Statistics Magazine #3

Page 1

STATMAGZ

S TAT I S T I C S M A G A Z I N E

STATISTICS IS US EVERYTHING IS RELATED

WITH STATISTICS

VOLUME

#3


ABOUTRedaktor Penanggung Jawab dan Pempinan Redaksi :

Jody Alwin Irawadi

Redaktur :

Iqbal M. H. A Friska Aulia Resky Shafira Fatika Aulia M. Bangkit R. U Ervieta Syiffa A

Layout :

Yusuf Rafsanjani Erik Maylana Yusuf

01

A

ssalamualaikum wr. wb. Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas berkat rahmat dan hidayahNya kami dapat menyelesaikan STATMAGZ edisi perdana ini dengan mengangkat tema “Statistics is Us�. Tema ini kami pilih dengan tujuan memperkenalkan statistika baik kepada mahasiswa statistika itu sendiri maupun orang lain. Dalam menyusun majalah ini, kami banyak memperoleh bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah memberi kontribusi baik langsung maupun tidak langsung dalam pembuatan STATMAGZ ini. Kami menyadari bahwa dalam menyusun majalah ini masih belum sempurna, untuk itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun untuk STATMAGZ edisi selanjutnya, agar dapat lebih baik dan lebih bermanfaat untuk semuanya.

DAFTAR DAFTAR ISI ISI 03

sedikit sedikit lama lama jadi bukit

07

PEKAN OASIS 2018 UII YOGYAKARTA

09

BAGAIMANA DENGAN MAHASISWA ?

16

QUOTES OF THIS MONTH

STATMAGZ

S TAT I S T I C S M A G A Z I N E

02


DIKIT-DIKIT LAMA-LAMA JADI BUKIT

04

H

ai, pernah gak sih kalian para pelajar atau mahasiswa ngerasa uang saku kalian cepet banget ludes? Padahal yaa uang saku dari orang tua cukup-cukup aja harusnya tapi ternyata kebutuhan kalian malah lebih besar daripada uang saku yang kalian punya. Mau minta tambahan uang tapi malu, gak enak, udah gede takut ngerepotin melulu. Nah daripada terus kepikiran, sekarang kita bakal bahas kira-kira mahasiswa atau pelajar bisa gak ya menghasilkan uang sendiri meskipun sibuk dengan berbagai kegiatan perkuliahan atau sekolah? Langsung aja nih ya to the point. Sebenernya bisa banget loh untuk kalian para mahasiswa atau pelajar yang pengen punya penghasilan sendiri. Kalian bisa mulai coba untuk berbisnis. Bahkan kesempatan kalian berbisnis terhitung besar karena kalian akan langsung dapet pangsa pasar kalian sendiri, misalnya ya itu temen-temen kalian di kampus atau di sekolah. Terus, bisnis apa sih yang bisa kalian buka? Jawabannya, BANYAKKK BANGET. Nih ya, penulis akan coba kasih saran bisnis-bisnis yang bisa kalian jalani sebagai seorang mahasiswa atau pelajar.

1.KULINER

03

Bisnis kuliner itu kayaknya gak akan pernah sepi peminat ya. Apalagi sekarang ini, dengan the power of social media kalian bakal banyak dapet info tentang bisnis kuliner apa sih yang lagi rame peminat atau lagi viral-viralnya hehe. Misalkan, kalian bisa jual sushi dengan harga yang terjangkau di rent-

ang harga Rp. 1215 ribu per porsi. Kenapa penulis punya feeling untuk ngasih saran ini? Karena gini loh, kalau kalian bisa jual sesuatu dengan harga miring sementara di luar sana dijual dengan harga berkali-kali lipat dari harga yang kalian jual, kemungkinan besar sih konsumen lebih tertarik dengan produk yang lebih murah, kan?

Tapi tetep ya, kalian juga jangan lupakan kualitas produk kalian biar ga kalah bersaing dengan produk di luaran sana. Terus, selain sushi mungkin kalian juga bisa jualan macem-macem kue, keripik-keripik, coklat dan masih banyak lagi.


2. Jasa Nahh.. ini dia nih, jual jasa. Apa sih sebenernya bisnis dibidang jasa itu? Kamu bisa mengandalkan kemampuan yang ada dalam diri kamu untuk membantu kebutuhan konsumen. Misal, jasa pengetikan tugas-tugas sekolah atau kuliah. Atau jasa bimbingan belajar ? Ya, ini sih mungkin banget, apalagi ka-

4. Clothing

lau kamu sekarang udah jadi mahasiswa. Karena apa? Biasanya masa transisi dari siswa ke mahasiswa untuk memahami atmosfir belajar di perkuliahan ga semudah masa-masa di SMA. Kadang para mahasiswa baru butuh bimbingan dari kakak-kakak tingkatnya untuk membantu mereka memahami mata-mata kuliah yang dianggap sulit. Makanya kesempatan besar nih buat kamu mahasiswa untuk buka bisnis jasa bimbingan belajar.

Kalian punya passion di bidang fashion? Ini dia nih mungkin bisnis yang bisa cocok dengan kalian. Gak jarang orang yang bikin bisnis dibidang fashion ini akan memasarkan produknya lewat social media. Gak salah lagi sih, memang sekarang sosial media punya peran besar dalam hal per-bisnis-an. Lewat sosial media ini kamu punya kesempatan untuk memasarkan produk- produk kamu kepada konsumen yang lebih besar jangkauannya.

5. Stationery Ini juga kayaknya bisnis yang sering kita lihat di sosial media ya.. stationery ini biasanya memiliki peminat dari kalangan pelajar atau mahasiswa yang hobi kumpulin alat tulis, note book atau barang-barang unik. Sama halnya dengan bisnis clothing, kamu juga bisa memasarkan produk-produk ini melalui sosial media. “Banyak orang bertanya bisnis apa yang bagus?

3. Konveksi Buka bisnis disektor konveksi juga ga menutup kemungkinan untuk kamu meraup keuntungan besar loh. Karena, seperti yang kita tahu di dunia sekolah atau kuliah kan sering banget bikin baju angkatan lah, baju kepanitiaan ini itu lah dan sebagaiinyaaa. See? Dari situ aja mestinya udah keliatan dong ya kalau berbisnis disektor ini membuka peluang besar untuk kalian mendapat keuntungan.

05

Bisnis yang bagus adalah bisnis yang dibuka bukan ditanya terus.� -Bob Sadino-

06


PEKAN OASIS 2018

STATISTIKA UNISBA GOES TO UII YOGYAKARTA 11-13 MEI 2018

P

ada tanggal 11 Mei 2018 lalu, Statistika Unisba mengikuti “Pekan OASIS” yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Indonesia,Yogyakarta. Arti dari Pekan OASIS sendiri yaitu Pekan Seni dan Olahraga Statistika se- Pulau Jawa. Perlombaan yang diadakan dalam OASIS ini yaitu Badminton,Volly, Futsal Putra dan Futsal Putri. Statis-

07

tika Unisba sendiri mengirimkan 1 tim Volly,1 tim Badminton, dan masing-masing 2 tim futsal putra dan putri. Dengan rasa kekeluargaan ,bukan hanya pemain yang berangkat ke Yogyakarta untuk bertanding namun banyak juga warga statistika bahkan alumni pun ikut pergi ke Yogyakarta untuk memberikan support. Kami

menikmati setiap perjalanan dan pertandingan karena kebersamaan yang begitu terasa . Disana statistika Unisba sangat dikenal karena supporter nya yang begitu banyak,kompak dan antusias.

nya menjadi juara kedua. Tidak sedikitpun ada perasaan sia-sia, walau ada sedikit kekecewaan karena kita hanya mendapat juara 2 namun perasaan bangga,terharu dan kebersamaan yang begitu dekat lebih terasa.

Dari 6 Tim yang bertanding,hanya ada 2 tim yang masuk Final yaitu tim Futsal Putri A dan Tim Futsal Putra A dan kedua

Panitia penyelenggarakan pun memberikan apresiasi yang baik hingga di hari terakhir tidak bisa menahan air mata ketika

melihat kekompokan dan antusias supporter statistika Unisba terhadap acara Pekan OASIS 2018. Mereka mengucapkan banyak terimakasih pada Statistika Unisba.

keluarga . Disaat merasakan kecewa karena kekalahan,keluarga tetap mendukung dan memberikan semangat yang begitu terasa.

I am Proud Pelajaran yang di dapatkan dalam to be a perjalanan OASIS kemarin yaitu part Of “STATSITIKA” bukan hanya sekedar jurusan /Program STATISTIKA studi melainkan UNISBA sudah menjadi

08


BAGAIMANA DENGAN MAHASISWA?

J

ika kita melihat kilas sejarah sejak kemerdekaan Indonesia, kita bisa mengetahui bahwa mahasiswa memiliki peran yang cukup besar dalam setiap perubahan. Misalnya, ketumbangan Orde Lama pada tahun 1966, Peristiwa Lima Belas Januari Tahun 1974, hingga keruntuhan Orde Baru di tahun 1998, yang merupakan contoh nyata kekuatan mahasiswa dalam membawa perubahan di negara kita. Artinya, mahasiswa merupakan bagian dari masyarakat yang bisa memberi dampak signifikan dalam berjalannya proses pemerintahan di Indonesia. Mengapa hal ini bisa terlihat? hal ini bisa terjadi? Hal ini bisa dikarenakan mahasiswa memiliki sifat kritis dalam membela kebenaran dan menjaga ideologinya. Menurut Arbi Sanit, mahasiswa memiliki kepekaan terhadap permasalahan yang dialami oleh masyarakat sehingga mereka terdorong untuk melakukan perubahan. Hal ini disebabkan oleh lima aspek, yaitu:

09

1. Mahasiswa merupakan bagian masyarakat yang mendapatkan pendidikan terbaik 2. Sebagai kelompok masyarakat yang paling lama mengenyam pendidikan sehingga mereka mengalami proses sosialisasi politik yang paling panjang diantara

semua angkatan muda 3. Terjadi akulturasi budaya dalam kehidupan kampus sehingga mahasiswa memiliki gaya hidup yang unik 4. Mahasiswa merupakan kelompok yang nantinya akan memasuki lapisan atas kekua-

saan, perekonomian, hingga akan menjadi kelompok elit di kalangan angkatan muda 5. Seringnya keterlibatan mereka dalam perbincangan dan penelitian atas permasalahan yang dialami oleh masyarakat.

10


Kelima alasan di atas cukup menjelaskan mengapa mahasiswa mampu membawa perubahaan apapun dalam semua aspek kenegaraan, termasuk dalam perannya terhadap pendidikan karakter bangsa. Berikut ini pembahasan lengkapnya:

1. Agent of change

Telah sering kita dengar gembar-gembor di masyarakat, terutama di dunia perkuliahan, bahwa mahasiswa merupakan agent of change. Di usia seseorang sebagai manusia, energi yang dimiliki sangatlah besar. Mahasiswa masih memiliki idealisme yang kuat jika dibandingkan kelompok masyarakat lainnya. Maka, sangat wa-

11

jar jika mahasiswa disebut sebagai agen perubahan. Mereka bisa menjadi motor penggerak kemajuan ketika proses pembangunan terjadi di masyarakat, sehingga masyarakat di sekitarnya pun bisa ikut bangkit untuk kemajuan negara.

2. Menyebarkan propaganda kebaikan Masih sedikit berkaitan dengan poin sebelumnya,

mahasiswa masih memiliki semangat untuk mewujudkan ideologi mereka. Maka, akan sangat bagus jika mahasiswa diarahkan untuk menjadi ‘agen propaganda’ nilai-nilai kebaikan. Mereka bisa menjadi contoh atau ‘lambang’ dari semangat berbuat kebaikan yang berada di tengah-tengah masyarakat. Pada akhirnya, hal ini diharapkan dapat tertular ke maasyarakat di sekitanya sehingga akan

membentuk suatu karakter kebangsaan yang kuat.

3. Penerima tongkat estafet pembangunan bangsa

Mahasiswa dan pemuda memiliki potensi yang besar di negara Indonesia. Menurut data dari Deputi Menpora Bidang Pemberdayaan Pemuda, komposisi pemuda di Indonesia adalah 37,8% dari seluruh jumlah penduduk Indonesia. Besarnya komposisi pemuda ini dapat dimanfaatkan untuk menjadi agen pembangunan bangsa Indonesia ini sendiri.

Misalnya, dengan menyediakan wadah yang cukup untuk memberi ruang seluruh pemuda ini berkontribusi untuk negara. Di masa depan nanti, para pemuda inilah yang akan menjadi pengganti pemerintah saat ini. Regenerasi potiik dan sosial harus dilakukan. Merekalah yang akan menerima tongkat estafet dalam pembangunan negara, sehingga pendidikan karakter merekalah yang nantinya akan menjadi karakter bangsa ini.

4. Kritis mencegah dan mengendalikan penyelewengan

Mahasiswa biasanya masih memiliki sikap kritis dalam dirinya. Hal ini perlu dipertahankan karena mereka memiliki peran sebagai pengendali untuk mampu mencegah beragam penyelewangan atas perubahan yang mereka perjuangkan. Dengan kekritisan mereka, mahasiswa bisa mewujudkan pendidikan karakter bangsa yang adil dan mementingkan rakyat.

12


5. Pengontrol kebijakan pemerintah

Mahasiswa memang masih memiliki keterbatasan dalam pembuatan kebijakan pemerintah. Mahasiswa belum memiliki posisi strategis untuk membuat kebijakan yang memiliki dampak luas pada masyarakat. Namun, bukan berarti mahasiswa tidak dapat berperan dalam pengaplikasian kebijakan yang dibuat. Peran dan fungsi mahasiswa seharusnya dapat diaplikasikan sebagai solusi untuk permasalahan yang ditimbulkan dari kebijakan.

13

Misalnya, di bidang pendidikan mahasiswa dapat membuat pemikiran yang membangun dan penuh solusi. Pemikiran ini dapat disampaikan ke pihak yang terkait dan menghasilkan solusi yang bisa menjadi perbaikan untuk kebijakan yang telah dibuat sebelumnya.

kan awarenesstentang kewajiban sebagai warga negara berikut hak dan tanggung jawabnya. Dengan begitu, karakter bangsa yang kuat dapat terbentuk dengan sendirinya.

6. Sebagai kontrol sosial

Di dunia universitas biasanya banyak tersedia organisasi yang menjadi wadah ideal untuk membentuk karakter bangsa. Dalam setiap kegiatan organisasi, mahasiswa akan belajar untuk disiplin, bertanggung jawab, bekerja sama hingga si-

Mahasiswa dan pemuda harus memiliki peran aktif dalam kehidupan sosial, salah satunya sebagai kontrol sosial. Hal ini dapat terwujud melalui penguatan wawasan kebangsaan, membangkit-

7. Kaderisasi melalui organisasi mahasiswa

fat-sifat mendasar seperti toleransi, sabar dan ikhlas. Beberapa organisasi intra kampus juga bisa menjadi lahan untuk belajar menumbuhkan jiwa kewirausahaan, pengembangan diri dan berkreasi. Maka melalui keterlibatan mahasiswa dalam organisasi kampus, akan terbentuk karakter yang mulia, yang bisa mereka tularkan ke lingkungan sekitarnya. Hal ini pun bisa menjadi peran mahasiswa dalam pendidikan karakter bangsa.

8. Perbaikan kualitas pendidikan Indonesia

Tidak hanya belajar dan lulus ujian, hendaknya mahasiswa mampu berprestasi di bidangnya masing-masing. Dengan banyaknya mahasiswa yang berprestasi, di masa depan bangsa kita akan memiliki banyak ahli di banyak bidang. Secara tidak langsung, hal ini akan berdampak pada perbaikan kualitas pendidikan Indonesia yang kemudian akan bisa memperkuat karakter bangsa.

9. Program pembangunan masyarakat

Mahasiswa dapat membantu pembangunan masyarakat dengan peran edukatif yang mereka miliki. Hal ini dapat dilakukan, misalnya dengan melakukan penyuluhan dan membimbing masyarakat di sekitarnya dalam menyuarakan pemikiran mereka. Mahasiswa juga dapat membuat kesempatan yang mendorong masyarakat berani menyampaikan aspirasi. Tentu hal ini harus dilakukan sesuai

14


dengan norma dan ketertiban umum, bukan dengan tindakan anarkis dan provokatif.

10. Menjalankan strategi investigatif

Selain membantu edukasi masyarakat untuk berani menyurakan pendapat, mahasiswa juga dapat menjalankan strategi investigatif, yaitu dengan mendampingi rakyat dalam mengupayakan penegakan kebijakan pemerintah. Hal ini bisa dilakukan baik melalui demonstrasi ataupun pembentukan opini publik yang sifatnya idealis tanpa ditunggangi oleh niat politis atau kepentingan tertentu.

QUOTE OF THE MONTH

Demikian 10 peran mahasiswa dalam pendidikan karakter bangsa yang penting kita ketahui demi bisa menjaga kualitas pendidikan di tingkat mahasiswa. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

15

16



Turn static files into dynamic content formats.

Create a flipbook
Issuu converts static files into: digital portfolios, online yearbooks, online catalogs, digital photo albums and more. Sign up and create your flipbook.