Page 1

SABTU PAHING

Redaksi 0274 557 687 (102) / 0857 4319 6999

3 MARET 2018 15 JUMADIL AKHIR 1439 NO 2489/TAHUN 6

Sirkulasi / 0851 0212 2000 Iklan 0274 557 687 (417) 0851 0012 1000 0857 2949 3333

Halaman

RP 2.000

LANGGANAN RP 55.000

LIVER POOL

Boleh... Bermobil Sambil Dengar Musik

PELATIH:JURGEN KLOOP

4-3-3

Bertemu Sang Mantan

 Tafsir Larangan Dinilai Terlalu Berlebihan

Pertandingan Liga Inggris pekan ke-29 Minggu (4/3) pukul 00.30 WIB Di klasemen Liverpool posisi 3 dengan 47 Poin Newcastle United berada posisi 15 dengan 29 Poin Rafael Benitez menghadapi mantan klub yang pernah dibawa juara Liga Champions 2005

Mendengarkan musik dengan gerakan-gerakan berlebihan itu yang nggak boleh. Tapi kalau mendengarkan saja tidak masalah. Brigjen Pujiono Dulrahman Dirgakkum Korlantas Polri

JAKARTA, TRIBUN - Polemik pelarangan mendengarkan musik atau mobil sembari mengendarai mobil memicu perdebatan di masyarakat. Hal ini bermula dari pernyataan Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto, yang mengatakan kebiasaan semacam ini merupakan bentuk pelanggaran aturan yang ancaman hukumannya tak main-main. Budiyanto mendasarkan pernyataan atas Undang-Undang (UU) Nomor 22 tahun 2009 Pasal 106 ayat 1 junto pasal 283 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Pilih Lagu yang Tepat MEMANG saat mendengarkan musik di mobil, musik bisa membuat perhatian pengendara teralihkan saat menyetir, atau istilah distraksi. Menurut psikolog Agatha N. Ardhiati, 88 persen pe-

ngendara selalu mendengarkan musik di dalam kendaraan, sementara sisanya kadang-kadang saja atau tidak mendengarkan musik.  ke halaman 11

*Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto menyatakan mendengarkan musik sambil bermobil melanggar UU 22/2009. *Argumentasinya didasarkan pada Pasal 106 Ayat 1 dan Pasal Pasal 283, yang intinya menyebutkan pengendara dilarang melakukan aktivitas yang mengganggu konsentrasi di jalan. *Ancaman hukuman bagi para pelanggar adalah denda maksimal Rp750.000 atau pidana kurungan tiga bulan. *Namun, hal ini kemudian diklarifikasi oleh Kakorlantas Mabes Polri Irjen Pol Royke Lumowa, bahwa aturan itu tak tertulis dalam UU 22/2009 tentang LLAJ. *Royke menitikberatkan bahwa mendengarkan musik jangan sampai mengganggu pengendara lainnya. Dia mencontohkan seperti angkot yang memutar musik dengan kencang. *Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pujiono Dulrahman pun mengatakan, tak ada larangan merokok dan mendengarkan musik saat mengendarai kendaraan. *Psikolog mengingatkan, yang perlu diwaspadai dari mendegarkan musik adalah distraksi. Artinya pengaruh musik itu sendiri kepada konsentrasi.

NEW CASTLE

Hal

13

PELATIH:RAFAEL BENITEZ

4-2-3-1

Jordan Henderson jadi Kapten Libverpool sejak Juni 2015 Jamaal Lascelles ditunjuk sebagai Kapten Newcastle United sejak Agustus 2016 Liverpool punya trisula maut Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane Liverpool baru pernah sekali kalah dari Newcastle di Anfield Pertandingan terakhir Liverpool menggasak West Ham 4-1 Newcastle United menderita di tiga pertandingan terakhir, kalah 1-3 dari Manchester City, imbang 1-1 kontra Crystal Palace dan imbang 2-2 bersua Bournemouth

Revitalisasi Malioboro Tiga Kali Lipat Proyek 2017

20

DENGARKAN MUSIK

 ke halaman 11

GRAFIS/FAUZIARAKHMAN

Hal

MENYETIR DAN

Taji Trio Penyerang Tajam

LIVERPOOL layak disegani oleh lawan-lawannya. Maklum, mereka memiliki trisula penyerang maut. Roberto Firmino, Mohamed Salah dan Sadio Mane. Ketajaman mereka bakal jadi momok bagi Newcastle United yang akan melawat ke Stadion Anfield. Tak pelak, pelatih Newcastle yang pernah membawa Liverpool sukses memboyong trofi Liga Champions, Rafael Benitez pun gusar. (*)

Nina Kozok

Kapolda DIY Roadshow ke Pondok Pesantren

Belum Lancar

Ulama Prihatin Merebaknya Pertikaian Brigjen Ahmad Dofiri keliling daerah menyapa para ulama dan santri pondok pesantren. Jenderal bintang satu ini mengajak semua kalangan untuk bersama menjaga keamanan.

PULUHAN tahun tinggal di luar negeri dan kembali ke Indonesia untuk menekuni dunia modelling dan aktris membuat Nina mengalami sejumlah kesulitan. Terutama dalam hal berkomunikasi. (*)

K

apolda Brigjen Ahmad Dofiri menggelar silaturahmi bersama pengasuh pondok pesantren se-Kabupaten Bantul di Pondok Pesantren Annur, Ngrukem, Pendowoharjo, Sewon, Jumat (2/3) siang. Digelarnya silaturahmi ini sebagai upaya menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat khususnya wilayah Bantul dengan melibatkan peran serta para ulama dan santri.

Hal

10

WARTA KOTA/ALEX SUBAN

 ke halaman 11

TRIBUN JOGJA/MUHAMMAD SYARIFUDIN

SILATURAHMI - Kapolda DIY , Brigjen Ahmad Dofiri menggelar sila-

turahmi di Pondok pesantren Annur, Ngrukem, Sewon, Bantul, Jumat (2/3)

Trending Topic di tribunjogja.com

Eternit Puskesmas Ngaglik 1 Jebol


KONTAN TRIBUN FINANCE 2

SABTU PAHING 3 MARET 2018

M o n e y Ta l k s Mega Bagi Dividen Rp93,34 per Saham JAKARTA - PT Bank Mega Tbk akan membagikan dividen tunai senilai Rp93,34 per saham. Kadiv Jasa Kustodian PT Kustodian Sentral Efek Indonesia, Hartati Handayani, Jumat (2/3), menyebut, tanggal akhir perdagangan saham Bank Mega dengan hak dividen di pasar reguler dan negosiasi pada 7 Maret 2018. “Ex dividen di kedua pasar itu pada 8 Maret 2018, sedangkan cum dividen di pasar tunai pada 12 Maret 2018. Pada tanggal yang sama, akan dilakukan pencatatan daftar pemegang saham yang berhak mendapatkan dividen. Selanjutnya, dividen tunai akan dibayarkan pada 27 Maret 2018,” paparnya. Pada rehat sesi pertama perdagangan Jumat kemarin, saham Bank Mega turun 1,13 persen ke level Rp3.500 per lembar. Apabila mengacu kepada harga tersebut, maka dividen yield sebesar 2,67 persen. (kontan)

Aturan Asuransi Mutual Realistis JAKARTA - Langkah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merilis aturan soal kesehatan keuangan perusahaan asuransi berbentuk mutual disambut positif. Beberapa poin dalam aturan itu pun dinilai cukup realistis. Menurut pengamat asuransi yang juga pernah menjadi komisaris Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera, Irvan Raharjo, beberapa poin dalam beleid tersebut seolah menjadi relaksasi bagi per-

usahaan asuransi mutual. “Sebab, beberapa poinnya terbilang lebih masuk akal untuk diterapkan di perusahaan berbentuk usaha bersama,” ujarnya, Jumat (2/3). Sebelumnya, belum ada aturan yang khusus mengatur soal perusahaan asuransi mutual. Namun, KMK Nomor 504 tahun 2004 tentang Kesehatan Keuangan Bagi Perusahaan Asuransi Bukan Badan Hukum Berbentuk PT bisa jadi perbandingan. (kontan)

ANTARA/NOVA WAHYUDI

KARTU EDISI KHUSUS

- Petugas menunjukkan kartu e-money edisi Maskot Asian Games 2018 di Menara Bank Mandiri Region II Sumatera II, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (2/3). Bank Mandiri menghadirkan kartu e-money edisi khusus Maskot Asian Games 2018 sebagai dukungan kepada Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang dengan penerbitan terbatas 40.000 keping dan dijual Rp60.000.

OJK Ragu Bunga KPR Bisa Turun IHSG Bakal Berbalik Menguat Pekan Depan JAKARTA, TRIBUN - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada Jumat (2/3) turun 0,36 persen ke level 6.582,32. Penurunan tersebut melengkapi pelemahan indeks sebesar 0,43 persen selama sepekan ini. Sektor konsisten menjadi motor IHSG, yakni komoditas, justru melemah sepanjang seminggu. Menurut analis Semesta Indovest, Aditya Perdana Putra, semua tak lain karena adanya pembahasan harga batubara untuk PLN yang di bawah harga pasar. “Meski demikian, pelemahan IHSG akan berbalik jadi penguatan untuk pekan depan. Indeks akan digerakan oleh sentimen data inflasi Februari 2018 yang cukup positif dengan level lebih rendah dibanding tahun lalu,” tegasnya, Jumat petang. Catatan saja, inflasi per Februari 2018 terpantau sebesar 0,17 persen. Sementara inflasi Februari 2017, mencapai 0,23 persen. Aditya memprediksi, pekan depan IHSG akan bergerak di rentang 6.500 sebagai support dan dana resistance di level 6.700. “Namun, masih ada sentimen yang masih menjadi perhatian pasar pekan depan, yakni pergerakan rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS),” imbuhnya. Rupiah juga melemah Sama halnya IHSG, sepekan ini nilai tukar rupiah cenderung melemah terhadap dolar AS karena dipicu isu eksternal. Jumat kemarin, nilai tukar rupiah di pasar spot ditutup 0,07 persen ke level Rp13.757 per dolar AS. Sepekan, mata uang Garuda terdepresiasi 0,65 persen. Di lain sisi, kurs tengah Bank Indonesia memperlihatkan penguatan rupiah sebesar 0,34 persen menjadi Rp13.746 per dolar AS pada Jumat. Namun, seminggu terakhir, valuasi rupiah masih tertekan 0,56 persen.

MELEMAH

KONTAN

- Petugas berdiri di depan layar pergerakan saham, baru-baru ini, di BEI. Sepekan ini, IHSG alami pelemahan. Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Lana Soelistianingsih, mengatakan, pelemahan rupiah terjadi lantaran tekanan sentimen indeks dolar AS yang menguat seiring ekspektasi kenaikan suku bunga acuan The Fed. “Pekan depan, rupiah masih di level yang sama seperti pekan ini. Rupiah diproyeksikan tak banyak bergerak karena masih menunggu hasil keputusan suku bunga The Fed pada pertemuan 21 Maret 2018,” tukasnya. (kontan/kps)

„„ Kebijakan Bank Sentral AS Pengaruhi Performa Kredit JAKARTA, TRIBUN - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat ada tren penurunan bunga kredit konsumsi pada akhir tahun lalu. Adapun, rata-rata suku bunga kredit konsumsi bank per Desember 2017 adalah 12,66 persen atau lebih rendah daripada November 2017. Menurut OJK, alokasi kredit konsumsi sepanjang tahun lalu cenderung mengalir ke kredit pemilikan rumah, kredit kendaraan bermotor, dan kredit tanpa agunan. Kecenderungan yang sama terjadi hampir setiap tahun dengan nominal kredit berbeda-beda. Deputi Komisioner Pengawas Perbankan I OJK, Boedi Armanto, menjelaskan, sampai awal 2018, tren suku bunga rupiah masih terpantau turun. Kendati demikian, ia menyatakan, tren tersebut bisa saja berubah saat suku bunga bank sentral Amerika Serikat atau The Fed naik. Seperti diketahui, The Fed memberi sinyal kenaikan bunga pada 2018, yang dibaca pasar bakal mencapai tiga-empat kali. Kenaikan suku bunga di Negeri Paman Sam pun berpotensi memicu kenaikan suku bunga di berbagai negara agar tidak ter-

jadi arus dana keluar. “Apabila suku bunga acuan The Fed naik, suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) pasti mengikuti. Akibatnya, suku bunga rupiah turut naik, baik deposit maupun kredit,” jelas Boedi, Jumat (2/3). Secara terang-terangan, ia lantas mengungkapkan keraguan suku bunga kredit konsumsi, termasuk kredit pemilikan rumah dan teman-teman, akan turun lagi pada 2018 mengingat ada tren kenaikan suku bunga The Fed. Belum satu digit Sementara itu, BI mencatat suku bunga kredit pada Januari 2018 belum juga menyentuh satu digit. Kondisi tersebut bisa dilihat dari data uang yang beredar di bank sentral. Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI,

Agusman, mengemukakan, pada Januari 2018 lalu, suku bunga kredit ter pantau 11,32 persen atau turun hanya dua basis poin ketimbang bulan sebelumnya. “Seluruh suku bunga deposito, kecuali yang bertenor dua tahun, mengalami penurunan,” katanya. Pada bulan pertama tahun ini, suku bunga simpanan tenor satu, tiga, enam dan 12 bulan tercatat masing-masing 5,72 persen, 6,03 persen, 6,49 persen, dan 6,68 persen. “Suku bunga deposito tenor 24 bulan adalah 6,74 persen. Suku bunga kredit pada Januari 2018 sedikit mengalami kenaikan secara tahunan di tengah penurunan bunga simpanan berjangka tenor satu bulan dan dua bulan,” tandas Agusman. (kontan)

DIREKTUR BISNIS zz OJK mencatat ada

tren penurunan bunga kredit konsumsi pada akhir tahun lalu. zz Adapun, rata-rata suku bunga kredit konsumsi bank per Desember 2017 adalah 12,66 persen atau lebih rendah daripada November 2017. zz Menurut OJK, alokasi kredit konsumsi sepanjang tahun lalu cenderung mengalir ke kredit pemilikan rumah, kredit kendaraan bermotor, dan kredit tanpa agunan. zz Seiring kebijakan bank sentral AS, suku bunga kredit konsumsi dalam negeri berpotensi naik.

Sudah Cukup Moderat PT BANK Negara Indonesia Tbk (BNI) melihat suku bunga kredit konsumser secara industri sudah di level cukup rendah. Catatan OJK, rata-rata suku bunga kredit konsumsi bank per Desember 2017 sebesar 12,66 persen. Direktur Bisnis Konsumer BNI, Anggoro Eko Cahyo, menjelaskan, suku bunga konsumer secara industri sudah cukup rendah seiring penurunan bunga kebijakan BI. Dengan arah suku bunga global yang naik, maka ruang penurunan suku bunga acuan BI juga

kian tipis. “Semua tak lepas dari efek dari peluang kenaikan suku bunga acuan The Fed sebanyak tiga kali pada tahun ini, masing-masing sebesar 25 basis poin,” jelasnya, Jumat (2/3). Menurut Anggoro, suku bunga konsumer perbankan dalam negeri dalam posisi sudah cukup moderat dan menarik bagi konsumen. “Suku bunga dasar kredit konsumsi BNI per Desember 2017 sebesar 12,50 persen dan KPR 10,50 persen,” pungkasnya. (kontan)


TRIBUN BIZ Traveloka Siapkan Paket Piala Dunia 3

SABTU PAHING 3 MARET 2018

 Sederet Situs Wisata Online Berlomba Ekspansi JAKARTA, TRIBUN - Banyak cara dilakukan oleh situs-situs wisata online untuk ekspansi. Traveloka, misalnya, memilih menggandeng Futbal Momentum Asia (FMA), perusahaan pemegang lisensi Piala Dunia 2018 di Rusia untuk kawasan Asia Tenggara. Chief Marketing Officer Traveloka, Dannis Muhammad, berharap, ajang pesta olahraga terbesar sejagad itu benar-benar bisa mendongkrak laju bisnis perusahaan. Traveloka memperkirakan, ada tiga miliar penonton yang menyaksikan Piala Dunia 2018, Juni mendatang. “Di Indonesia, jumlah penonton Piala Dunia 2018 diproyeksi mencapai lebih dari 100 juta orang. Mereka menonton langsung ke Rusia atau lewat saluran media yang sudah bekerja sama dengan FMA. Potensi tersebutlah yang akan kami manfaatkan,” terangnya, Jumat (2/3). Dalam kerja sama dengan FMA, Traveloka bakal menjadi situs wisata resmi yang menjajakan paket wisata Piala Dunia 2018. Beragam paket wisata, mulai tiket pesawat, hotel, sampai tiket masuk ke stadion, akan Traveloka sediakan bagi WNI menonton langsung ke Rusia. “Kami optimistis Piala Dunia 2018 bakal lebih ramai ketimbang Piala Dunia 2014 di Brasil. Sebab, dari sisi waktu perjalanan lebih singkat dari Indonesia ke Rusia daripada Amerika Selatan. Apalagi, Traveloka mendapat sokongan dari Expedia,” tambah Dannis. Menurutnya, pihak Expedia bakal memasok inventori yang dibutuhkan oleh Traveloka di Rusia.

Sayang, ia tidak merinci bentuk kebutuhan Traveloka yang dimaksud. Yang jelas, ia menyebut, konsumen akan mendapat layanan spesial selama berada di Negeri Beruang Merah. “Bagi yang ingin tetap berada di Indonesia, Traveloka menyiapkan arena nonton bareng Piala Dunia 2018 di hotel-hotel yang sudah bekerja sama. Namun, lagi-lagi, ia belum bersedia merinci daftar hotel pilihan Traveloka untuk nonton bareng Piala Dunia 2018. Adapun, pebisnis wisata online lain, Tiket.com, belum punya rencana keterlibatan pada ajang sepak bola termegah sedunia itu. Meski begitu, Chief Marketing Officer Tiket.com, Gaery Undarsa, memastikan perusahaan bakal membuat program anyar pada tahun ini. “Yang pasti, program tersebut terkait optimalisasi kinerja dan tampilan dari Tiket.com, yaitu tampilan aplikasi yang lebih mudah. Kami ingin ingin optimalisasi aplikasi mobile hingga peningkatan invetori mengingat jumlah transaksi selalu meningkat,” paparnya. Bagaimana dengan Pegipegi.com? Sama seperti Tiket.com, situs wisata online yang berdiri sejak 2011 itu juga belum akan masuk ke acara olahraga sebagai bentuk ekspansi. Pegipegi.com memilih fokus untuk mengoptimalkan tampilan situs serta layanan transaksi wisata. “Kami menambah layanan, yakni menyediakan tiket penerbangan internasional. Upaya tersebut untuk mengejar target pertumbuhan bisnis sebanyak dua kali lipat dari tahun lalu,” tukas Deputy CEO Pegipegi, Ryan Kartawidjaja. (kontan)

Tiket pesawat, hotel, dan tiket masuk ke stadion akan Traveloka sediakan.

RAKIT MOTOR belum lama ini.

ISTIMEWA

- Karyawan AHM merakit sepeda motor Honda Supra X 125 FI di pabrik perakitan AHM di Pegangsaan, Kelapa Gading, Jakarta Utara,

Konsumsi BBM 57,2 Km per Liter  Honda Supra X 125 FI Punya Desain Strip Baru JAKARTA, TRIBUN - PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan tampilan desain strip terbaru raja sepeda motor bebek Supra X 125 FI. Sekarang, Supra X 125 FI hadir lebih sporty dan mewah. “Supra X 125 FI berkarakter strip nan tajam, ramping, dan minimalis. Fiturnya kian komplit sehingga menunjang aktivitas sang pengguna,” terang Direktur Marketing AHM, Thomas Wijaya, Jumat (2/3). Sejak kali pertama rilis pada 2005, Supra X 125 FI terus menjadi roda dua pilihan masyarakat. Total, Supra X 125 FI telah terjual 6,2 juta unit di seluruh Indonesia. Kini, ia hadir sejalan dengan tren terkini.

Market Line

Hari Ini Ada Diskon 85 Persen di BJ Home YOGYA - Supermarket Bahan Bangunan BJ Home Yogyakarta menawarkan lagi promo menarik bagi pelanggan. Sabtu (3/3), mulai pukul 08.00-21.00 WIB, BJ Home Yogyakarta akan mengadakan One Day Sale dengan diskon sampai 85 persen untuk pembelian semua jenis barang. Ada pula cashback Rp300 ribu bagi para nasabah BRI dan BNI. PR BJ Home Yogyakarta, Listyati P, mengatakan bahwa program tersebut sengaja digelar untuk memberi kemudahan dan kenyamanan transaksi kepada semua pengunjung. Bertema “Hot Deal”, One Day Sale di BJ Home Yogyakarta tidak hanya

berlaku untuk anggota, tetapi semua pelanggan. “Selama promo berlangsung, kami hadirkan granit seharga cuma Rp76.000, penanak nasi Rp100 ribu, lampu darurat Rp 150 ribu, serta kloset Rp590 ribu,” paparnya, Jumat (2/3). Setelah program Hot Deal berakhir, BJ Home Yogyakar ta masih memiliki promo lain bernama Maret Greget. Diskon yang tersedia sampai 80 persen. “Kami ingin selalu menawarkan banyak program kepada pelanggan. Selama tahun ini, kami bakal menghadirkannya berkali-kali demi kepuasan konsumen,” pungkas Listyati.(cr3)

Sultan Berharap GATF Bantu Promosi Wisata DIY YOGYA - Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, berharap, gelaran Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) 2018 di Plaza Ambarrukmo benar-benar bisa memasarkan potensi pariwisata di Kota Yogyakarta dan sekitarnya ke seluruh dunia. “Dengan promosi yang baik, kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara ke DIY bakal meningkat seiring ke-

beradaan bandar udara (bandara) baru New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kabupaten Kulonprogo,” kata Sultan saat memberi sambutan pada pembukaan GATF, Jumat (2/3). Sultan mengimbuhkan, jika tak ada aral, peresmian bandara NYIA di Kabupaten Kulonprogo akan dilakukan pada 2019 mendatang. “Kami mencoba menjalin ker-

jasama dengan berbagai pihak dalam upaya memasarkan pariwisata DIY ke lingkup nasional maupun internasional. Karenanya, momentum GATF 2018 kami sambut secara baik. Kami menggadang Garuda Indonesia sebagai maskapai penerbangan terbaik di Indonesia bisa ikut membantu usaha Pemerintah DIY,” tukas Sultan. (riz)

“Penyegaran tampilan Supra X 125 FI merupakan upaya AHM untuk terus memberi nilai tambah bagi khalayak luas yang menginginkan sepeda motor bebek tangguh serta kaya fitur fungsional,” imbuh Thomas. Supra X 125 FI terbaru tipe CW dipasarkan seharga on the road (OTR) DKI Jakarta Rp18,1 juta. Pilihan warnanya Quantum Matte Black dan Energetic Red. Untuk tipe SW, dipasarkan OTR DKI Jakarta Rp17,05 juta. Konsumsi BBM Supra X 125 FI mengusung mesin 125cc –4 tak SOHC berteknologi Programmed Fuel In-

jection. Mesin tersebut mampu menyuguhkan efisiensi dalam pemakaian bahan bakar, yakni mencapai 57,2 kilometer per liter (EURO 3) dan 61,8 kilometer per liter (EURO 2). Supra X 125 FI dilengkapi beragam fitur unggulan, semisal soket untuk pengisian daya baterai telepon genggam dan sejenisnya. Dengan demikian, perjalanan pengguna bakal semakin mudah dan aman. “Supra X 125 FI juga terdapat kunci kontak bermagnet dengan penutup otomatis yang bisa digunakan sebagai pembuka jok. Tak cukup, LED lampu belakang berpenampilan tajam serta desain panel meter terkesan modern,” pungkas Thomas. (rls/vim)


HOTLINE PUBLIC SERVICE 4

SABTU PAHING 3 MARET 2018

Anda punya keluhan, masalah, usulan atau segala sesuatu terkait pelayanan publik baik di kantor pemerintahan maupun swasta? Sebagai contoh: soal air, listrik, pengurusan administrasi kependudukan, tata kota, fasilitas publik silahkan hubungi kami. Tribun Jogja akan membantu mencarikan solusi melalui pihak-pihak yang berkompeten. Mari jadikan Yogya selangkah lebih baik!

/

0857 4319 6999 tribunjogja@gmail.com Redaksi Tribun Jogja, Jl. Jend Sudirman no. 52 Kotabaru, Gondokusuman, Yogyakarta

Beda Tafsir PUBLIK dibuat bingung ketika Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto, melontarkan pernyataan terkait pelarangan pengendara kendaraan roda empat mendengarkan musik/radio ketika di jalan. Dalam argumentasinya, aktivitas itu dapat mengganggu konsentrasi pengendara sehingga meningkatkan risiko kecelakaan lalu lintas. Budiyanto melandaskan pernyataannya atas dasar UU 22 tahun 2009 pasal 106 ayat 1 junto pasal 283. Pelanggar aturan ini diancam pidana kurungan paling lama tiga bulan atau denda paling banyak Rp750 ribu. Sontak warga mempertanyakan hal ini. Lantaran mendengarkan musik/radio saat bermobil dianggap sama membahayakannya dengan menonton televisi/video, dan menggunakan ponsel saat aktivitas menyetir. Namun, Kakorlantas Polri, Irjen Royke Lumowa meluruskan pernyataan Budiyanto, bahwa mendengarkan musik/radio ketika bermobil tidak melanggar. Pasalnya, hal itu tidak secara eksplisit disebutkan dalam UU di atas. Jenderal bintang tiga ini menegaskan, mendengarkan musik jangan sampai mengganggu pengguna jalan lain, inilah yang melanggar. Dia mencontohkan, seperti yang kerap dilakukan para sopir angkot dengan memasang musik keras-keras sampai terdengar oleh pengguna jalan lainnya. Polemik di atas bisa dibilang lucu. Lantaran ada penafsiran yang berbeda dari institusi penegak hukum mengenai UU. Tentu saja hal tersebut membuat masyarakat dibikin pening, setelah pusing memikirkan persoalan hidup lainnya. Seharusnya, personel kepolisian mendasarkan suatu tafsir UU yang belum konkret atas dasar riset yang valid. Alhasil, bisa menelurkan pernyataan atau regulasi yang sifatnya memenuhi kepastian hukum. Tidak menjadikannya multitafsir dan membingungkan. Apalagi jika itu terkait peraturan yang hampir setiap harinya bersinggungan langsung dengan masyarakat. Apa tidak bingung para sopir di jalan jika benar mendengarkan musik/radio dilarang dan diancam sanksi pidana. Belum dengan bagaimana yang dilakukan produsen mobil karena sistem tata suara di kabin adalah fasilitas standar, dan mafhum ditemui di mobil-mobil rakitan zaman sekarang. Ada pendapat dari psikolog bahwa mendengarkan musik ketika bermobil justru bisa mengembalikan kondisi emosional seseorang menjadi reda. Apalagi dengan tingkat kepadatan lalu lintas di kota-kota besar, musik menjadi satu obat untuk meluruhkan penat di jalanan setelah dikejar berbagai tuntutan harian. Pastinya, pernyataan Kakorlantas Polri membawa kepastian baru mengenai polemik ini yang pertama mengemuka di media massa tempo hari. Masyarakat tak perlu khawatir jika nantinya di jalan harus diberhentikan polantas kemudian ditilang hanya karena mendengarkan informasi kondisi lalu lintas dari radio kesayangan. Lalu, bagaimana polantas tahu seorang pemobil sedang mendengarkan musik/radio jika suaranya saja tidak bisa didengar dari luar. Sungguh pekerjaan yang sulit bagi polantas, bukan? (***)

PEMIMPIN UMUM: Herman Darmo PEMIMPIN REDAKSI/PENANGGUNG JAWAB: Ribut Raharjo MANAJER PRODUKSI REDAKSI: Ibnu Taufik Juwariyanto MANAJER LIPUTAN: Sulistiono EDITOR SENIOR: Setya Krisna Sumargo STAF REDAKSI: Herman Darmo, Setya Krisna Sumargo, Ibnu Taufik Juwariyanto, Baskoro Muncar, Sulistiono, Agus Wahyu Triwibowo, Iwan Al Khasni, Joko Widiyarso, Iwan Apriansyah Hendy Kurniawan,Ikrob Didik Irawan, Rina Eviana Dewi, Mona Kriesdinar, Obed Doni Ardianto, Muchamad Fatoni, Yoseph Hary Wibowo REPORTER: Siti Ariyanti, Rento Ari Nugroho, Gaya Lutfiyanti, Agung Ismiyanto, Yudha Kristiawan, Pradito Rida Pertana, Amalia Nurul Fathonaty, Hening Wasisto, Riezky Andhika Pradana, Victor Mahrizal, Hari Susmayanti, Hamim Thohari, Kurniatul Hidayah, Septiandri Mandariana, Ikrar Gilang Rabbani PEWARTA FOTO: Bramastyo Adhy, Hasan Sakri Ghozali, Hendra Krisdianto SLEMAN: Panji Purnandaru, Santo Ari Handoko GUNUNGKIDUL: Rendika Feri Kurniawan KULONPROGO: Singgih Wahyu Nugraha BANTUL: Susilo Wahid Nugroho MAGELANG: Azka Ramadhan KLATEN: Angga Purnama TATA WAJAH & GRAFIS: Suluh Prasetyo Aji Pamungkas, Nugroho Saputro, Afifudin, Bayu Rusbianto, Muhammad Fauziarakhman, Yusuf Haryanta, Yoga Hersogama IT: Benny Ma’il bin Izmail, Arif Purnomo SEKRETARIAT REDAKSI: Fembri Nugroho BIRO JAKARTA: Jalan Palmerah Selatan 3 Jakarta 10270 Telepon (021) 5356766 (7618) Faks (021) 5495360:GENERAL MANAGER: Febby Mahendra Putra NEWS PRODUCTION MANAGER: Ade Mayasanto NEWS MANAGER: Yuli Sulistiawan EXECUTIVE EDITOR: Ignatius Prayoga PENERBIT: PT Media Tribun Yogya KOMISARIS UTAMA: Herman Darmo DIREKTUR: Agus Nugroho PEMIMPIN PERUSAHAAN: Agus Nugroho WAKIL PEMIMPIN PERUSAHAAN: Rosa Dharmasari MANAJER IKLAN: Rosa Dharmasari MANAJER KEUANGAN: Ridwan Mulyatno MANAJER PSDM/UMUM: Edy Utama MANAJER SIRKULASI: Edy Utama MANAJER PROMOSI: Sunu Mahata MANAJER PERCETAKAN: Supriyono ALAMAT REDAKSI/BISNIS: Jalan Jenderal Sudirman 52 Yogyakarta, TELEPON dan FAKS: (0274) 564061, EMAIL: tribunjogja@gmail.com WEBSITE: www.tribunjogja.com, ALAMAT PERCETAKAN: Jalan Ring Road Barat Km 8 Yogyakarta, Trihanggo, Sleman. REKENING: BRI, A/N. PT Media Tribun Yogya : 002901001264304, Bank BCA Cab, Sudirman, A/N. PT Media Tribun Yogya: 0373010500, TARIF IKLAN: DISPLAY HAL. 1: Rp. 100.000/mmk, DISPLAY BW: Rp. 22.500/mmk, DISPLAY FC: Rp.45.000/mmk, IKLAN KOLOM: Rp. 10.000/mmk, IKLAN KELUARGA: Rp. 10.000/mmk, IKLAN BARIS: Rp. 25.000/mmk. ISI DILUAR TANGGUNG JAWAB PERCETAKAN

revitalisasi malioboro tahap kedua segera dimulai, semoga selesai dengan memuaskan sehingga mampu memberikan kenyamanan bagi para pengunjung yang datang ke sana...

GRAFIS/FAUZIARAKHMAN

Mengadopsi Anak Tetangga PAGI TRIBUN, saya mau mengadopsi anak tetangga saya, cara dan syaratnya bagaimana ya? +6282338502XXX TERIMA kasih atas pertanyaan Anda, berikut persyaratan adopsi privat atau perorangan : 1. Permohonan izin pengangkatan anak kepada instansi sosial setempat (lampiran 1) 2. Surat keterangan sehat jasmani COTA dari Rumah Sakit Pemerintah (suami istri 1 lembar) 3. Surat keterangan kesehatan jiwa COTA dari dokter spesialis jiwa dari Rumah Sakit Pemerintah (suami istri satu lembar) 4. Surat keterangan tentang fungsi organ reproduksi COTA dari dokter spesialis obstertri dan ginekologi Rumah Sakit Pemerintah (isteri 1 lembar) 5. Fotokopi akta kelahiran COTA (suami isteri 1 lembar) 6. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) setempat (suami isteri 1 lembar) 7. Fotokopi Surat nikah/akta perkawinan Cota 8. Fotokopi Kartu Keluarga (1 lembar) dan KTP COTA (suami isteri 1 lembar) 9. Forokopi akte kelahiran CAA (suami isteri 1 lembar) 10. Keterangan penghasilan dari tempat bekerja COTA 11. Surat Pernyataan calon orangtua Angkat (Calon Adoptan). (Lampiran 2) 12. Surat pernyataan persetujuan CAA di atas kertas bermeterai cukup bagi anak yang telah mampu menyampaikan pendapatnya dan hasil laporan pekerja sosial 13. Surat pernyataan motivasi COTA di kertas bermaterai cukup yang menyatakan bahwa pengangkatan anakdemi kepentingan terbaik bagi anak dan perlindungan anak (lampiran 11) 14. Surat peryataan COTA akan memperlakukan anak angkat dan anak kandung tanpa diskriminasi sesuai dengan hak-hak dan kebutuhan

Gol A B O AB

WB PRC 7 32 7 69 3 22 3 8

TC 23 32 14 9

Gol A B O AB

anak di atas kertas bermaterai cukup 15. Surat pernyataan bahwa COTA akan memberitahukan kepada anak angkatnya mengenai asal usulnya dan orang tua kandungnya dengan memperhatikan kesiapan anak (lampiran 7) 16. Surat pernyataan COTA bahwa COTA tidak berhak menjadi wali nikah bagi anak angkat perempuan dan memberi kuasa kepada wali hakim (lampiran 9) 17. Surat pernyataan COTA bahwa COTA untuk memberikan hibah sebagian hartanya bagi anak angkatnya (lampiran 10) 18. Surat pernyataan COTA bahwa COTA akan memberikan asuransi kesehatan dan pendidikan bagi anakangkatnya (lampiran 12) 19. Surat pernyataan persetujuan adopsi dari orang tua kandung coTA pihak suami disertai fotokopi KTP (lampiran 3) 20. Surat pernyataan persetujuan adopsi dari saudara-saudara kandung COTA pihak istri disertai fotokopi KTP (lampiran 4) 21. Surat pernyataan persetujuan adopsi dari orang tua kandung COTA pihak istri disertai fotoFopi KTP (lampiran 5) 22. Surat pernyataan persetujuan adopsi dari saudara-saudara kandung COTA pihak istri disertai fotokopi KTP. (Lampiran 6) 23. Surat berita acara / penyerahan dan kuasa dari pihak orang tua / ibu kandung kepada COTA. (Lampiran 13) 24. Laporan COTA yang dibuat oleh Pekerja Sosial Instansi Sosial setempat 25. Copi Kartu Keluarga / KTP orang tua kandung CAA 26. Foto COTA dan CAA ukuran 4x6 27. Rekomendasi proses pengangkatan anak dari Instansi Sosial Provinsi ke Pengadilan 28. Surat Pernyataan Akan Memberikan Hak dan Status Yang Sama (lampiran 8). (*) Dinas Sosial Kota Yogyakarta

WB 30 24 20 13

Gol A B O AB

WB PRC 26 0 20 0 5 0 2 0

TC 0 0 0 0

Gol A B O AB

Premi BPJS Kesehatan ai dengan perpres No 19 tahun 2016, yang mulai berlaku 1 April 2016. Adapun pembayaran premi bisa transfer ke teller atau auto debet di tempat-tempat berikut, 1. Bank Mandiri 2. Bank BNI 3. Bank BRI 4. Bank BTN 5. Kantor Pos 6. Indomaret atau Alfamart Sementara itu, manfaat yang didapatkan adalah, rawat jalan tingkat pertama di pusat kesehatan, klinik ataupun DPP. Rawat inap tingkat lanjutan sesuai rujukan berjenjang dan rawat inap tingkat pertama dan tingkat lanjutan, obat serta alat kesehatan. Perlu kami sampaikan juga setiap orang wajib mendaftarkan diri beserta keluarganya sesuai Perpres 71 tahun 2013 pasal 17. Terakhir, kepesertaan BPJS Kesehatan merupakan hal yang wajib dan melekat seumur hidup. Untuk pembayaran premi, sebaiknya dilakukan sebelum tanggal 10, setiap bulannya. (*)

PAGI TRIBUN, untuk premi BPJS Kesehatan itu berapa ya, sama cara pendaftarannya bagaimana? +6281241604xxx TERIMA kasih atas pertanyaanya, besaran premi BPJS Kesehatan untuk menentukan hak kelas rawat inap sebagai berikut.  Kelas 1 Rp80 ribu perjiwa, perbulan  Kelas 2 Rp51 ribu perjiwa perbulan  Kelas 3 Rp30 ribu perjiwa perbulan Berikut juga kami sampaikan syarat pendaftaran Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) secara mandiri, 1. Fotokopi 3x4 sebanyak satu lembar berwarna, untuk masing-masing calon peserta terbaru 2. Fotokopi KK dan menunjukan yang asli 3. Fotokopi KTP Elektronik dan dapat menunjukan KTP Asli atau akta kelahiran, Surat Nikah 4. Fotokopi Buku Rekening Bank (BNI/BRI/Mandiri) 5. Mengisi Formulir BPJS Kesehatan Besaran tersebut telah sesu-

Luhur Budiman SDM Umum Dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan

Jalan Wonosari, Sampangan Mati Lampu GUNA menjaga kelancaran pasokan ke tempat pelanggan serta mencegah gangguan padam, maka kami akan melaksanakan pemadaman aliran listrik sementara, Sabtu, 03 Maret 2018 pada waktu dan pekerjaan sebagai berikut :

Lokasi padam : Jl Wonosari, Sampangan Untuk itu kami mohon maaf kepada para pelanggan atas ketidak nyamanan ini, dan apabila pekerjaan selesai lebih awal, aliran listrik akan dinormalkan kembali tanpa pemberitahuan. Terima kasih. (nto)

Waktu : 10.00 - 13.00 WIB Tujuan/Keperluan : Uprating trafo 50 kVA 3 phase menjadi 100 kVA 3 Phase Unit/Wilayah Kerja : JOGJA KOTA

WB PRC 0 30 0 13 0 24 0 6

TC 0 0 0 0

Gol A B O AB

Humas dan Jaringan PT PLN (persero) Area Yogyakarta Jl. Gedongkuning No. 03 Banguntapan Bantul D.I.Yogyakarta

Subuh Dzuhur Ashar Maghrib Isya’

WB PRC PLMA 8 16 8 20 12 19 10 2

04:20 WIB 11:54 WIB 15:12 WIB 18:07 WIB 19:20 WIB

RSPAU dr. S. Hardjolukito, 444562,

, Denpom IV/2 Yogyakarta, 566103, 623733, puskodal_denpom42@yahoo.co.id, RSU Bethesda Lempuyangwangi, 512257, 588002 RS Condong Catur, (0274) 887494

STASIUN BERANGKAT

Bogowonto

22.00 20.35 20.57 08.57 20.00 08.00 07.00 18.35 17.45 09.08

STASIUN BERANGKAT 17.10 Lempuyangan 15.30 Lempuyangan 14.30 Lempuyangan 18.00 Tugu

Malabar

11.25 21.28 00.30 20.08 08.08 23.32

Logawa

STASIUN BERANGKAT Lempuyangan 14.00 Lempuyangan 18.58

Argowilis Sri Tanjung

STASIUN BERANGKAT Eks Tugu 16.02 Eko Lempuyangan 07.15

Lempuyangan

14.34

Krakatau

Lempuyangan

22.06

Malabar

Tugu Tugu Tugu Lempuyangan

02.06 07.30 20.45 01.35

Lempuyangan

01.12 01.05 03.32 06.45 16.30 08.55

Lempuyangan

07.45

17.00 05.30 09.10 12.15 18.00 07.35 09.57 11.05 14.45 20.15

07.15 10.40 14.00 19.40 05.15 09.25 12.10 13.00 16.10

05.15 16.10 05.50


TRIBUN

PROPERTY

SABTU PAHING 3 MARET 2018

5

Daerah Is�mewa Yogyakarta (DIY) merupakan salah satu daerah utama des�nasi wisata di Indonesia. Tidak hanya itu, Yogya juga sangat iden�k sebagai Kota Pelajar. Kedua hal tersebut membuat Yogya menjadi incaran investor. Tidak mengherankan, jika bisnis proper� pun berkembang pesat di kota ini. Namun, alih-alih mendapat keuntungan dari investasi proper�, banyak masyarakat yang terjebak pada pandangan yang mengarah ke investasi landed. Padahal harga tanah di Yogya sudah �dak masuk akal terutama di daerah utara dan barat yang merupakan wilayah favorit investasi. Kemudian, tren investasi proper� di Yogya pun mengarah pada high rise atau hunian ver�kal seper� apartemen. Seper� di kota-kota besar lain, tren hunian ver�kal pun mulai menjamur di Yogya. Akan tetapi, bukannya tanpa masalah. Masih banyak apartermen di Yogya yang masih terganjal status perizinan berbelit-berbelit tanpa jelas muaranya. Untuk itu, salah satu pengembang yaitu Patraland menawarkan apartemen dengan jaminan perizinan yang jelas. Tidak hanya itu, apartemen yang bernama Patraland Amarta tersebut berlokasi sangat strategis

total Patraland Amarta Apartment menawarkan 506 unit pada tower Yudhis�ra dan 232 unit di tower Drupadi. Tower se�nggi 16 lantai tersebut berdiri di area seluas 6.366 m2. Unit yang ditawarkan pun bervariasi mulai dari Studio dengan luas 28,88 m2, Studio CR luas 30,59 m2, 1 Bed Room luas 44,90 m2, 2 Bed Room luas 62,13 m2, dan 2 Bed Rom Premium luas 75,66 m2. Pemandangan yang ditawarkan juga sangat menarik mulai dari kota, taman, Kaliurang, hingga Merapi. "Kita memberikan opsi kepada konsumen bahwa kelebihan kita ada banyak," jelas Metha. Rentan harga yang ditawarkan pun cukup bervaria�f mulai dari Rp. 600 jutaan all in hingga Rp. 1,7 milyar. Antusiasme masyarakat pun luar biasa karena unit telah terjual sekitar 40 persen. Dijadwalkan unit diserah terimakan secara parsial pada tahun 2019 mendatang. "Nilai investasi antara 10 sampai 20 persen �ap tahunnya. Jadi calon investor mari beramai-ramai berinvestasi dengan bijak dan smart. Tidak ribet, clear, �nggal terima duit mau proper� disewakan atau lain sebagainya," jelas Diaz. Sejarah Patraland

Gambar Gambar tersebut tersebut merupakan merupakan contoh contoh unit unit pada pada ruang ruang santai santai 2 2 Bed Bed Room Room

yaitu di Jalan Palagan Km 7,5, Sleman dan dekat dengan des�nasi wisata alam seper� kaliurang, merapi, dan lain-lain ,kuliner, akses utama menuju Magelang, Semarang dan Kota Yogyakarta. "Legalitas proyek ini kami jamin semua. Izin kami kantongi semua mulai dari Izin Pemanfaatan Tanah Tanah (IPT) (IPT) dan dan Izin Izin Mendirikan Mendirikan Bangunan Bangunan (IMB). (IMB). Sudah komplit," tegas General Manager Sudah komplit," tegas General Manager SBU SBU Patraland Patraland Amarta Amarta Apartment, Apartment, Diaz Diaz Rahman Rahman NP. NP. Selain Selain itu, itu, pembeli pembeli pun pun �dak �dak perlu perlu khawa�r khawa�r karena se�ap unit yang dimiliki akan bersatatus karena se�ap unit yang dimiliki akan bersatatus Ser�Ser�fikat fikat Hak Hak Milik Milik (SHM) (SHM) Satuan Satuan Rumah Rumah Susun Susun (SRS) (SRS) sehingga aman dan bisa dimiliki selamanya. sehingga aman dan bisa dimiliki selamanya. "Legalitas "Legalitas SHM SHM SRS. SRS. Jadi Jadi kami kami akan akan berikan berikan hal hal tersebut kepada konsumen dan itu menjadi ikon tersebut kepada konsumen dan itu menjadi ikon Amarta," Amarta," sambungnya. sambungnya. "Kompe�tor "Kompe�tor lain lain hanya hanya membangun membangun dengan dengan konsep bisnis. Kalau kami nggak, karena perizinan konsep bisnis. Kalau kami nggak, karena perizinan sudah sudah terpenuhi terpenuhi sehingga sehingga kami kami membangun membangun proyek proyek ini dengan senang ha� dan jiwa budaya Jawa," ini dengan senang ha� dan jiwa budaya Jawa," ujarnya. ujarnya. Meski Meski merupakan merupakan hunian hunian ver�kal, ver�kal, namun namun Amarta �dak menghilangkan nilai-nilai kearifan Amarta �dak menghilangkan nilai-nilai kearifan lokal. lokal. Baik Baik dari dari segi segi konsep konsep bangunan bangunan bahkan bahkan penamaan penamaan bagian-bagiannya bagian-bagiannya sangat sangat erat erat dengan dengan budaya budaya jawa. jawa. Kedua tower yang ditawarkan pun diberi nama tokoh Kedua tower yang ditawarkan pun diberi nama tokoh pewayangan pewayangan yaitu yaitu Yudhis�ra Yudhis�ra dan dan Drupadi. Drupadi. "High rise kita �dak meniggalkan "High rise kita �dak meniggalkan nilai-nilai nilai-nilai Jogja. Jogja. Kita Kita sangat sangat amat amat kental kental dengan dengan budaya budaya Jawa," Jawa," jelas Diaz.Sehingga konsumen akan kami perlakukan jelas Diaz.Sehingga konsumen akan kami perlakukan seper� seper� bangsawan bangsawan Jawa. Jawa. Spesifikasi Spesifikasi Unit Unit Sementara Sementara itu, itu, Marke�ng Marke�ng Manager Manager Patraland Patraland Amarta Apartment, Metha Padmanaba menjelaskan Amarta Apartment, Metha Padmanaba menjelaskan

memberikan jaminan proper� berkualitas �nggi, dibuk�kan dengan kehadiran Apartemen AMARTA, yang siap diserah terimakan di tahun 2019. Keis�mewaan Apartemen Amarta Hunian yang terinspirasi budaya dan tradisi Yogyakarta dengan sentuhan modern minimalis, Patraland Amarta menciptakan ruang yang ideal bagi mereka yang menginginkan hunian berkualitas �nggi. Patraland Amarta juga memiliki keunggulan-keunggulan proper� sebagai berikut: Patraland Amarta berlokasi di kawasan elit yang merupakan salah satu des�nasi wisata kuliner di Yogyakarta. Kemudahan aksesibilitas dengan menggunakan transportasi publik yang berjarak hanya 5 menit dari Ring Road Utara dan Jalan tembus ke Jalan Kaliurang. Para penghuni dimanjakan dengan berbagai akses des�nasi yang akan dilayani oleh Shuttle Bus Patraland Amarta. Patraland Amarta menawarkan nilai investasi yang menguntungkan dari pendapatan sewa maupun kenaikan nilai proper�. Patraland Amarta mempersembahkan pemandangan Gunung Merapi yang indah dan megah, menjadikan penghuni Patraland Amarta bagaikan bangsawan Yogya*. Patraland Amarta juga menyajikan pemandangan City Light kota Yogyakarta di malam hari yang ekso�s. Patraland Amarta memberikan pilihan �pe unit mulai dari Studio/Corner, 1 (satu) Bedroom/Corner, 2 (dua) Bedroom/Premium dengan variasi luasan mulai dari 28.88 m2 sampai dengan 75.66 m2, dengan harga mulai dari Rp. 600 jutaan, Patraland Amarta menjadi ikon hunian eksklusif terbaru di Yogyakarta. Patraland Amarta dilengkapi infinity pool dengan view terbaik Merapi dan City light. Layanan housekeeping unit apartemen, Smart Home System dan Shuttle Bus untuk mengakomodir kebutuhan transportasi penghuni, memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi ak�fitas penghuni. Patut diketahui, Patraland sendiri merupakan divisi Patrajasa yaitu anak perusahaan dari Pertamina. Patrajasa berdiri sejak tahun 1970. Di tahun 2016, karena ada diversifikasi bisnis dari Pertamina akhirnya Patrajasa merambah dunia proper�. "Patraland membidangi sub bisnis developer. Di bawah dari Patraland sudah ada project baik landed maupun high rise," jelas Diaz. Untuk Untuk landed landed sudah sudah tersebar tersebar di di berbagai berbagai kota di Indonesia contohnya Puri Jaya Asri, kota di Indonesia contohnya Puri Jaya Asri, The The Oasis, Oasis, Patra Patra Residence, Residence, Hotel Hotel Anyer, Anyer, Patrajasa Patrajasa CireCirebon bon dan dan lain-lain. lain-lain. "High "High rise rise kita kita masih masih ada ada �ga �ga proyek proyek di di Jogja Jogja yaitu Amarta, Cirebon dan Bekasi juga," ujarnya. yaitu Amarta, Cirebon dan Bekasi juga," ujarnya. (app) (app)

Patra Land adalah sebuah sub bisnis Patra Jasa yang berperan sebagai operator dan pengembang asset Property. Patra Land mengawali kinerjanya dengan melanjutkan pengelolaan Gedung Perkantoran dan penyewaan residential. Dalam waktu dekat, Patra Land akan mulai mengembangkan bisnis proper�nya dengan pembangunan dan penjualan Apartment, Condotel, Perumahan, Sentra Bisnis dan Des�nasi Wisata di kawasan Cirebon, Anyer, Jogjakarta, Surabaya dan Tangerang. PT. Patra Jasa, adalah salah satu anak perusahaan PT. Pertamina (Persero) yang resmi didirikan pada tanggal 17 Juli 1975 di Jakarta. Mengawali kegiatan bisnisnya dengan menjadi operator asset Pertamina na berupa berupa Hotel Hotel dan dan Gedung Gedung perkantoran. perkantoran. Menjadi Menjadi perusahaan yang op�mis dalam menapaki bisnisnya perusahaan yang op�mis dalam menapaki bisnisnya yang yang semakin semakin berkembang, berkembang, saat saat ini ini Patra Patra Jasa Jasa sedang sedang memfokuskan kinerjanya ke �ga pilar bisnis memfokuskan kinerjanya ke �ga pilar bisnis utama utama yaitu, Patra Hotel & Resorts, Patra Land dan yaitu, Patra Hotel & Resorts, Patra Land dan Patra Patra Services. Services. PT. PT. PATRA PATRA JASA JASA yang yang merupakan merupakan anak anak perusaperusahaan haan dari dari PT. PT. PERTAMINA PERTAMINA (persero), (persero), melakukan melakukan ekspansi ekspansi pengempengembangan proper� bangan proper� dengan bendera dengan bendera PATRA PATRA LAND, LAND, memmempersembahan persembahan karya karya perdana di kawasan perdana di kawasan elit elit kota kota Yogyakarta Yogyakarta yaitu yaitu Apartemen Apartemen AMARTA, AMARTA, YogyakarYogyakarta. ta. Apartemen Apartemen yang yang mengusung konsep mengusung konsep tradisional tradisional modern modern Jawa Jawa ini, ini, berdiri berdiri di di kawasan sebesar kawasan sebesar 6.366 6.366 m2 m2 yang yang mengusung konsep mengusung konsep pengembangan pengembangan 2 2 (dua) (dua) gedung gedung aparapartemen temen dengan dengan total total 738 738 unit. unit. PATRA PATRA LAND LAND Suasana Suasana Bed Bed Room Room pada pada contoh contoh unit unit yang yang ada ada pada pada Marketing Marketing Gallery Gallery b e r k o m i t m e n berkomitmen


JOGJA REGION KULONPROGO-GUNUNGKIDUL

6

SABTU PAHING 3 MARET 2018

Tiga TPAS Segera Dibangun Untuk Atasi Sampah di Kawasan Wisata

Target Pembebasan Lahan Selesai Tahun Ini Sampah di kawasan wisata hingga kini masih menjadi masalah. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul berencana membuat Tempat Pengelolaan Akhir Sampah (TPAS) di pesisir selatan, untuk mengatasi masalah tersebut.

K ILUSTRASI Bantul.

DOK.TRIBUN JOGJA

- Kondisi TPAS Terpadu di Piyungan Kabupaten

EPALA Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Gunungkidul, Winaryo mengatakan, pihaknya telah menyediakan tiga lokasi pembangunan TPAS, yakni di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari; Desa Mongol, Kecamatan Saptosari, dan Desa Tepus, Kecamatan Tepus. “Tiga lokasi sudah kami siapkan di kawasan pesisir. Ketiga lokasi untuk pembangunan Tempat Pengelolaan Akhir Sampah di kawasan Pantai Selat-

an,” ujar Winaryo, Jumat (2/3). Winaryo mengatakan, tahap pembangunan TPAS masih dalam tahap perencanaan. Pihaknya tengah menyiapkan DED kawasan untuk pembangunan TPAS. Pembebasan lahan pun akan dilakukan pada 2018 ini. “DED pembangunan TPAS tengah kami siapkan. Pembebasan lahan juga kami targetkan dapat selesai tahun ini, dengan begitu TPAS dapat segera dibangun,” ujarnya. Dia mengatakan, saat ini pihaknya

masih melakukan koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup untuk pembangunannya. “Pembebasan lahan masih kita tunggu pengajuan dari Dinas Lingkungan Hidup karena kewenangan ada di instansi itu,” katanya. Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Gunungkidul, Agus Priyanto mengatakan, pembangunan TPAS ini dilakukan demi mendukung pariwisata di pesisir selatan. Pasalya, sampai saat ini sampah masih terus menjadi masalah yang belum terselesaikan. “Hingga kini lokasi pembuangan sampah masih belum memadai. Jika tak dilakukan segera penanganan, masalah ini bisa menjadi serius,” ujarnya.

Lanjutnya, untuk pembangunan TPAS dibutuhkan luas lahan minimal sepuluh hektare. Hingga kini baru sebanyak lima hektare lahan yang tersedia. “Kami juga masih menunggu konsultan untuk melakukan kajian teknis terkait dengan pembangunan TPAS,” ujarnya. Ia mengatakan, tiga lokasi yang sudah dikaji nantinya akan dilakukan konsultasi dengan konsultan. Diharapkan pembangunan ini bisa mengurai sampah di lokasi wisata. “Kenyamanan wisatawan merupakan nomor satu, untuk itu kami dari pemerintah Gunung Kidul berupaya agar sampah bisa dikelola dengan baik,” katanya. (Rendika Ferri K)

Disdikpora Ingin Semua Anak Bersekolah „„ Angka Putus Sekolah di Gunungkidul Masih Tinggi GUNUNGKIDUL, TRIBUN - Angka putus sekolah di Kabupaten Gunungkidul dinilai masih tinggi. Banyak orang yang enggan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi. Alasannya dipengaruhi faktor ekonomi. “Terjadi penurunan angka putus sekolah, namun jumlah kisaran masih tinggi,” ujar Kepala Disdikpora Kabupaten Gunungkidul, Bahron Rasyid, Jumat (2/3). Berdasarkan data Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gu-

STORY HIGHLIGHT zz Angka putus seko-

lah di Kabupaten Gunungkidul dinilai masih tinggi. zz Anak-anak yang mengalami putus sekolah tergolong kategori keluarga kurang mampu. Mereka memilih untuk bekerja, dibandingkan sekolah yang membutuhkan banyak biaya. zz Disdikpora memberikan beasiswa untuk anak-anak berprestasi dari keluarga kurang mampu untuk menekan angka putus sekolah.

Kebanyakan karena alasan ekonomi, mereka enggan sekolah dan memilih bekerja nungkidul, angka putus sekolah untuk jenjang Sekolah Dasar mencapai 0,02 persen atau sebanyak 11 dari 57.000 siswa. Sementara jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), angka putus sekolah mencapai 0,03 persen atau delapan dari 27.000 anak. Lalu, jenjang Sekolah Menengah Atas maupun Kejuruan (SMA/SMK) hingga 0,02 persen atau 5 orang anak putus sekolah dari total 27.000 anak. Bahron mengatakan, tingginya angka putus sekolah ini disebabkan faktor ekonomi.

Anak-anak yang mengalami putus sekolah tergolong kategori keluarga kurang mampu. Mereka memilih untuk bekerja, dibandingkan sekolah yang membutuhkan banyak biaya. “Kebanyakan karena alasan ekonomi, mereka enggan sekolah dan memilih bekerja,” ujarnya. Namun di balik itu, Bahron menilai ada faktor lain yang juga memicu tingginya angka putus sekolah. Misalnya pengaruh lingkungan sekitar yang mendorong sang anak malas melanjutkan sekolah. “Bukan masalah ekonomi saja, tetapi juga kondisi lingkungan di sekitar anak itu, di daerah yang tinggi angka putus sekolah, sehingga mempengaruhi kemauan untuk anak sekolah,” tuturnya. Beri Beasiswa Anak Prestasi Bahron menuturkan, pihaknya telah melakukan sejumlah upaya untuk menekan angka putus

sekolah yang ada di Gunungkidul. Diantaranya, melalui pemberian beasiswa untuk anak-anak berprestasi, tetapi dari keluarga kurang mampu. Selain itu, ia juga memberikan pemahaman kepada para orangtua dan anak-anak soal arti pentingnya sekolah. Mereka diberikan dukungan untuk melanjutkan sekolah. “Kami berikan bantuan beasiswa dan juga berikan pemahaman kepada orangtua maupun pada anak sendiri untuk mau bersekolah,” ujarnya. Melalui cara itu, Disdikpora berharap, agar angka putus sekolah dapat menurun. Anak-anak Gunungkidul dapat memiliki keinginan untuk melanjutkan sekolah ke jenjang lebih tinggi. “12 tahun masa belajar perlu untuk digencarkan, karena melalui sekolah ini peluang kerja akan terbuka lebar, dan kehidupan akan lebih baik,” ujarnya. (rfk)

Arahkan ke Sekolah Kejuruan KEPALA Balai Pendidikan Menengah (Dikmen) Gunungkidul, Sukito mengatakan, para siswa diarahkan untuk bersekolah ke SMK, sehingga mereka dapat memiliki kompetensi setelah lulus sekolah. Lapangan pekerjaan pun dapat

terbuka lebar bagi para lulusan SMK. “Jurusan yang ada pun disesuaikan kebutuhan zaman. Jurusan yang kurang diminati akan digantikan dengan jurusan yang banyak diminati,” ujarnya. (rfk)

TRIBUN JOGJA/RENDIKA FERRI K

KOMITMEN - Penetapan Gunungkidul sebagai Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi di

Bangsal Sewoko Projo, Wonosari, Gunungkidul, Jumat (2/3).

Gunungkidul Zona Bebas Korupsi GUNUNGKIDUL, TRIBUN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul, Kantor Pajak Pratama (KPP) Wonosari, dan Forkompinda Gunungkidul berkomitmen bersama untuk mewujudkan daerah Gunungkidul yang bebas dari korupsi. Komitmen ini dinyatakan melalui penetapan Gunungkidul sebagai Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi di Bangsal Sewoko Projo, Wonosari, Gunungkidul, Jumat (2/3), oleh Bupati Gunungkidul, Kepala DJP DIY, Kepala KPP Pratama Wonosari, Kapolres Gunungkidul. “Kami harapkan melalui penetapan zona bebas korupsi ini, Gunungkidul dapat terbebas praktik korupsi kedepannya,” ujar Kepala Kanwil DJP DIY, Dinoysius Lucas Hendrawan, Jumat (2/3). Lucas mengatakan, sejumlah upaya dilakukan untuk mewujudkan zona integritas wilayah bebas korupsi ini, diantaranya melakukan sosialisasi tentang bahaya korupsi hingga pengawasan yang dilakukan di seluruh instansi. “Jika semua instansi mau melakukan pengawasan, kami dapat katakan korup-

Pemkab Tawarkan Insentif untuk Investor KULONPROGO - Pemerintah Kabupaten Kulonprogo menawarkan beragam insentif untuk menarik minat investor agar menanamkan modal mereka di wilayah itu. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT) Kabupaten Kulonprogo, Agung Kurniawan mengatakan, sejalan pelaksanaan pembangunan bandar udara di daerah ini, pemkab berupaya mendorong pertumbuhan usaha-usaha baru diberbagai sektor. “Untuk itu, kami menawarkan beragam in-

sentif guna menarik minat investor agar menanamkan investasi mereka ke Kulonprogo, misalnya tertuang pada Peraturan Bupati Nomor 62 Tahun 2015 tentang Tata Cara Pemberian Insentif dan Kemudahan Penanaman Modal,” katanya. Ia mengatakan, dalam mempromosikan berbagai kemudahan-kemudahan berinvestasi Kulonprogo, pemkab sangat progresif dan atraktif dalam menawarkan skema-skema insentif yang sangat bermanfaat untuk diberikan ke-

pada investor. Selanjutnya, Agung mengatakan kedepan, Kulonprogo akan menjadi smart city, akan dilakukan perbaikan dan inovasi dalam pelayanan perizinan dan penanaman modal, memangkas berbagai regulasi yang menghambat sehingga akan tercipta iklim investasi yang kondusif. “Kami akan menjadikan Kulonprogo sebagai kabupaten yang bisa bersaing dengan kota/ kabupaten yang lain di DIY,” katanya. (antaranews)

PHRI Keluhkan Pemasangan Tapping Box GUNUNGKIDUL - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Gunungkidul mengeluhkan pemasangan 13 alat perekam transaksi (tapping box) di rumah makan, yang berfungsi untuk mengurangi risiko kebocoran pajak. Ketua PHRI Gunungkidul, Nila Sari mengharapkan, pemkab memberikan secara menyelu-

ruh. “Kami mendukung langkah pemkab memberikan tapping box. Hanya PHRI keberatan jika hanya dikhususkan bagi 13 rumah makan saja. Di Gunungkidul, jumlah rumah makan beromzet tinggi, ada banyak,” kata Nila. Dia mengatakan, sampai saat ini seluruh penerima masih keberatan memasang. Sebab, mereka khawatir pengusaha, pelanggan akan

berpindah ke tempat wisata. Untuk itu, pihaknya berencana beraudiensi dengan pemerintah. Nila berharap, ada solusi terbaik untuk para pengusaha. Sehingga nantinya bisa berkontribusi bagi daerah, tetapi tidak merasa dirugikan, karena peralatan tidak merata. “Diagendakan audiensi pada Senin 5 Maret mendatang,” katanya. (antaranews)

Bupati Hasto Resmikan Masjid dari Donatur Rumah Zakat dan Rumah Wakaf KALIBAWANG, TRIBUN - Bertempat di Dusun Cikalan, Kelurahan Banjarharjo, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulonprogo, Hasto Wardoyo meresmikan Masjid Siti Chottidjah dengan menandatangani batu prasasti. Masjid tersebut merupakan hasil dari donasi para donatur Rumah Zakat dan muwakif dari Rumah Wakaf. Sebelumnya di lokasi yang sama sudah ada masjid kampung, namun karena ukuranya kecil sehingga tidak dapat menampung jemaah dari warga dusun sekitar dan sebagian struktur bangunan sudah lapuk, maka akhirnya di ganti dengan masjid yang lebih be-

sar dan kuat. Bupati Hasto berharap masjid tersebut selain untuk salat dan ibadah lainnya, juga sebagai sarana syiar kebaikan kepada masyarakat sekitar. Rangkaian kegiatan peresmian diramaikan juga dengan bakti sosial yang diselenggarakan oleh KPP Pratama Yogyakarta bekerja sama dengan Rumah Zakat. “Ini merupakan kegiatan bakti sosial rutin KPP Pratama Kota Yogyakarta dari optimalisasi dana ZIS karyawan KPP yang dikerjasamakan dengan Rumah Zakat”, tutur Sartana, perwakilan KPP Pratama Kota Yogyakarta. Bakti sosial yang dilakukan terdiri dari penyaluran bantuan pen-

BANTUAN

RUMAH ZAKAT

- Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo bersama KPP Pratama Yogyakarta dan warga Kalibawang. didikan kepada siswa dhuafa dari wilayah Kalibawang dalam bentuk beasiswa dan paket perlengkapan sekolah. Selain itu juga Siaga Sehat bagi warga masyarakat sekitar yang ingin mengakses konsultasi dan berobat

gratis melalui layanan bakti sosial tersebut. Pada bakti sosial kali ini, penerima manfaat yang mendapat bantuan terdiri dari 100 siswa dari warga dhuafa dan 100 pasien dari warga setempat. (rls)

si tak akan terjadi lagi. Pemerintahan pun harus dilakukan secara transparan dan bertanggungjawab,” ujarnya. Lanjutnya, seluruh instansi dikerahkan dalam pengawasan ini, mulai instansi pemerintahan di lingkungan Kabupaten Gunaungkidul, Kantor Pajak, bahkan sampai Kepolisian. ‘’Semua instansi harus berkomitmen menciptakan wilayah Gunungkidul yang bebas korupsi,” ujarnya. Sementara Bupati Gunungkidul, Badingah mengatakan, pihaknya mendukung penuh langkah DJP dalam mewujudkan tatanan pemerintahan yang bersih dan bebas praktik korupsi melalui penetapan zona integritas wilayah bebas korupsi. Untuk mewujudkan zona bebas korupsi ini, pihaknya siap melakukan pengawasan pada setiap instansi pemerintahan. Mereka dituntut dapat transparan dan bersikap tanggung jawab dalam menggunakan anggaran. “Kami mendukung penuh, jangan sampai ada yang tersangkut karena korupsi. Korupsi ini adalah salah satu yang harus kita perangi,” ujarnya. (rfk)


JOGJA REGION SLEMAN-BANTUL

7

SABTU PAHING 3 MARET 2018

Layanan Kesehatan Tetap Jalan Normal zz Hujan Deras Bikin Eternit Puskesmas Ngaglik 1 Jebol

TRIBUN JOGJA/RENDIKA FERRI K

RUSAK - Sejumlah petugas dan pegawai Puskesmas Ngaglik I membersihkan runtuhan eternit yang jebol akibat hujan deras,

Jumat (2/3). Beruntung musibah ini tak menimbulkan korban jiwa.

SLEMAN, TRIBUN - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Sleman pada Kamis (1/3) sore, membuat atap di sebuah ruangan di lantai 2 Puskesmas Ngaglik 1 jebol. Kepala Puskesmas Ngaglik 1, Isah Listiani menjelaskan, kejadian tersebut terjadi pada sore sekitar pukul 15.00. Sejumlah pegawai pun sudah pulang, sehingga tak ada korban dalam peristiwa tersebut. “Sore (kejadiannya) sudah jam pulang. Ada beberapa teman-teman yang masih di sini. Tak ada yang tertimpa,” jelasnya. Selain meruntuhkan eternit, sejumlah komputer, printer, dan meja terkena reruntuhan eternit. “Kerusakan belum dicek, nanti akan dicek satu-satu. Kita juga ke dinas melaporkan, nanti dinas tanggapan seperti apa, tinggal kita ikuti,” terang Isah. Isah memastikan, pelayanan kepada masyarakat tak terganggu, karena berada di lantai 1 dan tak terkena imbasnya. Sementara Saiful Bachri, Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekontruksi BPBD Kabupaten Sleman menjelaskan, pemicu kerusakan tersebut tak lain karena derasnya hujan dalam durasi lama, sehingga air masuk dan menggenangi eternit. “Eternit jebol karena tak bisa menahan air.

Pemasangan atapnya yang kurang pas. Satu ruangan ini merupakan ruang kepala puskesmas sementara, aula, dan TU,” jelasnya di lokasi. Saiful mengatakan, bangunan Puskesmas tersebut dibangun pada 2007. Sementara luas ruangan yang rusak sekitar 60 m2. “Kami nanti fasilitasi untuk berkoordinasi dengan instansi terkait rehabilitasinya,” jelasnya. 13 Titik Angin Kencang Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan BPBD Sleman, Makwan menjelaskan, hujan pada Kamis (1/3) lalu, ada 13 titik kejadian angin kencang meliputi Kecamatan Pakem 1 titik kejadian, Kecamatan Ngaglik 16 titik kejadian, Kecamatan Sleman 12 titik kejadian Kecamatan Mlati 1 titik kejadian. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sleman, Nurulhayah menjelaskan, terkait rusaknya eternit Puskesman Ngaglik 1, pihaknya segera melakukan tindak lanjut. “Saya sudah ke sana. Sementara ini pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan biasa. Administrasi juga berjalan lancar. Untuk tindak lanjut akan dirapatkan,” jelasnya, Jumat (2/3). Nurul memperkirakan, rusaknya eternit tersebut dipicu dari struktur pemasangan genteng yang harus diperhatikan. (app)

Angela Lee dan Suami Ditahan Terpisah Ada 6 Ribu Penyandang Disabilitas di Bantul

BANTUL, TRIBUN Jumlah kelompok masyarakat kategori disabilitas di Bantul hingga 2018 ini masih tertinggi di wilayah DIY. Pemerintah daerah melalui Dinas Sosial (Dinsos) Bantul, kini terus menggalakkan program demi merespon fakta ini. Kepala Dinsos Bantul, Edi Susanto mengatakan, jumlah kaum disabilitas di Bantul mencapai 6.000 orang sampai tahun ini. Terbanyak dibanding kabupaten/kota di DIY lain. “Memang Bantul terbanyak, sebagai imbas gempa 2006 silam,” kata Edi, Jumat (2/3). Dijelaskan Edi, gempa 2006 menjadikan banyak warga Bantul mengalami disabilitas, karena kerusakan parah yang ditimbulkan. Kini meskipun sudah 12 tahun berlalu, data Dinsos menunjukkan bahwa mayoritas kaum disabilitas masih kategori usia produktif. Sebagai bentuk respon, Dinsos berupaya menjadikan kaum disabilitas Bantul ini tetap bisa mandiri dan sebisa mungkin tak mengandalkan orang lain. Beberapa program berbasis pelatihan ketrampilan

kini sedang dimaksimalkan. Secara berkala, Dinsos memberikan bantuan kepada para disabilitas yang berbentuk pelatihan ketrampilan. Entah pada ketrampilan di bidang kerajinan, pengolahan pangan maupun pakan ternak. Lokasi pelatihan pun disebar dengan target pemerataan wilayah di masa mendatang. “Tapi lama-lama mereka mau dan bahkan meminta untuk diberi pelatihan, malah ada juga desa yang sengaja melakukan pelatihan bersumber dari ADD (Alokasi Dana Desa),” katanya. Selain memberikan program pelatihan, Dinsos Bantul juga memberi bantuan kepada 350 penyandang disabilitas Bantul kategori berat atau tak bisa lagi produktif. Bantuan Asistensi Sosial Orang Dengan Kecacatan (ASODK) ini berupa uang Rp300 ribu tiap bulan. Kasi Penyandang Disabilitas dan Lansia Dinsos Bantul, Irianto menyebut, bantuan bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk 298 orang, kemudian dari APBD Bantul berjumlah 52 orang. “298 orang ini memang kuota pusat, sisanya kita cover,” katanya. (sus)

Memang Bantul terbanyak, sebagai imbas gempa 2006 silam

Pardiyono Lima Kali Curi Uang Infak SLEMAN - Bukannya menjalani ibadah Salat Jumat secara khusyuk, seorang pria asal Bringin, Srumbung, Magelang, ini justru nekat mencuri uang kotak infak di Masjid Agung Sleman, Jumat (2/3). Pelaku bernama Supardiyono (46) tersebut, diketahui telah lima kali mencuri uang kotak infak di masjid yang sama. Akibat perbuatannya tersebut, pelaku pun digelandang ke Polsek Sleman. Kanit Reskrim Polsek Sleman, Iptu Bowo Susilo menjelaskan, awal mula kronologi kejadian, pemuda masjid sebelumnya telah menaruh curiga dengan pelaku, karena sudah lima kali uang di kotak infak selalu raib. Lantas, pemuda masjid mengawasi gerak-gerik pelaku. Sebelum Salat Jumat dimulai, pelaku sempat terlihat mencari letak kotak infak. “(Pelaku) diduga sudah lima kali (mencuri) dam diawasi pemuda masjid,” jelas Bowo di kantornya, Jumat (2/3). “Terakhir selesai Salat Jumat, jamaah ada yang doa ada yang langsung bablas (pulang). Nah, dia (pelaku) justru buka kotak infak dan ambil uang,” terangnya. Saat pelaku mengambil uang tersebut, pemuda masjid sempat merekamnya dengan

ponsel. Kemudian pelaku disergap saat itu juga dan diserahkan ke pihak berwajib. “Memang ada sebuah kotak infak yang tak dikunci, karena rusak. Pelaku mungkin sudah mengamatinya juga,” jelas Bowo. Dari tangan pelaku, petugas berhasil mengamankan uang senilai Rp217 ribu hasil tindak kejahatan. Pelaku diancam Pasal 362 KUHP dengan ancama hukuman maksimal lima tahun penjara. Sementara pelaku Supardiyono di hadapan petugas mengakui, telah lima kali mencuri uang di kotak infak Masjid Agung Sleman. Dari hasil kejahatannya ia mengaku, mendapat uang senilai Rp500 ribu. Uang tersebut, aku pelaku, untuk membayar cicilan kredit motor miliknya yang digadaikan. Pelaku beralasan, terpaksa mencuri karena usaha agen tiket yang dibukanya belum membuahkan hasil. “Saya kerja di Tempel buka agen tiket pesawat, masih merintis jadi belum ada hasilnya. Dapat uang total (dari lima kali mencuri) sekitar 500 ribu. Uangnya buat bayar angsuran motor. Angsurannya kan Rp400 ribu per bulan, saya belum ada pemasukan. Jatuh tempo kan tanggal 1 ini,” tandasnya. (app)

Toko Modern Diwajibkan Jual Produk Lokal BANTUL - Perda Toko Modern di Kabupaten Bantul masih menunggu untuk dibahas dalam Rapat Paripurna pascaselesai di tingkat Pansus. Dimungkinkan akan ada klausul baru yang diajukan, diantaranya kewajiban toko modern menjual produk lokal Bantul. Klausul baru ini sempat disampaikan Asek I Bidang Pemerintahan Pemkab Bantul, Bambang Guritno beberapa waktu lalu, sebagai bentuk rekomendasi bupati. Sempat disampaikan ke tim Pansus Perda Toko Modern di dewan namun mentah karena Perda sudah selesai dibahas di level Pansus. “Sebagai bentuk penyesuaian dinamika, bahwa Pemda tak kaku memberi izin toko modern beroperasi, khususnya wilayah selatan sebagai bentuk kesiapan Bantul jelang

bandara baru di Kulonprogo, tentunya dengan tetap memperhatian pasar tradisional,” kata Bambang. Beberapa klausul baru, menurut Bambang, dimungkinkan bakal muncul. Diantaranya, Toko Modern di JJLS diwajibkan menjual barang kerajinan produksi masyarakat pesisir selatan atau pengrajin Bantul. Sistem zonasi nantinya akan jadi penegas soal penerapan klausul baru ini. “Prinsip kita adalah penyediaan fasilitas umum untuk orang-orang yang nanti melintas di JJLS tanpa mengusik keberadaan pasar tradisional, klausul baru ini juga demi mendongkrak produktifitas kerajinan maupun produk lokal Bantul agar semakin dikenal dan diminati banyak orang,” katanya. (sus)

„„ Polisi Telah Limpahkan BAP ke Kejari Sleman SLEMAN, TRIBUN - Artis sekaligus selebgram Angela Charlie atau yang dikenal dengan nama Angela Lee (31), bersama suaminya David Hardian Sugito (36), ditetapkan sebagai tersangka kasus penipuan dan pencucian uang investasi bisnis tas impor oleh Polres Sleman. Saat ini, keduanya masih ditahan di sel tahanan Mapolres Sleman. “Keduanya masih ditahan guna proses penyidikan lebih lanjut. Ditahan di sel terpisah, ada sel khusus tahanan pria, ada sel khusus perempuan,” kata Kabid Humas Polda DIY, AKBP Yuliyanto, saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (2/3). Secara umum, jelas Yuliyanto, kondisi Angela dan suaminya baik selama dalam tahanan. Keduanya di-

tetapkan sebagai tersangka dan langsung ditahan penyidik sejak 5 Februari 2018. Angela dan suaminya dijerat pasal penipuan, penggelapan, dan pencucian uang terkait bisnis investasi tas impor mewah. Mereka dilaporkan ke polisi oleh Santosa Tandyo, yang merasa ditipu dalam kerja sama bisnis dengan Angela dan David yang berjalan sejak Februari 2017. Uang investasi ST sebesar Rp12,1 miliar justru dipakai untuk membayar utang Angela, membeli rumah di kawasan BSD City Tangerang, dan membeli sebuah mobil Jeep Wrangler Rubicon. “Penyidik menyita barang bukti puluhan tas impor berbagai merk, jam tangan, dan satu unit mobil. Untuk

STORY HIGHLIGHT zz Tersangka kasus penipuan artis sekaligus selebgram Angela Charlie atau yang dikenal Angela Lee (31), bersama suaminya David Hardian Sugito (36), ditahan terpisah di sel Mapolres Sleman. zz Proses hukum kasus

seluruh barang bukti kini dititipkan di Rupbasan (Rumah Penitipan Barang Sitaan Negara) Yogya,” imbuh Yuliyanto. Proses hukum kasus penipuan dan pencucian uang yang menjerat artis selebgram cantik ini telah diselesaikan polisi. Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Angela Lee telah dilimpahkan penyidik Polres Sleman ke Kejak-

Kuasa Hukum Tersangka Ingin Damai PENGACARA pasangan suami istri itu, Husendro, sedang barusaha agar kasus tersebut damai. Husendro mengaku, sudah bertemu pelapor kasus Angela dan David, Santosa Tandyo, di Polres Sleman pada 1 Maret 2018. Husendro berharap kasus ini bisa damai. “Ya kita usahakan untuk damai. Pak Santosa baik kemarin, cuma beliau memang bilang bahwa yang namanya utang tetap harus dibayar,” kata Husendro. Husendro mengatakan, bahwa Angela sebenarnya beritikad baik dan mau membayar utang. Tapi, memang karena keadaan, Angela hanya mampu mencicilnya. “Jadi Angela berharap, bisa dicicil, dia

akan bekerja keras untuk membayar semua utangnya. Ini berat, tapi kalau Angela diberi kesempatan bekerja, saya kira dia mampu membayar,” kata Husendro. Husendro juga meluruskan soal kabar sebelumnya yang menyebutkan, bahwa Angela dan David ditangkap. Menurutnya, keduanya tak ditangkap tapi ditahan. “Jadi pas tanggal 5 Februari 2018 kemarin itu, mereka BAP di Polres Sleman. Nah, polisi mungkin merasa bahwa mereka harus ditahan, jadi ya Angela nggak nyangka kalau bakal ditahan. Jadi bukan ditangkap ya,” kata Husendro. Karena kasus ini, Angela dan David diancam 20 tahun penjara dan denda Rp 10 miliar. (dtc)

penipuan dan pencucian uang yang menjerat artis selebgram cantik ini telah diselesaikan polisi. zz Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Angela Lee telah dilimpahkan penyidik Polres Sleman ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Sleman. saan Negeri (Kejari) Sleman. “BAP sudah dilimpahkan penyidik ke Kejaksaan, sekarang masih diteliti jaksa,” lanjut Yuliyanto. Periksa 20 Saksi Selain keterangan dari pelapor dan tersangka, penyidik juga telah memeriksa sekitar 20 orang saksi dan meminta keterangan ahli. “Menunggu hasil penelitian jaksa, jika BAP dinyatakan lengkap, maka nanti kedua tersangka dan barang bukti akan dilimpahkan ke kejaksaan untuk kemudian disusun surat dakwaannya. Jika sudah lalu dilimpahkan ke pengadilan,” jelas Yuliyanto. Angela dan suaminya dijerat Pasal 378 dan 372 KUHP serta Pasal 3 dan 4 Undangundang Nomor 8 Tahun 2010 tentang tindak pidana pencucian uang. Dari kasus ini, polisi mengamankan barang bukti buku tabungan, suratsurat, puluhan tas impor berbagai merk, jam tangan dan satu unit mobil Jeep Wrangler Rubicon. (dtc)

Sarasehan Hari Peduli Sampah Nasional di Dusun Candikarang, Sardonoharjo

Sugeng Priyanto Ajak Masyarakat Bersinergi Kelola Sampah Masalah sampah masih menjadi momok menakutkan bagi Indonesia, termasuk Kabupaten Sleman. Persoalan sampah di Sleman pun masih tinggi.

K

EPALA Pusat Pengendalian Pembangunan Ecoregional Jawa, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Sugeng Priyanto menjelaskan, pada 2025 ditargetkan Indonesia bebas sampah. Untuk itu, pihaknya terus berupaya mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengatasi persoalan sampah. Diantaranya ia menghadiri kegiatan gropyokan Sampah dan sarasehan peringatan hari Peduli Sampah Nasional di Dusun Candikarang, Desa Sardonoharjo, Kecamatan Ngaglik, Jumat (2/3). “Berdasarkan Peratusan Presiden (Perpres) nomor 97/2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga, ditargetkan Indonesia bebas dari sampah pada 2025,” jelasnya.

Tak hanya imbauan membuang sampah di TPA, masyarakat pun juga dituntut berperan aktif mengurangi sumber sampah. Sehingga, kesadaran masyarakat sangatlah diperlukan. “Contoh sampah yang masih memiliki nilai ekonomi dikelola lagi, sehingga volume sampah dapat berkurang,” jelasnya. Begitu pun di Kabupaten Sleman. Ia menyebut, bahwa persoalan sampah masih tinggi. Untuk itu, ia mengimbau agar permasalahan sampah ini segera diatasi. “Masih harus dibangun bagaimana keterkaitan antara pihak untuk menyelesaikan persoalan sampah,” sebutnya. Komunitas-komunitas peduli sampah, menurutnya, harus selalu digandeng bersama juga melibatkan mahasiswa dan para peng-

TRIBUN JOGJA/ PANJI PURNANDARU

PEDULI - Sarasehan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional

di Dusun Candikarang, Desa Sardonoharjo, Kecamatan Ngaglik, Jumat (2/3).

usaha. Tak hanya itu, perlu ada evaluasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman terkait program pengelololaan sampah yang dijalankan. “Di Sleman sudah ada bank-bank sampah, cuma bagaimana target yang akan dicapai,” ujarnya. Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sleman, Purwanto menuturkan acara sarasehan kali ini bertujuan untuk sosialisasi pengolahan sampah dan memberikan pendidikan sampah ke ma-

syarakat. “Sarasehan ini menyosialisasikan terkait pengolahan sampah kepada masyarakat. Pendidikan masyarakat, bahwa sampah harus dikelola kalau tidak sangat berbahaya bagi masyarakat,” jelasnya. Sementara dipilihnya Dusun Candikarang, Desa Sardonoharjo, Kecamatan Ngaglik, tak lain karena lokasi tersebut dekat sungai dan dahulu pernah terdapat pembuangan sampah liar. (Panji Purnandaru)


SNAP SHOT 8

BERPETUALANG ALA RALLY DAKKAR SIAPA yang tidak mengenal kawasan pesisir selatan Bantul. Beragam potensi wisata ditawarkan mulai wisata pantai, kuliner laut serta gumuk pasir yang langka. Keberadaan gumuk pasir yang sangat luas di pesisir selatan tersbeut saat ini mulai dikembangkan oleh amsyarakat sekitar dengan menciptakan wisata petualangan menggunakan kendaraan jenis jip. Usaha jasa paket wisata petualangan yang sudah sejak sekitar setahun terakhir dikenalkan dan ditawarkan melalui dunia maya itu menjadi salah satu pilihan wisatwan. Kita sudah tidak asing lagi dengan kompetisi Rally Dakkar yang terkenal bukan? Dengan Wisata Jip Parangtritis menggunakan kendaraan penggerak empat roda ini, kita bisa menikmati laksana kejuaran dunia tersebut di kawasan Gumuk Pasir. Wisata Jip Parangtritis memiliki beberapa jalur yang dapat dinikmati, seperti jelajah Gumuk Pasir dan Jelajah Pesisir Pantai yang tentunya akan memberikan pengalaman berbeda bagi wisatan. Dengan

merogoh kocek sekitar Rp350 ribu hingga Rp500 ribu, tergantung dari pemilihan jalur, kita dapat menikmati sisi lain dari kawasan Parangtritis dengan durasi jelajah sekitar dua jam.(*) TEKS DAN FOTO: HASAN SAKRI GHOZALI

SABTU PAHING 3 MARET 2018


JATENG SQUARE 9

SABTU PAHING 3 MARET 2018

TRIBUN JATENG/ KHOIRUL MUZAKY

RETAK Muncul retakan tanah di jalan yang terletak di Dusun Jlegong Desa Jlegong Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara. Retakan ini membahayakan rumah-rumah yang ada di sekitarnya.

Jalan Retak Mengular Belasan Meter Polisi-polisi Gendut Temanggung Dijemur  Biar Kuat Lari Kejar Maling TEMANGGUNG, TRIBUN - Sebanyak 57 anggota polisi Polres Temanggung yang berbadan gendut (overweight) alias kegemukan menjalani program pengendalian berat badan. Kegemukan adalah kondisi berat badan seseorang melebihi berat badan normal pada umumnya. Kapolres Temanggung AKBP Wiyono Eko Prasetyo mengatakan, program pengendalian berat badan bagi anggota Polres Temanggung tersebut menindaklanjuti program Kepolisian Republik Indonesia (Polri) guna memperbaiki performa personil Polri yang mengalami kegemukan. “Kalau anggota Polri memiliki bentuk tubuh yang gagah), maka masyarakat yang melihat akan suka. Kalau gemuk bisa menghambat pergerakan kita, misalnya kalau ada maling lari, terus kita mengejar, maka kita tidak bisa cepat dan sigap,” tutur Kapolres Temanggung saat mengecek daftar anggota yang mengikuti program penurunan berat badan, di Halaman Mapolres,

TRIBUN JATENG/HUMAS POLRES TEMANGGUNG

OLAHRAGA - Sebanyak 57 anggota polisi Polres Temanggung yang berbadan gendut menjalani program pengendalian berat badan, Jumat (2/3).

Jumat (2/3/2018) pagi. Selain itu, dikatakan Wiyono, sebagaimana dilaporkan Humas Polres Temanggung, upaya ini juga untuk memperbaiki kesehatan anggota dengan olahraga. Program penurunan berat badan tersebut diawali dengan gerakan olahraga di tempat yang diikuti seluruh anggota Polres Temanggung, khusus bagi anggota yang kegemukan, mereka mendapat pembinaan fisik lebih, mulai dari push up, sit up, dan lari

keliling kota. “Tujuannya, agar tubuh mereka ramping dan sehat, karena saat melaksanakan tugas bisa bergerak lebih siap dan sigap dalam melayani masyarakat. Program ini sangat positif dampaknya, dan tujuan akhirnya adalah polisi gendut tadi dapat memiliki pustur tubuh yang ideal,” pungkasnya. Ia meminta keikhlasan anggota yang masuk program penurunan beran badan dan sadar diri terhadap kondisi fisiknya saat ini. (tribunjateng)

Polresta Solo Ringkus 9 Tersangka Penyalahgunaan Narkoba DALAM waktu 20 hari, Polresta Solo berhasil meringkus total sembilan tersangka penyalahgunaan narkoba. Sembilan tersangka ini di antaranya Marwan alias TG, Pramono alias Botak, Sukatno alias Edi Kampret, Yanto, Haryanto alias Pekok, Wahyu, Sulis, Ilham Rohim dan Kurniawan. Beberapa di antaranya merupakan pengedar. Kapolresta Solo, Kombes Pol Ribut Hari Wibowo dalam gelar perkara di Mapolresta Solo, Jumat (2/3/2018) siang memaparkan

dari sembilan tersangka ini, barang bukti yang berhasil disita sebanyak 1,03 ons. “Sejak 1 Februari 2018 hingga 20 Februari 2018 kita berhasil tangkap sebanyak sembilan tersangka penyalahgunaan narkoba jenis shabu, 1,03 ons,” paparnya. Seluruhnya ditangkap di Kota Solo. Dalam penangkapan ini, ia menjelaskan, terdapat shabu-shabu serbuk jenis baru yang lebih lembut, bernama shabu salju. (tribun jateng)

 12 Rumah di Banjarnegara Terancam Tanah Longsor BANJARNEGARA, TRIBUN dari kondisi lantai dan tanah - Munculnya retakan di jalan pekarangan warga yang sebaraya dusun Jlegong Desa Jle- gian telah ambles. Mengungsi gong Kecamatan Karangkobar Sulton mengmengagetkan aku pihaknya warga. Retaktelah mengan itu menguimbau warga lar sepanjang yang rumahbelasan meter nya terancam yang melintang agar mengungdi jalan. Terlesi jika terjadi bih permukaan hujan lebat jalan aspal itu atau lama. Pisebagian telah haknya tengah turun atau amberupaya agar bles sekira 20 retakan itu ticm. dak berkemJalan kabang menjadi bupaten itu bencana yang menjadi akses tidak diinginpenghubung kan. antar desa dan Satu di ankecamatan tara usaha itu Karangkobar dengan memdengan Kalibebenahi sisning. Rekahtem saluran an tanah yang Sulton air agar tidak mulanya dikeKaur Pembangunan mengalir ke lutahui di jalan bang retakan. raya itu kemuPihaknya dian disisir oleh warga untuk dicari ujungnya. berharap pemerintah bisa Ternyata, ujung retakan ti- melakukan kajian geologi dak terputus di tepi jalan. Ga- terhadap fenomena alam di ris retakan memanjang tanpa wilayahnya itu. Dengan deputus sampai kebun dan pe- mikian, warga tahu bagaikarangan warga dengan lebar mana seharusnya menyikapi gejala alam itu sehingga bisa lubang sekira 5 cm. Satu rumah permanen di lepas dari ancaman longsor. sisi atas jalan paling terancam “Sebanyak 13 rumah yang pergerakan tanah itu karena terancam. Untuk jalan raya letaknya persis di mahkota yang terancam, kami serahkan ke DPU Banjarnegara longsor. Dari hasil pantauan, garis karena ini jalan kabupaten,” retakan itu setelah diurutkan katanya. Sering Terjadi telah membentuk tapal kuda Warga maupun pengendayang mengindikasikan adanya ancaman bahaya. “Su- ra yang biasa melintasi ruas dah membentuk tapal kuda, Banjarnegara-Karangkobar padahal di bawah jalan ada itu pasti paham, titik yang banyak rumah,” kata Kepala mereka lalui selama ini rawan Urusan Pembangunan Desa longsor. Karena itu, jalan ini selalu dilalui dengan hati-hati. Jlegong, Sulton, Jumat (3/2) Titik jalan ini bahkan nyaSelain satu rumah terancam karena berada dekat ris tidak pernah sepi dari mahkota longsor, 12 rumah aktivitas pekerja yang sering lain yang di bawah tebing ja- memperbaiki jalan itu karena sering tergerus longsor. lan ikut terancam. Kepala Desa Paweden NisAncaman itu terindikasi

Dari hasil pantauan, garis retakan itu setelah diurutkan telah membentuk tapal kuda yang mengindikasikan adanya ancaman bahaya.

lam Suharno mengatakan, pemerintah rutin menggelontorkan dana untuk memperbaiki jalan yang sering rusak tergerus longsor tersebut. Namun, kata Nislam, hasil perbaikan yang telah dilakukan tidak pernah bertahan lama. Jalan kembali hancur karena pergerakan tanah yang menyangga jalan itu terus bergerak. Sejarah pergerakan tanah di wilayah ini ternyata dimulai

sejak puluhan tahun silam. Saat masih duduk di bangku SMP, sekitar tahun 1970 an, Nislam sudah menyaksikan pergerakan tanah di wilayahnya itu. Bertambah tahun, dampak pergerakan tanah semakin parah dan meluas. Pepohonan pinus di lahan milik Perhutani di bawah jalan raya provinsi satu persatu bertumbangan karena tanah ambles.(tribun jateng)

Harga Kebutuhan Pokok Langsung Naik DAMPAK ekonomi akibat terputusnya jalan provinsi di Desa Paweden Kecamatan Karangkobar Banjarnegara mulai dirasakan warga. Pasalnya, akses itu merupakan jalur ekonomi warga lintas kecamatan dan kabupaten. Transportasi yang memuat berbagai barang kebutuhan pokok untuk banyak desa ikut tersendat. Masalahnya, akses lain melalui jalur alternatif via pasar Gripit ikut tersendat lantaran medan jalan yang sempit dan rusak di sejumlah titik. Akses melalui jalur alternatif itu juga lebih jauh sehingga biaya transportasi ikut melonjak. Wajar, harga sejumlah kebutuhan pokok ikut naik karena kelangkaan barang dan meningkatnya biaya transportasi. Kepala Desa Paweden Kecamatan Karangkobar Nislam Suharno mengatakan, ibu rumah tangga mulai mengeluhkan harga sejumlah kebutuhan pokok yang naik semenjak jalan putus. Menurut Nislam, dampak ekonomi ini bukan hanya dialami Desa Paweden, namun banyak desa lain di Kecamatan Karangkobar dan kecamatan sekitar. Pasalnya, banyak barang kebutuhan pokok di wilayah kecamatan atas disuplai dari kota Banjarnegara melalui jal-

ur yang putus. “Istri saya mengeluh, apa-apa naik. Dampaknya mulai terasa,” kata Nislam, Jumat (2/3). Saat pengeluaran rumah tangga meningkat, sumber pemasukan warga justru semakin seret. Perekonomian warga yang sebagian besar bermatapencaharian petani ikut lumpuh karena akibat jalan putus. Jalur itu biasa untuk mengangkut hasil bumi semisal salak, palawija, gabah dan kayu. Sementara jalur alternatif via pasar Gripit-Beji-Slatri Karangkobar susah dilalui kendaraan besar. “Padahal tanaman salak dua minggu sekali panen, kalau ditunda busuk. Sementara kondisi jalan susah, mobil muatan lebih tidak berani lewat,”katanya Jalur utama provinsi di ruas Desa Paweden Kecamatan Karangkobar putus karena longsor sejak, Jumat (9/2) lalu. Beberapa waktu lalu jalan terdampak longsor itu sempat dibuka untuk kendaraan roda dua meski kondisi medan masih sulit. Namun nahas, beberapa hari lalu, pergerakan tanah justru terjadi di titik lain jalur itu sehingga jalan kembali terputus. Pengendara kembali direkomendasikan melalui jalur alternatif via Pasar Gripit-Beji-Slatri, atau Pasar Gripit-Sembawa-Kalibening. (tribun jateng)

Korban Dijerat Kain Selama 20 Menit

Didik Menangis Mengingat Cara Dia Membunuh Fitri

Untuk memastikan kematian Fitri, Didik membelit kepala korban menggunakan jarik selanjutnya dibungkus menggunakan plastik. Ia takut Fitri masih hidup.

D

IDIK Ponco (28) tersangka pembunuhan Fitri Anggraeni yang jasadnya dikubur dan disemen dalam bak mandi menangis setelah memperagakan adegan rekonstruksi yang di gelar Polres Kendal, Jum’at (2/3) sore. Air matanya luluh tak kuasa mengingat adegan demi adegan pembunuhan yang ia peragakannya kepada wa-

nita yang sering di sapa Eni itu. Air matanya mengalir deras saat dirinya dicerca pertanyaan dari wartawan. “Iya saya menjerat leher korban menggunakan kain selama 20 menit,” ujarnya. Rekonstruksi yang digelar di Mapolres Kendal itu dimulai dari adegan penjemputan korban menggunakan mobil Avanza. Tersangka menjemput korban pada si-

ang hari dan diketahui oleh ibu korban. Korban selanjutnya diajak tersangka menuju rumah tersangka di Dusun Krajan, Desa Puguh, Boja. Di dalam rumah tersangka, korban dan dirinya melakukan hubungan badan. Setelah berhubungan badan, timbulah cekcok antara korban dan tersangka karena tersangka menagih utang kepada korban. Korban pun akhirnya didorong hingga tersungkur kemudian ditindih menggunakan lutut.

Takut Masih Hidup Tak sampai disitu kepala korban dibenturkan di tepi ranjang dan dijerat menggunakan kain yang berada tak jauh dari ranjang. Korban pun akhirnya tewas di tangan tersangka. Untuk memastikan kematian korban, tersangka kembali membelit kepala korban menggunakan jarik selanjutnya dibungkus menggunakan plastik. “Takutnya masih hidup makanya saya belit menggunakan kain dan saya bungkus dengan plas-

tik,” ungkapnya. Tak mau diketahui oleh banyak orang, korban pun di masukkan ke dalam bak mandi selanjutnya di tutup dengan pasir dan dicor dengan semen. Sementara itu, Kasatreskrim Polres Kendal AKP Aris Munandar menjelaskan bahwa dalam rekonstruksi yang dilakukan itu memperagakan adegan sebayak 10 adegan. “Hal itu agar mencocokkan keterangan di berita acara dengan adegan secara riil peristiwa pembunuhan yang di-

TRIBUN JATENG/DHIAN ADI PUTRANTO

REKA ULANG - Didik Ponco dengan lancar memperagakan rekonstruksi pembunuhan terhadap Fitri Anggraeni.

lakukan tersangka,” ujarnya Aris menjelaskan setelah melihat rekonstruksi yang diperagakan oleh tersangka maka tersangka akan dijerat dengan undang-undang

KUHP pasal 338, 339 dan 3340. “Ancaman hukumannya adalah hukum kurungan maksimal seumur hidup,” pungkasnya. (tribun jateng/dap)


G S SIPI GOSIPI 10 SABTU, 3 MARET 2018

21

SABTU PAHING 3 MARET 2018

Mau Fokus di Film TERHITUNG sudah 4 tahun lalu, Morgan Oey resmi keluar dari boyband Smash. Ada alasan tersendiri Morgan belum juga membuat karya musik hingga sekarang. Saat itu, ia merasa tengah stuck dan belum memiliki ide untuk karya musik. "I was taking a break aja dari music scene karena memang aku

lagi mentok di dunia musik, waktu itu. (Belum terpikir) mau bikin apa. Secara, aku sudah keluar dari Smash," kata Morgan ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan kemarin. Menurutnya, ia belum mendapatkan ide dan inspirasi jika harus berkarir sebagai penyanyi solo. Namun, ia masih ingin berkarya

JEPRIMA WD

MORGAN OEY

di dunia hiburan tanah air. Oleh sebab itu, Morgan memilih meneruskan akting sebagai salah satu passion-nya. "Awalnya sinetron, ftv, film pertama assalamualaikum Beijing dan so on, sampai sekarang. Jadi nggak pernah meninggalkan tapi I was taking a break saja," kata Morgan.(han/wly)

KESULITAN BERBAHASA INDONESIA

Film Komedi Pertama LANJUT Nina, selain itu juga ia sempat kesusahan beradu akting dengan be beberapa komedian atau komika Indone Indonesia, yang membuatnya tidak berhen berhenti tertawa. "Sebelum ini saya pernah di dua film, satu action dan satu lagi drama. Ini film pertama komedi. Susahnya kalau lagi kerjasama dengan komedian mereka memang lucu, jadi kadang mereka off script jadi kita ketawa. Jadi harus re retake," jelasnya. menga Kendati demikian, Nina mengaku senang bisa bekerjasama dengan orang baru yang memang belum per perdu nah ia temui, selama berkarir di dunia akting. ker "Senang banget apa lagi kerjasama dengan oerang yang baru saya kenal. Saya baru pertama kai kerjasama dengan mereka, jadi mere mereka semua baik ba banget dan sportif ba banget sama saya," ujar Nina Kozok. (ari/wly)

S

EJAK usia satu tahun, model cantik dan artis peran Nina Kozok (27) sudah tinggal di luar negeri untuk mengikuti orangtuanya. Namun, 20 tahun tinggal negeri orang, Nina pun kembali ke Indonesia sejak tahun 2013 dan meniti karir di dunia modeling dan juga akting, untuk mengembangkan bakat yang ada didalam dirinya. Puluhan tahun tinggal di luar negeri membuat Nina kesusahan menggunakan bahasa Indonesia ketika ia berkomunikasi dan juga menghafalkan skrip saat membintangi sebuah film layar lebar. Terlebih ketika Nina menerima tawaran film 'Takut Kawin' karya Syaiful Drajat bersama Amanah Surga Production. wanita kelahiran Medan, Sumatera Utara, 27 Juni 1991 itu harus menggunakan bahasa Indonesia dalam berdialog dan memerankan karakter 'Kesha'. "Susah karena memang bahasa Indonesia bukan bahasa utama saya. Karena bahasa saya selama ini bahasa Inggris. Di Indonesia aku sudah hampir 5 tahun. Tapi selama di Indonesia lingkungan saya masih pakai bahasa Inggris dalam berkomunikasi," kata Nina Kozok. Nina menambahkan, ketika ia menghafal dialog, model iklan ini sangat sulit menghafalnya dan perlu berbagai cara agar bisa melakukannya. "Jadi pas masuk ke film yang bahasanya mesti bahasa Indonesia, jadi kesulitannya untuk menghafal dialog. Kalau bukan bahasa keseharian atau bahasanya yang enggak formal, saya jadi bingung," ucapnya. Nina mengaku ia harus dua kali kerja ketika menghafalkan dialog agar bisa mendalami karakter 'Kesha', wanita yang menjadi teman dekat dari Bimo, yang diperankan oleh Herjunot Ali.

ALEX SUBAN

DIRECT POINTS l 20 Tahun Tinggal di luar negeri l Susah hafali dialog berbahasa Indonesia l Takut Kawin film komedi pertama "Mendalami karakter harus dua kali kerja. Pertama semua dialoig yang sudah saya baca itu harus di Inggriskan. Dari situ aku baru paham karakter aku seperti apa dan ceritanya gimana. Dari situ baru bisa mendalami lebih detail karakternya dan bangun chemistrydengan yang lain," ujar Nina Kozok. Takut Kawin bercerita tentang sebuah kisah nyata yang menyelimuti keresahan seseorang, yang ingin menikahi kekasihnya dan mendapatkan keraguan yang cukup besar. Kisah seseorang yang bernama Bimo (Herjunot Ali) ingin menikahi kekasihnya yang bernama Lala (Indah Permatasari), namun ragu dengan sikap dan sifat kekasihnya. Film ini diperankan oleh aktor dan aktris Indonesia, seperti Herjunot Ali, Indah Permatasari, Junior Liem, dan masih banyak lagi.(ari/wly)

GNAOFFICIAL

NINA KOZOK

Takut Kawin Sama Junot

TRIBUN STYLE

LEONY VITRIA

Tak Masalah Dibilang Kumel ARTIS peran Leony Vitria Hartanti (30) memilih untuk tampil kasual dalam kesehariannya. Seperti saat menghadiri peluncuran aplikasi Yukk di Eastern Opulance, Jakarta Selatan, Kamis (1/3), Leony hanya memakai kaus oblong hitam dan celana jeans dengan warna senada. Menurut mantan penyanyi cilik ini, pakaian yang dikenakannya haruslah yang membuatnya nyaman. "Kalau saya sih karena

saya tipe yang enggak bisa, apa saya enggak suka pakai sesuatu yang enggak nyaman," katanya. "Terus saya juga enggak mau menjadi seseorang yang saya sendiri enggak nyaman ya, kalau style gini ya sudah," ungkapnya. Untuk itulah Leony mengaku tak ingin mengenakan pakaian dan riasan seperti wanita kebanyakan. "Jadi saya enggak bakal bergaya pakai dress, high heels dan bulu mata, sulam alis, hanya

karena itu lagi tren. Aku enggak tipe yang kayak gitu sih," ujarnya. Leony pun tak peduli jika apa yang ia kenakan kemudian disebut ketinggalan zaman. "Jadi kalau mau dibilang old, kumel, lecek istilahnya gitu ya biarin. Toh saya lebih bahagia kayak gini. Jadi ya daripada saya sulam alis biar dibilang kece tapi malah enggak sesuai. Ya yang sesuai sama diri aku aja," tuturnya.(kps/wly)

CERITA kehidupan masyarakat Indonesia atas ketakutannya terhadap perkawinan atau pernikahan diangkat dalam film layar lebar berjudul 'Takut Kawin'. Film bergenre drama komedi ini dibuat rumah produksi Amanah Surga Production, karya Syaiful Drajat yang dibintangi Herjunot Ali, Junior Liem, Indah Permatasari, Nina Kozok, dan lain-lain. Takut Kawin ingin membuat masyarakat agar tidak takut dengan sebuah pernikahan yang memang sudah menjadi langkah pasti dalam kehidupan. Junior Liem menjelaskan takut kawin menjadi sebuah parameter kehidupan masyarakat, seharusnya tidak menjadi momok untuk menentukan kisah asmara setiap pasangan. "Dalam film ini masyarakat bisa banyak belajar mengenai komitmen sebuah pasangan yang akan menikah," kata Junior Liem. Menurut Junior, tidak semua hal soal perkawinan yang membuat orang-orang menjadi takut untuk mengucap janji dan melangkah ke pelaminan bersama pasangannya. "Karena yang namanya perka-

winan adalah sebuah hal yang memang sudah menjadi komitmen dengan pasangannya itu sendiri. Selebihnya yah harus saling mengerti satu sama lain," ucap Junior Liem. Film tersebut rupanya bisa disaksikan oleh semua kalangan masyarakat Indonesia. Mengingat film Takut Kawin bukan lah sebuah film yang berat untuk diterima masyarakat. "Ini bukan film berat, tapi komedi. Jadi semua orang bisa menyaksikan film ini. Dari pasangan yang belum mau menikah, pasangan yang mau menikah, sampai pasangan yang sudah bisa menikah bisa nonton film Takut Kawin," ujar Junior Liem. Takut Kawin bercerita tentang sebuah kisah nyata yang menyelimuti keresahan seseorang, yang ingin menikahi kekasihnya dan mendapatkan keraguan yang cukup besar. Kisah seseorang yang bernama Bimo (Herjunot Ali) ingin menikahi kekasihnya yang bernama Lala (Indah Permatasari), namun ragu dengan sikap dan sifat kekasihnya. (ari/wly)

ALEX SUBAN

INDAH PERMATASARI


TRIBUN BUFFER 11

SABTU PAHING 3 MARET 2018

Saya Tak Akan Ikhlas

„„ Jonru Divonis 1,5 Tahun Penjara JAKARTA, TRIBUN - Terdakwa ujaran kebencian Jon Riah Ukur alias Jonru divonis 1 tahun 6 bulan penjara dan denda Rp50 juta subsider kurungan 3 bulan. Jonru dianggap bersalah karena menyebarkan video bernada ancaman. Sidang pembacaan putusan terhadap Jonru dilakukan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Jumat (2/3) sore. “Apa pun keputusannya, merupakan keputusan yang tidak adil. Kalau pun saya terima, saya tidak akan ikhlas menerimanya,” ujar Jonru. Jonru pun merasa dirinya adalah korban ketidakadilan. “Saya yakin orang-orang yang menzalimi saya akan mendapatkan balasan setimpal dari Allah,” imbuhnya. Saat ditanya tentang perlawanan ke pengadilan tinggi, Jonru mengatakan ia perlu waktu untuk berdiskusi dengan penasihat hukum terkait rencana banding. “Soal banding, kami pikir dulu. Belum bisa jawab sekarang,” katanya. Saat membacakan putusan, hakim menyatakan Jonru melakukan beberapa kegiatan yang melanggar hukum. “Menyatakan terdakwa Jon Riah Ukur alias Jonru Ginting, terdakwa, terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana melakukan beberapa perbuatan dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang diduga menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu untuk masyarakat terten-

Jokowi Dinilai Langgar Etika JAKARTA, TRIBUN - Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mardani Ali Sera, menilai Presiden Joko Widodo melanggar etika dan norma karena melakukan pertemuan politik dengan pengurus Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kamis (1/3). Pertemuan itu dilakukan di hari dan jam kerja dan di Istana Negara. Apalagi, pertemuan tersebut membahas dukungan dan pemenangan Pilpres 2019. “Bukan hanya kurang tepat, tapi sudah melanggar etika dan norma karena dilakukan di hari kerja, jam kerja dan di Istana Negara yang menjadi simbol Kepala Negara,” ujar Mardani kepada Tribunnews.com, Jumat (2/3). Pembicaraan antara pengurus PSI dan Jokowi juga seputar pemilihan presiden. “Pernyataan kawan-kawan

Boleh... Bermobil Sambil Dengar zz Sambungan Hal 1

ANTARA FOTO/DHEMAS REVIYANTO

SIDANG - Jonru Ginting seusai mengikuti sidang pembacaan

putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Jumat (2/3).

tu atau suku ras dan antar golongan (SARA) sebagai perbuatan berlanjut sebagaimana dakwaan kesatu,” ucap Ketua Majelis Hakim, Antonio Simbolon. Putusan ini lebih ringan dari tuntutan jaksa yakni hukuman dua tahun penjara dan denda Rp50 juta. Jonru yang mendengarkan keputusan tersebut kemudian diberi kesempatan hakim untuk menyampaikan tanggapannya. Setelah berdiskusi dengan tim kuasa hukumnya dalam persidangan, Jonru menyatakan ia akan pikir-pikir atas vonis hakim itu. Hakim juga mempertimbangkan hal yang meringankan maupun memberatkan pada diri terdakwa. “Hal yang memberatkan, perbuatan terdakwa telah meresahkan masyarakat, terdakwa tidak merasa bersalah, dan terdakwa tidak menye-

sal atas perbuatannya,” ujar Simbolon. Sedangkan pertimbangan yang meringankan, terdakwa belum pernah melakukan tindakan kriminal dan terdakwa merupakan tulang punggung keluarga. Menurut hakim, Jonru terbukti melanggar tiga pasal yang didakwakan jaksa penuntut umum. Empat tulisan Jonru yang disebar lewat postingan di akun Facebook miliknya adalah postingan pada 23 Juni 2017 soal Quraish Shihab yang akan menjadi khatib saat Ied di Masjid Istiqlal. Kemudian, postingan terkait Syiah bukan bagian Islam pada 15 Agustus 2017. Ketiga, postingan soal Indonesia belum merdeka dari jajahan mafia China pada Kamis 17 Agustus 2017. Terakhir, postingan mengenai antek-antek penjajah pada 18 Agustus 2017. (nic/kps)

Jangan Lagi Ada Perbedaan Tafsir KABID Humas dan Pengaduan Masyarakat Jogja Police Watch, Baharudin Kamba menyatakan, kepolisian harus memberikan informasi jelas mengenai tafsir UU Nomor 22 tahun 2009 mengenai mendengarkan musik/radio saat bermobil. Jangan sampai ini menjadi wilayah abu-abu yang makin membingungkan masyarakat. “Jangan sampai nanti misal ada penilangan di jalan ketika orang melakukan itu. Kalau memang tidak boleh, ya disosialisasikan. Tapi ini kan nyatanya ada pernyataan yang membolehkan itu (mendengarkan musik sembari bermobil),” ujarnya kepada Tribun Jogja, kemarin. Menurutnya, penafsiran menjadi jelas untuk pelarangan berkendara sambil mengoperasikan ponsel. Karena memang aktivitas itu tidak bisa ditawar lagi akan memengaruhi konsentrasi pengendara, lantaran sifat perilaku yang dilakukan adalah dua arah. Menurut Kamba, informasi dari radio untuk para pengemudi mobil selama ini dianggap penting. Semisal ada update kondisi lalu lintas, kecelakaan, atau bencana alam di jalur yang hendak dilalui. Maka ini bukannya membuyarkan konsentrasi pengendara, tapi justru membantu. Interpretasi yang berbeda dalam satu institusi yang sama dalam persoalan ini, menurut Kamba menjadi hal aneh. Hal tersebut harus diluruskan dengan duduk bersama, sambil menggali dan memahami bagaimana bunyi UU tersebut. “Kalau dianggap (tafsirnya) abu-abu, ya un-

Ulama Prihatin Merebaknya zz Sambungan Hal 1

Kapolda beserta rombongan tiba di pondok pesantren Annur, pukul 13.50 WIB. Kedatangan Kapolda diterima langsung oleh pengasuh Pondok Pesantren Annur, KH Yasim Nawawi Abdul Aziz. Hadir dalam kesempatan ini, Bupati Bantul, Suharsono beserta Wakil Bupati Abdul Halim Muslih dan Kapolres Bantul, AKBP Sahat M Hasibuan. Kapolda Brigjen Ahmad Dofiri mengatakan, silaturahmi kepada para ulama di Bantul merupakan kegiatan yang sudah diagendakan setelah sebelumnya ia mengaku menjalin silaturahmi di beberapa kabupaten dan kota.

dang pakar (untuk berdialog). Jangan sampai nanti masing-masing orang punya tafsir sendiri dalam institusi yang sama, jadi lucu ini,” paparnya. Meski begitu, menurut Kamba, para pemobil yang melakukan aktivitas mendengarkan radio/musik tidak bisa disalahkan. Lantaran mereka butuh informasi atau hiburan selama di perjalanan. Bahkan bisa jadi musik bisa menghilangkan kepenatan selama berkendara dan mengembalikan konsentrasi menjadi prima. Abu rokok Sementara itu, mengenai merokok sambil berkendara itu membahayakan dibenarkan oleh Instruktur Safety Riding di Rifat Drive Labs, Andry Berlianto. Abu rokok dari pengendara bisa mengenai mata pengguna jalan. Sama seperti pengendara motor, pengendara mobil membuang abu rokok keluar mobil. “Kerap pengemudi mobil buang abunya juga keluar mobil, bukan ke asbak dalam mobil. Mungkin mobil-mobil modern sudah tidak dilengkapi asbak,” ujar dia seperti dikutip dari Detik.com. Menurut Andry bukan hanya abu rokok yang membahayakan. Posisi kedua tangan yang tidak pada kemudi setir saat merokok membuat pengendara tak konsentrasi. “Kedua tangan pengemudi idealnya tetap pada kemudi (setir maupun setang) agar bisa mengantisipasi potensi bahaya saat mengemudikan kendaraan,” ucap Andry. (hdy/dtk)

“Di Bantul ini yang terakhir. Sebelumnya silaturahmi ini sudah saya lakukan keliling, di kota (Yogya), Gunungkidul, Kulonprogo, dan Sleman. Tujuannya menjaga silaturahmi, setelah apa yang terjadi kemarin,” ujar Kapolda. Ya, Yogyakarta kemarin sempat menjadi sorotan publik terkait penyerangan gereja di Sleman. Banyak yang mengatakan Yogyakarta tidak layak lagi dikunjungi. Namun fakta menyebut, wisatawan terus berdatangan di kota penuh sejarah ini. Dalam kesempatan itu, Kapolda mengaku ingin meminta masukan kepada para ulama dan tokoh masyarakat dalam upaya turut serta menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah DIY. “Ada dan tidak adanya masalah, silaturahmi ini tetap kita lakukan,” ungkapnya.

“Merokok, mendengarkan radio atau musik atau televisi (untuk pengguna roda empat) melanggar UU Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 106 Ayat 1 junto Pasal 283 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan,” ujar Budiyanto kepada Kompas.com, Kamis (1/3). Dalam UU Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 106 Ayat 1 disebutkan bahwa setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi. Sementara itu, dalam Pasal 283 disebutkan bahwa setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di jalan dapat dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 bulan atau denda paling banyak Rp750.000. “Menurut survei yang kami lakukan, merokok, mendengarkan musik, dan kegiatan lain yang termasuk dalam tindakan yang tidak wajar dalam berkendara dapat menurunkan konsentrasi dalam berkendara dan memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas,” ujar Budiyanto. Ia mengatakan, selama ini polisi terus melakukan sosialisasi dan operasi untuk membuat masyarakat sadar mengenai bahaya melakukan berbagai tindakan tersebut saat berkendara. Namun, Kepala Korps Lalu

Pilih Lagu yang Tepat zz Sambungan Hal 1

“Faktor-faktor distraksi adalah apa yang kita lihat, dengar, cium/hirup, rasakan, pikirkan. Sebenarnya walaupun lewat indera pendengaran, tetapi lewat musik kita bisa memunculkan emosi, perasaan tertentu, dan itu yang membuat jadi distraksi saat nyetir,” ujarnya, seperti dikuti dari Detik.com. Alasan kedua musik bisa jadi distraksi saat menyetir adalah kita bisa tiba-tiba jadi mengkhayal, memikirkan pengalaman masa lalu. “Jadi bukan hanya musiknya saja,

Pengasuh Pondok Pesantren Annur, Ngrukem, KH Yasim Nawawi Abdul Aziz mengatakan, pertemuan antara ulama dengan kepolisian sangat penting untuk merajut kebersamaan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Ini sebagai upaya menjaga iklim yang kondusif dalam kehidupan bangsa dan negara, demi menggapai cita-cita bersama,” ungkapnya. Berbagai persoalan, dikatakan Yasim saat ini tengah dihadapai bangsa Indonesia di antaranya semakin merebaknya fitnah dan pertikaian sesama bangsa. “Kenakalan remaja dan penyalahgunaan narkoba juga kian massif. Harapan kami, pertemuan dengan polisi bisa menjadi solusi berbagai kemelut di bangsa ini,” ungkap dia. (rif)

PSI mengatakan, pertemuan itu membahas pilpres,” katanya. Untuk itu, Mardani menilai, Presiden Jokowi perlu diingatkan akan langkahnya yang banyak dipertanyakan pelbagai pihak. Presiden Jokowi mestinya tidak membahas pemenangan Pemilu 2019 di Istana Kepresidenan. “Mesti diingatkan dan dijaga bersama,” katanya. Sedangkan Presiden Jokowi mengaku memberi apresiasi kepada PSI. Jokowi minta PSI yang berisikan anakanak muda, menawarkan hal-hal yang baru kepada masyarakat. “Saya sampaikan, tawarkan hal-hal yang baru,” kata Jokowi kepada wartawan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat siang. Saat ditanya, hal-hal baru seperti apa yang sebaiknya ditawarkan PSI ke masyarakat, Jokowi mempersilakan

para kader PSI menemukan sendiri. Ia yakin anak-anak muda di PSI bisa menemukan hal-hal baru yang bisa menarik suara pemilih. “Mungkin platform politik, cara-cara berkampanye ala anak muda, atau mungkin juga dalam orasinya, anak muda banget,” kata Jokowi. Jokowi tak menjawab saat ditanya apakah pertemuan dengan PSI tersebut juga membahas mengenai pemenangannya pada pilpres 2019. Sementara itu, Ketua DPP PDIP, Andreas Hugo Pereira menyatakan, partainya tidak mempermasalahkan pertemuan Jokowi dan PSI. Hugo menegaskan Presiden bisa menerima siapa pun dan dalam kapasitas sebagai apa pun. Presiden, menurutnya juga bisa mendapat masukan dari siapa pun. (mal)

Lintas (Korlantas Polri) Irjen Pol Royke Lumowa menegaskan bahwa mendengarkan musik saat mengemudi mobil tidak dilarang. Menurut dia, aturan itu tak tertulis dalam Undang-Undang 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). “Hal yang penting adalah, dengarkan musiknya tidak terlalu kencang,” ucap Royke kepada Kompas.com, Jumat (2/3) sore. Royke menjelaskan, selama berkendara sambil mendengarkan musik atau radio, suaranya tidak boleh mengganggu pendengaran sopir atau pengguna jalan lain. “Kalau seperti angkot yang suara musiknya diputar kencang mirip di diskotik, itu baru tidak boleh, karena bisa mengganggu pendengaran dan konsentrasi sopir,” ujar Royke. Terpisah, Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri, Brigjen Pujiono Dulrahman mengatakan, tak ada larangan merokok dan mendengarkan musik saat mengendarai kendaraan. “Kita pahami UU tersebut yang dimaksud penuh konsentrasi adalah setiap orang pengemudi kendaraan bermotor dengan penuh konsentrasi dan perhatian, tidak terganggu perhatiannya karena contohnya kelelahan, sakit, ngantuk, menggunakan telepon, menonton televisi saat berkendaraan. Kalau sedang mendengarkan radio seperti sekarang tidak ada masalah,” ujar Pujiono kepada Sonora seperti dikutip Kompas.com, Jumat (2/3). Pujiono mengatakan, mengenai pendapat Budiyanto mengenai larangan mendengarkan musik pun kurang

tepat. “Mendengarkan musik itu yang dilarang, mendengarkan musik dengan gerakan-gerakan berlebihan itu yang nggak boleh. Tapi kalau mendengarkan saja tidak masalah,” ujarnya. Gerakan berlebih yang dimaksudkan Pujiono misalnya mendengarkan musik namun diiringi dengan karaoke yang menggunakan alat bantu lain seperti microphone yang dikhawatirkan akan memecah perhatian pengemudi. “Yang kedua terpengaruh minuman, mendengarkan musik tapi minum (beralkohol) dulu atau dengan obatobat dulu, itu yang nggak boleh. Kalau dia (pengemudi mobil) wajar-wajar aja, saya rasa tidak masalah,” sebutnya. Tafsir Sementara itu, pengamat hukum pidana dari Universitas Trisakti, Abdul Fickar Hadjar menilai, penafsiran Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto yang menyatakan bahwa mendengarkan musik atau radio saat menyetir sebagai bentuk pelanggaran undang-undang itu berlebihan. “Menurut saya tafsir atas ketentuan itu berlebihan, lebay. Kalau kegiatan-kegiatan yang memang nyatanyata menghilangkan konsentrasi, seperti misalnya merokok, terus kemudian menerima telepon, nah itu masih bisa diterima bahwa perbuatan itu bisa menghilangkan konsentrasi,” ujar Abdul saat dihubungi Kompas.com, tempo hari. Menurut dia, mendengarkan radio dalam perjalanan atau berkendara dapat memudahkan pengendara menerima berbagai informasi yang mencerdaskan. Selain

itu, mendengarkan radio tidak memerlukan komunikasi dua arah sehingga konsentrasi pengemudi yang mendengarkan radio tersebut tetap terjaga. “Kedua, radio itu kan one way, bukan perbuatan yang timbal balik seperti telepon misalnya, yang harus meladeni orang lain bicara,” ucap Abdul. Ia pun berpendapat, dari segi hukum, Budiyanto tak bisa menafsirkan peraturan tersebut secara serampangan. “Nanti jadi pasal karet kalau tafsirnya melebar. Kalau mau menetapkan, maka harus melalui peraturan pemerintah. Kalau ada evaluasi, oke. Tapi harus disampaikan kepada yang berwenang,” kata dia. Dihubungi terpisah, Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Profesor Topo Santoso mengatakan, tafsir suatu undang-undang beserta kebijakannya harus dilandaskan pada penelitian atau data-data yang valid. Setidaknya, kata dia, ada hasil penelitian yang menjadi dasar penafsiran tersebut. Ia lantas mencontohkan penelitian mengenai bahaya bertelepon saat menyetir. “Misalnya dulu ada data mengenai kecelakaan karena telepon, kan sudah ada penelitiannya dan di luar negeri sudah dilarang juga karena menggunakan ponsel akan memecah konsentrasi. Kalau misalnya menyopir memang tidak bisa nonton televisi, tetapi kalau mendengarkan musik apakah sudah ada risetnya?” sebut Topo. Ia menegaskan, harus ada kajian sebelum membuat tafsir baru mengenai satu peraturan. Jika tidak, penafsiran yang luas bisa membatasi kebebasan masyarakat. (kps)

tetapi efeknya bisa memunculkan emosi/perasaan tertentu,” ujar Agatha. Jadi bagaimana mendengarkan musik yang benar dalam mobil? Dia menyarankan pengguna kendaraan memilih lagu-lagu atau membuat playlist yang bisa menjaga emosi. “Kalau lagi galau, jangan setel lagu-lagu galau, diganti ama yang senang. Pilih musik yang sesuai yang bisa berfungsi menjaga perasaan, kalau tadi senang tetep senang,” ujarnya. Namun ada kalanya saat nyetir kita benar-benar harus mematikan musik, misalnya saat parkir kendaraan. “Matiin saja musiknya, jangan sampai tukang parkirnya su-

dah bilang setop-setop eh malah ‘dug!’ udah deh,” ujarnya. Saat melalui jalan tikus yang sempit, kadang kita perlu mematikan musik, karena saat itu butuh konsentrasi yang tinggi. “Tetapi kalau kalau situasi normal, biar mood-nya bagus menyalakan musik sih oke-oke saja,” pungkasnya. Lima larangan Polda Metro Jaya melalui Kabid Humas Kombes Argo Yuwono mengatakan, merokok dan mendengarkan musik saat berkendara diperbolehkan. “Kalau orang sedang nyetir macet stres, merokok boleh, merokok aja kok. Mendengarkan musik boleh, jadi kalo macet boleh. De-

nger musik aja boleh-boleh aja. Kecuali kalo merokok dan puntungnya kena orang, nah baru (tidak boleh),” ujarnya dilansir dari Kompas. com di Mapolda Metro Jaya, kemarin. Menurut Argo, ada lima hal yang tak boleh dilakukan saat berkendara. Antara lain melaju dengan melawan arah, tidak menggunakan helm, mengendarai kendaraan sambil mengoperasikan ponsel, berboncengan dengan jumlah berlebihan, dan mengendarai kendaraan saat masih berusia di bawah umur. Argo memperbolehkan pengendara mendengarkan musik saat tengah berkendara di jalan raya. (dtk/kps)


12 SABTU PAHING 3 MARET 2018 3 JUMADIL AKHIR 1439 NO 2489/TAHUN 6

Perekayasa Penganiayaan Dapat Hadiah dari Polisi

Uyu Ruhyana Terima Mesin Potong Rumput Entah mengapa saya bisa melakukan hal itu. Terasa gelap dan saya tidak memikirkan akibatnya.

U

YU Ruhyana (56), pengurus rumah ibadah di Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat, yang mengaku terus terang telah merekayasa penyerangan terhadap dirinya, justru mendapat hadiah dari polisi. Polres Garut menyerahkan bantuan berupa paket sembako, sepeda kayuh, dan mesin pemotong rumput. “Ini sengaja kami memberikan kepada Pak Uyu,” kata Kapolres Garut, AKBP Budi Satria Wiguna, di kantornya, Jumat (2/3). Sehari sebelumnya, Uyu mengungkapkan terus terang dirinya telah melakukan rekayasa seolah-olah diserang oleh

lima pria tak dikenal menggunakan senjata tajam. Penyerangan terjadi di dalam rumah ibadah yang dijaganya pada subuh, Rabu (28/2) lalu. Ketika ditemukan, Uyu dalam kondisi terikat tangan dan kakinya. Sedangkan mulutnya tersumpal kain. Baju yang dikenakan Uyu dalam kondisi robek, seolah terkena sabetan pedang. Di dekat tubuhnya tergeletak sebuah kursi. Polisi mulai curiga adanya rekayasa ketika melakukan prarekonstruksi. Muncul banyak kejanggalan, termasuk tidak adanya luka sama sekali di tubuh Uyu. Belakangan Uyu mengaku

terus terang mengarang cerita. Motifnya, ingin mendapat simpati dari orang-orang supaya dapat membelikan mesin pemotong rumput yang diinginkan anak kandungnya. Kooperatif Terkait proses hukum terhadap Uyu, Kapolres Budi mengatakan pihaknya berupaya untuk melakukan penangguhan penahanan karena tersangka bersikap kooperatif. Uyu mengatakan dirinya malu karena tidnakannya memicu keresahan di masyarakat, terutama , warga Pameungpeuk. “Entah mengapa saya bisa melakukan hal itu. Terasa gelap dan saya tidak memikirkan akibatnya,” ujar Uyu. Terkait hadiah yang diberikan oleh Polres Garut, Uyu mengaku

senang. “Alhamdulillah, mesin babat (potong) rumput mau dipakai untuk membersihkan halaman masjid,” ujarnya. Polisi masih memburu pihak yang menyebarkan berita palsu mengenai penyerangan terhadap Uyu. Dalam pesan singkat yang menyebar ditulis telah terjadi penganiayaan terhadap marbot/ muadzin/ yang mengajar ngaji di Masjid Agung Pameungpeuk, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut. Kapolres mengakui masyarakat dibuat heboh terkait laporan hoax yang terjadi di wilayah Garut bagian selatan. “Mudahmudahan dalam dekat dapat terungkap. Proses hukum masih terus berjalan,” kata Kapolres Budi. Ketua MUI Kabupaten Garut,

TRIBUN JABAR/ HAKIM BAIHAQI

DAPAT HADIAH - Kapolres Garu AKBP Budi Satria Wiguna, memberikan bantuan berupa mesin pemotong rumput, sepeda, dan sembako, kepada Uyu Ruhyana di Mapolres Garut, Kabupaten Garut, Kamis (1/3/2018).

KH Sirojul Munir, merasa prihatin atas kasus yang menimpa Uyu Ruhyana. Ia menyebut peristiwa itu dapat diambil hikmahnya. “Pak Uyu ini tidak sekadar marbot, melainkan menjadi

guru ngaji juga dan harus mendapat perhatian,” ujarnya. Namun, penegakan hukum harus terlus berlanjut, supaya menjadi efek jera dan tidak terulang. (tribun jabar/hakim baihaqi)

Polisi Kembali Ringkus Penyebar Hoax  Mengaku Hanya Ingin Lindungi Kiai SURABAYA, TRIBUN Polisi kembali menangkap dan menahan orang yang terlibat dalam penyebaran ujaran kebencian dan berita palsu (hoax). Seorang sekuriti sebuah perusahaan swasta, Muhammad Faizal Arifin (34) alias Itong, warga Bulak Jaya II, Wonokusumo, Surabaya, ditahan Tim Cyber Crime Polda Jatim, karena diduga kuat terkait dengan kelompok Muslim Cyer Army (MCA). Tersangka Muhammad Faizal Arifin mengaku menyesal atas perbuatan yang dilakukan. Ia juga mengatakan tidak mendapat keuntungan saat mengunggah postingannya. “Saya hanya ingin melindungi kiai. Saking cintanya terhadap kiai makannya saya ambil dan saya unggah. Saya menyesal, saya juga mengaku salah,” tutur Arifin ketika ditemui di Polda Jatim, Surabaya, Jumat (2/3). Selain Itong, Polda Jatim menangkap tiga orang lainnya. “Baru satu orang yang kami tahan, atas nama MFA (Muhammad Faizal Arifin). Ia sudah terafiliasi dengan Muslim Cyber Army. Ia memprovokasi orang-orang lewat media sosial,” ujar Wakil Direktur Reskrimsus Polda Jatim, AKBP Arman Asmara Syaifudin, Polda Jatim. Sebanyak tiga orang yang ditangkap namun belum dikenakan penahan.

Saking cintanya terhadap kiai makannya saya ambil dan saya unggah. Saya menyesal, saya juga mengaku salah Muhammad Faizal Arifin Tersangka

Mereka adalah Jazuri (22), warga Jalan Untung Suropati, Desa Sambigede, Sumberpucung, Kabupaten Malang, Sofyan (36), warga Dusun Toko, Kelurahan Sumur Dalam, Kecamatan Besuk, Probolinggo, Minandar (39), asal Jalan Blimbing, Kabupaten Sumenep, Madura, bekerja sebagai guru. Medsos Untuk menyebarkan ujaran kebencian, mereka menggunakan sarana medsos. Tersangka Muhammad Faizal Arifin alias Itong memiliki akun Instagram menggunakan nama bang. itong55, facebook Itong, dan email yang digunakan bang.itong1101@gmail. com. Ia bergabung dengan Facebook sejak Agustus 2017.

Fadli Zon

Pada Selasa (13/2) lalu, tersangka Itong mengunggah ujaran kebencian di akun Facebook-nya. Alat yang dipakai tersangka Arifin untuk memberi komentar dan update status di Instagram serta Facebook yaitu smartphone merek Smartfren Andromax 4G LTE berwarna emas. Tak ingin gagal lagi Sedang tersangka Jazuri menyebarkan informasi palsu lewat status Facebook di akun Zainour Ar Rahman, Selasa (6/3). Isi tulisannya peringatan para santri terutama Jabar, Jateng, Jatim, dan Madura, dengan kata-kata, “Awas PKI menyamar jadi orang gila... Harap jaga ulamaulama kita.” Tersangka Sofyan mengunggah penyebaran berita hoax terkait hilangnya seorang ustadz yang diposting melalui akun Facebook atas nama Aminandar. Ia menyebarkan berita hoax penyerangan terhadap ulama oleh PKI. Ia ditangkap petugas petugas sekitar pukul 14.00 WIB di Sumenep, Madura. “Informasi yang diunggah para tersangka sebenarnya tidak pernah ada. Mulai dari penyerangan terhadap pondok pesantren atau ulama itu tidak ada alias hoax. Itu semua sudah kami selidiki di lapangan,” tandas AKBP Arman. (surya/tribunnetwork/mif/dit)

Geram Jadi Sasaran PENGUNGKAPAN kelompok penyebar kebencian Muslim Cyber Army (MCA) menyerempet Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Wakilnya, Fadli Zon. Sebuah akun bernama @anandasukarlan dan beberapa lainnya mengunggah dua foto yang menggambarkan adanya pertemuan admin MCA dengan Prabowo dan Fadli Zon. Tak pelak Fadli Zon yang juga Wakil Ketua DPR tersebut melapor ke Bareskrim Polri, Jumat (2/3). “Yang saya kenal akun milik @anandasukarlan, @lambetura, dan akun pertama yang membuatnya. Yang lain saya tidak hafal,” ujar Fadli Zon, di Kantor Bareskrim Polri, Jakarta Pusat. Fadli mengatakan informasi dan foto yang menyangkut dirinya serta Prabowo itu tidak benar. Dalam foto pertama digambarkan Prabowo dan Fadli Zon tengah makan bersama seorang pria yang disebut sebagai admin MCS. Sedang foto kedua Fad-

li Zon sedang berdiri sambil bersalaman dengan pria tersebut. “Hari ini saya melaporakn apa yang ditudingkan, seolah ada pertemuan makan saya dan Pak Prabowo dengan apa yang disebut admin Muslim Cyber Army. Itu tidak lah benar,” ujar Fadli. (tribunnetwork/dit/ jid)

ANT

ANTARA/APRILLIO AKBAR

ELEK YO BAND - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri), Menteri Keuangan Sri Mulyani (kedua kiri), Koordinator

Staf Khusus Presiden Teten Masduki (tengah), Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri (kedua kanan), dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (kanan) yang tergabung dalam Elek Yo Band beraksi dalam Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2018 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (2/3). Elek Yo Band yang beranggotakan sejumlah menteri itu membawakan beberapa lagu dari para musisi tanah air diantaranya lagu berjudul Dia, Juwita Malam, Ku Tak Bisa dan Bento.

Wiranto Tuding MCA Pengkhianat PEMERINTAH meminta Kepolisan untuk terus bekerja membongkar habis sindikat penyebar isu-isu provokatif The Family Muslim Cyber Army (MCA). Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto menganggap, MCA sebagai pengacau. “Bolak-balik saya sampaikan, kalau negara sudah aman, arahnya benar, menyelenggarakan Pilkada dengan baik, sudah mempersiapkan pemilu dengan baik, lalu dikacau karena hanya ingin mengacau,” ujar Wiranto Jakarta, Jumat (2/3/2018). Mantan Panglima Angkatan Bersenjata RI itu melanjutkan, “Mereka hanya

ingin pemerintah gagal, itu namanya kan pengkhianat.” Wiranto mengatakan, menghadapi Pilkada dan Pemilu, suhu politik akan memanas. Namun, hal itu dinilai wajar. Meski demikian, kata dia, jangan sampai ada kelompok atau perorangan yang nyata-nyata mendesain untuk mengacaukan Pilkada dan Pemilu yang sudah disiapkan dengan baik. Desain yang dimaksud Wiranto, yakni dengan penyebar isu-isu provokatif bahkan bohong atau hoax seperti yang dilakukan oleh MCA. Polri sebelumnya menduga Muslim Cyber Army muncul karena melihat momentum Pilkada ser-

entak. Kelompok tersebut menyebarkan isuisu provokatif di media sosial, seperti kebangkitan Partai Komunis Indonesia, penganiayaan ulama dan pencemaran nama baik terhadap tokoh negara. “Pasti. Pasti ada (kaitannya). Kan Pak Kapolri selalu mengingatkan awal tahun 2018 ini sudah mulai partai memanaskan mesinnya,” ujar Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto. Setyo mengatakan, di tengah panasnya kontestasi politik, kelompok MCA menyebarkan isu-isu provokatif untuk memecah belah. (tribunnews/kompas.com)


MALIOBORO BLITZ 13

SABTU PAHING 3 MARET 2018

Semua Harus Mengerti „„ Revitalisasi Sisi Barat Malioboro YOGYA, TRIBUN - Jelang dimulainya revitalisasi sisi barat Malioboro, Pemerintah Daerah (Pemda) DIY berharap lebih dahulu tercapai kesepakatan dengan para pedagang kaki lima (PKL) dan pemilik toko yang nantinya bakal terkena dampak proyek. Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Dan Energi Sumber Daya Mineral (PUP-ESDM) DIY, Muhammad Mansyur, mengatakan bahwa pihaknya bersama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta akan memberi penjelasan terkait manajemen pelaksanaannya. zz ke halaman 19

Tempat Baru Becak dan Andong DINAS Perhubungan Kota Yogyakarta tengah memikirkan beberapa alternatif yang bisa digunakan becak dan juga andong Malioboro untuk mangkal sementara waktu, pada saat penataan Malioboro sisi barat dilangsungkan. Kepala Bidang Angkutan Jalan Pengendalian Operasional dan Keselamatan Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota zz ke halaman 19

TIGA MANDOR TERLIBAT Proyek 2018 hampir tiga kali lipat dari proyek 2017 Site manager proyek punya 8 bulan hingga rampung Pengerjaan awal hingga finishing teraso butuh 7,5 bulan

2018 8

BULAN

7,5

BULAN

TIGA TAHAPAN TIGA TEMPAT PROYEK ANDONG-BECAK Bongkar aspal jalur lambat dan bongkar lantai pada lorong toko Gali tanah berkedalaman 35-38 cm dari aspal atau tegel lama Gali tanah untuk bioretention dan untuk membuat selokan kecil

Sekitar Kepatihan Jalan Perwakilan

SITE Manager Revitalisasi Malioboro Tahap III, Eri Purnomo menjelaskan, pengerjaan sisi barat malioboro akan melibatkan tiga mandor sekaligus. Sisi barat tersebut dibagi menjadu lima blok, di mana masingmasing mandor membawahi satu blok yang dikerjakan dalam waktu bersamaan. zz ke halaman 19

GRAFIS/FAUZIARAKHMAN

100 Tahun Phoenix Hadirkan Workshop dan Pameran Sulam

Orang Sekarang Tak Lagi Mengenal Sulam Sejumlah perempuan tampak membuat sketsa di atas selembar kain. Sementara lainnya sibuk menusukkan jarum dengan benang jahit berwarna-warni di lounge Hotel Phoenix Yogyakarta, Jumat (2/3).

P TRIBUNJOGJA/YUDHA KRISTIAWAN

ARA perempuan ini sedang mengikuti workshop menyulam yang digelar sebagai bagian dari acara memperingati 100 tahun bangunan The Phoenix Hotel Yogyakarta. Kegiatan ini dipilih menjadi agenda kegiatan, lantaran tak lekang zaman dan kini kembali populer. Selaras dengan umur bangunan Phoenix Hotel yang tahun ini sudah menginjak usia 100 tahun. Meski sudah berumur, namun tetap menyajikan keindahan desain bangunan yang tak habis untuk dinikmati.

- Workshop dan Pameran Sulam 100 Tahun Bangunan Phoenix Hotel di lounge Hotel Phoenix Yogyakarta, Jumat (2/3).

zz ke halaman 19

1 ABAD

Sisi selatan Stasiun Tugu

Tiga Kali Lipat Proyek Tahun 2017


JOGJA SP RT LAND 14

SABTU PAHING 3 MARET 2018

Djanur Belum Puas Permainan PSMS LAGA uji coba jelang Liga 1 bergulir mempertemukan dua kontestan kasta teratas sepakbola Indonesia antara PSMS Medan melawan Barito Putera, di Stadion Sultan Agung, Bantul, Jumat (2/3). Kedua tim bermain imbang 2-2 hingga 90 menit waktu berjalan. Tampil pincang tanpa sejumlah pilar yang tengah dibekap cedera, membuat PSMS tampak kesulitan mengimbangi dominasi Barito Putra yang memainkan skuat terbaiknya. Buktinya, tim berjuluk Ayam Kinantan tersebut harus tertinggal terlebih dulu, sebelum mampu menyamakan dua gol yang dicetak Barito. Usai laga pelatih PSMS Medan, Djajang Nurjaman mengaku belum puas dengan penampilan anak asuhnya, meskipun ia menilai anak asuhnya mampu mengimbangi permainan yang ditampilkan Hansamu Yama dkk. “Bagus untuk dua duanya, tapi

saya belum puas karena banyak keselahan elementer yang dilakukan secara individual. Tapi secara tim bolehlah, pertandingan boleh dikatakan berimbang,” ungakap Djanur. Menurutnya, dibandingkan laga ujicoba sebelumnya kala bermain imbang lawan Semen Padang, kali ini anak asuhnya sudah mengalami peningkatan secara permainan. “Sudah ada peningkatan, terutama sudah bisa menyerang, lawan Semen Padang hanya bermain ditengah, ini lumayan sudah bisa menyerang,” imbuhnya. Asisten Pelatih Barito Putera, Yunan Helmi mengatakan laga uji coba ini merupakan proses untuk mencari formula terbaik timnya untuk terjun di kompetisi Liga 1 2018 nanti. Adapun, selain melawan Barito Putera, PSMS direncanakan uji coba melawan PSS Sleman, Minggu (4/3) di Stadion Maguwoharjo.(han)

PSIM Segera Latihan Perdana YOGYA, TRIBUN - Tim Liga 2 asal Yogyakarta, PSIM Yogya menjadwalkan latihan perdana awal pekan depan. Hal ini sebagai persiapan menghadapi kompetisi musim 2018. Rencana tersebut disampaikan pelatih PSIM Yogya, Erwan Hendarwanto setelah resmi ditunjuk manajemen untuk kembali menukangi Laskar Mataram. “Saya sudah berkomunikasi dengan manajemen dan meminta Senin (5/3) pekan depan sudah mulai mengumpulkan pemain. Bisa dikatakan latihan perdana meski masih dalam tahap pembentukan tim,” katanya, Jumat (2/3). Kendati sudah memasang jadwal latihan, ia meminta manajemen segera mengumpulkan pemain terlebih dahulu. Forum tersebut sekaligus menjadi pertemuan antara manajemen dengan pemain. “Kami ingin menyamakan visi dan misi saja antara tim pelatih dengan manajemen, agar waktu yang ada berjalan efektif dan efisien,” ungkapnya. Sukses mempertahankan PSIM tidak terdegradasi melalui jalur play off

Saya sudah berkomunikasi dengan manajemen dan meminta Senin (5/3) pekan depan sudah mulai mengumpulkan pemain pada musim lalu, Erwan menyebut kalau langkah terdekat yang dilakukannya adalah bertemu dengan manajemen. Pelatih asal Magelang ini mengaku tidak percaya mendapatkan kepercayaan kembali dari manajemen untuk membesut tim. “Penunjukkan saya baru secara lisan makanya kami ingin bertemu dengan manajemen. Banyak yang masih harus dibahas bersama seperti pemanggilan pemain dan persiapan tim,” ujarnya.

Visi sejalan Sebelumnya manajemen PSIM Yogya secara resmi menyampaikan akan kembali menggunakan jasa Erwan Hendarwanto sebagai pelatih kepala tim. Selain itu, tim pelatih yang akan membantu Erwan mengarsiteki PSIM Yogya juga masih sama, yaitu Ananto Nurhani sebagai asisten pelatih, Subagyo Irianto memegang posisi pelatih fisik, dan pelatih kiper Didik Wisnu. Manajer PSIM Yogya, Agung Damar Kusumandaru mengungkapkan bahwa keputusan tersebut, merupakan hasil diskusi yang dilakukan jajaran manajemen selama beberapa waktu terakhir ini. Agung Damar menjelaskan, Erwan dinilai memiliki visi yang dinilai sejalan dengan Laskar Mataram. Sehingga manajemen tidak perlu waktu lama untuk memberikan kepercayaan kembali pada Erwan. “Kami menilai Coach Erwan mempunyai visi sepak bola modern, yang sejalan dengan PSIM. Kami juga mengapresiasi komitmen beliau bersama keluarga besar PSIM selama ini,” katanya. (ang)

Atlet Taekwondo Ikut Tanamkan Bela Negara YOGYA, TRIBUN - Pengurus Daerah (Pengda) Taekwondo Indonesia (TI) DIY menggandeng Kementerian Pertahanan (Kemenhan) untuk memberikan materi bela negara. Hal ini menyusul rencana Pengda TI DIY unuk mengikutsertakan pengurus dalam kegiatan bela negara. “Semua pengurus pengda akan kami ikutsertakan dalam kegiatan bela negara. Sudah ada pembicaraan dengan Kemenhan dan mereka siap mengirimkan pemateri-pemateri,” kata Ketua Umum Pengprov TI DIY, Sukamto, Jumat (2/3). Menurutnya semua unsur yang ada di Pengda TI DIY akan dilibatkan dalam kegiatan penanaman bela negara tersebut, termasuk pelatih dan atlet. Ia menilai dengan penanaman bela negara maka setiap insan

akan memiliki semangat dan motivasi tinggi untuk meraih juara dan prestasi. “Maret nanti sudah akan kami mulai dan semoga bisa mendatangkan prestasi bagi taekwondo DIY,” katanya. Pria yang juga Kepala Kesatuan Bangsa (Kesbang) Kota Yogya itu mengatakan sikap bela negara harus menjadi bagian dari masyarakat tak terkecuali pegiat olahraga. Sikap tersebut justru akan dibutuhkan terutama ketika mengemban tugas negara di kompetisi internasional. “Kami harapkan dengan diberikan materi bela negara, jiwa korsa atlet dan pelatih semakin kuat. Sehingga jika nanti mewakili negara di kancah internasional, mereka akan berjuang dengan semangat bela negara,” ujarnya. (ang)

TRIBUN JOGJA/HASAN SAKRI

UJI COBA - Pemain PSMS Medan berjibaku melewati hadangan pemain Barito Putra saat laga uji coba di Stadion Sultan Agung, Bantul DI Yogyakarta, Jumat (2/3). PSMS melakukan pemusatan latihan di Yogyakarta dan direncanakan selanjutnya uji coba melawan PSS Sleman, Minggu (4/3) di Stadion Maguwoharjo

PSS Uji Kandang Terakhir  Fokus Permainan Tim Hadapi PSMS Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, laga uji coba kali ini tidak dicondong pada hasil pertandingan, namun pelatih fokus pada celah permainan

SLEMAN, TRIBUN - PSS Sleman akan kembali menjalani uji coba sebagai persiapan putaran kompetisi Liga 2 tahun ini. Uji coba melawan PSMS Medan pada Minggu (4/3) di Stadion Maguwoharjo akan menjadi laga uji coba kandang terakhir yang dilakoni anak asuh Herry Kiswanto. Asisten Manajer PSS Sleman, Dewanto Rahadmoyo mengatakan pihaknya sudah mengagendakan sejumlah uji coba lainnya dengan format away usai menjamu skuat Ayam Kintana, julukan PSMS Medan. Hal ini untuk melengkapi persiapan Laskar Sembada mengarungi musim ini.

“Untuk sementara ini jadi uji coba dengan format home yang terakhir. Kami masih harus memastikan jadwal kompetisi sebelum menggelar uji coba kandang lagi. Saat ini kami fokus memperbanyak pengalaman bertanding tim sebelum masuk kompetisi,” ungkapnya, Jumat (2/3). Cari celah Pertandingan persabahatan kontra PSMS Medan juga akan menjadi laga ketiga penggawa PSS Sleman melawan tim Liga 1. Tiga uji coba ini juga dimaksudkan untuk melihat celah permainan tim. Sama seperti dua pertandingan sebelumnya melawan Persebaya Surabaya

Pertajam Mental Bermain SEUSAI melakoni uji coba di kandang untuk ketiga kalinya Minggu ini, skuat Super Elang Jawa akan melakukan tur untuk uji coba. Hal ini sesuai dengan permintaan Herry Kiswanto yang ingin mempertajam mental bermain Tambun Naibaho Cs di luar kandang. “Tim pelatih memang menginginkan mental pemain makin terasah sehingga butuh laga tandang. Apalagi mental anak-anak sudah betul-betul terasah saat kalah dua kali berturut-turut di kandang sendiri melawan

tim Liga 1 (Persebaya Surabaya dan Bhayangkara FC),” ujarnya. Meski gagal bertemu Persis, uji tandang tersebut akan tetap dilangsungkan sesuai jadwal. Yang paling dekat adalah melawan tim Liga 3, PSIK Klaten di Stadion Trikoyo pekan depan. Selanjutnya manajemen akan mempertimbangkan uji coba ke Jawa Timur atau Jawa Barat. “Kebetulan ada undangan dari PSIK, saat ini izin ke pihak kepolisian sedang diurus oleh mereka,” kata dia. (ang)

dan Bhayangkara FC, pertandingan Dave Mustaine dkk akan kembali digodok materi bermainnya melawan tim dengan level yang berbeda. “Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, laga uji coba kali ini tidak dicondong pada hasil pertandingan, namun pelatih fokus pada celah permainan. Adanya lawan dengan level di atas PSS justru menguntungkan kami karena celah tim semakin terlihat dan akan diperbaiki sebelum kompetisi berlangsung,” paparnya. Terkait uji tandang, Dewo, sapaan akrabnya, menjelaskan pihaknya sudah mendapatkan undangan dari sejumlah tim, di antaranya Persis Solo. Namun mempertimbangkan hubungan baik yang dijalin dengan Laskar Sambernyawa, uji coba yang sejatinya digelar dengan format home away ini ditunda. “Saya kira saat ini hubungan antarkedua tim sudah terjalin cukup baik lalu antarsuporter juga sudah harmonis lagi. Sayang kalau saat ini tidak dijaga. Makanya kami tunda dahulu,” katanya menjelaskan.(ang)

LAWAN PSS - Pemain Anyar PSMS Medan yang mungkin diturunkan lawan PSS

SUPERBALL

Mainkan Pemain Uzbekistan PELATIH PSMS Medan, Djajang Nurdjaman urung menurunkan penggawa asing anyar asal Uzbekistan, Dilshod Sharofetdinov pada laga ujicoba yang berakhir imbang 2-2 melawan Barito Putera di Stadion Sultan Agung, Bantul, Jumat (2/3). Padahal sebelumnya, eks pelatih Persib Bandung tersebut mengisyaratkan akan memberikan kesempatan bermain bagi Dilshod dalam laga ujicoba di Yogyakarta meskipun tidak bermain secara penuh. Disinggung mengenai tidak bermainnya Dilshod dalam laga ujicoba tersebut, menurut Djanur, pemain yang sebelumnya bermain untuk T-Team Malaysia tersebut masih diistirahatkan dan kemungkinan baru akan diturunkan kontra PSS Sleman, Minggu (4/3/2018) mendatang.

“Baru datang tadi malam, jadi belum mungkin diturunkan. Dia kurang tidur karena perjalanan dua hari, saya pikir melelahkan. Tidak fair kalau saya mainkah hari ini,” ungkap Djanur ditemui seusai laga ujicoba. Pada laga ujicoba tersebut, Dilshod tampak mengenakan kaus berwarna hitam dan duduk di bangku VVIP bersama penggawa asing PSMS Reinaldo Lobo yang tengah dibekap cedera. Namun begitu, pemain berusia 32 tahun itu nantinya tetap harus menjalani trial. Tidak langsung dikontrak. Sejauh ini PSMS sudah mencoba empat pemain asing Asia, namun belum sesuai harapan. Mulai dari Kwon Young Jin (Korsel), Gulom Urunov (Uzbekistan), Samuel Sibatuara Nainggolan (Australia), dan terakhir Sharif Khamayuni Mukhammad.(han)


JOGJA SPORT 15

SABTU PAHING 3 MARET 2018

Jadwal Kick-off Liga 1 Molor „„ Kepastiannya Tunggu Rapat Umum Pemegang Saham Jadwal mundur atau maju kami harus siap dengan konsekuensi terburuk.

CHIEF Operating Officer PT LIB (Liga Indonesia Baru), Tigorshalom Boboy, mengakui bahwa jadwal Liga 1 musim 2018 mundur dari tanggal 10 Maret 2018. Jadwal sepak bola Liga 1 musim 2018 awalnya direncanakan berlangsung pada 24 Februari 2018. Namun, jadwal kick-off ini dimundurkan sebanyak dua kali lagi, yakni menjadi 3 Maret 2018 dan kemudian digeser ke 10 Maret 2018. Tapi, belakangan tanggal permulaan liga yang terakhir itu disebut kembali mundur. Tigor tak menampik bahwa

mundurnya itu dikarenakan ada beberapa kewajiban operator yang belum diselesaikan kepada klub-klub peserta. Hanya saja, Tigor enggan menyebut tanggal pasti kapan jadwal baru kick-off Liga 1 akan dimulai. “Jadwal mundur atau maju kami harus siap dengan konsekuensi terburuk. Karena PSSI sudah memberi sinyal buat kami untuk jangan menjalankan kompetisi sebelum semuanya selesai tahun lalu,” kata Tigor kepada wartawan, termasuk BolaSport.com, di Hotel Sul-

tan, Jakarta, Jumat (2/3). “Dan pasti kami menerima anjuran itu. Soal kemungkinan mundur, saya jawab iya karena kami masih fokus akan kewajiban kami,” ujarnya. Titik terang Dia memastikan bahwa titik terang kepastian kick-off Liga 1 akan didapat setelah RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham). “RUPS akan kami jalankan tanggal 8 (Maret), setelah itu baru kami bicarakan dan ada titik terang kompetisi jalan kapan,” jelasnya.

Meski enggan menyebut tanggal kick-off, beberapa manajer klub Liga 1 mengungkap bahwa kompetisi akan dimulai antara tanggal 18-25 Maret 2018. Terkait situasi belum jelasnya agenda kick-off Liga 1 musim ini, pelatih Persela Lamongan Aji Santoso enggan berkomentar. Dia baru akan bicara bila semuanya sudah dipastikan. “Sekarang kan masih belum jelas, pastinya kick-off jadi tanggal berapa. Kalau sudah jelas, baru saya akan ngomong,” ucap Aji, Kamis (1/3).(bolasport/kcm)

0303_IKLAN BARIS PROPERTI HAL 15

PROPERTI

RUMAH DIJUAL

RUMAH DIJUAL

RUMAH DIJUAL

AGEN PROPERTI ”Jasa Properti” siap bantu jual-beli rumah dan tanah Sesuai harapan H:Supri 082177581771 B00002.2018M314021-3

Bli rmh bonus tnh,275Jt.Dpt dicicil.Jl Wates km8.2Kmr,dpr,kramik,mblmsuk. Hub:089684184998

Jl Rumah T Asri LT:130m2 Kt2 Km1 R.Kel R.tamu Dpr Temp mbl Hub: 081328720236-081804085154

Jakal km13 Griya Perwita Wisata Anyelir 1+2 LT218 LB120 3KT 2KM Garasi Nego 087863423571

B00896.2018.314027-3

BU rmh T40/55 2KT 175Jt tempat aman dijln Godean km4 ke selatan.Cpt dpt Hub:0818 0435 7474

Jual Rmh SHM 258 m,di ds srandakan-Nengahan-Bntl tlp.082136618554 Hrg.450 jt

Jl rmh 2Lt LT176m² LB250m SHM 5KT 2KM 2RT 1Rkel dll.Jakal prm UII.Hrg 1,3M.HP085943772696

RumahJogja Network : Chanel Youtube ini menerima titip jual Property. WA = 0813 2525 3535

Dijual rmh dlm kota LT105m, 3Kmtdr,1Kmnd.Gedongkuning, Ygyakarta hrg 250jt.085292445279

Rmh br T50/100 SHM,IMB,5mnt ke UII tpadu Jakal,nyman,sejuk,mbl msk.325Jt.PYanto 0816687759

Jl Rmh Ls119m 3KT 2KMd RT Grs RMkn Dpr di Padokan Kdl mbl msk H600jt Ng Hub:085927452775

Siap membantu jual/beli tanah dan bangunan di Jogja.Hubungi:Bpk Rahmat 087738356503

Hook 2muka LT390/LB200 260Jt. 180m/LB100 165Jt Sanden jh mkm kndang sutet TrMsk087839577738

Rmh dalam Ringroad Jl.Tatabumi area kampus T45/100=550Jt KPR lgs pemilik WA:08175468883

Jl.Dirgantara Babarsari,LT 300m²,LB 250m²&Rmh kos LT 200m² 20KT,dkt Amplaz H:087843181652

DICARI dcri tnh utk saya kavling,status letter C/D/sertifikat turun waris,didlm/ dkt ringroad,akses mobil masuk.hub 0838-6662-8268(bowo)

Kluster Dalem Tentrem SHM+IMB, Mulai Type 25/100:299Jt,Jl.Wates Km12 Yogya.KPR.082135617488

Rmh djl 36/106 SHM+IMB Hrg 345Jt Jl.Godean km8 tepi aspal 082237024007/087838854647

JL/Kntrk Rmh 2Lt,6KT,2KM,LT91, LB180,PrmPandanAsriD2,700 Jt/15Jt.0818270011/08174120019

Rmh 250Jt di Sumberan Sedayu siap huni baru T36/73 KPR/Cash jalur Bandara,WA:08175468883

Rmh djl 36/95 SHM+IMB Hrg 385Jt. Mlati Slmn jln 5m kawasan aman 082237024007/087838854647

Jual rumah 302m² 2lantai,Getas Sleman,lantai 2,kost,lantai1 tmpt tinggal 1,6M 085226613200

Rmh 290Jt di Barat Kasongan,rame siap huni baru T36/80 KPR/cash WA:08175468883

Rmh Jakal 140m 3KT=475,Palagan 101m=500Jt,Seyegan 2KT=350Jt,Tnh Btl mulai80Jt.087739532715

Rmh baru DP90Jt T36/100 hook 150m dr Jl.Wates Sedayu. 2KT 1KM milik sendiri 081915548450

kavling siap bangun di jamburejo selomartani (timur perum citra ringin mas) t36/156 435jt t36/166 455jt nego jl lingk 4m h:087836563161

Kahyangan jln raya Tajem perum elit&strategis dkt kampus, stadion,Jogja Bay Maguwoharjo Tipe 168/145 5KT 4KM SHM IMB Unit terahir/Rmh contoh H:1,625M 081329096226

’Mau Jual/beli rumah/tanah dikota jogja? H:081227919789 Kami siap bantu.

B00002.2018M313986-3

B00001.2018M312260-3

B00074.2018.313819-4

KOST A.M Kost exclusive putri,putra, pasutri,fas lgkp AC,TV,kmddlm, springbed,wifi,satpam 24j,parkir dlm,uk kmr 4x4 almt utr Termianl Concat Hub:082135693822 B00002.2018M313150-5

Infokosjogja.com : Urusan iklan kost kami ahlinya, minat iklan Hubungi WA : 081 77 111 33 B00002.2018M313979-3

Infokost.com :Pelopor media online informasi kost di Indonesia.Pasang iklan hub:0817711133 B00002.2018M313983-3

Kos Lgkp harian/blnn KMdlm AC noAC 10mnt keMalioboro PrkrLuas utr PsrGamping 082133616141 B00002.2018M313025-3

Kos pasutri muda Muslim jl.Ki Penjawi (timur XTSquare) UK3x6.KM dapur dll.H:081227661276 B00002.2018M313904-3

Kos putra bulanan 400rb(all in). TV,dpr,M.cuci.Jl Mgl km2 Yk dlm kota.H.Yanto 081318737210 B00002.2018M313641-3

Kost nonAC 800/bln AC 1,3jt/ bln;sebrang amplaz dkt UIN, UNY,Sadhar.AC 1,65Jt Kmr Mdi dlm,sbrang MM UGM dkt UNY, Sadhar.H:081298747492,08129 B00002.2018M313885-5

Kost putra fasilitas komplit d/a RS UGM ke utara 300m. Hub WA 0818265141 B00002.2018M313201-3

Kost Putri Br(Krywati,Mhasswi,Plajar) Fas:Kmd dlm,Ac,Tv,WaterHeater, Wifi,Cctv,Mjakursi,Lemari,Tmpat Tdr,Jl.Lempongsari Gg.Sepat.No.4A. PkrLuas.0817840023 B01126.2018M313841-5

Kost Putri Murah UMY UPY Jl.Wates KM2 Sltn Jujur.Jl IKIP PGRI 103. Mbak Ida 08174106870

B00002.2018M313618-3

Menerima kamar kosong putri Suryowijayan (depan Soto Pak Marto Tamansari) Hub:081931707816 B00002.2018M313504-3

Pusat Info kost: Channel Youtube ini menerima iklan Guest House / Homestay. WA 0817711133

B00002.2018M313593-3

B00002.2018M313604-3

B00001.2018M313917-3

B00002.2018M313114-3

B00692.2018.313994-3

B00002.2018M313887-3

B00002.2018M313888-3

B00002.2018M313476-3

Rmh Baru Proses Bgn 3 Kavling.Jalan Jogja Wates (LT102m2/ LB36m2/200jt all in).087788770887 B00001.2018M313053-3

Rmh baru SHMP 60m² full fasilitas 170Jt bs KPR Prambanan CP 081328107819 / 082242708006

B00896.2018.314026-3

Rmh djl 36/80 SHM+IMB hrg 265Jt Jl.Wonosari km10 timur Kidfun 082237024007/087838854647 B00002.2018M313534-3

Rmh djl 36/84 SHM+IMB 225Jt Jl.Wates km10,8 mobil masuk 082237024007/087838854647

B00002.2018M313538-3

B01126.2018M313701-3

RUMAH DIJUAL

B00002.2018M313126-3

Hunian modern real invest aman legal pasive income lbh20jt/th naik tiapTh.Sari081804190698 B00002.2018M313422-3

PerumahanType36 SHM 84m² Perum Guwosari Pajangan Btl 110Jt&Pek SHM Hub 087839106858 B00002.2018M313900-3

Rumah type 29 Hg mulai 146Jt’an dkt Wates Kulonprogo kawasan 2hektar SHGB&IMB/081329391565 B00002.2018M312664-3

B00002.2018M313877-3

B00001.2018M313801-5

kavling siap bangun jl godean km 8.5 utara rm iwak kalen barak godean t36/100 350jt nego h:087836563161 B00001.2018M313798-4

5Unit strtgs JlImogiri Barat Km5 Ngoto&Km8 Bibis,jln aspal papasan LT110&117 T.70 3KT 2KM Carport 2mobil LantaiGranit 600Jt Ng 0818465555/081327782779 B00002.2018M308832-5

BrSprMwhElitLuxVillaDimogiri BrtKm7,5L110mLb100 2Lt4Kt3KmdLtGrntTmnKlm549JtWA087843336660 B00165.2018.313837-3

B00692.2018.313810-3

B00002.2018M313608-3

B00002.2018M312828-6

Baru T56/98= 419Jt SHM IMB.Timur blok O Janti dkt AAU Berbah akses mudah 085100009566 TP

B00002.2018M312607-3

Bu Rumah Pojok 1/2Jadi Tipe 50/134 2Kt SHM Pete Sidomoyo 310Jt Hubungi:0877 3161 7577 TP B00165.2018.313961-3

Dijual rmh type 36 luas 72 .lokasi perum villa bukitasri samping badan diklat diy.hub 087838333071.0811299246 Djl rmh 36/110 SHM+IMB hrg 339Jt Kalasan Slmn tepi jl hadap sltn 082237024007/087838854647 B00002.2018M313532-3

Djl Rmh bgs Murah,BU lok,Jambitan, Banguntapan,ls,125M,hp:490jt,WA/ tlp,081915424470,cpt dpt B00896.2018.313712-3

Djl Rmh JakalKm9 Plosokuning 5 Lt82mFulBgn5Kt Rtm KmDpr Trs Lingk aman 400JtNg087738668522 B00165.2018.314012-3

B00002.2018M312318-3

Dkt RSA UGM,JCM,UTY.Rmh LT142 TP80,4KT,2KM,IMB,bs KPR.750Jt NG.H:08179900101/087782761535

B02387.2018M312685-3

Kav siap bgn SHM&IMB jl lebar 6m type 50/131.Hg 706Jt.Lok JlPalagan km12 RS Puri Husada kUtr Pesona Palagan.081227144575

B00002.2018M313793-4

B00002.2018M313876-4

B00896.2018.313710-3

Pekr LT230m² LD10m jl cor.Utr psr Klitikan Jejeran jl Imogiri Tmr H1,5Jt/ m²NG 087738467654

Tnh pek SHM 952m² LD60 Munggur Srimartani Piyungan (utara Koramil)1,1Jt/NG Hub 0818264616

B00002.2018M313617-3

Djl tnh pek kali abu banyuraden gamping brt ringrut 75m sel rel 75m luas 1387.H08112504535

Pekrg L:176m2 Lbr:12m SHM h:1,8jt/m diSidoarum Godean Jogja pggr kali 2muka.H:081227663666

Tnh pkg.L105 3jt/m².Dusun Duwet RT7 Utr SDKanisius duwet(pngdlan slman kesltn)087843131534

B00002.2018M313997-3

Djl tnh pek SHM lok strategis 50m dr jln raya,LT.182m2 Jl Godean km 7,Bantulan.08122826032

Tnh Pkr 666m LD20m posisi Pojok PalaganKm16 keTmr dkt rcn Rroad ke2 1,25Jt/m H087832232555

B00002.2018M313788-3

Djl tnh pek1000m² diPlanjan Gnkidul dkt jl lintas selatan listrik ada 160jtng 082226158234

Rmh djl pgr aspal kav no6 Dsn Krandon Berbah,2km dr jl.Wonosari Sekarsuni ke arah utr.SHM tnh 60m rmh TP45m 2lantai.H290Jt bs KPR DP30% HP085879859855

Rmh9x6 3KT,dpr,KM,teras.RRoad Barat.Turusan Gamping dkt STIMIK A.Yani.12Jt/th.087839252227 Rumah baru 2KT 1KM R.Tamu dapur. Timur Gembiraloka 081 392 464 110 keluarga

Tenghkota pinggir jlry.Purwanggan 2paviliun AC grs R.tamu perabot pgr Hub:0877.3871.8183 TANAH DIJUAL 140jt jd an pmbeli,pek SHM lt 500 ld16 kretek bntul.jl.cor,mbl msk.nyman huni.085878719000 B00001.2018M314035-3

B00002.2018M313152-3

B00002.2018M310839-3

B00002.2018M310841-3

B00002.2018M313870-3

B00001.2018M313380-3

99jt Kav SHM 166m2. Ld 10m, Lokideal didesa wisata 1mnt dr JlrBandara baru Hb:087719517771 B00385.2018M313345-3

BU cpt Pek SHM sendiri utara UII dkt Balai Desa,CandiBinangun 245m² Hny 2jt/m 082134157566 B00002.2018M313099-3

B00692.2018.313278-3

B00002.2018M313386-3

BU djl tnh kav LT100m,hrg 3Jt/m nego.Lok 1,5km utr std Maguwoharjo Slmn.Hub 0821.3830.3598

B00002.2018M313891-3

BU jual tnh 200m² 110Jt nego.Lok Pantai Jatimalang&510 55Jt lok Pwr.H 082249162977 mbl msk

Rmh mewah Jl.Kaliurang km6 dkt UGM LT272 LB115 murah 2,2M bs KPR nego WA:08175468883 Rmh siap Huni LT150,LB125 2Lt Hook,tmr Psr Stan Mgwo dkt Bandara, 3KT,2KM,Crpot.081328747999 B01126.2018M313520-3

B00001.2018M313061-3

Rmh&ruko 3LT+Usahanya,SHM, IMB,LT885,LB448,pgr jln,dkt bndra br Jgj.Lgsg pmlik:082325602992 B00002.2018M313192-3

RmhBr mwhLux dkt JCM strategis Lt197m Lb181m 5KT 4KM carport 2 mbl+taman.SHM IMB 085743407121

B00002.2018M313022-3

B00001.2018M313566-3

B00002.2018M313016-3

B00002.2018M313019-3

B00001.2018M313735-3

B00692.2018.313808-3

B00002.2018M313127-3

Dijual 2 tnh kavling di Muntilan Luas 7x10.Harga@49Jt bisa diangsur. Hub 085643947222 B00002.2018M313773-3

B01127.2018M313693-3

B00002.2018M312888-3

Gembongan,Sukoreno,Sentolo, Kulonprogo.600rb/m lt 417m² ld ±20m sms/tlp/wa 0895363187193 B00001.2018M313826-3

Hanya 48jt Kav 90m2.LD10m,Lok ideal didesa wisata Lendah KP,ccku/ Inves hunian 087719517771 B00385.2018M313353-3

Jl sawah SHM 606m² pnggr jl aspal lok utr LPMP Kalasan dkt perumahan.Hub 085927486274 B00002.2018M313967-3

JlKabupaten Sleman-swh kering (L387m+L480m)LD24m-jlaspal mbl pmpgn-dkt mkm-081228899150 SHM B00002.2018M313919-3

Jual cpt murah SHMPek 109m²/95Jt NG mangku aspal 2muka jauh mkm/sungai cuma 500m utara lap Baratan candi Binangun Pakem Slmn 082133908312/087836605324 B00002.2018M313472-5

Jual cpt murah SHMPek 211m²/95Jt NG akses aspal jauh mkm/sungai cm utr prm Gajah Mada TuriSlmn 081326986855/087838317570 B00002.2018M313467-4

B00002.2018M313464-4

B00001.2018M313338-3

Jual tnh pek Lt 150m sertifikt lok brt SMP Kasihan dr kampus UMY 10mnt 80jt H:085729308227 B01347.2018M313921-3

Jual tnh pek Luas 132m h.67jt lok sltn pom pandak msk mbl mskHub 081804197862 B01126.2018M314007-3

Jual Tnh SHM Pek LT:438 Ld:14m. Lok.Ringroad Utr dkt UPN Concat Hrg:7jt/m2 Hub:087839588812 B01126.2018M314008-3

Jual tnh utara RS Murangan Sleman. Tdk ada 1 km dr Jln Magelang L.130,hrg 150 jt.Hub: hp 0877.3886.5295 Wa 0819.3170.0289 B00692.2018.313995-4

B00813.2018M313985-4

B00001.2018M312132-3

B00002.2018M313659-3

B00002.2018M311656-3

B00001.2018M313295-3

B00165.2018.314016-3

B00002.2018M313970-5

Tnh SHM Pek LT145 LD9 nyaman diBangunjiwo Kasihan Bantul.Rp 100Jt.H:085803562391

B00002.2018M313116-3

Tnh SHM=354mLbr=10m,aspal,dkt STIPER/JogjaBay/Sadhar,UNRIYO cc u/ush+kos=3,2Jt/m0818215851

B00001.2018M313827-3

Utama jalan Magelang SHMP L3537 LD58 harga 10jt/m² Segera hubungi Pak Galung 08122711050

B00001.2018M313562-3

Djl tnh SHM L261m² lok ds Kledokan Selomartani Kalasan Sleman.H: 087845702108/082138545514

Jual Tnh Bonus Rmh di sktr Jl.Wates Km4 LT251m² LD9m mobil msk hrg 2,5Jt/m.08179413032 TP

B01347.2018M313785-5

B00002.2018M313723-3

Sedan,Sidorejo,Lendah,Kp Lt ±90m²,ld 8.5m² msh 4 kav 50jt WA/ sms/tlp 0895363187193

B00002.2018M313171-3

BU:SHMS strategis dkt UII Jakal LS443m² Hrg1,2Jt/m.LS176m² Hrg 3Jt/m,an sndri,08122942869

B00002.2018M313750-3

Tnh Pek SHM 513m LD14(bs sebagian)Potorono BTP dkt Laguna Spring 1,3jt/m Nego 0818264616

B00002.2018M313209-3

DjlTnh SHM 203m² hook ld14m²/11m². fiewsawah,ideal.karang,brosot, galur,KP.160jt08985315361

B00165.2018.313960-6

BU Jual tnh istimewa9x16, 18x16, SHM lksi Widoro Bangunharjo jl aspal dr Jl Imogiri brt km7 msk 1km hrg 1jt.500/m HP:087739753856 tdk WA telp/sms saja

B00631.2018M313662-3

Dijual tnh pek luas 184m lbr dpn 12m.Sdh SHM hrg 90jt. Telp 087838046661

Sanden dkt pasar Celep hook2muka LT230m LD13m 140Jt dkt pasar TK SD SMP SMA 087839577738

Jual cpt promo SHMPEK 125m² NG akses aspal jauh mkm lok cuma 700m utara ktr kec Turi Slmn 082242658149/087839535056

B00002.2018M314010-3

B00002.2018M313922-3

TANAH DIJUAL SHM kbn jati 8500m2 LD70m mangku jln truk msk 100rb/m bisa TT mobil Krambilsawit Saptosari GK H 087705493566

SHM pek di jln Prambanan Piyungan, Lt.380,Ld.11,truk msk,msk 50m.1jt/m.081328000505

B00002.2018M313446-3

B00002.2018M312989-3

B00001.2018M313867-3

B00692.2018.313992-3

SHM Pekarangan LS183m² LD11m Hrg90Jt blkng perum Fascovilage Bangunjiwo Btl.HP 08113900456 B00002.2018M313457-3

SHM pkr563m LD14m,Tambakbayan blkng kmpsAtmajaya Babarsari, cck kosExlsve 2,5M 08122955748 B00002.2018M312993-3

SHM Pkrgn LT202 LD20.Akses aspal.H 1,3Jt/m bisa bayar 10Th. Gamping 081915548450 TP B00002.2018M313478-3

SHM siap bangun LT 150 LD8 lok Dalem Kotagede(Sel pasar)Berminat hub 08122736238/419122 B00002.2018M313813-3

JUAL RUANG USAHA Disewakan/jual kios Psr Bringharjo lnt dasar 14mdl tengah blkng u kebaya dll 082325606180 B02387.2018M313293-3

Djl Ruko strategs dkt Kraton deretan Toko kaos&batik Jl Rotowijayan L102m SHM.H:0811258165 B00001.2018M314042-3

Djual Ruko Los 2 Lantai,sangat strategis,pinggir Jln Raya Gejayan/ Jl.Afffandi 300m dr UGML 6,5xP30. Hub:087738114004,TP B01126.2018M313865-4

B00165.2018.314015-3

Jl.Cpt.Pmlk.Lsg.WA:081390560317. Ruko 1lt.Jl.Raya Bantulan.20.Slmn. Yk.LT:135m².LB:109m².LD:6m. P:22m.2KM.2KT.1dpur.SHM+IMB

B01126.2018M313518-3

Jl.R Usaha SHM 100m² 550Jt NG Cemplung Lor/Maduksm keBrt psr jln.081392244345/085878384746

SHMP 2615m LD48m H350Rb/m Ng Lok Sblm Wisata X Biru K.Progo H085729171000(WA)-087839153335 SHMP 303m2.LD12m cck u/Kost,sltn UII,Utr Ponpes Jl.Aspal hdp Timur 3,5jt/m. 081328747999 SHMP dlm permhan 600m2 LD12m blkang rest pacific dpn TVRI H 2,7jt/m H 087705493566 B00813.2018M313982-3

SHMP L615m 2mk JlAspal Lok Kepek Pengasih K.Progo H600Rb/m Ng WA085729171000-087839153335

B00002.2018M305226-4

B00002.2018M313646-3

Jual R.Usaha pgr jl.Palagan km10. dkt Tmn Plagan Asri3.Sblm psr Rejodani. Lt634m².Lb500m².Lbr18m. SHM-IMB.H:081328547888yk B00001.2018M313736-4

B00165.2018.314014-3

Kios 2Lt jl.slokn mtrm bbrsari.LD:3m p:7m,roling,toilet,lstrk.Hp/wa:0838 5956 905

B00002.2018M313814-3

Ruko strategis diJanti Depok Sleman Lt:129m² LB:160m² LD:14m,SHMP Rp1,1M.Hub:081215202005

SHMP LT200 LD10 lok Grojogan Wirokerten,LT150 LD10.Lok Balong Lor Potorono.Hub 08122736238 Strategis, SHMP L500m2&650m2 LD 13m dekat gerbang UIN Pajangan BTL 085101849222

B00001.2018M313322-3

B00002.2018M310993-3

B00002.2018M313916-3

OPER KONTRAK RU Oper kont Londri msh 6bln dg isinya 3mesin omset 70kg/hari 20Jt di Mancasan Kidul Jl.Dworowati 176.H:081804088914 NO SMS

B00002.2018M312294-3

Oper Kontrak Salon Kecantikan Jln. Paris Km8 Harga Nego Hubungi WA: 0877 3459 9650

B01126.2018M311957-3

Strategis-cck u ush-tnh(L156m+139m) LD17m-tepi jlraya brt Masjid Agung Bantul-087839322230 Super murah pkrg 1320M² Arah Srigetuk Playen 360jt SHM a/n sndr,Jl lebar,rata 08156870833 Swh LT 108m muka 5m SHM tepi aspal,hrg 85Jt NG di Jl.Btl km9 ke brt 1,5km.HUb 087739494433

B00002.2018M313744-4

B00165.2018.313426-3

B00002.2018M313924-3

SEWA RUANG USAHA Boleh dikontrak bangunan baru ruko 1LT.Dpn Pasar Piyungan.Tpi jln utama Wonosari km14.LD11m 2Pt,2KT.Bs utk tinggal.RP25Jt. WA 085743058806/082137911565

B00002.2018M313450-3

Dikntrkan t4 usaha utr UMY 5x9 List1300W KM dlm,Kmp Nulis timur jalan H Nego 087838786205

B00002.2018M312024-3

Dikont kios Jl.Kusumanegara 135C,sebelah barat pabrik susu SGM.HP 0811256708 Tdk SMS

B00002.2018M313663-3

Dijual cpt tnh SHM Pakem LT326 strategis/nyaman utk ush-huni.Hub: bisa SMS 082225508119

Kapling di Gamping Sleman dkt calon mall LT240=300Jt bs kredit bank WA:08175468883

Swh tepi Ringroad Brt.Dkt UMY Kasihan Btl-(1310m+1834m)LD24mtengah ada jln2m-087839322230

Dijual Murah Tanah Pekarangan siap bangun hook Ls.224m Ld.10m Ds.Kokosan Prambanan Hg.1,3jt/m. Hp.081329622520

Kapling di Pajangan Sedayu LT.8590Jt area jalur Bandara Br Rongroad Baru WA:08175468883

Tanah 1000m Sertifikat HM sktr Jl Palagan Km 11 utk Rumah Ok,Maaf TP Hub:081804300373

B00002.2018M313804-5

Dijual sawah SHM 118m²,jln srandakan brt rs uii pandak bntl.Hrg 370jt H(085713109536)

Kavlingan di Berbah Lt.110m2, Ld.11m,SHM pek,truk masuk.130jt. Hub: 081.328.000.505

Tanah Pek Hook di Wirokerten mangku aspal dkt Kampus Surya Global L219m² Hub:08122940246

B00002.2018M313474-3

Dijual sawah SHM 238m²,jln paris km 15 bntl.Harga 250jt. H(085713109536)

Kawasan Babarsari SHMP L440 LD12,5 harga 3jt/m² Hubungi secepatnya Galung 08122711050

Tanah Pek Luas±102m² muka±9m Hg3,7jt/m dkt Ringroad(tdk trima SMS) Hub:082133759908

Dikont R.Usaha lok strategis Jl.M Supeno.LT128 full bangunan. H:087739341389/082134321539

Dijual T.P Tanah Turi Sleman 4700m² Hrg 1Jt/m².Muntilan 2000m² 1Jt/m². Kroya Cilacap 7320m² hrg 3Jt/m². Karanglewas Pwt 1475m² 1,5Jt/ m².Hub 0817267844

L900m&2500m pekarangan SHM mlk sendiri truk masuk dkt jln raya tingkir-KrGede 085640058303

Tanah SHM Sltn UII Jl.Xurang Km13LT300m2.Ld24m.P12,5m Jln dpn2,5m. 2jt/m2 Leo 083830879441

Dikont Ruko 2Lantai,LB 100m²,WC dlm,air PAM,Listrik,Lok Jakal Km 7 No 12B. WA 087739705463

Mrh BU pek 531M² Jl aspal muka 15m SHM a/n sendiri,Mulyodadi,Blipuro 395Jt H:082134157566

Tanah SHMP ±9x7m² akses jln 5m Hrg 30Jt utara Candi Prambanan 081328107819 / 082242708006

Dikontrakan kios LB24 LT200 Jl.Garuda timur UMY 15Jt/th min 3th. 08156745206

Pek bagus-sltn UMY-tepi jlutama Bangunjiwo Bantul dkt UIN-L1640m LD30m-Huk-08175464300 SHM

TanahPek SHM Banguntapan akses jln 6m dekat Ringroad L125m²/134m² Hg2,8jt Hub:087739171730

Dikontrakan kios UK9x6m. Rolling+ kaca-parkir depan 3meter.Bantul kota.087838322759 NO SMS

Pek dkt kmp ISI Bantul-L325m LD12m-jlaspal mbl smpgn-dkt jlraya-2,6Jt/m-081226464012 SHM

Tepi Jln utama Timoho,L.1600,ld.32,& Jl. Kenari 775m2,ld.30m.Murah.087843181652

Dikontrakan ruko 100m² Jl.Godean Kruwet. 15Jt/th ada ruang kaca KM KT Dpr Hub 081227565606

Pek L200m proses pecah,Jl Wts km7 ke slt 1km LD11 H900rb/mNego 081327272665/WA 08562898151

Tnh 1400m dR.Road Tmr Yk sgt cck u/Kost/Kavlingan 10m drKmps STIPRAM brH:BpEdy081327737510

Pek rata bagus-Brt Masjid Agung Bantul-L324m LD12m-jlcor mbl mskdkt jlaspal-081226464012

Tnh djl LT150m SHMP Hrg 149Jt. Berbah Sleman dkt Sampurna 082237024007/087838854647

dikontrakkan ruko jl parangtritis km0,5 LT 153m, toko 8x10 m,kt 2,km 2,dapur luas,ruang kosong 3x6 m.hrg 60jt/th.hub 081392200037/371003

Pek SHM 166m²,LD10m Lopati Trimurti Srandakan.Hrg 110Jt. 087839106858

Tnh kavling164m² ld 8,35m2.lks: lopati, trimurti,srandkan,bntl.100125jt.mash 3.H08985315361

Pek SHM 350m² LD14 Jawon km11 Bintaran Srimulyo(1km dr kws Industri) 1,3Jt/m NG 0818264616

Tnh Pek Hook SHM 225m²(15x15) jl 6m.Srtfkt Berbah Kalitirto 15m dr jlry.Wida081288847303 TP

tanah kavling di jamburejo selomartani (timur perum citra ringin mas) lt 156m2 ld 8m lt 166m2 ld 8m harga 1.9jt/m2 nego h:087836563161

Tnh Pekrg Ls:2000m2 ld:50m akses jl aspal lokasi Bagus pemandangan Gunung &kali Fuljati dkat Obyek Wisata hg:93jt Lok Kulon Progo H:085747236144 wa

B00001.2018M314022-4

RmhSiapakai utara bus Giwangan LT142 LB142 IMB,mblMasuk,AC obral 655JtNego.WA081326541009 B00002.2018M312340-3

Rumah baru cantik L135 PJ15m LD8,4 T95 SHM srtfkt pek Berbah Kalitirto.Lbr jl5,5m PLN2200 PAM. TP.Bangun baru90%.Hub Yanti 08118003870 pembayaran nego Rumah LB135 LT922 renovasi bayar 10th. 675Jt nego.gamping Jl.Wates km6 ksltn 081328277730

RUMAH DISEWAKAN Dikont Perum Ngestiharjo 2 sel UPY Lt115 Lb70.3KT AC,dapur set,W.Hiter,Carpot.087838800647 B00002.2018M311430-3

Dikont Prm Graha Banguntapan B8 tmr POM Balong.2KM RT RK RM Dpr KMD.Telp NOSMS085728509365 B00002.2018M314017-3

Dikont rmh baru bagus 2LT 4KT 3KM garasi 17Jt/th perum Polaman Jl.Wates km12 087738425502 B00002.2018M313749-3

Disewakan Rmh Perwita Regency Jl.Paris km4 Jogja.3KT 1KM PAM list2200VA carport.0811253033 B00002.2018M313760-3

B00001.2018M314049-3

DKntrknRmh Br BsrLt250Fulbang 3KtRtm,Dpr,Grs,trs2Km LokPulowatu k BrtSlmn WA/T087738668522 B00165.2018.314013-3

Kos/kontrak 9,250Jt/th 800Rb/bln Jl.Godean km4 Besole 1KT,Kmd dlm,dpr,teras.087838124400 B00002.2018M313226-3

B00001.2018M313797-4

B00001.2018M313742-3

Djl tnh pek di Pendowoharjo Sewon Btl.LT 270, LD16,SHM.Mbl bs masuk,Hub: 081249542743

Bu Cpt SHM Murah LT808m Jogja Kota.Timur Mirota Mentri Supeno KeSltn 50m Ngantong tepi Jl Aspal lbr,tenang/Nyaman utk Ktr/Rmh tgl/Gdng/Kos dll H4,5M nego WA/ SMS/T: 0858 6664 8162

B00002.2018M313892-3

Dkntrkn rmh 2k tidur,dapur r.mkn r.tamu dekat ponpes krapyak btl10jt nego.0877-3419-3937

kavling siap bangun lokasi selatan polres wates/perum giripeni t36/72 220jt t45/72 244jt nego akses 5mtr h:087836563161

Rmh type36.Prum Grisinda. tirtonirmolo 13jt/th.3KT.2KM. Grsi mbl.085641766054/087838161770

850rb pekarangan di sedayu selatan kampus mercubuana. Luas 180m, LD 9m,087822283311

Rmh Siap Huni.Jalan Babaran (LT435m2/LB200m2/2.8M). 087788770887

Djl rumah 124m² 2LT SHM jl Dr.Rajimin Sleman kota hrg 850nego 085100438876/085743473755

Pekarangan murah SGM Prambanan 530m LD30m. Harga 550Jt nego.Hub 082254815194 Aden

Rmh Br siap huni LT100m² 3KT, 2KM,LT Granit.Lok pinggr aspal sttgs aman nyaman dkt kmps.PGRI,UMY. Hg595Jt NG.0812134222892

B00001.2018M313862-3

Djl Rmh jejer Mushola,jangkang Nogotirto,ls.208m/ls.160m,3km, 4Kt,garasi,karpot,SHM.Hp750jt, pemilik 081328302479

B00002.2018M313952-5

B00002.2018M314032-3

Djl tnh pek di Jl Bantul km 7 msuk kmpng.LT471,LD12,hdp jl aspal, SHM, Hub 081249542743

B01347.2018M313918-3

850m²dpn GOR,BPN Slmn SHM. Proses pngeringan.Lb17m Pj50m hadap jl besar.Hrg NG.081578062424

Rmh LT400 LD25 LB175 3KT 2KD grs,ada sisa tnh dismpng rmh.Amannyaman.H650Jt.085100400672WA

Djl rmh ling Cluster,ada security, siap huni 2LT LB/LT 100/81.Hg825Jt, siap bgn 45/80 Hg570Jt,Jl.Paris km5;Jl.Ateka tmr kmps ATK.Bu Ninik081328710160

Rmh siap huni 3KT 1KM lokasi utara JogjaBay.Strategis. Hub:0817262452

Rmh Baru,Mdl Eropa Klasik,dkt RgRoad Tmr mlk Sndiri 1,4 M (Nego).Hub P.Yanto.081225845758

B00001.2018M313057-3

Rmh siap huni/bangun t36:262jt t45:308jt t54:342jt,free biaya2. Djl cpt rmh kos²an 12kmr,diNologaten H.085741323025/087738085676 gg Seray 127A.Hrg1,7M nego. 08122747618/087738306955 B00002.2018M312820-3 B00002.2018M312622-3 SHM rmh di Sorogenen dpn band. cpt rmh siap huni ling Cluster, Adisucipto.Lt107,Ld9,2KT,1KM,mbl Djl LT155m,LB129m,3KT AC,2KM. tdk msk,210 ng.081328000505 Baciro-Yog.Rp1,3M.087738388046 B00692.2018.313993-3 B00002.2018M313123-3 siap huni LB 33 LT 100 2KT 1KM Djl rmh 2LT LB152 LT150 TPranSHM IMB kr rejek wnsari 165jt tara Perum Griya Indah6 no.8A 0818461836 Jl.Godean.Hub lgsg 081392234400 B00001.2018M313576-3

B00896.2018.313711-4

Pekarangan Murah 10menitdrUMY SHM Sendiri.Luas:200m2=125jtwww. agus-susanto.com 08157980017

5mnt sltn UII tgl 1Kav tnh 222m² H2,25jt/m Kampung Siwil Jakal Km12,5 tp jlry.081804083040

B00002.2018M312452-3

B00002.2018M313767-3

Djl tnh kavling 89m² ld 10,5m²lks: sedan,sidorejo,lendah,KP.ideal.45jt. masih 4.H08985315361

B00002.2018M313999-3

Rmh Baru Proses Bgn 4 Kavling.Jalan Godean (LT116m2/ LB60m2/2lt/550jt).087788770887

B01126.2018M313062-3

Rmh Kos Strtgs 9kmr penuh Jl.Godean Km4,5 SHM/IMB 271m/295m 08127411663 (maaf tdk trm sms)

B00812.2018.313927-3

Rmh sederhana di Glagah Tamanan Bntl hrg 3,5jt/th nego Kt Km Rt Dpr mbl msk H:085780477216

5mnt brt Polres Sleman Tnh Kav dlm Perum 125m Ds Malang Caturharjo H=2,25jt/m 081804083040

Dijual rumah mewah di Perum Griya Selaasri Jln.Tajem,harga 825. Hubungi: Dewi 085600951833

Rmh siap huni 300jt dislatan Ringrod Kasihan Btl bsKPR/Cash dpn Perum Besar Wa:08175468883

B02387.2018M312161-3

TANAH DIJUAL Pek Utr kel Bangunjiwo Bantul dkt PADMA-L218m LD12m-jlcor-ramai-truk msk-081229706699 SHM

Rmh 2Lnt 5KT 3KM Full AC,pgr Jlnaspl LT221 LB400,SHM,Jl Nogotirtono35A,H:081328575555TP

B00002.2018M313720-3

B00001.2018M314019-4

TANAH DIJUAL Djl Tanah diWonosari Ls200m² Lok Samping Batas Kota Wonosari.1,3Jt/ mNG.Tlp/WA081312423792

415M² LD:15M 2MK Pek SHM stgs dlm kota Klaten,mobil Smpngan,1,5Jt/ m² Nego ,08164258669 TP

B00002.2018M313437-3

SEMENTARA jadwal kick-off kompetisi Liga 1 belum jelas, Pelatih Persela Lamongan Aji Santoso mempunyai keinginan menggelar pertandingan uji coba. Selain sebagai persiapan menghadapi kompetisi, laga uji coba juga dimaksudkan untuk mengetahui kualitas dan kemampuan beberapa pemain yang tengah mengikuti seleksi, baik lokal maupun asing. “Kami masih mencari lawan untuk uji coba resmi. Ada Madura FC dan beberapa klub Liga 1,” tutur Aji seperti dilansir di laman resmi klub. “Saya mulai mematangkan tim sebelum uji coba. Saya lihat anak-anak semakin hari semakin bagus. Mudah-mudahan terus berkembang,” kata dia. Beberapa pemain yang termasuk dalam kategori seleksi di skuad Persela di antaranya, Mitch Nichols asal Australia, mantan pemain Persebaya Surabaya Charles Orock, serta eks pemain PSGC Ciamis Andika Dian Asruri.(kcm)

RUMAH DISEWAKAN Rmh baru 2KT 1KM Rtamu garasi listrik/PAM perum Gardennia Kasongan,ada Satpam H08122798554

MaguwoTmr Lottemart rmhBrT75/118 bnsPgr+canopy SHM/IMB.765Jt NG.081215658091-087834108710

Rmh di gamping Sleman dkt RS PKU &calon Mall Jl.Wates LT922 LB135=650Jt aja WA:08175468883

B00001.2018M313729-4

BU:Gebyok Jati lama,istimewa, 2jendela,1pintu.Hrg 6,5Jt/nego.H: 08122942869 NO SMS

B00002.2018M313524-3

B00002.2018M313253-3

Dijual kost di Kotamadya Jogja 17kmr,SHM,IMB,LT671.LB100. Hrg:1,65M(nego) Hub:081390576855

Rmh Mrh LT204m LB125m 3KM Tdr 2KM Mandi Tmr Psr KtGede Pringolayan H500jt Ng 087738467654

B00002.2018M313954-3

Trma Kos2an Putra/i/Pasutri,Bulanan,Jl. Bausasran DN/III No.963 Blkg Salon Moderen T:586750

B00002.2018M313536-3

B00002.2018M312037-3

B00002.2018M313889-3

Terima kos putra 300rban/bl JlTatabumi sltan/STPN keselatan dkt kota T/SMS/WA 085725906673

B00002.2018M313133-3

B00002.2018M313890-3

B00002.2018M313677-3

Rmh ckp bgs,brt lap Nogotirto,luas, 115m,lb,70m,hook,tingkat,KT 3,hp 535jt,BU 087739710108

Rmh masuk 100m dr Jl.Wates km10 Sedayu. 299Jt nego KPR/cash area kampus WA:08175468883

B00002.2018M313976-3

Trm kost putri Jl.Kaliurang km7 Kayen GG Anggrek 58.Bersih aman nyaman.Hub 08122963250

B00002.2018M313634-3

B02387.2018M313678-3

Cpt Rmh tglrejo spr strategis dkt UGM.3KT 3KM carport,SHM IMB. Bns 2AC,2lampHias.1,45M NG 085743407121

B00002.2018M313973-3

B00002.2018M313181-3

B00001.2018M314034-3

B02387.2018M313622-3

Rmh Cantik 368jt Disc jd 289jtDkt UMY&CLN Kamp UIN Bonus TV32/ACHny Bln ini 062853262002

Pusat Info Kost: Channel Youtube ini menerima iklan rumah dikontrakan/ disewakan 0817711133

Trima kos campurab kmdi dlm di tepi Jl.Magelang km8 Rp 300Rb/ bln.Tlp 087738376985

B00165.2018.313838-3

Manfaatkan untuk Uji Coba

Lks dkt Ds,Jl.Imogiri Timur 300m,slt trml bus.L1300W,airsumur 3Kmt 1KM WA081229888055 Bimo B00002.2018M313435-3

Rmh 2Ktd & 3Ktd Rtamu,dapur,garasi. Lok utr Monjali sltn Hyat Muslim. Hub 085102590507 nego

B00002.2018M312374-3

B00002.2018M313614-3

B00001.2018M314048-4

B00001.2018M313572-3

B00001.2018M313574-3

B00002.2018M313630-5

Dijual Tanah Pekarangan hook Ls.260/Ld.12m barat Kantor Kel. Kebondalem lor Prambanan hg.1,3 jt/m.Hp:081329622520 B00001.2018M314047-4

Dijual tanah shmp lt 390 ld 20 jatirejo mlati sleman. 1.750.000/mtr . 087839827007 B00692.2018.313990-3

Djl tnh SHM 108m² Jl.Jogja-Solo km12 samping Toko Mebel Midora,utr bks tmbangan truk,Purwomartani Kalasan.081384958150 B00002.2018M313405-4

TnhPek 3350m²,LD25m,Ambrktwng Gmping,p¼ lampu merah keUtr 500m cck utk inves/perum/kav.H.Nego. H081226119055/087738090455

B00002.2018M313799-4

B00002.2018M313895-3

B00002.2018M313894-3

B00692.2018.313991-3

B00001.2018M313868-3

B00002.2018M313998-3

B00002.2018M312292-3

B00002.2018M313926-3

B00002.2018M313913-3

B00002.2018M313632-3

B00002.2018M313915-3

B00002.2018M313902-3

B00002.2018M313660-3

B00001.2018M313800-5

B00002.2018M312026-3

B00631.2018M310781-3

B00002.2018M313623-3

B00002.2018M312022-3

B00002.2018M313259-3

B00165.2018.313833-3

B00002.2018M313526-3

B00001.2018M313570-3

B00002.2018M313802-3

B01127.2018M313988-5

B00002.2018M313757-5

B00002.2018M312972-3

B00002.2018M310968-3

B00002.2018M313763-3

B00812.2018.313197-3

B00002.2018M313781-3

B00002.2018M313775-3

B00002.2018M313394-3

B00001.2018M314033-5

Disewakan Tempat Usaha Foodcourt Lokasi Ramai dkt Kampus & Kos Rp1.3/bln H: 0856 4282 0005 B00165.2018.313959-3

Dswkn lokasi usaha strategis(21X11) m² dkt Bandara,PT.Mirota,Hotel & Kampus UIN Sunan Kalijaga. Hub.85743783046 B00001.2018M313590-4

Oper kontrak cafe di Seturan msh bgs allin 90Jt (sewa,bgnanintrior,wifi) WA/HP 085878806885 B00002.2018M312336-3

RU 2LT msh 7bln25jt.p15x2m lbr6m.dpt dprpnjng.jl.Godean dkt Mirota081804447333/08122702856 B00001.2018M313557-3


HALAMAN 16

LOWONGAN KERJA ADM-KEUANGAN BUTUH SEGERA Admin.Wanita. Max.30th. SMK/D3 Akuntansi Variasi Motor.Kerja 8 jam.gaji menarik WA/SMS/TELP: 085.292.993.337 B00692.2018.313807-4

GURU Dicari:Guru TK/SD sekolah katolik dipulau bangka,syarat:Ijazah PGTK/ PGSD,wanita,belum menikah,Katolik. Gaji+tunj Rp40,8Jt/thn+honor bimbel.Tersedia kontrakan,transport ke Bangka ditanggung sekolah. Lamaran via email justvega@ yahoo.com B00002.2018M312843-8

KAPSTER Dcari kapster/pngkas rmbut pria u/ barbershop yg,gaji 1.8s/d 2.5jtbisa lbih H:081225689705 B00287.2018M313609-3

Dibutuhkan capster salon, Penampilan menarik usia max 27th.Hub WA,SMS 081215087171 B00812.2018.313782-3

LAUNDRY Bth krwti lndry max35th minSMP ju2r,srius maubkrja,pnymtr,daerah timoho.wa/sms088806825571 B00001.2018M313830-3

Cari krywti laundry wnt max 35th jujur & rajin Lok.Umbulharjo. Minat hub 081804182890 B00002.2018M313881-3

Dibut kywti u/Laundry.Islam.Gaji uang mkn,transport.Hub 4M4 Laundry Tamsis. 082138105052

SABTU PAHING 3 MARET 2018

MARKETING-SALES Dibut Marketing Toko Roti/Catering. Gaji+bonus+dll >6Jt.Pglmn 2th bidang sama 087839842574

UMUM Bth Cpt Operator Foto Copy Syrt Pnglmn min1Th Rajin Jjr BertgJwb Muslim.Minat:081326345989

Dicari Karyawan Sales Kanvas Pecel Bagindo Min SMA Max 35th Berpengalaman Hub:081578786942

Bth Group Rep AJB Bumiputera syt:L/P,minD3.Antr lsg ke JlSudirman no28 LT5 Yk.085868168099

PENJAHIT Bth Penjahit wanita.Lam bw lgsg ke Griya JahitYasmine Jl.Rejowinangun 95 Yk.081227476476

Bth karywn/ti SMA/SMK max30th single Allround unt Homestay.Hub 082325422201

B00002.2018M313880-3

B01126.2018.310582-3

B00002.2018M313384-3

Bth sgr penjahit wnta mahir obras,utk prod.Kaos,jemper,kemeja dll.Bs tdr dlm ada makan.Hub 0818464170 Jl.Bugisan Yk B00002.2018M313752-4

Butuh penjahit kaos pengalaman gaji blnan di Plumbon Utara JEC BG Tapan.Hub 085100615747 B00002.2018M313549-3

Cr 5Pnjht mahir rapi borongan,1Tkg ptng mahirJht,1srabutan bs jhtHarian Lowanu082242977728 B00002.2018M310691-3

Dibth segera penjahit tas/tenda.niat kerja jujur rajin di maguwo.Hub 081223779782 B00001.2018M313842-3

Dibutuhkan Tkng Jahit Hubungi O82135992233, Penjahit Effendi Sewon Bantul B01126.2018M314031-3

SECURITY Loker Satpam,Pria mx 40th,ijzah Satpam,tb min 167cm,lgsg kerja, WA:081228382299 B01126.2018M313312-3

B00002.2018M313444-3

Natasya Laundry.Bth 5 org Wanita Brpnglman,Umur 25-35th.Penempatan Pontianak,Gaji Diatas 2jt,Mess,Akomodasi,Makan Tanggung, HnyaYg Serius.081326599370

B00002.2018M313594-3

B00002.2018M313759-3

B00002.2018M313906-3

Bth Krywti Toko,Admin,Tng srbtn. Dtg:Tko Besi Berkah Abadi,Imogiri Brt,Utr Polsek Jetis Btl B00002.2018M310278-3

Bth Pria Krywn Pot.Rambut Pglmn, Gj 3jt/bisa Bg Hasil,max 30th, Muslim,Hub:081804067909 B01126.2018M313320-3

Bth sgr tng srabutan u/Angkringan Daerah Tugu Jogja.Siap krj krs&krj team.H: 081931724646 B00002.2018M313886-3

Bth Tenga Bersih2 Wanita max 25Th&Pria max 22Th Single utk diJogja Serius Hub:085729421919

B00002.2018M313603-3

Bth tnaga krj smpngn melpt bngks coklt uph 60rb/pket 3-4jt/bln.bp sultan 089672571972 B00001.2018M313860-3

Bth Tng cuci mbl laki² single max30th. Minat dtg lsng ke Rino Autocare Seyegan 085100526809 B00002.2018M313730-3

Bth tng wnta u/PRT,ke mlysia singapur hkong taiwn.Pt fortuna tama insani hp/wa 08122731823 B00001.2018M312690-3

Bth wnt cantik max25Th u/pemandu karaoke dJogja.Pndptn1-4jt/ bl.Sandra082133778832/DD46CD51 B00812.2018.310764-3

Butuh Pramurukti/Perawt org skt manula.HubYanikTlp 085700699643 WA 083869797296

B00692.2018.313689-5

B00002.2018M313884-3

Sgr Bth!krywn dMarron Laundry jjr brtggjwb py pnglman niatkerja.Jl Tata Bumi No9 dpn kampus STPN Godean Km4 082225709070

Butuh PRT nginap muslumah 3040th jujur masak cuci setrika gj: 1,2jt/bln H:087839028198 B01347.2018M314003-3

Butuh segera karyawan Administrasi kantor putri Hubungi: 082323258177(Abah Narko)

B00002.2018M313434-4

LOW.RUMAH MAKAN Bth 8krywti max35th,SMA,gj awal 800rb+bns bl.Krm lmrn:lesehan Andalan jl besi jangkang km1.5 sblm SPBU Mindi.08812714743

B00001.2018M314038-3

UMUM Cr Krywn 1cwe &1cwo u/Tko Kimia Syrt SLTA,Ckatan,Rajin Gj Prtma 1,2Jt+UM msukkan lmr ke:Toko Javas Aroma Jl.Wonosari Km6 (dpn Grs Bus Akas Banyuwangi) B00165.2018.313695-5

Dbthkan krywti jaga toko gj 1,2jt/ bl diCemilankita Cab UGM max 40th muslimah sholat jujur ramah Hub:WA 081325111925 B00002.2018M313213-4

Dbthknkrywti(wnt)u/Frezzo Gelato Single.Max25th Shift.krm lmrn jl.lmpuyangn01 089611686331 B01347.2018M313790-3

Dbutuhkan bag.stok&beauty terapis utk DST seturan.syarat: wanita,usia max35th,min SMA/SMK Kecantikan.kirim cv keApotek SS jl.seturan no3.H082225508031 B01347.2018M314002-5

Dcr tkg masak u/wrg mkn.L/P tdr dlm Max30th H:Jl RayaJanti 377 dpn pombensin jm10.00-16.00 B01347.2018M313645-3

Dcri pgwai laki2 bs sopir diutmkn u/toko besi utara pasar gowok nologaten jgj.087833775200 B00001.2018M313704-3

Di cari pegawai spa wanita max27 th penampilan menarik gaji 20jt/bulan hub 08112645521 B00001.2018M314023-3

Dibthkan bbrp karyawati.Syrt:wanita, usia max 35 th,penddkan SMA/SMK/ sederajat,domisili di jogja.Lamaran dikirim/bawa lsg ke Kiddo Baby Shop,Jl.Poncowinatan 83,YK. Tlp:0274-563180 B00001.2018M313854-6

Dibthkan krywti,SMA/SMK max 35th. Gaji 1,5Jt,shif 8¼jam krj,minggu libur.Hub King Elct Kapten Tendean 17 Wirobrajan B00002.2018M313633-4

Dibthkan Resepsionis & administrasi travel shift bs kmptr &mtr maks 35 SMA/SMK.guest house ndalem soeratin 081328889687 B00001.2018M313734-4

Dibut Kary Cuci Mobil Laki 25-35Th, Jujur,Tekun.Lam ke Autolux JlHos Cokroaminoto 217 Yogya B00002.2018M311478-3

Dibut kryawati sbg admintoko kaca Anugerah Kaca jlBesi jangkang km1 Sembung H:085643993561

Bth Koki:1 & kary:2 orang di Rumah Mkn Timur Bandara Adisucipto.Biodata ke WA:081227577666

Cari penjaga kost di Wisma Anggraeni Jl.Geruni III D/69A Kledokan CT X1X Babarsari.Bawa lamaran,CV,FC KTP&KK.Senin 5Maret 2018 jam 13.00 s/d 15.00 (TMSyah 0812 9187 0984)

Bth Kryti max30 mkn/tdr dlm,single, gj1,3jt BuTuti JlBabarsari108. HP081392133656 dtg kealmt

Cari PRT&Suster Dalam/Luar Kota/ Luar Pulau,Gaji Besar,Tanpa Potongan.Hub: 0877 363 00027

Dibut krywn Rumah Makan Bagian pelayanan&koki.Gaji 1.1jt -1.3jt + Bonus.Islam.Umur Max45th.Lulus SMA.Pengalaman Kerja 2th. Disediakan Mess & Biaya Kesehatan, Wajib menggunakan Lamaran kerja.Hub 0813-9265-7575/08994121-867

Bth Sgr Krywn/ti di Wrg Mkn Kerja Serabutan 8Jam Krja usia max 35Th,jjr,sopan,ulet,Gaji(Awal)Rp1Jt/ Bln.Hb:0812-286-886-86

Cr krywti kios batik.Rajin,jjr,SMP/ SMA max25th,single/blm nikah.tdr dlm.Srius.081392662343

Dibut Pa/Pi full/part. Min SMP.Lmrn bw ke Kongdom Cell Jl.Poncowinatan 34 Yk. 0274 585880

Cuci motor Jl.Kabupaten bth cowk Ljang,islam,mx23th,jjur,niatKrj,no mess.08987205225

Dibut sgr penjaga stand pisang krispy,Gj 900/bln jam 2 s/d jm 9,wnt 40th jujur.08785426474

B00692.2018.311031-4

B00002.2018M313387-3

B00002.2018M313745-6

B00002.2018M313778-3

B00879.2018M311798-3

B00692.2018.313688-3

B00002.2018M313679-4

Butuh Koki Chinese Food&Kasir. usia max35. Hub 081567613604/ WA Resto daerah UGM Sendowo

B01126.2018M313851-3

B00002.2018M313758-3

Cari juru masak indo max 40 th waitress wanita max 30 th di bantul hub 081327997280 B00002.2018M313459-3

Cari kary siap kerja untuk jaga foodcourt Denggung,Gaji,bunus,makan. Hub WA 089635780251 B00812.2018.313783-3

Dbthkan kryawati min SMK/sdrajat.Syrt jujur,bs dipercaya&dpt memasak.Krm lamaran ke Kedai Kopi Jogja Jl.Perwakilan 29A Danurejan Jogja.Tlp087886688822 B00002.2018M314009-5

Dbthkn krja srabutan u/rmh makan jl.monjali tinggal didlm max26th.info WA/sms 087739644360 B00001.2018M313941-3

Dbthkn krywti wrung ayamGeprek, min smp,min18th,luwes ckatan,Jl.Besole kwarasan Nogotirto.H081228234423 B01126.2018M313726-4

TEKNIK Bth Montir spd mtr hub Agus jaya Monjali Sleman hp 08175493477 B00001.2018M314044-3

Dibutuhkan mekanik motor R2 pengalaman gaji ok!Penenmpatan area pusat & cabang jogja.max 44th lk,rajin,amanah.hub:Anda motor 081212126664/087719436664 B00001.2018M313903-5

UMUM /Bth:helperJahit,fnshing,obras, packing,potgBhn.Muslimah,maks30th. minSMK/SMU.081804326969 B00812.2018M313490-3

Dcr SGR 5 Wnt max35th.Bantu masak Bakmi,Rica2,CapCay. Gj UMR,Bns,Fas.Tlp 085700457064 Bntl

3Admin Otocare cew.mahir msexel/ofice.18-30th.ktpDIY.Tdkkliah. Kntrk Krj.082112257799WA/SMS

Dibthkan sgr Waiter/Res gaji pokok &bonus.Kirim Lam:087869498609 (Budi)

8 OB/CS(Pabrik,RS)SPG.Satpam.Sopr.Stf Adm(Bank.BPJS.Kantor POS. Telkom)WA 087734196630/Heru

Dibut krywti jaga kuliner di cab UGM max40th muslimah jujur.Hub WA 081227378399

Badan penelitian aset negara diy cri anggotabaru,satgas,intel,humas,media wa 082221935847

DibutTukang Masak & Karyawan u/WR Nasgor syrt:Niat krj,jujur,amanah,max 33th.H:0811298010

BANK BUMN&PRSHAAN OBAT BUMN But:Staff,Admin,Kasir,Satpam, Sopir,Ob(Cs)Gj.6Jt.0857 2899 8312

Dicari pegawai fulltime pria/wanita u:17-28th di Cafe Bima Sakti hub:089612631598

Bth 2org kywti max25th dom trdekat,u/krj diPrcetakn&Sablon BSP,single rjn&jjr.Bw lmrn lgsg krj Jl.Imogiri Brt km5.WA:081328560511 GjPemula1Jt/30hr krj

B00385.2018M313716-3

B00002.2018M313728-3

B00001.2018M313934-3

B00002.2018M313129-3

B00001.2018M313920-3

Dicari TK Resto islam pria.Lsg dtg ke Racik Biyung Resto Jl.Perwakilan 17 dpn Hotel Ibis Malioboro Mall bawa copy KTP B00165.2018.313835-4

Koki/CookHelper utk RM.Kepiksawah U:25-38th,L/P ,syrt:CV&lamaran HP:081290614005

B00002.2018M313163-3

Kuliner Grobak Cari tenaga jaga jualan Malam Hubungi:082339583150 B00896.2018.313709-3

Rmh makan Murni83 membutuhkan karyawati/cewe max26th,min SMP. Libur 1xseminggu ada fas:Makan tdr dlm.Hub 08992680877< B00002.2018M313308-4

Serabutan(tidur dalam) utk RM. Kepiksawah U:19-30th Syrt:CV & Lamaran. HP:081290614005 B00002.2018M313166-3

Server/Pramusaji utk RM.Kepiksawah U:19-30, L/P. Syrt CV & lamaran. Hub 081290614005 B00002.2018M313160-3

LPTKS KRJ KOREA gaji 15 sd 20 jt/bln, biaya brgkt 1 jt-an,hub. BKLN Rhona Jogja 08112.66612, 085743.580006, www.rhonajogja.com B00692.2018.312402-4

MARKETING-SALES Cr sales TO,SPG,MD miwon.Fasilitas Viar roda 3.Gaji 2jt+bonus ke Purwomartani.089637709279 B00812.2018.313198-3

B00001.2018M313866-3

B00002.2018M313771-3

B00001.2018M314025-3

B00001.2018M311718-3

B00002.2018M313875-5

Bth Cleaning Service Gaji,tunjangan menarik. Hub Trust&Clean Seyegan 085701042077

B00001.2018M313586-3

Capek.relaksasikan d KENZO msge n spa jl.palagan no.111.Dbtuhkn trapis cwek usia 20-35th H:085728636178/pin576797C9 B00001.2018M313840-4

B00830.2018M312657-3

B00002.2018M313143-8

B00002.2018M313455-3

B00812.2018.313665-3

Dibut sgr Supervisor u/Melia Laundry &Drycleaning pnempatan Purworejo ada mess.Syrt Min SMK max40th pngalaman min1th.Jjr tggjwb,niat krj.Krm lmrn Jl.Hadidarsono 08 Rt6/2 KotaBaru Gondokusuman Yk 55224 UpMaryatun B00002.2018M313816-7

Dibut tng wnt kry di Rafi laundry Jl.KS Tubun 48 dtng lngsung ke alamat tsb/hub:0817163717 B00002.2018M313600-3

UMUM Dibut Sopir Pribadi pnempatan Semarang.Makan tdr dlm.Syt pnya SIM A,max35th.Gaji+bonus diatas UMR.Minat kirim lamaran Hadidarsono8 RT06/02 Kota Baru Gondomanan Yk 55224 up Maryatun

UMUM Dicari driver u/ grab,diutamakan yg berpengalaman dan penduduk asli yogya hub 087738628531

UMUM Gratis.Bimbingan bisnis online sampai bisa.Produk sdh tersedia. Hub WA : 0821 3837 3443

UMUM LOKER SEGERA,OB utk ktr,Pria max 35th.Gj & mkn 1xhr.Cp.WA 081228382299/Tlp 087734592188.

Dicari karyawati Sales Keuangan Perpajakan,sopir,tng serabutan. Hub: 085100551135

Grtis Biaya Bth Tnga Krj Utk Prkbnan Sawit diKalimantan Mess DiSediakn P.Agus 085725973263

Dibut,sgra terapis wnt max40th mau krj keras jjr pnglmn msg,refleksi, bg hasil,serius hub griya terapi 087854264764 noSMS

Dicari PRT wanita ,35 sampai 40th tidur dlm gaji 800rb/bln.hub 087839545353

B01126.2018.311520-3

Loker:Admin&Mrkting online,Muslimah mak30th,minSMK/SMU bsOffice bsMedsos.Ktgde081804326969

Karyawati toko minSMA,punya mtr sndri,jujur,tggjwb,Malioboro 167 Tk Subur,dpn Hotel Garuda

B00002.2018M313751-3

Partime Income U/ Kary,Mhsw, IRT,All B.Ground Hub: 0813. 9251.4994

Dicari sopir keluarga syrat:mslm,tdk mrokok,SIM A mhir mngemudi manual/matic.usia 30th diutamakan tinggal dkt umbulharjo.pnglmn mjd spir pribadi.krm lmrn ke paradise batik jl.karanglo no.7 kotagede yk.no Hp 087720204004

Konter pulsa bth pa/i usia max 25th, muslim,komunikatif,bisa kerja team,jujur,amanah,diutamakan domisili area bantul.hub: jl.imogiri barat km 8 sudimoro sewon kidul masjid al.zikro

Partimer u/Prsh Nutrisi Int’l.Smua Jrsn.20thKeatas.Srius.Nama-AlmtLtrBlkng0816676861

B02387.2018M313825-6

B00812.2018.313666-4

Dibut:Tenaga cuci motor,rajin,disiplin. Hub:081220218666. Syarat:FC KTP,Dom Yogya B00002.2018M313768-3

Dibutuhkan karyawan jaga outlet, makan tidur dalam max 30th.Minat hub 08164273301 B00002.2018M313743-3

Dibutuhkan karyawati outlet makanan.Gaji 1jt/bln jujur.Hub:Karin 083838628989 B00001.2018M313849-3

Dibutuhkan Pramuniaga Toko,Pria/ wanita usia maksimal 30 tahun. segera.Hub.WA 0812 2828 2299

B01126.2018M313310-3

Dibutuhkan segera kapster bisatidur dlm, pengalaman tdkdiutamakan H: 085801241936 B00198.2018M313219-3

Dibutuhkan sgr 3 tukang las 1 tukang bubut Hub:Eka Karya Godean 08179405210 B00002.2018M312489-3

Dibutuhkan SPG & SPB Utk Wilayah Jogya & Delanggu Syarat: Pria/ Wanita,penampilan Menarik,usia Max 30th,min SMU sederajat Fas : Gaji,komisi, Transport & tunjangan bonus Lamaran Langsung Interview Ke: JL.Pring Mayang No.35,Pringgolayan,Bantul B00692.2018.313680-8

B00001.2018M313721-3

B00002.2018M313228-3

B00812.2018M313486-3

B00074.2018.313974-7

Dicari tenaga kerja part time untuk antar barang.Gaji 1-2Jt(bertahap). Hubungi:081370424054 B00002.2018M313784-3

Dicari tenaga potong ayam cwk maks 30th hubungi segera 087856377778

B00001.2018M311991-3

Dicari:2-5 tng angkut & cuci perkakas pocokan pengalaman.Sisan Asri Catering 0274.450.863 B00001.2018M314041-3

Lowker restoran di Mall Yogya & Solo wanita SMA/SMK max 22thn jujur rapi sopan Hub:082226158234 gaji UMR

B01347.2018M311017-3

B00692.2018.313483-6

Krywn/ti jaga toko&kost max 35th, Islm,amanah.Diut tinggal dalam. 0816348454/WA 08112645521 B00002.2018M313671-3

Langsung krj!Akur Optik Bantul dg 15 cab.Bth Collector Brpnglman, PRIA,Jjur,bsKrjsamateam.PnyMtr+SIM C.STNK&BPKB min th2010,max35th fas:PnghslN ttap 1.775rb+Tunj. MsKrj+Insntf &Bns.Pnmptan di cab CEBONGAN SLEMAN&KLATEN,H/ SMS 0857 2640 0004 B01126.2018M314006-8

Lsgkrja staf adm,gudang,paking. mak35th.minSMU/k.gj 1,6-2jt. krmke Galeri Astuti,salakan rt 7.bngunharjo,sewon087827994281

Langsung Krj!Akur Optik Bantul dg 15 Cab.Bth Krywn bag Pengecekn Mata.Pria usia20-30th,ada mtr+SIM C,bs krjsm team,Tgjwb.IJAZAH SMA/Sdrjt.Pnghslan ttp1.4jt+Bns Pnmptan di Dukuh JlBantul(SMS/ WA 08122697768).Cab TAJEM SLMN(SMS/WA 08159246125)

Pusat mainan anak Bth Kywn/ ti,Single,minSMA mak25Th.Lam: Indo Toys Jl B.Katamso266,Jl M.Su peno62,Jl S.Agung47 0274-385483

OB/SPG/Penjualan/Gdg/Kasir/ Sopir/Adm/SPV.SD-S2.16-50th.1,73Jt.Toko Besi Tresno.Jl.Kaliurang KM 5 Yk.SMS/WA:081390560317

B00002.2018M313205-4

B00001.2018M314046-4

B00002.2018M311706-4

B01126.2018M314004-8

B00002.2018M305211-4

B01126.2018M313848-3

B00812.2018M313494-3

B00692.2018M313718-3

B01126.2018M313085-3

Peluang Bisnis extra income 1-3Jt,p/f time khss anakmuda 18-30th Mau krj krs H:08179411767 B01126.2018M312410-3

Peluang krj diBandara,Cargo& Ticketing.Min.SMU,mx26th,siap mgkti Diklat.H.AST.085743366878 B00287.2018M311411-3

PRT Cewek brsih2 srbtan.18-3Oth. Hrs Tdr dlm.Ktp Jawa Tengah.Gaji Nego.082112257799.SMS/WA. B00001.2018M313863-3

Pt.strategic pestcontrol: teknisi pengendali hama,pria min sma/k.usia maks 30th,gapok +insentif+tetap.jl. mendungwarih no.0 rt 12/4, giwangan uh (dpn stait) admsupport.ygy@strategic.id / aprian.r@strategic.id. www.strategic.id B00001.2018M312699-8

Rumah potong ayam.Pria max30Th muslim sholat tdk merokok jam krj614.Sgr H:WA 081225718383 B00002.2018M313650-3

Sales&Adm bhn bgnn,krj tim,jjr,mau bljr,py kendaraan.tk oentoeng jl Godean km4 tmr clandys B02387.2018M313907-3

Tenaga serabutan P/W max 35th Islm,jujur,rajin,tgg jawab,amanah. Hub WA 081327234566

B00002.2018M313670-3


SABTU PAHING 3 MARET 2018

HALAMAN 17

TEPAT MEDIA ROMOSI P UNTUK S ANDA I BISN INTERIOR

BANGUNAN ”35thn berpengalaman dibangun/ renovasi rumah,ruko,dsb.By sgt trjangkau WA/SMS081911060905

PERCETAKAN

SABLON

SUMUR BOR Pakar penagkal petir,Ground/ Arde,Pompa air,Sumur bor,WC, Geolistrik.Telp/WA:085101994138 B00002.2018M311731-3

B00002.2018M313492-3

Sedot WC, Svs pompa air 24jam Bor sumur 12m-150m sal buntu H. Bayu 087838452245 Jl.Monjali

Arsitex Dak Kraton.jasa kontraktor bangunan/rehab Arsitekdakkraton. com.Wa.085647566546

B00812.2018.310896-3

B00002.2018M307534-3

Bangun/renovasi rumah mulai dari Rp1,5Jt/m² sd Rp2,5Jt/m² WA: 087839057503 HP 085800096696

SEDOT WC ’Murah/sdtWC,penuh,bntu/ahli smr/ svs PomAir/087739394535,Gamping /085641590049 Janti,Maguwo

B00002.2018M313692-3

Bengkel Rmh, Anda Bth Tkng Profesional Hub P.Yanto HP&WA 081227116883. Sms aj kami datang

085100419954 sdtWC,smrBorDlm ,salBntu Semaki-Wirobrajan P.Zahid 081215501288 Jl.RingroadUtr

Jasa Kontraktor Rmh,Kost,Ruko dll Baru/Renov Mulai 3Jt/m2 Free RAB&Desain WA:087719817788

B00812.2018.313931-3

Ahli SdtWC,SalBntu,SmrBor/Suntik, Gali,svs,pomp air.P.Mur Yk 085100442374/0817228556 LsgDtg

B00165.2018.310597-3

Js Perbaikan Rmh Bocor TalangDak dll.Minat sms TukangLsg 081804322019/081226401661 Garansi

B00812.2018.312886-3

Ahli SmrBor sdtWC salmampt Zauji 082221778900 Jlimogiri,Timoho, Jokteng,JEC,Tajem,BerbahDIY

B00002.2018M313121-3

B00812.2018.311989-3

SWALAYAN Pintu Jati 295rb,mhni 200rb,kusen jati 59rb/m.Mulia Jati Jogja 08122771627 B00896.2018.313843-3

TANAH URUG Yang butuh tanah urug (puing)silahkan ambil di Pakel gratis stok terbatas.Hub:081281080373

B00002.2018M313591-3

B00812.2018.313928-3

B00692.2018.313806-3

KAYU JATI DAMAITajem,psnan kusen,pintu &jndl khss jati perhutani 081392707079 www.jatidamai.com

WEBSITE Promo buat Website hanya 499RB, Toko Online 749RB.H:0274-632100/ 081999037705 Apillos Web

Pembayaran SD 10th bangun baru rehab,rmh,ruko,gdg kolam renang,konstruksi,baja,interior dll H:081804227028/085103003419

B00812.2018.310763-3

GIGI PALSU AhliGigiMuza psg gi2 palsu&bhel grnsi&brkwlts hrg promo mul45rb 087839090836 Bsdpggl kmnsj B01347.2018M312583-3

Pasang gigi kualitas bagus,harga terjangkau di jamin rapi & nyaman dipake. 081578650375 B00002.2018M313125-3

Tukang bangunan-Bangun baru besar & sekecil apapun.Hub:Pak Ambar 081915406332-081215306838

SdtWC/SalBntu/SmrBor P.Yatman Jl.Wates/Gamping085100400668 Jakal/Monjali085292531172LsgDtg

Bowo32th(Satpam)trima pijat capek dt4/pggl.Bertenaga.Dijamin fresh&beda.HP/WA:087731387048

B00002.2018M310247-3

B00002.2018M310640-3

Bu Wiwin spesial pijat terapi pegal² dan capek, Jl Parangtritis KM 15,5. Hb: 0821 3884 8584

B00812.2018.312884-3

B00002.2018M312305-3

Firra pijat sht Pria&Wanita Sabar, Cantik,Semok.SMS/WA.085640 719419.Pelayanan Kami utamakan

B00812.2018.310496-3

B00002.2018M313262-3

CCTV CCTV400rb,ip wifi 700rb,2cam 1,9jt,4cam 2,9jt.Trima srvis&bsKrdt, 081390624333/087739226000 B00001.2018M313733-3

BIRO IKLAN ’Psg Iklan Tribun/KR,BikinSpanduk, NeonBox,Runingtek.B2D,Jl.Antareja9Wirobrajan081227919789

B00001.2018M312263-3

Solusi Prima: Bantu Olda ,Skripsi, Tesis,Disertasi Timur Brimob T /WA: 0812 2654 9227

B00896.2018.313708-3

’Psg Iklan Tribun/KR,BikinSpanduk, NeonBox,RuningTek:B2D,Jl.Antareja9Wirobrajan081227919789

B00165.2018M313724-3

SPIRITUAL Eyang Wisnu bantu mslh usaha kurang lancar,keluarga,hutang tanpa jaminan.Hub:087856426189

B00896.2018.313846-3

Mau Pasang Iklan Muraah di Tribun/KR/SM/Solopos/Kompas SMS/ WA:085100544243 Jl.Godean Km6,5

B00001.2018M313737-3

B00165.2018.310595-3

Kiestu Pamungkas:Perjodohan, Penglaris,Kerejekian,Pelet/Gendam, Tolak Santet,Susuk,dll.Hub: 081390607111/(WA)082220221005

BIRO JODOH Gds jnda mapan cr jk duda mapan 44-60 temu jodoh tiaphari daftar fkjd in s/wa 082265008863

YOGYAKARTA

B00002.2018M312641-4

Membuat org berkata”Ya”Hutang Percintaan RT Tangga Jual Bli dll Djogja 087836600373 No SMS

B00001.2018M312447-3

Jjk.s1,swasta cr istri muslim max: 28th.menarik yg serius aja.Ph:085701059474

LISTRIK Harga grosir/ecer macam2 alat listrik.Kunjungi:Berkat Listrik di Jl.Juminahan 3 Yogyakarta

B00002.2018M311584-3

Ust Mur:Sgl Problem,Prslingkuhn, Dagang Laris,Jual Tnh,Bk aura, Jdh,Pilkada,dll.087825454858

B00001.2018M313923-3

CLEANING SERVICE Bersih2 Panggilan Rumah Kantor Kos2an Kebun Taman dan Lain2. Hubungi HP:085228459770 SMS

B00002.2018M310977-3

PLN 900W=1,5jt,Daya Bsr Ok,utk Rmh/Kos/Ruko.087738353278/ 085101610516 DIY-Jateng,CV.PPM

B00002.2018M313619-3

TV Cash/Krdit trmurah TV LED klks Mcuci AC DVD Spk PS alatRT Game camera MTHaryono 24(387021) B01347.2018M310440-3

KOLAM RENANG Mau membuat Kolam Renang yg berKualitas?dgn Metode terBaru Pemakaian Air Pasti akan lebih irit dan Jernih WA.08567619999

EjaTRUSs Baja Ringan:Bj 1WF canopy Gypsum grnsi Rapi Presisi wA081325655973/cp087839535993

MONEY CHANGER

B00002.2018M313110-3

Canopy Galvalum:220.Stainles:320. Pintu pagar,balkon,tralis dll.Proses cpt.CP:082138917173

SUMUR BOR ”Ahli smr/bor/suntik/svs pompa air/ sdtWC/salBuntu.H:BIN,Jl.Magelang/ Concat.087839664847 B00812.2018M313482-3

”Mbah Trimo Tkg Bor Dalam0150m”alat sndri psg-svs pompaAir sgl merk sdt/WC/sal buntu grsi 1th 085102166637/081904000037 B01347.2018M310714-4

-SmrBor tembus batu alat mesin-Smr Suntik/gali/resapan dll085101173321/081325959520 Murah

B00001.2018M313363-3

Dijual Ampli Bass Chorg 2000 RCH Kondisi Bagus Harga Nego Hubungi 0851 0052 3895

B00812.2018.311543-3

Ahli smrBor(20-100)Tembus batu/ gali/resapan/Psg&svs pompa air 085100333665/08562878665 Grs

B00165.2018.313696-3

PS4PS3PS2+Asesoris baru hrg murah,impor lgsg dr Cina-Fasa PS JlMonjali 157/0819.900.900.49

B00812.2018.311542-3

Ahli smrBor20-100m suntik svs pompAir smr gali salurnBuntu P.Nur 081226561001 Blawong24jam

B00812.2018.310357-3

B01347.2018M313925-3

B00002.2018M311248-3

PROMO Canopy baja ringan 170rb/ m², 1hari selesai,awet,rapi,kokoh, garansi:Budi 081915240674 B00812.2018.311988-3

GYPSUM ’Nay Gypsum.Mlyani pnjualan bahan &pmasangan garansi 10th.Hg55Rb/m. Maguwo.HP/WA081212336366 B00002.2018M313004-3

Sriwijaya gypsum Seyegan.Mgrjkn gypsum,bj ringan,cat.Hg 45rb/m grs 10th.tlp/wa081329623482 B00001.2018M311709-3

INTERIOR Mau bikin penutup meja dapur/ kitchenset?? Murah 800Rb/ML Hub:081222129079 B00002.2018M313221-3

ANGKUTAN ”taxibarang jogja”js angkut dlm &luar kota tarif mlai 50rb 0812.1520.2888/ WA0877.3989.1888 B01347.2018M308073-3

Jasa Angkut Murah Tarif DalamRingroad 50ribu Telp:085729991818 /087729991818 B01126.2018M313512-3

ARSITEK Jasa Gambar Kerja 3D/2D IMB RAB Renov bangun baru 085228974246 www.efisien-bangunan.web.id

B00001.2018M310360-3

OPTIK Fra m e l e n s a m i nu s M o re l France Optik Tunggal fullset. 1juta.087788770887 B00001.2018M313066-3

PENGOBATAN Anda kurang perkasa?Hub:Intan 37th Call 087839647783 ahliny pengobatan bs diBuktikan nosms

B00002.2018M313089-3

LAIN-LAIN Dbeli TV,Led,lptop,comp,AC, kulkas, mCuci,mebel,sofa,etalase,tape, sprgbad,dll.WA087830390888

PELIHARAAN Dibeli tokek yg bnr3 tokek miniml 45cm keats berapapun seruis Hub : 083.869.220.827

Telat bln 399rb COD garansi pake 1x lcr&tdk tertipu Tablet BPOMF’CARE 082257468369

Massage Kebugaran Pelayanan Ramah Sabar Khusus ditempat dipanggil Hub:082143616356

B00001.2018M310333-4

B01127.2018M313498-3

CANOPY Berkah kusus Canopy hrg trjangkau 175/m grnsi 5Th SNI.WA08132 5209457/081804775758 shari jd

B01347.2018M313791-3

B00002.2018M313401-3

B00002.2018M312347-3

B00002.2018M311453-3

Obat telat bulan asli kw1(Depkes) aman,tntas,brgrnsi,no tipu2. bs dtmpat. H: 085740662009

Ibu Ida special sembuhkan lmh shwt,ED&bsrkn Mr.PDijamin tuntas.085601939252/089672104375

Kmi bli hdp/mati TV/LCD/LED/klkas/ PS2/3/AC/dll Trm borong kmptr rosok/jadul:WA087838251555

Bajaringan murah kualitas SNI terpasang mulai dari 100Rb/m².Hub 087818285656/082135471993

B00002.2018M310700-3

B00001.2018M314030-3

B01347.2018M312987-3

B01347.2018M311013-3

OBAT ”Akurat Mengatasi Tlat Bulan” trbkti 1x pke obat djmn tuntas. H”0857-2992-5777 gransi 100%

Foredi gel u thn lm,e.d dll rekomendasi boyke & triple booster sachet @50rb 0878 3886 6877

Dibeli Kulkas, Mcuci, TV, LED, LCD, Kontan! .Hub: 0851 0040 0233, WA : 0878 4822 2228

BAJA RINGAN Bajaringan KMPtruss, C.75-75 SNI 105/m2 trpsng grsi 10th Hub : 082152630036, 081915223666

B00812.2018.312686-3

B00001.2018M313717-3

B00002.2018M312189-3

B01347.2018M310170-3

HERBAL SusuNabati plancarASI mama soya tbktiMnmbh kwnts&kwlts ASI.Di Apotek/Mnmkt tdkt 0817278232

Dini mesage rilex cantik ramah dan sopan khusus panggilan Wa/ telp:089647665814

Brshkan kmr mndi wstafel batub closet brkerak kotor hitam.Hub 085228739434 brsih trbukti

B00812.2018.312576-3

PERCETAKAN

P Mardi ahli sumur bor sdotWC H:0818271723 Jakal Hrg murah WA085291886699 dr Blawong gnrsi B00002.2018M308041-3

REKLAME Running Text,murah&kualits.Dijamin ,garansi.Modern,canggih. Apillos.0274-632100/08199903770 B00002.2018M313592-3

ObatKuat,Viagra.PmbsrPns, Hammer ofThor,Vimax,TitanGel.PrngsngW. Alat Bantu P/W.AZAY:087739300704 Jl.Mglng Km12 Sleman. B00074.2018.310908-4

Pijat pgal2&terapi Bu Wien.Jl Magelang km8 jmbtn lyang Jombor keutr 1km.Ada Eko ban ketmr 50m keutr 50m bk tiap hari pk9-19. Tarif pgl 75rb.Trapi 100rb B00001.2018M313588-5

Pjt capek drh tnggi vrtigo asma keluhn P/W B.Parmi blkgSPBU Singosaren Js60rb087838287965 B01347.2018M312067-3

Rahasia terapi urut khusus kejantanan/kwanitaan (bener2 trapi) ckp80rb H.BuTri081392625717 B01347.2018M313207-3

Terima Teraphi Pijet di tempat, khusus Pria. Benar-benar Pijet.Hub 0822 4314 3682 Pak Tri B01033.2018M313853-3

Trapi kluhan pria/wnt mtde pjt js60rb djmn smbh tnp obat H:B. Rub081804381859(trpi beneran) B01347.2018M312985-3

Trpi keluhan kjantann hprtensi hpotensi vrtigo diabet P/W js 70rb 1jam B.Ambar087738856000 B01347.2018M312833-3

BAYI

Zone therapy (khusus penyumbatan) by Toni Liem call/sms 0818279229(WA)/085228073158 B00002.2018M313417-3

REPARASI *Service_Murah*AC,kulkas,freezer showcase,Mcuci=Siap24jam WA/ Tlp:085726505000/087855505000

B01347.2018M311161-3

Massage Tradisional Capek2 memulihkan Stamina Lulur Khss diPanggil H:Ibu Dewi 081390267799 B00002.2018M313674-3

Massage tradisional Saraswati P/W dgn 2terapis ibu2 jln Wates km 6 dpn Effisiensi B00001.2018M312442-3

Massage:Cantik,ramah,tamah ,ditanggung Fresh.Hubungi Rini:081 228 209 747 B00002.2018M313871-3

Mbak Anik pjt cape2 lekas sehat RR timur dpn grsi Damri masuk 3 rmh keTmr Hub 081327626583 B01347.2018M310851-3

mBakTitik Mssge Trdsnal Cpk Ksleo bgAnda yg ingin fresh, rilek dtmpt/ dpnggl H:087843300929 B01347.2018M313030-3

Mimin Pjtsehat capek2e.d dll dtmpt ramah 081548267782 JECkeTmr 200m blkg pomBnsn keUtr100m B01347.2018M312976-3

Nabila pjet cpk2 krk llr djmin fres JEC kTmr400m PomBensin keUtr400m (4trpis) 081904021340 B01347.2018M313203-3

Nita 20th.Pijat memikat hrg bersahabat.Buktikan diRingroad Sltn.SMS/ WA 085600399914 ditmpt B00002.2018M313175-3

Pijat capek & kerik Bu Yanti Selatan Monjali Mranggen Tegal RT/ RW03/22 Sleman 085878844524 B00002.2018M313638-3

Pijat capek²kusus pria di tmpt & panggilan.Pak Afan umur 45th.Hub WA 087738050585 B00002.2018M313637-3

Pijat full body treatment buat lelaki dgn pemijat/terapis pria tempat bersih:081336124175 B00002.2018M312477-3

Pijat Hesty mlayani pijat capek2 urut dan kerik H:081227063106 bisa di tempat & dipanggil B01347.2018M313792-3

Pijat kebugaran dijamin joss rasakan sensasinya coba aja pasti puas 087839276882 B00002.2018M313932-3

Pijat Penuh Sensasi dengan Theraphys Muda Ramah Dijamin Puas Hub:0878 3927 6882 B01127.2018M313818-3

Pijet sehat bu Yuli pijat reflexy,pjt keseleo,pjt capek kerikan,urut bayi. No 0895601387458 B00812.2018.313956-3

Pijit capek2 kerikan masuk angin luluran H:Ken 082324999358 Rudy massage khusus panggilan B00002.2018M313789-3

Pjt Sekar Kantil brt Htl Quality dg terapis cewek prof trf 80rb/jam. 085803952911/DA387D18 B00812.2018.313196-3

pjt slrh badan dan vitalitas pria hub 087738918044atau wa 0895421726424 pak jovi 48th B00001.2018M313707-3

Pjt tadisional Amel cpk2 kerik llr Wonocatur lmpu mrh blokO ksltn 300m knn jln081903472300 B01347.2018M310848-3

Pjt trdtional fulbody khs pria dws dtmpt/dpggl.Kmdlm Aryo35th&Pak Toha45th.HP/WA0817252055 B00001.2018M313705-3

Putri Angelica 21th putih cantik trima pijat capek,vitalitas, tdk kecewa 085740003174 Risma Mssg, mlynipijat trdisional, lulur,kerik,ramah sopan WA:081915527578 khusus dipanggil

B00692.2018.310349-3

Ahli&cpt dtg:Mcuci otomatis/LM Kulkas,sokis,frezer,AC. Bejo Teknik 0817277569/081223457569

B00198.2018M312610-3

SehatPrima Rileks Msge dg Dwi, Vita,Vira,Fiki,Mita,Jeni,Caca JlRR Utr Concat 58 08170428992

B00002.2018M312310-3

Ahlinya service khusus Kulkas & MesinCuci otomatis 081328711780 /085106165064 Mandiri Jaya B01347.2018M312070-3

Jogja Sehat Massage thrps pglmn free soft drink ruang AC parkir belakang T/WA 081225447170

B00002.2018M313690-3

B00002.2018M313091-3

Ko n s t r u k s i B a j a , B a n g u n Pabrik, Gudang,Pagar,Tralis, Arsitek.0817266893

ServisTVPanggilan=LED&LCD.Langsung Jadi”Mudah&No Repot”Budi= Telp&WA ,Tel=085228491818M=085782491818,X=081803491818

PIJAT & LULUR ”Bunga Daun” open Mey,Lusi,Ida,Lita terapis br2,fullAC,RRutr,brtUPN 082214376611/5d3eecf9

B00002.2018M313392-3

B00001.2018M312579-4

B00198.2018M311026-3

B00002.2018M310657-3

PIJAT & LULUR Spesialis pijat khs laki²,Jl Paris km15,Patalan,Pom bnsn kslt.Ibu Reni Bariah,081390233408 B00002.2018M312764-3

Tia, Eni, Lia di Griya Massagejl Monjali 86 (150m utara SPBUtimur jalan) 087834767030 B00198.2018M313776-3

Tng2 mumpuni,Lihai Kusuma Massage RRsltn Per4an Kshn keUtr 50m Cpk2,Krik,Ksleo087739165859 B00165.2018.313958-3

Topitu,pjt kesehatan(panggilan &ditempat,50rb1,5jm.pijat&terapis pria)sms&wa082328309687 B00001.2018M313373-3

Vina massage r mah.sbar.d jmin puas kss paggilan hotel. Tlep087836999854 no sms B00001.2018M313702-3

WonderfulMsg kpster mantap,Jl. RRbrt P4anDemakijo keutr2Km tmr jln(sblmSlknMtrm)085643030463 B00812.2018.310895-3

Yudi 28Th Pjt/Kbugaran u/Pria Buka24Jam/kmd dlm.Giwangan Yk HP 081802756199 bs dit4/pnggil B00002.2018M313626-3

SALON Kulit Keriput Jerawat Jadi Halus,Setrika Wjh dg Nuskin,Gigi pth dg AP24 Deo H:081328720236 B00165.2018.313839-3

New Geisha Sln&body tretmen brt p4an Demak Ijo 300m stlh jmbtn utr/ knn jl dgn 4 traps muda aman,88mlm,087838235199 B00002.2018M310627-4

SlnPondokCntik Spa.Prwtn:Muka ,rmbt,badan,RRsltn.CabJl.Paris GabusanKm9.Tlp/WA.087839978776 B00812.2018.312227-3

SHAMPO Shampoo noni BSY BPOM,Theraskin, Crystal-X,dijamin murah & asli,SMS/ WA only:087838267678 B00001.2018M312268-3

B00813.2018M313977-3

B00002.2018M313095-3

B00002.2018M313661-3

B00001.2018M311982-3

USAHA Jual Murah mesin jahit lawasan tinggal pake harga 550.000 Hub : 081227255564

Harry 24th terima pijat pria wanita pasutri 100rb/90mnt hub 085801195813

B01347.2018M313508-3

SKRIPSI Siap bantu skrpsi,tesis&dest all jur.Era(Jl.Janti Gdngkuning blkg STTL)551461/0818277603

B00001.2018M313732-3

Pengguna TV parabola apabila siaran atau channelnya hilang hubungi:085247779704

B00812.2018.313780-3

WC penuh/septic pnh sal mampet svc P.Air sumursuntik timba rspan air H085102884317 lsg Tkg

ANTENA Antena TV 250K,P.Mini 700rb, Parabola jaring 1jt,bs krdt&trm servis 0811746432/0816664821

B01347.2018M311511-3

Angelica Putri 21th pth,50/156 ctk,trima pjt/trapi kjntanan 085740003174

B00198.2018M312605-3

SedotWC/kurasWC/WC mampet 0818282016 Jl.Bantul-Jl.Godean 085103127999 Kalasan-Jl.Wonosari

B00002.2018M310973-3

B00002.2018M313097-3

B01347.2018M311021-3

Anda capek mau pijat....? Hubungi : Dewi HP. 0877 38937039 di tempat

B00198.2018M312995-3

B00812.2018.312885-3

Tukng Bngunn Jogja :Renov.,Psg Kramik,Plafon,Pengectn,Partisi, AlmUnium dll. T:082213819505

Ahli pjt urat Pak Joko Kotagede sakit boyok perut kembung semutan bea sukarela085878818599

B.Sum 3trps cpk kseleo perut tdk enak krik.Tiap hr bka P4an Gedongkuning ktmr.085801292164

SdtWC/salBntu/smrBorP.Mugi.H: 087739270571 Jl.Godean/Gamping SVSPompa Jakal085327539598Cpdt

B00001.2018M313914-3

B00198.2018M312991-3

50RB/jam 3Cewek muda pijatan strong. Utara XT Square. Telp/WA 082220044493

B00001.2018M313739-3

PngurasnWC cptbrsih dgtruk tangkikhsus tdkcpt pnh lg.H:Chandra Kirana12 Sagan 562858/589589

B00812.2018.311821-3

B00812.2018.313195-3

’Bale Massage’barat UPN RR Utara30m.Tenaga wanita prof,pjt kerik 90rbWA/SMS: 081804106888

Aquarius reflexy 70rb/jam.Pasar Cebongan ke Utara 50mkapster baru 087839241530

B00812.2018.311040-3

B00002.2018M313597-4

B00002.2018M313987-3

’’Buat anda yang capek datang Yuk ke Dewa dewi massage..masih butuh terapis.081904726927

B00002.2018M312775-3

Moro Lancar,sdtWC,salBntu,svs pomAir,SmrBor 085100432762 Jl.Wates.0817228577 Jl.Mgl lsgdtg

Suntik beton atasi beton bocor retak keropos.H: Pak Dwi,CV.Gardita 0274-372487/08122742964

PIJAT & LULUR ”Wisnu Pijat”Khsus Pria Tenga Pria,Muda,Bertenaga Siap Panggil/di T4 SMS/WA:081217364386

Sgala mcm pjt 80rb&trapi ttk kjntanan,dg trpis yg prfesional,cntk,rmh&sbr. Tlp:087731385247 B00001.2018M310925-3

GADAI ”Gadai tanpa bunga Mobil/ motor +STNK HP,tablet,laptop,TVLED ,cair tinggi 087738443488 B00002.2018M310530-3

085878578464(WA)/087838310485. Gadai motor/mobil/BPKB langsung cair,aman&resmi tnp surve B00001.2018M313550-3

5 Menit cair tanpa bunga mobil/Min motor th12+STNK HP,Laptop,TV LED,cmra DSLR.085228886251 B00002.2018M310532-3

5Mnit cair gadai BPKB mtr/mbl 93Up,Taksiran tinggi,resmi OJK. Syrt dbantu,Heni 087739577771 B00896.2018M310378-3

Bth dana mddk cpt&lgsg cair.Jaminan Mtr+STNK/BPKB Mtr aman&resmi. 085100875853/087838100580 B00692.2018.313809-3

Dana Cepat nyebrak 3 bln jaminan Sertifikat Hub. 087839307064/082141129958 B00001.2018M312438-3

Dna lsgcair.Jmnn BPKB/ttpmtr/mbl+ STNK.Amn&dpt cshbck.JlGodean Km4.085747000838/087738829877 B00001.2018M311550-3

Gadai BPKB mtr/mbl cukup KTP,KK 1jam cair No BI cek No surve pendatang ok SMS 087739333373 B00896.2018M310372-3

Lngs cair jmnn BPKB mbl/mtr NoRiject proses dbantu pasti ACC cair tinggi,Elsa 087738088883 B00896.2018M310376-3

INVESTASI Dicari pendana=80jt,tiap bulan= 4.000.000 jangka=6bln kembali notaris.Serius=HP=08977766125 B00002.2018M313964-3

KARTU KREDIT Gestun&Pelunasan CC murah,seninJumat 09.00-17.30,Lokasi Gejayan WA:082136945750 B01126.2018M313699-3

KREDIT ’Butuh dana cepat titipkn motor atau mobil anda pada kami atau BPKB,prosesCpt.087838632727 B00812.2018.311039-3

087739344131(kota)081915554651 (Sedayu)layanann kredt Mingguan jminn trtulis 750-2Jt.H.Sgr! B00002.2018M313969-3

Anda punya usaha&barang jaminan ingin pembiayaan secara Syariah. Minat hub 085727244494 B00002.2018M313912-3

Bank Syariah,pembiayaan u/brbagai kperluan anda.Jaminan BPKB/Sertifikat.Ridzo 085643464080 B00001.2018M313648-3

But kredit KPR/Multi/Inves agunan SHM data diambil luar kota Ok.Min100Jt.NOSMS081804352360 B00002.2018M313779-3

Butuh dana modal usaha?Jaminan BPKB/Sertifikat.Cepat dan murah. Hub:Yunto(0812 2951 5413) B00001.2018M313643-3

Butuh dana modal usaha?Jaminan BPKB/Sertifikat.Cepat&murah.H:Ari 083840120708/08174113655 B00001.2018M313649-3

Butuh dana?1-100jt jaminan bpkb/ sertifikat jam cair no bi chek hub 082221925847 B00001.2018M314028-3

Cukup dg Jaminan BPKB/Sertifikat.Kebutuhan dana anda tratasi. Prss cpt.Anggoro 085729547987 B00001.2018M313652-3

Dana cepat lgs cair jaminan BPKB mtr&mbl,pajak mati,takeover bisa,resmi 24jam:087738690222 WA:081315690799 pin:D2C25CD7 B00001.2018M313909-4

Dana tnai KLT 5mnt BPKBMtr/Mbl Prsscpt Dibnt,CairTnggi BngMrh. Heni 087739577771/0811275992 B00896.2018M310374-3

Shaqira Masage 20th Pijat Lulur 100/Jm.Fullservis400/Jm.Hotel Prawirotaman WA:087734599650

Gadai BPKB mtr/mbl cukup KTP,KK langsung cair NO BI cek NO survey. Hub:Helen 087821300110

B00165.2018.313425-3

B00692.2018.311940-3


HALAMAN 18

SABTU PAHING 3 MARET 2018

TEPAT MEDIA ROMOSI P UNTUK S ANDA I N BIS KREDIT Kembangkan usaha dgn system Syariah.Mudah&cpt.Jaminan BPKB/Sertifikat.Santoso 081904183858 B00001.2018M313647-3

Khusus BPKB Mobil th.2000up ,mudah&cair max,bs take over,plat mana saja.SMS/WA:085814815942 B00692.2018.313277-3

Kredit jaminan BPKB motor Take over bisa Plat luar pajak mati bisa proses.Hub 085865720886 B00001.2018M313910-3

Kredit macet-bermasalah.SHMMbl-Mtr disita/dilelang.Mbl-mtr kredit digadaikan:082220518188 B00002.2018M313135-3

Kredit Murah Springbed,LED32”,LG 300rb/bln,mcuci/L.Es 200rb/bln. syrt:FCKTP:0817267012 Lili

KOMPUTER LAPTOP Dbayar tunai laptop kmptr TV LED LCD speaker dll normal/rsk dtampung sbnyk2nya082136411799

FOTO COPY Jual Foto copy all type paket usaha awal hrg mulai 12jt. 0818 0403 4320 / 0813 9161 8640 B00812.2018.311038-3

B01347.2018M311187-3

Dibeli hrga tinggi siap jemput Laptop/CPU/LCD/TV syrt halal SMS/ WA 089622182644 Jogja&sktr B00002.2018M312386-3

PELUANG USAHA LAIN-LAIN Ush Nutrisi Mkanan Sehat,Part / Fulltime,1-4jt/bln,MhS,IbuRT,Krywn, Umum SMS/WA081391927312 B01126.2018M313823-3

B00001.2018M313654-3

Pembiayaan modal usaha, konsumsi.Jaminan BPKB/Sertifikat. Hub:Sarno(0813 9228 7573) B00001.2018M313653-3

Pembiayaan sistem syariah,murah, mudah,cepat.Jaminan SHM/BPKB. Hub:Nurma(085868425000)

Privat guru dtg kermh,hrg terjangkau mencoba grts.TK&SD,all MaPel,siap UAS/UN.082221154532

Kmi bli hdp/mati laptop/komp/TV/ LCD/LED/AC/Mbel/sofa/lmari/dll brongnOK WA/Tlp087838251555

B00001.2018M313316-3

B00002.2018M312349-3

SEMINAR Hadiri Seminar yg akan merubah mindset anda sehingga berdampak melesatnya kesuksesan anda.Hub 081391160204

REPARASI Komputer anda bermasalah?Kami siap datang.Buka jam 07.00-21.00 Meonk comp:0899-515-9328 B00001.2018M311341-3

KURSUS ’Kursus stir mobil Fadli murah dan bisa antar jemput.Hub:WA/SMS 081328856284 / 0274-388866

CATERING JM Catering:bx ater2 ml25rb,bx ayam uth ml48rb,bx kendr ml23rb,bx mkn ml 6rb,prsmn,pkt nkh,dkr. 085743313277/087738315035

B00812.2018.313929-3

B00001.2018M310860-4

LAIN-LAIN Dahsyat,dibuka franchise martabak merk terkenal,NO fee royalty,NO bagi hasil,cepat BEP,100% laba utk anda,hub:082226064725 (terbatas)

B00001.2018M313644-3

Pembiayaan sistem syariah,murah, mudah,cepat.Jaminan SHM/BPKB. Hub:Nurul(0812 1464 4338) B00001.2018M313640-3

B00001.2018M314037-5

Pembiayaan system syariah,murah & cepat.Jaminan BPKB/Sertifikat. Hub:Irwan (0821 1238 0523)

Extra income,full/parttime 2-3 jam/ hr.Mhs/ibuRT/PNS.Allbackground. H:085725044313 ibu Novie

B00001.2018M313655-3

Pembiayaan system syariah,murah & cepat.Jaminan BPKB/Sertifikat. Hub:Rachmat 081804264581

B01126.2018.311521-3

Pusing??Anda Terlilit Hutang Bnyk Mslh Rezeki Seret SolusiSMT 12jam7Hr Sukses 081904153305

B00001.2018M313651-3

B00002.2018M311362-3

PEMBIAYAAN Butuh Duwit=Jaminkan BPKB Mobil/Truk/Bis tanpa Pot&Terima Gadai Mbl/Mtr+STNK H082327758040

Telah terbukti cetak sukses financial byk orang.Bisnis nyata.Gabung kami sgr 08112542409 B00002.2018M312785-3

B00002.2018M313815-3

Kantorku=terima BPKB mobil/truk/ bis tanpa potongan.tanpa biceking. cepat Hub:082136120110

Proses super cpt jamn bpkb mtr, mbl,truk,angkot,taxi,bis ,thn1980 -2018.wilyogya 082158556420

FOTO COPY Hny dgn 500rb dpt mesin FC.Ready stock Canon IR1022/4570/5000.Minolta 350/521/601 H:081226143462

B00002.2018M313766-3

B00074.2018.313822-3

B00165.2018.313427-3

3 Jam bisa baca Al-Qur’an, Tahsin & Tahfidz (0274) 4284364 082134415773 amanajogja.com B00165.2018.312553-3

Amana Kursus Stir Mobil,Murah,Cepat Mahir 0274-4284364-08112649978 www.amana-transport.com CV Setya Raya Kursus Stir dijamin bsa antar jemput gratis WA/ Tlp 081229800338/089643339327 B00002.2018M312217-3

Sln150,R pengntn 500,Jahit,Behel ,Bbrshop,Sulam Als,www.kursuskusumatiara.com 087838244799 B01126.2018M313817-3

Stir AlFattah Maguwoharjo.Utk pemula&spcialis orgTkut.AdaT4 khs latihan.WA/SMS085701155141 B00812.2018.312883-3

Terjemah Indonesia ke Inggris bsa jadi shari,krm naskah by Email,byr+transfer 085226613200 LES/PRIVAT Bimbel khusus masuk SBMPTN, STAN, Poltekkes,TPA, SSI Jln,Monjali 127 Yk, WA.0856 2965 475

B00002.2018M313908-4

Hlg STNK AB5515BZ a/n A.Jumadi d/a Ngadirojo Secang Magelang B00002.2018M313911-3

Hlg STNK AB6799OE a/n Ngesti NOOR Jannah d/a JlPalagan TP 182 Rt09/23 Sariharjo Ngaglik Yk B00002.2018M314024-3

Telah Hilang STNK Mobil AB 1127 EH An.Dedi,MT.Haryono No 8.yg menemukan Hub:081914934999 Tlah hilang Stnk mobilErtiga a/n Rina triningsih AA 9114 LD putih yg nemukan H:08121127686

UNIVERSITAS Kuliah Prog Transfer Jlr Kusus D3/ S1/S2/S3 Akrditasi Resmi & Cpt Slesai Wsd H:081804397750

PEMBERITAHUAN Ingin py Incme15jt++/bl&mwjdkn KISS(Kel.Indo.Selamat Sejahtera)? SMS/WA:”KISS”ke085848906132

B00165.2018.310884-3

Menerima Pendaftarn MHS BARU STIE SBI JOGJA Terakreditsi B Prodi Akuntansi & Manaj Bebas Uang Gedung&SKS SPP 375.000/blNett Info&Permhonan brosur:SMS&WA 081329430001 PinBB:D9EC2190 B00165.2018.313230-6

B00198.2018M311556-3

PENGUMUMAN Bth krywn,jjr dspln,18-35th gj+mkn+ bns,mes Lk².Lam TK Arum Baru jlGitogatiSlm 087839398117 B00002.2018M313424-3

GRATIS, kursus Penguatan OtakAnak SD-SD se Jogja, www.poanak. blogspot.com, 0813 9014 8448 B00385.2018M310873-3

KEHILANGAN Hilang STNK AB-6139-KA an Darmawan Arip Wibowo,ST da Tukangan DN2/737 YK H:081253867914

Nikah Siri Cara Islam,Biro Jodoh ,Rukyah Syariah.Hub:Ust Kyai Muh/085102806650/085728112253 B00879.2018M311800-3

B00002.2018M313874-3

Hlg SIM A & STNK AB1562ST a/n Guntur Kuncoro Adi d/a Perumnas Trimulyo Blok II DK Bembem RT11 Trimulyo Jetis Bntl

AC AC. Chiller. Frezer. Refrigation. Call 0274 865211 APITU Member Yogyakarta B00002.2018M313627-3

B00002.2018M313899-4

Cuci AC 50Rb tmbh freon60Rb bnkr/ psng AC 250Rb serv Mcuci/kulkas125Rb.Bgaransi082172749082

Hlg STNK AB 2760 QA a/n Jihan Achyun Kusumaningrum d/a Karang Nongko 239 Pelemsewu Sewon

Jasa servis AC mesin cuci jogja perbaikan perawatan B/psng hub 087845670532(WA) Libur Buka

B00002.2018M314005-3

Guru Les Gitar Akustik untuk pemula.Hubungi Vian 0823 5954 9257 B00001.2018M314029-3

B00813.2018M313727-3

HOTEL/PENGINAPAN Popi 70-200rb,Fas AC,TV,HeatrMP ,PrkrLuas,Jl.Kaliurang km15 T:0274895484,WA:081325471039

B00896.2018.313844-3

B01126.2018M312231-3

Service mebel Plitur Melamin Jok Kursi rotan dll.Terima Jual-Beli mebel lama.087838275020 B00002.2018M312592-3

PERALATAN DAPUR Dijual perabot rumah tangga mebel elektronik kondisi istimewa.Hub 0878.3430.0070 B00002.2018M312384-3

TIKET

BARANG BEKAS Barkas Bantul:Beli Tinggi Barkas Laptop Mebel Alat RT Fitnes TV LCD AC dll.CP:087739293678 B00002.2018M310664-3

Dibeli barkas:alat RT,electronik ,etalase,rak toko,alat bengkel dll. telp/wa085842013639 B00001.2018M313369-3

Mb@ Is Jualbeli brg bks siap membeli elektrnk,prlngkapan RT, etalase,grobakdll.081904175509 B00002.2018M312491-3

HAJI/UMROH Dg Zhield Umrah tdk Batuk/330 Umrah 10Apr-Grd*5-27Jt/Lion*323Jt/Haji+2018.WA 08888282915 B00002.2018M313821-3

B00002.2018M313963-3

Hlg BPKB AB1807PZ a/n Ir.Drs Syahrir Kandung Msi d/a Jl.Magelang km6 Patran 1/14 Sleman

MEUBELAIR Barkas MebelJati Top Komplit,Jual Ratusan Lmr Mj Krs Pnt KsnDll,Jl Bugisan Sltn08122700229

B01126.2018M313698-3

B01347.2018M313787-3

Hlg STNKAB2801KH an FAUZAN da PUGERAN MJ2/65 RT06/2 Suryodiningratan M.Jeron 085603768105

B00812.2018.312575-3

KEHILANGAN Hlg STNK AB4496BH a/n Tetet Trimurtiyanto d/a Jl.Ireda no 17A RT42/13 Prawirodirjan Gondokusuman Yk

B00002.2018M313859-4

B00165.2018.312554-3

B00002.2018M313611-3

B00002.2018M313657-3

Pinjaman 50Jt sampai dengan 5M Cek BI Bermasalah Bukan Halangan Hub: 0878 3446 7127

B00002.2018M311609-3

Privat Guru datang ke rumah mapel Kimia SMP,SMA,SMK area Sleman.WA:085601904929 B00002.2018M313395-3

PAKAIAN

B00002.2018M313093-3

Pembiayaan berbagai kperluan anda melalui Bank Syariah.Jmnn BPKB/Srtfkat.Ricky 08562503808

LES/PRIVAT Les SD/SMP/SMA nem tinggi hub Nindya Gama Jl.Nakulo 16A Wirobrajan 370520 HP 081578956084

B00002.2018M312298-3

Ingin umroh?Hati2 jangan asal murah.Pilih yg amanah & berizin resmi.PT.Jannah Firdaus.Hub. WA:081230 464 720 B00001.2018M313289-4

Umroh reguler 22,5Jt anda ggl brgkt dr travel lain hub 081904055444 PT.Telaga Kautsar B00002.2018M313996-3

HOTEL/PENGINAPAN Anggun 30-50rb nginap kmd dlm,TV LED 32”,free wifi,Aman.Jl Kaliurang KM 19 H:085868248449

Sgl ttg AC ruang:Srv,Bkr/Psg Sw,Psg AC Baru/Bekas (bs TT) Selaras Alam AC.Hub:081226954977

Hutama Hotel AC, km mandi, TV. Hubungi : Telp 6645766 atau 087738061411

WISATA Wisata Domestik/International,Rent Car,Umroh dll H:www.amanatranspot.com Tlp0811 264 9978

B00692.2018M313507-3

B01347.2018M312974-3

B00165.2018.310878-3

B00813.2018M313980-3

B00002.2018M310796-3

KENDARAAN

MOBIL DIJUAL

MOBIL DIJUAL

MOBIL DIJUAL

MOBIL DIJUAL

MOTOR DIJUAL

MOTOR DIJUAL

MOTOR DIJUAL

BENGKEL Pasang/Service Power Steering,TJ Power Steering,Jl.Perum Nogotirto.Hub 085729060207

DAIHATSU Grandmax Pick-Up 1.3 2016, Hitam,Barang bgus,Hg:80Jt.Hub:Jl. Monjali No.175,HP: 081328207650

HONDA

TOYOTA Corolla Th99-AB,Godean/1.8SEG M/T abu² mtlk full ori,AC dingin-62Jt nego.Hub 085292433461

DEALER

HONDA Vario CW 2009 AB-Slmn 8jt NegoStar 95 AB Slm 2,5- 0817467883085101898839 Yk

YAMAHA Jupiter MX 2012,AB,Tgn1,Merah,Motor bgus,Hg:8.8Jt.Hub: Jl.Monjali No.175,HP: 081328207650

Specialis Kaki²,EPS Powerstering, Modif,pbaikn&gnt baru,ART Understeel,antrjmput.0818640957

Xenia all new13 tipe R.ist asli AB.putih th13.air bag 130ng TT bs.08122963387/085100472691

NISSAN PromoNissan Datsun DpMrh& Angsranringn Diskon sd45jt Mlayanicash/ credit Kmi bri service&hrga trbaik Info Wulan08121502227

Vario110 th’12 h:9.850 Mio sporty cw’09 h:5.7 htm ab slm smua hb08157915203 wa087839007531

Yamaha Mio 125 M3 htm tangan I pajak br th2015.Hub Bu Endang 081328779056 Gowok Ambarukmo

B00001.2018M313073-3

B00002.2018M311266-3

CHEVROLET Spin LT 2013 Disel abu²met. Spin LTZ 2014 1.5 bensin manual kond Ist.Berminat H08122736238

B00692.2018.313683-3

B00001.2018M313719-3

Xenia Li VVTI Family silver asli AB bodi interior orisinil AC Cool trawat mulus08122758019 B00002.2018M313706-3

Spas ZLX 2004 silver,ab bntul AC dingin,pjk hidup.36jt nego. Hub:087838166790 B00001.2018M313725-3

B00002.2018M313812-3

DAIHATSU Grandmax 2010 bagus mulus AC dingin.Hrg 68Jt nego siap pakai. Hb 081227930099/085647001881

B00692.2018.313684-3

ISUZU Panter LV 2.5 TH01,hijau tua met,TG1 coverjok Audio Istw bsTT/ krdt H:087738161427

B00002.2018M313755-3

KIA Jual cpt KIA Visto manual 01 AB bgs terawat bisa TT. 42Jt NG coklat md mtlk. 08164852173 B00002.2018M313642-3

B00002.2018M313232-3

Grandmax Box 2010,a/n sndiri,ABSleman,Putih,Hg:62Jt.Hub:Jl.Monjali No.175,HP:081328207650

B00631.2018M313861-4

HONDA 0dyssey’05 AD Abu2 Mtlk Jepang Panel2 bagus 142JtNg & Jazz’04 AD Silver 86Jt 081210144929 B00001.2018M314040-3

Cuci Gudang! msh Ready Mobilio, HRV,BRV,NIK2017,Harga Mantap Krdit Ok.Hub:Yoki 087705579776 B01126.2018.311524-3

Promo mbl Brio DP 22Jtn/angs 2Jt diskon bsr,kredit mudah.Hub: 082221722298 / 087738880008 B00002.2018M310636-3

Promo akhir tahun,Mobilio,Brio, Brv DP mulai dari 20jutaan. H. Surya Honda. 0819 0421 2959 B00812.2018.313930-3

PromoHonda CuciGdg.Ready:BRV DP8JTJazzDP17JTHRVDP24JT.WA 081325629151/081578036015Andre B00002.2018M311890-3

PromoHondaDP mulai10jtan.Ready, Brio,Mobilio,BRV,JAZZ dll.ARDI. 085204852215(WA)081804280266

MAZDA Mazda vantrend95 silver AB kota ori AC pwr stir siap pake 26jt nego tipis 081227444132(WA) B00002.2018M313215-3

MERCEDES Jual Mercedes W124 Sportline 1995 ori pemakaian sendiri plat AB.Jakal km10,9.H: 0811298010 B00002.2018M313131-3

Merci C180 Th95-B Silver Velg R18 ACdgin tape/cd/usb ors 59jt Ng 081210491717/081578705598 B00002.2018M312980-3

MITSUBISHI Gbyar promo murah,T120ss Dp 3jt,L300 Dp 7jt,open inden Xpander Dp 20% Fauzi WA085750325887 B00001.2018M314045-3

OPEL Opel Blazer DOHC’01 hijau army LT(type tertinggi) Istimewa AC dingin.H72Nego(081229855667) B00002.2018M313636-3

SUZUKI Dijual Suzuki Carry 1.0 th89 warna putih,mesin masih mulus Istimewa. hub 0878.3430.0070

B00002.2018M312983-3

B00002.2018M313878-3

Jual Cpt BU Suzuki X Over 2009 Hitam AB Slm Standart,Hrg nego,WA/ Tlp/SMS 081328717671

Dibeli motor/mobil tua-muda sgl kondisi XL= 08787.7799209 Trisno= 661.0099 / 085707.909044

Cash/Krdt NewErtigaGA 2018,Cashbck 36Jt,DP mli 7Jtan.H:08562927774. Ertiga,Ignis,Pickup,dll

Kijang Krista TH 2000 AB Sleman sdri,pjk bru,ban baru,audio,Hrg 77Jt nego. 087839758134

S.Karimun th 2001 AB Bntl SlvrMetPjk pjg 58,5jt Nego Fullvar Siap Pakai 08164220045

T.Grand Avanza G 1.3 Th17 hitam AB TG1 coverjok km dikit Istw bsTT/ krdt:087738161427

X-Over 2009,AB-Sleman,Putih, Tgn1,Hg:97Jt. Hub:Jl.Monjali No.175,HP: 081328207650

Cpt Kjg GrandExtra LGX 92akhir 1.5 AB PS/PW/CL/VR/BR/TP/AC dobel kleng 51jtng 085228380638

Agen Suzuki mobil:R3/Wgn/Ignis/PU DP2Jtan ready stock. Hub:081316223867 Isman

Dijual Vario tahun 2015 AA Istimewa a/n Wanita merah 14Juta Nego Hubungi: 0812 2743 009

Fortuner 2.5G matic diesel 09/10 AB Sleman hitam ist.Hrg=236jt Hub=0851-0193-5474

Carry 1.0 PU. Rp.35jt. th 1996 pjk hdp.plat AB- sleman hub.087843131-534 (jln.kab Sleman)

Dijual: Vario 150, AB Kota 2016 sangat istmw hitam,siapa cpt dpt. Hub:08175499024, NO SMS

Fortuner Disel/solar htm H tgn1. th2007.Seri G Km sdkit 198jtng. 085641766054/087838161770

Djl All New Scopy Thn 18/17/ 15/14/13/11/10 CB150 R14 bs TT/ Krdit Telp/WA: 0851 0340 0199

B00002.2018M313103-3

B00692.2018.313811-3

B01126.2018M313700-3

B00692.2018.313682-3

B00002.2018M313896-3

B00001.2018M313291-3

Promo mtsbsi DP mulai6jtan,T120ss, L300,xpander,pajero dll.Budi 081 282480877(wa)087838206970

KarimunWagon AB Slmn 2014 TgnI Istw bgs km rendah VLG RC CovJok abu²met.HrgNG/085875800968

B00001.2018M314050-3

B00002.2018M313897-3

B00002.2018M313754-3

B00002.2018M313953-3

B00001.2018M313731-3

B00001.2018M313741-3

B00001.2018M313858-3

B00002.2018M313777-3

B00002.2018M313389-3

NISSAN BU Grand Livina XV Th 2010 Silver AB pjk baru Hrg 99Jt NG.Hub 08121583133

TOYOTA Avanza’05 G Asli AB dr baru Gold 85JtNg&Katana’94 GX AB Pwt Stir Putih 45JtNg 082137978666

Mobilio E Matic TH”14 merah plat AB surat lngkap bisa krdit siap pakai 145Jt.085729297870

Djl Grand livina th 2012 warna putih tangan 1.AB.Km 76.112jt ng.085641766054/087838161770

Avanza Type E manual 2013 asli AB Tgn I hitam harga 126Jt pajak panjang HP 0816685751

HONDA Beat 2015,AB-Sleman,a/n sndiri,Hitam, Hg: 11.5Jt.Hub: Jl.Monjali No.175,HP: 081328207650

Promo Honda Free aksesoris Brio DP21JT3,1JT Mobilio DP10Jt 4,9Jt,JazDP32Jt Ery081392458519

Grand LivinaXV07 HtmAD TgnI Mtic 84JtNg&Ftura PU05 PutihAB TgnI 58JtNg GdKning087843161416

BU jual cpt Tyt Camry 2.4V 2010 htm ful ori AB-Slmn,anSndri,bs pnjmKTP,pjkPjg.081328842829

Beat Pop 2015,AB-Sleman,a/n sndiri,Hitam,Hg:10.8Jt.Hub: Jl.Monjali No.175,HP: 081328207650

B00001.2018M313328-3

B00812.2018.313664-3

B00198.2018M311292-3

B00165.2018.313834-3

Promo Honda,Beat CW DP600,Vario CW DP750,Promo lain Ok,pot cash s/d 1Jt,bs TT 085799033923

Jul Honda City Z Limited Edition 2002 AC dingin orisinil silver manual, pribadi istimewa harga nego. HP 081392800212 WA 081585229166

B00002.2018M313691-3

B01347.2018M311923-3

Shafaa Transp menyewakan mbl dg/tnpsopir dlm/luar kt0274-387896/ 085103052400/087838458999

B00002.2018M313596-3

B00002.2018M313675-3

B00001.2018M313740-3

B00002.2018M313761-3

Hrg promo sewa mbl stok kmplit bsDrop dlm/luar kt AlwyTrans 4435600/0818268597/08157919713

B00165.2018.313832-3

B00002.2018M313966-3

B00001.2018M314039-3

B00812.2018.310356-3

MOBIL/MOTOR SEWA GejayanRentCar:Avanza+Spr 275,Inova+Spr 425.Hub:085106993 888/www.jogjatransportwisata.com

CB150R Th 2013 akhir tgn1 dari baru AB Sleman,putih pajak baru.Hrg 14,5Jt.Hub 082136261268

Promo Honda Cash krdt mrh DP kecil angs mrh Beat Vario Supra Virza CRF CBR dll081904102007

B00002.2018M313183-3

B00896.2018M312018-3

Dibeli tinggi spd mtrBks sgl merk: Gonel Nogotirto WA 081904037 008/085101507530 SMS/Tlp24jm

B01126.2018.311522-3

B00165.2018.313962-3

B00002.2018M313943-3

B00002.2018M312822-3

HONDA Beat Vario Supra/Revo Cukup Bayar 700rb KTP dan KK Saja, WA/Tlp/ SMS: 087 838 225 507

Pengen motor baru unit 2018? Promo Beat DP600.Vario DP700.Tanpa ribet H 085701525353

Djl H Brio E Satya CKD manual putih pjk br kmLow TG1drBr srvis dealer sgt ist.081393979353

B00002.2018M313224-3

B00002.2018M299451-3

Honda Supra Fit (Cakram) Hitam Th2006 AB Tangan 1 Ori Mesin Baik Pjk Hidup H:085100801756

Civic VTI 2003 AT,asli AB,Istw,merah maroon,terawat,interior bersih. Hub:08994637574

B00002.2018M313607-5

B00002.2018M313948-3

Kijang GrandExtra 96 An Sendiri Istimewa Luar Dalam.AB kota. T:085100135904/Wa

B00002.2018M312381-3

B00002.2018M313605-3

B00812.2018.313199-3

B00002.2018M313968-3

B01126.2018M313855-3

Jual cpt BU,Camry V 2007 silver,plat H pjk hidup,jok Electric,km rendah,H: 081.721.5754

B00692.2018.313687-3

MOTOR Beli sgl-mtr,sgl-th H:P.Nono Celeban Jl:Soga42 H:081.227.55146 XL:0878.3823.3957

Futura Adiputra 13 AB selman AC VCD th 92 hg 23 jt nego no sms [wa saja] 085100832192

B00001.2018M313023-3

B00896.2018.313713-3

Jual mobil Kijang AB Sleman TH 2001 Solar AC Hrg 100Jt.Hb 081328328025

Engkel PS 100 Th92 AB Sleman An.Sendiri Kondisi Bagus Hub:085743706367 B01126.2018M313697-3

B00002.2018M313461-3

Dijual Avanza Hitam 2008 AB Kota Tgn1 AC TV Central Lock H.95jt Nego HP: 085.292.631.935

B00002.2018M313864-3

B00692.2018.313686-3

B00692.2018.313685-3

PromoHot dr Honda Mtr!DP 200rb u/BeatCW&msh bnyk PromoMurah Lainnya.Hub:Ismi 087839456677

LAIN-LAIN Jual beli mtr roda 3 viar,tossa dll stock ada 7 harga 6,5-13jt minat telp/wa 087738733602 B00001.2018M313857-3

SUZUKI Satria FU 150 pembelian 2014 awal AB kota pajek baru+aki new mulus 12,9jt/085105171360 BU

B00002.2018M313957-3

Spin125 mtic ruji th07 ptih ABKota 2,9jt+YmhaV 80 Th80 biru mtlik kmplt 5jtng.087820013394 B00001.2018M313738-3

Supra X 02 Sleman 4.3jt,mio sporty merah 4,6jt.Hub Kamboja 4 No126 Congcat.085101873283

YAMAHA Djl Mio Sporty 2007 AB Bantul, hitam.5,2Jtnego.Hub Friend Tailor Wiyoro.081227124591NOSMS

Vario CBS 125 th2013 AB Sleman pajek baru terawat tinggal pake 12,4jt/081802745533 buruan

Jual motor vixion advan 2015 nego hubungi : 087.838.337.655 putra

B00001.2018M313852-3

B00001.2018M313049-3

B00002.2018M313955-3

B00001.2018M313319-3

B00692.2018.313681-3


MALIOBORO BUFFER 19

SABTU PAHING 3 MARET 2018

Prawoto Dkk Siap Ditata Rapi RSA UGM Luncurkan Aplikasi Pendaftaran Online 12 Maret SLEMAN, TRIBUN - Dalam rangka memperingati HUT ke-6, RSA UGM akan meluncurkan aplikasi pendaftaran pasien RSA UGM secara online pada 12 Maret 2018 mendatang. Direktur Utama RSA UGM, Prof dr Arif Faisal SpRad(K) DHSM mengatakan, dengan adanya pendaftaran online melalui aplikasi ataupun website, dapat memudahkan pasien sehingga tidak perlu repot untuk mengantre. “Jadi dari rumah sudah bisa mendaftarkan diri, tujuanya ke mana, dokternya siapa dan pasien akan mendapatkan nomor urutnya. Jadi bisa memperkirakan jam berapa akan ketemu dokternya,” papar Arif, Jumat (2/3). Ia menambahkan, pendaftaran online ini dapat dipergunakan untuk periksa pada hari yang sama ataupun satu minggu kedepan. “Bisa juga pendaftaran untuk seminggu ke depan. Jadi daftar hari ini untuk periksanya seminggu ke depan,” lanjutnya. Menurutnya, dengan adanya pendaftaran online ini dapat memanfaatkan waktu agar pasien tidak perlu antre terlalu panjang. “Kita akan menjalankan hal yang seperti itu (pendaftaran online) kalau bisa kita akan menjalankan inovasi yang lain supaya apa yang bisa kita perbaiki menjadi lebih baik,” ujarnya ketika ditemui di RSA UGM. Namun pihaknya menuturkan, meski sudah ada pendaftaran online, namun RSA UGM tetap membuka pelayanan pendaftar-

an secara konvensional. “Pendaftaran konvensional tetep kita buka, kalau pasien sudah sampai sini, pendaftaran tetap dibuka,” imbuhnya Pengembangan bangunan Direktur Utama RSA UGM, Prof dr Arif Faisal SpRad(K) DHSM menuturkan, pihaknya akan melakukan pengembangan untuk bangunanbangunan yang ada di RSA UGM. “Jadi kita masih ada empat bangunan yang direncanakan namun belum bisa terealisasi, tanpa tambahan lahan,” paparnya. Empat bangunan tersebut nantinya akan digunakan sebagai Gedung Akademik, Gedung Riset, Gedung Manajemen, dan penginapan untuk keluarga pasien. Selain itu, pihaknya menuturkan, nantinya akan merencanakan pemindahan gedung Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Prof Dr Soedomo ke wilayah RSA UGM. “Ada rencana memindahkan RSGM ke sini, jadi satu wilayahnya tapi tidak satu gedung, nanti RSGM akan dapat lahan khusus,” lanjut dia. Terkait penambahan lahan yang ada dibagian timur dan selatan tersebut pihaknya menuturkan saat ini masih dalam proses negosiasi. “Kalau gedung mangkrak yang ada, kita berkomitmen dengan Rektor UGM, Rektor akan mengusahakan itu bisa diselesaikan dalam waktu yang tidak terlalu lama, saya harapkan tahun ini,” imbuhnya. (era/cr1)

Jadi dari rumah sudah bisa mendaftarkan diri, tujuanya ke mana, dokternya siapa dan pasien akan mendapatkan nomor urutnya.

Sartono Resah Belum Berangkat Umrah  Sejumlah Orang Mengadukan Abu Tour ke LO DIY YOGYA, TRIBUN - Sekitar 400 jemaah umrah di DI Yogyakarta dan sekitarnya terancam gagal berangkat ke Tanah Suci. Agen umrah mereka, Abu Tours di Jalan Magelang, Sleman, telah menghentikan operasionalnya sejak Januari lalu. Mereka pun mengadu ke Lembaga Ombudsman DIY, Jumat (2/3). Satu dari jemaah yang terancam berangkat umrah adalah Sartono (65) warga Magelang. Ia sudah membayar lunas biaya keberangkatan umrah sebesar Rp16 juta. “April saya mendaftar sebagai calon jemaah umrah, saya tahu Abu Tours dari teman-teman dan spanduk yang mereka pasang. Saya mendapat harga promo sebesar Rp16 juta rupiah. Saat itu kan standar harga minimal dari pemerintah adalah Rp18 juta. Di kuitansi pembayaran, kami ada ka-

ta-kata di diskon, diskonnya Rp4,5 juta. Jadi jika ditotal sudah di atas harga yang ditetapkan pemerintah saat itu,” kata pria paruh baya tersebut. Seiring berjalannya waktu, Sartono sempat mempertanyakan izin usaha yang sudah habis kepada pihak Abu Tours Yogyakarta. “Saya lihat izin usahanya sudah habis dan saya mempertanyakan itu. Tidak berapa lama kami dikirimi izin usaha biro itu keluar. Setelah izin biro itu keluar, kami menanyakan kembali kapan kami akan diberangkatkan, karena kami sudah bayar lunas. Jawaban dari pihak Abu Tours, Januari tanggal 18,” ujarnya. Terus mundur Jika calon jemaah menanyakan kapan diberangkatkan, lanjutnya, jawaban mereka selalu mundur dari tanggal yang sudah ditetapkan.

Pada 6 Januari, Sartono dan calon jemaah lain diundang di gedung dekat Masjid UGM untuk melakukan manasik. Setelah kegiatan manasik, ia menanyakan kembali jadwal keberangkatan umrah yang awalnya 18 Januari, mundur ke tanggal 10 Februari. Namun Sartono tak kehabisan akal. Ia menanyakan langsung ke kantor pusat Abu Tour di Makassar. Ia pun mendapatkan beberapa solusi, yaitu jika menambah Rp15 juta akan diberangkatkan sekitar 1-3 bulan ke depan. Jika menambah Rp7-9 juta satu tahun akan diberangkatkan, tetapi harus mengajak dua orang. Saat Tribun Jogja menyambangi Kantor Cabang Abu Tour di Jalan Magelang, kantor tersebut tutup. Bahkan meteran listrik PLN di kantor tersebut telah disegel beserta denda Rp2.218.710. (cr1)

Tempat Baru

sebut dikarenakan sirip jalan juga sudah sangat penuh dengan kegiatan usaha parkir kendaraan dan lalu lalang pengguna jalan. “Sebenarnya di Jalan Perwakilan juga. Tapi sepertinya tidak memungkinkan, karena di sana digunakan untuk kuliner,” terang Sugeng. Walau demikian, lanjut Sugeng, hal tersebut masih sebatas survei dan masih akan dibicarakan lagi dengan perwakilan komunitas becak dan andong yang ada di Malioboro. “Masih rapat lagi,” ungkapnya. Libur dulu Kepala UPT Malioboro, Syarif Teguh menuturkan, kemungkinan becak dan andong akan diminta untuk meliburkan diri terlebih dahulu pada saat pengerjaan area pedestrian tersebut. “Kami

minta libur. Alterrnatif di mana,” ucapnya. Selanjutnya, walau tak menyebut tanggal, Syarif mengatakan bahwa sosialisasi dengan PKL, pemilik toko, andong, dan becak akan dilakukan dalam waktu dekat. “Kami minta dukungan mereka untuk menata Malioboro. Temen-temen PKL juga sudah mendukung. Kalau toko, kami masih menjadwalkan pertemuan,” tuturnya. Syarif juga menuturkan masih menunggu jadwal pengerjaan area pedestrian dari Dinas Pekerjaan Umum Energi Sumber Daya Mineral DIY. “Itu kan ada lima blok besar. Nanti menurut informasi pengerjaannya langsung tiga blok. Kami meminta pematangan jadwal dulu dari PU,” ujarnya.(kur)

hanya diberikan waktu selama delapan bulan hingga proyek tersebut dinyatakan selesai. “Jadi, luasan tersebut kami bagi tiga dengan tiga mandor dan juga ditambah dengan anggota tim pelaksana untuk memegang masing-masing area tadi yang pengerjaannya dimulai dalam waktu yang sama,” ujarnya. Tahap pertama, jelasnya, dimulai dengan membongkar aspal jalur lambat dan juga membongkar lantai pada lorong toko. Selanjutnya, dilakukan penggalian tanah dengan kedalaman 35-38 cm dari aspal atau lantai tegel

lama. Tahapan berikutnya adalah galian tanah untuk rencana penanaman bioretention, juga galian tanah untuk rencana membuat selokan kecil. “Bongkaran aspal dan juga lantai tegel lama. Harus segera dibuang ke luar lokasi proyek, agar tidak menghambat proses selanjutnya,” tambahnya. Eri menuturkan, secara umum, dari pengerjaan awal hingga finishing lantai teraso membutuhkan waktu 7 hingga 7,5 bulan. “Semoga kami bisa tepat waktu. Sesuai kontrak 8 bulan telah selesai,” harapanya. (kur)

 Sambungan Hal 13

Yogyakarta, Sugeng Sanyoto menjelaskan, berdasarkan hasil survei ada beberapa titik yang memungkinkan digunakan becak dan andong selama revitalisasi berlangsung. Titik pertama adalah di sisi selatan Stasiun Tugu yang berdekatan dengan Jalan Malioboro, kemudian titik kedua ada di sekitar Kantor Gubernur atau Kepatihan. “Setidaknya mereka masih bisa mangkal di tempat yang memang jadi ikonnya Kota Yogyakarta,” bebernya, Jumat (2/3). Ia menambahkan, penempatan becak dan andong di sirip-sirip Jalan Malioboro tidak memungkinkan. Hal ter-

Tiga Kali  Sambungan Hal 13

“Secara garis besar, uru tan pekerjaan sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Hanya perbedaannya yang proyek tahun 2018 luasan areanya jauh lebih besar. Hampir tiga kali lipat luasan proyek tahun 2017,” tambah pria yang juga terlibat proyek revitalisasi tahap I dan II tersebut, Jumat (2/3). Eri menuturkan, luasan area kerja yang lebih besar tersebut menjadi tantangan tersendiri. Terlebih pihaknya

 Pedagang Asongan di Benteng Vredeburg Mengadu ke DPRD DIY YOGYA, TRIBUN - Puluhan pedagang asongan yang selama ini berjualan di dalam dan sekitaran Benteng Vredeburg, mendatangi kantor DPRD DIY, Jumat (2/3). Mereka berharap, bisa tetap berjualan di lokasi yang sudah ditempati sejak belasan tahun silam itu. Pasalnya, dalam beberapa waktu terakhir, mereka merasa tidak mendapat keadilan, setelah Satpol PP Kota Yogyakarta berulang kali melakukan razia, hingga menangkap sejumlah pedagang di dan menindaknya dengan pasal tipiring (tindak pidana ringan). Ketua Paguyuban Pedagang Asongan Yogyakarta (PPAY), Prawoto, mengatakan

benar pasti. “Pihak Benteng tidak melarang, tapi juga tidak mengimbau kita berjualan di sana. Jadinya, ya abu-abu, sehingga kita enjoy saja berdagang di sana,” tukasnya. Imbuh Prawoto, setelah bertahan bertahun-tahun, sampai akhirnya jumlah pedagang di kawasan setempat mencapai sekitar 240, pengelola Benteng Vredeburg kemudian meminta bantuan Satpol PP Kota Yogyakarta untuk melakukan penertiban bagi para pedagang asongan. “Dalam satu minggu, bisa satu, atau dua kali razia. Kami tidak pernah diajak komunikasi, itu sangat kami sesalkan. Kita berharap direlokasi, jangan sampai dibuang begitu saja. Selama ini kita dianggap sampah, bukan masyarakat,” cetusnya. (aka)

kebijakan pemerintah provinsi, maupun kota, pihaknya bersedia direlokasi. Akan tetapi, masalahnya, ia mengaku, selama ini, sama sekali tidak ada komunikasi dengan pemerintah daerah. “Kita tidak pernah dimanusiakan. Tidak pernah diajak urun rembug, mencari gimana solusi terbaiknya. Selama ini, pemerintah tidak pernah ke arah situ. Padahal, kita siap untuk ditata rapi. Supaya indah juga, menghiasi Yogyakarta,” ucapnya. Daerah steril Ketua DPRD DIY, Yoeke Indra Agung Laksono, yang menemui langsung anggota PPAY, mengatakan bahwa selama ini memang sudah ada aturan, kalau Titik Nol Kilometer adalah kawasan steril dari pedagang asongan. Begitu juga dengan daerah khusus di sekitar Benteng Vredeburg. “Saya setuju itu, tapi harus ada sebuah kebijakan. Misalnya, disediakan sebuah tempat yang memungkinkan untuk mereka. Nah, di situlah mereka bisa menjalankan profesinya sebagai pedagang asongan,” katanya. Lebih lanjut, politisi PDI Perjuangan tersebut memastikan telah menampung seluruh aspirasi yang disampaikan para pedagang. Nantinya, aspirasi itu dijadikannya sebagai bahan, untuk memecahkan polemik ini, saat melangsungkan rapat kerja bersama eksekutif. (aka)

but, keseharian PKL dan para pemilik toko di sisi barat memang akan terganggu. Oleh sebab itu, agar nantinya tidak ada pihak yang merasa dirugikan, musyawarah tetap dikedepankan. “Itulah yang saya kedepankan, musyawarah untuk mufakat. Makanya harus didahului dengan sosialisasi,” cetusnya. Becak-andong Tidak hanya bagi pemilik toko dan PKL, Mansyur juga mengharapkan pengertian dari para penarik becak dan andong, yang selama ini menggunakan jalur lambat di sisi barat sebagai pangkalan. Bersama Pemkot Yogyakarta, pihaknya akan mencarikan solusi terbaik. “Prinsipnya, yang sekarang untuk standby becak, andong, itu kan akan dibuat pedestrian, seperti yang sisi timur itu. Jadi, nanti andong, becak, ya saling pengertian lah. Kita kan baru proses penataan, pasti terganggu, itu pasti,” ungkapnya. Mansyur menjelaskan, nantinya, pedestrian yang baru tersebut, akan menyambung dengan pedestrian lama. Dalam artian, ruas

yang kini dimanfaatkan sebagai jalur lambat untuk kendaraan tidak bermotor, akan dirombak menjadi area khusus pejalan kaki. “Pokoknya, yang sudah ada itu, kita perbaiki, dengan teraso seperti yang sisi timur. Semua nanti pedestrian, yang sekarang jalur lambat, itu besok kita ganti dengan pedestrian. Jadi, luasnya seperti yang sudah ada sekarang, sekitar 4-5 meter,” jelasnya. Terkait alih fungsi bangunan eks Bioskop Indra sebagai sentra PKL, Mansyur mengaku belum bisa berbicara banyak. Untuk saat ini, pihaknya baru fokus pada proses pembangunan proyek yang dikerjakan secara paralel, dengan revitalisasi sisi barat Malioboro itu. “Saya belum bisa bicara masalah PKL di Indra ya. Dibangun dulu, masalah penataan, nanti kita rembuk dulu. Intinya, kita bangun dulu, untuk penataannya nanti,” cetusnya. Lebaran libur Sementara itu, Ketua Lembaga Pemberdayaan Komunitas Kawasan Malioboro, Rudi Harto, mendukung upaya revitalisasi

yang ditempuh pemerintah. Namun, pihaknya berharap supaya proyek dikerjakan secara bertahap, agar aktivitas publik bisa tetap berjalan. “Karena bagaimanapun juga, antara sisi timur dan barat itu berbeda. Aktivitas teman-teman PKL di situ (sisi barat), toko, andong, serta becak, jelas lebih banyak dibandingkan dengan sisi timur,” katanya. Rudi juga menyampaikan permintaan kepada Pemda DIY, agar proyek revitalisasi dapat dihentikan untuk sementara waktu, terlebih saat memasuki masa libur Lebaran mendatang. Dengan begitu, lanjutnya, meski pembangunan belum sepenuhnya selesai, paling tidak pedestrian bisa dimanfaatkan wisatawan yang berkunjung ke Malioboro untuk pelesiran dan berbelanja. “Sama kalau bisa, ya pembangunan tidak molor, tepat waktu. Kita berharap, pelaksana bisa memperhatikan harapan komunitas, baik toko, maupun PKL. Bersinergi, saling komunikasi, kapan mulai digarap, terus sampai kapan,” katanya. (aka)

sukkan seni kristik atau sulam ini yang pernah tercatat dan dibukukan mencapai 400 lebih jenis tusukkan. Mulai dari tusuk rantai, tikam tiga, tangkai hingga tusuk flanel. Namun dari ratusan tusuk tersebut, hanya sekitar 30 hingga 40 jenis tusukkan saja yang sering digunakan. Nunuk Ambarwati, seorang pegiat seni sulam dan inisiator workshop menjelaskan, melalui pameran bertajuk “IN BETWEEN” ini, para pegiat seni sulam ingin menyampaikan pesan bahwa pekerjaan menyulam bisa dimaknai antara hobi, passion dan profesionalisme. “Antara wanita pekerja, tapi juga mengerjakan pekerjaan kristik dan sulam di sela-sela pekerjaan utamanya. Namun demikian, semua karya yang lahir adalah kecintaan pada sulam dan kristik,” ujar Nunuk. Apresiasi masa lalu Nunuk menyebut, semua pameran mempunyai pesan untuk kembali mengapreasikan hal-hal yang sebenarnya sudah ada pada masa lalu dan dihadirkan kembali, agar lebih dikenal oleh masyarakat yang lebih modern seperti saat ini. Untuk itu The Phoenix Hotel Yogyakarta bersama dengan Tirana Art Mana-

gement dan Seven Needles mengadakan Workshop dan Pameran menyulam. “Hasil sulaman tangan luar biasa mempunyai nilai seni dan apresiasi yang tinggi di mana saat ini orang tidak lagi mengenal ataupun melakukannya. Dengan program ini, kami mengenalkan kembali seni menyulam. Menghadirkan serangkaian kegiatan pameran dan workshop mulai dari pameran sulam tangan, pameran sulam ala Jepang, pameran batik lawasan hingga pembuatan cokelat,” kata Nunuk. Sementara itu, Bernie Liem, mantan pemilik hotel dan pegiat menyulam menambahkan, dalam rangkaian acara peringatan 100 tahun Bangunan Heritage Hotel Phoenix, fokus atau titik beratnya adalah keberhasilan. Lebih tepatnya prestasi pelestarian bangunan cagar budaya, maka pameran karya bordir Seven Needles amatlah cocok, pas untuk event ini, khususnya bagi kaum muda di era milenial. “Kita harapkan untuk tergugah, untuk peduli dan sekaligus juga punya inisiatif untuk melestarikan karya seni bordir, yang sudah dirintis oleh kaum perempuan di era genera-

si sebelumnya, entah itu ibu atau eyang kita. Saya punya pengalaman pribadi. Inilah kira kira lima dekade yang lalu, kebanyakan kita kaum wanita muda, termasuk saya sendiri, seni bordir tangan menjadi hobby yang benar-benar mengasyikkan, yang bertumbuh menjadi semacam passion atau gairah,” ujar Bernie. Bernie menjelaskan, di samping bordir tangan membangkitkan passion, elemen lainnya adalah relaksasi, atau healing yang menenangkan kalbu dan pikiran setelah seharian beraktivitas baik di rumah maupun di lingkungan kerja atau kantor. Harapan dari terselenggaranya pameran ini menurut Bernie, khususnya kaum muda milenial bisa ikut menikmati karya seni bordir. Namun tak hanya menikmati dengan memandang karya karya ini, tetapi akhirnya ikut melestarikan seni bordir tangan, yang sungguh amat positif karena di dalamnya terkandung elemen relaksasi, healing sekaligus passion atau gairah tertentu untuk menghasilkan suatu karya yang indah, yang abadi karena bisa dinikmati atau lebih tepat dibanggakan oleh anak cucu kelak. (yudha kristiawan)

Kita pengin bisa beraktivitas di dalam Benteng (Vredeburg), itu misi kita yang utama. Beteng itu objek yang mendatangkan banyak rezeki” Prawoto Ketua Paguyuban Pedagang Asongan Yogyakarta bahwa dirinya sudah berjualan di area Benteng Vredeburg sejak 15 tahun yang lalu. Karena itu, ia tidak memungkiri, ada harapan supaya diizinkan untuk berdagang di kawasan tersebut. “Kita pengin bisa berakti-

vitas di dalam Benteng (Vredeburg), itu misi kita yang utama. Beteng itu objek yang mendatangkan banyak rezeki,” katanya. Namun, lanjut Prawoto, seandainya tuntutan yang diajukan itu mentok dengan

Status Pengasong Abu-abu PRAWOTO pun mengisahkan awal mula berdagang di sekitaran bangunan cagar budaya tersebut. Ia mengungkapkan, awalnya, bersama sejumlah pedagang lainnya, lapak digelar di trotoar depan Benteng Vredeburg, lantaran pemerintah saat itu tidak terlalu tegas. “Awalnnya eksekutif agak lunak, ya kita kucing-kucingan. Terus, semakin lama, kebijakan eksekutif semakin menekan kita. Akhirnya, kita masuk ke Benteng, kita berusaha bagaimana caranya tetap beraktivitas, mengais rezeki,” kisahnya. Selama beberapa tahun menetap di Benteng Vredeburg, Prawoto merasa tidak mendapat halangan. Bahkan, pihaknya pun sempat beraudiensi dengan pengelola. Hasilnya, pengelola tempat wisata peninggalan Belanda itu tidak memberi keputusan yang benar-

Semua Harus  Sambungan Hal 13

“Itu kan sistemnya nanti on-off, artinya kapan PKL berdagang, kemudian kapan kami bekerja (melanjutkan proyek). Nanti disepakati bersama-sama. Intinya, karena tidak ada relokasi, nanti saling geser-menggeser, begitu,” katanya, Jumat (2/3). Pada prinsipnya, lanjut Mansyur, proses revitalisasi sisi barat, tidak berbeda jauh dengan sisi timur, yang sudah lebih dahulu ditata. Karena itu, apa yang dilakukan pihaknya saat ini, adalah murni penataan, sehingga diperlukan pemahaman dari semua pihak. “Kami memosisikan PKL sebagai mitra. Jadi, tidak ada niat menghilangkan. Tapi, lebih pada penataan, supaya sama-sama. Ya, siapa tahu, kalau kawasan ini jadi lebih bagus, secara ekonomi, PKL nanti juga mendapat dampak positifnya,” ucapnya. Walau begitu, Mansyur tidak memungkiri, dalam pelaksanaan proyek terse-

Orang Sekarang  Sambungan Hal 13

Kristi Harjoseputro, Ketua Seven Needles Club, yakni komunitas pegiat menyulam yang dihadirkan dalam workshop sekaligus pameran kristik ini menuturkan, hiasan menyulam memiliki proses perjalanan cukup panjang sejak dahulu kala. Kini, seni hiasan sulam dapat ditemukan di manamana dan setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri. Pada dasarnya, hampir tiap tiap negara di dunia ini memiliki sejarah dan cerita unik mengenai seni hiasan sulam. Ketika dikeluarkan pertama, hasil sulaman itu dianggap sebagai sesuatu yang mewah. Hanya bisa dimiliki oleh orang-orang tertentu saja. Hal ini terjadi di Byzantium pada tahun 330 sesudah Masehi sampai abad ke-15. Pada zaman tersebut hiasan dipadukan dengan ornamen dari emas. “Menyulam adalah sebuah seni yang memadukan dekorasi sulaman pada kain. Alat bantunya jarum dan benang. Butuh ketekunan dan kesabaran untuk menyelesaikan satu desain sulaman,” ujar Kristi di sela sela workshop. Lanjut Kristi, variasi tu-


20

SABTU PAHING 3 MARET 2018

DIRECT POINTS z Trio Mohamed Salah,

Roberto Firmino, dan Sadio Mane jadi teror bagi pertahanan Newcastle United z Mereka bertiga termasuk trisula lini depan paling menakutkan di Eropa z Salah, Firmino, dan Mane memiliki pergerakan dan fleksibilitas yang sangat baik

MOHAMED SALAH

GETTY IMAGES/TONY MARSHALL

SADIO MANE ROBERTO FIRMINO

LIVE ON

MINGGU (4/3) 00.30 WIB/01.30 WITA

L I V ER P O O L V S N E WC A S T L E

FRIGHTENING ONES

L

IVERPOOL layak disegani oleh lawan-lawannya. Mereka punya trio penyerang yang sangat menakutkan, yaitu Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino. Ketajaman mereka bakal jadi momok bagi Newcastle United ketika melawat ke Anfield, Sabtu (3/3). Satu kunci performa bagus Liverpool pada musim ini adalah trio penyerang Salah, Mane, dan Firmino. Bertiga mereka telah menyumbangkan 66 gol untuk The Reds di semua kompetisi.

"Menakutkan. Tidak banyak trio di Eropa yang bisa menyamai torehan tersebut," ujar Alex OxladeChamberlain, winger Liverpool, soal trio Salah, Mane, dan Firmino kepada Liverpoolfc.com. Trio Salah, Mane, dan Firmino termasuk trisula penyerang terbaik di Eropa saat ini. Torehan gol mereka hanya kalah dari trio Kylian Mbappe, Edinson Cavani, dan Neymar Jr di Paris SaintGermain. Trio anak asuh Juergen Klopp bahkan lebih bagus daripada trio BBC Real Madrid, yaitu Gareth Bale, Karim Benzema, dan

Cristiano Ronaldo. Alex Oxlade-Chamberlain menilai trio Salah, Mane, dan Firmino sungguh brilian di depan gawang lawan. Meski tugas utama mereka menyerang, menurut Oxlade-Chamberlain mereka tetap membantu tim saat bertahan. "Mereka tipe pemain yang sangat ingin Anda lihat meraih kesuksesan dan tampil bagus dan Anda ingin melakukan segalanya untuk membantu mereka mencapai target-target mereka dan tentu membantu tim mencapai

target-target kami," kata eks penggawa Arsenal tersebut. Mohamed Salah jadi yang tersubur di antara mereka bertiga. Penyerang asal Mesir itu telah mencetak 31 gol dari 37 penampilan. Firmino mengoleksi 22 gol dari 38 penampilan, sedangkan Mane mencetak 13 gol dari 29 penampilan. Oxlade-Chamberlain mengatakan pergerakan dan fleksibilitas mereka membantu mereka menjadi teror yang menakutkan bagi lawan. Satu pemain yang menjadi kunci kombinasi mereka bertiga

adalah Roberto Firmino. "Bobby (Roberto Firmino, red) sungguh penyerang yang berkualitas, terutama di tim kami, dia sangat cocok terhadap tim. Bobby termasuk permain terbaik yang pernah saya lihat dalam merebut bola di depan, dia menekan orang dari sudut buta dan mereka tidak tahu dia datang dan dia merebut bola," ujar Oxlade-Chamberlain. Eks penggawa Hoffenheim itu bermain sebagai false nine di lini depan Liverpool. Peran tersebut membuat pemain asal

Brasil itu tidak selalu berada di depan. Firmino bisa turun menjemput bola dan membuka ruang untuk Mohamed Salah dan Sadio Mane. "Mereka bertiga bekerjasama secara sangat baik dan ketika mereka bermain sesuai yang mereka bisa, ketika Bobby turun dan dua pemain yang lain berlari dari belakang, Anda mendapatkan banyak pilihan untuk bermain dari belakang atau langsung mengumpan ke mereka," kata Oxlade-Chamberlain. (Tribunnews/deo)

Tribunjogja 03-03-2018  

Tribun Jogja Edisi 03-03-2018

Tribunjogja 03-03-2018  

Tribun Jogja Edisi 03-03-2018

Advertisement