Issuu on Google+

TERBIT 16 HALAMAN Harga: Rp.2000,Luar Kota + Ongkos Kirim

SENIN 21 MEI 2012 NOMOR 01 98 0198 9844 TAHUN V I

Telp: (0431) 841071, Fax: (0431) 841060 w ww .swarakita-manado.com ww.swarakita-manado.com

Heynckes: Chelsea, permanenkan Di Matteo!

Ai sidak sekolah dan RS

Baca: Bola ( Halaman 16 )

KARANGET ANG KARANGETANG SELEBRITI

KRISDA YANTI KRISDAY

Te pa patiti janji MINGGU (20/5) tadi malam, musisi dan penyanyi Anang Hermansyah menggelar pesta resepsi pernikahan dengan Ashanty, setelah keduanya melewati akad nikah 12 Mei 2012 lalu. Dan, pertanyaan apakah Krisdayanti (KD) bakal datang di pesta mantan suami yang pernah dia cintai selama 13 tahun itu, dibuktikan. Ya, KD menepati janji yang diucapnya beberapa waktu lalu. Setelah kurang lebih satu jam pesta digelar, yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba. KD datang ke resepsi bersama dengan suaminya saat ini Raul Lemos. Sembari menggendong Ariannha Amora Lemos, putrinya dari pernikahannya bersama pria Timor Leste itu, KD naik ke atas pelaminan. Raut wajahnya tampak gembira. Ia pun langsung memberikan ucapan selamat kepada mempelai. Baca: Te pa ti pati ( Halaman 11 )

INTERNASIONAL TIMOR LESTE

Ruak dilantik jadi pr esiden presiden tepat di hari kemerdekaan

PRESIDEN Timor Leste yang baru dilantik, Taur Ma tan R uak.(f oto: ist) Matan Ruak.(f uak.(foto:

JOSÉ Maria Vasconcelos atau lebih dikenal dengan nama Taur Matan Ruak resmi disumpah menjadi Presiden Timor Leste, dalam prosesi yang dilakukan Minggu (20/5) kemarin, bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Timor Leste. Mantan gerilyawan itu berjanji akan bekerja keras untuk mengentaskan kemiskinan di negaranya yang dulu merupakan bagian dari wilayah Indonesia. Ruak memenangkan pemilu di Timor Leste, mengalahkan calon incumben yang tak lain adalah peraih Nobel Perdamaian Jose Ramos Horta. Ruak berpidato di tempat, di mana Timor Leste mendeklarasikan kemerdekaan dari Indonesia. “Ada masa di mana darah dan semangat perjuangan menjadi tuntutan bagi kita semua. Hari ini (kemarin, red), apa yang kita perlukan adalah keringat dan kerja keras,” ujar mantan komandan militer berusia 55 tahun itu, seperti dikutip AFP. Ruak pun menegaskan, tradisi kerja keras untuk memberikan dedikasi pada negara, harus diterapkan di Timor Leste untuk masa kini. Hal itu ditujukan untuk menyelamatkan warga Timor Leste dari kemiskinan. Seperti diketahui, setengah dari total warga Timor Leste yang berjumlah 1,1 juta, hidup dalam garis kemiskinan. Sementara itu, 20 persen lainnya adalah pengangguran. Baca: Ruak ( Halaman 11 )

Kesulitan pengungsi sangat tinggi Siau—Meningkatnya aktivitas Gunung Api (Gapi) Karangetang Siau yang mengeluarkan erupsi dan membuat ratusan warga di empat kampung terpaksa menyingkir, oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) langsung melakukan pemantauan wilayah rawan bencana serta mengunjungi para pengungsi guna melihat tingkat kesulitan masyarakat ketika melakukan pengungsian. Kepala Sub Bidang Bantuan Darurat Divisi III BNPB, Junjungan Tambunan didampingi Kepala Bidang Tanggap Darurat BPBD Sulut Jhon Wungow, kepada Swara Kita Minggu (20/5) kemarin mengatakan, setelah mendapat informasi hasil koordinasi dengan BPBD provinsi melalui sumber BPBD Sitaro, pihaknya langsung berinisiatif melakukan kunjungan ke Sitaro guna melihat kondisi wilayah terutama tingkat kesulitan yang dihadapi oleh pengungsi. “Dari hasil pantauan di Kampung Dompase Kecamatan Siau Tengah (Siteng), Kampung Kinali dan terakhir di Kampung Winangun Kecamatan Siau Barat Utara (Sibarut), ternyata tingkat kesulitan perngungsi sangat tinggi ketika melakukan evakuasi bencana. Tentunya ini akan menjadi bahan evaluasi kami kedepan, untuk menjawab apa yang dirasakan, didengar dan dilihat oleh pengungsi dalam memenuhi kebutuhan yang diperluhkan ketika terjadi bencana,” kata Tambunan. Menurut dia, dengan adanya kecenderungan aktivitas meningkat, tetap ada perhatian dengan melakukan monitoring dari badan bencana yang merupakan perpanjangan pemerintah. Dan dirinya cukup lega, karena masyarakat semakin mandiri dengan berinisiatif menyingkir terlebih dahulu ketika ada kecenderungan peningkatan aktifitas gunung, tanpa menunggu himbauan maupun arahan pemerintah. “Inisiatif masyarakat sudah langsung menyingkir, itu sudah sangat bagus, dan menandakan warga tidak lagi harus menunggu arahan dari pemerintah. Namun bukan berarti pemerintah daerah terutama badan bencana lepas tangan, yang mana ini akan terus dimonitoring. Baca: Kesulitan ( Halaman 11 )

2013, Marore nikmati listrik selama 24 jam

Baca: Ibukota ( Halaman 3 )

Baca: Sulut ( Halaman 2 )

Mendikbud siapkan Plt Rektor Unsrat Pilrek ulang dianggap mubazir, Kemendikbud pun cari jalan tengah Manado—Persoalan pelik yang melilit Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado saat ini, nampaknya segera berakhir. Pasalnya, informasi terbaru yang diterima Swara Kita menyebutkan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhammad Nuh sudah menyiapkan Pelaksana Tugas (Plt) Rektor Unsrat begitu masa jabatan Prof Dr Donald Rumokoy SH MH berakhir 14 Juli 2012 mendatang. Dengan demikian, tahapan Pemilihan Rektor (Pilrek) ulangan yang sementara dijalankan, dengan sendirinya akan

RA UT w ajah ggememRAUT wajah bira PM Inggris David Cameron (kiri) berbanding terbalik dengan raut wajah Kanselir Jerman Angela Merkel (kanan). Keduanya dipisah dipisah-kan Presiden AS Barack Obama. (foto: rtrs/dalc)

Baca: Mendikbud ( Halaman 11 )

Penyusup lempari jemaat dengan telur busuk-gelas

Cameron vs Merkel ”adu mulut”

Baca: Cameron ( Halaman 11 )

mubazir. Sebab, apapun hasil dari pilrek ulang ini, dikabarkan tetap akan kembali dibatalkan Mendikbud.

HKBP FILADELFIA

FINAL LC

Maryland—Jutaan pasang mata berada di Allianz Arena, Minggu (20/ 5) dinihari kemarin untuk menyaksikan secara langsung laga pamungkas, final Liga Champions 2011/ 2012 yang mempertemukan wakil Jerman Bayern Munich dan wakil Inggris Chelsea FC. Dan, jutaan pasan mata dari seluruh dunia ini pun menjadi saksi kemenangan The Blues—julukan Chelsea—, untuk menjadi klub yang terbaik di dataran Eropa saat ini.

MUHAMMAD Nuh.

STRIKER Chelsea Didier Drogba, mengangkat trofi Liga Champions. Dorgba menjadi pemain penentu kemengan The Blues ketika menghadapi Bayern Munich dalam laga final, Minggu (20/5) dini hari kemarin, di Allianz Arena. (foto: gi/dalc)

Bekasi—Jemaat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Filadelfia di Bekasi Jawa Barat, nampaknya belum tenang dalam melangsungkan peribadatan. Buktinya, mereka kembali diserang sejumlah orang saat jemaat melakukan ibadah, Minggu (20/5) kemarin. Jemaat dilempari gelas plastik dan telur busuk. “Banyak jemaat yang jadi korban,” kata Pdt Palti Panjaitan, pemimpin HKBP Filadelfia, melalui siaran persnya. Palti mengatakan ada oknum yang menyusup ke dalam kerumunan jemaat HKBP Filadelfia. Mereka menghadang dan berusaha mengejar jemaat.

Polisi tidak dapat mengendalikan situasi. Penyerangan atas Gereja HKBP Filadelfia beruntun dan telah terjadi berulangulang. Oleh karena itu, pada Desember 2009, Bupati Bekasi mengeluarkan surat keputusan (SK) yang berisi tentang penghentian kegiatan pembangunan dan kegiatan ibadah di gereja itu. Namun putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Bandung, September 2010, serta Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta, Maret 2011, menyatakan surat keputusan tersebut batal. Baca: Penyusup ( Halaman 11 )

TRAGEDI SUKHOI

Keluarga korban diizinkan lihat jenazah besok siang

TIGA kkorban w a t SSJ-100 asal K ua, Ang g r ain pr edjo pesaw Kaa w an anua, ainyy Soe Soepr predjo edjo,, Susana orban pesa Rompas, dan Steven Kamagi, sudah bisa dilihat besok oleh keluarga. (foto: ist)

Jakarta—Proses identifikasi korban jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet-100 (SSJ-100) di lereng Gunung Salak Bogor, 9 Mei 2012 silam, akhirnya tuntas Minggu (20/5) kemarin. Tim Disaster Victim Identification (DVI) yang menjalankan tugas mereka, telah mengidentifikasi 45 korban.

“Hari ini (kemarin, red) saya akan melaporan pertanggungjawaban pada publik selama 12 hari, dan hasil akhir kinerja DVI,” kata Kepala Pusat Kedokteran dan Kesehatan Mabes Polri, Brigjen Pol Mussadeq Ishaq di Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, kemarin. Baca: Keluarga ( Halaman 11 )

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional

Indonesia Raya berkumandang di Korea Selatan Kebangkitan Nasional adalah masa dimana bangkitnya rasa dan semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia, yang sebelumnya tidak pernah muncul selama penjajahan Belanda dan Jepang. Masa ini ditandai dengan dua peristiwa penting yaitu berdirinya Boedi Oetomo (20 Mei 1908) dan ikrar Sumpah Pemuda (28 Oktober 1928). Masa ini merupakan salah satu dampak politik etis yang mulai diperjuangkan sejak masa Multatuli. 104 tahun yang lalu, tokoh pergerakan nasional seperti Dr Soetomo, dr Tjipto Mangunkusumo, Ki Hajar Dewantara tidak pernah tahu secara pasti kapan Indonesia akan

merdeka. Namun mereka tahu bahwa pintu gerbang kemerdekaan pasti akan tiba. Yang harus terus dilakukan adalah bagaimana terus menggelorakan semangat kemerdekaan.

Dan, semangat kemerdekaan itu harus digelorakan kembali di masa sekarang, untuk Indonesia yang akan datang. Kebangkitan Nasional yang dirayakan saat ini tentunya

bukan lagi dengan darah, tetapi mengisi kemerdekaan itu dengan menjadikan Indonesia lebih baik lagi. Baca: Indonesia ( Halaman 11 )

L OKASI pelaksanaan Yeosu Expo 2012, lokasi dimana lagu “Indonesia Raya” berkumandang, Minggu (20/5) kemarin. (foto: gi/dalc)


SENIN 21 MEI 2012

SULUTRON

KPU tidak izinkan diangkat dari kecamatan pemekaran SEIRING dengan persiapan pelaksanaan pentahapan Pilkada Minahasa, pendaftaran Panitia Pengawas Kecamatan (PPK) telah dilakukan. Akan tetapi, oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa tidak akan mengizinkan atau mengadakan pembukaan calon PPK dari Kecamatan pemekaran. Menurut Ketua KPU Minahasa, Rommy Leke SE MSi bahwa yang akan menentukan PPK ini adalah dari kecamatan induk. “Kita memang tidak mengakomodir PPK kecamatan pemekaran, tetapi kecamatan induk. Karena memang agenda Pilkada itu tidak boleh mengikuti pelaksanaan pemerintahan. Sebab kecamatan pemekaran baru akan tuntas akhir Mei, sementara kita harus melakukan pentahapan tersebut awal Mei ini,” ujar Leke. Lebih lanjut dikatakannya bahwa memang hingga saat ini untuk PPK belum selesai proses penjaringannya. Akan tetapi kondisi ini menurut Wakil Bupati Drs Jantje Sajouw MSi harusnya juga dapat dipertimbangkan dari aspek kepercayaan masyarakat. “Yang penting tidak mengurangi kepercayaan masyarakat kepada KPU dengan kebijakan itu,” ujarnya.(erka)

Warga kembali diminta waspada cuaca ekstrim CUACA ekstrim yang kembali terjadi disejumlah daerah di wilayah Sulut, dimana hujan yang disertai dengan angin kencang, menjadi perhatian Pemkab Mitra, yang memintakan warga masyarakat untuk waspada. Terpantau akhir-akhir ini, hujan disertai angin dibeberapa ruas jalan protokol Ratahan cukup menyulitkan sejumlah pengguna jalan, dimana terdapat pasir dan kerikil pada sejumlah badan jalan hingga beberapa pepohonan kecil yang tumbang. Bupati Mitra Telly Tjanggulung melalui Kabag Humas dan Protokol Drs Esra Sengkey MSi, mengharapkan warga agar tetap mewaspadai gejala alam saat ini, dimana hujan disertai angin kencang melanda beberapa daerah. “Pemerintah daerah memintakan warga agar tetap waspada dengan segala kemungkinan, berkaitan dengan cuaca ekstrim yang kembali terjadi akhir-akhir ini,” ujar Sengkey, kemarin.(esel)

2013, Marore nikmati listrik selama 24 jam SHS: Persoalan utama daerah perbatasan akan segara teratasi Tahuna—Kerinduan warga Pulau Marore terhadap ketersediaan energi khususnya pasokan listrik yang selama puluhan tahun menjadi persoalan serius, bakal segera terjawab. Pasalnya, Gubernur Sulut Dr Sinyo H Sarundajang diselasela kunjungan kerja di Pulau Marore, Sabtu (19/5) pekan lalu menyatakan untuk tahun anggaran 2013 mendatang, warga Marore sudah bisa menikmati pelayanan listrik selama 1X24 jam. “General Manager PLN Wilayah Sulutenggo telah menjanjikan itu kepada saya, sehingga pada kesempatan berbahagia ini dite-

ngah kebersamaan dengan masyarakat Marore saya sampaikan kabar gembira ini. Keluhan listrik yang menjadi persoalan utama sudah bisa terjawab,” ujar Sarundajang. Untuk pengadaan listrik di Pulau Marore, lanjut Sarundajang, akan menggunakan sistem tenaga surya berupa LTS secara terpusat. “Suplay listrik di pulau Marore ini sendiri akan menggunakan sistem LTS secara terpusat. Dan saya harapkan apa yang menjadi upaya pemerintah ini juga mendapat dukungan sepenuhnya dari masyarakat di Pulau Marore ini,” jelasnya kembali.

TAHUN 2013 nanti warga di Pulau Marore sudah bisa menikmati listrik 1x24 jam.(foto: ist)

Seperti diketahui dari dulu hingga sekarang kebutuhan listri untuk masyarakat di Pulau Marore belum sepenuhnya terlayani dengan baik. Meskipun saat ini sudah ada pasokan listrik, namun masih dalam skala terbatas dan pemenuhan 100%

hanya untuk kebutuhan fasilitas pemerintah, sedangkan untuk masyarakat lainya hanya bisa terlayani selama 12 jam saja di waktu malam. Kalau nantinya terlayani 1x24 jam, itupun hanya untuk hari Minggu dan Jumat dalam sepekan berjalan.

Waspadai pisgor pakai plastik

Obat dan Makanan (BPOM) untuk segera turun lapangan melakukan penelitian. “Ini penting untuk dilakukan, BPOM harus segera bertindak,” tukasnya. Selain BPOM, Kumaat juga meminta instansi pemerintah lainnya, seperti Dinas Perindustrian dan P e r d a g a n g a n (Disperindag) Sulut supaya segera melakukan inspeksi mendadak (sidak) di semua tempat penjualan gorengan, khususnya di Manado. “Kalau ditemukan menggunakan bahan plastik untuk mencampur minyak goreng, segera tutup tempat usaha itu, dan berikan sanksi tegas kepada pedagang tersebut. Jangan nanti masyarakat yang tidak tahu apa-apa, terus menerus mengkonsumsi makanan yang sebetulnya tidak layak untuk dikonsumsi,” tukas mantan Wakil Walikota Manado ini.(dewe)

MAKANAN RINGAN

GORENGAN PAKAI PLASTIK 1. Yang berkilau adalah plastik yang sedang digoreng di dalam minyak. 2. Bercak-bercak putih adalah kandungan plastik yang mengendap di gorengan. 3. Gorengan yang digoreng dengan minyak murni tidak terdapat bercak-bercak putih.

Manado—Peringatan kembali diutarakan Deprov Sulut kepada masyarakat supaya hatihati mengkonsumsi

gorengan, seperti pisang goreng (pisgor), tahu goreng, ubi goreng, bakwan dan sebagainya, yang dijual di pasaran. Pasalnya, dari temuan sejumlah legislator Sulut, di beberapa tempat bebrjualan gorengan tersebut, ditemukan kecurangan yang dilakukan pedagang. Kecurangan itu antara lain, supaya gorengan mereka menjadi garing, maka dicampurlah plastik di minyak goreng. Hal ini tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. “Saat ini banyak trik para pedagang untuk mengelabuhi konsumen, salah satunya adalah yang dilakukan pedagang

gorengan dengan mencampurkan plastik ke dalam minyak pada saat proses penggorengan berlangsung. Diyakini melalui proses ini, hasil gorengan akan lebih awet renyah, tidak mudah mlempem. Namun dibalik itu, tindakan tersebut sangat bahaya bagi konsumen,” ungkap anggota Komisi II, Teddy Kumaat SE. Dikatakannya, dirinya juga sudah sempat menanyakan kepada ahlinya, yakni dokter, bahwa benar di beberapa tempat penjualan ada kecurangan demikian. Untuk itu dirinya meminta kepada pihak terkait seperti Badan Pengawas

Kunjungan kerja Gubernur ke pulau-pulau di daerah perbatasan ini dimaksudkan untuk melihat secara langsung perkembangan kehidupan masyarakat serta pelaksanaan pembangunan di pulau-pulau tersebut. Selain melakukan per-

temuan dengan jajaran pemerintah di kedua kecamatan perbatasan ini, Gubernur juga direncanakan akan menyerahkan sejumlah bantuan antara lain Beras 10 ton, obat-obatan, alat olahraga, alat kesenian, alat pendidikan, perahu katinting untuk nelayan, kendaraan roda dua dan lampu yang digerakkan dengan tenaga listrik sumbangan PT PLN Persero kursi dan juga uang tunai untuk pembangunan gereja dari PT Askes Persero. Dalam perjalanan kembali ke Manado, rencananya pada tanggal 22 Mei, rombongan akan singgah di Pulau Intata untuk bersamasama dengan masyarakat melaksanakan acara adat Manee, tradisi menangkap ikan secara bersama-sama yang saat ini masih tumbuh dan dipertahankan oleh masyarakat Kepulauan Talaud.(esde/erer)

ASPIRASI MASYARAKAT

Pemprov Sulut diminta realisasikan hasil reses Manado—Hampir setiap pelaksanaan reses, beberapa anggota Deprov Sulut mengeluhkan Pemprov Sulut yang kurang mengakomodir hasil serapan aspirasi yang disampaikan masyarakat. Ada sejumlah legislator yang hasil resesnya dikabulkan pemprov, tetapi tidak sedikit juga yang sama sekali tidak pernah diakomodir. Untuk itu, anggota Komisi II Dr Victor Mailangkay SH MH mengatakan, aspirasi rakyat yang disampaikan kepada anggota dewan diharapkan bisa diperjuangkan pemprov untuk direalisasikan. “Salah satu fungsi legislatif, yakni fungsi budjeting atau penganggaran. Karena itu, dewan bisa mendesak pemerintah agar mewujudkan paling tidak beberapa aspirasi dari

masyarakat yang disampaikan melalui reses. Nah, saya sebagai wakil rakyat akan berjuang karena reses ini adalah salah satu bentuk pertanggung-jawaban saya sebagai anggota dewan kepada masyarakat,” ujar legislator Sulut dapil Manado ini. Penegasan senada diungkapkan anggota Komisi I, Netty Agnes Pantow SE, yang mengatakan bahwa, hasil reses yang dilakukan legislator patut diperhatikan secara serius oleh pemerintah, sebab hal itu adalah ungkapan hati masyarakat melalui anggota dewan untuk diteruskan kepada pemerintah. “Hal ini penting sekali, karena saat reses harapan dan impian warga disampaikan kepada kami. Untuk itu kami berharap aspirasi ini didengar pemerintah,” ujar legislator dapil Minahasa-TomohonMinut ini.(dewe)

ADIPURA

Lomban menjadi narasumber seminar kebersihan di Medan Bitung—Kebersihan lingkungan di Kota Bitung dengan menerima 5 kali Adipura, rupanya telah menjadi perbicangan para akademisi di Kota Medan serta organisasi kesehatan masyarakat. Buktinya, dirasa sebagai kota yang berhasil menjaga kebersihan, membuat Pemkot Bitung ditunjuk sebagai narasumber dalam seminar nasional dengan Topik Utama “Akselerasi Gerakan Masyarakat Untuk Lingkungan Hidup Yang Bersih dan Sehat”

yang di selenggarakan oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara dan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI). Walikota Bitung yang diwakili oleh Wakil Walikota Bitung Max J Lomban menjadi Keynote Speaker dalam Seminar Nasional ini. Wakil Walikota sendiri dipilih menjadi Narasumber dalam Seminar Nasional ini, karena dinilai pihak penyelengara jika budaya hidup bersih dan

sehat yang telah mendapatkan segudang prestasi dengan predikat kota bersih dan kota sehat, sudah sangat familiar dikalangan masyarakat di Sumatera Utara. “Berbagai kegia-tan kebersihan lingkungan di Kota Bitung terus ditopang masyarakat, lewat kerja dan upaya bersama yang dapat kami visualisasikan antara lain, kegiatan presidium hi-dup sehat, mari jaga lingku-ngan, gerakan kebersihan oleh masyarakat, kebersihan di

saluran air, gerakan penanaman pohon, penyediaan sarana dan prasarana kebersihan baik di darat maupun perahu angkutan sampah, kegiatan bersih bersih pantai yang rutin dilaksanakan melibatkan seluruh lapisan masyarakat,” jelas Lomban. Disamping itu, dijelaskan Lomban jika kebersihan ini juga mewujudkan kota Bitung sebagai kota sehat Internasional dengan kegiatan antara lain keikutsertaan kota Bitung pada kegiatan hari

kesehatan se-dunia pada bulan April tahun 2010 sekaligus menjadikan kota Bitung sebagai bagian dari komunitas 1000 kota sehat se-dunia, adanya pelaksanaan hari tanpa kendaraan bermotor (free car day). “Serta adanya Peraturan Walikota Bitung Nomor 18 Tahun 2010 tentang kawasan tanpa rokok, Bitung sebagai pilot project penanggulangan HIV/AIDS menuju kota sehat yang dimotori oleh WHO,” kata Lomban.(wepe)


SENIN 21 MEI 2012 NOMOR 01 98 0198 9844 TAHUN V I TERBIT 16 HALAMAN Harga: Rp.2000,Luar Kota + Ongkos Kirim

KAMPUNGRON KELURAHAN PINAESAAN KECAMA KECAMATTAN WENANG

Verif ikasi Adipur a, erifikasi Adipura, TKB dibenahi

Legislator Tikala was-was Pemekaran dinilai pemecah konstituen

LURAH Pinaesaan, Dekker Rondonuwu member-bersama seluruh kepala lingkungan saat member sihkan kkolam olam yyang ang ber ada di teng ah Taman berada tengah Kesa tuan Bangsa (TKB) Manado oto: rronald/sk) onald/sk) (foto: esatuan Manado.. (f

JUMAT (18/5) lalu, seluruh aparat di Kelurahan Pinaesaan Kecamatan Wenang melakukan pembenahan di Taman Kesatuan Bangsa (TKB) pusat Kota Manado. Hal ini dilakukan karena pada saat itu, menurut informasi yang ada, tim verifikasi Adipura akan meninjau kembali kesiapan dari Pemkot Manado dan seluruh masyarakat di wilayah ini guna menunjang akan perlombaan tingkat nasional tersebut. Baca: Verif ikasi erifikasi ( Halaman 4 )

Manado—Recana pemekaran wilayah yang sudah mendapat surat balasan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), untuk tiga kecamatan di Kota Manado masing-masing Kecamatan Malalayang, Kecamatan Bunaken dan Kecamatan Tikala, rupanya membuat para legislator yang duduk di gedung Dekot Manado, mulai ketakutan.

Pasalnya, ketakutan para wakil rakyat ini terkait pemekaran wilayah yang bisa memecah konstituen mereka. Sehingga ada kekuatiran dan pridiksi bahwa pemekaran akan membuat lenggang sejumlah pejabat negara ini terhenti di Pilcaleg 2014. “Pasti akan memmpengaruhi. Dan saya kuatir masa pendukung akan terbagi,” ujar personil Dekot Manado,

Dapil Sario-Malalang, Franklin Sinjal SH MH kepada wartawan akhir pekan kemarin. Sinjal yang juga sebagai ketua Pansus Ranperda tentang rencana tata ruang wilayah (RT/RW) tahun 2012-2032, juga meyakini pemekaran yang bisa saja dilakukan dalam waktu dekat ini, bisa mempengaruhi pembahasan RT/RW. Baca: Legislator ( Halaman 4 )

BEKAS bingkai baliho yang terbuat dari besi yang berada di Jalan 14 pa tn pan Hotel Sahid Teling Fe br uari Teling Manado depan eling,, kini dalam Manado,, te tepa patn tnyy a di de posisi tergantung pada ikatan tali saja. Ini akan sangat membahayakan pengguna jalan tersebut, karena bingkai baliho ini sewaktu-waktu bisa jatuh ke tengah badan jalan .(foto: bobby/sk)

ASIA MEDIA SUMMIT 2013

Manado perlu “try out” ke Thailand Manado—Usai ditunjuknya Kota Manado menjadi tuan rumah pelaksanaan Asia Media Summit (ASM) 2013 melalui rapat Kemen-

trian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) serta Kementrian Luar Negeri (Kemenlu) dan Pemkot Manado di hotel Pinensula

PENGELOLAAN SAMP AH SAMPAH

JAGARON

Ai sidak sekolah dan RS

LINGK LINGK.. II ISTIQLAL KECAMA KECAMATTAN WENANG

Tunjang PBL, warga pro aktif DALAM menyambut akan bantuan kucuran dana melalui Pemkot Manado lewat Pembangunan Berbasis Lingkungan (PBL), warga Lingkungan II Kelurahan Istiqlal Kecamatan Wenang telah menunROY Anggoman. jukan pro aktifnya. Ini terbukti dari beberapa masyarakat setempat telah tercatat akan memberikan sumbangan berupa uang tunai dan material guna menunjang akan program tersebut tersebut. Adanya pemberian sumbangan itu dibenarkan oleh Pala Lingkungan II Istiqlal, Roy Anggoman. Baca: Tunjang ( Halaman 4 )

WAKIL Walik ota Har le alikota Harle leyy Mangindaan SE MSM saa saatt melakukan pemeriksanaan langsung alat pembakar sampah incenerator di RS Ratumbuisang Manado .(foto: tonny/sk)

LKPJ

Siap dibahas

langsung pengelolaan sampah di sejumlah sekolah dan rumah sakit (RS). “Saya sengaja menggunakan kendaraan angkot bukan untuk mencari sensasi, tapi kalau saya dituntut menggunakan kendaraan dinas kemungkinan saya sudah diketahui oleh warga atau pihak sekolah dan rumah sakit. Baca: Ai ( Halaman 4 )

PAKT A INTEGRIT AS AKTA INTEGRITAS

Staf BKD sepakati komitmen kinerja

Manado—Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Walikota tahun anggaran 2011 bakal dibahas secara maraton, bersama dengan Satuan Perangkat Daerah (SKPD) dan mitra kerja. Pembahasan itu sendiri direncanakan mulai dilaksanakan pada, Senin (21/5) hari ini. Baca: Siap ( Halaman 4 )

Manado—Wakil Walikota Manado, Harley Mangindaan SE MSM, nampaknya tak main-main terkait persoalan kebersihan lingkungan di Kota Manado. Apalagi kota Manado kini tengah menargetkan Piala Adipura kategori Kota Besar 2012 yang memasuki tahap verifikasi. Lihat saja, dengan menggunakan kendaraan mikrolet Ai sapaan akrab Mangindaan memantau

HANS Tinangon.

Manado—Tindaklanjut komitmen moral seluruh kepala SKPD melalui penandatanganan pakta integritas. Sedikitnya 52 staf di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Manado melanjutkan dengan penandatanganan komitmen kinerja akhir pekan lalu. Ikatan kesepakatan kinerja ini tentunya melanjutkan penegasan Walikota Manado, GSVickyLumentutyangdalam tiga bulan berjalan akan

dievaluasi. “Komitmen kinerja yang ditandatangani oleh staf BKD tentunya saya berharap bisa dijalankan sungguhsungguh, cermat, cerdas dan sesuai ketentuan berlaku untuk melayani masyarakat,” terang Kepala BKD Manado, Drs Hans Tinangon Msc smbari menambahkan, BKD Manado bisa menjadi percontohan SKPD lain. Dilain sisi, Tinangon menambahkan, seiring dengan

penerimaan calon praja IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri) tahun ajaran 2012-2013 akan mulai dibuka, para staf yang ditugaskan agar bisa menjelaskan semua persyaratan dengan lengkap sebagai bentuk pelayanan yang prima. “Contohnya batas usia maksimal 21 tahun, ijasah SMA/ MA, tahun 2010, 2011, 2012, nilai rata-rata ijasah 7,00 harus dijelaskan dengan rinci,” kunci Tinangon.(teem/rr)

lalu, lebih menegaskan kalau kota Manado telah dipercaya baik nasional dan internasional. Diketahui, dalam pembahasan strategis utama Kominfo dan Kemenlu dalam rapat tersebut, Manado dianggap paling kondusif hingga ditunjuk menjadi tuan rumah. Meski ada pertanyaan soal p e n e r b a n g a n internasional ke Bandara Samratulangi. “Memang hal itu sempat dipertanyakan, tapi dijelaskan kota Manado telah melaksanakan berbagai iven internasional dan tidak ada masalah soal penerbangan. Begitu juga lokasi pelaksanaan kegiatan telah kami usulkan. Hingga kominfo, Kemenlu serta pelaku kegiatan Asia Pasific Broadasting Development (AIBD) akan mengundang Indonesia khususnya Manado untuk mengikuti ASM 2012 Mei nanti di Bangkok, Thailand,” terang Wakil Walikota Manado, Harley Mangindaan SE MSM yang menjadi perwakilan dalam rapat bersama dua kementrian tersebut. Untuk memuluskan dan suksesnya tuan rumah tahun 2013 mendatang di Manado, Thailand yang akan menjadi tuan rumah ASM 2012 bisa menjadi ajang try out bagi Manado. Baca: Manado ( Halaman 4 )

Fadli Manak, pedagang musiman

Ajang sepakbola Piala Eropa, bawa berkah Euroforia warga Manado menjelang pertandingan sepakbola piala Eropa, sudah mulai terlihat dari munculnya beberapa penjual pernak-pernik berupa bendera yang menjadi lambang negara peserta pertandingan akbar tersebut. Bendera-bendera ini bisa kita temui di pusat kota. FADLI Manak, warga Perkamil yang merupakan salah satu penjual pernakpernik yang berhasil di temui Swara Kita Minggu (20/5) kemarin yang menjajakan barang daga-

ngannya di ruas Jalan Sam Ratulangi. Dirinya berjualan pernak-pernik ini dengan memanfaatkan musim bola kaki piala Eropa sehingga harus menghen-

tikan sejenak usaha lamanya sebagai loper koran. Usaha ini telah dijalaninya sejak sepekan lalu. “Dua minggu lagi pertandingan empat tahunan ini akan segera

digelar. Untuk itu saya berinisiatif menjalankan usaha ini sejak 1 minggu lalu, agar supaya keuntungan yang didapat bisa lebih besar. Sebab pada saat ini, pesaing saya atau para pelakon usaha yang sama masih sedikit,” tutur Fadli. Baca: Ajang ( Halaman 4 )

FADLI deng an da dengan dagg ang ann annyy a ber upa bender benderaa negara-negara eropa yang masuk daftar ajang sepakbola Piala Eropa. (foto: ronald/sk)


SENIN 21 MEI 2012

Korah targetkan parlemen 2014 GSVL mengajak jemaat sukseskan pr ot proo g r am pemk pemkot WALIKOTA Manado, G S Vicky Lumentut, Minggu (20/5) menghadiri HUT Jemaat GMIM Getsemani Sakobar. Kesempatan itu pun Walikota mengungkapkan terima kasih kepada seluruh pelayan dan jemaat GMIM Getsemani yang telah berperanserta menciptakan suasana kota Manado yang menyenangkan. Namun disatu sisi, Walikota mengharapkan agar jemaat turut menyukseskan berbagai program Pemkot Manado diantaranya ivent nasional, seperti Pekan Informasi Nasional (PIN) dan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI). “Kenyamanan yang terus dikawal oleh seluruh jemaat Getsemani Sakobar tentunya, saya bersama Wakil Walikota seluruh jajaran pemerintah kota mengucapkan terimah kasih. Begitu juga berbagai program dan iven di kota Manado seperti PIN dan APEKSI kami juga berharap bisa disukseskan. Kawal kebersihan dan keamanan,” terang GSVL sapaan akrab Lumentut. Sementara itu, Ibadah dipimpin wakil sekretaris BPS GMIM, Pdt A Runtu-Lumi MTh dengan mengambil pembacaan dari kitab Yeremia 34: 8 22.(teem/rr)

Ai ... dari Halaman 3 Intinya saya perlu mengetahui pasti dilapangan, seperti apa pengelolaan sampah baik disekolah dan rumah sakit,” tegas Ai. Lanjutnya, harus disadari bersama bersih bukan karena Adipura, tapi menjadi budaya. “Nah budaya ini akan saya pantau terus apakah diterapkan atau karena lantaran ada Adipura. Meski perjalanan ini terkesan santai, namun berkesan dan penuh makna,” tambah Ai.Benar saja, rumah sakit Ratumbuisang di Kecamatan Sario, ketiga disidak Wakil Walikota, para staf dan kepala rumah sakit terlihat kaget. Pantauan koran ini, alat pembakaran sampah (incenerator) medis yang berada di belakang rumah sakit tersebut justru dalam kondisi terkunci. “Saya berharap pihak rumah sakit bisa perhatikan sampah-sampah medis yang dilarang sampai ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) karena berbahaya bagi pekerja disana. Dan hal ini akan saya pantau terus,” kunci Ai.(teem/rr)

Demokrat diamanatkan 30% dari total kursi Manado—Ketua DPC Partai Demokrat Kota Manado Morris L Korah menargetkan, Partai Demokrat Manado untuk menguasai parlemen

Manado dalam Pemilihan Legislatif (Pilcalek) di tahun 2014. Target yang juga menjadi target secara nasional itu merupakan yang

diamanatkan DPP Demokrat. Dimana setiap Kabupaten dan Kota diharuskan meraih target kursi sebesar 30 persen dari total kursi yang ada.

Khusus untuk Kota Manado, menurut Morris 30 persen sebanyak 13 kursi yang artinya memang harus menguasai parlemen untuk bisa mencapai target tersebut. “Tak hanya di Manado

tetapi juga seluruh secara nasional. Jadi memang tugas berat menanti di tahun 2014,” kata Morris. Oleh karena itu menurut Morris, dirinya bersama dengan pengurus DPC yang lainnya sudah mulai merapatkan barisan Partai

Demokrat Kota Manado untuk menggapai target secara nasional tersebut. “Kita langsung akan konsolidasi karena untuk meraih hasil tersebut sudah harus bekerja dari s e k a r a n g , ” katanya.(dede/rr)

P ANSUS

Sinjal: SPPD bukan untuk yang malas Manado—Ketua Pansus Ranperda tentang rencana tata ruang wilayah (RT/RW) tahun 2012-2032, Franklyn Sinjal mendesak agar anggota Dekot Manado yang malas, terutama yang tidak hadir-hadir dalam rapat paripurna penyampaian pendapat fraksi, untuk tidak diikutkan dalam kegiatan Pansus. Sinjal dengan tegas mengatakan dalam Paripurna agar seluruh nama Anggota Dekot Manado yang tidak ikut

dalam rapat, untuk tidak diperbolehkan ikut dalam kegiatan Pansus yang akan melakukan studi banding ke luar daerah. “Pak Sekwan tolong dicatat semua anggota Dekot Manado yang tidak ikut hadir dalam kegiatan paripurna ini. Mereka ini jangan diberi SPPD ketika kita akan berangkat keluar daerah untuk melakukan konsultasi,” kata Sinjal dalam rapat paripurna lalu. Sinjal beralasan, sudah bisa dipastikan jika para anggota Dekot Manado

MEMASUKI tahapan verifikasi penilaian Adipura 2012, warga Manado di wilayah Tikala Kumaraka terus mempersiapkan diri. Salah satunya dengan mengecat trotoar jalan agar terlihat lebih rapi dan bersih.(foto: bobby/sk)

yang malas ini akan sulit berkoordinasi dengan rekan-rekan lain, karena sejak awal tidak ikut dalam

kegiatan paripurna. “Jadi daripada kita buang-buang anggaran, ya mereka ini jangan

diperbolehkan ikut romobongan konsultasi,” tegasnya. “Jangan nanti mau berangkat baru mereka

muncil dengan sendirinya. Ini sangat memalukan dan mecoreng institusi,” timpalnya.(dede/rr)

matan di Kota Manado akan berpengaruh pada pelaksanaan Musyawarah Anak Cabang (Musancab) Demokrat Kota Manado. Sehingga

menurut Morris, Musancab baru akan dilaksanakan oleh DPC Partai Demokrat setelah adanya kepastian Pemekaran Kecamatan di Kota Manado.

“Kalau kita sudah bikin Musancab saat ini dengan komposisi 9 Kecamatan kemudian terjadi pemekaran, nanti bisa repot. Makanya

tunggu sekalian saja untuk melaksanakan Musancab ketika kita sudah melakukan pemekaran,” tegasnya.(dede/ rr)

terdapat dalam laporan dan kerja tersebut,” kata Sualang. Tak jauh dikatakan Persomil Komisi B Dekot Manado Hengky Kawalo, meminta kepada para kepala SKPD untuk membawa data lengkap dalam pembahasan

LKPJ tahun 2011 untuk mempercepat proses pembahasan. “Permasalahan LKPJ adalah sebuah pertanggung jawaban yang harus disertai dengan pembuktian. Kalau kemudian SKPD tak bawa data, saya kira

hal ini justru hanya akan memperhambat kegiatan pembahasan,” kata Kawalo. Dalam pemberitaan sebelumnya, Rabu (16/5) lalu ada 6 Fraksi di Dekot Manado masing-masing Fraksi Golkar, Fraksi Demokrat, Fraksi PDI

Perjuangan, Fraksi Gerindra, Fraksi Amanat Persatuan dan Fraksi Kerakyatan sepakat untuk membahas lebih lanjut LKPJ yang disampaikan Walikota Manado dalam rapat paripurna.(dede/rr)

Heafry Sendoh. Untuk diketahui, kegiatan ASM akan dihadiri sekitar 34 negara dari seluruh anggota aktif Asia Pasific Broadasting Develop-

ment yang saat ini mencapai 119 negara dan lebih dari 300 industri, pemerintahan serta lembaga pelatihan broadcaster.(teem/rr)

itu bisa dipergunakan sebagai modal usaha sehingga kebutuhan

keluarga dapat terpenuhi,” tutur Manak.(try16/gb)

Legislator ... dari Halaman 3 “Ini kan menyangkut wilayah, dan menyangkut perbatasan. Pastinya jika ada pemekaran batas satu kecamatan dengan kecamatan lainnya

akan sedikit berubah dan bergeser,” katanya. Ketua DPC Demokrat Kota Manado, Morris Korah menambahkan, pemekaran Keca-

Siap ... dari Halaman 3 Menurut Ketua Pansus LKPJ dr Richrad Sualang, Pembahasannya LKPJ akan dilakukan sesuai dengan mekanisme dimana akan ada

pemanggilan sejumlah SKPD yang ada di dalam laporan tersebut. “Itu dimaksudkan untuk memastikan kesesuaian yang

Manado ... dari Halaman 3 “Sebaiknya memang, Walikota atau minimal Wakil Walikota hadir dalam ASM di Thailand nanti. Karena tahun kemudian Manado yang

akan menjadi tuan rumah. Kita paling tidak bisa melihatmana yang baik disana untuk diterapkan di Manado,” terang Sekkot Manado, Ir

Ajang ... dari Halaman 3 Dari inisiatifnya untuk menjual dari jauh-jauh hari, keuntungan lebih yang diharapkannya itu bisa terwujud. Pasalnya, dalam seminggu ini, penAdapatan sebesar Rp750 ribu bisa ia dapatkan. Mendapatkan pendapatan yang terbilang lebih

itu akan dimanfaatkan sebaik mungkin mengingat dirinya harus menafkahi istri serta kedua anaknya yang masih kecil sekaligus membayar uang kos-kosan. “Semoga pada pekan depan, pendapatan dari usaha ini bisa terus bertambah agar supaya

Tunjang ... dari Halaman 3 “Dalam rapat bersama seluruh tokoh-tokoh masyarakat di wilayah ini untuk membicarakan kelanjutan dari program Pemkot tersebut langsung ditanggapi baik oleh beberapa warga yang terbilang mampu dengan memberikan bantuan sumbangan untuk lebih menunjang kelancaran dari PBL,” katanya. Lebih lanjut dirinya mengatakan, adapun dalam penyusunan proposal untuk program PBL, wilayah ini telah

memasukan beberapa sarana dan bantuan sosial yang nantinya akan dibenahi seperti jalan Cikditiro yang berdiameter panjang 34 meter dan lebar 3 meter. Tak hanya, beberapa drainase, bantuan untuk anak sekolah kurang mampu, serta bantuan kepada lansia, akan dilakukan. “Dari pihak lingkungan telah berupaya penuh sehingga program Pemkot Manado ini bisa tepat sasaran,” jelas Anggoman.(try16/gb)

Verifikasi ... dari Halaman 3 Ditemui disela-sela kesibukannya dalam membenahi TKB, Lurah Pinaesaan Dekker Rondonuwu mengatakan, taman di pusat kota ini adalah merupakan salah satu titik pantau dari tim verifikasi. “Karena spot ini masuk di wilayah Pinaesaan, maka pemeliharaannya adalah juga tanggungjawab kami meskipun sepenuhnya dipegang oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Manado. Ini setidaknya kita saling bantu membantu,” tuturnya. Lanjut dikatakannya, pembenahan ini sekaligus juga dirangkaikan dengan Jumat Pagi Bersih Lingkungan (Jumpa

Berlian), yang biasa dilakukan pada setiap minggunya. “Dan perlu dicatat, penataan TKB juga bukan hanya dilakukan pada saat tertentu saja seperti saat ini dalam menyambut tim verifikasi, namun pada pekan-pekan sebelumnya tempat yang menjadi spot vital ini juga telah diperindah dengan penambahan beberapa tanaman bunga. Guna menjaga kelestariannya, saya memberikan tugas kepada kepala lingkungan setempat untuk melakukan pengontrolan setiap hari, agar supaya taman ini dapat terus terlihat rapih dan indah,” ucap Rondonuwu.(try16/gb)


SENIN 21 MEI 2012

PENCURIAN MENINGKAT

Polda Sulut dan Polres giatkan patroli KASUS pencurian di daerah ini tak hentuhentinya terjadi. Buktinya, masyarakat Sulut bisa mengikuti perkembangan kasus ini, yang semakin marak. Pasalnya, dalam seminggu hampir semua wilayah mengalami kejadian ini. Bahkan korban yang dirugikan pun tak sedikit. Tak pelak, hal ini menjadi tantangan dan perhatian yang serius pihak Kepolisian, untuk mencegah dan membongkar jariangan pelaku pencurian di daerah ini. Kapolda Sulut Brigjen Pol Drs Dicky D Atotoy, melalui Kabid Humas AKBP Denny Adare STh, belum lama ini menegaskan, seluruh jajaran Polda maupun Polres saat ini telah diperintahkan untuk melakukan pencegahan. Menurutnya, aksi pencurian yang kian marak akan dicegah dengan berbagai upaya, salah satunya mengintensifkan patroli. Operasi tersebut, akan dilakukan disemua titik rawan termasuk wilayah hukum Polres dan Polsek. “Operasi melalui patroli di semua wilayah ditingkatkan untuk mencegah aksi itu. Memang pencurian harus dicegah melalui operasi rutin, agar tidak memberikan efek jera bagi pelaku. Memang disadari saat ini, pencurian sudah meningkat dan efeknya banyak warga yang dirugikan. Kepolisian tidak diam dan terus berupaya serta beri perhatian akan kasus ini,” tegas Adare. Adare juga menambahkan, selain upaya Polisi, masyarakat juga diminta untuk waspada dan tidak lengah. Pasalnya, aksi kejahatan terjadi karena ada kesempatan yang digunakan pelaku untuk melancarkan aksinya. Tak hanya itu, bagi warga yang menjadi korban diminta segera melaporkan ke kepolisian terdekat agar upaya pengembangan dapat segera dilakukan guna menangkap pelakunya. “Polisi akan berupaya semaksimal mungkin menangkap pelaku. Tapi mencegah terjadinya pencurian, masyarakat harus waspada dan tidak lengah ketika berpergian atau meninggalkan rumah,” tukas Adare. Ditambahkannya, Apalagi jika hal itu sudah terjadi, usahakan segera melaporkan kejadian itu kepada polisi. “Karena dari laporan yang masuk ke polisi, akan segera ditindaklanjuti dalam proses pengembangan,” jelas Adare. (erel)

JANIN SUDAH 2 BULAN

Wanita Kembes polisikan sang kekasih MERASA telah dikhianati dan dibodohi oleh kekasihnya, seorang wanita cantik sebut saja, Indah (17), Warga Desa Kembes Jaga II, Kecamatan Tombulu, Minahasa, harus mengadu ke pihak Kepolisian terkait kejadian yang menimpanya. Pasalnya, wanita yang masih dibawah umur ini, akibat hubungan cintanya dengan JS alias James (30), warga Perkamil Kecamatan Tikala. Korban melaporkan karena pelaku, tak kunjung mempertanggung jawabkan perbuatannya. Kini janin korban telah berusia 2 bulan. Dari informasi yang dirangkum menyebutkan, kejadian ini dilaporkan korban, Jumat (18/5) kemarin, sekitar pukul 12.30 Wita, di Mapolresta Manado. Berawal kedua insan ini menjalin kasih dengan Jems sejak akhir Desember 2011. Karena termakan akan rayuan pelaku, Indah akhirnya rela diajak pelaku untuk melakukan hubungan badan layak-nya suami istri. Dari data yang berhasil didapat, hubungan pertama kali dilakukan di rumah Jems pada bulan Maret 2012. Selanjutnya, perbuatan terlarang ini dilakukan berulang-ulang kali sampai hasil hubungan badan membuahkan janin yang hingga kini telah berusian 2 bulan. Mengetahui telah hamil serta merasa takut aib ini terbongkar, Indah pun meminta pertanggungjawaban kepada James. Namun menurut korban, James malah memilih menghindar dan kabur meninggalkan korban. Merasa telah dikhianati, Indah terpaksa membawa masalah ini ke ranah hukum. Dari laporan tersebut, pihak Polresta Manado langsung meniindaklanjuti dan ditangani Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA). Dengan laporan tersebut, polisi bakal menjerat James dengan pasal 81 ayat 2 UU 23/2002 tentang Perlindungan Anak. Jika terbukti, James terancam pidana kurungan paling lama 15 tahun. Kapolresta Manado, Kombes Pol Drs Amran Ampulembang MSi, melalui Kasubag Humas AKP Deesy Hamang, membenarkan laporan tersebut.(erel)

Berkas perkara Lamba & Sambow dirampungkan ILEGAL FISHING MARAK

Polda pantau aktifitas nelayan

YL alias Lamba saat masih menjalani pemeriksaan di penyidik Tipikor Polda Sulut.(foto: dok/sk)

FAS alias Sambow, saat menjadi saksi dalam sidang di Pengadilan Tipikor Manado sebelumnya.(foto: dok/sk)

Dalam waktu dekat dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Manado—Berkas perkara dua tersangka dugaan kasus korupsi dalam dana APBD Kota Tomohon, Tahun Anggaran (TA) 2006, 2007 dan 2008, YL alias Lamba, FAS alias Sambow, saat ini sedang dalam perampungan oleh Tim Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulut. Demikian disampaikan Kepala Seksi Penuntutan (Kasie Tut) Bagian Tindak Pidana Khusus (Pidsus) Kejati Sulut, Pingkan Gerungan SH, ketika dikonfirmasi baru-baru ini. “Berkas perkaranya sedang dalam persiapan untuk pelimpahan ke Pengadilan Tipikor. Sampai saat ini kami tim JPU tinggal merampungkan dan mengevaluasi kembali akan berkas perkaranya. Mu-dah-

berkas perkara yang di-split, semuanya atas nama empat tersangka itu sendiri. Sekedar diinformasikan para tersangka diduga melakukan perbuatan tindak pidana korupsi atau secara melawan hukum melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau suatu korporasi, menyalahgunakan kewenangan, kesempatan yang padanya karena jabatan atau kedudukan yang dapat merugikan keuangan negara pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Tomohon, TA 2006, TA 2007, TA 2008. Ketiga diduga melakukan dengan cara menarik tunai dengan menggunakan cek terhadap keuangan, yang disinyalir tanpa dilengkapi dengan SPP, SPM SP2D.

Dan ditengarai juga, keuangan tersebut digunakan tidak sesuai peruntukannya, sehingga nega-ra, dalam hal ini Pemerintah Kota Tomohon, mengalami kerugian sekitar Rp33.762. 489.375. Oleh pihak penyidik, para tersangka dijerat dengan Pasal 2 ayat (1) dan atau Pasal 3 Undang-undang Nomor 31 tahun 1999 jo Un-dang-undang Nomor 20 ta-hun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dan atau Pasal 3 ayat (1), (2) UU Nomor 15 tahun 2002 jo Undangundang Nomor 25 tahun 2003 tentang Pen-cucian Uang jo Pasal 55 ayat (1) ke1 KUHP jo Pasal 64 atau Pasal 65 KUHP.(vees)

Asrama Waropen diserang kelompok pemuda Sorong

dalam asrama. “Ada beberapa yang masuk ke dalam. Kami sangat ketakutan karena tiba-tiba kami sudah diserang. Mereka membawa sajam,” ungkap salah satu warga di asrama Waropen. Informasi yang berkembang di TKP, penyerang berasal dari salah satu asrama mahasiswa Papua yang ada di wilayah Kelurahan Bahu. Diduga terjadi aksi balas dendam antar warga Papua ini. Hanya saja, Polisi yang terus mengejar belum berhasil menangkap para pelaku. Hingga berita ini diturunkan, Polisi terus berupaya mencari para pelaku. Karena dari keterangan yang didapat, para pelaku ini sudah menenggak minuman keras (miras), dan berpeluang mela-kukan penyerangan kem-bali. (erel)

mudahan dalam waktu dekat ini jika tidak ada aral melintang, segera kami limpahkan,” jelas Gerungan. Sekedar diinformasikan, dalam dugaan Tipikor dana APBD Kota Tomohon, Tahun Anggaran (TA) 2006, 2007 dan 2008 ini, tim penyidik Polda Sulut menetapkan tiga tersangka, yaitu YL alias Lamba, FAS alias Sambow dan JJPM alias Mambu. Namun, atas petunjuk Kejati Sulut dalam P19, yaitu di dalamnya meminta ada penambahan tersang-ka, akhirnya penyidik Polda Sulut menambahkan satu tersangka baru yaitu EFP alias Paat. Terhadap hal itu, saat ini berkas perkara dalam kasus tersebut menjadi empat

Manado—Wilayah pera-iran Sulut rupanya hingga kini masih terancam de-ngan praktik Ilegal Fishing. Tak heran, mencegah praktik tersebut, Kapolda Brigjen Pol Drs Dicky D Atotoy, telah membahas permasalahan itu bersama pihak terkait di Filipina sewaktu kunjungan kerja baru-baru ini. Dikatakan Kapolda Sulut, melalui Kabid Humas AKBP Denny Adare STh, Jumat (18/5) kemarin, Ilegal Fishing menjadi prioritas Polda untuk diung-kap. Namun demikian, ma-salah itu tak lepas dari pe-rilaku oknum tidak bertanggungjawab sengaja melakukan tindakan yang nyatanya merugikan negara. “Hasil di Filipina, ilegal fishing menjadi topik

pembahasan. Sebab, disinyalir masalah itu terjadi dan terus diungkap Kepolisian,” tegas Adare. Lebih lanjut dikatakannya, persoalan nelayan yang sering bermasalah di wilayah perbatasan mendapat perhatian dari Polda Sulut. Sehingga, pencegahan masa-lah diwilayah itu dibicarakan bersama untuk mencari solusi terbaik agar tidak muncul lagi berbagai permasalahan kedepan. “Nelayan yang bermasalah diperbatasan sudah dibahas dan dicarikan solusi agar kedepan tidak lagi terjadi. Karena wilayah perairan di Sulut, sudah menjadi sasaran yang empuk untuk dijadikan tempat pengambilan ikan oleh oknum yang tidak mengantongi ijin untuk mengambil ikan,” pungkas Adare.(erel)

REPLIK CPNS KK

JPU bertetap pada tuntutan

DIDUGA SALAH PAHAM

Manado—Warga di sekitar Kelurahan Kleak, Kecamatan Malalayang, tepatnya di belakang Gereja Santo Joseph, Jumat (18/5) kemarin, sekitar pukul 18.30 Wita, dibuat panik. Pasalnya, salah satu rumah yang dijadikan tempat tinggal warga Papua yakni di asrama Waropen Kleak, diserang puluhan pemuda yang diketahui berasal dari Papua dengan menggunakan senjata tajam (Sajam). Mengetahui adanya aksi penyerangan tersebut, aparat Polsek Urban Malalayang bersama anggota patroli rayon Polresta Manado, dipimpin Kanit Reskrim Iptu Ruddy Raranta, langsung turun ke

Tempat Kejadian Per-kara (TKP). Sayangnya, peristiwa yang begitu cepat terjadi itu, Polisi tidak menemukan para pelaku yang berjumlah di atas sepuluh orang. Beruntung, penyerangan itu tidak memakan korban jiwa, namun telah meresahkan para mahasiwa dan warga setempat. “Para pelakunya langsung meninggalkan TKP. Tapi kami langsung melakukan penyisiran di sejumlah asrama Papua, dan sudah diketahui para pelakunya. Kami juga menghimbau kepada warga Papua yang diserang, agar tidak terpancing dan tetap menahan diri. Selain

itu, diminta kerja sama pihak Pemerintah setem-pat untuk menjaga Kam-tibmas di wilayahnya,” tegas Kanit Reskrim Iptu Ruddy Raranta. Sementara itu, sejumlah warga penghuni asrama Waropen Kleak mengatakan, mereka tidak mengetahui penyebab para pelaku datang dengan menggunakan sajam dan mengamuk diasrama. Kendati tidak kerusakan di gedung asrama, tapi salah satu penghuni ditampar se-orang pelaku yang sudah diketahui Polisi. Pasalnya, para pelaku tak hanya menyerang dibagian luar saja, namun para pelaku sempat masuk ke hingga ke

TERDAKWA Ir MHM alias Hardi saat persidangan kasus CPNS KK di Pengadilan Tipikor.(foto: dok/sk)

Manado—Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) Pingkan Gerungan SH, Jenny Debeturu SH dan Jolfis Sambouw SH, bertetap pada tuntutan sebelum-nya yaitu menuntut ter-dakwa Ir MHM alias Hardi dengan 1 tahun 6 bulan penjara, denda Rp50 juta subsider 3 bulan penjara. Hal ini diungkapkan JPU dalam persidangan di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Manado, baru-baru ini, untuk menanggapi pledoi atau pembelaan yang disampaikan penasihat hukum oknum asisten Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Kotamobagu (KK), Ir H MHM alias Hardi, salah satu terdakwa kasus dugaan manipulasi penjaringan Ca-lon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) KK tahun 2009. Dalam repliknya, tim JPU Pingkan Gerungan SH, Jenny Debeturu SH dan Jolfis Sambouw SH, yang dibacakan oleh JPU Jolfis Sambow SH, mengatakan bahwa pleidoi penasihat hukum terdakwa ditolak.

Pasalnya terdakwa secara sah dan meyakinkan telah terbukti bersalah melaku-kan tindak pidana korupsi sebagaimana dimaksud melanggar Pasal 9 UU No 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU No 20 tahun 2001 tentang pembe-rantasan tindak pidana ko-rupsi jo Pasal 55 ayat (1). Menanggapi replik tersebut, penasihat hukum terdakwa, Dantje Mokoagow SH mengatakan perbuatan korupsi yang dituduhkan kepada terdakwa tidak terbukti. Hal ini lantaran tidak adanya kerugian negara dalam kasus tersebut, selain itu sejumlah saksi yang dihadirkan dalam persidangan tidak ada satupun yang merasa keberatan dan dirugikan. Seperti diketahui, selain terdakwa Hardi, kasus ini juga menyeret dua terdakwa dalam berkas terpisah. Ber-kas pertama menyeret ok-num Plt Sekretaris Kota (Sekkot) Kotamobagu, Drs Hi MM alias Mohamad (58), dan eks Kepala BKDD Kotamobagu, Drs Hi IM alias Idris (57).(vees)


SENIN 21 MEI 2012

JELANG TIFF

UNIMA mengharapkan tambahan Rp543 juta Untuk 34 item, pembangunan miliaran diminta dipercepat

VAKSINASI hewan peliharaan seperti ini perlu dilakukan.(foto:ist)

Distanakan vaksinasi hewan peliharaan SEPERTI kegiatan bersifat nasional dan Internasional yang sudah pernah dilakukan, dalam pelaksanaannya, oleh pemerintah akan mengutamakan pelayanan yang baik kepada tamu yang datang. Salah satunya adalah dengan memberikan vaksinasi terhadap hewan peliharaan yang ada di Kota Tomohon. Hal itu dilakukan mengingat pelaksanaan Tomohon International Flower Festival (TIFF) sudah semakin dekat di bulan Agustus. Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan (Distanakan) Kota Tomohon, Jemmy Matindas SP mengatakan, vaksinasi ini merupakan kegiatan lanjutan pada tahun ini dari yang sudah dilakukan oleh pihaknya disaat awal tahun ini. “Vaksinasi hewan peliharaan ini penting dan itu wajib dilakukan setiap 6 bulan sekali. Kami juga akan turun kembali mengingat pelaksanaan TIFF sudah semakin dekat agar tamu yang datang bisa merasa nyaman dan aman,” jelas Matindas. Disisi lain, lanjut Matindas, pihaknya akan melakukan terobosan baru dalam menanggulangi penyebaran rabies yakni dengan menyiapkan peraturan daerah (perda) untuk menertibkan anjing berkeliaran guna mempersempit penyebarangn virus rabies. “Kami akan menyiapkan draft perda untuk menanggulangi bahaya penyebaran rabies, seperti yang sudah diterapkan di Bali,” ujar Matindas. Selain itu, manfaat lain yang didapat yakni menjamin tetap kondusifnya kamtibmas di Kota Tomohon. “Keamanan warga dan hewan piarannya pasti lebih terjamin, karena niat oknum tertentu untuk meracuni anjing (potas) bisa diminimalisir,” tambah Matindas.(gebe)

KOPERASI

Lumowa: RAT wajib dilakukan KEPALA Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (Diskop UMKM) Kota Tomohon, Ronny Lumowa SSos MSi menegaskan jika setiap koperasi yang ada di kota itu wajib melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) sesuai peraturan koperasi. “Koperasi dapat dibubarkan jika sudah tidak ada kegiatan, dan juga tidak mempunyai hutang ke pihak Bank. Tapi yang paling penting itu adalah koperasi wajib melakukan RAT,” ujar Lumowa kepada wartawan belum lama ini. Selain RAT, kata Lumowa, koperasi yang masih ada hutang di bank dan sudah tidak ada kegiatan, tidak bisa dibubarkan. Untuk koperasi yang tidak dibubarkan, pihak Pemkot Tomohon akan terus diberdayakan. “Koperasi yang tak bisa dibubarkan, pihak Diskop UMKM akan melakukan pembinaan sekaligus membangkitkan lagi koperasi tersebut, agar bisa diaktifkan dan bisa melakukan apa yang sudah menjadi tanggung jawabnya yaitu melunasi hutang,” tambah Lumowa. Diketahui, belum lama ini Kota Tomohon telah ditetapkan sebagai Kota Koperasi oleh pemerintah pusat, karena dinilai Kota Tomohon memiliki 75 persen koperasi yang aktif. Sementara itu, belum lama ini juga pihaknya telah membubarkan 46 koperasi yang ada di Kota Bunga. Adanya pembubaran sejumlah koperasi itu membuat jumlah koperasi yang ada di Tomohon dari 322 tinggal menjadi 276 koperasi.(gebe)

T o n d a n o — Pembangunan belasan paket proyek di Unima Tondano mendapat penjelasan secara terbuka oleh Rektor UNIMA Prof Dr Philoteus Tuerah MSi DEA. Menurutnya, dalam setiap pengadaan proyek, itu dilakukan melalui beberapa mekanisme yang tertata dalam aturan main. Tahun ini sebanyak 34 item yang telah dikirim ke pusat dan setelah ditotalkan bernilai Rp543 juta lebih. Namun itu belum final. “Kita dalam pengusulan

anggaran pembangunan di UNIMA itu tidak seperti yang mereka katakan bahwa prosesnya sangat mudah dan seenaknya penentuan program kerja. Tetapi kita dari sini mengusulkan dan telah kita kirim ke pusat melalui satu draft dimana tahun ini sebanyak 34 item dengan total Rp543 juta. Akan tetapi juga dari pusat menghendaki agar dari UNIMA mengirimkan skala piroritasnya dimana dari 34 item dimana kini tinggal 5 item. Anggaran

tersebut juga dimasukan dalam APBN Perubahan UNIMA,” jelas Tuerah didampingi Kepala Biro Perencanaan Jemmy Tombokan kepada sejumlah wartawan akhir pekan kemarin. Lebih lanjut dikatakan Tombokan bahwa untuk pengusulan tersebut juga ada dua program yang dikedepankan yakni proyek jalan UNIMA dan pembangunan lanjutan untuk Auditorium yang sudah memasuki tahap ke4. “Pembangunan Auditorium itu tidak mudah, dan itu laksanakan setiap tahun anggaran. Ini sudah berada pada tahapan yang ke 4,” ujar Tombokan.(erka)

PEMBANGUNAN auditorium kampus UNIMA yang menyedot anggaran fantastis dimana pada tahun ini merupakan tahap ke-IV dalam pengusulan dana ke pusat.(foto:rommy/sk)

HARKITNAS

Semangat perubahan di Minahasa dan Tomohon Sulut—Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) memang menjadi momentum yang sangat berharga ketika pada masa lalu dimana sejumlah tokoh nasional diantaranya Sukarno, Budi Utomo dan Ki Hajar Dewantara, yang mendeklarasikan agar Indonesia di masa itu harus bangkit, ternyata semangat perubahan tidaklah begitu pesat terjadi saat ini. Buktinya, hanya dari sisi politiknya yang mengalami perubahan yang berarti ketimbang perbaikan kesejahteraan di bidang Sosial, Pendidikan dan Kesehatan. “Kita memang belum “merdeka”, karena masih banyak masyarakat yang tidak mendapatkan pelayanan kesehatan secara baik. Profesionalisme dalam pengabdian juga tak hanya di pelayanan kesehatan tetapi juga harus sama dengan pendidikan,” ujar personil Partai Demokrat Minahasa Yantje Walewangko SH kepada Swara Kita, Minggu (20/5) kemarin. Sementara itu, menurut politisi dari partai Gerindra, Man Rambitan bahwa kondisi semangat pemba-

ngunan di Minahasa memang sangat sensitif ketika berbicara tentang terselenggaranya pembangunan yang lebih baik lagi. Buktinya, dari berbagai sudut pandang masyarakat Minahasa ternyata guratan kemiskinan masih menjadi opini halus dan menjamur dimana-mana. “Kita memang tidak terlepas dari masalah kemiskinan. Terkadang lalai dalam menjalankan tugas, atau bahkan terprogram tapi tidak terealisasikan dengan baik. Peran pemerintah untuk mencermati kondisi seperti inin, masih sangat dibutuhkan. Contoh untuk tenaga pendidikan di Minahasa, itu harus diupayakan penyamarataan karena masih banyak yang tidak mendapatkan tenaga pendidikan yang jauh lebih baik,” ujar Rambitan. Lantas bagaimana dengan kajian pemerintah? Bupati Minahasa Drs Stevanus Vreeke Runtu sebelumnya mengatakan bahwa dalam rangka semangat Harkitnas, maka perlu ditanamkan rasa cinta tanah air. “Kita tetap berupaya untuk

meningkatkan pembangunan di daerah ini dengan satu harapan agar supaya hal ini dapat terealisasikan dengan baik dan benar,” ujar Runtu seraya mengatakan bahwa regulasi terhadap pelaksanaan tugas dan tanggung jawab pemerintah akan semakin baik terasa. Sementara itu dari Kota Tomohon, semangat perubahan juga akan menjadi himbauan yang akan diberikan pemerintah kepada masyarakat dan PNS dijajaran Pemkot Tomohon dalam memperingati Harkitnas. Di Tomohon sendiri, upacara peringatan Harkitnas yang ke 104 tahun akan dirangkaikan dengan apel Korpri bertempat di Lapangan Kantor Walikota Tomohon pukul 08.00 Wita. Dan peringatan kali ini Dishubkominfo diberi tanggungjawab untuk menyelenggarakan upacara peringatan Harkitnas. Menurut Kadishubkominfo Dra Lilly Solang MM melalui Kabid Kominfo Nonny Petrus SS, tema peringatan Harkitnas tahun ini yakni ‘Dengan Semangat Hari Kebangkitan Nasional, Kita Tingkatkan Kesadaran

Berbangsa dan Bernegara yang Berkarakter, Damai dan Berdaya Saing Menuju Masyarakat yang Sejahtera’. Adapun sub tema dengan peringatan Harkitnas ke 104 Tahun 2012, kita perkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Dikatakan tema ini merupakan tema nasional sesuai dengan Keputusan Menteri Kominfo nomor 153/KEP/M.KOMINFO/3/ 2012 tanggal 9 Maret 2012 tentang pedoman penyelenggaran peringatan Harkitnas tahun 2012. “Nantinya dalam upacara nanti akan dibacakan sambutan dari Menteri Kominfo sebagai penanggungjawab peringatan Harkitnas secara nasional,” ujarnya. Ditambahkan, pada hari ini seluruh daerah melaksanakan upacara peringatan Harkitnas secara serempak dan untuk upacara puncak akan dilaksanakan di Manado pada Selasa (22/5) esok bertepatan dengan pembukaan pelaksanaan Pekan Informasi Nasional (PIN) bertempat di Grand Kawanua City Kairagi.(erka/gebe)

LINGKUNGAN

Tomohon sambut tim penilai Adipura Tomohon—Penilaian mulai dilakukan oleh tim Adipura di Kota Tomohon. Berbagai kesiapan pun mulai dilakukan oleh Pemkot Tomohon agar kota ini bisa memperoleh sertifikat pada tahun ini. Salah satunya adalah membentuk tim terpadu. Bahkan beberapa lokasi yang nantinya akan menjadi tempat penilaian, kini terlihat rapi dan bersih. Direncanakan, tim penilai Adipura sendiri telah berada di Kota Tomohon untuk melaksanakan penilaian mulai pada hari ini.

Walikota Tomohon Jimmy F Eman S Ak mengatakan, tahap awal kota ini harus mendapatkan sertifikat. Tomohon belum memungkinkan meraih Piala Adipura karena belum tersedianya sejumlah fasilitas pendukung untuk meraih piala tersebut. “Kami baru akan menyiapkan fasilitas-fasilitas di tahun 2012 ini. Untuk itu, rencananya menjelang akhir tahun 2012 akan dibentuk tim yang khusus menangani segala sesuatu yang berhubungan dengan Adipura nanti,’’ kata Eman.

PASAR Tomohon ini akan menjadi salah satu tempat untuk dilakukan penilaian Adipura sehingga diharapkan kebersihannya tetap terjaga.(foto:ist)

PIUTANG

Sikap baik Karwur dipertanyakan kontraktor Tomohon—Jika beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dijajaran Pemkot Tomohon sudah mulai merealisasikan piutang mereka ke pihak ketiga atau kontraktor dari tahun 2008, 2009 dan 2010, namun berbeda dengan Dinas Pendidikan Nasional, Pemuda dan Olahraga (Diknaspora) Kota Tomohon. Pasalnya, oleh beberapa kontraktor mulai mempertanyakan sikap baik dari pimpinan SKPD ini yakni Wendy Karwur dimana tak kunjung juga merealisasikan piutangnya meskipun pihak ketiga sudah mempunyai kekuatan hukum tetap. “Saya mendapat kabar dari Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD), Harold Lolowang ada SKPD yang sudah merealisasikan tagihan hutang pihak ketiga, seperti Dinas Pekerjaan Umum (PU). Herannya, Diknaspora Tomohon belum juga terealisasikannya. Belum terealisasi karena SKPD ini sangat lambat dalam pengajukan Daftar Penggunaan Anggaran Lanjutan (DPAL),” ujar Wakil Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar (PG) Kota Tomohon sekaligus Kuasa Direktur CV Milenium, Donny Fey pada wartawan baru-baru ini. Informasi yang diterima dari Kepala DPPKAD, menurut Fey, bahwa satu dari tujuh perusahaan yang telah mempunyai keputu-

san tetap pengadilan atas gugatan wan prestasi terhadap Pemkot Tomohon telah direalisasikan pembayaran pada Rabu (16/5) lalu. “Yang sudah direalisasikan itu dari Dinas Pekerjaan Umum. Sedangkan, sepengetahuan saya setidaknya ada 4 perusahaan yang sudah berkekuatan hukum tetap terkait hutang di Diknaspora,” katanya. Keterlambatan Diknaspora dalam mem-follow up dokumen ini, Donny menilai, menunjukan kinerja Kepala Dindiknaspora yang perlu mendapat perhatian dari Walikota Tomohon. “Saya meminta kepada Walikota Tomohon agar kinerja yang lamban dan kurang serius dari Kepala Diknaspora dalam merespons tuntutan/ hak-hak dari pihak ketiga yang sudah mempunyai keputusan tetap dari Pengadilan Negeri (PN) Tondano (terkait hutang), agar menjadi perhatian pada pelaksanaan mutasi jabatan nantinya,” tegasnya. Peran Kepala Diknaspora dalam menyelesaikan administrasi para kontraktor ini, dirinya mengatakan, terkesan sangat kurang koordinasi. Alasannya, selama ini Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan DPPKAD sudah selalu menginformasikan dengan transparan. “Saya menilai Kepala Dindiknaspora yang kurang serius, bahkan ogahogahan. Terkesan dia itu kurang koordinasi. Padahal Walikota bersama TAPD sudah sangat serius,” tambahnya.(gebe)

Dikatakan Eman, untuk menunjang Tomohon memperoleh nilai tinggi, maka kebersihan pasar, TPA, terminal serta fasilitas lainnya seperti sekolah, jalan, taman kota sudah harus dimaksimalkan. Tapi, untuk

saat ini belum terlalu siap karena masih akan dilakukan pembenahan. ‘’Tahun 2013, semuanya akan disiapkan sehingga bisa meraih nilai yang layak untuk memperoleh Piala Adipura,’’ katanya.(gebe)


SENIN 21 MEI 2012

Mitra sambut HUT ke-5 RANGKAIAN Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Mitra ke-5, sebagai ungkapan syukur akan dilaksanakan Ibadah yang bertemakan “Minahasa Tenggara Bersyukur”, yang akan digelar di Wale Wulan Lumintang, Senin (21/5) hari ini. Ketua Panitia HUT Kabupaten Mitra Ir Dwigth Moody Rondonuwu MT, mengungkapkan rangkaian kegiatan dalam rangka HUT tersebut, Ibadah “Minahasa Tenggara Bersyukur” mengawali kegiatan syukuran yang ada, sebelum pelaksanaan pada hari H nya yakni tanggal 23 Mei mendatang. “Ibu Bupati mengharapkan dalam ibadah syukur, akan semakin meningkatkan kebersamaan dan kerukunan hidup masyarakat Mitra, dimana ada kerukunan disitu berkat Tuhan dicurahkan,” kata Rondonuwu, Minggu (20/ 5) kemarin. Lebih lanjut, selain ibadah syukur tersebut sejumlah kegiatan yang dilakukan dalam rangka menyambut HUT Mitra diharapkan dapat didukung penuh masyarakat yang ada agar dapat berjalan sukses. “Saya mengajak mari kita bersyukur bersama-sama dalam ibadah syukur menikmati anugerah Tuhan di HUT ke-5 Mitra. Dan dukungan masyarakat untuk kesuksesan acara sangat dibutuhkan, sebagai bagian dari rasa kebersamaan dan kerukunan yang telah tercipta,” ujarnya. Dapat dipastikan, selain seluruh jajaran Pemkab Mitra, akan hadir juga dalam Ibadah pihak Dewan Kabupaten (Dekab), para tokoh perjuangan Mitra hingga sejumlah forum pimpinan daerah akan diturutsertakan dalam ibadah, termasuk organisasi kemasyarakatan pemuda dan politik di kabupaten berslogan pemulihan itu.(esel)

Mitra usul 175 bangku CPNS Diutamakan formasi guru dan kesehatan Ratahan—Pemkab Mitra melalui Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat (BKDD) telah mengusulkan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2012, dimana sebanyak 175 formasi dikhususkan untuk tenaga guru dan kesehatan. Diketahui formasi CPNS

ini sendiri masih menunggu instruksi, meskipun telah disodorkan sebanyak 175 kursi yang disiapkan. Dan pengusulan ini sendiri telah dilakukan kepada pihak pemerintah pusat sejak beberapa waktu lalu, dimana sejumlah formasi yang diajukan yakni dikhususkan

untuk formasi tenaga guru dan tenaga kesehatan. “Ini telah diusulkan, dan sebanyak 175 formasi dalam penerimaan CPNS tahun 2012 ini,” ungkap Kepala BKDD Mitra Phebe Punuindong SH, melalui Kabid Pengembangan Pegawai Drs Arthur Sumual ME, pekan lalu. Lebih lanjut, menurutnya pengusulan tersebut dilakukan sesuai kebutuhan daerah, dan diusulkan tenaga guru serta kesehatan karena dinilai sangat dibutuhkan.

“Tentunya apa yang diusulkan ini sesuai dengan kebutuhan daerah, dimana yang sangat dibutuhkan adalah tenaga kesehatan dan guru,” katanya. Sementara itu, untuk penetapan formasi, pihaknya masih menunggu petunjuk dari pemerintah pusat. “Kami masih menunggu petunjuk dari pusat, ini juga berkaitan dengan anggaran untuk gaji PNS, yang harus dipertimbangkan guna pembiayaannya,” ujarnya.(esel)

PP 53/2010 loyo Airmadidi—Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS) Minut sepertinya mulai tidak berjalan maksimal. Dimana kehadiran PNS saat hari kerja setiap hari tidak pernah mencapai 100 persen di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) termasuk dalam pelaksanaan apel pagi dan sore, dan tentu hal ini mengendorkan penerapan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 53 tahun 2010. “Sangat disayangkan masih banyak PNS alpa saat hari kerja, dan juga bolos saat pelaksanaan apel. Sepertinya penerapan disiplin PNS diragukan di Minut dan hal ini harus menjadi tantangan bagi kepala daerah dalam menertibkan

PNS untuk pelayanan masyarakat. Jangan-jangan banyak PNS yang berangkat keluar daerah, hanya menghabis-kan uang negara saja, atau-kah penerapan PP 53/2010 sudah loyo,” tutur Ridwan warga Airmadidi yang ingin mengurus berkas di pemkab Minut, belum lama ini. Mengenai hal tersebut, Sekkab Minut Drs JA Rumambi mengatakan, setiap hari kerja selalu diingatkan agar kepala SKPD dapat mengawasi kehadiran staf, sebab ini juga bagian dari pengawasan melekat (Waskat). “Tentunya kinerja PNS itu menjadi penilaian, dan siapa saja yang sering tidak hadir saat hari kerja maupun apel, tunjangan bakal dipotong,” ancam Rumambi.(eres)

KEBERSIHAN

Minut kekurangan armada sampah

BKDD Minsel siap laksanakan Diklat PIM IV PEMKAB Minsel melalui badan kepegawaian dan diklat daerah (BKDD) Minsel, siap melaksanakan Diklat PIM IV pada, 23 Mei 2012 sampai 28 Juni 2012. Hal inibertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia sebagai aparatur negara yang mempunyai peran menentukan keberhasilan, penyelenggaraan dalam suatu pemerintahan, sehingga dibutuhkan sosok PNS yang memiliki kompetensi yang handal dan mempu melayani masyarakat serta menentukan pembangunan. Kaban BKDD Minsel Drs Joutje Dehoop Msi melalui sekertaris Drs Wemmy Lengkong Msi SH belum lama ini kepada Swara Kita mengatakan, diindikasikan menjadi PNS yang handal antara lain sikap, prilaku, kesetiaan, loyalitas, bermoral, bermental baik, profesional, disiplin, inovatif, kreatif, dan sadar akan tanggung jawab sebagai pelayan masyarakat, serta mampu menjalankan seluruh program pemerintah khususnya pemerintah di Pemkab Minsel. “Untuk menghasilkan aparatur Negara yang diharapkan, pemkab Minsel akan menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat IV angkatan ke III tahun 2012, dengan jumlah peserta 40 PNS yang dilaksanakan, mulai Rabu tanggal 23 Mei 2012 sampai 28 Juni 2012 bertempat di hotel kambiow amurang,” ujarnya. Ditambahkannya, biaya untuk penyelenggaraan diklat PIM IV angkatan ke III thn 2012 ini, dibebankan pada anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) thn 2012 Pemkab Minsel tahun anggaran 2012 melalui DPA BKDD Minsel dan biaya sharing dibebankan pada DPA masing2 SKPD yang tertata. Hal ini dikarenakan biaya yang tertata dalam DPA BKDD Minsel untuk kegiatan diklat PIM IV angkatan ke III tahun 2012 tidak mencukupi untuk 40 PNS. “Yang sebenarnya menurut peraturan kepala lembaga administrasi negara nomor 11 thn 2010 tentang standar biaya umum pendidikan negeri sipil tahun 2011 melalui standar biaya umum (SBU). Diklat pim IV indeks per orang Rp 20.230.000. Untuk itu diharapkan kepada seluruh calon peserta PIM IV untuk dapat mengikuti diklat PIM IV ini dengan baik sehingga menjadi PNS yang handal dan mempu berbuat untuk masyarakat, sehingga dapat mengimplementasikan hal tersebut dalam pembangunan di Minsel terlebih menunjang visi dan misi Bupati Minsel menuju Minsel Berdikari Cepat,” tutup Lengkong.(esem)

DISIPLIN

SEBANYAK 58 pasangan di Likupang Timur, Sabtu (19/5) lalu dinikahkan secara massal oleh Bupati Drs Sompie Singal MBA. Dalam acara tersebut, bupati memberikan petuah agar pasangan suami isteri yang telah disahkan menjadi satu kesatuan rumah tangga, dapat menjadi terang dalam kehidupan masyarakat dan mampu menyelesaikan berbagai masalah secara bersama-sama, tanpa melalui tindakan kekerasan yang tentunya dapat merugikan diri sendiri.(foto: ist)

PILBUP MITRA

PDIP terbuka untuk berkoalisi Ratahan—Dalam menghadapi pesta demokrasi Pemilihan Bupati (Pilbup) Kabupaten Mitra yang akan digelar tahun 2013, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Mitra, rupanya terbuka dan siap untuk berkoalisi dengan partai lain. Hal ini dikatakan Sekre-

taris Internal Partai DPC PDIP Mitra Semuel Montolalu, yang menurutnya PDIP terbuka untuk berkoalisi dengan partai lain, dan siapa saja bisa mencalonkan diri lewat PDIP. “PDIP terbuka untuk berkoalisi, dan siapa saja bisa mencalonkan diri, karena PDIP terbuka bagi siapapun,” kata Montolalu,

pekan lalu. Lebih lanjut, menurutnya PDIP terbuka bagi siapapun yang akan mencalonkan diri untuk maju pada Pilbup Mitra 2013, melalui mekanisme survey. “Tentunya PDIP punya aturan dan mekanisme, dimana PDIP menerapkan survey bagi calon untuk menentukan

siapa yang bakal diusung. Bisa saja yang diusung adalah orang luar partai jika survey positif tentu harus didukung,” ujarnya. Sementara itu, Montolalu sendiri, berharap pada Pilbup tahun mendatang, yang akan tampil dalam pertarungan adalah putraputri terbaik Mitra. “Saya berharap yang akan bertarung nanti adalah putraputri terbaik yang dimiliki daerah,” harapnya.(esel)

TENDER DAK DIKPORA

Polres takut lakukan pengembangan kasus? Amurang—Polres Minsel belum lama ini mengungkapkan telah melakukan penyelidikan terhadap pelaksanan tender proyek dana alokasi khusus (DAK) dinas pendidikan pemuda dan olaraga (Dikpora) Minsel tahun 2012. Pasalnya, pelaksanaan tender tersebut diduga kuat telah terjadi dugaan penyimpangan, yang dilakukan oleh unit layanan pengadaan (ULP).

Ketua Aliansi Masyarakat Transparansi Indonesia (AMTI) Tommy Turangan SH belum lama ini mengungkapkan, Polres Minsel harus bekerja secara professional dengan meninggalkan segala bentuk intimidasi dan oknum apapun. “Yang saya tahu kasus pelaksanaan tender proyek DAK Dikpora Minsel tahunn 2012 lalu telah ditangani oleh penyidik Polres Minsel, bahkan

sudah ada beberapa anggota ULP yang diperiksa,” ujarnya. Turangan mendesak agar penyidik Polres Minsel menuntaskan kasus tersebut, agar kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polres Minsel semakin tinggi. “Polres jangan hanya sebatas gertak sambal, kalau ada unsure penyimpangan harus ditindaklanjuti, sehingga kedepan nanti tidak ada lagi hal-hal kotor

yang terjado dalam pelaksanaan tender proyek,” ujarnya. Sementara itu, Kapolres Minsel AKBP Sumitro SH melalui Kasat Reskrim AKP Yana Supriatna Sik belum lama ini dikonfirmasi menjelaskan, pihaknya selama ini tetap bekerja secara profesional dalam hal pemberantasan korupsi. “Kasus tersebut masih dalam tahap penyelidikan,” ungkap Supriatna.(esem)

SKPD

Inspektorat diminta beber temuan penyimpangan anggaran Amurang—Kinerja inspektorat Minsel akhir-akhir ini patut dipertanyakan. Pasalnnya, inspektorat Minsel takut membeberkan sejumlah temuan penyimpangan anggaran APBD tahun 2011 lalu. Tak heran, sejumlah tokoh masyarakat menilai inspektorat Minsel harus

membeberkan sejumlah temuan, guna mendukung program Bupati Minsel Christiant ‘Tetty’ Paruntu dan hal pemberantasan korupsi. Generasi Muda Minsel Heski Liando mengatakan, inspektorat Minsel harus membeberkan sejumlah temuan penyimpangan APBD di

sejumlah SKPD yang ada di jajaran Pemkab Minsel yang didapati. “Selama ini temuan yang didapati inspektorat tak perna dibeberkan, hal ini sama saja dengan menyimpan korupsi di rumah sendiri. Seharusnya inspektorat mendukung program ‘membangun tanpa korupsi’ yang digaung-

kan Bupati Minsel,” ujarnya. Liando menambahkan, salah satu upaya untuk memberantas korupsi yakni berperannya inspektorat Minsel, dalam hal pengawasan keuangan di sejumlah SKPD. “Selama ini inspektorat Minsel sangat tidak berperan dalam upaya pemberantasan korupsi, sehingga saya berharap agar kinerja kepala inspektorat Minsel harus ditinjau kembali oleh Bupati,” harap Liando.(esem)

Airmadidi—Walau sudah memasuki penilaian Adipura tahap II, namun sebagian masyarakat beranggapan untuk saat ini Minut masih kekurangan armada sampah. Hal ini dikatakan Joly Parengkuan warga Kauditan, dimana masih ada banyak sampah yang berserakan di Minut, karena diakibatkan kurangnya armada sampah atau kendaraan truck yang beroperasi. “Ada sebagian titik yang terkadang sampahnya tidak tersentuh sama sekali, hanya tempat tertentu saja yang bisa dijangkau armada sampah yang ada saat ini. Untuk itu, jika pemkab mengharapkan Minut bebas dari sampah, sebaiknya segera diadakan penambahan armada sampah,” tutur Parengkuan. Hal ini juga mendapat perhatian anggota Dekab Minut Joseph Dengah, menurutnya keberadaan dua unit armada sampah

yang dimiliki Minut sangat tidak optimal, karena tidak dapat menjangkau keseluruhan wilayah yang ada. “Pemkab Minut harus memperhatikan masalah yang satu ini, mengingat keberadaan armada sampah sangat penting. Jadi menurut saya itu tidak bisa lagi ditunda keberadaannya, karena sudah sangat mendesak,” terang Dengah. Sementara itu, Bupati Minut Drs Sompie Singal MBA mengatakan penanganan sampah merupakan prioritas utama, dan jika memang dibutuhkan tambahan armada maka itu tentu akan secepatnya dilakukan. “Intensitas sampah di Minut sebenarnya tidak terlalu tinggi, akan tetapi walaupun demikian kita akan tetap memberikan apa yang menjadi harapan masyarakat, sekaligus ini juga sebagai wujud mempertahankan komitmen Pemkab Minut dapat mempertahankan Adipura,” ucap Singal.(eres)

PENDIDIKAN

Program sumikolah, dilirik CIDA Airmadidi—Program sumikolah yang digalang Pemkab Minut sebagai landasan dalam proses peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), ternyata mendapat lirikan Canadian International Development Agency (CIDA) yang berbasis di Kanada. Dimana CIDA akan turut berpartisipasi mengangkat dunia pendidikan yang ada di Minut. CIDA melihat, program sumikolah dapat mendorong peserta belajar aktif dari yang putus sekolah, sehingga dapat kembali ke bangku kelas. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga (Dikpora) Minut Drs Maximelian Tapada MSc, dimana CIDA siap membantu mereka yang kembali ingin mengecap dunia pendidikan. “CIDA siap membantu mereka, dengan mempersiapkan berbagai alat kelengkapan belajar mengajar. Kiranya dengan kerjasama ini dapat memberi

MAXIMELIAN Tapada.

kontribusi yang positif, bagi pendidikan yang ada di Minut,” tutur Tapada. Sebagai bentuk tindaklanjut kerjasama tersebut, Dikpora Minut saat ini sementara melakukan pendataan berapa banyak siswa Minut yang putus sekolah, sehingga dapat menjadi sasaran bantuan. “Tentu ini merupakan kesempatan, sehingga membuka seluas-luasnya kesempatan bagi anak yang putus sekolah, agar dapat kembali mengecap pendidikan,” tambah Tapada.(eres)


SENIN 21 MEI 2012

USAHA

Dikpora dinilai kangkangi PMK nomor 34 tahun 2012 Tunjangan sertifikasi guru di Bitung digantung sebulan

DEETJE Sarundajang Laoh Tambuwun bersama Ny dr Wisye Makagansa Rompis ketika menyambangi pedagang kios kecil di Marore-1.(foto:sam/sk)

First Lady Sulut ”jajan” permen Filipina DITENGAH kunjungan Gubernur Sulut Drs SH Sarundajang di Kecamatan Marore, Sabtu (19/5) akhir pekan lalu, ada hal yang menarik dilakukan oleh First Lady Sulut Ny Deetje Sarundajang Laoh Tambuwun. Sebab, didampinggi First Lady Sangihe Ny dr Wisye Makagansa Rompis, keduanya menyambangi sejumlah pedagang kecil yang membuka kios di wilayah Marore. Menariknya ditengah perbincangan dengan pemilik kios seputar modal usaha yang mereka dapatkan, First Ladi Sulut memberikan motivasi terhadap pengelolaan usaha kecil ini sehingga mempunyai prospek ke depan. “Kalau usaha dibangun berdasarkan komitmen yang kuat serta pengelolaan manajemen yang baik, maka dari kecil seperti ini secara perlahan namun pasti bisa berkembang,” jelas istri tercinta Gubernur Sulut ini. Ditengah hangatnya perbincangan yang tidak mengenal batas antara seorang istri pejabat dengan masyarakat perbatasan yang penuh kekurangan, First Lady Sulut itu sempat menanyakan sejumlah barang dagangan yang asalnya dari Filipina dan diperdagangakan di Marore. Dalam kesempatan tersebut Ny Deetje Sarundajang Laoh Tambuwun ini justru membeli cemilan yang berasal dari Filipina dengan nama permen Rabbit. Usai menyambangi pemilik kios, baik istri orang nomor satu di Sulut dan Sangihe ini sempat berkeliling di Pulau Marore menyusuri jalan setapak sambil menyambangi semua warga pulau Marore. Kunjungan ini menimbulkan simpati yang mendalam dari warga setempat. “Sebagai masyarakat kecil, kami tidak menyangka kalau istri dua orang pejabat itu justru penuh dengan keramahan saat menyapa kami sehingga tercipta keakraban yang mendalam. Terima kasih ibu Gubernur dan terima kasih Ibu Bupati,” ujar Novita Sumolang salah satu ibu rumah tangga di pulau Marore yang cukup bangga bisa membagi cerita dengan istri dua petinggi di daerah ini.(esde)

KAMTIBMAS

Aparat kampung diminta lebih tegas KURANG kondusifnya keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di setiap kampung maupun kelurahan, menjadi keluhan dari sejumlah masyarakat. Oleh warga meminta pemerintah daerah memberikan penegasan terhadap aparat kampung agar lebih tegas dan maksimal dalam melaksanakan tugasnya. “Saat ini kondisi beberapa kampung maupun kelurahan belum begitu kondusif lebih khususnya terkait kenyaman dan ketenangan masyarakat dimana aksi keributan mulai marak. Tapi itu lepas dari tindakan penertiban aparat kampung atau kelurahan seperti mabuk-mabukan dan berteriak hingga tengah malam. Ini yang membuat kenyaman warga terganggu, namun ada Ketua RT dan Kepala Lingkungan terkesan tidak mau tahu,” ungkap sejumlah warga Dusun Luaha, Kelurahan Tatehadeng Kecamatan Siau Timur (Sitim), yang tidak ingin namanya dikorankan. Lanjut warga, kondisi tersebut telah berlangsung lama, dan dianggap bisa berdampak aksi keributan yang lebih besar lagi. Sehingga aparat kampung atau kelurahan diminta selektif dan tegas dalam bertindak. “Jangan hanya menerima hak, tapi kewajiban tidak dijalankan, sementara kenyamanan dan ketertiban masyarakat sering terganggu. Takutnya, ada warga yang main hakim sendiri, dan menimbulkan masalah yang lebih besar, akhirnya kampung makin tidak kondusif,” tukas warga. Kabag Humas, Protokuler dan Persandian Sitaro, James Marthin SPd, menghimbau kepada seluruh camat untuk meningkatkan pengawasan terhadap aparat pemerintah kampung maupun kelurahan terkait hal itu. “Pemerintah kecamatan harus memperhatikan hal ini, dan diharapkan bisa melakukan pengawasan dan himbauan bagi aparat,” ujar Marthin.(esge)

Bitung—Impian untuk menerima tunjangan sertifikasi penuh selama 3 bulan, rupanya harus dikubur dalam-dalam oleh para Guru yang sudah tersertifikasi di Kota Bitung. Pasalnya, pihak Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Bitung hanya akan membayar dana tunjangan ini untuk 2 bulan kedepan. “Kami hanya menandatangani realisasi untuk penerimaan sertifikasi

selama 2 bulan, sementara untuk satu bulannya belum ditandatangani,” ungkap salah seorang guru sertifikasi asal Kecamatan Girian ini. Akibatnya sejumlah guru yang ditemui Swara Kita melakukan protes tertutup dengan kebijakan ini. Pasalnya, kebijakan yang dilakukan oleh Dikpora Bitung dinilai sudah menyalahi Peraturan Menteri Keuangan (PMK).

“Sebab pada PMK No 34 tahun 2012 mengatakan jika pembayaran tunjangan guru-guru sertifikasi tahun ini harus dilaksanakan per triwulan,” ungkap salah satu guru sertifikasi yang enggan namanya dikorankan ini. Tak hanya itu, diapun melanjutkan, jika dalam PMK juga mengatakan untuk pembayaran Triwulan 1, 2, 3 dan 4 ini masingmasing harus direalisasikankan pada bulan April, Juli, Oktober dan Desember. Pembayarannya pun harus disesuaikan dengan gaji pokok baru atau kenaikan

gaji pada tahun 2012. Sementara itu, Kepala Dikpora Bitung Drs Herman Rompis ketika dikonfirmasi mengaku kalau dana yang disuplai oleh pemerintah pusat tak mencukupi untuk membayar dana guru sertifikasi di Bitung. “Pagu anggaran yang dikucurkan oleh pemerintah pusat untuk tunjangan sertifikasi guru di Bitung tak mencukupi sehingga kami membaginya untuk dua bulan dulu, sisanya nanti dibayarkan pada periode yang akan datang,” jelas Rompis. Diapun membeberkan jika pagu atau batas tertinggi

KUNJUNGAN KERJA

yang dikucurkan sesuai dengan PMK No 34 tahun 2012 sebesar Rp31.956.818.000 untuk satu tahun sehingga ketika dibagi 4, per triwulannya dialokasikan sebanyak Rp7.989.204.500. “Namun untuk kota Bitung kebutuhan tunjangan guru sertifikasi per triwulannya adalah Rp9.203.337.000, sehingga jika dikalikan 4 triwulan maka akan mendapatkan angka Rp36.813.348.000. Berarti per tahunnya ada selisih sekitar Rp4.856.530.00 atau per tiwulannya ada selisih Rp1.214.132.000,” jelas

Rompis. Diapun melanjutkan jika pembagian dana ini dilakukan per 2 bulan dengan total dana Rp6.135.558.000. Maka selama menunggu tambahan dana dari pemerintah pusat, total untuk satu tahun yang cocok dengan kebutuhan tunjangan sertifikasi yakni sebesar Rp36.813.348.000. “Dana ini adalah hak dari para guru sertifikasi, jadi tak ada alasan bagi kami untuk menahannya, namun kendala dari pusat saja yang membuat ada penundaan pemberian tunjangan ini,” ungkap Rompis.(wepe)

PROYEK REHABILITASI

SHS serahkan bantuan di wilayah pulau terluar Kepsek SMK 2 diduga telah kibuli kontraktor

GUBERNUR Sulut Dr SH Sarundajang ketika memberikan bantuan yang diterima oleh Kapitalaung Marore Ny Jenny Dalentang.(foto:sam/sk)

Tahuna—Meskipun hanya menginjakkan kaki sekitar 3 jam di Kampung Marore Kecamatan Kepulauan Marore pada Sabtu (19/5) akhir pekan lalu, namun kedatangan Gubernur Sulut Dr Sinyo H Sarundanjang bersama ibu Ny Deetje Sarundajang Laoh Tambuwun beserta rombongan disambut hangat oleh masyarakat di tempat itu. Tidak mengherankan, Sarundajang dalam sambutannya menyatakan kebahagiaannya terhadap komitmen masyarakat di wilayah perbatasan Marore dan sekitarnya yang tetap punya komitmen untuk menjaga keutuhan NKRI di wilayah

perbatasan ini. “Sebagai wilayah perbatasan yang notabene adalah beranda depan NKRI paling Utara di Indonesia ini, tentunya dari berbagai sisi polesan untuk menjadikan beranda depan tetap menjadi komitmen dari pemerintah Sulut. Demikian juga berbagai pembangunan telah kita lakukan dan buat di sejumlah wilayah yang ada di daerah kepulauan ini, dan baiknya peran penting masyarakat tetap ada untuk menunjang berbagai program pembangunan tersebut,” ujar Sarundajang di depan warga kepulauan. Sementara itu, Bupati Sangihe Drs Hironimus R Makagansa MSi dalam

sambutannya menyatakan berbagai upaya pemerintah daerah Sangihe bersama masyarakat Kecamatan Kepulauan Marore tetap punya komitmen akan menjadikan wilayah perbatasan ini tetap setara dengan wilayah lainnya. “Namun dengan berbagai keterbatasan yang ada, Pemkab Sangihe masih sangat membutuhkan bantuan baik dari pemerintah pusat maupun Pemprov Sulut,” singkat Makagansa. Dalam kunjungan ini, Gubenrur Sulut turut memberikan sejumlah bantuan ke masyarakat di wilayah Marore, Kawio dan Matutuang yang diterima secara simbolis oleh

Kapitalaung Kampung Marore Ny Jenny Dalentang. Bantuan tersebut diantaranya sejumlah perlengkapan olahraga diantaranya bola basket, bola kaki, raket badminton, meja tenis, mesin katinting serta sejumlah perlengkapan kesenian diantaranya gitar serta beberapa bantuan lainnya. Turut hadir bersama Gubernur Sulut yang tiba dengan KRI Mandar tersebut diantaranya Kapolda Sulut Brigjen Pol Dicky Atotoy, Lantamal, Danrem, salah satu petinggi Askes, pimpinan BI Sulut serta sejumlah pejabat teras dilingkup Pemprov Sulut.(esde)

KAPAL PENUMPANG

KM Marore bakal dialihkan fungsi Tahuna—Keberadaan salah satu asset Pemkab Sangihe berupa KM Marore yang selama ini sejak diterima dari pihak ketiga dimana belum juga difungsikan, akhirnya pemanfaatan asset bergerak tersebut menemui titik terang. Pasalnya, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishub Kominfo) Sangihe Drs NH Kawuka ketika dihubungi Swara Kita menyebutkan kalau kapal tersebut akan segera diserahkan ke Dinas

Kelautan dan Perikanan Sangihe. “Memang hingga sekarang, KM Marore tidak bisa difungsikan secara maksimal. Hal ini lebih disebabkan kapal yang dibangun dengan kontruksi mengangkut penumpang dinilai tidak dilayak sehingga akan dialihkan ke DKP untuk dimodifikasi dan dimanfaatkan sebagai kapal penampung ikan,” jelas Kawuka. Secara terpisah, Kepala DKP Sangihe Ir Feliks Gaghaube MSi ketika dihubungi membenarkan

rencana pengalihan KM Marore tersebut. “Memang untuk kebutuhan kapal penampung di Sangihe sangat mendesak, sehingga pengalihan fungsi KM Marore ini merupakan salah satu solusi yang kita tempuh. Dan rencana ini sendiri juga telah mendapat respon sekaligus persetujuan Bupati Sangihe Drs Hironimus R Makagansa MSi,” ujar Gaghaube. Dengan ketambahan kapal penampung yang ada, lanjut Gaghaube, setidaknya

nelayan yang ada di Sangihe tidak akan kesulitan untuk menjual hasil tangkapan mereka. “Meskipun nantinya Pemkab Sangihe telah memiliki kapal penampung, bukan artinya kapal penampung dari luar daerah atau milik pengusaha dihentikan, tetapi tetap kita gunakan. Keberadaan KM Marore sebagai kapal penampung milik Pemkab ini sendiri tidak akan mengeser keberadaan kapal penampung lainnya,” imbuh Gaghaube.(esde)

TENAGA PENGAJAR

Ada guru di Bitung disuplai ke Ternate Bitung—Tidak berimbangnya pengangkatan tenaga guru, membuat pihak pemerintah pusat harus memaksa membuat pemerataan tenaga guru mata pelajaran di Indonesia. Bahkan dengan program lintas kementerian ini diprediksi ada guru di Bitung yang harus pindah tugas hingga ke Ternate. Seperti yang diungkapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Bitung, Drs Herman Rompis.

“SK bersama 5 Menteri untuk melakukan pemerataan guru PNS di Indonesia akan membuat tenaga guru mata pelajaran IPS yang sudah sangat banyak di Kota Bitung akan dipindahkan ke kabupaten/Kota ataupun Provinsi di Indonesia,” kata Rompis sembari menjelaskan jika surat keputusan 5 Menteri itu terdiri dari Menteri Pendidikan, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Aparatur Pemberdayaan

Negara dan Menteri Agama yang telah disahkan pada tanggal 3 Oktober 2011. Diapun menjelaskan jika peraturan bersama tentang Penataan dan Pemerataan Guru PNS disusun dalam rangka menindaklanjuti rencana aksi INPRES No. XIV tahun 2011 mengenai Regulasi Pemerataan Distribusi Guru yang menjadi tanggung jawab Kementerian Pendidikan Nasional, Direktorat Pembinaan Pendidik dan

Kependidikan Pendidikan Dasar, Direktor Jenderal Pendidikan Dasar, Direktorat Pembinaan Pendidik dan Kependidikan Pendidikan Menengah, dan Direktur Pembinaan Pendidikan Menengah, khususnya Direktorat Pembinaan Pendidik dan Kependidikan PAUD-NI serta Direktur Jenderal PAUD-NI, “Namun itu khusus untuk guru yang berlebihan ,” kata Rompis.(wepe)

Bitung—Kembali lagi Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berulah, setelah beberapa waktu lalu diisukan jika disekolah yang dipimpinnya itu ada sebagian siswa melakukan tindakan penyimpangan seks, namun dibantahnya mati-matian. Kali ini hal yang sama juga dilakukan Kepala SMK Negeri 2 Bitung, Welly Kojongian soal rehabilitasi berat ruang kelas meliputi atap termasuk rangka plus penutup seng, lantai keramik dan plafon. Hal itu diungkapkan oleh Sanny Kakauhe pentolan LSM Lumbung informasi Rakyat (Lira) kepada Swara Kita. “Sejumlah kontraktor datang menemui saya dan meminta agar kiranya dapat mengkritisi Kepala SMK Negeri 2 Bitung yang belum membayar dana rehabilitasi sekolah yang dikerjakan pihak ke 3 ini,” kata Kakauhe. Diapun menjelaskan jika dari data yang didapatkan pihaknya jika ada 3 orang kontraktor kecil yang belum dibayar oleh Kepsek SMK Negeri 2 Bitung dari hasil pekerjaan itu. “Ada salah satu kontraktor yang tagihannya sebesar Rp74 juta belum dibayar. Pun demikian dengan kontraktor lainnya yang belum dibayar pihak sekolah sekitar Rp34 juta,” rinci Kakauhe. Dirinya pun menjelaskan jika hal ini tidak dilakukan pembayaran, maka pihak kepolisian harus mengambil langkah tegas. “Mereka ini adalah kontraktor lokal yang baru berkembang

sehingga harus didukung oleh pemerintah terlebih stakeholder yang ada. Tapi bagaimana mau berkembang jika sudah dibuat susah seperti ini,” ungkap Kakauhe sembari meminta pihak Polda dapat mengusut kebenaran berita ini. Sementara itu, kepala Sekolah SMK Negeri 2 Bitung Welly Kojongian saat dikonfirmasi membantah jika dirinya tidak membayar dana itu. “Itu adalah proyek APBN yang dilakukan secara Swakelolah bukan dengan tender, tapi saya sudah membayar lunas semuanya,” kata Kojongian sembari membenarkan jika para kontraktor yang dimaksud Kakauhe itu adalah Jefry Supit Triputra dan Boy Dumais. “Silahkan anda datang lihat sendiri gedungnya sudah selesai dan karena pekerjaannya sudah selesai maka tidak mungkin saya tidak membayarnya,” jelas Kojongian. Sementara itu, salah satu kontraktor yang disebutkan Kojongian yang bernama Boy Dumais ketika di konfrimasi mengaku belum pernah mendapatkan pelunasan dana dari rehabilitasi berat sekolah tersebut. “Kalau kepsek bilang sudah dilunasi, semua itu salah. Sebab saya sendiri belum mendapatkan pembayaran dana sisa sekitar Rp30 juta,” kata Dumais sembari mengatakan jika pihak sekolah harus membayar hutangnya itu. “Tidak ada cerita itu. Hutang tersebut harus dibayar oleh kepala sekolah dan saya akan mengkonfirmasi langsung ini dengan kepala sekolah,” kata Dumais lagi.(wepe)

KESEHATAN

Raule: Lewat jam kerja, pelayanan tetap jalan Ondong—Menyikapi berbagai keluhan masyarakat terhadap kinerja tim medis di sejumlah Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) bahkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), membuat pihak pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Sitaro terus melakukan evaluasi serta pengawasan ketat atas kinerja para tenaga medis itu. Menurut Kepala Dinkes Sitaro, dr Semuel E Raule MKes, pada sejumlah wartawan belum lama ini, dirinya sudah mendapat laporan dan keluhan dari masyarakat terkait pelayanan, dimana ada beberapa puskesmas khususnya beberapa petugas yang menolak melakukan pelayanan lewat jam dinas. “Lewat jam dinas tetap ada pelayanan, baik rawat inap maupun rawat jalan, dan

tidak dibenarkan kalau ada petugas yang menolak pasien walaupun itu hanya rawat jalan dengan alasan sudah lewat jam dinas. Karena lewat jam dinas, ada perawatan darurat, dan sudah ada jadwal petugas yang bertugas melayani pasien baik rawat jalan maupun inap,” jelas Raule. Sehingga, dirinya menegaskan, kepada seluruh petugas agar tetap profesional dalam melakukan pelayanan kesehatan terutama melayani pasien, dan meningkatkan kinerja semaksimal mungkin. Selain itu, dirinya menyarankan bagi masyarakat untuk tidak segan-segan memasukkan keluhan ke pihaknya apabila mendapat pelayanan yang kurang baik. “Tentunya kami akan berkoordinasi dulu dengan pihak puskesmas maupun rumah sakit, terlebih petugas yang bersangkutan,” ujarnya.(esge)


SENIN 21 MEI 2012

PEMEKARAN BOLMONG RAYA

Hari ini, struktur panitia dirampungkan BILA tidak ada arah melintang, Sabtu (19/5) hari ini, struktur panitia pemekaran Provinsi Bolmong Raya bakal dirampungkan. Hal tersebut dikatakan langsung oleh Tim Humas Pemekaran Bolmong Raya, Junius Dilapanga, ketika di konfirmasi harian ini, Jumat (18/5) kemarin. Menurut Dilapanga, pertemuan tersebut untuk menindaklanjuti pertemuan sebelumnya yang diadakan di Hotel Senator II, yang didukung oleh 5 kepala daerah Kabupaten/Kota di Bolmong Raya. “Perampungan struktur panitia pemekaran tersebut rencananya akan digelar di rumah Ketua I Djainudian Dapmopolii, di Kelurahan Genggulang,” ujarnya. Dalam pertemuan di rumah ketua tersebut, lanjutnya, juga akan diwacanakan untuk masingmasing wilayah dibentuk presidium dan akan dibahas juga mengenai keterwakilan daerah di Bolmong. “Keterwakilan 5 kabupaten dan kota adalah keterwakilan etnis untuk pembentukan Provinsi Bolaang Mongondow Raya nantinya,” ujar Dilapanga. Sehingga, lanjutnya, usai pembentukan stuktur panitia tersebut, maka akan dibentuk keterwakilan di Manado dan Jakarta untuk mempermuda akses selanjutnya. “Semua sudah ditargetkan untuk meng-gol-kan Provinsi Bolmong Raya. Nantinya akan dibicarakan besok Sabtu (hari ini, red),” tutup Papa Rido, sapaan akrabnya.(veem)

Lelang molor, kontraktor pertanyakan kinerja SPKD

Bimtek 51 Sangadi terus tuai sorotan Dinilai sama sekali tidak ada manfaatnya Tutuyan—Bimbingan Teknik (Bimtek) 51 Sangadi se-Kabupaten Boltim ke Jakarta, Bandung dan Sumedang, terus menuai sorotan, baik dari kalangan masyarakat maupun warga Boltim sendiri. Pasalnya, Bimtek ini ternyata dituding tidak ha-nya diikuti oleh para Sa-ngadi saja, tapi juga para Kepala Badan (Kaban) maupun staf PNS yang ada di

instansi masing-masing, yang bejumlah 21 orang. Akan hal itu, per-jalanan tersebut menim-bulkan protes keras dari masyarakat serta warga Boltim sendiri. Seperti penuturan Munafri Paputungan, Ketua GP Ansor Kecamatan Kotabunan, yang juga merupakan warga Boltim. Menurutnya, Bimtek 51 Sangadi ini benar-benar menguras uang APBD.

“Harusnya jika ada Bimtek, yang berangkat atau pergi Bimtek hanya bagi Sangadi yang belum pernah melaksanakan Bimtek. Karena hampir sebagian atau 60 persen para Sangadi ini pernah melaksanakan Bimtek. Begitu juga dengan Kepala Badan (Kaban) serta Kepala Bagian (Kabag), hampir setiap bulan mereka keluar daerah, namun tetap saja diikut sertakan,”

ujar Papatungan, kepada Swara Kita, Jumat (18/5) kemarin. Ditegaskan Paputungan, Bimtek ini sama sekali tidak ada manfaatnya bagi war-ga Boltim. “Buktinya, su-dah puluhan kali para Sa-ngadi ini diberikan materi serta pemahaman dalam Bimtek, namun kenyataan-nya setelah kembali dari Bimtek, para Sangadi ini semakin membodohi warganya sendiri. Begitu juga dengan Kaban atau pun Kabag, tidak ada realisasi di lapangan, selalu nol,” papar Paputungan.(try17)

DUGAAN PUNGLI BOS

Manoppo janji berikan sanksi tegas

TERTUNDANYA proses pelelangan tender proyek tahun anggaran 2012 ini yang ternyata disebabkan oleh beberapa SKPD, akhirnya membuat para kontraktor lokal kesal. Hal ini seperti yang diungkapan oleh salah satu kontraktor lokal Boltim yang enggan namanya dikorankan. Dirinya menuding kalau tertundanya proses lelang ini karena para Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) kebanyakan tidak tahu menyusun mekanisme pelelangan tender. “Hampir semua SKPD yang mendapat tender proyek tahun ini, banyak tidak mengetahui penyusunan mekanisme pelelangan. Jika tidak mampu, lebih baik mundur saja dari jabatan,” tegasnya. Hal ini pun dibenarkan oleh Ketua Panitia Tender Pengadaan Barang dan Jasa, Imran Makadomo. Menurut Makadomo, molornya proses pelelangan ini bukan kesalahan dari pihak panitia. “Kami sudah siap untuk menjalankan tender, namun karena pihak SKPD banyak yang belum memasukan kelengkapan administrasinya, sehingga proses lelang tertunda,” kata Makadomo, kepada Swara Kita baru-baru ini.(try17)

Tanggul Desa Nuangan 1 mulai rusak, anggaran dinilai mubazir TAK beresnya proses pekerjaan sejumlah proyek tahun 2011 lalu, membuat alokasi anggaran yang diplot ke beberapa paket proyek dinilai mubazir. Hal ini seperti yang terlihat pada proyek tanggul sungai di Desa Nuangan I, Kecamatan Nuangan, yang dikerjakan akhir tahun 2011 lalu. Pasalnya, saat ini bendungan tersebut sudah tidak berfungsi lagi karena sudah rusak parah. Menurut Camat Nuangan Drs Rusmin Mokoagow, kepada wartawan baru-baru ini, bahwa memang benar proyek tersebut sedikit kurang beres. “Saya sangat sesalkan kontraktor yang mengerjakan proyek tanggul tersebut. Akibat asalasalan dalam pekerjaan, tanggul tersebut mulai rusak, sehingga saat hujan turun, tanggul itu tidak mampu lagi menahan bobot air. Akibatnya juga merembet ke lokasi Kantor Camat Nuangan,” ungkapnya. Akan hal itu, lanjut Mokoagow, dirinya memiminta kepada instansi yang terkait, dalam hal ini Dinas PU, untuk dapat turun lokasi melihat langsung situasi serta kondisi tanggul yang saat ini sudah mulai rusak. “Kami minta Dinas PU turun lapangan dan dapat melihat langsung, agar supaya pada tahun ini dapat merencanakan lagi proyek pembangunan tanggul di Desa Nuangan 1,” tandasnya.(try17)

PASCATARKAM

Warga Imandi serahkan Sajam Bolmong—Akhirnya janji warga Kelurahan Imandi, Kecamatan Dumoga Timur, untuk menyerahkan senjata tajam (Sajam) mereka ditepati. Penyerahan sajam ini sendiri dilakukan warga di Kantor Kelurahan Imandi, Jumat (18/05) kemarin, sekitar pukul 16.00 Wita. Pjs Kapolsek Dumoga Timur, AKP Efendy Tubagus, ketika dikonfirmasi membenarkan adanya penyerahan sa-jam sekitar 30-an buah terdiri dari beberapa jenis yakni samurai, pisau badik, tombak dan pana wayar. “Ini diserahkan langsung oleh tokoh masyarakat setempat,” kata Efendy saat dihubungi, Jumat (18/5) sore kemarin. Dilanjutkannya, Tim terpadu antara aparat Polres, Kodim 1303 dan Pemkab Bolmong masih memberikan waktu sampai Sabtu (19/05) hari ini, bagi warga yang ingin me-

nyerahkan sajam mereka secara sukarela. “Jadi kami memberikan batas waktu sampai pukul 07.00, besok (hari ini, red), bagi warga yang ini menyerahkan sajam mereka,” ujarnya. Di tempat terpisah, Kapolres Bolmong AKBP Enggar Brotoseno SIK, meminta agar warga dapat bekerjasama dengan aparat hukum untuk bersama-sama menjaga stabilitas keamanan. “Jika warga secara beramai-ramai menyerahkan sajam milik mereka, maka operasi ini tidak perlu dilakukan,” ujar Brotoseno. Seperti diketahui, tim gabungan terpadu terse-but akan berencana mela-kukan operasi darurat ber-dasarkan Undang-undang Darurat Nomor 12 tahun 1952, tentang larangan kepemilikan bahan peledak, senjata tajan, dan senjata api tanpa izin, di kawasan Dumoga.(veem)

ALOKASI DANA DESA

Realisasi Rp1 M perdesa dipertanyakan PIHAK Diknas Bolmong me-warning para sekolah agar Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tidak lagi dilakukan pungutan, terlebih dalam penerimaan siswa baru nanti.(foto: dok/sk)

Lolak—Kepala Dinas Pendidikan (Kadis Diknas) Bolmong Hamri Manoppo, me-warning seluruh sekolah yang menerima Bantuan Operasional Sekolah (BOS), agar tidak lagi melakukan pungutan dalam penerimaan siswa baru nanti. Pasalnya, biaya penerimaan siswa baru telah dianggarkan di program

BOS. “Untuk sekolah-sekolah yang peneriman dana BOS, sudah tidak bisa lagi memungut biaya pendaftaran karena sudah dianggarkan di dana BOS,” ujar saat dihubungi wartawan, Jumat (18/5) kemarin. Dikatakan Manoppo, bagi sekolah penerima dana Bos, namun tetap memungut biaya pendaf-

taran siswa baru, akan diberikan sanksi tegas, karena pungutan tersebut akan dianggap pungutan liar (Pungli). Oleh karena itu dia berharap agar orang tua siswa melaporkan ke Diknas Bolmong, apabila kedapatan sekolah penerima BOS yang tetap memunggut biaya. “Jika kedapatan pasti

akan mendapatkan sangki tegas dari pihak Diknas,” tegasnya Manoppo. Sedangkan bagi sekolah yang tidak mendapatkan dana BOS, lanjut Manopo, bisa melakukan pungutan pendaftaran siswa baru (biaya administrasi). “Namun harus mendapat persetujuan dari Komite sekolah,” pungkasnya.(veem)

PILWAKO KK BAKAL MOLOR

Pemkot dinilai tak kooperatif sediakan dana bagi KPU Kotamobagu—Hari H Pemilihan Walikota/Wakil Walikota (Pilwako) Kota Kotamobagu dipastikan bakal molor dari waktu yang telah ditentukan sebelumnya oleh Komisi Pemilikan Umum (KPU) KK, yang akan dilakukan pada 16 Mei 2013 tahun depan. Pasalnya, hingga saat ini pihak KPU KK belum bisa berbuat banyak untuk merealisasikan pratahapan, tahapan hingga persiapan Pilwako, dengan alasan hingga saat ini belum adanya itikad baik dari Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu untuk menyalurkan dana hiba untuk pelaksanaan tugas tersebut ke KPU. “Tidak ada keseriusan Pemkot untuk merealisasikan komitmen yang telah dibahas KPU dan DPRD Kotamobagu lalu,” sesal Jubir KPU KK, Kurniawan. Menurutya, pembahasan mengenai penetapan hari H Pilwako telah di dilaporkan ke KPU Provinsi, sehingga KPU Provinsi saat ini meminta laporan kinerja KPU Kotamobagu

sejauh mana kinerja KPU Kotamobagu saat ini. “Kami sudah mendapat teguran dari KPU Provinsi, untuk melaporkan kinerja kami, di mana aturan yang ditetapkan atasan adalah perintah yang wajib kita jalankan,” tegas pria yang pernah bertugas sebagai advokad ini.

Keterlambatan tersebut, menurutnya, karena Pemkot belum membackup dana. “Hasil penentuan hari H bakal tertunda, bakal ada Plt Walikota di KK apabila Pemkot tidak kooperatif menyediakan dana ter-sebut, harinya molornya, sehingga bakal

tertunda,” tukasnya. Seperti diketahui, pada tanggal 13 September 1013 tahun depan nanti, adalah masa berakhirnya tugas KPU Kotamobagu. Apa-bila pelaksanaan Pilwako bakal tertunda, maka dipastikan hari H bakal molor di tanggal 10 Ok-tober 2013 tahun depan dan bakal ada Plt Wali-kota.(veem)

Tutuyan–Realisasi janji pasangan Bupati Bola-ang Mongondow Timur (Boltim), Sehan Landjar dan Wakil Bupati, Medi Lensun untuk penyalu-ran Alokasi Dana Desa (ADD) Rp1 miliar perdesa, yang pernah diungkapkan pada tahun 2011 lalu, dipertanyakan sejumlah pihak. Pasalnya, 2012 sudah masuk pertengahan tahun, namun sampai saat ini relisasi-nya belum juga ada. Menurut Muhammad Jabir, Tokoh Pemuda Kotabunan, janji ter-sebut janganlah menjadi slogan politik semata, melainkan harus direa-lisasi dan ditepati, karena itu komitmen politik dengan masyarakat. “Karena janji itu sudah

diungkapkan di hadapan masyarakat, maka janji tersebut harus direalisasikan,” papar Jabir, kepada wartawan baru-baru ini. Sementara itu, Pemkab Boltim melalui Kabag Humas Max Iswady Mokodompit, saat dikonfirmasi menjelaskan, bahwa janji tersebut perlahan–lahan akan direalisasikan. Seperti dana ADD yang dulunya dicairkan per triwulan, kini menjadi persemester atau enam bulan sekali. “Untuk merealisasikan hal tersebut butuh waktu, tidak segampang itu. Sebab ADD sebesar Rp1 M perdesa bukan jumlah yang sedikit. Seratus juta saja bermasalah, apalagi 1 Miliar,” jelas Mokodompit.(try17)


SENIN 21 MEI 2012

PUISI

Ingin kutanyakan Pernahkah kau merasa Segala yang diperbuat tak berarti Dan kau ingin menghancurkan untuk meniadakannya Pernahkah kau merasa Sesal yang paling dalam direlung hatimu Pernahkah kau begitu takut untuk mati Dan begitu berani untuk hidup Pernahkah kau mencoba lari dari sesuatu Mencari ayng kau rasakan hilang dari dirimu Pernahkah kau merasa Begitu pasti dengan harimu Pernahkah kau bayangkan dunia akan seabad lagi Dan kau masih sempat hadir Pernahkah kau merasa Sunyi dari tanya dan jawab Pernahkah kau menjadi teman bagi dirimu Terakhir Ingin kutanyakan Pernahkah semua itu kau pertanyakan

Di ruang baca Ini di suatu pagi yang dingin Di ruang baca sebuah perpustakaan Kerisik angin di daun-daun muda dan tua Bergetar pada kaca Mengundang sunyi demi sepi Datang merayapi semua titik yang ada Di luar, di udara lepas, seekor burung kecil Terbang ke arah kaca, mengetuk, ngetuk Akulah burung kecil itu Yang selalu mengetuk Rahasia di balik kaca Rahasia masa datang Rahasia hidup Terasa sunyi demi sepi datang merayapi seluruh ruang

Perempuan Yang menyanyi kala bayi menangis Yang menyusui dikala bayi haus Yang menjadi pelampiasan kala nafsu terbakar Yang menaruh sajadah dibelakang laki-laki Perempuan Ibu dari ibu kita Ibu dari nenek kita Ibu dari pemimpin kita Perempuan Perhiasan lelaki By: Gangga

Siap ke luar negeri!! Ada pepatah yang mengatakan kalau menuntut ilmu haruslah setinggi langit. Ini menandakan kamu nggak boleh terpaku dalam satu dua pendidikan aja. Nggak masalah juga lho kalo harus studi ke luar negeri. Walau biaya yang dibutuhkan cukup mahal but pasti ilmu yang didapatkan akan lebih banyak en yang terpenting bisa dimanfaatin untuk memajukan daerah kita. So, siapkah nggak? (fine) VIVI INI saatnya membuktikan kalau apa yang diimpikan banyak orang untuk lanjut studi ke luar negeri itu penting. Dengan begitu kita akan mendapat banyak pengalaman. Tapi semua harus didampingi dengan keyakinan. Dan nggak ada salahnya kalau semua hal bisa diawali dengan mimpi. NANCY MENURUT aku kuliah di luar negeri itu bagus, dengan begitu kita bisa menunjukkan dan berbagi budaya kita dengan orang laur. Tapi mmungkin yang menjadi kendala adalah biaya. Makanya harus pintarpintar memanfaatkan potensi yang ada agar bisa dapat beasiswa ke luar negeri.(*)

SDN 124 MANADO

Disiplinan guru, teladan bagi murid M a n a d o — Kedisiplinan adalah awal dari kesuksesan. Disiplinan haruslah ditanamkan dalam diri masing-masing. Dan hal inilah yang membuat seluruh warga SDN 124 Manado menanamkan citra disiplin dalam setiap diri baik guru maupun murid. “Guru adalah seorang pendidik, maka seorang pendidik haruslah mencontohkan yang baik terlebih dahulu

kepada anak didiknya. Semua bisa dimulai dari kedisiplinan. Kalau dalam diri guru sudah ada kedisiplinan maka dalam diri siswa juga akan ada disiplin baik diri sendiri maupun orang lain,” jelas Kepala SDN 124 Manado Dra Olce M Pengemanan. Dia juga menambahkan kalau sistem yang ia terapkan sehingga membuat SDN 124 Manado bisa menjadi salah satu

ASAL LOE TAU AJA

Perang galaksi tertangkap dalam foto CENTAURUS A, ‘galaksi radio’ terdekat dengan Bumi, yang saling memakan satu sama lain.(foto: yahoo.com)

PAKAR astronomi kini memperkirakan bahwa Centaurus A terbentuk karena penggabungan dua galaksi berbeda—dan foto terbaru ini mendukung teori tersebut.

Jejak debu dalam foto yang baru dirilis ini diperkirakan adalah sisa-sisa galaksi spiral yang terkoyak-koyak oleh galaksi eliptis raksasa. Fenomena ini akan terus terlihat di langit kita dan butuh ratusan juta tahun lagi sebelum ‘perebutan galaksi’ ini benar-benar menghilang. Centaurus A terletak sekitar 12 juta tahun cahaya dari Bumi. Ia memiliki pusat lubang hitam dengan massa 100 juta kali lebih besar dari Matahari. Ahli astronomi percaya bahwa lubang hitam

inilah yang memproduksi frekuensi radio luar biasa besarnya, sekaligus menghasilkan nukleus yang bercahaya dan fitur-fitur jet. Teleskop Observatorium Eropa Selatan di Chile menangkap gambar galaksi ini selama 50 jam. Citra-citra yang mereka dapatkan menampilkan detail mengagumkan dari sistem yang sudah dipelajari secara mendalam tersebut. “Centaurus A ini menarik karena ia adalah galaksi radio terdekat dengan kita,

sehingga lebih mudah untuk dipelajari,” kata juru bicara Observatorium Eropa Selatan Richard Hook kepada Yahoo! News. “Ada semacam jejak debu di sekitar pusatnya, yang sebenarnya merupakan satu galaksi tersedot oleh galaksi lain.” “Citra ini sebenarnya punya pencahayaan yang sangat panjang, artinya menunjukkan struktur yang cukup halus. Ini adalah foto terbaik dari sistem Centaurus A yang pernah kami ambil,” dia menambahkan.(yhoo)

sekolah yang baik adalah dengan selalu menghargai waktu. “Untuk menjadi salah satu yang terbaik harus baik dulu. Makanya saya selalu mengingatkan kepada para guru dan murid untuk selalu menghargai waktu. Dengan begitu waktu juga akan mengharagai kita, dan saya yakin pasti kita akan berhasil dan menjadi yang terbaik,” katanya.(emem)

OLCE Pengemanan.

TIPS ASYIK

Memilih jurusan kuliah MEMILIH jurusan kuliah bukan urusan yang mudah. Nggak mau donk entar pas kuliah trus di drop out (DO) karena nggak mampu mengikuti pendidikan di kelas? 1. Sesuaikan dengan citacita Bagi yang telah memiliki cita-cita tertentu, maka lihatlah jurusan apa yang dapat membawa menuju profesi or pekerjaan yang diinginkan tersebut.

2. Informasi yang sempurna Carilah informasi yang banyak sebagai bahan pertimbangan kamu untuk memilih jurusan. Cari en gali informasi dari banyak sumber seperti orang tua, saudara, guru, teman, bimbel, tetang-ga, konsultan pendidikan, ka-kak kelas, teman maha-siswa, profesional, en lain sebagainya. 3. Lokasi en biaya Bagi orang yang hidup dalam ekonomi atas, memilih jurusan nggak akan menjadi masalah. Biaya yang nantinya harus ditanggung dapat diselesaikan dengan mudah baik dari pengeluaran studi, biaya hidup, lokasi tempat tinggal, dan lain sebagainya. Bagi masyarakat golongan menengah ke bawah, lokasi en biaya merupakan masalah yang sangat diperhitungkan. 4. Daya tampung jurusan en peluang diterima Perhatikan daya tampung suatu jurusan di PTN en PTS favorit. Pada umumnya memiliki kuantitas yang terbatas en diperebutkan oleh banyak orang. Jangan membebani diri kamu dengan target untuk berkuliah di tempat tertentu dengan jurusan tertentu yang favorit. kamu bisa stres jika kehendak kamu nggak terpenuhi. Buat banyak pilihan tempat kuliah beserta jurusannya.(berbagai sumber)


SENIN 21 MEI 2012

Pistol Perak Tuan Nostra (bagian 3/selesai)

Cameron ... dari Halaman 1 Chelsea mencetak sejarah, menang 4-3 dalam adu penalti melawan Bayern, setelah sebelumnya bermain imbang 1-1 hingga babak perpanjangan waktu. Chelsea menjadi juara untuk pertama kalinya, mereka bersorak penuh kegirangan. Tak terkecuali para pendukung Chelsea yang ikut merayakan. Kejadian itu jugalah yang nampak dinihari kemarin, manakala para pemimpin negara G8 melangsungkan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) di Camp David, Maryland, Amerika Serikat (AS). Di tengah kesumpekan mereka menggelar pertemuan, para pemimpin negara itu tak lupa menyempatkan diri untuk nonton bareng (nobar) Liga Champions. Dipandu Presiden AS Barack Obama, dua pemimpin negara yang “bertarung” dalam final kemarin pun didaulaut untuk duduk berdampingan, meskipun Obama tetap menjadi penengah. Kedua pemimpin yang dimaksud adalah Perdana Menteri (PM) Inggris David Cameron dan Kanselir Jerman Angela Merkel. Diketahui, Merkel jelas mendukung Bayern, sementara Cameron yang mengaku sebagai pendukung Aston Villa tak masalah untuk menganggap kemenangan Chelsea sebagai kemenangannya. Dan, pihak Gedung Putih memastikan kalau Merkel dan Cameron terlibat “adu mulut” saat kedua tim bertanding, mulai dari kick off hingga akhir pertandingan yang ditentukan dalam adu penalti. Kemenangan Chelsea ini sukses membalaskan dendam Cameron, yang kecewa saat Inggris kalah 4-1 dari Jerman pada Piala Dunia 2010, di sela-sela KTT G8 tahun 2010 yang digelar di Kanada. Saat itu, Cameron juga menyaksikan pertandingan itu bersama Merkel. Jika saat itu Merkel yang bersukacita, kali ini Cameron lah yang bersukacita. Dengan demikian, antara Merkel dan Cameron, untuk sementara skor 1-1.(golc/dw)

Indonesia ... dari Halaman 1 Perayaan pun dilakukan dengan berbagai cara. Di Korea Selatan (Korsel), ratusan pengunjung menyambut meriah perayaan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) di Yeosu—sebuah kota kecil di pantai selatan Korsel—, Minggu (20/5) siang kemarin. Perayaan Harkitnas tersebut dirayakan di tengah pergelaran Expo Kelautan terbesar dunia di Yeosu, Korsel. Hadir dalam perayaan itu Komisioner Expo Yeosu Lee Joon-hee, Gubernur Jeullanam Korea Selatan Park Joon-yung, Inspektur Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Andha Fauze Miraza, dan Duta Besar Indonesia untuk Korea Nicholas Tandi Damen. Menariknya, dalam perayaan itu, lagu “Indonesia Raya” berkumandang di lobi ruang Expo Hall Yeosu, Korsel. Pengunjung dari berbagai negara datang untuk menyaksikan hari besar Indonesia tersebut yang memang dibuka untuk umum. Miraza mengatakan, Indonesia menjadi salah satu negara yang berpengaruh di dunia, salah satunya karena kekayaan laut yang dimiliki. Momentum kebangkitan nasional diharapkan bisa membawa Indonesia kepada kemajuan dengan memanfaatkan kekayaan laut, tetapi tidak dengan mengeksploitasi sumber daya dan merusaknya. Lee Joon-hee dalam sambutannya juga menambahkan bahwa Indonesia mempunyai kepedulian terhadap ekosistem dan lingkungan. Salah satunya dengan ikut serta dalam Yeosu Expo, Korea. Dalam ekspo ini, negara-negara bisa melakukan kesepakatan tentang pelestarian laut dan biota di dunia. Terkait hal itu, pelajaran sederhana yang pantas kita renungkan adalah, kita membutuhkan hadirnya kepedulian nasional, karena masih banyak warga bangsa kita yang hidup berkekurangan. Kita tidak boleh membiarkan warga yang tidak mengecap pendidikan. Dengan memberi kesempatan kepada semua orang untuk bisa terus mengikuti pendidikan, maka kita membuka peluang bagi banyak orang untuk keluar dari kemiskinan. Pendidikan telah terbukti mampu mengangkat banyak orang dari kemiskinan. Kita memiliki banyak warga yang bisa memberikan pendidikan kepada sesama. Yang dibutuhkan hanyalah kepedulian untuk melakukan itu sebagai bagian dari sumbangsih kita kepada bangsa dan negara.(komc/mtvc/dw)

“SAYANG sekali, Tuan Nostra. Kau tak menemukan yang kau cari,” ejek Mayor Gitti. Ia melemparkan peta kecil milik Santana ke atas meja. “Benda ini mengantarkan pasukanku ke sini—sekaligus mengubur ambisimu.” “Kau tahu di mana emas-emas itu?” Desis Julian Nostra. Mayor Gitti mendekat, menyentak kerah Julian, merogoh dengan kasar saku lelaki itu, dan mengelurkan peta jalur tentara Spanyol. Ia lebarkan peta itu dari lipatannya, membentangkan di meja, mendekatkannya pada peta kecil milik Santana. Kini kedua peta itu disatukan dan membentuk peta utuh yang memperlihatkan jalur kuno pada celah di tebing timur. Beberapa penanda pada peta Santana, bukan saja merunjuk jalur kuno, tetapi adalah petunjuk di mana emas tentara Spanyol disimpan.

Julian Nostra memejamkan mata. Hatinya sakit bukan main. Manuella tiba-tiba memekik saat melihat ke arah pintu. Erikka masuk tertatih-tatih, pincang. Tubuhnya tak terurus. Gadis itu masih hidup bersama tujuh lainnya. Mata Errika memancarkan kebencian. Ia memandang jijik pada

Untuk itu, Kemendikbud melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) mulai meluruskan persoalan ini dengan mencari jalan tengah, agar tidak terjadi sesuatu hal yang lebih parah lagi di kampus “Tumou Tou” itu. Dengan akan diangkatnya Plt Rektor Unsrat, diyakini akan mampu meredam persoalan yang sedang melilit Unsrat. “Ada dalam aturan menyebut bahwa, untuk meluruskan konflik dalam proses pemilihan rektor, oleh SK Kemendikdub melalui Dirjen Dikti berhak menentukan Plt Rektor yang baru,” ujar sumber resmi harian ini, yang menginginkan agar namanya tidak dikorankan. Calon Plt Rektor Unsrat yang dihubungi Swara Kita, Minggu (20/5) kemarin, membenarkan kalau dalam kasuistis, hal ini bisa dilakukan. Hanya saja terkait ditunjuknya dia sebagai Plt Rektor Unsrat secara resmi masih

menunggu proses di kemudian hari. “Belum ada ketetapan dari pusat (Kemendikbud, red) untuk saya untuk menjabat plt tersebut. Tapi saya sudah siap jika dipercayakan,” ujar kandidat Plt Rektor Unsrat itu. Pengamat pendidikan Sulut, Prof Lexi Masengi MSi, yang dimintai keterangan mengatakan, jika penunjukan Plt Rektor merupakan jalan terbaik, kenapa ragu untuk dilakukan. Tapi harus diingat, Plt Rektor nantinya harus melepas segala kepentingan, dan melusurkan kembali hal-hal yang sudah dianggap menyimpang. “Memang harus orang yang profesional. Kalau memang sudah ada dari Dirjen Dikti mengusulkan jabatan Plt itu, itu jangan sampai berlamaan, karena ini untuk kebaikan kita semua, civitas bahkan nama baik perguruan tinggi di Sulut,” ujar mantan dosen Unsrat tersebut.

Penegasan di atas nampaknya sejalan dengan guliran reformasi yang sementara dijalankan sejumlah dosen Unsrat. Buktinya, Dirjen Dikti Joko Santoso pun mulai “kucing-kucingan” ketika ditanya wartawan terkait jawaban Mendikbud, terhadap Pilrek tahap II yang dimulai sejak 14 Mei 2012. Ditemui di berbagai kesempatan, Joko tampak enggan memberikan penjelasan mengenai apa penyebab hingga Pilrek Unsrat harus diulang. Ia malah meminta pers untuk menanyakan langsung kepada Rumokoy. “Tanyakan saja kepada Rektor,” singkat Joko sembari berlalu. Sikap Joko ini tentunya cukup mencurigakan, mengingat keputusan Mendikbud terkait Pilrek Unsrat, rasanya penting untuk diketahui publik. Disinyalir ada “permainan” antara Dirjen dan pihak Rektorat Unsrat. “Pak Menteri (Nuh, red) tak tahu

ada Pilrek tahap II di Unsrat. Bisa jadi dalam waktu dekat menteri akan menindaklanjuti dan akan menurunkan tim investigasi kembali ke Unsrat,” beber sumber terpercaya yang enggan namanya dikorankan. Jika terbukti benar, ada “permainan” dalam Pilrek Unsrat, maka dipastikan Pilrek tahap II kali ini mubazir, karena hasilnya tetap akan dianulir akibat tidak mengantongi izin pelaksanaan Pilrek dari Mendikbud. Disisi lain, persoalan hukum yang sedang terjadi di Unsrat khususnya yang menyerang Rektor, tidak boleh dilihat sebela mata, apalagi sejumlah lembaga negara telah resmi menyurat kepada Mendikbud bahkan Presiden untuk mencopot Rumokoy dari jabatannya sebagai Rektor, karena tidak taat hukum. Setali tiga uang dengan Dirjen Dikbud, Rektor Rumokoy pun tak banyak berkomentar. “Tanyakan saja pada panitia. Yang

Penyusup ... dari Halaman 1 Palti menambahkan, massa tidak hanya menyerang jemaat gereja, tapi juga menyerang wartawan, polisi, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP) yang berusaha mengamankan situasi. Bahkan Kepala Satpol PP Agus Rismanto, kata dia, juga terkena lemparan gelas plastik. “Wartawan juga dikejar-

kejar,” ujarnya. Menyikapinya, sebelumnya Ketua Umum Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) Pdt Dr Andreas Yewangoe menyindir pemimpin bangsa banyak yang sudah tidak memahami empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan

Keluarga ... dari Halaman 1

KD mencium pipi dan memeluk Ashanty yang tadi malam kelihatan cantik, sedangkan Raul memeluk Anang. Mereka seperti keluarga yang lama tidak berjumpa. Tak hanya sampai di situ, KD pun menyumbangkan suaranya dalam resepsi tersebut. Namanya sudah ada dalam list artis yang turut memeriahkan resepsi pernikahan Anang-Ashanty. Ia menyanyikan lagu ciptaan Anang. Kehadiran KD membuktikan hubungan bahwa hubungannya dengan Anang sejauh ini baik-baik saja. Mereka tetap bersilaturahmi meskipun pernikahannya berakhir dengan perceraian. Sekarang keduanya sangat bahagia dengan pasangan masing-masing. Kehadiran KD seolah menjadi balasan, sebab Anang dan Ashanty juga berduet dalam acara pernikahan KD dan Raul 20 Maret 2011 lalu.(tric/dw)

Mussadeq menjelaskan, tim DVI telah menyelesaikan seluruh proses identifikasi korban. “Setelah selama 12 hari terus menerus siang malam. Pada hari ini (kemarin, red), pukul 15.00 WIB seluruh korban yang berjumlah 45 di mana terdapat 35 WNI dan 10 WNA dan dari jenis kelamin 31 laki-laki dan 14 perempuan. Semuanya dinyatakan telah diidentifikasi secara ilmiah dan tidak terbantahkan,” jelasnya. Proses identifikasi ini didasarkan pada pemeriksaan DNA, gigi, medik dan properti yang melekat. Ditambahkan Kepala RS Polri Brigjen Agus Suprayitno, tim DVI melakukan identifikasi sekira 260 body part. Bagian-bagian tubuh tersebut ditemukan dari lokasi jatuhnya pesawat. “Jenazah sudah lengkap dan tidak ada yang ditemukan lagi,” ujarnya. Dikatakan Agus, biaya yang dikeluarkan dalam proses identifikasi ini sebesar Rp800 juta. “800

Timor Leste akan memilih perdana menterinya serta anggota kabinet pada 7 Juli mendatang. Negara kecil itu juga akan mengucapkan selamat tinggal kepada pasukan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang menjaga keamanan negara tersebut, sejak 1999 silam. Lebih dari 90 persen pendapatan Timor Leste berasal dari penjualan migas. Meski demikian, Timor Leste juga merupakan konsumen migas terhadap negara lain. Ruak pun berniat untuk mengurangi ketergantungan energi dari negara lain. Hadir dalam pelantikan itu, Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Pada kesmepatan itu, di Istana Presiden Palacio Presidencial Nicolau Lobato, Dili, Presiden SBY menyempatkan diri untuk melakukan pertemuan dengan Presiden Ruak. Pertemuan resmi pertama antara kedua pemimpin negara ini berlangsung sekitar 15 menit.(okez)

Gadis kecil itu baru saja menembak dada Julian, dengan pistol perak bergagang gading, yang diletakkan di meja hasil pampasan Mayor Gitti dari Julian Nostra. Manuella baru saja membalaskan derita Errika, kakaknya. Mayor Gitti buru-buru mengambil pistol dari tangan Manuella.(*)

Oleh Radhar Panca Dahana http://radharradhar.blogspot.com/

SEJARAWAN yang Ketua Akademi Jakarta, Prof. Dr. Taufik Abdullah, menggambarkan dengan cukup jitu, bagaimana pembangunan dan kerja keras dimensi hidup — politik, ekonomi, pendidikan, dan sebagainya — selaiknya memiliki platform kultural atau strategi kebudayaan yang kuat dan workable, dalam mewujudkan apa yang oleh konstitusi diamanatkan: “mencerdaskan kehidupan bangsa”. Dalam sebuah pertemuan kaum budayawan di Jakarta, beberapa hari lalu, mantan menteri pendidikan dan kebudayaan yang memiliki tiga gelar doktor berjenjang dari Prancis, Prof. Dr. Daoed Yoesoef, mengelaborasi “kehidupan yang cerdas” itu sebagai kehidupan yang diisi oleh the educated men. Masyarakat yang berpendidikan, tidak dalam arti sempit sekadar nilai atau jumlah kelas dan tahun yang dijalani, namun lebih pada

keterdidikan dalam mengapresiasi, memaknai dan mengisi kehidupan. Itulah manusia yang berbudaya, man of culture, manusia atau masyarakat yang tidak memandang dan menghayati hidupnya melulu dari kotak dangkal dunia (disiplin)nya sendiri. Manusia yang melihat apa pun yang ia perbuat –juga orang lain perbuat—memiliki dampak terhadap lainnya. Pertimbangan sosial dan kolektif, jika tidak mendahului, setidaknya bersamaan dengan kepentingan pribadi yang dibelanya habis-habisan. Inilah kapasitas umum, yang tentu saja menjadi prasyarat dasar bagi mereka, siapa pun, yang memiliki peluang, ambisi atau dipercaya memangku jabatan publik; mewakili khalayak atau orang banyak, memiliki obligasi moral, etikal hingga konstitusional untuk tidak hanya menyejahterakan tapi juga membawa khalayak ke masa depan yang pantas dan sesuai dengan apa yang pernah diraihnya secara historis, ratusan bahkan ribuan tahun lalu. (bersambung)

pasti Unsrat aman-aman,” elak Rumokoy. Secara terpisah, Ketua Panitia Pilrek Unsrat Prof Dr Jeany Polii-Mandang MS mengatakan, penyebab diulangnya Pilrek Unsrat karena kesalahan kecil. “Ada kesalahan kecil, dimana Surat Keputusan (SK) panitia Pilrek yang harusnya ditetapkan oleh Ketua Senat, namun yang terjadi malah ditandatangani Rektor. SK ini yang diubah, sedangkan komposisi kepanitiaan tetap,” jelasnya. Dia menambahkan, dengan adanya keputusan senat itu maka seluruh tahapan pilrek diulang kembali dari awal. Tahapan itu dimulai dengan pengumuman adanya pemilihan rektor, pemasukan nama-nama yang layak sesuai criteria oleh tiap fakultas, pengumuman nama yang layak oleh pihak panitia, pendaftaran, penyaringan,

penjaringan, dan pemilihan. Namun begitu, jika Pilrek Tahap II tetap berlangsung, sejumlah pihak tetap memprediksikan, hasilnya akan sama dengan tahap I dimana Rumokoy berpeluang mendapat suara 100% dari 68 anggota Senat Unsrat. Hal ini membuat sejumlah pihak mendesak agar statuta Unsrat yang baru dimentahkan, karena memasung hak-hak guru besar. “Kami berharap Pak Menteri dapat mengembalikan statuta Unsrat yang lama, sehingga seluruh guru besar dapat memilih. Karena sangat jelas, struktur senat yang ada sekarang telah diatur dari atas (Rektor), dengan dibarengi berbagai ancaman bagi para dosen untuk memilih perwakilan senat yang sesuai dengan keinginan Pak Rektor,” beber para dosen.(erka/ emem/dw)

(bagian 1)

Mendikbud ... dari Halaman 1

Tepati ... dari Halaman 1

Ruak ... dari Halaman 1

Julian Nostra yang tak berdaya itu. Sebuah letusan tiba-tiba terdengar. Errika mencoba berdiri tegak di depan tubuh Julian yang terkapar mandi darah. Errika meringis. Walau lemah, ia berhasil menangkap Menuella yang terjengkang akibat sentakan pistol di tangannya.

Politik tanpa kecerdasan publik

juta itu dari APBN yang memang sudah disediakan. Memang ini memerlukan sarana yang cukup mahal.” kata Agus. Disatu sisi, Tim DVI memberi kesempatan kepada keluarga korban untuk dapat melihat jenazah korban sebelum diserahkan secara protokoler kepada pihak keluarga, Selasa (22/5) besok Pukul 13.00 WIB. “Kami memberikan kesempatan bagi keluarga korban untuk dapat melihat jasad korban pada hari Selasa tanggal 22 Mei mulai pukul 13.00 WIB sampai malam,” ungkap Agus. Sedangkan penyerahan jenazah kepada pihak keluarga akan dilaksanakan Rabu (23/5) lusa di bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. “Mulai besok kami akan bertanya kepada keluarga korban alamatnya di mana, nanti akan dibawa ke mana, semua biaya akan ditanggung oleh negara,” sambungnya. Sementara itu, terkait 10 warga negara asing yang menjadi korban. Tim DVI telah melakukan

NKRI. Untuk itu, perlu sosialisasi kembali empat pilar itu kepada para pemimpin bangsa ini. “Empat pilar itu sangat penting. Karena itu, kami sangat berharap sosialisa-sikan juga kepada para pemimpin bangsa ini, mulai dari tingkat paling bawah hingga ke tingkat paling atas,” katanya. Bukti tidak pahamnya

para pemimpin bangsa ini akan makna empat pilar adalah munculnya berbagai kebijakan yang meresahkan masyarakat. “Buatlah sosialisasi, jika tidak bisa bikin negara runtuh. Kita tidak ingin negara yang dibangun dengan darah, runtuh karena kesalahan generasi kita,” harap Yewangoe.(temc/spem)

koordinasi dengan Duta Besar untuk dapat menyerahkan jenazah korban pada pihak keluarga.

Pogor, masih ada sebanyak 24 personel tim Rusia yang menunggu hasil pencarian FDR. “Personel Kopassus juga sudah dikurangi tujuh orang. Saat ini ada 10 prajurit yang masih membantu 10 anggota tim Rusia mencari FDR di atas (lereng Gunung Salak),” kata Putranto di Pasir Pogor, Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Bogor, Jawa Barat, kemarin. Di satu sisi, pencarian keping FDR bagian dari Black Box itu, menurut Kepala Badan SAR Nasional, Marsekal Madya Daryatmo, area pencarian rekaman data penerbangan pesawat nahas itu diperluas hingga 1 kilometer dari area jatuhnya pesawat. Sebelumnya, kotak hitam pesawat alias black box ditemukan oleh tim SAR tidak dalam keadaan tidak utuh. SAR hanya menemukan Voice Cockpit Recorder (VCR) pesawat, sedangkan data penerbangan FDR hingga belum ditemukan.(okez/ vinc/temc/dw)

MISTERI FDR Sementara itu, proses pencarian Flight Data Recorder (FDR) Black Box atau kotak hitam pesawat Sukhoi Superjet-100 masih terus dikakukan. Namun, sebanyak 20 personel tim SAR Rusia mulai balik kandang atau pulang pada hari terakhir perpanjangan waktu pencarian FDR itu, Minggu (20/5) kemarin. Meski demikian, saat ini ada 10 anggota tim SAR Rusia dibantu 10 prajurit Kopassus masih berada di lokasi jatuhnya pesawat. Komandan Korem 061 Suryakencana Kolonel Infanteri AM Putranto mengatakan tim SAR Rusia pada Minggu pagi sudah mengirim pulang 20 personelnya ke Jakarta. Mereka selanjutnya akan kembali ke negaranya. Sedangkan di Posko Pasir

Kesulitan ... dari Halaman 1 Selain itu, ada pertimbangan untuk menggeser masyarakat itu tidak mudah, mengingat mata pencaharian dari warga yakni pendapatan semua ada disini. Jadi kami sarankan bagi aparat kampung, kecamatan hingga BPBD agar melaporkan dulu berapa jumlah jiwa yang terancam karena itu sangat penting, jangan dulu melapor barang-barang yang rusak,” terang Tambunan, yang diiyakan Wungow. Terkait dengan tingkat kesulitan, lanjut dia, pertama kondisi geografis yang berbukit dan terjal menjadi salah satu kendala saat proses evakuasi. “Kita bisa bayangkan jarak dari jalan utama yang melewati jalan setapak kurang lebih sepanjang 1 kilometer, dan lanjut lagi jalan kaki dengan jarak sekitar 700 meter dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Jadi ini akan bahan evaluasi guna melihat apa yang menjadi kebutuhan warga, tentunya dukungan dari pemerintah provinsi sangat dibutuhkan, sebab untuk pemerintah kabupaten sudah sangat maksimal, tinggal bagaimna pihak pemprov mengkaji ini,” tukasnya. Dalam laporannya, Penjabat Kapitalau Winangun Frans Kaendung menuturkan, sejak terjadi peningkatan aktivitas gunung pada Kamis (17/5) lalu tepatnya pukul 04.00 Wita, warga sudah berinisiatif menyingkir ke sekolah. “Terdata ada 300 jiwa yang mengungsi dengan jumlah

kepala keluarga sebanyak 88 kk. Dimana pada siang hari warga kembali kerumah masing-masing, dan malam hari kembali lagi ke tempat pengungsian,” jelas Kaendung. Di tempat terpisah, Kepala Pos Pengamat Gapi Karangetang, Pusat Vulkanologi, Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) Daniel Hinondaleng menjelaskan, Gapi Karangetang Siau memiliki 5 kawah, masing-masing kawah utama dan kawah I sampai 3, dan dalam kondisi kawah semuanya aktif. “Ada informasi status berada posisi Awas sehingga menimbulkan kepanikan dikalangan masyarakat, dan itu tidak benar karena status masih Siaga Level III. Jadi dihimbau agar masyarakat jangan panik, sebab apabila ada peningkatan status, kami akan segera sampaikan yang langsung berkoordinasi dengan instansi terkait,” jelas Hinondaleng. Di kesempatan tersebut, bertempat di SDN Inpres Winangun dilakukan penyerahan bantuan berupa logistik makanan siap saji sebanyak 8 dos dari BNPB dan BPBD provinsi kepada BPBD kabupaten dan diteruskan secara simbolis kepada pemerintah kampung, yang dilanjutkan dengan ibadah bersama di Gedung Gereja Jemaat GMIST Torsina Winangun, dan turut hadir Kepala BPBD Sitaro, Eliezer Posumah ST dan Camat Sibarut Alexon Raule.(esge/dw)


SENIN 21 MEI 2012

Utang luar negeri meningkat tajam SELAMA lima tahun terakhir ini, utang luar negeri Pemerintah Indonesia meningkat tajam. Data Bank Indonesia tahun 2012 menyatakan, jika tahun 2006 total utang luar negeri Indonesia sebesar 132,63 miliar dollar AS, pada 2011 utang luar negeri Indonesia telah membengkak menjadi 221,60 miliar dollarAS. Oleh sebab itu, rakyat harus mewaspadai perkembangan utang luar negeri tersebut. Demikian diungkapkan anggota Komisi XI DPR, Arief Budimanta, Minggu (20/5) di Jakarta. “Kita harus mewaspadai pertumbuhan utang luar negeri yang meningkat pesat lima tahun terakhir ini. Pemerintah, mau tidak mau, harus melakukan transformasi kebijakan utang dari yang hanya berbasiskan jasa keuangan atau utang untuk menutup defisit atau utang untuk utang ke arah peningkatan produktivitas ekonomi riil masyarakat di masa datang,” tutur Arief. Menurut anggota Fraksi PDI-P yang memimpin Megawati Institute itu, utang luar negeri Indonesia tahun 2011 didominasi oleh utang luar negeri pemerintah dan bank sentral yang berjumlah 119,56 miliar dollar AS, dibandingkan dengan utang swasta yang berjumlah 102,04 miliar dollar AS. “Besarnya jumlah utang Indonesia ternyata tidak menunjukkan korelasi signifikan terhadap kualitas pertumbuhan ekonomi yang indikatornya ditunjukkan oleh perbaikan kualitas pelayanan dasar kepada masyarakat,” kata Arief. Ia mencontohkan infrastruktur energi dan transportasi, pendidikan, serta kesehatan yang masih minim dan terbatas. “Posisi indeks pembangunan manusia Indonesia masih lebih rendah dibandingkan dengan Thailand dan Malaysia. Begitu juga dengan daya saing dan kemudahan melakukan usaha atau doing business, itu juga masih lebih rendah dibandingkan dengan negaranegara tersebut,” ungkapnya.(komc)

Juli, Dahlan jajal mobil listrik buatan lokal MENTERI Negara BUMN Dahlan Iskan akan menjajal mobil listrik buatan lokal pada Juli mendatang. Seperti diketahui, saat ini, mobil listrik tersebut masih dalam tahap pengerjaan oleh empat orang ahli. “Dua bulan lagi itu jadi dan saya akan langsung memakainya. Jadi, sampai sekarang masih menunggu,” ucap Dahlan di sela peluncuran novel “Sepatu Dahlan” di Surabaya, Minggu (20/5). Dahlan menuturkan, empat unit mobil listrik dari empat penemu sama-sama dijadwalkan selesai pertengahan Juli. Dari keempat mobil tersebut, nantinya Dahlan akan memilih salah satu untuk digunakan sendiri. Meski dijadwalkan rampung dalam waktu dekat, mobil listrik tersebut masih sebatas contoh dan belum diproduksi secara massal. “Kami akan pikirkan dan membahasnya dengan berdiskusi, termasuk untuk dijadikan sebagai mobil nasional. Saya akan memakainya dahulu, kemudian didiskusikan bersama,” kata mantan direktur utama PT Perusahaan Listrik Negara ini. Ide untuk membuat mobil listrik tersebut tercetus setelah Dahlan gusar melihat debat kenaikan harga BBM. Menurut Dahlan, produksi mobil listrik akan efektif untuk menggeser pemakaian BBM. Kini, pemerintah harus memberi subsidi Rp200 triliun untuk BBM. Untuk mengembangkan mobil listrik, Dahlan melanjutkan, biayanya lebih murah. “Taruhlah sekitar Rp5 triliun,” ujarnya. Sementara itu, pengerjaan mobil listrik ini dilakukan oleh empat ahli, yakni Dasep Ahmadi, Ravi Desai, Danet Suryatama, dan Mario Rifaldi.(vinc)

EKSPOR

Sulut kirim 40 ton pala ke Italia

Pasokan lancar, harga kebutuhan pokok stabil Diharapkan dapat bertahan hingga akhir tahun

PALA asal Sulut tetap diminati masyarakat dunia.(beritadaerah.com)

Manado—Kinerja ekspor Provinsi Sulawesi Utara kembali terdongkrak pasca pengiriman komoditas pala ke negara Itali sebanyak 40 ton pada akhir pekan ke tiga Mei 2012. Ekspor pala ke Italia terdiri dua jenis yakni pala biji dan bunga pala menghasilkan devisa sebanyak USD892.250. “Salah satu faktor sehingga komoditas pala tetap diminati, karena produk tersebut menjadi produk pangan yang semakin diminati masyarakat. Terba-

nyak di ekspor ke negara tersebut pada pekan ketiga Mei ini, yakni dalam bentuk biji pala 30 ton senilai USD692.250, sementara bunga pala/mace sebesar 10 ton nilai USD200.000,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut, Drs Sanny Parengkuan MAP. Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri, Disperindag Sulut, Hanny Wajong MSi menga-takan, tingginya permintaan komoditas pala masyarakat Italia,

karena produk terse-but dijadikan bumbu makanan. “Biji pala itu diracik untuk dicampur dengan makanan sehari-hari oleh masyarakat Italia, karena itu permintaan pala terus meningkat,” kata Hanny. Diperkirakan permintaan pala tetap tinggi, hal ini terlihat pada permintaan yang terus datang. Pala Sulut dikenal karena memiliki cita rasa yang khas, karena itu tetap dicari pembeli dan pihaknya optimistis permintaan ke depan akan tetap tinggi.(haer)

Manado—Hasil monitoring dari petugas kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Sulut yang dilakukan dalam sebulan terakhir menunjukkan harga kebutuhan pokok di daerah ini secara umum stabil. “Stabilnya harga barang kebutuhan pokok karena terjadi keseimbangan antara permintaan dengan persediaan yang ada,” kata Kepala Bagian Perdagangan Dalam Negeri, Disperindag Sulut, Febby Karambut. Disejumlah pasar tradisional, menunjukkan harga berbagai jenis kebutuhan pokok masih stabil dan tidak terjadi gejolak. Ia berharap kestabilan harga kebutuhan pokok di Sulut itu bisa berlanjut terus

UKM

Jumlah pengusaha di Indonesia meningkat pesat Makassar—Jumlah pengusaha di Indonesia pada 2012 mengalami peningkatan signifikan menjadi 1,55 persen dari jumlah penduduk. S e b e l u m n y a , persentase pengusaha hanya sebesar 0,36 persen. Deputi Menteri bidang Pemasaran dan Jaringan Usaha Kementerian Koperasi

dan Usaha, Kecil dan Menengah (UKM) Neddy Rafinaldy Halim di Makassar, Kamis (17/5), mengatakan, pameran-pameran produk unggulan daerah seperti Celebes Craft 2012 yang digelar di Makassar pada 1720 Mei 2012 ini secara tidak langsung akan semakin mendorong minat wirausaha dan meningkatkan jumlah pengusaha. Sebelumnya, Menteri Koperasi dan UKM

Syarief Hasan mengatakan, pihaknya menargetkan jumlah wirausaha dapat mencapai dua persen dari jumlah penduduk pada tahun ini. Seperti diketahui, jumlah pengusaha sebesar dua persen dari jumlah penduduk merupakan jumlah ideal untuk sebuah negara yang maju. Jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 200 juta, tambahnya, merupakan pasar yang

sangat potensial bagi produk-produk UKM. Pameran ini juga diharapkan mampu menumbuhkan rasa nasionalisme dari masyarakat luas sehingga memiliki kesadaran dan loyalitas untuk menggunakan produk-produk buatan dalam negeri. “Kita mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menggunakan dan memanfaatkan produk dalam negeri,” ujarnya.(miol)

hingga dua bulan mendatang hingga memasuki bulan puasa dan hari raya Idul Fitri, bahkan sampai Natal dan Tahun Baru mendatang, agar masyarakat tidak kebingungan. Dijelaskannya, pihaknya selalu berkordinasi dengan sejumlah distributor dan penyedia bahan kebutuhan pokok yang ada untuk bekerjasama mengantisipasi kenaikan harga yang terjadi sewaktu-waktu. “Kami selalu lakukan kontak dengan semua distributor sembako supaya selalu siap mengantisipasi kenaikan harga yang sering terjadi sewaktu-waktu dan menjaga ketersediaan stok sembako,” ujarnya. Demikian juga kordinasi tetap dilakukan dengan para Kepala Dinas Kota/Kabupa-

ten untuk terus melakukan monitoring perkembangan harga dan ketersediaan barang kebutuhan seharihari dan menginformasikan kepada masyarakat. Dari hasil pemantauan selama periode ini hanya terdapat beberapa barang kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan dan itupun tidak terlalu signifikan, disamping itu ada beberapa kebutuhan pokok yang alami penurunan, jadi tidak berpengaruh pada turunnya daya beli konsumen. Beberapa kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan antara lain daging sapi, ayam dan telur.Ada juga yang alami penurunan yakni minyak goreng. Namun katanya, stok yang tersedia di pasaran cukup memadai.(haer)

GAS

Harga naik, subsidi listrik terancam membengkak Jakarta—PT PLN (Persero) harus menanggung pembengkakan biaya produksi listrik. Pasalnya, harga gas mengalami kenaikan sampai 50 persen. Harga beli gas PLN mengalami kenaikan dari USD6,4 per juta british thermal unit (mmbtu) menjadi USD10,2 per mmbtu. Kenaikan harga gas

ini akan berdampak pada subsidi listrik karena biaya produksi naik. “Dampak kenaikan harga gas ke PLN berdampak pada harga produksi, dan berpengaruh pada kenaikan subsidi,” ungkap Senior Komunikasi Korporat PLN Bambang Dwiyanto Minggu (20/ 5). Namun, PLN belum bisa memastikan kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) akibat kenaikan harga gas ini. “Jika kenaikan harga listrik kami tidak tahu, itu urusan pemerintah,” tambah Bambang. Saat ini PLN mendapat pasokan gas dari PGN dengan volume 147 juta standar kaki kubik per hari (mmscfd). Kenaikan itu sebagai dampak kenaikan harga beli gas dari kontraktor kontrak kerja sama (KKKS), hingga mencapai 2 kali lipat dari harga sebelumnya. Sebelumnya, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) mendukung kebijakan penyesuaian harga beli gas bumi dari ConocoPhillips dan Pertamina EP. Hal itu akan berdampak pada penyesuaian harga jual ke pelanggan di SBU Distribusi Wilayah I Jawa Bagian Barat. PGN akan membeli gas dengan harga yang mengalami kenaikan lebih dari 200 persen. Namun dalam rencana penyesuaian harga jual gas bumi kepada pelanggan, PGN tetap memperhatikan kepentingan, prinsip keekonomian dan daya saing konsumen. K e b i j a k a n penyesuaian harga ini merupakan bentuk dukungan PGN dalam upaya pemerintah menaikkan sumber pemasukan bagi Negara dan juga menggiatkan kegiatan operasi migas.(okez)


SENIN 21 MEI 2012

SWARA KAMI

SWARA ANDA

Menantang angin di Pilrek Unsrat PEMILIHAN Rektor (Pilrek) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado periode 2012-2016 tak pelak menjadi pilrek terpanas. Sejak sebelum bergulirnya proses pilrek untuk memilih siapa pengendali Unrat 4 tahun ke depan, telah banyak dilakukan manuver yang tercium sebagai upaya melanggengkan kekuasaan pejabat lama, dengan menebas para pesaing utamanya. Berawal dari pengesahan statuta Unsrat, yang menjadi jalan bagi upaya pemulusan jalan bagi sang incumbent. Mengapa? Karena dalam statuta tersebut para Senator yang akan memilih Rektor Unsrat menganut sistem perwakilan. Hal ini mengabaikan azas keadilan, di mana selama ini para Senator adalah seluruh guru besar di Unsrat Manado. Dan kemudian bisa terlihat dalam penjaringan para Senator dengan berpijak pada statuta ini, di mana rata-rata dihuni rombongan sang petahana. Tak heran jika kemudian dalam pilrek yang dilaksanakan pada 15 Maret lalu, Rektor Unsrat saat ini—Prof Dr Donald Rumokoy MH—menduduki rangking pertama. Dari 69 Senator, sang petahana berhasil memperoleh 69 suara. Dengan menganut sistem satu pilih tiga ini, langkahnya pun langsung mulus dalam pemilihan tersebut. Posisi suara terbanyak berikutnya adalah Prof L Tewal dengan jumlah suara 47, disusul Dr J Supit yang memperoleh 44 suara. Prof Dr Ir Ellen Kumaat MSc DEA yang notabene adalah pesaing terkuat, bahkan tak masuk dalam 3 besar nama-nama yang dikirim untuk dipilih Mendikbud yang memilki hak 35% suara itu. Melakukan “perubahan” dengan mengabaikan azas keadilan dan kepatutan ini bak menantang angin. Pasalnya, tak hanya pihak-pihak kalangan Unsrat sendiri yang bereaksi, namun hingga Mendikbud sendiri yang kemudian membatalkan hasil pilrek itu sendiri. Proses pengulangan itu sendiri tak sederhana, bukan hanya lantaran pilrek itu sendiri menyalahi Permendikbud No24/2011 tentang tata cara pilrek yang dituangkan dalam surat Dirjen tertanggal 11 Mei 2012, tetapi juga menyangkut proses sejak dari awal. Jadi, tak hanya prosesnya yang kemudian diulang, namun informasi terakhir menyebut bahwa hingga ke statuta itu bakal ditinjau lagi. Kondisi ini tak pelak mengubah konstelasi dalam kampus yang mengambil nama tokoh pendidikan nasional asal Sulut, DR GSSJ Ratulangi ini. Karena Mendikbud secara tegas kemudian menunjukkan sikap menolak upaya pilrek dengan tidak mengikuti aturan yang sebenarnya. Untuk itulah, pihak Mendikbud belum akan mengangkat bendera start untuk Pilrek Unsrat didasarkan pada masih adanya malasah yang cukup berat. Jadi, jika ada upaya untuk proses penjaringan rektor, berarti itu adalah tindakan untuk menantang angin, karena bertindak langsung melawan Mendikbud. Selain itu, pihak Mendikbud terkesan telah mencium adanya sinyalemen permainan antara Irjen/ Dirjen dengan pihak Rektor Unsrat. Karenanya, dalam waktu dekat bakal ada tim investigasi yang akan turun untuk mengumpulkan bukti-bukti adanya tengara ini. Jika ditemukan, tindakan tegas telah menanti. So, menjadi menarik menunggu babakan akhir drama di Unsrat Manado ini. Apakah benar, “Barang siapa berani menantang angin, dia akan menuai badai”, ataukah sebaliknya? Mari kita tunggu.(***) Redaksi

Hukum masih tuli terhadap persoalan rakyat

OTONOMI:

Lupa indikator (1) Oleh Dera Liar Alam

TITIK dua untuk jawaban entah. Titik untuk membuka tabir ketaktransparan sistem yang sudah disumbat alur dan alirnya oleh para hamba-hamba uang. Bila kita datang untuk berjumpa si petugas anu, jawabnya berurusan dengan sepotong kertas tunggu. “Bapak lagi keluar, ada tugas lapangan. Bapak sementara berjuang untuk energi-energi yang akan menghasilkan kehidupan-kehidupan baru.” Supaya keringat tak dapat bercerita tentang pembangunan hilang arah dan salah kaprah. Itulah supaya kita boleh mensyaratkan perubahan

bukan pada sosialisasi dan judul saja, namun pada peran membuka segala kemungkinan bagi otonomi berkeadilan di mana rakyat berdaulat atas apa yang menjadi haknya. Pembangunan, otonomi dengan nama lain pemekaran. Terminologi cemas yang gemas menunggu batas waktu. Takut terhadap pendidikan kritis dan pemikiran konstruktif rakyat. Ia sudah sering berkeliaran dengan alasan studi banding dan tugas-tugas mendesak yang ternyata menyedot banyak energi dari keringat rakyat dan hutang. Namun,

implementasi dari apa yang mereka ceritakan bersama kemasyuran negeri seberang barulah sebatas cerita membangkitkan birahi saja. Ulang lagi, pembangunan, otonomi beserta pemekaran, di sana bersua sejumlah kekaburan. Padahal, pelaksanaan otonomi daerah mestinya didasarkan pada prinsip demokrasi, keadilan, pemerataan, dan keanekaragaman. Dalam otonomi daerah ada prinsip desentralisasi, dekonsentrasi dan pembantuan seperti yang dijelaskan oleh regulasi di negara ini sebagai penyerahan wewenang pemerintahan oleh pemerintah kepada daerah otonom untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan dalam suatu

sistem negara. Berikutnya, pelimpahan wewenang pemerintahan kepada daerah sebagai wakil pemerintah dan atau kepada instansi vertikal di wilayah tertentu. Tugas pembantuan adalah penugasan dari pemerintah kepada daerah dan atau desa dari pemerintah provinsi kepada kabupaten, kota, hingga desa serta dari pemerintah kabupaten kota kepada desa untuk melaksanakan tugas tertentu. Jangan tanya soal sebab. Sentralisasi yang sangat kuat telah berdampak pada ketiadaan kreativitas daerah karena ketiadaan kewenangan dan dana memadai. Semua dipusatkan di Jakarta. Kebijakan sentralisme telah membunuh kemampuan

prakarsa dan daya kreativitas daerah, baik pemerintah maupun rakyat. Namun, lihatlah perkara yang mencuat hari ini. Sistem di daerah, bila sudah mampu mengurus segala perizinan dengan lambat, membuat surat-surat bagi identitas-identitas yang murung dan kurang paham, beserta jatah-jatah yang sudah diresmikan sebagai tagihan, sudah boleh ongkang kaki dan menyebut diri sebagai pelayan masyarakat. Lupa bahwa semestinya indikator capaian yang obyektif semestinya dapat diukur, dan alat ukurnya adalah akses: kebenaran, keadilan dan kemakmuran bagi semua masyarakat. (bersambung)

Dinamika komunitas kecil di Indonesia (8) Oleh Bambang Hudayana http://bhudayana.blogspot.com/ Studi saya menemukan bahwa para PNS, pamong, dan pensiunan kelas menengah di komunitas rukun tetangga memaknai Golkar sebagai simbol kepriyayiannya, sedangkan santri yang bekerja sebagai pegawai swasta dan pedagang memaknai PAN sebagai simbol kelompoknya, dan para kaum aba-

ngan yang kebanyakan petani gurem dan buruh pabrik memaknai PDIP sebagai identitas kelompoknya. Pada masa pemilu 2004 itu, komunitas rukun tetangga menjadi miniatur dari sistem sosial di Indonesia yang tersegmentasi ke dalam ikatan primordial yang berbasis pada kelas dan agama. Akibatnya,

komunitas rukun tetangga menjadi sarat dengan kepentingan elite untuk mengontrol masyarakat sipil. Dengan demikian, komunitas rukun tetangga yang menekankan ideologi komunalistik dan egalitarian menjadi rapuh ketika partai politik mengintervensinya dengan mendorong warga untuk terperosok dalam kepentingan ikatan kelas dan aliran keagamaannya. Masuknya partai politik ke dalam komunitas dengan

mereproduksi politik identitas aliran itu berlangsung marak lagi pada Pemilu 2009. Bahkan penggunaan politik aliran itu diikuti juga dengan praktik politik uang yang dilakukan oleh para caleg. Para celeg menampilkan diri sebagai tokoh yang hadir ke komunitas untuk membagi-bagikan uang melalui kadernya. Para kadernya menemui warga yang sealiran sehingga menguat ikatan tradisionalnya. Akan tetapi

para kadernya juga merambah masuk warga dari aliran yang berbeda. Kontes seperti ini merusak tradisi komunitarian di kalangan warga untuk slaing menjaga hubungan social yang inklusif. Dengan cara seperti itu, maka terjadi peraturan para celeg untuk memecah dan merusak ikatan aliran yang sebenarnya selalu ditekan oleh komunutas demi menjaga integrasi sosial. (bersambung)

Manusia dalam HAM (2) Oleh Paul Budi Kleden Takenfrom: Jurnal Perempuan

REDAKSI menerima tulisan dalam bentuk opini, cerita, puisi atau apa saja. Redaksi berhak mengedit tulisan tanpa mengurangi makna yang dikandung tulisan itu. Kirimkan tulisan anda ke: redaksi@swarakita-manado.com atau langsung di antar ke redaksi d/a: Mega Smart VIII No.7 Kawasan Mega Mas Boulevard Manado Telp: 0431 841060, Fax: 0431 841071

Mereka dipandang telah kehilangan martabatnya sebagai manusia. Berhadapan dengan pandangan relativistis di atas, yang patut dijadikan pegangan dalam menilai adalah konsekuensi dari sebuah teori bagi masyarakat manusia. Apa arti bagi masyarakat manusia secara luas apabila diyakini bahwa martabat manusia adalah sesuatu yang melekat secara absolut pada diri

setiap orang dan karena itu menjadi dasar tuntutan HAM? Dan apa konsekuensinya bagi masyarakat manusia yang sama apabila ciri absolut ini dilepaskan? Pertanyaan-pertanya an ini mengantarkan pada satu pertimbangan pragmatis, yang dapat mendasarkan satu teori fondasional. B e r d a s a r k a n pertimbangan pragmatis, menerima konsep tentang martabat manusia sebagai

sesuatu yang melekat pada diri setiap manusia, lebih menguntungkan umat manusia. Konsep ini lebih menjamin perlindungan terhadap semua orang dan mendukung cita-cita kesetaraan dalam perlakuan terhadap manusia. Bahaya pembunuhan atas nama kekuasaan, pertimbangan moral atau kepentingan penelitian, teratasi. Bergeser dari konsep ini menuju gagasan yang melekatkan martabat pada prestasi atau kualitas tertentu pada diri manusia akan membawa pada satu sikap selektif terhadap

manusia. KETERPANDANGAN Sejarah peradaban telah menampilkan banyak bentuk kebiadaban, yang terjadi karena seleksi. Masyarakat manusia memangsa dirinya sendiri, apabila tidak dinyatakan secara tegas satu dasar absolut di dalam diri setiap manusia, yang menjamin tuntutan setiap orang untuk diperlakukan sebagai manusia. Dasar absolut itu disebut martabat manusia. Martabat manusia bukanlah nilai; dia adalah dasar dari semua nilai.

Baik, kata Yunani, axios, maupun ungkapan Latin, dignitas, bermakna ganda. Di satu pihak pengertian ini menunjuk nilai atau harga, di lain pihak martabat, kehormatan, dan keterpandangan. Nilai atau harga merujuk pada pandangan orang lain terhadap apa yang ditawarkan atau ditampilkan seseorang. Seseorang mempunyai harga atau nilai hanya apabila dia sanggup menunjukkan diri sebagai orang terpandang. (bersambung)

BILA kita mencermati apa yang sementara terjadi saat ini, dapatlah kita simpulkan bahwa ruang pengadilan itu hanya merupakan tipuan formalitas belaka, sebab tak dapat dibayangkan jika dipahami secara logika tak mungkin penguasa diadili oleh kroni dan bawahan dalam jenjang struktural. Dan itulah komitmen yang telah dipatrikan sebagai bagian dari penyembahan terhadap berhala yang bernama penguasa. Pengadilan sebagai bagian dari penegakan hukum memungkinkan kesungguhan pemerintah untuk tetap berlaku adil dalam mengedepankan supremasi hukum dan dalam mengembalikan harta rakyat yang dirampoki kebijakan penguasa, ternyata itu bukanlah pilihan akhir. Pengadilan masih tak punya nyali untuk membawa para koruptor kakap ke pengadilan. Demikian juga hakim, yang tak punya kesungguhan serta kesanggupan untuk memutuskan koruptor musti masuk kurungan. Contoh kejahatan seperti ini sudah jelas ada di wilayah kita, tapi sayang kejahatan itu tak mau diberantas. Regulasi yang tidak pasti mengiris-iris rasa keadilan masyarakat yang masih terjajah oleh kebijakan yang dicipta oleh bangsa sendiri. Produk hukum dan kebijakan dicipta untuk menindas rakyat. Sementara negara lebih banyak berpura-pura dalam menegakan keadilan, kebenaran, dan kemanusiaan. Ini contoh yang mendesak untuk kita tuntaskan tapi hanya menjadi paradoks di masyarakat saja. Membaca beberapa topik yang pernah dibahas oleh harian ini juga beberapa berita yang disodorkan oleh media massa di daerah ini dan di beberapa media massa nasional, rasanya kita beroleh sedikit gambaran dan jawaban sementara. Ini sorotan bagi berita yang sudah silam, kiranya boleh ditindaklanjuti. Bahwa tindak pidana korupsi yang selama ini terjadi secara meluas, tidak hanya merugikan keuangan negara, tetapi juga telah merupakan pelanggaran terhadap hakhak sosial dan ekonomi masyarakat secara luas, sehingga tindak pidana korupsi perlu digolongkan sebagai kejahatan yang pemberantasannya harus dilakukan secara luar biasa. Kata “dugaan” menjadi momok menakutkan bila tak dikenakan, ia merancang bentrok yang selalu meminggirkan sesuatu yang mestinya musti diungkap dengan benar, dan bukan hanya menduga-duga salah. Benar apa yang pernah disampaikan di kolom ini beberapa waktu lalu, yang mana praduga tak bersalah sudah menjadi senjata ampuh untuk melumpuhkan demokrasi dan rasa keadilan di negara kita ini. inilah jawaban kita terhadap persoalan yang disebutkan di atas tadi, bahwa penyelenggara negara kita belum serius dalam mengungkap kasus-kasus kejahatan yang terjadi di negara ini. Rone lingkarAPI Sulawesi

KOMISARIS UTAMA: Ina Eryana. KOMISARIS: Christianus H. DIREKTUR UTAMA: Meilany Mongilala. DIREKTUR: Hendra Zoenardjy. WAKIL DIREKTUR: Michael Towoliu. PEMIMPIN REDAKSI: Hendra Zoenardjy. WAKIL PEMIMPIN REDAKSI: Ronald Rompas. REDAKTUR PELAKSANA: Donny Wungow. KOORDINATOR LIPUTAN: Glenly Bagawie. MUSYAWARAH REDAKSI: Hendra Zoenardjy, Ronald Rompas, Donny Wungow, Glenly Bagawie. REDAKTUR: Glenly Bagawie, Tonny Mait, Daniel Kaligis, Finda Muhtar. REPORTER: Deddy Wakkary, Hanny Rais, Robby Liando. BIRO-BIRO: Glenly Bagawie (TOMOHON), Rommy Kaunang (MINAHASA), Rusdianto Rantesalu (MINUT), Servi Maradia (MINSEL), Stenly Lumempouw (MITRA), Wolter Pangalila (BITUNG), Sam Daleda (SANGIHE-TALAUD), Stenly Gaghunting (SITARO), Verdynan Manoppo (KOTAMOBAGU-BOLMONG-BOLMUT), Faruk Langaru (BOLTIM-BOLSEL). KONTRIBUTOR: Heintje Mandagi (JAKARTA), Syaiful W Harahap (KHUSUS KESEHATAN). FOTOGRAFER: Bobby Rambing, KOORDINATOR ARTISTIK: Fadjrin Haryanto. STAF ARTISTIK: Richard Tamara, Vecky Sentinuwo, Bobby Rambing, Alphen Mamentu. SEKRETARIS REDAKSI: Angelia Natasia Herline. MANAGER IKLAN: Herry Bagau, KOORDINATOR IKLAN: Stembri F Legi. SPECIAL AGENT: Debby Ch Lende. STAF IKLAN: Denny Moningka, Hervy Sumarandak, Malik Thaib, Romel Najoan,Denny Sumolang, Didik Agusprianto. ADMINISTRASI IKLAN: Nancy Bertha. KOLEKTOR IKLAN: . DESAIN GRAFIS: Raditha Yunika. MANAGER PEMASARAN: Noldy Poluan. STAF PEMASARAN: Meisisco Gaghana. DISTRIBUSI: Jendra (Minahasa, Tondano, Tomohon), Sterfi Lumangkun (Bitung), Alfrits Samolah (Minahasa), Marchel Wowor, Denny Poluan, Steven Manengkey. (Manado), (Bolmong Raya, Sitaro, Sangihe). PACKING: Samiun Hulantu. TIM PENGEMBANGAN: KOLEKTOR PEMASARAN: Reinold Welong, ADMINISTRASI: Lisa Wuisan. STAF UMUM: Deydi Mokoginta. SEKRETARIS/BENDAHARA PERUSAHAAN: Nancy Bertha. PENERBIT : PT. Sulut Lestari Press, PERCETAKAN: PT. Manado Media Grafika (Isi di luar tanggung jawab percetakan) HARGA Langganan: Rp. 45.000,-/bulan (luar kota tambah ongkos kirim) TARIF Iklan: Rp. 6000/mm kolom (BW), Rp.12000/mm Kolom (FC), ALAMAT: Mega Smart VIII No.7 Kawasan Mega Mas Boulevard Manado, Telp (0431) 841060, Fax: (0431) 841071 PERCETAKAN: Jl. AA Maramis, Kairagi, Manado. Telp (0431) 812777


SENIN 21 MEI 2012

KIM KARDASHIAN

Dimusuhi seleb Hollywood

HOT NEWS

Jackie Chan tinggalkan image aktor laga?

AKTOR asal Cina, Jackie Chan dikenal di layar lebar atas kepiawaiannya berlaga. Kini aktor berusia 58 tahun itu ingin mengubah sudut pandang penonton. Ia ingin pecinta film melihat bakatnya berakting. “Saya mau penonton mengenal saya bukan hanya berkelahi, tapi juga berakting. Dan hari ke hari, tahun ke tahun saya bilang ‘Baiklah, sekarang saya akan memperlihatkan Jackie Chan sesungguhnya’,” ujar Jackie dilansir BBC, Minggu (20/5). Jackie ingin mendapatkan peran yang lebih dramatis. Ia juga mengaku sudah terlalu tua untuk terus berkelahi. “Saya tak mau hanya jadi bintang laga, saya ingin jadi aktor sejati jadi untuk 10 tahun terakhir saya mulai membintangi film lain seperti ‘The Karate Kid’ di mana saya memilih jadi pria tua,” jelasnya. Puluhan film laga telah dibintangi Jackie. Akankah suatu hari ia muncul dalam film drama?(dth)

SIAPA yang menyangka kalau sosoknya yang terlihat sangat manis, ternyata cukup handal dalam memainkan senjata. Yah… Dialah, sang bintang Disney, Selena Gomes. Ternyata Selena suka berolahraga menembak untuk menghilangkan stresnya. Pelantun lagu ‘Like a Love Song’ itu mengunggah foto saat menembak di akun Facebooknya. Terlihat dari belakang, rambutnya diikat, mengenakan penutup telinga dan tangannya memegang senjata api, siap untuk menembak target. Ia terlihat santai

Kristen Stewart ngebet bareng Rob lagi

dan hanya mengenakan setelan jogging. Gomez terlihat sangat menikmati aktivitas yang tampaknya mulai digemari saat ia bermain dalam film ‘Faith’, bersama dengan Vanessa Hudgens dan James Franco. Dalam film tersebut ia berperan sebagai gadis remaja religius yang berubah jadi anak nakal karena pengaruh teman baiknya. Gomez pun berusaha maksimal mendalami perannya. “Hal inilah yang ingin aku lakukan, menjadi seorang aktris profesional,” kata Gomez, dikutip dari Daily Mail.(vvn)

WALAU popularitas yang diraihnya saat ini tak bias dipandang sebelah mata, namun hal itu tidak lantas membuat Kim Kardashian bisa leluasa untuk bergabung bersama seleb papan atas Hollywood lainnya. Bahkan, kabarnya, ia dilarang hadir dalam acara “Metropolitan Museum of Art’s Costume Institute Gala”. Padahal, sejumlah selebritas papan atas menjadi tamu dalam acara tersebut. Kim marah karena ditolak dalam acara tersebut. Kim semakin gusar, ketika kekasihnya, Kanye West menghadiri acara itu seorang diri. Menurut sumber, sebenarnya, West sudah lebih dulu memohon kepada desainer terkenal Tory Burch, untuk membantu agar Kim bisa mengikuti acara itu. Sayang, kabarnya, pembuat acara tidak menghendaki kedatangan Kim di acara itu. Tak hanya itu, seperti dikutip dari Majalah In Touch, beberapa teman artis Kim juga mulai menjauhi wanita tersebut. Sejak kasus perceraian kilatnya dengan Kris Humphries, Jennifer Lopez, Beyonce, dan Eva Longoria memilih menjaga jaga jarak dari Kim. Begitu juga dengan Gwyneth Paltrow, yang selama ini dikabarkan berteman baik dengan Kim. Ia tak ingin menghabiskan waktu lagi dengan Kim. “Dia akan mati jika di foto di sebelah Kim. Dia mem-benci berdiri dekat dengan Kim,” kata sumber. Kim memang selalu berusaha mengelilingi dirinya dengan orang-orang terkenal. Sayangnya, tak semua artisartis itu bersedia berurusan dengan bintang reality show tersebut. “Mereka tak mau berurusan dengan Kim lagi,” ujarnya.(vvn)

Pesta Paris Hilton & Lindsay Lohan didatangi Polisi BINTANG Twilight, Kristen Stewart, ternyata sangat ingin menghidupkan kembali hubungannya dengan kekasihnya, Robert Pattinson. Dia mengaku sangat ingin bekerja sama dengan Rob lagi. “Aku ingin bisa bermain film lain dengan Rob, aku pikir kita tim yang bagus,” ujar Kristen, dilansir dari showbizspy, Minggu (18/5). Sukses dengan kerjasamanya di Twilight, Kristen sangat ingin bisa mewujudkan keinginannya bermain dengan Rob di film Fifty Shades of Grey. “Aku belum pernah membaca buku itu, jadi aku tidak tahu. Aku pikir apapun itu akan menjadi ambisi, jadi mungkin. Aku hanya belum membacanya, jadi aku tidak tahu apa itu. Tapi aku sangat ingin bekerjasama dengannya lagi,” tandasnya.(dth)

PARIS Hilton dan Lindsay Lohan kembali berte-man. Keduanya dikenal sebagai seleb yang gemar berpesta. Tak heran, pada akhir pekan lalu, Paris dan Lohan menggelar pesta heboh hingga pagi di Los Angeles. Kehebohan pesta itu mengundang reaksi dari kepolisian setempat. Paris dan Lohan menggelar pesta di sebuah rumah mewah di kawasan Hollywood Hills. Pesta yang dihadiri sejumlah teman dua artis itu berlangsung hingga pagi. Pesta itu meng-ganggu ketenteraman tetangga di

sekitar rumah tersebut. Merasa tidak nyaman dengan ulah Paris dan Lohan,

para tetangga itu kompak untuk menghu-bungi pihak kepolisian. Mereka menge-

luh soal kebisingan dan ketenangan mereka terganggu, karena pesta yang

digelar dua artis itu. Polisi langsung sigap merespons laporan tersebut.

Mereka mendatangi lokasi pesta. Mereka bertemu dengan si pembuat pesta. Setelah kedatangan polisi, tampak Paris keluar dari rumah mewah itu dengan mengenakan topi dan kacamata hitam. Ia tidak sendiri. Ia bersama dengan teman prianya, salah satu pewaris perusahaan minyak, Brandon Davis. Sementara itu, seperti dikutip dari Daily Mail, Lohan sengaja keluar diam-diam. Ia menutupi wajahnya dengan handuk putih dan bersembunyi di kursi belakang mobil temannya.(vvn)


SENIN 21 MEI 2012

The Doctor menang dramatis Jorge Lorenzo memang menjuarai balapan basah di Sirkuit Le Mans, Perancis, Minggu (20/5). Tetapi duel dramatis justru diperlihatkan Valentino Rossi dan Casey

Stoner dalam memperebutkan posisi kedua, di mana Rossi akhirnya menjadi pemenang setelah mengalahkan Stoner di lap terakhir. Bagi Rossi, hasil ini

Inter ... dari Halaman 16 Eks bintang Borussia Dortmund itu kesulitan menembus tim inti Madrid sejak berlabuh di Santiago Bernabeu dengan nilai transfer 10 juta Euro. Pelatih Madrid Jose Mourinho pun dikabarkan siap melepasnya ke klub lain di bursa musim panas nanti. Menurut Tuttosport, Inter lebih berpeluang mendapatkan Sahin daripada Malaga, karena klub La Liga itu hanya menyiapkan proposal peminjaman, bukan pembelian. Spekulasi lain menyebutkan, ada satu klub lagi yang juga berminat memakai jasa playmaker Turki itu, yaitu Manchester United. (blnt)

Llorente ... dari Halaman 16 Llorente merupakan penyerang andalan Athletic Bilbao. Musim ini ia telah mencetak 29 gol dari 51 penampilannya. Ia juga berhasil membawa klubnya ke final Liga Europa. Bilbao sendiri merasa lega karena pemain andalannya tersebut memutuskan mendiskusikan kesepakatan baru. Kontrak Llorente sendiri dengan Bilbao sejatinya akan berakhir pada musim depan. “Itu tidak benar (Kabar akan bergabung dengan City),” ujar Llorente. “Saya paham bahwa rumor ini beredar di koran untuk meningkatkan penjualan mereka namun itu tidak benar.” “Saya tidak sedang melakukan negosiasi dengan City ataupun klub lain. Saya merasa bahagia di Bilbao.” “Athletic telah menawarkan kontrak baru kepada saya dan kami tengah berdiskusi.” Llorente kini tengah berusaha untuk membantu timnya fokus ke final Copa del Rey. Mereka akan mendapatkan hadangan besar dari Barcelona demi merebut trofi. (blnt)

Heynckes ... dari Halaman 16 Selain itu, Heynckes juga menyarankan Chelsea untuk segera memberi kontrak permanen kepada pelatih interim Roberto Di Matteo. “Chelsea harus memberi Di Matteo kontrak berdurasi tiga tahun.” Walaupun gagal total di Liga Premier Inggris, namun Di Matteo berhasil membawa Chelsea meraih double winner musim ini. Dua trofi, Piala FA dan Liga Champions, dipersembahkan Di Matteo hanya dalam tiga bulan masa kepemimpinannya. (blnt)

Sembilan ... dari Halaman 16 Dan bakal bersaing dengan nama macam Sir Alex Ferguson, Pep Guardiola, Massimiliano Allegri, Roberto Mancini, dan Jurgen Klopp. Nama-nama ini nantinya akan dipilih berdasarkan voting yang dilakukan oleh para pembaca majalah, Onze Mondial hingga tanggal 7 Juni memdatang sebagai batas akhirnya. Di masa lalu ada 4 nama pemain Los Blancos yang pernah menyabet penghargaan yang telah diadakan sejak tahun 1976 tersebut yakni Ronaldo Nazario da Lima (dua kali) dan Zinedine Zidane (tiga kali), Cristiano Ronaldo dan Kaka meraih penghargaan ini pada 2008 dan 2007.(blnt)

Prandelli ... dari Halaman 16 Prandelli pun sadar akan hal tersebut. “Kami mungkin tidak didukung para pemain dengan skill individu kelas dunia, namun saya yakin kami mampu melakukan yang terbaik.” “Kami adalah tim yang bagus, dan saya ingin para pemain berinisiatif membangun serangan, ketimbang pasif dan menunggu lawan,” imbuhnya. “Kami akan menyerang, namun tetap menjaga keseimbangan di semua area,” pungkas pelatih yang juga sempat membesut AS Roma ini. Di putaran final Euro nanti, Gli Azzurri tergabung di Grup C bersama dengan Republik Irlandia, Kroasia dan Spanyol. Pada laga perdana, Giorgio Chiellini dkk sudah harus menghadapi sang juara bertahan Spanyol di National Stadium Gdansk, 10 Juni 2012.(blnt)

Tampil ... dari Halaman 16 Coleen tampak santai berjemur di pinggiran kolam. Perutnya terlihat rata dan payudaranya terlihat menjulang. Setelah beberapa lama berjemur, kulit Coleen yang tadinya putih mulus lama-lama menghitam akibat terpaan sinar surya. Panasnya surya membuat kulit Collen menghitam dan kemerahmerahan. Hal itu semakin menambah seksi dirinya. Setelah puas berjemur, Coleen terlihat bercanda riang dengan putranya Kai di kolam renang. Sementara, Rooney terlihat duduk memantau istri dan anaknya bermain di kolam renang. Rooney sendiri berdandan cukup sporty dengan T-shirt dan celana pendek berwarna biru. Di kepalanya, tertempel sebuah kacamata hitam.(incm)

memperlihatkan kembali aksi entertainment-nya yang hilang sejak melakukan debutnya dengan Ducati pada 2011, dengan memenangkan pertarungan ketat melawan Stoner, salah satu rival beratnya. Rossi yang start dari posisi ketujuh langsung bersaing di barisan depan karena menyodok ke posisi keempat, mengalahkan duo Tech 3, Dovizioso dan Crutchlow. Memasuki lap kedua, Lorenzo mulai membuat jarak dengan Pedrosa dan Stoner karena unggul 0,874 detik.

Sementara itu Rossi memberikan ancaman. Satu lap berselang, Stoner berhasil melewati Pedrosa, yang ikut mendapat tekanan dari Rossi, dan “The Doctor” mampu naik ke urutan ketiga menjelang lap keempat. Menariknya, di Lap ke-21, Rossi mencatat fastest lap. Ini menjadi sebuah “prestasi” pebalap Italia tersebut bersama tim Ducati, karena sejak bergabung pada 2011, peraih sembilan gelar grand prix tersebut belum pernah melakukannya. Fastest lap itu membuat Rossi bisa kembali

mendekati Stoner untuk bertarung memperebutkan posisi kedua. Saat balapan tersisa tiga lap lagi, giliran Dovizioso yang tergelincir. Sementara itu Rossi dan Stoner bertarung sengit, di mana Rossi sempat menyalip pebalap Australia tersebut saat masuk tikungan S, sebelum dikalahkan lagi ketika keluar dari tikungan tersebut. Duel ini membuat para penonton sangat antusias setelah sekian lama tak tersaji “perang” antara dua juara dunia ini. Memasuki lap terakhir,

Rossi benar-benar bisa mengalahkan Stoner. Mantan pebalap Honda dan Yamaha ini memperlihatkan talentanya sebagai pebalap berbakat dengan mengalahkan Stoner di tikungan, dan dia bisa mempertahankan posisinya itu sampai menyentuh garis finis. Dengan demikian, Rossi berhasil memperbaiki hasil yang diraih musim lalu. Dalam debutnya dengan Ducati, Rossi berhasil naik podium ketiga di Le Mans, dan merupakan satu-satunya podium sepanjang musim 2011. Sementara itu Lorenzo tak terbendung untuk menjadi juara, dan merupakan kemenangan keduanya sepanjang musim 2012.(okez)

VALENTINO Rossi memenangkan duel dramatis dengan Casey Stoner dalam memperebutkan posisi kedua di Sirkuit Le Mans.

pada TuttoMercato, “Sayangnya, itu hanyalah karangan luar biasa oleh koran.” Sang putra juga mengungkapkan jika ayahnya sudah

kian dekat untuk hijrah ke China, namun sebaliknya justru Marcello Lippi yang terpilih. “Masa depan di China sama seperti Lippi?

Ayah saya sudah dekat dengan klub yang sama (Guanzhou Evergrande), lalu semuanya berujung nihil,” akunya. “Kemungkinan

apapun tak bisa diabaikan, selama proyeknya sukses dan menarik,” tandas Pierfilippo soal kemungkinan di masa depan untuk Capello. (blnt)

gawang Cech. Sial bagi Bayern, wasit menganulir gol Ribery karena winger Prancis dalam posisi offside. Beberapa menit berselang, Ashley Cole kembali memperlihatkan ketangguhannya di jantung pertahanan Chelsea. Bek asal Inggris itu memblok peluang emas The Bavarian lewat tendangan setengah voli Robben di depan gawang. Memasuki menit 60, Bayern maupun Chelsea belum berhasil memecah kebuntuan di Allianz Arena. Pertahanan solid Frank Lampard dkk masih membuat para punggawa Bayern kesulitan. Lahm berupaya membantu serangan tuan rumah dengan menerobos kotak penalti Chelsea. Namun, Drogba yang turun ke lini pertahanan berhasil menggagalkan peluang Lahm. Perlahan tapi pasti, Chelsea pun memberikan tekanan kepada kubu Bayern. Kelengahan Anatoliy Tymoshchuk dalam mengawal Drogba membuat bomber Pantai Gading leluasa melepaskan umpan ke dalam kotak penalti Bayern. Namun, Diego Contento dengan sigap membuang bola sehingga skor kacamata masih bertahan. Di Matteo tampaknya harus berterima kasih kepada Cole yang menjadi batu karang skuad London pada pertandingan kali ini. Cole kembali mengawal pertahanan Chelsea dengan ketat ketika dirinya memblok umpan silang Ribery Sementara itu, peruntungan Bayern belum juga berubah kendati memperoleh cukup banyak peluang. Untuk kesekian kalinya, tendangan Mueller di depan gawang melebar dari sisi gawang Cech dan membuat armada Bavaria frustrasi. Beberapa menit kemudian, Mueller kembali menyianyiakan peluang emas Bayern ketika tandukannya di depan gawang dengan mudah ditangkap oleh Cech. Namun, delapan menit sebelum laga berakhir, Mueller berhasil membayar kegagalannya dan membuat publik Allianz Arena bersorak gembira. Menyambut umpan Kroos, Mueller dengan lihai

bergerak di belakang penjagaan Cole dan menanduk bola yang meluncur mulus ke dalam gawang Cech. Bayern pun memimpin 1-0. Berupaya menyegarkan skuadnya, Di Matteo menarik mundur Salomon Kalou dan menurunkan striker Spanyol Fernando Torres. Di tengah tensi tinggi karena tertinggal satu gol, Luiz melakukan pelanggaran keras terhadap Robben sehingga memaksa wasit mengeluarkan kartu kuning. Ketika laga seolah akan berakhir dengan kemenangan Bayern, Didier Drogba kembali menghidupkan asa The Blues berkat tandukan kerasnya menyambut sepak pojok Juan Mata berhasil menjebol gawang Neuer. Kedua tim pun harus melakoni perpanjangan waktu.

babak kedua pun cukup merepotkan barisan pertahanan Bayern lewat pergerakannya. Meski pertandingan berjalan imbang, skor 1-1 masih bertahan hingga babak pertama perpanjangan waktu berakhir. Memasuki babak kedua perpanjangan waktu, stamina para punggawa kedua tim, terutama kubu tuan rumah, cukup terkuras. Kendati demikian, raksasa Jerman terus berupaya menguasai jalannya pertandingan. Daniel van Buyten berpeluang membungkus kemenangan Bayern di menit 108 ketika dirinya menerima umpan silang terukur dari Olic di depan gawang Cech. Namun, peluang emas itu berakhir siasia karena tendangannya masih melebar. Tiga menit berselang, Bayern lagi-lagi kehilangan peluang emas. Kali ini, sontekan Gomez menyambut umpan Lahm masih bisa dihadang oleh Luiz. Skor 1-1 yang tidak berubah hingga akhir perpanjangan waktu memaksa laga berlanjut ke adu penalti.

mengalami nasib serupa dengan Cristiano Ronaldo dan Kaka ketika eksekusinya digagalkan Neuer. Eksekutor kedua bagi Bayern adalah Gomez. Tanpa kesulitan, Gomez pun memaksa Cech memungut bola untuk kedua kalinya. Beruntung, Chelsea berhasil memangkas keunggulan Bayern setelah eksekusi David Luiz berhasil menjebol gawang Neuer. Kejutan terjadi ketika Bayern menempatkan Neuer sebagai eksekutor ketiga. Rupanya, kiper tangguh Bavaria juga piawai dalam menceploskan gol penalti dan eksekusinya berhasil membawa Bayern kembali unggul. Frank Lampard kembali membuka peluang Chelsea setelah melaksanakan tugasnya dengan sempurna. Kedudukan 3-2 bagi Bayern masih bertahan setelah penalti Ivica Olic berhasil ditepis oleh Cech. Ashley Cole membawa kedudukan menjadi 3-3. Peluang Chelsea menjuarai Liga Champions pun semakin terbuka ketika tendangan Bastian Schweinsteiger membentur tiang. Didier Drogba akhirnya membawa Chelsea merengkuh gelar juara Liga Champions pertama setelah eksekusi penaltinya tidak mampu dibendung oleh Neuer.(glcm)

nomor dua di inggris jika menerima tawaran The Blues. Hanya Yaya Toure yang mendapat gaji 270 ribu Pound per pekan yang berada di atasnya. Manchester City kabarnya tidak bersedia membayar terlalu tinggi untuk gaji Hazard, dan kini sudah kehabisan kesabaran mereka.

City memang sedang berusaha menyeimbangkan neraca keuangannya dalam menghadapi financial fair play. Chelsea kini menjadi favorit dalam perburuan Hazard. Apalagi, Chelsea sudah dipastikan lolos ke Liga Champions musim depan.(blnt)

Capello ... dari Halaman 16 Mantan manajer timnas Inggris itu belakangan dikabarkan bakal segera mendarat di Stamford Bridge, namun kabar tersebut segera

saja dimentahkan putra manajer asal Italia tersebut. Saat ditanya tentang rumor The Blues tersebut, Pierfilippo Capello mengatakan

Chelsea ... dari Halaman 16 Hanya dua menit laga berjalan, Bastian Schweinsteiger melakukan tindakan ceroboh yang bisa membahayakan peluang FC Hollywood pada laga ini ketika dirinya menepis sepakan John Obi Mikel dengan tangannya. Tanpa ampun, wasit Pedro Garcia Proenca segera mengeluarkan kartu kuning untuk Schweini. Schweinsteiger berusaha membayar kesalahannya beberapa saat kemudian ketika dirinya melepaskan tendangan kencang ke arah gawang Petr Cech. Namun, Gary Cahill berhasil memblok tendangan tersebut. Satu menit berselang, FC Hollywood kembali memperoleh peluang melalui Toni Kroos. Sayang, tendangan mendatarnya masih melebar di sisi gawang Cech. Dominasi Bayern menyulitkan skuad asuhan Roberto Di Matteo keluar dari area pertahanan mereka. Kendati Didier Drogba sempat merangsek ke daerah pertahanan tuan rumah, pergerakannya belum bisa mengancam gawang Manuel Neuer. Di menit ke-12, Mario Gomez kembali menguji ketangguhan Cech di bawah mistar ketika menyambut umpan terukur Franck Ribery dan menanduk bola di depan gawang. Sayang, tandukannya masih melambung di atas gawang. Arjen Robben yang beberapa kali mengancam gawang Cech nyaris membawa Bayern unggul ketika dirinya dengan lihai melewati penjagaan tiga pemain Chelsea dan melepaskan tendangan di sisi kiri gawang. Beruntung, Cech masih dapat mengantisipasi serangan itu. Tidak ingin terus dikurung oleh Bayern, The Blues sempat melakukan serangan balik di menit 30 lewat Ryan Bertrand di sisi kiri. Sayang, peluang Chelsea dengan mudah dipatahkan oleh kapten Bayern Philip Lahm yang memblok dribel gelandang muda Chelsea dengan super tackle. Bayern mendapat peluang emas di menit 35 melalui Thomas Mueller yang berada tepat di depan gawng Cech.

Namun, tendangan volinya menyambut umpan silang Diego Contento masih melebar di sisi gawang. Beberapa saat kemudian, Chelsea pun menebar ancaman ke gawang Neuer setelah berhasil melepaskan diri dari tekanan tuan rumah dan melakukan serangan balik. Salomon Kalou berpeluang membawa Chelsea unggul ketika dirinya lolos dari pengawalan Bayern dan sempat melepaskan tendangan ke arah gawang. Namun, tendangan Kalou di sisi gawang masih bisa diantisipasi oleh kiper nomor satu Jerman tersebut. Jual beli serangan antara kedua tim terus terjadi. Tiga menit menjelang turun minum, Gomez lagi-lagi mendapat kesempatan emas menjebol gawang Cech usai menerima umpan dari Ribery di sisi kiri. Namun, peluang itupun belum bisa dimaksimalkan kubu tuan rumah. Hingga satu menit tambahan waktu, skor kacamata tidak juga berubah. Tidak banyak terjadi perubahan di awal babak kedua. Bayern tetap menekan pertahanan Chelsea dan berupaya mencuri gol. Hanya beberapa saat setelah babak kedua digulirkan, Bayern langsung melakukan serangan lewat Ribery yang merangsek ke dalam kotak penalti. Namun, David Luiz berhasil memblok serangan tersebut. Tidak lama setelah itu, giliran Robben yang memberi tekanan dari sisi kanan lapangan. Akan tetapi, antisipasi yang bagus dari Ashley Cole berhasil meredam ancaman bintang internasional Belanda. Drogba sempat balik menyerang raksasa Jerman lewat tendangan spekulasinya dari jarak 40 yard. Meski arah bola cukup akurat, namun upaya striker Pantai Gading belum berbuah gol karena bola masih melebar dari gawang Neuer. Kubu tuan rumah sebenarnya sempat menjebol gawang Cech lewat sepakan Ribery di menit 53. Berawal dari peluang Robben yang dipatahkan oleh Cole, bola jatuh di kaki Ribery, yang tanpa pikir panjang menceploskan bola ke dalam

PERPANJANGAN WAKTU Di awal babak pertama perpanjangan waktu, Torres terlihat dijatuhkan oleh Diego Contento di kotak terlarang. Namun, permintaan penalti oleh striker Spanyol tidak diindahkan wasit yang memutuskan untuk melanjutkan pertandingan. Namun, hanya beberapa saat kemudian, peluang Chelsea mengangkat tropi di Allianz Arena justru terancam menyusul pelanggaran Drogba terhadap Ribery yang membuahkan penalti bagi FC Hollywood. Robben dipercaya untuk mengeksekusi penalti dan berpeluang membawa Bayern memetik kemenangan. Sayangnya, penalti Robben berhasil digagalkan oleh Cech yang dengan brilian menepis bola dan menjatuhkan dirinya di atas bola sebelum Robben melakukan rebound. Kesialan Bayern tidak berhenti sampai di sana. Mereka juga harus kehilangan Ribery yang tidak mampu lagi menahan rasa sakit di pergelangan kakinya dan harus ditarik keluar. Heynckes menurunkan Ivica Olic untuk menggantikan Ribery. Chelsea semakin bermain terbuka dan lebih agresif menghadapi tuan rumah. Torres yang diturunkan di penghujung

Hazard ... dari Halaman 16 Chelsea semakin bersemangat untuk mendatangkan pemain-pemain berkualitas ke Stamford Bridge. Hazard kabarnya sedang mempertimbangkan kontrak yang ditawarkan kubu Chelsea. Pemilik Chelsea Roman Abramovich sudah melayangkan tawaran

sebesar 30 juta pound untuk pemain muda ini. Selain itu, Abramovich juga menawarkan gaji sebesar 250 ribu Pound per pekan kepada Hazard. Spekulasi kian menyeruak setelah agen Hazard pergi ke London. Hazard akan menjadi pemain dengan gaji tertinggi

ADU PENALTI Philip Lahm menjadi eksekutor pertama bagi Bayern dan berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik. Sementara itu, Juan Mata harus

West Ham ... dari Halaman 16 Menit ke 14 giliran Matty Phillips yang nyaris membawa Blackpool unggul, usai mengelabui bek ia tinggal berhadapan dengan kiper, namun green lagi-lagi masih mampu menjinakkannya. Hanya semenit berselang Matty Phillips kembali membahayakan gawang West Ham, usai memanfaatkan error Guy Demel, namun sepakannya masih melebar. The Hammers baru memberikan perlawanan di pertengahan babak pertama, namun terkadang serangan yang mereka bangun seringkali gagal, karena perangkap off side Blackpool. Kebuntuan terpecahkan di menit 35, Carlton Cole berhasil membawa West Ham memimpin berbekal sepakan dari jarak dekatnya usai menuntaskan bola kiriman Matty Taylor. The Hammers unggul 0-1. Ketika turun minum skor belum berubah, anak asuh Big Sam Allardyce sementara waktu memimpin atas anak asuh Ian Holloway di laga yang dihelat di Wembley ini. Kick off babak kedua dilangsungkan, dan hanya berselang 3 menit kemudian Blackpool berhasil menyamakan angka. Thomas Ince menempatkan bola ke tiang jauh untuk membuat angka menjadi 11 di menit 48. Upaya West Ham untuk mengembalikan keung-

gulan mereka belum juga berbuah hasil, Ricardo Vaz Te lebih sering kejebak off side ketimbang mendapatkan kesempatan menembak. Blackpool hingga pertengahan babak kedua unggul penguasaan bola hingga 79%-21%, sungguh begitu mutlak. Carlton Cole hanya bisa memegangi kepala ketika tembakan membalikkan badannya sanggup ditepis Gilks. Stephen Dobbie juga mengalami hal serupa di menit 75, sepakan derasnya ke tiang jauh masih bisa ditip Green yang menjatuhkan diri, hingga hanya berbuah corner saja bagi Blackpool. Pendukung The Hammers hanya bisa berteriak ketika sepakan first time Kapten Kevin Nolan membentur mistar, bola sepakannya menyambut crossing dari sisi kiri tersebut belum berbuah hasil. Pendukung The Hammers bersorak kegirangan di menit 87, bola yang sempat dibawa Cole menuju ke arah Ricardo Vaz Te dengan mudah ia menjaringkan bola untuk kembali membawa timnya unggul 1-2. Perpanjangan waktu diberikan wasit sebanyak 4 menit, West Ham tinggal mempertahankan keunggulan, dan peluit panjang pun berbunyi, The Hammers resmi balik ke pentas EPL musim depan.(blnt)


SENIN 21 MEI 2012 NOMOR 01 98 0198 9844 TAHUN V I

TERBIT 16 HALAMAN Harga: Rp.2000,Luar Kota + Ongkos Kirim

Capello bantah ke Chelsea

Inter lirik Nuri Sahin

Llorente tolak ke City

FABIO Capello dikabarkan tengah melakukan negosiasi untuk menangani Chelsea, namun menurut putra sekaligus pengacaranya hal itu cuma akalakalan media semata.

INTERNAZIONALE mulai melirik Nuri Sahin walaupun ada persaingan berat dari Malaga untuk mendapatkan gelandang Real Madrid tersebut.

Baca: Capello ( Halaman 15 )

Baca: Inter ( Halaman 15 )

BOLARON

Indonesia ke Semifinal Al-Nakba Indonesia bermain imbang 1-1 melawan Kurdistan di pertandingan terakhir babak penyisihan Grup B Al-Nakba Cup 2012, Sabtu (19/ 5), dan memastikan satu tiket ke semifinal. Kemenangan 2-0 atas Mauritania di pertandingan pertama mendekatkan langkah Indonesia ke babak empat besar. Untuk mewujudkannya, tim Garuda wajib menang atas Kurdistan, sang pemimpin klasemen yang juga menang di pertandingan pertamanya dengan produktivitas gol lebih baik (3-1). Jika hasilnya ternyata imbang atau kalah, Indonesia tetap bisa lolos, yaitu dengan status runner-up terbaik. Syaratnya, selisih gol tidak boleh lebih dari satu. Satu pertanyaan mengemuka di benak para pecinta bola tanah air menjelang laga penentuan ini. Sudahkah pelatih Nil Maizar membenahi koordinasi permainan Irfan Bachdim dan kawankawan, yang meski menang dua gol tanpa balas, namun berulang kali tertekan dan sering melakukan kesalahan operan saat melawan Mauritania? Gawang Indonesia bergetar terlebih dahulu pada menit ke-17, tetapi Indonesia berhasil menyamakan kedudukan lewat Titus Bonai hanya satu menit setelah gol pembuka Kurdistan itu tercipta. Skor 1-1 di babak pertama bertahan sampai jeda, bahkan hingga peluit panjang dibunyikan. Hasil imbang ini tidak didapat dengan mudah. Sejak menit awal babak kedua, lini pertahanan Indonesia mendapatkan tekanan bertubi-tubi dari Kurdistan. Secara keseluruhan, permainan Indonesia masih menyisakan sejumlah catatan. Salah satunya adalah minimnya pemain kreatif di lini tengah yang bisa diandalkan untuk membongkar pertahanan lawan, baik dengan speed, operan maupun pergerakan tanpa bolanya. Terlepas dari itu semua, Indonesia dipastikan finis sebagai runner-up Grup B di bawah Kurdistan dan akan menghadapi pemenang Grup C, Tunisia atau Yordania, dalam pertandingan semifinal yang akan digelar pada 22 Mei mendatang.(blnt)

SPOR SPORTT AINMENT

MANCHESTER City tengah berniat memperkuat skuad mereka demi tampil baik di Liga Champions musim depan. Usaha mereka sedikit terhambat setelah striker incaran mereka, Fernando Llorente menolak bergabung. Baca: Llorente ( Halaman 15 )

Chelsea berpesta

Heynckes: Chelsea, permanenkan Di Matteo!

JUPP Heynckes.

notabene lebih berpengalaman di kompetisi Eropa ketimbang Chelsea, The Bavarians jelas tidak ingin menanggung malu. Sejak laga digulirkan, anak-anak asuh Jupp Heynckes melancarkan sejumlah serangan ke jantung pertahanan Chelsea.

SETELAH kalah dari Chelsea di final Liga Champions, pelatih Bayern Munich Jupp Heynckes menyampaikan pujiannya kepada sang juara. Heynckes juga menyampaikan ucapan selamat kepada Chelsea karena menjadi juara. “Chelsea bermain seperti yang kami perkirakan. Jika ingin menyalahkan, kami hanya bisa menyalahkan diri sendiri. Kami punya banyak peluang namun selalu gagal mencetak mencetak gol hingga menit ke 83.” Heynckes juga menjelaskan alasan tidak diikutkannya Robben dalam adu penalti. “Anda bisa tahu bahwa kegagalannya saat mengambil penalti di babak perpanjangan waktu masih mempengaruhinya. Dia kehilangan kepercayaan diri dan tidak kami masukkan dalam di adu penalti. Itu mudah saja dilihat.”

Baca: Chelsea ( Halaman 15 )

Baca: Heynckes ( Halaman 15 )

DROGBA menjadi pahlawan The Blues setelah eksekusi sempurnanya melesatkan Chelsea sebagai jawara Eropa musim 2011-2012.

DIBALIK sukses Chelsea merengkuh gelar juara Liga Champions pertama siapa lagi kalau bukan Didier Drogba, yang mampu menaklukkan tuan rumah Bayern Munich, Minggu (20/5), di Allianz

Arena. Kemenangan The Blues terbilang dramatis, mengingat The Bavarian sempat unggul di penghujung babak kedua lewat Thomas Mueller. Namun, gol telat Drogba membawa Chelsea menyamakan kedudukan dan memaksa laga berlanjut ke masa perpanja-

Bastian Schweinsteiger gagal mengeksekusi penalti. Lagi, Drogba menjadi pahlawan The Blues setelah eksekusi sempurnanya melesatkan Chelsea sebagai jawara Eropa musim 20112012. Dipertandingan.Babak pertama, tampil di hadapan pendukungnya sendiri, dan

West Ham kembali ke liga Inggris

Hazard berbelok ke Chelsea?

THE Hammers West Ham United resmi balik promosi ke EPL musim depan, usai mengalahkan Blackpool dengan skor 1-2 diWembley untuk laga Final play off Championship, Sabtu(19/5).WestHamnam-pak gugup di awal-awal laga, terlihat Blackpool lebih berbahaya di menit awalbahkanhanyadalam tempo 15 menit ada 3 peluang yang mereka ciptakan. Stephen Dobbie sempat menyerobot bola memanfaatkan kelailaian para bek The Hammers, tembakankerasialepaskantepat ke arah gawang namun Robert Green menyelamatkannya secara brilian di menit 3.

EDEN Hazard sudah pernah mengatakan bahwa dirinya akan ke Manchester musim depan. Selain itu, pemain Belgia ini juga menyatakan bahwa dirinya akan berkos-tum biru musim depan. Semua orang menduga Hazard akan memilih Manchester City sebagai pelabuhan karir selanjutnya. Namun ternyata Chelsea belum menyerah. Setelah memenangkan Liga Champions. Baca: Hazard ( Halaman 15 )

ngan waktu. Kedudukan yang tidak berubah hingga tambahan waktu 2x15 menit akhirnya memaksa kedua tim berseragam adidas ini mela-koni drama adu penalti. Bayern kembali terlihat unggul di awal adu penalti, namun lagilagi Chelsea berhasil membalikkan keadaan ketika

EDEN Hazard.

Baca: West Ham ( Halaman 15 )

SELEBRASI West Ham United setelah rresmi esmi pr omosi kkee EPL m usim de pan, promosi musim depan, usai meng alahkan Blac kpool di la Blackpool lagg a Final pla playy of offf Championship Championship..

Prandelli janjikan total football Sembilan pemain Real Madrid masuk nominasi Onze d’Or

COLEEN ROONEY

Tampil seksi ISTRI pesepakbola Wayne Rooney, Coleen Rooney, tampil seksi dengan balutan bikini saat bermain di kolam renang bersama keluarga dan kerabatnya. Sebagaimana dilansir The Sun, Wayne Rooney bersama keluarga dan kerabatnya pergi berlibur ke Las Vegaz untuk menghilangkan penat setelah melalui kompetisi Liga Primer Inggris yang panjang. Foto-foto dia beserta anak dan istrinya saat bermain di sebuah kolam renang pun beredar. Di foto itu, istri Rooney, Coleen, tampil sangat cantik dengan bikini putih bercorak hitam. Baca: Tampil ( Halaman 15 )

DALAM sejarahnya, Timnas Italia dikenal sebagai tim yang selalu mengedepankan pertahanan sebagai kekuatan utama. Namun, pelatih Cesare Prandelli bertekad mengubah paradigma tersebut. Jelang tampil di Euro 2012, Juni-Juli mendatang, Prandelli bertekad menampilkan wajah baru Gli Azzurri. Mengikuti gaya sepakbola modern yang kian berkembang dalam beberapa tahun terakhir, Prandelli menyatakan Italia akan meninggalkan gaya Cattenacio (pertahanan rapat) di Polandia-Ukraina. Mantan pelatih Fiorentina ini menjanjikan, anak asuhnya akan memainkan pola permainan menyerang.

CESARE Prandelli.

Prandelli akan mengkonfirmasi akan mengadopsi “total football’ yang diperagakan Ajax Amsterdam pada era 70an. “Tim Italia seperti apakah yang akan kita lihat di Euro

nanti? Sebuah tim yang modern dan mampu memperagakan permainan menyerang yang indah,” ujar Prandelli dikutip Football-Italia, Sabtu (19/5). “Saya mengambil insipirasi dari gaya Total Football yang diperagakan Ajax pada era 1970an, sebuah tim yang menguasai sepakbola pada saat itu,” sambungnya. Untuk memperagakan Total Football, para punggawa Timnas Italia dituntut memiliki stamina kuat, kecepatan dan juga skill individu. Sementara kita tahu, Italia tidak memiliki banyak pemain yang memiliki kriteria tersebut.

Baca: Prandelli ( Halaman 15 )

PRESTASI tinggi Real Madrid yang menyabet trofi La Liga musim 20112012 ini secara impresif berbuah manis, 9 personel mereka menjadi kandidat anugerah Onze d’Or. Nama Iker Casillas, Pepe, Marcelo, Sergio Ramos, Xabi Alonso, Sami Khedira, Mesut Ozil, Cristiano Ronaldo, dan Karim Benzema masuk ke daftar kandidat peraih Onze d’Or yang dirilis majalah olahraga Prancis, Onze Mondial. Sedangkan Jose Mourinho juga masuk sebagai kandidat pelatih terbaik tahun ini di ajang tersebut. RONALDO dkk bersama Jose Mourinho menjadi kandidat anugerah Onze d’Or.

Baca: Sembilan ( Halaman 15 )


Swara Kita, 21 Mei 2012