Page 1

EDISI : 160 TAHUN LXIII

SABTU 22 OKTOBER 2011 M / 24 DZULKAIDAH 1432 H

HARGA ECERAN

Rp2500

HARI INI TERBIT 24 HALAMAN

SEJARAH MENCATAT, HALUAN TERBIT SEJAK 1948 DAN MENJADI TUAN RUMAH DI NEGERI SENDIRI

Kuburan Khadafi Dirahasiakan

Barangsiapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya Kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan. (QS Huud 11:15)

SUBUH ZUHUR ASHAR MAGHRIB ISHA

04.42 12.02 15.19 18.05 19.15

DI TENGAH kontroversi bagaimana cara Khadafi menemui ajalnya, sampai kemarin soal di mana ia akan dikuburkan masih dirahasiakan oleh Dewan Peralihan Nasional.

WIB WIB WIB WIB WIB

http://www.pkpu.or.id

TRIPOLI, HALUAN — Dewan Peralihan Nasional Libya mengatakan jenazah mantan pemimpin yang digulingkan Kolonel Khadafi akan dimakamkan di lokasi yang dirahasiakan. Dan pengumuman resmi dewan itu belum juga menyebutkan, apakah Khadafi tewas tertembak dalam sebuah baku tembak atau sengaja ditembak setelah tertangkap. Tapi Pelaksana tugas Perdana Menteri Mahmoud Jibril mengatakan Muammar Khadafi tewas akibat ditembak di kepala dalam sebuah baku tembak antara loyalis Khadafi dengan pasukan NTC. Dia mengkonfirmasikan bahwa sebenarnya Khadafi ditangkap dalam keadaan hidup, tetapi tewas saat dibawa ke rumah sakit.

REFLEKSI

„ Bersambung ke Halaman 11

Fenomena Striptis Pertanda Kontrol Lemah OLEH: MARISA ELSERA KAPOLRES Pasaman AKBP Gatot Santoso memperlihatkan ganja kering yang ditangkap, Kamis pagi.

KEKECEWAAN masyarakat atas tindakan Satpol PP Kota Padang yang melepas penari striptis usai terjaring razia di Kafe Fellas, Padang pada Rabu (28/9) lalu akhirnya terbayar dengan penangkapan SS (21) warga Tanah Baroyo, Padang dan NA (21) warga belakang pool ALS, Kecamatan Lubeg, Kota Padang oleh Jajaran Polresta Padang. Penangkapan itu diharapkan masyarakat dapat memberikan efek jera pada pelaku serta menjadi preseden bagi yang lain. Kasus pertunjukan striptis di Kafe Fellas, Rabu (28/9) lalu cukup menyentak publik. Masyarakat dari berbagai kalangan mengutuk kejadian itu karena dianggap telah mencoreng nama baik orang Minang.

Polres Pasaman Tangkap 21 Kg Ganja

LUBUK SIKAPING, HALUAN — Satuan Narkoba Polres Pasaman kembali berhasil menggagalkan peredaran ganja kering seberat 21 kg di Panti dan Rao. Bersamaan dengan itu, polisi juga menangkap sebuah minibus Xenia. Namun tersangkanya sudah kabur. Menurut Kapolres Pasaman AKBP Gatot Santoso, melalui Kasat Narkoba, AKP. Jasril, di ruang kerjanya Jumat (21/10), penangkapan ganja tersebut dilakukan melalui razia rutin yang digelar di Pos Polisi Muaro Cubadak, Kecamatan Rao, Kabupaten Pasaman, Kamis (20/10) sekitar pukul 06.30.

„ Bersambung ke Halaman 11

ANTARA

JELANG REKONSTRUKSI BOM — Tersangka Bom Bali 1, Umar Patek (berpeci) digiring anggota kepolisian saat tiba di Bandara Adi Sumarmo, Solo, Jumat (21/10). Umar Patek yang ditangkap di Pakistan itu pada 25 Januari lalu, akan menjalani rekonstruksi Bom Bali 1 di Solo untuk mengetahui detail-detai dan diharapkan ditemukan fakta baru.

„ Bersambung ke Halaman 10

KEPALA DAERAH YANG DIVONIS BEBAS

Mendagri: Negara Perlu Adil

TEDDY

MAK Ubay sedang melayani pembelinya. Ia sudah 28 tahun berjualan katupek namun kehidupannya masih tetap begitu-begitu saja.

Sudah 28 Tahun Mak Ubay Galeh Katupek

MULAI membuka kedai kecil dengan berjualan ketupat, goreng, kue mangkuk dan lapek sejak tahun 1983 silam, ternyata belum mampu mengangkat kehidupan perekonomian Nurbaida (65). Wanita yang akrab disapa Mak Ubay ini, hingga saat ini tetap akrab dengan dagangannya yang dijual di kedai kecil yang berada di samping kantor Dinas Sosial Sumatera Barat. Tapi kehidupannya masih begitu-begitu saja. Pengakuannya, dengan tujuh orang anak buah cintanya dengan Bahar (alm), semua hasil dagangannya hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Jangankan untuk hidup mewah, untuk sekadar menikmati masa tua Mak Ubay belum sempat.

„ Bersambung ke Halaman 11

BALI, HALUAN — Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengatakan, bangsa ini perlu adil bagi kepala daerah yang divonis bebas oleh pengadilan, terutama untuk masa jabatan yang hilang akibat proses hukum yang terlalu lama. Hal itu ditegaskan Gamawan Fauzi dalam sambutannya setelah mengukuhkan Kepengurusan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh

Indonesia (Apkasi) yang dipimpin Bupati Kutai Timur, Ir. Irsan Noor, M.Si, di Nusa Dua, Bali, Jumat (21/ 10) kemarin. Dalam undang-undang, kata Mendagri melanjutkan, apabila seorang kepala daerah yang terjerat hukum kemudian divonis bebas, maka dia harus diaktifkan kembali. Bila dia menjalani proses hukum sebagai terdakwa pada

SETELAH JATUH DARI MOTOR

Pegawai AMC Hilang

awal tahun kedua dan baru dapat vonis bebas setelah banding, kasasi, dan kemudian dilanjutkan pula PK oleh „ Bersambung ke Halaman 11 MENDAGRI Gamawan Fauzi memberikan keterangan pers didampingi Ketua Umum Apkasi Irsan Noor dan Kapuspen Kemendagri Roydonnyzar Moenek, di Nusa Dua.

SYAF AL

Green City Hadir di Sumatera Expo GREEN City Pekanbaru ikut ambil bagian dalam Sumatera Expo di Mega Mall Batam Centre yang diselenggarakan dari 21-24 Oktober 2011. Green City menawarkan tempat hunian dan perkantoran yang menjanjikan untuk investasi jangka panjang.

PADANG, HALUAN — Pegawai klinik swasta AMC Gadut, Welya (44), hilang dibawa arus di Batang Air Simpang Gadut, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Jumat (21/ 10) sekitar pukul 15.00 WIB, setelah sepeda motornya terjatuh. Salah satu saksi Zulfikar (38) warga Gadut mengatakan, saat itu korban terlihat mengendarai motor Honda Beat warna merah dengan nomor „ Bersambung ke Halaman 11 HALUAN KEPRI

BATAM, HALUAN — Sebanyak 86 exebition yang berasal dari dalam negeri dan luar negeri, ikut ambil bagian dalam Sumatera Expo di Mega Mall Batam Centre yang diselenggarakan dari 2124 Oktober 2011. Salah satunya Green City yang menawarkan tempat hunian dan perkantoran yang menjanjikan untuk investasi jangka panjang bagi warga Pekanbaru dan sekitarnya. Manager Pemasaran yang juga Penanggungjawab Stan, Sengsem Nuryati menegaskan optimis bisa meraih target-target yang ditentukan, diantaranya „ Bersambung ke Halaman 11


2 UTAMA

SABTU, 22 OKTOBER 2011 M 24 DZULKAIDAH 1432 H

LINGKAR Khadafi Tewas, Harga Emas Turun PADANG, HALUAN — Tewasnya mantan pemimpin Libya Muammar Khadafi, berdampak terhadap harga emas di pasaran dunia, termasuk Padang. Emas merupakan salah satu barang barter dalam transaksi internasional. Menurut Erdinal Ridwan, pemilik Toko Emas Wahyu Padang, tewasnya Muammar Khadafi Kamis kemarin, membuat sontak harga emas dunia dan tren turun. Sejak Kamis (21/10) lalu—atau tepatnya sejak Muammar Khadafi tewas— harga emas murni turun rata-rata Rp25 ribu per emas. “Sebelumnya harga Rp1,2 juta per emasnya kini menjadi Rp1.175.000 per emasnya. Dengan turunnya harga emas memicu pembeli untuk ramai-ramai membeli emas, namun berbeda dengan pedagang emas yang mesti gigit jari, karena sebelumnya membeli dengan harga yang lumayan tinggi,” papar Erdinal yang akrab disapa Yong kepada Haluan, Jumat (21/10). Sementara itu, menurut Guspardi Gaus, Ketua Asosiasi Pengusaha Emas dan Permata Indonesia Cabang Sumatera Barat, turunnya harga emas karena Negara Libya salah satu negara terbesar dalam pemasok minyak mentah dunia terutama di Eropa dan Amerika yang menggunakan emas sebagai barternya. “Untuk membeli minyak mentah tersebut negara-negara maju justru melakukan transaksi berupa barter dengan negara penghasil minyak. Namun, ketika terjadi gejolak politik sepert ini, harga minyak mulai turun yang disertai turunnya harga emas,” papar Guspardi Gaus. Artinya, peredaran emas yang dulunya difokuskan dalam transaksi pembelian hasil bumi, kini peredaran emas justru semakin tersebar di dunia. “Otomatis, harga yang ditawarkan pun semakin melemah,” katanya. (h/mce)

WISATA KE NEGERI JIRAN

Cuma Rp675 Ribu ke Malaysia

PADANG, HALUAN — Jalan-jalan ke Malaysia kini lebih terjangkau. Setelah Aceh, Medan dan Pekanbaru, Tourism Malaysia menawarkan paket tur ke Negeri Jiran tersebut dengan harga yang murah. Dengan uang Rp675 ribu, warga Kota Padang bisa bermalam 3 hari di Kuala Lumpur. Hal itu dikatakan oleh Direktur Tourism Malaysia, yang juga merupakan Konsul Pariwisata Malaysia, Suhaimi Abu Hassan di Basko Premier Hotel, Jumat (21/10). Tourism Malaysia mengandeng 4 agen travel ternama untuk ikut aktif dalam promo ini, seperti Glorie travel, Bravo Travel, Zanzi Travel dan Raun Travel Bukittinggi. Harga Rp675 ribu tersebut selain biaya perjalanan, sudah mencakup biaya penginapan dan jemputan dari airport ke hotel. “Menariknya, jika tiket dibeli saat promo, pembeli akan mendapatkan gratis internet dengan speedy dari Telkom selama 1 tahun,” kata Suhaimi, yang didampingi oleh Manager Customer Service Telkom Area Sumbar, Setia Welli. Promosi ini bertema Kempong Malaysia dengan konsep wisata alam Malaysia, seperti wisata perobatan, pendidikan, belanja, perkampungan dan olahraga. Dikatakan Suhaimi, setiap sudut yang ada di Malaysia merupakan objek wisata. Masyarakat Eropa sangat menikmati semua pesona alam di negara ini. Dengan membayar tiket helikopter, wisatawan bisa menikmati wisata Gunung Langkawi yang indah. “Ini merupakan persiapan Visit Malaysia 2013, yang akan mengekspos destinasi wisata yang canggih dan berbeda dengan negara lain,” kata Deputy Tourism Malaysia, Azidin Md Bidi kepada Haluan. Malaysia populer dengan agenda seperti Moto GP, Formula 1 dan Monsoon Cup. Ini disambut baik oleh Wakil Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah. Katanya, dengan adanya kerja sama pariwisata ini, diharapkan tidak ada konflik yang melibatkan dua negara dan diharapkan mempererat hubungan Indonesia-Malaysia. “Negara kita memiliki latar belakang budaya yang mirip. Jadi tentu pariwisatanya mirip dengan kita. Maka konflik seharusnya bisa dihindari,” kata Mahyeldi. (h/dla)

ANTARA

VCD/DVD BAJAKAN — Petugas Kepolisian menunjukkan barang bukti berupa VCD/DVD (cakram padat) porno bajakan di Mapolrestabes Surabaya, Jatim, Jumat (21/10). Sebanyak 63 keping DVD master porno, 5.331 keping VCD dan DVD porno dan alat produksi tersebut diamankan dari pabrik rumahan yang didistribusikan ke beberapa pulau dan daerah Jatim.

KTP ELEKTRONIK

Pemerintah Sudah Bayar Konsorsium Rp482 Miliar

BADUNG, HALUAN — Pemerintah sudah membayarkan dana konsorsium pengadaan peralatan dan cetakan program KTP elektronik sebesar 20 persen dari nilai kontrak, yakni sebesar Rp482 miliar. “Sudah dibayarkan, 482 milyar kepada konsorsium. Itu sudah 20 persennya,” kata Plt Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil, Irman, bersama Kapuspen Kemendagri, Reydonnyzar Moenek, di Badung, Bali, saat mendampingi Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi meninjau pelaksanaan KTP elektronik di Kecamatan Mengwi, Badung, Jumat (21/10) petang. Irman menegaskan bahwa dana sebanyak itu sudah ditransfer ke rekening konsorsium dan Senin mungkin sudah bisa diuangkan oleh mereka. Sementara, dalam penijauan

itu, Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi, menegaskan, bahwa pembuatan KTP elektronik ini dibiayai oleh APBN alias gratis bagi penduduk yang wajib memiliki KTP. “Tidak ada pungutan pembayaran bagi warga. Kalau ada yang memungut bayaran, saya minta Pak Gubernur, Bupati dan Walikota menindak oknum tersebut,” kata Gamawan. Gamawan menjelaskan, NIK sendiri masih dimungkinkan dipalsukan. Misalnya ia mencontohkan, di Bali ia mengaku Gamawan, tapi ketika di Jakarta, bernama Fauzi, dengan mengganti

tanggal kelahiran. Tapi jika sudah diberlakukan KTP elektronik, tak ada celah pemalsuan itu. “ Dengan KTP elektronik, tak akan ada yang ganda. Kecuali teknologinya gagal,” katanya. Jika ada identitas sama, pasti akan ada yang tergeser oleh sistem. Sistem akan menyaringnya. Karena sistem teknologi KTP elektronik, selain memakai sidik jari, juga pemindai retina. “KTP elektronik, ini akan sangat berguna untuk data asuransi, bantuan sosial. Bahkan bisa diaplikasikan ke produk-produk

lainnya, jika mau,” kata dia. Diberlakukannya KTP elektronik juga akan sangat membantu dalam bidang keamanan negara. Nanti, bila program KTP elektronik selesai, akan keluar peraturan 1 identitas bisa untuk segala urusan. “ Kalau sekarang kan ada yang memakai pasport. Urus tanah, pakai kartu lain lagi. Nanti cukup 1 kartu,” kata Gamawan. Oleh karenanya ia meminta semua pihak membantu menyukseskan program nasional itu. Termasuk tokoh agama, dan masyarakat harus ikut mensosialisasikan. “ Waktu kita sedikit. Dibeberapa daerah 1 kecamatan minimal 300 orang sehari. Misal ada dua alat, satu alat bisa layani 150 orang sehari,” kata dia. Pada Pemerintah Daerah juga ia meminta, kalau bisa menambah

jam kerja. Namun tentunya, uang lembur ditanggung APBD. “ Kalau ada yang sampai malam, itu bagus, tapi tambah honor, karena jadi dua shift. Di APBN tak dianggarkan. Talong dibantu. Ini kepentingan nasional,”katanya. Gamawan juga kembali mengaskan, bila 170 juta target di 2012 tak tercapai, ia sudah bulat mengundurkan diri. Janji itu bukan gagahgagahan, tapi bentuk tanggung jawabnya sebagai pelayan publik. “ Maka nasib saya ada ditangan pak bupati, pak gubernur, tokoh masyarakat. Bila gagal, saya akan ucapkan walaikum salam warohmatullahi wabarakatuh pada pak presiden. Saya akan ucapkan, sampai disini pengabdian saya. Bukan takut berhenti tapi karena ini sudah jadi komitmen,” paparnya. (h/sal)

DATA BPS TAK AKURAT LAGI

Pemprov Minta Penerima Raskin Didata Ulang

PADANG, HALUAN — Pemprov Sumbar minta agar pendataan rumah tangga sasaran (RTS) penerima beras miskin (raskin) yang ditetapkan BPS diulang lagi. Data yang digunakan Badan Pusat Statistik (BPS) tidak akurat lagi karena masih memakai hasil pendataan program perlindungan sosial (PPLS) tahun 2008. Di samping itu aturan pembayaran raskin yang cash and carry kepada Bulog juga perlu dipertimbangkan kembali, karena pemerintah daerah kewalahan memproses pembagian raskin kepada masyarakat penerimanya. “Kita minta, RTS penerima raskin 2012 didata ulang. Sebab data penerima raskin 2011 ini sudah tidak sesuai dengan data BPS. Jumlah masyarakat yang patut

menerima bantuan pemerintah ini cukup banyak,” kata Gubernur Sumbar diwakili Sekdaprov Sumbar Ali Asmar dalam sambutannya pada pembukaan Rapat Regional Program Raskin se-Sumatera Kamis (20/10), di Padang yang dihadiri Asisten II Setdaprov Sumbar Syafrial dan Kepala Biro Perekonomian Achmad Kharisma. Dikatakan, data yang tidak sesuai ini menyebabkan petugas di lapangan menjadi kewalahan untuk membagi jatah raskin karena mereka yang tidak tercantum namanya sebagai penerima, menuntut agar tetap dibagi raskin. Karena itu, diambil kebijakan di lapangan berdasarkan musyawarah dan mufakat, mereka yang tidak terdata juga mendapatkan jatah raskin. Dalam evaluasi data

penerima raskin, hendaknya pihak terkait mempertimbangkan kondisi daerah tertentu apalagi yang baru saja dilanda bencana dalam menetapkan kriteria RTS itu. “Usai gempa 2009, masyarakat miskin yang patut mendapatkan bantuan pemerintah ini jumlahnya meningkat. Akibatnya jatah raskin yang disalurkan by name by address seberat 15 kg/RTS/bulan itu tidak lagi sesuai ketentuannya, karena mesti dibagi rata dengan masyarakat miskin yang tidak terdata,” katanya. Kendala-kendala dalam mendistribusikan raskin di lapangan, hendaknya dapat diperbaiki di masa datang, termasuk sistem pembayaran cash and carry kepada Bulog yang menyebabkan pemerintah daerah kewalahan mem-

proses pembagian raskin kepada masyarakat. Dikatakan, dalam penyaluran raskin masing-masing Pemko/ Pemkab diminta untuk mengalokasikan melalui APBD-nya dana talangan dan dana operasional untuk membantu kelancaran distribusi raskin. Namun Pemprov Sumbar juga berharap pengertian pemerintah pusat melalui Kementrian Kooordinator Kesejahteraan Rakyat, bahwa kondisi masingmasing daerah itu berbeda. Pemko/Pemkab di Sumbar sangat kesulitan menganggarkan dana talangan ini disebabkan keterbatasan dana yang ada, meski disisi lain juga dirasa perlu alokasi dana untuk program pengentasan kemiskinan lainnya dan mengatasi pengangguran serta program

pengembangan ekonomi lainnya. Deputi Bidang Perlindungan Sosial dan Perumahan Rakyat Kemenko Kesra RI, Adang Setyana mengungkapkan, usulan dan aspirasi dari Sumbar termasuk soal pembayaran cash and carry akan menjadi bahan dalam rapat raskin di pusat nantinya. “Kita akan lakukan penyempurnaan pedoman umum penyaluran raskin ini agar distribusi raskin 2012 lebih tak lagi menuai masalah,” kata Adang. Untuk penetapan pagu raskin 2012 akan didasarkan pada data BPS PPLS 2011. Untuk mengakomodir adanya dinamika penambahan RTS di lokasi, maka Tim Koordinasi raskin perlu pengadakan musyawarah di masyarakat untuk menetapkan kebijakan lokal. (h/vie)


NASIONAL 3

SABTU, 22 OKTOBER 2011 M 24 DZULKAIDAH 1432 H

LINGKAR

KESENJANGAN OTODA

Desentralisasi Asimetris Solusinya

Batal, Gedung Baru DPR JAKARTA, HALUAN — Rencana pembangunan gedung baru DPR yang beberapa waktu lalu menuai kontroversi, akhirnya batal dibangun. Anggaran pembangunan seluruhnya dikembalikan kepada negara. “Sesuai tuntutan publik, pembangunan dibatalkan dan anggarannya dikembalikan ke kas negara,” kata anggota DPR Ganjar Pranowo, Jumat. Menurutnya, soal pembatalan rencana pembangunan gedung baru DPR itu juga sudah dibahas di internal fraksi.Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR, Pius Lustrilanang menyatakan, dewan telah mengembalikan sebagian anggaran pembangunan gedung baru DPR. Pius menuturkan, DPR tidak akan berupaya mendorong pembangunan gedung baru lagi. Batalnya pembangunan gedung baru DPR, kata Pius, berawal dari pembatalan proses tender berdasarkan rapat konsultasi antara BURT DPR dan Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto pada Mei 2011 lalu. Namun pada akhirnya, rencana pembangunan gedung DPR sama sekali dibatalkan. (vvn)

JAKARTA, HALUAN – Masih banyak masalah hubungan pusat-daerah yang menjadi kendala penyelenggaraan otonomi daerah. Desentralisasi simetris yang berlaku selama ini tidak bisa menjawab keberagaman Indonesia dari Sabang ke Merauke dan dari Miangas ke Rote. Maka, solusi terbaik menggunakan desentralisasi asimetris. Demikian kesimpulan Lokakarya Nasional Grand Design Pembangunan Hukum Nasional dalam Hubungan Pusat-Daerah yang diselenggarakan Panitia Perancang Undang-Undang (PPUU) DPD yang ditutup oleh Ketua DPD Irman Gusman, di Gedung DPD, Jum’at (21/10). “Sesuai dengan Pasal 18 UndangUndang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945), hanya desentralisasi asimetris yang bisa menjawabnya. Kita harus mengembangkan desentralisasi asimetris,” ujar Turiman Fachturahman (dosen Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura) yang membacakan kesimpulan lokakarya Tim Perumus Komisi I. Tim Perumus lainnya ialah Galang Asmara (Fakultas Hukum Universitas Mataram), Enny Nurbaningsih (Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada), Kotan Y Stefanus (Fakultas Hukum Universitas Nusa Cendana), Yulianto Kadji (Fakultas Hukum Universitas Negeri Gorontalo), dan Zakaria M (Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara). Komisi I bentukan lokakarya nasional membahas masalah kewenangan dan kelembagaan. Komisi I Lokakarya Nasional Grand Design Pembangunan Hukum Nasional dalam Hubungan Pusat-

Ledakan di Ambon Hanya Petasan JAKARTA, HALUAN — Suara ledakan keras terdengar disamping Hotel Cenderawasih Jl pantai Mardika, Kota Ambon, Maluku pukul 23.00 WIT, Kamis (20/10). Namun dipastikan ledakan itu tidak berasal dari bom rakitan, tapi petasan besar. “Setelah di cek oleh tim gegana, hanya ditemukan serpihan kertas. Kemungkinan mercon atau petasan yang besar,” ujar Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Anton Bachrul Alam, di kantornya, Jl Trunojoyo, Jakarta, Jumat (21/10/). Berdasarkan keterangan saksi di lokasi kejadian, pelaku peledakan berjumlah dua orang menggunakan sepeda motor. Saat ini, Polisi sedang memburu kedua orang itu.“Semua dalam lidik,” ucapnya. Sebelumnya Kabid Humas Polda Maluku AKBP Johanis Huwae mengatakan ledakan yang terdengar keras. “Itu bom cuma suaranya saja yang keras, hanya untuk memprovokasi,” kata Johanis. (dtc)

Daerah juga menyimpulkan, hingga kini tidak jelas pengaturan kriteria daerah khusus dan daerah istimewa, termasuk kawasan perbatasan dan kawasan kepulauan. Akibatnya, terjadi tarik menarik tugas dan wewenang antara pusat dan daerah, utamanya daerah bernomenklatur khusus dan istimewa. “Seharusnya, undang-undang tentang pemerintahan daerah mengatur tegas prinsip-prinsip kriteria daerah khusus dan daerah istimewa beserta tugas dan wewenangnya. Jika tidak, banyak persoalan terjadi ketika pusat berelasi dengan daerah. Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah menyatakan bahwa hubungan pusat-daerah meliputi kewenangan, kelembagaan, keuangan, dan pengawasan,” kataTuriman. Dalam dimensi kewenangan, Komisi I Lokakarya Nasional menyatakan, UU 32/2004 mendegradasi pembagian kewenangan antara pusat dan daerah melalui pengaturan yang rinci dalam Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan Antara Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota. “Ketentuan dalam PP 38/2007 tersebut bertentangan dengan konstitusi,” sambungnya. (h/sam)

Kasasi Robert Tantular Diserahkan ke MA

JAKARTA, HALUAN — Berkas kasasi Robert Tantular terkait perkara pernyitaan asetnya telah dikirimkan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat ke Mahkamah Agung. Pemilik Bank Century itu tidak terima dengan penyitaan asetnya yang berada di Hongkong oleh PN Jakarta Pusat. “Informasi terakhir, berkas itu sudah dinaikkan ke Mahkamah Agung. Tapi persisnya saya tidak paham, kemungkinan besar sudah diterima MA,” kata pengacara Robert, Triyanto seperti dikutip vivanews, Jumat. Menurut dia, penyitaan harta Robert itu tidak tepat. Pasalnya, putusan penyitaan itu dilakukan terkait kasus Hesyam Al Warraq dan Rafat Ali Rizvi. “Kami melihat hakim salah

menerapkan hukum. Yang diadili kasusnya Hesyam dan Rafat, kok yang disita hartanya Robert, pihak ketiga yang tidak terkait,” kata dia. Menurut dia, harta Robert yang disita itu jumlahnya mencapai miliaran rupiah. Namun, tidak dalam bentuk uang tunai semuanya. “Aset itu kan daftarnya ada yang di Hongkong. Ada yang berupa polis asuransi, bahkan atas nama istri. Itu kan tidak terkait,” tutur dia. Sebelumnya, PN Jakarta Pusat menolak permohonan keberatan yang diajukan oleh Robert Tantular atas penyitaan asetnya oleh Kejaksaan. Kejaksaan menyita harta Robert setelah mantan komisaris Bank Century Hesyam Al Warraq

dan Rafat Ali Rizfi dinyatakan terbukti melakukan tindak pidana korupsi dan tindak pidana pencucian uang. Mereka diwajibkan mengembalikan kekayaan yang dimiliki. Namun, dalam putusan

keduanya, tidak disebutkan nama Robert sebagai orang yang bersama-sama melakukan korupsi dan pencucian uang itu. Meskipun sebelumnya Robert telah menerima pidana penjara dalam kasus Banki Century ini. (vvn)

Komunitas pecinta reptil “Reptzone” Solo mengadakan aksi kampanye di Gladak, Solo, Jateng, Jumat (21/10).

Gubernur Papua NKRI Sudah Final

JAKARTA, HALUAN — Anggota Komisi I DPR, Helmy Fauzi, mengatakan DPR akan memanggil Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Djoko Suyanto, untuk menjelaskan persoalan di Papua. DPR akan meminta penjelasan bagaimana insiden kekerasan yang memakan korban jiwa bisa terjadi.”Kami melihat masalah Papua ini seperti api dalam sekam yang memerlukan pendekatan komprehensif dalam penanganannya. Bukan hanya pendekatan pencegahan keamanan, tapi juga perlu ditekankan kembali pendekatan kesejahteraan. Bagaimana otsus (otonomi khusus) Papua ini digulirkan untuk memberikan kesejahteraan kepada rakyat papua,” ujar Helmy di gedung DPR, Jumat. Sedangkan Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Max

Sopacua menyatakan, penyebab masalah di Papua bisa bermacam-macam. Salah satunya adalah minimnya sosialisasi tentang NKRI ke seluruh masyarakat Papua. “Jadi, Papua merupakan bagian integral NKRI. Persoalannya sekarang tingkat sosialisasi yang dikembangkan hingga ke tingkat seluruh masyarakat Papua sulit juga menurut cerita orang,” kata Max. Sudah Final Sedangkan Gubernur Papua, Syamsul Rivai, menegaskan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sudah final dan tidak boleh diganggu gugat oleh siapapun. Seluruh rakyat, termasuk warga Papua, harus menjaga keutuhan negara. “NKRI wilayahnya dari Sabang sampai Merauke. Jika ada yang mencoba mengganggunya, seluruh rakyat Indonesia akan menghadang, dan tentu

yang berada di Papua menjadi front pertama yang menghadangnya,” tegas dia. Dia menambahkan, sebenarnya pemerintah sudah sangat toleran dengan pelaksanaan Kongres Rakyat Papua itu. Namun, karena dinilai sudah melenceng dengan mengibarkan Bendera Bintang Kejora dan mendeklarasikan Negara dan pemerintahan, aparat tidak bisa tinggal diam. “Pemerintah sangat menghargai kebebasan berpendapat, tapi jika sudah melenceng jauh tidak mungkin diam saja,” paparnya. Menurut Gubernur, tindakan tegas dari aparat Kepolisian dan TNI pada kongres itu sudah tepat dan sesuai dengan prosedur. “Mereka yang ditangkap dan saat ini diproses adalah orang-orang yang diduga memiliki pengaruh dalam kongres, melanggar aturan dan

perundang-undangan. Jadi tindakan aparat sudah sesuai ketentutan yang berlaku, tutur dia. Sedangkan, terkait adanya korban jiwa dalam pembubaran itu dia anggap hanya sebagai dinamika di lapangan saja. “Jatuhnya korban yang tidak diinginkan, hanya dinamika lapangan saat penanganan,” katanya. Sementara itu, Kapolda Papua, Irjen Pol BL Tobing mengatakan aparat terpaksa melakukan pembubaran kongres karena sudah melenceng dan mencoba merongrong NKRI. “Kami sudah memberikan toleransi. Kongres berjalan tanpa ada surat izin, kemudian hari pertama terjadi pengibaran bintang kejora, kemudian malah mencoba mendirikan sebuah negara. Ini kan jelas melanggar, tentu harus ditindak,” tegasnya. (h/vvn/dn)

DP enteng cuma

5

jutaan*

PT. ELANG PERKASA MOTOR : Jl. Khatib Sulaiman No.87 Padang Telp. (0751) 7051422, 7051423 Kantor Cabang : = PAYAKUMBUH : Jl. St. Usman No.14, Kampung Cina Telp. (0752) 91795 = DHARMASRAYA : Jl. Lintas Sumatera Koto Baru KM.218 Dharmasraya Telp. (0754) 71245

Serunya pake mobil baru

buat have fu n

bareng temen-temen kamu!

* Syarat dan ketentuan berlaku

HARI MINGGU / LIBUR SHOWROOM TETAP BUKA

ANTARA

KERING KERONTANG — Kendati di sejumlah daerah hujan mulai mengguyur, namun daerah Jawa Timur masih berada dalam musim kemarau. Sejumlah bocah bermain sepak bola di tanah lapang yang kering kerontang di kawasan Gunung Anyar, Surabaya, Jumat (21/10).

61 Bimbang LAMA-lama pembicaraan itu hampir akur, Aziz amat tertarik dengan kecantikan Hayati. Dia sekarang hendak melepaskan pendapat yang lama, hidup membujang, dia hendak mengambil Hayati menjadi istrinya. Tetapi tidaklah sampai pertimbangannya, apakah Hayati hendak jadi istri yang akan dibawa bersama-sama sehidup semati, istri kawan bertempur menghadapi kesulitan hayat, sebagaimana dipikirkan orang selama ini, tidak sampai ke sana pertimbangannya. Pertimbangannya ialah Hayati gadis cantik, orang kampung pingitan, dia mesti mendapatkan Hayati. Tak dapat dengan jalan yang biasa dikerjakan, yaitu haram, dengan jalan halal baik juga. Dia sekarang ada pekerjaan, simpanan ibunya pun cukup, harta banyak. Siapa orang tak suka dengan dia! Setelah cukup perlop-nya 14 hari, dia pun kembali ke Padang. Dia berjanji hendak hidup jujur, melemparkan perangainya yang lama, supaya kalau-kalau dia meminta Hayati, akan diberikan oleh kerabatnya dengan tidak banyak berpikir. Terlalu banyak was-was yang menimpa Zainuddin sejak surat itu dimasukannya ke pos. Dia merasa takut, kalau-kalau suratanya yang bersifat terus terang itu akan menggoncangkan hati Hayati. Apalagi setelah ditunggu-tunggu balasannya, tak datang. Dan kemudian sekali, dilihat-lihatnya Hayati tak ada lagi di Padang Panjang. Timbullah kedukaan kepadanya, sehingga dikirimnya surat teralamat ke Batipuh, meminta maaf dan keridaan, jika kata yang dahulu telah terlanjur. Terobatlah hati itu kembali seketika mendapat balasan dari Hayati, mengatakan suratnya yang dahulu tidak menerbitkan salah terimanya sedikit juga, dan

Ilustrasi Marwan

masih berharap-harap surat darinya, masing ingin hendak bertemu. Cuma seketika akan berangkat pulang kembali belum sempat memberi tahu, karena sangat sesaknya pekerjaan, sehingga tak sempat membuat surat dengan tenang dan tenteram. Ketika membaca surat itu, telah ada perasaan yang halus dalam jantung Zainuddin, mengatakan bahwa surat itu sudah agak kurang berisi dari yang dahulu. Tetapi perasaan yang demikian tak sanggup tumbuh dengan subur, karena dari dalam pun datang pula suara mengatakan, “Manakah bisa akan jadi, seorang anak perempuan yang sebaik hati itu, yang telah bersumpah setia, akan undur dari janjinya hanya dalam beberapa hari saja!”


4 OPINI

SABTU 22 OKTOBERM 24 DZULKAIDAH 1432 H

Haluan Kita

Menuju Libya Baru dan Arab yang Damai KOLONEL Muammar el-Qaddafi (begitu versi Amerika menulis namanya) berakhir. Tapi jelas media-media Barat dan AS hampir tak ada yang menulis judul dengan keprihatinan. Semua memberi catatan buruk untuk rapornya selama pemimpin yang senang hidup di tenda itu berkuasa. Bahkan dengan sedikit bermaksud ‘melembutkan tudingan’ koran seperti the New York Times menulis bahwa Khadafi meninggal karena dia hidup - keras. Tapi kemudian kalimat itu dilanjutkan dengan kata bersayap: “Kami bersimpati dengan Libia yang menderita begitu lama di tangan diktator kejam dan senang dia tidak bisa lagi menyakiti mereka” Dengan berbagai kontroversi tentang Khadafi, di dunia Islam terutama Timur Tengah, Khadafi adalah orang besar. Perlawanannya terhadap kesewenang-wenangan Barat, adalah sesuatu yang menempatkan Khadafi pada tempat tersendiri. Karena itu jelas video broadcast mengerikan yang tayang di stasiun TV Al Jazeera - tampaknya menunjukkan dia diseret, dipukuli dan kemudian, mungkin, ditembak mati oleh pria bersenjata - adalah sangat mengganggu, dan menyakitkan dunia Arab. Bahkan kemudian ada yang bertanya: apakah itu nyata? Khadafi memang memilih akhir yang berbeda. Setelah musim semi Arab mencapai Libya pada bulan Februari dan pasukan pemberontak - yang didukung oleh kekuatan udara NATO - bergerak melawan dia, para pemimpin Eropa dan Afrika mencoba bernegosiasi keluar, tapi ditolak. Ketika pemerintahnya digulingkan dua bulan lalu, ia menolak untuk menyerah Dia melarikan diri ke kota kelahirannya, Surt dan menggenjot pendukungnya untuk terus berjuang - bahkan tetap menggenjot semangat mereka ketika sudah jelas bahwa semua yang akan terjadi akan lebih banyak kematian dan kehancuran. Para pemberontak akhirnya mengambil kontrol penuh dari kota itu pada hari Kamis. Selesailah sudah sebuah episode panjang kepemimpinan yang penuh kontroversi sebagaimana juga pernah diperankan oleh seorang Saddam Husein di Irak. Saddam juga berakhir seperti Khadafi. Maka sekrarang yang terpenting adalah bagaimana Libya menapak masa depannya dalam konstelasi persekutuan yang berbeda dengan sebelumnya. Baik dengan para tetangga maupun dengan kalangan Barat dan negara-negara Non-blok seperti Indonesia. Yang kita simak dari pemberitaan, bahwa para pemimpin kelompok ‘pemenang’ dari pergolakan Libya itu menyatakan akan membawa negeri kaya minyak itu ke arah negara Arab yang lebih demokratis. Pemimpin Dewan Nasional Transisi, pemerintah sementara, telah berjanji untuk membangun demokrasi di negara tersebut. Ada sejumlah besar pekerjaan yang harus dilakukan dan tidak ada waktu untuk berleha-leha. Kalau tidak, maka pihak luar tentu akan mengobok-obok Libya. Seperti yang terjadi di Irak, ketika Saddam terguling, kelompok-kelompok penentang Saddam tidak sedang dalam posisi yang kuat bersatu. Akibatnya, intervensi dan campur tangan pihak luar terutama AS dan sekutu-sekutunya justru tidak kunjung membikin negeri itu menjadi damai dan demokratis. Bom bunuh diri tiap sebentar meledak di Irak, sedang minyak negeri itu terus mengalir keluar. Libya adalah pengasil minyak terbesar ke 9 di dunia. Di perut Bumi Libya memiliki cadangan minyak 47 miliar barrel. Tapi akibat krisis politik, justru pasokan minyak Libya mempengaruhi pasokan minyak dunia juga. Perusahaanperusahaan minyak asing di Libya mulai mengurangi jumlah staf, menurunkan produksi, atau bahkan menghentikan operasi sama sekali. Perusahaan minyak terbesar dari Spanyol, Repsol, memutuskan menghentikan seluruh operasinya di Libya. Sebagaimana jamak di Timur Tengah dan Arab Afrika, perang lebih disebabkan minyak. Kekuasaan bertahan sampai lama justru juga oleh karena minyak yang amat besar kandungannya di sana. Semestinya minyak membawa perdamaian kepada negeri-negeri di situ, tetapi yang terjadi malah sebaliknya. Satu demi satu pemerintahan yang disokong oleh rezim minyak itu berjatuhan. Pertanyaannya apakah kelak semuanya akan seperti Irak? Yang tak kunjung bisa berdamai dengan rakyatnya sendiri? Dunia Islam terutama Indonesia harus berharap Libya sebagai langkah awal memulai perdamaian yang lebih awet dan berkepanjangan di dunia Arab. Mahmoud Jibril, Perdana Menteri sementara, harus membuat kondisi menjadi lebih baik dan pemerintahan baru menjadi lebih berwibawa. Mereka harus lebih tegak kepalanya memandang Barat, jangan mau dijadikan negara yang tiap sebentar diobok-obok. Sebaliknya Barat, cukup hanya sampai berakhirnya sebuah kediktatoran, tetapi tidak sampai jauh lebih dalam mencampuri urusan dalam negeri Arab.***

„ 10.000 personel siap amankan SEA Games 2011 „ Wisma atlet termasuk yang ‘diamankan’ juga ya? „ Mendagri minta tokoh adat ikut sukseskan KTP elektronik „ Kalau tak sukses ‘diselesaikan’ secara adat

Haluan Aspirasi

082170625544/ 08163253248

Pidato Walikota Padang KATA Pak Wako Padang pada pidato pembukaan Raker FKUB Padang Haluan 21/10 hal 13 bahwa kerukunan antarumat beragama merupkan hal yang mutlak dan harus diciptakan serta dipelihara dengan baik. Kalau kondisi semacam ini menurut hemat kami pasti bisa dicapai dengan baik. Yg sulit dicapai kerukunan dlm intern Islam itu sendiri. Misalnya mntukan hari raya Idulftr dan Adha selalu tdk sama.Pada hal mt hari bumi bulan laut hny satu yg sbg patokan perhitungan.Hny munculnya brbeda wkt/jam saja shg kota Padang dengan Pariaman tdk perlu beda 24 atau 48 jam.Apakah Tuhan akan bohong dlm mengedarkan mt hari bulan dll shg perlu ada tebang pilih?Cobalah hr ry islam dimasa mendatang bisa disatukan hny bd pada menit/jam antar kota dlm prop Sumbar baru diktkan hebat blm lagi prbdaan jihad terorisme dll.Kalau jmn dulu dsr penglhtan dengan mata yg mungk ada pnykit kataraknya kalau skg alat sdh modern jd tdk ragu lagi.Smg himbauan ini mdpt respon yg positif bg kaum muslimin/mat yg ingin damai sjhtera di NKRI ini.Kita tengok hr ry haji yg akan dtg bgm nanti? Wass tks. +6281266844***

Terbit Sejak 1948 Pendiri H. Kasoema

Penerbit: PT Haluan Sumbar Mandiri (Haluan Media Group). SIUPP No 014.SK.Menpen.SIUPP A.7 1985 tanggal 19 November 1985.

TANGGAPAN ATAS TULISAN YOSNOFRIZAL

Membebaskan Petani dari Kemiskinan OLEH: ASYARI

NAN KODO BASA

Staf Pengajar STAIN Bukittinggi/Peserta Program S3 Ilmu Ekonomi Unand

Tulisan Yosnofrizal yang dimuat di Harian Haluan Sabtu, 15 Oktober 2011, dengan judul “Petani dan Jerat Kemiskinan”, mendorong penulis untuk memberikan respons. Tulisan yang dibuat dalam momentum Hari Tani itu, Yosnofrizal mengerucutkan penyebab petani masih berada “dalam kubangan” kemiskinan yaitu; masalah minimnya kepemilikan tanah dan harga yang tidak menguntungkan petani. Ending tulisan tersebut tidak memberikan secara konkrit langkah apa ke depan yang dapat diambil oleh pemerintah dan stakeholder untuk dapat melepaskan petani dari jerat kemiskinan. Tulisan ini selain mencoba menawarkan action ke depan yang mesti dilakukan. Secara teoritis, paham klasik menyatakan hubungan antara pendapatan perkapita, kemiskinan dengan jumlah penduduk terhadap tanah yang jumlahnya tidak mengalami peningkatan. Tokoh yang mengusung pendapat ini adalah Malthus dan Ricardo. Esensi Teori Klasik adalah bahwa jumah penduduk yang bertambah sementara tanah jumlah luasnya tetap maka akan mengakibatkan terjadinya tingkat pengembalian yang semakin berkurang (diminishing return). Hal ini akan juga akan berimplikasi keapada menurunnya produksi perkapita ( Nafziger, 1997). Inilah kemudian akan berakibat kepada kemiskinan. Di Indonesia kemiskinan lebih tinggi pada rumah tangga petani yang mempunyai ukuran tanah yang kecil (Booth, 1989), (Chernichovsky (1984), (Sigit, 1985), Johan Haryono, (1985), Carunia Firdausy dan Tisdell (1992). Namun pendapat di atas mengundang kritik terutama berkaitan dengan menegasikan peran teknologi. Artinya, di era kemajuan

teknologi yang kian cepat, lahan yang kecil kurang tepat bila dipandang sebagai faktor utama penyebab kemiskinan di kalangan petani. Bila dilihat China, Program Reformasi Pertanian Desa (The Rural Reform) yang diluncurkan tahun 1978-1985, mampu memberikan kesempatan kepada masyarakat miskin desa untuk mengembangkan dan meningkatkan kegiatan produksi pertanian mereka. Dalam program reformasi desa ini, pemerintah memberikan izin dan tanggungjawab ke rumahtangga miskin desa (household) untuk memproduktifkan tanah (natural asset). Pemberian ini berdasarkan ukuran dan jumlah anggota keluarga yang bekerja. Program ini telah dapat membawa pertumbuhan produksi petani dan peningkatan pendapatan terutama pada kawasan miskin seperti Huanghuaihai di Bagian Timur Fujian ( Wang, 1994). Tahun 1978 tercatat angka kemiskinan di Pedesaan China 250 juta turun menjadi 125 juta orang di tahun 1985 dengan pengukuran garis kemiskinan $0.66 per-hari. Akselerasi penurunan angka kemiskinan yang cepat ini dikontribusi oleh adanya adopsi dan intervensi teknologi ke kegiatan pertanian. Masalah di petani kita adalah teknologi. Petani masih mengunakan cara dan memakai metode sisuak dalam bertani. Alat-alat yang digunakan petani kita sebagian besar alatalat dan metode yang diapply tidak memiliki kemampaun produksi yang tinggi dan proses pertanian kita berjalan tidak efesien alias boros waktu. Teknologi pertanian bukan saja berkaitan dengan alat-alat tapi

juga berkaitan dengan metode. Petani kita memiliki lack dalam penguasaan metode ber tani. Kelemahan ini berkaitan dengan tingkat pendidikan atau training yang diikuti. Rata-rata petani kita memiliki tingkat pendidikan yang rendah. Untuk itu disinilah diharapkan fungsi penyuluh pertanian di lapangan agar dapat menguatkan aspek pengetahuan petani. Namun kenyataan di lapang, ada tenaga lapangan itu yang tidak menguasai dengan baik tugas pokok dan bahkan ironisnya ada juga yang memiliki background pendidikan yang tidak relevan dengan tugas yang diembannya. Berbeda dengani Jepang, penyuluh petanian mereka memiliki jenjang pendidikan yang tinggi dan capable di bidang pertanian. Sehingga proses pertanian berjalan efektif dan memiliki skala ekonomi yang tinggi. Di jepang, petani padi bisa memproduksi hasil yang optmal dan berkualitas.pada umumnya. Keberhasilan petani padi di Jepang adalah dengan menerapkan sistim pemupukan bulir. Pemupukan bulir ini biasanya dilakukan 15-20 hari. Manfaat pemupukan bulir dapat mem-

perbanyak jumlah biji pada setiap bulir,mempertinggi persentase pemanjangan,dan merangsang pembesaran biji. Ke depan aspek peningkatkan kemampuan adopsi dan intevensi teknologi ke proses pertanian petani harus ditingkatkan melalui berbagai regulasi. Seperti memudahkan akses petani ke teknologi, memberikan subsidi alat-alat pertanian dan mengadakan paket-paket training secara priodik dan terarah yang langsung berdampak pada peningkatan kapasitas produksi bagi petani. Jika masalah pertama ini tidak terselesaikan dengan baik, maka berimplikasi pada harga yang tidak menguntung petani di pasar. Hal ini sebagai konsekuensi logis dari lemahnya teknologi mempengaruhi kualitas produk. Untuk meningkatkan daya saing, daya tawar, kualitas hasil pertanian dibutuhkan, ke depan invonasi dan integrasi kelembagaan pertanian. Inovasi produk merupakan suatu usaha yang dijalankan petani untuk menciptakan produk berdaya saing (berkaitan kualitas fisik produk) sehingga dapat menciptakan daya tawar (berkaitan dengan price) dalam harga.

Petani dan Organisasi Tani

OLEH: SAGO INDRA Anggota Dewan Pimpinan Pusat- Serikat Petani Indonesia (DPP-SPI), tinggal di Situjuah, Kabupaten 50 Kota

PETANI harus memiliki sarana produksi, proses produksi, tatacara produksi, sarana produksi, pasca produksi dan sosial budaya petani yang sesuai dengan budaya dan kearifan lokal. Kedaulatan petani dalam berproduksi mulai hilang semenjak dicanangkannya revolusi hijau pada tahun tujuh puluhan, dimana sosial budaya serta pola tanam petani berobah dan hilang. Petani saat sekarang hanya berpacu mencapai produksi tinggi dengan pola tanam yang monokultur dan berorientasi ekspor. tanpa lagi melihat aspek pemenuhan kebutuhan keluarga, sosial budaya, dan lingkungan. Maka pola tanam pemenuhan kebutuhan keluarga berobah menjadi pola tanam untuk pemenuhan industri. Sebelum revolusi hijau, lahan pertanian masih cukup,kesehatan terjamin, hama tanaman dan ekosistem terjaga dengan baik, kebutuhan air cukup dan kesuburan tanah terjamin, bibit-bibit lokal masih banyak serta budaya pertanian,adat istiadat lokal terjaga. Tetapi setelah Revolusi hijau terjadilah bencana bagi petani, dimana lahan mulai berkurang bahkan tidak ada karena dipergunakan untuk kebutuhan industri, kalau tanaman pangan petani sudah tergantung dengan pestisida, pupuk dan asupanasupan lainnya. Hama tanaman sulit dikendalikan, air lahan

pertanian tidak cukup lagi, hasil panen hanya ditujukan untuk dijual, fungsi sosial dari tanah hilang dan budaya pertanian sudah mulai punah. Kehidupan sosial budaya yang sosialis bangsa kita dulu hilang berganti menjadi masyarakat yang individualis kapitalis. karena kebutuhan pangan sudah tidak mencukupi lagi. Untuk merobah kehidupan petani yang sudah ditindas sedemikian rupa maka sangat perlu adanya kedaulatan petani untuk mencukupi pangan dan kebutuhan dasar dari petani dengan menegakkan kedaulatan Petani. Di Indonesia sangat mudah kita menyaksikan fakta-fakta menunjukkan kondisi pangan yang semakin buruk yang menyebabkan hilangnya kadaulatan petani Indonesia terhadap pangan dan kedaulatan konsumen tehadap pangan yang dikomsumsinya. Karena pangan di Indonesia terjebak pada, Pertama Indonesia terjebak dalam pertanian monokultur (penyeragaman budaya). Yang diterapkan rejim orba. Penyeragaman padi untuk produksi beras sebagai pangan, sedangkan bangsa kita yang berbagai suku bangsa mempunyai pangan lain sebagai kebutuhan pokoknya seperti sagu, jagung. Kedua kebijakan pangan murah, untuk menopang pengembangan industri. Padahal

seharusnya industri yang menopang sektor pertanian; Ketiga saat ini harga beras sangat murah dari beras produksi lokal,akibatnya petani yang memproduksi pangan semakin miskin. Kebijakan pangan murah Jagung,beras,kedele dan gula ini karena pajak impor yang murah, bahkan sampai nol persen. Ditambah dengan tekanan IMF terhadap pemerintah Indonesia untuk menghapus subsidi pertanian, perdagangan bebas pertanian, privatisasi BUMN, pembebasan pajak impor produksi pertanian; Keempat petani dan perusahaan-perusahaan didorong untuk menenam tanaman industri orientasi ekspor seperti, sawit,karet mengantikan tanaman pangan. Perdagangan alat-alat tehnologi pertanian hanya dikuasai oleh segelintir perusahaan Multinasional. Seperti, Novartis,dan monsanto. Kelima, semakin tergantungnya kondisi pangan indonesia kepada perusahaan international, menyebabkan posisi kebijakan perusahaan international itu semakin kuat peranan politiknya terhadap pemenuhan pangan di Indonesia. Keenam semakin kurangnya peran negara dalam mengatur kebijakan pangan. Dapat dilihat dari perubahan kebijakan dan posisi Bulog. Ketujuh terjadinya penguasaan tanah pada segelintir orang baik secara lansung maupun tidak lansung. Ini bisa

dilihat dari program corporate farming, yaitu model kontrak farming baru sperti pola PIR, sekarang sedang diterapkan pada tanaman pangan bahkan akan merambah pada tanaman pangan. Membanjirnya impor bahan pangan tehnologi rekayasa genetika. Seperti impor kedelai,gandum,jagung dalam jumlah skala besar dari amerika dan Australia. Bibit rekayasa genetika kedepan juga akan menguasaiu bibit di Indonesia. SPSB, yang merupakan oragnisasi tani di tingkat propinsi mencoba merumuskan dan mencari langkah-langkah untuk mencapai kedaulatan pangan. Sedangkan Pemerintah Indonesia sekarang mecanangkan ketahan pangan yang berarti pemerintah hanya wajib memenuhi kubutuhan pangan rakyat, apakah itu berasal dari import ataupun berasal dari proyek-proyek besar tanpa mempedulikan kwalitas barang dan produksi petani dalam negeri. Dimana dengan ketahanan pangan ini masuklah barangbarang import kebutuhan pangan bagi rakyat, seperti beras,gula,kedele, gandum dan lainnya. Memang harga tersebut murah, tetapi hasil petani kita sudah tidak laku lagi karena tidak mampu bersaing dengan produk import tersebut. Padahal untuk pemenuhan tersebut petani kita mampu untuk memproduksi karena lahan-lahan di Indonesia

Selain itu juga perlu dilakukan Integrasi Kelembagaan. Integrasi Kelembagaan adalah proses di dalam produksi dan distribusi produk dikontrol oleh kelompok petani dengan tujuan agar petani tersebut menguasai pasar dan petani jadi leader. Ada tiga bentuk integrasi yang dapat di apply: pertama; backward integration, dimana petani mensupply input ke suatu pasar atau perusahaan dalam menghasilkan produk. Kedua, forward integration, petani mengontrol kegiatan pasca kegiatan produksi, ketiga balanced integration, dimana mengabungkan kedua bentuk di atas. Intergrasi kelembagaan usaha sangat penting untuk meningkatkan daya saing dan petani memiliki kekuatan kohesi horizontal dari pelaku-pelaku usaha dari suatu segmen dan vertical dari pelaku usaha dari segmen yang berbeda. Kasus pada petani gambir yang dikemukakan pada tulisan Yosnofrizal akan dapat diatasi melalui integrasi kelembagaan ini. Sehingga petani akan memiliki posisi yang kuat ketika masuk dan berhadapan dengan pasar serta akhirnya akan mendapatkan harga yang layak. Semoga! „

masih sangat luas hanya karena tidak adanya niat baik pemerintah untuk melaksanakan reforma agraria, dan mengajarkan pola dan cara pertanian yang baik kepada petani untuk memproduksi tanaman tersebut saja maka kita tidak bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri. Tanah yang merupakan dasar kebutuhan bagi petani untuk hidup. Tetapi tanah tersebut sudah dimiliki oleh para investor dan penguasa, harus direbut kembali. Konflik-konflik pertanahan sekarang ini, tidak pernah selesai maka kita harus mendesakkan terjadinya reforma agraria di Indonesia. Untuk itu usaha-usaha yang harus ditempuh petani dan organisasi tani yang berlandaskan pertanian keluarga, berkelanjutan, mengantikan peran pertanian yang berorientasi ekspor. untuk mencapai Khusus bagi Indonesia kedaulatan pangan bisa ditempuh apabila pemerintah Indonesia serius melaksanakan pembaruan Agraria sesuai dengan kepentingan kaum tani yang merupakan mayoritas penduduk Indonesia. Bukan ditentukan oleh segelintir perusahaan internatinal dan kepentingan politik penyelenggara negara. Tanpa pembaruan Agraria yang sejati, nasib bangsa Indonesia akan semakin tergantung kepada bangsa lain dan jurang ketidak adilan akan semakin lebar di Indonesia.„

Pemimpin Umum: H. Basrizal Koto, Konsultan Pengembangan Media: H. Hasril Chaniago, Pemimpin Redaksi: Zul Effendi, Pemimpin Perusahaan: Irfan Jasri, Wakil Pemimpin Redaksi: Eko Yanche Edrie, Redaktur Pelaksana: Ismet Fanany MD, Nasrul Azwar, Sekretaris Redaksi: Silvia Oktarice, Koordinator Liputan: Aci Indrawadi, Koordinator Liputan Daerah: Syamsu Rizal, Asisten Koordinator Liputan: Rudi Antono, Redaktur: Afrianita, Atviarni, Dodi Nurja, Nova Anggraini, Perdana Putra, Rahmatul Akbar, Reporter Padang: Gusni Yenti Putri, David Ramadian, Gustedria, Haswandi, Andika Destika Khagen, Ade Budi Kurniati, Suswinda Ningsih, Mice Angelasari, Devi Diani, Defil, Nasrizal Koresponden: Syamsuardi S, Jon Indra, Ridwan (Bukittinggi), Dedi Salim, Trisnaldi (Pariaman/Padang Pariaman), Ilham Yusardi, Zulkifli, Syafril Nita, Sri Mulyati, M Siebert (Payakumbuh/Limapuluh Kota), Atos Indria, Ahdi Susanto, Welina (Pasaman), Miazuddin, Kasra Scorpi (Agam), Iwan DN, Darwin Danin, Maison (Padang Panjang), Yuldaveri, Emrizal, Aldoys (Tanah Datar), M. Junir, Gusmizar (Pasaman Barat), Sabrul Bayang, M. Joni, Haridman (Pesisir Selatan), Syamsuardi Hasan, Riswan Jaya, Alfian, Almito, Marnus Chaniago (Kabupaten Solok/Kota Solok), Icol Dianto (Solok Selatan), Alamsyah Halim, Fadilla Jusman (Sawahlunto), Azneldi (Sijunjung), Ferry Maulana (Dharmasraya), Biro Jakarta: Syafruddin Al (Koordinator), Syafril Amir, Jamalis Jamin, Surya, Biro Riau: M. Moralis Biro Kepri: Yon Erizon Tim Kerja Usaha: Isbadri Bakri (Koordinator Sirkulasi), Nofriza Zaniyar, Alfarino Ikhsan (Koordinator Promosi), koordinator Iklan : Yunasbi, Tata Letak/Desain: Andri Idra (Koordinator), Syafrizal, Nurfandri, Rahmad Doni, Rahmi, David Fernanda, HRD : Desmasari, Umum : Nurmi Jamal, Keuangan : Bedhendri, Kasir : Desy, TI : Teguh, Pra Cetak : Sawal Marjuni.HRP, Mai Hendri, Syamsul Hidayat, Cetak : Mardianto (Koordinator), Elvin Devino, Afandi, Rudi Kurniawan, Prasetyo, Jecky Jekcson. Alamat Redaksi/Bisnis: Komplek Bandara Tabing, Jl Hamka Padang. Telp. (0751)4488700, 4488701, 4488702, 4488703, Fax (0751) 4488704 Email: redaksi_haluan@yahoo.com, website: http/harianhaluan.com, Kantor Jakarta: Graha Basko, Jln. Kebun Kacang XXIX No.2A Jakarta Pusat 10240. Telp. (021) 3161472, 3161056 Fax. (021) 3915790, Harga Langganan/iklan: Harga langganan bulanan dalam kota Padang Rp57.000, Harga eceran Rp2.500,- Tarif iklan: FC: Rp25.000/mm kolom, Produk BW: Rp 10.000/mmkolom, Spot Colour: Rp20.000/mmkolom, Display: Rp 10.000/mmkolom, Sosial BW: Rp 8.000/mmkolom, Sosial FC: Rp 15.000/mmkolom, Iklan Mini(Max 1kolom X50mm) Rp 100.000/1 kali muat, Iklan Baris: Rp 10.000/baris Bank: BRI Cabang Padang Rek No: 0058-01-001430-30-8, Bank Nagari Cabang Utama Padang Rek No: 1008.0103.00009.1 PT Haluan Sumbar Mandiri Dicetak oleh Unit Percetakan PT Haluan Sumbar Mandiri Padang. Klik http://www.harianhaluan.com


5

SABTU, 22 OKTOBER 2011 M / 24 DZULKAIDAH 1432 H

THE REAL MANCHESTER MANCHESTER, HALUAN — Pekan kesembilan England Premier League (EPL) menyajikan laga panas. Sebagian pihak bahkan menyebutkan sebagai the real final of EPL. Laga panas mengadu kekuatan dua tim raksasa asal Manchester, yakni The Citizen dan The Red Devils akan berlangsung di Old Trafford, Minggu (23/10).

Manajer Arsenal Arsene Wenger mengakui bahwa Manchester United dan Manchester City adalah dua klub yang harus dikejar dalam perebutan gelar. Dia juga berharap duel di antara keduanya berakhir seri. MU dan City saat ini tampil sebagai penguasa papan atas klasemen Liga Primer Inggris. The Red Devils ada di peringkat kedua dengan 20 poin dari delapan laga, sedangkan The Citizens bertakhta di puncak dengan keunggulan dua poin atas rival sekotanya. "Ya, tentu (mereka adalah tim yang harus dikejar)," ungkap Wenger kepada Arsenal Player. "Mereka punya start yang bagus dan skuad yang kuat. Anda menduga mereka tak akan kehilangan poin terlalu banyak, tapi saya yakin Anda bisa melihat bahwa itu berbeda untuk City dan United di Liga Champions. Jadi semua tim akan kehilangan poin," tambahnya. Dari lima laga terakhir yang mempertemukan kedua tim, rekor United lebih baik dari The Citizen. Tiga kali keunggulan untuk anak asuh Alex Ferguson, satu kemenangan untuk tim yang dimanejeri Roberto Mancini. Sisanya, mereka berbagi angka. Manajer Manchester United (MU), Sir Alex Ferguson sudah tak sabar menghadapi Manchester City dalam partai derbi yang berlangsung di Old Trafford akhir pekan ini. "Pada hari Minggu, pemuncak liga dan peringkat kedua akan bertempur. Ini benarbenar membangun prospek laga fantastis untuk semua orang dan saya sangat menanti-

kannya," kata Fergie seperti dilansir Sky Sports. The Citizens akan bertandang ke MU dengan kepercayaan diri tinggi. Mereka sejauh ini hanya kehilangan dua poin dari delapan laga yang telah dilalui di Premier League. Moral David Silva dan kawan-kawan juga semakin terangkat setelah berhasil menang secara dramatis atas Villarreal di Liga Champions pada Selasa 18 Oktober 2011. Namun, kendala sedikit timbul karena ManCity kemungkinan akan tampil tanpa dua bintangnya, yakni Samir Nasri dan Nigel De Jong. Keduanya mengalami cedera saat melawan Villarreal. Adapun MU juga sedang dalam grafik permainan yang bagus. Wayne Rooney dan kawan-kawan mampu menahan imbang Liverpool akhir pekan lalu. Mereka juga sukses menang 2-0 saat bertandang ke Otelul Galati. "Lawan Man. City adalah pertandingan besar. Jelas, ini adalah pekan yang berat untuk kami. Pada dua laga pertama semua berjalan cukup bagus, jadi mudah-mudahan kami dapat mengakhiri pekan ini dengan baik," terang gelandang M U , M i chael Carrick. Dua pemain Manchester City diragukan tampil saat mereka tandang ke Old Trafford akhir pekan nanti untuk melakoni derbi Manchester. Nigel De Jong dan Samir Nasri diragukan bisa tampil saat bentrok dengan Manchester United. Dua pemain itu diganti saat berhadapan dengan Villareal dalam penyisihan grup Liga Champions,

Rabu (19/10) dinihari WIB. Nasri meninggalkan stadion Etihad dengan kondisi terpincang-pincang karena mengalami cedera kaki dan digantikan dengan James Milner. Sementara De Jong mengalami gangguan otot di pinggangnya dan digantikan oleh Sergio Aguero, sang penentu kemenangan dengan golnya di menit ke-93. Bos Manchester City, Roberto Mancini, menghadapi dilema menjelang pertandingan derby Manchester, yang disebutsebut sebagai pertandingan Liga Primer musim ini. Formula itu berhasil untuk menghadapi tim-tim yang lebih lemah di Liga Primer dan tampaknya akan bisa membuka pertahanan Manchester United, yang sejauh ini lebih banyak menghadapi tendangan lawan yang mencapai sasaran gawang. Roberto Mancini menegaskan kalau dirinya menargetkan kemenangan di Old Trafford. Manajer Manchester City itu tak akan mau bermain hanya untuk mengusahakan hasil imbang. Saat ini, The Citizens tengah menjadi pemuncak klasemen sementara Premier League, dengan Manchester United menguntit dengan beda dua poin. Hasil imbang memang sudah cukup untuk mempertahankan posisi City di puncak klasemen. "Pertandingan itu akan amat berbeda karena untuk pertama kalinya dalam waktu yang lama kami bisa berada di puncak. Kami tahu ini akan jadi laga sulit karena United amat bagus di kandang," ucap Mancini, seperti dilansir Sky Sports. (h/mat/net)

David Silva

Juve Tanpa Buffon TURIN, HALUAN — Gianluigi Buffon diragukan bisa mengawal gawang Juventus saat berhadapan dengan Genoa. Kiper andalan Juve itu didera cedera saat berlatih. Juve akan berusaha memelihara start bagusnya dengan menjamu Genoa, Minggu (23/10/2011), pada pertandingan giornata 7 Seri A. Akan tetapi, boleh jadi itu harus dilakukan sang numero uno, Buffon. Disebutkan situs resmi Juve, ia mengalami sedikit cedera pada bagian bahu kirinya. "Ia sudah menjalani tes medis yang tidak menunjukkan adanya sobekan otot. Kondisinya akan terus diamati dalam beberapa jam," tulis keterangan Juve yang dikutip Football Italia. Dengan hal tersebut, diindikasikan kalau keikutsertaannya di laga kontra Genoa pun diragukan. (net)

Madrid Temukan Performa Terbaik MADRID, HALUAN — Real Madrid tengah menemukan performa terbaiknya selama ditangani Jose Mourinho. Namun Mourinho enggan terlalu memikirkannya dan hanya ingin terus membawa Los Blancos meraih kemenangan. Madrid sebenarnya mengawali musim ini dengan baik. Kemenangan 6-0 atas Real Zaragoza dan 4-2 atas Getafe membuat mereka duduk di puncak klasemen. Namun di pekan ke-4 dan ke-5, Madrid mengalami penurunan performa, kala ditundukkan Levante 0-1 dan imbang 0-0 dengan Racing Santander. Mereka pun terlempar dari lima besar. Performa itu mulai kembali lagi di minggu ketiga September kala mereka menggasak Rayo Vallecano 6-2, menang 3-0 atas Ajax Amsterdam, membungkam Espanyol 4-0, menggasak Real Betis 4-1 dan terakhir melumat Lyon 4-0 di matchday 3 Liga Champions. (net)


6 OLAHRAGA

SABTU, 22 OKTOBER 2011 M 24 DZULKAIDAH 1432 H

TIMNAS U 23 KALAHKAN MITRA KUKAR 5-1

Semen Padang Diundang Equator LIMAPULUHKOTA, HALUAN — Semen Padang FC akan “libur” bertanding kompetisi hingga akhir November 2011 mendatang karena pelaksanaan SEA Games. Kondisi ini dimanfaatkan tim lokal dari Kabupaten Limapuluh Kota, Equator dengan mengundang tim dari kompetisi kasta tertinggi di Indonesia ini untuk beruji tanding. Presidium Olahraga Equator Kabupaten Limapuluh Kota Ferizal Ridwan menyebut, pihaknya mengundang tim Semen Padang dalam laga persahabatan di Gelora STEM Kecamatan Lareh Sago Halaban, pada 18 Oktober 2011.Presidium Equator, Ferizal Ridwan, di Limapuluh Kota, Jumat, mengatakan, pihaknya telah berkomunikasi dengan tim Semen Padang dan mendapatkan respon positif. "Dijadwalkan, tanggal 28 mendatang tim Semen Padang akan hadir di Gelora STEM Lareh Sago Halaban," kata Ferizal Ridwan. Sebelumnya, Ferizal Ridwan mengatakan, pihaknya juga pernah bertemu dengan pelatih tim Semen Padang, Nil Maizar. "Saat kita menyatakan keinginan untuk mengundang tim Semen Padang ke Gelora STEM untuk laga persahabatan dan 'Uda' Nil menyatakan tertarik. Namun karena saat itu tim Semen Padang sedang sibuk mempersiapkan diri untuk mengikuti liga, maka rencana itu terundur hingga sekarang," kata Ferizal Ridwan. Lebih lanjut dikatakan, Ferizal Ridwan untuk menjamu tim Semen Padang, Presidium Olahraga Equator tela seleksi pemain terbaik dari 160 orang pemainnya. "Kita bertekad menyuguhkan pertandingan yang menarik pada penonton. Karena itu, kita akan mempersiapkan pemain terbaik yang kita miliki untuk menjamu tim Semen Padang," katanya. Dikatakan Ferizal Ridwan, pertandingan persahabatan tersebut sekaligus menjadi moment untuk menginformasikan pada masyarakat bahwa mulai 11 November 2011, Equator akan memulai liga internal di Gelora STEM. (h/zkf)

Pemain dan Mantan Pemain Semen Padang Bikin Gol

JAKARTA, HALUAN — Timnas U-23 yang dipersiapkan ke SEA Games XXVI memetik kemenangan 5-1 (2-0) atas klub Mitra Kukar pada laga uji coba di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan Jakarta, Jumat. Menariknya, pemain Semen Padang (SP), Ferdinand Sinaga dan mantan pemain Semen Padang Heru Nerli membukukan Gol dalam pertandingan tersebut. Ferdinand menciptakan satu dari lima lima gol bagi tim asuhan Rahmad Darmawan pada menit 45. Empat gol lainnya berhasil dilesakkan Yongki Aribowo (36), Patrick Wanggai (penalti 70), Zulham Zamrun (87) dan Andik Vermansyah (89). Sedangkan gol balasan Mitra Kukar oleh Heru Nerli (80). Heru Nerli merupakan salah satu gelandang serang yang pernah berkostum Semen Padang musim lalu. Heru jarang menjadi pilihan Nil Maizar karena perannya kerap “terhimpit” starter utama seperti Vendri Mofu, Yu Hyunko dan

Palestina Dihajar Jepang 21-0 PALESTINA, HALUAN — Juara Piala Dunia Putri Jepang memberi pil pahit kepada tim putri Palestina Kamis saat mereka menang 21-0 dalam pertandingan di Dura, daerah pinggiran Hebron, Wilayah Palestina. Dengan ditonton para penggemar mereka yang terdiri dari kaum remaja, yang membungkus tubuh mereka dengan warna-warna bendera Palestina dan Jepang, tim raksasa Asia itu unggul 10-0 di babak pertama melawan tim putri Palestina itu, yang mengenakan celana legin hitam di balik celana pendek untuk menutupi kaki mereka.

Sepak bola putri di kawasan ini masih merupakan perkembangan baru yang relatif dengan suatu kejuaraan yang diadakan oleh ketua Asosiasi Sepak Bola Palestina (PFA) Jibril Rajoub belum lama ini. Pertandingan pertama turnamen ini dalam liga enam-tim berlangsung pada 22 Februari lalu di Ramallah. Namun seperti juga tim putra mereka, tim putri ini sangatlah dan masih kekurangan dana serta prasarana. Tidak semua orang menyukai pertandingan hari Kamis itu yang juga juga diwarnai aksi protes. Tim Jepang dan Palestina akan bertemu lagi Sabtu di Nablus.(ant)

Esteban Viscarra. Musim ini, Heru tak lagi diikat kontrak oleh tim yang dibiayai pabrik semen tertua di Indonesia ini Sementara Ferdinand Sinaga baru bergabung bersama Semen Padang musim ini. Musim lalu, pemain berdarah Medan ini membela tim badai pegunungan Persiwa Wamena. Ferdinand yang menjadi pilihan Rahmad Darmawan sebagai tombak, sudah merasakan iklim Liga Indonesia membela Kabau Sirah saat menghadapi tuan rumah Persib Bandung pada laga pembuka Liga Indonesia, Sabtu (15/10) lalu. Mengenai pertandingan ujicoba itu, pelatih Timnas Rahmad Darmawan mengaku puas melihat ritme permainan yang diinstruksikan kepada Yongki Aribowo Cs. Kendati demikian, RD, sapaan akrab Rahmad, tim garuda muda ini harus mengatur kapan bermain cepat dan kapan bermain sedang. Dalam pertandingan itu Rahmad sempat mencoba dua pemain baru yakni Yericho Christiantoko dan Syamsir Alam meski keduanya tidak bermain penuh selama 90 menit. Yericho masuk menggantikan Diego Michiels sejak menit ke-60, sedangkan Syamsir Alam masuk pada menit ke-75 menggantikan Patrick Wanggai. Pada babak pertama Rahmad menurunkan pemain-pemain Kurnia Meiga (kiper), Abdul Rahman, Gunawan Dwi Cahyo,

ANTARA

UJI TANDING-Timnas U 23 terus melakukan uji tanding jelang menghadapi SEA Games XXVI di Palembang dan Jakarta. Pada laga terakhir, anak asuh Rahmad Darmawan ini menghajar tim Liga Indonesia, Mitra Kukar 5-1 Diego Michiels, Stevie Bonsapia, Egi Melgiansyah, Hendro Siswanto, Ferdinand Sinaga, Oktovianus Maniani, Yongki Aribowo dan Patrick Wanggai. Sedangkan di babak kedua, Rahmad diantaranya memasukkan Septia Hadi, Andik Vermansyah, Yericho Christiantoko, Zulham Zamrun, dan Syamsir Alam. Sementara Mitra Kukar yang kini dilatih Simon McMenemy (mantan pelatih timnas Filipina) diantaranya diperkuat sejumlah mantan pemain nasional seperti Hendro Kartiko, Hamka Hamzah, Ahmad Bustomi, Isnan Ali dan Bobby Satria. "Saya harus memberikan kesempatan secara fair, apalagi Syamsir yang baru

TURNAMEN FUTSAL RAFHELY SPECS 2011

Tiga Tim Mengundurkan Diri

PADANG, HALUAN —Turnamen Futsal Rafhely SPECS yang akan dihelat mulai Sabtu (22/10) ini, praktis hanya diikuti oleh 21 tim saja, pasalnya tiga dari 24 tim tidak mengkonfirmasikan keikutsertaan mereka hingga batas waktu yang telah ditentukan. Tiga tim tersebut yakni, Sentral Bukittinggi, AFC Bengkulu, serta Galaxi Padang. Hal ini diungkapkan oleh pemilik Rafhely Futsal Yasman Yanusar kepada Haluan Jumat (21/10). Yasman menjelaskan ketiga tim tersebut terpaksa dicoret. “Mereka tidak memenuhi panggilan untuk

menghadiri Technical Meeting (TM). Panitia sudah memutuskan bagi tim yang tidak hadir TM, berarti mereka mengundurkan diri,” jelasnya. Sebelumnya pada Rabu (19/10) lalu panitia menggelar acara pertemuan manejer untuk membahas semua yang berhubungan dengan turnamen. Turnamen yang rencananya dibuka secara resmi oleh Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Sumbar, Armyn An ini, akan diikuti oleh 21 tim yang dibagi menjadi tujuh grup. Setiap grup berisi tiga tim. “Karena hanya tujuh

grup, jadi untuk mencari delapan besar nantinya, akan diambil tujuh juara masing-masing grup, serta satu tim yang menduduki posisi runner up terbaik,” lanjut Yasman. Pada turnamen yang disponsori oleh SPECS ini, panitia telah menyediakan hadiah dengan total 18 juta rupiah. Juara satu akan meraih piala bergilir, piala tetap, serta uang pembinaan senilai tujuh juta rupiah, juara dua mendapat piala tetap, serta uang pembinaan seniai lima juta rupiah, juara tiga akan memperoleh piala tetap serta uang pembinaan

senilai tiga juta rupiah, serta juara empat mendapat piala dan uang pembinaan dua juta rupiah. Sedangkan pemain terbaik dan pencetak gol terbanyak, masing-masing memperoleh piala serta tabungan senilai 500 ribu rupiah. “Turnamen ini diharapkan mampu memberikan jam terbang yang lebih bagi tim-tim futsal. Disamping itu mampu menembah frekuensi pertandingan futsal. Dengan banyaknya kompetisi yang digelar, akan lebih mudah bagi sebuah tim untuk menghasilkan bibit-bibit baru,” tegas Yasman. (h/rio)

TURNAMEN FUTSAL BTC CUP I

Kalahkan Mandala, Ngalau ke Semifinal PAYAKUMBUH, HALUAN — Tim Futsal Ngalau Indah Koto Nan Ampek Payakumbuh Barat memastikan diri lolos keputaran semi final BTC Cup I setelah menang 3 – 0 atas tim Mandala Jum’at sore (21/10) di lapangan Futsal Pakan Sinayan Kubu Gadang Payakumbuh. Gol yang mengantar tim Ngalau Indah ke semi final atau runner up pool B, lahir dari kaki Andre, Rahmad dan Faren. Sejak pluit kick off ditiup Aswandi dari PSSI Kota

Payakumbuh, Wili, Binu dan kawan – kawan dari Mandala cukup memberikan perlawanan, sayang tendangan serta tandukannya berhasil dicegah lini belakang Ngalau Indah. Berdasar hasil pertandingan Jum’at sore antara Ngalau Indah dan Mandala, hasil pool B dihuni Putra Buana Sawah Padang juara pool dan Ngalau Indah Runner Up. Sehari sebelumnya panitia BTC Cup I diketuai M. Hadiston berhasil melahirkan juara dan runner up pool

FAMILY PISCES GROUP Pelatihan Budidaya Lele Jln. Pasir Kandang No 20 Kel. Pasia Nan Tigo Kec. Koto Tangah Kota Padang - Sumbar

A yang didapat tim Global Nunang dan Porsid Sungai Durian kecamatan Latina ( Lamposi Tigo Nagari). Perebutan tiket final juara dan runner up pool A dan pool B, dilangsungkan Sabtu sore ( 22/ 10 ) dan babak final Minggu 23 Oktober tambah M. Hadiston didampingi Fitra Utama serta Meirico Doni di pinggir lapangan pada Haluan Jum’at sore kemaren. Walau tim tuan rumah BTC A dan B gagal keputaran semi final

bersama Tunas Putra dan Mandala, namun kami tetap puas sehubungan kegiatan futsal KU 12 Tahun BTC Cup I berlangsung ramai, untuk menggairahkan kembali sepakbola SSB BTC Kubu Gadang yang lahir sejak Februari 2011 dan bakal ikut kompetisi SSB kota ini.Pada kompetsi SSB tingkat Kota Payakumbuh 2012 kami akan ikut serta ketiga kelompok umur, sela Murico Doni dan Firman Riyan dari unsur pelatih BTC.(h/snt)

BERYL COPY CENTRE Grosir & Retail Sales, Service, Spare Part & Rental Mesin dari USA Menyediakan Mesin Foto Copy Bermacam Tipe :

MENYEDIAKAN PELATIHAN BUDIDAYA LELE PEMBENIHAN DAN PEMBESARAN

Fasilitas - Ruang Pelatihan - Kamar Tidur - Kolam Pelatihan - Sarana dan Prasarana Pelatihan - Sertifikat - Konsumsi

Contact Person : Andi 0811763909 email : andilele.restu@yahoo.co.id

CANON NP 6050 CANON IR 5000 CANON IR 6000 CANON IR 5020 CANON IR 6020 CANON IR 8500 CANON IR 6570 CANON IR 2200 CANON IR 3300 CANON IR 8500 = Rp.

28 juta BERYL COPY CENTRE

Hubungi : Jl. Veteran No. 50 Padang Telp. (0751) 32666 Jl. Nangka No. 40 Pekanbaru Telp. (0761) 61360 Jl. Sutan Agung No.07 Jambi Telp. (0741) 32495

tiba pada Jumat pagi memang minta diturunkan. Saya lihat baik Yericho maupun Syamsir bisa beradaptasi dalam permainan tadi," ujarnya. Meski demikian Rahmad belum bisa memastikan apakah kedua pemain itu akan masuk tim inti 20 pemain yang didaftarkan ke Panpel SEA Games, sebab mereka masih akan dipantau lagi melalui dua pertandingan uji coba berikutnya. "Tapi mereka (Yericho dan Syamsir) cukup punya peluang masuk tim. Saya berharap mereka jadi pemain masa depan Indonesia," ujarnya. Meski mengaku merasa puas, namun Rahmad masih menyimpan dua catatan kelemahan bagi

tim asuhannya, yakni masih sering memberikan ruang gerak kepada lawan dan terjadinya pelanggaranpelanggaran yang tak perlu. Pada bagian lain ia mengakui jika pemain asuhannya masih memiliki kelemahan dengan banyaknya peluang yang terbuang dan seharusnya menjadi gol hanya karena merasa sudah bermain bagus. "Banyaknya peluang yang terbuang mungkin karena mereka sudah merasa bagus sehingga menjadi lengah. Demikian pula ketika Mitra Kukar membuat gol balasan, itu karena para pemain hanya fokus kepada bola dan lengah mengawal lawan," demikian Rahmad Darmawan.(ant)

Persema Siap Bela Irfan Bachdim

MALANG, HALUAN — Manajemen Persema berjanji tidak akan lepas tangan terhadap kasus pemain andalannya Irfan Bachdim yang dijatuhi sanksi oleh komisi disiplin (komdis) PSSI karena mangkir dari pelatnas Timnas U-23 belum lama ini. CEO Persema Didied Poernawan Affandi, Jumat, mengatakan, pihaknya akan berupaya maksimal untuk membantu pemain blasteran Indonesia-Belanda itu agar tidak dijatuhi sanksi berat seperti yang tertuang dalam kode disiplin Komdis PSSI. "Kami akan berusaha menemui dan membicarakannya dengan Komdis. kami juga akan pelajari kasusnya agar ada titik temu dan jalan terbaik," tegas dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Brawijaya (UB) tersebut. Didied mengemukakan, dalam waktu dekat ini pihaknya juga akan memanggil Irfan Bachdim untuk mengetahui duduk perkaranya, sehingga menyeret mantan pemain Ajax Amsterdam itu terbelit persoalan pelik yang kemungkinan besar berujung sanksi. Menyinggung sikap manajemen yang berkaitan dengan klub, Didied mengatakan, kemungkinan kontraknya juga akan direvisi, meski tidak akan dicoret dari deretan pemain Persema. "Bisa saja nanti ada penyesuaian nilai kontrak atau gaji, jika sanksi itu benar-benar dijatuhkan pada Irfan. Sebab, sesuai ketentuan jika mangkir dari latihan pelatnas, pemain akan dikenakan denda sebesar Rp100 juta dan dilarang main selama enam bulan," tegasnya. Jika sanksi Komdis yang diputuskan pekan depan (Senin, 24/10) itu sesuai ketentuan, maka Persema tidak bisa menurunkan Irfan Bachdim di ajang Indonesian Premier League (IPL) 2011-2012 selama enam bulan. Tidak bisa dimainkannya Irfan Bachdim di ajang IPL tersebut merupakan kerugian besar bagi Laskar Ken Arok, sebab Bachdim sangat diharapkan menjadi tandem Emile Betrand Mbamba di lini depan (striker) untuk mengumpulkan pundi-pundi gol bagi Persema. Dinilai indisipliner, Irfan Bachdim dicoret dari timnas U-23 yang diproyeksikan untuk SEA Games 2011 oleh pelatih Rachmad Dharmawan.(ant)


OLAHRAGA 7

SABTU, 22 OKTOBER 2011 M 24 DZULKAIDAH 1432 H

TANYA JAWAB SEPUTAR OLAHRAGA

Pertanyaan 1: APA perbedaan lapangan dengan rumput sintetis dan taraflex? Kenapa rumput sintetis begitu banyak penggunaannya? Salam olahraga Habib Yuda – Padang 08578026xxxx Jawaban: SAYA sering sekali mendapat pertanyaan soal rumput sintetis. Maka dari itu dengan ini saya ingin menjelaskan pandangan saya soal lapangan rumput futsal dengan dasar rumput sintetis futsal agar lebih jelas untuk kontraktor lapangan futsal mania di tanah air. Terutama di Jakarta banyak sekali penyedia lapangan bermunculan dengan dasar rumput sintetik, dimana pengelola/owner lapangan futsal menggunakan kata-kata FUTSA. Hal ini sempat banyak membingungkan para pemain Futsal. Virus lapangan futsal rumput sintetis di Jakarta dan kota besar lainnya mulai populer berkat menjamurnya di Malaysia. Sebenarnya rumput sintetis itu seharusnya digunakan untuk INDOOR SOCCER. Material dua lapangan futsal pada G Sport Center menggunakan Taraflex produk bersertifikat dari Gerfloor Taraflef dari Perancis dan FIFA. Material ini telah direkomendasikan oleh Badan Futsal Nasional (BFN) dan lapangan ini adalah yang pertama kalinya di Sumatera Barat. Kelebihan material ini secara umum adalah tingkat kemerataan permukaan sangat bagus sehingga memungkinkan aliran bola berjalan lancar dan permukaan lapangan tidak licin Pertanyaan 2: BAGAIMANA memilih sepatu futsal yang baik? Apa kelebihan masing-masing bahannnya? Terima kasih banyak Kirano Adnan – Padang – 08218080xxxx Jawaban: HAL pertama yang harus diperhatikan adalah bahan sepatunya. Di pasaran saat ini yang beredar adalah dengan berbahan kulit, kain dan kulit imitasi dengan berbagai merek baik buatan lokal maupun impor. Sebenarnya pemilihan sepatu juga berdasarkan dari tingkat penggunaan dan frekiensi pemakaian. Sampai saat ini bahan kulit dianggap sebagai bahan sepatu yang terbaik, karena kekuatan dan kelenturannya yang sangat baik sehingga sangat nyaman dipakai. Yang kedua adalah bahan kain dengan keunggulan material lebih ringan, mudah menyerap keringat dan mudah mengeluarkan panas karena berpori. Yang terakhir adalah bahan imitasi. Bahan ini kurang baik durabilitasnya, gampang terkelupas dan mudah sobek terutama pada bagian jahitan dan selain itu lebih kaku dibandingakan dengan dua bahan lainnya. G Sports Center menyediakan berbagai macam jenis sepatu futsal impor dengan merek ternama yang tersedia pada G Pro Shop yang terletak di dekat pintu masuk.

Mulai hari ini, Haluan akan membuka rubrik tanya jawab terkait keolahragaan dan diterbitkan pada edisi Sabtu. Silahkan hubungi kami melalui SMS, ke no HP : 0878-95-144409 (Ada hadiah menarik bagi pemilik HP yang nomornya ditampilkan)

Semua Kekurangan Venues Diperbaiki

PALEMBANG, HALUAN — Semua kekurangan-kekurangan di arena pertandingan (venues) SEA Games XXVI di Palembang saat dilakukan uji coba akan diperbaiki sehingga pada pelaksanaan pesta olahraga dua tahunan itu digelar sudah tidak ada permasalahan lagi. Asisten II Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, Eddy Hermanto menyampaikan itu ketika ditanya mengenai adanya keluhan terhadap venues SEA Games XXVI saat uji coba di Palembang, Jumat. Menurut dia, karena itu dilakukan uji coba atau tes event di venues SEA Games XXVI sehingga apa yang kurang akan dibenari seperti venue sepatu roda. Venues sepatu roda di Jakabaring, Palembang, dihalusi, kemudian mengenai lebarnya sudah dibuat enam meter, tetapi saat uji coba dipasang tiang sehingga dikurangi 20 centimeter menjadi 5,8 meter, katanya. Ia mengatakan, karena itu tiang dibongkar dan dipindahkan ke pinggir sehingga lebarnya tetap enam meter. Kemudian venues yang sudah tes event itu oleh pengurus besarnya akan dimintakan sertifikat seperti venue aquatik begitu pula untuk venue menembak dan venue lainnya, ujar dia. Ia menyatakan, uji coba terhadap venues SEA Games itu dilaksanakan sehingga apa yang kurang dibenari supaya pada saat pelaksanaan nanti tidak ada permasalahan lagi. Semua venues yang sudah tes event itu ditanya apa kekuranganya sehingga bisa diperbaiki, jelasnya. Sejumlah venues dibangun di Jakabaring ada beberapa yang sudah dilakukan uji coba antara lain voli pantai dan tenis. Pada SEA Games XXVI Kota Palembang (Sumsel) dan DKI Jakarta dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggara pertandingan cabang olahraga.(ant)

DENMARK TERBUKA 2011

Indonesia Sisakan Tiga Ganda

JAKARTA, HALUAN — Indonesia menyisakan tiga ganda ketika turnamen berhadiah 400 ribu dolar AS, Denmark Terbuka Super Series Premier, mencapai babak perempat final, Jumat. Ganda putra juara Olimpiade Beijing Markis KidoHendra Setiawan melangkah ke babak delapan besar setelah mengalahkan pasangan Taiwan Chen Hung Ling-Lin Yu Lang 21-19, 16-21, 22-20 di Odense, Jumat dinihari WIB. Selanjutnya pasangan unggulan ketujuh itu akan melawan ganda putra Korea unggulan keempat Ko Sung Hyun-Yoo Yeon Seong yang menang mudah atas pasangan Belanda Ruud Bosch-Koen Ridder 2115, 21-9. "Pokoknya besok (Jumat) kami akan bermain maksimal," ujar Kido yang dihubungi usai pertandingan. Pada dua pertemuan terakhir dengan pasangan Korea tersebut, Kido-Hendra mengalami kekalahan secara "rubber game". Satu-satunya kemenangan yang diraih Kido-Hendra atas pasangan nomor empat dunia itu terjadi pada pertemuan

PADANG, HALUAN — Walikota Padang Fauzi Bahar direncanakan akan membuka festival silat tradisi antar pelajar se Kota Padang, Sabtu (22/10) di SMP 14 Padang. Demikian disebut Ketua Pengcab IPSI Kota Padang Adib Al Fikri kepada Haluan. Menurut pria yang juga ketua KNPI Sumbar ini, walikota yang juga merupakan Ketua Dewan Pembina IPSI Kota Padang ini juga akan menyediakan hadiah utama yang akan diperebutkan 200 peserta dari pelajar SD, SMP, dan SMA se Kota Padang

pertama mereka di final Kejuaraan Asia 2009. Ganda putri Anneke Feinya Agustin-Nitya Krishinda juga maju ke perempat final setelah meraih kemenangan atas pasangan Kanada Nicole Grether-Charmaine Reid 21-13, 20-22, 2112 dalam waktu satu jam 18 menit. Pasangan juara Vietnam Grand Prix tersebut akan memperebutkan satu tempat di semifinal dengan unggulan pertama Wang Xiaoli-Yu Yang yang hanya membutuhkan waktu 27 menit untuk menyisihkan pasangan Singapura Shinta Mulia Sari-Yao Lei 21-8, 21-8. Keberhasilan dua pasangan tersebut menyusul ganda campuran Muhammad Rijal-Debby Susanto yang sudah lebih dulu mencapai perempat final dengan menundukkan unggulan ketujuh asal Thailand Songphon Anugritayawon-Kunchala Voravichitchaikul 21-14, 21-

NET

KE PEREMPAT FINAL - Juara Olimpiade Beijing, Markis Kido-Hendra Setiawan maju ke perempat final Denmark Terbuka 2011 setelah mengalahkan pasangan Taiwan rubber set, Jumat (21/10).

18. Mereka selanjutnya bertemu unggulan teratas asal China Zhang Nan-Zhao Yunlei untuk meraih satu tempat pada babak empat besar. Tak Ada Wakil Indonesia tidak lagi punya wakil tunggal putra pada Denmark Terbuka Super Series

Premier setelah satu-satunya yang tersisa, Simon Santoso juga tumbang. Pada pertandingan babak 16 besar di Odense, Kamis, Simon kalah oleh unggulan ketiga asal China Chen Long 21-18, 16-21, 821 dalam pertandingan yang berlangsung lebih dari satu jam.

Wako Bakal Buka Festival Silat

Festival itu sendiri kata Adib, dilaksanakan IPSI Ranting Pauh dan merupakan kalender rutin tahunan yang telah diprogram Pengcab IPSI Kota Padang. Selaku Ketua Pengcab IPSI Kota Padang, Adib mengharapkan kegiatan tersebut bisa melahirkan bibitbibit pesilat muda potensial yang bisa mengharumkan Kota Padang di masa yang akan datang. "Besar harapan kami, festival ini melahirkan pesilat muda potensial yang bisa diabnggakan daerah ke depan," ungkapnya. Terpisah, Walikota Padang

Fauzi Bahar menyebutkan, dengan diadakannya festival

silat antar pelajar tersebut, diharapkan olahraga tradisi tersebut semakin dikenal luas di kalangan pelajar Kota Padang. "Mudah-mudahan ke depan, olahraga silat akan menjadi olahraga andalan daerah dalam meraup prestasi. Pemerintah daerah sangat berharap olahraga ini bisa menjadi olahraga yang menyumbang prestasi," harapnya. Sebagai pembina silat di Kota Padang, Fauzi Bahar melihat perkembangan olahraga tersebut cukup bagus. Dan hal itu juga sebuah bentuk

Tersingkirnya Simon pada putaran kedua turnamen berhadiah total 400 ribu dolar AS itu mengikuti pemain-pemain tunggal putra lainnya yakni Dionysius Hayom Rumbaka, Taufik Hidayat, dan Tommy Sugiarto yang sudah tersisih lebih dulu. (ant)

sukses dari kepengurusan dalam mengembangkan, membina dan menjadikan silat sebagai bagian dari kehidupan masyarakat. "Kegiatan yang dilakukan Pengcab IPSI harus didukung semua pihak," katanya mengakhiri. Pemko Padang sendiri kata Fauzi merencanakan menjadikan pakaian silat sebagai pakaian olahraga untuk pelajar di semua tingkatan di Kota Padang. Hal ini selain sebagai sebuah solusi menghindari tawuran pelajar, juga dalam rangka memasyarakatkan olehraga silat itu sendiri.(h/ted)

SEA Games XXVI INDONESIA

Stadion Aquatic Jadi Ajang Pra Olimpiade

PALEMBANG, HALUAN — Stadion Akuatik Jakabaring, Palembang, disiapkan untuk SEA Games XXVI, 11-22 November 2011 sekaligus dipercaya Federasi Renang Internasional (FINA) ajang PraKualifikasi Olimpiade London

2012, kata CEO Swiss Timing Asia, Henry Pung. "Stadion yang digunakan ini telah berstandar internasional, sehingga FINA mempercayakan ajang SEA Games mendatang sekaligus menjadi Pra-Kualifikasi Olimpiade London,"

ujar Henry, di Palembang, Jumat. Menurut dia, stadion itu layak mendapatkan kepercayaan sebagai tempat pelaksanaan pra-kualifikasi olimpiade mendatang, karena dinilai menjadi yang terbaik dari 45

ANTARA

AQUATIC CENTER. Seorang pekerja melintas di depan salah satu arena Sea Games XXVI, Aquatic Center, di Kompleks Olah Raga Jakabaring, Palembang, Selasa (18/10). Aquatic Center yang antara lain akan digunakan untuk cabang olah raga renang dan loncat indah telah mencapai tahap penyelesaian akhir, dan dipastikan siap digunakan untuk Sea Games XXVI 1122 November 2011.

. . AAM ALZUNAZ ANUGRAH MANDIRI

negara di Asia. "Jika tidak berstandar internasional, maka FINA tidak akan memberikan izin sebagai ajang pra-kualifikasi olimpiade. Artinya, persyaratan untuk menggelar pertandingan internasional telah dipenuhi, sehingga rekor yang tercipta juga akan diakui dunia," kata dia lagi. Dia melanjutkan, stadion akuatik itu telah memenuhi persyaratan FINA, untuk meraih sertifikat bertaraf internasional yang direncanakan akan diberikan pada awal November mendatang. "Konstruksi bangunan demikian megah, dan bisa terlihat hingga ke dasar kolam yang menjadi salah satu poin tertinggi. Selain itu, peralatan yang digunakan telah berstandar olimpiade, seperti pencatat waktu dari Swiss Timing Omega, dan kolam berbahan stainless steel myrtha pool," ujar dia. Ia melanjutkan, menjadi tuan rumah SEA Games merupakan pilihan tepat bagi Sumsel, untuk menunjukkan kepada dunia internasional telah memiliki stadion akuatik bertaraf internasional. "SEA

Games XXVI nanti menjadi momentum yang sangat tepat bagi Sumsel untuk menunjukkan ke dunia internasional bahwa telah memiliki stadion akuatik layaknya di Beijing, China," kata dia pula. Konsultan pembangunan stadion akuatik Lukman Niode mengatakan, stadion itu tinggal memasang 'bulkhead' (alat pengubah ukuran kolam dari 50 meter menjadi 25 meter, Red) dan peralatan elektronik. "Bulkhead sudah ada di venue dan tinggal dipasang saja, sedangkan swiss timing omega dan scoring board akan tiba di Palembang pada 26 Oktober nanti," ujar dia. Untuk kolam pertandingan memiliki delapan lintasan, kolam pemanasan dengan enam lintasan, dan kolam loncat indah, sudah bisa digunakan untuk bertanding. "Kolam loncat indah tinggal memenuhi airnya saja. Selanjutnya, tinggal membersihkan area bagian dalam stadion, seperti merampungkan bagian yang belum dicat, membersihkan keramik, dan perapian tampilan luar," kata dia lagi. (ant)

PT. ALZUNAZ ANUGRAH MANDIRI Jl. Veteran No. 98 Padang 25115 Telp. 0751 - 811 687 Fax. 0751 - 241 52 e-mail : alzunaz_anugrahmandiri@yahoo.co.id

E .W EAST WEST

COLLEGE

NGGAK LULUS UMPTN !? ANDA NGGAK PERLU PUTUS ASA.. SIAPAPUN ANDA... BELUM BEKERJA...

LET'S GO !!! BERGABUNG DENGAN EWC (East West College) Lembaga Pendidikan Perhotelan di Negeri 9 Malaysia Lansek Manih FM (LANIS FM) Frequensi (FM) 93,6 MHz (FM) Power Suport 1000 Watt ( Blues 30 NV) Alamat Studio/Office : Jl.Sudirman No.191 Muaro Sijunjung, Kabupaten Sijunjung. Telp. ( 0754) 20173-20553 Fax. 0754.20158 Email : lansekmanihfm@yahoo.co.id LANSEK MANIH FM “ Penyampai Informasi Pembangunan dan Penyejuk Hati Anak Nagari”

LANGSUNG BEKERJA DI HOTEL BINTANG 5 MALAYSIA

PROGRAM SINGKAT 1-3 bulan tamat langsung bekerja di Hotel Bintang 5 di Malaysia dengan gaji standar Luar Negeri.

Uang kuliah bisa dicicil setelah bekerja. Tunggu apa lagi...

RA !!! DAFTAR SEGE

EAST WEST COLLEGE

Contact Person :

Pak Cik : 0812 675 9909 Pak Zul : 0813 7494 5555


8

SABTU, 22 OKTOBER 2011 M 24 DZULKAIDAH 1432 H


RIAU DAN KEPRI 9

SABTU, 22 OKTOBER 2011 M 24 DZULKAIDAH 1432 H

Penyelundupan Pasir Timah Digagalkan

LINGKAR Lilin Lebah Riau Tembus Pasar AS PEKANBARU, HALUAN- Lilin dari limbah sarang lebah hutan di Taman Nasional Tesso Nilo, Riau berhasil menembus pasar ekspor Amerika Serikat (AS). “Mulai bulan Oktober ini, sebanyak 500 kilogram lilin lebah dari Tesso Nilo akan diekspor ke Amerika Serikat,” kata Koordinator Pengembangan Masyarakat WWF Program Riau di Pekanbaru, Jumat (21/10). Tesso Nilo merupakan kawasan konservasi di Provinsi Riau, yang memiliki kekayaan hayati alami yang sangat tinggi. Lilin lebah (beeswax) merupakan produk turunan yang diolah dari limbah sarang lebah hutan yang banyak didapatkan di Tesso Nilo.Menurut dia, WWF membantu memfasilitasi pembentukan Asosiasi Petani Madu Hutan Tesso Nilo (APMTN) yang beranggotakan 50 orang warga sekitar hutan sejak tahun 2010. Selain memberi pelatihan pengolahan madu secara lestari dan higienis, organisasi itu juga melatih ibu-ibu PKK untuk membuat beeswax. Ekspor lilin lebah ke AS melalui kerjasama dengan Jaringan Madu Hutan Indonesia (JMHI) dan dikabarkan komoditas itu diminati perusahaan besar di AS seperti Amway. Perusahaan asing itu tertarik menggunakan lilin lebah karena dinilai lebih baik untuk bahan baku produk kosmetik, sabun, dan lainnya. Harga jual lilin lebah ke AS mencapai Rp30.000 per kilogram. “Lilin yang kita ekspor masih dalam bentuk mentah, berbentuk bongkahan yang merupakan hasil pengolahan paling dasar dari limbah sarang lebah hutan,” ujarnya. Menurutnya, prospek bisnis lilin lebah Tesso Nilo sangat potensial karena sejak tahun 2010 juga telah menembus pasar Malaysia. Harga jual produk lilin lebah ke negeri Jiran bahkan lebih tinggi, yakni Rp45.000 per buah karena sudah berbentuk produk lilin siap pakai untuk penerangan. Diharapkan, kemajuan bisnis tersebut bisa menyejahterakan warga disekitar hutan agar turut menjaga alam tempat tinggal mereka. Menurut dia, jumlah produksi beeswax yang bisa dihasilkan di Riau cukup besar, yakni sekitar 24,6 ton per tahun. Namun, potensi itu belum dioptimalkan karena kendala kemampuan sumber daya manusia dan peralatan dan dana. (hr/ant)

Ratusan Warga Terjaring Razia PEKANBARU, HALUAN- Pemerintah Kota Pekanbaru, Riau menjaring sekitar seratus warga tak beridentitas lengkap dalam razia yang digelar di sejumlah lokasi “Ratusan warga ini terjaring dalam dua kali razia yang digelar di dua tempat berbeda. Pertama di depan Purna MTQ Pekanbaru Jalan Sudirman dan yang kedua yakni di Jalan Tuanku Tambusai,” kata Kepala Dinas Pendaftaran Kependudukan dan Catatan Sipil (Distarduk Capil) Pekanbaru, Muhammad Noer di Pekanbaru, Jumat (21/10) Pada razia di depan Purna MTQ Pekanbaru lalu, pihaknya berhasil menjaring sekitar 60 warga tak beridentitas lengkap. Beberapa diantaranya bahkan, menurut dia, ada yang masih memegang kartu tanda penduduk (KTP) luar daerah seperti Jambi, Sumatera Barat dan Aceh. “Sementara dalam razia berikutnya di Jalan Tuanku Tambusai, kami berhasil menjaring sedikitnya 100 warga. Banyak diantaranya yang tidak memiliki KTP,” ujar M Noer. Secara terpisah, Kepala Bidang Pendataan Penduduk Ditarduk Capil Pekanbaru Hermayati mengatakan, sepanjang tahun 2011 ini pihaknya akan terus melakukan razia identitas penduduk sebanyak 12 kali. “Razia ini di mulai sejak pekan pertama Oktober lalu (2011) dan selanjutnya yakni pada pekan kedua di bulan dan tahun yang sama,” katanya. (hr/ant)

SUTANA

Warga RT 01 dan RT 02 Dompak Sebrang, Tanjungpinang memperotes jalan dengan memasang tulisan d itengah jalan, Jumat (21/10). masyarakat memprotes jalan yang tak kunjung diperbaiki oleh Dinas Pekerjaan Umum Kepri

KARIMUN, HALUAN- Aparat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Khusus Kepulauan Riau menggagalkan penyelundupan 15 ton pasir timah senilai Rp2 miliar. Timah ini diangkut KM Terubuk, berbendera Indonesia asal Kalimantan dengan tujuan Kuantan, Malaysia. Kepala Seksi Operasi Kantor Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Khusus Kepulauan Riau Andhi Pramono, mengatakan KM Terubuk ditangkap di perairan Laut China Selatan. “KM Terubuk memuat tumpukan karung putih berisi pasir timah. Perkiraan sementara nilai pasir timah tersebut sekitar sekitar Rp1,5-2 miliar,” ujar Andhi, Kamis (20/10). Kapal tersebut ditangkap oleh kapal patroli BC-8005 dengan komandan patroli (kopat) Narno. “Saat diperiksa petugas, nakhoda kapal HM tidak bisa memperlihatkan dokumen pelindung muatan,” jelas Andhi. Dikatakan, modus operandi yang digunakan adalah melintasi perairan laut lepas dengan kondisi alam yang ekstrim untuk menghindari patroli BC. Namun berkat kejelian dan informasi intelijen dari BC Kepri, upaya penyelundupan barang tambang bernilai tinggi ini berhasil digagalkan.’’Pasir timah adalah barang tambang bernilai tinggi. Kerugian negara yang kita hitung adalah nilai barang dan nilai cukai ekspor yang seharusnya disetor ke negara,’’ ujar Andhi.

Menurut Andhi, pasir timah juga merupakan barang larangan yang diatur berdasarkan peraturan Menteri Perdagangan. ‘’Selain tidak dilengkapi dokumen kepabeanan. Mineral timah hanya bisa diekspor setelah diolah menjadi timah batangan sebagaimana di atur dalam peraturan Menteri Perdagangan,’’ ucapnya. Saat ini kapal bermuatan berupa karung putih berisi pasir timah beserta nakhoda dan empat ABK-nya sedang ditarik ke Tanjung Balai Karimun dan membutuhkan waktu sekitar 30 jam untuk tiba di pelabuhan Ketapang Kanwil Khusus BC Kepri di Kecamatan Meral. ‘’Informasi sementara, kapal tersebut berasal dari Karimata, namun daerah asal pasir timah masih kita selidiki. Saat ini kapal sedang dalam menuju perjalanan menuju ke pelabuhan Ketapang,’’ lanjutnya. Andhi menambahkan, nakhoda kapal disangkakan melanggar Pasal 102A huruf e UU No 17 Tahun 2006 tentang Perubahan Atas UU No 10 Tahun 1995 tentang Kepabeanan tentang kegiatan mengangkut barang

SUTANA

BERLAYAR PERDANA — KMP Lome tujuan Tanjung Balai Karimun saat meninggalkan Pelabuhan Roro Dompak Tanjungpinang, pada pelayaran perdana, Jumat (21/10)

ekspor tanpa dilindungi dokumen yang sah. Tersangka dapat diancam pidana penyelundupan bidang ekspor dengan penjara paling singkat satu tahun dan paling lama 10 tahun serta denda paling sedikit Rp50 juta dan paling banyak Rp5 miliar. “Kerugian negara ditaksir sekitar Rp1 miliar. Negara juga dirugikan secara immaterial karena eksploitasi timah ilegal dapat merusak lingkungan hidup.

Selain itu, mineral timah termasuk barang yang terkena aturan larangan dan pembatasan,” katanya. Dari catatan Haluan Kepri, sebelumnya pada bulan Mei 2011, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Khusus Kepulauan Riau juga berhasil menggagalkan aksi penyelundupan pasir timah sekitar 40 ton senilai Rp 5 miliar asal Kalimantan tujuan Malaysia. Puluhan ton pasir timah tersebut terbungkus dalam ratusan karung isi 15 kilogram dan

disimpan dalam palka kapal masing-masing KM Alang Biru dan KM Berkat Nikmat.masingmasing seberat 20 ton per kapal dengan nilai jual sekitar Rp 2, 5 miliar/ 20 ton. Modus yang digunakan tetap dengan cara yang sama yakni para pelaku menggunakan modus menghindari petugas dengan cara mengambil jalur perairan pulaupulau terluar Indonesia seperti perairan Kepulauan Anambas, Natuna dan pulau Jemaja.(hk/hhp)

Kejati Tolak Permohonan KPU Pekanbaru

PEKANBARU, HALUAN-Kejaksaan Tinggi Riau secara tegas menolak permohonan KPU Pekanbaru yang meminta surat, sebagai dasar hukum penambahan daftar pemilih tetap pada Pemilukada ulang yang bakal digelar 21 Desember mendatang. “Memang beberapa hari lalu, KPU datang ke sini minta dibuatkan surat yang akan dijadikan salah satu dasar hukum untuk penambahan DPT tersebut. Tapi tidak bisa saya akomodir permintaan itu, karena saya memang tidak ingin ikut campur dalam urusan tersebut,” kata Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Riau, Babul Khoir, Kamis (20/10) Saat KPU menghadap dirinya, dia hanya menyarankan agar KPU Pekanbaru melaksanakan PSU dengan berpedoman pada amar putusan MK. “Saya suruh mereka

baca saja putusan MK itu dan saya sarankan laksanakan PSU sesuai putusan tersebut, karena tidak ada wewenang kita untuk melakukan penilaian terhadap putusan tersebut,” jelasnya. Sebelumnya diberitakan KPU Pekanbaru dalam melaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU), 21 Desember 2011 mendatang akan memberikan kesempatan kepada masing-masing calon untuk mengusulkan nama-nama pemilih yang sebelumnya tidak terdaftar di (DPT). Kebijakan ini menuai protes karena dikhawatirkan memberi celah terjadinya kecurangan yang bisa merugikan salah satu pasangan calon. Apalagi penambahan DPT tersebut tidak termasuk dalam amar putusan MK yang hanya memerintahkan untuk melaksanakan PSU. Namun KPU Pekanbaru me-

nyatakan tetap akan melakukan penambahan DPT ini apabila memang ada usulan dari pasangan calon yang sudah direkomendasikan oleh Panwaslu yang kemudian dilakukan verivikasi di tingkat PPS dan PPK karena pihaknya sudah mendapat instruksi dari KPU pusat untuk memperbaiki DPT yang bermasalah. Di samping itu, KPU Pekanbaru beberapa waktu lalu juga menyebutkan, mereka akan berkonsultasi dengan pihak Kajati Riau untuk meminta pendapat hukum terkait persoalan tersebut. KPU mengaku akan meminta surat resmi Kejati Riau yang merekomendasikan hal tersebut bisa dilakukan sebagai pegangan ataupun salah satu dasar hukum mereka. Tidak Takut Sementara Ketua KPU Pekan-

baru Tengku Rafizal yang dihubungi mengatakan, jika Kajati Riau belum membalas secara tertulis permintaan pertimbangan hukum yang mereka kirimkan. Walau begitu, Rafizal mengaku pihaknya tetap akan melanjutkan tahapan penambahan DPT baru kendati tanpa pertimbangan hukum dari Kajati Riau. “Sampai hari ini kita belum mendapatkan jawaban tertulis dari Kajati Riau. Surat kita belum dibalas, tapi kalaupun tidak dibalas kita tetap akan lanjutkan tahapannya karena itu dibolehkan undangundang,” katanya Rafizal. Ketika ditanya apakah KPU tidak takut akan berhadapan dengan hukum jika melakukan penambahan DPT ini, apalagi banyak pihak yang menilai ini hanya untuk menguntungkan salah satu pasangan calon dan melabrak

PP Nomor 6 Tahun 2005, dengan tegas Rafizal menjawab tidak takut berhadapan dengan hukum. “Tidak takut, karena yang kami lakukan juga berdasarkan hukum yaitu peraturan KPU. Kami siap terima konsekwensi hukumnya,” ulangnya. Namun demikian, melalui pesan singkatnya Rafizal mengatakan penambahan DPT ini dilakukan jika ada rekomensasi dari Panwaslu Kota Pekanbaru. Rekomendasi itu sendiri dikeluarkan jika pasangan calon mengajukan nama yang diusulkan masuk dalam DPT baru tersebut. “Penambahan pemilih saya menekankan akan dilakukan bila ada rekomendasi Panwaslu. Artinya, jika tidak ada rekomendasi Panwaslu maka tidak akan ada penambahan pemilih baru,” tulisnya. (hr/uta/dis)

Pengusaha Tagih Hutang Pemprov Kepri

TANJUNGPINANG, HALUANSejumlah pengusaha hotel dan restoran kembali mengadu kepada Ketua Persatuan Hotel dan Restoran (PHRI) Provinsi Kepri Rudy Chua. Mereka mengeluhkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri yang belum juga melunasi hutang kepada sejumlah hotel dan restoran di Provinsi Kepri. Malah, hutang Pemprov Kepri semakin bertambah. Akumulasi hutang Pemprov Kepri sejak tahun 2009 ke sejumlah hotel dan restoran di Provinsi Kepri mencapai belasan miliar rupiah. “Sejumlah pengusaha hotel dan restoran kembali menyampaikan keluhannya pada kita terkait hutang-hutang Pemprov Kepri yang sudah menumpuk sejak

tahun 2009 lalu. Saat ini jangankan dibayar, hutang tersebut malah semakin bertambah jumlahnya. Bahkan pada salah satu restoran terkenal di Batam jumlahnya lebih satu miliar,” kata Rudy Chua, Kamis (20/10). Sekretaris Komisi II DPRD Kepri itu mengaku kesulitan untuk mencarikan solusi bagi sejumlah pengusaha hotel dan restoran tersebut. Karena hingga saat ini ternyata dalam buku neraca keuangan Pemprov Kepri tidak ditemukan hutang-hutang tersebut. “Kita bingung juga untuk mencarikan sulosi terhadap hutang-hutang ini, karena dalam neraca keuangan Pemprov Kepri tidak tercatat hutang-hutang tersebut,” ujarnya. Menurut dia, sebenarnya jika

hutang-hutang tersebut tercatat dalam neraca keuangan Pemprov Kepri bisa saja dibantu dengan penganggaran. Tapi tentu saja dalam hal ini Pemprov Kepri harus terlebih dahulu mengaku berhutang dan akan dibayarkan. “Jika Pemprov mengaku mempunyai hutang mungkin saja DPRD bisa mencarikan solusi terhadap hal ini, tapi ini tak ada hutang bagaimana kita mau membantu,” imbuh Rudy. Yang lebih menyedihkan, lanjut Rudy, pengusaha hotel dan restoran itu juga mengeluhkan sikap Pemprov Kepri yang bukannya melunasi hutang lama tetapi malah mengancam akan pindah ke restoran atau hotel lain jika tidak diberi kesempatan berutang lagi. Padahal, kata dia, akibat

hutang Pemprov yang menumpuk, kelangsungan usaha para pengusaha hotel dan restoran itu terancam. “Tapi dalam waktu dekat ini kita akan coba lagi untuk membicarakan hal ini dengan Pemprov Kepri. Karena kita juga tidak mau nantinya jika untuk menyelesaikan suatu masalah malah timbul masalah baru lagi,” tandas politisi Partai PIB itu. Pasti Bayar Menanggapi hal ini, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kepri Suhajar Diantoro yang dikonfirmasi, berjanji akan memverifikasi hutang-hutang Pemprov Kepri itu. Karena untuk tahun 2011 kata Suhajar, dirinya telah menginstruksikan pada Biro Humas dan Protokol untuk

melakukan pengetatan pengeluaran anggaran. Untuk hutang tahun 2011, ujar dia, akan dibayar setiap tiga bulan sekali. “Sebenarnya untuk tahun 2011 ini sudah tidak ada yang namanya tunggakan baru. Jika itu ada saya rasa hanya masalah keterlambatan waktu saja, dan kita minta rekanrekan pengusaha untuk bersabar dan hutang itu pasti kita bayar,” kata Suhajar. Terkait hutan lama, atau yang timbul pada tahun 2009 dan 2010, Suhajar mengatakan pihaknya akan mencoba membicarakan hal tersebut dengan DPRD Kepri agar nantinya dibantu dari anggarannya. Ia mengatakan, jika disetujui, semua hutang-hutang lama itu akan dicicil secara bertahap hingga lunas. (hk/rul)

PEMBUNUHAN ISTRI PERWIRA POLDA

BATAM, HALUAN-Setelah bolak-balik ke kejaksaan, berkas dua tersangka eksekutor pembunuh Putri Mega Umboh, Gugun Gunawan alias Ujang dan Rosma, akhirnya dinyatakan lengkap (P-21). Polda Kepri secara resmi melimpahkan berkas perkara dan seluruh barang bukti beserta kedua tersangka ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Batam, Kamis (20/10). Kedua tersangka yang merupakan pasangan kekasih itu dibawa dari Markas Polda Kepri di Nongsa ke Kantor Kejari Batam di Batam Centre, dengan pengawalan ketat aparat kepolisian. Rosma dan Ujang mengenakan baju tahanan Polda Kepri masing-masing bernomor 16 dan 31. Usai penandatanganan berita acara pelimpahan, Ujang

Berkas Perkara Dua Tersangka Dinyatakan Lengkap

dengan tegas menyebut AKBP Mindo Tampubolon terlibat dalam pembunuhan Putri Mega Umboh yang tak lain adalah istrinya sendiri. Ini merupakan kali pertama Ujang secara terbuka di depan wartawan menyebut keterlibatan Mindo dalam pembunuhan Putri. Sebelumnya, pengakuan Ujang soal keterlibatan mantan Kasubdit II Ditreskrimsus Polda Kepri itu hanya diperoleh wartawan dari kuasa hukumnya dan Polda Kepri, tidak pernah dari mulut Ujang secara langsung. Sebab, selama ini Ujang dan Rosma selalu dijaga ketat oleh Polda Kepri. Ujang berjanji akan bukabukaan soal keterlibatan Mindo dalam pembunuhan Putri dalam persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Batam

nantinya. Dalam sidang yang belum ditentukan jadwalnya itu, Ujang menyatakan akan membeberkan semua yang diketahuinya soal keterlibatan Mindo Tampubolon. “Saya janji akan beberkan semua keterlibatan Mindo dalam persidangan. Untuk apa ditutuptutupi,” kata Ujang kepada wartawan yang menyaksikan pelimpahan tahap kedua itu. Dalam kesempatan itu, Ujang menyesalkan tindakan Polda Kepri yang tidak kunjung menahan Mindo.Padahal sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus itu. “Kenapa Mindo masih bebas, sementara kami sudah berbulan-bulan dijebloskan ke penjara. Saya akan beberkan semua,” ujarnya. Tapi yang membuat dirinya lebih sakit hati, kata Ujang,

bukanlah soal masih bebasnya Mindo, melainkan sikap ingkar janji perwira menengah polisi yang kini bertugas di Mabes Polri itu. Menurut Ujang, semua hal yang dijanjikan Mindo, termasuk uang sebesar Rp25 juta sebagai upah menghabisi Putri, hingga kini tak satu pun yang dipenuhi. Jaminan Mindo bahwa dirinya dan Rosma tidak akan tersentuh proses hukum apalagi sampai dijebloskan ke penjara karena membunuh Putri, lanjut Ujang, juga hanya isapan jempol. Faktanya, ujar Ujang, dirinya dan Rosma langsung ditangkap dan dijebloskan ke penjara hanya berselang sehari setelah pembunuhan keji itu. “Meski uang yang dijanjikan tidak seberapa, tapi Mindo berjanji saya tidak akan dijebloskan ke penjara,” kata Ujang.

Dalam pemeriksaan di depan jaksa, Ujang secara terang-terangan mengakui telah membunuh Putri dengan cara menusuk perut dan menggorok leher korban. Namun menurutnya, semua itu ia lakukan karena tuntutan ekonomi di mana saat itu dirinya sangat membutuhkan uang untuk membiayai operasi mata ibunya. “Waktu itu saya butuh uang, ditambah lagi sakit hati karena pacar saya sering dimarahi,” ungkapnya. Hal senada disampaikan Rosma. Ia mengaku selama ini sering mengalami perlakuan tidak manusiawi dari Putri. “Saya sering disakiti, apalagi kalau mereka usai bertengkar,” ujar Rosma sambil tertunduk di depan jaksa penyidik Syaiful Anwar Nasution dan Sunarwan

yang memeriksa keduanya. Namun, Rosma tidak menyebut perlakuan tidak manusiawi seperti apa yang diterimanya dari Putri. Ditahan di Polda Sementara itu, Kepala Seksi Pidana Umum (Kadi Pidum) Kejari Batam Agus Djonedi mengatakan meskipun berkas dan penahanan kedua terdakwa sudah dilimpahkan ke kejaksaan, namun keduanya tetap dititipkan di Rumah Tahanan (Rutan) Polda Kepri. Menurut Agus, hal itu sesuai dengan permintaan Polda Kepri. “Statusnya tahanan kita, tapi kita titipkan di Rutan Polda karena sewaktu-waktu keduanya akan dimintai keterangan,” ujar Agus usai acara pelimpahan. Dalam surat Polda, kata Agus, dijelaskan bahwa perkara

keduanya melibatkan tersangka lain yakni Mindo, sehingga keduanya harus ditahan di Polda untuk memudahkan jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk memberikan keterangan. Alasan lain, berdasarkan koordinasi antara jaksa penuntut umum (JPU) dengan pihak penyidik Polda Kepri, kedua terdakwa akan menjadi saksi mahkota untuk tersangka lain sehingga ada baiknya mereka tetap ditahan di Rutan Polda Kepri. Berdasarkan hukum formil, kata Agus, pihaknya mempunyai kewenangan menahan keduanya selama 20 hari, dan jika masih dibutuhkan maka bisa diperpanjang 30 hari lagi sebelum dilimpahkan ke pengadilan untuk menjalani proses persidangan. (hk)


10 LUAR NEGERI

SABTU, 22 OKTOBER 2011 M 24 DZULKAIDAH 1432 H

Sebut ‘Idiot’, Menteri Jepang Dikecam TOKYO, HALUAN — Seorang Menteri di Jepang kembali menuai kecaman publik karena mengeluarkan komentar tidak pantas. Menteri Manajemen Bencana Tatsuo Hirano dikecam karena menyebut para korban tsunami “idiot” sebab tidak bergerak cepat untuk menyelamatkan diri dalam bencana gempa bumi dan tsunami dahsyat pada 11 Maret lalu. Pernyataan kontroversial itu dilontarkan Hirano dalam pertemuan dengan para kolega Partai Demokrat Jepang di Kota Nihonmatsu, prefektur Fukushima. “Ada mereka yang pergi ke tempat aman dan berpikir ‘kita akan aman di sini’. Kemudian ada orang-orang idiot seperti teman sekelas saya dulu yang tidak mencari tempat perlindungan. Dia pun tewas,” kata Hirano seperti diberitakan Fuji TV dan dilansir harian Telegraph, Jumat (21/10). Hirano kemudian menyampaikan permintaan maaf setelah komentarnya itu banyak dilaporkan media Jepang. “Saya sejak lama

heran mengapa teman saya tidak selamat dan saya membiarkan opini pribadi saya tercetus,” kata Hirano kepada media lokal. Komentar Hirano yang baru menjabat menteri itu sudah pasti akan mempermalukan Perdana Menteri Yoshihiko Noda dan partai berkuasa Jepang. Terlebih lagi Hirano dipilih menjadi menteri guna menggantikan Ryu Matsumoto yang terpaksa mundur 3 bulan lalu setelah kata-katanya menuai kemarahan publik. Matsumoto banjir kecaman setelah memarahi Gubernur Miyagi, Yoshihiro Murai, yang datang terlambat saat kunjungan ke wilayah korban tsunami itu. Ketika itu, Matsumoto bahkan menolak menjabat tangan Murai. Sebelum itu, Matsumoto juga telah menjadi perbincangan publik atas kata-katanya yang dianggap arogan. Termasuk ketika Matsumoto mengatakan, pemerintah pusat tidak akan membantu pemerintahpemerintah daerah yang tidak punya ide. (vvn)

LINGKAR Kedubes Libya, RI Lebih Baik JAKARTA, HALUAN— Kedutaan Besar Libya di Indonesia kini tak lagi menggunakan bendera negara yang digunakan saat Khadafi berkuasa, yakni warna hijau polos. Informasi yang diterima VIVAnews.com saat Khadafi jatuh sekitar Agustus lalu, bendera di Kedutaan sudah berganti menjadi ‘Tri Warna.’ Seperti pantauan vivanews.com di kantor Kedutaan Besar Libya untuk Indonesia di Jalan Kintamani II, Blok C 17, No 78 Jakarta Selatan, Jumat, bendera hijau polos memang tak lagi berkibar di sana. Bendera yang berkibar saat ini adalah bendera yang pernah berkibar di tanah Libya saat era Raja Idris, penguasa sebelum Khadafi. Bendera tiga warna: Merah, Hitam, dan Hijau dengan lambang bulan sabit dan bintang di bagian tengahnya. Bendera Tri Warna ini merupakan bendera yang digunakan para pemberontak Khadafi. Saat ditemui VIVAnews.com, Staf Lokal Kedutaan Libya untuk Indonesia mengaku tidak tahu kapan bendera Tri Warna itu mulai berkibar. Kedutaan Besar Libya di JakartaMeski demikian, Staf Lokal yang enggan disebut namanya itu mengatakan bahwa kondisi Indonesia sangat jauh lebih baik dari Libya. “Saya juga heran, setiap rezim jatuh, benderanya ganti,” kata dia saat ditemuidi kantor Kedutaan Libya untuk Indonesia.(vvn)

RI Akui Negara, Bukan Penguasa Libya

JAKARTA, HALUAN — Pemimpin Libya, Moammar Khadafi telah tewas di tangan pasukan Dewan Transisi Nasional (NTC). Sementara pemerintahan baru belum terbentuk, NTC menjadi rezim penguasa baru di masamasa transisi.

ANTARA

SALAT JUMAT- Ribuan umat muslim menunaikan sholat Jumat di pelataran sekitar Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi, Jumat (21/10). Ribuan umat muslim dari penjuru dunia memasuki Mekkah untuk menunggu puncak haji 1432 H.

Negara-negara anggota Liga Arab, Uni Eropa, Uni Afrika, dan PBB mengakui NTC sebagai rezim penguasa Libya yang sah. Pemerintah Indonesia,

Citigroup Didenda Rp2,5 Triliun WASHINGTON, HALUAN — Pihak berwenang di AS mendenda Citigroup Inc sebesar US$285 juta (sekitar Rp2,5 triliun) setelah perusahaan perbankan itu terbukti menipu para investor dalam membeli obligasi kredit rumah yang bermasalah (toxic housingrelated debt). Bagi pihak berwenang AS, tindakan Citigroup itu melanggar hukum. Menurut kantor berita Reuters, denda itu dijatuhkan Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC), Rabu waktu setempat. Menurut SEC, Unit Pasar Global pada Citigroup telah menyesatkan para investor atas obligasi terjamin senilai US$1 miliar. Citigroup saat itu tidak mengungkapkan kepada investor atas “pengaruh signifikan” atas pembelian asetaset pokok (underlying assets) senilai US$500 juta.

Menurut SEC, Citigroup saat ini merujuk pada penilai seorang pialang yang berpengalaman bahwa portofolio yang ditawarkan itu “kemungkinan besar yang terbaik!” Sebaliknya, saat dikonfrontir, seorang manajer collateral menyebut portofolio itu “sangat buruk.” Bagi SEC, ulah Citigroup ini tidak jujur. “Hukum sekuritas menyatakan investor berhak menerima perhatian dan kejujuran lebih dari yang sekadar diberikan Citigroup,” kata Ketua Divisi Penindakan SEC, Robert Khuzami. Menurut SEC, pembayaran denda dari Citigroup akan diteruskan ke para investor yang dirugikan. Dalam pernyataannya, Citigroup menyatakan SEC tidak menuduh unit mereka itu bertindak “sengaja atau serampangan.” Menurut Citigroup, kesepakatan dengan SEC itu

telah “menyelesaikan semua penyelidikan yang dimaksud.” Selain dengan Citigroup, SEC juga menjatuhkan tuduhan kepada Brian Stoker, yang disebut sebagai staf Citigroup yang bertanggungjawab atas transaksi bermasalah itu. Kesepakatan dengan Citibank merupakan yang ketiga bagi SEC terkait dengan penipuan investor terkait pembelian obligasi. Dua bank lain yang bermasalah yaitu Goldman Sachs dan JPMorgan. Komisi itu terus mendapat tekanan dari anggota parlemen dan publik agar memproses kasus-kasus yang melibatkan perusahaan-perusahaan pemain utama di Wall Street. Mereka dianggap bertanggungjawab atas krisis keuangan 2007-2009, yang menjerumuskan AS ke jurang resesi. Krisis ini juga menular ke banyak negara. (vvn)

dalam hal ini, mengatakan pengakuan atas rezim berkuasa bukan prinsip hubungan internasional yang dianut RI. “Indonesia dalam praktik kenegaraannya tidak mengakui rezim pemerintahan, tapi mengakui negara,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia, Michael Tene, Jumat (21/10). Pergantian rezim pemerintahan, kata Tene, adalah hal yang biasa dan sering terjadi di beberapa negara. Sedangkan negara adalah institusi landasan rezim tersebut dalam memerintah. Indonesia, lanjut Tene, tidak mempermasalahkan siapapun rezim yang berkuasa, karena kerja sama akan tetap dilakukan. “Dalam praktik, tentunya berurusan dengan pemerin-

tahan yang berkuasa. Selama terjadi kekerasan di Libya, hubungan kedua negara tetap berlangsung,” kata Tene. Mengenai situasi terbaru di Libya, Tene mengatakan pemerintah Indonesia berharap berbagai tindakan kekerasan di Libya berhenti dan proses politik dapat terus bergulir. Sejak kekerasan di Libya terjadi, pemerintah Indonesia telah bersikap dan konsisten terhadap tiga hal. “Pertama, tindak kekerasan tidak akan menyelesaikan masalah. Kedua, menekankan pentingnya perlindungan sipil, kita imbau agar pihak di Libya melindungi masyarakat sipil. Ketiga, permasalahan di Libya diselesaikan melalui jalan dialog politik,” kata Tene. (h/vvn/dn)

REUTERS

SEORANG warga memindahkan peti jenazah menggunakan tali dan katrol saat ia datang ke daerah tersebut untuk mengambil jenazah kerabatnya yang tewas di komunitas terpencil yang terendam banjir di San Nicolas, 154 km sebelah utara Managua, Nikaragua, Kamis (20/10). Dua belas orang tewas dalam banjir akibat hujan deras yang mengguyur daerah tersebut.

Sepekan Koma, Wang Yue Wafat

BEIJING, HALUAN— Seorang bocah dua tahun di China, yang menjadi korban tabrak lari oleh dua mobil yang berbeda dan diacuhkan oleh para saksi mata, hari ini meninggal dunia. Tragedi bocah bernama Wang Yue ini telah memicu kemarahan publik atas fenomena yang mereka sebut sebagai contoh masyarakat modern yang tak bermoral. Menurut kantor berita Reuters, kabar duka itu diungkapkan sejumlah media setempat hari ini. Segala upaya pihak

rumah sakit tidak berhasil menyelamatkan Wang, ungkap China News Service. Kantor berita Xinhua mengungkapkan bahwa Wang wafat karena menderita kerusakan otak sejak dilanda kecelakaan lebih dari satu pekan yang lalu. Kedua pengemudi yang ugal-ugalan itu telah ditahan. Namun, publik di jagat maya ramai-ramai mengritik bergemingnya sejumlah orang yang berada di lokasi kecelakaan. Mereka meninggalkan Wang begitu saja tanpa memberi

perhatian, apalagi pertolongan, kendati dia luka parah di tempat kejadian. Peristiwa itu terekam melalui kamera CCTV di dekat lokasi kecelakaan, yang berada di suatu jalan Kota Foshan, provinsi Guangdong. Stasiun televisi setempat telah memberitakan sekaligus menampilkan rekaman kecelakaan itu yang berlangsung pada 13 Oktober lalu. Peristiwa itulah yang mengundang kemarahan publik. Meninggalnya Wang langsung menjadi topik terhangat

di laman jejaring sosial blog mikro di China, Weibo. “Saya harap malaikat kecil ini, yang telah disia-siakan publik, bisa menjadi peringatan bagi seluruh bangsa mengenai pentingnya pendidikan moral,” tulis seorang blogger yang memakai nama akun Gongzai Xiaoben di Weibo. “Saya harap kamu bisa mendapatkan cinta yang sesungguhnya di surga. Dunia ini sudah penuh dengan orangorang apatis,” tulis pengguna Weibo dengan nama akun Winter Space.(ant/dtc)

Polres Pasaman........................................Sambungan dari Hal.1 Pagi itu, lewat sebuah minibus Daihatsu Xenia dengan kecepatan tinggi yang tidak menghiraukan petugas saat menyetopnya. Polisi curiga, dan langsung mengejar mobil tersebut. Setelah dicek di Polsek Rao, ternyata mobil yang dicurigai itu belum lewat dan kemudian aparat kembali menyisir keberadaanya. Akhirnya mobil itu ditemukan tengah parkir sebelum sampai di Polsek, yakni tepatnya di sekitar 400 meter masukke Simpang Kampung Padang Metinggi. Setelah dilakukan pemeriksaan bersama warga, polisi tidak menemukan pengemudi serta penumpang lainnya di dalam mobil Xenia warna merah maron metalik dengan nomor polisi BA XXXX

BJ. Mobil itu kemudian dibawa ke Mapolres Pasaman di Lubuk Sikaping. Namun berkat kejelian aparat, akhirnya barang haram yang dicurigai semula ditemukan siangnya pukul 08.30, dalam semak di pinggir jalan, hanya sekitar 4 kilometer arah Bukittinggi dari pos tempat razia semula. “Diduga daun ganja yang dibungkus rapi dengan lakban warna kuning itu, dibuang sebelum mereka kabur,” kata Jasril. Ganja tersebut diduga dibawa dari Panyabungan, Provinsi Sumatera Utara. Pelakunya diperkirakan lebih dari satu orang. Sementara itu satu kasus yang sama

juga terjadi di Air Bungkeh Jorong Bahagia Panti, satu tersangka residivis M. Guntur (30) telah diamankan beserta barang bukti 107,4 gram ganja kering,sedangkan dua kawannya yakni Aldi dan Adi kini masuk DPO, karena sempat kabur saat disergap petugas, peristiwa yang terjadi Jumat malam pekan lalu, kini dalam pengembangan pihak Polres Pasaman. Pengungkapan beberapa kasus ganja ini merupakan prestasi jajaran Satnarkoba, disaat Kapolres Pasaman AKBP Gatot Santoso sebentar lagi akan meninggalkan tugasnya sebagai Polres Pasaman. Dia selanjutnya akan bertugas di Provinsi Jambi. (h/tos)


11

SABTU, 22 OKTOBER 2011 M 24 DZULKAIDAH 1432 H

Sudah 28 Tahun .........................Sambungan dari Hal.1 “Tiok hari amak manggaleh di siko. Jiko dulu hanyo katupek, lapek, goreang jo mangkuak sajo, kini ko alah batambah jo manjua soto dan nasi untuak makan siang pegawai di subalah (Dinas Sosial-red),” kata Mak Ubay memulai percakapan dengan Haluan. Meski hasil dagangannya tidak seberapa, namun wanita yang telah dikaruniai sembilan orang cucu ini tak mau mengeluh dan mengalah dengan takdir. Dia tetap berpendapat, selagi bisa berusaha maka rezeki akan tetap dialirkan Sang Khalik. Karenanya Mak Ubay tetap menjalankan kegiatan tersebut dengan ikhlas. Ditemani seorang anaknya yang akrab disapa Atun, Mak Ubay mulai membuka kedainya sekitar pukul 07.00 dan tutup sekitar pukul 18.00. Dari kegiatan itu, Mak Ubay mengaku bisa mengantongi keuntungan bersih rata-rata sebesar Rp50.000 sehari. Walaupun nilai yang dikantonginya kalau dikalkulasikan dengan pendapatan masyarakat yang masuk

kategori miskin cukup besar, namun menurutnya tak cukup banyak untuk bisa membantu menggerakkan roda perekonomian keluarga. “Kalau dulu mungkin nilainyo gadang. Tapi untuak zaman kini ko indak cukuik lai doh,” katanya dengan mimik lirih. Sambil sesekali meninggalkan Haluan karena ada pembeli yang masuk, Mak Ubay menyebutkan, awalnya ia berdagang di samping Kantor Telkom Padang Baru. Dan ketika Pemprov Sumbar membangun Kantor Dinas Sosial, dia pun pindah tempat. Kehidupan Mak Ubay yang menurutnya jauh dari cukup, ternyata tak cukup mampu membuat pemerintah memasukkannya ke dalam kelompok masyarakat miskin penerima bantuan. Bahkan untuk biaya kesehatan, wanita ini hanya bisa mengandalkan isi kantong sendiri. “Amak indak manarimo bareh miskin, indak pulo masuak keluarga miskin. Samantaro untuak biaya baubek, kato urang ado Jamkesmas

awak indak pulo dapek. Jadi kasadonyo dari saku surang,” tuturnya perlahan. Meskipun mulai berdagang sejak pagi hingga sore hari, namun ternyata modal yang digunakan Mak Ubay hanya sekitar Rp200.000 saja. Jumlah tersebut menurutnya telah termasuk untuk pembeli daging, ikan dan sayuran sebagai lauk bagi konsumen yang meminta nasi. “Modalnyo indak gadang-gadang doh. Untuak apo modal gadang kalau hanyo manambah utang. Karanonyo, sajak manggaleh hampia 30 tahun, amak hanyo manjua buatan surang dan indak manarimo galeh urang,” imbuhnya. Terkait keengganannya menjual dagangan orang lain, Mak Ubay berpendapat hal itu hanya akan menambah beban. Lagi pula, tak semua dagangan yang dititipkan warga dilirik pembeli. “Bialah hasilnyo saketek asa indak bautang,” katanya mengakhiri.*** (Laporan Gustedria Chaniago)

Green City ..................................Sambungan dari Hal.1 meraih kunjungan hingga ribuan dan meraih komitmen pembeli yang hingga ratusan orang, baik individu maupun corporate. “Berkaca dari ini (pembukaan, red) kita sangat optimis bisa mencapai target, hari pertama saja kunjungan sudah cukup banyak,” ujar Sengsem Nuryati disela-sela pembukaan Sumatera Expo, Jumat (21/ 10) di Mega Mall Batam Centre. Jika mengacu pada brosur, kata Nuryati, sudah lebih dari 100 pengunjung sudah mampir di stannya, dan sebagian diantaranya mengatakan minatnya untuk memiliki satu ruangan dari total 182 ruangan yang ditawarkan Green City. Selain pernyataan komitmen secara langsung, ujar Nuryati, ada sebagian pengusaha menelpon kepihak pemasaran sebagai bentuk komitmen untuk memiliki ruangan yang ditawarkan oleh Green City. Sebagai informasi bagi masyarakat yang ingin memiliki ruangan disebuah Apartemen, kata Nuryati, Green City merupakan Superblok

pertama di Pekanbaru yang digagas oleh PT Basko Green Tower. Bangunan yang berdiri di depan jalur utama Pekan Baru yakni jalan Jenderal Sudirman, memiliki 182 ruangan untuk apartemen dengan bangunan 21 lantai, dimana lantai 6 hingga 21 merupakan ruangan apartemen. “Untuk tahu jauh tentang Green City, masyarakat diundang mengunjungi langsung stand mereka di lantai dasar Mega Mall, atau bisa juga menghubungi nomor telepon 082172179994 untuk mendapatkan informasi awal,” ujar Nuryati. Masih kata Nuryati, berdasarkan planing yang sudah final, pembangunan apartemen tersebut ditargetkan selesai pada tahun 2013 dan setiap masyarakat yang sudah menyelesaikan proses administrasinya, bisa langsung menghuninya pada tahun tersebut. “Kita serahterima kunci tahun 2013, dan telah kita mulai peletakan batu pertamanya pada 10 Oktober lalu,” katanya. Wakil Walikota Batam, Rudi usai

membuka secara resmi Sumatera Expo, menyempatkan diri mengunjungi stand Green City yang bersebelahan langsung dengan stand Disperindag Kabupaten Labuan Batu Utara. “Kita menyambut positif kehadiran stan Basko yang menawarkan Apartemen Green City, sehingga masyarakat yang mengunjungi pameran mendapatkan banyak refenrensi untuk berinvestasi,” ujar Rudi. Menurutnya, jika melihat dari apa yang ditampilkan, kehadiran Green City cukup menjanjikan, hal tersebut menurutnya karena Green City merupakan Superblok pertama yang ada di Pekanbaru. Selain itu, informasi yang disampaikan melalui keberadaan standnya cukup lengkap, sehingga pengunjung bisa langsung mengetahui apa yang ditawarkan dan bagaimana prosedur selanjutnya. “Dari sisi promosi cukup baik, mudah-mudah selanjutnya juga berjalan lancar,” ujar Rudi memberikan semangat pada penanggungjawab stand Green City. (cw55)

Pegawai AMC .............................Sambungan dari Hal.1 polisi BA 2847 BR dari arah Pasar Raya menuju kawasan Gadut. Sesampai di di lokasi kejadian, motor itu terlihat oleng dan melaju tidak terkendali dan terjatuh, sehingga korban masuk selokan yang ada di bahu jalan. Saat terjatuh ke dalam selokan yang tengah dipenuhi air dan cukup deras, wanita yang mengendarai motor itu tidak terlihat lagi ketika tiba di Batang Air Simpang Gadut. “Saya dan teman saya sempat mengejar wanita yang diduga pingsan tersebut di dalam selokan. Saya sempat memegang baju dan jas hujan wanita itu, tapi karena air selokan sangat deras, maka pegangan saya dan teman saya terlepas, saat itu wanita yang menggunakan jas hujan warna biru itu terus meluncur dan masuk ke Batang Air Lubuk Kilangan atau yang terkenal dengan Sungai Batang Gadut,” kata Zulfikar. Pantauan di lokasi kejadian, ratusan warga sekitar berusaha melakukan pencarian dengan cara menyusuri aliran sungai, namun upaya warga itu tidak membuahkan hasil. Sementara jalanan macet, akibat banyaknya kendaraan yang berhenti untuk mengatahui kejadian itu. Kapolsek Lubuak Kilangan Kompol Sarminal mengatakan, korban warga Jalan Jati IV, Kecamatan

Padang Timur ini sempat terseret arus sepanjang 50 meter, sebelum korban masuk ke Batang Air Gadut. “Saat ini korban belum ditemukan karena arus air sangat kuat. Sementara tim SAR, Damkar, PMI, Kepolisian masih terus melakukan pencarian. Pencarian korban dilakukan sampai ke Simpang Ampera atau kawasan cangkeh,” jelasnya. Dikatakannya, kalau korban tidak ditemukan, maka pencarian akan dilanjutkan Sabtu (22/10). Kemarin pencarian baru bisa dilakukan dengan cara menelusuri pinggiran sungai, untuk usaha lain belum bisa dilakukan karena arus masih sangat deras. Di tempat yang sama, salah seorang keluarga korban Arina (47) mengakui, korban selama ini memang bekerja sebagai pegawai swasta di klinik AMC. Pihak keluarga, sangat berharap korban bisa ditemukan dalam keadaan selamat. “Kami masih berharap korban bisa selamat. Kalau nantinya Tuhan berkehendak lain, kami merestui kepergian keluarga kami itu. Walaupun demikian, kami dari pihak keluarga sangat berharap keluarga kami itu bisa segera ditemukan,” tuturnya. Sementara itu, Ikhsan (14) hanyut saat mandi-mandi bersama rekannya di Sungai Muara Palam, Kecamatan Padang Timur, sekitar pukul 18.00

WIB. Untung korban berhasil diselamatkan dan dibawa ke rumah Bidan Cicik di Marapalam. Kondisi korban selamat dan hanya pingsan sesaat. Hilang di Laut Sementara itu, laut Tiku, Kecamatan Tanjung Mutiara, Agam, kembali makan korban. Kali ini korbannya seorang pedagang, Andi (19), alamat Pasar Tiku, hilang di Pantai Tiku, dekat perumahan nelayan Pasir Tiku, Jumat (21/10). Andi diketahui siangnya, mandimandi dengan dua rekannya di laut Tiku. Sekitar pukul 14.00 WIB, ketika rekan-rekannya kembali ke pasir, karena merasa sudah cukup mandi-mandi di sana, mereka tidak lagi melihat Andi. Hilangnya Andi segera disampaikan dari mulut ke mulut. Pencarian pun dimulai, dengan melibatkan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, polisi, Satpol PP Agam, dan warga sekitar. Pihak BPBD Agam menggunakan speedboat menyisir sekitar lokasi hilangnya Andi. Namun sampai senja berebut malam, jasad Andi belum ditemukan. Menurut Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Agam, Drs. Martias Wanto Dt. Maruhun, didampingi Kasi Kedaruratan, Asri Bujang, SP, pencarian akan dilanjutkan Sabtu (22/10). (h/nas/msm)

Kuburan Khadafi .......................Sambungan dari Hal.1 Dalam sebuah tayangan di saluran TV Al-Jazeera terlihat Muammar Khadafi diseret di jalan. Saat itu belum jelas apakah dia masih hidup atau sudah tewas. Salah seorang pejuang NTC juga menunjukkan sebuah pistol emas yang diyakini sebagai senjata terakhir milik Khadafi. Menteri Pertahanan Prancis Gerard Longuet mengatakan jet tempur Prancis sebelumnya menembaki iring-iringan yang dipercaya berupaya membawa kabur Khadafi meninggalkan Sirte. Khadafi sendiri ditemukan tengah bersembunyi di sebuah lubang pembuangan air. Para pejabat di Tripoli sampai Jumat pagi waktu setempat (21/10) masih belum memutuskan di mana jenazah Khadafi akan dimakamkan dan bagaimana caranya. Pihak berwenang Libya sekarang harus menangani kematian Khadafi khususnya pemakamannya. Pemakaman direncanakan berlangsung hari Jumat ini. Meskipun Khadafi tewas bersama beberapa pejabat lainnya dan bersama salah satu putranya, Mutassim, Dewan Peralihan Nasional menunda rencana pernyataan bahwa negara itu bebas begitu kota kelahiran Kolonel Khadafi dikuasai pasukan pemerintah sementara. Sebelumnya pihak berwenang mengatakan akan mengumumkan pernyataan pembebasan bila Sirte jatuh.

Akhiri Serangan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) kini tengah bertemu untuk mengumumkan kampanye penyerangan di Libya akan berakhir setelah kematian Khadafi. Sekretaris Jenderl NATO Anders Fogh Rasmussen mengatakan dengan kematian Khadafi ‘momen itu sekarang semakin dekat. “Setelah 42 tahun berkuasa, rezim Kol Khadafi kini telah berakhir, Saya meminta semua warga Libya untuk menyingkirkan perbedaan dan bekerja bersama untuk membangun masa depan yang cerah’’. Warga Libya sendiri berkumpul di sejumlah kota di seluruh negara untuk merayakan kematian Khadafi. Sekelompok anak muda menembakkan senjata ke udara, dan membunyikan klakson dalam perayaan. Di ibukota Tripoli, perayaan berlanjut hingga malam, dengan mobil memenuhi pusat kota. Seorang pejabat senior Dewan Transisi Nasional, NTC, Mahmoud Shammam mengatakan bahwa pertarungan di Libya telah berakhir. Perjalanan Panjang Sementara pemimpin dunia mendesak NTC untuk melaksanakan janjinya untuk melakukan reformasi di negara itu. Perdana Menteri Inggris David Cameron, yang memimpin serangan intervensi NATO

di Libya mengatakan ‘’hari ini akan diingat oleh semua korban Khadafi’’. Presiden AS Barack Obama mengatakan ‘’hari yang bersejarah’’, bagi Libya, karena seorang tirani telah jatuh. Bagaimanapun dia mengatakan bahwa Libya ‘’memiliki jalan yang panjang menuju demokrasi sepenuhnya,’’ dan menambahkan AS dan negara lainnya akan berada di belakang Tripoli. Sedangkan Sekjen PBB Ban Kimoon menyatakannya sebagai momen bersejarah, tetapi memperingatkan bahwa perjalanan Libya dan warganya ke depan akan sulit dan penuh tantangan. NTC diperkirakan akan mengumumkan kemerdekaan negara ini dalam beberapa hari, sehingga bisa mendorong untuk melakukan reformasi dan pemilihan umum. Wartawan BBC melaporkan Khadafi merupakan diktator terbaru dari era tahun 1960-an yang bergabung dengan keruntuhan diktator Timur Tengah lainnya yaitu Saddam Hussein, Ben Ali dari Tunisia dan Hosni Mubarak dari Mesir. Satu atau dua lagi tersisa, termasuk Bashar al-Assad di Suriah, yang terlihat masih tenang meski serangkaian aksi kekerasan melanda negara itu, dan sepertinya berita tewasnya Khadafi akan membuatnya semakin ketar-ketir. (eko/bbc/cnn)

PERTEMUAN KEHUMASAN SE-SUMATERA BARAT

Juru Bicara Pemerintah Harus Proaktif Beri Informasi

PADANG, HALUAN — Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno berharap, seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di Sumbar agar menjalin kerja sama yang baik dengan bagian humasnya. Kunci keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan itu meningkatnya partisipasi masyarakat dalam pembangunan. “Contohnya saja ketika kegiatan imunisasi beberapa hari lalu. Saya berharap saat itu adanya pemberitaan yang jelas dan tuntas sehingga masyarakat tahu tidak sepotong-sepotong bahwa imunisasi itu boleh diberikan dan bukan haram seperti yang diisukan,” kata Irwan Prayitno dalam pertemuan para juru bicara pemko/pemkab seSumatera Barat Jumat (21/10), di Gubernuran Sumatera Barat. Irwan yang didampingi Kepala Biro Humas dan Protokoler Set-

daprov Sumatera Barat Surya Budhi dan Kabag Penerangan Akral, lebih jauh mengatakan, dari hasil evaluasi di lapangan tingkat capaian imunisasi relatif masih rendah, jauh dari target yang diharapkan. Jika saja koordinasi dan sinergis antara Humas Pemprov Sumatera Barat dan Dinas Kesehatan berjalan baik, tentu semuanya dapat diinformasikan dengan tepat kepada seluruh masyarakat. Irwan juga meminta, agar pers tidak terlalu ngotot pada pemberitaan yang bersifat rotasi, mutasi PNS atau kegiatan reformasi birokrasi yang dilakukan pemerintah. Sebab itu semua semua tidak ada manfaat langsungnya untuk masyarakat. Di samping itu, dalam hal pemberitaan dan penyebarluasan informasi pembangunan, Humas jangan menyerahkannya semua

pada wartawan, tetapi perlu didampingi dengan Press Relis dari Humas yang dapat dijadikan referensi dan kros cek informasi tentang kegiatan yang sama. Kepala Biro Humas dan Protokol dalam kesempatan terpisah menyampaikan, kegiatan pertemuan Bakohumas ini merupakan sarana koordinasi dan mengembangan sinergi kegiatan SKPD di lingkungan Pemprov Sumatera Barat dan juga membangunan koordinasi dengan pemkab/pemko melalui Humas dan Inforkom se-Sumatera Barat. Dalam Pertemuan Bakohumas juga dibahas tentang penyusunan struktur Pengurusan Bakohumas Provinsi Sumatera Barat Perionde 2010-2015, serta berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan guna mendukung dan menyukseskan Program-program pembangunan daerah. (h/vie)

Mendagri: Negara .......................Sambungan dari Hal.1 Jaksa sehingga memakan waktu hingga tiga tahun, tentu saat aktif kembali ia hanya akan menjalankan sisa jabatan selama setahun saja. Nah, “bagaimana masa jabatan yang hilang selama dua tahun itu. Apakah masa jabatannya bisa ditambah atau hanya menjalani yang setahun saja? Sungguh tak adil rasanya,” kata Mendagri yang disambut tepuk riuh 339 bupati seluruh Indonesia yang menjadi pengurus dan anggota Apkasi. Menurut Gamawan, sesungguhnya perlu dirumuskan dalam UU 32/2004 dan undang-undang terkait lainnya tentang masa jabatan yang hilang tersebut. “Kalau dibiarkan begitu saja sebagai sebuah risiko, negara ini tak adil juga buat mereka yang tak bersalah,” imbuh mantan Bupati Solok ini. Kemendagri mengaku agak tersandera oleh banyak celah hukum yang diterjemahkan dengan berbagai sudut pandang. Seorang bupati atau walikota, misalnya, yang sudah divonis bebas demi hukum, sejatinya kan tidak boleh diproses lagi. Namun ada celah yang membuat jaksa bisa melakukan PK. Akibatnya, kata Mendagri, pihaknya belum bisa mengaktifkan yang bersangkutan. Selain masalah hukum ini, Gamawan menyebutkan masih ba-

nyak masalah benturan hukum yang terjadi antara satu undang-undang dengan undang-undang lainnya. Satu pasal saja bila dibahas, implikasinya cukup banyak dan bisa multitafsir. Karena itulah Kemendagri yang sedang menggodok revisi UU 32/2004, RUU Pemilukada, RUU Desa, sedang berusaha sejelimet mungkin memastikan pasal-pasal yang dibuat dan bagaimana implikasinya. Bagi UU Desa, misalnya, apakah daerah ini akan menjadi unit pemerintahan terbawah dan ototnom? Bagaimana dengan Kepala Desanya, dipilih atau tidak? ”Ke depan, hal ini, harus jeas dan tuntas, sehingga produk undang-undang satu sama lainnya tidak saling berbenturan,” kata Gamawan. Mendagri menyambut baik langkah APKASI untuk sering melakukan dialog dengan membahas berbagai isu penting. “Sebagai organisasi intelektual yang anggotanya para bupati, APKASI harus memberi manfaat bagi anggotanya dan implementasinya untuk rakyat banyak,” ujarnya. Pengurus APKASI yang dikukuhkan kemarin merupakan hasil Munaslub beberapa waktu lalu di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Apkasi periode 2011-2015 ini dipimpin oleh Bupati Kutai Timur, Ir. H. Isran Noor, M.Si dengan Sekjen

Bupati Kuningan Aang Suganda. Empat Bupati dari Sumbar juga masuk jajaran pengurus. Bupati Tanah Datar M. Shadiq Pasadigue jadi Wakil Sekjen, Bupati Pesisir Selatan Nasrul Abit jadi Ketua Bidang Kerjasama Antar Lembaga dan Koordinator untuk Sumatera Barat. Bupati Pasaman Benny Utama menjadi Wakil Ketua bidang Humas dan Promosi Daerah, Bupati Solok Syamsu Rahim jadi Wakil Ketua bidang Pendidikan dan Pelatihan dan Bupati Agam Indra Catri jadi Sekretaris bidang Kerjasama Antar Daerah. Sementara, empat bupati dari Riau juga masuk jajaran pengurus. Seperti Bupati Indragiri Hilir Indra Adnan jadi Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan dan sekaligus koordinator Riau, Bupati Siak Syamsuar sebagai sekretaris bidang Energi dan Sumberdaya Mineral dengan Bupati Pelalawan, M. Harris sebagai anggota. Kemudian Bupati Bengkalis Herlian Saleh jadi Wakil Ketua bidang Kerjasama Luar Negeri dan Bupati Kuansing Sukarmis jadi anggota bidang pemerintahan dan otonomi daerah. Sedang Bupati Bintan Ansar Ahmad sebagai korwil Kepri. Padan Jumat siang, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berkenan membuka Rakernas VII Apkasi ini di tempat yang sama. (h/sal)

Fenomena Striptis .......................Sambungan dari Hal.1 Selain mencoreng nama baik urang awak, pertunjukan striptis jika dikaji dari segi agama dapat merusak akidah dan secara hukum melanggar Undang-Undang Nomor 44 tahun 2008 tentang Pornografi. Untuk itu, tak mengherankan jika ada banyak pihak yang menghendaki tindakan amoral itu segera diberantas. Pertujukan amoral yang digelar di Kota Padang jelas mencoreng Ranah Minang yang selama ini menjunjung adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah. Peristiwa ini juga membuktikan lemahnya pengawasan dari instansi terkait. Bahkan ada isu sumir yang menyebutkan bahwa aparat kepolisian pun turut andil dalam terselenggaranya pertunjukan tersebut. Jika boleh dirunut dari awal, sebenarnya Pemko Padang dan wakil rakyat punya andil besar dalam menyuburkan tempat hiburan malam yang membuka pintu tindakan asusila dan amoral. Hal ini terlihat dari Perda retribusi hiburan malam yang disahkan lewat votting anggota DPRD Padang yang menyatakan setuju atas Perda yang menaikan tarif retribusi hiburan malam menjadi 75 persen. Artinya, Kota Padang ikut menikmati hasil dari beroperasinya tempat hiburan malam. Upaya pengawasan operasional tempat hiburan malam pun dinilai lemah. Sebab, aparat masih saja terkecoh dengan pertunjukan tari striptis yang digelar. Padahal, jika pengawasan bila berjalan optimal tentu tidak akan terjadi pertunjukan amoral tersebut di kota bingkuang ini. Sebagai orang timur, pertunjukan tari telanjang merupakan bentuk degradasi moral atau lebih ekstrimnya penyimpangan moral. Meski demikian, faktanya streaptease (striptis) menjadi sebuah suguhan yang luar biasa untuk memikat pengunjung. Pekerjaan tersebut dilakoni wanita penghibur dan seakan pekerjan tersebut menjadi profesi resmi, karena dikelola pihak tertentu. Kegiatan tersebut banyak ditemui dipusat tempat hiburan seperti diskotik dan hotel di kota-kota besar di Indonesia. Umumnya, suguhan striptis dikelola rapi dan merupakan jaringan terselubung. Pariwisata atau pelesiran memang identik dengan seks. Keduanya seperti dua sisi dari satu mata uang. Atraksi tari striptis kemungkinan akan terus bermunculan dan susah

diberantas seperti halnya prostitusi, namun tekad Indonesia khususnya Padang untuk tetap menolak kehadirannya akan dapat menghindari citra Padang sebagai daerah tujuan wisata seks. Mungkin ini terkesan munafik, tapi inilah usaha maksimal yang harus terus dilakukan. Padang ditantang untuk membasmi fenomena yang menjadikan manusia sebagai komoditas seksual. Penolakan terhadap fenomena tari telanjang, harus disertai pengawasan yang ketat. Bentuk kontrol dari masyarakat dan pers bisa bermacam-macam, misalnya dengan senantiasa mengingatkan pemerintah atau pihak berwenang untuk bertindak proaktif dan berani melakukan penindakan terhadap pelanggar sesuai peraturan yang berlaku. Dengan ini, bukan saja kemuliaan pariwisata budaya bisa dijaga, tetapi celah KKN aparat dan preman bisa ditekan. Untuk itu, perlu kiranya menekankan pentingnya penegakan aturan. Pemerintah dengan elemen sosial keagamaan perlu menyamakan visi memberantas perilaku menyimpang. Bila ditemukan, beri peringatan dan langsung jatuhkan sanksi. Bila tidak, penyakit menyimpang ini akan berlangsung secara turun-menurun. Peran orangtua pun tak bisa dihindarkan. Awasi dan beri pengertian pada anak terhadap dampak prilaku penyimpangan yang mereka lakukan. Bila ketahuan masih dilakukan juga, wajar orangtua menjatuhkan sanksi pada anaknya. Pertunjukan Striptis dipandang beragam oleh masyarakat di dunia. Sebagian menganggap striptis sebagai hiburan wajar untuk melepas penat setelah bekerja tapi sebagian lainnya menganggap striptis sebagai perilaku menyimpang. Di Indonesia, pertunjukan seperti ini memang dianggap amoral. Sebab itulah, perilaku ini dikategorikan sebagai perilaku menyimpang. Dalam Sosiologi, penyimpangan muncul dari konflik normatif di mana individu dan kelompok belajar norma-norma yang membolehkan penyimpangan dalam keadaan tertentu. Menurut teori control, penyebab kejahatan dapat ditemukan dari lemahnya ikatan individu atau ikatan sosial dengan masyarakat atau macetnya integrasi sosial. Kelompok yang lemah ikatan sosialnya (misalnya kelas bawah) cenderung melanggar hukum karena merasa sedikit terikat dengan peraturan konven-

sional. Jika seseorang merasa dekat dengan kelompok konvensional, sedikit sekali kecenderungan menyimpang dari aturan-aturan kelompoknya. Tapi jika ada jarak sosial sebagai hasil dari putusnya ikatan, seseorang merasa lebih bebas untuk menyimpang. Tari telanjang atau striptease adalah sejenis hiburan erotis di mana stripper (pemainnya) secara perlahan membuka baju sambil diiringi musik. Striptease biasanya dilakukan di strip club. striptease berawal dari jaman Babilonia kuno. Dalam legenda Sumeria ada cerita mengenai dewi Inanna yang turun ke dunia bawah yang terdiri dari tujuh pintu gerbang. Di setiap gerbang ia menanggalkan satu potong pakaian atau perhiasan. Selama ia masih di neraka, bumi gersang. Asal mula striptease modern adalah tarian Ghawazee yang ditiru orang Perancis dari jajahan mereka di Afrika Utara dan Mesir. Tarian lebah yang dilakukan oleh seorang wanita bernama Kuchuk Hanem dicatat oleh novelis Gustave Flaubert. Dalam tarian ini pemain melepas pakaian sambil mencari lebah yang masuk ke dalamnya. Tari perut juga menjadi terkenal di AS setelah dipertunjukkan dalam 1893 World’s Fair di Chicago oleh seorang penari bernama Little Egypt. Di negara-negara barat, pertunjukan striptis merupakan hiburan yang dilegalkan. Bahkan King Cross menjadi kota yang “hitam”, di trotoar atau di bar ada banyak wanita penjaja seks. Meski bisnis striptis cukup menguntungkan, tapi pemerintah Sidney tidaklah mengandalkan strip tease sebagai daya tarik utama. Selain King Cross, ada beberapa lokasi dijadikan tempat pertunjukan striptis di dunia. Berbeda dengan di Indonesia, tempat-tempat ini mendapat izin dari pemerintahnya. Di antaranya The Sapphire, Las Vegas, Nevada. Klub malam terbesar di dunia ialah The Sapphire Gentlemen’s Club di Las Vegas, Nevada. Klub ini menyediakan hampir 8000 penari striptis. Tak hanya di Nevada, Klub K5 di Republik Cheko, Mons Venus di Florida, Seventh Heaven di Tokyo, Le Crazy Horse di Paris dan 4 Play Gentleman’s Club di Los Angeles (LA) juga menyediakan pertunjukan amoral setiap harinya. „ Mahasiswi Sosiologi Pascasarjana Unand


12

SABTU, 22 OKTOBER 2011 M 24 DZULKAIDAH 1432 H


13

SABTU , 22 OKTOBER 2011 M / 24 DZULKAIDAH 1432 H

KTP ELEKTRONIK

75.126 Warga Telah Terdata PADANG, HALUAN—Sejak dimulai bulan lalu, lebih kurang 75.126 warga telah didata untuk dapat memiliki KTP elektronik. Jumlah ini cukup signifikan dibandingkan dengan daerah lain yang juga melakukan kegiatan serupa pada waktu bersamaan. Melihat cukup bagusnya apresiasi masyarakat mendapatkan identitas diri tersebut, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang optimis dalam waktu yang tak terlalu lama, seluruh wajib KTP di Kota Padang telah memiliki KTP elektronik sebagaimana dicanangkan Kementerian

Dalam Negeri. “Melihat tingginya perhatian dan apresiasi masyarakat, saya optimis program KTP elektronik akan sukses dan seluruh warga akan memilikinya tanpa kecuali,” kata Vidal Triza, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang pada Haluan, Jumat

(21/10). Secara umum, menurut Vidal, tak ada kendala berarti yang ditemui di lapangan sehubungan dengan program KTP elektronik itu. Apalagi semua perangkat untuk pembuatan KTP telah berada di kantor camat masing-masing. Di tempat terpisah, Frengki Willianto, Camat Bungus Teluk Kabung, yang dihubungi terpisah menyebutkan, masyarakat cukup antusias mengikuti program KTP elektronik. Dan hingga kemarin (Jumat), tercatat tak kurang dari 5.400 warga Kecamatan Bungus Teluk Kabung yang telah ber-

KTP elektronik. “Mesin pencetak KTP itu hanya ada dua unit. Meski jumlahnya terbatas, namun program ini cukup lancar pelaksanaannya. Kendalanya hanya berada pada persoalan suplai listrik yang kerap mati,” imbuhnya. Senada dengan Frengky Willianto, Amasril, Camat Koto Tangah juga menyebutkan hal yang sama. Jika di Bungus Teluk Kabung listrik kerap bermasalah. Hal itu tak ditemukan di Kecamatan Koto Tangah. “Listriknya tak bermasalah karena kantor camat dilengkapi dengan genset. Jadi tidak ada

LANGGANAN BANJIR Sejumlah warga melintas di Jalan Kampung Jawa Dalam III Kota Padang yang tergenang air karena hujan sepanjang hari Jumat (21/10). Drainase yang tak berfungsi membuat kawasan ini selalu terendam banjir, tak terkecuali saat hujan berdurasi pendek. Haswandi

persoalan sama sekali,” ucapnya. Hingga kemarin, pemerintah Kecamatan Koto Tangah kata Amasrul telah melepas sebanyak 9.500 KTP elektronik bagi warganya. Sistem Sidik Jari Proyek KTP elektronik akan dimulai pada Februari 2011. KTP elektronik nantinya menggunakan sistem sidik jari atau fingerprint sehingga dapat mengantisipasi penyelewengan kependudukan. “Pemanfaatn dari KTP elektronik, selain mencegah pemilih ganda dalam pemilu juga bermanfaat untuk berbagai kepentingan seperti mencegah tenaga kerja ilegal, pembelian tanah dengan bermacam KTP, termasuk kejahatan-kejahatan lain. KTP elektronik menggunakan sistem fingerprint,” jelas Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi di Gedung KPK, Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan beberapa kesempatan. Proyek ini akan dimulai pada 2011 dengan menjangkau 197 kabupaten/kota dengan total masyarakat sebanyak 97 juta jiwa. Sementara pada 2012, akan menjangkau 300 kabupaten/kota dengan jumlah 105 juta jiwa. Jadi totalnya ini 172 juta KTP dalam 2 tahun. “Target proyek ini awalnya untuk pemilu dengan harapan pemilu 2014 nanti, tidak ada lagi masalah dengan penggandaan KTP. Kemudian untuk mencegah kejahatan-kejahatan lain, seperti teroris,” terang mantan Gubernur Sumatera Barat ini. (h/ted).

Keunggulan KTP Elektronik APA itu e-KTP? e-KTP atau KTP elektronik adalah dokumen kependudukan yang memuat sistem keamanan/pengendalian baik dari sisi administrasi ataupun teknologi informasi dengan berbasis pada database kependudukan nasional. Penduduk hanya diperbolehkan memiliki 1 (satu) KTP yang tercantum Nomor Induk Kependudukan (NIK). NIK merupakan identitas tunggal setiap penduduk dan berlaku seumur hidup Nomor NIK yang ada di e-KTP nantinya akan dijadikan dasar dalam penerbitan Paspor, Surat Izin Mengemudi (SIM), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Polis Asuransi, Sertifikat atas Hak Tanah dan penerbitan dokumen identitas lainnya (Pasal 13 UU No. 23 Tahun 2006 tentang Adminduk) Penggunaan sidik jari e-KTP lebih canggih dari yang selama ini telah diterapkan untuk SIM (Surat Izin Mengemudi). Sidik jari tidak sekedar dicetak dalam bentuk gambar (format jpeg) seperti di SIM, tetapi juga dapat dikenali melalui chip yang terpasang di kartu. Data yang disimpan di kartu tersebut telah dienkripsi dengan algoritma kriptografi tertentu. Proses pengambilan sidik jari dari penduduk sampai dapat dikenali dari chip kartu adalah sebagai berikut: Sidik jari yang direkam dari setiap wajib KTP adalah seluruh jari (berjumlah sepuluh), tetapi yang dimasukkan datanya dalam chip hanya dua jari, yaitu jempol dan telunjuk kanan. Sidik jari dipilih sebagai autentikasi untuk e-KTP karena alasan berikut: 1). Biaya paling murah, lebih ekonomis daripada biometrik yang lain; 2). Bentuk dapat dijaga tidak berubah karena gurat-gurat sidik jari akan kembali ke bentuk semula walaupun kulit tergores; dan 3). Unik, tidak ada kemungkinan sama walaupun orang kembar. Proyek e-KTP dilatarbelakangi oleh sistem pembuatan KTP konvensional di Indonesia yang memungkinkan seseorang dapat memiliki lebih dari satu KTP. Hal ini disebabkan belum adanya basis data terpadu yang menghimpun data penduduk dari seluruh Indonesia. Fakta tersebut memberi peluang penduduk yang ingin berbuat curang terhadap negara dengan menduplikasi KTP-nya. Beberapa di antaranya digunakan untuk hal-hal berikut: 1). Menghindari pajak; 2). Memudahkan pembuatan paspor yang tidak dapat dibuat di seluruh kota; 3). Mengamankan korupsi; 4). Menyembunyikan identitas (misalnya oleh para teroris). http://www.e-ktp.com)


14 PADANG 0751-22317

Damkar

0751-92113

DPRD

0751-690960

BPBD

0751-91547

Walikota

0751-92202

RSUD

0751-93550

Seluruh SKPD Diminta Segera Tuntaskan Proyek

PADANG, HALUAN — Seluruh SKPD Pemko Padang diminta segera menyelesaikan kegiatan proyek, dan program lainnya sehubungan dengan akan berakhirnya tahun anggaran.

ADE BUDI KURNIATI

Polresta

SABTU, 22 OKTOBER 2011 M 24 DZULKAIDAH 1432 H

LINGKAR Pengurus RT Dilantik PADANG, HALUAN — Harapan warga Perumahan Jabal Rahmah Lestari untuk memiliki Rukun Tetangga (RT) sendiri, akhirnya terealisasi setelah Asisten Tata Praja Pemko Padang, Syafril Basir meresmikan lahirnya RT baru. RT yang berada di perumahan tersebut ditetapkan sebagai RT 04 di RW V, Kelurahan Sungai Sapih, Kecamatan Kuranji Kota Padang. Peresmian RT 04 RW V yang dilanjutkan dengan pelantikan pengurus RT tersebut, sekaligus memupus dualisme RT yang sempat hadir di Perumahan Jabal Rahmah Lestari selama tiga tahun lebih. “Jika dulu di perumahan ini ada warga memiliki KTP atas dua RT yaitu RT 03 RW IV dan RT 03 RW V, maka mulai sekarang warga hanya memiliki KTP dengan register RT 04 RW V,” kata Syafril. Disebutkan, dengan telah diresmikannya RT 04 RW V, diharapkan sosialisasi atas kebijakan daerah bisa lebih cepat sampai ke tengah warga. Selain itu, melalui ketua RT dan perangkatnya, diharapkan bisa menjaga kekompakan, silaturahim, keamanan serta kebersihan lingkungan. Dikatakan pula, dengan diresmikannya kelahiran RT 04 RW V, maka di Kota Padang saat ini terdapat 3.258 RT dengan 860 RW yang tersebar di 11 kecamatan di wilayah Kota Padang. Lurah Sungai Sapih, Syafruddin SY menambahkan, pengurus RT yang terdiri dari M Soleh selaku ketua RT, Iskandar sebagai sekretaris dan Wahyudi sebagai bendahara diharapkan bisa secepatnya melakukan konsolidasi warga sehingga program kerja yang telah disusun bisa secepatnya dilaksanakan. “Berbahagialah warga Jabal Rahmah, karena selama ini yang melantik pengurus RT adalah Pak Lurah, tapi sekarang dilantik asisten tata praja yang nota bene orang nomor empat di Kota Padang. Karena dilantik pejabat teras, maka kinerja pengurus RT pun harus lebih baik dari RT lainnya di Sei Sapih dan Kota Padang,” jelasnya. Peresmian RT dan pelantikan pengurus RT 04 RW V itu sendiri digelar warga perumahan Jabal Rahmah Lestari di Masjib Jabal Rahmah. Diharapkan, pengurus yang dikukuhkan melalui SK No 148.02/L Ss-X-2011 tanggal 11 Oktober 2011 bisa menjalankan tugasnya sebagaimana diamanahkan warga dan pemerintah daerah. (h/ted)

Walikota Sosialisasikan Pembayaran Zakat PADANG, HALUAN — Walikota Padang Fauzi Bahar terus mensosialisasikan zakat. Kali ini wilayah perbankan yang digara. Salah satunya Bank Tabungan Negara (BTN) Cabang Padang. Sebanyak 130 karyawan BTN menghadiri sosialisasi perhimpunan zakat tersebut, termasuk Pimpinan BTN Muhammad Nur Rachman, Kepala DPKA Kota Padang Syahrul, Kabid Humas Pemko Padang Richardi Akbar dan Pengurus BAZDA Padang Maigus Nasir. Fauzi memaparkan secara rinci dan gamblang arti penting menunaikan zakat sesuai dengan amanah agama dan dijabarkan manfaat positifnya dalam kehidupan sehari- hari. “Sesuai ajaran agama, membayar zakat adalah wajib bagi setiap muslim yang penghasilannya sudah sampai senisab, dan wajib mengeluarkannya sebesar 2,5 persen,” katanya. Tidak ada artinya, kekayaan yang di tumpuk tetapi tidak berkah. Malah, bisa membawa celaka bagi diri sendiri. Bagi yang mampu membayar zakat atau penghasilannya sudah sampai senisab, tetapi tidak membayar zakat. Maka mereka berarti berhutang, kepada kaum miskin dan diakhirat harus dipertanggungjawabkannya. Ia menjelaskan, kesadaran warga Kota Padang terutama kaum muslim semakin baik dalam menunaikan zakat. Misalnya selama tahun 2011, sampai Oktober sudah terhimpun zakat sebesar Rp13,3 Miliar pada Bazda Kota Padang. Kalangan PNS Pemko Padang saja, sudah mencapai Rp11,5 Miliar lebih. Sampai akhir tahun optimis tercapai Rp15 miliar. Untuk itu, ia menyambut positif keinginan jajaran BTN Cabang Padang yang akan menyalurkan zakat karyawannya ke Bazda Kota Padang yang akan dilaunching tanggal 28 Oktober 2011 bersamaan pada peringatan Hari Sumpah Pemuda, di lapangan Imam Bonjol Padang. (h/ade)

KUNJUNGI — Ketua DPD Partai Golkar Kota Padang Wahyu Iramana Putra bersama sejumlah pengurus lainnya mengunjungi Pasar Raya usai peringatan HUT Golkar ke 47.

Golkar Incar Posisi Walikota

PADANG, HALUAN — Ulang tahun ke 47 yang jatuh pada Kamis (20/10), dijadikan momentum untuk terus maju dan merebut kemenangan oleh DPD Partai Golkar Kota Padang. Organisasi politik berlambang pohon beringin ini menargetkan posisi BA 1 pada pemilihan Walikota Padang tahun 2013 mendatang. Ketegasan ini disampaikan langsung Ketua DPD Golkar Padang Wahyu Iramana Putra, usai berkunjung ke Taman Makam Pahlawan Kuranji Padang, dalam peringatan HUT Golkar ke 47. “Demi kemajuan Padang dan kesejahteraan masyarakat kota, kami akan rebut posisi BA 1 A pada 2013 mendatang, “ujarnya. Dengan adanya kader-kader yang militan dan berkualitas, ia yakin

organisasi yang dipimpinnya tersebut bisa mengantarkan seorang walikota pada tahun 2013 mendatang. “Ini adalah bentuk keoptimisan semua kader. Kami akan berupaya, merebut kembali kemenangan seperti zaman Syahrul Wujud,” tegasnya. Usai melakukan ziarah dan tabur bunga di Makam Pahlawan Kuranji, puluhan pengurus DPD Golkar Kota Padang lalu membagibagikan bunga pada pengendara yang lewat di depan makam. Selanjutnya, rombongan mendatangi Pasar Raya Padang. Di sana, kehadiran Wahyu dan pengurus Golkar Kota Padang disambut histeris oleh pedagang Inpres II dan III. Ketika di Pasar Raya Wahyu mengatakan, pemerintah jangan lagi memberikan masyarakat hayalan

yang semu. Sebaiknya, semua komitmen pemerintah direalisasikan secara nyata. Kalau tidak, Walikota Padang bisa kehilangan kepercayaan dari masyarakat. Menurutnya, selama ini partai golkar tetap memperhatikan kebijakan walikota. Ada beberapa program yang dinilai baik. Namun, tak sedikit pula yang dianggap hanya cerita kosong. Seperti, pesantren Ramadan dan Bazda itu bagus. Sayangnya, realisasi Bazda masih belum merata khususnya untuk warga tidak mampu. Hal lainnya, yang tidak terwujud oleh walikota adalah pembangunan padang by city, terowongan bungus. Untuk itu, walikota jangan banyak program tapi tidak terealisasi. Biarlah, hanya satu program tapi terealisasi. (h/ade)

TAHUN 2012

DPRD Targetkan 15 Perda Inisitif

PADANG, HALUAN — DPRD Kota Padang menargetkan tahun 2012 mendatang, akan menghasilkan 15 Perda inisiatif. Target itu dikemukakan Ketua DPRD Padang Zulherman, Jumat (21/10). Menurutnya, -15 Perda inisiatif tersebut dibebankan kepada masingmasing komisi tiga Perda. Sementara tiga lagi dibebankan kepada Badan Legislasi (Baleg). “Kami ingin menghasilkan sesuatu yang berguna bagi kota dan masyarakat Padang, melalui Perda inisiatif yang kami buat. Makanya, tahun depan kami

menargetkan menghasilkan 15 Perda inisiatif,” katanya. Terkait dengan Ranperda inisiatif yang kini tengah dibahas di DPRD Kota Padang, ia menyebutkan rencananya akan disahkan pada Selasa (24/10) mendatang. Saat ini, katanya Pansus-pansus yang membahas Perda tersebut tengah bekerja siang malam guna mencapai terget itu.”Kami telah meminta Pansus, untuk segera menyelesaikan pembahasan agar bisa disahkan pada Selasa mendatang. Kami juga mempersilahkan

Pansus untuk menggunakan tenaga akademisi guna membantu pembahasan,” katanya. Terkait dengan Ranperda lalu lintas yang saat ini terkendala dengan belum keluarnya Peraturan Pemerintah UU No. 22 tahun 2009, ia menyatakan untuk saat ini dianjurkan menggunakan PP yang ada saja terlebih dahulu. “Jika nanti keluar PP yang baru, kami tinggal merevisi Perda saja, atau bila memang diperlukan kami akan buat lagi Perda menyangkut PP itu,” kata Sekretaris DPC Partai Demokrat Kota Padang ini. (h/ade)

“Pelaksanaan APBD tahun 2011 sudah dipenghujung tahun. Untuk itu, agar semua kegiatan proyek dan semua yang berhubungan dengan anggaran segera tuntaskan dan laksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, sehingga tidak ada lagi, anggaran yang kembali ke kas,” kata Walikota Padang Fauzi Bahar pada pertemuan dengan 140 pejabat eselon II dan III, di Palanta Kediaman Resmi Walikota Jalan A Yani Padang, Kamis (20/10) sore, yang juga dihadiri para asisten dan inspektur. Menurutnya, selama tahun 2011 dan memasuki tahun 2012 tantangan Pemko Padang makin berat, karena masih banyak tugas- tugas pemerintahan dan kemasyarakatan yang harus disukseskan. Untuk itu Fauzi Bahar mengingatkan, agar seluruh pejabat eselon II, III dan IV serta staf bekerja maksimal. Para pejabat eselon II, III dan IV katanya, adalah orangorang yang dinilai kapabel dan dianggap cakap melaksanakan tugas- tugas kenegaraan. Untuk itu, menghadapai tantangan yang semakin berat agar betulbetul menunjukkan dedikasi, loyalitas dan pengabdiannya Khusus tahun 2012, para SKPD agar membuat anggaran

Kantor Bazda Pindah ke Siteba

PADANG, HALUAN — Perbaikan masjid Nurul Iman yang tengah berlangsung, turut membuat beberapa kantor yang berada dalam komplek tersebut pindah. Salah satunya Kantor Bazda Kota Padang. Kontan saja sejum lah warga mengeluhkan tidaktahuan mereka tentang keberadaan kantor yang menghimpun zakat masyarakat Padang ini. Bahkan, ada yang mengira bahwa kantor Bazda kota Padang tutup untuk sementara waktu. “Sebagai salah satu kantor yang memiliki posisi strategis dalam membantu pemerintah dalam pelayanan umat, keberadaan kantor Bazda tentu harus diketahui masyarakat. Sebab,

Memasak Randang akan Diperlombakan

PADANG, HALUAN — Sebagai salah satu usaha menjaga tradisi, dan kekayaan masakan Minang, Walikota Padang Fauzi Bahar berupaya mendorong masyarakat untuk ikut meletarikannya melalui perlombaan memasak randang, dalam rangka meyambut tahun baru 2012. Meski belum ditentukan secara resmi, kapan dan dimana perlombaan tersebut akan dilangsungkan. Namun, Fauzi Bahar sangat optimis, perlombaan tersebut akan menyedot banyak perhatian masyarakat kota. Pasalnya, perlombaan memasak randang tersebut bukan perlombaan yang biasa-biasa saja. Tetapi, digadang-gadang akan memecahkan rekor Muri. Pasalnya

randang yang akan dimasak, dan dipertandingkan tersebut, akan menghabiskan satu ton daging. Perlombaan tersebut rencananya akan melibatkan 104 kelurahan yang ada di Kota Padang. Masing-masing kelurahan akan memasak 100 Kg daging, yang akan diolah menjadi masakan randang. Tidak tanggug -tanggung, Fauzi Bahar menjanjikan hadiah satu unit mobil, bagi kelurahan yang menjadi pemenang dalam perlombaan tersebut. Agar perlombaan tersebut memiliki kesan, Fauzi Bahar akan mengundang Ibu Negara Ani Yudhoyono untuk turut hadir dalam dalam perlombaan tersebut. “ Ranah Minang kampung kita ini sangat kaya dengan berbagai

macam cita rasa masakan. Salah satu masakan yang sangat populer didengar telinga kita dan masyrakat Indonesia, adalah randang. Masakan ini g memiliki tempat tersendiri bagi lindah orang Indonesia. Sudah selayaknya kita memberikan perhatian yang khusus demi menjaga, dan mempopulerkan masakan ini,” kata Fauzi Bahar. Melalui perlombaan ini, diharapkan masyarakat minang bangga dengan masakan, dan

CV. SAROHA ELEKTRONIK Jl. Alai Timur No.77 Ampang Padang Telp : (0751) 40874

Melayan

i

= PENJUALAN = PEMASANGAN = TUKAR TAMBAH = PERBAIKAN = BONGKAR PASANG = SERVIS

AC Kulkas Kipas Angin Dispenser Air Panas Baru & Bekas

Semua

Merk

Hubungi Kantor Pemasaran Kami : Padang : Jl. Nipah No.10 Telp. 0751-28685/7841709/8500258 - 081363500284 Bukittinggi : Jl. Raya Kapas Panji No.15 Telp. 0752-21341/624415/31873 Payakumbuh : Jl. Imam Bonjol No.67 Telp. 0752-95343

Servis Resmi Elektroluc Wilayah Sumbar

sesuai skala prioritas. Untuk itu, yakinkan anggota legislative sehingga mereka memberikan dukungan, dan anggaran untuk tahun 2012 lebih baik dari tahun sebelumnya. “Berbicara masalah pembangunan berbagai infrastruktur di Kota Padang, saya mengharapkan agar seluruh pejabat Pemko memberikan dukungan, termasuk pembangunan kembali Pasar Inpres II, III dan IV yang akan dilaksanakan akhir tahun ini,serta berikan informasi yang benar kepada masyarakat, sehingga dana bantuan pusat sebesar Rp64,5 Miliar dapat dimanfaatkan sesuai peruntukannya,” katanya. Pemko Padang katanya, adalah pengayom masyarakat. Tentu, selalu berupaya meningkatkan kesejahteraan rakyatnya, termasuk para pedagang di kota ini Berbagai program strategis Pemko Padang yang sudah sukses selama ini agar dikembangkan terus, seperti perang dengan togel, busana muslim, pesantren ramadhan, didikan subuh, pengoptimal penghimpunan zakat umat muslim, asmaulhusna, K3, pemberdayaan petani, memfungsikan mesjid sebagai salah satu lembaga pendorong peningkatan perekonomian masyarakat dan yang lainnya. (h/ade)

kekhasan negerinya. “Mudahmudahan maskan Rendang dapat mengikat tali persaudaraan di antara kita,” lanjutnya lagi. (h/yat)

ada banyak kepentingan masyarakat yang membutuhkan bantuan dari Bazda kota Padang,” kata Amar, salah seorang masyarakat tidak mengetahui keberadaan Kantor Bazda KIota Padang yang sekarang. Melalui telepon selularnya, Ketua Bazda Kota Padang, Salamadanis menjelaskan, untuk sementara waktu, Kantor Bazda Kota Padang pindah ke daerah Siteba, tepatnya di samping Masjid Annur. “Kami tidak punya pilihan karena renovasi bangunan masjid mengharuskan kami untuk pindah. Di kantor yang sementara ini kami hanya menumpang. Karena saya pikir tanggung kalau harus menyewa kantor yang baru,” katanya. Pihaknya a tidak bisa perkirakan sampai kapan kontor Bazda akan kembali berkantor di Nurul Iman, karena sampai saat ini perbaikan masjid masih berlangsung. Di Kantor sementara ini, Bazda mengunakan rumah warga. Salmadanis menekankan, aktivitas di kantor itu tak terganggu. “Saya menyadari berpindahnya kantor dari tempat yang biasa, Tentu saja akan sedikit menggangu, karena banyak dari masyarakat yang tidak mengetahui kantor kami, Namun demikian saya menjamin kami tetap beroperasi kami tetap beroperasi, karena itu sudah tanggung jawab kami, bekerja melayani keperluan masyarakat,” jelasnya. (h/yat)

ATAKA Express

COURIER & CARGO SERVICE

Lebih Cepat Lebih Baik

Jl. Teknologi Raya No. 104, Siteba Padang, Telp. (0751) 7871716, HP. 081374001716, FAX. (0751) 7056964

PENGIRIMAN DOKUMEN, PAKET & CARGO (Melayani Lokal & Dpmestik ke Seluruh Wilayah Nusantara) Catt : Jemput Antar Alamat JASA PINDAH RUMAH/KOST, PINDAH KANTOR/TOKO/BARANG (Dalam / Luar Kota di Nusantara) EKSPEDISI (PENGANGKUTAN BARANG) Sumatera-Jawa/Nusantara PENGEPAKAN (PACKING) & PENYEDIA ARMADA ANGKUTAN (TRUCKING) AKTIS MURAH, PR CITY COURIER (Pengiriman Dalam Kota; Paket & Dokumen, Billing Statement, AHABAT Kartu Kredit, Brosur, Undangan, dll. DAN BERS Cabang/Outlet ZATAKA : PADANG, Cengkeh : (0751) 775824, Simp. Tinju Lapai : (0751) 7809336, HP. 081320551548 DUKU : (0751) 484169, HP 081374883322, BUKITTINGGI : (0752) 7001516, HP. 081363573535, SOLOK : (0755) 22050, HP. 085274022811, PAINAN : (0756) 22473, HP. 08126745508, MUARO Sjj : (0754) 20250, HP.081374632998, MUARA LABUH : (0755) 70592, HP. 081363814593, Simp. Empat Pasaman : HP. 085263008432, 081363321678, Pulau Punjung : (0754) 40042, HP. 081374044040, Jambi : (0741) 21545, HP. 081927513593, Sungai Penuh : (0748) 323725, JAKARTA : (021) 8608003, 93443910, HP. 0811868308, Pekanbaru : (0761) 5522788, 085271945100 dan Agen/Outlet kami di kota anda

Konveksi Menerima Pesanan Partai Besar & Kecil Tas Seminar Tas Diklat Tas Kongres

Tas Penataran Tas Sekolah Pasang Roda Tas Jemaah Haji

Jln Gajah Mada No. 1 Simpang Olo, Nanggalo Gunung Pangilun - Padang

AKHIRUDDIN HP. 081363433198


PADANG 15

SABTU, 22 OKTOBER 2011 M 24 DZULKAIDAH 1432 H

LINGKAR

PERKARA GANTI RUGI INVESTASI AIE PACAH

PADANG, HALUAN—Fraksi Partai Golkar DPRD Padang dapat menerima rencana pemindahan pusat pemerintahan kota ini dari sebelumnya di kawasan Jalan M Yamin, Kecamatan Padang Barat, ke Keluarahan Aie Pacah, Kecamatan Koto Tangah, karena dapat memacu pengembangan wilayah-wilayah baru di ibukota Sumatera Barat ini. “Pemindahan pusat pemerintahan ini merupakan komitmen nyata dari keinginan pemerintah daerah untuk melaksanakan dan membangun wilayah-wilayah pengembangan termasuk untuk zona kegiatan ekonomi baru,” kata Jumadi, Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Padang, Jumat (21/10). Hal itu disampaikannya dalam pendapatan akhir Fraksi Partai Golkar DPRD Padang terhadap persetujuan pelaksanaan pembangunan pusat perkantoran pemerintah Kota Padang dengan sistem tahun jamak. Ia menyebutkan, meski pascagempa 30 September 2009 di kota ini secara bertahap telah mulai pulih pusat-pusat perkantoran dan ekonomi masyarakat dengan bantuan berbagai pihak, namun keberadaan pusat pemerintahan tempat warga mendapat pelayanan publik belum semuanya terasa nyaman. Karena itu, adanya kesepakatan pemindahan pusat pemerintahan Padang dari kawasan Barat (wilayah pesisir pantai) ke Timur yang juga didukung pemerintah pusat dengan dikeluarkannya PP No.26/2006, agar secepatnya direalisasikan. Sementara itu, Ketua Panitia Khusus (Pansus) I DPRD Padang yang membahas Pemindahan Pusat Pemerintahan Padang, Syamsusulin mengatakan, DPRD Padang mendukung pemindahan pusat pemerintahan ini karena hal itu memenuhi tiga pertimbangan penting terkait keselamatan dan peningkatan pelayanan publik. Ia menjelaskan, tiga pertimbangan penting dari pemindahan pusat pemerintahan ini adalah, pertama, berdasarkan zonasi wilayah rawan bencana gempa bumi dan tsunami dunia menyebutkan lokasi pusat pemerintahan Kota Padang saat ini berada pada zona bahaya tinggi terhadap gempa dan tsunami. Pertimbangan kedua, berdasarkan pemetaan wilayah rawan gempa dan tsunami Kota Padang menyebutkan, Kelurahan Air Pacah masuk dalam zona hijau (aman) terhadap risiko gempa dan tsunami.(h/ade/ant)

Disarankan Melibatkan BPKP

PADANG, HALUAN—Persoalan ganti rugi investasi PT Fajar Mitra Lestari (FML) sebesar Rp29 miliar terhadap pusat pemerintahan di Aie Pacah, diambil alih Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Sumatera Barat. “Ganti rugi terhadap PT Fajar Mitra Lestari akan kami kaji sekali lagi karena perlu kajian matang. Sebab, ganti rugi yang tetapkan PT FML belum

dalam penggantian rugi, apalagi, tidak ada kesepakatan atau surat perjanjian, maka sebaiknya persoalan ini dibawa juga ke pengadilan. Menurutnya dengan dibawa ke pengadilan akan lebih kuat dan terarah secara jelas. “Karena, berdasarkan informasi yang ada, tanah di kawasan Aie Pacah ada yang sudah dibebaskan dan juga ada yang belum,” ujar Achdiman Kartadimadja. Ia juga mengharapkan, agar pemerintah membuat perjanjian dengan PT FML apalagi penge-

DUA DUNIA-- Moda transportasi rakyat yang dulu populer digunakan sebagai salah satu sarana angkutan yaitu bendi. Kini bendi telah tersingkir dan digantikan dengan alat transportasi bermotor. Bendi hanya dijadikan sebagai transportasi wisata.

TAK LAMA LAGI DITANGKAP

lolaannya sampai 30 tahun. Dan, bukan hanya sekadar berita acara saja namun harus didukung payung hukum di atas notaris. Jadi, lebih baik pemko dan DPRD meminta bantuan BPKP untuk mengkaji perjanjian kerja sama antara pemko dan PT FML. Sementara itu, Yosefriawan, Asisten III Kota Padang mengatakan, sebelumnya tidak ada perjanjian pemko dengan PT FML, tapi akan terus diupayakan dengan perjanjian di atas notaris. Syafril Basyir, Asisten I Kota Padang mengatakan, Pemko Padang tidak semudah itu mengganti ganti rugi investasi PT FML. Karena, persoalan ini sangat sensitif. “Untuk itu dengan melibatkan BPKP dalam mengkaji ganti rugi, pemko dan DPRD aman dari kejaran hukum,” katanya. Menurutnya, persoalan ganti rugi ini, pemko harus berhatihati dan tidak sembarangan. Andri Yulika Kabag Hukum Kota Padang mengatakan, Pemko Padang akan menghitung-hitung lagi investasi PT FML tersebut. “Bahkan, untuk menghitungnya selain BPKP kami juga akan melibatkan konsultan publik,” katanya. Menanggapi hal itu, Zulherman, Ketua DPRD Kota Padang mengatakan, DPRD dan pemko akan meminta bantuan auditor independen selain BPKP, sehingga pemko bisa mengambil keputusan dan bagi BPKP dalam menganalisa kajian secara dalam. “Berapapun penilaian BPKP, pemko dan DPRD akan menerima. Karena, biasanya penilaian BPKP selalu berimbang,” kata Sekretaris DPC Partai Demokrat Kota Padang ini. (h/ade)

TREN KEJAHATAN MENINGKAT DI KOTA PADANG

Ciri-ciri Penikmat Tarian Erotis di Saku Polisi

PADANG, HALUAN—Penyidik Reskrim Polresta Padang sudah mengetahui ciri-ciri pelaku tiga pria yang diduga pemesan sekaligus penikmat wanita penari telanjang di Kafe Fellas. Kabag Ops Polresta Padang Kompol Ari Yuswan mengatakan, bahwa penyidik telah memeriksa sedikitnya 14 orang saksi. Seluruh saksi yang dipanggil itu berasal dari Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Padang, 8 orang, dari KP2T dua orang, pemilik kafe dua orang, dan anggota Dinas Pariwisata dua orang. “Dari saksi tersebut tidak tertutup kemungkinan, saksi yang telah diperiksa akan ditetapkan sebagai tersangka kalau saat memberikan keterangan saksi melakukannya dengan berbelit-belit, atau berusaha menutupi sesuatu. Untuk tiga orang yang diketahui menjadi penikmat aksi dua orang gadis itu, dipastikan akan ditetapkan sebagai tersangka, terkait siapa tiga orang itu, saat ini identitasnya telah kami ketahui dan kemungkinan dalam waktu dekat mereka akan diciduk,” kata Ari di ruang kerjanya Mapolresta Haluan, Jumat (21/10). Dilanjutkannya untuk membongkar kasus tersebut kemungkinan ada beberapa orang wartawan yang ikut saat razia Pol PP itu akan dimintai keterangannya sebagai saksi. Rencananya, penyidik kepolisian akan memanggil tiga orang wartawan yang saat itu ikut razia, sebelum mereka diperiksa, penyidik terlebih dahulu akan menyurati, dan meminta izin pada instansi dimana

tentu sesuai hitung-hitungannya, termasuk sebaliknya untuk Pemko Padang belum tentu juga benar hitungannya,” kata Achdiman Kartadimadja, Kepala

Perwakilan BPKP Sumbar saat rapat kerja (raker) dengan jajaran pimpinan Pemko dan DPRD di Kantor DPRD Kota Padang, Jumat (21/10). Achdiman Kartadimadja mengatakan, nilai yang dibebankan sebesar Rp29 miliar kepada Pemko Padang tidak pantas rasanya. Karena, selama ini PT FML menanamkan investasinya di Aie Pacah pasti juga mendapatkannya hak-haknya. Selain itu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diharapkan

HASWANDI

Padang Menuju Perluasan Kota

7 Bandit Diringkus Polisi

wartawan itu bekerja. “Kemungkinan, ada tiga orang wartawan yang akan kami meminta untuk memberikan kesaksian. Tiga orang wartawan itu dipanggil, karena saat itu mereka berada di lokasi kejadian pada waktu itu. Kemungkinan setelah mereka memberikan keterangan seluruh kasus itu akan terungkap,” ujarnya. Dari pengakuan dua orang tersangka yang telah ditetapkan sebagai pelaku pornoaksi itu, mereka mengakui tidak mengenal siapa yang melihat aksi mereka tersebut. Dua orang wanita itu, mengaku hanya mengenal tiga orang pria di cafe dan setelah itu mereka tidak bicara banyak lagi. Sebelumnya, dua orang pelaku atau wanita yang melakukan aksi pornoaksi itu berhasil ditangkap di dua kawasan berbeda. Mereka masing-masing ditangkap di Kota Bukittinggi dan di Kota Padang. Tersangka SS (21), diringkus pada Sabtu (15/10) di pelataran parkir Hotel Pusako Kota Bukittinggi. Sedangkan NA (21), ditangkap sekitar dua jam setelah SS diringkus, NA diringkus, di belakang pol Bus ALS, Kecamatan Lubuk Begaluang, Padang. Kejadian yang sempat menggemparkan Kota Padang tersebut, terjadi pada 26 September 2011 lalu. Diketahuinya ada aksi pornoaksi, yang dilakukan dua gadis belia berinisial SS dan NA saat Satuan Polisi Pamong Praja menggelat razia pekat di salah satu ruangan Fellas Cafe. (h/nas)

PADANG, HALUAN—Jajaran kepolisian Kota Padang berhasil mengamankan tujuh tersangka yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO). Selama ini tujuh bandit kelas kakap itu sudah sering dilaporkan warga karena terlibat dalam kasus pencurian dengan pemberatan (curat) dan juga pencurian kekerasan (curas). Ketujuhny diamankan polisi dalam rangka Operasi Sikat yang sudah digelar sejak 7 Oktober yang rencananya sampai 20 Oktober 2011. Mereka dicokok polisi di Pasar Raya dan lokasi keramaian lainnya yang ada di Kota Padang. “Operasi Sikat yang kami gelar ini untuk menekan angka kriminalitas di Padang. Angka criminal di Kota Padang terus meningkat dari tahun ke tahun, terutama kejahatan curat dan curas. Tujuh DPO yang telah diamankan itu, selama ini telah menjadi terget operasi aparat kepolisian,” kata Kompol Ari Yuswan, Kabag Ops Polresta Padang di ruangannya, Jumat (21/10). Selain tujuh orang DPO yang berhasil disikat dalam operasi tersebut, juga diamankan dua pelaku tindak kriminalitas yang sama tetapi mereka tidak masuk dalam DPO aparat kepolisian tapi kini diamankan di sel tahanan Mapolresta Padang. Jumlah kejahatan curat, curas dan curanmor di Kota Padang dari tahun 2009 sampai tahun

2011 punya tren meningkat. Pada 2009 untuk curat sebanyak 630 kasus, pada tahun 2010 kasus curat meningkat dengan jumlah kasus 740. Sementara kasus curas pada tahun 2009 jajaran Polresta Padang mencatat jumlah kasus sebanyak 157, dan pada tahun 2010, kasus curas tetap bertahan dengan jumlah kasus 157. “Karena jumlah kasus curat, curas terus meningkat, tidak ada cara lain untuk meningkatkan operasi rutin. Untuk mengantisiipasi tingginya dua kasus itu. Polisi sangat berharap kerja sama dengan masyarakat. Selain itu

masyarakat juga diharapkan untuk melaporkan seluruh kasus yang telah menimpa diri mereka ke polisi,” jelasnya. Ditambahkannya, kalau dibandingkan tingkat kasus curat pada tahun 2010 dengan tahun 2011 terjadi peningkatan beberapa persen. Data tersebut tercatat yakni kasus curat pada tahun 2011 pada bulan Januari sampai Agustus sebanyak 553 kasus, sehingga naik mencapai 13 persen. Kasus curas pada tahun 2011 dari bulan Januari sampai Agustus telah tercatat sebanyak 141 kasus, kalau dibandingkan dengan tahun 2010 lalu terjadi kenaikan

mencapai 24 persen, dari jumlah kasus tahun 2010 sebanyak 141. Dari seluruh kasus beberapa telah diselesaikan, kalau dibandingkan dari tahun 2010 dan tahun 2011, jumlah kasus curat yang telah terselesaikan sebanyak 12 persen. Sementara kasus curas yang telah terselesaikan, kalau dibandingkan dengan tahun 2010 sampai 2011, jumah kasus yang telah terselesaikan telah mencapai 96 persen. Walaupun demikian aparat kepolisian akan terus meningkatkan kewaspadaan dan akan terus miningkatkan keamanan dan kenyamanan di tengah masyarakat. (h/nas)

ANGKA KRIMINALITAS DI KOTA PADANG Jenis

2009

2010

2011 (Jan-Agust)

Curat Curas

630 kasus 157 kasus

740 kasus 157 kasus

533 kasus 141 kasus

Jumlah kasus yang terselesaikan 2010-2011 (Agustus) mencapai 96 persen Suumber: Polresta Padang

SENGKARUT PASAR RAYA

Pedagang dan Pemko Harus Duduak Barapak

HASWANDI

Pedagang di Pasar Raya Padang berharap Pemerintah Kota Padang tak memagari Pasar Inpres II, III, dan IV. Agar tak terjadi kisruh, antara pedagang dengan pemko, diharapkan kedua pihak duduak barapak untuk menyelesaikan masalah ini.

PADANG, HALUAN—Menyikapi permasalahan pemagaran di Pasar Raya Inpres II, III, dan IV yang rencananya akan melibatkan TNI, menjadi perhatian beberapa pihak, termasuk jajaran kepolisian. Untuk itu pula, Kapolresta Padang Kombes Pol Moch Seno Putro melakukan pertemuan dengan puluhan pedagang yang tujuannya untuk memperjelas persoalan dan mencari titik terang masalah Pasar Raya Padang itu. Pertemuan itu dilakukan sekitar pukul 17.00 di ruangan kerja Kapolresta. Pertemuan antara kedua belah pihak dilakukan secara tertutup, namun hasil dari pertemuan tersebut menurut salah seorang kuasa hukum pedagang dari PBHI, Surhayati yang hadir dalam pertemuan itu, Kapolres hanya meminta kronologis permasalahn semenjak dari awal hingga saat sekarang.. “Dalam pertemuan, Kapolresta Padang menyatakan akan

menjembatani permasalahn antara pedagang dengan Pemko Padang. Selain itu, Kapolres juga berjanji akan mendorong Pemko Padang untuk melakukan musyawarah dengan para pedagang,” kata Surhayati, setelah melakukan pertemuan dengan Kapolresta Padang kepada Haluan, Jumat (21/10). Dikatakannya, pertemuan antara pedagang dengan Kapolresta itu tidak menyinggung hal lain. Di sini, Kapolresta hanya ingin mengetahui secara langsung dari pedagang, bagaimana persoalan Pasar Raya dan duduk perkaranya, yang selama ini menjadi pusat perhatian seluruh masyarakat Padang. Dilanjutkannya, ada pun yang disampaikan pedagang di hadapan Kapolresta, mulai dari kronologis kejadian 7 Agustus 2011 lalu, telah ada kesepakatan untuk membicarakan penyelesaian sengketa dengan Pemko Padang. Namun sebelum hal itu dibi-

carakan, Pemko Padang telah melakukan pemagaran sehingga pedagang kembali memberontak. “Kalau seandainya, kami para pedagang telah melakukan pembicaraan dengan Pemko, tentu tidak akan ada lagi para pedagang yang menghalang-halangi pemagaran. Tapi karena tidak ada kesepakatan dan pembicaraan yang jelas, makanya pedagang terus mempertahankan hak mereka,” jelasnya. Moch Seno Putro didampingi Kasat Intel Kompol Aditya Laksimida mengatakan, untuk menyelesaikan persoalan antara Pemko Padang dengan para pedagang memang harus dilakukan secara musyawarah. Kalau musyawah tidak dilakukan, tentu tidak akan ada kesepakatan antara kedua belah pihak, sehingga kasus pasar raya tidak akan terselesaikan. “Saya memang akan mendorong untuk melakukan musyawarah antara Pemko Padang dengan para pedagang. Kalau

belum dilakukan musyawarah antara kedua belah pihak, maka kami jajaran kepolisian juga akan susah untuk menangani persoalan Pasar Raya ke depannya,” ujar Seno Putro. Untuk melakukan pemagaran harus dibuat kesepakatan antara pedagang dengan Pemko Padang terlebih dahulu. Jangan dibuat target untuk pemagaran secepat mungkin dari Pemko Padang, walaupun nantinya polisi tidak dilibatkan atau dilibatkan namun kami tetap memfokuskan perkembangan di Pasar Raya dan persoalan Pasar Raya akan menjadi pantauan serius. “Pemko diminta untuk melakukan sosialisasi pada para pedagang sampai ada keputusan yang jelas dengan para pedagang. Kalau telah dilakukan sosialisasi, maka akan didapatkan kesepakatan antara kedua belah pihak, dan kedua belah pihakpun tidak lagi bertengkar antara satu sama lain,” jelasnya. (h/nas)


16 SUMATERA

SABTU, 22 OKTOBER 2011 M 24 DZULKAIDAH 1432 H

Guru Dilarang Jual Buku Kepada Siswa

LINGKAR

Kemenpera Bedah 200 Unit Rumah Masyarakat MUARATEBO, HALUAN — Wakil Bupati Tebo Hamdi mengatakan, Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) akan memberikan bantuan perbaikan perumahan (bedah rumah) kepada masyarakat di daerah itu khususnya yang kurang mampu. “Insya Allah Kabupaten Tebo akan mendapatkan bantuan perbaikan rumah sebanyak 200 unit dari Kemenpera RI yang akan dianggarkan dalam APBN 2012,” kata Hamdi di Muarotebo, Jumat. Menurutnya, bantuan bedah rumah tersebut rencananya akan ditujukan kepada masyarakat yang berada di daerah sepanjang aliran Sungai Batanghari, dan diberikan untuk masyarakat yang kurang mampu. “Seharusnya kita sudah mendapatkan bantuan tersebut pada tahun 2011 ini, namun kita terlambat mengajukan namanama penerima bantuan tersebut ke Sekretariat Menpera RI, makanya baru akan diberikan pada tahun 2012 melalui PNPM Risk,” sebutnya. Mengenai penyebab keterlambatan tersebut, Hamdi menjelaskan bahwa sebelumnya surat dari Sekmenpera RI tersebut sudah dua kali dikirimkan ke Pemerintah Kabupaten Tebo, namun tidak ditindaklanjuti. “Ketahuannya setelah kita dilantik kemarin, oleh Bupati saya diminta untuk menyusulnya ke Sesmenpara RI, mungkin sebelumnya tidak ditindaklanjuti karena ini merupakan proyek lillahitaallah, kedepannya untuk bantuan seperti ini akan segera kita tindaklanjuti, karena sangat membantu untuk masyarakat yang kurang mampu,” ujarnya. (ant)

BENGKULU, HALUAN — Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu, melarang para guru menjual buku terhadap siswa karena melanggar etika dunia pendidikan.

Tugas seorang guru adalah pendidik bukan pedagang pengecer buku, dengan demikian praktik jual buku terhadap siswa dilarang dan pelakunya akan ditindak tegas, kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Bengkulu Selatan Rudi Zahrial, Jumat. Larangan itu diberlakukan, kata dia, karena akhir-akhir ini diduga kuat terjadi praktik jual buku pada kalangan dunia pendidikan daerah itu makin meningkat, sehingga dikeluhkan orang tua murid. Modus jual buku itu macam-macam polanya, ada langsung menjual kepada siswa dan ada juga melalui ketua kelas, selain itu ada modus mencari uang dari murid dengan cara menambah jam pelajaran (les), katanya. Praktik tersebut bila tidak dihentikan akan merusak mental para guru dan merugikan murid dan orang tua, terutama bagi yang tidak mampu. Untuk mengatasinya salah satunya adalah pelaku jual buku itu ditindak tegas.

Guru Teladan Studi Banding ke Australia LAMPUNG, HALUAN — Sumarlan (42) guru teladan dari Kabupaten Waykanan, Lampung dipercaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia untuk studi banding ke Australia. “Kabar baik bagi pendidikan di Waykanan baru saja kami terima, Bapak Sumarlan guru teladan kita, mau dikirim studi banding ke Australia oleh Kemendikbud. Kita berharap mampu memotivasi tenaga didik di sini untuk meningkatkan kualitas. “ terang Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Waykanan Gino Vanollie di Blambanganumpu, Waykanan yang berada sekitar 200 km utara Kota Bandarlampung, Jumat. Rencana Kemendikbud yang akan mengirim Sumarlan studi banding ke luar negeri, ujar Gino saat dihubungi dari Liwa, Lampung Barat, diharapkan tidak saja berdampak positif bagi individu, namun juga bagi seluruh tenaga didik di daerah yang masih termasuk tertinggal di Provinsi Lampung itu. “Hal tersebut harus diapresiasi semua pihak, semoga bisa memacu semangat dan menjadi inspirasi bagi guru dan kepala sekolah yang lain di Waykanan,” tegasnya.(ant)

Krisis Pasokan Gas Hambat Investasi ANTARA

SEJUTA BUKU MURAH — Beberapa pekerja, menurunkan buku di halaman Kantor BKD Kabupaten Waykanan, Lampung, Rabu (19/10). Buku tersebut dipersiapkan untuk “Gebyar Sejuta Buku Murah” yang diselenggarakan Yayasan Panti Asuhan Mandiri Blambanganumpu, Dinas Pendidikan Waykanan dan LKBN ANTARA Biro Lampung, untuk menumbuhkan budaya literasi pada masyarakat di daerah itu.

spanduk - baliho - billboard sticker - backdrope branding car - x banner roll up - dll

MEDAN, HALUAN — Krisis pasokan gas berkepanjangan turut menghambat kinerja produksi sejumlah pabrik dan minat calon investor untuk menanamkan modal di kawasan industri Medan. “Krisis pasokan gas di kawasan industri Medan sudah

Menyewakan Bando & Billboard lokasi strategis di Padang, Payakumbuh & Pariaman

Kantor Pusat : Jl. Gajahmada No.40 Gn. Pangilun Padang Telp. (0751) 447825, 40269 Cabang Payakumbuh : Cabang Padang : Jl. Soekarno-Hatta 123 Jl. Andalas 83 Telp. 890 383 Koto Nan Ampek Jl. Belakang Olo 46A (dpn Hotel Jakarta) Telp. 33 222 Telp. 0752 - 796 123

Iklan Baris

Otomotif

Smart

Rp. 20.000,- / terbit

PAKET TOYOTA

ASTRA INTERNASIONAL-DAIHATSU

"OKTOBER CERIA" MILIKI Xenia DP 9jt-an, SEGERA Angsuran 3Jt-an MOBIL sudah termasuk angsuran 1, all risk, subsidi rate 2,15jt DAIHATSU Asuransi Bonus Kaca Film, Console Box dan aksesories lainnya ANDA Hub :

FERRY - ASTRA

AVANZA E AVANZA G AVANZA S INOVA YARIS HILUX PU

Iklan Baris Rp. 20.000,- / terbit

DP. 18.793.000 DP. 20.816.000 DP. 22.308.000 DP. 29.462.000 DP. 23.187.000 DP. 17.800.000

Rp.13 Jt

Rp.9 Jt

Rp.6 Jt

Syarat ketentuan berlaku

AYO BURUAN!!!

Kalau bisa pakai PVC, Ngapain pakai besi Atau Rp. 1,5 Jt per batang (Pipa Gyp)

Hub : CV. BUDDY SUMUR BOR Komp. Gando Permata Cendana Mata Air Blok F No. 04 Padang (Depan Lapangan Voly) Gando Permata Telp. (0751) 765601 HP. (0751) 8212111, HP. 081266015111

Pasang Iklan Anda disini ... KOMPLEK BANDARA TABING, JL. HAMKA PADANG Telp. (0751) 4488700 - 703, Fax. (0751) 4488704 Email Divisi Iklan : iklan_haluan@yahoo.com

dan listrik juga membuat biaya operasional dan produksi pabrik di kawasan industri Medan menjadi bertambah besar. “Kami berharap kepada perusahaan pemasok gas bisa membantu mengatasi masalah kekurangan pasokan gas di kawasan industri Medan,” tambahnya. Sementara informasi dari Perusahaan Gas Negara Strategic Business Unit (SBU) III menyebutkan, jumlah pelanggan PGN di Kota Medan yang membutuhkan pasokan gas tahun 2011 sebanyak 19.170 unit. Para pelanggan gas PGN itu terdiri dari pelanggan industri sebanyak 51 unit, komersil sebanyak 531 unit, dan rumah tangga 8.579 unit. Perusahaan Gas Negara Strategic Business Unit (SBU) III selaku transmisi dan distributor juga menyatakan hingga kini belum mampu melayani tambahan permintaan dari sejumlah pabrik di kawasan industri Medan dan kawaan industri Star Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang. (ant)

Elang Perkasa Motor Discount s/d 30jt, DP ringan/bunga 3,99% Pick Up Karimun Splash APV

DP 2,5jt-an DP 6jt-an DP 6jt-an DP 7jt-an

Swift SX4 Vitara

DP 8jt-an DP 9jt-an DP 18jt-an

Proses cepat, data bisa dijemput menerima tukar tambah

Padang

RIZALUL FIQRI,S.Psi

ANGS 3.733.000 ANGS 4.146.000 ANGS 4.458.000 ANGS 5.907.000 ANGS 4.642.000 ANGS 4.600.000

081363001111

ALJUFRI

081374991979 / 0751 7855179

791

= KOMPUTER

= PROPERTI

= OTOMOTIF

= ELEKTRONIK

= ALAT KOMUNIKASI = FASHION = BIRO JASA = RUPA RUPA

Pasang Iklan Anda disini ... KOMPLEK BANDARA TABING, JL. HAMKA PADANG Telp. (0751) 4488700 - 703, Fax. (0751) 4488704 Email Divisi Iklan : iklan_haluan@yahoo.com

FVZ 285PS

= INFO BISNIS

DIJUAL TANAH

CV. BUDDY SUMUR BOR PUSAT GIPSUM Sekarang paket air bersih ada pilihan

berlangsung lebih dari tiga tahun,” kata Direktur Utama PT (Persero) Kawasan Industri Medan, Gandhi D Tambunan, di Medan, Jumat. Total volume kebutuhan sejumlah pabrik terhadap gas alam di kawasan industri Medan diperkirakan minimal sebanyak 60 million metrix standard cubic feet (MMSCF) per hari. Sementara pasokan dari PT (Persero) Perusahaan Gas Negara (PGN) hanya sekitar 12 MMSCF per hari. Dia mengakui masalah kekurangan pasokan gas menjadi salah satu kendala utama menurunnya minat calon investor menanamkan modal ke kawasan industri terbesar di luar Pulau Jawa itu. Selain defisit pasokan gas, kawasan industri Medan selama hampir lima tahun terakhir juga mengalami kekurangan pasokan energi listrik. Padahal jaminan ketersediaan pasokan listrik dan gas memiliki peranan penting bagi peningkatan pertumbuhan investasi di kawasan industri Medan. Kekurangan pasokan gas

BONUS KARPET DASAR & SARUNG JOK

Hubungi

PIN BB : 32E4252D

082173140240 / 0751 - 9846138

Smart

Selama ini para guru beralasan bahwa untuk meningkatkan pengetahuan para siswa adalah dengan banyak memiliki buku, untuk dibawa pulang ke rumah masing-masing dan dipelajari sendiri. Alasan tersebut tidak bisa diterima karena merugikan orang tua murid, sedangkan buku-buku pelajaran di sekolah akan dilengkapi pemerintah dan akan didroping dari pusat. “Dalam waktu dekat kami akan memanggil para guru identitasnya sudah diketahui dan akan dipanggil dan dimintai keterangan, terkait dugaan menjual buku tersebut,” katanya. Mengajar dan menjual buku akan berpengaruh kepada tugas utama sebagai pendidik, untuk menekan kebiasaan itu akan dipasok buku secara gratis dari tiga Ditjen Kementerian Pendidikan Nasional yakni Paudni, Dikdas dan Dikmen. Selain itu, sekolah dapat memperoleh buku dari beberapa penerbit dengan cara melakukan pemesanan daftar buku sesuai dengan kebutuhan tertera dalam kurikulum diatur

pada paket kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Dengan demikian sekolah pun dilarang memaksa siswa membeli buku yang ditawarkan para guru di sekolah tersebut, ujarnya. “Memaksa murid membeli buku tidak dibenarkan, guru hanya menganjurkan untuk penambahan wawasan dan literatur dalam belajar,” katanya. Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Dikpora Bengkulu Selatan Mansurman mengatakan, gonta ganti buku mata pelajaran tidak dibenarkan, apalagi isi materi sama. Mengenai tuntutan penyesuaian KTSP masing-masing sekolah dapat disesuaikan, tidak harus beli buku setiap kali semester, kondisi terjadi di lapangan justru terjadi beli buku saat rotasi guru dilakukan. Buku paket materi pelajaran dipegang murid, pelajar dan siswa terpaksa menyesuaikan dengan guru, padahal seharusnya guru harus menyesuaikan, akibatnya terjadi beli buku baru lagi. “Saat rotasi, terkadang buku dipegang guru akhirnya murid jadi korban, hal diketahui dari banyak laporan secara lisan, terkait banyak sekolah setiap semester berganti buku, kondisi ini memberatkan para orang tua,” tambahnya. (ant)

Rangka Metal, Aksesoris, Lis Profil Gipsum Melayani Siap Pasang dalam dan luar kota Jl. Andalas No.7 ptk 1 Simp. Haru Padang Telp. (0751) 38573 / 38555 Jl. By Pass Baru Km.9,5 No.2 Padang Telp. (0751) 495411 / 495412 Jl. By Pass Baru Km.11 Balai Baru Padang Telp. (0751) 497403 / 497406

Star

Dent

CP : Remon : 081374962345, (0751) 9815553 Jl. Ujung Gurun No. 147

KEHILANGAN

KEHILANGAN

STNK BA.3656.BT An. Fazli Ruby. Hilang di Komplek Pesona Inata Blok F, Padang Utara. Bagi yang menemukan harap lapor ke pos polisi terdekat.

STNK BA. 2208.BE An. Albar Wajid Fayardi. Hilang di Komplek Pesona Inata Blok F, Padang Utara. Bagi yang menemukan harap lapor ke pos polisi terdekat.

Removal

Mengembalikan Penyok (Pentok) Tanpa Proses Pengecatan dlm Waktu Singkat Mobil Anda Akan Kembali Mulus HANYA

15 MENIT SAJA

Joko (Jo) 0821 7457 1144 Jl. Ujung GurunNo. 147 Padang

ELOK Florist

SHM, Luas 7.000m2, Lokasi Gurun Laweh Kalumbuk Kec. Nanggalo. Ada Rumah & Durian Unggul Nasional. Hub : HP. 08126708098

Produksi, Distributor, Papan Gipsum

Menerima : Salon Mobil Interior Eksterior Menghilangkan Baret Baret Halus

DIBUTUHKAN

DIJUAL RUMAH

KEHILANGAN

Guru MTK SMP di Inhil Riau, Syarat: lls D3/S1 MIPA, tehnik Sipil/Elektro. Kirim CV via Fax (0779)552777 atau email ke marsudiutomo92@yahoo.co.id Via Post PT.STI-GTN/yys Desa Air Tawar Kec.kateman, Inhil, Riau 29255

Rumah ukuran 15x8m2, 3 KT, 2 KM, Listrik 900W, Air PDAM, Keramik Luar Dalam (Full Keramik). Harga 350jt (nego). Lokasi : Pondok Citra Banuaran Padang. Bagi yang berminat hub : 0813 6374 3436 / TP.

BPKB Sepeda Motor Yamaha Warna Merah Maron No. Rangka MH314D0018K126579 dan No. Mesin 14D-126949 dengan No. BPKB 1138370C, An. Mariani di Rumah Kp. Durian Pasar Lubuk Alung Kab. Padang Pariman.

= PAPAN BUNGA PERESMIAN = PAPAN BUNGA PERNIKAHAN = PAPAN BUNGA DUKA CITA = BUNGA KALUNG, DLL

Kantor : Jl. Bandar Purus No. 72 Padang Telp. (0751) 8210666,22272 Fax. (0751) 27389 HP. 081263307033, 081809907272

GRAND TOURING


EKONOMI DAN BISNIS 17

SABTU, 22 OKTOBER 2011 M 24 DZULKAIDAH 1432 H

TREN MOTOR MATIC

TIPS

Merawat Sepeda Motor Matic MENARA Agung selaku dealer Honda terbesar di Sumbar memberikan tips perawatan untuk sepead motor ini. Marketing manager Menara Agung Ricky Indarto Halim mengatakan sepeda motor bertransisi otomatis atau yang biasa disebut motor matic merupakan motor yang tengah digemari oleh para masyarakat saat ini. Namun, layaknya motor lainnya, motor matic juga harus mendapat perhatian. Malah, perhatian yang diberikan terhadap motor tersebut bisa dibilang sedikit lebih banyak dibanding motor bertransmisi manual. Karena ada penambahan perhatian pada bagian Continuously variable transmission (CVT) nya yang menjadi ciri khas dari motor matik ini. Lakukan cara merawatnya dengan benar agar kondisi motor matic Anda tetap prima dan terhindar dari kerusakan yang serius. Lakukan servis umum rutin 2 bulan sekali, cek karburator, cek busi, buka filter udara. Perhatikan V Belt, diganti tiap 25.000 km dan diservis tiap 10.000 km. Oli mesin sangat penting peranannya untuk melumas komponen-komponen mesin. Ganti oli tiap 2.000 km, jangan menanti minyak pelumas berwarna kehitam-hitaman karena mempengaruhi kelenturan daya tarik mesin. Servis karburator tiap 3 bulan sekali. Tiap 15.000 km, disarankan klep wajib dibersihkan agar mesin dalam kondisi bagus dan motor tidak ngadat atau mogok, biasanya kotoran sering mengganjal di klep. Periksa tekanan angin ban, jangan terlalu keras dan juga jangan kurang angin. Gunakan selalu spare part asli. Lebih baik mahal sedikit tetapi puas dan tahan lama daripada memakai yang tidak asli meski murah tetapi tidak tahan lama. Ketika kita menggunakan motor matic, sepertinya kita memang harus ‘extra care’ terhadap motor matic. Mengingat matic merupakan kendaraan yang menggunakan transmisi otomatis, jadi justru jangan menganggap perawatannya itu sangat mudah! Karena justru sebaliknya,” ujarnya Divo, salah seorang pengguna motor matic. Begitu juga dengan penukaran oli mesin, oli gear box, roller, v-belt, belum lagi komponen lainnya sepertinya mengharuskan pemilik motor matic untuk Bagi yang memilih kendaraan roda dua ini yang terpenting adalah, merawat kendaraan yang di lakukanlah perawatan secara berkala. (h/win)

Dipilih Karena Fitur Inovatif dan Mudah Dikendarai PADANG, HALUAN — Pengoperasian sepeda motor matic yang lebih sederhana dibanding sepeda motor bebek membuat motor matic kian digemari. Ini menunjukkan bahwa sepeda motor matic memiliki pasar potensial.

DENI PRIMA

MOTOR MATIC — Motor matic saat ini makin digemari masyarakat. Pemakaiannya yang mudah dan sederhana, serta fiturnya yang inovatif, membuat berbagai motor matic selalu dicari. Seperti halnya motor matic yang dijual di Menara Agung, Jl. Veteran, Padang ini.

Honda Matic, Andalan Menara Agung

PADANG, HALUAN — Di Menara Agung salah satu Dealer resmi Sepeda Motor Honda matic menjadi salah satu produk andalan mereka karena pasar sepeda motor ini semakin bagus. Marketing Manager Menara Agung Ricky Indarto Halim mengakui pada Haluan Selasa (18/10) jika motor dengan teknologi ini yang paling digemari masyarakat saat ini. “Untuk penjualan di Sumatera barat saja perbandingannya 55 motor matic dan 45 motor bebek. Sementara untuk kota Padang pebandingannya 60:40 dari tahun ketahun jumlah permintaan matic kian meningkat,” ujarnya. Permintaan matic keluaran Honda terus naik, bahkan per

bulannya bisa mencapai 200 unitnya. Perbandingannya cukup tipis namun permintaan Sepeda motor matic terus meningkat tajam. Harga jual Honda memang tidak murah dan paling tinggi di antara pabrikan Jepang lainnya. Vario harganya hampir setara dengan motor bebek. Hal ini tentu bisa menjadi faktor penghambat penjualan Vario nantinya karena dianggap terlalu mahal. Dari jumlah unit yang terjual perbulannya untyuk sepeda motor matic, Honda meraup terbanyak. Hal ini diakui oleh dealer Honda lainnya, PT Menara Agung. Sementara itu, Yamaha melalui jaringan penjualan CV Tjahaja Baru

membukukan angka kisaran 150 sampai 200 unit. Meski angka Yamaha masih kalah dari Honda, namun angka yang diraih Yamaha selalu meningkat setiap bulannya. Pada posisi ketiga ditempati Suzuki dengan kisaran perolehan 150 sampai 180 unit perbulannya, dimana 83 unit disumbangkan oleh Moris, sub-dealer dari PT Sejati Unggul Persada selaku main dealer Suzuki di Sumbar.(h/win)

Ketertarikan konsumen, tidak lepas dari fitur-fitur yang makin inovatif, serta terdapat berbagai aksesori yang melengkapi penampilan motor matik. Itu tercermin dari adanya super CVT (Continuous Variable Transmission) yaitu teknologi transmisi otomatis yang menjadikan pengendara begitu mudah dan nyaman berkat akselarasi responsif namun tetap halus, bebas hentakan di segala kondisi medan . Selain itu, tersedianya berbagai macam warna pilihan yang menarik, semua itu membuat permintaan motor matik ini terus meningkat dari tahun ke tahun. Penjualan motor matic menunjukkan tren perkembangan cukup menjanjikan. Itu terlihat dari antusias konsumen terhadap pembelian motor matic bekas, di mana selalu mengikuti produk-produk baru yang dikeluarkan oleh pabrik. Setiap produsen sepeda motor mengeluarkan produk matic terbarunya. Semuanya nyaris sama dengan model yang hampir mirip. Di Yamaha, varian Mio masih menjadi incaran konsumen yang menginginkan sepeda motor matic. Bisa dibilang Mio merupakan bintangnya motor matic di Indonesia. Bagaimana tidak sejak peluncurannya hingga saat ini, penjualan Mio mampu mendongkrak share penjualan Yamaha. Kehadirannya bahkan membuat sang kakak alias Nouvo menjadi kalah populer. Lucunya, meski diperuntukkan untuk kaum hawa, Mio terbukti laris manis dibeli para pejantan tangguh. Kalau mau jujur, Mio berhasil mengedukasi pasar dan

membenamkan image bahwa motor matic oke-oke saja digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Anwar, salah seorang sales sepeda motor ini di Jl. Damar No.57 Padang mengungkapkan, kalaupun ada yang kurang dari sosok Mio adalah faktor tangki bahan bakar yang imut, sehingga membuatnya harus sering mampir ke pompa bensin. Kapasitas tangki Mio menurut buku manual “cuma” 3,7 litersama dengan bebek Honda. “Masalahnya, motor matik cenderung boros karena membutuhkan putaran mesin yang cukup tinggi agar motor bisa bergerak-lebih tinggi dari motor bebek dan motor sport,” ujarnya. Selain itu, penyakit bawaan Mio adalah bunyi tikus di sektor roda belakang. Dari sisi mesin, Mio tidak menyodorkan sesuatu yang baru. Mio dikemas Yamaha dengan harga yang relatif terjangkau — masih di bawah bebek. Dilempar dengan dua varian pada umumnya, spoke wheel dan CW. Berhubung Mio memang si pelopor, wajar bila aksesori dan spare parts-nya bejibun di pasaran. Termasuk racing parts dan pola modifikasi yang bisa diterapkan konsumen pada Mio kesayangannya. Apalagi Yamaha pun membuka kontes modifikasi yang bikin Mio tambah banyak variasi modifikasinya. Dari sisi bengkel, mekanik Yamaha sudah duluan mengenal teknologi CVT sehingga tak perlu khawatir motor ini tidak bisa “diurus” oleh bengkel. Di Suzuki, produk andalannya Spin. Dibanding kedua kompe-

titornya, keunggulan Spin cuma satu, kapasitas paling besar 125 cc. Lainnya tergolong biasa saja. Bentuknya juga lebih condong ke Mio. Dengan kapasitas 110 cc saja matik sudah terasa boros bila dibanding bebek, bagaimana bila 125 cc? Ini bisa jadi kelemahan sekaligus keuntungan Spin. Penggila kecepatan, tentu akan memilih Spin yang memiliki kapasitas terbesar. Salah satu sales Suzuki menjelaskan, Suzuki Poin plus ada di masa servis yang ditawarkan Suzuki, tiga tahun free service dan ganti oli. “Ini sangat menguntungkan di masa sulit seperti ini. Belum lagi soal servis dan garansi, Suzuki yang paling andal dari dulu. Berani sekali dan jadi pelopor di antara kompetitor lainnya. Jadi jika konsumen membeli Spin, tidak usah pusing memikirkan servisnya. Apalagi teknologi mesin Step masih sebelas dua belas dengan Shogun 125 series/Arashi seperti layaknya Mio dengan Vega series/ Jupiter series. Tidak menggunakan radiator simpel kan!,” jelasnya Sementara itu di matic Honda, Vario masih tetep menjadi incaran konsumen. Di Menara Agung salah satu Dialer resmi Sepeda Motor Honda matic menjadi salah satu prodak andalan mereka karena pasar sepeda motor ini smain bagus. Marketing manager Menara Agung Ricky Indarto Halim mengakiu jika motor dengan teknologi ini yang paling digemari masyarakat saat ini. Matic yang satu ini sangat-sangat diwaspadai oleh Yamaha. Maklum, Vario memiliki segalanya untuk meluluhlantakkan dominasi Mio di pasar. Mengusung mesin tipe baru dengan radiator, namun memiliki cc yang lebih kecil di bawah Mio (108 cc). Dengan segala fitur baru yang ditawarkan plus nama besar Honda, pesona produk matik keluaran Honda ini membuatnya ngetop.(h/win)


18 EKONOMI DAN BISNIS LINGKAR

JCo Buka Cabang di SPR PADANG, HALUAN — Cafe Jcoccino ( J.Co) yang terletak di Basko Grand Mall Basko Padang, akan mengembangkan sayapnya di Sentral Pasar Raya (SPR). P e r e n c a n a a n membuka cabang baru tersebut telah diancang-ancang jauh hari oleh manajeman J.Co pusat. “Bahkan, untuk memperkuat serta kepastian pengadaannya, kita telah memantau lokasi SPR pada bulan lalu, mesti pun SPR tersebut belum selesai pembangunannya,” kata Manajer J.Co Basko Grand Mall Padang, Alex yang dihubungi Haluan, Kamis (20/10). Tidak hanya The Masterpiece of Cappucino atau rajanya cappucino itu saja yang akan berdiri di SPR tersebut, bahkan juga akan bergandengan dengan produk saudaranya, yakni Bread Talk, seperti yang tampak di Basko Grand Mall di lantai dasar. Namun, sebelum dibuka, manajemen J.Co yang ada di Padang, justru tengah memperpanjang tangan tugas manajeman pusat, yakni mencari informasi-informasi yang siap dilaporkan ke pusat. “Di antaranya, kita mesti mengetahui seberapa jauh kesiapan gedung SPR, serta kompetitor-kompetitor produk makanan, begitu juga dengan penghuni-penghuni tenan,” papar Alex. Hal tersebut juga mesti diketahui, guna mengatur strategi pemasaran produk yang juga berpengaruh pada kompetitir keadaan lingkungan. (h/mce)

SABTU, 22 OKTOBER 2011 M 24 DZULKAIDAH 1432 H

Festival Buah Nusantara Hadir di Foodmart

PADANG, HALUAN — Foodmart mengadakan ‘festival buah nusantara’. Temanya adalah menggalakkan produksi & menggunakan produk buah dalam negeri atau lokal. Hal ini dijelaskan oleh Store Manager Foodmart kepada Haluan Jumat (21/10). “Kami mengadakan promo besar untuk buah-buahan, seperti bingkuang, semangka merah dan semangka kuning, melon, salak, mangga harum manis, mangga gedong, mangga golek, apel malang dan banyak yang lainnya,” ujarnya Promo ini berlaku mulai 21-31 Oktober. Ini merupakan kesempatan besar bagi pelanggan footmart yang ingin merasakan segarnya buah asli nusantara dengan harga yang super murah. Foodmart ingin menonjokan bahwa buah dalam negeripun tak kalah kualitas dan rasanya dibandingkan buah dari negara lain. Pada Promo ini harga untuk buah alpukat Rp1.780 menjadi Rp 1.590 per onsnya. Untuk buah naga merah Rp4.650 diharga normalnya menjadi Rp3.690 per ons. Begitu juga untuk jeruk medan super dari harga Rp1.990 turun harga menjadi Rp1.630 per onsnya. Tidak ketinggalan juga mangga gedong Rp2.980 turun harga mejadi Rp1.780 per ons. Begitu juga untuk

mangga harum manis yang dulunya Rp2.490 kini menjadi Rp1.370 per ons. Buah markisa dari Rp1.690 menjadi Rp1.250 per ons. Buah melon sky rocket juga ikut meramaikan turun harga buah kali ini dari Rp1.425 menjadi Rp1.020 per ons. Dan rock melon harga sebelumnya Rp1.650 turun menjadi Rp1.390 per onsnya. Pepaya dari harga Rp 570 menjadi Rp430 per ons. Buah salak pondoh lumut dari harga Rp2.190 menjadi Rp1.750 per onsnya. Dan salak pondoh super Rp1.820 menjadi Rp1.540per ons. Untuk buah semangka merah non biji dari Rp590 berubah menjadi Rp490 per ons. Sedangkan semangka kuning biji Rp530 menjadi Rp460 per ons. Bergitu juga untuk buah sirsak harga normalnya Rp1.190 turun menjadi Rp910 per onsnya. Dan untuk strawberindo 250 gr Rp21.000 menjadi Rp14.900 per pack. Untuk pepeno dari Rp1.970 menjadi 1.690 per onsnya. (h/win)

DENI PRIMA

FESTIVAL BUAH — Hingga tanggal 31 Oktober mendatang, pengunjung Basko Mall bisa menikmati Festival Buah Nusantara di Foodmart. Aneka buah dijual dengan harga diskon yang super murah.

Hotel Rocky Tunda Grand Launching Kemudahan Stop SMS Premium dari Indosat

PADANG, HALUAN — Grand Launching pembangunan Grand Rocky Hotel Bukittinggi dan Rocky Plaza Hotel Padang yang direncanakan pada November 2011 diundur menjadi Desember 2011. Penundaan tersebut disebabkan persiapan struktur bangunan yang belum sempurna, terutama untuk pembangunan Grand Rocky Hotel Bukittinggi yang baru rampung sekitar 70 hingga 80 persen. Sedangkan, Rocky Plaza Hotel Padang sekitar 80 hingga 90 persen. “Mesti pembangunan gedung belum seluruhnya sempurna, namun kedua hotel tersebut telah beroperasi sejak beberapa bulan terakhir,” kata Public Relations Coordinator, Wira Subrantas kepada Haluan, Jumat (21/10). Ia juga mengatakan, baru hanya beberapa kamar saja yang siap dibuka oleh pengunjung. Namun, untuk sarana dan fasilitas lainnya seperti kolam berenang atau pun ruang rapat dan restoran telah selesai dan bisa dinikmati pengunjung. Seperti Rocky Plaza Hotel Padang yang

terletak di Jalan Permindo Padang, pembangunannya hanya tersisa pada lantai paling atas atau lantai 8 saja. “Untuk Rocky Plaza Hotel Padang akan kita kebut pembangunannya, karena di lantai paling atas itulah yang jadi incaran penghuni, akan keindahan pemandangannya,” ulas Wira. Rocky Plaza Hotel yang sempat rusak akibat gempa 2009 lalu hanya memiliki 106 kamar. Namun setelah diadakan renovasi meningkat sejumlah 171 kamar. Selanjutnya, Grand Rocky Hotel Bukittinggi baru selesai sekitar 80 persen. Hotel bintang lima yang memiliki 8 lantai tersebut, baru dua lantai yang siap beroperasi. “Dari 148 kamar yang kita adakan, baru sekitar 48 kamar yang siap dioperasikan, itu pun baru sampai lantai dua,” paparnya. Perkembangan usaha perhotelan di daerah wisata sangat tampak sekali, meski hotel belum siap secara keseluruha, namun ruangan yang memiliki nilai jual menjadi prioritas untuk diselesaikan. (h/mce)

PADANG, HALUAN — Menjaga kepercayaan dan kenyamanan pelanggan setianya yang telah mencapai 50 juta pelanggan, Indosat memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk melakukan cek dan stop layanan SMS premium berlangganan, tanpa dikenakan biaya apapun, baik melalui SMS maupun menggunakan UMB. Pelanggan dapat melakukan cek atau stop layanan SMS premium berlangganan yang sedang digunakan dengan mudah, yaitu: Melalui SMS, untuk stop semua layanan, caranya : ketik STOP kirim SMS ke 726 (gratis), cek semua layanan, caranya: ketik STATUS kirim SMS ke 726 (gratis), stop layanan i-Ring, caranya : ketik

STOP kirim SMS ke 808 (gratis), dan pengaduan SMS penipuan: ketik SMS (spasi) Nomor Pengirim SMS (spasi) SMS Penipuan kirim ke 726 Melalui UMB, untuk stop semua layanan, caranya : ketik *726# kemudian pilih 1, cek semua layanan, caranya : ketik *726# kemudian pilih 2. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi Contact Center yang tersedia, hubungi 100 : untuk pelanggan IM3, Indosat Mobile dan Mentari, tarif Rp400/call, hubungi 111 : Matrix dan StarOne, via PSTN : 021-5438 8888 atau datang ke Galeri/Griya Indosat. “Kami selalu berupaya menjaga kepercayaan dan kenyamanan pelanggan dengan memberikan kemudahan bagi 50

juta pelanggan setia Indosat, diantaranya adalah penerapan short code 726, untuk melakukan proses penghentian layanan SMS premium berlangganan (stop), pengecekan status layanan berlangganan yang digunakan pelanggan serta pengaduan SMS penipuan,” kata Djarot Handoko, Division Head Public Relations Indosat, Jumat (21/10). Dalam menjalankan bisnisnya, Indosat selalu berkomitmen menerapkan tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance) dengan mentaati ketentuan dan peraturan perundangan yang berlaku serta menghindari praktek-praktek bisnis yang tidak sehat yang berpotensi merugikan pelanggan dalam bentuk apapun melalui berbagai

upaya penyempurnaan baik yang bersifat preventif maupun memberi solusi terbaik. “Menerapkan tata kelola perusahaan yang baik, Indosat secara berkala melakukan audit terhadap penyelenggara konten (content povider), baik dari sisi data maupun mekanismenya. Indosat juga menerapkan sistem denda dan sanksi bagi penyelenggara konten yang layanannya mendapat komplain dari pelanggan”, tambah Djarot Handoko. Menyikapi maraknya kasus penipuan melalui SMS, yang dapat berpotensi merugikan pelanggan, Indosat menghimbau seluruh pelanggan agar berhati-hati terhadap segala bentuk SMS yang mengindikasikan adanya tindakan yang dapat merugikan pelanggan. (h/atv)


WANITA DAN KELUARGA 19

SABTU, 22 OKTOBER 2011 M 24 DZULKAIDAH 1432 H

MENU

Lele Kremes Bahan : - 6 ekor lele - 1 sendok teh garam - 1 sendok teh air asam jawa dari sendok teh asam dan 1 sendok makan air - 1 sendok teh ketumbar bubuk - Minyak untuk menggoreng Bumbu Halus : - 5 siung bawang putih - 2 sendok teh ketumbar - 1 s endok teh merica - 1 sendok the garam Bahan Pencelup : - 150 gram tepung beras - 2 sendok makan tepung sagu - 1 butir kuning telur - 1 sendok teh kunyit bubuk - 1 sendok teh garam - 1 sendok teh merica bubuk - 4 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya, iris halus - 225 ml air es Cara Membuat : * Lumuri lele dengan campuran garam, air asam, dan ketumbar selama 30 menit. Goreng sampai setengah matang. Angkat. Sisihkan. * Bahan pencelup :aduk rata tepung beras, tepung sagu, kuning telur, kunyit bubuk, garam, merica bubuk, daun jeruk, dan air es. * Celup lele dalam bahan pencelup. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai matang. * Goreng sisa bahan pencelup sampai matang dan kering. * Sajikan lele bersama taburan kremes, lalap dan sambal. (perempuan.com)

TIPS

Gunakan Shampo Agar Pakaian Tetap Cemerlang SETIAP orang pasti suka bergaya, mereka akan lebih tampil percaya diri jika penampilan riasananya sempurna. Terlebih jika didukung dengan busana rapih, bersih dan warna pakaian tidak bladus. Beberapa dari kita mungkin sering kali salah ketika mencuci pakaian, sehingga warna pakaian menjadi cepat pudar. Padahal sangat disayangkan sekali jika baju berwarna Anda menjadi kusam akibat Anda salah mencucinya. Berikut tips agar pakaian berwarna tetap cemerlang. Pilih Detergen yang Tepat Jangan salah dalam memilih detergent, pilihlah detergen yang dikhususkan untuk menjaga agar pakaian berwarna tetap cemerlang. Cukup Dikucek Saja Jika hanya terkena keringat saja, ketika mencuci sebaiknya pakaian tak perlu menggunkan mesin cuci. Cukup dikucek saja, lalu bilas hingga bersih, saat akan memeras pakaian Anda tidak perlu kuat ketika memerasnya karena pakaian akan cepat rusak. Gunakan Shampo Agar pakaian berwarna tidak cepat pudar termasuk pakaian batik ketika mencuci, jangan gunakan deterjen atau pembersih lain, tetapi gunakanlah shampoo. Tuangkan shampoo secukupnya dengan air dan kocok hingga berbusa. Rendam pakaian berwarna anda kurang lebih 30 menit. Cuci dan bilaslah seperti biasa, jemur di tempat yang agak teduh.Lakukanlah dengan teratur maka warna pakaian anda tidak akan cepat pudar. Selamat mencoba. (perempuan.com)

Maksimalkan Saat Cuti

SALAH satu pilihan kegiatan yang dapat membebaskan pikiran dari beban pekerjaan adalah berlibur. Selain mampu mengurangi stres dan beristirahat, berlibur juga mampu memenuhi kebutuhan manusia untuk lebih memahami jiwa yang kerap diabaikan saat sibuk bekerja. Hal serupa juga diutarakan Joan Kane, psikolog yang berbasis di Manhattan. “Liburan seringkali diabaikan dan disepelekan banyak orang, padahal krusial sekali manfaatnya.” Berikut ini adalah sejumlah manfaat liburan menurut mereka. Memegang kendali. Secara psikologis, liburan diperlukan. Saat berlibur, Anda membuat jadwal sendiri. Tidak ada seorang pun yang mendiktekan hal-hal yang harus dilakukan. Sangat penting bagi orang untuk memiliki waktu yang tidak terstruktur seperti itu,

untuk mendapatkan kembali perasaan memegang kendali. “Saat liburan, kau tidak punya atasan untuk dipuaskan. Kau tidak berada di bawah pengawasan konstan,” tukas Kane. Melupakan waktu. Saat berlibur, waktu rasanya melayang begitu saja tanpa disadari. Anda bahkan bisa lupa saat ini hari apa. Sedangkan jika di kantor, pekerja berada dalam keadaan waspada secara terus menerus. Adalah sehat untuk membiarkan waktu berlalu, melamun, bersantai penuh, serta melepas semua tekanan terse-

5 Langkah Lebih Bahagia di Kantor

SERASA di rumah. Kami memahami bahwa kantor dan rumah adalah dua tempat yang tingkat kenyamanannya jauh berbeda. Tapi, bawalah kenyamanan rumah ke dalam kantor, sehingga senantiasa segarkan hari-hari kerja Anda. Buatlah atmosfir seperti di rumah Anda dengan menambah beberapa properti cantik, seperti vase berisi bunga kesukaan Anda, pakai kardigan favorit, foto keluarga, dan aksesoris lainnya. Jalan-jalan sebentar. Sederhana, tapi penting! Beristirahat untuk sekedar jalan-jalan sebentar. Kami mengerti Anda memiliki begitu banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, tapi dengan berjalan-jalan sebentar dapat meningkatkan mood Anda, memberikan inspirasi segar, dan membuat peredaran darah Anda menjadi lebih lancar. Berbekal cemilan sehat. Sekalipun begitu banyak makanan dan cemilan berjajar di kafetaria maupun di penjual makanan lainnya, tapi berhe-

matlah dengan membawa cemilan sehat. Karena saat lapar melanda, ia mampu menurunkan secara drastis mood Anda. Cemilan sederhana seperti kacang-kacangan, salad, apel, atau yoghurt (jika bisa disimpan di lemari es kantor) bisa jadi alternatif cerdas untuk Anda. Teratur. Meja yang teratur menggambarkan meja yang menyenangkan, maka singkirkan barang-barang yang tak perlu di meja Anda. Jika begitu banyak kertas dokumen berserakan, segeralah bebersih. Berinteraksi. Mungkin Anda sudah seringkali berinteraksi lewat email, sms, atau pesan instan lainnya. Yang kemudian jadikan Anda “kurang perhatian” dari interaksi face-to-face. Berjalan-jalanlah sebentar mengitari meja rekanrekan Anda. Sekedar beramah tamah sebentar mampu menceriakan hari Anda. Siapa tau diantara mereka ada humor segar yang mampu cairkan kepenatan Anda. (perempuan.com)

but. Sebagai terapi. “Ada banyak literatur psikologi perkembangan tentang pentingnya bermain bagi anak-anak,” catat Kane. Ia percaya, orang dewasa pun perlu bermain. Bermain mampu mempromosikan cara berpikir fleksibel dan imajinatif, serta merangsang ide-ide baru. Aktivitas itu juga mampu menyegarkan tubuh dan jiwa. Memperluas cakrawala budaya. Bepergian ke negara atau wilayah lain mampu memperluas wawasan Anda. “Sikap egois yang kita tunjukkan setiap hari mendapatkan tantangan,” kata Kane. Ketika kembali ke kantor, Anda akan menjadi jauh lebih waspada dan kreatif daripada sebelumnya. Kesempatan bercinta. Kesibukan kerja plus urusan ini-itu lainnya menyisakan sedikit sekali waktu bagi orang

untuk bercinta. “Aku tidak bisa mengatakan berapa banyak orang berkata mereka tidak punya waktu untuk seks dalam kehidupan sehari-hari. Mereka

terlalu letih,” sebut Kane. Nah, momen liburan bisa menawarkan peluang bagi Anda untuk tidur, bersantai, sampai bercinta. (perempuan.com)

Pria Ini Layak Diberi Kesempatan Kedua

SERINGKALI kita takut bahwa pria yang ada di hadapan kita saat ini sama ‘mengecewakannya’ seperti pria-pria di masa lalu. Namun, bisa jadi itu hanya ketakutan Anda untuk move on, yang membatasi langkah dan membuat Anda tak juga maju. Mungkin saat ini ada pria yang sedang dekat dengan Anda, hmmm... secara fisik dia OK! Sayangnya masih ada beberapa hal yang membuat Anda bimbang. Bila first impression ternyata tak begitu mengagumkan, Anda masih bisa memberinya kesempatan kedua jika ia... Membuat Anda ceria dan bersemangat Yah... mungkin ia tak sepandai mantan kekasih Anda, tetapi sosok baru ini membuat Anda ceria, selalu tertawa dan bersemangat. Bahkan, saat bersamanya Anda bisa melupakan masalah-masalah dan kejadian menyebalkan seharian tadi. Pria semacam inilah yang Anda butuhkan, yang membuat hidup jadi berbeda dan berwarna. Bukan melulu tenggelam dalam keseriusan dan kemudian jatuh dalam kebosanan. Anda belajar sesuatu yang baru darinya Tak sebijak Confusius atau sedewasa Mr Big di scene film SEX AND THE CITY, tetapi banyak sekali hal baru yang bisa Anda pelajari darinya. Mulai dari hal-hal kecil yang sederhana, hingga hal-hal besar yang mengagumkan.

Perlahan, kesederhanaannya membuat Anda jatuh cinta bukan? Banyak hal yang bisa Anda perbincangkan dengannya Herannya, Anda seperti tak pernah kehabisan bahan obrolan saat berbincang dengannya. Bahkan, hal kecil pun bisa Anda bahas habis saat sedang berdua. Hal ini adalah sebuah awal dari pertanda bahwa komunikasi Anda lancar, dan hubungan Anda tak akan membosankan. Perlu Woman ingatkan kembali, komunikasi adalah kunci dalam sebuah hubungan, ketika Anda bisa menikmati dan terbuka, maka hubungan jauh akan lebih nyaman dan langgeng. Masalah apapun dapat dibahas bersama, bukan dipendam dan hanya menunggu meledak. Anda tak perlu menjadi orang lain saat bersamanya Cenderung sebagai wanita, kita ingin tampil maksimal di depan pria yang kita suka. Di depan si dia, Anda memang tampil maksimal, tetapi Anda juga menjadi diri sendiri. Tidak menjadi diri orang lain dan berusaha keras membuatnya tertarik dengan sikap yang dibuat-buat. “This is me!” pikir Anda. Dan di sinilah Anda harus menyadari juga, bahwa ia orang yang tepat untuk diberi kesempatan kedua. Karena Anda nyaman saat berada di dekatnya. (kpl)

KWT Mekar Payakumbuh Utara Wakili Sumbar di Ajang AKPN PADANG, HALUAN — Nevi Irwan Prayitno mengaku bangga dengan terpilihnya Kelompok Wanita Tani (KWT) Mekar dari Kelurahan Balai Batuang, Kecamatan Payakumbuh Utara, yang mewakili Sumatera Barat mengikuti lomba Adi Karya Pangan Nusantara (AKPN) Tingkat Nasional 2011. Lomba AKPN itu, diikuti seluruh provinsi di Tanah Air, dan KWT Mekar hadir sebagai wakil Daerah Tuah Sakato Sumbar. Istri Gubernur Sumbar

Nevi Irwan Prayitno menyerahkan penghargaan pangan tingkat Payakumbuh, untuk 5 kelompok tani dan tiga orang penyuluh. Penghargaan itu diserahkan Nevi bersama Kepala Badan Ketahanan Pangan Sumbar Syahrial Syam. Kepala Kantor Ketahanan Pangan Payakumbuh Depi Sastra mengatakan, 5 kelompok tani yang memperoleh penghargaan pangan, KWT Mekar Balaibatuang, KWT Berkat Yakin Koto Panjang, KWT Delima Koto Baru Payoba-

suang, Kelompok UP3HP Solok Mato Aia, Tanjungpauah dan Kelompok Maju Mandiri, Padangkarambia. “Kelima kelompok, KWT terbaik Payakumbuh dan kelompok pengembangan pakan lokal. Sedangkan tiga penyuluh yang meraih penghargaan, Erma Juita, Diana Ekawati, Dede Elda Sari. Khusus Erma Juita, menjadi wakil Sumbar,” kata Depi. Selain menyerahkan bantuan, Nevi Irwan Prayitno dalam kunjungan ke Payakumbuh juga memberikan

motivasi buat KWT Mekar dan Erma Juita yang menjadi wakil Sumbar, dalam penghargaan pangan nasional kategori kelompok tani dan penyuluh. Untuk lomba ini, Payakumbuh sudah tiga kali berturut-turut mewakili Sumatera Barat. Sebelumnya lomba itu, disebut lomba ketahanan pangan. Tahun 2009, KWT Dahlia dari Kelurahan Tanjung Pauh, Kecamatan Payakumbuh Barat, yang maju ke tingkat nasional. Kemudian tahun

2010, giliran KWT Anggrek Kelurahan Talang, juga dari Payakumbuh Barat, tampil di ajang yang sama. KWT Anggrek, malahan mampu menjadi yang terbaik, sehingga diundang Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Isatana Negara di Jakarta. Menurut Istri orang nomor satu di Sumbar ini, keikutsertaan KWT Mekar, bukan sekedar mempertahankan gelar juara. Tapi, juga mempertahankan nama Payakumbuh yang sudah dua kali tampil di gelanggang nasional. (h/win)

9


20 POKOK & TOKOH

SABTU, 22 OKTOBER 2011 M 24 DZULKAIDAH 1432 H

ATIQAH HASIHOLAN

Peduli Lingkungan

Berkarir di dunia hiburan bukan berarti waktu Atiqah Hasiholan habis di lokasi syuting. Meski jadwal syuting cukup padat, tapi anak dari aktivis perempuan Ratna Sarumpaet itu masih punya sedikit waktu untuk bertemu dengan keluarga termasuk sang kekasih, Rio Dewanto. Bahkan Atiqah masih mengurusi masalah lingkungan,

khususnya masalah listrik. Soal yang satu ini, Atiqah memang

nggak mau main-main. Rasa cinta Atiqah terhadap lingkungan yang sangat tinggi membuat dirinya rela memarahi sang kekasih yang diketahui boros pakai listri. “Untuk penggunaan listrik, aku itu paling bawel orangnya. Termasuk Rio juga sering aku bawelin,” ujar Atiqah di di Hotel JW Mariott, Mega

Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (21/10). Bintang film Jamilah dan Sang Presiden ini menuturkan kepeduliannya terhadap lingkungan hidup diterapkan dalam keseharian, baik di rumah maupun di luar rumah. Ia berharap apa yang dilakukannya mampu menjadi contoh baik bagi orang lain.

YOSMERI

Mulai dari Diri Sendiri

PADANG, HALUAN — Mengajak orang lain untuk berbuat sesuatu yang baik memang harus dimulai dari diri sendiri. Inilah mungkin yang terpatri

dalam pikiran Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar, Yosmeri yang tengah gencarnya mendorong produksi dan peternak lele di Sumbar. Dengan berbagai kesibukannya sebagai Kepala Dinas, ia menyempatkan diri untuk membangun kolam lele sendiri dirumah. Empat kolam lele yang ada di rumahnya kini selalu menjadi perhatiannya dalam waktu senggangnya di rumah. “Pulang kerja sekitar pukul empat hingga pukul enam saya

selalu sempatkan diri untuk melihat-lihat dan memberi makan lele. Setengah jam sebelum istirahat di malam hari juga. Paginya setelah sholat subuh, saya luangkan waktu sekitar beberapa meit lagi untuk melihat dan memberi sarapan lele,” ujarnya disela-sela wawancara dengan Haluan. Yosmeri mengaku mendapat kepuasan tersendiri dengan memelihara, memberi makan dan memerhaikan lelenya sendiri. “Memelihara ternak itu memang harus dengan hati. Secara psikologis saya merasa nyaman memberi makan lele-lele itu langsung. Dan lagi ini tidak memakan waktu lama dan tidak sulit. Melihat mereka tumbuh besar dalam waktu beberapa bulan saja itu menyenangkan,” katanya lagi. Selain nilai profit yang tentu saja bisa diambil ketika panen nanti, Yosmeri juga semakin bersemangat beternak lele sendiri mengingat ba-

nyaknya khasiat yang terkandung dalam ikan lele. “Selain mengandung protein tinggi, serat daging ikan lele ini sangat mudah terurai sehingga bagus untuk usus dan pencernaan. Selain itu ikan ini juga mengndung enzim yang baik untuk tubuh. Jadi tak han y a

sehat namun juga menghindarkan kita dari darah tinggi dan penyakit jantung,” paparnya. Mengingat animo masyarakat yang cukup tinggi dalam mengkonsumsi lele, Yosmeri berpesan kepada generasi muda khususnya Kota Padang. (h/dla)

“Ya setiap orang punya concern, hanya perlu di tularkan saja. Ini kan buat kebaikan bersama. Hal yang baik itu mudah kok, asal kita mau menularkan dengan baik,” imbuhnya. (ccm)


Menuju K ota W isata Utama Tambang berbudaya Kota Wisata

SABTU, 22 OKTOBER 2011 M 24 DZULKAIDAH 1432 H

Irwan Prayitno Motivasi Pelajar se-Kota Sawahlunto SAWAHLUNTO, HALUAN — Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno motivasi ratusan calon lulusan SLTA sederajat se-Kota Sawahlunto, dalam mempersiapkan lulusan menuju perguruan tinggi negeri favorit, di Gedung Pusat Kebudayaan Sawahlunto, Kamis (20/10). Irwan mengatakan, pandai saja tidak cukup untuk menjadi sukses. Belajar rajin, juga harus diikuti dengan menjadi aktivis positif. Dan yang sangat penting, katanya, tidak ada prestasi luar biasa yang dapat diraih hanya dengan usaha yang biasa-biasa saja. “Suatu keberhasilan yang luar biasa, biasanya hanya bisa dicapai dengan usaha yang luar biasa pula,” ujar Irwan di hadapan ratusan pelajar kelas akhir SLTA sederajat seKota Sawahlunto. Gubernur yang terbilang muda itu juga mengatakan, masa sekolah dan kuliah biasanya menjadi cerminan dari keberhasilan seseorang. Orang yang belajarnya biasa-biasa saja, biasanya juga akan hidup dengan pekerjaan yang biasa-biasa pula. Irwan sendiri megaku, ketika mengikuti perkuliahan di Universitas Indonesia tahun 1982 lalu, dia juga harus mencari pemasukan dengan menjadi guru di sekolah swasta, berjualan buku dan pakaian, dan mengikuti organisasi di senat mahasiswa. “Jangan biarkan waktu berlalu tanpa ada kegiatan, atau hanya diisi dengan kegiatan tanpa makna. Agama juga mengajar, kalau Allah SWT hanya akan memberikan sesuatu kepada mereka yang berusaha,” ujar Irwan. Irwan juga menjelaskan, sebagian besar dari kepala daerah dan wakil rakyat, didominasi orang-orang yang dulunya aktifis di kampus maupun pejuang kepentingan masyarakat. Hanya sedikit sekali dari orangorang yang berhasil itu berasal dari mereka yang belajar dengan santai. Beberapa waktu terakhir, Irwan melihat sebagian besar generasi muda penerus bangsa, mulai belajar dengan santai. Mengisi waktu dengan hal-hal yang belum bermanfaat. Hal itu dapat dilihat dari jam bangunnya seorang generasi muda, yang sebagian besar masih bangun di pukul delapan. Sementara itu, Walikota Sawahlunto, Amran Nur mengatakan pelajar yang saat ini mamasuki masa-masa akhir sekolah untuk semakin mempersiapkan diri, untuk mendapatkan hasil yang terbaik. “Harapan pemerintah, seluruh lulusan SLTA mendapatkan tiket ke perguruan tinggi negeri papan atas. Tentu saja, hal itu hanya bisa tercapai dengan kerja keras dari setiap pelajar,” ujar Amran. (h/dil)

R-APBD 2012 Rampung Sebelum Desember 2011 SAWAHLUNTO, HALUAN — DPRD Kota Sawahlunto mentargetkan Rancangan APBD tahun 2012 akan rampung dibahas, dan ditetapkan menjadi APBD ‘Kota Arang’ 2012 selambat-lambatnya 28 November 2011. “Insya Allah, seperti tahun-tahun sebelumnya, R-APBD sudah dapat ditetapkan sebelum awal Desember,” ujar Wakil Ketua DPRD Sawahlunto, Emeldi ketika ditemui Haluan, Kamis (20/10). Emeldi mengatakan saat ini dewan sedang mempersiapkan pandangannya terhadap nota R-APBD yang diajukan pemerintah daerah awal pekan lalu. Secara umum, dewan ingin menyigi sisi pendapatan, untuk menggenjot pemasukan APBD sendiri. Emeldi yang didampingi beberapa anggota dewan lainnya, juga mengatakan, beberapa sisi pemasukan mungkin dapat dikaji kembali, untuk ditingkatkan pemasukan dan target yang musti dicapai. “Kondisi saat ini, sumber-sumber pemasukan yang ada memiliki keterbatasan untuk menghasilkan pendapatan. Meski demikian, dewan akan berusaha menggali sumbersumber yang dapat ditingkatkan pemasukannya,” tambah ketua partai berlambah kabah itu. Selain pembahasan R-APBD tahun 2012, Emeldi juga mengatakan, dewan juga mempersiapkan diri untuk membahas tujuh rancangan peraturan daerah yang diajukan pemerintah, seiring dengan pengajuan RAPBD 2012. Namun demikian, katanya, dewan tetap lebih dahulu memprioritaskan pembahasan R-APBD 2012. selanjutnya, baru pembahasan tujuh ranperda yang diajukan. Namun demikian, ranperda juga berkemungkinan akan bertambah, sebab dewan juga tengah mempersiapkan ranperda inisiatif.(h/dil)

FUAD AZWIR

21

RAPBD TAHUN 2012

LINGKAR

POTRET

SAWAHLUNTO

Rp111,23 Miliar Dialokasikan untuk Pendidikan

SAWAHLUNTO, HALUAN — Urusan pendidikan masih menjadi prioritas utama dalam anggaran belanja daerah Kota Sawahlunto 2012. Setidaknya Rp111,23 miliar anggaran akan dialokasikan untuk urusan pendidikan.

Anggaran terbesar untuk urusan pendidikan tersebut akan disalurkan dalam bentuk program dan kegiatan berupa, pendidikan anak usia dini, wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun, pendidikan menengah, pendidikan

FADILLA JUSMAN

GUBERNUR Sumatera Barat Irwan Prayitno dalam kunjungannya ke Sawahlunto, memberikan motivasi bagi pelajar SMA sederajat se-Kota Sawahlunto.

Rusunawa Dibangun untuk Warga Berpenghasilan Rendah SAWAHLUNTO, HALUAN — Di tengah upaya pengentasan kemiskinan dengan berbagai program pengembangan usaha, Pemerintah Kota Sawahlunto juga mempersiapkan rumah susun sederhana sewa, bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Rumah susun sederhana sewa yang disebut rusunawa itu, akan dibangun di kawasan Sungai Durian Kelurahan Durian II Kecamatan Barangin Sawahlunto, dengan kapasitas 192 hunian ditambah 4 hunian khusus penyandang cacat, yang dibagi dalam dua bangunan, masing-masing berlantai lima. Satu unit rusunawa akan dilengkapi dengan ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, toilet, dapur, dengan lantai keramik. Setiap unit rusunawa itu hanya bisa ditempati maksimal 4 penghuni. “Rusunawa ini merupakan

bantuan dari pemerintah pusat melalui Direktorat Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum,” ujar Kepala Bagian Pembangunan Setdako Sawahlunto, Deswanda kepada Haluan, Kamis (20/10). Deswanda mengatakan, rusunawa diutamakan untuk warga dari masyarakat berpenghasilan rendah. Kalaupun ada dari pegawai negeri sipil yang ingin tinggal di rusunawa, akan diutamakan dari golongan I dan II. Untuk pendaftarannya, warga yang ingin mesti membawa surat keterangan berpenghasilan rendah, serta surat keterangan belum memiliki rumah dari desa maupun lurah tempat tinggal saat ini. Terkait masalah sewa sendiri, Deswanda mengatakan, pemerintah sudah merencanakan sewa yang akan dituangkan dalam bentuk peraturan

walikota itu, berkisar antara Rp95 ribu hingga Rp175 ribu. Selain tempat tinggal, dalam bangunan rusunawa juga disediakan fasilitas umum berupa musala, tempat pertemuan, lapangan parkir, serta kios. Untuk kios sendiri, direncanakan disewakan dalam ukuran per meter bujur sangkar sekitar Rp15 ribu. Hunian yang terbilang sangat murah itu, berada di kawasan jalan utama kota, dengan dua jalur yang dimiliki. Tetapi, yang sangat jelas penghuni dari rusunawa ini dipastikan hanya warga Sawahlunto sendiri. “Insya Allah, mulai awal bulan November, masyarakat yang ingin dan tertarik untuk mendaftar sebagai penghuni sudah dapat menghubungi Bagian Pembangunan Setdako Sawahlunto,” tambah Deswanda.(h/dil)

Tapal Batas Sawahlunto dengan Daerah Tetangga Segera Rampung SAWAHLUNTO, HALUAN — Tapal batas administrasi Kota Sawahlunto dengan Kabupaten Solok dan Sijunjung bakal segera terealisasi. Para pemangku adat di daerah yang berbatasan, sepakat untuk segera menentukan tapal batas, yang akan menentukan batas administrasi pemerintahan yang ada. Sebelumnya, pada Selasa (18/10), Pemerintah Kota Sawahlunto yang dipimpin Asisten I Bidang Pemerintahan Yusrizal AS berkunjung

langsung ke Kenagarian X Koto Diateh Kabupaten Solok. “Secara umum, kedua belah ninik mamak diberikan kesempatan untuk menentukan titik tapal batas,” ujar Yusrizal ketika ditemui Haluan, Kamis (20/10). Sementara itu, Rabu (19/ 10), Pemerintah Sawahlunto menggelar pertemuan dengan ninik mamak dan pemerintahan Kabupaten Sijunjung, untuk menentukan tapal batas kedua daerah, yang sebelumnya sudah pernah mengalami perluasan satu dengan lainnya.

Tapal batas yang sangat perlu ditentukan dengan Kabupaten Sijunjung terdiri dari tiga titik. Mulai dari Desa Tumpuk Tangah dengan Sumpur Kudus, Batu Tanjung dengan Limo Koto, dan Desa Rantih yang berbatasan dengan Pamuatan. Tidak berbeda jauh dengan penentuan tapal batas dengan Kabupaten Solok, tapal batas Sawahlunto dengan Sijunjung juga akan ditentukan pihak ninik mamak pemilik tanah ulayat.(h/dil)

non formal, pendidikan luar biasa, peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan. Hal itu diungkapkan Wakil Walikota Sawahlunto Erizal Ridwan ketika membacakan nota pengantar walikota terhadap Rancangan APBD 2012, awal pekan lalu. Rancangan anggaran terbesar kedua berada pada urusan pemerintahan umum, dengan anggaran mencapai Rp111,02 miliar. Untuk anggaran tersebut, menurut Erizal dalam rapat paripurna yang dipimpin Emeldi dan didampingi Ismed tersebut, akan digunakan sekretariat daerah, sekretariat dewan, inspektorat, Kantor Satpol PP, pemerintahan kecamatan, Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, dan Kantor Kepegawaian Daerah. Posisi ketiga ditempati urusan kesehatan, dengan alokasi dana Rp61,53 miliar. Untuk urusan kesehatan ini, akan dilaksanakan Dinas Kesehatan Sosial dan Rumah Sakit Umum Daerah, melalui program dan kegiatan berupa, pengadaan obat dan perbekalan kesehatan, upaya kesehatan masyarakat, pengawasan obat dan makanan, promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat, perbaikan gizi, pengembangan lingkungan sehat,

serta penanggulangan penyakit menular. Anggaran terbesar keempat disedot urusan pekerjaan umum, yang dikelola langsung Dinas Pekerjaan Umum dengan program kegiatan, pemeliharaan jalan jembatan, peningkatan sarana prasarana kebinamargaan, pengembangan dan pengelolaan jaringan irigasi, pengelolaan air minum dan air limbah, serta peningkatan sarana aparatur sosial. Dalam nota yang dibacakan langsung Wakil Walikota itu, urusan yang menyedot anggaran terkecil berada pada urusan perpustakaan, yang hanya menyedot anggaran Rp25 juta lebih. Kedua terkecil berada pada urusan kearsipan, yang hanya menghabiskan anggaran Rp45 juta lebih. Sementara untuk urusan pariwisata yang menjadi visi utama kota mendapatkan plot anggaran Rp2,64 miliar. Sedangkan, untuk urusan Kesbangpol dan Penanggulangan Bencana Daerah mendapatkan plot anggaran sebesar Rp6,18 miliar. “Memang untuk anggaran khusus pariwisata hanya sekitar dua miliar rupiah. Namun, anggaran di sektor urusana lain yang terkait dengan pariwisata, ditujukan untuk pencapaian visi pariwisata,” ujar Erizal.(h/dil)

Anggota DPR RI dan Ditjen Pajak Sosialisasikan PBB P2

SAWAHLUNTO, HALUAN — Sumber pendapatan baru bagi keuangan daerah bakal segera bertambah. Betapa tidak, dalam waktu dekat Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan Perdesaan (PBB -P2) serta Bea Perolehan Hak Atas Tanah (BPHTB), yang biasanya disetor ke pemerintah pusat, ke depan sepenuhnya menjadi hak daerah setempat. Dengan demikian, BPHTB secara tidak langsung akan menjadi bagian dari pendapatan asli daerah (PAD), yang sepenuhnya dapat digunakan untuk pembangunan daerah. “Perubahan dari aturan perpajakan ini merupakan buah dari pelaksanaan reses anggota DPR-RI ke daerahdaerah, yang mengeluhkan minimnya pendapatan asli daerah yang mereka raih,” ujar anggota komisi XI DPR RI, Darizal Basyir, ketika mensosialisasikan aturan PBB -P2 dan BPHTB, di gedung GPK Sawahlunto, Rabu (19/10). Putra asli Pesisir Selatan itu mengatakan pengalihan itu sesuai dengan UU Nomor 28 tahun 2009, yang telah resmi berlaku mulai 1 Januari 2010 lampau. Namun untuk pelaksanaannya masih membutuhkan sosialisasi, serta membutuhkan

kesiapan bagi setiap pemerintah daerah untuk membentuk aturan hukum dan perangkat yang dibutuhkan. Darizal Basyir yang hadir bersama Mohammad Ikhlas El Qudsi, wakil rakyat dari Partai Amanat Nasional itu, meminta dalam pelaksanaannya, pajak yang dipungut pemerintah daerah tidak terlalu membebani masyarakat. Dasrizal juga sangat yakin, di Sawahlunto pemerintahnya tidak akan bertindak membebani masyarakat terkait penghimpunan pajak. Ia menilai Walikota Sawahlunto, Amran Nur sebagai pemimpin yang kreatif. “Saya yakin, untuk kepemimpinan Amran Nur tidak akan melakukan pembebanan terhadap masyarakat. Sebab, semua sudah tahu bagaimana kreativitas seorang Amran Nur dalam membangun Sawahlunto yang hampir tinggal nama beberapa waktu lalu,” ujarnya. Dalam proses peralihan pajakpajak yang dimaksud, pemerintah daerah dapat memanfaatkan bantuan Ditjen Pajak sebagai pendamping. Sehingga, tidak mengalami kesulitan dan waktu pengalihan akan semakin cepat.(h/dil)

FADILLA JUSMAN

ANGGOTA DPR RI Darizal Basyir ketika menyosialisasikan masalah pengalihan beberapa pajak dari kewenangan pusat ke daerah.

Berdagang Dominasi Profesi Warga Silungkang Duo SAWAHLUNTO, HALUAN — Kalau penduduknya tidak banyak di rantau, tentu bukan Kecamatan Silungkang namanya. Begitu juga dengan Desa Silungkang Duo. Daerah ini dipisahkan oleh Batang Lasi dengan ruas lintas Sumatera, dan berpenduduk 1.300 jiwa lebih, yang tergabung dalam 307 kepala keluarga. Desa Silungkang Duo memiliki tiga dusun, yakni Dusun Tengsau, Dusun Rumbio dan Dusun Talang Tuluih. Sebagian besar penduduk Desa Silungkang Duo berprofesi sebagai pedagang, hampir 40 persen dari jumlah total penduduk. Tiga puluh persen lainnya, penduduk Silungkang Duo memenuhi kebutuhannya dengan bertenun. “Bertenun juga merupakan

profesi turun temurun di Silungkang Duo ini. Untuk petani, sekitar 20 persen yang menjalaninya,” ujar Kepala Desa Silungkang Duo Kecamatan Silungkang, Fuad Azwir ketika ditemui Haluan, Kamis (20/ 10). Sedangkan yang bekerja sebagai abdi negara atau PNS hanya 2,5 persen, sisanya sekitar 7,5 persen bergerak di bidang swasta. Silungkang Duo memang tidak jauh berbeda dengan desa di Silungkang lainnya. Warganya memiliki profesi yang hampir sama. Fuad mengatakan, untuk penduduknya yang berprofesi sebagai petani, sebagian besar berada di Dusun Talang Tuluih. Di dusun itu, petaninya kebanyakan petani ubi, yang langsung mengolah hasil

produksi ubinya menjadi produk olah berupa kerupuk maupun tapai. Tidak mengolah saja, lanjut jebolan jurusan hukum Universitas Bung Hatta itu, petani ubi Talang Tuluih juga langsung memasarkan ubi hasil olahannya ke pasar Silungkang, yang biasanya ramai setiap hari Minggu di akhir pekan. Selain pengembangan produk ubi, petani Silungkang Duo juga mengikuti program penanaman karet dan kakao. Jumlahnya memang tidak terlalu banyak dibandingkan dengan desa-desa di luar Kecamatan Silungkang. Warga Silungkang, ujar Fuad, dominan menekuni bidang perdagangan, merantau, dan bertenun. Ketiga roda pemutar ekonomi tersebut menjadi tumpuan utama

bagi warga Silungkang. Rata-rata setamat dari bangku sekolah menengah atas, kaum muda Silungkang Duo langsung mencoba peruntungannya ke perantauan. Jika dihitung-hitung, menurut Fuad, jumlah warganya yang berada di tanah rantau mencapai dua kali lipat dari warga di kampung halaman. “Tanah rantau sudah menjadi tujuan utama bagi warga yang mulai menginjak dewasa. Selesai menamatkan sekolah SLTA, maka sebagian besar warga dapat dipastikan akan mencoba untuk merasakan tanah rantau, seperti pendahulu kami,” ujar ayah satu anak itu. Silungkang Duo juga memiliki potensi pariwisata, berupa tempat pemandian. Lubuak Silaju namanya. Lubuak Silaju ini berada di tidak

jauh dari perlintasan kereta api. Namun sayangnya, untuk menuju ke areal objek wisata yang berada di anak Sungai Pianggu itu, tidak memiliki akses jalan untuk kendaraan. Untuk menuju Lubuak Silaju, biasanya mereka yang ingin mandi dan berenang harus mencapainya dengan berjalan kaki. Meski tidak memiliki akses jalan untuk dilalui kendaraan roda empat maupun roda dua, kawasan ini hanya berada sekitar 500 meter dari jalan utama. “Pemandian ini juga memiliki daya tarik tersendiri. Selain menikmati arus sungai dengan air yang begitu bening. Mereka yang datang juga dapat menikmati keindahan alam dari aliran sungai. Silahkan datang,” ajak Fuad.(h/dil)


22 BUKITTINGGI DAN AGAM

SABTU, 22 OKTOBER 2011 M 24 DZULKAIDAH 1432 H

LINGKAR

5 Hari Lagi Matua Akan Dihijaukan

Satu Rumah Permanen di Baso Terbakar

Siswa STM 1 Masih Terlantar di Rumah Sakit BUKITTINGGI, HALUAN — Febrian Pratama, siswa kelas III STM Negeri 1 Bukittinggi, yang menjadi korban penganiayaan oknum siswa STM Pembangunan dua pekan lalu, masih menunggu pemulangan dari rumah sakit Yarsi Ibnu Sina Bukittinggi. Masalahnya, orang tuanya tidak mampu membayar biaya rumah sakit dengan tagihan sebesar Rp10 juta. Padahal orang tua korban, Zulfi Hendri Malin Mudo (42), telah sepakat dengan pihak sekolah STM Negeri 1 dan STM Pembangunan serta orang tua oknum pelaku, bahwa orang tua pelaku dan pihak STM Pembangunan berjanji akan membayar seluruh biaya rumah sakit. Syaratnya, Zulfi Hendri tidak boleh melaporkan kasus itu ke polisi. “Sejak hari Sabtu lalu, sebenarnya anak saya sudah boleh pulang. Saat itu biayanya hanya sekitar Rp8 juta. Pada hari itu juga saya langsung mencoba menemui kepala sekolah STM Pembangunan Janusmen. Dan dia berjanji untuk membayarnya bersama orang tua pelaku. Tetapi hingga hari ini, saat coba saya telepon tidak lagi diangkat. Ditemui ke sekolah juga selalu tidak ada. Dan sekarang biaya pengobatan anak saya sudah bertambah menjadi Rp10 juta,” terang Zulfi Hendri, Malin Mudo, Jumat(21/10). Zulfi Hendri menceritakan kejadian yang menimpa anaknya Febrian Pratama. Kamiis dua pekan lalu, sekitar pukul 09.00 WIB, anaknya sedang belajar dalam kelas. Lalu datang SMS dari salah seorang temannya di STM Pembangunan yang memintanya untuk keluar kelas. “Setibanya di luar kelas, anak saya langsung dihajar bersama-sama oleh segerombolan siswa STM Pembangunan. Akibatnya, anak saya mengalami luka parah dan keningnya luka robek, akibat diinjak-injak,” cerita Zulfi Hendri. Pasca dianiaya dan dikeroyok itu, anaknya langsung pulang mengadu kepadanya. “Hanya sekitar 15 menit kami berbicara, anak saya langsung pingsan. Mungkin karena darah banyak yang keluar. Karena begitu parah, saya langsung melarikannya ke UGD Rumah Sakit Yarsi Ibnu Sina Bukittinggi,” ceritanya. Karena pihak sekolah belum menanggapinya secara baik, untuk menyelesaikan persoalan yang menimpa anaknya ini, Zulfi Hendri telah mengadukan kejadian tersebut ke Dinas Pendidikan Kota Bukittinggi. Namun hingga sore harinya, ia belum mendapatkan jawaban dari pihak Dinas Prendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Bukittinggi. “Awalnya memang sudah ada kesepakatan untuk menyelesaikan permasalahan ini secara kekeluargaan yang dimediasi oleh pihak sekolah. Mungkin karena biayanya yang terlalu besar, pihak sekolah tidak berani untuk melakukan cara damai itu. Kami sebagai orang tua tentunya mau damai dengan catatan biaya yang disebabkan oleh penganiayaan itu bisa ditanggung oleh keluarga pelaku atau pihak sekolah,” terangnya. Jika upaya yang dilakukan tidak juga berhasil dan tidak ada yang mau bertanggung jawab, pihak keluarga akan melakukan upaya hukum dengan cara melaporkannya kepada pihak kepolisian. “Tentunya kita akan melaporkan kejadian yang menimpa anak kami ke polisi,” ungkapnya. (h/jon)

MIAZUDDIN

KAYU TEMUAN — Tumpukan kayu temuan sudah memadati pekarangan kantor Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Hutbun) Agam, di Jalan Sudirman Lubuk Basung. Tumpukan kayu dimaksud bahkan sudah memakan tempat di samping kantor.

Kayu Temuan di Padang Kalam Bukan Berasal dari Sitanang Komite Sekolah Harus Upayakan Mencari Dana Dari Pihak Luar

AGAM, HALUAN — Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam, Erwin Umar mengatakan, komite sekolah sebaiknya tidak lagi berburu di kebun binatang. Maksudnya, Erwin Umar berharap pihak komite sekolah tidak lagi mencari dana pembangunan hanya ke dalam lingkungan sekolah atau kepada orang tua siswa dengan memungut iuran dalam jumlah yang memberatkan. Erwin Umar mengatakan hal itu dalam wawancara dengan Haluan di ruang kerjanya Jumat (21/10)kemarin. Menurutnya, sekolah-sekolah yang ada di Agam memang memerlukan dana tambahan dari masyarakat. Masalahnya, dana pemerintah seperti BOS dan dana lainnya, hanya dapat menutupi anggaran sekolah sekitar 65 persen saja.

Namun, dalam pencarian dana tambahan, pihak komite sekolah diharapkan melakukan pendekatan dan negosiasi dengan pihak luar. “Seperti pengusaha, perantau dan donatur lainnya,” kata Erwin. Tetapi Erwin tidak melarang adanya pungutan kepada orang tua siswa. “Pungutan boleh saja, tapi harus sebatas partisipasi berdasarkan kesepakatan, tidak memberatkan dan disesuaikan dengan kondisi sosial ekonomi masyarakat di lingkungan sekolah,” urainya. Mengenai pengucuran uang sertifikasi guru untuk tahun 2011 yang beberapa waktu lalu baru dibayarkan 3 bulan, Erwin Umar menegaskan bahwa dalam minggu ini uang sertifikasi itu telah ditransfer ke rekening masing-masing guru penerima untuk 2 bulan lagi. “Pengucuran dana sertifikasi harus

berdampak kepada kualitas pendidikan. Untuk itu, proses belajar mengajar di sekolah-sekolah harus ditingkatkan. Namun terus terang dan jujur saya katakan, pengaruh sertifikasi guru belum terlihat jelas. Ini menjadi perhatian pengelola pendidikan di Agam saat ini,” papar Erwin. Salah satu yang menjadi pantauan serius pihaknya adalah pelaksanaan proses belajar mengajar oleh kepala sekolah. “Kepala sekolah wajib mengajar 12 jam dalam seminggu. Kepada pihak yang membandel, akan diambil tindakan tegas berupa pencopotan dari jabatan,” tegas Erwin. Jumlah guru di Kabupaten Agam yang telah memperoleh sertifikasi hingga saat ini 1.854 orang. Untuk tahun 2011, yang sedang mengikuti proses sertifikasi berjumlah 1.038 orang lagi. (h/ks)

Forum Komunikasi Wali Jorong Kecamatan Tanjung Raya Diresmikan

AGAM, HALUAN — 53 orang anggota Forum Komunikasi Wali Jorong, se Kecamatan Tanjung Raya, dikukuhkan oleh Bupati Agam Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah. Acara pengukuhan tersebut berlangsung di Kantor Wali Nagari Duo Koto, Pasar Ahad, Kamis (20/10). Pada kesempatan itu bupati menyampaikan, forum komunikasi ini, merupakan organisasi yang bertujuan untuk membantu tugas-tugas wali nagari di lapangan. Forum ini juga diharapkan menjadi ujung tombak dalam mensukseskan program-program pemerintah. "Ibarat sapu lidi, kalau hanya satu batang jelas akan mudah patah. Jika banyak, pasti akan menjadi sangat kuat,” kata bupati. Lebih lanjut bupati mengatakan, makna organisasi sesungguhnya adalah untuk mencapai suatu tujuan. Karena itu, jangan pernah dinodai dengan stigma, bahwa sekali salah orang tak akan percaya. Dipundak forum ini ditumpangkan harapan besar demi kemajuan daerah ke depan. “Dengan keaneka ragaman yang ada,

AMC

AGAM, HALUAN — Musibah kebakaran tak pernah henti-hentinya terjadi di Kabupaten Agam. Kali ini, musibah tersebut terjadi di rumah permanen milik Yarni (68), warga Jorong Pulai, Nagari Tabek Panjang, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, Kamis (20/10) malam, sekitar pukul 23.15 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu. Namun korban mengalami kerugian materil sekitar Rp15 juta. Karena satu loteng rumahnya dilantai III berisi peralatan kamar tidur dan lemari kain, gosong jadi bara api. Diduga kuat, api berasal dari hubungan arus pendek listrik di lantai III loteng rumah milik korban. Karena api mulai terlihat oleh warga menggulambai dari loteng tersebut. Untung, api yang menggulambai di loteng rumah korban berukuran 3X4 meter itu tidak sempat menjilati rumah warga lainnya yang berada di kawasan padat pemukiman. Hal itu tidak terlepas dari bantuan masyarakat sekitar dan petugas pemadam kebakaran dari Pemkab Agam dan Pemko Bukittinggi. Camat Baso I Putu Venda yang hadir di tempat kejadian malam itu, kepada Haluan mengatakan, bahwa musibah itu diduga kuat berasal dari arus pendek listrik di loteng lantai III rumah miliki korban.“Syukurlah saat kejadian tidak ada anggota keluarga di rumah itu yang tidur dalam kamar tersebut. Sehingga musibah tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa,” kata Venda.Venda berharap kepada masyarakat Baso, agar berhati-hati dengan api atau hal lain yang memicunya, seperti kabel listrik, tungku dapur, lampu teplok atau kebiasaan membuang api rokok secara sembarangan.“Karena seringkali musibah kebakaran terjadi akibat hal-hal kecil tersebut. Sebelum musibah kebakaran terjadi, sebaiknya kita selalu waspada dan berhati-hati,” harap Venda. (h/jon)

BUPATI Indra Catri tengah menyalami salah seorang wali jorong

mari kita tanamkan nilai-nilai kebaikan di tengah masyarakat untuk menggali potensi yang dimiliki,” imbuh bupati. Sementara itu, Ketua Forum Komunikasi Wali Jorong, Syafril mengatakan, wadah ini terbentuk dari niat yang tulus, dan kesadaran tentang pentingya menjaga persatuan dan kesamaan visi sesama

jorong dalam mensukseskan program pemerintah. Sebelumnya, forum ini juga telah melakukan bakti sosial di Nagari Tanjung Sani. "Kegiatan yang sama rencananya juga akan digulirkan di setiap nagari yang ada di Kecamatan Tanjung Raya," kata Syafril. (h/amc)

AIR DANAU KERUH

Harga Pensi Melambung

SALAH seorang pedagang pensi tengah menunggu pembeli

AGAM, HALUAN — Harga pensi di kawasan salingka Danau Maninjau pasca Idul Fitri lalu terus melambung. Kondisi itu disebabkan keruhnya air Danau Maninjau

AGAM, HALUAN — Sekitar 5 hari lagi atau tepatnya tanggal 26 Oktober mendatang, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, akan dihijaukan dengan penanaman pohon berbagai jenis. Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mencegah terjadinya berbagai musibah bencana alam terkait ditetapkannya Kabupaten Agam sebagai salah satu daerah rawan bencana. “Insya Allah sebanyak 10 ribu pohon berbagai jenis seperti mahoni, surian dan lain sebagainya, akan kita tanam secara serentak pada Rabu, 26 Oktober men-datang bersama masyarakat,” kata Camat Matur Hilton kepada Haluan, Jumat (21/10). Dikatakan, Kecamatan Matur merupakan kawasan paling tertinggi di Kabupaten Agam dan memiliki iklim yang sangat sejuk. Namun beberapa dekade belakangan, Kecamatan Matur telah mulai terasa panas. Hal itu diduga karena mulai berkurangnya jumlah pohon-pohon pelindung di daerah penghasil kacang goreng, labu dan tebu itu. “Sebab dari itulah, kita akan mereboisasi kembali seluruh kawasan hutan maupun perkebunan masyarakat yang ada di daerah yang pernah diusulkan jadi ibu kota Kabupaten Agam ini,” kata Hilton. (h/jon)

yang mengakibatkan sulitnya para nelayan mengumpulkan pensi. “Saat ini, harga satu liter pensi dari pengumpul di danau Rp6.000. Padahal sebelum Idul Fitri, har-

ganya hanya Rp3.000,” kata Teti, salah seorang pedagang pensi di Nagari Gasang yang berada di tepian Danau Maninjau kepada Haluan, Jumat (21/10). Melambungnya harga pensi saat ini, dipicu sulitnya mendapatkan pensi dari pengumpul di danau. Karena menurut keterangan para pengumpul pensi, dengan keruhnya air danau, pensi jarang terbawa oleh tangguak para nelayan pengumpul. “Kalau air keruh, pensi jarang yang terambil oleh tangguak nelayan. Kecuali hanya pasir-pasir danau,” terang Teti.Teti menambahkan, selama ini, ia mampu menghabiskan dua belek atau sekitar 80 liter pensi dalam sehari. Bahkan dihari-hari libur, jumlahnya bisa mencapai 100 liter. “Dengan

sulitnya mengumpulkan pensi saat ini, kami hanya bisa mendapatkan pensi dari pengumpul paling banyak satu belek atau 40 liter per hari,” kata Teti. Untuk memenuhi kebutuhan pedagang pensi di sepanjang pinggir jalan Maninjau-Lubuk Basung itu, pedagang terpaksa memasok pensi dari Danau Singkarak, Kabupaten Solok.“Namun dari segi bentuk dan rasa, pensi Maninjau dan Singkarak itu berbeda. Perbedaannya, kulit pensi Singkarak putih. Sementara yang berasal dari Maninjau berwarna biru. Dan kalau direbus, pensi Singkarak sulit terbuka. Sementara pensi Maninjau lebih mudah terbuka,” urai Teti.Pensi merupakan kuliner khas dari Danau Maninjau, Kabupaten Agam, yang enak untuk “dipagatok-

i” sambil menikmati perjalanan di salingka Danau Maninjau.Adonan yang dipakai sangat sederhana sekali. Awalnya air direbus sampai benar-benar mendidih. Lalu, masukkan pensi sekitar 15 menit. Biasanya, dalam jangka waktu selama itu, kulit pensi sudah terbuka.Ketika kulit pensi sudah terbuka, maka adukkan bumbu yang terdiri dari bawang perai, saledri, bawang merah, bawang putih, sipadeh, garam, sasa, serta bumbu masak kambing yang sebelumnya telah di goreng. Lalu adukkan bumbu tersebut secara merata bersama pensi. Setelah itu pensi sudah bisa di “kulek-kulek” dengan rasa yang menurut lidah penikmat pensi, sangat enak. (h/jon)

LUBUK BASUNG, HALUAN — Kayu temuan Tim Gabungan Polres Agam, Polsek Ampek Nagari, dan Kecamatan Ampek Nagari, Kamis (20/10), di Padang Kalam, Nagari Sitanang, bukan hasil tebangan di hutan Sitanang.

Pernyataan itu disampaikan Wali Nagari Sitanang, Yulisman Dt. Majo Lelo, Jumat (21/ 10), ketika ditemui di ruang kerjanya. Menurutnya, di Sitanang tidak ada kayu jenis arikir. Ia sendiri mengaku terkejut mendapat informasi adanya kayu temuan di wilayah kerjanya. Apalagi kayu tersebut ditumpuk di Puduang, Padang Kalam. Di kawasan itu tidak ada hutan yang ditumbuhi kayu berkualitas, seperti arikir. “Saya mendapat informasi kemarin, kala sedang berada di Padang. Begitu kembali ke Sitanang, langsung melakukan penyelidikan. Ternyata kayu tersebut dibawa dari luar Agam, dan ditumpuk di Pudung, Padang Kalam,” ujarnya. Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Hutbun) Agam, Ir. Yulnasri, MM, membenarkan kalau kayu temuan itu jenis arikir berkualitas bagus. Malah paling bagus kualitasnya. Kayu seperti itu akhir-akhir ini tidak ditemukan di hutan yang ada di Agam belahan barat. “Kami juga sudah melakukan investigasi. Ternyata kayu temuan di Padang Kalam, Nagari Sitanang itu bukan hasil tebangan di hutan nagari itu,” ujar Yulnasri di ruang kerjanya, Jumat (21/10). Menurutnya, kayu dimaksud berasal dari kabupaten tetangga. Dalam pengangkutan, untuk menghindari pemeriksaan di Polsek Ampek Nagari, mobil pengangkut dibelokkan dari jalan lintas Pasaman Barat-Simpang Gudang, ke jalan Pudung. Mereka tidak mengetahui kalau jalan tersebut di kawasan Padang Kalam tidak bisa dilewati truk bermuatan berat. “Jalan di sana terban, dan belum bisa dilalui truk bermuatan berat, seperti truk pengangkut kayu,” ujarnya. Makanya, kayu dibongkar dari truk pengangkut, dan dititipkan di dekat rumah warga. Keberadaan kayu, yang diketahui dari jenis arikir, dengan volume 9,8 M3, akhirnya tercium petugas. Warga sekitar juga melaporkan kepada Polsek Ampek Nagari. Petugas berkoordinasi dengan Camat Ampek Nagari, Syahrul Hamidi, SH, dan melaporkan temuan tersebut kepada Kapolres Agam. Kapolres Agam, AKBP Noortjahyo langsung memberikan perintah penangkapan kayu temuan tersebut, dan mengamankannya di pekarangan Mapolres Agam, seperti disampaikan Kapolsek Ampek Nagari, Iptu Bustanul Alamsyah, dan Camat Ampek Nagari, Syahrul Hamidi. Gebrakan Polres Agam dan jajaran tersebut mendapat apresiasi dari Bupati Agam, H.Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah, serta dari Kadis Hutbun Agam, Yulnasri. Menurut mereka, kerja sama yang baik antara pihak Polres Agam dan Pemkab Agam melalui Dinas Hutbun berjalan dengan sangat harmonis. Kondisi demikian diharapkan mampu meredam aksi penebangan liar di daerah itu, khususnya di Agam belahan barat (wilayah hukum Polres Agam). Menurut Yulnasri, bila tidak ada yang mengaku pemilik kayu temuan itu, maka pihak Polres Agam akan menyerahkan kayu temuan itu kepada Dinas Hutbun Agam. Bila hal itu dilakukan, secepatnya kayu temuan hasil operasi, yang kini menumpuk di pekarangan kantor dinas itu, akan dilelang. “Kantor kami sudah seperti gudang kayu,” ujarnya berseloroh. (h/msm)


PAYAKUMBUH DAN LIMAPULUH KOTA 23

SABTU, 22 OKTOBER 2011 M 24 DZULKAIDAH 1432 H

LINGKAR Kube Mawar 1 Juara Sumbar PAYAKUMBUH, HALUAN — Gelar juara nasional mulai terkuak. Kelompok Usaha Bersama (Kube) Mawar 1, Kelurahan Padang Karambia, Kecamatan Payakumbuh Selatan, ditetapkan Gubernur Sumbar sebagai juara pertama di tingkat provinsi. Ketua Kube Mawar 1, Joni Wifra, bersama pendamping Kube, Busra Algeri, diundang ke Jakarta, guna menyampaikan ekspose tentang perjalanan Kube Mawar I, dalam rangkaian lomba Kube tingkat nasional, 27 Oktober mendatang. Camat Payakumbuh Selatan Dra. Elfriza Zaharman, di Balaikota Payakumbuh menginformasikan, Jumat (21/10), pihaknya sudah mendapatkan bocoran penetapan juara lomba Kube provinsi itu. “Alhamdulillah, kita (Kube Mawar 1, Red), juara Sumbar,” ungkap Cece, panggilan akrab Buk Camat Payakumbuh Selatan ini dengan bangga. “Selangkah lagi, gelar juara nasional, mudahmudahan akan tercapai,” tambahnya. Kuatnya dukungan warga Padang Karambia, serta tekad anggota Kube untuk memperbaiki kehidupan keluarganya, lewat Kube, membuat camat optimis Kube Mawar 1 mampu mewujudkan mimpinya. Lurah Padang Karambia Roza Aulia, S.STP bersama Ketua KAN Limbukan F. Dt. Sinaro Dirajo, sangat dominan membimbing Kube ini. Karena itu, produksi unggulan Kube Mawar 1, membuat songkok ayam dan sejumlah anyaman bambu lainnya, mampu merambah Kota Batam, Provinsi Kepri. Pengakuan Joni Wifra didampingi pendamping Kube Busra Algeri dan Ketua PSM Payakumbuh Wildawati, dampak dari usaha Kube, seluruh anggotanya enggan disebut keluarga miskin lagi. Anggota Kube marah, kalau mereka disebut keluarga miskin. Karena, rata-rata per bulan, seluruh anggotanya sudah punya tambahan penghasilan Rp750 ribu. Sedangkan, 8 orang di antaranya punya pendapatan tetap Rp1.5 juta per bulan, karena sebagai pemodal dan pembuat songkok ayam. Usaha lainnya yang dilaklukan Kube Mawar 1, beternak sapi simental, usaha pertanian padi, jagung dan ubi kayu. (h/smt)

Camat Payakumbuh Utara Masih Kosong PAYAKUMBUH, HALUAN — Jabatan Camat Kecamatan Payakumbuh Utara dan dua jabatan kepala kelurahan di Kecamatan Payakumbuh Barat, masih kosong. Warga berharap, jabatan camat dan lurah tersebut, segera diisi pemko, agar pelayanan di kecamatan dan kelurahan bersangkutan berjalan lebih maksimal. Asisten I Setdako Payakumbuh Drs. Richard Moesa, ketika dihubungi di Balaikota Payakumbuh, Jumat (21/10), membenarkan, jabatan cukup vital itu kosong sejak sebulan terakhir. Erwan, S.IP. mantan Camat Payakumbuh Utara, sekarang dipercaya pimpinan daerah menjabat Kabag Tapem Setdako Payakumbuh. Untuk sementara waktu, jabatan camat setempat dijabat Sekretaris Kecamatan Fardinal, SH, sebagai pelaksana tugas (Plt). Sedangkan Kelurahan Talang dan Kelurahan Bulakan Balai Kandi, keduanya di Payakumbuh Barat, ditinggal kepala kelurahannya, disebabkan pensiun dan promosi. Pejabat lama Lurah Talang, Ermansyah, sudah pensiun sejak dua bulan lalu. Sedangkan, Lurah Bulakan Balai Kandi yang lama, Yulizon, S.Sos, promosi menjabat Kabid Kebersihan dan Pertamanan di Dinas Tata Ruang Kota dan Kebersihan Payakumbuh, sejak pertengahan September. Harapan warga, agar segera mengisi jabatan camat dan kepala kelurahan yang kosong, dikatakan Richard, akan diisi segera. “Kita sudah menemukan sejumlah calon pejabat yang akan mengisi jabatan dimaksud, dan sudah dibicarakan anggota Baperjakat,” jelasnya. Sependapat dengan warga kota, jabatan camat dan kepala kelurahan, dikatakan Richard, tidak boleh dibiarkan terlalu lama kosong. Karena, diakui akan menganggu pelayanan kepada masyarakat. “Citra pelayanan pemko banyak ditentukan camat dan kepala kelurahan,” katanya. (h/smt)

FGD KPU SOAL PEMILU, PILPRES DAN PEMILUKADA DI LIMAPULUH KOTA

Partisipasi Pemilih Kian Rendah

MANGKUTO, HALUAN — Selaku perwujudan kedaulatan rakyat, Pemilu dan Pemilukada terkait erat dengan peran masyarakat untuk menggunakan hak pilih. Sayangnya di Kabupaten Limapuluh Kota partisipasi pemilih justru kian rendah

DODI SYAHPUTRA

FGD — KPU Limapuluh Kota menggelar Focus Group Discussion (FGD) tentang peran masyarakat dalam Pemilu dan Pemilukada, di Hotel Mangkuto Payakumbuh, Kamis (20/10).

VOLUME PRODUKSI MENINGKAT

Harga Lele di Limapuluh Kota Anjlok

LIMAPULUH KOTA , HALUAN — Harga ikan lele di tingkat petani di Kabupaten Limapuluh Kota, sejak tiga pekan terakhir anjlok dari Rp11 ribu per kg ke Rp7.500 hingga Rp8.000 per kg. Turunnya harga lele di daerah ini ditenggarai akibat produksi sejak dua bulan terakhir meningkat tajam. Salah seorang peternak ikan lele Tabek Panjang, Kecamatan Payakumbuh, R.Junaidi, yang ditemui di pasar Payakumbuh kemarin mengatakan, lele yang dimilikinya sekitar 12 ribu ekor berusia 3 bulan, sudah layak panen, dengan berat ikan rata rata 6 sampai 7 ekor per kg. Namun pedagang pengumpul menghargai ikan lele miliknya sebesar Rp7.000 pe kg ditempat. Harga ikan lele sebelumnya juga sempat anjlok, namun masih berkisar Rp9 ribu per kg. Kini pro-

duksi ikan lele di Limapuluh Kota melimpah sehingga sulit dipasarkan dengan harga yang menguntungkan petani ikan. Menurut dia, petani ikan lele serba susah. Jika dijual, harganya sangat murah. Tetap dipelihara juga sulit, akhirnya juga merugi. “Saya tidak mau menjual ikan lele dengan harga Rp7.000 yang ditetapkan pedagang ikan. Biarlah ikan tersebut tetap berada di kolam karena belum beruntung,” ujarnya. Diperkirakan biaya pakan ikan memakai pelet ditambah makanan alternatif, biayanya mencapai Rp7.000 per kg ikan sampai panen. Belum lagi biaya pemeliharaan. ”Kalau harga ikan lele tidak naik, bisa dipastikan petani akan beralih usaha, karena tidak menguntungkan lagi,” tambahnya.

Kepala Dinas Perikanan Limapuluh Kota, Refilza ketika dihubungi lewat telepon genggamnya kemarin mengakui harga ikan lele di Limapuluh Kota tengah anjlok. Tapi menurutnya, harga per kg lele ratarata dijual petani ikan sebesar Rp9.000. Turunnya harga ikan lele dipasaran, karena produksi ikan lele meningkat drastis, menyusul berkembangnya kolam terpal. Sekarang ini masyarakat banyak meminati beternak ikan lele. Usaha tersebut tersebar di sejumlah kecamatan. Diantaranya, di Kecamatan Mungka, Kecamatan Payakumbuh, Kecamatan Luak dan Kecamatan Guguak. “Kita memperkirakan produksi ikan lele Limapuluh Kota, tak kurang dari 1 ton perhari, sehingga petani ikan memproduksi ikan lele asap,“ ulas Refilza. (h/zkf)

Koordinator Divisi Hukum Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Barat Ardiyan SH mengungkapkan bahwa dalam Pemilu di Lima Puluh Kota, terjadi penurunan partipasi masyarakat. ”Di Mentawai, Pilkada yang digelar beberapa waktu lalu justru mengalami peningkatan partisipasi pemilih. Makin banyak yang menggunakan hak suaranya,” ujar Ardiyan menginformasikan dalam Focus Group Discusssion (FGD) atau fokus diskusi yang diselenggarakan di Hotel Mangkuto, Kamis (20/10) lalu. Sementara itu, data yang diperoleh dari KPU menyatakan terjadi penurunan cukup signifikan dari jumlah pemilih yang menggunakan hak suara di bilik suara di Limapuluh Kota. Jika saat Pemilu legislatif 2009, tercatat tingkat partisipasi pemilih mencapai 73,37 persen, maka di Pemilu presiden turun menjadi 71,81 persen. Pada Pemilukada putaran I, partisipasi pemilih tercatat 63,70 persen. Di putaran kedua partisipasi pemilih tinggal 57,57 persen saja. Mengantisipasi hal ini di masa mendatang, maka digelarlah FGD ini. “Jika dibandingkan partisipasi pemilih, di Pilkada 2005 dengan 2010, turunnya sekitar 9 persen. Kami meminta agar stakeholder, termasuk partai politik, untuk ikut peduli dan melihat hal ini sebagai tantangan bersama ke depan,” ujar Ketua KPU Limapuluh Kota, Syahrul SH. KPU Sumbar dan KPU Limapuluh Kota sama-sama bersikeras bahwa hal ini bukan semata kesalahan KPU. Tugas KPU sampai dimana pemegang

hak suara memberikan hak tersebut di hari pemilihan dengan benar dan sesuai aturan. “Pemerintah mempunyai peran penting untuk mengajak dan memberikan pengertian kepada masyarakat akan hak politiknya,” ujar Adriyan SH. FGD yang dibuka dengan hantaran Sekretaris KPU, Drs H Irfan Fhaturi. Hadir di FGD yang mendiskusikan persoalan, hambatan dan solusi ke depan ini, belasan peserta yang terdiri dari utusan Badan Eksekutif Mahasiswa, Lembaga Swadaya Masyarakat, unsur pers, termasuk Haluan, utusan Parpol Parlemen, SKPD, MUI, Bundo Kanduang, PKK, Forwana dan KNPI. Fokus diskusi yang dihelat dari pagi hingga sore itu, menjadi kegiatan publik KPU Limapuluh Kota yang melibatkan pers setelah terakhir 11 November 2010 lalu, Bupati Alis Marajo dan Wakil Bupati Asyirwan Yunus dilantik. Secara fungsi dan tugas, KPU tetap bekerja, berkantor dan beraktifitas. Namun karena belum ada agenda pemilihan, makanya FGD ini cukup membuat greget para peserta. Sebagian peserta begitu antusias menyampaikan pandangannya. Selain KPU Limapuluh Kota yang hadir lengkap, antusiasme para peserta diskusi menjadikan Ruang Mungka, Hotel Mangkuto itu menjadi tidak tertinggalkan oleh peserta. Seluruh peserta bertahan sampai diskusi berakhir dan kesimpulan disampaikan. Pemerintah pun akhirnya diminta ikut aktif mensosialisasikan program mengajak calon pemilih menggunakan hak suaranya. Termasuk juga partai. (h/dod)

„“Botiah Demokrasi” IR MEDIAR INDRA M.SI, KEPALA KANTOR PENANAMAN MODAL PAYAKUMBUH

Laporan DODI SYAHPUTRA

Paya

h k u m bu

Menata Payakumbuh ke Depan Mesti Via Investasi

L

UAR biasa. Ide-idenya cemerlang. Mediar Indra, lulusan S2 Ekonomi Perencanaan Kebijakan Publik Universitas Indonesia ini memang cemerlang. Konsep pembangunan Payakumbuh menurutnya harus berbasis investasi. Ir Mediar Indra M.Si memiliki pemikiran jenius dan aplikabel serta sesuai dengan program pembangunan ekonomi masyarakat. Sebab itu, ia telah menyusun buku panduan investasi berbasis area di Kantor Penanaman Modal Kota Payakumbuh yang dipimpinnya. Mengenal sosok Mediar Indra, seperti mengenal tokoh dengan sejuta kemampuan.

Konsep ide pembangunan dan investasinya ini justru dilirik banyak tokoh ekonomi nasional. Bahkan, dosen pembimbingnya, Sri Mulyani yang kini menjadi Deputi Bank Dunia, mengakui kapabilitas konsep pembangunan berbasis investasi ini. ”Saya pikir, dengan mendatangkan banyak modal dan pemodal serta membimbing serta menguatkan usaha lokal akan makin menguatkan sistem ekonomi publik. Kemandirian ekonomi masyarakat serta-merta menghapus garis kemiskinan, menumbuhkan ruang usaha, memantapkan penguatan ketentraman serta kenyamanan bagi masyarakat,” terang Mediar Indra. Mediar Indra menambahkan, jika ekonomi investasi telah berjalan dengan baik, tidak setengah-setengah, masyarakat akan giat dan kuat berusaha. Mulai dari segmen bisnis dan perdagangan, retail, warehouse atau pergudangan, properti sampai ke per-

dagangan surat berharga pun akan dilakoni banyak orang. Cerminnya kecil saja. Mediar menyebut Singapura sebagai negara yang saking kecilnya di peta, harus dikeker alias diteropong dulu baru bisa terlihat. Artinya negara ini kecil. Secara fisik memang. Tapi, secara sikap dan iklim investasi yang diciptakannya, Singapura mampu menebas kecilnya fisik menjadi raksasa ekonomi dunia. Kota Payakumbuh memang kecil secara fisik. Hanya terdiri dari lima kecamatan. Namun, potensi untuk menjadi digdaya ekonomi di Sumatera terbuka lebar. Selain lintas perdagangan dua provinsi, Payakumbuh punya sumber daya manusia yang mumpuni, cerdas, tekun bekerja dan siap untuk bersaing di pentas nasional. Makanya, kini baik perantau, warga lokal, maupun pendatang, semuanya sama. Dalam iklim investasi, inilah yang kita sebut sebagai potensi modal. Modal bisa berarti uang, barang, alat kerja,

TK TIARA KACA TOKO CERMIN

MENERIMA PESANAN : BERBAGAI UKURAN KACA ETALASE ROLLING DOOR TANGGA ALUMINIUM FOLDING GATE RAK PIRING KUSEN ALUMINIUM

PUSAT PENGOBATAN TRADISIONAL INDIA MATA DAN KHUSUS PRIA MELAYANI PRIA DAN WANITA = TANPA OPERASI = Mengobati Berbagai Penyakit Mata - Katarak - Min/Plus - Glukoma - Mata Merah - Berair - Berlemak - Silinder - Dll

Jl. A Yani No. 113 Ketaping - Ps. Ibuh Payakumbuh

Mengobati keluhan khusus Pria - Lemah Syahwat - Impotensi - Ejakulasi Dini - Kurang Gairah - Sperma Encer - Diabetes - Tidak punya keturunan - Ambeien - Asam Urat - Reumatik, Dll

anda tidak perlu cemas atau khawatir dengan ramuan tradisional india tanpa efek samping cukup 1 atau 2 kali pengobatan insyallah anda akan sembuh secara alamiah. kami berikan garansi

Hubungi :

Hubungi :

MEDIAR INDRA

tempat, dan sebagainya. Misalkan saja, tutur pria tinggi besar yang mantan Ketua Pemuda Panca Marga Sumbar dan Pramuka Payakumbuh ini, jika sepersepuluh saja masyarakat Payakumbuh yang jumlahnya 106 ribu orang berinvestasi modal

Rp10 ribu, bayangkan, usaha apa yang tidak bisa dibuat untuk mensejahterakan seluruh warga. Kuncinya, ujar sarjana Pertanian Unand yang pendidikan SD sampai SMA nya ditamatkan di Payakumbuh ini, ekonomi investasi harus segera diterapkan. Selama ini jalan menuju itu sudah direalisasikan oleh Walikota . Mall dan plaza, properti, infrastruktur, sarana dan prasarana, ikon kota pendidikan dengan segudang sekolah dan kampus, telah terbina. ”Tinggal lagi, kita bersepakat seluruhnya untuk maju dan mendukung iklim investasi di Payakumbuh berbenar-benar. Tidak hanya di mulut, tetapi benarbenar dipadupadankan dengan seluruh sektor pembangunan. Untuk itu, saya siap bekerja dan telah membuktikan kinerja saya,” pungkas Mediar Indra yang diketahui punya pengalamannya menempuh pendidikan dan pelatihan sampai ke Amerika Serikat ini mengakhiri. (***)

Jl. A. Yani No. 134 Bukittinggi (dibawah jembatan Limpapeh) Hp. 081266469636 HARI LIBUR TETAP BUKA

Buka Jam : 08.00 - 20.00

Izin Depkes 11/DKK-yankes/stpt/11/2008


24 SUMATERA BARAT Karena Cinta, Sepasang ABG Nekad Kawin Lari SOLSEL, HALUAN — Cintia Wahyu Permata Sari (15), pelajar asal Sungai Lambai, Nagari Lubuk Gadang Selatan, Kecamatan Sangir menghilang dari rumah. Kabarnya Cintia dibawa kabur oleh kekasihnya Dodi (20), Senin (17/10) pekan lalu. “Pelaku melarikan anak saya. Malam tadi ia menelpon kalau mereka berencana menikah,” ujar Ervi (36) ibu kandung korban. Sampai berita ini dituliskan, Cintia masih belum kembali ke rumah orang tuanya. Kedua anak baru gede (ABG) itu diperkirakan bakal menuju ke Provinsi Bengkulu dan melansungkan pernikahan di sana. Waktu pelaku menelpon orang tua Cintia, keberadaannya diduga masih di daerah Kabupaten Pesisir Selatan. Pelaku membawa kabur korban yang masih berstatus pelajar SMA di salah satu sekolah di Solok Selatan. Mereka nekad kabur dari rumah diduga karena cinta yang tidak direstui. Tidak senang dengan tingkah pelaku, warga asal Jawa itu melaporkan pelaku ke Polres Solok Selatan dengan nomor laporan polisi LP/175/X/2011/Polres dengan kasus melarikan dan menikahi anak di bawah umur. Kejadian berawal ketika ibu korban, Ervi diberitahu pelaku melalui handphone bahwa anaknya Cintia sudah berada bersama pelaku di Pesisir Selatan hendak menuju Bengkulu. Pelaku menyampaikan niat baiknya untuk menikahi Cintia, kekasihnya itu. Mendengar ucapan pelaku, keesokan harinya, Selasa (18/10), Ervi melaporkan kejadian itu ke aparat kepolisian. “Anak saya masih kecil, belum pantas menikah,” jelasnya. Ia berharap pelaku membawa pulang anaknya dan jangan melakukan perbuatan yang dilarang adat dan agama. Kasus kekasih membawa kabur pacarnya itu kini sedang ditangani aparat kepolisian. (h/col)

SABTU, 22 OKTOBER 2011 M 24 DZULKAIDAH 1432 H

KURANGI BEBAN JALAN DARI TRUK BERMUATAN LEBIH

KA Muaro Kalaban-Padang Bakal Beroperasi Lagi

PADANG, HALUAN — Setelah lama vakum, kereta api barang kembali akan dihidupkan di Sumbar. Untuk tahap awal ini, Mak Itam akan melintasi rute Muaro Kalaban-Solok-Padang Panjang-Kayu Tanam-Padang mengangkut produksi batu bara untuk dikapalkan di Teluk Bayur. Keberadaannya diharapkan menjadi solusi tepat untuk mengurangi beban jalan raya dari truktruk pengangkut batubara yang selalu bermuatan melebihi tonase. Batubara yang berasal dari Jambi akan diangkut dengan kereta api yang menanti di Muaro Kalaban. Gubernur Sumbar Irwan Prayitno didampingi Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo Sumbar Akmal kepada wartawan Jumat (21/10), di Padang mengatakan, kesepakatan untuk menghidupkan kereta api itu akan dibahas lebih lanjut dengan seluruh stake holder terkait pada Rabu (26/10) mendatang di gubernuran Sumbar. “Kita akan hidupkan lagi kereta api sebagai angkutan massal, terutama untuk pengangkut batu-

bara. Rabu depan akan hadir Direktur PT KAI, PT Pelindo, para pengusaha tambang dan seluruh stake holder terkait lainnya, termasuk PT Sinar Mas sebagai pengelola tambang batubara di Jambi,” ujar Irwan. Perusahaan batu bara di Jambi ini sempat mengancam akan mengalihkan pengangkutan batu baranya melalui pelabuhan lain karena tak bisa menerima ketentuan pembatasan muatan kendaraan. Namun akhirnya, perusahaan tersebut kembali ke Sumbar memanfaatkan pelabuhan Teluk Bayur untuk ekspor batu bara. Menurut Akmal, dari perbincangannya dengan Direktur PT KAI dan juga Gubernur Sumbar beberapa waktu lalu, pengangkutan

barang dengan kereta api cukup menguntungkan, minimal kapasitas 1 juta ton/tahun. Sedangkan saat ini produksi batu bara yang diangkut melalui jalur darat mencapai 1,3 juta ton/tahun. Bahkan mereka berniat untuk membeli lokomotif baru. Sedangkan jalur rel keretanya semua dalam kondisi layak pakai, kecuali rel di sepanjang Kayu Tanam –Padang Panjang yang perlu perbaikan akibat longsoran dan guncangan gempa tahun 2009 lalu. Namun perbaikannya hanya perbaikan ringan saja. Jalur Alternatif Pada bagian lain, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, pihaknya tengah mengupayakan pembangunan jalan alternatif Lubuk Minturun (Padang)-Paninggahan (Solok). Rute ini terkendala karena melalui kawasan hutan. “Kita tengah upayakan perubahan status lahannya agar pembangunan jalan alternatif Padang-Solok dapat diwujudkan,” katanya. Soalnya, ruas jalan Sitinjau Lauik sudah tidak dapat dikem-

NET

KA BARANG — Mengurangi beban jalan raya dari truk pengangkut batubara yang selalu bermuatan melebihi tonase, kereta api barang kembali akan dihidupkan di Sumbar. Tampak suasana di Stasiun Sawahlunto

bangkan lagi. Pada sisi kiri dan kanan jalan adalah tebing bukit dan jurang dalam. Sementara kepadatan arus lalu lintas di ruas jalan ini sudah tak terbendung. Bila jalur kereta barang ini

terealisasi, maka beban ruas jalan tersebut diyakini akan sedikit berkurang. Namun pengembangan jalan dengan membuka jalan alternatif Lubuk Minturun-Paninggahan tetap diupayakan. (h/vie)

Haluan 22 Oktober 2011  

Haluan 22 Oktober 2011

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you