Page 1

INDONESIA EDITION

CERMATAN DINAMIKA DUNIA

KEHIDUPAN | P3

(THE EPOCH TIMES)

Lindungi Hati Tak Bersalah Selama Periode Kebohongan

MOBILE : M.EPOCHTIMES.CO.ID | WEBSITE : WWW.EPOCHTIMES.CO.ID | EDISI 270 | 04 - 10 OKTOBER 2012

AS Dukung Suksesi Xi Jinping di RRT

LOOK INSIDE

(CURRENT BIOLOGY)

Otak Pemicu Makan Berlebihan IPTEK | P5

Panen Ria Kebun Gantung “Petani Urban” Hong Kong The Epoch Times

First Lady AS, Michelle Obama menanam sayur di taman bagian selatan Gedung Putih, Ratu Inggris Elizabeth II merintis kebun sayuran di Istana Buckingham; “kebun sayur keluarga”, “petani urban “ lambat laun telah menjadi semacam gaya hidup kaum urban.

Serta Redakan Konflik RRT-Jepang LI XIAOYU The Epoch Times (THE EPOCH TIMES)

Kompetisi Kuliner Tionghoa Internasional

Surat kabar The Epoch Times mendapatkan informasi bahwa saat ini AS tengah mendukung kelancaran suksesi Xi Jinping di RRT. Tentang sengketa RRT-Jepang mengenai Pulau Diaoyu, AS tidak menganjurkan pihak Jepang untuk bersikap keras terhadap RRT.

LINTAS BUDAYA | P6

(PHOTOS.COM)

Mengecat Rumah GRIYA | P8

M

enlu Jepang, Koichiro Gemba pada 28 September lalu di New York, terlibat pembicaraan dengan Menlu AS, Hillary Clinton. Menurut laporan kantor berita Kyodo, hubungan RRT-Jepang akhir-

akhir ini memanas sehubungan dengan konflik kedaulatan Pulau Diaoyu. Hillary menyatakan bahwa AS berharap agar pihak Jepang dapat dengan seksama menangani hubungannya dengan RRT. Sikap AS ini akan diharapkan dapat segera menenangkan situasi yang terjadi akibat sengketa Pulau Diaoyu yang terjadi belakangan ini. Saat ini, kedua belah pihak baik RRT maupun Jepang perlu memainkan sejumlah “sandiwara” untuk meredam emosi warganya masing-masing. Untuk sementara ini, kedua belah pihak hanya saling gertak saja. AS Dukung Suksesi Xi Jinping Bereskan Masalah Jepang Surat kabar The Epoch Times mendapatkan informasi bahwa pemerintah AS selama ini merasa alergi terhadap kubu Zhou Yongkang (ketua Komite

Patung Buddha yang Terbuat dari Meteorit

Ditemukan dengan Cara Ala Indiana Jones Pada Perang Dunia II The Epoch Times Nazi Jerman pernah mengutus pasukan gardanya menuju Tibet untuk menelusuri asal usul suku Arya. Pada 1938 mereka berhasil merampas sebuah patung Buddha kuno berusia ribuan tahun. Ekspedisi tersebut dipimpin oleh Ernst Schäfer, pakar dalam bidang etnologi dan zoologi dan membawa patung setinggi 24 cm itu ke Jerman. Lantaran kandungan besi patung itu amat tinggi, ia juga disebut sebagai “Manusia Besi (Iron Man)”. Di bawah dukungan Heinrich Himmler, petinggi Nazi, ia memimpin sebuah pasukan (mata-mata) khusus, pada 1938-1939 menjelajahi seluruh Tibet. Nazi beranggapan ras Arya lebih unggul daripada seluruh ras lain di dunia. Pemikiran inilah yang menjadi landasan paham Nazi. Patung Buddha Vaisravana seberat 10,6 kg itu dalam posisi duduk santai, telapak tangan kanan terbuka ke arah luar dengan jemari menghadap bawah. Hasil analisa kimia menunjukkan, patung itu diukir dari batu meteorit langka, yang seringkali disebut sebagai Ataxite, yang kaya dengan kandungan besi dan nikel. Elmar Buchner, peneliti Universitas Stuttgart Jerman menyatakan: “Patung itu terukir dari batu meteorit dan asalnya bagian dari Chinga (jenis meteorit besi yang tak beralur). Ia jatuh di sekitar perbatasan Mongolia dan Tibet pada 10.500 tahun silam.” Kapan tepatnya tahun pembuatan patung itu hingga kini masih sulit diprediksi, tetapi dari gayanya berkaitan dengan agama Bon (diduga agama asli Tibet yang kemudian bersinkretisasi dengan agama Buddha) pada masa agama Buddha abad ke-11 SM. Vaisravana sendiri merupakan Dewa Penjaga Utara dari agama Buddha. Tidak ada yang mengetahui dengan cara bagaimana Schäfer menemukan patung itu, namun yang paling menarik bagi

dirinya adalah tanda 卍 (swastika) di dada patung tersebut yang Patung Buddha namelambangkan na Iron Man. sib baik (yang kemudian (ELMAR BUCHNER) dijiplak secara terbalik sebagai logo Nazi). Patung itu sesampainya di Munich, Jerman, menjadi milik kolektor pribadi. Pada 2009 sewaktu patung tersebut dilelang, barulah Buchner berkesempatan untuk menelitinya. Ia berkata: “Iron Man ini adalah satusatunya meteorit yang dipahat menjadi patung manusia, sehingga sangat sulit dinilai harganya. Bila hanya dari bahannya saja, mungkin sekitar 20.000 dollar AS (200 juta rupiah), namun jika prediksi tahun pembuatan patung Buddha itu tepat, maka kemungkinan harganya akan menjadi tak ternilai.” (whs)

ATAS: Hillary menyatakan bahwa AS berharap Jepang dapat secara seksama menangani hubungan terhadap RRT. (SHANNON STAPLETON / AFP / GETTY IMAGES); BAWAH: Sejumlah kapal nelayan menyusun barisan di dermaga Xiangshan Shipu bersiap-siap berlayar ke Pulau Diaoyu pada 16 September lalu. (STR / AFP)

Polkum PKT), dan sangat tidak menginginkan kekuatan Zhou (faksi kelompok garis keras) menguasai RRT. Pihak AS juga melihat korelasi antara masalah sengketa Pulau Diaoyu dan suksesi kekuasaan Partai Komunis Tiongkok (PKT), sehingga pada masalah sengketa Pulau Diaoyu, AS tidak akan mendukung Jepang. Pada Jumat (28/9) lalu AS kembali mendesak RRT dan Jepang untuk melakukan upaya diplomatik yang serius untuk menyelesaikan sengketa

Pulau Diaoyu (Pulau Senkaku) dengan damai. Pejabat AS yang khusus menangani masalah Asia Timur menyatakan bahwa pihak AS tidak akan memainkan peran mediasi dalam sengketa ini, dan menyebutkan kedua belah pihak baik RRT maupun Jepang agar sama-sama mengakui bahwa hubungan bilateral antara kedua negara sangat penting, dan AS yakin mediasi di antara keduanya akan mendatangkan hasil yang optimal.

Bersambung ke hal 7

Situs Kuno Afghanistan Terancam Punah CHEN JUNCHUN The Epoch Times Situs arkeologi Mes Aynak Provinsi Logar Aynak di Afghanistan memiliki sejarah 2.600 tahun. Wilayah ini memiliki kuil berukuran besar, ribuan patung Buddha, dan peninggalan seni budaya agama Buddha, adalah basis penting perdagangan Jalan Sutra kuno, sekaligus sebagai pusat kegiatan internasional dalam bidang perdagangan dan agama. Namun, lantaran sebuah perusahaan tambang milik RRT berencana mengeksploitasi tambang bijih tembaga lokal pada akhir tahun ini, monumen-monumen peradaban kuno tersebut terancam mengalami kehancuran.

P

ada 24 September lalu, CNN memublikasikan artikel dari Asisten Profesor Brent Huffman dari University School of Journalism Medill Northwestern, AS yang mengatakan bahwa di bawah reruntuhan situs agama Buddha, terdapat sebuah situs lebih kuno dari zaman perunggu yang belum tergali. Tetapi grup BUMN Sains dan Teknologi Metalurgi Tiongkok yang dikenal dengan singkatan Zhongye, pada akhir Desember tahun ini akan melakukan penambangan tembaga di lokasi

Tidak hanya etnis Asia, kebanyakan orang Amerika juga tertarik menanam sayuran di halaman rumah mereka sendiri. Baru-baru ini, dalam mempromosikan gaya hidup sehat dan bercocok-tanam di rumah sendiri, tidak perlu khawatir terhadap pestisida yang berlebihan. Dikombinasikan dengan cinta dan kesabaran, hasil produk pertanian yang dipanen sungguh memiliki cita rasa khusus. Menanam sayuran di rumah sendiri telah mulai menjadi tren baru, meskipun tren ini belum cukup populer, tetapi telah menambah topik baru bagi kehidupan masyarakat kota dan telah membuka sebuah etos baru.

Harga tanah di Hong Kong bagaikan harga emas. Sebagian orang Hong Kong yang hidup di hutan beton lebih mendambakan memiliki sebidang kecil ruang hijau mereka sendiri. Kini, prakarsa untuk menanam sayuran di atap bangunan bertingkat tinggi memperoleh respek orang-orang Hong Kong. (PHILIPPE LOPEZ / GETTY IMAGES)

Tidak ingin tinggal di rumah pedesaan yang jauh, sebagian perumahan modern perkotaan mulai dilengkapi dengan taman mini yang tersedia bagi “petani urban” untuk menikmati hobi bercocok tanam sendiri. Banyak penduduk kota berharap dapat memiliki sepetak kebun sayur mini pribadi. Pada akhir tahun ini, perusahaan metalurgi Zhongye berencana mulai mengeksploitasi tambang tembaga di situs Aynak Afghanistan, yang akan membuat situs budaya berusia ribuan tahun itu hancur dalam sekejap. Foto nampak seorang pekerja tambang sedang beraktivitas. (INTERNET)

tersebut. Situs-situs dan 6 buah desa terdekat beserta punggung bukitnya akan mengalami penghancuran. Huffman yang sedang membuat film dokumenter tentang situs Aynak menyatakan bahwa perusahaan metalurgi Zhongye pada 2007 memperoleh hak guna usaha selama 30 tahun dengan biaya 3 miliar dollar AS (30 triliun rupiah). Perusahaan itu berencana mengeksploitasi tambang tembaga senilai lebih dari 100 miliar dollar AS (1.000 triliun rupiah) dari lokasi tepat di bawah situs kuno tersebut. Di bawah tekanan opini internasional, pada tahun 2009 perusahaan berjanji memberi waktu tiga tahun bagi para arkeolog untuk menyelamatkan artefak kuno.

Bersambung ke hal 7

Populernya Kebun Sayur Pribadi di Atap Gedung Situs Deutsche Welle edisi bahasa Mandarin melaporkan, di atas atap sebuah gedung berlantai 14 di Hong Kong terlihat sayuran dari kotak / petak tanam yang terisi penuh dengan media tanam, seperti mentimun dan kentang. Di Hong Kong, kota metropolitan Tiongkok dengan jumlah penduduk 7.000.000 jiwa ini, taman pribadi yang dibangun di atas atap gedung kini sedang diminati. Perawat Melanie Lam yang bekerja di sebuah RS di Hong Kong mengilustrasikan: “Jika dapat memakan sayuran yang ditanam sendiri, itu betul-betul merupakan kebahagiaan yang tak terhingga.”

Bersambung ke hal 7

3000 Lintang Utara yang Misterius Kerap Terjadi “Kasus Tak Tertangani” SUN YUN The Epoch Times Pada masa PD II, pasukan AS kehilangan 468 unit pesawat militer di wilayah ini. Lintang ini merupakan lokasi Lembah Kematian, Kapal Siluman, Gempa Wenchuan di RRT, perairan Segitiga Naga di Jepang, dan Segitiga Bermuda. Semua “kasus misterius” abad ini bertempat di lintang yang sama di bumi, yakni 300 lintang utara. Mengapa demikian?

Sudah sejak lama di sekitar daerah 300 lintang utara (LU) terjadi peristiwa pesawat dan kapal laut yang mengalami naas atau menghilang. Kejadian “misterius” terus terjadi. Bangunan kuno dan tempat misterius juga terletak di lintang ini. Apakah ini suatu kebetulan, atau merupakan pengaturan Sang Maha Pencipta, atau dikendalikan oleh suatu kekuatan yang untuk sementara ini belum dapat diketahui oleh umat manusia? Berbagai praduga dan asumsi pun terus bermunculan, dan terus disangkal, dan hingga saat ini belum terdapat jawabannya yang pasti.

Berkumpulnya Bangunan Kuno dan Tempat Misterius Surat kabar Australian Journal beberapa hari lalu memberitakan bahwa di lokasi ini terdapat Segitiga Bermuda, Segitiga Naga (di wilayah laut antara Jepang dan RRT), kebudayaan kuno Maya, piramida Mesir, negara kuno Babilonia, suku Jiaye Shennong di RRT, serta piramida Firaun Khufu Mesir kuno. Juga merupakan lokasi Sungai Nil, Sungai Yangtze, Sungai Mississippi, dan banyak sungai besar lainnya yang bermuara di laut.

Bersambung ke hal 7

30 derajat lintang utara, merupakan daerah yang misterius. Bukit Kematian, Kapal Siluman, Gempa Besar, Segitiga Naga di Jepang, dan Segitiga Bermuda berada di sini. (INTERNET)


FOKUS DAN OPINI

2

TheEpochTimes CERMATAN DINAMIKA DUNIA 04 - 10 Oktober 2012

Protes yang Mendesak - Kasus Penindasan Falun Gong

Mengapa Perlu Simpati Terhadap Pencurian Organ Praktisi Falun Gong (2)

DAVID MATAS Pengacara HAM Internasional

Anti Semitisme sesungguhnya juga berhubungan dengan agresi Jepang. Jepang mendapat kesempatan melakukan agresi ke Asia, disatu sisi karena Jepang bersama Jerman dan Italia telah menandatangani persekutuan 3 pihak; disisi lain disebabkan oleh kekuatan Kolonial di Asia, antara lain Prancis, Belanda serta Inggris sedang diserang Jerman, sehingga terjadi vakum kekuasaan di Asia. Kebencian terhadap orang Yahudi sesungguhnya telah menyeret seluruh dunia terjun dalam peperangan.

J

ika kita sama sekali tidak paham tentang Falun Gong, sebaiknya kita mencari tahu, dan cepat-cepat memahaminya. Penganiayaan terhadap kelompok Falun Gong yang dilakukan pemerintah RRT sangat mungkin akan memengaruhi kita semua. Walaupun RRT tidak melakukan agresi ke negara lain untuk membunuh praktisi Falun Gong setempat, namun kegiatan mata-mata, penyusupan dan upaya penekanan telah menjadi pekerjaan rutinnya. Pemerintah RRT di skala dunia memfitnah dan menyudutkan Falun Gong dengan siasat mengancam, intimidasi, tekanan secara politik serta pancingan dan penyuapan dengan uang dan lain sebagainya. Pelanggar HAM sering kali menggunakan strategi “menaklukkan satu persatu”. Mereka melalui memisahkan para korban

Sidang Dewan HAM PBB ke-21 pada 10 - 28 September lalu diadakan di Palais des Nations PBB Jenewa, Swiss. Sidang mengajukan dakwaan terhadap rezim PKT yang melakukan perampasan organ dalam keadaan hidup para praktisi Falun Gong di RRT, hal itu telah membangkitkan semangat para perwakilan dari berbagai negara tersebut. (DOKUMEN EPOCH TIMES)

dengan orang yang tidak bersangkutan, membuat acuh tak acuh dalam kelompok orang-orang yang seharusnya dapat memberi bantuan, sehingga dapat melakukan fokus penyerangan terhadap mereka yang paling lemah. Kita harus membantu orang yang tidak bersangkutan memahami: mereka adalah satu tubuh dengan para korban. Dengan demikian kita baru dapat mengalahkan perilaku acuh tak acuh itu. Yang membuat kita menyesal adalah ada begitu banyak kasus pelanggaran HAM yang perlu kita lawan. Ketika hen-

dak memilih kasus mana yang ditangani dahulu, kita harus menangani dulu kasus terburuk. Kita harus membantu korban yang tidak mampu menangani kasusnya di dalam negeri sendiri. Jika Anda adalah seorang aktivis HAM RRT yang menyuarakan dengan lantang masalah Falun Gong, Anda sendiri juga mungkin sekali berubah menjadi korban HAM. Kasus Gao Zhisheng (pengacara HAM terkenal Tiongkok non praktisi Falun Gong yang berani membela Falun Gong, hingga sekarang masih disekap di

dalam penjara PKT) merupakan penjelasan yang paling tepat sekali. Orang di luar RRT bisa membantu praktisi Falun Gong di RRT, karena hanya orang dari luar RRT baru memiliki keunggulan jaminan keamanan. Di luar negeri, melakukan perlawanan terhadap penindasan HAM oleh penguasa – penguasa kejam hampir membuat orang putus asa. Karena penindasan-penindasan itu begitu mengakar sangat kuat, kelihatan sama sekali tak tergoyahkan. Akan tetapi dihapuskannya politik apartheid di Afrika Selatan, tercerai-berainya Uni Soviet serta sistem komunis di Eropa Timur, perubahan situasi keamanan negara-negara di Amerika Latin serta digulingkannya tirani Tunisia dan Mesir tidak lama ini, peristiwaperistiwa tersebut telah memperlihatkan secara jelas kesimpulan yang berlawanan. Kekakuan kekuasaan-kekuasaan tersebut justru juga menandakan mereka sangat mudah hancur. Memberi tekanan terhadap kejahatan HAM yang mereka lakukan, lambat laun akan menggoyahkan kekuasaan mereka, terus menerus hingga terakhir mengalami kehancuran. Dalam keadaan apapun, ketika kita menyampaikan protes terhadap pelanggaran HAM, pendengar utama kita seharusnya adalah para koban, bukan pelaku kejahatan. Aksi protes kita, belum tentu dapat menggerakkan hati pelaku pelanggaran HAM, namun pasti dapat nenyentuh hati para korban. Bagi sebagian besar korban, di tengah kesulitan mereka yang paling berat adalah rasa putus asa, itu muncul karena mereka merasa tidak diperhatikan bahkan ditinggalkan orang. Kita perlu berdiri bersama para korban dan memberitahu mereka, kami mengetahui segala

sesuatu yang terjadi, kami menentangnya. Seruan kita akan memberi para korban sebuah resep yang mujarab. Hak Asasi Manusia adalah milik pribadi dan bukan milik pemerintah. Menyerahkan HAM kepada pemerintah, ia pasti menjadi layu. Setiap pribadi harus melindungi HAM-nya demi menjamin hak-hak tersebut berlanjut tanpa akhir. Kejahatan terhadap kemanusiaan adalah ditujukan kepada semua orang, ketika dosa tersebut terjadi, kita semua merupakan korbannya. Ketika kita sendiri menghadapi lingkungan penindasan, ketika anggota rumah tangga orang lain mengalami perlakuan tidak adil, kita seharusnya tidak boleh berdiam diri. Melakukan perlawanan terhadap kejahatan pelanggaran HAM yang terjadi di luar negeri, merupakan wujud peri kemanusiaan dan cinta kasih, sedangkan bersikap masa bodoh dan pura-pura tidak tahu adalah keji dan tidak manusiawi. Tindakan kita menentukan bagaimana memosisikan diri kita sendiri. Jika mengabaikan dilema praktisi Falun Gong, sesungguhnya kita sedang mengikis sifat kemanusiaan diri sendiri, mengubah diri kita sendiri menjadi kelompok manusia yang egois dan acuh tak acuh. Sebagai seorang non praktisi Falun Gong kita tampil melakukan protes terhadap penganiayaan Falun Gong. Ketika kita berdasarkan semangat peri kemanusiaan, dengan lintas batas kenegaraan, sekat spiritual dan kebudayaan, kita akan dapat mengukuhkan sifat kesatuan yang paling fundamental dari diri sendiri dan bersatupadu. Semangat peri kemanusiaan merupakan milik kita bersama dan merupakan sabuk penghubung antar manusia. (tys) (Penulis David Matas adalah seorang pengacara HAM internasinal ternama dari Kanada. Telah menerbitkan 8 buah monografi, pernah melakukan pembelaan kasus-kasus HAM dari berbagai organisasi internasional di Pengadilan Tinggi Kanada. Pernah menjabat berbagai jabatan di pemerintahan dan mendapatkan banyak penghargaan dan kehormatan).

Dari Kremlinologi Ke Astrologi Zhongnanhai Oleh:

HE QINGLIAN Kabar perseteruan kekuasaan di Beijing dimana terjadi “orang dalam membocorkan rahasia” sempat surut beberapa waktu lalu.

K

arena putra mahkota Xi Jinping baru-baru ini sempat “menghilang” selama belasan hari, sama sekali belum memberikan penjelasan apa pun mengenai penyebab menghilang dirinya, pernyataan sikapnya dalam hal diplomatik pun kadang keras kadang melunak, sehingga media asing pun mulai menganalisa kelompok faksi dan kepribadian sang pemimpin ini. Karena kurangnya informasi, sementara informasi dari si penyebar berita tidak bisa sepenuhnya dipercaya, sedikit banyak “ilmu astrologi ala Kremlin” pun dikerahkan. Ilmu astrologi Kremlin adalah semacam alias terhadap ilmu Kremlin atau Kremlinologi. Saat Uni Soviet mendapat julukan “Tirai Besi” dan berada dalam keadaan terisolasi dari dunia Barat, Kremlinologi terutama mengandalkan media milik pemerintah untuk memahami perubahan personalia di kalangan petinggi komunis Soviet, lalu menyimpulkan orientasi politik Uni Soviet berdasarkan informasi tersebut, terutama informasi mengenai perubahan suksesi dan struktur kekuasaan petinggi komunis Soviet. Contohnya, M. Tatu yang pernah menganalisa tokoh komunis Soviet, Suslov, yang bertanggung jawab perihal ideologi politbiro sebelum dan sesudah Kongres-21 Komunis Soviet, dibandingkan dengan PM Kosygin yang seolah lebih senior darinya, dan pemimpin tertinggi Soviet Podgorny, jabatan siapa lebih penting (lihat karyanya yang berjudul Power In The Kremlin). Dasar yang dipakai adalah karena dalam

beberapa kali pertemuan Suslov selalu mendampingi Sekjen Brezhnev, dan duduk di sebelah kiri atau kanannya. Pergolakan politik dalam Istana Kremlin sama sekali tertutup bagi dunia luar, di tengah kondisi di balik Tirai Besi yang serba misterius, kesimpulan seperti ini sering kali menjadi referensi bagi analisa lebih lanjut kalangan media massa. Namun karena informasi yang terlalu minim, Kremlinologi pun sering kali meleset. Contohnya tidak ada seorang pun yang meramalkan Khrushchev akan lengser. Karena itulah, sejumlah pengamat Soviet menganalisa dengan susah payah Kremlinologi tersebut, dan menjulukinya sebagai ilmu astrologi Kremlin. Maksudnya, perkiraan terhadap pergolakan di kalangan petinggi komunis Soviet itu tidak berbeda dengan para ahli astrologi yang misterius. Cara seperti ini mirip dengan rakyat Tiongkok disaat membaca surat kabar People’s Daily, penelitian terhadap Tiongkok sebelum RRT melakukan reformasi keterbukaan juga seperti itu. Tapi hingga saat ini, pemahaman para pengamat luar (terutama reporter asing) terhadap negara ini jauh melebihi para pendahulu mereka. Dengan mengandalkan pengalaman selama menetap cukup lama di RRT, ditambah lagi dengan efek penyebaran lewat internet, sudah tidak banyak berita di RRT yang mampu mengelabui para pengamat asing. Contoh pengamatan tahun ini terhadap Kongres-18 PKT, para pengamat luar mengandalkan pengamatan mereka serta bocoran informasi dari berbagai faksi petinggi PKT untuk membuat analisa dan liputan tindak lanjut yang sangat intensif. Akan tetapi mereka pun tahu bocoran kabar seperti yang memiliki tujuan tertentu terkadang tidak nyata, oleh karena itu selain mengandalkan pengetahuan umum untuk menilai apakah informasi dalam ini dapat dipercaya atau tidak, mereka juga menggunakan ilmu astrologi Kremlin, menilai masalah tersebut lewat berita dari surat kabar

People’s Daily, CCTV, majalah Seeking Truth dan lain-lain, untuk kemudian menyimpulkan orientasi para pemimpin dan juga niat mereka yang sebenarnya. Yang lebih lucu lagi adalah, meskipun media massa Hong Kong yang pro PKT pun mengalami hal yang sama, mereka pun menggunakan ilmu astrologi Kremlin, seperti surat kabar Sing Tao Daily dan media massa Hong Kong lainnya baru-baru ini meramalkan akan diumumkan secara resmi pecat ganda (pecat jabatan dan keanggotaan partai) terhadap Bo Xilai (mantan walikota Chongqing yang berambisi merebut kekuasaan tertinggi PKT) setelah Rapat Plenari Ke-7 dalam Kongres-17. Dasar yang dipakai adalah saat Wang Lijun (mantan wakil Bo Xilai yang membelot dari atasannya) diadili baru-baru ini. Dalam surat tuduhan disebutkan Wang berjasa telah mengekspos kejahatan orang lain (pemimpin Kota Chongqing yakni Bo Xilai), serta Kantor Berita Xinhua yang memuat artikel panjang dari awal hingga akhir kasus Wang Lijun, untuk pertama kalinya diungkap Bo Xilai melindungi istrinya Gu Kailai yang melakukan pembunuhan, hal ini telah melanggar hukum pidana. Sepuluh tahun lalu, tidak sedikit orang yang menilai Hu Jintao memiliki “cita-cita mulia” di balik kepribadiannya yang tidak banyak bicara, dan menyebutnya “berpikir masak-masak sebelum bertindak” saat Hu tidak melakukan apa-apa. Hal pertama yang dilakukan oleh Hu Jintao setelah menjabat justru adalah bersembahyang di “tempat suci revolusi” di Xibaipo, lalu menyatakan ingin mendorong “semangat Yan An”, tapi oleh sebagian orang dikatakan sebagai bom asap yang digunakan untuk mengecoh Jiang Zemin, Hu sedang menunggu saat yang tepat untuk melakukan reformasi politik. Periode pertama Hu dan Wen menjabat pun dilalui di tengah analisa asing yang tidak masuk akal. Xi Jinping dan para pemimpin generasi

Rangkaian Editorial 9 Komentar Mengenai Partai Komunis (86):

Bab VII : Sejarah Pembunuhan PKT Yang pertama adalah tahap permulaan di mana terornya secara tersembunyi dan misterius. Buku catatan sejarah dari kabupaten mendokumentasikan sebuah kejadian yang tipikal: Pada tengah malam, si pembunuh akan secara sembunyi-sembunyi mencari korbannya dan membedahnya untuk diambil jantung dan hatinya. Karena mereka tidak berpengalaman dan masih takut, mereka salah mengambil paru-parunya, sehingga mereka harus balik kembali. Mereka akan memasak hati dan jantung tersebut, sebagian ada yang membawa minuman keras dari rumah, dan lainnya membawa bumbu,

lalu semua pembunuh ini dengan tanpa bersuara akan memakan organ tubuh manusia tersebut dengan penerangan dari api panggangan. Tahap kedua adalah tahap puncak di mana teror dilakukan secara terbuka di depan umum. Selama tahapan ini, pembunuh-pembunuh kawakan telah menjadi berpengalaman dengan cara mengeluarkan jantung dan hati saat korban dalam keadaan masih hidup, dan mereka mengajarkan pada lainnya, untuk memperbaiki teknik mereka agar menjadi lebih sempurna. Misalnya ketika membedah orang yang masih hidup, si pembunuh hanya perlu membuat irisan pada perut

sang korban, lalu menginjak tubuhnya (jika si korban diikat pada pohon, si pembunuh akan menendang perut bawah korban dengan menggunakan lutut) maka jantung dan organ-organ lainnya akan berjatuhan keluar dengan sendirinya. Kepala dari tim pembunuh berhak atas jantung, hati dan alat kelamin, sementara yang lainnya boleh mengambil sisanya. Pemandangan yang mengerikan ini bahkan dimeriahkan dengan bendera-bendara dan seruan-seruan. Tahap ketiga adalah tahapan yang gila di mana kanibalisme menjadi gerakan besar-besaran yang tersebar luas. Di Kabupaten

Nikita Kruschev bersama pemimpin Uni Soviet lainnya ketika menjamu Bung Karno di istana Kremlin pada Agustus 1956 silam. (INTERNET)

kelima lainnya jelas tidak lebih beruntung daripada Hu dan Wen, pengamatan kalangan media dan pengamat asing sudah jauh lebih canggih dibandingkan 10 tahun lalu. Munculnya kembali Xi Jinping setelah “menghilang misterius”, meskipun telah diklarifikasi oleh mantan pemimpin eksekutif Hong Kong Dong Jianhua, bahwa Xi mengalami cedera punggung saat berenang, dan Dong menyatakan bahwa pemberitaan oleh media yang mengatakan Xi dibunuh, terluka, bahkan operasi karena sakit adalah dugaan semata. Namun penjelasan Dong Jianhua seperti ini tidak dapat dipercaya begitu saja, tidak sedikit orang masih beranggapan “menghilang misterius”nya Xi patut dicurigai. Sudah sejak lama penguasa Beijing mengutarakan niatnya untuk meningkatkan “transparansi dan keterbukaan politik”, tapi politik di balik layar yang selalu bersembunyi di belakang dinding merah itu masih terus memainkan kekuasaannya, bahkan waktu untuk menggelar Kongres-18 pun masih menjadi tanda tanya orang banyak, seolah kembali lagi ke masa kepemimpinan politik kerajaan Mao. Keberadaan “politik kotak hitam” seperti ini hanya akan dapat semakin meremajakan ilmu astrologi Kremlin. Oleh karena itu ilmu astrologi Kremlin mungkin sebaiknya juga berganti

Wuxuan, bagai anjing-anjing liar yang memakan mayat pada masa epidemi; orang-orang dengan gila memangsa orang lain. Seringkali sang korban pada awalnya “dikritik secara umum”, dan setiap kali sesudah itu pembunuhan terjadi, yang diikuti dengan kanibalisme. Begitu si korban jatuh ke tanah, hidup ataupun mati, orang-orang akan mencabut pisau yang telah mereka siapkan dan mengelilingi si korban, menyayat tubuh si korban untuk mengambil bagian sebisanya. Pada tahapan ini, rakyat biasa pun ikut terlibat dalam kanibalisme ini. Badai dari “perjuangan kelompok” melenyapkan semua rasa berdosa dan sifat hakiki dari pikiran manusia. Kanibalisme mewabah bagaikan sebuah epidemi dan orang-orang menikmati pesta kanibalisme. Semua bagian dari

nama menjadi ilmu astrologi Zhongnanhai. Tapi yang perlu diperjelas adalah, ilmu astrologi Zhongnanhai berbeda dengan ilmu astrologi Kremlin. Karena adanya internet, pembatasan untuk menulis artikel sangat minim, sehingga banyak penebar rumor yang tersembunyi menyebarkan berbagai isu mengenai orientasi Zhongnanhai dengan tujuan yang berbeda-beda. Hal ini semakin meningkatkan taraf tidak dapat diandalkannya ilmu astrologi Zhongnanhai ini. Dulu orang-orang yang terlibat dalam ilmu astrologi Kremlin adalah berwujud nyata, jika salah menebak mereka harus rela nama baiknya tercemar; sekarang orang yang terlibat dalam ilmu astrologi Zhongnanhai sudah mengenakan jubah kamuflase, tak terlihat dan tidak perlu bertanggung jawab atas pernyataan ataupun isu apa pun yang disebarkannya. Sejak rezim partai komunis muncul, politik di balik dinding merah di Uni Soviet dan RRT ini telah menciptakan ilmu astrologi Kremlin dan ilmu astrologi Zhongnanhai. Sebuah rezim yang dibangun dengan mengandalkan politik di balik layar, memiliki ketidak-pastian yang sangat besar bagi rakyatnya maupun dunia internasional, perseteruan RRT dan Jepang dalam masalah Pulau Diaoyu adalah contoh nyatanya. (sud)

tubuh manusia bisa dimakan, termasuk jantung, daging, hati, ginjal, siku, kaki, dan urat. Tubuh manusia bisa dimasak dalam berbagai cara termasuk dengan cara merebus, mengukus, tumis, dipanggang, digoreng dan di-barbeque… Orang meminum arak atau anggur sambil memainkan suatu permainan ketika mereka menyantap tubuh manusia. Pada masa puncak gerakan ini, bahkan kafetaria dari organisasi pemerintah tertinggi, Komite Revolusionaris Kabupaten Wuxuan menyediakan menu daging manusia. Pembaca tidak boleh salah berpikir bahwa festival kanibalisme semacam ini adalah semata-mata suatu perilaku masyarakat yang tak terkendali. PKT adalah organisasi menyeluruh yang mengendalikan setiap sel dari masyarakat. Tanpa dorongan dan manipulasi dari PKT,

gerakan kanibalisme tidak mungkin terjadi sama sekali. Sebuah lagu yang ditulis oleh PKT yang menyanjung dirinya sendiri berbunyi: “Masyarakat lama17) mengubah orang menjadi hantu, masyarakat baru mengubah hantu menjadi manusia.” Tetapi, pembunuhan-pembunuhan dan pesta kanibalisme ini telah menunjukan pada kita bahwa PKT bisa mengubah manusia menjadi monster atau iblis, karena PKT sendiri lebih kejam daripada monster maupun iblis yang mana pun. Bersambung Catatan: [17] Yang disebut “masyarakat kuno” oleh PKT, adalah periode sebelum tahun 1949, dan yang disebut “masyarakat baru” adalah periode sesudah tahun 1949 ketika PKT mengambil alih kekuasaan negara.

Hingga 01 Oktober 2012, orang yang mengundurkan diri dari Partai Komunis Tiongkok serta organisasi-organisasi yang terkait, sebanyak:

124.838.980


KEHIDUPAN

TheEpochTimes CERMATAN DINAMIKA DUNIA 04 - 10 Oktober 2012

3

Lindungi Hati Tak Bersalah Selama Periode Kebohongan

Foto Jennifer Zeng pada upacara penghargaan Festival Film Free Speech, pada 12 Mei lalu di Philadelphia. Film Free China, yang mengisahkan penderitaan Jennifer yang mengalami penganiayaan di Tiongkok karena keyakinannya terhadap Falun Gong, meraih penghargaan tertinggi di festival tersebut. (EDWARD DAI/THE EPOCH TIMES)

JENNIFER ZENG The Epoch Times

Putri saya lahir di Beijing pada 1992, Tahun Monyet. Saat itu, saya hampir meninggal akibat komplikasi kelahiran dan seluruh keluarga sangat kuatir. Nenek berseru, “Anak ini bisa menjadi apa, memasuki dunia yang kacau seperti ini?”

P

utri saya belajar mengatakan “tidak” ketika ia berusia 1,5 tahun. Hari itu, dia melakukan sesuatu yang nakal. Saya memasang wajah keras dan mulai memarahinya, tapi yang mengejutkan, ia tidak takut atau marah sama sekali. Menatap padaku, seraya mengerutkan dahi dan tampak jelas berupaya berkata, “Tidak, Mama! Jangan marah!” Itu upaya pertamanya untuk mengatakan “tidak”, jelas dan tegas. Seolah-olah dia lebih memedulikan saya daripada mempermasalahkan peneguran itu. Seketika saya tahu bahwa semua yang telah saya lalui, akan dilaluinya juga, ini akan sangat bermanfaat. (1) Putri saya mulai mengkhawatirkan kehidupan saat baru berusia 2,5 tahun. Suatu hari, saya membawanya berjalan-jalan ke sebuah sekolah dasar, dan kami duduk di taman bermainnya. Dia melihat dengan penuh keingintahuan pada ruang kelas dan bertanya, “Ma, apakah aku bisa ikut bersekolah juga?” “Tidak, kamu terlalu kecil,” kataku. Dia terdiam beberapa saat, kemudian dengan desahan panjang, dia berkata, “Ma, kapan aku SELAMANYA menjadi lebih tinggi?” Dia menekankan kata “selamanya” dengan kekuatan seperti itu, seolaholah dia telah terganggu oleh masalah ini untuk waktu yang lama. Saya kehilangan kata-kata saat saya menatap matanya, merenungkan dalam hati apakah dia benar-benar semacam seorang filsuf yang bereinkarnasi. Akhirnya, saya menjawabnya dengan cara yang sangat tidak filosofis. “Makan lebih banyak, dan kemudian kamu secara bertahap akan tumbuh lebih tinggi.”

(2) Ketika putri saya berusia 3,5 tahun, sebenarnya dia mengajarkan saya sebuah pelajaran. Dengan nada yang serius dia bertanya padaku, “Mama, mengapa ada orang jahat di dunia ini?” Heran, aku menatapnya dan berpikir, “Ya, memang kenapa? Jika tidak ada orang jahat, hanya ada orang baik, bukankah menjadi dunia yang hebat?” Ratusan pikiran dan ribuan kemungkinan melintas di pikiran saya, tetapi pada akhirnya saya tidak bisa menjawabnya dengan perkataan yang bisa dimengerti oleh anak berusia tiga tahun. Saya hanya bisa mengatakan padanya dengan jujur, “Mama tidak tahu.” Dia memiringkan kepalanya dan berkata dengan bangga, “Ya, aku tahu!” Dengan terkejut, saya berkata, “Benarkah? Lalu katakan padaku mengapa ada orang jahat.” “Mereka terus melakukan hal-hal buruk, sehingga mereka berubah menjadi orang jahat!” Wah, hanya itu? (3) Suatu hari, ketika putri saya berusia 4,5 tahun, suami dan saya membawanya naik mobil. Itu mungkin merupakan hari yang terindah. Kami melihat banyak mobil pernikahan sepanjang jalan, masing-masing lebih mewah daripada yang terakhir. Putri saya menatap keluar jendela dengan penuh semangat. Setelah beberapa saat suami saya menggodanya, “Ketika kamu menikah nanti, apakah kamu ingin naik limusin?” Ia membenamkan diri kembali ke kursi, dan langsung menjawab dengan nada serius, “Kita lihat saja ketika saatnya tiba.” Setelah itu dia tidak melihatnya lagi. Sekali lagi, jawabannya membuat saya terkejut dan kagum. Bagaimana dia menjaga untuk tetap tenang pada usia itu? (4) Putri saya sangat cerdas untuk seusianya. Dia sudah berada di tahun kedua sekolah dasar ketika dia berumur lima setengah. Ketika saya pergi ke pertemuan wali murid dan guru, saya melihat tanda besar di dekat gerbang sekolah, yang berbunyi: “Belajar untuk menjadi. Belajar mengetahui. Belajar melakukan. Belajar menjadi sehat dan kuat.”

Setelah pulang ke rumah, saya bertanya kepadanya, “Apa yang dimaksud dengan arti ‘belajar untuk menjadi’?” Saya telah bersiap untuk memberinya penjelasan panjang padanya, dia tersenyum dan berkata dengan enteng, “Aku tahu! Hanya untuk menjadi orang baik!” Seketika saya lupa dengan penjelasan yang telah saya siapkan dan hanya ingin mengaguminya. (5) Ketika putri saya berusia enam tahun, suatu hari saya mendengar dia berbicara dengan neneknya di kamar sebelah. “Nek, ayo berlatih Falun Gong. Ini benar-benar baik untuk kesehatan nenek. Percayalah padaku!” Memang benar. Putri saya tahu bahwa saya sangat lemah dan memiliki kesehatan yang buruk selama beberapa tahun, tapi setelah berlatih Falun Gong (merupakan latihan meditasi yang berdasarkan prinsip Sejati, Baik dan Sabar). Saya telah benar-benar pulih. Jadi dia membuat rencana yang sama untuk neneknya, ingin dia menjadi sehat juga. Nenek berkata, “Nenek tidak tahu harus bagaimana.” “Biar Mama yang mengajari Nenek.” “Tapi penglihatan nenek buruk dan tidak bisa membaca buku.” “Saya bisa membacakan untuk nenek!” Nenek tidak bisa menemukan alasan untuk menolak, jadi dia mencoba untuk memuaskan cucunya dengan mengatakan, “Baik, baik, nenek akan belajar ketika nenek punya waktu.” Bagaimanapun, putriku tidak menyerah begitu saja. Dia menjadi emosional saat berkata, “Nenek, aku tidak ingin nenek meninggal.” (6) Ketika putri saya hampir berusia tujuh tahun, banyak stasiun televisi lokal mulai menyiarkan program yang memfitnah dan menyerang Falun Gong. Kebohongan yang begitu aneh, saya tidak bisa memercayai apa yang saya dengar, dan serangan itu begitu berat sehingga saya hampir tidak bisa berpikir rasional. Ketika menonton suatu program, putri saya bertanya dengan membelalakkan mata, “Ma, mengapa mereka mengatakan praktisi Falun Gong sebagai orang jahat?” Hatiku sangat sakit bagaikan

Tao Mengatur Alam (3) :

Kloning LIU RENYI The Epoch Times

Mengapa dari sisi teori dikatakan, melalui sebuah sel yang diambil acak dari tubuh seorang manusia, dapat disalin sesosok manusia lainnya yang utuh dan sama persis? Kloning

K

loning ialah dari dalam tubuh seseorang katakanlah si A, secara acak diambil sebuah sel kering, lalu inti sel dari sel kering itu diekstrak. Kemudian dicarikan sebuah sel telur, disingkirkan inti sel dari sel telur tersebut tapi tinggalkan

cairan selnya, selanjutnya inti sel dari sel kering tersebut di atas ditaruh di dalam cairan sel dari sel telur itu, lalu memecahnya dengan menggunakan katalis enzim hayati. Kemudian diletakkan dalam sebuah lingkungan yang sesuai agar ia tumbuh, akhirnya tumbuh menjadi sebuah individu hidup yang sama persis dengan si A. itulah kloning, juga dinamakan penyalinan biologis. Mengapa dari sisi teori dikatakan, melalui sebuah sel yang diambil acak dari tubuh seorang manusia, dapat disalin sesosok manusia lainnya yang utuh dan sama persis? Dikarenakan, sel sebagai roh dari tubuh manusia, ia mengandung seluruh informasi dari tubuh manusia tersebut. Juga dapat dikatakan ia se-

“digigit oleh seribu ular”. Saya tahu, dia tidak pernah berpikir bahwa praktisi Falun Gong sebagai “orang jahat” karena dia tidak pernah melihat mereka melakukan hal-hal buruk. Selain itu, saya telah mengingatkannya untuk menjadi orang baik sepanjang waktu. Saya tidak bisa mengatasi kebingungan di matanya, atau harapannya dan meminta jawaban segera yang terus terang. Saya hanya tidak tahu bagaimana menjawab pertanyaannya. Saya memiliki pikiran yang berat memberitahunya untuk mengatakan pada orang-orang televisi itu, tapi kemudian seorang teman menjawabnya dengan baik, “Mereka memutarbalikkan kebenaran dan memiliki hati nurani yang salah karena perbuatan dosa mereka sendiri!” (7) Ketika putri saya berusia 7,5 tahun, saya dikirim ke kamp kerja paksa karena berlatih Falun Gong. Putri saya datang mengunjungi saya beberapa bulan kemudian. Saat melihat saya, dia mulai berbicara serius, “Ma, saya telah belajar bermain suling. Kami sekarang memiliki ‘denting lonceng kecil’ di rumah kami.” Dia terus berceloteh tentang betapa senangnya dia dengan ‘denting lonceng kecil’, meskipun pada akhir dua puluh menit kunjungannya saya masih tidak tahu apakah itu adalah mainan, hewan peliharaan atau seseorang. Setidaknya saya merasa lega mendengar dia berbicara seperti itu. Saya berpikir sendiri, “Syukurlah, seorang anak yang tidak tahu merasakan kesedihan yang sangat. Tampaknya dia bahagia dan tak merasa terganggu oleh ketidakhadiran ibunya di sampingnya.” Lebih dari setahun kemudian saya mengetahui bahwa neneknya telah melarang keras dia untuk memberitahu orang lain tentang penahanan saya di sebuah kamp kerja paksa, di mana dia mengira hanya para penjahatlah yang seharusnya ditahan. Tidak peduli seberapa tak adilnya itu, penahanan dianggap memalukan dan merendahkan reputasi keluarga. Karena masih muda, ia tak bisa menahan diri. Dia menceritakan rahasianya kepada gurunya dalam sebuah esai. Mungkin, secara tidak sadar, ia membayangkan guru wali kelas sebagai ibunya yang hilang. Nenek memarahinya karena hal itu, karena ia ingin menghindari diskriminasi terhadap cucunya. Untuk menghindari hal ini, ayahnya harus memindahkannya ke sekolah baru. (8) Pada saat hari pembebasan saya dari kamp, putri saya sudah berusia 8,5 tahun. Saya beruntung masih bisa hidup setelah lolos dari kematian. Beberapa hari kemudian, saya menemukan sebuah tulisan tangan putri saya di atas meja. Dia menulis, “Ma, saya menyarankan Mama untuk berhenti berlatih Falun Gong. Silakan lihat di buku ini.” Guru sekolah telah memberinya sebuah buku yang menggambarkan praktisi Falun Gong sebagai pembunuh dan psikopat. Saya mencoba untuk menjelaskan kepadanya bah-

wa saya adalah orang yang baik, dan bahwa buku tersebut telah direkayasa dan penuh kebohongan. Tetapi dia memotong perkataan dan berteriak putus asa pada saya, “Saya tahu Mama adalah orang yang baik! Tapi televisi mengatakan praktisi Falun Gong adalah jahat! Saya tidak tahu pada siapa yang harus dipercaya!” Matanya yang hitam penuh dengan kesedihan, dan ia tampak seperti seseorang yang sudah mengalami terlalu banyak hal dalam hidupnya. Hatiku terasa sakit tersayat. Aku bertanya-tanya berapa banyak yang ditanggung oleh makhluk kecil ini selama ketidakhadiran saya? Berapa banyak luka di hatinya? Bagaimana dia merespon ketika guru dan teman-teman sekolah bertanya di mana ibunya? Siksaan apalagi selain dia menderita selama ketidakhadiran saya? Sungguh menyakitkan bagi saya melihatnya berusaha memilih siapa yang harus dipercaya, apakah gurunya, media, orang-orang di sekelilingnya, atau ibunya sendiri. Saya harus menceritakan banyak hal yang saya biasanya tidak pernah diskusikan dengan anak kecil seperti dirinya: Revolusi Kebudayaan, Ketua Partai Liu Shaoqi, yang tewas selama Revolusi Kebudayaan, dan peristiwa Lapangan Tiananmen 1989. Meskipun kejadiannya sangat brutal, namun tidak ada cara lain untuk menghadapi kebohongan, dan meyakinkan dia untuk percaya padaku dan mencintaiku lagi. Beberapa hari kemudian, ia mengangguk kepalanya dengan sengaja sambil menceritakan apa yang ia temukan. “Tampaknya siapa pun yang berkuasa dapat membangkitkan sesuatu: Mao Zedong memiliki Revolusi Kebudayaan, Deng Xiaoping memiliki pembantaian Tiananmen Square, dan Jiang Zemin memiliki penganiayaan terhadap Falun Gong.” (9) Ketika putri saya hampir berusia sembilan tahun, saya menghadapi bahaya untuk dikirim kembali ke kamp kerja paksa. Saya tidak punya pilihan lain selain meninggalkan negaraku, meninggalkan putri saya dengan ayahnya untuk diasuh tanpa saya. Setahun kemudian, masih tidak dapat menemukan saya, polisi mengambil ayahnya pergi ke tempat yang tidak diketahui. Pada ulang tahun kesepuluh putriku, saya meneleponnya untuk mengucapkan selamat ulang tahun. Dia mengatakan, “Saya sama sekali tidak bahagia!” Air mata menggenang di mataku. Saya bertanya padanya, “Apakah ada berita tentang ayahmu?” “Ini semua salahmu! Ini semua salahmu!” Begitu jawabannya. Aku terdiam. Dengan dingin dia berkata dari ujung telepon, “Ada lagi yang ingin dikatakan?” Air mata membanjiri kedua pipiku. Saya tahu dia tidak bermaksud menyakitiku begitu dalam, dan ini bukan benar-benar dia sendiri yang mengatakan, dia pasti mendengarnya dari orang lain. Namun, hati saya juga sama sakitnya .

sungguhnya merupakan sebuah tubuh manusia mikroskopis dalam versi miniatur, ia berpadanan dengan seluruh tubuh dalam bentuk utuh. (perlu dijelaskan, meng-kloning manusia adalah pelanggaran hukum, disini hanya meminjam konsepsi ini untuk membahas sebuah pengertian.) Sedangkan DNA dari dalam inti sel, ia pun merupakan pusat dari sel, dengan kata lain DNA ini adalah pusat padanan dari tubuh manusia secara utuh, telah memadankan seluruh Tao dari tubuh manusia. Ilmu biologi menyebutnya gen, atau kode genetika. Tubuh manusia memiliki ratusan Qiao (dibaca: jiao. Bukaan, apertur), organ internal dan lainnya. Alam pun memiliki ratusan Qiao dan organ internal, demikian pula astronomi pun memiliki ratusan Qiao dan organ internal, kesemuanya satu per satu berpadanan dengan tubuh manusia. Organ dan sel tubuh manusia, masing-masing harus di lokasi yang sudah ditentukan serta melakukan fungsi masing-masing, tidak boleh sembarangan mengubah posisi dan tugas,

Ini mengingatkanku pada cerita yang dulu pernah saya baca. Tentang seorang penulis perempuan dari bekas negara Uni Soviet yang salah dipenjara. Putrinya yang telah remaja menulis kepadanya dan bertanya, “Ibu, tolong katakan padaku, apakah Ibu bersalah atau orangorang yang menjebloskan Ibu yang bersalah? Jika itu adalah Ibu, aku akan membencimu, jika itu adalah orang-orang yang menjebloskan, aku akan membenci mereka!” Sang ibu khawatir bahwa penyerangan terhadap mereka yang berkuasa akan menempatkan kehidupan putrinya dalam bahaya, jadi dia memutuskan untuk menelan pil pahit dan mengatakan padanya bahwa dia bersalah. Sebagai hasilnya, mereka berdua menderita selama sisa hidupnya. Saya tidak berniat untuk melakukan hal yang sama seperti penulis ini. Tetapi tinggal di luar negeri membuat komunikasi jadi sulit. Juga, telepon rumah kami di Tiongkok disadap dan surat-surat yang saya tulis untuk putriku disita sebelum dia menerimanya. Itu sangat sulit bagiku untuk melindungi hati yang tak bersalah dari racun kebohongan secara terus menerus yang datang dari mesin propaganda negara. (10) Baru-baru ini putri saya berusia sebelas tahun. Dalam mimpiku, saya sering terbang kembali ke rumah saya, dan mengkhawatirkan dirinya hilang keluguan dan kecerdasan lahirnya dan sampai demikian tersesat. Namun pada kesempatan lain saya berpikir mengirim salam untuk putriku yang luar biasa. Inilah apa yang saya ingin katakan, agar tidak diperbudak oleh kebohongan, untuk menyatukan kembali secara bermartabat, agar putri Anda di masa depan dan putri dari putri Anda tidak akan harus menderita dengan apa yang telah Anda derita, agar ribuan atas ribuan gadis-gadis kecil seperti Anda bisa tetap berada di sisi ibunya, untuk dicintai dan dimanjakan, ibumu melakukan yang terbaik. Ini adalah kegelapan sebelum fajar! Segera Anda akan menyaksikan fenomena yang menakjubkan sebuah kebenaran akan mengalahkan semua kebohongan dan kepalsuan, kebrutalan tidak dapat menundukkan kasih sayang dan keadilan, hari-hari kami untuk menikmati kebahagiaan dan kegembiraan di bawah matahari akan sekali lagi berada di sini. Memoar ini ditulis sebelum penulis dan putrinya bersatu kembali di Australia, pada 2004. Putrinya sekarang menjadi mahasiswa di Sydney dan melakukan studinya dengan baik. (deb) Jennifer Zeng, seorang penulis Witnessing History: One Chinese Woman’s Fight For Freedom and Falun Gong. Sebelum dianiaya di Tiongkok karena keyakinannya, ia seorang peneliti dan konsultan di Pusat Pengembangan Dewan Negara, kabinet negara. Kisahnya menjadi fitur dalam film dokumenter pemenang penghargaan, Free China, co-diproduksi oleh New Tang Dynasty TV dan World2Be Productions.

jika dilanggar tubuh manusia akan menjadi kacau, maka manusia itu akan mati. Sedangkan alam semesta juga sama, setiap Dewa, Tao, Buddha, semuanya berada di posisi masing-masing, semuanya menunaikan kewajiban masing-masing, juga tidak boleh kacau, itulah altar alam semesta. “Hati” adalah pusat dari tubuh manusia, dengan prinsip yang sama hati juga merupakan pusat padanan manusia itu. Segala hal dari manusia, faktor lingkungan luar dimana manusia itu berada, kesemuanya berpadanan dengan hati, di dalam hati terdapat sebuah titik pepadanan. Itulah mengapa seorang kultivator (zaman kuno disebut pertapa) melalui “pengkultivasian hati” mampu mengubah manusia secara utuh, bahkan mengubah lingkungan besar dimana manusia itu berada, itulah yang disebut “hati dapat mengubah lingkungan”. Juga disebut praktek kultivasi. Maka itu di dalam aliran Buddha terdapat ungkapan “Buddha ada di dalam hati”. (whs) bersambung minggu depan


4

KESEHATAN

TheEpochTimes CERMATAN DINAMIKA DUNIA 04 - 10 Oktober 2012

Menyapa Dunia Lewat “Hippotherapy”

T

Hippotherapy (Terapi Berkuda) —menggunakan kuda untuk membantu terapi —dapat membantu anak-anak menerobos hambatan psikologis, diantaranya problem lambat bicara, yang merupakan keistimewaan Freeman. (A.J. SILVA/VAN GARD STABLES/ COURTESY OF HORSETALK THERAPY)

FEBRIANT H Toby mengangkat tangan Nathan kecil, 4 tahun, dan menyentuhkannya ke punggung kuda. Ia menepukkan tangan Nathan dengan lembut sambil mengucapkan kata, “Jalan.” Si kuda maju selangkah. Nathan tersenyum.

oby memegang tangan Nathan kembali dan menepukkannya sekali lagi sambil memberi perintah “Jalan.” Sekali lagi si kuda maju satu langkah. Senyum Nathan semakin lebar. Toby melepaskan tangan Nathan dan melihat semangat di bola matanya. Tanpa ragu, Nathan menepuk punggung kuda. Tidak ada yang terjadi. Senyum memudar dari wajah Nathan, namun ia menepuknya kembali. Dan sekali lagi. Toby tersenyum padanya, menyentuhkan jarinya ke bibir, dan mengucapkan kata “perintah.” Nathan terlihat berusaha keras untuk memahami, tapi Toby terus menunjukkan jarinya dengan sabar, menunggu Nathan mencoba lagi. Tiba-tiba wajah Nathan berubah cerah. Dia menepuk kuda itu dan berseru, “Jalan kuda!” Kata pertama yang pernah diucapkannya sepanjang hidupnya. Nathan kecil telah didiagnosa menderita “keterlambatan perkembangan” (kondisi di mana anak tidak mampu mencapai perkembangan pada waktu yang diperkirakan) dan tidak pernah berbicara. Ibunya mendengar program hippotherapy Toby Freeman, HorseTalk, bagi anak yang mengalami kesulitan berbicara. Maka dia mendaftarkan Nathan ke program tersebut karena cara-cara terapi konvenional tampaknya tidak banyak membantu. Anak yang mengalami gangguan perilaku, seperti pada anak-anak berkebutuhan khusus, akan mengalami kesulitan dalam menerima dan mengintegrasikan beragam input yang disampaikan otak melalui inderanya. Akibatnya, otak tidak dapat memproses input sensoris dengan baik. Dengan demikian, otak juga tidak dapat mengatur perilaku anak agar sesuai dengan lingkungannya. Program Toby ini tepatnya berada di Raymond, New Hampshire, Amerika Serikat. Di Indonesia sen-

Rahasia “Tabib Sakti” (Tamat) WANG YUANFU Menurut catatan buku pengobatan kuno dan buku sejarah, Tabib Sakti Bien Que dan Hua Tuo sama-sama mempunyai kemampuan meneropong tubuh manusia. Kemampuan meneropong Bien Que dikenal dengan “Menembus tembok melihat benda”, sedangkan kemampuan meneropong Hua Tuo dinamakan “Mata dewa”. Mereka sama-sama dapat melakukan operasi pembedahan. Bien Que dapat melakukan “operasi ganti jantung”, sedangkan Hua Tuo melakukan pembedahan perut dan tengkorak. Lalu dari manakah sebenarnya “ketrampilan ajaib” mereka itu? Inilah yang sangat ingin diketahui oleh banyak orang. Pewaris “Prinsip Ilmu Kesehatan” Kaisar Kuning Wang Bo (650 – 676) penyair ternama pada awal tahun Dinasti Tang, mempunyai seorang teman akrab bernama Cao Yuan. Dia mempelajari banyak sekali teknik rahasia ilmu pengobatan dari Cao, sehingga dalam tulisannya dapat memaparkan urutan keturunan pewaris “Prinsip Ilmu Kesehatan” sebagai berikut : Qibo (Tabib tersohor zaman kuno menurut legenda) – Huang Di (Kaisar Kuning, lahir 2700 SM – wafat 2600 SM, dianggap sebagai nenek moyang bangsa

Tionghoa) – Yi Yi (Perdana Menteri Dinasti Shang) – Shang Tang – Jiang Ziya – Wen Wang – Yi He – Bien Que – Hua Tuo – Huang Gong – Cao Yuan. “Prinsip Ilmu Kesehatan” berasal dari Kaisar langit (Kaisar dunia langit dari aliran Tao). Prinsip ini dianggap sebagai “budaya warisan Dewa.” Kemudian melalui guru terdahulu (guru Qibo) dan Qibo, kemudian diwariskan kepada Kaisar Kuning. Semenjak itu dimulailah kebudayaan cemerlang pengobatan tradisional Tiongkok berusia 5.000 tahun (Kaisar Langit – Guru Terdahulu – Qibo – Kaisar Kuning). Kaisar Kuning mewariskan “Prinsip Ilmu Kesehatan” kepada Lei Gong, kemudian diteruskan ke istana kaisar dari Dinasti Shang dan Dinasti Zhou, diwariskan lagi kepada Bian Que di Zaman Negara Perang (2.500 tahun lalu) dan Huo Tuo (1.800 tahun lalu). Bien Que dan Hua Tuo memiliki ketrampilan pengobatan yang ajaib, sehingga dijuluki “Tabib Sakti”. Hal ini terjadi karena mereka merupakan pewaris ortodoks dari “Prinsip Ilmu Kesehatan” Kaisar Kuning (warisan dari Kaisar langit). Maka yang terwujud adalah “ketrampilan ajaib,” dapat meneropong tubuh manusia dan melakukan pembedahan. Rahasia “Tabib Sakti” Adalah Kultivasi (menempa diri, mengolah jiwa) Jadi darimanakah “ketrampilan ajaib” para “Tabib Sakti” itu diperoleh? Kultivasi aliran Tao zaman

Serial Homeopati:

Aconite

FRANKLIN MCCOY, M.D. The Epoch Times

Anak tiri saya meyakinkan saya untuk mengambil kursus terbang. Tanpa pengetahuan apa pun tentang terbang, saya mencobanya. Kira-kira setengah jam kemudian, saya telah duduk di kursi co-pilot pesawat bermesin ganda atau semacam itulah, mencoba bertahan agar hidung pesawat tidak meluncur turun dan mengarahkan angin. Entah mengapa, saat itu saya benar-benar merasa berangin. Belakangan diketahui jika instruktur (baik sengaja maupun tidak) belum mengatur trim, jadi saya harus berkutat dengan roda sepanjang waktu, sampai dia mengambil alih, menyesuaikan trim, dan terbang dengan lebih mudah. Lebih dari semua itu, ia membiarkan pintu ventilasi di sisi saya terbuka, jadi sebagian besar waktu kami berada di udara, saya diterpa angin yang sangat kuat. Ketika kembali ke rumah, saya mera-

kuno merupakan warisan rahasia yang hanya diwariskan pada satu orang. Demikian juga “Prinsip Ilmu Kesehatan” pengobatan tradisional Tiongkok. Guru yang memilih murid. Hanya memilih satu orang yang memiliki moral paling baik untuk mewariskan “ketrampilan ajaib” kepadanya. Sedangkan muridmurid lainnya hanya mendapatkan pengetahuan di permukaannya saja. Hanya “Prinsip Ilmu Kesehatan” ortodoks yang dapat melahirkan seorang “tabib sakti.” Lahir juga “kisah-kisah ajaib” dalam melakukan pengobatan. Meski sesungguhnya ketrampilan pengobatan di permukaan saja sudah cukup untuk menyembuhkan penyakit. Kitab Internal Kaisar Kuning diwariskan oleh Kaisar Kuning. Kitab ini merupakan “kitab suci” ilmu pengobatan tradisional Tiongkok. Di dalamnya terdapat bagian yang mencatat prinsip-prinsip

diri terapi berkuda belum terlalu popular meski di beberapa kota sedang marak dilakukan. Salah satu tempat yang telah membuka layanan ini mulai Maret 2012 lalu adalah Gadjah Mada Equestrian Center (GMEC). Suatu unit kegiatan gabungan antara unit kegiatan mahasiswa (UKM) Berkuda UGM, laboratorium ternak potong dan kesayangan Fakultas Peternakan UGM, serta Direktorat Kemahasiswaan UGM. Mengapa memilih kuda sebagai salah satu sarana terapi? Ini berkaitan dengan cara berjalan kuda yang berirama, bervariasi, dan berulang-ulang hingga mem-

Mengapa memilih kuda sebagai salah satu sarana terapi? Ini berkaitan dengan cara berjalan kuda yang berirama, bervariasi, dan berulang-ulang hingga membentuk input sensoris pada penderita. bentuk input sensoris pada penderita. Berbagai literatur juga menyebutkan bahwa kuda adalah hewan yang sangat peka, sehingga memungkinkan terjalinnya emosi antara kuda dan penunggangnya. Menurut Ketua GMEC, Ir. Edi Suryanto, MSc. PhD., dalam situs UGM, terapi ini mampu membantu konsentrasi dan mengurangi agresivitas penderita autis. “Berinteraksi dengan kuda menimbulkan rasa senang pada anak autis serta membantu memfokuskan konsentrasi,” jelasnya Kaisar Kuning bukan saja sulit dimengerti oleh orang zaman kuno, namun lebih sulit dipahami oleh orang zaman modern saat ini. Mengapa “Tabib Sakti” zaman kuno memiliki kemampuan supranatural yang dapat meneropong tubuh manusia? Karena mereka melakukan kultivasi. Sesungguhnya “kemampuan supranatural” merupakan kemampuan bawaan manusia sebelum lahir. Merupakan “diri pribadi sebelum dilahirkan”. Manusia memiliki dua bagian, yakni “diri pribadi sebelum lahir” dan “diri pribadi sesudah lahir”. 1. “Diri pribadi sebelum lahir” merupakan jiwa yang paling hakiki, yaitu “jiwa prima”. Dia berasal dari langit, bersifat bersih, murni, dan baik hati. 2. “Diri pribadi sesudah lahir” merupakan pikiran yang tidak baik sesudah lahir, adalah sifat egois dan buruk.

Seperti yang disampaikan oleh Kaisar Kuning kepada Lei Gong , bahwa bagian yang paling krusial tidak dituliskan dalam kitab. Semua diwariskan secara lisan langsung oleh guru dan diterima langsung oleh murid tanpa dicatat. pengobatan. Sedangkan bagian utama dari “Prinsip Ilmu Kesehatan” adalah kultivasi. Seperti yang disampaikan oleh Kaisar Kuning kepada Lei Gong , bahwa bagian yang paling krusial tidak dituliskan dalam kitab. Semua diwariskan secara lisan langsung oleh guru dan diterima langsung oleh murid tanpa dicatat. Secara rahasia diwariskan kepada muridnya. Orang lain akan sulit mengetahui isi misteriusnya. Oleh sebab itu, Kitab Internal

sakan hawa dingin yang belum pernah saya alami sebelumnya. Saya merasa begitu dingin sampai-sampai saya tidak bisa merasakan hangat betapapun banyaknya lapisan penutup yang saya kenakan. Saya cemas dan gelisah. Saya sedang memikirkan tentang mandi air panas, ketika mengetahui anak tiri saya memiliki perangkat pertolongan pertama homeopati. Satu dosis Aconite dan rasa menggigil segera lenyap, dan selanjutnya saya baikbaik saja. Aconitum napellus (juga dikenal dengan Aconite) adalah obat homeopati terpenting untuk efek dingin yang mendadak, biasanya disebabkan oleh angin kering. Namun, hanya merasakan dingin saja tidak perlu ditangani Aconite. Harus mengalami rasa marah atau jengkel seperti , dalam kasus di atas, saya jengkel dengan pilot. Hingga saya merasakan kondisi yang lebih dingin, tetapi dengan menjaga keseimbangan batin, saya merasa tetap sehat. Tak lama setelah mengalami keterpaparan, orang itu akan merasa cemas, gelisah, dan tidak bisa merasakan hangat, dia segera akan menderita demam. Jika dia merasakan dingin di siang itu atau malam harinya, tetapi tidak jatuh sakit sampai hari berikutnya, obat yang dibutuhkan bukan Aconite. Tentu saja, Aconite memiliki banyak kegunaan dalam kasus peradangan akut. Menurut Dr. John Henry Clarke: “Aco-

Aliran Tao zaman kuno melakukan “kultivasi ganda, jiwa dan raga.” Selain berkultivasi moral, mengutamakan moral, juga harus melakukan latihan Qigong untuk memperbaiki raga, memperpanjang umur. “Tabib Sakti” zaman kuno niscaya melalui kultivasi, membuang pikiran yang tidak baik sesudah lahir, baru dapat kembali ke jiwa prima “diri pribadi sebelum lahir.” Dengan kata lain “balik ke asal kembali ke jati diri.” Dengan

Gerakan plank kaki tunggal menambah tantangan pada gerakan plank dasar dengan mendestabilisasikan tubuh. (JOCELYN BONG)

nite banyak dikaitkan dengan peningkatan dan kemajuan homeopati dibanding bahan materia medica lainnya. Aconite adalah obat yang dimaksud Hahnemann [(1755-1843) penemu sistem pengobatan homeopati ] yang mampu memenuhi sebagian besar kondisi, yang pada zamannya, dirawat dengan bloodletting (pengeluaran darah kotor melalui penyayatan). Karena peran Aconite-lah (lebih dari obat lain) yang membuka jalan atas hilangnya bloodletting dari praktek medis umum masa itu.” Di negara-negara Eropa Aconite, juga dikenal dengan nama monkshood, hanya bisa digunakan sebagai obat homeopati karena sifatnya yang sangat beracun. (feb) Peringatan: Artikel ini tidak dimaksudkan sebagai saran medis. Sebelum mengonsumsi obat homeopati, sebaiknya konsultasikan terlebih dulu dengan dokter Anda.

Di tempat berbeda, dokter spesialis anak dari Klinik Terapi Pediatrik Bandung, Dewi K. Utama, menuturkan pada situs majalah online, www.tempo.co, bahwa dikenal dua istilah untuk terapi semacam ini, yakni hippotherapy dan therapeutic riding. Hippotherapy, merupakan bagian dari fisioterapi atau terapi fisik. Pada terapi ini, anak berkebutuhan khusus melakukan latihan berkuda di bawah pengawasan dokter spesialis rehabilitasi medik. Sedangkan Therapeutic riding atau terapi berkuda adalah terapi yang merupakan bagian dari rekreasi bermanfaat bagi anak-anak berkebutuhan khusus. Penerapannya tetap harus berada di bawah pengawasan pelatih yang berpengalaman dalam bekerja dengan anak-anak berkebutuhan khusus. Meski belum banyak tersedia di Indonesia, para orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus jangan berkecil hati. Menurut Dewi, latihan berkuda bisa dilakukan di tempat latihan berkuda biasa, asalkan tetap di bawah bimbingan pelatih yang mengerti kondisi anak berkebutuhan khusus, serta dokter spesialis rehabilitasi medik. Hippotherapy adalah salah satu terapi bagi anak berkebutuhan khusus selain beberapa terapi lainnya, seperti diet, terapi perilaku, detoksifikasi, terapi bicara, terapi bermain, terapi sensor terintegrasi, terapi dengan lumba-lumba dan lain sebagainya. Namun demikian, orang tua perlu mengevaluasi kondisi putra-putrinya secara menyeluruh bagaimana respon tubuh maupun psikologis penderita terhadap kuda maupun lingkungan kuda. Beberapa anak menderita alergi terhadap surai kuda atau jerami, anak lainnya mungkin sangat ketakutan melihat kuda. Hal semacam ini juga perlu diperhatikan. Lebih lanjut, psikolog perkembangan anak UGM Prof. Endang Ekowarni menyebutkan, terapi berkuda tergantung pada kondisi pasien (tingkat keparahan) dan kemampuan terapis dalam melakukan terapi.

Referensi: • Marwati. “Autism Therapy with Horse.” www. ugm.ac.id • Henry, Dutch. “Opening Worlds of Speech With ‘Hippotherapy.” www.theepochtimes.com

Lukisan kuno koleksi dari museum Istana Terlarang Beijing. (THE EPOCH TIMES)

demikian kemampuan hakiki manusia, bawaan sebelum lahir– “kemampuan supranatural” akan muncul secara alamiah. “Tabib Sakti” Mengutamakan Pengobatan Moralitas Selain Bien Que dan Huo Tuo, pada zaman Tiongkok kuno juga muncul banyak sekali “Tabib Sakti.” Diantaranya adalah Sun Shimiao dari Dinasti Tang dan Li Shizhen pada Dinasti Ming. “Tabib Sakti” zaman dulu harus mengutamakan moral, melalui kultivasi, baru dapat mencapai tujuan tersebut. Dalam melakukan pengobatan secara alamiah, akan memegang teguh prinsip “hati yang memandang hambar pada nama dan kepentingan”, serta menolong manusia di dunia. Tabib besar Sun Shimiao berpendapat , sebagai seorang dokter yang mulia, harus mengultivasi diri, memperteguh iman, dalam menangani masalah tidak lambat namun juga tidak tergesa-gesa. Membatasi diri akan nafsu keinginan, tidak memiliki tuntutan apapun, juga harus memiliki hati belas ka-

sih, berupaya dengan tulus untuk membebaskan penderitaan pasien. Ini sangat kontras dibandingkan dengan banyak dokter zaman sekarang yang mengutamakan materi dan tidak memedulikan moralitas pengobatan. Bahkan lebih parah, ada yang menyebut diri mereka sebagai “Tabib Sakti”, namun sesungguhnya melakukan penipuan. Moral pengobatan hampir tidak ada, hilang sama sekali. Penutup Ketrampilan pengobatan ajaib dari “Tabib Sakti” Bien Que dan Huo Tuo sangat kita kagumi. Namun “ketrampilan ajaib” bukan diperoleh tanpa upaya, melainkan harus melalui kultivasi. Melalui kultivasi, mengutamakan moral baru dapat melenyapkan pikiran yang tidak baik yang didapat setelah lahir. Kembali ke “jiwa prima” yang baik hati, murni, dan sejati bawaan sebelum lahir, yaitu yang disebut “balik ke asal kembali ke jati diri”, maka “kemampuan supranatural”, kemampuan hakiki manusia baru dapat timbul dengan sendirinya. (tys)

Peregangan Pinggul Menumpu Lutut tot-otot fleksor pinggul yang ketat dapat mendatangkan malapetaka bagi tubuh. Mereka dapat menghambat pola gerakan dasar seperti berjalan, duduk, dan berdiri. Jika otot-otot Anda terlalu ketat, bahkan dapat menarik sendi dalam posisi yang tidak sejajar. Fleksor pinggul yang ketat sering memengaruhi seluruh tubuh. Sangat mudah untuk melihat tubuh di bagian-bagian yang terisolasi, tetapi seringkali satu bagian tubuh yang tidak keseimbangan akan mengubah keseimbangan bagian tubuh lain. Misalnya, pinggul yang ketat dapat menyebabkan otot betis ketat dan bahkan otot leher ketat. Panggul terletak di pusat tubuh, sehingga dia memengaruhi hampir semua area tubuh lain. Salah satu cara mencegah ketidakseimbangan meluas ke seluruh tubuh adalah menjaga mobilitas dan fleksibilitas. Menjaga tubuh agar tetap aktif dan fleksibel memungkinkan tubuh untuk menjaga pola pergerakan yang aman dan efektif di seluruh kegiatan sehari-hari serta rutinitas olahraga Anda.

O

Peregangan pinggul dengan berlutut bagus untuk membuka pinggul bagian depan. (JOCELYN BONG)

Memulai Mulai berlutut. Langkah kaki kiri ke depan, biarkan lutut di belakang jari-jari kaki untuk mencegah tekanan pada sendi lutut. Bersandar di kaki depan dengan panggul bergeser ke depan. Anda akan merasakan perbedaannya jika tidak memiringkan panggul ke depan. Tempatkan kedua tangan di lantai di dalam kaki kiri. Anda ingin merasakan peregangan sampai bagian depan kaki kanan. Mengingat sifat alami peregangan, Anda juga akan merasakan peregangan pada paha bagian kiri dalam. Jika Anda ingin memperdalam peregangan, turunkan tubuh ke siku. Peregangan ini sangat dalam, perlu berhati-hati agar tidak berlebihan dalam melakukan. Lakukan peregangan sampai sekitar 80 persen batas yang Anda mampu sehingga Anda tidak membuat otot menjadi tegang. Ingatlah agar tetap menjaga napas tetap lancar dan dalam. Tubuh akan terasa rileks ketika Anda tetap menjaga pernapasan Anda. (feb)


IPTEK SERBA-SERBI

TheEpochTimes CERMATAN DINAMIKA DUNIA 04 - 10 Oktober 2012

Otak Menghasilkan Bahan Kimia yang Memacu Makan Berlebihan CASSIE RYAN The Epoch Times

Pada suatu waktu, Anda akan merasa sulit untuk menolak memakan sepotong coklat. Anda mungkin tertarik untuk mengetahui apa yang sedang terjadi di dalam kepala Anda sehingga Anda bisa memiliki nafsu makan yang begitu besar.

P

enelitian Amerika terbaru menunjukkan bahwa tekanan untuk makan secara berlebihan berhubungan dengan bahan kimia seperti opium yang disebut enkephalin yang secara alami dihasilkan dari

bagian dalam otak, yang dapat juga menjadi faktor penyebab kecanduan makanan dan obat-obatan. “Ini berarti otak memiliki sistem yang lebih ekstensif untuk meningkatkan keinginan individu mengonsumsi secara berlebihan hal yang dianggapnya bermanfaat daripada yang diperkirakan sebelumnya,” kata rekan penulis studi, Alexandra DiFeliceantonio di Universitas Michigan, AS, dalam siaran pers. “Itu mungkin menjadi salah satu alasan dari konsumsi makanan yang berlebihan yang masih menjadi permasalahan yang sulit dipecahkan hingga sekarang.” Para peneliti mempelajari efek dari stimulasi bagian otak ini, yaitu neostriatum, pada tikus dan menemukan bahwa hewan ini makan coklat susu M&Ms dua kali lebih banyak dari biasanya. Dengan cara yang sama, jumlah enkephalin

5

Tingkat enkephalin di luar sel melonjak ketika tikus mulai memakan coklat susu M&Ms. (DIFELICE ANTONIO, CURRENT BIOLOGY)

yang dihasilkan oleh otak naik ketika tikus mulai memakan permen. Neostriatum sebelumnya merupakan bagian otak yang dianggap berhubungan dengan gerakan, tetapi bahan kimia yang dihasilkan di sini meningkatkan keinginan untuk mengonsumsi makanan yang membuat ketagihan seperti coklat. “Bagian otak yang kami uji di sini, sama aktifnya dengan bagian otak dari orang gemuk ketika melihat makanan dan ketika pecandu narkotika melihat obat di depan matanya,” kata DiFeliceantonio . “Berdasarkan temuan enkephalin kami pada tikus ini, kemungkinan besar pemancar saraf ini mengendalikan beberapa bentuk konsumsi yang berlebihan dan kecanduan dalam masyarakat.” Hasil ini dipublikasihan dalam Current Biology pada 20 September. (pls)

Kain Jelatang Indikasikan Jauhnya Perdagangan pada Era Perunggu SALLY APPERT The Epoch Times

Gambar mikroskop confocal yang menunjukkan sebuah simbiosis yang tidak lazim. (NICULINA MUSAT & CRISTINA MORARU)

Ditemukan Simbiosis Tidak Lazim Pada Mikroorganisme Laut National Science Foundation

S

imbiosis ini memainkan peran penting dalam “pemupukan” lautan, yaitu dengan mengambil nitrogen dari atmosfer dan mengPara ilmuwan telah meolahnya menjadi bentuk yang dapat nemukan sebuah simbiosis digunakan oleh organisme lain. (interaksi antara dua organRincian temuan yang diterbitkan dalam edisi minggu ini dari isme yang hidup berdamjurnal Science, muncul dari penyepingan) yang tidak lazim lidikan mikroba pengikat nitrogen antara ganggang kecil bersel misterius yang memiliki genom tunggal dan bakteri laut yang yang sangat kecil. Hal ini pertama kali terdeteksi pada sangat langka. 1998 oleh Jonathan Zehr, seorang Sampel air laut ilmuwan kelautan selama peladi Universitas Caliyaran penelitian fornia, Santa Cruz oseanografi ke (UCSC), AS. Mibagian tengkroba yang sudah gara Samudera ditemukan ini tamPasifik. paknya merupakan (DANIEL VAULOT) organisme pengikat nitrogen yang paling luas di lautan. Ia termasuk dalam kelompok bakteri fotosintetik yang dikenal sebagai cyanobacteria, tetapi tidak memiliki gen yang diperlukan untuk melakukan fotosintesis. Ta m p a k n y a , hubungan yang erat dengan ganggang membuat gen fotosintesis

BERUGA TEES

itu menjadi tidak diperlukan lagi. “Bentuk dari simbiosis tersebut yaitu cyanobacterium itu memberikan nitrogen kepada sel inang (ganggang), dan sel inang menyediakan karbon yang diperlukan oleh cyanobacterium, yang tidak memiliki kemampuan untuk mendapatkannya sendiri,” kata Anne Thompson, ketua tim penulis makalah dan peneliti di UCSC. Rachel Foster dari Institut Max Planck jurusan Mikrobiologi Kelautan merupakan penulis utama lainnya. Menurut Matt Kane, direktur program di Divisi Biologi Lingkungan National Science Foundation (NSF), temuan ini telah menemukan sebuah simbiosis antara dua jenis mikroorganisme yang tetap tersembunyi sampai sekarang. Kane juga merupakan penyandang dana penelitian bersama Divisi Teknologi Kelautan NSF. Dalam karya sebelumnya, tim Zehr telah mempelajari cyanobacteria dalam sampel yang diproses di laut dan kemudian dibawa kembali ke laboratorium. Para peneliti mampu mengurutkan genom mikroba secara lengkap. Mereka menemukan bahwa gen itu hilang di beberapa jalur kunci metabolisme, yang menunjukkan bahwa mungkin hidup mereka berhubungan dengan organisme lain. Para ilmuwan baru mampu melihat mitra simbiosis dari cyanobacteria ketika mereka bersamasama mengurutkan sampel air laut

baru yang dikumpulkan dari papan kapal penelitian. “Kolaborator kami di Universitas Hawaii, Dave Karl dan Ken Doggett, menempatkan mesin penyortir sel menjadi portabel laboratorium yang bisa dibawa dalam wadah kotak, sehingga sekarang kami dapat membawa mesin tersebut ke laut dan meneliti sel-sel semacam itu di lingkungan asli mereka. Itulah cara kami menemukan simbiosis menakjubkan ini,” kata Thompson. Namun Zehr berpendapat bahwa masih sulit untuk memperkirakan kontribusi dari simbiosis ini terhadap kadar karbon dan siklus nitrogen global. Menurut Zehr, mungkin masih terdapat banyak ganggang lainnya yang dapat berperan lebih penting dalam siklus karbon laut daripada simbiosis ini. “Simbiosis planktonik sangat sulit untuk dipelajari,” kata Foster. “Asosiasi seringkali rapuh. Di sini kita menggunakan beberapa alat untuk mengidentifikasi salah satu contoh pertama dari jenis simbiosis pada plankton. “ Selain Thompson, Zehr, dan Foster, rekan penulis makalah termasuk Andreas Krupke, Niculina Musat, dan Kuypers Marcel dari Institut Max Planck Jurusan Mikrobiologi Kelautan, Brandon Carter dari UCSC, dan Daniel Vaulot dari Station Biologique de Roscoff dan Universitas Pierre dan Marie Curie di Paris, Prancis. (osc)

Potongan kain jelatang (bahan pembuat karung goni) ditemukan di sebuah gundukan pemakaman Denmark yang diperkirakan berasal dari Pegunungan Alpen Austria, yang menunjukkan adanya hubungan perdagangan antara kedua wilayah pada sekitar 800 SM. Terletak di Pulau Funen, gundukan Lusehøj berdiameter sekitar 36 meter dengan tinggi 6 meter, dan merupakan situs dari makam Perunggu terkaya di Denmark. Sebuah guci perunggu ditemukan di situs tersebut berisi tulang dari seorang laki-laki kaya yang meninggal pada sekitar 2.800 tahun lalu. Jenazahnya dibungkus dengan kain jelatang. Namun, menurut penelitian internasional terbaru dengan menggunakan tingkat strontium isotop untuk menentukan di mana tanaman bahan dasar tekstil itu tumbuh, kain jelatang itu tidak terbuat dari serat tumbuhan lokal. “Penelitian menunjukkan bahwa jelatang yang digunakan tumbuh di daerah dengan batuan dasar geologis tua,” kata rekan penulis studi, Karin Margarita Frei di Universitas Copenhagen dalam siaran pers. “Kita hanya dapat menemukan batu dengan tingkat yang sama dari isotop strontium di Swedia

dan Norwegia, serta di Eropa Tengah.” Wadah perunggu mungkin berasal dari wilayah KärntenSteiermark di Austria, dan tar yang ditemukan di kuburan juga kemungkinan berasal dari daerah itu. “Zaman Perunggu di Denmark kebanyakan mendapatkan peralatan perunggu mereka dari Eropa Tengah, dengan impor yang dikendalikan oleh orang-orang kaya dan berkuasa,” tutur arkeolog tekstil, Ulla Mannering di Museum Nasional Denmark dalam siaran pers. “Kita bisa membayangkan bagaimana importir perunggu dari Funen di Denmark tewas dalam perjalanan bisnisnya ke Austria.” “Tulangnya dibungkus dengan kain jelatang Austria dan ditempatkan dalam guci megah yang diangkut kembali oleh teman perjalanannya kembali ke Denmark.” Meskipun tanaman rami telah dibudidayakan secara besar-besaran di Eropa Tengah pada waktu itu, namun kain yang terbuat dari jelatang liar masih diminati karena kualitasnya ketika itu dinilai sebanding dengan sutra mentah. “Hingga kini, kain jelatang Lusehøj adalah kain jelatang tertua yang pernah kita ketahui, dan merupakan satu-satunya kain jelatang dari Zaman Perunggu, namun dengan temuan baru ini kami benarbenar tidak memiliki bukti bahwa tekstil jelatang diproduksi di Denmark selama Zaman Perunggu,” ujar Mannering menyimpulkan. Penelitian ini dipublikasikan secara online dalam Scientific Reports pada 28 September. (osc)

MIKO PHOTO INDONESIA

Love Our Heritage The Indonesian Heritage T Shirt: Reyog, Leak Kalagumarang (color), Leak Kalagumarang (black on black), & Drupadi. Call: 085732333616 PIN 21DC2ECB

- Wedding - Prewedding - Birthday -Modelling - Decorating Price exclude transportation outside Surabaya & charge location fee Call: 0857 3094 7070

Sisa-sisa pakaian yang terbuat dari bahan tumbuhan jelatang. SIONAL DENMARK)

(MUSEUM NA-


6

LINTAS BUDAYA

TheEpochTimes CERMATAN DINAMIKA DUNIA 04 - 10 Oktober 2012

Kompetisi Kuliner Tionghoa Internasional di New York ANGELA WANG The Epoch Times

Di jantung Times Square yang bermandikan cahaya lampu jutaan watt, para koki berhasil diseleksi dari puluhan peserta yang ikut dalam kompetisi ini, berkumpul pada hari Jumat (21/9) untuk bersaing dalam babak penentuan kompetisi memasak kelas dunia, untuk meraih gelar Koki Kuliner Tionghoa Terbaik.

K

oki Chen Yichun berhasil memenangkan medali Emas di Kompetisi Kuliner Tionghoa Internasional Kelima NTD Television, yang diselenggarakan di Kota New York. Setelah menang, Koki Chen mengatakan hal yang terpenting baginya bukanlah penghargaan itu sendiri, tetapi mempelajari hal-hal baru dan, dalam proses tersebut, ia menemukan segala kekurangan. Dia berkata, “Tidak hanya memperoleh kesempatan untuk memajukan keterampilan seseorang, tapi juga karakter dan sikap seseorang.” “Jika seseorang ingin mengolah makanan yang baik, pertama kali harus menjadi seorang yang baik.” Koki Chen mengkhususkan diri dalam kuliner Sichuan (provinsi di barat Tiongkok), salah satu dari lima kuliner Tionghoa yang diikut-sertakan dalam kompetisi. Empat lainnya adalah kuliner dari Shandong, Kanton, Huaiyang, dan Tiongkok timur laut.

Koki Chen Yichun saat beraksi dalam putaran final, yang akhirnya berhasil memenangkan hadiah pertama. (BIN DAI/THE EPOCH TIMES)

Koki Chen bersama dengan16 koki lainnya berhasil memenangkan penghargaan dan kehormatan. Sebagian besar kontestan memiliki pengalaman puluhan tahun, oleh karena itu proses penjurian dilakukan sangat hati-hati. Mengingat sulitnya penjurian dan tingkat ketrampilan peserta yang tinggi, penyelenggara kompetisi, Dan Chen, mengatakan ia tidak ingin menjadi juri, “Karena begitu sulit untuk memutuskan siapa yang akan menang.” Ketua tim juri, Koki Qu Yu-

qiang, mengatakan saat memasak dalam kompetisi, peserta tidak boleh terburu-buru, melainkan bersikap tenang dan bijaksana. “Jika seorang koki memasak dengan baik, ia dapat menyajikan hidangan yang terasa berenergi, pasti ada sesuatu di luar teknik. Ini adalah mentalitas kebijaksanaan.” Wok: wajannya para ahli Alat memasak yang digunakan dalam kompetisi ini, adalah wajan yang memiliki dasar bulat dan dalam, yang terbuat dari besi. Alat

inilah yang biasanya digunakan oleh koki kuliner Tionghoa. Wajan atau disebut juga wok, berasal dari bahasa Kanton yang berarti panci masak, alat ini digunakan untuk berbagai teknik memasak, termasuk menggoreng, menumis, merebus, memanggang, mengetim, dan banyak gaya memasak lainnya. Untuk dapat menggunakan satu alat untuk bermacam gaya memasak banyak, sang koki ha-

rus menguasai banyak keterampilan dan teknik memasak, salah satunya adalah gaya “wajan besi non-lengket”. “Biasanya koki akan membiarkan wajan menjadi panas sambil memotong bahan-bahan, bahkan hingga lima menit. Kemudian minyak dingin dituangkan ke dalam wajan. Tujuan teknik ini akan membuat makanan tidak akan lengket pada wajan,” jelas Dan Chen. Kompetisi kuliner, yang diselenggarakan oleh jaringan TV independen berbahasa Mandarin New Tang Dynasty ini merupakan salah satu dari serangkaian kompetisi berbeda yang dirancang untuk membawa kembali kebudayaan asli tradisional Tiongkok, yang pernah hampir hancur oleh Partai Komunis di Tiongkok. Sebelum putaran final kompetisi kuliner Jumat (21/9), dua putaran sebelumnya telah diadakan. Salah satunya diselenggarakan di Times Square, khusus bagi kontestan dari Amerika Utara, dan tem-

Bom Warisan PD II Sering Menghantui Jerman YU PING The Epoch Times Baru-baru ini di kota kecil Viersen, North Rhein-Westphalen (NRW) Jerman menjadi fokus media massa, sebuah bom peninggalan Perang Dunia II lantaran tidak berhasil dijinakkan lantas diledakkan.

M

eskipun ledakan itu dikendalikan, tidak sampai merenggut korban jiwa, namun ledakan bom tersebut telah menyebabkan kerugian cukup besar. Lokasi di tempat peledakan nampak berantakan, banyak orang yang pernah mengalami sendiri PD II tanpa sadar terkenang kembali tahun-tahun sewaktu perang. Generasi muda yang tidak pernah mengalami zaman perang, seolah-olah kali pertama menyadari bahwa bom memiliki kekuatan menghancurkan. Pada 17 September lalu, di sebuah lokasi konstruksi daerah pejalan kaki di di pusat Kota Viersen, pekerja proyek disaat menggali menemukan sebuah bom buatan PD II AS. Bom ini seberat 250 kg dan panjang 1,5 m, pengamannya bersifat asam yang sangat jarang ditemui, sekaligus hampir tidak mungkin dijinakkan. Tiga minggu sebelumnya di Munich juga ditemukan sebuah bom sejenis yang ketika diledakkan menyebabkan banyak rumah terbakar. Bom di negara bagian itu, terbentur sewaktu pekerjaan konstruksi, dan kemungkinan hulu ledaknya tersentuh. Para ahli memprediksi, skenario terburuk adalah mekanisme pengaman jangka panjang telah di-nonaktifkan. Menurut pengalaman, kemungkinan

Pada 4 Desember 2011 tahun lalu, sebuah bom seberat 1,8 ton berhasil dijinakkan di Koblenz, Jerman. (AFP/GETTY IMAGES)

dalam 30 menit akan meledak, bisa juga setelah 144 jam baru meledak. Namun, bagaimanapun juga karena bom tersebut tidak dapat dijinakkan setelah dievakuasi, maka harus diledakkan di tempat. Oleh sebab itu kota kecil dengan penduduk 75.000 orang ini segera bertindak. Dalam tempo sekitar sepuluh jam, warga sekitar yang tinggal di dalam radius 500 meter dari lokasi bom dievakuasi. Sekitar 1.000 relawan yang dibagi beberapa kelompok segera bergerak membantu hampir 10.000 orang mengungsi ke tempat yang aman, dan biasanya dalam melakukan hal semacam ini, memerlukan waktu persiapan dua tiga hari. Sementara itu, bom itu ditimbun dengan 30 m³ pasir dan tikar jerami besar. Walikota mondar-mandir ke berbagai tempat pemukiman pengungsi dan tidak kenal lelah memberi

penjelasan kepada warga, situasi sangat mencekam, kerusakan yang ditimbulkan oleh bom yang diledakkan memang tidak dapat dihindari. Menurut laporan media Jerman, walikota baru itu saat turun dari pesawat, di dalam bandara ia segera mendapat berita ini, dan bergegas ke tempat kejadian. Kota ini dengan sengaja tidak membunyikan alarm, lantaran banyak orang tua yang merasa ketakutan oleh bom dan bunyi alarm, dua hal itu digabung dikhawatirkan dapat menimbulkan kepanikan. Lewat pukul 23:00 senin malam, bom itu diledakkan. Tidak ada dentuman keras, hanya sekejab suara ledakan teredam. Tetapi lantas disusul gelombang kejut yang dengan segera menyebar, menghancurkan dinding, memporak-porandakan kaca dan melumat genteng. Ledakan bom tersebut menyebabkan tanah dan rumput yang

1 dari 10 Situs Paling Langka Dunia yang Terancam Punah (10):

Padang Es Antartika HUANG KAIXI The Epoch Times Saat ini Antartika sudah tidak memiliki penduduk tetap permanen, tetapi keberadaan padang es Antartika, tetap berkaitan erat dengan setiap komponen dari bumi ini. Suhu rata-rata di Antartika dalam 50 tahun terakhir telah meningkat 2,7° C, speed kenaikan suhunya lebih cepat 5 kali daripada pemanasan global.

S

ebuah laporan prakiraan grup internasional “Intergovernmental Panel on Climate Change” pada tahun 2007 merilis, permukaan laut di bumi sampai tahun 2100 , kemungkinan akan meningkat 7-23 inci (17,8 – 58,4 cm). Laporan ini menunjukkan peringatan lain yang mengkhawatirkan: angka prakiraan belum memasukkan kondisi kecepatan pencairan padang es

Suhu rata-rata di Antartika dalam 50 tahun terakhir telah meningkat 2,7° C, naik 5 kali lebih cepat daripada kecepatan pemanasan global. (PRPIX.COM.AU)

Antartika ini ke dalam faktor prakiraan. Dengan kata lain, berdasarkan sikon pencairan parah lapisan es An-

tartika, bencana banjir yang mungkin bakal terjadi pada akhir abad ini, sulit untuk diperkirakan dan dibayangkan.

ditutupkan di atasnya semburat beterbangan, tersebar di empat penjuru, bahkan di atap-atap rumah . Malam itu, tidak ada korban jiwa, hampir semua warga kembali ke rumah mereka masing-masing. Pemadam kebakaran malam itu juga membersihkan TKP. Keesokan harinya, orang-orang baru melihat dengan gamblang kerusakan yang ditimbulkan bom: terbentuk sebuah lubang sedalam tiga meter di dalam tanah, dinding luar gedunggedung bertingkat di sekitarnya tertutup debu, pecahan kaca berserakan dan sebagian dinding nampak retak. Dua bangunan bertingkat di sekitar lokasi bahkan terancam runtuh dan tidak dapat dihuni lagi, harus dibongkar, ada dua toko lain juga terkena imbasnya. PD II telah berakhir hampir 70 tahun, namun di Jerman masih saja ditemui bom yang belum meledak. Ketika bom di North Rhein-Westphalen diledakkan, di Hamburg juga ditemukan sebuah bom raksasa, dengan berat 250 kilogram, namun bom di Hamburg dapat dijinakkan dengan aman. Secara umum, bom-bom tersebut tidak berdampak apapun, secara diam-diam telah dijinakkan. Misalnyanya di Negara Bagian NRW, tahun ini saja telah dijinakkan lebih dari 120 buah bom. Ada berita bahwa selama PD II, Jerman telah dihujani jutaan bom dari udara, sepersepuluh darinya belum meledak dan di dalam tanah Jerman hingga kini masih tertanam ratusan ribu bom. Selama puluhan tahun ini, setiap tahun di Jerman telah ditemukan total 5.500 bom dan 900 ton bahan peledak, diantaranya 50 bom meledak dengan sendirinya. Sejak 1949, terdapat puluhan ahli penjinak bom telah tewas saat bertugas dan sejumlah pekerja proyek tewas lantaran menyentuh bom. (hui)

Maka itu, penilaian terbaru yang dibuat oleh para ilmuwan tentang kenaikan permukaan laut sampai dengan tahun 2100, permukaan air laut akan naik 3-6 kaki (0,91 – 1,83 meter). Lapisan Es Antartika dapat menyimpan 70% dari kadar air tawar bumi. Jika semua lapis es Antartika mencair dan mengalir ke laut, akan membuat permukaan laut naik 187 kaki (57 meter); Pada saat itu, negara kepulauan di bumi seperti Maladewa dan negara kepulauan lainnya, akan tenggelam ke dasar laut dan lenyap dari peta bumi. Bencana yang disebabkan menghilangnya padang es Antartika, selain membahayakan umat manusia, juga merupakan bencana besar bagi kehidupan laut setempat. Setelah suhu dan ekologi Antartika mengalami perubahan, menyebabkan krill dan jenis hewan kulit lunak Antartika lainnya dalam 50 tahun akan menyusut 80 %. Setelah Krill tidak dapat berkembang biak dengan normal, secara langsung ataupun tidak akan memengaruhi eksistensi rantai makanan hulu dari spesies ikan laut, anjing laut dan ikan paus, yang akan mengacaukan seluruh ekosistemAntartika. (hui)

pat lainnya di Taipei, Taiwan, yang diselenggarakan pada Agustus lalu. Di samping kompetisi Times Square, NTD juga menjadi penyelenggara Perjamuan Kaisar pada Kamis malamnya (27/9). Hasil yang dikumpulkan dari perjamuan ini, sebuah beasiswa kerjasama dengan James Beard Foundation, yang bermanfaat bagi pelajar kurang mampu namun tertarik pada seni kuliner Tiongkok. Meskipun ada begitu banyak orang telah mencicipi kuliner Tionghoa, seni dan teknik kuliner Tionghoa otentik dari berbagai daerah yang tidak akrab didengar. Salah satu dari tiga pemenang medali perunggu, Koki Alex Zhong, yang telah memasak kuliner Tiongkok timur laut sejak 1984 mengatakan, “Sebagai keturunan Tionghoa, itu adalah tugas kami untuk memperkenalkan budaya ini kepada dunia. Bagi saya pribadi, saya ingin memperkenalkan masakan Tiongkok timur laut kepada d u nia.” (tam)

Salah satu kuliner Koki Chen yang memenangkan kompetisi, Ikan Panggang Kering. (BIN DAI/THE EPOCH TIMES)

Model Bisnis Berdasarkan Moralitas (2) TANG FENG Clearwisdom.net Kebijaksanaan diperoleh dari pengasuhan diri saat melakukan bisnis

D

i dalam masyarakat bila seseorang dapat setiap saat mengikuti prinsip Sejati-Baik-Sabar dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, pasti akan mendapatkan kebijaksanaan. Jika demikian, apakah kepercayaan terhadap prinsip ini dapat diterapkan dalam berbisnis? Berikut beberapa pengalaman yang dapat kita petik pelajaran darinya. Ada seorang penganut kepercayaan di Tiongkok yang terpaksa pergi jauh dari rumahnya untuk menghindari penganiayaan, hidupnya sangat miskin dan tidak mampu membeli pakaian selama setahun. Saat musim dingin tiba, ia harus tidur di lantai di sebuah ruangan kosong. Namun dengan keteguhan terhadap keyakinannya, ia membuka sebuah toko online dengan beberapa temannya. Awal mula sangat sulit, karena mereka tidak memiliki pengalaman ataupun pendanaan. Karena mereka semua memercayai hal yang sama, maka mereka memutuskan untuk memecahkan masalah melalui peningkatan kualitas moral (watak). Mereka tidak pernah berdebat dengan para pelanggan, bahkan sekalipun jika pelanggan yang salah. Artinya, mereka percaya bahwa “kekayaan timbul dari kebajikan”. Akhirnya situasi mereka berangsur-angsur membaik. Berdasarkan situasi ekonomi dan psikologi belanja pelanggan, mereka berencana meluncurkan merek mereka sendiri. Hal ini tampaknya hampir mustahil, karena mereka tidak memiliki pengalaman, dukungan keuangan, atau latar belakang teknis. Meskipun demikian, mereka tidak menyerah dan terus membuat produk sampel untuk dikirim ke pelanggan. Secara bertahap mereka mendapatkan kepercayaan dari pelanggan, karena harga yang bersaing dan kemapanan produk. Sementara itu, mereka terus belajar di bidang ini dan membuat kemajuan yang solid. Pendapatan tahunan mereka telah melampaui satu juta yuan per tahun. Ada seorang pimpinan sebuah perusahaan. Dia mampu menyelamatkan perusahaan yang di ambang penutupan. Metodenya cukup sederhana, yakni mencari kekurangan dalam diri sendiri lalu memperbaikinya, dan selalu bersikap baik kepada karyawan. Pimpinan ini mengikuti prinsip-prinsip Sejati-BaikSabar dan memperlakukan tempat kerjanya sebagai lingkungan untuk pengasuhan diri. Selama beberapa tahun terakhir, setiap kali dia mengalami kesulitan, dia terus melihat ke dalam dan selalu mengingatkan dirinya untuk menjadi lebih penuh perhatian, sabar, dan toleran. Ketika perusahaannya membangun gedung seluas 3.000 meter persegi, perusahaan konstruksi bersikeras memberikan sebuah rumah sebagai hadiahnya. Dia menolak dan mengatakan bahwa dia tidak harus mengambil keuntungan dari orang lain. Pemilik perusahaan konstruksi sangat tersentuh dan berkata, “Saya benar-benar menghormati Anda.” Meskipun perusahaan itu hanya memiliki sekitar 300 karyawan, tetapi itu sangat sulit untuk dikelola. Sering kali ada karyawan yang ingin mengambil keuntungan dari perusahaan. Pimpinan ini mengetahui situasi ini. Alih-alih menjadi marah, dia malah berbicara dengan penuh kasih kepada para karyawannya untuk mendapatkan pengertiaan dari mereka. Hal ini menumbuhkan rasa hormat para karyawan terhadapnya. Jika seseorang bertindak sesuai dengan standar moralitas dan selalu mencoba untuk menjadi orang yang lebih baik, ia mungkin tampaknya memiliki kerugian material untuk saat ini. Namun, lebih banyak orang akan mendapatkan keuntungan dari itu, dan orang ini akan dihargai juga. Karena seseorang memiliki keyakinan yang benar, pikiran mereka akan membumbung dan meningkat, sehingga mendapatkan kebijaksanaan dalam kehidupan sehari-harinya. Selain itu, juga menjadi orang yang jujur dan dapat diandalkan. Semua ini akan menghasilkan operasional bisnis yang sehat. (tam)


SERBA-SERBI

TheEpochTimes CERMATAN DINAMIKA DUNIA 04 - 10 Oktober 2012

sambungan hal 1

anggap lemah. Jelas sikap kedua belah pihak baik RRT maupun Jepang sama-sama mempertimbangan politik dalam negeri masingmasing, sama-sama bersikap galak, namun sebenarnya tidak ada niat sama sekali untuk memulai bentrok. Menlu RRT maupun Jepang sebelumnya telah bertatap muka di markas PBB untuk berdialog masalah krisis Pulau Diaoyu, namun belum tercapai kesepakatan apa pun, dan situasi saat itu sangat tegang. Situs internet PBB beberapa hari lalu mengumumkan pemerintah RRT yang merilis “Bagan Garis Dasar Teritori Laut Pulau Diaoyu”, di saat yang sama juga memuat dokumen sanggahan yang dikeluarkan oleh pemerintah Jepang. Hal ini menunjukkan perseteruan yang adil dalam sengketa pulau ini.

AS Dukung... AS berpendapat, akan sangat sulit untuk menyelesaikan masalah sengketa Pulau Diaoyu, oleh karena itu mengesampingkan perselisihan akan masalah kedaulatan adalah tindakan yang bijak. Silat Lidah RRT-Jepang di PBB adalah Sandiwara Pejabat kedua negara RRT dan Jepang saling berseteru dan menuding satu sama lain atas sengketa Pulau Diaoyu ini. Pada pertemuan yang digelar di PBB, kedua belah pihak masing-masing menyatakan sikapnya atas masalah tersebut. Jepang akan segera menggelar pemilu tahun depan, sementara pergantian pemimpin RRT setiap satu dekade sekali juga akan segera dimulai, oleh karena itu sebelum kedua negara mengganti pemimpin tertingginya, mereka sama-sama tidak mau menampakkan tanda-tanda yang dapat disambungan hal 1

Situs Kuno... Arkeolog mengatakan bahwa mereka membutuhkan waktu 30 tahun baru dapat merampungkan pekerjaan tersebut, namun terpaksa menerima jadwal yang diajukan oleh pihak Zhongye. Dewasa ini, 3 tim arkelogi internasional yang dipimpin oleh sebuah Asosiasi Arkeologi Prancis, sedang berupaya keras menyelamatkan artefak kuno. Mereka terutama memindahkan bendabenda yang bisa digerakkan, bukan melindungi patungpatung Buddha dengan beragam struktur itu. Kini para arkeolog hanya memiliki sisa

Xi Jinping Berinisiatif Redakan Ketegangan Krisis Pulau Diaoyu Meskipun secara terbuka sikap RRT terhadap AS sangat keras, namun di balik itu media massa mengungkapkan bahwa “menghilangnya” Xi Jinping selama 14 hari lalu,

waktu kurang dari 4 bulan, dan setiap hari harus menempuh bahaya, karena penduduk Logar seringkali menyerang alamat perusahaan Zhongye dan situs arkeologi tersebut dengan roket dan ranjau untuk membalas dendam atas digulingkannya rezim Taliban. Menurut Huffman, Aynak membuktikan bahwa Afghanistan pernah dilalui oleh Jalur Sutra dan pernah berhubungan dengan berbagai daerah di Asia. Afghanistan seharusnya mementingkan untuk mempelajari nilai sejarah kebudayaannya sendiri, selain demi generasi sekarang juga demi generasi yang akan dating, dan semestinya menyatakan posisi kebudayaan mereka di dunia. Justru artefak di Aynak

salah satu alasannya adalah mempertimbangkan cara untuk meredakan ketegangan krisis Pulau Diaoyu antara RRT dan Jepang. Seorang informan Beijing mengatakan pada surat kabar New Epoch Weekly (The Epoch Times grup), saat terjadinya sengketa Pulau Diaoyu, para jenderal di pihak militer PKT awalnya banyak yang bersikap keras, namun kemudian tidak lagi bersuara. “Karena adanya instruksi dari Xi Jinping agar mereka tidak memperkeruh situasi,” ujarnya. Ia menyatakan bahwa setelah Kongres PKT ke-18, beberapa orang tokoh putra mahkota akan memasuki Komisi Militer Pusat, sementara para jenderal dalam militer menerima instruksi dari Xi Jinping. Kalemnya sikap para jenderal militer saat RRT-Jepang bersitegang baru-baru ini, jelas erat hubungannya dengan kebijakan Xi Jinping yang berniat menyelesaikan masalah ini secara tenang dan damai. Seorang jenderal senior mengungkapkan bahwa pemimpin tertinggi Beijing menginstruksikan jika situasi (Pulau Diaoyu) terus memanas, seandainya terjadi bentrok di antara kapal perang kedua negara, maka tidak bo-

merupakan faktor kunci dari kebudayaan Afghanistan. Suatu keajaiban bahwa patung-patung Buddha itu bisa terhindar dari penjarahan, iklim ekstrem panas dan dingin, serta ancaman perang saudara yang telah berlangsung selama 30 tahun di Afghanistan. Dan situs Aynak mampu menyedot orang-orang dari berbagai belahan dunia untuk mempertaruhkan nyawa mereka demi penyelamatannya, ini juga bisa dikatakan sebagai sebuah keajaiban. Sayangnya, Aynak menemukan beberapa “musuh” yang teramat kuat. Perusahaan metalurgi Zhongye, Bank Dunia, dan pemerintah Afghanistan berharap cepat atau lambat dapat mereal-

isasi pertambangan tembaga di wilayah tersebut. Mereka berharap menjadikan tempat tersebut sebagai model guna meraup sumber daya alam Afghanistan. Huffman mengatakanbahwa dirinya acap kali mendengar orang-orang membahas keuntungan pertambangan tembaga bagi Afghanistan, namun kenyataannya bukanlah demikian. Rakyat Afghanistan mutlak tidak bakal memperoleh keuntungan dari pertambangan tembaga ini atau dari industri pertambangan internasional. Ia percaya bahwa orang Tiongkok akan membawa para pekerja mereka sendiri untuk mengelola pertambangan tembaga ini, sedangkan orang Afghanistan sendiri hanya dapat mem-

sambungan hal 1

Panen Ria... Perawat Lam dua kali seminggu pergi ke Quarry Bay yakni “pertanian kota” di bagian Timur Hong Kong, untuk melihat bertunasnya sayuran yang ditanamnya sendiri. Melihat hasil kerjanya sendiri, dia merasa bangga: “Dibandingkan dengan sayuran yang dibeli di supermarket, sayuran saya lebih segar dan terasa lebih enak.” Sebagai salah satu kota dengan penduduk paling padat di dunia, lahan terbuka di Hong Kong sangat terbatas. Oleh karena itu, sejumlah penduduk Hong Kong memilih menanam sayuran di atas atap gedung pencakar langit. Pada saat ini belum ada statistik resmi tentang berapa banyak warga kota menanam sayuran di “pertanian urban”. Kenyataannya, jenis taman ini adalah non-komersial, sehingga “tukang kebun” tidak membuATAS: Suasana launching urban farming di Tokwawan, Hong Kong bagaikan sebuah suasana rapat RT; BAWAH: Urban farming menambah suasana semarak dan keakraban, serta cita rasa alami. (INTERNET)

sambungan hal 1

3000 Lintang... Di lokasi ini memiliki banyak peninggalan peradaban Suku Maya kuno yang mencengangkan masyarakat selama beradab-abad, misteri Sphinx singa berwajah manusia yang tak terpecahkan, juga ada lukisan dinding misterius “dewa api” di jalur Darcy di Gurun Sahara, ada laut Mati, “Taman Gantung” Babilonia, juga lokasi tenggelamnya benua Atlantis, serta Segitiga Bermuda yang sangat menakutkan, dan lain sebagainya, semua bangunan peninggalan kuno yang mencengangkan dan misteri yang tak terpecahkan itu terkumpul di lokasi ini, hal ini mau tidak mau mengusik penasaran dan keheranan umat manusia. Peristiwa Misterius dalam Sejarah Berita menyebutkan, perkembangan sejarah manusia selama ribuan tahun hingga saat ini, semua peristiwa misterius yang terjadi bukanlah suatu kebetulan. “Lembah Kematian” di Kalifornia AS telah menewaskan tak terhitung banyaknya nyawa penjelajah, beberapa yang beruntung tetap hidup juga tetap akan tewas tak lama setelahnya tanpa sebab yang jelas, di tengah lembah itu meru-

KLASIKA !

pakan dunia para satwa; dan yang menjadi tandingannya adalah Lembah Kematian di Naples, yang setiap tahunnya menewaskan lebih dari 30.000 ekor satwa, namun sama sekali tidak mengancam keselamatan manusia. Pada Juli 2008, di tengah danau di daerah Yukon, Kanada, arkeolog telah menemukan sebuah kapal uap berpedal yang digunakan oleh para penambang emas ratusan tahun lalu yakni kapal “Goddard”, yang juga disebut sebagai “kapal siluman”. Arkeolog AS, John Pollack mengatakan, “Kapal Goddard tenggelam dalam suatu badai yang terjadi di bulan Oktober 1901. Dan masih berbentuk seperti asalnya.” Para staf arkeologi menemukan sepatu boot milik awak kapal yang berusaha menyelamatkan diri di dek kapal itu. Di dalam ketel uapnya masih terdapat kayu bakar. Menurut pemahaman Pollack, “Saat air danau mulai masuk ke kapal, seluruh kapal mulai tenggelam seperti sebuah kapal selam. Ada 3 orang yang tewas akibat tenggelam.” Dan sebelumnya di daerah Yukon itu sama sekali tidak pernah ditemukan kapal karam yang masih dalam keadaan utuh seperti itu. Akhir abad ke-19, arkeolog Jerman menggali situs Kota kuno Babilonia. Saat mereka berhasil menemukan Palace Court, di daerah timur laut ditemukan sebuah bangunan tidak lazim, yang setengahnya di dalam tanah, dengan bentuk menyeru-

leh mengirimkan pesawat militer RRT untuk berpatroli di wilayah perairan tersebut, karena Angkatan Udara paling memungkinkan untuk terjadi bentrokan senjata. Inisiatif Xi Jinping menyelesaikan krisis Pulau Diaoyu telah mendapatkan dua hasil: meredakan konflik yang memanas, dan kedua belah pihak RRTJepang sama-sama mendapatkan hak kedaulatan bersama terhadap Pulau Diaoyu. Diam-Diam Xi dan AS Capai Kesepahaman Sebelumnya terdapat berita yang menyebutkan bahwa petinggi PKT menepis sengit mengenai masalah Pulau Diaoyu. Sisa kekuatan kubu Jiang Zemin (kubu garis keras) di dalam tubuh PKT memanfaatkan kekuasaannya atas divisi Front Persatuan di luar negeri dengan mengerahkan sistem intelijensinya untuk menghasut isu melindungi Pulau Diaoyu, yang bertujuan untuk memberikan tekanan terhadap Presiden RRT, Hu Jintao dan Xi Jinping (calon penerus Hu Jintao). Terutama isu mengenai pihak Jepang yang mengumumkan akan mengambil alih

peroleh pekerjaan layaknya budak dengan upah rendah. Banyak ahli pertambangan mengatakan kepada Huffman, mendayagunakan tambang tembaga ini akan membuat Aynak mengalami pencemaran limbah beracun. Pencemaran itu bersifat abadi, selain sungai bisa tercemar, racun juga dapat menyebar ke daerah lain, padahal para penduduk lokal belum pernah dibekali informasi tentang bahaya tersebut. Dengan demikian, orang Afghanistan selain akan kehilangan situs kuno yang dapat memperlihatkan sejarah penting kepada dunia, juga bakal kehilangan tanah itu, dan segala sesuatu yang tumbuh di atasnya. Huffman mengatakan, hal ini tidak berguna sedikitpun

tuhkan izin khusus. Osbert Lam, pendiri Asosiasi Tukang Kebun Keluarga mengatakan: “Saya berpikir, kini masalah menanam sayuran di kota semakin populer. Jumlah tim kami pun dalam jangka pendek telah mengalami peningkatan yang signifikan.” Anggota “Petanian Urban” Sekitar 100 Orang Sejak didirikan dua tahun lalu, Asosiasi pertanian urban telah memiliki sekitar 100-an anggota. Organisasi ini menyediakan 400 petak perkebunan di area seluas 930 m² di atap gedung. Sewa bulanan sebuah petak tanam sebesar 15 euro (185.000 rupiah) per bulan. Pendiri yang berusia 28 tahun ini dengan gembira mengatakan: “Orangorang yang datang ke kebun sayur sangat senang. Di sini seperti sepetak tanah murni, Anda akan merasakan suasana dan pemandangan yang berbeda.” Perencanaan pertanian urban dari Tokwawan, Kowloon, dan Hong Kong, selain dapat membuat keakraban di dalam keluarga, juga lebih mendekatkan jarak antara tetangga. Chu Pui-Kwan dengan dua temannya mendapat

pai persegi panjang, dan luas sekitar 1.260 meter². Bangunan ini terbentuk dari dua baris kabin, setiap kabin berukuran 6,6 m². Kedua baris kabin dipisahkan dengan sebuah koridor, susunannya simetris, dan dikelilingi oleh tembok yang tebal dan tinggi. Di dalam salah satu kabin di deretan sebelah barat ditemukan sebuah sumur yang terdapat tiga buah wadah air, satu berbentuk kubus, dan dua lagi berbentuk elips. Menurut analisa para arkeolog, kabin tersebut sebelumnya mungkin merupakan ruang air, dan wadah air tersebut adalah tempat dipasangnya pompa air. Oleh karenanya, para arkeolog menyimpulkan bahwa lokasi tersebut mungkin merupakan situs “taman gantung” seperti yang disebut dalam legenda. Pada 27 Desember 1948 pukul 22:30, sebuah pesawat penerbangan sipil berukuran besar jenis DC-3 lepas landas dari bandara San Francisco, AS, saat melintasi wilayah Bermuda, menara kontrol di darat sempat mendengar pilot berkata, “Apaapaan ini? Siapa yang menyanyikan lagu Natal?” Tidak ada seorang pun yang tahu apa makna di balik kata-katanya tersebut. Hari berikutnya pada 28 Desember 1948 pukul 04:30 dini hari, pesawat masih sempat mengirimkan pesan ke bandara: “Mendekati bandara, lampu sudah terlihat, bersiapsiap mendarat.” Namun pesawat penumpang jenis DC-3 tersebut tidak pernah mendarat. Pesawat

7

Pulau Diaoyu sebagai wilayah kedaulatan Jepang, atau isu campur tangan AS yang menekan atau mendukung perlindungan terhadap Pulau Diaoyu yang mungkin akan memicu “rasa nasionalisme yang kuat”, tujuannya agar RRT terseret dalam perang, sehingga Kongres PKT ke-18 pun diharapkan dapat diundur sehingga dapat mengulur waktu lengsernya tokoh utama di kubu PKT Jiang, yakni Zhou Yongkang. Pakar masalah Tiongkok dari Washington DC bernama Shi Cangshan menyatakan: “Xi Jinping dan pihak AS telah mencapai kesepahaman. Pihak AS telah menekan dan secara terbuka meminta agar Jepang menahan diri. AS juga mengumumkan akan mengundang RRT untuk ikut serta dalam latihan perang. Sementara Xi Jinping menurunkan suhu yang memanas dalam masalah sengketa Pulau Diaoyu. Namun jika dilihat saat ini tekanan dari pihak AS terlihat sangat efektif, dan meskipun Xi Jinping mendapat hambatan dari berbagai faksi dari dalam tubuh partainya sendiri, namun di masa mendatang diyakini akan mendatangkan hasil yang memuaskan.” (lin)

Para pekerja tambang sedang melakukan penggalian di wilayah Aynak, Afghanistan. (INTERNET)

bagi orang Afghanistan. Mereka akan menghadapi bencana lingkungan yang tak mampu

ide untuk mendirikan taman bunga di atap lantai 12. “Kami telah mengundang beberapa manula dari daerah ini untuk menggambar pola favorit mereka pada kotak tanaman, dan mereka sangat menikmati kegiatan tersebut,” ujar nona Chu Pui-Kwan. Sekarang, pertanian urban dari Tokwawan penuh ditumbuhi dengan spinach, kacang-kacangan, rumput lemon, mint, dan rosemary. Bahkan siswa menjadikan tempat itu sebagai kelas ekskul, mereka mempelajari pengetahuan cara menanam sayuran di kota. Sementara itu, Chu juga merupakan salah satu peserta gerakan inisiatif dari acara “Waktu Menanam!”, acara ini berkomitmen untuk mempromosikan kepada masyarakat Hong Kong agar menanam sayuran mereka sendiri. Dia menjelaskan: “Niat awal dari prakarsa ini adalah agar setiap keluarga di Hong Kong memiliki sepetak kecil tanah hijau, di atap, depan jendela, atau bahkan di dalam pot-pot.” Bagaimanapun, sayuran organik akan semakin diterima oleh masyarakat Hong Kong. Pada 2008, terdapat 123 pertanian yang terlibat dalam proyek

menghilang sebelum sempat mendarat, seolah ada sebuah lubang besar di langit, dan pesawat jatuh ke dalam lubang itu, lenyap begitu saja!

dipulihkan, juga selamanya akan kehilangan warisan budaya yang tak ternilai. (whs)

sayuran organik pemerintah. Pada tahun ini pertanian yang berpartisipasi telah meningkat menjadi 193. Meskipun statistik resmi menunjukkan bahwa sayuran yang dikonsumsi orang Hong Kong hanya sebanyak 3% yang diproduksi secara lokal, yang termasuk diantaranya merupakan hasil jerih payah pertanian urban dari atap gedung. (hui)

PENGUMUMAN PERUBAHAN HARGA KORAN THE EPOCH TIMES Harga koran The Epoch Times akan mengalami perubahan harga per Oktober 2012. Berlangganan Bahasa Indonesia / Mandarin saja, akan dikenakan biaya 8.000 rupiah / bulan. Sedangkan jika berlangganan Bahasa Indonesia dan Mandarin akan dikenakan biaya 10.000 rupiah / bulan. Demikian harap maklum. Terima kasih.

The

Epoch Times

CERMATAN DINAMIKA DUNIA

Jalur Gempa Mematikan yang Mengerikan

PEMIMPIN UMUM:

Selain itu, di dekat garis 300 lintang utara juga terdapat jalur gempa mematikan yang sangat menakutkan. Gempa bersifat bencana yang terjadi di daerah ini menelan korban di atas 2.000 jiwa atau dengan kekuatan di atas 7 SR, seperti gempa di daratan Jepang yang mencapai 8 SR; dua kali gempa di Lisabon, Portugal, yang mencapai 8 SR; gempa di El-Chun Gordon, Turki, yang juga mencapai 8 SR; gempa San Francisco yang berkekuatan 8,3 SR; serta gempa La Tancha, Italia, yang berkekuatan 9,8 SR.

PEMIMPIN REDAKSI:

Pemandangan Misterius 3000 Lintang Utara di RRT

YS Then

Widiyanto

WAKIL PEMIMPIN REDAKSI: Ajeng Utami

REDAKTUR PELAKSANA: Oscar Nugroho

REDAKTUR:

Milianda Tantri, Dennis Purwoko, Febriant Hendriani, Lindsey Widya

PENERJEMAH:

Linjaya, Sudianto, Hongky, Yanny, Leon, Mila, Nia, Hui Hui, Dewi Mala, Hamdani, Isti Galuh

WEBSITE: Hartoyo

FOTOGRAFER:

Jefferson, Hartono, Robertus Pudyanto

Teluk Hangzhou terletak di sebelah timur laut Provinsi Zhejiang, diberi julukan Pasang Haining (atau Pasang Qiantang), merupakan teluk yang mengalami selisih pasang dan surut paling ekstrim di pesisir pantai Tiongkok. Di sepanjang sejarah, selisih pasang dan surut pernah mencapai 8,93 meter. (sud)

Manfaatkan untuk kebutuhan usaha/pribadi Anda.

Untuk pemasangan iklan mini silahkan hub (085) 6310 0300, (031) 7116 8787, (031) 7515 2605

PROPERTI

PRODUK KESEHATAN

PRODUK KESEHATAN

ANEKA KEBUTUHAN

ANEKA KEBUTUHAN

Jual Rumah Gading Fajar Sidoarjo Tipe 36, Full renovasi, PAM, PLN, TELKOM, siap huni Harga nego Peminat serius hub: 031 - 7521044 atau 031 - 91378123

Pembalut dan Pantyliner Kesehatan NATESH Menghindarkan kanker servick, mengatasi keputihan dan peradangan, menyembuhkan ambaien, luka-luka/borok, mengatasi nyeri haid dan melancarkannya. Amelia: 0878 5502 5758 / 0815 5412 6473

Jual Makanan Sehat cabang Rumah Gizi - Sby dan Sayuran/Beras/Buah Organik cabang Brenjonk-Kaliandra. Melayani pesan antar untuk daerah Sidoarjo (Surabaya+Ongkos kirim). Yani 081 2300 4063 / 031 8072936

Depot Shan Shan Ubaya Terima pesanan nasi bungkus, nasi kotakan, dan tumpeng. Menu aneka penyetan, aneka kremesan, aneka menu kuah, dsb. Hub Christina 031-72107688

KEISYA PET SHOP Menjual kucing piaraan jenis anggora solid, anggora medium, persia Tersedia kitten persia & anggora 2 bln Hub: 0878 5502 5758 / 0815 5412 6473

REPORTER:

Amelia Wulan, Leonardo, Rachmat, Boedijono, Manuh, Sunardi

ALAMAT:

The Epoch Times Indonesia Raya Panjang Jiwo Permai 34, Surabaya Tel: (031) 8431116 Fax: (031) 8496442 contact@epochtimes.co.id

DISTRIBUSI - PEMASARAN:

Jakarta : Ye Qiumei 083871571505 Surabaya : Liing (031) 70780630 Bali : Alimin 08165 444 779 Medan : (061) 77499135, 4572615 Semarang : Budi (024) 70712407 Yogjakarta : Tjipto (0274) 7848434 Lombok : Heryanto 081757 1281 Pontianak : Athiam 085822535966

SALES / IKLAN:

Andhy (031) 71168787 Robert (031) 70999799 Maya (031) 75152605

IKLAN WEB:

Reymond (031) 91042120

DONASI:

PT. Sinar Epoch Acc. BCA 1070255797


GRIYA

8

TheEpochTimes CERMATAN DINAMIKA DUNIA 04 - 10 Oktober 2012

Mengecat Rumah:

Kenali Sebelum Melakukannya GORDON ELLIOT The Epoch Times

Tidak peduli seberapa hati-hati Anda dalam mengecat, tetesan cat pasti akan selalu ada yang terpercik ke tubuh Anda.

O

leh karena itu kenakan pakaian yang siap Anda korbankan. Noda cat yang sudah bercampur dengan air akan dapat langsung dibersihkan dari pakaian Anda jika noda tersebut masih basah, namun jika noda tersebut telah mengering, maka akan menjadi sulit untuk dibersihkan. Hal yang sama berlaku bagi kuas dan rol. Menyediakan sebuah ember air sangat berguna ketika Anda mengecat, karena selain dapat Anda gunakan untuk membersihkan kuas, juga dapat digunakan untuk membersihkan tangan, dan benda-benda lain yang terkena percikan cat ketika cat masih basah. Memakai sarung tangan karet atau plastik saat mengecat mungkin baik untuk sementara waktu, namun setelah beberapa saat, mereka akan menjadi tidak nyaman. Jika Anda memiliki kuas yang telah mengeras namun masih layak pakai, Anda dapat menggunakan thinner atau pembersih kimia lainnya untuk melemaskannya kembali.

nyak, karena Anda akan membutuhkan lebih banyak cat untuk menutupi dinding yang berwarna tua. Tentu saja, jumlah yang tepat tergantung pada berbagai faktor, seperti kualitas cat yang Anda gunakan, seberapa tebal Anda menggunakannya, dan perbedaan warna. Mengganti cat dinding dengan warna lebih terang membutuhkan cat lebih banyak daripada mengganti cat ke warna yang lebih gelap. Mengubah dinding menjadi kuning merupakan warna yang paling membutuhkan banyak cat. Jika warna tetap sama atau hampir sama, tentunya akan memakan waktu yang lebih sedikit daripada melakukan perubahan warna. Dalam pemilihan cat, pertan y a a n pertama adalah apa

bahan dasar untuk memilih cat. Dari perspektif lingkungan, memang tidak terdapat larangan untuk menggunakan cat berbahan dasar minyak. Namun dampak dari penggunaaan cat berbahan minyak dan pelarut yang mereka butuhkan terlalu besar bagi lingkungan. Sebaiknya jangan menggunakannya, kecuali jika memang tidak ada pilihan lain.

Sebagian besar dinding kini sudah dicat dengan cat berbahan dasar air, sehingga biasanya tidak ada masalah dalam mengganti cat dengan kembali menggunakan cat berbasis air. Namun di rumah-rumah tua, terdapat banyak lis, pintu, dan jendela yang dicat dengan cat berbahan dasar minyak. Ada yang mengatakan bahwa cat berbahan minyak dapat ditimpa dengan lateks, itu benar, asalkan cat berbasis minyak telah sepenuhnya diampelas untuk memberikan kekuatan rekat pada lateks terhadap bidang. Pilihan lain adalah dengan menggunakan salah satu bahan baru yang dapat bertindak sebagai mantel pengikat di antara dua jenis cat. Ada beberapa cara agar Anda dapat memeriksa jenis cat yang digunakan pada lis rumah Anda. Cat berbahan minyak akan menjadi rapuh karena usia. Namun lateks tidak. Jika cat lama Anda mengelupas, perikaslah apakah cat tampak rapuh. Jika tampak rapuh, maka itu adalah cat yang berbahan minyak. Cara lain untuk mengetahui adalah dengan menyeka sedikit alkohol yang telah didenaturasi pada

Kuas, Rol, dan lainnya Ada peralatan cat yang tersedia. Beberapa dari mereka benar-benar berguna dan beberapa lainnya tidak seberapa berguna. Namun ada dua alat utama yang tidak bisa dikompromikan, yaitu: kuas dan rol. Sebuah kuas yang baik sangat penting untuk mendapatkan hasil yang profesional dan belajar cara mengecat dengan baik. Dengan perawatan yang baik, kuas Anda

Mengecat: Berapa Biayanya? Apa Saja yang Dibutuhkan? Rata-rata ruangan membutuhkan sekitar lima galon cat. Jika Anda ingin mengubah warna, maka dapat membelinya lebih ba-

Tips Desain

CHT MEDIA

Banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda mengecat rumah. (HOWTOBUILDAHOUSEBLOG.COM)

Seimbangkan Desain Indoor dan Outdoor

CHT Media Kepada Marc: Saya telah berhasil merancang rumah saya dengan bantuan saran dari artikel Anda. Sekarang saya ingin mengerjakan bagian depan, namun saya tidak yakin dari mana untuk memulai, karena bagian tampak mengerikan. Pemilik rumah sebelumnya adalah seorang tukang kebun sehingga halaman dipenuhi tanaman yang telah layu dan saya tidak punya waktu untuk menanam kembali. Apakah ada saran? Terima kasih, Tina

lap dan gosok untuk melihat apakah terdapat cat di atasnya. Cat lateks akan melunak bila terjadi kontak dengan zat ini, sedangkan cat berbahan minyak cat tidak. Pertimbangan berikutnya adalah masalah finishing. Jenis kemilau apa yang Anda pilih tidak hanya akan memengaruhi tampilan rumah dan masalah perawatannya, tetapi juga akan membuat perbedaan dalam kemudahan mengecat. Cat datar adalah yang paling mudah untuk dikerjakan karena ti-dak mengkilap. Semakin mengkilap cat Anda, maka pengerjaannya akan semakin sulit. Ketika Anda mengerjakannya kembali dan menyentuhnya dengan rol atau kuas, maka hal itu akan meninggalkan tanda. Cat datar tampak hebat tetapi hampir mustahil untuk dibersihkan, karena jika menggunakan sabun di atasnya dapat meninggalkan bekas. Salah satu pilihan yang baik adalah dengan menggunakan cat datar pada langit-langit rumah saja, karena di sana sangat jarang disentuh orang, sehingga akan tetap bersih. Untuk menghindari warna cat yang berbeda, Anda perlu untuk menjaga tepian bidang yang Anda cat tetap basah. Itu berarti Anda harus menyelesaikan pekerjaan sepenuhnya saat Anda bergerak di dinding atau di sekitar pintu atau jendela, sehingga tidak perlu meninjau kembali setiap bidang. Jika sudah terdapat warna yang tidak rata, maka tidak ada yang dapat Anda lakukan selain membiarkannya atau mengecat kembali seluruh permukaan bidang tersebut. Saya melihat hal ini sering terjadi, bahkan pada tukang cat profesional sekalipun. Cobalah untuk menyelesaikan pengecatan sesegera mungkin sebelum tepian cat menjadi kering.

Kepada Tina: Jika halaman rumah Anda tidak mencerminkan desain yang bergengsi seperti yang Anda lakukan pada bagian dalam rumah, maka keseimbangan desain keseluruhan akan menjadi tidak harmonis. Tujuannya adalah keseimbangan, sehingga tamu yang masuk atau duduk di ruang halaman rumah Anda dapat betah menikmati segelas anggur. Cari Inspirasi dari Interior Dalam membangun konsistensi, dapat dilihat dari desain baik luar maupun dalam rumah Anda. Seperti apakah gaya desain yang

ingin ditampilkan? Apakah desain rumah Anda rendah dalam hal biaya pemeliharaan? Jika demikian, maka desain luar dan dalam haruslah sama. Ada sejumlah cara yang berbeda untuk membuat desain lansekap dengan biaya rendah. Buat Skema Warna Ketika membeli tanaman untuk desain lansekap baru Anda, Anda sebaiknya mengikuti aturan dasar yang sama dengan desain interior rumah Anda. Kunci untuk skema warna lansekap yang sukses adalah dengan memadukan warna tradisional hijau dengan beberapa warna cerah yang berbeda. Pilih skema warna yang sesuai guna merancang lansekap. Jika interior berwarna biru, maka bunga biru sebagai aksen di tempat tidur bunga di depan rumah akan menjadi pilihan yang tepat bagi skema warna keseluruhan. Pertimbangkan Musim

Keranjang gantung memberikan warna cerah untuk desain luar ruangan. (CHT MEDIA)

Skema warna desain lansekap sedikit lebih teknis daripada desain interior. Skema warna lansekap akan berubah dari musim ke musim seiring dengan masa pertumbuhan tanaman. Anda harus dapat memastikan bahwa desain Anda tidak hanya terlihat bagus di musim kemarau, namun juga harus tampak mengesankan di musim penghujan. Pastikan untuk mengetahui tampilan tanaman untuk setiap musim ketika memilihnya. Jika desain tersebut tidak direncanakan

sebelumnya, maka tanaman Anda mungkin akan banyak yang layu ketika pergantian musim.

(BLOGSTRB.COM)

dapat bertahan selama bertahun-tahun. Secara umum, lebih baik menggunakan kuas terbesar yang bisa Anda gunakan untuk setiap situasi tertentu karena mereka dapat menyerap lebih banyak cat dan lebih rata dalam menutup bidang. Untuk cat berbasis air, pilihlah kuas dengan serat sintetis. Bersihkan kuas Anda setiap kali selesai mengecat atau menaruhnya di ember air dengan bulu kuas tercelup di dalam air, tetapi jangan sampai menyentuh bagian dasar ember. Cara lain untuk menjaga kuas atau rol tetap basah adalah dengan membungkusnya dalam kantong plastik dan memasukkannya ke dalam lemari es. Ini bagus untuk satu atau dua hari, tetapi setelah pekerjaan selesai, Anda benar-benar perlu untuk membersihkan kuas secara menyeluruh. Untuk dinding dan langit-langit, rol merupakan alat terbaik untuk mengecat. Gunakan rol yang agak panjang, karena rol yang pendek tidak akan dapat menampung cukup cat sehingga Anda harus sering kembali ke nampan. Salah satu kunci untuk menggunakan rol adalah mengecat bagian yang paling tinggi terlebih dahulu. Akan lebih baik jika Anda memiliki gagang yang panjang. Alat penting lainnya adalah bingkai rol. Gunakanlah bingkai rol yang kuat untuk mendapatkan hasil pengecatan yang lebih baik dan mudah. (osc) Gordon Elliot memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun dalam membangun rumah dan berada di sebuah proyek untuk membangkitkan keterampilan dan kepercayaan diri bagi orang lain untuk melakukan proyek rumah mereka.

Tips Pencahayaan Ruang

Pencahayaan Alami Tampilan lansekap Anda juga akan berubah tergantung pada jumlah cahaya alami yang diterimanya dalam kurun waktu yang berbeda. Tanaman tertentu membutuhkan banyak cahaya alami untuk dapat bertahan hidup, sedangkan terdapat sejumlah tanaman yang justru sama sekali tidak membutuhkan cahaya. Untuk mengetahui kebutuhan tanaman terhadap cahaya, maka gunakan label untuk melakukan pencatatan. Setiap label akan menyatakan pemaparan cahaya alami yang ideal untuk masing-masing tanaman. Ukuran tanaman akan digunakan selama tahap perencanaan untuk memastikan antara tanaman yang satu tidak akan mengalahkan tanaman yang lain. Desain lansekap membutuhkan banyak perencanaan yang matang, tetapi bila dilakukan dengan baik dapat meningkatkan nilai keseluruhan dari rumah Anda. (osc) Marc Atiyolil adalah desainer selebriti, Editor-in-Chief dari Majalah Tren Rumah Kanada, seorang ahli desain di CTV dan pembawa acara Marc Atiyolil Show di www.MarcAtiyolil.com. Untuk mengajukan pertanyaan, kunjungi www.MarcAtiyolil. com.

NTD TELEVISION 6TH INTERNATIONAL

VOCAL COMPETITION 2012 Oct 19-21 (Fri-Sun), 2012 Finals and Concert at Carneggie Hall, New York City Hotline: 1-646-736-2988 vocal@globalcompetitions.org Vocal.ntdtv.com

Gold Award: US$ 10,000

BELINDA ALBO Pencahayaan adalah cara jitu untuk menambah gairah interior. Pencahayaan yang tepat dapat memengaruhi suasana hati ketika sedang berada di ruang pribadi Anda. Berikut adalah beberapa ide dalam menerangi beberapa sudut-sudut gelap di kamar Anda. Ketika memilih lampu yang tepat untuk sebuah ruangan, Anda harus terlebih dahulu menentukan tujuan penggunaan lampu. Apakah perlu menyediakan lampu utama yang umum untuk ruangan, atau hanya digunakan tujuan tertentu? (Misalnya, membaca atau untuk menambah cahaya lembut di sudut-sudut gelap). Lampu yang berbeda menawarkan berbagai intensitas dari kekuatan cahaya. Beberapa lampu dapat memberikan tiga level cahaya yang berbeda untuk Anda pilih, yakni cahaya sangat terang, terang, dan lembut. Memilih Lampu Pancaran cahaya dan tampilan dari lampu juga harus mencerminkan dekorasi. Interior modern lebih cenderung memilih warna perak / chrome dan nuansa putih kapas. Sedangkan ruangan yang ingin bernuansa lebih tradisional cenderung memilih warna emas antik atau bentuk vas yang memiliki warna yang kuat dan berbentuk lonceng. Jika Anda ingin menempatkan

(COURTESY OF BELINDA ALBO)

lampu pada meja rendah yang berada di samping sofa atau kursi yang dipergunakan sebagai penerangan untuk membaca, lampu dengan leher yang bisa diatur panjang pendeknya merupakan solusi terbaik. Dengan cara ini, cahaya dapat bersinar turun ke permukaan bacaan Anda. Untuk lampu meja, aturan yang baik adalah: jarak dari bagian bawah pancaran cahaya ke lantai sebaiknya pada kisaran 90 cm sampai 106 cm dari tanah. Ukuran total cahaya juga harus memperhitungkan skala ruangan. Jika sudut meja ber-ukuran sempit, maka gunakan lampu dengan skala yang lebih kecil, atau menggunakan lampu dinding. Lampu yang memiliki leher atau tubuh lebih pendek dapat bekerja dengan baik jika Anda menempatkannya pada permukaan yang lebih tinggi, yaitu 120 cm atau lebih dari tanah. Jika batang lampu terlalu panjang, Anda akan melihat langsung di bawah pancaran cahaya, hal ini harus Anda hindari. (zzr)


HIBURAN

TheEpochTimes CERMATAN DINAMIKA DUNIA 04 - 10 Oktober 2012

9

Selebriti Tiongkok Panik Hadapi Kasus Hubungan Gelap Bo Xilai JANE LIN The Epoch Times Dalam pengumuman resmi yang akhirnya menghentikan karir politik Bo Xilai dan mengusirnya dari Partai Komunis Tiongkok pada 28 September lalu, kantor berita RRT, Xinhua, membuat pernyataan yang menyebutkan bahwa Bo memiliki “hubungan gelap” dengan sejumlah selebriti perempuan Tiongkok.

S

itus-situs microblogging Tiongkok segera dengan cepat mengangkat berbagai isu mengenai siapa saja daftar nama selebriti perempuan yang menjadi “teman tidur” Bo. Para selebriti perempuan Tiongkok segera beramai-ramai mengumumkan di Sina Weibo, Twitter versi Tiongkok, bahwa mereka tidak pernah mengenal Bo Xilai dan belum pernah ke Kota Chongqing (tempat Bo Xilai menjabat sebagai Wali Kota). Sedangkan sejumlah selebriti lainnya dilaporkan tengah panik menghubungi staf humas mereka untuk menangani klaim yang mungkin menghubungkan mereka dengan Bo. Menurut Xu Xin, seorang sarjana hukum di Beijing, agen humas diperintahkan untuk memantau Weibo dan segera bekerja melakukan penghapusan begitu nama klien mereka disebutkan. Nama-nama selebriti yang menjadi kandidat kuat, nama-nama yang paling terkenal ialah Ni Ping, Zhang Ziyi, Li Bingbing, Tang Wei, Gong Li, Lin Zhiling, Liu Jialing, Faye Wong, Jiang Wenli, dan Stafanie Sun. Mereka semua adalah model, aktris, penyanyi, dan merupakan publik figur. Sebagai contoh kasus seberapa seriusnya masalah ini terhadap dunia selebriti Tiongkok tampak dari kasus Zhang Ziyi, seorang aktris terkenal yang dituduh menjalin hubungan gelap dengan Bo, yang akhirnya justru menuntut perusahaan media

Aktris Zhang Ziyi pada konferensi pers di Toronto, Kanada, pada September 2012 lalu. Zhang menggugat perusahaan media Boxun dan Apple Daily, yang menyatakan bahwa ia terlibat hubungan gelap dengan penghubung resmi Partai Komunis dari faksi garis keras, Bo Xilai. Sejumlah selebriti perempuan Tiongkok baru-baru ini panik setelah Xinhua menyebutkan sejumlah hubungan gelap Bo bersama sejumlah perempuan. (JEMAL COUNTESS / GETTY IMAGES)

yang bertanggung jawab ke meja hijau. Gugatannya dilayangkan pada Juni lalu terhadap perantauan media Tiong-hoa yang terkenal kritis, Boxun, yang mengklaim memiliki sumber berita yang kuat terhadap laporan tentang pertemuan dugaan pertemuan Zhang dengan Bo. Selain Boxun, Zhang Ziyi juga menuntut media Hong Kong Apple Daily di pengadilan Kalifornia, AS.

Apple Daily yang dikenal dengan pelaporannya yang cenderung mengarah kepada berita gosip selebriti dan terkadang cabul, telah lama menulis tentang masalah dugaan hubungan gelap Bo dengan sejumlah bintang film, selebriti, pembawa berita, dan model Tiongkok. Menurut Apple Daily, istri Bo – Gu Kailai, bahkan berusaha untuk membunuh seorang penyiar perem-

puan asal Dalian bernama Zhang Weijie akibat ketahuan berselingkuh dengan Bo. Zhang Weijie pun kemudian menghilang secara misterius. Oriental Daily, media Hong Kong yang lain, melaporkan pada April lalu bahwa Xu Ming, mantan CEO dari sebuah kerajaan bisnis yang berbasis di Dalian yang telah diuntungkan dari patronase Bo selama bertahun-tahun, mengaku selama penyelidikan bahwa ia bertanggung jawab untuk mengatur dan mengirimkan lebih dari 100 perempuan, termasuk sejumlah bintang film terkenal, kepada Bo Xilai. Jiang Weiping, seorang wartawan yang bertugas beberapa tahun di penjara setelah menulis sebuah artikel yang menuduh Bo Xilai terlibat korupsi di Dalian, menulis sebuah artikel yang menjelaskan bagaimana mantan sekretaris pribadi Bo, Wu Wenkang seba pernah menjabat sebagai germo bagi Bo. Wu dan seorang pemilik sebuah hotel mewah di Dalian memiliki sebuah kamar di hotel dan menyediakan pasokan dari perempuan cantik dan terkenal bagi “teman tidur” Bo Xilai. Jiang juga menulis bahwa Wu Wenkang akan mengurus anak-anak yang kadang-kadang lahir sebagai akibat dari hubungan intim mereka. Situs berita luar negeri Tiongkok yang lain, Mingjing, menyebutkan sebuah “sumber informasi” bahwa dokumen yang telah beredar di Politbiro Partai Komunis Tiongkok (PKT) tercantum daftar nama-nama perempuan yang telah dikencani Bo Xilai.

Korban, Edukator, dan Jurnalis Holocaust Resensi Buku Otobiografi John Izbicki Ungkapkan Kehidupan yang Mengesankan BILL HOLDSWORTH The Epoch Times

Jika Anda ingin mengetahui bagaimana keempat sudut pandang jurnalisme bekerja di dunia rekaman intrik, fakta, dan gosip, seperti yang terlihat melalui mata Daily Telegraph, maka Life Between the Lines adalah buku yang tepat bagi Anda. Anda dapat belajar bagaimana politeknik Inggris menjadi universitas, dan menemukan bahwa John Izbicki, seorang anak Yahudi yang berhasil lolos tepat pada waktunya dari Berlin (setelah menyaksikan Kristallnacht – kekerasan anti Yahudi, dan serangan pasukan Hitler yang menghancurkan toko ayahnya), adalah orang yang memiliki visi untuk mewujudkannya. Otobiografi dan memoar menyediakan benang berwarna-warni dari mana permadani sejarah dapat ditenun. Bagi pembaca, mereka juga dapat dilihat sebagai potongan puzzle yang dipotong bersama-sama, menciptakan gambar yang lebih besar dari masa lalu, dengan titik fokus ke masa mendatang. Pada 1942, saya adalah seorang mahasiswa di Politeknik Bangunan di Utara London selama masa serangan kilat (blitzkrieg) dimana banyak teman sekelas saya yang berbeda ras. Mereka berbicara tentang dunia musik, filsafat, seni, dan ilmu pengetahuan dengan cara yang menyenangkan yang telah mengarahkan saya di sepanjang perjanan kehidupan saya. Anak-anak ini, dengan nama yang tidak biasa terdengar, berasal dari iman dan budaya yang sama dengan John Izbicki dan orangtuanya, yang telah beruntung mendapatkan perahu terakhir dari Belanda tanpa sepeser pun di saku mereka, dan bahkan lebih beruntung lagi

Life Between the Lines oleh John Izbicki. (PAUL IZBICKI)

karena tidak diinternir, karena petugas pelabuhan berpikir bahwa Izbicki adalah nama Rusia. Politeknik Utara pada 1996 telah menjadi University of North London. Pada akhir karir sebagai wartawan pendidikan terkemuka dan tahun pertama sebagai koresponden Paris yang beberapa orang suka menyebutnya The Torygraph, John menjadi buronan pada usia 62 atas menjadi semua tindakannya yang didedikasikan bagi urusan publik, dengan daftar riwayat hidup yang banyak memperjuangkan permasalahan akademik. Dia mencetak nilai tinggi dalam mendukung pertempuran Shirley Williams untuk menciptakan GCSE

dan nilai tertinggi dalam memerangi PNS yang regresif untuk membuat impian Harold Wilson dari University of the Air menjadi kenyataan. Universitas Terbuka, yang saat itu banyak terdapat di mana-mana, akhirnya berhasil sampai ke buku undang-undang melalui dukungan dari Margaret Thatcher, yang pernah memiliki kecerdasan dan pesona untuk membujuk untuk bergabung dengannya setelah pertunjukan tari di sebuah kongres di Scarborough ketika mereka bersama-sama berjalan di pantai untuk menikmati cahaya bulan. Apa yang dia katakan tidak dicatat tetapi kemudian terbukti bahwa dia jauh lebih baik daripada

banyak menterinya, seperti ketika dia menjabat sebagai perdana menteri dia memberikan sepenuh hati mendukung kampanyenya untuk mengubah politeknik ke universitas, yang terus mendapatkan keuntungan begitu banyak. Life Between the Lines berisi tentang habisnya seluruh cerita yang sebelumnya tak terkatakan, yakni: cinta pertamanya dan kehidupan eklektik, di mana kecintaannya terhadap dunia akting memungkinkannya untuk berbicara dan menulis jalan melalui dunia intrik pendidikan dengan cara yang menyenangkan. Pendidikannya telah berhasil diselesaikan ketika dia berada di legiun. Dia tidak memiliki partisan dan pendukung yang menurutnya jujur dan memiliki integritas. Saya berharap dalam bab terakhirnya John Izbicki secara singkat akan menempatkan pilihannya secara tepat pada intrik kebijakan pendidikan saat ini dengan koalisi pemerintah. Undangan untuk Newsnight BBC 2 akan menjadi sebuah ide yang baik. Kehidupan John adalah simfoni dengan periode kegembiraan dan sukacita yang dibayangi oleh kesedihan intens, tragedi, dan secercah putus asa yang mengecewakan. Seperti yang kita semua tahu, kehidupan kita merupakan sempalan dari banyak pecahan di antara garis hidup. Seperti pendiri Paralimpiade (olimpiade untuk orang cacat), Dr. Sir Ludwig Guttmann, ia menemukan jalan ke Inggris dan membawa benih visi dan peningkatan ke dunia pers dan pendidikan. Life Between the Lines adalah kisah tentang kehidupan yang dijalani dengan mengesankan, dan terceritakan dengan baik. Terdapat banyak bacaan menarik yang dapat ditemukan di sini. (osc)

Bill Holdsworth adalah seorang insinyur lingkungan, penulis, dosen, wisatawan, dan wartawan.

Aktris kondang Gong Li (ATAS) dan Li Bingbing (KANAN) diduga juga turut menjadi “perempuan gelap” Bo Xilai. (ASIANBITE.COM)

Mingjing juga menuduh bahwa stasiun televisi yang dikelola rezim PKT, termasuk para penyiar perempuan dari CCTV (Televisi nasional RRT), sudah menjadi pemuas nafsu dari Bo Xilai dan sejumlah pejabat senior PKT yang lain. Jika hal itu sungguh-sungguh terjadi, maka pemimpin rezim tidak akan merilis daftar perempuan tersebut dalam waktu dekat. Dengan penelitian oleh Gao Zitan. (osc)

Michael Schumacher – Juara F1 7 Kali – Umumkan Pensiun JAMES FISH The Epoch Times

Untuk kedua kali dalam karirnya, Juara Dunia tujuh kali balap mobil Formula-1, Michael Schumacher, mengumumkan pengunduran dirinya. Dan kali ini kemungkinan akan menjadi pengunduran dirinya yang terakhir. “Saya telah memutuskan untuk pensiun dari F1 pada akhir musim, meskipun saya masih bisa bersaing dengan para pembalap terbaik di dunia,” kata Schumacher dalam situs resminya. “Ini adalah sesuatu yang membuat saya bangga, dan ini merupakan bagian dari mengapa saya tidak pernah menyesal dengan kembalinya diri saya ke dalam perlombaan ini.” “Saya menikmati kinerja saya dan fakta bahwa kemampuan saya terus meningkat dalam kurun tiga tahun terakhir ini. Tetapi pada akhirnya, ada saatnya untuk mengucapkan selamat tinggal. “ Schumacher membuat pengumuman di Jepang pada Kamis (4/10) ketika tim sedang bersiap untuk Grand Prix Jepang pada Minggu (7/10). Pembalap berusia 43 tahun itu pernah mengumumkan pengunduran dirinya yang pertama pada 2006 lalu dan kembali ke olahraga ini pada 2010. Dalam tiga musim, pembalap Jerman ini hanya sekali mencapai podium (peringkat 1-3), yakni di Grand Prix Valencia pada 2012. Menurunnya performa dianggap sebagai salah satu alas an bagi Schumacher untuk pensiun. “Selama beberapa minggu terakhir saya tidak yakin apakah saya masih akan memiliki motivasi dan energi yang diperlukan untuk terus berkeliling ke berbagai Grand Prix, dan itu bukan gaya saya untuk melakukan sesuatu yang tidak saya yakini 100%. Dengan keputusan hari ini, saya merasa bebas dari keraguan. “Saya mengatakan pada akhir tahun 2009 bahwa saya ingin mengukur batas maksimal keberhasilan saya. Hal ini tanpa diragukan lagi merupakan

tujuan kami untuk mengembangkan kejuaraan dunia balapan mobil dalam tiga tahun. Tetapi saya masih sangat senang dengan pencapaian keseluruhan saya di Formula 1.” Schumacher mengatakan bahwa dia merasa nyaman setelah membuat keputusan. Dia telah belajar banyak tentang dirinya saat pertama kali pensiun pada tiga tahun lalu dan setelah tiga tahun melakukan comeback, sehingga ia mendapat banyak pelajaran yang berharga. “Dalam enam tahun terakhir saya telah banyak belajar tentang diri saya, dan saya bersyukur untuk itu. Misalnya, Anda dapat membuka diri tanpa kehilangan fokus Anda. Anda harus menghargai apa yang Anda sukai dan mampu lakukan. “Saya ingin mengucapkan terima kasih Daimler, Mercedes-Benz, dan tim untuk kepercayaan mereka kepada saya. Selain itu saya juga ingin berterima kasih kepada semua temanteman, mitra, dan sahabat, yang telah mendukung saya selama bertahuntahun di dunia motorsport. Tetapi yang terutama, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada keluarga saya yang berdiri selalu di samping saya, memberi saya kebebasan untuk memilih hidup sesuai keyakinan saya dan berbagi kebahagiaan dengan saya.“ Lewis Hamilton akan menggantikan Michael Schumacher di Mercedes-Benz, sedangkan rekan Schumacher, Nico Rosberg akan tetap dipertahankan. (zzr)

Michael Schumacher mengumumkan pensiun pada akhir musim selama preview untuk Grand Prix Formula Satu di Jepang. (MARK THOMPSON / GETTY IMAGES)


10

BISNIS & EKONOMI Keagresifan Investasi Luar Negeri Tiongkok

TheEpochTimes

CERMATAN DINAMIKA DUNIA 04 - 10 Oktober 2012

HEIDE B. MALHOTRA The Epoch Times

Para ahli investasi dan pengamat pasar telah seringkali memperingatkan bahwa rezim Tiongkok berinvestasi secara agresif di luar negeri sebagai upaya untuk menjadi nomor satu di lingkungan bisnis dunia, dan melalui itu, mengatur dunia dari kantor pusatnya di Beijing. “Bangkitnya perekonomian Tiongkok, seperti juga pada peningkatan kekuatannya di Asia dan masalah global, serta persepsi bahwa ekonomi AS melemah, telah menginspirasi teori bahwa Tiongkok pasti akan segera ‘memimpin dunia’,” tulis sebuah artikel tahun 2010 di situs Daily News & Analysis. Untuk memperlembut pesan itu, artikel tersebut mencatat bahwa Dr. Robert Sutter, mantan staf Departemen Luar Negeri AS dan CIA, mengatakan bahwa Tiongkok akan memimpin dunia, termasuk pasar dunia, tidak akan terjadi di masa mendatang. Ungkapan tentang memimpin dunia diciptakan di masa lalu yang ditujukan pada Uni Soviet dan Jepang, namun tidak terwujud. Perdebatan berlanjut hingga 2012, dengan artikel yang diterbitkan pada bulan Februari oleh Dewan Hubungan Luar Negeri di situs Foreign Affairs menunjukkan bahwa Tiongkok memimpin dunia hanya akan terjadi jika perekonomian AS terusmenerus menurun. “Status kredit Tiongkok tidak menunjukkan perubahan atas fakta bahwa ekonominya saat ini kurang dari setengah ukuran Amerika Serikat, dan rakyatnya hampir tidak mencapai sepersepuluh orang-orang kaya di Amerika,” ungkap artikel Foreign

Affairs. Tidak lagi incar industri strategis “Eropa sedang mengalami awal dari gelombang struktural investasi langsung ke luar negeri di negara-negara maju oleh perusahaan-perusahaan Tiongkok. Lepas landasnya baru saja terjadi,” menurut laporan edisi Juni pada situs Rhodium Group LLC. Tampak bahwa antara tahun 2006 dan 2009, investasi langsung ke luar negeri (OFDI) tahunan oleh perusahaan Tiongkok meningkat tiga kali lebih cepat selama tahun-tahun sebelumnya. Antara tahun 2004 dan 2008, OFDI sebesar hampir $1 miliar per tahun, meningkat menjadi sejumlah $3 miliar per tahun untuk 2009 dan 2010. Pada tahun 2011, OFDI sebesar $10 miliar. Mayoritas investasi terjadi di Prancis, Jerman, dan Inggris. Laporan Rhodium mengasumsikan bahwa sebagian besar investasi di ketiga negara ini berorientasi pada investasi komersial dan bukan di bidang sumber daya teknis atau alam. Di sisi lain, kebanyakan investasi di Eropa Timur terjadi di bidang energi serta sepenuhnya berupa perusahaan baru. Investor Tiongkok tidak lagi “memilih di beberapa industri strategis...Campuran sektoral investasi Tiongkok di Eropa mengungkapkan bahwa sedang terjadi pergeseran. Tawaran Tiongkok kurang didominasi oleh sumber daya alam dan tujuan fasilitasi perdagangan dan lebih peduli dengan ber-bagai industri dan aset yang tersebar luas di seluruh Eropa,” lapor Rhodium Group. Lebih banyak perusahaan swasta daripada BUMN yang membuat kesepakatan investasi, tapi jika membahas tentang nilai investasinya, BUMN-lah yang memimpin. “Di Eropa, mayoritas penawaran dilakukan oleh pemain swasta—yang kami definisikan sebagai kepemilikan nonpemerintah yang memiliki 80% kepemilikan atau lebih besar. ... Ukuran rata-rata kesepakatan ini tentu saja jauh lebih kecil daripada perusahaan milik-negara,” lapor Rhodium Group. Pertanyaan yang tersisa, adalah apakah

yang disebut perusahaan swasta benarbenar milik pribadi? Lembaga think-tank, para ekonom, dan pengamat pasar mencatat di banyak artikel bahwa sulit untuk memastikan apakah sebuah perusahaan hanya dimiliki oleh perseorangan ataukah ada hubungannya dengan pemerintah daerah atau negara. “Banyak perusahaan swasta secara resmi beroperasi di bawah perlindungan hukum dari perusahaan negara atau kolektif. Oleh karena itu, sulit untuk menghitung saham ekonomi negara dan swasta,” tulis sebuah artikel di situs Library of Economics and Liberty edisi Agustus.

“Status kredit Tiongkok tidak menunjukkan perubahan atas fakta bahwa ekonominya saat ini kurang dari setengah ukuran Amerika Serikat, dan rakyatnya hampir tidak mencapai sepersepuluh orangorang kaya di Amerika.” —artikel Foreign Affairs. Implikasi Masa Depan OFDI Tiongkok “Investasi Tiongkok di Eropa dapat menjadi positif atau negatif pada saat yang bersamaan, tergantung pada siapa Anda,” tulis laporan Rhodium Group. Sebagai contoh, Huawei Technologies Swedia AB, produsen peralatan telekomunikasi, menjual peralatan mobile di Skandinavia, tetapi telah menjadi “kompetitor baru yang mengganggu bagi produsen Eropa dan karyawan mereka,” lapor Rhodium Group. Rhodium Group juga menyatakan bahwa China Ocean Shipping Group, penyedia jasa pelayaran laut internasional di Yunani dengan biaya yang sangat rendah, “dapat mengancam hak-hak serikat buruh Yunani, tetapi akan memberikan ratusan juta Euro untuk memodernisasi terminal peti kemas

dan mengembangkan lalu lintas angkutan serta lapangan pekerjaan terkait.” Eropa sangat curiga terhadap niat Tiongkok dan khawatir bahwa investor Tiongkok mencari investasi di perusahaan-perusahaan yang memiliki operasi yang bisa mereka pindahkan ke Tiongkok dan tidak tertarik pada bagaimana hal itu memengaruhi tenaga kerja dan pasar di negara tuan rumah. Komunitas bisnis Eropa belum lupa ketika Yankuang Group Co. Ltd. membeli pabrik kokas Jerman Kaiserstuhl di Ruhr Valley Jerman, yang dibongkar menggunakan tenaga kerja dari Tiongkok pada 2003, dan didirikan kembali di Provinsi Shandong. “Perusahaan Tiongkok lebih memungkinkan dibandingkan investor dari tempat lain untuk memperoleh aset Eropa, memindahkan teknologi dan aset berharga ke tanah airnya, dan menutup operasi di Eropa,” menurut laporan Rhodium Group. Kekuatan kompetitif ikut bermain juga. Rezim Tiongkok berpotensi memberikan pinjaman-murah untuk OFDI, sehingga kompetitor tidak mengetahui rahasia pinjaman tersebut dapat mendorong ke dalam kebangkrutan. Singkatnya, distorsi pasar Tiongkok membahayakan pasar-berbasis sistem kompetitif dan tidak memungkinkan bagi pasar untuk menetapkan harga yang wajar untuk produk. Distorsi pasar ini dibayangkan bisa menghancurkan kemampuan kompetitor untuk bersaing secara adil. Selain itu, rezim Tiongkok memiliki “hak kontrol baik itu atas perusahaan milik-negara (melalui kepemilikan dan nominasi eksekutif) maupun perusahaan swasta (melalui dominasi sistem keuangan, kontrol modal, dan kontrol regulasi),” dan dengan demikian sulit untuk memprediksi apa yang akan terjadi pada sebuah perusahaan setelah berada di tangan Tiongkok. Telah dicatat bahwa etika bisnis Tiongkok yang tidak fair dibawa ke Barat dan menciptakan masalah di pasar Barat. Pelanggaran hukum perburuhan, penggelapan pajak, dan pelanggaran lainnya oleh

perusahaan milik-Tiongkok telah dibawa secara gamblang di Kota Prato, Italia dan di Swedia. “Jika perusahaan Tiongkok yang memiliki aset di Eropa gagal untuk internalisasi norma-norma bisnis Barat, mereka akan lebih rentan terhadap litigasi di pengadilan Uni Eropa, sesuatu yang mereka kebal dari melayani pasar Uni Eropa hanya melalui ekspor,” peringatan laporan Rhodium Group. Masalah baru adalah sikap oleh para politisi Eropa yang mengincar investasi Tiongkok tanpa mengingat banyaknya distorsi aktivitas pasar yang dapat membahayakan pasar lokal dalam jangka pendek dan pasar dunia dalam jangka panjang. “Janji investasi baru Tiongkok sudah menawan imajinasi politisi Eropa, dan beberapa sudah kasak-kusuk untuk melunakkan perilaku mereka terhadap Tiongkok agar lebih menarik mereka,” menurut laporan Rhodium. Perusahaan Tiongkok berinvestasi di AS Investasi Tiongkok di Amerika Serikat telah melonjak lagi setelah mengalami lintasan menurun di paruh kedua 2011. Selama kuartal terakhir tahun 2011, investasi Tiong-kok mencapai $69 juta; sedangkan pada paruh pertama 2012, investasi Tiongkok di Amerika Serikat mencapai $3,6 miliar. Amerika Serikat telah belajar beberapa pelajaran sepanjang jalan dari cara negara Tiongkok menangani negosiasi dan telah menunjukkan bahwa ia akan menggunakan peraturan untuk membawa perubahan kebijakan di Tiongkok yang menguntungkan bagi bisnis AS. “Dalam pidato Sekretaris Negara Clinton pada Maret 2012, juga menyatakan bahwa para pejabat AS semakin siap untuk menggunakan kepentingan investasi Tiongkok di AS sebagai pengaruh untuk mencapai tujuan yang lebih luas dalam hubungan ekonomi AS-Tiongkok,” tulis laporan bulan Juli Rhodium Group. (ltv)

Bank Swiss Cegah Hilangnya Ratusan Miliar UBS memprediksi arus keluar aset besar-besaran karena pemerintah menindak mantan pelindung pajak lar. Setelah Anda didakwa, reputasi Anda ternoda,” komentar Zagaris. Ini adalah demonstrasi yang kuat mengingat bahwa Departemen Kehakiman akan menggunakan informasi yang diperoleh dalam beberapa penyelidikan untuk menindak-lanjuti bank-bank Swiss dan karyawan mereka, cukup banyak merugikan Swiss, reputasinya sebagai pelindung pajak tercoreng dan perusahaan menghadapi hukuman berat serta kerugian ekonomi jangkapanjang. Untuk menambahkan penghinaan supaya cedera, sesuai dengan permintaan untuk tanpa pandang bulu mengungkapkan nama-nama pemegang rekening bank Swiss adalah pelanggaran pidana menurut hukum Swiss. “AS tahu satu-satunya cara agar lembaga Swiss mau bekerjasama... adalah menuntut atau ancaman tuntutan,” kata Zagaris. Pada Agustus lalu, Menteri Keuangan Swiss, Widmer-Schlumpf, menyesalkan dalam sebuah wawancara dengan Regionalzeitungen Zurcher bahwa “jika Swiss melakukan seperti keinginan AS, solusi global akan diputuskan besok,” dan bahwa “tuntutan baru yang terus-menerus dibuat, kami tidak bisa menerimanya”.

VALENTIN SCHMID The Epoch Times Ratusan miliar dolar akan dipindahkan keluar dari bank Swiss dikarenakan kliennya tersebut berusaha melarikan diri dari tindakan keras terkoordinasi atas penggelapan pajak, Jürg Zeltner dari UBS mengatakan kepada majalah Schweizer Bank pada 17 September. Tindakan keras tersebut kemungkinan akan merugikan status Swiss sebagai pelindung-wajib pajak.

K

epala unit pengelolahan kekayaan UBS memprediksi bahwa banknya akan kehilangan sekitar 12 miliar hingga 30 miliar franc Swiss ($AS 12,8 miliar sampai 31,9 miliar) dari 783 miliar franc aset kekayaan kliennya di bawah manajemennya. “Sebagai konsekuensi dari penataan kembali pusat keuangan dan pemotongan pajak yang direncanakan, kita asumsikan bahwa total ratusan miliar franc akan mengalir keluar dari Swiss,” katanya kepada Schweizer Bank. Credit Suisse, pemain besar lainnya dalam pengelolaan kekayaan, memperkirakan akan kehilangan lebih dari $37 miliar selama beberapa tahun mendatang karena para klien Eropanya menarik uang mereka. Konsultan bisnis Jerman ZEB memperkirakan jumlah total 2,8 triliun franc ($3 triliun) dari sekitar 300 bank Swiss yang telah dikelola, 800 miliar franc bisa jadi merupakan dana dari warga Eropa yang tidak-dikenai (lolos) pajak. ZEB memprediksi bahwa 200 miliar dari dana tersebut bisa ditarik karena beberapa terobosan perjanjian pajak dan investigasi. Pemotongan pajak otomatis Swiss kemungkinan akan kehilangan satusnya sebagai pelindung-wajib pajak, karena terobosan beberapa negara Eropa dan Amerika Serikat telah dibuat dalam menjaring wajib pajak. Jerman mampu mendapatkan namanama wajib pajak dengan membeli data dari karyawan bank dengan biaya berkisar lebih rendah satu digit jutaan. Sebuah compact disc dengan 35.000 nama wajib pajak yang diperoleh Negara Bagian Lower Saxony (Jerman) pada 2010 ini, diharapkan akan menghasilkan 1,8 miliar euro dalam pembayarannya ($2,35 miliar), menurut majalah Jerman Der Spiegel. Selain itu, banyak wajib pajak yang memiliki dakwaan terhadap dirinya sendiri, berharap bahwa mereka akan lolos dan tidak dituntut pidana. Terobosan investigasi ini pada akhirnya menyebabkan penandatanganan perjanjian pajak Jerman-Swiss September lalu. Perjanjian itu akan meliputi pajak yang berlaku surut untuk aset “hitam” Jerman pada

AS berupaya menangkan permainan kekuasaan Bendera Swiss dan Jerman berkibar di atas Kedutaan Swiss di Berlin dan Reichtsag Jerman berada di belakangnya, 16 Juli. Setelah Jerman menyatakan membeli namanama wajib-pajak Jerman dari karyawan bank Swiss, Jerman dan Swiss mencapai perjanjian pajak bilateral, meskipun belum diratifikasi. (GETTY IMAGES)

tingkat 21 persen dan bank Swiss akan menerapkan tingkat keuntungan standar modal 25 persen di masa mendatang. Di sisi lain, Jerman akan menghentikan upaya mendapatkan lebih banyak catatan, yakni transaksi yang ilegal di Swiss dan telah dituntut disana, dan akan memfasilitasi akses pasar bagi bank Swiss di Jerman. Kesepakatan itu masih harus diratifikasi oleh Parlemen Jerman dan beberapa partai oposisi yang mengklaim bahwa tarif pajak terlalu rendah, dan Swiss harus mengungkapkan nama-nama orang yang memindahkan dana dari Swiss ke pelindung pajak lainnya sejak penandatanganan perjanjian. Negara-negara Eropa lainnya, termasuk Inggris telah menandatangani atau sedang dalam proses penandatanganan perjanjian serupa, yang memiliki satu peringatan penting: Swiss akan memotong pajak, tetapi tidak akan mengungkapkan namanama pemegang rekening dan wajib pajak, tindakan lainnya yang dapat menjadi ilegal berdasarkan undang-undang perbankan kerahasiaan Swiss. AS ingin rilis daftar nama Sementara beberapa anggota parlemen Jerman mungkin berpikir wajib pajak Swiss dan Jerman semakin jauh dipermudah, Amerika Serikat meningkatkan tekanan untuk mendapatkan perjanjian pajak sendiri dengan republik Alpen tersebut. Amerika Serikat mendorong untuk peng-

ungkapan nama-nama pemegang rekening, termasuk data historis, dalam rentang waktu 10 tahun.

Negara-negara Eropa sedang mempersiapkan untuk menerima uang secara anonim dan AS belum siap untuk melakukan itu. “ —Scott-Michel, firma hukum Caplin & Drysdale. “Negara-negara Eropa sedang mempersiapkan untuk menerima uang secara anonim dan AS belum siap untuk melakukannya,” kata Scott Michel, presiden firma hukum Caplin & Drysdale kepada The Epoch Times. Bruce Zagaris, partner firma hukum Berliner, Corcoran, dan Rowe di Washington, mengatakan bahwa kesepakatan Eropa adalah solusi yang “lunak”. Michel, seorang veteran pengacara pajak yang mengikuti secara dekat negosiasi AS dan Swiss menambahkan: “AS sedang mencoba untuk mendapatkan informasi rekening dari bank-bank ini, yang akan kembali kemungkinan dalam 10 tahun,” dan bahwa “Saya pikir masalah retroaktif ini cukup penting untuk (Swiss).”

AS main keras untuk dapat yang diinginkannya Sejak jaksa AS berhasil mendapatkan Perjanjian Penuntutan Penangguhan dengan UBS, yang diperlihatkan dengan rilis informasi bank pada 4.450 warga AS, membayar denda $780 juta dan beberapa karyawannya didakwa membantu warga AS yang mengelak pajak, Amerika Serikat telah bersikap ofensif. Mereka mengejar “pendekatan bumi hangus” menurut Zagaris, yang menerbitkan dan mengedit International Enforcement Law Reporter (Penegakan Hukum Reporter Internasional) yang disegani dan mewakili pemerintah serta para profesional “yang ingin mengajukan saran ke depan”, mengingat bahwa negosiasi disajikan dengan “situasi yang sangat dinamis”. The New York Times melaporkan bahwa Departemen Kehakiman sedang menyelidiki Credit Suisse dan 10 bank lainnya. Pada Februari, Swiss mengomunikasikan beberapa konsesi, tetapi menuntut bahwa dalam kesepakatan potensial ini, Amerika Serikat akan berhenti menuntut bank-bank Swiss dan bersikap profesional. Beberapa hari kemudian, Wegelin, bank swasta tertua di Swiss, didakwa oleh Departemen Kehakiman dan pemiliknya malah memutuskan jalan terbaik untuk membubarkan bank bukannya menghadapi tuntutan. “Sebuah dakwaan begitu parah seperti itu bisa berarti (kerugian) jutaan do-

Zagaris percaya AS tidak akan menyerah, dan pada akhirnya akan mendapatkan jalan, memastikan untuk dapat merilis nama-nama pengelak pajak dan mempertahankan hak istimewa untuk menuntut perusahaan Swiss dan karyawannya. “Hal ini terutama adalah permainan kekuasaan dan AS memiliki kekuatan yang tidak proporsional terhadap Swiss, lembaga keuangan Swiss dan nasabah AS.” Sejauh konsekuensi yang bersangkutan, para ahli memiliki pendapat yang berbeda: “Saya bukan ahli perbankan, saya mengadakan banyak perjalanan di sana dan percakapan dengan orang-orang di sana mengenai bisnis AS yang bukan komponen penting dari portofolio yang dikelola oleh bankbank (di Swiss). Rusia, Persia, Tiongkok, Timur Tengah, dan sampai batas tertentu di Eropa. Jika semua orang Amerika menarik uang mereka dari Swiss besok, itu tidak akan berdampak signifikan bahkan dalam dan dari dirinya sendiri,” kata Michel, yang mengakui bahwa penilaiannya didasarkan pada pengalaman pribadinya saja. Zagaris di sisi lain, juga menolak untuk menyebutkan jumlahnya, mengatakan bahwa ia percaya kerugian bagi Swiss akan cukup besar. Dia juga menganggap bahwa warga AS akan menghadapi dampak, karena bank di seluruh dunia akan menganggap terlalu mahal untuk melayani klien AS karena biaya regulasi tinggi dan bahkan mungkin menahan diri dari investasi di Amerika Serikat, karena “itu hanya membuat masalah”. (ltv)


The Epoch Times Indonesia Edisi 270  

e-Paper The Epoch Times Indonesia Edisi 270

Advertisement
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you