Page 1

Badan Koordinasi Pengendalian dan Komunikasi Program

Media Diseminasi Kebijakan dan Prestasi

Edisi 13/Maret 2014

Permudah Penyampaian SPT Tahunan Melalui e-FIN Bendaharawan ITS Harus Tertib Administrasi dan Perpajakan


ilustrasi : Google

Permudah Penyampaian SPT Tahunan Melalui e-FIN Untuk lebih meningkatkan kepatuhan dalam memenuhi kewajiban perpajakan, maka dikeluarkan surat edaran yang menginstruksikan kepada para staf atau pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI untuk memenuhi segala ketentuan perpajakan yang ada. Termasuk juga di lingkungan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Salah satunya dengan memanfaatkan fasilitas e-Filling sebagai saluran penyampaian SPT Tahunan PPh Wajib Pajak Orang Pribadi. Surat edaran ini berdasarkan adanya surat Menteri Keuangan nomor S54/MK.03/2014 tanggal 29 Januari 2014 perihal penyampaian SPT Tahunan Pajak Penghasilan Wajib Pajak Orang Pribadi (WP OP) melalui e-Filling. Para staf atau PNS di lingkungan unit kerja masing-masing diimbau untuk bisa memenuhi dan mematuhi kewajiban perpajakannya. Baik kewajiban mendaftarkan diri untuk memperoleh Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) maupun menyampaikan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi dengan benar, lengkap dan jelas serta tepat waktu. Dalam hal ini, Bendahara Pengeluaran wajib membuat formulir 1721-A2 (bukti pemotongan PPh Pasal 21 PNS) maupun Bukti Potong PPh Final/Non-Final dan memberikannya kepada pegawai di satuan kerja masing-masing maupun kepada pihak luar (bukan pegawai satuan kerja yang bersangkutan) sebelum batas waktu penyampaian SPT Tahunan. Hal ini untuk memberikan kesempatan kepada pegawai tersebut untuk mengisi SPT Tahunan PPh Orang Pribadi berdasarkan data formulir 1721-A2 dan Bukti Potong PPh Final/Non-Final tersebut. Agar pelaksanaan penyampaian SPT Tahunan dapat berjalan dengan lancar, diharapkan adanya koordinasi dengan unit kerja Direktorat Jenderal Pajak terdekat terkait kegiatan sosialisasi, pengajuan permohonan electronic Filling Identification Number (e-FIN), pembuatan akun e-Filling dan penyampaian SPT Tahunan melalui e-Filling. Dukungan teknis terkait pelaksanaan penyampaian SPT Tahunan PPh WP OP melalui e-Filling pada website www.pajak.go.id agar dikoordinasikan oleh masing-masing satuan kerja dengan Direktorat Jenderal Pajak. (*)


Bendaharawan ITS Harus Tertib Administrasi dan Perpajakan Semua bendaharawan tentunya dituntut untuk bisa memahami aturan tertib administrasi dan perpajakan. Bahkan tidak hanya paham, tapi juga harus selalu mengikuti perkembangan peraturan baru yang rentan berubah sewaktu-waktu. Pakem itulah yang coba ditanamkan kepada semua peserta pelatihan perpajakan bagi bendaharawan ITS di Rektorat ITS. Selama ini, rata-rata bendaharawan di lingkungan ITS sudah melaksanakannya, tapi masih perlu ditinjau ulang dan selalu mengikuti perubahan aturan main pajak secara rutin. Setiap bendaharawan harus mengetahui dasar atas pemotongan pajak yang telah mereka lakukan. Sebab aturan pajak bukanlah aturan yang dibuat oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Kantor Pelayanan Pajak (KPP) ataupun Rektor, melainkan sudah diatur oleh Undang-Undang (UU). Pelatihan ini penting dilakukan untuk menghindari agar para bendaharawan ITS ketika ditanya dasar mengapa

keuangan dipotong sekian persen tidak lantas menjawab tidak tahu. Atau bahkan menjawab sudah dari dulu seperti itu aturannya. Beruntung, selama ini ITS masih di dalam koridor yang benar. Dalam workshop yang diikuti oleh semua elemen keuangan ITS tersebut, juga diberikan dua tips khusus yang harus dimiliki oleh bendaharawan. Pertama, mengidentifikasi orang yang sedang dihadapi terlebih dahulu. Setelah mengidentifikasi, baru kemudian dicocokkan dengan pasal bagian perpajakan mana yang cocok dengan orang tersebut. Yang kedua, yakni pentingnya menjadi seorang bendaharawan yang terus mengikuti perubahan aturan administrasi dan perpajakan. Sebab, bisa saja bendaharawan akan tersandung masalah yang sebenarnya tidak mereka sengaja. Padahal kesalahannya hanya satu, yaitu kurang update terhadap perubahan peraturan. (*)


GALERI ITS Tim relawan ITS melakukan survei ke lokasi korban bencana Gunung Kelud di Kabupaten Kediri untuk nantinya memberikan sumbangan kepada masyarakat setempat berupa penyediaan fasilitas air bersih.

Nurijati Hamid SH, Plt Kepala Biro Keuangan dan Sarana Prasarana ITS memberikan pelatihan perpajakan bagi bendahara di seluruh unit yang ada di ITS.

Workshop tentang Prince Songkla U n i v e r s i t y y a n g d i a d a ka n o l e h International Office (IO) ITS bagi para mahasiswa ITS.

Pembentukan Pokja dan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) untuk pengembangan Pulau Maratua, antara ITS bersama P e m ko t B e r a u - M i t r a , d a l a m rangkaian acara Sustainable Island Development Intiatives (SIDI).

Puskominfo BKPKP ITS, Humas : Indah Tri Sukmawati, HP. 081231157772, PIN. 2A3E4F2C Office : 031-5927012, Email : humas@its.ac.id, itshumas@gmail.com

Beranda its edisi 13 2014  
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you