makassar Email redaksi.panakkukang@gmail.com & iklan.panakkukang@gmail.com Social Media Facebook : Majalah Panakkukang Twitter : @mjlhpanakkukang Website : www.majalahpanakkukang.com Bank BNI 46 no. 1031358383 an. CV. Artha Ajeg Agung.

Redaksi berhak memuat ulang semua materi yang pernah ditayangkan di majalah ini.

Cover Story Model : Gemala Anjani (Lala) owner Roemah Kabaya 17 Lokasi : Topaz Photo Studio Fotografer : Armin Sulfikar Yahya


Daftar Isi Wisata Lokal

TANA TORAJA A Walk in The Clouds

suber : www.olandlapatau.blogspot.com

Dataran tinggi di bagian utara provinsi Sulawesi Selatan ini senantiasa menerbitkan kerinduan. Hawanya sejuk, dengan kabut mistis yang bisa dilihat bergerak melintas. Sawah-sawah hijau yang indah teratur, berlapis dan berjenjang.

44 Etnik

The Kajang

27

Masyarakat suku Kajang masih menenun untuk memenuhi kebutuhan mereka atau untuk keperluan ritual adat. Meskipun ada satu atau dua kain yang dijual kepada pelancong jika mereka datang berkunjung.

HEALTH Tips Kesehatan : Mengatasi Masuk Angin.... 14 Seksologi : 8 Cara Mengambil Hati Calon Ibu Mertua............................................. 15

Serba Serbi Kuliner

Komunitas IWAPI News ................................................... 18 Prestist News ................................................ 20

Sang Kepala

26

Kali ini Chef Frank ingin membagi Resep PAREDE ULU BETEE, makanan FAVORITE yang sering ia hidangkan baik di Negeri Paman SAM untuk menjamu temanteman bule'  maupun di kalangan pejabat Kementrian Luar Negeri.

Entrepreneur Kuliner

H. Tawakkal (RM. Paotere)

36

Kota Makassar identik dengan kuliner serba ikan. Bahkan makanan khas ‘kota daeng’ tersebut kini telah berkembang luas dengan berbagai inovasinya. “Tapi khusus ikan bakar bos, kalo ingin mencicipinya, hanya Rumah Makan (RM) Paotere pilihannya hehe,” ujar H.Tawakkal.

Wisata Dunia

Largest Aquarium in The World at Sentosa Singapore

34

Rubrik Model by Arzeti Bilbina Cara Memilih Warna Rambut Yang Cocok..... 07

S.E.A. Aquarium yang resmi dibuka tanggal 22 November 2012 adalah akua­rium terbesar di dunia yang menyimpan lebih dari 800 spesies laut mulai dari ikan laut yang kecil, bintang laut, belut moray yang ganas dan mematikan sampai ber­bagai ikan hiu raksasa berbagai jenis.

Woman Fashion .......................................................... 22 Serba Serbi Kuliner : Sang Kepala............... 26 Etnik : The Kajang.......................................... 27 Yoga : Yoga Pranayama................................. 30 Kisah : Sepenggal Perjalanan Hidup.............. 32 Wisata Serba Serbi Kuliner : ................................... 38 SOSIALITA Modus Operandi : Awas Penipuan Transaksi Online............................................. 40 Ombudsman : Dorong Percepatan Putusan di Pengadilan.................................... 41 IT & Gadgets : Mengenal Lampu Kedip Printer Canon dan Solusinya........................... 42 IT & Gadget : Cara Antisipasi Penyadapan.... Parenting : Anak yang Nge-Boss................... 43 Tips : Cara Praktis Memulai Bisnis................. 45 Grafologi : Kenali Lebih Dalam Lawan Bicara Anda Dengan Ilmu Membaca Wajah... 46 NIAGA Info Sentra Bazaar : Senam Segar ............... 48 Info Komunitas Tangan di Atas (TDA) ........ 50 Info Klabelanja .............................................. 52 Info Makassar Cooking Club (MCC)............. 54


Rubrik Model Asuhan

Arzeti Bilbina

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 13, Maret 2014

7


Rubrik Model

Cara Memilih Warna Rambut Yang ­Cocok

M

engubah rambutmu meru­ pa­­kan cara yang paling

oleh : Arzeti Bilbina

8

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 13, Maret 2014

perti bule Depok. Nggak banget, kan ? Rambut

orang

Indonesia

pada

mu­ dah untuk tampil beda

umum­nya berwarna hitam. Untuk meng-

dan jadi lebih segar dipan-

hasilkan warna yang lebih terang, kamu

dang. Satu cara yang bisa dilakukan dan

mesti mengalami proses bleaching atau

me­nimbulkan efek paling terlihat adalah

mematikan pigmen rambut. Jika nggak

mengubah warna rambut. Tapi hati-hati,

di-bleaching, warna cat rambut yang baru

cat yang dipilih mesti sesuai dengan war-

nggak bisa “masuk”. Dalam buku The

na kulitmu. Salah-salah bukannya terlihat

World of Hair, dr. John Gray mengungkap-

lebih segar kamu malah tampak aneh se­

kan beberapa tipe pewarnaan rambut.


Foto -foto : Int.

Rubrik Model

1.

Pewarna Sementara Pewarna sementara menggunakan

bahan pencelup (dyes) sehingga hanya melapisi permukaan rambut saja. Sifat kimia dalam pewarna sementara mudah dibersihkan dengan beberapa kali keramas sehingga nggak terlalu berisiko. Pewarna alami juga termasuk dalam kategori ini. Pewarna alami kebanyakan terbuat dari tumbuhtumbuhan, contohnya henna. Pewarna ini juga akan memudar setelah beberapa kali keramas. 2.

Pewarna Semi-Permanen Pewarna ini memiliki molekul yang

sangat kecil sehingga dapat meresap ke dalam inti rambut (korteks) dan kutikula. Namun, nggak sampai mengubah pigmen dan tak mengandung bleach (bahan kelantang atau penerang warna rambut), sehingga cukup aman digunakan.

3.

Pewarna Rambut Permanen Pewarna rambut permanen lebih berisiko karena

melalui proses bleaching yang mengubah pigmen rambut. Semakin sering rambut di-bleach, kutikula rambut akan rusak dan membentuk sisik. Untuk mengurangi kerusakan, disarankan jangan sering mengganti warna rambut. Guna足kanlah sampo dengan pH seimbang agar membantu kutikula menutup dengan sempurna, sehingga warna bertahan lebih lama. Juga gunakan kondisioner karena bisa memperbaiki gizi rambut sehingga mengurangi kekusaman rambut sekaligus lebih memperindah warna baru rambut. (sumber : tabloid Nova online)

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 13, Maret 2014

9


Kategori 1

Davina Nur Muharomah Tgl. Lahir: 27 Februari 2007

M. Azzarel Faturrahman Tgl. Lahir: 2 Agustus 2005

10

Andi Cinta Usia: 6 Tahun

Nur Riska Karim Alwi Hamu Tgl. Lahir: 29 November 2007

Dewi Sabrinah Karim Alwi Hamu Tgl. Lahir: 14 Desember 2005

Rezky Aulia Tgl. Lahir: 21 Juni 2005

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 13, Maret 2014

Kategori 2

Indah Puspita Arief Tgl. Lahir: 10 April 1996

Marwah Pratiwi S. Tgl. Lahir: 13 Januari 1994

Vhita Andriyani Tgl. Lahir: 24 Januari 1995

Nurul Dewinta Tgl. Lahir: 29 April 1995

Thathmainnul Qulub Tgl. Lahir: 21 September 1992

Rifani Maulida Tgl. Lahir: 13 Juli 1998


Pengarah Gaya : Farel

Kategori 3

Kategori 4

Jihan Shabrina Adilla Tgl. Lahir: 21 November 1999

Cilva Maria Rarung Tgl. Lahir: 23 Maret 1999

A. Novi Patilasarani Tgl. Lahir: 14 November 1996

Aulia Qalbi Tgl. Lahir: 18 Oktober 1998

Ahmad Fathana Tgl. Lahir: 18 Mei 1995

Nur Insani Febry Wulandari Tgl. Lahir: 27 Februari 1999

Muh. Rizki Pawawo Tgl. Lahir: 30 Juni 1994

Ivana William Tgl. Lahir: 16 Juli 2000

Bayu Kadir Tgl. Lahir: 5 Juni 1994

Muh. Asnawi Tgl. Lahir: 13 April 1994

Muh. Arijan Hadyan Ibrahim Tgl. Lahir: 25 Maret 1997

Muh. Joko Purwanto Tgl. Lahir: 18 Maret 1993

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 13, Maret 2014

11


12

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 13, Maret 2014


Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 13, Maret 2014

13


Foto : Int.

Tips Kesehatan

Tips Simpel Atasi Masuk Angin

M

asyarakat Indonesia pastinya sudah sangat paham apa yang di maksud dengan masuk angin. Secara kedokteran pe­ nyakit ini tidak di definisikan sebagai suatu penyakit dimana tubuh kita kemasukan angin, namun masyarakat kita banyak yang memahami seperti itu. Gejala ini dapat di sebabkan oleh beberapa hal, terutama di­ saat tubuh anda kurang cukup beristirahat disaat malam. Daya tahan tubuh yag lemah membuat anda sangat mudah terserang

Kerokan mungkin akan ­membantu mem­per­ lan­­car aliran darah, di sisi ­lain kerokan juga memiliki sisi negatif termasuk me­rusak kulit bagian epidermis...

14

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 13, Maret 2014

penyakit ini. Kurang tidur, perjalanan jauh, begadang, makan telat, olahraga  dan aktifitas di luar ruangan yang melebihi ka­ pasitas anda akan membuat anda me­ ngalami gejala ini. Namun dengan mudahnya kita melakukan tradisi kerokan yang sebenarnya kurang efektif dalam memulihkan kondisi tubuh anda. Kerokan mungkin akan membantu mem­ perlancar aliran darah, di sisi lain kerokan juga memiliki sisi negatif termasuk merusak kulit bagian epidermis sehingga terkadang pasien merasakan perih serta pengelupasan kulit. Hal ini tentu saja membuat anda kurang merasa nyaman. Berikut ini ka­ mi akan memberikan beberapa solusi bagaimana mengatasi masuk angin ini. 1.

Istirahat yang cukup dan jangan begadang, hal ini memperbaiki kondisi tubuh anda menjadi lebih vit.

2.

Hindari kerokan namun pijat atau urut dengan lembut seluruh tubuh, hal ini membantu darah mengalir lebih baik dan mengurangi rasa pegal

3.

Minum susu murni yang di campur madu, tambahkan pula telur ayam kampung jika ingin menambah khasiat.

4.

Mengkonsumsi Jamu yang sudah turun temurun khasiatnya, selain jamu ampuh mengusir masuk angin, jamu terbuat dari tanaman dan bahan alami yang tidak meninggalkan ampas dan residu di ginjal. Sangat berbeda dengan obat kimia yang berbahaya dan meninggalkan endapan di ginjal.

5.

Mulailah olahraga teratur minimal 2 kali dalam seminggu untuk mengurangi dan mencegah anda dari serangan gejala ini.

6.

Jika anda mengalami gejala ini akibat perjalanan jauh, ada baiknya anda me­ minum jamu atau suplemen makanan yang mampu menambah daya tahan anda, namun tetap kunci utama dari masuk angin adalah istirahta berkualitas yang cukup.

7.

Banyak minum air putih, air putih memiliki banyak sekali kegunaan serta manfaat untuk kesehatan tubuh anda. (*).


Foto : Int.

Seksologi

8 Cara Mengambil Hati Calon Ibu Mertua

M

engambil hati calon ibu mertua tidak semudah yang dibayangkan.Namun, Anda tentu harus berjuang lebih keras karena restunya bisa menjadi kunci untuk mendapatkan restu ayah dari pacar Anda.Berhasil mengambil hati calon ibu mertua juga dapat membuka jalan Anda untuk melanjutkan hubungan cinta ke jenjang yang lebih serius. Nah, berikut adalah delapan cara mengambil hati calon ibu mertua, seperti dilansir Boldsky. 1. Apa yang tidak disukai dan disukai olehnya Ini sangat penting karena dapat membuka jalan Anda untuk membuatnya terkesan pada Anda. Jika Anda tahu apa yang disukainya, Anda bisa membuatnya terkesan dengan itu. Sebaliknya, jika Anda tahu tentang apa yang tidak disukainya, Anda bisa menghindari hal itu. 2. Membawa buah tangan Sesekali ketika berkunjung ke rumah calon mertua, Anda bisa membawa buah tangan untuk orang tua dari pasangan Anda. Tidak perlu mahal.Anda bisa membawa buah tangan berupa oleh-oleh makanan atau camilan. 3. Berpakaian sopan Penampilan juga menjadi faktor penentu

direstui atau tidaknya hubungan Anda dan pacar. Datanglah dengan memakai pakaian yang layak dan baik.Jangan lupa pula untuk menyetrika pakaian Anda serapi mungkin. Semprotkan parfum ke tubuh Anda agar baunya terasa segar. 4. Jangan bersaing dengannya Sangat penting untuk selalu menyanjung calon ibu mertua Anda. Jangan biarkan dia merasa terintimidasi dengan kelebihan Anda.Apalagi kalau ternyata Anda lebih bisa memasak dibanding dia. 5.Bersikap sopan Hindari perdebatan atau selisih paham dengan calon ibu mertua Anda.Bersikap

Hindari perdebatan atau selisih paham dengan calon ibu mertua Anda.Bersikap sopan dan selalu menghargai posisinya, karena bagaimanapun dia adalah calon ibu Anda.Â

sopan dan selalu menghargai posisinya, karena bagaimanapun dia adalah calon ibu Anda. 6. Sering menghubunginya Untuk menjaga komunikasi yang baik antara Anda dan calon ibu mertua Anda, pastikan Anda sering menghubunginya. Meski Anda hanya sekadar bertanya tentang kondisi kesehatannya atau mungkin bertanya tentang resep masakan padanya. 7. Minta saran Calon ibu mertua Anda akan terkesan pada Anda, jika Anda sering meminta saran padanya. Dia akan merasa dibutuhkan dan akhirnya menjadi sangat dekat dengan Anda. 8. Perlakukan pasangan Anda dengan baik di depannya  Orang tua jelas sangat posesif jika menyangkut anak-anak mereka, dan cara terbaik untuk mendapatkan rasa hormat calon ibu mertua Anda adalah dengan cara memperlakukan anaknya dengan baik, terutama ketika berada di depannya. Inilah delapan cara terbaik untuk mengambil hati calon ibu mertua. Selamat mencoba dan jangan patah semangat ya! (int/*). Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 13, Maret 2014

15


16

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 13, Maret 2014


Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 13, Maret 2014

17


IWAPI News

Usia 39 Tahun

IWAPI Siap Cetak Pengusaha Wanita Tangguh Bertempat di Atrium mal Ratu Indah Makassar, pada tanggal 10 Februari 2014, IWAPI memperingati ulang tahunnya yang ke-39.

A

cara ini dihadiri oleh ibu Ir.Hj. Norma Bakir, Msi, selaku Ka. Badan Pemberdayaan Perempuan Kota Makasar dan juga Sekertaris Tim Penggerak PKK kota makasar. Beliau mewakili ibu Walikota, Aliyah Mustika Ilham yang berhalangan hadir. Dalam kata sambutannya Ibu Norma memberikan penilaian yang sangat positif terhadap DPD IWAPI Sulsel atas program program yang telah dilaksanakan dan atas kerjasama yang baik yang telah dijalin antara DPD IWAPI Sulsel dan Pemerintah Kota Makasar. Dan Beliau berharap kerjasama tersebut dapat berlanjut dan Beliau juga berkata bahwa Pemerintah Kota Makasar akan terus mendukung segala program yang akan dilaksanakan oleh DPD IWAPI Sulsel. Sementara itu, Ketua DPD IWAPI Sulsel, Ida Farida Noer Haris, dalam kata sambutannya mengatakan bahwa di Ulang Tahunnya yg ke 39, IWAPI siap mencetak perempuan pengusaha yang tangguh dan berdaya saing. Selamat Ulang Tahun untuk IWAPI dan Jayalah perempuan Indonesia.

18

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 13, Maret 2014


IWAPI News

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 13, Maret 2014

19


PRESTIST News

Kunjungan Prestist ke SMKN 5

P

RESTIST, komunitas Perempuan Pemerhati Sehati Setujuan Makassar, terus melakukan aksi sosialnya. PRESTIST tetap fokus untuk mencari siswa-siswi berprestasi yang datang dari keluarga yang kurang mampu, untuk diangkat menjadi 'anak asuh' yang akan ditanggung biaya dan kebutuhan sekolahnya oleh 'Bunda asuh' yang tidak lain adalah para anggota PRESTIST. Pada tanggal 17 Februari kemarin, para 'Ibu Asuh' serta beberapa pengurus PRESTIST menengok anak-anaknya yang sekolah di SMKN-5 yang terletak di jl. Sunu. Anak-anak yang berjumlah 7 orang ini hadir dalam silaturahmi bersama 'Bunda' mereka. Mereka tampak ceria. Abdul Rahman, siswa yang duduk dikelas 2 jurusan Tehnik Alat Berat bertindak sebagai juru bicara mewakili temantemannya dalam silaturahmi tersebut mengatakan ; "Kami merasa sangat senang dan berterima kasih kepada Bunda, karena dengan adanya bantuan dari bunda maka kelangsungan sekolah kami lebih terjamin. Kami akan berusaha agar dapat terus berprestasi dan kelak jika kami sukses maka kami tidak akan melupakan kebaikan Bunda tersebut." Sementara Bunda Dally Kaharuddin Wahab, yang juga sebagai Pembina Yayasan menyampaikan ; "PRESTIST akan terus berupaya untuk merekrut anggota

20

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 13, Maret 2014

baru serta terus berusaha mencari anakasuh baru. Kami tidak ada target secara kwantitas, tapi kami akan terus menjaga kwalitas. Semoga aksi sosial kami ini bisa bermanfaat bagi orang lain dan juga bisa menjadi penyeimbang dalam kehidupan kami sehari-hari sehingga dapat tercapainya kehidupan yang baik dunia akhirat." Kepala Sekolah, Drs. Rusli M.Pd yang didampingi oleh Guru Pembimbing Drs. Abd. Kadir M.Pd dan Dra. Nursida, menyampaikan ; "Kami sangat bangga dan salut kepada PRESTIST dan semoga jumlah anggotanya terus berkembang sehingga dapat lebih banyak lagi mengambil anakasuh. Bagi anak-anak kurang mampu yang belum berprestasi, semoga tercambuk dan termotivasi untuk belajar lebih keras

sehingga dapat ikut merasakan bantuan dari Bunda-bunda PRESTIST." Daftar Anak-asuh di SMKN-5 serta Bunda Asuhnya : 1. Abdul Rahman, Tehnik Alat Berat, Bunda Hj. Nunung Dasniar 2. Asrullah, Tehnik Alat Berat, Bunda Diani Dwi Putranto 3. Andi Firdaus, Tehnik Listrik, Bunda Diani Dwi Putranto 4. Moh. Restu, Komputer Jaringan, Bunda Nining Haris 5. Ridwan, Tehnik Gambar Bangunan, Bunda Erni Astuti 6. Edi Sudrajat, Tehnik Pendingin, Bunda Rachmah Djalil 7. Moh. Nur, Listrik Instalasi, Bunda Dally Kaharuddin Wahab

Susunan Pengurus Yayasan PRESTIST 2014 : - Pembina Yayasan - Anggota Pembina - Ketua Umum - Ketua Harian - Sekretaris 1 - Sekretaris 2 - Bendahara 1 - Bendahara 2 - Seksi Ekonomi                         - Seksi Humas                       - Konsultan Hukum

: Bunda Dally Kaharuddin Wahab : Ibu Hj. Nunung Dasniar : Ibu Sari Sendy Syahrir : Ibu Yessy Tendean : Ibu Lily Nuryah : Ibu Eny Wulandari : Ibu Herlina Bakri : Zulharidah H. : 1. Ibu Harmiaty Dahlan S 2. Ibu Rachmah Jalil : 1. R. Dorothe Novita 2. Alfira Kartini : Ibu Khairiah Nasution, SH


Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 13, Maret 2014

21


Fashion

Wardrobe Pin/Hp Model Profesi Fotografer Hijab Stylist Lokasi

22

: Hesty Yusuf Junaidi (Butik Namira) : 2A447314 / 0816 253 517, 08219395 5488 : Qisthi Alifitriah : Mahasiswa : Armin Sulfikar Yahya : Lia Mashuri : The Secret's Spa, Mall Panakkukang

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 13, Maret 2014


Fashion

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 13, Maret 2014

23


Fashion

24

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 13, Maret 2014

Wardrobe : Roemah Kabaya 17 Alamat : Jl. Hertasning IV, no. 38 Hp : 087885066985 / 08135619925 Email : lalaanjani@yahoo.com Model : Uci Fotografer : Aming Photography Lokasi : Colonial Hotel Makassar


Wardrobe : Roemah Kabaya 17 Alamat : Jl. Hertasning IV, no. 38 Hp : 087885066985 / 08135619925 Email : lalaanjani@yahoo.com Model : Mira Fotografer : Aming Photography Lokasi : Colonial Hotel Makassar

Fashion

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 13, Maret 2014

25


Serba Serbi Kuliner

Sang Kepala Yang Menggoyangkan Lidah Tourist Kuliner Di Palopo Salam Kuliner !! Tanah Luwu ( baca : Tanah Lu' ) atau sering disebut sebagai BUMI SAWERIGADING yang lebih populer dengan sapaan PALOPO, entah karena hasil hutannya yang setiap tahun menghias Jl. Hertasning dan Jl. Sungai Saddang dengan tataan indah Durian dan Cempedak diatas bale-bale bambu, memiliki ciri dan ragam macam makanan pokok tersendiri jika dibandingkan dengan beberapa kabupaten / kota di bilangan Pulau Celebes, mungkin karena alamnya yang ditumbuhi pohon sagu,  pohon Patikala serta hasil bahari yang agak berbeda dengan tempat lainya. Sebut saja Bete Laja, serta beberapa species lainnya yang terkenal dengan rasa gurihnya. Sebagai seorang Praktisi Culinary, Saya Chef Frank SAIFUL Tokamaria yang dilahirkan di kaki lereng Gn. Buntu Sitodong Dusun Keppe, Kecamatan Larompong Selatan, memiliki darah keturunan SANGNGALLA, TANAH TORAJA. Sejak kecil terbiasa menikmati menu rumahan lokal hasil olahan sang Bunda yang sangat terkenal di kampung tersebut sebagai juru masak otodidak, merasa tergugah untuk membagi kenikmatan ragam culinary daerah ini kepada dunia, setidaknya untuk Masyarakat Kota Makassar. Oh yaaa …. Apa-apakah makanan andalannya To Lu' bedeng ? Kalau biasaki ke Restoran Kapurung toh, disana ada tersaji di Menu antara lain : Catatki naah .. Kapurung/ Bugalu, Lawa' Bete, Pacco, Lawa' Utang Paku ( sayur pakis ), PAREDE ULU BETE, Dapa' Lure, Bete Tunu Gammi Kendi, Gammi Loka Lolo Cukka Tuwak, Dangee, Sinolee', Beppa Gambung, So'ko pipi' serta banyak lagi gaaang. Tojengngaa …. !! Kali ini saya ingin membagi Resep PAREDE ULU BETEE, makanan  FAVORITE yang sering saya hidangkan baik di Negeri Paman SAM untuk menjamu teman-teman bule'  maupun di kalangan pejabat Kementrian Luar Negeri ataupun

26

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 13, Maret 2014

para dosen yang sementara tugas belajar dan pernah bertugas di sana. Semua mengatakan ; .. "enak Bro.. belum ada resto yang sajikan semacam ini.., saya sudah keluar masuk Resto Sari Laut baik di Eropa maupun di State."  Naah sekarang kadang saya sajikan di Catering Oryza Sativa yang telah beberapa kali mendapat Reward Execellent Food and Service Catering yang serta Lencana Emas dari Tamu Manca negara, sebut saja pada tgl. 23 Juni 2013,  menerima Reward dan Lencana Emas untuk Excellent Food dan Catering service menurut standard HACCP and United State Public Health selama melayani  US Armed Force  sebagai pasukan penjaga perdamaian PBB. Kemudian pada 21 Januari 2014, Menerima Letter of Reward Execellent Food and Service Catering dari UNIVERSITY of  GRONINGEN BELANDA.

Parede Ulu Betee

RESEP PAREDE ULU BETEE

( Sup Kepala Ikan Asam Pedas A la Dapur Oryza Sativa ). Bahan : - 1 Kepala ikan sunu / Lamuru ukuran sesuai selera ( belah dua bagian dan bersihkan dgn air jeruk ) - 2 siung bawang putih ( iris tipis ) - 2 siung bawang merah ( iris tipis ) - 3 buah patikala ( belah dua bagian ) atau gantikan dgn air jeruk/ lemon bila tdk tersedia di dapur. - 1 batang serai ( potong ukuran 4 cm ) - 5 cm jahe ( bersihkan, iris tipis ) - 3 helai daun jeruk purut  - 1 batang daun bawang prei ( potong ukuran 4 cm )

Oleh : Chef Frank

Dange

- 1 tangkai daun kemangi segar ( petik daunnya saja ) - 5 buah cabai merah - 1 sdt kunyit bubuk - 2 sdm minyak sayur untuk menumis - 1 sdm minyak wijen - 1 sdm kecap ikan   - 1/2 liter air minum - Garam dan Gula secukupnya. CARA MEMBUATNYA : Panaskan panci pada nyala api kompor sedang, tuangkan minyak sayur untuk menumis bawang hingga kecoklatan, lalu tambahkan batang serai, jahe serta daun jeruk kedalam tumisan tadi, tumis hingga mengeluarkan aroma. Tuangkan air kedalam panci lalu besarkan nyala api kompor, tambahkan patikala / air lemon, biarkan hingga mendidih, lalu tambahkan kecap ikan, bubuk kunyit, air perasan jeruk serta garam dan gula. Tambahkan kepala Ikan kedalam kuah sup yang sementara mendidih sempurna, biarkan hingga daging kepala ikan cukup matang. ( jangan memasak seafood over cooked , karena mempengaruhi rasa dan tekstur dagingnya ). Tambahkan Cabe rawit,  potongan daun bawang dan Kemangi serta minyak wijen kedalam sup. Hidangkan dengan Dangee atau Talas Bakar dan Ubi Goreng sebagai Carbohidrat pengganti nasi. ( LARANGAN KERAS : Jangan Menikmati Sup ini sambil meniru Bebek nyebrang Sungai :) just a joke daeeeng !! :)


Etnik

Foto - foro : Koleksi pribadi.

THE KAJANG

P

erjalanan itu kami tempuh selama 1,5 jam dari Bulukumba Bira, menuju ke desa Tana toa, (tanah tertua di Sulawesi Selatan) ke tempat suku Kajang Dalam. Perjalanan cukup panjang dan melelahkan tetapi ketika sudah sampai di tempat suku Kajang Dalam,rasa lelah tersebut tergantikan dengan melihat orang orang di pedalaman Tana Toa yang hanya menggunakan pakaian berwarna hitam dan sarung tenun biru yang proses pembuatannnya menggunakan pewarna alam. Demikianlah masyarakat Kajang Dalam, mereka hanya boleh mengenakan baju berwarna hitam dan sarung tenun Kajang sebagai bawahannya. Begitu pula dengan kami para tamu yang juga hanya boleh mengenakan pakaian berwarna hitam dan sarung khas Kajang hitam sebelum memasuki wilayah Kajang pedalaman. Berbeda dengan kampung penghasil tenun yang sudah mulai memperjual belikan tenun mereka, Masyarakat suku Kajang masih menenun untuk memenuhi kebutuhan mereka atau untuk keperluan ritual adat. Meskipun ada satu atau dua kain yang dijual kepada pelancong jika mereka datang berkunjung. Proses menenun di suku Kajang masih terbilang tradisional dengan alat tenun peninggalan nenek moyang yang terbuat dari kayu. Masyarakat Kajang biasanya menenun di Siring (bagian bawah rumah). Suku Kajang mengingatkan akan suku Baduy, baik dari cara hidup mereka yang tidak menerima teknologi yang mereka anggap akan membawa unsur negatif dan merusak sumber daya alam nantinya. Cara hidup masyarakat suku Kajang juga sangat

selaras dengan alam. Mereka percaya bahwa pohon adalah sumber kehidupan mere­ ka. mereka memperlakukan pohon pohon tersebut seperti ibu mereka sendiri, dirawat dan dihormati karena pohon tersebutlah yang mengalirkan kehidupan sehingga mereka bisa hidup sampai sekarang ini. Dari segi motif sarung tenun maupun warna kain tenun ada sisi kemiripan dari kain suku Baduy dan suku Kajang dalam. Kedua suku adat tersebut menghasilkan sarung tenun hitam dengan motif garis geometris yang membuktikan adanya paralel budaya antara suku Kajang dan Baduy. Motif tenun Kajang merepresentasikan kesetaraan karena semua orang bisa menggunakan motif yang sama di berbagai kesempatan. Sebelum menenun, benang katun warna putih terlebih dahulu melewati proses pewarnaan alam dengan bahan baku daun tarum(daun nila atau indigo)yang telah dicampur kapur panas dan air abu dapur. Pewarnaan ini dilakukan selama dua kali dalam sehari dan berulang-ulang hingga menghasilkan warna biru kehitaman. Bila sudah berwarna hitam, benang benang dikeringkan untuk kemudian ditenun. Satu sarung Kajang dikerjakan selama kurang lebih 10-20 hari. Apabila sudah menjadi sarung, sarung dicuci tanpa menggunakan sabun, hanya air saja. Sangat terlihat cara hidup yang berdampi­ ngan dan selaras dengan alam, karena sejak dari pencelupan,proses menenun dan pencucian, masyarakat Kajang tidak menggunakan satupun bahan kimia. Prinsip hidup suku Kajang disebut tallase kamase-mase, bagian dari pasang yang secara eksplisit memerintahkan masyarakat

Kajang untuk hidup secara sederhana dan bersahaja. Hidup sederhana bagi masyarakat Kajang adalah semacam ideologi yang berfungsi sebagai pemandu dan rujukan nilai dalam menjalankan ,kehidupan sehari hari. Secara lebih jelas tallase kamasemase ini tercermin dalam pasang sebagai berikut: Ammenteko nu kamase-mase, accidongko nu kamase-mase, adakkako nu kamase-mase, ameako nu kamasemase artinya, berdiri engkau sederhana, melangkah engkau sederhana dan berbicara engkau sederhana. Jagai lino lollong bonena,kammayatompa langika,rupa taua siagang baronga, artinya: pelihara­ lah dunia beserta isinya, demikian pula langit,manusia dan hutan.

Penulis : Gemala Anjani owner Roemah Kabaya 17& La galigo by gemala (Sentra Bazaar Panakukkang KBB 40) email :Â lalaanjani@yahoo.com

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 13, Maret 2014

27


Foto : www.mitanhamy.blogspot.com

Tempat Jogging Favorit di Makassar

2. Taman Segitiga Macan Sama halnya dengan Karebosi, Taman Macan juga selalu ramai setiap pagi dan sore, dipenuhi warga yang melakukan aktivitas jogging. Pohon di Taman Macan juga cukup rindang. Bukan hanya jadi favorit jogging, bahkan untuk sekadar duduk di bangku tamannya, atau membawa anak bermain di area bermain anak-anak. Sayangnya fasilitas permainan di taman ini tidak terlalu bagus dan sudah banyak yang rusak tidak diperhatikan oleh pemerintah.

4. Halaman Mesjid Al-Markaz Al-Islami Halaman Mesjid Al-Markaz Al-Islami cukup luas bagi anda yang ingin jogging pagi atau sore. Namun, jika ingin memilih jogging disini, sebaiknya di hari Sabtu atau Minggu. Pada hari biasa, sebagian halaman mesjid ini kerap dipenuhi mobil dan motor jamaah yang sedang parkir. Namun di Sabtu atau Minggu pagi, suasananya cukup sepi. Selain jogging, banyak yang memanfaatkan halaman ini untuk belajar mengendarai naik motor, juga banyak remaja yang bersepeda.

Taman Macan

Foto : Aulia Halimatussadiah (www.fLickr.com)

1. Lapangan Karebosi Lapangan yang merupakan titik 0 Kilometer Makassar ini sudah sejak dulu jadi pusat untuk berolahraga di Makassar, khususnya lari pagi atau lari sore. Apalagi setelah revitalisasi lalu, jogging track sengaja dibuat melingkari setengah lapangan karebosi. Belum lagi, rimbunnya pepohonan di sepanjang jalur jogging membuat para pelari ataupun pejalan tetap merasa sejuk. Selain jogging, juga ada yang bersepeda ataupun sesekali senam di beberapa sudut jogging track.

3. Lapangan Hertasning Lapangan Bola yang terletak di arah timur kota ini juga menjadi favorit masyarakat untuk jogging di pagi hari dan sore hari. Kendati tidak sebanyak warga yang jogging di lapangan Karebosi dan Taman Macan. Namun keunggulan lapangan ini, ada track berbatu yang bisa dimanfaatkan bagi warga yang ingin terapi kakinya dengan berjalan di atas bebatuan.

Masjid Al Markaz Al Islami

Foto : http://fachrulkhairuddin.blogspot.com

B

agi anda yang hobi olahraga jogging, maka ada beberapa tempat yang bisa menjadi pilihan anda untuk melakukan olahraga tersebut. Kawasan itu dikenal sebagai lokasi favorit jogging bagi warga kota Makassar.  

Foto : http://muhyasir.wordpress.com

Lapangan Karebosi

5. Kampus Universitas Hasanuddin (Unhas), Tamalanrea Tak ada yang menyangsikan bahwa udara di kampus Unhas sangat sejuk untuk menikmati lari pagi atau sore. Bukan hanya mahasiswa yang jogging di sini, tapi juga banyak warga yang sengaja ke sini sekadar berolahraga. (int/*). Unhas

28

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 13, Maret 2014


FemaleThe On Move

L

agi-lagi DPD IWAPI dan 3 Pro Organizer dibawah pimpinan Icha AZ Lili akan unjuk prestasi dalam acara tahunan 'Female On The Move', The 9th International Woman's Exhibition yang akan diselenggarakan pada tanggal 2-6 April 2014 di Grand Clarion Makassar. Tidak diragukan lagi, dukunganpun berdatangan dari berbagai Organisasi yang eksis baik dari Makassar khususnya dan dari Sulawesi Selatan pada umumnya. Baik dari instansi Pemerintahan, Organisasi Bisnis dan tentu saja dari berbagai  organisasi Kewanitaan. Event yang akan digelar selama 5 hari ini akan diikuti oleh sedikitnya 150 brand produk dari Fashion hingga Handicraft serta sekitar 200 principal akan turut meramaikan event ini. Event yang kali ini mengusung thema 'Victorian Touch' ini akan diramaikan juga dengan berbagai acara menarik, seperti Talk Show serta Fashion Show. Tidak tanggung-tanggung '3-Pro' akan menghadirkan Artist-artis Ibu Kota demi suksesnya acara yang paling bergengsi ini.


Yoga

YOGA PRANAYAMA

P

RANAYAMA adalah : Merupakan ilmu cara men\golah dan mengendalikan nafas dan prana. Napas adalah bentuk luar dari prana yang bersifat kasar, sedangkan prana bersifat halus. Dengan latihan mengendalikan nafas atau pranayama maka kita mampu mengendalikan prana halus yang berada di dalam. Dengan berhasil mengontrol prana, sebagai awal kita mampu mengontrol pikiran, karena pikiran tidak dapat bekerja tanpa bantuan prana. Tanpa prana pikiran juga tidak mampu menggerakkan anggota badan. Phisik mempunyai hubungan erat dengan pikiran, bila mampu mengendalikan nafas maka kita dengan mudah mampu mengendalikan tubuh yang lainnya. Dengan melakukan pranayama ini sebenarnya kita secara natural menghilang­ kan kotoran-kotoran diri kita dengan memanaskan dalam dapur api perut dan memompa pipa-pipa dalam paru-paru. PRANA adalah : Sejumlah total dari seluruh energy yang terwujud di alam semesta. Semua energy itu adalah dayadaya yang ada di alam semesta. Semua energy itu adalah daya-daya yang ada di alam semesta dan yang mengatur kehidupan alam. Daya terpendam yangterdapat dimana-mana. Magnet, panas,dingin, oksi-

gen, suara, cahaya adalah manifestasi dari prana itu sendiri. Semua kekuatan, semua tenaga bersumber dari sumber kekuatan, bermula dari sumber yang sama yaitu Atma (roh). Semua kekuatan pisik dan mental adalah sumber dari prana. Manfaat Pranayama adalah : 1. Kita akan selalu merasa terhubung dengan aliran sumber energy alam semesta. 2. Kita akan selalu dalam keadaan bersih dan sehat dalam phisik. 3. Kita selalu merasa nyaman dan rileks dalam jiwa 4. Kita selalu akan memperbaiki seluruh system dalam tubuh 5. Kita akan selalu membersihkan energy dan aura 6. Kita dalam tuntunankesehatan, ketenangan,kesuksesan dan kedamaian hidup Praktek Pranayama Dalam praktek pranayama disesuaikan dengan kebutuhan dan uraian arah prana sesuai tingkat kebutuhan. a. Pranayama pembersihan nadhi-­ nadhi (nadhi Suddhana) b. Pranayama pembersihan system tubuh / gland system (cakra Suddhana) c. Pranayama pembersihan organorgan (bhuta Suddhana)

d.

Pranayama pembersihan darah dan aliran darah (Bhastrika)

Pranayama Surya Pembersihan Dalam pembersihan ini ada tiga hal pen­ ting yang perlu kita berikan pembersihan melalui pranayama, seperti nadhi-nadhi (saraf-saraf tulang belakang), Systemsystem tubuh (galad system), dan organorgan dalam tubuh. Ketiga ini memegang peranan yang sangat penting untuk ke­ sehatan kita baik phisik maupun psikis. Praktek pranayama pembersihan sarafsaraf tulang belakang /nadhi Suddhana - Ambil sikap Padmasana (single lotus), kalau belum bisa boleh pakai sukhasana (bersila). Rilekskan tubuh, rasa dan pikiran, tutup mata dan dengan konsentrasi bathin rasakan diri kita terhubung dengan kekuatan cahaya dan rasakan energy mulai menyentuh tubuh kita, dan terhubung semakin kuat dan rasakan tubuh kita semakin terang bercahaya. Dan selanjutnya rasakan energy murni dan suci menyentuh kita. - Selanjutnya tutup lubang hidung kanan dan konsentrasikan energy di lubang hidung kiri. Gunakan energy ini dan alirkan ke tulang belakang, lakukan nafas sebanyak 7 kali putaran, lakukan de­ ngan lembut dan dalam. Dan kita laku-

Foto : Int.

Badrasana Pose

30

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 13, Maret 2014


Yoga se Lion Po

Praktek pembersihan organ-organ dalam / buttha suddhana Lakukan sikap lion pose/simhasana, rasakan tarikan nafas sangat dalam sampai terasa penuh kemudian keluarkan lewat mulut, julurkan lidah maksimal, minimal 7 kali. Praktek pranayama pembersihan darah dan aliran darah / bhastrika suddhana Sikap bajrasana, sejenak rasakan api dalam perut kita naikkan, lakukan pernafasan cepat (bhastrika pranayama) rasakan api di perut membesar dalam tiap tarika nafas dan hembusan nafas, membakar dan

Padmasan a

Pose

Foto : Int.

kan pembersihan sebaliknya. - Tutup lubang hidung kiri dan konsentrasikan tehnik kesadaran dan tehnik yang sama . - Selanjutnya kita tutup bergantian de足 ngan teknik apabila kita tutup lubang hidung kanan maka kita masukkan energy dari kiri, begitu juga sebaliknya. Kita lakukan juga dalam 7 kali putaran nafas - Kenyamanan sangat diperlukan dalam melakukan pranayama dan tidak boleh adakesan yang memaksakan , maka kehadiran rasa nyaman, energy yang me足 ngalir dan focus di diri akan hadir dalam diri kita. Praktek pembersihan system tubuh / gland system (cakra suddhana) Sehabis melakukan nadhi suddha足 na pembersihan syaraf-syaraf tulang belakang, selanjutnya kita melakukan pembersihan system organ di tubuh kita. Berbaring savasana, tutup lubang hidung kanan dan angkat tangan kirai, dan rasakan jari tangan terasa peka. Kesadaran sama dengan nadhi sudana, yang beda adalah arah energynya 1. Tarik nafas lembut melalui hidung kiri, kemudian arahkan nafas keluar ke tulang ekor dan rasakan energy melakukan pembersihan 2. Tarik lagi energy masuk lembut ke arahkan keluar dari organ reproduksi daerah sex, rasakan lakukan pembersihan 3. Tarik nafas dalam dan lembut, selanjutnya arahkan energy keluar dari organ pencernaan daerah perut, rasakan melakukan pembersihan

4. Tarik nafas dalam dan lembut, selanjutnya arahkan energy keluar dari organ jantung dan rongga dada, rasakan pembersihan 5. Lakukan di daeran tenggorokan dan organ pernafasan, lakukan pembersihan 6. Lakukan pembersihan di daerah dahi dan sekitar muka, lakukan pembersihan di daerah wajah 7. Lakukan pembersihan di daerah ubunubun dan rasakan pembersihan di daerah kepala

membersihkan darah dan aliran darah. Lakukan minimal 7 kali putaran. Setelah lakukan ini akan terasa nyaman sekali. Seluruh pranayama yang kita lakukan selalu dalam keadaan yang rileks dan diusahakan pada saat perut kosong. Agar mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat berlatih.

Selanjutnya kita berganti tutup lubang hi足 dung kiri dann angkat tangan kiri dengan tehnik pernafasan yang sama. Selanjutnya ambil sikap Dyanaverasana ( bersimpuh) dan lakukan pernafasan kejiwaan dengan merasakan aliran energy di setiap organ dan system tubuh.

Penulis : Liza Lolita

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 13, Maret 2014

31


Kisah

Sepenggal

perjalanan

hidup

L

ife Goes On. Kehidupan berjalan, rencana-rencana yang ada dalam kepala atau tertulis dalam buku agenda, memang bisa saja terjadi sesuai rencana tersebut, walaupun nyaris tidak ada yang persis sama dengan apa yang ada di kepala kita, alias impian kita.

Ada hal hal yang terjadi diluar rencana kita, namun sebenarnya adalah jalan menuju rencana kita itu. Dan hal itu seperti yang saya alami sekarang. Saat ini saya sedang bersama dengan 30 orang pengusaha dari berbagai latar belakang industri yang sedang berkompetisi mencari peluang untuk dapat lolos ke 10 besar sebuah kompetisi berjudul "Berani Jadi Miliader" yang di­ selenggarakan oleh sebuah stasiun televisi swasta nasional, Metro TV. . Kami ber-30 ini adalah hasil seleksi yang berhak mengikuti audisi, dari sekitar 240 orang yang mendaftar selama 2 hari pendaftaran dibuka. Its a kind of blessing for me, karena saya tidak pernah memba­ yangkan untuk berada disituasi ini, tetapi seperti yang telah saya katakan diatas, ini mungkin jalan saya untuk sampai pada rencana yang ada dalam kepala saya. Buat saya, semua hal yang telah dan akan saya alami, akan saya anggap sebagai pe­ ngalaman-pengalaman berharga yang bisa menjadi pelajaran dan membawa keuntu­ ngan di masa berikutnya. Yang menarik buat saya berada diantara 30 peserta ini adalah, semangat dan obsesi dari masing-

32

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 13, Maret 2014

masing mereka. Dari beberapa orang yang sempat saya ajak bicara sampai saat ini, saya melihat situasi yang bermacam-macam berada di sekitar mereka. Yang jelas, mereka begitu menggebu ingin mengembangkan usaha mereka. Targetnya tentu saja bermacam macam; ada yang ingin menambah jumlah karyawan, ada yang ingin meningkatkan omzet, ada yang ingin memiliki atau menambah ruang usaha/display/show room, bahkan ada yang hanya ingin mengembangkan sisi lain dari 'passion' yang selama ini terpendam atau tidak dapat disalurkan karena terjebak dalam pekerjaan yang menuntutnya untuk berpenghasilan.  However, yang paling penting dari semua alasan tersebut diatas adalah, 1M yang menjadi iming iming hadiah dalam kompetisi tersebut. Siapa yang tidak mengingin­ kan 1M ? Siapa yang tidak mau fight for 1M ? Karena dengan 1M, there is so much problem, can be solved. Begitu barangkali logikanya orang bisnis. Yayaya, thats life, begitulah hidup. Money, uang, duit, fulus, seringkali menjadi alat untuk menyelesaikan masalah. Saya pribadi tidak munafik. Uang 1M itu banyak sekali dan seringkali terbayang di pelupuk mata dan lamunan saya, ketika menghabiskan waktu menunggu giliran presentasi. Ha ha ha, saya membayangkan langkah yang akan saya ambil jika saya mendapatkan hadiah tersebut. Produser

Oleh : Imma Wicaksono

tivi memang paling pintar dalam merencanakan acara yang sifatnya mengedukasi dalam kurung menghibur penontonnya. Lalu banyak pihak yang dilibatkan dalam kurung diuntungkan, melalui event ini. Pihak perbankan, perusahaan swasta yang digandeng menjadi mitra produksi, dan bla bla bla... Lalu jadilah kami berkompetisi ala drama di event ini, diatur prosesnya agar tampil semenarik mungkin dalam sudut kamera, yang tentu saja akan mengalami proses editing. Sadar atau tidak sadar, kami sebagai peserta telah mejadi komoditas dalam event ini, tapi yahh begitulah. Kami ini, pengusaha yang selalu harus fight, apapun jenis perjuangan akan kami lewati, agar kami dapat terus menjalankan dan mempertahankan usaha yang sedang kami rintis dan perta­ hankan. So why not, fight for 1M ? Because life  always goes on. Dan.........pada Rabu malam tanggal 26 Februari 2014 menjadi malam yang sangat spesial yang membuat saya dan 9 teman lain melompat-lompat gembira karena mendengar pengumuman bahwa kami ber-10 lah yang terpilih dalam "big ten" untuk diuji lagi menjadi "big 3" yang kemudian akan mewakili Sulawesi Selatan untuk diuji di Jakarta melawan 3 besar dari 6 daerah lain. #catatan dari sebuah kompetisi wirausaha "Berani Jadi Miliarder" 


Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 13, Maret 2014

33


Wisata Dunia

Our Fun Family Holiday!

Largest Aquarium in the World at Sentosa Singapore Teks : Dini Maryono | Foto : Koleksi pribadi dan Internet.

S

ingapore sekarang bukan hanya tentang shopping di waktu Si­ ng­a­pore Great Sale!, bagi kami berkunjung ke salah satu tourist attraction adalah ‘the ultimate destination’ mengingat negara tetangga kita yang satu ini tergolong sangat kecil tapi amazingly memiliki banyak sekali tempat hiburan yang sangat bermutu dan mendidik bagi anak-anak, tidak hanya sangat baik ditangani oleh pemerintah juga kualitasnya world class. Berlibur ke Singapore bukanlah suatu hal yang asing bagi warga Indonesia, mulai dari Universal Studio Singapore, Singapore Zoo sampai Singapore Flyer atau tempat yang menjadi kunjungan favorit saat ini adalah Marina Bay Sands. Tempat yang menarik bagi kami sekeluarga adalah S.E.A. Aquarium di The Resort World Sentosa yang terletak di pulau Sentosa, kami saat itu juga sengaja memilih tempat menginap di salah satu hotel di kawasan Sentosa World yang satu komplek dengan S.E.A. Aquarium sehingga perjalanan ke-

34

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 13, Maret 2014

sana hanya dengan berjalan kaki 5 menit saja. S.E.A. Aquarium yang resmi dibuka tanggal 22 November 2012 adalah akua­ rium terbesar didunia yang menyimpan lebih dari 800 spesies laut mulai dari ikan laut yang kecil, bintang laut, belut moray yang ganas dan mematikan sampai ber­ bagai ikan hiu raksasa berbagai jenis (ka­ tanya ada lebih dari 200 jenis hiu) dan ikan pari. Tempat ini pun sudah resmi mengantongi pengakuan dari GUINNESS WORLD RECORDSTM sebagai akuarium terbesar di dunia, so definitely worth a visit! Perjalanan kami sekeluarga ke S.E.A. Aquarium dimulai dengan perkenalan ma­ ritime mulai dari pintu masuk, disana kami disambut dengan cultural diorama yang menunjukkan berbagai macam sejarah kelautan dan kehidupan perdagangan di pesisir dari berbagai negara di Asia Tenggara. Selasai berjalan melalui diorama kami sekeluarga mulai memasuki pintu ke aquarium. Suasana mulai sedikit berubah temaram dan kami mulai melihat terang-

Diorama maritime dari berbagai negara di Asia Tenggara

nya aquarium dari kejauhan. Aquarium raksasa dengan berbagai jenis ikan dari Selat Karimata dan Laut Jawa mulai menyi­ ta perhatian kami. Terumbu karang yang dibentuk dari kapal karam yang berkesan sedikit mistis namun megah seolah membawa kita masuk kekedalaman laut bak penyelam.


Wisata Dunia

Berbagai biota laut di S.E.A. Aquarium termasuk Patrick the pink sea star

Anak penulis dengan latar belakang kapal karam (atas) dan Hiu Pasir raksasa yang bersahabat (bawah).

Semakin dalam kami berjalan, semakin banyak spesies laut dari Selat Malaka, Laut Andaman, bahkan dari Teluk di Persia dan Lautan Arab. Semua disuguhi dengan keindahan terumbu karang, kejernihan air laut dan terkadang warna-warni dari aquarium yang memberikan efek yang indah dan tidak ditemukan di seaworld yang ada di tanah air. Ada kesan lucu dari kunjungan kami kesini, ingat Patrick? Teman setia Sponge Bob di film kartun Sponge

Bob Square Pants? Ternyata bintang laut jenis Patrick ini ada lhoo.. bentuknya lucu persis seperti di film kartun warna dan teksturnya pun lembut. Kebetulan bintang laut ini (pink sea star) adalah salah satu binatang laut yang bisa kita pegang di kolam Discovery Touch Pool. Kami tidak henti-hentinya berdecak kagum dengan keindahan aquarium bawah laut ini dan kami menobatkan dua main attraction dari seluruh arena yaitu giant round aquarium yang berada tepat berada di tengah-tengah arena dan menjulang tinggi beberapa meter keatas yang diisi oleh biota laut berbagai warna. Sekali lagi, keindahan dan kejernihan airnya sangat mengagumkan. Ikan sekecil apapun bisa terlihat dengan jelas. The ultimate attrac足 tion pastinya adalah giant viewing aqua足 rium yang berisi 18.000.000 liter air laut dengan lebar layar 36 meter dan tinggi 8.3 meter yang membuat kita merasa excited sekaligus ngeri karena melihat luar biasa besarnya aquarium juga ikan-ikan besar seperti pari dan hiu raksasa berenang kesana kemari. Perjalanan kami ditutup dengan melewati lorong Sharks Sea. Lorong kaca berisi berbagai macam hiu membuat kami serasa masuk ke sarang predator. Spesies indah namun mematikan ini ternyata sudah hidup di bumi lebih dari 420 tahun, dan banyak sekali jenis hiu yang jarang kita temukan di lautan misalnya hiu martil (hammerhead shark) yang anggun, hiu sirip perak (silvertip shark) yang aggressive

dan kuat, dan salah satu hiu terbesar di dunia yaitu hiu pasir (sandbar shark) yang bisa menyamar di dasar pasir. Kunjungan ke S.E.A. Aquarium ini meninggalkan kesan khusus bagi kami. Keinginan untuk kembali bersama keluarga besar pun kami cita-citakan in our next trip. Kami sekeluarga sengaja memilih datang berlibur dihari kerja (bukan weekend) karena selain bisa menikmati dengan santai juga pengunjungnya pasti ngga sebanyak waktu Sabtu atau Minggu, pastinya harga ticket untuk hari kerja lebih murah dibanding dengan weekend. Harga tiket One Day Pass untuk dewasa $36 (atau sekitar Rp 342.000) dan anak-anak usia 4 sampai 12 tahun $28 (atau sekitar Rp 266.000). Semoga sekelumit cerita pengalaman liburan kami diatas bisa menginspirasi anda dan keluarga untuk menikmati liburan berikutnya yang lebih bermutu dan mendidik anak-anak sekaligus having lots of fun!

Dini Maryono, seorang ibu yang ditengah kesibukan bekerjanya di salah satu operator telepon seluler di Jakarta, sangat menyukai waktu liburan bersama keluarga khususnya ke tempattempat baru dan menarik untuk keluarganya.

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 13, Maret 2014

35


Enterpreneur Kuliner

K

ota Makassar memang identik dengan kuliner serba ikan. Bahkan makanan khas ‘kota daeng’ tersebut kini telah berkembang luas dengan berbagai inovasinya. “Tapi khusus ikan bakar bos, kalo ingin mencicipinya, hanya Rumah Makan (RM) Paotere pilihannya hehe,” ujar H.Tawakkal berpromosi. Pria paruh baya ini memang identik dengan merek RM Paotere yang telah ikut dibesarkannya. Tentu buah itu melalui proses panjang. H.Tawakkal Sirat yang lahir dari keluarga sederhana. Ayahnya, Sirat Daeng Pasolong, hanya penjual tas di Pasar Butung, Makassar. Ketika menginjak usia lima tahun, 1971, Tawakkal sudah ditinggal ayahnya untuk selama-lamanya. Peninggalan dari sang ayah yang hanya pedagang kecil itu tak bisa menjadi tumpuan Tawakkal Sejak kepergian sang ayah, ibu Tawakkal, Ugi Daeng Jenne, menambah kesibukannya dari sekadar ibu rumah tangga menjadi juragan becak. Usaha becak dijalankan guna mencari biaya hidup keluarga setelah suaminya meninggal. Ibunda Tawakkal kala itu, memiliki 40 becak dan disewakan kepada orang lain. Sepuluh tahun setelah Sirat meninggal, Ugi menyusul. Tawakkal menjadi yatimpiatu. Tak ada lagi tulang punggung keluarga. Dirinya pun harus banting tulang membiayai hidupnya dan adiknya Hasnah Sirat. Tiga saudara lainnya meninggal saat masih anak-anak. Pamannya, Haji Daeng Gassing (85), rupanya iba terhadap Tawakkal. Rumah Tawakkal dengan rumah pamannya, tak jauh, di wilayah Ujungtanah, kawasan pesisir. Daeng Gassing pun mengajak pria kelahiran Ujungpandang, 17 Maret 1965, itu tinggal di rumahnya seraya meminta bantuan mengelola usaha. Usaha dijalankan, yakni warung makan kaki lima di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Paotere, Makassar. Mulai saat itu, Tawakkal pun mulai belajar mengelola warung makan, meracik bumbu, memasak, dan menghidangkan makanan kepada pelanggan. “Waktu itu, saya masih SMP, sekolah sambil kerja di warung. Sekarang, tidak ada lagi anakanak mau begitu, gengsimi,” kenangnya. Dari situlah, ia belajar mengelola warung makan. Bekerja di warung sepulang sekolah tak sulit dijalaninya. Sekolahnya di Jl Cakalang, tak jauh dari tempat tinggalnya sekaligus warung, Jl Sabutung.

36

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 13, Maret 2014

Setamat SMP, Tawakkal melanjutkan pendidikannya pada sekolah menengah atas hingga perguruan tinggi. Selain mengandalkan hasil keringat, ia juga mengandalkan hasil panen lima petak sawah di kampungnya, Labakkang, Pangkep, membiayai pendidikannya. Hingga kuliah pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen LPI, Makassar, memilih program studi perbankan dan keuangan, Tawakkal tetap tak gengsi berjualan hidangan laut sambil kuliah hingga tamat. Sebelum atau sepulang kuliah, pelanggan dilayani. Warung pamannya tak menyediakan lauk. Hanya menyediakan nasi, lalapan,

H. Tawakkal Sirat

pejabat itu. Kalla kala itu masih memimpin NV Hadji Kalla (sekarang Kalla Group), sedangkan Aksa masih memimpin PT Bosowa Berlian Motor, diler mobil merek Mistubishi. Kalla dan Aksa tak hanya sekadar makan, namun juga mengajari Tawakkal mengelola usaha sehingga dapat berkembang pesat. Sebelum atau sesudah makan, Kalla dan Aksa selalu memanggilnya berbagi kiat sukses. “Pak Aksa memaksa saya agar harus membeli ruko itu. Tak boleh disewa. Setiap ketemu, saya dipaksa beli ruko itu. Alhamdulillah, akhirnya saya beli seharga Rp 675 juta pada tahun 1997,” ujarnya. (int/*)

Pengen Ikan Bakar, RM Paotere Pilihannya. dan sayur. Pelanggan menyediakan ikan, cumi, atau udang segar. Lalu dibakar dan disantap di warung tersebut. “Dulu, begitu modelnya (layanannya), karena pembeli adalah orang yang membeli ikan di lelong (TPI Paotere). Mereka (tubuhnya) bau ikan, kakinya berlumpur, tidak pakai sandal. Isitilahnya paku lonting,” kata Tawakkal. Rumah makan diberi nama Paotere, sesuai alamatnya. Sebelumnya tanpa nama, mulai beroperasi pada tahun 1992. Segmentasi pelanggan pun berubah. Dari paku lonting menjadi orang bermobil. Di antara deretan pelanggan, ada keluarga Jusuf Kalla dan Aksa Mahmud. Dari situlah Tawakkal berkenalan dengan kedua pe­ ngusaha sekaligus


RM Paotere Topaz Hadir di Panakkukang “Kalau Paotere sudah jaminan rasa. Karena hanya Paotere yang bisa menghadirkan sajian ikan bakar yang rasa tradisional. Berbeda dengan rumah makan yang lainnya,” ujar Idris Manggabarani, pengusaha properti IMB Group saat menghadiri opening RM Paotere Topaz di Jl.Topaz Raya Panakkukang, Makassar, Kamis (27/2). Hal senada juga diungkapkan Ketua Apindo Sulsel, Latunreng, yang berkesempatan

hadir pada saat opening tersebut. “Paotere sudah lama dikenal sebagai pelopor rumah makan ikan bakar. Karena itu saya tetap percaya kualitas menunya,” jelasnya sembari mencicipi ikan bakar bandeng di hadapannya. Tak kalah serunya juga Mucharom, Pimpinan Wilayah Bank BNI Indonesia Timur menikmati sajian serba ikan yang dihadirkan sang pemilik H.Tawakkal pada saat opening tersebut. Di penghujung acara hari itu, ibu Ida Haris YL (Ketua IWAPI Sulsel) bersama

rombongan pun hadir memberikan ucapan selamat atas pembukaan RM Paotere dan ikut mencicipi sajian ikan bakar, goreng dan cumi-cumi yang dihidangkan pada saat itu. Tak henti-hentinya mereka memuji kelezatan ikannya. Tak kurang 300-an tamu yang datang menghadiri pembukaan RM Paotere Topaz. Hal utu menunjukkan bahwa nama Paotere sudah menjadi favorir bagi warga Makassar untuk menikmati ikan dengan harga terjangkau. (rus).

37


38

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 13, Maret 2014


Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 13, Maret 2014

39


Foto : Int.

Modus Operandi

Awas, Penipuan Transaksi Online!

K

ejahatan yang sekarang lagi marak di dunia maya, adalah penipuan. Penipuan dalam bentuk transaksi jual beli barang dan jasa. Modus operandi penipu online ini pun dilakukan dengan berbagai cara, ada yang menjual melalui milis, melalui forum, melalui mini iklan, textad. Dengan mengaku berada di kota yang berbeda dengan calon mangsanya, me­ reka memancing kelemahan dari para calon ‘pembeli’ yang tidak sadar mereka sudah terjebak. Adapun modus orang yang melakukan transaksi pembelian gadget dengan seseorang yang dikenal melalui milis tersebut dan ternyata setelah pembayaran (transfer) dilakukan, barang yang datang ternyata bukan gadget yang dimaksud, ternyata paketnya berisi lembaran brosur paket investasi.

Ternyata setelah pembayaran (transfer) dilakukan, barang yang datang ternyata bukan gadget yang dimaksud, ternyata paketnya berisi lembaran brosur paket investasi. Di forum kaskus, untuk mengatasi kejahatan penipuan, mereka membuat sebuah ‘jembatan’ yang memperantarai pembeli dan penjual. Walaupun tidak diketahui detailnya bagaimana, tampaknya cara se­ perti ini lumayan ampuh untuk mencegah penipuan yang dimaksud, karena pembeli

dan penjual tampaknya divalidasi sehingga keberadaan mereka di dunia nyata ada nyatanya. Sayangnya beberapa orang yang sudah tertipu, jarang ada yang melaporkan ke polisi, padahal polisi sudah mempunyai divisi khusus cyber crime untuk menangani masalah ini. Semata-mata karena mereka takut harus mengeluarkan uang hanya untuk melaporkan kejahatan. Kalau begitu, mungkin silahkan mencoba form pelaporan yang tersedia di website divisi khusus tersebut di http://www.cyber-poldametro. net/Indonesia/Laporan.asp. Jadi, adapun tips menangkal modus penipuan ini adalah sebelum kita akan melakukan sebuah transaksi jual beli di internet, kita harus teliti apakah penjual/pembeli bisa dipercaya atau tidak.(int/*).

Anda punya cerita terkait pengalaman pribadi dengan modus-modus operandi kejahatan ? Kirimkan pengalaman anda ke : redaksi.panakkukang@gmail.com. Naskah yang layak akan akan dimuat di edisi mendatang.

40

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 13, Maret 2014


Ombudsman

Ombudsman Dorong Percepatan Putusan di Pengadilan

S

uatu siang yang terik di musim kemarau, pada 19 Juni 2013 bertandang ke kantor Ombudsman Perwakilan Sulsel seorang perempuan yang bekerja pada sebuah bank milik pemerintah. Perempuan berhijab dan berkulit hitam manis tersebut ingin mengadukan perkaranya di Pengadilan Agama (PA) Makassar yang dituntut Banding oleh lawannya (Tergugat) yang tak lain adalah mantan suaminya sendiri. Kedatangannya ke kantor Ombudsman atas saran dari seorang pengacara publik di kantor LBH Makassar. Perempuan berkulit hitam manis ini mengawali laporannya dengan menunjukkan Putusan Pengadilan Agama Makassar dengan nomor register: 312/ Pdt.G/2012/PA Mks terkait hak perwalian anak. Gugatan ke PA Makassar diajukan tanggal 27 Februari 2012 dan diputus oleh Pengadilan Agama Makassar pada tanggal 3 September 2012 dengan Amar Mengabulkan Gugatan Penggugat. Atas putusan tersebut, Majelis Hakim memberikan waktu 14 hari untuk menyatakan Banding, apabila Tergugat berinisial AA bin SA  tidak menerima putusan Pengadilan tingkat pertama.  Waktu 14 hari yang diberikan oleh tergugat untuk menyatakan Banding tidak digunakan dengan baik sehingga Putusan tersebut telah berkekuatan hukum tetap. Karena putusan telah berkekuatan hukum tetap maka Penggugat bermohon Eksekusi ke Pengadilan Agama Makassar sekitar bulan Oktober 2012. Atas permohonan eksekusi tersebut, petugas pengadilan memberikan kwitansi ke Penggugat berupa surat kuasa untuk membayar panjar eksekusi di Bank BTN. Menurut perempuan berkacamata tersebut, pada 20 November 2012, petugas pengadilan mengeluarkan Ammaning pertama. Kemudian pada tanggal  4 Desember 2012, petugas pengadilan mengeluarkan Ammaning

kedua. Tiba-tiba pada tanggal 10 Januari 2013, juru sita pengganti memberikan Relaas Pemberitahuan dan Penyerahan Memori Banding kepada Kuasa Termohon Banding yang dulunya sebagai Penggugat. Atas adanya Relaas Banding tersebut, maka Penggugat merasa Pengadilan Agama melakukan pelanggaran maladministrasi karena putusan sudah berkekuatan hukum tetap tetapi masih menerima permohonan banding dari Tergugat. Dengan diterimanya pernyataan banding dari pembanding maka Pengadilan Agama Makassar sudah nyata-nyata melakukan pelanggaran maladministrasi dan hak-hak terbanding terlanggar. Dengan mata sedikit sembab menyampaikan keluhannya bahwa gugatan dirinya dimenangkan oleh Pengadilan Agama Makassar tetapi setelah melewati 14 hari kerja, Tergugat berinisial AA mengajukan Banding. Alumni Fakultas Ekonomi UNHAS tersebut memandang bahwa gugatan Banding yang sudah melewati 14 hari kerja adalah pelanggaran prosedur. Apalagi, Tergugat di pengadilan adalah anak lelaki dari seorang mantan petinggi di jajaran pemerintah provinsi Sulsel sehingga khawatir putusan Pengadilan Tinggi Makassar dapat mengabulkan gugatan Banding tersebut. Menanggapi pengaduan tersebut, Ombudsman bermaksud meminta klarifikasi lisan kepada Ketua Pengadilan Tinggi Makassar pada hari Rabu 26 Juni 2013. Maka Ombudsman mengirim surat pemanggilan klarifikasi pada tanggal 24 Juni 2013.  Kewenangan pemanggilan sesuai dengan Pasal 33 ayat (1) UndangUndang No. 37 Tahun 2008 tentang Ombudsman Republik Indonesia, bahwa Ombudsman RI  dapat mengundang klarifikasi lisan atau tertulis kepada Terlapor. Pada tanggal 2 Juli 2013, Drs H. Alimin Patawari, SH, MH (Ketua PTA Makassar) menjawab surat Ombudsman Sulsel yang membenarkan bahwa perkara

tersebut di tingkat pertama diajukan oleh Penggugat berinisial A ke Pengadilan Agama Makassar pada tanggal 27 Februari 2012 yang terdaftar dengan register nomor 312/Pdt.G/2012/PA Mks, jenis perkara gugatan pemeliharaan anak (hadlanah), lalu diputus oleh Pengadilan Agama Makassar pada tanggal 3 September 2012. Kemudian terhadap putusan tersebut, Tergugat berinisial AA mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi Agama Makassar melalui Kepaniteraan Pengadilan Agama Makassar pada tanggal 26 Desember 2012 dengan Akta Permohonan Banding Nomor 312/Pdt.G/2012/PA Mks, tanggal 26 Desember 2012. Pada bagian lain Ketua PTA Makassar menyatakan bahwa perkara banding tersebut telah terdaftar di Pengadilan Tinggi Agama Makassar, pada tanggal 6 Februari 2013 dengan register nomor 8/ Pdt.G/2013/PTA Mks. Kemudian, perkara banding tersebut telah diputus oleh Pengadilan Tinggi Agama Makassar pada tanggal 28 Juni 2013, nomor 8/Pdt.G/2013/ PTA Mks. Putusan Banding PTA Makassar menyatakan pihak berperkara yang berkeberatan terhadap putusan Pengadilan Tinggi Agama Makassar tersebut berhak melakukan upaya hukum kasasi ke Mahkamah Agung RI berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kasus diatas menunjukkan ada korelasi antara ketika Pelapor pertama kali mengadukan kasusnya ke Ombudsman pada tanggal 19 Juni 2013 dengan keluarnya putusan Banding Pengadilan Tinggi Agama Makassar pada tanggal 28 Juni 2013. Ini salah satu peran Ombudsman untuk mendorong agar putusan Pengadilan dipercepat karena ada  aturan Surat Edaran Mahkamah Agung (SEMA) Nomor 6 Tahun 1992 agar penyelesaian perkara tidak melewati batas waktu maksimal 6 (enam) bulan. (Muslimin B. Putra, Asisten Ombudsman Bidang Pencegahan).

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 13, Maret 2014

41


IT & Gadgets

Cara Antisipasi Penyadapan

S

eringkali kita menyaksikan di media informasi, entah cetak maupun elektronik berita-berita penyadapan yang berhasil dilakukan pada pejabat-pejabat yang ketahuan melakukan tindak pidana korupsi. Kali ini kami akan share beberapa metode penyadapan yang sering dilakukan, dan cara antisipasi agar tidak mudah tersadap. Paling tidak ada beberapa teknik pe­ nyadapan yang biasa dilakukan, diantaranya : 1. Penyadapan oleh perusahaan telekomunikasi. Aktivitas penyadapan ini hanya dapat dilakukan oleh tim penyelidik untuk kasus tindakan pidana tertentu, yang tuntutannya 5 tahun lebih, seumur hidup atau tuntutan mati. Cara Antisipasi : Biasanya dengan cara melakukan komunikasi dengan sandi – sandi yang hanya dapat dimengerti oleh keduabelah pihak yang berkomunikasi 2. Penyadapan Telepon Rumah Analog. Cara yang paling mudah yaitu menggunakan spliter, alat sederhana yang biasa dipakai untuk memparalel telepon rumah. Kabel cabang spliter yang dipasang pada telepon target, disambungkan penyadap ke tape recorder, komputer ataupun perangkat sejenis untuk merekam pembicaraan. Perekaman dilakukan menggunakan sensor saat memulainya. Cara Antisipasi : Jika dirumah anda tidak ada telepon paralel, pesawat telepon mulai dari boks saluran telepon sampai ke pesawat, tele­ pon hanya akan ada sebuah kabel dengan dua kawat tembaga yang dilapisi plastik yang ber­ beda warna satu sama lain didalamnya. Satu kawat tembaga tempat mengalirnya sinyal ke dalam dan satu lagi untuk membawa sinyal keluar. Jika ada lebih dari dua kawat tembaga pada jalur telepon ini putuskan saja. 3. Penyadapan Telepon Rumah Digital. Penyadapan biasanya mempergunakan alat kecil yang disebut bug. Bug mengirimkan data menggunakan frekuensi radio ke receiver penyadap. Bug memiliki dua kaki yang dipasang pada gagang telepon Cara Antisipasinya : Sedikit rumit karena ha­ rus mempergunakan peralatan sinyal detektor untuk mengetahui keberadaan bug ini. 4. Software Pengintai. Aktivitas ini dilakukan dengan cara

42

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 13, Maret 2014

menanamkan aplikasi penyadap pada handphone target. Cara kerjanya saat ada kegiatan menelpon ataupun terima telepon, software akan otomatis Auto Forward kepenyadap. Teknologi ini dapat dipergunakan terhadap call dan sms. Cara Antisipasi : Memeriksa handphone kita apakah telah terinstal software seperti Flexispy ataupun call – sms interceptor. Cara yang kedua untuk lebih amannya lagi yaitu mema­ sang software enskripsi pada handphone kita. Jika software handphone kita menggunakan Symbian OS, Windows Mobile atau yang men­ dukung Java telah tersedia seperti CellCrypt, Fortess SMS dan SMS007 5. Handphone Pengintai. Menggunakan perangkat khusus yang telah dimodifikasi pada handphone target. Handphone yang telah dimodifikasi ini biasanya dihadiahkan oleh penyadap ke target. Pihak penyadap dapat melakukan panggilan secara diam-diam kehandphone target, tanpa terlihat tanda apapun pada layar handphone. Penyadap dapat mendengarkan pembicaraan dan suara yang terjadi disekeliling target. Kegiatan ini hanya dapat dilakukan oleh nomor telpon penyadap. Cara Antisipasi : Curigai hadiah handphone dari seseorang yang telah terlepas segel res­ minya. Gunakan lampu mainan gantung yang dapat menyala saat ada aktifitas telepon. Perkembangan teknologi Perkembangan teknologi penyadapan itu mengikuti mode komunikasi yang berkembang dari masa ke masa. Pada mulanya penyadapan merupakan aktivitas penting yang dilakukan pada masa perang, bahkan merupakan salah satu faktor penentu kemenangan saat perang. Umumnya di medan perang, media komunikasi yang membutuhkan pengamanan adalah radio komunikasi. Mode komunikasi yang digunakan radio komunikasi yang menggunakan frekuensi radio yang terbuka untuk umum membuat penyadapan lebih mudah dilakukan karena gelombang suara merambat ke mana-mana. Penyadapan juga dapat dilakukan di jalur komunikasi telefon tetap (fixed line). Relatif mudah dilakukan karena cukup dengan melakukan tapping atau melekatkan kabel untuk menangkap sinyal suara yang dirambatkan pada kabel telepon. Dengan telepon seluler yang memungkinkan mobilitas tinggi, teknologi penyada-

pan pun merambah ke dunia seluler, yaitu dengan memanfaatkan rambatan sinyal telepon seluler di udara. Di dunia telepon seluler, lazim dikenal celluler telephone interception (CTI). Sistem intersepsi digital pada telepon seluler ditemukan dan dipatenkan oleh Peter Suprunov di AS. Anti penyadapan Pengembangan teknologi penyadapan dan antipenyadapan juga dilakukan di Indonesia. Pengembangan teknologi pengamanan komunikasi yang meliputi komunikasi melalui telepon tetap, telepon bergerak, dan radio komunikasi sangat penting di kembangkan karena adanya kemungkinan penyadapan yang dilakukan oleh pihak asing, baik di dalam maupun di luar negeri, baik untuk kepentingan pejabat pemerintahan maupun aparat pertahanan dan keamanan untuk itu dukungan teknologi dalam negeri diperlukan untuk menjaga kedaulatan informasi di kala­ ngan pengambil kebijakan pemerintah. Pengamanan dilakukan pada percakapan suara dan pesan singkat pada telepon genggam (SMS). Untuk itu diterapkan prinsip mengubah suara analog menjadi digital, kemudian diberi proses tambahan untuk pengamanan (disandikan) yang hanya dapat dibuka (didekripsi) oleh algoritma yang sama. Dengan demikian, meski di tengah jalan disadap sekalipun, namun isi percakapannya tidak dapat didengar. Enkriptor suara itu dikembangkan untuk mengamankan percakapan yang dilakukan di radio komunikasi. Dengan menga­ cu pada prinsip ini, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi mengembangkan sistem pengaman komunikasi radio yang dapat mengamankan percakapan di berbagai media secara universal sehingga dapat mengurangi ketergantungan pada peralatan dan media komunikasi. Demikian pula terhadap pesan singkat berupa teks berbasis data digital. Untuk melindungi penyadapan, maka data digital dari pesan singkat selanjutnya diberi tambahan proses berupa algoritma enkripsi sebelum pesan tersebut dikirimkan, yang kemudian dibuka (didekripsi) di sisi penerima untuk dapat dibaca isi pesan tersebut. Pengembangan modul antisadap ini sulit dilakukan di Indonesia karena teknologi seluler berkembang begitu pesat dan menganut banyak sistem, antara lain GSM dan CDMA. Copyright : Februari 2014 by Firhat Chalid


Foto : Int.

Parenting

ANAK YANG NGE-BOS

T

erima kasih banyak atas kejujuran dan kelapangan dada yang ditunjukkan oleh begitu banyak sobat eMKa Land, yang berani mengakui kekurangannya dan berjanji berubah. Saya sangat bahagia karena anak-anak yang bahagia sedang menanti kita. Berkaitan dengan topik kali ini sebenarnya adalah sambungan dari kasus kemarin, bagaimana seorang adik yang mengejek kakaknya dengan perkataan. Sepertinya ini bukan lagi fenomena­ ­baru melainkan sudah sangat umum bah­kan sering malah saya melihat si adik memukul kakaknya dan orangtua ha­nya melerai tanpa penjelasan akan hubungan kakak adik, karena sekarang lebih mengedepankan benar dan salah. Pemicunya adalah si adik sering mendapat backing­ dari orangtua, merasa lebih baik dll, disebabkan tanpa sengaja orangtua yang sering mengemukakan kelebihan si adik terhadap kakaknya. Misal : lihat tuh adikmu lebih mandiri, lihat tuh dedek lebih rajin, dll Dan ini sama halnya jika mendapati anak kita ngebosi, ajak mereka berempati dan pindah ke tempat adiknya, dan tanya sama anak yang besar apakah dia senang diperlakukan seperti dia memperlaku-

kan adiknya, ajak dia berpendapat jika dia adalah adik apakah dia mau punya seorang kakak seperti dirinya. Intinya adalah komunikasi dan bukan menghakimi. Ketegasan dan kebijaksanaan orangtua dalam bersikap sangat menentukan perilaku anak kita. Jadi ...yuk kita praktekkan mindful parenting dengan menanamkan chip "empati" dan berikan ruang kepada anak yang besar(si Kakak) untuk didengarkan dan diskusi. Tidak ada yang salah, dan mari jadikan ini sebagai kesempatan untuk memperbaiki diri dan kedepankan keadilan bahwa kita membela yang benar, bukan yang besar atau yang kecil. 

"Tidak menghakimi diri sendiri dan anak adalah kunci untuk memperbaiki diri"

Salam Smile Melly Kiong

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 13, Maret 2014

43


Wisata Lokal

Tana Toraja, A Walk in the Clouds

S

iapa tak kenal Tana Toraja? Presiden SBY dan Ibu Ani Yudhoyono pun menyempatkan waktu mengunjungi daerah wisata itu dalam kunjungan kerjanya di Sulawesi Selatan belum lama ini.   Dataran tinggi di bagian utara provinsi Sulawesi Selatan ini senantiasa menerbitkan kerinduan. Hawanya sejuk, dengan kabut mistis yang bisa dilihat bergerak melintas. Sawah-sawah hijau yang indah teratur, berlapis dan berjenjang. Bila kita di ketinggian, gumpalan tipis awan-Awan tampak rendah,laksana kita sentuh dan berjalan di celah-celahnya yang lembut. Toraja juga adalah upacara demi upacara, rambu tuka hingga rambu solo. Juga kerbau belang alias tedong bon­ ga, tari-tarian sampai larut malam hingga ukiran dan manik-manik. Inilah asal daerah orang-orang Toraja di seluruh penjuru Tanah Air dan dunia. Dengan deretan tong­ konan demi tongkonan –rumah adat tipikal Toraja yang tersusun dari kayu. Pada masa lampau sulit untuk mencapai Toraja, agak terisolasi. Pada dekade 1970-an barulah Toraja terbuka. Dan kemudian menjadi salah satu ikon pariwisata Indonesia. Pada dekade 1990-an, saat

44

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 13, Maret 2014

Foto-foto : www. dyngdonk.blogspot.com

Hawanya sejuk, dengan kabut mistis yang bisa dilihat bergerak melintas. Sawah-sawah hijau yang indah teratur, berlapis dan berjenjang.

aktivitas sektor pariwisata mencapai puncaknya, masyarakat Toraja tidak lagi hanya bergantung pada sektor pertanian tetapi melebar ke sektor baru, jasa pariwisata. Sepasang ibukota kabupaten? Ya, ada sedikit perbedaan kini. Sebelumnya, Ibu Kota Kabupaten Tana Toraja adalah di Makale. Dari kolam air mancur di tengah kota Makale bisa kita lihat rumah jabatan bupati di ketinggian. Di sekelilingnya pegunungan yang dinding-dinding bukitnya dicurahi cahaya matahari saban pagi dan petang. Nah, biasanya wisatawan bergerak lagi ke utara, Rantepao, yang berjarak 14

km dari Makale. Rantepao adalah kota kecil yang difungsikan sebagai kota jasa bagi industri pariwisata Toraja. Tapi kini menjelang memasuki kota Rantepao, ada gerbang yang menyambut kita di kota Rantepao, Ibu Kota Kabupaten Toraja Utara. Melalui Undang Undang No. 28 Tahun 2008, wilayah Tana Toraja dimekarkan menjadi dua kabupaten. Kabupaten Tana Toraja beribukota di Makale, sedang Kabupaten Toraja Utara di Rantepao. Jadilah sepasang kota kembar itu menyangga simbol-simbol Tana Toraja.  (A.Gener Wakulu).


Tips

Cara Praktis Memulai Bisnis 1. Jangan takut gagal. Mental entrepreneur adalah mental ga gampang nyerah ketika awalnya tidak mudah. 2. Mulai dari yang sederhana, mulai dari yang kita bisa. Yang penting tetapkan waktu kapan segera dimulai bisnisnya. 3. Kumpulkan berbagai peluang bisnis (internet, buku, seminar, dll.) cari info sebanya-banyaknya, bergaul dengan orang banyak orang, bangun networking. 4. Buatlah list bisnis yang sudah terkumpul tadi, lalu analisa mana yang memungkinkan untuk dijalankan dan mana yang punya potensi jadi bisnis MILYARAN. 5. Dari list bisnis tentukan satu.

Ingat!! FOKUS ke satu bisnis dulu sebelum membangun bisnis lain. pastikan satu bisnis ini sudah sukses terlebih dulu sebelum pindah ke bisnis lain. 6. Cari tahu potensi pasar, simpelnya siapa yang nantinya akan membeli produk kita. Tentukan segmen pasar – missal atas, menengah, bawah atau kalangan siswa atau kantoran. Segmen beda, strategi jualan juga beda. 7. Jangan terbentur dengan modal, modal kecil juga bisa, atau bisa cari partner bisnis bahkan modal dengkul alias pertama-tama jadi reseller dulu. Sembari dapat uang dari reseller,

kumpulkan modal. 8. Ketika bisnis sudah jalan, dan perlahan makin banyak duit yang masuk, pastikan kita punya rekening khusus bisnis. JANGAN PERNAH gabungkan rekening pribadi dengan rekening bisnis. 9. Lakukan promosi yang terjangkau tapi powerful dengan sosial media, direct marketing (BBM, email, sms, phone), internet marketing. Pelajari promosi efektif. 10. Kembangkan bisnisnya, terus lakukan perbaikan produk dan layanan. Kembangkan SDM, training karyawan, FOKUS perbesar omzet dan profit. (int/*).

Foto : Int.

Mulai dari yang sederhana, mulai dari yang kita bisa. Yang penting tetapkan waktu kapan segera dimulai bisnisnya.

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 13, Maret 2014

45


Grafologi

Kenali Lebih Dalam Lawan Bicara Anda Dengan Ilmu Membaca Wajah Oleh : Seftian Hidayat Amd.BA

yang baru dan memiliki semangat yang membara. Bola mata yang tidak utuh terlihat karena ditutupi kelopak mata bagian atas dan bawah menandakan orang yang tidak terbuka dan lebih suka memendam perasaan atau rahasia dengan rapat. 4. Bibir Bibir yang lebar menan­­­dakan orang yang­ su­ka menjalin hubungan dengan ba­nyak orang, mudah bergaul dan ji­ wa sosial yang tinggi. Sebaliknya, mulut yang sempit me­nan­dakan orang yang ku­rang terbuka tidak ter­ lalu mementingkan hubu­ngan dengan ba­nyak orang.

D

apat mengetahui karakter atau sifat orang lain lebih banyak dalam waktu perkenalan yang singkat adalah keinginan sebagi­ an besar orang, terutama mereka yang bekerja dibidang pemasaran yang mem­ butuhkan komunikasi yang baik sehingga para pelanggan dengan senang hati mem­ beli barang ataupun jasa yang mereka tawarkan. Bahkan anda seorang eksekutif yang ingin mengetahui karakter klien perusahaan anda ketika bernegosiasi, atau anda seseorang yang ingin mengenali lebih jauh pasangan anda dengan cara yang singkat hingga anda dapat membuat hubungan anda lebih romantis. Anda adalah seorang ibu yang ingin mengetahui sifat anak dan teman anak-anak anda agar menjadi orang tua yang dicintai sekaligus dapat menjauhkan anak-anak anda dari pergaulan yang merugikan. Ilmu Membaca Wajah adalah salah satu jawabannya, karena dengan mudah dapat mengetahui karakter lawan bicara anda dengan cepat ketika melihat beberapa bagian wajah yang menunjukkan informasi tertentu. Ilmu Membaca Wajah atau Fisiognomi, yakni kajian mengenai wajah yang telah berusia sekitar 2.700 tahun, ilmu ini telah menarik perhatian ilmuwan dan filsuf se­per­ti Shakespeare, Milton, Dryden.

46

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 13, Maret 2014

Pembacaan wajah pertama kali diketahui dan diterapkan oleh bangsa Cina untuk mendiagnosa penyakit, setiap bagian wa­ jah seperti rambut, dahi, alis mata, mata, hidung, telinga dan bagian-bagian lainnya menunjukkan karakter atau sifat seseorang. Berikut ini beberapa bagian wajah yang dapat memberikan informasi yang berguna untuk anda. 1. Dahi Seorang dengan dahi yang lebar menandakan seorang yang berwawasan luas, cerdas dan mampu berkomunikasi dengan baik. Dahi yang sempit menan­ dakan orang yang selalu berfikir praktis, tidak suka basa-basi To The Point dan berfikir logis.

5. Telinga Daun telinga yang sempit orang yang cenderung berhati-hati, waspada terha­ dap segala sesuatunya, mudah merasa cemas dan takut. Sebaliknya, daun telinga yang lebar menunjukkan orang yang lebih berani mengambil resiko tak heran jika ia suka menggeluti pekerjaan atau hobby yang memacu adrenalin. Demikian bentuk wajah dengan masingmasing karakternya, silahkan hafalkan dan terapkan pada lawan bicara anda. Gunakan pengetahuan ini sebagai senjata anda mema­ hami orang terkasih, patner bisnis dan sahabat anda sehingga anda menjadi orang yang lebih disukai karena mampu memahami orang lain lebih dari orang lainnya.

2. Alis Mata Alis mata yang tebal menandakan seorang tegas, daya juangnya tinggi, egonya tinggi namun mudah tersulut ama­rahnya. Alis tipis menandakan orang yang suka mengalah, sabar, lebih su­ ka menghindari pertengkaran dan perdebatan. 3. Mata Mata dengan bola mata yang terlihat utuh menandakan orang yang mudah bergaul, sangat antusias dengan hal-hal

Penulis adalah praktisi Grafologi, Pembaca Wajah Sekaligus Inspirator Pertama Di Kota Makassar. ia Juga aktif membagikan ilmu nya di Twitter : @SeftianHidayat


Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 13, Maret 2014

47


Info Sentra Bazaar

Senam Segar di Sentra Bazaar

S

entra Bazaar Panakkukang se­ bagai Pusat Tekstil dan Sutera di Jl. Pengayoman, Panakkukang, Makassar mengadakan Senam Segar setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 16.00 – 18.00 WITA. Senam Segar ini diikuti oleh tenant dan masyarakat sekitar Sentra Bazaar Panakkukang serta  beberapa komunitas senam yang ada di kota Makassar. Senam Segar ini

48

mempunyai manfaat ganda, artinya selain bersilaturahmi juga akan menambah semangat tersendiri khusus­nya untuk mempertahankan kesehatan dan kebugaran tubuh. Selain itu, kegiatan ini menyiapkan doorprize dan arisan bulanan bagi member. Adapun jenis senam yang ditampilkan antara lain Senam Jantung Sehat, Aerobik, Line Dance, Samba, dll.


Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 13, Maret 2014

49


Info Komunitas Tangan Di Atas (TDA)

Babak Baru Kerjasama Komunitas TDA Makassar

P

ada hari Sabtu tanggal 15 Februari 2014 TDA Makassar dan TDA Kampus memantapkan kerjasamanya dengan Majalah Panakkukang, yang ditandai dengan penandata­nganan MOU yang dilaksanakan di Foodcourt SAO, Mal Ratu Indah, Makassar. Penandatanganan MOU dilakukan langsung oleh Ketua TDA Makassar, H. Muh. Fitriady dan Pimpinan Majalah Panakkukang, Bang Mar. Suasana acara yang dihadiri sekitar 50 an anggota TDA dan segenap personel dari Majalah Panakkukang ini cukup meriah dan akrab. Dalam sambutannya H. Muh. Fitriady menyambut baik kerjasama ini dan berharap dapat terciptanya synergi positif yang dapat saling menguatkan satu sama

50

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 13, Maret 2014

lain. Sedangkan Bang Mar dalam sambutannya selain menyampaikan ucapan terima kasih atas terwujudnya kerjasama ini. Bang Mar juga berkeyakinan bahwa melalui Majalah Panakkukang, insya Allah usaha teman-teman TDA dapat tersosialisasikan lebih luas lagi, sejalan deng­an banyaknya titik distribusi termasuk terus bertambahnya pelanggan majalah. Dan tidak kalah pentingnya bahwa Majalah Panakkukang yang 'dibundel bersama SHIAM' yang juga adalah Majalah resmi milik Bandara Sultan Hasanud­din ini sudah merupakan 'majalah wajib' yang selalu hadir di kawasan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, yang oleh karenanya di­baca oleh masyarakat yang akan melakukan perjalanan udara.


Info Klabelanja

Booming di Makassar

D

irektur Utama Klabelanja, Syaiful Hamid pada Minggu sore tanggal 23 Februari di ruang pertemu­an­ Hotel Boulevard Makassar, memperkenalkan sebuah system pembayaran terkini yang dimotori oleh KlaBelanja, dalam acara Klabe Open System Trade (KOST Makassar). Syaiful Hamid mengatakan gaya belanja baru yang mereka perkenalkan adalah tren baru yang terus mengikuti zaman. "Belanja dimaksud adalah transaksi dalam rangka pemenuhan kebutuhan sehari-hari seperti sembako, bayar listrik, isi pulsa, bayar leasing hingga pembelian tiket pesawat dalam satu wadah yang dikelola melalui ponsel," kata Syaiful Hamid. Apa Itu Kla Belanja ? Klabelanja merupakan komunitas bisnis belanja berskala nasional dimana bisnis ini memiliki 3 segmen sekaligus, yaitu: 1. Komunitas belanja berbentuk network marketing (Klabers Zone), yaitu pembonusan dengan sistem member get member dengan rewarding tertentu. 2. Jual beli antar member (Klabers Trade), yaitu dengan alat tukar klabepoin, member dapat saling bertukar produk (bertransaksi) dengan sesama member klabelanja dan setiap transaksinya memiliki fee royalti dan berpotensi mendapatkan bonus bulanan. 3. Online Shop (Klabe Shop), penjualan online produk yang hanya ada di KlaBelanja untuk para member dan umum. Kartu kememberan Klabelanja merupakan kartu ATM Klabe-BRI Syariah yang kapanpun bisa digunakan oleh member lengkap dengan semua fasilitasnya, bebas tarik tunai, cek saldo, transfer antar bank disemua mesin ATM, gratis gesek disemua mesin EDC berlogo Prima. Keuntungan menjadi member Klabelanja adalah berkesempatan

Para member Klabelanja antusias mengikuti acara.

52

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 13, Maret 2014

mendapatkan bonus rekrutmen dari member get membernya, space iklan di web Klabe Trade, fasilitas PPOB (Payment Poin Online Banking) di web klabe pos dimana member dapat membayar kebutuhan rutin seperti pulsa, PLN, PDAM, leasing, dll melalui handphone atau uang virtual serta bisa juga melalui website klabelanja.com. Berapapun nilai transaksinya, setiap member akan mendapatkan cashback 25 % dari akumulasi admin transaksi setiap bulan, mudah, murah dan pasti untung.

Member Klabelanja Makassar yang meraih reward 1 unit sepeda motor.

Para member Klabelanja Makassar yang meraih reward Liburan ke Singapura.

Direktur Utama Klabelanja Bpk.Syaiful Hamid

Para member Klabelanja Makassar yang meraih reward Gadget senilai 2,5 Jt.

Foto bersama para member di akhir acara.


Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 13, Maret 2014

53


Info Makassar Cooking Club

MCC (Makassar Cooking Club)

Wadah Berbagi, Bertumbuh dan Berkembang

M

akassar Cooking Club adalah ide sederhana dari seorang ibu rumah tangga,yg juga seorang pelaku bisnis kuliner rumahan, mam Imma Wicaksono. Karena keinginan yang besar untuk mengumpulkan orang orang yang memiliki hobby dan aktivitas yang sama di bidang kuliner. Berangkat dari keinginan itu, maka terbentuklah Makassar ­Cooking Club. Dan mulai aktif sejak awal tahun 2013 dengan melakukan kegiatan kegiatan cooking class yang bersifat swadaya. Pada bulan Februari, oleh salah satu majalah ekonomi di makassar, untuk mengadakan event Pesta Cemilan,maka dipilih lah tgl 9february 2012 untuk melaunch Makassar Cooking Club,bersamaan dengan acara pesta cemilan di pasar segar Makassar. Sejak dilaunch,MCC aktif mengadakan berbagai kegiatan di bidang kuliner,cooking class, latihan bareng,seminar/pelatihan food photography dan sosial media, tur kitchen dan pasar,dan aneka kegiatan gathering khusus members,seperti arisan, bazaar amal, dan lain lain. MCC menjadi wadah berbagi,bertumbuh dan berkembang para members yg sebagian besar adalah pelaku usaha kuliner rumahan yg menjalankan bisnisnya menggunakan strategi marketing online. MCC baru saja memperingati ulang tahun yang pertama, pada minggu 9 february 2014,dengan mengadakan gathering members dan pameran hasil produksi members, di gedung graha cni lt3. Di usia yang masih sangat muda ini, MCC berusaha terus berbuat banyak u potensi kuliner sulsel dan membantu dan mendukung para members untuk memajukan usaha kuliner yg dibangun dari dapur rumah tangga,namun berperan besar dalam membantu ekonomi keluarga dan lingkungan sekitar.

54

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 13, Maret 2014


56

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 13, Maret 2014


Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 13, Maret 2014

57


58

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 13, Maret 2014


TARGET

DISTRIBUSI

TRANSPORTASI Semua Lounge di Bandara Hasanuddin Garuda Airlines Executive Lounge – Bandara Hasanuddin Garuda Airlines – Jl. Slamaet Riyadi Agus Tour & Travel – Jl. Nusantara Tx Travel – Jl. Nusantara Sanatana Tour & Travel – Jl. Sulawesi Duta Tour Jumantara – Jl. Sulawesi Caraka Travelindo – Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo Agung Wisata Tour – Jl. Pattimura Mauraga Travel – Jl. Ujung Pandang Cakra Wisata Tour & Travel – Jl. Penghibur Lion Air - Jl. Jend Ahmad Yani Dewi Wisata Travel – Jl. St. Hasanuddin Terminal Ticket - Jl. Dr. Sam Ratulangi Ticket Tour & Travel – Jl. Haji Bau Victory Travel – Jl. Kumala Terminal Ticket – Jl. Gn. Latimojong Anzho Timoho Travel – Jl. Lanto Dg. Pasewang Lestari Tour & Travel - Jl. Gn. Merapi Fortuna Travel – Jl. Tinggi Mae Merpati – Jl. Gn. Bawakaraeng Limbunan - Jl. Gn. Bawakaraeng Suita Tours n Travel - Jl. Gn. Bawakaraeng Hakata Tour & Travel – Jl. Penghibur Manorian Travel – Jl. Cendrawasih Patapulo Tours & Travel – Jl. A. P. Pettarani Manorian Tours & Travel - Jl. A. P. Pettarani PT. Mersalina Tours & Travel - Jl. Pengayoman PT. Tama Tours - Jl. Pengayoman Citylink Avia – Jl. A. P. Pettarani Sriwijaya Air – Jl. Boulevard Talenta Tour & Travel - Jl. Boulevard Air Asia - Jl. Boulevard Maharani Tour & Travel – Jl.Gn. Bawakaraeng Panakkukang Travel - Jl. Boulevard Boulevard Travel - Jl. Boulevard Mitra Sejati Travel – Jl. Adhyaksa Ziar Tour & Travel - Jl. Adhyaksa Travel Agus – Jl. Hertasning Merpati Nusantara KCP - Jl. Hertasning Jalan-jalan Bersama Tour & Travel - Jl. Hertasning Tiva Travel – Jl. Adhyaksa PT. Stars Travel – Jl. Abdullah Dg. Sirua TX Travel Perintis – Jl. Perintis Kemerdekaan

ASURANSI Astra Credit Companies – Jl. Dr. Sam Ratulangi Garda OTO - Jl. Dr. Sam Ratulangi Asuransi Jasindo - Jl. Dr. Sam Ratulangi Jasa Raharja - Jl. Dr. Sam Ratulangi PT. Equity Life Indonesia - Jl. Dr. Sam Ratulangi Asuransi Ramayana - Jl. Dr. Sam Ratulangi Askrindo – Jl. Kakatua PT. ACA – Jl. A. Mappanyukki PT. Avrist Assurance – Jl. St. Hasanuddin Allianz - Jl. A. P. Pettarani (Ruko Diamond) BFI Finance - Jl. Pengayoman Kop. Inti Megah Syariah - Jl. Adhyaksa DSF Dipo Star Finance – Jl. Pengayoman FASHION Jakarta Tailor & Textil – Jl. Pengayoman Dian Pelangi – Jl. Adhyaksa FINANCE Bank Bukopin – Jl. Slamet Riyadi BCA – Jl. Jend Ahmad Yani Bank Danamon - Jl. Jend Ahmad Yani CIMB Niaga - Jl. Jend Ahmad Yani OCBC NISP - Jl. Jend Ahmad Yani Bank Mega - Jl. Jend Ahmad Yani Bank Artha Graha - Jl. Jend Ahmad Yani BRI - Jl. Jend Ahmad Yani Bank Muamalat – Jl. Dr. Sam Ratulangi Bank BNI Syariah – Jl. Veteran Selatan Bank Mandiri – Jl. Veteran Selatan Bank Panin - Jl. Veteran Selatan Bank BRI - Jl. Veteran Selatan Bank BII - Jl. Veteran Selatan Bank Mega - Jl. Veteran Selatan Bank Danamon - Jl. Veteran Selatan Bank Mandiri – Jl. Kartini Bank BTN - Jl. Kajaolalido Bank PANIN - Jl. Dr. Sam Ratulangi Bank Perkreditan Rakyat - Jl. Pengayoman Bank Panin – Jl. Pengayoman (Pasar Segar) BII - Jl. Pengayoman (Pasar Segar) Bank Perkreditan Rakyat - Jl. Pengayoman (Pasar Segar) Bank BRI – Jl. Pengayoman Bank BNI – Jl. Perintis kemerdekaan Robobank – Jl. Jend. Ahmad Yani Bank BNI Syariah – Jl. Veteran Selatan Bank Mandiri – Jl. Veteran Selatan Bank Panin - Jl. Veteran Selatan Bank Danamon - Jl. Veteran Selatan Bank BRI - Jl. Veteran Selatan Bank BII - Jl. Veteran Selatan

FOOD & DRINK Semua Cafe di Bandara Hasanuddin Makassar Suki – Jl. Bali Brothers Coffee – Jl. Kumala Phoenam – Jl. Jampea Black Canyon – Jl. Pattimura Emerald Cafe – Jl. Ujung Pandang Dapur Sulawesi – Jl. Ujung Pandang Istana Laut – Jl. Datumuseng Imperial Star Restaurant - Jl. Datumuseng Resto Hade - Jl. Lamaddukelleng Kareba Resto – Jl. Penghibur Losari Beach Inn Cafe n Resto – Jl. Penghibur SOHO - Jl. Jend Ahmad Yani Abe Cafe dan Resto - Jl. Jend Ahmad Yani De Luna Cafe & Resto - Jl. Jend Ahmad Yani Mam’s Cafe – Jl. Lagaligo Madam Wong Resto - Jl. Lagaligo Ben’z Cafe – Jl. Kajaolalido Pisa Kafe - Jl. Bontolempangan Zodiac Cafe & Resto - Jl. Bontolempangan Dunkin Donuts - Jl. St. Hasanuddin Bengkel Kopi - Jl. St. Hasanuddin Starbucks – Mal Ratu Indah Tator - Mal Ratu Indah Black Canyon - Mal Ratu Indah Pizza Hut - Mal Ratu Indah JCO - Mal Ratu Indah My Kopi O - Mal Ratu Indah Kios Lagaligo – Jl. Arif Rate Smile Hotel & Resto – Jl. Muchtar Lufti Numero Uno Cafe n Resto – Jl. Dg. Tompo Kios Lagaligo – Jl. Kumala Cafe Enak-Enak – Jl. Lanto Dg. Pasewang Restaurant Bambuden – Jl. Gn. Latimojong Pizza Ria Cafe - Jl. Gn. Latimojong Restaurant Pualam – Jl. Penghibur Balleza – Jl. Penghibur Coffe Break Cafe – Jl. Cendrawasih Kedai Kita – Jl. Landak Roemah Kopi Coffee - Jl. A. P. Pettarani (Ruko Diamond) Kopi Q Cafe - Jl. A. P. Pettarani (Ruko Diamond) Rally Cafe - Jl. A. P. Pettarani (Ruko Diamond) New Kaisar Resto & Cafe – Jl. Sultan Alauddin RM. Wong Solo – Jl. Sultan Alauddin Kios Lagaligo - Jl. Pengayoman The Poject Coffe – Jl. Pengayoman Brother Coffee Cafe - Jl. Pengayoman Pizza Ria Cafe - Jl. Boulevard Warung Cobek-cobek - Jl. Boulevard Kafe Baca – Jl. Adhyaksa Coffe Lovers – Jl. Hertasning Toko Kue Mama – Jl. Bougenville Kopi Tiam – Mall Panakkukang Excelso - Mall Panakkukang Roppan - Mall Panakkukang Solaria - Mall Panakkukang Kopi Oey - Jl. Topaz Raya RM. Ulu Juku – Jl. Recing Centre Buana – Jl. Urip Sumoharjo Woodsy Gab - Jl. Urip Sumoharjo Coffe Toffe – Jl. Perintis Kemerdekaan HOTEL Hotel Clarion – Jl. A. P. Pettarani Hotel Aryaduta – Jl. Penghibur Hotel Makassar Mulia – Jl. Nusantara Hotel Beril Nur – Jl. Nusantara Grand Populer Hotel – Jl. Sulawesi Hotel Grand Palace – Jl. Tentara Pelajar Hotel Dinasti – Jl. Lombok Hotel Century – Jl. Timor Hotel Mangga Dua – Jl. Tanimbar Hotel Lestari – Jl. Savu Hotel Lamacca – Jl. Pettarani Hotel Yasmin – Jl. Jampea New Legend Hotel – Jl. Jampea Hotel Tiara Sari – Jl. Bali Hotel Pantai Gapura – Jl. Pasar Ikan Makassar Golden Hotel – Jl. Pasar Ikan Hotel Quality – Jl. Somba Opu Losari Beach Inn Hotel – Jl. Penghibur D’Bugis Ocean Hotel – Jl. Penghibur Hotel Istana Mas - Jl. Jend. Ahmad Yani Hotel Singgasana – Jl. Kajaolalido Hotel Citra Wisata – Jl. Bontolempangan Hotel Pacific Makassar - Jl. Bontolempangan Hotel Venus Kencana - Jl. Bontolempangan Hotel Lydiana - Jl. Bontolempangan Hotel Delta – Jl. St. Hasanuddin Hotel Grand Wisata - Jl. St. Hasanuddin Hotel Celebes - Jl. St. Hasanuddin Hotel Lestari Permai – Jl. Karunrung Hotel Valentino – Jl. Dr. Sutomo Hotel Horison – Jl. Jend. Sudirman Hotel SAS - Jl. Jend. Sudirman Hotel Sahid Jaya – Jl. Dr. Sam Ratulangi The Banua Hotel – Jl. Haji Bau Losari Metro Hotel – Jl. Chairil Anwar Kenari Tower Hotel – Jl. Yoseph Latumahina Hotel Asyra – Jl. Maipa

Hotel Mercure – Jl. Dg. Tompo Hotel Surya - Jl. Dg. Tompo Hotel Alden – Jl. Lasinrang Hotel Favor - Jl. Lasinrang Hotel Bungaya – Jl. Letjen Mappaodang Hotel Taman Marannu – Jl. Baji Gau Hotel Baji Gau - Jl. Baji Gau Hotel Astika Puriwisata – Jl. Lanto Dg. Pasewang Hotel Grand Celino - Jl. Lanto Dg. Pasewang Hotel Maricaya – Jl. Kijang Hotel Coklat – Jl. Onta Lama Hotel Vindhika – Jl. Gn. Merapi Mega Inn Hotel – Jl. Lompobattang Hotel Celebes Indah – Jl. Gn. Latimojong Hotel Mustika Sari - Jl. Gn. Latimojong Hotel Aswin - Jl. Gn. Latimojong Hotel Harapan – Jl. Sungai Poso Hotel Santika – Jl. Sultan Hasanuddin Hotel Aston - Jl. Sultan Hasanuddin Hotel Permata – Jl. Andi Tonro Hotel Scarlet – Jl. Bonto Manggepe Hotel Mario Inn – Jl. Bonto Sunggu Hotel Jade – Jl. A. P. Pettrani (Ruko Diamond) Hotel Jolin – Jl. Pengayoman Hotel Istana – Jl. Sungai Saddang Hotel Bonto Cinde - Jl. Sungai Saddang Capital Hotel – Jl. Pengayoman Hotel Gladiol - Jl. Pengayoman Hotel Al-Badar - Jl. Pengayoman Hotel Pengayoman - Jl. Pengayoman Hotel Grand Town - Jl. Pengayoman Hotel Royal - Jl. Pengayoman Hotel Asia - Jl. Pengayoman Hotel Anugrah - Jl. Pengayoman Hotel Denpasar - Jl. Boulevard Hotel Panakkukang - Jl. Boulevard JL Star Hotel - Jl. Boulevard Aswin Inn Hotel - Jl. Boulevard Hotel Boulevard - Jl. Boulevard Swiss Bell Inn Hotel - Jl. Boulevard Pondok Green Adhyaksa – Jl. Adhyaksa Continent Centre Point Hotel - Jl. Adhyaksa Hotel Diamond – Jl. Adhyaksa Hotel Genesis - Jl. Adhyaksa Hotel Adhyaksa - Jl. Adhyaksa Hotel Hertasning – Jl. Hertasning Pondok Modern - Jl. Hertasning Akik Hijau – Jl. Adhyaksa Amaris Hotel – Jl. Bougenville Hotel Bali – Jl. Sungai Pareman Andrin Hotel – Jl. Penjernihan Air Hotel Anugrah 2 – Jl. Pengayoman Hotel Trisula – Jl. Topaz Raya Hotel Sulawesi - Jl. Topaz Raya Hotel Parade Guest House - Jl. Topaz Raya Avira Hotel – Jl. Adhyaksa Hotel Tree – Jl. Pandang Raya Hotelku – Jl. Toddopuli Hotel Karezona - Jl. Toddopuli Hotel Toddopuli Mas - Jl. Toddopuli Hotel Jakarta – Jl. Ance Dg. Ngoyo Hotel Prima – Jl. Dr. Ratulangi Hotel Agus – Jl. Nusantara Hotel Kamanre – Jl. Perintis Kemerdekaan Hotel Paradiso - Jl. Perintis Kemerdekaan Hotel Angin Mamari – Jl. Somba Opu Hotel Permata – Jl. Andi Tonro Hotel Grand Imawan – Jl. Pengayoman Hotel Grand Platinum – Komp. Lily Hotel Max – Jl. Topaz Hotel Lynt – Jl. Hertasning KESEHATAN & KECANTIKAN Graha Celebes Spa – Jl. Sulawesi Salon Jessipin – Jl. Sawerigading Salon Wan’z – Jl. Bali Salon Wendis – Jl. Pasar Ikan Drg. Handojo WT – Jl. Lamaddukelleng Miracle Aesthetic Clinic - Jl. Lamaddukelleng Suriani Bridal House – Jl. Pasar Ikan Salon Ebony – Jl. Lagaligo Poetri Spa - Jl. Lagaligo My Place Spa & Health Club – Jl. Kajaolalido Maystar Beauty Salon - Jl. Bontolempangan Salon Masita - Jl. Bontolempangan Salon Sayonara – Jl. Karunrung Salon Sayonara – Jl. Bau Massepe Ratulangi Medical Centre - Jl. Dr. Sam Ratulangi Salon Mahkota – Jl. Kumala Impression – Jl. Gn. Batu Putih RSB Restu – Jl. A. Mappanyukki Angel Bridal Make Up - Jl. Gn. Latimojong Lab. Prodia – Jl. Batu Putih Lab. Prodia – Jl. Boulevard De Salon - Jl. Sungai Saddang Salon Fifie Violina - Jl. Sungai Saddang House Of Dura - Jl. Sungai Saddang Le Bliss Spa – Jl. Sultan Hasanuddin Hermin Salon - Jl. Sultan Hasanuddin Medjile Spa - Jl. A. P. Pettarani (Ruko Diamond)

Sing She Tong Ji Medistra - Jl. A. P. Pettarani (Ruko Diamond) Lyraas Skin Care - Jl. A. P. Pettarani (Ruko Diamond) Metro Spa – Jl. Pengayoman Diamond Fitnes Centre - Jl. A. P. Pettarani (Ruko Diamond) Finari Medical Centre – Jl. Boulevard Natasha Skin Care – Jl. Pengayoman Erha Clinic Makassar - Jl. Pengayoman Salon Hermin - Jl. Pengayoman Klinik Lacasino – Jl. Adhyaksa Poetrie Spa – Jl. Pengayoman The Secret’s Spa – Mall Panakkukang Rudy Hady Suwarno - Mall Panakkukang Best Salon - Mall Panakkukang D’Spa & Refleksi – Jl. Bau Mangga Salon Yanti – Jl. Hertasning Johnny Andrean – Mall Panakkukang Salon Ungu – Jl. Adhyaksa Citra Kusuma Salon – Jl. Toddopuli Optik Internasional - Jl. Perintis Kemerdekaan JASA & PROPERTY Huebsch Laundry - Graha Celebes Spa – Jl. Sulawesi TIKI - Jl. Jend Ahmad Yani Mal Ratu Indah – Jl. Dr. Sam Ratulangi PT. Pegadaian – Jl. Hati murni PT. Dann – Jl. Lanto Dg. Pasewang IMB Group – Jl. A. Mappanyukki PT. Pegadaian – Jl. A. Mappanyukki Mr. KLIN – Jl. Sungai Saddang Glow Photo Studio - Jl. Sungai Saddang Gelael – Jl. Sultan Hasanuddin Shine Car Wash - Jl. A. P. Pettarani Outo Clean - Jl. A. P. Pettarani Astra Rent Car – Jl. Recing Centre KOMUNIKASI Indosat – Jl. Slamet Riyadi Smart FM – Jl. Nusantara Telkomsel - Jl. Kajaolalido ESIA – Jl. Bontolempangan Telkom Indonesia - Jl. A. P. Pettarani Flexi - Jl. A. P. Pettarani XL - Jl. A. P. Pettarani Sucofindo - Jl. Urip Sumoharjo KANTOR PEMERINTAHAN Kantor Walikota Humas Pemkot - Jl. Jend Ahmad Yani Kantor Gubernur – Jl. Urip Sumoharjo PENDIDIKAN Sekolah Athirah – Jl. Kajaolalido LIA - Jl. Dr. Sam Ratulangi Briton – Jl. Lagaligo FLUO - Jl. Gn. Latimojong STIA LAN - Jl. A. P. Pettarani Briton Pettarani - Jl. A. P. Pettarani (Ruko Diamond) Briton – Komp. Pasar Segar Ahmad Dhani School Of Rock - Jl. A. P. Pettarani (Ruko Diamond) LIA – Jl. Boulevard OTOMOTIF PT. Draya Triputra (Honda) – Jl. Veteran Utara Nissan – Jl. A. P. Pettarani PT. Astra Internasional Daihatsu - Jl. Pengayoman Toyota - Jl. Urip Sumoharjo Bosowa - Jl. Urip Sumoharjo Daihatsu - Jl. Urip Sumoharjo Hyundai - Jl. Urip Sumoharjo Matramas (Yamaha) – Jl. Sultan Alauddin Toyota – Jl. Sultan Alauddin MEDIA LPP TVRI Sulsel – Jl. Kakatua Tribun Timur – Jl. Cendrawasih HIBURAN Happy Puppy Losari – Jl. Ujung Pandang E Club 3 – Jl. Ujung Pandang Bee Karaoke Keluarga - Jl. Gn. Latimojong Nav Karaoke Keluarga - Jl. Gn. Latimojong Scarlet Family Karaoke - Jl. Gn. Latimojong Happy Puppy Pettrani - Jl. A. P. Pettarani (Ruko Diamond) D Class Karaoke - Jl. A. P. Pettarani (Ruko Diamond) E Club – Jl. Boulevard Nav Makassar 02 - Jl. Boulevard Orange Karaoke - Jl. Boulevard Diva Karaoke – Jl. Pengayoman (Pasar Segar) FAM Family Karaoke – Jl. Perintis Kemerdekaan Inul Vista Perintis - Jl. Perintis Kemerdekaan Diva Karaoke - Jl. Perintis Kemerdekaan

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 13, Maret 2014

59

Majalah Panakkukang Edisi 13 | Maret 2014  

DI edisi bulan maret 2014 ini Chef Frank mengangkat resep Parede Ulu Bete alias Sup Kepala Ikan. Kemudian ada mbak Lala yang menulis laporan...