Page 1

SWARA KITA TERBIT 16 HALAMAN Harga: Rp.2000,- Luar Kota + Ongkos Kirim

Tunjangan Mami Minahasa dihapus

Konflik PicuanWangan belum tuntas

Hari ini Mensos tiba di Sangihe

PTMPU hengkang dari Boltim

BACA: MINTOM ( HALAMAN 12 )

BACA: MINSELUTRA ( HALAMAN 13 )

BACA: SATALROBIT ( HALAMAN 14)

BACA: TOTABUAN ( HALAMAN 15 )

Telp: (0431) 841071, Fax: (0431) 841060 www.swarakita-manado.com

SABTU 9 FEBRUARI 2013 NOMOR 02198 TAHUN VII

GSVL Cs dipanggil SBY

SELEBRITI

Majelis Tinggi pimpin langsung penyelamatan Partai Demokrat, Anas fokus masalah hukum KPK Jakarta—Sepekan hiruk-pikuk internal Partai Demokrat (PD) tak lama lagi akan segera tuntas dengan pertemuan Majelis Tinggi Partai Demokrat Jumat (8/2) tadi malam. Jalan tengah antara Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum. Karenanya, prahara yang tengah melanda Partai Demokrat, secepatnya diselesaikan.

Bahkan, SBY akan mengumpulkan 33 DPD Partai Demokrat se-Indonesia di Cikeas Bogor, Jawa Barat, pada Minggu (10/2) besok. Salah satunya Ketua DPD Partai Demokrat Sulut, Dr GS Vicky Lumentut (GSVL). Acara tersebut dimaksudkan untuk silahturahmi dan arahan untuk DPD Partai Demokrat dari SBY. “Disampaikan bahwa Ketua Dewan Pembina atau Ketua Majelis Tinggi

Partai Demokrat mengharapkan kehadirannya pada Minggu, 10 Februari 2013 jam 20.00 WIB di Cikeas, Bogor,” kata isi pesan singkat yang disebarkan anggota Dewan Pembina (Wanbin) Partai Demokrat Syariefuddin Hasan, Jumat (8/2) kemarin. Dikumpulkannya 33 DPD Partai Demokrat Minggu besok, sebagai tindak lanjut dari pertemuan Majelis Tinggi Partai Demokrat, termasuk Anas di Cikeas tadi malam. Dalam keterangan persnya, SBY bakal memimpin langsung upaya pembenahan di internal partai. Baca: GSVL ( Halaman 2 )

Penegakan hukum harus transparan Dapat kado kejutan ARTIS Shinta Bachir mengaku baru menerima kado ulang tahun yang ke-27 dari pria yang tengah mendekatinya. Tak tanggung-tanggung, pria tersebut memberi hadiah istimewa yang tak pernah dibayangkannya, yakni sebuah mobil dan jam tangan mewah.

Baca: Dapat ( Halaman 2 )

INTERNASIONAL

Moriarty: Indonesia tidak hanya Bali DUTA Besar Australia untuk Indonesia, Greg Moriarty mendorong warga Australia terus berkunjung ke provinsi lain di Indonesia selain Bali. Hal ini disampaikan di sela acara pagelaran kebudayaan Australia di Gedung Pusat Perfilman Usman Ismail. “Kami terus mengajak warga Australia untuk terus datang ke Indonesia dan mengunjungi daerah lain seperti Sumatera, Kalimantan atau provinsi lain di Pulau Jawa. Baca: Moriarty ( Halaman 2 )

Manado—Setelah resmi dilantik sebagai Kepala Kejaksaan (Kajati) Sulut oleh Wakil Jaksa Agung, Darmono, pada Rabu (30/1) lalu di Jakarta, Dr Onggal Siahaan SH SSos MH, resmi menjalankan tugas di Bumi Nyiur Melambai terhitung mulai Jumat (8/2) kemarin setelah pada Kamis (7/2) malam digelar pisah sambut dengan Kajati Sulut yang lama Hindiyana SH.

Langkah awal yang akan dilakukan Siahaan dalam penegakan hukum di Sulut, dimulai dari menata kembali kedisiplinan aparat korps yang dipimpinnya. Menurut dia, sebagai salah satu lembaga penegak hukum, peran dan posisi kejaksaan cukup signifikan dan strategis dalam system peradilan pidana terpadu. ONGGAL Siahaan.

HADIRI HPN 2013

Habibie terkesan kemajuan Sulut

APARAT KEJAKSAAN SHINTA BACHIR

MANTAN Presiden RI BJ Habibie berdialog dengan Wakil Gubernur Sulut Djouhari Kansil di Bandara Sam Ratulangi, Jumat (8/2) kemarin.(foto: ist)

Baca: Penegakan ( Halaman 2 )

Manado—Mantan Presiden RI BJ Habibie, Jumat (8/2) kemarin, tiba di Manado dengan dijemput oleh Wakil Gubernur Sulut Dr Djouhari Kansil MPd di Bandara Sam Ratulangi. Kedatangan mantan orang nomor satu di Indonesia ke daerah Bumi Nyiur Malambai itu dalam rangka menghadiri acara Hari Pers Nasional (HPN) 2013 di Sulut. Habibie sangat terkesan dengan kemajuan yang

dialami daerah ini. “Sulut sudah sangat maju, baik dilihat dari infrasturktur pembangunan fisik maupun sektor ekonominya. Karena itu pantas jika boleh dipercyakan menggelar berbagai iven baik nasional maupun internasional,” kata Habibie kepada Kansil. Usai dari Bandara, Wagub bersama Habibie langsung menuju Hotel Sintesa Peninsula Manado. Sebelumnya, sejak pagi hari Wagub

telah menjembut kedatangan Wamendiknas Musliar Kasim di Bandara Internasional Sam Ratulangi, selanjutnya Wagub membawa Wamen Musliar Kasim untuk mengunjugi Museum Budaya, dan arkeologi Sulutenggo. Ikut bersama Wagub, Kadis Diknas Star Wowor dan para pejabat di lingkungan Diknas Sulut.

“Lima Menit Sebelum Siaran” karya Muhammad Fathanatul Komik Indonesia raih International Manga Award di Jepang Komik “Lima Menit Sebelum Siaran” buatan dua orang anak muda Indonesia, Muhammad Fathanatul Haq (24) yang berprofesi sebagai artist dan Ockto Baringbing (29) seorang penulis, mendapat penghargaan Silver pada International Manga Award ke-6 di Jepang. KEBERHASILAN me- garakan oleh Kementerian punya unsur kome-di yang Jumat (8/2). Satonaka yang reka bahkan dapat sam- Luar Negeri Jepang dan sangat baik. Ter-nyata dunia juga pembuat manga profebutan dan komentar yang diikuti 38 negara dan 245 TV di mana-mana sama sional di Jepang sangat se-nang sangat baik dari Ketua De- naskah.”Saya senang sekali juga ya,” ung-kapnya seusai dengan berbagai keunikan wan Juri, Machiko Sato- dengan karya Lima Menit acara penyerahan hadiah karya mangga para peserta naka. Komik dari Indone- Sebelum Siaran. Sangat kepada para pemenang yang ternyata beraneka ragam. sia itu unggul dalam kom- unik dan menarik sampai berlangsung di Iikura House Baca: Komik petisi yang diseleng- tertawa saya meli-hatnya, Roppongi, Tokyo, Jepang, ( Halaman 2 )

MUHAMMAD Fathanatul.

Baca: Hibibie ( Halaman 2 )


SABTU 9 FEBRUARI 2013 Komik ... dari Halaman 1 Sementara pada malam harinya, Wagub Kansil menghadiri Award Night SPS-Telkom IPMA dan InMa 2013 The Power Of Innovation yan digelar di Hotel Arya Duta dan di hadiri Menteri Negara BUMN, Dahlan Iskan.(erer)

Komik ... dari Halaman 1 “Mereka sangat kreatif dan penuh enerjik kelihatan dari karya-karyanya. Saya sangat bahagia dan berharap manga bisa jauh lebih tersebarluas ke mana pun karena dengan manga juga bisa mengandung unsur pendidikan yang dapat menyampaikan segala macam bentuk kehidupan dan pengetahuan kepada masyarakat luas,” tambahnya. Demikian pula Menteri Luar Negeri Fumio Kishida dalam komentarnya sebelum mengangkat toast bersama. Ia mengharapkan dunia mangga dapat menjadi lebih populer di mana pun serta dapat semakin meningkatkan persahabatan di antara semua bangsa dengan Jepang sehingga perdamaian pun tercipta dengan baik. Ockto yang memperoleh hadiah silver tersebut tampak gembira sekali. “Hidup manga Indonesia! Salam buat semua rakyat Indonesia, kami bahagia sekali dan sangat berterima kasih kepada semua pihak terutama keluarga kami, sehingga dapat berhasil seperti sekarang ini. Saya juga akan kembali aktif, kembali bersemangat, menekuni dunia manga ini,” katanya, dengan bangga. Selain itu Ockto mengakui bahwa sebelum mendapatkan penghargaan ini dia sempat jatuh hampir frustrasi karena banyak karyanya selalu ditolak dan tertutup oleh banyaknya karya buku manga dari berbagai artist. “Rasanya impian saya kandas, padahal dari kecil sudah bercita-cita ingin menjadi artis manga. Impian habis deh karena ditolak terus di sana-sini. Tapi tahu-tahu datang kabar kita berhasil mendapat penghargaan dari Jepang, wah, sangat bahagia sekali, saya bangkit kembali dan berjanji akan semakin baik lagi menekuni dunia manga ini,” tambahnya. Muhammad Fathanatul juga menyatakan sangat bahagia, “Wah senangnya bukan main deh. Saya akan buat buku manga terus, maju terus, semangat terus, pokoknya akan berkarya tak akan habis-habisnya,” ungkapnya dengan tertawa bahagia lepas setelah pemberian penghargaan trophy, medali silver dan sertifikat penghargaan langsung tangan dari Menteri Luar Negeri Jepang. “Rasanya kayak mimpi aja nih,” tambah Muhammad Fathanatul lagi. Juara pertama medali gold dari Thailand, Kosin Jeenseekong, medali silver tiga karya yaitu dari China, Thailand dan Indonesia. Sedangkan medali bronze diberikan kepada 11 naskah dari China, Taiwan, Malaysia, Thailand, Spanyol, dan Perancis. Karya-karya dari Indonesia selalu ikut serta dalam kompetisi ini sejak awal, tetapi tak pernah menang dan untuk pertama kali di kompetisi keenam kali ini peserta Indonesia berhasil mendapatkan medali silver. Kita harapkan tentu di tahun mendatang ada peserta Indonesia yang dapat berhasil memperoleh emas.(komc)

Utama

KPK: Banyak mafia di Kementerian Pertanian Ada pengusaha kakap ikut terlibat Jakarta—Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Abraham Samad mengakui adanya keterlibatan kartel dalam proyek-proyek di Kementerian Pertanian. Ia juga membenarkan kartel tersebut disetir pengusaha kakap di Indonesia. “Itu betul, banyak kartel atau mafia impor di Kementerian Pertanian,” ujar Abraham di kantornya, Jumat, 8 Februari 2013. “Hasil penelitian kami juga ke arah sana

(pengusaha kakap),” ia menambahkan. Sumber Tempo sebelumnya mengatakan perusahaanperusahaan yang kerap ikut tender dalam proyek Kementerian Pertanian membentuk sebuah kartel. Secara sistematis mereka mengatur permainan di balik proyek berskala besar di Kementerian, seperti daging impor, benih jagung, benih padi, gula , dan garam. Khusus untuk daging, kata sumber lainnya pada Jumat

ini, dikuasai oleh dua kartel. Kartel itu dari PT Indoguna Utama dan PT Berkat Mandiri Prima. Kedua kartel itu sama-sama dipengang oleh pengusaha kakap di Indonesia. “Mereka cukup kuat dan bermain cantik,” ujar sumber. Abraham mengaku tidak keder meski telah mensinyalir identitas para pengusaha tersebut. Ia berjanji akan mengusut tuntas kecurangankecurangan mereka. “Kami tidak boleh takut, kalau

takut, tidak usah jadi pimpinan KPK, Pulang saja ke rumah urus anak,” ujarnya dengan wajah serius. Abraham menambahkan keberadaan kartel tersebut merugikan petani dan peternak lokal. Ia pun mengimbau agar mereka bersabar dan mendukung KPK untuk memberantasnya. “Kalau biarkan terus, yang akan terpukul petani dan peternak kita,” kata dia. “KPK sekarang konsen memantau permainan kartel itu”.(temc)

Dapat ... dari Halaman 1 “Dari orang biasa tapi bisa membuat saya luar biasa senang. Saya enggak mengharapkan mobil, eh dikasih mobil dan jam tangan,” ucap Shinta ketika ditemui di perayaan ulang tahunnya di Hotel RitzCarlton, Kuningan, Jakarta, Kamis (7/2) lalu. Kado lainnya, kata perempuan kelahiran Wonosobo, 7 Februari 1986, tak lain adalah menyiapkan pesta ulang tahun secara mewah untuk beberapa rekannya. Soal pesta ulang tahunnya itu, Shinta mengaku tak tahu sama sekali mengenai konsep acara ataupun dekorasi. Ia pun mengaku senang karena baru kali pertama ini hari kelahirannya dirayakan sedemikian rupa. Sayang, tak banyak yang dibocorkan Shinta mengenai identitas pria tersebut. Ia hanya berujar bahwa lelaki itu berdarah Tionghoa dan berinisial A. Pria berinisial A itu, kata Shinta, merupakan wajah baru dalam kehidupan Shinta. “Ketemu di daerah HI (Hotel Indonesia), dia sering lihat saya di majalah. Bukan teman lama, teman baru. Yang deket-deket banyak, tapi yang mau ngejurus serius baru dia. Inisial A, Chinese. Keluarga saya manggil dia Ahong,” ungkapnya. Ia pun berharap di umur barunya ia bisa menikmati hidup dengan perjalanan yang lebih “tenang”. “Karier jauh lebih baik, job lancar. Ibu saya sehat sudah bisa masak lagi, bapak saya sehat. Dari keterpurukan kemarin, saya rasain kiamat batin,” ujarnya.(komc)

Moriarty ... dari Halaman 1 Tempat-tempat itu tidak kalah indah dan juga memiliki keragaman budaya,” ujarnya. Menurut Moriarty, jumlah kunjungan warga Australia dari tahun ke tahun semakin meningkat. Data resmi Kedutaan Besar Australia mencatat sekitar 140.000 turis dari negeri Kanguru tersebut mengunjungi Indonesia tahun lalu. Dia berharap jumlah kunjungan di tahun ini akan lebih tinggi lagi. “Hal ini membuktikan bahwa Indonesia tetap menjadi tujuan pariwisata yang menarik bagi Australia,” tutur pria yang sebelumya pernah menjabat sebagai Duta Besar Australia di Iran ini. Kerjasama dalam bidang kebudayaan pun telah diteken antara Australia dan Indonesia yang terealisasi melalui kerjasama antar individu seperti pertukaran kebudayaan, mahasiswa, dan terus mengenalkan pariwisata Indonesia di negara yang pernah menjadi tuan rumah Olimpiade di tahun 2000 tersebut. Salah satu pertukaran kebudayaan yang telah terjalin yaitu diajarkannya Bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua di banyak sekolah Australia. Bahkan kedua putrinya pun turut mempelajari Bahasa Indonesia di sebuah sekolah di Canberra, jauh sebelum mereka diajak mengunjungi Indonesia. Menurut Moriarty, mempelajari Bahasa Indonesia dan bahasa negara Asia lainnya dapat membantu perekonomian dan perkembangan budaya Australia di masa depan. Hal itu tercermin dari sebuah makalah yang ditulis oleh pemerintah Australia berjudul “Australian in the Asian Century”. Dalam makalah yang dibuat tahun 2012 itu, tertulis pentingnya bagi Australia memiliki kemampuan yang sesuai untuk menghadapi perkembangan negara-negara di Asia.(vinc)

2

Untuk Nasional & Mancanegara

KAWASAN pusat perbelanjaan yang diterjang banjir.(foto:ist)

PEMILU

KPU pegang data 175 juta pemegang elektronik KTP Jakarta—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat bertekad membangun sistem informasi data pemilih (Sidalih) dengan standar yang diakui secara nasional dan internasional. Tekad ini disampaikan setelah KPU menerima Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4) dari Kementerian Dalam Negeri dan DP4 Luar Negeri dari Kementerian Luar Negeri, Kamis kemarin. “Sidalih sudah hampir selesai dibangun,” kata Ketua KPU Husni Kamil Manik. “Kami ingin penggunaan sistem informasi ini keluar dari hal-hal politis. Sebab ini persoalan yang sangat teknis,” ujarnya usai menerima DP4 tersebut. Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Luar Negeri menyerahkan DP4 ke KPU sebagai basis data untuk pemutakhiran dan penetapan daftar pemilih. DP4 untuk pemilih dalam negeri diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi dan DP4 untuk pemilih luar negeri diserahkan oleh Wakil Menteri Luar Negeri Wardhana. KPU, kata Husni, akan berupaya mendapatkan sertifikat ISO terbaru sebagai bentuk pengakuan terhadap penggunaan sistem informasi tersebut. “KPU tidak ingin sistem informasi itu dianggap akan digunakan untuk memenangkan kepentingan politik tertentu sehingga ke depan daftar pemilih tetap (DPT) tak lagi jadi komoditas politik,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima VIVAnews, Jumat 8 Februari 2013. Husni berharap perekaman data melalui program KTP Elektronik sebanyak 175.142.000 yang akurasi datanya sudah terjamin akan membantu KPU dalam proses pemutakhiran data pemilih. KPU cukup menyisir sekitar 20 persen lagi yang belum terakomodir dalam program KTP Elektronik. Husni mengapresiasi kinerja Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Luar Negeri yang menyerahkan DP4 lebih awal. “Ke depan kerja sama ini harus kita teruskan dan tingkatkan kualitasnya tanpa mengurangi independensi dan kemandirian KPU,” ujarnya. JAMIN AKURASI

BENCANA ALAM

Banjir lumpuhkan Singapura Singapura—Hujan lebat berujung banjir tidak hanya terjadi di Jakarta, namun juga sempat melumpuhkan negeri jiran Singapura. Hujan yang dimulai sejak siang hari ini, Jumat (08/ 02) membuat arus lalu lintas di sejumlah kawasan sibuk di Singapura menjadi tersendat. Kondisi jalanan yang digenangi air dapat dilihat dari sejumlah foto yang diupload oleh sejumlah warga Singapura melalui Facebook dan Twitter. Salah satu foto menunjukkan bagaimana mobilmobil terjebak di kawasan

One Commenwealth yang merupakan pintu masuk menuju ke stasiun Mass Rapid Transport (MRT) dan berada cukup dekat dengan kawasan industri. Banyak kendaraan beroda empat yang melintasi jalan ini mengalami kesulitan bergerak, karena terendam oleh air berwarna cokelat. Sejumlah toko terpaksa tutup akibat banjir ini. Diantaranya, Kafe Pies and Coffee di Mal Rochester, di kawasan Buona Vista yang dibanjiri oleh genangan air setinggi lutut. Keadaan diperparah

karena lantai 1 mal ini menggunakan konsep terbuka yang “mempermudah” air banjir “menyerbu” masuk ke toko. Tidak kalah mengagetkan, MRT Singapura juga ikut kebanjiran. Edmund Chia, yang kebetulan sedang berada di MRT Raffles Place menceritakan bagaimana lantai kereta api basah dipenuhi dengan air. “Pertama saya pikir air ini berasal dari titikan payung penumpang, namun kelihatannya tidak ada penumpang yang membawa payung,” jelasnya.

Penegakan ... dari Halaman 1 Dengan kapasitas itu aparat kejaksaan dituntut untuk selalu meningkatkan kemampuan teknis fungsional dan manajerial dalam mengelola kewenangan yang dimilikinya untuk mampu melakukan penegakan hukum yang transparan, akuntabel, konsisten dan berkeadilan. Siahaan menegaskan, kesalahan manajerial dalam mengelola lembaga yang memiliki kewenangan Law Enforcement akan mempengaruhi ketidakjelasan arah dan konsisten penegakan hukum sehingga hanya terpaku dalam suatu aktifitas yang bersifat rutinitas berdasarkan budaya dan petunjuk. Untuk itu, perubahan perlu dikelola dengan baik untuk mengantisipasi berbagai reskasi yang timbul karena

pelaksanaan perubahan tersebut. Oleh karenanya perlu disusun tahapan dalam melakukan perubahan yakitu reformasi pada aspek kelembagaan, organisasi dan tata laksana serta SDM/ membangun Tri Tata yaitu perubahan tata pikir (mindset), perubahan budaya kerja (culture set) dan perubahan perilaku (bahavior). Kepada jajarannya, Siahaan juga menegaskan tidak segan-segan memberikan reward jika kerja baik, demikian juga akan ada punishment jika kerja tidak beres. “Mari kita tingkatkan disiplin. Jika jam kerja masuk pukul 08.00 Wita, sudah harus datang sebelumnya untuk apel. Demikian juga jam kerja. Malu lah masih pakai pakaian dinas pada jam

sekian sudah berkeliaran di mall. Diharapkan agar citra Kejaksaan ini baik di hadapan masyarakat,” tandasnya. Adapun Hindiyana mengakui kalau masih ada beberapa pekerjaan rumah yang belum terselesaikan, khususnya penuntasan beberapa kasus korupsi. “Dalam kurun waktu cukup singkat, tidak mungkin semuanya selesai. Untuk itu, nanti akan diteruskan oleh Kajati yang baru,” pesan Hindiyana pada Siahaan. Diketahui, sebelum dipercayakan menjabat Kajati Sulut, Siahaan menjabat Kepala Pusat Pendidikan (Kapuspen) Manajemen dan Kepemimpinan pada Badan Pendidikan dan Pelatihan (Bandiklat) Kejaksaan Agung RI.(dewe/este)

Namun pihak SMRT yang mengelola MRT membantah hal tersebut dan menjelaskan bahwa air berasal dari titikan payung. Otoritas Pengelolaan Air Singapura (PUB) merilis bahwa banjir menggenangi kawasan Jalan Thomson, Sime Darby Centre, Sungai Pandan Kechil, Sunset Way, Commonwealth Avenue, dan jalan tol menuju ke Johor Bahru, Malaysia.(komc)

Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi mengatakan penyerahan DP4 merupakan tahapan penting dalam proses pemutakhiran dan penetapan daftar pemilih. Kemendagri, kata Gamawan, sudah berupaya sungguh-sungguh untuk menyiapkan DP4 yang jauh lebih akurat sebagai bentuk akuntabilitas dan aktualisasi serta rasa tanggung jawab dalam rangka penguatan dan pendalaman demokrasi di Indonesia. Gamawan menjamin akurasi DP4 tersebut. Sebab data

kependudukan yang diberikan pemerintah kepada KPU merupakan data base penduduk kabupaten/kota yang sudah diintegrasikan dengan hasil perekaman KTP elektronik. Kemendari juga sudah meminta bupati/walikota melalui dinas terkait sebanyak tiga kali untuk menyempurnakan data base kependudukan dengan hasil pelayanan pendaftaran penduduk serta tambahan dan pengurangan penduduk akibat kelahiran, kematian, dan pindah alamat (lampid). Kemudian Kemendagri melakukan pembersihan data sebanyak 4 kali dengan menggunakan sistem administrasi kependudukan (SIAK) dan hasil perekaman KTP elektronik. “Jadi semua warga Negara Indonesia yang punya hak pilih dapat menggunakan hakn pilihnya tetapi hanya satu kali,” ujarnya. Kemendagri, lanjut Gamawan, punya tiga program strategis nasional untuk memperbaiki data kependudukan yakni pemutakhiran data kependudukan, penerbitan nomor induk kependudukan dan perekaman KTP elektronik. Mantan Gubernur Sumatera Barat ini menegaskan dengan asumsi pemilih pada pemilu 2014 sebanyak 190 juta dan hasil perekaman KTP Elektronik sudah mencapai 175.142.000, KPU cukup mencari 15 juta pemilih lagi. Jika diasumsikan ada sekitar 500 kabupaten/kota di Indonesia maka setiap KPU Kabupaten/ Kota cukup mencari 30 ribu orang. “Anggaplah setiap kabupaten/kota ada 10 kecamatan, maka setiap kecamatan hanya perlu mencari 3000 orang per kecamatan sehingga kerja petugas menjadi lebih ringan,” ujarnya. Wakil Menteri Luar Negeri Wardhana mengatakan Indonesia memiliki 130 perwakilan di luar negeri. Pihaknya mengaku sudah berusaha maksimal untuk menjangkau semua WNI yang bermukim di luar negeri yang sudah berhak memilih. Jumlah DP4 luar negeri sebanyak 2.213.605 pemilih. Wardhana mengakui perpindahan WNI di luar negeri dari satu tempat ke tempat lain dan dari satu negara ke negara lain sangat dinamis. “Ini merupakan tantangan bagi kita,” ujarnya. Menurut Wardhana pemanfaatan teknologi informasi dalam pelaksanaan pemilu sudah menjadi kebutuhan sehingga efektif dan efesien. Untuk mendorong peningkatan partisipasi pemilih di luar negeri, menurutnya perlu disempurnakan berbagai aturan terkait penggunaan hak pilih. Salah satunya penyempurnaan penggunaan hak pilih lewat jasa pos. “Pengalaman kita Pemilu tahun 2009, sebagian besar pemilih menggunakan jasa pos,” ujarnya.(inic)

GSVL ... dari Halaman 1 Sementara Anas diminta untuk fokus saja menghadapi persoalan dugaan korupsi Hambalang di KPK. “Saya memimpin langsung gerakan penataan dan penertiban Partai Demokrat ini, saya beri kesempatan kepada saudara Anas untuk memfokuskan diri dalam menghadapi masalah hukum yang sedang ditangani KPK,” kata SBY. Dia berharap keadilan dapat ditegakkan dalam penanganan kasus Hambalang yang melibatkan Anas. Partai Demokrat juga akan membantu Anas dari sisi bantuan hukum. “Dengan harapan keadilan benarbenar tegak dan tim hukum Partai Demokrat akan memberi bantuan hukum,” tegas SBY. SBY juga menegaskan bahwa Majelis Tinggi Partai Demokrat akan mengambil alih roda organisasi untuk menyelamatkan partai, dan SBY sebagai Ketua Majelis Tinggi akan menjadi

komandonya. “Ketua Majelis Tinggi bertugas berwenang dan bertanggungjawab untuk memimpin penyelamatan dan konsolidasi partai,” kata SBY. Menurut SBY, segala keputusan kebijakan dan tindakan partai akan ditentukan dan dikendalikan langsung oleh Majelis Tinggi. Dan SBY akan mengeluarkan langsung keputusan-keputusan penting partai. Fraksi di DPR, DPD dan DPC di seluruh Indonesia juga akan di bawah komando Majelis Tinggi. Dan mereka juga akan bertanggungjawab langsung kepada Majelis Tinggi. “Majelis Tinggi melakukan penataan organisasi partai untuk meningkatkan kredibilitas partai,” tegas SBY. Anas sendiri berpikir positif terhadap pertemuan yang digelar SBY di Cikeas tadi malam. Menurut dia, pertemuan tersebut tak bertendensi negatif. “Rapat rutin. Ini rapat berkala,

biasanya yang dibahas perkembangan strategis partai,” kata Anas. “Pasti yang dibahas hal-hal yang positif dan konstruktif untuk partai,” imbuhnya. Anas mengaku, saat ini tengah fokus mengonsolidasi partai. Ia juga meminta kepada kader-kader Demokrat dan seluruh anggota Demokrat untuk bersatu. Namun, ia enggan menanggapi adanya isu mengenai dirinya yang dijadikan tersangka dalam kasus Hambalang. Diketahui, ada sembilan anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat, yakni SBY sebagai Ketua, Wakil Ketua Dewan Pembina Marzuki Alie, Sekretaris Dewan Pembina Jero Wacik, Sekretaris Dewan Kehormatan TB Silalahi, Ketua Umum DPP Anas Urbaningrum, Sekjen DPP Edhi Baskoro Yudhoyono, dua Wakil Ketua Umum DPP Max Sopacua dan Jhonny Alen, dan Direktur Eksekutif DPP Toto Riyanto.(mtvn/inlc/detc/ dw)


Sulut

SABTU 9 FEBRUARI 2013

SULUTRON

PNS Bolmut di warning tak terlibat politik praktis MEMASUKI Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Bolaang Mongondouw Utara (Bolmut), Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bolmut Mahyudin Pandialang mengatakan untuk setiap Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilarang keras untuk terjun langsung dalam rana politik praktis. “Larangan terhadap PNS untuk tidak terlibat pada kegiatan politik, dan itu jelas tertuang dalam Undang-Undang (UU),” tutur Pandialang, Jumat (8/2) kemarin. Sebagaimana diketahui, jika aturan PNS dilarang berpolitik sudah jelas tercantum dalam UU Nomor 43 Tahun 1999, tentang Perubahan atas UU Nomor 8 Tahun 1974 tentang Pokok-Pokok Kepegawaian yang diatur lebih lanjut, dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 37 Tahun 2004 tentang Larangan PNS menjadi anggota dan atau pengurus Parpol. Dan jika PNS melanggar, maka akan diberhentikan secara tidak hormat. “Netralitas PNS sangat penting, artinya agar pelaksanaan Pilkada bisa berjalan sukses,” tandas Pandialang. Ditambahkan Pandialang, agar pengalamanpegalaman didaerah lain ketelibatan langsung PNS tidak terjadi Bolmut. Sebab, hanya akan menyebabkan ketidaknyamanan proses Pilkada nanti. “Jangan sampai pengalaman yang terjadi di daerah lain terjadi di daerah kita. Nama baik daerah harus kita jaga bersama supaya tidak tercoreng hanya karena adanya ketelibatan PNS dalam politik praktis,” harap Pandialang.(try20)

Forkopinda Minsel gelar rapat di rudis Bupati DALAM rangka membahas situasi dan kondisi Minsel kedepan, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) Minsel, menggelar rapat di rumah dinas Bupati Minsel, Jumat (8/2) kemarin. Hal ini juga merupakan salah satu koordinasi antara pemimpin daerah, guna membangun Minsel kedepan lebih baik. Kabag Humas Pemkab Minsel Alvons Sumenge SSTP mengatakan, rapat Forkopinda Minsel ini, digelar di rumah dinas (rudis) Bupati Minsel. Turut hadir dalam rapat Forkopinda Minsel, yakni Dandim Minahasa Letkol Theo Kawatu, Kajari Amurang, Kepala PN Amurang, Ketua Dekab Minsel. “Seluruh pimpinan daerah hadir, yang pasti ini merupakan pertemuan rutin antara pimpinan daerah di Minsel, guna membahas masalah Kamtibmas di Minsel, serta cuaca buruk yang akhir-akhir ini melanda Minsel,” ujarnya. Sementara itu, Bupati Minsel Christiany ‘Tetty’Paruntu SE, menghimbau agar masyarakat Minsel tetap waspada adanya cuaca buruk yang terus berlanjut dan menjaga keamanan di masyarakat bersama. “Saya menghimbau agar masyarakat terus mewaspadai cuaca buruk ini, sebab kapan saja bencana bisa datang. Dan saya mengajak agar masyarakat juga bisa menjaga keamanan dimasyarakat,” harap Tetty.(esem/sl)

SKPD harus transparan! Pelayanan pemerintah dikeluhan, Komisi I pertegas fungsi SPIP Manado—Banyaknya keluhan dari masyarakat terkait pelayanan di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemprov Sulut, membuat Komisi I harus ke Inspektorat Jenderal Kementrian Dalam Negeri (Irjen Kemendagri) di Jakarta, untuk mengkoordinasikan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP). “Kunjungan kerja ini sebagai bentuk koordinasi dan evaluasi mengenai SPIP terhadap program pemerintah daearah,” ujar Ketua Komisi I Deprov Sulut Jhon Dumais, via BlackBerry Messenger (BBM) yang diterima Swara Kita, Jumat (8/2) kemarin. Dikatakannya, SPIP ini sangat baik dan mendasar untuk diterapkan di semua SKPD. “Ini dimaksudkan sehingga SKPD benar-benar akan makin transparan, terukur, sekaligus dapat memaksimalkan Tupoksi yang ada,” kata politisi Partai Demokrat ini. Hadir dalam kunker ini antara lain, selain

Dumais juga ada Wakil Ketua Komisi I Tonny Kaunang STh, Sekretaris Komisi I dr Wiestje Rompis MSi, dan anggota Komisi I Elisabeth Lihiang SE, serta turut mendampingi Wakil Ketua Deprov Sulut Drs Arthur Kotambunan BSc. Diketahui, SPIP ini adalah penyelenggaraan kegiatan pada suatu instansi pemerintah, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, sampai dengan pertanggungjawaban, harus dilaksanakan secara tertib, terkendali, serta efektif dan efisien. Untuk mewujudkannya dibutuhkan suatu sistem yang dapat memberi keyakinan memadai bahwa penyelenggaraan kegiatan telah dilaksanakan sesuai dengan rencana dan dapat mencapai tujuan. SPI adalah proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas

tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan. SPI melekat sepanjang kegiatan, dipengaruhi oleh sumber daya manusia, serta hanya memberikan keyakinan yang memadai, bukan keyakinan mutlak, sehingga dalam pengembangan dan penerapannya perlu dilakukan secara komprehensif dan harus memperhatikan aspek biaya manfaat (cost and benefit), rasa keadilan dan kepatutan, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta mempertimbangkan ukuran, kompleksitas, dan sifat dari tugas dan fungsi instansi pemerintah. Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dijelaskan bahwa SPIP adalah Sistem Pengendalian Intern yang diselenggarakan

KOMISI I Deprov Sulut saat berdialog dengan pihak Irjen Kemendagri, di Jakarta, Jumat (8/2) kemarin, untuk mengkoordinasikan SPIP.(foto: ist)

secara menyeluruh di lingkungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Berkaitan dengan hal ini, Presiden selaku Kepala Pemerintahan mengatur dan menyelenggarakan sistem pengendalian intern di lingkungan pemerintahan secara menyeluruh. Sedangkan Menteri Keua-

KERJASAMA

Finlandia ingin berinvestasi di Sulut

GUBERNUR Sulut SH Sarundajang dan Dubes Finlandia untuk Indonesia Kai Sauer, salin bertukar cenderamata, usai pertemuan di Kediaman Bumi Beringin Manado, Jumat (8/2) kemarin.(foto: ist)

Manado—Di tengah kesibukan Sulut menjadi tuan rumah pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) 2013, Sulut terus didatangi tamu penting. Kali ini, Jumat (8/2) kemarin, Gubernur Sulut Dr Sinyo Harry Sarundajang (SHS) menerima kunjungan kehormatan Duta Besar (Dubes) Finlandia untuk Indonesia Mr Kai Sauer, dan diterima di Kediaman Bumi Beringin Manado. “Tujuan kunjungannya ke Sulut tidak lain ingin melakukan investasi di bidang geothermal, pariwisata, teknologi dan sumber daya alam serta pendidi-

kan,” ujar Sarundajang. Bahkan Sauer mengundang komunitas bisnis Sulut untuk berkunjung ke negaranya, begitu juga sebaliknya komunitas bisnis Finlandia nantinya akan berkunjung ke daerah ini. Gubernur juga telah menjelaskan, potensi ekonomi Sulut seperti geothermal sangat banyak ketersediaannya, begitu pula dengan objekobjek wisata seperti wisata bahari, alam dan wisata religius. Pertemuan tersebut diakhiri dengan pemberian cenderamata baik Gubernur maupun Dubes.(erer)

HPN 2013

Hari ini Forward Sulut gelar lomba memancing Manado—Menyukseskan pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) 2013 dan memanfaatkan waktu senggang, melepaskan kepengatan beraktifitas sebagai wartawan yang pos di Deprov Sulut, yakni Forum Wartawan Deprov (Forward) Sulut, pada Sabtu (9/2) hari ini menggelar lomba mancing. Kegiatan bertemakan “Mancing Bersama Forward” yang dirangkaikan dengan pencabutan kupon undian kepedulian korban bencana

ngan selaku Bendahara Umum Negara menyelenggarakan sistem pengendalian intern di bidang perbendaharaan, Menteri/Pimpinan Lembaga selaku Pengguna Anggaran/Pengguna Barang menyelenggarakan sistem pengendalian intern di bidang pemerintahan

masing-masing, dan Gubernur/Bupati/Walikota selaku pemegang kekuasaan pengelolaan keuangan daerah mengatur lebih lanjut dan meyelenggarakan sistem pengendalian intern di lingkungan pemerintah daerah yang dipimpinnya.(dewe/dtan)

PENERBANGAN

Dekab apresiasi Pemkab Sitaro sebagai pilot project DEWAN Kabupaten (Dekab) Sitaro memberikan apresiasi terhadap pemerintah daerah yang terpilih sebagai daerah percontohan atau pilot project penerapan sistem reformasi birokrasi. Ketua Dekab Sitaro, Djibton Tamudia BAc, pada sejumlah wartawan Jumat (8/2) kemarin, sebagai mitra kerja legislatif perlu memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah hingga bisa memperoleh pengakuan dari pemerintah pusat dan pemerintah provinsi. “Dengan menjadi daerah percontohan menandakan bahwa adanya keseriusan dari pemerintah daerah,” tandas Tamudia. Secara terpisah, salah satu anggota Dekab Sitaro, Siska Salindeho menuturkan, apa yang diperoleh pemerintah daerah, dekab akan terus memberikan dukungan penuh terkait program kerja yang sudah disiapkan demi kemajuan daerah. “Kami akan terus memberikan dukungan penuh kepada pemerintah daerah, demi kepentingan masyarakat. Sebab apa yang dirumuskan eksekutif, tak bisa berjalan baik tanpa ada dukungan dari legislatif,” katanya. Dimana perlu diketahui, sesuai penerapan Standar Oprasional Pelayanan (SPO) yang di berlakukan Pemkab Sitaro, pemerintah pusat memilih kabupaten tersebut sebagai Pilot Project atau wilayah percontohan dalam hal sistem reformasi birokrasi yang baik.(esge)

3

ini, akan dilaksanakan di kompleks Gereja Sinai Patmos Wenwin Desa Sea II, Minahasa, tepatnya di rumah keluarga Sualang-Pangemanan yang menjadi sponsor utama kegiatan ini. Ketua Forward Martino Limpong mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Forward sebagai bagian dari insan pers untuk turut memeriahkan pelaksanaan HPN 2013 di Manado. “Forward turut merasa bertanggungjawab dalam me-

nyukseskan HPN, sekaligus menunjukkan kepedulian sosial terhadap korban bencana alam, melalui penjualan kupon,” ucap Limpong. Ketua Panitia, Ronald ‘Kaka’ Rorong berujar, kegiatan ini juga dijadwalkan akan dihadiri sejumlah legislator Sulut. “Kegiatan Mancing Bersama Forward Sulut akan dimulai Pukul 09:00 Wita, dan rencananya juga akan dihadiri beberapa anggota dewan, antara lain Wakil Ketua Deprov Sulut Arthur Kotam-

bunan, Ketua Komisi 1 Jhon Dumais serta beberapa anggota dewan lainnya, dan tentunya tuan rumah Ibu Sus Sualang-Pangemanan yang juga Wakil Ketua Deprov Sulut,” ucap Rorong. Terkait penarikan kupon sosial untuk korban bencana alam, akan dilakukan usai lomba mancing. Kupon ini dijual dengan harga Rp25 ribu, dengan hadiah utamanya kapling tanah seluas 15x10 meter, di Wenwin.(dewe)

Jajaki kembali Air Asia, SHS diundang Malaysia Manado—Gubernur Sulut Dr Sinyo Harry Sarundajang (SHS), menghadiri acara “Welcome Dinner” bersama Menteri Penerangan, Komunikasi dan Kebudayaan Malaysia Dato’ Seri Utama DR Rais Yatim yang diselenggarakan oleh Ikatan Setia Kawan Wartawan Malaysia Indonesia (ISWAMI) di Hotel Peninsula Manado, Kamis (7/2) malam. Rangkaian kegiatan dari Hari Pers Nasional (HPN) 2013 di Sulut tersebut dimaksudkan untuk mempererat hubungan kerjasama pers antara kedua negara. Pada kesempatan itu, S a r u n d a j a n g mengungkapkan penghormatan kepada delegasi Malaysia yang dipimpin oleh Dato’ Rais yang khusus hadir bersama istri untuk mengikuti HPN 2013 di Sulut. “Saya sangat bersyukur atas kehadiran Dato’ bersama istri, dan menyambut dengan rasa bangga atas kehadiran delegasi Malaysia di daerah Nyiur Melambai Sulawesi Utara, khususnya di Manado,” ujarnya. Selanjutnya Sarundajang mengatakan bahwa kerjasama dengan

RAIS Yatim.

Pemerintah Malaysia memang sudah sejak lama terjalin melaui investor yang menanamkan modal di Sulut, juga melalui iven internasional yang diselenggarakan di Sulut beberapa waktu yang lalu yakni Coral Triangle Initiative (CTI) Summit 2009, dimana enam negara di segitiga terumbu karang terbesar di dunia yang meliputi Indonesia, Malaysia, Filipina, Papua New Guinea, Solomon Islands, dan Timor Leste sepakat untuk menjaga kelestarian terumbu karang. “Ternyata dengan menjaga kelestarian terumbu karang ini, kita dapat mengurangi global warming, yang telah menjadi masalah lingkungan dunia”, tambahnya. Momen strategis ini juga dimanfaatkan Sarundajang untuk menyampaikan keinginannya melakukan pembicaraan dengan Pemerintah Malaysia guna memperjuangkan pembukaan kembali akses penerbangan langsung menggunakan jasa perusahaan penerbangan Air Asia yang beberapa waktu lalu sempat dibuka melayani rute Kuala Lumpur–Manado. Dan Dato’ Rais pun menyambut baik rencana ini, dan secara khusus mengundang Gubernur Sarundajang untuk melaksanakan pertemuan di Malaysia guna membicarakan hubungan kerjasama yang bisa dilaksanakan. Jamuan makan malam itu dihadiri Ketua PWI Pusat Margiono, Ketua Dewan Pers Indonesia Bagir Manan, Ketua Dewan Kehormatan ISWAMI Tarman Azzam, Ketua ISWAMI Saiful Hadi, Anggota Dewan Kehormatan PWI Sabam Siagian, Sekprov Sulut SR Mokodongan, sejumlah pejabat Pemprov Sulut, Pengurus Pusat dan Daerah PWI, serta para pengurus ISWAMI dari Malaysia.(erer)


SABTU 9 FEBRUARI 2013

Pendapat

5

SWARA KAMI

SWARA ANDA

Dimiskinkan oleh sebab yang asing USULAN anggaran terus meningkat setiap tahun. Kata merayu makna. “Untuk itu sudah diingatkan agar tiap satuan kerja perangkat daerah untuk dapat menyusun anggaran sesuai kemampuan agar (target) dapat tercapai secara maksimal. Tiap satuan kerja perangkat daerah dalam penyusunan perencanaan yang berhubungan dengan musrembang harus sesuai dengan kemampuan bukan dengan kebutuhan. Artinya tiap satuan kerja perangkat daerah dapat menyusun perencanaan dengan profesional”. Urai kalimat kerja yang sekian lama meliuk-liuk tanpa arah, dan susah dibahasamengertikan oleh pembawa berita, itulah derita yang hari ini masih kita nikmati dalam kegamangan. Merayu dalam paksa. Seperti tanam paksa yang jadi memori pahit di bumi kita di mana hak-hak masyarakat sudah sedemikian hilang bersama privatisasi segala sumberdaya. Kasus korupsi hanya gertak sambal, sandiwara memuakan yang dibincang layar kaca sampai bosan berteman segudang argumentasi kebutuhan. Namun, ia tandas dalam kengerian sebuah ancaman, uang suap belum tuntas. Tunggu janji, seperti itu yang selalu terulang dalam rekaman peristiwa. Terlanjur kita berada di masa kini, tinggal landas, cerita pembenaran yang tak menjejak tanah. Intensitas kekuasaan dan peran bodoh dari parlemen dan politisi, sistem yang berlagak lupa, pembiaran yang menjelma kengerian. Tapi, dengarlah, janji-janji pemulihan itu sementara dikuatteriakkan sekarang ini, merayu mimpi keburukan masa lalu yang hilang percuma. Kita kembali pada ulangan. Bila ada baris panjang mengular, itu pasti rakyat. Mereka sudah sekian lama mewakilkan suaranya untuk ditelusuri sejarah memperkaya diri sendiri dengan aturan membingungkan. Beberapa terminologi mewakili issue yang saat ini akrab, mungkin nanti ada waktu bagi kita untuk lupa. Dan andai aroma kaya itu sudah menebar pesona, rakyat kembali lupa bahwa ia dan sesamanya itu punya tanah yang pernah sama-sama diperjuangkan untuk kembali jadi miskin karena hal-hal yang asing. Di sini dapat kita pastikan, yang mana negara dengan sistem yang ia jalankan dewasa ini sudah gagal menyejahterakan setiap tumpah darah Indonesia. Sehingga Jurang perbedaan terus mengangah. Mana tanya yang dulu pernah kau ucap sebagai kerancuan, sekarang tanya itu berbalik menyapa engkau pagi kemarin dan masih dilanjutkan sampai besok. Berapa banyak janji masih akan ditabur sebagai bagian dari kerja yang hanya menaikkan anggaran bagi diri sendiri, yang berputar-putar tak karuan mengamati sekeliling issue pertambahan jumlah kelahiran, juga melesatnya keinginan yang ditulis sebagai butuh? Tunggulah hingga bosan, miskin akan semakin kentara. Miskin itu kembali dibiarterlantarkan kembali pada jalan hidup masing-masing. Ada beberapa pertimbangan untuk menyapa dalam sakit hati, ada sedikit lirik untuk menghindar sebab hasrat sudah terkabul, ada malu yang lebih besar dari kemalumiskinan, bahwa, isi kepala itu sudah seragam mengumumkan kaya dalam bentuk materi yang boleh dijangkau sejumlah uang dan surat-surat kenangan. Bila kau pernah mengingatnya, hanyalah kenangan itu diurai menjadi lembar-lembar proposal untuk memacu hutang lebih banyak dan sudah menyumbat segala saluran menuju samudera luas. Sehingga banjir bencana yang tiba sekarang ada alasan untuk mengelak dan membelakangi. Bagai sajak sunyi ia terbaring di helai-helai sosialisasi yang diterbangkan angin, dan bertualang jauh di awan-awan. Revolusi semesta berkalang ketika pergi begitu saja, menjadi bahan kampanye untuk mengganti judul di tema yang tetap sama, tersentralisir. Issue-issue basi yang sudah sekian lama menduduki sofa empuk kekuasan. Di sana ia tidur dan mengajak semua khalayak bermimpi lebih lama lagi. Tapi, negara belum mau mengidentifikasi persoalan rakyat dan membela rakyat sebagai bagian dari sistem, yang semestinya mendapat hak yang sama. Selaksa cerita pernah menggelayut di benak. Tentang penundaan dan keterlambatan yang sudah terbanting, tumbang di jalan hidup yang terhalang. Begitu banyak yang dilupa, supaya tuntas segala perkara di wacana “akan diseriusi”. Keteledoran yang disengaja berselimut dalam dendam jangan-jangan mengurung sesuap harapan ke depan, sehingga kita tetap terpenjara pada masa silam kelam dan mencekam. Pengumuman pesan kemarin bersama segudang prestasi jadi basi, tak ada yang mampir dan memberi salam pada jabatmu yang punah arti. Bila kau terjaga esok siang, ingatlah, dunia sudah sekian jauh beredar meninggalkan deru pertikaian kepentingan, dan waktu bagi yang ingkar akan segera menemui ganjarannya. Redaksi REDAKSI menerima tulisan dalam bentuk opini, cerita, puisi atau apa saja. Redaksi berhak mengedit tulisan tanpa mengurangi makna yang dikandung tulisan itu. Kirimkan tulisan anda ke: redaksi@swarakita-manado.com atau langsung di antar ke redaksi d/a: Mega Smart VIII No.7 Kawasan Mega Mas Boulevard Manado Telp: 0431 841060, Fax: 0431 841071

Otonomi daerah masih bermimpi

Air sumber kehidupan (1) Oleh Fadil Abidin

AIR adalah sumber kehidupan. Tapi di Indonesia, air justru menjadi sumber bencana dan masalah. Pemberitaan mengenai banjir atau tanah longsor selalu menghiasi media massa yang tiada habisnya. Tapi sesungguhnya bukan airnya yang menjadi biang masalah tapi justru manusialah yang menyebabkan itu semua. Sebagai negara kepulauan dan terletak di iklim tropis,

Indonesia nyaris tidak pernah kekurangan air karena hujan bisa turun sewaktu-waktu sepanjang tahun. Indonesia termasuk negara penghasil cadangan air terbesar dunia. Tapi mungkin karena persediaan air yang berlimpah itu pula membuat bangsa kita tidak menghargai air. Pohonpohon sebagai penyimpan cadangan air di hutan dan di gunung kita tebang, sungai-

sungai dipenuhi sampah dan mengalami pendangkalan. Ketika musim hujan tiba timbullah bencana longsor dan banjir di mana-mana. Hampir semua danau di Indonesia juga mengalami pendangkalan yang hebat, termasuk Danau Toba. Air memang melimpah di Indonesia tapi sebagian besar telah tercemar. Kondisi masyarakat yang tidak menghargai air sebagai sumber kehidupan ternyata juga menimpa kebanyakan negara lain di dunia.Maka Hari Air Sedunia diperingati setiap tanggal 22 Maret, inisiatif peringatan tersebut

tercetus pada United Nations Conference on Environment and Development (UNCED) yang diselenggarakan di Rio de Janeiro, Brasil atau secara populer disebut sebagai Earth Summit (KTT Bumi) 1992. Pada Sidang Umum PBB ke-47, pada 22 Desember 1992 melalui Resolusi Nomor 147/1993, hasil persetujuan dari Earth Summit diterima dan sekaligus ditetapkan pelaksanaan Hari Air Sedunia pada setiap 22 Maret mulai tahun 1993. Setiap tahunnya pada Hari Air Sedunia terdapat tema khusus agar menjadi perha-

tian bagi warga dunia tentang betapa pentingnya air sebagai sumber kehidupan. AIR UNTUK KEHIDUPAN Menurut Teori Darwin, kehidupan bermula dari air. Di dalam air makhluk hidup yang awalnya hanya makhluk satu sel berkembang biak dan melakukan evolusi selama ratusan juta tahun sehingga menghasilkan makhluk yang bersel banyak (unisel). (bersambung)

Berpijak di desa menentang neo-liberalisme (1) Oleh: Nug Katjasungkana Penulis adalah pekerja pada Jaringan Kerja Budaya BEBERAPA tahun lalu sekitar tiga ribu orang terkaya sekaligus paling berkuasa di dunia berkumpul dalam Forum Ekonomi Dunia yang diselenggarakan di Davos, Swiss. Hadir antaranya para petinggi perusahaan raksasa seperti Coca Cola, McDonald’s, Shell dan Nestlé serta direktur dan wakil-wakil Bank Dunia,

IMF serta WTO. Di tengah kenyamanan resort elit mereka menyusun agenda penguasaan ekonomi dunia, sekaligus melakukan evaluasi untung-rugi terhadap apa yang telah dilakukan sebelumnya. Mereka yang hadir bicara dalam bahasa halusterpelajar, penuh sopan santun dan berpakaian necis. Media pun ramai-ramai

meliput, menyiarkan isi pembicaraan sungguh mencengangkan. Di tempat ini para penguasa dunia membicarakan nasib jutaan orang miskin di seluruh dunia. Dengan satu lemparan senyum atau anggukan kepala tanda setuju, ribuan orang mungkin akan berubah nasib, terlempar dari tanah mereka atau menjadi pengangguran untuk selama-lamanya. Pada saat yang sama di Porto Alegre, Brasil, ribuan kaum tani tak bertanah, intelektual, buruh, seniman

dan aktivis menyelenggarakan Forum Sosial Dunia. Di ibukota Rio Grande do Sul ini, rakyat yang pegang kuasa, di bawah pimpinan Partai Buruh (Partido dos Trabalhadores). Daerah ini juga adalah rumah bagi ratusan ribu anggota gerakan tani “gaya baru”, Movimento dos Trabalhadores Rurais Sem Terra (MST) atau gerakan buruh pedesaan tidak punya tanah, yang memimpin perjuangan kaum tani dalam merebut haknya atas tanah

di seluruh negeri. Gerakan ini tumbuh sebagai perlawanan terhadap kebijakan neoliberal yang diadopsi oleh pemerintah Brasil selama belasan tahun. Seperti umumnya negeri-negeri kapitalis Dunia Ketiga, pemilikan tanah di Brasil sangat timpang. Kebanyakan tanah pertanian yang subur dikuasai oleh segelintir orang kaya.

(bersambung)

KITA, SEJARAH DAN KEBHINEKAAN:

Merumuskan kembali Keindonesiaan (12) Oleh I Gusti Agung Ayu Ratih takenfrom: sastra pembebasan Logika ini agak sulit dipahami karena patriarki juga tumbuh subur dalam gerakan-gerakan lain yang menyatakan dirinya sekuler, progresif revolusioner, kiri, dst. Justru di kalangan yang konon beraspirasi sejiwa inilah tugas kaum feminis mencerdaskan bangsa patriark sering bertemu jalan buntu. Di sisi lain, saya menentang gerakan ini bukan saja karena ia

mengurangi kebebasan perempuan dan kebebasan individu-individu lainnya tetapi juga berlawanan dengan semangat nasionalisme kerakyatan yang melahirkan Indonesia. Maka kita tidak bisa hanya menimbang ancaman gerakan ini bagi perempuan; kita harus mampu memperhitungkan pula sistem dominasi lebih luas yang dibayangkan para

pendukung gerakan ini. Saya menduga banyak dari kita menggunakan istilah ‘fundamentalisme’ untuk menggambarkan pandangan tidak toleran, picik, tidak luwes, dan kelewat ortodoks. Istilah ini, yang kita pinjam dari bahasa Inggris, adalah hujatan yang kita lontarkan kepada pihak lain. Jarang seseorang mengakui dirinya fundamentalis. Tetapi kalau kita pertimbangkan arti harafiah istilah tersebut kita mungkin akan bertanyatanya apa masalahnya

menjadi fundamentalis. Istilah ini semata-mata berarti memiliki komitmen terhadap hal-hal yang fundamental. Saya ragu apakah ada banyak orang yang mengaku beragama akan mengatakan bahwa mereka tidak peduli akan hal-hal yang fundamental dalam agamanya dan hanya mengikuti segala sesuatu yang sifatnya periferal dan tak terlalu penting. Misalnya, apakah seorang penganut Kristen akan mengatakan, ‘Oh, saya ngga percaya soal-soal

Yesus Kristus, tapi saya senang sekali dengan hiasan Natal?’ Kebanyakan debat di kalangan penganut suatu agama, terutama agamaagama Samawi, berkisar pada penafsiran yang berbeda-beda tentang apa yang dianggap hal-hal fundamental. Menurut saya istilah fundamentalisme tidak menggambarkan dengan tepat masalah yang kita hadapi dewasa ini. (bersambung)

KATANYA desentralisasi merupakan kesempatan daerahdaerah untuk mendorong investasi tanpa tergantung pusat. Kesempatan itu dapat digunakan daerah untuk menggerakan pembangunan berbasis sumberdaya alam. Namun, kami menilai bahwa pemerintahan yang ada saat ini belum berhasil menjawab kesejahteraan rakyat di daerah ini. Dan lagi mereka belum berani melawan korupsi dalam tubuh birokrasi, serta terlalu mengikuti keinginan para elite daerah yang sering menguras Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah. Pemerintah daerah kita juga tidak berani menolak berbagai kebijakan pemerintah pusat yang merugikan rakyat, seperti kebijakan kenaikan harga, kenaikan tarif dasar listrik, kenaikan harga eceran tertinggi pupuk, kenaikan biaya kesehatan dan pendidikan; yang semua itu adalah kebijakan pusat dalam rangka mencabut subsidi kepada rakyat. Demikian juga untuk pertambangan. Pemerintahan kita masih setengah hati menolak kontrak karya pertambangan yang hanya menguntungkan pihak ‘asing’, contohnya ada beberapa yang masih beroperasi di wilayah Bolaang Mongondouw, padahal aktivitas pertambangan itu jelas-jelas berdampak pada lingkungan hidup di daerah kita. Sejarah lahirnya UU Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah dan UndangUndang Nomor 25 Tahun 1999 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah, yang memberikan kewenangan luas kepada daerah untuk mengatur serta mengurus kepentingan masyarakat setempat, sesuai dengan prakarsa, aspirasi masyarakat yang sejalan dengan semangat demokrasi. Sejalan dengan perjalanan waktu, kebijakan tersebut menuai banyak persoalan, antara lain masalah kordinasi antar daerah otonom tingkat provinsi dan kabupaten, munculnya “raja-raja kecil” di daerah yang cenderung melakukan abuse of power yang mengabaikan nilai etik dalam berpolitik, sulit melakukan supervisi daerah otonom dan lain sebagainya. Dan inilah yang terus terjadi saat ini. Walau kemudian pemerintah mengeluarkan kebijakan mengenai otonomi daerah, yakni dengan pemberlakuan Undang-Undang Nomor 32/ 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan Undang-Undang Nomor 33/2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintahan Pusat dan Daerah. Semangat yang terkandung dalam undangundang tersebut tidak ditujukan untuk melakukan “resentralisasi” atas apa yang telah didesentralisasikan, namun lebih ditujukan untuk mengurangi dampak negatif dan menambah manfaat positif dari otonomi daerah sebagai salah satu agenda utama reformasi. Namun ini juga belum terjadi sekarang. Sementara, para legislator kita masih mementingkan diri sendiri dengan menghamburkan uang rakyat. Legislator menghambur-hamburkan uang rakyat dengan alasan perjalanan dinas ke luar negeri, membeli mobil dinas mewah, meminta biaya asuransi yang tinggi, kenaikan gaji tinggi dan berbagai fasilitas lainnya. Itu semua merupakan cermin dari budaya politik internal partai yang dibawa-bawa dalam mengolah pemerintahan daerah. Otonomi daerah masih saja terus bermimpi. Padahal, semua masyarakat berharap supaya ada perubahan mendasar dari sistem dan model pemerintahan yang masih dianut sekarang, supaya otonomi daerah dapat membawa masyarakat pada kesejahteraan dan kemakmuran yang nyata. J.E.E.S. Minahasa

KOMISARIS UTAMA: Ina Eryana. KOMISARIS: Christianus H. DIREKTUR UTAMA: Meilany Mongilala. DIREKTUR: Hendra Zoenardjy. WAKIL DIREKTUR: Michael Towoliu. PEMIMPIN REDAKSI: Hendra Zoenardjy. WAKIL PEMIMPIN REDAKSI: Donny Wungow. REDAKTUR PELAKSANA: Glenly Bagawie. KOORDINATOR LIPUTAN: MUSYAWARAH REDAKSI: Hendra Zoenardjy, Michael Towoliu, Ronald Rompas, Donny Wungow, Glenly Bagawie. REDAKTUR: Glenly Bagawie, Tonny Mait, Finda Muhtar. REPORTER: Deddy Wakkary, Hanny Rais, Robby Liando. BIRO-BIRO: Glenly Bagawie (TOMOHON), Rommy Kaunang (MINAHASA), Rusdianto Rantesalu (MINUT), Servi Maradia (MINSEL), Stenly Lumempouw (MITRA), Wolter Pangalila (BITUNG), Sam Daleda (SANGIHE-TALAUD), Stenly Gaghunting (SITARO), Verdynan Manoppo (KOTAMOBAGU-BOLMONG), Faruk Langaru (BOLTIM-BOLSEL), Kurniawan Golonda (BOLMUT). KONTRIBUTOR: Syaiful W Harahap (KHUSUS KESEHATAN). FOTOGRAFER: Bobby Rambing, KOORDINATOR ARTISTIK: Fadjrin Haryanto. STAF ARTISTIK: Richard Tamara, Vecky Sentinuwo, Bobby Rambing, Alphen Mamentu. SEKRETARIS REDAKSI: Angelia Natasia Herline. MANAGER IKLAN: Herry Bagau, KOORDINATOR IKLAN: Stembri F Legi. STAF IKLAN: Denny Moningka, Hervy Sumarandak, Malik Thaib, Romel Najoan,Denny Sumolang, Didik Agusprianto. ADMINISTRASI IKLAN: Nancy Bertha. MANAGER PEMASARAN: Noldy Poluan. STAF PEMASARAN: Meisisco Gaghana. DISTRIBUSI: Jendra (Minahasa, Tondano, Tomohon), Sterfi Lumangkun (Bitung), Alfrits Samolah (Minahasa), Marchel Wowor, Denny Poluan, Steven Manengkey (Manado). PACKING: Samiun Hulantu. KOLEKTOR PEMASARAN: Reinold Welong, ADMINISTRASI: Lisa Wuisan. STAF UMUM: Deydi Mokoginta. SEKRETARIS/BENDAHARA PERUSAHAAN: Nancy Bertha. PENERBIT : PT. Sulut Lestari Press, PERCETAKAN: PT. Manado Media Grafika (Isi di luar tanggung jawab percetakan) HARGA Langganan: Rp. 45.000,-/bulan (luar kota tambah ongkos kirim) TARIF Iklan: Rp. 9000/mm kolom (BW), Rp.15000/mm Kolom (FC), ALAMAT: Mega Smart VIII No.7 Kawasan Mega Mas Boulevard Manado, Telp (0431) 841060, Fax: (0431) 841071 PERCETAKAN: Jl. AA Maramis, Kairagi, Manado. Telp (0431) 812777


Asyik

TIPS ASYIK

“Ia datang ke dunia untuk menjadi hatiku, hatimu, hati kita” Dimanakah jalan yang harus kutempuh.........? Hanya melalui jalan pertobatan, derita dan sedih dapat dibagi bersama...... dengan demikian betapa indahnya kita menikmati kedamaian. Hanya melalui jalan pertobatan, saling pengertian semakin kita nikmati..... dengan demikian terciptalah saling menerima dan menghargai dalam kebahagiaan sejati....... Jika tak ada lagi jalan pertobatan yang mewarnai hidupku, hidupmu, hidup kita..... bagaimana mungkin gunung hati kita dapat diratakan. Jika tak ada lagi jalan pertobatan yang menghiasi hidupku, hidupmu dan hidup kita..... bagaimana mungkin jalan dan lorong hati kita di luruskan. Dan..... Andaikan gunung dan bukit hati hidup kita dapat diratakan.... dan andaikan setiap jalan dan lorong hati hidup kita di luruskan... Oh...... betapa bahagia hatiku, hatimu dan hati kita... karena engkau dan aku dapat mengalaminya..... maka tak perlu disangkal bahkan tak ada alasan apapun untuk menghalanginya.... bahwa: DIA yang datang sebagai pembawa damai, datang dan hadir di dunia untuk “MENJADI HATIKU, HATIMU , HATI KITA” Semoga hati yang bertobat menguasai hidup kita, dan dapat kita tunjukan dalam setiap tingka laku kita, sambil menyongsong hari kedatangan-Nya yang mulia dan menghantar kita semua dalam kebhagiaan sejati. oleh Fr Yoseph Bille

6

Anak Sekolah Yang Ingin Kreatif

SABTU 9 FEBRUARI 2013

Workshop jurnalistik liputan bencana

AJI libatkan pers mahasiswa Manado—Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado, ikut berperan meningkatkan kualitas sejumlah pers mahasiswa di Provinsi Sulut. Ini terbukti dengan keikutsertaan perwakilan Pers Mahasiswa Inovasi dari Univeristas Sam Ratulangi Manado (Unsrat) dan Student Press Society (SPS) Universitas Negeri Manado (Unima) dalam Workshop Jurnalistik Liputan Bencana Jumat (8/2) kemarin di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulut. Kegiatan tersebut dibukan langsung Kaban BPBD Provinsi Sulut Ir Hoyke Makarawung. “Kondisi Sulut dan sekitarnya merupakan wilayah rawan bencana baik secara geografis, geologis, hidrologis, dan demografis. Kondisi daerah Sulut berada di pertemuan beberapa lempeng tektonik bumi, dikelilingi beberapa gunung berapi, daerah kepulauan, dan oleh sebab itu hampir sebagian besar potensi ancaman bencana berada di wilayah sulut dan sekitarnya seperti tsunami, banjir, gempa bumi, tanah longsor, gunung api, gelombang pasang air laut, kebakaran, konflik sosial dan teror,” ujar Makarawung yang menjelaskan latar belakang dibentuknya Perda Sulut

KELUARGA BESAR

no. 4 tahun 2008 tentang pembentukan badan dan instansi daerah. Dalam kesempatan tersebut, Kaban BPBD Provinsi turut memberikan materi tentang upaya pemerintah dalam menanggulangi bencana di daerah. Hadir sebagai pemateri, Pembantu Rektor (PR) Bidang Kemahasiswa Uni-

versitas Katolik De La Salle Valentino Lumowa yang membaw amateri terkait hubungan manusia dan alam, Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado Yoseph Ikanubun tentang kode etik jurnalistik untuk peliputan bencana dan Sekretaris AJI Manado Ishak Kusrant tentang teknik meliput bencana. Menurut Sekretaris

Jendral (Sekjen) SPS Unima Andreas Lalogiroth, kegiatan workshop seperti ini sangat penting bagi pers mahasiswa agar semakin kompetitif. “Kami sangat senang bisa ikut terlibat dalam sebuah kegiatan bersama banyaknya insane pers di Sulut. Semua materi yang diberikan memberikan banyak pengetahuan bagi kami agar

PR Bidang Kemahasiswa Unika De La Salle Valentino Lumowa saat membawakan materi, yang dimoderatori Sekretaris AJI Manado.(foto: finda/sk)

lebih baik lagi, terlebih jika nanti bergelut sebagai pekerja pers,” kata Andreas. Tak hanya pers

mahasiswa, kegiatan kemarin juga ikut dihadiri kurang lebih 30 insan pers di Sulut.(emem)

REKA MAU MEREKA

Gak perlu berlebihan!! Kamu dianugerahi Tuhan, sebuah tubuh yang spesial. But sayangnya, cuman karena televisi, internet en media lainnya, kadang membuat remaja berpikir bahwa penampilan adalah segalanya. Malah ada remaja yang saking ingin tampil cool, bikin tato dan menindik tubuh mereka. Yang cewek gak ketinggalan pake baju-baju seksi. Tapi sebenernya, kamu pasti gak ingin punya temen yang menilai penampilan luarmu saja kan? Nah, kamu harus jaga baik-baik tubuh kamu en dan gak perlu show off guys!!

AYUTARI JADI remaja, susah-susah gampang. Banyak hal yang menyenangkan, tapi banyak juga bahayanya. Buat yang suka dandan berlebihan, coba deh bayangkan tubuhmu adalah mobil idamanmu. Kamu gak akan mendekorasinya secara berlebihan kan? Karena mobil kamu yang bagus itu malah jadi gak keliatan kerennya karena didandani too much dan bakalan cepet rusak.

SHELY SHOW off sebetulnya luapan perasaan remaja yang gak enak dan mereka ingin orang lain tau. Mereka menampilkannya lewat cara mereka berpakaian dan berperilaku. Sayang, terkadang remaja lupa, bahwa tubuh perlu dirawat dan dijaga. Remaja sih sering terpengaruh en pengen cepet-cepet dewasa supaya bisa pakai baju seperti remaja/orang dewasa di televisi atau internet.(*)


Olahraga

JUMAT 8 FEBRUARI 2013

BOLARON

Messi tidak berakhir di Barca SOSOK pesepakbola terbaik dunia saat ini, Lionel Lessi memang tidak bisa dilepaskan dari klub Barcelona. Kecintaan Messi kepada El Barca juga sudah tidak diragukan lagi, terbukti dari sejak awal dia memulai karier sepakbola, Barcelona menjadi satu-satunya klub yang dibela hingga kini. Sinergi antara klub dan pemain yang terjadi pada Barcelona dan Messi sangat kuat. Kesuksesan Blaugrana meraih banyak gelar bergengsi, tidak lepas dari peran pemain berjuluk Messiah ini. Sebaliknya, Berbagai penghargaan individu yang diraih Messi juga tidak bisa dilepaskan begitu saja dari didikan Barcelona. Baru-baru ini, Pihak klub telah mengikat pemain peraih Ballon d’Or empat kali berturut-turut ini meski kontraknya baru akan berakhir pada 2016. Dengan perpanjangan kontrak baru ini, Messi akan bertahan di Camp Nou hingga 2018. Meski begitu, Barcelona bukanlah satu-satunya yang ada di hati Messi. Pasalnya, dia sendiri membuka peluang untuk hengkang ke klub lain meskipun urung terjadi dalam waktu dekat ini. Seolah tak ingin melupakan Negara asalnya, Argentina, Messi tidak bisa memyembunyikan keinginannya untuk mengakhiri karier sepakbolanya di tanah kelahirannya itu. “Saya sudah mengatakan ini beberapa kali, di Eropa, saya akan mengakhiri karier di Barcelona. Tetapi, saya juga tidak mengesampingkan kemungkinan untuk mengakhiri karier di tanah kelahiran saya, Argentina,” ujar Messi, seperti dikutip Tribal Football, Jumat (8/2).(okez)

Hamsik ... dari Halaman 8 Raiola yang juga menjadi agen Mario Balotelli dan Zlatan Ibrahimovic mengaku bahwa Hamsik bukan pesepakbola yang suka berganti klub. Oleh sebab itu ia yakin striker asal Slovakia itu akan menolak sejumlah tawaran yang datang pada akhir musim nanti. “Saya mengenal Marek Hamsik dengan sangat baik dan dia sangat berbeda dngan kabanyakan pesepakbola. Dia sangat suka hidup di kota Naples, dia sangat terikat dengan klub,” ungkap Raiola seperti dikutip Football Italia, Jumat (8/2/2013) “Saya tidak berpikir bahwa dia akan meninggalkan Naples dan Napoli. Saya yakin dia akan mengakhiri karinya di Napoli dan dia tak akan pernah mengenakan kpstum klub lain,” tambahnya. Hamsik pada musim ini mampu tampil impresif pada musim ini. Tercatat, pemain berambut Mohawk itu mampu membukukan sem-bilan gol di 23 pertandingan Serie A.(sdnc)

Zaccardo ... dari Halaman 8 “Kami memiliki para penyerang muda yang melakukan tugasnya dengan sangat baik. El Shaarawy sangat cepat, Balotelli pemain yang lengkap, sementara Niang adalah pemain yang bagus dengan usia yang masih bagus,” papar pemain berusia 31 tahun ini. “Dan jangan lupakan pemain seperti Robinho, Pazzini, dan Bojan,” tutupnya. Zaccardo baru bergabung dengan Milan dari Parma pada Januari lalu setelah Rossoneri menukarnya dengan Djamel Mesbah. Sebelumnya, Zaccardo juga sempat memperkuat klub Bundesliga, Wolfsburg.(okez)

Jadi ... dari Halaman 8 “Ini adalah kepuasan besar bisa memerankan salah satu ikon dari Karnaval Venesia. Turun di Campanile di Piazza akan menjadi emosi yang kuat karena saya tidak pernah melakukan hal seperti itu,” kata pebola voli berjuluk The Queen itu, seperti dikutip situs resmi Karnaval Venezia. Presiden dari Venezia Marketing & Events, Piero Rosa Salva, menambahkan bahwa, “The Flight of Eagle di karnaval kami melambangkan semangat dan kekuatan, dan itu sangat cocok dengan sosok Francesca Piccinini yang menjadi ikon sejati olahraga Italia.” Sementara itu, sebagai atlet voli profesional, Piccinini telah empat kali membela tim Italia di Olimpiade (2000, 2004, 2008 dan 2012), dan ia pernah membawa Italia menjadi pemenang di Kejuaraan Dunia Voli 2002 di Jerman. Selain itu, atlet kelahiran 10 Januari 1979 itu juga telah menorehkan beberapa prestasi tertinggi lain bersama Italia.(sdnc)

7

Marquez akui level Motogp sulit ANTUSIASME dan keadaan yang dirasakan Marc Márquez, ternyata berbeda kala sang rookie, baru saja mencicipi tes kompetitif di Sepang lalu. Rider yang belum lama ini promosi dari Moto2, menemukan kenyataan bahwa yang namanya menunggangi kuda besi kelas MotoGP, tak semudah yang dibayangkan. Pasalnya, rider debutan Honda tersebut terjatuh dari motor saat menjalani tes hari ketiga di Sirkuit Sepang. Tak mudah bagi pembalap Honda Repsol itu dalam artian konstan atau tampil stabil dan konsisten, setidaknya untuk satu seri penuh. Mungkin untuk satu-dua lap, Márquez bisa sesumbar, tapi ketika lap demi lap dilahap, Márquez merasa kesulitan mempertahankan konsistensi performanya. “(Level) MotoGP ternyata cukup sulit. Oke, mungkin dalam satu atau dua lap, Anda merasa mampu, tapi buat saya yang paling sulit itu untuk tetap berusaha konstan,” ungkap Márquez, sebagaimana dikutip Crash, Jumat (8/2). Dari hasil tiga sesi tes, mungkin Marquez bisa

RIDER debutan Honda, Marc Marquez mendapat apelajaran berharga ketika terjatuh dari motor saat menjalani tes di Sirkuit Sepang

bangga, tapi dirinya masih kurang puas dengan feel atau setidaknya “chemistry” antara dirinya dan motor RC213V miliknya. Memang, November lalu Márquez sudah sempat menjajal, tapi baru kali ini Márquez merasakan motornya di event kompetitif meski hanya sebatas sesi uji coba.

FORMULA 1

Massa mulai unjuk gigi

TIGA hari sesi latihan resmi F1 di Sirkuit Jerez menghadirkan tiga pembalap tercepat. Jika hari pertama milik Jenson Button, dan berikutnya Romain Grosjean. Di hari ketiga, giliran Felipe Massa yang unjuk gigi sebagai pembalap tercepat. Tampil kurang memuaskan di hari pertama dan kedua, pendamping Fernando Alonso di skuad Ferrari ini tampil mengesankan di hari ketiga. Massa menyelesaikan sesi ketiga dengan catatan waktu terbaik. Pembalap veteran Brasil ini menorehkan waktu terbaik 1 menit 17.879 detik dari total 85 lap yang dilahapnya. Massa mengalahkan catatan waktu milik Nico Rosberg (Mercedes) yang harus puas berada di tempat kedua.

“Selalu menyenangkan bisa mengakhiri hari dan melihat nama Anda di tempat pertama. Tapi, jujur ini tidak berarti apa-apa,” ujar Massa usai tes sebagaimana dikutip Sky Sports. “Tapi, hasil ini sedikit membuat kami tenang. Andai saja saya berada di urutan terakhir, maka saya akan sedikit frustrasi, karena di tim besar selalu ada tekanan,” pungkasnya. Sementarai itu, juara dunia, Sebastian Vettel (Red Bull) tampil cukup baik di hari ketiga ini. Pembalap Jerman tersebut sukses melahap 102 lap. Sayang, catatan waktu Vettel masih kalah dari Massa dan Rosberg sehingga membuatnya harus puas berada di tempat ketiga.(okez)

“Saat ini, saya masih mengendarai motor standar 2013. Seperti November lalu, saya hanya terus berusaha menyesuaikan gaya membalap saya dengan motornya. Di sesi tes berikutnya, mungkin, saya baru akan mengadaptasikan motornya dengan gaya saya,” imbuh pembalap berusia 19 tahun

tersebut. Tetapi, Márquez tentu merasakan perbedaan perkembangan yang selama ini diupayakannya meski terbilang setahap demi setahap. Mungkin untuk gelar, Márquez belum berani lantang mengincarnya. Joki pemula MotoGP ini hanya ingin mencari “titik” konsistensi

untuk debut musimnya. “Saya senang karena setiap hari, saya merasa lebih baik dengan motornya dan ini yang paling penting. Di tiap harinya, saya merasa lebih dekat dengan yang namanya konsisten dan setiap hari, saya mencoba hal-hal baru. Selama ini, informasi yang

saya berikan, selalu tepat untuk tim,” lanjut Márquez. “Selangkah demi selangkah, saya mulai memahami MotoGP, tetapi masih ada banyak waktu tersisa di pra musim. Jadi, saya berharap bisa terus belajar seperti ini,” tandas pembalap kelahiran Cervera tersebut.(okez)

Pemain Milan berlibur di Bali SEDIKITNYA 16 pemain veteran AC Milan berlibur di Bali sekaligus bertemu para penggemar fanatik salah satu klub elite Liga Serie A Italia itu di Pulau Dewata. Para pemain yang tergabung dalam AC Milan Glorie itu berada di kawasan Nusa Dua, Kabupaten Badung, sejak Rabu (6/2) hingga Sabtu (9/2). “Ini merupakan kedua kalinya kami berkunjung ke Bali dan bertemu Milanisti (julukan penggemar fanatik AC Milan). Bagi kami, mereka sangat penting,” kata Daniele Massaro, salah satu pentolan AC Milan Glorie di Nusa Dua, Jumat. Selain Massaro, beberapa legenda AC Milan yang berada di Bali itu di antaranya Andriy

Shevchenko, Paolo Maldini, Franco Baresi, Serginho, Massimo Taibi, Alessandro Costacurta, Roque Junior, Massimo Oddo, Marcel Desailly, dan Hernan Crespo. Massaro yang kini berusia 52 tahun itu menambahkan bahwa keberadaannya di Bali itu untuk persiapan pertandingan ekshibisi melawan Tim Indonesian All Stars di Jakarta. “Sangat menyenangkan bisa berlibur di Bali lagi karena cuaca di sini sangat bagus dan hangat. Kebetulan di Milan saat ini musim dingin,” kata pemain AC Milan era 1986-1995 itu. Pemain senior kelahiran Monza, Italia, 23 Mei 1961 itu mengungkapkan bahwa tidak ada persiapan khusus menjelang pertandingan

melawan Indonesian All Stars, tetapi timnya menginginkan pertandingan Sabtu (9/2) mendatang harus lebih baik daripada tahun sebelumnya. “Beberapa orang masih bermain dan beberapa ada dalam kondisi baik dan ada juga yang dalam kondisi tidak baik seperti saya mengalami sakit pinggang. Tetapi, kami harus lebih baik dibandingkan tahun lalu karena ada beberapa pemain baru masuk,” ujar Massaro.Selain menikmati suasana alam dan budaya Pulau Dewata, mereka juga menikmati liburan dengan bermain voli atau berjemur di Pantai Nusa Dua. Kedatangan para pemain legendaris itu pun disambut antusias para penggemarnya. Milanisti

mendatangi kawasan Bali Development Tourism Cooperation (BTDC) Nusa Dua untuk bertemu pujaannya. Dengan mengenakan Rossoneri atau kostum kebanggaan AC Milan, mereka meneriakkan yel-yel yang membuat suasana semakin hangat. “Saya sangat senang bisa bertemu langsung dengan pemain veteran AC Milan. Saya merupakan penggemarnya karena banyak prestasi yang mereka torehkan,” ujar Ati Amani, salah satu penggemar AC Milan. Rencananya, dia bersama rekan Milanisti lainnya bertolak ke Jakarta untuk menyaksikan pertandingan antara pemain legendaris itu dengan All Indonesian Stars di Stadion Utama Gelora Bung Karno.(komc)

Li Na absen di Qatar Terbuka PETENIS asal China, Li Na dipastikan absen di Qatar Terbuka yang akan dimulai Senin (10/2). Petenis nomor 5 dunia tersebut masih bergelut dengan cedera kaki. Cedera tersebut diraih Li Na saat berhadapan dengan Victoria Azarenka dalam laga final Australia Terbuka 2013.

“Li Na mundur dari Qatar Terbuka karena mengalami cedera kaki yang belum sembuh sejak final Australia Terbuka,” demikian pernyataan WTA lewat akun Twitternya. Sementara itu, Li Na menyatakan akan ambil bagian di Hongkong Terbuka, 8 September 2014.

Namun, dia belum bisa memastikan karena semua bergantung kepada kondisinya. “Saya akan bertarung untuk mendapatkan kesempatan datang (ke Hongkong Terbuka pada tahun 2014). Semua bergantung kepada kondisi fisik saya, saya tak bisa mengaransi,”kata Li Na.(sdnc)

Martinez siap bungkam mulut besar Frampton KIKO Martinez membalas sindiran lawannya, Carl Frampton. Martinez sesumbar akan menutup mulut besar dari petinju asal Irlandia Utara tersebut. Seperti diberitakan

sebelumnya, kedua petinju akhirnya resmi bertarung 9 Februari di Odyssey Arena, Belfast. Frampton yang sudah lama menginginkan pertarungan ini, mengatakan bahwa dirinya akan lebih

baik ketimbang Martinez. Dia pun berjanji akan menganvaskan sang lawan. Menanggapi hal tersebut, Martinez balik menyerang. Menurut Martinez, petinju berusia 25 tahun itu terlalu

takut untuk bertarung di negerinya, Spanyol. “Saya sudah hadir di sini karena Frampton terlalu takut untuk datang ke Spanyol. Saya datang kemari untuk menutup mulut Frampton.

Dia terlalu banyak bicara dan saya berharap pada hari Sabtu nanti dia datang untuk melawan,”kata Martinez. “Frampton tak berani meninggalkan Belfast untuk apapun. Saya selalu berjuang

di luar (negeri saya) dan itu menunjukkan saya bukan pengecut seperti yang mereka katakan. Frampton bukanlah petinju yang b a i k , ” i a menambahkan.(sdnc)

kemenangan, dua kali dengan hasil imbang dan menelan dua kali kekalahan. Dipertandingan terakhirnya, mereka harus takluk dari tangan Manchester United dengan skor akhir 2-1 di Liga Inggris. Dia juga menambahkan kalau dirinya merasa senang dengan hubungan yang terjalin dengan pihak City

sehingga bisa untuk menghasilkan sebuah peminjaman pemain, dan tentu saja harapannya membuat tim ini bisa menjadi lebih baik lagi. Seperti yang telah diketahui, kalau Right to Dream Academy merupakan sebuah program latihan yang elit yang bisa memberikan sebuah kesempatan untuk para pesepakbola muda di

mana saja untuk bisa mengembangkan bakatnya dalam bermain sepakbola. Sedangkan kabar lainnya dari AC Milan bahwa pihak klub sudah mengumumkan tentang kedatangan Mario Balotelli. Striker timnas Italia tersebut telah setuju dalam melakukan penandatangan kontrak hingga 30 Juni 2017.(teem)

an dasar yang dimilikinya adalah, penempatan posisi, umpan akurat dan pengaruhnya di atas lapangan,” sambungnya memuji salah satu punggawa FC Hollywood. Lantas, kapan kira-kira striker yang digadanggadang punya kemampuan setara Lionel Messi dan

Cristiano Ronaldo ini membulatkan tekadnya untuk merantau ke Eropa? Neymar belum punya jawaban pasti. “Saya sudah memimpikan bermain di Eropa sejak kecil, tapi yang terpenting adalah bermain di mana saya bisa merasa nyaman dan bisa beradap-

tasi dengan tim. (Transfer) saya tidak harus ke Spanyol,” pungkasnya. Untuk saat ini, Neymar mengaku hanya ingin fokus meningkatkan performanya di Santos, demi membawa negaranya Brasil meraih sukses pada gelaran Piala Dunia 2014 yang kebetulan digelar di negeri Samba.(komc)

Misi ... dari Halaman 8 Dan tentu saja pihaknya bisa dengan cepat dalam memberikan keputusan tersebut. Pengumuman tersebut telah dibuat di situs resmi Milan. Balotelli datang ke Italia beberapa waktu lalu untuk melakukan tes kesehatan. Ia didatangkan dari City dengan nilai transfer 20 juta euro. Dan kabar terbaru lainnya, kalau

Balotelli akan segera diperkenalkan kepada publik Italia. Dari pertemuan terakhir dari kedua tim, Manchester City mampu meraih hasil yang baik dengan menumbangkan Southampton dengan skor akhir 3-2. Untuk lima pertandingan terakhir yang dijalani oleh Southampton, mereka meraih satu kali

Neymar ... dari Halaman 8 Neymar sendiri sebelumnya sempat melontarkan hasratnya bermain di Spanyol. Namun, bergabungnya Josep Pe Guardiola ke Bayern Munich mulai musim depan, membuatnya berubah pikiran. “Pada akhirnya, semua liga itu menarik, termasuk

Bundesliga. Bayern merupakan klub besar dengan pemain-pemain yang luar biasa. Bermain untuk Bayern ialah sesuatu ada dalam pikiran saya,” ujar Neymar dikutip Goal. “(Bastian) Schweinsteiger merupakan salah satu pemain terbaik yang pernah saya lihat. Kekuat-


BOLA

8

SABTU 9 FEBRUARI 2013

Misi City persempit jarak SPORTAINMENT

SERGIO Aguero kali ini menjadi tumpuan lini depan City sepeninggal Balotelli ke Milan.

LIGA Primer Inggris lanjutan pada akhir pekan ini tentunya menjadi momen yang bagus buat Manchester City yang akan bertarung di kandang Southampton, Minggu (10/ 1) pukul 00:30 WIB. Pasalnya, dengan meraup tiga poin, tentunya pasukan Biru Langit ini bisa persempit jarak dengan rivalnya, Manchester United yang bertengger diposisi puncak klasemen

sementara Premier League. Southampton pun tentunya tidak akan membiarkan kandangnya menjadi bulan-bulanan tim tamu. Mereka punya tekad untuk mengamankan tiga poin di hadapan publik meskipun lawan yang bakal dijamu merupakan salah satu tim papan atas. Modal lima pertandingan terakhir yang dijalani oleh City, mereka meraih empat kali kemenangan dan satu

kali dengan hasil imbang. Dipertandingan terakhirnya, City mampu ditahan imbang oleh Queens Park Rangers dengan skor akhir 0-0. City berada di posisi kedua dengan mengoleksi 53 poin dari 25 kali pertandingan. Sementara, untuk Southampton sendiri kini berada di peringkat ke-16

dengan mengoleksi 24 poin dari 25 kali pertandingan. Dari 13 kali pertandingan kandang yang dijalani City, mereka meraih sembilan kali kemenangan, tiga kali dengan hasil imbang dan menelan satu kali kekalahan. Sementara untuk Southampton, mereka meraih tiga kali kemenangan, lima kali dengan hasil

Neymar kirim sinyal ke Bayern FRANCESCA PICCININI

Jadi ikon karnaval SPIKER tim nasional voli putri Italia, Francesca Piccinini akan menjadi “Elang” dalam Carnival of Venice (Karnaval Venezia), sebuah acara tahunan yang digelar di kota Venezia, Italia. Sebelum tampil dalam acara utama yang akan diselenggarakan minggu depan, atlet voli cantik tersebut sudah mencoba beberapa kostum termasuk kostum prajurit berkuda abad ke-19 Baca: Jadi ( Halaman 7)

SANTER digosipkan bakal ke Spanyol, Neymar da Silva ternyata punya opsi lain terkait masa depannya. Striker Santos ini menyatakan minat untuk merumput bersama raksasa Jerman, Bayern Munich. Dalam beberapa bulan terakhir, masa depan Neymar selalu jadi bahan spekulasi. Striker 21 tahun ini kabarnya jadi buruan utama dua klub Spanyol, Real Madrid dan Barcelona. Tak hanya itu, klub kaya raya Inggris, Manchester City juga menaruh minat kepadanya. Baca: Neymar ( Halaman 7)

NEYMAR da Silva ternyata punya opsi lain terkait masa depannya.

imbang dan menelan empat kali kekalahan. Namun, sebuah kabar gembira bagi pecinta skuad Manchester City. Karena belum lama ini, didalam skuad ini telah kedatangan striker dari Ghana Godsway Donyoh dari Right to Dream Academy. Pemain yang didatangkan oleh Manchester City ini masih berusia 18 tahun. Seperti yang diberitakan oleh sebuah media olahraga, kalau City memang

telah menangambil keputusan untuk melakukan peminjaman terhadap pemain ini kepada klub yang bersangkutan dari Swedia Djurgarden untuk sisa tahun ini. Seperti yang diberitakan, manajer Djurgarden Magun Pehrsson mengatakan kalau Donyoh merupakan seorang pemain yang memiliki talenta yang cocok dengan permainan yang dimiliki oleh klub. Baca: Misi ( Halaman 7)

Hamsik bukan kutu loncat PERFORMA menawan gelandang Napoli Marek Hamsik mampu memikat sejumlah klub elit Eropa seperti Paris Saint-Germain (PSG), AC Milan, Chelsea dan Manchester City. Namun keinginan klub tersebut mendapatkan Hamsik nampaknya harus pupus. Pasalnya, agen Hamsik, Mino Raiola menyatakan bahwa klientnya tak akan

hengkang dari Napoli. Bahkan ia yakin pemain berusia 25 tahun itu akan gantung sepatu bersama Napoli. Baca: Hamsik ( Halaman 7)

Zaccardo: Lini depan Allegri tutup pintu buat Roma Milan terbaik di Italia terus BEBERAPA nama pelatih dikaitkan dengan AS DENGAN masuknya Mario Balotelli dalam daftar striker AC Milan, bek Rossoneri, Cristian Zaccardo percaya timnya memiliki barisan depan terbaik di kompetisi Serie A Italia. Selain Balotelli, lini depan Milan sudah terlebih dahulu diisi

nama-nama seperti, Stephan El Shaarawy, Giampaolo Pazzini, Bojan Krkic, Robinho, dan M’Baye Niang. Zaccardo yakin, Rossoneri punya masa depan cerah.

Baca: Zaccardo ( Halaman 7)

Roma demi mengisi kekosongan kursi kepelatihan usai memecat Zdenek Zeman. Salah satu pelatih yang masuk kandidat adalah Massimiliano Allegri. Seperti diketahui, I Lupi resmi memberhentikan Zeman sebagai pelatih tim menyusul performa yang inkonsisten tim asal Ibu Kota Italia tersebut. Sementara ini, Roma ditangani oleh caretaker Aurelio Andreazzoli sembari mencari pelatih baru. Kabar yang menyeruak bahwa Roma bakal membajak Allegri dari San Siro. Tak ingin rumor semakin meluas, pelatih AC Milan itu pun langsung menegaskan bahwa dirinya bakal tetap menjadi pelatih Stephan El Shaarawy dkk. “Ketertarikan klub besar seperti Roma itu sangat menyenangkan dan menunjukkan apresiasi terhadap pekerjaan saya,” ungkap Allegri, seperti dilansir Football-Italia. “Saya merasa terhormat, tapi saya juga senang di Milan.” Allegri yang pernah menjadi pelatih Cagliari

tersebut memang menorehkan kinerja yang baik di Milan hingga dirinya ditahan oleh I Rossoneri hingga Juni 2014. Hal tersebut juga ditegaskan Adriano Galliani bahwa Allegri bakal tetap di Milan. “Dia pelatih yang baik dan

kami selalu tahu itu,” kata Galliani. “Dia mengingatkan saya Carlo Ancelotti. Roma tidak bisa mencuri Pelatih dari klub lain. Dia masih akan menjadi pelatih Milan musim depan,” sambung wakil presiden AC Milan ini.(okez)


SABTU 9 FEBRUARI 2013 NOMOR 02198 TAHUN VII

KAMPUNGRON KELURAHAN PINAESAAN KECAMATAN WENANG

Sambut HPN, jalan Sudirman dipercantik

IBUKOTA Wawali minta satu komando amankan kota bersama, Dishub nyatakan tak ada pengalihan arus kendaraan

WALIKOTA saat menyapa salah satu warga yang rumahnya terbakar di Kelurahan Tanjung Batu.(foto: dewa/sk)

KEBAKARAN

Walikota datangi keluarga korban

Baca: Sambut ( Halaman 11 )

JAGARON LINGK. I BITUNG KARANGRIA KECAMATAN TUMINTING

PBL tahap I rampung

Baca: PBL ( Halaman 11 )

HPN

Disbertam ingatkan jam buang sampah MENGHADAPI Hari Pers Nasional (HPN) 2013, semua persiapan telah dilakukan Pemkot Manado, tidak terkecuali dengan penanganan sampah. Kendati begitu, Kadis Kebersihan dan Pertamanan (Disbertam) Manado, Julises Oehlers SH pun berharap agar para warga masyarakat tetap mentaati aturan terkait dengan jam buang sampah. “Kita menyambut tamu harus memberikan kenyamanan dengan kebersihan yang terjaga. Untuk itu, kami menghimbau agar masyarakat dapat ikuti ketentuan jam buang sampah sejak pukul 18.00 hingga 06.00 Wita,” harap Oehlers, Jumat (8/2) kemarin. Baca: Disbertam ( Halaman 11 )

9

Manado siap siaga

GUNA menyambut Hari Pers Nasional (HPN) yang sedianya terlaksana di Kota Manado Senin (11/2) pekan depan, membuat seluruh aparat kelurahan mulai melakukan pembenahan disegala bidang guna mempercantik wajah DEKER Rondonuwu. untuk menyambut tamu. Dari seluruh kelurahan yang ada di Kota Manado, khususnya Kelurahan Pinaesaan Kecamatan Wenang dalam menyambut akan HPN, wilayah ini lagi gencar-gencarnya mempersiapkan wilayahnya.

LINGKUNGAN I Kelurahan Bitung Karangria Kecamatan Tuminting, sejak Desember 2012 lalu telah merampungkan pembangunan infrastrukur dari bantuan dana Pembangunan Berbasis Lingkungan BERNO Moningka. (PBL) melalui Pemkot Manado. Hal ini dapat dibuktikan dari penyelesaian infrastruktur yang telah diselesaikan atas kerjasama Kepala Lingkungan bersama warga setempat untuk dana 40 persen tahap I, dengan total anggaran sekitar Rp12 juta.

TERBIT 16 HALAMAN Harga: Rp.2000,Luar Kota + Ongkos Kirim

PROSES gladi TNI bersama ormas dan Sat Pol PP Manado yang dihadiri Wawali Manado Harley Mangindaan.(foto:

tonny/sk).

Manado —Tanggung jawab mengamankan Kota Manado saat kedatangan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), adalah tanggung jawab bersama seluruh rakyat

Sulut. Karenanya, Wawali Manado meminta agar semua pihak satu komando untuk mengamankan ibukota provinsi ini. Hal ini ditegaskan Ai— sapaan akrabnya—saat

gladi resik pengamanan kedatangan Presiden RI yang digelar di pelataran parkir gereja Sentrum, Jumat (8/2) kemarin. “Harus satu komando semua. Amankan kota Manado.

PEMAKAMAN ADRIANUS TARORE

Generasi muda FKPPI diterjunkan 200 personil dan Barisan Muda BETA pilihan juga terjunkan 20 personil. Baca: Manado ( Halaman 11 )

Manado—Kepedulian Walikota Manado GS Vicky Lumentut terhadap warganya, terus dinampakkan. Seperti yang dilakukannya terhadap korban kebakaran di Lingkungan IV Tanjung Batu Kecamatan Wanea, Kamis (8/2) lalu. Bersama anggota Dekot Manado Conny Rumondor dan Deasy Roring, walikota bersahaja ini menyalurkan sejumlah bahan makan siap saji dan snack serta pakaian. Pelak saja, sambutan hangat dari warga mangalir deras bagi ketua PEKSi ini. “Sungguh kami bangga punya walikota seperti Pak Vicky. Mau turun dan menyentuh warganya secara langsung. Meski kami dalam kondisi yang memprihatinkan, kini seakan tidak terasa karena sudah dibantu oleh pak wali,” ujar Ibu

Nona Suruh, salah satu warga korban kebakaran. Seperti diketahui, bencana kebakaran beberapa waktu lalu itu telah meluluh-lantahkan kurang lebih 7 rumah dan 1 kantor, dengan korban mengungsi 14 kepala keluarga atau 47 jumlah jiwa. Dalam kesempatan itu, GSVL berharap kepada warga yang baru ditimpa musibah untuk tetap tabah menghadari terpaan pencobaan berat itu. Disamping warga dimintanya untuk mengucap syukur atas apa yang telah dilakukan oleh Tuhan yang Maha kuasa. “Meski dalam keadaan susah dan ditimpah musibah, saya tak henti-hentinya mengajak warga untuk tetap berdoa dan bersyukur apa pun yang terjadi. Baca: Walikota ( Halaman 11 )

Mbak Ayu, penjual jamu keliling

GSVL: Indonesia kehilangan putra terbaiknya Pendidikan anak jadi skala prioritas

Manado—Awan mendung menghiasi langit biru Manado setelah salah satu putra terbaik yang menjadi kebanggaan masyarakat Manado dan Sulut dan mantan atlit tinju terbaik Almarhum Adrianus Taroreh, telah berpulang kepada penciptanya. Haruh dan isak tangis keluarga maupun kolega mengiring sang maestro menuju keliang peristirahatan terakhir. Tak juga Walikota Manado GS Vicky Lumentu dan Wakil Walikota Manado Harley Ai Mangindaan, yang kali keduanya melayat dan mengikuti ibadah pemakaman di rumah almarhum dibilangan Bahu. Dalam suasana berkabung itu, GSVL

WALIKOTA dan Wakil Walikota Manado saat melayat ke rumah duka almarhum Adrianus Taroreh, kemarin.(foto: dewa/sk)

menyampaikan kebanggaannya kepada almarhum yang semasa hidupnya telah mengabdi, berpretasi dan membanggakan Manado, Sulut hingga Indonesia. “Indonesia kehilangan putra terbaiknya.

Karena tidak hanya keluarga, Manado dan Sulut, tapi bangsa Indonesia bangga dengan perjuangan dan karya terbaik almarhum. Baca: GSVL ( Halaman 11 )

Bertekat untuk menyekolahkan anaknya, dirinya bersama sang suami bekerja keras untuk mendapatkan lembaran rupiah demi menyekolahkan anaknya agar bisa selesai dan meraih cita-cita yang diinginkan. ADALAH Mbak Ayu, yang dalam keseharianya melakoni pekerjaan sebagai penjual jamu keliling. Pekerjaan itu sudah selama 5 tahun ia jalani dengan sendirian demi untuk menyekolahkan anaknya tercinta. Menawarkan segelas jamu dengan harga yang berfariasi, dirinya bisa mendapatkan keuntungan setiap hari dalam jumlah yang lumayan. “Saya menawarkan MBAK Ayu yang dalam keseharianya melakoni segelas jamu harganya ada yang Rp2.000 dan 3.000. pekerjaan sebagai penjual jamu keliling.(foto: bobby/sk) Dalam dalam setiap hari jualan rujak suami saya Swara Kita saat di temui saat menjual saya bisa untuk digunakan makan berkeliling berjualan di mendapatkan keuntungan sehari-hari serta biaya seputaran Jalan Samratusebanya Rp100 ribu. Hasil sekolah anak saya yang saat langi Manado. itulah yang setiap harinya ini duduk di bangku SD Baca: Pendidikan dikumpulkan bersama hasil kelas 5,” ungkap Ayu kepada ( Halaman 11 )


Ibukota

SABTU 9 FEBRUARI 2013

SOSIAL

Dinsos jaring 2 orang gila PROGRAM penertiban gelandangan dan pengemis (gepeng) yang dilakukan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Manado selama sepekan berjalan ini, berhasil menjaring 2 orang gila yang berkeliaran di Kota Manado. Demikian yang dikatakan Kepala Dinsos Kota Manado, Rum Usulu kepada Swara Kita, Jumat (8/2) kemarin disela-sela kegiatan Doa bersama untuk Kota Manado oleh Badan Kerukunan Seluruh Umat Beragama (BKSUA) di Hotel Peninsula Manado. “Dari program penertiban gepeng yang kami lakukan saat ini, ada dua orang gila yang telah diamankan oleh tim penertiban Dinsos Manado,” tandasnya. Usulu menambahkan, kedua orang gila yang terjaring dalam operasi penertiban ini telah dibawah ke rumah sakit jiwa untuk mendapatkan penanganan selanjutnya. Selain menjaring dua orang gila, Dinsos Manado juga menjaring puluhan gelandangan dan pengemis di beberapa titik yang ada di Manado. Para gelandangan dan pengemis yang terjaring langsung diberikan pembinaan dan dilepaskan kembali. “Para gepeng yang telah diamankan, kami berikan pembinaan dan mereka telah menulis surat pernyataan. Apabila mereka terjaring kembali dalam operasi penertiban, mereka akan kami bawa ke pihak kelurahan untuk ditindaklanjuti oleh pemerintah setempat,” tandasnya.(try22)

BENCANA ALAM

2012, Manado alami 102 bencana alam

BANJIR menjadi bencana yang sering terjadi di Manado.

SELURUH kecamatan yang ada di Kota Manado merupakan daerah yang rentan rawan bencana demikian yang dikatakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Manado, Maximilian Tatahede Sos kepada Swara Kita, Jumat (8/2) kemarin. Tatahede menambahkan dari 13 jenis bencana alam, ada 3 bencana alam yang sering terjadi di Manado yakni banjir, longsor dan angin puting beliung. “Dari 102 bencana alam yang terjadi tahun lalu di Manado, bencana alam yang sering terjadi yaitu banjir, longsor, dan angin puting beliung” ungkapnya. Selanjutnya Tatahede mengatakan dalam menanggulangi bencana alam BPBD menggunakan dana operasional sebanyak Rp9 juta. “Walaupun hanya mendapatkan dana yang kecil yakni Rp9 juta, tapi kami tetap akan mengoptimalkan dana yang ada,” jelasnya Ia menambahkan untuk bencana alam yang berskala besar, Pemkot Manado menyediakan dana on could yaitu dana siap pakai. “Pemkot manado telah menyediakan dana On could atau dana siap pakai. Dana ini untuk bencana alam yang berskala besar, dan untuk pencairannya harus melalui sepengetahuan walikota Manado,” tutupnya.(try22)

Kesehatan lingkungan kini jadi fokus GSVL sisir kota resmikan MCK komunal dan IPAL

GSVL saat meresmikan IPAL komunal di Kelurahan Kairagi II Kecamatan Mapanget.(foto: dewa/sk)

Manado—Konsep menjadikan Manado sebagai kota menyenangkan, terus dipacu Pemkot Manado. Selain program Universal Coverage (UC), peme-

rintah juga kini fokus ke kesehatan lingkungan. Karenanya, banyak fasilitas penunjang untuk kesehatan lingkungan yang dipcau untuk diselesaikan.

Hal ini membuat Walikota Manado GS Vicky Lumentut menyisir kota untuk meresmikan dua fasilitas penting untuk menunjang kesehatan warganya. Usai mengikuti agenda padat sedari pagi hingga siang pada Jumat (8/2) kemarin, GSVL langsung menuju utara Manado untuk meresmian MCK komunal sanitasi perkotaan berbasis masyarakat di Lingkungan V Cempaka Molas Kecamatan Bunaken. Usai melakukan tugasnya di wilayah itu, menjelang sore, GSVL dan rombongan

: 1312 AA : Jamal Nazir Tawil : Ranomuut Lk II Manado : Suzuki SA. 410 : Sedan Tahun 1989 : 997 Cc : SA. 410 - 01.366 : F 10AB - ID - 109666 : 8311938.S

meluncur ke lokasi peresmian IPAL komunal sanitasi perkotaan berbasis masyarakat di Lingkungan II Kelurahan Kairagi II Kecamatan Mapanget. Usaha untuk makin menyentuh dan mendekatkan diri dengan masyarakat itu tidak sia-sia. Meski dalam kondisi tubuh yang capek, GSVL mendapat sambutan meriah dan mendapat apresiasi yang tinggi dari warga yang sangat dicintainya ini. “Kami sangat berterima kasih kepada Pemkot Manado terlebih kepada pak GSVL yang peduli

KINERJA

terhadap kami warganya. Kami merasa baru di pemerintahan pak GSVLAi, program-program yang diberikan langsung menyentuh masyarakat miskin,” ujar tokoh masyarakat Molas, Yakob Tuna. Senada, tokoh masyarakat Kairagi II, Benhart Tatuwo, mengakui meski dalam kondisi yang capek, sebuah apresiasi yang tinggi sehingga walikota bisa datang dan meresmikan langsung sarana untuk menunjang kesehatan ini. “Kami merasa sangat bangga dengan pak wali. Meski harus mengelilingi Manado dan mengalami kelelahan, namun bisa menyempatkan hadir di lokasi kai ini. Terima kasih pak wali,” tegasnya.

Sementara itu, peresmian MCK di Molas diperkirakan akan digunakan 55 kepala keluarga. Sedangkan untuk IPAL komunal di Kairagi, menampung limbah dari 50 rumah. Dalam kesempatan tersebut, GSVL berharap, upaya untuk makin menyehatkan dan mensejahterahkan kehidupan masyarakatnya itu dapat terus dijaga dan dirawat oleh warga setempat. “Ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk menuju pada kehidupan yang lebih baik dan sejahtera. Jaga dan rawat, jika di tempat lain telah ditunjuk pengurus untuk mengelolanya agar fasilitas untuk menunjang kesehatan ini dapat bertahan lama,” kuncinya.(dede)

PERTANIAN

Sekkot minta memilih Pala sesuai aturan Dispertanak tetapkan Manado—Sekkot Manado, Ir Haefrey Sendoh mengakui jika di lapangan masih terdapat banyak hal yang belum sesuai dengan visi dan misi kota Manado, di antaranya adalah masalah kebersihan dan keamanan. Sendoh meminta agar seluruh jajaran pemkot terutama Camat dan Lurah supaya terus meningkatkan kebersihan dan keamanan. “Camat dan lurah harus memaksimalkan kinerja kepala lingkungan (Pala), karena belum maksimal bekerja dalam segala aspek,” tegas Sendoh. Untuk itu, menurut mantan Kadis Pariwisata Pemprov Sulut ini, Lurah harus memilih atau menunjuk Pala sesuai ketentuan yang berlaku agar dapat membantu atau menunjang program pemerintah kota

Manado dalam hal kebersihan dan keamanan maupun program lainnya seperti PBL Mapaluse dan Universal Coverage. Selain itu, sesuai dengan Peraturan Walikota (Perwako) Nomr 18 tahun 2011, Pala bukan hanya menjaga keamanan dan kebersihan, namun harus memberikan laporan perminggu atau perbulan ke kelurahan. “Sebagaimana diatur dalam Per wako Nomor 18 tahun 2011, itu harus dijalankan,” jelas Sendoh. Lebih lanjut diharapkannya, dalam sisi keamanan kiranya Poskamling dapat difungsikan untuk menjaga keamanan dan menciptakan kenyamanan. “Tingkatkan keamanan secara maksimal. Gandeng tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk me-

3 jenis buah unggulan

SEKKOT Manado, Ir Haefrey Sendoh.

ningkatkan keamanan. Koordinasikan dengan Danramil dan Polsek

terdekat jika ada indikasi gangguan keamanan,” kunci Sendoh.(teem)

Manado—Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Kota Manado, menetapkan 3 jenis buah unggulan kota Manado yakni rambutan, mangga dan sirsak. Demikian dikatakan Kepala Dispertanak Kota Manado, Ricky Poli kepada Swara Kita. Ia menambahkan untuk membantu mengembangkan buah-buah unggulan ini, Dispertanak akan menyediakan sebanyak 3.000 bibit yang berasal dari APBD 2013. Adapun wilayah-wilayah yang akan digunakan untuk mengembangkan produk unggulan ini yaitu buah rambutan di Kecamatan Mapanget, mangga di

Kecamatan Bunaken dan sirsak di Kecamatan Tikala. “Adapun untuk mengembangan ke tiga tanaman buah-buahan ini, kami akan melibatkan masyarakat agar berpartisipasi sebagai penyediaan lahan, karena kegiatan ini nantinya akan diarahkan untuk memberdayaan lahan di sekitar masyarakat yang tidak digunakan,” ujar Poli. Selanjutnya Poli mengatakan, ketiga tanaman buah-buahan tersebut, dipilih sebagai unggulan dari Manado, karena dinilai paling cocok dan sesuai dengan tanah sehingga tak akan susah untuk dikembangkan.(try22)

POLITIK

Rumimpunu belum mengambil sikap Manado—Anggota Dekot Manado utusan Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB), Jeanne Rumimpunu, hingga kini belum menentukan sikapnya untuk berlabu di partai lain. Pasalnya, usai dinyatakan tidak lolos oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), hingga kini Jeanne mengakui belum dipinang oleh

sejumlah partai besar. “Hingga kini saya belum dipinang dan belum menentukan sikap politik saya,” ujar Rumimpunu, Jumat (8/ 2) kemarin. Meski demikian, anggota Komisi D Dekot Manado itu mengakui saat ini ada beberapa partai besar tengah melakukan pendekatan. “Saya belum ingin

bersikap karena masih ingin ada kepastian soal posisi nantinya di partai itu,” katanya. Disisi lain, Rumimpunu ketika disinggung soal kepindahan 6 koleganya ke Partai Demokrat mengakui jika dirinya masih akan berpikir untuk pindah ke partai pimpinan GS Vicky Lumentut ini. “6 teman saya

sudah bersikap di Partai Demokrat. Kalau saya masih pikir-pikir dulu,” katanya. Meski begitu, Rumimpunu mengakui saat ini Partai Demokrat adalah salah satu partai yang paling intens melakukan komunikasi politik. “Kita lihat saja nanti, dimana keputusan politik saya akan pindah,” kuncinya.(dede)

DISPERTANAK Manado menyediakan 3000 bibit untuk pengembangan buah unggulan.(foto: ist)

RELASI

MMP lebarkan sayap buka branch office baru di Kawasan Marina

BERITA KEHILANGAN BPKB No. Polisi A.N Alamat Merk/Type Jenis/Model Isi Slinder No. Rangka No. Mesin No. BPKB

10

MMP membuka Branch Office baru yang terletak di Kawasan Marina Shopping Walk.(foto: ist)

Manado—Jumat (8/2) kemarin, Multi Media Persada (MMP) dan Telkomsel bersama-sama berkumpul di salah satu ruko yang telah disulap menjadi serba merah. Di ruko yang telah berhias ini segenap petinggi MMPTelkomsel cabang Manado berkumpul dalam suasana yang berbahagia. Di moment tersebut, MMP membuka Branch Office baru yang terletak di Kawasan Marina Shopping Walk. Pembukaan branch office ini dihadiri langsung oleh

Ismail, Head of Sales and Outlet Operation (SOO) Telkomsel Manado, Head of Branch Manado Tomy Luxianto, Branch Manager MMP Elvi Pangemanan, dan Jemmy Asiku selaku Owner. “Saya bangga dengan perkembangan pesat MMP, lokasinya bagus, tempatnya juga ditata baik sekali, team nya juga solid. Dengan dibukanya branch office ini saya harap ke depannya branch office MMP yang terbaru ini dapat menjamin ketersediaan produk Telkomsel untuk area

yang telah dipegang MMP,” ujar Ismail, Head of Sales and Outlet Operation (SOO) Telkomsel Manado dalam sambutannya di Opening MMP. MMP terus berusaha meningkatkan pelayanan, dengan ditetapkannya MMP sebagai Platinum Dealer menurut Key Performance Indicator (KPI) yang dipilih langsung oleh Telkomsel pusat, akan membuat kami terpacu untuk selalu memenuhi kebutuhan pelanggan, ujar Branch Manager MMP, Elvi Pangemanan.(*)

CV AIR SEJUK MANADO MAINTENANCE-AIR CONDITIONER-SPARE PART-INSTALATION Type

Service

AC SPLIT RP25.000 AC WINDOW RP50.000 AC STANDING FLOOR RP50.000 AC CEILING RP45.000 AC CENTRAL NEGO KULKAS RP50.000 FREEZER RP50.000 MESIN CUCI RP50.000 DISPENSER RP50.000

Tambah Freon RP75.000/PK RP75.000/PK RP75.000/PK RP45.000/PK NEGO RP660.000/PK RP660.000/PK NEGO NEGO

DISEWAKAN AC FLOOR STANDING/GENSET

- Service langsung di tempat - Melayani bongkar pasang AC - Melayani panggilan luar kota - BERGARANSI - Ditangani oleh Tenaga Profesional Teknisi kami datang ke tempat anda untuk cek GRATIS

Hub: (0431) 3630234/9140332—085299811566 Jl AA Maramis Paniki Bawah No 12 Manado


SABTU 9 FEBRUARI 2013 Walikota ... dari Halaman 9 Karena dengan doa dan ucapan syukur pasti akan dibuka jalan oleh yang Tuhan yang empunya segala kehidupan,” ujarnya. Tidak hanya itu, selain bantuan berupa pakaian dan makan siap saji, bantuan kesehatan serta dana dalam waktu dekat ini juga akan dikucurkan oleh pemerintah. “Ada beberapa alternatif tempat tinggal jika ingin pindah dari lokasi kebakaran ini, ada Rumah Pandu dan Rusunawa. Kalau pun itu belum cukup, maka pemerintah akan berupaya sebisa mungkin untuk memberikan bantuan sebesar Rp10 juta untuk 7 rumah yang hangus terbakar. Warga saya harap bersabar,” katanya. Lebih lanjut, untuk kepentingan administrasi kependudukan yang hangus terbakar seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan kartu Keluarga, Pemkot Manado akan memberikannya secara cuma-cuma. “Khusus untuk keluarga korban kebakaran, ini akan kami gratiskan,” kuncinya.(dede)

GSVL ... dari Halaman 9 Kami merasa kehilangan dengan kepergian almarhum. Tak salah jika kami memberikan apresiasi dan penghargaan terhadap almarhum. Terima kasih atas dedikasi dan prestasi yang pernah diberikan, selamat jalan sahabat,” ujar GSVL, Jumat (8/2) kemarin. Prestasi semasa hidup almarhum akan selalu dikenang. Untuk itu, GSVL mengharapkan agar keluarga untuk tetap terus berdoa supaya oleh Tuhan Yang Maha Kuasa diberi kekuatan untuk menjalani pencobaan yang berat itu. “Saya mengajak keluarga untuk terus berdoa, karena tidak ada satu pun yang menginginkan ini terjadi, namun kita yakini tidak ada satu pun yang bisa menolaknya. Sebagai orang beriman, kita hanya bisa menerima dan mensyukurinya, sebab apa yang Tuhan perbuat itu baik adanya,” kuncinya. Dalam kesempatan itu pula, seluruh jajaran Pemkot Manado yang hadir membawakan pujian terakhir untuk almarhum.(dede)

Pendidikan ... dari Halaman 9 Dengan dibantu sang suami, dirinya merasa pekerjaan itu sudah mampu untuk membiayai kebutuhan keluarga setiap hari dan berharap terus mendapatkan rejeki. “Kesehatan dari Tuhan sangat saya harapkan agar bisa kuat mejalankan pekerjaan ini sampai anak saya selesai sekolah,” katanya.(try21)

Sambut ... dari Halaman 9 Terutama ruas jalur protokol yang nantinya akan dilalui oleh banyak tamu dari luar kota yakni Jalan Sudirman. Lurah Pinaesaan, Deker Rondonuwu ketika dikonfirmasi terkait pembenahan ini, menuturkan, dalam menyambut HPN, Jalan Sudirman akan dipercantik. “Kedatangan RI 1, oleh pihak kami telah mempersiapkannya secara matang. Dan untuk ruas Jalan Sudirman sendiri yang mana nantinya merupakan salah satu jalur utama untuk pagelaran tersebut, beberapa upaya seperti pengecatan Kanstein, pengecatan pohon serta pemansangan umbul-umbul telah dilakukan staf kelurahan dan dibantu sebagian warga,” tuturnya seraya menghimbaukan kepada seluruh kepala lingkungan dan warga agar supaya dapat menjaga stabilitas kemanan serta kebersihan guna menyukseskan HPN di Kota Manado.(rees)

PBL ... dari Halaman 9 “Penyelesaian pembangunan infrastruktur ini meliputi, perbaikan drainasse, pembuatan komposting, dan pemasangan lampu jalan yang telah dirampungkan sejak pekan terakhir di bulan Desember 2012 lalu,” tutur Kepala Lingkungan I, Berno Moningka. Lanjut dikatakan Pala, dari perampungan ini, pihaknya telah mempersiapkan diri guna merapungkan kembali dana PBL tahap II, dengan dana sosial ekonomi kepada beberapa warga yang dipercayakan untuk mengolah dana tersebut. “Atas keberhasilan ini, pihak lingkungan juga tentunya sangat berterima kasih kepada bapak Walikota GSV Lumentut bersama jajarannya yang sangat peduli terhadap kelangsungan pembangunan Kota Manado, sehingga warga di wilayah ini merasa terbantu atas pembangunan dari dana PBL,” tutup Moningka.(rees)

Ekonomi 2012, impor Sulut turun 15,35 persen Produk China masih dominan di pasaran Manado—Impor Provinsi Sulut tahun 2012 mengalami penurunan yang signifikan yakni sebesar 15,35 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya. “Total impor Sulut dari berbagai negara mancanegara pada tahun 2012 tercatat sebesar USD122,2 juta turun 15,35 persen dibandingkan tahun

2011 yang kala itu masih mencapai USD144,4 juta,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut Dantes Simbolon MA. Jika dilihat dari kuantitas per negara, kata Simbolon, produk-produk dari negara China paling banyak masuk ke Provinsi Sulut, tercatat impor barang dari China. Untuk kebutuhan pokok

bagi masyarakat Sulawesi Utara selama 2012 dengan nilai USD33,1 juta. “Impor berbagai jenis produk kebutuhan masyarakat dari China mengalami peningkatan berkisar 84 persen dibandingkan 2011 yang hanya sebesar USD18 juta,” katanya. Dengan peningkatan impor dari China hingga mencapai 84 persen pada 2012, katanya negara tersebut mendominasi pangsa impor Sulut sebesar 27,09 persen. “Banyak produk China yang masuk

penerimaan PBB untuk perkotaan dan pedesaan sebesar Rp 8 triliun untuk 2012, itu akan dialihkan ke daerah. Kita akan siap beri asistensi atau pendampingan kepada pemda,” kata Hartoyo dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Jumat (8/2/2013). Keputusan tersebut berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Restribusi Daerah (PDRB) yang mulai berlaku sejak 1 Januari 2011. Saat aturan tersebut diterapkan, hanya Kota Surabaya yang menerapkannya. Pada 2012,

EKSPOR

Pengiriman CCO ke AS tetap tinggi

ke Sulut tahun 2012 dengan kecenderungan terus meningkat dari tahun ke tahun,” katanya. Kendati impor dari China mengalami peningkatan tajam, kata Simbolon tetapi tidak mempengaruhi total impor Sulut tahun 2012 yang justru mengalami penurunan. “Memang impor dari China mengalami kenaikan yang luar biasa, namun impor dari negara lain juga mengalami penurunan, sehingga secara total impor Sulut turun,” pungkasnya.(haer)

Potensi penerimaan pajak negara hilang Rp8 triliun Jakarta—Direktorat Jenderal Pajak menjelaskan, ada potensi penerimaan pajak negara yang hilang Rp 8 triliun. Pajak ini akan dialihkan ke Anggaran Penerimaan dan Belanja Daerah (APBD) sesuai aturan otonomi daerah. Direktur Ekstensifikasi dan Penilaian Direktorat Jenderal Pajak, Hartoyo, menjelaskan, hal ini terjadi karena setoran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) untuk perkotaan dan pedesaan telah dialihkan dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah. Nantinya, penerimaan PBB tersebut akan murni milik daerah. “Jadi, ada potensi

11

SALAH satu komoditas hasil perkebunan yang menjadi andalan Sulut untuk diperdagangkan hingga ke luar negeri.(foto:ist)

Jumat, di Gedung BI, Jakarta, Jumat (8/2/2013). Walaupun sebenarnya dilihat dari level tingkat defisitnya itu bukan suatu yang luar biasa, karena di berbagai negara emerging markets, kurang lebih sama dengan kondisi negara seperti India, Turki, dan Rusia itu hampir sama modelnya dengan negara Indonesia. “Dilihat dari levelnya tingkat defisitnya itu bukan suatu yang luar

biasa di berbagai negara, antara negara-negara emerging market yang lebih kurang sama dengan kita itu ada India, Turki, Rusia itu hampir sama modelnya,” tuturnya. Inflasi di tahun ini juga akan keluar dari pola normalnya, karena ada pengaruh dari kenaikan TTL sebesar 15 persen, sehingga kenaikan inflasi pada pola normal yang digabungkan dengan

kenaikan dari TTL akan membuat inflasi sedikit lebih tinggi dari 2012. “Sehingga memang kalau nanti digabungkan semuanya memang sedikit lebih tinggi juga dari pola normal inflasinya, tapi tetap masih di dalam target range target BI dan pemerintah, mengingat bahwa target inflasi BI di 2013 ada di kisaran 4,5 persen plus minus 1 persen,” tutupnya.(okez)

meraup devisa, terbukti selama tahun 2012 lalu berdasarkan data Badan Pusat Statistik(BPS) Sulut, mampu mendatangkan devisa sebesar USD689 juta. Menurutnya, tingginya ekspor CCO ke AS tersebut, karena komoditas tersebut ternyata diolah selain menjadi produk kebutuhan rumah tangga, juga bahan bakar alternatif biofuel. Sulut selama ini dikenal sebagai salah satu pemasok minyak kelapa kasar cukup besar ke pasar internasional. “Hadirnya beberapa pabrik besar pengolah CCO seperti Bimoli Grup, Agro Makmur Raya, Multi Nabati Sulawesi serta Cargill, mendorong tingginya produksi CCO,” bebernya. Pada tahun 2013 ini, kata Parengkuan, dominasi CCO terhadap ekspor Sulut diperkirakan masih akan terus berlanjut, sebab sebagian besar pabrik tersebut membeli kopra dari petani untuk kemudian diolah menjadi CCO. Diketahui, Kopra merupakan bahan baku untuk diolah menjadi minyak kelapa kasar, sementara produksi petani Sulut masih dominan mengolah buah kelapa menjadi kopra ketimbang produk turunan lainnya.(haer)

pengamanan Manado berkaitan dengan kujungan bapak Presiden RI karena ormas bagian dari Kodim dan milik pemerintah,” tandas Putrajaya. Diketahui, dalam gladi resik ikut dihadiri Trisula Sakti Sulut, GM FKPPI, Satpol PP Manado, Brigade Manguni, Barisan Muda BETA dan TNI. Sementara itu, kunjungan Presiden SBY di kota Manado yang rencananya pada Senin (11/2) nanti, dalam rangka melakukan peresmian Hari Pers Nasional (HPN) 2013, memang telah dipersiapkan, baik

pengaturan lalulintas yang nantinya akan dilalui orang nomor satu di Negara Indonesia ini. Untuk arus lalulintas, menurut Kadis Perhubungan Manado, Yohanis Waworuntu mengatakan, telah berkoorsinasi dengan Dishub Provinsi serta Ditlantas Polda Sulut dan Polresta Manado. “Kita tentunya terus melakukan koordinasi agar sepanang jalan yang akan dilalui Bapak Presiden kita semuanya lancar,” terang Waworuntu yang dikonfirmasi Swara Kita, kemarin.

Terkait pengaturan arus kendaraan ketika Presiden RI dari bandara ke Peninsula dan menuju ke lokasi yang telah ditentukan dalam rangka kegiatan HPN, Waworuntu menegaskan, sejauh ini tidak ada perubahan atau pengalihan arus kendaraan. “Yang mempunyai kompetensi soal arus kendaraan berhubungan dengan kedatangan Pak Presiden RI adalah Dishub Sulut. Tapi untuk sementara tidak ada perubahan atau pengalihan arus kendaraan. Dan yang pasti Dishub Manado akan

mem-back-up penuh soal arus kendaraan,” jelas Waworuntu sembari mengatakan Dishub Manado akan menurunkan semua personilnya di jalan. Pengamanan arus kendaraan sepanjang jalan yang akan dilalui Presiden RI dan rombongan mulai Bandara Samratulangi hingga Hotel Peninsula. “Dari jembatan Miangas akan lurus hingga hotel akan disterilkan dari kendaraan pribadi dan umum karena akan dilalui rombongan dan pengawalan,” tandas Waworuntu.(teem)

aturan tersebut baru bisa dilaksanakan pada 17 kabupaten atau kota, di antaranya Sukoharjo, Sidoarjo, Gresik, Yogyakarta, Palu, Gorontalo, Samarinda, dan Pontianak. “Dari 17 kabupaten atau kota itu, potensi penerimaan PBB perkotaan dan pedesaannya mencapai Rp 8 triliun, ini yang dialihkan ke kota masing-masing,” tambahnya. Di 2013 ini, masih ada potensi penerimaan PBB perkotaan dan pedesaan di 105 kota atau kabupaten di seluruh Indonesia. Potensi penerimaannya ditaksir Rp 4,5 triliun. Kota-kota ini

merupakan kota kedua di ibu kota provinsi. Sementara di 2014, ada potensi penerimaan PBB perkotaan dan pedesaan di 369 kota atau kabupaten dengan potensi penerimaan Rp 1,5 triliun. Diharapkan sampai akhir tahun 2014 ini, seluruh kota atau kabupaten sudah menerapkan aturan tersebut. “Perkiraan kami semoga tidak lebih dari 6 kota atau kabupaten yang belum menerapkan aturan ini. Hal ini disebabkan kemampuan IT mereka berbeda-beda sehingga tidak bisa semua daerah dipatok sama,” tambahnya.(komc)

Manado—Pengiriman salah satu komoditi andalan Provinsi Sulut yakni crude coconut oil (CCO) ke negara Amerika Serikat tetap tinggi. Demikian ungkap Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut, Drs Sanny Parengkuan MAP. “Realisasi ekspor produk turunan kelapa tersebut, semakin memperkuat eksistensi komoditas andalan Sulut tersebut di pasar negara maju itu,” kata Parengkuan. Dikatakan, minyak kelapa kasar selama ini merupakan komoditas yang paling diandalkan Sulut dalam

BI yakin perekonomian RI di 2013 masih baik Jakarta—Bank Indonesia (BI) menyatakan, secara garis besar situasi perekonomian di dalam negeri pada 2013 masih terlihat relatif baik, terlebih lagi pada keseimbangan internal. Gubernur BI Darmin Nasution menambahkan, saat ini memang keseimbangan eksternal belum begitu pulih, karena neraca pembayaran terutama transaksi berjalan defisitnya masih sedikit

lebih tinggi dari perkiraan BI selama ini, baik dilihat dari kuartal atau sepuluh tahunan. “Memang keseimbangan eksternalnya belum pulih, bahwa neraca pembayaran terutama transaksi berjalan itu bahkan defisitnya sedikit lebih tinggi dari perkiraan BI. Baik dilihat dari kuartal maupun sepuluh tahunan, sedikit lebih tinggi,” ujar Darmin, saat ditemui usai Salat

Disbertam ... dari Halaman 9

Manado ... dari Halaman 9

Ini dikatakannya agar tidak terlihat ada penumpukkan sampah pada waktu siang hari, karena petugas kebersihan yang mengangkut sampah juga bekerja sesuai dengan apa yang telah diatur. “Ada beberapa titik yang menjadi pantauan dari tim kebersihan seperti di pusat kota.Tapi jangan lupa, kami minta warga juga harus ikut mendukung program pemkot soal pemilahan sampah dan pengomposan, agar beban di tempat pembuangan akhir (TPA) Sumompo bisa berkurang,” jelas Oehlers. Sementara itu, dalam mengawal kebersihan sepanjang Hari Pers Nasional 2013 ini, Oehlers menegaskan, telah menurunkan semua kekuatan dinas kebersihan. “Semua armada kita persiapkan, begitu juga para petugas kebersihan yang memang rutin melakukan kebersihan di sepanjang jalan protokol. Pesan kami, agar jangan buang sampah sembarangan, karena kami juga tidak segan-segan menindak sesuai Peraturan Daerah (Perda) Nomor 7 Tahun 2006 tentang kebersihan,” tandas Oehlers.(teem)

Ini untuk pengamanan kedatangan Bapak Presiden RI kita di kota Manado dan rombongan serta para tamu,” tegas Ai yang ditugaskan sebagai koordinator seluruh organisasi kemasyarakatan dalam kunjungan kerja Presiden RI di Manado ini. Gladi resik itu dipimpin langsung Dandim 1309/ Manado Letkol Inf Yudianto Putrajaya yang adalah Dansub Satgas Rute yang bertanggungjawab keamanan dan rute di kota Manado. “Ini kesempatan yang langka, karena untung-untungan

Pak Presiden Republik Indonesia kita datang ke Manado setahun sekali. Untuk itu, kami dari Kodim Manado akan mengawal jelang hingga kedatangan dan kepulangan pak presiden,” terang Putrajaya. Lanjut Putrajaya, kota Manado sangat aman hingga dipercaya terus menggelar iven nasional dan internasional. “Saya Dandim komando kewilayaan Manado harus familiar dengan rakyat dan berbuat baik untuk Manado. Dirangkulnya rekan-rekan organisasi masyarakat di


Mintom

HPN

Stand Minahasa tampil dengan pesona budaya STAND Minahasa pada pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) yang ada di Manado Town Square lebih banyak ditampilkan adalah ciri khas Minahasa dengan kerajinan tangan dari tempurung. “Memang pelaksanaan HPN ini adalah kita tampilkan beberapa pesona budaya seperti kerajinan tangan dari kayu kelapa. Selain itu juga kita menampilkan beberapa data tentang berita seluruh media yang biro di Minahasa. Terkait dengan informasi yang dikembangkan ke masyarakat,” ujar Kabag Hubmas Minahasa Vicky Tanor SIP kepada Swara Kita Jumat (8/2) kemarin. Menurut Tanor bahwa untuk kunjungan pada pameran ini, cukup banyak yang mengambil data tentang Minahasa serta kunjungan yang datang menyaksikan pesona dan karakter daerah di Minahasa. “Banyak yang datang berkunjung dan mereka mengisi buku tamu, termasuk Gubernur Sulut Dr Sinyo H Sarundajang. Dan kita juga memberika leaflet tentang Minahasa,” ujarnya. Namun sayang dalam stand ini, dengan tema pentingnya komunikasi dan informasi, Pemkab Minahasa tidak sepenuhnya berpartisipasi. “Kenapa ada yang pasang foto kepala SKPD dalam kunjungan mereka ke luar negeri. Seharusnya ditonjolkan budaya Minahasa,” singkatnya.(erka)

TOT

Eman hadiri pelatihan kepelayanan GMIM BERTEMPAT di aula rumah dinas Walikota Tomohon, Jumat (8/2) kemarin, dilaksanakan kegiatan Trainning Of Trainers (TOT) pelatihan kepemimpinan Kristiani dan kepelayanan Gereja GMIM oleh Komisi Pelayanan Pria/Kaum Bapa Sinode GMIM dan Komisi Pelayanan Wanita/ Kaum ibu Sinode GMIM. Walikota Tomohon, Jimmy F Eman SE Ak dalam sambutannya mengatakan bahwa ToT ini merupakan kegiatan penting dan strategis, karena selain menghasilkan narasumber/fasilitator pelatihan kepemimpinan kristiani dan kepelayanan gereja. “Sesungguhnya gereja Tuhan akan semakin diperlengkapi agar kedepan dalam upaya peningkatan kualitas persekutuan dan kesejahteraan, sebagaimana menjadi yang menjadi misi GMIM sekaligus menuju kemandirian atau kedewasaan gereja yang meliputi pemberdayaan teologis, sumber daya dan dana,” katanya. Mengakhiri sambutannya, Eman mengucapkan selamat melaksanakan kegiatan ToT pelatihan kepemimpinan kristiani dan kepelayanan Gereja GMIM. “Saya berharap lewat pelaksanaan kegiatan ini dapat memperkokoh jati diri, integritas dan citra Gereja di tengah kepemimpinan dan kepelayanan keluarga, jemaat, masyarakat, bangsa dan negara,” tandasnya. Hadir dalam kegiatan ini BPMS GMIM, Kekretaris-sekretaris Sinode GMIM, Komisi Pelayanan Pria/Kaum Bapa GMIM dan Komisi Pelayanan Wanita/Kaum Ibu GMIM baik Sinode, rayon maupun walayah, Pendeta-pendeta GMIM, Penatua, syamas peserta perutusan dari 107 wlayah pelayanan GMIM.(gebe)

12

Minahasa, Tomohon

SABTU 9 FEBRUARI 2013

Tunjangan Mami Minahasa dihapus Karouwan: Dana itu masuk ke TTP

sejumlah wartawan Jumat (8/2) kemarin. Menurut Karouwan, tunjangan Mami pada tahun 2013 ini akan digabungkan dalam TTP, namun untuk mata anggarannya itu tetap sama. “Jadi ketika tunjangan Mami sudah dihapus, penerimaannya tetap sama yakni Rp350 ribu/bulan,” jelas Karouwan. Lebih lanjut, Karouwan mengatakan, jika kebijakan ini telah sebelumnya dipikirkan secara matangmatang oleh pemerintah

baik itu eksekutif maupun legislatif. “Ini sudah menjadi keputusan bersama dan diharapkan para PNS tidak berkecil hati dan memahami bahwa ini adalah bentuk peningkatan komitmen pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan PNS dalam efisiensi kerja yang ada. Karena memang ini tidak mengurangi efisiensi daripada TTP sebagai perangsang untuk m e n i n g k a t k a n kinerjanya.(erka)

Polres Minahasa siaga 1

teroris dan segala kemungkinan yang bakal terjadi dan yang memanfaatkan keadaan yang ada,” ujar Torondek kepada sejumlah wartawan. Lebih spesifik juga Torondek mengatakan bahwa gelaran operasi yang dilakukan menyebar di Minahasa mulai dari curanmor, sajam, narkoba, judi dan penyakit masyarakat lainnya. “Operasi ini kita tetap terus galang dan sasaran yang kena juga ke rumah kos atau kontrak dan penginapan lainnya,” tambahnya.(erka)

To n d a n o — R e n c a n a penghapusan biaya makan minum (Mami) bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dijajaran Pemkab Minahasa, ternyata dipastikan diberlakukan karena tahun ini dan anggaran tersebut telah dikonversikan ke biaya Tunjangan Tambahan Penghasilan (TTP) dimana dianggap kurang efektif.

Jika TTP diberlakukan, maka sudah pasti mereka yang tidak masuk kerja akan dipotong bersama dengan uang makan yang ada. “Terus terang, tahun ini untuk tunjangan anggaran uang Mami bagi PNS setiap bulannya, telah dihapus,” demikian dikatakan Sekertaris Daerah Minahasa, Drs Warouw Karouwan kepada

KEDATANGAN RI 1

Tondano—Pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) yang dilaksanakan di Manado, menghadirkan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) setidaknya seluruh jajaran Polri yang ada di Sulut harus siap siaga. Seperti yang dilakukan Kepolisian Resort (Polres) Minahasa. “Polres Minahasa siap mem-back up kedatangan Pak Presiden SBY dalam

rangka mengsukseskan HPN tanggal 11 Februari mendatang,” ujar Kapolres Minahasa, AKBP Dra Henny Posumah MM melalui Kasubag Humas AKP Selfie Torondek. Jumat (8/2) kemarin. Dikatakan Torondek, upaya Polres Minahasa untuk menjaga stabilitas keamanan daerah adalah dengan meningkatkan operasi rutin, baik siang maupun malam hari di

wilayah Minahasa, khususnya di wilayah rawan konflik. “Kita tetap terus menggelar operasi yang dilakukan bersama dengan instansi teknis serta pemerintah terkait. Untuk pengawasan di beberapa titik di wilayah rawan konflik sudah pasti kita akan dijaga ketat. Selanjutnya juga mengantisipasi kedatangan Presiden, kami akan melokalisir kemungkinan masuknya pelaku

Pemkot bersih-bersih pasar dan terminal To m o h o n — S e b a g a i bentuk kepedulian Pemkot Tomohon untuk menciptakan kebersihan, keindahan dan kenyamanan yang nantinya memiliki efek ganda bagi kehidupan dan perekonomian rakyat serta daya tarik kunjungan wisata yang dampaknya akan langsung dinikmati oleh seluruh komponen masyarakat Kota Tomohon, maka kegiatan menggerakkan seluruh komponen masyarakat terkait melalui peran serta para kepala SKPD untuk menggerakkan kebersihan sesuai dengan julukan Tomohon sebagai Kota Beriman. Hal ini seiring dengan komitmen Walikota Jimmy F Eman SE Ak yang begitu peduli dengan kebersihan dan pelestarian alam Lingkungan sekitar untuk kelangsungan hidup bersama. Dan untuk mengerakkan dan menggugah perhatian dan kepedulian masyarakat, para sopir, penumpang dan pedagang maka pagi hari ini Walikota Jimmy F Eman SE Ak didampingi Sekretaris Daerah Kota Tomohon DR Drs Arnold Poli SH MAP bersama seluruh jajaran Pemkot Tomohon mengadakan kegiatan bersih-bersih di sekitar pasar dan terminal. Selain dilaksanakan kegiatan kebersihan juga dilaksanakan penyerahan

bantuan kendaraan roda tiga pengangkut sampah dari Bank Prisma Dana Cabang Tomohon kepada Pemkot Tomohon yang di terima langsung oleh Walikota Tomohon. Dalam sambutannya, Eman mengucapkan terima kasih sekaligus memberikan apresiasi kepada Pimpinan Bank Prisma Dana Tomohon Jefry Wullur yang turut peduli dengan kebersihan Kota Tomohon dengan menyerahkan bantuan kendaraan roda tiga pengangkut sampah. “Semoga instansi-instansi swasta lainnya juga dapat turut berpartisipasi melalui kegiatan-kegiatan kebersihan yang gencar dilaksanakan saat ini,” katanya. Selanjutnya Eman mengharapkan kepada para sopir, penumpang kendaraan dan pedagang serta masyarakat umum agar peduli kebersihan dan menopang sekaligus mendukung program Pemerintah Kota menuju kota sehat dan Kota Adipura. “Peran serta para sopir, penumpang, pedagang dan masyarakat umum dapat dilaksanakan melalui tindakan membuang sampah pada tempatnya atau tidak membuang sampah di selokan, di dalam terminal, serta tak membuang sampah di dalam dan di luar mobil,” tambahnya.(gebe)

PASCABENCANA

PEMUKIMAN

Eman: Kota Tomohon butuh 2 ribu perumahan Tomohon—Bertempat di Kelurahan Tumatangtang, Jumat (8/2) kemarin, Walikota Tomohon menghadiri acara peletakan batu pertama Perumahan Griya Bangun Tomohon Lestari oleh PT Bangun Minanga Lestari. Acara ini diawali dengan ibadah yang dipimpin oleh Pdt Marthin L Rindangen Sth dan selanjutnya peletakan batu pertama ini dilakukan yang pertama oleh Pdt Marthin L Rindangen Sth, Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak, Komisaris PT Bangun Minanga Lestari Leopold Nicolaas, utusan dari Bank BNI wilayah Manado, Lurah

KEBERSIHAN

LAJUNYA pertumbuhan ekonomi dan terus bertambahnya jumlah penduduk, maka Kota Tomohon sedikitnya membutuhkan kurang lebih 2.000 perumahan.(foto:ist)

Tumatangtang dan yang terakhir oleh kepala tukang pembangunan perumahan. Walikota Tomohon, Jimmy F Eman SE Ak dalam sambutannya menyambut baik dan mendukung berdirinya perumahan yang ada di Kelurahan Tumatangtang Kecamatan Tomohon Selatan. Lanjutnya bahwa dengan lajunya pertumbuhan ekonomi saat ini, Kota Tomohon sedikitnya membutuhkan

kurang lebih 2.000 perumahan seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk yang ada di Tomohon. “Saya mengucapkan terima kasih kepada pimpinan PT Bangun Minanga Lestari beserta staf dan pihak-pihak yang terkait di dalamnya atas prestasi yang telah dicapai,” katanya. Pada kesempatan ini pula Walikota mengsosialisasikan agar mensukseskan salah satu program Pemerintah

Kota Tomohon bersama PLN yaitu Tomohon sebagai Kota Listrik Pintar Pertama di Indonesia. Hadir dalam acara ini Kepala PLN Tomohon, Kepala Kantor Pertanahan Kota Tomohon, Pimpinan Bank BNI Wilayah Manado bersama Jajaran, Sekretaris Kota Tomohon DR Arnold Poli SH MAP bersama jajaran Pemerintah Kota Tomohon.(gebe)

Warga butuh pelayanan kesehatan Tondano—Masyarakat di 3 desa diantaranya Desa Ranowangko, Desa Borgo dan Desa Sarani Matani Kecamatan Tombariri pascabencana banjir bandang yang menyapu 4 rumah yang terseret sungai dan 1 rumah diterjang longsor, ternyata masih membutuhkan bantuan. Akan tetapi yang mereka butuhkan tak hanya peralatan dapur dan pakaian, tetapi juga pelayanan kesehatan. Menurut Camat Tombariri, Ir Hengky Kaunang kepada sejumlah wartawan Jumat (8/2) kemarin bahwa selain bahan makanan, masyarakat di Desa Sarani Matani, Borgo dan Ranowangko masih membutuhkan peralatan rumah tangga seperti perlengkapan dapur dan pakaian juga mengharapkan ada pelayanan kesehatan seperti pemeriksaan

gratis dan pemberian obat gratis. “Kita masih membutuhkan bantuan dari siapapun yang berhati dermawan karena masyarakat masih sangat mengharapkan bantuan. Akan tetapi kita masih mendapatkan laporan dari masyarakat bahwa mereka inginkan ada pelayanan kesehatan terlebih untuk mengetahui kesehatan mereka,” ujar Kaunang. Sementara itu, menurut tokoh masyarakat juga selaku Kuntua Sarani Matani, Andreas Imbang bahwa masyarakat masih banyak yang merasa kurang terhadap bantuan yang diberikan tetapi sebenarnya semua sudah pada porsi yang benar. “Kita masih sangat bersyukur kalau ada bantuan yang masuk untuk warga yang terkena banjir. Bantuan pun telah disalurkan dengan baik dan merata,” ujarnya.(erka)


Minselutra

13

Minsel, Minut, Mitra

SABTU 9 FEBRUARI 2013

Konflik Picuan-Wanga belum tuntas HPN

Kawanua USA mampir di stand Minut STAND Minahasa Utara (Minut) yang digawangi Bagian Humas dan Protokol, tampil memukau dalam iven pameran Hari Pers Nasional (HPN) 2013 di Manado Town Square (Mantos). Di hari pertama pembukaan, sejumlah warga Kawanua Ameriksa Serikat atau United States of America (USA) asal Minahasa Utara (Minut), yang pulang kampung menyempatkan diri melihat di stand Minut. Diantaranya adalah Joseph Rogi dan Rineke Ticoalu warga Watudambo Kecamatan Kauditan. “Ini stand Minut, dan disini kampung kami, tanah kelahiran kami,” tutur Joseph, yang mengaku sudah 20-an tahun tinggal di Wyoming Amerika Serikat. Di hari kedua pameran, stand Minut ramai dikunjungi warga dari berbagai daerah di Sulut, maupun luar Nyiur Melambai. Berbagai produk maupun informasi dari Pemkab Minut dipaparkan untuk diketahui warga di luar Minut. “Potensi Minut dipublikasikan untuk warga luar Minut. Sebagai daerah tujuan pariwisata dunia, potensi maupun sumber daya alam maupun sumber daya manusia perlu diketahui masyarakat luas,” tambah Kabag Humas dan Protokol Drs Sem Tirayoh.(eres/sl)

Pelaku pembunuhan belum ditangkap, kinerja Polres Minsel dipertanyakan Amurang—Konflik antar Desa Wanga dan Picuan Kecamatan Motoling Timur yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa, sampai dengan saat ini belum juga tuntas. Pasalnya, pelaku-pelaku pembunuhan, sampai dengan saat ini belum juga ditangkap oleh Polres Minsel. Tak heran,

Generasi Muda (Germud) Minsel mempertanyakan kinerja Polda Sulut dan Polres Minsel menuntaskan konflik tersebut. Germud Minsel Story Moring SPd, kepada Swara Kita mengatakan, sampai saat ini belum ada titik terang pengungkapan kasus Wanga-Picuan tersebut.

Harusnya pihak Polres sudah bisa mengungkap, bahkan menangkap para pelaku konflik tersebut. “Kami hanya mempertanyakan kenapa sampai saat ini para pelaku belum juga ditangkap. Sebab, kasus ini adalah satu kasus besar, yang tidak bisa dibiarkan, karena sudah

mencederai kerukunan dan persaudaraan antara Wanga dan Picuan,” ujarnya. Sementara itu, Kapolres Minsel AKBP Iis Christian menjelaskan, kasus tersebut masih dalam penyelidikan pihaknya, bahkan untuk para pelaku sedang diburu untuk ditangkap. “Yang pasti kami akan terus berusaha menangkap para pelaku, untuk kami minta masyarakat bersabar, serahkan sepenuhnya kepada kami,” tegas Christian.(esem/sl)

ROLLING

Pejabat usia pensiun jadi target A i r m a d i d i — Wa l a u sempat terhenti rolling di tahun 2013, atau tahap ke IV, dalam waktu dekat ini dipastikan segera dilaksanakan. Hal ini ditegaskan Bupati Drs

Sompie Singal MBA, Jumat (8/2) kemarin. Menariknya seperti tiga mutasi sebelumnya, kali ini juga usia pensiun akan menjadi target rolling. “Kita lihat saja nanti, yang pasti target kita saat ini pejabat yang masuk usia

pensiun,” tegas Singal. Singal mengakui jabatan yang akan dikocok adalah eselon II dan III. “Pokoknya untuk eselon II sesuai hasil konsutasi di Pemprov, akan segera dilakukan,” ungkap Singal. Kepala Badan Kepega-

waian dan Diklat Daerah (BKDD) Minut Drs Aldrin Posumah mengatakan, pelaksanaan rolling hanya tinggal menunggu perintah bupati. “Jika bupati sudah memerintahkannya, pasti akan dilaksanakan,” tutur Posumah.(eres/sl)

BUPATI Minut Drs Sompie Singal MBA, disambut Efrain Kahagi Ketua pelaksanaan adat Tulede Kabupaten Minut, sekaligus memakaikan topi adat Tulude, Jumat (8/2) kemarin.(foto: boyz/sk)

PILKADA

Panwas Mitra anggarkan 2 M Ratahan—Panitia Pengawas (Panwas) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Minahasa Tenggara (Mitra) menganggarkan Rp2 milliar, untuk pelaksanaan pengawasan, di Pilkada 13 Juni 2013 nanti. Hal ini seperti yang diungkapkan Ketua Panwas Mitra Yobby Longkutoy, kepada Swara Kita Jumat (8/2) kemarin. “Ini sudah termasuk honor di 12 kecamatan di daerah ini,” ujar Longkutoy. Sementara itu, anggota Panwas divisi penindakan

Hj Dolly Van Gobel menambahkan, untuk setiap kecamatan memiliki 1 orang PPK dan 3 orang PPS ditiap desa dan kelurahan. “Hal ini bisa bertambah disesuaikan dengan luas wilayah dan desa yang ada,” kata Gobel. Diketahui, saat ini Kabupaten Mitra memiliki 135 desa dan 9 kelurahan, dengan jumlah total 144 petugas ditiap kecamatan yang akan mengawasi setiap 2 TPS diwilayahnya.(try19/sl)

PEMBEBASAN LAHAN

Jalan bantaran sungai Ranowangko berproses Amurang—Warga yang ada di Kelurahan Uwuran II Kecamatan Amurang, meminta agar pemerintah secepatnya merealisasikan jalan alternatif di bantaran sungai Ranowangko. Pasalnya, keluhan ini sudah disampaikan sejak lama namun masih terkendala dengan pembebasan lahan jalan tersebut. Hengky Takapente warga Uwuran II menjelaskan, pihaknya sudah mengusulkan ini sejak lama, baik kepada Dekab Minsel maupun dinas PU. “Sudah diusulkan bahkan Pemkab sudah merespon, beberapa hari yang lalu,

Anggota Dekab dan pihak Dinas PU sudah melihat lokasinya, olehnya kami minta secepatnya direalisasikan,” ungkapnya. Sementara itu, Lurah Uwuran II Robby Ottay SIP menjelaskan, untuk pembebasan lahan sementara dalam proses negosiasi dengan warga pemilik lahan. “Pembebasan lahan jalan sementara dalam proses, dan kami minta warga bersabar, karena negosiasinya sementara diatur, untuk saat ini prosesnya akan diajukan ke tingkat Kecamatan,” tukasnya.(esem/sl)

kemarin. “Pemkab sudah m e n a n g g u n g pembangunan jalan menuju lokasi tersebut dan tinggal pembangunan kantor, hanggar, dan penyediaan alat Berat,” ujar Porajow, yang juga mantan Kepala Dinas PU Mitra ini. Sementara itu, tahap

p e n y e l e s a i a n pembangunan TPA tersebut, sudah pada tahap pemasangan Geomembran. “Masih ada yang kurang seperti ketersediaan aliran listrik, dan beberapa sarana pendukung lainya,” ujarnya.(try19/

TPA

Masih butuh sarana pendukung Ratahan—Pengerjaan proyek sanitari land field Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah , yang lokasinya berada di Kelurahan Wawali Kecamatan Ratahan Mitra, dengan anggaran

Rp5,4 miliar ini, penyelesaiannya sudah 90%. Pengerjaan yang menggunakan APBD provinsi ini, bekerjasama dengan Pemerintah daerah ini, tinggal

menunggu kelengkapan sarana dan prasarana. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Mitra Dennij S R Porajow MSi, kepada Swara Kita, Jumat (8/2)


SABTU 9 FEBRUARI 2013

Sarundajang puji stand Bitung di HPN Expo PELAKSANAAN pameran Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang bertempat di lobi Manado Town Square (Mantoz) pada 7 Februari lalu membuat Gubernur Sulut Dr SH Sarundajang memuji keberadaan stand Kota Bitung. Pujian tersebut ditunjukan langsung Gubernur saat membuka secara resmi pameran HPN Expo 2013. Dimana, dalam kesempatan tersebut Sarundajang berkesempatan mengunjungi stand pameran Kota Bitung dan memberikan apresiasi yang tinggi atas partisipasi dari Pemkot Bitung dan mengagumi hal-hal yang ditampilkan oleh Pemkot Bitung dalam iven ini. Berbagai macam properti yang terdiri dari barang kerajinan tangan, cemilan serta makanan khas Kota Bitung dipamerkan disini. Potensi yang dimiliki Kota Bitung baik dari segi pariwisata, budaya, bisnis dan ekonomi turut dipamerkan baik dalam bentuk brosur maupun tayangan slide, sehingga Pemkot Bitung siap menjual segala potensi yang dimiliki Kota Bitung kepada seluruh pengunjung HPN Expo 2013. “Stand kota Bitung ini adalah stand terbaik yang saya kunjunggi di antara pemerintah kota yang lain,” kata Sarundajang seperti dirilis oleh pihak Humas Pemkot Bitung, Jumat (8/2) kemarin. Sementara, Kasubag Humas Pemkot Bitung Erwin Kontu SH menjelaskan jika stand Kota Bitung sendiri menjadi stand terbanyak dikunjungi oleh warga. “Sebab meski baru hari pertama dibuka sudah ada sekitar 400 orang yang mengunjungi stand ini,” katanya. Sebagai penanggung jawab atas stand pameran Kota Bitung dalam HPN Expo 2013 ini adalah Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan serta Bagian Hubungan Masyarakat Setda Kota Bitung. Beberapa Instansi BMUN seperti PT Pelindo IV (Persero) Cabang Bitung dan Terminal Peti Kemas Bitung juga turut serta dalam stand Kota Bitung, dimana pada acara pembukaan ini dihadiri oleh GM PT Pelindo IV (Persero) Cabang Bitung Niken Probowati.(wepe/mm)

Satalrobit

Hari ini, Mensos tiba di Sangihe 115 rumah di Kampung Lebo siap dibedah Tahuna—Menteri Sosial (Mensos) RI Aljufry Assegaf, Sabtu (9/2) hari ini dipastikan tiba di Kabupaten Kepulauan Sangihe. “Menteri akan tiba di Sangihe 9 Februari 2013 sekitar pukul 15.30 wita dengan menggunakan pesawat cateran jenis Wings Air dari Manado seterusnya dari Bandara Naha langsung

menuju ke Kampung Lebo Kecamatan Manganitu dan melakukan tatap muka dengan warga,” jelas Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Sangihe Ir Willy EC Kumentas kepada Swara Kita Jumat (8/2) kemarin. Lanjut Kumentas, kunjungan kerja Menteri yang masuk Kabinet Indonesia bersatu (KIB) II ini,

akan membawa berkat tersendiri bagi warga Sangihe. Sebab, selain program bedah rumah 115 unit di Kampung Lebo juga ada sejumlah bantuan yang nantinya diserahkan ketika Menteri bertatap muka dengan warga Kampung Lebo. “Jumlah bantuan tersebut diperkirakan mencapai sekitar Rp5 miliar,” jelasnya. Kumentas sendiri, kemarin baru saja menerima sejumlah personel Kementerian Sosial yang datang lebih dahulu

mempersiapkan lokasi bedah rumah. Terlebih, rencananya Menteri akan bermalam di salah satu rumah warga yang nantinya akan dibedah. “Selain Menteri, juga akan ada beberapa staf ahli, staf khusus hingga Deputi Kementerian Sosial yang jumlahnya mencapai sekitar 20 orang dan bersama Menteri menginap di rumah tak layak huni tersebut untuk selanjutnya akan dipugar melalui program bedah rumah,” imbuh Kumentas.(esde/mm)

Bitung terima kendaraan penyuluhan PEMKOT Bitung menerima bantuan kendaraan penyuluh informatika publik dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI yang diterima oleh Wakil Walikota Bitung MJ Lomban SE MSi di ruang serbaguna gedung utama kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, di Jakarta Pusat, Jumat (8/2) kemarin. Bantuan ini diserahkan langsung oleh Menteri Tifatul Sembiring. “Melalui bantuan kendaraan ini diharapkan dapat membantu layanan informasi ke masyarakat sehingga berbagai program dan kebijakan pemerintah dapat diketahui dan semakin lancar,” ujar Lomban. Lagi menurutnya, bantuan ini sangat bermanfaat bagi peningkatan kualitas layanan informasi sehingga berbagai akses informasi semakin mudah diperoleh. “Kendaraan ini harus dipergunakan sebaiknya sebagaimana fungsi operasionalnya, ini merupakan penghargaan dan kepercayaan bagi kami,” ujar Lomban.(wepe/mm)

Walikota dan PNS kerja bakti di pasar induk MAKIN dekatnya relokasi pasar Girian ke Pasar Induk Sagerat kecamatan Matuari pada akhir Februari nanti membuat pihak Pemkot Bitung yang dipimpin langsung oleh Walikota Hany Sondakh melakukan kebersihan di Lokasi pasar induk tersebut pada Jumat (8/2) kemarin. Tak hanya Walikota, kegiatan yang dimulai sejak pukul 06.00 wita ini dihadiri juga Wakil Walikota Bitung Max Lomban SE MSi, Sekretaris Kota Drs Edison Humiang MSi, Kepala-Kepala SKPD beserta seluruh staf di lingkungan Pemkot Bitung. Aktivitas lain yang dilakukan adalah membersihkan sisa-sisa material pembangunan pasar sagerat, menanam pohon dan menata beberapa fasilitas di lokasi pasar sagerat. Sondakh memberikan apresiasi serta ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kerja bakti massal ini dan memohon kepada seluruh masyarakat Kota Bitung untuk terus menyukseskan acara peresmian Pasar Sagerat pada tanggal 21 Februari 2013 mendatang. “Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan bersih-bersih pasar ini dan semoga pasar Sagerat ini menjadi pasar yang sehat dan bisa menjadi pasar terbersih,” ungkap Sondakh. Tak hanya itu, Walikota Bitung ini meminta agar semua warga kota Bitung yang termasuk didalamnya para PN S dapat menyukseskan program pemerintah yang akan memindahkan pasar Girian.(wepe/mm)

14

Sangihe, Talaud, Sitaro, Bitung

FASILITAS Puskesmas keliling milik Pemkab Sangihe yang sudah sekitar dua tahun terakhir dibiarkan begitu saja di rawa Towo’e. Setiap dipertanyakan oleh warga yang ada, jawaban pihak terkait dalam hal ini Dinas Kesehatan bahwa fasilitas tersebut minim biaya operasional.(foto: sam/sk)

VERIFIKASI BERKAS

Masih ada calon kapitalaung yang harus melengkapi Tahuna—Sedikitnya enam berkas calon Kapitalaung yang akan bertarung dalam pemilihan Kapitalaung di dua kampung yang berbeda, diverifikasi oleh Tim Pemkab Sangihe yang digelar, Jumat (8/2) kemarin di Ruang serbaguna Pemkab Sangihe. Menurut Kabag Pemerintahan Desa (Pemdes) Pemkab Sangihe Drs Tielmar

Kawasa ketika dihubungi Swara Kita, keenam calon tersebut berasal dari dua Kampung yang berbeda yang dipastikan akan segera menggelar Pemilihan kapitalaung. “Kedua kampung tersebut masing-masing Kampung Taloarane Kecamatan Manganitu dengan 2 calon, Kampung Kalama Kecamatan Tatoareng

dengan 4 calon,” ujar Kawasa. Dari hasil verifikasi berkas yang dilakukan tim dan dipimpin oleh Assiten I Pemkab Sangihe Drs NH Kawuka, sedikitnya ada masih sekitar 4 orang calon Kapitalaung yang harus membenahi kembali berkas yang ada. “Kepada calon yang belum memenuhi syarat tersebut

akan diberikan kesempatan selama kurang lebih satu minggu sesudah yang bersangkutan menerima surat pemberitahuan dari Pemdes perihal pembenahan berkas yang dimaksud,” jelasnya kembali. Kawasa optimis bahwa sesudah semua berkas calon akan rampung pelaksanaan pemilihan Kampung akan segera dituntaskan. “Secepatnya pemilihan tersebut akan segera dilakukan, sehingga roda pemerintahan di dua kampung tersebut bias berjalan optimal,” simbuhnya.(esde/mm)

SERTIFIKASI GURU

Lahamendu: Dua bulan sisa TA 2012 akan diperjuangkan Tahuna—Pertanyaan ratusan guru di Pemkab Sangihe, terkait menggantungnya tunjangan sertifikasi selama dua bulan di tahun anggaran (TA) 2012 lalu, dipastikan

akan segera terjawab. Pasalnya Kepala Dinas Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (PPKAD) Sangihe Olden Lahamendu ketika dihubungi Swara Kita,

Jumat (8/2) kemarin menyatakan dua bulan tunjangan sertifikasi guru belum terbayarkan bukan karena sengaja ditahan Pemkab Sangihe. “Untuk realisasi anggaran dari kementerian keuangan perihal pelunasan tunjangan sertifikasi guru tahun 2012 lalu hanya dikucurkan untuk 10 bulan saja, sedangkan dua bulan sisanya hingga sekarang belum masuk ke kas daerha sehingga belum dibayarkan,” jelas Lahamendu yang memintah semua tenaga pengajar agar tidak berprasangka buruk ke Pemkab Sangihe.

Olehnya lanjut Lahamendu, dalam waktu dekat dirinya akan menuju ke Jakarta khususnya kementerian keuangan untuk memperjela sekaligus memperjuangkan tunjangan sertifikasi umar bakri untuk TA 2012 yang masih dua bulan belum dibayarkan. “Saya tetap berharap semua tenaga pengajar agar bersabar,sebab dua bulan tunjangan sertifikasi TA 2012 yang belum dibayarkan dipastikan akan segera terealisasi,” janji Lahamendu. Seperti diketahui ratusan guru penyandang sertifikasi mengeluhkan nasib mereka terkait dengan belum terealisasinya tunjangan sertifikasi TA 2102 lalu untuk dua bulan. Bahkan info yang beredar keterlambatan pembayaran ini disebabkan kelalaian Pemkab Sangihe yang dinilai tidak memperhatikan nasib tenaga pendidik yang ada.(esde/mm)

PEMKAB SITARO

Sekkab lantik pejabat struktural eselon III

SEKKAB saat melantik para pejabat struktural eselon III di ruang rapat kantor bupati.(foto: stenly/sk)

Ondong—Bertempat di ruang rapat Kantor Bupati Sitaro, Jumat (8/2) kemarin, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Heddy W Janis SH MM melantik para pejabat struktural eselon III, dalam acara pengambilan sumpah dan pelantikan, sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Bupati Nomor: 821.2/ SK/08/BKDD/2013. Terkait dengan pelaksanaan agenda tersebut, dalam sambutan bupati Sekkab menyampaikan, dalam suatu organisasi pemerintahan, proses mutasi, pemindahan, pengisian dan pemberhentian seseorang dalam suatu jabatan tertentu adalah amanat dari peraturan perundang-undangan. “Ini bertujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, sehingga berdampak pada peningkatan kinerja yang optimal dalam pelaksanaan tugas selaku aparatur pemerintah. Selain itu, menjaga tidak terjadi kevakuman jalannya pemerintahan pembangunan dan kemasyarakatan karena ada pejabat tekah memasuki masa pensiun,” jelas Sekkab. Perlu ditegaskan, lanjut dia, bahwa pelantikan pejabat struktural yang ada, telah melalui mekanisme penilaian dan pengkajian tim badan pertimbangan jabatan dan kepangkatan (Baperjakat) yang dilakukan secara

komprehensif serta memperhatikan aspek penilaian kinerja PNS. “Tentu aspek yang diperhatikan seperti, kesetiaan, prestasi kerja, tanggungjawab, ketaatan, kejujuran, kerjasama, prakarsa, dan kepemimpinan serta memperhatikan prinsip the right man, ‘on the right place and the right job’,” tandas dia yang berharap, agar para pejabat struktural yang baru dilantik bisa bekerja dengan penuh ketekunan diserta rasa tanggungjawab yang dilandasi oleh sikap yang menjunjung tinggi nilai loyalitas. Dari data yang berhasil dirangkum, para pejabat yang memasuki pensiun yakni Drs Frans Bogar sebelumnya menjabat Kepala Kantor Lingkungan Hidup dan Drs Sukamto Sumelung Kepala Perpustakaan dan Arsip Daerah Sitaro. Sedangkan untuk pejabat struktural eselon III yang dilantik sebanyak 5 orang pejabat yakni Dr Paulus Tamaka MSi sebagai Kepala KLH, Drs Cirstianus Malendes Kepala Perpus dan Arsip, Novi Gumansalangi SSTP sebagai Sekretaris Dinas ESDM, Harney Kudahati sebagai Camat Tagulandang Utara (Tagut), Frits Ponto sebagai Sekretaris Kecamatan Tagut.(esge)

PANWASCAM

Puluhan calon dijaring Ondong—Untuk mengsukseskan penyelenggaraan pemilihan umum, termasuk Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Sitaro tahun 2013, puluhan calon Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Sitaro mengikuti penjaringan lewat tes wawancara serta “fit and propertes”. Hal tersebut disampaikan Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Sitaro, Pdt Yohan Brek STh, saat ditemui Swara Kita Jumat (8/1) pagi kemarin di ruang kerjanya. “Ada sebanyak 43 peserta yang ikut tes masing-masing wilayah Siau sebanyak 28 orang dan Tagulandang Biaro sebnyak 15 orang,” urai Brek. Dikatakannya, tes wawancara wilayah Siau telah dilaksanakan, tinggal wilayah Tagulandang serta Biaro rencananya awal pekan depan. “Untuk lokasi tes wilayah Siau dipusatkan di kantor Panwaslu Ondong sedangkan wilayah Tagulandang di Kampung Bawoleu Kecamatan Tagulandang Utara,” kata Brek. Lanjut dia, pelaksanaan

penjaringan awal sebelum enam besar masih menjadi kewewenangan panwas kabupaten. Apabila memasuki enam besar sudah dibawah wewenang Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) provinsi baik penyediaan lembar-lembar soal semua menjadi tanggungjawab Banwaslu. “Panwaslu di kabupaten sendiri hanya menfasilitasi serta menyediakan lokasi, termasuk pelaksanaan penjaringan awal yang dilakukan di dua wilayah yakni Siau dan Tagulandang yang didalamnya sudah ada Biaro,” jelasnya. Terkait dengan teknis perekrutan atau p e n j a r i n g a n , ditambahkannya, dari hasil penjaringan awal akan disaring menjadi enam besar. Namun menurutnya, tidak semua kecamatan sebanyak itu, sebab ada yang empat atau lima orang. “Dari enam besar yang disaring nantinya akan mengikuti tes tertulis oleh banwaslu, untuk disaring menjadi tiga orang, sebagaimana tiap kecamatan ada tiga orang panwascam yang nantinya tersebar di 10 kecamatan di Sitaro,” kuncinya.(esge)


SABTU 9 FEBRUARI 2013

Totabuan

15

Bolmong, Kotamobagu, Bolmut, Boltim, Bolsel

PT MPU hengkang dari Boltim Ratusan warga bakal menganggur

KEM milik PT MPU waktu dibakar massa beberapa waktu lalu.(foto:dok/sk)

Kotabunan—Setelah beberapa waktu lalu sejumlah masyarakat terus melakukan penolakan terhadap tambang pasir besi, akhirnya membuat perusahaan PT Meitha Perkasa Utama (MPU) yang terletak di Desa Paret Kecamatan Kotabunan mengambil sikap untuk hengkang atau keluar dari aktifitas

pertambangan, meski Surat Keputusan (SK) pembekuan operasi yang dikeluarkan Bupati Boltim, Sehan Landjar pada 2012 lalu telah dicabut. Perusahaan yang mempekerjakan ratusan warga Boltim ini, memilih tidak akan lagi beroperasi baik di darat maupun di laut. General Manager (GM), Kader Mamonto saat dikonfirmasi mengatakan, jika keputusan yang diambil PT MPU adalah keputusan sendiri tanpa adanya pemaksaan dari pihak lain. “Keputusan ini berdasarkan hasil rapat manajemen dan pimpinan PT MPU untuk mundur dari aktifitas tambang biji besi, sesuai dengan hasil pembicaraan semua pihak PT MPU,” tutur Mamonto, Jumat (8/2)

kemarin. Ditambahkan Mamonto, keputusan tersebut juga tidak didasarkan atas hasil sidak dan keputusan Pemkab yang melibatkan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) beberapa hari lalu, melainkan inisiatif dari perusahaan sendiri. “Semua kapal-kapal yang ada di seputaran pantai Paret, secepatnya akan dikeluarkan dan dipulangkan ke China,” ungkap Mamonto, sembari mengatakan langkah ini diambil agar tim pemantau yang dibentuk dan masyarakat Paret tidak perlu curiga. Sebab yang tersisa dalam perusahaan hanyalah satpam untuk menjaga asetaset perusahaan yang masih ada.(try17)

KINERJA

Mokoagow dipecat dari jabatan Kabid Dikdas Tutuyan—Bupati Boltim, Sehan Landjar melalui Sekertaris Kabupaten (Sekkab) Boltim, kembali mencopot salah satu jabatan eselon III yakni Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas) Boltim Safrudin Mokoagow. Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Boltim MR Alung SE, ketika dikonfirmasi, Jumat (8/2) kemarin membenarkan hal tersebut dimana Mokoagouw sudah digantikan Tirkal Ndobe sebagai Pelaksana tugas (Plt). “Pergantian Kabid Dikdas dari Mokoagow ke Pelaksana tugas (Plt) Tirkal Ndobe sudah dilaksanakan diruangan Sekkab Boltim,” tutur Alung. Dijelaskan Alung, pergantian ini dilakukan karena berdasarkan hasil

evaluasi dari kinerja yang b e r s a n g k u t a n (Mokoagow,red) tidak bekerja secara maksimal. “Bupati selalu menegaskan kepada Baperjakat, mana pejabat yang tidak bisa bekerja maksimal sesuai dengan tugas dan fungsi (tupoksi) harus diganti,” jelas Alung. Sementara itu, tokoh masyarakat (Tokmas) Ismail Mokodompit sangat menyayangkan dan menanggapi secara serius pencopotan kepada Safrudin Mokoagow. Menurutnya, kalaupun memang akan ada pergantian pejabat, maka yang mengisi posisi jabatan tersebut, adalah birokrat yang sudah lama di Boltim. “Kan aneh, baru 2 bulan berada di Boltim, tapi sudah diberikan jabatan. Sementara putra Boltim sendiri dinonjobkan,” tegas Mokodompit.(try17)

FASILITAS

Dianaktirikan pemkab, mahasiswa asal Bolmut ancam pilih Golput Boroko—Mahasiswa asal Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) yang menuntut ilmu diberbagai Universitas yang ada di Kota Kotamobagu, mengancam akan memilih Golongan Putih (Golput) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bolmut 8 Mei mendatang. Bahkan mereka berencana akan menggelar aksi demo secara besar-besaran. Pasalnya, mahasiswa Bolmut di Kotamobagu ini merasa mereka dianaktirikan Pemerintah Kabupaten (Pem-

kab) Bolmut. Perwakilan mahasiswa Bolmut di Kotamobagu, Yambat Pontoh menyuarakan, jika mereka yang berada di Kotamobagu ini sangat dianaktirikan oleh Pemkab karena hingga saat ini pemerintah belum menyediakan atau memfasilitasi tempat tinggal khusus atau asrama mahasiswa Bolmut. “Ini tidak adil. Kami sangat dianaktirikan. Pasalnya mahasiswa Bolmut yang ada di Manado dan di Gorontalo telah disediakan asrama, sementara kami yang menuntut ilmu di

Kotamobagu hingga saat ini, oleh Pemkab belum juga memfasilitasi,” kesal Pontoh, Jumat (8/2) kemarin. Ditambahkan Pontoh, jika Pemkab Bolmut tidak akan menuruti permintaan mereka atau setidaknya secepat membahas pembangunan asrama mahasiswa Bolmut di Kotamobagu, mereka mengancam pilih Golongan putih (Golput) dan akan menggelar aksi demo besar-besaran di Bolmut. “Jika tidak dituruti atau segera dibahas tentang pembangunan asrama, maka kami akan

Golput dan akan meng-gelar aksi demo besar-besaran menolak Pilkada,” tegas Pontoh. Kepala Bagian Humas Pemkab Bolmut Fadly Binolombangan MSi ketika dikonfirmasi mengatakan, mahasiswa Bolmut di Kotamobagu diminta agar bersabar. Pasalnya, di tahun berikutnya, pasti Pemkab akan membangun asrama di Kotamobagu. “Saya harapkan buat adikadik mahasiswa bisa bersabar, pasti di tahun yang akan datang akan di bangun,” singkat Pontoh.(try20)

PEMBANGUNAN

Warga Genggulang terima bantuan walikota Kotamobagu—Walikota Kotamobagu Drs Hi Djelantik Mokodompit ME, Jumat (8/2) kemarin melaksanakan ibadah sholat Jumat berjamaah bersama umat Islam di Kelurahan Genggulang Kecamatan Kotamobagu Utara. Usai sholat berjamaah Walikota yang didampingi sejumlah pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu, menyerahkan amanah yang diberikan Gubernur Provinsi Gorontalo Ruslie Habibie berupa keranda jenazah dan bantuan dana pribadi dari Walikota Kotamobagu, untuk kelanjutan pembangunan Mesjid At Tawaf Kelurahan Genggulang, yang saat ini sedang dalam tahap pembangunan.

WALIKOTA saat menyerahkan bantuan.(foto:giring/sk)

Walikota berharap, agar bantuan yang diserahkan tersebut, dapat bermanfaat khususnya bagi Jamaah. “Sekali lagi jangan dilihat dari besarannya, namun saya berharap agar bantuan yang diserahkan tersebut dapat

bermanfaat untuk kita semua,” harap Walikota. Mokodompit juga menghimbau agar warga tetap menjaga kebersamaan, kerukunan dan persatuan yang selama ini sudah terjalin dengan sangat baik di Kota

Kotamobagu. “Jagalah selalu kebersamaan dan persatuan sebab hal tersebut merupakan modal terbesar dalam melanjutkan pembangunan di Kota Kotamobagu,” pungkas Mamonto.(veem)


G AUL

SABTU 9 FEBRUARI 2013

SEOHYUN GIRLS GENERATION

Dipilih sebagai idol paling keibuan

SELEBRITI

Prisia Nasution suka pria pecinta binatang PRISIA Nasution tak pernah terdengar dekat dengan laki-laki setelah bercerai dari suami pertamanya. Ia justru lebih fokus mengibarkan sayap kariernya. Dunia akting Prisia b e r h a s i l melambungkan namanya. Semakin banyak film layar lebar dan juga film televisi (FTV) yang ia bintangi. Salah satu film terbarunya, Rectoverso. Meski kariernya makin melejit, tidak demikian dengan kisah asmaranya. Soal kriteria pasangan, kata Prisia sebenarnya tidak terlalu muluk. Dengan tegas ia pun mengaku, sangat menyukai pria pecinta binatang. “Saya suka banget binatang, di rumah sudah seperti kebun binatang,” ujarnya saat ditemui di premier film Rectoverso, Lippo Mall Kemang, Jakarta. Saat ini, ia memiliki lima anjing dan delapan kucing peliharaan. Dan uniknya, mereka bisa hidup bersama. Pia, sapaan akrab Prisia juga memiliki peliharaan berupa ikan Koi. Bahkan, ia pernah menarik orang utan yang menjadi korban penyiksaan. Beberapa binatang buas pun pernah mendapat ‘sentuhannya’. “Orang utan itu pernah saya rawat, terus dilaporin ke Taman Safari sekalian balikin. Ada macan kumbang segala, tapi semua sudah aku kembalikan ke Taman Safari,” cerita bintang film Sang Penari itu. Binatang-binatang yang saat ini ada di rumahnya, merupakan binatang yang anti kotor, dan lebih menyukai makanan kering. Menurutnya, binatang peliharaannya tidak menyusahkan, justru merasa lebih banyak diuntungkan. “Mereka yang banyak memberi ke saya,” imbuhnya. Baginya, binatang adalah sosok yang polos dan tanpa tendensi, berbeda dengan manusia. Bagi Pia, melihat binatang yang tak pernah berpura-pura, dan tetap menjadi diri mereka sendiri, lebih menyenangkan. Untuk memilih pasangan, Pia pun ingin, sisi sifat baik dari binatang juga ada dalam pria yang ia cari. “Mungkin, apa adanya dan jujur jadi kriteria lain untuk pria yang saya idamkan,” kata dia.(vvnc)

16

G.NA, salah satu penyanyi terkenal Korea Selatan, menjadi salah satu artis Korea yang dianggap memiliki payudara terindah. Namun, banyak yang meragukan payudara yang dimiliki penyanyi tersebut alami. Publik menduga payudara indah milik penyanyi bernama asli Gina Jane Choi hasil ‘permak’ alias operasi plastik. Dan isu itu sangat kencang terdengar. Tak hanya itu, ukuran dada G.NA juga menjadi perdebatan di kalangan penggemar pelantun Black And White ini. Ketika ditanya apakah ia melakukan implan payudara, G.NA langsung menjawabnya. “Ketika kamu mencari nama saya, akan muncul

‘G.NA breast surgery’. Ada rumor yang mengatakan saya menjalaninya di sebuah rumah sakit khusus, itu tidak benar,” katanya saat menghadiri acara Radio Star seperti dikutip dari Allkpop. G.NA menambahkan, payudara miliknya adalah alami. “Mungkin saya terkesan sedikit membual, tetapi semua anggota keluarga saya alami,” ujarnya lagi. Lantas, apakah ia juga melakukan operasi plastik untuk mempercantik penampilannya, seperti yang lazim dilakukan artis-artis di negeri Ginseng tersebut. “Saya melakukan prosedur kecil yang dilakukan pada mata kiri saya,” ungkapnya santai.(vvnc)

PENYANYI cantik, Seohyun Girls Generation baru-baru ini dipilih sebagai idol yang paling keibuan. Tepatnya dalam program Weekly Idol yang tayang tanggal 6 Februari, Seohyun meraih posisi pertama dari 7 idol yang dianggap memiliki sikap layaknya seorang ibu. Meski paling muda dalam grup, Seohyun selalu menjaga member lain dan kadang memarahi layaknya seorang ibu. Bisa diandalkan dan tepat waktu. Sebagai contohnya, Seohyun mendenda mem-

ber lain sebesar 1000 won sebagai hukuman jika ada yang telat. Dilaporkan kini Seohyun telah berhasil mengumpulkan lebih dari 100.000 won dari semua member. Tidak hanya itu, member termuda SNSD ini juga menyiapkan vitamin serta camilan sehat untuk member lain. Di posisi kedua setelah Seohyun menariknya ada nama Key SHINee. Sesudahnya secara berurutan ada nama Doojoon, Victoria f(x) serta L Infinite yang juga selalu menjaga member lainnya.(kplc)

09 Feb 2013  

Swara Kita, 09 Feb 2013

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you