Page 1

Badan Koordinasi Pengendalian dan Komunikasi Program

Edisi 01/Januari 2014

Media Diseminasi Kebijakan dan Prestasi

ITS Raih Medali Perak Kompetisi 5R se-Jawa Timur Kurikulum 2014, Selaraskan KKNI dan Visi ITS Jadwal Kompetisi Staff Internship 2014 Direvisi


ITS Raih Medali Perak Kompetisi 5R se-Jawa Timur

Dok. FB Mahasiswa Teknik Material & Metalurgi ITS

Upaya Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya untuk menciptakan lingkungan yang ramah melalui program Eco Campus tidaklah sia-sia. Salah satunya dibuktikan dengan keberhasilan ITS yang diwakili oleh UPT Tata Usaha dan Kearsipan meraih medali perak dalam Kompetisi 5R Antar Perusahaan Tingkat Jawa Timur 2013.

merupakan kebijakan yang harus dilaksanakan. ITS sendiri sebelumnya telah menggelar kompetisi Eco Office yang mengharuskan penerapan 5R di tiap unit kerja internal. Pada kompetisi tersebut, UPT Tata Usaha dan Kearsipan berhasil meraih peringkat pertama. Karena itu, unit kerja ini mewakili ITS dalam kompetisi 5R di tingkat Jawa Timur ini.

Dalam kompetisi yang baru kali pertama diikuti ini, ITS berhasil meraih juara untuk kategori bagian Perkantoran. Seperti diketahui konsep 5R adalah Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin yang diterapkan untuk menjaga lingkungan agar tetap ramah bagi siapa pun yang berada di sekitarnya.

Penilaian kompetisi 5R ini telah dilakukan pada 30 Oktober 2013 lalu. Penilaian lapangan yang dilakukan meliputi dokumentasi semua kegiatan 5R, standar kegiatan aktivitas 5R, penempatan barang dan bahan harus sesuai prinsip R1 (Ringkas) dan R2 (Rapi), layout area kerja, kondisi ruangan cukup bersih sesuai prinsip R2 dan R3 (Resik), standarisasi penggunaan label, dan evaluasi atau audit atau penelitian hasil penerapan 5R harus dilakukan secara periodik.

Kompetisi yang diikuti oleh hampir seluruh perusahaan dan perkantoran di Jawa Timur tersebut diselenggarakan oleh U P T Pengembangan Produktivitas Tenaga Kerja (PPTK) Dinas Tenaga K e r j a , Tr a n s m i g r a s i d a n K e p e n d u d u k a n (Disnakertransduk) Provinsi Jawa Timur. ITS sendiri baru kali pertama ini mengikuti kompetisi tersebut. Konsep 5R di tingkat universitas sebagai program penunjang Eco Campus sedang berjalan dan komitmen manajemen terhadap program 5R

Keberhasilan yang dicapai ini diharapkan semakin mampu memacu penerapan Eco Office sebagai bagian dari program Eco Campus lebih baik lagi di semua unit kerja di lingkungan kampus ITS. Diharapkan pula, peningkatan mutu penerapan 5R ini akan membawa ITS menjadi juara pertama dan meraih emas pada kompetisi berikutnya. (*)


Kurikulum 2014, Selaraskan KKNI dan Visi ITS knowledge akan menentukan materi apa saja yang menjadi matakuliah di jurusan tersebut. Faktor lain yang tak kalah penting adalah korelasi dengan asosiasi ilmu yang ada di jurusan seperti Asosiasi Arsitektur Indonesia.

Kurikulum 2014 akan segera diberlakukan di ITS pada A g u st u s 2 0 1 4 m e n d ata n g . U nt u k i t u , P u s at Pengembangan dan Pengembangan Kurikulum ITS terus melakukan koordinasi dengan para Ketua Jurusan (Kajur) dan Ketua Program Studi (Kaprodi) untuk mengetahui perkembangan perancangan kurikulum yang dibuat. Penyusunan Kurikulum 2014 telah dirumuskan berdasarkan pada dua hal utama. Yakin, Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) sesuai dengan Peraturan Presiden No 8 Tahun 2012 dan Panduan Dasar Kurikulum ITS 2014-2019. Pada Kurikulum 2014 lebih didasarkan pada ketercapaian pembelajaran mahasiswa. Yang terpenting adalah mahasiswa harus sudah jelas kemampuannya saat sudah lulus nantinya. Hal ini berbeda dengan kurikulum sebelumnya, yang berdasarkan pada transfer of knowledge. Dalam KKNI terdapat empat hal yang harus dijadikan dasar dalam penetapan kurikulum. Yakni, Kemampuan Kerja, Pengetahuan, Manajerial dan Sikap serta Tata Nilai. Dasar tersebut selanjutnya dilakukan untuk menyusun membuat capaian pembelajaran ITS. Tentunya harus sesuai dengan visi misi ITS. Selain dua hal tersebut, kurikulum 2014 juga harus didasarkan pada body of knowledge. Sebab, body of

Karena itu, dalam penyusunan kurikulum ini setiap jurusan wajib membuat learning outcome dari prodi dan setiap matakuliah. Hasilnya digunakan u nt u k m e ny u s u n ca p a i a n pembelajaran sebagai bahan evaluasi kurikulum sebelumnya. Outcome dari proses tersebut selanjutnya dikontraskan dengan profil lulusan setiap prodi. Dengan begitu akan ketahuan mata kuliah mana yang dipertahankan, ditambah, digabung atau dihilangkan. Untuk kurikulum 2014, ITS akan menambahkan dua matakuliah tematik, yaitu Wawasan Teknologi dan Wawasan Kebangsaan. Wawasan Teknologi ini merupakan matakuliah yang lebih mengedepankan fo k u s I T S d i b i d a n g e n e r g i , i n f o r m a t i o n communication & technology (ICT), dan lingkungan. Di dalamnya akan mencakup komunikasi ilmiah. Bisa dikatakan menggantikan matakuliah Bahasa Indonesia dan Pengantar Ilmu Lingkungan. Wawasan Kebangsaan merupakan penggabungan antara materi Kewarganegaraan dan Pancasila. Hal tersebut sesuai dengan aturan K K N I yang mewajibkan pengajaran Pancasila kepada mahasiswa. Sementara, matakuliah bersama lain seperti Agama Islam, Bahasa Inggris dan Pengantar Technopreneurship masih tetap. Hanya saja, Pengantar Technopreneur akan difokuskan agar mahasiswa bisa memanfaatkan ilmunya dalam dunia bisnis nantinya. (*)


Jadwal Kompetisi Staff Internship 2014 Direvisi

Program Staff Internship 2014 yang kembali dihelat oleh ITS International Office (ITS IO) sebagai upaya mencapai visi ITS menjadi sebuah universitas riset yang bereputasi internasional mengalami revisi atau perubahan jadwal. Kompetisi yang ditujukan untuk seluruh karyawan non akademik ITS baik PNS, CPNS maupun Honorer ini semula dijadwalkan pelaksanaannya di Thailand pada 21 April-2 Mei 2014, diubah menjadi tanggal 5-16 Mei 2014. Tahun ini merupakan perhelatan kali kedua. Pada jadwal yang telah direvisi, pendaftaran peserta untuk program Staff Internship ini dibuka mulai 27 Januari-7 Februari 2014. Selanjutnya seleksi berkas dan tahap interview dilakukan pada 10-12 Februari 2014, dan pengumuman peserta lolos ke pre-departure pada 13 Februari 2014. Setelah itu, peserta yang dinyatakan lolos harus mengikuti pelatihan pra-keberangkatan dari mulai tanggal 14 Februari-28 Maret 2014 yang diadakan oleh ITS IO. Setelah selesai pelatihan, pada tanggal 1-3 April 2014 peserta juga diharuskan melakukan presentasi essay yang telah dibuatnya di hadapan para dewan juri. Selanjutnya dilakukan evaluasi

akhir dari tiap peserta. Pemenang akhir untuk program ini akan diumumkan pada 7 April 2014. Peserta yang sudah dinyatakan lolos sebagai pemenang diwajibkan mengumpulkan passport paling lambat pada 17 April 2014. Pada kompetisi ini, peserta diwajibkan membuat essay dengan tema What is the Best Achievement in My Life dan membuat motivation letter yang berisi tentang alasan mengikuti Staff Internship dan manfaat yang akan didapat dari program ini. Semuanya ditulis dalam bahasa Inggris, diketik dengan program MS Word, huruf Times New Roman 12 dengan spasi 1,15. Jumlah kata yang digunakan antara 500 – 1.000 kata yang dicetak dalam kertas ukuran A4. Untuk itu, diharapkan kepada para pimpinan di lingkungan ITS untuk bisa memberikan dorongan pada para karyawan di unit kerjanya masing-masing agar mendaftarkan diri sebagai peserta dalam program Staff Internship 2014 ini. Untuk itu, peserta program diharuskan pula mendapatkan rekomendasi dan izin meninggalkan tugas oleh pimpinan masingmasing unit kerja. Dalam program ini, pemenang tidak dipungut biaya apapun. (*)


GALERI ITS Bagian Kepegawaian ITS memberikan sosialisasi kepada para asesor ITS untuk pelaksanaan BKD (Beban Kerja Dosen) ITS tahun 2013.

Tim Penyusun Kurikulum mengadakan rapat dengan para Kajur dan Kaprodi di ITS dalam rangka penyusunan Kurikulum ITS baru tahun 2014 yang akan diberlakukan mulai Tahun Akademik 2014/2015 ini.

BAHAYA. Melewati jalanan di depan gedung Nasdec perlu sedikit waspada karena terdapat kerusakan pada sebagian paving jalan.

Puskominfo BKPKP ITS, Humas : Indah Tri Sukmawati, HP. 081231157772, PIN. 2A3E4F2C Office : 031-5927012, Email : humas@its.ac.id, itshumas@gmail.com


Beranda its edisi 01 2014  
Advertisement
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you