__MAIN_TEXT__

Page 1

check out our issuu page

CENTER #4

Majalah ketekniksipilan oleh HMS-FTSP ITS


CEN Salam Redaksi Halo! Apa kabar mahasiswa sipil? Pertama-tama, kami segenap tim redaksi mengucapkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan izin-Nya kami dapat menerbitkan majalah CENTER edisi ke #4. Pada kesempatan ini, majalah CENTER tidak hanya membahas kegiatan kampus atau pun hal yang berkaitan dengan teknik sipil secara umum. Majalah CENTER edisi ke #4 akan membahas beberapa permasalahan yang akhir-akhir ini menjadi topik hangat di beberapa kalangan. Tentunya akan ada pembahasan hal yang berkaitan dengan kondisi pandemic saat ini. Kami, Departemen Media, Data, dan Informasi HMS FTSP ITS terutama tim redaksi mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan dukungannya dalam penyusunan majalah CENTER edisi ke #4 ini. Akhir kata, kami berharap majalah ini dapat bermanfaat bagi seluruh pihak dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Selamat membaca!


TER Tim Redaksi

Writer

Layouter

Adya Muhammad Feruzzi Firda Aurellia Darmawan Nilamsari Patricia Mayang Srie Harnanda B R

Anang Setyo Aji Widodo Isidorus Yobel Pandit Widyasa Rafi Cakasana Danu Ega


Daftar Isi

6

Road Show KJI-KBGI

14

Mengenal Macam-macam Software Teknik Sipil

MAMAH

16

Peluncuran Roket Swasta Crew Dragon

20

10

Bagaimana Indonesia Maju

Karyarenjana

Perbedaan Teknik Sipil dan Arsitektur

18 24


28

Peran Teknik Sipil dalam Pandemi Covid-19

30

34

Pengaruh Kebijakan Refocusing Pada Proyek Indonesia

HMS Peduli

Apakah Semua Orang Punya Privilege?

36

Daftar Prestasi Mahasiswa Teknik Sipil ITS 2019 / 2020

32

Mengenal Podcast

38


6

PERGERAKAN HMS

ROADSHOW KJI-KBGI

ROADSHOW KJI-KBGI

Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) dan Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia (KBGI) merupakan suatu kompetisi yang melombakan desain atau rancangan jembatan dan bangunan gedung. Kompetisi yang diadakan setiap tahun ini diikuti oleh mahasiswa jurusan teknik sipil dari perguruan tinggi di Indonesia. KJI akan memperebutkan Piala Reka Cipta Titian Indonesia dan Reka Cipta Griya Indonesia dari Menteri Pendidikan Nasional.

HMS FTSP ITS

Pada kompetisi 2019 lalu, kontingen ITS berhasil meraih juara umum pada kedua bidang kompetisi tersebut. Untuk KJI, ITS diwakili oleh Rif’at Arya Samboga dan Rizki Rahman Robbani yang tergabung dalam Tim Octagon. Jembatan “Rakendo” yang didesain oleh keduanya mampu menyabet juara pertama untuk bidang jembatan pelengkung.


CENTER #4

Sementara itu, Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia (KBGI) yang diwakili oleh Tim Afirmasi Cakrawala mampu melahirkan kembali gelar Juara Umum yang telah diraih pada tahun 2017. Tim dari Departemen Teknik Sipil dengan anggota Muhammad Anhar Prakoso, Virliana Amanda, Mohammad Ryan Rama Albertino, Ahnaf Syarif, serta Damang Galuh ini juga memperoleh tiga juara kategori. Yakni kategori Kinerja Struktural, kategori Kesesuaian Implementasi Terhadap Desain, dan kategori Kinerja Seismik Bangunan 12 lantai. Melihat prestasi luar biasa pada tahun lalu tentu kita ingin mempertahankannya. Untuk itu Divisi CITRA HMS mengadakan kegiatan Roadshow KJI-KBGI. Bersama Tim Afirmasi Cakrawala serta Prof. Tavio selaku dewan juri KJI-KBGI 2019, Divisi CITRA HMS memperkenalkan kompetisi tersebut serta menjelaskan hal apa saja yang perlu dipersiapkan kepada Mahasiswa Teknik Sipil 2019 – 2017 yang ingin mengikuti kompetisi tersebut. Hal yang paling dibutuhkan pastinya adalah ilmu-ilmu dasar yang mampu menunjang seperti, mekanika teknik, mekanika bahan, mata kuliah struktur yang umum. Ada pun ilmu tentang baja ductile dan ilmu jembatan pada semester 6. Selebihnya kembali pada skill lapangan yang akan dilatih saat persiapan.

KBGI terbagi menjadi KBGI 2 lantai dan 12 lantai. Untuk bangunan gedung 12 lantai ini merupakan intrepetasi bangunan tinggi, model dari 2 lanti bisa dimodelkan di 12 lantai itu. Perbedaanya ada pada dimensi skala, dan materialnya, untuk 12 lantai digunakan kayu balsa. Ada pun software penunjang yang dapat digunakan adalah SAP2000 Analisa Struktur untuk perhitungan struktur bangunan, dan pembuatan video dengan Lumion untuk visualisasi nyata, serta SketchUp untuk pemodelan bangunan.

7


8

PERGERAKAN HMS

ROADSHOW KJI-KBGI

Pada KJI terbagi menjadi tiga yaitu Jembatan Rangka Baja Jalan Raya Berskala, Jembatan Model Pelengkung, dan Jembatan Model Cable Stayed. Tahun 2019 lalu, kontingen ITS berhasil menjadi finalis KJI Jembatan Pelengkung. Hal menarik dari jembatan pelengkung adalah bahan yang digunakan berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana sebelumnya menggunakan kayu rotan, dan di tahun 2019 menggunakan baja dingin. Pengerucutan tim juga membuat menarik dan menjadi tantangan tersendiri. Pada tahun sebelumnya pun masih belum ada yang lolos menjadi finalis untuk jembatan pelengkung, dan tahun 2019 tersebut merupakan jalan pembuka untuk kontingen pada tahun berikutnya.

HMS FTSP ITS

Bagi kamu yang ingin menjadi bagian dan berprestasi dalam KJI-KBGI, persiapkan apa yang harus disiapkan. Pahami kembali mata kuliah dasar yang menunjang kebutuhan desain jembatan atau gedung. Latih skill kalian dalam menggunakan software penunjang seperti SAP200 dan MIDAS untuk perhitungan. Pelajari pengunaan Corewldraw, Photoshop, Ms Word, dan Adobe untuk keperluan proposal. Serta untuk desain gambar kerja AUTOCAD, TEKLA, dan sebagainya.


CENTER #4

Pelajari pembuatan proposal yang baik dan benar karena proposal merupakan kunci untuk lolos. Dari bobot penilaian, proposal sebesar 15% dan nilai proposal akan terus mengikuti sampai akhir. Serta bobot nilai presentasi sebesar 10%, sisanya ditentukan saat final.

Selain proposal, kunci lolos menjadi finalis KJI-KBGI tentu adalah niat dan tekad yang kuat. Bentuk tim yang idel dengan saling menjaga koordinasi, dan mampu mengisi kekurangan masing-masing. Jika kamu belum mempunyai anggota tim tapi berniat mengikuti KJI-KBGI, kamu bisa menghubungi Divisi CITRA HMS.

9


10

KETEKNIKSIPILAN

MENGENAL MACAM-MACAM SOFTWARE TEKNIK SIP

MENGENAL MACAM-MACAM SOFTWARE TEKNIK SIPIL Sebagai mahasiswa, pemahaman teori yang cukup, kita juga butuh keterampilan, terlebih zaman serba cepat seperti sekarang, software mudah dan cepat untuk diselesaikan. Jadi, mempelajari beberapa software berikut.

HMS FTSP ITS

diberikan oleh dosen saja rasanya tidak keterampilan dalam menggunakan. Pada sangat membantu pekerjaan menjadi lebih tidak ada salahnya kita mencoba untuk


CENTER #4

PIL

11

SOFTWARE MENGGAMBAR

AutoCAD

adalah salah satu software yang bisa digunakan untuk pengerjaan gambar 2D mau pun 3D. Pada dunia teknik sipil, AutoCAD biasa digunakan untuk menggambar desain bagunan mulai dari gambar arsitektur, DED (Detail Engineering Design), Shop drawing, hingga As Built Drawing. Autocad ini juga terintegrasi dengan software analisis struktur seperti TEKLA, SAP 2000, STAAD Pro.

M SketchUp

adalah software 3D modelling yang ringan dan mudah digunakan jika dibandingkan dengan AutoCAD. Software ini juga biasa digunakan oleh siswa smk kejuruan gambar bangunan untuk membuat bentuk 3D dari suatu bangunan. Banyak open source plugin yang mendukug dan melengkapi kinerja SketchUp seperti V-Ray dan Lumion untuk menghasilkan kualitas rendering yang sangat baik. Terdapat pula fitur import file ke ekstensi Autodesk 3Ds MAX, AutoCAD, Google Earth.

Autodesk Civil 3D

merupakan software yang dikembangkan dari AutoCAD. Biasanya software ini digunakan untuk pengerjaan perancangan geometric jalan. Bagi kita yang tertarik dengan bidang perhubungan seperti jalan raya, kereta api dan sebagainya, software ini wajib kita pelajari. Kelebihan dari software ini adalah konsep Dynamic Modelling yang dimilikinya. Dynamic Modelling adalah suatu konsep integrated proses desain, dimana jika kita melakukan perubahan saat mendesain maka secara otomatis akan meng-update ke seluruh proses desain yang berkaitan. Sehingga kita dapat menghemat waktu pengerjaan.

3Ds MAX adalah software animasi 3D

yang bisa membantu mu untuk membuat presentasi berupa video animasi. Keunggulan dari software ini adalah mampu memberikan kesan material seperti aslinya, misalnya material kayu, batu, dan pengaturan efek cahaya dan bayangan. Tapi kesulitan dari software ini adalah saat pengaturan kamera.


12

KETEKNIKSIPILAN

MENGENAL MACAM-MACAM SOFTWARE TEKNIK SIP

SOFTWARE ANALISIS STRUKTUR

SAP 2000.

Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan software ini, terlebih yang sudah mendapatkan mata kuliah analisa struktur. Software ini bisa kita gunakan untuk desain gedung, jembatan atau struktur apapun yang dibuat permodelannya. Kita dapat menghitung momen mekanika teknik pada sebuah struktur bangunan, untuk hasil output suatu konstruksi beton adalah luas tulangan yang dibutuhkan, sehingga kita dapat menghitung jumlah dan dimensi tulangannya. Ada pun software yang mirip seperti SAP 2000 diantaranya STAAD Pro dan MIDAS Civil juga bisa menjadi pilihan software yang ingin kita pelajari

HEC-RAS. Bagi kita yang berminat

dengan bidang air, software ini dapat membantu kita untuk menganalisa aliran pada saluran terbuka 1D. Untuk desain secara umum kita tidak memerlukan data hidraulika 3D, maka software ini memiliki akurasi yang cukup baik di lapangan, kecuali jika digunakan untuk bangunan air. Ada pun software serupa yaitu HEC – HMS yang bisa digunakan untuk analisa curah hujan, hidrograf banjir, dsb. (http://mandrivanet.blogspot.com/2016/10 /mengenal-software-aplikasi-yang.html?m =1)

HMS FTSP ITS

ETABS

(Extended Three Analysis Building System) lebih dikhususkan untuk struktur hig-rise building seperti gedung dengan ketinggian dan luas tapak tertentu. Software ini digunakan untuk melakukan analisa, desain dan pengecekan terhadap struktur bangunan.

SOFTWARE GEOTEKNIK

Plaxis.

Program ini bekerja berdasarkan metode elemen dua dimensi yang digunakan secara khusus untuk menganalisis deformasi dan stabilitas utuk berbagai aplikasi dalam bidang geoteknik, seperti daya dukung tanah. Program ini pun menghasilkan respon yang dapat diasumsikan sebagai cerminan dari kondisi yang sebenarnya terjadi di lapangan, karena kondisi lapangan yang disimulasikan ke dalam program ini bertujuan untuk mengimplementasikan tahapan pelaksanaan di lapangn ke dalam tahapan pengerjaan pada program.


CENTER #4

PIL

13

SoilVision

digunakan untuk stabilitas lereng, rembesan tak jenuh, t e g a n g a n / d e f o r m a s i , pembekuan/pencairan, dan perangkat lunak berdasarkan data tanah. Perangkat ini juga digunakan dalam industry pertambangan, energy, arktik, dan nuklir untuk merancang bendungan tanah besar, konsolidasi tailing tambang. Software ini menganalisis dengan mempertimbangkan iklim dan aliran tidak jenuh. (https://www.bentley.com/en/products/br ands/soilvision)

GEO 5

merupakan salah satu program geoteknik yang dapat membantu dalam mengerjakan perhitungan stabilitas tanah terhadap guling, geser, overburden pressure, tekanan Uplift, serta analisis dimensi dinding penahan tanah.

SOFTWARE PEMETAAN

Global Maper adalah software

geospasial yang bisa digunakan untuk meng-convert dan mengelola dana raster dan vector, mengakses peta topografi, menghitung jarak dan luas dengan akurat. Dimana fungsi tersebut dapat membantu kita dalam pengerjaan pemetaan, geomterik jalan, menentukan

SOFTWARE MANAJEMEN PROYEK

Microsoft Project.

Software ini digunakan untuk melakukan perencanaan , pengelolaan, pengawasan dan pelaporan data dari suatu proyek. Keunggulan Microsoft Project adalah mampu menangani perencanaan suatu kegiatan, pengorganisasian dan pengendalian waktu serta biaya yang mengubah input data menjadi sebuah output data sesuai tujuanya.

Primavera Project Planner

merupakan software yang serupa dengan Microsoft Project. Kelebihan dari Primavera Project Planner adalah pada saat tahap pengontrolan, dimana software ini akan memberikan data analisa yang lebih akurat. Dengan program ini kita juga dapat bekerja secara Multi Project, sehingga kita dapat melakukan tracking resource/cost by project portofolio.


14

PERGERAKAN HMS

MAMAH

MA MAH HMS FTSP ITS


CENTER #4 Departemen Profesi dan Keilmiahan atau Profkil melalui program kerjanya “MAMAH” pada awal Bulan Mei lalu mengadakan sebuah acara dalam membantu para mahasiswa S1 Teknik Sipil ITS memahami materi, dalam hal ini karya tulis ilmiaha. Walaupun pandemi masih menyerang negara kita tercinta, hal tersebut tidak menghalangi Departemen Profkil megadakan acara “MAMAH”. Acara ini dia-

dakan secara online melalui sebuah aplikasi konferensi video, Zoom. Pembicara yang tentunya sangat menginspirasi pun juga turut diundang, yaitu Virliana Amanda (S59) dan Dimas Dzaky Alhadi (S60) yang merupakan finalis sekaligus perwakilan ITS dalam PIMNAS 32 tahun 2019. Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional atau yang disingkat PIMNAS ini merupakan sebuah kompetisi keilmiahan paling bergengsi di dunia perguruan tinggi. Apabila kalian belum mengetahui mengenai kompetisi ini, itu berarti kalian belum officialy seorang mahasiswa. Akan tetapi untuk sampai pada tahap PIMNAS, kalian harus terlebih dahulu lolos seleksi PKM. PKM atau singkatan dari Program Kreativitas Mahasiswa adalah sebuah wadah dalam bentuk kompetisi yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu

dan teknologi yang telah dipelajarinya diperkuliahan kepada masyarakat luas. Pada tahun 2019, kompetisi ini melombakan berbagai kategori pelombaan yang dibagi menjadi tiga jenis PKM yaitu, PKM 5 Bidang, PKM Karya Tulis atau disingkat PKM-KT, dan PKM Gagasan Futuristik Konstruktif atau disingkat PKM-GFK. Setiap jenis PKM ini kemudian diuraikan kembali menjadi beberapa kategori perlombaan dengan masing-masing kriteria penilaiannya. PKM 5 Bidang terdiri dari, PKM-Penelitian (PKM-P), PKM-Pengabdian Masyarakat (PKM-M), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Teknologi (PKM-T), dan PKM-Karsa Cipta (PKM-KC). Sedangkan untuk PKM-KT terdiri dari, PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI) dan PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT).

Pada acara ini kedua pembicara selain memberikan materi, Viriliana Amanda (S59) dan Dimas Dzaky Alhadi (S59) pun memberikan catatan-catatan penting untuk para peserta apabila ingin mengikuti PIMNAS 33 di tahun 2020. Seperti dalam membentuk sebuah tim haruslah ideal, dimana setiap anggotanya memiliki keahliannya masing-masing sesuai dengan apa yang dibutuhkan dalam perlombaan itu dan yang penting mau belajar. Selain itu dalam hal manajemen waktu, ketika kita akan mengikuti sebuah perlombaan tidak berarti akademik terbengkalai. Kedua hal tersebut dapat dilakukan secara bersamaan, dalam artian memanfaatkan waktu yang ada sebaik mungkin. Pagi hari kita menjalankan tanggungjawab sebagai seorang mahasiswa, maka malamnya atau ketika ada jam kosong sebaiknya digunakan untuk mempersiapkan lomba yang akan kita ikuti. Menarik sekali bukan acaranya!

15


16

KETEKNIKSIPILAN

PERBEDAAN TEKNIK SIPIL DAN ARSITEK

PERBEDAAN TEKNIK SIPIL DAN ARSITEK Kebingungan yang tak kunjung usai adalah ketika orang awam mencoba membedakan Teknik Sipil dan Arsitektur. “Arsitek� berasal dari Latin architectus, dan dari bahasa Yunani: architekton (master pembangun), arkhi (ketua), dan tekton (pembangun, tukang kayu). Arsitek seringkali diartikan sebagai seorang perancang bangunan, orang yang terlibat dalam perencanaan, merancang, dan mengawasi konstruksi bangunan.

Definisi diatas kuranglah tepat karena lingkup pekerjaan seorang arsitek sangat luas, mulai dari lingkup interior ruangan, lingkup bangunan, lingkup kompleks bangunan, sampai dengan lingkup kota dan regional. Maka, definisi yang sesuai untuk Arsitek adalah seorang ahli di bidang ilmu arsitektur, ahli rancang bangun atau lingkungan binaan. Apabila membahas perbedaan, tentunya akan muncul pertanyaan apakah Teknik Sipil itu? Teknik Sipil adalah ilmu teknik yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, merenovasi tidak hanya gedung dan infrastruktur, tetapi juga mencakup lingkungan untuk kemaslahatan hidup manusia.


CENTER #4

Seorang ahli Teknik Sipil bertugas memperhitungkan kuatnya suatu konstruksi bangunan yang akan dibangun. Teknik Sipil dikembangkan sejalan dengan tingkat kebutuhan manusia dan pergerakannya, hingga bisa dikatakan ilmu ini bisa mengubah sebuah hutan menjadi kota besar. Teknik Sipil memiliki 5 bidang yakni Bidang Struktur, Geoteknik, Hidrologi, Manajemen Konstruksi, dan Transportasi. Luasnya bidang Teknik Sipil ini membuatnya sangat fleksibel di dalam dunia kerja. Profesi yang didapat dari seorang ahli bidang ini antara lain: perancangan/pelaksana pembangunan/pemeliharaan prasarana jalan, jembatan, terowongan, gedung, bandar udara, lalu lintas (darat, laut, udara), sistem jaringan kanal, drainase, irigasi, perumahan, gedung, minimalisasi kerugian gempa, perlindungan lingkungan, penyediaan air bersih, survey lahan, konsep finansial dari proyek, manajemen projek dan sebagainya. Jadi, perbedaan dari Arsitektur dan Teknik Sipil, terletak pada posisi ahlinya masing-masing dalam sebuah proyek. Arsitek menyumbangkan rancangan, ide, kemungkinan pelaksanaan pembangunan di atas kertas. Hasil rancangan tersebut diestafetkan kepada ahli Teknik Sipil untuk pelaksanaan pembangunan.

17

Ahli Teknik Sipil tetap akan melakukan perbaikan/saran dari hasil perencanaan, koordinasi dalam proyek, dan mengamati jalannya proyek agar sesuai dengan perencanaan. Selain itu, ahli Teknik Sipil juga membangun konsep finansial dan manajemen proyek atas hal-hal yang memengaruhi jalannya proyek. Perbedaan diantara kedua profesi itu, membuat ahli Teknik Sipil dan Arsitektur tidak bisa berjalan sendiri-sendiri dalam proyek. Apa jadinya jika ada proyek yang berjalan tanpa rencana atau rencana yang tidak dilaksanakan? Akan berantakan, pastinya.


18

UMUM

PELUNCURAN ROKET SWASTA CREW DRAGON

PELUNCURAN ROKET SWASTA CREW DRAGON Pada tanggal 28 Mei 2020, lembaga pemerintah milik Amerika Serikat NASA berkolaborasi dengan perusahaan swasta SpaceX untuk mengantarkan 2 astronaut mereka menuju ke luar angkasa melalui misi Commercial Crew Program. Peluncuran roket SpaceX kali ini dapat dibilang salah satu peluncuran roket bersejarah, dikarenakan untuk pertama kalinya perusahaan swasta seperti SpaceX bekerja sama dengan lembaga pemerintah untuk mengirim astronaut ke orbit. Peluncuran ini juga menjadi yang pertama kali setelah sembilan tahun lalu kapal-kapal perusahaan tersebut dipensiunkan setelah berhasil mengirim kru dari wilayah Amerika Serikat.

HMS FTSP ITS


CENTER #4

19

Sebelumnya, apa itu Crew Dragon dan mengapa peluncuran Crew Dragon itu penting? Crew Dragon atau Kru Naga merupakan pesawat luar angkasa yang akan membawa astronaut NASA ke ISS atau International Space Station pada hari Kamis, 28 Mei 2020. Pesawat ini adalah evolusi dari pesawat luar angkasa Dragon atau Naga, yang dibuat untuk mengangkut kargo ke ISS. Kru Naga dirancang untuk membawa paling banyak tujuh penumpang, tapi penerbangan NASA ini akan membawa empat astronot, dan sisanya dipakai untuk kargo pasokan. Pesawat ini dilengkapi dengan pendorong yang memungkinkannya bermanuver di ruang angkasa dan akan menempel di ISS dengan kendali otonom. Tidak seperti pesawat luar angkasa lainnya yang dirancang untuk manusia, kabin kru dilengkapi kontrol layar sentuh, menggantikan tombol-tombol konvensional. Sejak pesawat ulang alik dipensiunkan pada 2011, Nasa telah membayar Rusia puluhan juta dollar untuk mengangkut para astronotnya dalam pesawat luar angkasa Soyuz. Peluncuran Kru Naga dari Florida menandakan peluncuran manusia pertama dari Amerika Serikat dalam sembilan tahun terakhir. Peluncuran ini dipandang penting untuk mengembalikan gengsi AS dalam penerbangan luar angkasa dengan membawa astronot. Ini juga pertama kalinya sebuah perusahaan swasta membawa astronot ke orbit.

Astronot yang akan berangkat adalah Bob Behnken dan Doug Hurley. Mereka terpilih pada tahun 2000 dan masing-masing telah berangkat ke luar angkasa dua kali dengan memakai pesawat ulang alik. Mereka adalah bagian dari korps astronot Nasa yang paling berpengalaman, dan keduanya dilatih sebagai pilot tes--peran yang penting karena mereka mengendarai pesawat luar angkasa baru ini melalui tahapan-tahapannya. Hurley telah menghabiskan total 28 hari dan 11 jam di luar angkasa, sementara Behnken telah mengantongi total 29 hari dan 12 jam, termausk 37 jam berjalan di luar angkasa. Istri-istri kedua pria ini juga astronot. Pesawat luar angkasa yang dirancang untuk membawa astronot harus melalui sebuah proses untuk memastikan keamanan operasinya. Peluncuran ini pada dasarnya tahap akhir dalam proses validasi tersebut. Begitu mengorbit, Behnken dan Hurley akan menguji sistem kendali lingkungan, layarlayar, kendali, dan pendorong manuver Kru Naga. Mereka akan memonitor sistem pengaitan otonom saat mendekati stasiun luar angkasa, di mana mereka akan menjadi anggota kru ISS. Di pos orbit, mereka akan lanjut menguji Kru Naga dan melakukan tugas-tugas lainnya yang berkaitan dengan ISS. Saat sudah waktunya pulang ke Bumi, Kru Naga akan turun dengan parasut ke Samudera Atlantik. Kapsul dan kru kemudian akan dijemput kapal bernama Go Navigator.

Jika misi Kru Naga Demo-2 sukses, SpaceX akan lanjut dengan enam misi “operasional� ke ISS, yang wajib dilaksanakan oleh mereka berdasarkan kontrak US$2,6 miliar yang telah ditandatanganinya bersama Nasa. Boeing juga menandatangani kontrak serupa dengan nilai 4,2 milyar dollar AS untuk membawa kru ke ISS dengan memakai pakaian CST-100 Starliner.


20

UMUM

BAGAIMANA INDONESIA MAJU

BAGAIMANA

INDONESIA KEDEPAN

DI DUNIA INTERNATIONAL

Pada setiap abad sesudah maupun sebelum masehi pasti memiliki penguasa dan konflik antara kekuatan yang sedang berkuasa. Abad-21 ini memiliki suatu percepatan terhadap perkembangan teknologi.Perkembangan teknologi yang sangat berkembang adalah teknologi informasi, digital dan komputasi. Teknologi tersebut dapat sebagai pemicu konflik besar yang ada di dunia internasional. DI belahan bumi ini memiliki berbagai kekuatan yang sedang aktif dan pasif. Kekuatan besar yang sedang berkonflik akhir akhir ini adalah Amerika Serikat dan Republik Rakyat Tiongkok. Dua kekuatan ini memikiki kepentingan akan mendominasi dunia internasional agar dapat menjadi penguasa total akan segala sumber daya yang ada di dunia. Pasti kita bertanya tanya, “Kenapa terjadi konflik untuk dendominasi?�

HMS FTSP ITS


CENTER #4

Dan disitulah amerika mendominasi atas Militer atas tumbangnya Unisoviet, Keuangan ketika memenangkan perang dunia pertama dan Perdagangan karena perindustrian amerika yang sangat menggurita pada masa itu. Dari kejadian tersebut pendudukan wilayah mulai tersebar dibelahan bumi manapun dan di suatu kominitas tertentu memiliki perkembangan secara sosial, politik, ideologi dan teknologi secara berbeda. dimana hal sertebut sangat berpengaruh dengan keadaan eksisting saat ini. Kita lihat satu abad kebelakang terdapat 2 peperangan besar yang sudah terjadi dan dalam peperangan menjadikan amerika, unisoviet dan inggris sebagai negara yang mendominasi dan mengatur pergerakan dunia internasional. Ketika inggris memenangkan perang, mereka memerdekakan daerah jajahannya, unisoviet dengan daerah kekuasaan yang luas dan amerika sebagai pemegang kontrol atas sistem dunia. Ketike kedua negara yang paling bertaring yaitu amerika serikat dan unisoviet menguasai dunia internasional, terdapat ketidak puasan atas apa yang mereka raih dan amerika pun menganggap unisoviet juga sebagai treat. Dimana amerika berusaha bertahun tahun menjalankan proksi cold war untuk unisoviet dan menggempur habis-habisan dibawah pimpinan Ronald Ragen.

Bagi dunia internasional segala pendudukan atas suatu wilayah, bangsa dan kekayaan alam tertentu pasti tidak jauh dari penguasaan secara ekonomi. Hal yang mendukung penguasaan secara ekonomi antara lain: • • • • •

Military Domination Currency Domination Trade Domination Sovereign wealth fund Domination Geographic Domination

dari kelima poin yang mudah sekali bergeser tanpa melakukan perang dan pergerakan yang besar hanyaklahh military domination, currency domination dan trade domination. dimana 2 yang lain adalah kekayaan negara masing masing

21


22

UMUM

BAGAIMANA INDONESIA MAJU

Pergeseran kekuasaan dalam dunia internasional sangat sukar untuk begeser tetapi momentum pada awal abad ini sangatlah hebat, dimana tiongkok selama 3 dekade mencoba merangkak dari bawah dalam bidang trade, dimana puncahnya setengah dekade ini dalam menggeser amerika dalam bidang industri melalui inovasi tiongkok dalam berbagai industri. Dimana semua tiongkol mulai bertaring dengan strategi yang sangat hebat. Menggunakan plam besar bernama Belt Road Initiative yang sudah mulai dirancang. Plan ini merupakan strategi pembangunan global untuk melancarkan perdagangan mereka yang melibatkan pembangunan dan investasi dalam bidang insfrastruktur. Dalam hajat hidup dunia internasional tidaklah jauh dari perekonomian. Dimana ketika ada suatu pergerakan ekonomi selalu dibarengi dengan penjagaan militer. Dalam hal ini tiongkok memulai membangun kegiatan pembangunan militer mereka dicantumkan dari data Global Fire Power Tiongkok mencatat memiliki 2,3 juta tentara 1230 buah pesawat tempur 9150 tank dan 68 buah kapal selam serta memiliki sebuah kapal induk. Dari data tersebut bisa dilihat tiongkok tidak main main dalam penguasaan perdagangan dunia. Kita akan berpikir sekali lagi, "APAKAH NEGARA KESATUAN INDONESIA AKAN BISA BERTARING MENANDINGI TIONGKOK DAN AMERIKA?!" Dan terjawab dengan Indonesia sangat bisa bertaring menandingi tiongkok dan amerika serikat. Indonesia memiliki potensi akan dominasi letak geografis dan kekayaan alam yang sangat melimpah.

HMS FTSP ITS


CENTER #4

Kita bahas mulai dari letak geografis terlebih dahulu, indonesia memiliki selat malaka dalam peta dunia. Dikutip dari data julnalmaritim.com 40 % dari total perdagangan china melewati Laut China Selatan, dan dapat dipastikan sebagian besar melewati selat malaka. Dan jika terjadi ganguan blokade maritim akan melewati selat sunda dan lombok. Dan fakta secara realita Indonesia menguasai sebagian dari selat Malaka (dan selat Singapura), dan menguasai secara penuh Selat Sunda dan Selat Lombok. Ini merupakan hal yang sangat menguntungkan bagi indonesia yang berdaulat atas laut yang dimilikinya. Yang kedua tentang SWF yang dimiliki indonesia, memiliki fungsi untuk stabilisasi ekonomi, terutama meningkatkan investasi dan tabungan masyarakat. Dimana kebanykan merupakan kekayaan sumber daya mineral yang dapat dieksploitasi secara masive oleh indonesia yang jqrang dimiliki negara lain secara besar. Dan ini merupakan hak secara penuh indonesia dalam membangun perekonomian dan dapat mendominasi dunia internasional dengan hal tersebut.

Dari tulisan saya diatas, indonesia dapat mendominasi dunia dengan 2 potensi nasional yang berdampak dan dibutuhkan dunia internasional. Kemakmurkan rakyat negara kesatuan republik indonesia dapat terjamin akan hal tersebut tetapi harus dibarengi dengan langkah strategis seperti pembangunan insfrastruktur militer yang memumpuni untuk menjaga kedaulatan negara. Kekuatan armada militer indonesia harus terlebih dahulu mendominasi dan diakui kekuatannya oleh dunia internasional. Memegang ideologi negara dan memegang teguh cita cita luhur sangat dan harus dipegang erat oleh segenap jiwa raga yang berpijak di negri ini. Semoga tulisan saya menjadikan kita sadar akan kekuatan bangsa kita dan memiliki kedaulatan atas diri kita. Menjadikan indoensia yang bertaring di dunia, berdaulat dan memiliki rasa persatuan. Terimakasih

23


24

PERGERAKAN HMS

KABINET KARYARENJANA

KABINET KARYARENJANA HMS FTSP ITS


CENTER #4

Apasih Karyarenjana itu? Mengapa Karyarenjana dipakai untuk nama kepengurusan Himpunan Mahasiswa Sipil? Kata yang kurang familiar ini mungkin membuat kita bingung dengan artinya. Menurut KBBI, arti Karyarenjana sendiri diambil dari kata “karya” yang artinya hasil perbuatan dan “renjana” yang artinya rasa hati yang kuat seperti rindu, cinta kasih, bergairah, dan sebagainya. Maka, Karyarenjana dapat diartikan sebagai rasa bergairah yang kuat dalam berkarya. Karyarenjana menunjukkan bahwa Himpunan Mahasiswa Sipil dapat berkarya dengan sepenuh hati sehingga menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Tak hanya dari kata ‘Karyarenjana’, logo Kabinet Karyarenjana sendiri memiliki beberapa filosofi yang sangat dalam artinya. Logo tersebut terdiri dari api, lingkaran, naga, serta warna biru. Tentu dari tiap unsur-unsur pada logo tersebut memiliki makna tersendiri. Api yang berwarna biru menunjukkan bahwa api tersebut lebih panas daripada api merah, yang mana jika dihubungkan dengan suatu perasaan, maka perasaan tersebut melebihi dari sekedar semangat, atau bisa dibilang bergairah. Api ini juga berada di dalam dan di luar suatu lingkaran, yang menunjukkan bahwa rasa gairah untuk berkarya ada di kedua sisi, yaitu di dalam (internal) dan di luar (eksternal). Sedangkan naga menggambarkan suatu hewan mitologi yang sangat kuat dan agung, yang melambangkan bahwa Kabinet Karyarenjana memiliki keberanian yang elegan untuk berkarya. Dengan nilai-nilai yang dimiliki oleh Karyarenjana, tentu semua itu diharapkan untuk mewujudkan visi misi yang menjadi dasaran suatu kepengurusan. Dengan hal itu, sudah siapkah kita untuk mewujudkannya? naga menggambarkan suatu hewan mitologi yang sangat kuat dan agung, yang melambangkan bahwa Kabinet Karyarenjana memiliki keberanian yang elegan untuk berkarya. Dengan nilai-nilai yang dimiliki oleh Karyarenjana, tentu semua itu diharapkan untuk mewujudkan visi misi yang menjadi dasaran suatu kepengurusan. Dengan hal itu, sudah siapkah kita untuk mewujudkannya?

25


28

KETEKNIKSIPILAN

PERAN TEKNIK SIPIL DALAM PANDEMI COVID 19

PANDEMI COVID-19,

DIMANAKAH PERAN TEKNIK SIPIL? Sejak pandemi COVID-19 melanda hampir di seluruh belahan dunia, hal ini tidak saja berpengaruh pada kebiasaan hidup manusia dalam beraktivitas, namun juga berpengaruh semua sektor kehidupan, seperti kesehatan, ekonomi, pendidikan, politik bahkan juga sektor keagamaan. Hal ini menjadi juga menjadi tantangan bagi setiap profesi keahlian, tidak hanya para medis yang langsung berhadapan dengan pasien yang terkena COVID-19 akan tetapi terkait juga pada bidang keahlian lainnya, seperti halnya peran orang-orang yang berkecimpung di bidang teknik sipil.

HMS FTSP ITS


CENTER #4

Bidang teknik sipil yang sangat berhubungan dalam perancangan, pembangunan, renovasi, rehabilitasi konstruksi dan lingkungan harus mampu berperan terhadap segala jenis kondisi, baik saat pra bencana, tanggap darurat dan pasca bencana. Posisi teknik sipil sebagaimana diketahui memiliki cabang-cabang teknik sipil/rekayasa sipil yang luas, diantaranya meliputi rekayasa struktur, geoteknik, transportasi, manajemen konstruksi, hidrologi, gempa dan lingkungan dan terakhir rekayasa bencana dan mitigasi masuk dalam bagian cabang ilmu sipil. Tujuan bidang teknik sipil dalam penangulangan COVID-19 ini adalah bagaimana upaya yang dilakukan dalam mewujudkan penerapan rekayasa konstruksi yang berada di wilayah yang ditetapkan sebagai zona ancaman bencana (COVID-19) secara komprehensif yang mencakup tahap pra bencana, saat bencana dan pasca bencana dengan melibatkan seluruh komponen pemangku kepentingan untuk penanggulangan dan pengurangan risiko akibat COVID-19.

Peran teknik sipil sangatlah diharapkan untuk mendukung penanggulangan COVID-19 ini, dimana perlu diketahui bahwa dunia teknik sipil sangat berhubungan erat dengan pembuatan bangunan, baik bangunan umum maupun bangunan penanggulangan bencana dalam hal ini COVID-19. Proses pembuatan bangunan sejak dari gagasan hingga penggunaan dan pemeliharaan harus mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya, misalnya bangunan rumah sakit terhadap lingkungan yang rawan terhadap pencemaran limbah/polusi akibat operasional rumah sakit.

Dalam kasus pandemi COVID-19 ini, peran teknik sipil sangat besar diantaranya adalah mendukung penyediaan infrastruktur paramedis dalam penanganan pasien yang terjangkit COVID-19, untuk di Indonesia setidaknya melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan kementerian/

29

lembaga terkait baik pemerintah dan swasta, peran teknik sipil cukup banyak, antara lain: 1. Peningkatkan Fasilitas RS untuk Penganganan COVID-19. 2. Pemanfaatan Fasilitas Penginapan Menjadi RS darurat COVID-19 3. Rekayasa lalu lintas, dan lain sebagainya.

Bahkan, kalau kita lihat di belahan dunia lain, seperti di China penerapan teknik sipil seperti luncurkan panduan gratis pembangunan rumah sakit COVID-19. Melalui platform Global MediXchange for Combating COVID-19 (GMCC) Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation yang bekerjasama dengan Profesor Wang Chen dari  Chinese Academy Engineering, Wuhan, merupakan pencetus konsep rumah sakit karantina di Provinsi Hubei yang dikenal dengan nama Rumah Sakit Karantina Fangcang.


30

KETEKNIKSIPILAN

PENGARUH KEBIJAKAN REFOCUSING

PENGARUH KEBIJAKAN REFOCUSING ANGGARAN PADA PROYEK INFRASTRUKTUR INDONESIA

Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Nasional Tahun 2020 – 2024 telah diterbitkan pada Februari lalu oleh Presiden Joko Widodo. RPJM Nasional merupakan bagian dari visi, misi, dan program dari Presiden Joko Widodo. Sejumlah proyek strategis yang sedang dikerjakan pemerintah termasuk kedalam peraturan tersebut.

HMS FTSP ITS


CENTER #4

31

Sejumlah proyek yang tercantum pada RPJM Nasional Tahun 2020 – 2024 tersebut diantaranya, 7 proyek di Pulau Sumatera, 25 proyek di Pulau Jawa, 17 proyek di Pulau Kalimantan, 8 proyek di Pulau Sulawesi, 12 proyek di Pulau Bali dan Nusa Tenggara, serta proyek di Pulau Maluku dan Papua.

Proyek JTTS tersebut diamanatkan kepada PT Hutama Karya. (sumber:https://www.beritasatu.com/o pini/6865/membangun-infrastruktur-di -era-new-normal)

Namun pada bulan Maret lalu, dunia digemparkan dengan adanya virus baru yang mematikan. Sampai saat ini pun belum ditemukan vaksin untuk menghilangkan virus tersebut. Presiden Joko Widodo akhirnya menetapkan secara resmi Coronavirus Diseas 2019 (Covid-19) sebagai bencana nasional.

Ada pun proyek yang terkena dampak refocusing anggaran ini adalah pembangunan infrastruktur di Kendal. Proyek tersebut telah direncanakn tahun ini namun terancam dihentikan. Anggaran proyek tersebut dipotong dan rencana pembangunan pun tidak bisa dilaksanakan.

Untuk mempercepat penanganan pandemic ini pemerintah pusat dan daerah melakukan refocusing anggaran. Hal ini mengakibatkan adanya evaluasi anggaran untuk proyek-proyek yang sedang dikerjakan. Dari pengurangan anggaran tersebut semakin memperlambat pembangunan infrastruktur di Indonesia. Tetapi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, dari total Rp 24,53 triliun anggaran DIPA (Daftar Isisan Pelaksanaan anggaran) yang direalokasi untuk penangann Covid-19, tidak ada satupun yang menyentuh dana khusus untuk Proyek Strategis Nasional. (sumber:https://www.alinea.id/bisnis/proyek -lanjut-di-tengah-pagebluk-b1ZLu9tui) Salah satu proyek yang telah dicanangkan dalam RPJM Nasional 2020 – 2024 dan tetap dipertahankan dalam Proyek Strategis Nasional adalah pembangunan dan pengembangan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Salah satu proyek yang telah dicanangkan dalam RPJM Nasional 2020 – 2024 dan tetap dipertahankan dalam Proyek Strategis Nasional adalah pembangunan dan pengembangan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).


32

PERGERAKAN HMS

HMS PEDULI

HMS

P E D U L I Masa pandemic seperti sekarang ini segala kegiatan mulai dibatasi termasuk mencari pundi-pundi rupiah untuk sesuap nasi. Tidak semua warga negara Indonesia bernasib baik, masih banyak saudara kita di luar sana yang setiap hari harus kebingungan mau makan apa bahkan sampai pusing memikirkan apa hari ini mereka bisa makan atau tidak. Pemerintah sudah melarang kita untuk tidak beraktifitas di luar rumah, tapi masih banyak yang nekat bertaruh nyawa keluar rumah agar keluarganya tetap bisa makan.

HMS FTSP ITS


CENTER #4

Melihat kondisi tersebut pemerintah sigap memberikan bantuan untuk masyarakat. Berbagai program bantuan sosial telah disiapkan pemerintah pada masa pandemic ini. Sebagai mahasiswa pun kita juga tidak boleh diam saja melihat kondisi tersebut, kita harus berempati dengan lingkungan sekitar. Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) Institut Teknologi Sepuluh Nopember mengajak seluruh civitas akademika Teknik Sipil ITS serta masyarakat umum untuk berpartisipasi dalam pemberian bantuan kepada mahasiswa dan masyarakat yang membutuhkan. Donasi yang terkumpul akan disalurkan ke masyarakat serta Mahasiswa Teknik Sipil yang membutuhkan. Hasil dari penggalangan dana akan digunakan untuk pembelian sembako yang akan diberikan ke masyarakat dan paket data seluler yang akan diberikan ke mahasiswa. Untuk melaksanakan kegiatan pembagian sembako kepada masyarakat tersebut, HMS membuka pendaftaran volunteer yang bersedia dan ingin berbagi secara langsung kepada masyarakat sekitar. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Jum’at, 22 Mei 2020 dan dilaksanakan di beberapa daerah yaitu Jambi, Banyuwangi, Lumajang, Sidoarjo, Ponorogo, Sampang, Surabaya, dan Medan. Sukma, salah satu volunteer dari kegiatan ini dan satu-satunya volunteer yang berasal dari Sampang mengaku senang bisa berbagi kepada masyarakat disekitarnya. Walau pun dia volunteer satu-satunya di kota Sampang, tidak menghilangkan semangatnya untuk ingin berbagi kepada sesama. “Seneng bisa berbagi. Pembagiannya dibantu bapakku mencari sasaran penerima bantuan. Karena stock bantuan yang tidak terlalu banyak,

33

kita gamau kecolongan (sasaran banyak, stock terbatas) ketika nganterin di public place. Jadi beberapa kita panggil penerima bantuan ke rumah.” Per tanggal 22 Mei 2020, dana yang telah disalurkan sebesar Rp. 3.800.000 kepada mahasiswa, dan sebesar Rp. 4.500.000 kepada masyarakat. Dana yang terkumpul per tanggal 29 Mei 2020 sebesar Rp. 3.100.025, dan masih open donation. Untuk info lebih jelasnya, bisa dilihat pada akun Instagram HMS @hmsits atau menghubungi narahubung Departemen Sosial Masyarakat Himpunan Mahasiswa Sipil ITS melalui line dengan idline “nabilaafriinara “.


UMUM

APA SEMUA ORANG PUNYA PRIVILEGE?

PRIVILEGE?

APA

SEMUA ORANG

PUNYA

34

Baru-baru ini sedang ramai di media sosial pembahasan tentang privilege atau hak istimewa, dan ini bukan kali pertama perihal privilege ini dibahas. Sebut saja ketika salah satu public figure yang dikenal dengan kecerdasannya bisa diterima sebagai mahasiswa di dua kampus bergengsi dunia, atau saat Presiden RI memilih staf khusus dimana salah satu diantaranya adalah putri dari seorang pengusaha media informasi Indonesia. Apa sih sebenarnya privilege itu? Sampai sering sekali dibahas oleh warganet yang dimana mayoritas adalah anak muda yang sedang semangat-semangatnya mengejar mimpi mereka, dan apakah semua orang di dunia ini memiliki hak istimewa tersebut?

Mengutip dari Cambridge Dictionary, privilege adalah keuntungan yang dimiliki oleh seseorang atau sekelompok orang, biasanya karena posisi yang mereka miliki atau kekayaan. Menurut KBBI sendiri, privilege atau privilese adalah hak istimewa. Tapi apa orang yang tidak datang dari kalangan yang mereka sebut kaya itu tidak memiliki privilege?

HMS FTSP ITS


CENTER #4

Pada kenyataannya setiap orang punya privilege, karena privilege itu bisa kita dapatkan karena kondisi yang sudah kita terima sejak lahir atau dengan kita menciptakan privilege itu sendiri. Privilege tidak melulu soal materi. Walau pun saat ini segala sesuatunya membutuhkan uang, termasuk pendidikan yang katanya bisa memperbaiki nasib suatu keluarga. Untuk kamu yang saat ini bisa menjalani pendidikan atau kehidupan sesuai dengan apa yang kamu inginkan, pun sesuai dengan apa yang kamu rencanakan. Bersyukurlah karena sejatinya, kebebasan dalam hidup adalah privilege yang tidak semua orang miliki. Banyak dari orang-orang yang kamu sebut memiliki privilege karena kekayaan yang sudah mereka miliki tidak dapat menjalankan hidup sesuai dengan apa yang mereka impikan, mungkin karena perbedaan pendapat dengan keluarga atau karena factor lain. Memang dengan adanya privilege ini dunia terlihat tidak adil, tidak semua mulai di garis start yang sama. Tapi jangan jadikan privilege orang lain sebagai alasan ketika kamu dilanda kegaga-

35

lan, kesulitan dan membuat kamu jadi putus asa dengan mimpimu sendiri. Jadikan hal tersebut sebagai penyemangat untuk merubah keadaanmu saat ini dan menciptakan privilege untuk keturunanmu nantinya. Privilege bukan lah satu-satunya factor penentu kesuksesan seseorang. Kamu pun bisa sukses dengan usaha dan kerja keras, selama kamu mau berusaha lebih giat. Walau pun kerja keras dan usaha yang kamu lakukan harus lebih besar, dan lebih baik dibandingkan orang-orang yang memiliki privilege dari lahir. Seperti yang dikatakan Handoko Tjung dalam cuitannya di twitter:

Handoko Tjung

@handokotjung My take on privilege:

Jangan ignorant terhadap adanya kesenjangan kesempatan dan bilang: “gak sukses berarti belum kerja keras.� Sebaliknya juga jangan menegasikan kerja keras dan bilang “ah lo sih enak bisa gitu karen lo punya privilege.� Moderation is key.


36

UMUM

MENGENAL PODCAST

MENGENA

PO

Podcast saat ini merupakan satu di antara tren baru di dunia digital. Bagi yang belum tahu, podcast (Bahasa Indonesia : Siniar) atau siaran web tanalir (non-streaming webcast) merupakan rekaman diskusi berupa audio. Banyak yang menganggap Podcast mirip siaran radio. Podcast bersifat non-streaming, sehingga sangat berbeda dengan radio. Podcast bisa diulang, karena memang sudah diunduh diawal. Hal ini bisa menjadi kelebihan tersendiri dari Podcast dibandingkan dengan radio. Bahkan, Anda akan dapat mendengarkan Podcast saat berada di perjalanan, saat menger-

HMS FTSP ITS


CENTER #4

AL

C A OD ST jakan tugas, dan momen lainnya. Podcast saat ini bisa dinikmati melalui platform seperti Spotify dan atau iTunes. Namun, saat ini Podcast tidak hanya dapat dinikmati dalam bentuk audio, tetapi juga video. Banyak pilihan Podcast yang bisa dinikmati di YouTube. Podcast didalamnya membahas berbagai topik, terutama topik yang sedang hangat. Podcast hadir dalam varian episode sesuai topiknya. Durasi dari setiap episodemberkisar pada 10 menit hingga 90 menit. Panjang durasi ini bergantung pada si Podcaster atau orang yang membuat Podcast dan topik yang dibahas. Ada banyak sekali topik yang bisa dipilih, berbeda dengan radio yang mau tidak mau, ya, harus didengarkan semua baik dari berita, informasi, hingga iklan yang disiarkan. Perkembangan podcast di Indonesia berpotensi pesat dengan melihat semakin banyak orang yang tertarik untuk membuat dan semakin antusias pula pendengarnya. Dimasa karantina seperti sekarang, daripada cuma bengong dan bingung harus ngapain, mendengarkan podcast bisa dijadikan to-do-list untuk mengisi waktu. Mendengarkan topik yang menarik bisa menambah pengetahuan.

37


MAHASI // Juara 2 Lomba tender Civil Project Planning Competition - PT. BOSSS59 Nyoman Adisurya Wijaya 03111540000069, Made Sidharta Purnama Putra 03111540000005, Boy De Valentino 03111540000048 // Juara terinovatif Lomba Jembatan Dynamic Load Bridge Competition Arkananta Agus Bastian 03111740000021,Yohanes Hadi Saputra 3111740000037, Kuntoro Tanoto 3111740000088 // Juara 1 Lomba Beton National Concrete Competition - INTEGRA Agus Bastian 3111740000021, Kuntoro Tanoto 3111740000088, Daniel Kurniawan Prajitno 3111740000100 // Juara 1 Kinerja Total & Juara 1 Kategori Pemborosan Minimum Lomba Konstruksi Ramping K2R 4.0 - Ascarya Team Zhafira Aulia Khairunnisa 03111640000156, Davin Atmaja Lookman 03111740000072, William Bunkharisma 03111740000096, M. Arif Ramapramudya 03111840000119, Alfya Natasya Devi Atsany 03111840000004 // Juara 3 Lomba Tender Fondasi Tender Competititon - Sang Saka Construction Edna Rochmad Hermansyam 03111740000052, Adhitya Wijdan Fajramadhani 03111740000122, David Gideon Hans Derian Manalu 03111740000139 // Juara 1 Lomba Beton USU National Concrete Competition - ABHINAYA S60 Patricia Mayang Putri 03111740000012, Cita Nanda Kusuma Negari 03111740000055, Kuntoro Tanoto 03111740000088 // Juara Harapan 2 Lomba Rancang Rangka Atap Nasional PNB Engineering Science Competition 2019 - S59 Almareta Mevia API 03111640000032, M. Sulthonan Nashiro 03111640000132, Doni Rivaldi Mahardhika 03111640000172 // Juara 2 & Juara Kategori Maket Terbaik Lomba Rancang Bendungan Nasional ke-IV Civil Zone Irfananda Setiadi Hutomo 03111740000011, Ahmad Wisam Abdillah 03111740000019, Faisal Emir Yusuf 03111740000119 // Juara 3 Lomba Tender National Tender Competition CENS (Civil Engineering Series of Events) UI 2019 - Samala 60 Ahmad Wisam Abdillah 03111740000019, Akhmad Zadhi Nashruddin 03111740000030, Kevin Adinugraha Sudijar 03111740000095 // Juara 2 Lomba Tender National Tender Competition CENS (Civil Engineering Series of Events) UI 2019 - Kudamas Sejati Bima Wira Kumbara Cittopacama 03111740000056, Muhammad Syamsul Arifin 03111740000073, David Gideon Hans Derian Manalu 03111740000139


DAFTAR PRESTASI ISWA TEKNIK SIPIL ITS 2019 / 2020 // Juara 1 Lomba Beton International Concrete Competition - ABHINAYA S60 Patricia Mayang Putri 03111740000012, Cita Nanda Kusuma Negari 03111740000055, Kuntoro Tanoto 03111740000088 // Juara Umum KBGI 2019, Juara 1 KBGI, Juara Kategori Kinerja Seismik Bangunan 12 Lantai, Juara Kategori Kinerja Struktural, Juara Kategori Kesesuaian Implementasi terhadap Desain, Lomba Rancang Bangunan 12 Lantai dan Bangunan 2 Lantai Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia (KBGI) ke-XI - Afirmasi Cakrawala M. Anhar Prakoso 03111640000084, Virliana Amanda 03111640000003, M. Ryan Rama Albertino 03111640000061, Ahnaf Syarif 03111640000096, Damang Galuh Wahyudianto 03111640000022 // Juara 1 Lomba Tender Politeknik Negeri Malang - PT. BOSSS59 Nyoman Adisurya Wijaya 3111540000069, Made Sidharta Purnama Putra 3111540000005, Boy De Valentino 3111540000048 // Juara 1 Lomba Jembatan 3rd CREATION - Hexagon Hafizian Miqraj Mahameru 03111740000122, Jose Kent 03111740000033, Benedictus Arian 03111740000132 // Gold Medal Lomba Jembatan CIVIL ENGINEERING INNOVATION CONTEST Mohammad Yasin 03111640000025, Nadila Sevitria Ciptadewi 03111640000050, Rizaldi Firdaus Ardiyanto 03111640000082 // Bronze Medal Lomba Jembatan CIVIL ENGINEERING INNOVATION CONTEST Jose Kent 03111740000033, Syamsinar Budiatma Panjaitan 03111740000092, Hafizian Miqraj Mahameru 03111740000112 // Juara Harapan 2 Lomba Beton INNOVATION CONCRETE FESTIVAL Dzikrie Fikrian Syah 03111740000010, Irsyad Al Azhar 03111840000130, Amirahhanan S.P. 03111840000157 // Juara 1 Kompetisi Rancang Bangunan National Bridge Competition Arkananta Agus Bastian 3111740000021, Yohanes Hadi Saputra 3111740000037, Muhamad Fauzan Akbari 3111740000020 // Juara 3 Kompetisi Rancang Bangunan National Concrete Competition Kanaka S60 Patricia Mayang Putri 3111740000012, Cita Nanda Kusuma Negari 3111740000055, Kuntoro Tanoto 3111740000088


HMS ITS

@hmsits

hmsits

hima.ce.its.ac.id

Profile for Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil ITS

CENTER #4  

Majalah Ketekniksipilan CENTER oleh HMS-FTSP ITS edisi ke 4

CENTER #4  

Majalah Ketekniksipilan CENTER oleh HMS-FTSP ITS edisi ke 4

Advertisement