Page 1

RABU WAGE

Redaksi 0274 557 687 (102) / 0857 4319 6999

Halaman

28 FEBRUARI 2018 12 JUMADIL AKHIR 1439 NO 2486/TAHUN 6

Sirkulasi / 0851 0212 2000 Iklan 0274 557 687 (417) 0851 0012 1000 0857 2949 3333

Diblokir per 1 Maret

RP 2.000

LANGGANAN RP 55.000

Warga Yogya Anggap Rumit Bahasa Jawa

YOGYA, TRIBUN - Masyarakat penggguna kartu SIM (Subscriber Identity Module) yang belum melakukan registrasi data hingga hari ini, Rabu (28/2) bakal dikenai sanksi berupa pemblokiran, mulai dari SMS hingga data seluler. Hal ini disampaikan oleh Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Noor Iza saat dihubungi Tribun Jogja, Selasa (27/2). Dia menjelaskan, pemblokiran akan diberlakukan mulai tanggal 1 Maret 2018 bagi mereka yang belum melakukan registrasi kartu SIM prabayar. Pemblokiran dilakukan bertingkat. Bagi mereka yang belum melakukan registrasi hingga batas akhir, yakni hari ini, maka layanan SMS dan telepon keluar bakal diblokir.

 Orangtua Lebih Pilih Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Tutur Harian

 ke halaman 11

YOGYA, TRIBUN - Bahasa Jawa saat ini dikhawatirkan semakin ditinggalkan oleh penutur aslinya. Pasalnya, pola penggunaan bahasa Indonesia kepada anak-anak di lingkungan rumah adalah pemicu utama terpinggirkannya bahasa Jawa. Padahal, kedua orangtua sang anak adalah orang Jawa, yang menggunakan bahasa tutur dengan pasangan juga dengan bahasa Jawa. Maria Aditya, adalah satu di antaranya. Dia mengakui menggunakan bahasa Indonesia untuk komunikasi dengan anaknya yang baru berumur 2,5 tahun. Menurutnya, bahasa Indonesia lebih mudah digunakan. Meskipun warga asli Yogyakarta, ia mengaku tidak fasih berbahasa Jawa, terutama krama inggil. Ia menilai bahasa Indonesia lebih berguna suatu saat nanti ketika anaknya memasuki bangku sekolah. “Pakai bahasa Indonesia karena lebih mudah. Ibunya aja nggak paham bahasa Jawa masak mau ngajarin,” kata Maria kepada Tribun Jogja, tempo hari. Ia menilai bahasa Indonesia lebih berguna saat anaknya sekolah. “Ya, besok kan kalau sekolah lebih mudah. Lagipula bahasa Indonesia bahasa nasional, jadi dia bisa berkomunikasi dengan siapa saja,” lanjutnya.

Pakai bahasa Indonesia karena lebih mudah, sih. Ibunya aja nggak paham bahasa Jawa masak mau ngajarin. Lagipula bahasa Indonesia bahasa nasional, jadi dia bisa berkomunikasi dengan siapa saja Maria Aditya Warga

TATA WAKTU

 ke halaman 11

PEMBLOKIRAN

Kekhasan Jawa Tak Tergantikan FUNGSI bahasa Jawa diyakini tidak dapat digantikan oleh bahasa Indonesia maupun asing. Seperti itulah yang dikatakan oleh Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Sutrisna Wibawa yang juga merupakan pakar filsafat Jawa. Meskipun kenyataan dalam masyarakat banyak yang tidak menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa sehari-hari, namun Sutrisna yakin bahwa bahasa daerah tidak akan pernah punah selama tradisi dan pendidikan mengenai bahasa Jawa masih terus dilestarikan. Sutrisna mengatakan, di da-

1 Maret 2018: Kartu SIM yang belum didaftarkan maka layanan SMS dan telepon keluar diblokir. 30 Maret 2018: SMS dan telepon baik masuk dan keluar tidak akan bisa digunakan. 14 April 2018: Jika belum juga melakukan registrasi, maka pemblokiran meningkat menjadi layanan internet tak bisa digunakan.

lam politik nasional sudah diatur mengenai fungsi masing-masing bahasa. Bahasa Indonesia memiliki fungsi sebagai bahasa nasional, sedangkan bahasa Inggris, sebagai bahasa internasional. “Meskipun kedua bahasa tersebut mendominasi, baik bahasa Indonesia maupun Inggris, namun kedudukan bahasa Jawa tidak akan pernah dapat tergantikan,” ungkap Sutrisna saat ditemui Tribun Jogja, Selasa (27/2).

Pemblokiran dicabut jika kartu SIM prabayar sudah diregistrasi dan dinyatakan valid. Hingga kemarin, Kemenkominfo mencatat sudah ada 296 juta kartu SIM prabayar telah melakukan registrasi. Disdukcapil Kota Yogyakarta menyarankan jika belum berhasil melakukan registrasi, untuk segera menyinkronkan data KK dan NIK ke Disdukcapil masing-masing warga berdomisili.

 ke halaman 11

MEMILIH BAHASA INDONESIA

DARIPADA BAHASA JAWA

Di sejumlah keluarga muda asli Yogyakarta, memilih menggunakan bahasa Indonesia untuk berkomunikasi dengan anaknya sejak kecil Hal ini menjadi satu pemicu semakin tidak terbiasanya anak menggunakan bahasa Jawa Kondisi tersebut dikhawatirkan membuat anak muda asal Jawa semakin jauh dan tak mengenal bahasa daerahnya Meski begitu, akademisi meyakini jika keberadaan bahasa Jawa tak bisa digantikan dengan bahasa lainnya, terlebih bahasa asing

GRAFIS/FAUZIARAKHMAN

TRIBUN JOGJA/BRAMASTO ADHY

Hal Baasyir Diizinkan Berobat ke RSCM

12

Presiden Joko Widodo mengizinkan Abu Bakar Baasyir berobat ke RSCM. Pasalnya, penyakit yang dideritanya semakin parah. Wasekjen MUI Tengku Zulkarnain, mengapresiasi hal ini. (*)

Marion Jola

ator melayani registrasi nomor ponsel pelanggan di Grapari Telkomsel, Yogyakarta, Selasa (27/2). Hari ini adalah batas akhir registrasi kartu SIM yang disyaratkan Kemenkominfo.

Pameran Poster Film Lawas Hadir di Museum Pendidikan Indonesia

Ada yang Kurang

Bisa Bernostalgia Sambil Nonton Film Lawas Sederet poster film film lawas berikut foto para artisnya dihadirkan di Museum Pendidikan Indonesia UNY dalam ajang pameran Poster Film Indonesia Tahun 1940 hingga 2017.

TOTALITAS ditunjukkan Marion Jola saat menyanyikan lagu “Pupus” milik ciptaan Ahmad Dhani. Setidaknya itulah pendapat yang disampaikan juri Idol, Bunga Citra Lestari. Namun Unge sapaan BCL merasa ada sesuatu yang kurang dari penampilan gadis asal Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), itu. (*)

P

Hal

9

REGISTRASI- Sejumlah oper-

IST

ADA pameran yang digelar mulai 27 Februari hingga 2 Maret 2018 (jam 09.00 - 15.00 WIB) ini pengunjung bisa melihat kembali sejarah perjalanan dunia iklan perfilman tanah air. Selain menghadirkan beragam poster film, selama pameran berlangsung juga

digelar nonton bareng film-film lawas, di antaranya, Tjoet Nja’ Dhien (1988), Pasir Berbisik (2001), 1 Maret, Apa jang Kautjari, Palupi? (1969) dan Mereka Bilang, Saya Monyet (2008). Film-film ini bisa ditonton oleh pengunjung pada jam yang telah ditentukan secara gratis. Rini, pensiunan Pegawai  ke halaman 11

LAWAS-

TRIBUNJOGJA/BRAMASTO ADHY

Pengunjung melihat poster film yang dipamerkan dalam ‘Film At The Museum’ di Museum Pendidikan Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta, Selasa (27/2).

Trending Topic di tribunjogja.com

Pengakuan Penjambret Tas di Jombor


KONTAN TRIBUN FINANCE 2

RABU WAGE 28 FEBRUARI 2018

ANTARA/SIGID KURNIAWAN

KONFERENSI EKONOMI GLOBAL - Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan (kedua kiri); Menteri Keuangan, Sri Mulyani (kedua kanan); Gubernur BI, Agus Martowardojo (kanan); Direktur Pelaksana IMF, Christine

Lagarde (tengah); dan Deputi Perdana Menteri Singapura, Tharman Shanmugaratnam (kiri); bersiap berfoto bersama saat konferensi internasional tingkat tinggi di Jakarta, Selasa (27/2). Konferensi bertema “Models in a Changing Global Landscape”, yang merupakan rangkaian IMF-World Bank Annual Meetings 2018, tersebut membahas mengenai perkembangan ekonomi global.

Bukopin Akan Lepas Sebagian Saham  Tahun Ini Bank Lirik Right Issue untuk Perkuat Modal

M o n e y Ta l k s SMF dan BTN Rilis EBA-SP Rp1,82 T

JAKARTA - PT Sarana Multigriya Finansial atau SMF (Persero) melakukan penawaran umum Efek Beragun Aset Berbentuk Surat Partisipasi (EBA-SP) PT Bank Tabungan Negara (Persero) senilai Rp1,82 triliun. Kustodian Sentral Efek Indonesia menunjukkan, EBA-SP bertajuk SMF-BTN04 kelas A terbagi ke dalam dua seri. Seri pertama adalah kelas A1, menawarkan jumlah pokok senilai Rp700 miliar dengan kupon tujuh persen per tahun. Seri tersebut akan jatuh tempo pada 7 Mei 2029. Seri kedua adalah kelas A2,

menawarkan jumlah pokok sebesar Rp1,12 triliun dengan tingkat bunga 7,5 persen per tahun. Kelas tersebut bakal jatuh tempo pada 7 Mei 2029. Adapun, perseroan bakal membayar bunga setiap tiga bulan dengan pembayaran pertama pada 27 Juni 2018. Sementara tanggal efektif dan masa penawaran EBA, ditetapkan pada 23 dan 26 Februari 2018. Lalu, penjatahan jatuh pada 27 Februari 2018 dan distribusi secara elektronik pada 28 Februari 2018. EBA-SP akan secara resmi dicatatkan di Bursa Efek Indonesia pada 1 Maret 2018. (kontan)

Mandiri Tunas Tawarkan Obligasi Rp1 T

JAKARTA - PT Mandiri Tunas Finance (MTF) berencana menerbitkan obligasi senilai Rp1 triliun pada tahun ini. Dana hasil penerbitan surat utang tersebut akan dipakai untuk membayar utang jatuh tempo dan tambahan modal. Direktur Keuangan MTF, Arya Suprihadi, mengatakan, penerbitan surat utang itu akan dilakukan dalam dua tahap. Pertama, penerbitan obligasi sebesar Rp500 miliar pada pertengahan 2018. Kedua, obligasi senilai Rp500 miliar akan diterbitkan pada akhir tahun.

“Tahun ini ada obligasi yang bakal jatuh tempo sebesar Rp825 miliar. Sebagian penerbitan Rp1 triliun untuk melakukan pembayaran, sebagian lagi untuk tambah pembiayaan,” katanya, Selasa (27/2). Sekadar tahu, tahun ini MTF menargetkan bisa menyalurkan pembiayaan sebesar Rp24 triliun. Angka itu diproyeksi naik 8,1 persen dibanding realisasi pada 2017 lalu sebesar Rp22,2 triliun. Untuk pendanaan perusahaan sebanyak 60 persen atau Rp14 triliun, bersumber dari joint financing dengan induk usaha. (kontan)

Bank Jogja Targetkan Kredit UMKM Rp100 miliar

YOGYA - Bank Jogja milik Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menargetkan kucuran kredit untuk usaha mikro, kecil, dan menengah pada 2018 mencapai Rp100 miliar. “Hingga akhir tahun lalu, kredit untuk UMKM baru Rp74 miliar. Tahun ini, kami upayakan mencapai Rp100 miliar,” kata Direktur Utama PD Bank Jogja, Kosim Junaedi, Selasa (27/2). Menurutnya, target pemenuhan kredit untuk UMKM disesuaikan total besaran penyertaan modal yang diterima Bank Jogja dari Pemkot Yogyakarta. Sampai tahun ini, total

modal yang disertakan oleh Pemkot Yogyakarta ke Bank Jogja sudah sesuai amanah Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2015, yaitu Rp100 miliar. “Artinya, seluruh modal yang disertakan bakal sepenuhnya digunakan untuk UMKM,” kata Kosim. Berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2015, kucuran kredit Bank Jogja untuk UMKM dan koperasi harus bisa mencapai 40 persen dari total kredit yang disalurkan. Target tersebut dicapai dalam dua tahap, yaitu minimal 20 persen pada 2018 dan 40 persen pada 2025. (antaranews)

YOGYA, TRIBUN - Perbankan ramai-ramai memilih penerbitan saham baru guna memperkuat modal dalam penyaluran kredit. PT Maybank Indonesia Tbk dan PT Bank Bukopin Tbk, misalnya, sudah ancang-ancang untuk right issue pada tahun ini. Maybank Indonesia berencana menerbitkan saham baru pada semester I-2018, berkisar Rp1,5 triliun sampai Rp2 triliun. Keputusan itu untuk meningkatkan kinerja. Sebab, pertum-

buhan kredit perusahaan dalam dua tahun terakhir belum terlalu kencang. “Kami ingin menyesuaikan pertumbuhan bisnis,” kata Presiden Direktur Maybank Indonesia, Taswin Zakaria, Senin (26/2) lalu, di Hyatt Regency Yogyakarta. Sampai akhir 2018, pertumbuhan kredit Maybank Indonesia ditarget mencapai 10 persen secara tahunan. Pertumbuhan tersebut akan banyak disumbang oleh peningkatan kredit korporasi; kredit usaha mikro,

kecil, dan menengah (UMKM); serta kredit ritel. “Khusus pertumbuhan kredit ritel dan UMKM, Maybank Indonesia menggadang bisa mencapai 20 persen secara tahunan. Sementara pertumbuhan kredit korporasi, kemungkinan bakal banyak disumbang oleh penyaluran kredit infrastruktur,” imbuh Taswin. Sayang, dalam aksi korporasi itu, ia belum bisa memastikan apakah Maybank Malaysia sebagai pemegang saham pe-

BNI Dikabarkan Tertarik PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) dikabarkan tertarik mengeksekusi rights issue Bank Bukopin sebelum Juli 2018. Ditanya mengenai kabar itu, manajemen BNI mengaku belum mengetahuinya. “Belum ada informasi,” kata Direktur BNI, Panji Irawan, baru-baru ini. Berdasarkan kabar pasar, rencana masuk BNI ke Bank Bukopin untuk memperkuat bisnis mikro. Semua akan tergantung kepada harga yang ditawarkan. Sebelumnya berembus kabar, pemegang saham pengendali Bank Bukopin, yaitu Grup Boso-

wa, tidak akan mengesekusi hak pembelian saham baru tersebut. Artinya, pemegang saham baru bisa masuk. Namun, Corporate Finance Bosowa, Rachmat Kaimuddin, menyatakan masih menunggu prospektus Bank Bukopin. Makanya, manajemen belum bisa menentukan apakah akan mengeksekusi hak atau tidak. Menurut Direktur Utama Bosowa, Sadikin Aksa, sudah ada beberapa investor yang tertarik masuk sebagai pemegang saham Bank Bukopin. Tapi, Bosowa belum mau merincinya. (kontan)

ngendali akan mengeksekusi seluruh hak dalam rights issue atau tidak. “Nanti kami sampaikan,” ujar Taswin. Selain Maybank Indonesia, Bank Bukopin juga berencana mendapat dana segar melalui cara serupa, yakni hak memesan efek terlebih dahulu. Direktur Retail Bank Bukopin, Heri Purwanto, mengatakan, perusahaan akan rights issue sebesar Rp2 triliun pada 2018. “Prosesnya sudah mulai. Mudah-mudahan, pada pertengahan 2018 mendatang, right issue bisa terealisasi. Sekarang ada beberapa peminat dan standby buyer yang melirik saham Bank Bukopin,” papar Heri. Jumlah saham baru yang akan diterbitkan Bank Bukopin sebesar 30 persen. Bosowa sebagai pengendali memiliki potensi mengurangi kepemilikan saham. “Namun, hal itu tergantung kepada keinginan pemegang saham untuk mengeksekusi hak atau tidak,” tukas Heri. (kontan)

Hari Ini Pelemahan Rupiah Masih Berlanjut JAKARTA, TRIBUN - Pada penutupan perdagangan Selasa (27/2), rupiah spot gagal melanjutkan penguatan. Mengutip Bloomberg, nilai tukar rupiah ditutup melemah 0,14 persen ke level Rp13.679 per dolar Amerika Serikat (AS). Sebaliknya, kurs tengah rupiah di Bank Indonesia mencatatkan penguatan 0,07 persen ke level 13.650 per dolar AS. Analis Monex Investindo, Faisyal, menjelaskan, pelemahan rupiah pada Selasa disebabkan oleh kewaspadaan investor menjelang testimoni The Fed. “Apalagi, notulensi Federal Open Market Committee telah memberi sinyal optimistis terhadap perekonomian AS. Hampir dapat dipastikan, Maret 2018 mendatang, The Fed akan mengerek suku bunga acuan sebesar 25 basis poin,” jelasnya, Selasa (27/2). Faisyal memperkirakan, rupiah pada Rabu (28/2) masih akan melanjutkan pelemahan. “Prediksi saya, rupiah memang bakal terus menurun. Rabu, rupiah akan bergerak di rentang Rp13.630-

Indeks dolar AS masih dalam tren meningkat. Saya memprediksi, kurs rupiah pada Rabu masih akan melemah di kisaran Rp13.639-Rp13.690 per dolar AS. Reny Eka Putri Analis Pasar Uang Bank Mandiri Rp13.690 per dolar AS,” paparnya. Analis Pasar Uang Bank Mandiri, Reny Eka Putri, menilai, investor kini mengantisipasi dengan mengakumulasi dolar AS. “Indeks dolar AS juga masih dalam tren meningkat. Saya memprediksi, kurs rupiah pada Rabu masih akan melemah di kisaran Rp13.639-Rp13.690 per dolar AS,” tukasnya. (kontan)

LANJUTKAN PELEMAHAN

KONTAN

- Petugas menghitung pecahan rupiah di sebuah bank di Jakarta, kapan lalu. Rupiah diprediksi masih melemah seiring kebijakan The Fed atau bank sentral AS.


TRIBUN BIZ 3

RABU WAGE 28 FEBRUARI 2018

Beli G2 Dapat Bonus Vocer Rp500 Ribu zzAdvan Bakal Gelar Flash Sale Tahap Kedua JAKARTA, TRIBUN - Keputusan Advan menggelar Flash Sale untuk menaikkan popularitas telepon pintar G2 menuai hasil posif. Setelah tahap pertama via Shopee berhasil, Advan akan mengadakan Flash Sale tahap kedua. Flash Sale tahap kedua untuk Advan G2 akan digelar berlangsung pada Jumat (2/3) mendatang. Program tersebut bakal berlaku di lima toko belanja online, yakni Shopee, Lazada, Tokopedia, Blibli, dan JD.ID. “Harga yang kami patok untuk Advan G2 masih Rp2,499 juta.

Pembeli akan mendapat bonus vocer belanja di Mitra Adi Perkasa senilai Rp500 ribu,” ungkap Direktur Marketing Advan, Tjandra Lianto, Selasa (27/2). Diharapkan, melalui Flash Sale tahap kedua, penjualan Advan G2 di Tanah Air bisa kembali terdongkrak. Bahkan, Advan optimistis jumlah transaksi pada program lanjutan itu bakal lebih sukses ketimbang yang pertama “Advan G2 menyasar para penyuka selfie yang ingin menghasilkan foto lebih detail, tajam, dan menarik. Advan G2 meng-

gunakan kamera depan 16MP dan aperture f/2.0. Hasil foto tetap terlihat bagus ketika dicetak di kertas ukuran 10R,” imbuh Tjandara. Untuk semakin menunjang kebutuhan selfie pengguna, Advan G2 juga dilengkapi berbagai fitur, antara lain, Real Time Beautify, Watermark, Face Age Photo, Smile Capture, serta Face Cute Mode. (rls/vim)

Pesan Menu Tak Perlu Antre „„ McDonald’s Akan Hadirkan Gerai Self Service JAKARTA, TRIBUN - McDonald’s Indonesia tengah menggodok rencana penerapan konsep self service. Langkah tersebut untuk memudahkan para pelanggan memesan menu. Mereka tak perlu bersusah payah mengantre di kasir. Associate Director of Communication McDonald’s Indonesia, Sutji Lantyka, mengatakan, konsep self service bakal diimplementasikan dalam waktu dekat. Sayang, ia tak menyebutkan secara rinci, kapan kepastian waktu penerapannya. “Kami butuh melakukan penyesuaian gerai. Untuk melakukannya, kami harus mengikuti panduan dari McDonald’s Corp untuk bisa mengadopsi beberapa konsep tematik dan dimodifikasi sesuai kebutuhan,” jelasnya, Selasa (27/2). Jika semua sudah siap, ia menyatakan, penerapan konsep self service bakal diperkenalkan kepada para pelanggan. Lebih-lebih, sekarang, platform pembayaran nontunai di gerai McDonald’s

sudah semakin lengkap. Associate Director of Marketing McDonald’s Indonesia, Caroline Kurniadjadja, mengemukakan bahwa bisnis perusahaan pada tahun ini diperkirakan bakal semarak. McDonald’s akan memanfaatkan momentum Piala Dunia 2018 untuk menggenjot penjualan. “McDonald’s Corp merupkana restoran resmi gelaran Piala Dunia 2018 Rusia. Menyemarakkan momentum tersebut, kami bakal menghadirkan berbagai promo menarik bagi para pelanggan,” tandas Caroline. (kontan)

Bisa Nontunai Apa Saja SAAT ini, hampir seluruh kartu kredit dan kartu debit bisa digunakan untuk bertransaksi di gerai McDonald’s. Hal tersebut sangat mendukung program yang digags oleh perusahaan. “Pelanggan juga mulai banyak yang membeli makanan maupun minuman secara nontunai,”kata Associate Director of Communication McDonald’s Indonesia, Sutji Lantyka, Selasa (27/2). Bahkan, ia menambahkan, tidak hanya kartu kredit dan debit yang bisa digunakan untuk bertransaksi di seluruh gerai McDonald’s, melainkan pula TCash, Pay By QR, dan Go Pay. “Tidak cuma pembelian langsung yang secara nontunai, pemesanan melalui situs dan aplikasi pun bisa cashless,” terang Sutji. Dalam waktu dekat, McDonald’s akan bekerja sama lagi dengan perbankan lain untuk memperluas layanan transaksi tanpa uang kas. “Kami berinvestasi besar untuk program tersebut. Kami ingin mendukung upaya pemerintah dalam mengampanyekan cashless society,” tukas Sutji. (kontan)

Market Line

Alfamart Dorong UMKM Goes Online JAKARTA - Alfamart terus mendukung upaya pemerintah untuk melakukan akselerasi pertumbuhan ekonomi, khususnya di ranah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Hingga kini, Alfamart telah memiliki 48.000 UMKM binaan atau biasa disebut Outlet Binaan Alfamart (OBA). Untuk meningkatkan performa mereka, Alfamart menandatangani kerja sama yang memungkinkanOBA menjadi warung online. Bekerja sama dengan PT Digital Artha Media dan PT M Cash Integrasi Tbk, Alfa-

mart menyinergikan seluruh OBA dengan platform Wagon alias Warung Goes Online. Selain itu, OBA di seluruh Indonesia juga diperkuat dengan aplikasi AlfaMikro Application atau AMA. “Melalui kemitraan tersebut, OBA bisa melakukan pemesanan barang secara online ke kami. Mereka bisa pula berjualan Payment Point Online Bank, semisal vocer listrik, pulsa, serta tiket perjalanan,” ujar Property and Small-Micro Business Development Director PT Alfaria Trijaya Tbk, Hans Harischandra Tanuraharjo, Selasa (27/2). (rls/vim)

ADVAN


HOTLINE PUBLIC SERVICE 4

RABU WAGE 28 FEBRUARI 2018

Anda punya keluhan, masalah, usulan atau segala sesuatu terkait pelayanan publik baik di kantor pemerintahan maupun swasta? Sebagai contoh: soal air, listrik, pengurusan administrasi kependudukan, tata kota, fasilitas publik silahkan hubungi kami. Tribun Jogja akan membantu mencarikan solusi melalui pihak-pihak yang berkompeten. Mari jadikan Yogya selangkah lebih baik!

/

Pembuat Hoaks Harus Dihukum Berat SEKARANG ini adalah era dimana media sosial menjadi sarana saling tukar informasi yang sangat cepat. Disamping manfaatnya, ternyata ada pula sisi negatifnya, terutama dari sisi konten. Semua orang dengan modal smartphone bisa membuat konten apa saja. Salah satunya adalah konten bernuansa permusuhan, baik permusuhan bersifat individu, antarkelompok, maupun permusuhan kepada negara. Salah satu yang membahayakan adalah penyebaran konten hoaks bernuansa provokatif yang cenderung memecah belah masyarakat. Salah satu contoh adalah isu adanya kebangkitan PKI yang viral di medsos. Sang pengunggah, menyebarkan informasi bahwa PKI bangkit dan melakukan latihan, lengkap dengan senjata. Padahal ini adalah informasi hoaks karena pengunggah mencomot gambar dari internet yang terjadi di Filipina. Mereka yang tak mau berpikir panjang bisa jadi menganggap informasi itu benar karena kebetulan secara fisik antara orang Indonesia dan Filipina sangat mirip. Ini tentu membangkitkan amarah dan emosi sebagian warga. Sebenarnya sudah banyak yang ditangkap karena penyebaran informasi bohong, tetapi ternyata tidak membuat jera juga. Terbaru Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri bersama Direktorat Keamanan Khusus Badan Intelijen Keamanan mengungkap sindikat penyebar isu-isu provokatif di media sosial. Polisi menangkap sejumlah orang anggota sindikat ini dan salah satunya diduga berprofesi sebagai dosen di sebuah kampus di Yogyakarta. Para pelaku tergabung dalam grup WhatsApp “The Family MCA (Muslim Cyber Army)”. Dalam perkembangannya, polisi juga menangkap 10 orang lainnya. Kita berharap mereka dihukum sesuai perbuatannya dan tidak diselesaikan dengan permintaan maaf, sebab apa yang mereka lakukan sangat mengerikan, terutama bagi orang-orang yang tidak mau berpikir panjang. Menurut pandangan psikologis, ada dua faktor yang dapat menyebabkan seseorang cenderung mudah percaya pada hoaks. Orang lebih cenderung percaya hoaks jika informasinya sesuai dengan opini atau sikap yang dimiliki. Secara alami perasaan positif akan timbul dalam diri seseorang jika opini atau keyakinannya mendapat afirmasi sehingga cenderung tidak akan mempedulikan apakah informasi yang diterimanya benar dan bahkan mudah saja bagi mereka untuk menyebarkan kembali informasi tersebut. Hal ini dapat diperparah jika si penyebar hoaks memiliki pengetahuan yang kurang dalam memanfaatkan internet guna mencari informasi lebih dalam atau sekadar untuk cek dan ricek fakta. Kalau mereka yang tertangkap merupakan jaringan tentu berbahaya karena pasti mereka punya tujuan politik tertentu. Kita berharap hukuman yang diberikan memberikan efek jera kepada orang lain agar tidak menjadikan medsos sebagai sarana menyebarkan hoaks. (***)

PEMIMPIN UMUM: Herman Darmo PEMIMPIN REDAKSI/PENANGGUNG JAWAB: Ribut Raharjo MANAJER PRODUKSI REDAKSI: Ibnu Taufik Juwariyanto MANAJER LIPUTAN: Sulistiono EDITOR SENIOR: Setya Krisna Sumargo STAF REDAKSI: Herman Darmo, Setya Krisna Sumargo, Ibnu Taufik Juwariyanto, Baskoro Muncar, Sulistiono, Agus Wahyu Triwibowo, Iwan Al Khasni, Joko Widiyarso, Iwan Apriansyah Hendy Kurniawan,Ikrob Didik Irawan, Rina Eviana Dewi, Mona Kriesdinar, Obed Doni Ardianto, Muchamad Fatoni, Yoseph Hary Wibowo REPORTER: Siti Ariyanti, Rento Ari Nugroho, Gaya Lutfiyanti, Agung Ismiyanto, Yudha Kristiawan, Pradito Rida Pertana, Amalia Nurul Fathonaty, Hening Wasisto, Riezky Andhika Pradana, Victor Mahrizal, Hari Susmayanti, Hamim Thohari, Kurniatul Hidayah, Septiandri Mandariana, Ikrar Gilang Rabbani PEWARTA FOTO: Bramastyo Adhy, Hasan Sakri Ghozali, Hendra Krisdianto SLEMAN: Panji Purnandaru, Santo Ari Handoko GUNUNGKIDUL: Rendika Feri Kurniawan KULONPROGO: Singgih Wahyu Nugraha BANTUL: Susilo Wahid Nugroho MAGELANG: Azka Ramadhan KLATEN: Angga Purnama TATA WAJAH & GRAFIS: Suluh Prasetyo Aji Pamungkas, Nugroho Saputro, Afifudin, Bayu Rusbianto, Muhammad Fauziarakhman, Yusuf Haryanta, Yoga Hersogama IT: Benny Ma’il bin Izmail, Arif Purnomo SEKRETARIAT REDAKSI: Fembri Nugroho BIRO JAKARTA: Jalan Palmerah Selatan 3 Jakarta 10270 Telepon (021) 5356766 (7618) Faks (021) 5495360:GENERAL MANAGER: Febby Mahendra Putra NEWS PRODUCTION MANAGER: Ade Mayasanto NEWS MANAGER: Yuli Sulistiawan EXECUTIVE EDITOR: Ignatius Prayoga PENERBIT: PT Media Tribun Yogya KOMISARIS UTAMA: Herman Darmo DIREKTUR: Agus Nugroho PEMIMPIN PERUSAHAAN: Agus Nugroho WAKIL PEMIMPIN PERUSAHAAN: Rosa Dharmasari MANAJER IKLAN: Rosa Dharmasari MANAJER KEUANGAN: Ridwan Mulyatno MANAJER PSDM/UMUM: Edy Utama MANAJER SIRKULASI: Edy Utama MANAJER PROMOSI: Sunu Mahata MANAJER PERCETAKAN: Supriyono ALAMAT REDAKSI/BISNIS: Jalan Jenderal Sudirman 52 Yogyakarta, TELEPON dan FAKS: (0274) 564061, EMAIL: tribunjogja@gmail.com WEBSITE: www.tribunjogja.com, ALAMAT PERCETAKAN: Jalan Ring Road Barat Km 8 Yogyakarta, Trihanggo, Sleman. REKENING: BRI, A/N. PT Media Tribun Yogya : 002901001264304, Bank BCA Cab, Sudirman, A/N. PT Media Tribun Yogya: 0373010500, TARIF IKLAN: DISPLAY HAL. 1: Rp. 100.000/mmk, DISPLAY BW: Rp. 22.500/mmk, DISPLAY FC: Rp.45.000/mmk, IKLAN KOLOM: Rp. 10.000/mmk, IKLAN KELUARGA: Rp. 10.000/mmk, IKLAN BARIS: Rp. 25.000/mmk. ISI DILUAR TANGGUNG JAWAB PERCETAKAN

0857 4319 6999 tribunjogja@gmail.com Redaksi Tribun Jogja, Jl. Jend Sudirman no. 52 Kotabaru, Gondokusuman, Yogyakarta

sekedar mengingatkan kembali registrasi ulang kartu hape hari ini hari terakhir ya, segera mendaftar sebelum kartu hangus...

GRAFIS/FAUZIARAKHMAN

Syarat Bikin Akta Lahir TRIBUN saya mau tanya, apa saja syarat untuk membuat akta kelahiran? Terima kasih +628563725xxxx TERIMA kasih atas pertanyaannya, berikut syarat-syarat pengurusan akta kelahiran baru : 1. Mengisi formulia pelapor kelahiran satu lembar 2. Keterangan kelahiran asli dari RS/puskesmas/bidan/lainnya 3. Keterangan kelahiran asli dari kelurahan (saksi diisi dan tandatangan, dilampiri fotokopi KTP saksi) satu lembar

4. Fotokopi buku nikah atau akta perkawinan dilegalisir. Legalisir KUA (untuk muslim), legalisir capil (untuk nonmuslim) satu lembar 5. Fotokopi Kartu Keluarga (anak sudah masuk KK) satu lembar 6. Fotokopi KTP ibu kandung satu lembar 7. Fotokopi KTP bapak kandung satu lembar 8. Fotokopi KTP dan KK pelapor satu lembar. Disdukcapil Kota Yogyakarta

Perubahan Status Sawah ke Pekarangan PAGI TRIBUN. Gimana cara peralihan atau pengeringan sawah untuk dibangun tempat tinggal? Mohon info, ya. +62813014960xxx UNTUK syarat izin perubahan penggunaan tanah (IPPT) adalah sebagai berikut,

-

Fotokopi KTP pemohon Surat kuasa (bila dikuasakan) beserta KTP dan C1 Surat keterangan NPWP SPPT/PBB dan pelunasannya Fotokopi alas hak atas tanah (Sertipikat/Letter C atau yang lainnya)

-

Sket gambar atau tanah yang dimohon Sket rencana penggunaan tanah Sosialisasi masyarakat sekitar atas rencana kegiatan. (nto) BPN Bantul

Layanan SIM Keliling MASYARAKAT yang ingin memperpanjang SIM pada Rabu (28/2) dapat dilayani di Bus SIM Keliling yang dipusatkan di beberapa titik.

SIM Corner Jogja City Mal di mana kedua tempat ini membuka pelayanan dari pukul 10.00 - 15.00

Untuk di wilayah Kota Yogyakarta, Bus Sim Keliling ditempatkan di LPP Yogyakarta, dan Puro Pakualaman. Sementara di wilayah Bantul terdapat di Kantor Kelurahan Tirtonirmolo dan untuk wilayah Sleman, Bus SIM Keliling ditempatkan di Kantor Kecamatan Godean. Adapun pelayanan perpanjangan SIM dibuka mulai pukul 09.00 hingga pukul 12.00.

Adapun persyaratan yang harus disiapkan antara lain : 1. Kartu identitas (KTP/paspor) dan fotokopiannya 2. Membawa SIM asli yang lama 3. Surat keterangan sehat jasmani 4. Biaya perpanjangan SIM C senilai Rp75 ribu dan SIM A senilai Rp100 ribu, sesuai PP PR Nomor 50 tahun 2010.

GUNA menjaga kelancaran pasokan ke tempat pelanggan serta mencegah gangguan padam, maka kami akan melaksanakan pemadaman aliran listrik sementara, pada RABU (28/2/2018) di waktu dan pekerjaan sebagai berikut : Waktu : 09.00 - 12.00 WIB Tujuan/Keperluan : Pemindahan jaringan Unit/Wilayah Kerja : Kota Yogyakarta Lokasi padam : Jl Celeban, Sarjana Wiyata & Sekitarnya Waktu : 09.00 - 12.00 WIB Tujuan/Keperluan : Penjumperan guna layanan perubahan daya Unit/Wilayah Kerja : Kota Yogyakarta Lokasi padam : Komplek AURI, RS Hardjolukito, Janti, Kanoman, Nasmoco & Sekitarnya Waktu : 10.00 - 13.00 WIB Tujuan/Keperluan : Pemindahan dan pemotongan pohon dekat jaringan Unit/Wilayah Kerja : Sedayu Lokasi padam : Pr Alam Asri, Dn Senuko, Dn Klajuran, Dn Gentingan, Dn sentul, pasar Godean, dn Geneng, Dn Ngabangan, dn Curitan, Dn Kunden, dan sekitarnya.

Pembongkaran Recloser, dan pemangkaran jaringan (ROW) Unit/Wilayah Kerja : Wonosari - Kab Gunungkidul Lokasi padam : Dn. Wates Kemiri, Dn. Ngasem Kemiri, Ds. Monggol Saptosari, Dn. Singkil Giring, Dn. Bulu Giring, Dn. Gunungdowo Giring, Dn. Pulebener Giring, Dn. Nangsri Giring, Dn. Tritis Planjan, Dn. Pucung Planjan, Dn. Wuluh Planjan, Dn. Blimbing Planjan, Dn. Sumber Planjan, Dn. Klepu Planjan , Dn. Kranon Kanigoro , Dn. Banjaran Karangasem & Ds. Trowono Saptosari Untuk itu kami mohon maaf kepada para pelanggan atas ketidak nyamanan ini, dan apabila pekerjaan selesai lebih awal, aliran listrik akan dinormalkan kembali tanpa pemberitahuan. Terima kasih.(nto) Humas dan Jaringan PT PLN (persero) Area Yogyakarta Jl. Gedongkuning No. 03 Banguntapan Bantul D.I.Yogyakarta Telp : (0274) 452200 (Office only) Fax : (0274) 452452 (Office only) Facebook : PLN 123 Twitter : @pln_123

Waktu : 10.00 - 13.00 WIB Tujuan/Keperluan :

Kompol Tupar Kasi SIM Ditlantas Polda DIY

Selain Bus SIM keliling, perpanjangan juga dapat dilakukan di SIM Corner Ramai Mal,

Sebagian Yogya, Sedayu, Wonosari Mati Lampu

Ingin Punya Rumah Pangan Kita HALO TRIBUN, saya mau gabung dengan Rumah Pangan Kita (RPK) caranya bagaimana ya, dan keuntungannya apa saja? Terima kasih. +6281384050xxx

karta anda bisa langsung ke Kantor Bulog Divre Yogyakarta, Jalan Suroto No 6, Gondokusuman. Syarat yang diperlukan untuk bergabung RPk sebagai berikut :

2. Surat RT/RW 3. Form permohonan 4. Surat keterangan kelurahan 5. SIUP, NPWP, keterangan domisili 6. Lahan tempat usaha

UNTUK wilayah Yogya-

1. Fotokopi KTP/SIM dan KK

Keuntungan bergabung

Gol A B O AB

WB PRC 7 32 7 69 3 22 3 8

TC 23 32 14 9

Gol A B O AB

WB 30 24 20 13

Gol A B O AB

WB PRC 26 0 20 0 5 0 2 0

TC 0 0 0 0

Gol A B O AB

WB PRC 0 30 0 13 0 24 0 6

TC 0 0 0 0

RPK yaitu : 1. Memperoleh pengasilan tambahan 2. Modal ringan 3. Harga lebih terjangkau 4. Jaminan kualitas produk 5. Barang dikirim langsung ke lokasi

Gol A B O AB

Pelayanan atau aturan yang diberikan terkadang berbeda sesuai dengan daerahnya masing-masing. Anda bisa juga langsung menghubungi call center RPK (081380813819). (*) Bulog Divre Yogyakarta

Subuh Dzuhur Ashar Maghrib Isya’

WB PRC PLMA 8 16 8 20 12 19 10 2

04:20 WIB 11:54 WIB 15:12 WIB 18:07 WIB 19:20 WIB

RSPAU dr. S. Hardjolukito, 444562,

, Denpom IV/2 Yogyakarta, 566103, 623733, puskodal_denpom42@yahoo.co.id, RSU Bethesda Lempuyangwangi, 512257, 588002 RS Condong Catur, (0274) 887494

STASIUN BERANGKAT

Bogowonto

22.00 20.35 20.57 08.57 20.00 08.00 07.00 18.35 17.45 09.08

STASIUN BERANGKAT 17.10 Lempuyangan 15.30 Lempuyangan 14.30 Lempuyangan 18.00 Tugu

Malabar

11.25 21.28 00.30 20.08 08.08 23.32

Logawa

STASIUN BERANGKAT Lempuyangan 14.00 Lempuyangan 18.58

Argowilis Sri Tanjung

STASIUN BERANGKAT Eks Tugu 16.02 Eko Lempuyangan 07.15

Lempuyangan

14.34

Krakatau

Lempuyangan

22.06

Malabar

Tugu Tugu Tugu Lempuyangan

02.06 07.30 20.45 01.35

Lempuyangan

01.12 01.05 03.32 06.45 16.30 08.55

Lempuyangan

07.45

17.00 05.30 09.10 12.15 18.00 07.35 09.57 11.05 14.45 20.15

07.15 10.40 14.00 19.40 05.15 09.25 12.10 13.00 16.10

05.15 16.10 05.50


JOGJA REGION SLEMAN-BANTUL

5

RABU WAGE 28 FEBRUARI 2018

Anak-anak Diminta Cerdas Pakai Gadget BANTUL - Perkembangan dunia teknologi informasi dewasa ini menuntut semua elemen masyarakat pandai dan bijak dalam memanfaatkannya. Tak terkecuali, soal gadget yang sudah tak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari. Hal itu disampaikan Bupati Bantul, Suharsono melalui wakilnya, Abdul Halim Muslih saat acara Gerakan Gadget Aman Dan Ramah Anak di Pendopo Parasamya Bantul, Senin (26/2). “Tak hanya anak-anak dan remaja, tapi semua elemen masyarakat,” kata Abdul Halim. Menurut dia, perkembangan TI yang canggih memak-

sa orang tua, pendidik untuk bisa mengikuti perkembangan tersebut. Karena saat ini, perkembangan TI semakin lengkap mengikuti kebutuhan lintas generasi, bahkan sebagian anak-anak ada yang tidak lepas dengan keberadaan gadget. Jika hal tersebut terjadi pada anak-anak atau remaja dan jika tidak diarahkan ke hal-hal yang lebih baik maka akan berdampak kepada halhal yang sangat buruk. “Untuk itu perlu komitmen bersama antara pemerintah, dunia pendidikan, orang tua serta organissi masyarakat peduli anak,” katanya. (sus)

FOTO BERSAMA

- Gerakan Gadget Aman dan Ramah Anak di Pendopo Parasamya Bantul, Senin (26/2).

TRIBUNJOGJA/BRAMASTO ADHY

BELAJAR LUAR RUANG - Sejumlah pelajar mengunjungi Museum UGM Yogyakarta, Jumat (23/2).

TRIBUN JOGJA/SUSILO WAHID N

Iskandar Minta Tetap Diproses Hukum  Murid SMP N 2 Sanden Dikeroyok Temannya di Kelas

Kami Harus Hati-hati Soal Rekom Rumah MBR SLEMAN, TRIBUN - Perumahan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di Kabupaten Sleman telah dinantikan masyarakat. Pasalnya, program pemerintah pusat tersebut dapat menjadi harapan bagi masyarakat berpenghasilan rendah untuk bisa memiliki rumah pribadi. Namun, masyarakat Sleman mesti bersabar. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman mengaku, berhati-hati terkait rekomendasi lokasi untuk Perumahan MBR. Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sleman, Kunto Riyadi, Selasa (27/2). “Kita pasti melakukan percepatan (Perumahan MBR), tapi kita harus hati-hati. Kasus di Jering, Sidorejo, Godean misalnya, mematangkan lahan tebing kalau nggak hati-hati ada rumah, tebing longsor siapa yang tanggung jawab. Problemnya kan ada gunung dipotong menyisakan tebing jadi harus hati-hati,” tegasnya. “Bukan kami memperlambat (Perumahan MBR), tapi kehati-hatian. Begitu perusahaan

menjamin keamanan, kita berikan rekomendasinya,” timpalnya. Lanjut Kunto, berdasarkan Perbup no 19/2017 tentang Perumahan MBR ada lima kecamatan yang dialokasikan untuk MBR, yaitu Berbah, Prambanan, Seyegan, Moyudan, dan Godean. Sejauh ini, sudah ada beberapa proposal masuk untuk daerah Godean. Meski begitu, lokasi perumahan tak bisa saja bebas di lima kecamatan tersebut, karena juga harus sesuai Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW). “MBR ini sudah jadi kebijakan pemerintah pusat, sejuta rumah. Masyarakat berpenghasilan rendah harganya sudah dipatok jadi tak mungkin kan di (Kecamatan) Depok atau Mlati, karena harga tanah sudah tinggi,” tuturnya. “Alurnya MBR proses rekomendasi ke BKPRD (Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah) selesai kan terus DPMPTT (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu) kemudian naikan ke bupati. Ya kalau izinnya belum ada harusnya nggak mulai,” tuturnya. (app)

Sri Muslimatun

Kenalkan Huruf pada Anak WAKIL Bupati Sleman, Sri Muslimatun, punya cara unik untuk menumbuhkan minat baca pada anak-anak, yaitu melalui mewarnai gambar. Menurutnya, kegiatan mewarnai gambar, prinsipnya sama kegiatan membaca ala anakanak. “Anak-anak akan lebih mudah memahami sesuatu melalui gambar. Anak-anak kan belum kenal huruf. Mereka kenalnya gambar. Maka mereka memaknai gambar itu sebagai suatu kalimat, bisa menjadi rangkaian cerita yang panjang,” jelasnya saat pada acara Lomba Mewarnai Tingkat Taman KanakKanak (TK) se-Kabupaten Sleman, Selasa (27/2), yang bertempat di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman. Muslimatun mengakui, bahwa pembelajaran kepada anak pada awalnya harus dipaksa. “Ada pepatah, awalnya dipaksa, kemudian jadi biasa, kemudian jadi budaya. Dipaksa kan tak harus kasar. Ini kan sebenarnya juga sedang dipaksa, tapi mereka tak tahu kalau dirinya sedang dipaksa,” ucapnya.. (app)

IST

BANTUL, TRIBUN - Nasib naas menimpa seorang siswa SMP N 2 Sanden berinisial FW (15), warga Selo, Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul. FW kini harus menjalani perawatan intensif di RS PKU Muhammadiyah Bantul, karena mengalami gejala gegar otak di kepalanya. Gegar otak FW disebabkan teman sekolahnya sendiri. Dugaan sementara, FW menjadi korban aksi pengeroyokan beberapa teman satu sekolahnya. Aksi pengeroyokan dilakukan di ruang kelas saat jam istirahat pelajaran. Ayah FW, Iskandar mengatakan, awalnya putranya menyembunyikan hal ini. “Rabu (21/2), saya curiga anak saya pulang sekolah, tapi tangannya dimasukkan ke jaket. Saya tanya dia ngaku habis jatuh, tapi dia sudah kelihatan kesakitan dan mengeluh kepala sakit,” kata Iskandar, Senin (26/2). Awalnya Iskandar percaya atas apa yang dikatakan putranya, karena di bagian luar tubuh anaknya nyaris tak ada luka bekas pukulan. Bahkan, baret di tubuh seperti bekas pengeroyokan tidak ditemukan. Hanya saja, ketika bagian tangan dan kepala dipegang FW langsung mengerang kesakitan. Sampai keesokan hari atau Kamis (22/2), perwakilan sekolah datang ke rumah Iskandar, menjelaskan FW dikeroyok murid lain. Sontak, Iskandar dan ibu FW kaget. Perbincangan dengan pihak sekolah mengarah upa-

STORY HIGHLIGHT  Nasib naas menimpa

seorang siswa SMP N 2 Sanden berinisial FW (15), warga Selo, Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul, ia mengalami gejala gegar otak di kepalanya.  Dugaan sementara, FW menjadi korban aksi pengeroyokan beberapa teman satu sekolahnya.  Sadar putranya mendapat perlakuan tak semestinya di sekolah, Iskandar memilih melapor ke Polsek Sanden.

ya damai antara korban dan orang tua siswa lain sebagai bentuk pertanggungjawaban. Iskandar akhirnya me-

nanyai putranya, tentang apa yang baru saja dialami. Akhirnya didapat pengakuan dari FW, bahwa ia baru saja dikeroyok teman beda kelas, tapi masih satu sekolah. “Saya tanya pemicunya karena anak saya senggolan badan dengan murid lain, murid lain itu tak terima,” katanya. Pascamendapati cerita lengkap dari putranya, FW lalu melakukan visum dan rontgen pada esok harinya, Kamis. Hasil keluar pada Jumat (23/2) disertai keterangan dokter, bahwa ada gejala gegar otak di kepala FW. Sejak hari itu sampai hari ini, FW masih terus mendapat perawatan intensif dari rumah sakit. Sadar putranya mendapat perlakuan tak semestinya di sekolah, Iskandar memilih melapor ke Polsek Sanden. “Saya belum tahu perkembangannya seperti apa, yang

jelas saya ingin pelaku diproses secara hukum agar kejadian serupa tidak terulang,” katanya. Belum Jadi Tersangka Aiptu Purwanta, PS Kanit Reskrim Polsek Sanden membenarkan, pihaknya telah mendapat laporan Iskandar dengan kasus korban pengeroyokan. “Laporan sudah kami terima, sedang kita proses guna pendalaman kasus ini sesuai prosedur,” kata Purwanta. Dijelaskan Purwanta, petugas sudah mengumpulkan keterangan dari orang tua korban berikut melihat kondisi korban di RS. Perkembangan terbaru pada Senin lalu, lima murid terduga pelaku pengeroyokan sudah dimintai keterangan. Meski demikian, pihak kepolisian belum menentukan tersangka dan masih akan melihat hasil pengembangan kasus. (sus)

Disdikpora Selidiki ke Sekolah DINAS Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bantul menerima laporan pengeroyokan diduga mengakibatkan pelajar SMP N 2 Sanden mengalami luka serius, Senin (26/2). Proses penyelidikan segera dilakukan dengan mendatangi langsung ke pengelola sekolah. Kepala Disdikpora Bantul, Didik Warsito mengatakan, pihaknya sudah menugasi Kabid SMP Disdikpora Bantul untuk mengkonfirmasi ikhwal permasalahan ini. “Prinsipnya kita akan konfirmasi kejadian ini ke sekolah. Benar tidaknya dan seperti apa gambaran pastinya,” ujar Didik ditemui di kantornya. Sejauh ini, dinas akan mengikuti alur proses penyelesaian, karena masalah ini masih ditangani pihak sekolah. Meski demikian, secara kontinyu Disdikpora Bantul akan terus memantau sampai sejauh mana perkembangannya. Mengingat, masalah ini sudah sampai ke ranah kepolisian.

“Karena sudah masuk tindakan kriminal, jadi menjadi tanggung jawab kepolisian terkait pengusutan kasus ini. Sementara kita akan melakukan kajian mengapa hal ini bisa terjadi, terutama ke sekolah supaya menjadi bahan evaluasi kita agar hal seperti ini tak terjadi lagi,” kata Didik. Kepala sekolah, guru, maupun pihak terkait akan diajak diskusi terkait masalah ini. Didik menyoroti bagaimana efektifitas sekolah dalam mendidik moral dan karakter siswanya selama ini. Pasalnya, moral dan karakter termasuk unsur spiritual di dalam siswa adalah kunci perilaku mereka. Juga orang tua siswa, menurutnya, punya peranan sangat penting untuk mendidik karakter putra-putri mereka. “Jadi soal pembentukan karakter siswa ini sebenarnya saling tersinergi, bukan hanya dari sekolah tapi juga dari keluarga dan lingkungan, makanya ini jadi renungan bersama,” katanya. (sus)

Selama Empat Hari Warsito Makan Rumput, Bunga dan Minum Air Hujan (2-habis)

Dwi Meyakini Doanya Didengar Tuhan Dwi Indri Astuti, isteri Warsito meyakini, doanya didengar Yang Maha Kuasa. Pada hari keempat akhirnya ia mendapat kabar menggembirakan dari Tim Penyelamat.

P

ADA hari keempat tersebut, ia merasakan suatu hal sebagai pertanda suaminya akan ditemukan pada hari Minggu siang oleh Tim Penyelamat. “Feeling saya kok langitnya cerah banget, semoga ini pertanda baik. Ternyata benar, pukul 13.00, saya diberitahu bahwa suami saya ditemukan, rasanya senang sekali,” ujarnya. Setelah menunggu hingga malam hari, akhirnya Tim Penyelamat berhasil membawa turun Warsito dengam tandu

karena Warsito dalam kondisi sangat lemah. “Alhamdulillah suami kembali dengan selamat, hanya luka di telapak kakinya karena tak pakai sandal, lainnya nggak ada,” katanya. Menurut Dwi, saat pertama kali ia bertemu suaminya setelah empat hari, Warsito masih terlihat kebingungan dan lemas. Warsito sempat bercerita kepadanya, soal apa yang dialami selama ia menghilang dan bagaimana caranya bertahan hidup. Dwi mengakui, bahwa apa

yang diceritakan suaminya terdengar di luar akal sehat. Namun, kenyataan berkata demikian. Menurut Dwi, suaminya memiliki ketakutan jika berada sendirian di tempat asing dan sama sekali belum memiliki pengalaman dalam mendaki gunung. “Pengakuannya, selama 4 hari disana hanya makan kembang dan tanaman rumput, minumnya air hujan. Ngakunya pengen pulang tapi ketutup kabut, jadi naik lagi dan sempat tidur di kawah, karena hangat. Mungkin nemu jalan pulang, karena mujadahan pada hari ketiga itu,” tuturnya. Saat ditemukan, Warsito tak

menggunakan sandal jepit. Selain itu, handphone dan dompetnya juga tak ditemukan. “Sepertinya kita nggak akan ke sana lagi. Dari kejadian kemarin, kedepannya kami punya keinginan untuk memperbaiki ibadah,” ujarnya. Warsito sempat menjawab beberapa pertanyaan Tribun Jogja. Warsito mengungkapkan, ia memang berkeinginan untuk jalan-jalan ke arah utara untuk menyendiri dan menikmati alam di daerah tersebut. Disinggung mengenai kebenarannya berjalan hingga kawah dan sempat tidur di sekitar kawah, ia menilai bahwa hal itu dilakukannya bukan tanpa

TRIBUN JOGJA/PRADITO RIDA PERTANA

BAHAGIA - Dwi Indri dan Warsito tersenyum lega. alasan. “Saya dua kali naik turun sampai kawah, tidur di bawah tebing yang ada di kawah.

Anget di situ (Kawah), jadi tidur di situ,” katanya dengan nada lirih. (Pradito Rida Pertana)


JOGJA REGION KULONPROGO-GUNUNGKIDUL

6

RABU WAGE 28 FEBRUARI 2018

Sebagian Lahan Pertanian Rusak Akibat Badai Cempaka Mulai Pulih

Dinas Akui Tak Mampu Pulihkan Lahan Terkelupas Dampak badai cempaka yang terjadi di Kabupaten Gunungkidul tak hanya merusak infrastruktur, namun juga lahan pertanian. Kendati demikian, sebagian besar lahan pertanian mulai pulih dan dapat ditanami lagi.

K DOK. TRIBUN JOGJA

MULAI TANAM - Lahan pertanian yang rusak akibat badai

Cempaka mulai bisa dipulihkan.

EPALA Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul, Raharjo Yuwono mengatakan, kerusakan lahan pertanian yang diakibatkan badai cempaka mencapai 48 hektar. Ia menuturkan, kerusakan lahan paling banyak terjadi di lahan pertanian di sekitar daerah aliran sungai Oyo yang mengalami kerusakan parah. “Lahan pertanian banyak yang

rusak, terkelupas, tergerus aliran banjir,” ujar Yuwono, Selasa (27/2). Yuwono mengatakan, meski mengalami kerusakan, kini sebagian lahan pertanian tersebut telah pulih. Petani pun dapat menanam lagi di lahan pertanian miliknya. Pemkab Gunungkidul pun memberikan bantuan benih kepada petani agar dapat produksi pertanian terus berjalan. “Sebagian besar lahan pertanian kini sudah bisa ditanami lagi

Pengurus Gapoktan Sari Bumi, Gelaran I, Bejiharjo, Karangmojo, Sutarno berharap, pemerintah dapat menindaklanjuti kerusakan lahan pertanian yang terjadi di daerahnya. Ia mengatakan, lahan pertanian terkelupas, sehingga dibutuhkan dana tak sedikit untuk memulihkannya. “Kami berharap bantuan pemerintah, karena tak mampu juga untuk menangani sendiri,’ ujarnya,. Sutarno mengatakan, sebagian besar petani tak memiliki asuransi untuk lahan pertaniannya. Mereka pun menderita kerugian besar, akibat kerusakan yang disebabkan badai cempaka. (rendika ferri k)

juga. Kita juga sudah beri bantuan benih padi dan jagung,” ujarnya. Yuwono menambahkan, dana pemulihan berasal dari swadaya masyarakat. Melalui dana itu, lahan pertanian yang rusak dipulihkan lagi sedikit demi sedikit. Sementara lahan yang rusak hingga terkelupas diluar kemampuan Dinas, karena membutuhkan anggaran besar. Kondisi tersebut sudah dilaporkan ke Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). “Dana swadaya dari masyarakat juga besar. Mereka dapat secara cepat pulih. Tindak lanjutnya, lahan yang rusak parah, kami koordinasikan ke Bappeda,” ujarnya.

Sudiarjo Harus Perbarui Nomor KK

„„ Banyak Warga Gunungkidul Gagal Daftarkan Kartu Selulernya GUNUNGKIDUL, TRIBUN Warga Kabupaten Gunungkidul ramai-ramai mendatangi gerai layanan seluler untuk mendaftarkan nomor telepon selulernya jelang hari terakhir pendaftaran ulang nomor seluler, Selasa (27/2). Diantaranya Sudiarjo, warga Desa Wonosari, Kecamatan Wonosari. Ia datang ke gerai sebuah operator seluler sedari pagi pukul 08.00 untuk mengurus nomor selulernya, yang gagal dilakukan registrasi. “Saya sudah mengirim SMS untuk registrasi. Sudah beberapa kali, namun ada balasan bahwa registrasi tak dapat dilakukan alias gagal. Saya pun mencoba mengurus ke Gerai Seluler,” ujar Sudiarjo, Sebelumnya, dirinya juga datang ke gerai seluler untuk mengurus kegagalan registrasi ini. Namun, pihak penyedia layanan seluler meminta kepada Sudiarjo untuk mengurus NIK yang diketahui bermasalah. Ia pun mencoba mengkonfirmasi masalah ini kepada Disdukcapil Kabupaten Gunungkidul. Permasalahan yang terjadi akibat Nomor Induk Kepegawaian (NIK) miliknya yang didaftarkan tak cocok dengan data yang ada di server milik Disdukcapil. “Dari Dukcapil saya diminta untuk memperbarui. Bisa disebabkan KK yang lama tak kami perbarui, sehingga NIK

STORY HIGHLIGHT zz Sudiarjo, warga Desa

Wonosari datang ke gerai operator seluler sedari pagi pukul 08.00. zz Ia harus ke Disdukcapil Kabupaten Gunungkidul untuk memperbarui Kartu Keluarga. zz CS sebuah gerai seluler di Kecamatan Wonosari, Linda mengatakan, rata-rata warga belum mengetahui cara registrasi. yang kami miliki tak dapat diregistrasi,” ujarnya. Seusai dilakukan pembenahan NIK, ia pun kembali datang ke gerai seluler. Registrasi kartu seluler miliknya pun dapat diproses. Sudiarjo mengatakan, tahapan registrasi dinilainya rumit dan sulit. Terlebih, saat data NIK yang ada tak cocok dengan data yang ada pada server Disdukcapil. “Saya merasakan kesulitan harus mondar-mandir bolakbalik ke Dukcapil ke Gerai. Kami harapkan, pendaftaran dilakukan dengan cara lebih mudah,” ujarnya. Lain halnya Suharjono, warga Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul yang hingga kini belum mendaftarkan kartu selulernya. Ia baru

saja mengetahui, jika tinggal sehari waktu pendaftaran. “Saya, bahkan tak paham kalau jatuh temponya itu besok. Nanti, saya segera lakukan registrasi,” ujarnya. Warga Belum Tahu Caranya Sementara pegawai Customer Service (CS) sebuah gerai seluler di Kecamatan Wonosari, Linda mengatakan, antrean warga untuk mengurus registrasi kartu seluler beberapa hari ini banyak. Ratarata warga masih belum mengetahui cara registrasi. Mereka juga mengalami kegagalan dan masalah dalam registrasi kartu seluler akibat NIK ataupun Kartu Keluarga yang bermasalah. “Banyak yang masih belum mengerti. Ada juga yang mengalami kegagalan. Kami pun berikan pelayanan khusus untuk registrasi kartu seluler,” ujarnya. Linda mengatakan, registrasi untuk nomor lama sudah selesai dilaksanakan sejak Oktober 2017 lalu. Sementara untuk nomor baru, registrasi dilaksanakan hingga Rabu (28/2). Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada pelanggan agar dapat segera mendaftarkan nomor selulernya, dengan begitu kartu seluler tetap dapat digunakan. “Silakan segera registrasikan kartu anda,” ujarnya. (rfk)

Wirausaha Muda Pamer Karya KULONPROGO - Pameran karya wirausaha muda digelar di Pengasih, Selasa (27/2). Sebanyak 25 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dari Kulonprogo dan Bantul pamer karya pada pameran tersebut. Pameran yang berlangsung hingga Rabu (28/2) ini menampilkan banyak pelaku usaha muda bidang kuliner, jasa, dan suvenir. Kesemuanya merupakan binaan organisasi Child Fun Indonesia melalui program Girl in Action on Developing Inner Selver (GADIS). Wakil Bupati Kulonprogo, Sutedjo menilai, keberadaan UMKM penting bagi perekonomian Kulonprogo. Berstatus sebagai satu diantara wilayah tingkat kemiskinan tertinggi di DIY, UMKM bisa menyerap tenaga kerja muda, mengatasi kemiskinan, dan pemerataan distribusi dan kesejahteraan. “UMKM bisa menjadi penopang persoalan ekonomi masyarakat,” kata Sutedjo saat membuka pameran tersebut. Program diharapkannya mampu mengembangkan potensi keterampilan dan kemandirian pemuda untuk mencapai tujuan pembangunan. Yaitu, mencetak pemuda beriman dan berakwa, sehat, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, berdaya saing, berjiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan. (ing)

Ribuan Tanah SG Tak Bersertifikat GUNUNGKIDUL - Diantara 4.000 bidang tanah Sultanaad Ground (SG), baru 800 bidang tanah yang telah memiliki sertifikat. Sisanya, masih belum memiliki bukti kepemilikan yang sah. “Di Gunungkidul ada 4.000 bidang tanah SG, sebagian kecil saja yang memiliki sertifikat tanah,” ujar Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Gunungkidul Winaryo, Selasa (27/2). Winaryo mengatakan, pihaknya mengalokasikan Rp1.890.700.000 untuk sertifikasi 750 bidang tanah SG di Gunungkidul. Pihaknya menargetkan dapat selesai pada 2018. “Kita gunakan alokasi Pemerintah DIY yang bersumber dari Dana Keistimewaan,” ujarnya. Lanjut Winaryo, untuk pengurusan sertifikasi SG ditargetkan selesai pada 2020 mendatang. Guna mempercepat proses itu, maka mulai 2018 pengurusan ditingkatkan dari awalnya sekitar 300an bidang menjadi 750 bidang per tahun. “Untuk tahun ini, sertifikasi tanah SG difokuskan lahan yang ada di kawasan pesisir,” ujarnya. Winaryo mengatakan, penerbitan sertifkat tanah SG dilakukan atas persetujuan Keraton Yogyakarta. Pemkab Gunungkidul berkoordinasi dengan Pemerintah Desa untuk pendataan dan proses sertifikasi tanah. Sementara Kepala Badan Perencaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gunungkidul, Sri Suhartanta mengatakan, total tahun ini ada anggaran Rp30 miliar untuk bidang keistimewaan, baik kebudayaan, pertanahan dan tata ruang hingga kelembagaan. “Danais juga digunakan untuk penerbitan rekomendasi pemanfaatan tanah SG untuk kas desa,” ujarnya. (rfk)

TRIBUN JOGJA/RENDIKA FERRI K

RAMAI - Suasana sebuah gerai seluler di Kecamatan Wonosari yang didatangi warga untuk pendaftaran kartu seluler, Selasa (27/2).

Disdukcapil Siap Bantu NIK Bermasalah KEPALA Disducapil Kabupaten Gunungkidul, Eko Subiantoro mengatakan, sejumlah penyebab memicu kegagalan dalam melakukan registrasi. NIK yang belum dikenali akibat pindah kependudukan. “Kegagalan registrasi kartu seluler bisa disebabkan KK sudah kedaluwarsa. KK yang ada tak diperbarui sejak 2012 lalu, sehingga NIK tak dikenali”

ujar Eko, Selasa (27/2). Dikatakannya, masyarakat yang pindah kependudukan juga membutuhkan waktu seminggu hingga dua minggu agar nomor induk kependudukannya dapat dikenali server SIAK di pusat. Karena itu, pihaknya meminta masyarakat yang masih memiliki KK diatas tahun 2012, agar segera mengurus pembaruan Kartu Keluarga, termasuk kepengurusan administrasi pindah penduduk.

“Registrasi kartu seluler menyisakan waktu beberapa hari kedepan. Sehingga, masyarakat dapat tetap menggunakan kartu selulernya,” ujarnya. Hingga hari terakhir pendaftaran, pihaknya pun masih membuka masyarakat yang masih mengalami keluhan terkait administrasi kependudukan yang menyebabkan kegagalan registrasi kartu seluler. (rfk)

Erwandi Nyolong Demi Angsuran Motor KULONPROGO, TRIBUN - Himpitan ekonomi kerap mendorong orang untuk pendek akal dan mengambil jalan pintas. Kondisi itulah yang memicu kenekatan Erwandi (41), berusaha menggondol isi kotak infak di sebuah masjid di Panjatan. Akibat aksi tak terpujinya itu, warga Baledono, Purworejo, Jawa Tengah ini kini harus berurusan dengan polisi. Saat beraksi di Masjid Baitussalam Pedukuhan IV Depok, Panjatan, 24 Februari 2018 lalu, takmir masjid bernama Paryono memergokinya. Upaya Erwandi melarikan diri hingga jarak 500 meter berakhir pahit, karena polisi bersama warga berhasil membekuknya. Kapolsek Panjatan, AKP Gunardi Tejamurti mengatakan, pelaku dalam modusnya menggunakan sebuah kawat yang di ujungnya telah dipasangi lakban dengan posisi perekat di sebelah luar. Kawat besi itu, lalu digunakan

untuk mengambil uang infak jamaah masjid melalui celah lubang kotak infak tersebut. Beruntung, takmir masjid melihat gelagat mencurigakan dari pelaku dan kemudian memergokinya saat sedang beraksi. “Kebetulan takmir tinggal di sebelah masjid dan mengetahui kedatangan pelaku. Kejadian saat itu sekitar pukul 08.00 dan masjid dalam keadaan sepi tanpa kegiatan ibadah,” kata Gunardi, Selasa (27/2). Dari pemeriksaan polisi, pelaku diketahui telah 12 kali melakukan aksi serupa di sejumlah masjid wilayah Panjatan (10 kali), Karangwuni Wates (sekali), dan Purwodari (sekali). Bersama pelaku diamankan pula satu unit sepeda motor matik AA 6853 DV, helm hitam serta tas punggung yang digunakan pelaku untuk menyimpan lakban dan kawat alat aksinya. Erwandi mengaku, nekat mencuri uang infak untuk membayar cicilan sepeda motornya yang

TRIBUN JOGJA/SINGGIH WAHYU N

TEPERGOK MENCURI - Erwandi diamankan petugas Polsek Panjatan. sudah menunggak hingga dua bulan. Ia mengaku, butuh uang Rp200.000 untuk menggenapi setoran cicilan tersebut sehingga berniat mencuri. Sudah sejak Januari 2018 lalu aksi itu dilakukannya dengan hasil paling banyak Rp75.000 dalam

satu jam beraksi. “Dulu pernah lihat orang ngambil uang infak pakai kawat begitu, lalu saya praktikkan sejak Januari. Uangnya dikumpulkan untuk tambahan bayar cicilan motor,” jelas mantan karyawan sebuah koperasi di Purworejo ini. (ing)


JATENG SQUARE 7

RABU WAGE 28 FEBRUARI 2018

Istri Korban Kecewa Putusan Hakim „„ Pembunuh Driver Taksi Online Divonis 9 dan 10 Tahun SEMARANG, TRIBUN - Ratusan orang hadir dalam sidang vonis dua terdakwa pembunuhan sopir taksi online, Deny Setiawan, yang digelar terbuka untuk umum. Puluhan anggota dari Polrestabes Semarang dan Brimob Polda Jateng disiagakan untuk mengamankan jalannya sidang, Selasa (27/2). Kedua terdakwa yakni IB dan DI divonis berbeda oleh hakim tunggal Sigit Widodo. Terdakwa IB divonis 10 tahun penjara, sedangkan terdakwa DI divonis sembilan tahun penjara. Keduanya mendengarkan putusan hakim secara terpisah. Putusan tersebut sesuai dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Semarang. Hal yang dianggap memberatkan untuk terdakwa IB yakni perbuatannya dianggap sadis dan kejam, meresahkan masyarakat, saat memberikan keterangan berbelit-belit dan belum ada permohonan maaf dari terdakwa maupun keluarganya kepada keluarga korban. “Hal meringankan tidak ada,” kata hakim. Sedangkan hal memberatkan untuk terdakwa DI perbuatannya sadis dan kejam serta meresahkan masyarakat serta belum adanya permohonan maaf dari terdakwa ke keluarga korban. “Hal meringankan yakni terdakwa mengakui

STORY HIGHLIGHTS zz Dua terdakwa pembu-

nuh driver taksi online, Deny Setiawan, divonis berbeda, 9 dan 10 tahun zz Istri korban merasa kecewa dengan putusan zz Kuasa hukum terdakwa akan berkonsultasi dengan pihak keluarga terdakwa untuk upaya kemungkinan banding. perbuatannya, kooperatif, dan keluarga terdakwa DI bersedia memberikan bantuan bulanan sebesar Rp 1 juta setiap bulan kepada keluarga korban,” jelasnya. Atas putusan ini, masing-masing kuasa hukum kedua terdakwa menyatakan masih pikir-pikir. Hal sama juga disampaikan tim dari Kejari Semarang yang menangani perkara itu. Mereka menyatakan pikir-pikir terhadap putusan hakim tersebut. Kecewa Sementara itu, Istri korban Deny Setiawan, Nur Aini, menitikkan air mata mendengar putusan hakim. Nur Aibi duduk sembari menggendong buah hatinya yang masih berumur tiga bulan. Setelah sidang, kepada awak media Nur Aini mengaku kecewa atas putusan hakim itu. Meski kecewa, namun Aini mengatakan akan berusaha tabah dan menerima pu-

tusan itu. “Sebenarnya kecewa mas, tapi karena ini hukumannya sudah maksimal saya cuma bisa menerima. Saya berusaha ikhlas,” kata Aini berurai air mata. Aini berharap kejadian serupa tak terjadi lagi. Sedangkan kuasa hukum terdakwa IB, Windy Arya Dewi, mengatakan, putusan hakim ini telah mengesampingkan Undang-undang Sistem Peradilan Pidana Anak (UU SPPA), karena tidak adanya hal-hal yang meringankan terdakwa. “Perkara anak wajib dilaksanakan dengan pendekatan restorative justice atau keadilan yang memulihkan. Bukan dendam atau penjeraan,” kata Windy. Menurut Windy, hukuman penjara merupakan pilihan paling akhir apabila tidak ada cara lain yang lebih baik. “Apapun yang dilakukan anak, mereka adalah anak anak. Bukan kriminal, bukan penjahat. Berdasarkan pasal 2 UU SPPA, kepentingan terbaik anak, perampasan kemerdekaan dan pemidanaan sebagai upaya akhir. Ini juga diatur dalam konvensi Hak Anak pasal 37 (b),” bebernya. Kuasa hukum lainnya, Jogi Panggabean, menyatakan pihaknya masih akan berkonsultasi dengan keluarga terdakwa IB terkait upaya hukum banding. (tribun jateng/ lyz)

- Istri korban pembunuhan, Nur Aini menangis setelah mengikuti sidang putusan di Pengadilan Negeri (PN) Semarang, Selasa (27/2).

Keluarga Terdakwa Belum Minta Maaf

DUA terdakwa pembunuhan sopir taksi online divonis sesuai dengan tuntutan jaksa, yakni 9 dan 10 tahun penjara oleh hakim tunggal Sigit Widodo. Satu di antara hal yang dianggap memberatkan para terdakwa yakni belum adanya permintaan maaf dari keluarga kedua terdakwa kepada keluarga korban. Terkait permintaan maaf itu, istri kor-

Ketua DPR Bambang Soesatyo Sampaikan Duka yang Mendalam

Mensos Naik Trail Tinjau Bencana Longsor Brebes Presiden Jokowi telah memerintahkannya untuk langsung turun ke bawah melihat penanganan bencana sekaligus memberikan bantuan kepada korban.

K

duk untuk meminta keterangan dari Bupati Brebes, Idza Priyanti; Kodim 0713/Brebes, Lektol Inf Ahmad Hadi Hariono; dan Kapolres Brebes, AKBP Sugiarto soal bencana alam yang telah merenggut 11 korban jiwa itu. Dari posko induk, mereka menuju ke lokasi longsor yang berjarak sekitar 400 meter menggunakan motor trail. Bambang Soesatyo naik motor trail dengan membonceng Ketua DPD Golkar Brebes, Teguh Turmudi. Sedangkan Idrus Marham dan Agung Widyantoro mengendarai sendiri motor berukuran tinggi itu. “Saya sebagai Ketua DPR TRIBUN JATENG/MAMDUKH ADI P TINJAU - Mensos Idrus Marham naik motor trail meninjau RI menyamlangsung lokasi longsor di Desa Pasirpanjang, Kecamatan paikan duka cita mendalam Salem, Brebes, Selasa (27/2/20181). ETUA DPR RI Bambang Soesatyo, Menteri Sosial, Idrus Marham, dan anggota DPR RI Komisi IV, Agung Widyantoro meninjau lokasi bencana longsor di Desa Pasirpanjang, Kecamatan Salem, Brebes, Selasa (27/2/20181). Sebelum ke lokasi longsor, mereka meninjau posko in-

TRIBUN JATENG/RADLIS

MENANGIS

kepada para korban dan keluarga yang ditinggalkan,” kata Bambang Soesatyo. Tanggap Darurat Bamsoet, panggilannya, menuturkan bencana longsor telah menelan banyak korban. Korban yang ditemukan sementara berjumlah 11 orang. Yang memprihatinkan lagi, kata dia, ada tujuh orang yang diduga belum ditemukan atau diketahui. “Terus berdoa kepada Allah SWT agar pencarian di hari keenam ini mendapatkan hasil. Dan korban yang hilang bisa ditemukan,” ujar politisi Golkar itu. Ia menegaskan, UU No 24 Tentang Penanggulangan Bencana memungkinkan pemerintah bisa mengeluarkan anggaran untuk penanganan bencana dalam waktu tanggap darurat ini. Sementara, Idrus Marham, menuturkan pemerintah pusat turut berbela sungkawa kepada korban bencana longsor itu. “Sebagai anak bangsa, kami merasa prihatin atas bencana ini. Tentu, Kementerian Sosial telah mengambil langkah- langkah terkait penanganan bencana ini,” kata Idrus. Ia menegaskan Presiden Jokowi telah memerintahkannya untuk langsung turun ke bawah melihat penanganan bencana sekaligus memberikan bantuan kepada korban. (tribun jateng/mam)

ban Deny Setiawan, Nur Aini, mengatakan hingga saat ini belum ada satupun keluarga korban yang mendatanginya untuk meminta maaf. Padahal, Aini mengaku dia dan keluarganya membuka pintu untuk keluarga para terdakwa datang meminta maaf. “Silakan datang ke rumah kami, kami buka lebar pintu untuk minta maaf. Alamat kami jelas, kami selalu di rumah. Silakan datang, kami tidak

akan berbuat yang tidak-tidak, apalagi anarkis,” kata Aini seusai sidang. Meski mengaku membuka pintu maaf, namun Aini merasa kecewa atas putusan hakim tersebut. Sebab, perbuatan kedua terdakwa sangat sadis dan kejam. “Tapi itu sudah maksimal, saya akan berusaha ikhlas meski jujur kecewa dengan putusan hakim,” ungkapnya. (tribun jateng/lyz)

Ibu Fitri Bantah Anaknya Punya Utang KEHILANGAN putri tercinta masih dirasakan oleh Sumiyati, ibunda Fitri Anggraeni. Fitri yang masih berusia 24 tahun itu harus tewas secara tragis di tangan Didik Ponco (28). Saat Tribunjateng.com kembali mendatangi rumah korban, di Desa Margosari, Limbangan, Kendal, Selasa (27/2), suasana duka masih menyelimuti keluarga tersebut. Sumiyati menceritakan bahwa Eni sapaan Fitri Angraeni berencana untuk membeli sepeda motor baru. Namun naas. Impian tersebut harus terkubur dalam-dalam lantaran dirinya tewas dibunuh oleh suami teman dekat korban. “Sebe-

lum ia pergi dijemput oleh Didik hari Jumat (16/2). Anak saya membagikan uang kepada adik-adiknya. Sisa dari uang itu rencananya ingin membeli motor baru,” ujarnya. Sumiyati membantah apabila anaknya memiliki hutang kepada Didik. Sumiyati mengatakan justru hasil jerih payah anaknya selama ini selalu diberikan sebagian untuk Didik. Seperti diberitakan sebelumnya, Polres Kendal menemukan sesosok mayat di dalam bak mandi yang telah dicor berlapis-lapis. Penemuan mayat Fitri Anggraeni ini usai petugas menangkap pelaku, Didik Ponco yang juga merupakan pelaku aksi-aksi pembegalan. (tribun jateng)


8

ACADEMIA RABU WAGE 28 FEBRUARI 2018

Perpustkaan UII Raih Akreditasi A „„ Gedung dan Sarana Prasarana Masih Kurang YOGYA, TRIBUN - Perpustakaan Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta kembali berhasil meraih predikat Akreditasi A. Raihan ini didapatkan setelah Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, berdasarkan evaluasi Lembaga Akreditasi Perpustakaan, menetapkan Perpustakaan UII Yogyakarta menunjukkan kesesuaian terhadap Standar Nasional Perpustakaan. Sertifikat Akreditasi tertanggal 10 Januari 2018 dengan No: 00042/LAP. PT/I.2018 tersebut berlaku selama tiga tahun ke depan. Disampaikan Direktur Perpustakaan UII Yogyakarta, Joko Sugeng Prianto, raihan Akreditasi A ini menjadi sebuah prestasi yang patut untuk disyukuri. “Perpusatakaan Nasional menilai seluruh perpustakaan di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke dengan standarisasi khusus yang selektif. Kami bangga dengan capaian ini karena tentu tidak mudah memperolehnya,” ujarnya, kemarin. Dikatakan Joko Sugeng Prianto, komponen penilaian yang diajukan oleh tim penilai meliputi banyak hal seperti layanan, kerjasama, koleksi, pengorganisasian bahan perpustakaan, sum-

PRESTASI KAMPUS zz Perpustakaan UII kembali meraih Akreditasi A.

zz Ini didasarkan evalu-

asi Lembaga Akreditasi Perpustakaan zz Komponen penilaian meliputi layanan, kerjasama, koleksi, pengorganisasian bahan perpustakaan, sumber daya manusia perpustakaan, anggaran, gedung dan ruang serta sarana prasarana, manajemen perpustakaan hingga perawatan koleksi perpustakaan. zz Kapasitas gedung dan ruang masih kurang ber daya manusia perpustakaan, anggaran, gedung dan ruang serta sarana prasarana, manajemen perpustakaan hingga perawatan koleksi perpustakaan. “Dalam aspek koleksi Perpustakaan UII memenuhi standar, begitupun dengan pengorganisasian bahan dan menajemen perpustakaan. Namun, Perpustakaan UII masih kurang pada aspek gedung atau ruang dan sarana prasarana,” ungkapnya. Menurut dia, standarnya gedung perpustakaan itu harus sebanding dengan jumlah mahasiswanya.

Kalau di UII, dengan jumlah mahasiswa yang ada standarnya harus mencapai 10.000 meter persegi, namun saat ini masih 7.000 meter persegi. “Hal ini memang menjadi pekerjaan besar karena harus bergantung pada anggaran dan ketersediaan berbagai elemen. Namun kami berharap akan ada perkembangan ke depannya,” imbuhnya Disamping itu, seperti disampaikan Joko Sugeng Prianto, Perpustakaan UII mempunyai keunggulan dalam bidang sumber daya perpustakaannya. Tercatat tujuh orang pustakawan telah lulus uji kompetensi langsung dari Perpustakaan Nasional. Selain itu juga pengorganisasian bahan perpustakaan yang sudah berbasis teknologi informasi yang membantu dalam integrasi seluruh layanan. Jaringan Sistem Informasi Perpustakaan (Simpus) UII juga membantu meningkatkan layanan kepada publik untuk memberikan informasi koleksi. “Kami mempunyai e-Journal yang cukup memadai. Namun, sampai saat ini belum digunakan secara optimal oleh civitas akademika UII,” terangnya. (owi)

Museum Gelar Pelatihan Kuratorial MUSEUM Pendidikan Indonesia (MPI) UNY menyelenggarakan kolokium nasional kuratorial museum dan seni, Selasa-Rabu (2728/2). MPI UNY mengundang para motivator museum sebagai pembicara, dan dilanjutkan pelatihan penulisan kurator. Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 170 orang kurator museum seIndonesia, dosen dan mahasiswa S1 dan S2. Kepala MPI UNY Hajar Pamadhi mengatakan, perkembangan budaya yang berspektrum luas perlu dijembatani secara arif melalui penelitian, pengkajian dan penulisan artefak. Ia menyebut, kegiatan ini untuk menguatkan kemampuan para kurator sekaligus apresisasi

agar mampu membaca perkembangan budaya khususnya artefak yang berisi ideofak dan sosiofak yang terjadi pada masa lalu, sekarang dan yang akan datang. “Intinya adalah saling berbagi pengalaman kuratorial artefak,” kata Hajar Pamadhi Sementara itu Rektor UNY, Sutrisna Wibawa, berpesan agar peserta dapat belajar berbagai hal dari masa lalu. Ia berharap peserta dapat mengembangkan diri dalam workshop kepenulisan kurasi karya artefak sekaligus menjembatani kesenjangan pemahaman terhadap artefak dan mengembangkannya dalam kuratorial museum secara tepat. (nto)

Kampus Flash FKKMK Lantik Ners Baru

UGM - Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM Yogyakarta melantik 86 Ners baru, Selasa (27/2). Pada pelantikan Ners baru ini, sebanyak 8 Ners meraih IPK Profesi 4.00 yakni Ardhy Kartika Dewi, Ayuningtyas Satya Lestari, Hanif Alisa Ardhya, Lintang Prabaningrum, Nyoman Martana, Redita Elva Fiolita, Wahyu Nitari dan Dionita Rani Karyono. Sedangkan untuk IPK Gabungan tertinggi diraih oleh Ayuningtyas Satya Lestari dengan IPK 3.96. Dekan FKKMK UGM, Ova Emilia menuturkan, sebelum dilantik, para Ners baru ini te-

lah menjalani serangkaian ujian profesi “Sebelum dilantik mereka sudah melaksanakan ujian profesi. Ujiannya nasional, jadi uji kompetensi itu ada tertulis dan praktik,” paparnya kepada Tribunjogja.com Dengan menyandang gelar Ners ini, ia berharap mereka memiliki komitmen yang tinggi mengenai profesi yang akan digeluti. Selain itu ia juga berharap, nantinya para Ners baru ini dapat bersaing di era global dengan tenaga medis lain. Ova menambahkan, pelantikan ini merupakan awal dari perjalanan sebagai Ners. Untuk itu, dirinya berpesan agar menjadikan pegangan etik profesi sebagai pegangan para Ners baru. (era)

SD Pangudi Luhur Borong Juara

SD PANGUDI LUHUR - Pekan lalu, SD Pangudi Luhur berhasil meraih berbagai prestasi di antaranya, juara 3 Festival Tari Kreasi Baru dan Klasik se-DIY dan Jawa Tengah, juara 1 Tari Klasik Tunggal di Alana Hotel, juara 2 Olimpiade Matematika di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta, juara 1 dan 3 lomba mewarnai Festival Rohani Anak di SMAN 3 Yogyakarta dan harapan 1 Festival Drum Purwacaraka. Selain itu, sebanyak 17 siswa-siswi SD Pangudi Luhur berhasil meraih medali Platinum, Gold, Silver dan Bronze pada lomba Sains dan Matematika yang digelar di Grand Sarila, Minggu (25/2) kemarin.

Kepala SD Pangudi Luhur Ida Ristiani berharap, ke depan semakin banyak siswa SD Pangudi Luhur yang menorehkan prestasi baik akademik maupun non akademik. “Kami mengapresiasi hasil kerja siswa, dengan mengikuti lomba, maka akan menggali potensi mereka,” papar Ida ketika ditemui, Senin (26/2). Menurutnya, untuk mengetahui potensi yang dimiliki oleh siswa adalah dengan mengikuti berbagai perlombaan. Ida berharap, melalui prestasi yang telah diraih oleh siswa dapat memacu semangat siswa lainnya untuk turut berprestasi dibidang akademik maupun non akademik. (era)

TRIBUN JOGJA/HASAN SAKRI

PELEPASAN TIM

- Rektor UNY, Sutrisna Wibawa dan Director Human Resources Shell Indonesia, Rozainbahri Noor, menyemangati perwakilan mahasiswa Indonesia yang akan bertanding dalam ajang Shell Eco-Marathon Asia 2018 di Hotel Tentrem, Kota Yogyakarta, Selasa (27/2). Sebanyak 26 tim dari beberapa universitas di Indonesia akan bertanding di Singapura pada 8-11 Maret mendatang.

Mahasiswa Indonesia Yakin Rebut Juara SLEMAN, TRIBUN - Berlokasi di Ballroom Hotel Tentrem Yogyakarta, selasa (27/2) Shell Indonesia resmi melepas tim mahasiswa Indonesia dalam ajang Shell Eco-Marathon 2018 yang akan diselenggarakan di Singapura. Dalam pelepasan tim tersebut hadir sembilan dari 26 tim Indonesia yang akan berpartisipasi dalam ajang bergengsi tahunan yang dihelat awal maret mendatang ini. Shell Indonesia memperkenalkan sembilan dari 26 tim mahasiswa Indonesia yang akan berpartisipasi di Shell Eco-marathon Asia 2018.

Kesembilan tim tersebut adalah Tim Garuda UNY Eco Team dari Universitas Negeri Yogyakarta, Tim Semar Urban UGM Indonesia dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Tim Semar Proto UGM Indonesia dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Tim Bengawan Team 1 dari Universitas Sebelas Maret, Solo, Tim Bengawan Team 2 dari Universitas Sebelas Maret, Solo, Tim Pandawa dari Universitas Negeri Semarang, Semarang, Tim Mesin Polnep Diesel Team dari Politeknik Negeri Pontianak, Pontianak, Tim Wasaka dari Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin dan Tim Mesin UM

Pontianak dari Universitas Muhammadiyah, Pontianak. “Kami berharap tim mahasiswa Indonesia kembali dapat mencetak prestasi yang membanggakan di ajang Shell Eco-marathon Asia dan mampu masuk ke Drivers’ World Championshsip – Regional Asia 2018. Semoga antusiasme dan pencapaian tim mahasiswa Indonesia bisa memberikan inspirasi bagi anak muda lainnya untuk berkontribusi dalam menciptakan teknologi di bidang mobilitas dan energi,” tutur Darwin Silalahi, President Director & Country Chairman PT Shell Indonesia. (wsn)

Lomba Mewarnai di Detasemen Hanud 474 Paskhas

Anak-anak Dikenalkan Dunia Dirgantara Anak-anak itu semangat mewarnai. Mereka berasal dari berbagai PAUD dan TK di Bantul dan Sleman.

R ISTIMEWA

SEMANGAT - Anak-anak semangat mengikuti lomba mewarnai.

atusan anak PAUD dan TK seKabupaten Bantul dan Sleman mengikuti lomba mewarnai, bertempat di Lapangan Denhanud 474 Paskhas Yogyakarta, Minggu, (25/2). Lomba itu digelar Pia Ardya Garini Pengurus Ranting 05-02/G.IV Detasemen Hanud 474 Paskhas, bekerja sama dengan Dinas Pariwisata DIY, Dinas Pendidikan DIY, BRI Katamso, TBM “Mata Aksara” Sleman, Tupperware, Morinaga, Annisa Griya

Muslim. Ketua Pia Ardya Garini Pengurus Ranting 05-02/G.IV Detasemen Hanud 474 Paskhas sekaligus Ketua Panitia, Euis Stiyowati Fajar mengatakan, bahwa lomba ini mengambil tema “Menanamkan jiwa cinta Tanah Air dan udara sejak dini”. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk mendekatkan antara keluarga besar Korps Baret Jingga Pasukan Khas TNI AU dengan masyarakat luas, sehingga akan terjalan sinergi-

tas dan kerjasama yang baik. Anak-anak diharapkan dapat mengembangkan kreativitas, serta mencari bibit yang berbakat dalam bidang mewarnai dan melatih kemandirian serta percaya diri. “Anak-anak dapat lebih mengenal bidang kedirgantaraan dan memiliki jiwa cinta Tanah Air,” papar Eus. Sementara Komandan Detasemen Hanud 474 Paskhas Letkol Pas Fajar Ardi Kriswanto, menambahkan, event lomba mewarnai ini merupakan kali pertama sejak ada Denhanud 474 Paskhas. Kemudian, lomba ini lebih jauh mempunyai

tujuan yaitu untuk memperkenalkan anak-anak usia dini mengenal dunia kedirgantaraan, oleh karenanya gambar yang diwarnai berupa alutsista TNI AU seperti pesawat, terjun payung, dan sebagainya. “Selain itu, kami juga menampilkan beberapa alutsista TNI AU yaitu Smart Hunter, sehingga masyarakat luas bebas untuk menikmati dan melihat lebih dekat, itulah sesuai arahan dari Panglima TNI bahwa TNI harus merakyat, bahkan kita harus bisa melindungi, dan mengayomi,” Papar Letkol Pas Fajar Ardi Kriswanto. (tantowi alwi)


G S SIPI GOSIPI RABU WAGE 28 FEBRUARI RABU, 28 FEBR FEBRUARI 2018 2018

Tidak Cocok Nyanyi Lagu Dewa

MARION JOLA

TODAY LINE

219

MARION Jola, di mata Bunga Citra Lestari (BCL), menunjukkan totalitas saat menyanyikan lagu "Pupus" milik Dewa yang diciptakan oleh Musisi Ahmad Dhani. "Ada dramanya, rasanya aku dapat," ucap Unge, sapaan akrab BCL.

Namun, Unge merasa masih ada sesuatu yang kurang dari penampilan gadis asal Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), itu. "Roh lagu ini hilang dengan cara kamu nyanyikan lagu ini," timpal Ari Lasso. Menurut eks vokalis Dewa 19 itu, Marion sebenarnya bisa

menaklukkan lagu "Pupus". Asalkan, lanjut dia, tidak ragu saat menyanyikannya. Maia Estianty juga setali tiga uang. Menurutnya, Marion tidak cocok menyanyikan lagu bernuansa melankolis itu. "Identitas kamu enggak di sini," tegas Maia. (bay/wly)

GUGAT CERAI ISTRI D

I tengah perjuangannya melawan penyakit ginjal, diam-diam musisi Abdee Negara (49) mengajukan permohonan talak ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Abdee mengajukan permohonan talak atau mengajukan perceraian terhadap istrinya, Anita Desy Farida ke Pengadilan, pada 5 Oktober 2017 lalu. Kabid Humas Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Jarkasih mengatakan bahwa gitaris grup band Slank ini hanya mengajukan permohonan talak saja. "Sejauh ini hanya permohonan talak saja, tidak ada yangg lain. Selebihnya ermohonan talak yah materi pokok permohonan sih. formil," kata Jarkasih. kan permohonan Setelah mengajukan ngatakan bahwa talak, Jarkasih mengatakan Abdee hanya hadir saat mediasi (peraupun mediasi tidak damaian) saja, walaupun aktu yang bersamadilakukan dalam waktu

an dengan sang istri. "Selama ini, beliau (Abdee) sudah ada lawyer atau kuasa hukum. Sebenarnya itu tidak masalah, karena lawyer itu wakil dari saudara Abdee. Abdee juga sudah hadir saat mediasi," ucapnya. Mengenai ajuan permohonan talak, tidak ada permintaan harta gono gini dan lain-lain. Jarkasih menegaskan Abdee hanya mengajukan talak saja dan tekadnya sudah bulat. Beredar kabar bahwa Abdee menceraikan Anita, dikarenakan dirinya sudah pasrah terhadap penyakit ginjalnya yang sudah diderita Abdee, selama dua tahun belakangan ini. "Hanya cerai saja dan sudah bertekad berpisah. Soal hal lain ada dalam formil berkas permohonan talak," ujar Jarkasih. (ari/wly)

DIRECT POIN • Ajukan permohonan talak JEPRIMA WD

• Istri ogah dicerai • Mediasi gagal

Bisnis Kuliner di Batam ARTIS dan desainer Oki Setiana Dewi kembali mengembangkan bisnis kulinernya, setelah ia dan sang adik, Ria Ricis membuka usaha kuliner yang bernama Ayam Ok-Cis. Oki pun membuka bisnis kuliner baru yang bernama Batam Olehlo, di mana toko pertamanya ia buka di kampung halamannya, Batam. Istri dari Ory Vitrio itu mengatakan, ia membuka Batam Olehlo, ketika dirinya pulang kampung untuk tausiah di Masjid Darussalam, Perum Kurnia Djaja, Batam Kota, yang dihadiri ribuan warga Batam. "Saya juga melaksanakan grand launching toko oleholeh kue nya, Batam Olehlo. Pastinya senang sih bisa buka bisnis baru lagi," kata Oki Setiana Dewi. Batam Olehlo sendiri beralamat di Kompleks Ruko Tunas Bizpark Blok B Nomor

23A Tunas Industrial Park Batam Center. Membuka bisnis kuliner kue, kata Oki, karena masyarakat Batam sangat suka dengan kue, sehingga ia n mengambil kesempatan dan peluang untuk menambah pundi-pundi tabungannya. ter "Dikarenakan juga karakter masyarakat Indonesia yang suka membawa oleh-oleh setiap bepergian dari manamana," katanya. h "Batam Olehlo artinya tuh h Oleh Oleh Lo atau Oleh Oleh untuk kamu," katanya. Bisnis kue rupanya tidak an hanya baru kali ini dilakukan ka Oki. Ia pun sempat membuka a toko kue bernama Surabaya Patata dan Medan Parpar. "Oki lahir dan besar di n. batam sampai usia 16 tahun. am Begitu besar kenangan batam dalam dirinya. Tiap sudut kota punya cerita. Selain ga karena putri daerah, Oki juga

ingin mengangkat pariwisata kota Batam yang aku tau betul terus bertumbuh dari tahun ke tahun," katanya. Oki mengatakan, mengenai jenis dan bentuk kue nya, ia menjelaskan bahwa kuenya berbentuk creamy pie yang lezat jika digigit. Mengenai rasanya, Oki memiliki varian rasa. Dari lo avocado, lo tiramisu, lo banana caramel, lo chocolate, dan lo stawberry. "Kisaran Harga mulai dari Rp. 55.000," kata Oki Setiana Dewi.(ari/wly)

JEPRIMA WD

ISTRI OGAH DICERAI PERDAMAIAN (mediasi) Pasangan selebritas Abdee Negara (49) dan Anita Desy Farida, rupanya tidak membuahkan hasil meskipun sudah ditengahi oleh mediator pengadilan. Sehingga, perceraian yang diajukan oleh Abdee kepada Anita, berlangsung dengan agenda berikutnya, hingga sampai pengajuan duplik dari pihak termohon. Kabid Humas Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Jarkasih menjelaskan bahwa mediasi yang dilakukan antara musisi serta gitaris grup band Slank itu dan Anita gagal. "Pastinya mediasi sudah gagal. Karena agenda persidangan terus berlanjut," kata Jarkasih. Mediasi yang dilakukan rupanya bukan dijalani oleh Abdee dan Anita secara bersamaan. Jarkasih menjelaskan bahwa mereka melakukan sistem kaukus, atau melakukan mediasi yang tidak dihadiri secara bersamaan. "Keduanya hadir mediasi, namun tidak bersamaan waktunya. Karena itu, perkara ini kalau dilanjutkan berarti mediasi itu tudak mencapai perdamaian," ucapnya.

"Sistem mediasi kami ada yang namanya kaukus ya. Jadi dipanggil satu-satu dan diminta apa pendapatnya, serta bagaimana keinginannya. Baru nanti disatukan dibuatlah garis tengahnya untuk mencapai perdamaian," tambahnya. Namun, Jarkasih tidak menampik bahwa Anita tidak mau bercerai dari Abdee, tanpa memberitahukan apa alasannya. "Iyah tetap mempertahankan. Biar nanti termohon (Anita) menguatkan alasannya dalam pembuktian saja," terangnya. Pengadilan Agama Jakarta Selatan kembali menggelar persidangan cerai antara musisi dan gitaris Abdee Negara dan Anita Desy Farida. Usai persidangan, kuasa hukum Abdee dan Anita juga enggan memberikan keterangan seputar perceraian mereka. Agenda persidangan cerai Abdee dan Anita, beragendakan duplik dari pihak termohon (Anita), yang sebelumnya pihak pemohon cerai (Abdee) sudah mengajukan replik. "Perkara cerai talak diajukan oleh saudara Abdee melawan is-

trinya, saudari Anita hari ini memasuki agenda duplik. Jadi prosesnya sudah cukup panjang mulai dari pembacaan permohonan kemudian jawaban kemudian replik dan duplik ini, jadi ini jawaban dari pihak termohon, istrinya saudara Abdee," jelasnya seraya mengatakan persidangan pihak Abdee dihadiri oleh kuasa hukumnya, Tauk SH dan pihak termohon dihadiri oleh prinsipal, Anita. Lanjut Jarkasih, agenda berikutnya yakni pembuktian dari pihak termohon dan pemohon pada 12 Maret 2018, di depan majelis hakim. "Pembuktian nanti ada pembuktian secara tertulis dan saksisaksi. Semua alasan-alasan yang bisa memback up, serta mendukung dalil-dalil permohonan saudara Abdee," tuturnya. Mengenai gugatan permohonan talak Abdee, Jarkasih tidak bisa memberikan penjelasan lebih lanjut karena sudah masuk ke dalam materi pokok persidangan. "Intinya yang jelas hanya gugatan perceraian saja," ujar Jarkasih.(ari/wly)

JEPRIMA WD

OKI SETIANA DEWI

JEPRIMA WD

MAIA ESTIANTY

Lucu Lihat Foto Jadul BARU-baru ini artis musik Maia Estianty mengunggah sebuah foto lawas di akun Instagram-nya, @maiaestiantyreal. "Kan memang ngumpulin foto masa lalu kan memang hal yang lucu buatku buat di-upload," kata salah satu juri Indonesian Idol season 9 itu. Maia mengatakan foto itu dikirim dari rekannya yang masih menyimpan foto milik-

nya. Namun Maia membantah yang dilakukan itu untuk bernostalgia. Maia mengatakan foto itu dikirim dari rekannya yang masih menyimpan foto miliknya. Namun Maia membantah yang dilakukan itu untuk bernostalgia. Ia menjelaskan, tiba-tiba ada seorang temannya mengirim foto lamanya. Ia pun mengunggahnya ke Instagram sebab ia sendiri tidak menyimpan foto itu.

"Ada yang kirim ke aku lewat Whatsapp. Loh... lucu banget foto ini. Aku upload kembali karena aku enggak simpan foto itu," tutur Maia. Dalam foto itu Maia terlihat masih sangat muda. Ia mengenakan bandana putih. "It was 21 years ago. Culun banget hahaha #maiaestianty #maiaestiantymuda #youngme #diarymaia #masihmuda," tulis Maia pada keterangan foto.(kps/wly)


INTER-NASIONAL 10

RABU WAGE 28 FEBRUARI 2018 ANTARA/UMARUL FARUQ

BERAS IMPOR THAILAND -

Pekerja mengangkut beras impor dari Thailand di gudang Bulog Divre Jatim, Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur. Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan telah menerbitkan izin impor beras sebanyak 500.000 ton kepada Perum Bulog dengan tujuan untuk menstabilkan harga.

KPU Dianggap Mengada-ada  Larangan Gambar Tokoh Nasional Tak Memiliki Dasar

Raja Salman

JAKARTA, TRIBUN - Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Pareira tidak setuju larangan memasang gambar tokoh nasional yang bukan pengurus aktif partai dalam alat peraga kampanye. Menurutnya larangan tersebut tidak mendasar dan terkesan mengadangada. Hugo mengatakan setiap partai memiliki petimbangan dalam memasang gambar tokoh dalam alat peraga kampanye. Partai tidak mungkin memasang gambar tokoh yang tidak memiliki keterkaitan dengan partai. Menurut Hugo, PDIP pasti memasang gambar tokoh

Perempuan Boleh Menjadi Tentara RAJA Arab Saudi Salman, Senin (26/2/2018) merombak beberapa perwira tinggi militer kerajaan. Gulf Daily News melaporkan, beberapa wakil menteri yang mulai goyah juga digantikan oleh pejabat muda di bidang ekonomi dan keamanan utama. Beberapa deputi baru di kementerian terkait ekonomi dan keamanan serta beberapa wali kota baru juga ditunjuk, termasuk Tamadur bin Youssef Al Rama sebagai wakil menteri buruh, sebuah jabatan yang langka diberikan kepada seorang perempuan. Raja Salman juga melakukan pengangkatan tiga deputi gubernur dari kalangan keturunan Pangeran Ahmed, Talal dan Muqrin, saudara Raja Salman. Salah satu dari mereka merupakan wakil gubernur baru provinsi Asir, Pangeran Turki bin Talal, yang merupakan saudara dari triliuner Pangeran Alwaleed bin Talal. Alwaleed ditahan dalam pemberantasan korupsi dan baru dibebaskan bulan lalu. Kerajaan Arab Saudi terus melakukan reformasi kebijakan. Negara tersebut untuk pertama kalinya membuka kesempatan bagi perempuan bergabung dengan militer untuk menjadi tentara. Lowongan militer untuk perempuan dibuka di 7 area berbeda, termasuk Riyadh, Mekkah, Madina, Al Qusaim, Asir, dan Al Bahah. Kendati perempuan tidak terlibat dalam pertempuran, namun mereka diberi kesempatan untuk bekerja di bidang keamanan. Sejak Pangeran Mohammed menjadi putra mahkota, Saudi yang dikenal konservatif perlahan-lahan mulai mengarahkan diri menjadi negara moderat. (gdn/kompas. com)

Saya kira bagus-bagus saja ya. Mungkin maksudnya, ini kan namanama besar, jangan sampai disalahgunakan dan tercoreng nama mereka. “Sebagai kader, tentunya beliau (Jokowi) menjadi ikon. Aneh kalau itu pun diatur dan dilarang. Kalau partai ingin menggunakannya se-

Kenegarawanan Jangan Direduksi KETUA DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily menyatakan, partainya tidak keberatan larangan pemasangan gambar tokoh nasional yang bukan pengurus parpol dalam alat peraga kampanye. “Para tokoh bangsa itu bukan hanya milik partai tertentu atau golongan tertentu saja tetap sudah milik semua elemen bangsa,” ujar Ace. Ia mengaku, bisa memahami aturan KPU ter-

sebut. Selain sudah dibahas di Komisi II DPR, tujuan adanya aturan KPU tersebut juga dinilai sangat baik. “Para tokoh bangsa itu jangan direduksi kenegarawanannya untuk calon kepala daerah. Bagaimanapun mereka sudah diakui kebesarannya oleh negara,” kata Ace. Ia kemudian menegaskan bahwa Golkar akan mengikuti aturan yang berlaku. (fik/fit/kps)

bagai ikon, ya silakan. Nanti rakyatlah yang memutuskan untuk pilih atau tidak,” katanya. “Seharusnya pemasangan gambar tokoh tidak perlu diatur, karena tidak relevan dengan prinsip pemilu yang bebas,” imbuhnya. Tidak Substansial Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon juga tak setuju larangan pemasangan gambar tokoh nasional yang bukan pengurus parpol dalam alat peraga kampanye. Menurutnya, aturan itu tidak substansial. Meski demikian, ia melihat aturan tersebut bisa diterapkan jika bertujuan agar sosok tokoh-tokoh tersebut tidak disalahgunakan dan mengakibatkan tercorengnya nama mereka. “Saya kira bagus-bagus saja ya. Mungkin maksudnya, ini kan nama-nama besar, jangan sampai disalahgunakan dan tercoreng nama mereka,” ujar Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan. (fik/fit/kps)

Tentara India dan Pakistan Saling Tembak IST

Sebuah Desa di Italia Ingin Merdeka

SEBORGA hanya sebuah desa di wilayah barat laut Italia yang secara administratif adalah bagian dari Provinsi Imperia, tak jauh dari perbatasan dengan Perancis. Namun, desa seluas 14 kilometer persegi dan berpenduduk tak sampai 400 jiwa ini memiliki keistimewaan yaitu keinginan untuk merdeka dan menjadi sebuah negara independen. Mereka sudah memiliki kepala negara, pemerintahan, mata uang, kartu identitas warga, hingga pasukan penjaga perbatasan. Keinginan untuk merdeka ini bukan omong kosong karena warga Seborga mengklaim mereka memiliki bukti sahih yang menunjang tuntutan tersebut. Pada 1963, seorang warga Seborga ber-

yang memiliki hubungan sejarah dan mempunyai relasi yang kuat. “Hal-hal seperti itu seharusnya tidak perlu diatur karena menjadi berlebihan kalau KPU mengaturnya,” kata Hugo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, (27/2). Hugo juga mempertanyakan larangan tidak boleh memasang gambar presiden atau wapres. Padahal, presiden ataupun wakil presiden yang sedang menjabat merupakan kader partai politik. Misalnya saja Presiden Joko Widodo yang kader PDIP dan Wapres Jusuf Kalla yang merupakan tokoh Partai Golkar.

nama Giorgio Carbone mengklaim, berdasarkan sebuah dokumen dari arsip Vatikan, di abad pertengahan Seborga merupakan milik Pangeran Vetimiglia. Carbone bersikukuh, pada 954, Seborga menjadi hak milik para biarawan Benediktin dari biara Santo Onorato di Lerins. Dan pada 1079, kepala biara ini kemudian diangkat menjadi seorang pangeran oleh Kekaisaran Roma dengan kekuasaan meliputi wilayah Seborga. Untuk menunjukkan keseriusan keinginan merdeka, pada 1963 rakyat Seborga mengangkat Giorgio Carbone sebagai kepala negara dengan gelar Giorgio I, Pangeran Seborga. (kompas.com)

KASHMIR, TRIBUN - Militer India dan Pakistan saling menembakkan persenjataan artileri di wilayah sengketa, Sabtu (24/2/2018) lalu. Insiden tersebut memaksa ratusan orang menyelamatkan diri dan memanaskan perjanjian gencatan senjata kedua negara yang telah terjaga selama 15 tahun. Dilaporkan petugas kepolisian Kashmir di India, belum diketahui pemicu terjadinya pertempuran di sektor Uri, di tempat yang disebut “garis kontrol”, yang membagi wilayah muslim Himalaya. Ketegangan antara kedua negara disebut telah meningkat sejak serangan terhadap sebuah kamp militer India yang

menimbulkan enam korban tewas dari pihak tentara India. Pemerintah India menyalahkan Pakistan untuk serangan mematikan tersebut dan berjanji bakal melancarkan serangan balasan. Dilansir dari The Independent, pengawas polisi Imtiaz Hussain mengatakan, peluru artileri yang ditembakkan oleh tentara Pakistan jatuh di wilayah Uri, memaksa ratusan penduduk desa melarikan diri dari rumah mereka. Setelahnya, pasukan India membalas serangan dengan menembakkan artileri mereka. Melarikan Diri Disampaikan seorang perwira India, ini adalah tembakan artileri pertama India

IST

MENGUNGSI

- Warga Khasmir mengungsi setelah terjadi baku tembak antara tentara India dengan Pakistan.

sejak perjanjian gencatan senjata di sepanjang wilayah perbatasan pada 2003. Hussain mengatakan, otoritas Pakistan telah membuat pengumuman dari sebuah

masjid yang menyarankan kepada warga desa yang berada di sekitar “garis kontrol” untuk melarikan diri karena situasi yang memburuk. (kompas.com)

Polisi UEA Tutup Kasus Kematian Aktris Legendaris India

Sridevi Diterbangkan Pesawat Milik Konglomerat India Berdasarkan peraturan di UEA, kematian di luar rumah sakit harus diselidiki secara menyeluruh, bahkan kematian yang wajar sekalipun.

K IST

KASUS DITUTUP - Sridevi dan suaminya Boney Kapoor saat

menghadiri sebuah acara. Kasus kematian Sridevi ditutup dan dinyatakan sebagai kematian yang wajar.

EPOLISIAN Dubai menutup penyelidikan terhadap kematian aktris legendaris India Sridevi, Selasa (27/2/2018). “Hasil otopsi menunjukkan kematian aktris India disebabkan tenggelam tidak sengaja setelah kehilangan kesadaran. Kasus ini sudah ditutup,” Dubai Media Centre mengumumkan melalui Twitter. Seperti dikutip dari Hin-

dustan Times, jenazah Sridevi sudah diserahkan ke Konsulat India dan keluarga dan diterbangkan ke India setelah proses pembalseman selesai. Saat ini suami Sridevi, Boney Kapoor, ditemani putranya dari pernikahan terdahulu, Arjun Kapoor, untuk mengurus pemulangan jenazah ratu film Bollywood tersebut. Sebuah pesawat milik perusahaan konglomerat India Anil Ambani sudah disiapkan

untuk membawa pulang jenazah Sridevi ke Mumbai. Pemakaman Sridevi diperkirakan akan dilangsungkan pada Rabu (28/2/2018) di Pawan Hans di Mumbai. Diselidiki Kepolisian ubai, Uni Emirat Arab (UEA) sebelumnya menyelidiki penyebab kematian aktris legendaris Sridevi. Ia meninggal di kamar mandi di kamar hotel nomor 2201 di Jumeirah Emirates Towers, Dubai, Sabtu (24/2/2018). Sridevi, disebut meninggal akibat tenggelam secara tidak sengaja, menurut hasil otopsi

di Dubai. Sebelumnya diberitakan, Sridevi (54) meninggal akibat serangan jantung. Disebutkan pula bahwa ada jejak alkohol dalam tubuh Sridevi. “Penyelidikan masih dilakukan untuk mengetahui kondisi ketika kecelakaan itu terjadi karena otopsi hanya menyebut dia meninggal akibat tenggelam,” kata seorang pejabat kepolisian Dubai kepada Gulf News. Kamar Disegel Saat ini polisi masih meminta keterangan karyawan hotel dan orang-orang, ter-

masuk suaminya Boney Kapoor, yang bersama Sridevi di kamar hotel saat peristiwa terjadi. “Ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab setelah melihat hasil otopsi. Karena itu kami harus menyelidiki kembali kasus ini,” kata seorang pejabat kepolisian Dubai seperti dilansir Times of India. Berdasarkan peraturan di UEA, kematian di luar rumah sakit harus diselidiki secara menyeluruh, bahkan kematian yang wajar sekalipun. (gulfnews/kompas. com)


TRIBUN BUFFER 11

RABU WAGE 28 FEBRUARI 2018

Sejumlah Pegawai Terpaksa Dirumahkan „„ Pengawasan Minim Akibatkan Calo Leluasa Beroperasi YOGYA, TRIBUN - Tersendatnya proses alihkelola Terminal Giwangan dari Pemkot ke Pemerintah pusat yang mengakibatkan terminal terkesan tak terawat ditanggapi oleh Anggota Komisi B DPRD Kota Yogyakarta, Nasrul Khoiri. Menurutnya, sejak awal seharusnya pemerintah Kota Yogyakarta melakukan upaya lebih serius untuk mempertimbangkan terlebih dahulu atau meminta diskresi khusus kepada pemerintah pusat kaitannya dengan pengambil alihan operasional Terminal Giwangan. Pasalnya, kata Khoiri, alihkelola tersebut mengakibatkan beberapa hal yang jelas-jelas merugikan pemerintah Kota Yogya. Pertama, penghitungan aset dan sebagainya yang sampai saat ini belum juga terselesaikan. Kedua, bagaimanapun juga keberadaan Terminal Giwangan sebagai salah satu tambahan penghasilan pendapatan asli daerah (PAD) haruslah dipertimbangkan. “Tahun ini kirakira ada PAD sekitar Rp1 miliar yang kemudian tidak bisa dipungut,” bebernya. Masalah lainnya, Pemkot terpaksa merumahkan sekian banyak karyawan yang sebelumnya beraktifitas sebagai saran pendukung aktifitas terminal, yang hingga kini kondisi mereka tidak bisa mempunyai pekerjaan lain. Selain itu, proses pengambil alihan operasional yang tidak mulus mengakibatkan wajah kota Yogyakarta bagian selatan terkesan semrawut. “Kita bisa melihat

Kita bisa melihat sekarang di terminal yang masa transisi ke pemerintah pusat. Beberapa kendala teknis, kerusakan dan sebagainya tidak bisa diperbaiki karena Pemkot merasa bukan sudah tanggung jawabnya lagi. sekarang di terminal yang masa transisi ke pemerintah pusat. Beberapa kendala teknis, kerusakan dan sebagainya tidak bisa diperbaiki karena Pemkot merasa bukan sudah tanggung jawabnya lagi,” tegasnya. Khoiri menambahkan, beberapa aspek itu sejak awal sudah disampaikan ke pemkot kota Yogyakarta. “Kalau pentaannya sudah kelar gak papa ditarik pengelolaannya oleh pemerintah pusat,” tegasnya. Calo tiket Masalah lain yang bisa jadi muncul karena ketidakjelasan pengelola ini adalah semakin merebaknya calo tiket di terminal tersebut. Keberadaan calo ini membuat penumpang yang jengah dengan kondisi terminal semakin merasa tak nyaman. Ketidakjelasan pengelolaan terminal itu diperkirakan juga berdampak pada kurangnya pengawasan

dan ketertiban di terminal sehingga calo bebas berkeliaran. Tak sulit menemui keberadaan mereka. Begitu sampai pintu masuk, sejumlah calo biasanya sudah menunggui. Setiap kali ada calon penumpang yang hendak masuk ke terminal, mereka dengan sigap mendekat dan mengarahkan penumpang itu ke tempat penjualan tiket. Tidak hanya penumpang yang kesal dan dibuat jengkel dengan keberadaan calocalo tiket ini. Sebab, penjual tiket di lantai dua pun dibuat mati kutu dengan banyaknya calo-calo yang beroperasi di terminal. Sebut saja Melati, agen tiket bis di salah satu ruko di terminal Giwangan yang jengkel dengan banyaknya calo yang beroperasi. Pasalnya, di saat penjualan tiket bis tengah lesu seperti sekarang ini calo-calo ini tetap nekat meminta komisi. Padahal, kata Melati, calon penumpang rata-rata tidak datang sendiri ke agen-agen tiket, namun para calo ini nekat menguntiti calo penumpang seolah-olah merekalah yang mencarikan penumpang. “Jengkel mas liat mereka sliwar-sliwer. Wong jelas-jelas penumpang itu datang sendiri, kok nekat mereka itu (calo) nututi di belakang. Setelah sampai sini biasanya mereka terus ngode minta jatah,” ungkap wanita paruh baya ini. Dari pengakuan Melati, calo-calo ini biasanya meminta setengah dari pendapatan penjualan tiket. “Kalau satu tiket saya cuma untung Rp 10 ribu, kena calo dipotong Rp 5 ribu. Kalau sepi seperti ini terus saya dapet uang berapa,” ujar Melati meratap. (sis/ais)

LAWAS-

Pengunjung melihat poster film yang dipamerkan dalam ‘Film At The Museum’ di Museum Pendidikan Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta, Selasa (27/2).

TRIBUNJOGJA/BRAMASTO ADHY

Bisa Bernostalgia zz Sambungan Hal 1

Pelayanan Pajak ini sengaja datang untuk menyaksikan film-film lawas, sekaligus ingin mengetahui rupa rupa di museum pendidikan. “Ini ajang nostalgia bagi kami. Film film perjuangan juga menarik untuk disaksikan kembali. Dan tentu saja, keberadaan museum pendidikan ini perlu diapresiasi oleh masyarakat luas,” ujar Rini yang bersiap menonton film Tjoet Nja’Dhien bersama dua rekan lainnya. Di kesempatan yang sama, Elisabeth Sri Widayanti, Duta Museum Pendidikan Indonesia UNY menuturkan, melalui pameran ini diharapkan mereka para penggemar film bisa menyaksikan lagi film dari berbagai era, termasuk industri periklanannya. “Selain pameran dan nobar, kami juga menggelar kolokium, seminar nasional dan workshop soal museum sebagai rangakaian acara ini,” ujar Elis. Industri iklan Lanjut Elis, di pameran kali ini dihadirkan perjalanan industri periklanan yang tak bisa lepas dari sebuah film. Era periklanan film Indonesia dimulai dari pra kemerdekaan. Film cerita pertama yang dibuat di nusantara adakah Loetoeng Kasaroeng, mulai diputar pada tahun 1950. Ada lebih dari 100 film cerita domestik yang diedarkan. Dari beberapa contoh yang dihadirkan di pameran ini,

terlihat bahwa iklannya cukup beragam, ada yang menggunakan dua bahasa seperti iklan Roekihati (1940), ada yang murni berbahasa Indonesia Melayu, seperti iklan Djantoeng Hati (1940). Ada yang kualitas cetaknya cukup bagus, seperti halnya iklan Air Mata Iboe (1941). Dan ada pula yang tampaknya dicetak dengan sangat murah, seperti halnya iklan Marjan Berbisik (1940). “Dalam iklan periode ini, biasanya pada pemain disebutkan dengan nama pemain utama ditulis dalam huruf lebih besar daripada nama para pemain pendukung. Nama perusahaan kerapkali juga disebutkan. Namun nama sutradara dan para pekerja film cenderung tidak dicantumkan,” ujar Elis. Lanjut Elis, mengingat bahwa corak musikal sangat dominan musik terutama jumlah lagu, seperti dalam iklan, sering digunakan untuk menarik perhatian para penonton. Pada iklan selebaran biasanya disediakan ringkasan cerita yang dimaksud untuk memancing penonton. Selama film cerita beredar di Nusantara, ada iklannya. Pada awalnya film asing mulai diputar di tanah air, iklan yang paling awal muncul adalah iklan dalam koran, baik yang berbahasa Belanda maupun yang berbahasa Indonesia Melayu. “Baru beberapa lama kemudian muncul iklan film dalam bentuk lain, misalnya selebaran. Salah

satu contoh dicetak tahun 1909. Iklan ini menawarkan dalam dua bahasa lima film pendek yang hendak diputar Wilhelmina Bioscope, Semarang. Namun cara yang digunakan berbeda, misalnya iklan berbahasa Belanda menawarkan lebih banyak detail daripada iklan berbahasa Indonesia Melayu,” terang Elis. Kualitas cetakan Selanjutnya, periklanan film Indonesia di era Soekarno. Meskipun film cerita diproduksi di Nusantara sejak 1926, film yang diakui sebagai film nasional pertama adalah Darah dan Doa (1950) karya Usmar Ismail. Dari tahun 1950 hingga 1955, jumlah film yang diproduksi di Indonesia naik setiap tahun. Namun karena tekanan impor serta gangguan dari situasi politik, jumlah ini turun drastis hingga tahun 1960 an. Pada periode ini, hampir semua perusahaan film, di Indonesia mencetak selebaran dengan kualitas cetakan dan kertas yang kurang baik. Iklan dalam majalah sesuai dengan kualitas majalahnya. Sementara itu di luar bioskop iklan lukisan digantung di papan khusus untuk menarik perhatian penonton. “Pada periode ini, sudah tampak beberapa kecenderungan yang mewarnai dunia periklanan film Indonesia di tahun tahun berikut, termasuk estetika “ramai” penekanan unsur musik dan pencantuman ringkasan cerita,” terang Elis. (yudha kristiawan)

Diblokir per 1 Maret zz Sambungan Hal 1

Selanjutnya, bila belum juga melakukan registrasi per tanggal 30 Maret 2018 maka pengguna kartu SIM prabayar yang bersangkutan bakal terkena blokir SMS dan telepon, baik masuk mau pun keluar. Sanksi blokir bakal terus meningkat bila pada tanggal 14 April 2018 para pengguna kartu SIM prabayar tak juga melakukan registrasi. Tak hanya SMS dan telepon masukkeluar saja yang diblokir, tapi juga data internetnya. Pemblokiran bakal dicabut jika kartu SIM prabayar sudah diregistrasi dan dinyatakan valid atau sudah mendapatkan balasan suskses diregistrasi. Adapun pelaksanaan pemblokiran dan pencabutan blokir diserahkan ke masing masing provider sesuai dengan pertimbangan teknis mereka. “Kami mengimbau kepada masyarakat agar segera melakukan registrasi agar tidak mengalami pemblokiran. Bagi yang gagal karena nomor KK (kartu keluarga) dinamis, untuk segera ke Disdukcapil setempat untuk memvalidasi data,” papar Noor Iza. Hingga berita ini diturunkan, tercacat di Kemenkominfo sebanyak 296 juta kartu SIM prabayar telah melakukan registrasi. Bila dibandingkan pada hari Sabtu (24/2) meng-

Warga Yogya Anggap Rumit zz Sambungan Hal 1

Meski begitu, Maria tetap mengajarkan tentang unggah-ungguh dan tata krama Jawa kepada sang anak. “Ya, tetap diajarin. Misalnya kalau pamit bilang sampun sambil membungkukkan badan. Lalu, mangga pinarak (kalau) ada yang lewat,” ucapnya. Agnes Novitasari (39), juga lebih banyak berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia dengan kedua anaknya. Meskipun, kadang-kadang juga dicampur dengan bahasa Jawa ngoko. Ia mengatakan bahasa Jawa krama inggil susah, sehingga sulit untuk mengajarkan kepada buah hati. “Ya, diajarin tapi ya campur. Misalnya, mbah uti baru sare atau mbah uti baru dhahar,” ucap Agnes. Ia mengatakan, menggunakan dan mempelajari bahasa Jawa rumit, karena ada tingkatannya.Namun, dia menyadari jika menggunakan bahasa Jawa sebenarnya membuat anak bicara lebih halus. Melalui bahasa

alami kenaikan sebanyak 26 juta. Ramai Di Yogyakarta, kondisi ramai masih tampak di sejumlah gerai provider layanan seluler. Di gerai milik Telkomsel dan Indosat contohnya. Antrean panjang pengguna yang hendak mendaftarkan kartu SIM-nya mencapai ratusan. Sembari memegang dokumen kartu keluarga, sejumlah pelanggan mengantre di kantor Telkomsel, Jalan Jenderal Sudirman, kemarin. Tyas, satu di antaranya. Sambil bersungut-sungut, dia Ia mendapat nomor antrean lebih dari 100, padahal di saat yang sama memiliki kesibukan lain. “Antrean banyak banget. Tadi masnya bilang nggak tentu, paling nggak ya, 15 menit. Coba aja dihitung, sepuluh orang aja udah dua jam lebih, kan,” ujar wanita 32 tahun ini. Martini, pengguna layanan Indosat juga mengalami kesulitan sama. Sampai kemarin dia belum bisa mendaftarkan validasi kartu SIM-nya. Selama ini dia sudah mencoba mendaftarkannya, tapi gagal, tak tahu apa sebabnya. “Antrean 136, sekarang nggak tau sampai nomor berapa. Tadi saya udah ke sini ,lalu tak tinggal pergi, eh ternyata kok ya belum,” ujar dia. Tak jauh beda dengan Gerai Xl di Jalan Laksda Adisucipto, nomor antrean di customer service bahkan menunjukkan angka 390. Heru Riyanto, petugas satuan pengamanan

kantor itu mengatakan, sudah sejak Sabtu lalu gerainya ramai. Kebanyakan pelanggan datang untuk registrasi kartu SIM. GM Sales Operator XL Axiata DIY dan Jateng, Arif Farhan Budiyanto mengatakan, dari pihaknya tidak memiliki kendala, karena sistem yang dimiliki sudah sangat siap. Dia menjelaskan, ada empat faktor yang memengaruhi kegagalan pelanggan dalam registrasi kartu SIM. Pertama, nomor KK tidak valid. Kedua, Kemendagri memblokir nomor KK karena punya data ganda. Ketiga, berganti nomor KK karena pindah rumah, atau ada saudara meninggal. Keempat, kesalahan pelanggan dalam menginput nomor induk kependudukan (NIK). “Jadi kalau kami nggak ada masalah, masalahnya lebih banyak di Dukcapilnya. Kesalahan pelanggan dalam menuliskan NIK juga banyak. Kan ada 16 digit, mungkin ada yang kelewatan,” ujar Arif. Ia mengatakan, jika pelanggan sudah mendaftarkan namun tidak ada balasan layanan, pelanggan bisa mengecek di *123*4444#. Meski tidak ada balasan SMS, tapi akan ada keterangan jika yang bersangkutan sudah terdaftar. Warga pun masih mencoba memperbaiki data di dalam KK di Disdukcapil, seperti yang terjadi di Pemkot Yogyakarta, kemarin. Seperti yang dilakukan seorang warga, Rieke. Ia dimintai tolong oleh sang ayah

yang sedang berada di luar kota untuk mendaftarkan nomor ponsel. “Ayah saya sudah jadi penduduk Kota Yogyakarta. Kemarin waktu registrasi kartu dapat SMA gagal. Dicoba berulang kali, tetap gagal,” bebernya. Ia pun akhirnya mendatangi kantor provider seluler yang digunakan untuk mendapatkan jalan keluar. Namun dari kantor provider tersebut, ia justru diarahkan untuk mendatangi Disdukcapil setempat. “Kalau orang yang ngerti, sih gampang. Tapi bagi yang nggak ngerti ya cukup merepotkan. Harusnya diberikan contoh dan solusi lewat SMS, tidak hanya mendapatkan SMS yang bunyinya gagal registrasi saja,” terangnya. Kasi Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Disdukcapil Kota Yogyakarta, Joko Setiadi menjelaskan, kendala yang banyak terjadi adalah NIK dan KK yang digunakan registrasi tidak sinkron. “Sebagian besar yang ke sini warga pindahan, bukan penduduk Kota Yogyakarta. Dulu data yang diakses provider pakai daerah asal, sedangkan saat ini dia KK Kota Yogyakarta,” terangnya Pihaknya melakukan sinkronisasi data pengguna kartu seluler melalui konsolidasi manual, yakni NIK dan KK yang bersangkutan dikirim ke pusat. Meski demikian, Joko mengaku proses tersebut membutuhkan waktu, karena harus dicek dulu. (yud/cr2/cr1/kur)

Jawa, anak juga bisa belajar menghargai orang lain. “Bagus sebenarnya bahasa Jawa tu, anak kan jadi tahu bagaimana dia ngomong sama (orang) yang lebih tua. Kan bahasanya beda antara yang lebih tua dan teman sebaya,” lanjutnya. Andreas Arso (11) mengakui belajar bahasa Jawa cukup rumit. Ia sendiri lebih memilih menggunakan bahasa Indonesia saat berkomunikasi, meski dia berasal dari Yogyakarta. “Kalau di sekolah pakai bahasa Indonesia. Kalau di rumah kadang pakai bahasa Jawa kalau (berkomunikasi) sama teman-teman. Bahasa Jawa susah soalnya,” tutur Arso. Pertahankan identitas “Buk, kae lo digoleki,” teriak anak itu memanggil ibunya, sembari tiduran memainkan telepon seluler di tangan. Ia adalah Adestian Awang, siswa kelas 5 SD Tridadi, Sleman. Sehari-hari dia berbicara menggunakan bahasa Jawa ngoko. “Penak basa Jawa ngoko. Nek basa krama ra iso,” kata anak 11 tahun itu polos kepada Tribun Jogja.

Haryati (37), ibunya, mengatakan, sejak kecil sang anak memang berbicara dengan bahasa Jawa ngoko. Meski demikian, ia juga tetap mengajarkan tata krama pun unggah-ungguh adat Jawa. “Kalau anak-anak susah diajari krama inggil. Paling, ya cuma nggih, matur nuwun, atau sampun kalau pamit,” jelas Haryati. Ibu dua anak itu mengatakan bahasa Jawa lebih mudah digunakan, karena merupakan bahasa sehari-hari. Namun, ia jarang mempergunakan bahasa Jawa krama. “Ya, tetep ngoko, kalau krama inggil Awang dapat pelajaran di sekolah,” ujar Haryati. Awang sendiri mengaku belajar bahasa Jawa tidak mudah dan membingungkan. “Ah, bingung nek krama. Angel, mbingungi, marakke sirahe sariawan,” katanya kemudian tersenyum. Mempertahankan identitas juga nilai-nilai sebagai orang Jawa adalah satu alasan mengapa bahasa Jawa dipertahankan terus digunakan keluarga Redy Swandono. Tak hanya bahasa Jawa ngoko, tapi juga

krama inggil. “Masa di rumah pakai bahasa Indonesia. Anak biar tahu, asal mula keluarganya itu dari Jawa. Di sekolah kan hampir pasti pakai bahasa Indonesia, kapan anakku paham bahasa Jawa kalau tidak di rumah,” ujar Redy, yang anaknya sejak umur dua tahun bersekolah di pendidikan anak usia dini (PAUD) ini. Meski begitu, dia mengaku cukup kewalahan memberikan pemahaman bahasa Jawa kepada anaknya. Satu sebabnya adalah lingkungan di sekitarnya banyak anak yang menggunakan bahasa Indonesia untuk bertutur sehari-hari. Itu semua berasal dari keluarga masingmasing, kemudian dibawa ke pola komunikasi dengan teman-teman di luar rumah. “Pergeseran itu sudah nyata, bagaimana banyak orang Jawa yang berbicara pakai bahasa Indonesia. Tapi, gimana juga aku harus mengajarkan bahasa Jawa. Seperti aku dulu diajari ngomong pakai bahasa Jawa krama ke orang-orang tua oleh bapak ibu,” ujar mantan mahasiswa UGM ini. (cr2/hdy)

Kekhasan Jawa Tak zz Sambungan Hal 1

Ada banyak kekhasan dalam bahasa Jawa, seperti halnya unggah-ungguh yang diajarkan. Hal tersebut tidaklah dimiliki oleh bahasa Indonesia maupun bahasa asing. “Fungsi yang ada dalam tingkatan bahasa Jawa, seperti Jawa kromo yang digunakan untuk menghormati orang yang lebih tua, memiliki kosakatanya sendiri. Kosakata tersebut berbeda dengan Jawa ngoko. Baik struktur maupun penggunaannya sendiri,” ungkap Sutrisna Memang benar masyarakat kadang memilih untuk menggunakan bahasa yang lebih sederhana, seperti halnya dalam bahasa Indonesia penggunaan kata handphone yang diserap dari bahasa asing. Hal tersebut lebih mudah diucapkan daripada kata telepon genggam yang ada dalam bahasa Indonesia. “Penggunaan bahasa akan mengikuti fungsi masyarakat itu sendiri. Sama halnya dengan bahasa Indonesia yang mengalami destruksi, banyak kata-kata asing. Fenomena tersebut juga sama dengan bahasa Jawa,” ungkapnya. Menurut penelitian yang pernah dilakukannya sekitar tahun 2000, mengenai penggunaan bahasa ngoko, krama, dan Campuran antara bahasa Indonesia dan Jawa, Sutrisna mengatakan jika terdapat perbedaan dalam kepribadian maupun tingkat keharmonisan keluarga. Masyarakat yang menggunakan dan mengajarkan anaknya bahasa kromo, akan

lebih meminimalisasi pertentangan dalam keluarga. Mereka cenderung tidak bisa marah karena memiliki kehalusan dalam berbahasa. “Jika masyarakat membiasakan anaknya menggunakan bahasa kromo, anak tersebut akan memiliki kepibadian yang lebih halus, dan memperkecil pertentangan dalam keluarga. Karena orang yang menggunakan bahasa kromo, mereka cenderung tidak bisa marah,” kata Sutrisna. Tingkatan Mengenai tingkatan dalam bahasa Jawa, menurut Sutrisna ada dua, yakni ngoko dan kromo. Sedangkan madya, merupakan turunan dari bahasa kromo ke ngoko. “Kalau ngoko untuk sesama, sedangkan kromo sebagai penghormatan kepada yang lebih tua. Kalau madya, saat ini sudah tidak berkembang, karena memang turunan dari bahasa kromo,” paparnya. Mengenai masyarakat yang biasa mengajarkan anaknya menggunakan ngoko, hal tersebut bukan murni ngoko, tapi ngoko alus. “Masyarakat biasanya memang menggunakan bahasa ngoko kepada anaknya, tapi ngoko yang khusus sebagai penghormatan. Meskipun ngoko tapi tetap halus, seperti kata tindak, kundur,” ungkapnya. Menurutnya, pihak yang sangat sesuai untuk memasyarakatkan bahasa Jawa ke masyarakat, adalah dunia pendidikan. Peran dunia pendidikan itu sangat penting. Di mana memiliki waktu pelajaran yang jelas, terstruktur, serta punya pengajar yang pas. “Memang waktu dua jam dalam satu minggu untuk mengajar dirasa kurang, namun guru harus bisa memaksimalkan de-

ngan cara mengambil intinya dan lebih banyak memberikan tugas saat siswa ada di lingkungan masyarakat,” bebernya. Waktu di sekolah memang sangat terbatas, implementasi yang sesungguhnya adalah di masyarakat. Untuk itu, guru harus menugaskan muridnya untuk menonton televisi yang memuat forum bahasa Jawa maupun ke paguyuban yang memang mempelajari bahasa Jawa. “Masyarakat tentunya juga sangat memiliki peran penting dalam pelestarian bahasa Jawa. Adanya paguyuban serta upacara adat yang menggunakan bahasa Jawa, merupakan sebagian dari sarana sosialisasi bahasa Jawa,” kata Sutrisna. Dia meyakini bahwa bahasa Jawa tidak akan punah selama adanya masyarakat yang masih menggunakannya sebagai alat tutur. Seperti halnya di Suriname yang ditinggali oleh masyarakat Jawa sekitar 110 tahun lamanya. “Generasi Jawa di Suriname masih menggunakan bahasa Jawa. Sepanjang masyarakat Jawanya masih ada, maka bahasa Jawa pasti masih terus ada. Memang benar kosa-kata ada yang punah karena tidak dipakai. Namun, kata-kata pokok dan baku akan masih terus dipakai,” terang Sutrisna Mengenai cara paling efektif untuk tetap melestarikan bahasa Jawa, terdapat beberapa hal. Pertama, tetap diajarkan di sekolah yang termuat dalam materi muatan lokal. Karena fungsi sekolah yang memang dipercaya sebagai instansi pendidikan. Kedua, dengan cara sosialisasi di masyarakat. Seperti melalui forum-forumdi maswyarakat dengan berbahasa Jawa. (cr3)


12 RABU WAGE 28 FEBRUARI 2018 12 JUMADIL AKHIR 1439 NO 2486/TAHUN 6

Lampu Hijau Jokowi untuk Baasyir „„ Presiden Izinkan Abu Bakar Baasyir Berobat ke RSCM (Waktunya) Harusnya segera. Bahkan harus disediakan helikopter kalau perlu untuk mengangkut beliau. Presiden Jokowi ngomong begitu. Hebat juga ya kalau presiden sepeduli itu dengan HAM, saya harap anak buah di bawah kalau benar ini perintah Pak Jokowi, harusnya lincah mengimbangi gerakan presiden ini,” ujar Tengku.

JAKARTA, TRIBUN - Wasekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tengku Zulkarnain mengatakan Presiden Joko Widodo memperbolehkan Abu Bakar Baasyir berobat ke RSCM. Hal itu berdasarkan permintaan Ketua MUI Ma’ruf Amin kepada Jokowi agar Abu Bakar Baasyir diperbolehkan berobat ke RSCM karena penyakitnya semakin parah. Tengku memandang respons yang ditunjukkan Jokowi sebagai wujud kepedulian terhadap HAM. Dia berharap rencana pengobatan Ba’asyir tak terbentur birokrasi. “(Waktunya) Harusnya segera. Bahkan harus disediakan helikopter kalau perlu untuk mengangkut beliau. Presiden Jokowi ngomong begitu. Hebat juga ya kalau presiden sepeduli itu dengan HAM, saya harap anak buah di bawah kalau benar ini perintah Pak Jokowi,

harusnya lincah mengimbangi gerakan presiden ini,” ujar Tengku. Tengku berharap Baasyir dapat diperbolehkan berobat dan pulang ke rumah. Dia mengambil contoh mantan Bupati Kutai Kertanegara Syaukani Hasan Rais yang mendapatkan grasi pada masa Presiden ke-5 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Syaukani diberikan grasi pada 17 Agustus 2010 atas dasar sudah sakit parah. “Saya pikir kalau Ustaz Abu Bakar Baasyir, yang tahu tentu dokter ya. Kalau dokter mengatakan sudah parah, demi hukum semestinya Ustaz Abu Bakar Baasyir ya harus pulang. Itu kan demi hukum karena kemanusiaan. Itu sudah tertulis dalam konstitusi kita jadi tidak mungkin dilanggar. Kita kan negara hukum. Tapi dokter yang tahu hal ini,” imbuh Tengku. Kendala di BNPT

Kuasa Hukum Abu Bakar Baasyir, Ahmad Michdan menjelaskan kliennya akan menjalani perawatan di RSCM pada Kamis (1/3). “Lusa, Pak Ustaz bisa menjalani pengecekan kesehatan di RSCM,” katanya. Dirinya menjelaskan, seharusnya Baasyir sudah dapat menjalani perawatan pada 22 Februari 2018 lalu. Hanya saja, ada kendala dari pihak Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) yang belum memberikan rekomendasi. Padahal, pihak lembaga pemasyarakatan Gunung Sindur dan Kementerian Hukum dan HAM, sudah memberikan izin untuk proses penyembuhan penyakit di kaki Baasyir. “Kalau kemarin, memang terkendala dari BNPT. Tapi, sekarang sudah boleh. Belum ada rencana perubahan

sih. Mudah-mudahan lusa sudah bisa masuk rumah sakit,”ujar Michdan. Penyakit Semakin Parah Ahmad Michdan mengungkapkan, penyakit di kaki kliennya semakin memburuk sejak dipindahkan ke LP Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat. Saat ini, di sekujur kakinya terlihat bintik-bintik hitam yang semakin lama semakin membesar. “Dulu kan memang sudah sakit. Nah sekarang semakin memburuk sejak di Gunung Sindur,” ujar Michdan. Putra Baasyir, Abdul Rochim Baasyir mengatakan pihak keluarga cukup khawatir mengenai kesehatan dari ayahnya. Apalagi, di dalam lapas, fasilitas kesehatannya sangat terbatas. “Ya sangat khawatir. Namanya di Lapas, ya alatnya pasti begitu-begitu saja,” kata dia. (Tribun Network/ryo/wly)

Pemikirannya Dinilai Masih Membahayakan SEORANG sumber Tribun dari internal Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menjelaskan, Abu Bakar Baasyir saat ini dinilai masih cukup berbahaya untuk dilakukan pemindahan tahanan, apalagi sampai menjadi tahanan kota. Sumber tersebut mengatakan, pemikiran Baasyir masih dapat mempengaruhi para pengikutnya dan akan tersebar luas secara cepat. “Orangnya sih tidak bahaya. Tapi pemikirannya ini yang masih berbahaya,” jelasnya. Selama ini, ucap dia, Baasyir masih menganggap bahwa pemerintah Indonesia adalah “thogut” yang harus dihindarkan dan tidak perlu dipatuhi apapun kebijakan dan aturannya. Hal ini, yang menurutnya, masih berbahaya apabila disampaikan kepada para pemuda. “Itu juga yang menjadi alasan kenapa dia termasuk kategori orang dengan risiko tinggi,” ujarnya. Direktur Deradikalisasi BNPT, Irfan Idris menjelaskan, selama berada di penjara Abu

Bakar Baasyir dinilai belum kooperatif. Apapun yang diusahakan oleh BNPT, selalu dimentahkan pria yang dipidana karena aksi terorisme tersebut. “Saya tidak bisa mengatakan tidak, tetapi belum. Beliau belum bisa kooperatif dengan kita. Selalu saja ditentang,” katanya. Meski sudah mengetahui mengenai wacana pemindahan tahanan Baasyir, Irfan enggan berbicara banyak karena hal itu merupakan otoritas dari Kementerian Hukum dan HAM. “Itu sudah beda wilayah. Kami tidak bisa bicara banyak,” ucapnya. Sementara itu Wasekjen MUI, Muhammad Zaitun Rasmin saat dikonfirmasi, menjelaskan tidak mengetahui adanya upaya lobi-lobi ulama ke Presiden Joko Widodo untuk membebaskan Baasyir. Namun, dia menyepakati apabila ada keringanan masa tahanan. “Kalau keringanan ya bisa dipertimbangkan kembali oleh pemerintah. Mengenai ada upaya lobi dari MUI, saya harus cari tahu dulu, saya belum bisa bicara banyak.” (Tribun Network/ryo/wly)

Masih di Lapas dengan Pengamanan Super Ketat KEPALA Lembaga Pemasyarakatan Gunung Sindur Bogor, David Hasudungan Gultom, membantah kabar rencana dibebaskannya terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba’asyir. Menurutnya, Ba’asyir masih di Lapas dengan pengamanan super ketat (supermaximum security). David mengatakan, pihaknya tidak pernah mengajukan Pembebasan Bersyarat (PB) untuk narapidana Ba’asyir ke Direktorat Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM. “Sampai sekarang beliau di dalam lapas kami. Dan belum ada pemindahan. Barusan saya pantau dari CCTV, beliau di ruang salatnya sedang tadarusan dengan duduk di kursi plastik. PB dari kami juga belum ada, karena memang belum saaatnya bisa mengajukan PB” ujar David kepada Tribun, Selasa (27/2) malam. Menurut David, Ba’asyir mengalami gangguan katup pada

SAKIT Abu Bakar Baasyir saat masih menjalani serangkaian sidang dan kondisi terkini saat yang bersangkutan mulai sakit di Lapas Gunung Sindur, Bogor.

pembuluh darah hingga mengakibatkan kakinya membengkak sejak setahun yang lalu. Bahkan, Ba’asyir sempat dirawarat di Rumah Sakit Pusat Jantung Harapan Kita Jakarta pada 10 Agustus 2017. David menjelaskan, lapas bisa mengajukan PB jika seorang narapidana telah menjalani pidana setengah (1/2) masa hukuman pidana. Selain itu, pemberian hak PB tersebut baru bisa dilakukan apabila narapidana telah menjalani dua pertiga (2/3) dari masa hukuman pidananya. Diprakirakan Ba’asyir yang divonis 15 tahun pidana penjara atas kasus terorisme dan ditahan sejak 9 Agustus 2010 baru bisa menghirup udara bebas pada tahun 2024. “Taksiran sementara beliau bebas tahun 2024, itu sudah dipotong remisi. Kalau kabar di medsos saya no comment, “ ujarnya. (Tribun Network/coz)

FOTO:EPA/GETTYMAGES

Novel Baswedan Kisahkan Pengobatan Matanya

Insya Allah Saya Bisa Kembali Melihat Sejumlah wartawan memperoleh kesempatan untuk bertemu langsung dengan Novel Baswedan. Ditemui dikediamannya, penyidik seniro KPK ini bercerita banyak tentang kondisi kesehatan matanya.

P

ENYIDIK Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan menyatakan, matanya yang terluka akibat penyerangan tidak akan pulih sepenuhnya. Namun dia tetap berharap nantinya akan bisa melihat lagi. “Jadi begini, kalau dibilang pulih, tentunya tidak pulih. Tapi Insya Allah bisa melihat,” kata Novel, saat menerima wawancara dengan sejumlah media

massa di kediamannya di Jalan Deposito RT 003 RW 010, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (27/2). Ia mengatakan, normalnya mata memiliki jaringan putih dan hitam. Namun, akibat penyerangan air keras, jaringan putih mata kirinya rusak sehingga jaringan gusi dipilih untuk ditanam menggantikan jaringan yang rusak itu. Setelah semua tindakan pengobatan, Novel melanjut-

kan, kemungkinan tampilan matanya akan menjadi berbeda. “Nanti kalau selesai dari semua tindakannya, mata kiri saya terlihat warnanya pink, di tengahnya ada sedikit hitam untuk sebagai penglihatan. Ilustrasinya gitu walaupun saya belum melihat,” ujar Novel. Novel juga menceritakan rinci tentang pengobatannya di Singapura. Di sana ia menjalani tindakan pelepasan jahitan di mata kiri yang sebelumnya telah dilakukan operasi penyatuan selaput. Dia mengaku masih merasa sakit namun, tidak berlangsung terus menerus. “Alhamdulilah pelepasan

jahitan bisa dilakukan secara keseluruhan walaupun agak sedikit-sedikit sakit,” ujar Novel. Pada Februari, lanjut Novel, dokter di Singapura telah memeriksa dan melakukan pemasangan glaukomatiup untuk membuat matanya stabil. Mata kiri Novel berharap, mata kirinya bisa siap untuk operasi tahap kedua yang rencananya bakal dilangsungkan akhir bulan ini. “Saya harap akhir Maret saya bisa dilakukan operasi tahap kedua. Tentu harapannya saya bisa melihat. Tentu saya minta doa dari seluruh rakyat

Indonesia,” ujar Novel. Seperti diberitakan, Novel pulang dari perawatannya di Singapura, Kamis (22/2). Dia kembali ke Tanah Air dalam proses pemulihan sambil menunggu operasi mata tahap kedua di Singapura. Wajah Novel Baswedan disiram air keras seusai menunaikan shalat Subuh berjamaah di Masjid Al Ikhsan, Jalan Deposito RT 003 RW 010, Kelapa Gading, Jakarta Utara, 11 April 2017. Seusai mendapat serangan, Novel dilarikan ke Rumah Sakit Mitra Kelapa Gading, Jakarta Utara. (r belarminus/kompas.com)

PULANG

TRIBUNNEWS

- Penyidik Senior KPK, Novel Baswedan memberikan keterangan di Gedung KPK sesaat setelah kepulangannya dari proses penjang pengobatan yang dilakukan di Singapura, Kamis (22/2).


MALIOBORO BLITZ 13

RABU WAGE 28 FEBRUARI 2018

TRIBUN JOGJA/HASAN SAKRI

SIMULASI - Atlet panjat tebing Indonesia dan Tiongkok beradu cepat dalam latihan simulasi kompetisi di lapangan panjat tebing Stadion Mandala Krida Kota Yogyakarta, Selasa (27/2). Latihan simulasi kompetisi terakhir dalam

masa latihan bersama Tiongkok ini menjadi salah satu persipan para atlet panjat tebing untuk menghadapi Asian Games 2018.

Sultan Pesan Prioritaskan Sosialisasi

 Pemda Segera Berkomunikasi dengan PKL dan Komunitas di Sisi Barat Malioboro Sosialisasi belum, artinya untuk tahapan pelaksanaan. Kalau akan digarap, pasti kan PKL, kemudian tokotoko, harus dikasih tahu juga Gatot Saptadi

YOGYA, TRIBUN - Proyek revitalisasi sisi barat Malioboro oleh Pemerintah Daerah (Pemda) DIY bakal segera dimulai. Rencananya, pada awal Maret mendatang, proyek yang menyedot anggaran sebesar Rp35 miliar tersebut dikerjakan. Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Gatot Saptadi mengungkapkan bahwa kontrak kerja dengan kontraktor, sejatinya sudah ditandatangani sejak 15 Februari silam. Akan tetapi, pihaknya memilih untuk melakukan sosialisasi terlebih dahulu. “Kontrak sudah, per 15 Februari lalu, nanti berakhir 300 hari ya, sampe 12 Desember 2018. Tapi, beliau (Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X) pesan sosialisasi dulu, sebelum dikerjakan,” ujarnya, Selasa (27/2).

Sekretaris Daerah DIY

PERCANTIK MALIOBORO Proyek revitalisasi sisi barat Malioboro mulai awal Maret. Proyek tersebut menyedot anggaran sebesar Rp35 miliar Kontrak berlaku 300 hari ke depan sampai 12 Desember 2018. Sultan pesan harus ada sosialisasi ke pedagang terlebih dahulu Saat pengerjaan proyek, akan ada PKL/toko yang harus tutup. Rencananya, nanti modelnya pedagang dan PKL buka tutup

 ke halaman 19

Eks Bioskop Indra Jadi Bagian Revitalisasi PADA revitasliasi tahap kedua Malioboro nanti, pemugaran bangunan eks Bioskop Indra masuk dalam rangkaian proyek yang akan dimulai bulan depan tersebut. Mansyur menuturkan, sebagai langkah awal, pihaknya akan mulai melakukan sosialisasi ter-

Proyek dimulai dari pintu rel KA di utara Malioboro ke selatan

hadap pedagang kaki lima (PKL), serta komunitas-komunitas lainnya, seperti paguyuban pengemudi becak, maupun andong, yang selama ini menghuni sisi barat Malioboro.  ke halaman 19

Waspadai Oknum Catut Panitikismo YOGYA, TRIBUN - Panitikismo Keraton Yogyakarta meminta masyarakat berhati-hati pada lembaga atau yang mengatas namakan keraton, yang memberikan kekancingan atas tanah Sultan Ground (SG). Para warga yang merasa tinggal di tanah SG bisa segera mendaftarkan kekancingan pada pihak Panitikismo. Penghageng Tepas Panitikismo Keraton Yogyakarta, KGPH Hadiwinoto menjelaskan, pihaknya sudah memberikan imbauan dan diperkuat dengan surat edaran (SE) Gubernur agar masyarakat bisa mengurus kekancingan ke panitikismo.  ke halaman 19

Dewan Sayangkan Revisi Parameter KMS YOGYA - Komisi D DPRD Kota Yogyakarta memberikan beberapa catatan penting terkait revisi parameter Kartu Menuju Sejahtera (KMS) oleh Dinas Sosial Kota Yogyakarta. Anggota Komisi D DPRD Kota Yogyakarta, Dwi Budi Utomo menjelaskan bahwa dalam revisi tersebut justru ada pengurangan bobot nilai yang justru dianggap penting. “Ada parameter pendapatan dari Rp300-400 ribu menjadi Rp400 ribu sekian itu sudah oke. Tapi dari bobotnya justru turun,” ujarnya, Selasa (27/2). Hal yang sama juga nampak pada perubahan parameter tiga kali makan sehari yang mengalami penurunan bobot padahal hal tersebut dinilai sifatnya pokok. “Temasuk pendidikan. Diubah dari yang punya anak SMA satu menjadi lebih dari satu. Kalau itu dinaikkan, angka kemiskinannya berkurang. Ini juga kami tanyakam dan jawaban mereka itu berdasarkan parameter narasumber dari kalangan akademisi,” ujarnya. Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Sosial Kota Yogyakarta, Bejo Suwarno menjelaskan ada beberapa parameter yang berubah bobotnya. Misalkan untuk parameter lama pendapatan keluarga Rp300 ribu hingga Rp400 ribu. Sementara pada revisi parameter pendapatan keluarga menjadi Rp 423.812. Selain pendapatan, poin yang berubah dalam aspek pendapatan dan asset adalah keluarga tidak memiliki barang selain tanah yang bernilai lebih Rp1,8 juta yakni bobotnya dari 5 menjadi 3 serta terkait tagihan listrik dari yang kurang dari Rp50 ribu menjadi Rp75 ribu dengan bobot awal 4 menjadi 3. (kur)

GRAFIS/FAUZIA RAKHMAN

Kerajinan Tangan Tunarungu Tembus Amerika

Yosephine Stella

Pernah Bingung Sehari Ada 150 Pesanan

Uang Sendiri

Sulitnya mencari pekerjaan membuat Santi Setyangsih (25) berinisiatif untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

YOSEPHINE Stella Devi Kusumastuti terbilang luar biasa. Ia mampu menyeimbangkan antara kuliah dan pekerjaannya. “Aku kuliah nyambi kerja part time. Aku udah mulai kerja sejak kelas 3 SMA,” tutur Stella, panggilan akrabnya. Dara berambut panjang ini memiliki banyak pengalaman kerja. Ia pernah menjadi kru untuk berbagai kegiatan. Bekerja freelance untuk event organizer. Hingga menjadi talent untuk sebuah stasiun televisi swasta.  ke halaman 19

G

DOKUMENTASI STELLA

ADIS tunarungu tersebut kemudian membuat Creative Able Project. Ia dan Zakka Nurul Giffari Hadi (23) membuat kerajinan tangan, seperti tas lukis, dompet lukis, gantungan kunci, dan lain-lain. “Alhamdulliah sekarang produk semakin dikenal, ada juga yang dari Jerman, Amerika, sama Jepang,” kata Santi. Untuk memasarkan produk-

nya, Santi memanfaatkan media online seperti Instagram, blog, dan Facebook. Tidak hanya itu Ia juga aktif dalam mengikuti pameran dan bazar, semisal Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) Selain ingin menjual produk, Santi dan Zakka juga ingin mengedukasi masyarakat tentang bahasa isyarat. Mereka membuat tas lukis dengan gambar abjad bahasa isyarat.  ke halaman 19

DOKUMENTASI SANTI SETYANINGSIH

SEMANGAT - Creative Able Project saat mengikuti pameran dalam rangka Hari Disabilitas Internasional


JOGJA SP RT LAND 14

RABU WAGE 28 FEBRUARI 2018

Lahir dan Terbentuk di PSS P

 Hamdan Zamzani Bangga Bela Laskar Sembada PSS merupakan kawah candradimuka yang telah mencetak saya menjadi pesepak bola

SS Sleman bukanlah klub asing bagi pesepakbola Muhammad Hamdan Zamzani. Tidak hanya musim lalu dia ikut membela tim dari tanah kelahirannya itu. Jauh sebelum kembali ke Bumi Sembada, dirinya sudah lebih dulu merumput di bawah panji Laskar Sembada. Sebagai putra daerah, pemain lini tengah yang akrab disapa Zamzam ini memang mendapatkan kesempatan istimewa menjadi bagian dari

legiun Super Elang Jawa, julukan PSS Sleman. Dia tercatat pernah membela PSS Sleman diusianya yang masih sangat belia. Pemain yang lahir pada 21 Juli 1997 ini pernah menjadi penggawa junior Super Elja, PSS U-16 di 2014 silam. Tahun itu merupakan debutnya sebagai pesepakbola muda yang tengah menjajaki dunia sepak bola tanah air. “Karir sepak bola saya memang dilahirkan dari PSS, dibangun di PSS, klub asli dari daerah saya dilahirkan.

Mimpi Bermain di Luar Negeri

MUHAMMAD HAMDAN ZAMZANI

SEBAGAI pesepakbola muda, obsesi Zamzam terhadap olahraga ini sangat tinggi. Ia ingin bisa bermain di luar negeri. Tentu bukan perkara mudah, mengingat ia masih sangat muda dan jam terbangnya sebagai pemain sepak bola profesional pun belum banyak. Ia sadar betul untuk bermain di klub-klub luar negeri, dibutuhkan jam terbang tinggi dan kemampuan yang mumpuni. Oleh karenanya, ia berencan memperkaya pengalamannya di sepak bola nasional. “Maka dari itu, setiap kali bersama klub saya harus serius. Termasuk dengan PSS,” ungkapnya. Zamzam mengaku sudah akrab dengan sepak bola sedari kecil. Ke-

las 1 SD, ia sudah berlatih sepak bola lewat Sekolah Sepak Bola (SSB) milik kakeknya. Kecintaannya terhadap sepak bola juga dipengaruhi latar belakang keluarganya yang dekat dengan sepak bola. Ini membuat keponakan Lafran Pribadi, manajer PSS Sleman U17 ini membuat keputusan untuk menekuni sepak bola. “Saat ini saya masih fokus untuk memperbanyak jam terbang. Karena itu, musim depan target saya bisa bermain di line up PSS Sleman agar mendapat banyak kesempatan bermain,” katanya. (ang)

Maka dari itu saya bangga bisa kembali dipercaya untuk membela PSS,” ungkapnya. Kesempatan untuk berseragam hijau candi selalu menjadi hal yang istimewa baginya. Pun demikian dengan musim ini. Pasalnya hanya tercatat dua putra Sleman yang mendapatkan kursi sebagai penggawa PSS Sleman, yaitu dirinya dan Wahyu Sukarta. “Bagaimanapun PSS merupakan kawah candradimuka yang telah mencetak saya menjadi pesepak bola. Karena itu ketika diminta kembali ke klub ini, saya dengan senang hati datang,” katanya. Tidak hanya karena debutnya bermula di klub yang bermarkas di Stadioan Maguwoharjo ini saja yang membuatnya begitu bangga bisa berjersey PSS. Namun juga karena pengalaman yang didapatkannya selama di PSS Sleman. “Atmosfir sepak bola benar-benar terasa di PSS dan tidak didapatkan di klub lain. Apalagi saya tampil di depan publik sendiri,” ungkapnya. ((ang)

TTL : Sleman, 21 Juli 1997 Posisi : Stoper/Center Back

KARIER

PSS U16 2014 Sleman united 2014-2015 Porda sleman 2013 Cablaky FC Timor Leste 2016 Bali United 2016 PSS Sleman 2017

FOTO: ANGGA PURNAMA/ TWITTER @PSSLEMAN/ INSTAGRAM @PSSLEMAN/ GRAFIS/FAUZIA RAKHMAN

9 Negara Ikuti 10Ball Jogja Open Tournament  Rama Billiar Sediakan Hadiah Total Rp450 Juta

ISTIMEWA

YOGYA, TRIBUN - Sebagai sasana biliar yang sering menjadi jujugan atlet nasional untuk berlatih, Rama Billiar kembali menggelar dua tournamen billiar internasional dengan hadiah funtastis. Dua tournamen tersebut adalah Women 9Ball Open Tournamen dan 10Ball Jogja Open Tournamen. Tournamen ini bisa dibilang menjadi tournamen billiar terbesar yang pernah digelar di Indonesia. Sebab hadiah yang diperebutkan dalam tournamen ini mencapai USD34.000 atau sekitar Rp450 juta lebih.

- Merry, salah satu pebilliar putri asal Yogya saat bertanding merebut satu tempat di 16 besar Women 9Ball Open Tournamen, Selasa (27/2).

Adib Daoudy selaku ketua panitia menyebutkan, untuk Women 9Ball

FOKUS

Open Tournamen yang bisa disebut sebagai tournamen pemanasan sudah berlangsung sejak 26 Februari dan akan berakhir pada 1 Maret mendatang. “Sedangkan untuk 10Ball Jogja Open Tournamen akan berlangsung mulai 2 Maret hingga 11 Maret mendatang,” kata Adib Daoudy. Adib menyebut, untuk tournamen utama sudah dipastikan diikuti oleh 128 peserta dari 9 negara. Sejumlah atlet nasional dan internasional ikut ambil bagian di tournamen ini. “Tentu dengan hadiah utama USD12.000 atau sekitar Rp160 juta, tournamen ini akan merangsang pebilliar nasional bahkan internasional ambil bagian.

Apalagi, bagi mereka yang masuk ke 32 besar sudah otomatis memperoleh hadiah,” kata Adib. Adib menjelaskan, Owner dari Rama Billiar memang memiliki ekspektasi tinggi terhadap prestasi biliar nasional utamanya Yogyakarta. Dengan mendatangkan atlet-atlet nasional dan internasional, diharapkan bisa menjadi ajang belajar bagi atlet-atlet billiar lokal untuk menimba ilmu. “Tentu ini kesempatan bagi pebiliar nasional utamanya Yogya untuk belajar dari pebilliar dunia,” imbuh Adib. Untuk menunjukkan kelasnya, tournamen ini juga mendatangkan Adi Iswara dari POBSI pusat untuk

didaulat menjadi direktor tournamen. “Kita menggunakan sistem 64 Double Elimination dan 32 Single Elimination. Ini tentu sangat kompetitif dan memberikan kesempatan atlet-atlet kita untuk banyak belajar,” kata Adi Iswara. Hingga berita ini diturunkan, untuk Women 9Ball Open Tournamen 32 peserta sedang jibaku untuk merebut tempat di 16 besar. Merry, salah satu andalan DIY diharapkan bisa banyak berbicara di tournamen ini. Ia akan berebut tempat dengan sejumlah atlet pebilliar wanita nasional seperti Angeliniqe dari DKI atau Syilfiana dalam Single Elimination Race 7 Alternate Break. (ufi)


JOGJA SPORT 15

RABU WAGE 28 FEBRUARI 2018

PSS Ladeni Kampiun Liga 1 untuk Asah Mental

Gawang MIS Ambles SLEMAN, TRIBUN – Meski sering jadi vanue penyelenggaraan pertandingan sepak bola level nasional dan internasional, Maguwoharjo International Stadium (MIS) ternyata mendapatkan banyak catatan dari operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB). Hal ini sehubungan sejumlah klubklub Liga 1 yang membidik penggunaan MIS untuk lokasi digelarnya pertandingan, seperti PSIS Semarang dan PS Tira. Kepala UPT Stadion Maguwoharjo, Sumadi mengatakan pihaknya sudah menerima hasil verifikasi dari PT LIB. Di dalamnya ada sejumlah catatan yang menjadi perhatian pengelola bukan hanya berkaitan dengan penggunaan MIS di putaran Liga 1, namun juga pembenahan MIS. Catatan yang paling penting untuk jadi perhatian, lanjutnya, adalah amblesnya gawang di sisi selatan sedalam 7 sentimeter dan 3 sentimeter di utara. Kondisi ini membuat gawang yang terpadang di MIS tidak lagi memenuhi standar kompetisi. “Catatan lain posisi gawang sisi selatan ada penurunan sekitar 7 cm dan sisi utara 3 cm. Ini yang akan

LOWONGAN KERJA GURU Bth guru ekskul d TK wnt brjilbab max35th jogja klaten 1mnggu hub:08884102391,085878946899 B00692.2018.313263-3

Dicari:Guru TK/SD sekolah katolik dipulau bangka,syarat:Ijazah PGTK/ PGSD,wanita,belum menikah,Katolik. Gaji+tunj Rp40,8Jt/thn+honor bimbel.Tersedia kontrakan,transport ke Bangka ditanggung sekolah.Lamaran via email justvega@yahoo.com B00002.2018M312842-8

kami usahakan untuk dinaikkan. Karena menjadi standar syarat wajib maka kami harus mengikuti ketentuan,” papar Sumadi, Selasa (27/2). Selain itu, PT LIB juga menyoroti ruangan wasit dan pengawas pertandingan (PP) yang digabung, padahal seharusnya dipisah. Serta perlunya diberikan petunjuk mengenai akses penonton menuju tribun sesuai dengan tiket yang dibeli, sera petunjuk lain seperti fasilitas kamar mandi dan tempat ibadah di sekitar stadion. “Sebenarnya sebelumnya sudah terpasang. Tapi karena sudah lama, banyak yang sudah hilang,” ungkap Sumadi. Di sisi lain, mengenai lampu penerangan stadion. Dari hasil pengecekan, lampu di Maguwoharjo ukurannya di angka 1200-1400 lux. Namun di posisi tengah sedikit mengalami penurunan namun masih di kisaran 1000 lux. “Dengan adanya catatan ini, kami akan melakukan sejumlah penyesuaian dalam waktu dekat. Karena jika tidak segera dibenahi, pada putaran Liga 2 nanti juga akan kembali diverifikasi sebagai homebase PSS Sleman,” pungkasnya. (ang)

LOW.RUMAH MAKAN Rmh makan Murni83 membutuhkan karyawati/cewe max26th,min SMP. Libur 1xseminggu ada fas:Makan tdr dlm.Hub 08992680877<

PENJAHIT 10Pjahit+6SPG Btik,2Asisten disenger,2Cutting.Gaji+U.mkn/ transpot+lembur,bonus.Endah/Reza Amplaz.0811250933/085747303746

B00002.2018M313306-4

B00002.2018M312285-4

Bth 8krywti max35th,SMA,gj awal 800rb+bns bl.Krm lmrn:lesehan Andalan jl besi jangkang km1.5 sblm SPBU Mindi.08812714743

Butuh penjahit kaos pengalaman gaji blnan di Plumbon Utara JEC BG Tapan.Hub 085100615747

B00692.2018.311029-4

Peg.Martabak manis&asin,Gj1,5Jt bersih+mess+makan,diJl.Magelang km10,Sleman.H:085228188302 B00002.2018M313237-3

KAPSTER Low krj Pical’s Cuts&Records.Dcr kapster/Pmtng rmbut.Syrt:pa/pi,usia prdktf,min.pnglmn krj 6bln-1thn (CV),ramah.AAN 08119777060. picals.yk@gmail.com B00001.2018M309816-5

LAUNDRY Dibut 3 Krywti,Pnddkn Min SMP,Max 35th,Gaji 1 s/d 1,2jt.BROWN LAUNDRY Bugisan.081380528505 B00692.2018.313269-3

DiButuhkan Tenaga Laundry Wanita, Muslim, Bersedia Kerja shift.Datang & Bawa Lamaran ke Lestari Laundry Jl. Menukan 239B Jogja (SPBU Jogokaryan ke Timur 200M) Info Hub 0856 255 0428 B00692.2018.313265-6

LowkerWarna LaundryWnta Max45Th Rjn Jjr Rmah.Gj total1-1,5Jt.Sagan GK V/989.081392375989 B00002.2018M313332-3

Sgr Bth!krywn dMarron Laundry jjr brtggjwb py pnglman niatkerja.Jl Tata Bumi No9 dpn kampus STPN Godean Km4 082225709070 B00002.2018M313433-4

LOW.RUMAH MAKAN warung lesehan pagi.bth 2 pria srabutan,mkn tidur dalam.gj 1 jt.cekatan.hub.087738376681 MS: 313583

Bth karyawan/ti sgr utk Rmh Mkn. Min SMP,tdr&mkn dlm,gaji menarik. Yg serius hub 0817463765

Serabutan(tidur dalam) utk RM. Kepiksawah U:19-30th Syrt:CV & Lamaran. HP:081290614005

B00002.2018M313547-3

Dicari penjahit wanita,bs menjahit halus kualitas butik,telaten,berpengalamn, pekerjaan tdk boleh dibawa pulang.Lok Monjali.Hub Ibu Maria:081802790012 B00002.2018M312756-5

B00002.2018M313164-3

Server/Pramusaji utk RM.Kepiksawah U:19-30, L/P. Syrt CV & lamaran. Hub 081290614005

B00002.2018M313458-3

Dibthkan karyawati Rumah Makan Rata-Rata tidur dalam, islam, gj+makan+bonusSMS:081228570606 B00002.2018M310696-3

Dibut Helper/Waiters utk Resto.Diut tidur dlm.Jl Gowangan Kidul 30Yk. Hub Fifi 087738916898 B00002.2018M313402-3

DibutTukang Masak & Karyawan u/WR Nasgor syrt:Niat krj,jujur,amanah,max 33th.H:0811298010 B00002.2018M313128-3

Dicari suami Istri untuk mengelola warung makan tidur dalam.Syarat ada motor 081391767884 B00002.2018M313145-3

Karyawan utk outlet Kebab di Outlet Kebabpedia. Hub:Tlp/WA 081226226066

BANK BUMN&PRSHAAN OBAT BUMN But:Staff,Admin,Kasir,Satpam, Sopir,Ob(Cs)Gj.6Jt.0857 2899 8312

UMUM Dibut:Karyawati Toko Syrt:Wanita Max.35th Min.SMA Sederajat Bisa sosmed Kirim CV dan lamaran ke :Pine Rotan Jl.Wolter Monginsidi No.49 Ruko 2,Karang Waru, Tegalrejo,YK(5m timur pertigaan Boplaz)087838524413

B00001.2018M311717-3

B00074.2018.313466-7

Bth Cleaning Service Gaji,tunjangan menarik. Hub Trust&Clean Seyegan 085701042077

Bth tukang cuci katering Gj 1,5Jt.Lokasi Palagan makan 2x cowo max 40th.H: 089671937798

B00001.2018M313585-3

B00002.2018M313272-3

Bth CningServs Jogya n Wnsari 1.2jt jujur/cekatan H.081328057766/ 087838421312 no SMS/no WA

Bth wnt cantik max25Th u/pemandu karaoke dJogja.Pndptn1-4jt/ bl.Sandra082133778832/DD46CD51

B00001.2018M312246-3

B00002.2018M313419-3

Bth Group Rep AJB Bumiputera syt:L/P,minD3.Antr lsg ke JlSudirman no28 LT5 Yk.085868168099

B00002.2018M313158-3

LPTKS KRJ KOREA gaji 15 sd 20 jt/bln, biaya brgkt 1 jt-an,hub. BKLN Rhona Jogja 08112.66612, 085743.580006, www.rhonajogja.com

B00002.2018M313168-3

Bth Karyawati buat jaga Toko Besi Wanita maks35Th jujur niat kerja. HP:085292607777 No SMS B00002.2018M312351-3

Dicari Bag Gudang,Pria Min SMP max 30th,Diutamakan Single Bw Lmrn+Foto ke Jl.Sorangan 189 Mirota Gdn ke Sltn Tlp:623016

B00692.2018.312396-4

MARKETING-SALES Cr sales TO,SPG,MD miwon.Fasilitas Viar roda 3.Gaji 2jt+bonus ke Purwomartani.089637709279

B00165.2018.312941-4

Bth kryan sembako pria tdk merokok ,Sholat,punya SIM C,tdk mnginap mau krj krs.085326742851

B00812.2018.313189-3

Dibut:Sales Kanvas area Yogya, Magelang,Kedu,Wonosari,Sleman, Bantul08886668822/089676695254

B00002.2018M313154-3

Dbthkan krywti jaga toko gj 1,2jt/ bl diCemilankita Cab UGM max 40th muslimah sholat jujur ramah Hub:WA 081325111925

B00002.2018M311136-3

Dicari Karyawan Sales Kanvas Pecel Bagindo Min SMA Max 35th Berpengalaman Hub:081578786942

B00002.2018M313212-4

Bth krywn,jjr dspln,18-35th gj+mkn+ bns,mes Lk².Lam TK Arum Baru jlGitogatiSlm 087839398117

B01126.2018.310581-3

SECURITY Loker Satpam,Pria mx 40th, ijzahSatpam, tb min 167cm,lgsg kerja, WA:081228382299

B00002.2018M313423-3

Bth Krywti Toko,Admin,Tng srbtn. Dtg:Tko Besi Berkah Abadi,Imogiri Brt,Utr Polsek Jetis Btl

B01126.2018M313311-3

B00002.2018M310277-3

Bth P/W domisili YK u/utk Sate Taichan Senayan Jogja,max 35th shift 14-22.00 atau 16-24.00 Kol Sugiyono 17(WA)0818389798 B00896.2018.313039-4

B00002.2018M313270-3

B00002.2018M312170-3

UMUM Admin Otocare.mahir ms.exel/ ofice.18-30th.ktp DIY.Tdk kuliah. Kntrk Krj.082112257799 SMS/WA

B00002.2018M313002-3

Bth Koki Gj 1,5 area Palagan max 40th.makan 2x bnyk bonus cowo/ cewe H:089671937798

Cari juru masak indo max 40 th waitress wanita max 30 th di bantul hub 081327997280

SLEMAN, TRIBUN – Laga persahabatan PSS Sleman melawan Bhayangkara FC akan digelar Rabu (28/2) hari ini, di Stadion Maguwoharjo. Belajar dari pertandingan sebelumnya melawan Persebaya, Herry Kiswanto, pelatih PSS, ingin mematangkan komposisi dan skema permainan tim, ingin pemain bisa paham posisinya masing-masing, baik saat menyerang maupun bertahan. “Target kami tetap di kompetisi. Pertandingan ini bagian persiapan menuju kompetisi. Kami latihan agar pemain bisa paham dan pas posisinya saat bermain. Di pertandingan nanti akan coba kami lihat,” ungkapnya, Selasa (27/2). Diakuinya melawan kampiun Liga 1 musim lalu bukanlah perkara mudah. Karena itu dia tidak akan melihat skor dan hasil akhir pertandingan. Mantan juru taktik Persela Lamongan ini akan lebih fokus progres Ahmad Hisyam dkk selama latihan terutama chemistry antar pemain. “Kami minta anak-anak untuk lebih enjoy dan menikmati pertandingan, jangan sampai jadi beban apalagi ini hanya uji coba. Yang kami inginkan permainan terbaik tim,” papar pria yang akrab dipanggil Herkis itu.

Bth cpt kywti Toko.MinSMP,max35th, serius krj.Lmr ke Tk Mainan Simba Jl.Gandekan Lor 45C YG

SECURITY

B00002.2018M313442-3

Bth sgr Cook Helper, pria max 28th. Jujur&siap kerja. Resto Bong Kopiton. WA 087807508040

Herkis Tak Targetkan Angka

TEKHNIK Bth Montir spd mtr hub Agus jaya Monjali Sleman hp 08175493477

Bth P/W serabutan u/toko olie/ sparepart(minggu tdk libur)Kol. Sugiyono 19a YK(WA)0818389798 B00896.2018.313040-3

B00001.2018M313551-3

Bth Pria Krywn Pot. Rambut Pglmn, Gj 3jt/bisa Bg Hasil, max 30th,Muslim,Hub:081804067909

Dibutuhkan Segera 2 Kernet Las,2 SerabutanHub Telp.081328237755 / 0274-620107

Bth Receptionis,min SMU/K,Single. Bwa Lamrn ke Komp Samirono Baru No.50/55 blkg RRI Gejayan

B00896.2018.313350-3

UMUM /Bth:helperJahit,fnshing,obras, packing, potgBhn.Muslimah,maks30th. minSMK/SMU.081804326969 B00812.2018M313489-3

Dibut 2org kywti max25th dom trdekat,u/krj diPercetakan&Sablon single rjn&jjr.Bw lmrn lgsg krj Jl.Imogiri Brt km5.Hb WA:081328560511 Gj1Jt/30`hr bkerja B00002.2018M313364-5

Dibutuhkan desain grafis,muslim,max 30th,rajin sholat,bisa corel dan photoshop,gaji pokok.hub.TOYO Konveksi-081915520051

B01126.2018M313318-3

B00692.2018.313488-3

Bth sgr karyawati(bisa tidur dalam,gaji UMR)Datang bw lamaran.Umbulharjo.Hub:0818275620 B00002.2018M313111-3

Bth Tenga Bersih2 Wanita max 25Th&Pria max 22Th Single utk diJogja Serius Hub:085729421919 B00002.2018M313104-3

Bth tnaga krj smpngn melpt bngks coklt uph 60rb/pket 3-4jt/bln. bp sultan 089672571972 B00001.2018M312137-3

Bth tng wnta u/PRT,ke mlysia singapur hkong taiwn.Pt fortuna tama insani hp/wa 08122731823 B00001.2018M312689-3

Koki/CookHelper utk RM.Kepiksawah U:25-38th,L/P ,syrt:CV&lamaran HP:081290614005

5.montir mbl ahli&OB mahir stir mbl. SimA.18-35th.Berijazah smk.Kntrk krj082112257799SMS/WA

Dibut:Supir Truk(SIM B1),Supir pribadi(SIM A),Helper,Admin(D3). Krm lmrn ke PT.Gasindo Putra Mandiri Jl.KH Ali Maksum No.86 Panggungharjo Sewon Bantul

B00002.2018M313162-3

B00001.2018M312245-3

B00002.2018M313245-5

B00002.2018M313451-3

MS: 313579

B00812.2018.310762-3

Bu sgr pembantu rumah tangga perempuan yg nginap.Hub alamat Jl Parangtritis km 4 no 319 no hp 087739565050 B00896.2018.313351-4

Butuh karyawati min SMP single hub sari jaya toserba jl re martadinata 102 wirobrajan yk. B00001.2018M313299-3

Cari PRT rajin ju2r bersih tidur dlm,usia 17-25th.serabutan tdk masak.hub 0274 562581 B00001.2018M313068-3

Cari PRT&Suster Dalam/Luar Kota/ Luar Pulau,Gaji Besar,Tanpa Potongan.Hub: 0877 363 00027 B00879.2018M311797-3

Cr krywti jga toko single ju2r gj 1,2jt ada mess.optik makmur jl bantul no390/08122741233 B00001.2018M313344-3

Dbt kryw cuciMbl,laki,25-35th, jjr,tkun.Lam ke Autolux JlHos Cokroaminoto217,Yk.08121562900 B00002.2018M312168-3

Dbthkan prt 6 jam kerja di jl. Pandeyan 10A umbulharjo, H:087738779677 B00692.2018.313032-3

Dbthkn llsan SMK Mesin Lmr ke Peugeot Auto Service Jl.Kab Slmn Km3,6 Trini-Trihanggo Slmn B00165.2018.313334-3

Dcr sgr kary bag kebersihan pria um 25-40th Hub:Hotel Bakti Jl Hayamwuruk 13/081328191720 B00002.2018M312854-3

Dcr sgr!PRT bs masak,wanita,siap tdr dlm,bs naik mtr,& punya Ktp jogja.bu Olla 08112538201 B00001.2018M313037-3

Dicari tenaga full time utk memberi pakan ternak.Lok: Maguwoharjo,Slwman.Gaji 1 JT,tdr Dalam,Makan,maks 25th. CP;0819.0407.1800 B00001.2018M313359-5

Dibutuhkan lk2 yg serius mau kerja,gaji min 1.25jt.krj di depo air treasure.almt:jl.tambakbayan 9 no 1a,babarsari,jgy. hub:081904297818 B00001.2018M313376-5

Di sisi lain ia menilai menjajal tim kuat Liga 1 menurutTAN nya cocok unRSAHABA LAGA PE tuk mengasah mental bermaN PSS SLEMA in. Sehingga meVS rasakan atmosfer A FC N bermain dengan A Y HA GKAR an B pemain yang lelem uwoharjo, S velnya di atas meStadion Mag , Pukul 15.30 WIB 2018 reka. Herkis men28 Februari bu an Rp 60 ri jelaskan perkara p40 ribu, d R , u ib R HM AN 25 AUZIA R AK Tiket :Rp mental memiliki peGR AFIS/F ngaruh kuat sehingman berencana menga permainan tim coba tim promosi Liga 1, PSMS Medan bisa konsisten saat menemui lawan yang dan satu laga lagi menjelang kompetisi kelasnya lebih tinggi. Liga 2 bergulir. “Ini juga untuk asah mental bertanding. “Untuk tim lawan masih akan kami Apalagi setelah ini kami ingin uji coba ke cari. Selain itu kami juga merencanakan luar. Agar dapat tekanan, karena kompetisi uji coba tandang dua kali untuk memankan sistemnya home and away,” ujarnya. tapkan permainan tim saat menjalani Kandang 2 Kali away,” ungkapnya. Sementara itu, Asisten Manajer PSS Ia menjelaskan pertemuan kedua tim Sleman, Dewanto Rahadmojo mengatadalam uji coba yang digelar Rabu sore ini kan, usai menjamu The Guardian, pihakdiharapkan bisa membangun komunikasi nya menjadwalkan uji coba kandang seang baik antar kedua kesebelasan. banyak dua kali lagi bagi legiun Super “Harapannya dengan uji coba nanti koElang Jawa. munikasi dengan Bhayangkara FC bisa Pada pekan pertama Maret, PSS Sleterjalin baik,” tuturnya. (ang)

UMUM Dibthkn Tng srbtn pny sim A+C.Ditempatkan di jl.kabupaten sleman. Hub:0811250255 B00001.2018M313577-3

Dibut kryawati sbg admintoko kaca Anugerah Kaca jlBesi jangkang km1 Sembung H:085643993561 B00830.2018M312656-3

Dibut krywn Rumah Makan Bagian pelayanan&koki.Gaji 1.1jt -1.3jt + Bonus.Islam.Umur Max45th.Lulus SMA.Pengalaman Kerja 2th. Disediakan Mess & Biaya Kesehatan, Wajib menggunakan Lamaran kerja.Hub 0813-9265-7575/08994121-867 B00002.2018M313142-8

Dibut Pa/Pi full/part. Min SMP.Lmrn bw ke Kongdom Cell Jl.Poncowinatan 34 Yk. 0274 585880 B00002.2018M313454-3

Dibut sgr: karyawan swalayan, administrasi bakery,marketing bakery, minat sms 087838490433 B00692.2018.312897-3

Dibut:Kasir/Pramuniaga&Tenaga Serabutan,putri max:40th tdr dlm. Call:081215790322 Segera B00896.2018.313347-3

Dibuthkan prt wanita,muslim,gaji 1.5jt tinggal dalam,jujur,rajin,kerasan.Usia max 35 tahun.Hubungi 081228381943 B00001.2018M313302-4

Dibutuhkan cepat pramuniaga putri.utk toko di muntilan magelang. hub.08122984572 B00896.2018.313529-3

Dibutuhkan Pramuniaga Toko,Pria/ wanita usia maksimal 30 tahun. segera.Hub.WA 0812 2828 2299 B01126.2018M313304-3

Dibutuhkan segera kapster bisatidur dlm, pengalaman tdkdiutamakan H: 085801241936 B00198.2018M313218-3

Dibutuhkan sgr 3 tukang las 1 tukang bubut Hub:Eka Karya Godean 08179405210 B00002.2018M312488-3

Dibutuhkan Tukang Las Listrik berpengalaman.Gaji+bonus.Hub 081357214955(Jogja Karya)

UMUM Lowker restoran di Mall Yogya & Solo wanita SMA/SMK max 22thn jujur rapi sopan Hub:082226158234 gaji UMR B00002.2018M313204-4

Karyawan/ti kuliner+properinya gaji 1.6-3jt syrt KTP alun2lorJl.Bu Ruswo 48 T.085100862073 B00074.2018.313257-3

Dicari kernet pengiriman lantai kramik bw Ijazah langsung krja ada mes.Lngsng 087843330150 B00002.2018M310845-3

Dicari Koki-Tukang Masak(menu Nusantara),Pria-wanita.Hub Pelangi Jl.Urip Sumoharjo no.8 Yk B00002.2018M313233-3

Dicari Mekanik Motor.Hubungi 087843155080 Kentungna Jalan Kaliurang Yk B00002.2018M313431-3

Dicari Pria/Wnt Muslim,min SMA,max 35th ut Pramusaji RM di Jl.Palagan km15.H:082302500046 B00002.2018M313117-3

Dicari PRT wanita ,35 sampai 40th tidur dlm gaji 800rb/bln.hub 087839545353 B00812.2018M313485-3

Dicari Sekretaris Wanita.Hubungi Toko WP Malioboro no.33Yogyakarta B00002.2018M313235-3

Dicari sopir SIM B1 kirim lantai kramik,ada mes.Bawa lamaran Jogja-Solo km12. 087843330150 B00002.2018M311628-3

Dicari tenaga potong ayam cwk maks 30th hubungi segera 087856377778 B00001.2018M311987-3

Dicari wnt muslim unt. PRT & momong anak di temanggung,gj 1.350 serius hub 08122785248 B00001.2018M313558-3

Fresh jus bth 3Krywti usia max35th. Jjr,pkrjKrs,bertggJwb,area Seyegan &Godean.0895412565888 B00812.2018.312680-3

Gratis.Bimbingan bisnis online sampai bisa.Produk sdh tersedia. Hub WA : 0821 3837 3443

B00002.2018M313247-3

B01347.2018M311016-3

Dicari karyawati Sales Keuangan Perpajakan,sopir,tng serabutan. Hub: 085100551135

Grtis Biaya Bth Tnga Krj Utk Prkbnan Sawit diKalimantan Mess DiSediakn P.Agus 085725973263

B00002.2018M313227-3

B01126.2018.311515-3

UMUM Home Industri Klaten butuh Sopir SIM A, max 30th.Minat Hubungi 08164273301 B00002.2018M313107-3

IPRT Asuh Anak3th lk²1,5Jt nginap single,sabar,jujur,1tkg kayu srabutan70Krist081914917245 B00002.2018M313140-3

Kerja ke Australia.Gaji 20 juta/bulan.Biaya potong gaji. Hub:085798397749 B00001.2018M313296-3

Konter pulsa bth pa/i usia max 25th, muslim,komunikatif,bisa kerja team,jujur,amanah,diutamakan domisili area bantul.hub: jl.imogiri barat km 8 sudimoro sewon kidul masjid al.zikro B00692.2018.313487-6

Loker:Admin&Mrkting online,Muslimah mak30th,minSMK/SMU bsOffice bsMedsos.Ktgde081804326969 B00812.2018M313493-3

OB/SPG/Penjualan/Gdg/Kasir/ Sopir/Adm/SPV.SD-S2.16-50th.1,73Jt.Toko Besi Tresno.Jl.Kaliurang KM 5 Yk.SMS/WA:081390560317 B00002.2018M305209-4

Partimer u/Prsh Nutrisi Int’l.Smua Jrsn.20thKeatas.Srius.Nama-AlmtLtrBlkng0816676861 B01126.2018M313084-3

Peluang krj diBandara,Cargo& Ticketing.Min. SMU,mx26th,siap mgkti Diklat.H.AST.085743366878 B00287.2018M311410-3

PT POS Indonesia bth kryawan utk jaga loket POS.Menguasai komputer.Hb Ibu Eta 081328131000 B00002.2018M313406-3

Pt.strategic pestcontrol:teknisi pengendali hama,pria min sma/k.usia maks 30th,gapok+insentif+tetap. jl. mendungwarih no.0 rt 12/4, giwangan uh (dpn stait) admsupport. ygy@strategic.id / aprian.r@strategic.id. www.strategic.id B00001.2018M312698-8

Susah cari kerja?Nganggur,blm ada kerjaan,bth duit,Yuk dftr di Perusahaan Perbankan Nasional sbg Telesales.Gaji mulai 1Jt blm komisi&bns.Usia max 45th.Syarat mau bekerja sungguh-sungguh. Hub:Arif 087710129809 B00002.2018M313414-7


HALAMAN 16

RABU WAGE 28 FEBRUARI 2018

TEPAT MEDIA ROMOSI P UNTUK S ANDA I BISN

YOGYAKARTA

ANTENA Pengguna TV parabola apabila siaran atau channelnya hilang hubungi:085247779704

LISTRIK Harga grosir/ecer macam2 alat listrik.Kunjungi:Berkat Listrik di Jl.Juminahan 3 Yogyakarta

B00002.2018M310976-3

PLN 900W=1,5jt,Daya Bsr Ok,utk Rmh/Kos/Ruko.087738353278/ 085101610516 DIY-Jateng,CV.PPM B00001.2018M311981-3

USAHA Jual Mesin Jahit murah tinggal pake harga Rp. 550.000 Hub : 081227255564 B01347.2018M313210-3

USAHA

PERCETAKAN

SEDOT WC ’Murah/sdtWC,penuh,bntu/ahli smr/ svs PomAir/087739394535,Gamping /085641590049 Janti,Maguwo

OBAT Obat telat bulan asli kw1(Depkes) aman,tntas,brgrnsi,no tipu2. bs dtmpat. H: 085740662009

PIJAT & LULUR Rsakn sensasi masageku dijamin fresh&rilex,ada t4 prbadi,Kristin 081804265226/085647181838

PS4PS3PS2+Asesoris baru hrg murah,impor lgsg dr Cina-Fasa PS JlMonjali 157/0819.900.900.49

085100419954 sdtWC,smrBorDlm, salBntu Semaki-Wirobrajan P.Zahid 081215501288 Jl.RingroadUtr

Telat bln 399rb COD garansi pake 1x lcr&tdk tertipu Tablet BPOMF’CARE 082257468369

SehatPrima Rileks Msge dg Dwi, Vita,Vira,Fiki,Mita,Jeni,Caca JlRR Utr Concat 58 08170428992

TV Cash/Krdit trmurah TV LED klks Mcuci AC DVD Spk PS alatRT Game camera MTHaryono 24(387021)

Ahli SdtWC,SalBntu,SmrBor/Suntik, Gali,svs,pomp air.P.Mur Yk 085100442374/0817228556 LsgDtg

PENGOBATAN Anda kurang perkasa?Hub:Intan 37th Call 087839647783 ahliny pengobatan bs diBuktikan nosms

Sgala mcm pjt 80rb&trapi ttk kjntanan,dg trpis yg prfesional,cntk ,rmh&sbr.Tlp:087731385247

B00812.2018.310200-3

B00002.2018M313261-3

B00812.2018.306021-3

B00812.2018.310355-3

B00812.2018.312881-3

Ahli SmrBor sdtWC salmampt Zauji 082221778900 Jlimogiri,Timoho, Jokteng,JEC,Tajem,BerbahDIY

B01347.2018M310439-3

Dibeli Kulkas, Mcuci, TV, LED, LCD, Kontan! .Hub: 0851 0040 0233, WA : 0878 4822 2228

B00812.2018.310761-3

B01347.2018M312986-3

Moro Lancar,sdtWC,salBntu,svs pomAir,SmrBor 085100432762 Jl.Wates.0817228577 Jl.Mgl lsgdtg

B00002.2018M312346-3

PngurasnWC cptbrsih dgtruk tangkikhsus tdkcpt pnh lg.H:ChandraKirana12 Sagan 562858/589589

Kmi bli hdp/mati TV/LCD/LED/klkas/ PS2/3/AC/dll Trm borong kmptr rosok/jadul:WA087838251555

B00812.2018.311036-3

LAIN-LAIN Dbeli TV,Led,lptop,comp,AC,kulkas ,mCuci,mebel,sofa,etalase,tape, sprgbad,dll.WA087830390888

B00198.2018M312602-3

SdtWC/SalBntu/SmrBor P.Yatman Jl.Wates/Gamping085100400668 Jakal/Monjali085292531172LsgDtg

B00001.2018M313362-3

B00812.2018.312880-3

SdtWC/salBntu/smrBorP.Mugi.H:0877 39270571 Jl.Godean/Gamping SVSPompa Jakal085327539598Cpdt B00812.2018.312879-3

SEPEDA LISTRIK

SedotWC/kurasWC/WC mampet 0818282016 Jl.Bantul-Jl.Godean 085103127999 Kalasan-Jl.Wonosari B00812.2018.310495-3

WC penuh/septic pnh sal mampet svc P.Air sumursuntik timba rspan air H085102884317 lsg Tkg

ALUMUNIUM Muria alumunium dan kaca. kusen ,jendela,pintu,partisi,macam2 kaca. tlp/WA 085713332126

B01347.2018M313505-3

SKRIPSI Siap bantu skrpsi,tesis&dest all jur.Era(Jl.Janti Gdngkuning blkg STTL)551461/0818277603

B00001.2018M313077-3

Servis Rolling Door,Folding Gate,Kusen Alluminium,Etalase,dll.Tlp/WA: 082313823566 Garansi

B00001.2018M312262-3

SPIRITUAL Cakra Ningrat Ultah adkn Prog Sosial Gemb & Finsl Potongn 50% dari H Biasa Al:UB/UL/u Penyelamat/Kantong Goib Rojo Brono/ Sbuk Dgg/Btu Judi Kartu/TembsPandg/Gdm/Kantg Tyl/M Pelet/ Gdm Pelarsn/Pred No 4 Angka/Dll 082138036644/Tlp Lgs Ksl 50Rb

B00002.2018M313382-3

BAJA RINGAN Bajaringan KMPtruss, C.75-75 SNI 105/m2 trpsng grsi 10th Hub : 082152630036, 081915223666

B01347.2018M311011-3

Bajaringan murah kualitas SNI terpasang mulai dari 100Rb/m².Hub 087818285656/082135471993 B00002.2018M311452-3

EjaTRUSs Baja Ringan:Bj 1WF canopy Gypsum grnsi Rapi Presisi wA081325655973/cp087839535993 B01127.2018M313497-3

BESI gros besi=4:15.5,6:25.5,7:33.5, 8:44.5,9:52.5, 10:63.5,11:85.5,12:93.5 bgel&bndrt08112951522 B00001.2018M313285-3

CANOPY Berkah kusus Canopy hrg trjangkau 175/m grnsi 5Th SNI.WA0813 25209457/081804775758 shari jd B00002.2018M313109-3

Canopy Galvalum:220.Stainles:320. Pintu pagar,balkon,tralis dll.Proses cpt.CP:082138917173

B00002.2018M311247-3

Cnp bsi+atp plycbrnt/glvalum170/m pgr225 pntpgr325 trm brs grns.BarokahJayaLas082221486771 B00001.2018M310068-3

PROMO Canopy baja ringan 170rb/ m², 1hari selesai,awet,rapi,kokoh, garansi:Budi 081915240674 B00812.2018.311984-3

GYPSUM ’Nay Gypsum.Mlyani pnjualan bahan &pmasangan garansi 10th.Hg55Rb/m. Maguwo.HP/WA081212336366 B00002.2018M313003-3

Grosir Gypsum,bahan2,pemasangan Punokawan Gypsum Jl.Palagan TentaraPelajarKm9 phone 869865 B00812.2018.312878-3

Sriwijaya gypsum Seyegan.Mgrjkn gypsum,bj ringan,cat.Hg 45rb/m grs 10th.tlp/wa081329623482 B00001.2018M311708-3

INTERIOR Desaign interior www.rumah-qu. com bkin bgs rmh anda kitchenset roomset lmarisofa wallpaper dll Free knsltasi085729202823 B01347.2018M313521-4

ANGKUTAN ”taxibarang jogja”js angkut dlm &luar kota tarif mlai 50rb 0812.1520.2888/ WA0877.3989.1888

B00002.2018M312144-8

Kiestu Pamungkas:Perjodohan, Penglaris,Kerejekian,Pelet/Gendam, Tolak Santet,Susuk,dll.Hub: 081390607111/(WA)082220221005

B01347.2018M308071-3

Jasa Angkut Murah Tarif DalamRingroad 50ribu Telp:085729991818 /087729991818 B01126.2018M313511-3

B00002.2018M312640-4

Konsultasi supranatural melayani: pembangkitan ilmu hikmah,buka aura,pengasihan,pesona diri, pelarisan dagang,rejeki,pengisian badan,pagar gaib/rmh/toko ,pngambilan pusaka,ruwat,gngguan gaib ,sedia ajimat(benda bertuah) 085640222430/087839995009

ARSITEK Jasa Gambar Kerja 3D/2D IMB RAB Renov bangun baru 085228974246 www.efisien-bangunan.web.id B00002.2018M310656-3

Ko n s t r u k s i B a j a , B a n g u n Pabrik, Gudang,Pagar,Tralis, Arsitek.0817266893

B00002.2018M313136-8

B00002.2018M313391-3

Membuat org berkata”Ya”Hutang Percintaan RT Tangga Jual Bli dll Djogja 087836600373 No SMS

BANGUNAN ”35thn berpengalaman dibangun/ renovasi rumah,ruko,dsb.By sgt trjangkau WA/SMS081911060905

B00002.2018M311583-3

Pelar isan usaha,Pelar isan Usaha, Penyembuhan Medis non Medis.H:085729286719

B00002.2018M313491-3

20thLbh dibdgnya sgl bngnan Rmh &rnofasi.Rmh bcorDll.085291382305 Insaallohbrokwltas&amanah

B00896.2018.313528-3

Ust Mur:Sgl Problem,Prslingkuhn, Dagang Laris,Jual Tnh,Bk aura ,Jdh,Pilkada,dll.087825454858

B00002.2018M312013-3

Arsitex Dak Kraton.jasa kontraktor bangunan/rehab Arsitekdakkraton. com.Wa.085647566546

B00002.2018M312016-3

Bengkel Rmh, Anda Bth Tkng Profesional Hub P.Yanto HP&WA 081227116883. Sms aj kami datang B00692.2018.310032-3

Jasa Kontraktor Rmh,Kost,Ruko dll Baru/Renov Mulai 3Jt/m2 Free RAB&Desain WA:087719817788 B00165.2018.310596-3

Js Perbaikan Rmh Bocor TalangDak dll.Minat sms TukangLsg 081804322019/081226401661 Garansi

SUMUR BOR ”Ahli smr/bor/suntik/svs pompa air/ sdtWC/salBuntu.H:BIN,Jl.Magelang/ Concat.087839664847

B00002.2018M313006-4

Suntik beton atasi beton bocor retak keropos.H: Pak Dwi,CV.Gardita 0274-372487/08122742964

B00812.2018M313481-3

”Mbah Trimo Tkg Bor Dalam0150m”alat sndri psg-svs pompaAir sgl merk sdt/WC/sal buntu grsi 1th 085102166637/081904000037 B01347.2018M310713-4

-SmrBor tembus batu alat mesin-Smr Suntik/gali/resapan dll085101173321/081325959520 Murah

B00812.2018.311540-3

Ahli smrBor20-100m suntik svs pompAir smr gali salurnBuntu P.Nur 081226561001 Blawong24jam

BIRO IKLAN ’Psg Iklan Tribun/KR,BikinSpanduk, NeonBox,Runingtek.B2D,Jl.Antareja9Wirobrajan081227919789

B00812.2018.312574-3

P Mardi ahli sumur bor sdotWC H:0818271723 Jakal Hrg murah WA085291886699 dr Blawong gnrsi

B00896.2018.313041-3

Mau Pasang Iklan Muraah di Tribun/KR/SM/Solopos/Kompas SMS/ WA:085100544243 Jl.Godean Km6,5

B00002.2018M308040-3

P.Adi Blawong Ahli sumur bor/ suntik gali/sedot wc,mpt,psg/srvs P.Air.081227596059 lsg tkng

B00165.2018.310592-3

B00002.2018M313220-3

CCTV

B00002.2018M309927-3

BIRO JASA CV.CiptaDunia prosesamn, MrkDgang, CVPTYysn,IMB,Gmbr,IPPT,SIUJK ,UKL/IPL,Amdal H085643005109

Pakar penagkal petir,Ground/ Arde,Pompa air,Sumur bor,WC, Geolistrik.Telp/WA:085101994138 B00002.2018M311730-3

Sedot WC, Svs pompa air 24jam Bor sumur 12m-150m sal buntu H. Bayu 087838452245 Jl.Monjali

B00198.2018M312996-3

BIRO JODOH Gds jnda mapan cr jk duda mapan 44-60 temu jodoh tiaphari daftar fkjd in s/wa 082265008863

B00812.2018.310894-3

Masak sih hari gini masih jomblo. Sgr daftar ke serasi 08385045760 tinggal pilih jodoh anda

GIGI PALSU AhliGigiMuza psg gi2 palsu&bhel grnsi&brkwlts hrg promo mul45rb 087839090836 Bsdpggl kmnsj

B00692.2018.313496-3

B00002.2018M312188-3

B00001.2018M310332-4

MONEY CHANGER

B00002.2018M313416-3

PIJAT & LULUR ”Bunga Daun” open Mey,Lusi,Ida,Lita terapis br2,fullAC,RRutr,brtUPN 082214376611/5d3eecf9 B00198.2018M311025-3

’’Buat anda yang capek datang Yuk ke Dewa dewi massage..masih butuh terapis.081904726927 B00812.2018.313186-3

’Bale Massage’barat UPN RR Utara30m.Tenaga wanita prof,pjt kerik 90rbWA/SMS: 081804106888 ’Mas Nur Pijat atau kerik tradisional 50rb HP:083820707334 diT4/ Panggil.Benar2 Pijat B00896.2018.313527-3

50RB/jam 3Cewek muda pijatan strong. Utara XT Square. Telp/WA 082220044493

Bu Wiwin spesial pijat terapi pegal² dan capek, Jl Parangtritis KM 15,5. Hb: 0821 3884 8584 B00002.2018M312304-3

ErnindaTrima massage.sabar,sopan, Ramah pasti fress.WA 08232930179/ Call:087834240713,NoSMS B01126.2018M313313-3

Febby 26th mssg fulbd rmh Sabarcantik mnarik khss Pggln Htl serius call me 087723499899 B00002.2018M312721-3

Firra pijat sht Pria&Wanita Sabar ,Cantik,Semok.SMS/WA.085640 719419.Pelayanan Kami utamakan

B00001.2018M313372-3

KAS FC,Jl.Wonosari KM.7,8 (Wiyoro).Penjualan sewa service TukarTambah mesin FC.0274-4353507

B00812.2018.310893-3

Yudhistira52,mssg trad fullbody,man for man trf skrl std,ditempat/pggl wil Yk.081298308501

B00692.2018.312899-3

SALON New Geisha Sln&body tretmen brt p4an Demak Ijo 300m stlh jmbtn utr/ knn jl dgn 4 traps muda aman,88mlm,087838235199 B00002.2018M310626-4

SlnPondokCntik Spa.Prwtn:Muka,rmbt, badan,RRsltn.CabJl.Paris GabusanKm9.Tlp/WA.087839978776

B00692.2018M313506-3

KONVEKSI Jual benang jahit murah 500yrd 9Ribu/dosin,5000yrd 10Rb, Rit Ekonomis,dll 082325606180

MEUBELAIR Barkas MebelJati Top Komplit,Jual Ratusan Lmr Mj Krs Pnt KsnDll,Jl Bugisan Sltn08122700229

PAKAIAN

Cuci Gudang Disc s/d 60% Kasur Pegas Elite+Divan 160x200=1945rb Grsi 15Th.Sinar Surya Jl.Kyaimojo 79 T:583740

B02387.2018M313298-3

B00812.2018.312224-3

SHAMPO Shampoo noni BSY BPOM ,Theraskin, Crystal-X,dijamin murah & asli,SMS/WA only:087838267678

B01126.2018M313515-4

B00002.2018M312591-3

Sofa Nikita+Mj=1550.KasurBusa INOAC 120x200x15=650.Sinar SuryaJl.Bantul 7,5/088802822389

GADAI ”Gadai tanpa bunga Mobil/motor +STNK HP,tablet,laptop,TVLED,cair tinggi 087738443488

B01126.2018M313071-3

Spcial Rprasi:Mebel Plitur Ulang, Melamin,Rotan,Ganti cover sofa& bsTT! AsaJaya087838882300 B01347.2018M312834-3

B00002.2018M310529-3

B00002.2018M310531-3

5Mnit cair gadai BPKB mtr/mbl 93Up,Taksiran tinggi,resmi OJK. Syrt dbantu,Heni 087739577771

B02387.2018M313370-3

Service mebel Plitur Melamin Jok Kursi rotan dll.Terima Jual-Beli mebel lama.087838275020

B00001.2018M312267-3

B00001.2018M313548-3

B00002.2018M313513-4

Sgl ttg AC ruang:Srv,Bkr/Psg Sw,Psg AC Baru/Bekas (bs TT) Selaras Alam AC.Hub:081226954977

FRANCHISE Franchise Pom Pulsa GRATIS, bagi hasil 300.000/hari, mau? Silahkan hubungi 0822 2622 9060 B01347.2018M312927-3

PERALATAN DAPUR Dijual perabot rumah tangga mebel elektronik kondisi istimewa.Hub 0878.3430.0070 B00002.2018M312383-3

LAIN-LAIN Extra income,full/parttime 2-3 jam/ hr .Mhs/ibuRT/PNS.Allbackground. H:085725044313 ibu Novie

BARANG BEKAS Barkas Bantul:Beli Tinggi Barkas Laptop Mebel Alat RT Fitnes TV LCD AC dll.CP:087739293678

B00692.2018.312096-3

Hanya 100Rb,dpt 1Jt/hr,pst sdh trbukti/Sht&kaya mbl rmh milikmu. SMS nama almt 081915324820

Dibeli barkas:alat RT,electronik ,etalase,rak toko,alat bengkel dll. telp/wa085842013639

B00001.2018M312437-3

Hsl 200rb/hr(jmn)bikin nata dirmh bhn disediakan hsl nata dibeli 085601073150 (Diajari)

Jual meja 180x80cm mulus no minus dan jual perkakas warung lain Hub 087839946694

B00001.2018M311549-3

Peluang tambahan penghasilan utk pemasaran produk SIN Herbal di Jogja.Info Hb 085222247528

Mb@ Is Jualbeli brg bks siap membeli elektrnk,prlngkapan RT, etalase,grobakdll.081904175509

B00896.2018M310377-3

Bth dana mddk cpt&lgsg cair.Jaminan Mtr+STNK/BPKB Mtr aman&resmi. 085100875853/087838100580 Dana Cepat nyebrak 3 bln jaminan Sertifikat Hub.087839307064/ 082141129958 Dna lsgcair.Jmnn BPKB/ttpmtr/mbl+ STNK.Amn&dpt cshbck.JlGodean Km4.085747000838/087738829877

B00896.2018M310371-3

B01126.2018.311517-3

B00002.2018M312204-3

B01126.2018M313074-3

B00002.2018M312759-3

B00002.2018M310663-3

B00001.2018M313368-3

B00813.2018M313366-3

B00002.2018M312490-3

HAJI/UMROH Ingin umroh?Hati2 jangan asal murah.Pilih yg amanah & berizin resmi.PT.Jannah Firdaus.Hub. WA:081230 464 720

B00896.2018M310375-3

KARTU KREDIT Gestun buka tiap hari Senin sampai Sabtu jam 09.00-16.00 WIB. Hub:081391316899

B00001.2018M313288-4

B00002.2018M312816-3

Umroh Reguler 22,9jt 20Mrt11Apr Telaga Kautsar:081904055444 Anda Jamaah Gagal Umroh Hub Km

KREDIT ’Butuh dana cepat titipkn motor atau mobil anda pada kami atau BPKB,prosesCpt.087838632727

B00002.2018M313101-3

Anda mau kredit:Multiguna/TOP UP/ Take Over,jaminan;BPKB/Sertifikat. Hub:0811254180 @ISF

Hutama Hotel AC, km mandi, TV. Hubungi : Telp 6645766 atau 087738061411

B01347.2018M311160-3

Dana tnai KLT 5mnt BPKBMtr/Mbl Prsscpt Dibnt,CairTnggi BngMrh. Heni 087739577771/0811275992

Popi 70-200rb,Fas AC,TV,Heatr MP,PrkrLuas,Jl.Kaliurang km15 T:0274-895484,WA:081325471039

B00001.2018M312441-3

DP0 HP Vivo V7V7+ Oppo F5 Xiomi Samsung laptop Lenovo Asus TV kulkas Mcuci WA085643166354

B00002.2018M312768-3

Gadai BPKB mtr/mbl cukup KTP,KK langsung cair NO BI cek NO survey. Hub:Helen 087821300110

Jogja Sehat Massage thrps pglmn free soft drink ruang AC parkir belakang T/WA 081225447170 Massage tradisional Saraswati P/W dgn 2terapis ibu2 jln Wates km 6 dpn Effisiensi Massage:Cantik,ramah,tamah, ditanggung Fresh.Hubungi Rini:081 228 209 747 Mbak Anik pjt cape2 lekas sehat RR timur dpn grsi Damri masuk 3 rmh keTmr Hub 081327626583 mBak Lia Mssge TrdsionalCapek Keseleo Rflksi LemahSyahwat bs dtmpat/dpnggil 0821 5752 3023 B01347.2018M312868-3

B01347.2018M313029-3

B01347.2018M312975-3

Servis KprGas/Tungku 15Rb sdia regulator tanpa karet sil otomatis knop/tungku.081548222056

Pijat full body treatment buat lelaki dgn pemijat/terapis pria tempat bersih:081336124175

B00812.2018.311035-3

Pijat Hesty melayani pijat capek2 urut dan kerik HP: 081227063106 bisa di tempat&dipanggil

B01347.2018M312062-3

Pjt Sekar Kantil brt Htl Quality dg terapis cewek prof trf 80rb/jam. 085803952911/DA387D18 B00812.2018.313187-3

Pjt tadisional Amel cpk2 kerik llr Wonocatur lmpu mrh blokO ksltn 300m knn jln081903472300

B01347.2018M310847-3

Risma Mssg, mlynipijat trdisional, lulur,kerik,ramah sopan WA:081915527578 khusus dipanggil B00198.2018M312608-3

B00002.2018M310795-3

B00002.2018M312461-3

B02387.2018M313479-3

B00896.2018M310373-3

B00002.2018M313100-3

B00692.2018.311936-3

Khusus BPKB Mobil th.2000up, mudah&cair max,bs take over,plat mana saja.SMS/WA:085814815942 B00692.2018.313266-3

Kredit macet-bermasalah.SHMMbl-Mtr disita/dilelang.Mbl-mtr kredit digadaikan:082220518188 B00002.2018M313134-3

Kredit Murah Springbed,LED32”,LG 300rb/bln,mcuci/L.Es 200rb/bln. syrt:FCKTP:0817267012 Lili B00002.2018M313092-3

Pinjam dana Take Over OK.Proses cpt jaminan BPKB mbl 2000Up no BI chek Hub 081804262044/WA B00002.2018M309647-3

PEMBIAYAAN Butuh Duwit=Jaminkan BPKB Mobil/Truk/Bis tanpa Pot&Terima Gadai Mbl/Mtr+STNK H082327758040 B00002.2018M313105-3

Dana cpt Jmn BPkB mtr/mbl’92up Pjk telat/plat luar OK.Hb:Maji WA:087838609766/082225852900 B01127.2018M313323-3

Pinjaman 50Jt sampai dengan 5M Cek BI Bermasalah Bukan Halangan Hub: 0878 3443 7127 B00165.2018.313430-3

B01347.2018M312973-3

KURSUS ’Kursus stir mobil Fadli murah dan bisa antar jemput.Hub:WA/SMS 081328856284 / 0274-388866

B01126.2018M312230-3

B00812.2018.310199-3

3 Jam bisa baca Al-Qur’an, Tahsin & Tahfidz (0274) 4284364 082134415773 amanajogja.com B00165.2018.312550-3

Amana Kursus Stir Mobil,Murah,Cepat Mahir 0274-4284364-08112649978 www.amana-transport.com

TIKET

B00165.2018.312551-3

CV Setya Raya Kursus Stir dijamin bsa antar jemput gratis WA/ Tlp 081229800338/089643339327 B00002.2018M312216-3

Stir AlFattah Maguwoharjo.Utk pemula&spcialis orgTkut.AdaT4 khs latihan.WA/SMS085701155141 B00812.2018.312876-3

LES/PRIVAT Bimbel khusus masuk SBMPTN, STAN, Poltekkes,TPA, SSI Jln,Monjali 127 Yk, WA.0856 2965 475 B00812.2018.312571-3

Bimbel Private/Reguler TesPotensi Akademik,PNS,IELTS,trjgkau ,TES JlMonginsidi WA08112639440 B00812.2018.311696-3

Les SD/SMP/SMA nem tinggi hub Nindya Gama Jl.Nakulo 16A Wirobrajan 370520 HP 081578956084 B00002.2018M311608-3

Privat di mulai dari titik lemah siswa dr TK SD SMP SMA MHS di Jenius EM.Hub:087838303948 B00002.2018M313036-3

B00002.2018M312476-3

B00002.2018M310699-3

B00001.2018M313307-3

B00812.2018.312679-3

Javana massage,,Lenna,Lisa,Maya memberikan plynan sabar&ramah. Hub 087839910505,BB 21E13D58

B00002.2018M313172-3

OBAT ”Akurat Mengatasi Tlat Bulan”trbkti 1x pke obat djmn tuntas.H” 08572992-5777 gransi 100%

GENSET Captiva diesel ‘15 abu2 beli ‘16 km 35000 AB 307jt asuransi 3 thn WA 087845650710

B00002.2018M312297-3

Seccorps AC.Specialist service AC,kulkas,cuci service perbaikan bongkar/psg isi freon dll.Hub 087739666162

Ada solusi dapat dana 1Jt-5Jt tanpa jaminan utk krywan/wrswasta. Hub/SMS:085642393808

B00165.2018.309808-3

B00812.2018.312681-3

B00074.2018.313252-3

AC Cuci AC 50Rb tmbh freon60Rb bnkr/ psng AC 250Rb serv Mcuci/kulkas125Rb.Bgaransi082172749082

B00812.2018.313184-3

Nikita Masage 25th Pijat Lulur 80rb/ jam dtmpt dJmin Fresh n Sensasional Hb WA:087734599650

HERBAL SusuNabati plancarASI mama soya tbktiMnmbh kwnts&kwlts ASI.Di Apotek/Mnmkt tdkt 0817278232

B00812.2018.311034-3

HOTEL/PENGINAPAN Anggun 30-50rb nginap kmd dlm,TV LED 32”,free wifi,Aman.Jl Kaliurang KM 19 H:085868248449

B01347.2018M312069-3

SABLON

B02387.2018M313561-3

Lngs cair jmnn BPKB mbl/mtr NoRiject proses dbantu pasti ACC cair tinggi,Elsa 087738088883

Nita 20th.Muda,nyaman&dlm jangkauan anda.Ringroad Sltn.SMS/WA 085600399914 ditmpt

B00001.2018M312578-4

B00879.2018M311799-3

FOTO COPY Jual Foto copy all type paket usaha awal hrg mulai 12jt. 0818 0403 4320 / 0813 9161 8640

B00002.2018M313216-3

B01347.2018M311772-3

B01347.2018M313202-3

Servis TVPanggilan=LED&LCD. Langsung Jadi”Mudah&No Repot” Budi=Telp&WA ,Tel=085228491818M =085782491818,X=081803491818

B00385.2018M310872-3

Nikah Siri Cara Islam,Biro Jodoh ,Rukyah Syariah.Hub:Ust Kyai Muh/085102806650/085728112253

B00002.2018M313447-3

Gadai BPKB mtr/mbl cukup KTP,KK 1jam cair No BI cek No surve pendatang ok SMS 087739333373

Bu Ida 081809260077.pinDD040CD6 Ringrod tmr pr4 Ktagede keUtr 300 dpn Suradi pasir Modalan

Nabila pjet cpk2 krk llr djmin fres JEC kTmr400m PomBensin keUtr400m (4trpis) 081904021340

B00002.2018M313545-3

Terapi Pria 22Th Mssge Man For Man Service memuaskan Hub:Rendra no/wa:089620310394

B00002.2018M310639-3

B00813.2018M313564-3

Ahlinya service khusus Kulkas & MesinCuci otomatis 081328711780 /085106165064 Mandiri Jaya

B02387.2018M312650-3

GRATIS, kursus Penguatan OtakAnak SD-SD se Jogja, www.poanak. blogspot.com, 0813 9014 8448

B01347.2018M312718-3

5 Menit cair tanpa bunga mobil/Min motor th12+STNK HP,Laptop,TV LED,cmra DSLR.085228886251

mitha mssg sopan & ramah..hub 089531606150 pin D7CCAE81 khss di pnggil aja di jamin frees

B00002.2018M312309-3

B00002.2018M312763-3

B01347.2018M311020-3

Ahli pjt urat Pak Joko Kotagede sakit boyok perut kembung semutan bea sukarela085878818599

B00002.2018M313124-3

Ahli&cpt dtg:Mcuci otomatis/LM Kulkas,sokis,frezer,AC. Bejo Teknik 0817277569/081223457569

B00198.2018M311555-3

PENGUMUMAN Dibutuhkan karyawan/ti utk toko ban&onderdil mobil dekat PLN Gedongkuning YK(085702447771)

Srini Semox massage mandi lulur Spa dll pelayanan ramah & sabar Hub : 0878 3940 4088

085878578464(WA)/087838310485. Gadai motor/mobil/BPKB langsung cair,aman&resmi tnp surve

Mimin Pjtsehat capek2e.d dll dtmpt ramah 081548267782 JECkeTmr 200m blkg pomBnsn keUtr100m

B00692.2018.310345-3

B00002.2018M313440-3

B00002.2018M312774-3

B01347.2018M312580-3

REPARASI *Service_Murah*AC,kulkas,freezer showcase,Mcuci=Siap24jam WA/ Tlp:085726505000/087855505000

PEMBERITAHUAN Ingin py Incme15jt++/bl&mwjdknKISS (Kel.Indo.Selamat Sejahtera)?SMS/ WA:”KISS”ke085848906132

B00198.2018M312990-3

mBakTitik Mssge Trdsnal Cpk Ksleo bgAnda yg ingin fresh, rilek dtmpt/ dpnggl H:087843300929

Pasang gigi kualitas bagus,harga terjangkau di jamin rapi & nyaman dipake. 081578650375

B00812.2018.313185-3

KOLAM RENANG Mau membuat Kolam Renang yg berKualitas?dgn Metode terBaru Pemakaian Air Pasti akan lebih irit dan Jernih WA081219381999

Zone therapy (khusus penyumbatan) by Toni Liem call/sms 0818279229(WA)/085228073158

B01347.2018M310850-3

B00001.2018M312445-3

CLEANING SERVICE Brshkan kmr mndi wstafel batub closet brkerak kotor hitam.Hub 085228739434 brsih trbukti

B00002.2018M313088-3

B01127.2018M313329-3

Spesialis pijat khs laki²,Jl Paris km15,Patalan,Pom bnsn kslt.Ibu Reni Bariah,081390233408

WonderfulMsg kpster mantap,Jl. RRbrt P4anDemakijo keutr2Km tmr jln(sblmSlknMtrm)085643030463

B01347.2018M312832-3

B00002.2018M313418-3

Sintia masage memberikan plyanan sbr/ramah djamin fresh&rilex kss dpggl 081229 313 818 ok!

Tiara 0813 9546 7373 massage call sabar ramah sopan pelayanan memuaskan kss dpggl ok!

B01127.2018M313335-3

Hlg STNK AB1402DN a/n Ruskam Jaya d/a Jl.Prof Yohanes no 54 Sagan CT V Depok Sleman Yk Hlg STNK Nopol AB6223SE an Nuraida:MejingLor Rt02/rw02 Ambarketawang Gamping 081804141169

B00165.2018.313428-3

B01347.2018M312984-3

Via Massage Kebugaran Pelayanan Ramah Sabar Khusus ditempat dipanggil Hub:082143616356

B00001.2018M310858-4

Shaqira Masage 20th Pijat Lulur 100/Jm.Fullservis400/Jm.Hotel Prawirotaman WA:087734599650

Topitu,pjt kesehatan(panggilan &ditempat,50rb1,5jm.pijat&terapis pria)sms&wa082328309687

Trpi keluhan kjantann hprtensi hpotensi vrtigo diabet P/W js 70rb 1jam B.Ambar087738856000

KEHILANGAN Hlg SIM,KTP,atmBRI an Hasta TriHandoko:MejingLor Rt2/rw2 Ambarketawang Gamping081804141169

B00001.2018M310924-3

B00165.2018.312239-3

Trapi kluhan pria/wnt mtde pjt js60rb djmn smbh tnp obat H:B. Rub081804381859(trpi beneran)

PENGUMUMAN

CATERING JM Catering:bx ater2 ml25rb,bx ayam uth ml48rb,bx kendr ml23rb,bx mkn ml 6rb,prsmn,pkt nkh,dkr. 085743313277/087738315035

B00002.2018M313090-3

Tng2 mumpuni,Lihai Kusuma Masage RR sltn Per4an Kshn keUtr 50m Cpk2,Krik,Ksleo087739165859

B00002.2018M310246-3

B00896.2018.313042-3

B00001.2018M312762-3

B01347.2018M313206-3

Stroke ssh tdur Ktergan Obat Terapy Madu Herbal 082115137437 P.Wahyu Muntilan dtng dtempat

Bowo32th(Satpam)trima pijat capek dt4/pggl.Bertenaga.Dijamin fresh&beda.HP/WA:087731387048

Pembayaran SD 10th bangun baru rehab,rmh,ruko,gdg kolam renang,konstruksi,baja,interior dll H:081804227028/085103003419

LAIN-LAIN Mau bikin penutup meja dapur/ kitchenset?? Murah 800Rb/ML Hub:081222129079

B01347.2018M312066-3

Rahasia terapi urut khusus kejantanan/kwanitaan (bener2 trapi) ckp80rb H.BuTri081392625717

B.Sum 3trps cpk kseleo perut tdk enak krik.Tiap hr bka P4an Gedongkuning ktmr.085801292164

Pelaksanaan Bangunan Gedung,Rmh/ Ruko/Kos Besr/Kcil Baru/Renov H:085602001444 SMS/WA KmDtng

B00002.2018M313096-3

B00001.2018M313587-5

Pjt capek drh tnggi vrtigo asma keluhn P/W B.Parmi blkgSPBU Singosaren Js60rb087838287965

B00198.2018M312994-3

B00002.2018M313120-3

Pria 49 tahun muslim pegawai kebun sawit.Mencari wnt umur39+ u pendamping,Hub 081567641830

B00074.2018.310907-4

Pijat pgal2&terapi Bu Wien.Jl Magelang km8 jmbtn lyang Jombor keutr 1km.Ada Eko ban ketmr 50m keutr 50m bk tiap hari pk9-19. Tarif pgl 75rb.Trapi 100rb

B00002.2018M313178-3

B00812.2018.311541-3

TANAH URUG Yang butuh tanah urug (puing)silahkan ambil di Pakel gratis stok terbatas.Hub:081281080373

ObatKuat,Viagra.PmbsrPns, Hammer ofThor,Vimax,TitanGel.PrngsngW. Alat Bantu P/W.AZAY:087739300704 Jl.Mglng Km12 Sleman.

Aquarius reflexy 70rb/jam.Pasar Cebongan ke Utara 50mkapster baru 087839241530

Ahli smrBor(20-100)Tembus batu/ gali/resapan/Psg&svs pompa air 085100333665/08562878665 Grs

B00896.2018.313348-3

B00002.2018M313400-3

Anggik semok mssg fulbedy fres enjoy rilex sabar di t4.BBM DD 7846A4 Tlp 087825493549

B00002.2018M310972-3

B00812.2018.311985-3

B00002.2018M313094-3

Ibu Ida special sembuhkan lmh shwt,ED&bsrkn Mr.PDijamin tuntas.085601939252/089672104375

B01347.2018M311510-3

Tukng Bngunn Jogja :Renov.,Psg Kramik,Plafon,Pengectn,Partisi, AlmUnium dll. T:082213819505

SWALAYAN Pintu Jati 295rb,mhni 200rb,kusen jati 59rb/m.Mulia Jati Jogja 08122771627

B00001.2018M310359-3

Anda capek mau pijat....? Hubungi : Dewi HP. 0821 36106297, di tempat

B00002.2018M307532-3

B00812.2018.311819-3

KAYU JATI DAMAI Tajem,psnan kusen, pintu &jndl khss jati perhutani 081392707079 www.jatidamai.com

B01347.2018M309955-3

MAKANAN/MINUMAN

LAPTOP Dbyr tunai lptp kmptr TVLED LCD speaker dll normal/rsk dtampung sbnyk2nya T/WA082136411799 B01347.2018M311186-3

Kmi bli hdp/mati laptop/komp/TV/ LCD/LED/AC/Mbel/sofa/lmari/dll brongnOK WA/Tlp087838251555 B00002.2018M312348-3

REPARASI Komputer anda bermasalah?Kami siap datang.Buka jam 07.00-21.00 Meonk comp:0899-515-9328 B00001.2018311340-3

Privat guru dtg kermh,hrg terjangkau mencoba grts.TK&SD,all MaPel,siap UAS/UN.082221154532

B00001.2018M313314-3

UNIVERSITAS Kuliah Prog Transfer Jlr Kusus D3/ S1/S2/S3 Akrditasi Resmi & Cpt Slesai Wsd H:081804397750 B00165.2018.310883-3

Menerima Pendaftarn MHS BARU STIE SBI JOGJA Terakreditsi B Prodi Akuntansi & Manaj Bebas Uang Gedung&SKS SPP 375.000/blNett Info&Permhonan brosur:SMS&WA 081329430001 PinBB:D9EC2190 B00165.2018.313229-6

WISATA Wisata Domestik/International,Rent Car,Umroh dll H:www.amanatranspot.com Tlp0811 264 9978 B00165.2018.310876-3


RABU WAGE 28 FEBRUARI 2018

KOST A.M Kost exclusive putri,putra,pasutri, fas lgkpAC,TV,kmddlm,springbed,wifi, satpam 24j,parkir dlm,uk kmr 4x4 almt utr Termianl Concat Hub:082135693822

RUMAH DIJUAL

RUMAH DIJUAL

RUMAH DIJUAL

2rmh baru sdg bgun 80% type60/ 136m² 3KT 2KM Sidoarum Godean 085729903793 Tlp/WA h:445jt ng

jual rmh dlm rrd umy l152m full bangunan kt 3/km1, r.mkn,r.tamu mushola 640jt.085727713085

RmhSiapakai timur psr Giwangan LT142 LB142 IMB,mblMasuk,AC obral 655JtNego.WA081326541009

Jual rmh siaphuni blkng Lipoplaza Lt150m, 3Kmrmd dlm,garasi,dapur udh komplit.081328084058

pusatinfokost.com (PIKO) Media iklan kost yang paling jooos, minat iklan: WA 081 77 111 33

dijual rumah baru siap huni tipe 80/189 3km tdr 2km mnd r klrg r tm dpr carport shm imb mobil masuk bisa chas temp kpr mobil masuk 440jutaan hub pmlk wa085803466558/hp 085100864062

Putri L3x4 lkpPrb,free:wifi,gas,grs mbl/mtr.Stpam.HosCokro blk HtlAgungmas YK.081578845858

Dijual rumah LS 131m² ful bangunan, mobil masuk KotaGede.Hrg 400Jt Nego.Hub 087705361880

Kahyangan jln raya Tajem perum elit&strategis dkt kampus, stadion,Jogja Bay Maguwoharjo Tipe 168/145 5KT 4KM SHM IMB Unit terahir/Rmh contoh H:1,625M 081329096226

RUMAH DISEWAKAN Dikont 2rmh masing² 2KT Rtm dpr. L900V utara Transmart Maguwoharjo. 9&10Jt nego.085696806372

Terima kos hr/bln blkng Lipoplaza,kmr md dlm,AC.Hub: 081328084058 Stategis nyaman

Djl rmh 36/110 SHM+IMB hrg 339Jt Kalasan Slmn tepi jl hadap sltn 082237024007/087838854647

Purwomartani Asri LT126/80 2KT 1KMD hal carport jl lebar cck T.tgl H:590Jt H:08175458800

Trima kos campurab kmdi dlm di tepi Jl.Magelang km8 Rp 300Rb/ bln.Tlp 087738376985

Rmh br JlWts km8 blkng RS Mitra Sehat T55/107 SHM&IMB mbl pssn 395JtNG 087839891809 KPR OK

Rmh 2Lnt 5KT 3KM Full AC,pgr Jlnaspl LT221 LB400,SHM,Jl Nogotirtono35A,H:081328575555TP

Trm kost putri Jl.Kaliurang km7 Kayen GG Anggrek 58.Bersih aman nyaman.Hub 08122963250

Rmh djl 36/106 SHM+IMB Hrg 345Jt Jl.Godean km8 tepi aspal 082237024007/087838854647

Rmh Baru Proses Bgn 4 Kavling.Jalan Godean (LT116m2/ LB60m2/2lt/550jt).087788770887

B00002.2018M313149-5

Menerima kamar kosong putri Suryowijayan (depan Soto Pak Marto Tamansari) Hub:081931707816 B00002.2018M313503-3

B00002.2018M312788-3

B00002.2018M312872-3

B00002.2018M312661-3

B00002.2018M313180-3

B00002.2018M313132-3

OPER KONTRAK Oper kontrak gudang di Jl.Kabupaten no.131 LT510m² LM10m² 2kmd 2R.utm.Hg 65Jt.081215411055 B00002.2018M312009-3

B00002.2018M312866-3

B00001.2018M313581-6

B00002.2018M312626-3

B00002.2018M313531-3

B00002.2018M312803-3

B00002.2018M313535-3

Rmh djl 36/120 SHM+IMB hrg 375Jt tepi aspal Sleman 087838854647/ 082237024007

B00002.2018M312598-3

Rmh djl 36/90 SHM+IMB hrg 350Jt Mlati Slmn tepi aspal,nyaman 087838854647/082237024007 B00002.2018M312603-3

Rmh djl 36/95 SHM+IMB Hrg 385Jt. Mlati Slmn jln 5m kawasan aman 082237024007/087838854647 Hunian modern real investaman legal pasive income lbh20jt/th naik tiap th.Sari081804190698 B00002.2018M313421-3

B00002.2018M313522-3

Rmh Kluster SHM+IMB,Mulai Tp:45/100,Rp.399Jt,Jl.Wates Km12 Yogyakarta,KPR.Hub:082135617488 B00692.2018.312894-3

Rumah 72m HG125Jt&tanah bsa buat usaha Warung.Sedayu 50m SHM Pekarangan H65Jt.081393561717

Rmh siap huni T50/88 2KT 1KM dkt UMY SHM&IMB mbl ppsn.Hrg349Jt nego.H:087839891809 KPR Ok

Rumah type 29 Hg mulai 146Jt’an dkt Wates Kulonprogo kawasan 2hektar SHGB&IMB/081329391565

Rumah baru 497jt 15menit dari Malioboro.Beli dpt diskon jual dpt komisi.085729690996

B00002.2018M312844-3

B00002.2018M312663-3

B00002.2018M312806-3

B00002.2018M312799-3

5Unit strtgs JlImogiri Barat Km5 Ngoto&Km8 Bibis,jln aspal papasan LT110&117 T.70 3KT 2KM Carport 2mobil LantaiGranit 600Jt Ng 0818465555/081327782779 B00002.2018M308831-5

MaguwoTmr Lottemart rmhBrT75/118 bnsPgr+canopy SHM/IMB.765JtNG. 081215658091-087834108710 B00002.2018M313436-3

PROPERTI AGEN PROPERTI RumahJogja Network : Chanel Youtube ini menerima titip jual Property. WA = 0813 2525 3535 B00002.2018M312786-3

Siap membantu jual/beli tanah dan bangunan di Jogja.Hubungi:Bpk Rahmat 087738356503 B00001.2018M312259-3

DICARI DiCari Tanah yg Lagi Kepepet BU maks2Km dr Ringroad L100-450m Mbl bs Msk WA:0878 4333 6660

B00165.2018.312254-3

KOST Infokosjogja.com : Urusan iklan kost kami ahlinya, minat iklan Hubungi WA : 081 77 111 33 B00002.2018M312790-3

Infokost.com :Pelopor media online informasi kost di Indonesia.Pasang iklan hub:0817711133 B00002.2018M312795-3

Hook 2muka LT390/LB200 260Jt. 180m/LB100 165Jt Sanden jh mkm kndang sutet TrMsk087839577738 B00002.2018M313113-3

jual rmh type 36 lt90 ada 3kav di prm jatimas jl wts km8 bs kpr 300jt tlp/wa 085727713085 B00002.2018M312519-3

Rmh baru DP90Jt T36/100 hook 150m dr Jl.Wates Sedayu. 2KT 1KM milik sendiri 081915548450

B00002.2018M313475-3

Rmh Baru Proses Bgn 3 Kavling.Jalan Jogja Wates (LT102m2/ LB36m2/200jt all in).087788770887 B00001.2018M313052-3

Rmh Cantik 368jt Disc jd 289jtDkt UMY&CLN Kamp UIN Bonus TV32/ACHny Bln ini 062853262002

BrSprMwhElitLuxVillaDimogiri BrtKm7,5L110mLb100 2Lt4Kt3KmdLtGrntTmnKlm559JtWA087843336660 B00165.2018.313438-3

BU Kos Ekslf Jakal 394/602 26KT26KMD& Concat 400/393 20KT20KMD.FullFurnish.Hub:081904125805 B00001.2018M312825-3

Dijual kost di Kotamadya Jogja 17kmr,SHM,IMB,LT671.LB100. Hrg:1,65M(nego) Hub:081390576855

Djl tnh kavling SHM L200m.utr psrsekarsuli jlwonosari km8 k utr200m hrg1750/m.087738320299

Mrh BU pek 531M² Jl aspal muka 15m SHM a/n sendiri,Mulyodadi,Blipuro 395Jt H:082134157566

Tnh102m dpn 6,5m hg2jt/m pekr loks utr SD Model,(stad mag )hub 08773408 1766

Djl tnh pek di Jl Bantul km 7 msuk kmpng.LT471,LD12,hdp jl aspal, SHM, Hub 081249542743

Pek 7000m²LD100m 298rb/m Lendah KProgo Pek 2000m²LD20m 250jt Samigaluh KProgo 087839238517

Utr pombensin Pandk L522mLD13m truk msk 220jt;sltn bgjo Spangin 563m 2mk 315jt087839088433

Dikont 2th tempat usaha dekat kampus UMY 5x5mtr² 12Jt Hub 087705361880

Djl tnh pek di Pendowoharjo Sewon Btl.LT 270, LD16,SHM.Mbl bs masuk,Hub: 081249542743

Pekarangan L:545m2 hg:98jt Mbl tdk Masuk di Pajangan Bantul.Hub: 0878 3999 1548

B00002.2018M312827-6

Dikont Perum Ngestiharjo 2 sel UPY Lt115 Lb70.3KT AC,dapur set,W.Hiter,Carpot.087838800647

Djl tnh pek1000m² diPlanjan Gnkidul dkt jl lintas selatan listrik ada 160jtng 082226158234

Sanden dkt pasar Celep hook2muka LT230m LD13m 140Jt dkt pasar TK SD SMP SMA 087839577738

B00002.2018M312714-3

Dikont rmh di jl Lele V/05 Minomartani Ngaglik Sleman,ada garasi.082134612700/081390092166

DjlTnh SHM 203m² hook ld14m²/11m². fiewsawah,ideal.karang,brosot, galur,KP.160jt08985315361

Seturan LT1048 LD15 SHMP link kampus cck T.Usaha/kos/T.tgl.Hrg 5,25Jt/m.Hub 081229448800

Disewakan Rumah 54/100 2KT2KM 1Mushola Carport dkt JEC Blok O STTA 21Jt/Th Ng 087821912004

Djl tnh SHM L164m2 Jl.Wonosari Km8 keUtr 200m.Jl.Aspal mbl simpangan 1,9jt/m.08562856934

SHM pkr563m LD14m,Tambakbayan blkng kmpsAtmajaya Babarsari, cck kosExlsve 2,5M 08122955748

Kos/kontrak 9,250Jt/th 800Rb/bln Jl.Godean km4 Besole 1KT,Kmd dlm,dpr,teras.087838124400

Djl tnh SHM L261m² lok ds Kledokan Selomartani Kalasan Sleman.H: 087845702108/082138545514

SHM Pkrgn LT202 LD20.Akses aspal.H 1,3Jt/m bisa bayar 10Th. Gamping 081915548450 TP

Rmh 2Ktd & 3Ktd Rtamu,dapur,garasi. Lok utr Monjali sltn Hyat Muslim. Hub 085102590507 nego

Djl tnh+sumur L125m.60Jt.Pnggr jln kmpung Krandon Ngering Jogonalan Klaten.SMS087705397681

SHMP 303m2.LD12m cck u/Kost,sltn UII,Utr Ponpes Jl.Aspal hdp Timur 3,5jt/m. 081328747999

Rmh LT223m LB90m 3KT 2KM, Rtm,Rkel.650Jt.Utr prm Prtamina Prwomartani,mbl ppsn.085879962062

Rmh dikont 3K.tidur,kramik,ternit. Dkt Ponpes Krapyak u/RT.Mbl tdk msk.H10,5Jt 087838500605

Djl tnhSHMP LS3000/LB40 Jakal km9 ketmr Gandok Krngmojo/ Minomartani.1,7Jt/mNG.085729248052

Strategis, SHMP L500m2&650m2 LD 13m dekat gerbang UIN Pajangan BTL 085101849222

Rmh LT400 LD25 LB175 3KT 2KD grs,ada sisa tnh dismpng rmh.Amannyaman.H650Jt.085100400672WA

Rmh disewakan 13,5jt/th 2KT 1KM dpr RT garasi dkt Monjali CP:081804252942

Hanya 48jt Kav 90m2.LD10m,Lok ideal didesa wisata Lendah KP,ccku/ Inves hunian 087719517771

Super murah pkrg 1320M² Arah Srigetuk Playen 360jt SHM a/n sndr,Jl lebar,rata 08156870833

OPER KONTRAK RU Murah sgr.RU70jtNg.5th 10bln. L8X15.Fgte.strgs pgr jlRy sdokarto godean DpnTsrb085725835140

Jl tnh 1 ha,1 bukit tepi jln dkt 3 pantai 125/m,shm dkt jls yg akn dbangun 081215514500

Tanah 1000m Sertifikat HM sktr Jl Palagan Km 11 utk Rumah Ok,Maaf TP Hub:081804300373

Oper Kontrak Salon Kecantikan Jln. Paris Km8 Harga Nego Hubungi WA: 0877 3459 9650

B00002.2018M313404-4

Jl.Magelang km7 ketimur LT1 ha LD55 jl aspal cck resto/perum. Hub:081229448800

Tanah dijual TP/SHM/LS972m² dlm Ringroad,pgr jl.Tatabumi 3,7Jt/m² Hub:08156722700 nego

OperKontrak SalonBeserta isinya msh11bl hgNg sdh bnyk plgn mau pndh luar kota 087734599650

B00002.2018M313258-3

J l . R a y a W a r a k LT 2 0 0 0 L D 3 0 S H M P c ck to ko. H u b : 0 8 12 2 9 4 4 8 8 0 0

Tanah Pek Hook di Wirokerten mangku aspal dkt Kampus Surya Global L219m² Hub:08122940246

Jual cpt murah SHMPek 109m²/95Jt NG mangku aspal 2muka jauh mkm/sungai cuma 500m utara lap Baratan candi Binangun Pakem Slmn 082133908312/087836605324

Tanah Pek Luas±102m² muka±9m Hg3,7jt/m dkt Ringroad(tdk trima SMS) Hub:082133759908

SEWA R.USAHA Dikntrkan t4 usaha utr UMY 5x9 List1300W KM dlm,Kmp Nulis timur jalan H Nego 087838786205

B00002.2018M312513-3

B00002.2018M312658-3

B01126.2018M313059-3

B00001.2018M313055-3

Rmh Kos Strtgs 9kmr penuh Jl.Godean Km4,5 SHM/IMB 271m/295m 08127411663 (maaf tdk trm sms) B00692.2018.313267-3

Rmh Lb72/Lt129 Perum Citra AmartaC7.600jtNg.Purwomartani Kalasan.087838463118/081915552001 B00692.2018.313264-3

B00002.2018M312736-3

B00002.2018M313385-3

Rmh siap huni dkt UNY Wates lingk perumT80/100 3KT+2KM SHM&IMB 549Jt nego.H:087839891809 B00002.2018M312797-3

Rmh siap Huni LT150,LB125 2LtHook,tmr Psr Stan Mgwo dkt Bandara, 3KT,2KM,Crpot.081328747999 B01126.2018M313519-3

Rmh siap huni T160/170 4KT+3KM pgr Jl.Kabupaten SHM IMB H:1,595M nego.Hub 087839891809 B00002.2018M312809-3

Rmh Siap Huni.Jalan Babaran (LT435m2/LB200m2/2.8M). 087788770887 B00001.2018M313060-3

Rmh tinggal&kost²an. Dkt Amplas, 3Lantai, ada garasi. 590Jt Nego. Hub 085104848444 B00002.2018M312687-3

Rmh&ruko 3LT+Usahanya,SHM,IMB, LT885,LB448,pgr jln,dkt bndra br Jgj. Lgsg pmlik:082325602992 B00002.2018M313191-3

Rumah LB135 LT922 renovasi bayar 10th. 675Jt nego.gamping Jl.Wates km6 ksltn 081328277730

B00002.2018M313473-3

Utara UGM R.tgl+kos LT500/450 15KT,17Kmd,grs 4mbl,carport,paviliun. hal h:4,9M 08175458800 B00002.2018M312719-3

B00002.2018M312339-3

B00002.2018M312692-3

B00002.2018M312628-3

B00002.2018M311429-3

B00002.2018M312676-3

B00001.2018M312653-3

B00002.2018M313225-3

B00002.2018M312371-3

B00002.2018M312455-3

B00002.2018M312506-3

TANAH DIJUAL Djl tnh SHM 108m² Jl.Jogja-Solo km12 samping Toko Mebel Midora,utr bks tmbangan truk,Purwomartani Kalasan.081384958150 2HA Barat kota Bantul dekat kampus UIN&Selatan Rewulu 5500m² LD35m.SHMP Datar.087843181652 415M² LD:15M 2MK Pek SHM stgs dlm kota Klaten,mobil Smpngan,1,5Jt/ m² Nego ,08164258669 TP B00002.2018M313151-3

5mnt brt Polres Sleman Tnh Kav dlm Perum 125m Ds Malang Caturharjo H=2,25jt/m 081804083040 B00002.2018M310838-3

5mnt sltn UII tgl 1Kav tnh 222m² H2,25jt/m Kampung Siwil Jakal Km12,5 tp jlry.081804083040 B00002.2018M310840-3

75jt sdh an sendr120m shm sbrng wst pinus pngger view indah,mbl msk,tnh datar 081215514500 B00001.2018M312567-3

850rb pekarangan di sedayu selatan kampus mercubuana. Luas 180m, LD 9m,087822283311 B00001.2018M313379-3

99jt Kav SHM 166m2. Ld 10m, Lokideal didesa wisata 1mnt dr JlrBandara baru Hb:087719517771 B00385.2018M313343-3

BU cpt Pek SHM sendiri utara UII dkt Balai Desa,CandiBinangun 245m² Hny 2jt/m 082134157566

Djl cpt rmh kos²an 12kmr,diNologaten gg Seray 127A.Hrg1,7M nego. 08122747618/087738306955

B00002.2018M313098-3

BU djl tnh kav LT100m,hrg 3Jt/m nego.Lok 1,5km utr std Maguwoharjo Slmn.Hub 0821.3830.3598

B00002.2018M312621-3

B00002.2018M313533-3

B00002.2018M313537-3

TANAH DIJUAL Tnh SHM=354mLbr=10m,aspal,dkt STIPER/JogjaBay/Sadhar,UNRIYO cc u/ush+kos=3,2Jt/m0818215851

B00002.2018M312777-3

Djl rumah 124m² 2LT SHM jl Dr.Rajimin Sleman kota hrg 850nego 085100438876/085743473755

Rmh djl 36/84 SHM+IMB 225Jt Jl.Wates km10,8 mobil masuk 082237024007/087838854647

TANAH DIJUAL jual tnh pek strtegis u/ush/gdg mangku jlwates km 13 lt187ld12 h640jt. lgs pmlk085727713085

Dijual rumah diKalasan 380/120 Ktdr Kmndi Rtamu Rkel dpr H:750JtNG minat H:085100916257 TP

B00896.2018.313530-3

Rmh djl 36/80 SHM+IMB hrg 265Jt Jl.Wonosari km10 timur Kidfun 082237024007/087838854647

TANAH DIJUAL Djl tnh kavling 89m² ld 10,5m²lks:sedan, sidorejo,lendah,KP.ideal.45jt.masih 4.H08985315361

B02387.2018M312160-3

Djl cpt rmh siap huni ling Cluster, LT155m,LB129m,3KT AC,2KM. Baciro-Yog.Rp1,3M.087738388046

HALAMAN 17

B00002.2018M313170-3

Dijual Murah Tanah Pekarangan hook Ls.260/Ld.12m Jl.Aspal,Ds Taskombang Prambanan hg.1,3 jt/m.Hp:081329622520

B00002.2018M313122-3

B00001.2018M313339-4

Dijual Murah Tanah Pekarangan siap bangun hook Ls.224 m Ld.10 m Ds.Kokosan Prambanan Hg.1,3jt/m. Hp.08132962252

B00002.2018M312317-3

JL Rmh Istmw 2Lt, hadap Jln Raya,Sambiroto Purwomartani Kalasan Dlm,(pengobatan h,Yahya Al Faruq).650Jt Ng. 081578771862

B00001.2018M313563-3

B00001.2018M312530-3

B00002.2018M313015-3

B00002.2018M313018-3

B00002.2018M313208-3

B00001.2018M313560-3

B00002.2018M310167-3

B00002.2018M312887-3

B00002.2018M312589-3

B00002.2018M312746-3

B00385.2018M313352-3

B00001.2018M312565-3

B00002.2018M312712-3

B00002.2018M312706-3

B00002.2018M313471-5

Jual cpt murah SHMPek 211m²/95Jt NG akses aspal jauh mkm/sungai cm utara perum Gajah Mada 081326986855/087838317570 B00002.2018M313465-4

Jual cpt promo cm smpe 27 Feb2018 SHMPek 125m²/95Jt net,jauh mkm/sungai,mangku jl ry bs u/ usaha/Invest cm 3mnt Utara kecTuri 081328566088/087825450967 B00002.2018M312860-5

Jual cpt promo SHMPEK 125m² NG akses aspal jauh mkm lok cuma 700m utara ktr kec Turi Slmn 082242658149/087839535056 B00002.2018M313463-4

Jual cpt SHMP LT299/9 Jetis Btl 200m dr Jl Imgri Brt,fasum lkp.1,25jt/m T/ WA 085878719000 B00002.2018M312495-3

Jual cpt super murah promo cuma sampe 25 Feb 2018 SHMPek 105m²/45Jt net jauh mkm/ sungai akses aspal cm Utara perum Gajah Mada Turi Slmn 082242455910/087836605324

B00002.2018M312500-3

B00002.2018M312291-3

B00002.2018M312618-3

B01127.2018M313325-3

B00002.2018M313115-3

B00002.2018M312709-3

B00002.2018M312992-3

B00002.2018M313477-3

B01126.2018M313517-3

B01126.2018M311956-3

B00002.2018M312293-3

B00002.2018M313449-3

B00002.2018M312637-3

B00002.2018M312023-3

B00002.2018M312988-3

B00001.2018M312525-3

B00813.2018M313567-3

JUAL R.USAHA Disewakan/jual kios Psr Bringharjo lnt dasar 14mdl tengah blkng u kebaya dll 082325606180 B02387.2018M313292-3

Jual/sw 1 mdl psr beringharjo ygy,los 5 barat plng utr,batik,h0816988293 (WA),087831054999 B00001.2018M312701-3

Kios 2Lt jl.slokn mtrm bbrsari.LD:3m p:7m,roling,toilet,lstrk.Hp/wa:0838 5956 905 B00001.2018M313321-3

Lebar muka 8mtr.kblkng 3mtr. Rollingdoor,lstrik.Kosong 130jt. Beserta isi 150jt.085868229286 B00001.2018M312526-3

Ruko strategis diJanti Depok Sleman Lt:129m² LB:160m² LD:14m,SHMP Rp1,1M.Hub:081215202005

B00002.2018M310992-3

B00001.2018M312703-3

B00165.2018.313429-3

B00165.2018.312644-3

B00002.2018M312971-3

B00002.2018M312025-3

Dikont kios Jl.Kusumanegara 135C,sebelah barat pabrik susu SGM.HP 0811256708 Tdk SMS

B00631.2018M310780-3

Dikont RU+t4 tinggal,tepi aspl cck u/ WR mkn.LokTmr psr KotaGede.15Jt/ th nego.087843202666

B00002.2018M312021-3

Dikont Ruko 2Lantai,LB 100m²,WC dlm,air PAM,Listrik,Lok Jakal Km 7 No 12B. WA 087739705463

B00002.2018M311883-3

Dikont t4 Usaha WR Mkn siapPake. Dkt asrama Stelladuce.15Jt.Ajeng 089669192346/082134354114

B00002.2018M312497-3

Dikontrakan ruko 100m² Jl.Godean Kruwet. 15Jt/th ada ruang kaca KM KT Dpr Hub 081227565606

B00002.2018M312509-3

Dikontrakan r uko,letter L , d u a mu ka , d i J l . M T H a r yono 73,Hub:085235590405

Tanah SHM Sltn UII Jl.Xurang Km13LT300m2.Ld24m.P12,5m Jln dpn2,5m. 2jt/m2 Leo 083830879441 TanahPek SHM Banguntapan akses jln 6m dekat Ringroad L125m²/134m² Hg2,8jt Hub:087739171730 Tnh didpn Geronimo Gayam LS 127m² akses motor dkt fasum strtgis hrg 2,9/m².H:081578018188 Tnh dijual murah LT839 LD27 hrg 340jt ng,lok Pandak Bntl jlr bandara UII T/WA:081802661028 Tnh dijual tegalan L5005m hg440rb lok tempat wisata kaliurang bgs u/ hotel 0877397707049 TP

Tnh djl LT124m² SHMP hrg 124Jt Berbah Sleman jl 4mtr aspal 087838854647/082237024007 B00002.2018M312600-3

Tnh djl LT150m SHMP Hrg 149Jt. Berbah Sleman dkt Sampurna 082237024007/087838854647

B00002.2018M310967-3

B00002.2018M312623-3

B00812.2018.313188-3

B00002.2018M312696-3

B00002.2018M313393-3

B00002.2018M312852-3

Dswkan kios 2x3m dibagian utara pasar Pakem cocok u/jualan sembako dll.SMS WA 082302500046 B00002.2018M312175-3

B00002.2018M312862-6

Tnh kavling164m² ld 8,35m2.lks: lopati, trimurti,srandkan,bntl.100125jt.mash 3.H08985315361

Dswkn lokasi usaha strategis(21X11) m² dkt Bandara,PT.Mirota,Hotel & Kampus UIN Sunan Kalijaga. Hub.85743783046

B02387.2018M312191-3

Tnh pek LS874m² LD19 SHMP Jl.Wates km6 mbl ppsn dkt perum hrg 775Rb/m² nego.H:087839891809

Dswkn RU di malioboro dkt ramai, `rmyana,lt2(saat ini u)kost,lok strtgs,45jt/thng08174181158

B01347.2018M312977-4

Tnh pek SHM 952m² LD60 Munggur Srimartani Piyungan (utara Koramil)1,1Jt/NG Hub 0818264616

Dswkn RU uk 3,5x10 M:10Jt/th dan 9x10 M:20Jt/th Lokasi Jl Penggung Jatinom Hub082137978666

B00001.2018M313337-3

Tnh pinggir jln L210m/8m mbl simpangan.Barat SMPN2 Canden Btl JlParis H90JtNG 087845691099

Murah 16/Tnh Tmpt usaha 4x8 dkt kmps Instiper Jl.Nangka3 no.161 Maguwoharjo.Hb:08998699996

Tnh pkg.L105 3jt/m².Dusun Duwet RT7 Utr SDKanisius duwet(pngdlan slman kesltn)087843131534

Oper kontrak cafe di Seturan msh bgs allin 90Jt (sewa,bgnanintrior,wifi) WA/HP 085878806885

Jual murah BU SHMP 104m raya Pamungkas Xurang jl.10m bgs u/ bisnis 368Jt nego 087779601777

B00001.2018M313341-4

Jual tanah pekarangan 250m Piyungan keUtr 3km ke timur 2km Rp.175jt pass H: 081222282857 Maaf jangan SMS & tanpa makelar

B00001.2018M313571-3

Jual Tnh Bonus Rmh di sktr Jl.Wates Km4 LT251m² LD9m mobil msk hrg 2,5Jt/m.08179413032 TP

B00002.2018M313525-3

B00001.2018M313569-3

B00002.2018M312801-3

B00001.2018M313589-4

B00001.2018M312563-3

Kos Lgkp harian/blnn KMdlm AC noAC 10mnt keMalioboro PrkrLuas utr PsrGamping 082133616141

Rmh djl 36/84 SHM+IMB hrg 200Jt Jl.Wates km 10,8 dkt kampus 087838854647/082237024007

Koskosan dkt hotel Inside uk 3x5,5 kmandi dlm full kramik.Hrg 4,5Jt/th H:08122769625

Rmh siap huni 300jt dislatan Ringrod Kasihan Btl bsKPR/Cash dpn Perum Besar Wa:08175468883

Rmh jejer Mushola,jangkang Nogotirto, ls 208m /ls160m 3km,4Kt, grs,karpot,SHM.Hp.750jt,pemilik 081328302479

Kost putra fasilitas komplit d/a RS UGM ke utara 300m. Hub WA 0818265141

Rmh siap huni/bangun t36:262jt t45:308jt t54:342jt,free biaya2. H.085741323025/087738085676

Jl Rmh Ls119m 3KT 2KMd RT Grs RMkn Dpr di Padokan Kdl mbl msk H600jt Ng Hub:085927452775

Dijual tanah dan 2 bangunan. Lt.768m,lb.60m dan 91 m.Hub.0813 4321 4044

JualTnh Ls:2750m2 hrg:90jt Ld:30mtr Pemandangan Bagus Cocok Buat Kebun,Villa,Full jati Lok Kln Progo akses jln aspal Hub:08586966 3753/0878 34305717

Kost putri belakang JEC bersih, Nyaman, murah.hubungi: 0818 0274 1989 atau 0813 2859 9383

siap huni LB 33 LT 100 2KT 1KM SHM IMB kr rejek wnsari 165jt 0818461836

Jl.Dirgantara Babarsari,LT 300m²,LB 250m²&Rmh kos LT 200m² 20KT,dkt Amplaz H:087843181652

Dijual tanah mangku jln nasional Jln Wates Km11 3,7jt nego,SHM,817m², LD31m.H:081804368315

jual tnh pek barat umy L89m, Ld10m. H195jt nego. Cocok utk kos/rumah.085727713085

Tnh pkrngn dtr mbl msk kiri knn rmh SHM/430m LD7m JlWts km14 Klangon 150Jt/NG 085100137840

Ruko 2LT masih 7bln hg 25jt. p15x2m lbr 6m.dpt diperpanjang. hub 081804447333/08122702856

Joglo+rumah+AC L:700m SHM dpn pasar,Bank.Bisa utk GuestHouse. Pmilik 087738636414 Hrg=1,9M

Djl Tanah diWonosari Ls200m² Lok Samping Batas Kota Wonosari.1,3Jt/ mNG.Tlp/WA081312423792

Jual tnh pek dekat kampus pgri luas 296m ld 7m h2,7jt/m lgs pemilik 085727713085

Tnh SHM Pek LT145 LD9 nyaman diBangunjiwo Kasihan Bantul.Rp 100Jt.H:085803562391

Sewakan ruang usaha 7x15m ada hal parkir tepi Jl.Godean km8.Pmilik 085292342010

B00002.2018M313024-3

B00002.2018M312682-3

B00002.2018M313200-3

B00812.2018.312840-3

Kost-Jogja.com : Pertama & satu satunya diJogja, Iklan kost bonus video kost untuk anda

B00002.2018M312595-3

B00002.2018M312451-3

B00002.2018M312819-3

B00001.2018M313575-3

B00002.2018M312792-3

Dijual sawah SHM 118m²,jln srandakan brt rs uii pandak bntl.Hrg 370jt H(085713109536)

B00692.2018.313268-4

Dijual sawah SHM 238m²,jln paris km 15 bntl.Harga 250jt.H(085713109536)

B00896.2018.313349-4

B00001.2018M313573-3

B00002.2018M312036-3

B00001.2018M312548-3

B00002.2018M313251-3

B00002.2018M312453-3

B00002.2018M312635-3

B00002.2018M313021-3

B01127.2018M313499-5

B00002.2018M312511-3

B00002.2018M312499-3

B00002.2018M311655-3

B00002.2018M312611-3

B00001.2018M313294-3

B00002.2018M312616-3

B00002.2018M313445-3

B00001.2018M312651-3

B00002.2018M312776-3

B00002.2018M312335-3

B00001.2018M313554-3

B00002.2018M312668-3

KENDARAAN

MOBIL DIJUAL

MOBIL DIJUAL

MOBIL DIJUAL

MOBIL DIJUAL

MOTOR DIJUAL

MOTOR DIJUAL

MOTOR DIJUAL

ASSESORIS Kc film,audio,alarm,variasi.Trm srvis,bs djemput Top Variasi JlCokroaminoto124/08164222815

DAIHATSU Grandmax 2010 bagus mulus AC dingin.Hrg 68Jt nego siap pakai. Hb 081227930099/085647001881

HONDA Cuci Gudang! msh Ready Mobilio, HRV,BRV,NIK2017,Harga Mantap Krdit Ok.Hub:Yoki 087705579776

MITSUBISHI Kunjungi wwww.mitsubishidealeryogya.com dptkan info hrg& disc. Bisa Hub HP/WA 081332634869

SUZUKI

DEALER

HONDA Pengen motor baru unit 2018? Promo Beat DP550.Vario DP650.Tanpa ribet H 085701525353

YAMAHA yamaha masih promo.Dp mulai 200rb KTP DIY.proses mudah.087845745426

Promo Honda Spesial Showroom Event Brio DP14 Mobilio DP18 Free Lucky Deep Hub:08170429564

Promo mtsbsi DP mulai6jtan, T120ss, L300, xpander,pajero dll.Budi081282480877 (wa)087838206970

Supra X 02 Sleman 4.3jt,mio sporty merah 4,6jt.Hub Kamboja 4 No126 Congcat.085101873283

L.300 solar PU.Rp.47jt.th 1985 pjk hdp.plat AB-btl hub.0878-43131-534 (jln.kab Sleman)

Supra125 06=0,2Supra012 =11 Vrio 015=12, 7Beat014= 11,7 Mio 07=4,5Vrio09=89 T0895371539005 bskrdt

LAIN-LAIN Dijual cpt Viar th 2013 warna merah,kondisi bagus&terawat.Harga 17Jt nego.Hub 085100835590

B00002.2018M312475-3

B00002.2018M313231-3

BENGKEL Pasang/Service Power Steering,TJ Power Steering,Jl.Perum Nogotirto.Hub 085729060207

B01126.2018.311523-3

B00002.2018M312468-3

B00001.2018M313072-3

Specialis Kaki²,EPS Powerstering, Modif,pbaikn&gnt baru,ART Understeel,antrjmput.0818640957 B00002.2018M311265-3

DAIHATSU

B00002.2018M310432-3

B00001.2018M313020-3

B00001.2018M312532-3

HONDA Dapatkan Bunga 0% Khusus Mobil Honda Baru Info Hub:082221722298 / 087738880008

NISSAN Grand Livina XV’07 Htm AD TgnI Mtic 84JtNg & Futura PU’12 Htm AB TgnI 68JtNg 087843161416

Promo akhir tahun,Mobilio,Brio, Brv DP mulai dari 20jutaan. H. Surya Honda. 0819 0421 2959

BU Grand Livina XV Th 2010 Silver AB pjk baru Hrg 99Jt NG.Hub 08121583133

PromoHonda CuciGdg.Ready:BRV DP8JTJazzDP17JTHRVDP24JT.WA 081325629151/ 081578036015Andre

SUZUKI Carry 1.0 PU. Rp.35jt. th 1996 pjk hdp.plat AB- sleman hub.087843131-534 (jln.kab Sleman)

B00002.2018M310635-3

B00812.2018.309963-3

B00002.2018M311889-3

PromoHondaDP mulai10jtan.Ready, Brio,Mobilio,BRV,JAZZ dll.ARDI. 085204852215(WA)081804280266 B00812.2018.313190-3

Grand Civic 90 AB Cantik Full Variasi Pth Mls Trwt Sgt Bgs 45jt Nego 087738139921 B01126.2018M313509-3

Ferio 96/97 silver mtl,ori luardlm AC/Audio/PW/PS/VR18 bbs mesin halus 69Jt AB 08157778358 B00002.2018M312754-3

H.Stream Matic TH02 hitam AD TG1 coverjok Audio TV Istw bsTT/ krdt H:087738161427

B00002.2018M313408-3

Mobilio E Matic TH”14 merah plat AB surat lngkap bisa krdit siap pakai 145Jt.085729297870 B00002.2018M313223-3

Promo Honda Free aksesoris Brio DP21JT3,1JT Mobilio DP10Jt 4,9Jt,JazDP32Jt Ery081392458519

B00002.2018M312821-3

Stock 2017&2018.BRV, Mobilio, HRV,Jazz,an pembeli.Terima kredit dibantu.Yudha 082242456565 B00002.2018M310120-3

*Honda Brio DP mulai 9jt Baru Khusus Event 24 Feb 2018 Bsok Agung 082225753128 Royal Class B00002.2018M312472-3

0dyssey’05 AD Slo Panel2,Syound, VelkBan Kondisi Luardlm bgs 142JtNg GdKuning 087843161416

B00001.2018M312645-3

HYUNDAI Dijl H.Atoz’02 AB Sleman pjk br ban br tgl pakai 48jt ng H:Jl Turi-Sleman Km3 082236625903 B00002.2018M312503-3

ISUZU Panther LV 2.5 TH01,hijau tua met,TG1,coverjok fullvar Istw bsTT/ krdt H:087738161427 B00002.2018M313412-3

Phanther grand touring 2004 plat H smoke silver gagah siap luar kota 123jt/081802745533 BU B00002.2018M312858-3

MAZDA Mazda vantrend95 silver AB kota ori AC pwr stir siap pake 26jt nego tipis 081227444132(WA) B00002.2018M313214-3

MERCEDES Jual Mercedes W124 Sportline 1995 ori pemakaian sendiri plat AB.Jakal km10,9.H: 0811298010 B00002.2018M313130-3

TOYOTA Corolla Th99-AB,Godean/1.8SEG M/T abu² mtlk full ori,AC dingin-62Jt nego.Hub 085292433461

B00002.2018M313182-3

T.New Corola TH00 birumet AB TG1 coverjok audio TV Istw bsTT/ krdt H:087738161427

B00002.2018M312847-3

B00002.2018M312982-3

B00002.2018M313410-3

B00896.2018M312017-3

Dibeli tinggi spd mtrBks sgl merk: Gonel Nogotirto WA 081904037008/ 085101507530 SMS/Tlp24jm B00812.2018.310354-3

MOBIL/MOTOR SEWA Hrg promo sewa mbl stok kmplit bsDrop dlm/luar kt AlwyTrans 4435600/0818268597/08157919713

B00002.2018M312504-3

B01347.2018M311922-3

Dijual Suzuki Carry 1.0 th89 warna putih,mesin masih mulus Istimewa. hub 0878.3430.0070

Shafaa Transp menyewakan mbl dg/tnpsopir dlm/luar kt0274-387896/ 085103052400/087838458999

HONDA Beat Vario Supra/Revo Cukup Bayar 700rb KTP dan KK Saja, WA/Tlp/ SMS: 087 838 225 507

B00002.2018M312380-3

Djl suzuki carry pikep extra 1.0.th 91.ab bantul.hub pojok beteng kulon TB Murni0274381517

B00198.2018M311291-3

B01126.2018.311519-3

B00002.2018M312962-3

Beat013=11,5 Vario 110 th014=107, Revo08=5,7 Karisma05=47 Vega04=47 T:087739042066 bs krdt

B00002.2018M312463-3

CB150R Th 2013 akhir tgn1 dari baru AB Sleman,putih pajak baru.Hrg 14,5Jt.Hub 082136261268

B00002.2018M312471-3

DEALER

B00002.2018M313388-3

B00002.2018M313102-3

DiCari=Scoopy FI-Vario FI-Beat FI AB Pmilik Tgn1.Sy dtangi lihat dbayar Cash 085100135904

B00001.2018M312648-3

Dijual CB150R th 2015 akhir, warna merah plat AB kota, tangan pertama.hub 081802634219

B00002.2018M313147-3

Djl Mio Sporty 2007 AB Bantul, hitam.5,2Jtnego.Hub Friend Tailor Wiyoro.081227124591NOSMS

YAMAHA Ckp ktp+kk,mtr krm.DP600rb u/ (SoulGT,X-ride,Fino).Vixion DP(1,5), R25 DP 2,5)WA082137524202

Honda NF 100 th2003 biru pajak hidup Bantul jual cepat WA:081802623273 Kadipaten Kidul

Jual mtr Yamaha Mio th 2007 AB Kota an sndiri pajak hidup,hrg 6Juta.Wrn biru.081328001256

Katana GX’94 AB Btl Pwr Stir AC,Mesin body luardlm bgs.Putih Pjk Pjng 45 JtNg 081210144929

MITSUBISHI Djl mitsubishi colt 120ss ninibus aramada th94 ab asli.pintu blkng(28jt) hub 085104422525

TOYOTA Avanza 2013 E upgrade G Orisinil Tgn 1 dr baru,AB Slm,pajak pjg.WA:08112542409 Lsg pemilik B00002.2018M312781-3

MOTOR Beli sgl-mtr,sgl-th H:P.Nono Celeban Jl:Soga42 H:081.227.55146 XL:0878.3823.3957 B00002.2018M299450-3

Dijl karimun wagon R 2015 tgI dr baru silver pjk br brg istw hrg 87 ng Hub:082236625903

Jual Cpt BU Suzuki X Over 2009 Hitam AB Slm Standart,Hrg nego,WA/ Tlp/SMS 081328717671

B00002.2018M312765-3

Dibeli motor/mobil tua-muda sgl kondisi XL= 08787.7799209 Trisno= 661.0099 / 085707.909044

B00001.2018M313290-3

Futura 1.5 th2000 AB tgI cat mulus km98rb jrg pake ori 90%istw AC tape 54jt WA085878137716

B00001.2018M312947-3

B00002.2018M312469-3

Tiger Revo edisi 1 2006 Built Up mesin ori Hg11Jt 081393561717 Jupiter MX 2008 4Jt plat BE

B00002.2018M313460-3

B00001.2018M313326-3

S.APV Mega Cargo PU 1.5 Th13 hitam AB TG1 AC Pjk br KIR br km dikit Istw:087738161427

B00002.2018M312964-3

B00001.2018M313044-3

Dijual Avanza Hitam 2008 AB Kota Tgn1 AC TV Central Lock H.95jt Nego HP: 085.292.631.935

Merci C180 Th95-B Silver Velg R18 ACdgin tape/cd/usb ors 59jt Ng 081210491717/081578705598 B00002.2018M312979-3

B00002.2018M312352-3

B00001.2018M312952-3

B00001.2018M312958-3

B00001.2018M313317-3

B00002.2018M312473-3

SUZUKI Jual Murah Shogun Cakram AB surat komplit hrg 1.650 bisa TT Hubungi : 081227255564 B01347.2018M313501-3

B00002.2018M312439-3

B00002.2018M312631-3


SUPER SPORT 18

RABU WAGE 28 FEBRUARI 2018

AFP PHOTO

ANTOINE GRIEZMANN, STRIKER ATLETICO MADRID

DIRECT POINTS  Atletico Madrid siap

melakukan sapu bersih

 Setelah tersingkir di

ajang Copa, mereka terus meraih kemenangan  Tercatat, Atletico menang tujuh laga beruntun  Leganes akan menjadi lawan berikutnya  Setelah Leganes, Atletico akan menghadapi Barcelona

ATLETICO MADRID VS LEGANES

SAPU BERSIH

SETELAH tersingkir di ajang Copa del Rey, Atletico Madrid menunjukkan konsistensinya sebagai tim papan atas La Liga. Mereka berhasil melakukan sapu bersih kemenangan pada tujuh pertandingan secara berturut-turut. Leganes menjadi lawan berikutnya yang akan dihadapi di Wanda Metropolitano, Rabu (1/3). Diego Simeone telah berhasil membawa Atletico Madrid dalam performa yang stabil dalam meraih poin penuh. Dalam rentetan tujuh kemenangan beruntun itu, Los Colchoneros juga sukses melakukan balas dendam atas Sevilla yang menyingkirkan mereka di ajang Copa del Rey. Kalah 1-3 di

Copa del Rey, Atletico mennag 5-2 di La Liga. Kemenangan 5-2 hari Minggu di Estadio Sanchez Pizjuan merupakan hasil yang agak puitis saat Anda mempertimbangkan di mana kemenangan beruntun Atleti yang baru dimulai. Terkait dengan catatan tujuh kemenangan beruntun, prestasi Atletico Madrid yang hampir serupa adalah pada musim 20152016 saat Los Rojiblancos mencatat kemenangan mengesankan. Saat itu, mereka mengalahkan Espanyol, Barcelona, Granada, Athletic Club, Malaga, Bayern Munich, dan Rayo Vallecano di semua kompetisi. Meraih 15 poin dari 15 poin

maksimal yang bisa diraih membuat tim besutan Diego Simeone berada dalam jalur perburuan gelar juara LaLiga. Beberapa rival mereka, Valencia telah tertinggal jauh dan Real Madrid tidak dalam posisi yang benar-benar mengancam. Jadi, saat ini Atletico Madrid bisa diperhitungkan sebagai satu-satunya penantang serius Blaugrana dalam perburuan gelar juara La Liga. Selain persaingan di La Liga, Atletico Madrid juga masih berpeluang meraih juara di Liga Europa. Jadi, ada pilihan bagi tim untuk mengangkat trofi pada akhir musim ini, terutama jika mereka masih dianggap sebagai kekuatan terkuat yang tersisa di

turnamen klub sekunder Eropa. Rabu dan Minggu memiliki potensi untuk menjadi hari penting musim ini untuk klub, saat Leganes mengunjungi Estadio Wanda Metropolitano sebelum dua tim teratas bertempur di Camp Nou. Dua kemenangan untuk tim besutan Diego Simeone benarbenar akan membuat perburuan gelar juara La Liga makin menarik, terutama dengan kenyataan Barcelona yang masih bersaing di persaingan Liga Champions. Tim Atletico tetap fokus pada pertandingan berikutnya. Mereka tidak menyembunyikan pentingnya setiap pertandingan, tapi mereka tidak mau melihat terlalu

jauh ke depan dengan membayangkan gelar juara, seperti yang diungkapkan oleh Koke, salah satu gelandang andalan Atletico Madrid. "Ada banyak pertandingan tersisa dan kami tidak bosan mengatakan bahwa kami menangani pertandingan itu satu per satu," kata Koke seperti dikuti Marca. "Jika kita gagal menang pada hari Rabu maka tidak ada gunanya memikirkan pertandingan melawan Barcelona," katanya. "Kami semua harus melanjutkan perjuangan dengan cara ini, kami memanfaatkan momentum yang baik dan Diego mendorong kami dan mendorong kompetisi," katanya. (Tribunnews/mba)

Fakta Jelang Laga Atletico Madrid bermain imbang setengah babak lalu menjadi tim yang menang pada paruh waktu berikutnya dalam 3 pertandingan kandang terakhir mereka (La Liga). Atletico Madrid mencetak gol dengan jumlah rata-rata di bawah 2,5 gol dalam 6 pertandingan terakhir mereka melawan Leganes di semua kompetisi. Atletico Madrid telah memenangi lima pertandingan terakhir mereka (La Liga). Atletico Madrid tak kebobolan dalam 6 dari 8 pertandingan terakhir mereka melawan Leganes di semua kompetisi. Leganes gagal mencetak gol dalam enam dari 8 laga tandang terakhir mereka (La Liga). Lima laga terakhir, Leganes hanya meraih hasil imbang dan kalah Atletico Madrid tak kebobolan dalam 5 dari 6 laga kandang terakhir mereka (La Liga). Leganes telah gagal untuk memenangkan sembilan pertandingan tandang terakhir mereka (La Liga). (mba)

Lepas Carrasco dan Gaitan ke China ATLETICO Madrid telah mengumumkan dua winger andalannya, Yannick Carrasco dan Nico Gaitan bergabung ke klub Liga China, Dalian Yifang pada Senin (26/2). Dilansir BolaSport.com dari situs resmi klub, pemain sayap asal Belgia ini telah mengoleksi 124 penampilan, berkontribusi atas 23 dan 17 gol. "Yannick Carrasco telah ditransfer menuju Dalian Yifang, ke Liga Super China." "Musim ini, ia bermain dalam 28 pertandingan. Semua orang di klub mendoakan Yannick sukses dengan Dalian Yifang," bunyi pernyataan resmi klub. Sementara dalam pernyataan berbeda, Atletico juga mengumumkan kepindahan

Nico Gaitan. "Nico Gaitan telah dijual menuju Dailain Yifang, Liga Super China. Winger asal Argentina ini bergabung dengan Atletico pada bursa transfer 2016 dan mengoleksi 49 penampilan," tulis laman resmi klub. Atletico tak menyebutkan berapa nominal untuk transfer keduanya. Namun beberapa laporan media Spanyol menyebutkan Dalian Yifang membayar 30 juta euro untuk Carrasco dan 18 juta euro untuk Gaitan. Carrasco dikabarkan bakal menerima gaji 8,8 juta per musim di klub barunya. Pemain berusia 24 tahun itu musim ini memang tak lagi jadi pilihan utama. Musim ini Carrasco hanya tampil delapan

kali sebagai starter di Liga Spanyol dan makin kalah bersaing dengan pemain anyar di bursa Januari, Diego Costa dan Vitolo. Pada semua ajang, Carrasco musim ini baru mencetak empat gol dan tujuh assist dari 28 penampilan. Meski uang transfer terbilang besar, namun Atletico tak akan menerima semuanya. Sebanyak 30 persen dari uang tersebut akan masuk ke kas mantan klub pemain asal Belgia itu, AS Monaco. Dalian Yifang, yang merupakan klub promosi Liga Super China musim 2018 juga telah setuju untuk merekrut bek West Ham asal Portugal, Jose Fonte. (Tribunnews/BolaSport)

GETTY IMAGES

HENGKANG Winger asal Belgia, Yannick Ferreira Carrasco (kanan) resmi pindah tim dari Atletico Madrid ke Dalian Yifang (China). Dia pindah ke sana bersama Nico Gaitan.


MALIOBORO BUFFER 19

RABU WAGE 28 FEBRUARI 2018

CURAS Kapolsek Mlati, Polres Sleman, Polda DIY, Kompol Yugi Bayu Hendarto saat memberikan keterangan mengenai pengungkapan kasus curas.

TRIBUNJOGJA/PRADITO RIDA P

Jambret Incar Wanita Pulang Kerja YOGYA, TRIBUN - Bermodalkan sepeda motor jenis matic dengan Nomor Polisi R 6445 KN milik pacaranya, Danang Aditya (21), warga Sidareja, Cilacap, Jawa Tengah mengajak temannya Maulana Firmansyah alias Pimen (26) satu daerah, menjambret tas wanita di Jombor Lor, Sinduadi, Mlati, Sleman beberapa hari lalu. Ketika beraksi, kedua pelaku mendapat perlawanan dan sempat dikejar oleh korban yaitu Puri Pratiwi (22), warga Tembarak, Temanggung, Jawa Tengah. Namun, karena upaya korban tak membuahkan hasil, akhirnya korban melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Mlati dengan harapan kedua pelaku dapat tertangkap. Kapolsek Mlati, Polres Sleman, Polda DIY, Kompol Yugi Bayu Hendarto mengatakan, penjambretan tersebut sudah direncanakan. Hal itu terbukti karena sebelum melancarkan aksinya, kedua pelaku telah membuntuti korban. Bahkan setelah dirasa situasinya memungkinkan, barulah keduanya beraksi. “Jadi saat itu posisi korban pulang kerja dan sendirian. Sampai di lokasi, tiba-tiba korban dipepet dua orang tak dikenal dan langsung merampas tas milik korban. Korban sempat jatuh karena kejadian itu dan sempat mengejar pelaku tapi hasilnya nihil,” katanya saat ditemui di Mapolsek Mlati, Selasa (27/2). Kapolsek melanjutkan, karena kejadian tersebut korban kehilangan smartphone, surat-surat kendaraan bermotornya dan uang tunai Rp 200 ribu.

Waspadai Oknum Catut Panitikismo zz Sambungan Hal 13

Sosialisasi pun dilakukan hingga tingkat desa hingga kabupaten atau kota terkait pemanfaatan SG yang tersebar di seluruh DIY. “Yang terjadi saat ini, ada yang mengatasnamakan panitikismo dan mendatangi warga masyarakat,” kata Hadiwinoto kepada Tribun Jogja, Senin (26/2) lalu. Untuk itulah, kepada oknum yang mengatas namakan Panitikismo ini pihaknya meminta warga, desa dan kecamatan untuk melakukan cek dan ricek. Hal itu dapat dilakukan dengan meminta surat tugas yang dikeluarkan oleh Panitikismo. “Harus dicek ada tidak surat dari Panitikismo, “ papar Hadiwinoto. Adapun terkait polemik tanah SG dengan keturunan Hamengku Buwono VII, Hadiwinoto mengembalikan pokok persoalan pada awal mula tanah SG. Dia menegaskan, tanah kasultanan tidak diwariskan secara turun temurun pada keturunan raja atau Sultan. Tanah kasultanan yang dimaksud adalah tanah keprabon dan juga tanah yang bersifat pribadi. Dia menegaskan, jika tanah tersebut diwariskan turun temurun, maka logikanya sudah habis sejak zaman pemerintahan HB I dan HB II. “Tanah kasultanan ini kan sudah ada sejak HB I, masak hanya dikuasai oleh HB VII. Jelas tanah Kasultanan tidak ada yang diwarisakan pada keturunan. Saya kalau tidak beli tanah ya tidak punya tanah,“ katanya.

Uang Sendiri zz Sambungan Hal 13

“Sekarang aku kerja part time di restoran. Jadi Guest Relation. Intinya aku yang menghadapi semua pelanggan, dari reservasi sampai komplain,” jelasnya. Stella mengaku senang bekerja. Meskipun orangtuanya terbilang mampu, namun ia tidak bergantung begitu saja. Ia lebih memilih

Karena merasa dirugikan hingga jutaan rupiah, maka korban melaporkan kejadian tersebut kepada pihaknya. Pihaknya akhirnya berhasil membekuk kedua pelaku, Senin (26/2) malam di Jalan Demangan, Kota Yogyakarta. Keduanya langsung digelandang ke Mapolsek guna dimintai keterangan. “Penangkapan tadi malam dibantu dari Tim Resmob Progo Sakti, keduanya punya peran masing-masing saat beraksi. MA jadi joki dan DA yang jadi eksekutornya, untuk motornya ternyata punya pacarnya DA,” ujarnya. Ditambahkan Kapolsek, dari penangkapan tersebut pihaknya juga menyita satu unit sepeda motor yang digunakan saat beraksi dan sebuah smartphone milik korban yang belum sempat dijual keduanya. Sasar perempuan Kedua pelaku penjambretan tas di Jombor Lor mengaku nekat menjambret, karena terbelit masalah ekonomi. Selain itu, kedua pelaku ternyata sengaja menyasar korban karena sendirian dan seorang wanita. “Dari pengakuan keduanya, sasaran mereka wanita yang sedang lewat di daerah sepi. Wanita dipilih karena dianggapnya lemah,” katanya, Selasa (27/2). Kedua pelaku meringkuk di tahanan Mapolsek Mlati guna mempertanggungjawabkan perbuatannya serta menunggu proses lebih lanjut. “Keduanya dijerat pasal 365 tentang pencurian dengan kekerasan dan diancam 12 tahun penjara,” katanya. (rid)

Sementara, untuk data SG yang tersebar di wilayah DIY, Hadiwinoto pun masih belum memberikan secara pasti luasannya. Saat ini inventarisasi tanah kerajaan ini masih terus berlangsung. Sementara, dia menyebut ada lebih dari 10.000 kekancingan yang dikeluarkan oleh keraton Yogyakarta. Prosedur kekancingan Pemberian kekancingan ini, kata dia, pun tidak mainmain. Di antaranya, Panitikismo juga melakukan cek dan ricek dengan calon penggunanya. Pada tahap awal pemohon kekancingan yang berupa perorangan atau lembaga bisa mengambil blangko permohonan ke kantor Panitikismo. Blangko permohonan ini nantinya harus dilengkapi dengan data-data dari desa kalau itu tanah SG di tingkat desa. Sementara jika di kota, warga bisa meminta data dari BPN yang terdekat. Dia menyebutkan, data-data ini adalah data peta SG yang dibuat sejak tahun 1920 lalu. “Untuk desa ada surat Legger, sementara untuk kota ada RVO, Eigendom dan sebagainya. Itu sudah lengkap sejak tahun 1920an,“ papar Hadiwionoto. Sementara, beberapa data itu juga memuat hak untuk SG tersebut, misalnya hak tanah RVO OPSTAL atau hak guna bangunan, atau Eigendom yang berupa hak milik. Selain itu, ada hak anggaduh, anganggo, magersari dan ngindung. “Hak-hak ini sudah dicatat sebelum melebur menjadi NKRI. Dan, hak-hak tradisional ini akan diatur kembali setelah adanya UUK. Sebentar lagi akan keluar petunjuk teknis Pergub 33 tahun 2017 tentang peman-

membeli barang-barang kebutuhan menggunakan uangnya sendiri. “Jangan ngabisin duit ortu. Justru kita bisa menghargai uang saat kita kerja sendiri, tanpa tergantung dari orangtua,” pesan gadis kelahiran 1994 ini. Hebatnya, mahasiswi Fakultas Psikologi di Universitas Sarjana Wiyata ini masih mampu mempertahankan nilai akademiknya. Stella bahkan dipercaya menjadi asisten dosen.

faatan tanah kasultanan dan tanah kadipaten, “ ulasnya. Batas 10 tahun Lebih jauh, untuk kekancingan, pihak keraton sejak tahun 1985 sudah memberikan batasan penggunaan bagi pemegangnya. Yakni, 10 tahun sekali kekancingan dapat diperpanjang. Kekancingan ini pun bisa diperjual belikan hak pakainya. Namun, tidak untuk hak miliknya. Dia mencontohkan, jika pemegang kekancingan yang baru menempati lahan dua tahun menjual hak kekancingannya pada orang lain. Berarti, orang lain ini akan bisa menggunakan delapan tahun ke depan. Nantinya, terdapat proses balik nama pada pemegang kekancingan terakhir. “Kami (Panitikismo) luwes saja. Jual beli itu ada dan tidak masalah, “ kata Gusti Hadi. Sementara, besaran biaya untuk kekancingan ini, pihak Panitikismo mendasarkan pada nilai jual objek pajak (NJOP). Sehingga, setiap 10 tahun biaya kekancingan pun akan berbeda. Pihak Panitikismo pun membagi biaya kekancingan ini berdasarkan penggunaannya, misal untuk tempat tinggal, usaha atau bisnis komersial. Untuk tempat tinggal, kata dia, Panitikismo akan mematok biaya 2 persen dari NJOP dikalikan dengan luasan tanahnya. Sementara, untuk bisnis komersil, bisa mencapai 5 persen dari NJOP tanah di kawasan tersebut. “Besaran persen dan penentuan berdasarkan NJOP ini kami berlakukan sesuai aturan dan untuk mempermudah penghitungan. Kalau kami mengarang angka kan susah,“ jelasnya. (ais)

“IPK-ku selalu di atas 3,80. Jadi aku di kampus memang fokus buat kuliah ketimbang ikut kegiatan mahasiswa,” ujar Stella. Tidak ada trik khusus yang dilakukan oleh Stella dalam menyeimbangkan kegiatannya. Orangtuanya pun mendukungnya secara penuh. “Orangtuaku yang penting tahu nilainya masih bagus, jadi aku tetap diizinkan kerja sambilan,” ujar Stella sambil tersenyum. (alx)

Perceraian dan Kenakalan Remaja Makin Marak „„ Perda Penyelenggaran Ketahanan Keluarga Dirasa Mendesak YOGYA, TRIBUN - Masih maraknya kasus perceraian dan kenakalan remaja di DIY, membuat kalangan legislatif memandang perlunya sebuah aturan yang komprehensif, terkait penyelenggaran ketahanan keluarga, dalam bentuk Peraturan Daerah (Perda). Wakil Ketua DPRD DIY, Arif Noor Hartanto, mengatakan keberadaan Perda tersebut memiliki beberapa tujuan utama. Di antaranya untuk menjamin pelaksanaan kewajiban Pemerintah Daerah (Pemda) DIY, maupun kabupatenkota, dalam mendukung ketahahan keluarga. “Meningkatkan tanggung jawab anggota keluarga dalam menyiapkan bekal sebelum dan saat berkeluarga, sehingga memiliki daya lenting yang memadai, untuk menyelesaikan persoalan keluarga,” katanya, saat dikonfirmasi, Selasa (27/2). Ia melanjutkan, cepatnya pergeseran nilai sosial dan budaya akibat pengaruh media massa, inovasi dan perkembangan teknologi, serta perubahan nilai moral dan kondisi ekonomi yang tidak disertai dengan kesiapan keluarga, dapat menyebabkan terjadinya berbagai masalah. “Hal ini kemudian akan memberikan dampak yang lebih luas kepada kondisi sosial masyarakat,” ucap pria yang akrab disapa Inung tersebut. Ia menuturkan, pergeseran nilai sosial dan budaya itu, tidak mungkin dihentikan dan akan terus berkembang, seiring berja-

Sultan Pesan Prioritaskan zz Sambungan Hal 13

Hal tersebut disampaikannya seusai menghadap Ngarsa Dalem di Kepatihan, Komplek Kantor Gubernur DIY, Yogyakarta. Dalam pertemuan itu, hadir pula Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, beserta wakilnya, Heroe Purwadi, dan sejumlah kepala dinas terkait. Gatot pun mengakui, sampai sejauh ini, pemerintah daerah memang belum menempuh tahap sosialisasi, utamanya terhadap pedagang kaki lima (PKL) dan komunitas yang berada pedestrian sisi barat Malio-

Eks Bioskop Indra Jadi zz Sambungan Hal 13

“Kita adakan semacam sosialisasi, terhadap PKL (pedagang kaki lima), maupun komunitas yang ada di sana. Kan ada juga becak, andong. Akan kita komunikasikan dengan baik. Prinsipnya, kita duduk bareng, dirembug bersama,” tuturnya. Sesuai target yang telah dicanangkan, pemugaran eks Bioskop Indra memakan waktu sekitar 10 bulan. Sehingga, diperkirakan, bangunan yang tidak lagi difungsikan dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir itu, bisa

Pernah Bingung Sehari zz Sambungan Hal 13

Mereka ingin memotivasi para difabel untuk tetap percaya diri. “Pengin juga edukasi masyarakat. Bikin kaus, gantungan kunci kan ada bahasa isyaratnya. Untuk memotivasi temanteman difabel, bahwa kita bisa berkreasi,” lanjut Santi. Meskipun baru satu tahun

Meningkatkan tanggung jawab anggota keluarga dalam menyiapkan bekal sebelum dan saat berkeluarga, sehingga memiliki daya lenting yang memadai untuk menyelesaikan persoalan keluarga Arif Noor Hartanto Wakil Ketua DPRD DIY

lannya waktu. Karenanya, dibutuhkan sistem, untuk membuat keluarga memiliki ketahanan, dalam menghadapi berbagai perubahan tersebut. “Sehingga, persoalan keluarga dapat diatasi dan tidak berkembang kepada persoalan-persoalan lain yang lebih akut,” tambahnya. Jika ditelisik, Inung ber-

ujar, di DIY terdapat masalah yang sangat serius, mendesak dan diperlukan penanganan yang tepat, terintegrasi dan terkoordinasi. Juga, diperlukan pula kebijakan, program dan kegiatan, guna mencegah terjadinya kondisi ketahanan keluarga yang rapuh. Menurutnya, beberapa

indikator permasalahan ketahanan keluarga di DIY, antara lain, masih maraknya kasus perceraian, yang merupakan bentuk paling kentara dari persoalan keluarga. Alasannya pun bermacam-macam, mulai dari ekonomi, KDRT, hingga, perselingkuhan. 1 dari 4 Cerai Berdasar data dari Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat (BPPM) DIY, pada tahun 2014, terdapat 46.933 orang yang melaksanakan pernikahan. Namun, di tahun yang sama, tercatat 5.800 kasus perceraian diajukan ke pengadilan agama, maupun negeri setempat. “Hal tersebut sama artinya dengan di antara empat pasangan yang menikah, terdapat satu pasangan yang mengajukan gugatan perceraian,” cetus politisi Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut. (aka)

Masalah di Keluarga Picu Kenakalan Anak SATU fenomena sosial yang dianggap sebagai dampak dari ketidakharmonisan keluarga adalah tindak kejahatan, dengan pelaku kalangan anak dan remaja usia sekolah. Bahkan, perkelahian di kalangan pelajar itu, beberapa kali sampai merenggut korban jiwa. “Menurut Polda DIY, selama tahun 2016, terdapat 43 kasus tawuran. Beberapa di antaranya menyebabkan korban jiwa. Peristiwa ini, tak pelak membuat banyak pihak tersentak, mengingat kebanyakan pelaku masih duduk di bangku SMP dan SMA,” tukasnya. Tidak berhenti sampai di situ, berdasar-

kan data dari Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) DIY, 1.078 remaja putri yang semestinya masih berstatus pelajar, sudah melahirkan bayi. Dari angka tersebut, 976 di antaranya berasal dari kehamilan yang tak diinginkan. “Kalau kita cermati dan telusuri, sebagaimana juga disampaikan ahli sosiologi, psikologi dan juga ahli pendidikan, persoalan kenakalan, hingga kejahatan dengan pelaku anak dan remaja berakar, dari persoalan keluarga,” tandasnya. “Keluarga yang rapuh, memiliki peluang yang lebih besar memiliki anak-anak yang bermasalah,” kata Inung. (aka)

boro. Dengan proyek yang segera bergulir, sosialisasi akan dilakukan. “Sosialisasi belum, artinya untuk tahapan pelaksanaan. Kalau akan digarap, pasti kan PKL, kemudian tokotoko, harus dikasih tahu juga,” ucapnya. Terlebih, dalam revitalisasi nantinya, terdapat tiga titik penanganan, yang akan dikerjakan secara serentak. Oleh sebab itu, tidak menutup kemungkinan, saat pengerjaan dimulai, ada beberapa PKL, atau toko di sisi barat, yang harus menutup lapaknya sementara. “Modelnya nanti on off on off lah. Intinya itu, paparan, beliau pesan-pesan saja, supaya ada sosialisasi, masyarakat diajak berkomunikasi,

kaitannya untuk pelaksanaannya,” tandas Sekda. Gatot menuturkan, pengerjaan revitalisasi saat ini memang difokuskan di sisi barat. Imbuhnya, proses mempercantik pusat Kota Yogyakarta tersebut, akan dimulai dari pintu rel kereta api di sebelah utara Malioboro, hingga ke selatan, atau Jalan Pangurakan. Tanpa penolakan Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, mengatakan, proyek akan dimulai pada minggu pertama bulan Maret. Bersama Pemda DIY, pihaknya mengaku siap melakukan upaya sosialisasi terhadap PKL dan para pemilik toko di sisi barat. “Kita perlu sosialisasi, dalam beberapa hari ke depan.

Saya tidak katakan sulit, atau tidak. Tapi, yang jelas, harus ada komunikasi. Sejauh ini, tidak ada yang kontra, belum ada yang sampaikan ke saya,” katanya. Haryadi melanjutkan, dalam tahap ini, pihaknya akan fokus pada PKL terlebih dahulu. Sedangkan untuk penataan transportasi tradisional, seperti becak dan andong, akan dibahas nanti. Ia pun berharap, masyarakat bisa memahami langkah yang ditempuh pemerintah ini. “Karena Yogyakarta sudah semakin macet dan kebutuhan terhadap akses Malioboro juga semakin besar. Penataan sisi barat ini bagian dari daya dukung pariwisata juga,” katanya. (aka)

dimanfaatkan kembali pada awal 2019 mendatang. “Pembangunannya selama 10 bulan. Target kami tahun 2019 sudah rampung. Nanti dibangun jadi gedung tiga lantai, daya tampungnya cukup untuk 400 PKL,” ujarnya. Pihaknya sudah menyiapkan zonasi, terkait penataan para pedagang. Salah satunya, menyediakan lantai basement, yang dibangun khusus untuk menampung barang-barang milik pedagang, yang selama ini ditinggal di tempat jualan. “Lantai dasar diperuntukan bagi pedagang makanan kering. Kemudian, lantai satu untuk penjual suvenir. Sedangkan lantai paling atas, akan ditempati para peda-

gang pakaian,” cetusnya. Di samping itu, jelas Mansyur, akan disiapkan pula lahan seluas 2.240 meter persegi, khusus para penjaja kuliner basah. Imbuhnya, lokasi lahan dengan daya tampung sekitar 79 pedagang kaki lima tersebut, tidak jauh, atau masih di sekitaran eks Bioskop Indra. Ia pun menegaskan, berbagai langkah yang dilakukan ini adalah murni penataan wajah Malioboro dan tidak akan melemahkan peran PKL. Terkait PKL mana saja yang akan dipindahkan, pihaknya akan menjalin koordinasi dengan Pemkot Yogyakarta. “Tetap jadikan PKL sebagai kekuatan utama Malilboro, sesuai arahan Gubernur DIY (Sri

Sultan Hamengku Buwono X). Makanya, harus dipertahankan. Tanpa PKL, Malioboro tidak akan meriah. Nanti, mana saja yang harus pindah, akan dibicarakan,” ucapnya. Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, memastikan siap mengikuti setiap arahan, atau kebijakan Pemda DIY. Ia pun meminta, 780 PKL yang terdaftar di sisi barat Malioboro, untuk berjalan beriringan dengan pemerintah dalam proses revitalisasi tahap dua ini. “Prinsipnya, kami siap mengikuti kebijakan (pemerintah) provinsi. Yang penting, di antara PKL jangan sampai berhembus isu-isu itu. Ikut pemerintah dulu pokoknya,” tuturnya. (aka)

berdiri, Creative Able Project sering dibanjiri pesanan. Bahkan pernah hampir menangis karena kewalahan. “Pernah hampir menangis, karena ada pesanan 150 sehari. Nglembur satu hari nggak tidur, akhirnya selesai,” kata Zakka melalui bahasa isyarat. Zakka mengatakan pernah mengajak teman tunarungu lain, tetapi mereka belum siap. Akhirnya Zakka harus melukis satu per satu. Sebenarnya Santi dan Zakka ingin membuka lapang-

an pekerjaan untuk temanteman tunarungu lain. “Kami ada workshop lukis juga. Kami masih kecil sih, tetapi pengin sekali ajak teman-teman lain,” kata Santi. Pantang menyerah Santi berharap temanteman difabel bisa berkerja dan berkarya bersama. Jangan menunggu dan mengandalkan orang lain. Lebih baik bertindak dan menciptakan produk. “Meskipun penuh keterbatasan, saya yakin teman-

teman difabel pasti bisa membuat karya,” katanya. Santi dan Zakka memanfaatkan rumah indekos sebagai tempat untuk produksi, sehingga harus berebut tempat antara kain-kain dan tempat tidur. “Ada rencana pindah sih, karena terlalu penuh kamarnya,” kata Zakka. Ketika ditanya untuk mencari pinjama, Santi mengatakan tidak berani, karena risikonya terlalu besar. Ia lebih memilih berusaha sedikit demi sediki. (christi mahatma)


20 G-HEUN VS ROCHDALE 1 N I 8/2 Tendangan NM O I S n akuGra-t HEUN VS ROCHDAL A L E 1 8 Go a IN NI eOndNangM /2 l Tendangan T S t ra I 2 LA ngan aku I Gol N a pelKre uanasi g pelu

an g

d Ten

1

1

Krea si

6 IAN HENDERSON

52 Sentuhan 52 Sentuhan

Tekel Tekel

PEMAIN TOP ROCHDALE

2

EUN MING-H

gar

gar

Te

2 57

Nilai Total

0 Se

Te

l ke

0

LUCAS

2

1

Gol

2 SONG HEUNG-MIN

Nilai Total

2

1

an ng da

HARRY4KANE

2

Nilai Total

HARRY 2KANE

PIALA FA HARRY KANE HARRY KANE SONG HEUNG-MIN REPLAY 16 BESAR DUEL PERTAMA STADION WEMBLEY, LONDON PIALA FA CROWN OIL ARENA (18/2) JUMAT (1/3) DINI HARI 2-2 (I Henderson 45, REPLAY 16 BESAR DUEL PERTAMA STADION WEMBLEY, LONDON S Davies 93; 59 Moura, CROWN OIL ARENA Kane) (18/2) JUMAT (1/3) DINI HARI 88 Harry 2-2 (I Henderson 45, S Davies 93; 59 Moura, 88 Harry Kane)

Gol

TOTTENHAM 4-2-3-1 TOTTENHAM 4-2-3-1 Vorm Vorm Sánchez Aurier Foyth

Rose Rose

TOTTENHAM (2) VS (2) ROCHDALE

ADU IMPRESI

K

EHADIRAN Lucas Moura di lini tengah Tottenham Hotspur memberikan dampak signifikan. Tak hanya untuk performa tim, tapi juga untuk memacu kompetisi di antara para gelandang serang. Tengok apiknya Moura dalam penampilan keduanya saat Tottenham ditahan tim League One, Rochdale 2-2 dalam babak 16 besar Piala FA di Crown Oil Arena (18/2) lalu. Pemain yang baru direkrut dari Paris Saint Germain ini sebelumnya melakoni debut sangat singkat, hanya satu menit saat Spurs imbang kontra Juventus 2-2 di Liga Champions(14/2). Nah, di laga keduanya ia langsung menjadi starter, dan langsung “meledak”. Gelandang serang asal Brasil ini diturunkan sebagai winger kanan, dan mencetak gol penyama. Tak sekadar cetak gol, secara keseluruhan ia pun menjadi motor tim hingga menjadi man of the mat-

ch dengan nilai tertinggi 8.3 di situs Whoscore. Impresi mengesankan untuk seorang pemain anyar. Hadirnya pemain 25 tahun ini menjadi ancaman serius untuk dua gelandang serang Spurs lain, Son Heung Min, dan Erik Lamela. Seperti kita tahu, The Lilywhite memasang formasi 4-2-3-1, dengan jatah dua gelandang serang sudah menjadi milik Christian Eriksen di sayap kanan, atau kiri, dan Dele Alli di belakang striker. Nah, satu slot lagi biasanya digilir antara Son, dan Lamela. Lamela biasanya jadi pilihan utama dua musim lalu, namun cedera berat membuatnya kerap minggir, dan sekarang ia harus berjuang lagi untuk merebut tempatnya. Situasi itu dimanfaatkan Son, Musim ini, ia sudah bermain 27 kali, dengan 20 kali jadi starter. Namun kedatangan Moura sepertinya

Ten

4

8.3 8.3

Gol Pertama

Ten

top Assists

1 2

32 U

PEMAIN TOP TOTTENHAM top Gol

MOURA

Gol Pertama

an mp

top Assists

an mp

top Gol

1

an ng da

PEMAIN TOP TOTTENHAM

Umpan akurat 32 U

MOURA

69%

Te n d a n g a n Tenadkaura ng n t g a n akur at

LUCAS

a si pelu

0

Umpan akurat

menggerogoti kenyamanan gege landang asal Korea Selatan ini. Saat melawan Rochdale lalu, Son juga menjadi starter tapi gagal memberikan performa terter baik, dan hanya mendapat nilai 6.6 di situs Whoscore. Son punya kesempatan memmem perbaiki performanya dalam laga replay kontra Rochdale di Stadion Wembley, Kamis (1/3) dini hari nanti. Jika gagal tampil impresif lagi, dan di sisi lain Moura justru kembali berkilau, maka masa depan Son pun terancam akan suram. Pelatih Mauricio Pochettino akan melakukan rotasi untuk laga ini. Sama seperti di duel pertama, ia akan memberikan kesempatan kepada para pemain pelapis, seperti Fernando Llorente, Victor Wanyama, Harry Winks, termasuk juga menjajal lagi duo bek sentral muda, Juan Foyth, dan Davidson Sanchez. Di atas kertas, Spurs seharus-

nya bisa menggulung Rochdale di Wembley. Mereka pastinya ingin membalas malu setelah kecolongan gol penyama 2-2 oleh Steve Davis di detik-detik akhir jelang bubaran. Rochdale saat ini terperosok di dasar klasemen League One, dan tak pernah menang dalam empat laga terakhir, dengan perincian dua kali kalah, dan dua kali seri. Pelatih Rochdale Keith Hill pun meminta pasukannya agar tak terlalu silau dengan laga di stadion semegah Wembley. “Ini bukan pelesir. Ini pertarungan hidup mati, dan kami harus berjuang untuk membalikkan semua kemustahilan, mengalahkan klub sekelas Tottenham di kandangnya sendiri” ujarnya coba optimistis. Ini penampilan pertama Rochdale di Wembley dalam satu dekade terakhir. Terakhir kali mereka bermain di stadion utama Inggris ini dalam bakak play-off final League Two pada 2008, dimana mereka kalah dari Stockport.(Tribunnews/den)

Foyth Sánchez Aurier Wanyama Winks Wanyama Winks Heung-Min Alli Moura

Heung-Min Alli Moura Llorente Pemain Absen: Vertonghen, Llorente Toby Alderweireld Pelatih: Pochettino Pemain Absen: Vertonghen, Toby Alderweireld ROCHDALE Pelatih: Pochettino3-5-2

ROCHDALE 3-5-2 Lillis;

McNulty, McGahey; Delaney,Lillis; Delaney, McNulty, McGahey; Camps Kitching Cannon Kitching Done Done

Camps

CannonRafferty

Henderson Humphrys Rafferty

Pemain Absen: Canavan, Humphrys Henderson Keane, Davies, Andrew Pelatih: Keith Hill Pemain Absen: Canavan, Keane, Davies, Andrew Pelatih: Keith Hill

ng

an uh

69%

Krea

0

a si pelu

Se

nt

Nilai Total

an uh

57

Krea

1

Dilang

EUN MING-H

6.6 6.6

1

IAN HENDERSON

nt

r gga n a l ar Di ngg a l i D

PEMAIN TOP ROCHDALE

CALVIN ANDREW

SON

SON

3 IAN HENDERSON

2 CALVIN ANDREW

67%

Umpan akurat

3

2

Dilang

67%

Gol Pertama

l ke

1

top Assists

IAN HENDERSON

Umpan akurat

Gol Pertama

6

0 1

top Assists

top Gol

0

33 umpan

0

top Gol

0

332umpan

RABU WAGE 28 FEBRUARI 2018

Tribunjogja 28 02 2018  

Tribun Jogja Edisi 28-02-2018

Tribunjogja 28 02 2018  

Tribun Jogja Edisi 28-02-2018

Advertisement