Page 1

Tabloid Xpresi juga dapat diakses melalui www.ibbi.ac.id

Edisi 91 - Tahun VIII - Oktober 2013 ISSN 2088-141X


Salam Redaksi

Daftar Isi

HARI GURU

T

ak banyak yang tahu jika setiap tanggal 25 Nopember, Persatuan guru Republik Indonesia, (PGRI) ulang tahun. sebuah perhelatan yang ha足 rusnya diperingati dengan gegap gempita, atau bahkan sebuah momentum yang pantas diapresiasi dengan setinggi-tingginya, sebab dari para gurulah, bangsa yang besar ini bisa berdiri tegak, kokoh, kuat, tangguh, cerdas dan berdaya juang tinggi, dari sosok gurulah pemberi keteladanan bagi anak bangsa. Setidaknya inilah yang diajarkan oleh para pendiri bangsa (founding fathers) sebagai guru bangsa tempat kita sebagai anak bangsa bercermin, dan bercita-cita. Sayangnya seperti biasanya tidak banyak ucapan yang muncul di media masa, atau media elektronik, bahkan seakan tenggelam oleh iklan dan ucapan selamat kampanye politik dan iklan media massa. Rupanya semua elemen bangsa harus diingatkan kembali betapa pentingnya menghargai jasa para guru, setara dengan jasa para pahlawan yang telah mendahului kita. Sebagaimana amanat Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Selain mengangkat tema tentang Hari Guru, Xpresi kali ini juga hadir dengan rubrik-rubrik spesialnya seperti feature, seremoni, Xpresi Sekolah, Xpresi kampus dan lain-lain. Seperti edisi sebelumnya, redaksi menerima banyak sms untuk Surat Nyasar dan Puisi. Namun, redak足si tidak dapat memuat semuanya karena keterbatasan space.

Xpresi Sekolah

3

Xpresi Utama 4

Xpresi Gaya

Salam Redaksi

2

Xpresi Sekolah

3

Xpresi Utama

4

Xpresi Prestasi

Xpresi Seremoni 7

21

6

Xpresi Seremoni

7

Xpresi Resensi

9

Xpresi Tips

10

Xpresi Tekno

11

Surat Nyasar

12

Xpresi Cerpen

14

Xpresi Kampus

16

Xpresi Puisi

18

Xpresi Kuliner & Gaya

20

Xpresi Info

22

Xpresi Ragam

23

DIVISI USAHA | PEMIMPIN UMUM: JUSWAN TJO PEMIMPIN PERUSAHAAN: AMRIN SUSILO HALIM PENANGGUNG JAWAB: Ir. B. Ricson Simarmata, MSEE, IPM | DEWAN AHLI: PROF. DR. AMRIN FAUZI, SUKIMAN ST, MT, LUSIAH SE, MM | MANAJER PRODUKSI: ANDRIASAN SUDARSO, SMn, MM | MANAJER IKLAN: LILI SURYATY, SE, MM | MANAJER SIRKULASI: HALIM LOLY, SE, MM STAF SIRKULASI: HARTONO, S.Kom, M.Kom

Desain Sampul Edisi 92 Tahun VIII, Oktober 2013 Oleh: Indah Putri Anggraeni

2

November 2013 I Edisi 92 I Tahun VIII

DIVISI REDAKSI | EDITOR IN CHIEF: MUSLIM RAMLI | EDITOR: JOHANES PERANGIN-ANGIN REPORTER: ANI, EDI | FOTOGRAFER: RIRI KOESNADY | DESAIN GRAFIS: INDAH PUTRI ANGGRAENI | ALAMAT REDAKSI: KAMPUS TOPASZ, JALA DAMAR NO.9-G EMAIL: tabloidxpresi@gmail.com, Facebook: Tabloid Xpresi Redaksi menerima Opini, Feature, Liputan perjalanan, cerpen, puisi, surat pembaca, surat 足nyasar dan tulisan lainnya. Redaksi berhak mengedit setiap tulisan yang masuk tanpa me足 ngubah arti yang terkandung. Untuk tulisan opini, cerpen, feature dan liputan perjalanan panjang karakter 5000-6000 karakter.


Xpresi Sekolah Sekolah kamu ngadain kegiatan? atau kamu punya stock foto acara di sekolah? segera kirimkan foto berikut keterangannya ke email tabloidxpresi@gmail.com atau post ke wall FB di Tabloid Xpresi. Ditunggu ya!

Xpresi Sekolah Pictorial

Outbound SMA Methodhist Binjai

Upacara Bendera SMAN 2 Balige

Penampilan Siswa SMA Sutomo Medan Saat Peringatan Hari Guru

Suasana di Perpustakaan SMA Methodhist 2 Medan

Tarung drajat MAN 1 Medan

Tim basket SMA 1 Binjai

November Mei2013 2012IIEdisi Edisi92 74IITahun TahunVIII VII

3


Xpresi Utama

Guru Aktor Utama untuk Regenerasi Pemimpin

H

Dengan terus merawat harapan, pendidikan itu merawat kehidupan. Gurulah aktor utamanya.

arapan meretas batas-batas kehidupan, meringkihkan tempurung kehidupan. Harapan membuncahkan hasrat anak didik untuk meraih hidup yang berbeda, termasuk hasrat untuk menjadi seorang pemimpin. Sayangnya, saat ini anak-anak didik tidak ada di saat dan tempat istimewa untuk menumbuhkembangkan benih kepemimpinan. Nihilnya sosok pemimpin yang konsisten merupakan salah satu ketidakberuntungan mereka. Akibat nihilnya model, benih karakter kepemimpinan anak-anak kita tidak ada di saat dan tempat yang istimewa. Nihilnya pemimpin diekspresikan dengan jengahnya kita oleh tiadanya keteladanan pemimpin. Pada ekspresi itu juga sesungguhnya kita haus akan pemimpin yang konsisten. Namun, kata Emha Ainun Najib, salah kita sendiri yang memperlakukan para pejabat dan tokoh publik itu sebagai pemimpin. Budayawan ini mengajak mengkritisi persepsi kita tentang pemimpin. Pemimpin sejati adalah mereka yang hidupnya konsisten sehingga menjadi

4

November 2013 I Edisi 92 I Tahun VIII

teladan. Kalau hidup mereka tak bisa menjadi teladan, ya jangan jadikan dan anggap mereka sebagai pemimpin. Siapa saja yang bisa menjadi teladan, merekalah pemimpin sejati hari-hari ini. Tantangan bagi guru Sepertinya sederhana mengikuti gagasan Emha Ainun Najib itu. Namun, sesungguhnya tidak demikian bagi para guru kita hari-hari ini. Belajar dari sejarah perguruan Bangau Putih: �Intinya, ilmu terjadi karena kenyataan di alam, dan ilmu hanya sempurna apabila bisa dipulangkan kepada kenyataan alam. Di situ juga terdapat kewajiban bahwa kita tidak bisa hidup sendiri. Kita terlibat dengan masyarakat dan kehidupan. Karena itu, memulangkan ilmu kepada alam harus melewati masyarakat dan kebudayaan.� (Mind Body Spirit: Aku Bersilat, Aku Ada, 2013, 18). Pendidikan yang memberdayakan hidup, yang membuat manusia kian berbudaya dan bermartabat, mesti berangkat dengan menggulati dan mengolah realitas kehidupan. Di akhir proses pembelajaran, guru bersama anak didik menentukan disposisi batin

dan hidup yang merupakan kristalisasi pergulatan pada realitas kehidupan. Disposisi itu mesti menerbitkan ruang eksplorasi hidup yang berpengharapan dan bermartabat. Idealisme pun akhirnya bakal lahir. Realitas kehidupan negeri ini yang nihil pemimpin acapkali memojokkan para guru. Di satu sisi mereka harus memperjuangkan rasa bangga dan cinta pada negeri ini, bukan hanya bangga dan cinta pada alamnya yang kaya nan subur, tetapi juga pada bangsanya yang unggul. Namun, mencari sosok pemimpin dan tokoh publik yang unggul di negeri ini bagai mencari jarum di tumpukan jerami. Banyak artis yang lama digandrungi dan dijadikan model manusia unggul generasi muda negeri ini tibatiba terjerat kasus. Bisa narkoba, bisa lainnya. Demikian juga dengan para tokoh politik, lebih-lebih politisi muda. Tokoh yang sering mencitrakan diri alim penuh simbol agamis, bersih dan pejuang garang kebenaran, terjerat kasus korupsi. Kelihaian para pembela politisi koruptor kian membuat gersang negeri ini bagi tumbuhnya benih kepemimpinan.

Mencipta ruang istimewa Kita amini gagasan Emha Ainun Najib bahwa siapa saja yang bisa menjadi teladan kehidupan sesungguhnya merekalah pemimpin kita hari-hari ini. Pemimpin tidak selalu identik dengan jabatan publik dan politis. Benih karakter kepemimpinan butuh ruang berperistiwa. Bagi kaum muda sekolah adalah ruang berperistiwa mereka. Sekolah mesti menjadi oase di tengah padang kehidupan yang nihil pemimpin sejati. Para gurulah salah satu harapan pencipta oase itu agar benih karakter kepemimpinan generasi muda kita tidak musnah percuma. Sadar akan hal ini, sesungguhnya inilah saat ketika para guru dipanggil untuk menyelamatkan bahtera negeri ini. Kita butuh para guru yang berani menjadi manusia unggul. Keberanian para guru menjadi manusia merdeka, bebas dari belenggu pencitraan dan ragam perbudakan birokratis, pastilah akan menciptakan ruang istimewa bagi tumbuhnya benih kepemimpinan anak didiknya. Ekspresi hidup yang sederhana pastilah menjadi lentera bagi jiwa kepemimpinan anak didiknya.


Hari Guru

Xpresi Utama

H

ari Guru adalah hari untuk menunjukkan penghargaan terhadap guru. Bagaimana cara kamu menunjukkan penghargaan terhadap guru?

Jensen

Michael Jhonson

SMA Budi Murni - 1

SMA Budi Murni - 1

Hari guru adalah hari dimana kita memberikan penghormatan kepada guru. Disekolah kami tercinta sangat dijunjung displin tinggi sehingga guru dan murid memiliki etika dan moral tinggi ditambah dengan fasilitas yang memadai sehingga belajar pun dapat maksimum dan hari guru ini ajang pemberian penghormatan kepada guru pahlawan tanda jasa. Dengan cara lebih displin kepada guru kalau saya, maksudnya displin di sini saya giat belajar, tugas yang diberikan kepada guru saya kerjakan dan belajar dengan giat.

SMA BUdi Murni 1 merupakan sekolah yang mempunyai moral dan etika yang tinggi. itu semua berkat semua guru-gurunya yang sangat memiliki displin yang tinggi untuk mendidik kami semua muridnya dengan penuh kesabaran. walaupun murid-muridnya bandal-bandal. terima kasih guruguru yang telah mendidik kami sampai sekarang. Saya akan menunjukan pengahargaan trhadap guru dengan cara selalu mendengarkan apa yang ibu/ bapak berikan kepada saya dan juga itu termasuk hal positif kepada saya.

Astri Ulina Saragih SMA Budi Murni - 1

Guru adalah orang yang mengajar dan mendidik kita tanpa mengira masa. Mereka ibarat lilin yang membakar diri demi memberikan pengajaran/didikan terbaik bagi kita. Tanpa usaha dan pengorbanan guru, para pelajar tidak mungkin mencapai kesuksesan. Jadi kita sebagai pelajar dengan cara mengikuti pelajaran dgn baik dikelas, bertutur kata yang sopan,selalu menyapa dan juga kita dapat memberikan sesuatu pada saaat hari guru dengan seikhlasnya, namun bukan itu sebenarnya yg paling utama. yang paling penting yaitu kita dapat menghargai mereka baik memlalui sifat dan perkataan kita karena mereka sangat berjasa bagi kita.

Irfan Riady SMA Budi Murni - 1

Menurut saya, hari guru adalah suatu cara bagi murid untuk menunjukan rasa terima kasihnya kepada guru yang selalu berjasa bagi mereka. murid biasanya memberikan hadiah maupun ucapan selamat bagi guru2 yang selalu membimbing mereka.

Stephanie Dominique S. SMA Budi Murni - 1

SMA Budi Murni - 1

SMA Budi Murni - 1 Hari guru adlh hari dimana siswa-siswi memberikan penghargaan trhdp guru. Menurut saya memberikan penghargaan guru salah satunya adalah memberikan pujian. mengapa saya berkata seperti itu karena denga memberikan ilmunya yang lebih kepada siswa-siswinya, sehingga apa yang diajarkan lebih diserap. jadinya intinya dengan memberikan pujian kepada huru, guru akan lebih kreatif dalam mengajarkan sesuatu kepada murid-muridnya.selamat hari guru bagi guru-guru diseluruh indonesia! semoga apa yang diajarkan kalian bisa berguna untuk masa depan kami semua.

Menurut saya hari guru itu adalah hari dimana kita memberikan apresiasi pada guru atas semua bimbingan dan kerja kerasnya untuk mengajar. hari guru dapat menghilangkan rasa penat para guru akibat mengajar. hari guru juga dapat membuat guru semngat lagi untuk mengajar. apresiasi yang kita berikan bisa dalam bentuk bingkisan kecil dan ucapan. walau kecil, apresiasi kita dapat membuat hati guru senang. karena itulah hari guru itu penting.guru adalah pahlawan bangsa, jadi dangan buat guru marah ya.

Larissa Malva

Theresia

Indri Fribina Purba SMA Budi Murni - 1

Menurut saya, hari guru itu adalah suatu pengharHari guru merupakan hari untuk gaankepada semua guru- guru yang telah berjasa dalam menghargai,menghormati dan mengingat jasa-jasa membimbing dan membentuk siswa-siswi menjadi para guru. Guru merupakan pahlawan tanpa tanda orang yang lebih baik dan merupakan bentuk apresiasi jasa. saya sebagai seorang siswi SMA , memberikan siswa-siswi untuk memberikan hadiah atau penghargaan penghargaan trhdp guru dengan cara mengucapkepada guru-guru yang di kaguminya atau di bangkan terima kasih yang sebesar-besarnya pada guru gakannya. dan menyalami guru satu persatu pada saat hati guru. Dan bukan hanya pada saat hari guru saja kita mengucapkan terima kasih, tetapi dilain waktu juga. karena jasa para guru itu sangat besar dan berharga. Tanpa guru, kita tdk dapat mengetahui huruf, tdk dpt membac, menulis dll. untuk itu mari kita mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya pada guru-guru kita. SELAMAT HARI GURU. Dengan cara menghargainya, memberikan bingkisan kepadanya sebagai ucapan selamat dan terima kasih. karena guru selalu berjasa kepada kita Ia memberikan banyak ilmunya kepada kita . agar kita mengetahui sesuatu yang tidak pernah kita ketahui SMA Budi Murni - 1 sebelumnya.

Louisa Gabe


Xpresi Alumni Nama : Hendy Cheam Louis Bertrand Tempat lahir : Pematang siantar 1 September 1989 Pekerjaan : Relationship Manager PT.Bank Permata,tbk Alumi : STIE IBBI Tahun 2012

H

obi menyanyi dan berenang melekat pada diri sosok alumni STIE IBBI ini, hendy Cheam Louis Bertrand. laki-laki kelahiran pematang siantar 1 september 1989 ini senantiasa mengisi hari-harinya dengan penuh semangat. Dimasa kuliah, hendy menjalankan rutinitasnya dalam sebuah kesederhanaan yang dibungkus dengan tekat dan kemauan yang kuat untuk senantiasa belajar. Ia mengatakan bahwa untuk mencapai sebuah kesuksesan perlu yang namanya sebuah proses. Proses yang dimaksud adalah tahapan-tahapan kehidupan yang harus dijalani secara iklas dan penuh kerja keras. “tidak ada orang yang sukses secara instant, semua butuh usaha”, tutur hendy. Hal tersebut tergambar dari pengalaman kerja hendy. Dimana sebelum menduduki posisi manager di sebuah Bank ternama, terlebih dahulu ia telah menjalani posisi kerja dari bawah, seperti sales service officer. Ia mengatakan bahwa ketekunan dan kemauan belajar yang keraslah membuat sosok hendy bisa mencapai posisi kerja yang sekarang. Sebagai manusia yang tidak luput dari kelemahan, hendy juga pernah merasakan putus asa dan kebimbangan dalam berkerja, akan tetapi ketika kita memiliki komitmen yang kuat serta optimis, maka semua tantangan bisa diatasi, dan senantiasa berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa untuk meminta kemurahan hidup. Untuk mencapai kesuksesannya, hendy memilih STIE IBBI sebagai wadah yang akan menempahnya, ia memberikan alasan tersebut dikarenakan STIE-STMIK IBBI memang sudah jelas dan terbukti menghasilkan alumni-alumni yg terbaik, dan saat ini 80% mahasiswa merupakan pekerja aktif semua. karena itu saya percayakan pada IBBI kata hendy. Hendy juga menghimbau kepada seluruh mahasiswa STIESTMIK IBBI supaya jangan malas kuliah, tetap rajin datang dan selalu berusaha mengerjakan tugas dari dosen-dosen, dan tetap berusaha menjadi mahasiswa yg terbaik, baik akal dan budinya. "Jangan pernah melakukan yang anda tahu betul itu salah,karena anda akan lebih menyesal nantinya ketika anda telah melakukannya." kata hendy memberikan motivasi. (JPa).

Mulai dari Rak Martabak Telor

Namanya Feri Sandria. Orang-orang memanggilnya Feri. Sekarang duduk di bangku kelas XI Algoritma Sekolah Menengah Atas Unggulan Chairul Tandjung Foundation Deli Serdang Sumatera Utara. Feri dilahirkan di Matang Cot Paseh pada 1 Oktober 1995. Ayahnya bernama Razali---sudah meninggal dunia--dan ibunya Hanimah. Anak ke lima

6 November 2013 I Edisi 92 I Tahun VIII

delapan bersaudara ini merupakan siswa yang telah menorehkan berbagai prestasi di tanah Batak. Bahkan dilingkungan CT Foundation, namanya sudah begitu membumi. Sederet prestasi yang pernah dia ukir sejak SMP sampai dengan SMA yaitu Juara I umum SMA Unggulan CT Foundation pada tahun 2012. Juara I OSN SMA tingkat Kabupaten Deli Serdang pada mata pelajaran Kimia. Juara III lomba menulis cerpen tingkat Kota Medan pada 2011. Juara II lomba mading tingkat Kota Medan tahun 2011. Kalau rangking kelas, dia adalah langganan. Mulai rangking I sampai dengan III pernah diraihnya baik saat di SMP Ar-Rahman maupun ketika di SMA Unggulan CTF.

Dari segi pengalaman akademik, Feri telah mengikuti berbagai lomba baik tingkat daerah maupun nasional. Sebut saja Asian Science Enterprise Challenge (ASEC) di Jakarta. Olimpiade Matematika Institut Teknologi Sepuluh November (OMITS) di Surabaya. Kemudian National Chmistry Challenge (NCC) Surabaya. Olimpiade Kimia se-Sumatera Utara. English Debate Corner, kejuaran futsal seKalimantan dan Sumatera dan berbagai lomba lainnya. Kemiskinan, itulah hal yang mendera kehidupan Feri. Konflik yang sempat mendera Aceh ikut berimbas pada kacau balaunya ekonomi orang tuanya yang berprofesi sebagai tu-

kang martabak telor. Rak-rak martabak yang dikelola oleh almarhum ayahnya dirusak oleh serdadu Indonesia yang mengamuk setelah kontak tembak dengan pasukan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) di Matang Glumpang Dua. Naiknya harga telur dan cabai saat itu semakin membuat megap-megap perekonomian keluarganya. Saat itu Feri masih duduk di bangku SD Negeri 25 Peusangan. “Sejak kejadian itu perekonomian keluarga saya semakin tidak menentu. Ayah malah jatuh sakit,” kata Feri sambil menerawang. Namun hari ini Feri sangat bersyukur karena impiannya untuk terus melanjutkan pendidikan sudah terbentang di depan mata.


! N U F s i g Countin

D

o you like counting? Can you count in a quick way? Kindergarten 2 students of PreSchool in PrimeOne School love counting so much. They can count in quickly by using Abacus. In evaluating the students’ ability in counting with Abacus, we held Abacus Internal

Kindergarten 2 Octopus: 1st winner  Almuhtadi Billah Pulungan 2nd winner  Marvin Ang 3rd winner  Ruby Tierra Wong Kindergarten 2-Dolphin: 1st winner  Hillary Howie Lymnois 2nd winner  Nixon Hasan 3rd winner  Elaine W. Sundjadi Kindergarten 2-Clownfish: 1st winner  Anderson Salam 2nd winner  Jonnathan Taniwin 3rd winner  Gerry Fernandes Kindergarten 2-Seahorse: 1st winner  Wesley Witjipto 2nd winner  Cecilia Florence Wijaya 3rd winner  Marcello Jose Lukeanno

Xpresi Seremoni

Keep Clean,Everyone!

Competition for Pre-School level at North POS on October 8th, 2013. The competition is joined by all students of Kindergarten 2. They were given questions to be finished up in a short time. All of the students competed to be the best. Here are the winners from each class:

Keep Clean! Keep Clean!

K

School. Playgroup students got the explanation about being clean, not littering and throwing rubbish to the dustbin. Then, they did giving the “Keep Clean” messages to the other students. “Keep Clean! Keep Clean!” shouted the young and cute students. Besides, they also entered the classes of some levels to show their yell-yell and collect the rubbish to be thrown to the dustbin. Let us keep our environment clean!

eeping Clean is a good habit. We have to learn about the importance of keeping clean starting from the young ages, so it will be a good habit in our daily life. Playgroup students learn to keep clean as well. “We educate kids to keep clean from the young ages in many ways. One of them is by having KEEP CLEAN CAMPAIGN which was held on October 9th, 2013.” said Ms. Rosmina Salim, BBA, the Principal of Pre-School in PrimeOne

Kindergarten 2-Walrus: 1st winner  Velda Tanata 2nd winner  Jocelyn Callista Tanoto 3rd winner  Madeline Ashley Tjondro Kindergarten 2-Whale: 1st winner  Synsanny To 2nd winner  Stanley 3rd winner  Chelsea Tricia Kiong

the o t ons you! i t a l atu oud of r g Con are pr We

w

er inn

This is the way we throw rubbish!

s! Please put the rubbish here, friends!

Throw the rubbish only to the dustbin!

November 2013 I Edisi 92 I Tahun VIII

7


Keep Clean,Everyone!

Xpresi Seremoni

Vegetables Campaign! Yeay!

D

o you love to be healthy? The Kindergarten 2 students at Prime One School love it so much! The students learnt about Healthy and Unhealthy food. They were explained and motivated to eat healthy food to stay healthy. Besides, healthy food is important to our growth. What are the healthy foods? One of them is vegetables. What are they? They

are carrot, potato, spinach, tomato, broccoli, peas, corn and much more. Kindergarten 2 students did VEGETABLES campaign on October 11th, 2013 at North POS. They encouraged everybody to eat the vegetables by doing the campaign to classes. They prepared the vegetables and showed their yell. They also gave some leaflet about eating vegetables, so everybody

We are ready for the campaign! Let us rock!

Students are singing and showing their yell!v

8 November 2013 I Edisi 92 I Tahun VIII

will remember about the importance of consuming vegetables. “This activity is fun! It encourages everybody to eat vegetables. It also builds more confidence of the students to speak up the things in their mind by doing the campaign!� said Ms Rosmina Salim, BBA, the Principal of Pre-School in PrimeOne School. Stay healthy!

We love Vegetables

Here are the students in their campaign time.


Xpresi Resensi Judul : 5 - 7 Menit Asyik Mind Mapping Kreatif Penulis : Femi Olivia Harga : Rp 49.800

Judul : Lima Prinsip Kesuksesan Penulis : Shimada Minoru Harga : Rp 37.800

Sinopsis

W

ah, kecil-kecil otaknya encer ya Hebat, kamu anak yang kreatif sekali! Keren! Biar masih kecil banyak idenya. Maksimalkan Fungsi Otak Kiri dan Kanan Anak Supaya Pandai di Sekolah! Pada dasarnya anak-anak sebagai generasi yang unggul tidak akan tumbuh dengan sendirinya. Mereka sungguh memerlukan lingkungan yang subur yang sengaja diciptakan untuk itu, yang memungkinkan potensi mereka dapat tumbuh dengan optimal. Banyak upaya dilakukan orang tua untuk memaksimalkan fungsi otak buah hatinya. Entah dengan memberikan asupan bergizi, stimulasi, dan sebagainya. Meski begitu, tidak sedikit dari orang tua yang tetap mengeluhkan kelakuan anaknya. Kesuksesan dan kebahagiaan tidak datang dari mengikuti orang lain, tetapi dari cara unik anak sendiri, dengan memimpin di depan, selalu mencari apa yang diinginkan. Dengan demikian, orang tua, disamping guru memegang peran penting untuk menciptakan lingkungan tersebut guna merangsang segenap potensi anak agar dapat berkembang secara maksimal. Sejumlah penelitian mengungkapkan stimulasi otak kanan sejak usia dini membuat seseorang memiliki kecerdasan intele-

ktual, nalar kuat, dan daya tangkap cepat, serta menjadi riang, inovatif, dan tidak mudah stres. Kajian itu juga mengungkap fakta bahwa dua belahan otak manusia berfungsi identik. Otak kiri memiliki kemampuan berpikir analitis yang mengandalkan nalar dan logika, sementara otak kanan berpikir sintesis membentuk konsep, emosi, intuisi, dan imajinasi kreatif. Itu sebabnya dianjurkan untuk memecahkan persoalan dengan metode pemetaan pikiran (mind mapping). Metode ciptaan Tony Buzan tahun 1970-an itu memadukan kemampuan otak kiri yang mengandalkan logika dan otak kanan yang mendorong inovasi. Cara pembelajaran menggunakan gambar, simbol, dan warna seperti ini sangat disukai anak-anak. Ditambah dengan suasana penuh kasih sayang, mau menerima anak sebagaimana adanya, menghargai potensi anak, baik secara kognitif, afektif maupun psikomotorik, semua sungguh merupakan jawaban nyata bagi tumbuhnya generasi unggul di masa yang akan datang. Inilah yang perlu kita persiapkan pada anak-anak guna menyambut era globalisasi. Oleh karena itu, mari kita sebarkan virus mind mapping pada anak-anak Indonesia agar otaknya makin encer dan kreatif

Sinopsis

T

idak akan ada perubahan jika Anda hanya mendengarkan. Meskipun Anda tahu, tetapi jika tidak ada aksi. Maka sama saja dengan tidak tahu apa-apa. Seperti apa Anda memandang kesuksesan? Banyak uang dan tinggal di rumah mewah? Memiliki jabatan tinggi? Atau hal lainnya? Meskipun Anda memiliki uang miliaran dan jabatan tinggi, namun kalau Anda tidak memiliki waktu untuk bicara dengan rekan kerja dan keluarga, itu bukanlah sebuah kesuksesan. Sukses tidak berlaku hanya untuk Anda nikmati sendiri, karena itu kesuksesan seseorang juga dilihat dari sebanyak apa kontribusi kepada lingkungan sekitar yang turut berperan di dalam kesuksesannya. Lima prinsip yang dituliskan di dalam buku ini adalah mengenai Psikologi Kesuksesan yang membahas berbagai kebutuhan mendasar manusia agar bisa sukses. Berikutnya adalah Cara Menghasilkan Uang yang mem-

bahas tentang cara terbaik berbisnis agar Anda bisa sukses. Prinsip ketiga membahas tentang Meningkatkan Jiwa Kepemimpinan yang membahas tentang standar kepemimpinan dan kunci untuk menjadi pemimpin yang sukses. Prinsip keempat adalah Cara Memandang Dunia dengan lebih baik. Anda akan diajak untuk menetapkan nilai dan aturan yang sesuai untuk diri Anda, serta melakukan fokus dan tindakan yang positif. Prinsip terakhir adalah Teknik Memperkuat Tulisan yang membahas bagaimana membuat copywriting yang profesional agar perusahaan atau bisnis Anda semakin sukses. Kelima hal tersebut dibahas dengan bahasa sederhana dan contoh yang aplikatif oleh Mr. Shimada Minoru yang sudah berkarya selama bertahun-tahun di Indonesia. Beliau selalu berpesan untuk menghadapi diri sendiri secara lebih serius sehingga Anda akan mulai melakukan suatu tindakan dan membuat perubahan di dalam hidup.

Judul : Life Is Beautiful New Edition Penulis : Arvan Pradiansyah Harga : Rp 54.800

si Film

Resen

Captain Phillips Sinopsis

H

Sinopsis

B

erbagai kisah mengenai perompak laut mungkin terdengar seperti cerita dongeng untuk beberapa kalangan. Namun pada kenyataannya, walau mungkin tidak sering terdengar lagi, pembajakan kapal yang dilakukan perompal laut masih ada dan menjadi ancaman tersendiri bagi para kapal laut hingga saat ini. Salah satu pembajakan kapal laut yang sering terdengar di awal abad ke 21 adalah pembajakan kapal di Somalia. Sejak tahun 2005 silam, permasalahan pembajakan kapal di pesisir

Somalia telah menjadi ancaman bagi para organisasi internasional karena meningkatnya aksi pembajakan kapal yang dilakukan oleh para perompak di pesisir Somalia tersebut. Insiden pembajakan kapal Maersk Alabama merupakan salah satu insiden yang sempat menjadi sorotan di dalam berbagai kasus pembajakan kapal di Somalia. Diambil berdasarkan kisah nyata, kisah pembajakan kapal kargo ini pun diangkat menjadi film layar lebar yang dibintangi oleh Tom Hanks dengan Paul Greengrass sebagai sutradaranya.

idup itu Indah! Hidup yang indah bukanlah sebuah puisi ataupun ungkapan yang berlebihan. Hidup yang indah bukanlah kata-kata yang dikemas untuk menghibur orang-orang yang kurang beruntung. Hidup yang indah adalah suatu kenyataan, sesuatu yang real, sesuatu yang bisa kita nikmati setiap hariâ₏Œ bahkan setiap saat. Jangan menyamakan hidup yang indah dengan memiliki uang yang banyak. Banyak orang yang memiliki harta yang banyak tapi tidak dapat merasakan keindahan hidup ini. Bagaimana bisa indah kalau hidup senantiasa diwarnai ketakutan, ketidaktenteraman, dan berbagai kecemasan? Bagaimana bisa indah kalau hidup selalu ditandai dengan pertengkaran dan permusuhan? Keindahan hidup sebenarnya tidaklah ditentukan oleh sesuatu itu sendiri

tetapi pada cara memandang, pada JENDELA yang digunakan untuk melihat dunia. Seperti kata pemikir Cina, I Ching, peristiwanya sendiri tidaklah penting. Yang penting adalah bagaimana kita memandang dan memaknai peristiwa tersebut. Melalui buku ini, para pembaca akan diajak untuk melihat ke dalam dan menemui sumber keindahan di dalam diri kita sendiri. Di sini penulis menggunakan gaya bahasa bertutur dan menyajikan banyak cerita dan ilustrasi. Ini karena penulis menyadari sepenuhnya bahwa cerita tidaklah hanya disukai oleh anak-anak tetapi juga oleh orang dewasa seperti kita. Cerita memberikan motivasi dan inspirasi. Bahkan orang bijak sering mengatakan demikian: Manusia sering menolak kebenaran, tetapi tak ada seorang pun yang mampu menolak sebuah cerita.


Xpresi Tips

7 Cara Memancing Ide Bisnis Paling Brilian Jalan-jalan dengan teman atau rekan kerja bisa membuat pola pikir Anda berbeda. Tak hanya itu, Anda juga bisa memanfaatkan jejaring sosial untuk menambah teman bicara. Orang-orang baru tak mengenali Anda secara mendalam. Anda pun harus berpikir kembali untuk menceritakannya secara singkat dan jelas. Kegiatan sederhana ini bisa memancing dan melatih Anda berpikir rinci. Tentu saja, kebiasaan ini dapat melahirkan berbagai gagasan bisnis yang kreatif.

M

enjadi kreatif dan inovatif selalu menjadi salah satu bagian penting dalam berbisnis. Menghasilkan gagasan bisnis tentu bukan hal yang mudah. Belum lagi, gagasan yang bagus belum tentu merupakan ide hebat. Lalu apa bedanya? Dilansir laman Business Insider, Selasa (20/8/2013), gagasan yang bagus sering muncul dan hanya mampu menyelesaikan sejumlah masalah kecil dalam bekerja. Sebaliknya, gagasan yang hebat cenderung jarang muncul dan memerlukan lebih banyak waktu untuk merealisasikannya. Tantangan terbesar untuk menghasilkan berbagai gagasan cemerlang adalah membebaskan diri Anda dari kebiasaan konvensional yang dijalani se-

lama ini. Biarkan pikiran Anda beristirahat saat otak Anda sudah lelah bekerja. Lebih jelasnya, berikut tujuh tips yang bisa membuat Anda memancing lahirnya berbagai gagasan hebat: 1. Sering melakukan observasi Ide cemerlang tak akan datang dengan berdiam diri. Anda harus melatih otak untuk berpikir secara kreatif. Buat jadwal khusus untuk menstimulasi otak Anda untuk berpikir dengan cara yang berbeda. Anda bisa mengamati orang yang tengah berlalu lalang, sikapnya atau kecenderungan yang muncul. Melihatnya akan menghadirkan perspektif dan cara berpikir baru. Hal tersebut bisa memancing berbagai ide baru untuk berbisnis. 2. Banyak bergaul

3. Sering membaca buku Bukan hal yang asing lagi, buku merupakan cara hebat untuk menciptakan berbagai pikiran baru dan menstimulasi munculnya sejumlah inovasi. Membaca buku bisnis atau kisah pengusaha sukses dapat mengaktifkan kemampuan kreatifitas Anda dengan lebih baik. Berbagai pikiran kreatif akan mucul sebagai gagasan bisnis yang cemerlang. 4. Rajin mengeksplorasi situs internet Google memang terkenal memberikan berbagai informasi pada sebagian besar pengguna internet di dunia. Namun jika Anda ingin mendapat gagasan bisnis tak terduga, Anda bisa berpetualang di dunia internet. Dengan begitu, banyak hal dapat ditemukan untuk menstimulasi lahirnya berbagai ide brilian.

5. Membuat catatan harian Merekam isi pikiran, perasaan dan pengalaman hidup, paling baik dilakukan dengan mencatat. Kebiasaan menulis seperti ini juga merupakan cara hebat untuk memancing berbagai ide brilian. Jika Anda belum memilikinya, belum terlambat untuk memulainya saat ini. 6. Meditasi Mendapatkan ide cemerlang saat pikiran sedang kacau tentu sangat sulit. Anda butuh waktu untuk sendiri. Meditasi sejenak bisa membantu Anda menjernihkan pikiran dari bisnis dan tekanan harian yang Anda terima. Dengan bermeditasi Anda bisa menyelesaikan berbagai persoalan dengan lebih tenang. Dua jam setiap minggu bisa membuat berbagai ide hebat mengalir di pikiran Anda. 7. Olahraga teratur Kreativitas lahir dari berbagai kegiatan terstruktur. Olahraga ringan dapat membantu Anda untuk lebih berkonsentrasi. Dengan lebih fokus, Anda bisa menghasilkan ide-ide cemerlang. Seluruh cara tersebut membutuhkan komitmen. Meski banyak waktu dan tenaga yang dikorbankan, keduannya merupakan kunci lahirnya gagasan hebat. Anda hanya perlu memberi waktu dan rehat bagi otak Anda dan tidak memaksanyaberpikir terlalu kelas. Setelah ide-ide hebat berdatangan, sisanya terserah Anda.

Tips Memperbaiki Performa Komputer dengan Fixbee

K

omputer adalah hal yang kini menjadi kebutuhan yang penting bagi sebagian besar orang di zaman modern ini. Berbagai aktivitas kini telah banyak menggunakan komputer, mulai dari perkantoran hingga pedagang. Komputer yang menjadi perangkat yang sangat penting itu pun kadang mengalami masalah baik itu menurunnya performa ataupun kendala-kendala lain yang mengakibatkan proses penyelesaian pekerjaan menjadi terbengkalai. Keadaan yang membuat proses kerja menjadi terhambat sudah sepatutnya dihindari agar pekerjaan tetap berjalan dengan lancar. Oleh karena itu sudah sepantasnya pengguna computer mampu merawat computer dengan baik dan benar agar computer tetap dalam

10 November 2013 I Edisi 92 I Tahun VIII

kondisi prima dan tidak cepat rusak. Karena jika sudah terkenal masalah maka pengguna akan menjadi repot sendiri dan masalah akan berlapislapis. Nah, pada kesempatan inilah kami mencoba untuk membahas tentang Tips Memperbaiki Performa Komputer dengan Fixbee. Adapun caranya adalah sebagai berikut : -Pertama-tama yang dilakukan adalah mendownload terlebih dulu aplikasinya, untuk mendownloadnya bisa di link berikut ini http://fixbee. com/index.html . -Setelah download selesai maka langkah selanjutya install aplikasi tersebut dan jalankan. -Ketika dijalankan maka anda akan melihat tampilan utama aplikasi

Fixbee ini. Di dalam aplikasi itu terdapat 3 tab penting yaitu Disk Optimizer, System CleanUp dan Settings. -Untuk melakukan optimasi hardisk dapat dilakukan dengan memilih tab Disk Optimizer lalu pilih disk mana yang akan di scan. Kemudian klik button Start Scan Now. -Jika telah selesai maka pada aplikasi Fixbee itu akan muncul tampilan hasil performa komputer anda dan terbaca kata Yes di bagian Optimazation Recommended, kemudian klik button Optimize. -Langkah selanjutnya adalah memilih tab menu System CleanUp lalu klik Start scan now. -Jika sudah selesai kemudian klik button Clean Up.

Demikian ulasan dari kami tentang Memperbaiki Performa Komputer dengan Fixbee. Diharapkan setelah menggunakan aplikasi dan menerapkan jalannya fixbee ini maka performa komputer anda dapat berjalan dengan baik lagi, untuk mendapatkan hasil yang optimal sebaiknya lakukanlah hal tersebut secara rutin dan berkala.


Xpresi Tekno

Genius Kenalkan Mouse Sekaligus Power Bank

G

enius memperkenalkan perangkat bernama Energy Mouse. Selain untuk berinteraksi dengan komputer, perangkat ini bisa berfungsi sebagai power bank. Energy Mouse merupakan sebuah mouse dengan resolusi 1200 dpi. Perangkat ini menggunakan teknologi bi-directional 2.4GHz anti interference, sehingga bisa digunakan secara nirkabel hingga jarak 10 meter. Nah, sebagai sebuah power bank, pe-rangkat ini memiliki kapasitas 2700 mAh pada baterai Li-polymer-nya.

Pengisiannya bisa dilakukan melalui interface USB. Tidak perlu khawatir baterai akan habis karena digunakan untuk mengisi daya smartphone atau gadget lain, dalam keterangan resminya Genius mengklaim adanya fitur khusus untuk menyimpan daya untuk operasional mouse. Perangkat dengan kisaran harga 29.9 Dollar AS ini juga dilengkapi lampu indikator untuk power bank. Energy Mouse tersedia dalam empat pilihan warna.

Rekayasa Genetika Cara Terbaik Perangi Kelaparan

T

iga pionir ilmu tanaman transgenik pada 17 Oktober lalu di negara Iowa menerima penghargaan World Food untuk tahun ini. Para pengecam teknologi itu mempertanyakan peran organisme hasil rekayasa genetika dalam memerangi kelaparan dunia. Ketika Maria Dell Chilton memulai karir ilmiahnya pada 1970-an, ia percaya bakteri mikroskopis dan tangkai jagung terlalu jauh berbeda sehingga tidak mungkin bisa bertukar kode genetik. Chilton menemukan bahwa keyakinan-

nya itu salah ketika ia mempelajari infeksi umum pada tanaman, disebut mahkota empedu. Melanjutkan karya ilmuwan Belgia Marc Van Montagu, ia mendapati bahwa benjolan jelek itu terbentuk ketika kuman yang disebut Agrobacterium memasukkan DNA-nya sendiri ke dalam gen sel-sel tanaman. Tanaman itu kemudian memproduksi makanan untuk bakteri itu."Saya sangat terkejut. Saya terpesona. Agrobacterium benarbenar memiliki mekanisme genetika,� ujarnya seperti dilansir voanews.com,

Ahaf (20/10). Chilton bersama Van Montagu dan Rob Fraley serta perusahaan agribisnis Monsanto, segera menyadari bahwa para ilmuwan bisa memanfaatkan mekanisme genetika kecil untuk pemuliaan tanaman yang lebih fleksibel dan lebih tepat dibandingkan sebelumnya.DNA setiap tanaman bagaikan informasi bernilai dari ratusan buku. Di sana terdapat gen untuk produktivitas, rasa, toleransi terhadap cuaca panas, bahkan ciri berbahaya atau beracun. Pemuliaan konvensional meng-

hasilkan keturunan dengan beragam informasi acak dari buku-buku itu, mencakup informasi yang baik dan yang buruk.Tetapi rekayasa genetika dapat memasukkan informasi hanya dari satu halaman buku, katakanlah berupa instruksi untuk menghasilkan protein yang membunuh serangga hama tetapi aman bagi manusia. Hampir semua jagung dan kapas yang ditanam di Amerika mengandung gen jenis itu, mengurangi penggunaan insektisida setidaknya 50 juta kilogram per tahun.Tetapi kritikus mencatat modifikasi lain, menambahkan gen untuk resistensi herbisida, meningkatkan penggunaan pembasmi gulma.Menurut kutipan World Food Prize untuk Chilton, Van Montagu dan Fraley, 17 juta petani di dunia memproduksi tanaman GMO ini pada 2012, lebih dari 90 persen dari mereka adalah petani kecil di negaranegara berkembang. Dikatakan, teknologi itu meningkatkan hasil, mengurangi penggunaan pestisida berbahaya, dan akan menjadi alat kunci untuk memberi makan sekitar sembilan milyar penduduk Bumi menjelang tahun 2050.Hans Herren memenangkan hadiah itu pada 1995 untuk penggunaan metode alami dalam mengenda-likan serangga hama yang mewabah di Afrika. Ia mengatakan, organisme hasil rekayasa genetika bukan cara terbaik memerangi kelaparan.Menurut Herren, dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai dampak kesehatan, lingkungan dan sosial tanaman transgenik yang menyebar dengan cepat ke seluruh dunia.

November 2013 I Edisi 92 I Tahun VIII

11


Surat Nyasar Hi Sahabat Xpresi...Nama Gua Sri Paskah Imelda. Anak SMA N2 Kota Tebing Tinggi. Gua maU Cari Cew/Cow Nih Buat Dijadi’iN Temen Curhat. Yang berMinat Add aZ FB Gua, Chitauruz@ymail.com. Sampai Jumpa di FB Sob...See You Bye bye all... :) by: PasKah +6285923415432 Hai nama gw andika, Gua anak SMAN 2 LHOKSEUMAWE aceh utara, Gw klz 2 ips 2,gw pgen krem salam buat teman2 di sini. Ow ya gw pendatang baru, Bgi yg mw curhat ma aku curhat ja, Mw lwat sms,atau call juga bisa. Makasih Bagi yg mau add gw add ja. ( julianda putra andika) (email:andika_cenut@yahoo.com +6287747707759 Hy surat expressi namaku monica,aku pendatang baru ini :) umurku 16 thn. aku mau bilang sama sahabat ku yang namanya yenni jngn gila marah”dan merajuk tolong di terbitkan ya mksi :) dan satu lagi mau cri teman juga ini smsan aku dari medan mksi ya :D +6287768218474 Hai surat nyasar. ~ Saya mei sekolah FARMASI cuman pengen ngucapin apa kabar dgn guru2 dan teman2 ku SMP :) +6287768324572 Hy. Teman Xpresi nama saya bayu. Saya tinggal d jalan halat. Saya mau nyarik teman yang bisa di aja ngobrol niih. Saya tunggu y sms nya atau telpon ny. Thenk’s Xpresi +6285922019263 Hayy sahabat expresi aqu pendatang bru. aqu ingin brgabung dengan sahabat” expresi. aqu ingin brtanya apa shi arti cinta n kasi syank. +6287713981899 Hay sobat expresi yang makin cakep-cakep abis.. Aq pendatang baru ne,nama aq Siti zuraida sinaga.. Aq krim slm d0nk untuk teman2 ku d’ SMA N.1 TG.PURA Dan seseorang yang ada d’ Jogja.. Miss u forever buat si botak dari Jogja.. ^_^ +6287713823805 Hai surat nyasaraq pendatang barunamaku novi hondro dari SMKN 6 medanaq mau TiSam buat teman” SDku di SD 73 krakatau yg dha lma kagak jumpa :( kita dah berpisah sejak kls 2 SD krn aq indah sklh DERMAWAN,KAQ DITA, KAQ PUTRI, MIRNA , DIKI dan NISA yg skrg dha dijakartaapa kalian msh ingat aku?aku selalu ingat kalian :)tiap lewat SD kita dlu q teringat kenangan singkat kita +6283194616856 Ass. .sahabat Xpresii. nama aku utii di medan,,aku pndtang baru.. pngen promosi nomer nii.. aku.a kelas 1 smk .. yg pengen kenal sms to tlfn ya.. pasti dibales kok. :) +6287869796831 Halo shbta expresi...q anto dri aek knovan,ne,q cma pgen ti2p slam sma dwi rahayu yg lg d akbid mitra husada,bahwasany saya da d mdan ne... +6282368120213 Maaf!!! Aq sering buat salah and suka buat kalian marah:/ q takut, Soalnya q banyak dosa :( Bentar lagi kiamat, Tadi aku liat d tv ada fenomena ulat yg bisa ngomong ! Itu tanda2 hari kiamat. Dan ulatnya ngomong... pucuk...pucuk... pucuk...

12 November 2013 I Edisi 92 I Tahun VIII

pucuk... hahaha :D kErjain yg Lain y0k ......! +6287867371454 Slmat Pagi Surat Nyasar tabloid xpresi Aq pendatang Bru niee Nma aq Maria Tarigan q mw krim slam bat org yg q cinta yaitu Ricky fernando Sinaga Slmat berkrja ya Ttap smngt Dan bat anak SMK PGRI.8 kls.3 AK 3 semakin kompak aj ya.. Tx ya xpresi Tuhan Memberkati :) +6287869287535 Hay aku cinta :) aku pengen kirim” salam nue buat mama ku di sana dn teman2 ku itu aja +6285207008674 Hay shabat expressi, aku vina ATBT,skolah apipsu medan, aku cuma krim salam aja buat temen aku yg nama nya calvin putra siregar. +6287867410687 Kuat ku b’tahan tuk mlawan kjam nya dunia..yg m’buat aq terhempz dlam glap. Pntaskah aq dpt pluk Ksih mu,yg sring tak sdar buat mu meneteskan air mata Dlam sdarku menangis..sdari langkah ku,,terjbak dlm gelap.. Mampukah ku kembali,. ntuk jdi sperti yg engkau inginkan..oh ibu.. +6287769320554 _JOMBLO_ Sbuah sTatUz yg pNuh KEBEBASAN, Bkn sbUah nasIb y6 MENYEDIHKAN, StaTuz y9 jauh dR KEMAKSIATAN, kRn mLm MnGgu tTp SENDIRIAN, Or9 blang j0mbl0 KETinGgalAn jAmaN, TP B6ikU J0MBLO It kEteNangan, j0mblo bkn PRemAn, j0mbl0 j6 bkn pEcuNdang J0MBLO Hny mAKHlux TuHan yg mSh blM Di bRikan PASANGAN.:) +6287867926451 Hay xpresi aq doedoe pndatang bru nee..aq lgi mncri tmen dket ne..spa yg ingin mnjdi tmen dket aq call atw mes k no ne ea..08192005841..tankz ea xpresi. +628192005841 Ass.wr.wb.. Hay surat nyasar :) nama akk chairani akk sekolah di SMK BM APIPSU MEDAN :) akk punya teman akk sayank banget lah sama dia, akk menganggap dia tuh sudah sperti saudara akk sendiri, , namanya adalah ayu sartika, mudah2 an aja akk sama dia berteman bukan hanya dilingkungan skolah saja tapi di luar skolah dan untuk slamanya aminn. .:) mhon doanya yah teman2:;) +6287868471535 Hay surat nyasar, q jenni. Q pndatang bru ni q mw krm slm buat tmn2 12 ipa 1 yg di sma brigjen katamso thanks :* +6287869248917 Hi Surat nyasar,, gaimana kbar teman2 smua,,, aku bagi Motifasi aja ne,, Jadi lah orang Jahat yg Bijak,, Jahat dalam arti, Jahat untk Hal2 yg Positif dan Mengubur hal2 yg Negatif, Thanks,,, +6285276242441 Hey sobat expresi...lagi kangen sama tementemen aku ... “aku kangen kalian bukan karna kita udah gak lama jumpa , tapi karna aku harapa di setiap apa yang aku lakukan itu tetap ada kalian disisiku :D miss you friend” +6287769551547

Ass...hy ne dina d’tebing tinggi mw cri tmn yg mw knl am dina hbngi k’no ne ea.....yes nlfn No mscl.......! +6282360440492 Hay surat nyasar ,aq izma pendang baru d aceh tamiang ,umr aq 17 thn......jika dengan memnyakiti aq bza membuat moe bahagia ,maka laku kn lh... oea tipsam ae?buat orang”yg knl ma izma aj,makazi surat nyasar? +6281933256532 MeQOom :) hay teman_teman tabloid expresi . . . . saiya pndtng bAru nie... nma saiya yAnti,sya dri skolah SMK BUDISATRYA MEDAN,sya cma pngen cri tman wat xmx_an, truz sklian mao crhat gtuch Ayo smangt truzzz, +6287768550183 hay shbt Xpresi....nm q lidya di medan,titip slm ea buat tmn ynk ada di baserah terutama yolla,dilla,siti,ijul,ijun,n angga.slm kan ea sobat :) +6285760977223 Ketika tawamu tak “seputih bulu domba” tetaplah miliki “hati sbagai hamba” saAT Sedihmu tak kunjung seperti “pelangi sehabis hujan” TeTAPlah percaya bahwa semua kn “indah pd waktunya” & begitu kau berkata “BAPA SENTUH HATIKU” kau akn tau bAhwa YESUS adlh “Bapa yg Kekal” dan percya lh bhwa Yesus adlh stu2 ny juru slmat yg abadi.., by alumni SMA 3TUNGGAL Tanjungbalai Angk. 2012 XII IPS-1..,, slm bwt smua guru” q d sana terkhusus bwt my mom H. Lumbanraja.,, ttp slalu doa kn kami anak” mu,,, dlm pendidikan mw pun pkrjaan nxa.,,,“ Always Love You “ +6287818816467 Met mlm..Aq mw ngucapin HBD bwt abg aq yg brnama aris setiansyah. Moga sukses sllu y bg I miss u bwt qw yg ad d’sna. makasih~ +6285658210314 Q mncintaimu apa adanya.. Bkn krna ada Apanya.. Mka dri tu prcyalah pda q.. Hnya dirimu yg q syg.. Bgtu byk lelaki dhadapnku.. Tpi hnya dirimu yg trpatri dihatiku.. Tahukah dirimu.. Dlm diam disaat mnjelang tdur n pgi mnyapa?? Q brdo’a agr cnta kta abadi slmanya.. Puisi ni khusus q btw utk org yg q syg.. Slam syg.. Candy.. +6287768452109 Asalamualaikum..hai temen” aku dwi dari SMK Farmasi APIPSU, mau krim salam buat orang yg tersayang “Nassiv Arshavin” buat kalian yg pngen knal sma aku, boleh di sms ke no aku ini..:) +6287869971222 As’s.wr.wb. . hai shbt xpresi,aq pndtang baru i,nam aq agus,aq tngal di RANTAU PRAPAT,aq mw titip smlm buat smw yg knal sm aq, ,oea q jg mw cr tmen ni,lw mw sms/call z ke n0mr in,di tunggu ya :) +6287807580621 Helo guys, aku tiwi hartanti and friend ..Mau titip salam buat orang2 yg kami sayank..* thanks +6287768992669 Salam sahabat expresi, saya pendatang baru ni. Nama aku Chila. Baru tamat kelas 3 SMA. Saya mau cari teman dan memperbanyak sahabat. Bila berminat, sms aja ya.. :) +6287869289386


Xpresi Nyasar

Hy guys. .Nama aq ryan br ginting,dan alamat aq Di rimbun baru,Aku mw krm salam sma tmn2 aq yg ad d’PKMI 1 Kutalimbaru,dn tmn aq yg ad di aceh juga ya? +6285277844358 Hay shbt expresi...,sya pndatang baru, nama sya iman dri SMK Penerbangan SPAN medan... slam knal y.... yg mw knalan sms / tweet aj ¡iman§ptr9..... +6285762085331 Hy surat nyasar ... nama q pamela putri dr SMA N.1 LINTONGNIHUTA ,UMUR 17 thn . Q pndtang baru mau gabung d surat nyasar neh .. Aq maw cari tman2 baru ,sklian juga titip salam buat semua tman2 kla 3 IPA SMA lintong :) :) +6287767241700 Hay surat nyasar aq hewila ht.baratz,aq ne nak bru...aq cma mw cri tmn bru... tisam bwt fernand0&rae ea.... +6287891215794 Tk smua yg kau fikir bnr.. bnr adany d mata org lain..jk kau fikir itu dalh prbuatan baik & mulia dimatamu blm tntu org menganggp tu baik sprti yg kau byangkan krna kt tak saling memahami +6285359899061 “Semakin sempurna seseorang tersebut maka semakin banyak pula kekurangannya dan semakin sederhana seseorang tersebut maka semakin sedikit pula kekurangannya”. Sekedar tips dari manusia yang sedang pusing dengan TA nya. Fb/Tw: ferdi170790@yahoo.com thanks to admin +6287769449777 Bahagia Bukan Berarti Segala-gala Nya Sempurna Tanpa Memiliki Cinta Dan Kasih Sayang Tetapi,Bahagia Adalah Ketika Kamu Memutuskan Untuk Melihat Segala Sesuatu Secara Sempurna Dan Penuh Dengan Cinta Serta Kasih Sayang :) +6287767375950 Assalamualaikum , haii tabloit exprezZ nma ku anita ash¡Fa Qumairoh azhra aq seorng pelajar SMA ponpes Demak , .Aq pngen cri tmen ne :) tp bkan cri musuh . . Hhehe ;) yg pngen knln tele aja k n0pe qu ato ke twitter : @anitalovelylol1 blog9er : anita asquaza fb : sma kyak nma asli yg d atas . . Makasih :) (}{) wasalamualaikum . . . +6285206137458 Apalah Arti Keindahan Wajah Jika Tak Memiliki Keindahan Hati ? All :(*) +6287769634683 Hay sobt xperesi.aq kngen sma ibu q.aq hrap ibu ku jga kngen sm aq,semenjak aq merantau aq gx d lg dngeri kbr ibu. Aq kngen +6287768028738 Pny päcär 1 “waJar” pny päcär 2 “kurAn9 aJar” bLum pUnyä päcär “bläJAr” biLa puTus “dikeJär” biLa sEliN9kuh “diCäkär” buäT peMbåcä “äpä käßär”? +6287766152919 Kirim salam buat kakak ku yan9 kerja di pabrik mebel ea sem0ga sehat selalu dan selau ingat dgan kami semua ~yanti & bawel~ +6287713801881

Ass..wr..wb..!! Baru dpt info,mf kalo telat ngabarinya, Iran pkl 17.45 azan mahrib mndapat gempa dan gerhana, dan sesuatu bunyi ganjil lgi sprti ngauman enti adzan dan shalat. Siapa yg membaca ini tlong sbarkan ke- 20 orng, jngan DIPERMAINKAN! lillahita’ala demi Allah ini amanah N U dlam wktu 12 jam gak dikirim musibah berupa di benci orng, akn sial smpai umur 48 thn, dan KEMALUANNYA mbusuk! Apa susahnya kita ngabarin hanya saling mengingatkan +6287807573668 Hay sahabat xpresi...:) Nama Qu rinaldi sekOlah sMk n1 sibOlGa Qu mw titip salaM nie buat teMan/sahabat Qu aNjas Yang ada di Jakarta q Anak klaz 11 perkantoran hidup SMK 1 SBG +6282364292133 Hai Sobat Tabloid Nyasar . Namaku Mitha alamatku di psr 7 tembung . Lg nyari teman SMS ne !! Kalau Minat jd temanku sms aja ke no ini Untuk tabloid nyasar Sukses Selalu yaa :) Terimakasih . +6285762610450 Hay shbat ekspresi , nma ku lelan , akku skolah d Smk teladan binjai. aku pndtang bru , cman mw blg mama akku cpat cmbuh ea , akku slalu syank n mnjaga mama .. I LOVE YOU MAMA AKKU:* +6287713866650 Mungkin ku memang tak tau apa slahku. Mungkin juga aku memang tak menyadari bahwa aku slah pdamu. Atw mungkin aku memang tak mengerti apa yg kau mau. Tpi aku minta maaf yg sebesar2.a ntk mu, aku sayang kamu. Mungkin aku bagaikn seseorg yg dpat mlihat semut di lautan, tetapi tak dpat mlihat gajah di pelupuk mata.Sayang, maafkn aku nd tlong berilah alsn knapa kau mrah padaku..Samuel Desprada +6285920324934 Hai... Sahabat xpressi, aq Maulida kholida, pendatang baru ne,, skul SMA Inti Nusantara,, mw kirim” slam aza lha, buat semua alumni SD R.A.KARTINI, Angkatan 2007/2008... makaciih.., shbt xpresi... :) +6282165190516 “Jika esok pagi menjelang, akan aku tantang matahari yang terbangun dari tidur lelap nya... Karena hanya sinar aku lah yang kelak akan mampu menghangatkan dingin nya hatimu..” +6285920307259 hayy tman xpresi,aq pndatang bru ni aq punya sbuah kata bijak “Kadang yg trindah bkanlh yg trbaik,Yang smpurna tk sllu mnjnjikan kbhagiaan,Namun jka kta dpt mnrima kkurangan mnjdi klbihan Itulah Kesempurnaan yg sebenarnya”,, by ika... ttip salamnya buad xmua tmn2 aq,kluarga q ,,,thx +6287767755889 heLLo guys..? aku SHELLA AMANDA PANGGABEAN.^,^ anak SMKN 1 sib0lga.. d’sini aku mau melemparkan salam buad sahabat & saudara disana..:> Gag lupa sama kakak di sana..:) titip salam buad sanak keluarga trcinta. Buad’surat nyasar’ m0ga mkin afdol & update...:D .Salam man!ez sheLLa +6285920272842

heLLo guys..? aku SHELLA AMANDA PANGGABEAN.^,^ anak SMKN 1 sib0lga.. d’sini aku mau melemparkan salam buad sahabat & saudara disana..:> Gag lupa sama kakak di sana..:) titip salam buad sanak keluarga trcinta. Buad’surat nyasar’ m0ga mkin afdol & update...:D .Salam man!ez sheLLa +6285920272842 SyaaLoom ... Hy sobAT expresi, Akuu pendaTang bru niee . Nama ku Lia di SiboLGa . Akuu mau Tisam sama Sobat SPC ku di SMK N 1 Sibolga di kelas XI-AP . # Trim’s :) +6287767513362 Hai...ekpresi si tabloid,ne aku adi cahyono,skolah di MAS Perg. CIPTA(X-AMRU BIN ASH) ku cma mo blang: “kemenangan mungkin tak mau untuk ke gagalan,namun kegagalan dapat mau utk kemenangan.” itu dlu ea,salam adi bwat sobat ekspresi. +6285977359632 Hyy,,,surat nyasar,,,aku diva,,sekolah dia sdm 01 medan,,,lgi bingung nii uts nya susah bangett Hadehhh +6285207872807 Hai sahabat xpresi , my name is Muhammad Yahya Pasaribu saya mahasiswa Teknik Sipil Usu , suntuk nih makanya nyasar ke Surat Nyasar , wkwkwk , buat yg mau kenal sama aku sms ajayaa;) +6283199226396 Megoom taploit surat nyasar Nama agu Atika Hutagalung SMK N 1sibolga. tika mau nitip salam rindu ne buat genk prapupakzz sahabat sahabat tika yg ada di sibolga sarah agustina iradar sandi ayu puan maharani , nur khodizah,sinta uspita,adek yuliani,asni hizrah +6285920322368 Hai aku raras mau kirim2 salam ne buat temen temen aku yg ada d panca budi medan smoga shat slalu yea dan aku pendatang br ne +6285761948115 Hy sobat xpresi .. :) Gw pndatang br ne .. Nama gw ira azlia, gw kelas XI ipa 1 SMA swasta syamsuddhuha .. Manu nitip salam aja at kawan2 gw yg ada d LSM .. +6285207476097 mezq0em. . .:) Hay tmen_tmen taboid expresi,sya pndatng bru ..nma sya ERLISA N0VI YANTI,Saya dri skolh SMK HRAPAN BANGSA KUALA :) pngen pnya tmen mez’n zha,n0e pe qhu +6287763603258

Buat teman-teman yang mau kirim-

kirim salam, kirim kata-kata moti-

vasi, atau ucapan selamat kesiapa saja tinggal kirimkan saja ke SURAT NYASAR tabloid xpresi.

caranya mudah, tinggal sms saja ke nomor ini

087869801990 di tunggu ya..

November 2013 I Edisi 92 I Tahun VIII 13


Xpresi Cerpen

Dia Ibuku Rike Yance sitorus SMA Methodist Rantauprapat

Hari ini hujan begitu lebat membasahi tanah kering Korea. Kim Niel yang sudah dari tadi berdiri di sebuah warung makan hendak menuju sekolah menunggu berhentinya hujan. Perlahanpercikan air hujan mengenai sepatu kets yang dipakainya. Ini adalah hujan pertama setelah kemarau yang melanda negeri kimchi itu selama empat bulan. Jenuh mulai menyerang lelaki 17 tahun tersebut. Dengan langkah seribu, dia beranjak menembus setiap rintik hujan menuju sekolah yang berjarak 100 meter dari tempatnya tadi. Kemeja putih berlengan pendek dipadu dengan celana merah kotak-kotak dan rompi berwarna merah kini menjadi basah. Sesampainya di sekolah, Niel langsung menuju locker miliknya dan berganti pakaian. Pakaian seragam yang basah ia jemur di atas pohon-pohon kecil yang tumbuh di belakang sekolah. “ Pagi, Niel! ” sapa Kwon Nana yang muncul dari balik pintu seraya menghampiri Kyeli. “ Pagi! “ balas Niel singkat. “ Apa ini? Kim Dani. Siapa dia? “ tanya Nana ingin tahu. Kim Niel mengangkat kedua bahunya lalu berkata, “ Entahlah.” Sore itu, Niel ditemani Nana pergi ke rumah sakit menjenguk ibunya yang sudah seminggu dirawat. Dua hari yang lalu, dokter Lee memanggil Niel ke ruangannya. Ia menjelaskan penyakit yang diderita ibu Niel. Sesak menyelimuti perasaan Niel saat mendengar penjelasan sang dokter. Dokter Lee memvonis ibu Niel terkena leukimia dan hanya dapat bertahan sampai tiga minggu. “ Ibu Choi akan kami beri terapi radiasi dan transfusi darah merah secara rutin untuk menghambat pertumbuhan sel darah merah secara berlebihan. Ini hanya pengobatan sementara menunggu adanya pendonor sumsum tulang.” Kim Niel hanya termenung saja melihat sang ibu yang terbaring lemah tak berdaya. “ Ibu, apa yang harus kulakukan? Jangan tinggalkan aku, bu! Bertahanlah untukku!” bisik Niel dengan tangis yang tertahan. Nana yang duduk di samping Niel mencoba untuk menenangkan kekasihnya itu. Dalam perjalanan pulang, Niel dan Nana hanya membisu. Suasana dingin begitu menusuk kesetiap lapisan kulit. Sesampai di persimpangan jalan, Nana membuka pembicaraan. “ Kim Niel, jangan menangis lagi ya. Aku akan membantumu mencari

14 November 2013 I Edisi 92 I Tahun VIII

pendonor.” Senyum kecil terpancar dari bibir Niel. “ Nana, terimakasih!” *** Sudah seharian Kim Niel dan Kwon Nana mencari pendonor. Namun tidak ada hasil. “ Apa yang harus kulakukan lagi?” keluh Niel putus asa. “ Sabar Niel.” kata Nana mencoba menenangkan sahabatnya. “ Aku yang akan menjadi pendonornya.” jawab Niel tiba-tiba. Nana merasa terkejut mendengar pernyataan Niel. “ Apa kau serius, Niel? ” “ Ya. Aku ingin ibuku tetap hidup.” tekad Niel yang sudah bulat. Nana hanya terdiam mendengar jawaban Niel. Dia sangat mengerti Niel, orang yang selalu menepati perkataan sendiri. sepulang sekolah, Niel langsung pergi ke rumah sakit untuk melihat hasil testnya. “ Kim Niel,” panggil seseorang. Niel mencari sosok yang memanggilnya dan mendapatkan seorang suster yang sedang menghampirinya. “ Apakah anda Kim Niel? “ tanya suster tersebut. “ Ya, ada apa sus? “ “ Ini ada titipan dokter Lee. Dia berpesan agar anda menunggu di ruangannya. Saat ini dokter Lee sedang melakukan operasi.” jelas suster. “ Oh, baiklah. Terima kasih sus. Permisi.” Niel melangkahkan kakinya menuju ruangan sang dokter. Sudah setengah jam menunggu, sang dokter belum juga hadir. Amplop yang di tangannya perlahanlahan dibuka. Mata Niel tertancap pada tulisan 20%. Detak jantung Niel langsung berdetak kencang. Sekilas dia berkata, “ aku dan ibuku memiliki DNA yang berbeda.” Dari balik pintu, muncul dokter Lee. Melihat raut wajah Niel, dokter Lee sudah dapat mengerti. “ Maaf membuat anda menunggu lama.“ kata dokter membuka pembicaraan. Niel hanya membisu. Melihat tak ada respon dari Niel, dokter Lee lalu berkata, “ Sebenarnya, saya juga merasa terkejut melihat hasil testnya. Saat itu saya berpikir bahwa saya salah melakukannya. Saya coba lagi, tetapi hasilnya tetap sama saja. Sebaiknya anda tenang, karena hal ini bisa saj terjadi dalam suatu keluarga. Mengenai soal tranplantasi tersebut kami sedang berusaha. Kami sudah meyebarkan selembaran kertas dan bekerja sama dengan rumah sakit lain untuk mem-

bantu mencari pendonor.” Lalu niel berdiri dan membungkukkan badan serta berkata,” terima kasih banyak dokter Lee. Saya permisi.” Niel melangkah keluar ruangan. di rumah sakit, Kwon Nana tidak melihat Niel. Di ruangan ibu choi juga tidak ada. Nana khawatir terjadi sesuatu pada kekasihnya itu. Nana mencari ke setiap bagian di rumah sakit. Tiba-tiba, mata Nana terhenti pada sosok tubuh seorang lelaki yang sedang duduk di atas kursi yang terletak di tengah-tengah taman rumah sakit. Nana merasa lega dan menghampiri Niel. Dengan nafas terengah-engah, Nana duduk di samping Niel. “ Nana,” panggil Niel “ Hah?” “ Apa DNAmu sama dengan ibumu?” sebentar Nana menenangkan dirinya lalu berkata,” Ya, itu sudah pasti. Pertanyaanmu aneh Niel. Dalam hubungan darah itu, DNA itu sudah pasti sama, kecuali dia itu diadopsi atau sebagainya. Kenapa?” “ Tidak apa-apa,” jawab Niel. Air mata Niel tiba-tiba berlinang. Nana merasa bingung dengan apa yang terjadi. “ Apa kau baik-baik saja Niel?” Tibatiba Niel merangkul tubuh Nana. “ Menangislah.” Kata Nana sambil menepuk-nepuk pundak Niel. *** Hari Jumat tepat jam 08.00, ibu Niel meninggal dunia dalam operasi. Niel merasa dunia seakan runtuh. Proses pemakaman berjalan dengan hikmat dan haru. Nana mencoba menegarkan kekasihnya itu. Dua bulan setelah kematian sang ibu, kehidupan Niel semakin membaik. Dia mulai dapat mengikhlaskan kepergian sang ibu. Disusunnya dengan rapi barang-barang ibunya. Di dalam sebuah laci, dia menemukan sebuah kotak berwarna kuning. Dalam kotak, Niel melihat banyak surat. Di bukanya satupersatu sampai dia membaca sebuah surat dari ibu untuk dirinya. Buat Anakku Tersayang, Kim Niel Mungkin pada saat kau membaca ini, ibu sudah tidak ada lagi. Anakku, ada sesuatu hal yang ingin ibu sampaikan. Ibu minta maaf sebab ibu tidak dapat mengatakan ini secara langsung kepadamu itu karena ibu takut kehilanganmu. Sebenarnya, ibu bukanlah ibu yang melahirkan kamu. Walau begitu, ibu sangat menyayangimu. Namamu yang

sebenarnya adalah Kim Dani. Nama itu adalah pemberian dari ibu yang melahirkanmu. Datanglah ke alamat ini : Jl. Jeju nomor 23. Semoga kamu dapat menemukan ibumu, nak. Ibumu adalah ibu yang cantik. Namanya Im Yoona. Kim Niel merasa dunia seakan gelap. Kemudian dia teringat dengan nama Kim Dani yang dia temukan, testDNA yang berbeda, dan perkataan Nana tentang adopsi. Semua menghantui pikiran Niel. “ aku bukan anak ibuku!” teriak Niel histeris. Niel berlari cepat keluar rumah. Dinyalakan motornya dan pergi mencari alamat tersebut. Setiap yang lewat dia tanyai. Akhirnya Niel menemukan alamat tersebut. “ rumah sakit jiwa?” tanya Niel merasa bingung. Lalu dia melangkahkan kakinya. Dengan bantuan dokter, dia dapat menemukan orang yang dicarinya. Rasanya seluruh tubuhnya remuk. Tak dapat dia tahan tangisnya. Niel berlari keluar secepat mungkin lalu mengendarai motornya. Malam hari, Niel mendatangi rumah Nana. Ia menceritakan tentang dirinya yang sebenarnya. “ Ibuku adalah seorang yang keterbelakangan jiwa,” kata Niel penuh sedih dan penyesalan. Nana dapat mengerti dia. Siapa dan bagaimana latar belakang keluarga kekasihnya, Nana tidak peduli. Dia sangat menghargai Niel. Keesokan hari, Niel membawa Nana menemui ibunya. Niel tidak memiliki keberanian untuk menemui sang ibu. Nana mencoba membantu Niel. Niel mencoba mendekati sang ibu. Ada rasa takut dalam dirinya. Jarak antara anak dan ibu ini semakin dekat. Sang ibu yang duduk termenung di atas kursi menatap Niel. Niel mencoba memberanikan diri. “ Ibu,” panggil Niel pertama kali pada wanita itu. Wanita itu hanya terdiam sambil memperhatikan Niel. “ Aku anakmu, Kim Dani, ibu,” lanjut Niel. “ Anakku...anakku...” ucap ibu Im berulang-ulang sambil mengelus-elus kepala putranya. Niel dan Nana mulai dapat memahami ibu Im. Setiap hari sepulang sekolah, Niel dan Nana akan pergi ke rumah sakit menjenguk sang ibu. Nana merasa tersentuh dengan sikap kekasihnya yang begitu sayang pada ibunya sekalipun sang ibu memiliki gangguan jiwa. “ Aku beruntung memiliki orang sepertimu.” bisik Nana pelan.


Mei 2012 I Edisi 74 I Tahun VII


Xpresi Kampus

STIE IBBI Gelar Pelantikan HMJA dan HMJM

M

edio Oktober yang lalu, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) IBBI mengadakan pelantikan pengurus baru himpunan mahasiswa jurusan akuntansi (HMJA) dan himpunan mahasiswa jurusan manajemen (HMJM) yang bertempat di Hall IBBI jl. Sei Deli No. 18 Medan. Acara yang dihadiri oleh ratusan mahasiswa STIE IBBI dan undangan ini diawali dengan kata sambutan oleh Prof. Dr. Amrin Fauzi selaku Ketua STIE IBBI. Ketika seseorang sudah masuk kedalam sebuah wadah yakni organisasi khususnya organisasi atau unit kegiatan di kampus, harus bisa menyumbangkan ide dan merangkul semua mahasiswa untuk mengembangkan ide tersebut kedalam sebuah kerangka kerja yang baik, tutur Prof. Dr. Amrin Fauzi. Wakil Ketua I STIE IBBI, Andriasan Sudarso, S.Mn, MM dalam kata sambutannya mengatakan bahwa kepengurusan yang baru baik HMJA maupun HMJM harus bisa berkerja sama dalam berorganisasi. Jika kepengurusan yang lama sudah bagus dalam mengemban tugasnya, maka kepengurusan yang baru harus lebih lagi meningkatkan kualitas dari aktivitas kegiatannya, kata Andriasan Sudarso, S.Mn, MM. Wakil Ketua III STIE IBBI, Lusiah, S.E, MM saat memberikan kata sambutan pada acara pelantikan tersebut mengatakan bahwa kepengurusan yang baru HMJA dan HMJM STIE IBBI harus tetap

Foto bersama pejabat STIE, Pembina HMJA dan HMJM dengan ketua pengurus HMJ yang baru

berkerja secara harmonis dan menciptakan kegiatan-kegiatan yang baru dan berkualitas bagi mahasiswa, agar mahasiswa mendapatkan sebuah pembelajaran yang bermanfaat dari kegiatan tersebut. Sebagai anggota baru harus senantiasa belajar dan terus mencari tahu bagaimana melakukan hal-hal yang terbaik untuk sebuah kegiatan yang

berorientasi kepada mahasiswa, tutur Lusiah, S.E, MM. Hotman Anthonius Pasaribu selaku Gubernur BEM STIE IBBI dalam kata sambutannya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pengurus HMJA dan HMJM yang lama yang telah memberikan kinerja terbaik selama masa kerja mereka. Kepengurusan yang baru harus lebih lagi meningkatkan mutu, kebersamaan dan komitmen dalam mengemban tugas dan tanggung jawab ini, kata Hotman. Adapun struktur kepengurusan yang baru dari HMJA STIE IBBI yakni Ketua, Roy Fernando Situmorang. Wakil Ketua, Dedi Dermawan. Sekretaris, Oktaviani Tania. Wakil Sekretaris, Nurul Amalia. Bendahara, Nan Deni. Wakil Bendahara, Frenti Novika Br Sembiring. Divisi Publikasi, Serli Apriayu (Koordinator), Nuvy Rizky Ananda, Elisabeth Dastanta Situngkir, dan Amelinda Cheria. Divisi Logistik,

pengurus baru HMJA

Pengurus baru HMJM

16 November 2013 I Edisi 92 I Tahun VIII

Dodi Lamsihar Sitompul (Koordinator), Lenny Tobing, dan Zulaiha lubis. Divisi Acara, Francesca Farianne (Koordinator), Cynthia Aulia, Rika Ardiyani, Ester Theodora. Divisi Dokumentasi, Debbie (Koordinator), Roza Febrianti, Khairati Husna, dan Herman Nito Baene. Divisi Perlengkapan dan Peralatan, Endang Sri Rezeki Manullang (Koordinator), Mayliani Yolanda Barus, Yosi Meisi Sitorus, Efriokta Yitzak Baren Sirait, dan Aditiyah Pratama. Sedangkan struktur kepengurusan yang baru dari HMJM STIE IBBI yakni Ketua, Hadi Nugraha. Wakil ketua, Anrio Martin. Sekretaris, Cita Ningsih. Bendahara, Fenisa Lourence. Divisi litbang, Sheren, Maharani, Dedi, Dan Fanny. Divisi humas, Dian, Desiana, Ojak, Samuel, Lambok, Rudy, Dan Arif. Divisi Diklar, Ria Jeni, Fifi, Ella, dan Mida. Divisi Infokom, Andri, Vita, Robertha, Elly, Dan Dina.


UKM KEMPA STIE-STMIK IBBI Adakan Bakti Sosial ke Tanah Karo

Xpresi Kampus

P

ada minggu (15/9) peristiwa pertama kalinya Gunung Sinabung meletus sekitar pukul 03.00 dini hari silam. Membuat masyarakat yang berada di lereng Gunung Sinabung harus mengungsi untuk beberapa waktu. Mahasiswa STIE-STMIK IBBI yang berasal dari Unit Kegiatan Mahasiswa KESATUAN MAHASISWA PECINTA ALAM IBBI (KEMPA –IBBI) terpanggil untuk melakukan aksi sosial. Zunaidi Margolang selaku Ketua KEMPA – IBBI minggu malam (21/9) “ Kami telah menyalurkan bantuan diPosko Gedung Serbaguna berupa : masker, obat – obatan, susu balita dan berbagai kebutuhan lainya, Yang merupakan amanah dan hasil dari sumbangan suka rela mahasiswa – mahasiswi STIE-STMIK IBBI di Kampus Diamond IBBI dan Kampus Emerald IBBI. Beberapa titik pengungsian Sinabung diantara lain Gedung Serbaguna dan di Jambur Sempakata, Badan Penggurus Harian KEMPA – IBBI turut serta membantu dan menghibur adik – adik yang berada di pengungsian sampai dua hari kedepan”,Tutur Zunaidi. Maida br.Damanik salah satu warga Desa Jeraya Kecamatan Simpang Empat yang berada di Posko Gedung Diklat yang kami ketemui mengatakan “Pasca erupsi Sinabung kami tidak hanya sedih tetapi juga terauma saat letusan itu, terutama anak – anak kecil. Walupun tidak sehebat letusan tahun 2010 silam. Saat ini kami menggalami gagal panen dan tidak bisa beraktifitas seperti biasa, dikarenakan Gunung Sinabung terus mengeluarkan asap tebal bercampur abu vulkanik diwilayah kampung kami yang berdekatan dengan Gunung Sinabung. Sudah seminggu kami di penggungsian

ini menunggu status Gunung Sinabung membaik. Tetapi dengan kedatangan kalian dari mahasiswa – mahasiswi IBBI kesini, kami sangat berterima kasih dengan bantuan yang kalian berikan yang dapat meringankan kebutuhan dan menghibur kami selama di posko ini”.

Tutur ibu maida. Marilah kita doakan bersamasama kondisi Gunung Sinabung membaik. Dimana kita ketahui pada selasa(16/10) terjadi lagi erupsi gunung sinabung menurut Pengamatan Badan Vulkanologi dan Mitigasi Ben-

cana Geologi di Jl. Kiras Bangun, Gg Kayu, Desa Ndokum Siroga,Kec. Simpang Empat, Kab. Karo. Untuk jalur pendakian dan warga yang berada 2 km dari kawah bisa menjauhi area untuk mewaspadai adanya letusan. (Peterson Manurung).

Pelantikan Pengurus Baru UKM PKM STIE-STMIK IBBI

J

umat, (25/10) Unit Kegiatan Mahasiswa Persatuan Mahasiswa Kristen (UKM-PMK) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STIE-STMIK) IBBI menggelar pelantikan kepengurusan baru yang dilaksanakan di Kampus Diamond Jl. Sei Deli No. 18 Medan. Acara pelantikan tersebut diawali dengan kata sambutan yang dibawakan oleh Wakil Ketua III STIE IBBI, Lusiah, S.E.,M.M. Dalam kata sambutannya Lusiah, S.E.,M.M. mengatakan bahwa kepengurusan PMK yang baru harus bisa menjadi contoh yang baik kepada seluruh mahasiswa/i IBBI. “Sebab ketika orang-orang yang berada didalam organisasi saat menjalankan perannya dengan baik serta konsisten, maka mahasiswa yang lain bisa mencontoh tindakan yang baik serta belajar dari orang-orang yang berada didalam organisasi tersebut,” tutur Lusiah, S.E.,M.M. Fery Nando,S.E., M.AP selaku pembina PMK

dalam kata sambutannya mengatakan bahwa kepengurusan baru harus lebih solid lagi dan lebih meningkatkan rasa kebersamaan. Kepengurusan yang baru harus banyak belajar dari pengalaman terbaik dari kepengurusan yang lama tentunya. Hal ini akan menghasilkan sebuah dampak positif yang sangat baik bagi seluruh mahasiswa. Dalam kata sambutannya, Salmon A. Nasution selaku Ketua PMK yang baru periode 2013/2014 menyampaikan rasa terima kasih yang sebesarbesarnya kepada seluruh mahasiswa, Pembina PMK, dan Wakil Ketua III STIE IBBI yang telah memberikan kepercayaan kepada dirinya untuk dapat memimpin UKM PMK ini. “Dengan dilantiknya kepengurusan baru ini, maka pekerjaan besar telah menunggu kita, dan kita harus semangat,” kata Salmon. Acara pelantikan ini diakhiri dengan penyerahan surat keputusan yang diberikan Lusiah, S.E.,M.M. selaku Wakil Ketua III STIE IBBI kepada Badan Pengurus Harian (BPH) PMK IBBI.

November 2013 I Edisi 92 I Tahun VIII 17


Xpresi Puisi

Perubahan Karenamu Agus Zainal SMAN 3 Sibolga XII IPA 2 Cinta Sejati... Luka karena cinta bukan berarti mundur dari segalanya Saat kita tersakiti... Itulah awal dari perubahan sesungguhnya Saat ku gundah dan ia datang secara tiba-tiba di sisiku Ia datang bagaikan bidadari... Ia bawa perubahan... Hingga oleh karenanya akupun berubah menjadi pribadi yang kokoh dan tegar Dan oleh karenanya pula akupun menjadi sang juara Dialah semangatku... Kan ku lindungi dia agar dia menjadi bidadariku selamanya Bukan hanya di dunia,tetapi juga menjadi bidadari di surgaku nantinya...

Ayah Dedi Dermawan D3 Akuntansi Perpajakan Semester V STIE IBBI Ayah Sejuta Harapan ku goreskan dikertas suci yang tak benoda Demi sejuta angan dan cita-cita yang ingin ku raih Aku berharap , jika suatu nanti, angan dan seluruh impian q terwujub semua akan q persembahkan untuk mu seorang Ayah Ingin Ku lewati jika kelak ku berhasil nanti bersamamu.. Namun kau begitu dan terlalu cepat Meninggalkan ku Sendiri .. Ayah,, Aku selalu merindukanmu,, Tiada lelah ku merindukanmu Ayah.. Sampai kapan pun aku merindukanmu.. ku ingin Kau merasakan Keberhasilan ku nanti.. Ayah.. I Never alone , if you with you ..

Ayah Rani Saragih XII IPA Tamansiswa Tapian Dolok Ayah..... Engkau begitu sempurna di mata aku, maafkan aku yang tak pernah mendengarkan mu selama ini. Membuat mu kecewa maupun marah. Ayah.... Maafkan aku tidak bisa menjadi anak yang baik, maafkan aku yang sering melawan mu. Aku berjanji akan jadi anak yang baik, dan aku akan buat ayah bangga kepada ku. Aku sayang ayah

18 November 2013 I Edisi 92 I Tahun VIII

Ingin Bersamamu

Ingin Bersamamu Erika Zhou XI-IPS Perg.Swasta Gajah Mada Binjai

NURSAINI X_PM SMK N 1 Sibolga Aku tak perna ingin melupakan dirimu apa lagi benci sekian masa sekian cerita telah kita lewati suka dan duka bersama Sungguh berat untukaku lupakan sangat tak mungkin untuk benci karna kau sangat berkesan karna kau sangat mendalam Percayalah kekasihku hanya satu kau kasihku dan hanya satu inginku hidup bersama denganmu

Kenangan Terindah Rudy Susanto XII-IPS SMA Swasta R.A.Kartini Sei Rampah, Sergai

Angan yang jauh terbang melayang Menghimpit kalbu dalam kerinduan Memicu hati dalam keresahan Di mana kah aku berada Hayal ku jauh di ke seberang sana Sesosok tubuh yg slalu hadir dlm...remang malam Ku tau engkau lelah Ku tau engkau resah Menanti ku dalm kegelisahan Dengar lah bisikan hati ku Dengar lah suara rintihan kerinduan ku Ku pasti kembali untuk mu Ku pasti datang menjemput asmara mu Mari kita rajut benang asmara kita Untuk menjadi sutra cinta kita~

Dirimu Sonia Dianarlina Telambanua 3 ADM 1 SMK Negeri 1 Padangsidimpuan

Kemarin, kau masih bersamaku... Ada senyum,ada tawa mu,dan ada bahagia di antara kita... Melukiskan masa terindah di antara kita... Sekarang, kau entah siapa ku... Tiada lagi senyum mu untuk ku, cinta itu t’lah layu dan gugur... Meninggalkan bekas tipis, dan luka baru... Dirimu yang telah melukis kesedihan di hatiku.... Sampai saat ini aku masih terpaku bimbang, entah apa yang terjadi.. Terasa baru saja kemarin kita tersenyum bersama, entah sekarang kau hilang tanpa alasan logika.. Tinggalah sepi menerpa ku, mengingat semua kenangan manis di antara kita.. Ku sendiri dan ku lelah, aku merindukan mu, sangat merindumu...

Setelah Kepergianmu Julia Apriani Marpaung SMK N 1 Sibolga

Bagaikan burung yang tak bisa terbang lagi melintasi awan karena saypanya yang telah patah itulah yang ku rasakan saat ini setelah kepergian mu Kini tinggallah harapan bersama ku menanti kau kembali dihidupku lagi setelah kepergian mu bertemu dengan mu kurasa bahagia walau hanya didalam mimpi Merindukan cara mu saat mengisi hari-hari ku merindukan perhatian mu saat manjakan diri ku lihatlah aku disini terbujur kaku tak ada lagi tampak ceria setelah kepergian mu

Teringat akan dirimu, Dirimu yang telah pergi meninggalkanku.. Dirimu yang pernah masuk kedalam kehidupanku Dan dirimu yang pernah mensayatkan Luka dalam hati ini Ya dirimu, itu dirimu yang pernah membuat hari-hariku indah Tapi itu duLu Sekarang dirimu, telah jauh dariku jauh tak mungkin lagi pernah kulihat.. Karena dirimu telah pergi meninggalkanku Dan tak mungkin kembali lagi untukku.. Dan sekarang kuharap kamu bahagia disana bersamanya.... bersama dia seseorang yang pernah ku kenal !

Senyum Sri Susanti Sitompul XII-ips SMA Tri Ratna Sibolga Tersenyumlh saat u mengingat ku krna saat itu ak sangat merindukn mu dan menangislh saat u merinduhkn ku krna saat itu ak tak berada d samping mu tetpi pejamkn lh mata indah mu itu krna saat it ak akn terasa ada d dekat mu krna ak telah brada d hti mu untk selamanya


Xpresi Puisi

Persahabatan

persahabatan

Cinta Tak Terduga

Nabila Annajmi XII IA-1 Teladan Sei Rampah

Sherly (SL) XII-IS R.A Kartini Sei Rampah

Teringat tawa dan senyum kalian putih biru saat pertama kali kita bertemu aku mengenal kalian tanpa sengaja mencoba akrab dengan kalian yg akhirnya menjalin sebuah

Aku merasa kan hal yg aneh Ketika aku pertama kalinya Bertemu dengan na Perasaan ku hanyalah sebatas Perkenalan saja..

Diantara ratusan orang kita berdiri merayakan hari jadi pahlawan kita yaitu pahlawan tanpa tanda jasa hari itu seolah milik kita bocah-bocah kecil dengan permen ditangannya Kita berlari menuju ruangan kecil yg semerbak baunya setiap hari kita jalani bersama meski terkadang kita bertengkar hanya karena sebuah hal Tapi setelah beberapa waktu aku paham kalian begitu banyak kekurangan yg bagiku itu adalah kelebihan kita saling melengkapi satu sama lain kita saling bersama layaknya sebuah keluarga tapi sekarang kita dipisahkan oleh jarak dan cita-cita yg memaksa kita untuk mengejarnya

Hanya Untukmu Suandi Tarihoran XII IPA 3 SMA Negeri 3 Sibolga Sore ini aku tertunduk diam di depan pintu.. ku sandarkan tubuh ini ke dinding dimana aku bisa merasa nyaman.. Tanpa kusadari air menetes membasahi tubuh ku.. Tersentak ku teringat lembaran buku yang lama telah aku tutup.. Tubuh mu memang telah pergi meninggalkan ku.. Tapi Cinta mu masih melekat indah di Sanubariku... Kesepian,kesendirian,dan kesunyian menemani harihari ku selama ini.. Namun,tak membuat ku untuk pergi dari cinta mu yang ada di dalam hati ku.. Mata indah mu yg menenangkan.. Tawa mu yang menentramkan.. Kini telah sirna dari hari-hari ku.. Aku hanya dapt melihat semua nya hnya ketika aku sedang menutup mata.. Foto yang dulu menyatu kini telah terbagi.. sebelah foto mu sebelah foto ku.. Yang tersisa tinggal kenangan Yang tertinggal tinggal harapan... Tetesan hujan telah mengingatkan ku tentang diri mu.. Semoga masih ada rindu dari mu untuk ku.. Walau kini engkau telah bersama nya Tetapi rasa cinta akan terukir indah selama nya..

Sumpah Pemuda Lo Linda XII IPA R.A.Kartini Sei Rampah Sumpah pemuda Menjadikan kita satu Satu bangsa Satu bahasa Satu tumpah darah

Tetapi seiring berjalan nya waktu

Aku merasakan cinta.. cinta ini muncul.. Aku tak mnyangka .. Akhirnya cinta kuu ini salahh. Karna aku mncintai org yg tdk mencintaiku . Aku mulai bertanya kepada dirikuu sendiri. Kenapa disaat aku sudah yakin Dengan cinta inii.. Aku malah di kecewakan.. Dan aku mulai menyadari Mencintai lebih manyakitkan Dari pda di cintai Krna cintaku ini Hanya lah cinta tak pernah ku duga Sebelumnya..

Sumpah pemuda Menjadikan kita generasi

Generasi terpuji Generasi perjuangan Generasi sebagai nafas bangsa Sumpah pemuda Menjadikan kita rasa Rasa cinta Rasa bangsa Rasa cinta

Sumpah pemuda Mengajarkan kita agar tetap bersemangat

Perbedaan Rijani Pratedina Nayan XII IPA 2 SMA Teladan Binjai

Aku Dan Kenangan Terpahitku

Mengapa perbedaan itu harus hadir dalam hidup ini Tak pernah ku inginkan perbedaan itu ada aku juga ingin di sama dgn lainnya

Astri RaMadhani SMK N I Sibolga X_Pm Sedalam dan sedangkal air dalam lautan membuatku sulit untuk kembali kedasar nya, cinta yang tlah lma ku pertahankan cinta yang tlah lama ku nantikan cinta yang telah lama kuharapkan Sangat sulit dan sangat sulit untuk aku lepaskan kepastian yg tau apa jawabannya membuatku selalu dan selalu menunggu harapan yang selalu aku nanti nantikan kini hanyalah sebuah angan belaka angan yang akan menjadi sebuah kenangan terpahit tapi akhirnya aku sasari Aku bukanlah seperti orank yang kau inginkan dan izinkan lah aku untuk membuat kenangan baru kenangan yang berisi kenangan cintamu dan bantulah aku agar tidak lagi memikirkan mmu Karena aku yakin masih bnyak cinta diluar sana, yang masih baik dan bantulah aku sekali lagi agar aku jauh darimu kumohon jangan perlihatkan mata ini dengan dirimu karna itu hanya membuat aku SULIt

Perbedaan itu .. . aku sangat membencinya ketika aku dibedakan rasanya hati ini seperti di tusuk2 oleh jarum yg teramat tajam Ingin rasanya aku menjerit dan menangis di depan mereka ingin sekali rasanya aku mrah kepada mereka Tapi. . . . di lubuk hati yg teramat dlm aku menyayangi mereka Perbedaan itu membuat air mata ini selalu menetes bagaikan anak air Tuhan . . . kuat kan hambamu Semoga di balik perbedaan ini kau merencanakan hal indah untukku ....

00-6000 karan, puisi. Naskah cerpen 50 pe cer an im kir a rim ne Redaksi me manapaun. Tulisan ah dipublikasikan di media rn pe um bel n da al gin ori Tabloid kter, atau via pesan Facebook om il.c ma i@g res xp loid tab dikirim ke email r telepon penulis, foto, ser ta nomo ap gk len ta da bio ai ert dis Xpresi, tulisan yang bisa dihubungi.


Xpresi Kuliner

Bika Ambon, Bukan Bika Medan

W

arnanya kuning, permukaannya terdapat bolongan-bolongan kecil seperti pori-pori kulit manusia, kecoklat-coklatan. Bentuknya pipih, biasa dipotong persegi. Bagian bawahnya keras, terkena dasar loyang. Rasanya legit. Jika dimakan terasa sedikit kenyal di lidah. Orang biasa menyebutnya bika ambon. Suhu udara rendah di daerah kota Medan. Sisa hujan malam masih membasahi permukaan jalan. Matahari belum lagi menampakkan sinarnya. Namun kesibukan sudah mulai terlihat. Sejam kemudian aroma bika ambon tercium. Hasil panggangan tadi malam rupanya sedang dipanaskan. Sembari memanaskan, Lia juga mulai mempersiapkan bika untuk hari tersebut. Dibantu dua orang karyawan, wanita paruh baya ini mengambil bahan-bahan yang dibutuhkan. Tepung tapioka, gula pasir, telur, santan kelapa, daun jeruk, dan daun pandan pun diletakkan sesuai tempatnya. Tak ketinggalan nira, yang menciptakan rasa khas pada bika ambon. Santan yang pertama kali disentuh. Sari kelapa tersebut direbus dengan daun jeruk dan daun pandan. Setelah didinginkan, bahan-bahan lain -telur, tepung, nira dan gula dimasukkan. Lia lalu mengaduk campuran tersebut hingga membentuk adonan. Enam jam harus ditunggunya selama proses pengendapan. Setelah itu ia tinggal mempersiapkan loyang, dibakar hingga matang. Aroma menggoda pun menyeruak. Lia salah satu pedagang bika ambon di kawasan tersebut. Ia bersama suami membuka usaha itu sejak 2002 lalu. Pensiun menjadi alasan. “Saya lalu belajar dari penjual-penjual lain di sini,” ucapnya. Lia bercerita, beberapa waktu lalu sempat ada isu bika ambon tidak halal karena menggunakan tuak. “Ada memang yang menggunakan tuak tapi sebenarnya juga bisa digantikan

dengan nira,” ujarnya. Kini menurut Lia beberapa pedagang telah memiliki sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia. Ia sendiri memajang besar-besar sertifikat tersebut di tokonya. Aktivitas dini hari tersebut merupakan hal biasa di sana. Majapahit merupakan sentra penjualan bika ambon di Medan. Sejak tahun 1980-an sudah ada pedagang yang berjualan. Kini sebagian besar penghuni rumah di kawasan itu membuka usaha sejenis. Bika ambon pun tak lagi hanya berwarna kuning, tapi berbagai varian warna sesuai rasanya. ** PULUHAN tahun lalu. Saat Belanda masih berkuasa di Tanah Deli. Seorang warga Tionghoa melakukan eksperimen membuat sebuah kue. Ia melakukannya di rumah, tak jauh dari kawasan Majapahit. Setelah matang, kue tersebut kemudian dicobakan pada pembantunya, seorang pria asal Ambon. Pria tersebut sangat menyukai kue itu, hingga memakannya dengan lahap. “Kemudian dinamakanlah bika ambon,” cerita Lia. Namun wanita yang menamai tokonya dengan namanya sendiri ini tak bisa memastikan keabsahan cerita tersebut. Bika ambon memang unik. Meski ada ada kata ambon di namanya namun kue tersebut justru tidak populer di ibukota Provinsi Maluku itu. Dalam sebuah buku Bunga Angin Portugis di Nusantara, Jejak-jejak Kebudayaan Portugis di Nusantara (2008) karya Paramita R Abdurrahman, disebutkan salah satu peninggalan Portugis di Maluku adalah tradisi kuliner. Di antara berbagai jenis kuliner yang diperkenalkan kepada penduduk setempat, satu di antaran-

ya adalah bika. Namun tak ada

20 Oktober November 2013 2013 I Edisi I Edisi 9192 I Tahun I Tahun VIIIVIII

yang bisa menjelaskan bagaimana kue tersebut dibawa atau diperkenalkan orang Ambon ke Medan. Kami mencoba menelusuri jejak bika ambon di kota ini. Jalan Ambon menjadi tujuan pertama. Mencoba mencari tahu keterkaitan dengan nama jalan tersebut. Namun tak ditemukan jejak apa-apa di sana. Tujuan kemudian diarahkan pada gerai es krim tertua di kota ini, Es Krim Ria. Terletak di Jalan Garut, tak jauh dari Jalan Ambon. Sejak tahun 1970-an, bika ambon selalu dihidangkan sebagai kudapan menikmati es krim. Namun Sim Polim pemiliknya, tak tahu asal muasal bika ambon tersebut. “Kalau tidak salah ada orang yang menitipkannya pada kami waktu itu,” ucap pria berusia 79 tahun ini sambil tersenyum. Prof Chalidda Fachruddin, Guru Besar Departemen Antropologi USU mengaku sejak tahun 1941 telah mengenal adanya bika ambon. “Waktu kecil dulu, keluarga saya suka membuat kue tersebut,” ungkapnya. Namun ia juga tak tahu sejarah kue itu. Yang pasti menurut Chalidda, warga keurunan Tionghoa yang pertama kali mempopulerkannya. Tak ada yang pasti hingga kini bagaimana sejarah bika ambon. Selain Lia, beberapa pedagang di kawasan

Majapahit juga tak tahu asal muasal pastinya. Mereka hanya ikut berdagang, mengikuti perkembangan bika ambon, yang mulai marak di Majapahit sejak 1980-an. ** MALAM sudah larut. Sisa hujan tadi malam sudah tak nampak lagi membasahi jalan. Sebuah mobil sedan berhenti di depan sebuah gerai bika ambon, yang terbesar di jalan itu. Maklum, gerai itu sedang naik daun dan tak pernah sepi pembeli. Seorang gadis muda turun dari mobil itu, Rina namanya. “Saya mau membeli oleh-oleh untuk teman di Jakarta, besok berangkat pagi, takutnya gak terkejar,” ucapnya. Rina mengaku sudah biasa membeli bika di tempat tersebut. Pekerjaannya sebagai marketing sebuah perusahaan swasta mengharuskan ia sering bepergian ke berbagai kota di Indonesia. “Oleh-oleh dari Medan ya apalagi kalau bukan bika ambon. Teman-teman juga kalau nitip pasti bika ambon,” ujar Rina sambil tertawa. Tak hanya Rina, sebagian besar warga Medan jika ingin bepergian juga tak melewatkan bika ambon sebagai buah tangan. Begitu juga jika wisatawan berkunjung ke ibukota Sumatera Utara ini, tak lengkap rasanya jika tak menenteng kue tersebut ke kota asal. Lia, yang tokonya berada persis di depan tempat favorit Rina tadi mengungkapkan, dalam satu hari jika sedang ramai dagangannya bisa terjual 10002000 kotak per hari. “Rata-rata dibeli sebagai oleh-oleh,” ujar wanita berkerudung ini. Bika itu kini memang telah menjadi ciri khas kota ini. Meski namanya bika ambon, buka bika Medan.(KHL)


Xpresi Gaya

Dunia Fashion Cenderung Berkiblat Kepada Motif Tradisional

D

esigner Musa Widjayadmojo mengatakan, bahwa saat ini dunia fashion cenderung berkiblat kepada motif - motif tradisional. Kondisi ini jelas sangat baik dan memungkinkan untuk meningkatkan pemasaran kain-kain tradisional. "Fenomena ini seharusnya menjadi momentum bagi berkembangnya kekayaan tenun di Indonesia," ujar Musa dalam Seminar Tenun Sumatera Utara di Aula Mapoldasu, Medan, Jumat (11/10/13).

Sementara itu, Ketua Bhayangkari Sumut Susi Syarief Gunawan mengatakan, kain tradisional Indonesia khususnya tenun telah dikenal hingga mancanegara, dan memang sangat cocok digunakan sebagai bahan busana yang tampil lebih elegan.

Apalagi sambung Musa, mengingat Indonesia yang terdiri dari beragam suku dan etnis juga memiliki keragaman corak dan tenun masing - masing. Sebelumnya, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Sumatera Utara Sutiyas Handayani mengatakan kain tenun adalah salah satu sektor yang bisa menyumbang peningkatan perekonomian daerah, khususnya di Sumut. Apalagi jika pengelolaan dan pemasaran dilakukan dengan baik, kain tenun akan memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Menurut Sutiyas, untuk pemberdayaan keragaman tenun di Sumut yang salah satunya tenun songket,

masukan dari beragam pihak sangat dibutuhkan. Karena hal tersebut akan menjadi inspirasi dan motivasi bagi para pengrajin tenun serta pihak terkait untuk melakukan promosi. "Insya Allah dengan kerja sama seluruh pihak dalam upaya mempromosikan khazanah tenun Sumut maka harapan untuk meningkatkan perekonomian melalui produk khas daerah ini bisa diwujudkan," katanya.

Karenanya, Susi berkeyakinan dengan memberdayakan produk - produk tenun lokal, tidak hanya berpeluang meningkatkan perekonomian secara regional, tetapi juga berimplikasi langsung kepada peningkatan kesejahteraan para pengrajin, pedagang, penjahit, hingga para perancang. "Saya harapkan, dari penjelasan nara sumber, kita dapat memetik pelajaran berharga yang akan menambah wawasan bahwa kain tenun bukanlah sesuatu hal yang kuno atau ketinggalan zaman, malah sebaliknya bisa sangat up to date yang disesuaikan dengan perkembangan zaman," ucapnya.

Trend Mod, Bergaya Ala Tahun 60-an

D

i dunia fashion bukanlah hal yang baru dan aneh jika trend beberapa tahun silam kembali "in" sekarang. Kalau anda sering bersinggungan dengan ragam trend di era 70-80an, kenapa tak anda coba bergeser ke satu dekade sebelumnya? Yup fashion di tahun 60-an! Gaya mod menjadi satu-satunya gaya yang sangat populer di tahun itu. Trend mod sendiri awalnya terkenal di Inggris pada dekade 60-an. Ciri utama dari trend ini ialah potongan yang lurus, minim detail, dan tanpa siluet. Di samping itu, pakaian di trend ini umumnya terdiri dari bold pattern warna-warni seperti geometri, dan strip hitam putih. Untuk anda yang gemar bergaya feminin dan terlihat rapi, wajib mencoba gaya ini. 1. Geometric Prints Salah satu motif yang mendominasi gaya mod ialah motif geometri. Mulai dari rok, celana, legging, oversized sweater atau mungkin aksesori seperti tas. Agar lebih menarik lagi, coba pilih motif geometri

dengan warna-warna yang terang. 2. Rainbow Sweater Memakai sweter polos tanpa gambar sedikitpun akan membuat tampilan anda menjadi terlihat membosankan. And it's show time..! Kenakan sweter warna-warni biar anda menjadi pusat perhatian. Menambah kesan lebih mod, padukan dengan bawahan berwarna terang. 3. Colorful Tights Masih belum berani bermain dengan warna terang? Coba mulai dengan tights warna-warni. Ini bisa mempertahakan gaya mod anda. Jodohkan tights berwarna terang dengan atasan monokrom kayak sweater atau rok. 4. Black And White Stripes Nggak percaya diri tampil penuh warna-warni? Maka anda bisa memunculkan trend mod dengan pakaian berwarna monokrom, terutama hitam putih.

Apalagi dengan motif strip. Beranikan diri anda dengan memadukan bawahan bermotif strip hitam putih seperti rok atau celana. 5. Fitted Turtleneck Wanita di era 60-an seringkali mengandalkan busana dengan desain turtleneck. Nah kalau anda mau mencoba desain yang satu ini sebaiknya pilih turtleneck yang pas di tubuh, terus gabungkan dengan si mini skirt. 6. Shift Dress Top item di tren ini adalah shift dress, yaitu dress berpotongan lurus dan simpel. Kelebihannya, baju ini cocok dipakai untuk semua tipe tubuh. Dengan potongan lurus yang tidak melekat pas di tubuh, baju ini bisa dipakai saat hangout karena membuat anda bebas bergerak. Agar tak terlihat begitu polos, maka berikan tambahan skinny belt pada penampilan anda.

November 2013 I Edisi 92 I Tahun VIII 21


Hari Kesaktian Pancasila

Sebuah Sejarah

Oleh: Nadya Ayu Ningsih


Xpresi Ragam

Frame Xpresi IBBI CARD DISCOUNT PLACE: Studio ET 45 All Outlet Disc 10% * All Item

SEIKO Sun Plaza Level 1 Cirebon No. 16 Medan Mall Lt. II Disc 10%

Milano Art Studio Jl. Sekip No. 18/32 Medan Disc 10% + 5% d’Waroeng Cambridge Mall Disc 20%

Warung Ubud Sun Plaza Lt. 3 Disc 20%

CV. Indako Trading Co. Makmur No. 144 A/30 Jasa Service 10% Sparepart 5%

Pondok Palladium Palladium Mall Disc 15% Pangeran Ban Jl. S. Parman Medan Disc from 15-35%

Handphone & Accessories Garecca Disc 20%

Matador Country Ikan Goreng CianjurPlaza Medan Fair Tengku Daud No.4 Disc 50% (Dosen) Buy 1 get 1 (Mahasiswa) Disc 10%

Tabloid Xpresi Dapat Diperoleh: Kampus Diamond Kampus Emerald Jl. Sei Deli No. 18 Telp. (061) 4567111 Fax. (061) 4527548 Medan - 20114

Jl. Gatot Subroto No. 130 Telp.(061) 4519400 - 4519070 Fax. (061) 4522204 Medan - 20114

Kampus Topaz Jl. Damar No. 9 G Telp. 45628734562876- 4562773 Medan - 20118

PrimeOne Shool

Jl. Jend. Besar A.H Nasution No. 88 A, (D/h) Tritura Medan Indo­ nesia - 20147, Telp. (061) 7853630 - 7853672 Fax. (061) 7853631 - 7853671

Pangeran Ban Jl. S. Parman Medan Warung Ubud Sun Plaza Lt. 3 Gareca Jl. Prof. H.M Yamin No. 99A Milano Art Studio Jl. Sekip No. 18/32 Medan de’ Warung Cambridge Mall X.O. Suki Sun Plaza Lt. 3 Kopi Kok Tong Sun Plaza Lt. 4, Medan Fair Plaza Lt. 1 DOME Sun Plaza Lt. G ThaiExpress Sun Plaza Lt. 4 Pondok Palladium Palladium Mall lT. UG SEIKO Sun Plaza Level 1, Cirebon No. 16 Medan Mall Lt. 2 CV. Indako Trading Co Makmur No. 144 A/30

Nampang di Frame Xpresi Kirimkan foto anda memegang Tabloid Xpresi ke tabloidxpresi@gmail.com atau tag ke Facebook Tabloid Xpresi

SMA Kota Medan: SMA Budaya, SMA Budi Murni 1, SMA Medan Putri, SMK Medan Putri, SMA Methodist 3, SMA Methodist 7, SMA Husni Thamrin, SMKN 6, SMK JambiSMA Yosua, SMA Sutomo 1, SMA Methodist 2SMA Negeri 18, SMA Wiyata Dharma, SMA Letjend S. Parman, SMA Budi Utomo, SMA Bodhicitta, SMA Jend. Sudirman, SMA WR. Supratman 1, SMA Widyasana Utama, SMA Negeri 6, SMA Hang Kesturi, SMKN 1 SMA Kalam Kudus, SMA Amir Hamzah, SMA Raksana, SMK Raksana, SMA Kartika I.1SMA ST.Thomas 1, SMA ST.Thomas 2, SMA Negeri 1, SMA Immanuel, SMA Methodist 1 Medan, SMA Negeri 4, SMA Panca Budi, SMA Kartika I.2, SMA ST.Thomas 3, SMA Supriyadi, SMA Brigjend Katamso, SMK Brigjend Katamso, SMA Letjend Haryono MT, SMA Sultan Iskandar Muda, SMA Methodist 5, SMA Methodist 8, SMA Yos Sudarso, SMA Sutomo 2, SMA Tri Murni, SMA Laksamana Martadinata, SMA Dr.Wahidin Sudirohusodo, SMA Singosari Medan, SMA WR. Supratman , 2SMA Harapan Mandiri, SMK Negeri 7 Medan, SMA Sri Wijaya Medan

Binjai: SMA Ahmad Yani, SMA Gajah Mada, SMA Methodist, SMA Taman Siswa, SMA Negeri 5, SMA Negeri 1, SMA Negeri 3, SMA Teladan Bireun: SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMK Negeri 1, SMA Negeri 3 Bandar Baru: SMA Deli Murni Brastagi: SMA Methodist, SMA Negeri I Kabanjahe: SMA Katolik, SMA Negeri I, SMA Negeri II Kuala: SMA Harapan Bangsa, SMA Methodist Langsa: SMA Cut Nyak Dien, SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMA Negeri 3 Lhokseumawe: SMA Negeri 1, SMA Negeri 2 Meulaboh: SMA Negeri 1, SMK Negeri 1, SMA Negeri 2 Pangkalan Brandan: SMA Dharma Patra, SMA Negeri I, SMA Tunas Baru Tanjung Pura: SMA Negeri I SMA Samanhudi, SMA Sri Langkat, SMK Sri Langkat Tapak Tuan: SMA Negeri 1 Kisaran: SMA Diponegoro, SMA Methodist 2, SMA Negeri 3, SMA Negeri I Lubuk Pakam: SMA Dharma Bakti, SMA Methodist,SMA Nusantara Pematang Siantar: SMA Kalam Kudus, SMA Methodist, SMA Negeri 2, SMA Sultan Agung, SMA Negeri 1 Padang Sidempuan: SMA Negeri 1, SMK Negeri 1, SMA Negeri 2 Perbaungan: SMA Methodist, SMA Setia Budi Rantau Prapat: SMA Methodist, SMA Panglima PolemSei Rampah: SMA Kartini, SMA Teladan Sibolga: SMA Katolik, SMA Negeri 3, SMK Negeri 1, SMA Tri Ratna Sidikalang: SMA Negeri 1, SMA Negeri 2 Stabat: SMA Negeri 1, SMA Panca Karya Tanjung Balai: SMA Methodist 2, SMA Negeri I, SMA Sisingamangaraja, SMA Tri Tunggal Tanjung Morawa: SMA Methodist Tarutung: SMA HKBP I, SMA Negeri 2, SMA Negeri 1 Tebing Tinggi: SMA F. Tandean, SMA Ir. H. Djuanda, SMA Methodist, SMA Nusantara Pekan Baru: SMA Dharma Loka, SMK Dharma Loka, SMK Perbankan, SMA Negeri 3, SMA Santa Maria Padang: SMA Don Bosco, SMA Xaverius, SMA Negeri 10, SMA Adabiyah, SMA Negeri 2 Balige: SMA Negeri 1 Lagu Botti, SMA Bintang Timur, SMK Negeri 2, SMA Negeri 1

Banda Aceh: SMA Methodist, SMA Katolik Budi Dharma, SMA Negeri 1

November Mei2013 2012IIEdisi Edisi92 74IITahun TahunVIII VII 23


Mei 2012 I Edisi 74 I Tahun VII


November 2013  

Tabloid Xpresi Edisi 92

Advertisement
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you