Issuu on Google+

Tabloid Xpresi juga dapat diakses melalui www.ibbi.ac.id

Edisi 97 - Tahun IX - April 2014 ISSN 2088-141X


Salam Redaksi

Daftar Isi

Entertain VS Edukasi

S

udah banyak kita temukan tontonan di televisi yang mengedepankan penjualan programnya. Mulai dari goyang gag jelas sampe rela membukan aib temannya sendiri demi rating program di TV melejit. Sadarkah, ternyata sudah sekitar satu tahun masyarakat Indonesia di hidangkan tontonan seperti itu sampai-sampai kita bisa lihat dampaknnya bagi anak-anak sampai orangtua. Parahnya, masih banyak yang mendukung acara itu di salurkan di TV walaupun banyak juga masyarakat yang resah dan melaporkannya ke KPI (Komisi Penyiaran Indonesia). Sebenarnya ada beberapa hal yang membuat tontonan ini tetap akan menjadi raja di pertelevisian indonesia dan susah untuk di stop dari TV. Yang pertama, acara itu di tanyakan pada jam sore menjelang malam dimana waktu itu di buat untuk kebanyakan masyarakat beristirahat setelah satu harian penuh berkutat dengan kesibukannya masing-masing.mereka membutuhkan itu, tontonan yang menghibur dan ringan. Yang kedua, acara itu di bintangi oleh pemain yang cukup tenar yang cukup menjual di TV. Yang ketiga, mungkin karena semakin tingginya angka stress orang Indonesia maka masyarakatnya lebih memilih tontonan seperti itu. Pendidikan memang penting dan dampaknya sangat luar biasa untuk generasi indonesia. Tapi akan sama penting bagi media yang juga dengan pol-pol-an mendongkrak acara yang bisa di lihat seberapa manfaatnya untuk generasi ini. Coba kalau di timbang-timbang, apa hiburan itu akan sejajar dengan manfaat untuk jangka panjang?. Joged dengan variasi model jogedannya, banyol dengan selapaslepasnya tanpa ingat apakah itu etika bicara dan masih banyak hal yang harus generasi perhatikan untuk masa depannya. Untuk itu, jika KPI belum bisa memberhentikan program itu seharusnya kita memberikan arahan kepada orang lain minimal keluarga agar tidak terlalu sering menonton hal-hal seperti itu. Selamat membaca!

Xpresi Sosok

6

Xpresi Utama 4

Xpresi Kesehatan Salam Redaksi

2

Xpresi Sekolah

3

Xpresi Utama

4

Xpresi Prestasi

Xpresi Selebriti 21

9

6

Xpresi Seremoni

7

Xpresi Kesehatan

9

Xpresi Resensi

10

Xpresi Tips & Tekhno

11

Surat Nyasar

13

Xpresi Kampus

16

Xpresi Puisi

18

Xpresi Inspiratif

19

Xpresi Opini

20

Xpresi Selebriti

21

Xpresi Ragam

23

DIVISI USAHA | PEMIMPIN UMUM: JUSWAN TJOE PEMIMPIN PERUSAHAAN: AMRIN SUSILO HALIM PENANGGUNG JAWAB: Ir. B. Ricson Simarmata, MSEE, IPM | DEWAN AHLI: PROF. DR. AMRIN FAUZI, SUKIMAN ST, MT, LUSIAH SE, MM | MANAJER PRODUKSI: ANDRIASAN SUDARSO, SMn, MM | MANAJER IKLAN: LILI SURYATY, SE, MM | MANAJER SIRKULASI: Petrus Gani, S.E., M.Si., Ak., CA. STAF SIRKULASI: HARTONO, S.Kom, M.Kom DIVISI REDAKSI | EDITOR IN CHIEF: MUSLIM RAMLI | EDITOR: JOHANES PERANGIN-ANGIN REPORTER: PETERSON MANURUNG | FOTOGRAFER: RIRI KOESNADY | DESAIN GRAFIS: INDAH PUTRI ANGGRAENI | ALAMAT REDAKSI: KAMPUS EMERALD, JALAN Gatot Subroto No. 130 MedaN EMAIL: tabloidxpresi@gmail.com, Facebook: Tabloid Xpresi

Desain Sampul Edisi 97 Tahun IX, April 2014 Oleh: Indah Putri Anggraeni

2

April 2014 I Edisi 97 I Tahun IX

Redaksi menerima Opini, Feature, Liputan perjalanan, cerpen, puisi, surat pembaca, surat n 足 yasar dan tulisan lainnya. Redaksi berhak mengedit setiap tulisan yang masuk tanpa me足ngubah arti yang terkandung. Untuk tulisan opini, cerpen, feature dan liputan perjalanan panjang karakter 5000-6000 karakter.


Xpresi Sekolah Sekolah kamu ngadain kegiatan? atau kamu punya stock foto acara di sekolah? segera kirimkan foto berikut keterangannya ke email tabloidxpresi@gmail.com atau post ke wall FB di Tabloid Xpresi. Ditunggu ya!

Xpresi Sekolah Pictorial

Turnamen Futsal Tingkat SMP & SMA SE-KOTA Medan STIGMA CUP 2014 SMA ST. THOMAS 3 MEDAN (3)

ibbi kompetisi gemilang 2014- sma Santo Yosep juara 2 vocal group

Lomba fashion show dalam rangka perayaan Imlek di SMA WR Supratman 1

Perpisahan SMA Gajah Mada Medan

Praktikum Biologi SMA YASPEN PABA Binjai

Sanggar tari SMA Negeri 2 Binjai dengan WAKIL WALIKOTA BINJAI

April Mei 2012 2014IIEdisi Edisi74 97IITahun TahunVII IX

3


Xpresi Utama

Masih Adakah Edukasi di TV Indonesia? Siaran Televisi kita dewasa ini telah menyajikan beberapa hal yang sebenarnya harus kita sikapi secara Arif, Mengingat Televisi sangat berperan besar dalam membentuk karakter bangsa, di mulai dari tingkat kita dewasa, anak remaja bahkan para anak-anak balita dibawah umur.

M

erujuk kepada UU No. 32 tahun 2002 Tentang Penyiran Bab II Asas, Tujuan, Fungsi dan Arah Pasal 3 bahwa penyiran diselenggrakan dengan Tujuan untuk memperkukuh Integrasi Nasioal, terbinanya watak jati diri bangsa yang beriman dan bertaqwa, Mencerdaskan kehidupan bangsa, Memajukan kesejahteraan Umum dalam rangka membangun masyarakat yang mandiri demikratis adil dan sejahtera serta menumbuhkan industri penyiaran Indonesia. Aturan yang sejenis lainya adalah Pedoman Prilaku Penyiaran (P3) Standart Program Siaran (SPS) juga dikatankan pada Bab XVI, Pasal 20 Larang siaran yang bermuatan Mistik, horor dan Supranatural. Dalam hal ini pemerintah begitu serius dalam melakukan pengawasan terhadap pelencengan nilai-nilai moral bangsa melalui siaran pertelevisian. Kenyataannya para pengusaha pertelevisian kita masih belum dewasa dalam menenggapai peraturan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah, disebabkan masah tertayangnya acara - acara yang menampilkan kesan yang kurang berkenan ditengah masyarakat Indonesia. Acara - acara yang bermuatan pelecehan, penghinaan bahkan penistaan masih keluar dari celetuk celetuk artis yang bermain di dalam salah satu program acara yang sekarang populer di televisi, program horor dan mistik yang dikemas dengan programprogram ringan kelihatannya sengaja dilakukan guna melakukan pengka-

buran sehingga terkesan tidak melakukan pelanggaran yang telah tertuang di peraturan pemerintah. Kita memang tidak secara gamblang menyebutkan program apa saja yang kami maksud atau perusahaan televisi mana yang membeuat pelanggaran tersebut, namun kita berharap kepada pihak-pihak yang bersangkutan seperti Komisi penyiran Indonesia dan pengusaha pertelevisian dapat berlaku arif guna menyelamatkan moral bangsa yang sudah kiat semakin terpuruk. Hampir puluhan jumlahnya perusahan televisi yang kian lama kian bersaing demi mencuri hati pemirsa (masyarakat Indonesia), bahkan semakin banyak siaran televisi yang baru, menunjukkan bahwa ada peluang bisinis yang menggiurkan di lahan pertelevisian Indoneisa. Sehingga para pengusaha kita tidak hanya mementingkan keuntungan bisnis yang berlipat ganda, melainkan menyelamatkan bangsa dengan siaran pendidikan dan pengetahuan jauh lebih baik dibandingkan hanya menguntungkan semata. Untuk itu kita sangat berharap pemerintah tidak melaukan toleransi terhadap penyelenggara penyiaran yang melakukan pelanggran sesuai dengan undang-undang yang berlaku, dan ketentuan yang ada, di sebabkan yang menjadi objek terhadap positif dan negatifnya sebuah siaran adalam masyarakat Indonesia, umumnya generasi muda pemegang estafet kepemimpinan bangsa. (Zulham Efendi)

Info Dalam bukunya, The Third Wave, Alvin Toffler mengemukakan bahwa bangsa yang menguasai informasi adalah bangsa yang menguasai dunia. Dalam konteks ini menguasai bukan hanya secara militer saja, tetapi dalam konteks yang lebih luas seperti ideologi, cara berpikir, kebudayaan dan nilai-nilai sosial. Setiap saat di televisi muncul adegan atau tayangan yang sebenarnya tidak cocok dengan nilai-nilai dan kepribadian bangsa. Pakaian mini, berciuman atau sedikit kata-kata yang mengarah pada unsur seksual biasa ditemui dalam sinetron atau

4

April 2014 I Edisi 97 I Tahun IX

iklan. Di pedesaan bergandengan tangan di muka umum dengan lawan jenis yang tidak mempunyai hubungan apa-apa adalah suatu hal yang tabu dan bahkan melanggar nilai-nilai sosial. Hal ini terjadi duapuluh tahun yang lalu. Namun sekarang perbuatan tersebut menjadi hal yang biasa bahkan ada yang lebih parah seperti berpelukan atau berciuman. Dalam hal ini masyarakat seakan telah meninggalkan nilai dan norma turun-temurun karena telah terbiasa melihat hal-hal yang bertentangan dengan nilai dan norma itu sendiri.


Xpresi Utama Nama Kelas Asal Sekolah Murni-1 Medan

: Monica Della Sibarani : XI IPS 1 : SMA Katolik Budi

Menurut saya tayangan televisi Indonesia sudah dikatakan sejati karena mampu memenuhi keinginan publik, seperti film sinetron, kartun, berita serta show, dll. Tetapi kebanyakan tayangan televisi Indonesia adalah sinetron, sehingga pengetahuan dan pembentukan karakter masyarakat akibat tayangannya yang kurang bermutu.

Nama Kelas Asal Sekolah

Nama Kelas Asal Sekolah

: Angelia Oktavia : X PIB 1 : SMA Negeri 2 Binjai

tayangan televisi seharusnya menayangkan tayangan yang berkualitas, menayangkan tanyangan yang bersifat membangun sifat – sifat yang dapat memberi menfaat bagi kehidupan seseoarang. televise seharusnya menayangkan kisah – kisah kehidupan seseorang , televisi seharusnya menyangkan kisah – kisah kehidupan beragama, sikap yang sopan santun. bukan tanyangan – tanyangan yang membuat sifat dan tingkah laku yang menontonya menjadi tidak baik, seperti cara bertingkah laku kepada orang yang lebih tua.

: Imanuel Hutabarat : XII IPA 2 : SMA Santo Thomas 3 Medan

Televisi di Indonesia sebenarnya banyak yang bermutu bagi masyrakat, tetapi ada sebagian siaran televisi yang sudah mulai lari dari tujuan yang seharusnya dicapai, seperti tayangan yang tidak memiliki nilai unsur pembelajaran. Seharusnya tayangan yang ditampilkan bersifat mendidik, karena televisi salah satu unsur yang paling banyak mempengaruhi masyarakat.

: Anggi Hartina Pasaribu : XI IPA : SMA Kartika I-1

Menurut saya pertelevisian Indonesia tidak mendidik. Terutama di beberapa program televisi yang menayangkan program komedi yang sungguh tidak layak untuk anak didik. Namun meskipun begitu, masih ada juga siaran yang menayangkan program positif.

T

elevisi diharapkan menjadi sarana dan sumber edukasi serta pembentukan masyarakat yang sehat, tapi di sisi lain televisi juga membuat penontonnya menjadi “sakit”. Banyak tayangan yang tidak bermutu yang dapat merusak penonton terutama mereka peserta didik. Menurut Kamu bagaimanakah sejatinya televisi di Indonesia?

Nama Kelas Asal Sekolah

Nama Kelas Asal Sekolah

: Michael Jordan : XII IPS : SMA Kalam Kudus Medan

Kalau bisa tayangan di televisi itu bertopik pendidikan dan komedi. Televisi harus menampilkan kebudayaan Indonesia, agar masyarakat lebih mengetahui tentang budaya Indonesia. Serta menampilkan siaran tentang pemerintahan terbuka, dan penggunaan bahasanya Bahasa Indonesia yang baku.

Nama Kelas Asal Sekolah

: Cindi Purnama Hardika : X PIS 1 : SMA N 2 Binjai

Menurut saya pada saat ini televisi Indonesia memiliki banyak siaran, namun banyak pula tayangan yang dapat merusak pikiran anak-anak, seperti aksi kekerasan, sinetron, dan gaya hidup artis yang kurang baik sehingga banyak remaja yang meniru perilaku negatif dari tayangan tersebut. Sebaiknya televisi Indonesia menayangkan hal-hal yang mendukung pendidikan, sosial, dan budaya untuk menciptakan generasi penerus yang bermutu.

Nama Kelas Asal Sekolah

: Albert : XII IPS 2 : SMA Kalam Kudus Medan

Televisi seharusnya dapat melakukan seleksi terhadap acara apa yang harus ditayangkan, jangan hanya menayangkan film sinetron ataupun tayangan yang tidak bermutu. Seharusnya acaranya harus bersifat membangun pendidikan.

Nama Kelas Asal Sekolah

: Theresa Sihombing : XI IPS 1 : SMA St.Thomas 3 Medan

Menurut saya, pertelevisian di Indonesia banyak menayangkan cerita-cerita yang tidak bermutu apalagi sinetron-sinetron yang banyak di stasiun. Banyak sinetron yang memunculkan kegiatan anak sekolah, tapi bertolak belakang dengan yang sebenarnya, dan hal itu dapat merusak moral pelajar sebagai generasi penerus.

April 2014 I Edisi 97 I Tahun IX

5


Xpresi Sosok

Untuk Menjadi Sukses, Pendidikan Adalah Kebutuhan Pokok Nama Alumni Pekerjaan

: Fenny Ong : STIE IBBI, S 1 Manajemen Tahun 2008 : CEO Box’N Booth Studio

W

anita kelahiran medan ini kerap disapa dengan panggilan Fenny. Ia merupakan salah satu alumni terbaik dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) IBBI. Fenny memilih IBBI sebagai wadah untuk mengembangkan wawasan dan kemampuannya dikarenakan kualitas pendidikan yang tidak diragukan lagi. Hal ini diungkapkannya dengan dasar bahwa banyak alumni STIE-STMIK IBBI yang memiliki karir yang bagus bahkan membuat usaha sendiri diusia muda (Young Entreprenur). Dengan hobi membaca buku untuk mengetahui sumber informasi yang diperlukan, membawa dirinya meraih prestasi terbaik di dunia perkuliahan. Terbukti fenny setiap tahun diperkuliahan selama empat tahun dia mendapatkan studi banding keluar negeri. Hal ini merupakan impian semua orang tentunya. Bekal ilmu pengetahuan yang ia dapatkan sepanjang berkuliah di IBBI ia aplikasikan kedalam dunia pekerjaan. Hal tersebut dibuktikan dengan cara berwirausaha, dimana wanita yang berzodiak libra ini, memiliki sebuah studio yang bergerak dibidang fotografi. Ia bangga bisa membuka usaha ini dan tentunya membuka lapangan kerja bagi banyak orang. “menerapkan ilmu pengetahuan dalam dunia pekerjaan sangatlah menyenangkan dan merupakan sebuah tantangan yang menarik”, sebut fenny. Diakhir percakapan dengan redaksi Xpresi, fenny mengatakan bahwa mahasiswa-mahasiswi STIE-STMIK IBBI yang sedang berkuliah harus memiliki tekad yang kuat untuk menggapai cita-cita mereka. “Jangan pernah menyerah dalam situasi apapun, sebab dengan adanya masalah kita bisa belajar dan melakukan hal yang lebih baik”, nasehat fenny. (JPa)

Rebeka Sianturi Wanita yang suka tampil di depan umum yang hobynya akting dan petualangan ini, Rebeka Sianturi, yang sehari-hari kerap dipanggil temantemanya Rebeka, lahir di Medan, 1 September 1996. Sekarang Rebeka duduk di bangku kelas XII IPA 1 SMA Santo Thomas 3 Medan. Rebeka tinggal di Jl. Setia Luhur Gang Bulan No. 182 D, ayahnya bernama Batara Sianturi seorang wiraswasta. Wanita yang berzodiak Virgo ini memiliki cita-cita menjadi politikus dan juga dosen. Cita-citanya menjadi politikus terinspirasi dari tokoh nasional Indonesia yaitu Ir. Soekarno. Rebeka juga gemar menonton yang bersifat membangun pola pikir, seperti Stand Up Comedy dan Kick Andi Berkat prestasinya, kini namanya sudah sangat berjasa dalam mengharumkan sekolahnya. Prestasinya tidak hanya

6

April 2014 I Edisi 97 I Tahun IX

sebatas juara kelas saja, berikut sederet prestasi yang pernah ia raih. Juara 10 besar dalam Olimpiade EXPO Metodist 1 Medan, Juara Testimoni RRI Medan, dan Juara III Teater Mandarin saat masih kelas X, Juara II Teater Mandarin Saat kelas XI. Selain meraih banyak juara, Rebeka juga aktif dalam acara-acara tertentu, misalnya seperti turut serta dalam acara Pensi YPK Don Bosco Kam, dan sebagi salah satu peserta Sains Olimpiade Nasional. Saat ditanya apa rahasia dan tips untuk mencapai prestasi tersebut, ia mengatakan “harus tekun belajar dan kegiatan belajar harus diimbangi dengan kegiatan pendukung, intinya praktek sangat penting dalam menerapkan teori, dan beranilah melakukan kegagalan, karena kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda” ujarnya.

Dengan proses yang Rebeka lalui tidaklah mudah untuk meraihnya, Rebeka juga pernah mengalami hal yang membuatnya menjadi pesimis. Seperti yang pernah dialami Rebeka saat pertama kali tampil di muka umum yaitu sewaktu ia masih duduk dibangku SMP saat mengikuti perlombaan pidato, karena gerogi Rebeka menjadi lupa akan teks pidatonya. Tetapi karena dukungan dan motivasi dari kedua orang tuanya dan guru-gurunya yang sering mendidiknya agar tidak pernah menyaerah dan berani tampil di muka umum, sehingga membuat ia tetap optimis dalam menghadapi masalah. Saat di rumah, Rebeka dan keluarganya juga sering melakukan diskusi untuk memecahkan masalah yang sedang dialami. (Santo P. Ginting)


Xpresi Seremoni

POS Gelar Open House

Pergelaran Seni Budaya dari Siswa-Siswa POS

Ketua Pembina POS, Amrin Susilo Halim Resmi Membuka acara open House

P

rime One School (POS) menye­ lenggarakan kegiatan Open House dengan mengusung tema Explore and Preserve Indonesia’s Heritage at Prime One School pada tanggal 16 Maret 2014, yang diselenggarakan di Auditorium UCSN Hall Prime One School. Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumatra, Ir.Tengku Erry Nuradi, M.Si, Ketua Pembina POS, Amrin Susilo Halim, Juswan Tjoe, Prof. Dr. Amrin Fauzi, Ir. B. Ricson Simarmata, MSEE, IPM serta Orangtua seluruh peserta didik POS Direktur Akademik POS, Fauzia K.H Lubis, M.Hum dalam sambutanya menyampaikan rasa terima kasih dan pujian kepada semua peserta didik dan guru POS atas kerja keras mereka dalam mensukseskan open house tahun ini. Dan dalam sambutanya, beliau juga menyampaikan semua prestasi gemilang yang diraih oleh peserta didik POS dalam jangka waktu sepuluh tahun ini.

Demikian juga disampaikan oleh Bapak Tengku Erry Nuraidi, selaku Wakil Gubernur Sumatera Utara mengatakan, "Saya menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan Prime One School. Mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat langsung bagi yang menyaksikan. Bagi saya kegiatan ini begitu baik dan indah." Kata Erry saat memberikan kata sambutan saat pembukaan acara open house, food and fun fair, di Gedung UCSN Hall lantai 5. Dia mengungkapkan selama 10 tahun PrimeOne School berdiri, diharapkan semakin lebih baik kedepannya. Beberapa tahun lalu, kata Erry, orang Malaysia dan Singapura banyak mengirim anaknya untuk sekolah di Medan. Tapi sekarang telah terbalik, masyarakat Kota Medan mengirim anaknya untuk sekolah di sana. "Kedepannya kami berharap PrimeOne School, mampu memajukan pendidikan di Kota Medan. Sehingga harapan saya PrimeOne School, dapat menerima

Wakil Gubsu, Ir. Tengku Erry Nuradi bersama Pembina POS

siswa dari manca negara. Semoga PrimeOne School semakin maju dan bisa menjadi milik bangsa," ujarnya. Berdasarkan tema yang diusung yaitu tentang Budaya Nusantara, Siswasiswi POS dari setiap jenjang pendidikan Play Group, TK, SD, SMP hingga SMA mempertunjukkan bakat mereka. Setiap pertunjukan sangat menghibur para pengunjung dengan penampilan terbaik mereka yang menonjolkan kebudayaan Indonesia. Semua pengunjung merasa sangat puas akan penampilan mereka. Terutama disaat pertunjukan yang dilakukan oleh peserta didik Play Group, TK, ratusan tamu undangan tertawa disaat mereka melakukan tarian tradisional karena tingkah dan kelakuan merka yang polos dan sangat lucu. Beberapa tarian yang mereka tampilkan adalah tarian Batak, Betawi, kecak Dance, Dayak, Bali, Papua, dll. Mereka juga menyanyikan lagu-lagu daerah serta menampilkan jenis-jenis permainan tradisional yang kini telah

mulai hilang. Tidak hanya itu POS juga menyelenggarakan bazar, berbagai macam makanan tradisional disajikan dan dijual kepada pengunjung. Para peserta didik POS terlibat langsung dalam bazar ini, seperti yang diungkap oleh Veronika salah satu peserta bazar yang menjual Telur Gulung, “saya menyajikan telur gulung karena semua kalangan menyukai makanan ini terutama anak-anak, dan cara pembuatannya juga mudah dan tidak repot” ujarnya. Merupakan kebanggaan bagi POS yang telah dapat menyuguhkan acara ini beserta kemeriahanya kepada para pengunjung. Keinginan POS dalam dekade ini adalah para peserta didik POS dapat mengukir prestasi yang lebih gemilang lagi serta mampu mewujudkan visi sebagai sekolah yang menyediakan lingkungan belajar yang terbaik bagi peserta didik dan menanamkan kesadaran akan cinta tanah air dan bangsa. (SG)

April 2014 I Edisi 97 I Tahun IX

7


Xpresi Seremoni

GO GREEN! What comes out in your mind when you hear the word of “planting�? Well, Kindergarten 1 students in PrimeOne School have experienced being the little gardeners on March 7th, 2014. They were having planting activity in the garden. Each student brought a cup and they had to put the soil and green beans in it. After that, we needed a little bit patience to wait for the plants to grow. The growth of each plant was observed and noted regularly. They also watered the plant routinely. This activity teaches the students about knowing the growth of plants. Just like humans, plants can grow, too. Besides, we also teach the students to care of the nature by planting more plants. GO GREEN, everyone!

Students are curious with the planting activity.

After a week, our plants grew taller!

Here we are bringing our empty cups!

Our plants has grown! GO GREEN!

8

April 2014 I Edisi 97 I Tahun IX


Xpresi Kesehatan

Kombinasi Makanan Serasi untuk Hidup yang Lebih Sehat

K

omposisi gizi pada makanan tak sama. Kadang ada beberapa jenis makanan yang tak bisa dikonsumsi bersamaan karena dapat menghilang efek dari zat gizi makanan lainnya. Berikut kombinasi serasi berbagai zat makanan yang sehat seperti yang disampaikan oleh Andang Gunawan, seorang ahli gizi. Protein dan Lemak merupakan kombinasi alami pada makanan tinggi protein. Lemak membantu pencernaan protein di lambung tetapi ekstra lemak pada kombinasi protein-lemak malah menyebabkan pencernaan protein lebih lama dari seharusnya, misal karena gorengan atau makanan bersantan. Pati dan Lemak. Secara alami pada makanan tinggi pati juga mengan­dung protein, yang berarti juga memiliki lemak walaupun tidak setinggi dari patinya. Kombinasi ini aman dikonsumsi selama tidak menambahkan lemak ber-

Hati-hati dengan Kadmium pada Aksesoris Kamu

Remaja, khususnya putri tentu sudah akrab sekali dengan yang namanya aksesoris. Mulai dari pita, bros, kalung, gelang, anting, dan ikat pinggang mulai dari yang murah meriah hingga selangit. Pilihan aksesoris saat ini memang beragam, mulai dari bahan plastik, besi, logam mulia, dan banyak macam. Sayangnya, kita tak selalu terpikir kandungan material dari aksesoris yang kita gunakan. Apakah itu aman atau tidak. Selama mendukung penampilan, tak jarang orang-orang mengabaikan kesehatan. Dalam hal membeli aksesoris untuk menunjang penampilan, kita juga perlu paham baik dan buruk dari aksesoris yang digunakan. Jangan karena ingin tampil gaya, malah akhirnya kita bermasalah dengan berbagai penyakit berbahaya. Jangan pula tergiur pada harga murah yang ditawarkan untuk aksesoris menarik yang kita inginkan. Aksesoris dengan kandungan yang berbahaya bagi tubuh diketahui adalah kadmium yang sering digunakan untuk

melapis kalung, gelang, atau besi lainnya. Banyak perhiasan buatan Cina yang telah dilapisi oleh kadmium agar tidak berkarat. Selain dapat memoles aksesoris, kadmium dipilih oleh banyak industri aksesoris Cina karena dapat membantu menekan biaya produksi sehingga menghasilkan aksesoris cantik yang murah. Kadmium ini menjadi sangat berbahaya jika terserap oleh tubuh, misalnya tergigit karena kadmium pada aksesoris buatan Cina dinilai 100 kali lebih banyak dari batas maksimum yang boleh diterima tubuh. Apa saja yang berlebihan tentu akan membahayakan diri kita sendiri, termasuk kadmium yang umumnya mempengaruhi kesehatan dalam jangka waktu yang lama dan menyebabkan berbagai penyakit berbahaya seperti penyakit ginjal, pankreas, paru-paru, dan kanker. Tak ada yang mau menderita penyakitpenyakit seperti ini bukan? Oleh sebab itu, jaga kesehatan dan waspadai kadmium dalam aksesoris yang kamu pakai.

lebih. Seperti makan roti dengan sedikit metega atau menggoreng kentang dengan minyak yang baru. Lemak dan asam selanjutnya menjadi kombinasi yang serasi selagi kadar asam rendah. Asam berguna melarutkan lemak sehingga lebih mudah bagi tubuh untuk mencerna. Namun penambahan asam, atau asam yang berlebihan malah menghambat pencernaan tubuh. Pati dengan pati sebaiknya dikonsumsi secukupnya saja. Karbohidrat dalam tubuh disimpan dengan jumlah yang terbatas dan kelebihan konsumsi pati malah akan menumpukkan lemak dalam tubuh. Protein Nabati dan Protein Nabati. Lemak pada protein nabati memang lebih rendah ketimbang protein hewani, namun terlalu banyak protein nabati juga tak baik untuk kesehatan tubuh karena dapat memperlambat pencernaan.

Makanan-makanan yang Bisa Jadi Obat Ampuh Ketika kamu sakit, biasanya obatobatanlah yang jadi senjata untuk menyembuhkan penyakit. Khusus untuk penyakit ringan seperti pusing, nyeri sendi, nyeri otot, dan perut kembung, kamu tidak harus melulu mengkonsumsi obat kimiawi lho karena beberapa makanan berikut punya kandungan yang bisa membantu kamu menyembuhkan penyakit-penyakit ringan tadi. Menyantap makanan kaya kalium dan vitamin B6 seperti pisang segar tanpa olahan dapat menyembuhkan nyeri, ngilu, dan sakit pada persendian. Hal ini disampaikan oleh Wied Harry Apriadi, seorang praktisi gizi dan kuliner, dalam salah satu artikelnya bertajuk Makanan Juga Bisa Berfungsi Sebagai Obat. Pada saat yang sama, penderita sakit persendian pun harus banyak mengkonsumsi buah-buahan segar kaya vitamin C seperti jambu biji, pepaya, jeruk, dan belimbing. Bagi remaja putri yang sering merasa nyeri perut ketika haid datang, sebaiknya mengkonsumsi makanan dengan kandungan kalsium, vitamin C, dan senyawa fitokimiawi. Zat-zat ini dapat kita temukan sekaligus dalam brokoli. Mengkonsumsi brokoli tiga hari sebelum dan sesudah haid dapat

mengurangi nyeri perut. Bagi kita yang sering uring-uringan sebaiknya saran satu ini benar-benar didengar dan dijalani. Kurangilah konsumsi garam dalam makanan yang kita makan! Garam yang di dalamnya terkandung natrium sebaiknya memang dikurangi. Selain itu, kita juga disarankan untuk mengurangi bahan makanan yang mengandung senyawa natrium lainnya seperti baking soda, bubuk pengawet, sendawa, dan vetsin. Tempe mengandung zat obat yang termasuk dalam kelompok isoflavonoid, terutama genistein dan daidzen. Senyawa tersebut dapat mencegah tumbuhnya sel kanker yag berkaitan dengan hormone, khususnya kanker payudara pada perempuan dan kanker prostat pada laki-laki. Memang benar, makanan belum terbukti dapat mengambil alih seluruh upaya pengobatan. Salah satunya sakit jantung. Namun, makanan yang tepat dapat dijadikan sarana pendukung penyembuhan penyakit jantung seperti buah-buahan dan sayuran yang kaya senyawa obat flavonoid, khususnya kuersetin yang mampu mencegah pelengketan sel darah merah dan kerusakan kolesterol baik.

April 2014 I Edisi 97 I Tahun IX

9


Xpresi Resensi

The Amazing Winner

Cara Menakjubkan Mencapai Kesuksesan Tanpa Batas

I

Penulis : Erni Julia Kok Harga : Rp. 40.000,Ukuran : 13.5 x 20 cm Tebal : 144 halaman Terbit : Maret 2014 Cover : Softcover ISBN : 978-602-03-0219-5 No Produk : 20401140022

Buat Apa Susah? Buku ini bisa menjadi seringan atau semendalam yang Anda inginkan, tergantung bagaimana Anda membacanya. Tujuan buku ini adalah memberi Anda segala sesuatu yang Anda inginkan untuk benarbenar menjalani kehidupan yang Anda inginkan dan bergembira selagi mengejar impian serta hasrat Anda. Buku ini menyertakan penjelasan ilmiah bila diperlukan, kebijakan dari filsuf dan penulis klasik, ajaran dari kitab suci, serta pengalaman pribadi penulis untuk menggambarkan secara indah bagaimana Anda juga bisa menjalani kehidupan yang Anda inginkan, bukannya yang sudah ditentukan. Anda tidak hanya akan belajar cara mengambil tindakan untuk mencapai kehidupan yang Anda inginkan dengan mengikuti langkah-langkah seperti di banyak buku pengembangan diri, tapi juga belajar mengubah cara Anda bicara pada diri sendiri, memampukan Anda merasa, berjalan, dan bermimpi dalam keadaan yang akan menarik segala sesuatu yang Anda inginkan, bahkan ketika Anda tidur. Buku ini akan membantu Anda menyadari diri Anda selama 24 jam sehari, serta cara menciptakan kehidupan yang sukses dengan menjadi tubuh yang memancarkan rasa senang dan terima kasih.

10 April 2014 I Edisi 97 I Tahun IX

Penulis : Malti Bhojwani Harga : Rp. 58.000,Ukuran : 13.5 x 20 cm Tebal : 286 halaman Terbit : Maret 2014 Cover : Softcover ISBN : 978-602-03-0267-6 No Produk : 20401140026

ni adalah buku yang bercerita dan menginspirasi dengan kepraktisannya. Semua kejadian yang kita alami adalah rangkaian cerita, karena itu belajar tidak perlu membuat jidat keriting. Pikiran kita lebih efektif bila diberi kesempatan berimajinasi sambil menikmati cerita. Tak heran Dalai Lama berkata: Bumi kita sangat membutuhkan lebih banyak pencerita dan juga pencinta. Ini bukan buku yang sulit, tapi buku yang nikmat dibaca. Ini buku yang merangkum banyak cerita dari pengalaman nyata orang-orang yang berlomba menuju puncak kesuksesan, jatuh, dan bangkit lagi. Mereka mungkin bukan juara, tapi mereka konsisten mencapai setiap garis finis. Seperti kata Joseph Campbell: Duduklah dan baca, baca, baca. Bacalah buku yang tepat yang dibuat oleh orang yang tepat. Pikiran

Anda akan dibawa ke level pemikiran penulis, dan Anda akan mengalami kesenangan, kelembutan, serta kegirangan yang menyala sepanjang waktu. Teknik bercerita buku ini menyajikan cara-cara praktis untuk memenangkan setiap perlombaan dan mencapai garis finis. Berisi sepuluh petunjuk praktis yang mudah dicerna, disertai contoh nyata cara menyiapkan diri naik ke kelas yang lebih tinggi; menetapkan tujuan hidup; mencapai keseimbangan materi, emosi, dan spiritual; menjaga mentalitas pemenang; membangun jejaring; serta mengelola waktu untuk menjalankan aktivitas. “Dengan membaca buku ini, Anda akan menemukan mutiara-mutiara pencerahan yang telah lama terpendam di pikiran bawah sadar Anda sendiri.” —Gobind Vashdev, Heartworker

Perempuan Lolipop

Penulis : Bamby Cahyadi Harga : Rp. 50.000,Ukuran : 13.5 x 20 cm Tebal : 208 halaman Terbit : Februari 2014 Cover : Softcover ISBN : 978-602-03-0259-1 No Produk : 20101140008

Tak ada cara terbaik menikmati perjalanan selain membiarkan dirimu tersesat. Ketika berhadapan dengan jalan yang tampak tak berujung dan jembatan serupa yang membingungkan. Terus saja berjalan. Setiap belokan, setiap sudut, menghadirkan misteri tersendiri. Tersesat adalah anugerah, karena dirimu tak tahu apa yang menanti di balik tiap kelokan. Bukankah begitu dengan kehidupan, bahkan kematian sekalipun? Dalam kumpulan cerpen ini Bamby banyak menampilkan sisi lain dalam memaknai sebuah kematian—yang di cerpen-cerpen awal menjadi tema khusus—yang selama ini kurang dianggap. Kematian bisa dimaknai sebagai hal yang “wajar” tapi sekaligus misterius; pilu sekaligus paripurna yang indah. Menarik bagaimana penulis kelahiran Manado ini berbicara lewat kata dalam berbagai tema. Ia mampu memoles sebuah kesedihan karena ditinggal pergi menjadi energi untuk melanjutkan hidup hingga menyadarkan kita bahwa setiap peristiwa adalah ruang bagi kita untuk me­ nemukan maknanya.


Xpresi Tips

Makan Lebih Sering untuk Diet Lebih Baik

M

ungkin kita yang sedang berusaha menurunkan berat badan akan bingung dengan pernyataan ini, makan lebih sering untuk diet yang lebih baik. Bagaimana bisa? Bukankah akan membuat kita lebih gemuk? Denny Santoso, seorang pakar nutrisi dalam bukunya berjudul Rahasia Diet menyatakan ada dua tahap untuk memulai diet. Pertama, mengurangi gorengan, memilih roti gandum untuk camilan, menambah jatah sayur dan buah. Kedua, mulai berolahraga, entah jogging keliling kompleks rumah pada pagi hari, atau bergabung dengan klub kebugaran untuk mengikuti berbagai macam kelas, seperti yoga, RPM, body pump. Namun, jika diet semudah mengurangi makan dan mulai berolahraga, lalu mengapa masih banyak keluhan, seperti, ”Saya sudah diet, tapi kok berat saya tidak turunturun?” Atau, ”Saya sudah berolahraga berat sekali, tapi kok perut saya tidak mengecil sama sekali?” Apa yang harus diperhatikan untuk mulai menurunkan berat badan? Jawabannya, metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh kitalah yang mengatur pembakaran kalori. Percaya atau tidak, cara-cara berdiet seperti mengurangi makan atau kalori akan malah memperlambat metabolisme tubuh, yang artinya sedikit kalori saja yang akan dibakar oleh tubuh. Tidak berolahraga pun dapat memperlambat metabolisme tubuh. Konsentrasi terpenting dalam menurunkan berat badan tidak terletak pada jumlah kalori yang harus kita makan melainkan pada metabolis­me tubuh. Lebih jauh lagi, Denny juga menyarakan bagi kita yang ingin berdiet untuk melakukan hal berikut guna meningkatkan metabolisme tubuh. Pertama, mengatur pola makan.

Diperlukan 5–6 kali proses cerna agar metabolisme tubuh kembali ke titik normal. Mengurangi frekuensi makan menyebabkan penurunan metabolisme tubuh. Usahakan untuk mengurangi makan dengan mengurangi jumlah kalori makanan, bukan frekuensi makan. Lakukan pengurangan kalori secara bertahap. Penurunan kalori secara drastis akan merusak metabolisme tubuh. Mulailah bergerak. Metabolisme tubuh yang tidak pernah berolahraga, akan lambat. Apa pun bentuk olahraga yang kita lakukan adalah lebih baik dari pada tidak bergerak. Misalnya hanya

duduk di kantor atau di meja makan. Sisanya di ranjang sambil menonton tv hingga akhirnya tertidur. Perhatian dua hal di atas sebelum kita memulai usaha untuk menurunkan berat badan. Setelah berhasil mengoreksi diri berdasarkan dua poin tadi, mulailah mengatur pola makan dengan lebih baik. Misalnya dengan memilih menu yang lebih sehat, karbohidrat dengan indeks glikemiks yang lebih rendah, protein yang cukup, dan lemak-sehat setiap hari. Ingat, metabolisme tubuh adalah pusat mesin dalam tubuh. Selama metabolisme tubuh masih lambat, apa pun usaha

yang dilakukan, termasuk mengonsumsi obat pelangsing, tidak akan berhasil. Jadi, selama kita berdiet, selama berat badan tidak turun, kembalilah pada metabolisme tubuh. Pastikan metabolisme tubuh tidak lambat. Bagi kita yang masih sering gagal diet, ingatlah yang paling membantu bukan mengurangi makanan dan zat yang masuk ke tubuh tapi mengatur frekuensinya agar proses metabolisme berjalan lebih cepat dan ditambah lagi melakukan olah raga yang mendorong tubuh bekerja lebih cepat sehingga diet pun berhasil tanpa menyiksa tubuh. Selamat mencoba!

Cara Aman Menggunakan WiFi Gratisan Siapa sih yang tak senang bisa berselancar ria dengan hotspot zone, selain bisa berselancar di dunia maya, kita juga bisa memanfaatkan WiFi gratis ini untuk unduh dan unggah tanpa takut kehabisan kuota. Masalah mungkin hanya pada bandwith yang kurang mantap. Sayangnya, area hotspot WiFi gratis

sering dimanfaatkan oknum pelaku kejahatan komputer untuk meretas data pribadi kita. Bahkan lembaga penegak hukum Uni Eropa, Europol memperingatkan untuk tidak mengirim atau menerima data penting menggunakan jaringan WiFi itu. Pemimpin divisi kejahatan dunia maya dari Europol, Troels Oerting mengatakan bahwa serangan

melalui jaringan WiFi publik semakin meningkat dan sulit untuk dideteksi. “Berselancar di kafe atau restoran merupakan ancaman terbesar. Hacker bisa dengan mudah masuk ke akun Anda atau membobol informasi sensitif lainnya. Mereka memiliki kunci yang dapat membuka kehidupan digital Anda,” ujar peneliti keamanan senior di Kaspersky Lab, David Emm. David menyebutkan, jangkauan WiFi router sekitar 100 meter. Bisa jadi hacker yang tengah menjahili kita tengah duduk di samping atau di sekitar tempat parkir kendaraan. Lantas, bagaimana cara menghindari kejahatan online di area hotspot WiFi gratisan? Beberapa cara bisa dilakukan seperti menggunakan jaringan WiFi yang aman dan terpercaya saat men-

getik username dan password atau transmisi data rahasia. Sebelum log-in ke situs web tertentu, pastikan bahwa itu aman - cari ‘https’ dengan simbol gembok terkunci dan periksa sertifikat keamanannya. Lalu, kita juga bisa melindungi komputer atau gadget dengan produk keamanan internet terkemuka. Sebisa mungkin hindari transaksi online menggunakan fasilitas hotspot WiFi gratisan. Jika terpaksa, lebih baik matikan WiFi dan gunakan internet pribadi. Lebih baik kehilangan kuota daripada data dan uang di rekening, kan? Terakhir, pastikan selalu menggunakan Public Area ketika perangkat mendeteksi WiFi gratisan. Laptop dan gadget produksi mutakhir biasanya dilengkapi feature ini. Sederhana bukan, selamat mencoba!

April 2014 I Edisi 97 I Tahun IX 11


Xpresi Tekno

Paru-paru Cangkokan Tetap Bernapas dengan Kotak Ini

Canggihnya KRI Usman Harun

H

ubungan Indonesia dan Singapura sempat mengalami gangguan. Beberapa media kita menyebut negeri pimpinan PM Lee Hsien Loong tersebut ngambek berat. Pangkal permasalahannya karena nama Usman Harun. Nama dua tokoh TNI itu di sini jadi pahlawan, sementara di Singapura sangat dibenci. Merekalah di balik aksi peledakan McDonald House di Orchad Road pada 10 maret 1965 silam. Apa lagi kini nama Usman Harun dipakai pada kapal perang canggih buatan BAE System Maritime-Naval Ships, tentu membuat Singapura semakin geram. Terlepas dari konflik yang sedang terjadi, apa sih kehebatan KRI Usman Harun? Berdasarkan data, kapal perang tipe F2000 Corvette ini memiliki 1 meriam Oto Melara 76 mm, 2 meriam MSI Defence DS 30B REMSIG 30 mm, dan peluncur tripel torpedo BAE Systems 324 mm untuk perang atas air dan bawah air. Selain itu, dilengkapi pula dengan 16 tabung peluncur peluru kendali permukaan-ke-udara VLS MBDA MICA (BAE Systems), 2 set 4 tabung peluncur peluru kendali MBDA (Aerospatiale) MM-40 Block II Exocet. Dua sistem arsenal inilah yang cukup mengganggu pertahanan musuh, baik dari udara ataupun permukaan laut. Sistem kesenjataan bawah lautnya juga cukup menggentarkan lawan hingga jarak sejauh 50 kilometer dari titik peluncuran. Selain KRI Usman-Harun-359, senjata-senjata itu juga terpasang pada 2 kapal perang lain yang juga dipesan Indonesia dari Inggris: KRI Bung Tomo-357 dan KRI John Lie-358. BAE System Maritime-Naval Ships melengkapi ketiga kapal perang yang semula dipesan oleh Angkatan Laut Kesultanan Brunei Darussalam itu dengan pengarah senjata elektrooptik Ultra Electronics/Radamec Series 2500, radar penjejak I/J-band

12 April 2014 I Edisi 97 I Tahun IX

BAE Insyte 1802SW I/J-band, radar navigasi Kelvin Hughes Type 1007, radar Thales Nederland Scout, dan penangkal serangan Thales Sensors Cutlass 242. Untuk keperluan perang bawah air dari serbuan dan intipan kapal selam, kapal-kapal perang ini dilengkapi radar berbasis sonar di lambung Thales Underwater Systems TMS 4130C1, radar permukaan dan udara E-band dan F-band BAE Systems Insyte AWS-9 3D. Inilah salah satu sebab personel pengawaknya cukup banyak. Tiap kapal memerlukan 79 personel termasuk sang komandan kapal. Dengan karakter korvet yang cukup “mini� namun cukup sarat persenjataan, kapal perang berbobot kosong hampir 2.000 ton ini pas untuk keperluan patroli jarak dekat-menengah dan kawal-sergap. Apalagi kecepatannya cukup mumpuni, yaitu hingga 30 knot perjam berkat dorongan empat mesin diesel MAN B&W/Ruston yang memancarkan tenaga total 30,2 MegaWatt dari 2 poros baling-balingnya. Di atas kertas, sekali pengisian penuh bahan bakar dan logistiknya, jarak tempuhnya pada kecepatan ekonomis 12 knot perjam adalah 5.000 mil laut. Kalau ini benar-benar diterapkan, maka jarak SabangMerauke bisa ditempuh dalam 18 hari layar. Dengan perhitungan jarak tempuh peluru kendali MM-38 Block III Exocet menjangkau 180 kilometer, maka jarak 5.000 mil laut alias 9.000 kilometer darat itu memerlukan 50 titik peluncuran peluru kendali secara simultan. Jika KRI Usman-Harun-359 berada 25 mil laut dari perairan kedaulatan Singapura, peluru kendali buatan Prancis berkecepatan suara itu perlu waktu kurang dari 10 detik untuk mengenai sasaran di negara pulau itu sejak diluncurkan dari tabung peluncurnya di kapal.

Organ tubuh manusia yang hendak dicangkok tidak bisa menunggu terlalu lama di luar tubuh manusia. Maka begitu ada donor, semuanya serba terburu-buru. Dokter dan pasien harus segera menyiapkan operasi sebelum organ tersebut rusak. Kini, teknologi telah membuat semuanya jauh lebih mudah. Jantung dan paru-paru, juga organ cangkokan lainnya seperti ginjal dan hati, bisa disimpan lebih lama dengan alat khusus. Hebatnya, selama disimpan organ tersebut bisa tetap bekerja. Jantung tetap berenyut, paru pun bisa tetap bernapas. Alat khusus berupa kotak ajaib yang diberi nama Organ Care System tersebut diciptakan oleh para ilmuwan dari TransMedics, sebuah perusahaan yang berbasis di Massachusetts. Prinsipnya adalah mensimulasikan fungsi sistem organ, persis seperti di dalam tubuh manusia. Di dalam kotak ini pula, darah dari donor dialirkan untuk menjaga fungsi organ tetap berjalan. Sirkulasi oksigen tetap terjaga, bahkan hati tetap bisa menghasilkan empedu dan ginjal bisa menghasilkan urine selama disimpan dalam kotak ajaib ini. Para dokter bedah di Phoenix baru-

baru ini memanfaatkan teknologi mutakhir ini dalam sebuah operasi pencangkokan paru. Kesuksesan itu dipublikasikan melalui sebuah laporan di Al Jazeera Amerika. "Suara paru-paru itu bernapas secara mekanis sangat surreal," tutur Shini Somara, wartawan Al Jazeera Amerika yang menyaksikan operasi tersebut, seperti dikutip dari Daily Mail. Dengan cara tradisional yakni pendinginan, organ cangkokan umumnya hanya bisa bertahan antara 5-9 jam. Jantung bahkan hanya bisa bertahan antara 3-8 jam. Namun dengan alat ini, jantung dan paru-paru bisa disimpan hingga 10-11 jam, atau bahkan lebih lama lagi.

Toilet Lipat untuk Masa Depan

Pertumbuhan penduduk bakal jadi masalah di masa depan. Manusia makin banyak, ruang untuk tempat tinggal makin terbatas. Rumah makin sempit, artinya kamar mandi harus efisien. Seba­gai antisipasi, sekelompok mahasiswa di Inggris menciptakan toilet duduk yang bisa dilipat. Toilet lipat yang dirancang oleh dua orang mahasiswa University of Huddersfield, Gareth Humphreys dan Elliott Whiteley ini diklaim sangat praktis. Karena akan menghemat sepertiga ruangan ketimbang toilet konvensional. Toilet lipat ini memiliki beberapa keunggulan, seperti untuk menghemat air, perangkat yang dijuluki Iota ini memiliki sistem penyiraman pintar yang akan bekerja ketika toilet berada pada posisi tegak. Toilet lipat dinilai juga lebih efisien karena hanya menggunakan setengah dan dua liter air sekali penyiraman, dibandingkan dengan toilet kebanyakan yang bisa

menghabiskan enam liter air sekali siram. "Toilet biasa memiliki banyak masalah penggunaan air yang berlebihan sehingga membuat sampah yang ada di sekitar mengendap dan bisa mencemarkan air bersih. Toilet konvensional juga sangat besar sehingga membuat kamar mandi terasa sempit," ujar Humphreys dan Whiteley. Saat ini Iota masih dalam mengembangan, Humphreys dan Whiteley telah mengajukan permohonan paten untuk desain dan telah masuk Manufactures and Commerce (RSA) Student Design Awards. Mereka menyebut toilet ini mampu menghemat lebih dari 10 ribu liter air per orang setiap tahunnya. Lantas, apa bedanya dengan pispot? Pertanyaan kedua, toilet membutuhkan saluran pembuangan saat kita buang hajat. Nah, bagaimana sistem yang diterapkan toilet duduk, apa tak dibuang ke septic tank?


Surat Nyasar Hay 5ehabat xpre5!, n!E aq n0vha aq mau k!R!M 5alam n!Ch buat anak sem!Nar! y 5c0lah d DEL! MURN! BANDAR BARU terutama ma lak5ana, r0y, n max!, “maka5!H ata5 kehad!Ran kal!An d h!Dup, aqhu” +6285763200843 hy surat nyasar..nma aq candra , aq alumni SMK M 11 sibuluan,, aq mw titip salam ne buat pcar aq d sbolga nama.a SUSI NAWATY... #termakan rindu :’) +6287794495379 hy.... aq p’datang bru ne, nma q jesica crhistin natalia, q b’skolah d SMA R.A KARTINI sei rampah. aq mw krim slam ne bwat tmen aq choky bagariang yg sdang m’lanjutkan kuliahnya d UI ( jakarta ) smga sukses y. & slam knal yaa bwat semuanya +6285362210461 aQ memang bukan pasangan yang sempurna, menurut mu aQ hanya bisa marah,slalu melarang mu,slalu menyalahkan mu. mungkin caraku salah,tapi itu kulakukan smata_ mata krna aQ sangat menya2ngi mu,aQ tak mau kehilangan mu. tapi kau terlanjur menganggap perhatianku yg brlebihan itu sbagai gangguan dlam hidup mu. jika kau muak pada ku,maka usir aQ dri hati mu, ku telan sakit ku dan aQ akan pergi jika itu membuat mu senang. tpi jika suatu saat kau merindukan ku dan menawar kan cinta mu lagi,maka saat itu aQ sudah tak bisa menerima mu,bahkan menjadi teman mu pun aQ tak bisa. maafkn aQ by ; lia +6287869396021 hy... Aku pndatang baru di surat nyasar, nama saya ROnaldo sianturi, skolah di SMKN 1 SIBOLGA, klas X AK-2. Aku disini mau mencari teman, salam knal ja lh ea buat tman” surat nyasar. +6287891321492 hay expresi nyasar aq pendtang bru ne,,,, q ingin cri tmen yg stia nue klw tmen* berminat xmx ke no ne ea +6287867707101 Haii surat nyasar nama akuh Risna yufi Siahaan dari SMKN 9 MEDAN, Akuh mau titip salam nech buat teman2 akuh yang ada di SMKN 1 SIBOLGA:D +6287748115663 Assalamualaikum. :) hay surat nyasar,aku camelia d medan.q pndtang bru ne,,qu mau krm slm buat tmen aq,yudi d ksaran dn buat my hany aq yg ad di jambi moga sht sllu.yg ad d srt nyasar slam knl smua ny :)# d terbt kn y ka’’makasih. +6281263310498 “ Jalanilah segala sesuatu itu dengan ikhlas & senyuman.. Maka kamu akan merasakan kebahagiaan ..” +6283197491019 Assalamu’alaikum wr.wb hy sahabat expresi. . . . Ne tika pendatang bru dri medan hdup ne bgaikan roda kadang d bwah, kadang d atas bgtu juga dengan cinta, kadang bahagia & kadang terluka +6287748819340 Hayy Shbt Expresi Aq Mw Krm Slm Nhe Bwt Iyan,rudy,bwt Tmn2 Aq D.50 Bwt 0rtu Aq Sm0ga Sht Sllu Ad Psan Nhe Dri Aq ;jgn Prnah Sia’’n 0rg Yg Kmu Syk Ea Na Aq Gk Mw Mua Cwe Ngrasain Pa Yg Aq Rsakan Skrang Jdi Trus Prthan Kn Hbngan Klian Dgn Psngan Klian...slm Rndu Bwt Kkasih Aq D.surga. +6287769509232 Assalamualaikum, ;) hy surat nyasar, aq pendtang

bru nue, nama aq. gadis skola di smansa seram, aq mw krm slam dunk buat teman2 ak kusus na X7, dan slam kenal buat teman* surat nyasar:) terimakasih +628566380231 Hy surat nyasar ..:) Nma aq Eva Tan , aq skoLah di Smaki. Aq mau tisam bwat Hendra Lie si jLeg ajah. Yg mau kenaL aq invite ya 264E3D55 +6287891132838 hyy sahabat Express:)aq pndatang baru nihh,,,dari skolah R.A Kartini Sei Rampah:)Temen_Temen aq pngen bnget di Hari uLang Tahun q pd tanggal 12 MARET nihh ada yg mmberi selamat ama aq:(aq psti sneng bnget:)Oh ia buat sahabat FACEBOOK loverr’zz add aq yh “ Deledya Bora Aritonang “ salam knl buat aLL ny :) :D +6285923361461 Aqh0e Clalu Brdoa Sm0ga Aqh0e Dpat Jodoh Cpat N Yg Trbaik Bwt Aqh0e N Allah.Amin By,dwi Anggunia Sari(tembung) +6287869310233 syalom....... HY... nma saya dona lisa sya cma berdoa dngn 5 jari yaitu... 1.jari jempol=>org yg paling dkt&akrab 2.jari telunjuk=>hamba tuhan,guru,dll(org yg mngjr) 3.jari tengah=>para pempin bngsa(presidenterkecil) 4.jari manis=>org yg lemah(yatim piatu fakir miskin dll 5.jari kelingking=> diri sendri sekian doa 5 jari dri dona lisa br tarigan sekian&trima kasih +6287891895567 Hy, kenalin nama ku IFA, aku pengen cari temen smsan aja ni... aku alumni smp n 1 perbaungan :) +6287818829011 -_-Hay Sahabat Expresii,,,,Nma khu Nurmaidha,,,Kelaz X PM Dhi SMK N 1 Sib0eLga. ak mw Lempar Kangen Buad ss0rank ynk adha Dii sAnA,,,:_) +6287767621567 Cintai aku karna ALLAH Sayangi aku karna ALLAH Kasihi aku karna ALLAH Miliki aku karna ALLAH bukan langit,bukan bumi,bukan bulan matahari,kau jadi kan saksi cinta hanya ALLAH sang MAHA CINTA. bukan harta,bukan rumah,bukan pula kehebatan. ku pandang takwamu sayang, mencinta mu aku tenang, ku ingin menjadi surga dalam lembaran hidup mu, ku jadi kan engkau imam, bimbing aku jalan kebenaran, hy ne fitri q pendatang baru ne, kirim salam ya sma anak 12 ipa 1 d SMA N ,1 TG.PURA, jgn cengkal2 youaachhh +6287763813403 HaYy sAhAbAt exPreSi .. PnDtNg bRu nIe ? NmA aQ sAbRi gAsTaNyo .. AkU cMan PnGin cRi teMan j ? 087869858600 Indah ny perkenalan,jika bersolek keikhlasan,indah ny berteman andai kata kesetiaan yg d pertaruh khan. Dari japan tuk teman-teman... +6287793955276 hY nM qUe LiAnA.qUe PnDtNg rU que cmA KrM cLm aZhA bwt TmN” que yg aDhA d’mEtHoDiZt KuaLa,Lw kLiAn mW CrHt XmX/ K’n0 nE eA; 087748994925 Saat Aku Terjatuh Aku Akan Mencoba Bangkit lagi Akan ku coba lagi dengan kekuatanKu yg tersisa. inginku Langkahkan Kaki,,Menyusuri jalan-jalan

kecil gelap tak terlihat... Adakah pelita Untuk jalan gelap itu ?? Terlalu jauh jalan yg harus ku tempuh. Saat aku sudah tak Sanggup Lagi Aku hanya Mengalirkan Air Mata dikedua Pipiku. Aku takkan Menghapusnya ku biarkan ia kering dengan sendirinya lelah hati ini menunggu berharap semua seperti dulu lagi tapi waktu telah jauh berlalu Aku hanya Berharap semoga diwaktu yg Akan datang Ada pelita untuk Jalan yang Gelap itu. Yanti Yusuf XII ipa6(SmaN 1 T.balai) +6281990767726 Ehem .. Hay Sobat Xpresi .. Nma Sya Dian Kelas 1stm Bina Taruna Medan Marelan .. Sya Hnya Ingin Nitip Salam Ni Ma Ibu Dan Ayah Tercinta . Smoga Mereka Sehat Selalu Dsna Amin .. I Miss You .. +6283194428033 BeLajAr UntUk MeNgeRti dAn mEmAhAMi. DRi k’TeRbAtAsAn SesEorANg. BeLajAr UntUk mEngALaH DaRi SebUaH kE Eg0isAn. BeLajAr mEnErImA kEkUrAnGNn Dari kE TidAk sEMpUrnAaN. BeLajaR MemAafkAn DaRi KeSaLahAn SesE0rAnG. BeLajAr SeTiA UntUk CinTa yAng TuLus. TAPI ADA SaAt NyA BeLaJar Di mAnA QitA hArUs BeRhEnTi MeNcinTai oRaNg LaiN. . . . DaN BeLAjaR UntUk MeNeriMA kEnYaTAaN bAhWa DiA TeLaH PeRgi BersAmA Yg LaeN. mEniNggAL kAn LukA Yg pERih Di HaTi. . Buat synk awq tetp smngat krja nya yea :* +6287867868484 AssaLamu`aLaikum. Hy hy hy, surat nysar.. KenaLin nma qU YuLia ,, Q pndtanh bru Lo, Q tnggaL d Medan. Q cmn mw TISAM z buat pCr Q trsayank.. SLam rindu .. & Q mau cr tmen ini cwo/ cwe.. Yg mau jd tmen Q sms/ tLpon Z k nope Q .. YuLia citra. 087744914252 hai sahabat expresi q pndtang bru ni .nm ku aditia anak medan sunggal ni. titip salam y buat orang yang benci sm q ya hahahaha ^_^ +6285207120101 Salam kenal smua shabat expresi.. Nama aku indra :) yg mau jd tmn aku sms aja ya ;) .. Buat majalah expresi mkin sukses dan jaya trus yaa.. Amin :) +6287868977995 Hdup adalah sebuah tragedi yG hruZ djLni. Pahit aTau Manis. Suka aTau dUka teTap kIta Lwati. Kdang Kta brPkr m3ngpa hrZ ad kHdupan? Sdngkan Akhrnya nti kIta Akn bLik ke t4 kta mSing”. Tp kNpa jGx hrZ ad CINTA .... Lw hnya uNtk bRsdh. Kdng orG brKta hdUp tnpa cInta bGai tMan tak berBunga. Namun hdup krna cInta jGx seperti brDa di nRaka. Krna it, Jalani lh Hdup ini Sprti air yG menGalir.... # Wolesss z +6281990577124 Hai, Sobat Expresi Q Pndatng Bru Nie. Q Ma0u Tisam, ma Kwan” Q DISANA! BY:DINA DI SUNGGAL +6287869228595 Mnsia bljr sakt u mngnl shat &bljr sdh tuk mngnl bhagia mka dri tu ku mngnl skt hati tuk daptkn cinta sjti +6287748014974

April 2014 I Edisi 97 I Tahun IX 13


Surat Nyasar Pesan Theey’ndell.. Guee enggak mau loe jadii masalalu guee, yang guee mau loe jadii masaa depan guee ;) :D Haii surat nyasarr.. Gue adee..dimedan :) Guee kuliah disalah satu akademi akuntansi dikota medan :) titip salam iyaa.. buat pacarr tersayangg dan tementemen deket guee “JEBO STAR” saling kangen mereka :) Dan buat keluarga besarr sahabat express Salam kenal iyaa... Ma’acii :) +628997763572 Hay Kamu Yang Disana ? Kamu tau Gak Kalo Aku Sayang sama kamu Loh . Sayang Kamu Maulana Firdaus Nama:syahputri Dari sekolah SWASTA TELADAN MEDAN +6287867186507 an,jangan mudah putus asa ya kakak2 ok :).Terus berusahan dan berdoa kepada Nya agar ank kls XII di Indonesia LULUS 100% Amin dan masuk ke universitas yg di ingin kan amin3.., ;) ~Ayo Semangat~ +6282362602688 1+1=2, 2 mata ine ingen slalu melihatmu? 12+12=24, 24 jam aQu ingen slalu menjaga mu? 6+1=7, 7 hari dalm sm’nggu sllu ingen mendngar suara mu? 15+15=30, 30 hare dlm sbulan aQu ingen sllu memlukmu? 6+6=12 12 bulan dalm stahun aQu ingen d’bla’mu? 50+50=100 100 thun lage aQu ingen idup brsmamu.... Bay:janah +6287706321963 Syalom,.Hy Sobat” Xpresi,.Saya pndtng baru nih,.Saya Elfan Manurung,.Kuliah di Mikroskil Jurs.Akuntansi Smstr 2,.Salam y bwt tmn” di Mikroskil,tmn” di IBBI,n Sobat Xpresi smuanya,.Salam manis n Salam Kenal ^_^,.GBU,. +6281315622547 >’ H4ny4 UntuK muE... ‘< Saat Q M’mlkimu,, Q sLLu Mnyia2kn mu skrg pnyeslan pun dtG & Q tk mgkn MemLKi mu lg,, Q syg kmu! Q Cnt kmu! & Q gk mw !..khilang­ an mu..! Brat Q mLepas mu, Tp kni Q hny bz relakn kpRgian mu sLmt JlaN SmS gRatiz Q,,, hti2 djln y... Moga nyampe di tmpt tujuan +6287742774977 Hey aku benny , aku hanya mau menyatakan cintaku kepada orang yang aku sayang namanya dianita hutabarat dia tinggal di kalimantan tetapi aku di medan , kalau memang dian sendiri yang baca aku hanya mau bilang “aku sayang kamu selamanya” bagi teman teman yang kenal dia tolong sampaikan ya. :):D;):*B-) +6282164651998 Shbat expresi ne AQ DINA dri skolh Y.P teladan sei rampah,dina pngen cri tmen curhat ne,mau cwe tw pun cwo,slam” nya buat shabt” dina aja ea terutama di kelaz X1-is,buat gru” smua,thank’s ya. .:) +6285923451402 Apa kw mragukan pasaanku sbgaimn aku ragu akn rasa mu. ketahuilh sungguh ini suatu ktulusan rasa yg tk prnh trjadi dlam lingkup CinTa +6285761402860 “ciNt4 adalah perSahabatan yg s3jati tuk slamanya”. Hay shbt expresi smuanya,gue Elis d stabat,gmn sich supaya bs move on. +6285296163764

14 April 2014 I Edisi 97 I Tahun IX

[Menerima Teks]’ papan,, “Umpma surga yg slalu d’ hrapkn,, “ J’ka mnurut mu d’a mmil’ki kkurngan,, “Mka tUtup’lach kkurngan_a dngn kleb’hn mu. . . ! By:Agan Slayers :) +6287868510996 Adà 10 jàñji Sàhàbàtt........ -> Sélàlu sétià -> Sélàlu Jujur -> Sélàlu KöMpàk -> Gk böléh BràNtéM -> Tdk Egöiiis -> Tdk MérébUt pàcàrr sàhàbàtt_Nyà -> tdak cuek sma shabatt_Nya . %DON@ L!5@ BR T@RIG@N% +6287794220390 Hy shabt expressi:),, Akku pendatang baru dari surat nyasar Nama akku yuNii:) Aku skolah d.SMA N 1 TNJUNG PURA loh, Aku btuh tmen curhat ni Aku nitip salam ne bwt kwan2 ku yg ad di SMA. Kalw btuh tmen curhat smz aku ya:) Aku tnggu lho:P:D+628994972289 Hy surat nyasar q pendatang bru. Nama q riska kls 3 smk, salam kenal ya bwt smua’a ^_^ +628994972289 Hy shbt nyasar, aQ tiNi, aQ tgl d’tnjUng pUra,, aQ mEncari tmn aQ d’dEsa Cempa,, krm slm 3a dri aQ,. .’ +6285361732516 hy shbat xpresi nie sari d sunggal. sari mw titip salam bwt tmn” yg lagi pada sibuk aja +6287766410435 Hay Cobat Xpres,slam Knal,nma Ak Ayu,ak Asal Dri Nnt,ak Mau Cri Tman Curhat Klo Da Yg Mau Clkan Zmz Di Q” 085359294306 Hay shbt x presi. . Nama qu mita,tmpt tngal aku d kota 50.ku pendatng bru nie .. .aku kngEN nie ama mama N PApa ku. . Kpn ya ku BSa plg . Ku kngn jga ma pcr ku. . Slm knl ya buat shaBat2 x presi yg laen. . By mita 082362696073 hai sahabat xpresi aku purry di medan salam kenal ya untuk sahabat aku yang di sana...semoga sehat selalu... +6285923510717 Rindu,rindu lagi. lagi dan lagi. . . tahun Ke 2? perih! tak peduli! tak respek! tak acuh! Takut benci itu datang. . . Takut marah itu datang. Takut amarah itu datang. . . Takut ketakutan itu datang ... Yang dilakukan hanya diam, tidak berbuat apa2. Memandang dari kejahuan. Mengagumi di dalam hati. Tahu tapi hanya diam. Dekat tapi jauh. ‘Belinda Simatupang’ +6285364211658 HELLOO,,,SHABAT EXPRESI,,,,, NAMA Q HARY WIJAYA. TT MEDAN. Salam knal smaua,,, Hidup itu berawal dari”B”dan berakhir di”D” * B = Birth (lahir) * D = Dead (mati) Tetapi diantara huruf B dan D ditengahnya masih ada huruf”C” * C = Choice (pilihan) Hidup selalu menawarkan pilihan... Tersenyum atau marah... Memaafkan atau membalas... Mencintai atau mmbenci... Bersyukur atau mengeluh... Tidak ada pilihan yang tanpa konsekuensi, namun “DIA” selau memberi yang terbaik... Rencana tetap

lah rencana... Rencana kita boleh indah,tetapi rencana “TUHAN” pasti yang terindah...!!! Ini No PIN:2725f546 BB. Di invaite ya buat shbt”. Smua. No Hp Q: 081370323944 Hallo sobat xpresi ... Kenalin nama saya soraya almaida dari rantauprapat tepatnya sumatera utara . Soraya mau kirim salam ni buat siswa SMA 1 Rantauselatan tepatnya di rantauprapat terkhusus bagi kelas XII yang sedang menghadapi Ujian . Semoga kita dapat melalui ujian ini dengan hasil belajar kita yang baik dan semoga kita mendapat hasil yang lebih baik nanti nya dan mendapat bisa lulus di universitas yang kita inginkan . Buat teman” seluruh nya jangan mudah menyerah !! Kejar lah yang kalian inginkan ! Tak ada kata ragu , malas , bosan asalkan ada niat disitu ada jalan untuk belajar lebih baik . Ingat teman ! “ Man jadda wajada “ siapa yang bersungguhsungguh akan berhasil . Salam sobat semua +6281990444019 Hai shbat xpresi, kenalin nama aqu uki. aqu pndatang bru ne, mau cri teman cwe ne. yg mau, zmz/fon z k’no ne ea. 085761658271 Cinta ?.. aq hnya ingin cinta it adalah cinta yg ap ad ny,aq tk ingin cinta yg iztimewa, klo cinta it hnya untk smentra sja,yg aq mau cinta yg ap ada ny,cinta yg mengrti aq s3sunggh ny, krna ini lha aq yg ap ad ny.. :))) (by,yani) %C?nT@? @q% :stuLuz Ht! Mu= :) :p :& :> +6287766336391 . allah memberikan stiap manusia cinta untk sling menyayangi bkan tuk sling membenci n menyakiti . tapi mengapa 0rg yg tak prnah menyakiti ,, slalu d sakiti .?.?. by . lely d medan . +6287868716831 Hey nama aq chrismjon chelpin Aruan, Aq mau titgp salam sama Simon Kevin Aruan di tarutung. Jeffrey Abraham Bp Aruan di sma st.thomas 1 Semga baik2 sja. GBU +6285977264767 hy shbat eXPResi :D knali ni aq NADIA S0RAYA. aq teman bru x’an lo.aq bru Zah brgbung d’cni. aq mw titip slm bwat guru2 khusus ny diskul trcnta SMP-SMA AL~HIDAYAH MEDAN. ttp smgat iah bpk/ibu gru dlm mengajari siswa/i ny (y) +6287869036419 Akuh tertawa :D bkan b’rarti aku bhgia;) akuh hnya mngikuti alur khdpan.!. yg mngharuskan ntuk ttap brda pda jlur tsb,,! Aq trsnyum :) mlhat orng yg q cntai bhgia,,! Pi,, smkin aq trsnyum :),, smkin br+ gresan luka d hati,..! Slma neu, aq hnya orng yg bdoh :x.. Yg mmbiarkan prsa’an q beku oleh k’lmahan cinta yg q rasa hnya mmbutakan q %).! :( :( :( bY :....iqbal ;) +628786936432

Buat teman-teman yang mau kirimkirim salam, kirim kata-kata mo-

tivasi, atau ucapan selamat kesiapa

saja tinggal kirimkan saja ke SURAT NYASAR tabloid xpresi. Caranya

mudah, tinggal sms saja ke ­nomor ini.

087869801990 di tunggu ya..


Mei 2012 I Edisi 74 I Tahun VII


Xpresi Kampus

STIE-STMIK IBBI Gelar Bakti Sosial untuk Korban Erupsi Sinabung

S

ekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) dan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) IBBI melakukakan kegiatan bakti sosial peduli sinabung yang digelar pada Sabut (8/3) bertempat di Pos Penampungan Bencana Sinabung, Gedung Serba Guna, Kaban Jahe. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) STIE – STMIK IBBI yang pesertanya sendiri adalah perwakilan dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan UKM STIE-STMIK IBBI didampingi oleh Wakil Ketua III STIE IBBI Bidang Kemahasiswaan, Lusiah beserta beberapa staf dan dosen STMIK IBBI. Lusiah mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian kampus kepada korban erupsi sinabung. Adapun sumbangan yang diberikan kepada korban bencana Sinabung berupa sembako, sabun, susu, roti dan pakaian serta makanan untuk anak-anak. Sumbangan tersebut diperoleh dari mahasiswa – mahasiswi STIE-STMIK IBBI yang dikumpulkan sejak t 20 Febuari-7 Maret 2014. “Semoga kegiatan ini dapat menginspirasi banyak orang untuk saling berbagi kasih kepada para pengungsi korban erupsi sinabung,” harap Lusiah. Pada kesempatan yang sama, Budijanto selaku Wakil Ketua III STMIK IBBI mengatakan kegiatan ini sangat positif dan baik untuk dilaksanakan. Kita bisa

melihat kondisi lahan pertanian tanah karo pasca erupsi sinabung, “Hancur total, semua tanaman-tanaman mereka sudah mati dan belum bisa melakukan penanaman kembali sebab masih banyaknya debu yang menyelimuti lahan mereka. Hal ini karena di daerah tersebut jarang mengalami hujan,” terang Budijanto seraya menambahkan, “Dengan diadakannya kegiatan bakti sosial ini, kita berharap akan mengurangi beban mereka,” tuturnya. (SG)

Berbagi keceriaan bersama adik-adik kita yang berada di pengungsi

Bersama Para saudara-saudara kita yang berada di posko pengungsi

Hara, Mahasiswa IBBI Dengan Bakat Music Adalah Hara, salah seorang mahasiswa berbakat dari STIE-STMIK IBBI. kelahiran siborong-borong yang mempunyai hobi bermain musik. Kecintaannya terhadap musik ia realisasikan dengan membentuk grup band bernama Afternoon yang kini tengah berjuang untuk masuk label kerajaan music salah seorang musisi besar Indonesia, Ahmad Dhani, pemimpin Republik Cinta Management (RCM). Hara tak sendirian, ia berhasil masuk nominasi kompetisi Uzone Digital Icon Band Competition, bersama band yang dimotori oleh Nunu sebagai vokalis, Mario dan Aca sebagai gitaris, ditambah Dedy sebagai penabuh drum dan Hara sendiri sebagai basis. Lewat formasi ini, Afternoon Band telah merampungkan demo album yang dinamakan Hitam dengan lagu pertamanya berjudul Aku Tak Pernah Kenal yang Namanya Cinta. Demo album ini mereka rekam secara home recording dengan peralatan seadanya. Mereka pun menciptakan beberapa demo untuk dikirim

16

April 2014 I Edisi 97 I Tahun IX

ke label-label musik Indonesia, salah satunya untuk menembus RCM, dan sebagian untuk dipromosikan ke radio-radio di Medan. Demo album berisikan tujuh lagu yang masing-masing masih bercerita tentang percintaan seperti, Aku Tak Pernah Kenal Yang Namanya Cinta, Malaikat Hitam, It Is Me (God Makes No Mistakes), Pesonamu, Tak Lebih, Sunda Romance, dan Budak Asmara. Untuk mendengarkan preview lagu-lagu pada demo album Afternoon ini, kita dapat membuka akun reverbnation Afternoon pada link berikut ini, www.reverbnation.com/afternoonofficial Saat ini, Hara dan band Afternoon yang tengah menjadi nominasi dalam kompetisi Uzone Digital Icon Band Competition membutuhkan dukungan kamu demi mencapai babak selanjutnya. Kamu dapat mendukung Afternoon untuk mencapai 80 besar dengan cara memberikan voting pada link berikut, www. uzone.co.id/wow/digitalicon/detail/7623 . (JPa)


Xpresi Kampus

KMB STMIK IBBI Gelar Pelantikan Kepengurusan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Keluarga Mahasiswa Buddhis (KMB) Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) IBBI melakukan pelantikan bagi kepengurusan baru, bertempat di Kampus Diamond IBBI Jalan Sei Deli Nomor 18 Medan pada Jumat (7/3). Pelantikan ini dimaksudkan guna mengesahkan kepengurusan baru yang akan bersama-sama melestarikan dharma di Kampus IBBI. Melalui kata sambutannya, Budijanto selaku Wakil Ketua III STMIK IBBI mengharapkan kepengurusan yang baru bisa mempertahankan kualitas kegiatan yang diselenggarakan oleh kepengurusan lama, bahkan harus bisa ditingkatkan dengan cara menciptakan kegiatan-kegiatan yang baru guna membawa dampak positif bagi mahasiswa/i Buddhis di Kampus IBBI.

Gubernur BEM STMIK IBBI, Rendy dalam sambutannya turut mengucapkan selamat atas kepengurusan baru yang telah dilantik. Rendy pun berpesan agar kepengurusan yang baru harus mencontoh kinerja dari kepengurusan yang sebelumnya. “Kepengurusan baru harus senantiasa belajar dan jangan menyerah dalam menjalankan roda organisasi, tetap semangat !” tutup Rendy. Adapun susunan kepengurusan yang baru UKM KMB STMIK IBBI terdiri atas, Ketua Sudartono Phannoto, Wakil Ketua Sepin, Sekretaris Satu Dwi Ratna Sari Putri, Sekretaris Dua Yohanna Prasetia, Bendahara Nelly, Divisi Publikasi Hendrik, Venny, Levana, Divisi Dokumentasi Nova Leonardy, Willy Siswanto. Anggota, Evi Wijaya, Fanny, Toni Tan, Willy Tan. (JPa)

HMJM STIE IBBI Gelar Seminar Edukasi Publik Pasar Modal

Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (HMJM) STMIK IBBI menggelar seminar edukasi bertajuk, “Peran Pasar Modal di Indonesia sebagai Alternatif Berinvestasi di Kalangan Mahasiswa Modern” pada Sabtu (15/3). Seminar ini berlangsung di Hall STIESTMIK IBBI Kampus Diamond Medan. Sengitnya persaingan yang membuat mahasiswa harus terus mengasah dan mengembangkan pengetahuanya merupakan salah satu alasan HMJM menggelar seminar yang bekerja sama dengan Danareksa Sekuritas dan Indonesia Stock Excange (IDX) atau dikenal pula dengan Bursa efek Indonesia. Kegiatan ini dihadiri ratusan mahasiswa STIE IBBI dari berbagai jurusan dan beberapa dosen. Dengan diadakannya seminar ini, diharapkan generasi muda, khususnya mahasiswamahasiswi mengetahui dan termotivasi sehingga mampu terjun ke dalam dunia pasar modal. Yoseph Kaburuan dan Tauhid Akbar Pane selaku pembicara

mengatakan “Don’t pull all eggs in one basket” yang intinya jangan berinvestasi pada satu bidang saja atau pun bertumpu kepada satu usaha. Guna mengurangi risiko, kita perlu menebar penempatan investasi sehingga bisa terhindar dari risiko kerugian secara total (total loss). Tauhid Akbar Pane pun menyambut dengan menyatakan, “Dengan diselenggarakannya seminar ini mudahmudahan banyak mahasiswa yang mau terlibat di dalam dunia pasar modal sehingga tujuan untuk mencerdaskan dan mensejahterakan bangsa terutama mahasiswa bisa tercapai” ujarnya. Lusiah selaku Wakil ketua III STIE IBBI mengatakan bahwa seminar ini sangat baik dan positif untuk dilaksanakan, “Semoga dengan dilaksanakanya seminar ini menambah pengetahuan mahasiswa sehingga para mahasiswa tidak ragu dan percaya diri untuk terlibat dalam pasar modal dan menciptakan milyarder-milyarder muda,” ucap Lusiah. (SG)

STMIK IBBI Gelar Penyuluhan Online Learning

Fungsi media pembelajaran dalam proses belajar mengajar adalah guna membangkitkan keinginan, minat yang baru, dan pengaruh-pengaruh psikologis lain pada mahasiswa. Media pembelajaran dapat digunakan dalam rangka penyajian informasi di hadapan mahasiswa. Guna mendukung proses belajar yang lebih baik, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) IBBI mengadakan penyuluhan kepada mahasiswa mengenai online learning, pada Sabtu (8/3) di Hall IBBI. Pada kegiatan ini, mahasiswa diajarkan bagaimana menggunakan online learning system yang benar dan efektif. Sukiman selaku Wakil Ketua I STMIK IBBI mengatakan dengan diterapkannya metode pembelajaran secara online akan memacu semangat mahasiswa untuk belajar dan menambah wawasan mahasiswa. Sementara itu, Marwa Halim selaku ketua Core IBBI dan perancang online learning system mengatakan pembelajaran online (e-learning) ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar dan meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam mencari serta

mempelajari mata kuliah yang diikuti. “Dengan kuliah sistem online mahasiswa dituntut untuk dapat meningkatkan kualitas diri dan dapat belajar tanpa batas waktu dan tempat,” tutup kata Marwa Halim. (JPa)

April 2014 I Edisi 97 I Tahun IX

17


Xpresi Xpresi Inspiratif Puisi

KEKASIH MAYA Rini Debraha Simatupang SMA Kesuma Indah Padang Sidempuan Dia yang telah merebut seluruh sadarku setiap kata yang terucap dari bibirku selalu tersirat namanya hanya menceriterakan semua tentang dia Bahkan ketika malam tak berbintang lagi dan bulanpun enggan memancarkan cahayanya aku tak pernah bekenalan dengan sepi sebab , ada dia disetiap mataku terpejam Dan ketika sang surya mulai meredup cahyanya dan samudera kini telah menjadi daratan tak pernah kucoba menghentikan langkahku karena ku tahu kau tumbuh mekar dihatiku kutahu kau takkan meninggalkanku Namun aku harus sadar dan paham kau tak ada disisiku tak melangkah bersamaku tak menggenggam tanganku tak menyentuhku atau menggapaiku Kau.... hanya tersirat dipikiranku hanya bersemi dihatiku hanya bayangmu bermain dimataku hanya menjadi memori diingatanku

TERINGAT TENTANGMU DAN MENGAKHIRI SEGALANYA Dolly susanty STMIK IBBI semester 8 Waktu yg kita lewati, Semakin hari semakin panjang. Kamu dan aku, Yang selalu mengatakan putus dan takkan pernah bisa bersatu lagi. Tapi mengapa? Hati ini selalu memikirkanmu. Tapi mengapa? Hati ini selalu teringat dirimu. Teringat smua kenangan kita, Teringat semua hari2 waktu kita berdua. Teringat hari-hari yang selalu mengatakan kita takkan mungkin bersatu lagu. Teringat hari-hari dimana kamu mengatakan kepadaku untuk meninggalkan dirimu. Apakah inilah saatnya untuk diriku pergi? Aku juga tak pernah bisa melakukannya. Apakah inilah saatnya aku harus mengakhiri segalanya? Mengakhiri hidup tanpamu. Dan menangisi smua yg prnh kita jalani berdua. Dan berharap smua ini, Akan menjadi kenangan yang terindah dalam hidupku denganmu.

MENANTI KEBAHAGIAAN Melia XI IPS SMA GAJAH MADA BINJAI Hari hari yang kuinginkan tidak pernah ada Hari hari kesedihan ku s' lalu ada dan ada Tak pernah kubayangkan itu semua Kenapa harus aku yang merasakan? Sekian detik , sekian menit, sekian hari Aku hanya menanti kebahagiaan Kebahagiaan yang mengubah hidupku Yang membuatku merasa aman dan damai Tapi, Kebahagiaan itu tidak pernah ada Tak pernah ada dalam hidupku Tak sekali pun kurasakan Oh tuhan, Kapan kebahagiaan itu ada? Dan datang pada diriku Yang menghilangkan luka dan sedih dihatiku

PERSAINGAN YANG TIADA HABIS BERSAMA FADLEY MARTHCELLO KALAM KUDUS MEDAN XI-IA Hari kosong kan terasa, Tanpa hadir jatimu dijalanan hidup, Kau bintang penghias malam , Kau tawa kebersamaan, Ya, Kau spesial, Semua tak lengkap bila kau tak ada, Semua tak terasa bermakna bila kita tak bersama, Kebersamaanlah pembentuk dirimu, Yah, Tanpa bersama kita tak bisa bersatu, Dan tanpa bersatu kita tak akan bersama Kau pelengkap Walau bukanlah pendamping hidupku Itulah dirimu "SAHABAT ku"

18 April 2014 I Edisi 97 I Tahun IX

KEHADIRAN SEORANG SAHABAT Rusti Rina Hutagalung SMA KATOLIK SIBOLGA Dikala hati sendiri yang penuh dengan gejolak engkau datang. Dengan penuh kedamaian yang membuat hati ku senang dan tak kesepian Dengan kehadiran mu itulah hari demi hari kita bisa menjalani bersama dengan canda yang terlukis diwajah mu dan di wajah ku mulai dari kedatangan mu kita jadi sering berbagi cerita suka dan duka kita saling menguatkan disaat diantara kita mempunyai masalah Engkaulah sahabat yang terbaik yang dikirim kedunia ini dan bertemu dengan ku saat ini

Benny wijaya SMA SWASTA METHODIST 2 Tanjung Balai XI IPA Perseturuan terjadi hanya untuk kehormatan, kemuliaan yang sampai mengorbankan ribuan nyawa Nyawa tidak berdosa hilang dalam sekejap mata Suara nuklir yang bisa terdengar dari kejauhan butir peluru yang melayang di angkasa bagaikan hujan awan gelap yang menutupi cahaya matahari Anak anak kehilangan orang tuanya rasa takut dan trauma menghantui anak anak yang belum mampu menerima kenyataaan dapatkah engkau mendengar tangisan tangisan? dapatkah engkau merasakan ketakutan dimana mana? dapatkah engkau melihat mata yang penuh penderitaan? mampukah kita berbuat sesuatu? mampukah kita menghentikan ini semua? Kita hanya bisa berdoa karena hanya kepadaNYA tempat kita mengadu

0 karaNaskah cerpen 5000-600 isi. pu n, pe cer an im kir a Redaksi menerim napaun. Tulisan dipublikasikan di media ma ah rn pe um bel n da al kter, origin san Facebook Tabloid i@gmail.com atau via pe res xp loid tab ail em ke dikirim o, ser ta nomor telepon data lengkap penulis, fot bio ai ert dis n isa tul i, res Xp yang bisa dihubungi.


Xpresi Inspiratif MAHMOED AHMADINEJAD

JOHN F KENNEDY

Tokoh penting Amerika Serikat di era Perang Dunia ini merupakan pemimpin besar yang menjadi panutan pemimpin-pemimpin modern di Amerika Serikat. Tegas, bijak, serta piawai menggunakan otaknya. Salah satu pemimpin paling bijaksana yang pernah berpijak di muka bumi.

NELSON MANDELA

Pemimpin Afrikan yang identik dengan kata “Apartheid”. Pria kulit hitam yang begitu menentang pengelompokan ras manusia. Pembunuh Apartheid yang terkenal, legenda hidup yang masih bersinar di daratan benua hitam. Sang Madiba yang agung dan legendaris. Sifatnya yang tegar dan berani dalam menegakan kemanusiaan di muka bumi.

Salah satu pemimpin yang menjadi cermin kesederhanaan umat Tuhan yang mulia. Pria yang menjadi presiden ke 6 Iran ini menunjukan bahwa semua manusia adalah sama. Kemewahan dan harta hanya racun belaka, kekayaan yang sesungguhnya adalah bagaimana seorang pemimpin berkorban untuk rakyatnya dan menjunjung tinggi keadilan serta selembar contoh perilaku dan moral yang bijak. Satu-satunya Presiden yang sangat amat merakyat di jaman modern ini.

NAPOLEON BONAPARTE

Adalah realitas dari tokoh Robin Hood. Penegak keadilan bermodal semangat dan kepercayaan pada keadilan. Kaisar besar penakluk bangsa Prancis yang berselimut ketidak adilan. Seorang tokoh panutan para pemimpin militer hingga saat ini. Sifat paling terkenalnya adalah keyakinannya akan keadilan.

Pemimpin Dunia Paling Berpengaruh SOEKARNO

ABRAHAM LINCOLN

Pemimpin besar AS yang bersifat tegar dan pantang menyerah. Bapa kemerdekaan Amerika, julukan yang Ia dapat setelah melaksanakan usaha heroiknya menumpas perbudakan di Amerika Serikat yang berakhir tragis. Presiden yang berkorban nyawa atas perbuatannya menentang perbudakan.

CHE GUEVARA

Adalah pejuang revolusi Marxis Argentina dan seorang pemimpin gerilya Kuba. Keberaniannya melebihi singa, jiwanya berapi membara membakar semangat pasukannya. Salah satu pemimpin militer terbaik yang pernah ada di era modern. Kekuatannya setara Caesar dengan kombinasi sifat langka manusia yang kental dalam darahnya.

Presiden terbaik yang pernah dimiliki negara ini. Tegas, Bijak, dan Cerdas. Pidatonya menggila, membakar sema­ ngat rakyatnya. Kharismanya membuai hingga sederet wanita tunduk oleh sifat flamboyannya. Otaknya pun moncer!! hasil didikan lantai dingin ruang jeruji besi, pembuangan dan perenungan. Tak kurang beberapa negara adi daya pernah di pecundanginya dengan diplomasi yang elegan selalu menjadi kekuatannya. Belahan dunia manapun dalam sejarah mereka, pernah mengenal bagaimana pria ini membawa dan menjunjung harga diri negaranya de­ ngan segenap jiwa dan semangatnya.

Quiz Sebutkan nama Presiden Amerika Serikat yang karakternya diadaptasi ke dalam sebuah film yang meraih 12 nominasi Academy Awards 2013?

VLADIMIR ILYICH UYANOV

Salah satu pemimpin paling berpengaruh dalam sejarah politik dunia. Seorang revolusioner penting dan pemimpin besar bangsa Russia. Kecerdasannya adalah mutlak, kepemimpinannya amat menonjol dalam lembar sejarah hitam putih. Seorang pemimpin yang menjadi panutan turunan Russia hingga sekarang.

Kirimkan jawaban beserta identitasmu ke tabloidxpresi@gmail.com! Pemenang Quiz periode lalu adalah: 1. Juni Anna Fransisca 2. Gilang Mario Pemenang harap menghubungi bagian redaksi, 0878 6821 6146. Thanks.

April 2014 I Edisi 97 I Tahun IX

19


Xpresi Opini Kuliner

Adab Publik Masyarakat Thailand Ditengah People Power Oleh: Lusiah, SE, MM (Wakil Ketua STIE IBBI Bidang Kemahasiswaan

T

hailand sering kita dengar sebagai salah satu daerah tujuan wisata. Dengan sokongan berbagai pantai yang indah dan berbagai cagar budaya yang sangat unik wajar saja Thailand menjadi salah satu destinasi wisata kelas dunia. Semua potensi Thailand, baik alam, budaya, dan juga karakter masyarakat negara Syam ini wajar menjadikan mereka sebagai salah satu pusat wisata kelas dunia di Asia Tenggara. Dari pengamatan kami, sekalipun masyarakat Thailand semua tumpah ke berbagai fasilitas umum, tetapi ruas jalan untuk jalan umum tetap bisa digunakan oleh pengguna jalan. Saat mereka demonstrasi ternyata mereka Thailand masih sempat berpikir untuk kepentingan umum. Dan yang paling mengherankan di tengah kerumunan tenda yang mereka bangun di dekat sarana umum ternyata nyaris tidak ada sampah yang berserakan di keliling mereka. Kondisi jalan tempat para demonstran tetap steril dari sampah. Inilah karakter masyarakat Thailand yang tidak kita miliki. Saat ini saja kalau kita lihat di Kota Medan misalnya sampah berserakan dimana-mana. Bahkan mobil mewah saja tidak merasa berdosa untuk membuang sampah ke tempat umum. Mulai dari buang puntung rokok sampai botol

minuman mineral secara sembarangan. Ternyata di Thailand sekalipun masyarakatnya turun ke jalan untuk demonstrasi ternyata masyarakatnya mampu menjaga kebersihan lingkungan. Bahkan yang lebih mencengangkan, saat masyarakat Thailand sedang dalam kerumunan dan tahu rombongan kami sedang studi banding dan berwisata ke sana mereka menawarkan diri makan bersama di dapur umum. Semua masyarakat Thailand sangat hormat pada rombongan kami. Mereka menyadari kami adalah tamu yang harus dihormati. Kami pun tidak segan dan sungkan berbaur dan tertawa bersama masyarakat Thailand. Bahkan ketika ke dapur umum mengambil nasih dan minum semua sangat tertib. Benar-benar membudayakan budaya antri yang luar biasa. Sangat kontras dengan negara kita ketika demonstrasi semua terlihat rusuh, ribut, dan sampah pasti akan berseerakan. Bahkan demonstrasi di negara kita cenderung mengganggu hak orang lain, atau menimbulkan macet yang sangat parah. Di negara Thailand hal seperti ini tidak ada. Inilah sebuah sikap yang harus kita contoh dari mereka sebagai upaya membangun sebuah peradaban yang sarat dengan nilai â&#x20AC;&#x201C;nilai penghormatan kepada orang lain. Masyarakat Thailand

Gambar Rombongan STIE-STMIK IBBI berbaur bersama masyarakat yang sedang demonstrasi di Thailand. Masyarakat Thailand sangat menghormati tamunya dengan sopan dan ramah. sadar betul betapa pentingnya sikap toleran, ramah kepada siapa saja yang jadi pengunjung bagi negara tersebut. Mereka sadar dengan sikap mereka yang terpuji, bahkan berkarakter maka dengan sendirinya mereka jadi tujuan wisata. Apa upaya untuk membangun karakter masyarakat yang baik seperti negara Thailand? Menjaga tertib umum, tidak membuang sampah sembarangan, ramah terhadap siapa saja yang datang berkunjung ke negara tersebut. Karakter seperti ini harus kita miliki bersama. Kita harus bisa membedakan mana yang patut dan tidak patut sekalipun dalam kondisi emosi

yang labil. Sekalipun masyarakat Thailand sedang melakukan demonstrasi tetapi mereka tetap menjaga kebersihan umum dan mengormati hak-hak orang lain. Keadaban publik sebuah bangsa sangat penting. Untuk itu segenap lembaga agama, lembaga sosial, keluarga, sampai institusi pendidikan harus mampu menanamkan karakter sosial yang baik bagi siapa saja. Karakter sosial sangatlah penting sebagai modal sosial pembangunan bangsa. Sikap yang peduli orang lain, menjaga ketertiban dan kepatutan adalah hal yang paling utama dalam pengembangan pariwisata.

Dosen STIE-STMIK IBBI Menangkan Hibah Penelitian 2014 Sebanyak 16 Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) dan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) IBBI Medan mendapatkan hibah

20 April 2014 I Edisi 97 I Tahun IX

penelitian Tahun 2014, yakni Penelitian Disentralisasi Tahun 2014. Ketua STIE IBBI, Prof Dr Amrin Fauzi didampingi Ir. B. Ricson Simar-

mata, MSEE, IPM selaku Ketua STMIK IBBI mengatakan, hal tersebut sudah diumumkan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) tentang nama-nama dosen yang mendapatkan hibah penelitian Tahun 2014, yakni Penelitian Dosen Pemula (PDP) Tahun 2014, Rabu (21/3). Adapun nama-nama dosen dari STIE-STMIK IBBI yang meraih hibah penelitian 2014 yakni, Dra. Yulia Arfanti, M.Hum, Andriasan Sudarso, S.Mn, MM bersama Hindra Yung Cipta, SE, MM, Aston L. Situmorang, SE, M.Si bersama Petrus Gani, SE, M.Si., Ak., CA., Djatmiko Noviantoro, SE, M.Si bersama Edward Tembler Simatupang, SE, M.Si, Drs. Junaidi, MM bersama Drs. Syafri Marpaung, M.Pd, Fajrillah, S.Kom, M.Si, M.Kom bersama Almastoni,

SE, M.Si, Halim Loly, SE, MM bersama Tarwiyah, M.Pd, Hasrul Siregar, SE, M.Si bersama May Handri SE, M.Si, Lili Suryati, SE, MM bersama Alexander Barus, SE, MM, Lusiah, SE, MM bersama Shamir Hasyim Syarif, SE, M.Si, Maretta Ginting, SE, M.Si bersama Ahmad Saputra, SE, MM, Pasca Dwi Putra, SE, M.Si bersama Minda M. Sebayang, SE, M.Si, Ak., Roza Thohiri, SE. M.Si bersama Corinna Wongsosudono, SE, M.Si, Yusdiana, SE, M.Si bersama Wendi Amsuri Nasution, SE, M.Si, Hartono, S.Kom, M.Kom bersama Tiarma Simanihuruk, S.T., M.Kom, dan Susi Japit, S.T., M.Kom bersama Yeni Risyani, S.T., M.Kom. "Dengan diraihnya prestasi di bidang penelitian ini, maka para peneliti harus lebih giat lagi dan meningkatkan kapasitas serta kualitas sehingga kedepannya, khususnya STIE-STMIK IBBI bisa meraih hibah yang lebih besar dengan penelitian yang terbaik," tutur mereka.


Xpresi Selebriti

Agnez Mo Hiasi Cover Majalah Pure DOPE

A

gnez Mo tampaknya masih berfokus pada karirnya di Amerika Serikat. Setelah mengusung nama Agnez Mo sebagai nama internasionalnya, kini Agnez mulai berkonsentrasi tak hanya dalam bidang musik tetapi juga fashion. Hal tersebut terungkap dalam sebuah cover majalah Pure DOPE yang memajang foto Agnez sebagai cover Spring 2k14 ICE Issue. Dalam cover tersebut, Agnez tampak tampil dengan garang. “CoverGirl @AGNEZMO,” demikian tweet dari Pure Dope, Selasa (18/3). “#Shot by fab photog @JoshuaShultz at the luxurious @SunsetMarquisCA for Her 1st U.S. Cover.

Sesi pemotretan itu dilakukan minggu lalu di Sunset Marquis Hotel, West Hollywood, Los Angeles, California. Fotografer Joshua Shultz sangat bersemangat bisa bekerjasama dengan Agnes. Ia mengunggah video di balik layar saat sesi pemotretan bersama Agnez. “@D_O_P_E @agnezmo @SunsetMarquisCA such an honor!,” kata Joshua yang merasa bangga dengan proyek tersebut. Sesi pemotretan ini bukanlah kali pertama dilakukan oleh Agnez di Amerika Serikat, sebelumnya, Agnez pernah menghiasi halaman majalan Regard edisi Desember 2013 dan sempat diwawancarai dalam majalah tersebut.

Serba Pertama di Academy Awards ke-86 Ajang penghargaan insan perfilman dunia, Academy Awards ke-86 menyim­ pan banyak kenangan pertama bagi beberapa pemenang. Banyak yang pulang dengan Piala Oscar pertamanya tahun ini. Jared Leto adalah salah satu yang pulang membawa piala nominasi Best Supporting Actor lewat penampilan memukaunya dalam Dallas Buyers Club. Jared pun berhasil melengkapi kemenangannya setelah sebelumnya pada Golden Globe Awards 2014 berhasil membawa pulang piala untuk kategori aktor pendukung terbaik. Tak hanya Jared, Lupita Nyong'o yang berperan dalam '12 Years A Slave' juga pulang dengan Piala Oscar pertamanya sebagai Best Supporting Actress. Lupita berhasil mengalahkan peraih Oscar tahun 2013, Jennifer Lawrence yang pada Golden Globe Awards 2014 berhasil membawa pulang piala untuk kategori Best Supporting Actress. Selain itu, serba perdana juga dirasakan peraih Piala Best Actor, Matthew McConaughey, usai mengalahkan Leonardo DiCaprio. Matthew bermain apik dalam Dallas Buyers Club sebagai Ron Woodroof. Alfonso Cuaron juga meraih Oscar pertamanya untuk film 'Gravity' di ajang tahun ini.

Fakta Menarik Seputar Gelaran Piala Oscar 2014 Gelaran Piala Oscar di Dolby Theater, Hollywood, Minggu (3/3/2014) malam waktu setempat memang telah usai, namun ada banyak hal menarik yang terjadi sepanjang perayaan akbar yang mengundang ratusan aktris dan aktor berbakat dunia. Pagelaran terbesar insan perfilman dunia ini dipandu oleh Ellen DeGeneres. Sebelumnya ia pernah ditunjuk sebagai pembawa acara di Academy Awards tahun 2007 lalu. Tingkah Ellen yang membawa seorang pengantar pizza ke tengah panggung cukup menghebohkan. Apa lagi aksi Ellen membagikan potongan pizza kepada para selebritis yang kabarnya kelaparan. Bukan itu saja, fakta menarik lain pun turut meramaikan panggung Academy Awards ke-86 ini. Sebelum acara red carpet dimulai, hujan gerimis mengguyur lokasi acara. Beberapa patung piala Oscar yang ada di Dolby Theater, Hollywood pun ditutupi dengan plastik. Sejak beberapa hari terakhir memang kawasan Los Angeles kerap diguyur hujan. Meski hujan diramalkan akan

tetap turun dengan intensitas rendah sampai sore jelang malam, acara berlangsung dengan sukses. Masih hangat di ingatan insiden yang terjadi pada Jennifer Lawrence di Piala Oscar tahun lalu, dimana sang aktris terjatuh ketika berjalan ke atas panggung untuk menerima piala. Tahun ini, pemeran 'American Hustle' itu lagi-lagi terjungkal, namun kali ini di red carpet. Jen tidak sengaja menginjak gaun seorang wanita yang tengah berjalan di depannya. Ketika terjatuh, aktris 23 tahun itu sempat memegangi tubuh wanita di depannya dan dibantu petugas. Menambah keseruan malam penghargaan, para nominator Oscar tampak berkumpul dan berfoto selfie bersama. Jared Leto, Jennifer Lawrence, Meryl Streep, Julia Roberts, Brad Pitt dan lainnya tampak tersenyum ke arah kamera ponsel Ellen DeGeneres. Diunggah ke Twitter, foto tersebut menjadi topik hangat di kalangan pengguna internet. Tweet foto selfie dari akun Ellen DeGeneres pun di-retweet lebih dari 2,2 juta kali.

Virzha Idol 2014

Rocker yang Suka Curhat dengan Kucing Di balik penampilannya yang ngerock sepanjang Indonesian Idol 2014 berlangsung, Di Muhammad Devirzha atau lebih dikenal dengan Virzha Idol ternyata punya sisi lain yang belum banyak diketahui orang. Apa itu? "Saya memang nge-rock, tapi kalau sudah sama kucing, saya bisa jadi laki-laki yang lembut," ucapnya, usai Spektakuler Show ke-4 Maret lalu. Menurut kontestan asal audisi Medan ini, kucing bukan hanya sekedar binatang peliharaan, bagi Virzha, bi-

natang berkaki empat itu merupakan tempatnya mencurahkan isi hati. Benar saja, ketika kucing kesayangannya yang diberi nama Miko dihadirkan di panggung Spektakuler kemarin, Virzha yang tadinya terlihat gahar berubah jadi sosok penyayang. Lelaki asal Banda Aceh ini mengangkat Miko, memeluk, dan mengelus-elus lehernya hingga berhasil membuat kucing berwarna emas itu terlihat cukup nyaman. Kejadian ini pun spontan membuat penonton tertawa.

April 2014 I Edisi 97 I Tahun IX 21


Xpresi Info

Indonesia Bakal Punya 5151 Miliarder pada 2022

Xpresi Zodiak

ARIES (21 Maret - 20 April) Lebih baik abaikan saja pendapat miring orang lain tentang apa yang kamu lakukan. Toh yang melakukan dan menghadapi resikonya adalah kamu juga, mereka hanya bisa menilai tanpa memikirkan detailnya. TAURUS (21 April - 20 Mei) Kamu sedang merasa penuh semangat dan kreativitas di minggu ini. Namun kamu juga bertanya-tanya pada diri sendiri tentang suatu hal yang cukup mengganggu pikiran. Kamu tampaknya sedang merasa jenuh dan ingin mencari suatu tantangan baru yang menarik. GEMINI (21 Mei - 20 Juni) Perhatikan sekeliling sejak awal minggu ini, apa yang terjadi mungkin akan sangat berpengaruh besar terhadap diri sendiri. Salah berbicara dapat memicu munculnya pertengkaran yang bisa membuat kamu dan beberapa orang jadi renggang. CANCER (21 Juni - 20 Juli) Jangan khawatir akan penampilan yang tampaknya kurang sempurna minggu ini. Mood kamu sangat berpengaruh besar pada penampilan sehingga kamu harus menjaga mood agar selalu tampil prima. LEO (21 Juli - 21 Agustus) Baiknya kamu bersikap lebih waspada di minggu ini, beberapa problem bisa saja datang tanpa kamu duga sebelumnya. Untuk itu perhatikan baik-baik perkataan kamu, jangan sampai terpancing oleh perbincangan yang menyudutkan orang lain. VIRGO (22 Agustus - 22 September) Ketahui kapan kamu harus berhenti. Hanya dengan mengendalikan diri sendiri, maka semua hal akan baik-baik saja. Termasuk mengendalikan emosi yang minggu ini tampaknya akan naik turun.

J

umlah miliarder Indonesia diproyeksikan akan mengalami peningkatan pertumbuhan sebesar 402 persen pada 10 tahun ke depan, atau tepatnya sebanyak 5151 orang pada 2022. Kategori miliarder yang dimaksud di sini adalah mereka yang memiliki aset bersih di atas 300 juta dolar atau sekitar Rp300 miliar alias high net worth individual (HNWI). Proyeksi ini dilakukan oleh lembaga Knight Frank yang dalam laporannya bertajuk The Wealth Report 2013 menyatakan pada 2012 lalu populasi HNWI di Tanah Air mencapai 1029 orang, dan pada 2022 akan bertambah sebanyak 4122 orang menjadi 5151 HNWI. Jika dirata-rata dari 2013 hingga 2022, pertumbuhan HNWI di Indonesia sebanya k 412 orang per tahun. Dengan hasil ini, Indonesia diprediksikan akan memasuki posisi lima besar dalam jajaran negara-negara dengan jumlah miliarder terbesar pada 2022. Masih berdasarkan riset Knight Frank, pada 2022 China akan memimpin perolehan miliarder terbesar dunia dengan total 25.660 orang, disusul India dan Jepang, masing-masing 17.032 dan 16.264. Sementara itu, untuk triliuner atau mereka dengan kekayaan lebih dari 1 miliar dolar, Knight Frank kembali memprediksikan jumlahnya di Indonesia akan tumbuh sebesar 190 persen dari 31 orang pada 2012 menjadi 90 orang pada 2022. Dengan populasi ini, Indonesia akan menduduki peringkat sembilan sebagai negara yang memiliki populasi triliuner terbesar di dunia. Peningkatan jumlah miliarder dan triliuner pun diimbangi dengan pertumbuhan rekening simpanan di bank beserta nominalnya, terutama pertumbuhan tiga tahun terakhir. Berdasarkan data Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) seperti yang dilansir dari infobank, sejak 2009 hingga 2012, jumlah rekening masyarakat Indonesia rata-rata tumbuh pada kisaran 10,97 persen tiap tahun. Di sisi lain, nominal tabungan di bank pun meningkat sebanyak 17,99 persen per tahun. Hingga februari 2013, jumlah rekening simpanan masyarakat Indonesia tercatat 121,93 juta rekening dengan nominal simpanan mencapai Rp3.265,25 triliun.

22 April 2014 I Edisi 97 I Tahun IX

LIBRA (23 September - 22 Oktober) Mengapa kamu justru berusaha menghancurkan diri sendiri dengan pikiran-pikiran buruk? Lebih baik mengubah ide-ide yang ada menjadi hal-hal konkret saja. Tak perlu membiarkan pikiran buruk berkembang dalam hati. SCORPIO (23 Oktober - 22 November) Kamu bahkan jauh lebih bersemangat di minggu ini, muncul dengan ide-ide cemerlang yang membuat orang lain semakin kagum pada dirimu. Selalu pastikan kamu hadir juga untuk orang di sekelilingmu. SAGITARIUS (23 November - 20 Desember) Sangatlah sulit bagi kamu untuk menyeimbangkan hati dan pikiran minggu ini. Tentunya hal ini kurang baik karena terlalu mengikuti emosi justru akan membuat Anda jatuh pada kesalahan yang besar. CAPRICORN (21 Desember - 19 Januari) Kepercayaan diri minggu ini patut diacungi jempol. Kamu tahu bagaimana harus bersikap mengesankan di minggu ini. Yang perlu dilakukan adalah menghargai pendapat orang lain, bukan menganggap hanya diri sendirilah yang benar. AQUARIUS (20 Januari - 18 Februari) Seiring dengan hari yang baru, temukan pula semangat baru dengan melakukan hal-hal yang dapat menghibur. Kamu butuh lebih dari rasa rileks untuk dapat kembali bersemangat dan menyelesaikan hal-hal yang dihadapi. PISCES (19 Februari - 20 Maret) Kamu mengalami minggu yang luar biasa kali ini, beberapa hal yang berkaitan dengan emosi dan intelektual akan memberikan pengalaman yang menyenangkan. Pastikan saja kamu tidak mengacaukannya dengan sikap yang acuh tersebut.


Xpresi Ragam

Frame Xpresi IBBI CARD DISCOUNT PLACE: Studio ET 45 All Outlet Disc 10% * All Item

SEIKO Sun Plaza Level 1 Cirebon No. 16 Medan Mall Lt. II Disc 10%

Milano Art Studio Jl. Sekip No. 18/32 Medan Disc 10% + 5% d’Waroeng Cambridge Mall Disc 20%

Warung Ubud Sun Plaza Lt. 3 Disc 20%

CV. Indako Trading Co. Makmur No. 144 A/30 Jasa Service 10% Sparepart 5%

Pondok Palladium Palladium Mall Disc 15% Pangeran Ban Jl. S. Parman Medan Disc from 15-35%

Handphone & Accessories Garecca Disc 20%

Matador Country Ikan Goreng CianjurPlaza Medan Fair Tengku Daud No.4 Disc 50% (Dosen) Buy 1 get 1 (Mahasiswa) Disc 10%

Tabloid Xpresi Dapat Diperoleh: Kampus Diamond Kampus Emerald Jl. Sei Deli No. 18 Telp. (061) 4567111 Fax. (061) 4527548 Medan - 20114

Jl. Gatot Subroto No. 130 Telp.(061) 4519400 - 4519070 Fax. (061) 4522204 Medan - 20114

PrimeOne Shool

Jl. Jend. Besar A.H Nasution No. 88 A, (D/h) Tritura Medan Indo­ nesia - 20147, Telp. (061) 7853630 - 7853672 Fax. (061) 7853631 - 7853671 Pangeran Ban Jl. S. Parman Medan Warung Ubud Sun Plaza Lt. 3 Gareca Jl. Prof. H.M Yamin No. 99A Milano Art Studio Jl. Sekip No. 18/32 Medan de’ Warung Cambridge Mall X.O. Suki Sun Plaza Lt. 3 Kopi Kok Tong Sun Plaza Lt. 4, Medan Fair Plaza Lt. 1 DOME Sun Plaza Lt. G ThaiExpress Sun Plaza Lt. 4 Pondok Palladium Palladium Mall lT. UG SEIKO Sun Plaza Level 1, Cirebon No. 16 Medan Mall Lt. 2 CV. Indako Trading Co Makmur No. 144 A/30

Nampang di Frame Xpresi Kirimkan foto anda memegang Tabloid Xpresi ke tabloidxpresi@gmail.com atau tag ke Facebook Tabloid Xpresi

SMA Kota Medan: SMA Budaya, SMA Budi Murni 1, SMA Medan Putri, SMK Medan Putri, SMA Methodist 3, SMA Methodist 7, SMA Husni Thamrin, SMKN 6, SMK JambiSMA Yosua, SMA Sutomo 1, SMA Methodist 2SMA Negeri 18, SMA Wiyata Dharma, SMA Letjend S. Parman, SMA Budi Utomo, SMA Bodhicitta, SMA Jend. Sudirman, SMA WR. Supratman 1, SMA Widyasana Utama, SMA Negeri 6, SMA Hang Kesturi, SMKN 1 SMA Kalam Kudus, SMA Amir Hamzah, SMA Raksana, SMK Raksana, SMA Kartika I.1SMA ST.Thomas 1, SMA ST.Thomas 2, SMA Negeri 1, SMA Immanuel, SMA Methodist 1 Medan, SMA Negeri 4, SMA Panca Budi, SMA Kartika I.2, SMA ST.Thomas 3, SMA Supriyadi, SMA Brigjend Katamso, SMK Brigjend Katamso, SMA Letjend Haryono MT, SMA Sultan Iskandar Muda, SMA Methodist 5, SMA Methodist 8, SMA Yos Sudarso, SMA Sutomo 2, SMA Tri Murni, SMA Laksamana Martadinata, SMA Dr.Wahidin Sudirohusodo, SMA Singosari Medan, SMA WR. Supratman , 2SMA Harapan Mandiri, SMK Negeri 7 Medan, SMA Sri Wijaya Medan

ist, SMA Taman Siswa, SMA Negeri 5, SMA Negeri 1, SMA Negeri 3, SMA Teladan Bireun: SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMK Negeri 1, SMA Negeri 3 Bandar Baru: SMA Deli Murni Brastagi: SMA Methodist, SMA Negeri I Kabanjahe: SMA Katolik, SMA Negeri I, SMA Negeri II Kuala: SMA Harapan Bangsa, SMA Methodist Langsa: SMA Cut Nyak Dien, SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMA Negeri 3 Lhokseumawe: SMA Negeri 1, SMA Negeri 2 Meulaboh: SMA Negeri 1, SMK Negeri 1, SMA Negeri 2 Pangkalan Brandan: SMA Dharma Patra, SMA Negeri I, SMA Tunas Baru Tanjung Pura: SMA Negeri I SMA Samanhudi, SMA Sri Langkat, SMK Sri Langkat Tapak Tuan: SMA Negeri 1 Kisaran: SMA Diponegoro, SMA Methodist 2, SMA Negeri 3, SMA Negeri I Lubuk Pakam: SMA Dharma Bakti, SMA Methodist,SMA Nusantara Pematang Siantar: SMA Kalam Kudus, SMA Methodist, SMA Negeri 2, SMA Sultan Agung, SMA Negeri 1 Padang Sidempuan: SMA Negeri 1, SMK Negeri 1, SMA Negeri 2 Perbaungan: SMA Methodist, SMA Setia Budi Rantau Prapat: SMA Methodist, SMA Panglima PolemSei Rampah: SMA Kartini, SMA Teladan Sibolga: SMA Katolik, SMA Negeri 3, SMK Negeri 1, SMA Tri Ratna Sidikalang: SMA Negeri 1, SMA Negeri 2 Stabat: SMA Negeri 1, SMA Panca Karya Tanjung Balai: SMA Methodist 2, SMA Negeri I, SMA Sisingamangaraja, SMA Tri Tunggal Tanjung Morawa: SMA Methodist Tarutung: SMA HKBP I, SMA Negeri 2, SMA Negeri 1 Tebing Tinggi: SMA F. Tandean, SMA Ir. H. Djuanda, SMA Methodist, SMA Nusantara Pekan Baru: SMA Dharma Loka, SMK Dharma Loka, SMK Perbankan, SMA Negeri 3, SMA Santa Maria Padang: SMA Don Bosco, SMA Xaverius, SMA Negeri 10, SMA Adabiyah, SMA Negeri 2 Balige: SMA Negeri 1 Lagu Botti, SMA Bintang Timur, SMK Negeri 2, SMA Negeri 1

Banda Aceh: SMA Methodist, SMA Katolik Budi Dharma, SMA Negeri 1 Binjai: SMA Ahmad Yani, SMA Gajah Mada, SMA Method-

April 2014 I Edisi 97 I Tahun IX

23


Mei 2012 I Edisi 74 I Tahun VII


April 2014