__MAIN_TEXT__

Page 1

Edisi 02/Januari 2013 Badan Koordinasi Pengendalian dan Komunikasi Program

Ide Baru untuk CommTech Camp 2013 Langkah menuju universitas yang dikenal dunia internasional terus diupayakan ITS, salah satunya melalui Interna onal OďŹƒce (IO). Setelah sukses mengawali program tahun lalu, tahun 2013 ini IOITS berancang-ancang menghelat kembali program Community Technology (CommTech) Camp yang melibatkan peserta dari berbagai universitas mancanegara. Bila tahun lalu, CommTech Camp 2012 yang dihelat mulai 26 November – 4 Desember hanya diiku oleh 33 orang peserta dari 17 negara di wilayah Asia dan Afrika. Tahun 2013 ini, diproyeksikan bisa diiku lebih banyak lagi peserta dan negara, bahkan diusahakan bisa diiku pula dari negara-negara di kawasan Eropa, Amerika, dan Australia. Materi kegiatan pun nan nya cukup berbeda dibanding tahun pertama lalu. Bila sebelumnya, kegiatan hanya berupa highlight atau pengenalan kegiatan-kegiatan yang dianggap menarik seper budaya, laboratorium, maupun hal-hal yang terkait dengan kearifan lokal. Semuanya masih dikoordinasi oleh IO-ITS sendiri. Untuk CommTech Camp 2013 ini, akan dilaksanakan dalam dua versi yaitu highlight dan full version. Untuk versi highlight tetap akan dikoordinasi oleh IO tapi dengan melibatkan pula pusatpusat peneli an (puslit) yang di bawah Lembaga Peneli an dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) ITS. Pelaksanaannya dijadwalkan selama sepuluh hari mulai 26 Agustus mendatang. Sedangkan untuk full version akan diserahkan pada masing-masing jurusan di lingkungan ITS. Karena itu, masing-masing jurusan diberi kesempatan untuk memberikan masukan ide program, tema kegiatan, jadwal, maupun biaya kegiatan per orangnya. Untuk jadwal kegiatan yang full version ini kemungkinan disesuaikan dengan jadwal summer holiday sekitar bulan Juni – Agustus selama dua minggu. Namun diharapkan untuk dak menyamai jadwal highlight. Untuk itu, masukan dari masing-masing jurusan maupun puslit untuk kegiatan CommTech Camp 2013 ini diharapkan sudah bisa diterima oleh IO secepatnya. Sehingga akhir Januari mendatang, IO sudah bisa bergerak untuk mempromosikan kegiatan CommTech Camp 2013 ini ke berbagai universitas di seluruh dunia. Promosi akan dilakukan melalui pengiriman brosur, pengumuman di website resmi IO, pengiriman e-mail ke ap interna onal oďŹƒce di masing-masing universitas. Kegiatan ini dak hanya akan dipromosikan kepada mahasiswa, tapi juga ditujukan kepada dosen dan masyarakat asing yang relevan. Nan nya, peserta diperbolehkan untuk mengiku salah satu versi kegiatan yang ditawarkan atau pun mengiku kedua-duanya di masing-masing pilihan jurusan. Disesuaikan dengan jadwal dan bidang keilmuan masing-masing yang terkait. (*)


Siapkan Proposal Penelitian Dana BOPTN 2013 Dana Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) yang telah dikucurkan oleh pemerintah sejak tahun 2012 lalu juga ditujukan untuk pendanaan kegiatan peneli an dan pengabdian kepada masyarakat. Termasuk juga dana BOPTN tahun 2013 ini di lingkungan ITS. Untuk itu, Lembaga Peneli an dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) ITS membuka kesempatan seluas-luasnya bagi kalangan akademisinya untuk bisa memanfaatkan dana BOPTN tersebut. Yakni dengan menyerahkan proposal peneli an dan pengabdian kepada masyarakat dalam berbagai bidang. Untuk penerimaan proposal peneli an dan pengabdian masyarakat dana BOPTN 2013 ini, LPPM ITS memberi batas waktu atau deadline hingga 17 Januari 2013. Hal ini juga telah diumumkan melalui surat kepada para ketua jurusan (kajur) di lingkungan ITS dan melalui website resmi LPPM ITS dengan panduan yang dapat diunduh di h p://lppm.its.ac.id/?p=630 LPPM ITS juga berencana untuk mulai menerapkan Sistem Informasi Manajemen (SIM) Peneli an pada 2013 ini. Namun, dikarenakan SIM tersebut saat ini masih dalam tahap ďŹ nalisasi akhir, maka informasi mengenai prosedur penyerahan proposal ini akan disampaikan lagi nan nya. Proposal kegiatan Peneli an dan Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) yang bisa diserahkan antara lain mencakup Peneli an Pendukung Unggulan, Peneli an Laboratorium, Peneli an LBE, Peneli an Dosen Muda, Peneli an Doktor Baru, Peneli an Program Doktor, Peneli an Kerjasama Internasional, Peneli an Pengembangan Prototype, Peneli an Kerjasama Industri, dan Iptek untuk Masyarakat. Untuk peneli an program Doktor ada beberapa ketentuan dan persyaratan. Salah satunya adalah bahwa peneli belum pernah menerima dana peneli an program doktor sebelumnya. Proposal kegiatan PPM ini nan nya dikumpulkan dalam bentuk so copy sebanyak satu compact disc (CD) dan hardcopy sebanyak ga eksemplar. Seper dijelaskan sebelumnya, proposal diserahkan ke LPPM ITS paling lambat pada tanggal 17 Januari 2013 pukul 16.00 WIB. (*)


PT Pelindo II menggandeng ITS untuk kerjasama yang ditandai dengan penandatanganan MoU di Gedung Rektorat ITS.

Pembangunan pintu gerbang baru ITS yang masih dalam proses penyelesaian pengerjaan.

Jalur sepeda di lingkungan kampus ITS memberi kenyamanan tersendiri bagi para pengendara sepeda untuk berak vitas.

Puskominfo BKPKP ITS Humas: Indah Tri Sukmawa HP. 081231157772 PIN. 2A3E4F2C Telp : 031-5927012 e-mail : humas@its.ac.id itshumas@gmail.com

Pot indoor yang dikembangkan Tim Eco Campus ITS mulai dipercan k adanya tanaman yang menggunakan media tanam hydrogel.

Profile for Majalah ITS

Beranda ITS Edisi 02  

Newsletter ITS edisi 2

Beranda ITS Edisi 02  

Newsletter ITS edisi 2

Advertisement