Page 1

Badan Koordinasi Pengendalian dan Komunikasi Program

Media Diseminasi Kebijakan dan Prestasi

Edisi 28/Juli 2015

ITS Buka Prodi Baru Teknik Biomedik ITS Tetapkan Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1436 H PRESTASI ITS GALERI


ITS Buka Prodi Baru Teknik Biomedik Program Studi Teknik Biomedik resmi dibuka oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) di tahun 2015 ini. Prodi di bawah naungan Jurusan Teknik Elektro (JTE) tersebut siap menerima 30 mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2015/2016 melalui Program Kemitraan dan Mandiri (PKM). Teknik Biomedik ini memiliki peran penting dalam menjawab tantangan kebutuhan insinyur bidang medis di Indonesia. Menurutnya, saat ini Indonesia masih minim inovasi dalam teknologi kesehatan. Saat ini kebanyakan instrumentasi medis yang modern berasal dari luar. Tak ayal kebutuhan prodi tersebut dilakukan untuk menjawab tantangan dan peluang tersebut. Pelamar bisa mendaftarkan dirinya melalui PKM di www.simits.its.ac.id atau membuka www.bme.its.ac.id untuk info lebih lengkapnya. Selain dasar-dasar ilmu teknik elektro dan kesehatan, prodi ini nantinya akan fokus mencetak mahasiswanya dalam empat arahan spesialisasi. Pertama adalah Instrumentasi Biomedika Cerdas. Dalam hal ini, lulusan diharapkan menjadi ahli inovasi dan teknologi di bidang peralatan kesehatan. Sedangkan yang kedua adalah Teknologi Asistif dan Rehabilitasi Medika. Bidang ini fokus pada materi pembelajaran alat bantu atau buatan di bidang

medis. Seperti organ buatan atau alat bantu bagi penyandang disabilitas. Selanjutnya yakni bidang Pencitraan dan Pengolahan Citra Medika. Terakhir, adalah bidang Informatika Medika. Yaitu bagaimana cara seorang insinyur menyampaikan data-data medik ke users seperti dokter, pasien dan insinyur lainnya. Kesiapan membuka prodi ini dibuktikan dengan telah siapnya sebelas dosen pengampu dengan latar belakang keilmuan di bidang Teknik Biomedik. Bahkan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Prof Dr Ir Mohammad Nuh DEA, juga menjadi salah satu bagian di dalamnya. Awalnya, pendirian Prodi Teknik Biomedik ITS berangkat dari mandat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) yang memberikan arahan terhadap empat kampus di Indonesia pada tahun 2013 lalu. Waktu itu, ITS, ITB, UGM dan UI ditunjuk untuk berperan aktif dalam percepatan pengembangan program pendidikan level S1 di bidang Teknik Biomedik. Tepat pada 30 Mei lalu, ITS mendapat Surat Keputusan (SK) dari Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti). SK tersebut berisi izin bagi ITS untuk membuka prodi Teknik Biomedik, tertuang dalam SK No : 102/MKP/III/2015 tertanda 30 Maret 2015. (*)


ITS Tetapkan Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1436 H

Seperti halnya tahun-tahun sebelumnya, ITS kembali memberikan kesempatan kepada seluruh karyawan dan sivitas akademika di lingkungan ITS untuk bisa merayakan Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah. Untuk itu, ITS memberikan libur panjang berupa cuti bersama mulai tanggal 16 Juli dan dilanjut tanggal 20 – 24 Juli 2014. Hal ini merupakan kebijakan rutin tahunan yang selalu dilaksanakan oleh ITS. Kebijakan cuti bersama ITS ini dituangkan dalam Surat Edaran Rektor ITS nomor: 027797/IT2/TU.00.02/2015 tertanggal 29 Juni 2015. Surat edaran ini pun menindaklanjuti Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (RI) Nomor 5 Tahun 2014, Nomor 3/SKB/MEN/V/2014, Nomor 02/SKB/MENPAN/V/2014 dan kesepakatan Rapat Pimpinan (Rapim) ITS tanggal 24 Juni 2015. Kebijakan cuti bersama ini diharapkan untuk bisa segera diinformasikan oleh para pimpinan masing-

masing unit kerja di lingkungan ITS (pembantu rektor, dekan, direktur pascasarjana, ketua LPPM, kepala biro, kepala badan, ketua jurusan/program studi, kepala UPT/unit/satuan) kepada para staf di unit masing-masing. Setelah cuti bersama, semua karyawan diwajibkan masuk kerja kembali seperti biasa mulai tanggal 27 Juli 2014. Nantinya, pada hari pertama masuk kerja tersebut akan dimanfaatkan untuk momen saling memaafkan dalam perhelatan tahunan Halal Bi Halal Keluarga Besar ITS. Acara tahunan ini rencananya diselenggarakan di Grha Sepuluh Nopember ITS mulai pukul 08.30. Untuk memberikan siraman rohani bagi para sivitas akademika ITS yang hadir pada acara Halal Bi Halal tersebut, akan dihadirkan pembicara Prof Dr Moh Ali Aziz MAg, guru besar UIN Sunan Ampel Surabaya untuk memberikan tausiyah. Untuk itu, diharapkan semua karyawan dan sivitas akademika di lingkungan ITS bisa menghadiri acara akbar tahunan tersebut untuk lebih mengeratkan tali silaturahim. (*)


PRESTASI ITS

-

-

Jurusan Teknik Sipil FTSP-ITS berhasil menunjukkan keunggulannya dalam kepedulian lingkungan yang dibuktikan dengan mendapatkan Juara II Eco Campus 2015 tingkat Surabaya.

Tim ITS juga berhasil meraih juara dua dalam ajang Paper Competition Trisakti Oil Expo. Tim ini terdiri dari dua orang mahasiswa Jurusan Teknik Kimia (Tekkim), Hezron Yerido dan Binsar David Nababan. Lewat makalah berjudul Optimization of Desulfurization in Residual Oil (ODS).


GALERI ITS

Prof Drs Nur Iriawan MlKomp PhD, Wakil Rektor III memberikan informasi terkait dengan pelaksanaan pembagian akun DYS ITS gelombang I tahun 2015, yang dihadiri oleh para ketua jurusan di lingkungan ITS.

Ustadz Syamsul Maรกrif memberikan ceramah agama dalam acara pengajian akbar dan buka bersama di sepuluh hari terakhir bersama dosen dan karyawan yang merupakan undangan dari FSDK Marรกtusshalihat dan panitia Ansyitoh Ramadhan JMMI.

Prof Dr Ir Mohammad Nuh DEA dengan para mahasiswa dan dosen berfoto bersama setelah peresmian Prodi baru Teknik Biomedik di ITS.

Puskominfo BKPKP ITS, Humas : Indah Tri Sukmawati, HP. 081231157772 Office : 031-5927012, Email : humas@its.ac.id, itshumas@gmail.com, Website: www.its.ac.id/beranda/en

Beranda its edisi 28 2015  
Advertisement