__MAIN_TEXT__

Page 1

SuaraPelajar

gratis

Apresiasi Inspirasi

Tabloid Triwulan Edisi III/April 2014

Rachel amanda aurora “Menggapai Cita dengan Semangat Kartini”

ernest prakasa

“Karya dan Gagasan Pemuda untuk Indonesia yang Kreatif dan Progresif”

linda gumelar

“Menghidupkan api pelajar perempuan”


SuaraPelajar Edisi III/April 2014

2

Ap r e s i a s i I n s p i r a s i

SuaraPelajar Edisi III/April 2014

3

Apresiasi Inspirasi

Shoutosphere

[editorial redaksi] Indonesia di masa depan. Ingat lho, generasi muda saat ini adalah penentu peradaban Indonesia 10 tahun dari sekarang. Apa saja yang dibahas dalam edisi ini? Tentunya ada tentang Hari Kartini dan peran generasi muda dalam politik. Selain itu rubrik Travelria hadir untuk memberikan stimulus menghadapi liburan sekolah nanti.

Pemimpin Redaksi: Aninta Ekanila

Halo sobat SuPer! Tabloid Suara Pelajar kembali hadir di tengahtengah kalian setelah lama tidak dijumpai. Rasanya rindu menyapa pelajar-pelajar SMA se-Indonesia dengan beragam informasi dan hal-hal seru lainnya. Pada edisi April-Juni 2014 ini kami menghadirkan beragam topik menarik yang bisa kalian baca dan pahami lebih lanjut. Mengapa pahami lebih lanjut? Tabloid Suara Pelajar ingin memberikan banyak masukan pemikiran yang dapat memotivasi sobat SuPer sekalian untuk bergerak dan beraksi demi

Simak rubrik Tamu Super kita yang menghadirkan artis remaja Rachel Amanda Aurora yang punya citacita meningkatkan pemberdayaan perempuan Indonesia. Selain itu ada juga rubrik Dia.Lo.Gue yang berisi dialog dengan tiga tokoh yang pastinya inspiratif dan menarik. Nah, sobat SuPer, tabloid ini disebarkan secara nasional, namun kontennya masih sangat sentralistik dan belum meliputi Sabang-Merauke. Kami ingin mengajak pelajarpelajar SMA se-Indonesia gabung dalam SUPER TEAM baik menjadi kontributor ataupun redaktur tetap. Akhir kata, selama membaca! Salam SuPer! Apresiasi Inspirasi!

Daftar isi

3

Shoutosphere

4

TAMU SUPER Menggapai Cita dengan Semangat Kartini

6

6-7 news 8

9

BINTANG SUPER SEKOLAHKU

YOUTHOPIAN Degradasi Makna Hari Kartini

10-13Dia.lo.gue

Suara Pelajar

“Presiden impian pelajar itu seperti apa?”

Direktur Utama: A. Fajar Kurniawan Presiden impian itu presiden yang secepatnya juga merombak sistem pendidikan. Indonesia sudah dapet title worst education system tetep aja nggak ada perubahan. Terus, presiden impian itu yang mengurangi jam di sekolah dan membolehkan siswa (smp-sma/k) utk kerja part time kayak di negara lain. Banyak keuntungannya! Apa susahnya sih mencontoh negara-negara yg sudah maju? Satu lagi, presiden impian itu harus bagus selera musiknya!

Penanggung Jawab: Dinnur Garista W. Pemimpin Umum: Dodi Prananda Pemimpin Redaksi: Aninta Ekanila

Zamilla Alfajri F SMKN 16 Jakarta, DKI Jakarta

Pemimpin Perusahaan: Halida Nufaisa Redaktur Pelaksana: Kharishar Kahfi

Presiden impian saya itu presiden yang suka galau, galau kalau rakyatnya ga makan, galau kalau para remajanya pada tawuran, galau pada dirinya sendiri kalau ga berhasil buat rakyat tersenyum.

Editor: Puput Tripeni Firda Nugraha

Yuni Sri Wulandari ASBI Sampoerna, Bogor

Artistik: Valid Ganang Atika Rachmawati Eraria Rahmatillah Joanna Jo Nabilla Kenyaswasti Nabillah Ulfah

Presiden yg bisa merasakan penderitaan rakyat kecil Presiden yang senantiasa berpegang pada agama, produktif, inovatif dan kreatif. dan pastinya tak mudah gentar dan terpengaruh dengan siapapun. Berlaku adil dan tegas. Nggak hanya pandai beretorika tapi juga dapat merealisasikannya mnjadi karya nyata. Yang terakhir, tak hanya ingin jabatan dan pamor tapi benar-benar ingin menjadikan negara yang aman, damai, tentram dan maju.

Kontributor: Aulia Maharani Ariyanti Pandiangan Nadia Himmatul Ulya Syifa Bhumi Andabeni Nesya Fauziah Herdiana Hanna Vanya Ellya Mutia Fansuraini Ayu Suwardi Intan Sri Setyowati Farach Nabeela Christian Andre Arifia Sekar Seroja

16 pERSONALPEDIA 17-18 SUPERTHING 18 ISYF

ernest prakasa

“Menghidupkan api pelajar perempuan”

10 11

Menurut saya, persiden yang memengang teguh nilai-nilai pancasila sebagai ideologi bangsa ini, tidak memihak pada suku/ ras (netral), mampu menegakan bila terjadi konflik internal kepresidenan maupun di luar kepresidenan, bijak dalam mengambil keputusan, berlaku adil dan jujur, menjunjung tinggi nilai demokrasi, memberikan kebijakan yang berlandaskan untuk kepentingan dan kemakmuran rakyat dan negara, dapat melahirkan progam-progam pemerintah yang pro rakyat untuk meningkatkan inkam per kapita indonesia, serta lebih memperdulikan nasib pelajar maupun anak yang memiliki kebutuhan khusus, dan dapat memberikan ruang kepada komunitas-komunitas maupun organisasi untuk menjadi mitra pemerintah sebagai salah satu faktor pembantu pemerintah dalam mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia. Yusrina Luthfi Hanifah SMAN 4 Magelang Jawa Tengah

Menurut saya, Presiden yang ideal itu ketika dapat menampung aspirasi rakyat, terjun langsung dlm melihat masyarakat tanpa ba bi bu, dan kreatif dan aktif dalam membangun bangsa ini. Bukan hanya dalam bidang budaya,ekonomi dst tapi khususnya dalam membangun moral bangsa ini kedepannya. Sekali lagi, dapat membangun MORAL bangsa ini.

“Karya dan Gagasan Pemuda untuk Indonesia yang Kreatif dan Progresif”

Rachel amanda aurora “Menggapai Cita dengan Semangat Kartini”

Muhammad Dhery Mahendra SMAN 1 Bengkulu Selatan

Sumatera Utara

Gria Jakarta Blok B9/18 Pamulang Barat Tangerang Selatan 15417 Tlp/Fax: (62-21) 74646097 Website: isyf.or.id

14-15 TRAVELRIA

Menurut saya presiden impian itu adalah yang patriotisme, demokrasi, dan integrasi karena indonesia yang memiliki budaya dan keanekaragaman suku yang banyak .

Cahayatun Nisa MAN 2 Tanjung Pura Kabupaten Langkat Provinsi

Diterbitkan oleh:

linda gumelar

Catur Hari Mukti Jurusan Multimedia di SMK Muhammadiyah 1 Sragen

4

Mega Latenri


SuaraPelajar Edisi III/April 2014

4

Apresiasi Inspirasi

TAMU SUPER

seorang dokter, memang telah mengubah niatan dan fokusnya ke dunia seni. Meski demikian, keberhasilan Amanda dengan mendapatkan peringkat pertama dalam kompetisi pembuatan naskah film ini telah membuktikan, bahwa apapun jalan yang kita pilih adalah tepat, ketika kita mau berusaha keras dan menjalani dengan sebaik-baiknya. Dengan perasaan senang dan bangga, Amanda mengatakan, bahwa proses pembuatan film pendek dengan genre thriller yang naskahnya telah dibuat selama beberapa bulan terakhir dengan seorang temannya ini, akan dimulai pada pertengahan tahun 2014. Kesempatan besar untuk menjadi seorang pembuat film profesional tidak ia dapatkan dengan mudah. Karena sebelum bisa mendapatkan dukungan dari pihak penyelenggara kompetisi, ia harus berjuang melewati beberapa tahap seleksi dan bersaing dengan banyak pembuat film lainnya.

Menggapai Cita dengan Semangat Kartini Foto // Farach Nabeela

‘Hari Kartini’. Sebuah simbol kekuatan seorang perempuan yang lahir pada 21 April 1879 di Kota Jepara, Jawa Tengah bernama Raden Ajeng Kartini. Masyarakat Indonesia, khususnya para guru dan pelajar biasa merayakan hari kelahiran Kartini dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai provinsi di Indonesia, sebagai bentuk penghargaan mereka terhadap R. A. Kartini. Memperjuangkan haknya untuk belajar dan menggapai cita-cita bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan oleh seorang perempuan muda yang tinggal di lingkungan bangsawan seperti Kartini. Namun karena keinginannya yang kuat, ia berhasil melepaskan kaum perempuan dari belenggu diskriminasi yang dampaknya dapat kita rasakan sampai saat ini. Berbicara tentang Kartini bukan semata-mata berbicara tentang kaum perempuan. Mengenang perjuangannya bukan hanya mengingat bahwa kaum perempuan di Indonesia pernah mengalami

kesulitan, khususnya dalam mengakses pendidikan pada masanya. Kisah Kartini adalah sebuah pesan yang mengajarkan perjuangan dan tekad kuat seorang perempuan yang tidak mau menyerah untuk memperjuangkan mimpinya. Semangat inilah yang seharusnya dimiliki oleh pemuda Indonesia di dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Seperti halnya yang dilakukan oleh Rachel Amanda Aurora atau yang akrab disapa dengan panggilan ‘Amanda’. Remaja berusia 19 tahun ini, selalu berusaha untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk belajar dan mengembangkan bakat serta kegemarannya, di tengah kesibukan sebagai seorang public figure. Amanda yang sedari kecil sudah akrab dengan dunia hiburan, tetap menjadikan pendidikan sebagai prioritas dan jalan untuk menggapai cita-cita. Terbukti dengan aktingnya yang memukau pada beberapa film dan sinetron seperti I Love You Om, Heart, Candy, ditambah dengan berbagai prestasi yang ia dapatkan sebagai seorang penyanyi, tidak cukup memuaskan hatinya untuk tetap berkarya dan menjadi seseorang yang dapat berguna bagi masyarakat. Mahasiswi yang sedang menikmati tahun pertamanya belajar di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia ini mengaku, bahwa ia bukanlah seseorang yang membatasi diri untuk dapat berkembang dan bermimpi setinggi-tingginya. “Kadang ada yang menganggap perempuan gak harus terlalu pintar. Tapi, aku gak setuju. Menurutku, siapapun boleh pintar, siapapun boleh bermimpi setinggi-tingginya,” ujar Amanda. Ketika tim Suara Pelajar meminta pendapatnya tentang perlakuan masyarakat terhadap kaum perempuan di Indonesia, ia juga memberikan beberapa contoh lain, salah satunya adalah apa yang terjadi di dalam dunia politik. Kecenderungan seorang anggota legislatif perempuan dipandang dengan sebelah mata lebih besar dibandingkan ketika masyarakat melihat anggota legislatif laki-laki. Menurutnya, penilaian haruslah dilakukan secara objektif dengan melihat kualitas, kapabilitas dan kinerja seseorang dalam hal yang ia kerjakan, bukan jenis kelamin ataupun gender. Dengan pembawaannya yang santai dan ceria, Amanda juga menuturkan bahwa ia sangat mengagumi perempuan yang pandai melakukan pekerjaan yang biasa dilakukan oleh laki-laki seperti bekerja sebagai seorang tentara, pilot dan supir bus transjakarta. Menurutnya, rasa percaya diri serta keberanian menghadapi tantangan seperti ini yang harus ditiru dari sosok seorang Kartini. Sikap ini juga yang berusaha ia tanamkan di dalam dirinya. Di tengah kesibukan belajar dan berbagai kegiatan kampus, Amanda tetap bersemangat menjalani hobinya sebagai filmmaker. Ia yang sempat bercita-cita menjadi

Foto: Farach Nabeela

Kehidupannya sebagai seorang mahasiswi, tidak jauh dari kisah remaja dengan suka dan duka di dalamnya. Pergaulan dan lingkungan membuat Amanda harus mampu beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan berbagai hal. Mulai dari sesuatu yang ia sukai maupun tidak. Ada kalanya remaja yang lahir pada 1 Januari 1995 ini, harus memberi batasan terhadap siapa dan apa yang dapat ia terima sebagai bagian dari kehidupannya. Kepribadian Amanda yang supel jelas menunjukkan, bahwa ia sangat

KATA SAHABAT: Zahedi Ivanka Amanda mempunyai kemampuan acting yang luar biasa. Sehingga, Ivanka sempat tidak menyangka bahwa Rachel Amanda Aurora adalah seorang remaja perempuan yang sangat ramah ketika ia menjadi bintang tamu di sebuah acara talk show pada tahun 2006. Ivanka menuturkan, bahwa sampai saat ini ia masih sering memperhatikan kegiatan Amanda dari akun twitter dan blog yang dimilikinya. Tidak jauh berbeda dengan apa yang disampaikan oleh Vitara yang merupakan sahabat karib Amanda, sebagai seorang pengagum, Ivanka juga menemukan sisi dewasa seorang Rachel Amanda Aurora dari tulisan yang dipublikasikan dalam blog pribadi miliknya. “Menurut gue, Rachel Amanda tuh kaya Kelinci kali yah. Senyum dan ‘gigi kelincinya’ emang khas banget. Sering loncat-loncatan dan ceria banget,” jawabnya ketika ditanya simbol apa yang dapat melambangkan Amanda.

Foto // Farach Nabeela

SuaraPelajar Edisi III/April 2014

5

Apresiasi Inspirasi

suka berteman dan bergaul dengan siapa saja. Tapi, ketika menemukan bentuk pergaulan yang tidak sesuai dengan apa yang ia anggap baik, maka ia tidak segan-segan menjauhi hal tersebut. Menurutnya, peran agama dan keluarga sangatlah penting di dalam kehidupan remaja di masa seperti ini. Ia tidak menampik bahwa ada beberapa orang temannya yang terjebak di dalam pergaulan bebas dan terpaksa meninggalkan kewajibannya sebagai seorang pelajar. Hal ini sangat ia sayangkan, ada banyak remaja yang terkesan menyia-nyiakan masa mudanya setelah Kartini dan pahlawan pendidikan lain berjuang untuk mendapatkan apa yang dengan mudah dapat kita miliki saat ini, salah satunya adalah kesempatan untuk mengenyam pendidikan. Amanda yang mengaku sangat dekat dengan sang Ayah ini menganggap isu pergaulan bebas adalah sesuatu yang seharusnya dapat dibahas dan diselesaikan secara serius oleh Pemerintah dan masyarakat Indonesia. Sebagai seorang anak yang dibesarkan di dalam keluarga berlatar belakang kedokteran dan kesehatan, ia merasa sangat bersyukur atas apa yang ia dapatkan dan miliki saat ini. Kebiasaannya berbagi dan membicarakan berbagai hal dengan orang tua dan keluarga, membuat topik mengenai Sex Education atau Pendidikan Seks menjadi hal yang wajar untuk didiskusikan dengan keluarga. Di tengah kecemasannya terhadap apa yang sedang marak terjadi di dalam kehidupan remaja saat ini, Amanda menganggap keluarga memegang peranan yang sangat penting untuk memperjelas segala sesuatu yang belum ia pahami. Ia merasa, beberapa keluarga di Indonesia masih belum

bisa menempatkan percakapan dengan tema pendidikan seks sebagai hal yang wajar dan harus dibahas. Sebaliknya, kebanyakan masyarakat Indonesia, merasa hal tersebut adalah sesuatu yang tabu untuk dibicarakan. Rasa cinta yang berlebihan terhadap pasangan atau yang biasa disebut pacar, adalah alasan yang biasa diutarakan oleh sebagian besar remaja yang terjebak dalam pergaulan bebas. Emosi yang belum stabil juga membuat pendirian mereka mudah digoyahkan sehingga mudah ‘terpeleset’ ke dalam hal-hal yang belum sepantasnya mereka lakukan. Dampaknya, pendidikan merupakan hal yang dengan mudah harus dilepaskan. Kedekatan Amanda dengan keluarganya juga mempengaruhi kecenderungannya dalam bersikap dan bergaul dengan teman-temannya. Seperti yang dituturkan oleh salah satu teman dekat Amanda bernama Vitara Dewi, Amanda adalah seorang pribadi yang penuh dengan keceriaan, sehingga orang-orang yang ada disekitarnya juga bisa merasakan kebahagiaan yang ia rasakan. Kegembiraan yang selalu ia pancarkan dalam setiap tutur kata yang ia sampaikan, membuat beberapa orang tidak menyadari sisi dewasa dari seorang Rachel Amanda. Padahal menurut teman dekatnya, Amanda adalah seorang remaja yang dapat bertindak dewasa saat dibutuhkan. Ia kerap kali memberikan saran, nasihat serta pesan yang mengajarkan bahwa sebagai seorang manusia, kita harus menjadi diri sendiri dan bangga akan hal tersebut. ‘No matter what people might say or think’, selama apa yang kita miliki dan lakukan adalah hal positif. Vitara juga menganggap, bahwa sosok Kartini muda sangatlah cocok untuk disandang oleh seorang Rachel Aurora Amanda. Dengan berbagai kegiatannya yang padat sebagai seorang seniman, Amanda tidak pernah mengeluh dan merasa lelah untuk tetap berusaha menggapai mimpinya. Ketika tim Suara Pelajar bertanya mengenai lingkungan kehidupan seperti apa yang didambakan oleh seorang Rachel Amanda, ia menjawab bahwa ia sudah sangat bersyukur dengan apa yang didapatkan dari lingkungannya saat ini. Amanda menganggap, bahwa kasih sayang dan perhatian yang diberikan oleh orang tua dan angota keluarga adalah bentuk dukungan terbaik yang selalu menjadi sumber inspirasi dan penyemangat bagi dirinya untuk terus berkarya dan berguna bagi masyarakat. Lingkungan tempat ia belajar juga menjadi salah satu faktor yang mendorong Amanda, untuk selalu berusaha menjadi yang terbaik bagi teman-temannya. Keseimbangan hidup di dalam diri seorang Rachel Amanda Aurora terwujud dengan keputusannya untuk tidak memilih salah satu di antara ‘Menjadi seorang Mahasiswi’ atau ‘Menjadi seorang public figure’. Baginya, tidak ada alasan untuk berhenti menjalani kedua profesi tersebut. Ketika ia sudah memutuskan untuk menjalani keduanya, maka sebisa mungkin ia harus bisa membagi waktu dan mepertahankan semangatnya untuk menggapai cita-cita. Nampaknya, keceriaan dan passion seorang Amanda tidak hanya menjadi daya tarik bagi sahabat dan lingkungannya. Seperti yang diakui oleh salah satu pelajar yang berasal dari Bandung bernama Zahedi Ivanka. Ia mengenal Amanda dari beberapa drama seri yang ada di televisi dan beberapa lagu yang pernah dibawakan oleh Amanda bersama seorang penyanyi religi Indonesia. Menurutnya, Amanda mempunyai kemampuan acting yang luar biasa. Sehingga, ia sempat tidak menyangka bahwa Rachel Amanda Arora adalah seorang remaja perempuan yang sangat ramah ketika ia menjadi bintang tamu di sebuah acara talk show pada tahun 2006. Ivanka menuturkan, bahwa sampai saat ini ia masih sering memperhatikan kegiatan Amanda dari akun twitter dan blog yang dimilikinya. Tidak jauh berbeda dengan apa yang disampaikan oleh Vitara yang merupakan sahabat karib Amanda, sebagai seorang pengagum Ivanka juga menemukan sisi dewasa seorang Rachel Amanda Auora dari tulisan yang dipublikasikan dalam blog pribadi miliknya. “Menurut gue, Rachel Amanda tuh kaya Kelinci kali yah. Senyum dan ‘gigi kelincinya’ emang khas banget. Sering loncat-loncatan dan ceria banget,” jawabnya ketika ditanya simbol apa yang dapat melambangkan Amanda.

Foto // Farach Nabeela

Pada akhir wawancara dengan Tim Suara Pelajar, Amanda tidak ragu menyampaikan keinginannya untuk membuat suatu badan pemberdayaan masyarakat yang fokus pada pendidikan dan kesejahteraan perempuan. Menurutnya, cita-cita, keinginan yang kuat dan semangat yang tiada henti dari seorang R. A. Kartini patut dicontoh oleh semua kalangan masyarakat terutama para pemuda, baik laki-laki maupun perempuan. Terutama bagi para remaja perempuan yang sudah dapat dengan bebas mengekspresikan diri dan keinginannya, pergunakanlah kesempatan ini dengan baik. “Intinya, laki-laki dan perempuan harus belajar dan berkembang bersama-sama,” tutupnya. Dari wawancara yang Tim SuPer lakukan dengan Amanda, terlihat bahwa ia adalah seorang remaja perempuan yang bebas dan bertanggung jawab. Bebas menuntu ilmu, bebas mengembangkan bakat, bebas bermimpi dan tetap bertanggung jawab akan pilihan hidup dan berbagai jalan yang ia ambil demi menggapai mimpinya. Memanfaatkan akses dan fasilitas pendidikan adalah salah satu hal yang dapat kita lakukan untuk meneruskan perjuangan dan cita-cita Kartini. Seperti yang telah disampaikan oleh Tamu SuPer kita Rachel Amanda Aurora, manfaatkanlah kesempatan kita untuk bermimpi, belajar dan bekerja keras demi menggapai cita-cita. Aulia Maharani

Foto // Farach Nabeela


66

KATA PELAJAR dEGRADASI MAKNA KARTINI Shintya Felicitas

SuaraPelajar Edisi III/April 2014 Apresiasi Inspirasi

Perayaan Hari Kartini diramaikan dengan anak-anak yang sibuk ke salon dan berburu busana daerah. Lebih lucu lagi, perayaan Kartini diperingati dengan lomba masak bahkan tanpa seremoni apapun. Sungguh, pemaknaan ini menunjukkan degradasi makna Hari Kartini yang sebenarnya. Hal tersebut diucapkan oleh Shintya Felicitas dengan nada miris, seorang aktivis perempuan yang sedang tergabung dalam organisasi Peace Women Across the Globe sejak tahun 2012. Menurut Shintya, penyebab degradasi makna ini diakibatkan oleh sistem pendidikan di Indonesia yang masih kurang menjelaskan pelajaran sejarah secara mendalam. Kisah tokoh-tokoh pahlawan sangat terbatas, hanya dijelaskan melalui profil ataupun riwayat singkat. Padahal, yang lebih krusial dalam mempelajari sosok pahlawan adalah mengenai nilainilai yang diperjuangkannya saat itu. Anak-anak cenderung didik untuk tidak kritis dalam mempertanyakan sejarah. Media turut pula menjadi pengecoh pola pikir anak dalam memandang sosok Kartini pada masa kini. Seperti, selebritis yang mampu membagi waktu bersama keluarga dan mampu melayani suami di sela pekerjaanya sudah mampu menggambarkan dirinya sebagai seorang Kartini masa kini. Hal tersebut yang mengakibatkan banyak generasi muda yang salah kaprah mengenai sosok Kartini sebenarnya.

7

Apresiasi Inspirasi

YOUTHOPIAN

Tiga Aplikasi Android Paling Kece Untuk Pelajar

Degradasi Makna Hari Kartini

Tentang Kartini Ibu kita kartini putri sejati, putri Indonesia harum namanya…. Ibu kita kartini pendekar bangsa, pendekar kaumnya untuk merdeka….

Sumber: deviantart.net

SuaraPelajar Edisi III/April 2014

Penggalan lirik lagu yang diciptakan oleh W.R. Supratman ini, menggambarkan betapa Kartini merupakan sosok wanita yang agung dan berjasa bagi bangsa Indonesia. Seperti yang kita ketahui, Kartini merupakan seorang pelopor kebangkitan perempuan pribumi. Kartini yang lahir pada 21 April 1879 berasal dari keluarga yang sangat kental akan budaya Jawa. Hal ini menyebabkan Kartini hanya dapat menikmati bangku sekolah hingga usia 12 tahun saja, karena setelahnya dia harus dipingit. Akan tetapi, kemauan Kartini untuk selalu belajar tidak pernah padam. Dibesarkan dalam keluarga yang tergolong maju tidak serta merta menjadikan Kartini mudah untuk mengemban ilmu. Dia tidak diizinkan Sumber: kdri.web.id untuk melanjutkan studi di Eropa dan tidak pula diizinkan untuk masuk sekolah kedokteran di Betawi. Bahkan, ia harus menerima kenyataan untuk dipoligami oleh suaminya. Meskipun pada akhirnya, Kartini diberi kesempatan untuk membangun sekolah bagi para perempuan bumiputra kala itu. Berbekal pengetahuan berbahasa Belanda, Kartini banyak membaca surat kabar, buku, atau majalah yang menggunakan bahasa Belanda. Kartini mulai belajar sendiri dan menulis surat kepada kerabatnya yang berasal dari Belanda. Dalam surat-suratnya, terkadang terselip kutipan atau karangan dari bacaan yang telah dia baca. Walau bukan pahlawan bertangankan

senjata akan tetapi pemikirannya bagaikan senjata yang dapat membuat perubahan bagi bangsa Indonesia. Melalui tulisan-tulisannya, Kartini menceritakan bahwa budaya Jawa sangat menghambat kemajuan perempuan. Sehingga tidak ada kebebasan untuk menuntut ilmu dan belajar bagi perempuan. Kartini menuliskan harapannya untuk mendapatkan pertolongan agar wanita pribumi dapat semaju kaum muda Eropa. Bahkan di masa itu, Kartini juga turut mengkritisi pandangan agama yang menyetujui poligami oleh kaum laki-laki. Setelah wafatnya Kartini, surat-surat yang pernah ditulisnya dikumpulkan dan diterbitkan menjadi sebuah buku yang berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang. Buku tersebutlah yang sampai saat ini masih menjadi motivasi perjuangan bagi kaum wanita di Indonesia hingga masa kini. Perayaan Kartini Saat Ini Hari Kartini sejatinya merupakan momen untuk memperingati perjuangan Raden Ajeng Kartini dalam memperjuangkan pendidikan bagi wanita di Indonesia. Akan tetapi, perayaan Hari Kartini justru diramaikan dengan anak-anak yang sibuk ke salon dan berburu busana daerah. Kebaya, sanggul, wajah bersolek menjadi pernik yang wajib bagi anakanak untuk ikut serta dalam perlombaan Hari Kartini di sekolahnya. Lebih lucu lagi perayaan Kartini diperingati dengan lomba masak bahkan tanpa seremoni apapun. Sungguh, pemaknaan ini menunjukkan degradasi makna Hari Kartini yang sebenarnya. Hal tersebut diucapkan oleh Shintya Felicitas dengan nada miris, seorang aktivis perempuan yang sedang tergabung dalam organisasi Peace Women Across the Globe sejak tahun 2012. Menurut Shintya, penyebab degradasi makna ini diakibatkan olejh sistem pendidikan di Indonesia yang masih kurang menjelaskan pelajaran sejarah secara mendalam. Kisah tokoh-tokoh pahlawan sangat terbatas, hanya dijelaskan melalui profil ataupun riwayat singkat. Padahal, yang lebih krusial dalam mempelajari sosok pahlawan adalah mengenai nilai-nilai yang diperjuangkannya saat itu. Anak-anak cenderung didik untuk tidak kritis dalam mempertanyakan sejarah.

Media turut pula menjadi pengecoh pola pikir anak dalam memandang sosok Kartini pada masa kini. Seperti, selebritis yang mampu membagi waktu bersama keluarga dan mampu melayani suami di sela pekerjaanya sudah mampu menggambarkan dirinya sebagai seorang Kartini masa kini. Banyak Kartini-kartini seperti Rieke Diah Pitaloka, Eva K. Sundari, Megawati Soekarno Putri yang lebih pantas disoroti kurang diangkat oleh media. Hal tersebut yang mengakibatkan banyak generasi muda yang salah kaprah mengenai sosok Kartini sebenarnya. Lalu, bagaimana sebaiknya generasi muda memperingati Hari Kartini yang sebenarnya ? Generasi muda memang tidak mampu membentuk Gerwani (Gerakan Wanita Indonesia) yang mampu menghimpun lebih dari 650.000 anggota pada tahun 1950 silam. Akan tetapi, memperingati hari Kartini dapat dilakukan dengan hal sederhana yakni seperti membaca buku-buku yang berisikan surat-surat Kartini. pemahaman yang didapat lalu dibagikan dengan teman melalui diskusi ataupun blog. Melalui penyebaran ide, pandangan mengenai Kartini yang identik dengan duta kebaya tentunya akan lurus kembali. Perjuangan Kartini identik dengan emansipasi wanita. Emansipasi wanita bukan berarti menjadikan wanita sebagai kepala akan tetapi harapan untuk menjadi setara denga pria. Perayaan Kartini dengan ajang kecantikan atau lomba masakmemasak seharusnya diisi dengan nilai-nilai tertentu. Rasa optimis tentu akan muncul dengan lebih kritis, rajin ikut berogranisasi dan memiliki ilmu pengetahuan yang tinggi. Dengan begitu, pada masanya nanti kita dapat memperingati hari Kartini dengan selayaknya. “Mungkin seperti mengadakan lomba membaca surat Kartini atau menginterpretasikan surat Kartini,” ujar Shintya. Christian Andre

NEWS Ketika Asmara Merenggut Nyawa Masih lekat dalam ingatan kita kasus pembunuhan seorang mahasiswi Universitas Bunda Mulia, Ade Sara Angelina Suroto (19) yang melibatkan dua orang mahasiswa Universitas Kalbis Institute, Assyifa Ramadhani dan Ahmad Imam Al Hafitd. Belakangan diketahui bahwa Assyifa Ramadhani dan Ahmad Imam Al hafitd adalah sepasang kekasih. Entah apa yang merasuki pikiran mereka hingga tega melakukan tindakan keji tersebut. Padahal ketiganya merupakan teman satu sekolah. Mereka bersekolah di SMAN 36 Rawamangun, Jakarta Timur. Di SMAN 36 itu Hafitd dan Ade Sara sempat menjalin hubungan spesial kurang lebih selama tujuh bulan namun hubungan mereka kandas karena Ade Sara sudah tak tahan dengan perangai Hafitd yang kasar. Bahkan semasa pacaran, Hafitd juga pernah memanggil Ade Sara dengan sebutan kasar di media sosial. Setelah putus dengan Ade Sara, Hafitd menjalin asmara dengan Assyifa. Setelah menjalin kasih dengan Assyifa, rupanya Hafitd masih menyimpan perasaan terhadap Ade Sara. Hafitd berupaya untuk merajut hubungannya kembali dengan Ade Sara namun Ade Sara tak pernah Sumber: mengindahkannya. Diduga inilah yang menyebabkan Hafitd kecewa. Kekecewaan Hafitd makin bertambah setelah upaya Hafitd untuk tetap berkomunikasi dengan Ade Sara tak pernah digubris. Hingga

akhirnya Hafitd dan Assyifa menyusun rencana untuk menuntaskan dendam dan sakit hatinya.

begitupun dengan yang dilakukan Anto merupakan salah satu perilaku penyimpangan yang diakibatkan oleh kurangnya manajemen emosi dalam diri seorang remaja.

Tindakan keji yang mereka lakukan memiliki motif yang berbeda namun atas dasar yang sama yaitu cinta. Hafitd melakukan tindakan keji itu karena sakit hati upayanya untuk tetap berkomunikasi dengan Ade Sara tak pernah digubris. Sedangkan foto: Syifa Bumi Andarbeni “Karena, seiring dengan Assyifa melakukan hal itu karena motif cemburu. naiknya tingkat emosi maka semakin turun pula logika seseorang,” ujar psikolog yang juga Tak berselang lama setelah kasus pembunuhan menjabat sebagai wakil dekan di Universitas Ade Sara, kejadian serupa kembali menimpa Pancasila ini. Selain itu banyak juga faktor-faktor seorang gadis bernama Mia Nuraini (16). Mia lain seperti kemudahan orangtua dalam mengamini meninggal di tangan mantan kekasihnya, setiap keinginan anak sehingga ketika beranjak Anto. Kejadian ini bermula saat Anto tak kuasa dewasa mereka akan merasa bahwa semua hal menahan rasa cemburunya saat mengetahui yang diinginkannya harus terwujud dan ketika Mia yang merupakan mantan kekasihnya telah keinginannya tidak terwujud, mereka akan menjalin kasih dengan seorang lelaki bernama cenderung melakukan pelampiasan termasuk Soni yang belakangan diketahui merupakan contohnya melakukan tindakan kekerasan bahkan musuh Anto. Mereka sempat terlibat perkelahian. pembunuhan tanpa memikirkan dampak dari Untuk menuntaskan rasa dendamnya, seminggu tindakannya tersebut. sebelum kejadian Anto berencana mengajak tujuh orang rekannya untuk melakukan pengeroyokan Beliau juga menyarankan agar tidak sepenuhnya terhadap Soni. Hingga akhirnya pengeroyokan menyalahkan tindakan yang dilakukan para itu terjadi saat Mia, Soni dan seorang rekannya tersangka. Karena masih banyak hal yang harus tengah asyik nongkrong di depan Terogong dievaluasi oleh semua pihak dalam kasus ini. Residence, Cilandak Jakarta Selatan. Saat itu, Termasuk peran lembaga pendidikan yang harus Anto langsung mendekati dan mengayunkan melatih siswa untuk berpikir bahwa berbeda gir motor kearah Soni. Namun nahas, Soni pendapat itu merupakan hal yang wajar. Selain menghindar dan gir motor itu mengenai kepala itu, menurutnya para guru juga harus menerapkan Mia.Setelah melihat Mia bersimbah darah Soni sistem komunikasi dua arah saat kegiatan belajar dan rekan-rekannya malah semakin beringas mengajar agar para siswanya dapat bebas dan mengeroyok Mia hingga akhirnya Mia mengemukakan pendapat. Seorang guru juga menghembuskan nafas terakhirnya di RS harus dapat menanamkan nilai moral pada Fatmawati Jakarta Selatan. siswanya karena menurutnya, tugas seorang guru Lalu bagaimana Pendapat Psikolog, tentang adalah mendidik bukan hanya mengajar. kejadian ini? Di mata psikolog Maharani Ardi Putri M.Si, Psi, Syifa Bumi Andarbeni perilaku keji yang dilakukan Hafitd dan Assyifa

Partai Berideologi Nasionalis Lebih Hits di Kalangan Pemuda, Why? Pesta Demokrasi sudah di depan mata, lalu apakah kita sebagai pemuda hanya bisa diam dan bersikap apatis dalam merayakan pesta lima tahunan ini? Tentu saja tidak. Sebagai pemuda yang notabene adalah pemilih pemula kita memiliki peran strategis untuk turut andil dalam pesta lima tahunan ini. Dengan jumlah hampir 53 juta pemuda tentunya akan menentukan nasib bangsa dan rakyat Indonesia lima tahun ke depan. Peran strategis ini dapat diwujudkan dengan keikutsertaan pemuda dalam pemilu dan menggunakan hak pilihnya dengan cerdas untuk memilih calon presiden pada 9 Juli mendatang. Menurut hasil survei yang dilakukan oleh Lembaga Klimatologi Politik (LKP) terkait tingkat elektabilitas partai dalam menghadapi pemilihan umum 2014, pemilih pemula cenderung menyukai partai berideologi nasionalis ketimbang partai politik berbasis agama. Partai nasionalis dianggap lebih “gaul” dan mampu melakukan pendekatan dengan lebih baik.

Dalam survei Sumber: inilah.com tersebut, diketahui ada empat partai yang memperoleh suara diatas 10 persen. Partai Golkar berada di urutan pertama dengan 19,8 persen, partai Demokrasi Indonesia Perjuangan memperoleh 18,9 persen, partai Gerindra 14,4 persen dan partai Hati Nurani Rakyat memperoleh 10,2 persen. Pemilih pemula yang notabene adalah pemuda lebih menyukai partai berideologi nasionalis karena partai nasionalis memiliki kekuatan finansial yang cukup besar untuk membentuk kegiatan yang dapat merangkul jutaan pemilih pemula.Selain itu, pemilih pemula juga tidak menyukai status quo dan hal-hal yang bersifat konservatif yang biasa dilakukan oleh partai politik berbasis agama. Sebagai pemilih pemula yang rasional, cerdas, dan kritis tentunya semua pilihan ada di tangan kalian. Ingat, satu suara adalah satu harapan dan satu harapan akan menentukan nasib bangsa ini lima tahun ke depan. Syifa Bumi Andarbeni

dilema seni graffiity: antara kreativitas dan kriminalitas Sebagai anak muda, tentu kita sudah tak asing lagi dengan kata grafity. Graffiti adalah coretan-coretan pada dinding yang menggunakan komposisi warna, garis, bentuk, dan volume untuk menuliskan kata, simbol, atau kalimat tertentu. Dahulu graffiti biasa dibuat dengan menggunakan kuas dan cat kaleng. Namun seiring perkembangannya, graffiti saat ini biasanya dibuat dengan menggunakan cat semprot dengan alasan lebih simpel dan efisien dalam penggunaan. Graffiti biasanya marak dijumpai di kota-kota besar dan di tempat-tempat yang banyak dilintasi oleh banyak orang karena selain sebagai ajang penyaluran seni, graffiti juga dibuat untuk meningkatkan eksistensi seorang pembuat graffiti atau biasa disebut bomber. Graffiiti yang dibuat biasanya menyiratkan pesan moral tertentu atau untuk melakukan protes terhadap ketimpangan sistem pemerintahan. Namun seiring perkembangannya graffiti lebih banyak menggambarkan tulisan dan gambar sebuah komunitas atau nama bomber itu sendiri. Meskipun seni graffiti sangat diapresiasi oleh sebagian orang, khususnya kawula muda, akan tetapi tidak sedikit juga yang mencibir para bomber dan kehadiran graffiti di setiap sudut kota karena dianggap merusak wajah kota dan tidak memperhatikan nilainilai estetika. Selain itu, tak sedikit pula

bomber yang harus berurusan dengan pihak kepolisian karena tertangkap basah sedang membuat graffiti di tembok pinggir jalan atau fasilitas umum lainnya. Saat sedang apes kepergok membuat graffiti, biasanya aparat akan langsung memberikan sanksi di tempat berupa pembersihan tembok yang mereka jadikan spot untuk membuat graffiti. Untuk menghindari urusan dengan aparat kepolisian, biasanya bomber membuat graffiti saat dini hari dan tak jarang bomber harus kucing-kucingan dengan pihak aparat. Menurut sebagian orang, graffiti merupakan salah satu tindakan vandalisme yang menjurus ke arah kriminal karena dianggap mengotori dan merusak fasilitas umum. Padahal, graffiti bisa menjadi penyegar mata disaat orang-orang terjebak kemacetan di tengah hiruk pikuk lalu lintas. Graffiti yang dimaksud di sini bukanlah graffiti yang dibuat dengan asal-asalan, tentu graffiti yang memiliki nilai seni dan keindahan serta tidak merusak area fasilitas umum. Seharusnya aparat dan pihak-pihak terkait bisa lebih mengapresiasi dan memberi keleluasaan ruang bagi para bomber dengan memilah mana bomber yang benar-benar membuat karya seni dan mana yang hanya sekedar membuat coret-coretan asal tanpa makna. Syifa Bumi Andarbeni

Penggunaan gadget dengan teknologi Android tentu tak asing lagi di kalangan pelajar. Setelah penggunaan gadget Blackberry mulai menurun, kini Android menjadi pilihan sebagian besar kalangan pelajar. Berbagai macam fitur bisa dinikmati di gadget berbasis Android mulai dari media sosial, games dan berbagai aplikasiaplikasi keren lainnya. Kita akan membahas mengenai aplikasi-aplikasi keren tersebut yang pastinya akan sangat menunjang aktivitas kita sebagai seorang pelajar. Berikut ulasannya: 1.Aplikasi Money Lover Aplikasi ini sangat cocok buat kalian yang merasa boros dalam me-manage keuangan. Aplikasi ini akan sangat memudahkan kalian untuk mencatat seluruh pengeluaran dan pemasukan kalian setiap harinya. Penggunaan aplikasi ini sangat simpel dan nyaman untuk digunakan. Aplikasi ini akan membuat kalian merasa seolah bank ada di dalam genggaman tangan kalian. Aplikasi ini juga mudah untuk digunakan karena tersedia dalam Bahasa Indonesia. Selain simpel dalam penggunaan, aplikasi ini juga terbilang lengkap dalam urusan menu karena memiliki beragam menu seperti budgeting, manajemen hutang dan statistik yang akan memudahkan kalian untuk memantau setiap transaksi keuangan yang dilakukan. 2. Aplikasi Private Diary Buat kalian yang hobi curhat lewat tulisan, mungkin aplikasi ini dapat dijadikan pilihan. Aplikasi ini bisa disebut sebagai diari elektronik. Untuk keamanan dan privasi tak perlu khawatir, sebab aplikasi ini dilengkapi dengan kata sandi agar tak sembarang orang bisa membaca curhatan kalian dalam diari elektronik ini. Daripada curhat di media sosial yang akan membuat orang lain muak membaca curhatan kita. So, tunggu apalagi? Buruan unduh aplikasi ini! 3. Aplikasi Extensive Notes Buat kalian yang punya segudang aktivitas dan super sibuk, aplikasi ini layak dijadikan pilihan. Dengan banyaknya aktivitas dan kesibukan kadang kita lupa saat punya rencana atau janji dengan pihak lain. Aplikasi ini bisa dijadikan pengingat. Tidak seperti aplikasi notes pada umumnya, aplikasi extensive notes ini memiliki beragam fitur yang lengkap dan menarik. Aplikasi ini bisa menyimpan berbagai jenis catatan mulai dari password, barcode, catatan rahasia, folder, gambar bahkan video. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki menu extras yang lengkap mulai dari kalkulator, stopwatch hingga shopping list. So, tunggu apalagi? Ambil Android kalian dan langsung buka Playstore sekarang! Daripada hanya menggunakan Android untuk aplikasi yang bersifat hiburan dan kurang bermanfaat, alangkah bijaknya kita menggunakan aplikasi-aplikasi kece nan menarik ini. Semoga bermanfaat! Syifa Bumi Andarbeni


SuaraPelajar Edisi III/April 2014

8

Apresiasi Inspirasi

Bintang Super

Berkarya Lewat Media Sosial ala Bena Kribo

Benazio Rizki Putra yang biasa dikenal dengan nama Bena Kribo adalah tokoh yang akan diangkat pada Bintang Super kali ini. Mahasiswa Universitas Bina Nusantara ini merupakan salah satu remaja yang dengan kreatif memanfaatkan dunia maya sebagai media ekspresi yang tidak terbatas. Ide-ide kreatifnya banyak dituangkan melalui berbagai sosial media seperti Twitter, Instagram, ataupun blog. Tidak hanya kreatif, topik-topik yang diangkat, khususnya di blognya, kebanyakan adalah topik yang sedang hangat dibahas oleh remaja di Indonesia. Dengan ide kreatifnya, topik-topik tersebut dikemas dalam bentuk yang unik dengan pemikiran-pemikiran yang kritis.

Sumber: http://benakribo.benablog.com

Sumber: http://icihersmagz.com

tahun 2009, “Best Blog in Indonesian” tahun 2011, dan “Axis Blog Award” tahun 2012.

Selain itu, dia juga berbagi foto-foto serta video yang atraktif untuk mendukung ide-ide tersebut. Dalam blognya dituliskan bahwa tokoh yang menginspirasinya menjadi seorang blogger adalah Raditya Dika. Blognya yang mulai dibuat sejak Oktober 2007, sudah diliput oleh beberapa media, antara lain Sarah Sechan (NET TV), Tonight Show (NET TV), The Jakarta Post, Batam Post, Kompasiana, Hai Magazine, dan banyak media lainnya. Di samping berbagi ide kreatif melalui media sosial, Bena Kribo juga berhasil meraih cukup banyak prestasi atas eksistensinya di dunia maya. Hingga saat ini, ia telah berhasil memenangkan beberapa lomba antara lain “Blog Remaja Terbaik”

Selain menjadi blogger, ia juga menjabat sebagai Chief Executive Officer TSATB.CO, dan juga founder dari clothing line @iwearbanana. Usaha-usaha yang ia tekuni juga memaksimalkan manfaat dari penggunaan media sosial, khususnya untuk media publikasi. @iwearbanana sendiri adalah sebuah clothing line yang tema desainnya kebanyakan adalah mengambil istilah-istilah yang sedang hits di kalangan anak muda. Selain sukses dengan usaha di bidang fashion, laki-laki kelahiran Jakarta ini juga berhasil menulis buku pertamanya yang berjudul “Bena Book”. Buku dengan cover yang menarik ini berisi tentang pengalaman hidup Bena yang unik dan absurd. Didukung dengan ilustrasi pada beberapa halamannya yang membuat buku ini menjadi tambah menarik, sukses menjadikan buku ini sebagai National BestSeller Book. Seorang Bena Kribo dapat menjadi inspirasi bagi para anak muda untuk dapat memanfaatkan kemajuan teknologi secara positif dengan berbagai ide-ide kreatif yang dapat dituangkan. Nesya Fauziah Herdiana

SuaraPelajar Edisi III/April 2014 Apresiasi Inspirasi

Sekolahku

9

Sekolah Berprestasi di Pinggiran Ibu Kota

Sekolah penuh prestasi tidak pinsi Jawa Barat. Bonlap Selatan Kepala SMAN 1 Tambun san Has hanya dapat kita temukan di kembali mengulang prestasi ti arta Srih ang Dra. End ibukota atau kota-kota besar tersebut dengan menjadi lainnya. Beberapa kilometer perwakilan Kabupaten di sebelah timur ibukota, terBekasi di OSN tingkat Prodapat sebuah sekolah yang pinsi Jawa Barat. Selain itu, telah memenangkan banyak SMAN 1 Tambun Selatan Tampil menari tarian daerah dihadapan siswa Greenwood SHS, Australia prestasi, baik di tingkat naberhasil meraih peringkat 50 sional maupun internasional. dari 300 sekolah yang berNama sekolah tersebut adapartisipasi dalam Olimpiade lah SMAN 1 Tambun Selatan. Geografi Nasional tahun ini Sekolah ini merupakan satudi UGM dan ITB satunya sekolah yang pernah menyandang gelar Rintisan Di bidang nonakademik, Sekolah Bertaraf InternaSMAN 1 Tambun Selatan sional (RSBI) di Kabupaten berhasil meraih berbagai Beberapa piala di ruang tamu Kepsek Kegiatan Gebyar Muharram bersama Ust. Taufiqurrahman Bekasi sebelum akhirnya prestasi, antara lain Juara 3 status RSBI dicabut oleh Mahkamah Konstitusi. Dihapusnya status RSBI dari Bonlap tidak mengUniversitas Bhayangkara Cup 2014 se-Jabodetahentikan usaha memperkuat nama Bonlap di bek dan Juara 3 Koran Radar Bekasi Cup 2014 Sekolah yang terletak di Jalan Kebon Kelapa nose-Bekasi untuk kategori Futsal Putra, Juara 3 mor 2 ini berdiri sejak tahun 1984. Nama jalan itu dunia internasional. Beberapa pelajar Bonlap Universitas Islam ‘45 Cup 2014 se-Bekasi untuk kemudian disingkat jadi Bonlap yang kemudian terpilih untuk mengikuti XXI International Dance kategori Basket Putri, Juara 4 Universitas Bani dipakai sebagai nama keren SMAN 1 Tambun Festival “Folk Harbor” di Pyzyrce dan Gorzow Saleh Cup 2014 untuk kategori Futsal Putri, dan Selatan. Terbangnya nama Bonlap di dunia inter- WLKP, Polandia. Rombongan Bonlap tersebut Juara 3 Catur dalam Olimpiade Olahraga Siswa nasional dimulai sejak sekolah ini mengadakan akan menjadi perwakilan Indonesia yang menNasional (O2SN) 2014. program sister school dengan Greenwood Senior gantarkan kebudayaan tarian Indonesia di dunia High School di Australia. Program yang meruinternasional pada tanggal 24 Juni – 6 Juli 2014. Prestasi dalam dan luar negeri SMAN 1 Tambun menunjukkan bahwa prestasi tidak hanya dipepakan bagian dari program kerja status sekolah runtukkan kepada sekolah-sekolah di kota-kota RSBI tersebut bertujuan untuk meningkatkan Walaupun sudah berjuang untuk memantapkan besar. Sekolah-sekolah di luar kota besar juga kegiatan pertukaran informasi dan budaya antanama di dunia internasional, SMAN 1 Tambun bisa mencetak prestasi yang tidak kalah dari ra Indonesia dengan Australia. Beberapa kegiaSelatan tidak melupakan untuk terus berprestasi sekolah kota besar. Syaratnya hanyalah keingitan yang dilaksanakan dalam rangka program di dalam negeri. Prestasi-prestasi yang diraih oleh nan untuk mencetak berprestasi, sesuai dengan sister school tersebut adalah pertukaran pelajar Bonlap berada dalam bidang akademik dan noyang dikatakan oleh Harold Taylor: “Akar dari dan guru serta peningkatan kompetensi guru. nakademik. Di bidang akademik, Bonlap berhasil prestasi sejati terletak pada keinginan untuk Sayangnya, program tersebut harus dihentikan mewakili Propinsi Jawa Barat di Olimpiade Sains menjadi yang terbaik.” Selamat berprestasi akibat dihapusnya status RSBI dari SMAN 1 Nasional (OSN) tahun 2013 setelah berhasil lolos Sobat SuPer! Andi Maulana Tambun Selatan. dalam OSN tingkat Kabupaten Bekasi dan Pro-


SuaraPelajar Edisi III/April 2014

10

Apresiasi Inspirasi

Dia. Lo. Gue

Perempuan sebagai bagian dari masyarakat masih menjadi makhluk inferior. Kebebasan perempuan pun cenderung didikte oleh kuasakuasa yang tidak kasatmata seperti struktur budaya, politik, dan ekonomi. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Gumelar mengajak pelajar perempuan untuk mulai sadar terhadap potensi pemikirannya untuk masa depan perempuan Indonesia yang lebih baik.

A: Ya sebetulnya dalam UUD 1945 tidak membedakan antara perempuan dan lakilaki, semua memiliki hak yang sama. Namun pada kenyataannya, karena kebudayaan patriarki yang masih kuat di beberapa tempat, perempuan dan anak masih tetap mengalami diskriminasi. Memang banyak perempuan yang bekerja di luar rumah dan tampil di hadapan publik. Banyak juga anak-anak perempuan yang mengenyam pendidikan mulai dari bangku sekolah dasar hingga universitas. Namun, diskriminasi lebih dari sekedar tidak mendapat hak bekerja di luar rumah dan mendapat pendidikan. Tahukah kamu bahwa perempuan lebih banyak bekerja di sektor ekonomi kecil dan menengah seperti membuat kue, berjualan di pasar, menjahit, ataupun bertani. Untuk beberapa kasus, gaji pekerja perempuan juga lebih sedikit dari pekerja laki-laki karena dianggap bukan sebagai penghasil pendapatan utama

11

Apresiasi Inspirasi

Dia. Lo. Gue

Menghidupkan Api Pelajar Perempuan

Q: Apakah menurut ibu, perempuan masih tergolong kaum marjinal saat ini?

SuaraPelajar Edisi III/April 2014

keluarga. Buruh perempuan pun sering tidak mendapat hak atas cuti haid dan cuti hamil. Kasus-kasus kekerasan juga masih terjadi pada perempuan. Seringkali pelakunya adalah anggota keluarga terdekat seperti suami, ayah, kakek, ataupun pada beberapa kasus ibu kandung sendiri. Sementara itu, perempuan juga paling banyak menjadi korban perdagangan manusia dan target-target kriminal. Pandangan masyarakat pun cenderung membagi perempuan ke dalam dua jenis, perempuan baik dan tidak baik. Perempuan baik adalah mereka yang berpakaian tertutup, santun, dan lemah lembut. Perempuan tidak baik sering dilabelkan pada mereka yang bekerja di malam hari atau memakai baju yang kurang tertutup. Perempuan yang tidak perawan pun mendapat stigma sebagai perempuan tidak baik padahal seksualitas perempuan tidak bisa dinilai hanya lewat selaput dara saja. Dalam beberapa kasus pemerkosaan, perempuan masih dianggap sebagai pemicu alih-alih sebagai korban yang harus dilindungi. Seluruh kondisi tersebut membentuk

ketimpangan gender yang tidak kasatmata. Diskriminasi tidak hanya dialami lewat hak melainkan juga pandangan masyarakat pada pribadi seorang perempuan. Q: Adakah gagasan bagi kaum muda perempuan untuk membentuk sebuah gerakan perjuangan hak? A: Mereka harus fokus pada pendidikan yang mereka tempuh. Di era teknologi ini, mereka juga harus menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk hal-hal yang baik. Jangan sampai teknologi itu membawa pada akses pornografi, pergaulan bebas, perdagangan manusia, dan hal-hal yang merugikan. Perempuan harus cerdas dan diberikan kesempatan oleh para orang tua. Teknologi Informasi dan Komunikasi dapat menjadi sarana menyalurkan pemikiranpemikiran progresif. Ibu Linda memberikan contoh penggunaan internet untuk saling berbagi dan bertukar pikiran dengan banyak orang. Jejaring sosial seperti Facebook, Blog, Twitter, dan Youtube dapat menyebarluaskan tulisan dan karya-karya ke masyarakat dunia.

Selain itu dengan jejaring sosial, kita bisa saling bertemu dengan orang-orang baru dan membentuk komunitas yang sesuai dengan kegemaran masing-masing. Ibu Linda juga menekankan untuk memahami dan mencerminkan budaya dan identitas perempuan Indonesia dalam setiap pergaulan. Q: Banyak kritik terkait calon legislatif perempuan yang tidak memahami isu perempuan, apakah kenyataan di parlemen seperti itu? A: Karena saya pernah berada di parlemen dan saat ini berhubungan dengan Komisi VIII, itu semua anggapan yang tidak sepenuhnya benar. Pembelaan terhadap hak-hak perempuan serta beragam program yang sesuai dengan kebutuhan perempuan tentu menjadi perhatian, namun media tidak mengekspos hal tersebut. Berita terkait pemerkosaan atau kekerasan terhadap perempuan justru yang lebih sering diangkat. Perempuan menjadi anggota legislatif adalah sebuah perjuangan. Q: Jadi apakah ibu mendukung dan mendorong terbentuknya media-media pemikiran perempuan yang progresif? A: Saya kira perlu. Saya senang dengan

keberadaan majalah yang spesifik untuk perempuan seperti masak-masak, fesyen, mengurus anak, atau kadang diselipi tentang kesetaraan gender. Namun, akan lebih baik lagi bila ada majalah yang spesifik perempuan di bidang-bidang politik, ekonomi. Dengan demikian ada lebih banyak informasi yang bisa diterima dan ruang yang bisa dimanfaatkan.

memaknai hari-hari khusus perempuan seperti Hari Kartini dan Hari Ibu? A: Kami merayakan hari pergerakan perempuan melalui Hari Ibu tanggal 22 Desember setiap tahun karena itu adalah momen peringatan Hari Kongres Perempuan Indonesia pertama di situlah titik tolak di mana perempuan bisa berjuang setara dengan laki-laki untuk negara, mendapatkan hak-haknya, dan lain-lain. Sementara Hari Kartini adalah hari peringatan seorang tokoh. Kami berharap ada hari-hari perempuan lain dari berbagai daerah seperti Hari Cut Nyak Dien, Hari Nyi Dahlan, Hari Christina Martha Tiahahu, dan lain-lain.

Keberadaan media adalah unsur utama tersalurnya pemikiran dan pesan-pesan. Dari pernyataan Ibu Linda, kita dapat melihat dibutuhkannya anak-anak muda untuk belajar, berpikir, dan mengetahui lebih banyak hal. Seluruh informasi dan pemikiran yang didapatkan dari berbagai bidang tersebut dapat dibagi kepada sesama untuk masa depan Harapan Ibu Linda kepada pelajar perempuan yang lebih baik. di Indonesia adalah menghidupkan apinya dan menjadi teladan dan berbagi dengan sesama. Selain itu, Ibu Linda juga menekankan bahwa Pelajar perempuan harus meningkatkan perjuangan perempuan Indonesia yaitu keseriusan memandang hidup agar dapat kesetaraan gender. Cara pandang feminis bisa menghindarkan diri dari kerugian-kerugian digunakan dalam memahami permasalahandi lingkungan pergaulan. Ibu Linda juga permasalahan yang ada di masyarakat, namun menyarankan para pelajar untuk memiliki tetap ada batas untuk setiap aksi. Feminisme sikap yang saling menghormati dan bukanlah mendorong perempuan menjadi kepemimpinan yang kuat sehingga dapat superpower, melainkan kesetaraan. mempengaruhi lingkungannya dengan nilainilai yang baik. Q: Bagaimana Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Aninta Ekanila

Karya dan Gagasan Pemuda untuk Indonesia yang

Kreatif dan Progresif

Pemuda saat ini tidak lagi bisa dipandang sebelah mata. Sebab pemuda merupakan unsur terpenting dalam pembangunan sebuah negara. Masa depan bangsa dan negara ada di tangan pemuda. Keunggulan pemuda yakni memiliki kekuatan fisik dan semangat yang lebih dari kategori usia lainnya. Maka dari itu, potensi pemuda sangat besar terutama bila dipadukan dengan hal yang positif. Sangat disayangkan jika potensi besar dalam diri pemuda tidak dimanfaatkan dengan baik. Seorang pemuda yang mau memadukan potensi yang besar dengan semangat yang menggebu dalam dirinya tentu akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi lingkungannya. Baik melalui sebuah gagasan maupun sebuah karya nyata, pemuda juga turut berperan dalam perubahan yang progresif pada suatu negara. Pemuda masa kini dituntut untuk bisa menjadi kreatif dan progresif, terutama di era globalisasi dan digitalisasi ini. Persaingan antar pemuda menjadi kian ketat karena masing-masing individu ingin muncul dengan sebuah karya yang membanggakan namun juga bermanfaat bagi dunia sekitarnya. Banyak hal yang bisa dilakukan pemuda untuk menjadi progresif. Salah satunya adalah bekerja

Narasumber: Ernest Prakasa


SuaraPelajar Edisi III/April 2014

12

Apresiasi Inspirasi

Dia. Lo. Gue

Bepikir Kritis dengan Membaca, Menulis dan Berdiskusi

Sebuah karya atau gagasan yang konkret dapat berkontribusi banyak bagi pembangunan sebuah bangsa dan negara. Tanpa hal tersebut, pembangunan negara akan terhambat bahkan dapat terhenti karena kekurangan mesin penggerak. Bukan hanya tugas pemerintah untuk membuat Indonesia menjadi lebih maju dan progresif. Seluruh elemen harus turut terlibat dan salah satu elemen yang paling berpotensi adalah pemuda.

Aziza Nadia Razanti, salah seorang siswa berprestasi yang kini sedang menjalani program pertukaran pelajar di Washington, Amerika merasa miris dengan sistem pendidikan Indonesia. Menurutnya, pendidikan Indonesia cenderung membuat para pelajar menjadi sebuah “robot” yang hanya didikte dan dicekoki dengan berbagai pengetahuan tanpa mengetahui esensi dari pengetahuan tersebut. Dia bahkan sangat menyayangkan sistem pembelajaran yang cenderung membuat para pelajar hanya menerima begitu saja apa-apa yang dipelajari, tanpa dituntun untuk berpikir lebih lanjut. Gadis yang biasa dipanggil Razan ini menilai membaca, menulis, dan berdiskusi menjadi salah satu cara untuk memperbaiki sistem tersebut.

Indonesia kini menjadi negara yang perkembangannya pesat, salah satunya akibat peran pemudanya. Banyak sekali pemuda-pemudi Indonesia yang menghasilkan gagasan dan karya yang tak hanya membanggakan di dalam negeri namun juga berkontribusi dalam mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional. Industri olahraga dan industri kreatif di Indonesia adalah salah satu industri yang cukup produktif dan berkembang dengan progresif. Banyak karya dan prestasi yang dihasilkan di dalamnya. Hal tersebut selain membanggakan Indonesia juga dapat memotivasi pemuda Indonesia lainnya untuk terus berkarya dan berpikir aktif mencari solusi bagi permasalahan yang ada di Indonesia.

Razan yang mengenal membaca saat usianya masih belia, menganggap membaca adalah bagian penting dalam hidupnya. “Saya mulai membaca sejak usia lima tahun, dan semenjak itu saya sangat suka membaca. Ketika itu, ayah membawakan saya buku yang berjudul Kelinci yang Suka Menabung karya Dorling Kindersley,” tuturnya melalui telepon.

Seperti halnya Ernest pada bidang stand-up comedy.

Kepopulerannya menjadi kian melejit saat pada tahun 2012. Dia mengadakan tur Stand Up Comedy pertamanya, Merem Melek Tour, ke berbagai kota besar di Indonesia. Ernest merupakan comic (sebutan bagi pelawak komedi tunggal) pertama yang melakukan tur StandUp Comedy ke seluruh Indonesia. Etnis Tionghoa yang melekat pada diri Ernest Prakasa, seringkali dijadikannya materi dalam komedi tunggalnya. Hal itu yang kemudian ia akui sebagai personanya dalam Stand Up Comedy. Namun, tak jarang Ernest membawakan materi berupa isu-isu lain yang berbau sosial, budaya, dan politik. Ernest populer dengan materinya yang blak-blakan jika berbicara mengenai permasalahan yang ada di Indonesia. Pemikirannya yang kritis dia tuangkan melalui bahasa yang menarik dan dibungkus dengan balutan komedi yang memukau. Hal ini membuat Ernest Prakasa, menjadi salah satu pemuda di Indonesia yang kreatif dalam berkarya dan membuat gagasan yang progresif. Tabloid Suara Pelajar berhasil mewawancari Ernest Prakasa mengenai pemikirannya terhadap pemuda Indonesia yang kreatif dan progresif. Berikut adalah hasil wawancara kami:

Apresiasi Inspirasi

Dia. Lo. Gue

keras dalam bidang yang kita cintai. Tak harus di bidang akademis, selama yang dilakukan membuahkan karya yang nyata dan berguna.

Nama Ernest Prakasa tak lagi asing di telinga sebagian masyarakat Indonesia, terutama bagi pecinta komedi. Ernest merupakan salah satu finalis tiga besar Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV season pertama pada tahun 2011.

SuaraPelajar Edisi III/April 2014

13

Razan yang merupakan Duta Baca Anak Pratama 2009, melihat minat terhadap membaca sangat rendah. Oleh karena itu dia merasa memiliki tanggung jawab moral yang lebih untuk membantu orang-orang di sekitarnya agar suka membaca buku. Q: Menurut Anda, seperti apakah gambar pemuda Indonesia saat ini, baik yang berada dalam masyarakat urban maupun rural?

Q: Apa pendapat Anda tentang trend ‘ikut-ikutan’ gerakan yang dilakukan anak muda saat ini?

A: Pemuda saat ini sangat dimanjakan teknologi informasi. Internet tidak hanya ada di rumah atau warnet, tapi juga di ujung jari alias handphone masing-masing. Sayang betul bila ini tidak dimanfaatkan untuk hal-hal yang positif.

A: Secara spesifik, saya tidak merasa ada trend ‘ikutikutan’ yang dilakukan anak muda saat ini.

Q: Mengapa pemuda menjadi salah satu faktor utama pembangunan bangsa?

A: Tentu tidak perlu terlalu muluk. Saya ingin agar stand-up comedy bisa berkembang luas di Indonesia, karena ini adalah sarana penyampai pesan yang efektif dan dekat dengan anak muda. Dengan kemasan komedi, para comic bisa menyampaikan berbagai keresahan yang sejatinya sangat serius, berhubungan dengan isu-isu kultural, sosial, bahkan politik.

A: Karena pemuda punya semangat, tenaga, dan yang terpenting, idealisme. Mengutip Tan Malaka, “Idealisme adalah kemewahan terakhir yang hanya dimiliki oleh pemuda.” Q: Menurut Anda, apa saja gerakan kreatif dan progresif yang dilakukan pemuda? A: Tentunya banyak sekali. Industri kreatif kita sudah sangat berkembang selama beberapa tahun terakhir. Contoh yang paling konkret dan dekat dengan dunia saya, misalnya stand-up comedy. Tiga tahun lalu, belum ada stand-up comedy di Indonesia. Tapi sekarang, beberapa comic seperti saya sendiri sudah bisa berpenghasilan layak dengan mengandalkan karya.

Q: Apa gagasan dan karya yang menjadi mimpi Anda untuk Indonesia?

Q: Adakah pesan untuk memotivasi pelajar seIndonesia untuk bergerak kreatif dan progresif? A: Lagi-lagi, generasi muda sekarang sudah amat dimanjakan teknologi. Manfaatkan ini untuk mendukung kreativitas di bidang yang kalian sukai. Berkarya dengan hati, karena uang akan datang sendiri. Hanna Vanya sumber foto: wikipedia.org

Ketika ditanya mengenai bagaimana cara ampuh untuk menumbuhkan minat membaca pada pelajar, dia bercerita mengenai teman sekelasnya. “Saya memiliki teman sekelas yang sama sekali tidak suka membaca. Padahal waktu ujian akhir sudah semakin mendekat. Setelah berpikir keras, akhirnya saya memutuskan untuk memberikan teman saya permen favoritnya agar dia mau membaca. Dan itu berhasil!” Razan optimis bahwa ada banyak cara untuk menumbuhkan minat baca, salah satunya dengan memberikan imbalan berupa benda yang sangat disukai oleh seseorang saat dia telah selesai membaca. Namun, hal yang terpenting dalam menumbuhkan minat baca itu sendiri adalah bagaimana kesungguhan dan kesabaran para aktor yang terlibat di dalamnya. Jika seorang anak memperoleh dukungan positif dari orang-orang di sekitarnya, Razanti yakin, bahwa minat baca lambat-laun akan tumbuh. Dengan membaca, maka seseorang akan memperoleh informasi dan pengetahuan baru yang mungkin belum pernah diketahui sebelumnya. Namun, dengan kemajuan teknologi, Razan lebih menyarankan para pelajar untuk membaca buku di bandingkan membaca dari internet, karena dengan membaca buku, siapapun memperoleh berbagai informasi dan pengetahuan yang lebih jelas, baik dalam hal sumber keabsahan maupun kelengkapan pengetahuan yang diperoleh.

Akan tetapi, membaca saja belumlah cukup. Untuk memahami secara lebih mendalam, para pelajar perlu menuliskan apa-apa saja informasi dan pengetahuan penting yang sudah dibaca untuk kemudian dipikirkan secara lebih mendalam. Hal ini akan membuat para pelajar menjadi lebih kritis, tidak hanya menerima informasi dan pengetahuan yang didapat begitu saja. “Anak-anak Indonesia jaman sekarang cenderung manja, hanya merujuk pada apa yang sudah ada dan menerima begitu saja pengetahuan dan informasi yang didapat. This is really something that we need to change. ” ucapnya mantap. Berpikir kritis adalah awal dari pembentukan pandangan dalam memahami suatu pengetahuan. Dengan berpikir kritis, pelajar akan mampu memilah antara apa-apa saja yang baik dan buruk. Berpikir kritis juga membuat pelajar menjadi lebih fokus dalam berpikir, sehingga mampu menangkap lebih banyak hal dan menghasilkan karya dengan pondasi pandangan yang jelas. Bukan sekedar karya yang “asal-asalan” belaka. Mana kala membaca dan menulis sudah dilakukan, diperlukan suatu diskusi sebagai medium untuk memperkaya suatu informasi dan pengetahuan. Diskusi bisa dilakukan bersama siapa saja, baik guru, teman, orang tua ataupun para ahli di bidangnya. Berdasarkan pengalaman yang dialami oleh Razanti, berdikusi membuatnya memperoleh lebih banyak pengetahuan, terlebih dari alternatif pemikiran-pemikiran dari para peserta diskusi. Diskusi juga menjadi tempat belajar bagi para pelajar untuk dapat membagikan dan menyuarakan pemikirannya kepada orang lain. Razan menilai, bahwa salah satu permasalahan yang membuat para pelajar selama ini takut untuk menyuarakan

pemikirannya adalah karena takut salah. Selain itu, orang-orang di Indonesia dianggapnya masih cenderung untuk berpikir bahwa mereka yang lebih tua adalah yang lebih benar. Masih banyak masyarakat Indonesia yang belum bisa menghargai buah pikir dari setiap orang, terlebih dari seorang pelajar muda yang cenderung dinilai belum memiliki banyak pengetahuan. Di sini lah peran diskusi kemudian menjadi penting. Diskusi akan membuat seseorang untuk terbiasa menyuarakan isi pikirannya kepada orang lain. Dalam berdiskusi, semua orang bebas untuk berpendapat. Semua orang mempunyai hak yang sama untuk menyampaikan gagasannya. “Cara ini menurut saya sangat efektif untuk mereka yang selama ini masih malu-malu dan takut untuk menyuarakan pikirannya,” ungkap Razan. Dengan mecoba secara terus-menerus, Razan yakin bahwa keberanian berpendapat akan muncul seiring berjalannya waktu. Razan, yang bercita-cita ingin menjadi aktivis, sangat ingin berkontribusi untuk mengubah sistem pendidikan di Indonesia dengan terjun langsung ke lapangan. Ia ingin mengubah sistem pendidikan Indonesia agar lebih terfokus seperti sistem pendidikan di Finlandia yang memberikan kebebasan bagi para siswa untuk menekuni bidangbidang yang memang mereka sukai saja, sehingga para siswa bisa lebih fokus dalam melakukan pembelajaran. Selain itu, Razan juga bercita-cita untuk menerbitkan buku hasil kumpulan buah pemikirannyadengan judul The Thought Piece: A Piece of My Brain, yang diharapkannya mampu memberikan manfaat kepada para pembaca.

Ayu Suwardi


SuaraPelajar Edisi III/April 2014

travelria

Apresiasi Inspirasi

MENDAKI GUNUNG CIREMAI:

WISATA ALAM INDAH DAN SERU BAGI PEREMPUAN P

enat dengan kesibukan sehari-hari? Wisata alam bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin refreshing! Sudah banyak tempat wisata yang menyajikan keindahan alam. Namun pernahkah terpikir olehmu untuk mendaki gunung? Bagi sebagian besar orang, perjalanan yang menanjak dengan memanggul ransel berat, tidur dalam tenda dengan suhu yang dingin, bahkan beresiko tinggi dalam bahaya kehidupan alam menjadi alasan untuk tidak menjadikan kegiatan mendaki gunug sebagai pilihan wisata alam. Meskipun begitu, mendaki gunung selalu menjadi favorit perjalanan wisata bagi sebagian orang. Tak hanya lewat komunitas pecinta alam, kini paket perjalanan wisata pendakian telah banyak ditawarkan. Sayangnya, mendaki gunung sering dianggap sebagai kegiatan kaum laki-laki. Biasanya, perempuan identik dengan kegemaran girly dan cenderung memilih perjalanan wisata dengan destinasi belanja. Secara biologis, laki-laki memang memiliki fisik yang lebih kuat. Namun bukan berarti perempuan tidak bisa berwisata dengan cara yang dikenal ekstrim seperti naik gunung lho! Selama dilakukan dengan persiapan dan latihan, perempuan tak perlu ragu lagi untuk mendapatkan pengalaman hebat dengan mendaki! Lia (19 tahun) dan sahabat-sahabatnya, bahkan memilih mendaki gunung sebagai penghilang penat setelah menempuh Ujian Nasional SMA tahun lalu. Ia membuktikan keseruan perjalanan wisata alam dengan mendaki Gunung Ciremai (3078 mdpl), gunung tertinggi di Provinsi Jawa Barat. Gunung ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). Secara admin-

istratif, Gunung Ciremai termasuk dalam wilayah Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan, dan Kabupaten Majalengka. Menuju puncaknya, kita bisa menempuh jalur Palutungan, Linggarjati, dan Apuy. Biasanya jalur Apuy dipilih karena tingkat kesulitannya lebih mudah. Keseruan wisata ini bahkan dimulai sejak di perjalanan. Kita bisa menemui hal-hal baru dengan menggunakan kendaraan umum. Duduk selama berjam-jam di bus non-AC dan memperhatikan penumpang yang silih berganti merupakan pengalaman menarik. Kita dapat lebih mengenal masyarakat yang beragam. Lewat obrolan-obrolan kecil, kita dapat berlatih untuk akrab dengan orang baru. Sebelum dan selama perjalanan, perempuan cukup pandai mengatur pengeluaran agar tetap hemat, terutama masalah konsumsi. Wah, ternyata bermanfaat sekali, ya, kehadiran perempuan dalam tim. Keseruan perjalanan selanjutnya adalah naik mobil bak sayur terbuka dari Terminal Maja menuju Jalur Apuy melewati jalan berkelok-kelok di kaki gunung. Rasanya seperti naik wahana lho, sobat SuPer! Sampai di Desa Argamukti, Kecamatan Agrapura, kita perlu mengurus administrasi di pos pendakian yang dikelola oleh dinas kehutanan. Tujuannya, jika kita tidak kembali pada waktu yang telah direncanakan, akan ada tim yang menyusul. Ada sedikit briefing oleh petinggi desa untuk pendaki mengenai keamanan dan pantangan. “Ada survival tentang ‘adat istiadat setempat harus dihormati’ yang maknanya dimanapun kita berada, kita harus ngejaga etika kita, apalagi kalo naik gunung,” ujar Lia. Meskipun terkadang tidak logis, budaya lokal tetap harus dihormati, ya, sobat SuPer! Kita akan sampai di gerbang masuk pendakian setelah melewati ladang-ladang yang membentang. Di sinilah terdapat sumber air terakhir pada musim kemarau. Selanjutnya, air menjadi benda paling berharga. Sehingga ego harus dikendalikan selama perjalanan. Perempuan memang lebih perasa selama perjalanan. Namun, keluh kesah sebisa mungkin harus ditahan. Bersama teman-teman, menanjak menjadi fun karena diselingi dengan candaan dan kiriman semangat satu sama lain. Istirahat dibolehkan, asal jangan terlalu lama agar tidak menghambat teman sesama tim. Perempuan dilatih untuk tidak manja dalam situasi ini. Perjalanan dilanjutkan menuju Pos I Arban (1614 mdpl) untuk berkemah agar dapat bersiap lagi untuk menuju Pos II Simpang Lima (1915 mdpl) selanjutnya. Menuju Pos III Tegal Wasawa (2400 mdpl) dan Pos IV Tegal Mamuju (2600 mdpl), kita dapat merasakan udara yang semakin segar dengan rasa dingin di siang hari. Sahutan suara hewan

semakin terdengar. Perasaan takut pada serangga mungkin dimiliki oleh perempuan. Di sinilah keberanian terlatih. Pemandangan gunung sesekali terlihat dari semak-semak di sekitar jalur pendakian, mengalahkan kelelahan di bawah terik matahari. Istirahat makan tentu menjadi hal yang paling ditunggu! Menu sederhana yang dimasak sendiri di alam bebas dapat menjadi energi yang paling ampuh. Perempuan cukup bertanggungjawab dalam persiapan bahan makanan sebelum keberangkatan. Puas rasanya dapat menjamin makanan yang enak untuk bekal selama di gunung. Lega sekali bila sudah sampai di Pos V Sanghiang Rangkah (2800 mdpl). Kita bisa mendirikan kemah untuk bermalam. Angin bertiup semakin kencang dan menjadikan suhu dingin semakin menggigit! Inilah saatnya memakai kaus kaki dan jaket tebal, serta menyeduh minuman panas. Bergerak juga dapat menghasilkan panas dalam tubuh kita agar kita tidak hipotermia lho. Suara alam dan gelapnya malam memang menyeramkan. Dengan berdoa, perasaan itu mudah terlupakan sambil meringkuk dalam sleeping bag. Matahari mulai terbit, inilah saat yang ditunggu-tungggu. Yap, menuju puncak Gunung Ciremai! Tidur yang nyenyak menjadi persiapan yang sangat penting kali ini karena tanjakan semakin curam. Kita bisa menemui Goa Walet yang merupakan sumber air ketika musim hujan. Di sekitarnya, kita bisa menikmati pemandangan Bunga Edelweis yang sangat indah! Kemudian, nisan pendaki meninggal yang ada seolah mengingatkan untuk ekstra hati-hati serta berdoa. Angin kencang terus menerpa pertanda semakin dekat dengan puncak! Kelelahan menanjak akhirnya terbayar! Gunung Ciremai yang berupa tebing mengitari kawah menyajikan pemandangan alam yang indah luar biasa. Berdiri di puncaknya membuat kita lebih tinggi daripada awan. Mendaki gunung menganalogikan perjuangan dalam kehidupan sehari-hari lho, sobat Super! Ketika berlelah-lelah namun tidak menyerah, berjuang dengan sahabat, serta berdoa akhirnya membawa diri kita pada tujuan yang sebelumnya kita anggap mustahil. Mendaki gunung memberi banyak pengalaman yang berharga yang bisa pula didapatkan oleh perempuan. Lia berujar, “Waktu pertama kali nyoba untuk ikut pendakian, rasanya seneng banget, pengalaman kayak gini kan jarang. Naik gunung itu addicted.” Jadi, sobat SuPer, akankah kalian mencoba perjalanan wisata mendaki gunung? Nadia Himmatul

SuaraPelajar Edisi III/April 2014

travelria 15

Apresiasi Inspirasi

Mikie Holiday

Melancong atau jalan-jalan atau travelling merupakan hal yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Melepaskan kejenuhan dan penat dari kegiatan sehari hari dengan berkunjung ke suatu tempat yang baru terutama bersama orang orang yang dikasihi tentu akan menjadi memori yang berharga.

TIPS TIPS TRAVELLING

Foto//Arianti Pandiangan

14

Provinsi Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi di Pulau Sumatera dengan berbagai objek wisata yang menarik dan layak untuk dikunjungi. Pariwisata alam hingga wisata kuliner menjadi destinasi wajib para pelancong bila datang ke kota Medan dan sekitarnya. Salah satu kebanggan provinsi ini yaitu adanya danau vulkanik terbesar se-Asia Tenggara yaitu Danau Toba yang hingga kini masih sering dikunjungi oleh para wisatawan baik domestik maupun dari luar negeri. Destinasi besar lainnya yang sering dikunjungi oleh turis seperti Brastagi, Parapat, Kepulauan Samosir juga masih memperlihatkan jumlah wisatawan yang tinggi. Kali ini Travelria akan mengajak sobat SuPer ke salah satu taman hiburan yang terletak tidak terlalu jauh dari pusat Kota Medan yaitu Mikie Holiday Theme Park. Mikie Holiday Theme Park adalah salah satu tempat wahana bermain yang paling lengkap di Sumatera Utara tepatnya di Kota Brastagi. Kota brastagi masuk ke dalam Kabupaten Karo yang terletak tidak terlalu jauh dari Kota Medan. Biasanya yang sering bermain ke sini adalah masyarakat Medan yang hanya memerlukan waktu tempuh dua jam ke tempat ini. Mulai dari transportasi pribadi hingga angkutan kota yang hanya mengeluarkan ongkos sebesar Rp. 15.000, bisa menjadi pilihan kita untuk mencapai kota Brastagi. Kenapa banyak orang tertarik ke sini? Karena selain wahana permainan yang asyik dan menegangkan, udaranya sangat sejuk. Tempat ini berada di ketinggian 600 – 1400 meter dpl (diatas permukaan laut) . Pemandangan yang indah juga menjadi nilai tambah bagi tempat ini. Dengan harga tiket terusan sebesar Rp 85.000,00 , kita bisa main sepenuhnya disini kecuali untuk wahana tertentu seperti ATV dan Paint Ball yang memerlukan biaya khusus lagi. Terdapat berbagai macam wahana mulai dari yang tidak terlalu menegangkan seperti Flying Fish dan Car Bumper sampai wahana yg membuat kita lumayan sport jantung. Sebut saja wahana Tyrex, Sea Monster, Twister, dan sejenisnya. Mikie Holiday Theme Park bisa menjadi pilihan yang cocok untuk sejenak melepaskan penat dan berkumpul bersama teman maupun keluarga. Menikmati udara yang sejuk dan bermain wahana yang menyenangkan bersama orang orang yang dikasihi tentu akan menjadi pengalaman yang akan menjadi memori indah dalam benak. Setelah puas bermain di Mikie Holiday Theme Prak, sobat SuPer bisa berkeliling kota Brastagi untuk mencari penginapan dan mencicipi masakan lokal. Mikie Holiday sendiri mempunyai hotel yang bisa menjadi pilihan menginap. Namun bila sobat SuPer hanya memiliki bujet kecil bisa juga mencari hostel atau rumah penginapan di sekitar Brastagi dan menikmati keramahan lokal daerah yang mayoritas adalah Suku Karo.

Enjoy travelling Mikie Holiday! Ariyanti Pandiangan

Menentukan destinasi tujuan perjalanan dan bagaimana agar sampai ke tempat tujuan menjadi tantangan tersendiri sebelum melakukan perjalanan. Persiapan yang baik sebelum perjalanan tentu akan membantu dalam menikmati liburan. Sebaliknya bila sobat SuPer tidak menyiapkan hal hal yang akan dibutuhkan dalam perjalanan, liburan bisa menjadi kenangan yang tidak menyenangkan Nah, Travelria akan memberikan tips-tips yang diharapkan akan membantu sobat SuPer untuk menyiapkan liburan yang menyenangkan!

1

Tentukan destinasi perjalanan sesuai dengan bujet dan waktu yang anda miliki.

2

Setelah menentukan destinasi, cari informasi mengenai tempat tujuan, bisa dari review orang yang sebelumnya berkunjung ke tempat tersebut.

3

Tentukan penginapan dan transportasi yang akan digunakan selama disana. Kembali sesuaikan dengan bujet, ya.

4

Ketahui mengenai aturan-aturan lokal agar tidak menyalahi peraturan di sana dan pelajari sedikit bahasa lokal tempat tujuan liburan.

5

Susun rincian perjalanan , lebih baik lagi menyusun dalam bentuk timeline agar sobat SuPer mempunyai jadwal yang pasti tentang apa saja yang akan dilakukan di tempat tujuan. Ariyanti Pandiangan

Semoga tips-tips di atas dapat berguna untuk sobat SuPer dalam merencanakan perjalanannya.

Happy travelling!

“The World is a book, and those who do not travel read only a page.” Saint Augustine


SuaraPelajar Edisi III/April 2014

16

Apresiasi Inspirasi

Personapedia

SuaraPelajar Edisi III/April 2014 buku

Koma, tentang Cinta dan Sebuah Perenungan

Pemimpin Seperti Apa Kalian? Sumber: goodreads.com

Pencarian pemimpin sedang sering kita dengar apalagi dengan diadakannya PEMILU Presiden yang akan datang. Tapi, sebelum kita memilih orang lain menjadi pemimpin apakah kita sudah mengetahui diri kita sendiri? Yuk, ikut kuis ini untuk mengetahui pemimpin seperti apa kalian! tidak ya Sebagai pemimpin selalu dapat dipercaya Kekuasaan terdapat dalam pemimpin

Keputusan diri sendiri paling benar

Bawahan perlu selalu dibimbing

Mementingkan koordinasi dalam bekerja

Menerapkan ideologi pribadi sebagai landasan bekerjasama

Bawahan sebagai teman diskusi

Menghargai dan menghukum bawahan sejalan dengan cara kerjanya

Menerapkan ideologi pribadi sebagai landasan bekerjasama

Judul : Koma Penulis : Rachmania Arunita Penerbit : Bentang Pustaka Jumlah halaman : 298 halaman Harga : Rp 49.500 Jani selalu merasa tidak puas akan hidupnya. Dia telah sampai pada tahap putus asa hingga keinginan untuk mati begitu sering terlintas dalam benaknya. Suatu hari, kecelakaan mobil membuatnya jatuh koma. Jiwanya terlepas dari raganya yang tengah tertidur lelap dalam keadaan koma. Jani pun terpaksa menjalani hidup baru sebagai seorang ‘jiwa’ yang kasat mata. Ditemani Leo, yang juga seorang jiwa, ia mengalami berbagai peristiwa yang menyentuh hati, menyaksikan berbagai hal yang sebelumnya tak ia sadari, dan mendapat banyak pelajaran hidup.

Berat dan dalam. Itulah kesan pertama yang didapatkan begitu membaca halamanhalaman awal novel ini. Maklum saja, percakapan antar tokoh kerap memaksa pembaca untuk berpikir. Paling tidak, membuat pembaca berhenti sejenak untuk merenungkan maksud dari perkataan sang tokoh. Namun segala kerumitan itu tak lantas membuat pembaca bosan atau menyerah untuk lanjut membaca. Sebaliknya, kedalaman kata demi kata yang disajikan dapat menarik siapapun yang membacanya untuk ‘masuk’ lebih jauh ke dalam dunia Jani. Kita akan dibuat memiliki ‘kedekatan’ dengan sosok Jani. Sebenarnya ini tak mengherankan, karena problematika yang dialami Jani seperti masalah keluarga, perselisihan dengan pacar dan teman, bahkan kebencian terhadap diri sendiri, memang nyata dan banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Seringkali masalahmasalah itu membuat kita mempertanyakan arti dari hidup. Kita mendambakan hidup yang bahagia, namun

tak tahu bagaimana cara meraihnya. Novel ini berhasil menjawab pertanyaan-pertanyaan itu. Tanpa kesan menggurui, Leo, tokoh yang digambarkan bijak dan dewasa, menyadarkan Jani bahwa hidup itu pilihan. Kita bahagia atau tidak tergantung dari bagaimana cara kita memandang hidup. Pada akhirnya, setelah membaca penuturan Leo dan juga pengalaman Jani yang sarat makna, kita merasa ‘tertampar’ dan lebih menghargai hidup. Koma merupakan novel buah pena Rachmania Arunita, penulis yang terkenal dengan novelnya yang berjudul Eiffel..I’m in Love dan Lost in Love yang telah diangkat ke layar lebar. Novel ini bisa dibilang berbeda dengan karya-karyanya sebelumnya, karena tak hanya mementingkan unsur percintaan, melainkan juga kaya pesan moral dan bahan perenungan. Sebuah novel yang patut dikoleksi bagi kamu yang membutuhkan pencerahan, atau sekadar ingin menikmati kisah cinta yang tak biasa. Arifia Sekar Seroja

Bawahan patuh dengan sendirinya

17

superthing

Apresiasi Inspirasi

musik

Flying Get, Mini Album Khas Remaja

Judul album : Flying Get (Theater Version) Penyanyi : JKT48 Label : HITS Record Harga : Rp 40.000 Track list: 1. Flying Get 2. Hanikami Lollypop (Malumalu Lollypop) 3. Shoujotachi Yo (Gadis Remaja) Setelah sukses dengan Musim Panas Sounds Good, JKT48 kembali dengan single kelimanya yang berjudul Flying Get. Lagu yang juga menjadi judul pada mini album kali ini, memiliki tempo yang cepat dengan nuansa popdance yang kuat. Untuk yang belum terbiasa dengan jenis musik semacam ini, akan merasa bahwa Flying Get sulit untuk dicerna. Namun setelah beberapa kali mendengarkan, kamu akan dibuat jatuh hati dengan iramanya yang seakan mengajak untuk bergoyang dan lirik yang terdengar catchy, terlebih di bagian reff. Flying Get cocok buat kamu yang sedang jatuh hati. Sebab, lagu ini berkisah tentang seorang gadis yang ingin mendapatkan hati laki-laki yang disukainya. Sementara, perasaan seorang gadis yang malu-malu ketika berhadapan dengan orang yang disukai, digambarkan dalam lagu Hanikami Lollypop. Hati sang gadis dipenuhi oleh cinta sampai-sampai ia mengatakan, kalau lelaki yang disayanginya itu ‘mencoba isi hatinya’, pasti akan terasa sangat

manis melebihi semua permen. Lagu yang manis ini sangat dekat dengan kehidupan remaja yang memang sedang masanya ‘mencicipi’ cinta. Sedangkan, lagu ketiga yang sekaligus menjadi lagu penutup pada mini album ini adalah Shoujotachi Yo. Lagu yang penuh semangat dan motivasi. Ia bercerita tentang perjuangan idol group yang tak selamanya mudah, dimana ada saatnya mereka merasa bimbang dan menangis hampir menyerah. Namun air mata itu akan menjadi kekuatan untuk esok hari dan kelak mereka akan menjadi bintang yang cahayanya paling terang. Secara keseluruhan nuansa lagulagu dalam mini album ini masih sama seperti lagu-lagu JKT48 sebelumnya: ceria, khas remaja, dan menyuguhkan kesan riang walau sebenarnya bertutur tentang kisah yang sedih. Album ini, tidak hanya patut untuk dikoleksi oleh penggemar JKT48 saja, tapi juga mereka yang membutuhkan lagu penyemangat. Flying Get Edisi Teater dijual secara terbatas di Teater JKT48 atau secara online melalui website resmi JKT48 (http://jkt48.com). Seperti album-album edisi teater terdahulu, setiap pembelian akan mendapatkan satu tiket individual handshake dan random trump card. Arifia Sekar Seroja

Sumber: okejos.com

Menyalurkan Bakat dan Hobi Bermusik Secara Online

web site

URL: https://SoundCloud.com/

Menggunakan paksaan dalam Memimpin dengan satu arah memperkerjakan bawahan tanpa mendengarkan bawahan

Otokratis Merupakan pemimpin yang menginginkan kekuasaan sepenuhnya dan perintah mutlak dipenuhi biasanya bersifat konservatif

Maternalistis

Demokratis

Kharismatis

Pemimpin ini Menganggap bahawannya belum dewasa, dan masih harus dilindungi. Maka mereka tidak memberi kesempatan bahawan untuk berinisiatif

Berorientasi pada manusai, dan kekuasaan terdapat di partisipasi bawahannya lebih luwes dan modern

Merupakan tipe pemimpin yang mempunyai daya tarik luar biasa untuk mempengaruhi orang lain. Memiliki inspirasi, keberanian, dan keyakinan teguh pada pendirian

Ingin menyalurkan bakat dan hobi di bidang musik dengan tambahan bonus bisa didengar orang banyak? SoundCloud bisa jadi salah satu alternatifnya. SoundCloud adalah sebuah platform distribusi suara secara online yang memungkinkan kolaborasi, promosi, dan distribusi dari rekaman suara serta memungkinkan kita untuk berbagi file suara dalam format mp3. SoundCloud pada awalnya dimulai Stockholm, Swedia, namun website ini didirikan di Berlin, Jerman pada bulan Agustus, 2007 oleh desainer suara Alex Ljung dan musisi Eric Wahlforss. SoundCloud memungkinkan setiap hasil karya kita didengar oleh banyak orang karena setiap file suara yang diunggah dalam website ini akan tersebar secara online dan tentu saja dapat dinikmati oleh berbagai orang dari seluruh penjuru dunia. Biasanya pengguna SoundCloud banyak yang berbagi hasil karyanya berupa cover version dengan ataupun tanpa iringan musik.

Bahkan ada yang mengunggah hasil eksperimen mereka berupa musik remix ala-ala DJ. Fitur utama dari SoundCloud adalah memungkinkan pengguna mengunggah musik mereka dengan URL khusus yang bisa diposting di media sosial. Terdapat pula fitur lain yaitu comment yang memungkinkan pengguna untuk bisa bertukar komentar pada setiap stream atau file audio yang didengarkan, inbox yang bisa digunakan untuk menerima dan mengirim pesan privat, like, following, groups, dan followers. Bagi pengguna, situs ini juga memberikan informasi kepada kita tentang berapa kali lagu kita diputar, berapa kali lagu kita diunduh, dan siapa saja yang berkomentar pada lagu kita. Dengan fitur-fitur ini, tidak jarang SoundCloud dijadikan sebagai wadah promosi bagi para musisi yang ingin memperkenalkan karyanya. SoundCloud juga mendistribusikan musik menggunakan widget dan aplikasi. Pengguna

dapat menempatkan widget di situs web atau blog mereka sendiri dan kemudian secara otomatis akan muncul notifikasi bahwa file audio telah diunggah. SoundCloud saat ini juga sudah dapat diakses melalui smartphone. Aplikasi SoundCloud dapat digunakan pada iPhone, iPad, BlackBerry dan smartphone lain dengan sistem operasi Android. Walaupun fitur-fitur yang terdapat dalam SoundCloud tidak jauh berbeda dengan platform sejenis seperti MySpace, tetap banyak orang yang menjatuhkan pilihannya pada SoundCloud. Untuk pemula, website ini cukup user friendly dan up to date. Jadi, bagi kalian yang mempunyai hobi bernyanyi dan ingin memperdengarkan suara kalian pada orang banyak, website ini bisa menjadi jawaban. Cukup membuka SoundCloud. com dan sign up. Selanjutnya kalian bisa langsung upload file audio kalian. Selamat mencoba! Intan Sri Setyowati


SuaraPelajar Edisi III/April 2014

18

Apresiasi Inspirasi

Kehidupan di Masa Depan ala Divergent Pemain Rilis Jenis Film Produser Produksi Sutradara

: Shailene Woodley, Theo James, Kate Winslet, Ashley Judd, ZoĂŤ Kravitz : 18 Maret 2014 (Los Angeles), 21 Maret 2014 (US) : Action, Adventure, Sci-fi : Lucy Fisher, Pouya Shabazian, Douglas Wick : Summit Entertainment : Neil Burger

Film yang diadaptasi dari novel trilogi bestseller di Amerika karangan Veronica Roth (2011) dengan judul sama ini akhirnya tayang dilayar lebar pada 21 Maret 2014 lalu. Dalam sepekan penayangannya, film ini langsung menempati posisi pertama box office. Bahkan Divergent juga disebut-sebut sebagai film adaptasi terbaik dari novel young adult, setelah seri The Hunger Games dan seri Twilight. Meskipun memang belum mengungguli dua seri besar itu. Film ini menceritakan ketika di masa depan, manusia akan dibagi menjadi lima kategori/faksi menurut kepribadian mereka masing-masing. Kelima faksi tersebut yaitu Candor (jujur), Erudite (pintar), Amity (damai), Dauntless (berani) dan

film

Source: http://themoviemash.com

Abnegation (penolong). Tapi ada satu istilah Divergent dimana seseorang tidak masuk dalam kelima kategori tersebut dan memiliki lebih dari satu kepribadian faksi yang unggul dalam dirinya. Faksi-faksi ini tidak diturunkan, melainkan seseorang yang sudah berusia 16 tahun berhak dan wajib memilih faksi mana yang menurutnya lebih cocok dengan kepribadiannya. Dengan pembagian kepribadian ini, tiap-tiap kelompok masyarakat memiliki tugasnya. Untuk mereka yang gagal dalam tes atau tidak mampu beradaptasi dengan faksinya akan dimasukkan kedalam non-faksi atau lebih cocok disebut orang buangan. Mereka tidak punya pekerjaan yang jelas dan tidak berhak memiliki tempat tinggal. Sampai suatu hari, tiba saatnya bagi Beatrice Prior atau Tris yang diperankan oleh Shailene Woodley menjalani tes kepribadian untuk memilih faksi. Hasil tes membuktikan Beatrice adalah seorang divergent (kelainan). Ia ternyata seorang abnegation, juga seorang erudite, tetapi cocok juga sebagai dauntless. Tris pun harus menghadapi fakta bahwa kategori divergent harus disingkirkan. Hal ini dikarenakan menurut Jeanine Matthews (Kate Winslet) kategori Divergent bisa membahayakan keseimbangan

antar faksi. Nasib terburuk jika seseorang diketahui sebagai divergent adalah mati. Tris pun harus merahasiakan hal ini dari siapapun. Beatrice akhirnya memilih dauntless, golongan yang ia kagumi sejak kecil. Untuk bisa diterima kaum dauntless, Beatrice, yang kemudian berganti nama menjadi Tris, dan juga temantemannya harus menghadapi inisiasi yang sangat berat. Dalam masa inisiasi tersebut Tris memiliki hubungan asmara dengan Four (Theo James) seorang mentornya di dauntless yang ternyata adalah seorang divergent. Namun, tantangan dalam inisiasi tidak berarti bagi Tris. Ujian sesungguhnya adalah ketika ia harus menyelamatkan bekas kaumnya, abnegation, dari pembantaian erudite. Lalu akankah dia bertahan dengan keadaan tersebut? Film ini sangat menarik. Karena selain menceritakan kegalauan remaja ketika harus bisa memilih pilihan yang akan menentukan hidupnya, Divergent juga memberikan nilai-nilai dalam kehidupan seperti fearless, friendship dan kekeluargaan. Selain itu film ini juga dikemas dengan action yang memukau. Ayo sisihkan uang jajanmu untuk menikmati fim yang satu ini, dijamin tidak akan menyesal! Intan Sri Setyowati

Indonesia Youth Forum 2014 dan Forum Pelajar Indonesia ke-6 Setelah melalui proses seleksi yang ketat, akhirnya terpilih 250 muda-mudi dari seluruh Indonesia yang akan berangkat ke Wakatobi, Sulawesi. Para peserta yang terpilih ini telah menggagas sebuah proyek sosial di lingkungan dan daerah masing-masing. Sementara dalam forum ini, para peserta akan dikumpulkan untuk berkontribusi lebih dalam lagi dalam mewujudkan proyek sosial yang berdampak untuk Indonesia.

Untuk sobat SuPer yang penasaran dengan IYF dan tidak bisa mengikuti acara tahun ini, tenang saja. Tahun depan IYF akan hadir kembali. Jangan lupa siapkan proyek sosial dan pastikan usia kamu berada pada rentang 17-21 tahun ketika mendaftar dan mengikuti acara ini sampai selesai. Indonesia Student and Youth Forum (ISYF)

FOR 2014 FOR tahun ini akan diadakan di Jakarta pada 13-17 Agustus 2014. Tema yang diusung adalah Bangga Menjadi Indonesia. ISYF mendapuk tema ini sebagai bentuk apresiasi terhadap manusia Indonesia. Sebagai seseorang yang tumbuh dalam negara Indonesia, kita harus bangga terhadap kekayaan dan karya-karya yang diciptakan oleh bangsa kita sendiri.

Indonesia Youth Forum (IYF) telah diadakan sejak tahun 2012. Untuk tahun ketiga ini, tema yang diangkat adalah The Role of Youth: Action on Preserving Heritage and Marine Tourism Sustainability. Tema ini dipilih karena Indonesia Student & Youth Forum (ISYF) sebagai pihak penyelenggara merasakan pentingnya untuk menjaga kekayaan sejarah dan meningkatkan pariwisata kelautan. Tentu kita ingat bahwa Indonesia adalah negara kepulauan dengan potensi maritim yang kaya. IYF 2014 akan diadakan pada tanggal 22-24 Mei 2014. Acara-acara yang akan dilalui para peserta di Wakatobi nanti antara lain diskusi dalam forum, coaching clinic, tinggal bersama dengan Suku Bajau, aksi korporasi, hingga bertemu dengan tokoh-tokoh besar yang kompeten di bidang maritim dan kekayaan alam.

bakatnya dalam beragam bentuk proyek dan karya. Contohnya saja Tabloid Suara Pelajar ini yang diketuai oleh salah satu alumni FOR dari Padang, Sumatera Barat.

kembali mengadakan Forum Pelajar Indonesia 2014 (FOR). Saat ini adalah tahap pendaftaran peserta untuk hadir dalam forum pelajar terbesar di Indonesia ini. Pendaftaran akan ditutup pada tanggal 20 Mei 2014. Tahun ini, FOR sudah masuk ke angkatan enam. Alumninya tersebar di seluruh Indonesia dan mereka ikut dikembangkan minat

Acara ini khusus diadakan untuk pelajar SMA/ SMK/MA. Kamu hanya perlu mengirimkan lima foto karya sendiri bertema Pesona Indonesia di Daerahku lalu mengikuti program Koin Pelajar yang digagas juga oleh ISYF. Akan ada banyak kegiatan dalam FOR tahun ini antara lain dialog dengan para petinggi negri, workshop ketrampilan, bakti sosial, pentas budaya, dan lain-lain. Dalam acara ini sobat SuPer akan mendapat banyak pengalaman dan membangun relasi dengan pelajar-pelajar di seluruh Indonesia.

SuaraPelajar Apresiasi Inspirasi


REKRUTMEN TERBUKA KORESPONDEN Hai sobat SuPer! TABLOID

Caranya: 1. Berikan contoh tulisan dan foto bertema: - Sekolah / Daerah asal / Liputan event (pilih salah satu) - Tulisan terdiri dari 300 kata. Foto dan tulisan digabung dalam 1 file Microsoft Word (docx., doc.) 2. Lampirkan scan/foto Kartu Pelajar pada email 3. Tuliskan pada body email: nama, cita-cita, motivasi bergabung 4. Kirimkan ke alamat email suarapelajar_isyf@gmail.com dengan subjek GABUNG_SUPER_NAmA Manfaat yang bisa kamu dapat: 1. Sertifikat 2. Ikut serta dalam pelatihan pers 3. Pengalaman menulis di media pelajar nasional 4. Bergabung dalam jaringan pelajar se-Indonesia Kamu yang beruntung menjadi koresponden kami akan mengisi berbagai rubrik di Tabloid Suara Pelajar selama tahun 2014. Tertarik? Ayo buruan daftar! Ditunggu sampai 30 Mei 2014

Profile for Indonesia Student & Youth Forum

Suara Pelajar #3  

Suara Pelajar adalah ruang kreatif berbentuk free-magazine yang dibuat oleh Indonesia Student and Youth Forum (ISYF) bekerjasama FISIPers Un...

Suara Pelajar #3  

Suara Pelajar adalah ruang kreatif berbentuk free-magazine yang dibuat oleh Indonesia Student and Youth Forum (ISYF) bekerjasama FISIPers Un...

Profile for isyf
Advertisement