Statistics Magazine #8

Page 1

#EDISI VIII

STAT

ST

IS ERA

STATI

M ING O O L IN B CS

TH

I

STATISTICS MAGAZINE


Assalamua'laikum Wr.Wb. Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas berkat, rahmat, dan karunia-Nya kami selaku tim redaksi bisa menyelesaikan STATMAGAZINE bertema kan "Statistics Blooming in This Era". Dengan memilih tema ini kami berharap dapat memberikan wawasan dan pengetahuan kepada mahasiswa aktif UNISBA tentang peran penting Statistika dalam berbagai aspek kehidupan. Dalam menyusun STATMAGAZINE ini, kami selaku tim redaksi banyak memperoleh bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, kami mengucapkan terimakasih kepada pihak yang sudah berkenan membantu kami. Kami menyadari bahwa dalam penyusunan STATMAGAZINE ini masih terdapat kekurangan. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun untuk STATMAGAZINE edisi selanjutnya. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


ABOUT

R

E

D

A

C

T

O

R PENANGGUNG JAWAB

PENANGGUNG JAWAB &

M Rizq Nafisyah Alam

PIMPINAN REDAKSI

Marcelia Mutiarani Aulia Yasmin Widhi Aryanti

CONTENT WRITER

Fatmawati Aya Dewanti Sofia Annisa Mutiara Priliyan

REPORTER &

Natasya

DOKUMENTER

Aliya Maharani

EDITOR

LAYOUTER

Tridayanti Cahya Meiland Marcha Naurah Ilhamsyah Rahmania Marwah Darmawan

Indriyani Ghassany Fathiyah Kamal


Biografi Ross Ihaka

1

Biografi Dosen

3

Investigasi

12

Mata Kuliah

16

Pengetahuan Umum

19

Mahasiswa Berprestasi

21

daftar isi Beasiswa

27

Infografis

30

Entrepreneur

31

Program Magang

36

Game

39


BIOGRAFI

ROSS IHAKA George Ross Ihaka atau lebih dikenal dengan Ross Ihaka lahir pada tahun 1954 di Waiuku, Selandia Baru. Ross Ihaka adalah seorang ahli statistika (Statistikawan) perancang bahasa pemrograman R bersama rekannya Robert Gentlemen. Berkat karyanya pada R, beliau menerima Pickering Medal pada tahun 2008 oleh Royal Society of New Zealand.

1


Ihaka mengawali karier dengan menyelesaikan pendidikan sarjananya di University of Auckland, dan memperoleh gelar PhD dari University of California pada tahun 1985. Ihaka menjadi dosen pembantu statistika di almamater kampus sarjananya hingga pensiun pada tahun 2017. Universitas Auckland memulai seri kuliah umum di Departemen Statistik untuk menghormati karya Ihaka pada tahun 2017.

2


BIOGRAFI DOSEN

Ibu Nur Azizah Komara Rifai, S.Si., M.Si lahir di Bogor, 12 November 1992. Beliau lulusan dari SMAN 3 Bogor, S1 UNPAD jurusan Statistika, dan S2 IPB jurusan Statistika.

3


Kalo boleh tau sejak tahun berapa ibu Azizah sudah menjadi dosen di Unisba ?

Saya menjadi dosen Statistika Unisba sejak 1 Maret 2018

Ohiya baik ibu, kalo boleh tau ibu selain menjadi dosen di prodi statistika juga ibu menjabat sebagai apa saja bu di Unisba?

Untuk saat ini saya mendapat amanah sebagai (1) Koordinator Bidang Kemahasiswaan Prodi Statistika Unisba (2020-2021) dan (2) Sekretaris Pusat Konsultasi dan Analisis Data Statistika (PKADS) (2021-2024) di Unit Kemitraan FMIPA.

4


Menurut ibu hal apa si yang membuat kita sangat penting untuk belajar lebih jauh mengenai statistika dan bagaimana pandangan ibu sendiri tentang statistika di era revolusi 4.0?

Saat ini kita sering dihadapkan dengan data atau informasi. Hampir semua kegiatan manusia, interaksi manusia dengan lingkungannya, dan lingkungannya itu sendiri bisa terekam dalam bentuk digital atau bisa didigitalisasikan menjadi data. Maka di situlah kesempatan emas bagi kita yang belajar statistika. Mengapa demikian? Karena statistika itu mempelajari bagaimana data tersebut bisa terkumpul, dianalisis, disajikan, hingga menghasilkan informasi yang dapat digunakan untuk pengambilan kesimpulan atau keputusan. Dengan kata lain, segala informasi bisa didapatkan dari data (everything is data). Di era revolusi 4.0 ini, data sudah banyak tersedia di mana-mana, bentuknya sudah sangat besar (big data) dan bermacammacam. Tidak semua orang bisa menerjemahkan data dan mengungkapkan informasi dari data tersebut menjadi pengetahuan dan wawasan (knowledge dan insight). Inilah pekerjaan dari ilmuwan data (data scientist). Cara untuk menjadi seorang Data Scientist adalah dengan menguasai hard skill seperti kemampuan matematika, statistika, serta bahasa pemrograman.

5


Bahkan Mendikbud, Nadiem Makarim menyebutkan bahwa ada 4 mata pelajaran yang wajib dipelajari di sekolah untuk menyiapkan program pendidikan yang berbasis digital dan milenial diantaranya yaitu bahasa Inggris, bahasa pemrograman, statistika, dan psikologi. Oleh karena itu, statistika sangat berperan penting dan perlu dipelajari lebih jauh lagi.

Ohiya Ibu sebelumnya, kita akan membahas mengenai R di statmagazine ini apakah kesan yang ibu dapat mengenai software R dan bagaimana menurut ibu cara mempelajari R agar kaum milenial khususnya statistikawan bisa menyukai dan mau belajar mengenai software R

6


R adalah bahasa pemrograman kedua setelah bahasa Pascal yang saya pelajari saat menempuh studi jenjang S1. Menurut saya R itu lebih mudah dipelajari untuk orang yang baru pertama kali belajar bahasa pemrograman. R bagi saya adalah bahasa pemrograman yang harus saya pelajari layaknya bahasa asing, karena dapat memudahkan komunikasi dengan komputer dalam menyelesaikan pekerjaan. Cara yang paling mudah untuk belajar R adalah mulai menginstal dan menggunakannya. Saat ini sudah tersedia RStudio yang tampilannya dapat memudahkan para pengguna. Kemudian, perbanyak latihan mulai dari materi statistika sederhana yang sudah pernah dipelajari. R dibangun oleh statistikawan, sehingga statistikawan yang tidak memiliki keahlian dalam pemrograman dapat dengan mudah beradaptasi dengan R. Di era digital ini, sudah sangat banyak ebook atau video tutorial yang menjelaskan atau mengajarkan bahasa R dari A sampai Z, bahkan gratis. Layaknya belajar bahasa asing, semakin banyak berlatih maka semakin bertambah kosakata yang didapat. Begitupula bahasa R, semakin banyak latihan semakin ingat fungsi-fungsi atau paket-paket yang dapat digunakan. Kalau sudah bisa dan terbiasa menggunakan bahasanya, maka akan mudah untuk menyukainya, sehingga dalam menghadapi analisis baru sesulit apapun akan timbul ketertarikan lebih untuk mempelajarinya dan menyelesaikannya

7


Menurut ibu apa yang menjadikan R sebagai hal yang menarik untuk dipelajari?

Perkembangan R di dunia pemrograman saat ini sangat menarik. Menurut indeks TIOBE (perusahaan kualitas software) untuk April 2021 ini, R masuk ke dalam 20 bahasa pemrograman terpopuler di dunia. R juga diajarkan di universitas di seluruh dunia, termasuk Stanford, Berkeley, Harvard, Oxford dan Cambridge. Memang bahasa R bukan bahasa umum yang mudah dipelajari bagi sebagian orang, akan tetapi saat ini R sudah banyak digunakan oleh para akademisi maupun praktisi sehingga hal ini yang membuat saya tertatik untuk mempelajarinya. Selain mudah digunakan, software R juga open source atau gratis, memiliki lisensi publik, koleksi paket dan tools yang cukup lengkap dan mudah diakses, serta komunitas yang sangat aktif seperti Stack Overflow. Hal ini yang membuat R menjadi semakin terkenal di seluruh dunia dan menarik perhatian saya.

8


Didapat dari beberapa sumber, katanya sudah pernah bertemu dengan salah pembuat R mungkin jika diperkenankan, yang pembuat R sampaikan kepada mengenai harapan R kedepannya

ibu satu apa ibu

Alhamdulillah iya betul. Saat menempuh studi S1 di semester 4, saya pernah mendapatkan beasiswa riset di Department of Statistics, University of Auckland dan dipertemukan dengan Ross Ihaka oleh supervisor saya di sana. Ketika saya bertemu beliau, itu saya baru satu tahun belajar R jadi saya tidak banyak bertanya tentang R namun lebih ke kehidupan beliau serta perjalanan karirnya. Beliau memiliki latar belakang matematika namun setelah menyelesaikan studi S2 dan S3 di Berkeley, beliau kembali ke almamater sebelumnya di University of Auckland dan menjadi pengajar di Departement of Statistics. Awalnya, beliau berambisi menggunakan R untuk mengajar mahasiswa tahun pertama.

9


Beliau tidak pernah mengkomersialkan R karena beliau merasa tidak memberikan produk apa-apa, hanya menyediakan sarana bagi orang lain untuk mengembangkan produk mereka. Beliau tidak memiliki rencana untuk mendominasi dunia, beliau hanya ingin membagikannya dengan siswanya yang turut membantu dan berkontribusi mengembangkan R. Beliau pernah menuliskan pesan kepada saya di selembar kertas “Study as much mathematics as you can. It will help you to solve problems of all types”.

Yang terakhir mungkin Ibu boleh beri pesan dan harapan bagi mahasiswa statistika Unisba agar selalu semangat dalam menjalani perkuliahan

10


Belajar statistika di era digital ini jauh lebih mudah karena sumber informasi dan tools yang sudah tersedia di manamana, tinggal keinginan untuk mempelajarinya saja. Ingat “pemenang itu adalah orang yang pertama menguasai informasi”. Data kini bisa dikatakan lebih berharga daripada emas dan sudah seperti bahan bakar perekonomian digital. Indonesia membutuhkan banyak data scientist untuk membantu dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. Bersyukurlah kita bisa belajar statistika yang merupakan salah satu bagian disiplin ilmu yang sangat dibutuhkan saat ini, sehingga pekerjaan semestinya bukan lagi perkara bagi seorang lulusan statistika. Akan tetapi untuk menjadi seorang data scientist tidak cukup belajar statistika saja, namun juga harus bisa membuka diri untuk belajar dan menguasai ilmu lainnya seperti matematika dan pemrograman. Jadi, tuntutlah ilmu sebanyak-banyaknya dan jangan pernah puas atau berhenti belajar.

11


12


13


14


15


Analisis Keputusan Bisnis Kuantitatif Pengambilan keputusan dapat dianggap sebagai suatu hasil atau keluaran dari proses mental atau kognitif yang membawa pada pemilihan suatu jalur tindakan di antara beberapa alternatif yang tersedia. Setiap proses pengambilan keputusan selalu menghasilkan satu pilihan final (Reason, 1990). Lantas Apa itu Analisis Keputusan Bisnis Kuantitatif? Di masa lalu, pemilik bisnis dan direktur perusahaan sangat bergantung pada pengalaman dan naluri (insting) mereka saat mengambil keputusan. Namun pada era teknologi data, analisis kuantitatif sekarang dianggap sebagai pendekatan yang lebih baik untuk membuat keputusan yang tepat. Sekarang, pemilik bisnis dapat menggunakan metode kuantitatif untuk memprediksi tren, menentukan alokasi sumber daya, mengalokasikan proyek, dan mengevaluasi investasi. Lingkungan Situasi Keputusan Keputusan dapat terjadi di lingkungan tertentu, diantaranya yaitu: Lingkungan sempit (keluarga) Lingkungan agak luas (perusahaan, kementerian) Lingkungan luas (ASEAN, Internasional/PBB) Lingkungan ini membuat dampak keputusan berbeda-beda tergantung tingkatannya.

16


Langkah-langkah dalam Keputusan Manajemen 1. Rumuskan persoalan keputusan 2. Kumpulkan informasi yang relevan 3. Cari alternatif tindakan 4. Analisis alternatif yang fisibel 5. Memilih alternatif terbaik 6. Laksanakan keputusan dan evaluasi hasilnya. FUNGSINYA? Keputusan dibuat untuk mencapai tujuan melalui pelaksanaan atau tindakan (Salusu, 1996) Keputusan dibuat dalam rangka menyelesaikan permasalahan (problem solving) JENISNYA?

17


Bagaimana Implementasinya? Sebagian besar perusahaan terkadang mengalami kekurangan sumber daya seperti ruang fasilitas, mesin produksi, dan tenaga kerja. Dalam situasi tersebut, manajer perusahaan harus mencari cara untuk mengalokasikan sumber daya secara efektif. Pemrograman Linier dapat menentukan bagaimana mencapai solusi yang optimal untuk menentukan bagaimana perusahaan dapat memperoleh keuntungan optimal dan mengurangi biaya operasionalnya.

Sumber: Modul pembelajaran ANALISIS KEPUTUSAN BISNIS KUANTITATIF oleh Ibu Marizsa Herlina https://aksaragama.com/bisnis/analisis-kuantitatif-dalambisnis/#:~:text=Analysis%20 kuantitatif%20adalah%20proses%20 mengumpulkan,insting%20mereka%20saat%20mengambil %20keputusan.

18


19


20


21


22


23


24


25


26


Ihram Adi Pratama atau yang biasa dipanggil Kang Ihram adalah salah satu mahasiswa statistika UNISBA angkatan 2019 yang mendapatkan beasiswa Bank Indonesia. Tips dan Trik Mendapat Beasiswa Menurut kang ihram ada 4 hal yang harus dilakukan 1.Niat Kita harus punya niat yang kuat dan tentunya lurus mau dibawa kemana niat ini. 2. Ikhtiar Setelah niat, kita harus ikhtiar. Ikhtiar disini bisa dengan mempersiapkan segalanya, seperti mempersiapkan semua berkas mulai dari motivation letter dan sebagainya. 3. Berdo’a Senjata dari umat islam adalah doa. Kita jangan pantang menyerah dalam berdoa. Kita berdoa kepada Allah swt. dengan fokus sesuai tujuan kita. Ada sebuah kunci yang didapat dari buku LSIPK yaitu membaca surat al-fatihah. Hal ini karena surat al-fatihah adalah surat pembuka dari semua pembuka. Al-quran dan shalat dibukanya dengan

27


surat al-fatihah. Lalu, misalkan jika akan bertawasul dianjurkan dibuka dengan surat al-fatihah. Jadi, surat alfatihah itu seperti kunci. Kalau misalkan rumah itu dikunci lalu kuncinya kita tidak tahu maka kita tidak bisa membuka pintu tersebut. Kita harus membawa kunci tersebut lalu kita buka. 4. Tawakal Yang terakhir adalah tawakal. Kita pasrahkan saja semuanya pada Allah swt. Misalkan hasilnya tidak diterima, mungkin itu menurut Allah bukan yang terbaik bagi kita. Kalau kita memaksakan hal itu baik menurut kita dan buruk menurut Allah, hal itu tidak akan berdampak baik kepada kita di masa yang akan datang.

Pesan dari Kang Ihram “Tetap semangat untuk teman-teman yang mau apply beasiswa. Walaupun gak lolos harus tetap maju dan tetap melangkah dan ketika kita maju jangan ragu-ragu.”

28


Syarat-syarat pendaftaran beasiswa Bank Indonesia bisa di cek di Instagram genbi.unisba

29


INFOGRAFIS

Juara 10 Besar Lomba SATRIA DATA yang diselenggarakan oleh Institut Pertanian Bogor

30

Karya : 1.Wulan Milanka Lestari 2.Salma Firdausyi 3.Mochamad Abda Akbar Akasyah (Statistika 2019)


MENDEP SHOP @mendepshop adalah sebuah online shop yang menjual bantal selimut atau biasa kita disebut dengan “balmut”. @mendepshop terbentuk pada bulan Juni 2020 oleh Ikbar Farid Maulana, seorang mahasiswa asal Bandung yang akrab dipanggil dengan Ikbar. @mendepshop ini bermula dari kegemaran Ikbar mengisi waktu luang dengan melihat konten-konten media sosial yang berbau bisnis, dari sana Ikbar termotivasi untuk memulai bisnis. @mendepshop menjual balmut berbagai motif dengan ukuran kecil dan besar, masing-masing dijual seharga 90.000 dan 160.000 rupiah. Produk dari @mendepshop bisa dipesan melalui Instagram atau Shopee. Dari kisah Ikbar, kita tahu bahwa sebuah media sosial sangat bermanfaat jika digunakan dengan porsi yang sesuai. Siapa sangka yang awalnya hanya untuk mengisi waktu luang, tapi ternyata bisa menghasilkan sebuah usaha. Menurut Ikbar jika ingin memulai bisnis, seseorang harus berani ambil resiko dan jangan takut gagal.

31


32


RAR STORE RaR Store adalah sebuah toko yang didirikan oleh Rizki Arya Ramadhan atau yang biasa dipanggil Lynee, seorang mahasiswa Bandung. RaR Store terbentuk pada tahun 2018. Awalnya Lynee menjual voucher game kepada seorang teman dari sebuah game online. Dari temannya tersebut, Lynee mendapat testimoni dan seiring banyaknya pelanggan yang Lynee dapat, membuat Lynee menekuni bisnis voucher game dan terbentuknya RaR Store. RaR Store sendiri menjual voucher game, pulsa, paket gift data, dan akun game. Sebuah pesan dari Lynee “Memulai bisnis tidak seperti bertaruh. Bisnis itu pilihan dan menjadi yang terbaik. Sekalipun kamu rugi, itu adalah pelajaran berharga. Jika kamu berhasil ada pelajaran untuk berkembang dan sukses lagi. Jadi buat teman-teman yang ingin berbisnis jangan takut gagal, kegagalan memang selalu ada tapi kesuksesan akan datang suatu saat”.

33


BY.ALEIRA @by.aleira adalah sebuah online shop yang secara fokus menjual mukena. @by.aleira terbentuk pada bulan September 2014 oleh seorang mahasiswa asal Bandung, Aniqa Rabi Athaya Bersama keluarganya. Athaya dan keluarga awalnya biasa membuat busana muslim untuk dipakai keluarga sendiri. Tetapi, karena banyak permintaan dari orang-orang untuk dijual, akhirnya terbentuklah @by.aleira yang memproduksi hijab syar’i dan busana muslim, karena saat itu tren busana muslim baru berkembang di Indonesia. Seiring berjalannya waktu, @by.aleira berkembang dengan memproduksi mukena dan saat ini hanya berfokus pada mukena. Sekarang @by.aleira sudah dijual di berbagai media sosial. Untuk kisaran harga mukena dimulai dari 200.000 hingga 600.000 rupiah. Produk @by.aleira bisa didapatkan melalui Instagram, facebook, dan Shopee. Pesan dari Aniqa untuk teman-teman yang mau belajar usaha yaitu “harus berani, jangan takut gagal. Terus belajar dan berusaha”.

34


35


Bincang – Bincang Kuliah Praktik Kuliah Praktik itu apasih?? Kuliah Praktik (KP) adalah salah satu mata kuliah wajib yang ada di prodi statistika. Kuliah praktik dilaksanakan dengan cara magang kerja di suatu instansi atau lembaga dengan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah dipelajari secara langsung di lapangan, dengan harapan bisa memberi wawasan kepada mahasiswa tentang dunia kerja yang sebenarnya.

36


Mestika Meytiara, mahasiswa Statistika angkatan 2018 penerima program magang bersertifikat yang diselenggarakan oleh BUMN. Mahasiswa yang akrab dipanggil Ara ini berhasil lolos program magang di PT BRI. Simak yuk bagaimana teh Mestika bisa lolos program magang bersertifikat >>

“Bagaimana tips and triks supaya diterima di program magang bersertifikat?”

“Awalnya iseng nyobain bareng temen-temen, alhamdulillah keterima. Tipsnya, jadi kaya cocok-cocokan gitu. Misalnya udah punya IPK gede, tapi domisilinya gak cocok sama kebutuhan BUMN, jadi tetap ga keterima. Kita bisa menyesuaikan domisili. Kemarin aku lihat mahasiswa UNISBA ada yang keterima di Jakarta jadi aku pilih Jakarta juga. Pilih domisilinya yang ada saudara buat kita nginep, biar hemat dan gak ngeluarin uang lagi”

37


“Persyaratan apa saja yang harus dipenuhi untuk program magang BUMN?”

“Untuk awalnya seleksi di UCDC dulu, kita harus isi google form dan tahap ini belum ada syarat khusus. Kita cuman diminta transkip nilai sama ada pertanyaan 6 bulan kedepan mau ngapain. Nah kalo lulus match up, baru tuh nyiapin syarat-syaratnya, seperti SKCK, KTP, pas foto, dan nanti ada wawancara juga”.

“Benefit apa aja yang didapet waktu magang?”

“Benefitnya yang pasti kita bisa tau gimana sih dunia kerja itu. Bisa tau juga suasana kantor, namanya mahasiswa sebagian besar pasti belum pernah ngerasain, terus juga dapet uang jajan. Selama di BRI untuk awal-awal aku bantuin bagian administrasi. Kalau sekarang baru disuruh narik data nasabah”.

“Saran untuk teman - teman yang ingin dan berjuang untuk mendapatkan program magang?”

“Yuu semangat yuk ikutan batch 2, jangan lupa berdoa, terus jangan lupa akalin domisilinyaa”.

38

Yuk semangat yuuk buat temen - temen yang mau ikut program magang bersertifikat :)


D A T E Z H K I A S A N O A H E A D A T A U V R E N A E I U S G R A F P A N D N A I S V P K I C A N O L P C S L T I A F R G T O D T

I Y X U O O G R S

S A M P E L T R J G S L N I E T K Y H V T

I J R A I K I A N

A S I G T

T A D S U A F B S

T

I

I T I H K M H A I T K K E U

P O P U L A S I Q N S P I H S E M D I

S T R I B U S K N V I

M X G I N D P

I K A T C A R X K

I S A M P L I K G R A F I K

E A H G P B S E Q V U K T O T K U A N T

I

T A T I F N U I W

39


60 40 18

? 40


THANKS FOR READING


FIND US himastaunisba @hqu6509f himasta_unisba himasta.unisba@gmail.com statistika.unisba.ac.id himasta unisba


Turn static files into dynamic content formats.

Create a flipbook
Issuu converts static files into: digital portfolios, online yearbooks, online catalogs, digital photo albums and more. Sign up and create your flipbook.