Page 1

KAMIS PAHING

Redaksi 0274 557 687 (102) / 082325485004

8 MARET 2018 20 JUMADIL AKHIR 1439 NO 2494/TAHUN 6

Sirkulasi / 0851 0212 2000 Iklan 0274 557 687 (417) 0851 0012 1000 0857 2949 3333

RP 2.000

LANGGANAN RP 55.000

Rupiah Masih Loyo RUPIAH - Petugas menata tumpukan uang rupiah dan dolar Amerika di Cash Center Bank Mandiri, Jakarta, Rabu (7/3). Bank Indonesia menyatakan cadangan devisa Indonesia pada akhir Februari 2018 menurun USD3,92 miliar menjadi USD128,06 miliar dibandingkan bulan Januari 2018 sebagai imbas untuk stabilisasi nilai tukar rupiah dan pembayaran utang luar negeri. (*)

Hal

2

ANTARA/SIGID KURNIAWAN

Pegawai Pemkot Segera Terima Uang Tambahan  Tahun 2018 Dianggarkan Rp181 Miliar Untuk anggaran TPP sendiri sekitar Rp181 miliar. Tapi untuk serapan jelas tidak bisa 100 persen, karena pasti ada pegawai yang telat dan sebagainya walaupun pemberian TPP ini tujuannya agar kinerja menjadi lebih baik.

YOGYA, TRIBUN - Pemkot Yogya mengubah skema tambahan penghasilan untuk pegawai. Jika sebelumnya tambahan penghasilan ini dicairkan berbasis kegiatan, maka mulai tahun ini, tambahan penghasilan akan menggunakan basis kinerja. Perubahan skema tersebut dituangkan dalam Perwal No.110/2017. Apapun bentuknya, tambahan penghasilan ini sudah dinantikan oleh pegawai di Pemkot yang sudah sejak Januari dan Februai tak memperoleh penghasilan selain gaji. Kepala Bidang Organisasi, Kris Sarjono Sutejo menjelaskan, Tambahan penghasilan pegawai (TPP) telah diatur di Peraturan Walikota nomor 110 tahun 2017 tentang Tambahan Penghasilan Pegawai Berbasis Kinerja yang disahkan pada Desember 2017 silam.

Dasar tunjangan ini telah diatur melalui Perwal No.110/2017 tentang Tambahan Penghasilan (TPP) Pegawai Berbasis Kinerja. Untuk tahun 2018 ini, TPP dianggarkan maksimal sebesar Rp181 miliar.

1

5 Wawali janji benahi parameter kinerja, sebab parameter saat ini, utamanya presensi banyak mendapat kritik.

2 4. Kinerja pegawai ditentukan oleh tiga kriteria, yaitu 1. Presensi pegawai dengan bobot 60% 2. Kinerja pegawai dengan bobot 20% 3. Kinerja organisasi dengan bobot 20%

4

3

Keterlambatan presensi pegawai akan menentukan bobot dan jika bolos 10 hari, maka presensi 60 persen dianggap hangus.

 ke halaman 11

Hasto Masih Menggodok Aturan PEMERINTAH Kota Yogyakarta telah mengubah skema tambahan penghasilan pegawai (TPP) dari yang awalnya menggunakan basis kegiatan berubah menjadi berbasis kinerja. Namun kebijakan Pemkot tersebut belum diikuti oleh kabupaten lain di Pemda DIY. Sebagai contoh adalah pemkab Kulonprpogo yang mengaku masih menggodok ren-

Wawali Janji Perbaiki Parameter Kinerja

Kebijakan mengubah skema tambahan penghasilan pegawai (TPP) berbasis kinerja ini baru dilakukan oleh Pemkot Yogya, Kabupaten lain di DIY baru melakukan kajian dan dimungkinkan akan menyusul pada 2019.

cana pemberian tunjangan kinerja (tukin) untuk aparatur sipil negara (ASN) di lingkungannya. Insentif ini nantinya akan menggantikan tunjangan perbaikan penghasilan (TPP) dengan memperhatikan kinerja pegawai.

KINERJA PEGAWAI Pemkot Yogya mengubah skema tambahan penghasilan untuk pegawai dari yang awalnya berbasis kegiatan diubah menjadi berbasis kinerja.

WAKIL Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi menjelaskan bahwa dalam penilaian Tambahan Penghasilan Pegawai prosentase yang paling besar ada pada presensi yakni sebesar 60 persen. Walau demikian, ia berjanji bahwa penilaian dengan porsi presensi besar tidak akan berlangsung lama. “Penilaian presensi 60 persen itu adalah sistem yang kita terapkan saat ini. Tidak akan lama. Setidaknya hanya digunakan tiga bulan, Januari hingga Maret. Selanjutnya akan dinilai dengan sistem yang telah kita perbaiki,” ujarnya melalui sambungan telepon, Selasa (6/3). Ia berjanji bahwa nanti ketika sistem penilaian telah diperbaiki, maka akan menunjukkan reward kepada mereka yang bekerja dengan baik dan bisa menunjukkan bahwa apa yang mereka lakukan memiki kontribusi pada kinerja mereka sendiri, OPD, dan kinerja Pemerintah Kota. “Tiga level untuk ukurannya yakni kinerjanya pribadi, kinerja OPD, dan kontribusinya terhadap program strategis Pemkot. Tetapi itu nanti masih ada variabel-variabel lainnya,” tandasnya. Heroe menjelaskan bahwa penilaian dengan sistem baru nanti akan menunjukkan apa yang dilakukan setiap harinya bisa terekam dan bisa memberikan variabel berbeda tiap orang.

 ke halaman 11

 ke halaman 11

GRAFIS/ FAUZIA RAKHMAN

Anggun C Sasmi

Prestasi Dunia PENYANYI Anggun C Sasmi (43) kembali menuai prestasi di dunia karena single terbarunya yang bertajuk “What We Remember” bertengger di Top 10 Billboard Dance Charts di Amerika Serikat, selama tiga minggu berturutturut. (*)

Mahasiswa STMIK Akakom Bikin Aplikasi Mastupang

Kini Cari Tukang Bangunan Tinggal Klik... Era digital membuat banyak hal mudah dilakukan. Satu di antaranya adalah memanfaatkan aplikasi Mastupang, sekali klik, tukang yang dibutuhkan pun datang.

M

Hal

9

TRIBUNNEWS/JEPRIMA

obile Apps Tukang Panggilan yang kemudian dikenalkan ke masyarakat dengan nama Mastupang, merupakan aplikasi yang ditemukan dosen dan mahasiswa STMIK Akakom Yogyakarta. Aplikasi ini akan menjawab permasalahan su-

sahnya mencari tukang dan pekerja bangunan profesional saat ini. Ide ini tercetus dari Sri Redjeki, dosen sekaligus pembimbing tiga mahasiswa yang mengembangkan platform ini yakni Yudistiro Septian, Yudha Pratama dan Tri Witanto.  ke halaman 11

BANGGA

TRIBUN JOGJA/SANTO ARIE

- Mahasiswa STMIK Akakom menunjukkan aplikasi Mastupang temuan mereka.

Trending Topic di tribunjogja.com

Cerita Getir Petani Bawang di Bantul


KONTAN TRIBUN FINANCE 2

KAMIS PAHING 8 MARET 2018

ANTARA/SIGID KURNIAWAN

MASIH MELEMAH -

Petugas menata tumpukan uang rupiah di Cash Center Bank Mandiri, Jakarta, Rabu (7/3). Kurs tengah BI pada Rabu kemarin mencatat nilai tukar rupiah bergerak masih melemah ke posisi Rp13.763 per dolar AS.

Rupiah Bikin Harga AC Naik 3%  Pelemahan Mata Uang Garuda Pengaruhi Banderol Barang Elektronik YOGYA, TRIBUN - Setelah melemah sejak awal pekan, valuasi rupiah mulai bergerak positif. Rabu (7/3), nilai tukar mata uang Garuda menguat 0,12 persen ke level Rp13.760 per dolar Amerika Serikat (AS). Namun, beberapa harga perangkat elektronik di DIY kadung naik. Supervisor Store A Takrib Yogyakarta, Riswan Yuli, mengungkapkan, sejak beberapa hari lalu, banderol alat pendingin ruangan alias AC terpantau melonjak. Hal serupa berlaku untuk sejumlah barang elektronik lain meski nominal kenaikannya memang tidak terlalu signifikan. “Naik antara dua persen hingga tiga persen. Kenaikan harga terjadi lantaran transaksi AC dari hulu sampai ke tangan distributor menggunakan kurs dolar AS. Beruntung, banderol perangkat audio video, kulkas, maupun mesin cuci masih stabil,” terangnya, Rabu. Lantas, bagaimana dengan harga komputer dan gadget? Ketua Dewan Pengurus Daerah Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia DIY, Dicky Purnawibawa, menyatakan, dampak

pelemahan rupiah belum dirasakan langsung oleh para pebisnis laptop, personal computer, dkk. “Sebab, penjualan ritel sudah sejak lama menggunakan kurs rupiah. Besar kemungkinan, kenaikan harga komputer dan gadget hanya akan berpengaruh ke para importir. Asal tahu saja, mereka mempunyai beban jatuh tempo utang serta pemesanan barang dari luar negeri,” jelasnya. Kendati begitu, Dicky menyebut, apabila tren pelemahan rupiah terjadi secara berkelanjutan, bukan tidak mungkin harga komputer dan gadget akan melejit. Momentum itu berpotensi terjadi setidaknya pada dua bulan sampai tiga bulan mendatang. Profit berkurang Belum cukup menerpa bisnis barang elektronik rumah tangga serta komputer dan gadget, pelemahan rupiah terhadap dolar AS juga memberi efek negatif ke para pelaku industri furnitur impor. Profit mereka bakal berkurang karena mata uang dalam negeri tak berhenti pendarahan. “Transaksi para importir furni-

tur menggunakan kurs dolar AS. Walhasil, keuntungan yang mereka dapatkan akan tergerus meski penjualan barang dari waktu ke waktu mengalami peningkatan,” beber Store Manager Supermarket Furnitur di DIY yang enggan disebutkan namanya. Lebih lanjut, ia menggadang dalam waktu dekat rupiah bisa kembali perkasa di mata dolar AS sehingga iklim bisnis di Indonesia bakal semakin hijau. “Kami berharap kondisi seperti ini tak berlangsung lama. Semoga pengaruh eksternal terhadap rupiah segera berakhir,” ujarnya. Lain hal, pelemahan rupiah nan ekstrem dalam beberapa waktu terakhir ternyata tidak memberi dampak buruk bagi industri pariwisata di DIY. Sebaliknya, kondisi tersebut justru bisa membawa efek positif mengingat DIY merupakan satu destinasi plesiran para turis mancanegara. “Bagi wisatawan asing, pelemahan rupiah cukup menguntungkan. Paket wisata ke Indonesia, termasuk DIY, menjadi lebih murah lantaran kurs dolar AS tinggi,” kata Ketua As-

Jangan Sampai Sentuh Rp14.000 per Dolar AS WAKIL Ketua Kamar Dagang dan Industri DIY, Gonang Djuliastomo, mengatakan bahwa tak semua pengusaha merugi akibat pelemahan rupiah terhadap dolar AS. Seperti kata BI, eksportir justru diuntungkan dengan kondisi tersebut. “Eksportir mebel dan kerajinan malah semringah di tengah keterpurukan rupiah. Mereka memperoleh pendapatan dalam dolar AS. Sementara biaya yang mereka keluarkan, praktis menggunakan mata uang dalam negeri,” ujarnya, Rabu (7/3).

Kendati begitu, Gonang menegaskan, dunia usaha secara keseluruhan berharap kurs rupiah stabil, tidak naik turun setiap pergantian hari. Alasannya, nilai tukar rupiah yang labil bakal mempersulit pengusaha untuk melakukan penghitungan dan perencanaan. “Kami tak mau rupiah fluktuatif, apalagi sampai menyentuh Rp14.000 per dolar AS. Sebab, angka tersebut di atas proyeksi kalangan bisnis. Kami menunggu perspektif pemerintah dan paket kebijakan untuk membuat posisi rupiah berpihak ke pengusaha,” tukas Gonang. (vim)

DAMPAK PELEMAHAN RUPIAH  Setelah melemah sejak awal 

 

pekan, valuasi rupiah mulai bergerak positif. Rabu (7/3), nilai tukar mata uang Garuda menguat 0,12 persen ke level Rp13.760 per dolar AS. Namun, harga beberapa barang kadung naik sebagai dampak fluktuasi rupiah. Banderol AC, misalnya, naik dua persen hingga tiga persen karena transaksi dari hulu sampai ke distributor menggunakan dolar AS. Lain hal, pelemahan rupiah justru membawa keuntungan bagi eksportir.

sociation Of The Indonesian Tours and Travel Agencies DIY, Udhi Sudiyanto. Lalu, bagaimana dampak pelemahan rupiah terhadap wisatawan lokal yang hendak bepergian ke luar negeri? Ia memang tak menampik ada pengaruhnya. Meski demikian, ia mengemukakan, sampai sekarang belum ada pembatalan liburan oleh turis domestik yang akan ke negara manca. “Mungkin, mereka perlu membawa uang saku lebih ketimbang sebelumnya. Sebab, fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS masih terjadi,” papar Udhi seraya berharap pelemahan rupiah segera berakhir sehingga biro perjalanan bisa lebih mudah dalam menentukan harga paket wisata. (wsn/yud)

Untungkan Eksportir BELUM lama Indonesia dinyatakan sebagai negara tujuan investasi terbaik di dunia, stabilisasi nilai tukar rupiah kembali diuji. Posisi mata uang Garuda sudah berada di bawah nilai fundamental. Seberapa berpengaruhkah hal itu terhadap perekonomian DIY? Kepala Kantor Perwakilan BI DIY, Budi Hanoto, mengatakan, pelemahan rupiah terhadap dolar AS lebih disebabkan oleh pidato Gubernur The Fed yang baru, Jerome Powell. Ia menyatakan bahwa perekonomian AS bakal membaik serta berencana menaikkan suku bunga acuan. “Adanya rencana penaikan suku bunga The Fed paling tidak tiga kali pada 2018 membawa dampak terhadap rupiah. BI mengambil tindakan dengan cara menjaga kestabilan rupiah sesuai fundamental, baik lewat intervensi di pasar valas maupun pasar obligasi,” jelasnya, Rabu (7/3). Menurut Budi, kondisi dalam negeri bakal tetap terjaga secara baik. Inflasi akan terjaga rendah sesuai target awal. “Jadi, saya melihat tidak ada alasan bagi rupiah untuk melemah terlalu dalam,” tambahnya. Meski demikian, BI tetap berjanji waspada dan cermat. Sikap tenang pemerintah untuk menjaga dinamika pasar sangat pula diperlukan di tengah upaya bank sentral mengendalikan volatilitas rupiah melalui serangkaian kebijakan moneter. Budi tak memungkiri, kelesuan kurs rupiah bisa berdampak buruk terhadap banyak hal. Yang terasa dalam jangka pendek adalah kenaikan biaya impor, baik untuk bahan baku maupun barang modal. Jika pelemahan rupiah berlanjut, industri berbasis bahan baku impor bakal terbebani. “Beruntung, ekspor untuk DIY menunjukkan surplus 35 persen. Apalagi, pasar utamanya adalah AS. Pun ke negara lain, kurs yang dipakai tetap dolar Pam Sam. Artinya, dalam kondisi rupiah terdepresiasi, pelaku ekspor di DIY malah diuntungkan,” tuturnya. Dari sisi perbankan, Budi memberi ulasan bahwa dampak pelemahan rupiah berpotensi memengaruhi eksposur bank terhadap biaya-biaya dana yang menggunakan mata uang dolar AS. “Kebutuhan akan valas bakal meningkat, yang berimbas terhadap nilai tukar,” katanya. (vim)


TRIBUN BIZ 3

KAMIS PAHING 8 MARET 2018

Suzuki Minta Kemudahan Impor Komponen  Agen Pemegang Merek Siapkan Kendaraan Listrik JAKARTA, TRIBUN - Pemerintah semakin serius mengeluarkan kebijakan terkait kendaraan listrik. Rencananya, Bea Masuk dan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PpnBM) untuk kendaraan jenis itu akan dibedakan dengan kendaraan biasa. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan, mengatakan, Bea Masuk dan PPnBM untuk kendaraan listrik kemungkinan besar bakal nol rupiah. Sinyalemen tersebut tampak dalam rapat terakhirnya bersama Menteri Keuangan dan Menteri Perindustrian. “Kami sengaja mendorong

pertumbuhan kendaraan listrik. Tujuannya agar industri listrik dalam negeri semakin menggeliat. Apalagi, target rasio elektrikfikasi pada 2018 mencapai 100 persen,” terangnya kepada wartawan, Rabu (7/3). Menanggapi per nyataan Jonan, Marketing Director 4W PT Suzuki Indomobil Sales, Donny Ishmi Sahputra, menyatakan bahwa pihaknya masih menunggu rencana kerja serta aturan resmi mengenai kebijakan kendaraan listrik oleh pemerintah. “Kalau aturan sudah resmi berlaku, kami baru bisa menghitung investasi yang bakal

ditanamkan untuk membuat mobil listrik Suzuki. Sekarang, kami memilih untuk fokus memasarkan kendaraan hibrida Suzuki, yakni Ertiga Hybrid,” paparnya. Selain aturan yang jelas, Suzuki juga menggadang komponen pendukung seperti baterai, dinamo, maupun sensor bisa tersedia di Indonesia. Kemudahan untuk impor komponen pun, pinta Suzuki, wajib jadi pertimbangan karena kendaraan listrik merupakan inisasi global. “Alangkah lebih baik jika ada pula insentif supaya harga kendaraan listrik bisa terjangkau oleh konsumen. Secara

umum, saat ini harga kendaraan listrik rata-rata Rp500 juta. Di Indonesia, konsumen mayoritas membeli mobil berharga di bawah Rp250 juta,” kata Donny. Momen tepat Tak seperti Suzuki, meski baru hadir di Tanah Air, produsen asal China PT Sokonindo Automobile siap memasarkan kendaraan listrik di Indonesia. Hal itu diungkapkan oleh Marketing Director PT Sokonindo Automobile, Franz Wang. “Prinsipal sedang melakukan investasi besar di bidang riset dan pengembangan produk dengan mendirikan pusat R&D di Amerika Serikat, Jepang, Jer-

man, dan China untuk melakukan penelitian mobil listrik,” ujarnya. Franz melanjutkan, seiring kebutuhan pasar otomotif, PT Sokonindo Automobile akan mencari momen yang tepat untuk merealisasikan rencana tersebut. “Nanti kami informasikan kalau proyek telah berjalan,” tuturnya. Langkah lebih konkret dilakukan oleh Mitsubishi Motors. Belum lama ini, Mitsubishi Motors menyerahkan delapan Outlander PHEV plug-in hybrid, dua kendaraan listrik i-MiEV, dan empat quick charger kepada pemerintah Indonesia. (kontan)

Kalau aturan sudah resmi berlaku, kami baru bisa menghitung investasi yang bakal ditanamkan untuk membuat mobil listrik Suzuki. Donny Ishmi Sahputra Marketing Director 4W PT Suzuki Indomobil

Gaikindo Tunggu Pemerintah Siap GABUNGAN Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) menyambut baik kebijakan pemerintah soal produksi kendaraan elektrik di Indonesia. Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi, mengatakan, dengan keberadaan unit dari Mitsubishi Motors, pemerintah seharusnya segera mempelajari dan mempersiapkan kendaraan listrik. “Industri global sudah menuju ke arah sana. Agen pemegang merek di dalam negeri, toh, telah mempunyai kendaraan listrik secara global,” ujarnya, baru-baru ini. Nangoi pun berharap, harmonisasi aturan pajak dapat segera tuntas. Selain itu, ia ingin infrastruktur pendukung juga segera disiapkan. “Baik stasiun pengisian bahan bakar maupun industri komponen pendukung. Kalau pemerintah siap, produsen pasti siap,” tandasnya. (tribunnews)

COBA MOBIL LISTRIK - Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto (kanan), mencoba kendaraan listrik Mitsubishi Outlander PHEV usai serah terima di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Pajak UKM Turun Jadi 0,5 Persen Saya sebetulnya menawar 0,25 persen, tetapi Menteri Keuangan bilang tidak bisa. Jokowi Presiden RI

JAKARTA, TRIBUN Pemerintah akan menurunkan besaran pajak atas usaha kecil dan menengah (UKM) dari satu persen menjadi 0,5 persen pada akhir Maret 2018. “Saya sebetulnya menawar 0,25 persen, tetapi Menteri Keuangan bilang tidak bisa,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Tangerang, Provinsi Banten, Rabu (7/3). Menurut Presiden,

KOMPAS

PAJAK UKM - Produk kerajinan terpajang di stan Inacraft di

Jakarta, kapan lalu. Pemerintah akan menurunkan pajak UKM dari satu persen menjadi 0,5 persen.

perubahan tata ruang ekonomi global menjadi peluang bagi ekonomi nasional untuk berkembang lebih jauh. Presiden menilai, sejumlah usaha makanan dan minuman maupun industri gaya hidup memiliki masa depan yang cerah di tatanan global. “Saya kira bisnis-bisnis seperti itulah yang akan berkembang baik,” imbuh Jokowi seraya menyebut Warunk Upnormal sebagai contoh usaha makanan dan minuman. Presiden juga mengemukakan, bisnis rintisan atau startup melalui aplikasi berbasis digital akan berkembang pesat, khususnya di bidang sociopreneurship. “Indonesia juga memiliki keunggulan di sektor kerajinan tangan. Ada kerajinan jaket kulit berlukis, sepeda motor modifikasi, serta usaha kreatif lain,” tuturnya. Presiden juga memaparkan tentang keberadaan fasilitas lain bagi UKM pada tahun ini. Fasilitas tersebut berupa bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar tujuh persen hingga bank wakaf mikro yang disebutnya

tidak menarik bunga, tapi hanya biaya administrasi sebesar dua persen. "Bank wakaf mikro akan cocok untuk menggerakkan bisnis berbasis komunitas seperti pesantren. Oleh sebab itu, saya meminta kepada para pengusaha untuk membantu pemerintah dengan menyosialisasikan pendanaan model tersebut," kata Jokowi. Menurutnya, modal satu bank wakaf mikro sebesar Rp6 miliar hingga Rp8 miliar sudah lebih dari cukup untuk pesantren. Sebelumnya, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, memang sempat mengatakan bahwa Jokowi memintanya mempertimbangkan kemudahan membayar pajak dan tarif yang berbeda bagi pelaku e-commerce yang tergolong UKM. Kementerian Keuangan pun langsung melakukan kajian terkait tarif pajak dan perlakuan khusus bagi pelaku usaha itu. "Mungkin ada suatu pemberian perlakuan pajak, yang memungkinkan mereka melakukan pemenuhan kewajiban pajak secara lebih mudah," tukasnya. (antaranews)

M a r k e t L i n eM a r k e t L i n e

Beli Apartemen Bisa visa Aplikasi PP Properti JAKARTA - April 2018 nanti PT PP Properti Tbk merilis aplikasi penjualan online. Namanya masih rahasia. Pengembangan aplikasi tersebut menghabiskan anggaran sekitar Rp700 juta. Target PP Properti bukan konsumen pemakai, melainkan para pekerja bebas yang bersedia menjajakan produk. Di dalamnya termasuk komunitas usaha kecil dan menengah (UKM).

“PP Properti siap mengganjar komisi sebesar satu persen untuk setiap proyek yang terjual. Apa yang kami tawarkan sangat cocok untuk agen properti, tenaga pemasaran otomotif, atau mahasiswa yang membutuhkan penghasilan tambahan,” tutur Direktur PP Properti, Galih Saksono, Rabu (27/2). Meskipun berbasis online, aplikasi

penjualan PP Properti tetap membutuhkan akses fisik. Makanya, PP Properti mempersilakan konsumen untuk mengunjungi lokasi proyek yang diminati. Bakal ada opsi untuk melakukan janji temu berdasarkan referensi penjual. “Produk-produk yang akan mejeng di aplikasi berupa apartemen di Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta,” pungkas Galih. (kontan).

Lexus Rilis Crossover Seharga Rp2,1 Miliar JAKARTA - Lexus Indonesia menawarkan SUV RX350L dengan tiga baris bangku yang bisa mengangkut tujuh penumpang atau lebih. Akses penumpang di baris kedua dibuat nyaman dengan sistem one-touch tumble sehingga memudahkan masuk ke baris ketiga. Sudut jendela disesuaikan agar penumpang di baris ketiga mendapatkan

ruang kepala. “Lexus RX350L adalah jawaban bagi para pelanggan premium yang sangat mengutamakan value of family intimacy,” ujar General Manager Lexus Indonesia, Adrian Tirtadjaja, Rabu (7/3). Lexus RX 350L tampil elegan dengan desain khas serta pelek 20 inci. Lexus RX 350L mengusung mesin V6

24-valve DOHC Direct Injection; Intake and Exhaust VVT-I berkapasitas 3.457 cc. Mesin tersebut menghasilkan tenaga 301 Hp dan torsi 371 Nm yang dipadankan dengan transmisi delapan percepatan Automatic Transmission. Lexus RX350 L dipasarkan seharga Rp2,135 miliar dan tersedia 10 warna pilihan. (rls/vim)

ANTARA/SIGID KURNIAWAN


HOTLINE PUBLIC SERVICE 4 PEMBACA Tribun Jogja, sampaikan keluhan, juga usulan terkait pelayanan publik di sekitar Anda.

Caranya ketik SMS dengan format: HPS (spasi) Isi keluhan, usulan atau pertanyaanlalu kirim ke

PEMIMPIN UMUM: Herman Darmo PEMIMPIN REDAKSI/PENANGGUNG JAWAB: Ribut Raharjo MANAJER PRODUKSI REDAKSI: Ibnu Taufik Juwariyanto MANAJER LIPUTAN: Sulistiono EDITOR SENIOR: Setya Krisna Sumargo STAF REDAKSI: Herman Darmo, Setya Krisna Sumargo, Ibnu Taufik Juwariyanto, Baskoro Muncar, Sulistiono, Agus Wahyu Triwibowo, Iwan Al Khasni, Joko Widiyarso, Iwan Apriansyah Hendy Kurniawan,Ikrob Didik Irawan, Rina Eviana Dewi, Mona Kriesdinar, Obed Doni Ardianto, Muchamad Fatoni, Yoseph Hary Wibowo REPORTER: Siti Ariyanti, Rento Ari Nugroho, Gaya Lutfiyanti, Agung Ismiyanto, Yudha Kristiawan, Pradito Rida Pertana, Amalia Nurul Fathonaty, Hening Wasisto, Riezky Andhika Pradana, Victor Mahrizal, Hari Susmayanti, Hamim Thohari, Kurniatul Hidayah, Septiandri Mandariana, Ikrar Gilang Rabbani PEWARTA FOTO: Bramastyo Adhy, Hasan Sakri Ghozali, Hendra Krisdianto SLEMAN: Panji Purnandaru, Santo Ari Handoko GUNUNGKIDUL: Rendika Feri Kurniawan KULONPROGO: Singgih Wahyu Nugraha BANTUL: Susilo Wahid Nugroho MAGELANG: Azka Ramadhan KLATEN: Angga Purnama TATA WAJAH & GRAFIS: Suluh Prasetyo Aji Pamungkas, Nugroho Saputro, Afifudin, Bayu Rusbianto, Muhammad Fauziarakhman, Yusuf Haryanta, Yoga Hersogama IT: Benny Ma’il bin Izmail, Arif Purnomo SEKRETARIAT REDAKSI: Fembri Nugroho BIRO JAKARTA: Jalan Palmerah Selatan 3 Jakarta 10270 Telepon (021) 5356766 (7618) Faks (021) 5495360:GENERAL MANAGER: Febby Mahendra Putra NEWS PRODUCTION MANAGER: Ade Mayasanto NEWS MANAGER: Yuli Sulistiawan EXECUTIVE EDITOR: Ignatius Prayoga PENERBIT: PT Media Tribun Yogya KOMISARIS UTAMA: Herman Darmo DIREKTUR: Agus Nugroho PEMIMPIN PERUSAHAAN: Agus Nugroho WAKIL PEMIMPIN PERUSAHAAN: Rosa Dharmasari MANAJER IKLAN: Rosa Dharmasari MANAJER KEUANGAN: Ridwan Mulyatno MANAJER PSDM/UMUM: Edy Utama MANAJER SIRKULASI: Edy Utama MANAJER PROMOSI: Sunu Mahata MANAJER PERCETAKAN: Supriyono ALAMAT REDAKSI/BISNIS: Jalan Jenderal Sudirman 52 Yogyakarta, TELEPON dan FAKS: (0274) 564061, EMAIL: tribunjogja@gmail.com WEBSITE: www.tribunjogja.com, ALAMAT PERCETAKAN: Jalan Ring Road Barat Km 8 Yogyakarta, Trihanggo, Sleman. REKENING: BRI, A/N. PT Media Tribun Yogya : 002901001264304, Bank BCA Cab, Sudirman, A/N. PT Media Tribun Yogya: 0373010500, TARIF IKLAN: DISPLAY HAL. 1: Rp. 100.000/mmk, DISPLAY BW: Rp. 22.500/mmk, DISPLAY FC: Rp.45.000/mmk, IKLAN KOLOM: Rp. 10.000/mmk, IKLAN KELUARGA: Rp. 10.000/mmk, IKLAN BARIS: Rp. 25.000/mmk. ISI DILUAR TANGGUNG JAWAB PERCETAKAN

Kami akan mencarikan jawaban dan tanggapan dari pihak yang berkompeten di bidangnya. Misalnya tentang jalan rusak, pasar kumuh, layanan air, listrik, infrastruktur, administrasi kependudukan, tata kota, fasilitas publik dan lainnya. Mari jadikan daerah kita selangkah lebih baik.

Bisa juga melalui surat ke alamat,Redaksi HPS Tribun Jogja,

Atau bisa juga kirim email ke

Jalan Jenderal Sudirman No 52 Yogyakarta

tribunjogja@gmail.com

082325485004

rumah tua yang berdiri sejak 1917 dibongkar, disbud memberikan izin renovasi bangunan tersebut karena menyebut bukan merupakan bangunan cagar budaya.lha ini datanya yang kurang akurat atau pengwasannyayang kurang?karena masalahseperti ini sudah sering terjadi...bisa bisa bangunan cagar udaya bisa habis dikota yogya tercinta ini..

Jangan Gegabah Putuskan Nasib Baasyir DARI tahun ke tahun menjalani hukuman, narapidana kasus terorisme Abu Bakar Baasyir semakin menua. Di usia senjanya, kondisi kesehatan Ba'asyir semakin menurun dan sakit-sakitan. Baasyir telah menjalani hukuman hampir 7 tahun di penjara dari total vonis hakim 15 tahun penjara. Awalnya ia dihukum di LP Nusakambangan, Jawa Tengah. Namun karena kondisi kesehatan yang menurun, ia dipindahkan ke rutan Gunung Sindur Bogor. Bila menilik umurnya yang sudah sekitar 80 tahun, Baasyir harusnya memang mendapat perhatian lebih terutama masalah kesehatan. Dari catatan menunjukkan, Baasyir pernah menjalani pemeriksaan dan perawatan di RS Pusat Jantung Harapan Kita, pada medio 2017. Kala itu, dari hasil pemeriksaan, ada gangguan katup pembuluh darah yang mengakibatkan pembengkakan. Tentu saja ini bukan masalah kesehatan yang sepele. Atas pertimbangan kondisi kesehatan itulah pihak keluarga sudah sejak berharap agar Ba'asyir diubah statusnya menjadi tahanan rumah. Bahkan permohonan menjadikan Baasyir sebagai tahanan rumah sebenarnya sudah pernah diajukan pada era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dan saat itu pemerintah sepertinya tak merespon. Dan kini di era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), keluarga kembali meminta Baasyir menjadi tahanan rumah. Pemerintah merespon dengan berencana memindahkan Baasyir dari Gunung Sindur Bogor ke tahanan yang dekat rumahnya di Sukoharjo, Jawa Tengah. Hal yang menjadi dasar pemerintah melakukan pemindahan itu adalah alasan kemanusiaan. Namun pihak keluarga tetap memintah agar Baasyir diubah statusnya menjadi tahanan rumah. Konon, Presiden bahkan bersedia memberikan grasi bila Baasyir mengajukan. Namun pihak Baasyir tak mau mengajukan grasi lantaran tak pernah merasa bersalah atas kasus yang menjerat. Apapun keputusan yang diambil Presiden Jokowi terhadap Baasyir akan memberikan dampak. Misalnya saja Presiden Jokowi mengabulkan Baasyir menjadi tahanan rumah, Presiden akan dianggap pemimpin yang memiliki sikap kemanusiaan tinggi. Namun pilihan itu juga akan menimbulkan sisi lain yakni bisa saja Presiden dianggap sebagai sosok yang mendukung radikalisme oleh dunia internasional. Sebab pendiri Pondok Pesantren Islam Al Mu'min Ngruki, Solo itu dinilai terlibat dalam aksi bom bunuh diri pada bom Bali 1 dan bom di Hotel JW Marriott. Atau jika Jokowi menolak permohonan tahanan rumah Ba'asyir, sentimen negatif dari kelompok tertentu pada pemerintahan Jokowi bisa semakin buruk. Maka, apapun keputusannya pemerintah harus memikirkan secara matang berbagai dampak yang mungkin akan timbul. Sekali lagi, Presiden Joko Widodo tak boleh gegabah dalam mengambil keputusan penting ini. (*)

KAMIS PAHING 8 MARET 2018

GRAFIS/FAUZIA RAKHMAN

Izin Mendirikan Kafe MOHON informasinya tentang syarat untuk membangun kafe yang menyediakan minuman beralkohol yang sesuai aturan. Terima kasih.

Premi Kelas Satu Rp80 Ribu/Bulan

+6282386595xxx

PAGI Tribun, untuk premi BPJS Kesehatan itu berapa ya, sama cara pendaftarannya bagaimana? +6281241604xxx

UNTUK melaksanakan kegiatan usaha perdagangan minuman beralkohol maka diperlukan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) Minuman Beralkohol.

TERIMA kasih pertanyaanya, besaran premi BPJS Kesehatan untuk menentukan hak kelas rawat inap sebagai berikut. Kelas 1 Rp80 ribu perjiwa, per bulan Kelas 2 Rp51 ribu perjiwa per bulan Kelas 3 Rp30 ribu perjiwa per bulan Berikut juga kami sampaikan syarat pendaftaran Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) secara mandiri, 1. Fotokopi 3x4 sebanyak satu lembar berwarna, untuk masing-masing calon peserta terbaru 2. Fotokopi KK dan menunjukan yang asli 3. Fotokopi KTP Elektronik dan dapat menunjukan KTP Asli atau akta kelahiran, surat nikah 4. Fotokopi buku rekening bank (BNI/BRI/ Mandiri) 5. Mengisi formulir BPJS Kesehatan

Dasar Hukumnya adalah : 1. Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 20/M.DAG/PER/4/2014 tentang Pengendalian dan Pengawasan terhadap Perdagangan, Peredaran dan Penjualan Minuman Beralkohol 2. Peraturan Daerah Kabupaten Sleman Nomor 8 Tahun 2007 Tentang Pelarangan Pengedaran, Penjualan, dan Penggunaan Minuman Beralkohol 3. Peraturan Daerah Kabupaten Sleman Nomor 6 Tahun 2010 tentang Surat Izin Usaha Perdagangan 4. Peraturan Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 12 Tahun 2015 Tentang Pengendalian dan Pengawasan Minuman Beralkohol serta Pelarangan Minuman Beralkohol Adapun persyaratan permohonan izin SIUP minuman beralkohol sebagai berikut : 1. Foto kopi KTP Pemohon (Direktur) 2. Foto kopi KTP pemegang kuasa (jika dikuasakan) 3. Surat Kuasa bermeterai Rp6000 bila tidak bisa mengurus sendiri 4. Foto kopi NPWP 5. Foto kopi Akta Pendirian badan dan perubahannya yang telah disahkan oleh pejabat yang berwenang bagi yang berbentuk badan 6. Foto kopi Izin Gangguan Hotel/Restoran 7. Foto kopi Izin Gangguan (HO) untuk jenis usaha penjualan minumam beralkohol 8. Foto kopi Izin Usaha dari instansi yang berwenang perusahaan induk 9. Foto kopi Tanda daftar Perusahaan (TDP) 10. Foto kopi Sertifikat sertifikasi Usaha (restoran bintang 3 dan hotel bintang 3,4 dan 5) 11. Surat penunjukan untuk penjualan langsung minuman beralkohol dari distributor 12. Pas foto direktur/penanggungjawab 3×4 cm sebanyak 3 lembar (nto)

mi bisa transfer ke teller atau auto debet di tempat-tempat berikut, 1. Bank Mandiri 2. Bank BNI 3. Bank BRI 4. Bank BTN 5. Kantor Pos 6. Indomaret atau Alfamart Sementara itu, manfaat yang didapatkan adalah, rawat jalan tingkat pertama di pusat kesehatan, klinik ataupun DPP. Rawat inap tingkat lanjutan sesuai rujukan berjenjang dan rawat inap tingkat pertama dan tingkat lanjutan, obat serta alat kesehatan. Perlu kami sampaikan juga setiap orang wajib mendaftarkan diri beserta keluarganya sesuai Perpres 71 tahun 2013 pasal 17. Terakhir, kepesertaan BPJS Kesehatan merupakan hal yang wajib dan melekat seumur hidup. Untuk pembayaran premi, sebaiknya dilakukan sebelum tanggal 10, setiap bulannya. (*) Luhur Budiman SDM Umum Dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan

Besaran tersebut telah sesuai dengan perpres no 19 tahun 2016, yang mulai berlaku 1 April 2016. Adapun pembayaran pre-

Layanan SIM Keliling

Triana Wahyuningsih Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Sleman

MASYARAKAT yang ingin memperpanjang SIM pada Kamis (8/3) dapat dilayani di Bus SIM Keliling yang dipusatkan di beberapa titik. Untuk di wilayah Kota Yogyakarta, Bus Sim Keliling ditempatkan di LPP Yogyakarta dan Puro Pakualaman. Sementara di wilayah Bantul lokasinya di Kelurahan Sidomulyo Bambanglipuro dan untuk wilayah Sleman, Bus SIM Keliling ditempatkan di Kantor Kecamatan Godean. Adapun pelayanan perpanjangan SIM dibuka mulai pukul 09.00 hingga pukul 12.00. Selain Bus SIM keliling, perpanjangan juga dapat dilakukan di SIM Corner Ramai Mall, SIM Corner Jogja City Mal di mana kedua tem-

pat ini membuka pelayanan dari pukul 10.0015.00 Adapun persyaratan yang harus disiapkan antara lain : 1. Kartu identitas (KTP/paspor) dan fotokopiannya 2. Membawa SIM asli yang lama 3. Surat keterangan sehat jasmani 4. Biaya perpanjangan SIM C senilai Rp75 ribu dan SIM A senilai Rp100 ribu, sesuai PP PR Nomor 50 tahun 2010. Kompol Tupar Kasi SIM Ditlantas Polda DIY

Yogya, Sedayu Padam Listrik GUNA menjaga kelancaran pasokan ke tempat pelanggan serta mencegah gangguan padam, maka kami akan melaksanakan pemadaman aliran listrik sementara, pada Kamis 8 Maret 2018 pada waktu dan pekerjaan sebagai berikut : Waktu : 09.00 - 12.00 WIB Tujuan/Keperluan : Penggeseran tiang JTR Unit/Wilayah Kerja : Kota Yogyakarta Lokasi padam : Sorosutan dan seki-

Gol A B O AB

WB PRC 13 79 96 115 112 118 18 30

TC 23 16 11 10

tarnya Waktu : 10.00 - 13.00 WIB Tujuan/Keperluan : Penyisipan tiang JTM dan trafo guna layanan perubahan daya Unit/Wilayah Kerja : Kota Yogyakarta Lokasi padam : Kledokan, Kp. Mundusaren, Perumnas Caturtunggal dan sekitarnya Waktu : 10.00 - 13.00 WIB Tujuan/Keperluan : Penggantian Iso-

Gol A B O AB

WB 30 24 20 13

Gol A B O AB

WB PRC 40 0 30 0 19 0 21 0

TC 1 2 4 0

Gol A B O AB

lator, Pemasangan Arester, Perbaikan ABSW dan Pemotongan Pohon dekat jaringan ROW Unit/Wilayah Kerja : Sedayu Lokasi padam : Dn. Karanglo, Dn. Simping, Dn.Sanggrahan, Dn. Sendari, Dn. Janturan, Dn. Beluran, Dn. Cebongan dan sekitarnya. Untuk itu kami mohon maaf kepada para pelanggan atas ketidak nyamanan ini, dan apabila pekerjaan selesai lebih awal, aliran listrik akan dinormalkan kembali tanpa pemberi-

WB PRC 0 9 0 15 0 23 0 13

TC 0 0 0 0

Gol A B O AB

tahuan. Terima kasih. (nto) Humas dan Jaringan PT PLN (persero) Area Yogyakarta Jl. Gedongkuning No. 03 Banguntapan Bantul D.I.Yogyakarta Telp : (0274) 452200 (Office only) Fax : (0274) 452452 (Office only) Facebook : PLN 123 Twitter : @pln_123

Subuh Dzuhur Ashar Maghrib Isya’

WB PRC PLMA 29 17 31 0 31 31 9 2

04:27 WIB 11:52 WIB 14:57 WIB 17:59 WIB 19:08 WIB

RSPAU dr. S. Hardjolukito, 444562,

, Denpom IV/2 Yogyakarta, 566103, 623733, puskodal_denpom42@yahoo.co.id, RSU Bethesda Lempuyangwangi, 512257, 588002 RS Condong Catur, (0274) 887494

STASIUN BERANGKAT

Bogowonto

22.00 20.35 20.57 08.57 20.00 08.00 07.00 18.35 17.45 09.08

STASIUN BERANGKAT 17.10 Lempuyangan 15.30 Lempuyangan 14.30 Lempuyangan 18.00 Tugu

Malabar

11.25 21.28 00.30 20.08 08.08 23.32

Logawa

STASIUN BERANGKAT Lempuyangan 14.00 Lempuyangan 18.58

Argowilis Sri Tanjung

STASIUN BERANGKAT Eks Tugu 16.02 Eko Lempuyangan 07.15

Lempuyangan

14.34

Krakatau

Lempuyangan

22.06

Malabar

Tugu Tugu Tugu Lempuyangan

02.06 07.30 20.45 01.35

Lempuyangan

01.12 01.05 03.32 06.45 16.30 08.55

Lempuyangan

07.45

17.00 05.30 09.10 12.15 18.00 07.35 09.57 11.05 14.45 20.15

07.15 10.40 14.00 19.40 05.15 09.25 12.10 13.00 16.10

05.15 16.10 05.50


JOGJA REGION SLEMAN-BANTUL

5

KAMIS PAHING 8 MARET 2018

Menengok Saksi Sejarah Kerajaan Mataram di Sendang Ngembel (1)

Warna Air Semburat Biru Saat Cuaca Cerah Kebanyakan tempat wisata identik keramaian dan hingar bingar pengunjung. Sedikit berbeda dengan Sendang Ngembel, yang justru jauh dari keramaian. Tapi bukan berarti tak layak dikunjungi.

S

ENDANG Ngembel punya daya tarik tersendiri yang tetap bisa dinikmati. Lokasinya berada di Dusun Beji Wetan, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul. Sendang Ngembel tak begitu jauh dari pusat Kota Bantul. Dilihat sistem aplikasi GPS smartphone, jarak dari Kota Bantul menuju Sendang Ngembel hanya 6 kilometer. Cara paling gampang menuju tempat ini adalah melewati Jalan Bantul. Ambil arah barat sesampainya di perempatan Masjid

Agung. Lurus saja mengikuti jalan tersebut sampai menemukan perempatan lampu merah kecil, belok ke arah barat menuju Lembaga Pemasyarakatan (Lapas). Dari Lapas Pajangan, ikuti jalan menanjak sampai menemukan SD Beji. Dari SD Beji sudah terlihat petunjuk menuju sendang tersebut. Jalan menuju ke lokasi cukup mudah untuk motor maupun mobil pribadi sampai bus kapasitas 25. Tapi, bukan untuk bus besar kapasitas 50.

Menurut keterangan warga, sempat ada rombongan pengunjung hendak datang menaiki bus besar, namun gagal gagal masuk lantaran jalan sempit. Begitu sampai di lokasi, mata akan disuguhi kolam air berdinding tembok yang dikelilingi pohon rindang dengan luasan kolam sekitar 200 meter. Dinding tembok tersebut merupakan bagian dari program pembangunan spot wisata pada 2015 dengan nilai mencapai Rp500 juta. Ketika mendekat, terlihat warna air tampak semburat biru, jika cuaca sedang cerah. Ada ikan di dalamnya. Di tengah kolam, ada pulau kecil dihubungkan dengan jalan cor.

Pengunjung tak ditarik tiket masuk, hanya tarif parkir Rp2 ribu untuk motor dan Rp5 ribu untuk mobil. Sendang Ngembel memang tak setenar Goa Selarong yang juga berada di wilayah Pajangan. Sesuai lokasinya yang tersembunyi, keelokan tempat ini juga masih belum banyak yang mengetahui. Sendang Ngembel adalah tempat sunyi yang menyajikan ketenangannya. Jiriyanto, pengelola Sendang Ngembel yang juga anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) desa setempat mengatakan, keaslian dan filosofi tempat ini begitu dijaga. “Sempat ada usulan menambah fasilitas bebek-bebekan

TRIBUN JOGJA/SUSILO WAHID NUGROHO

TENANG - Pemandangan Sendang Ngembel di Dusun Beji Wetan, Desa

Sendangsari, Pajangan, Rabu (7/3).

(kapal bebek), namun kami tak setuju,” katanya. Termasuk wacana menjadikan kolam air sebagai tempat berenang. Untuk sekali lagi, Jiriyanto menolaknya. Alasan kali ini karena unsur estetika.

Dasar kolam berupa lumpur. jika diinjak menjadikan air menjadi mudah keruh. Walhasil, semburat biru kolam menjadi tak terlihat jika air keruh. (Susilo Wahid Nugroho)

PSG Akan Jadi Taman Budaya  Agus Masih Bertahan Jajakan Kerajinan di Los Gabusan

TRIBUN JOGJA/SUSILO WAHID NUGROHO

BERANTAKAN - Kondisi PSG yang kini semakin sepi pengunjung. Rencananya lokasi ini akan

dijadikan Taman Budaya. Foto diambil Rabu (7/3).

Pembebasan Lahan Rampung Tahun Ini DINAS Pertanahan dan Tata Ruang Bantul, dikabarkan menjadi instansi yang mendapat mandat Bupati Bantul untuk menyusun masterplan penataan lokasi PSG. Informasi yang didapat, saat ini, tahapan dalam penataan PSG adalah pembebasan lahan. “Aset di atas PSG milik Pemkab, tapi tanahnya milik kas desa. Untuk bisa dikelola Pemkab sepenuhnya, maka harus dilakukan pembebasan lahan terlebih dahulu. Saat ini, kita sudah menuju ke sana,” kata Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Bantul, Isa Budi Hartomo. Menurut Isa, pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan perangkat Desa Timbulharjo sebagai pemilik lahan PSG. Garis besarnya, pihak desa merestui proses pembebasan lahan. Hanya saja, masih dilakukan pengumpulan dokumen sebagai syarat proses pem-

bebasan lahan ini berjalan. “Kamis besok (hari ini), kami akan bertemu pihak desa dan kecamatan dalam rangka pengumpulan dokumen ini. Setelah itu, masih ada beberapa tahap sampai lahan bisa benarbenar bebas. Yang jelas pada tahun ini target pembebasan lahan PSG ini rampung,” kata Isa. Dana untuk pembebasan lahan sendiri, menurut Isa, bersumber Danais dengan pengajuan mencapai Rp38 miliar. Setelah pembebasan lahan, proses pembangunan fisik akan dilakukan pada 2019. “Bukan lagi PSG yang identik sebagai sentra kerajinan, tapi taman budaya. Budaya didalamnya, tak hanya pada tradisional, semisal tari atau wayang. Budaya modern misalnya paduan suara atau pertunjukkan musik bisa masuk. Yang jelas Taman Budaya ini multifungsi,” kata Isa. (sus)

BANTUL, TRIBUN - Pasar Seni Gabusan (PSG) yang dibangun sejak 2014 lalu, tinggal menunggu waktu menuju transisi menjadi Taman Budaya. Nama PSG tak akan ada lagi. Dan tahun ini, kemungkinan menjadi tahun terakhir PSG bertahan di pengujung pesakitan yang memilukan. Tak dipungkiri ketika PSG dibangun, muncul harapan besar akan sentra pemasaran kerajinan di Bantul. Namun, pamor PSG hanya bertahan sekitar tiga tiga sampai empat tahun setelahnya. Musibah gempa bumi 2006 mengguncang kestabilan para pengrajin di Bantul, tak terkecuali PSG. Setelahnya, PSG seolah terasingkan di tanah sendiri. Pengunjung menurun menjadikan pengrajin cemas. Setali tiga uang, pengrajin yang membuka toko di los PSG juga ikut pergi. “Sekitar dua-tiga tahun lalu puncaknya, pengrajin di PSG benar-benar tak punya gairah berjualan di sini,” kata Agus Subhan. Agus Subhan adalah satu diantara 30 pengrajin aktif yang menjajakan produk di PSG. Sebelumnya, ada 60 pengrajin yang terdaftar berjualan di PSG. Separoh lainnya, diketahui sudah tak lagi mengurus toko mereka. Hanya Agus dan 29 pengrajin lain yang bertahan, itupun sangat jarang datang. Semakin sepinya pengunjung membuat pengrajin memilih untuk pergi. Alih-alih mendapat laba, mereka justru merugi. Sebagian memilih kembali ke rumah, dengan memasarkan produk secara mandiri. Sedangkan yang masih bertahan, patungan membayar karyawan untuk menunggu toko. “Beberapa pengrajin iuran untuk membayar karyawan (SPG) untuk menjaga toko mereka, dua SPG bisa menjaga satu los. Daripada satu

Jika Masih Hidup Suami Saya Pasti Bahagia BANTUL, TRIBUN - Sebanyak 18 perawat lansia atau Care Giver diwisuda di Pendopo Pedukuhan Karet, Pleret, Bantul, Sabtu (3/3). Wisuda para perawat lansia ini merupakan wisuda care giver training angkatan pertama dari wilayah binaan Rumah Zakat. Prosesi wisuda berlangsung gembira dan semarak bertabur senyuman oleh para peserta, karena kebanyakan adalah ibu-ibu dusun yang belum pernah merasakan wisuda. Para care giver juga kerabat dan keluarga para lansia yang tinggal di sekitar lansia,

baik satu rumah maupun berdekatan. Aniyah adalah diantara care giver asal Sosrowijayan yang merawat suaminya, yang mengalami diabetes dan komplikasi selama 10 tahun. Ia merasa senang diwisuda. “Kalau suami saya masih hidup, mungkin dia bisa menyaksikan betapa bahagianya saya” ungkap Aniyah. Sebelum mengikuti pelatihan, suami Aniyah sering menolak untuk mengikuti pola hidup sehat, tetapi sejak ikut pelatihan care giver ini, sang suami mulai berangsur mau mende-

ngarkan nasihat demi kesehatannya. Namun, seminggu sebelum pelaksanaan wisuda, suaminya meninggal dunia. Selama 1 tahun 6 bulan, peserta care giver mendapatkan pelatihan dan materi yang diberikan ahli ilmu Geriatri (ilmu kedokteran yang mempelajari keadaan-keadaan fisiologis dan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan orang-orang lanjut usia dengan fokus pada penuaan dini dan tatalaksana penyakit terkait usia lanjut). (sus)

Disperindag Iming-imingi Hadiah Motor SLEMAN - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sleman menggelar undian berhadiah di pasar tradisional. Langkah tersebut untuk memancing kunjungan masyarakat ke pasar tradisional. Kepala Disperindag Sleman, Tri Endah Yitnani menjelaskan, pada 2017 lalu, acara serupa juga digelar di 14 pasar tradisional. Hasilnya kunjungan masyarakat ke pasar tradisional meningkat 10 persen. “Selain melakukan renovasi pasar tradisional kami juga mengadakan undian berhadiah. Itu untuk pengunjung pasar di 17 pasar tradisional. Dengan begitu harapannya pengun-

jung semakin meningkat,” jelas Endah, Selasa (6/3) lalu. Tahun ini, Disperindag menambah jumlah hadiah. Untuk motor yang sebelumnya hanya tiga, kini menjadi empat. “Sedangkan yang sebelumnya hanya di 14 pasar, sekarang kami tambah menjadi 17 pasar,” katanya. Pasar-pasar tersebut diantaranya Pasar Prambanan, Pasar Potrojayan, Pasar Gamping, Pasar Godean, Pasar Cebongan, Pasar Condongcatur, Pasar Tempel, Pasar Pakem, Pasar Kebonagung, Pasar Ngino, Pasar Jangkang, Pasar Sambilegi, Pasar Kalasan, Pasar Gentan, Pasar Sleman unit I, Pasar Sleman unit II, Pasar Belut Godean. (app)

STORY HIGHLIGHT  Pasar Seni Gabusan

(PSG) yang dibangun sejak 2014 lalu, tinggal menunggu waktu menuju transisi menjadi Taman Budaya.  Pamor PSG hanya bertahan sekitar tiga tiga sampai empat tahun setelahnya.  Kepala Dinas Perdagangan Bantul, Subiyanta Hadi mengakui, bahwa sistem pemasaran pengrajin di Bantul melalui PSG kurang efektif. toko dijaga satu karyawan malah semakin membuat pengrajin merugi, toh pengunjung sepi,” tutur Agus.

Diperparah Pemutusan PHL Kondisi ini semakin diperparah, pasca-Pemkab Bantul melalukan pemutusan ikatan kerja kepada sejumlah Pekerja Harian Lepas (PHL), beberapa waktu lalu. PSG yang berada dibawah Dinas Perdagangan ikut menerima imbas, karena dari 26 tenaga operasional PHL kini tersisa enam orang. Miris, karena hanya ada satu tenaga keamanan didalamnya, yang harus mengcover pengamanan luasan area PSG. Menyadarai tak memenuhi standar, beberapa pengrajin di PSG iuran untuk membayar tenaga tambahan untuk mengamankan area. Itupun, pengrajin masih kecolongan. “Mulai banyak barang kerajinan di PSG yang hilang, karena memang minimnya

tenaga pengamanan pascapemutusan ikatan kerja banyak PHL kemarin,” lanjutnya. Namun, dengan sisa harapan yang ada, Agus dan pengrajin PSG lain memilih bertahan. Sebagai upaya bertahan, mereka mengandalkan pemasukan produk kerajinan dengan sistem online atau penjualan toko lainnya. Atau, menjual produk kerajinan secara trading export ke luar negeri. Agus tetap punya pengharapan, bahwa PSG kelak bisa mendapat perhatian pemerintah. Entah melalui program apa, asal disusun secara matang, ia optimistis PSG berjaya lagi. “Yang penting banyak wisatawan yang datang, saya yakin tempat ini ramai lagi,” katanya. (sus)

Disperdag Akui Tak Efektif KEPALA Dinas Perdagangan (Disperdag) Bantul, Subiyanta Hadi mengatakan, gencarnya upaya promosi kelompok pengrajin di Bantul melalui pameran menjadikan dua imbas berseberangan. Misalnya, saat pameran di luar PSG berlangsung, para pengrajin sudah bisa langsung melakukan transaksi dengan buyer. Tapi disisi lain, PSG mewakili showroom pengrajin sepi pengunjung. “Tapi perlu dipahami peserta pameran juga banyak yang berasal dari pengrajin PSG, fungsi toko di PSG hanya sebagai tempat display, sementara transaksi mereka se-

benarnya masih berjalan,” kata Subiyanta. Meski demikian, Subiyanta mengakui, bahwa sistem pemasaran pengrajin di Bantul melalui PSG kurang efektif. Karena itu, Pemda sudah beberapa tahun terakhir memunculkan rencana penataan PSG. “Jadi, nanti PSG akan ditata supaya para pengrajin di sana lebih maksimal dalam memasarkan produknya. Dinas Pertanahan dan Tata Ruang yang lebih paham mengenai gambaran seperti apa bentuk penataan PSG ini. Yang jelas arahnya demi kebaikan pengrajin juga,” kata Subiyanta. (sus)


JOGJA REGION KULONPROGO-GUNUNGKIDUL

6

KAMIS PAHING 8 MARET 2018

Polisi Kenalkan Tertib Lalin Saat Golden Age KULONPROGO, TRIBUN - Sekitar 1.100 anak usia taman kanak-kanak (TK) tumpah ruah di halaman Mapolres Kulonprogo, Rabu (7/3). Mereka mengikuti acara Road Safety for Children 2018 yang digelar untuk menanamkan pemahaman tertib berlalu lintas sejak usia emas (golden age). Acara ini digelar Yayasan Kemala Bhayangkari Pengurus Daerah Bhayangkari Cabang DIY bersama Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda DIY dan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kulonprogo. Pada kegiatan ini, sosialisasi tertib berlalu lintas kepada anak dilakukan lewat simulasi berlalu lintas, nyanyian dan yel-yel. Mereka diperkenalkan tugas dan sosok Polisi Lalu

Lintas. Anak-anak TK itu juga mengikuti lomba mewarnai maupun mencoba menaiki kendaraan dinas kepolisian. Ketua Yayasan Kemala Bhayangkari Polda DIY, Diana Dofiri mengatakan, golden age adalah masa penting dalam pertumbuhan anak, dimana mereka lebih mudah menerima halhal baru, yang akan terus teringat hingga dewasa. Ini menjadi usia tepat untuk pengenalan tertib berlalu lintas dan keselamatan di jalan. “Dengan sosialisasi ini mereka bisa jadi pelopor keselamatan berlalulintas sejak dini. Apalagi, sekarang ini banyak terjadi kecelakaan. Diharapkan anak-anak bisa memahami pentingnya tertib lalulintas demi kesela-

matan” ujar Diana. Acara ini bersamaan digelarnya Operasi Keselamatan Progo 2018 yang berlangsung sejak 3 Maret hingga 20 hari kedepan, oleh jajaran Polda DIY. Data Polres Kulonprogo, pada kurun waktu Januari-Februari 2018 telah terjadi 80 kasus kecelakaan, dimana ada empat korban jiwa meninggal dunia. Kapolres Kulonprogo, AKBP Irfan Rifai berharap, penanaman pemahaman ketertiban dan keselamatan berlalulintas ini bisa mengurangi risiko kecelakaan, karena anak-anak dilatih untuk tertib berlalulintas sejak dini. “Pengetahuan tentang lalulintas dan keselamatan itu akan tertanam dalam diri hingga mereka dewasa nanti,” katanya. (ing)

TRIBUN JOGJA/SINGGIH WAHYU N

GOLGEN AGE- Ribuan anak usia TK mengikuti acara Road Safety for Children 2018 di halaman Mapolres Kulonprogo, Rabu (7/3).

Setoran PBB Diduga Diselewengkan

 Sebanyak 23 Desa di 9 Kecamatan Punya Tunggakan Pajak Bumi dan Bangunan

BPBD Pasang Rambu Peringatan Lubang Ambles

KULONPROGO, TRIBUN - Sebanyak 23 desa di Kulonprogo memiliki tunggakan pajak bumi dan bangunan (PBB) 2017 cukup tinggi, yakni diatas 10 persen dari nilai tagihan. Satu diantara penyebabnya disinyalir, karena dana setoran ditilep oknum tertentu di tingkat bawah. Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kulonprogo mencatat desa-desa dengan nilai tunggakan pajak diatas 10 persen itu tersebar di 9 kecamatan. Diantaranya di kecamatan Temon (Sukoreno, Salamrejo, Tuksono), Panjatan (Kanoman dan Panjatan), Wates (Giripeni, Bendungan, dan Kelurahan Wates), Temon (Kaligintung, Jangkaran dan Palihan), serta Pengasih (Tawangsari, Margosari dan Kedungsari). Selain itu juga di Galur, Kokap, Nanggulan, dan Samigaluh. Adapun wilayah kecamatan dengan nilai tunggakan tertinggi, yakni Sentolo (11,32 persen), Pengasih (10,49 persen), dan Wates (10,2 persen). Sedangkan, realisasi penerimaan PBB 2017 mencapai Rp14,7 miliar atau 95 persen dengan nilai tunggakan pajak di Kulonprogo sekitar 7 persen atau di kisaran Rp1 miliar. “Nilai tunggakannya cenderung bertambah tiap tahunnya dan selalu terjadi setiap tahun,” kata Kabid Pajak, BKAD Kulonprogo, Nasip, Rabu (7/3). Diantara penyebab tunggakan, disebutnya, antara lain karena adanya tunggakan dari data tahun sebelumnya (termasuk sebelum pelimpahan pendaerahan PBB), wajib pajak di luar kota atau alamatnya tak jelas karena terjadi transaksi penjualan dan balik nama, hingga adanya ulah

Kecamatan Samigaluh

GUNUNGKIDUL, TRIBUN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul memasang rambu peringatan di sejumlah lubang amblesan tanah. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi akan adanya potensi munculnya lagi lubang amblesan. Kepala pelaksana BPBD Gunungkidul, Edi Basuki mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak desa terkait upaya yang harus dilakukan dalam menangani lubang amblesan yang terjadi di sejumlah wilayah. Diantara yang dilakukan yakni pemasangan papan rambu peringatan bahaya di sejumlah amblesan yang besar. Hal ini mengingat potensi bertambah luasnya lubang dan risiko longsor. “Total ada 10 titik yang kami pasang selama dua hari, paling banyak di dusun Serpeng, Semanu. Ada empat titik yang kami pasang disana,” ujar Edi, Rabu (7/3). Edi mengatakan, pihaknya juga akan memasang ke seluruh lubang yang ada mencatat ada 24 titik tanah ambles dan berlubang. Paling banyak di kawasan kecamatan Rongkop. “Untuk kedepan kami akan melihat lokasinya terlebih dahulu, direncanakan 1 amblesan satu papan peringatan,”tuturnya. Lanjutnya, kegiatan ini dilakukan seusai keluarnya rekomendasi Badan Geologi kementerian ESDM terkait lubang ambles yang ada di sejumlah wilayah di Gunungkidul. (rfk)

Kecamatan Nanggulan

Kecamatan Kokap Kecamatan Temon lDesa Sukoreno lDesa Salamrejo lDesa Tuksono lDesa Kaligintung lDesa Jangkaran lDesa Palihan

Kecamatan Pengasih lDesa Tawangsari lDesa Margosari lDesa Kedungsari

Kecamatan Wates lDesa Giripeni lDesa Bendungan lKelurahan Wates Kecamatan Panjatan lDesa Kanoman lDesa Panjatan Kecamatan Galur

WILAYAH PENUNGGAK PBB GRAFIS/FAUZIA RAKHMAN

oknum perangkat desa tertentu yang menilep dana warga. Hal ini, katanya, sering terjadi di tingkat pedukuhan, dimana warga biasanya mengumpulkan setoran pajaknya secara kolektif melalui pihak tertentu. Pihaknya sedang bekerjasama dengan Kejaksaan Negeri untuk mengantisipasi terulangnya kasus serupa. “Ketika kami melakukan penagihan, warga mengatakan sudah bayar secara kolektif ke petugas pengepulnya. Namun, ternyata itu tak disetorkan dan ada yang dipakai untuk kepentingan sendiri tanpa sepengetahuan warga sebagai wajib pajak,” kata Nasip. Dampak Bandara Baru Tingginya peralihan kepemilikan aset objek penarikan PBB itu juga dipicu adanya rencana pembangunan bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA). Namun, informasi ini kerap tak sampai ke pihak desa atau justru tak terlibat dalam transaksinya. “Jual beli hanya melibatkan pemilik lahan dan calon pembeli dengan perubahan kepemilikan melalui notaris. Ini menyulitkan pemerintah desa ketika hendak menyerahkan surat ketetapan PBB pedesaan dan perkotaan,” kata Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) ‘Bodronoyo’ Kulonprogo, Sigit Susetyo. Pihaknya berharap, ada regulasi terkait jual beli objek PBB tersebut. Termasuk melibatkan desa sehingga pendataan kepemilikan lahan dan bangunan bisa lebih terpantau. Ia pun tak menampik adanya oknum perangkat desa yang menggelapkan setoran dana kolektif. (ing)

Gencarkan Tagih 10 Desa Penunggak Tertinggi HATI-HATI

TRIBUN JOGJA/RENDIKA FERRI K

- Petugas BPBD Gunungkidul memasang papan rambu bahaya di lubang ambles di Ponjong, Gunungkidul, Rabu (7/3).

DEMI mengejar target PAD, BKAD menggencarkan penagihan PBB kepada 10 desa dengan nilai tunggakan tertinggi. Penagihan itu juga bakal disertai penandatanganan surat kesanggupan dari desa dan jajarannya untuk membayarkan tunggakan tersebut tepat waktu. Nasip menambahkan, ada 10 desa mempunyai nilai tunggakan tinggi. Namun, pada tahap awal pihaknya akan

memprioritaskan kecamatan yang ada di wilayah pegunungan utara. Pihaknya akan menelisik setiap penyebab tunggakan tersebut. “Tunggakannya itu karena macammacam sebab. Misalnya, tunggakan dari sebelum masa pendaerahan PBB, wajib pajak berada di luar kota, atau dananya berada di pengumpul dan belum disetorkan,” kata Nasip. “Kami juga sedang menginisiasi

semacam kerjasama dengan inspektorat daerah, kejaksaan dan kepolisian untuk kegiatan penagihan pajak daerah. Diharapkan, dari sini muncul kepatuhan dan ketaatan wajib pajak dalam membayarkan kewajibannya,” kata dia. Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri Kulonprogo, Yogi Andiawan mengaku, belum mendapatkan informasi lengkap terkait dugaan penyeleweng-

an dana setoran PBB kolektif oleh oknum pengumpul tertentu. Namun, ia membenarkan informasi adanya wajib pajak yang menunggak dan diarahkan untuk ditangani Jaksa Pengacara Negara Perdata dan Tata Usaha Negara (JPN Datun). “Untuk mencegah penyelewengan, kami merintis kerjasama dengan inspektorat terkait pengawasannya,” kata dia. (ing)

Wartawan KPK Gadungan Akhirnya Dibui Dua Tahun Penjara

Iming-imingi Korban Bisa Jadi PNS Oknum wartawan media abal-abal yang melakukan penipuan terhadap seorang warga di Gunungkidul, akhirnya divonis dua tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Wonosari, Gunungkidul, Rabu (7/3).

T

ERDAKWA atas nama Anton Nur Cahyo, terbukti melakukan tindak pidana penipuan dengan nilai ratusan juta rupiah kepada Suwaryanto (40), warga Dusun Karangwetan, Desa Semugih, Kecamatan Rongkop, Kabupaten Gunungkidul. Pelaku berdalih biaya pelicin untuk menjadikan korban sebagai PNS. Sidang terhadap terdakwa yang dipimpin majelis hakim Aria Veronika, akhirnya menjatuhkan hukuman penjara 2 tahun penjara ke-

pada Anton, karena terbukti telah melanggar Pasal 378 KUHP tentang Penipuan dan Penggelapan. “Majelis hakim menjatuhkan vonis dua tahun penjara kepada terdakwa,” ujar Humas PN Wonosari, Agung Budi Setiawan, Rabu (7/3). Sidang telah dilakukan sebanyak sembilan kali. Semula, terdakwa dituntut tiga tahun penjara, tetapi akhirnya diputuskan dua tahun. “Terdakwa maupun JPU menerima keputusan tersebut dan tak mengajukan banding,” jelasnya.

Sementara JPU Kejari Gunungkidul, Terri Endro Ariwibowo mengatakan, keputusan majelis hakim dinilainya sudah adil. Majelis hakim telah menawarkan kepada terdakwa untuk melakukan penggantian uang korban sebagai itikad baik, tetapi tak dilakukan terdakwa. “Keputusan majelis hakim sudah adil, karena upaya korban untuk mengembalikan uangnya tak direspon terdakwa,” ujarnya. Kasus ini bermula laporan Suwaryanto (40), atas tindakan dugaan penipuan yang dilakukan oknum yang mengaku wartawan dari KPK. Dirinya dijanjikan menjadi seorang PNS, tetapi dengan syarat membayar uang sebesar

Rp274 juta. Namun, sekian lama menunggu, korban baru sadar jika dirinya diberikan harapan palsu. Uang ratusan juta yang diberikan korban pun lenyap begitu saja. Kuasa Hukum Korban, Suharno mengatakan, pihaknya mengaku belum puas atas vonis yang dijatuhkan kepada pelaku. Namun, dirinya tetap menerima keputusan majelis hakim. “Seharusnya juga dapat dijerat pasal penggelapan. Tetapi, hakim hanya menjatuhkan hukuman dua tahun saja, kami terima. Terdakwa juga tak mengajukan banding,” ujarnya. Dikatakannya, kasus yang menimpa kliennya diharapkan dapat

TRIBUN JOGJA/RENDIKA FERRI K

VONIS - Terdakwa harus menjalani hukuman dua tahun penjara. dijadikan pelajaran untuk masyarakat agar tak percaya terhadap oknum yang menjanjikan PNS

dengan sejumlah uang, terlebih oknum tersebut mengatasnamakan wartawan. (rendika ferri k)


JAT ATENG A ENG SQU ENG QUARE QUAR UARE 7

KAMIS PAHING 8 MARET 2018

Korban Laka Beruntun di Solo Jadi Empat Orang

ANTARA FOTO/MAULANA SURYA

PROYEK REL GANDA- Pekerja mengerjakan proyek rel ganda atau double track Solo-Kedungbanteng sepanjang 52 km di Gilingan, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Selasa (6/3).

Untuk meningkatkan kapasitas lintas perjalanan kereta api, Kementerian Perhubungan dan PT KAI menargetkan pembangunan proyek jalur ganda di selatan Pulau Jawa dapat selesai pada 2019 mendatang.

SOLO, TRIBUN - Korban meninggal dunia akibat kecelakaan beruntun di Simpang Empat Genengan, Mojosongo, Jebres, Solo, bertambah satu orang. Awalnya, tiga orang meninggal dunia pada saat kecelakaan Selasa (6/3) siang kemarin. Kabar bertambahnya korban meninggal dunia tersebut dikabarkan oleh Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Imam Safii. Kepada TribunSolo.com, Rabu pagi, ia mengutarakan, satu korban kecelakaan meninggal dunia pada Rabu pagi. Ia Andreas Joko Suwanto (43) warga Banjarsari, Solo. “Andreas meninggal dunia di RS Dr Oen Solo,” katanya. “Sementara tiga korban luka masih dirawat,” tambahnya. Adapun hingga kini polisi telah menetapkan sopir truk kontainer Fuso bernomor polisi B 9269 TQ . Warga Surabaya ini diduga lalai mengendaraan truk dengan rem blong hingga menabrak tujuh kendaraan lainnya di perempatan Genengan. Kini ia diamankan dan masih menjalani pemeriksaan polisi di Satlantas Polresta Solo. Olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dilakukan di lokasi kecelakaan maut yang melibatkan delapan kendaraan di Simpang Empat Genengan, Mojosongo, Jebres, Solo. Olah TKP itu digelar Ditlantas Polda Jateng dan Satlantas Polresta Solo pada Rabu (7/3) siang. Kasi Laka Lantas Ditlantas Polda Jateng, Kompol I Ketut Sudana, mewakili Kasubdit Bingakum Ditlantas Polda Jateng, AKBP Catur Gatot Efendi terjun langsung di olah TKP. Ditemui TribunSolo.com, Ketut mengatakan, kedatangan Ditlantas Polda Jateng sebagai upaya asistensi ke jajaran Polresta Solo terkait kecelakaaan kemarin Selasa (6/3) sore. Seperti diberitakan, kecelakaan melibatkan delapan kendaraan dan menyebabkan empat orang meninggal dunia. “Jadi kecelakaan ini menjadi sorotan masyarakat, maka kita juga lakukan kegiatan olah TKP,” jelasnya. Ketut memaparkan, selain menjadi sorotan, kecelakaan tersebut digolongkan kecelakaan besar lantaran korban hingga 4 orang.(Tribun Solo)

Pemudik Bisa Lewat Tol Baru  Jalan Tol Pemalang-Semarang Beroperasi Mei Mendatang

Mengaku Bisa Gandakan Uang Rp1 M SALATIGA - Gara-gara mengaku bisa menggandakan uang secara gaib, Elia Muhlan (El) malah harus berurusan dengan pihak yang berwajib. Warga Desa Kopeng Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang itu sebelumnya menipu seorang Desa Sukamaju Kecamatan Abung Semuli Kabupaten Lampung Utara bernama Widi Cahyo Hadi (26) dengan iming-iming uang sebesar Rp1 miliar. Berdasarkan informasi, penipuan ini berawal saat pelaku dan korban bersepakat untuk “mendatangkan” uang dengan cara melakukan ritual gaib. Sebagai syarat untuk melakukan ritual, korban diminta untuk memberikan uang

sebesar Rp14,5 juta. “Uang sebesar itu dibelikan media betoro karang atau jenglot yang diberi darah manusia di PMI seharga Rp10 juta dan kembang tebu yang harganya Rp4,5 juta,” ungkap Kapolsek Getasan, AKP Masrurun pada Rabu (7/3). Pelaku meminta waktu selama dua minggu agar uang Rp1 miliar yang ia janjikan bisa terkumpulkan. Korban yang sudah terlajur percaya pun menyanggupi permintaan itu, ia benar-benar menunggu. Namun dalam jangka waktu yang ditentukan sendiri oleh pelaku itu tak ada hasil apa-apa. T ersangka kini dijerat Pasal 378 KUHP. (TribuJateng)

Annisya Winarni Putri

Hindari Susu Sapi SUSU adalah minuman yang menyehatkan. Meski begitu, tak semua orang suka susu, terutama susu sapi. Hal ini pula yang terjadi pada Duta Bandara PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Annisya Winarni Putri. Kenapa dia menghindari minum susu sapi? Usut punya usut, Annisya menghindari susu sapi lantaran takut timbul jerawat. Seperti yang kita ketahui, jerawat memang bisa muncul karena berbagai sebab. Seperti tidak merawat kebersihan wajah dengan baik, peradangan kulit, serta sering menyentuh wajah dengan tangan. “Mengonsumsi makanan pun bisa menyebabkan jerawat, salah satunya adalah susu sapi,” tutur Duta Bandara tersebut menirukan dokter kulitnya, beberapa waktu lalu. Annisya mengaku diberitahu oleh dokter kulitnya, bahwa susu sapi ternyata bisa menjadi penyebab peradangan kulit. Hal tersebut lantaran minyak alami yang ditingkatkan oleh susu dalam tubuh, bisa menyumbat pori-pori. (Tribun Jateng)

PEMALANG, TRIBUN - Mei mendatang jalan tol Pemalang-Semarang sudah bisa digunakan bagi pemudik. Hal tersebut dikatakan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau kesiapan jalan tol Pemalang Semarang, Rabu (7/3). “Ini tahap awal kami meninjau kesiapan tol, Mei mendatang dari pintu masuk jalan tol tepatnya di Gandulan sudah bisa lewati pemudik,” ujarnya. Adapun saat ditinjau oleh Basuki, jalan sepanjang 5,5 kilometer di pintu masuk tol sudah berupa jalan beton. “Tahap selanjutanya, ada pekerjaan sepanjang 17 kilometer lagi menuju ke arah Pekalongan,” paparnya. Pembangunan 17 kilometer akan diselesaiakan secepatnya, mengingat beberapa bulan ke depan akan memasuki arus mudik. “Pembangunan 17 kilometer juga kan diselesaikan pada akhir Mei, namun berbeda dengan 5,5 kilometer awal, jika tahap awal berstatus operasional, nantinya 17 kilometer berstatus fungsional namun bukan darurat,” jelasnya. Pantauan Tribunnews.com, di ruas

PROYEK TOL  Mei mendatang jalan

tol Pemalang-Semarang sudah bisa digunakan bagi pemudik  Jalan sepanjang 5,5 kilometer di pintu masuk tol sudah berupa jalan beton  Pembangunan 17 kilometer akan diselesaiakan secepatnya sebelum arus mudik  Tol Pemalang-Batang memiliki panjang ruas 38 20 km dibangun PT Pemalang Batang Toll Road

Pembangunan 17 kilometer juga kan diselesaikan pada akhir Mei, namun berbeda dengan 5,5 kilometer awal, jika tahap awal berstatus operasional, nantinya 17 kilometer berstatus fungsional namun bukan darurat. Tol Pemalang-Batang tampak belum seluruhnya dibeton. Ketika dilintasi ruas tol tersebut berdebu, tampak kerikil dan bahan material berada di sisi jalan. Namun demikian, Basuki optimistis, pada akhir Mei tahun ini bisa rampung. “Hari ini saya cek ruas Tol Trans Jawa, dari Pejagan sampai Semarang.

Ini kalau dari Semarang sampai ke Gandulan (Pemalang), Insya Allah akan sudah operasional Mei ini,” kata Basuki di ruas tol Pemalang-Batang, Jawa Tengah. Sebagaimana diketahui, Tol Pemalang-Batang memiliki panjang ruas 38, 20 km yang dibangun oleh PT Pemalang Batang Toll Road. Tol ini tediri dari 2 seksi dari keseluruhan proyek jalan tol trans-Jawa yang terbentang sepanjang 661 km dari Jakarta-Surabaya yang diperkirakan rampung pada akhir 2018. Nilai investasi dari tol ini sebesar Rp7,49 triliun. Kemudian, biaya untuk konstruksi Rp 2,27 triliun. Basuki memastikan pembebasan lahan di proyek tersebut sudah hampir 100 persen. Sehingga hal tersebut tidak menghambat pekerjaan konstruksi. “Pembebasan lahan sudah kita anggap 100 persen karena 98 persen yg dibebaskan, 2 persen sudah disewa sehingga tidak menghambat pekerjaan,” kata Basuki saat meninjau langsung di Jembatan Kali Kenteng Salatiga, Jawa Tengah, Selasa (6/3).(Tribun Jateng)

Polda Ikut Kawal Pembangunan JAJARAN Polda Jateng akan membantu pengamanan pembangunan jalan tol Pemalang Semarang. Dengan saling bersinergi antar istansi diharapkan pembangunan tol cepat rampung tepat waktu. Dikatakan Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono saat meninjau kesiapan jalan tol bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pihaknya akan mengantisipasi kecelakaan yang ada saat tol difungsikan Mei mendatang adar bisa digunakan pemudik Lebaran. Dengan menempatkan anggota, baik guna mengamankan pengguna jalan ataupun mengawal pembangunan jalan tersebut, Rabu (7/3).

“Seluruh jajaran harus mendukung proyek-proyek nasional agar cepat rampung, kami akan men-support pekerjaan yang dilakukan Kementrian PURP,” terangnya. Jikapun ada gangguan, baik dalam penyelesaian proyek atau pun saat jalan tol difungsikan, pihaknya siap membantu menangani. “Kami pastikan tidak ada ganggunan saat penyelesaian pembangunan proyek, baik pencurian ataupun gangguan lain, jikapun ada permasalahan seperti komplain terkait ganti rugi ataupun wakaf akan kami angkat ke tingkat Polda, supaya bisa duduk bersama untuk menyelesaikannya,” pungkasnya.(Tribun Jateng)

TRIBUNJATENG

Guru di Purbalingga Ini 25 Tahun Menyeberangkan Murid ke Sekolah

Sigit Menolak Ditawari Jabatan Kepala Sekolah SIAPA yang tidak ingin kariernya naik hingga derajatnya di mata manusia meningkat?Pun beragam fasilitas dan tunjangan jabatan yang menggiurkan pasti akan mengikuti. Bahkan sebagian orang rela menghalalkan beragam cara untuk mendapatkannya.

N

AMUN prinsip demikian tidak berlaku bagi Dwi Mulyanto Sigit (59), guru Aparatur Sipil Negara (ASN) yang telah 36 tahun mengabdikan dirinya sebagai pengajar di SD N 2 Kedungmenjangan Purbalingga. Dengan kualifikasi yang dia miliki, bukan hal sulit bagi Sigit untuk memperoleh jabatan tinggi di sekolah maupun kedinasan. Namun ia memilih tetap menjadi guru kelas di sekolahnya hingga pensiun nanti. Alasannya Sigit hanya ingin istikamah menyeberangkan muridnya menuju sekolah. Ia tak ingin amalan yang telah ia jalankan lebih dari 25 tahun itu terputus gara-gara mengejar karier. Sigit tak pernah menyesali pilihannya. Ia tidak menaruh iri pada teman atau adik angkatannya yang kebanyakan sudah menjadi kepala sekolah, kepala UPT, hingga Kepala Dinas Pendidikan

Purbalingga. Sementara ia masih guru kelas biasa. Setiap pagi buta, ia setia menjalani rutinitas menyeberangkan murid, berjibaku dengan lalu lintas kendaraan dan udara yang kotor di jalan raya. Ia seakan tak peduli wibawanya jatuh lantaran melakukan hal itu. Namun begitulah pilihan hidup Sigit. Ia sudah membuang jauh hasrat keduniaannya. Harta dan pangkat tak membutakan hatinya untuk merawat kebaikan. “Sepertinya memang naif ya, ada kesempatan karier tapi saya gak minat hanya demi bisa menyeberangkan siswa. Tapi itulah pilihan hidup saya,” katanya. Dibujuk Kesempatan menjadi Kepala Sekolah paling terbuka lebar untuknya. Temantemannya sudah sering membujuknya agar tak menyiakan peluang itu karena

dianggap memenuhi syarat. Ia sempat mempertimbangkannya. Namun ia harus siap atas konsekuensinya, pasti kerap berdinas keluar sekolah, hingga dipindahtugaskan ke sekolah lain jika diangkat nanti. Sigit akhirnya memilih membuang kesempatan karier itu. Ia meyakinkan istrinya untuk mendukung pilihannya. Sigit meyakinkan, jabatan dunia hanyalah sementara. Lebih mulia amalan kebaikan, meskipun sederhana, akan terbawa sampai mati. Sang istri luluh dan mendukung keikhlasan suaminya itu. Sigit juga pernah menolak halus tawaran mengikuti penataran di luar kota karena harus absen menyeberangkan siswa-siswanya. “Jangankan cuma penataran, karier menjadi kepala sekolah tidak saya minati. Karena saya lebih berat dengan ini, menyeberangkan anak-cucu saya ini. Saya tidak tenang, waswas akan keselamatan mereka jika saya tinggal,”katanya Atas konsistensinya menyeberang-

MENYEBERANGKAN MURID

TRIBUN JATENG/KHOIRUL MUZAKI

- Dwi Mulyanto Sigit, guru SD N 2 Kedungmenjangan Purbalingga menyeberangkan siswanya ke sekolah.

kan murid itu, Sigit pernah mendapatkan piagam penghargaan dua kali dari Polres Purbalingga, tahun 2012 dan 2013 karena telah membantu pekerjaan polisi mengatur lalu lintas di jalan raya. Kepala SD N 2 Kedungmenjangan Suparso mengatakan, pihaknya mengapresiasi guru itu karena konsisten

membantu menyeberangkan para siswa ke sekolah. Dengan demikian, para siswa dan orang tua merasa aman dan nyaman saat pergi ke sekolah melewari jalan raya. Meski untuk pekerjaan itu, pihak sekolah tidak pernah menugaskannya ke Sigit, kecuali atas dasar kerelawanan. (Tribun Jateng/Khoirul Muzaki)


G S SIPI 9

KAMIS PAHING 8 MARET 2018

Bangga Lagu Masuk Top 10 Billboard PENYANYI Anggun C Sasmi (43) kembali menuai prestasi di dunia karena single terbarunya yang bertajuk What We Remember bertengger di Top 10 Billboard Dance Charts di Amerika Serikat, selama tiga minggu berturut-turut. Ini merupakan posisi tertinggi yang pernah diraih oleh artis kelahiran Indonesia itu dalam karyanya pada tangga lagu bergengsi tersebut. Anggun merasa

JEPRIMA WD

ANGGUN C SASMI

bangga karyanya bisa meraih prestasi di internasional. Anggun berada di urutan kedelapan dalam Top 10 Billboard Dance Charts di Amerika Serikat. "Sungguh menakjubkan," kata Anggun C Sasmi. Pelantun Mimpi itu mengaku single terbarunya mendapatkan dukungan dari banyaknya komunitas dancer di Amerika Serikat yang membuat karyanya menjadi hebat. Sehingga Anggun ber ber-

hasil melewati single dari Demi Lovato (Tell Me You Love Me) yang berada di urutan ke-10 dan single dari Axwell & Ingrossa featuring Trevor Guthrine (Dreamer). "Senang juga karena mendapatkan banyak dukungan di Amerika Serikat, sungguh hebat. Saya sangat bahagia mengetahui bahwa orangorang di Amerika berdansa dengan lagu saya," katanya. Anggun yang menjadi Juara World Music Award,

Juri Asia's Got Talent International, dan Goodwill Ambassador United Nations itu berterima kasih kepada semua pihak, terutama warga Amerika Serikat atas raihan prestasinya itu. "Saya berharap dapat datang pada musim panas mendatang ke Amerika Serikat karena tanggapan yang luar biasanya ini," ujar Anggun C Sasmi yang mengatakan akan segera tiba di Indonesia untuk konser David Foster & Friends.(ari/wly)

ALEX LOPULALAN

BERKUNJUNG

- Adlina Nadhila beserta Finalis Puteri Indonesia 2018 saat menyambangi KPK

BERJUANG

JADI NOMOR SATU

IST

ADLINA NADHILA

Sulawesi Selatan Adlina Nadhila Maharani Perempuan kelahiran Denpasar, 14 Juni 1995 ini merupakan mahasiswi hubungan internasional dari Universitas Bina Nusantara. Kecintaannya pada dunia kecantikan membuat Adlina menekuni profesi sebagai make up artist. Ia pun sedang merintis bisnis clothing line sendiri.

P

ERJUANGAN berat dirasakan oleh Adlina Nadhila Maharani (22), yang sedang bersaing menjadi finalis Puteri Indonesia 2018 melawan perwakilan dari 34 Provinsi di tanah air. Dengan bekal wawasan, ilmu pengetahuan, dan menjadi juara Abang None Jakarta Barat, finalis Puteri Indonesia dari Sulawesi Selatan ini siap menghadapi grand final, yang akan berlangsung pada 9 Maret 2018 mendatang. Adlina menjelaskan awal mula ia mengikuti ajang kecantikan Puteri Indonesia, karena diajak oleh ibunya meskipun didalam diri, ia ragu bisa meraih mahkota juara. "Tapi sebagai manusia, kita harus keluar dari comfort zone agar kita

tahu, sejauh mana kita dapat melangkah. We never know if we never try," kata Adlina Nadhilah Maharani ditemui di kawasan Jakarta, beberapa waktu lalu. Mengawali langkah dengan mencoba keluar dari zona nyaman, wanita kelahiran Denpasar, Bali, 14 Juni 1995 ini bersyukur bisa masuk grand final Puteri Indonesia. Rasa syukurnya Adlina dikarenakan ia bisa mewakili Provinsi Sulawesi Selatan, tempat dimana kelahiran ibunya yang mendorongnya untuk ikut berkompetisi di ajang kecantikan Indonesia. "Ini adalah stepping stone saya untuk menjadi orang yang lebih baik kedepannya. Saya sangat bersyukur kepada Allah SWT sudah masuk ke babak Grand Final," ucapnya. Menghadapi finalis lain, mahasiswa

tingkat akhir Fakultas Hubungan Internasional Universitas Bina Nusantara ini, siap bersaing secara sehat dengan menggunakan semua pemikiran dan wawasannya. "Intinya saya ingin menunjukan kemampuan pribadi saya. Tentu yang terpenting saya bisa berguna untuk daerah yang saya wakili dan tentunya Indonesia," ungkapnya. Wanita yang mengaku menjalani kehidupan disipilin layaknya sebagai tentara yang memang latar belakang ayahandanya tentara, serta mendalami profesi make up artis, Adlina siap memajukan Sulawesi Selatan dan Indnesia, di kancah nasional serta internasional. "Tentu saya akan mendukung seluruh program pemerintah dan mengikuti sega-

la kegiatan sosial. Contohnya saya akan bekerjasama dengan desainer Ibu Diza Rasyid, yang akan mengunjungi korban penyakit lepra dan meng-empower mereka, dengan bidang yang saya ikuti, yakni dunia kecantikan," jelasnya. Selain itu, lanjut Adlina, Sulawesi Selatan juga memiliki potensi dibidang perkebunan, yang menjadi andalan beserta terdapat sektor perikanan dan pertambangan. "Sulawesi Selatan menyimpan beragam budaya yang layak untuk dieksplorasi. Selaras dengan cita-cita saya yang ingin menjadi motivator kecantikan kepada seluruh wanita segala kalangan, maka potensi seni dan budaya Sulawesi Selatan akan saya perkenalkan sampai ke internasional," ujar Adlina Nadhilah Maharani. (ari/wly)

Segan Adu Akting dengan Sule

Terharu Lihat Trailer Film ARTIS peran Ayudia Bing Slamet mengakui jika dirinya terharu setelah melihat trailer dari film 'Teman Tapi Menikah'. Pasalnya film tersebut merupakan adaptasi dari novel yang ditulis dirinya dan sang suami Ditto Percussion. Bukan hanya itu, jalan ceritanya adalah cerminan perjalan cinta keduanya di masa sekolah dulu. "Jadi pas pertama kali nonton(trailer) sih lebih ke terharu jadi enggak nyangka saja maksudnya," ucap Ayudia Bing Slamet. "Kita baru bikin novel belum sampe berapa tahun udah di filmin," tambahnya. Film tersebut merupakan adaptasi dari perjalanan cinta Ayudia Bing Slamet dan Ditto Percussion. Hubungan keduanya diawali sebagai sahabat lalu hingga akhirnya menikah. Sebelumnya kisah mereka sudah dituangkan dalam sebuah novel dengan judul serupa. Hingga akhirnya novel tersebut diadaptasi ke sebuah film layar lebar "Kemarin lebih terharu sih karena lihat diri JEPRIMA WD sendiri tapi bentuknya keren banget kaya sudah jadi film," ujar Ayu.(bay/wly) AYUDIA

BING SLAMET

MESKIPUN komedian Sule adalah ayahnya, penyanyi Rizky Febian justru merasa canggung saat harus beradu akting. Ia dan Sule sama-sama membintangi film komedi berjudul 'Hongkong Kasarung'. Rizky mengaku canggung lantaran jarang beradu akting dengan sang ayah. Terlebih, ia merasa segan lantaran harus berdialog dengan Sule dengan bahasa yang menurutnya kurang sopan. "Iki merasa segan, yang harusnya Iki berbakti kepada anak kepada orang tuanya disini harus beradu akting dan berdialog bukan yang sewajarnya orang tua dan anak," katanya saat menyambangi redaksi Tribun, Rabu (7/3). Namun pelantun 'Cukup Tahu' itu, ingin berusaha untuk profesional dengan aktingnya. Ia berusaha melakukan adegan dan berdialog dengan Sule sesuai skenario. "Ingin memperlihatkan bahwa kita profesional dan melafalkan dialog yang sebenarnya. Setiap bagian dialognya harus diperhatikan," katanya. Hongkong Kasarung merupakan film komedi yang menceritakan perjalanan Uyek (Sule) dalam menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Hongkong. Ia rela bekerja di negara orang demi memikat hati sang kekasih. Selama mengumpulkan pundi-pundi uang di Hongkong, Sule banyak menemukan masalah. Film Hongkong Kasarung juga dibintangi oleh Selvi Kitty, Ery Makmur hingga Iwa K. Film ini akan tayang serentak di bioskop pada 15 Maret 2018 mendatang. (han/wly)

JEPRIMA WD

RIZKY FEBIAN


INTER-NASIONAL 10

KAMIS PAHING 8 MARET 2018

TERDAKWA

- Terdakwa pembunuh Kim Jong Nam yakni warga Indonesia Siti Aisyah (kiri) dan warga Vietnam Doan Thi Houng (kanan) dihadapkan ke sidang pengadilan.

Pesan Dalam Botol Ditemukan di Australia SEBUAH keluarga asal Australia menemukan pesan dalam botol tertua di dunia. Pesan itu dihanyutkan hampir 132 tahun lalu dari sebuah kapal Jerman yang sedang berlayar menuju ke Makassar, Indonesia. Penemuan ini berawal ketika Tonya Allan dan suaminya, Kym Illman, sedang berjalan-jalan di Wedge Island, sebuah pulau yang berjarak 180 kilometer sebelah utara Perth, Australia. Tamasya pada 21 Januari lalu itu berubah menjadi pengalaman seru ketika mereka menemukan sebuah botol berisi benda yang dikira sebatang rokok lintingan. Mereka baru tahu benda di dalam botol itu adalah secarik kertas berisi pesan setelah membawa botol itu ke rumah dan mengeringkannya di dalam oven. Pesan tertanggal 12 Juni 1886 itu berasal dari sebuah kapal Jerman bernama Paula, yang merupakan bagian dari tim eksperimen laut Jerman. Temuan itu memecahkan rekor dunia Guinness untuk pesan tertua di dalam botol. Selama ini rekor tersebut dipegang sebuah pesan berusia 108 tahun dari Asosiasi Biologi Maritim Inggris. (kompas.com/bbc)

IST

AS Tuding Korut Bunuh Kim Jong Nam „„ Menggunakan Senjata Kimia Racun Saraf XV

IST

PERNAH KENCAN - Presiden Amerika Serikat Donald Trump (kiri) dan Stormy Daniels (kanan) pernah melakukan kencan yang berusaha ditutup-tutupi.

Trump Digugat Aktris Porno yang Dikencaninya PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Donald Trump mendapat gugatan dari aktris porno yang mengklaim mempunyai hubungan khusus dengannya. Diberitakan AFP, Rabu (7/3/2018), Michael Avenatti, pengacara dari Stormy Daniels, mendaftarkan gugatannya di Pengadilan Tinggi California Selasa (6/3/2018). Avenatti menjelaskan, Stormy menggugat Trump berkaitan dengan “ kesepakatan tutup mulut” yang ditekennya pada 2016, beberapa hari sebelum pemilu presiden. Dalam kesepakatan tersebut, perempuan bernama asli Stephanie Clifford itu menggunakan nama samaran Peggy Peterson. Adapun Trump menggunakan nama David Dennison. Dokumen tersebut meminta Daniels untuk tidak mengumbar pengakuannya ke publik, seperti yang dilakukannya kepada majalah InTouch di 2011. Selain itu, Daniels juga dilarang untuk menunjukkan kepada publik berbagai gambar atau pesan yang berkaitan dengan Trump. Sebagai gantinya, aktris yang sudah membintangi sekitar 150 judul film porno tersebut bakal menerima kompensasi 130.000 dolar AS, sekitar Rp 1,7 miliar. Diwartakan New York Post, Avenatti berkata kalau perjanjian tersebut telah batal secara hukum. “Sebab, Trump tidak menandatangani kesepakatannya,” katanya. (tribunnews/afp)

WASHINGTON DC, TRIBUN Penyelidikan Amerika Serikat terhadap pembunuhan saudara tiri pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un memasuki babak baru. Di tengah mencairnya hubungan antara dua Korea, penyelidikan oleh AS menyimpulkan Korea Utara terbukti memerintahkan pembunuhan terhadap Kim Jong Nam, saudara tiri sekaligus pesaing Kim Jong Un yang potensial. Pembunuhan dilakukan dengan menggunakan racun VX (racun saraf) . “Ini penghinaan publik terhadap norma universal terhadap penggunaan senjata kimia,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri AS Heather Nauert, Rabu (7/3/2018). “Lebih jauh, ini menunjukkan sifat ceroboh Korea Utara dan menggarisbawahi, kami tidak dapat menoleransi program senjata pemusnah massal Korea Utara dalam bentuk apapun,” tambahnya. Temuan tersebut memicu pemberian sanksi ekonomi lanjutan dari AS kepada pemerintah Korea Sanksi PBB Berdasarkan undang-undang AS, ketika sebuah negara atau pemimpin melanggar larangan penggunaan senjata kimia dan biologi, larangan impor dari negara terse-

but akan diberlakukan. Namun, Korea Utara telah memperoleh sejumlah sanksi dari AS dan PBB. Upaya menghidupkan kembali kontroversi pembunuhan Kim Jong Nam tahun lalu oleh dua perempuan di bandara Kuala Lumpur, dapat menganggu usaha untuk memulai pembicaraan dua Korea yang sudah dilakukan pada awal pekan ini. Nauert mengatakan, tim investigasi AS yang beroperasi di bawah UU Pengendalian Senjata Kimia dan Biologi, serta UU Penghapusan Peperangan telah menetapkan, Korea Utara dipersalahkan atas

pembunuhan Kim Jong Nam dengan menggunakan VX. Kim Jong Nam meninggal dunia dalam perjalanan ke rumah sakit pada 13 Februari 2017. Beberapa orang sudah ditahan terkait dengan insiden ini, salah satunya adalah Siti Aisyah, warga Indonesia. Siti Aisyah dan seorang perempuan Vietnam bernama Doan Thi Houng dituduh menyergap Kim Jong Nam, lalu mengoleskan kain yang sudah dilumuri zat VX itu ke wajahnya. VXmerupakan zat paling mematikan di antara semua zat kimia beracun yang digunakan sebagai senjata kimia. (kompas.com/bbc)

Satu tetes VX pada kulit bisa berakibat fatal. Zat ini bisa membunuh manusia dalam hitungan menit.

Pernah Dipakai Saddam Hussein Tahun 1988 RACUN VX adalah zat pemusnah massal yang dilarang PBB. Mantan Presiden Irak Saddam Hussein pernah pula dituduh menggunakan racun VX saat melakukan pembunuhan massal terhadap warga sipil Kurdi dalam serangan di Halabja pada 1988. Racun merupakan zat yang jernih, berwarna jingga, cairan berminyak berasa dan tak berbau. Merupakan zat paling mematikan di antara semua zat kimia beracun yang digunakan sebagai senjata kimia. Satu tetes VX pada kulit bisa berakibat fatal. Zat ini bisa membunuh manusia dalam hitungan menit. Cara kerjanya adalah merembes masuk tubuh lewat kulit dan mengacaukan sistem saraf. Bisa disebarkan dengan semprotan atau uap, atau dengan mencampurkannya ke dalam air, ma-

kanan, atau produk pertanian. VX bisa diserap tubuh karena diisap, ditelan, sentuhan kulit, atau sentuhan pada mata. Pakaian atau kain bisa membawa VX selama sekitar 30 menit sesudah terkena uapnya, dan bisa menjalar pada orang lain. Terkena zat VX dalam dosis kecil atau sedang dengan mengisap, menelan, atau lewat kulit bisa menyebabkan gejala seperti hidung berair, mata perih, pandangan buram, air liur tak terkendali, keringat berlebihan, dada sesak, sulit bernapas, sering buang air kecil, gelisah, mengantuk, lesu, mual, atau muntah-muntah. Nama resmi zat ini adalah S-2 Diisoprophylaminoethyl methylphosphonothiolate. Zat ini dilarang PBB melalui Konvensi tentang Senjata Kimia tahun 1993. (kompas.com)


TRIBUN BUFFER 11 Pegawai Pemkot Segera Terima Uang  Sambungan Hal 1

Adapun besaran TPP yang diberikan kepada pegawai, dalam hal ini PNS, berdasar pada tiga hal yakni presensi dengan bobot 60 persen, kinerja pegawai dengan bobot 20 persen, dan capaian kinerja organisasi dengan bobot 20 persen. Dengan berlakunya Perwal tersebut, Honor pegawai di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta dihapus dan diganti dengan TPP. Tidak hanya pegawai dengan status PNS, namun tenaga bantu (naban) juga mendapatkan bagian sesuai dengan prosentase masingmasing. “Bobot terbesar ada di presensi yakni 60 persen. Misalkan yang bersangkutan terlambat, juga ada prosentasi pemotongan TPP berdasarkan lama keterlambatannya. Kalau sampai tidak masuk satu hari, dipotong 10 persen. Bila dalam satu bulan tercatat 10 kali tidak masuk, maka bobot presensi 60 persennya hilang,” ujarnya ketika ditemui di ruang kerjanya, Selasa (6/3). Sementara itu, untuk kinerja pegawai didasarkan pada penilaian atasan, bawahan, serta teman kerja di lingkungannya. Selanjutnya, capaian kinerja organisasi berdasarkan serapan anggaran dan capaian fisik. Flat atas Kris menuturkan, berdasarkan peraturan tersebut, pihaknya menerapkan sistem flat atas. Artinya yang diberlakukan hanya punishment atau hukuman dengan pengurangan jumlah TPP apabila yang bersangkutan melanggar beberapa hal yang tercantum dalam Perwal tersebut. “Dalam Perwal ini hanya ada tiga penentu saja karena masih bentuk sederhana. Kami sedang melakukan penyempurnaan. Nanti penentunya tidak hanya tiga itu, tapi ada tambahan yang lain,” bebernya kepada Tribun Jogja. Ketika penyempurnaan telah selesai, tambahnya, maka sistem yang berlaku adalah flat bawah. Kris mencontohkan, ketika pegawai memiliki nilai 50 dan ingin mendapatkan 100, maka yang bersangkutan harus menunjukkan kinerja yang baik, misalkan saja melakukan inovasi. “Sistem yang baru nanti juga mewajibkan pegawai membuat laporan tentang apa saja yang mereka kerjakan seharian itu. Misalkan supir, seharian kemana. Kemudian analis, dalam waktu sehari membuat surat berapa,” jelasnya. Kris menerangkan, aturan yang ada terkait TPP sesuai dengan Permenpan No-

Wawali Janji Perbaiki Parameter  Sambungan Hal 1

Penyempurnaan penghitungan TPP ke depan akan didasarkan pada presensi, kinerja organisasi, hukuman disiplin, inovasi OPD, realisasi program unggulan sesuai misi Walikota/ Wakil Walikota dalam RPJMD, Prestasi OPD, aktifitas harian pegawaim dan efisiensi anggaran berbasis capaian outcome. “Nanti presensi akan jauh turun tidak 60 persen. Yang kita dorong kinerja dan prestasi. Kalau presensi sudah include di gaji. Ini skema lama yang sekarang dipakai dan akan diperbaiki,” janjinya. TPP ini, ujarnya, merupakan tunjangan yang digunakan untuk memacu prestasi sekaligus meningkatkan pendapatan PNS. “Jangan sampai tambahan ini tidak menunjukan kenaikan kinerja pekerja. Intinya satu dan yang lain ada rasa tidak adil akan selalu kita perbaiki sampai mencapai keadilan,” tutupnya. Tanggapan publik Sebelumnya, parameter untuk mengukur kinerja yang akan menjadi dasar besaran tunjangan ini mendapat kritik dari sejumlah kalangan. Ali-

KAMIS PAHING 8 MARET 2018

mor 63 Tahun 2011 tentang Pedoman Penataan Sistem Tunjangan Kinerja. Ia menjelaskan bahwa paling tinggi pemberian TPP menurut Permenpan adalah 12, sementara yang diberlakukan di lingkungan Pemkot Yogyakarta adalah 9. “Dasarnya jelas Permenpan No 63 tahun 2011, selanjutnya apa yang dibuat tidak boleh lepas dari aturan. Kemudian juga disesuaikan dengan kemampuan daerah. Kemampuan daerah ini kalau versi Kemendagri sangat tinggi, sementara Kemenkeu adalah sedang,” bebernya. Dalam APBD sendiri, Kris menuturkan bahwa besaran anggaran untuk TPP tidak lebih besar dari anggaran yang digunakan untuk masyarakat. “Sebesar 46 persen untuk belanja pegawai, termasuk TPP ini. Untuk anggaran TPP sendiri sekitar Rp181 miliar. Tapi untuk serapan jelas tidak bisa 100 persen, karena pasti ada pegawai yang telat dan sebagainya walaupun pemberian TPP ini tujuannya agar kinerja menjadi lebih baik,” ucapnya. Segera cair Bagi sebagian pegawai di Pemkot Yogya, tambahan penghasilan ini bahkan sudah diplotkan untuk kebutuhan yang sudah ditahan realisasinya sejak dua bulan terakhir. Sebut saja Ina (bukan nama sebenarnya) seorang Naban yang bekerja di Dinas Komunikasi dan Persandian Kota Yogyakarta. Wanita yang sudah 10 tahun bekerja di lingkungan Pemkot Yogyakarta tersebut mengaku, sebagai Naban ia mendapatkan gaji sekitar Rp2 juta. Adanya TPP tersebut dirasa sangat melegakan dan membantu untuk membayar keperluan sehari-hari. Sesuai dengan aturan tentang Tambahan Penghasilan Tenaga Bantuan Berbasis Kinerja, ia masuk dalam rumpun pengadministrasian umum dan berhak mendapatkan TPP sekitar Rp1,26 juta. “Saya berharap TPP segera cair. Rencananya yang pasti buat bayar sekolah anak. Anak saya masih di PAUD. Tapi PAUD sekarang mahal, per bulannya Rp 500 ribu,” ungkapnya kepada Tribun Jogja, Rabu (7/3). Selain itu, lanjutnya, ia juga menganggarkan uang tersebut untuk keperluan membeli barang-barang pokok lain misalkan beras, minyak, sabun, dan sebagainya. “Hajatan juga banyak bulan-bulan ini. Jadi kalau cair, nanti juga untuk sumbangan hajatan,” lanjutnya lantas tertawa. Presensi pegawai Selain Ina, rekan kerjanya yang lain sebut saja Untung, mengaku telah memahami ketentuan untuk mendapatkan TPP, termasuk salah satunya adalah presensi yang

prosentasenya menjadi yang terbesar, yakni 60 persen. Terkait dengan ketentuan absensi ini, ia yang sering bertugas di lapangan mengaku kerepotan. “Kurang efektif menurut saya. Misalkan Bapak (Wali Kota) ada acara pagi di Wonosari, sementara rumah saya juga Wonosari. Berarti saya harus ke kantor dulu untuk absen kemudian baru ke Wonosari,” katanya. Terkait porsi presensi yang sangat besar, disikapi Untung dengan lapang dada. Ia tak khawatir bila ada rekannya hanya mengandalkan presensi untuk mendapatkan tunjangan tanpa menunjukkan kinerja yang bagus. “Kerja gak kerja itu sebenarnya kepuasan batin. Kalau ada yang istilahnya makan gaji buta, itu urusan masing-masing. Kembali ke pribadinya sendiri. Kalau saya, kerja itu untuk kepuasan batin,” urainya. Kriteria jabatan Seorang staf Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta mengatakan, berdasarkan informasi yang ia terima besaran TPP juga didasarkan kelas jabatan. “Artinya seorang PNS yang menyandang kelas jabatan tinggi akan berkorelasi positif terhadap besaran nilai tunkinnya. Namun yang dilupakan adalah kelas jabatan tidak berkorelasi terhadap kinerja pribadi. Bisa saja seseorang yang menyandang kelas jabatan tinggi namun kinerja pribadinya amatlah rendah,” bebernya. Kepala Balai Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Yogyakarta, Maryoto menuturkan bahwa pencairan TPP akan dilakukan dalam waktu dekat. Ketika disinggung waktu pastinya ia enggan membeberkan. “Perwal sudah disosialisasikam, sistemnya juga sudah ada pelatihan di Diskominfo, dan SE Sekda juga sudah disampaikan ke OPD,” jelasnya. Saat ini, pihaknya belum bisa memberikan jumlah pasti terkait penerima TPP karena sampai dengan detik ini proses pengajuan jumlah dari OPD ke BKPP masih berlangsung dan diterima paling lambat tanggal 15 setiap bulannya. Adapun alur yang ditempuh terkait TPP adalah OPD menyerahkan nama, jabatan, nilai, hasil, dan syarat-syarat lainnya kepada BKPP. Selanjutnya BKPP melakukan verifikasi dan hasilnya diserahkan ke BPKAD yang kemudian mengeluarkan surat pencairan dana ke Bank BPD. Bank BPD menginstruksikan Bank Jogja untuk melakukan transfer TPP ke pegawai yang bersangkutan. Selain itu Bank Jogja juga memberikan laporan ke BPKAD terkait transfer TPP ke pegawai. (kur)

matul Qibtiyah, Ketua Saya Perempuan Anti Korupsi (SPAK) DIY meminta presensi pegawai yang menempati porsi terbesar layak untuk ditinjau ulang. “Perlu ditinjau ulang, apakah benar seperti itu. Masak absen sampai 60%, dan kenapa kinerja hanya 20%. Artinya administratif bisa mengalahkan subtantif,” kata Alimatul. Bagi Alimatul presensi sebenarnya juga penting, namun akan lebih baiknya jika porsinya lebih dikurangi. “Harusnya dilihat kinerjanya, bukan absennya. Hal tersebut sangat bersifat administratif, bukan subtantif. Mungkin lebih baik dibalik saja, 20% untuk kehadiran, dan 80% nya untuk kinerja. Mungkin itu lebih subtantif,” ungkapnya. Dikhawatirkan, jika pemberian tunjangan didasarkan kepada presensi absen yang memiliki porsi lebih banyak, akan mempengaruhi mentalitas ASN. “Takutnya mempengaruhi mentalitas ASN. Sudah banyak anggapan dimasyarakat bahwa ASN itu adem ayem. Jika ditambah dengan adanya tunjangan yang bersifat administratif, maka akan melanggengkan anggapan bahwa bekerja yang selamat ya jadi ASN,” ucapnya. Senada adalah apa yang

disampaikan Sunarka, Direktur IDEA. Sunarko berharap indikator presensi ditinjau kembali. “Sekarang yang perlu diperbaiki adalah indikatornya. Presensi penting hanya saja sebaiknya bukan jadi indikator dominan sebuah kinerja. Bisa saja presensi pagi, tapi ngga kerja maksimal terus sore presensi pulang,” ujar Sunarka. Lanjut Sunarka, ketika kebijakan ini digulirkan memang bertujuan agar kinerja ASN lebih baik, perlu kemudian disadari dan juga dilihat sisi lain di antaranya, tingkat kemiskinan di Kota Yogyakarta masih tinggi dan tingkat kesenjangan juga paling tinggi di Indonesia. Agus Heruanto Hadna, Direktur Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan (PSKK) UGM melihat ada kecenderungan di instansi pemerintah, tunjangan kinerja diberikan dengan tidak membedakan siapa yang berprestasi atau tidak, seolah-olah itu tambahan gaji. Itu yang tidak boleh. Permasalah lain menurutnya, instansi pemerintah itu selalu menghadapi persoalan kedisiplinan. “Misal pegawai datang terlambat, bolos. Kalau itu masalahnya, berarti indakator kehadiran perlu diperhitungkan,” tegasnya. (kur/nto/yud/cr2)

Agus Rahardjo Dianggap Belum Matang JAKARTA, TRIBUN - Pernyataan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo tentang adanya 90 persen dari sebagian kepala daerah petahana peserta Pilkada Serentak 2018 diduga kuat korupsi dan akan jadi tersangka menunjukan ketidakmatangan penegak hukum. Seharusnya penegak hukum menyampaikan kepada publik sesuatu yang sudah pasti. Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal PPP, Arsul Sani, di Jakarta, Rabu (7/3). “Kalau bicara akan, sebagai penegak hukum, berarti dia belum matang. Hukum itu pasti. Hukum itu bicara hari ini, bukan besok yang baru akan terjadi. Tidak bisa seperti itu,” ujarnya. Arsul justru menilai Agus Rahardjo

Hasto Masih Menggodok  Sambungan Hal 1

Kepala Bidang Data, Disiplin dan Kesejahteraan, Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kulonprogo, Heri Warsito mengatakan, saat ini tunjangan berbasis kinerja tersebut masih dibahas bersama pengambil keputusan. Menurutnya, pembahasan ditargetkan bisa rampung pada triwulan II 2018 ini untuk kemudian diujicobakan pada triwulan III. “Sekarang masih bentuk draft dan diharapkan finaslisasi berupa peraturan bupati bisa segera terbentuk. Rencananya, konsep tukin akan diterapkan secara menyeluruh pada 2019,” katanya. Penerapan tukin ini akan menggantikan TPP triwulanan ASN. Jika sudah diterapkan, dimungkinkan besaran persentase Tukin yang diterima ASN akan berbeda satu sama lain sesuai beban kerjanya. Adapun penerapan TPP sekarang ini masih mengutamakan kinerja organisasi perangkat daerah (OPD) dan belum menyentuh personal pegawai. Tukin sendiri menyerupai

Kini Cari Tukang Bangunan  Sambungan Hal 1

Gagasan Mastupang muncul, menurut staf pengajar yang akrab di sapa Kiki ini dilatarbelakangi banyaknya keluhan dari teman-temannya di bidang sipil bahwa saat ini susah mencari tukang. “Dari sana, saya lemparkan ke teman-teman mahasiswa. Saya melihat bahwa aplikasi semacam ini juga belum ada di playstore,” ungkapnya, Rabu (7/3). Kemudian Yudistiro menjawab tantangan itu dan mengajak dua orang temannya untuk mengerjakan suatu aplikasi yang menghubungkan tukang dan dengan kontraktor atau pemborong. Aplikasi bernama Mastupang ini disebut sebagai market place, dan di sana bisa ditemukan banyak pekerja bangunan baik rumah, kantor, dan interior yang bersertivikasi. Aplikasi ini lantas dilemparkan dalam kompetisi Dinacom (Dinus Application Competition) yang merupakan salah satu kompetisi IT terbesar di Indonesia untuk kalangan mahasiswa, ataupun pelajar. Kompetisi ini diikuti setidaknya oleh 200 peserta dan

selaku pimpinan KPK melakukan politisasi proses hukum dengan menyampaikan informasi tersebut kepada publik. Menurutnya, jika telah memperoleh dua alat bukti yang cukup suatu tindak pidana korupsi calon kepala daerah, maka KPK seharusnya mengumumkannya. Namun, yang terjadi sebaliknya. “Kalau iya, benar. Kalau tidak?” ujarnya. Arsul sani menilai pimpinan KPK tidak belajar dari pengalaman saat menyampaikan informasi banyaknya daerah yang diberi tanda merah alias wilayah rawan korupsi. Sebab, tidak ada kejelasan dan tindak lanjut setelahnya. Direktur Eksekutif Perkumpulan Pemilu untuk Demokrasi (Perludem), Titi Anggraini meminta KPK untuk segera mengungkapkan siapa saja calon kepa-

la daerah yang dimaksud. Sebab, lamanya pengungkapan status hukum seseorang, termasuk calon kepala daerah, dapat menimbulkan kegaduhan baru di masyarakat. “Buktinya, saat ini sudah terjadi di Sulawesi Selatan. Banyak kepala daerah yang namanya seolah-olah sudah disebut oleh KPK. Ini bisa jadi distorsi baru,” ujarnya. Mereka yang namanya seolah disebut, dinilai akan menjalankan peran playing victim atau korban penzaliman dan politisasi dari KPK. Belum lagi, apabila calon pemilih menaruh curiga tinggi terhadap para calon kepala daerahnya. Bukan tidak mungkin mereka tidak menggunakan hak pilihnya. (Tribun Network/ryo/ tim/coz)

key performance indicator (KPI) dengan sejumlah kriteria penilaian. Dalam draft yang disusun, Pemkab Kulonprogo mencantumkan beberapa unsur penilaian yang akan menentukan penerimaan tunjangan kinerja masing-masing pegawai. Yakni, bobot posisi jabatan dengan porsi 20 persen, kinerja satuan kerja perangkat daerah (SKPD) 20 persen dari tingkat penyerapan anggaran, dan bobot kinerja individu 60 persen dari intensitas pekerjaan, presensi, dan lainnya. “Ada unsur kinerja individu di situ, Jadi, nanti setiap pegawai harus mempertanggungjawabkan waktu kerjanya setiap hari. Kalau ngga bekerja ya ngga dapat,” kata Kepala Bidang Data, Disiplin, dan Kesejahteraan, Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kulonprogo, Heri Warsito, Selasa (6/3). Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo mengatakan kebijakan tukin sebagai upaya untuk perbaikan sistem tambahan penghasilan para pegawai. Insentif tersebut nantinya menggantikan sistem tunjangan perbaikan penghasilan (TPP) sebagai tambahan terhadap hak gaji pokok para pegawai. Namun, insentif ini tidak akan berlaku bagi karyawan Rumah

Sakit Umum Daerah (RSUD) Wates dan juga guru yang selama ini telah menerima tunjangan profesi. Gunungkidul Pemerintah Kabupaten Gunungkidul belum berencana memberikan tunjangan kinerja yang diperuntukkan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN). “Untuk tahun 2018 ini, kami belum berencana memberikan tunjangan berbasis kinerja untuk ASN. Hingga saat ini yang ada adalah tambahan penghasilan ada untuk ASN,” ujar Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Gunungkidul, Sigit Purwanto, Selasa (6/3). Sigit mengatakan, tambahan penghasilan (tamsil) diberikan secara variatif mulai dari 300 ribu hingga Rp 2 juta kepada para ASN yang belum memiliki sertifikasi. “Kami berikan kepada ASN yang belum memiliki sertifikasi,” ujarnya. Kendati belum ada tunjangan kinerja, Sigit pun mengusulkan rencana untuk tunjangan kinerja bagi ASN pada tahun 2019 mendatang. Pihaknya pun berharap usulan tersebut dapat disetujui oleh pemerintah. “Kami baru usulkan tahun depan, mudahmudahan bisa disetujui,” ujar-

nya. Sleman Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman mengaku masih menggodok penilaian kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) agar Tunjangan Kinerja (Tukin) ASN lebih tepat sasaran. Hal tersebut diungkapkan Bupati Sleman, Sri Purnomo, Selaaa (6/3). “Kita arahkan tunjangan kinerja ini pada mereka (ASN) dilihat tingkat beban tugasnya. Sejauh mana mereka (ASN) berbuat dan bekerja. Sedang diupayakan dibuatkan kriteria-kriterianya oleh Sekda agar bisa memotret kinerja yang sebenarnya dari ASN,” jelas Sri Purnomo di lingkungan Pemkab Sleman, Selasa (6/3). Lanjut Sri Purnomo, penerapan reward dan punishment pun akan tetap ada. Ketika seorang ASN bekerja secara bersungguh-sungguh dan memiliki beban kerja yang lebih berat maka akan mendapat reward. Begitu pun sebaliknya, jika ada ASN yang serig membolos atau pun terlanmpat maka akan mendapatkan punishment. “Yang jelas dari Menpan pun harapanya tunjangan kinerja tidak dipukul rata. Ini sedang dikaji,” tuturnya. (ing/ rfk/app)

masing-masing kategori di ambil 10 besar, baik mahasiswa dan pelajar. “Setelah diberi ide, kami berembug untuk membagi tugas. Ada yang layouting, menyusun proposal untuk kompetisi, video penggunangan, tes fungsi fitur. Kami juga mengundang kontraktor untuk memberikan masukan yang sesuai dengan yang dibutuhkan,” tambahnya. Yudha Pratama Putra, programer di aplikasi ini mengaku sempat mengalami kesulitas saat mengembangkan fitur chating. Namun hal itu dapat teratasi dan dalam aplikasi ini pemberi kerja dan pencari kerja dapat berhubungan langsung tanpa keluar dari aplikasi ini. Sedangkan Tri Witanto, didapuk untuk mendesain tampilan agar friendly user. Salah satu fiturnya adalah, para pencari tukang dapat memilih spesifikasi, mulai dari yang berada di sekitar mereka, atau berdasarkan kategori tukang seperti pekerja bangunan, interior, dan cleaning service. Mereka juga menyediakan sistem pembayaran dengan rekening bersama agar aman. Dengan hasil kerja keras mereka, ketiga mahasiswa Akakom tersebut mampu menyabet juara 1 mengalahkan kompetitor-kompetitor lainya yang berasal dari

seluruh Indonesia dalam Dinacom yang diselenggarakan akhir februari lalu. Kiki menuturkan, bahwa sejak awal dirinya yakin bahwa mahasiswanya akan memenangkan kompetisi ini. “Mereka menang karena keunikan aplikasi ini. Saya yakin menang, akhirnya menang benaran. Ke depan aplikasi ini akan terus dikembangkan dan akan dipakai oleh pihak kontraktor yang sudah melihat aplikasi ini dan tertarik,” ucapnya. Sebelumnya, Yudis dan timnya juga menjuarai kompetisi Elinfo yang diselenggarakan UNY, Desember tahun lalu. Dalam kompetisi IT tersebut ia mengembangkan aplikasi dengan sistem personal akunting di mana bisa mengendalikan pengeluaran keuangan, pencatatan utang, hingga membuat laporan sedarhana selama sebulan. Lebih jauh, sebagai pendamping Kiki mengatakan bahwa yang dibutuhkan mahasiswa saat ini adalah ide. Ia mengatakan bahwa mahasiswa saat ini sudah canggih, namun mereka belum bisa mengemas sebuah produk semenarik mungkin, padahal itu adalah hal yang penting. “Tugas pembimbing adalah membuat mereka berani tampil. Karena cenderung nggak pede. Jadi, kami beri

motivasi agar mereka tidak hanya pintar coding di depan komputer saja, tapi juga berani menjual ide dan gagasan mereka di depan publik,” terangnya. Kiki juga mengatakan, agar kerja sama dapat terjalin dengan baik antar mahasiswa dan dosen pembimbing, maka selain pertemuan tatap mata, ia juga membentuk grup diskusi, melalui whatsapp misalnya. Menurutnya hal itu lebih efektif, dan akhirnya muncul ide-ide segar dari para mahasiswa. “Saya tidak mau mendikte, tapi saya beri tantangan, dan itu yang melatih mereka berani menyampaikan ide,” tukasnya. Beruntung, di kemahasiswaan ada anggaran khusus untuk modal para mahasiswa untuk berlaga dalam banyak kompetisi. Yayasan pun meluncurkan bentuk penghargaan berupa beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi. “Ke depan kami ingin mencari kompetisi internasional. Dengan banyak mengikuti kompetisi dan menang, ini juga dapat menambah portofolio mereka. Jadi mereka tidak hanya berkembang di sisi akademis saja, mereka harus bisa memanfaatkan status kemahasiswaannya dengan mengikuti banyak kompetisi,” tandasnya.(santo arie)


12 KAMIS PAHING 8 MARET 2018 20 JUMADIL AKHIR 1439 NO 2494/TAHUN 6

Rakernas ke-9 IATCA di Yogyakarta

Kita Harus Bangga Jadi Seorang ATC kali. Agenda Rakernas adalah merancang kinerja organisasi untuk tahun selanjutnya. Tidak hanya itu Rakernas juga mengagendakan evaluasi-evaluasi TRIBUN JOGJA/CHRISTI MAHATMA WARDHANI kerja pada tahun sebeFOTO BERSAMA - Para peserta Rakernas ke-9 IATCA foto lumnya. bersama, Rabu (7/3) di Yogyakarta. Ketua Umum IATCA, Suwandi mengajak angYOGYA, TRIBUN - Indonesia Air Traffic gota IATCA untuk mencintai profesinya seControllers Association (IATCA) menggelar bagai ATC (Air Traffic Controller). Melalui RaRakernas yang ke-9 di Yogyakarta. kernas tersebut, anggota bisa silaturahmi Tajuk dalam rakernas tersebut adalah dengan anggota lain. The Year Of Member Associaton. Raker“Jadi temanya The Year Of Member Asnas dilaksanakan pada 7-8 Maret di Hotel sociaton, maksudnya adalah mengingatGrand Mercure Yogyakarta. kan supaya teman-teman mencintai profesi. Rakernas IATCA merupakan agenda taKita dalam IATCA juga harus berkembang, hunan yang dilaksanakan satu tahun seharus terus belajar,” kata Suwandi, dalam

sambutannya (7/3). Selain anggota IATCA, hadir pula Direktur Utama AirNav Indonesia, Novie Riyanto dan juga Direktur Navigasi Penerbangan yang mewakili Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana Banguningsih Pramesti. Novie Riyanto mengatakan, ATC memberikan kontribusi yang sangat besar dalam keselamatan penerbangan. Ia menambahkan dalam kecelakaan pesawat 80 persen menyalahkan navigasi. “Kita harus sadari bahwa tugas kita memang berat. Kita harus mengontrol lalu lintas udara. Kita harus bekerja keras dan terus belajar supaya navigasi penerbangan lancar dari Sabang sampai Merauke,” kata Novie. Ia mengajak semua anggota IATCA untuk bekerja secara profesional dan meningkatkan kinerja. Hal itu supaya penerbangan Indonesia diakui internasional. “Kelancaran penerbangan kan jadi tanggung jawab ATC. Mulai dari keselamatannya, supaya tidak tabrakan, lalu juga ketepatan wak-

tu keberangkatan pesawat. Tentu itu tugas berat. Maka kita harus bekerja profesional,” lanjut Novie. Novie menambahkan, ATC harus terus belajar dan terbuka dengan teknologi baru. Menurutnya semakin lama, teknologi pesawat juga pasti meningkat. Oleh sebab itu, ATC juga harus mengikuti perkembangan itu. Direktur Navigasi Penerbangan, Polana Banguningsih Pramesti mengatakan, Rakernas IATCA yang ke-9 menjadi tantangan untuk menghadapi permasalahan dalam navigasi. Selain itu juga untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalitas ATC. “Saya harap melalui Rakernas ini, IATCA terus meningkatkan kompetensi dan tentunya profesionalitas, supaya bisa menghadapi tantangan yang ada di depan kita,” kata Polana. Polana mengatakan, tidak mudah menjadi seorang ATC. Menjadi ATC harus memiliki keahlian khusus, selain itu juga bekerja di bawah tekanan. Sehingga tidak hanya membutuhkan kemampuan teknis tetapi juga ke-

mampuan untuk mengatur stres. “Jadi ATC nggak mudah. Harus konsentrasi penuh. Kerja di tempat yang padat kan pasti stressfull, jadi ya nggak cuma harus punya keahlian teknis, tetapi juga bisa mengatur stresnya itu,” kata Polana. Polana mengaku sangat mengapresiasi keberadaan IATCA. Melalui IATCA, penerbangan Indonesia memiliki ATC yang profesional. “Kita dalam penilaian navigasi internasional masuk 10 besar. Tadinya cuma nilai 56, ada IATCA jadi naik 86. Jadi lebih bagus kan. Tentu saja yang jadi tantangan adalah bagaimana untuk mempertahankan,” kata Polana. Polana berharap IATCA bisa terus menjaga profesionalitas dan tentunya harus bangga menjadi ATC. Karena menjadi ATC adalah profesi yang spesifik dan juga membanggakan. “Kita harus bangga. Karena harus mengatur lalu lintas di udara. Kalau di darat seperti polisi lalu lintas gitulah. Bedanya kita di udara, menggunakan garis imajiner,” pungkas Polana. (cr2)

Akhir Maret Prabowo Deklarasi Capres

 Siapa Cawapres Belum Dipastikan JAKARTA, TRIBUN - Tanding ulang, antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Prabowo Subianto akan kembali terjadi pada Pilpres 2019 mendatang. Ini terjadi setelah Gerindra memastikan akan mendeklarasikan Prabowo sebagai calon presiden pada akhir Maret ini. Sekjen DPP Partai Gerindra, Ahmad Muzani belum memastikan, siapa saja yang nama-nama yang dipertimbangkan untuk mendampingi Prabowo. Ditegaskan, partainya memenuhi sarat untuk mengusung Prabowo. Partainya hanya butuh tambahan 39 kursi untuk bisa mengusung Prabowo. Gerindra saat ini memiliki 73 kursi di DPR. “Untuk maju pak Prabowo harus didukung 112 kursi atau 20 persen, Insya Allah jumlah itu sudah tercapai,” ujar Muzani, Rabu, (7/3). Muzani menjelaskan kembali, komunikasi dengan sejumlah partai politik, termasuk dengan partai Demokrat sudah dilakukan. Sementara partai politik lainnya sudah memastikan akan mendukung pencalonan kembali Jokowi. Selain PDI Perjuangan, Golkar, Hanura, PPP, Nasdem, PSI memastikan akan menjadi ‘kendaraan’ Jokowi untuk bertarung dalam Pilpres. Hingga kini, PAN, PKB dan Demokrat belum bersikap terkait siapa yang akan diusung

Kami hanya peduli Pak Prabowo maju menjadi calon presiden, dengan koalisi kecil atau besar. Karena itu komunikasi kami dengan partai tidak berhenti. Ahmad Muzani Sekjen DPP Partai Gerindra pada Pilpres mendatang. “Sekali lagi bagi kami berapapun porosnya kami menghargai. Kami hanya peduli Pak Prabowo maju menjadi calon presiden, dengan koalisi kecil atau besar. Karena itu komunikasi kami dengan partai tidak berhenti,” ujarnya. Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menambahkanpembahasan tengah dilakukan bersama partai-partai lain untuk membangun koalisi. Menurutnya, pengumuman terkait siapa calon yang akan diusung sebagai capres, hanya tinggal menunggu waktu saja. “Tunggu waktu saja, yang jelas akhir bulan ini akan kami deklarasikan,” ujar Sufmi Dasco.

Tiga Skenario Wakil Ketua Ikatan Cendekiawan Islam se-Indonesia (ICMI) Bidang Politik Dalam Negeri, Priyo Budi Santoso memaparkan tiga skenario yang mungkin terjadi di Pilpres 2019 mendatang. Skenario yang pertama, terulangnya Pilpres 2014 yaitu pertarungan dua capres yaitu Jokowi menghadapi Prabowo. “Pertarungan `haed to head’. Dan skenario yang kedua adalah munculnya poros ketiga yang dimotori Partai Demokrat, PKB, dan PAN. Kehadiran poros ketiga sebenarnya bagus bagi demokrasi Indonesia karena memberi semakin banyak pilihan kepada masyarakat,” ungkapnya. Dan skenario ketiga yang mungkin terjadi menurut Priyo Budi Santoso adalah hanya adanya satu calon presiden atau calon tunggal. Menurut Priyo hal itu kemungkinan besar terjadi lantaran keluarnya keputusan Mahkamah Konstitusi terkait Pasal 222 UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum yang mensyaratkan parpol gabungan harus memiliki suara minimal 20 persen untuk mengajukan capres dan cawapres. “Itu sangat mungkin terjadi, yang tidak memiliki jumlah suara sebanyak itu dipaksa masuk ke dalam poros partai lain. Siapa tahu juga Jokowi dan Prabowo menjadi satu,” pungkasnya. (tribun network/fit/fik/zal/yat)

- Wali Kota San Buenaventura, Javier Delgado, dipasung selama satu jam setelah dia dianggap berbohong, warga merasa tidak puas akan kinerjanya.

Wali Kota Dipasung Warga yang Marah BOLIVIA, TRIBUN - Di San Buenaventura, sebuah kota kecil di Bolivia, masyarakatnya memberlakukan sebuah hukuman yang disebut “ keadilan sosial”. Diberitakan Oddity Central, Selasa (6/3/2018), warganya memasung wali kota mereka, Javier Delgado, sebagai tanda bahwa mereka tidak puas dengan kinerjanya. Delgado bercerita, pada 25 Februari lalu, dia datang untuk meresmikan sebuah jembatan yang diba-

sang suami akan mendedikasikan diri sebagai seorang pendidik. Kapolri dalam berbagai lembaga survei masuk bursa kandidat calon wakil presiden potensial. Namun Tri kembali mempertegas, suaminya tak memiliki niatan untuk menjadi cawapres. “Tidak ada tujuan kesana. Saya tahu jiwanya memang bukan politikus, beliau jiwanya profesional,” ujar Tri di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (7/3). Tri mengatakan, Tito lebih ingin berkecimpung di dunia pendidikan, tentunya sebagai pengajar. Langkah itu, didukung Tri dan keluarga. “Anak-anak saya lebih bangga kalau anaknya jadi profesor yang mempunyai profesi sebagai pendidik. Kalau saya sih sebagai istri, pasti suami lebih tahu apa yang lebih baik buat dia,” ujar Tri. (tribun network/den/sen/yat)

Rudiantara

Tak Tahu Tumblr.Com Diblokir

MENTERI Komunikasi dan Informatika, Rudiantara mengaku belum tahu situs jejaring sosial Tumblr.com diblokir. Ia pun kaget saat ditanya wartawan perihal pemblokiran itu. “Mulai kapan? Saya baru tahu, baru dengar,” kata Rudiantara kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (6/3/2018) sore. Rudiantara mengatakan, selama ini sejumlah akun Tumblr memang diblokir karena mengandung unsur yang dilarang seperti pornografi. Namun, ia tidak tahu jika Kemenkominfo telah memblokir layanan Tumblr secara keseluruhan. Ia mengaku akan melakukan pengecekan terlebih dahulu. “Gini deh, teks saya, nanti saya kasih tau setelah di kantor,” kata Rudiantara. Sementara itu, akun resmi Kementerian Kominfo di Twitter, @Kemkominfo membenarkan bahwa situs Tumblr sudah diblokir karena ada aduan yang masuk terkait pornografi. (kompas.com)

ngun menggunakan pajak rakyatnya. Namun, ketika sampai di lokasi, dia disambut oleh warga yang marah. Delgado kemudian ditangkap, dan kakinya langsung ditempatkan di pasungan selama satu jam dengan dikelilingi oleh warga. Daniel Salvador, seorang warga San Buenaventura berkata, Delgado dihukum karena tidak memenuhi janjinya dan berbohong. Masyarakat di San Buenaventura memakai “keadilan sosial” jika pemim-

pinnya melanggar salah satu dari tiga prinsip dasar yakni Ama Qhuilla, Ama Illulla, dan Ama Suwa (Jangan Malas, Jangan Berbohong, dan Jangan Menjadi Pencuri). Penggunaan pasung sebagai keadilan sosial dimasukkan dalam konstitusi negara pada 2009. Namun, warga boleh memakainya hanya untuk kasus-kasus kecil. Untuk kasus yang besar, warga harus tetap menyerahkannya kepada polisi dan insititusi pengadilan. (kompas.com)

Harta Bos Facebook Mark Zuckerberg Turun

Bezos Terkaya di Dunia, Budi Hartono Paling Tajir di Indonesia

Nama Cawapres Jokowi Masih Digodok PRESIDEN Jokowi mengumbar senyum saat ditanya oleh awak media terkait pernyataan Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang yakin akan mendampinginya sebagai calon wakil presiden. “Bagus-bagus, semakin banyak calon semakin bagus,” ujar Jokowi kepada wartawan, Rabu (7/3). Jokowi mengaku hingga saat ini, partai-partai pendukungnya dan tim internal masih melakukan proses penggodokan calon wakil presiden yang akan mendampinginya pada tahun depan. “Belum rampung, belum selesai. Kriterianya baru dirumuskan, apalagi,” ujar Jokowi. Tito Tak Berminat Sementara itu, istri Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Tri Suswati, berharap suaminya tidak dipinang sebagai calon wakil presiden. Ia berharap, setelah tak aktif lagi sebagai Kapolri,

ODDITY CENTRAL/RADIO FIDES

DIPASUNG

Bos salah satu raksasa komputer dunia Microsoft, Bill Gates, berada di belakang Bezos dengan total kekayaan USD 91,2 miliar, atau Rp1.255 triliun.

M

AJALAH Forbes baru saja merilis daftar orang terkaya di dunia untuk tahun 2018. Daftar tersebut memuat lebih dari 2.000 orang paling tajir sedunia dari 78 negara. Forbes pun memuat daftar orang-orang terkaya di Indonesia. Tahun ini, Hartono bersaudara, yakni R Budi dan Michael Hartono tetap berada pada peringkat teratas daftar tersebut. Mengutip Forbes, Rabu (7/3), Budi berada pada peringkat ke-69 daftar orang terkaya di dunia untuk tahun ini. Sementara itu, Michael berada pada peringkat

ke-75. Kekayaan Budi mencapai USD 17,4 miliar atau sekitar Rp238,38 triliun (kurs Rp13.700 per dollar AS). Sedangkan Michael USD 16,7 miliar atau Rp 228,79 triliun. Di peringkat dunia, pendiri sekaligus CEO perusahaan e-commerce Amazon, Jeff Bezos, menempati puncak daftar orang terkaya versi Forbes secara real time. Total pada 2018, CEO berusia 54 tahun tersebut meraup kekayaan USD 127,3 miliar, atau sekitar Rp1.752 triliun. Kekayaan Bezos naik 0,9 persen, atau USD 1,1 miliar, sekitar Rp15,1 triliun, diban-

DAFTAR 10 ORANG TERKAYA DI INDONESIA  R Budi Hartono (77 tahun)

 Mochtar Riady (88 tahun)

 Prajogo Pangestu (73 tahun)

  

Kekayaan: USD 17,4 miliar Michael Hartono (78 tahun) Kekayaan: USD 16,7 miliar Sri Prakash Lohia (65 tahun) Kekayaan: USD 7 miliar Tahir (65 tahun) Kekayaan: USD 3,5 miliar Chairul Tanjung (55 tahun) Kekayaan: USD 3,5 miliar

Kekayaan: USD 3 miliar

Kekayaan: USD 2,9 miliar

 Murdaya Poo (77 tahun)

Kekayaan: USD 2 miliar  Peter Sondakh (68 tahun) Kekayaan: USD 1,9 miliar  Theodore Rachmat (74 tahun) Kekayaan: USD 1,7 miliar

TERKAYA DI DUNIA

IST

- Pendiri sekaligus CEO perusahaan e-commerce Amazon, Jeff Bezos, menempati puncak daftar orang terkaya di dunia versi Forbes.

dingkan 2017. Bos salah satu raksasa komputer dunia Microsoft, Bill Gates, berada di belakang Bezos dengan total kekayaan USD 91,2 miliar, atau Rp1.255 triliun. Kekayaan pria 62 tahun asal Seattle tersebut menurun sebesar USD 2 juta, atau sekitar Rp27,5 miliar. Kekayaan Zuckerberg Turun Investor besar dunia, Warren Buffett, mengikuti mereka berdua dengan total kekayaan yang berhasil direngkuh USD 87,7 miliar, atau Rp1.207 triliun. Posisi Buffett yang mantap berada di rangking tiga terjadi setelah CEO Berkshire Hathaway tersebut mengalami peningkatan kekaya-

an sebesar USD 707 juta, sekitar Rp9,7 triliun. Pendiri dan CEO media sosial Facebook, Mark Zuckerberg, mengalami penurunan kekayaan sebesar USD 245 juta, sekitar Rp3,3 triliun. Zuckerberg pun berada di peringkat kelima dengan total kekayaan USD 72,4 miliar, atau sekitar Rp996,6 triliun. Adapun peringkat sembilan dan sepuluh dunia direbut oleh dua bersaudara pemilik Koch Industries, Charles dan David Koch. Dua bersaudara yang mempunyai usia 82 dan 77 tahun tersebut mengumpulkan kekayaan USD 60,8 miliar, atau Rp836,9 triliun. (forbes/kompas. com)


MALIOBORO BLITZ 13

KAMIS PAHING 8 MARET 2018

Rumah Satu Abad di Kotabaru Dibongkar  Pemilik Kantongi Izin Renovasi Disbud YOGYA, TRIBUN - Sebuah rumah tua di Jalan Juwadi nomor 7 Kotabaru tampak porak poranda. Hanya tersisa satu ruang yang tak lagi utuh berada di tengah dengan sisa-sisa material bangunan tersebut tercecer di sekitarnya. Ketua RW 8 Kotabaru, Atang Ponco Setiawan menjelaskan, rumah tersebut sudah ada sejak 1917. Aktivitas pembongkaran sudah terlihat sejak satu bulan yang lalu dan dilakukan setiap akhir pekan.  ke halaman 19

Sudah Sering Terjadi PIMPINAN Komisi D DPRD Kota Yogyakarta, Antonius Fokki Ardiyanto menyayangkan pembongkaran rumah tua yang berada di Jalan Juwadi nomor 7 Kotabaru. “Ini sudah kesekian kalinya bangunan tua dibongkar. Apakah Pemkot tidak memiliki sistem pengawasan yang baik? Atau janganjangan Pemkot hanya ‘lamis’ saja dalam persoalan keberpihakan tentang Bangunan Cagar Budaya dan Kawasan Cagar Budaya,” tegas politisi PDI-P tersebut.  ke halaman 19

TRIBUN JOGJA/HASAN SAKRI

SEABAD - Bangunan tua zaman Belanda dibongkar pemilik barunya dan hanya menyisakan satu ruangan, Rabu (7/3). Meskipun belum masuk

menjadi Bangunan Cagar Budaya, keberadaan rumah tersebut sudah masuk dalam pendataan BCB.

Waspadai Hujan Lebat dan Dampaknya Terutama di kawasan rawan bencana, seperti Samigaluh, atau Kalibawang dan kawasan lain yang berpotensi longsor

YOGYA, TRIBUN - Badan Penanggulagan Bencana Daerah (BPBD) DIY mengimbau masyarakat, terutama yang tinggal di kawasan rawan bencana longsor dan banjir, untuk meningkatkan kewaspadaannya, selama beberapa hari ke depan. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh peringatan yang dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY, terkait potensi hujan lebat, yang intensitasnya diperkirakan akan terus meningkat di sejumlah titik, selama 7-10 Maret 2018 mendatang. Kepala Pelaksana BPBD DIY, Biwara Yuswantana, mengatakan bahwa saat ini pihaknya sudah memiliki sistem perin-

gatan dini, serta komunitas-komunitas di kawasan sungai yang siap sedia memantau kondisi dan perkembangan cuaca, di seluruh wilayah DIY. Namun, menurutnya yang paling penting tetap antisipasi dari masyarakat sendiri, dengan melihat dan mencermati kondisi lingkungannya masing-masing. Karena itu, ia menuntut kepekaan masyarakat, termasuk jika sewaktu-waktu ada peringatan dari Pusdalops, harus diikuti. “Dalam artian, memantau cuaca dan alam sekitarnya. Misal, terjadi hujan deras dengan durasi cukup lama, harus  ke halaman 19

ANGGOTA

Forpi Kota Yogyakarta meninjau bangunan tua yang telah hancur karena dibongkar pemilik barunya di Kotabaru, Kota Yogyakarta, Rabu (7/3).

BERDIRI SEJAK 1917 Rumah tua di Jl Juwadi nomor 7 Kotabaru dihancurkan. Tersisa satu ruang yang tak lagi utuh di tengah material

Rumah tersebut ternyata sudah berdiri sejak tahun 1917. Pembongkaran sejak sebulan lalu di setiap akhir pekan

Pemilik lama meninggal lalu diwariskan ke anaknya. Sempat ditinggali lalu dijual ke orang lain tahun 2017

Sekarang ini, pemiliknya bukan orang Kota Yogyakarta. Disbud mengeluarkan izin renovasi bangunan tersebut Disbud menyebut bangunan itu bukan merupakan BCB

GRAFIS/FAUZIRAKHMAN

Kenly Ayu RM

Pameran Seni Fotografi “Walking Home and Killing Pain - Study Cahaya#1” di BBY

Cinta Taekwondo

Angle Tepat Bisa Maksimalkan Hasil Foto Ponsel Belasan siswa berseragam SMP nampak serius memperhatikan penjelasan Indra Bayu, seorang fotografer yang karyanya dipajang di ruang pameran Bentara Budaya Yogyakarta, Senin (5/3).

KENLY Ayu Romadhona Majid berhasil menyabet gelar juara II di kejuaraan Taekwondo Internasional di Bali. Kenly, sapaan akrabnya, sekarang berkuliah di UNY. Kesibukannya diisi dengan kuliah, menjadi pelatih di beberapa tempat, serta menjadi wasit pertandingan. “Selain kuliah, saya melatih di Baitul Quran Ponjong, Kodim, SMP Muja-

D

 ke halaman 19 DOKUMENTASI KENLY AYU RM

alam Pameran Seni Fotografi “Walking Home and Killing Pain - Study Cahaya#1” itu, Indra memberikan materi dalam workshop bertajuk “Handphone Fotografi” kepada belasan siswa SMP. Workshop ini adalah bagian rangkaian pameran yang menghadirkan karya enam seniman dengan latar belakang yang ber-

beda dalam satu tema besar studi cahaya. Melalui workshop ini, Indra berharap, setidaknya pemilik ponsel yang saat ini sudah dilengkapi dengan fasilitas kamera dengan resolusi yang tak kalah dengan kamera DSLR, dapat memaksimalkan hasil jepretannya dengan memperhatikan prinsip prinsip dasar fotografi. Ketika prinsip prinsip dasar foto ke halaman 19

FOTOGRAFI

TRIBUNJOGJA/YUDHA KRISTIAWAN

- Sejumlah karya yang dipajang di Pameran Seni Fotografi “Walking Home and Killing Pain - Study Cahaya#1” di Bentara Budaya Yogyakarta. Pameran itu digelar hingga 3 – 10 Maret mendatang.


JOGJA SOCCER LAND 14

KAMIS PAHING 8 MARET 2018

Ibarat Bela Klub Sendiri

 Ayub Antoh Semangat Dipanggil PSIM Kali Ketiga

S

EIRING persiapan tim, para legiun PSIM Yogya pun turut bersiap. Tak terkecuali Ayub Antoh. Pemain asal Sorong, Papua ini memang kembali dipanggil untuk menjadi legiun Laskar Mataram. Karenanya ia merasa perlu memanaskan diri untuk mempersiapkan dukungan bagi PSIM di tahun ini. Tahun ini akan menjadi tahun ketiga bagi Ayub Antoh mengarungi kompetisi resmi sepak bola Indonesia bersama PSIM Yogya. Ia tercatat sudah bersama PSIM sejak 2016 lalu. “Jadi semangat karena klub kembali panggil saya. Saya juga harus mulai menyiapkan diri,” ungkapnya. Menurutnya saat ini PSIM memang jadi fokusnya. Terlebih dengan pengalaman dua tahun bersama PSIM, membuatnya sangat mengenal karakter dari klub sepak bola perserikatan yang didirikan 1929 itu. PSIM saat ini bak rumahnya sendiri. “Karena itu ketika dipanggil kembali ke PSIM, tidak ada alasan lagi untuk tidak merapat,” katanya. Meski bukan asli Kota Gudeg, namun Ayub mengaku bangga bisa membela PSIM. Ia merasa seolah tengah membela klub dari daerahnya sendiri. Full back 22 tahun ini memang besar di Kota Gu-

deg meski lahir di ujung timur Indonesia. Sejak 2004, Ayub memang hijrah ke Yogyakarta untuk menimba ilmu. Bertahun-tahun berada di Yogyakarta membuatnya merasa berada di kampung halaman. Apalagi di sini ia telah memiliki keluarga angkat yang memberikannya tempat tinggal. “Saya bangga bisa bela klub asli Yogyakarta. Ibarat membela klub sendiri, meskipun saya bukan putra daerah,” ujarnya. Ayub Antoh bisa jadi merupakan pemain yang selalu bergerak lincah di karpet hijau untuk memperkuat pertahanan Laskar Mataram. Keberadaannya sejak awal 2016 terbukti apik sebagai pilar PSIM. Mulai dari putaran Indonesia Soccer Championship (ISC) B hingga Liga 2 Indonesia 2017 kokoh sebagai pilar Parang Biru. (ang)

Semangat karena klub kembali panggil saya. Saya juga harus mulai menyiapkan diri.

BIODATA Nama : Ayub Antoh TTL : Sorong, 14 Agustus 1995 Tinggi : 165 cm Berat : 65 kg Posisi : Defenders

KARIER Karier :

2010-2013 Diklat Salatiga 2014 Persab Brebes 2015 Porda Sleman 2017 PSIM Yogyakarta

GRAFIS/FAUZIARAKHMAN

Siap Berjuang Bersama

SETELAH berhasil berhasil bertahan di kasta kedua kompetisi sepak bola Indonesia, Liga 2, musim ini PSIM Yogyakarta berharap bisa mengulangi keberuntungannya itu. Harapan itu juga disematkan Ayub Antoh, full back yang tahun ini akan kembali memperkuat pilar PSIM Yogya. Dia menyematkan doa agar klub yang menjadi kawah candradimuka, PSIM, agar semakin moncer di musim depan. Demikian pula dengan prestasinya sebagai pesepak bola. “Bagaimanapun saya ingin bisa maju bersama PSIM. Termasuk memperjuangkan PSIM agar berprestasi di musim ini,” kata dia. Diakuinya persaingan musim ini akan semakin ketat dan itu bukanlah hal mudah untuk dilalui. Ia sadar harus meningkatkan kemampuannya untuk bisa mempertahankan tim kebanggaannya ini. Apalagi, saat ini kondisi tim tak lagi utuh seperti musim lalu, hal ini tentu menjadi pendorong para legiun Laskar Mataram untu berjuang lebih keras lagi. Menurutnya setiap saat bersama PSIM adalah perjuangan. Karenanya ia selalu bersedia ketika klub yang melambungkannya sebagai pesepak bola. Apapun akan dilakukannya agar PSIM bisa mendulang prestasi. “Bagaimanapun PSIM yang sudah memberikan pengalaman buat saya agar bisa menjadi pesepak bola profesional,” ujarnya. (ang)

FOTO: FACEBOOK/AYUB ANTOH WORAIT


JOGJA SOCCER LAND 15

KAMIS PAHING 8 MARET 2018

TRIBUNJOGJA/HANIF SURYO NUGROHO

SELEKSI - PSIM Yogyakarta menggelar seleksi pemain di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Rabu (7/3).

83 Pesepak Bola Lokal Perebutan 5 Tiket

 PSIM Gelar Seleksi Pemain untuk Kompetisi 2018 YOGYA, TRIBUN - PSIM Yogya menggelar seleksi untuk pemain lokal di Stadion Mandala Krida, Rabu (7/3). Hal ini merupakan bagian dari pembentukan tim untuk mengarungi musim kompetisi 2018. Sebanyak 83 pemain lokal yang berasal dari klub-klub perserikatan di Kota Yogya mengikuti seleksi yang diawasi langsung Pelatih Kepala PSIM, Erwan Hendarwanto. Para pemain lokal tersebut merupa-

kan pemain yang mengikuti kejuaraan Piala Walikota Yogya baru-baru ini. “Rencananya seleksi untuk pemain lokal digelar Rabu sampai Sabtu (10/3). Mereka akan diambil untuk melengkapi kerangka tim yang akan dibawa untuk Liga 2 musim ini,” ungkapnya ditemui di Stadion Mandala Krida, Rabu (7/3) sore. Menurutnya mayoritas pemain lokal masuk kategori U-21 yang disasar untuk mengantisipasi penggunaan pema-

in muda dalam kompetisi. Pasalnya, di putaran Liga 1 pun sudah melibatkan pemain U-23. “Regulasi ini yang kami antisipasi. Karena potensi di Yogya sendiri cukup banyak, maka prioritas untuk mengisi slot pemain U-21 untuk lokal,” paparnya. Hari pertama ini Erwan belum melakukan pencoretan pemain. Erwan mengaku belum bisa melihat kemampuan peserta seleksi keseluruhan. Meski-

pun diakuinya pula ada satu dua pemain yang berpotensi untuk direkrut. “Waktunya mepet, kami cari kebugaran fisik yang terjaga. Belum dalam tim kalau kondisi fisik bagus berarti pemain tersebut berlatih mandiri. Disiplin individu dan mental juga teknik termasuk cocok dengan gaya main kami. Itu yang kami cari,” katanya. Rencananya, Erwan hanya akan mengambil 5 orang pemain dari seleksi lokal ini. (ang)

Tunda Boyongan ke Bantul  PS Tira Sesuaikan Jadwal Liga 1 2018 YOGYA, TRIBUN - Belum adanya kepastian jadwal bergulirnya kompetisi Liga 1 2018, membuat PS Tira menunda rencana boyongannya ke Yogyakarta yang semula dijadwalkan pada Selasa (7/3) kemarin. Menurut Sekretaris Umum (Sekum) PS Tira, Yandri, ada banyak pertimbangan dan alasan mengapa timnya menunda sementara waktu rencana boyongan ke Yogyakarta. “Sebenarnya kemarin Selasa (7/3) kita jadwalkan sudah ke Bantul, tapi waktu itu kan kita dapat infonya 10 Maret kick off off,, ternyata setelah pertemuan manajer, kemungkinan baru tanggal 25 dimulai, itu pun kalau jadi,” ujar Yandri, Selasa (6/3). “Kalau kemarin dari Liga di kisaran 25 Maret 2018. Dari rencana awalnya kan 24 Februari, 3 Maret, 10 Maret, makanya kita agak mundur mun-

Karena kalau sudah pindah itu harus sudah fix semua, kita menunggu kepastian berjalannya liga. gkin di pertengahan baru kesana, mungkin 15an Maret lah,” imbuhnya. Menurutnya, dengan ketidakpastian jadwal kompetisi saat ini, PS Tira pun sementara menunda rencananya untuk boyongan. Pasalnya, untuk berpindah mess menurutnya sesuatunya perlu dipersiapkan secara matang. “Karena kita harus persiapan, nggak gampang juga kan pindahan. Karena kalau sudah pindah itu harus sudah fix semua, kita menunggu kepastian berjalannya liga,” ungkap Yandri. Mengenai mess yang akan digunakan Mana-

hati Lestusen dan kawan-kawan, hampir pasti akan menggunakan Kusuma Homestay, yang berada di Jalan Parangtritis, Sewon, Bantul. Yandri juga menjelaskan, sebenarnya ia telah menyerahkan acara launching PS Tira kepada Dandim setempat, dan juga akan digelar sebuah pertandingan persahabatan melawan Bantul Selection, namun hal tersebut tampaknya belum akan terwujud dalam waktu dekat. Bahkan sebuah pertandingan ‘Trofeo’ atau pertandingan yang mempertemukan tiga tim sebenarnya telah direncanakan, sebagai agenda pra musim PS Tira di Bantul. “Kita akan komunikasikan segitiga PSIS Semarang, PSS Sleman dan PS Tira, dan PSIM juga akan kita jajaki untuk uji coba, namun karena jadwal pindah nggak jadi, maka kita akan susun jadwal lagi. Kita nunggu pelatih mau uji coba lawan mana, sementara di luar Jogja, nanti kalau sudah di Jogja baru kita jadwalkan uji coba lawan tim Jogja,” (han) pungkasnya. ((han han) han)

Rekrut Dua Punggawa Asal Bantul

JOHAN MANAJI

HAMPIR pasti berkandang di Stadion Sultan Agung, Bantul untuk kompetisi Liga 1 musim depan, PS Tira tak ingin disebut sebagai tim musafir yang hanya datang untuk berpindah kandang. Menurut Sekretaris Umum PS Tira, Yandri berkandangnya Manahati Lestusen dan kawankawan ke Bantul diharapkannya dapat membangkitkan kembali nama sepakbola Bantul yang sempat menggema di tahun 2010 tersebut. Sebagai bentuk komitmennya tersebut, PS Tira tengah menjajaki kemungkinan untuk mendatangkan dua pemain Persiba Bantul yaitu bek Slamet Widodo, dan juga pemain tengah Johan Manaji untuk masuk dalam tim asuhan Rudy Eka Priyambada. “Kita akan menfasilitasi, tapi kita juga harus lihat. Kita punya rencana, tapi harus kita bica-

Ketum KONI Kota Yogya Kebut Program kerja

Syamsul Bachri Wajib Lolos Tes Medis dis tidak merekomendasikan pemain asal Makassar itu untuk direkrut manajemen PSS. Terlebih di usianya yang baru saja masuk 35 tahun ini, Syamsul diketahui pernah mengalami cedera, bahkan memaksanya untuk menepi dari lapangan. “Kalau hasilnya fatal, kami tidak jadi merekrut dan hal ini berlaku untuk pemain lainnya. Pemain juga sudah paham seandainya tes medis tidak mendukung kesepakatan yang dijalin bisa menjadi batal,” katanya. Kendati demikian, kehadiran pesepak bola yang juga pernah memperkuat Borneo FC ini cukup melegakan di tengah kesibukan tim mencari sosok play maker.. Terlebih nama Syamsul yang direkomendasikan tim pelatih memang awalnya sangat diharapkan untuk bisa dilabuhkan ke tim. “Kami berharap hasil tesnya bagus karena sosok Syamsul memang sangat kami butuhkan. Dia punya pengalaman, leadership dan diharapkan bisa meningkatkan peforma tim terutama di lini tengah,” paparnya. (ang)

SLAME T WIDODO TRIBUNJOGJA/HASAN SAKRI GOZALI

TRIBUNJOGJA/BRAMASTO ADHY

SLEMAN, TRIBUN – Manajemen PSS Sleman resmi merekrut eks pemain bintang PSM Makassar, Syamsul Bachri Chaerudin. Kedua pihak bahkan dikabarkan sudah deal menjalin kesepakatan untuk perjalan musim 2018. Namun walaupun sudah ada lampu hijau dari manajemen Super Elang Jawa, mantan pemain Timnas Indonesia ini harus lolos tes medis terlebih dahulu , sebelum dinyatakan sebagai penggawa Laskar Sembada. “Syamsul memang sudah mulai ikut latihan bersama pemain PSS Sleman lainnya. Untuk tes medis segera dilakukan, nanti akan dilihat hasilnya seperti apa,” ungkap Asisten Manajer PSS Sleman, Dewanto Rahadmoyo, Rabu (7/3). Ia tak menampik bila tes medis akan menjadi kunci kepastian Syamsul untuk bersama dengan PSS Sleman selama musim 2018 ini. Pasalnya, meski sudah deal dengan manajemen, namun tidak menutup kemungkinan kesepakatan kedua pihak menjadi batal, seandainya hasil tes me-

rakan dulu, apalagi pemain ini sudah memperkuat Persiba, artinya jangan sampai ada tanggapan PS Tira menggembosi Persiba,” ujar Yandri. Yandri menambahkan, kalaupun dua pemain tersebut akhirnya tak jadi diboyong ke PS Tira, pihaknya tetap memastikan akan memberikan kesempatan pesepak bola asli Bantul untuk bergabung ke PS Tira pada kompetisi mendatang. “Kita akan cari pemain asli Bantul yang main di luar, atau pemain Persiba yang diperkenankan. Saya kan cari-cari nama, siapa sih pemain Persiba yang kira-kira masuk (rekomendasired). Tapi kalau Slamet dan Johan dianggap tidak masalah dari Persiba, dan pelatih juga cocok, kita juga tidak menutup kemungkinan untuk merekrutnya,” ungkap Yandri. (han)

SYAMSUL BACHRI

YOGYA, TRIBUN - Seusai resmi dilantik, Ketua Umum KONI Kota Yogya periode 2018-2022, Tri Djoko Santoso mengatakan, pihaknya akan segera mengumpulkan pengurus kota (Pengkot) masing-masing cabang olahraga untuk menggelar rapat kerja, berkaitan dengan percepatan penyusunan program kerja. “Segera kami kumpulkan agar program kerja cepat tersusun dan direalisasikan,” katanya, usai pelantikan di Balai Kota Yogya, beberapa waktu lalu. Menurutnya, percepatan realisasi program kerja tersebut berkaitan dengan pembinaan prestasi olahraga di Kota Yogya, dengan target juara umum pada Porda DIY 2019 ini.

INSTAGRAM.BORNEOFC.ID

TRIBUNJOGJA/ANGGA PURNAMA

PELANTIKAN - Plt Ketua Umum KONI DIY, Triyandi Mulkan (kiri) menyerahkan

panji KONI Kota Yogya kepada Ketua Umum KONI Kota Yogya, Tri Djoko Santoso di Balai Kota Yogya, Selasa (6/3). “Yang urgen setelah kami dilantik ini adalah membahas anggaran bersama Dispora Kota Yogya yang diharapkan tentunya nanti itu bisa disepakati. Setelah itu baru bisa lari, saat ini, kami itu masih berjalan. Untuk Porda setidaknya butuh Rp8 sampai Rp9 miliar,” paparnya. Dalam kesempatan terse-

but, Plt Ketua Umum KONI DIY, Triyandi Mulkan yang melantik pengurus KONI Kota Yogya menyampaikan agar tidak membuat program kerja yang terlalu muluk. “Kepada pengurus baru saat raker, buatlah proker yang terjangkau sistemastis dan terlaksana. Daripada banyak tapi tidak terlaksana,” kata Triyandi. (ang)


KAMIS PAHING 8 MARET 2018

HALAMAN 16

TEPAT MEDIA ROMOSI P UNTUK S ANDA I BISN

YOGYAKARTA

TV Dibeli Kulkas, Mcuci, TV, LED, LCD, Kontan! .Hub: 0851 0040 0233, WA : 0878 4822 2228 B01347.2018M314075-3

LISTRIK 450W-1,2Jt 900W-1,6Jt 1300W-2,1Jt kos-kosan,Daya besar.081903777852-081328960707 Se-DIY B00002.2018M314320-3

Harga grosir/ecer macam2 alat listrik.Kunjungi:Berkat Listrik di Jl.Juminahan 3 Yogyakarta B00002.2018M310977-3

PLN 900W=1,5jt,Daya Bsr Ok, utk Rmh/Kos/Ruko.087738353278/ 085101610516 DIY-Jateng,CV.PPM

ARSITEK Jasa desain rumah.Desain bisa sesuai keinginan.Hubungi Awang 085643208040

SPIRITUAL Membuat org berkata”Ya”Hutang Percintaan RT Tangga Jual Bli dll Djogja 087836600373 No SMS B00002.2018M311584-3

SKRIPSI Siap bantu skrpsi,tesis&dest all jur.Era(Jl.Janti Gdngkuning blkg STTL)551461/0818277603 B00001.2018M312263-3

Solusi Prima: Bantu Olda,Skripsi, Tesis,Disertasi Timur Brimob T/WA: 0812 2654 9227

B01347.2018M308073-3

USAHA Dijual bekas prlngkpn jualan Martbak,loyang,tungku,2grobak. Dll bs utk rotiBakar081392237830

B00001.2018M314276-3

PERCETAKAN

Jasa Angkut Murah Tarif DalamRingroad 50ribu Telp:085729991818 /087729991818 B01126.2018M313512-3

Dijual etalase ex kantin uk Tg 50cm Pj 75cm Lbr 50cm dan meja,harga nego.Hub 089668484687

B00002.2018M313882-3

Ahlinya service khusus Kulkas & MesinCuci otomatis 081328711780 /085106165064 Mandiri Jaya B01347.2018M312070-3

ANGKUTAN ”taxibarang jogja”js angkut dlm &luar kota tarif mlai 50rb 0812.1520.2888/ WA0877.3989.1888

B00001.2018M311982-3

B00812.2018.314230-3

REPARASI Ahli&cpt dtg:Mcuci otomatis/LM Kulkas,sokis,frezer,AC. Bejo Teknik 0817277569/081223457569

B00165.2018M313724-3

SUMUR BOR -SmrBor tembus batu alat mesin-Smr Suntik/gali/resapan dll085101173321/081325959520 Murah B00812.2018.311543-3

Ahli SmrBor sdtWC salMampt Zauji 082221778900 Jl Wates,Timoho, Jokteng,JEC,Tajem,Berbah DIY

B00002.2018M314211-3

Jasa gambar bangunan 3D,renov, IMB,bangun baru.H: 085228974246, www.efisien-bangunan.web.id

B00812.2018.314501-3

Ahli smrBor(20-100)Tembus batu/ gali/resapan/Psg&svs pompa air 085100333665/08562878665 Grs

B00002.2018M314484-3

Konstruksi Baja,Bangun Pabrik, Gudang,Pagar,Tralis,Arsitek. 0817266893

B00812.2018.311542-3

Ahli smrBor20-100m suntik svs pompAir smr gali salurnBuntu P.Nur 081226561001 Blawong24jam

B00002.2018M313392-3

B00812.2018.312576-3

P Mardi ahli sumur bor sdotWC H:0818271723 Jakal Hrg murah WA085291886699 dr Blawong gnrsi

BANGUNAN 20th lbh pnglmn bid bngnan mlyni renov,rmh br,kosanDll.085291382305 Insaalloh grskuntruksi

B00002.2018M308041-3

Pakar penagkal petir,Ground/ Arde,Pompa air,Sumur bor,WC, Geolistrik.Telp/WA:085101994138

B00002.2018M314352-3

Arsitex Dak Kraton.jasa kontraktor bangunan/rehab Arsitekdakkraton. com.Wa.085647566546

B00002.2018M311731-3

Sedot WC, Svs pompa air 24jam Bor sumur 12m-150m sal buntu H. Bayu 087838452245 Jl.Monjali

B00002.2018M307534-3

ALUMUNIUM Trima servis,bongkar pasang,pasang baru,Rolling,Folding gate,kusen,dll. Tlp/WA 082313823566 B00002.2018M314174-3

Bangun/renovasi rumah mulai dari Rp1,5Jt/m² sd Rp2,5Jt/m² WA: 087839057503 HP 085800096696

B00812.2018.310896-3

Spsials smrBorDlm svs pAir sntk sdtWC bnt rspn24jm JlMglWrbrajanGodeanJkalKmali08121592262

B00002.2018M314481-3

Bengkel Rmh, Anda Bth Tkng Profesional Hub P.Yanto HP&WA 081227116883. Sms aj kami datang

B01347.2018M314217-3

Suntik smur timba/bor smr air brsih, rspn air sdtWC sal mampet svsPompa 085102533744 murah

B00692.2018.313806-3

BAJA RINGAN Bajaringan KMPtruss, C.75-75 SNI 105/m2 trpsng grsi 10th Hub : 082152630036, 081915223666 B01347.2018M311013-3

Bajaringan murah kualitas SNI terpasang mulai dari 100Rb/m².Hub 087818285656/082135471993 B00002.2018M311453-3

EjaTRUSs Baja Ringan:Bj 1WF canopy Gypsum grnsi Rapi Presisi wA081325655973/cp087839535993 B01127.2018M313498-3

BATU BATA Batubata kecil550rb,besar600rb sudah smpai lokasi!Pasir900rb,batu700rb/ truk.wa085643283834

Js Perbaikan Rmh Bocor TalangDak dll.Minat sms TukangLsg 081804322019/081226401661 Garansi

B01347.2018M314223-3

B00002.2018M313121-3

Pelaksanaan Bangunan Gedung,Rmh/ Ruko/KosBsr/Kcl Baru/Renov H:SAE 085602001444SMS/WA KmDtng

GIGI PALSU ”Prima Dental”Laboratorium tempat pembuatan gigi palsu.Cepat&Akurat. Hub:081270325523 Jakal

B00896.2018.314309-3

Suntik beton atasi beton bocor retak keropos.H: Pak Dwi,CV.Gardita 0274-372487/08122742964

B00002.2018M314201-3

AhliGigiMuza psg gi2 palsu&bhel grnsi&brkwlts hrg promo mul45rb 087839090836 Bsdpggl kmnsj

B00812.2018.311821-3

Tukng Bngunn Jogja :Renov.,Psg Kramik,Plafon,Pengectn,Partisi, AlmUnium dll. T:082213819505

B01347.2018M312583-3

Pasang gigi kualitas bagus,harga terjangkau di jamin rapi & nyaman dipake. 081578650375

B00002.2018M310973-3

B00002.2018M313125-3

CANOPY Berkah kusus Canopy hrg trjangkau 175/m grnsi 5Th SNI.WA081 325209457/081804775758 shari jd

B00002.2018M311248-3

B00812.2018.311988-3

GYPSUM ’Nay Gypsum.Mlyani pnjualan bahan &pmasangan garansi 10th.Hg55Rb/m. Maguwo.HP/WA081212336366 B00002.2018M313004-3

Sriwijaya gypsum Seyegan.Mgrjkn gypsum,bj ringan,cat.Hg 45rb/m grs 10th.tlp/wa081329623482 B00001.2018M311709-3

INTERIOR

BIRO IKLAN ’Psg Iklan Tribun/KR,BikinSpan duk,NeonBox,RuningTek:B2D,Jl. Antareja9Wirobrajan081227919789

B00198.2018M314073-3

Aulia Nisa 20th 083840295229, Ayudia 21th 081802663288pijat dit4,ramah,sabar,cantik,mungil B00002.2018M314267-3

Bowo32th (satpam)terima pijat capek dit4/panggil.Bertenaga.Dijamin fresh&beda.087731387048 B00002.2018M314251-3

Bu Wiwin spesial pijat terapi pegal² dan capek, Jl Parangtritis KM 15,5. Hb: 0821 3884 8584 B00002.2018M312305-3

ChristineMassage,44 087738707207 mlynipjt cpe2,ksleo,klhnpria. Sbr, spn,nymn,bsCurhat.dit4. B01347.2018M314214-3

D bk tmpt pjt mlyni smua klhn anda TIMUNG MASSAGE p4an munggur k utr brt jln 08584689107 B00813.2018M314413-3

ExoticSpa mlyni tradtnl mssg llr,body spa.RR Utr no19 Mgwhrjo, Slmn087838185577(tdk bk cab) B00198.2018M314344-3

feby 24th mssg fulbd rmh sabar cantik mnarik khss pggln htl serius Call Me 0856420833714 B00002.2018M314097-3

Firra pijat sht Pria&Wanita Sabar, Cantik,Semok.SMS/WA.0856 40719419.Pelayanan Kami utamakan B00812.2018.314500-3

Griya Pijat Capek Muslim Cah Jogja Bk:08.00-20.00 Anak2-Orgtua Blk Kampus UTY 085101858781 B00002.2018M314094-3

Harry 24th terima pijat pria wanita pasutri 100rb/90mnt hub 085801195813 Jogja Sehat Massage thrps pglmn free soft drink ruang AC parkir belakang T/WA 081225447170 B01347.2018M311161-3

Kenzo msge,shiatsu&spa open promo bln mret all pkt prwtn dr 55rb sgra RRutr monjali sltan indoluxe htel H:085728636178 B00001.2018M314415-4

Massage untuk capek khusus ditempat.Buka jam 09.00-21.00.Hub Rinda WA 08567393666 (NO SMS) B00002.2018M314172-3

Massage:Cantik,ramah,tamah, ditanggung Fresh.Hubungi Rini:081 228 209 747

Mbak Anik pjt cape2 lekas sehat RR timur dpn grsi Damri masuk 3 rmh keTmr Hub 081327626583

B00896.2018.314516-3

B01347.2018M310851-3

Mau Pasang Iklan Muraah di Tribun/KR/SM/Solopos/Kompas SMS/ WA:085100544243 Jl.Godean Km6,5

Mimin Pjtsehat capek2e.d dll dtmpt ramah 081548267782 JECkeTmr 200m blkg pomBnsn keUtr100m

B00165.2018.314257-3

B01347.2018M312976-3

Nabila pjet cpk2 krk llr djmin fres JEC kTmr400m PomBensin keUtr400m (4trpis) 081904021340

BIRO JASA CV.CiptaDunia prosesamn, MrkDgang, CVPTYysn,IMB,Gmbr,IPPT,SIUJK, UKL/IPL,Amdal H085643005109

B01347.2018M313203-3

Nita 20th.Pijatdlm jangkauan anda. Pijat hemat Ringroad Sltn.SMS/WA 085600399914 ditmpt

B00198.2018M312997-3

BIRO JODOH Ayo ngumpul bareng anggota serasi minggu 11 maret jam 09 di griya serasi dftr 08385045760

B00002.2018M313177-3

Undngan temu Jodoh,ahad18 mart jam10 kuncen,jk,dda,gds,jnda,mapan/ umum,FKJDIN 082265008863

HERBAL SusuNabati plancarASI mama soya tbktiMnmbh kwnts&kwlts ASI.Di Apotek/Mnmkt tdkt 0817278232

B00001.2018 M314434-3

B00812.2018.312686-3

OBAT Obat telat bulan asli kw1(Depkes) aman,tntas,brgrnsi,no tipu2. bs dtmpat. H: 085740662009

B00002.2018M313014-3

CLEANING SERVICE Spesialis membersihkan km mandi kotor/berkerak jd brsih sperti bru lagi.081232406340(Alif)

B01347.2018M313791-3

Telat bln 399rb COD gnsi pk 1x lcr&tdk tertipu Tablet BPOM-F’CARE 082257468369 B00001.2018M314431-3

B00002.2018M314162-3

PENGOBATAN Bpk/Ibu pny keluhan vitalitas hub pakarnya P.Parjo 0817465887 mtd pjt dijmnsembuh tnp obat

MONEY CHANGER

B01347.2018M314220-3

SABLON

Dini mesage rilex cantik ramah dan sopan khusus panggilan WA/ SMS:089647665814 B00001.2018M314551-3

Ibu Ida special sembuhkan lmh shwt,ED&bsrkn Mr.P Dijamin tuntas.085601939252/089672104375 B00002.2018M314183-3

KAYU JATI DAMAI Tajem,psnan kusen, pintu&jndl khss jati perhutani 081392707079 www.jatidamai.com

Massage Kebugaran Pelayanan Ramah Sabar Khusus ditempat dipanggil Hub:082143616356 B00002.2018M313089-3

B00812.2018.311989-3

SWALAYAN Pintu Jati 295rb,mhni 200rb,kusen jati 59rb/m.Mulia Jati Jogja 08122771627

SEDOT WC ’Murah/sdtWC,penuh,bntu/ahli smr/ svs PomAir/087739394535,Gamping/ 085641590049 Janti,Maguwo

B00896.2018.314517-3

B00812.2018.313928-3

PERCETAKAN

085100419954 sdtWC,smrBor Dlm,salBntu Semaki-Wirobrajan P.Zahid 081215501288 Jl.RingroadUtr B00812.2018.313931-3

Ahli SdtWC,SalBntu,SmrBor/Suntik, Gali,svs,pomp air.P.Mur Yk 085100442374/0817228556 LsgDtg

B00001.2018M313732-3

B00812.2018.312886-3

CCTV CCTV400rb,ip wifi 700rb,2cam 1,9jt,4cam 2,9jt.Trima srvis&bs Krdt,081390624333/087739226000

Moro Lancar,sdtWC,salBntu,svs pomAir,SmrBor 085100432762 Jl.Wates.0817228577 Jl.Mgl lsgdtg B00812.2018.311040-3

PngurasnWC cptbrsih dgtruk tangkikhsus tdkcpt pnh lg.H:ChandraKirana12 Sagan 562858/589589

B00001.2018M313733-3

B00198.2018M312605-3

SdtWC/SalBntu/SmrBor P.Yatman Jl.Wates/Gamping085100400668 Jakal/Monjali085292531172LsgDtg B00812.2018.312885-3

SdtWC/salBntu/smrBorP.Mugi. H:087739270571 Jl.Godean/Gamping SVSPompa Jakal085327539598Cpdt B00812.2018.312884-3

SedotWC/kurasWC/WC mampet 0818282016 Jl.Bantul-Jl.Godean 085103127999 Kalasan-Jl.Wonosari B00812.2018.314233-3

WC penuh/septic pnh sal mampet svc P.Air sumursuntik timba rspan air H085102884317 lsg Tkg B01347.2018M313508-3

SPIRITUAL Kiestu Pamungkas:Perjodohan, Penglaris,Kerejekian,Pelet/Gendam, Tolak Santet,Susuk,dll.Hub: 081390607111/(WA)082220221005

Mery Massage Kebugaran Pelayanan Ramah Sabar Khusus ditempat dipanggil Hub:081912888252 B00002.2018M314106-3

Monggo Klo capek Keseleo Perut tdk enak slhkan H:087737502137 Bu Atik.Bnr Pjt tdkada Plus B00002.2018M314452-3

ObatKuat,Viagra.PmbsrPns, Hammer ofThor,Vimax,TitanGel.PrngsngW. Alat Bantu P/W.AZAY:087739300704 Jl.Mglng Km12 Sleman. B00074.2018.310908-4

Pijat pgal2&terapi Bu Wien.Jl Magelang km8 jmbtn lyang Jombor keutr 1km.Ada Eko ban ketmr 50m keutr 50m bk tiap hari pk9-19. Tarif pgl 75rb.Trapi 100rb B00001.2018M313588-5

Pijat Syaraf Kejepit,Trapi Otot Sendi,Sesak Nafas,Kesemutan. Pak Giarto 087774444123 70rb B00002.2018M314052-3

Pjt capek drh tnggi vrtigo asma keluhn P/W B.Parmi blkgSPBU Singosaren Js60rb087838287965 B01347.2018M312067-3

Terapi diabetes dan masalah lakilaki. Hub: 081915549382 Bu Rita no SMS B00002.2018M314085-3

Terima Teraphi Pijet di tempat, khusus Pria.Benar - benar Pijet.Hub 0822 4314 3682 Pak Tri B01033.2018M314424-3

Trapi kluhan pria/wnt mtde pjt js60rb djmn smbh tnp obat H:B. Rub081804381859(trpi beneran) B01347.2018M312985-3

Trpi keluhan kjantann hprtensi hpotensi vrtigo diabet P/W js 70rb 1jam B.Ambar087738856000 B01347.2018M312833-3

Pijat full body treatment buat lelaki dgn pemijat/terapis pria tempat bersih:081336124175 B00002.2018M312477-3

Pijat Hesty mlayani pijat capek2 urut dan kerik H:081227063106 bisa di tempat & dipanggil B01347.2018M313792-3

Pijat kebugaran dijamin joss rasakan sensasinya coba aja pasti puas 087839276882 B00002.2018M313932-3

Pijat urut kebugaran untuk pria. Khusus dipanggil.Hubungi;Pak Cip 081215732123 B00002.2018M314356-3

Pijet sehat bu Yuli pijat reflexy,pjt keseleo,pjt capek kerikan,urut bayi. No 0895601387458 B00812.2018.313956-3

Pjt kbgrn 70rb pgbtn lmh syahwat 100rb 90mnt no plus Bu Yuli jl Godean km 10 H087812502203 B00813.2018M314319-3

Pjt tadisional Amel cpk2 kerik llr Wonocatur lmpu mrh blokO ksltn 300m knn jln081903472300 B01347.2018M310848-3

Risma Mssg, mlynipijat trdisional, lulur,kerik,ramah sopan WA:081915527578 khusus dipanggil B00198.2018M312610-3

Rita massage AllIn Jakal Km19 dtg&buktikan 087839935358/ 08562949292 keibuan bs pjt B00002.2018M314057-3

Sehat Prima Rileks Msge Jl RR Utr Concat 58,banyak pilihan mulai75rb/AC nyaman.08170428992 B00002.2018M314060-3

Sgala mcm pjt 80rb&trapi ttk kjntanan,dg trpis yg prfesional,cntk, rmh&sbr.Tlp:087731385247

B00002.2018M312764-3

Terapi Pria 22Th Mssge Man For Man Service memuaskan Hub:Rendra no/wa:089620310394 B00002.2018M314226-3

Tng2 mumpuni,Lihai Kusuma Massage RRsltn Per4an Kshn keUtr 50m Cpk2,Krik,Ksleo087739165859 B00165.2018.313958-3

Topitu,pjt kesehatan(panggilan &ditempat,50rb1,5jm.pijat&terapis pria)sms&wa082328309687 B00001.2018M313373-3

WonderfulMsg kpster mantap,Jl. RRbrt P4anDemakijo keutr2Km tmr jln(sblmSlknMtrm)085643030463 B00812.2018.310895-3

SALON Fitri salon mlyni,Pot,Krimbat,Facial, Bonding,CatRmbt,BodiMsg dll,Jl.Kh Muhdi. 087831701628 B00812.2018.314382-3

New Geisha Sln&body tretmen brt p4an Demak Ijo 300m stlh jmbtn utr/ knn jl dgn 4 traps muda aman,88mlm,087838235199 B00002.2018M314204-4

SlnPondokCntik Spa.Prwtn:Muka, rmbt,badan,RRsltn.CabJl.Paris GabusanKm9.Tlp/WA.087839978776 SHAMPO Shampoo noni BSY BPOM,Theraskin, Crystal-X,dijamin murah & asli,SMS/ WA only:087838267678

LAIN-LAIN Cash/Krdit trmurah TV LED klks Mcuci AC DVD Spk PS alatRT Game camera MT Haryono24(387021)

B00001.2018M312268-3

B01347.2018M314076-3

Dbeli TV,Led,lptop,comp,AC,kulkas, mCuci,mebel,sofa,etalase,tape, sprgbad,dll.WA087830390888 B00001.2018M313363-3

Dijual Ampli Bass Chorg 2000 RCH Kondisi Bagus Harga Nego Hubungi 0851 0052 3895

REPARASI Servis TVPanggilan=LED&LCD. Langsung Jadi”Mudah&No Repot” Budi=Telp&WA ,Tel=085228491818 M=085782491818,X=081803491818

B00165.2018.314258-3

B00001.2018M312579-4

PIJAT & LULUR ”Bunga Daun” open Mey,Lusi,Ida,Lita terapis br2,fullAC,RRutr,brtUPN 082214376611/5d3eecf9

BANK Anda kena BI Checking?Ingin punya E ktp yg resmi lg dan bs buka rek BCA BNI.Bantu buat kartu krdt/ Kta 0818 0936 1751 B00001.2018M314439-4

’Bale Massage’barat UPN RR Utara30m.Tenaga wanita prof,pjt kerik 90rbWA/SMS: 081804106888

GADAI ”Gadai tanpa bunga Mobil/motor +STNK HP,tablet,laptop,TVLED,cair tinggi 087738443488

B00198.2018M314072-3

B00002.2018M314055-3

B00198.2018M311026-3

GADAI 085878578464(WA)/087838310485. Gadai motor/mobil/BPKB langsung cair,aman&resmi tnp surve B00001.2018M314547-3

5 Menit cair tanpa bunga mobil/Min motor th12+STNK HP,Laptop,TV LED,cmra DSLR.085228886251

CATERING RM Mandiri nasi box berkualitas muali 10Rb.Ayam bakar/chicken/ lele/udang dll bisa bayar bulanan.087 808080 335 B00002.2018M314240-4

B00002.2018M314053-3

Bth dana mddk cpt&lgsg cair.Jaminan Mtr+STNK/BPKB Mtr aman& resmi.085100875853/087838100580 B00692.2018.313809-3

Dna lsgcair.Jmnn BPKB/ttpmtr/mbl +STNK.Amn&dpt cshbck.JlGodean Km4.085747000838/087738829877 B00001.2018M311550-3

Dna lsgcair.Jmnn BPKB/ttpmtr/mbl +STNK.Amn&dpt cshbck.JlGodean Km4.085747000838/087738829877 B00001.2018M314410-3

FOTO COPY Jual Foto copy all type paket usaha awal hrg mulai 12jt. 0818 0403 4320 / 0813 9161 8640 B00812.2018.311038-3

Mulai 10jt FC PROMO TERMURAH. Ready stock Canon IR 5020/5000. Minolta 350/521/601 H:081914601912 B00074.2018.314489-3

GENSET

INVESTASI Dicari pendana=80jt,tiap bulan= 4.000.000 jangka=6bln kembali notaris.Serius=HP=08977766125

KEHILANGAN Telah hilang STNK Honda AB 6720 TH an Siti Rokanah yg menemukan Hub : 087739891888 B01347.2018M314488-3

PEMBERITAHUAN Ingin py Incme15jt++/bl&mwjdkn KISS(Kel.Indo.Selamat Sejahtera)? SMS/WA:”KISS”ke085848906132 B00198.2018M311556-3

PENGUMUMAN Bth krywn,jjr dspln,18-35th gj+ mkn+bns,mes Lk².Lam TK Arum Baru jlGitogatiSlm 087839398117 B00002.2018M313424-3

Cari Pasutri tdr dlm u/ kos putri. Bawa lamaran,CV,FC KTP&KK ke Griya Alamanda Jl.Sepakbola 93,Nglaren,Seturan,jam 14.0016.00.(TMSyah 081291870984) B00002.2018M314456-5

GRATIS, kursus Penguatan OtakAnak SD-SD se Jogja, www.poanak. blogspot.com, 0813 9014 8448

B00002.2018M313964-3

B00385.2018M310873-3

Nikah Siri Cara Islam,Biro Jodoh, Rukyah Syariah.Hub:Ust Kyai Muh/085102806650/085728112253

KARTU KREDIT Gestun buka tiap hari Senin sampai Sabtu jam 09.00-16.00 WIB. Hub:081391316899

B00879.2018M311800-3

B00002.2018M314083-3

Gestun&Pelunasan CC murah,seninJumat 09.00-17.30,Lokasi Gejayan WA:082136945750

PAKAIAN AC AC. Chiller. Frezer. Refrigation. Call 0274 865211 APITU Member Yogyakarta

B01126.2018M313699-3

KREDIT ’Butuh dana cepat titipkn motor atau mobil anda pada kami atau BPKB,prosesCpt.087838632727

B00002.2018M313627-3

Bantul Teknik servis AC,Isi Freon, pasang AC. WA 085740964788 Aryo

B00812.2018.311039-3

087739344131(kota)081915554651 (Sedayu)layanann kredt Mingguan jminn trtulis 750-2Jt.H.Sgr!

B00002.2018M314477-3

Cuci AC 50Rb tmbh freon60Rb bnkr/ psng AC 250Rb serv Mcuci/kulkas125Rb.Bgaransi082172749082

B00002.2018M313969-3

Bank Syariah,pembiayaan u/brbagai kperluan anda.Jaminan BPKB/Sertifikat.Ridzo 085643464080

B00002.2018M313796-3

Seccorps AC.Specialist service AC,kulkas,cuci service perbaikan bongkar/psg isi freon dll.Hub 087739666162

B00001.2018M313648-3

Butuh dana modal usaha?Jaminan BPKB/Sertifikat.Cepat dan murah. Hub:Yunto(0812 2951 5413) B00001.2018M313643-3

Butuh dana modal usaha?Jaminan BPKB/Sertifikat.Cepat&murah.H:Ari 083840120708/08174113655 B00001.2018M313649-3

Cukup dg Jaminan BPKB/Sertifikat.Kebutuhan dana anda tratasi. Prss cpt.Anggoro 085729547987 B00001.2018M313652-3

Dana cepat lgs cair jaminan BPKB mtr&mbl,pajak mati,takeover bisa,resmi 24jam:087738690222 WA:081315690799 pin:D2C25CD7 B00001.2018M313909-4

Gadai BPKB mtr/mbl cukup KTP, KK langsung cair NO BI cek NO survey.Hub: Helen 087821300110 B00692.2018.314110-3

Kembangkan usaha dgn system Syariah.Mudah&cpt.Jaminan BPKB/Sertifikat.Santoso 081904183858 B00001.2018M313647-3

Kredit macet-bermasalah.Tanah rumah disita/dilelang.Motor kredit digadaikan:082220518188 B00002.2018M314199-3

Pembiayaan berbagai kperluan anda melalui Bank Syariah.Jmnn BPKB/Srtfkat.Ricky 08562503808 B00001.2018M313654-3

Pembiayaan modal usaha,konsumsi. Jaminan BPKB/Sertifikat.Hub:Sarno (0813 9228 7573) B00001.2018M313653-3

Pembiayaan sistem syariah,murah, mudah,cepat.Jaminan SHM/BPKB. Hub:Nurma(085868425000) B00001.2018M313644-3

Pembiayaan sistem syariah,murah, mudah,cepat.Jaminan SHM/BPKB. Hub:Nurul(0812 1464 4338)

B00002.2018M314514-4

LAIN-LAIN Asuransi BUMN 20 Marketing freelance. Gaji 2,5 jt & Umroh/HKgratis.0852 9000 2809 (sms/WA) B00385.2018M314277-3

Butuh penjual susu segar.Gaji 1.5 juta/bulan,Bensin,Plus bonus. Hub.081.328.027.701 B00001.2018M314278-3

Cr Mdh Mnghslkn Uang Dg Modal Kcl dptUntung Bsr drTransaksi 2arah,ResmiPemerintah Kementerian Perdagangan Hub.0818152626 B00165.2018.314420-4

Dcr 1Org ditiap²kota kecamatan wil Jateng utk buka usaha chicken crispy grobag/stan.Frenchise gratis.hasil sngt bsr,dilatih.Alat² biaya sediri.Hb Kuliner Mandiri 08121592220 WA/SMS B00002.2018M314239-6

Extra income,full/parttime 2-3 jam/hr.Mhs/ibuRT/PNS.Allback ground.H:085725044313 ibu Novie B01126.2018.311521-3

Komunitas jaring dolar profit online forex - binary tersedia software robot otomatis 24 jam raih profit konsisten s/d 100% perbulan hub WA 087787577122 free pelatihan workshop B00896.2018.314519-6

Telah terbukti cetak sukses financial byk orang.Bisnis nyata.Gabung kami sgr 08112542409 Ush Nutrisi Mkanan Sehat, Part/ Fulltime,1-4jt/bln,MhS,IbuRT,Krywn, Umum SMS/WA081391927312 B01126.2018M313823-3

B00001.2018M313640-3

B00002.2018M314299-3

Khusus BPKB Mobil th.2000up, mdh&cair max,bs take over,plat mana saja. SMS/WA:085814815942 B00692.2018.314295-3

Pinjaman 50Jt sampai dengan 5M Cek BI Bermasalah Bukan Halangan Hub: 0878 3446 7127 B00165.2018.313427-3

Proses super cpt jamn bpkb mtr,mbl, truk,angkot,taxi,bis,thn1980-2018. wilyogya 082158556420 B00002.2018M313766-3

B00001.2018M314147-4

LAPTOP Dbayar tunai laptop kmptr TV LED LCD speaker dll normal/rsk dtampung sbnyk2nya082136411799 B01347.2018M311187-3

Dibeli hrga tinggi siap jemput Laptop/CPU/LCD/TV syrt halal SMS/ WA 089622182644 Jogja&sktr

B00002.2018M314170-3

BARANG BEKAS Barkas Bantul:Siap beliTinggi Barkas,Mebel,Alat Fitnes,Bengkel, TV,AC,dll CP/WA087739293678

Mb@ Is Jualbeli brg bks siap membeli elektrnk,prlngkapan RT, etalase,grobakdll.081904175509 B00002.2018M312491-3

B00812.2018.313929-3

3 Jam bisa baca Al-Qur’an, Tahsin & Tahfidz (0274) 4284364 082134415773 amanajogja.com B00165.2018.312553-3

Amana Kursus Stir Mobil,Murah,Cepat Mahir 0274-4284364-08112649978 www.amana-transport.com B00165.2018.312554-3

Kursus bahasa asing komputer/ Akuntansi dpt sertifikat.Hub PIC Telp 370520 WA 081578956084 B00002.2018M314347-3

Sln 150,R pengntn 500,Jahit,Behel, Bbrshop,Sulam Als,www.kursuskusumatiara.com 087838244799 B01126.2018M314533-3

Stir AlFattah Maguwoharjo.Utk pemula&spcialis orgTkut.AdaT4 khs latihan.WA/SMS085701155141 LES/PRIVAT Guru Les Gitar Akustik untuk pemula.Hubungi Vian 0823 5954 9257

HAJI/UMROH Ingin umroh?Hati2 jangan asal murah.Pilih yg amanah & berizin resmi.PT.Jannah Firdaus.Hub. WA:081230 464 720 B00001.2018M313289-4

HOTEL/PENGINAPAN Anggun 30-50rb nginap kmd dlm,TV LED 32”,free wifi,Aman.Jl Kaliurang KM 19 H:085868248449 B00002.2018M310796-3

Hutama Hotel AC, km mandi, TV. Hubungi : Telp 6645766 atau 087738061411 B01347.2018M312974-3

Popi 70-200rb,Fas AC,TV,Heatr MP,PrkrLuas,Jl.Kaliurang km15 T:0274-895484,WA:081325471039 B01126.2018M312231-3

B00001.2018M314029-3

Les SD/SMP/SMA nem tinggi hub Nindya Gama Jl.Nakulo 16A Wirobrajan 370520 HP 081578956084 B00002.2018M311609-3

Paket 5hari garansi bs berbhs bnggris dg bnar.Privat(didatangi 1.5k/mndtangi 750k)lgng dg penemu mtode JariEnglish yg bukunya sdh bredar nasional.Konsultasi WA:0812 4245 1815 B00001.2018M314468-6

REPARASI Komputer anda bermasalah?Kami siap datang.Buka jam 07.00-21.00 Meonk comp:0899-515-9328

UNIVERSITAS Kuliah Prog Transfer Jlr Kusus D3/ S1/S2/S3 Akrditasi Resmi & Cpt Slesai Wsd H:081804397750

CATERING JM Catering:bx ater2 ml25rb,bx ayam uth ml48rb,bx kendr ml23rb,bx mkn ml 6rb,prsmn,pkt nkh,dkr. 085743313277/087738315035

B00692.2018.314523-3

Service mebel Plitur Melamin Jok Kursi rotan dll.Terima Jual-Beli mebel lama.087838275020

B00001.2018M314554-3

KURSUS ’Kursus stir mobil Fadli murah dan bisa antar jemput.Hub:WA/SMS 081328856284 / 0274-388866

B00002.2018M312386-3

B00001.2018M311341-3

B00002.2018M314247-3

Mnrm pemesanan Kitchen set,Kmr set,interior Kantor,Rmh tinggal, Tempat ush dll.081804032400

B00001.2018M313369-3

B00812.2018.312883-3

ASSESORIS 2ND Com.Jogjatronik lt.2/72.Ready stock PC,LCD,LAPTOP seken build up.HP Lenovo Dell.WA 08123120077

B00001.2018M314428-5

Djol meja rotary sablon 8 pallet import,kondisi bekas 75%+dryer. Hub 0817445871

Djl gerobak+isi.bekas pecel lele.trmsuk tenda.piring.gelas lengkap.7,5jt nego.085868229286

B00692.2018.314524-3

Kantorku=terima BPKB mobil/truk/ bis tanpa potongan.tanpa biceking. cepat Hub:082136120110

B01126.2018M314409-3

Djl cpt perabot rumah tangga, Kulkas 2pintu,mesin cuci,kursi plastik, kursi roda,springbed dsb,mau pindahan hub 081215507877, 081392952848,u/ jnjian wkt

B01127.2018M314433-4

PstiCairHrIni JmnBPKBmtr/Mbl NoSurvei,NoPot.Rsmi&Aman NonAB Bs.WA:081327500706/08122696220

B00002.2018M314061-3

B00002.2018M314254-3

Cuci Gudang Disc s/d 60%,SofaAyla 221+meja kaca=1.995rb,SinarSurya Jl.Kyaimojo 79 T:583740

Dibeli barkas:alat RT,electronik, etalase,rak toko,alat bengkel dll. telp/wa085842013639

B00001.2018M313651-3

B00002.2018M314298-4

B00896.2018.314518-3

Beli brg bks Anda meja kursi, almari,kayu bks rmh dll cck byar kes.H: 085729705037 diambil

B00002.2018M314418-3

Pembiayaan system syariah,murah & cepat.Jaminan BPKB/Sertifikat. Hub:Rachmat 081804264581

Dana cpt Jmn BPKB mtr/mbl’92 Pjk telat/plat luar OK.Hub:Maji WA:087838609766/ 082225852900

B00692.2018M313507-3

MEUBELAIR Barkas MebelJati Top Komplit,Jual Ratusan Lmr Mj Krs Pnt KsnDll,Jl Bugisan Sltn08122700229

Borongan:Pagar+Pintu Minimalis P:7,T:1,Mixer Roti,Dipan Kayu & dongkrak Boyo,Box Koran Jati. Semua3,5jt. Hub:087736065365

B00001.2018M313655-3

PEMBIAYAAN Butuh Dwit=Jaminkan BPKB mobil/bis/ truk tanpa potongan,bisa TO,&tanpa BI ceking&terima gadai=mobil/ mtr+STNK.082327758040

Sgl ttg AC ruang:Srv,Bkr/Psg Sw,Psg AC Baru/Bekas (bs TT) Selaras Alam AC.Hub:081226954977

B00002.2018M312785-3

Pembiayaan system syariah,murah & cepat.Jaminan BPKB/Sertifikat. Hub:Irwan (0821 1238 0523)

B00001.2018M310925-3

Spesialis pijat khs laki²,Jl Paris km15,Patalan,Pom bnsn kslt.Ibu Reni Bariah,081390233408

B00812.2018.312227-3

B00002.2018M312641-4

B00812.2018.314232-3

Aquarius reflexy 70rb/jam.Pasar Cebongan ke Utara 50mkapster baru 087839241530

B00001.2018M314139-3

Yg Srius cari jodoh cepat daftar di S-Club,SMS-WA-Tlp 085 878 695 123. Slalu ada yg nikah

Dibeli ps4/ ps3/ ps2/ led tv/ laptop anda dengan harga tinggi,dijemput, Hub. 0819.0418.2000

B01347.2018M311511-3

B00002.2018M313871-3

B00692.2018.314292-3

ANTENA Antena TV 250K,P.Mini 700rb, Parabola jaring 1jt,bs krdt&trm servis 0811746432/0816664821

B01347.2018M311021-3

Anda capek mau pijat....? Hubungi : Dewi HP. 082136106297 di tempat

MAY=0877 2363 1781 mssge:full body dgn usia 23th,di jamin OK kss di pggl.bukti kn

B00002.2018M313110-3

PROMO Canopy baja ringan 170rb/ m², 1hari selesai,awet,rapi,kokoh, garansi:Budi 081915240674

B00002.2018M314467-3

Ahli pjt urat Pak Joko Kotagede sakit boyok perut kembung semutan bea sukarela085878818599

B00813.2018M313977-3

B00001.2018M314152-3

Canopy Galvalum:220.Stainles:320. Pintu pagar,balkon,tralis dll.Proses cpt.CP:082138917173

PIJAT & LULUR 081329 5555 09 Della Massage di jamin Fresh&Rilex plyanan sabar tdk kecewa segera panggil!

TIKET

B00165.2018.310884-3

Menerima Pendaftarn MHS BARU STIE SBI JOGJA Terakreditsi B Prodi Akuntansi & Manaj Bebas Uang Gedung&SKS SPP 375.000/blNett Info&Permhonan brosur:SMS&WA 081329430001 PinBB:D9EC2190 B00165.2018.313230-6

B00001.2018M310860-4

KEHILANGAN Hlg STNK AB-4400-VU a/n Iqbal Helmi Fauzi d/a Meguwo Rt05/47 Maguwoharjo Depok Slmn B00002.2018M314460-3

Hlg STNK AB2105LF a/n Tri Lisnawati d/a RT004/014 d/a Sumber Gamol Balecatur Sleman B00002.2018M314461-3

Hlg STNK AB2421GQ an KRISTANTI da Plumbon Rt05/31 Sardonoharjo Ngaglik Sleman 085643565647 B00813.2018M314321-3

Hlg STNK AB3274XA a/n Anik Pijiyati d/a Bali RT008/006 Girisekar Panggang Gunung Kidul Yk B00002.2018M314482-3

Hlg STNK AB3378UE a/n Siti Azfiroh Muslimin d/a Plosokuning 3 Minomartani Ngaglik Sleman Hlg STNK AB6809PH a/n Agus Widodo d/a Darakan Barat RT57/13 Prenggahan Kotagede Yogya

WISATA Wisata Domestik/International,Rent Car,Umroh dll H:www.amanatranspot.com Tlp0811 264 9978

B00002.2018M314473-3

B00165.2018.310878-3

B00002.2018M314462-3


KAMIS PAHING 8 MARET 2018

LOWONGAN KERJA ADM-KEUANGAN DIBUTUHKAN SEGERA Admin. Wanita.8 jam Min.SMK Akuntansi Gaji menarik & nego SMS/TELP/ WA: 085.292.993.337 X-Workshop Maxi / Seturan Niaga No.7 ( Apt. Student Park ) Jln. Seturan raya B00692.2018.314383-6

Langsung kerja!!!Akur Optik Bantul. membutuhkan ADMINT berpengalaman,penempatan di WATES DEPAN UNY WATES usia 20- 35th menguasai ms word n RUMUS ÈXCEL.Fas:pnghasilan tetap 1.500rb+ Bonus,Hub/SMS/WA 0812 2707 1033 B01126.2018M314280-7

GURU Bth guru.SMU.Muslim.Kb Bina Bintang Educare.JL.anggrek 114 ringinsari mgw 0274 4332388 B00001.2018M314437-3

LOW.RUMAH MAKAN Di butuhkan Karyawan/i untuk Resto dan OnlineShop SMU Sederajat umur max 35Th untuk Resto diutamakan yang mau tinggal dalem Bonus Mingguan dan Gaji. Hub:082300061525 B00002.2018M314109-6

Dibthkn krywn Lk/Pr u/Cafe&Resto di jln.RR Sltn DIY.Juru masak/koki,bs masakan Indo,Chinese&Wetrn.U max35th.Waiters u max 27th pnpmpln mnrik.OB,u max 35th.Minat hub 0812-2687-7775 B00001.2018M314541-6

Dibutuhkan segera Staff(Pelayan & Dapur)utk Restaurant Eropa berlokasi di Jl.Tirtodipuran/Kec. Mantrijeron,diutamakan wanita ,umur max.35thn.Bisa bekerja sama dgn tim.Peminat serius menghubungi 0274-4282322 antara jam 09.00 s/d 17.00. B00002.2018M314454-8

KAPSTER Bth Kpster bs ptng-cmbath max 35Th.Fas GP-UM-Bns.Jl:Veteran 129 Tmr XT Square.081915532346

Dicari pegawai fulltime pria/wanita u:17-28th di Cafe Bima Sakti hub:089612631598

Butuh Kapster/Tukang Pijat Wanita max30Th Berpengalaman. Hub:087738376985 B00002.2018M314268-3

Dicari TK Resto islam pria.Lsg dtg ke Racik Biyung Resto Jl.Perwakilan 17 dpn Hotel Ibis Malioboro Mall bawa copy KTP

B01126.2018M314281-3

Dicari wnt unt rmh mkn disleman yg bisa tdr dlm miinat serius hub. Segera 081804054771

B00002.2018M314357-3

Dibut Kapst yg Serius krj max35th,Bs Ptg.087838443736 Sln Aracelly Djanti 61 Brt Jln Dibut Kapster Pengalaman ,gaji Pokok,Uang mkn,Bnus,Hub:Trend Salon Sidoarum 081392584456 B01127.2018M314289-3

LAUNDRY Dibutuhkan Karyawati untuk Laundry diutamakan yg berpengalaman. Hub:0813281562111 B00002.2018M314173-3

Lowker Warna Laundry Wnta Max 45Th Rjn Jjr Rmah.Gj total1-1,5Jt. Sagan GK V/989.081392375989 B00002.2018M314259-3

LOW.RUMAH MAKAN Bth 8krywti max35th,SMA,gj awal 800rb+bns bl.Krm lmrn:lesehan Andalan jl besi jangkang km1.5 sblm SPBU Mindi.08812714743 B00692.2018.311031-4

Bth Kywti u/RM Ayam Goreng Ny.Jun Brbah Slmn max 30th,jjr,ramah,mau krj krs 081328001596

B01033.2018M314417-3

Bth Pria min SMP,jjr,rajin u/krj di Warung Makan.Tidur dalm/plg,gaji 1Jt/ bln,makan3x.H:082138000461 (tidak trima SMS/WA) B00002.2018M314408-4

Butuh tukang masak utk Warung makan di Condongcatur,bisa masakan jawa.Hub 081226081696 B00002.2018M314225-3

B00001.2018M313920-3

B00165.2018.314399-4

B00001.2018M314548-3

RM.Rata Rata membutuhkan karyawan/ti.Persyaratan:Islam,Usia maks45thn.Ada mess,Layanan kesehatan.Kirim Lamaran ke:Jl. Lowanu 101A Umbulharjo Yogyakarta.Hub:0813-9265-7575/08994121-867 B00001.2018M314150-7

LPTKS GRATIS+SAKU 6Jt Hongkong ,Taiwan, Singapura,Malaysia,Brunei Resmi Depnaker:081325519355. B01126.2018M314116-3

PENJAHIT Butuh pemola pemotong&penjahit busana alusan L/P gaji min UMR Hub:Dela 082226034530 Segera

UMUM Bth wnt cantik max25Th u/pemandu karaoke dJogja.Pndptn1-4jt/ bl.Sandra082133778832/DD46CD51

UMUM Dibut krywn u/krm galon.Gj1.5jt mkn2x dsediakn mes.Jl Imogiri brt km4 No23 WA087738856799

TEKNIK Dibut Tukang Las brpengalaman. Datang bw lamaran di Jl.Nakulo 15 Ketanggungan Wirobrajan Yk

Butuh karyawati min SMP single hub sari jaya toserba jl re martadinata 102 wirobrajan yk.

Dibut Pa/Pi full/part. Min SMP.Lmrn bw ke Kongdom Cell Jl.Poncowinatan 34 Yk. 0274 585880

Butuh Pramurukti/Perawt org skt manula.HubYanikTlp 085700699643 WA 083869797296

Dibut Sopir serabutan toko besi di Jakal km8 domisili disekitarnya,gaji UMR.081328884252

B00001.2018M313866-3

Butuh PRT Pria u/bersih²&Wanita u/msk&cuci.18-50Th .Tdr Dlm Jjr TgJwb.Berbah.H081390135691

B00002.2018M314158-3

Cari PRT&Suster Dalam/Luar Kota/ Luar Pulau,Gaji Besar,Tanpa Potongan.Hub: 0877 363 00027

Dibut:Staf Admin syrt wanita belum menikah,minimal lulusan D3, penglmn di bidangnya,menarik, komunikatif,responsif,sanggup bkrj dgn target/team&jujur.Lmrn lgkp dkrm lgs ke CV.Padi Mediatama Jl.Bimasakti No.99 Sapen Yogya. Paling lmbt 12 Maret 2018

B00002.2018M314071-3

cow/cew tdk mrkok cleaning serv is ktp Diy raj in resikan.0274415928 sgr.Gaji pkk 1jt+bns

B00002.2018M314331-3

B00002.2018M314197-3

UMUM 3Admin Otocare cew.mahir msexel/ofice.18-30th.ktpDIY.Tdkkliah. Kntrk Krj.082112257799WA/SMS Angkutan haji&umroh makkah madinah saudi bth sopir simA/ B,max45th,gji&bns bsr 082231847196

Bth Canvaser CS Komunika Operator SPG Sopir Staf Admin Stpm Servis AC PRT 085643588548 Bth Cleaning Service Gaji,tunjangan menarik.Hub Trust&Clean Seyegan 085701042077 B00001.2018M314297-3

Bth cpt d krjkn dirmh mlipt bg ks coklat uph 650rb ~300rb/hr hub iroh 085310412621 B00001.2018M314272-3

Bth karyawan sift sore lokasi Sidoarum Godean otlet makanan Telp/WA 085385777616 segera B00002.2018M314328-3

Bth karywn/ti SMA/SMK max30th single Allround unt Homestay.Hub 082325422201 B00002.2018M313906-3

Bth krywn/ti u/kaos,max30th,llsan SMA sdrajat.BwLmrn lkp ke Sari Ilmu1,Jl.Malioboro 119 Yk B00002.2018M314246-3

Bth krywti u/Tk.Jjr,rjn,minSMP, max25th,Islam.Bw lmrn ke Pujha Fashion jlry Kledokan no7 Seturan,Jl. RRoad Sltn(¼Mdukismo) B00002.2018M314157-4

Bth Pembantu Rmh Tngga,Wanita 40th keatas,Muslim,Tdur dlm,Niat krja.Hub:081226945665 B00692.2018.314384-3

ALJAZAIR Knstruksi Bth 200 org(Laki)28-43Th,Gaji 7-10jt/Bln Resmi Depnaker=089678187778.

Bth Pria Krywn Pot.Rambut Pglmn ,Gj 3jt/bisa Bg Hasil,max 30th ,Muslim,Hub:081804067909

Gratis+saku Singapura Khsus Majikan Muslim;Brjilbab&BsNgaji ResmiDepnaker:081915355123

Bth PRT wnt single di Jogja jam kerja 8 jam 1bln libur 4 hr tidur didlm Hub:085729421919

KRJ KOREA gaji 15 sd 20 jt/bln, biaya brgkt 1 jt-an,hub. BKLN Rhona Jogja 08112.66612, 085743.580006, www.rhonajogja.com

Bth PRT+ngemong ortu,wanita 19-35,lajang,rajin,jujur.jalimbar residence 089675495400

B01126.2018M314114-3

B01126.2018M314282-3

B00692.2018.312402-4

Krja Jepang umum/ex.Bisa,min SMP max40Th,Sehat Jasmani,Bhs Pasif,TKI Mandiri.081904282837 B00002.2018M314235-3

B01126.2018M314534-3

B00002.2018M314342-3

B00001.2018M314549-3

Bth Sopir,Admin & Marketing Elpiji 12kg.pamungkas Gas.Area Sedayu & Pakem.H:08122737152

B00812.2018.314502-3

B00001.2018M313300-3

B00002.2018M313884-3

B00002.2018M314316-3

B00879.2018M311798-3

B00001.2018M314544-3

Cr Pramuniaga (PR) P/W Delivery (DR) Pria Pny SIM C min SMU max 25th.Niat kerja gj UMR krm lmran Jonnygadget jl.Seturan sltn UPN Hub 087839311500 B00002.2018M314375-5

Cr:pegawai utk toko jl wates,lamaran kirim ke rajalampu jl gajahmada no30 Hub 081328003100 B00001.2018M314435-3

Dbthkan krywti utk swalayan pendidikan SLTP/SMU kpribadian mnarik single jujur usia max27th disdiakan asrama bg serius Hub:081328869032 tdk trm sms/wa B01347.2018M314395-5

Dbthkn llsn SMK Mesin Lmr ke Bengkel Peugeot Auto Service Jl.Kab Slmn Km3,6 TriniTrihanggo B00165.2018.314422-3

Dbthkn tng potong kaca pengalaman/mahir,sopir,hub Tk Kaca Bintang Jaya,jln Godean km 7,Sido Arum,barat Cat Lancar ,081227919003 B00001.2018M314540-5

Dcr sopir & pegawai serabutan laki2 u/toko besi utara psr gowok nologaten jgj.087833775200 B00001.2018M314550-3

Di cari pegawai spa wanita max27 th penampilan menarik gaji 20jt/bulan hub 08112645521 B00001.2018M314023-3

Dibthkan karyawan utk depot air minum isi ulang di jln Dr Sutomo no 53 Yogyakarta B00001.2018M314314-3

Dibthkan repsionis wanita min SMu/ SMK bisa kmptr dan mtr kerja shift max 30 hub guest house ndalem soeratin 081328889687 B00001.2018M314313-4

Bth Tenaga Srabutan,Tdr dlm&Sopir. Gji mnarik,Laki2,max30th.4admin max30th.Hub:081804135008

Dibthkn Tnaga Laki2 utk JualanWedang Ronde dg Gerobak sepedamotor & Jualan Bakmi Jawa di Jakarta,ada mess,H:0811 815209

Bth tnaga krj smpngn melpt bngks coklt uph 60rb/pket 3-4jt/bln.bp sultan 089672571972

Dibuka Diklat Ticketing Gratis, utk masy Bantul. Hub AST Jogja. Tempat terbatas.0818273115

B00002.2018M314401-3

B00002.2018M314394-3

B00002.2018M313455-3

B00002.2018M314190-3

B00074.2018.314391-8

Dibutuhkan Sopir SIM B1 bw Elf Colt Disel krm lantai kramik.JogjaSolo km12.H:087843330150 B00002.2018M314493-3

Dicari ; Tenaga serabutan pa/pi max.40th gaji: 1,5 jt / tdr dlm H: 087738016271. Sgr B00896.2018.314397-3

Dicari ART Rumah Tamansiswa. Beres2 Rumah+Pkrgn Kos.Rajin. Bersih.TidurDalam.Gaji Mulai 1,3jt. Hub:082134444207 B00001.2018M314426-4

Dicari krywan/ti laundry max 38 th 800-1jt jl godean km 1 dan Pogung kidul 08122984202 B00001.2018M314441-3

Dicari pengantar Ulat Hongkong. Gaji awal 1 JT.Ada mess.belum Ada makan.Maks 35 thn.Lokasi Sleman.CP +62 858-7797-3505 B00001.2018M314546-4

Dicari Sopir Travel,maks 40th,Min SIMB1,hafal Solo,Yogya,Smarang 087719972002/081328536577 B00002.2018M314330-3

Dicari tenaga full time utk beri pakan ternak.Maguwoharjo,Slwman.Gaji 1 jt,tdr Dalam,Makan,maks 25th. CP;0819.0407.1800

UMUM Dicari Staf Produksi dg Tugasutama menggoreng dan Delivery Pria,SMA,Miliki SIM C, sepeda Motor,Jam kerja 05.0013.00Hub:085725295301 B01126.2018M314403-5

Gaji 2 juta. Dicari Securityutk krj di Batik YudhistiraJl: Taman Siswa no 150A usia 20-35th 0896-5555-8383 B00198.2018M314180-4

Gratis.Bimbingan bisnis online sampai bisa.Produk sdh tersedia. Hub WA : 0821 3837 3443 B01347.2018M311017-3

Grtis Biaya Bth Tnga Krj Utk Prkbnan Sawit diKalimantan Mess DiSediakn P.Agus 085725973263 B01126.2018.311520-3

Karyawan/ti kuliner+properinya gaji 1.6-3jt syrt KTP alun2lorJl.Bu Ruswo 48 T.085100862073 B00074.2018.314273-3

Karyawati toko minSMA,punya mtr sndri,jujur,tggjwb,Malioboro 167 Tk Subur,dpn Hotel Garuda

B00002.2018M313751-3

Kryti laundry di Pogungbaru bs tdr dlm krj shift serius jujur min.SMP. Hub:085856559627 B00002.2018M314335-3

Langsung krj!Akur Optik Bantul dg 15 cab.Bth Collector Brpnglman, PRIA,Jjur,bs Krjsama team.Pny Mtr +SIM C.STNK&BPKB min th2010, max35th fas:PnghslN ttap 1.775rb+ Tunj.MsKrj+Insntf &Bns.Pnmptan di cab CEBONGAN SLEMAN& KLATEN,H/SMS 0857 2640 0004 B01126.2018M314006-8

Langsung Krj!Akur Optik Bantul dg 15 Cab.Bth Krywn bag Pengecekn Mata.Pria usia20-30th,ada mtr+SIM C,bs krjsm team,Tgjwb.IJAZAH SMA/Sdrjt.Pnghslan ttp1.4jt+Bns Pnmptan di Dukuh JlBantul(SMS/ WA 08122697768).Cab TAJEM SLMN(SMS/WA 08159246125) B01126.2018M314004-8

HALAMAN 17

UMUM Gaji 2juta. Dibthkan Security laki/ prempuan utk krj diBatik Yudhistira Jl:Taman Siswa no 150A usia max35th 089655558383 B00198.2018M314241-4

Lgsg Kerja Konsultan Nutrisi 2-4Jam/hr 3-5Jt/bln Mhs/Krywn/Umum,H:Roby 081555818963(NoMLM) B01126.2018M314531-3

Malioboro Mall membutuhkan Staf Customer Service wanita,max28th, single,mnarik,SMA/D3,mengusai B.Inggris,pnglaman Broadcasting diutamkn.Krm lmrn ke Information Desk Mal Malioboro d/a Jl.Malioboro no52-58 Yogya.0274-551888 cantumkan no Tlp/HP B00002.2018M314512-8

OB/SPG/Penjualan/Gdg/Kasir/ Sopir/Adm/SPV.SD-S2.16-50th.1,73Jt.Toko Besi Tresno.Jl.Kaliurang KM 5 Yk.SMS/WA:081390560317 B00002.2018M305211-4

P/W max21th ulet jujur jual es mangkal, bs tdr dlm/luar.Syarat KTP&KK CP 081804252942

UMUM Proyek diMakkah&Madinah bth tng krj bgn TKkayu,TKbatu,TKcat,TKlistrik gj bsr.083869617300 B00002.2018M314160-3

Prs shampo+sabun but 8staf ,8stpm, 10gdg,5spir,8help,50prod, gj1.52,5jt.087839384827 lgs krj

B00692.2018.314525-3

PT Sindotech Saptatama Kontraktor Waterprofing.Dcr sgr ADM &MKT. Dtg lngsng telp 08112653755 B00002.2018M314450-3

Pusat mainan anak Bth Kywn/ ti,Single,minSMA mak25Th.Lam: Indo Toys Jl B.Katamso266,Jl M. Supeno 62,Jl S.Agung47 0274-385483 B00002.2018M311706-4

Sebuah Resto di Jogja Bth Sgr:STAF ADMPENJUALAN Mngsai Excell, pglmn Adm min1th D3/S1 Akunts STAF PRODKSI MAKANAN?SMA/K/ D3 sgl Jrsn Llsn SMK Boga di sukai. SALES COUNTER Kmnktf Agresif Mnyukai Target,SMS nama-Posisi yg dilamar ke085725295301 B01126.2018M314300-8

Partime Income U/ Kary,Mhsw,IRT,All B.Ground Hub: 0813.9251.4994

Tng Toko Pria,max40th,SIM C,gaji UMR,bawa lmrn lngsung keJl.Parangtritis km 3,5 komplek Ruko Perwita Regency Blok A no27

Partimer u/Prsh Nutrisi Int’l.Smua Jrsn.20thKeatas.Srius.Nama-AlmtLtrBlkng0816676861

Tnp Biaya&Lsg Kerja DiKapal Bali.Gaji+Bonus(20-25Jt)Kontrak 10Bln+Mkn+Ass+THR 085859305239

B00002.2018M314372-3

B00692.2018M313718-3

B01126.2018M313085-3

Peluang Bisnis extra income 1-3Jt,p/f time khss anakmuda 18-30th Mau krj krs H:08179411767

B00002.2018M314169-4

B00165.2018.314312-3

B01126.2018M312410-3

Peluang krj diBandara,Cargo & Ticketing.Min.SMU,mx26th,siap mgkti Diklat.H.AST.085743366878 B00287.2018M311411-3

Perumahan eksklusif cari marketing Agent langsung interview hub Hendri 081931748950 B00001.2018M314274-3

B00001.2018M314545-4

D i c a r i te n a ga p o to n g ayam cwk maks 30th hubungi segera 087856377778 B00001.2018M311991-3

Dicari: Karyawan Toko & Kasir Putri max40th Serius bekerja Hubungi: 0812 1579 0322 segera B00165.2018.314511-3

Dicri krywn utk jualan ayam goreng jam krja 04.30 smpi 11 siang gji 1.1jt tlp/wa 081226471119 no sms B00001.2018M314318-4

Dimodali disediakn tmpt jualan omset kotor dibagi.Es Campur12 Macam Bintang Naila bth 5org u dijadikn pengusaha maju. Lmrn,CV, FcKTP&KK,Fc Ijasah (bebas), Foto4x6 Ke:Jl Wates KM12,5 Kalakan ,Argorejo,Sedayu 081325009986 /085642722222 Yg Serius Sj

Dbtuhkan tenaga serabutan buat bakmi jawa cowok jam kerja 16.0023.00 gaji mulai 800rb lok wirosaban yk hub 082138320809

MARKETING-SALES Cr sales TO,SPG,MD miwon.Fasilitas Viar roda 3.Gaji 2jt+bonus ke Purwomartani.089637709279

Dibthkan karyawati Rumah Makan Rata-Rata tidur dalam,islam,gj+ makan+bonus SMS:081228570606

Dibut Sales Kanvas ares Yogya, Wonosari,Sleman,Magelang,Kedu. Hb:0896.7669.5254/08886668822

Bth tng wnta u/PRT,ke mlysia singapur hkong taiwn.Pt fortuna tama insani hp/wa 08122731823

Dibut 2 tenaga cuci motor.Syarat: Niat kerja,domisili Yogya,FC KTP. Hub:081220218666

Gaji 2 juta. Dicari Securitypria/wnt utk krj di Batik Yudhistira Jl: Taman Siswa no 150A usia 20-35th08965555-8383

PROPERTI

KOST Terima kos putra 300rban/bl JlTatabumi sltan/STPN keselatan dkt kota T/SMS/WA 085725906673

RUMAH DIJUAL

RUMAH DIJUAL

RUMAH DIJUAL

RUMAH DIJUAL

RUMAH DIJUAL

RUMAH DIJUAL

Rmh dalam Ringroad Jl.Tatabumi area kampus T45/100=550Jt KPR lgs pemilik WA:08175468883

Djl cpt rmh kos²an 12kmr,diNologaten gg Seray 127A.Hrg1,7M nego. 08122747618/087738306955

Rmh di gamping Sleman dkt RS PKU &calon Mall Jl.Wates LT922 LB135=650Jt aja WA:08175468883

Rmh mewah Jl.Kaliurang km6 dkt UGM LT272 LB115 murah 2,2M bs KPR nego WA:08175468883

Rmh djl 36/110 SHM+IMB Hrg 339Jt.Kalasan akses lebar 4mtr. 082237024007/087838854647

Djl cpt rmh siap huni ling Cluster, LT155m,LB129m,3KT AC,2KM. Baciro-Yog.Rp1,3M.087738388046

B00002.2018M313892-3

Rmh siap Huni LT150,LB125 2LtHook,tmr Psr Stan Mgwo dkt Bandara, 3KT,2KM,Crpot.081328747999

Rmh Jakal 140m 3KT=475,Palagan 101m=500Jt,Seyegan 2KT=350Jt,Tnh Btl mulai80Jt.087739532715

Djl rmh 2LT LB152 LT150 TPrantara Perum Griya Indah6 no.8A Jl.Godean.Hub lgsg 081392234400

B00001.2018M314310-4

B00002.2018M314179-3

AGEN PROPERTI ”Jasa Properti” siap bantu jual-beli rumah dan tanah Sesuai harapan H:Supri 082177581771 B00002.2018M314021-3

RumahJogja Network : Chanel Youtube ini menerima titip jual Property. WA = 0813 2525 3535 B00002.2018M313986-3

Siap membantu jual/beli tanah dan bangunan di Jogja.Hubungi:Bpk Rahmat 087738356503 B00001.2018M312260-3

DICARI Dicari tanah untuk perumahan langsung pemilik SMS/WA ke 081931748950 B00001.2018M314275-3

KOST Griya Cendekia Kost Exclu Pria Dekat UGM UTYMalioboro Hub Bu Pur Tel 864648 WA 08122595383 B00896.2018.314308-3

B00812.2018.313198-3

B00002.2018M314390-3

B00002.2018M313954-3

Terima kost kary/mhs pria kmd dlm park luas jl wates km 2 kalibayem utr hub 08122795967 B00692.2018.314293-3

RUMAH DIJUAL DjlrmhSHM143JtdiSandenBtlL126m² M8m² B56m² sdh kramik,list,mbl msk 2mk.WA087739293678

B00002.2018M314532-3

Hanya 119Jt Type50,2KT,1KM, carport,lok strategis,Timur Seturan dlm Ring Road 082134536622 B00001.2018M314151-3

PerumahanType36 SHM 84m² Perum Guwosari Pajangan Btl 110Jt&Pek SHM Hub 087839106858 B00002.2018M313900-3

Infokosjogja.com : Urusan iklan kost kami ahlinya, minat iklan Hubungi WA : 081 77 111 33

Rumah Sentolo 72m HG125Jt&tnh bs usaha Warung.Sedayu 50m SHM Pekarangan H65Jt.081393561717

Infokost.com :Pelopor media online informasi kost di Indonesia.Pasang iklan hub:0817711133

Rumah type 29 Hg mulai 146Jt/ an dkt Wates Kulonprogo kawasan 2hektar SHGB&IMB/081329391565

B00002.2018M313979-3

B00002.2018M313983-3

Kos Lgkp harian/blnn KMdlm AC noAC 10mnt keMalioboro PrkrLuas utr PsrGamping 082133616141

B00002.2018M314474-3

B00002.2018M313794-3

Rmh 290Jt di Barat Kasongan,rame siap huni baru T36/80 KPR/cash WA:08175468883 B00002.2018M313888-3

Rmh baru SHMP 60m² full fasilitas 170Jt bs KPR Prambanan CP 081328107819 / 082242708006 B00002.2018M313625-3

Rmh baru siaphuni lngkp kanopi pagar Hrg275Jt.2muka cash bs nego,siap bnt KPR 081336769941 B00002.2018M314243-3

Rmh Cantik 368jt Disc jd 289jtDkt UMY&CLN Kamp UIN Bonus TV32/ACHny Bln ini 062853262002 B00896.2018.314307-3

Rmh masuk 100m dr Jl.Wates km10 Sedayu. 299Jt nego KPR/cash area kampus WA:08175468883

B00002.2018M314084-3

Pusat Info kost: Channel Youtube ini menerima iklan Guest House / Homestay. WA 0817711133

Dijual rumah siap huni harga 259jt net lok dalam ringroad barat Hub:Tlp/ WA 081802631435

Pusat Info Kost: Channel Youtube ini menerima iklan rumah dikontrakan/ disewakan 0817711133

Hook 2muka LT390/LB200 260Jt. 180m/LB100 165Jt Sanden jh mkm kndang sutet TrMsk087839577738

B00002.2018M314339-3

B00002.2018M313114-3

B00896.2018.314515-8

FirenzeParfum Bth Pgw:Wnt,Niat ,Loyal,TggJwb,Max35th,6Jam krj. Gj800-1Jt,ConCat.087829081985 B00692.2018.314386-3

B00198.2018M314182-4

B00002.2018M313890-3

B00002.2018M314229-3

B00002.2018M313887-3

Rmh siap huni/bangun T36:266jt T45:313jt T54:342jt,Free biaya2. H:085741323025/087738085676

Kost putri dekat Blok O, bersih, nyaman,murah.Hubungi: 08180 2741989 atau 081328599383

B00002.2018M314186-3

B01127.2018M314288-6

B00002.2018M312452-3

B00002.2018M313201-3

B00287.2018M314553-3

Rmh 250Jt di Sumberan Sedayu siap huni baru T36/73 KPR/Cash jalur Bandara,WA:08175468883

Rmh siap huni 300jt dislatan Ringrod Kasihan Btl bsKPR/Cash dpn Perum Besar Wa:08175468883

Kost putra fasilitas komplit d/a RS UGM ke utara 300m. Hub WA 0818265141

B01126.2018M314405-4

Dijual Rumah L:1800m2,Rumah Kuno layak huni,full keramik,5Kamar tdr,3kamar mandi,dapur,listrik, sumur, LD:30m,Bangunan 500 m2,Lok:Deket Kota Wates,Harga: 280Jt.Hub:085747236144 WA

B00002.2018M313720-3

B00002.2018M313904-3

B00002.2018M313976-3

B00001.2018M312690-3

Rmh Mrh LT204m LB125m 3KM Tdr 2KM Mandi Tmr Psr KtGede Pringolayan H500jt Ng 087738467654

B00002.2018M313025-3

B00002.2018M313973-3

B00001.2018M313860-3

B00002.2018M313889-3

Kos pasutri muda Muslim jl.Ki Penjawi (timur XTSquare) UK3x6.KM dapur dll.H:081227661276

B00812.2018.314381-3

B00692.2018.314385-3

B00002.2018M313877-3

Baru T56/98= 419Jt SHM IMB.Timur blok O Janti dkt AAU Berbah akses mudah 085100009566 TP

B00165.2018.314421-3

BU Rumah Baru 2KT+KmrMandi dalam LT101 Hg330jt diJl Godean Km8 keutara 300m H:082226730066

B00002.2018M314341-3

Jual murah rmh siaphuni blkng Lipoplaza Lt150m,3Kmr,garasi,dapur,t4 strategis.081328084058

B00002.2018M314089-3

Bu Rumah Pojok 1/2Jadi Tipe 50/134 2Kt SHM Pete Sidomoyo 310Jt Hubungi:0877 3161 7577 TP

B00002.2018M314353-3

Jual rmh LT66m² H380Jt SHM&rmh LT174m² H980jt SHM.Tmr Lottemart Mgwharjo.Nego.081328008645

B00165.2018.313961-3

Dijual rmh LT/LB 106m.SHM Hrg 375 jt Nego.TP.Mredo,Bangunharjo Sewon Bantul.081328297161

B00002.2018M314138-3

Jual u buyer tnh bns rmh lama terawat SHM249 diBcr.5KT,2KM,dpr,grs.H:3M. Hub:081227104259

B00001.2018M314154-3

B00002.2018M314185-3

JL rmh siaphuni prmnas blok12 dpn kampus UIN pjangan btl L86m, 2kt,km,dpr,350ng081326608564

5Unit strtgs JlImogiri Barat Km5 Ngoto&Km8 Bibis,jln aspal papasan LT110&117 T.70 3KT 2KM Carport 2mobil LantaiGranit 600Jt Ng 0818465555/081327782779

Jual Rmh SHM 258 m,di ds srandakan-Nengahan-Bntl tlp.082136618554 Hrg.450 jt

Dijual Apartemen Jakarta H2WIT Djl Rmh L220 Jl Ry Sukowati Sagen 081317250385

Rmh br 325jt KT3 KM2 Psr Godean keutara belakang RS Aturot H:0878 39 987654/08222 53 23456

Dijual rumah mewah di Perum Griya Selaasri Jln.Tajem,harga 825. Hubungi: Dewi 085600951833

B00001.2018M314034-3

B00002.2018M312041-3

Djl rumah 124m² 2LT SHM jl Dr.Rajimin Sleman kota hrg 850nego 085100438876/085743473755

Jl nego banget homestay L:472m² SHM ada 10KT lokasi daerah wisata Kasongan H:081586246510

B00002.2018M314476-3

B00001.2018M314535-3

B00002.2018M313767-3

ElitBrLuxMinmalisDimogiri BrtKm7,5 L110mLb100 2Lt4Kt3KmdLtGrntTmnKlm545JtCas WA087843336660

BU jualcpt rmh baru siaphuni Jl.Wates km9 LT114 SHMP+IMB ling Perum,320JtNego.087839980954

B00001.2018M314311-6

B00002.2018M313123-3

B00002.2018M312318-3

B00002.2018M312607-3

jl rmh baru mnmls siap huni tp 80/189 3KT 2KM r.klrg r.tm carport kusen pntu kayu hati rngka atap ky klmntn shm imb mbl msuk 440jtn bs chas tempo kpr.wa085803466558/ hp085100864062

B00002.2018M312622-3

B00002.2018M308832-5

B00002.2018M314107-3

B00812.2018.313927-3

Rmh 2Lnt 5KT 3KM Full AC,pgr Jlnaspl LT221 LB400,SHM,Jl Nogotirtono35A,H:081328575555TP

B01126.2018M313062-3

Rmh baru siap huni 65/131.Utara bandara Adisucipto 650Jt NG.SHM/ IMB.Tlp/WA 085729182272

B00002.2018M314457-3

Rmh Baru,Mdl Eropa Klasik,dkt RgRoad Tmr mlk Sndiri 1,4 M (Nego).Hub P.Yanto.081225845758 B00001.2018M313862-3

Rmh Br siap huni LT100m² 3KT,2KM,LT Granit.Lok pinggr aspal sttgs aman nyaman dkt kmps.PGRI,UMY.Hg595Jt NG.0812134222892 B00002.2018M313876-4

Rmh dkt lap Kasihan,50m dr aspal,2Lantai LT108.Hrg650Jt SHM.Hrg spesial s/d ahir Maret.Hny 4kav.081336769941/0274-389250 B00002.2018M314244-4

Rmh LT196 LB120 Perum Jangkang JlBahasa C54 Nogotirto Sleman. H960Jt grsi 3mbl.081390653525 B00002.2018M314123-3

B00002.2018M313891-3

B01126.2018M313520-3

RmhSiapakai utara bus Giwangan LT142 LB142 IMB,mblMasuk,AC obral 655JtNego.WA081326541009 B00002.2018M312340-3

Rumahbaru lok utrISI type 100/141 4Kt 4Km carport taman hrg775ng 08122942165/ 087839406245 B01347.2018M314486-3

Tanah 700m² bonus rumah 400m² asri 2 lantai 3,2M jakal km 7 sengkan,budi 081259196810

B00001.2018M314425-3

RUMAH DISEWAKAN 3 Rmh 5Km 2Km 2Km ada Grsi diJakal Km7 perTh 28Jt 10Jt 12Jt Nego Hub:P.Pairan 081328860603 B01126.2018M314530-3

Dikntrakan rmh 3kt 2km 15,5 JT/ thn,tambakboyo dekat Amikom,UII ekonomi,UPN.Hub 08125531276 B00001.2018M314538-3

Dikon rmh perum Wirokerten Indah Jl Pisang A270 Wirokerten Yogya.Strategis dkt kampus pasar/Kotagede.KT4 2KM 1 garasi hanya 20jt/thn Hub:081329140155 B00002.2018M314498-5

Dikont Perum Ngestiharjo 2 sel UPY Lt115 Lb70.3KT AC,dapur set,W.Hiter,Carpot.087838800647 B00002.2018M311430-3

Dikont perum SBI F/149 2LT 4KT 2AC 2KM RT List220VA PAM,parkir 2mbl.H18Jt/th.081228887750 B00002.2018M314480-3

Dikont Prm Graha Banguntapan B8 tmr POM Balong.2KM RT RK RM Dpr KMD.Telp NOSMS085728509365 B00002.2018M314017-3

Dikont Rmh 1RTm 2KT List 900 W 8jt/Th Gamping Kidul Rt02/17. Mbl tdk msk. Hub:082136261309 B00002.2018M314171-3


KAMIS PAHING 8 MARET 2018

HALAMAN 18

KENDARAAN

MOBIL DIJUAL

MOBIL DIJUAL

MOBIL DIJUAL

MOBIL DIJUAL

MOBIL DIJUAL

MOTOR DIJUAL

MOTOR DIJUAL

BENGKEL Pasang/Service Power Steering, TJ Power Steering,Jl.Perum Nogotirto.Hub 085729060207

DAIHATSU Jual D.Ayla 016 km 21Rb AB-Slm. An sndiri mulus warna silver.Minat H081392240908 Tempel/Slm

HONDA Promo Honda Free aksesoris Brio DP21JT3,1JT Mobilio DP10Jt 4,9Jt,JazDP32Jt Ery081392458519

MITSUBISHI Gbyar promo murah,T120ss Dp 3jt,L300 Dp 7jt,open inden Xpander Dp 20% Fauzi WA085750325887

TOYOTA Avanza’05 G Asli AB dr baru Gold 85JtNg&Katana’94 GX AB Pwt Stir Putih 45JtNg 082137978666

VW VW Safari Terpal Th’76,Wrna Oranye,Hrg:28Jt Ng.Hub:08121570141 (TT motor)

HONDA Vario CBS 125 th2013 AB Sleman pajek baru terawat tinggal pake 12,4jt/081802745533 buruan

YAMAHA Mio M3 htm AB Sleman 2015 pjk br,an sndiri.Hub:081328779056 perum Polri Gowok Blok F3 No74

Honda cbr 250 cc.buatan 2014 ,keluaran 2016 mulus,km baru 3000. murah.jogja,08125531276

L.300 solar PU.Rp.43jt.th 85 pjk hdp AB-btl + carry 1.0 pu96 Rp 33jt hub.0878-43131-534 (jln.kab Sleman)

Inova dsl G manual istmw 09/10 km dikit bisa krdt manual book ada 08562869737 noSMS Camry V 2007 silver,plat H pjk hidup,jok Electric,km rendah.Jual cpt BU Hub: 081.721.5754

DEALER

promo,mio m3 sp dp 300 ang 612 35x,,x ride dp 300 angs 749 35x hub wa 087839310277

www.mitsubishidealeryogya.com Dptkan info hrga & promo DP/ angsuran ringan H:081332634869

KAWASAKI 2Kawasaki ZX130,07,C70 th79 modif,srt² lkp,H:C.Sambisari35 utr Soto Batok/08121585758NOSMS

B00001.2018M314125-3

B00002.2018M314270-3

Specialis Kaki²,EPS Powerstering ,Modif,pbaikn&gnt baru,ART Understeel,antrjmput.0818640957 B00002.2018M311266-3

B00002.2018M312822-3

B00001.2018M314429-3

LAIN-LAIN Jual Viar Roda3 warna merah kondisi bagus harga 21,5Juta daerah UGM Pogung 085226613200

0dyssey’05 AD Abu2 Mtlk Jepang Panel2 bagus 142JtNg & Jazz’04 AD Silver 86Jt 081210144929

B00001.2018M314045-3

B00001.2018M314284-4

B00002.2018M314195-3

B00001.2018M314040-3

Jazz06 mmc silver100 ats nama 05 vtec biru manual 100 ats nama msh ori bs krdt085601233202

B00002.2018M313812-3

DAIHATSU djl:d carade 82/ab-7.5jt mitsubishi tss(mini bus)2002 /bg/18 j nego von-0877396633046178

B00002.2018M314265-3

Jual new CRV sport matic 2002 AB an sendiri pjk baru maret ini abu2 met 72jt ng 0818468167

B00001.2018M314438-3

BU djl mobil Zebra Th94 wrn biru,cat mulus,jok baru,mesin halus,tinggal pakai.085647217899

B00002.2018M314334-3

Promo akhir tahun,Mobilio,Brio, Brv DP mulai dari 20jutaan. H. Surya Honda. 0819 0421 2959

B00002.2018M314505-3

B00812.2018.313930-3

PromoHonda CuciGdg.Ready:BRV DP8JTJazzDP17JTHRVDP24JT.WA 081325629151/081578036015Andre B00002.2018M311890-3

PromoHondaDP mulai10jtan.Ready, Brio,Mobilio,BRV,JAZZ dll.ARDI. 085204852215(WA)081804280266 B00812.2018.313199-3

B00001.2018M314423-3

SUZUKI Agen Suzuki mobil:R3/Wgn/Ignis/PU DP2Jtan ready stock. Hub:081316223867 Isman B00002.2018M313896-3

KarimunWagon AB Slmn 2014 TgnI Istw bgs km rendah VLG RC CovJok abu²met.HrgNG/085875800968 B00002.2018M313777-3

Futura th92 plat T mesin bgs STNK hny fotokopi, pajak telat 2014.Hg 15Jt.0895333489270/WA B00002.2018M314350-3

S.APV GX Arena’15 abu²met AD TG1 coverjok fullvar Istw bsTT/krdt H:087738161427

B00001.2018M314050-3

Kijang Krista TH 2000 AB Sleman sdri,pjk bru,ban baru,audio,Hrg 77Jt nego. 087839758134 B00002.2018M313897-3

T.Grand Avanza E 1.3 TH16 silverstone AB TG1 coverjok audio Istw bsTT/krdt: 087738161427 B00002.2018M314464-3

T.Grand Avanza G 1.3 Th14 hitam AB TG1 coverjok fullvar Istw bsTT/ krdt H:087738161427 B00002.2018M314192-3

B00002.2018M314191-3

Pengen motor baru unit 2018? Promo Beat DP600.Vario DP700.Tanpa ribet H 085701525353 Program kredit motor Honda Maret program DP 500Rb syarat KTP,KK.H:087812503945(Tlp/ WA/SMS)

Tnh Pek SHM L132m lok Pandak Jl.Srandakan msk 500m Hrg 75Jt. Hub 085100395228

B00001.2018M313867-3

B00002.2018M314351-3

TANAH DIJUAL Rmh djl pgr aspal kav no6 Dsn Krandon Berbah,2km dr jl.Wonosari Sekarsuni ke arah utr.SHM tnh 60m rmh TP45m 2lantai.H290Jt bs KPR DP30% HP085879859855

Jual cpt promo SHM PEK 109m²/ 105Jt NG. 2muka mangku aspal jauh mkm cm 500m utara Lap Baratan Pakem Slmn 0822 42658149/087838317570

Sanden dkt pasar Celep hook2muka LT230m LD13m 140Jt dkt pasar TK SD SMP SMA 087839577738

Tanah pek 8x15 SHM LT 120m jln cor blok Jl Imogiri Brt km 8 hrg 1jt.300 nego HP: 087739654 240 tidak WA telpn/sms saja

Sedan,Sidorejo,Lendah,Kp Lt ±90m²,ld 8.5m² msh 4 kav 50jt WA/ sms/tlp 0895363187193

Tanah pek 9x16 harga 1350.m nego jalan aspal alus mbl ppsan Widoro Bangunharjo HP:087739 753856 tidak WA telpn/sms saja

B00002.2018M314364-5

B00002.2018M314365-5

BU jual tnh 200m² 110Jt nego.Lok Pantai Jatimalang&510 55Jt lok Pwr.H 082249162977 mbl msk

Jual cpt Tnh SHM Pkr 765m LD16m 10Jt/m Kotak Bgs Jl.Magelang Km7 cck utk usaha087832232555

Dijual 2 tnh kavling di Muntilan Luas 7x10.Harga@49Jt bisa diangsur. Hub 085643947222

Jual Tanah 219m² muka10m pinggir jln aspal hook dkt dgn Ringroad Sltn Hub:082133759908

Dijual cpt tnh SHM Pakem LT326 strategis/nyaman utk ush-huni.Hub: bisa SMS 082225508119

Jual tanah barat UAD Wirosaban dkt Ringroad L158m² muka10m Hg2,9jt/m Hub:081328020064

Dijual Tanah dekat Jln Raya Wates, masuk 150m,LT:40x8m,Harga: 250Jt,dapat 2 muka,Hrga:245JtJln. Wates km 13,Gayam,Sedayu Hub: 0857 4723 6144 WA

Jual tanah kering luas 11000mtr.Cck buat gudang hrg 2,5jt,Ceper,Klaten. Nego H:08122700229

Dijual tanha sawah bgs dijln raya Gendol Tempel Slm LT365m hrg Rp200Jt.Hub 08175413012 B00002.2018M314521-3

Djl tanah diWonosari LS200m² lok depan batas Kota Wonosari 1Jt/m² NG Tlp/WA 085602680384 B00002.2018M314322-3

Djl Tanah diWonosari Ls200m² Lok Samping Batas Kota Wonosari.1,3Jt/ mNG.Tlp/WA081312423792 B00002.2018M314063-3

Djl tnh L2300,500,1000&262m².Lks di Condong Catur tepi aspal.Cck gudang/rmh 08122798551 B00002.2018M314189-3

Djl tnh pek kali abu banyuraden gamping brt ringrut 75m sel rel 75m luas 1387.H08112504535 B00001.2018M313836-3

B00002.2018M313997-3

TANAH DIJUAL Jual cpt promo murah SHMPEK 200m²/95Jt NG akses aspal jauh mkm/sungai lok 1km utara perum Gajah Mada Turi Slmn 0822 42658149/087839535056

B00001.2018M314552-3

Jual cpt tnh SHM L326m²,ping jln strategis/sumur,3muka.Dkt:RS ,Bank,psr,sklh.H:083144557887

B00002.2018M314248-3

Rumah baru 2KT 1KM R.Tamu dapur. Timur Gembiraloka 081 392 464 110 keluarga

TOYOTA Cpt Kjg GrandExtra LGX 92akhir 1.5 AB PS/PW/CL/VR/BR/TP/AC dobel kleng 51jtng 085228380638

BU djl tnh kav LT100m,hrg 3Jt/m nego.Lok 1,5km utr std Maguwoharjo Slmn.Hub 0821.3830.3598

Dijual tanah pekarangan L:105 dekat Ringroad Barat&perumahan.Hrg nego Hub:08124874117

B00002.2018M314032-3

HYUNDAI Dijual hyunday avega ab kota th07 biru siap pakai hrg 55jt nego 08122741233

BU djl tanah pkarngn SHM lok utara LANUD Adi Sucipto L170m² LD12,5 pinggir jl.085647217899

B01127.2018M314285-5

Rmh siap huni 3KT 1KM lokasi utara JogjaBay.Strategis.Hub:0817262452

B00002.2018M313864-3

Jual cpt promo SHMPEK 112m²/ 85Jt NG akses aspal pdt penduduk jauh mkm dkt komplek perum Gajah Mada Turi Slmn 081328566088/087836605324

B00002.2018M313614-3

B01347.2018M313918-3

MOBIL/MOTOR SEWA GejayanRentCar:Avanza+Spr 275, Inova+Spr 425.Hub:085106993888 /www.jogjatransportwisata.com

JUAL R.USAHA Ruang Usaha LT350m² diJln Kabupaten(utara BMKG)Kab Sleman Hg4,3jt/m Hub:082226730066

B00002.2018M313773-3

Rmh sederhana di Glagah Tamanan Bntl hrg 3,5jt/th nego Kt Km Rt Dpr mbl msk H:085780477216

B00812.2018.314234-3

B00002.2018M313966-3

TANAH DIJUAL Utama jalan Magelang SHMP L3537 LD58 harga 10jt/m² Segera hubungi Pak Galung 08122711050

B00002.2018M314010-3

B00896.2018.314522-3

B00896.2018M312018-3

TANAH DIJUAL Tnh pek SHM 952m² LD60 Munggur Srimartani Piyungan (utara Koramil)1,1Jt/NG Hub 0818264616

B00002.2018M313171-3

Rmh ckp bsr,dlm kota,sktr wrgsoto Sholeh,Tegalrejo 200m 3ktgrs, karpt,25jt/th 081328302479

B00001.2018M314436-3

Dibeli tinggi spd mtrBks sgl merk: Gonel Nogotirto WA 081904037008 /085101507530 SMS/Tlp24jm

DiCari=Scoopy FI-Vario FI-Beat FI AB Pmilik Tgn1.Sy dtangi lihat dbayar Cash 085100135904

Shafaa Transp menyewakan mbl dg/tnpsopir dlm/luar kt0274-387896/ 085103052400/087838458999

B00002.2018M314506-3

B00002.2018M314490-3

B00002.2018M314336-3

B00002.2018M314463-3

Mio AllNew Soul GT’17=12,5/m MioZ125’17=11,5 AB Sleman mulus km dikit.Hb 085729134964 nego

B00002.2018M313870-3

Dswkn u/Muslim Perum Margomulyo 48 dkt SMK Seyegan dr Jombor 15 mnt.8Jt/th.WA 081904012599

B00002.2018M314193-3

Dibeli motor/mobil tua-muda sgl kondisi XL= 08787.7799209 Trisno= 661.0099 / 085707.909044

SupraX02 sleman 4,1 & mio J’12 CW injksi wrn putih 7,2.Kamboja4 No126 Congcat085101873283

850m²dpn GOR,BPN Slmn SHM. Proses pngeringan.Lb17m Pj50m hadap jl besar.Hrg NG.081578062424

B01126.2018M314402-3

B00896.2018.314520-3

Cukup byr 635rb sdh bs bawa mtr honda dapatkan pot 2jt(syrt&ketentuan berlaku)087821077595

Sewa mobil+sopirnya dlm&luar kota harga bersahabat.Melayani wisata Jogja.Hub:08124874117

B00001.2018M314035-3

Dkontrakan Rmh Sarimulyo Jakal2Lt 7KT 3AC Grsi Carpot Tenang Sejuk Nyaman Hub:08125942999

B00002.2018M299451-3

Dcri motor yg mau dijual platABJateng siap dtangi cck dbeli tinggi.H:P. Marji 085101644422

Jl cpt Ymh Byson biru plat pjk baru 2013 orisinil prwtan knds bgs Slmn H:Andri 08122769780

B00002.2018M313788-3

B00001.2018M314049-3

B01126.2018.311522-3

BU Vario CS 2008 Bgs AB-Slmn=7,7 NegoMirota Jl Godean 0817467883085101898839 Yk

PromoHot dr Honda Mtr!DP 200rb u/BeatCW&msh bnyk PromoMurah Lainnya.Hub:Ismi 087839456677

TANAH DIJUAL 140jt jd an pmbeli,pek SHM lt 500 ld16 kretek bntul.jl.cor,mbl msk.nyman huni.085878719000

Dkntrkn rmh 2k tidur,dapur r.mkn r.tamu dekat ponpes krapyak btl10jt nego.0877-3419-3937

MOTOR Beli sgl-mtr,sgl-th H:P.Nono Celeban Jl:Soga42 H:081.227.55146 XL:0878.3823.3957

Honda Acord metik,AB kota, Th2000 ,coklat muda metalik.Electric smua. Hrg nego.H:081290544441

RUMAH DISEWAKAN Tenghkota pinggir jlry.Purwanggan 2paviliun AC grs R.tamu perabot pgr Hub:0877.3871.8183

B00002.2018M313760-3

HONDA Beat Vario Supra/Revo Cukup Bayar 700rb KTP dan KK Saja, WA/Tlp/ SMS: 087 838 225 507

Grand civic 91 putih km 64rb antik spt mobil baru jarang ada 08562869737

B00002.2018M314465-3

Disewakan Rmh Perwita Regency Jl.Paris km4 Jogja.3KT 1KM PAM list2200VA carport.0811253033

B00001.2018M314427-3

YAMAHA Djl mtr Yamaha matic X-Ride Th2013 AB,kondisi bgs 9,7Jt/nego sdkt.08175417590/082314057474

B00002.2018M314181-3

B00002.2018M314377-3

B00001.2018M313858-3

Promo Honda,Beat CW DP600,Vario CW DP750,Promo lain Ok,pot cash s/d 1Jt,bs TT 085799033923

Promo Honda DP mulai10Jtan Brio,Mobilio,BRV,JazzDll.Bs tukertmbh 082221722298/087738880008

Dikont rmh.2KT,Rtmu,kmd dlm.3Jt/ th.Sanggrahan Btl.Psr Seni Gabusan ke tmr 1km.085640102624

B00001.2018M314146-3

jupiter 07 hg 6,5,jt mio cw 09 hg 5 jt, mio 04 hg 4,2 jt hub 085100832192

B00001.2018M313857-3

B00002.2018M314036-3

B00002.2018M314266-3

B00002.2018M313749-3

B00001.2018M314126-3

yamaha matic promo dp nol (mio m3/mio z/mio ruji)*.ktp DIY.087845745426

Vario:55 mio:45 shagun:21 thunder:16 cymco:16 bravo/turnado:11 mocin:1 kauman 085102189844

Kijang GrandExtra 96 An Sendiri Istimewa Luar Dalam.AB kota.T:085100135904/Wa

B00002.2018M313968-3

RUMAH DISEWAKAN Dikont rmh baru bagus 2LT 4KT 3KM garasi 17Jt/th perum Polaman Jl.Wates km12 087738425502

B00002.2018M314479-3

LAIN-LAIN Jual beli mtr roda 3 viar,tossa dll stock ada 7 harga 6,5-13jt minat telp/wa 087738733602

Kijang Abu2 Metalik Th94 AB Yk Istw diGandok Jl Imogiri brt km 7,3 Swn Btl.H:082134448251

B00002.2018M314495-3

Djl H Brio E Satya CKD manual putih pjk br kmLow TG1drBr srvis dealer sgt ist.081393979353

B00002.2018M313957-3

B00002.2018M313878-3

NISSAN Abisin stok 2017.GLivinaSVm/t38jt march 37jt Xtrail 50jt.DP kcil hub 081329733060/WA

Suzuki Carry Tyson Th90 AB Kota Merah AC DoubleBlower Hg23jt Hub:085293600334

B00002.2018M313943-3

SUZUKI Satria FU 150 pembelian 2014 awal AB kota pajek baru+aki new mulus 12,9jt/085105171360 BU

B00002.2018M314451-3

S.APV PU Mega Cargo 1.5 Th13 AB TG1 coverjok AC pjk br KIR br, km 29RB Istw:087738161427

HONDA Civic VTI 2003 AT,asli AB,Istw,merah maroon,terawat,interior bersih. Hub:08994637574

B00002.2018M314175-3

Jual mobil Kijang AB Sleman TH 2001 Solar AC Hrg 100Jt.Hb 081328328025

Honda Accord Th89 barang Istmw31jt.Bs tukar tmbh motor T:085100825051. B01126.2018M314407-3

B00002.2018M313955-3

B00002.2018M314271-3

B01126.2018.311524-3

CHEVROLET Spin LT 2013 Disel abu²met. Spin LTZ 2014 1.5 bensin manual kond Ist.Berminat H08122736238

B00002.2018M314264-3

B00692.2018.314387-3

J.Kijang KF 40 th95 biru AB-E barang ist tggl pake pjk panjang.Minat H:081392240908 Tempel

Cuci Gudang! msh Ready Mobilio ,HRV,BRV,NIK2017,Harga Mantap Krdit Ok.Hub:Yoki 087705579776

B02387.2018M314453-3

B00001.2018M314039-3

Djl tnh SHM 108m² Jl.Jogja-Solo km12 samping Toko Mebel Midora,utr bks tmbangan truk,Purwomartani Kalasan.081384958150 B00002.2018M313405-4

Djl tnh SHM L164m2 Jl.Wonosari Km8 keUtr 200m.Jl.Aspal mbl simpangan 1,9jt/m.08562856934 B00002.2018M314507-3

Djl tnh SHM L261m² lok ds Kledokan Selomartani Kalasan Sleman.H: 087845702108/082138545514 B00002.2018M312888-3

DjualCptMrh.Tnh dKancilan Jogja utr dktMerapiView 137m² view Pepohn2,6jt/m,Ng 08.1234563627 B00812.2018.314231-3

Gembongan,Sukoreno,Sentolo ,Kulonprogo.600rb/m lt 417m² ld ±20m sms/tlp/wa 0895363187193 B00001.2018M313826-3

Jl Cpt Tnh SHMP 2338m2 LD40m 1,5Jt/m2 Kotak Bgs Jl Palagan Km16 ke tmr.Dkt rcn Ringroad ke2 cck u/ Invest ph.087832232555 B00165.2018.314398-4

Jl sawah SHM 606m² pnggr jl aspal lok utr LPMP Kalasan dkt perumahan.Hub 085927486274 B00002.2018M313967-3

Jl tanah kav Argorejo Sedayu Sltn kampus Mercubuana LT 109m LD 8m Hrg 975Rb/m 081392238420 B00002.2018M314168-3

JlKabupaten Sleman-swh kering (L387m+L480m)LD24m-jlaspal mbl pmpgn-dkt mkm-081228899150 SHM B00002.2018M313919-3

Jual cpt murah SHM PEK 198m²/145Jt NG akses aspal jauh mkm cuma 1km brt LP/SPBU Cebongan Mlati 081328566088/087821007986 B00002.2018M314363-4

B00002.2018M314368-5

B00002.2018M314483-3

B00165.2018.314509-3

B00002.2018M314067-3

B00002.2018M314068-3

B00896.2018.314513-3

Jual tanah L2700m² LD 30m² H per m² Rp 500Ribu lokasi barat UMY Hub WA 081578956084 B00002.2018M314346-3

Jual Tanah Luas1265 Kebun Duku Cengkeh,sengon,dll.Ld:20 meter Lokasi Datar RataMobil Masuk Akses Jln Cor Lokasi Samigaluh H:081804356347(WA) hrg:175jt B01127.2018M314404-5

Jual tnh kav dlm perum.Lok:Maguwo (Strtegis)LT125m H3,5Jt/m.Serius 082226660001.TnpPrantara

B00001.2018M313852-3

B00002.2018M313953-3

B00002.2018M313970-5

B00002.2018M313116-3

B00001.2018M313827-3

SHM 847m² dpt 2jalan aspal LD10 diBarat UII Jakal Hg 950Rb/m Hub:082226730066 B00002.2018M314087-3

SHM kbn jati 8500m2 LD70m mangku jln truk msk 100rb/m bisa TT mobil Krambilsawit Saptosari GK H 087705493566 B00813.2018M313985-4

B00001.2018M314406-3

TANAH DIJUAL Tanah bagus murah banget L.125 m, hrg 145 jt dr RS Murangan Sleman tdk ada 2 menit.WA 0819.3170.0289, hp 0877.3886.5295 B00692.2018.314294-4

B01347.2018M314219-4

B01347.2018M314215-4

Tanah Pekarangan SHM Hook L101m² di Wioro Jln Pandawa mangku aspal Hub:087739171730 B00002.2018M314069-3

Tanah pinggir Jl.Wates km7,5. Luas180m,lebar10m.Pekarangan H 5,5Jt/m.Tlp/WA 085729182272

SHMP LT200 LD10 lok Grojogan Wirokerten,LT150 LD10.Lok Balong Lor Potorono.Hub 08122736238

Tnh dijl 286m² TP.Blkg Hyatt, pajak pembelian ditanggung penjual.08986675720/WA08986675877

Strategis, SHMP L500m2&650m2 LD 13m dekat gerbang UIN Pajangan BTL 085101849222

Tnh djl LT114m² SHMP Hrg 1,75/ m² Kalasan dkt perum Pertamina 087838854647/082237024007

Strategis-cck u ush-tnh(L156m+139m) LD17m-tepi jlraya brt Masjid Agung Bantul-087839322230

Tnh djl SHM 494m bns bngnn bs u/ush100m utrper4an proliman Bogem Prmbnan3jt/m 085325395527

Swh tepi Ringroad Brt.Dkt UMY Kasihan Btl-(1310m+1834m)LD24mtengah ada jln2m-087839322230

Tnh Pek Hook SHM 225m²(15x15) jl 6m.Srtfkt Berbah Kalitirto 15m dr jlry.Wida081288847303 TP

B00813.2018M313982-3

B00002.2018M313814-3

B01126.2018M311957-3

B00002.2018M313916-3

B00002.2018M313924-3

B00002.2018M314290-3

B00002.2018M314218-3

B00002.2018M314228-3

B01347.2018M314396-3

B00002.2018M313802-3

B00002.2018M314090-3

SEWA R.USAHA Dikont kios UK9x6m. Rolling+kacaparkir dpn 3m.Cck u/kantoran.Bantul kota.Hub087838322759

B00002.2018M314323-3

Dikontrakan kios LB24 LT200 Jl.Garuda timur UMY 15Jt/th min 3th. 08156745206

B00002.2018M313763-3

Tnh pkg.L.105 Rp 2.7jt/m2².Lok.dusun Duwet RT.07 Utara SD Kanisius duwet(pengadilan sleman ke selatan)hp.0878-43131-534

B00002.2018M313781-3

Dikontrakan kios UK9x6m. Rolling+ kaca-parkir depan 3meter.Bantul kota.087838322759 NO SMS

B00001.2018M314279-4

Trmurah SHMP 605m mk 12m sdh dipagerbumi H270Jt Timur prtigaan SapuanginPandak087738322217

Termurah SHMP L850m mk 18m H300Jt NG sltn per3an Sapuangin Pandah Btl H 087738322217

B00198.2018M311292-3

B00002.2018M314324-3

B00002.2018M314296-3

SHMP dlm permhan 600m2 LD12m blkang rest pacific dpn TVRI H 2,7jt/m H 087705493566

B01126.2018M313518-3

B00002.2018M314250-3

B00002.2018M314373-3

Tnh Pek SHM L658m lok utara Puskesmas Srandakan Hrg 250Jt. Hub 085100395228

B00002.2018M313624-3

Termurah SHMP L315m mk 15m H120Jt Brt lapangan Sorobayan Sanden Btl H 087738322217

B01347.2018M311923-3

Dikont R.Usaha lok strategis Jl.M Supeno.LT128 full bangunan. H:087739341389/082134321539

Tnh slt PlengkungGading JlPanjaitan L676m² LD45 SHMP.Akss mudah.085103884168/087812500746

SHMP 303m2.LD12m cck u/Kost,sltn UII,Utr Ponpes Jl.Aspal hdp Timur 3,5jt/m. 081328747999

B00002.2018M314221-3

B00002.2018M314325-3

Tnh SHM tepi RR Lt491m LD19m hook dkt Kampus STIPRAM hg4,5Jt/ m.H:082134619500/08170234585

Tanah SHMP ±9x7m² akses jln 5m Hrg 30Jt utara Candi Prambanan 081328107819 / 082242708006

B00002.2018M314370-3

Tnh Pek SHM L658m lok Brt SMK Maritim Jl.Samas L159m LD13m H80Jt.Hub 085100395228

B00002.2018M314459-3

SHM siap bangun LT 150 LD8 lok Dalem Kotagede(Sel pasar)Berminat hub 08122736238/419122 B00002.2018M313813-3

B00002.2018M311656-3

B00002.2018M314216-3

B00002.2018M313761-3

Hrg promo sewa mbl stok kmplit bsDrop dlm/luar kt AlwyTrans 4435600/0818268597/08157919713

B00002.2018M313775-3

Dikontrakan T.Usaha(u/RM)6x12. Strategis dkt kmps murah 11Jt/th min 5th .0821333 63333

B00002.2018M314059-3

B00002.2018M314242-3

Disewakan Kios Uk:4x9m Harga 7Juta/thn Jl.Paris Km8 Tembi Yogya Hubungi WA:0877 3459 9650

B00002.2018M314378-3

B00165.2018.314256-3

Disewakan ruang tempat tinggal L15m 10menit ke UGM,7jt/th nego. H:081328671458/087738376637

B00002.2018M314286-3

Untk Kntr/Ruko Per4an RR Sel Jl.ImogiriBrt 335m/22m 4jt/m &tepi RR Sel tmr Trmnl UH 430m/14m dpt 3mk 3jt/m&Sltn Laguna Spring Potorono 530m/14m SHMP Mbl Simpgn 1,3jt/m.085100470383 B01126.2018M314537-6

Untuk Kos/RmhTgl 400m SHMP,Loks Jakal km13 msk ktmur 300m.Link Kos,2jt/m.H:081804074040 B01126.2018M314539-3

Untuk Rmh Tgl/Kos 212m Ld10m SHM Pek Lok Tmur Kmps PPPG Kes2jt/m & u/ Usaha Jl.Utama brt Psr Jangkang 3Kav @130m Ld10m SHM 2,3jt/m NG Hub:081804074040

B01126.2018M314327-3

Disewakan ruko 3lantai,luas 7x30, pinggir jl.kaliurang km13 (samping uii)082243437711 B00002.2018M314213-3

JUAL R.USAHA Djl Ruko strategs dkt Kraton deretan Toko kaos&batik Jl Rotowijayan L102m SHM.H:0811258165

Dkont Kantor Salon Cafe Comp Distro.Strategis, Demangan Baru Rajawali 06 0274561778 TP B00002.2018M314317-3

B00001.2018M314042-3

Dswkn:Gudang diMrisi Kasongan(bs u/HomeIndustry)L1142m²jl aspl. Sewa min6Bln.WA081229515222

Jualrmh ruko Lb6*9m Lt114m cck u/kntr ush brtPsrPlayen jl utama tggl pke190jt 085228459524

Oper kontrak cafe di Seturan msh bgs allin 90Jt (sewa,bgnan intrior,wifi)WA/HP 085878806885

B01126.2018M314536-5

B01347.2018M314497-3

B00002.2018M314348-3

B00002.2018M312336-3

B00002.2018M314360-3

Jual tnh kavling L290m² LD30m mbl bs msk diGandok Jl.Imogiri Brt km7,3 telp 082134448251 B00002.2018M314043-3

Jual tnh pek Lt 150m SHM lok brt Puskesmas Playen hg 35jt neg Hub: 082323583456 B01347.2018M314496-3

Jual tnh utara RS Murangan Sleman. Tdk ada 1 km dr Jln Magelang L.130,hrg 150 jt.Hub: hp 0877.3886.5295 Wa 0819.3170.0289 B00692.2018.313995-4

Kapling di Gamping Sleman dkt calon mall LT240=300Jt bs kredit bank WA:08175468883 B00002.2018M313895-3

Kapling di Pajangan Sedayu LT.8590Jt area jalur Bandara Br Rongroad Baru WA:08175468883 B00002.2018M313894-3

Kawasan Babarsari SHMP L440 LD12,5 harga 3jt/m² Hubungi secepatnya Galung 08122711050 B00001.2018M313868-3

Pek bagus-sltn UMY-tepi jlutama Bangunjiwo Bantul dkt UIN-L1640m LD30m-Huk-08175464300 SHM B00002.2018M313926-3

Pek dkt kmp ISI Bantul-L325m LD12m-jlaspal mbl smpgn-dkt jlraya-2,6Jt/m-081226464012 SHM B00002.2018M313913-3

Pek L200m proses pecah,Jl Wts km7 ke slt 1km LD11 H900rb/mNego 081327272665/WA 08562898151 B00002.2018M313632-3

Pek rata bagus-Brt Masjid Agung Bantul-L324m LD12m-jlcor mbl mskdkt jlaspal-081226464012 B00002.2018M313915-3

Pek SHM 166m²,LD10m Lopati Trimurti Srandakan.Hrg 110Jt. 087839106858 B00002.2018M313902-3

Pek Utr kel Bangunjiwo Bantul dkt PADMA-L218m LD12m-jlcor-ramai-truk msk-081229706699 SHM B00002.2018M313922-3

Pekarangan 193m² LD11 Belakang BPN Sleman Hg:1,6jt/m Nego Hub:082226730066 B00002.2018M314088-3

Pekarangan murah SGM Prambanan 530m LD30m. Harga 550Jt nego.Hub 082254815194 Aden B00002.2018M313750-3

Ingin Rumah Mungil Anda Sekeren di Majalah? DI tengah keterbatasan lahan yang ada, memiliki rumah atau apartemen mungil kini seakan sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Terutama mereka para generasi milenial yang tinggal di tengah kota. Harga terjangkau serta kemudahan aksesibilitas dengan lokasi tempat kerja atau hang out enjadi salah satu faktor generasi milenila dalam membeli rumah atau apartemen. Tak heran, bila mereka rela membeli rumah atau apartemen mungil, asal kedua kebutuhan tersebut dapat terpenuhi. Namun yang jadi persoalan, butuh usaha dan pikiran ekstra keras untuk mendekorasi apartemen atau rumah mungil itu. Terutama, bila ingin memberikan kesan minimalis dan hangat bila ada tamu yang datang. Memaksimalkan setiap sudut ruangan yang ada, tentu menjadi kuncinya. Berikut sejumlah tips mendekorasi apartemen dan rumah mungil yang dirangkum KompasProperti dari berbagai sumber: 1. Manfaatkan tangga Jika hunian anda cukup tinggi dan memungkinkan membuat ruang penyimpanan atau kamar berukuran mungil di atas, maka tangga dapat menjadi salah satu cara untuk memaksimalkan fungsi ruang yang ada. Memanfaatkan tangga sebagai ruang penyimpanan. Memanfaatkan tangga sebagai ruang penyimpanan. Gunakan rongga di bawah tangga untuk membuat partisi yang dapat berfungsi

sebagai tempat penyimpanan, entah itu untuk sepatu, handuk, peralatan dapur, atau perkakas rumah sederhana lainnya. 2. Pilih partisi yang tepat Sering kali kita berpikir bahwa untuk memberikan kesan luas pada apartemen atau rumah mungil, yaitu dengan membiarkannya terhampar atau terbuka tanpa pembatas. Padahal, cara tersebut justru membuat ruangan anda menjadi tidak tertata dengan rapih. Pemilihan partisi yang tepat bisa menjadi sekat efektif tanpa membuat ruangan terlihat sempit. Pemilihan partisi yang tepat bisa menjadi sekat efektif tanpa membuat ruangan terlihat sempit. 3. Pasang furnitur minimalis Minimalis di sini berarti betul-betul minimalis, mulai dari meja, kursi, lampu gantung, hingga ornamen penghias dinding. Ini perlu dilakukan untuk menghindari kesan terlalu yang terlalu penuh, sehingga terlihat sesak. Lampu gantung serta set meja kursi minimalis untuk ruang tamu sekaligus ruang makan Anda. Lampu gantung serta set meja kursi minimalis untuk ruang tamu sekaligus ruang makan Anda. 4. Gunakan barang multifungsi Kuncinya adalah memaksimalkan ruang. Karena itu, pemilihan barang pun harus mempertimbangkan aspek tersebut. Seperti dalam memilih sofa ruang tamu. Tak ada salahnya bila menggunakan sofa bed sebagai pilihan. Selain nyaman, sofa bed juga dapat menjadi solusi untuk me-

TIPS PROPERTI

ngeluarkan biaya tambahan untuk dua hal berbeda yang ingin diletakkan di satu ruangan, yakni sofa dan kasur. Ornamen lain yakni meja makan. Di samping memilih meja makan yang bisa dilipat, ada pula meja makan yang bisa disimpan dengan menggantungnya di dinding. Bila cukup kreatif, meja maka ini bisa disulap menjadi meja setrika. 5. DIY Anda harus cerdas dalam memaksimalkan kemampuan berpikir. Merancang ulang barang yang sudah dibeli atau justru membuatnya sendiri, ilmu pertukangan Anda diuji di sini. Namun yang jadi persoalan tak jarang ukuran ornamen tersebut cukup besar. Lantas apa yang bisa Anda lakukan? Ya, buat sendiri ornamen itu secara kreatif atau Do It Yourself (DIY). Keterampilan pertukangan Anda akan diuji di sini. Tak sekedar menciptakan ornamen yang efektif bagi ruangan, tetapi juga dapat terorganisir secara rapih. 6. Pandai memilih warna cat Jangan pilih warna gelap. Percayalah, memilih cat gelap sebai pilihan warna dinding, akan membuat rumah atau apartemen mungil Anda terkesan sempit. Pilihlah warna terang yang akan memberikan ruangan mungil Anda terkesan luas. Warna terang akan memberikan ruangan mungil Anda terkesan luas. Namun, hiasilah dinding itu dengan warna yang kontras, agar terkesan eye catching.(kompas.com/dani prabowo)


MALIOBORO BUFFER 19

KAMIS PAHING 8 MARET 2018

Gachon University Korea dan UGM Gelar Lomba Polisi Sahabat Anak YOGYA, TRIBUN - Gachon University Korea dan UGM mengadakan Lomba Polisi Sahabat Anak dan Bermain Bersama Polantas (PSA/B2P). Tema yang diangkat adalah Fieldtrip Safety Traffic Education for Children Acara itu diselenggarakan di lima Polres di wilayah DI Yselama lima hari berturut-turut mulai 5-9 Maret 2018. Lomba tersebut meliputi lomba mewarnai, lomba bercerita dalam Bahasa Jawa, lomba gerak dan lagu, lomba menyanyi. Dalam acara yang didukung oleh KOICA dan Samsung Electronic tersebut, Gachon University Korea dan UGM memberikan bantuan berupa helm untuk keselamatan, uang pembinaan, trofi, dan lain-lain kepada pemenang. Penyerahan hadiah akan dilaksanakan pada 5 Mei 2018. Kombes Polisi Latif Usman

SEMANGAT

DOKUMENTASI UGM

- Lomba Polisi Sahabat Anak dan Bermain Bersama Polantas yang diadakan Gachon University Korea dan UGM dan didukung oleh KOICA dan Samsung Electronics.

mengatakan lomba PSA/B2P merupakan kegiatan preemtif sebagai upaya menanamkan sikap disiplin berlalu lintas sejak usia dini. “Kegiatan ini untuk mencegah supaya anak-anak bersikap disiplin dalam berlalu

lintas serta mengampanyekan gerakan nasional pelopor keselamatan berlalu lintas.” Latif menambahkan, kegiatan PSA/B2P menjadi media untuk melaksanakan program nasional keamanan dan keselamatan berlalu lintas dan ser-

ta agar anak-anak memahami bahwa polisi bukan sosok yang ditakuti, justru sebaliknya yang melindungi masyarakat. Cara efektif Prof. Huh Eok dari Gachon University, Korea mengatakan, kegiatan serupa juga dilaksanakan di Korea. Kegiatan itu dianggap sebagai saran pendidikan pada anak-anak mengenai keselamatan lalu lintas. “Saya sangat senang melihat anak-anak bersemangat mengikuti acara ini. Acara ini sangat bagus dan efektif untuk mendidik anak-anak.” ujarnya. Gachon University Korea sudah sejak 2017 melaksanakan nya untuk menurunkan angka kecelakaan lalu lintas pada anak. Bersama UGM, KOICA dan Samsung Electronics juga melakukan penyebaran bahan ajar tentang keselamatan lalu lintas untuk anak-anak di Yogyakarta. (cr2)

Pemda DIY Jajaki Kerja Sama dengan Finlandia

TRIBUN JOGJA/HASAN SAKRI

SURAT - Baharuddin Kamba, Seorang warga Yogyakarta menunjukkan surat yang akan

dikirimnya ke sejumlah pihak terkait polemik pelarangan mahasiswa UIN Sunan Kalijaga menggunakan cadar di depan Kantor Pos Besar Yogyakarta, Rabu (7/3). Surat itu bertujuan meminta fatwa agar keputusan rektor soal pelarangan penggunaan cadar tak menjadi polemik.

Sudah Sering Terjadi  Sambungan Hal 13

Menurutnya, pemandangan yang berbeda justru terlihat di Ketandan. Pemerintah gencar menata kawasan yang masuk dalam Kawasan Cagar Budaya Malioboro tersebut agar kental dengan nu-

Angle Tepat Bisa Maksimalkan Hasil  Sambungan Hal 13

grafi dikuasai, setidaknya ketika mengambil gambar dengan kamera ponsel bisa lebih maksimal hasil jepretannya. Prinsip dasar fotografi yang dimaksud adalah satunya, adalah bagaimana menempatkan objek di frame kamera dengan sudut pengambilan high angle, eye angle atau low angle. “Sekarang banyak yang punya handphone dengan fitur kamera yang canggih. Kalau paham bagaimana memaksimalkan kamera tersebut, tentu hasilnya lebih bisa dinikmati dan ketika diunggah ke media sosial, tak hanya sekadar foto, tapi lebih memiliki makna,” terang Indra. Indra menjelaskan pameran ini sendiri diinisiasi oleh Walking Home and Killing Pain, sebuah komunitas yang berisi para seniman lintas disiplin ilmu. Munculya komunitas ini dari gagasan dirinya bersama seorang sahabat yang kebetulan mempunyai hobi atau minat yang sama pada fotografi yakni Tri Pamuji Wikanto. Tri Pamuji Wikanto adalah seorang perupa yang bermukim di Yogyakarta. Sedangkan Indra Bayu adalah seorang desainer grafis pada salah satu penerbit buku-buku referensi dan pendidikan, dan sekarang menjadi fotografer dan desainer grafis profesional dengan mendirikan usaha kreatif di Yogyakarta juga. Ide tersebut muncul di saat mereka berdua kebetulan berada di Jakarta, namun pada tempat dan kepentingan yang berbeda, untuk setibanya di Yogyakarta berencana mengadakan pameran karya fotografi. “Setibanya di Yogyakarta, dan sesudah mengalami

ansa pecinan di masa lalu. Sementara bangunan tua di Kotabaru yang masih ada dan bertahan hingga saat ini, luput dari pengawasan Pemkot dan dengan gampangnya dibongkar. “Kalau tidak ada ketegasan dari Pemkot, bisa-bisa banyak bangunan tua yang dibongkar. Kinerja Pemkot dalam hal ini payah. Di sisi lain, hotel semakin banyak,”

ungkapnya. Terkait pendataan yang dilakukan pihak Dinas Kebudayaan terkait rumah-rumah tua yang layak diajukan untuk menjadi Bangunan Cagar Budaya, Fokki mengaku tidak pernah dilibatkan dalam hal itu. “Selama ini kami tidak mendapatkan laporan dari Dinas terkait itu,” tandasnya.(kur)

beberapa kali pertemuan, ide pameran yang semula berdua menjadi berkembang untuk mengajak teman yang lain untuk terlibat di dalam pameran ini,” tuturnya. Ruang kreasi “Konsep dasar dari pameran ini adalah memberikan semacam ruang untuk berkreasi, menuangkan ide atau gagasan, sekaligus mengapresiasikan karya pada publik, dengan tujuan memperkaya khasanah seni visual secara umum dan seni fotografi pada khususnya,” terang Indra. Di kesempatan yang sama, Vani H. Rahman, seorang anggota komunitas ini menuturkan, setelah berproses bersama, pameran pun diadakan secara berkala setiap tahunnya dengan nama event “Walking Home and Killing Pain”, dan mengusung tema yang berbeda tiap penyelenggaraannya. Kenapa memilih nama “Walking Home and Killing Pain”? Vani menjelaskan, Walking Home and Killing Pain atau dalam bahasa Indonesia kurang lebih berarti “Pulang dan Membunuh atau Menghilangkan Rasa Sakit”, diibaratkan jika seseorang pergi dengan tujuan dan angan yang dicitacitakan, pasti akan mengalami beragam hal yang berpengaruh dalam proses perjalanan menuju, bahkan sampai tujuan tersebut. Entah itu perasaan bahagia, puas, kecewa, bangga, ataupun rasa sakit. “Hingga pada titiknya ada rehat di mana kita menyadari diri kita, kembali ‘mengenali diri’, setidaknya kontemplasi dan instropeksi diri terhadap segala hal yang telah kita lewati atau perbuat. Lintas disiplin Dalam proses perjalanannya, dengan adanya keragaman latar belakang anggota dari berbagai ma-

cam disiplin ilmu, antara lain fotografi, desain, arsip, maupun seni rupa, Walking Home and Killing Pain menjadi sebuah wadah terbuka yang lebih dititik beratkan pada rasa kekeluargaan, bagi kreator seni visual dengan kecenderungan pada tema dan isu-isu seputar sosial dan kebudayaan, yang bersifat pribadi maupun dalam ruang lingkup yang lebih luas. Hal tersebut semakin memperkaya ruang serta sudut pandang dalam proses saling berbagi dan belajar ketika berkumpul dan membahas suatu hal maupun dalam proses, serta hasil karya masingmasing individu. “Kami tidak mengikat pada genre seni tertentu, namun dalam hal ini, Walking Home and Killing Pain lebih bergerak ke arah seni visual dengan media apa pun, selama karya yang dihasilkan bersifat ‘rekam’ visual. Hingga akhirnya tidak tertutup kemungkinan hal tersebut semakin memperkaya dalam hal gagasan serta hasil karya yang konseptual pada masing-masing individu yang terlibat, sekaligus memberi warna pada tiap-tiap pameran yang diselenggarakan oleh Walking Home and Killing Pain,” terang Vani. Vani menambahkan, seperti dalam pameran Ki ini, masing masing seniman dibebaskan untuk merespons tema besar yakni studi cahaya. Sehingga, cara berkarya pun dibebaskan. Ada yang merespons dengan foto dipadukan dengan editing digital ada pula yang membuat foto dengan eksperimen yang tak lazim. “Saya sendiri eksperimen cahaya proyektor yang ditembakkan ke air. Spektrum cahaya yang divisualisasikan tersebut saya coba bekukan dengan kamera,” imbuh Vani. (yudha kristiawan)

YOGYA, TRIBUN - Berbagai kerjasama mulai dijajaki oleh Pemerintah Daerah (Pemda) DIY dengan pemerintah Finlandia. Tidak hanya di bidang pendidikan dan energi, seperti yang ditawarkan Finlandia, namun juga menjamah sektor lain. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY, Budi Wibowo, mengatakan, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X, berharap perjanjian kerja sama juga tercapai di bidang teknologi water treatment, hingga industri menengah ke bawah, semisal Kopi Merapi. “Nanti ada penjajakan lebih lanjut oleh pemerintah Finlandia di Gunungkidul, Ban-

tul dan Kulonprogo,” katanya di Kepatihan, Kompleks Kantor Gubernur DIY, Yogyakarta, Rabu (7/3). Budi mengungkapkan, Sri Sultan berharap Finlandia bisa memberi perhatian pada usaha menengah kecil mikro (UMKM) di wilayah Yogyakarta, dengan menyediakan teknologi tepat guna. Terlebih 98,4 persen industri di DIY merupakan UMKM. Menariknya, tambah Budi, orang nomor satu di DIY itu juga menawarkan Kopi Merapi kepada pemerintah Finlandia. Pasalnya, kegemaran masyarakat Finlandia terhadap minuman berkafein tersebut memang besar, dimana rata-rata mencapai 12 kilo-

gram per tahun. Perwakilan Kedubes Finlandia untuk Indonesia yang membidani urusan politik dan diplomasi publik, Pirjo-Liisa Heikkila, mengatakan, pendidikan dan energi merupakan topik pembahasan utama. Terlebih, Finlandia berkompeten di bidang pendidikan. “Kita tahu kalau di sini (DIY) ada banyak perguruan tinggi. Itu merupakan salah satu alasan kita datang ke sini. Pendidikan adalah topik populer di sini,” katanya. Namun, Heikkila tidak memungkiri, pihaknya juga mendiskusikan berbagai topik lainnya, termasuk sejumlah langkah pengembangan yang dilakukan Pemda DIY. (aka)

Gerakan Mahasiswa Tak Lagi Turun ke Jalan YOGYA, TRIBUN - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Yogyakarta tengah menggelar konferensi pemilihan ketua cabang. Saat berkunjung ke kantor Tribun Jogja, Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) Zuhad Aji Firmantoro, berharap melalui pemilihan ketua cabang baru dapat menggelorakan semangat perjuangan mahasiswa di daerah, khususnya Yogyakarta. “Kami berharap gerakan mahasiswa bisa breakdown di otonomi daerah. Masing-masing cabang bisa memotret wilayah masing-masing dan wacana kedaerahan dapat diang-

Rumah Satu Abad di Kotabaru  Sambungan Hal 13

“Pemilik yang lama sudah meninggal. Lalu diwariskan kepada anaknya. Sempat ditinggali anaknya, lalu kemudian dijual ke orang lain, kalau tidak salah tahun 2017 kemarin. Pemiliknya yang sekarang bukan orang sini,” jelasnya. Atang menambahkan, pemilik baru mendatangi RT dan RW setempat untuk mengajukan rehabilitasi bangunan. Namun pihaknya tidak memberikan izin, sebelum ada rekomendasi dari Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta. “Lalu ternyata pemilik datang lagi dengan membawa surat rekomendasi yang kepala suratnya Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta. Izinnya rehab, tapi nggak tahu ini kok ternyata dibongkar,” urainya. Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan

Waspadai Hujan Lebat dan  Sambungan Hal 13

diwaspadai. Terutama di kawasan rawan bencana, seperti Samigaluh, atau Kalibawang dan kawasan lain yang berpotensi longsor,” katanya, Rabu (7/3). Walau begitu, Biwara mengakui, sejauh ini masih terdapat sejumlah talud yang belum diperbaiki, pas-

kat,” ujarnya, Rabu (7/3). Menurutnya, kini gerakan mahasiswa tengah berada di persimpangan, pas-

careformasi. Kini bukan lagi gerakan turun ke jalan yang dilakukan, melainkan lebih kepada mengang-

kat ide dan gagasan yang merupakan kemewahan yang dimiliki mahasiswa. “Di era terbuka saat ini kami juga harus bisa mendistribusikan ide dengan media. Itu selaras dengan sistem demokrasi kita,” terangnya. Ia juga menyebut bahwa gerakan mahasiswa harus berdasarkan linier di bidangnya masing-masing, tidak melulu harus bergerak di bidang politik. Setiap kadernya harus bisa mengimplementasikan ilmunya demi kepentingan masyarakat. “Kader harus disiapkan untuk berkompetisi dan prestasi adalah modal utama,” tandasnya.(nto)

(LPMK) Kotabaru, Sugiarto menuturkan bahwa sebenarnya tidak perlu repot-repot untuk melindungi bangunanbangunan tua di Kotagede. Menurutnya, Surat Keputusan (SK) Wali Kota saja sudah cukup untuk menekan pembongkaran semacam itu di Kotabaru yang merupakan Kawasan Cagar budaya. “Saya melakukan penelitian, ada 58 tempat tinggal di Kotabaru ini yang layak menjadi Bangunan Cagar Budaya. Itu sudah saya ajukan ke Bappeda pada 2012. Hanya saja sampai sekarang tidak ditanggapi. Salah satunya yang masuk dalam penelitian saya adalah rumah ini,” ucapnya. Masuk KCB Sementara itu, Koordinator Forum Pemantau Independen Pakta Integritas (Forpi) Kota Yogyakarta, FX Harry Cahya menyayangkan pembongkaran rumah tua yang layak mendapatkan status Bangunan Cagar Budaya tersebut.

“Bangunan Cagar Budaya itu kalau usianya sudah 50 tahun. Masyarakat bisa ikut melaporkan ke pemerintah kemudian didata dan diverifikasi. Walaupun bangunan ini belum masuk sebagai Bangunan Cagar Budaya, tapi ada di Kawasan Cagar Budaya,” ujarnya. Harry menjelaskan, seharusnya renovasi atau tindakan apapun yang ada di Kawasan Cagar Budaya, harus mendapat rekomendasi dari Dinas Kebudayaan. “Kami mendorong pemerintah dan khususnya Wali Kota dan Gubernur agar menjadikan kasus ini untuk refleksi bersama, agar kita segera menata dan mendata semua Bangunan Cagar Budaya. Masyarakat sudah berinisiasi untuk melakukan pendataan, dan harus diapresiasi,” tandasnya. Saat ini, lanjutnya, kondisi bangunan tersebut hanya menyisakan tiga dinding dan atap. Sudah lebih dari 90 per-

sen yang hilang. Tidak bisa dikatakan ruangan, hanya terdiri dari tiga dinding dan juga atap saja. “Kalau seperti ini, sekarang kembali ke pemiliknya,” ucapnya. Bukan BCB Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, Eko Suryo membenarkan bahwa pihaknya telah mengeluarkan surat rekomendasi untuk bangunan yang sedang direnovasi tersebut. Eko menegaskan bahwa bangunan tersebut bukan termasuk Bangunan Cagar Budaya dan juga bukan Bangunan Warisan Budaya. Ia menambahkan, rekomendasi tersebut nantinya dijadikan gambaran untuk merenovasi bangunan tersebut supaya sesuai dengan Kawasan Cagar Budaya yang bangunannya memiliki ciri khas art deco. “Sekarang tinggal mengawasi, agar renovasi sesuai dengan rekomendasi,” bebernya. (kur)

cabencana siklon tropis cempaka beberapa waktu lalu. Hal tersebut dikarenakan, proses rehabilitasi dan rekonstruksi (rehab-rekon) baru akan dilaksanakan April mendatang. “Untuk daerah rawan kita ada petanya, ya. Salah satunya di Patuk, Gunungkidul, sepanjang Sungai Bomo itu juga kemarin sempat meluap. Rehab-rekon memang belum mulai, tapi kita siap lakukan prosedur darurat,” cetusnya. Pantau cuaca

Di samping itu, Biwara memastikan, pihaknya memiliki posko internal, untuk memantau kondisi cuaca di seluruh wilayah DIY. BPBD DIY pun tetap mewaspadai setiap fenomena alam yang terjadi, dengan memaksimalkan seluruh elemen penanggulangan kebencanaan. “Di kabupaten dan kota, seluruh komponen penanggulangan bencana bisa ikut antisipasi terhadap kemungkinan-kemungkinan akibat fenomena alam ini. Seluruh

elemen bisa kita gerakkan,” tukasnya. Sementara itu, BMKG DIY menyebutkan, bahwa kondisi atmosfer saat ini, hingga beberapa hari ke depan, diindikasikan mengalami peningkatan, dengan ditandai dan terdeteksi adanya aliran udara basah dari Samudera Hindia ke wilayah Indonesia. Di sisi lain, posisi matahari dalam gerak semu tahunannya di sekitar ekuator, berdampak pada meningkatnya intensitas radiasi ke bumi. (aka)

TRIBUNJOGJA/SANTO ARI

KUNJUNGAN - Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Yogyakarta berfoto bersama Pemimpin Redaksi Tribun Jogja.

Cinta Taekwondo  Sambungan Hal 13

hidin, Balai Wonosari, di SD IT Tunas Mulia,” kata gadis kelahiran Yogyakar-

ta, 11 Februari 1996 ini. Ia menyebut, olahraga bela diri sudah disukai sejak kecil. “Dari kecil saya sudah suka olahraga beladiri, lalu kelas 1 SMP saya memulai latihan taekwondo,” ungkapnya.

Ia juga pernah mendapatkan penghargaan di tahun 2013 dan 2016. “Saya juga pernah mendapatkan Pemuda Award ditahun 2013 sebagai atlet dan ditahun 2016 sebagai pembina berprestasi,” katanya. (cr1)


17

KAMIS, 8 MARET 2018

20

KAMIS PAHING 8 MARET 2018

AFP PHOTO/MARCO BERTORELLO

LEONARDO BONUCCI

GETTY IMAGES/SHAUN BOTTERILL

LIVEAT O(9/N3)

LAURENT KOSCIELNY

JUM

2.00 WITA 01.00 WIB/0

H

ASIL suatu pertandingan sepak bola tidak hanya ditentukan oleh kualitas teknik pemain masing-masing tim. Mental turut memainkan peranan penting dalam menentukan hasil akhir. Demikian yang jadi terjadi jelang laga leg pertama babak 16 Besar Liga Europa 2017/18 antara AC Milan dan Arsenal di San Siro, Jumat (9/3) dini hari waktu Indonesia. Mental para pemain Rossoneri sedang bagus, sedangkan mental para pemain The Gunners sedang jelek. Mental skuat AC Milan makin bagus sejak kedatangan Gennaro Gattuso di bangku pelatih. Rossoneri terus meraih hasil positif dan mereka makin solid sebagai sebuah tim.

AC MILAN

v

ARSENAL

MENTAL KAPTEN

Leonardo Bonucci, kapten AC Milan, menuturkan Gattuso menghadapi banyak tekanan ketika ditunjuk sebagai pengganti Vincenzo Montella. Menurut Bonucci tekanan yang didapat terlalu banyak untuk ukuran seorang pelatih seperti Gattuso. "Tapi dia sukses mengubah tim ini seperti apa yang dulu dia pelajari sebagai seorang pemain. Dia sukses menyatukan kepingan puzzle. Sekarang kami adalah sebuah mesin," ujar Bonucci kepada Milan TV. Rossoneri menyongsong laga melawan Arsenal dalam kondisi bagus. Dalam enam laga terakhir, AC Milan selalu meraih kemenangan. Pengecualian hanya laga Coppa Italia melawan Lazio karena mereka menang lewat adu penalti. Namun demikian, fakta yang

menarik dari performa AC Milan adalah ketangguhan lini pertahanannya. Rossoneri selalu mencatatkan clean sheet dalam enam laga terakhirnya. "Dua klub sedang mengalami sebuah siklus baru. Arsenal memiliki sejumlah pemain penting, terutama di lini tengah ke depan. Kami harus membuat perbedaan lewat kolektivitas kami dan saya yakin kami bisa menghadirkan masalah bagi klub seperti Arsenal," kata Bonucci. Suasana di AC Milan jauh berbeda dari suasana di Arsenal. Kepercayaan diri The Gunners sedang jelek lantaran sejumlah hasil buruk yang mereka raih. Arsenal sedang mengalami periode buruk. Mereka hanya menang tiga kali dari 14 laganya di tahun

2018. Akhir pekan lalu mereka menelan kekalahan 2-1 dari Brighton & Hove Albion, tim promosi Premier League musim ini. Kekalahan tersebut jadi kekalahan keempat The Gunners hanya dalam rentang 11 hari. "Kami tahu kami berada di situasi buruk, periode buruk. Kami berusaha berjuang dan bermain sepak bola, namun kalian bisa melihat kepercayaan diri kami sangat rendah," ujar Laurent Koscielny, kapten Arsenal, dikutip dari The Guardian. Laurent Koscielny yakin kepercayaan diri timnya bakal kembali secara perlahan. Menurut pria 32 tahun tersebut Arsenal harus meraih kemenangan agar kepercayaan dirinya kembali. Mengakhiri Premier League

JADWAL SIARAN LIGA EUROPA JUMAT (9/3) DINI HARI 01:00 WIB/02:00 WITA

AtlĂŠtico Madrid vs Lokomotiv Moskva

beIN Sports 2

01:00 WIB/02:00 WITA

Borussia Dortmund vs Salzburg

beIN Sports 3

03:05 WIB/04:05 WITA

Lazio vs Dynamo Kyiv

beIN Sports 2

03:05 WIB/04:05 WITA

Olympique Marseille vs Athletic Club

beIN Sports 1

03:05 WIB/04:05 WITA

Sporting CP vs Viktoria Plzen

beIN Sports 3

musim ini di peringkat empat besar adalah hal yang mustahil terjadi bagi Arsenal. Oleh karena itu, Liga Europa menjadi satusatunya jalan terbaik bagi Arsenal untuk mendapatkan tiket tampil di Liga Champions musim depan. "Situasi belakangan ini sulit bagi semua orang, mungkin yang pertama kali bagi mereka semua. Kami tidak percaya pada kualitas individual kami dan secara kolektif," kata pria asal Prancis tersebut. (Tribunnews/deo)

DIRECT POINTS l Mental para pemain AC Milan sedang bagus l Pemain-pemain Arsenal sedang mengalami krisis kepercayaan diri l Leonardo Bonucci optimistis Rossoneri bisa menyulitkan The Gunners

Tribunjogja 08-03-2018  

Tribun Jogja Edisi 08-03-2018

Tribunjogja 08-03-2018  

Tribun Jogja Edisi 08-03-2018

Advertisement