Page 1

TERBIT 16 HALAMAN Harga: Rp.2000,Luar Kota + Ongkos Kirim

JUMAT 20 APRIL 2012 NOMOR: 01959 TAHUN VI Telp: (0431) 841071, Fax: (0431) 841060 e-mail:redaksi@swarakita-manado.com www.swarakita-manado.com

Dana kampanye miliar, gaji hanya Rp8 jutaan

SELEBRITI

Biaya politik sangat tinggi, picu kepala daerah korupsi buat menutupi pengeluaran

VICKY SHU

Akui risih ada artis yang bisa dibooking

BERGERAK di bidang entertainment, adanya fenomena artis yang bisa dibooking membuat risih Vicky Shu. Menurut penyani seksi ini, sebenarnya wanita yang dibooking tidak hanya berasal dari bidangnya sebagai penyanyi dan entertainer. “Kalo menurut aku artis bookingan sebenernya nggak cuma dari bidang aku aja, mungkin juga ada dari bidang yang lain, bukan berarti menjelekkan, ada yang mungkin tugasnya seperti itu, pekerjaannya seperti itu selama dia mempunyai prinsip pekerjaannya halal dan nggak ngapa-ngapain kalo buat aku itu pilihan masing-masing,” ucap Vicky. Baca: Akui ( Halaman 11 )

INTERNASIONAL

KONFLIK SURIAH

RI siap kirim observer asal ada jaminan PBB

Jakarta—Untuk menjadi kepala daerah, calon harus merogoh kocek miliaran rupiah. Padahal, gaji kepala daerah hanya kurang lebih dari Rp8 juta per bulan. Ongkos biaya politik yang sangat tinggi seperti ini yang banyak dilakukan oleh kepala daerah, sehingga menyebabkan mereka melakukan korupsi untuk menutupi ongkos biaya politik mereka. “Pengeluaran yang sangat besar menjelang pemungutan suara tidak akan bisa ditutupi oleh penghasilan setiap bulan kepala daerah yang tidak sampai Rp8 juta,” ungkap anggota Komisi II DPR RI Abdul Malik Haramain di Jakarta, Kamis (19/4) kemarin. Menurutnya, banyak kepala daerah mencari dana dengan jalan pintas yang bertentangan dengan perundang-perundangan, sehingga jalan korupsi adalah pilihan mereka. Oleh karena itu, lanjut Malik, untuk mengatasinya di RUU Pemilukada (di sidang yang akan datang akan dimulai pembahasaannya) harus diatur batasan maksimal biaya kampanye yang dikeluarkan oleh masingmasing calon kepala daerah. “Selain itu, melalui akuntan publik yang independen, Komisi Pemilihan Umum Daerah harus melakukan au-

dit berkala sampai hari H pemungutan suara,” ungkapnya. Malik menilai untuk panitia pengawas pemilu sendiri harus mempunyai kewenangan untuk memberikan sanksi administratifnya dan harus benar-benar mengawasi penggunaan dana oleh masing-masing calon kepala daerah. “Tapi sekadar perkiraan untuk kabupaten/kota maksimal Rp1 miliar dan untuk gubernur maksimal Rp5 miliar. Dan itu harus disampaikan ke akuntan publik termasuk peruntukan dana itu,” tukasnya. Anggota Komisi II DPR RI lainnya Yan Herizal berujar, salah satu penyebab Pemilukada menjadi pemicu praktik korupsi, adalah karena tingginya biaya kampanye. “Sistem pemilihan langsung memang membutuhkan dana yang besar bagi sosialisasi program dan figur para calon kepala daerah kepada masyarakat luas,” katanya. Untuk itu, guna meminimalisir tingginya biaya kampanye diperlukan revisi dalam aturan pemilukada, selain dengan meningkatkan budaya pemilih cerdas dan kritis di kalangan masyarakat. Baca: Dana ( Halaman 11 )

HONORER

Pemerintah didesak selesaikan masalah

Pemilu 2009 ketika mencalonkan Jusuf Kalla (JK) hanya 3 bulan jelang pemilu terulang kembali. “Kesalahan Pak JK waktunya pendek 3 bulan sehingga susah. oleh karena itu, Ical kita Declare dari sekarang supaya masyarakat tahu.

tidak diikutkan ujian Ajaran 2011/2012 yang dilaksanakan sejak Senin (16/4) sampai dengan Rabu (18/4) lalu, karena berada di balik jeruji Rumah Tahanan (Rutan) Malendeng.

Manado—Permasalahan tenaga honorer daerah di Sulut yang sampai saat ini masih menunggu berbagai proses untuk diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) masih menuai berbagai persoalan. Hal tersebut memaksa Ketua Komisi II DPR RI Drs Agun Gunanjar Sudarsa MSi angkat bicara, dan mendesak pemerintah segera menyelesaikan persoalan perekrutan tenaga honorer baik yang ada di Sulut maupun di daerah lainnya di Indonesia. Dikatakannya, persoalan tenaga honorer ini sudah berulang kali Komisi II meminta kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) dan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) agar persoalan tenaga-tenaga honorer ini segera diselesaikan. Hanya saja, nampak agak sedikit mengalami keterlambatan karena ternyata database yang diperoleh KemenPAN-RB selalu saja berubah. “Jadi data-data yang dikirim lagi dari kabupaten dari provinsi itu jumlahnya berubah kembali. Nah, perubahan jumlah ini kan berimplikasi kepada namanama, sehingga sampai hari ini sangat terganggu dengan proses verifikasi. Validasi yang memang harus terus secara intensif jangan sampai persoalan di daerah seperti ini mengharapkan banyak tiba-tiba begitu diturunkan proses pengangkatan tenaga honorer timbul komplain.

Baca: Tak ( Halaman 11 )

Baca: Karena ( Halaman 11 )

Baca: Pemerintah ( Halaman 11 )

BEK sekaligus kapten Chelsea Jhon Terry mencoba menghibur striker Barcelona Lionel Messi, usai laga semifinal leg pertama Liga Champions yang mempertemukan The Blues dan El Barca Kamis (19/4) dinihari kemarin. Dalam laga yang berlangsung di Stanford Bridge, Chelsea menang 1-0 atas Barcelona lewat gol tunggal Didier Drogba. Berita terkait Liga Champions baca halaman 16.(foto: gi/dalc)

PILPRES 2014

UN 2012

Tak dukung Ical, kader PG dipecat Karena napi, peserta SEKJEN PBB, Ban Ki-moon.(foto: ist)

SITUASI memanas di Suriah membuat Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Ban Ki-moon meminta Indonesia untuk mengirimkan pemantau (observer) ke negara Timur Tengah itu. Dirjen Informasi dan Diplomasi Publik Kemenlu RI, AM Fachir menyatakan, sejauh ini Indonesia belum menentukan sikap terkait permintaan Sekjen PBB. Kata Fachir, permintaan observer dari Indonesia untuk Suriah tersebut karena masih dalam pembahasan. “Ya detilnya seperti apa? Kita masih membahasnya. Ini kan menyangkut masalah jaminan (keselamatan),” jelasnya, di Gedung Merdeka, Bandung. Lanjut Fachir, gencatan senjata akan menjadi langkah pertama jika PBB masuk ke satu negara. Begitu juga di Suriah, gencatan senjata menjadi prinsip utama untuk meredakan konflik. Setelah itu, ada persetujuan dari pemerintah Suriah untuk menerima kehadiran pengamat atau observer. “Intinya harus ada jaminan keamanan bagi pasukan PBB yang masuk ke Suriah,” terangnya. Baca: RI ( Halaman 11 )

Jakarta—Rencana Partai Golkar untuk mendeklarasikan Aburizal Bakrie sebagai calon presiden (Capres) melalui rapat pimpinan khusus (Rapimnassus) Juni mendatang merupakan strategi partai untuk memenangkan Pemilu 2014 mendatang. Golkar tak ingin kekalahan mereka pada

ABURIZAL Bakrie.

Manado—Malang nasib Ramadhan Manongko. Siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan SMK Getsemani Manado ini terpaksa tidak dapat mengikuti Ujian Nasional (UN) utama Tahun

PBB luncurkan aksi keselamatan jurnalis

500 jurnalis tewas dalam satu dekade Satu dekade terakhir, lebih 500 jurnalis dan pekerja media terbunuh di seluruh dunia, dan banyak yang terluka atau ketakutan menjalankan tanggung jawab profesionalnya. Di Tahun 2011 saja, 62 jurnalis dibunuh, seperti tertuang dalam laporan dua tahunan Direktur Jenderal UNESCO tentang Keselamatan Jurnalis dan Bahaya Impunitas pada Maret 2012. DALAM banyak kasus, aktivitas korupsi atau ilegal Isu Impunitas yang dilaku- pekerja media di situasi seperti diterakan dalam lainnya seperti organisasi kan UNESCO 13 April 2012. konflik atau nonkonflik laporan, para jurnalis ini kejahatan dan narkoba. Kebijakan yang diluncurkan dengan tujuan memperkuat tidak bekerja dalam situasi Untuk itu, Perserikatan Dewan Eksekutif PBB ini perdamaian, demokrasi dan konflik bersenjata melain- Bangsa-bangsa (PBB) bertujuan menciptakan pembangunan. kan dalam situasi lokal meluncurkan Rencana Aksi lingkungan bebas dan Baca: 500 yang berkaitan dengan Keselamatan Jurnalis dan aman bagi jurnalis dan ( Halaman 11 )

AKSI solidaritas wartawan.(foto: ist)


JUMAT 20 APRIL 2012

PENDIDIKAN PESERTA UN SUSULAN SMA/SMK/MA DI SULUT KAB/KOTA

SMA

SMK

MA

JLH

Manado Tomohon Bitung Kotamobagu Minsel Mitra Minut Bolmong Bolmut Bolsel Boltim Sangihe Sitaro Minahasa Talaud

73 20 15 8 19 16 8 13 2 8 1

72 16 3 13 5 3 7 3 8 4 9 1 1 belum masuk belum masuk

145 36 3 28 13 21 23 11 25 2 18 2

TOTAL

183

142

327

5

Sumber: Dinas Diknas Sulut

327 peserta didata ikut ujian nasional susulan UJIAN Nasional (UN) Utama Tingkat SMA/ SMK/MA Kamis (19/4) kemarin usai. Sebanyak 327 siswa diketahui harus mengikuti UN susulan yang akan berlangsung 23-26 April pekan depan karena berhalangan hadir dalam UN utama. Mereka terdiri dari 183 siswa SMA, 142 siswa SMK dan 5 siswa SMK (lihat tabel). “Angka ketidakhadiran siswa pada UN Utama cukup kecil bila dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya. Diharapkan peserta UN susulan juga dapat menyiapkan diri dengan baik agar bisa menjawab sial dengan benar,” terang Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Sulut Drs Star Wowor MSi. Disisi lain, Sekretaris Diknas Sulut Drs Viser Meloke MPd mengatakan, naskah UN susulan akan disalurkan pada Jumat (20/4) hari ini. “Kalau wilayah kepulauan sudah disalurkan sejak Rabu lalu. Besok (hari ini, red) kita akan salurkan naskah ujian susulan untuk wilayah daratan,” katanya. Meloke juga menghimbau agar Dikpora Minahasa dan Talaud agar secepatnya memasukan dana peserta UN susulan. “Jangan sampai anak-anak dirugikan karena belum ada data dari 2 daerah ini,” tutup Meloke.(emem)

Birokrat harus siap berkarir di lintas daerah DPR: Tidak ada lagi istilah pegawai pusat dan daerah

AGUN Gunanjar.

Manado—Istilah pegawai pusat dan pegawai daerah yang selama ini melekat di kalangan pegawai negeri sipil (PNS), kedepan akan dihapus. Artinya, tidak akan ada lagi istilah pegawai pusat dan pegawai daerah. Hal itu diutarakan Ketua Komisi II DPR RI Drs Agun Gunanjar Sudarsa BCIP, saat melakukan reses

PAULA Sinjal.

bersama sejumlah anggota Komisi II di Sulut. Dikatakannya, saat ini pihaknya sementara menuntaskan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Aparatur Sipil Negara, dimana beberapa problemmatik dalam persoalan PNS untuk dipecahkan, misalnya mencoba untuk

memutasikan pejabat di daerah. “Jadi dalam RUU ini nantinya, tidak ada lagi istilah pegawai pusat dan pegawai daerah, sebab yang ada adalah pegawai Republik Indonesia,” ujarnya. Jadi kata dia, semua aparatur birokrasi pemerintahan itu sangat dimungkinkan pejabat berkarir di lingkungan pemerintahan tidak hanya sebatas di kabupaten/kota atau provinsi, tapi bisa menyebrang ke seluruh wilayah Republik Indonesia. Dengan kata lain, birokrat sudah harus siap berkarir di lintas daerah. “Tapi tentunya ada sejumlah persyaratan yang harus ditempuh. Kemudian untuk menentukan posisiposisi pun ada yang namanya komisi yang akan menangani itu. Tidak hanya birokrat, tetapi ada juga dari sejumlah pakar yang memiliki kemampuan untuk menyeleksi, baik dari tes psikologinya, kompetensi manajerialnya dan lain

sebagainya,” terang Agun. Diketahui, reses Komisi II DPR RI ini selain Agun, juga didampingi beberapa anggota Komisi II lainnya seperti Ir Markus Nari MSi, Aus Hidayat Nur, Muhamad Gamari Sutrisno, Rahadi Zakaria, Mestariani, Abdul Malik Haramai, dan tentunya utusan Sulut Paula Sinjal SH MSi. Komisi II ini membidangi Pemerintahan Dalam Negeri, Otonomi Daerah, Aparatur Negara, dan Agraria. “Jadi untuk reses kali ini, kami membagi tiga tim. Dimana Komisi II bukan saja reses di Sulut, tetapi juga ada yang di Sumsel dan Kalsel. Tujuan reses kali ini, kami ingin mendapatkan pandangan dari pemerintah provinsi berkenaan dengan tugas konstitusional kami di DPR, yang antara lain sedang merevisi Undang-Undang tentang Pemerintahan Daerah dan Undang-Undang tentang Pemerintahan Desa,” ujar Sinjal.(dewe)

KORUPSI

KPK harus beri efek jera kepala daerah yang korup PAKAR hukum Universitas Indonesia (UI) Achyar Salmi meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak ragu-ragu menindak kepala daerah yang terindikasi korupsi jika laporan masyarakat sudah cukup untuk ditindaklanjuti. “Ini dilakukan agar ada efek jera bagi pelaku tindak pidana korupsi, terlebih kepala daerah yang langsung bersentuhan dengan masyarakat,” tandas mantan anggota Tim Seleksi KPK itu kepada wartawan, Kamis (19/4) kemarin. Penanganan kasus korupsi oleh KPK, menurut dia, seharusnya menjadi suatu keistimewaan, karena penegak hukum tidak bisa menghentikan perkara yang ditangani. Dia berharap masyarakat terus mengingatkan KPK untuk terus bekerja sungguh-sungguh. “Saya setuju kalau masyarakat terus memantau kinerja KPK, jangan sampai mereka bekerja tidak secara penuh,” kata dia seraya menyatakan para pimpinan KPK memang dipersiapkan dapat bekerja dengan tekanan dari masyarakat. Sebelumnya, Koordinator Divisi Monitoring Hukum dan Peradilan ICW, Febri Diansyah menuturkan, KPK harus lebih proaktif mengakomodasi laporan masyarakat khususnya dugaan korupsi kepala daerah yang nilai kerugian negaranya lebih Rp1 miliar. “Sedangkan laporan dugaan korupsi yang dilakukan aparat di bawahnya, bisa dilakukan dengan lebih mengedepankan koordinasi dan supervisi dengan kejaksaan dan kepolisian,” kata Febri.(inlc)

PEMANFAATAN HUTAN

Kasus CA Gunung Ambang harus selesai 2011 telah ditetapkan menjadi Pergub Sulut Nomor 4 tahun 2011. “Melalui kegiatan rakor ini, saya berharap dapat membahas berbagai hal dan mendapatkan solusi memantapkan sektor kehutanan di wilayah Sulut,” kata Mokodongan.(erer/dw)

PILPRES 2014

PG Sulut perkuat Ical jadi capres

VICTOR Mailangkay.

Manado—Nama Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie sudah menjadi nama pertama dan satu-satunya yang akan diusung Partai Golkar Sulut untuk menjadi calon presiden (Capres) dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2014 mendatang. Untuk itu, Jumat (20/4) hari ini DPD I Partai Golkar Sulut akan melaksanakan rapat pleno diperluas yang ikut dihadiri Ketua dan Sekretaris DPD II Partai Golkar se-Sulut, untuk memutuskan tentang pencalonan Ical—sapaan akrab Aburizal—sebagai Capres Partai Golkar dan mendesak agar Rapat Pimpinan Nasional Khusus (Rapimnassus) dipercepat bulan Juni 2012. Rapat pleno ini akan digelar di Sekretariat DPD I Partai Golkar Sulut pukul 14.00 wita. Hal ini untuk mempertegas sikap jajaran Partai Golkar Sulut di bawah kepemimpinan Drs Vreeke Runtu yang sejak tahun 2010 lalu telah memintakan dan mendesak agar Ical bersedia dicalonkan sebagai Capres Partai Golkar pada Pilpres 2014. “Jadi untuk seluruh jajaran Partai Golkar Sulut secara utuh, kompak dan solid tetap memintakan agar Ical bersedia menjadi Capres pada Pilpres 2014. Dan kami teguh pada pendirian untuk tidak akan

goyah dalam mendukung Ical sebagai Capres 2014,” ujar Wakil Ketua dan Korbid Organisasi DPD I Partai Golkar Sulut, Dr Victor Mailangkay MH. Sementara itu, politikus Partai Golkar Rully Chaerul Azwar mengatakan, Rapimnas Partai Golkar yang akan menentukan siapa calon presiden 2014 diharapkan semua kader Partai Golkar mendukung keputusan Rapimnas yang akan digelar Juli nanti itu. Dikatakannya, percepatan Rapimnas merupakan kehendak sejumlah DPD Partai Golkar. Ini pun sudah diinformasikan kepada Dewan Pertimbangan Partai Golkar dan DPD Partai Golkar se-Indonesia. “Tetapi memang dalam proses informal jadwal itu terjadi karena permintaan yang datang langsung dari DPP,” kata Rully. Rencananya, rapat pleno DPP Partai Golkar akan digelar pekan depan. Dalam rapat itu akan diputuskan waktu resmi Rapimnas yang dimajukan dari jadwal semula yakni Oktober 2012. Rully menegaskan, apa yang sudah menjadi keputusan Rapimnas harus satu suara. Jika ada kader lain yang ingin maju menjadi calon presiden, yang bersangkutan harus memenangkan Rapimnas. “Tapi ya kalau tidak menang semua, harus solid sebagai satu partai. Kalau tidak, repot,” katanya. Menurut Rully, proses pengambilan suara di Rapimnas bisa terjadi secara aklamasi atau voting. Ia membenarkan, dua pertiga dari 27 DPD Partai Golkar secara informal memberikan kepastian mendukung Ketua Umum Aburizal Bakrie alias Ical untuk maju sebagai calon presiden. “Andaikata dalam Rapimnas nanti itu terjadi, tak akan jauh-jauh beda dengan apa yang mereka kehendaki,” ujar Rully.(dewe/mtvc)

SOSILISASI SOP

PNS harus hasilkan kinerja yang tinggi dan keseriusan GUNUNG Ambang menyimpan banyak potensi alam. Untuk itu, tiga kabupaten yang melintasi gunung ini, yakni Minsel, Bolmong dan Boltim, harus menemukan solusi pengelolaan cagar alam di dalamnya.(foto: ist)

Manado—Sekprov Sulut Ir Siswa Rahmat Mokodongan, Kamis (19/4) pagi kemarin membuka rapat koordinasi penyelesaian Kasus Cagar Alam (CA) Gunung Ambang yang diselenggarakan di Hotel Sutan Raja, Maumbi. Sekprov menyatakan, untuk mewujudkan

pemanfaatan hutan yang optimal dan lestari, tentu diperlukan satu arahan dalam penggunaan sumber daya alam hutan, agar tumpah tindih berbagai kepentingan penggunaan kawasan hutan dapat dihindarkan. “Masalah hutan merupakan keprihatinan dunia, termasuk masalah yang terjadi di kawasan cagar alam gunung ambang, sebagai tindak lanjut dari amanat undang-undang nomor 5 tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya,” ujar mantan Kepala Dinas Kehutanan Sulut ini. Diketahui, Gunung Ambang secara kronologis ditetapakan sebagai kawasan cagar alam dengan surat keputusan Bupati Bolmong

tanggal 8 Februari 1962 Nomor BKD/4.5/otonom/62 tentang Penunjukan Hutan Gunung Ambang sebagai Cagar Alam dengan luas 8.638 hektar, yang terletak di daerah Bolmong. Pasca pemekaran, wilayah cagar alam tersebut masuk ke dalam wilayah administrasi Pemkab Minsel, tapi masuk juga dalam wilayah administrasi Bolmong, dan sebagian kecil berada di kawasan administrasi Boltim. Hal tersebut tentunya perlu disolusikan bersama melalui optimalisasi peran pilar pembangunan sektor kehutanan, seperti halnya melalui KPH model Poigar yang ditetapkan berdasar SK Menhut Nomor SK.788/ Menhut/II/2009, dan tahun

Manado—Menyadari pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat memerlukan satu standar yang tepat, Sekprov Sulut Ir Siswa Rahmat Mokodongan menyatakan agar setiap SKPD yang ada di lingkup Pemprov Sulut perlu melaksanakan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang baik. Hal tersebut disampaikan Sekprov saat membuka acara sosialisasi SOP dan Internasional Standarization Organization (ISO), yang diselenggarakan Kamis (19/4) kemarin di ruang Huyula Kantor Gubernur Sulut. “Kita menyadari sebagai abdi negara, pemerintah dan masyarakat, dan tugas yang melekat pada PNS penuh tantangan dan dinamika kompleks, karena itu diperlukan keseriusan dan ketulusan serta fokus agar mampu menghasilkan ki-

nerja yang tinggi,” ujarnya. Dilanjutkannya, melalui kegiatan tersebut, diharapkan akan memantapkan jalannya roda pemerintahan di Sulut, dengan memberikan satu pelayanan yang berkualitas dan prima bagi masyarakat. Untuk itu konsep pelayanan yang tepat dan berkualitas diperlukan suatu konsep yang tepat yang mampu menjadi satu pedoman dalam implementasi kerja guna mencapai satu SOP dan ISO yang berkualitas. “SOP dan ISO adalah merupakan satu patron kerja ataupun dasar operasional pelaksanaan tugas pokok dan fungsi organisasi, yang secepatnya meminimalisir tingkat kesalahan dan keloalaian, disamping fungsinya sebagai media informasi kepada pegawai untuk melaksanakan tugas secara mandiri,” kata Mokodongan.

Menjawab tantangan itu, diharapkan melalui kegiatan yang diikuti sekretaris dari tiap SKPD yang ada di lingkup Pemprov Sulut, Mokodongan berharap SOP dan ISO setiap SKPD dapat dilaporkan selambatnya Mei. Turut hadir juga dalam pelaksanaan sosialisasi tersebut, Asisten Deputi Pengembangan Sistem dan Prosedur Pemerintahan KemenPAN dan Reformasi Birokrasi Drs Endang Herman MSi sebagai pembawa materi, Karo Orpeg Pemprov Sulut Dra Linda Watania MSi, serta pejabat Esalon III yang membidangi ketatalaksanaan biro dan kabag organisasi se-kabupaten/kota. Sebelumnya, pada Rabu lalu, Sekprov juga mem-buka Rakordis teknik bidang ketatalaksanaan regional II, yang merupakan kegiatan Kemenpan di Swissbel Hotel Manado.(erer/dw)


JUMAT 20 APRIL 2012

KAMPUNGRON

KELURAHAN PINAESAAN KECAMATAN WENANG

TKB terus dibenahi TAMAN Kesatuan Bangsa (TKB) yang berada di Kelurahan Pinaesaan Kecamatan Wenang, menurut informasi pada saat penilaian Adipura tahap II pada dua pekan lalu, mendapat nilai bagus dari tim penilai. Untuk tetap mempertahankan penilaian bagus tersebut, spot itu akan teDEKER Rondonuwu. rus dibenahi sehingga estetikanya dapat terjaga dan bisa dinikmati oleh seluruh warga Kota Manado serta wisatawan lokal maupun domestik. Menurut Lurah Pinaesaan Deker Rondonuwu, dirinya menuturkan, ini juga dalam rangka menyambut akan lomba kelurahan tingkat kota maka selepas dari penilaian adipura, TKB tetap akan dibenahi dan difasilitasi, lewat penambahan pot-pot bunga dan juga rencana kedepan, akan dibuatkan tenda untuk pos Keamanan Tertib Masyarakat, bekerja sama dengan pihak kepolisian dan TNI, katanya. Lebih lanjut ia menambahkan, sangat terlihat dan juga bisa dibuktikan TKB mendapat penilaian bagus itu semua tak lepas dari peran aktif oleh Kepala-kepala lingkungan di kelurahan ini. Walaupun baru tiga pekan ini menjabat sebagai lurah di Pinaesaan namun, kerjasama yang ditunjukan oleh setiap kepala lingkungan betulbetul memotifasi saya untuk lebih memaksimalkan tanggung jawab sebagai lurah. Baca: TKB ( Halaman 4 )

JAGARON

LINGK III TUMUMPA I KECAMATAN TUMINTING

Warga butuh penambahan drainase M I N I M N YA drainase atau saluran air di Lingkungan III kelurahan Tumumpa I Kecamatan Tuminting menyebabkan beberapa rumah warga setempat pada saat hujan deras, selalu digenangi air. Dan kejadian ini telah MARGHARET Sigar. berlangsung lama sejak beberapa tahun yang lalu. Oleh sebab itu, masyarakat di wilayah itu sangat membutuhkan penambahan drainase agar supaya rumah mereka bisa terhindar dari musibah banjir. Perlunya penambahan drainase tersebutn dibenarkan oleh Kepala Lingkungan III Tumumpa I Margharet Sigar, saat ditemui Swara Kita di selasela kesibukannya merekab data e-KTP ia menuturkan, perlunya penambahan drainase di wilayah ini karena ada beberapa saluran air pada waktu dibangun, pekerjaannya tidak maksimal. “Sehingga pembuatannya tidak menembus di saluran air induk, dan pada waktu hujan deras tiba jalur drainase tersebut meluapkan air mengakibatkan air masuk sampai ke rumah warga, “terangnya. Pala juga menambahkan, bahkan bukan hanya saluran kecil, ada juga sebagian dari drainase induk pada saat ini telah rusak. Hal itu juga yang menjadi salah satu penyebab, sebab dari kerusakan itu aliran air diperlambat. Baca: Warga ( Halaman 4 )

Eks Kampung Texas menjadi wisata religi Walikota: Lokasi tersebut sebagai simbol kebersamaan kota Manado Manado—Walikota Manado GS Vicky Lumentut membantah keras kalau Pemkot Manado ada rencana melakukan pembongkaran rumah ibadah di lahan eks kampung Texas. Yang ada menurut Walikota pilihan warga Manado ini, akan ada penataan karena dilahan tersebut akan dijadikan lokasi religi, menyusul justru akan dibangunnya semua rumah ibadah bagi semua agama yang ada di kota Manado. “Ini tetap komitmen kami untuk membangun wisata religi di lahan ex Kampung Texas. Ini dilakukan di kota Manado, sebagai lambang kerukunan umat beragama yang selama ini terus terjalin sekaligus menjadi perekat yang luar biasa,”terang GSVL sapaan akrab Lumentut, sembari mengharapkan oknum yang sengaja melempar isu pembongkaran rumah ibadah tersebut agar kembali ke jalan yang benar. Jika tidak ada aral melintang, pembangunan rumah ibadah lainnya dilahan eks Texas itu akan dilakukan tahun ini juga. “Kami tetap membangun tempat-tempat ibadah yang akan menjadi nanti

sebagai lokasi wisata religi. Saya berharap rencana

yang mulia ini agar terus dikawal karena nanti lokasi

tersebut akan dijadikan simbol kebersamaan di kota Manado, karena dilokasi tersebut juga ada monument lilin yang bisa diisyaratkan lilin relah hancur tapi menerangi semua,”terang GSVL.

Sesuai rencana, di antara tempat-tempat ibadah tersebut nantinya akan dibangun taman yang indah, mampu menarik wisatawan yang baik lokal maupun mancanegara.(teem)

PATUNG Lilin yang berada di seputaran kawasan lahan kampung ek Texas yang kedepan menjadi lokasi wisata religi akan lebih pertegas kebersamaan antara umat beragama di kota Manado.

TAHUN DISIPLIN

GSVL: Sidak PNS tetap lanjut Manado—Inspeksi Mendadak (Sidak) PNS Pemkot Manado yang dilakukan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Sat Pol PP Manado, dipastikan akan terus dilakukan. Ini menyusul, Walikota Manado, GS Vicky Lumentut menegaskan kalau kegiatan tersebut harus terus dilanjutkan terkait penerapan tahun disiplin 2012 yang dicanangkan akhir tahun 2011 lalu. “Sidak PNS tetap dilanjutkan, termasuk siswa. Ini untuk meluruskan yang bengkok. Meski kami pemerintah terus menuai kecaman dan cacian, tapi ini untuk buktikan pencanangan tahun disiplin tidak hanya slogan,”tegas GSVL. Bak gayung bersambut, Kepala BKD Manado, Drs Hans Tinangon Msc mengakui, pengawasan akan PNS yang melanggar aturan kedisiplinan tidak akan kendor. “Sidak akan kami lakukan terus secara reguler, meski pada kenyataannya, yang terjaring tidak lagi dari PNS Pemkot Manado,”terang Tinangon. Lanjut Tinangon, lokasi sidak tetap akan dilakukan ditempat-tempat umum namun tidak menutup kemungkinan akan dikembangkan hingga di pasar dan terminal. “Sat Pol PP bersama personil tim sidak dari BKD akan kami sebar hingga di pasar dan terminal. Intinya kami tetap komitmen melakukan pengawasan bagi PNS yang bolos diwaktu jam kerja termasuk siswa yang bolos,”kunci Tinangon.(teem)

PAJAK PARKIR

Kawalo desak Dispenda optimalkan pajak parkir Manado—Anggota Komisi B Dekot Manado Hengky Kawalo SE mendesak Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Manado untuk mengoptimalkan pajak parkir. Dia menilai, saat ini sa-

ngat banyak pendapatan dari sektor itu yang menguap. “Saat hearing dengan Dispenda dan para pengelola parkir terutama di kawasan reklamasi Boulevard, terungkap setoran pajak tidak sesuai dan

banyak yang digelapkan,” ujar Kawalo Kamis (19/4) kemarin. Contoh, parkir di Bahu Mall yang sesuai uji petik Dispenda harusnya (Rp) 75 juta perbulan, tapi mereka hanya menyetor

(Rp) 15 juta. Begitu pun dengan parkir kawasan Megamas. Dari (Rp) 200an juta sesuai uji petik, mereka cuma membayar (Rp) 30 sampai 50-an juta saja. “Ini bukti jika pemasukan dari sector pajak

PASKAH PEMKOT MANADO Muslim, Hindu, Kristen Katolik, Ketua Badan Kerukunan Seluruh Umat Beragama (BKSUA) Kota Manado yang diketuai Pdt Roy Lengkong serta Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Kepala kantor Kementrian Agama, Muspida, jajaran TP PKK, dan jajaran Pemkot Manado. Baca: Walikota ( Halaman 4 )

Baca: Kawalo ( Halaman 4 )

HENGKY Kawalo.

AIR BERSIH

Walikota terharu kebersamaan tetap terpelihara Manado—Ibadah peringatan Hari Raya Paskah tahun Pemkot Manado, Kamis (19/4) kemarin di aula Serba Guna Pemkot Manado memiliki arti tersendiri bagi Walikota Manado, GS Vicky Lumentut. Pasalnya, perayaan kebangkitan Tuhan Yesus Kristus Pemkot Manado ikut dihadiri oleh tokohtokoh agama baik dari

banyak sekali yang jebol,” katanya. Dia pun mengkalkulasi total pajak yang meluap dari sector parkir mencapai miliaran rupiah pertahunnya.

WALIKOTA Manado dalam sambutan di acara perayaan Paskah Pemkot Manado.

PT Air janji layani 300 KK di Singkil Manado—Pelayanan PT Air Manado makin meningkat. Jumlah pelanggan baru bertambah dalam Triwulan I 2012. Manager Marketing and Sales PT Air Manado Joshua Rantung menuturkan, pertumbunan pelanggan baru dipicu

kinerja dan layanan PT Air baik perbaikan intalasi, mekanisme pembayaran dan kemudahan yang ditawarkan bagi pelanggan baru. Termasuk 300 kepala keluarga (kk) di keruhan Singkil dan Wawonasa. Baca: PT ( Halaman 4 )

Nurdin Kum penawar jasa gerobak

Dorong gerobak untuk anak dan istri Penawar jasa gerobak, banyak kita temui di pusat-pusat kota terutama di pasar-pasar tradisional dan di sekitar toko-toko grosir yang menjual bahan sembako serta perlatan rumah tangga lainnya. Walaupun pada beberapa tahun lalu pengoperasiannya telah dipersempit Pemkot Manado guna penataan kota, penawar jasa ini masih tetap aktif menawarkan jasa mereka mengingat banyak yang masyarakat dimana masih membutuhkan jasa mereka. Memilki perewakan kecil, dengan nafas terengahengah dan tampak raut wajah kelelahan sehabis mendorong gerobak. Itulah salah satu penawar jasa gerobak yang berhasil diwawancarai Swara Kita Kamis (19/4) kemarin. Nurdin Kum namanya, warga Tuminting yang mengantungkan hidupnya dengan menawarkan jasa gerobak sejak 12 tahun lalu diseputaran pasar 45 dan

kampung cina Manado. Profesi tersebut dilakoninya karena dirasa cukup membawa keuntungan. Dengan menyewa gerobak kepada salah satu pengusaha gerobak di dekat tempat tinggalnya dan dibayar Rp8.000 ribu per hari, dirinya mampu meraih pendapatan Rp1.00 ribu sampai Rp2.00 ribu sehari. NURDIN Kum penawar jasa gerobak.

Baca: Dorong ( Halaman 4 )


JUMAT 20 APRIL 2012

MoU Dewan Pers-Polri di sosialisasikan SOSIALISASI Memorandum of Understanding (MoU) dewan pers dengan Polri serta mau dewan pers dengan komisi informasi (KI) dan pedoman pemberitaan ciber di sosialisasikan. Sosialisasi yang diigelar di Hotel Qualiti Manado, Kamis (19/4) kemarin, turut menghadikan para insan pers Sulut. Dalam kegiatan itu sendiri cukup menarik, dengan mendatangkan pembicara Wina Armada Sukardi dari dewan pers, Kombes Pol Drs Jhon hendri SH, MH sebagai Kabag LUHKUM DIVKUM Polri, serta Rido Eisy dari Komisi penelitian pendataan dan ratifikasi dewan pers. Dalam penjelasannya, Wina Armada Sukardi menjelaskan, MoU itu sendiri akan memperjelas menyangkut tugas dan fungsi jurnalis. “Mou ini memperjelas menyangkut tugas dan fungsi sebagai jurnalis. Dan MoU ini tidak membuat pers menang dan Polisi atau Polri untung tapi keduanya akan memperoleh manfaat yang sama,” kata Wina. Lanjutnya, MoU juga bukan merupakan perjanjian yang biasa. Melainkan sebuah kesepahaman dan komitmen moral antara pers dan Polri. “Ini bukan perjanjian, tapi MoU ini adalah komitmen moral. Di dalamnya, tidak ada kata wajib atau harus. Namun kalau tidak dilaksanakan akan ada konsekuensi moral didalamnya,” tegasnya.(dede)

Saafa usul, Pala diatur dengan Perda STATUS 504 Kepala Lingkungan (Pala) se-Kota Manado tidak cukup diatur melalui Peraturan Walikota (Perwako). Payung hukum yang dinilai lebih kuat mendasari jabatan Pala adalah Peraturan Daerah (Perda). Demikian dikatakan anggota Komisi B Dekot Manado Syarifudin Saafa. Menurutnya, jika jabatan Pala hanya mengandalkan Perwako maka konsekuensinya, peran Pala di masyarakat mendapat resistensi yang cukup hebat. Tapi sebaliknya, jika jabatan diatur Perda termasuk masa kerja Pala, maka rakyat akan melihat tugas pokok dan fungsi Pala akan lebih valid. “Sebenarnya jangan diatur dalam perwakot tapi harus ada Perda,” papar Syarif. Dia menambahkan, selain mendapatkan gaji yang cukup fantastis, harusnya menyangkut jabatan dan kedudukan Pala harus diatur lewat perda itu. “Tugas, fungsi hingga masa jabatan harus di atur lewat perda. Sebab, sangat tidak wajar jika Pala mendapat gaji yang fantastis hanya di atur lewat perda,” ujarnya.(dede)

TKB ... dari Halaman 3 Memegang jabatan dimana masih terbilang baru ini, tentunya sikap mengutamakan pola pelayanan prima kepada masyarakat, harus tetap dijalankan agar supaya masyarakat juga dapat memebrikan apresiasinya dengan berperan aktif dalam menunjang akan setiap program yang diberikan oleh Pemkot Manado dapat terlaksana dengan baik, tutur Rodonuwu.(try16)

Warga ... dari Halaman 3 Saya rasa kalau hanya lewat Pembangunan Berbasis Lingkungan (PBL) melalui anggaran dana infrastruktur dari Pemkot Manado, penambahan serta perbaikan darinase tersebut, mungkin tidak bisa mencukupi dalam penyalurannya dikarenakan dananya terbatas. “Menyikapi akan hal itu, solusinya mungkin akan dilihat kedepan apakah sebagian dapat diambil dari dana bergulir atau tidak, “tutur Sigar.(try16)

Kantin kejujuran Pemkot diresmikan Jadi media pendidikan PNS bisa berlaku jujur Manado—Walikota Manado, GS Vicky Lumentut, meresmikan kantin kejujuran di kantor Pemkot Manado, Kamis (19/4) kemarin. Didampingi Sekkot Manado, Ir Heafry Sendoh, dan asisten III, Henny Giroth, GSVL sapaan akrab Lumentut menegaskan, kantin kejujuran merupakan salah satu upaya pemerintah mendidik PNS agar bisa berlaku jujur. “Upaya pencegahan dan penindakan sudah dilakukan, tapi ini tidak cukup bila tidak diberikan pendidikan. Pendidikan tentang perilaku korupsi diperlukan agar korupsi

bisa diberantas. Nah hal seperti inilah dengan adanya kantin kejujuran bisa menjadi sarana atau media pendidikan bisa berlaku jujur,”tegas GSVL. Sendoh menambahkan, penyebab korupsi adalah perilaku tidak jujur dan mementingkan diri. Ditambah dengan rendahnya kesadaran penyelengara negara dan masyarakat akan budaya korupsi. “Untuk menanamkan nilai kejujuran tidak ada kata terlambat. Jujur dan malu berbuat curang akan membantu upaya meminimalisir perbuatan bersifat koruptif,”tandas Sendoh.(teem)

PERESMIAN kantin kejujuran di kantor pemkot Manado yang dilakukan langsung Walikota Manado dan didampingi Sekkot serta asisten II Manado.

RESES DEKOT

KARANG TARUNA

Saafa bantu warga Singkil I

Dinsos fasilitasi pembentukan di kelurahan

Manado—Mantan wartawan yangg juga sebagai Legislator Manado, Syarifudin Saafa terus menunjukan eksistensinya. Terbukti setelah melakukan reses, Syarif langsung memberikan bantuan untul membangun sumur bor di Lingkungan 7 kelurahan Singkil I. “Saya siap membangun itu dengan dana pribadi,” ujar Syarif. Perjuangan anggota Dekot Manado itu sendiri, sangat berkesan. “Kami tidak cuma mengenal dia di kantor Dekoot Manado. Tapi kami kenal beliau, di rumahrumah sakit, sudut jalan,

lokasi bencana dan di berbagai kesempatan kalau ada acara yang melibatkan masyarakat. Selebihnya kami mengenal Bung Syarif di setiap rapat Paripurna di Dekot Manado,” ungkap Hardi Karim, warga Singkil II, Rabu (18/4) malam. Syarif dikenal warga sebagai wakil rakyat itu ternyata dikenal dermawan. “Sulit melupakan budi baik Pak Syarif, karena hampir setiap saat orang sakit datang mengeluh ke beliau, kemudian dia membantu secara finansial bahkan datang menjenguk di rumah sakit,” sambung Tino, warga lainnya.

Dalam reses tersebut, Lurah Singkil I mengakui sepak terjang ketua DPW PKS Sulut ini yang mampu menembus lintas kelompok sosial dan etnis. “Mungkin karena latar belakang jurnalis dia mampu berkomunikasi dengan semua lapisan masyarakat,” kata lurah tersebut. Sementara itu, terungkap dalam reses, sejumlah warga menyampaikan masalah jalan menuju kantor lurah Singkil II yang kondisinya rusak parah. Termasuk jalan di kawasan perumahan Wale Lestari dan Wale Manguni yang rusak total, persoalan air

bersih, sekolah untuk SMP dan SMA di Singkil, trotoar dari Jalan Ari Lasut ke jalan Bengawan Solo dan infrastruktur publik. Syarif pun aakan berupaya memberikan respon mengenai jalan menuju Wale Lestari dan Wale Manguni. Ia sudah mendesak developer untuk menyediakan sarana jalan dan fasilitas publik untuk masyarakat. “Harusnya sesuai aturan, developer menyediakan fasilitas publik yakni jalan dan rumah ibadah. Saya akan angkat itu di rapat P a r i p u r n a , ” tegasnya.(dede)

Manado—Pemkot Manado, melalui Dinas Sosial (Dinsos) memfasilitasi pembentukan Karang Taruna di setiap Kelurahan. “Karang Taruna diminta untuk digalakkan kembali oleh Walikota GS Vicky Lumentut, untuk menunjang semua program yang berbasis kelurahan. Maka itu kita diberikan kewenangan membentuk dan memberdayakan kembali. Jadi pembentukan di 87 Kelurahan akan dibentuk sesegera mungkin, saya dan Pak Kadis Sosial Frans Mawitjere selaku pembina,”ujar Kapala Bidang Kesejakteraan Sosial Paula Lalamentik SSos Aj Ak. Dari data yang ada 42 Kelurahan sudah terbentuk Karang

Taruna, namun yang aktif baru 23. “Karang Taruna sebagai potensi sumber di masyarakat, mereka menjadi motivator dalam menangani Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial khususnya Generasi Muda,”jelas Lalamentik. Hanya saja Karang Taruni ini belum untuk saat tidak ada anggaran, namun apabila sudah terbentuk, karang taruna ini bisa mengajuhkan proposal ke Dinas Sosial. “Setelah terbentuk memang tidak ada dana, namun bisa mengajukan bantuan dalam bentuk proposal untuk bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) dari Kementerian Sosial,”kata Lalmentik.(teem)

parkir dari semua pengelola yang ada,” imbuh.

“Nah, tugas Dispenda mengoptimalkannya. Saya

makna dari peringatan Paskah ini untuk wujudkan kalau kota Manado ini tetap mengedepankan slogan torang samua basudara. Disatu sisi, khusus bagi PNS jajaran Pemkot Manado, Walikota mengharapkan, tuntaskan tugas dan tanggungjawab. “Masih banyak tantangan persoalan yang perlu ada keuletan dan kesungguhan demi wujudkan kinerja yang

baik untuk melayani masyarakat kita. Berikan bobot pelayanan yang baik, kalau masih ada keluhan mari kita keluar bangkit, agar warga menikmati pelayanan yang lebih baik. Ini sesuai dengan makna Paskah untuk semakin mengasihi Tuhan dan sesama. Karena mengasihi tidak ada yang beda dengan ajaran agama lain,”tandas Walikota.(teem)

meminta agar uji petik dilakukan kembali agar berapa besar setoran setiap pengelola parkir bisa diupdate. Dan kami sebagai legislatif juga akan me-

lakukan fungsi pengawasan guna memaksimalkan pajak parkir, demi menunjang pembangunan di kota Manado,” timpalnya.(dede)

kemudahan, diantaranya setiap warga disitu bisa memberikan uangnya tapi dengan cara angsuran kecil Rp 250 ribu bagi 30 kepala keluarga di Singkil 1 lingkungan VII. Khusus untuk Lingkungan II PT Air Manado sendiri menjanjikan airnya bagi 300

KK, dan warga yang lebih banyak tinggal di kompleks perumahan itu terlebih warga Wawonasa Kapleng akan tembus air. “Ini juga sebagai penghargaan kembali kepada konstituen saya yang memang berasal dari kecamatan,” ungkapnya.(dede)

Kawalo ... dari Halaman 3 “Itu baru dari dua pengelola. Kalikan saja per-

tahun berapa kerugian pemerintah dari pajak

Walikota ... dari Halaman 3 “Saya terharu dan bangga akan kebersamaan saat ini, karena ibadah Paskah Pemkot Manado ikut dihadiri rekan-rekan dari umat muslim dan seluruh umat agama yang lain di kota Manado. Tidak ada paksaan tapi ini wujud dari kebersamaan yang patut kita syukuri,”terang Walikota. Lanjutnya, apa yang terjadi di ibadah paskah Pemkot Manado meru-

pakan kekayaan di kota Manado. “Sangat luar biasa ketika perayaan Paskah ikut dihadiri oleh teman-teman kita dari Agama lain yang ada di kota Manado. Ini bentuk kebersamaan torang samua basudara yang sekaligus menjadi perekat yang luar biasa,”tegas GSVL sapaan akrab Lumentut. GSVL pun berharapan dijajaran rohaniawan mengambil

PT ... dari Halaman 3 “Prinsipnya kami tidak mau menyulitkan warga yang membutuhkan air bersih. Karena 99 persen, kehidupan didukung dengan kebutuhan air bersih. Dan kami akan upayakan dapat membuka jaringan baru di dua kelurahan tadi

kurang lebih 400 kk,”papar Rantung, usai menghadiri Reses IV yang digelar legislator PKS Manado Syarifudin Saafa ST di Singkil II Manado beberapa waktu lalu. Personil Dekot Manado Syarifudinn Saafa menambahkan, berbagai

Dorong ... dari Halaman 3 Penyewaan gerobak tersebut dilakukannya, sebab pada 5 tahun yang lalu gerobak kepunyaannya daimbil oleh Polisi Pamong Praja (POL-PP) dikarenakan ia telah melewati batas operasi yang sudah ditentukan oleh Pemkot Manado. Namun kejadian itu, tidak menurunkan niatnya untuk beralih profesi mengingat dirinya telah mengoleksi langganan dimana sanngat membutuhkan jasa darinya. Sayang kan kalau saya harus meninggalkan mereka yang selama ini telah banyak membantu memperbesar keuntungan

saya, katanya. Dari menjalakan usaha tersebut, Nurdin telah menjadi seorang suami dan seorang ayah yang bertanggung jawab atas keluarganya, sebab dari mendorong gerobak dia berhasil mendapatkan rumah walaupun bukan rumah permanen, serta ia dapat membiayai persalinan dari kedua anaknya dimana sekarang telah mengenyam pendidikan di bangku TK and SD. “Dia masih berharap dari pihak Pemkot Manado dapat memulangkan kembali gerobaknya yang disita POL-PP, “ungkap Nurdin Kum penawar jasa gerobak.(try16)


JUMAT 20 APRIL 2012

BARANG HASIL CURIAN

Polisi amankan 5 sepeda motor

3 TSK judi togel dibekuk Uang tunai 1,3 juta & rekapan diamankan, penjemput kupon sebut dapat jatah 25 ribu Manado—Perang terhadap praktik perjudian yang marak di daerah ini, terus dilakukan pihak Kepolisian. Hal ini pun dibuktikan Polsek Singkil setelah berhasil menangkap sedikitnya tiga orang pelaku perjudian Toto Gelap (Togel) jenis Singapura, Kamis (19/ 4) sekitar pukul 12.30 Wita.

SEPEDA motor yang diamankan polisi.(foto: oby/sk)

BELAKANGAN ini rupanya polisi terus memfokuskan pengamanan terhadap para pelajar yang ada di daerah ini. Pasalnya, setelah sebelumnya petugas mengamankan belasan siswa SMA dan SMP di beberapa lokasi, karena melakukan pesta miras usai mengikuti Ujian Nasional (UN), kini Kamis (19/4) kemarin, sekitar pukul 13.00 Wita, kembali lagi menggiring sedikitnya lima siswa beserta sepeda motor. Pasalnya sepeda motor yang digunakan para siswa yang mengikuti ujian di SMA 9 Manado ini, diduga adalah motor hasil curian. Diamankannya kelima siswa tersebut saat tim Resmob Polsek Urban Malalayang kebetulan sedang melintasi sekolah tersebut. Saat melewati depan SMAN 9, Polisi mendapati lima motor yang terparkir dengan kondisi mencurigakan. Selain tidak berplat nomor, motor itu sudah dipreteli hingga nyaris tak bisa dikenali lagi. Dua diantaranya bermerk Yamaha Mio dan Suzuki Satria. Saat itu polisi tak putus akal. Saat para pemilik motor tersebut datang, tak hitung tiga Polisi langsung mengamankan kelimanya beserta motor ke Mapolsek. Satu diantara motor tersebut diperbolehkan dibawa pulang pemiliknya karena sesuai cek fisik, nomor rangka dan sebagainya sesuai dengan BPKB. Sedangkan empat sisanya langsung dililitkan Police Line. Kelimanya merupakan siswa dari SMA St Antonius dan SMA Spectrum, yang mengikuti ujian di SMAN 9. Siswa tersebut masing-masing JS alias Jer (17), warga Kelurahan Malalayang Dua, FR alias Frang (17), warga Kelurahan Jalan Sea, PM alias Pris (17), warga Kelurahan Kleak, GR alias Gid, warga Kelurahan Bahu serta MD alias Mic, warga Desa Sea, Kecamatan Pineleng. Kapolsek Urban Malalayang Kompol Andrian Syah, ketika dikonfirmasi melalui Kanit Reskrim Iptu Ruddy Raranta, membenarkan hal ini. Dikatakan Raranta, diamankan beberapa sepeda motor tersebut karena telah melanggar beberapa aturan dalam berlalu-lintas. “Nanti akan diserahkan ke bagian lantas. Karena sepeda motor ini tidak lengkap surat-nya dan tidak ada plat nomor,” tegas Raranta.(erel)

PENCEMARAN NAMA BAIK

Dua laporan flora berproses di Subdit Kamneg Polda PROSES pengusutan laporan dugaan pencemaran nama baik dan perbuatan tidak menyenangkan yang dilayangkan oleh pelapor, flora Kalalo dengan terlapor Rektor Unsrat Prof Donald Rumokoy, dan Humas Daniel Pangemanan SH beserta sejumlah dosen lainnya, akhirnya langsung ditindakilanjuti Polda Sulut. Bahkan dikabarkan, laporan tersebut yang masuk ke Subdit Keamanan Negara (Kamneg), saat ini sedang berproses. Terkait hal ini, Kapolda Sulut Brigjen Pol Drs Dicky D Atotoy, melalui Kabid Humas AKBP Denny Adare STh, ketika dikonfirmasi sejumlah wartawan, membenarkan penanganan dua laporan tersebut telah diseriusi. Dikatakannya, penyidik Kamneg sementara melakukan pengembangan kasus dan sedang diselidiki. “Sudah ditangani Subdit Kamneg dua laporan pencemaran nama baik yang dilaporkan Flora Kalalo,” ujar Adare, Kamis (19/4) kemarin. Hal tersebut diperkuat dengan diterimanya Surat Perintah Pemberitahuan Hasil Penyelidikan (SP2HP) yang diserahkan penyidik ke Pelapor. “Laporan saya sudah berproses di Polda, saya sudah terima SP2HP,” ungkap Flora baru-baru ini. Seperti diketahui, dua laporan tersebut diantaranya tertanggal 13 Februari 2012, dugaan pencemaran nama baik yang terjadi saat hearing di Kantor Deprov Sulut. dimana Flora bersama Rodrigo Ilias SH MH yang mewakili beberapa dosen lain keberatan dengan dugaan tuduhan provokator dan tuduhan membuat tanda tangan palsu dalam laporan ke departemen pendidikan yang dilayangkan terlapor Prof Donald Rumokoy dan Daniel Pangemanan SH. Sedangkan laporan kedua tertanggal 2 April 2012.(erel)

Ketiga tersangka yang diringkus yakni, RP alias Risky (22), warga Kelurahan Ternate Baru, Lingkungan II, Kecamatan Singkil, lelaki SM alias Ono (48) warga Kelurahan Ternate Tan-jung, Lingkungan III, Ke-camatan Singkil, dan lelaki JL alias Jufri alias Bopeng (50) warga

Kelurahan Ternate Baru, Lingkungan II, Kecamatan Singkil. Kapolsek Singkil Iptu Karel Tangay SH saat dikonfirmasi melalui Kanit Reskrim Aiptu Karim Hamzah membenarkan adanya penangkapan tersebut. “Ketiga pelaku sudah ditangkap dan dijebloskan ke dalam

sel, namun saat ini juga kami masih memburu bandar besar jaringan ini,” ungkap Hamzah. Penangkapan tersebut berdasarkan hasil pengembangan dan atas informasi dari masyarakat yang resah akibat praktik judi tersebut. Mendapati informasi tersebut, polisi langsung menyiapkan momen. Penggrebekan ini langsung dipimpin Kanit Reskrim Polsek Singkil Aiptu Karim Hamzah dan anggota Intel Bri-

TERSANGKA PENCURIAN

Ditangkap sedang memakai narkoba, 7 buah Hp dan 14 suntik turut disita Manado—Upaya kerja keras pihak kepolisian dalam mengungkap para pelaku kasus pencurian di daerah ini terus dibuktikan. Kali ini setelah beberapa pekan lalu berhasil menangkap tiga tersangka pencurian dan perampokan, kini prestasi gemilang itu ditorehkan lagi pihak Polsek Urban Malalayang. Satu tersangka, NK alias Nicky (30), warga Kelurahan Paniki, Lingkungan I, Kecamatan Mapanget, Kamis (19/4) kemarin, berhasil diringkus polisi melalui tim Reskrim dan Resmob Polsek Urban Malalayang yang dipimpin langsung, Kanit Reskrim Iptu Ruddy Raranta. Tersangka diciduk petugas atas laporan warga yang mengalami pencurian di rumah kos di jalan Manibang Kelurahan Malalayang Dua, pada beberapa bulan lalu. Dari laporan tersebut, polisi terus melakukan upaya pengembangan dan melakukan pencarian. Rupanya petugas telah mengantongi nama tersangka Nicky dan sudah menjadi target operasi. Ketika mendapati momen yang tepat, polisi langsung bereaksi. Alhasil, Kamis kemarin sekitar pukul 08.30 Wita, tersangka berhasil dibekuk

dirumahnya di Kelurahan Paniki. Saat ditangkap, tersangka pun tak berkutik. Mirisnya lagi, petugas mendapati tersangka sedang asyik menggunakan obat yang diduga Narkoba. Pasalnya, ditangan kanan tersangka tertancap suntik yang te-lah berisi campuran obat. Bahkan di atas meja, ditemukan sejumlah peralatan memakai narkoba dan beberapa obat berserakan yang diduga tidak bisa dipakai sembarang orang serta sejumlah Hp berbagai jenis. Barang bukti yang disita polisi antara lain, satu kantong plastik kondom Sutra, obat alprazolam, Zypraz, 14 buah suntik dan jarum, sendok, sedotan satu plastik, dompet pipet, kabel USB, Hp Blackberry Bold 9000, Blackberry Kepler, 4 buah Hp Nokia, Hp Sony Ericsson serta charger Hp. Setelah diciduk, tersangka langsung digiring petugas ke Mapolsek Urban Malalayang, untuk diproses lebih lanjut. Dari pengakuan tersangka saat diinterogasi penyidik Reskrim mengakui, aksinya melakukan pencurian di sejumlah rumah kos karena terdesak akan kebutuhan hidup yang tidak mencukupi. Dibeberkan juga, dirinya

TERSANGKA saat diinterogasi petugas kepolisian Polsek Urban Malalayang, Kamis (19/4) kemarin.(foto: oby/sk)

mendapat uang untuk membeli obat dari hasil curiannya. Pasalnya, orang tuanya yang berprofesi sebagai kontraktor tidak bisa mencukupi kebutuhannya. “Orang tua saya punya uang, tapi tak bisa mencukupi kebutuhan saya. Makanya saya terpaksa harus mencuri agar bisa membeli obat. Saya pernah memakai obat putaw sejak tahun 2002. Karena ingin mengurangi pemakaian dan dalam proses peralihan, saya harus memakai obat jenis alprazolam dan Zypraz. Untuk mendapatkan obat itu ada kartu khusus yang diberikan rumah sakit. Kalau beli alprazolam akan dapat kondom,” ungkap tersangka saat diinterogasi Kapolsek Urban Malalayang, diruang Reskrim. Kapolsek Urban Malalayang Kompol Andrian Syah, melalui Kanit Reskrim Iptu Ruddy Raranta, ketika dikonfirmasi wartawan membenarkan penangkapan tersebut. “Penangkapan tersangka melalui proses pengembangan laporan kasus pencurian Hp. Saat ditangkap tersangka tak melakukan perlawanan. Kami juga sudah mengamankan sejumlah barang bukti yang be-

rada didepan tersangka. Dan saat ini tersangkanya sudah kami tahan,” jelas Raranta. Diketahui, tersangka Nicky sebelumnya telah menggasak HP BlackBerry Bold milik Stivano Torry (19), mahasiswa Fakultas Kedokteran (Faked) Unsrat, di kamar kos yang berlokasi di Manibang Kelurahan Malalayang Dua, 22 Februari silam, sekitar pukul 13.00 Wita. HP yang berbandrol Rp4 juta itu dijual tersangka ke lelaki ML alias Mario, oknum sopir kepala BRI Cabang Manado, kemudian HP itu dijual lagi kepada lelaki ber-nama Yuda. Setelah mela-kukan pelacakan, Polisi berhasil menemukan HP tersebut di kawasan Jalan Sarapung, Kecamatan We-nang. Dari keterangan Yu-da, Polisi kemudian meng-amankan Mario. Dari Mario Polisi berhasil mengan-tongi alamat rumah ter-sangka Nicky. Menurut ter-sangka yang mengaku be-kerja sebagai kontraktor ini, dirinya memang pernah menggunakan narkoba waktu lalu. Dia mengaku kini dirinya dalam masa peralihan dan obat-obatan yang dimankan hanyalah sesuai resep dokter.(erel)

BARANG bukti yang diamankan polisi dari tangan tersangka pencurian.(foto: oby/sk)

Polsek Urban Malalayang serahkan kasus ke Satnarkoba Polresta Manado Manado—Setelah Polsek Urban Malalayang berhasil

menangkap tersangka pencurian, NK alias Nicky (30), warga Kelurahan Paniki, Lingkungan I, Kecamatan Mapanget, kini pihak Polsek sementara melakukan koordinasi dengan Satuan Reserse Narkoba Polresta Manado. Pasalnya, tersangka Nicky saat diciduk polisi dirumahnya ditemukan sedang memakai obat yang disinyalir jenis narkoba dengan alat suntik. Kapolsek Urban Malalayang Kompol Andrian Syah, melalui Kanit Res-krim Iptu Ruddy Raranta, saat dikonfirmasi sejumlah wartawan, Kamis (19/4) kemarin mengungkapkan, pihaknya melakukan koordinasi dengan Satuan Narkoba Polresta Manado untuk dapat menangani ka-sus yang baru terjadi di saat penangkapan. “Kami tangani hanya kasus pencuriannya saja yang

dilakukan tersangka Nicky. Karena kasus ini atas laporan warga yang masuk ke Polsek. Kalau te-muan yang kami dapati saat ditangkap, tersangka sedang memakai narkoba dan ada alat buktinya, itu kami serahkan ke Polresta Manado di bagian satuan narkoba. Dan saat ini sedang dikoordinasikan penanganan kasus itu dengan pi-hak satuan narkoba,” ung-kap Raranta, yang akrab dengan personilnya. Ditambahkan lelaki yang pernah bertugas selama 26 tahun di bagian analisa kasus di Polda Sulut ini, meski akan dilakukan penangannya oleh Polresta Manado terkait kasus narkoba tersangka Nicky, namun pihaknya tetap akan melakukan pemantauan dan terus berkoordinasi. Selain itu, polisi juga akan segera melakukan pengembangan

dan mendalami kedua kasus tersebut. “Koordinasi ke semua jajaran pasti sementara dilakukan. Hal itu kami lakukan, untuk mengetahui dilokasi mana saja tersangka melakukan aksi pencuriannya dan siapa saja jaringannya yang menggunakan narkoba. Diketahui, polisi meringkus tersangka Nicky, Ka-mis (19/4) kemarin pagi, se-kitar pukul 08.30 Wita dirumahnya, karena melakukan aksi pencurian dibeberapa tempat di wilayah Malalayang. Saat dibekuk, polisi menemukan tersangka sedang menggunakan narkoba dengan memakai alat suntik. Barang bukti alat narkoba yang ditemukan yakni, obat jenis alprazolam, 14 buah jarum suntik (pipet), sendok, sedotan 1 plastik, dompet pipet, serta puluhan alat kontrasepsi kondom. (erel)

gadir Ilham Ismail serta dua orang anggota Reserse Mobile (Resmob) polsek singkil. Alhasil polisi pun berhasil menangkap lelaki RP alias Risky yang bertugas sebagai penjemput. Setelah dilakukan pemeriksaan intensif dan melakukan pengembangan terhadap lelaki RP, petugas akhirnya menangkap lelaki SM alias Ono yang bertu-gas sebagai pengumpul. Terkuak dari pemeriksaan kedua pelaku tersebut jika hasil penjualan kupon togel jenis singapura di se-tor kepada seorang agen, lelaki JL alias Jufri. Tak tinggal diam setelah men-dapatkan informasi ini me-reka pun langsung bergerak dan berhasil menangkap lelaki Jufri. Ketika dibekuk, ketiganya tak berkutik dan langsung digelandang ke Mapolsek Singkil untuk mempertanggung jawab-kan perbuatannya. Polisi juga langsung mengamankan sejumlah barang bukti dari ter-sangka. barang bukti ter-sebut antara

lain uang tunai sebesar Rp1.370.000, kupon putih dan 20 lembar bukti rekapan dan buku mimpi. Dari tangan Risky polisi mendapatkan uang tunai sebesar Rp976 ribu dari tiga pengecer, yakni Yasmin, Sartono dan DS Deasy. Sedangkan dari tangan pelaku SM polisi mendapatkan uang tunai sebesar Rp394 ribu, yang hendak disetor kepada lelaki Jufri. Tersangka Risky dalam pengakuannya mengata-kan, setiap transaksi diri-nya mendapatkan upah da-ri lelaki Jufri alias Bopeng sebesar Rp25.000. Sedangkan menurut pengakuan JL alias Jufri alias Bopong dirinya baru menggeluti bisnis ini selama satu minggu dan dirinya mendapatkan untung sebesar 5 persen dari sang bandar besar yang masih dalam pengejaran petugas. Akibat perbuatannya ketiga pelaku inipun akhirnya di jebloskan ke dalam sel Mapolsek Singkil. (erel)

KASUS DI PEGADAIAN

Kajati segera lakukan evaluasi Manado—Pengusutan dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) penyaluran kredit fiktif pada dana untuk Program Kredit Usaha Ru-mah Tangga (Krista) pemerintah melalui Kantor Cabang Pegadaian Malalayang, Unit pelayanan cabang Tanawangko, hingga kini masih diintensifkan dalam penyidikan (DIK) oleh tim penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulut. Akan hal itu, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulut, I Ketut Arthana, dalam waktu dekat ini segera melakukan evaluasi terhadap penyidikan para penyidik. “Tim penyidik sedang turun lapangan lang-sung untuk mengusut-nya. Dan dalam waktu dekat ini akan saya eva-luasi soal perkembangan penyidikannya itu,” kata Arthana, ketika dikonfirmasi Swara Kita, Kamis (19/4) kemarin, di ruang kerjanya. Sekedar diinformasikan, dalam pengusutan kasus Tahun Anggaran (TA) 2008 sampai 2010 itu, tim penyidik sudah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi. “Sebenarnya saksi-saksi yang masuk dalam daftar

I KETUT Arthana.

pemeriksaan ada ribuan orang. Namun tim penyidik hanya memilah-milah saja, yang penting sudah terwakili soal kesaksian dalam penyidikan kasus ini,” jelas Arthana sebelumnya. Penyaluran kredit pada dana untuk Program Kredit Usaha Rumah Tangga (Krista) pemerintah melalui Kantor Cabang Pegadaian Malalayang, Unit pelayanan cabang Tanawangko tahun 2008 sampai 2010 tersebut, diduga telah terjadi penyelewengan atau penyalurannya fiktif. Akan hal itulah, penyidik Kejati Sulut langsung melakukan penyelidikan (LID) dan akhirnya dilimpahkan ke tahap DIK atau penyidikan, melalui Sprint DIK No 103/R.1/F.d/02/2011 tertanggal 22 Februari 2012.(vees)


JUMAT 20 APRIL 2012

Pemasangan listrik pasar baru bermasalah B E L U M selesainya kasus pembagian lapak di pasar baru yang cenderung adanya unsur Kolusi, kini persoalan baru nampak dari pembangunan pasar berbandrol Rp9,1 Miliar dari departemen perindustrian dan perdagangan. Apa pasal? Ternyata FERRY Wiku. proyek pemasangan listrik di pasar baru tersebut tidak diakui oleh Komite Penyelamatan instalasi listrik (Konsuwil) menurut Ferry Wiku yang adalah sebagai supervisor pelayanan pelanggan dari PLN ranting Tondano mengemukakan bahwa berdasarkan rekomendasi Konsuwil dan ketika dilihat jaringan yang dipasang di lokasi tersebut ternyata tidak memenuhi syarat. “Setelah ada referensi dari komite penyelamatan instalasi listrik, bahwa seharusnya pemasangan kabel instalasi 3x2,5 milimeter, yang ternyata dipasang oleh pelaksana semuanya hanya 2x1,2 milimeter. Dan ini jelas bermasalah, sebab ini akan sangat mempengaruhi keselamatan bisa jadi akan terjadi korseleting. Makanya kita belum pasang,” ujar Wiku kepada Swara Kita Kamis (19/4) kemarin. Lebih lanjut dikatakan Wiku, kondisi ini jelas mengurangi dan mempengaruhi penerapan sistem TPM yang ada. “Kalau kita tidak pasang ini, jelas akan mempengaruhi tingkat pelayanan mutu yang secara maksimal 7 hari. Kita dari PLN sudah menyurat dan memberitahukan agar segera dibongkar jaringannya dan diganti sesuai dengan standardnya, sebab kami PLN tidak mau dikambinghitamkan, karena tugas kami pemasangan jaringan hanya sampai di rekening, selanjutnya untuk instalasi itu ada teknisi lainnya yang berada dibawah pengawasan konsuwil,” jelasnya.(erka)

Kesbangpol kembali data LSM dan ormas MENINDAKLANJUTI berbagai keluhan masyarakat tentang keberadaan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang kurang jelas di Kota Tomohon akhir-akhir ini, Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak melalui Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Drs J S D Mandagi menegaskan tentang Data Organisasi Kemasyarakatan dan LSM yang terdaftar pada badan Kesbangpol Kota Tomohon sampai tahun 2012 ini serta syarat-syarat untuk pendaftaran Ormas dan LSM. Dijelaskan, untuk mendapatkan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) sesuai UU No. 8 Tahun 1985, PP 18 Tahun 1986 dan Permendagri No. 5 Tahun 1986 persyaratannya wajib memasukan Akte Pendirian Organisasi Kemasyarakatan dan/atau LSM, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga yang dinotariskan, SK Dewan Pengurus Pusat (lengkap) ditandatangani oleh Pendiri/Pimpinan Munas, SK Pengurus Provinsi (lengkap) yang ditandatangani oleh pendiri, program kerja yang ditandatangani ketua dan sekretaris, Riwayat Hidup (Biodata) pengurus yaitu ketua, sekretaris, dan bendahara, pas foto berwarna ukuran 4 x 6 cm bagi ketua, sekretaris, dan bendahara, foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) pengurus bagi ketua, sekretaris, dan bendahara, formulir isian, data lapangan, foto tampak depan dengan papan nama alamat kantor/ sekretariat, NPWP, surat keterangan domisili ditandatangani oleh Lurah dan Camat setempat, Surat Kontrak/Izin Pakai tempat diatas Materai Rp6.000, tidak menggunakan lambang “Garuda” sebagai lambang organisasi, surat keterangan tidak sedang terjadi konflik internal (dualisme/multi kepengurusan) ditandatangani ketua dan sekretaris yang dibubuhi materai Rp6.000, surat keterangan tidak berafiliasi dengan partai politik ditandatangani ketua dan sekretaris yang dibubuhi materai Rp6.000, menyampaikan laporan kegiatan organisasi kepada Pemkot Tomohon melalui Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat Kota Tomohon setiap 6 (enam) bulan sekali. “Ini ditujukan kepada seluruh komponen masyarakat agar mengetahui dengan jelas LSM dan Organisasi Kemasyarakatan yang terdaftar dan diakui Pemerintah, sekaligus mengajak kepada seluruh pengurus LSM dan Ormas lainnya yang belum terdaftar dan aktif dalam berbagai kegiatan untuk mengurus dan mendaftarkan pada Badan Kesbangpol dengan melengkapi persyaratan yang terlampir diatas. Sehingga menciptakan kenyamanan dan kesejukan dalam masyarakat,” jelas Mandagi.(gebe)

BPN ”cuci tangan” terbitkan sertifikat yang bermasalah? Mamengko: Kami hanya mencatat dan menerbitkan Tondano—Penerbitan sertifikat tanah dari Badan Pertanahan Nasional wilayah Kabupaten Minahasa, ternyata belum secara sah adalah sebuah keputusan tetap, dan ini bisa saja dibatalkan. Celah inilah yang ternyata bisa seorang oknum BPN menerbitkan sebuah Sertifikat yang ternyata bermasalah. Pengamat hukum, Jonly Wurangian SH,MH mengatakan bahwa bisa saja BPN “cuci tangan” saat sebuah perkara tentang

tanah sengketa yang dieksekusi terjadi. Tapi itupun kelemahannya bisa berawal ketika petugas BPN tidak mengecek kebenaran dan asal usul tanah tersebut. “Kasihan pembeli lahan sengketa. Biarpun sudah ada sertifikat pembelian, namun ternyata pada ujung-ujungnya sertifikat tersebut tidak memiliki keputusan tetap, maka sia-sia pembangunan dan pasti ada yang mengalami kerugian,” ujarnya.

M Mamengko.

Sementara itu menurut KTU BPN Kabupaten Minahasa Margaretha Mamengko kepada Swara Kita Kamis (19/4), mengatakan bahwa memang

yang menjadi final sah tidaknya sebuah asal usul tanah itu dari pihak kelurahan. BPN justru hanya melakukan pencatatan dan penerbitan sertifikat. “Supaya tidak jadi seperti ini, kita harap agar supaya dari kelurahan maupun pala dan hukum tua, untuk memastikan bahwa sebelum tanah ini bersertifikat, harus dicek unsur kepemilikan tanah. Jika masih bermasalah atau tidak ada titik terang maka ini dinyatakan gugur,” jelas Mamengko seraya mengatakan agar para notaris juga sebelum mengeluarkan sertifikat, itu harus berkoordinasi dengan BPN.(erka)

SOROT

PT Pertamina Lahendong diduga driskriminasi tenaga kerja Tomohon—PT Pertamina Lahendong kembali mendapat sorotan keras dari Dekot Tomohon. Kali ini, perusahaan penyedia sumber daya alam untuk menyuplai listrik dari tenaga uap itu, disorot karena diduga telah melakukan tindakan distriminatif terhadap para pekerjanya. Hal itu dikatakan Ketua Komisi A Dekot Tomohon, Drs Paulus Sembel. Dikatakan Sembel, tindakan diskriminatif yang dilakukan oleh pihak PT Pertamina Lahendong sangat jelass melanggar atau bertentangan dengan

Undang-Undang Tenaga Kerja Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan. “Apa yang dilakukan oleh PT Lahendong sangat bertentangan dengan UU ketenagakerjaan,” ujar Sembel kepada wartawan, Kamis (19/4) kemarin. Sembel mencontohkan, pelanggaran yang dilakukan oleh perusahaan milik negara itu yakni menyangkut pembayaran gaji dimana hanya dihitung selama 22 hari kerja dalam sebulan. Demikian juga dengan kesejahteraan pekerja dalam menerima tunjangantunjangan, bonus-bonus,

fasilitas dan juga asuransi hingga jaminan keselamatan kerja dimana melanggar UU No 13 Tahun 2003 terlebih pada pasal 77 ayat 2A dan B. “Tak hanya itu, sistem kontrak tenaga kerja juga tidak sesuai dengan pasal 59 pada UU ketenagakerjaan. Padahal, pekerja yang sudah bekerja bertahun-tahun juga tidak pernah didorong untuk memaksimalkan kompetensi mereka karena tidak ada yang namanya penilaian kerja,” tandas Sembel. Menurut Sembel, dengan adanya masalah-masalah tersebut, menunjukkan bahwa manajemen PT

Pertamina Lahendong jelas tidak mendukung kesejahteraan dan ketrampilan para pekerjanya. “Ini sangat tidak manusiawi karena Pertamina telah melangkahi hak-hak pekerja dan hanya menjadikan para pekerja sebagai ‘sapi perah’ sementara kewajiban perusahaan itu kurang dipenuhi,” kata Sembel. Untuk itu, tambah Sembel, dengan melihat berbagai persoalan tersebut, maka Dekot Tomohon berencana memanggil PT Pertamina Lahendong lewat hearing. “Mudah-mudahan, besok (hari ini,red) kami akan melakukan hearing lintas komisi A dan B dengan Pertamina dan perwakilan pekerja. Ini agar masalah tersebut bisa diselesaikan,” tambah Sembel.(gebe)

BANJIR WALIAN 2

Dewan pertanyakan bantuan bagi korban Tomohon—Bantuan bagi korban banjir di Kelurahan Walian 2 Kecamatan Tomohon Selatan yang terjadi belum lama ini, mulai dipertanyakan oleh wakil rakyat Kota Tomohon. Salah satunya yakni anggota Dekot Tomohon Mono Turang yang merupakan utusan rakyat Dapil Tomohon Selatan. “Komitmen Pemkot Tomohon untuk penanganan korban bencana banjir di Kelurahan Walian 2 sudah dipertanyakan warga karena sampai saat ini belum terealisasi,” kata Turang kepada wartawan, Kamis (19/4)

kemarin. Bencana banjir yang nyaris memakan korban jiwa dan akibat banjir hingga menyebabkan adanya rumah penduduk yang dapurnya ambruk, harus menjadi perhatian Pemkot Tomohon. Hal ini pun langsung mendapatkan perhatian dari Pemkot Tomohon. Sekkot Tomohon, Drs Arnold Poli SH MAP mengatakan, jika permintaan tersebut akan segera ditindaklanjutinya. “Pada prinsipnya pihak pemkot tidak akan tinggal diam dengan kejadian ini. Kami akan koordinasikan dengan pihak atau instansi terkait,” katanya.(gebe)

AGENDA

LKPJ mulai dibahas Tondano—Kamis (18/ 4) kemarin, bertempat di kantor Dekab Minahasa, pelaksanaan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati pada anggaran APBD 2011 sudah dibahas. Dan kali ini mendapat persetujuan dari para pansus yang ada. Bupati Minahasa Drs Stevanus Vreeke Runtu dalam sambutannya mengatakan bahwa meskipun pekerjaan yang dianggarkan tahun 2011 ada yang tidak sempurna, tetapi pemerintah akan terus memperhatikan seluruh program agar supaya ditingkatkan. “Memang semuanya dapat dikata bahwa kita melakukan tugas dengan sebaik mungkin tapi tidak berjalan baik. Dan kita tetap berupaya untuk memperbaikinya,” ujar Runtu.

Sementara itu menurut Ketua Dekab Minahasa Drs Frits Tairas mengatakan, kondisi itu wajar dimaklumi, akan tetapi tidak ada yang menjadi persoalan pelik. “Kalau ada yang salah kita langsung merobah secara bersama-sama. Ini penting agar supaya, kedepannya perlu ada pertimbangan untuk dikerjakan secara profesional,” ujar Tairas. Disisi lain juga dalam pembahasan LKPJ ini, panitia akan tetap mengawasi secara periodikal. Dan berharap hasilnya jauh lebih baik. “Kita berharap ini menjadi hal yang lebih baik untuk kedepannya dan tidak memandal sebuah kekeliruan,” jelasnya. Dalam acara tersebut dihadiri sejumlah SKPD dan para anggota Dekab Minahasa yang ada.(erka)

5 ribu kartu untuk pembuatan KTP. Hal ini bertujuan agar disaat program e-KTP berjalan di Kota Tomohon, Nomor Induk Kependudukan (NIK) dari 5 ribu kartu ini bisa dipergunakan. “Kami

sudah antisipasi dengan menyediakan 5 ribu kartu. Jadi, begitu program e-KTP berjalan, NIK dari kartu yang kami siapkan tinggal disalin ke e-KTP,” tambah Marentek.(erka/gebe)

KEPENDUDUKAN

Pelayanan E-KTP di Minahasa dikebut Kawangkoan—Batas akhir pelayanan KTP elektronik yang jatuh pada akhir April tahun ini, rupanya membuat para camat mulai bergegas menyelesaikan pemutakhiran data kependudukan lewat upaya dorongan kepada warga untuk mendaftarkan diri. Meskipun demikian dari pihak kecamatan melakukan mobile ke seluruh pelosok. Seperti yang dilakukan Camat Kawangkoan Ralph Mamahit SSos saat melakukan pengawasan di beberapa desa yang ada. “Kita dalam waktu yang relatif singkat ini terus melakukan pengawasan dan tentunya ada beberapa kebijakan yang perlu diambil. Dan secara mobile ini kita bisa memontor seberapa banyak yang terdata,” ujar Mamahit kepada Swara Kita Kamis (19/4) kemarin. Menurut mantan Camat Kakas ini, sejakpelayanan eKTP yang di-”launching” 17

RALPH Mamahit.

Maret awal tahun 2011 lalu untuk penerima kartu tersebut sampai saat ini berjumlah 14 ribu. “Dari target yang ada, tercatat sebanyak 32 ribu untuk kepala keluarga. Jadi ada sekitaran 21 ribu yang terdata untuk diselesaikan dan kita masih kekurangan 7 ribu target yang dikejar. Artinya data yang masuk pada akhir pekan kemarin telah ter-cover sebanyak 14 ribu,” ujar Mamahit. Lebih lanjut dikatakan mamahit bahwa untuk batas

akhir 30 April ini, mereka tetap masih melakukan sosialisasi. Rasa optimis bila target yang ada dapat terpenuhi. “Kita berharap dengan semua kondisi seperti ini dapat memberikan pencerahan bagi semua warga agar mengurus KTP elektronik, dan sesuai dengan penegasan Bupati Minahasa Drs Stevanus Vreeke Runtu, bahwa kepengurusan kartu tersebut itu tidak dipungut biaya apapun,” jelasnya. E-KTP TOMOHON Sementara, proses perekaman data untuk e-KTP di Kota Tomohon, berjalan sangat lambat. Hal ini bukan disebabkan oleh pemerintah, tapi oleh pihak ketiga atau konsorsium pemenang tender di pemerintah. Hal ini dikatakan oleh Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Tomohon, Ferry

Marentek. “Memang ini sudah menjadi masalah nasional karena banyak daerah yang mengeluhkan hal yang sama,” ujar Marentek kepada wartawan, Kamis (19/4) kemarin. Dikatakan Marentek, untuk Sulut sendiri, penerapan program e-KTP yang sudah berjalan maksimal baru 5 Kabupaten/Kota. Sementara untuk Kota Tomohon sendiri, belum bisa berjalan dari target yang ditetapkan bulan April ini. Hal ini dikarenakan seluruh kantor kecamatan yang ada di Kota Tomohon belum memiliki jaringan perangkat untuk perekaman data. “Alat sudah ada, namun jaringan belum disambung oleh pihak ketiga. Sama halnya dengan satelit yang baru dipasang di kantor kami, tapi pengoperasiannya belum jalan,” jelas Marentek. Meskipun demikian, tambah Marentek, walaupun program ini belum jalan, namun pihak Dukcapil Kota Tomohon telah menyediakan


Minselutra Minsel, Minut, Mitra

Tim verifikasi hutang Pemkab Minsel cek fisik pekerjaan PEMKAB Minsel mengalokasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2012 ini sekitar Rp21 M untuk menutupi hutang Pemkab tahun 2010 lalu kepada pihak ke-3. Akan tetapi untuk membayar hutang tersebut Pemkab Minsel melalui tim verifikasi akan turun mengecek fisik pekerjaan yang sudah dikerjakan. Sebagaimana diungkapkan oleh ketua tim verifikasi hutang Pemkab Minsel yang juga selaku asisten III Drs James Tombokan. Dikatakannya, saat ini pihaknya telah melakukan verifikasi sisa hutang Pemkab Minsel kepada pihak ke-3, dengan cara turun mengecek fisik hasil pekerjaan. “Salah satu persyaratan pembayaran hutang yakni pengecekan lewat hasil fisik pekerjaan yang ada di lapangan. Dan saat ini ada tim yang turun mengecek beberapa proyek di lapangan,” ungkapnya. Ditambahkan mantan Kaban BKDD Minsel ini, bahwa tahun 2012 ini pihaknya mengalokasikan dana dari APBD untuk pelunasan hutang namun ini belum semuanya dibayarkan, akan tetapi dengan cara bertahap. “Sisa hutang yang adayang akan dibayarkan tahun ini sekitar 21 M, dan untuk pembayraran disesuaikan dengan hasil fisik pekerjaan di lapangan nantinya,” tutupnya.(esem)

Jalan trans depan SMA I Amurang tergenang air

SEJUMLAH dranase yang ada dibeberapa ruas jalan trans Sulawesi masih belum berfungsi. Pasalnya, bila hujan tiba dranase tersebut tidak berfungsi dengan baik, dimana air hujan justru tergenang di ruas jalan, sebagaimana dranase yang ada di depan SMA I Amurang. Tak heran warga setempat meminta agar pemerintah memperhatikan hal tersebut. Sebagaimana yang diungkapkan Stenly Siar warga yang tinggal kelurahan Bitung Kecamatan Amurang. Dikatakannya, pemerintah harus memperhatikan dranase tersebut karena selama ini tidak berfungsi dengan baik. “Di depan SMA I kalau hujan tiba jalan selalu tergenang dengan air hujan, bahkan menyebabkan kemacetan yang panjang. Untuk itu kami selaku warga setempat meminta agar pemerintah memperhatikan dranase tersebut,” ungkapnya. Sementara itu, Kepala dinas Pu Minsel ir Joutje Tuerah Msi yang dikonfirmasi terkait dengan keluhan masyarakat tersebut mengatakan, pihaknya akan menyampaikan aspirasi masyarakat tersebut kepada pemerintah Provinsi. “Dranase tersebut Provinsi yang buat, namun asaya akan menyampaikannya kepada pihak dinas PU Provinsi,” janji Tuerah.(esem)

T2 bakal dihadirkan sidang 4 aktivis Mitra KASUS pencemaran nama baik Bupati Mitra Telly Tjanggulung (T2), akan segera memasuki tahapan baru, dimana sidang mendatang untuk mendengarkan keterangan saksi-saksi termasuk saksi korban yakni T2 yang bakal bersaksi di PN Tondano. Sidang tersebut akan digelar pada tanggal 30 April, dengan agenda untuk mendengar kesaksian termasuk saksi korban Bupati T2 yang bakal dihadirkan. Hal ini dikatakan Sekretaris Minahasa Tenggara Corupption Watch (MTCW) Jeffry Oding Rantung, salah satu aktivis dari 4 aktivis Mitra yang dilaporkan terkait kasus pencemaran nama baik. “Pada hari Rabu lalu, adalah sidang putusan sela. Dan sidang mendatang akan memasuki tahapan baru, dimana akan mendengarkan keterangan saksi-saksi, termasuk saksi korban yakni T2, yang nantinya bakal akan berhadapan dengan kuasa hukum kami, yakni Jemmy Mokolensang SH, Jellij Dondokambey SH, Novi Kolinug SH dan partners,” ujar Oding, Kamis (19/4) kemarin. Sementara itu, saksi korban yakni T2, apakah akan hadir bersaksi di sidang tersebut, ketika dikonfirmasikan melalui Plt Asisten I Pemkab Mitra Daniel Talantan SH, yang juga mantan Kabag Hukum dan Kadis Nakertranssos Mitra, menjelaskan, menghadirkan Bupati di sidang tersebut adalah kewenangan dari majelis hakim PN Tondano, dengan melihat Berita Acara Pemeriksaan (BAP) nya. “Apakah majelis hakim menganggap penting kesaksian dari saksi korban. Dan bagi yang berkepentingan dari saksi BAP, kalau sudah cukup tidak perlu menghadirkan Bupati sebagai saksi korban, kalau saksi sudah mencukupi kesaksian, tinggal bagaimana hakim menganggap masih perlu atau cukup,” jelas Talantan, saat dikonfirmasi melalui telepon selularnya kemarin. Dijelaskannya lagi, kalau saksi di BAP sudah cukup, untuk apa dipanggil saksi korban dan ini kembali lagi ke majelis hakim. Sementara, ketika ditanyakan apakah Bupati juga akan didampingi kuasa hukum, menurutnya korban tidak perlu didampingi kuasa hukum karena diwakili oleh Negara, dalam hal ini Jaksa dalam pengadilan. “Ini yang perlu diketahui, korban diwakili oleh Negara sebagai kuasa hukumnya, dalam hal ini Jaksa dalam pengadilan,” tandasnya.(esel)

JUMAT 20 APRIL 2012

PEMKABTORIAL MITRA

Mitra jadi lokasi DemFarm padi sawah Inpari 9 Ratahan—Kabupaten Mitra dipercayakan menjadi lokasi Demonstrasi Pertanian (DemFarm) padi sawah Varietas Inpari 9 oleh Badan Koordinasi Penyuluh Pertanian Perikanan dan Kehutanan (Bakorluh) Sulut. Dengan mengambil kawasan perkebunan Desa Esandom, dengan luas mencapai 1,5 hektar, sebagai lokasinya. Dimulainya program tersebut ditandai dengan penanaman perdana padi yang dilakukan langsung oleh Bupati Mitra Telly Tjanggulung dan Kepala Bakorluh Sulut Ir Frits Kaunang,

Selasa (17/4) lalu. Setelah penanaman dilakukan oleh Bupati, selanjutnya diikuti oleh para petani. Penanaman ini, pertanda telah dimulainya kegiatan DemFarm di Esandom Kecamatan Tombatu Timur. Bupati Mitra Telly Tjanggulung melalui Kepala Bagian Humas dan Protokol Drs Ezra W Sengkey MSi didampingi Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan (BP4K) Herman Kosakoy SE, mengatakan DenFarm ini kegiatannya disalurkan oleh Dekonsentrasi melalui Bakorluh Sulut. Bentuknya bu-

BUPATI T2 saat menanam bibit padi varietas inpari 9 di lokasi Denfarm kawasan perkebunan Desa Esandom yang disaksikan langsung Bakorluh Sulut Ir Frits Kaunang.(foto: stenly/sk)

kan berupa dana, tapi bibit, pupuk, obat-obatan atau Saprodi. “Bantuan diberikan

pemerintah pusat untuk mendukung kegiatan penyuluhan di daerah, salah satunya

DenFarm. Dan terima kasih karena telah memilih Kabupaten Mitra sebagai lokasi

penyelenggaran kegiatan DenFarm,” ujar Sengkey, Kamis (19/4) kemarin.(esel)

Lagi, togel marak di Minsel Warga minta Polres bongkar dan tanggap bandar beserta pengedar

AKIBAT dari dranase yang buruk dan tak berfungsi, jalan ikut terendam air hujan. sebagaimana yang ada di Kelurahan Bitung.(foto: servie/sk)

7

Amurang—Minsel saat ini mulai marak kegiatan yang illegal yang merusak masyarakat yakni ‘judi togel’. Pasalnya, saat ini judi togel telah menyebar luas di sejumlah wilayah yang ada di Minsel. Tak heran wargapun mulai gerah dengan maraknya judi tersebut, sehingga warga mendesak agar Polres Minsel dan jajarannya membongkar dan

menangkap oknum Bandar bahkan sampai pengedarnya. Generasi Muda Minsel Hesky Liando kepada Swara Kita mengatakan, pihaknya mendesak agar jajaran Polres Minsel membongkar aksi judi togel yang saat ini sudah mulai beredar di beberapa wilayah di Minsel. “Kapolda Sulut Brigjen Pol Drs Dicky Atotoy sangat berkomitmen untuk memberantas judi

togel tersebut, bahkan beberapa Bandar togel di Manadi telah diringkus. Untuk itu kami minta POlres Minsel bisa membongkar judi togel dengan motif terbaru yakni beredar di Amurang dan sekitarnya,” ungkap Liando. Sementara itu, Kapolres Minsel AKBP Sumitro SH yang dikonfirmasi terkait dengan judi togel melalui

Kasat Reskrim AKP Yana Supriatna Sik mengatakan, pihaknya sangat komit memberantas judi togel, sehingga pihaknya berharap ada informasi dari masyarakat yang mengetahui kegiatan illegal tersebut. “Kalau ada informasi terkait kegiatan judi togel tersebut, Polres Minsel akan sangat berterima kasih. Karena untuk membongkar aksi tersebut perlu juga dukungan dan kerja sama dari masyarakat. Namun kami terus mencari informasi untuk membongkar peredaran judi togel,” tegas Supriatna.(esem/mm)

DISKRIMINASI PENDIDKAN

2 tahun guru di Kalawat tak terima tunjangan beras Airmadidi—Perhatian pemerintah akan keberadaan guru sebagai salah satu penunjang pendidikan di Minut, sepertinya masih didiskriminasikan. Dimana dari informasi yang berhasil dirangkum, sejumlah guru di wilayah Kalawat hingga saat ini tak kunjung mendapatkan tunjangan berupa beras sejak 2 tahun terakhir yang dijanjikan pemerintah daerah. “Tolong kami jangan dianaktirikan seperti ini, masa sebagian pegawai yang

berada di Dekab Minut sudah mendapat tunjangan beras tersebut. Sedangkan kami, belum juga menerima,” tutur salah satu guru yang namanya enggan dikorankan. Diketahui, tunjangan beras yang diberikan pemerintah daerah sudah dalam bentuk uang. Dan itu sangat dibutuhkan sebagian guru untuk menghidupi keluarga yang ada. “Dalam satu bulan kita menerima Rp300 ribu, tapi kenyataannya sampai saat ini sepeserpun tidak kita terima

dalam 2 tahun terakhir ini. Jika dikalikan setahun mencapai Rp3,6 juta, ditambah setahun lagi mencapai Rp7,2 juta. Pertanyaannya kemana uang yang seharusnya diberikan ke kami, jangan-jangan ada permainan dibalik ini semua,” ungkap sejumlah guru. Sementara itu Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (PPKA) Minut Arnold Frederik mengatakan, tunjangan tersebut akan segera dibayarkan dan dananya

sudah ada. “Sekarang itu akan segera dibayarkan bersama dengan sisa selisih gaji, tapi sampai saat ini Dinas Pendidikan dan Olahraga (Dikpora) belum mengajukan permintaan,” tutur Frederik. Kepala Dikpora Minut Drs Maximelian Tapada MSc saat dikonfirmasi, hal itu sementara ditindaklanjuti. “Kita terus melakukan upaya dan memang kita belum melakukan permintaan ke dinas PPKA,” aku Tapada, Kamis (19/4) kemarin.(eres)

KELENGKAPAN BERKAS HONDA

BKDD: Pengumuman 20 April Amurang—Hingga dengan saat ini perhatian para honor daerah (Honda) yang lolos verifikasi tahap I terksesan cuek dalam memasukan sejumlah berkas pelengkap untuk proses pemberkasan yang akan dikirim ke pemerintah pusat. BKDD Minselpun menegaskan batas waktu pemasukan berkas bagi

Honda tahap I yakni tanggal 20 April 2012 akan datang. Hal ini diungkapkan oleh kaban BKDD Minsel Drs Joutje Dehoop MSi yang dikonfirmasi Swara Kita belum lama ini. Menurutnya, pemasukan berkas bagi Honda tahap satu masih sangat minim, bahkan beberapa hari terakhir ini tidak ada yang memasukan kepada

pihaknya. “Kami sangat berharap agar Honda yang lolos verifikasi tahap I segera memasukan berkas yang diminta. Sehingga pada saat batas waktu pengiriman semua berkas 109 honda yang lulus sudah siap dikrim ke pemerintah pusat,” tukasnya. Ditambahkanya, untuk batas waktu pengiriman berkas Honda tahap I di

Minsel yakni tanggal 30 April akan datang semuanya sudah dikirim, sehingga sebelum batas waktu tersebut semua berkas sudah dimasukan. “Tanggal 30 sudah dikirim, dan kami BKDD memberikan batas waktu masukan berkas untuk honda Minsel tahap I yakni tanggal 20 April akan datang. Untuk itu saya berharap agar hal ini diperhatikan oleh para Honda yang lolos tahap I,” tukas Dehoop.(esem)

HARI KARTINI

Potensi pemberdayaan wanita di Mitra tinggi Ratahan—Kabupaten Mitra mempunyai potensi besar dalam Pemberdayaan Wanita, hal ini dapat dilihat dari emansipasi kaum Wanita dan itu terus terwujud dalam program Gender, dimana saat ini dan Kabupaten Mitra mewujudkan itu, dengan adanya kaum Wanita di Legislatif sudah melebihi kuota 30%. Hal ini dikatakan oleh Ketua TP PKK Mitra Dr Herlina Siwu, yang menjelaskan sedikit sejarah pergerakan Wanita Sulut, tercatat ada Ibu Sahelangi yang berperan di Minahasa waktu itu dan beliau berasal dari Ratahan. “Ini mengikuti jejaknya Ibu Maria Walanda Maramis. Dan nyata terlihat juga di pusat kota Ratahan hanya ada dua Gedung pertemuan yang keduanya dinamakan tokoh wanita Ratahan yaitu Wale Wulan Lumintang dan Nona Rengke, sehigga

sebagai Ketua TP PKK Mitra, saya salut dan bangga menjadi bagian dari Wanita Mitra yang mempunyai potensi besar dalam Pemberdayaan Wanita,” ujar Dr Nini— sapaan akrab Siwu, Kamis (19/4) kemarin. Sebelumnya, pada Rabu (18/4) Ketua TP PKK Mitra berkunjung di Desa Rasi dalam rangka pelaksanaan kegiatan peringatan Hari Kartini, yang dilaksanakan oleh TP PKK Desa Rasi. Beberapa lomba menarik dilaksanakan seperti lomba Peragaan busana kebaya kartini dan kebaya modern, lomba menu 3B (Beragam, Bergizi, Berimbang) dan menata meja makan, merangkai Bunga, dan Paduan Suara, yang masing-masing lomba diikuti secara aktif oleh 6 jaga yang ada di desa tersebut. Hadir dan memberi sambutan Ketua Dewan Penyantun TP PKK Desa Rasi Noldi

Punusingon, Ketua TP PKK Desa Ibu Ch Punusingon-Wulur. “Saya memberi apresiasi kepada TP PKK Desa Rasi yang telah berinisiatif melaksanakan kegiatan dalam rangka hari Kartini, dimana tokoh ini sangat berjasa memperjuangkan emansipasi Wanita dan itu terus terwujud dalam program Gender, dimana saat ini dan Kabupaten Mitra mewujudkan itu, dengan adanya kaum Wanita di Legislatif sudah melebihi kuota 30%,” katanya. Pada kegiatan ini juga atas inisiatif TP PKK Desa telah dicanangkan pembangunan jalan setapak semen/beton dengan anggaran kurang lebih Rp 130 juta. “Apabila pembuatan jalan setapak semen ini boleh terwujud dengan swadaya murni TP PKK Desa Rasi, maka ini akan lebih mengokohkan peran TP PKK Desa Rasi, bukan saja sebagai penggerak atau motivator

tapi sudah sangat berkembang maju sebagai pelaksana pembangunan,” tandasnya.(esel)

LKPJ 2011

Luntungan kritisi soal pariwisata Airmadidi—Kamis (19/ 4) kemarin, didepan anggota Dekab Minut dalam sidang paripurna penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung-jawaban (LKPJ) 2011, Bupati Minut Drs Sompie Singal MBA menyampai-kan beberapa poin penca-paian yang telah dilakukan selama kepemimpinannya. Hanya saja salah satu poin utama yakni masalah pariwisata, mendapat kritikan pedas dari anggota Dekab Minut Piet Luntungan. Dimana Luntungan mengatakan seharusnya masalah pariwisata menjadi poin pertama yang harus diprioritaskan. “Mengenai pariwisata tersebut, seharusnya masuk dalam poin pertama, tapi mengapa bupati hanya memasukkannya dalam poin keempat. Inikan tidak relevan dan bertolak bela-

kang dengan apa yang menjadi visi dan misi beliau saat mencalonkan diri lalu untuk menjadikan Minut sebagai daerah wisata 2015,” sembur Luntungan. Ditam-bahkan Luntungan, sesuai dengan hasil Rencana Pembangunan Jangka Mene-ngah Daerah (RPJMD), pariwisata masuk dalam poin utama. “Disepakati bersama dalam RPJMD, dimana pari-wisata menjadi tujuan utama dan seharusnya bupati ber-patokan pada hal itu,” tandas Luntungan. Dalam sidang paripurna penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) 2011, Singal menyampaikan kondisi keuangan daerah. Dimana dari target sebesar Rp800 miliar, Pemkab Minut baru berhasil mencapai Rp490 miliar. Sedangkan untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) mencapai Rp16 miliar dari target sebesar Rp14 miliar.(eres)

BANTUAN PUSAT

Desa bakal kecipratan Rp250 juta Ratahan—Pemerintah Pusat bakal mengucurkan bantuan langsung ke desadesa sebesar Rp 250 juta. Dimana dana ini tertata pada Anggaran Pendapatan Belanja Negara-Perubahan (APBN-P) yang akan disalurkan untuk desa-desa tertinggal. Hal ini disampaikan Bupati Mitra Telly Tjanggulung. ‘’Saya mendapat informasi, pemerintah pusat akan mengucurkan bantuan langsung ke desadesa sebesar 250 juta rupiah,’’ kata T2—sebutan akrab Bupati, saat menghadiri pelaksanaan HUT Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur ke-27, belum lama ini. Lebih lanjut, menurutnya daerah yang harus mengusul-kan

permohonan bantuan lewat proposal. “Kabupaten Mitra akan memanfaatkan peluang ini, dan harapan saya Mitra akan mendapatkan bantuan ini,’’ ujarnya. Sebelumnya hal ini juga telah disampaikan oleh Wakil Ketua Banggar DPR RI Olly Dondokambey, saat menghadiri Perayaan Paskah dan HUT Pemuda Sinode GMIM di Tombatu, lalu. Sementara itu, dalam rangkaian kegiatan HUT Desa Esandom, Bupati meresmikan proyek yang dibiayai lewat PNPM di Kecamatan Tombatu Timur dan meresmikan gedung TK GMIM Syalom Esandom. Bupati juga memberikan bantuan seragam sekolah, bantuan kepada keluarga miskin, dan ibu hamil, serta para Lansia.(esel)

UN

Tanpa kabar, guru Dikpora pertimbangkan pemberian sanksi Airmadidi—Sedikitnya 22 siswa SMA dan SMK se-Minut tidak mengikuti Ujian Nasional (UN). Dimana alasan mereka tidak ikut UN bervariasi, ada yang dikarenakan sakit serta urusan keluarga. Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga (Dikpora) Minut Drs Maximelian Tapada MBA melalui Kabid Pendidikan Menengah dan Kejuruan Bernadeth Longdong SPd, siswa SMA yang tak ikut UN di Minut berjumlah 19 orang dan SMK 3 orang, sehingga totalnya mencapai 22

siswa yang tidak mengikuti UN. Untuk siswa dengan alasan sakit, wajib memberi surat keterangan dokter dan bisa diberikan kesempatan untuk mengikuti ujian susulan. “Harus ada surat dokter sebagai bukti, dan itu akan diikutkan ujian susulan. Tapi kalau tidak ada alasan jelas, maka akan dibicarakan bersama guru-guru sanksi apa yang akan diberikan. Hasil UN ini nantinya akan diketahui sekitar minggu depan, dan tentunya kami berharap siswa Minut bisa

meraih hasil yang maksimal,” ungkap Longdong, Kamis (19/4) kemarin. Sampai pelaksanaan UN hari terakhir, Kamis (19/4) Dinas Dikpora Minut akan langsung mengirim lembar jawaban UN ke Unima, untuk dilakukan pemeriksaan. “Ini agar tidak ada permasalahan yang tidak kita inginkan terjadi, walaupun memang ada ujian susulan nantinya, UN untuk SMA/SMK tahun ini Minut bisa mendapatkan prestasi serta menciptakan siswa yang membanggakan,” harap Londong.(eres)


JUMAT 20 APRIL 2012

First Lady Bitung periksa tekanan darah

Komisi A temui BKN Perjuangkan nasib 51 Honda Sangihe

FIRST Lady Bitung Ny Sondakh Taroreh dalam baksos kemarin.(foto: epang/sk)

BAKTI Sosial (Baksos) yang dilaksanakan oleh Tim penggerak PKK dan Dharma wanita persatuan di Kecamatan Girian tepatnya di kelurahan Girian Indah, Kamis (19/4) kemarin dilakukan dengan pelayanan kesehatan gratis untuk warga Girian. “Kami menyelenggarakan pelayanan kesehatan gratis seperti pengobatan, dan KB gratis,” kata dr Geyby Suluh Luntungan. Ratusan warga tumpah ruah memadati halaman kantor Camat Girian untuk mengikuti kegiatan tersebut. Uniknya mengawali pemeriksaan kesehatan gratis, Ketua TP PKK Kota Bitung Josephin Sondakh Taroreh, dan Wakil ketua 2 Dra Telly Humiang Muhaling melakukan pemeriksaan tekanan darah. “Banyaknya aktifitas kami sehingga diperlukan pemeriksaan darah yang rutin dan ini harus dilakukan oleh warga Bitung,” kata First Lady Bitung Ny Sondakh Taroreh. Menurut istri dari Walikota Bitung ini kegiatan baksos yang meliputi pengobatan umum, dan KB gratis sebagai inspirasi bagi kaum perempuan. “Dalam menyambut hari Kartini, diharapkan perempuan dalam bekerja dan berkarya bisa mengikuti jejak Kartini,” katanya. Di tempat terpisah TP PKK dan Dharma wanita persatuan Kecamatan Girian menjelaskan kegiatan baksos ini untuk meningkatkan derajat hidup masyarakat. “Tentunya melalui KB untuk dan wanita untuk Pria, dan pelayanan kesehatan lainnya kepada masyarakat,” kata dr Geyby Suluh Luntungan didampingi suami tercinta yang adalah Camat Girian Steven Suluh. Pada acara ini ada 16 tenaga kesehatan yang terlibat dalam baksos kali ini dan diikuti oleh semua warga di Kecamatan Girian mulai dari balita hingga lansia.(wepe)

Tahuna—Persoalan 51 Honda Kategori II yang belakangan mencuat ke permukaan dan tidak terakomodir dalam data base oleh Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Sangihe akhirnya ditindaklanjuti oleh Dekab Sangihe. Tak tanggung-tangung enam personel Komisi A yang dipimpin Ketua Helmud Hontong SE terbang ke Jakarta untuk mendatangi Badan Kepegawaian Nasional (BKN). “Ini menyangkut nasib orang yang telah mengabdikan

diri ke daerah, sehingga menjadi keharusan bagi wakil rakyat untuk memperjuangkannya hingga ke pemerintah pusat,” jelas Hontong menjawab pertanyaan Swara Kita. Apalagi, lanjut Hontong dari jumlah tersebut justru sebagian besar adalah tenaga guru di wilayah terpencil dan kepulauan. Dan mereka sudah mengabdi hingga ada yang diatas sepuluh tahun, namun sangat disayangkan justru BKD Sangihe terkesan cuek. “Untuk lebih mempolemikkan hal ini tidak akan

menemui titik terang, sehingga Komisi A Dekab Sangihe harus melakukan kordinasi langsung dengan BKN. Saya berharap upaya dari anggota Dewan ini akan maksimal serta menuai hasil yang sukses,” jelasnya kembali. Seperti diketahui dari sejumlah tenaga Honda kategori II yang masuk data base tenryata masih ada 51 Honda yang tidak terakomodir. Hal ini kuat dugaan terjadi adanya permainan pemasukan nama dan data tenaga Honda ke data base

SEJARAH SANGIHE-TALAUD

Makam mantan bupati pertama perlu perhatian

RSUD Lapangan Sawang semakin berkembang RUMAH Sakit Umum Daerah (RSUD) Lapangan Sawang terus meningkatkan sarana dan prasarana serta pembenahan, dalam rangka meningkatkan standar pelayanan maksimal bagi seluruh masyarakat yang membutuhkan perawatan. Hal tersebut ditegaskan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lapangan Sawang, dr Ria Papalapu MKes pada sejumlah wartawan belum lama ini. Menurut Papalapu, komitmen itu telah menjadi tekad bersama seluruh jajaran Pemerintah Daerah, khususnya Bupati Toni Supit SE MM dan Wabup Drs Piet Hein Kuera. “Upaya peningkatan pelayanan yang kami lakukan, terus mendapat dukungan dari pak bupati dan wabup, “terang Papalapu. Lebih lanjut, peningkatan pelayanan semakin ditingkatkan dengan tentunya penambahan sejumlah fasilitas kesehatan dan tenaga dokter terus menjadi perhatian pihak RSUD Sawang. “Hingga saat ini, RSUD Sawang telah memiliki sejumlah fasilitas canggih, serta lima orang dokter ahli,” terang Papalapu. Selain itu, Papalapu juga menerangkan, akhir-akhir ini, para tenaga dokter ahli yang ada di RSUD Sawang telah sukses menangani jalannya operasi yang tergolong besar. “Salah seorang pasien tumor, yang sempat ditolak oleh beberapa RS di Manado dan Bitung, berhasil ditangani oleh tim dokter RSUD Sawang. Ini membuktikan adanya peningkatan signifikan dari pelayanan dan penanganan para tenaga medis yang ada,” tukas Papalapu.(esge)

Sondakh minta instansi swasta tunjang kebersihan MENCIPTAKAN lingkungan yang bersih dan sehat merupakan idaman semua orang sehingga perlu juga menjadi perhatian dari semua kalangan agar harapan kita dapat terealisasi, hal ini dikatakan walikota Bitung Hanny Sondakh saat memimpin rapat antara pemerintah kota Bitung dengan pihak swasta yang dilaksanakan di ruang kerja walikota Kamis (19/ 4) kemarin sembari meminta agar masalah kebersihan perlu mendapatkan perhatian dari seluruh instansi dan perusahaan. “Lokasi perusahaan atau lokasi pabrik dan kemudian sampai ke lingkungan masyarakat umum harusnya dibersihkan,” ujar Sondakh. Diapun meminta diperlukan adanya kontribusi dan sumbangsi perusahaan untuk masalah kebersihan. “Ini merupakan kepentingan kita bersama karena jika daerah kita bersih maka akan tercipta lingkungan yang sehat dan ini dapat menguntungkan kita sekalian bukan hanya saat ini melainkan untuk masa - masa yang akan datang.” ujarnya.(wepe)

yang sengaja dimainkan oleh oknum-oknum tertentu di BKD untuk keuntungan diri sendiri. Secara terpisah tokoh pemuda Tamako Member Beslar mendesak Bupati Drs Hironimus R Makagansa Msi dan Jabes E Gaghana SE ME segera menindaklanjuti oknum tersebut. “Janganjangan dalam memuluskan aksinya oknum yang diduga sebagai salah satu kepala bidang di BKD tersebut mencatut nama pimpinan daerah yang dengan sendirinya menjatuhkan nama baik pimpinan daerah di tengah masyarakatnya,” pintah Beslar.(esde)

MAKAM mantan Bupati pertama Sangihe dan Talaud, Boas Dauhan bersama istrinya F D Harmanses, yang terletak di Kelurahan Tarorane dusun Salingkapu, yang perlu ada perhatian.(Foto:stenly/sk)

Ulu Siau—”Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah,”. Sepenggal kalimat diatas merupakan salah satu pelajaran penting bagi rakyat Indonesia khususnya

bagi masyarakat Sitaro, untuk selalu mengenang jasa pahlawan dan pemimpin yang pernah berbakti dalam membangun serta berjuang. Pelajaran itu ternyata

tidak hilang begitu saja dari pandangan pemerintah maupun masyarakat di kabupaten 47 pulau, dengan memberikan perhatian terhadap pemugaran atau pembangunan terhadap

makam-makam beberapa Raja Siau dan Misionaris Belanda yang telah menjadi bagian dalam sejarah Sitaro. Namun, bagi sejumlah masyarakat, ada yang terlupakan dan masih butuh perhatian serta sentuhan pembangunan, yakni Makam Bupati pertama Kabupaten Kepulauan Sangihe Talaud (Satal), Boas Dauhan yang berada di Salingkapu Kelurahan Tarorane Kecamatan Siau Timur (Sitim). “Bentuk perhatian yang diharapkan atau dibutuhkan untuk makam bupati pertama ini, bukan hanya melakukan pemugaran, tapi dalam hal pembersihan. Karena sudah dikelilingi ilalang dan rumput menjalar. Perlu ada perhatian dari pemerintah daerah, sebab sebagai masyarakat kami sangat menghargai jasa-jasa dari beliau semasa hidupnya dalam menjabat bupati Satal,” ungkap Cristofel Kawinda dan Heddy Ponto, pada Swara Kita Kamis (19/4) kemarin.(esge)

APBN-P 2012

Sangihe kecipratan Rp59,685 M Ta h u n a — b a n t u a n pemerintah pusat terhadap Kabupaten Kepulauan Sangihe terus mengalir mengisi pundi-pundi anggaran daerah. Buktinya dalam Anggaran Pendapatan Belanja Nasional Perubahan (APBNP) tahun anggaran 2012 ini sedikitnya ada sekitar Rp59,685 miliar untuk perbagai pembangunan serta sarana publik lainnya. Hal ini diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Sangihe Ir Reintje B Tamboto kepada sejumlah wartawan belum lama ini. Menurutnya alokasi anggaran yang dikucurkan tersebut tersebar ke sejumlah SKPD terkait yang ada di Pemkab Sangihe. “Upaya permohonan bantuan anggaran lewat proposal yang diajukan pada beberapa waktu lalu, akhirnya membuahkan hasil dan semua ini berkat

topangan dari masyarakat,” jelas Tamboto. Dari total dana tersebut lanjut Tamboto masingmasing diperuntukkan bagi Pembangunan Sarana Air Bersih (SAB) berupa desalinasi atau pengelolaan air laut menjadi air tawar di wilayah pulau-pulau terluar dengan anggaran Rp3,750 miliar, pengembangan

produk unggulan Kabupaten Kepulauan Sangihe Rp1 miliar, pembangunan sarana infotel senilai Rp5 miliar, pembangunan IT Center Rp2,5 miliar, penguatan kelembagaan desa Rp97,5 juta, penguatan kelembagaan tenaga kerja Rp50 juta, rehabilitasi dan rekontruksi atau penanggulangan pasca bencana Rp36 miliar,

penanganan bencana di Tabukan Utara pada tanggal 24 April 2012 lalu masing masing untuk logistik dan penanggulangan bencana Rp9,788 miliar serta rencana pembangunan kantor BPBD Sangihe sebsar Rp1,5 miliar. “Kita berharap alokasi tersebut akan segera dikucurkansehingga berbagai rencana pemerintah daerah yang telah ada bisa dilaksanakan,” imbuh Tamboto.(esde)

PARPOL

Rakerda PG Sitaro digelar Ulu Siau—Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar (PG) Sitaro, Kamis (19/4) kemarin, melaksanakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda), guna penyusunan program dan evaluasi program kerja serta rekomendasi penetapan pasangan calon dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sitaro 2013 mendatang. Kegiatan yang dilaksanakan di Convetion Hotel Jakarta Ulu Siau tersebut, dibuka secara resmi oleh Bupati Toni Supit SE MM, dan dihadiri oleh Ketua DPD I PG Sitaro Drs Piethein Kuera, Pengurus DPD I PG Sulawesi Utara (Sulut) yakni, Drs Ruben Saerang, Daniel Rompis, Zeth Papona, dan Piet Kangihade. Selain itu Ketua Fraksi PG bersama anggota legislatif yang duduk di Dekab Sitaro, serta ratusan kader peserta rapat. Saerang mewakili PG Sulut, mengatakan, intinya rakerda dimkasud untuk menyusun dan mengevaluasi program

BUPATI Toni Supit SE MM saat membuka Rakerda PG Sitaro di Hotel Jakarta Ulu Siau.(foto:stenly/sk)

yang sudah dan akan dilakukan, sekaligus rekomendasi pasangan bakal calon, sehingga rapat kerja ini cukup strategis. “Mengingat rakerda ini strategis, maka usulan dari forum yang hadir sangat dibutuhkan. Saya juga menghimbau seluruh kader partai golkar untuk melayani bukan dilayani, selain itu tetap menjaga kekompakan, kebersamaan, solidaritas dan kekeluargaan,” tegas Saerang. Menyikapi kehadiran Bupati Toni Supit SE MM yang juga sebagai Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sitaro, dan sekaligus

membuka rakerda PG Golkar itu, dirinya merasa bangga dan memberikan apresiasi. Ketua DPD I PG Sitaro, Drs Piethein Kuera, sendiri berkesempatan membawa sambutan, serta mengatakan, dimana Golkar Sitaro tidak pernah menyatakan diri sebagai pihak oposisi, tapi tetap berkomitmen untuk membangun daerah demi kepentingan masyarakat. “Jadi rakerda ini diharapkan membuahkan hasil yang bertujuan demi kepentingan partai, rakyat Indonesia pada umumnya, dan kepentingan masyarakat Sitaro khususnya.

DAERAH RAWAN

Poskamling Bitung Timur dibangun seharga Rp17 Juta

WALIKOTA Bitung saat meresmikan Poskamling Bitung Timur.(foto: epang/sk)

Bitung—Keseriusan warga Kelurahan Bitung Timur Kecamatan Maesa terhadap keamanan layaknya mendapatkan apresiasi apalagi ketertiban lingkungan, untuk mendukung program mapalus kamtibmas. Pasalnya, keinginan warga setempat tersebut dibarengi dengan membangun pos keamanan lingkungan (Poskamling), dengan anggaran Rp17 jutaan. “Poskamling ini dibangun dengan swadaya warga sendiri dengan harga Rp17 juta,” kata Camat Maesa Sifri Mandak. Menurut Mandak biaya yang dipakai untuk membangun Poskamling ini adalah atas kerjama berbagai pihak yang ada di Kelurahan Bitung Timur. “Semua tokoh masyarakat mulai dari tokoh agama, tokoh masyarakat, kepala lingkungan, RT, dan keluarga Hj Mudin Bukusu,” tambahnya seraya menambahkan proses pembangunan ini dimulai dengan pembahasan antar warga guna menunjang program mapalus kamtibmas.

Lanjutnya dalam menyelesaikan pengerjaan Poskamling tersebut pihaknya bersama warga kelurahan Bitung Timur mengerjakan dalam waktu 4 bulan. Selain itu kerinduan pihaknya membangun pos tersebut selain untuk mendukung program mapalus kamtibmas, karena wilayah tersebut yang rawan kamtibmas. “Karena berada di pusat kota Bitung dan berada dilokasi pelabuhan dan daerah ini mungkin yang terawan di Bitung,” tandasnya. Sementara Walikota Bitung Hanny Sondakh, memberikan pujian kepada pemerintah kelurahan Bitung timur dan Kecamatan Maesa. “Ini bagus dicontohkan karena dari Rp17 juta anggaran Pos keamanan lingkungan tak ada satu rupiah anggaran dari pemkot Bitung,” tutur Hanny Sondakh usai meresmikan Poskamling tersebut. Dalam peresmian tersebut ikut hadir wakil walikota Bitung Max Lomban, Kapolres Bitung AKBP Stake Bayu SIK, Danramil Kapten Inf Prayitno, sekretaris kecamatan Ir Donald Manansal.(wepe)

REKENING GURU

BRI : Guru tidak bisa lagi meminjam disini Bitung—Berpindahnya rekening gaji guru dari BRI ke Bank Sulut (BS) rupanya membuat pihak BRI mengambil sikap untuk tidak akan lagi memproses pinjaman guru di Bank tersebut. Hal itu dikatakan oleh Manager Operasional BRI cabang Bitung Bothmen Sitorus. “Dengan adanya perpinda-han gaji Guru dari BRI ke BS maka kami tidak akan lagi memproses pinjaman guru,” kata Sitorus. Diapun menjelaskan kalau keputusan itu diambil karena itu adalah mekanismenya. “Kan Gaji guru akan dibagikan oleh BS sehingga kami tidak bi-sa lagi memotong langsung gaji tersebut,” jelasnya. Diapun membeberkan kalau untuk gaji guru yang disalurkan pihaknya sebulan mencapai di angka Rp 6,2 Miliar. “Tapi tentunya kami bagi kami itu bukan persoalan,

kan sama saja,” kata Sitorus lagi. Sementara itu Penganti sementara (Pgs) Pimpinan BRI Bitung Hartono saat d i k o n f r i m - a s i mengungkapkan jika pihaknya tidak tahu menahu apa yang menjadi pertimbangan berpindahnya gaji guru itu. “Bagi kami selama kami masih dimintai tolong untuk melayani maka kami akan melayaninya, kita hanya menyosialisasikan kemudahan kami dan produk kami,” katanya. Begitu juga dengan pihak BS yang dikonfirmasi lewat Direktur Utamanya, James Salibana. “Pemindahan ini karena adanya program dari Badan kepegawaian Negara (BKN) akan adanya kartu Pegawai Elektronik (KPE) yang bekerja sama dengan bank Sulut akan pendistribusian gaji,” jelas Salibana sambil membantah kalau bunga pinjaman di Banknya bukan 1,6 persen tapi tergantung lamanya pinjaman.(wepe)

Selain itu, kepada seluruh kader dihimbau tetap dewasa dalam berpolitik, sebab menjadi politisi harus mampu menghadapi setiap masalah, itulah politisi yang sejati,” himbau Wakil Bupati Sitaro ini. Lanjut Kuera, dirinya berharap kedepannya Golkar dapat menjadi lokomotif dan menghindari persoalan yang remeh hingga menjadi partai besar yang bermartabat sesuai dengan visi dan misi partai. Sementara itu Supit, sebelumnya membuka rakerda, mengakui kerjsama dalam pembangunan daerah telah terbukti, dimana peran dan duet antara dirinya sebagai

Ketua PDIP Sitaro bersama Ketua PG Sitaro (Kuera, red) telah mampu membawa perubahan dan peningkatan yang signifikan dalam pemerintahan serta pelayanan masyarakat. “Apabila ada kebersamaan maka tidak ada yang sulit untuk dilakukan terutama membangun. Apalagi ketika kita memiliki kemampuan terutama kesetiaan dan kebesaran hati tanpa harus m e n d a h u l u k a n kepentingan pribadi, itu yang dibutuhkan, maka daerah semakin maju, masyarakat pun sejahtera,” ujar Supit yang mendapat apresiasi dari sejumlah kader.(esge)


JUMAT 20 APRIL 2012

KUNJUNGAN KERJA

Kapolda: Kasus kecil bisa didamaikan tanpa pengadilan

Walikota dan Wawali KK akan dihadirkan di sidang Terkait dugaan Tipikor penerimaan CPNS 2009 Hakim segera melakukan penetapan panggilan

KAPOLDA saat berada di Bolmong.(foto: ist)

Kotamobagu—Kapolda Sulut, Brigjen Pol Dicky Atotoy melakukan kunjungan kerja (Kungker) perdananya di Kota Kotamobagu. Kungker Kapolda Sulut ini terhitung pertama kali di daerah Bolaang Mongondow Raya (BMR), khususnya Kotamobagu. Atotoy yang menggantikan Kapolda Brigjen Pol Carlo Tewu, di dampingi istri tercinta Winda Dicky Atotoy bersama jajaran Polda Sulut dan tiba di Kantor Polresta Bolmong, Kamis (19/4) kemarin, sekitar pukul 08.30 Wita. Dalam acara Kungker tersebut, Kapolres Bolmong, AKBP Enggar Brotoseno SIK beserta jajarannya menyambut hangat kedatangan Kapolda. “Mudah-mudahan kedatangan saya menjadi motifasi bagi anggota, bukan menjadi beban,” ujar Kapolda saat tatap muka dengan seluruh anggota dan Bhayangkari Polres Bolmong di halaman belakang Polres Bolmong. Pria yang mengaku anak dari ayah berpangkat kopral tersebut di hadapan ratusan anggotanya memperingatkan keberhasilan kinerja kepolisian jaman sekarang ini diukur bukan pemikiran polisi itu sendiri, namun diukur melalui pikiran masyarakat. “Apa yang kita pakai seperti baju polisi adalah uang rakyat. Gaji yang kita terima adalah uang dari rakyat. Polisi dalah milik rakyat, sehingga dalam kehidupan kita sehari-hari harus sejajar dengan rakyat dan jangan menyakiti rakyat,” pungkasnya. Lelaki yang mengaku pernah hidup susah di era 70-an di Kotamobagu ini, juga menyampaikan kepada para bawahannya untuk tidak memaksakan kasus-kasus kecil. “Kasus kecil jangan dipaksakan, seperti pelangaran lalu lintas, dan togel kecil-kecil cukup ditegurlah. Apa yang diharapkan masyarakat kita wujudkan,” ujarnya.(veem)

Boltim dan PT MPU ‘disinggahi’ Kapolda KAPOLDA Sulut Brigjen Pol Dicky Atotoy bersama Kapolres Bolaang Mongondow AKBP Enggar Broto-seno SIK, serta dengan rombongan dari Polda Sulut, Kamis (19/4) kemarin, menyambangi Kabupaten Boltim sekaligus turun langsung ke perusahaan pasir besi PT Meitha Perkasa Utama (MPU) di Desa Paret, Kecamatan Kotabunan. Sebelum turun ke Kabupaten Boltim, Kapolda serta rombongan terlebih dahulu mengujungi Kota Kotamobagu bertatap muka dengan Wali Kota Kotamobagu Drs Djelantik Mokodompit kemudian langsung menuju Boltim bertemu dengan Bupati Sehan Landjar dan pimpinan PT MPU. Dalam kesempatan itu, Bupati Sehan Landjar di hadapan Kapolda, Kapolres serta pimpinan perusahan dan seluruh tenaga kerja PT MPU, mengatakan sangat berterima kasih kepada Kapolda Sulut Dicky Atotoy, meskipun baru satu bulan dilantik sebagai Kapolda langsung mengujungi Boltim. Lanjutnya, untuk PT MPU diharapkan harus patuh pada aturan, terutama menyangkut Undang-undang Minerba dan Undangundang Ketenagakerjaan No 13. “Jika ini dilaksanakan dengan baik, saya jamin pasti perusahaan tidak akan bermasalah,” kata Landjar. Sementara itu, Kapolda Atotoy mengatakan agar supaya antara perusahaan, pemerintah dan masyarakat, terjalin hubungan baik. Pihak PT MPU harus taat aturan. Intinya jika komunikasi kita baik, pasti keamanan akan terjaga,” singkat Atotoy.(try17)

Manado—Walikota Kota Kotamobagu, Djelantik Mokodompit dan Wakil Walikota, Tatong Bara, akan dihadirkan dalam sidang dugaan kasus manipulasi penjaringan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Kotamobagu (KK), di Pengadilan Tipikor Manado. Keduanya akan dihadirkan dalam kapasitas sebagai saksi tamba-han di luar Berita Acara Pemeriksaan (BAP). Bahkan, penetapan pemanggilan terhadap Mokodompit dan Tatong Bara segera dibuat oleh Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Manado. Hal ini terungkap dalam sidang kasus CPNS KK yang digelar Kamis (19/4) kemarin, di Pengadilan Tipikor yang berada di Pengadilan Negeri Manado. Pemanggilan terhadap kedua top eksekutif di Kotamobagu itu didasarkan pada permintaan Penasihat Hukum (PH) Syamsul Solemen SH selaku PH terdakwa oknum mantan Sekkot Kotamobagu, Drs H dan mantan Kepala BKDD Kotamobagu, Drs Hi IM alias Idris. Oleh Majelis Hakim yang dipim-pin oleh

Verrlynda Lihawa SH, langsung menyetujui-nya. “Saya meminta Majelis Hakim agar dapat menghadirkan Djelantik Mokodompit dan Tatong Bara dalam agenda sidang berikutnya. Kan sudah jelas dalam keterangan beberapa saksi disebutkan keduanya terli-bat dalam manipulasi penjaringan CPNS KK tahun 2009, keduanya dinilai ikut ber-tanggung-jawab,” ujar Sole-man dalam sidang. Jaksa Penuntut Umum (JPU) Pingkan Gerungan dengan lugas, memintakan pertimbangan majelis hakim. “Saya serahkan ke majelis hakim saja, karena kedua orang tersebut tidak termasuk sebagai saksi dalam BAP,” kata Pingkan. Oleh Majelis Hakim, atas pertimbangan demi kelancaran persidangan, segera melakukan penetapan pemanggilan. “Majelis hakim akan membuat penetapan atas permintaan penasehat hukum untuk menghadirkan Walikota dan Wakil Walikota, dengan pertimbangan untuk kepentingan kelancaran persidangan, walupun kedua orang tersebut tidak

TATONG Bara.

DJ Mokodompit.

masuk dalam BAP, atas permintaan penasehat hukum,” ujar Hakim Ketua Veralynda Lihawa dengan anggotanya Novrry Oroh SH dan Nich Samara SH. Sidang yang rencananya beragendakan konfrontir antara Uta selaku ajudan Walikota KK dengan Greysly YR Mamelo SKom dan Muh Fahmi SE pun tidak dapat dilakukan karena kedua saksi (Greysly dan Fahmi, red) tidak dapat hadir dalam persidangan karena sedang mengikuti pelatihan sejak tanggal 17 hingga 20 April. Dalam persidangan sebelumnya yaitu Selasa (13/3)

lalu, keterangan Roy Bara menyampaikan pernah disodorkan daftar namanama CPNS dari sopir Wawali Tatong Bara untuk diserahkan kepada Sekkot, sebagai Ketua panitia. Sedangkan saksi Arman dalam keterangannya menyampaikan pernah diperintah Wawali KK, Tatong Bara untuk mengetik nama-nama CPNS yang akan dititipkan kepada Sekkot. “Daftar titipan tersebut saya ketik di rumah dinasnya Ibu Tatong, selanjutnya daftar tersebut diambil oleh Pak Roy Bara,” ungkapnya.(vees)

BANTUAN SOSIAL

Assagaf: Dana diperuntukan bagi warga miskin Tutuyan—Sekertaris Kabupaten (Sekkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Ir Muhammad Assagaf mengatakan untuk dana Bantuan Sosial (Bansos) tahun 2012 ini sebesar Rp1,5 miliar hanya diperuntukan membantu warga yang kurang mampu. “Untuk tahun ini dana

Bansos tidak lagi diperuntukan pembuatan iklan maupun kegiatan seremonial yang lainya, dananya hanya untuk membantu warga miskin seperti pemberian beasiswa, pembuatan rumah bagi warga kurang mampu, serta yang lainya,” ungkap Assagaf kepada wartawan, Kamis (19/4) kemarin.

Dia juga mengatakan untuk dana Bansos Tahun 2011 lalu sebesar Rp2 miliar penggunaannya sangat baik. “Bansos-nya tepat sasaran, tidak ada yang salah dalam penyalurannya. Yang salah adalah hanya Surat Pertanggung Jawaban (SPJ)-nya,” kata Assagaf. Sementara itu, di tempat

terpisah Fikri Paputungan salah mahasiswa Unsrat yang juga sebagai warga Boltim mengharapkan pe-nyaluran dana Bansos harus tepat sasaran. “Saya meng-himbau kepada Pemkab Bol-tim dalam menyalurkan dana Bansos harus menyentuh pada warga kurang mampu tandas Paputungan.(try17)

Ketua Komisi V DPR presentasikan kinerja

Ketua Komisi V DPR RI, Dra Yasti S Mokoagow, menjaring aspirasi masyarakat (asmara) di Lembah Bening, di Kelurahan Sinindian, Kamis (19/4) kemarin.(foto: ist)

Kotamobagu—Wakil rakyat Sulawesi Utara yang berkantor di Senayan, Dra Yasti S Mokoagow, menjaring aspirasi masyarakat (asmara) di kawasan Bolmong Raya. Diketahui, Yasti yang juga Ketua Komisi V DPR RI, sekaligus melakukan dialog terbuka dengan masyarakat

bertempat di Lembah Bening, di Kelurahan Sinin-dian, Kamis (19/4) kemarin. “Nantinya dalam kegiatan ini akan disaring berbagai program pembangunan kemasyarakatan yang akan dibawa saat penetapan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), dimana pe-

nyerapan aspirasi masyara-kat Bolmong melalui kepalakepala daerah dan juga elemen masyarakat,” ujar Yasti. Kegiatan silatuhrahmi Ketua Komisi V DPR RI tersebut dengan Kepala-kepala daerah se-Bolmong Raya, dihadiri Bupati Bolsel Drs Herson Mayulu, Bupati

Bolmut Hamdan Datungsolang, Bupati Bolmong Salihi Mokodongan, dan Bupati Boltim, oleh Wakil Bupati Meidi Lensun serta Wakil Walikota Kotamobagu Tatong Bara, Ketua DPRD seBolmong Raya Kadir Mangkat, seperti pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) se-Bolmong Raya yang terkait dengan bidang kerja Komisi V seperti Bappeda, Dinas PU dan Kimpraswil, Dinas Perhubungan Provinsi Sulut dan Bolmong Raya, Kepala Balai Sungai, Cipta Karya, Bina Marga dan Kepala UPTD Balai Irigasi Provinsi Sulut. :Keterlibatan aktif masyarakat sangat dibutuhkan untuk menentukan proyek-proyek pembuatan waduk. Tiap desa dianggarkan ban-tuan Rp1 miliar,” ujar Mo-koagow sambil berjanji akan memperjuangkan pembahasan tersebut di tingkat pusat.(veem)

PASAR TRADISIONAL

5 bangunan di Kartini dilalap si jago merah Kotamobagu –Lima bangunan yang berada di areal pertokoan yang terletak di Jalan Kartini, Kota Kotamobagu, Kamis (19/4) kemarin, sekitar pukul 2.30 Wita, dilalap si jagoh merah. Dari lima gedung tersebut terdapat Kantor Pusat Bank Citra Dumoga, dan beberapa gedung milik Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu. Dari pantauan harian ini, sejumlah bangunan tersebut memang sangat berdekatan. Lantai tiga Bank Citra Dumoga dan empat bangunan pertokoan di sampingnya nampak setengahnya hangus terbakar. Selain itu ada juga beberapa bangunan yang berada di belakangnya yang ikut dilalap api, namun tidak begitu parah. “Beberapa bangunan yang mengarah ke Pasar 23 Maret adalah milik Pemkot Kotamobagu,” ujar Hamzah Kastur Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Penanaman Modal (Disperindagkop-PM) Kotamobagu, saat dikonfirmasi di lokasi kejadian. Dari data yang berasil dirangkum, muasal api tersebut belum diketahui, na-

mun seorang perempuan yang tidur di toko yang bersebelahan dengan Kantor Bank Citra Dumoga mengatakan api terlihat dari plafon. “Kami terbangun karena panas. Begitu kami sadar ada api terlihat dari atas,” ujarnya yang mengaku bersama 8 temannya langsung menyelamatkan diri masing-masing. Petugas pemadam kebakaran dari Dinas Tata Kota (Pemkot) Kotamobagu, nampak kewalahan untuk memadamkan api tersebut. Pasalnya, Distakot hanya memiliki satu unit Damkar. Selain itu, di lokasi tersebut tidak memiliki hidran. Akibatnya para petugas harus bolak-balik mengambil air. Hingga pukul 07.00 Wita, nampak sejumlah warga masih membantu petugas kebakaran untuk memadamkan api. Betuntungnya dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, begitu juga dengan luka-luka. “Sumber api belum diketahui karena masih dalam penyelidikan. Dan untuk kerugiannya ditaksir mencapai ratusan juta rupiah,” jelas Kapolsek Urban Kota Kotamobagu, Kompol Gunawan SIK, ketika dikonfirmasi melalui Kasie Humas Ipda Saribom Kalionga.(veem)

KASUS IPAL BUPATI BOLMONG

Kapolda: Masih dalam tahap penyelidikan Kotamobagu—Kapolda Sulut Brigjen Pol.Dicky Atotoy mengaku tetap melanjutkan penuntasan kasus dugaan pemalsuan dokumen negara berupa ijasah milik terlapor Bupati Bolmong Salihi Mokodongan. Kapolda Sulut yang dicegat jajaran wartawan saat kunjungan perdana di Mako Polres Bolmong, Kamis (19/4) kemarin, mengakui kasus ijasah palsu masih terus diproses oleh penyidik Polda. “Saya belum tau terlalu detail. Kasus ijasah palsu masih jalan terus! Masih minta pendapat ahli dari Kementrian Pendidikan. Saksi sudah kita periksa,” ujarnya. Kapolda sendiri usai melakukan tatap muka dengan 905 anggota polisi di Mako Polres Bolmong, mengaku dirinya tidak ada masalah dengan kasus ijasah palsu yang sudah le-wat setahun atau “me-ngendap” di Polda Sulut. Namun dia menegaskan, keseriusan Polda Sulut mengusut kasus Ipal Salihi yang melibatkan puluhan pejabat aktif di Bolmong itu, surat ijin pemeriksaan (SIP) kepada Presiden su-dah diajukan. Namun di-akui, hingga kini

SIP sebagai syarat administrasi untuk memeriksa orang nomor satu di Kabupaten Bolmong In-duk, masih belum juga turun. Namun, kabar teranyar menyebutkan kalau beberapa pejabat di Badan Pusat Penelitian Pendidikan Nasional (Puspendiknas) dan pejabat di Badan Nasional Sertifikasi dan Profesi (BSNP) sudah dilakukan pemeriksaan oleh penyidik. Bahkan hasil pemeriksaan oleh dua penyidik Polda Sulut di Jakarta itu sudah dimasukan dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP). Informasi soal sudah turunnya rekomendasi pembatalan oleh dua institusi ini, masih dibantah oleh Kapolda Sulut. “Saya malah belum tahu kalau itu. Kalau anda (wartawan, red) tahu, sumbernya dari mana,” jawab Atotoy sambil tertawa lepas. Terkait proses pelaksanaan gelar perkara yang sudah pernah dilakukan oleh Polda Sulut, juga dibantah oleh Atotoy. “Belum, belum gelar perkara. Masih dalam tahap penyelidikan,” aku Atotoy yang diwawancarai sambil jalan di halaman Mako Polres Bolmong untuk selanjutnya mengarah ke Rudis Wlikota Kotamobagu.(veem)


JUMAT 20 APRIL 2012

BRAVO PENDIDIKAN KETAWA SYIK

Darah tinggi PASIEN: “Dokter, Anda harus menolong saya. Saya belakangan ini sering cepat naik darah dengan orang lain tanpa sebab.” Dokter: “Baik, ceritakanlah masalah Anda.” Pasien: “Dasar dokter goblok!!! Kan baru saja saya sampaikan!!”(*)

Pelupa PASIEN: “Dokter, saya merasa ada gangguan, yaitu menjadi pelupa.” Dokter: “Ya, saya tahu. Coba ambil nafas.” Pasien: “Ambil apa?” Dokter: “Nafas. Nah, sejak kapan Anda mulai merasakan gangguan itu?” Pasien: “Gangguan apa?”(*)

Kalau merah tidak berhenti PADA suatu hari si Ucok sedang naik mobil dengan kawan-kawannya di tengah kota, sampai di suatu persimpangan lampu merah menyala, namun si Ucok tetap tancap gas.., tentu saja kawan-kawannya ketakutan dan menegur si Ucok.. “Cok.., tadi kan lampu merah.., bisa tabrakan nanti kita..?” Dengan santai Ucok menjawab “Ah.., abangku selalu begitu dan sampai sekarang sehat-sehat saja”. Tak berapa lama kemudian, mereka tiba persimpangan berikutnya, walaupun lampu merah menyala, Ucok tetap tancap gas..”wah.., bisa mati nih kita..” Lagi-lagi Ucok menjawab “Tenang aza kalian.., abangku selalu menerobos lampu merah dan sampai sekarang dia sehatsehat saja..” Sampai ketika mereka tiba lagi di suatu persimpangan, lampu hijau yang menyala.. dengan serta merta si Ucok menginjak rem sampai mobilnya berhenti. Kawan-kawan si Ucok heran dan bertanya “ kok malah berhenti..? kan lampu hijau..?” Kata Ucok : “Tentu saja aku berhenti.., bisa kau bayangkan, di sebelah sana kan lagi merah. Lha kalo abangku lewat dari sebelah sana..? bisa hancur kita....!!!”(*)

Enggak nyambung ADA orang medan, namanya Ucok Ginting. Dia pergi liburan ke Yogya. Sampai di Yogya, dia pergi ke warung dan pesan es dawet(es cendol). Ucok : “Pesan es dawet satu gelas mak!!” Penjual : “Sampun telas mas!” (Sudah habis mas!) Ucok : “Haruslah itu... harus pake gelas!!” Penjual : “Mboten wonten mas!” (Tidak ada mas!) Ucok : “Wah.. haruslah itu.. harus pake santan biar enak!” Penjual : “Edan!!!!” Ucok : “Betul itu aku memang dari Medan!” Penjual : “Sinting!!!!!” Ucok : “Hey... tau pula kau namaku Ginting..!!” Penjual : “??????###?#?#?#?”(*)

Hari terakhir UN, Walikota sambangi SMAAquino Manado Manado—Kamis (19/4) kemarin, Ujian Nasional (UN) Tingkat SMA/MA usai digelar. Terpantau Swara Kita, Walikota Manado GS Vicky Lumentut melakukan kunjungan ke beberapa sekolah, salag satunya ke SMA St Aquino Manado. “Saya melihat pelaksanaan UN disini maupun di beberapa sekolah lain berjalan tertib dan lancar. Pemkot Manado berharap para siswa dapat mencapai nilai terbaik dengan dibarengi kejujuran. Karena itu, sejak awal kami telah sarankan kepada guru-guru

agar kalau sayang pada siswanya, jangan sekali memberikan bocoran soal maupun jawaban kepada siswa. Karena tindakan ini sama saja dengan pembodohan kepada siswa dan pemiskinan,” ujar Walikota didampingi Kadis Diknas Manado Dante Tombeg SPd MPd. Mantan Sekkot Manado menambahkan, para siswa dapat berhasil dengan baik. “Karenanya saya katakan kepada siswa agar yakinlah kepada diri anda untuk menjawab setiap soal UN ini. Sampai kemarin saya mendengar ada sekitar 144 siswa yang tak ikut ujian

hari pertama, kemudian pada hari kedua ada 3 siswa dan hari ketiga 4 siswa yang tak ikut ujian dengan berbagai alasan. Saya berharap kepada para siswa ini yang tak sempat ikut ujian untuk mengikutinya pada minggu depan. Sayang kan kalau siswa ini tidak ikut,” tandasnya. Kunjungan Walikota ke sekolah, tentunya cukup membuat bangga Kepala SMA St Aquino Manado Yulien Wantania MM. “Ini artinya, pemerintah memberikan perhatian yang sama antara sekolah negeri dan swasta. Dan

kunjungan Pak Walikota merupakan sebuah dukungan moril bagi para siswa untuk tetap semangat mengikuti UN hingga hari terakhir,” terang Wantania seraya menambahkan total peserta UN SMA Aquino sebanyak 62 siswa, namun 1 siswa akan mengikuti ujian susulan pada Senin (23/4) pekan depan karena sakit. Sementara itu, meski senang dapat menyelesaikan UN, namun siswa dilarang keras untuk pesta minuman keras (miras). “Jangan hanya karena UN sudah berakhir, lalu para siswa berpesta dengan

WALIKOTA Manado dan Kadis Diknas Manado foto bersama Kepsek St Aquino Manado usai memantau pelaksanaan UN di SMA Aquino Manado.(foto: ist)

minum minuman keras. Ini sebuah perilaku yang tidak baik. Apalagi para siswa

belum menyetahui bagaimana hasil UN tersebut,” pesannya.(emem)

Sukses berbisnis di sekolah Iseng-iseng jualan di sekolah?? Boleh-boleh aja kok selama itu halal en nggak mengganggu aktivitas belajar kamu. Itu kan juga bisa nambah-nambah uang jajan. Nah.. anak-anak Asyik setuju nggak dengan siswa or guru yang melakukan bisnis di sekolah??(fine) REGINA MENURUT aku itu hal positif. Selain belajar tentang bisnis, kita juga bisa belajar mandiri. But harus memerhatikan waktu dan keadaan. Kalau sedang dalam jam pelajaran sebaiknya jangan melakukannya. RIMA

SMK GETSEMANI MANADO

Siap lahirkan wirausaha baru Manado—Menyiapkan peserta didik yang kompetitif dalam bidangnya terlebih mampu berwirausaha, menjadi target SMK Getsemani Manado. Sekolah yang terletak di bilangan Jalan Siswa ini memiliki 4 program keahlian bagi siswa, seperti Teknik Mesin, Teknik Elektro,

Teknik Listrik, serta Teknik Komputer dan Jaringan. “Sekarang 151 siswa kelas XI sedang Pendidikan Sistem Ganda (PSG) atau Praktek Kerja Industri (Prakerin) di Manado, Tomohon dan Bitung. Setiap lulusan siap kerja sesuai jurusan, namun kami berupaya agar para lulusan disini mampu

berwirausaha sehingga bisa membuka lapangan kerja bagi banyak orang,” ujar Kepala SMK Getsemani Manado Drs Freddy Wurangian MSi kepada wartawan Kamis (19/4) kemarin. Ditambahkannya, saat ini total siswa SMK Getsemani mencapai 322 dengan 38

guru dan 16 ruang belajar. “Kami bersyukur karena bahkan sebelum ujian pun sudah ada tawaran dari beberapa instansi seperti PLN, Pertamina, Telkom bagi siswa berprestasi. Ini bukti kualitas siswa dan sebuah kebanggaan bagi pihak sekolah,” sambungnya.(emem)

TERUNTUK PARA ORTU

Efektif ajari anak belajar bahasa SELAIN bahasa ibu, anak perlu menguasai bahasa asing lainnya, bahasa Inggris misalnya. Agar cepat fasih, tambah kosakata secara rutin kepada anak. Salah satu caranya dengan membiasakan anak membuka kamus. Bahasa menjadi alat komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan anak akan mengenal bahasa sejak dalam kandungan dan setelah lahir, maka bahasa ibulah yang diperkenalkan pertama kali kepada anak. Dikatakan oleh doktor sekaligus ahli linguistik terapan dari Universitas Katolik Atmajaya Jakarta, Nany Setyono Kurnia, pemerolehan bahasa ibu atau bahasa jati merupakan pemerolehan bahasa yang paling mudah ditangkap oleh anak.

Bahasa yang dikeluarkan oleh ibu akan didengar dan diterima dengan baik seu-

tuhnya oleh anak dan biasanya akan direkam secara keseluruhan dengan baik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tampung otak manusia sangatlah besar, termasuk untuk memperoleh bahasa. Penelitian tersebut dapat terbukti dari berapa lagu dan cerita yang kita dengar sejak masih kecil dan tidak sedikit yang masih kita ingat jelas tentang lagu atau cerita tersebut. Selain bahasa ibu, penguasaan bahasa lain juga diperlukan. Bahasa ini bisa didapat dengan cara mengajarinya. Caranya, dengan rajin dan rutin mengenalkan kosakata kepada anak. Cara lainnya adalah dengan membiasakan anak untuk membuka kamus. Dari kamus inilah anak bisa mendapatkan arti kata yang tidak dipahami.(okez)

TUGAS seorang pelajar adalh belajar. So nggak bagus untuk melakukan hal-hal lain diluar tugas tersebut. Karena bisa aja mengganggu konsentrasi kita. So, aku nggak setuju dengan yang demikian.(*)

UJIAN NASIONAL

SMAN 3 Manado aman terkendali Manado—Ujian Nasional di SMA Negeri 3 Manado berjalan tertib. Kepala Sekolah, Jemmy Kantale kepada wartawan Kamis (19/4) kemarin berharap seluruh siswa bisa lulus dengan nilai yang baik. “Pelaksanaan ujian berlangsung dengan lancar. Seluruh siswa disini sebelum ujian telah dilakukan berbagai pembekalan seperti Bimbingan Belajar (Bimbel), try out bahkan Pra UN,” terangnya. Ditambahkan Kantale, peserta UN SMAN 3 Manado berjumlah 285 siswa, bersama sekolah gabungan yakni SMA

JEMMY Kantale .

PGRI berjumlah 30 siswa dan SMA Korpri 20 siswa. Kemudian SMA RAPI 11 siswa. Maka 22 ruang yang digunakan dengan 44 pengawas.(emem)

ASAL LOE TAU AJA

Hati-hati cermin 2 arah KETIKA kita masuk ke toilet, kamar mandi, kamar hotel, ruang ganti pakaian, en lain-lain, seberapa besar kamu yakin bahwa cermin yang menggantung di dinding en kelihatannya

seperti cermin biasa itu memang benar-benar cermin biasa, or sebenarnya itu adalah cermin dua arah (orang di belakang cermin bisa melihat kamu, sementara kamu nggak dapat melihat mereka). Banyak kasus dimana orang memasang cermin 2 arah di dalam ruang ganti pakaian wanita, namun nggak menutup kemungkinan juga di ruang ganti pria. Adalah sangat sulit untuk secara jelas mengindentifikasi permukaannya hanya dengan melihatnya saja. Lakukanlah tes sederhana (test kuku jari) Letakkan ujung kuku kamu di atas permukaan cermin. Jika ada jarak (gap) antara kuku kamu en bayangan kuku kamu di cermin, bisa dikatakan bahwa cermin itu adalah cermin biasa (aman). Tetapi, jika kuku kamu langsung menyentuh bayangan kuku kamu di cermin, hati-hatilah, karena benda itu adalah cermin 2 arah ! Karena itu ingatlah selalu, setiap kali kamu melihat cermin di tempattempat umum seperti disebutkan di atas, lakukanlah “Test kuku jari”.(berbagai sumber)


JUMAT 20 APRIL 2012

HADITS “Dari Abu Sa’id Al Kudri ra. dari Nabi saw., beliau bersabda: Penghuni sorga masuk ke sorga dan penghuni neraka masuk ke neraka. Kemudian Allah Ta’ala berfirman: “Keluarkan orang yang di hatinya ada iman seberat biji sawi”. Mereka keluar dari neraka dalam keadaan hangus, mereka dimasukkan ke Nahrul hayat (bengawan kehidupan) maka mereka tumbuh sebagimana tumbuhnya biji di tepi sungai. Apakah tidak kamu lihat dia tumbuh dengan kuning berseri?”(HR: Bukhari) “Dari Abu Umamah bih Sahl bahwasanya ia mendengar Abu Sa’id Al Khudri berkata: Rasulullah saw. bersabda: “Dikala saya tidur saya mimpi manusia diperlihatkan kepadaku, dan mereka memakai baju ada yang sampai susu, dan ada yang dibawah itu. Umar bin Khaththab diperlihatkan atasku dan ia memakai baju yang ditariknya. Mereka berkata: “Apakah ta’wilnya wahai Rasulullah?” Nabi bersabda: “Agama.”(HR: Bukhari) “Dari Salim bin Abdullah dari ayahnya, bahwasanya Rasulullah saw. lewat pada seorang Anshar yang sedang memberi nasihat saudaranya perihal malu. Lalu Rasulullah saw. bersabda: ‘Biarkan dia, karena malu itu sebagian dari iman”.”(HR: Bukhari) “Dari Ibnu Umar ra bahwasanya Rasulullah saw. bersabda: “Saya diperintah untuk memerangi manusia sehinga mereka bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah dan sesungguhnya Muhammad itu adalah utusan Allah, mendirikan shalat dan memberikan zakat. Apabila mereka telah melakukan itu maka terpeliharalah daripadaku darah dan harta mereka kecuali dengan hak Islam dan hisab mereka atas Allah.”(HR: Bukhari) “Dari Abu Hurairah ra. bahwasanya Rasulullah saw. ditanya: Apakah amal yang paling utama? Beliau bersabda: “Iman kepada Allah dan Rasul-Nya”. Dikatakan : “Kemudian apa?”. Beliau menjawab: “Jihad (Berperang) di jalan Allah”. Dikatakan : “Kemudian apa?” Beliau menjawab: “Hajj yang mabrur.”(HR: Bukhari) “Dari Sa’d bin Abi Waqqash ra. bahwasanya Rasulullah saw. memberikan kepada sekelompok orang dan Sa’d sedang duduk lalu Rasulullah saw meninggalkan seorang laki-laki yang mana dialah orang yang paling menarik atasku. Lantas saya berkata : “Wahai Rasulullah, ada apakah engkau terhadap Fulan? Demi Allah saya melihat dia seorang mu’min”. Ia berkata: “ atau seorang muslim”. Saya diam sebentar, kemudian apa yang saya ketahui daripadanya mengalahkan saya, lalu saya ulangi perkataan saya. Saya katakan: “Ada apakah engkau terhadap Fulan? Demi Allah saya melihatnya sebagai seorang mu’min. Ia berkata: “Atau seorang muslim”. Saya diam sebentar kemudian apa yang saya ketahui dari padanya mengalahkan saya, maka saya mengulangi perkataan saya, dan Rasulullah saw. kembali kemudian beliau bersabda: “ Wahai Sa’d sesunguhnya saya memberikan kepada seorang laki-laki dengan orang lain lebih tercinta olehku daripadanya karena takut ia dicampakkan oleh Allah ke dalam neraka.”(HR: Bukhari)

Jangan langkahi otoritas tuhan SEBAGAI mahluk terbaik, manusia telah berhasil mengubah wajah dunia. Fitur kehidupan berhasil didisain dengan berbagai kemudahan yang memukau. Manusia zaman ini seakan-akan tidak lagi memiliki kendala mobilitas. Seolah jarak tempuh berhasil diperpendek. Jarak waktu berhasil dipersingkat. Jarak pandang dan jarak dengar berhasil disederhanakan. Manusia sekarang seperti ”siluman”. Detik ini ia nongkrong di bumi Indonesia, tetapi dalam beberapa jam saja, ia sudah asik nyantai di belahan negara lain. Manusia berhasil merevolusi hidupnya dari waktu ke waktu tanpa henti. Sesuatu yang tadinya mustahil, menjadi hal yang nyata terjadi. Sesuatu yang dulunya sama sekali tak terpikirkan, sekarang menjadi realitas kebiasaan hidupnya. Di satu sisi, hampir semua kita merasakan manisnya buah teknologi

rekayasa manusia tersebut. Tetapi di balik semua kemajuan yang telah digenggam, ada banyak hal yang menggelisahkan nurani manusia beriman. Manusia mulai berani bermain-main hampir di luar wilayah otoritasnya. Dengan kasat mata, kemajuan teknologi dijadikan alat propaganda yang sangat epektif bagi sebuah nilai, sikap dan perilaku yang dapat mengubah mindset orang dalam hitungan detik menuju kekafiran. Lihatlah penomena tingginya intensitas acara sulap di media enterteinment. Sekarang, para pesulap bukanlah dominasi orang tua. Tetapi anak kecil yang ngomongnya saja belum jalas sudah pandai memainkan trik-trik ilmu magis. Terlepas dari bisa dijelaskan secara logika atau tidak, tetapi pada sisi tertentu sulap bisa menghadirkan “kemustahilan” yang dalam ranah keyakinan sangat sensitif. Maka sisi rawannya adalah

ketakjuban pemirsa yang berlebihan kepada seorang pesulap yang mengantarkannya pada kekeliruan sikap dan penilaian terhadapnya. Terutama bagi masyarakat pemirsa yang pemahaman dan intensitas penghayatan agama yang minim. Teknologi juga memperkenalkan ramalan elektronik jarak jauh. Kalau dahulu orang mendatangi dukun atau peramal yang tinggal di pelosok, sekarang setiap orang dituntun hanya dengan memencet tombol dan mengirim pesan pada nomor yang disediakan. Maka transaksi layanan kosultasi tentang masa depan, karir, jodoh, rizki dan peruntungan dapat terjadi dalam hitungan detik, massif dan terkesan modern. Entah, apakah para penyelia jasa tersebut sadar atau tidak, bahwa mereka telah ”menginjak” wilyah Tuhan. Mereka telah menumpulkan iman pemirsa dengan senjata teknologi. Yang paling spektakuler, manusia

dengan teknologinya berani memastikan bahwa tahun 2012 nanti akan terjadi kiamat dunia. Ini jauh melampaui sekedar persoalan jodoh, rizki, masa depan dan peruntungan yang tidak sekedar menginjak wilayah Tuhan, tetapi telah berani ”merebut” otoritas Tuhan. Manusia memang memiliki sisi keunggulan sebagai mahluk Tuhan, tetapi manusia tetaplah manusia. Andaikan ada manusia yang diizinkan Tuhan tahu dengan pasti kapan kiamat terjadi, maka yang paling pantas tahu adalah Muhammad shallallaahu ’alaihi wa sallam. Nyatanya, manusia paling mulia itu; Imam para anbiya dan mursalin itu pun tidak mengetahui kapan kiamat akan terjadi. Oleh sebab itu, seorang muslim tidak sepatutnya gamang dalam menyikapi segala penomena kemajuan teknologi. Juga tidak sepatutnya jatuh dalam praduga yang hanya berdasar asumsi dan perkiraan semu. Jika seorang muslim masih

menggantungkan nasib kepada dukun, masih larut dalam ketakjuban kepada kharisma seorang tokoh, atau seolah putus asa dengan prediksi kiamat yang jelas-jelas menjadi hak Yang Maha Kuasa, maka apa bedanya dengan orang-orang kafir yang tidak memiliki pegangan itu? Jika disejajarkan dengan sesama mahluk, makhluk mana yang bisa mengungguli manusia? Tapi jika diperhadapkan dengan Sang Khalik, manusia bukanlah apa-apa. Manusia hanyalah setitik air di lautan jika dibandingkan dengan ilmu dan kekuasan Tuhan. Manusia memang sanggup menguasai daratan, lautan dan antariksa. Tapi sampai detik ini, manusia tetap tak kuasa menolak bencana. Dengan teknologinya, manusia mampu merekayasa yang keriput menjadi kencang atau yang buruk menjadi cantik. Tapi hingga kini tak ada satupun dari mereka yang dapat mengobati

penyakit tua dan kematian. Rekayasa genetika manusia memang mencengangkan. Ia dapat menentukan gen mana yang bagus, sehat, unggul, cerdas dan kemudian dipilihnya. Tetapi hingga kini, manusia tetap tak sanggup meniupkan ”ruh” kehidupan bagi proyek raksasanya itu. Buktinya, ”Dollly” si Domba rekayasa itu tak mampu ditolongnya dari kematian di usia yang sangat singkat. Sadarlah wahai manusia. Kembalilah wahai manusia beriman. Jika teknologi memudahkan hidupmu, maka agama menyelamatkan hidupmu. Jika persaingan hidup menakutkanmu, maka iman menentramkan hatimu. Jika kemajuan tidak mengenal belas kasih, maka Islam mengajarkanmu kedamaian. Dan jika sain mengajarkanmu bebas nilai, maka ihsan mengingatkanmu akan kehadiran Tuhan. So, jangan langkahi otoritas Tuhan.(oleh Abdul Mutaqin/ermc)

korupsi yang salah satunya disebabkan karena mahalnya ongkos politik. “Misalnya biaya kampanye ditanggung oleh negara diberikan dalam bentuk natura bukan uang,” kata Marzuki melalui pesan singkatnya kepada wartawan di DPR, Jakarta. Bentuk natura yang dimaksud Marzuki adalah negara memfasilitasi calon kepala daerah saat berkampanye, misalnya kampanye lewat media. “Iklan TV, diberikan slotnya yang bayar negara atau KPU, penyampaian visi misi melalui TV yang disiapkan oleh KPU, dan

sebagainya,” imbuhnya. Menurut politikus Partai Demokrat ini, jika ingin meminimalisir korupsi di kalangan kepala daerah, harus dilakukan upaya terobosan sejak dini, yakni sejak tahapan kampanye. “High cost politik mengakibatkan korupsi, makanya harus ada terobosan agar tidak terjadi demikian dan memberi ruang bagi orang baik dan cerdas untuk menjadi kepala daerah dengan biaya politik murah. Saat ini anak bangsa walau cerdas, baik karena enggak punya uang enggak bisa jadi kepala daerah,” jelasnya.

Diketahui, sejauh ini pemerintah mencatat lebih dari 170 kepala daerah diberhentikan, dimmana hampir 90 persen di antaranya tersandung kasus korupsi. Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Reydonnizar Moenek menyebutkan, persoalan ini muncul karena lemahnya pemahaman pengelolaan keuangan daerah. “Jadi total yang kita kumulatifkan, apakah ia menjadi saksi, apakah dia terpidana dan seterusnya, sejak 2004 sampai 2012 sudah 173 kepala daerah. Yang menyandang status, apakah

saksi, tersangka, atau terpidana. Tapi 70 persen semua itu sudah terpidana,” ujarnya. Moenek menambahkan, pihaknya tengah merumuskan beberapa opsi untuk menyelamatkan para kepala daerah dari kasus hukum serupa. Salah satunya Kemendagri tidak menganjurkan penggunaan anggaran kampanye dengan nilai besar. “Mahalnya biaya kampanye memicu kepala daerah mementingkan cara mengembalikan modal kampanye tersebut saat menjabat,” tegasnya.(cenc/ k68h/okez/dw)

Thohari yang sebelumnya berseberangan pendapat bisa solid mendukung Ical. “Sah-sah saja kalau (mereka) berkeinginan (mencalonkan diri), itu hak asasi. Tapi kembalikan kepada mekanisme karena di Partai Golkar ada aturan AD/ART. Ketika partai sudah membuat keputusan, wajib hukumnya dijalankan dan ditaati oleh semua elemen partai,” katanya. Firman mengingatkan, kader yang tak taat kepada keputusan partai terancam dipecat, seperti yang pernah dialaminya sendiri ketika mendukung pasangan SBY-JK pada pemilu 2004 lalu. Saat itu Golkar secara resmi

mencalonkan WirantoShalahudin Wahid. “Kalau tak taat konsekuensinya dipecat. Tahun 2004 saya, Marzuki Darusman, Burhanuddin Napitupulu, Fahmi Idris dipecat karena melanggar keputusan partai,” katanya.

dirinya sangat tidak ingin melarang hak seorang anak siswa dalam mengikuti ujian, apalagi itu adalah Ujian Nasional. Secara terpisah, Sekretaris Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Sulut Drs Viser Meloke MPd saat dimintai pendapat terkait masalah ini, berharap agar pihak Pengadilan dapat mengizinkan Ramadhan untuk mengikuti UN susulan secara layak di sekolahnya. “Karena kasus ini belum punya keputusan tetap, jadi siswa tersebut masih punya hak ikut UN susulan, dan kami berharap kalau bisa siswa ini boleh ikut UN di sekolah bulan di Rutan,” harap Meloke. Sementara itu, informasi terakhir yang didapat surat permohonan agar Ramadhan dapat ikut UN susulan dikabulkan pihak Pengadilan dengan syarat orangtua terlebih dahulu menandatangani surat pernyataan di kantor Pengadilan Negeri Manado Jumat (20/4) hari ini pukul 09.00 Wita.

masih ada penyimpangan. “Memang, kami juga dengar atas berbagai pengaduan dalam pelaksanaan UN itu, baik pengaduan soal kebocoran soal, kunci jawaban, pendistribusian soal-soal ujian, hingga dugaan kecurangan dalam pelaksanaan UN itu. Namun, dapat saya pastikan hal itu memang tidak bisa hilang 100 persen, tetapi kondisi pelaksanaan UN tahun ini telah lebih baik,” kata Nuh di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (19/4) kemarin. Nuh menyatakan, pengaduan penyelenggaran UN sejak digelar Senin (16/4) hingga Rabu (18/4) kemarin, mencapai 752 kasus. Nuh berharap masyarakat tak sekadar melihat masih tingginya laporan pengaduan UN tersebut. Namun, penyelenggaraan UN tahun ini lebih siap, matang, dan lebih berkualitas. Ia memastikan pihaknya akan melimpahkan kasus dalam penyelenggaran UN ini ke kepolisian, jika ada indikasi pelanggaran undang-undang. “Seperti kasus penipuan, perjokian atau hal lain yang melanggar hukum, dan dalam hal ini sudah ada yang sudah kami laporkan ke kepolisian,” ujarnya. Di sisi lain, Nuh meminta kesabaran untuk mengetahui tingkat keberhasilan kelulusan siswa yang mengikuti UN ini. Sebab, soal dan jawaban dari siswa belum diperiksa dan dikoreksi.(emem/trnc)

dipercepat. Menurut Zainal, gagasan tersebut terkesan sebagai upaya percepatan pengukuhan Ical sebagai capres. “Itu sekarang yang sedang dipersoalkan dan menimbulkan berbagai interpretasi, kenapa dipercepat. Ada yang melihatnya sebagai strategi politik untuk mengukuhkan Ical dengan mengabaikan masalah waktu, proses survei, dan suara lain,” katanya saat dihubungi wartawan di DPR, Jakarta, Kamis (19/4) kemarin. Selain itu, Zainal berpendapat bahwa percepatan tersebut seolah telah merubah tradisi di dalam Golkar, dimana pelaksanaan Rapimnas selalu bersamaan dengan ulang tahun partai. “Itu

merupakan perubahan tradisi Rapimnas yang biasa dilakukan menjelang ulang tahun di Oktober. Itu saja persoalannya,” tegasnya. Dengan munculnya isu perpecahan tersebut, lebih lanjut Zainal menerangkan bahwa itu merupakan sebuah konsekuensi yang harus diterima oleh partai berlambang pohon beringin ini. “Karena belum ditangani dengan baik oleh pengurus Golkar, sudah bocor ke masyarakat dan menimbulkan banyak interpretasi. Ini ramai kemudian masuk ke wilayah politik dan timbul pro kontra. Itu konsekuensi dari percepatan yang harus dipertanggung jawabkan oleh pengurus,” paparnya.(okez)

Dana ... dari Halaman 1 “Peraturan pemilukada selama ini masih banyak yang tidak memadai,karena masih terdapat kekosongan hukum dan sejumlah aturan yang multitafsir. Apalagi Undang-undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemda sangat memfasilitasi para pemilik modal atau cukong untuk mendominasi pemilukada,” ujar Yan. Saat ini Komisi II sedang menggodok RUU Pemilukada dengan berusaha meminimalisir peran cukong dalam memberikan dana kampanye yang tidak wajar.”Salah satunya akan

diatur tentang kewajiban bagi partai politik yang mengusulkan calon, juga kepada calon perorangan untuk memiliki rekening khusus dana kampanye yang didaftarkan di KPUD,” tukasnya. Sementara itu, Ketua DPR RI Marzuki Alie mempunyai cara jitu untuk meminimalisir biaya kampanye calon kepala daerah. Dia berpendapat anggaran kampanye untuk calon kepala daerah seharusnya ditanggung oleh negara. Hal ini terkait dengan kecenderungan kepala daerah untuk melakukan

Tak ... dari Halaman 1 500 ... dari Halaman 1 “Keselamatan jurnalis penting untuk menjaga Pasal 19 Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia yang menjamin kemerdekaan berekspresi,” ujar Direktur Jenderal UNESCO Irina Bokova, seperti dilansir UNESCO, Rabu (18/4) lalu. PBB menekankan sejumlah badannya mengerahkan dana dan program untuk mengembangkan pendekatan yang terpadu dan strategis untuk mengatasi masalah ini. Rencana aksi ini juga memasukkan rencana pendirian lembaga antarbadan untuk menangani isu terkait keselamatan jurnalis. Rencana aksi juga melanjutkan kerja UNESCO untuk mencegah kejahatan atas pekerja media termasuk membantu legislasi dan mekanisme untuk menjamin kemerdekaan berekspresi dan atas informasi. Untuk pencegahan, rencana aksi ini merekomendasikan kerjasama dengan pemerintah, perusahaan media, asosiasi profesional dan lembaga swadaya masyarakat untuk kampanye isu ini. Penekanan juga diberikan pada pentingnya contoh baik untuk keselamatan jurnalis dan cara melawan impunitas atas kekerasan terhadap pekerja media. Lembaga pendidikan jurnalisme juga didorong untuk memasukkan soal keselamatan jurnalis dan impunitas dalam kurikulum. Rencana Aksi Keselamatan Jurnalis dan Isu Impunitas ini merupakan hasil dari proses yang dimulai sejak 2010 atas dorongan Program Internasional Dewan Antarpemerintah untuk Pembangunan Komunikasi (IPDC).(vinc)

Akui ... dari Halaman 1 Dia pun merasa miris karena di satu sisi ada artis yang berusaha keras mati-matian, dan artis yang bisa dibooking malah memilih jalan instan. “Cuma memang kadang agak miris ada temen yang suka bekerja keras ada juga yang pilih instan, itu pilihan mereka sendiri,” tuturnya. Ketika disinggung mengenai dirinya sendiri, Vicky menjelaskan dirinya adalah sosok yang lebih menyukai pulang ke rumah setelah bekerja. “Kalo aku kebetulan nggak gaul lebih milih di rumah abis kerja, jadi jarang yang kayak gitu, pernah ada orang salah sangka aku seperti itu langsung aku bilang salah orang tapi tetep pakai cara halus,” tuturnya. Adanya artis yang bisa dibooking tersebut sedikit banyak memang membuat risih Vicky. Terutama karena mindset kebanyakan orang jadi salah sangka dan mengira banyak bintang bisa menjual tubuh. “Pasti risih karena membuat pikiran orang yang bekerja di dunia entertaint menyangka banyak yang menjual, jadi kurang baik buat semua jadi ya salah kalau buat aku,” tandasnya.(kplc)

Menyerah ... dari Halaman 1 Seperti diketahui, konflik politik di Suriah makin memanas. Saat ini tim monitor PBB sudah berada di sana. Namun pelanggaran gencatan senjata masih terus terjadi antara pasukan pemerintah dan Tentara Pembebasan Suriah (FSA). Tentara pemerintah Suriah terus memborbardir FSA di sejumlah titik. Situasi ini mendesak PBB agar Indonesia mengirimkan observer ke Suriah. Krisis Suriah sudah lebih dari satu tahun. Hingga saat ini, krisis tak kunjung usai. Krisis ini dipicu niat kaum oposisi untuk menggulingkan rezim Partai Baath. Revolusi yang terinspirasi Mesir itu dilawan penguasa dengan kekerasan. PBB menduga, lebih dari 9.000 orang tewas akibat konflik tersebut.(okez)

Kita akan keliling supaya masyarakat tahu ini lho calon presiden kita,” kata Ketua DPP Partai Golkar Firman Subagyo. Firman menjelaskan, perbedaan pendapat beberapa elite Golkar mengenai pencalonan Ical—sapaan akrab Aburizal—biasa terjadi di dunia politik. Hal itu bukanlah melambangkan perpecahan partai berlambang beringin ini. Secara prosedural, kata dia, pencalonan Ical telah sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga partai. “Pencalonan ini sudah bagian dari rekomendasi Rapim lalu. Ada rekomendasi untuk

mencalonkan Pak Ical menjadi presiden, tahapan berikutnya tinggal penetapannya. Kita harus tunduk AD/ART,” katanya. Firman menambahkan, penetapan Ical sebagai calon presiden akan dilakukan melalui rapat pimpinan yang dipercepat atau rapat pimpinan khusus Juni mendatang. Dengan penetapan sejak jauh-jauh hari, Firman optimistis popularitas Ical akan bisa didongkrak melalui sosialisasi secara massif ke seluruh Indonesia. Saat ini saja, kata dia, Ical sudah safari ke sejumlah provinsi. Diharapkannya, semua elite Golkar termasuk Akbar Tandjung dan Hajriyanto

LANGGAR TRADISI Namun beda dengan yang dikatakan politikus senior Partai Golkar, Zainal Bintang. Dia mengatakan bahwa muculnya polemik di internal Golkar terkait nama yang akan diusung menjadi calon presiden lantaran rencana pelaksanaan Rapat Pimpinan (Rapimnas)

Karena ... dari Halaman 1 Dari pengakuan Kepala SMK Getsemani Manado Drs Freddy Wurangian MSi kepada wartawan Kamis (19/4) kemarin, Ramadhan telah ditahan di Rutan Malendeng sejak Maret 2012 yang diduga atas laporan orangtua dari pacar Ramadhan yang masih berstatus siswi SMKN 6 Manado. “Ramadhan ditahan atas laporan orangtua salah satu siswi SMKN 6 Manado karena diduga telah melarikan anak di bawah umur. Awalnya dia ditahan di Poltabes Manado kemudian dipindahkan ke Rutan Malendeng sebagai tahanan Kejaksaan Negeri (Kejari) Manado,” jelas Wurangian. Pihak sekolah, lanjut Wurangian, sebelumnya telah melayangkan surat permohonan penangguhan ke Poltabes Manado yang isinya meminta Poltabes untuk memberi izin kepada Ramadhan agar bisa mengikuti UN utama. Namun, surat yang dikirim sejak Jumat 13 April 2012 itu ditolak Poltabes dengan alasan masalah yang bersangkutan telah dilimpahkan ke Kejari. Pihak sekolah kemudian menyurat kembali ke Kejari Manado pada 18 April 2012 dengan Nomor 130/116.20/ SMK-Kr.G/Ma.2012 perihal permohonan izin yang ditujukan kepada Kajari Manado. “Isi suratnya adalah permohonan agar

Ramadhan yang sementara ini ditahan Kejari Manado agar dapat diberikan izin untuk mengikuti ujian susulan Senin 23 April sampai Rabu 25 April 2012. Surat ini dibawa pada Rabu 18 April namun kembali ditolak Kejari Manado melalui Kepala Seksi Pidana Umum (Kasie Pidum) dengan alasan berkas perkara sudah dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Manado,” sambungnya. Hal ini tentunya sangat disayangkan, sebab Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI Muhamad Nuh telah mengeluarkan instruksi yang isini menegaskan bahwa baik siswi hamil maupun yang berstatus narapidana (napi) dapat mengikuti UN. Apalagi Ramadhan sendiri telah tercatat dalam data base peserta UN nasional dengan nomor peserta ujian 01-008-013-4. Hingga kemarin, pihak sekolah tetap memperjuangkan nasib Ramadhan agar dapat ikut UN susulan pekan depan. Kejati Sulut I Ketut Arthana ketika dikonfirmasi Swara Kita Kamis (19/ 4) kemarin, belum mengetahui jelas akan posisi kasus tersebut dan akan segera dicari tahu ke Kejari Manado. “Saya baru tahu itu. nanti akan saya cek langsung ke Kejari Manado,” kata Arthana, seraya menambahkan kalau

LEBIH BAIK Terlepas dari itu, secara umum Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Medikbud) Muhammad Nuh menyatakan pelaksanaan UN tingkat SMA pada tahun 2012 lebih baik dibanding sebelumnya kendati

Pemerintah ... dari Halaman 1 Yang pada akhirnya BKN dan Menpan mengerjakan soal verifikasi dan validasi,” jelas Agun, Kamis (19/4) kemarin. Ia menambahkan kalau ketegasan ini sudah dilakukan, tapikan dia sadar kalau lembaga dewan bukanlah eksekutor yang bisa menerbitkan surat keputusan (SK). “Ya, semuanya ada di tataran pemerintah. Itu problem di eksekutif antara pusat dan daerah yang datanya tidak valid tidak terverifikasi,” tegasnya. Sementara itu, Ketua Komisi I Deprov Sulut Jhon Dumais mengatakan, tenaga honorer daerah yang gugur boleh mengajukan keberatan sekaligus memberikan bukti, sebab pengumuman ini membuka ruang untuk verifikasi terbuka. “Silakan diajukan bila memang ada pemalsuan data seperti absensi dan sebagainya. Silakan lapor asal dengan data yang lengkap,” ujarnya. Politisi Partai Demokrat ini mengaku siap mendukung upaya para tenaga honorer yang merasa dirugikan, karena selama ini Komisi I selalu mengawal sejak pertama, aan telah dua kali melakukan kunjungan ke BKN agar tenaga honorer ini bisa terakomodasi. “Nama yang muncul sudah jelas dan perlu perlu

verifikasi, isu-isu harus dibuktikan. Pak Gubernur juga sudah memberikan lampu hijau untuk hal itu,” katanya. Kepala BKD Sulut Roy Tumiwa MSi mengatakan akan menindak tegas siapa oknum yang degan sengaja mengacaukan proses verifikasi tenaga honorer daerah. Apakah itu degan sengaja menghilangkan berkas atau degan maksud lain sehingga menggugurkan salah satu nama dan menggolkan nama lainnya. “Jika sudah menjurus pidana, maka saya sendiri yang akan membawa oknum tersebut ke polisi untuk diproses. Apalagi sesuai arahan Pak Gubernur bahwa honorer yang diakomodir harus benarbenar sesuai aturan yang berlaku dan tidak pandang bulu,” tegas Tumiwa. Kabid Pengembangan dan Pengadaan BKD Sulut Olga Sasiab menambahkan, pihaknya akan tunggu sampai Senin (23/4) mendatang masa uji publik. Kemudian Rabu (25/4), para tenaga honorer sebanyak 839 akan diundang bersama Kepala SKPD di ruang Mapalus Kantor Gubernur untuk mendengarkan penjelasan dari BKN terkait hasil verifikasi dan validasi.(bemc/trnc/dw)


JUMAT 20 APRIL 2012

HET elpiji 3 kg segera ditetapkan 10 perusahaan RI masuk daftar perusahaan terbesar dunia SEBANYAK 10 perusahaan asal Indonenia berhasil menembus daftar 2.000 perusahaan listed terbesar di dunia versi Forbes, Global 2000. Enam di antaranya perusahaan milik negara (BUMN) dan empat di antaranya perusahaan swasta. Dari dua ribu perusahaan ini, Amerika Serikat (AS) dan Jepang tampak mendominasi. Sebanyak 524 perusahaan berasal dari Amerika Serikat (AS) dan 258 perusahaan berasal dari Jepang. Dan perusahaan asal Korea Selatan ada 68 perusahaan, 61 perusahaan dari India dan Inggris diwakili 93 perusahaan. Berikut ini 10 perusahaan yang mewakili Indonesia di daftar bergengsi tersebut, seperti dilansir dari Forbes. 1. PT Gudang Garam Tbk (GGRM), peringkat 1.399. Perusahaan produsen rokok ini memiliki pendapatan sebesar USD4,2 miliar dengan laba bersih USD500 juta. Asetnya tercatat USD3,4 miliar dan market value-nya USD11,5 miliar. 2. PT Semen Gresik Tbk (SMGR), peringkat 1.674. Produsen semen milik negara ini mencatat pendapatan sebesar USD1,6 miliar dengan laba bersih USD700 juta. Asetnya tercatat USD1,7 miliar dan market value-nya USD8,1 miliar. 3. PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS), peringkat 1.351. Perusahaan ini mencatat pendapatan sebesar USD2,2 miliar dengan laba bersih USD700 juta. Asetnya tercatat USD3,5 miliar dan market value-nya USD10,1 miliar. 4. PT Bumi Resources Tbk (BUMI), peringkat 1.898. Perusahaan ini mencatat pendapatan sebesar USD4,4 miliar dengan laba bersih USD300 miliar. Asetnya tercatat USD8,8 miliar dan market valuenya USD5,4 miliar. 5. PT Bank Negara Indonesia Tbvk (BBNI), peringkat 969. Bank BUMN memiliki pendapatan sebesar USD3,1 miliar dengan laba bersih USD600 juta. Asetnya tercatat USD32,9 miliar dan market value-nya USD7,8 miliar. 6. PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), peringkat 488. Bank milik pemerintah ini mencatat pendapatan sebesar USD6 miliar dengan laba bersih US1,3 miliar. Asetnya tercatat USD60,4 miliar dan market valuenya USD17,6 miliar. 7. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), peringkat 479. Bank BUMN ini mencatat pendapatan sebesar USD5,9 miliar dengan laba bersih USD1,7 miliar. Asetnya tercatat USD51,5 miliar dan market valuenya USD18,4 miliar. 8. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), peringkat 726. BUMN ini mencatat pendapatan sebesar USD7,6 miliar dengan laba bersih USD1,3 miliar. Asetnya tercatat USD11,1 miliar dan market value-nya USD14,9 miliar. 9. PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN), peringkat 1.636. Bank ini mencatat pendapatan sebesar USD2,4 miliar dengan laba bersih USD400 juta. Asetnya tercatat USD15,6 miliar dan market value-nya USD4,6 miliar. 10. PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), peringkat 700. Bank ini mencatat pendapatan sebesar USD3,1 miliar dengan laba bersih USD900 miliar. Asetnya tercatat USD35,9 miliar dan market value-nya USD21,1 miliar.(okez)

Bakal diberlakukan pertengahan Bulan Mei

RELASI

XL geber program “bayar satu menit gratis satu jam”

DENGAN adanya HET, harga elpiji semakin terkontrol.(foto: ist)

Manado—Pemprov Sulut akan segera menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) elpiji 3 kg, dan pemberlakuan HET bahan bakar bersubsidi tersebut direncanakan pada pertengahan Bulan Mei 2012 bersamaan dengan penarikan minyak tanah bersubsidi di sembilan kabupaten/kota di daerah Nyiur Melambai ini. Kepala Biro Ekonomi Pemprov Sulut Adry Manengkey MSi mengatakan, pihaknya akan segera mener-

bitkan surat keputusan gubernur tentang harga eceran tertinggi elpiji bersubsidi isi tiga kilogram. “Saat ini HET elpiji sedang dirampungkan, diharapkan SK Gubernur Sulut akan diterbitkan dalam waktu yang tidak terlalu lama,” kata Manengkey. Jika tak ada aral melintang, katanya, HET elpiji 3 kilo akan diberlakukan pada Bulan Mei 2012. “Kami rencanakan Mei 2012, saat minyak tanah su-

dah ditarik dari pasaran HET elpiji sudah ada,” katanya. Menurut Manengkey, perkiraan HET elpiji 3 kilogram berada di level Rp17 ribu per tabung. “Kemungkinan HET-nya Rp17 ribu. Tetapi sebenarnya penghitungan HET memang tidak mudah, karena berbagai aspek harus diperhitungkan termasuk berapa besar keuntungan bagi pengecer, karena itu memakan waktu cukup lama untuk memprosesnya,”

katanya. Lebih lanjut Manengkey meminta kepada Pertamina untuk dapat menjaga stok tabung sehingga tidak terjadi kelangkaan. “Percuma saja HET ditetapkan jika terjadi kelangkaan, sebab imbas yang terjadi yaitu melonjaknya harga. Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu, dimana harga sempat melambung hingga di atas Rp20 ribu per tabung,” tukasnya.(haer)

DAMPAK BBM

Ekonom: Sulut harus siap hadapi tekanan inflasi Manado—Pengamat ekonomi Sulut Albert Ch Moningka MSi meminta elemen masyarakat dan pemerintah agar dapat mencermati trend inflasi akibat faktor Bahan Bakar Minyak (BBM). “Dampak kenaikan BBM bersubsidi masih terus membayangi perkembangan harga ke depan, sebab pemerintah diberi hak melakukan perubahan harga BBM kapan saja, ini

mendorong inflasi tinggi bertahan tinggi,” katanya. Dampak kenaikan harga BBM bersubsidi pada kondisi tertentu, kata Moningka dapat mengakibatkan inflasi yang berlipat-lipat. “Kondisi ini seperti terjadi pada tahun 2008 lalu ketika BBM naik mengakibatkan tekanan inflasi hingga akhir tahun,” katanya. Dikatakan, kendati harga BBM bersubsidi belum jadi

dinaikkan pemerintah, tetapi memberi ekspektasi terhadap inflasi sebab pasar akan menilai BBM berpotensi naik kapan saja. Tantangan peningkatan inflasi pada tahun ini, selain dampak BBM, juga harga bahan pangan yang cenderung meningkat karena dampak perubahan iklim dunia yang menyebabkan produksi pangan dunia menurun, karena guncangan pada produksi pangan dapat

diikuti kebijakan yang bersifat protektif untuk mengamankan pasokan bahan pangan di masingmasing negara tersebut dengan mengutamakan pemenuhan kebutuhan masyarakat lokal,” katanya. Dari sisi internal, kata Moningka cuaca ekstrim yang menjadi penyebab utama berfluktuasinya kemampuan panen petani, juga menjadi faktor penting pendorong inflasi.(haer)

Mei, tarif angkutan umum bakal naik Jakarta—Kementerian Perhubungan akan membahas besaran penaikan tarif angkutan penumpang dengan Organisasi Pengusaha Angkutan Darat (Organda) dan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI). “Kami (Kementerian Perhubungan) menginisiasi pertemuan bersama pada Mei nanti,” katanya ketika dihubungi Media Indonesia, Jakarta, Kamis (19/4). Sudirman menegaskan pemberlakuan tarif baru tinggal menunggu kesepakatan bersama.

Pasalnya, sudah ada hasil pembicaraan bersama dengan pemangku kepentingan. “Kalau masih sama seperti kesepakatan seperti Januari lalu, tinggal dilaksanakan saja,” tegasnya. Menurut Sudirman, pada Januari lalu, tarif angkutan penumpang disepakati naik 19%. “Kesepakatan bersama waktu itu sudah berada di Menteri, tinggal ditandatangani. Tapi, ada rencana kenaikan BBM, jadi ditunda, diusulkan perubahan tarif angkutan penumpang mengikuti

harga kenaikan BBM,” terangnya. Ia menambahkan kini pengusaha angkutan umum harus menanggung beban pengeluaran berlebih. Seiring, kenaikan harga suku cadang sejak rencana kenaikan harga BBM meski harga BBM belum mengalami perubahan. “Saat ini, pengusaha mengambil beberapa langkah penghematan, tujuannya untuk menekan pengeluaran biaya o p e r a s i o n a l , ” tuturnya.(miol)

Manado—Operator selular XL meluncurkan program layanan telekomunikasi tarif bayar satu menit gratis satu jam, bagi pelanggan prabayar sesama operator ini di Kota Manado dan daerah lainnya di Sulawesi Utara, Maluku hingga Papua. “Dengan program promo ini, XL ingin mendukung kegiatan dan kebutuhan pelanggan dengan biaya lebih terjangkau bagi masyarakat di kawasan timur Indonesia,” kata Regional Sales Operation Manager Sulawesi II, Harris Mulyanto. Harris mengatakan, kepa-da pelanggan di wilayah Sulampua masih diberikan promo berupa menelepon 40 detik setelah pemakaian pulsa Rp1000 atau sebesar Rp250 per 10 detik untuk 40 detik pertama, akan mendapatkan gratis bicara selama satu jam. Promo lainnya, kata Harris, kirim satu pesan singkat (SMS) akan mendapatkan gratis 1000 SMS mulai pukul 05.0016.59 Wita, dan mengirim dua SMS pada pukul 17.00 hingga 04.59 Wita mendapatkan gratis 100 SMS. “Cara mendapatkan promo ini sangat mudah, cukup membeli kartu perdana B1MG1H yang berlaku mulai tanggal 18 April 2012,” kata Harris.

Sebagai operator selular yang peduli terhadap kebutuhan pelanggan, kata Harris maka XL terus menghadirkan layanan telekomunikasi yang baik dan berkualitas. Layanan dan baik dan berkualitas, kata Harris, mendukung beragam aktivi-tas masyarakat sehingga dapat berlangsung dengan baik karena didukung telekomunikasi berbasis voice dan data yang lengkap. Area Manager XL Manado, Andi Ikhsan, mengatakan, promo ini berlaku untuk pelanggan yang ada di wilayah Kendari, Bau-Bau, Kolaka Utara, Makassar, Pare-Pare, Manado, Goron-talo, Palangkaraya, Sampit, Pontianak, Singkawang, Sintang, Ketapang, Palu. Sedangkan untuk pelanggan di wilayah Soroako, Rantepao dan Kotambagu, XL menawarkan promo tarif menelpon 200 detik Rp500, mendapatkan gratis bicara satu jam dan kirim satu SMS akan mendapatkan 1.000 SMS selama 24 jam. XL merupakan salah satu perusahaan telekomunikasi yg mulai beroperasi secara komersial di Indonesia sejak tanggal 8 Oktober 1996, dan menjadi satu-satunya operator yang memiliki jaringan serat optik luas, dan meluncurkan XL 3G pada 21 September 2006.(haer)

BTN mulai proses tiga aksi korporasi Jakarta—Manajemen PT Bank Tabungan Negara Tbk siap memulai proses tiga aksi korporasi pekan depan. Tiga aksi korporasi tersebut adalah menerbitkan saham baru atau rights issue, penawaran umum obligasi berkelanjutan, dan penerbitan Kontrak Investasi Kolektif-Efek Beragun Aset (KIK EBA) dengan total nilai sebesar Rp5 triliun. “Minggu depan, kami beauty contest. Untuk tahap pertama, obligasi berkelanjutan Rp2 triliun dari total Rp4 triliun yang diajukan,” kata Direktur Utama BTN, Iqbal Latanro, di Menara BTN, Jakarta, Kamis (19/ 4). Direktur Keuangan

BTN, Saut Pardede, menambahkan, rencananya dana hasil penerbitan surat berharga Rp2 triliun tersebut akan digunakan untuk melunasi obligasi yang jatuh tempo dan ekspansi. “Yang jatuh tempo sekitar Rp650 miliar, sedangkan sisanya untuk ekspansi. Rencananya, obligasi tahap I Rp2 triliun itu memiliki jangka waktu 10 tahun,” tegasnya. Sementara itu, untuk rights issue, Saut menjelaskan, porsi saham baru yang akan dilepas ke pasar sekitar 10 hingga 11,9 persen. Dengan pelepasan saham baru ini, pemerintah masih menjadi pemegang saham mayoritas, yakni mencapai 60 persen. “Pemerintah maunya mayoritas. Dari saham yang dilepas maksimal 10 persen, masih mayoritas. Sebelum rights issue, saham pemerintah 72 persen, sedangkan untuk ESOP (employee stock ownership plan) sekitar dua persen,” jelasnya. Menurut Saut, saat ini, perseroan tengah menggelar tender pemilihan penjamin emisi. Selain itu, BTN akan menghadap Komisi VI dan XI DPR untuk meminta persetujuan terkait aksi korporasi tersebut. “Minggu lalu sudah menghadap Kementerian Keuangan dan BUMN. Saat ini, masih seleksi penjamin emisi, BAE (biro administrasi efek), dan lain-lain,” tegasnya.(vinc)


JUMAT 20 APRIL 2012

SWARA KAMI

SWARA ANDA

Memadamkan kebimbangan

Tanggap pada tantangan globalisasi

DALAM tumpukan kertas tersusun rapi, berita berbaris. Di depan layar kaca yang mengumumkan banyak kemudahan lewat promo serba murah, berita berbaris. Janji-janji yang berseliweran memenuhi bilik-bilik neuron kita. Kemudian, saat realita datang menggulung kertas-kertas itu, dan layar sudah dikekalkan dalam tabung reaksi yang berisi cairan cerita bersambung, kemiskinan ternyata bukan sekedar berjuang untuk terbebas dari lapar dan haus. Kemiskinan juga melekat di berita dan cerita. Kadang hilang kata dan terus berulang-ulang mempropagandakan keraguan yang dihentar sistem yang juga memiskinkan ilmu pengetahuan dan juga kasih sayang. Ini kisah yang berulang. Ketika yang berlalu adalah pertanda waktu yang terus berjalan dengan tertib sesuai aturan Pencipta semesta. Seperti siang dan malam yang tak pernah ingkar janji, mengumumkan gelap, kemudian kemilau cahaya datang lagi. Selalu begitu. Matahari yang sama, kadang tersaput mendung. Lalu tanda-tanda di jagat raya bila malam menjemput, tak pernah berpaling, hanya sinar yang terkadang redup dan menjauh. Seperti itu juga segala harapan bagi cita-cita, kita mengharap pada sesuatu yang baru tergagas dalam benak. Esok musti lebih baik dari hari ini, demikian harapan terus ditabur. Hati nan rindu, tergiur issue hangat yang dipaksapaksa supaya ‘panas’. Bintang-bintang bertaburan, namun gerimis ada di bawahnya. Demikian juga dengan alasan setahun sekali ada yang mencicipi. Mencicipi apa saja dengan dosis tertentu. Setahun sekali menikmati kesenangan, namun ini bukan pemandangan yang luar biasa. Mungkin sekarang menu kesenangannya saja yang berubah sedikit lebih mewah walau boleh dinikmati karena pinjaman yang nanti diganti setelah terima gaji bulan depan. Atau ada gebyar penghujung tahun membawa suasana yang sudah tiba di waktu yang berbeda. Lihatlah status-status yang terus membibirkan berbagai acara yang tertunda untuk masa yang belum tiba ketikanya. Kasih berbingkai kasihan, betapa berita hanya berputar-putar pada ocehan kepedulian yang tuli. Kepedulian yang mencibir miskin sebagai lawan yang sementara diusir supaya menjauh dari ingatan. Lalu kepedihan seperti meminta korban, mereka yang tak tahu harus bagaimana. Hari-hari yang malang sementara mendekat, maka, bersiaplah! Iklim kompetisi berlangsung tidak fair, sistem belum memberi ruang bagi kebenaran dan keadilan. Inilah rangkuman dari apa yang sering kita bahasakan sebagai kasih yang tersembunyi. Kasih yang mengharap imbalan dengan kode pincing mata, dan tangan di belakang menadah sejurus cinta terlarang. Dalam tanya panjang dan berkesinambungan di segala zaman, rahasia itu punya waktu di mana ia harus menjadi nyata. Kasus korupsi terkadang hanya gertak sambal, berteman segudang argumentasi kebutuhan. Namun, ia tandas dalam kengerian sebuah ancaman, uang suap belum tuntas. Apakah kenaikan tiga ratus persen akan menjadi solusi bagi performance ingkar? Tunggu janji, seperti itu yang selalu terulang dalam rekaman peristiwa. Gagal lagi, tercium lagi, lagi dan lagi. Tercium lalu gagal diendus ke mana aroma itu menghilang. Karena ini perkara yang sambungmenyambung dalam sistem yang terpaksa senyum untuk sekedar memadamkan kebimbangan massa. Berapa banyak ongkos perkara, berapa banyak yang tak mau disidangkan dan menjadi terdiam sebab keadilan mahal harganya bagi rakyat miskin yang terus mengantri menunggu segala kebijakan yang siap menjilati kembali ludah subsidinya itu. Diskon ada di mana-mana, murah seperti kata cerita, supaya keinginan jadi tak tertahan dan dari menonton kita sudah jadi pemain. Membeli supaya boleh membahagiakan keluarga. Manusia bersusah payah agar bahagia. Tapi, ini mungkin tidak berbagi keramahan bagi kisah yang tertahan? Atau, adakah sesuatu terlupa, sehingga kita kembali mencari dalam tumpukan kemarin, mengais harap, siapa tahu berjumpa, dia, sebuah ketika yang hilang. Betapa, ramai ini seakan penuh bunga, yang bertaburan bersama siraman hujan akhir tahun. Walau tak semua manusia boleh merasa ramai akhir tahun. Sebab ada banyak manusia yang mesti berjuang keras untuk bertahan hidup dari kemiskinan yang selama ini melingkari hidup dia dan keluarganya. Kesenangan mungkinkah seperti itu? Terwujud karena materi, isinya kering kerontang. Mengulang kisah segala perkara. Episode penuh tanda tanya, siapa mampu menyingkap tabir misteri hari ini, jika tertawa kita adalah tangis mereka, dan dukacita hanya semboyan yang masih diulang-ulang oleh mereka yang berjejal memenuhi jalan-jalan menghentar kenangan petaka bagi tersumbatnya kreativitas dan rutinitas. Skenario busuk yang lagi berlangsung dengan memainkan ketidaktahuan. Kenanglah, ada masa di mana semua kitab dibuka dan tabir dienyahkan, maka, tak satupun kejahatan dan kebaikan yang dapat ditutupi. Tanya di benak, segala soal yang coba miringkan publikasi, atau kabar yang menderas laksana arus besar kesepahaman terpaksa yang ada hari ini. Membeberkan semu dan maya sekuat fakta. Stereotifikasi dalam berbagai kampanye pembenaran, stereotifikasi dalam khotah dan sosialisasi, stereotifikasi dalam publikasi media massa, inikah bahasa kita mengumbar kebenaran? Kisah hari ini cuma setitik konfirmasi tak kelar dan akan terus tidak tuntas sampai jemu membaca dan mendengar daftar perkara yang tak berujung-pangkal. Ingatan akan dengan cepat menuju lupa. Ingatlah, satu hal saja sebelum hal itu benar-benar terhapus dari memori kita. Redaksi REDAKSI menerima tulisan dalam bentuk opini, cerita, puisi atau apa saja. Redaksi berhak mengedit tulisan tanpa mengurangi makna yang dikandung tulisan itu. Kirimkan tulisan anda ke: redaksi@swarakita-manado.com atau langsung di antar ke redaksi d/a: Mega Smart VIII No.7 Kawasan Mega Mas Boulevard Manado Telp: 0431 841060, Fax: 0431 841071

Sebuah pemberontakan (1) Oleh Leonowens SP Sastra Pembebasan TANYAKU untuk sebuah negeri: “Apa yang diperoleh dari pembangunan di negeri ini?” Tidak ada yang dapat dimengerti tentangnya, yang membagi antara sebuah kewajiban dengan kebajikan pemerintahan di dalamnya. Atau ini sebuah kebodohan, ataukah yang tidak pernah disadari oleh sebagian masyarakatnya? Ternyata sebuah perdebatan semu hanyalah suatu bentuk keabsurditasan diantara segala bentuk pembodohan. Oh, negeri yang

dilacurkan! Hingga akarnya yang menentukan sisi kehidupan, terhempas nyata di pucuk lara. Semua telah dilacurkan oleh sebuah kemunafikan yang mampu menggumuli ruang batiniah dan kepercayaan manusia di dalamnya... Ya, kemunafikan adalah kemelekatan sejati diantara kesejatian dirinya, terlalu indah untuk ditinggalkan, terlalu fana untuk ditiadakan oleh mereka yang menentukan negeri. Kini kutanyakan hal ini kepadamu tentang

kemunafikan yang sedemikian lembutnya; digenggam oleh kaum pengusung kebajikan langit, dirangkul kaum loyalis negeri, dan didewakan oleh kaum bersenjata! “Apa yang telah dilacurkan selain bongkahan hidup dan kisah kehidupan manusia di negeri ini?” Semua telah dilacurkan dengan ketelanjangannya yang merangsang, di antara alunan kejijikan yang berbisik di tiap sudut ruang jeritan batin. Namun, jeritan itu semakin dibungkam sedemikian rapat, seakan hati yang terbelah oleh kerasnya tiap kuluman yang melumat jerit kebajikan.

Kini kau tunjukkan sebuah kemuakkan, yang tiada menyesakku untuk hari-hari di mana antara kau dan aku telah dirantai demi keutuhan untuknya, sangatlah terpaksa di negeri ini! Sebuah negeri yang hancur tanpa peperangan nyata. Seakan sebuah takdir yang disemai di ujung kekuatan laras senjata, dan menentukan setiap nafas yang berderu di antara mulut-mulut yang ternganga lapar. Dan telah kusemaikan sebuah hasrat tentang kemarahan yang terkubur indah, kemarahan yang memisahkan nafas dan rohku yang tertanam terlalu dalam, di tanah yang kukutuk selalu dalam setiap doa. Dan tiada

pernah aku peduli tentang surga beralaskan langit, di mana semua orang dipaksa takluk untuknya. Keserakahan surgawi. Tiada sedikitpun aku menggubris tentang keangkuhan di atas langit. Demikian dengan titiktitik kebenaran yang dikelilingi oleh kemunafikan yang betebaran dari tangan-tangan yang keras dan berkuasa, bak biji-biji malapetaka yang ditaburkan untuk seluruh keturunan anak manusia di negeri ini. Lalu dibuaikan oleh indahnya sebuah keliaran, yang mengelilingiku dengan rangsangannya yang kian ditajamkan. (bersambung)

Teologi Koalisi dan Etika Kritik (2) Oleh: Masduri pemerhati masalah sosial politik

Koalisi Pespektif Islam Dalam Islam, kewajiban menaati pemimpin disebutkan dalam Surat

Annisa’ ayat 59 “Hai orang-orang yang beriman, taatlah kamu sekalian kepada Allah dan RasulNya, serta pemimpin dianatara kalian”. Ayat ini menegaskan agar umat Islam menaati para pemimpinnya, atau dengan bahasa lain umat Islam diperintahkan mendukung kebijakan pemerintah untuk kebaikan bersama. Jika dikontekstualisasikan dengan persoalan koalisi dan oposisi, ayat ini merupakan bentuk perintah kepada umat Islam agar

berkoalisi dengan pemerintah demi terciptanya kesejahteraan bersama. Berkoalisi yang dimaksud bukan untuk mencari keuntungan pribadi ataupun kelompok, tetapi harus karena kepentingtan rakyat. Seruan agar menaati pemimpin juga banyak disebutkan dalam hadishadis Nabi Muhammad SAW, seperti dalam hadis “Seorang muslim wajib mendengar dan taat (kepada pemimpin) baik dalam hal yang disukainya maupun hal yang dibencinya, kecuali bila ia diperintah untuk mengerjakan maksiat. Apabila ia diperintah

untuk mengerjakan maksiat, maka ia tidak wajib mendengar dan taat” (HR. Bukhari dan Muslim). Secara eksplisit hadis ini menegaskan perintah ketaatan kepada pemimpin, sekaligus batasan-batasan ketaatan umat Islam kepada pemimpinnya, yakni selama tidak diperintah berbuat maksiat seorang muslim wajib menaati pemimpin. Ketidaktaatan kepada pemimpin tidak berarti harus memusuhi pemimpin, atau dengan bahasa sekarang berada pada kubu oposisi. Sekalipun pemimpin memerintahkan berbuat maksiat atau kebijakannya

dianggap tidak memihak rakyat, umat Islam harus berada pada posisi yang bijaksana. Artinya, bijak dalam menyikapi kompleksitas persoalan kebangsaan yang ada saat ini, tidak terbawa emosi dan kepentingan partai. Posisi yang bijak salah satu contohnya adalah menasehati pemimpin. Nabi Muhammad dalam salah satu hadisnya menyebutkan bahwa menasehati para pemimpin merupakan sesuatu yang diridhai Allah, kaitanya dengan hal ini, Imam Nawawi pernah berkata: (bersambung)

Harga BBM dan harga diri bangsa (2) Oleh Subagyo sastrapembebasan (19.375.500. 000 liter : 159) x 100 x Rp. 10.000 = Rp.121.900.000. 000.000,atau Rp. 121,9 triliun. Ketika diambil dari harga minyak bensin premium per liter Rp. 4.500,-, berarti kelebihan harga premium per liter adalah: Rp. 4.500 – Rp. 630 (biaya lifting hingga pengangkutan) = Rp. 3.870,. Sehingga total kelebihan uang bagi hasil minyak Indonesia adalah Rp. 35.316.815.000. 000,- (Kwik

Kian Gie, koraninternet.com, 11/4/2008). Apakah hitungan di atas kertas tersebut sesuai kenyataan? Hitungan Kwik Kian Gie tersebut adalah yang mengambil angka bawah. Artinya, bahwa sesungguhnya secara normatif kita bisa menghitung lebih dari itu. Sebagai gambaran, PP No. 35/2004 tentang Kegiatan Hulu Migas (diperbaharui dengan PP No. 34/2005) juga

menentukan kewajiban untuk menawarkan participating interest (partisipasi kepentingan) kepada daerah dalam usaha hulu migas. Maka bagian hasil nasional dan daerah untuk usaha hulu migas tentu di atas 70 persen. Bisa mencapai 85 persen. Kwik berasumsi bahwa pemerintah Indonesia menerima bagi hasil minyak tersebut berupa minyak (bukan uang) yang dihitung berdasarkan lifting tersebut. Atau kalaupun harus dirupakan uang maka nilainya akan sama, menggunakan harga internasional. Berdasarkan

kalkulasi tersebut seharusnya kita tak akan begitu terpengaruh dengan fluktuasi harga minyak mentah dunia. Tapi kenyataannya bangsa Indonesia kelimpungan. Hasil yang diperoleh tak sesuai hitungan normatif. Mengapa? Penyebab mendasar dari semua itu – untuk saat ini - sesungguhnya bukan adanya subsidi BBM, tetapi ‘praktik’ pengelolaan kekayaan migas yang super longgar kepada para investor. Persoalan klasiknya adalah penghitungan cost recovery atau biaya produksi yang diambilkan dari hasil produksi usaha hulu migas.

Bolehlah di atas kertas kontrak menyebut bagi hasil untuk pemerintah adalah 85 persen (belum lagi bagian daerah selaku bagian partisipating interest minoritas), tapi ternyata hanya remah-remah yang diperoleh rakyat. Korporasi usaha hulu migas bahkan melaksanakan program tanggung jawab sosial korporasi kepada masyarakat atau corporate social responsibility (CSR) dengan dana yang dibebankan pada cost recovery.

KITA semua sama-sama menginginkan agar daerah kita boleh maju dengan sumberdaya manusia yang sanggup berkompetisi di tingkat nasional dan tingkat international. Karena memang tantangan globalisasi tak mungkin lagi kita hindari. Hari ini suatu pertanyaan besar bagi daerah ini, “Mampukah sumberdaya manusia kita bersaing di belantara globalisasi?”. Sementara persoalan kemiskinan, sumberdaya manusia yang rendah tidak menjadi prioritas pemerintah di sini. Di tingkat daerah, coba kita lihat, begitu banyak sumberdaya manusia yang bekerja di daerah ini datang dari daerah lain. Orang daerah sendiri banyak yang hanya jadi penonton alias nganggur, entah karena pilihannya atau karena sumberdayanya memang kalah bersaing dengan pendatang. Dalam terminologi World Bank, orang miskin yang aktif bekerja disebut economically active poor atau pengusaha mikro. Meninjau struktur konfigurasi ekonomi di negara kita secara keseluruhan berdasarkan data dua tahun silam, dari 39,72 juta unit usaha yang ada, sebesar 39,71 juta merupakan usaha ekonomi rakyat atau sering disebut usaha mikro, kecil dan menengah. Dan bila kita menengok lebih dalam lagi, usaha mikro merupakan mayoritas, sebab berjumlah 98 persen dari total unit usaha atau 39 juta usaha yang ada di negara kita adalah usaha kecil dan menengah. Walaupun dikatakan yang mana keberadaan usaha mikro merupakan fakta semangat jiwa kewirausahaan sejati di kalangan rakyat yang bisa menjadi perintis pembaharuan. Seharusnya pemerintah memfokuskan pengembangan ekonomi rakyat terutama pada usaha mikro. Tapi, maukah pemerintah melirik potensi strategis itu? Sampai hari ini penyelenggara negara bukan saja hanya tergiur pada investasi asing, tetapi mereka sudah tak punya daya untuk menggenjot perekonomian mikro karena memang niatnya sama sekali tidak mereka punya. Karena seiring masuknya investasi seperti itu pula rakyat terusir dari wilayah kelolanya. Demikian pula penyelenggara negara kita akan kehabisan tenaga untuk melawan tuntutan rakyat terhadap keadilan dan kesejahteraan yang sampai sekarang belum terwujud karena salah urus negara. Investasi yang selama ini didengung-dengungkan pemerintah untuk kesejahteraan rakyat dan supaya banyak orang miskin boleh berdaya, hanya isapan jempol semata. Nasionalis salah arah dan pembangunanisme menjadi dewa yang dipuja siang malam dan kini menjadi satu alasan kuat bagi pemerintah daerah untuk menggenjot pendapatan asli daerah tanpa berpikir untuk melanggengkan sumberdaya alam dan bagaimana memperkuat sumberdaya manusia yang ada di basis implementasi program. Saya kira persoalan ini harus dicarikan jalan keluarnya, paling tidak bagi pemerintahan yang akan datang, supaya apa yang disampaikan dalam kampanye sebagai perubahan mendasar itu jangan hanya di bibir saja. Tonaas Tinamburi Minahasa – Sulut

(bersambung)

KOMISARIS UTAMA: Ina Eryana. KOMISARIS: Christianus H. DIREKTUR UTAMA: Meilany Mongilala. DIREKTUR: Hendra Zoenardjy. WAKIL DIREKTUR: Michael Towoliu. PEMIMPIN REDAKSI: Hendra Zoenardjy. WAKIL PEMIMPIN REDAKSI: Ronald Rompas. REDAKTUR PELAKSANA: Donny Wungow. KOORDINATOR LIPUTAN: Glenly Bagawie. MUSYAWARAH REDAKSI: Hendra Zoenardjy, Ronald Rompas, Donny Wungow, Glenly Bagawie. REDAKTUR: Glenly Bagawie, Tonny Mait, Daniel Kaligis, Finda Muhtar. REPORTER: Deddy Wakkary, Hanny Rais, Robby Liando. BIRO-BIRO: Glenly Bagawie (TOMOHON), Rommy Kaunang (MINAHASA), Rusdianto Rantesalu (MINUT), Servi Maradia (MINSEL), Stenly Lumempouw (MITRA), Wolter Pangalila (BITUNG), Sam Daleda (SANGIHE-TALAUD), Stenly Gaghunting (SITARO), Verdynan Manoppo (KOTAMOBAGU-BOLMONG-BOLMUT), Faruk Langaru (BOLTIM-BOLSEL). KONTRIBUTOR: Heintje Mandagi (JAKARTA), Syaiful W Harahap (KHUSUS KESEHATAN). FOTOGRAFER: Bobby Rambing, KOORDINATOR ARTISTIK: Fajrin Haryanto. STAF ARTISTIK: Richard Tamara, Vecky Sentinuwo, Bobby Rambing, Alphen Mamentu. SEKRETARIS REDAKSI: Angelia Natasia Herline. MANAGER IKLAN: Herry Bagau, KOORDINATOR IKLAN: Stembri F Legi. TRAFFIC ADVERTISING: Aldo Larioh. SPECIAL AGENT: Debby Ch Lende. STAF IKLAN: Denny Moningka, Hervy Sumarandak, Malik Thaib, Romel Najoan,Steven Moron, Didik Agusprianto. ADMINISTRASI IKLAN: Nancy Bertha. KOLEKTOR IKLAN: Brami Mogea. DESAIN GRAFIS: Raditha Yunika. MANAGER PEMASARAN: Noldy Poluan. STAF PEMASARAN: Meisisco Gaghana. ATDISTRIBUSI: Jendra (Minahasa, Tondano, Tomohon), Sterfi Lumangkun (Bitung), Alfrits Samolah (Minahasa), Marchel Wowor, Denny Poluan, Steven Manengkey. (Manado), Ivent Mamentiwalo (Bolmong Raya, Sitaro, Sangihe). PACKING: Samiun Hulantu. TIM PENGEMBANGAN: KOLEKTOR PEMASARAN: Reinold Welong, ADMINISTRASI: Lisa Wuisan. STAF UMUM: Deydi Mokoginta. SEKRETARIS/BENDAHARA PERUSAHAAN: Nancy Bertha. PENERBIT : PT. Sulut Lestari Press, PERCETAKAN: PT. Manado Media Grafika (Isi di luar tanggung jawab percetakan) HARGA Langganan: Rp. 45.000,-/bulan (luar kota tambah ongkos kirim) TARIF Iklan: Rp. 6000/mm kolom (BW), Rp.12000/mm Kolom (FC), ALAMAT: Mega Smart VIII No.7 Kawasan Mega Mas Boulevard Manado, Telp (0431) 841060, Fax: (0431) 841071 PERCETAKAN: Jl. AA Maramis, Kairagi, Manado. Telp (0431) 812777


JUMAT 20 APRIL 2012

Berbikini hitam SUPERMODEL cantik, Kelly Brook tampil seksi mengenakan bikini mini hitam. Kelly berposes untuk pemotretan majalah

New Look. Seperti dikutip Dailymail, sebelum berpose untuk pemo-tretan, K e l l y

difoto dari berbagai sisi oleh sahabatnya. Kelly tampak seksi dengan lekuk tubuhnya yang aduhai. Di foto pertama, Kelly terlihat melindungi matanya dari

panasnya sinar matahari Cape Town, Afrika Selatan. Di foto lainnya, Kelly seksi berpose dari posisi belakang sambil mengumbar senyum genitnya. Di tempat yang sama, Kelly kemudian difoto sambil

melompat. Di tempat berbeda, Kelly berpose seksi di pinggir kolam renang dengan mengenakan bikini bungabunga. Di foto tersebut, dada Kelly terlihat menyembul.(ini)

Kelly Brook TULISA CONTOSTAVLOS HOT NEWS

Dian Sastro Singset lagi

SEMPAT mencapai angka 66 kilogram pasca melahirkan anak pertamanya, ternyata berat badan Dian Sastrowardoyo kini sudah menyusut 23 kilogram. Bentuk tubuh Dian pun kembali indah dan ideal. Sang suami, Indraguna Sutowo pun diakui Dian makin romantis kepadanya. “Bapak bos itu sangat tidak menyangka aku bisa sekurus ini. Singset seperti sebelum lahiran. Bagus katanya, makin tambah romantis dan tambah sayang deh,” ujarnya tersenyum saat ditemui di Hotel Kempinski, Jakarta Pusat, Kamis (19/4). Berkat tubuhnya singsetnya itu, kini Dian dinobatkan Ikon Baru Marie France Bodyline. Dian yang tampak cantik mengenakan dress merah itu juga terlihat sangat bahagia dengan bentuk tubuh idealnya. Meski sudah menikah, menjaga tubuh dinilainya tetap merupakan hal penting. Bentuk tubuh indah dianggap Dian sebagai penambah kebahagian suami. “Walaupun sudah kawin, penampilan nggak bisa selebor terus. Kita harus bisa memelihara kebahagiaan suami,” katanya. “Suami aku lihat aku sekarang dia bilang aku hebat banget, canggih, usahanya berhasil. Jadi dapat apresiasi dari suami. Makasih kata dia udah punya usaha ekstra untuk nurunin berat badan,” tuntasnya.(dth)

ELISBETTA CANALIS

Cuek video ‘ML’ beredar Doyan berpesta KARENA alasan itenang, akhirnya Steve-O mengakhiri cintanya dengan Elisabetta Canalis. Ternyata, Steve tak suka gaya hidup Elisabetta yang doyan pesta. Mengutip femalefirst, Kamis, aktor Jackass berusia 37 yang pernah memasuki rehab untuk penyalahgunaan narkoba dan gangguan bipolar pada 2008 ini mengaku hubungannya dengan Elisabetta bertentangan. Seorang sumber kepada RadarOnline.com mengatakan, “Steve-O membuang atau memutuskan Elisabetta karena tak suka gaya hidup doyan pesta. Steve-O sangat serius ketenangan hati dan tak ingin mengencani siapa saja yang bisa membahayakan ketenangannya.” “Steve-O masih benarbenar peduli dengan dirinya. Ia serius tak mau mengambil risiko kambuh

AKTRIS seksi Tulisa Contostavlos ternyata cuek dan tak menyesali orang telah menonton video seksnya dengan mantan kekasih, Justin Edwards di dunia maya. Mengutip femalefirst, Kamis (19/4), Tulisa (23) syok ketika rekaman ‘ML’ oral seksnya dengan mantan pacar MC Ultra alias Justin Edwards telah dipasang online. Namun Tulisa mengatakan, tak menyesalinya. “Saya bisa duduk sepanjang hari sambil berharap tidak pernah melakukannya atau bertemu orang tersebut (Justin),” tuturnya. “Tetapi pada akhirnya, saya sadar tak perlu menyesalinya. Justru masalah ini, membuat saya menjadi lebih kuat,” imbuhnya.(ini)

ketergantungan minuman, narkoba dan mengidap bipolar. Steve-O jadi harus menjauhkan diri dari

Elisabetta,” imbuhnya. Pasangan berantakan ini pertama kali terlihat bersama-sama pada Januari 2012. Elisabetta saat itu mengaku jatuh cinta karena selera humor Steve-O yang tinggi.(ini)

SEKSOLOGI

Empat masalah seks ”hantui” wanita SAMA seperti pria, wanita ternyata juga memiliki masalah seksual yang lumayan rumit dalam rumah tangga. Namun, perempuan lebih bisa menutupi dan mempertimbangkan untuk mengatasi masalah tersebut. Seperti dilansir dari The Stir, The Journal of the American Medicine Association (JAMA) yang ditulis pada 1999 mengungkapkan masalah seks bisa dialami oleh pria dan wanita, namun paling sering dialami oleh wanita.Apa saja? HASRAT SEKS YANG KURANG Masalah ini hampir dialami oleh banyak orang, baik pria ataupun wanita. Namun yang paling sering mengalami kurangnya hasrat seksual adalah wanita.

Penyebab kurangnya gairah bercinta bisa karena kelelahan, stres karena masalah di kantor, masalah pribadi, maupun karena sedang dalam masa pengobatan.

mengetahui secara pasti apa penyebab dari kondisi tersebut.

RASA SAKIT SAAT BERCINTA

Tidak dipungkiri lagi, kebanyakan wanita memang memiliki masalah pada sulitnya mencapai ‘kenikmatan’. Wanita yang sulit terangsang memang sering dikaitkan dengan minimnya hasrat seksual. Namun ada juga wanita yang sudah terangsang, namun sulit mencapai klimaks atau orgasme. Lagi-lagi stres dan frustasi menjadi penyebab pada masalah seks.

Rasa sakit yang timbul ada saat bercinta umumnya disebabkan karena vagina yang kurang pelumas atau endometriosis. Dalam sejumlah kasus tertentu, sakit pada saat bercinta disebabkan oleh kondisi bawaan tubuh atau berbagai hal lain tergantung kondisi fisik seseorang. Salah satu gejala fisik yang menyebabkan sakit pada saat bercinta secara medis dikenal dengan nama vulvodynia atau vulvar vestibulitis. Hingga kini para ahli masih belum

JARANG CAPAI KLIMAKS

ORGAN INTIM KERING Keringnya organ intim

wanita seringkali disebabkan oleh kurangnya libido. Hal ini erat hubungannya dengan sedikitnya rangsangan untuk membangkitkan libido. Keadaan vagina kering tersebut seringkali menyebabkan sakit saat terjadi penetrasi. Akibatnya banyak wanita yang trauma atau takut berhubungan seks karena kondisi ini. Selain kurangnya llibido, keringnya vagina juga bisa disebabkan oleh proses menopause atau ketika seorang wanita sedang menyusui. Masalah psikologis juga bisa menyebabkan kurangnya produksi cairan vagina. Untuk mengatasi hal ters-ebut sebaiknya para wanita tidak menyepelekan foreplay atau pemanasan sebelum bercinta.(ini/berbagai sumber)


JUMAT 20 APRIL 2012

OLIMPIADE

Tim pelatnas renang tunggu dana TIM renang Indonesia masih menunggu dana dan pelatnas Prima untuk mengikuti babak kualifikasi Olimpiade dalam bentuk kejuaraan renang Malaysia Open, 3-6 Mei 2012. Manajer Tim Renang Indonesia Hartadi Nurjojo di Semarang, Kamis, mengatakan, hingga pelatnas berlangsung selama hampir dua bulan, tim pelatnas belum mendapat bantuan dana dari pelatnas Program Indonesia Emas (Prima). “Kalau sampai keberangkatan tim ternyata dana itu belum turun, tentunya kita harus mencari dana talangan untuk memberangkatkan perenang Indonesia ke Malaysia karena kita berusaha memburu tiga tiket Olimpiade mendatang,” katanya. Dari tujuh perenang Indonesia yang masuk pelatnas Prima untuk persiapan tampil pada Olimpiade London, kata dia, Indonesia baru meloloskan empat perenang sedangkan tiga lainnya belum yaitu Idham Dasuki, Yessy Yosaputra, dan Enny Susilowati. Empat perenang yang sudah mengantongi tiket ke Olimpiade London, Juli-Agustus mendatang adalah I Gede Siman Sudartawan (100 dan 200 meter gaya punggung) dan Indra Gunawan (100 meter gaya dada) melalui SEA Games XXVI/2011. Selain itu, Glenn Victor (100 meter gaya kupu) dan Triadi Fauzi (200 meter gaya kupu) melalui kejuaraan renang Singapura Terbuka 2011. Padahal, kata dia, kejuaraan renang Malaysia Open mendatang merupakan salah satu program dari pelatnas Prima sebagai ajang memburu tiket Olimpiade bersama dengan dua kejuaraan renang di Eropa yaitu di Portugal dan Italia. Pada kejuaraan renang Malaysia Open mendatang, kata Hartadi yang juga Ketua Harian Pengprov PRSI Jawa Tengah tersebut, semua atlet pelatnas Prima turun kecuali Indra Gunawan yang saat ini menjalani latihan di Hongaria. Selain itu, katanya, PB PRSI juga menerjunkan empat perenangnya yaitu Patrsia Yosita, Raina Saumi, Ressa Kania Dewi, dan Nicko Biondi. “Mereka berangkat dengan biaya dari induk organisasi olahraga renang di Tanah Air,” katanya. Selain itu, kata dia, beberapa provinsi juga menerjunkan perenangnya di Malaysia sebagai ajang uji coba sebelum tampil pada PON XVIII/2012,. “Jawa Timur, Jabar, DKI Jakarta, dan Riau sudah mengirimkan daftar perenangnya untuk tampil di Malaysia mendatang,” katanya. Bahkan, kata dia, saat kejuaraan renang di Singapura beberapa waktu lalu juga sudah menerjunkan atletnya sebagai ajang uji coba. “Jadi mereka sudah dua kali menjalani pertandinga uji coba sebelum turun di PON mendatang,” katanya.(kmcm)

Barca ... dari Halaman 16 Walaupun banyak peluang tercipta, namun gol tersebut menjadi satu-satunya gol yang tercipta pada pertandingan ini.Dari statistik yang dikeluarkan oleh uefa.com, terlihat Barcelona lebih mendominasi permainan dengan penguasaan bola mencapai 72% sepanjang pertandingan, sedang Chelsea hanya 28% karena memilih untuk bermain bertahan sambil melakukan serangan balik. Barcelona tercatat melakukan 19 kali serangan namun sayang dengan ketatnya pertahanan Chelsea tidak ada yang menghasilkan gol, sementara itu The Blues yang hanya melakukan 3 kali penetrasi berhasil mencetak satu.Pada pertandingan itu Messi dan kawan-kawan lebih banyak melakukan tembakan ke gawang yaitu sebanyak 23 kali, 6 on target, 13 meleset, 5 mampu diblok Cech dan 2 terselamatkan oleh tiang. Chelsea yang hanya menempatkan Drogba di depan memang lebih sedikit mengancam gawang Barcelona dengan 5 kali tembakan ke gawang, 1 on target, 3 meleset, dan 1 berhasil diselamatkan Valdes. Walau berlangsung ketat namun tidak banyak pelanggaran yang terjadi, tercatat dari 20 pelanggaran hanya 4 kartu kuning yang dikeluarkan oleh Felix Brych yang memimpin pertandingan yaitu untuk Drogba, Ramires di kubu Chelsea dan Busquets, Pedro di kubu Barcelona. SUSUNAN PEMAIN: Chelsea: 1-Peter Cech, 2-Branislav Ivanovic, 3Ashley Cole, 24-Gary Cahill, 26-John Terry, 7Ramires, 8-Frank Lampard, 12-John Mikel Obi, 16Raul Meireles, 10-Juan Mata, 10-Didier Drogba. Barcelona: 1-Victor Valdes, 2-Daniel Alves, 5-Chris Puyol, 4-Cecs Fabregas, 6-Xavi, 8-Andres Iniesta, 14-Javier Mascherano, 16-Sergio Busquets, 21Adriano, 9-Alexis Sanchez, 10-Lionel Messi.

VdV ... dari Halaman 16 Saya merasa harus memberikan sesuatu pada Eredivisie, di mana hal itu sangat berarti untuk saya,” Van der Vaart pada Voetbal International, Kamis (19/ /4). Van der Vaart memang telah menyicipi banyak berbagai kompetisi di Eropa. Ia sempat membela Hamburg SV sejak pergi dari Ajax Amsterdam tahun 2005 silam. Kemudian bergabung dengan klub asal La Liga, Real Madrid pada medio 2008-2010. Pada akhirnya, pemain berusia 29 tahun ini berlabuh ke Tottenham Hotspur pada tahun 2010. Penampilannya bersama Spurs juga cukup cemerlang, tercatat pada musim lalu dirinya telah menyumbangkan 15 gol, dan sejauh ini telah mencetak 11 gol.(blnt)

HAM jamin pembalap F1 tidak dilukai SETELAH tahun kemarin sempat batal, Formula One (F1) kembali menggelar balapan di Bahrain, pekan ini. Meski diancam aksi demo besar-besaran, tapi pemimpin Hak Asasi Manusia akan menjamin keselamatan para pembalap F1. Setiap hari, para personel F1 mulai dari

mekanik hingga pembalap sudah tiba di Bahrain. Hari ini, sepertinya akan menjadi puncak kedatangan mereka. Pasalnya, sesi latihan akan berlangsung pada Jumat mendatang. Kendati demikian, beberapa orang tetap melakukan aksi demo untuk menolak berlangsungnya

balapan F1 di Bahrain. Masyarakat meminta kepada pemerintah untuk membatalkan perlombaan itu. Namun pemimpin HAM di Bahrain, Nabeel Rajab menjamin tidak ada pembalap F1 yang terluka. Sebab, aksi protes ditujukan bukan kepada personal. “Tidak akan ada

MOTOGP

untuk memperlihatkan kemarahan karena perlombaan tetap berlangsung di sini,” tandasnya. “Masyarakat melihat F1 mewakili para diktaktor ini dan ini tidak bagus, bahkan

untuk F1 sekalipun. Pembuat peraturan harus dihukum dan tidak mendapatkan penghargaan dari F1,” pungkasnya dikutip dari GPupdate, Kamis (19/ 4).(okez)

GP BAHRAIN 2012

Honda & Yamaha tolak The Doctor VALENTINO Rossi tengah ramai diisukan bakal kembali ke salah satu mantan timnya, Repsol Honda atau Yamaha, menyusul performa buruknya bersama Ducati. Namun, sayang kedua tim tersebut menutup rapatrapat pintunya untuk The Doctor. Rossi diketahui belum juga mampu menunjukkan performa gemilang sejak memutuskan hijrah ke Ducati pada musim lalu. Di musim ini, tanda-tanda kebangkitan juara dunia tujuh kali ini pun belum terlihat, setelah hanya mampu finis di urutan 10 pada seri perdana di Qatar. Kondisi ini sontak memunculkan spekulasi bahwa The Doctor akan kembali ke bekas klubnya, Repsol Honda atau Yamaha pada akhir musim ini. Sayang, peluang tersebut dipastikan pupus menyusul keengganan kedua tim tersebut menampung kembali pembalap yang memberikan gelar juara untuk mereka. “Sulit nampaknya melihat

yang terluka di tim F1, tidak ada,” tegas Rajab. “Mereka memang sangat marah terhadap olahraga F1, tapi bukan kepada personal, ini mengenai politik. Kami melakukan protes

VALENTINO Rossi.

Valentino kembali ke sini (Honda). Di tim pabrikan, kami sudah punya dua pembalap yang sangat cepat dan tangguh dalam diri Casey Stoner dan Dani Pedrosa,” tutur bos tim Repsol Honda Livio Suppo dikutip MCN, Kamis (19/4). “Jadi, dengan segala hormat kepada Valentino, tidak ada alasan buat kami untuk mengganti salah satu pembalap kami untuk memasukkannya,” sambungnya.

Kru Force India minta pulang?

Senada dengan Honda, kubu Yamaha juga menolak wacana kembalinya Rossi ke tim berlambang garputala tersebut. Hubungan buruk Rossi-Lorenzo menjadi alasan utama Yamaha menolak pembalap 33 tahun tersebut. “Saya pikir, menggabungkan kembali Valentino dengan Jorge (Lorenzo) dalam satu tim di masa depan, bukanlah sebuah opsi,” sahut bosa tim Yamaha Lin Jarvis. Dengan situasi ini, jika Rossi tetap memutuskan hengkang dari Ducati, maka peluang terbesarnya adalah gabung ke tim satelit seperti Yamaha Tech3, Gresini Honda atau LCR Honda. Namun yang jadi permasalahan, sudikah Rossi menerima bayaran yang jauh lebih rendah, bahkan harus rela merogoh kocek pribadinya untuk membantu salah satu tim satelit tersebut mendapatkan mesin yang mumpuni untuk bersaing dengan tim pabrikan? (okez)

EMPAT kru Force India sempat terjebak dalam demontrasi di Bahrain. Mendengar cerita ini, kru Force India lainnya takut dan minta pulang. Mereka tidak mau jadi korban penyerangan para demontrans yang sedang terjadi di Bahrain, belakangan ini. Empat kru Force India itu menyewa sebuah mobil. Namun, dalam perjalanan pulang dari Sirkuit Bahrain Internasional, mobil mereka terjebak antara demontrans dengan polisi di Manama. Tidak lama kemudian, seorang demontrans melemparkan sebuah bom Molotov, kemudian bom itu meledakkan mobil yang ada dekat mereka. Beruntung,

tidak ada anggota Force India yang mengalami cedera. Mekanik Force India itu sudah bisa kembali ke hotel dengan selamat. Sebenarnya, mereka bukan menjadi target para demontrans, karena mereka menjadi bagian dari komunitas F1. Namun, kru Force India lainnya memilih untuk tidak berada di Bahrain. Sementara itu, empat mekanik itu memutuskan untuk tetap berada di Bahrain. Mereka akan berada di sana untuk melanjutkan tugas, guna mendamping Force India yang akan balapan selama pekan ini. Pemimpin Sirkuit Bahrain International Zayed R

Alzayani, menegaskan aksi itu tidak ditunjukkan untuk F1. Meski demikian, Alzayani merasa tidak perlu memperketat keamanan melihat apa yang sudah terjadi itu. “Insiden itu terjadi di tempat terpencil dan istri saya juga terlibat. Para demontrans tidak mengincar mobil kru Force India, mereka hanya kebetulan berada di sana. Tidak ada yang cedera,” kata Alzayani. “Saya tidak perlu meminta kepada polisi untuk meningkatkan keamanan. Mereka tahu apa yang harus dilakukan. Saya harus menjalani perlombaan ini,” tandasnya dilansir dari Autosport, Kamis (19/4).(okez)

mereka. Sebuah peluang dari Adriano pada menit 50 berhasil digagalkan oleh Cech. Adriano melepaskan sebuah tendangan jarak jauh namun bola akhirnya berhasil ditepis dengan susah payah oleh Cech.Kedua tim samasama berjuang keras dalam pertandingan ini. Beberapa kali serangan yang dibangun dengan matang oleh Barca hanya menemui kegagalan setelah melawan ketatnya

pertahanan Chelsea. Upaya menawan dari Messi dan Fabregas masih berhasil digagalkan pertahanan Chelsea.Messi dijatuhkan oleh Ramires tepat di depan area kotak penalti pada menit 69. Sebuah tendangan bebas diberikan oleh wasit kepada Barca. Beruntung bagi Chelsea karena bola hasil tendangan bebas Xavi masih melayang di atas mistar gawang. Barca menguasai jalannya pertandingan.

tantangan yang biasa Anda akan dapatkan di semifinal Liga Champions - kami menerima itu dan kami akan mencoba mengatasinya,” sambungnya.”Kami harus mencari cara lain untuk membuat peluang. Pertahanan mereka sangat dalam dan kami harus

mencari sedikit inspirasi dan banyak ersabar. Kami membuat banyak peluang,” tuntasnya.Laga leg kedua semifinal Liga Champions bakal dihelat di markas Barca, Stadion Nou Camp pada 24 Aprl nanti. Untuk lolos ke final, Barca setidaknya harus menang 2-0 di laga nanti.(inlc)

Hanya sesekali Chelsea mencoba menyerang gawang Barca. Sebuah serangan balik dari Chelsea pada menit 79 masih menemui kegagalan setelah Drogba tidak berhasil mengirimkan sebuah umpan matang ke depan gawang Barca.Barca memiliki peluang pada menit 86. Sebuah tendangan bebas dari Messi membuat bola mengarah tepat ke depan gawang. Puyol berhasil menanduknya namun Cech berhasil menepisnya dengan susah payah. Chelsea benar-benar dinaungi keberuntungan pada pertandingan ini. Sebuah peluang emas Barca pada menit akhir perpanjangan waktu masih

menemui kegagalan. Messi mencoba merebut bola namun pemain Chelsea berhasil menjauhkan bola darinya. Bola justru jatuh ke kaki Pedro namun bola hasil tendangannya masih membentur tiang gawang Chelsea. Bola rebound jatuh ke kaki Sergio Busquets namun bola hasil tendangannya justru melayang tinggi di atas gawang Chelsea.Peluang terakhir Busquets tersebut akhirnya melengkapi kegagalan Barca. Tak ada gol lagi yang tercipta hingga pertandingan berakhir. Gol Drogba menjadi modal penting bagi Chelsea ketika melawat ke Nou Camp pekan depan.(blnt)

Drogba ... dari Halaman 16 Usaha Barca untuk menyerang gawang Chelsea sering menemui kegagalan.Pertahanan Chelsea bermain bagus di pertandingan ini. Sebuah peluang yang dimiliki Cesc Fabregas pada menit 43 pada akhirnya berhasil digagalkan oleh Ashley Cole. Umpan dari Messi berhasil diterima oleh Fabregas. Ia berhasil mengecoh Petr Cech namun bola akhirnya berhasil diblok oleh Cech sebelum melewati garis

gawang Chelsea.Gol yang ditunggu-tunggu publik Stamford Bridge akhirnya terjadi pada ujung babak pertama. Aksi menawan dari Ramires membuat ia mampu melewati pertahanan Barca. Sebuah assist dari Ramires akhirnya berhasil diselesaikan dengan baik oleh Didier Drogba. Skor 1-0 bagi Chelsea bertahan hingga turun minum. Pemain Chelsea berupaya keras mempertahankan keunggulan

Terima ... dari Halaman 16 Gol tunggal kemenangan Chelsea di pertandingan ini dicetak oleh bomber Didier Drogba di masa perpanjangan waktu di babak pertama.Secara kelseluruhan, Barca mendominasi penuh jalannya pertandingan, namun Carles Puyol dkk gagal membobol jala Chelsea.

Untuk itu, Guardiola menerima kekalahan ini dengan lapang dada.”Ketika Anda menempatkan 10 pemain di dalam kotak penalti, itu tidaklah mudah. Mereka hanya punya satu kali serangan balik dan mereka bisa mencetak gol,” ujar Pep seperti dilansir Sky Sports.”Ini adalah jenis

Kemenangan ... dari Halaman 16 Menurutnya, kemenangan tersebut berkat permainan kolektif yang diperagakan “The Blues”.”Itu adalah sebuah penampilan kolektif dari sebuah tim. Kami tahu kami bisa mendapatkan peluang dan Didier Drogba dalam posisi dan waktu yang tepat memanfaatkan peluang itu,” jelas Di Matteo.”Ini adalah hasil yang luar biasa.

Anda tahu bahwa Anda harus lebih banyak bertahan saat melawan mereka. Kami tahu mereka menguasai permainan,” lanjutnya. Kemenangan Chelsea berkat gol tunggal Didier Drogba pada menit ke-47. Kedua tim akan kembali bertemu pada leg kedua yang digelar di Camp Nou pada 24 April mendatang.(blnt)


JUMAT 20 APRIL 2012

LEG I PEREMPAT FINAL LIGA CHAMPIONS CHELSEA (1)

SPORTAINMENT

VS

(0) BARCELONA

Drogba bungkam Barca

DIDIER Drogba berhasil menundukkan kubu Barca di Stamford Bridge. (foto: blnt)

IRINA SHAYK

Tampil hot lagi KEKASIH Cristiano Ronaldo, Irina Shayk, tampil seksi dan sensual dalam sesi pemotretan untuk iklan pakaian dalam.Sebagaimana dilansir The Sun, model berusia 26 tahun itu melakukan beberapa pose dalam promosi iklan terbaru sebuah perusahaan pakaian dalam.Di sesi pertama, Irini berpose dengan menggunakan pakaian dalam berwarna hitam. Efek yang ditimbulkan dari bra hitam itu membuat Irina tampak sangat sensual. Ada satu pose dimana Irina menegadahkan kepalanya dengan mulut terbuka. Dalam pose itu, Irina terlihat sangat seksi sekali. Tak heran mengapa Cristiano Ronaldo sangat tergila-gila kepadanya.Ada pula sesi foto dimana Irina duduk di sebuah lantai dengan berbalut bra dan celana dalam berwarna hitam. Balutan bra yang minim membuat aset kembarnya lebih terekspos.Irina terlihat sangat antusias membintangi iklan terbarunya itu. Dia pun tak lupa berbagi kesenangan dengan para fansnya melalui Twitter, “Waktu yang tepat untuk bra yang sempurna.”(inlc)

BOLARON

City bakal dapatkan Llorente

MANCHESTER City dikabarkan sudah kian dekat mendapatkan penyerang Athletic Bilbao, Fernando Llorente seharga 30 juta pound. Agen dari kedua klub disebut-sebut sudah terlibat dan negosiasi untuk kesepakatan berdurasi lima tahun sudah memasuki tahap pembahasan detail. Penyerang berusia 27 tahun itu sudah dipantau oleh tim-tim papan atas di Liga Premier, namun tampaknya tak ada yang bisa mengalahkan penawaran gaji sebesar 200.000 pound per pekan dari City. Klub lainnya yang disebut amat meminati Llorente adalah Tottenham, bahkan manajer Harry Redknapp mengaku sebagai pengagum Llorente. Dan meski diberitakan siap menggelontorkan dana untuk membeli pemain kuat, Spurs masih terganjal masalah gaji. Llorente sendiri musim ini sudah melesakkan 23 gol, namun dengan tipisnya peluang lolos ke Eropa musim depan Bilbao tampak siap melepas bomber mereka tersebut. (okez)

Juve tahan Del Piero JUVENTUS telah menegaskan beberapa kali bila mereka tidak akan memperpanjang kontrak Alessandro Del Piero. Namun pelatih AC Milan, Massimiliano Allegri, meyakini bila Juventus akan tetap mempertahankan pemain veterannya itu. Seperti diketahui, pada Otober 2011 si Nyonya Besar menyatakan bila Del Piero tidak akan mendapatkan kontrak baru. Hal tersebut mengharuskan Del Piero pergi dari Juventus Arena pada akhir musim ini. Meski sudah diberi ultimatum klubnya, Del Piero tetap bermain maksimal dan kerap menjadi penentu kemenangan dalam beberapa laga terakhir ini. Maka dari itu Allegri yakin Bianconeri tidak akan melepasnya musim ini. “Juve tidak akan membiarkan Del Piero pergi,” tulis Allegri saat sesi tanya jawab di Twitter seperti dilansir oleh Goal, Kamis (19/4). Namun, saat ditanyakan tentang Scudetto yang mana timnya masih terus membayangi Juventus di posisi kedua dengan selisih satu poin. Allegri memberikan jawaban yang cukup diplomatis. “Titel juara hanya pantas diraih oleh tim yang mampu memberikan permainan terbaik mereka,” jawabnya (okez)

CHELSEA berhasil meredam kehebatan permainan Barcelona. Sebuah gol tunggal dari Didier Drogba berhasil menundukkan kubu Barca di Stamford Bridge. Peluang pertama bagi

Chelsea terjadi pada menit 11. Sebuah tendangan pojok membuat bola lewat di depan gawang Barca. Chelsea bisa saja unggul seandainya John

PEP GUARDIOLA

Terry maupun Gary Cahill sanggup menyambut bola tersebut dengan baik. Bola akhirnya hanya melebar dari gawang Barca. Petr Cech bermain menawan

dengan menggagalkan dua peluang emas Barca pada menit 26 dan 28. Cech menggagalkan aksi dari Cesc Fabregas dan tandukan dari Lionel Messi. Baca: Drogba ( Halaman 15 )

ROBERTO DI MATTEO

STATISTIK PERTANDINGAN

Barca lebih dominan

PELATIH Barcelona, Pep Guardiola, secara besar hati menerima kaklahan timnya dari Chelsea di Liga Champions. Barcelona tak berdaya kala melawat ke markas Chelsea, pada leg pertama semifinal Liga Champions, Kamis (19/4) dinihari .

PELATIH Chelsea, Roberto Di Matteo, menilai timnya telah memetik hasil yang luar biasa setelah berhasil membungkam Barcelona 1-0 pada leg pertama semifinal Liga Champions di Stamford Bridge, Rabu atau Kamis (19/4) dini hari WIB.

WALAU mendominasi permainan Barcelona harus menyerah kalah 1-0 dari Chelsea yang lebih bermain bertahan dan mengandalkan serangan balik.Kerja sama apik antara Ramires dengan Drogba berhasil membawa Chelsea unggul 1-0 dari Barcelona menjelang detik-detik akhir babak 1 pertandingan semifinal Liga Champions leg pertama di Stamford Bridge, Kamis (19/04) dini hari.

Baca: Terima ( Halaman 15 )

Baca: Kemenangan ( Halaman 15 )

Baca: Barca ( Halaman 15 )

DUEL El Clasico mempertemukan dua musuh bebuyutan, Barcelona FC dan Real Madrid memang selalu

menarik untuk disimak. Akhir pekan ini seolah menjadi pembuktian bagi dua klub raksasa Spanyol, Barcelona dan Real Madrid ketika keduanya saling berhadapan di Camp Nou. Laga ini bisa menjadi penentu gelar juara musim

Terima Kemenangan lapang dada kolektivitas

Penguasaan bola 21% - 79% Shot (on goal) 4 (1) - 24 (6) Corner 1-8 Pelanggaran 12 - 9 Offside 5-2 Kartu kuning 2-2 Kartu merah 0-0 Penyelamatan 6-0

Nesta tolak ke Juve BEK veteran AC M i l a n Alessandro N e s t a mementahkan kabar yang menyebutkan dirinya akan berkostum Juventus musim depan. Bek berusia 36 tahun ini akan berstatus bebas transfer di akhir musim ini dan hingga kini masih belum ada tanda-tanda pembicaraan kontrak baru antara Nesta dengan Rossoneri. Nesta menjadi satu dari 10 pemain Milan yang kontraknya berakhir akhir musim ini. Sembilan pemain lainnya adalah Seedorf, Gattuso, Ambrosini, Inzaghi, Zambrota, Yepes, Flavio Roma, Flamini, dan Van Bommel. Nesta santer disebut akan mengikuti jejak Andrea Pirlo yang bergabung ke Bianconeri dengan bebas transfer. Tapi, Nesta dengan tegas menolak spekulasi tersebut. “Kita lihat saja bagaimana masa depan saya. Kami akan mengkaji semuanya pada akhir musim. Tapi yang pasti saya takkan pernah bergabung dengan Juventus,” kata Nesta kepada Milan Channel, Kamis (19/4). “Saya ingin membuat semuanya jelas bahwa saya takkan pergi ke Juventus. Saya tidak mempunyai agen dan jika seseorang menginginkan saya maka dia harus berbicara langsung dengan saya,” jelas Nesta. “Belum ada yang menghubungi saya. Saya tak perlu pergi ke Juve dan mereka juga tidak membutuhkan saya jadi bukan masalah,” tuntas Nesta.(okez)

ini. Jika Madrid menang, maka mereka akan meninggalkan Barca dengan selisih 7 poin di 4 laga tersisa. Sementara jika Barca yang keluar sebagai pemenang, maka akan semakin mendekati Madrid di puncak klasemen dengan selisih 1 poin saja.

Berikut data serta fakta El Clasico, 9 -Jumlah kemenangan pelatih Barca Josep Guardiola dalam 14 laga El Clasico di segala ajang (La Liga, Piala Raja, Liga Champions dan Piala Super Spanyol) sejak menangani klub itu pada 2008. Sementara Real

hanya menang hanya sekali, di babak perpanjangan waktu final Piala Raja 2011 dengan skor 1-0.(blnt)

VdV isyaratkan hengkang PEMAIN Tottenham Hotspur, Rafael van der Vaart, mengisyaratkan akan hengkang dari White Hart Lane. Pasalnya, ia mengungkapkan keinginannya untuk kembali merumput di Liga Eredivisie, Belanda. Pemain asal Belanda ini memang tinggal menyisakan dua musim lagi bersama The Lilywhites. Spekulasi akan rencana

kepindahannya terus berkembang hingga dirinya dikaitkan dengan beberapa klub besar Eropa. Rumor tersebut semakin kencang, saat performa klubnya mulai menurun di akhir musim ini dan peluang untuk masuk ke Liga Champions semakin sulit. Terakhir, mereka harus disingkirkan oleh Chelsea di babak semi final FA Cup.

Namun, Van der Vaart sendiri menuturkan bila dirinya akan kembali bermain di kompetisi lokal negaranya. Pasalnya, ia ingin memberikan sesuatu pada kompetisi di negaranya sendiri. “Saya merasa sudah menjadi kewajiban untuk bermain sekali lagi di Belanda. Baca: VdV ( Halaman 15 )

Allegri: Tim bermental paling kuat bakal juara

PELATIH AC Milan, Massimiliano Allegri.

JELANG putaran akhir Serie A, pelatih AC Milan, Massimiliano Allegri menyebut jika scudetto musim ini akan dimenangkan oleh tim yang memiliki mental paling kuat. Hanya satu poin memisahkan Rossoneri dengan pemuncak klasemen, Juventus dan kompetisi musim ini tinggal enam laga saja, Allegri merasa jika rangkaian laga sisa Serie A akan memberikan tekanan besar pada kedua tim. “Scudetto akan dimenang-

kan oleh tim yang memiliki mental paling kuat,” ujar mantan pelatih Cagliari itu dalam sesi tanya jawab lewat Twitter. “Apa yang saya lakukan ketika kami tampil baik di separuh pertandingan? Saya ceritakan lelucon pada pemain saya.” “Jelas momen favorit saya sejauh ini dengan Milan adalah memenangi scudetto. Jika saya harus menggambarkan pengabdian pertama saya di bench ini dalam tiga kata

maka itu adalah intens, menggairahkan dan antusias.” “Ada banyak perbedaan antara melatih klub kecil dan tim yang lebih penting. Hal paling utama adalahAnda bermain setiap tiga hari dan selalu memiliki tekanan untuk menang sementara tim yang lebih kecil hanya sekali sepekan,” tambahnya. “Dua tahun saya di Milan sudah membantu saya tumbuh dan mengajarkan saya untuk melakukan dua hal dengan baik - komunikasi dan bersabar.” (okez)

Swara Kita, 20 April 2012  

20 April 2012

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you