Page 1

INDONESIA EDITION

CERMATAN DINAMIKA DUNIA

LINTAS BUDAYA | H6

MOBILE : M.EPOCHTIMES.CO.ID | WEBSITE : WWW.EPOCHTIMES.CO.ID | EDISI 299 | 25 APRIL - 01 MEI 2013

LOOK INSIDE

Mengapa Bencana dan Musibah Kerap Menimpa RRT?

(AFP)

Thatcher Ungguli Reagan dan Churchill FOKUS & OPINI | H2

HUANG QING The Epoch Times Bencana dan musibah yang datang silih berganti di Daratan Tiongkok belakangan ini, begitu kerap dan deras, hingga membuat warga senantiasa merasa khawatir ketika mengikuti beritanya. Wajar apabila mereka pada mengeluh dalam mikroblog: Ada apa sebenarnya dengan RRT?

KESEHATAN | H4

Orang Tiongkok kuno selalu mengingatkan “Langit, Bumi dan Manusia”, yakni tiga unsur/komponen yang saling memengaruhi dan berpadanan. Jika pemerintahan bijak dan rakyat bajik, maka cuaca akan harmonis.

(THE EPOCH TIMES)

(THE EPOCH TIMES)

Sembilan Manfaat Minyak Zaitun

Hasil Penelitian Pakar Kedokteran AS:

TIO PING GAI

Slow Training Lebih Bermanfaat B bagi Kesehatan

Setelah melalui penelitian jangka panjang, ahli kedokteran Amerika Serikat membuktikan bahwa olah raga dengan gerakan lebih perlahan (slow training) ternyata lebih bermanfaat bagi kesehatan.

(GETTY IMAGES)

Gravitasi Tidaklah Eksis IPTEK | H5

(THE EPOCH TIMES)

PKT Gelar Pertunjukan Shen Yun Imitasi di Tiongkok

Sejarah Kegemilangan Negara Inggris

Madam Thatcher Juga Menjadi Teladan bagi Kaum Pria (1) The Epoch Times Setelah mantan PM Inggris Margaret Thatcher meninggal dunia, surat kabar berhaluan kiri seperti New York Times pun menulis obituari sebagai berikut: “Perempuan Besi dari panggung politik Inggris ini telah berhasil menyeret kembali negaranya dari paham sosialisme yang telah dijalani selama 35 tahun, lalu memimpin negaranya memenangkan perang di Pulau Falklands (Malvinas), memandu Amerika Serikat dan Uni Soviet melewati masa-masa akhir Perang Dingin.”

Madam Thacher bersama Ronald Reagan dalam suatu acara kenegaraan. (INTERNET)

FITUR RRT

Bergunakah Konsultasi dengan 5 Instansi Dunia? China Development Forum 2013 Resmi Ditutup DR. FRANK TIAN, XIE

China Development Forum 2013 telah ditutup. Media resmi RRT menyampaikan bahwa para pejabat dari 5 institusi dunia, yaitu Bank Dunia (World Bank), IMF (International Monetary Fund), Organization for Economic Cooperation and Development (OECD), World Trade Organization (WTO), dan Asia Development Bank (ADB) sedang membantu Beijing mencari jalan keluar guna memenuhi psikologis masyarakat yang suka latah dan bergabung dalam kegembiraan serta pengelabuhan terhadap rakyat oleh Dinasti Merah itu di mata internasional.

Penilaian tersebut memang sangat tepat, karena tidak hanya menonjolkan jasa terbesar Madam Thatcher dalam memutarbalikkan situasi paham sosialisme di Inggris, namun

juga hanya dengan satu kalimat mampu menjelaskan hubungan istimewa antara Inggris dengan AS. Meskipun dulu AS sempat berperang dengan Inggris dan berhasil merdeka, namun AS dan Inggris justru kemudian menjadi sekutu yang paling akrab di dunia, tidak hanya dalam hal militer dan politik, terlebih lagi dalam bidang ideologis. Setelah Perang Dingin usai, AS menjadi satu-satunya negara adidaya di dunia. Pengibar panji dunia demokrasi ini menjadi sedemikian besar dan kuat adalah mereka menjunjung tinggi dan menerapkan paham kebebasan (klasik) dan nilai ideologis individualisme. “Deklarasi Kemerdekaan” dan “Konstitusi Amerika Serikat” yang dibuat oleh pendiri AS, Thomas Jefferson dan James Madison, dipandang sebagai dasar pendirian negara, dengan semangat utamanya yakni melindungi hak pribadi dan membatasi kekuasaan pemerintah.

Bersambung ke hal 7

eberapa hari lalu, majalah Arteriosclerosis, Thrombosis and Vascular Biology memuat Makalah Medis Uji Klinis Sampel Berskala Besar yang menyatakan bahwa jalan kaki lebih bermanfaat terhadap kesehatan daripada lari (jogging). Penelitian ini melalui proses 6 tahun lamanya yang diselesaikan bersama oleh Paul Williams dari Lawrence Berkeley National Laboratory-Universitas California, dan Paul Thompson dari Hartford Hospital, Connecticut, AS. Ditemukan bahwa meskipun kelompok otot yang dilatih dalam berjalan dan berlari adalah sama, namun taraf perubahan terhadap penyakit tertentu tidaklah sama. Berjalan Cepat Lebih Dapat Menurunkan Berbagai Jenis Risiko Penyakit Peneliti memeriksa kondisi kesehatan dari 33.060 pelari dan 15.045 pejalan kaki dari berbagai tahapan usia (18-80 tahun), dan melalui perbandingan data statistik diperoleh kesimpulan bahwa efektivitas pejalan cepat intensitas menengah (medium) lebih baik dibandingkan dengan pelari berintensitas tinggi terutama bagi yang berpenyakit pembuluh darah.

Bersambung ke hal 7

Meskipun pada permukaannya, yoga, tai chi, dan qigong merupakan gerakan olahraga yang terkesan santai, namun bagi peningkatan sirkulasi darah terutama mikrosirkulasi justru sangat baik dengan efektivitas yang tahan lama. Foto menunjukkan praktisi Falun Gong yang sedang berlatih metode ke-5. (MINGHUI.NET)

K

esan yang ingin ditimbulkan oleh forum tersebut kepada warganya ialah, bank paling top dunia, dana moneter paling penting, dan organisasi kerjasama ekonomi dan perdagangan top dunia telah ikut ambil bagian, jadi ini merupakan suatu forum yang disoroti semua pihak dan paling bergengsi. Ajang ini dapat digunakan untuk mengumandangkan “kebenaran agung” Dinasti Merah Partai Komunis Tiongkok (PKT), dan memberi kesan seolah “berbagai negara berdatangan” tampak di depan mata. PKT secara sepihak menyebut dirinya sebagai negara top dunia, dan negara ekonomi terkuat ke-2 di dunia, yang total ekonominya telah mencapai tingkat tertentu, namun di sisi lain, saat menggelar forum tersebut PKT lupa bahwa AS yang merupakan negara ekonomi nomor satu dunia dan Jepang sebagai negara ekonomi nomor tiga, tidak akan pernah meminta strategi dari ke-lima institusi bank tersebut saat mereka membutuhkan kebijakan ekonomi. Apa Manfaat Kelima Instansi Tersebut? Mungkin para pejabat Dinasti Merah lupa, atau mungkin sama sekali tidak menyadari bahwa misi World Bank adalah membantu negara yang terbelakang dan paling miskin. World Bank adalah singkatan dari The World Bank Group, sebagai organisasi internasional yang misinya membantu negara yang hancur

Menurut penuturan, 5 institusi besar dunia sedang “mengonsultasikan” ekonomi RRT, namun masalah terbesarnya adalah apakah strategi jitu tersebut berguna atau tidak. Foto menunjukkan kantor pusat World Bank di Washington yang merupakan pimpinan dari kelima institusi tersebut. (GETTY IMAGES)

akibat Perang Dunia II agar dapat membangun negaranya kembali. Di masa modern ini, misinya adalah membantu negara miskin, serta memberikan kredit dengan bunga rendah atau tanpa bunga, dan sumbangan bagi negara yang sedang berkembang. Pekerjaan World Bank ini kerap kali mendapat kecaman dari LSM maupun para akademisi, yang mengkritik “konsultasi” mereka terhadap negara berkembang justru menimbulkan efek sebaliknya dan mengakibatkan kehancuran. Begitu juga dengan Asia Development Bank (ADB) yang didirikan pada 1966 dan

berkantor pusat di ibukota Filipina, Manila. ADB adalah institusi finansial regional antarpemerintah di wilayah Asia Pasifik. Sumber dananya terutama berasal dari Jepang, oleh karena itu CEO sebelumnya adalah warga negara Jepang. Di satu sisi, PKT mengatakan bahwa perekonomiannya telah melampaui Jepang, namun di sisi lain masih meminta bantuan dari Jepang, sebaliknya juga memicu rasa nasionalis rakyat Tiongkok untuk anti-Jepang. Sikap yang tidak bisa dipercaya seperti ini sangat mempermalukan orang Tionghoa.

Bersambung ke hal 7

Namun sebaliknya, jika penguasa memerintah dengan kejam dan sewenang-wenang, maka bencana dan musibah akan datang silih berganti. Apabila terdapat ketidakadilan terhadap kelompok masyarakat, pasti akan terjadi fenomena cuaca aneh. Sesuai dengan “konsep takdir” di dalam kebudayaan tradisional Tiongkok, berbagai bencana alam di dalam sejarah pada umumnya dianggap sebagai pertanda bahwa lapisan penguasa telah kehilangan simbol legitimasinya. Segala sesuatunya ditentukan oleh “Sang Pencipta”. Di saat situasi bencana gempa 7 SR (skala richter) di Ya’an Sichuan terus merambat naik, media Partai Komunis Tiongkok (PKT), Xinhua, di tempat yang tidak mencolok di halaman 1, melansir sebuah berita: “Pada 20 April jam 13.26, terjadi kecelakaan ledakan gas Tambang Batubara Qingxing di Kota Helong, Provinsi Jilin. Petugas operasional saat kejadian sebanyak 73 orang, dimana 12 orang terluka, dan 18 orang tewas.” Sekitar beberapa jam kemudian, lantaran disensor, berita tersebut menghilang dari halaman depan. Pada 21 April, menurut Buletin Komisi Keluarga Berencana Kesehatan Nasional, sampai dengan pukul 16.00 waktu Beijing, di seluruh negeri dilaporkan telah dikonfirmasi total 102 kasus manusia terinfeksi flu burung H7N9, termasuk di antaranya 20 angka kematian. Mekanisme infeksi flu burung H7N9 yang mengamuk di Daratan Tiongkok masih menjadi misteri. Koran Prancis Le Monde sehari sebelumnya pada 20 April memuat artikel reporter Harold yang berbasis di Shanghai yang menyebutkan bahwa WHO-PBB telah mengutus sebuah tim ahli virologi terbaik beranggotakan 15 orang bertolak ke RRT untuk mencoba memecahkan misteri tersebut. Gempa 7.0 SR di Ya’an, Sichuan, korban tewas per 21 April meningkat menjadi 193 orang, jumlah korban luka lebih dari 10.000 orang, dan lebih dari 1.500.000 orang terkena dampak. Sebagian jalan yang mengarah ke daerah bencana masih belum bisa ditembus, Baoxing County dimana terdapat 20 korban tewas dan lebih dari 2.500 orang terluka merupakan salah satu daerah bencana yang terkena dampak lalu lintas terputus. Laporan dari Haifeng, wartawan harian Liberation Prancis yang ditempatkan permanen di Tiongkok, dalam rubrik internasional edisi terbaru, mengekspos warga Daratan Tiongkok yang membayar mahal lantaran pemerintahnya mengabaikan tata kelola lingkungan sehingga menimbulkan polusi serius. Pada 2010 saja polusi udaranya telah menyebabkan kematian terinfeksi sejumlah 1,2 juta orang. Angka kematian karena polusi di Tiongkok menyumbang 40% dari angka kematian polusi dunia, melebihi dua kali lipat dari negeri polutan besar lainnya, yakni India. Pada akhir Februari lalu, di wilayah Tiongkok Utara termasuk Kota Beijing cuaca diselimuti debu berskala terbesar tahun ini. Jarak pandang di Lapangan Tiananmen amat rendah, bahkan kurang dari 100 meter. Badai debu disertai angin kencang menyerang ibukota. Seluruh wilayah ibukota secara bertahap yang mulanya diselimuti asap polutan berangsur berubah menjadi polusi debu. Udaranya berubah warna dari abu-abu muda menjadi coklat kekuningan. Selama Kongres Rakyat Nasional Dua Sesi PKT, meletus kasus besar pencemaran sungai, yakni “Babi mati di Sungai Huangpu, Shanghai” yang menggemparkan dunia. Pada saat itu, puluhan ribu bangkai babi mengambang di Sungai Huangpu menuju ke kota metropolitan Shanghai, yang merupakan sarang mantan presiden PKT, Jiang Zemin. Sampai dengan 18 Maret lalu, bangkai babi yang telah dientas telah melebihi angka 13.000 ekor. Belum lagi kasus-kasus kejahatan pelanggaran berat HAM lainnya seperti baru-baru ini terungkapnya skandal penyiksaan brutal dalam kamp kerja paksa perempuan di Masanjia, Provinsi Liaoning. Mungkin semua ini benar-benar akan menghancurkan PKT. (whs)


FOKUS DAN OPINI

2

TheEpochTimes CERMATAN DINAMIKA DUNIA 25 April - 01 Mei 2013

Popularitas Thatcher Ungguli Reagan dan Churchill CAO CHANGQING The Epoch Times

P

ada akhirnya Margaret Thatcher kehilangan posisi ketua partai konservatif dan dipaksa mengundurkan diri dari jabatannya sebagai perdana menteri (Inggris menganut sistem kabinet, partai yang paling banyak meraih kursi di Dewan Kongres, maka ketua partai tersebut yang akan menduduki posisi perdana menteri), dan kehilangan posisi partai dominan. Penyebab utamanya karena dia menerapkan sistem “pajak pribadi” (headtax, polltax, capitation tax), yakni memungut pajak rata-rata setiap orang, hal ini tidak hanya menyederhanakan pungutan pajak secara maksimal, yang lebih penting lagi adalah cara ini lebih adil dan wajar. Dikatakan sistem “pajak pribadi” lebih adil dan wajar, karena tidak lagi dipungut berdasarkan besar kecilnya pendapatan seseorang, juga tidak lagi menggunakan pungutan tetap (flat rate) (sebagai contoh pajak pribadi 10%, pendapatan setahun 1 juta membayar pajak 100 ribu, pendapatan setahun 10 ribu membayar pajak 1.000, terdapat perbedaan yang sangat besar dan tidak adil, padahal orang kaya tidak memakai fasilitas umum lebih banyak daripada orang miskin, atau mendapat perlindungan lebih dari polisi dan tentara pemerintah). Namun pajak pribadi yang jelas lebih adil dan wajar, hingga saat ini di negara demokrasi Barat, selain Nyonya Thatcher, tidak ada satu pun pemimpin negara yang berani mengemukakannya. Menerapkan pajak pribadi bahkan lebih sulit daripada terbang ke Planet Mars. Seperti AS, dalam hal reformasi pajak tokoh yang mempunyai pengalaman paling panjang, dengan anjurannya yang dianggap paling radikal, adalah pendiri majalah Forbes yakni Bertie Charles Forbes. Ia pernah mencalonkan diri menjadi presiden dari Partai Republik, dan mengajukan pungutan pajak berjenjang disederhanakan menjadi “pungutan pajak tunggal”. Juga ada calon presiden sebelumnya dari Partai Republik, Kane, seorang politikus kulit hitam pernah mengemukakan pungutan pajak “999”, yakni pajak pendapatan dan pajak lainnya bagi setiap

orang dikurangi hingga 9%. Bahkan mereka (masih di oposisi) pun tidak berani mengemukakan pajak pribadi, karena jika mengajukan anjuran seperti ini, jangankan dalam pilpres seluruh negeri, bahkan pada pemilihan awal calon presiden di internal partai mereka sendiri pun tidak mungkin bisa menang. Namun Ny. Thatcher berani mengemukakan “pajak perorangan” di saat menjabat sebagai perdana menteri, dan berani mendorong konsep ini. Walaupun diboikot dengan aksi unjuk rasa sayap kiri dan reaksi keras dari internal partainya, dia bergeming, tetap bersikukuh pada prinsipnya dan berani untuk maju terus. Dalam sejarah modern umat manusia, ini adalah suatu hal yang, jangankan bagi seorang wanita, bahkan bagi seorang politikus pria, tidak pernah ada yang melakukannya! Thatcher begitu bersikukuh, karena di bangku kuliah, dia membaca karya Hayek yang berjudul The Road to Serfdom, dan meyakini ekonomi bebas. Keyakinan Thatcher akan ekonomi bebas sebenarnya adalah keyakinan akan prinsip “manusia yang bebas”. Karena hanya dengan pasar bebas, ekonomi bebas, aturan kebebasan, baru akan ada kemungkinan dan tempat bagi orang yang bebas. Oleh karena itu Ny. Thatcher mengatakan, di atas dunia ini tidak ada yang namanya “masyarakat”, spesifik hanya ada pria, wanita dan keluarga. Kaum sayap kiri selalu menggunakan konsep abstrak berupa “masyarakat” dan “kepentingan umum” (kenyataannya adalah paham kolektivisme) untuk merampas hak orang pribadi (termasuk menggunakan pungutan pajak untuk merampas kekayaan seseorang). Ny. Thatcher menyangkal konsep “masyarakat” ini, berlandaskan bahwa norma seorang pribadi, hak seorang pribadi, adalah hal yang tidak boleh dirampas dan digantikan dengan yang disebut-sebut sebagai “kepentingan kelompok”. Prinsip ekonomi bebas dan hak kepemilikan orang pribadi yang didorong Ny. Thatcher, disebut sebagai paham Thatcher atau Thatcherisme. Menurut Paul Jensen, sejarawan terkenal Inggris, anjuran seperti ini telah diterapkan oleh lebih dari 50 negara di dunia. Paul mengatakan, Thatcherisme tidak hanya bergema di abad ke-20 saja, bahkan juga berpengaruh hingga ke a

bad ke-21. “Gerakan Partai Teh” yang bergolak di AS baru-baru ini adalah suatu gerakan yang menekankan ekonomi pasar dan hak orang pribadi, yang sebenarnya adalah kelompok yang meyakini dan menerapkan paham Thatcherisme ini. Ny. Thatcher membuktikan, “yang mengenakan rok tetap bisa menjadi kepala negara”. Di antara dua budaya berbeda yang mendiskriminasikan kaum wanita, dimana di Timur “hanya wanita dan penjahat sulit dipelihara”, dan di Barat “wanita adalah tulang rusuk pria”, Ny. Thatcher tidak hanya sangat menonjol di antara kaum wanita, di ruang lingkup seluruh dunia juga menaikkan status dan citra seorang wanita, bahkan juga melampaui kaum pria, menjadikannya sebagai tokoh indikator rasa salut kaum pria terhadap wanita. Namun yang jauh lebih penting lagi daripada sekedar menjadi teladan kaum wanita, Ny. Thatcher menjadi teladan bagi kaum politikus pria akan hal mempertahankan prinsip, tidak takut terhadap lawan, berhadapan dengan massa, dan berani menjalankan konsep pemikirannya! Bahkan pada saat kabinetnya meminta untuk berkompromi agar sejalan dengan situasi pada saat itu, tanpa rasa gentar dia tetap berkata 3 kali: “Tidak! Tidak! Tidak!”. Banyak yang mengatakan, “politik adalah seni berkompromi”. Namun kata-kata Thatcher yang terkenal justru adalah: “Saya bukan seorang politikus yang berkompromi, saya adalah politikus yang memegang teguh prinsip saya (lamnota consensus politician, Iama conviction politician)”. Di hadapan sekelompok demi sekelompok politikus di seluruh dunia yang berharap dapat memenangkan pemilu dengan cara berkompromi, adalah seorang Ny. Thatcher yang menjadi perdana menteri paling lama di Inggris di abad ke-20 tanpa mengenal kata kompromi! Tak heran beberapa tahun lalu warga Inggris melakukan voting yang menempatkan Ny. Thatcher sebagai perdana menteri paling besar dalam sejarah Inggris (Churchill di posisi kedua, dan Blair di posisi ketiga). Bahkan seorang sejarawan Inggris dari kaum sayap kiri, Francis Beckett, juga menyimpulkan hal yang sama, menilai Ny. Thatcher sebagai “perdana menteri terbaik” Inggris dan memujinya “berprestasi

Pada upacara dan barisan yang megah, sekitar 2.000 orang dari seluruh Inggris dan para pemimpin dunia, pada 17 April lalu menghantarkan perjalanan terakhir mantan PM Ny. Margaret Thatcher. (AFP)

politik gemilang dan memiliki kemampuan tinggi” (juga menempatkan Churchill pada posisi di belakangnya). Sama halnya Roosevelt, Churchill juga dipandang sebagai pemimpin besar di abad ke-20 berkat kepemimpinannya memenangkan PD II. Namun melawan invasi dari luar, negara mana pun akan dengan mudahnya mendapat bantuan dari banyak pihak. Sedangkan reformasi ekonomi di dalam negeri dan memenangkan perang “di dalam”, mengalahkan kekuatan pemikiran paham sosialisme, justru jauh lebih sulit dibandingkan dengan berperang melawan pihak asing. Bagi Thatcher yang sangat berpengalaman dalam hal ini pernah mengatakan, “Kita harus mengenali musuh internal kita, mereka jauh lebih sulit dihadapi (daripada musuh di Pulau Falklands), ancaman mereka terhadap kebebasan jauh lebih besar lagi.” Kata-kata ‘ancaman mereka terhadap kebebasan jauh lebih besar lagi’ adalah pernyataan yang mengungkap rahasia yang paling signifikan tapi justru paling diabaikan! Dalam pidato berkabungnya PM Inggris Cameron berkata, Ny. Thatcher telah “menyelamatkan Inggris”. Tepat sekali. Ny. Thatcher tidak hanya membentuk kembali partai konservatif, ia juga telah

mengubah rivalnya partai buruh, memaksa mereka yang tadinya berhaluan kiri untuk kembali ke “jalan tengah”, dengan kata lain mendekat pada paham Thatcherisme secara terhormat. Kemudian dengan mengandalkan “melangkah di jalan tengah” ini, Blair pun berhasil memenangkan pemilihan perdana menteri (Presiden Clinton juga demikian), pemimpin partai buruh itu telah menyakini ekonomi bebas dan menjadi pemuja Ny. Thatcher. Saat dirinya menjabat, Blair pernah menetapkan suatu rencana, begitu Ny. Thatcher telah tiada, ia akan mengadakan pemakaman kenegaraan bagi Ny. Thatcher. Dalam sejarah Inggris, pemakaman kenegaraan hanya khusus diperuntukkan bagi keluarga kerajaan, di abad ke-20 hanya Churchill yang pernah mendapat perlakuan istimewa tersebut. Mantan PM Blair tidak main-main, ia bahkan menetapkan rencana pemakaman kenegaraan itu dan jalur perjalanan jenazah dan lain sebagainya; tindakan ini mendapat reaksi keras dari internal partai (pemimpin partai pesaing dinilai tidak layak mendapat kehormatan seperti ini), namun Blair bersikukuh pada prinsipnya, menurut Blair Ny. Thatcher telah “memberikan sumbangsih tiada duanya” bagi politik di Inggris. (sud)

Momok Ribuan Bangkai Babi di Sungai Huangpu-Shanghai YANG XIAOHUI The Epoch Times

Kasus babi mati yang dibuang ke sungai selalu terjadi setiap tahun di Tiongkok, hanya karena bangkai babi kali ini mengapung di Sungai Huangpu yang mengalir mengelilingi Kota Shanghai, dan bertepatan pula dengan digelarnya dua sesi Kongres Rakyat Nasional, dimana orang nomor satu RRT, Xi Jinping, mencanangkan pembangunan “Tiongkok yang indah” di Beijing, maka kasus babi mati berikut pemilik peternakan babi di Jia Xing ini pun menjadi berita heboh.

K

asus babi mati yang dibuang ke sungai telah merefleksikan ketakutan akan masalah lingkungan hidup dan kasus babi mati yang menyelimuti Tiongkok, merefleksikan korelasi manusia dengan babi, korelasi antar sesama manusia, hubungan antara manusia dengan sungai, dan korelasi-korelasi ini telah membentuk gambaran menyeluruh antara individu dengan masyarakat di Tiongkok. Mari kita bahas masalah babi mati lebih dulu. Jumlah babi mati yang ditemukan di Sungai Huangpu telah melebihi 15.000 ekor (menurut laporan AFP pada19 Maret). Apa penyebab kematian babi yang begitu banyak? Sebagian besar bangkai babi terseret arus terkonsentrasi di zona perlindungan sumber air minum kelas II Sungai Huangpu yang berjarak sekitar 20-30 km dari

Maret lalu di Shanghai, Tiongkok, merebak kasus puluhan ribu bangkai babi yang mengapung di sepanjang sungai Huangpu sehingga memicu kekhawatiran warga akan air sungai yang menjadi tercemar oleh virus dari babi mati tersebut. Foto adalah petugas yang sedang mengumpulkan babi mati.. (AFP)

anak Sungai Zhejiang. Di mata media asing, dibuangnya begitu banyak babi mati ke dalam sungai akan secara serius berdampak buruk terhadap kualitas air minum yang dikonsumsi Kota Shanghai, dan bisa dikategorikan sebagai kasus ancaman kesehatan umum yang sangat besar. Bagi orang yang mahir menganalisa berita yang dirilis media resmi PKT, bisa didapat kesimpulan sebagai berikut: Pertama, setiap tahun ada bangkai babi di Sungai Huangpu dan jumlahnya tidak sedikit, hanya saja bagi pemerintah peristiwa itu selamanya tidak pernah berpengaruh pada

kualitas air. Kedua, peternak babi Kota Jia Xing menjadikan sungai sebagai jalur penyelesaian termudah terhadap ternak babi mereka yang mati tanpa menghiraukan para tetangganya. Hal ini kembali mencuatkan masalah baru: kemanakah raibnya babi-babi yang mati tahun-tahun sebelumnya? Berapa banyak daging babi mati yang dikonsumsi warga? Berdasarkan sebuah berita di China News 9 November 2012, sebuah kelompok yang menjual daging babi mati yang terdiri dari 17 orang yang dilindungi oleh oknum

Rangkaian Editorial 9 Komentar Mengenai Partai Komunis (115):

Bab IX : Watak Dasar Kejahatan PKT Pendahuluan Gerakan komunisme yang telah bergembar-gembor selama 100 tahun lebih, hanya membawa manusia kepada peperangan, kemiskinan, pertumpahan darah dan otokrasi. Seiring dengan ambruknya partai komunis Uni Soviet dan Eropa Timur, drama ngawur yang mencelakakan dunia manusia itu pada akhir abad yang lalu telah memasuki babak akhir. Dari rakyat jelata hingga Sekretaris Jenderal Partai sudah tidak seorang pun yang memercayai lagi kebohongan komunisme.

Kekuasaan partai komunis bukan “kekuasaan raja yang dianugerahi Dewa”,1) juga bukan “hasil pemilihan demokrasi”. Sekarang ini, di saat keyakinannya yang dijadikan sandaran hidupnya telah hancur lebur, maka legalitasnya untuk tetap berkuasa telah menghadapi tantangan yang tidak pernah ada sebelumnya. Partai Komunis Tiongkok (PKT) tidak bersedia mengundurkan diri dari panggung pentas sejarah seiring arus sejarah yang ada, melainkan meronta-ronta dengan gilanya, ingin hidup kembali dan mulai mencari-cari lagi legalitas dengan mempraktek-

kan kebengisan berbagai macam cara-cara berandal yang terakumulasi dalam gerakan politik selama beberapa puluh tahun. Baik kebijakan reformasi maupun keterbukaan yang dilakukannya, tujuan PKT hanya demi mempertahankan kepentingan kelompoknya dan kekuasaan otoriternya secara mati-matian. Perkembangan ekonomi Tiongkok selama 20 tahun belakangan ini, yang merupakan hasil jerih payah dari rakyat Tiongkok yang tetap berada di bawah pengendalian yang ketat, bukan saja tidak dapat membuat PKT meletakkan pisau jagalnya, malah dibajaknya se-

dinas kesehatan pemerintah di daerah Jiaxing, Zhejiang, dalam waktu 3 tahun terakhir telah mengolah lebih dari 80.000 ekor babi mati, dan menjual sebanyak ribuan ton daging, dengan nilai mencapai 8,65 juta Yuan (13,6 miliar rupiah). Kasus ini menjadi kasus terbesar penjualan daging babi mati dalam beberapa tahun terakhir. Selama kejadian babi mati di Sungai Huangpu, pada 14 Maret 2013, di daerah Wenling, Zhejiang, hakim menjatuhkan vonis pada kelompok penjual daging babi mati, yang beranggotakan 46 orang. Kedua berita ini menjelaskan, organisasi pengolah dan penjual daging babi mati bukan hal baru lagi, dan yang tertangkap hanya segelintir saja. Saat berhasil menangkap kelompok ini, juga didapati produk olahan dari daging babi yang mati atau berpenyakit seperti daging asap, bakwan, sosis, dan lain-lain. Setelah diperiksa produk-produk daging babi tersebut ditemukan bakteri proteus mirabilis, vibrio parahaemolyticus, dan jumlah kandungan bakteri yang terdeteksi jauh di atas ambang batas. Melalui metode pengkajian tingkat bahaya dinyatakan bahwa jika manusia mengonsumsi produk tersebut akan mengalami keracunan makanan akut dan penyakit dari sumber makanan lainnya. Makanan mengandung virus seperti ini banyak dibeli oleh para pemilik restoran karena harganya yang murah atau beredar lewat pasar. Dengan kata lain, para peternak babi di Jiaxing membuang bangkai babi ke sungai karena para pengolah bangkai babi langganan mereka telah ditangkap, sementara rekan seprofesi mereka pun tidak berani melakukannya lagi, sehingga peternak ter-

bagai modal bagi legitimasi kekuasaannya, membuat sepak terjang jahatnya selama ini lebih berpotensi dalam membohongi dan mengelabui. Yang paling menakutkan ialah, PKT sedang mengerahkan seluruh upaya, menghancurkan fondasi moralitas segenap rakyat, mencoba mengubah orang-orang Tionghoa menjadi penjahat besar dan kecil dalam tingkat-tingkat yang berbeda, untuk memberikan lingkungan hidup bagi PKT “berjalan seiring waktu”. Demi ketenteraman bangsa yang abadi, dan agar negara Tiongkok dapat sedini mungkin memasuki era yang tanpa partai komunis guna mengukir kembali kegemilangan bangsa, maka dalam sejarah saat ini, adalah sangat penting bagi orang-orang untuk mengenali dengan jelas mengapa partai komunis melakukan praktek brandal

paksa membuang bangkai babi mereka ke sungai. Disinilah timbul kasus di balik berita ini. Babi diberi makan antibiotik dan arsenik putih Mengapa begitu banyak babi mati? Jawaban dari Kota Jiaxing mengatakan seharusnya babi-babi itu mati kedinginan, yang tentunya adalah jawaban yang tidak bertanggung jawab, karena suhu udara di Jiaxing belakangan ini hanya berkisar 20 oC. Saat ini Departemen Karantina Shanghai telah mendeteksi adanya virus Circo Porcine pada babi mati, yang merupakan virus penyakit menular. Dilihat dari jumlah babi mati, penyebaran wabah penyakit ini cukup luas. Bersambung ke hal 7

Ralat Di dalam artikel “Kembalinya Flu Burung di Tiongkok” oleh Yang Xiaohui di halaman 2 (dan bersambung ke halaman 7) The Epoch Times edisi 298 lalu, pada paragraf 5 terdapat koreksi istilah obat herbal pencegahan penularan Flu Burung yang bisa diperoleh di kamar obat tradisional Tionghoa dengan nama populer sebagai berikut: 1. Qiang Huo 羌活 (Notopterygium) 2. Da Huang 大黃 (Rhubarb) 3. Chai Hu 柴胡 (Bupleurum) 4. Cang Zhu 蒼朮 (Atractylodes Rhizome) 5. Xi Xin 細辛 (Asarum) 6. Wu Zhu Yu 吳茱萸 (Evodia Rutaecarpa) Masing-masing dengan dosis yang sama. (red)

serta menunjukkan watak dasarnya yang keji. Bersambung Catatan:

[1] Menurut pemikiran Konghucu, kaisar atau raja yang memerintah mendapat mandat dari Langit, dan diberikan kekuasaan, standar moral mereka harus sesuai dengan tanggungjawab yang tinggi. Di dalam Mencius, terdapat pemikiran yang sama. Dalam syair Siapa yang Memberi Kekuasaan? ketika menanyakan siapa yang memberikan tanah dan kekuasaan kepada Kaisar Shun, Mencius berkata, “Dari Atas memberi perintah.” Pemikiran religius tentang kekuasaan juga ditemukan pada kitab Kristiani Barat kuno. Dalam Roman 13:1 (versi Raja James), “Biarlah setiap jiwa sampai kekuasaan tertinggi.Tiada kekuasaan selain Tuhan : seluruh kekuasaan ditakdirkan oleh Tuhan.”

Hingga 22 April 2013, orang yang mengundurkan diri dari Partai Komunis Tiongkok serta organisasi-organisasi yang terkait, sebanyak:

136.792.335


KEHIDUPAN

TheEpochTimes CERMATAN DINAMIKA DUNIA 25 April - 01 Mei 2013

3

Bagaimana Menjelaskan Teror Bom Boston Kepada Anak WANG JUN The Epoch Times 15 April 2013, dunia sedang fokus ke perlombaan marathon di Boston Amerika Serikat: Pesta olahraga yang diikuti oleh 23.000 atlet, yang menganjurkan manusia hidup sehat dan bahagia ini dalam sekejap mata berubah menjadi tempat mengerikan. 3 orang tewas dan 183 orang luka-luka, 13 diantaranya terluka parah dan harus diamputasi anggota tubuhnya...

K

orban juga termasuk seorang bocah lelaki berusia 8 tahun yang sedang menunggu sang ayah di garis finish, seorang manajer resto perempuan yang dilukiskan oleh ibunya sebagai “anak perempuan berhati emas” dan seorang mahasiswi dari daratan Tiongkok bernama Lu Lingzi yang sedang bersama 2 orang temannya menonton perayaan itu. Insiden tersebut adalah serangan paling mengerikan yang dialami oleh Amerika Serikat setelah kejadian 9/11 tahun 2001 silam. Melihat gambar atau tayangan berdarah yang membanjir di media TV, koran dan media sosial microblogging, bagaimanakah seharusnya kita menjelaskan insiden tersebut kepada generasi mendatang? Setiap orang tua mungkin mempunyai cara sendiri, jika tidak disampaikan malah mungkin akan membuat anak berpikir yang bukan-bukan. Tentu boleh saja mengatakan, dunia ini adalah tempat yang cukup mengerikan, berjalan kaki harus hati-hati, berlari jogging harus mewaspadai bom, paling baik jangan sering keluar rumah; tetapi, dengan cara demikian bisa menciptakan ketakutan dalam kejiwaan seorang anak. Ia akan mengira dunia ini adalah tempat yang boleh sembarangan membunuh. Bisa juga dikatakan, dunia ini selain ada kebaikan juga ada kejahatan, manusia jangan belajar hal yang buruk, jangan melakukan

hal-hal yang “melanggar hukum Tuhan”. Bersamaan dengan mengarahkan anak untuk banyak belajar bagaimana melindungi diri sendiri, juga agar mereka menghadapi kejahatan dengan rasional, belajar untuk tidak surut dalam semangat, dan menghindari bergaul dengan orang jahat. Penulis mendengarkan dengan saksama pidato Presiden Barack Obama pada konferensi pers 16 April pagi hari. Obama sebagai seorang presiden, sepertinya sedang menenangkan seluruh rakyat Amerika Serikat, serta memberikan suatu keberanian untuk tetap maju. Setelah memberikan keterangan mengenai keadaan korban, Obama menyatakan bahwa insiden itu adalah ‘serangan teror’. Selanjutnya ia berkata, “Tetapi ‘rakyat AS menolak terintimidasi oleh teror. Jika Anda ingin mengetahui orang macam apakah kami, negara macam apakah Amerika Serikat, bagaimana kami menghadapi kejahatan, yakni: tanpa pamrih, niat baik dan tak kenal takut, itulah yang dimanifestasikan oleh rakyat Amerika Serikat dalam insiden ini.” Ingat ketika terjadi peristiwa 9/11, Presiden AS Bush juga mendefinisikan serangan teror seperti ini sebagai kejahatan, ia bahkan menyebutkan adalah “negara poros kejahatan” sebagai dalang yang mendukung paham terorisme seluruh dunia.” Selama sepuluh tahun lebih, kebijakan internasional AS selalu dilancarkan seputar isu ‘anti teror’. Perang ‘anti teror’ tersebut berakhir setelah penjahat utama insiden 9/11 tertembak mati. Pengorbanan AS atas peperangan ini sangat besar, namun, konsekwensi yang diterima oleh penggerak serangan tersebut juga berakhir dengan mengenaskan. Sejak dahulu umat manusia sudah mengalami pertarungan antara lurus (baik) dan sesat (jahat). Sudah tentu, ada perbedaan definisi dari lurus dan sesat, acapkali bisa ada versi atau pendapat yang sama sekali berlawanan. Tetapi, tindakan seperti serangan teror 911 dan ledakan bom Bos-

20 April lalu: Boston – Massachusetts, setelah tersangka ke dua tertangkap, masyarakat berkerumun berkabung atas korban teror di suatu lokasi peringatan sementara. (GETTY IMAGES)

ton 4/15, jelas adalah tindakan kejahatan. Secara konkrit, umat manusia dewasa ini sudah meningkatkan peradaban pada taraf selama perang tidak menyerang rakyat jelata yang tidak berdosa, sudah memiliki konvensi Hukum Internasional, tindakan dari banyak negara yang beradab tidak lagi menggunakan tentara untuk membantai rakyat jelata. Selama ini dalam kebudayaan Tiongkok juga mengecam memakai tentara membantai rakyat yang tidak bersenjata. Karena pembantaian semacam ini bukan tindakan bertarung antara dua pihak yang berperang, melainkan adalah benar-benar membunuh orang.

Selain itu masih ada semacam pandangan umum bahwa kejahatan itu acapkali tidak segan menghalalkan segala cara, tidak memperhitungkan akibat, tidak memiliki garis batas terendah, tidak berperikemanusiaan, lagi pula menggunakan kekerasan terhadap rakyat tak berdosa. Perkembangan masyarakat sekarang, membuat dunia berubah menjadi makmur, tetapi bersamaan itu juga sangat rentan. Gedung, jembatan, pesawat, perlombaan maraton, pertandingan bola bisa dirusak oleh manusia dan melukai orang yang tidak berdosa, menjadikan luka kengerian yang amat besar bagi jiwa dan masyarakat.

Orang yang menggunakan teror pada suasana seperti ini, boleh dikata adalah ‘kejahatan’. Jika di dalam suatu masyarakat dan di dunia terdapat sekelompok orang seperti ini, maka, dunia bakal tidak pernah tenteram. Bom Boston 4/15 adalah sebuah ajang pembunuhan massal, murni adalah kejadian tragis, sebuah tindakan yang memalukan, adalah sebuah contoh klasik kejahatan oleh insan manusia. “Di dalam umat manusia eksis kejahatan’, dari poin ini seharusnya melalui peristiwa tragis tersebut agar anak-anak kita memahaminya. (lin)

Pandangan Sejati Tentang Peradaban dan Kehidupan Manusia (26)

Ingin Mengenal Sistem, Harus Melompat Keluar dari Sistem Pepatah kuno mengatakan: “Tidak mengenal wajah asli Gunung Lu, hanya karena diri sendiri berada di tengah gunung tersebut”. Jika ingin mengenal sebuah sistem, maka harus melompat keluar dari sistem tersebut untuk melakukan pengamatan, dan tidak dengan niat disengaja menetapkan bingkai yang berlandaskan pemikiran diri sendiri...

D

alam ilmu biologi, setelah kita dengan sangat percaya diri memastikan bahwa organisme hanya dapat bertahan pada suatu suhu panas batas tertinggi. Namun pada April 2011, sebuah grup studi ilmiah yang dipimpin oleh ahli kelautan Connelly dari Sentra Ilmu Kelautan Nasional Southampton, Inggris, di daerah palung laut Cayman, Laut Karibia, di sebuah “Cerobong Asap Hitam” (daerah aktivitas hydrotermal suhu tinggi yang kaya akan sulfida di dasar laut, dinamakan seperti itu karena bentuk semburan hydrotermal seperti asap hitam) yang terletak 5 kilometer di bawah permukaan laut, ditemukan sejenis varietas baru yakni udang buta “tahan panas”, yang dapat bertahan pada suhu tinggi hingga 450°C. Sebuah contoh lagi, dalam buku pelajaran kita dikemukakan, dari mikroba,

tumbuhan hingga hewan, ada 6 jenis unsur kimia utama merupakan unsur kehidupan yang tidak dapat kurang yakni: karbon, hidrogen, nitrogen, oksigen, sulfur dan fosfor. Namun pada 2 Desember 2010, ilmuwan NASA mengumumkan telah menemukan sejenis bakteri yang dapat hidup dalam arsenik konsentrat tinggi, sedangkan genetik bakteri tersebut telah menggunakan arsenik untuk menggantikan fosfor, fosfor bukan lagi merupakan unsur yang harus dimilikinya. Dalam bidang studi kemampuan tubuh manusia, sejak dahulu banyak ilmuwan berdasarkan tubuh manusia dapat melawan daya rintang udara, dan gaya reaksi berat badan setelah ia beraksi terhadap permukaan bumi dan lain-lain faktor. Telah diperhitungkan bahwa kecepatan maksimum manusia untuk lari sprint 100 meter, yang tidak sampai merusak otot tubuh adalah 9,64 detik. Pada tahun 70-an abad ke-20, Doktor Bio-mekanik AS, Dr. Gideon Ariel, memprediksi: dari sudut mekanik tubuh manusia, lari dengan kecepatan tinggi kurang dari 9,60 detik menyelesaikan jarak 100 meter, dapat mengakibatkan patah tulang dan jaringan lunak persendian akan terlepas. Namun dalam kejuaraan dunia Atletik yang diselenggarakan di Berlin pada 17 Agustus 2009, atlet Jamaika, Usain

Bolt, keluar sebagai juara dengan kecepatan 9,58 detik. Kejadian itu telah mematahkan pernyataan ahli tersebut. Pada 1900, Kelvin (William Thomson), ahli fisika ternama dari Inggris, dalam sebuah artikel karyanya “Mencari Ilmu Fisika Abad ke-20” mengatakan: “Gedung Ilmu Fisika pada dasarnya telah selesai dibangun, para ahli fisika generasi penerus hanya perlu mengerjakan beberapa pekerjaan pelengkap kecil-kecilan sudah cukup. Namun di kejauhan langit cemerlang Ilmu Fisika masih terdapat 2 buah awan hitam kecil yang mengkhawatirkan.” Dua awan hitam “kecil” yang dimaksud adalah kondisi sulit dalam penelitian Michelson Morley dan studi radiasi hitam yang dialami mereka. Namun 2 buah awan hitam kecil tersebut kemudian masingmasing menjadi “Teori Relativitas “dan “Mekanika Kuantum”, hujan badai yang didatangkan oleh mereka mengguncangkan gedung Ilmu Fisika klasik hingga hampir roboh. Lagi pula, seiring dengan tak hentinya perkembangan ilmu pengetahuan, mereka telah membangun kembali sebuah gedung fisika tampilan baru yang lebih kokoh fondasinya, juga telah membawakan kepada manusia sebuah pandangan dunia yang total baru. Tentang “Teori Relativitas” yang disampaikan oleh Einstein sendiri, putranya

Menjadi Bujangan Ceria WANG JUN The Epoch Times Pernikahan dewasa ini adalah suatu permasalahan yang sangat jauh bagi saya. Karena watak saya terbuka dan mudah berubah, pemikiran yang saya bayangkan itu sering membuat orang lain menjadi heran. Lagipula, saya baru lulus kuliah setengah tahun, tepat waktu saya untuk menghamburkan masa muda dan merencanakan dengan baik masa akan datang. Ditambah lagi pekerjaan saya sebagai humas di suatu perusahaan, membuat kesibukan jadi sulit dibayangkan...

B

erbagai unsur yang tidak stabil ini membuat saya sangat sulit untuk memikirkan bisa menghabiskan sisa hidup bersama dengan seseorang, melewatkan kehidupan dunia dua insan yang sudah nyaman dan stabil. Oleh karena jarak dari rumah ke kantor sangat jauh dan sering-sering lembur hingga malam, akhirnya saya memutuskan mengontrak sebuah rumah dan hidup sendiri, ditambah lagi tidak ada kekasih di samping saya, maka saya menjadi kaum

bujang sepenuhnya. Bekerja tidak sampai satu tahun, saya hampir menghabiskan seluruh tabungan saya untuk mendekorasi kamar saya. Banyak sekali alat-alat keperluan rumah tangga saya pilih dengan cermat. Melihat rumah mungil saya kian hari kian hangat, nyaman, membuat benar-benar bangga atas diri saya sendiri. Pandangan hidup saya saat ini: bekerja sudah cukup letih, harus baik sedikit terhadap diri sendiri, menghabiskan uang agak banyak mengapa tidak? (Beruntung saya masih bujang, jika tidak, menghamburkan uang seperti ini pasti dilarang keras oleh kekasih atau suami saya) Tinggal seorang diri sebenarnya tidak lah kesepian, kuncinya adalah bagaimana Anda menyesuaikan hati Anda. Mungkin karena pekerjaan saya sebagai humas di perusahaan, sehingga setiap hari berurusan dengan orang banyak, ada wartawan, pelanggan, pemborong kegiatan, anggota korlap, dan lain-lain. Perkataan yang harus saya ucapkan, keramah tamahan serta semangat yang harus mampu saya emban, seluruhnya saya tinggalkan untuk kantor. Setelah pulang bekerja, sepertinya saya sudah berubah menjadi orang yang lain yang butuh ketenangan dan bermalas-malasan. Meringkuk di atas sofa linen yang be-

sar dan lebar, mendengarkan CD yang baru saya pesan dari internet atau melihat film DVD menarik, efek sound system yang luar biasa segera menyapu bersih segala kelelahan dalam seharian bekerja. Mangkok tentunya tidak perlu dicuci, karena sering-sering ada jamuan makan malam. Pada dasarnya saya juga malas memasak sendiri, maka wajan, mangkok dan piring yang ada didapur sudah lama tidak terpakai. (Beruntung saya masih bujangan, jika tidak sudah sejak awal dimarahi suami atau mertua karena dianggap malas). Jika mood datang, membuat sendiri sandwich ham dan telur, ditambah dengan salad. Mudah dan sehat. Kadang kala bisa berharap ada orang yang menemani, kalau begitu membuat janji dengan dua tiga teman baik datang ke rumah duduk sebentar, atau keluar bersama ke café untuk minum secangkir kopi, hidup bersantai-santai. Jika keluar minum hingga larut malam, juga tidak ada orang yang memarahi. Sebenarnya ingin memelihara seekor kucing untuk menghabiskan waktu senggang, tetapi di pikir-pikir lagi, dalam sebulan sepertiga waktu pergi bertugas diluar, sedangkan ketika di rumah makan saya juga tidak teratur. Jika memelihara kucing, bukankah kucing itu akan menjadi

Ketika kita mencoba menjelajahi eksistensi makhluk hidup di planet lain, lalu menggunakan persyaratan yang harus dimiliki oleh makhluk hidup bumi bahkan manusia di bumi sebagai syarat mutlak eksistensi segala kehidupan, sebetulnya apakah tindakan demikian adalah masuk akal? (FOTOLIA)

bernama Edward pernah bertanya: “Ayah, mengapa Anda begitu tersohor?” Einstein menjawab: “Kamu melihat di atas bola besar ini ada seekor kumbang yang buta? Ia tidak menyadari jalur yang ia tempuh adalah lengkung, akan tetapi Einstein tahu.” Perkataan ini tersirat makna yang sangat mendalam, orang Tionghoa menga-

takan “Tidak mengenal wajah asli Gunung Lu, hanya karena diri sendiri berada di tengah gunung tersebut”. Jika ingin mengenal sebuah sistem, maka harus melompat keluar dari sistem tersebut untuk melakukan pengamatan, dan tidak dengan niat disengaja menetapkan bingkai yang berlandaskan pemikiran diri sendiri. (tys) Bersambung minggu depan

sengsara. Akhirnya tidak jadi memelihara. Ah, masih lebih bagus memelihara diri sendiri dengan baik baru benar. (Saat ini saya membayangkan kebaikan bersuami bisa membantu saya memelihara kucing di rumah, ha ha ha..!) Waktu yang paling nyaman pada akhir pekan, bisa membersihkan rumah mungil saya. Pergi berenang. Membeli segala macam camilan di supermarket dan memadatkan almari es dengan beragam es krim. Pergi ke salon Spa untuk merawat kulit (ini bukan pemborosan uang, sebagian dibutuhkan dalam pekerjaan), atau pergi seorang diri berjalan-jalan. Asalkan tidak perlu lembur, melakukan apa saja akan sangat gembira. Membicarakan berjalan-jalan, itu adalah hal yang paling digemari diri saya. Tetapi yang membedakan dengan orang lain, saya hanya senang berjalan-jalan seorang diri. Dengan demikian tidak perlu khawatir benda atau hal yang kita senangi, orang lain tidak tertarik. Tidak perlu terpaksa menerima usulan yang datangnya dari segala penjuru. Tidak takut mengenakan pakaian seksi yang menampakkan “kekurangan” kita sehingga mendapatkan sindiran dari kekasih. Lebih-lebih tidak perlu mengkhawatirkan setelah membeli barang secara gila-gilaan, mendapatkan teguran dari suami sehingga merasa bersalah. Ya, keuntungan dari bujangan benarbenar sangat banyak sekali! Bebas, ber-

tanggung jawab terhadap diri sendiri, mempunyai hak memilih, mempunyai hak berfoya-foya, mempunyai hak kurang ajar dan gila-gilaan…. Yang lebih hebat lagi, saat bekerja yang berhubungan dan berinteraksi dengan orang yang berbeda, kemungkinan benarbenar bisa bertemu dengan orang yang selalu ditunggu-tunggu itu. Perasaan mengharapkan jodoh dan terkejut gembira ketika jodoh itu tiba adalah hak istimewa yang dinikmati sendiri oleh kaum bujangan! (lin)


KESEHATAN

4

TheEpochTimes CERMATAN DINAMIKA DUNIA 25 April - 01 Mei 2013

Sembilan Manfaat Minyak Zaitun LIN ANBO The Epoch Times Apakah pesona dan manfaat minyak zaitun, yang sering disebut juga dengan cairan emas ini? Ada 9 manfaat yang dapat kita peroleh dari “cairan emas” ini.” Sembilan manfaat tersebut meliputi: 1. Memiliki rasa yang unik dan lezat. 2. Membantu menurunkan berat badan sekaligus mencegah diabetes. 3. Berkat kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dan antioksidan, dapat memperpanjang umur. 4. Mencegah penyakit Alzheimer 5. Membuat orang terlihat bercahaya dan berseri 6. Membuat semakin enerjik 7. Meredakan rasa nyeri 8. Meningkatkan daya tahan tubuh 9. Meningkatkan kesehatan janin. Namun, sebelum membeli minyak zaitun, ada baiknya kita sedikit mengenal produk minyak zaitun yang beredar di pasaran, agar tidak salah memilih. Di negaranegara yang mematuhi standar dari International Olive Council (IOC) umumnya mencantumkan label kelas minyak zaitun di toko-toko yang menjualnya. Mungkin kita perlu sedikit mengenal beberapa kelas yang dijual di pasaran. Extra-virgin olive oil Minyak ini berasal dari hasil

perasan pertama buah zaitun, mengandung tidak lebih dari 0,8% keasaman, dan dinilai memiliki keunggulan rasa. Jenis minyak zaitun ini sangat dianjurkan untuk kesehatan. Artinya bisa dikonsumsi langsung.

Pilih Teh Hijau Saat Ingin Minum Softdrink CHRISTY ROE

Virgin olive oil Minyak ini diperoleh dari hasil produksi dan pengolahan tahap kedua buah zaitun, diambil dari buah zaitun yang lebih matang, sehingga tingkat keasamannya agak tinggi dibandingkan Extra Virgin. Memiliki tingkat keasaman yang kurang dari 1,5%. Masih bisa dikonsumsi langsung.

Setiap orang berbeda.

Pure olive oil dan olive oil Minyak berlabel Pure olive oil atau olive oil ini biasanya merupakan campuran antara minyak zaitun hasil sulingan dan minyak zaitun Virgin. Tingkat keasaman minyak zaitun Pure berkisar 2%. Minyak zaitun ini umumnya hanya dipakai untuk memasak dengan suhu tinggi. Olive pomace oil Minyak zaitun yang dibuat dengan ekstraksi kimia dari residu yang tersisa setelah perasan dan pemrosesan kedua. Minyak zaitun ini biasanya dipakai sebagai bahan baku produk kecantikan, sabun, shampo atau lainnya, namun juga banyak yang menggunakan untuk memasak. Lampante oil Biasanya digunakan untuk lampu minyak, minyak zaitun tidak cocok sebagai makanan. Lampante banyak digunakan di pasar industri.

Membantu menurunkan berat badan sekaligus mencegah diabetes. (THE EPOCH TIMES)

Refined olive oil Berasal dari pengolahan minyak dengan menyempurnakan metode yang tidak menyebabkan perubahan dalam struktur glyceridic awal. Tanpa keasaman. Di Indonesia sendiri minyak zaitun telah dipasarkan dalam

berbagai bentuk. Mulai dari kapsul kesehatan, massage oil, hingga produk kecantikan. Anda mungkin perlu sedikit menyisihkan waktu untuk mengenali apa yang Anda butuhkan sekaligus mengetahui produk yang akan Anda beli. Terakhir, pilihan tetap diserahkan pada Anda. (hui)

Kita memiliki susunan genetik berbeda, sistem endokrin dan metabolisme yang berbeda, berbagai tingkat olahraga dan kebugaran, kebiasaan tidur yang berbeda, struktur pendukung yang berbeda, tingkat stres dan manajemen stres yang berbeda, masalah berat badan dan kadar hormon yang berbeda, usia yang berbeda, kecanduan makanan yang berbeda—dan semua perbedaan itu hanyalah sebagian kecil saja! Dengan alasan ini, saya mendengar beberapa cerita yang dialami orang lain tentang bagaimana menurunkan berat badan mereka, atau apa pun, yang sangat membuat frustasi. Dengan pemikiran ini, saya menawarkan metode saya untuk menghentikan minuman bersoda. Metode ini cukup berhasil bagi saya, tapi Anda dan saya berbeda. Mudah-mudahan cerita saya akan membantu Anda menemukan kunci untuk menghentikan minuman bersoda. Saya selalu memiliki keinginan untuk makanan yang bersifat manis. Demikian juga dalam keluarga saya, entah karena genetik atau konstruksi sosial. Suami saya berhenti minum soda tahun lalu dan kini hanya minum Sprite atau soda yang dicampur dengan minuman jus. Tapi saya masih tetap sama dan selalu memesan Coke di restoran. Dulu kami tidak pernah minum Coke di rumah. Tapi kemudian saya memiliki anak. Anak kedua tidak suka tidur. Saya tinggal di rumah. Saya jarang tidur. Agar tetap terjaga saya mulai minum sekaleng Coke sehari. Sekaleng penuh akan terlalu banyak, jadi saya menggantinya dengan kaleng berukuran kecil. Kadang bahkan saya minum dua kaleng. Masuklah lemak. Kulit menjadi buruk, termasuk bercak-bercak di lengan dan paha saya. Namun tetap tidak bisa menghentikan kebiasaan minum Coke dalam sehari! Belum lagi, kebencian saya karena tidak dapat mengendalikan diri. Saya benci ketagihan saya. Pengganti

Pandangan Baru Dokter Prancis: Kolesterol Tidak Berbahaya Bagi Tubuh LI LIN Dewasa ini, kalangan medis beranggapan bahwa tingginya kandungan kolesterol dalam tubuh manusia merupakan pemicu yang menyebabkan penyakit kardiovaskular (jantung), dan penyakit kardiovaskular merupakan penyebab kematian tertinggi di dunia.

O

leh sebab itu bagi industri farmasi, obat penurun kolesterol statine merupakan bagian integral dari pasar. Volume penjualan obat penurun kolesterol hanya berada di bawah obat antikanker. Profesor Philippe Even, dokter ahli kardiopulmonary (jantung dan paru-paru) Prancis, pada September tahun lalu memublikasikan buku kontroversial yang berjudul “Panduan obat-obatan berguna, tidak berguna atau berbahaya.” Tahun ini pada 14 Februari, Profesor Philippe menerbitkan lagi risalah berjudul “Fakta sebenarnya tentang kolesterol” (La véritésur

le cholestérol). Dalam buku ini, Philippe menunjukkan bahwa kolesterol tidaklah berbahaya bagi kesehatan. Mungkin dokter telah meresepkan obat penurun kolesterol secara berlebihan. Lebih parah lagi, obat yang digunakan untuk menurunkan kolesterol saat ini, dapat menyebabkan memburuknya kondisi pasien. Dalam proses penyusunan buku “Fakta sebenarnya tentang kolesterol”, Profesor Philippe telah melakukan studi secara cermat terhadap 800 makalah komunitas medis internasional yang terpercaya dan 50 hasil penelitian, serta berkesimpulan bahwa dengan mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh tidaklah dapat mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah atau cerebral embolism, maka obat penurun kolesterol statine dalam hal ini adalah tidak berguna. Dia beranggapan bahwa obat penurun kolesterol statine memang penemuan besar, namun masalahnya adalah kolesterol tidaklah bertanggung jawab dalam penyakit kardiovaskular. Mengubah tingkat kadar kolesterol tidaklah bermanfaat pada penyakit ini,

mereka telah salah memilih target terapi. Lembaga penilaian kesehatan Perancis HAS (Haute Autorité de Santé) juga mengakui bahwa terdapat ketidak-layakan dalam penggunaan resep obat penurun kolesterol. Dokter penyakit jantung dan peneliti dari Lembaga Penelitian Ilmiah Nasional Prancis (CNRS) juga menunjukkan bahwa obat penurun kolesterol Statine beracun dan memiliki efek samping meningkatkan risiko diabetes, penyakit mata, hipertensi, kanker dan sebagainya. 100 lebih sarjana, dokter, dan peneliti bebas dari Amerika Serikat, Jepang, dan Jerman secara spontan telah mengorganisir diri, serta sedang bersiap untuk mengungkap kekeliruan medis ini kepada dunia. Di Prancis, terdapat sekitar 5 juta orang yang mengonsumsi obat penurun kolesterol Statine. Lembaga penilaian kesehatan Perancis, HAS (Haute Autorité de Santé) mengingatkan para penderita untuk jangan dulu menghentikan penggunaan Statine secara sepihak yang disebabkan oleh laporan tersebut, penghentian program

pengobatan yang sedang berjalan perlu pembahasan secara rinci dengan dokter yang bersangkutan sebelum diputuskan. Pangsa pasar obat penurun kolesterol adalah sebesar $AS 40 miliar. Pada kenyataannya, di balik ini masih terdapat masalah persaingan pasar komersial. Dalam segi riset dan pengembangan obat pengganti Statine yang baik, perusahaan farmasi Sanofi secara global berada di posisi terdepan. Tahun lalu Prancis juga bermitra dengan Amerika Serikat untuk memulai uji coba berskala besar dalam pengujian produk biologis baru. Dalam segi pangsa pasar, diperkirakan memiliki potensi pasar 40 miliar dolar AS (30 miliar euro). Lipitor obat penurun lemak darah buatan Pfizer, yaitu yang sangat dikenal oleh orang Prancis sebagai Tahor, merupakan obat penurun lemak darah terlaris di dunia. Lipitor saja setiap tahunnya sudah dapat mencapai omset sebesar 10 miliar dolar AS. Sedangkan pesaing Pfizer – Astra Zeneca, setiap tahunnya dapat mencapai omset sebesar 7 miliar dolar AS. (pur)

Plank Menyamping dengan Angkat Kaki EMMA-KATE STAMPTON Setiap jenis gerakan plank (rata) memerlukan latihan inti tubuh karena gerakan ini memerlukan perekrutan semua otot-otot perut. Banyak latihan perut yang fokus pada pelatihan area spesifik otot perut. Misalnya, sit-up terutama menargetkan rektus abdominis (otot six pack).

D

engan melakukan latihan plank, Anda tidak hanya akan memperkuat rektus abdominis, tetapi juga obliques (yang ada di samping perut kita), abdominis melintang, dan otot-otot punggung bawah. Gerakan plank juga meningkatkan stabilitas bahu, yang cukup penting untuk membangun kekuatan dan stamina pada otot kecil dan tendon yang mendukung gelang bahu Anda. Memulai 1. Posisikan tubuh Anda menyamping. Tempatkan siku tepat di bawah bahu. Kaki bertumpuk satu sama lain. Telapak kaki sejajar dengan tubuh dan lutut sedikit ditekuk.

2. Tarik napas untuk mempersiapkan saat Anda melibatkan otot inti dalam dengan mengangkat panggul secara lembut. 3. Buang napas saat mengangkat pinggul dari lantai. Jaga beban tubuh Anda merata antara siku dan kaki. 4. Tahan posisi ini selama 10 detik dan terus bernapas. 5. Angkat kaki Anda hingga melebihi ketinggian pinggul dan bertahan dalam posisi tersebut selama kira-kira 10 detik. 6. Turunkan kembali ke posisi awal. Ulangi di sisi lain. 7. Usahakan agar dapat melakukan gerakan plank dengan mengangkat kaki selama 30 detik. Titik Fokus Kunci untuk semua latihan adalah bentuk dan teknik yang baik. Usahakan sisi tubuh bagian bawah terangkat ketika Anda berada dalam pose plank. Pinggul Anda tidak seharusnya “merosot” ke lantai. Jika Anda merasakan ketegangan di bahu, pastikan Anda membebankan tubuh Anda lebih besar di kaki, ketimbang membebankannya pada gelang bahu Anda. Karena sifat latihan ini yang cukup sulit, tetap fokus untuk mempertahankan pola napas yang

Melalui dukungan dan informasi dari pelatih saya di gym, saya memutuskan untuk mengambil alih kehidupan saya. Hal pertama yang saya lakukan adalah mengurangi porsi. Saya memutuskan cukup satu Coke Mini setiap hari. Saya menggantinya dengan minuman jus jika perlu. Selanjutnya, saya menambahkannya dengan minum setiap tiga hari, lalu seminggu, lalu sebulan. Hal ini memakan waktu sekitar tiga bulan, sampai saya menganggap rasa kecanduan itu hilang. Hasrat itu hilang. Selanjutnya, untuk berhenti minum jus, hampir sama dengan apa yang saya lakukan pada Coke, saya menggantinya dengan teh hijau Lipton (diolah, dengan gula, dalam botol besar). Apakah hal tersebut lebih baik dari minuman jus? Mungkin iya tetapi mungkin juga tidak, tapi minuman ini tersedia di sebagian besar tempat makan, jadi ini merupakan batu loncatan besar untuk menghindari Coke sampai saya mampu untuk menghentikan gula sama sekali. Pengganti berikutnya: air putih dan air kelapa. Ini memerlukan sedikit upaya keras. Olahraga juga membantu, karena minum air putih dalam jumlah besar setelah olahraga memungkinkan Anda untuk membentuk ikatan yang kuat dengan botol air minum Anda dan Anda akan terbiasa dengan minuman bebas gula di mulut. Selanjutnya, saran dari pelatih saya mengenai di mana dan jenis air kelapa apa yang akan dibeli juga membantu mengalihkan diri kita dari minuman olahan ke pilihan yang lebih alami. Air kelapa memiliki elektrolit alami - penambah tenaga setelah berolahraga. Minuman bebas gula Hasilnya? Saya telah berhenti minum minuman manis selama satu bulan sekarang. Beberapa orang menganggap minum minuman ringan atau soda sesekali adalah wajar - itu curang. Hampir sama dengan pecandu alkohol, saya dapat dikatakan sodaholic (pecandu soda), dengan satu minuman mungkin saja cukup untuk membawa saya kembali ke masa di mana minuman mengontrol saya. Saya tidak membiarkan itu terjadi. Saya memesan teh hijau jika saya merasa ketagihan, tapi tidak pernah memesan Coke. Saya telah berusaha keras untuk mempertahankannya. (val)

Gerakan pose plank (rata) dengan mengangkat kaki kiri merupakan tantangan yang fantastis untuk melatih kekuatan inti Anda. Saya tidak akan bermanis-manis— karena ini memang merupakan gerakan yang sulit untuk dilakukan dan akan membutuhkan banyak latihan sebelum Anda mulai merasa kuat dan percaya diri melakukan latihan ini. (JOCELYN BONG, BRISBANE, AUSTRALIA)

konsisten. Variasi gerakan Salah satu variasi yang bagus yakni menurunkan dan mengangkat kaki saat dalam pose plank menyamping daripada membiarkan kaki terangkat dengan posisi tetap. Masuklah ke dalam posisi plank, dan kemudian angkat dan turunkan Anda sebanyak 10 kali. Anda akan merasakan perbedaan karena pada gerakan ini stabilitas Anda bahkan akan lebih tertantang. Untuk memodifikasi latihan

ini, seimbangkan lengan dan lutut Anda, bukan kaki. Jika Anda belum pernah melakukan pose plank menyamping sebelumnya, saya sangat merekomendasikan agar Anda memulai dari lutut. Anda masih bisa melakukan gerakan angkat kaki. Untuk meningkatkan intensitas, tahan pada posisi plank selama 60 sampai 90 detik. (feb) Emma-Kate adalah seorang pelatih pribadi dan pelatih dan guru Pilates yang berdomisili di Brisbane, Australia.

Minum air dalam jumlah besar setelah berolahraga dapat membantu mengalihkan keinginan Anda dari minuman olahan ke minuman bebas gula dan lebih banyak minuman pilihan alami lain. (GORAN BOGICEVIC/PHOTOS.COM)


IPTEK SERBA-SERBI

TheEpochTimes CERMATAN DINAMIKA DUNIA 25 April - 01 Mei 2013

5

Gravitasi Tidaklah Eksis

Empat snowboarders sedang menantang gravitasi pada perempat final tim snowboardcross putra di kejuaraan Piala Dunia LG Snowboard FIS pada 17 Desember 2011 di Telluride, Colorado, AS. (DOUG PENSINGER / GETTY IMAGES)

Fisikawan Kondang Usulkan Teori Gravitasi Baru

MO XINHAI

Banyak orang telah mendengar kisah ketika Newton duduk di bawah pohon apel untuk berpikir, tiba-tiba sebuah apel jatuh di kepalanya dan menginspirasinya mencetuskan teori gravitasi.

N

amun setelah waktu yang lama, sejumlah fisikawan mulai menyadari bahwa gravitasi adalah hukum fisika yang sangat aneh. Dibandingkan dengan gaya interaksi dasar lainnya, gravitasi sangat sulit untuk dimengerti. Dan kini, alasan untuk keganjilan ini mungkin telah dapat dijelaskan, yaitu: gravitasi bukan gaya interaksi fundamental, tetapi mungkin turunan dari gaya

yang lebih mendasar lagi. Profesor Eric Verlinde, 48, ahli teori string yang terkenal dan seorang profesor fisika di Institut Fisika Teoritis di Universitas Amsterdam, mengajukan teori gravitasi baru seperti yang dilaporkan oleh New York Times pada 12 Juli 2010. Dia berpendapat dalam sebuah makalah barubaru ini yang berjudul “Asal Muasal Gravitasi dan Hukum Newton” bahwa gravitasi adalah konsekuensi dari hukum termodinamika. Dengan membalikkan logika ilmu pengetahuan dalam kurun 300 tahun terakhir, pernyataannya menyebutkan bahwa gravitasi adalah sebuah ilusi yang menyebabkan kekacauan yang berkelanjutan di antara para fisikawan, atau setidaknya di antara mereka yang mengaku mengerti tentang hal itu. “Bagi saya, gravitasi (gaya tarik Bumi) tidaklah eksis,” kata Dr. Verlinde. Ini bukan berarti bahwa Apel tidak akan jatuh

ke tanah, namun Dr Verlinde bersama dengan sejumlah fisikawan lain, berpendapat bahwa ilmu pengetahuan telah memandang gravitasi dengan cara yang salah, dan terdapat sesuatu yang lebih mendasar dari mana gravitasi “muncul”, seperti halnya pasar saham yang muncul dari perilaku kolektif investor individu atau bagaimana elastisitas muncul dari mekanisme atom. Inti dari teori gravitasi mungkin berhubungan dengan kurangnya keteraturan dalam sistem fisik. Argumennya adalah sesuatu yang mungkin seperti “bad hair day”-nya teori gravitasi. Ilustrasinya seperti ini: “Rambut Anda mengembang saat panas dan lembab karena terdapat lebih banyak cara untuk membuat rambut Anda menjadi keriting daripada menjadi lurus, dan alam menyukai pilihan. Jadi, dibutuhkan sebuah daya untuk menarik rambut lurus dan menghilangkan opsi alam. Abaikan ruang lengkung atau gaya

tarik-menarik seperti yang dijelaskan oleh Isaac Newton.” Dr Verlinde mendalilkan bahwa gaya yang kita sebut sebagai gravitasi hanyalah sebuah produk sampingan dari kecenderungan alam untuk memaksimalkan gangguan. Teori Profesor Verlinde menyebutkan bahwa pada dasarnya gravitasi adalah gaya entropi. Sebuah benda yang bergerak di sekitar benda-benda kecil lainnya akan mengubah gangguan yang mengelilingi benda itu, dan menimbulkan gravitasi. Berdasarkan ide dalam teori Holographic, dia bisa mendapatkan hukum kedua Newton tentang mekanika. Selain itu, teorinya tentang fisika massa inersia juga merupakan pemahaman baru. Penelitian tentang alam semesta dalam ilmu pengetahuan modern pada dasarnya berdasarkan pada teori gravitasi. Jika gravitasi tidak ada, maka pemahaman kita tentang galaksi dan struktur alam semesta

semuanya bisa keliru. Ini mungkin yang menjadi sebab mengapa para astronom sering merasa kesulitan untuk menjelaskan pergerakan gravitasi dari benda langit yang jauh, dan harus memperkenalkan konsep “materi gelap” untuk menciptakan keseimbangan dalam persamaan matematika. Sebuah teori baru dari gravitasi ini bisa menjelaskan beberapa isu kosmik yang masih menjadi misteri bagi para fisikawan, misalnya energi gelap, semacam antigravitasi yang tampaknya mempercepat perluasan alam semesta, atau materi gelap yang diduga merupakan materi penahan galaksi agar tetap bersatu dan tidak tercerai-berai. Hal ini dapat merangsang para ilmuwan untuk mencari pemahaman baru tentang alam semesta. “Kami sudah lama mengetahui bahwa gravitasi itu tidak ada,” kata Dr Verlinde, “Dan sudah waktunya untuk meneriakkannya kepada masyarakat internasional.” (rob)

Letusan Vulkanik Diduga Telah Picu Kepunahan Massal Sebelum Era Dinosaurus National Science Foundation

Lebih dari 200 juta tahun yang lalu, kepunahan skala luas telah menghancurkan 76 persen spesies di Bumi yang menandai akhir periode Triassic dan menjadi awal periode Jurassic.

Peristiwa ini membuka kesempatan bagi dinosaurus untuk mendominasi Bumi selama 135 juta tahun ke depan, dan mengambil alih relung ekologi yang sebelumnya sempat dikuasai oleh spesies laut dan darat. Belum jelas apa yang menyebabkan kepunahan periode Triassic, namun sebagian ilmuwan menyepakati beberapa teori yang mung-

kin terjadi. Selama periode yang relatif singkat, letusan gunung berapi skala besar dari kawasan yang dikenal sebagai Daerah Pusat Magma Atlantik (Central Atlantic Magmatic Province – CAMP), memuntahkan sejumlah besar gas lava seperti karbondioksida, sulfur, dan metana. Pelepasan gas ke atmosfer secara tiba-tiba kemungkinan menyebabkan pemanasan global yang intens dan pengasaman lautan, yang akhirnya membunuh ribuan spesies tanaman dan hewan. Saat ini, para peneliti di MIT, Universitas Columbia, dan lembaga lainnya telah menentukan bahwa letusan ini terjadi tepat pada saat kepunahan dimulai. Mereka memberikan bukti kuat bahwa aktivitas gunung berapi memang memicu kepunahan pada akhir periode Triassic. Hasil riset ini didanai oleh National Science Foundation (NSF), yang dipublikasikan dalam jurnal Science. “Para ilmuwan jadi semakin dekat dalam

Kemampuan Telepati Gadis Cilik Penderita Autis

Dapat Membaca Pikiran Sang Ibu BO SHI

The Epoch Times

Baru-baru ini, seorang gadis cilik berusia 9 tahun penderita autis yang lahir di Sharjah, UEA (Uni Emirat Arab) telah menarik perhatian dunia karena memiliki kemampuan supernormal yang dapat membaca pikiran ibunya. Para peneliti internasional di bidang sindrom savant mengatakan bahwa kemampuan gadis itu dinilai “sangat langka”, sehingga hal ini mungkin akan menambah pengalaman bagi penderita sindrom savant di seluruh dunia. Kemampuan telepati ini merujuk dalam keadaan tanpa petunjuk apapun, bukan melalui pertukaran bahasa atau perilaku, tetapi mampu mengetahui dengan jelas apa yang sedang dipikirkan

orang lain. Menurut laporan eksklusif Gulf Times pada 25 Maret lalu, gadis cilik “ajaib” ini bernama Nandana Unnikrishnan. Tanpa dibantu media apapun, ia dapat merasakan emosi dan membaca pikiran sang ibu. Laporan ini menyebabkan kegemparan dari pembaca, media, dan peneliti autisme serta ahli bidang psikiatri, yang pada saat bersamaan juga menarik perhatian Dr. Darold A.Treffert. Dr. Treffert dikenal sebagai godfather di bidang penelitian penyakit sindrom savant, yang juga mantan konsultan film terbaik pemenang Oscar, Rain Man, yang diperankan oleh aktor kawakan Dustin Hoffman, sebagai penderita sindrom savant. Setelah membaca kisah ini di situs Gulf Times, Dr. Treffert menulis surat kepada media tersebut yang mengungkapkan perhatiannya terhadap laporan ini, dan pengalamannya yang panjang mengenai penelitiannya terhadap penderita sindrom savant. Sindrom savant adalah cacat mental yang serius, namun dalam bebe-

rapa hal mereka memiliki keterampilan khusus yang jauh melebihi orang biasa. Dr. Treffert mengungkapkan, selama bertahuntahun ia mempelajari sindrom savant, penderita sindrom ini memang agak tidak “biasa”. Namun kasus seperti Nandana yang memiliki kemampuan telepati tersebut bahkan lebih jarang lagi. Menurutnya, salah satu yang paling menarik adalah ketika Nandana dan ibunya melakukan telepati, dimana tidak ada kontak fisik di antara mereka. Dr. Treffert berpendapat bahwa umumnya penderita penyakit sindrom savant mempunyai kemampuan yang lebih dalam bidang seni, musik, matematika, atau kemampuan spasial visual mekanik, namun keterampilan seperti yang dimiliki Nandana telah memberi peluang bagi penelitian asal usul dan mekanisme kemampuan anomali ini. Walaupun Dr. Treffert sangat akrab dengan beberapa penderita sindrom savant yang memiliki keterampilan sejenis, namun sepanjang yang diketahuinya, ia belum pernah menjumpai contoh kasus telepati langsung dan kemampuan membaca pikiran semacam ini. (hui) Nandana Unnikrishnan. (KHALEEJ TIMES)

Batuan kuno di Hartford Basin, Connecticut, AS, menawarkan penelitian geologi tentang masa lalu. (TERRENCE BLACKBURN DAN PAUL OLSEN)

menegaskan sesuatu yang telah kami duga bahwa kepunahan massal di zaman prasejarah memang terkait dengan serangkaian letusan gunung berapi,” papar Lisa Boush, direktur program Divisi Ilmu Bumi NSF. “Upaya ini juga merupakan hasil inisiatif dari EARTHTIME, sebuah proyek yang disponsori NSF dalam mengembangkan peningkatan skala waktu geologi bagi para ilmuwan untuk menafsirkan sejarah Bumi.” Para ilmuwan menentukan usia lava basaltik dan temuan lainnya di sepanjang Pantai Timur Amerika Serikat, dan wilayah Marocco, yaitu 200 juta tahun lalu, yang merupakan bagian dari superbenua Pangaea. Keretakan tersebut akhirnya memisahkan daratan yang menjadi tempat aktivitas vulkanik dari CAMP. Kini, geologi kedua wilayah termasuk batuan beku dari letusan CAMP serta batuan sedimen, terkumpul dalam sebuah danau besar. Para peneliti menggunakan kombinasi teknik untuk menentukan waktu dan bebatuan awal CAMP. Dari pengukuran, mereka merekonstruksi aktivitas vulkanik di wilayah ini pada 201 juta tahun yang lalu, dan menemukan bahwa letusan magma disertai karbondioksida, sulfur, dan metana, terjadi dalam semburan selama 40.000 tahun, sebuah periode yang singkat dalam waktu geologi. “Kepunahan ini terjadi secara singkat dalam waktu geologi,” menurut Sam Bowring, ahli geologi di MIT. “Tidak ada keraguan bahwa kepunahan terjadi bersamaan dengan letusan pertama.” Selain Bowring, penulis lainnya adalah Terrence Blackburn dan Noah McLean dari MIT; Paul Olsen dan Dennis Kent dari Universitas Columbia; John Puffer dari Universitas Rutgers; Greg McHone, peneliti independen dari New Brunswick, New Jersey; E. Troy Rasbury dari Universitas Stony Brook; dan Mohammed Et-Touhami dari Universitas Mohammed Premier, Oujda, Maroko. Dan Blackburn yang menjadi pemimpin dari para penulis penelitian tersebut. Lebih dari Sekedar Kebetulan Kepunahan di akhir periode Triassic adalah salah satu dari lima kepunahan massal tebesar dalam 540 juta tahun terakhir sejarah Bumi. Selama peristiwa ini, para ilmuwan mencatat bahwa wilayah berapi, yang

memberikan bukti aktivitas vulkanik yang meluas, muncul secara bersamaan. Akan tetapi, Bowring menyebutkan, “Hanya karena mereka kebetulan terjadi secara bersamaan, bukan berarti terdapat aksi dan reaksi di dalamnya.” Sebagai contoh, ketika lava mengalir di saat yang sama dengan kepunahan yang memusnahkan dinosaurus, para ilmuwan juga menghubungkan kepunahan itu dengan tabrakan asteroid. “Jika Anda ingin membuat kasus bahwa letusan itu yang menyebabkan kepunahan, Anda harus mampu menunjukkan pada presisi kemungkinan tertinggi bahwa letusan dan kepunahan terjadi pada waktu bersamaan,” jelas Bowring. Untuk periode akhir Triassic, Bowring berkata bahwa para peneliti telah mendata aktivitas vulkanik ke sekitar waktu dimana fosil itu menghilang dari catatan geologi, yang membuktikan bahwa CAMP mungkin telah memicu kepunahan. Namun perkiraan ini memiliki margin kesalahan sekitar 1-2 juta tahun. “Perbedaan satu juta tahun adalah ketika Anda mencoba untuk menghubungkannya,” kata Bowring. Sebagai contoh, mereka berpikir bahwa CAMP menjangkau lebih dari dua juta kilometer kubik lava. Jumlah lava yang dimuntahkan selama 1-2 juta tahun, tidak akan memiliki efek yang sama dengan yang dipancarkan selama puluhan ribu tahun. “Skala dimana waktu letusan terjadi memiliki efek yang besar,” kata Bowring. Pengukuran Berdasarkan Kemiringan Bumi Untuk menentukan umur letusan gunung berapi yang terjadi, tim peneliti menggabungkan dua teknik penanggalan yaitu astrochronology dan geochronology. Yang pertama adalah teknik yang menghubungkan lapisan sedimen yang mengubah kemiringan batuan Bumi. Selama beberapa dekade, para ilmuwan telah mengamati bahwa perubahan orientasi siklus Bumi, merupakan akibat pengaruh gaya gravitasi dari planet terdekat. Poros kemiringan Bumi pada siklus diatur kembali ke kemiringan aslinya setiap 26.000 tahun. Seperti variasi orbital yang mengubah jumlah radiasi matahari yang mencapai permukaan Bumi, yang pada gilirannya berdampak pada iklim

planet, yang disebut siklus Milankovich. Perubahan siklus iklim ini dapat dilihat melalui jenis sedimen yang diendapkan di kerak Bumi. Para ilmuwan dapat menentukan usia batuan, dengan terlebih dulu mengidentifikasi variasi siklus dalam pengendapan sedimen di air yang tenang, seperti lautan-dalam atau danau yang besar. Sebuah siklus sedimen sesuai dengan siklus kemiringan Bumi, dibentuk pada periode selama bertahun-tahun. Dengan melihat letak batuan tersebut pada lapisan sedimen, para ilmuwan mendapatkan gagasan mengenai berapa usia batuan tersebut. Untuk mendapatkan usia yang tepat, para peneliti telah mengembangkan model matematika untuk menentukan kemiringan Bumi selama jutaan tahun. Bowring mengatakan bahwa teknik ini cocok untuk mengukur usia batuan secara langsung, hingga usia 35 juta tahun. Tetapi lebih dari itu, masih tidak jelas apakah dapat mengandalkan teknik ini. Bowring bersama koleganya menggunakan astrochronology untuk memperkirakan usia batuan sedimen, lalu diuji lagi dengan estimasi presisi tinggi dari batuan berusia 200 juta tahun di Amerika Utara dan Maroko. Para ahli geologi memisahkan sampel bebatuan untuk mengisolasi kristal kecil yang disebut zircon, lalu dianalisis untuk menentukan rasio uranium. Teknik ini memungkinkan untuk mendata bebatuan dalam waktu kurang lebih 30.000 tahun – sebuah pengukuran yang tepat dalam istilah geologi. Secara keseluruhan, teknik geochronology dan astrochronology dapat memberikan perkiraan yang tepat bagi ahli geologi mengenai waktu terjadinya vulkanisme pada 200 juta tahun lalu. Teknik-teknik ini mampu mengungkapkan tiga semburan aktivitas magmatik lebih dari 40.000 tahun – suatu periode singkat dimana sebagian besar karbondioksida dan emisi gas telah mengubah iklim Bumi secara drastis. Bukti-bukti konkrit sejauh ini menghubungkan aktivitas gunung berapi dengan kepunahan akhir periode Triassic. Namun Bowring mengatakan bahwa masih ada lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk lebih memastikannya. “CAMP membentang dari seluruh wilayah Nova Scotia menuju ke Brazil dan Afrika Barat,” jelasnya. “Saya ingin mengetahui apakah mereka memiliki usia yang sama.” (ham)


6

LINTAS BUDAYA Paus dan Sang Idola Fransiskus dari Assisi

TheEpochTimes

CERMATAN DINAMIKA DUNIA 25 April - 01 Mei 2013

The Epoch Times

Kardinal Jorge Mario Bergoglio asal Argentina menggunakan Fransiskus sebagai gelar kepausannya dan mengacu pada frater St. Fransiskus dari Assisi dari abad ke-12. Siapakah Fransiskus dari Assisi itu? Paus Baru: Vatikan harus jaga semangat asalnya Fenomena aneh bermunculan, baik dan buruk silih berganti, juga membiaskan manusia sedang menghadapi suatu perubahan besar yang krusial. Paus Baru Fransiskus juga memperhatikan hal ini, saat memimpin misa pertama setelah terpilih, pidatonya tepat mengenai sasaran. Ia menyerukan segenap gereja Katolik untuk membendung godaan masyarakat modern ini, dan mempertahankan semangat tradisi yang disampaikan dalam kitab Injil, serta memperingatkan jika gereja sampai melupakan misi sesungguhnya, maka akan terjerumus menjadi “yayasan sosial” belaka. Di Kapel Sistina, di hadapan para kardinal gereja Katolik yang memimpin 1,2 miliar umat, Paus Fransiskus menyatakan, apa pun yang dilakukan oleh gereja, jika sampai melupakan Yesus Kristus, “Maka kita hanya akan menjadi sebuah yayasan sosial non-pemerintah saja”, dan bukan lagi gereja Yesus Kristus. Sebagai Paus pertama non orang Eropa dalam 1.300 tahun terakhir, Bergoglio menunjukkan gaya yang berbeda dengan pendahulunya Paus Benediktus XVI. Paus Benediktus menggunakan bahasa Latin dalam pidato pertamanya, dan memaparkan visi besarnya terhadap gereja. Sedangkan Bergoglio justru menggunakan bahasa Italia dan tidak menggunakan naskah pidato dengan metode yang lebih menyerupai uskup, dan menekankan masalah kepercayaan itu sendiri. Ia menyatakan, jika di dalam hati tidak ada Bapa, “Kita hanyalah duniawi, kita bisa saja seorang uskup, seorang pastor, seorang kardinal dan seorang paus, tapi kita bukanlah rasul Tuhan.”

Filosofi Bergoglio yang “rendah hati, sederhana, jujur, tradisi” sangat mirip dengan Frater St. Fransiskus dari abad ke-12 (kiri), wajah keduanya pun sangat mirip. (CHEN BOZHOU/THE EPOCH TIMES)

Pengaruh Society of Jesus dan St. Francis pada Paus baru Bergoglio adalah seorang anggota Society of Jesus pertama yang diberi misi untuk memimpin gereja, gelar yang dipilihnya adalah pendiri Fransiskan, yakni Francis of Assisi dari abad ke-12, pada waktu itu Francis menyumbangkan seluruh kekayaannya kepada orang miskin, dan bergantung hidup dengan mengandalkan mengemis. Hal ini sangat sejalan dengan kepribadian Bergoglio yang selama ini senantiasa rendah hati dan sederhana. Melihat kembali sejarah, setiap kali saat gereja Katolik hendak mereformasi diri selalu meminta bantuan anggota ordo gereja Katolik untuk menjadi paus, hanya saja belum pernah meminta anggota Serikat Yesus (Society of Jesus). Serikat Yesus didirikan oleh seorang ksatria Spanyol yang bernama Ignatius of Loyola pada abad ke-16. Ia terluka di medan perang, kemudian menjadi seorang Katolik selama perawatan lukanya. Serikat Yesus sangat berbeda dengan yang lain adalah karena mereka berikrar akan selalu setia pada Paus. Serikat Yesus Roma adalah ordo agama Katolik terbesar. Anggotanya berikrar untuk tetap hidup sederhana, bermoral tinggi dan jujur, serta berjanji untuk tidak menduduki posisi tinggi di dalam gereja. Saat

ini, di seluruh dunia terdapat 17.000 orang anggota Serikat Yesus, meskipun jumlah mereka menurun di Eropa dan AS, namun di Vietnam, India, dan Amerika Latin jumlah mereka justru meningkat. Para anggota Serikat Yesus mengucurkan segenap tenaga untuk menyebarkan agama Katolik ke berbagai tempat baru di seluruh dunia. Mereka membuat agama Katolik berkembang di India, Jepang, Kanada, dan Amerika Latin. Mereka hidup bersama dengan kaum miskin dan penderita AIDS di gubuk sederhana dan gang yang sempit. Mereka menerbitkan tabloid, melukis, menulis lagu dan memainkan drama. Akan tetapi yang paling menonjol dari mereka adalah pendirian perguruan tinggi dengan gaya studi yang ketat yang mereka bangun di seluruh dunia. Sebut saja Georgetown University, Boston College, Fordham University, dan berbagai sekolah yang bernama Loyola di AS. Banyak tokoh pemimpin di berbagai bidang di dunia berasal dari sekolah-sekolah Serikat Yesus. Mengingat motto Serikat Yesus adalah menemukan Tuhan “dalam segala hal”, ada yang berharap di bawah kepemimpinan seseorang yang berlatar belakang Serikat Yesus, agama Katolik akan dapat lebih terbuka dan tanpa kenal takut berinteraksi dengan masyarakat awam, menyampaikan informasi gereja dengan cara baru,

serta menekankan pelayanan bagi kaum miskin dan bersatu dengan orang miskin. Kini, seseorang dari luar Vatikan menjadi pemimpin, mereka berharap Paus Fransiskus dapat memperbaiki atmosfir di Vatikan. Paus baru berkata, “Saya sangat berharap, ini adalah suatu gereja sederhana yang melayani para miskin.” Bergoglio yang berlatar belakang Serikat Yesus lahir pada 17 Desember 1936 di Beunos Aires. Ia adalah keturunan Italia dan lulus dari sekolah kejuruan teknik, namun saat berusia 21 tahun, ia memutuskan untuk menjadi rohaniwan, dan mendalami teologi di Jerman, serta menjadi seorang cendekiawan di mata orang Eropa. Kehidupannya sangat sederhana, dan mengabdikan diri untuk membantu kaum miskin. Penulis biografi Bergoglio menuliskan, “Hanya dalam tempo 6 tahun, dari hanya seorang rohaniwan di sebuah gereja kecil ia menjadi uskup agung di Buenos Aires, dan kemudian menjadi kardinal Argentina, karirnya meningkat pesat.” Saat menjadi kardinal pada 2001, ia berhasil meyakinkan umat Argentina agar tidak pergi ke Roma untuk menyelamatinya, melainkan memanfaatkan dana bepergian itu untuk membantu orang miskin dan mereka yang membutuhkannya. Bergoglio memilih kehidupan yang sederhana, dan melepaskan kehidupan mewah di kediaman kardinal, dan tinggal di sebuah apartemen sederhana, serta mengurus sendiri kebutuhan sehari-harinya. Pada 2001, ia pernah berkunjung ke sebuah rumah sakit di Buenos Aires, demi untuk mencuci kaki 12 orang pasien penderita AIDS, serta mencium kaki mereka, sebagai ungkapan masyarakat telah melupakan penderita penyakit dan para fakir miskin. Setelah menjabat, Bergoglio sangat memperhatikan semangat melayani. Ia pernah mengkritik rohaniwan telah melupakan dasar dari kepercayaan yang menyebabkan Vatikan telah merosot menjadi institusi kekuasaan. Ia pun dengan gamblang mengkritik Dewan Senat Argentina yang telah meloloskan undang-undang yang melegalkan pasangan homoseksual dan mengizinkan pasangan homoseksual untuk mengadopsi anak kecil, serta berkali-kali secara terang-terangan menentang kontra-

sepsi, aborsi, dan juga inseminasi buatan. Kemiripan filosofi agama antara Fransiskus muda dan tua Bisa dikatakan filosofi agama Bergoglio “rendah hati, sederhana, jujur, tradisi” sangat mirip dengan Frater St. Fransiskus dari abad ke-12. Francis of Assisi adalah orang suci dari Italia yang sangat disegani. Ia lahir di sebuah Desa Assisi di Umbria, Italia. Pada 1209, ia meninggalkan kekayaan dan kehidupan glamornya, lalu mendirikan Fransiskan, menjalankan kehidupan yang sangat miskin, dan menyebarkan warta sukacita dan kedamaian ke berbagai penjuru desa. Banyak kisah hidup Fransiskus yang ada hubungannya dengan cinta kasihnya terhadap hewan. Suatu hari di perjalanan St Fransiskus bersama rekan-rekannya melihat di pohon kedua sisi jalan terdapat banyak sekali burung, ia memberitahu rekan-rekannya, “Kalian tunggu sebentar, aku ingin menyebarkan agama kepada saudariku para burung.” Saat ia menyebarkan agama, burungburung itu mengelilinginya, tertarik pada suaranya, dan tidak ada seekor pun yang terbang menjauh. St Fransiskus berkata pada mereka, “Saudari-saudariku para burung, kalian telah banyak mendapat berkat dari Tuhan, jadi kalian harus selalu berterima kasih padaNya. Demi kebebasan yang diberikanNya pada kalian untuk beterbangan di angkasa, demi baju yang diberikannya pada kalian… kalian bahkan tidak perlu menanam dan memanen tapi Dia telah menyediakan pangan bagi kalian, memberikan aliran sungai dan mata air untuk kalian minum, memberikan lembah tempat kalian berteduh, memberikan pohon tinggi bagi kalian untuk membangun sarang. Meskipun kalian tidak tahu cara menjahit atau menenun, Tuhan telah membantu kalian dan generasi penerus kalian dengan memberikan pakaian. Karena Tuhan mencintai kalian, Ia adalah berkat bagi kalian. Oleh karena itu, pujilah nama Tuhan selamanya.” Karena kedekatan Fransiskus dengan hewan, sehingga hari lahirnya (4 Oktober) dijadikan sebagai hari margasatwa sedunia. (sud)

PKT Menggelar Pertunjukan Shen Yun Imitasi di Tiongkok Partai Komunis Tiongkok ketahuan diam-diam menjiplak Shen Yun The Epoch Times

Imitasi bisa dikatakan merupakan suatu bentuk sanjungan yang tulus. Tetapi ketika Partai Komunis Tiongkok (PKT) mulai meniru pertunjukan Shen Yun Performing Arts yang berbasis di New York, meskipun ketulusan hati dan sanjungan bukan merupakan bagian dari program propaganda PKT. Sejak Shen Yun pertama kali melakukan pertunjukan tari dan musik klasik Tiongkok pada tahun 2006 di New York, Pejabat PKT telah mencoba berulang kali menyabotase kinerja perusahaan ini. Mulai dalam bentuk tekanan diplomatik, pemerasan ekonomi, ancaman terhadap pemilik teater, dan lain-lain. Ini telah menjadi taktik pokok para staf konsulat PKT yang selalu berusaha menggagalkan Shen Yun. Beberapa trik kotor di belakang layar termasuk di antaranya, membanjiri saluran hotline dengan panggilan telepon, penyobekan roda ban bus Shen Yun, melakukan pengaduan palsu kepada pemilik teater, dan mengirim surat palsu yang bermaksud untuk mendiskreditkan penyelenggara acara. PKT tetap mempertahankan cara-cara ini selama delapan tahun, namun tetap saja memiliki efek yang sangat kecil. Karena karcis pertunjukan Shen Yun kerap kali terjual habis. Dalam empat bulan belakangan ini, tur pertunjukan Shen Yun di Amerika Serikat, Kanada, Amerika Selatan, Eropa, dan Asia, 90 persen menunjukkan telah terjual habis. Di Taiwan, tepat di negeri seberang selat dari daratan Tiongkok, sebanyak 44 dari 46 kali pertunjukan terjual habis, dan dua pertunjukan sisanya sampai menjual tiket ruangan khusus untuk berdiri. Menyadari bahwa tidak mampu mengalahkan Shen Yun, PKT lantas mengambil taktik baru. Menurut sumber yang akrab dengan lembaga pemerintahan di Beijing, PKT sekarang bertujuan “belajar” dari Shen Yun. Tentu saja, PKT tidak berencana belajar dari Shen Yun secara terbuka dan bermartabat, seperti layaknya sebuah simfoni profesional yang mungkin mengundang seorang virtuoso (ahli musik) untuk datang bermain dengannya dan memberikan kelas pelatihan master. Tidak ada undangan yang datang untuk Shen Yun untuk melakukan tur ke Tiongkok. Sebaliknya, PKT bermaksud belajar dari Shen Yun dengan cara yang sama de-

ngan tentara peretas-nya yang “mempelajari” pebisnis dan pemerintah Barat dengan cara mencuri data dari komputer mereka. Mungkin inilah sebabnya, ada pemberitahuan yang muncul di situs Shen Yun versi bahasa Mandarin pada tanggal 9 April: “Teknik-teknik, isi, desain, dan kreativitas pertunjukan Shen Yun dilindungi oleh hak paten dan hak cipta. Termasuk juga mencakup sinkronisasi dan koordinasi antara layar latar digital dan pemain, serta semua jenis adegan transisi dan interaksi antara proyeksi layar latar dan para pemain, orkestra, penyanyi, dan lain-lain. Perusahaan seni lain, individu, maupun organisasi, tidak boleh menyalin atau meniru ini, atau aspek apapun dari pertunjukan Shen Yun. Pelanggar akan dituntut.” Dua hal yang berlawanan Menurut situs Shen Yun, misinya adalah menghidupkan kembali kebudayaan tradisional Tiongkok, yang diilhami oleh kebudayaan dari Dewata. Selama beberapa kampanye politik, khususnya saat terjadi Revolusi Kebudayaan, PKT berusaha merobek akar dan cabang dari kebudayaan. Berton-ton naskah kuno dibakar habis, kuil-kuil dihancurkan, biarawan disiksa dan dibunuh. Setelah kegilaan Revolusi Kebudayaan berakhir, PKT berusaha menggantikan kebudayaan tradisional Tiongkok dengan hasrat tanpa norma untuk menjadi kaya dan sebuah ateisme dogmatis. Sebuah artikel dari Xinhua edisi 17 Desember 2011, media corong Partai, merupakan salah satu dari sekian banyak media yang menyatakan kembali posisi PKT. Dalam artikel yang berjudul “Anggota Partai Komunis Tidak Percaya Agama Apapun”, menjelaskan bahwa tidak percaya pada agama selalu menjadi prinsip PKT. Juga mendesak anggota Partai untuk menyebarkan ateisme dan memperingatkan keyakinan agama akan “mengikis dan mengendurkan otot Partai”. Menurut para penonton Shen Yun, pertunjukan ini menampakkan alam Dewata dan memesonakan orang. Daniel Brélaz, walikota Lausanne, Swiss, setelah menyaksikan Shen Yun pada Maret lalu, mengatakan penampilannya memiliki “hubungan permanen dengan surga dan Dewa”. Bluette Pache, seorang pensiunan yang tinggal di Lausanne, mengatakan setelah menonton Shen Yun, “Saya memiliki kesan bahwa saya berada dalam dunia Dewata, indah, hampir tidak nyata.” Louis Fairbain dari Montreal, Kanada, menonton pertunjukan Shen Yun pada bulan Januari, yang membuatnya ingin “lebih baik terhadap sesama manusia, mem-

bantu setiap kali bisa, dan hanya mencoba untuk berbuat baik kepada semua orang”. Xu Zhen-Ji adalah mantan presiden Pusat Kebudayaan Ulsan di Korea Selatan. Setelah melihat pertunjukan Shen Yun di Daegu pada awal April, ia berkata, “Siapapun yang melihatnya [Shen Yun] akan memuji penuh dengan ketulusan murni, kasih sayang yang berlimpah, dan keindahan semata-mata.” “Hal-hal spiritual ini tidak terlihat, tetapi mereka ada di hati kita, dan sulit untuk mengekspresikannya,” kata Xu. “Bagaimanapun juga, Shen Yun menampilkannya dalam bentuk pertunjukan di atas panggung.” Thea Booth, seorang musikus terapis di Brisbane, Australia, setelah melihat pertunjukan pada bulan Februari, berbicara tentang bagaimana anugerah Ilahi selalu ada sebagai landasan dalam pertunjukan Shen Yun.

“Teknik-teknik, isi, desain, dan kreativitas pertunjukan Shen Yun dilindungi oleh hak paten dan hak cipta. Termasuk juga mencakup sinkronisasi dan koordinasi antara layar latar digital dan pemain, serta semua jenis adegan transisi dan interaksi antara proyeksi layar latar dan para pemain, orkestra, penyanyi, dan lain-lain. Perusahaan seni lain, individu, maupun organisasi, tidak boleh menyalin atau meniru ini, atau aspek apapun dari pertunjukan Shen Yun. Pelanggar akan dituntut.” Bakal Populer Menurut pepatah Tiongkok kuno, warisan budaya ortodoks cenderung akan menjadi populer. Orang yang benar-benar dapat menafsirkan budaya Tiongkok akan mampu mewakili budaya ortodoks yang sesungguhnya dari bangsa Tiongkok. Setelah menonton Shen Yun pada bulan Februari di Washington DC, tokoh oposisi Tiongkok Wei Jingsheng mengatakan, “Shen Yun telah menimbulkan tantangan terbesar bagi PKT. Tiongkok telah terbangun oleh keindahan budaya tradisionalnya sendiri.” “Orang-orang Tiongkok melihat apa yang Shen Yun persembahkan adalah budaya mereka yang sesungguhnya, dan apa yang PKC sajikan adalah salah. Dalam pengertian ini, Shen Yun sangat penting bagi orang-orang Tiongkok,” tutur Wei.

Pertunjukan Shen Yun di New York pada 21 April 2013, seluruh tiket habis terjual.

Selain tantangan, Wei Jingsheng menjelaskan, PKT menghadapi berbagai krisis begitu parah sehingga pada Februari lalu, Xinhua menerbitkan sebuah artikel yang memperkirakan terdapat 1,18 juta “pejabat telanjang” di Tiongkok, yakni pejabat yang telah memindahkan keluarga dan aset mereka di luar negeri untuk mengantisipasi datangnya keruntuhan Partai. Menghadapi ancaman terhadap keberadaannya, PKT kini mengelola kebudayaan tradisional Tiongkok seperti kostum menarik yang dapat menutupi wajah aslinya. Rupanya mereka percaya bahwa dengan sedikit trik riasan dan pencahayaan, monster tua itu bisa menipu orangorang Tiongkok. Pertunjukan Shen Yun palsu sudah mulai bermunculan di kota kuno Xi’an, barat laut Tiongkok, dan Kota Jilin di timur laut jauh. Para pemirsa acara-acara itu mengatakan, “Mereka [rombongan PKT] mengalami saat yang sulit dalam mempelajari esensi kebudayaan tradisional Tiongkok. Itu tidak dapat begitu saja dipelajari.” Bagaimana mungkin mereka yang dikhususkan untuk budaya ateis bisa mempelajari esensi dari budaya yang diilhami Dewata? Entah apa PKT harus meninggalkan esensinya sendiri, ataukah PKT harus menawarkan versi palsu dari kebudayaan tradisional Tiongkok. Jika PKT bisa menggelar representasi asli budaya kuno Tiongkok, itu berarti ia akan menandatangani surat kematiannya sendiri. Bapak Cheng (nama samaran) berwisata bersama keluarganya dari Tiongkok daratan ke Daegu, Korea Selatan, untuk melihat pertunjukan Shen Yun pada

(DAI BINGTHE EPOCH TIMES)

6 April. “Anda tidak akan bisa melihat pertunjukan seperti ini di Tiongkok. Sebenarnya, Anda bisa mengatakan bahwa itu sepenuhnya tak terbayangkan,” katanya. “Shen Yun mendorong orang untuk percaya pada Tuhan. Jika...orang di Tiongkok tidak memiliki keyakinan, mereka dapat melakukan apapun yang jahat, bahkan pembunuhan. Apa yang [Tiongkok] benar-benar butuhkan adalah keyakinan yang akan menyadarkan manusia,” tutur Cheng. Zhang Tianliang, seorang komentator politik di Tiongkok, menulis tentang Shen Yun di The Epoch Times pada tahun 2008: “Ketika kepercayaan budaya tradisional dan nilai-nilai moral hidup kembali, hati nurani orang-orang juga akan terbangun. Disintegrasi budaya Partai tidak bisa dihindari. Ketika itu terjadi, PKT, sistem politik yang jahat, akan kehilangan lingkungan yang dipercaya dapat bertahan hidup.” Karl Marx, kakek spiritual PKT, tulisan yang terkenalnya mengatakan bahwa sejarah pertama muncul sebagai tragedi dan kemudian sebagai lelucon. Orang-orang Tiongkok telah hidup melalui tragedi yang dibawakan oleh PKT. Sekarang mereka bisa melihat Partai sendiri yang membuatnya konyol. Sebagai ateis, PKT mencoba untuk menjiplak unsur ke-Tuhan-an Shen Yun, ia akan muncul di panggung Tiongkok seperti orang yang benar-benar tak tahu malu dan serakah akan kekuasaan. Setiap kinerja Shen Yun palsu di Tiongkok akan semakin jelas menunjukkan keindahan akan Shen Yun yang asli. Terlepas dari dirinya sendiri, PKT hanya akan memperkuat kerinduan rakyat Tiongkok untuk segera kembali ke warisan mereka yang sebenarnya. (ajg)


SERBA-SERBI

TheEpochTimes CERMATAN DINAMIKA DUNIA 25 April - 01 Mei 2013

sambungan hal 1

Perupa Indonesia Tembus Bienal Venesia

Slow Training...

AMELIA WULAN The Epoch Times Tonggak seni rupa Indonesia tengah bangkit. Indonesia telah diundang menampilkan paviliun nasionalnya di Pameran Seni Rupa Internasional Bienal Venesia ke-55 (55th International Art Exhibion La Biennale Venesia). Acara ini akan berlangsung pada 1 Juni- 24 November 2013. Sebelumnya, beberapa seniman tanah air, secara pribadi pernah ikut serta, dan baru pada tahun inilah Paviliun Indonesia berada di Arsenale (bekas galangan kapal), salah satu ruang pameran utama di Bienal, yang bersejarah. Keberhasilan ini tidak lepas dari usaha keras produser Bumi Purnati dan Change Performing Arts (co-producer yang bermarkas di Milan) yang telah bernegosiasi untuk memastikan tempat paviliun Indonesia, sejak pembuatan konsep hingga eksekusi selama dua tahun, tepatnya sejak Juni 2011. “Paviliun Indonesia akan memperbesar peluang seniman dan pelaku seni rupa tanah air untuk berkiprah di panggung dunia. Pasar pasti mengikuti, sekalipun tak seketika. Eskpos positif ini juga bisa kita manfaatkan untuk lebih banyak mengambil peran penting di percaturan dunia, tak hanya seni rupa. Dengan kata lain, Paviliun Indonesia merupakan kontribusi penting dalam menjadikan Indonesia sebagai subjek dunia,” jelas Restu Kusumaningrum, Direktur Bumi Purnati. Di penampilan perdana Paviliun Indosambungan hal 1

Madam Thatcher... Dan, sumber semua nilai ideologis ini berasal dari Inggris. Jadi jika berbicara mengenai negara Barat, maka dengan sendirinya akan menyinggung soal “Inggris dan Amerika”, dan nama Inggris selalu ditempatkan di depan AS. Beberapa hari lalu, masyarakat memperingati 40 tahun ditemukannya telepon seluler. Luasnya penggunaan ponsel dan komputer di zaman modern ini (di seluruh dunia terdapat 7 miliar sambungan hal 1

Bergunakah Konsultasi... Sedangkan WTO bahkan lebih parah lagi. PKT mengira setelah menyandang gelar “dunia” atau “internasional” berarti sudah bisa dianggap saudara tua. WTO bukan hanya tidak bisa dipandang sebagai institusi top atau sejenisnya, justru WTO acap kali bertentangan dengan PKT. Saat WTO melakukan perundingan untuk menyelesaikan masalah perdagangan dan menyelesaikan sengketa dagang antar negara, yang paling membuat WTO pusing tujuh keliling adalah PKT; negara yang paling tidak menaati peraturan adalah PKT; negara yang paling sering memaksa WTO untuk dikenakan sanksi, juga PKT. Sementara OECD sama sekali tidak ada relasi apa pun dengan RRT. OECD adalah “klub bergengsi negara kaya” di Eropa. Pejabat PKT boleh saja pamer kekayaan di luar negeri, namun jika membandingkan kekayaan PKT dengan negara lain, hal itu masih jauh dari kriteria. OECD adalah organisasi internasional antar-pemerintah yang dibentuk oleh 34 negara ekonomi dunia. RRT menyatakan akan mengembangkan “ekonomi pasar paham sosialisme”, itu bukanlah ekonomi pasar

5 orang seniman yang akan mewakili Indonesia di Bienal Venesia 2013. (AMELIA WULAN / THE EPOCH TIMES)

nesia seluas 500 m2 telah dikontrak resmi oleh Bumi Purnati dengan penjamin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Ini merupakan tahapan penting dalam keseluruhan proses penghadiran Paviliun Indonesia. Jaminan pemerintah adalah isyarat jelas keberpihakan untuk membangun dan memajukan bersama dunia kesenian Indonesia. Bienal Venesia yang digelar sejak 1895 merupakan ajang kesenian terbesar dan paling berpengaruh di dunia. Sudah banyak seniman besar dunia yang tercatat sebagai peserta bienal yang sering dianggap sebagai penanda kecenderungan di masa depan. Bienal 2011 berhasil mendatangkan 89 negara (30 di antaranya memiliki paviliun permanen), 440 ribu pengunjung dari seluruh dunia, 4.554 jurunit ponsel, rata-rata setiap orang memiliki satu unit), ini merupakan simbol revolusi teknologi umat manusia yang kedua. Dan revolusi industri yang pertama kali terjadi di Inggris, bukanlah suatu kebetulan. Terobosan penemuan “mesin uap” yang menjadi lambang revolusi industri tampaknya hanya merupakan suatu produk teknologi semata, padahal esensinya adalah revolusi pemikiran sebagai hasil dari sistem perlindungan Inggris terhadap hak intelektual pribadi. Dengan adanya sistem paham kapitalisme yang melindungi hak pribadi

yang sesungguhnya. Jadi posisi RRT sebagai “negara ekonomi pasar” tidak akan pernah diakui oleh dunia internasional. Dewan Majelis OECD telah menerima Rusia sebagai “calon anggota”, Hongkong dan Taiwan sebagai “pengamat kepada komisi”, sedangkan RRT hanya bisa disejajarkan dengan Brasi, India, Indonesia, dan lain-lain sebagai “mitra yang dipererat”. Tanggung jawab utama IMF adalah mengawasi nilai tukar mata uang dan perdagangan antar negara, serta memastikan sistem keuangan dunia berjalan normal. Sambil mengendalikan nilai tukar mata uangnya, RRT juga melakukan dumping, bahkan membantu Korea Utara melakukan money laundry. Akan sulit bagi manusia normal untuk membayangkan bagaimana PKT masih bisa begitu tanpa risih menghadapi para pejabat IMF. Jurus Ampuh 5 Institusi Melihat sejarah China Development Forum ini, bisa disimpulkan bahwa selama 13 tahun digelarnya “Forum Komunikasi Akademisi dan Pengusaha Internasional dengan Pejabat Tinggi Pemerintahan RRT” ini sama sekali tidak berhasil memperoleh perkembangan apa pun. Tiga tahun pertama hanya menjelaskan misi pemerintah

sambungan hal 2

Momok Ribuan... Dari dua artikel di majalah Finance and Economics edisi 10 Maret 2013, dan surat kabar Changjiang Daily edisi 19 Maret, terungkap fakta yang sangat mengerikan, mengejar keuntungan dengan menghalalkan segala cara sehingga babi pun diberi makan dengan antibiotik serta arsenik putih secara berlebihan, berikut adalah kondisi yang sering ditemui pada usaha peternakan babi di Tiongkok: Pertama, penyalahgunaan antibiotik. Sebuah tim riset gabungan AS-Tiongkok menyelidiki tiga peternakan babi berskala besar dengan kapasitas tahunan mencapai lebih dari 10.000 ekor, masing-masing di Beijing, di Putian Provinsi Fujian, dan di Jiaxing Provinsi Zhejiang. Hasil riset menunjukkan: banyak peternakan babi di Tiongkok menggunakan antibiotik melebihi batas, sehingga menimbulkan resistensi obat pada bakteri. Bakteri yang resisten terhadap obat mengalami perubahan genetik sehingga berevolusi menjadi bakteri yang tahan terhadap obat. Lewat kotoran babi, bakteri yang resisten ini mengalir ke lingkungan luar, dan menjadi bakteri yang membahayakan kesehatan manusia karena memiliki kekebalan

nalis, 70 stasiun televisi, dan minat yang tinggi dari media sosial. Mengenai tema yang diusung oleh Paviliun Indonesia, Direktur Artistik Carla Bianpoen dan Kurator Rifky Efendi memilih “Sakti”, yang diambil dari warisan budaya Indonesia yang kaya. Lima orang seniman yang terpilih yakni Albert Yonathan Setyawan, Sri Astari, Eko Nugroho, Entang Wiharso, dan Titarubi. Di tangan kelima seniman ini, “Sakti” menjadi kekuatan alternatif, semacam pergulatan mencari jati diri, kebhinekaan, dan pencarian berkelanjutan terhadap ilmu pengetahuan. Untuk memperkuat kehadiran karya mereka, di Paviliun Indonesia juga akan diputarkan musik karya komposer bereputasi internasional, Rahayu Supanggah. (et) sebagai nilai intinya, maka terpiculah daya imajinasi dan inovasi setiap orang, sehingga terciptalah berbagai penemuan seperti mesin uap dan lain-lain. Termasuk ponsel dan komputer sekarang ini, adalah produk intelektual pribadi yang mendapatkan perlindungan dari sistem ini. Jadi revolusi industri di Inggris yang terjadi akibat terciptanya mesin uap, dianggap sebagai revolusi suatu sistem, yakni: ekonomi pasar dan sistem paham kapitalisme yang lebih jauh melindungi penemuan oleh individu dan hak milik pribadi. (sud)

Bersambung Minggu Depan

PKT dan posisinya pada saat itu; pada 2004 disebut akan “berkoordinasi dan berkembang secara berkesinambungan”, hingga tahun 2012 dirasakan dibutuhkan “ekonomi makro dan penyesuaian struktur”; pada 2007 dikatakan ingin mewujudkan “metode pertumbuhan baru”, pada 2011 masih mencari “metode pertumbuhan” yang sesuai; 10 tahun lalu (2003) dikatakan akan “membangun masyarakat sejahtera secara menyeluruh”, dan 10 tahun kemudian (2013) masih saja berkutat pada “berhasil membangun masyarakat sejahtera secara menyeluruh”. Namun bagaimanapun juga, jika dilihat dari pernyataan Komisi Politbiro bermarga Zhang yang mengatakan, “Reformasi telah menyentuh penyesuaian yang mendatangkan keuntungan besar,” dan, “Memasuki periode penting dan kritis,” pemerintah RRT memang benar sangat membutuhkan sejumlah jurus ampuh. World Bank mengatakan bahwa pemerintah RRT harus mengatur kembali struktur pengeluarannya, menambah investasi di bidang pendidikan, pengobatan, asuransi sosial, dan lain-lain, untuk memperkecil kesenjangan desa dan kota. IMF mengatakan hal yang mendesak di depan mata adalah memperbesar konsumsi dalam negeri, meningkatkan pendapatan rakyat, dan

terhadap beberapa jenis obat. Tim riset ini mengambil contoh kotoran babi, kompos kotoran, dan tanah pertanian di sekitar peternakan tersebut yang menggunakan kompos, terdeteksi 149 jenis genetik anti-obat, 63 jenis di antaranya terdeteksi ratusan kali lipat lebih tinggi daripada di hutan purba, bahkan ada yang mencapai hingga 30.000 kali lipat lebih tinggi. Peternakan babi mencampur beberapa jenis antibiotik untuk digunakan secara bersamaan dalam dosis tinggi, akibatnya adalah babi justru malah mudah terserang penyakit. Yang paling sering dialami adalah mencret, typus, dan asma. Dulu, jika babi terjangkit bakteri E. Coli atau Staphylococcus masih mudah untuk diobati, namun kini sudah tidak demikian halnya, dan menjadi penyakit menular utama pada babi. Kedua, peternakan babi menambahkan elemen langka dan elemen logam berat pada pakan ternak yang dapat memberikan asupan mikro elemen yang wajib bagi pertumbuhan hewan ternak. Dalam pemeriksaan terhadap babi pedaging di Tiongkok sering ditemui logam berat seperti timbal dan zinc yang melebihi batas yang sangat sulit untuk dicerna oleh babi, sehingga sebagian besar logam berat yang berlebih-an itu pun terkonsentrasi di organ dalam tubuh babi, sehingga akan dengan mudah terma-kan oleh warga yang suka

Berjalan (cepat) dapat menurun risiko terkena penyakit jantung hingga 9,3% (jogging hanya 4,5%), risiko terkena tekanan darah tinggi menurun menjadi 7,2% (jogging hanya 4,2%), dan risiko terkena kolesterol menurun hingga 7% (jogging hanya 4,3%). Selain itu, professor Williams mengatakan: “Dibandingkan dengan jogging, jalan kaki merupakan olah raga yang dapat dipertahankan dalam jangka waktu lama bagi sebagian orang.” Dalam bidang kedokteran, orang yang lebih cocok berjalan kaki jumlahnya lebih banyak daripada jogging, misalnya kaum manula, orang yang lemah, perempuan menopause, dan lainnya. Selain itu, ada banyak jenis penyakit yang tidak sesuai dengan jogging, seperti misalnya penyakit jantung terutama penyakit pembuluh darah kardiovaskular iskemia. Berjalan kaki, terutama jalan cepat adalah metode antisipasi dan peredaan penyakit yang sangat baik, sedangkan jogging justru malah dapat membahayakan lantaran intensitas latihannya sangat kuat, sehingga dapat memperberat beban dari jantung dan memperparah pasien penyakit jantung. Pada 2011, Journal of Applied Physiology AS juga pernah memublikasikan penelitian yang menyatakan bahwa olahraga ringan seperti berjalan kaki lebih bermanfaat terhadap kesehatan dibandingkan dengan olahraga keras. Selain itu, dengan intensitas yang rutin, manfaat berjalan kaki juga dapat dipertahankan. Setiap hari berjalan kaki 2 kali, setiap kalinya selama 15 menit, dapat tercapai efektivitas pelatihan yang sangat baik. Pada kenyataannya, sudah sejak 100 tahun silam, Paul Dudley White, pendiri ilmu penyakit jantung adalah orang pertama yang menganjurkan bahwa jalan kaki merupakan olahraga paling baik bagi manusia, dan jalan kaki dianggap sangat efektif dalam mengantisipasi penyakit diabetes, osteoporosis, serta menghilangkan stres dan depresi. Selain itu, professor White menerapkan metode jalan kaki di dalam terapi rehabilitasi penyakit jantung dan infark miokard. Lari Jarak Jauh Dapat Membahayakan Jantung Lari jarak jauh dapat membahayakan jantung, itu adalah sebuah realita. Pada 2012, di sebuah artikel Journal of Applied Physiology AS dijelaskan, melalui penelitian terhadap atlet senior berkondisi sehat yang pernah mengikuti kompetisi maraton sebanyak 100 kali lebih, ditemukan pada otot jantung lebih dari separo atletatlet itu terdapat bekas luka taraf tertentu. Dalam proses maraton, lantaran pergerakan cairan da-

memperkecil kesenjangan pendapatan. Sedangkan ADB berpendapat seharusnya dilakukan “stabilisasi pemerataan pendapatan” melalui pungutan pajak. Jurus yang dikemukakan oleh 5 instansi pada dasarnya tidak ada sesuatu yang baru. PKT sendiri pun sering mengutarakan hal yang sama, tidak jauh dari seputar “meningkatkan pendapatan rakyat” dan “memperkecil kesenjangan pendapatan”. Namun impian untuk “meningkatkan pendapatan rakyat” dan “mengurangi kesenjangan pendapatan”, bahkan pejabat PKT pun sudah bisa membayangkan bahwa hal itu mustahil, saat ini mereka justru sedang melakukan penggusuran besar-besaran, meraup untung di bursa saham dan properti! Kelima institusi seolah tengah berusaha merundingkan “bagaimana menguliti dan mencabuti taring-taring harimau”, sehingga mana mungkin dapat terealisasi? Jurus yang Berguna Namun Tidak Bisa Terealisasi Faktanya, Ketua Pihak Asing China Development Forum, Peter Löscher, yang juga merupakan CEO Siemens, melontarkan pendapat yang meskipun pada awal pidatonya berisi pujian yang menyenangkan bagi tuan rumah, namun bagian paruh akhir jus-

mengonsumsi jerohan babi. Ketiga, agar babi berkembang sehat dengan “kulit merah dan bulu kilap” yang memberikan kesan babi tersebut sehat, peternak memberikan arsenik organik dengan dosis tertentu pada babi. Kini, menggunakan arsenik organik pada ternak babi sudah bukan rahasia lagi. Menurut penuturan peternak, arsenik organik ditambahkan pada pakan ternak untuk babi yang berusia 4 bulan, dapat mempercepat pertumbuhan gonad (kelenjar kelamin) babi dan kulit bulunya mengkilap, memperindah penampilan babi sehingga meningkatkan harga jual. Tapi efek sampingnya adalah sebagian arsenik organik itu akan tertimbun di dalam tubuh babi dan terurai menjadi arsenik anorganik, setelah diberikan selama 4-5 bulan akan mempercepat pengikisan terhadap organ tubuh babi dan kematian. Aib Jiaxing: Jadi Lahan Pencemaran Pembusukan Dengan Jiaxing sebagai contoh, yang dulunya dikenal sebagai desa tani dan mina, selain juga memiliki pemandangan indah, masyarakat dan budaya desa yang elegan, bahkan di era Dinasti Ming (1368-1644) sudah mendapat gelar “Metropolis Jiangdong” (Wilayah Timur Sungai Yangtse). Kebudayaan bersejarah ini pun merosot di tengah atmosfer masa kini dimana orang saling meru-

7

rah menurun dan mediator peradangan dalam tubuh meningkat sehingga menyebabkan luka pada jantung yang bersifat sementara. Banyak ahli jantung menggarisbawahi bahwa jogging tidak dapat memastikan seseorang terhindar dari penyakit jantung. Statistik menunjukkan, setiap tahunnya di AS terdapat 325.000 orang terkena penyakit jantung, 40% di antaranya mati mendadak lantaran serangan jantung tersebut, dan kebanyakan penyakit jantung sama sekali tidak memberikan tanda-tanda sebelum serangan. Ahli ilmu jantung AS, Paul Thompson, menunjukkan secara keseluruhan bahwa olahraga memang jelas lebih banyak manfaat daripada mudaratnya, namun olah raga bukanlah penjamin keselamatan manusia. Menurutnya, jika Anda berharap sehat dan panjang usia, Anda seharusnya setiap hari melakukan pelatihan intensitas sedang selama 1 jam. Memperlambat Ritme Lebih Bermanfaat bagi Kesehatan Pada 2005, Profesor Peter Axt dan Profesor Michaela Axt-Gademann dari Universitas Fulda di dekat Frankfurt, Jerman, berpendapat bahwa untuk memperpanjang jiwa bukannya dengan berolahraga secara membabi buta, namun justru dengan memperlambat ritme kehidupan. Mereka beranggapan, energi vital setiap orang sudah ditentukan dan terbatas, jadi kecepatan dalam penggunaannya justru memastikan panjang-pendeknya umur orang tersebut. Olahraga dengan pengurasan intensitas tinggi, misalnya jogging di atas tread mill secara berlebihan, justru dapat mempercepat penuaan, menurunkan sistem kekebalan tubuh, dan mudah terserang penyakit. Data menunjukkan, slow training adalah semacam olahraga yang cocok di zaman modern ini, seperti yoga, tai-chi, berjalan-jalan, biliar, memancing, qigong (dibaca: ji kung, ilmu senam pernafasan) tradisional. Dengan ritme perlahan, kecepatan rendah, intensitas agak ringan, dan di dalam pergerakan terselip rasa santai. Oleh karena itu, dalam gaya hidup modern yang serba tinggi ini, gerakan lambat sangat cocok untuk latihan jangka panjang dengan cara santai (yang menyeimbangkan), selain untuk kebugaran, juga dapat mengurangi tekanan psikologis. Terutama disarankan, metode pelatihan qigong tradisional seperti Falun Gong (atau Falun Dafa), yang gerakannya lembut dan menenangkan, tetapi sangat baik bagi kesehatan dan kebugaran serta penyesuaian keadaan mental seseorang, yang dewasa ini telah menjadi salah satu metode latihan terpopuler di dunia. Pada Mei 2012, anggota Kongres AS, Kenny Marchant, memuji Falun Gong yang telah menyebar di lebih dari 100 negara dengan mengatakan bahwa Falun Dafa telah membantu ratusan juta orang di seluruh dunia meningkatkan kesehatan fisik dan moralitas mereka. (whs)

tru banyak menguak borok perekonomian RRT. Menurut Löscher, setelah ia bertukar pikiran dengan para CEO dan LSM serta kalangan akademisi lainnya, semuanya sepakat bahwa 5 sektor yang paling penting dalam perkembangan RRT adalah penguasaan akan tenaga ahli yang trampil dan berpendidikan baik, budaya berinovasi, supremasi hukum, efisiensi energi dan teknologi ramah lingkungan, serta mendorong kebijakan perdagangan bebas serta investasi asing. Jika pidato Löscher dilihat lebih dalam, maka dapat diketahui hal yang paling disayangkan oleh para pengusaha Barat ini adalah saat berupaya untuk masuk ke dalam pasar Tiongkok. Yang paling mereka khawatirkan dan merasa tidak puas adalah tidak bisa ditemukannya tenaga ahli yang tepat di Tiongkok. RRT hanya bisa membajak dan tidak inovatif, lemahnya supremasi hukum di RRT, terhambatnya industri ramah lingkungan, tidak bebasnya perdagangan, serta tidak adanya jaminan proteksi bagi investor asing. Sebenarnya jika PKT benar-benar ingin menyelamatkan ekonomi, sama sekali tidak diperlukan komentar sanasini dari institusi internasional yang sama sekali tidak ada kaitannya itu, karena mereka hanya institusi pengentas kemiskinan, instansi pengawas, dan

gikan dan saling mencelakakan. November 2011, di utara Jiaxing lebih dari 3.000 orang petani yang tidak ingin desanya dicemari oleh limbah industri dari Desa Shengzhe Kabupaten Wujiang. Mereka menggalang massa melakukan tindakan melindungi lingkungan mereka dengan membangun dam untuk membendung air limbah. Tindakan tersebut mendapat dukungan dari pemerintah Jiaxing dan disebut sebagai “Zero Action” dari perlindungan lingkungan hidup rakyat. Karena tercemar oleh industri di sekitarnya, industri peternakan ulat sutra yang sudah turun temurun di Jiaxing pun sulit bertahan, jalan lain pun ditempuh yakni membudidayakan babi. Peternakan babi pun menjadi sumber pendapatan terbesar di daerah tersebut, setara dengan sekitar 50% dari pendapatan ekonomi warga. Namun beternak babi dapat menyebabkan pencemaran tinggi. Peternakan babi di Tiongkok setiap tahunnya menghasilkan 618 juta ton kotoran babi, sebagai sentra peternakan babi Jiaxing sedikitnya menghasilkan puluhan juta ton kotoran babi setiap tahunnya, belum lagi babi mati yang bertebaran dimana-mana. Desa di selatan sungai Yangtse yang dulunya banyak memiliki danau dengan berbagai tumbuhan dan ekosistemnya, kini telah menjadi lahan yang dipenuhi bau busuk. (sud)

instansi perantara. Untuk mendapatkan jurus ampuh guna memperbaiki perekonomian RRT, channel terbaik sebenarnya adalah para ekonom independen dari dalam maupun luar negeri, yang menentang PKT, tidak takut pada PKT, dan tidak takut menyinggung PKT. Sedangkan obat penawar yang dapat mereka berikan juga akan sekaligus mencakupi jurus menceraiberaikan PKT. (lie)

The

Epoch Times

CERMATAN DINAMIKA DUNIA

PEMIMPIN UMUM: YS Then

PEMIMPIN REDAKSI: Widiyanto

WAKIL PEMIMPIN REDAKSI: Ajeng Utami

REDAKTUR PELAKSANA: Oscar Nugroho

REDAKTUR:

Dennis Purwoko, Febriant Hendriani, Lindsey Widya

PENERJEMAH:

Linjaya, Sudianto, Hongky, Yanny, Leon, Mila, Nia, Hui Hui, Dewi Mala

WEBSITE: Hartoyo

FOTOGRAFER:

Jefferson, Hartono

REPORTER:

Amelia Wulan, Leonardo, Rachmat, Boedijono, Manuh

ALAMAT:

The Epoch Times Indonesia Raya Panjang Jiwo Permai 34, Surabaya Tel: (031) 8431116 Fax: (031) 8496442 contact@epochtimes.co.id

DISTRIBUSI - PEMASARAN:

Jakarta : (021) 5694 0374 Surabaya : Liing (031) 70780630 Bali : Alimin (081) 65 444 779 Medan : (061) 77499135, 4572615 Semarang : Budi (024) 70712407 Yogjakarta : Tjipto (0274) 7848434 Lombok : Heryanto (081) 757 1281 Pontianak : Athiam (085) 822535966

SALES / IKLAN:

Andhy (031) 71168787 Robert (031) 70999799

IKLAN WEB:

Reymond (031) 91042120

DONASI:

PT. Sinar Epoch Acc. BCA 1070255797


8

WISATA

TheEpochTimes CERMATAN DINAMIKA DUNIA 25 April - 01 Mei 2013

Lokasi Zambia di Benua Afrika. (THE EPOCH TIMES)

PHILIP DICKSON

Seorang saksi mata pertama kali melihat salah satu migrasi hewan terbesar di planet Bumi itu pada 1990-an di suatu sudut terpencil yang berawa di Taman Nasional Kasanka, Zambia Utara, yang kini menjadi tempat bertengger terbesar di dunia bagi kelelawar-buah selama enam minggu setiap tahunnya.

Salah Satu Wisata Alam Liar Terbaik di Afrika Siluet dari kelelawar-buah yang mulai berterbangan keluar saat matahari terbenam. (DAVID GODNY)

D

i saat senja mulai memudar dan berkabut, lebih dari 10 juta kelelawar-buah raksasa bermigrasi dari hutan tropis Kongo ke wilayah ini antara Oktober-Desember, yang menciptakan salah satu migrasi paling spektakuler di sepetak kecil hutan-rawa Mushitu, Afrika. Kelelawar yang Spektakuler

Pada pukul 04:00 pagi hari, kami sudah bangun, merayap melalui vegetasi lengket, berjalan menuju suatu tempat yang tampaknya menjadi padang apokaliptik. Pohonpohon tampak gundul, berupa hutan batang pohon yang berukuran tidak lebih besar dari dua atau tiga lapangan sepak bola. Dalam kondisi masih gelap gulita, kami melintasi hutan rawa berlumpur di bawah hamparan langit penuh bintang dengan udara dingin menusuk tulang. Suara nyanyian serangga malam memecah kesunyian, dan sebuah serangan serangga malam menggigiti kami. Lega rasanya ketika kami akhirnya berhenti di bawah sebuah pohon mahoni merah yang besar. Bastiaan, pemandu kami, memberi sinyal bahwa di atas kami setinggi kira-kira 65 meter terdapat dua platform pemantau. Rupanya, tempat tersembunyi ini didirikan oleh BBC, khusus untuk memfilmkan migrasi kelelawar. Dengan perlahan dan berhati-hati, saya merangkak menaiki tangga reyot sempit, di tengah cahaya seadanya, dan menempatkan diri saya ke sebuah dek kecil yang berderit rapuh. Memang saya tidak banyak melakukan persiapan dalam pengamatan kali ini. Dan, bayangan kelompok kelelawar yang membentuk awan, tampak di bawah sinar bulan yang cerah, di atas hutan-hujan khatulistiwa yang berkabut. Mereka berceloteh ribut saat kembali dari malam panjang mereka. Tampak siluet skuadron besar berterbangan semrawut dari atas ke bawah – kiri ke kanan, hampir saling bertabrakan, dan akhirnya mendarat dengan penuh sesak untuk bertengger. Sambil merangkak ke atas, mereka menggunakan kaki pendek dan kerangka sayap mereka yang panjang untuk menjejalkan diri bersama-sama menggantung erat layaknya tandan buah anggur. Sayangnya, beberapa cabang pohon ada yang melengkung ke bawah akibat beratnya bobot tubuh mereka, sehingga kelelawar dan puing-puing ranting jatuh ke tanah hutan, dan beberapa yang tidak beruntung akan mati dengan badan remuk, atau diraih

Jutaan kelelawar buah yang tampak seperti belalang tengah berceloteh berisik di atas hutan karena tengah mengunggu giliran untuk bertengger dengan penuh sesak. (DAVID GODNY)

oleh buaya pengintai maupun predator lainnya yang bersembunyi. Menyaksikan para kelelawar sedang mengepakkan sayap dan memekik dalam cahaya fajar, membuat saya bisa memahami mengapa mereka terkadang disebut sebagai “rubah terbang”, dengan wajah nakal bermata cokelat layaknya anjing chihuahua, dan bulu keemasan yang lembut layaknya anjing golden retriever yang setia. Siklus hidup dan migrasi mereka memang masih menjadi misteri, namun dengan lebar sayap berukuran 1 meter dan berat badan rata-rata di bawah setengah kilogram, kelelawar merupakan penerbang kuat yang mampu menempuh jarak yang jauh. Setiap malam mereka akan mencari makanan berupa buah-buahan matang yang bisa berjarak lebih dari 60 km jauhnya dari tempat bertengger mereka, dan dengan mudah mereka dapat mengonsumsi buah yang berukuran dua kali berat badan mereka. Setiap tahun, tanpa disadari kelelawar menumbuhkan petak-petak hutan cemara baru, karena mereka membantu menyebarkan banyak benih dari buah yang mereka makan. Meskipun migrasi tahunan kelelawar mirip dengan sebuah wabah dalam epik Alkitab, namun jika dilihat dari dekat, ternyata kelelawar memiliki sisi kelucuan tersendiri, dan tentu saja hewan ini bukanlah merupakan spesies pengancam seperti yang sering digambarkan dalam film horor. Kelelawar justru sering merasa ketakutan

oleh hembusan angin dan sambaran burung elang yang mengancam mereka dari atas. Taman Nasional Kasanka Kasanka adalah satu-satunya taman nasional di Zambia yang dikelola secara pribadi, dan meskipun kecil, taman nasional ini kaya dengan berbagai “atraksi”. Saat musim safari utama pada bulan November, teman-teman kita di Norman Carr Safaris – pelopor perjalanan melintasi semak belukar – mengadakan pemanduan Safari Kelelawar mereka. Dalam waktu kurang dari satu jam, kami sudah sampai di atas lereng yang mencegah akses jalan langsung ke Kasanka dengan mengendarai pesawat Cessna kecil, dan sang pilot, Brad, menukik tajam di atas Danau Wasa dalam penerbangan yang membuat perut mulas. Ia ingin menunjukkan lokasi hutan dimana terdapat 10 juta kelelawar-buah yang luar biasa. Namun hutan gundul yang berada di bawah kami terlihat menakutkan. Di bawah panas yang terik, hutan itu seolah ditelanjangi oleh semacam jenis penyakit, wabah, atau kekeringan. Bastiaan, sang pemandu yang ramah, menyambut kami ke Pondok Wasa yang terdapat di tepi danau yang dibatasi dengan bunga kuning liar. Danau itu merupakan rumah bagi kuda nil, buaya, dan kehidupan berbagai burung. Selain itu masih ada hewan pemalu dan sukar dipahami, sitatunga (sejenis kijang atau rusa) yang juga

menjadi salah satu “selebriti” Kasanka. Rawa papirus di Fibwe telah menjadi salah satu tempat terbaik di Afrika untuk melihat kijang semi-akuatik yang langka ini. Rumah kami selama beberapa hari adalah sebuah kamp kuno Afrika dengan 10 pondok jerami yang memiliki beranda sendiri, menghadap ke danau dengan hutan di belakang. Sukacita Kasanka adalah kesederhanaan alami yang terpencil, suasana pedesaan, dan alam terbuka. Bahkan untuk mandi pun kami harus meminta air terlebih dahulu untuk mengisi tangki secara manual. Namun, meskipun terisolasi, makanan tetap dilayani dengan baik oleh koki Boyd di pondok utama. Tanpa adanya hambatan antara gubuk yang saya tempati dan alam liar, saya dapat mendengarkan suara semak yang berdenyut dari bawah selimut dan membuat hati saya menjadi ciut dengan sendirinya. Memang Anda akan bisa merasa lebih rendah hati ketika dihadapkan pada suatu hal yang besar. Memacu Adrenalin Dampak dari pendekatan Kasanka terhadap konservasi memungkinkan hanya dua orang yang dapat berjalan ke tempat bertenggernya kelelawar setiap harinya. Kita bisa melihat kelelawar yang terbang keluar saat matahari terbenam. Pada sore hari, ketika hawa masih terasa panas dan beruap, sebuah koloni kelelawar keluar mengarungi alang-alang setinggi paha. Bau menyiarkan aroma vegetasi yang membusuk, dan bagian belakang leher saya yang tadinya masih merasakan panasnya matahari, kini sudah mulai memudar. Ketika kita lebih mendekat ke tepi hutan gundul, pohon-pohon tampak berdiri “telanjang” dan menyedihkan, yang hancur karena menjadi tempat bertenggernya kelelawar-buah. Dan kemudian, saya terkejut ketika melihat seekor kelelawar-buah menggeliat tak berdaya pada cakar seekor elang. Bastiaan berbisik kepada saya bahwa elang Afrika telah belajar untuk berburu kelelawar yang sedang terbang, yang tertangkap untuk pertama kalinya baru-baru ini dalam acara BBC, David Attenborough’s Life and his new Africa TV series. Kemudian kami menyelinap masuk ke permukaan tanah di daerah Bupata untuk melihat langsung tempat bertenggernya kelelawar. Dalam suasana yang penuh keheningan, saya merasakan ketenangan turun dari atas hutan dalam cahaya yang memu-

dar, dan apa yang tampak di sekelom depan mata adalah seperti sekelompok besar polong raksasa yang menggantung di cabang-cabang pohon gundul yang perlahan meronta untuk tetap hidup. Binatang malam yang tengah bergelantungan itu kemudian mulai tampak menerbitkan kedutan dan gerakan, serta celoteh yang tak henti-hentinya. Dengan segera, suasana hening berbalik menjadi riuh penuh kehidupan. Para kelelawar lapar yang gelisah itu pun segera berhamburan keluar dari hutan untuk melakukan perjalanan malam melintasi hutan guna mencari makanan berupa buah-buahan liar. Bastiaan muncul di sebelah saya, mendesak kita untuk bergabung dengannya di tempat tinggi yang agak tersembunyi. Karena terperangkap dalam “banjir” kelelawar, kami pun berlomba-lomba keluar. Kelelawar berterbangan di setiap arah, dengan cepat mengisi langit sore yang masih bermandikan cahaya, menjadi sebuah terakota yang menakutkan. Puluhan ribu menjadi ratusan ribu. Dalam kekacauan dan keributan terhadap kegelapan yang kian memudar, jutaan kelelawar menyapu di atas kepala kami, menampilkan siluet mereka di depan cahaya matahari sore layaknya sebuah epik panorama wabah kelelawar. Setelah setengah jam berlalu, kelelawar telah tersebar, namun kadar adrenalin saya masih terasa setelah melalui pengalaman ajaib tadi. Saya seolah terpesona dalam keheningan. Setelah selesai, kami pun berkemas untuk pergi meninggalkan tempat bertengger tersebut. Lambat laun kembali terasa udara malam yang dingin, dan suara-suara celotehan kelelawar masih jelas terdengar di telinga ketika kami berjalan melalui rawa-rawa sungai. Menyaksikan migrasi kelelawar yang spektakuler di Kasanka mungkin tidak menjadi pilihan bagi semua orang untuk liburan safari pertamanya. Namun ketika Anda sudah melihat “Liburan Safari 5 besar” dan menginginkan suasana yang sedikit menantang, atau ketika Anda ingin lebih dekat dengan satwa liar, yang benarbenar berada di suatu tempat liar, safari kelelawar yang mendebarkan di Kasanka tentunya akan berada di urutan atas. (osc) Philip Dickson merupakan jurnalis perjalanan lepas yang berbasis di London yang kini menetap di Zambia, Afrika. Bekerja dengan fotografer satwa liar David Godny, mereka mengkhususkan diri dalam fitur wisata yang unik dari benua hitam Afrika, yang diterbitkan ke seluruh dunia.

LILY WANG Hong Kong telah lama dipromosikan sebagai “wonderland”-nya dunia ekonomi dan gastronomi (kuliner) yang berlimpah dengan toko-toko unik dan restoran murah. Di samping itu, Hong Kong juga kaya dengan pemandangan alam yang unik dan kaya, di antaranya Pulau Lantau dan berbagai trek hiking macam trek Punggung Naga (Dragon’s Back Trail) dan trek Tai Long Wan. (zzr)

Pemandangan indah Pulau Lantau di bagian barat daya Hong Kong. Di antara 236 pulau di Hong Kong, Pulau Lantau adalah pulau yang terbesar. Objek wisata di Pulau Lantau yang terkenal di antaranya ialah patung perunggu raksasa Tian Tan Buddha, Jembatan Tsing Ma, Jembatan Tsing Kau, dan Hong Kong Disneyland. (COURTESY OF DR MARTIN WILLIAMS)

Trek Punggung Naga (Dragon’s Back Trail) yang terletak di Shek O di sebelah timur Hong Kong. Pada 2004, tempat ini mendapat predikat The Best Urban Hike in Asia oleh majalah TIME. Trek Punggung Naga menjelujur sepanjang 8,5 kilometer. Bentuk gunung menyerupai tulang punggung naga raksasa yang tengah berbaring di tanah. (COURTESY OF DR

MARTIN WILLIAMS)

Trek Tai Long Wan mendapatkan peringkat nomor satu dalam daftar resmi “Sepuluh Situs Pemandangan Hong Kong Terbaik.” Di sepanjang trek sejauh 12 kilometer ini, terdapat beberapa desa dimana Anda dapat beristirahat dan mendapatkan pasokan, yang meliputi Desa Sai Wan, Ham Tin Wan, dan Chek Keng. Trek ini cocok dilalui oleh orang dari segala usia. (COURTESY OF DR MARTIN WILLIAMS)


HIBURAN

TheEpochTimes CERMATAN DINAMIKA DUNIA 25 April - 01 Mei 2013

9

Resensi Film:

Oblivion A Whiter Shade of Pale

KIRI: Poster film Oblivion; KANAN: Julia (Olga Kurylenko) menyediakan petunjuk masa lalunya bagi Jack (Tom Cruise) dalam film “Oblivion”, sebuah film karya sutradara pembuat TRON: Legacy dan produser Rise of Planet of the Apes. (COURTESY OF UNIVERSAL PICTURES)

MARK JACKSON The Epoch Times Pada periode 1970-an, band Procol Harum menulis sebuah lagu kondang, A Whiter Shade of Pale. Lagu ini juga ditampilkan dalam Oblivion, yang mampu menggambarkan keseluruhan film dengan sempurna Dengan latar yang serba putih, perak, dan abu-abu, film ini tampil dengan cukup pucat (pale), dengan konten yang juga cukup pucat. Namun, aksi dari kedua aktor kawakan, Tom Cruise dan Morgan Freeman, tentunya akan dapat menarik perhatian Anda. Cruise berperan sebagai seorang commander, yang akan membuat Anda, bahkan setelah meninggalkan teater, masih merasakan nuansa serba putih yang begitu kuat dari film tersebut. Film ini mengambil setting tahun 2077. Manusia telah berpindah dari Bumi dan tinggal di salah satu bulan Jupiter. Terdapat perang besar, dimana alien menginvasi Bumi dan menghancurkan Bulan, serta hydro rigs yang menyedot habis sumber daya bumi. Komandan Jack Harper (Tom Cruise) merupakan “Tech,” yaitu semacam teknisi futuristik dalam setelan berwarna perak dengan pistol perak pula, yang masih tinggal di Bumi, untuk mencari “Scavs” yang mungkin tertinggal dari para alien. Jack tinggal di sebuah pos militer putih mengkilap, dengan kolam renang dan jalan di sana, yang berada di tengah udara, dimana ia turun dengan menggunakan jet-copter. Dia juga memiliki sepeda motor trail berwarna putih. Victoria (Andrea Riseborough), atasan Jack, yang memberi petunjuk dimana untuk menemukan downed, yaitu robot (drone) yang berbunyi. Secara mengagumkan ia berhasil memperperbaiki mereka dengan sepotong permen karet putih ke bagian dalam drone yang rumit, sambil mengenang pertandingan rugby kuno yang berlangsung di stadion yang telah lama tak terpakai.

Manusia Tertua Rayakan Ultah ke-116 JACK PHILLIPS The Epoch Times Jiroemon Kimura, pria tertua di dunia, merayakan ulang tahunnya yang ke-116 pada Jumat lalu (19/4). Kimura lahir pada 19April 1897 di Jepang dan menurut BBC merupakan orang terakhir yang diketahui telah tinggal di tiga abad yang berbe-

da. Guinness World Records mengklaim bahwa ia merupakan manusia tertua yang masih hidup di dunia dan juga pria tertua di dunia. Dia menghabiskan sebagian besar hidupnya bekerja sebagai tukang pos dan kemudian ia bertani sampai usia 90. Dilaporkan surat kabar Asahi Shimbun bahwa Kimura menerima kunjungan Walikota Kyotango, Yasushi Nakayama dan seorang pejabat Guinness, yang memberinya sertifikat manusia tertua di dunia.

Dalam gambar yang disuguhkan oleh pemerintah Kota Kyotango-Jepang ini, tampak Walikota Yasushi Nakayama tengah memberi ucapan selamat kepada orang tertua di dunia, Jiroemon Kimura, yang merayakan ulang tahunnya ke-116 di rumahnya pada 19 April 2013 di Kyotango, Kyoto, Jepang. (PEMERINTAH KOTA KYOTANGO MELALUI GETTY IMAGES)

Untuk merayakan ulang tahunnya, ia memakan bubur nasi dicampur dengan kacang azuki sebagai sarapan. “Ini semua berkat kasih karunia Sang Pencipta,” kata Kimura seperti dilansir ABC News. “Saya tidak meminta apa-apa lagi selain rasa syukur atas kehidupan yang telah diberikan.” Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe juga mengirimkan pesan kepadanya: “Saya mengerti Anda ingin menonton acara Diet Proceeding di televisi, jadi saya merasa harus berdiri tegak ketika saya berpikir bahwa Anda mungkin akan menontonnya,” menurut humas PM. Dalam wawancara sebelumnya, Kimura mengatakan bahwa rahasia untuk hidup begitu lama adalah hanya makan sampai perutnya terisi sekitar 80 persen. Dia mengatakan bahwa dia minum alkohol sampai ia berusia 100. “Kata-katanya masih jelas, bahkan untuk seseorang seusianya,” tutur perempuan 56 tahun yang merawatnya. Reuters melaporkan bahwa menurut data pemerintah Jepang, negara itu memiliki lebih dari 50.000 orang yang berusia lebih dari 100 tahun. Jepang juga memiliki perempuan tertua di dunia, Misao Okawa, yang berusia 115 tahun. (zzr)

Jack juga memiliki pondok liburan kecil dimana dia biasa mengenang sesuatu yang berbau klasik. Jack sering berbicara kepada dirinya sendiri. Potongan landmark New York (Empire State Building, Patung Liberty) menampilkan lansekap yang pucat dengan setengah terkubur. Kini, meskipun memori Jack telah terhapus, ia berulang kali bermimpi tentang Julia (Olga Kurylenko) di atas Empire State Building. Ini merupakan semacam kisah seorang perempuan yang tertidur dari masa lalu dan menembus ruang waktu. Terdapat banyak adegan dari robot terbang berwarna putih yang menguntit di sekitar sambil menodongkan pistol peraknya. Ide-idenya memang tidak buruk, tapi adegan pesawat yang berputar-putar mungkin akan membuat kepala Anda sedikit pusing, meskipun ledakannya akan terasa cukup bombastis. Dan mungkin yang sedikit menyulitkan adalah korelasi antara karakter dengan apa yang terjadi pada mereka. Siapa itu Scavs, dan mengapa karakter Beech yang diperankan Morgan Freeman bergaul rapat dengan mereka? Apakah Jack merupakan manusia kloning? Mengapa dia ada beberapa, dan mana yang merupakan kekasih Julia? Apakah itu memori, ataukah Memorex? Mengapa Anda merasa seperti Anda telah melihat semua ini sebelumnya? Mungkin Anda harus memahami arti Turn a Whiter Shade of Pale untuk menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini. (osc)

Sutradara : Joseph Kosinski Pemain : Tom Cruise, Morgan Freeman, Olga Kurylenko Produksi : Universal Pictures

Rating : (3 / 5)

Jennifer Anniston Gunakan Teknik Pengobatan Cupping RYAN JEFFRIES The Epoch Times Dari belakang, pada punggung Jennifer Aniston tampak jelas bahwa sang aktris menggunakan cupping (kop), suatu bentuk terapi yang merupakan bagian dari pengobatan Tiongkok. Dalam cupping, cangkir ditempatkan pada kulit untuk menciptakan daya hisap. Cangkir dapat dibuat dari bahan seperti kaca, bambu, dan gerabah. Cupping yang asli akan menghasilkan bentuk hewan yang tampak cembung pada bagian punggung. Para pendukung metode pengobatan yang merupakan bagian dari pengobatan tradisional Tiongkok ini, dianggap oleh para kaum puritan sebagai sistem terbaik di dunia, yang dikatakan cupping dapat membantu memobilisasi aliran darah, sehingga membantu menyembuhkan dari berbagai penyakit Aniston pada saat premier Call Me Crazy, sebuah film baru tentang penyakit mental yang turut ia produksi, tampak mengenakan pakaian dengan bagian pundak dan punggung yang terbuka, yang memperlihatkan sejumlah tanda yang terbentuk dari cupping. Aniston tidak secara spesifik mengatakan tentang cupping yang ia lakukan, namun ia lebih antusias membicarakan tentang film baru dan tunangannya, Justin Theroux. “Penyakit mental tampaknya banyak kita rasakan sebagai salah satu hal penting yang banyak menyentuh kehidupan kita,” katanya seperti dikutip E Online. (zzr)

Aktris Jennifer Aniston menghadiri pemutaran perdana film Call Me Crazy: A Five Film di Pacific Design Center pada 16 April. (JASON MERRITT / GETTY IMAGES)

Angelina Jolie Berpidato di Depan Kelompok Delapan (G8) SU MINGZHEN The Epoch Times London, 11 April, waktu setempat, sebagai Utusan Khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa Dewan Hak Asasi Manusia dan UNHCR, bintang cantik Hollywood, Angelina Jolie, berpidato di depan pertemuan menteri luar negeri Kelompok Delapan (G8). Ia mengenakan gaun hitam dan kalung mutiara putih besar serta anting-anting, dengan make-up sederhana, dan

ketenangan menyerupai almarhum Margaret Thatcher. Dalam sambutan singkat tentang kekerasan seksual yang dialami oleh perempuan dan anakanak, dengan kata-kata tajam, pemeran utama dalam film Lara Croft: Tomb Raider ini terlihat “cemerlang”. “Pada zaman sekarang ini, ada ratusan ribu perempuan dan anakanak yang diperkosa dalam perang,” kata Jolie, “Tetapi kekerasan seksual dalam medan perang bukan tidak dapat terelakkan, kekerasan dapat dicegah, kita harus menghadapinya. Dari Bosnia sampai ke Republik

Sebagai utusan khusus Dewan HAM PBB dan UNHCR, bintang cantik Hollywood, Angelina Jolie, pada 11 April lalu berpidato di depan Kelompok Delapan (G8), pertemuan para menteri luar negeri. Dia mencela masalah kekerasan seksual. (ALASTAIR GRANT / AFP / GETTY IMAGES)

Demokratik Kongo, saya telah mendengar korban pemerkosaan mengatakan bahwa di dunia ini tidak ada yang peduli kepada mereka. Namun hari ini saya percaya, jika ada orang yang mendengar suara mereka, akhirnya kita dapat memberi mereka sedikit harapan.” Julie menambahkan: “Ketika saya melihat para lelaki yang menduduki posisi pemimpin memberi kecaman terhadap pemerkosaan, hal ini membuat hati terhibur. Pemerkosaan bukan hanya masalah perempuan, atau hak asasi manusia, namun adalah sebuah

isu global, tidak ada pilihan antara perdamaian dan keadilan. Perdamaian membutuhkan keadilan.” Pada hari yang sama, Menteri Luar Negeri Inggris William Hague, juga bertempat di Lancaster Palace London, mengeluarkan deklarasi, dan bertekad untuk mengakhiri kekerasan seksual dari zona perang. Julie dan Hague pada Maret lalu bersama-sama berkujung ke kampkamp pengungsi di Kongo (DRC) dan Rwanda. Di sana, kekerasan seksual paling parah, yang sering terjadi dalam persengketaan. Pertemuan G8 Menlu mengeluarkan sebuah resolusi mengucurkan dana yang digunakan untuk mengakhiri kekerasan ini. (hui)


10

BISNIS & EKONOMI

TheEpochTimes CERMATAN DINAMIKA DUNIA 25 April - 01 Mei 2013

Ruang Untuk Membaca, Ruang Untuk Perubahan CLAIRE ONG

The Epoch Times

Mantan direktur pengembangan bisnis Microsoft dan sosialita John Wood, dengan buku keduanya Creating Room to Read: A Story of Hope in the Battle for Global Literacy (Menciptakan Ruang Membaca: Sebuah Kisah Harapan dalam Memerangi Melek Huruf Global), adalah petunjuk inspirasi dan panduan etika bisnis sukses. Ini juga merupakan teriakan keras untuk mengubah dunia – dibaca: pada suatu waktu. Di dalam kegelapan setiap Kamis malam, Chris muda menjelajahi tong-tong sampah di perumahan orang kulit putih untuk memuaskan hasratnya akan buku. Melalui buku-buku yang ditemukannya, ia mempelajari sendiri matematika, geografi, dan bahkan cara mengemudi mobil. Kini, Chris Mothupi, direktur organisasi Room to Read untuk negara Afrika Selatan, telah menyandang predikat sarjana dan gelar Master, portofolio pengajaran dan kepemimpinan terkenal. Organisasi pemenang penghargaan ini, menjadi salah satu pertumbuhan tercepat di dunia nonprofit yang bergerak di bidang pemberantasan butahuruf global dan kesetaraan gender dalam proyek-proyek pendidikan, di negara berkembang Asia dan Afrika. Kisah Chris hanyalah salah satu dari banyak kisah luar biasa yang dapat dibaca dalam buku terbarunya John Wood, Creating Room to Read: A Story of Hope in the Battle for Global Literacy, di Perpustakaan Nasional The Pod, bulan lalu. Gairah Chris pada pendidikan diri sendiri, sejalan dengan John Wood. Sebagai anak muda Amerika dari kalangan menengah, John kecil menetap di sebuah kota kecil, tapi sangat menggemari buku-buku. John kecil selalu mengayuh sepedanya ke perpustakaan kotanya setiap minggu, dan meminjam 12 buku dalam seminggu, batas jumlah buku yang boleh dipinjam. “Bagi saya, perpustakaan adalah segalanya. Membuka mata saya pada beragam biografi, Abraham Lincoln, Martin Luther King... Perpustakaan menjadi hal yang terpenting dalam hidup saya ... sungguh disayangkan ada banyak orang yang sangat membutuhkan perpustakaan ... mari kita tidak melupakan orang yang paling dirugikan dalam hidupnya yakni yang membutuhkan perpustakaan.” “Kami terus berusaha agar perpustakaan berkembang di seluruh dunia bagi yang paling miskin dari yang miskin, juga anakanak perempuan yang tidak menikmati pendidikan jika mereka terlahir di tempat yang salah pada waktu yang salah,” kata John, seraya mencontohkan perpustakaan umum yang ada di Queens, New York, berlokasi di lingkungan imigran generasi pertama, kini menjadi perpustakaan tersibuk di Kota New York. Kini, melalui perpustakaan Room to Read, anak-anak di Vietnam dapat melahap 9 buku dalam semalam, dan anak-anak Zambia mengeja tulisan di sisi samping truk-truk, ini belum pernah terjadi sebelumnya. Kisah Kami

Sesi diskusi antara John Wood (kanan) dari Room to Read, dan Gene Tan, Direktur Dewan Perpustakaan Nasional, dengan dimoderatori John Bailey (kiri). (CLAIRE ONG/THE EPOCH TIMES)

John menyebut buku pertamanya “usang”, karena “semua berkisar tentang saya”. John menjelaskan saat menciptakan Room to Read sebagai “kisah kami, bagaimana kita semua terlibat”. Para staf Room to Read mengisahkan pengalamannya mulai “dari perusahaan multinasional hingga organisasi nirlaba dan lembaga akademis terkemuka” untuk gerakan non-profit, juga latar belakang John selama bekerja di Microsoft sebagai nilai tambahnya. Situs Room to Read menyatakan bahwa “dasar organisasi mereka kuat... menggabungkan prinsip-prinsip bisnis dari sektor swasta dengan praktik terbaik dan penelitian industri terkemuka di sektor non-profit”. Sejak pendiriannya pada 1999, lebih dari 7,8 juta anak telah diuntungkan oleh Room to Read, yang ada di lebih dari 1.600 sekolah, juga program-program pendidikan anak perempuan, tutur John, “96-97% dari siswa perempuan kami naik kelas.” 20.000 lebih anak perempuan berpartisipasi dalam program pendidikan anak perempuan yang memberikan dukungan jangka panjang hingga sekolah menengah. “Lulusan sekolah menengah, cenderung membentuk keluarga yang lebih kecil dan sehat, rendah tingkat infeksi HIV, dan upah yang lebih tinggi. Perempuan yang berpendidikan lebih cenderung mendidik sendiri anak-anaknya, sehingga mengakhiri siklus buta huruf dalam satu generasi,” tulis situs Room to Read. Room to Read juga telah membuka lebih dari 15.000 perpustakaan mulai 1999 hingga 2013 - dan hampir semua perpustakaan ini tetap beroperasi. “Pada 2005, tahun kelima, kami telah beroperasi sepenuhnya, kini Room to Read membuka perpustakaan pada tingkat yang lebih cepat daripada Starbucks membuka gerainya di tahun kelima,” tulis John dalam bukunya. Apa rahasia di balik 2 kali terpilihnya John dalam daftar 25 dermawan paling efektif majalah keuangan Barron, meskipun hanya menjadi “pengusaha sosial”? Jawabnya ada di buku yang telah diterbitkannya, serta sebuah penelusur cepat buku tebal John, untuk menggali tips-tips bisnis bagi pengusaha beretika. Ini juga berguna bagi siapa saja yang berusaha untuk berbuat baik dengan cara yang benar: keberlanjutan, bersifat lokal, dapatkan tanggapan. Dalam dunia seka-

rang ini, “amal” dan “pemborosan” terkadang memiliki dua sisi koin yang sama. Kita mendengar tentang hal-hal yang dibutuhkan, proyek yang kurang berdampak, imperialisme budaya, korupsi di tingkat lokal, atau tidak ada persediaan pangan untuk kebutuhan riil di lapangan, sedikit atau tanpa melakukan survei untuk memastikan apa yang paling dibutuhkan. Filosofi Room to Read berbeda, yakni memahami lokasi dan bekerja di lokasi jika tidak, maka jangan memulainya. Dalam bab lima, John menulis tentang organisasinya “Tantangan - Model Hibah”, yang bertujuan untuk membantu orang lain dan diri mereka sendiri melalui kantor lokal dan para penggerak sosial. “Salah satu elemen kunci keberhasilan kami, mendorong masyarakat lokal untuk terlibat dalam proyek-proyek kami: Kami adalah penyemangatnya, bukan administrator,” tulis John. “Kami terjun ke masyarakat setelah diidentifikasi oleh anggota tim Room to Read sebagai siap dan termotivasi... Sebagai contoh, kita tidak setuju untuk membangun sebuah sekolah kecuali kementerian mampu meyakinkan kita, dan desa, bahwa mereka dapat menyediakan guru.” Terlebih lagi, penduduk setempat sangat bangga dihormati sebagai mitra-pembangun. “Banyak warga masyarakat mengatakan, betapa mereka sangat menghargai diperlakukan secara bermartabat dan diminta untuk membantu... atau mengutip perkataan seorang ibu di India: Anda tidak memperlakukan kami sebagai penonton yang pasif. Kami adalah peserta aktif dan merasa bangga saat tidur di malam hari bahwa kami telah menjadi bagian dari penciptaan masa depan lebih baik bagi anakanak kami,” tulis John dalam bukunya. Pendekatan ini memungkinkan mendatangkan kesuksesan, itulah mengapa John lebih suka menyebut pendonor sebagai “investor”, dan mengapa ia lebih suka menyebut Room to Read sebagai “organisasi” atau “gerakan”. Latihan kedua Room to Read untuk keberlanjutan adalah mengumpulkan umpan balik dari warga lokal - dan benar-benar bertindak di dalamnya. Survei mereka terhadap mahasiswa Nepal yang memanfaatkan perpustakaan mengungkapkan, sebanyak 52% dari mereka akan

menggunakan perpustakaan lebih sering, jika ada lebih banyak buku dalam bahasa Nepal. Hal ini mendorong mereka untuk menyadari bahwa relevansi budaya sangat penting untuk keberhasilan jangka panjang. Kini, Room to Read merupakan salah satu penerbit buku anak-anak terbesar di negara berkembang, dan salah satu organisasi melek huruf internasional yang paling sukses di dunia, memenangkan penghargaan seperti Penghargaan Konfusius UNESCO dalam bidang melek huruf pada 2011. “Room to Read menjadi penerbit buku anak-anak terbesar yang belum pernah Anda dengar... karena kita telah menerbitkan dalam bahasa Laos dan Vietnam misalnya,” kata John pada peluncuran buku. “Kini kami telah menerbitkan lebih dari 850 judul asli. Akhir tahun ini, kami akan menerbitkan judul asli yang ke-1.000, di lebih dari 20 bahasa.” Nirlaba riset, monitoring dan evaluasi program-programnya telah mengakibatkan perubahan kualitas menuju keberlanjutan yang lebih besar. Misalnya, Room to Read mulai menerapkan tiga tahun dukungan perpustakaan dan pelatihan mulai dari 2005 - 2006, setelah melihat dari hasil surveinya yang meredup. Pada 2011, studi atas cabang perpustakaan mereka, telah lulus dari program dan menampakkan 37% lebih moderat hingga berfungsi tinggi pada 2007, dibandingkan dengan 2003-2004 (82% hingga 45% dari sebelumnya). Program pendidikan anak perempuan Room to Read juga telah berkembang. Kini, telah memiliki lokakarya keterampilan, sejalan dengan 10 kecakapan hidup utama WHO, untuk lebih mendukung kaum perempuan. Tingkat retensi yang tinggi sebesar 95% (Buku Tahunan Pendidikan Perempuan 2011). Beberapa lulusan dari program ini, sekarang telah masuk universitas dengan harapan akan menguntungkan komunitas mereka. Yang lainnya, akan menjadi “penggerak sosial” bagi yunior mereka, hadir untuk kebutuhan mereka dan membantu mereka lulus. “Para pemimpin lokal tahu bagaimana untuk menavigasi isu-isu politik yang kompleks dan bagaimana untuk menyewa dan membangun dukungan masyarakat... Ini semua tentang desentralisasi: memberdayakan masyarakat di tingkat yang paling dekat dengan penerima atau pelanggan Anda,” kutip John atas ucapan Erin Ganju, CEO dan pendiri Room to Read, dalam bab “GSD: Membangun Tim Kelas Dunia”. Transparansi masalah Selama “tujuh tahun berturut-turut”, Room to Read telah menerima peringkat bintang empat dari Charity Navigator, sebuah layanan rating populer untuk efisiensi amal, membuatnya menjadi salah satu diantara yang “non-profit kurang dari 2%” atas penghargaan ini. “Transparansi dan akuntabilitas menempat kami di antara badan amal yang terbaik,” pernyataan situsnya. Laporan keuangan yang tersedia bisa diunduh di sana. “Kami mengerahkan lebih dari 82% dana yang disumbangkan untuk program kami, daripada biaya pengeluaran tambahan,” tulis John dalam No Range Rovers’: The War on Overhead (Tidak ada Barisan Pengembara:

Kemana Raibnya Setengah PDB Tiongkok? DR. FRANK TIAN XIE The Epoch Times

Seorang komentator ekonomi di Tiongkok menulis artikel di internet yang isinya meragukan raibnya setengah PDB Tiongkok.

A

nalisa ini menyebutkan, persentase total nilai upah pekerja Tiong-kok terhadap PDB-nya terus merosot dari tahun ke tahun, mulai dari 15% (1991) menjadi 11% (2005); sedangkan di negara makmur persentase nilai upah pekerjanya mencapai 50%-65% dari PDB-nya, ditambah pendapatan keuangan pemerintah sekitar 40%, jumlah keduanya sekitar 100%, membentuk sebongkah kue yang utuh. Uraian ini pada dasarnya benar, contohnya Amerika Serikat, pada 2010 total nilai pendapatan warganya adalah $AS 11 triliun, atau sekitar 70% dari total PDB-nya yang sebesar $AS 14,6 triliun. Sedangkan persentase pendapatan pemerintah AS sendiri adalah sekitar 30%. Menurut analisa, justru di Tiongkok sangat aneh, persentase pendapatan finansial pemerintah adalah sekitar 30%, sedangkan total nilai pendapatan rakyat hanya mencapai 22% dari PDB. Jumlah keduanya hanya 52%, tidak bisa membentuk sebuah kue yang utuh. Lantas kemana raibnya 48% bagian itu? Menurut artikel tersebut, potongan kue yang raib itu mungkin mengalir masuk ke harta pribadi para pejabat dengan cara korupsi dan pendapatan abu-abu. Metode perhitungan PDB dan PNB Seharusnya PDB adalah jumlah nilai pasar dari produk akhir dan pelayanan

yang dihasilkan dalam kurun waktu tertentu dalam suatu negara. Dan nilai PDB per kapita sering dijadikan sebagai acuan standar hidup rakyat negara bersangkutan. Perhitungan PDB dapat menggunakan metode hasil produk (output), metode pendapatan (income), dan metode pengeluaran (expenditure), ketiga metode ini seharusnya bisa mendapatkan hasil yang sama. Jika menggunakan metode pengeluaran untuk menghitung PDB, maka PDB suatu negara = konsumsi pribadi + total investasi + pengeluaran pemerintah + (ekspor – impor). Tentunya PDB per kapita bukan tolak ukur pendapatan perorangan; mengukur pendapatan perorangan biasanya digunakan PNB (Pendapatan Nasional Bruto). PNB adalah sebuah indikator lain untuk menilai aktivitas ekonomi, tapi tidak begitu dikenal luas seperti PDB. Yang dimaksud PNB adalah jumlah nilai seluruh pendapatan pada saat menghasilkan produk akhir dan pelayanan dalam kurun waktu tertentu dalam suatu negara. Di AS, Federal Reserve Bank (The Fed) menggunakan angka ini untuk mengukur aktivitas ekonomi AS. Perhitungan PNB adalah pendapatan seluruh pekerja, ditambah dengan net profit semua perusahaan, ditambah lagi dengan pendapatan pemerintah dari pajak, kemudian dikurangi dengan semua subsidi pemerintah. Berdasarkan teori ekonomi murni, PNB dan PDB suatu negara seharusnya adalah sama. Tapi PDB dihitung berdasarkan pengeluaran, sedangkan PNB dihitung berdasarkan pendapatan, jadi tetap ada selisih antara keduanya, namun selisihnya seharusnya tidak begitu besar. Kemana raibnya PDB Tiongkok?

Jika angka dari komentator Sinolog ini adalah benar, yakni pendapatan finansial pemerintah adalah 30% dan pendapatan warga adalah 22%, dan jumlah keduanya hanya 52%, lalu kemanakah raibnya sisa (48%) yang hampir setengah itu? Menjelaskan PDB yang raib itu seharusnya terdapat beberapa versi yang dapat diterima. Pertama, yang merupakan penjelasan paling gamblang seharusnya adalah masalah angka PDB Tiongkok itu sendiri. Karena PDB Tiongkok adalah angka yang dimanipulasi oleh rezim PKT, atau dengan kata lain PDB Tiongkok mungkin sama sekali tidak sebesar yang diumumkan pemerintah. Jika angka PDB ini tidak benar, dan ini adalah satu-satunya alasan, ini berarti nilai PDB Tiongkok telah dimanipulasi sebesar 48%. Dengan kata lain, nilai PDB Tiongkok mungkin hanya setengah dari angka yang ada saat ini. Jika benar demikian, maka PDB Tiongkok 2010 sebenarnya mungkin hanya setengah dari yang diberitakan, sebesar 5,8 triliun dolar AS. Angka tersebut bukan hanya tidak melampaui PDB Jepang (5,5 triliun dolar AS), tapi juga kurang dari PDB Jerman (3,3 triliun dolar AS), mungkin hanya sedikit di atas PDB Prancis. Oleh karena itu Tiongkok bukan lagi menempati PDB nomor dua dunia, melainkan nomor 4. Tentunya ini hanya salah satu kemungkinan. Kemungkinan lainnya adalah, sebagian dari PDB yang walaupun merupakan nilai output yang baru dihasilkan, tapi mungkin tidak membayar pajak dengan cara yang legal, dengan kata lain pendapatan ini diperhitungkan dalam PDB namun tidak membayar pajak, juga dapat mengakibatkan angka PDB mem-

bengkak namun pendapatan pemerintah dari pajak tidak cukup besar, sehingga timbullah angka-angka yang saling tidak cocok. Pendapatan ini mungkin merupakan pendapatan abu-abu warga Tiongkok, pendapatan bawah tanah, atau merupakan pendapatan yang legal namun berhasil menggelapkan pajak dengan berbagai cara, semua itu mungkin saja terjadi. Kemungkinan lainnya adalah, jika pendapatan atau pengeluaran finansial pemerintah RRT mempunyai banyak sekali pendapatan atau pengeluaran siluman, juga dapat mengakibatkan ketidak-cocokan angka. Misalnya anggaran militer dan dana stabilitas terlalu besar, jika pos pengeluaran ini tidak dilaporkan secara benar, juga akan membuat angka persentase pendapatan finansial pemerintah menjadi terlalu kecil. Sangat mungkin pendapatan pemerintah bukan 30%, dan angka 30% ini hanyalah hasil dari manipulasi rezim PKT saja, seolah merupakan sebuah angka yang semu yang “sinkron” dengan berbagai negara di dunia. Jika pendapatan pemerintah RRT bukan 30% melainkan adalah 70%, maka bagian PDB yang “raib” ini mungkin akan dapat ditemukan kembali. Namun lagi-lagi hal itu hanya akan membuktikan bahwa yang terjadi di Tiongkok adalah negara menjadi kaya tapi rakyat menjadi miskin. Kemungkinan lainnya, pendapatan rakyat Tiongkok sangat rendah. Kita tidak tahu dari mana angka statistik didapatkan, apakah didata menurut gaji? Atau dengan cara Survei Sosial? Jika rakyat Tiongkok tidak memercayai pemerintahnya, tidak memercayai instansi sensus pemerintah, melaporkan pendapatan yang rendah juga dapat mengakibatkan persentase PDB menjadi rendah. Sedangkan pendapatan

Perang Pengeluaran Tambahan). Kebijakan Room to Read sepenuhnya transparans dan akuntabilitas telah menerima kepercayaan dari investor. Di seluruh dunia, 56 cabang penggalangan dana berkontribusi sepertiga dari anggaran tahunan Room to Read. “Singapura telah menjadi salah satu pusat penggalangan dana terbesar kami ... menjadi nomor 2 di seluruh dunia,” ungkap John pada peluncuran buku, dengan jumlah kehadiran yang besar dari cabang Singapura. Untuk diri Anda (& bertujuan) tulus Room to Read mungkin tidak mencapai keberhasilan hari ini jika John tidak transparan - terhadap dirinya sendiri. Penilaian diri John secara serius pertama kali dimulai dengan raibnya “25.000 - 30.000 dolar” miliknya di Afrika Selatan. Direktur regional mereka yang sebelumnya, terlibat di dalamnya. Hal ini luput dari perhatian John, karena ia harus keliling dunia sebagai duta penggalang dana organisasi. Kepala Kantor Operasional-nya, Erin Ganju, diminta untuk mengambil alih posisinya sebagai CEO. Menyadari bahwa kekuatan dirinya tidak sebagai CEO, tetapi sebagai penggalang dana dan pembicara global untuk meningkatkan kepedulian pada tujuan mereka, telah menjadi kewajiban John. Kesadaran diri John, dan kurangnya keterikatan pada kekuasaan, harus dilihat bersama-sama dengan kemurnian tujuan organisasinya: mengubah dunia dimulai dari anak terpelajar. “Apa cara yang lebih baik untuk mengubah masa depan dibanding dengan anak usia 5 - 6 tahun telah dapat membaca di usia dini?” tutur John pada peluncuran buku. “Saya pikir orang miskin membutuhkan buku lebih banyak dari orang-orang kaya, karena itulah satu-satunya cara mereka agar keluar dari kemiskinan.” John juga melihat melek huruf sebagai alat untuk perubahan sosial yang nyata. “Ketika Anda membuat gerakan massa ... Anda mematahkan struktur yang menindas,” tutur John. Ia mencontohkan seksisme, perdagangan dan perbudakan yang melibatkan anak perempuan sebagai alasan mengapa organisasinya adalah penganjur sekolah umum (laki & perempuan) dan perpustakaan, dan mengapa ia sangat percaya dalam pendidikan anak perempuan. Tak pernah menyerah “Tahun 2000 adalah waktu yang mengerikan untuk memulai sebuah kegiatan amal ... Tiga tahun pertama yang begitu sulit membuat saya tidak pernah berpikir bisa melakukannya. “Jadi bagian pertama saran saya untuk orang yang ingin membuat perubahan di dunia adalah, jangan khawatir, itu semua akan berhasil. Ini jalan panjang. Anda harus harus mengambil pandangan 5, 10, 15, 20 tahun, tapi akan menghasilkan. Jadi, jangan pernah gagal untuk percaya pada diri sendiri sekalipun lingkungan eksternal sangat sulit,” tutur John berbagi tips saat peluncuran bukunya. “Mungkin ini sebuah tujuan gila. Tapi fakta bahwa kita akan sampai secepat ini adalah konfirmasi keyakinan saya bahwa tujuan yang berani menarik orang-orang yang berani,” tulis John. (tam)

pemerintah, banyak sekali pendapatan pemerintah RRT yang berasal dari pajak keuntungan perusahaan negara atau BUMN. Tapi semua BUMN dikuasai oleh keturunan para petinggi atau pejabat, sangat mudah bagi mereka untuk memanipulasi laporan pendapatan dan menggelapkan pajak. Bagaimana mereka melakukannya? Sebagai ilustrasi, pada saat harga minyak internasional naik, mereka ikut menaikkan harga, pada saat harga minyak internasional turun, mereka tidak serta merta turun karena tidak memiliki pesaing, sehingga mereka bisa meraup keuntungan besar. Pendapatan ini dapat langsung masuk ke dalam ke rekening mereka di luar negeri, dan bukannya masuk ke dalam kas negara, ini juga merupakan sebagian dari PDB yang raib itu. Angka tidak cocok, buktikan 2 hal Bagaimana pun juga, di antara pendapatan finansial pemerintah RRT, pendapatan rakyat Tiongkok, dan angka PDB Tiongkok, terdapat ketidak-cocokan dan tidak simetrisnya serta tidak dapat dijelaskan secara masuk akal, selain membuktikan bahwa adanya rekayasa pada angka PDB oleh PKT, sekaligus juga membuktikan betapa seriusnya korupsi yang terjadi. Dari kedua kemungkinan yang ada, memilih salah satu atau keduanya, bukanlah suatu berita yang menggembirakan bagi rakyat Tiongkok. Pemerintah baru PKT baru saja terbentuk, para pejabat tinggi yang mengenakan jubah kebesarannya pasti akan merasa sulit membuka mulut melihat begitu banyak kekacauan ekonomi RRT. Jika ada orang menyerahkan pembukuan suatu keluarga atau suatu perusahaan pada Anda, tapi saat melihat angka-angka di dalam buku tersebut begitu kacau, tidak cocok, dan tak dapat dijelaskan, bisa dibayangkan betapa kesal dan frustasinya Anda. (tam)

The Epoch Times Indonesia Edisi 299  

e-Paper The Epoch Times Indonesia Edisi 299

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you