Page 1

Jangan Takut dengan 20 Paket Soal! q Biogas Energi Terbarukan q Barcelona Kena Imbasnya q Tips dan Trik Menghadapi UN q Tersesat Nih ye


Daftar Isi Sekapur sirih 2 Berita Utama 3 Tips dan Trik Menghadapi UN 4 Biogas Energi Terbarukan 5 Barcelona Kena Batunya 7 Kisah, Tersesat Nih yee…. 8

Susunan Redaksi Pembina Kepala SMK Negeri 5 Banjarmasin Pemimpin Umum Wakasek Humas SMK Negeri 5 Banjarmasin Pemimpin Redaksi Drs. Syamsuri Umar Wakil Pemimpin Redaksi Sa’dulah M.Pd Dewan Redaksi Drs. Selamet, M.Pd Drs. Syamsuri Umar, M.J. Wahyudi, S.T, Reza Kausar ST, Rika Yuniarti, S.T, Dwi Kapti, S.Pd, Zainuri, M.Pd, Ari Budi, M.Pd, S.Widodo, S.Pd, Yuliansyah, S.Pd, H. Adriani, ST Sekretaris H. Adriani, ST Yuliansyah, S.Pd Bendahara Rieka Yuniarti 2

YES SMART 5

SEKAPUR SIRIH

B

u k a n Negeri 5 Banjars ebuah masin. kebetKembali u l a n bangkitnya buSMK Negeri5 letin ini tentu Banjarmasin bertujuan undipercaya mentuk menyatukan jadi sekolah ungkekuatan kebergulan dilingkunsamaan, dimana gan Kalimantan melalui media selatan, namun ini kita dapat sebuah amanah saling mengisi, yang diberikan saling menginKasianto oleh Allah SWT, gatkan, saling Tuhan Yang Maha Esa kepada mendukung demi terciptanya kita warga SMK Negeri 5 Ban- SMK Negeri 5 Banjarmasin jarmasin. sebagai sekolah model, yang Amanah ini tentu akan sudah barang tentu akan dimenjadi lahan amal bagi jadikan sebagai sekolah rujukita manakala kita mampu kan bagi sekolah-sekolah lain mengembannya, dan seba- disekitarnya. liknya akan menjadi petaka “YES SMART 5” nama buketika gagal. Sebelas ribu SMK letin ini terlahir dari semanse Indonesia dari jumlah itu gat menggelora rekan-rekan selmbilan pluh sekolah salah Tim Jurnalistik SMK Negeri satunya adalah SMK Negeri 5 Banjarmasin, oleh karena 5 banjarmasin yang dibentuk itu mohon doa dan dukungan oleh pemerintah menjadi se- agar buletin ini menjadi bahakolah model, sepuluh dian- gian yang dapat memberikan tara sembilan puluh sekolah kontribusi untuk menjadikan yang dipercaya menjadi SMK SMK Negeri 5 Banjarmasin perakit teknologi mobil. Ba- sebagai tempat mencetak kadpak/ibu mari kita maknai ber- er bangsa yang akan mengisi sarnya tanggung jawab yang sektor pembangunan demi diberikan kepada warga SMK jayanya Indonesia,, semoga.

BERKIPRAH LEWAT ARTIKEL Bagi bapak-bapak/ ibu-ibu guru SMK Negeri 5 Banjarmasin yang ingin menyumbangkan karya tulisnya melalui bulletin Yes Smart 5, kami persilakan untuk mengirimkan artikel tersebut ke redaksi, atau langsung kepada anggota dewan redaksi yang ada di jurusan maupun program studi masing- masing. Marilah kita berkiprah dan beramal dalam penyebaran informasi dan pengetahuan.


HEADLINE NEWS

Jangan Takut dengan 20 Paket Soal!

Ujian Nasional dianggap sebagai “MOMOK” yang menakutkan bagi siswa, guru, dan juga orang tua, terlebih lagi untuk tahun ini mengharuskan semua siswa mengerjakan soal yang berbeda-beda dengan 20 paket soal. Melihat fakta tersebut pihak SMKN 5 Banjarmasin menyiapkan berbagai strategi persiapan diantaranya mengadakan pelajaran tambahan (les) pada sore hari sehabis jam sekolah dan melaksanakan beberapa kali tryout baik intern maupun ekstern. “Mudahmudahan dengan adanya kegiatan tryout dan pelajaran tambahan, nilai siswa menjadi lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya”. Tegas wakasek kurikulum Drs. Fauziansyah. Berdasarkan Prosedur Operasi Standar (POS) Ujian Nasional tahun ini tidak berbeda jauh dengan tahun-tahun sebelumnya, siswa dinyatakan lulus UN jika nilai ratarata minimal dari semua mata pelajaran UN adalah 5,5 yang didapat dari 60% nilai UN dan 40% dan nilai minimal setiap mata pelajaran UN adalah 4,0. Sedangkan nilai kompetensi kejuruan minimal 6,0. Di SMKN 5 Banjarmasin

pelaksanaan UN tahun pelajaran 2012-2013 akan diikuti sebanyak 499 siswa yang terdiri dari 6 Program Studi Keahlian. Sementara itu menurut Kaprog. Guru Umum pelaksanaan Ujian Nasional tahun ini Al Munawar, ST dihara-

jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik mengatakan untuk mempersiapkan UN dia berupaya menjaga kesehatan dan tidak menjadikan ujian sebagai beban, katanya “Belajar tapi tetap refreshing bu”. Senada dengan Iman, Syafiq salah seorang siswa juga mengaminkan hal yang sama dia juga menambahkan sering belajar tambahan persiapan UN di sukailmu.com Sedangkan Ka Prog Teknik Instalasi Tenaga Listrik Drs Sugiarto menyatakan pihaknya menerapkan system project work yang diterapkan untuk membuat pemikiran anak akan tersalurkan atau terarah dan lebih kreatif tetapi system ini memerlukan persiapan agak alam dan tentunya memerlukan dana yang cukup. Hal ini didukung oleh Ka. Prog Teknik Audio Video dan Teknik Elektronika Indsutri Ayusdiana Pelitawati, ST bahwa UN mengacu system paket system, dan KTSP yang akan menjadi acuan.

Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan tryout dan pelajaran tambahan, nilai siswa menjadi lebih baik dari tahuntahun sebelumnya”.

Oleh : Drs. Fauziansyah. pkan Ujian nasional akan berjalan lebih baik dari tahuntahun sebelumnya terbukti dari kesiapan panitia ujian nasional menyiapkan laporan data peserta ujian. Selain itu panitia berupaya memanggil beberapa orang tua siswa yang memperoleh nilai Tryout jauh di bawah standar yang diharapkan. Imam, salah satu siswa

(tim)

YES SMART 5

3


TIPS & TRIK

Tips dan Trik Menghadapi UN Tips Menghadapi UN ini didedikasikan untuk kalian para siswa/i yang akan menghadapi UN nanti, menjelang UN yang pasti kan harus belajar terus dan terus. Tapi perlu diperhatikan juga saat hari H nya, yaitu saat UN nya. Berikut ini ada beberapa tips atau trik menjelang UN dan sampai hari nya. Baca dulu baru lakukan ;)

Tips ini terbagi menjadi beberapa situasi #Pada malam sebelum UN

#Pada saat sebelum berangkat

1. Setiap malam UN belajar secukupnya, tidak disarankan Online 2. Setiap malam UN tidur yang cukup 3. Berdoa sebelum dan sesudah belajar supaya masuk ke otak 4. Berdoa sebelum tidur, supaya hasil belajar tidak hilang dari dalam otak setelah bangun 5. “Dilarang Ngantuk sebelum Belajar, Dilarang Belajar kalo udah Ngantuk”, karena nanti otak kamu tidak akan sanggup buat nampung dan yang ada nanti, pelajaran yang udah kamu hafal jadi tidak hafal-hafal 6. 6. Dilarang melakukan mitos bodoh seperti, Membakar buku pelajaran trus Abunya Masukin ke Kopi terus kopinya di minum. Bukannya LULUS malah TAMAT.

1. Pamit minta restu Orang tua, tetangga, sanak saudara, tukang ojek di pangkalan yang sering nganterin kamu, supir angkot yang sering anter jemput kamu, babe satpam yang jaga sekolahan. Pokoknya yang berjasa buat kamu deh 2. Sarapan pagi secukupnya ,agar mendapat pasukan energi yang cukup buat Otak. Dan jangan lah engkau sarapan dengan makanan Pedas ,niscaya itu akan menciptakan faktor X 3. Periksa peralatan tulis, ID card, Papan jalan, dll. Sudah lengkap atau belum 4. Disarankan jangan Belajar terlalu berat sebelum UN di mulai

#Ketentuan sampai di Sekolah 1. Datang lebih awal, biasanya “berkah” dateng pagi-pagi 2. Hindari Faktor X : o Overslept - set alarm sebelum tidur o Traffic Jam - hindari macet o Accident - naik motor pelan-pelan 3. Ke kamar kecil sebelum UN di mulai

And the last, Berdoa lah kalo tips dan trik yang saya beri ini tidak menyesatkan kalian... :D

#Saat mengerjakan SOAL UN 1. Berdoa sebelum ngerjain Soal 2. Matikan HP untuk menghindari Fitnah 3. Kerjain Soal yang kamu mengerti terlebih dahulu 4. Untuk bahasa indonesia / bahasa inggris. Baca soalnya dulu baru baca paragrafnya 5. Lakukan Relaksasi di tengah mengerjakan Soal untuk menenangkan otot-otot yang tegang. Hal ini juga membuat hal negatif, yaitu mempressure teman-teman, lumayan lah iseng dikit. Gaya-gaya udah selesai padahal masih bersih 6. Inget ini UN, bukan SMPTN. Bantulah teman yang kesusahan bila ada kesempatan, maksudnya kesusahan disini bukan gak punya duit melainkan gak punya ilmu alias gak bisa ngerjain

ZONA SESAT Kalo dapet bocoran : • Di periksa dulu beberapa soal cocok gak jawaban nya dengan soalnya. Kalo cocok gunain kalo gak cocok buang aja • Jangan buru-buru gunain itu, kerjain dulu semaksimal mungkin kalo udah mentok baru gunain • Taro bocoran jangan di taro ditempat yang gampang diliat. Jangan sekali-sekali nyontek di HP. Niscaya kalo ketawan bisa Panjang urusannya 4

YES SMART 5


Digester Tipe Fixed Dome

B

Biogas Energi Terbarukan

IOGAS merupakan salah satu jenis energi yang dapat dibuat dari banyak jenis bahan buangan dan bahan sisa, seperti sampah, kotoran ternak, jerami dan eceng gondok. Segala jenis bahan yang termasuk senyawa organik, dapat dijadikan bahan biogas. Zat yang terkandung dalam bahan tersebut menyangkut perbandingan antara unsur C (karbon) dengan unsur N (nitrogen) yang secara umum dikenal dengan nama rasio C/N. Kadar air yang terkandung dalam bahan yang digunakan, harus memenuhi kadar rasio C/N yang tepat. Jika kita mempergunakan bahan baku berbentuk kotoran kambing kering dicampur dengan sisa-sisa rumput bekas makanan atau dengan bahan lainnya yang juga kering, maka diperlukan penambahan air. Pada prosesnya hal ini berbeda kalau bahan yang akan digunakan berbentuk lumpur selokan yang sudah mengandung bahan organik tinggi, semisal dari bekas dan sisa pemotongan hewan yang dicam-

pur dengan sampah. Dalam bahannya sudah terkandung air, sehingga penambahan air tidak akan sebanyak pada bahan yang kering. Air berperan sangat penting di dalam proses biologis pembuatan biogas. Artinya jangan terlalu banyak (berlebihan) juga jangan terlalu sedikit (kekurangan). Di sini diperlukan komposisi air yang pas. Pada proses pembuatan ini menyangkut “kesenangan� hidup bakteri pemroses biogas antara 27 – 28 C.

Dengan temperatur itu proses pembuatan biogas akan berjalan sesuai dengan waktunya. Tetapi berbeda kalau nilai temperatur terlalu rendah (dingin), maka waktu untuk menjadi biogas akan lebih lama. Biogas yang dihasilkan dari fermentasi faces (kotoran) ternak, misalnya, sapi, kerbau, babi, kambing, ayam, dan lain-lain dalam suatu ruangan yang disebut “digester�. Komponen utama biogas adalah gas methan, di samping gas-gas lain.

YES SMART 5

5


Prinsip kerja pembentukan biogas adalah pengumpulan faeces ternak (faeces manusia juga bisa, namun kurang efisien) ke dalam suatu tangki kedap udara yang disebut “digester� (pencerna). Di dalam digester tersebut, kotoran dicerna dan difermentasi oleh bakteri yang menghasilkan gas methan serta gas-gas lain. Gas yang timbul dari proses ini ditampung di dalam digester. Penumpukan produksi gas akan menimbulkan tekanan sehingga dapat disalurkan ke rumah dengan pipa. Gas yang dihasilkan ini sangat baik untuk pembakaran karena mampu menghasilkan panas yang cukup tinggi, apinya berwarna biru, tak berbau, dan tidak berasap. Untuk menjaga proses fermentasi dapat berjalan dengan baik, maka setiap hari harus dilakukan pengadukan.

Dilihat dari sisi konstruksinya, pada umumnya reaktor biogas bisa digolongkan dalam dua jenis yakni fixed dome dan floating drum. Fixed dome mewakili konstruksi digester yang memiliki volume tetap sehingga produksi gas akan meningkatkan tekanan di dalam digester. Sedangkan floating drum berarti ada bagian pada konstruksi digester yang bisa bergerak untuk menyesuaikan dengan kenaikan tekanan. Pergerakan bagian digester tersebut juga menjadi tanda telah dimulainya produksi gas di dalam digester biogas. Bila dilihat dari aliran bahan baku (limbah), reaktor digester juga bisa dibagi dua, yakni tipe batch (bak) dan continuous (mengalir). Pembangkit biogas juga cocok dibangun untuk peternakan sapi perah atau peternakan ayam dengan mendesain pengaliran tinja ternak ke dalam digester. Kompleks perumahan juga dapat dirancang untuk menyalurkan tinja ke tempat pengolahan biogas bersama. Negara-negara maju 6

YES SMART 5

Pengadukan Feaces pada drum

Digester Tipe Floating drum banyak yang menerapkan sistem ini sebagai bagian usaha untuk daur ulang dan mengurangi polusi dan biaya pengelolaan limbah. Jadi dapat disimpulkan bahwa biogas mempunyai berbagai man-

faat, yaitu menghasilkan gas, ikut menjaga kelestarian lingkungan, mengurangi polusi dan meningkatkan kebersihan dan kesehatan, serta penghasil pupuk organik yang bermutu.


OLAHRAGA

BARCELONA KENA BATUNYA Babak 16 besar Liga Champion memakan korban hal ini dialami oleh kandidat juara klub Barcelona FC dari Spanyol pada pertandingan subuh dini hari jam 03.00 wita di leg pertama menyerah di tangan klub AC Milan dari Italia. Pada pertandingan itu masingmasing klub menurunkan pemainpemain terbaik mereka di kubu AC Milan terdapat El Sharawy, Cape Boateng dan tidak ketinggalan El Capitano Massimo Abrosini. Sedangkan di kubu Barcelona tampil dengan pormasi terbaik mereka antara lain gelandang mereka yang Andreas Iniesta salah seorang calon penerima Ballon D’ Or 2012 serta tidak ketinggalan Xavi Hernandes dan tentunya peraih Ballon D’Or Leonel Messi. Kemenangan AC Milan karena mereka mampu mematikan pergerakan dua gelandang lincah dari Barcelona Xavi dan Iniesta mengakibatkan Leonel Messi tidak mendapatkan supley bola dari tengah yang merupakan kedua pelayanannya yang setia.

Malapetaka muncul setelah babak pertama berjalan alot, puncaknya pada menit ke 75 Cape Boateng berhasil memanfaatkan bola liar dan menghasilkan gol. Gol ke dua di sumbangkan oleh Suley Muntari dari hasil umpat cantik El Sharawy menit ke 85. Leg kedua di adakan di Camp New kandangnya Barcelona para fans Barca yakin menang dengan skor yang lebih besar dari kemenangan AC Milan di leg pertama.

Lionel Messi

YES SMART 5

7


T

TERSESAT NIH yee

au istilah “malu bertanya sesat di jalan “kan, artinya kalau kita tidak mau bertanya maka kita akan tersesat. Tapia pa jadinya jika kita bertanya malah sesat di jalan?. Nah pengalaman inilah yang coba penulis bagi. Ceritanya nih, kita berlima lagi dapat tugas promosi sekolah ke SMPN 25. Di depan gang ada plang yang bertuliskan SMP tersebut, wah akhirnya “sampailah kita” kata saya. Akhirnya kami bertigalah yang diutus untuk ke sana. Dengan semangat 45 kami mulai masuk ke gang tersebut. Setelah kira-kira 200 meter, jalan yang tadinya dipenuhi rumah berubah menjadi padang ilalang. Karena tidak mu tersesat, ketika ada gerombolan anak SD bertanyalah kami, dan mereka menjawab dengan serempak “ udah deket kok, tinggal jalan lurus bentar lagi trus belok kiri, jalan lagi lurus ke depan, kalo ada pagar kyu tinggi berarti udah sampai kak”. Lega rasanya, semangat yang tadinya udah turun, akhirnya on lagi meskipun matahari lagi cerah-cerahnya bersinar. Tapi apaa yang terjadi, ternyata jalan yang kami lalui masih berupa padang ilalang dan

tidak ada lagi rumah penduduk. Kami mulai mengomel “kena deh dikerjain anak SD”. Tapia pa mau dikata, udah terlanjur jauh (kira2 700m dari depan) mau balik lagi malas rasanya. So dengan semangat yang masih tersisa, kami mantapkan tekad. Benar saja kira-kira setelah berjalan 100 meter ada bangunan besar yang dikelilingi dengan pagar kayu tinggi. Dengan keyakinan yang tinggi (PD) masuklah kami kesana. Dan apa yang terjadi kemudian diluar perkiraan kami, udah becek gak ada ojek lagi, hmmm jlanyya becek minta ampun, secara sepatu yang dipakai adalah sepatu hak tinggi 5 cm which is gak cucok banget. Dengan jlan melompat sana –sini akhirnya kami terbebas dai lumpur pfff lega rasanya. Langkah pertama kami langsung menuju kantor guru, setelah basabasi sebentar dan menyampaikan visi misi , kami pun permisi dan bertanya adakah jalan lain untuk keluar dari SMPN 25?, dan ternyata jalan yang kami lalui tadi adalah jalan belakang dan jalan utama adalah jalan yang sebenarnya ada di depan kantor kami! Dingkol bin jengkel, tapi bahagia. YES SMART 5

Setelah berunding, kami sepakat untuk lewat jalan lain, trus minta jemput sama teman yang lain. Nah apesnya yang membawa HP cumin satu itupun pulsanya hanya pas untuk SMS satu kali doing. Sambil jalan kami pun singgah di warung buat cari minuman, ternyata sodara-sodara tidak ada satupun dari kami yang membawa dompet, cumin ada yang bawa uang Rp. 2.000; doank. Mau nagis malu akhirnya kami hanya bias tertawa saja. Kami pun berjalan sampai ketemu jalan yang lebih besar lagi, ketika ada mesjid kami pun memutuskan untuk istirahat sekalian sholat zuhur. Disinilah hikmah yang dapat kami ambil, kami bisa merasakan perjuangan orang yang mencari uang dengan berkeliling dari satu kampong ke kampong yang lain. Setelah kurang lebih nunggu 1 jam, datanglah bala bantuan yang diharapkan. Wuih akhirnya, selama perjalanan pulang tidak ada yang berkata-kata, hening dan tenang (gimana gak hening udah kehabisan kata-kata). Rasanya pengen cepet pulang, mandi trus nonton film korea biar lupa pengalaman tadi.

buletin smk negeri 5 banjarmasin  

buletin smkn 5 bjm

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you