Issuu on Google+

TERBIT 16 HALAMAN Harga: Rp.2000,- Luar Kota + Ongkos Kirim

Telp: (0431) 841071, Fax: (0431) 841060 www.swarakita-manado.com

JUMAT 18 JANUARI 2013 NOMOR 02180 TAHUN VII

Banjir Jakarta mendunia

SELEBRITI

Diberitakan hampir semua media di dunia, Indonensia diyakini akan bisa melewatinya Istana kebanjiran, SBY sebut tak masalah, asalkan terpenting masyarakat terlindungi

Jakarta—Banjir benar-benar sudah melumpuhkan Jakarta. Hujan yang turun di Puncak,

Bogor, sejak Rabu (16/1) pagi hingga Kamis (17/1) kemarin, menyebabkan debit sungai Ciliwung hulu naik drastis. Kondisi ini tentunya berpengaruh hingga Ibukota Negara, yang terjadi banjir dimanamana. Dari pengamatan air

Ciliwung di Depok juga menunjukkan tinggi muka air mencapai 280 cm atau Siaga II, dan cenderung naik. Saat itu muka air di Manggarai, Jakarta, sudah mencapai 920 cm atau Siaga II, 30 cm di bawah batas Siaga I. Dari pantauan, hampir semua wilayah Jakarta tergenang air sehingga

memutuskan arus lalu lintas. Bahkan, banjir melumpuhkan ruas-ruas jalan di sekitar Istana Negara, Kamis (17/1) kemarin. Ketinggian air di sekitar Monumen Nasional (Monas), terutama di Jalan Medan Merdeka Selatan, mencapai 40-50 sentimeter.

BENCANA alam berupa banjir terjadi di hampir seluruh wilayah Jakarta, tak terkecuali di Istana Negara. Nampak Presiden SBY terpaksa gulung celana melihat banjir yang terjadi di kantornya, Kamis (17/1) kemarin.(foto-foto: ist)

Baca: Banjir ( Halaman 11 )

ATIQAH HASIHOLAN

Dirikan posko banjir BANJIR yang melanda Jakarta sepertinya sudah begitu parah. Sehingga tak heran jika akhirnya pemerintah Jakarta resmi menyatakan tanggap darurat lantaran banyaknya jalur lalu lintas yang lumpuh terendam banjir. Keprihatinan terhadap bencana banjir besar di awal tahun 2013 ini rupanya juga mengetuk hati aktris cantik Atiqah Hasiholan.

Baca: Dirikan ( Halaman 11 )

INTERNASIONAL AMERIKA SERIKAT

Obama keluarkan instruksi perketat penjualan senjata api

Mimpi Soekarno pindahkan Ibukota Jakarta—Jakarta sebagai ibu kota negara kini sudah tidak ideal lagi. Kota ini menyimpan segudang masalah. Mulai dari kemacetan akut, kepadatan penduduk, pembangunan tak terencana hingga banjir yang selalu mengintai jika musim hujan datang.

Presiden Soekarno pada tahun 1950-an sudah meramalkan Jakarta akan tumbuh tak terkendali. Soekarno dulu punya mimpi memindahkan ibu kota Republik Indonesia dari Jakarta ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Mengapa Palangkaraya?

Ada beberapa pertimbangan Soekarno. Pertama Kalimantan adalah pulau terbesar di Indonesia dan letaknya di tengah-tengah gugus pulau Indonesia. Kedua menghilangkan sentralistik Jawa. Baca: Mimpi ( Halaman 11 )

Hal ini diungkapkan langsung Kapolda Sulut Brigjen Pol Drs Dicky Atotoy, kepada sejumlah wartawan, saat melakukan kunjungan kerja ke Polres Minsel, Kamis (17/1) kemarin. Dikatakan orang nomor satu di Polda Sulut ini, pihaknya terus melakukan penyelidikan terkait masalah konflik yang terjadi antara dua tersebut. Baca: Polda ( Halaman 11 )

Baca: Gugatan ( Halaman 11 )

Polda kantongi oknum pemicu tarkam

PRESIDEN Amerika Serikat, Barack Obama.

PRESIDEN Amerika Serikat (AS), Barack Obama, mewajibkan pemeriksaan yang lebih ketat bagi para calon pembeli senjata api. Dia juga mendesak Kongres untuk memberlakukan lagi undang-undang yang melarang penjualan senapan serbu di tengah masyarakat. Setiap senjata api yang boleh dijual di toko bermagasin maksimal sepuluh butir peluru. Demikian keputusan terkini Obama dalam menanggapi maraknya kasus-kasus penembakan brutal oleh warga sipil. Bahkan, 20 murid SD Sandy Hook di Kota Newtown, negara bagian Connecticut, jadi korban penembakan warga sipil pada 14 Desember 2012. “Jangan lagi kita biarkan masalah ini berlarut-larut,” kata Obama di Gedung Putih saat mengumumkan kebijakan baru pemerintah AS dalam pengendalian senjata api pada Rabu waktu setempat, seperti yang dikutip kantor berita Reuters. Melalui “Perintah Eksekutif” - yaitu instruksi presiden yang tidak perlu mendapat persetujuan parlemen (Kongres) - dia mengumumkan 23 langkah pengendalian senjata api. Beberapa langkah yaitu memperbaiki sistem pemeriksaan latar belakang bagi pembeli senjata api dan mencabut larangan atas penelitian mengenai kekerasan bersenjata. Baca: Obama ( Halaman 11 )

DICKY Atotoy.

Gugatan pilkada diputus hari ini Manado—Gugatan atas pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Minahasa yang dilayangkan pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Careig Naichel Runtu dan Denny Jhonlie Tombeng (CNR-DJT) selaku Pemohon ke Mahkamah Konstitusi (MK), akan diputuskan Jumat (18/1) hari ini. Pihak Pemohon berharap agar majelis Hakim Konstitusi mengambulkan permohonan mereka, sebaliknya Pihak Termohon yakni Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Minahasa.

KONFLIK WANGA-PICUAN Amurang—Kerja cepat pihak kepolisian untuk mengungkap kasus penganiayaan dan pembunuhan warga Desa Wanga, yang menyebabkan tawuran antar kampung (Tarkam) antara Desa Picuan dan Wanga, mulai nampak. Buktinya, Polres Minsel dan Polda Sulut kini telah mengantongi nama-nama oknum pemicu tawuran di Kecamatan Motoling Timur tersebut.

MINAHASA

PREDIKSI 2013: BOLTIM

Tahun galau wakil rakyat

Oleh Faruk Langaru TAHUN 2013 baru berjalan sekitar dua minggu lebih, atau baru berjalan selama delapan belas hari. Namun kekhawatiran dan ketakutan, bahkan rasa galau para wakil rakyat atau Legislator Boltim tak bisa duduk lagi di kursi empuk, semakin terlihat jelas. Tak ada rasa malu lagi, kini dari 20 anggota Dekab Boltim, sudah ada yang mulai mencari muka bahkan juga ada yang

sudah mulai menjual kecap di hadapan rakyat. Padahal pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2014, Dewan Kabupaten/Kota, Dewan Provinsi dan DPRRI, masih setahun lebih akan digelar. Sehingga diprediksikan, Pergolakan politik di tahun ini semakin terjadi. Banyak tokoh-tokoh politik baru akan bermunculan di tahun ini, dan membuat gebrakan yang nantinya bakal menakutkan para tokoh politik lama, pada pemilu nanti. Pun halnya, kasus-kasus lama yang tidak terungkap tahun lalu, bisa jadi akan terungkap di tahun ini juga, seperti kasus dana makan minum (Mami) di Dekab Boltim, perusakan lingkungan yang dilakukan oleh sejumlah perusahaan, baik perusahaan emas maupun perusahaan pasir besi. Baca: Tahun ( Halaman 11 )

Laporan CNN tentang calon Hakim Agung RI panen komentar

Kasus Hakim Daming Sanusi disamakan dengan yang dilakukan politikus AS, Richard Mourdock & Todd Akin Komentar mengenai pemerkosaan yang dilontarkan calon Hakim Agung Muhamad Daming Sanusi tak hanya membuat merah kuping publik Indonesia. Bahkan, di mancanegara, mereka ikut geram dengan lontaran itu. Hal ini terlihat dari banyaknya komentar yang dilontarkan pembaca terhadap situs-situs besar yang menurunkan berita tentang Daming.

JIKA anda bersiap menjadi pejabat publik, yang terbaik adalah tidak membuat komentar tentang pemerkosaan. Begitu media ternama Amerika Serikat,

CNN, memulai ulasannya tentang kasus hakim Daming Sanusi. Mereka menurunkan tulisan lengkap soal komentar Daming, yang diakuinya sebagai candaan, soal pemer-

kosaan. Media ini menulis lengkap, mulai dari awal dia berkomentar hingga reaksi publik Indonesia. Media ini mengutip Kantor BeritaAntara yang menulis jawab-an dia

dalam menanggapi pertanyaan tentang apakah hukuman mati harus diterapkan dalam kasus pemerkosaan. Baca: Kasus ( Halaman 11 )

KONTROVERSI pernyataan Hakim Daming Sanusi menjadi pembicaraan public, bukan saja di Indonesia tetapi di hampir seluruh dunia.(foto: ist)


JUMAT 18 JANUARI 2013

SULUTRON

Polres Bitung endus pengadaan 10 KM Deho TERUNGKAPNYA dugaan kasus Kredit Lunak dari Bank Negara Indonesia (BNI) atas pengadaan Kapal Tuna, Kapal Motor (KM) Deho 1 sampai dengan KM Deho 10 yang berkekuatan 3 GT yang kepemilikannya masih simpang siur antara kelompok Nelayan ataukah koperasi Bina Usaha atau juga PT Deho membuat pihak Polres Bitung mulai melakukan pengumpulan data atas kasus dugaan tersebut. Hal ini diungkapkan oleh Kasat Reskrim Polres Bitung AKP Farley Rewur yang ditemui wartawan Kamis (17/1) kemarin. “Kami sementara melakukan pengumpulan data akan kasus tersebut,” kata Rewur. Diapun meminta kepada warga kota Bitung yang mempunyai data tentang pengadaan kapal ini agar dapat membantu pihak kepolisian dalam penanganannya. “Saya sudah menugaskan salah satu kepala unit saya guna mencari data sebanyak-banyaknya guna pengusutan kasus ini,” ungkap Rewur sembari mengatakan jika penuntasan ini belum bisa dilakukan dalam waktu dekat ini. “Disamping kami sementara melakukan pulbaket akan kasus ini kami sendiri sementara melakukan penyidikan salah satu kasus yang menjadi priortas kami,” jelasnya. Diketahui, pengadaan KM Deho 1 sampai dengan KM Deho 10 yang adalah kredit lunak dari Bank Negara Indonesia (BNI) pada tahun 2011 lalu kepemilikannya masih simpang siur sesuai dengan penuturan dari beberapa sumber yang diwawancarai wartawan. “Kapal ini milik dari Koperasi Bina Usaha,” ungkap Ketua Koperasi Bina Usaha Harce Sagay sembari menyebutkan jika PT Deho adalah penjamin kapal-kapal ini. Sementara pihak BNI sebagai Bank pemberi kredit lunak menyebutkan jika pihaknya memberikan kredit lunak tersebut kepada kelompok nelayan. “Bantuan kredit lunak itu kami berikan kepada Nelayan bukan kepada Perusahaan PT Deho ataupun pihak Koperasi Bina Usaha,” jelasnya.(wepe)

Djelantik ambil sumpah PNS KAMIS (17/1) kemarin, bertempat di gedung Siti Barokah Convention Hall, Walikota Kota Kotamobagu, Drs H Djelantik Mokodompit ME, mengambil sumpah janji ribuan pegawai negeri sipil (PNS) dilingkup Pemerintah Kota Kotamobagu. Sumpah janji adalah salah satu kewajiban seorang PNS untuk menyatakan kesetiaan kepada Pemerintah Republik Indonesia, dan mentaati segala peraturan sesuai dengan Undang-Undang dan peraturan pemerintah yang melekat kepadanya sebagai seorang PNS. Walikota dalam sambutannya, menghimbau kepada seluruh jajaran PNS dilingkup Pemerintah Kota Kotamobagu untuk lebih meningkatkan disiplin dan kinerjanya dalam rangka memberikan pelayanan khususnya yang terkait dengan kepentingan masyarakat. “Mari kita jadikan momen awal tahun ini untuk lebih meningkatkan kinerja dan pengabdian kita kepada masyarakat dan daerah Kota Kotamobagu yang kita cintai bersama ini,” katanya. Sementara itu, Kepala Badan Kepegawian dan Diklat Daerah (BKDD) Pemerintah Kota Kotamobagu, Drs H Nasrun Gilalom menambahkan, pengambilan sumpah dan janji bagi 1171 orang PNS Pemkot Kotamobagu tersebut, merupakan salah satu kewajiban yang diatur dalam sesuai dengan PP nomor 21 tahun 1975. “Ini juga bertujuan untuk mewujudkan aparatur pemerintahan yang memiliki semangat pengabdian, loyal dan setia dalam memberikan yang terbaik dimanapun ditempatkan,” jelas Gilalom.(veem)

AIPI Manado resmi terbentuk

KETUA Umum Pengurus Pusat AIPI , yang juga selaku Gubernur Sulut Dr Sinyo Harry Sarundajang secara resmi melantik pengurus AIPI Cabang Kota Manado masa bakti 2013-2017, Kamis (17/1) kemarin, di Aryaduta Hotel Manado.(foto: ist)

SHS lantik Philep Regar sebagai ketua Manado—Ketua Umum Pengurus Pusat Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI) Dr Sinyo Harry Sarundajang secara resmi melantik pengurus AIPI Cabang Kota Manado masa bakti 20132017. Pelantikan yang berlangsung di Hotel Aryaduta, Kamis (17/1) kemarin, turut disaksikan Penasehat dan Pengurus Pusat AIPI Prof. DR. Rias Rasyd dan para pakar ilmu politik antara lain. Sarundajang mengatakan, nomenklatur organisasi pengurus AIPI tidak menggunakan nama struktur organisasi perkantoran, namun menggunakan namanama daerah seperti Kota Banjarmasin, Bandung, dan Kota Manado. Menggunakan nama-nama kota merupakan persetujuan bersama pengurus AIPI Pusat, karena pada prinsipnya kalau belajar ilmu tata negara, bahak negara itu terbentuk dari kota-kota yang ada. Adapun susunan pengurus AIPI Cabang Manado yang dilantik itu disusunan dewan penasehat koordinatornya dipercayakan kepada Drs Robby Mamuaya di dampingi enam orang profersor masing-masing Prof Drs Ishak Pulukadang, Prof Dr Suddin Simanjuntak MS, Prof Dr Ferdinand Kerebungu MSi, Prof Dr Evi E Masengi, Prof Dr Lexi A Lumingkewas dan Prof Dr Marnes Kakansing MSi. Dewan Pengawas dikoordinir oleh Prof Dr Majid Abdullah SHMH didampingi anggotanya Drs

HR Makagansa MSi, Drs Max Rembang, Drs Ronny Gosal, Dra Rosye Kalangi MSi, Dr Jhonly Lumolos MSi dan Dr. Welly Areros MSi. Sementara di jajaran Ketua dipercayakan kepada Drs Philep Morse Regar MS, Ketua I Drs Roy Tumiwa MPd, Ketua II Prof Dr Urbanus Naharia. Sekretaris Dr Ferry Daud Liando SIP MSi, Wakil Sekretaris I Jemmy Ringkungan AP MSi, Wakil Sekretaris II Welly Waworundeng SSos MSi, dan Bendahara dipercayakan kepada Vanda Beatrix Jocom SSos MSi. Pengurus ini juga dilengkapi dengan lima komisi yaitu komisi pengkajian dan pengembangan ilmu yang diketuai oleh Prof Dr Patar Rumampea dengan anggota Dr Diana Pangemanan SH

MH, Dra MT Lapian MSi, Dr Joice Rares MSi, Dra Masye Pangkey MSi, Dra Femmy Tasik MSi. Komisi publikasi, ketua Dr Noudy Tendean SIP MSi dengan anggota Dr Wilhelmina Rumawas SSos MSi, Marlon Sumarauw SSos, Ardiles Mewoh SIP MSi, Lingkan E.Tulung SSos MPub Pol, Dra N.Mewengkang M Si. Komisi advokasi dan pengabdian masyarakat, Ketua Cresh Talumepa SH MSi dengan anggota Dr M Mementu MA, Drs Markus Kaunang MSi, Dr Femmy Tulusan MSi, Dra S E Pangemanan MSi, Mourits Monigir SIP MSi. Komisi kerjasama dan hubungan antar lembaga, ketua Dr Arnold Poli MSi dengan anggota Drs Burhan Niode MA, Dra Linda Watania,

Yurnie Sendow SIP MSi, Fanly Pangemanan SSos MSi, Stella Pantouw SIP MSi, Altin Tumengkol SIP MSi. Dan komisi organisasi ketua Dr S B Kairupan MSi dengan anggota Goingpeace Tumbel SSos MAP MSi, Drs NR Pioh, Fitri Herawati Manonto Sag MAP dan Dr Very Londa SSos MSi. Pelantikan Pengurus AIPI Cabang Manado berdasarkan SK Ketua Umum Pengurus Pusat AIPI Pusat No. 004/SK.PC.MNDO/PPAIPI/I/2013 Tentang Susuan Pengurus Cabang AIPI Manado Masa Bhakti 20132017 Tanggal 17 Januari 2013 yang ditanda tangani Ketua Umum Dr. SH Sarundajang dan Sekum Prof Dr Syamsuddin Haris. Turut Hadir Wagub Dr. Djouhari Kansil MPd, Sekprov Ir Siswa R Mokodongan, unsur Forkompimda, Pergurus Tinggi dan undangan lainnya.(erer)

SEMINAR NASIONAL

AIPI luncurkan buku berjudul Evaluasi Reformasi Birokrasi Manado—Asosiali Ilmu Politik Indonesia (AIPI) dalam melaksanakan Seminar Nasional, di Hotel Aryaduta Manado, Kamis (17/01) kemarin, melauncurkan buku bertajuk “Evaluasi Reformasi Birokrasi di Indonesia”. Pelancuran ini ditandai dengan penyerahan buku dari Ketua Umum AIPI Pusat Dr. Sinyo Harry Sarundajang kepada Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Prof DR Rias Rasyd dan kepada Rektor Unsrat Prof Dr Donal Rumokoy. Sarundajang mengakui, peluncuran buku Evaluasi Reformasi Birokrasi di Indonesia merupakan sumbangsi nyata AIPI dalam menata ulang sistem dan proses birokrasi yang

masih tumpang tindih antar fungsi-fungsi pemerintahan yang melibatkan jutaan pegawai negeri di tanah air. “Masih menghadapi masalah perbedaan pemahaman mengenai urgensi penataan birokrasi dan sistem pemerintahan yang baik (good governance), keterbatasan kemampuan SDMserta masalah netralitas birokrasi dalam menjalankan manajemen pemerintahan,” kata doktor politik ini. Singkatnya menurut DR HC dari UIN Malang ini, penguatan birokrasi Indonesia tahun 2014 belum sesuai dengan grand design reformasi birokrasi yang di harapkan, sembari memberi empat contoh reformasi birokrasi yang belum jalan maksimal

seperti belum terwujudnya penyelenggaraan pemerintahan yang baik, bersih, bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) yang cenderung melauas dan masif. Belum nampak adanya kualitas pelayanan publik, Kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi belum maksinal serta profesionalisme aparatur birokrat masih rendah. “Mudah-mudahan dengan hadirnya buku ini, sedikitnya akan mengatasi berbagai persoalan terkaik dengan buruknya pelayanan publik adalah melalui reformasi penyelenggaraan pelayanan publik oleh birokrasi sesuai dengan dinamika masyarakat,” harap Gubernur Sulut ini.(erer)

PEMERINTAHAN

Korpri terus tingkatkan optimalisasi kinerja Manado—Pelaksanaan Apel Korpri di jajaran Pemerintah Provinsi Sulut, berlangsung di halaman Kantor Gubernur jalan17 Agustus Manado, Kamis (17/ 1) kemarin. Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Sulut Drs. Edwin Silangen MS bertindak selaku Inspektur upacara, mengharapkan jajaran Korpri provinsi Sulut untuk terus meningkatkan optimalisasi kinerja di tahun 2013 ini, disamping memelihara dan menjaga kuatnya team work yang telah terbangun selama ini sesuai dengan fungsi, peran dan tanggung jawabnya pada setiap level dan instansi/unit kerja, dengan tetap mengedepankan mekanisme koordinasi yang produktif sesuai dengan etika birokrasi. “Hal ini penting dikedepankan, agar siklus dan proses penyelenggaraan pemerintahan terhindar dari tumpang tindi kewenangan dan tanggung jawab dapat memperlemah kinerja birokrasi. karena itu, bekerjalah dengan penuh dedikasi, kesungguhan dan loyalitas agar jajaran birokrasi tidak terjebak pada loyalitas semua,” ujar mantan

Karo Pemerintahan dan Humas ini. Dalam rangka menjaga kesinambungan proses penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan didaerah ini, mantan Kadis Penda Sulut ini mengharapkan, inovasi dan terobosan dari saudarasaudara dapat senantiasa tercipta, yang diikuti dengan komitmen menjaga sinergitas sambil tetap memantapkan tekad melanjutkan pembangunan melalui berbagai kebijakan dan program kerja yang telah dirintis, termasuk menyukseskan pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) 2013 yang rangkaian kegiatannya akan dimulai tanggal 2 Februari 2013. “Suksesnya HPN 2013 ini, akan semakin memantapkan eksistensi kita, eksistensi pemerintah dan rakyat sulut, eksistensi sulut dalam pentas nasional maupun aras global. Karena itu saudara-saudara harus pro aktif mengambil bagian, baik dalam sosisalisasi kegiatan, kontribusi saudara yang masuk dalam kepanitiaan, maupun peran aktif selama HPN berlangsung,” pesan Silangen.(erer)

TAMBANG PANANG

ESDM diduga “main mata” dengan penambang Kotabunan—Sejumlah penambang manual dilokasi Panang Desa Kotabunan, menduga Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Boltim, sudah main mata dengan pihak penambang ilegal yang menguruk material dengan menggunakan alat berat. Pasalnya, sudah beberapa kali laporan ini, disampaikan kepada Kadis ESDM Boltim Ir Jamaluddin. Namun sampai saat ini, dari Dinas tersebut, tak ada tindakan untuk menghetikan aktifitas dua eskafator, yang sudah meresahkan para penambang yang ada dilokasi panang. “Diduga kuat ESDM, sudah main mata dengan penambang ilegal tersebut. Karena saat ini alat berat yang ada dilokasi panang, beraktifitas terus dan tidak dihentikan sesuai janji Kadis

ESDM beberapa waktu lalu,” ungkap Marwan Mandagi, dan sejumlah penambang lainnya. Menurutnya, jika persoalan panang tak cepat diatasi oleh dinas terkait, maka akan berdampak dan kerugian besar bagi para penambang ma-nual. “Desa Kotabunan dan Bulawan terancam tenggelam. Karena air dalam terowongan peninggalan Belanda, akan naik ke permukaan, jika pengerukan material tak cepat dihentikan,” ungkapnya. Sayangnya, Kadis ESDM Boltim Ir Jamaluddin, ketika dikonfirmasi Swara Kita Kamis (17/1) kemarin, belum dapat menjelaskannya. Pasalnya, saat ditemui dikantornya, Jamaluddin tak berada di tempat. Menurut para staf, baik Kadis maupun Sekretaris Dinas sedang tugas di Manado.(try17)

CPNS

Honda Bolmut kantongi NIP Boroko—Tenaga Honorer daerah (Honda) Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut) akhirnya bisa bernafas lega, pasalnya, Honda yang masuk pada penjaringan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) melalui Kategori satu (K1) yang di gelar Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negera Reformasi Birokrasi (Menpan-RB). Saat ini, para Honda yang telah dinyatakan lolos pada K1, dan kini mengantonggi Nomor Induk Pegawai (NIP). Hal ini disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat (BKDD) Bolmut, Drs Hi Yusuf

Lakoro. “Benar NIP Honda K1 Bolmut, suda kami kantonggi,” kata Lakoro. Lokoro menambahkan, penyampaian tersebut dituangkan dalam surat penetapan yang diserahkan oleh, Kantor Regional Badan Kepegawaian negara, dengan Nomor : AG-27107000001, Untuk penetapan NIP Honda K1 yang di angkat menjadi CPNSD, “Dalam waktu secepatnya usulan NIP K1 ini, akan diserahkan ke Bupati untuk disahkan.” Jelas Lakoro. diketahui, Untuk K1 Bolmut, dari sekian Honda yang ikut, hanya 1 yang lolos pada perekrutan ini.(try20)


JUMAT 18 JANUARI 2013 NOMOR 02180 TAHUN VII

KAMPUNGRON KELURAHAN PANIKI II KECAMATAN MAPANGET

Adakan Musrembang kelurahan

GREATLI Goefron.

P E M E R I N TA H Kelurahan Paniki II Kecamatan Mapanget, belum lama ini mengadakan Musrembang bersama LPM, PKK, BKSUA, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan 6 kepala lingkungan yang ada di Kelurahan Paniki II. Baca: Adakan ( Halaman 4 )

JAGARON LINGKUNGAN VI KELURAHAN KLEAK

Kaeng Manado ”berguru” ke Cirebon Direkomendasikan Bank Indonesia yang jadi partner pengembangnya Jakarta—Dipilihnya Kaeng Manado sebagai salah satu ciri khas busana di Manado, membuat Pemkot Manado berpikir keras untuk melakukan terobosan mengembangkannya. Salah satu langkahnya adalah dengan memperkaya keindahan corak Kaeng Manado. Karenanya, Kaeng Manado bakal “berguru” ke Cirebon untuk mempelajari pembuatan batik, sekaligus memperkaya desainnya. “BI (Bank Indonesia, red) sebagai partner pengembangan Kaeng Manado

merekomendasikan Kabupaten Cirebon sebagai lokasi untuk memperkaya Kaeng Manado,” terang Wakil Walikota Manado Harley Mangindaan di Stasiun Gambir, Kamis (17/ 1) kemarin, sebelum bertolak ke Cirebon. Diketahui, dalam kunjungan kerja ini, Mangindaan ditemani Manajer Unit Pemberdayaan Sektor Rill dan UMKM Bank Indonesia Samsul Bahri dan Asisten Direktur Eko Siswantoro serta Adji Dwisatya staf UPSR BI Manado. Baca: Kaeng ( Halaman 4 )

RENCANA KERJA 2014

Terus jaga kamtibmas

RUDI Kapeleng.

TERBIT 16 HALAMAN Harga: Rp.2000,Luar Kota + Ongkos Kirim

KEPALA Lingkungan VI Kelurahan Kleak, Rudi Kapeleng, saat ini terus meningkatkan keamanan di wilayahnya dengan cara melakukan ronda malam setiap hari bersama beberapa warga yang ada di lingkungannya. Baca: Terus ( Halaman 4 )

RELASI

itCenter gelar pemilihan top model untuk ketiga kalinya Kabar gembira bagi anda wanita di Kota Manado dan sekitarnya yang memiliki ambisi untuk menjadi top model. itCenter memiliki event yang tepat untuk mengakomodir bakat anda yang satu ini. Di akhir bulan Januari ini, tepatnya tanggal 25 dan 26 Januari 2013, itCenter menggelar Top Model itCenter 2013 yang berhadiah Uang Jutaan Rupiah, Piagam, dan Trophy. Cara pendaftarannya pun mudah sekali, bagi anda wanita berusia 15-25 tahun, berpenampilan menarik dan percaya diri, peduli dengan perkembangan informasi dan teknologi, segera daftarkan diri anda ke itCenter Manado. Dengan biaya pendaftaran yang hanya Rp 50.000,- anda berkesempatan mendapatkan pengalaman baru beserta hadiah-hadiah heboh dari itcenter. Baca: itCenter ( Halaman 4 )

PARADE Figura menjadi salah satu ciri khas warga Manado untuk menandai pekan terakhir perayaan tahun baru. Walikota Manado GS Vicky Lumentut dan Wawali Harley Mangindaan berfoto bersama peserta figura, tahun lalu.(foto: bobby/sk)

FESTIVAL KUNCIKAN

Bappeda lakukan Kota Manado gelar karnaval dan figura konsultasi publik Manado—Bappeda Manado kini tengah melakukan kegiatan konsultasi publik dalam rangka

penyusunan rencana kerja pemerintah daerah 2014. Baca: Bappeda ( Halaman 4 )

Jakarta—Pemkot Manado melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Manado akan menggelar karnaval dan figura dengan mengangkat seni dan

ROLING

kebudayaan daerah se-Sulut. Kadisparbud Manado, Peter Assa menyatakan, figura akan diikuti 87 kelurahan. Dan akan dilakukan Masamper terbuka untuk umum.

“Dan 2 iven tersebut ikut dilombakan. Nanti yang akan dinilai bukan hanya teknis Masamper, tapi atraksi gerakan dan hingga kekompakkan melantunkan lagu serta

motif kostum maupun artistik termasuk tema dari peserta yang akan dinilai,” terang Assa, Kamis (17/1) kemarin. Baca: Kota ( Halaman 4 )

VERIFIKASI DATA PENDUDUK

Tampi: Harus bernafaskan kinerja Asisten I serahkan data ke 11 kecamatan Manado—Sekretaris Komisi A Dekot Manado Marko Tampi SIK meminta Pemkot Manado dan Badan Pertimbangan Pangkat dan Jabatan (Baperjakat), ketika melakukan roling mempertimbangkan berbagai sisi dan aturan. Disamping itu, wajib mem-

pertimbangkan ada maupun tidaknya prestasi yang dilakukan untuk mendongkrat jalannya pemerintahan. “Jangan asal comot saja. Tapi berdasarkan kajian matang, tidak hanya dari segi aturan tapi juga bernafaskan kinerja. Artinya bagi yang memi-

liki prestasi tentu ada promosi, kalau yang tidak tentu ada punishment,” kata Tampi, Kamis (17/1) kemarin. Tampi mencontohkan, saat ini ada beberapa pejabat yang sudah memasuki massa pensiun. Baca: Tampi ( Halaman 4 )

PANTAUAN

Lapangan bola Jambore Bawah tak terawat lagi Manado —Lapangan sepak bola yang berada di Kelurahan Winangun I Lingkungan VI Jambore Bawah Kecamatan Malalayang adalah salah salah satu fasilitas lapangan olahraga sepak bola yang panjang dan lebarnya memenuhi standart Nasional seperti layak yang ada di Kota Manado selain Stadion Klabat. Baca: Lapangan ( Halaman 4 )

LAPANGAN sepak bola di Winangun I Lingkungan VI Jambore Bawah yang saat ini tak terawat lagi.(foto: bobby/sk)

Manado—Asisten I Manado Bidang Pemerintahan dan Kesra, Franky Mewengkang, Kamis (17/1) kemarin, menyerahkan data penduduk kota Manado kepada 11 Kecamatan untuk diverifikasi. Verifikasi dimaksudkan

untuk keakuratan data penduduk. “Verifikasi dilakukan agar kota Manado memiliki data penduduk yang akurat dalam pelaksanaan program Universal Coverage (UC) dan untuk keperluan lainnya,” terang Mewengkang. Menurut

Manado—Anggota Dekot Manado dari Komisi B Sony Lela meminta masyarakat mewaspadai adanya informasi telur yang telah dipoles formalin, masuk ke Kota Manado. Informasi adanya telur dipoles formalin, menurut Lela, terdengar di masyarakat. Dimana informasi ini telah disampaikan warga akibat telur yang memiliki bau menyengat. “Kami

mendapat info ada telur dari luar Manado diduga telah dipoles dengan formalin untuk memperpanjang masa dari telur,” tegas Lela. Informasi adanya telur yang tidak steril itu, banyak beredar di kalangan ibu-ibu rumah tangga. “Keluhan ini disampaikan oleh oleh ibu-ibu rumah tangga yang mengeluh kenapa telur busuk dengan bau yang menyengat.

Kumpulkan uang untuk lanjutkan studi

Berbagai cara bisa dilakukan seseorang demi untuk kelanjutan masa depan yang cerah dan juga untuk kelangsungan kehidupan keluarga tercinta. Salah satunya adalah sebagai tukang ojek dimana dinilai profesi ini mampu mencukupi untuk biaya kelanjutan studi. guyuran hujan. “Demi untuk melanjutkan kehidupan dan studi, saya harus rela melakukan pekerjaan ini karena memang masih halal untuk digunakan,” ujar Rival, kepada Swara Kita Kamis (17/1) kemarin. Dengan terus berjuang menempuh kerasnya

kehidupan kota ini, lelaki berusia 21 tahun ini setiap hari terus bersyukur kepada Tuhan atas semua berkat yang ia dapatkan. “Setiap hari saya bisa mendapatkan penghasilan dari mengojek rata-ratanya sebanyak Rp50 ribu dan bahkan bisa lebih. Hasil itulah yang setiap

Baca: Asisten ( Halaman 4 )

Waspada telur dipoles formalin masuk Manado

Rival Runtu, tukang ojek

RIVAL Runtu, warga Kelurahan Winagun I yang dalam keseharianya melakukan pekerjaanya sebagai tukang ojek. Tanpa mengenal rasa lelah, dirinya melakukan pekerjaan itu dengan sendirian walaupun dibawah teriknya matahari dan seringkali di bawah

mantan Sekretaris Dekot Manado ini, jumlah penduduk kota Manado yang berkurang karena ada yang berpindah/menetap di luar daerah dan yang lainnya meninggal dunia.

hari saya tabung dan lainya digunakan untuk makan keluarga. Kalau memang cuaca tidak bersahabat, hasil yang saya dapatkan tidak seperti itu. Berapa pun yang saya daapatkan, tetap saya syukuri karena itu memang berkat dari Tuhan yang harus kita terima,” katanya.(beer)

Baca: Tetap ( Halaman 4 )

Rival Runtu, tukang ojek

Setelah dicelupkan dalam air ternyata mengeluarkan sejumlah cairan yang disebut sejenis formalin,” beber personil Partai Buruh itu Kamis (17/1) kemarin. Tidak hanya itu, ketakutan adanya virus mematikan lainnya yang ikut terbawa dengan telur yang telah dipoles formalin juga mengancam keselamatan warga. Baca: Waspada ( Halaman 4 )


JUMAT 18 JANUARI 2013

AGENDA

Ketua BK: Bubarkan Banmus KETUA Badan Kehormatan (BK) Dekot Manado Henky Lasut mendesak agar Badan Musyawarah (Banmus) dibubarkan saja. Alasan Lasut, kondisi dan situasi jalannya agenda di Dekot Manado yang tidak jelas di awal tahun 2013 ini. “Bubarkan saja Banmus jika agenda dekot tidak jelas seperti ini,” ujar Lasut, Kamis (17/1) kemarin. Seharusnya, menurut Lasut, diawal tahun ini, dekot sudah dimulai dengan beberapa agenda penting. Namun hingga kini belum ada geliat dari Banmus untuk melakukan rapat internal menetapkan jadwal Dekot Manado. “Pembukaan masa sidang pertama sebagai awal pembuka pelaksanaan kegiatan di Dekot Manado nyatanya tidak berjalan sebagaimana mestinya, dan cenderung terbengkalai. Padahal pembukaan masa sidang ini akan menjadi awal dibukanya kegiatan di dekot, misalnya hearing dan agenda paripurna,” ucap alet bridge dunia itu. Ketua Banmus sekaligus Ketua Dekot Manado, dinilai belum mampu menjalankan tugasnya sesuai dengan kepentingan rakyat. Dicontohkannya soal penandatangan surat dan undangan hearing yang belum juga dilakukan. “Banyak agenda yang belum bisa berjalan karena belum ditandatangan ketua, yang mestinya itu tidak boleh menjadi kendala sebagai pimpinan Dekot,” katanya. Sebagai informasi, saat ini sejumlah Dekot Manado mengeluh akan tidak adanya jadwal yang jelas dari Banmus. Banyak agenda terbengkalai yang harusnya di awal tahun ini sudah dapat berjalan, namun tertunda. Namun entah mengapa hingga saat ini Rapat Banmus untuk menetapkan agenda Dekot belum juga digelar oleh Banmus.(dede)

itCenter ... dari Halaman 3 Segera daftarkan diri anda ke bagian informasi itCenter Manado, karena pendaftaran ditutup pada tanggal 20 Januari 2013. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi di Chriss: 0852-5678-8199 atau Exel: 0852-4299-6966. Selain memenangkan hadiah jutaan rupiah, anda juga berkesempatan bertemu langsung dengan Juri Top Model Competition ini yaitu Gladys Tirajoh, yang memegang gelar Runner Up Putri Indonesia Sulut 2013 dan juga dikenal dengan Miss Ocean 2012. Selain Gladys Tirajoh, itCenter juga turut menghadirkan bintang tamu special yaitu Christy Claudia Kolondam, Runner Up & Best Acting Miss Celebrity. Sementara anda yang hobi belanja, itCenter juga memiliki program special bagi anda. Pada hari Sabtu 19 Januari 2013 di Distro city, tepatnya di lantai 3 itCenter Manado, anda bisa berbelanja di distro area, menikmati music acoustic, dan anda bisa mendapatkan puluhan voucher belanja dan voucher makan yang telah disiapkan oleh itCenter manado. Semuanya telah dirangkum dalam event special yang dinamakan Acoustic Distro. Program Acoustic Distro ini selain menjadi ajang berkumpulnya anak muda, juga salah satu cara itCenter memanjakan pelanggan-pelanggannya yang berjiwa muda. Jadi tunggu apa lagi, langsung saja ke itCenter manado pada hari Sabtu ini, karena acara ini tidak dikenakan biaya masuk alias gratis.(*)

HTKB

Tak taat, akan diganjar dengan sanksi hukum Manado—Komitmen untuk melaksanakan program Hari Tanpa Kendaraan bermotor (HTKB) atau car free day, terus giat dilakukan Pemkot Manado. Dalam rangka mensukseskan pelaksanaan HTKB bagi PNS di jajaran pemerintah kota Manado dan atau PNS yang bekerja di Wilayah Kota Manado dalam rangka pelestarian lingkungan hidup, Walikota Manado GS Vicky Lumentut telah

mengeluarkan surat Nomor: 044/Li.06/20/2013, tanggal 9 Januari 2013, perihal edaran tentang HTKB yang ditujukan kepada para Asisten dan para pimpinan SKPD agar tidak membawa atau mengendarai kendaraan bermotor roda 2 (dua) dan roda 4 (empat) baik kendaraan dinas mau pun milik pribadi saat masuk kantor pada setiap hari jumat. Dalam surat edaran ini

ditegaskan oleh Walikota bahwa HTKB tidak berlaku bagi pejabat negara, petugas/pegawai yang mengoperasikan kendaraan pemadam kebakaran, kendaraan ambulance, mobil jenazah, kendaraan operasional Ketertiban Umum dan Kendaraan Pengangkut Sampah. Ditegaskan juga bagi PNS yang tidak menaati atau tidak mematuhi surat edaran tersebut akan dikenakan

sanksi hukum dan disiplin sesuai PP 53 Tahun 2010 tentang peraturan disiplin PNS dan Perwako Nomor 3 tahun 2010 tentang tambahan penghasilan PNS di lingkungan Pemkot Manado. “Surat edaran ini agar dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab dan masingmasing SKPD saya harapkan melaporkan pelaksanaannya,” tegas Walikota pilihan rakyat ini.

Program HTKB ini sendiri bertujuan untuk mendukung program ‘Langit Biru’ dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) untuk meningkatkan kualitas udara, yang bebas dari polusi C02, dan yang terutama adalah mendorong kesadaran seluruh masyarakat tentang pentingnya udara yang sehat. “Car Free Day atau HTKB merupakan program untuk meningkatkan kwalitas

udara dan tidak hanya menjadi tanggung jawab Walikota dan Wakil Walikota atau Pemkot Manado semata, tetapi juga menjadi tanggung jawab seluruh masyarakat kota Manado. Car Free Day memang hanya diperuntukkan bagi PNS di jajaran Pemkot Manado, tapi alangkah baiknya jika mendapat dukungan dari seluruh masyarakat,” jelasnya.(dede)

pembuat batik. “Kita rencanakan akan bekerjasama dengan pengrajin batik asal Cirebon, tenaga mereka bisa membina kelompok usaha

di Manado,” terang Assa. Sirang menambahkan, nantinya pengelolaan dan pengembangan Kaeng Manado, diharapkan dilakukan kelompok usaha

masyarakat. “Ini diharapkan Walikota dan Wawali bisa

berdayakan masyarakat,” tandas Sirang.(teem)

longsor dan peningkatan TPA dengan system sanitary landfill. Dalam kegiatan Kamis (17/ 1) kemarin, dihadiri SKPD di jajaran pemerintah kota Manado, akademisi dan asosiasi. Sementara anggota Dekot Manado, F Singal SH MH dalam materinya menyampaikan bahwa prioritas

pembangunan yang perlu dilakukan di kota Manado adalah infrastruktur, pendidikan dan kesehatan. Pada saat sesi tanya jawab, salah satu akademisiVecky Masinambow memberi masukan agar di Manado pada tahun 2014 perlu diwujudkan Kawasan Ekonomi Pariwisata.(teem)

nado untuk memberikan penghargaan kepada beberapa pimpinan SKPD yang mampu mencapai PAD yang melebih dari target yang sudah ditetapkan. “Seperti saya katakan tadi, kalau pejabat itu memiliki prestasi, maka harus dipertahankan dan kalau perlu dipromosi ke tempat

yang lebih tinggi untuk mengeksplor kemampuan mereka. Bila perlu ada penghargaan. Kalau saya lebih condong yang ada saat ini dipertahankan, namun yang sudah masuk masa pensiun baiknya di remajakan dengan yang lebih fresh,” kuncinya.(dede)

Albert Tambuwun Kepala Lingkungan VI setempat, kepada Swara Kita saat ditemui di samping lapangan. Lanjutnya, warga sekitar lapangan saat ini sangat mengharapkan perhatian dari pemerintah kota untuk pembenahan serta perawatan lapangan tersebut. “Muda-mudahan

keinginan saya dan semua warga bisa terkabulkan dari pemerintah. Karena memang, sayang juga kalau bibit-bibit olaragawan sepak bola yang ada di wilayah ini tidak tersalurkan bakatnya dikarenakan kondisi lapangan yang tak layak untuk digunakan lagi,” ungkap Tambuwun.(beer)

Lanjut dikatakan Goefron, seluruh hasil musyawarah yang telah disepakati bersama akan di usulkan ke kecamatan dan akan dilanjutkan ke Pemkot Manado. “Mudamudahan semua hasil musyawarah yang kita usulkan,

seluruhnya bisa disetujui dan direalisasikan secepatnya di tahun 2014 nanti. Karena memang keberadaan dan posisi semua yang kita usulkan itu saat ini suda tidak layak serta tidak strategis,” kunci Goefron. (beer)

Kaeng ... dari Halaman 3 Sedangkan SKPD terkait yang mendampingi Wawali adalah Kadisparbud Peter Assa, Kadisperindag Fany Sirang dan Kadiskop dan UKM Panarsor Pardede.

Ditambahkan Assa, sesuai rencana, Pemkot Manado dalam kunjungan ke Cirebon untuk mengetahui proses pembuatan batik serta alatnya dan tenaga ahli

Bappeda ... dari Halaman 3 Kegiatan dibuka Sekkot Manado, Ir Haefrey Sendoh menegaskan, bahwa Manado termasuk wilayah yang kondusif untuk berinvestasi. Dikatakan Sendoh, pemerintah Manado tetap fokuskan pada 9 prioritas dan 10 sasaran. Fokus perioritas antara lain, seluruh siswa dari

keluarga kurang mampu disubsudi, penyediaan data base yang terkini dan akurat, peningkatan jenis layanan RSUD dan Puskesmas, pengentasan kemiskinan berbasis Mapping RTM per kelurahan, pembangunan selter sungai, penataan lingkungan pemukiman rawan banjir dan

Tampi ... dari Halaman 3 Jika sudah diperpanjang beberapa kali, baiknya dicarikan pejabat lain yang memiliki kemampuan dan kualitas yang baik. “Kenapa harus dipertahankan yang sudah pensiun? Kan masih banyak yang berkualitas, baik muda atau sudah memiliki ‘jam terbang’ yang matang. Jadi

saya kira yang sudah masuk masa pensiun baiknya dipertimbangann untuk tidak lagi masuk dalam gerbong Pemkot Manado di tahun 2013 ini,” ujar kader PDI Perjuangan. Lebih lanjut, pencapaian yang maksimal di tahun 2012 lalu menjadi pembelajaran bagi Pemkot Ma-

Lapangan ... dari Halaman 3 Sesuai dengan pantauan Swara Kita, Kamis (17/1) kemarin, kondisi keberadaan lapangan tersebut sudah tak terawat dan banyak dipenuhi sampah dan rumput ilalang. Ironisnya, lapangan itu kini kotor dengan kotoran hewan karena sudah dijadikan tempat peliharaan sapi. “Sejak dari

tahun 2011, kami mengadakan Musrembang bersama kelurahan dan sudah mengusulkan ke Pemkot Mando untuk pembuatan dan perawatan lapangan ini. Tapi buktinya mana sampai saat ini belum terealisasi dan kondisi lapangan ini lebih tak terawat serta sudah dijadikan tempat ikat sapi,” ujar

Adakan ... dari Halaman 3 Musyawarah ber-sama yang di adakan pemerintah kelurahan tersebut diadakan di rumah warga yang berada di Lingkungan III. “Hasil musyawarah yang kita sepekati bersama yaitu, merelokasikan kantor

kelurahan ke tempat yang lebih strategis serta pembangunanya, pengadaan lahan pekuburan yang baru dan perbaikan jalan kelurahan,” ujar Lurah Paniki II Greatli Goefron S.STP kepada Swara Kita.

Kota ... dari Halaman 3 Dalam iven tahunan ini, dikatakan Assa, akan diakhiri dengan upacara adat Makiuka sebagai upacara buka tahun dan dilanjutkan upacara Tulude dengan peserta se-Sulut. “Kegiatan ini akan diselingi dengan pentas seni dan budaya kota Manado,” beber Assa dalam pembicaraan di sela-sela kunjungan kerja ke Cirebon itu. Kegiatan yang telah direncanakan itu akan

diselenggarakan pada tanggal 1 Februari 2013. “Iring-iringan karnaval dan figura yang dilombakan akan menggunakan rute start di MCC dan Finish di Megamas. Dan yang pasti akan dilepas Walikota dan Wakil Walikota Manado karena ini untuk berdayakan dan tumbuh kembangkan seni dan budaya yang ada di Sulut khususnya kota Manado,” terang Assa.(teem)

Asisten ... dari Halaman 3 Sedangkan pertambahannya karena penduduk yang dari luar Manado dan karena pertambahan angka kelahiran. “Untuk itu seluruh Camat melakukan verifikasi dan saya berharap para Camat agar terus mengsosialisasikan pro-

gram Universal Coverage,” tambahnya. Diketahui, layanan kesehatan gratis di kota Manado sebelum dikeluarkan kartu dari PT ASKES adalah KTP dan atau Kartu Keluarga (KK), tidak ada syarat yang lainnya.(teem)

Waspada ... dari Halaman 3 Virus flu burung misalnya, ditakutkan akan terbawa dengan telur-telur tadi. “Dugaan kami selain formalin virus flu burung bisa juga tersebar lewat telur yang tidak steril tadi,” katanya. Upaya antisipasi dari instansi terkait sangat dibutuhkan. Khususnya terhadap masuknya telurtelur dari luar Manado. Seperti adanya penindakan dari instansi terkait, seperti

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Manado, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). “Pemerintah wajib mengantisipasi masuknya telurtelur dari luar Manado. Bila perlu Pemkor melakukan karatina dan mengecek masuknya telur-telur ke Manado agar tidak kecolongan dengan telur yang tidak sehat untuk dikonsumsi oleh warga Manado,’ kuncinya.(dede)

Terus ... dari Halaman 3 “Ini perlu kita lakukan, karena memang mengingat tindakan kriminalitas yang terjadi di Kota Manado ini mulai meningkat,” tegas Kapeleng kepada Swara Kita, saat ditemui di kantor

kelurahan belum lama ini. Dikatakan Kapeleng, dirinya saat ini dalam meningkatkan keamanan wilayah terus ber-koordinasi bersama Babinsa dan Babinkamtibmas yang ada di kelurahan serta polsek terdekat. “Di wilayah saya juga banyak terdapat tempat kost yang kebanyakan anak muda dimana banyak pengunjungya kurang jelas asal usulnya. Untuk menciptakan rasa aman, kita juga sering melakukan sidak agar seluruh penghuni kost bisa terdata dengan jelas,” tutupnya.(beer)

IKLAN KEHILANGAN BPKB Amran Bawula DB 5907 AS Komo Luar Ling 1 No Rangka mhikev 815k431326. No Mesin kev8e1430607 no BPKB 229133s


JUMAT 18 JANUARI 2013

KRIMINAL RON

Perum Banua Bahu Asri dibobol maling KASUS pencurian di awal tahun 2013 ini khsusnya Kota Manado, rupanya masih terjadi peningkatan. Silih berganti aksi tersebut terus menambah catatan kriminal di aparat Kepolisian. Kali ini terbukti, lelaki Heru Patangari (37), warga yang tinggal di Perum Banua Buha Asri, Lingkungan V, Kecamatan Mapanget, Manado, harus mengalami kejadian ini. Pasalnya, korban yang bekerja Swasta itu, terpaksa merelakan sepeda motor kesayangannya dicuri orang yang belum diketahui identitasnya. Dari informasi yang dirangkum menyebutkan, peristiwa ini berlaku Rabu (16/1) dini hari dan baru dilaporkan korban Kamis (17/1) kemarin, sekitar pukul 13.00 Wita. Kronologisnya, berawal saat itu korban yang baru pulang kerja, memarkir sepeda motornya jenis Honda Vario, berwarna violet silver, dengan nomor Polisi DB 9014 MJ, di teras rumah. Selanjutnya, karena merasa kelelahan, korban memilih untuk beristirahat. Sialnya, sekitar pukul 04.00 Wita, ketika korban terbangun dan melihat kondisi rumah, didapatinya sepeda motor yang diparkir ditempat semula telah raib. Sontak korban berupaya melakukan pencarian, namun tidak membuahkan hasil. Setelah seharian motor yang dicari tidak ditemukan juga, korban akhirnya memutuskan untuk melaporkan ke Kantor Polisi. Akibat kejadian ini, kerugian yang dialami sekitar Rp15 juta. Kapolresta Manado, Drs Amran Ampulembang MSi, melalui Kasubag Humas AKP Ruswan Buntuan, ketika dikonfirmasi membenarkan adanya laporan tersebut.(erel)

Parkir sembarangan langsung kena tilang Polda dan Polresta gelar penertiban Manado—Upaya aparat kepolisian untuk mengurangi kemacetan di daerah ini khususnya Kota Manado, hingga kini sudah menjadi attensi khusus. Menariknya lagi, salah satu penyebab macet di beberapa lokasi, karena mulai maraknya kendaraan di parkir di sembarang tempat. Tak heran, hal tersebut mulai mendapat perhatian serius

dari pihak Polda Sulut dan jajarannya untuk segera melakukan penindakan. Bahkan, upaya ini mulai digelar secara intensif oleh Satuan Lalulintas Polresta Manado dibawah kendali Direktorat Lalulintas Polda Sulut. Terkait hal ini, Dirlantas Polda Sulut, Kombes Pol Dwi Gunawan, ketika dikonfirmasi wartawan

menyatakan, pihaknya melaksanakan penertiban tersebut atas hasil evaluasi dan perintah Kapolda. Pasalnya, parkir diluar ketentuan menjadi perhatian serius karena salah satu pemicu kemacetan di Manado adalah banyaknya kendaraan yang memarkir di kawasan terlarang. Gunawan juga meminta agar warga selalu mentaati aturan lalulintas dan ramburambu yang ada. Sebab, selain untuk kepentingan bersama, juga demi keselamatan berlalulintas. “Penindakannya atau sangsi yang diberikan adalah tilang.

Oknum bendahara duduk di kursi pesakitan

OKNUM Bendahara pengeluaran di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Hendra Nolvy Malensang alias Hendra (42) di sidang perdana.(foto:sherly/sk)

Manado—Oknum mantan Bendahara Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Talaud, HNM alias Hendra (42), warga Dusun I, Desa Maredaren Kiama Melonguane, kini duduk dikursi panas pesakitan Pengadilan Tipikor, Kamis (17/1) kemarin. Pasalnya, Hendra didakwa Jaksa Penuntut Umum (JPU) Noval Taher SH, atas kasus dugaan penyimpangan dan pergeseran dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk beasiswa siswa SMA/SMK kurang mampu sebesar Rp350 juta. “Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah Kabupaten Talaud pada

Alfaris Pattiwael mengatakan, penertiban parkiran liar sudah dilakukan pihaknya selama beberapa hari, dan telah memberikan tindakan tegas kepada pengemudi kendaraan yang terbukti melanggar rambu lalulintas. Dijelaskannya, penertiban tersebut dilakukan setiap hari dan sewaktu-waktu di jam tertentu. “Polresta Manado tetap akan melakukan pengawasan di semua lokasi, yang rawan macet dan adanya rambu-rambu lalu lintas dilarang parkir. Untuk personil akan dilibatkan juga unsur Polsek. Kemudian, penerti-

ban akan dilaksanakan berkelanjutan agar warga dapat lebih meningkatkan kesadaran berlalulintas,” tegasnya. Sementara itu dari pantauan harian ini, operasi rutin yang dilakukan itu, berhasil memberi sangsi terhadap pengemudi kendaraan yang ‘kumabal’ parkir di area terlarang. Bahkan, Kamis (17/1) kemarin, Unit Lalulintas Polsek Urban Wenang, menggelar operasi yang berhasil memberi tindakan tilang kepada puluhan kendaraan dalam operasi selama tiga hari.(erel)

TIPIKOR JALAN BUYAT-MOLBONG

SIDANG TIPIKOR

Rebutan calon penumpang, tangan sopir angkot nyaris putus AKSI penganiayaan kembali berlaku bagi Adrianus Turangan (27), warga Kelurahan Kleak, Kecamatan Malalayang, Manado. Pasalnya, Turangan yang berprofesi sebagai sopir angkot jurusan Pusat Kota– Sario Kampus tersebut, malah menerima perlakuan kasar dan dianiya sesama rekan seprofesinya yang tidak ia kenali identitasnya. Informasi yang didapat, kejadian ini berawal ketika ia sedang menunggu penumpang di depan Golden Swalayan Jalan Samrat, Rabu (16/1) lalu, sekitar pukul 17.00 Wita. Hal yang sama juga dilakoni sang pelaku yang belum diketahui identitasnya. Karena berebut penumpang, keduanya terlibat salah paham. Namun tidak terjadi baku pukul karena keduanya memilih untuk mengalah. Rupanya keduanya telah saling menyimpan dendam. Benar saja, dikawasan ruas jalan Ahmad Yani tepatnya di depan kantor Jasa Raharja, Kelurahan Sario Tumpaan, Kecamatan Sario, mobil pelaku langsung menghadang mobil korban. Saat itu korban langsung turun dari mobil dan mendekati pelaku. Korban yang sudah tersulut emosi, duluan menyerang pelaku dengan cara meninju wajahnya. Pukulan itu telah bersarang di wajah pelaku. Korban tiba-tiba kaget dengan aksi pelaku yang tanpa diduga telah menyimpan parang dibalik celananya. Pelaku kemudian beraksi mengacungkan parang itu dan mengayunkan ke bagian wajah korban. Beruntung korban menangkisnya dengan tangan. Parang itu akhirnya merobek telapak tangan korban. Pasca kejadian pelaku langsung tumingkas sedangkan korban memilih mendapatkan perawatan medis. Setelah itu korban melapor di kantor Polisi terdekat. Kapolsek Sario AKP Apri Wibowo, melalui Kanit Reskrim Iptu Steven Mandey, saat dikonfirmasi membenarkan adanya laporan tersebut. “Laporan sudah ada dan pelakunya sedang kami buru. Untuk saat ini kami sedang melakukan pengumpulan keterangan dari para saksi,” pungkas Mandey.(erel)

Kan pengemudi bisa tahu ada tanda larangan yang dipasang, berarti tidak boleh parkir di kawasan itu. Apalagi ada tanda larangan di sudut kanan dan kiri jalan sudah jelas terlihat, malah masih ada juga yang melanggar. Untuk itu langkah yang diambil saat ini, melaksanakan penertiban. Kami juga berharap, masyarakat dapat memberi perhatian dan sadar akan tertib berlalulintas,” imbau Gunawan, Kamis (17/1) kemarin. Sementara itu, Kasat Lantas Polresta Manado, Kompol

tahun anggaran 2009, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga telah memprogram kegiatan penyediaan beasiswa bagi siswa SMA dan SMK kurang mampu, yang kemudian telah teranggarkan dalam Peraturan Daerah No 9 tahun 2008, dan tertata dalam APBD maupun dokumen pengelolaan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (DPASKPD) di Dikpora Talaud tahun anggaran 2009 tanggal 7 Januari sebesar Rp4,5 miliar,” ujar JPU Noval Taher SH. Dalam sidang tersebut diungkapkan bahwa dengan dalih, untuk mengantisipasi palaksanaan ujian Nasional siswa SMA/SMK yang tidak dianggarkan dalam

APBD 2009, saksi Sarnes kemudian mengajukan usulan dan berkoordinasi dengan Bendahara Umum Daerah (BUD) dan bagian Anggaran Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (Dinas DPPKAD), selaku Satuan Kerja Pengelolaan Keuangan Daerah (SKPKD), agar melakukan pencairan sebagian dana penyediaan Beasiswa tersebut. Selanjutnya melakukan pergeseran anggaran tanpa melalui prosedur yang sebagaimana telah diatur dalam Permendagri Nomor 13 tahun 2006. “Dan setelah terbitnya surat penyediaan dana,kemudian Sarnes memerintahkan secara lisan kepada terdakwa selaku

bendahara Pengeluaran Dinas Dikpora untuk mengurus proses pencairan anggaran sebesar Rp350 juta dan setelah dana cair dimasukkan ke rekening terdakwa dan setelah dicairkan,uang disimpan di rumah terdakwa,” tambah Taher dalam dakwaannya dihadapan Majelis Hakim Armindo Pardede SH MAP, Novrry T Oroh Sh dan Nich Samara SH MH dengan Panitera Pengganti (PP) Ni Ketut susan SH. Lebih lanjut dijelaskan Jaksa, dana tersebut digunakan untuk membayar 16 Kepala Sekolah SMA/ SMK se-Kabupaten Taluad untuk operasional sekolah dalam rangka menghadapi UN masing-masing Rp10 juta, tertanggal 24 Maret 2009 dan total tersalur Rp160 juta, sementara sisa Rp190 juta tanpa pertanggung-jawaban yang jelas dipergunakan untuk kepentingan pribadi. Terdakwa dan saksi Sarnes serta orang lain atas perintah saksi Sarnes, terdakwa juga telah membuat laporan fiktif atas sisa dana Rp190 juta, diantaranya biaya untuk perjalanan dinas terdakwa di hotel Mokupa, perjalanan dinas saksi Sarnes ke Depok-Bogor. Atas perbutan terdakwa, oleh Jaksa Penuntut umum (JPU) terdakwa dijerat pasal 2 ayat (1) jo, pasal 18 UU No 31 Tahun 1999 tentang Tipikor sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan UU No 20 tahun 2001 jo pasal 55 ayat (1) ke1 KUHP jo pasal 64 ayat (1) KUHP.(este)

SPPD DEPROV SULUT

Uang setoran Rp19 juta dipakai, karyawan NSC Finance dipolisikan

Tipikor Polda agendakan pemeriksaan legislator

LELAKI Rinal Abdulah (28), warga Lawangirung, Kecamatan Wenang, harus mempertanggung jawabkan perbuatannya, karena diduga melakukan penggelapan uang milik perusahaan tempat ia bekerja. Pasalnya, pelaku yang kesehariannya bekerja di NSC Finance yang berlamat di Kelurahan Karombasan Selatan, Kecamatan Wanea itu, terpaksa dilaporkan pihak kantor karena diduga menggelapkan uang sebesar Rp19 juta. Kejadian tersebut bermula dari pelaku yang ditugaskan pihak Finance, menjadi kolektor untuk menagih angsuran konsumen. Ironisnya, setoran yang ditagih pelaku sejak bulan Desember 2012, ternyata tidak diberikan ke pihak kantor dan disinyalir dipakai untuk kepentingan pribadi pelaku. Hal itu pun telah diakui langasung oleh pelaku, dan bersama teman satu perusahaan Zainul Anshori (23), dihadapan pemimpin NSC Finance. Disini pelaku telah membuat surat pernyataan bahwa akan mengembalikan uang yang telah dipakainya. Sayangnya janji pelaku, tidak dibuktikan hingga saat ini. Tak pelak, peristiwa ini dilaporkan temannya Zainal ke Mapolresta Manado. Kapolresta Manado Kombes Pol Drs Amran Ampulembang Msi, melalui Kasubag Humas AKP Ruswan Buntuan, ketika dikonfirmasi membenarkannya.(try16)

Manado—Subdit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polda Sulut, rupanya terus melakukan pengembangan intensif terkait dugaan penyimpangan Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) di Deprov Sulut. Bahkan, pemeriksaan terhadap wakil rakyat yang duduk di Gedung Cengkih Sario itu, dikabarkan segera digulirkan penyidik. Tak heran, dalam waktu dekat ini beberapa legislator lainnya bakal dikuliti untuk dimintai keterangannya. Dari informasi yang dirangkum di Mapolda Sulut, pemeriksaan saksi atau upaya klarifikasi terhadap anggota dewan Sulut akan intensif dilakukan. Belakangan, penyidik telah meminta klarifikasi terhadap beberapa legislator, dan kabarnya pekan ini pemeriksaan akan

dilanjutkan kepada legislator lainnya. “Pemeriksaan atau klarifikasi akan dilakukan kepada sebagian anggota. Dan klarifikasi akan intensif digelar, untuk mengungkap jelas dugaan penyimpangan SPPD,” ungkap sumber resmi, Kamis (17/1) kemarin. Lebih lanjut ditambahkan sumber, klarifikasi juga akan dilakukan kepada anggota yang sudah dimintai keterangan. Sebab, keterangan saksi akan lebih menguatkan penanganan dan proses pengembangan kasus. “Nanti yang sudah diperiksa juga akan dimintai klarifikasi lagi. Untuk pekan ini, ada anggota dewan yang akan kami minta klarifikasinya dalam pemeriksaan. Nanti kita lihat saja, siapa yang nantinya akan diperiksa,” ujarnya. Terkait hal ini, Kapolda

Sulut Brigjen Pol Drs Dicky D Atotoy, melalui Kabid Humas AKBP Denny Adare STh, saat dikonfirmasi wartawan, membenarkan upaya klarifikasi yang dilakukan penyidik Tipikor terkait penyelidikan dugaan penyimpangan SPPD Deprov Sulut. Juru bicara Polda Sulut itu menyatakan, beberapa tahapan penyelidikan masih dilengkapi penyidik, dengan memeriksa para anggota Deprov. “Penyidik terus mengembangkan dugaan itu, dan beberapa unsur penyelidikan masih dilengkapi,” tegas Adare. Seperti diketahui, pekan

lalu penyidik meminta klarifikasi melalui pemeriksaan terhadap dua legislator Sulut yakni Arthur Kotambunan dan James Sumendap. Hal itu dilakukan berdasarkan prosedur penanganan kasus yang masih berstatus p e n y e l i d i k a n . Menariknya, pihak Polda sendiri menyatakan bahwa jika dalam proses lidik ditemukan indikasi tindak pidana, maka dugaan kasus ini segera dinaikkan ke penyidikan. Dengan demikian, orang yang bertanggungjawab atau tersangkanya, siap ditetapkan penyidik Tipikor.(erel)

Majelis Hakim: Perkara akan tetap dilanjutkan Manado—Dalam putusan sela, oleh Majelis hakim Armindo Pardede SH MH, Novrry T oroh SH dan Nich Samara SH MH dengan Panitera Pengganti (PP) Nontje Opit SH, atas kasus dugaan Tipikor proyek ruas jalan Buyat-Molobag yang menyeret oknum Direktur PT Sinar Terang Lestari, Ir RHS alias Ricky (61), warga Jalan Yos Sudarso, no 65 Paal Dua Lingkungan III, menolak eksepsi terdakwa dan tetap melanjutkan perkara. Hal tersebut dikatakan dalam persidangan di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri (PN) Manado, Kamis (17/1) kemarin. “Menolak eksepsi terdakwa dan tetap melanjutkan perkara, sidang ke depan jaksa hadirkan saksi untuk pemeriksaan dan dimintai keterangannya atas kasus ini,” ujar Pardede. Sesuai dalam dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Oikurnia Zega SH dan Noval

Taher SH, bahwa dana Penanggulangan Bencana daerah Kabupaten Bolaang Mongondouw Timur tahun 2010, dengan nilai kontraak Rp 9.843.264.000, terdakwa Ricky selaku penyedia barang dan jasa turut serta melakukan bersama Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), SyahrulAbdul Muis ST, Ketua Tim PHO dan PHO Hendry Kus-nadi Laoh ST MSi, Sekertaris tim PHO Mokoginta N Weni SE, anggota PHO Jeane Ruth Abraam ST,TonoANgkareda dan Haris Pratama Soemanta ST, telah merugikan keuangan negara sebesar Rp116.957.294,92. Selain itu, JPU juga menjerat terdakwa pasal 2 ayat (1) dan pasal 3 jo pasal 18 UU No 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan UU No 20 tahun 2001 dan pidana pasal 7 ayat (1) huruf a jo pasal 18 UU No 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan UU No 20 tahun 2001.(este)

KASUS BIYET GIRO

Berkas perkara resmi P21 Manado—Penanganan kasus Bilyet Giro atau dikenal cek kosong, yang proses hukumnya ditangani Polda Sulut, kini dikabarkan telah memasuki babak baru. Pasalnya, kasus yang telah memiliki tiga orang tersangka yakni IB alias Imelda, RS alias Reinaldo dan SN alias Stenly, berkas perkaranya sudah resmi berstatus P-21 atau tahap dua. Informasi yang didapat dari sumber resmi di Mapolda Sulut menyebutkan, pelimpahan berkas tersebut dilakukan karena penyidik menilai beberapa unsur perkara sudah dilengkapi. Proses pelimpahan berkas tersebut, menandakan tersangka akan diserahkan penyidik Polda ke pihak Jaksa untuk diproses lebih lanjut. “Sudah dilimpahkan berkasnya dan masuk tahap dua. Selanjutnya kasus ini a-

kan ditangani kejaksaan,” ungkap sumber, Kamis (17/1) kemarin, kepada sejumlah wartawan. Sayangnya, Kapolda Sulut Brigjen Pol Drs Dicky D Atotoy, melalui Kabid Humas AKBP Denny Adare STh, belum berhasil dikonfirmasi.n terkait dilimpahkannya berkas kasus tersebut. Seperti diketahui, kasus ini dilaporkan korban Ratna Waliliong, pada Agustus 2011 silam. Kronologisnya, tersangka menawarkan untuk menjual berlian milik korban, dan setelah jumlah berlian mencapai Rp3,2 miliar, tersangka baru mampu membayar Rp700 juta. Sementara sisanya Rp2,5 miliar. Selanjutnya tersangka mencoba melunasi dengan cek. Ironisnya, setelah diperiksa korban, cek tersebut tak bisa dicairkan.(erel)


JUMAT 18 JANUARI 2013

PELAYANAN KESEHATAN

Dinkessos siap tindaklanjuti temuan Komisi C Dekot Tomohon KEPALA Dinas Kesehatan dan Sosial (Dinkessos) Kota Tomohon, dr Isye Liuw menegaskan jika pihaknya akan menindaklanjuti dan membenahi semua kekurangan sesuai hasil temuan dari Komisi C Dekot Tomohon sewaktu dilakukan peninjauan lapangan ke sejumlah puskesmas dan puskesmas pembantu pada Rabu (16/1) lalu. “Temuan ini akan kami tindaklanjuti agar pelayanan kesehatan di kota ini bisa semakin maju,” katanya. Salah satu anggota Komisi C Dekot Tomohon, Johanis Wilar mengatakan, jika dalam peninjauan lapangan belum lama ini didapati sejumla kekurangan dalam pelayanan kesehatan lewat puskesmas dan puskesmas pembantu. Kekurangan tersebut berupa belum difungsikan secara optimal puskesmas untuk rawat nginap, kebersihan dan kondisi bangunan. “Tak heran banyak warga yang lebih memilih rumah akit ketimbang puskesmas. Pasalnya, pelayanan sering lambat dan banyak kelemahan lainnya dalam segi pelayanan kesehatan,” katanya. Ditambahkan Wilar, dari hasil kajian yang dilakukan Komisi C, persoalan yang muncul ternyata terlalu banyak pasien yang cepat-cepat dirujuk untuk dirawat di rumah sakit, padahal masih bisa ditangani di puskesmas. “Kadang juga masyarakat kurang percaya terhadap pelayanan puskesmas, sehingga mereka lebih memilih ke rumah sakit. Jadi, pemerintah lewat instansi terkait harus mengoptimalkan pelayanan kesehatan di puskesmas yang sudah tersebar dihampir semua wilayah Tomohon, agar tidak mubazir begitu saja,” tegasnya.(gebe)

Hari ini, MK putuskan sidang sengketa Pilkada Ketua PG Sulut berharap ada hasil yang memuaskan Tondano—Jika tidak ada aral yang melintang, Jumat (18/1) hari ini, sejarah kembali mencatatkan bahwa keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) akan menggelar sidang lanjutan sengketa Pilkada Minahasa, akan membawa sebuah perubahan baru. Meski belum diketahui apa yang akan diputuskan MK,

namun sejak perjalanan pelaksanaan sidang dengan dihadirkan beberapa saksi dan dilakukannya pengecekan silang antara terlapor, saksi bahkan barang bukti yang dibawa di ruang persidangan, posisi CNR-DJT selaku penggugat belum aman dan sangat kecil peluang untuk memenangkan hasil

Pemilukada yang disengketakan pada pertengahan bulan Desember tahun 2012 lalu. KPUD Minahasa pun berhak hadir dalam acara tersebut karena menjadi terlapor. Menurut komisioner KPUD yang membidangi hukum, Decky Paseki SH MH, bahwa KPUD Minahasa sampai dengan saat ini tidak ada perubahan daripada hasil mereka. Terkait dengan keputusan MK, itu menurut KPUD

bahwa adalah keputusan yang tidak bisa diganggu gugat. “Kalau KPUD Minahasa sampai dengan saat ini tetap masih berpatokan pada hasil rekapan Pemilukada Minahasa yang telah digelar 12 Desember lalu dimana pasangan Jantje Wowiling Sajouw dan Ivan S a r u n d a j a n g memenangkan hasil Pemilu dengan membuat selisih calon urutan ke dua CNR-DJT sebanyak 3195 suara. Dan kalaupun hasil

UNIMA

Tahap I, 36 pejabat struktural dilantik

Kelurahan dan desa akan berdayakan

SEBANYAK 36 pejabat struktural Unima dilantik oleh Rektor Unima Prof Dr Philotheus Tuerah DEA MSi.(foto: rommy/sk)

To n d a n o — R e k t o r Unima Prof DR Philotheus Tuerah DEA MSi akhirnya melaksanakan pelantikan serta pengambilan sumpah jabatan kepada 36 pejabat struktural dalam hal ini para Kasubag, Kabag di Kantor pusat Unima maupun lembaga. Acara pelantikan tersebut diselenggarakan Kamis (17/1) kemarin pukul 06.30 Wita bertempat di depan kantor pusat Unima. Tuerah dalam sambutannya mengatakan diawal tahun 2013 ini telah dilaksanakan pergantian tugas pokok dan fungsi oleh para pejabat yang dianggap sangat berpengaruh dalam menjalankan tugas administrasi di Unima. Hal ini juga dimaksud agar semua pejabat dapat mengerti semua tugas yang ada di lingkup Unima.

“Diharapkan sebagai pemimpin harus mampu memberikan teladan kepada bawahan serta dapat melaksanakan tugas yang telah diemban dengan baik, sebab hal ini akan tetap di nilai kemampuan kerja dari tiap-tiap pejabat yang telah dilantik. Karena jika tugas yang telah diberikan tidak mampu dilaksanakan maka pasti akan dilakukan pergantian,” ujar Tuerah dihadapan seluruh pejabat yang civitas Unima yang ada. Tuerah menjelaskan bahwa sebelum para pajabat dilantik maka sudah diadakan pengkajian dan penilaian yang sesuai dengan tugas dan kerja masing-masing. “Tentunya mereka itu sebelum dilantik mereka sudah dilakukan penilaian tentang masing-masing kinerja yang telah mereka

lakukan,” ujarnya seraya mengatakan jika tidak ada aral yang melintang akan ada roling tahap II pada bulan depan. “Kembali akan dilaksanakan rolling pejabat untuk mengisi pejabat yang akan pensiun (Purna karya). Oleh karena itu sangat diharapkan bagi semua pejabat untuk dapat meningkatkan kinerja, sehingga apa yang menjadi Visi-Misi Unima yakni kualitas,unggul dan diperhitungkan, akan dapat diejawantakan,” timpalnya. Di tempat yang sama Humas Unima Jonly Tendean SP MSi mengatakan untuk 38 pejabat yang dilantik dan diambil sumpah diantaranya Dra Helmi Rantung, Dra, Jansye Mambo MAP, Dra Levyna Kalalo, Dra Vonny Mantik,

Dra Reflien Mononimbar, Dra Meike Suwu DEA, Dra Maryke Sumarauw, Drs Boyke Mangare, Alexius Teling, Vera Merentek SE, Valentino Tangkau SH, Robert Tulenan S.Sos, Jean Kaunang SPd, Ariel Kumayas STP, Angkow Ansje SPd, Agnes Dumais Spd, Ratmanis Katuwu SPd, Vocke R. Saraun, SPd, Djoly Waroka SPd, Ribka Tangalayuk SPd, Dra Sitti Djeman, Dra Meiti Malingkas, Anneke Sondakh SPd, Revlie Sepang SPd, Dra Evelin Koraag, Ratu Ivone Ssos, Septie Lumatauw SPd, Femmy Tampi SPd, Verry Paat SSos MAP, Stanly Motto SPd, Corry Todingan SE, Dra Susana Panggey, Fredy Lumantouw SPd, Dra Sintje Masengi dan Ferly Lotulung SH.(erka)

PARIPURNA

LKPJ Bupati Minahasa diminta realistis To n d a n o — L a p o r a n Keterangan Pertanggungjawaban APBD 2012 oleh Bupati Minahasa memang sudah dilakukan proses pembahasan serius oleh Pemkab Minahasa dengan Dekab Minahasa, yang digelar Jumat (17/1) kemarin. Tidak ada yang mengetahui pasti tentang hasil LKPJ ini mengalami permasalahan atau tidak. Seyogyanya para Dewan hanya merestui laporan tersebut, dan tinggal disahkan. Akan tetapi

berharap ada hasil yang memuaskan. “Yah memang sidang akan digelar hari Jumat (hari ini,red), dan kita berharap saja apa yang diputuskan oleh hakim, itu benar-benar berdasarkan kajian dan pertimbangan hukum yang ada. Kita sangat berharap apa yang digugatkan ke MK dari pasangan CNR-DJT dapat diterima dan mendapat pemrosessan yang baik dan benar, demi persatuan dan kesatuan yang ada,” ujarnya.(erka)

ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN

KEBIJAKAN

KEPALA Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Kelurahan/Desa Kota Tomohon, Max Mentu mengatakan untuk memacu majunya ekonomi masyarakat adalah dengan pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang bisa terrpacu jika pemberdayaan keluarahan dikembangkan terlebih dahulu. Menurutnya, secara umum di Tomohon, pemberdayaan kelurahan sudah baik, seperti administrasi kelurahan yang secara langsung akan berdampak pada masyarakat. Namun begitu memasuki tahun 2013, ia mengatakan akan terus menganalisa kebutuhan masyarakat dan kelurahan untuk peningkatan mutu. “Kami akan memfasilitasi jika memang bantuan itu sangat dibutuhkan seperti misalnya mesin jahit untuk mereka yang ahli dalam jahit-menjahit atau komputer untuk peningkatan admistrasi di Kelurahan,” kata Mentu. Mentu menambahkan hal lain yang menjadi tugas penting di instansinya adalah bersinergi dengan SKPD dan Badan lainnya untuk semakin menggairahkan potensi masyarakat. Pihaknya akan pro aktif, menjemput bola ke masyarakat. Jika pun memang belum tersentuh seluruhnya, masyarkat diundang untuk langsung datang menyampaikan ke instansinya.(gebe)

MK lain kita akan menyaksikan bersama seperti apa dan bagaimana alasan MK untuk memberitahukan hasilnya,” ujar Decky Paseki SH MH, komisioner KPUD Minahasa yang membidangi Hukum itu kepada Swara Kita, Kamis (17/1) kemarin. Sementara itu, menurut Ketua PG Sulut, Drs Stefanus Vreeke Runtu terkait dengan hasil MK yang akan mengumumkannya, dia

LKPJ terakhir dari Bupati Minahasa terpilih dua periode ini, oleh sejumlah stakeholders memandang agar tidak mentah-mentah diterima begitu saja oleh dewan, karena di sepanjang tahun 2012 ada beberapa program yang ternyata masih sangat salah dikerjakan sehingga berujung pada pemeriksaan di Kepolisian akibat korupsi. “Salah satunya adalah program PNPM Mandiri. Meskipun sudah ada anggaran dari

pusat, tetapi ada anggaran dari daerah yang menjadi pendamping dan tentunya bermasalah, sehingga ini harus dikritisi dan diperhatikan lebih lanjut agar supaya tidak ada yang mempermasalahkan itu. Untuk itu kita minta agar pembahasan LKPJ Bupati tahun 2012 lalu itu dilakukan secara realistis dan jangan direkayasa,” ujar Friko Kopalit SH, MH selaku pemerhati pemerintah Minahasa kepada Swara Kita Jumat

kemarin. Sementara itu menurut Ketua Dewan Minahasa bahwa untuk LKPJ ini mendapat perhatian oleh masing-masing anggota Dekab Minahasa karena semua bidang telah dibahas bersama dengan komisi yang ada. “Ini sebelum ditetapkan, dibahas per komisi dan tentunya kalau ada yang ganjil maka pasti ada pertanyaan yang disampaikan oleh dewan,” ujarnya singkat.(erka)

Lurah Rinegetan lakukan sidak KTP Tondano —Ancaman teroris bagi sebagian warga Tondano memang masih menjadi sorotan memanas. Apa pasal? Maraknya kunjungan dari sejumlah warga luar daerah Minahasa terlebih Sulut yang mulai mencari tempat “aman” untuk bisa bertahan hidup di Tondano, ternyata menjadi perhatian serius dari pemerintah kecamatan setempat, terlebih Kelurahan Rinegetan, Tondano Barat. Lurah Rinegetan Rinny Mamahit dengan didampingi Polsek, Koramil, Hansip dan beberapa pamong desa setempat melakukan inspeksi mendadak di sejumlah tempat peristirahatan warga pendatang yang ada di sekitaran kompleks Pasar Atas Tondano. Alhasil banyak pasangan yang sudah tinggal satu atap tetapi tidak memiliki KTP. Selain itu juga pendataan mereka terus dilakukan oleh aparat yang berwajib agar supaya dalam pengawasan terhadap warga pendatang akan sangat lebih efektif. “Secara umum mereka datang ke Tondano khususnya di Rinegetan ini untuk mencoba meraup keuntungan dari berjualan di pasar. Selain itu juga ada yang bertugas kerja maupun kuliah di Tondano. Namun

kita memberlakukan mereka secara bersamaan tanpa ada pilih kasih. Terkait dengan hal ini juga mereka disuruh langsung melapor kepala jaga setempat untuk membuat KTP. Kita tetap berharap ini menjadi perhatian semua warga Tondano khususnya di Rinegetan untuk tetap tertib a d m i n i s t r a s i kependudukan,” ujarnya yang mengaku akan terus melakukan sidak dalam beberapa minggu ke depan. Sementara itu menurut Bupati Minahasa Drs Stefanus Vreeke Runtu bahwa mereka mengharuskan untuk melakukan pengecekkan terhadap seluruh warga yang tinggal disatu kawasan atau pemukiman warga. “Para Camat dan lurah wajib mendatangi rumah-rumah warga dan menanyakan sejauh mana keterlibatan mereka di wilayah tersebut. Kalau pendatang itu yang harus dioptimalkan, dimana mereka wajib melaporkan ke pemerintah setempat, dan tidak dibenarkan mendatangkan orang lain dari luar, menetap dan tanpa sepengetahuan pemerintah yang ada. Apalagi tidak ada KTP, itu akan ditindak tegas berdasarkan aturan yang ada,” ujarnya.(erka)

PERATURAN

Wuwung tertibkan terminal bayangan Tomohon—Gebrakan demi gebrakan terus dilakukan Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Tomohon, Andrikus Wuwung. Buktinya, setelah melakukan pembenahan tempat parkir di pusat kota dan kegiatan bersih-bersih di Terminal Beriman, kali ini SKPD yang berhubungan dengan jasa angkutan antar daerah itu, Kamis (17/1) kemarin, langsung melakukan penertiban terhadap sejumlah lokasi yang dinilai digunakan sebagai terminal bayangan dan pangkalan ojek liar di Kota Tomohon. Kegiatan ini pun sendiri dilakukan bekerjasama dengan Polres Tomohon. Menurut Wuwung, dalam kegiatan penertiban ini akan dilakukan dalam sebulan kedepan dengan tahap sosialisasi hanya tiga hari atau

sampai Sabtu (20/1) esok. “Penertiban ini dilakukan untuk mengembalikan fungsi terminal seingga personil Dishubkominfo dan Polres akan melakukan peninjauan ke terminalterminal bayangan di Kota Tomohon,” kata Wuwung. Dirinya menjelaskan ada beberapa kesepakatan yang dibuat bersama oleh Dishubkominfo, Polres Tomohon serta para sopir antara lain terminal Beriman Tomohon. Salah satunya adalah difungsikan terminal dari pukul 6 pagi sampai jam 6 sore, kecuali pada pagi hari ada kendaraan tertentu yang mengangkut anak sekolah dimana akan diberikan dispensasi. “Setelah jam 6 sore, hanya ada dua titik pusat berkumpulnya kendaraan yaitu di taman kota dan kompleks Kamasi dan pengaturannya sudah diatur,” katanya.(gebe)


JUMAT 18 JANUARI 2013

MaRon masuk incaran Demokrat KESEJAHTERAAN BPD

JOS pertanyakan insentif BPD yang dijanjikan Tetty PERNYATAAN di depan publik bahkan kepada sejumlah wartawan, bahwa Bupati Minsel Christiany ‘Tetty’ Paruntu SE, akan memberikan insentif setiap bulan bagi Badan Permusyawaratan Desa (BPD), di seluruh desa yang ada di Minsel, tenyata tak diakomodir oleh Tim Anggaran Pemerintah Desa (TAPD), yang dipimpin oleh Sekkab Minsel Drs M C Kairupan. Tak heran, Wakil Ketua Dekab Minsel Jhon Sumual SE SH, mempertanyakan janji Bupati Minsel yang akan memberikan insentif kepada BPD. JOS sapaan akrab Sumual, kepada sejumlah wartawan, Kamis (17/1) kemarin, menjelaskan, bahwa Bupati Minsel menjanjikan agar BPD di Minsel mendapatkan insentif setiap bulan pada tahun anggaran APBD 2013. “Saya hanya mempertanyakan kepada TAPD apakah insentif BPD di Minsel ditata dalam APBD 2013 atau tidak, karena hal tersebut langsung dijanjikan Bupati kepada BPD di Minsel baik secara langsung diucapkan maupun lewat media,” ujarnya. Kadis DPKPAD Minsel Drs Denny Kaawoan, yang coba dikonfirmasi lewat telepon genggamnya sedang tidak aktif. Akan tetapi Kabid Anggaran DPKPAD Minsel Evert Kawalo SE, yang berhasil dimintai keterangan membenarkan hal tersebut, dimana menurutnya usulan yang disodorkan PMD kepada pihaknya memang sudah dengan pemberian insentif BPD, akan tetapi ada penguranganpengurangan, setelah melalui konsultasi ke Pemprov Sulut. “Memang benar, untuk anggaran di PMD yang disodorkan Rp16 milliar lebih, sudah termasuk dengan insentif BPD, namun yang disetujui saat melakukan konsultasi hanya Rp16,5 M. Kami awalnya memperhitungkan untuk bagi hasil dari pusat akan mencapai 20 M, namun nyatanya hanya disetujui 16 M saja,” jelas Kawalo.(esem/sl)

Mokodaser: Kami sudah komitmen untuk mengusung Tou Mitra asli

Ratahan—Tak salah bila sebutan figur populis melekat pada sosok dr Maxi R Rondonuwu DHSM (MaRon). Namanya begitu populer di sanubari rakyat Mitra, sehingga para kader partai politik (parpol) ramairamai menjagokannya untuk menjadi Bupati Mitra. Setelah mendaftar di PDIP, ikut dijaring Partai Golkar, diminati PAN serta ditunggu PKPB, nama MaRon juga

masuk di lingkaran Partai Demokrat (PD). “Ada sejumlah nama yang telah kami kantongi. Semua calon kami bangun komunikasi bersama, karena Demokrat terbuka bagi siapa saja. Terlebih bagi putera-puteri Tou (orang) Mitra asli, karena kami sudah komitmen untuk mengusung Tou Mitra asli, termasuk MaRon,” ungkap Ketua Dewan Pimpinan cabang (DPC) PD

Mitra, Katrien Mokodaser, Kamis (16/1) kemarin. Menurut Mokodaser, cara penjaringan PD dilakukan dengan membuka seluasluasnya bagi bakal calon untuk membangun komunikasi dengan partainya. “Kami lebih memilih membangun komunikasi bersama bakal calon. Ini lebih bersifat terbuka dan komunikatif. Dan cara ini juga sudah

LINGKUNGAN

Pansus Dekab Minut obok-obok PT MSM Sekwan bakal diganti pimdekab tak tahu

SALAH satu contoh dari kegiatan PT MSM, yang tidak ramah lingkungan. Dimana drum-drum yang berisi oli hanya dibiarkan begitu saja.(foto: ist)

Montolalu: Tinggal 3 hari belum ada yang kembalikan formulir

Airmadidi—Sesuai dengan kontrak karya, antara Pemkab Minut dan PT Mearas Soputan Meaning (MSM) dan TTN, pihak perusahaan juga harus memperhatikan lingkungan sekitar wilayah tambang, dengan istilah ramah lingkungan.

LAHAN TAMBANG

Masyarakat Kalait tuntut hak PERSOALAN 10 persen lahan yang diminta masyarakat Ka-lait Kecamatan Toluaan Selatan Kabupaten Mina-hasa Tenggara (Mitra), untuk dikelolah lewat koperasi pertambangan rakyat, kepada perusahan tambang PT Sumber Energi Jaya (SEJ), terus diperjuangkan untuk memperoleh hak mereka. Hal ini diungkapkan oleh Iwan Somba selaku Ketua Koperasi Sakong, Hukum tua Desa Kalait I Awon Lendo, serta Tokoh Masyarakat Kalait Royke Somba, kepada Swara Kita, Kamis (17/1) kemarin. “Kami mengharapkan kepastian akan lahan yang akan diserahkan kepada masyarakat untuk digunakan sebagai pertambangan rakyat,” ujar Somba. Diketahui, sebelumnya masyarakat Kalait sudah bertemu dengan Kepala Dinas Pertambangan Mitra Jantje Loway, guna menjadi mediator mewakili Pemkab Mitra, akan terselesainya kasus ini. Sementara itu, dikabarkan pihak Pemkab Mitra, telah mengusulkan untuk menambah jumlah luas lokasi pertambangan menjadi 250 Ha kepada pihak SEJ, namun hingga kini belum ada kejelasan.(try19/sl)

Nolly Langingi, yang dihubungi secara terpisah, bahwa Demokrat memberi keluasan bagi siapa saja yang akan mencalonkan diri sebagai calon bupati dan wakil bupati Mitra. “Demokrat Mitra tidak membuka pendaftaran secara resmi untuk menjaring bakal calon menuju calon bupati, tapi Demokrat membuka kesempatan seluas-luasnya bagi mereka yang ingin mencalonkan diri, dengan cara membangun komunikasi. “Siapa saja, silahkan bangun komunikasi dengan Demokrat,” ujarnya.(*)

ROLING PEJABAT

KELENGKAPAN BERKAS CALON

PASCA pendaftaran calon bupati dan wakil bupati, yang dilaksanakan oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), kini sementara berjalan waktu pengembalian berkas formulir calon. Namun, diwaktu yang tinggal 3 hari, hingga batas yang ditentukan, belum ada satu pun yang mengembalikan. Hal ini disampaikan koordinator penjaringan Frangky Wongkar SH, melalui anggotanya Samuel Montolalu. “Tinggal 3 hari lagi, namun belum ada yang memasukkan berkas kelengkapan persyaratan calon,” ungkapnya. Ditambahkannya, nanti berkas kelengkapan harus dibawa sendiri oleh calon, karena akan ada yang harus ditandatangani calon, di sekretariat pendaftaran. Diketahui, sejumlah bakal calon bupati, yang sudah mengambil berkas di Sekretariat PDIP, diantaranya dr Maxi R Rondonuwu DHSM (MaRon), James Sumendap SH, Tonny Hendrik Lasut AmTm, Drs Jeremia Damongilala MSi, Dolfi Maringka, Happy Rumbay, Pdt Magritha Clara Dulos MTh, dan A L I Teddy Maseo SH SSos MSi. Sementara itu, untuk calon wakil bupati, diantaranya Freddy Lendo, Ronald Kandoli, Djely Masie, Jemmy Siwi, Hesky Naray, Vocke Ompi, Ir Meidy Uguy, Ir Hj Mohamad Assagaf, Pnt Meksi Joseph Sahensolar dan Semuel Katuche.(try19/sl)

MAXI Rondonuwu.

melalui koordinasi dengan Ketua DPD Sulut, yang lebih memilih cara membangun komunikasi dengan bakal calon,” ungkap Mokodaser, yang

juga adalah Wakil Ketua Dekab Mitra. Dikatakannya lagi, dalam penerapan mekanisme survei, disini PD akan benar-benar melakukan pemantauan dan penilaian, mana bakal calon yang siap. “Kami tidak mau mengusung bakal calon yang tidak benar-benar siap. Kami mencari bakal calon yang benar-benar siap seratus persen, untuk bersama-sama Demokrat membangun Kabupaten Mitra lebih baik lagi,” tandasnya. Senada dikatakan Sekretaris DPC PD Mitra

Akan tetapi, kenyataan yang ditemui Panitia khusus (Pansus) MSM Dekab Minut, saat melakukan peninjauan ke lapangan, Rabu (16/1) jauh berbeda. Dimana, dari hasil peninjauan PT MSM/ TNT terlihat pembuangan limbah dari laut

dipindahkan ke darat, ternyata tidak pernah disosialisasikan sesuai dengan laporan masyarakat. “Ini sesuai dari hasil pemantauan kami, dan dari laporan masyarakat. Untuk itu kami meminta agar masalah pembuangan

limbah dari laut ke darat agar menyiapkan dokumen studi kelayakan pembuangan limbah ini,” tutur Denny Sompie, Kamis (17/ 1) kemarin. Ditambahkan Sompie, salah satu isi kontrak karya, adalah memperhatikan lingkungan, namun ternyata ini dapat merusak lingkungan dan kesehatan warga. “Lihat saja tailing dam tempat penampungan limbah, dari sosialisasi pihak PT MSM, mengatakan dalam 6 tahun baru akan penuh, tapi ternyata baru satu tahun sudah penuh. Tentu ini akan mempengaruhi air bawah tanah, yang di konsumsi masyarakat. PT MSM secepatnya harus menyiapkan dokumen tailing dam, apakah sesuai dengan aturan,” tegas Sompie. Sementara itu, Humas PT MSM Inyo Rumondor, saat dikonfirmasi melalui telepon selular 08135672XXXX, dalam keadaan tidak aktif.(eres/sl)

DBD

Ada kasus, Dinkes Mitra-Minut lakukan fogging Ratahan—Adanya dua kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) diwilayah Minahasa Tenggara (Mitra), lebih khusus di Kecamatan Silian dan Kecamatan Ratahan, dimana korban hingga saat ini sedang dirawat di rumah sakit Noongan dan rumah sakit BLU Prof Kandow, menjadi perhatian Dinas Kesehatan (Dinkes) Mitra, yang langsung melakukan fogging (pengasapan) disekitar wilayah rumah korban. Hal ini diungkapkan Kepala Dinkes Mitra dr Lily Mawati, kepada Swara Kita Kamis (17/1) kemarin. “Dengan adanya 2 kasus DBD yang terjadi, Dinkes langsung melaksanakan fogging, yang dimulai dari radius 100 Meter,” ungkapnya. Sebagai peringatan kepada warga, bahwa gejala DBD dimulai dengan adanya demam akut, disertai dengan kejangkejang, hal ini harus segera

diperiksakan di Puskesmas terdekat. Seperti diketahui, bulan Januari 2013 ini telah terjadi 2 kasus DBD di Kelurahan Tosuraya Lingkungan II Kecamatan Ratahan dan Desa Silian I Kecamatan Silian, namun tidak menelan korban jiwa. Namun saat ini pihaknya telah menurunkan Petugas Pencegahan Pemberantasan dan Penyehatan Lingkungan (P2PL). Dengan adanya kasus tersebut, pihak Dinkes Mitra mengharapkan agar masyarakat di daerah ini, lebih memperhatikan kebersihan lingkungannya, lewat program menutup menguras mengubur (3M) disaat musim penghujan. Diketahui juga, pada tahun 2012 lalu, data korban DBD didaerah ini mencapai 3 kasus. Sementara itu, di Minut, musim penghujan yang terus mengguyur Kabupaten Minahasa Utara (Mi-

nut), hal ini mengakibatkan keresahan di masyarakat, akan adanya penyebaran penyakit Demam Berdarah (DBD). Namun Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Minut dr Sandra Rotty, mengatakan masyarakat jangan resah, karena tim pemantau sudah diturunkan ke lapangan. “Memang ada laporan yang masuk dari masyarakat, dimana di Tatelu ada 3 kasus dan di Talawaan 7 kasus DBD. Tapi setelah dilakukan pengecekan, kasus tersebut kasus lama Desember 2012,” tutur Rotty, Kamis (17/1) kemarin. Ditambahkan Rotty, Dinkes tetap melakukan pemantauan dibeberapa wilayah, termasuk Tatelu dan Talawaan. “Pemantauan terus dilakukan, dan tim yang dilapangan melakukan abetisasi atau pemberian bubuk obat di dalam air. Selain itu, kita juga akan melakukan penyemprotan (fogging) ke

rumah-rumah,” tandas Rotty, sembari mengatakan, walau tidak ada dana Dinkes tetap lakukan penyemprotan.(try19/eres/sl)

Amurang—Roling pejabat di lingkup Pemkab Minsel mulai dibicarakan, bahkan pergantian salah satu pejabat, yakni Sekretaris Dewan (Sekwan) Minsel Drs Ben Watung, sudah menyebar luar baik dikalangan pejabat maupun di kalangan para legislator. Namun, sayangnya pergantian pejabat tersebut, belum diketahui oleh Pimpinan Dekab Minsel (Pimdekab). Wakil Ketua Dekab Minsel Jhon Sumual SE SH, yang dikonfirmasi, Kamis (17/1) kemarin, terkait dengan kabar bakal ada pergantian Sekwan Dekab Minsel, dalam waktu dekat ini, belum diketahui dirinya. Dan, yang jelas dikatakan Sumual, untuk pergantian Sekwan, atau akan ada Sekwan baru yang akan diusulkan, harus diketahui Pimdekab. “Saya juga baru tahu dari wartawan kabar ini, yang

JHON Sumual.

jelas saya belum ketahui,” ungkap Sumual. Sementara itu, personil Komisi II Dekab Minsel Andris Rumondor ST, juga menjelaskan, untuk mekanisme pergantian Sekwan harus ada persetujuan dari pimpinan Dekab. “Sesuai dengan aturan, Sekwan yang baru akan masuk, harus mendapat persetujuan dari pimpinan Dewan. Dan itu memang benar ada aturan yang mengatur,” tukas Rumondor.(esem/sl)


JUMAT 18 JANUARI 2013

FKPD bahas persoalan kerukunan agama

WALIKOTA Bitung Hanny Sondakh di selasela rapat bersama FKPD.(foto: epang/sk)

ADANYA aspirasi warga yang menginginkan agar kerukunan warga di kota Bitung tetap terjaga membuat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) kota Bitung terus merapatkan barisan untuk terus melindungi kota ini dari gesekan kerukunan beragama yang terjadi. Seperti yang diungkapkan oleh Kapolres Bitung AKBP Harvin Ravlin saat memberikan arahan dalam rapat dengar pendapat yang dilaksanakan di Dewan Kota Bitung. “Marilah kita menjaga kerukunan beragama dan apapun yang telah dihasilkan pemerintah merupakan satu keputusan yang baik untuk kita semua,” kata Kapolres. Diapun mengatakan jika sebagai pihak yang bertanggung jawab akan keamanan di Kota Bitung dirinya akan bertindak jika ada orangorang yang ingin menghancurkan kerukunan di kota cakalang ini. “Apa yang dilakukan ini adalah benar dan tepat pada tempatnya sehingga perlu mendapatkan dukungan dari berbagai pihak,” kata Ravlin. Selain warga yang membawa aspirasi hadir juga pada pertemuan dengar pendapat itu adalah Walikota Bitung Hanny Sondakh, Ketua Dekot Bitung Santy G Luntungan, Wakil Walikota Bitung Max J Lomban, Wakil Ketua Dekot Bitung Ir Maourits Mantiri serta pimpinan FKPD yang lain seperti Kepala Pengadilan Negeri H.Ahmad Shalihin SH MH, Kepala Kejaksaan negeri Bitung, Bambang Ekomintardjo, Dan Marinir Mayor Yudhy Asmar serta Dandim 1310 Bitung Letkol Hardo Sihotang.(SEMATORIAL/wepe/mm)

SMP KRISTEN BUKIT KASIH

Sekolah di kota dengan fasilitas desa Bitung—Memprihatinkan memang ketika memasuki halaman sekolah SMP Kristen Bukit Kasih yang berada di Kelurahan Girian Permai Kecamatan Girian. Bagaimana tidak, sekolah yang jumlah muridnya 98 orang ini hanya ditampung di 3 ruang kelas dengan satu bangunan megah sementara, 2 ruang kelas lainnya tidak ada jendela dan masih kelihatan batako tanpa dipoles dengan deng bekas sebagai atapnya. Lebih ironis lagi ketika mengunjungi ruang guru di sekolah milik Yayasan GMIM Dr A.Z.R Wenas yang hanya meminjam rumah milik warga yang berukuran 3x4 meter dan

jendela kaca yang bolong juga lainnya ditutup dengan bambu tanpa plafon sehinga membuat ruangan ini panas seperti di tempat pengeringan kopra. Kepala SMP Kristen Bukit Kasih Dra Grace Longdong saat ditemui di ruangan tersebut mengatakan jika pihaknya sekarang ini sudah memasukan proposal permohonan penambahan ruang kelas baru ke dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga. “Kami sudah memasukan proposal ke dinas tinggal menunggu, namun dari pernyataan kepala dinas kemungkinan kami mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) pendidikan,” kata

Longdong. Dia sendiri mengungkapkan jika keberadaan guru yang ada di sekolah ini juga hanya 7 orang dengan komposisi 6 perempuan dan satu laki-laki. “Murid di sekolah ini ada sekitar 94 orang dengan 7 orang guru,” katanya. Diapun sempat mengemukakan jika fasilitas di ruang kelasnya pun sedikit terbatas. “Di kelas 8 ada 6 siswa yang belum ada tempat duduk sehingga 2 tempat duduk di duduki oleh 3 orang siswa, namun itu bukannya over kapasitas tapi saat libur Desember lalu kelas itu dimasuki maling dan mengambil 6 kuri dikelas,” katanya. Bagaimana dengan sikap

dinas Pendidikan pemuda dan olahraga Bitung Drs Herman Rompis MSi saat dikonfirmasi mengatakan jika Sekolah tersebut sementara dilakukan pengusulan ke Jakarta. “Proposal pengadaan Ruang kelas baru dari sekolah itu kini sudah dikirim ke kementerian pendidikan nasional dan bahkan tahun 2013 sekolah ini adalah prioritas penerima DAK,” kata Rompis. Sementara itu upaya swadaya juga telah dilakukan pihak sekolah dengan mengalang dana guna pembangunan sekolah ini. Buktinya pada Rabu (16/ 1) kemarin sejumlah camat datang membantu sekolah

PNS lingkup DKP Sangihe ”menjerit” Gaji belum juga dibayarkan Tahuna—Pernyataan Pemkab Sangihe melalui Sekkab Sangihe Ir Willy EC Kumentas perihal pembayaran gaji semua PNS di jajaran Pemkab Sangihe untuk bulan Desember 2012 yang diterimah pada Januari 2013 ini dan sempat terangkat ke sejumlah media bahwa sudah dilakukan sejak 4 Januari 2013, justru berbanding terbalik

dengan realitas yang ada di dilapangan. Buktinya sejumlah SKPD di jajaran pemkab Sangihe hingga sekarang ini belum menerima realisasi gaji sesuai dengan apa yang diungkapkan Sekab. Contohynya Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), dimana Kamis (17/ 1) kemarin sejumlah PNS yang ada ketika bersua dengan Swara Kita

CAMAT Ranowulu Andre Rantung saat membawa bantuan ke SMP Kr Bukit Kasih Girian Permai dengan latar belakang bangunan sekolah.(foto: epang/sk)

ini dengan menyumbangkan semen seperti Camat Ranowulu Andre Rantung membantu 5 sak semen, Camat Matuari Elen Sutrisno membawa 10 sak semen dan Camat Girian Steven Suluh memberikan 6 sak semen. “Ini adalah kepedulian kami organisasi

perkumpulan camat dan mantan camat se-Kota Bitung guna membantu dunia pendidikan Bitung sebab sepengetahuan saya tingga sekolah ini yang fasilitasnya paling kuran di Bitung,” kata Andre Rantung.(SEMADTORIAL/ wepe/mm)

EVALUASI PAD-PBB

Humiang buka rapat tahun 2013 Bitung—Bertempat di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kantor Walikota Bitung (17/1) Humiang membuka rapat evaluasi PAD dan PBB Tahun 2013 yang dihadiri Assisten I, Assisten III, Kepala SKPD terkait beserta para Camat dan Lurah. Pada kesempatan tersebut Humiang menyampaikan kesiapan pasar Sagerat yang dalam waktu dekat akan segera di launching, sudah dibentuk tim kerja kecil yang bertugas meninjau semua aspek terkait persiapan beroperasinya pasar Sagerat. “Saya meng-harapkan perangkat kecama-tan dan kelurahan mampu menjawab pertanyaan-perta-nyaan masyarakat soal ke-siapan operasional pasar Sagerat tersebut,” katanya. Dia juga mengatakan jika lewat rapat evaluasi PAD dan PBB ini semua pihak dapat bekerja sama dengan baik dalam mencapai target dan penetapan di tahun 2013 ini. Evaluasi PAD dan PBB tahun 2012 dilanjutkan oleh Kadispenda Olga Makarauw,

SE dengan pembacaan penetapan PBB di delapan kecamatan serta penetapan PAD di setiap SKPD yang terkait. Lebih lanjut Kadispenda menjabarkan capaian target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bitung pada tahun 2012 lalu yang sesuai target. “Bahkan banyak SK-PD yang capaian PAD nya mencapai angka 200 %.” kata Kadispenda. Untuk PBB sendiri Kadispenda mengingatkan bahwa keberhasilan seorang pemimpin wilayah salah satunya ditentukan oleh pencapaian PBB. “Diharapkan perangkat kecamatan lebih bersinergi lagi dengan perangkat kelurahan sampai pada kepala-kepala Lingkungan dan RT dalam rangka pencapaian PBB di tahun 2013 ini serta meningkatkan kinerja serta proaktif dan penuh inovatif dalam menggali potensi sumber-sumber PAD yang ada,” ungkapnya saat menutup rapat evaluasi PAD dan PBB Tahun 2013 ini.(wepe)

Pemkab hibahkan anggaran

miliar dengan rincian putaran pertama Rp9,5 miliar dan putaran kedua Rp2,8 miliar. “Sedangkan dana hibah untuk pihak Panwaslu sebesar Rp1,750 miliar serta pihak keamanan dalam hal ini Polres Sangihe dan Sitaro dihibahkan senilai Rp2,5 miliar. Jadi total dana hibah berjumlah Rp16,550 miliar ,” urai Tamaka. Terkait dengan pencairan anggaran, menurut Tamaka, akan dilakukan sesuai dengan pelaksanaan tahapantahapan kegiatan pada setiap penyelanggara. “Nantinya dari pihak penyelanggara mengajukan permohonan pencairan sesuai dengan tahapan pelaksanaan kegiatan,” jelas Tamaka.(esge)

mengakui mereka saat ini menjerit sebab gaji untuk bulan Desember 2012 belum juga diterimah hingga pertengahan Januari 2013 ini. “Banyak dari kami PNS yang saat ini mengharapkan percepatan realisasi gaji, sebab hal ini terkiat dengan kebutuhan hidup seharihari maupun kebutuhan sejumlah anak-anak kami baik yang sedang sekolah maupun kulaih di manado,” ujar sejumlah staf DKP yang memintah nama mereka jangan dikorankan. Secara terpisah Sekab Sangihe Ir Willy EC Kumentas ketika dihubungfi Swara Kita sempat kaget adanya persoalan ini yang terjadi di lapangan. “Terimah kasih atas

penyampaiannya. Sebab sesuai dengan perintah Pemkab semua gaji PNS sudah diperintahkan untuk segera dibayarkan. Nanti saya akan cek ke Kepala Dinasnya,” jelas Kumentas. Sementara itu Kepala DKP sangihe Ir Feliks Gaghaube MSc ketika dihubungi terpisah m,engakui adanya keterlambatan pembayaran gaji, “Saat ini Bendahaa pengeluaran DKP terjadi kekosongan, sebab bendahara yang lama sudah tidak aktif dalam posisi ikut suami tugas ke tempat lain. Namun yang pasti pada Seni awal pekan depan gaji tersebut sudah akan terbayarkan,” tegas Gaghaube sambil meminta semua jajarannya untuk bersabar.(esde)

PILKADA SITARO

Ondong—Bertempat di ruang rapat Kantor Bupati Ondong Kamis (17/1) kemari, pemerintah daerah bersama dengan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) menggelar penandatangan nota kesepakatan (MoU) dana hibah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sitaro 2013. Kegiatan diawali dengan penandatanganan MoU antara Bupati Toni Supit SE MM sebagai pihak pertama, dan Ketua KPUD Sitaro Pricilya Ch Bawole SE serta

Ketua Panwaslu Pdt Yohan Brek STh bertindak sebagai pihak kedua. Sedangkan penandatangan NKDH untuk Polres Sangihe dan Sitaro dilakukan sesuai pelaksanaan pelantikan pejabat struktural dan fungsional yang dihadiri langsung Kapolres AKBP Sumitro SH. Dalam sambutannya, bupati berharap kerjasama antara pemerintah daerah dengan pihak penyelenggara pilkada baik KPUD, Panwas, serta Polres akan terus terjalin dengan baik sehingga perhelatan pesta demokrasi di daerah berjalan lancar,

aman dan terkendali. “Saat ini berbagai isu-isu miring mulai berkembang dimana adanya hubungan khusus atau kedekatan antara pemerintah daerah dengan pihak penyelenggara KPUD. Perlu ditegaskan, bahwa kerjasama antara KPUD dengan pemerintah daerah sebatas mengsukseskan pesta demokrasi ini,” tandas Bupati. Sementara itu, Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (PPKAD) Sitaro Ir Novia Tamaka mengatakan, dana hibah untuk KPUD sebesar Rp12,3

RESTRUKTURISASI

73 pejabat struktural dan fungsional dilantik Ondong—Bupati Toni Supit SE MM, Kamis (17/1) kemarin secara resmi mengambil sumpah dan melantik 43 pejabat struktural eselon III dan IV dan 30 pejabat fungsional yang terdiri dari pengawas dan kepala sekolah serta kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang diselenggarakan di Aula Kadademahe Ondong. Kegiatan tersebut dihadiri Kapolres Sangihe dan Sitaro AKBP Sumitro SH, Sekretaris Daerah Heddy W Janis SH MM dan para Asisten Sekda, serta pimpinanpimpinan SKPD. Dalam sambutannya, bupati mengajak seluruh pejabat maupun staf PNS, khususnya yang baru saja dilantik untuk dapat menjalin kerjasama yang baik, demi terselenggaranya tata kelola pemerintahan yang baik. “Sangat diharapkan tidak ada perbe-

BUPATI saat mengambil sumpah dan melantik para pejabat struktural dan fungsional.(foto: stenly/sk)

daan pendapat yang berdampak pada kurang maksimalnya pelayanan terhadap masyarakat,” kata bupati. Menurut bupati, roling pejabat merupakan hal biasa dalam suatu organisasi pemerintahan, selain untuk mengisi jabatan yang lowong, juga dilakukan untuk penyegaran dalam suatu lembaga pemerintahan. “Sebab perlu diketahui ada sejumlah pejabat yang telah

memasuki masa pensiun. Tentunya secara otomatis akan ada kekosongan jabatan yang perlu di isi kembali, sehingga lepas dari sikap suka atau tidak suka,” jelas bupati. Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Sitaro Drs Alvianus Marthin menjelaskan, pelantikan kali ini berdasarkan SK Bupati Nomor 821.2/SK/03/BK-

DD/2013 tanggal 16 Januari 2013 untuk pejabat struktural, serta SK Bupati Nomor 821.2/SK/04 BK-DD/2013 tanggal 16 Januari 2013 untuk pejabat fungsional. “Ada sebanyak 73 pejabat, masing-masing 43 pejabat struktural eselon III dan IV, serta 30 pejabat fungsional masing-masing kepala Sekolah, pengawas dan kepala Puskesmas,” urai Marthin.(esge)


JUMAT 18 JANUARI 2013

Siallagan minta pelaku pelemparan rumah serahkan diri KAPOLRES Bolmong, AKBP Hisar Siallagan SIK, menyatakan bagi pihak warga yang bakal menyerahkan diri terkait kasus pelemparan rumah Andok Hasan pada Kamis malam pekan lalu di Desa Tabang, Kecamatan Kotamobagu HISAR Siallagan. Selatan, agar segera menyerahkan diri tanpa syarat apapun. “Dari informasi sekitar 40 orang bakal menyerahkan diri hari ini (kemarin, red). Kalau menyerahkan diri, serahkan diri saja. Karena dijamin oleh undang-undang dan kita bakal perlakukan secara khusus,” ujar Siallagan saat ditemui para wartawan di ruangan kerja Wakapolres Bolmong, Kamis (17/1) kemarin. Mantan Kapolres Sangihe ini menjelaskan, dari 8 orang tersangka yang diperiksa Polres Bolmong terkait kasus itu, tiga orang telah dipulangkan kembali. “Tergantung kadar (perbuatan, red), kadar rendah suda kita pulangkan,” jelasnya. Diketahui sebelumnya, Kejadian tersebut berawal dari rencana pihak kepolisian yang akan mengamankan warga yang terlibat pelemparan rumah Andok Hasan pada Kamis malam pekan lalu, atas tudingan dukun santet kepada pria tersebut. Alhasil, suasana di Desa Tabang pun ricuh. Hingga saat ini ratusan Polisi masi berjaga-jaga di desa tersebut.(veem)

Pemkab Bolmong peringati HK3 PEMKAB Bolmong memperingati Hari Kesehatan dan Keselamatan Kerja (HK3) yang dirangkaikan bersama apel Korpri. HK3 ini sendiri diperingati setiap tanggal 12 Januari. Bupati Salihi Mokodongan saat membawakan sambutan Mentri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI Hi Muhaimin Iskandar menyatakan, peringatan hari HK3 merupakan tahun ke empat bangsa Indonesia untuk berjuang, berperan aktif dan bekerja secara kolektif dalam mendukung cita-cita bersar mewujudkan Indonesia berbudaya keselamatan dan kesehatan kerja tahun 2015 yang ditetapkan melalui keputusan Menakretrans RI. “Kemenakertrans telah menjalankan usaha nyata untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui optimalisasi balai latihan kerja maupun kerjasama dengan perguruan tinggi lembaga diklat swasta maupun pusat diklat diberbagai perusahaan besar. Sehingga diharapkan mampu mengantisipasi kecenderungan kebebasan terbuka dan globalisasi yang saat ini berlangsung,” ujar Salihi dihadapan ribuan PNS yang mengikuti apel, di halaman Kantor Pemkab Bolmong, Kamis (17/1) kemarin. Bupati Salihi melanjutkan, adapun prinsip dasar pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja yaitu mencegah dan mengurangi kecelakaan kerja termasuk peledakan kebakaran dan penyakit akibat kerja. “Kemenakertrans menghimbau, mengajak dan mendorong agar kementrian disemua sector pemerintah provinsi, kabupaten/kota, para cendekiawan perguruan tinggi, organisasi profesi asosiasi, pimpinan perusahaan pekerja dan masyarakat melakukan upaya pelaksanaan K3 dilingkungan kerja dilingkungannya masing-masing, sehingga pelaksanaan K3 menjadi gerakan diseluruh bangsa Indonesia guna mendukung tercapainya Indonesia berbudaya keselamatan dan kesehatan kerja tahun 2015,” jelasnya.(veem)

550 liter BBM selundupan diamankan Polsek Urban Kaidipang amankan mobil dan pelaku penyelundupan Boroko—Kepolisian Sektor (Polsek) Urban Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) berhasil menggagalkan penyelundupan ratusan liter Bahan Bakar Minyak (BBM) yang diselundupkan dari Poigar ke Bolmut. Kapolsek Urban Kaidipang Kompol I Gede Purba

melalui Kanit Reskrim Ipda Muhamad Amri mengatakan, ketika menggelar patroli sekitar pukul 02.00 wita dini hari (16/1) di Kecamatan Kaidipang, pihaknya mendapati mobil pick up yang diparkir di depan salah satu depot di desa Keakar diduga sedang memasok BBM. “Kami mencurigai mobil

pick up tersebut sedang memasok BBM dan ketika diperiksa ternya benar. Kami berhasil mengamankan 550 liter BBM bersama dengan pemiliknya” kata Amri. Amri menjelaskan, BBM selundupan milik dari Meity Robot warga Desa Nanasi Kecamatan Poigar ini, dibawa dari Pertamina Poigar untuk dijual kembali

MOBIL pick up yang memuat 550 liter BBM selundupan, berhasil diringkus aparat.(foto: wawan/sk)

di Bolmut dengan mengambil keuntungan besar yakni dengan harga Rp6000 untuk BBM jenis premium dan Rp6500 untuk jenis solar. “Untuk BBM jenis Premium sebanyak 475 liter dan Solar 75 liter dan BBM ini

PILKADA

dijual dengan harga yang cukup tinggi” jelas Amri. Ditambahkan, Meity Robot ditahan kerena tidak memiliki surat izin dari Dinas Perindustrian dan P e r d a g a n g a n (Disperindag) Bolmut dan bakal dikenai Pasal 55-53

UU nomor 22 tahun 2001 tentang migas karena tidak memiliki izin dari Dinas Pertambangan dan Energi (Dispertamben). “Namun kasus ini masih dalam tahap proses penyelidikan,” tutup Amri.(try20/mm)

PILWAKO KK

Sejumlah warga Bolmut kibarkan bendera putih 4 orang daftar calon Boroko—Suasana Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) nampaknya semakin menarik disimak. Ini lebih dikarenakan, sebagian warga ‘galau’ menentukan pilihan karena para kandidat yang maju adalah pilihan pertama mereka, seperti incumbent Hamdang Datungsolang dan Depri Pontoh yang saat ini masih Wakil Bupati. Seperti terlihat beberapa rumah memilih masuk daftar golongan putih (Golput) atau pemilih netral yang mengkibarkan bendera putih bertuliskan ‘NETRAL’, menyambut Pilkada Bolmut 2013. Suasana seperti ini terlihat di salah satu rumah masyarakat yang terletak di Desa Binjeta Kecamatan

SALAH satu bendera putih bertulis ‘NETRAL’ yang dikibarkan di depan halaman rumah warga.(foto: wawan/sk)

masing siapapun pilihan, termasuk memilih Golput. “Itu adalah kreatifitas mereka dan hak dari masyarakat masing-masing sekalipun mereka memilih Golput,”ujar Nani Kamis (17/1). Ditambahkannya, bendera yang dikibarkan tersebut kemungkinan adalah inisiatif dari para pemuda yang tak mempunyai sikap alias netral pada pilkada Bolmut, namun bukan berati tidak mendukung para calon kandidat yang bertarung diPilkada Bolmut. “Itu adalah inisiatif para anak muda yang belum menentukan sikap di pilkada namun bukan berarti mereka tidak suka pada para calon Bupati dan calon wakil bupati bolmut,” tandas Eba sapaan Sangadi Binjeta.(try20)

Wawali di PG

TIM penjaring Wakil Walikota Kotamobagu.(foto: verdi/sk)

untuk pemberian ADD tahun ini, itu berfariasi. Ada desa yang menerima anggaran sebesar Rp 200 juta, ada juga desa yang mendapat anggaran Rp300 juta. “Setiap desa anggarannya tidak sama. Karena akan dilihat dari luas desa masingmasing, diantaranya banyaknya jumlah penduduk, serta dari segi yang lainnya, “ kata Mamahit.

Dia juga menambahkan, dan untuk tiga puluh desa pemekaran, yang dalam waktu dekat segera memiliki Pelaksana tugas Sangadi, belum diketahui apakah akan dianggar ADD atau tidak. “Saya belum tahu jelas, apakah desa pemekaran sudah menerima ADD atau tidak, sebab belum ada laporan dari dinas terkait yakni BPMD, “ terangnya.(try17)

Kotamobagu— Sekretariat Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar (PG) Kota Kotamobagu (KK) hingga saat ini telah menerima 4 orang yang mendaftar sebagai Bakal Calon (Balon) Wakil Walikota (Wawali) Kotamobagu. Ketua Tim Penjaringan bakal calon Sudirman Mamonto menyatakan bahwa Golkar membuka kesempatan kepada siapa pun calon yang bakal maju menggunakan kendaearan Golkar, dengan syarat dan mekanisme partai yang berlaku. “Di Partai Golkar pendaftaran Balon Wawali secara resmi dibuka tanggal 16 Januari dan

Partai SRI gabung Nasdem

ujarnya. Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasdem Boltim, Yansen Sarayar, menyambut baik bergabungannya ratusan pengurus dan kader Partai SRI Boltim. “Siapun dia yang ingin bergabung dengan Partai Nasdem, kami sangat terbuka. Asal dia mauh membesarkan partai. Jadi SRI ke Nasdem akan kami

sampikan ke Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Nasdem Sulut,” ungkap Sarayar. Lanjutnya, Persoalan pencalegan 2014 nanti, akan mengikuti mengikuti mekanisme partai. “Kita mengikuti prosedur penjaringan bakal calon legislatif, jika memenuhi syaratsyarat yang telah ditentukan, “ ujarnya.(LEGADTORIAL/try17)

Bolangitang Timur. Sangadi Binjeta Abdul Eba Nani ketika ditanya dengan

keberadaan masyarakatnya mengatakan, setiap warga mempunyai hak masing-

LPJ

10 desa di Boltim terancam tak terima ADD tahun ini Tutuyan—Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Dearah (DPPKAD) Boiltim, Dra Meike Mamahit MAP, mengungkapkan kurang lebih sepuluh desa yang tak menerima Alokasi Dana Desa (ADD) tahap dua sebesar Rp40 juta, pada tahun 2012 lalu, juga terancam tak akan menerima ADD tahun 2013 ini. Hal itu dikarenakan Laporan

Pertanggung Jawaban (LPJ) ADD tahap pertama sebesar Rp 60 juta tahun yang lalu, tak dimasukan. “Jika sepuluh desa tersebut, tak juga memasuka LPJ ADD tahap pertama pada tahun yang lalu, maka sudah pasti desa-desa itu, tak akan menerima anggaran pembangunan di desanya, “ ungkap Mamahit, kepada Swara Kita Kamis (17/1) kemarin. Mamahit mengatakan,

PEMILU

Tutuyan—Tak lolos verifikasi faktual oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) puast, Partai Serikat Rakyat Independen (SRI) Kabupaten Bolmong Timur (Boltim), mengambil sikap dan mengerahkan seluruh pengurus dan kadernya ke salah satu partai yang lolos dan berhak

mengikuti pemilu 2014 nanti, yakni Partai Nasional Demokrat (Nasdem). “Karena partai kami tidak lolos verifikasi faktual sehingga kami mengambil sikap untuk bergabung dengan nasdem,” kata Ismail Mokodompit, ketua SRI Boltim.

Sikap ini juga kata Mokodompit, akan diteruskan ke semua pengurus dan kader Partai SRI Kecamatan dan Desa seKabupaten Boltim. “Dan untuk kader SRI sebagai bakal calon anggota legisltaif. Dipastikan terakomodir lewat Partai Nasdem,”

berakhir besok 18 Januari (Jumat hari ini, red ). Yang mendaftar hari pertama yaitu Jhon Krisen BBA dan pada hari kedua (kemarin, red) Hairil Paputungan SH, Rustam Simbal SE dan Andi Ladu sehingga keseluruhan berjumlah 4 orang,” kata Mamonto saat dikonfirmasi Swara Kita, di Sekertariat PG Jalan Ade Irma, Kamis (17/1) kemarin. Lanjut Mamonto, jadwal selanjutnya memasukan kembali formulir pada 1821 Januari serta verivikasi berkas dilaksanakan pada 22-23 Januari, untuk penyampaian visi dan misi Balon Wawali di hadapan pengurus DPD PG KK yaitu pada tanggal 26 Januari dan dilanjutkan rapat tim Pilwako DPD PG KK dalam rangka memilih bakal calon Walikota/ Wakil Walikota Kotamobagu yang akan dilaksanakan pada tanggal 30-31 Januari. Seperti diketahui, PG Kotamobagu sendiri telah mengusung Djelantik Mokodompit sebagai calon tunggal walikota, sehingga PG KK tinggal membuka peluang bagi calon wakil walikota.(PILATORIAL/ veem/mm)


JUMAT 18 JANUARI 2013

REKA MAU MEREKA

PUISI

30 Februari Aku disini masih Menimbang harga dan nilai Emas beremas, padi memadi 30 musim Aku disini masih Disiang-siang hari Menuai sanksi Aku disini masih Di 30 Februari Antara kemarin dan esok Dibulan-bulanan sepi Meminang sansei Sebatas saat Mengurai sanksi Hilang dituai Sebatas nafsu Melepas sansei 30 Februari Melaras waktu dilamin usai Tak tertidurkan By: Anisa

Panorama Dipanorama itu dipunggung merapi Kita berbaris menunduk Mengelilingi kuburan tua Bunyi-bunyian bergebalau dalam tawa gadisgadis Dan suara kanak-kanak kegirangan Tiba-tiba kita berpacu kepuncaknya Saling mengulurkan tangan Berdiri bersama dalam ingin menggenggam Nostalgia yang hilang dalam gebalau zaman Alangkah sepinya rasa Ketika angin bersibak ke selatan Dan kitapun tertunduk dalam lena Dalam memandang diri kita dalam sejarah Yang sengaja dikaburkan

Beda pendapat, tapi tetap satu! Beda pendapat sama orang lain yach? Emang sih perbedaan pendapat sering terjadi dalam kehidupan. Baik itu dengan teman, orang tua or siapa saja. Cara menghadapinya pun berbeda-beda, but biar githu, beda pendapat tentu nggak harus membuat kita jadi terpecah belah donk? Coba dech simak pendapat teman-teman kita berikut!(fine) UJIAN NASIONAL

Menyusuri suri Suri yang turun Dihulu gabak hujan Dibayang kata sampai Di lembah tak berair Di bukit tak berangin Berpantun Antara yang dating dan pergi Menatah pepatah Tertatih dalam nafas zaman Yang resah By; Pamaya

Perempuan Yang menyanyi kala bayi menangis Yang menyusui dikala bayi haus Yang menjadi pelampiasan kala nafsu terbakar Yang menaruh sajadah dibelakang laki-laki Perempuan Ibu dari ibu kita Ibu dari nenek kita Ibu dari pemimpin kita Perempuan Perhiasan lelaki By:Gangga

KETAWA ASYIK

Melelang burung Beo dengan harga mahal SUATU hari seorang pria pergi ke balai lelang untuk sebuah penawaran pada seekor burung Beo. Dia terus kalah dalam menawar, jadi dia meneriakkan tawaran yang lebih tinggi dan lebih tinggi dan lebih tinggi. Akhirnya, setelah tawaran menjadi sangat tinggi, dia memenangkan lelang - Beo itu akhirnya menjadi miliknya! Ketika ia membayar burung beo, ia berkata kepada pimpinan lelang, “Saya sangat berharap burung Beo ini dapat berbicara. Aku benci harus membayar banyak untuk ini, hanya untuk mengetahui bahwa dia tidak bisa bicara!” “Jangan khawatir,” kata pimpinan lelang, “Dia bisa bicara. Menurut Anda, siapa sih yang terus menawar tinggi melawan anda tadi?”(*)

Anjing pintar main Poker DUA pemilik anjing itu membual tentang kecerdasan hewan peliharaan mereka. “Anjing tercerdas yang pernah saya miliki,” kata salah satu, “adalah Great Dane yang bisa bermain kartu. Dia hebat di poker, namun akhirnya seorang teman mengeluh tentang dia dan saya harus menyingkirkannya.” “Kau menyingkirkannya? anjing pintar seperti itu?” seru temannya. “Seekor anjing seperti itu akan bernilai jutaan dolar!” “Seharusnya sih,” jawab pria pertama. “Tapi dia ketahuan bermain curang...”(*)

CV AIR SEJUK MANADO MAINTENANCE-AIR CONDITIONER-SPARE PART-INSTALATION Type

Service

AC SPLIT RP25.000 AC WINDOW RP50.000 AC STANDING FLOOR RP50.000 AC CEILING RP45.000 AC CENTRAL NEGO KULKAS RP50.000 FREEZER RP50.000 MESIN CUCI RP50.000 DISPENSER RP50.000

Tambah Freon RP75.000/PK RP75.000/PK RP75.000/PK RP45.000/PK NEGO RP660.000/PK RP660.000/PK NEGO NEGO

DISEWAKAN AC FLOOR STANDING/GENSET

- Service langsung di tempat - Melayani bongkar pasang AC - Melayani panggilan luar kota - BERGARANSI - Ditangani oleh Tenaga Profesional Teknisi kami datang ke tempat anda untuk cek GRATIS

Hub: (0431) 3630234/9140332—085299811566 Jl AA Maramis Paniki Bawah No 12 Manado

VISER Meloke.

Manado—Kesibukan persiapan Ujian Nasional (UN) semakin kental terpantau di Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Sulut. Sekretaris Diknas Sulut Drs Viser Meloke MPd, mengatakan saat ini pihaknya sementara melengkapi data peserta UN untuk jenjang SMA/SMK/ MA. “Data pesertanya sementara dirampungkan. Kami tengah menunggu

kelengkapan jumlah yang dikirim Diknas di kabupaten/kota se-Sulut,” ujar Maloke. Selanjutnya, Maloke memastikan untuk try out UN yang akan digeber Diknas Sulut akan dilaksanakan serentak pada awal Maret secara bertahap dimulai dari siswa SMA/ sederajat, SMP/sederajat kemudian terakhir UN/ sederajat yang akan mengikuti Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN). Ditanya mengenai bobot soal try out yang akan diturunkan kedepan, Maloke memastikan standar dengan soal-soal pada UN utama. “Puluhan guru terbaik telah dikumpul untuk menyusun soal. Dan tentu saja, kualitas soal pada try out akan ditingkatkan karena kita akan memacuh mutu pendidikan di Sulut,” tegas Maloke.(emem)

TERUNTUK PARA REMAJA

Keputihan saat remaja, normalkah? KEPUTIHAN sangat normal terjadi pada perempuan terlebih pada usia remaja. Sebaiknya jika keputihan sudah terlalu banyak keluar, berwarna kecoklatan serta berbau sebaiknya kamu segera periksa ke Dokter. Keputihan yang normal yakni berwarna bening. Biasanya jika sedang stress atau kelelahan keputihan akan berproduksi lebih banyak. Jika ingin mengatasi keputihan dengan cara alami, kamu bisa melakukan cara mudah dengan menggunkan bahan lidah buaya. Lidah buaya memiliki banyak manfaat karena kanduangn gizinya yang sangat bagus. Lidah buaya kaya akan vitamin C dan E yang merupakan antioksidan alami. Juga terdapat 18 jenis asam amino, karbohidrat, mineral, enzim, hormon. Lidah buaya dapat digunakan sebagai bahan pembunuh kuman karena mengandung antiseptik, antijamur, antibakteri,

PERBEDAAN pendapat sich sah-sah saja. Karena nggak semua manusia sama. Tergantung dari cara kitanya mau nerima pendapat orang lain. En kalo kita merasa pendapat kita yang terbaik tinggal cara ngejelasinnya yang perlu di perjelas

GLADYS SETIAP perbedaan pendapat merupakan hal yang biasa. Selagi pendapat orang lain masih masuk akal en nggak jauh dari pokok pembahasan, itu nggak ada masalah kog. Lagian, lebih banyak pendapat lebih banyak jalan untuk nentuin sesuatu.(*)

SMAN 7 MANADO

Diknas lengkapi data peserta SMA/SMK/MA

By: Wahyu

EKHA

antivirus. Selain itu lidah buaya dapat meredakan peradangan, mengatasi infeksi, mengurangi bengkak. Karena bersifat antiseptik, lidah buaya dapat digunakan sebagai cara alami untuk mengatasi keputihan. Berikut adalah resep lidah buaya untuk mengatasi keputihan: 1. Ambil satu tangkai daun lidah buaya ukuran sedang, kupas kulitnya. 2. Potong-potong daging daun lidah buaya, kemudian diblender. 3. Masukkan dalam panci (kalau bisa berbahan tembikar), tambahkan segenggam daun sambiloto dan 3–5 lembar daun sirih, dan 2 gelas air. 4. Rebus hingga mendidih, matikan kompor, tunggu hingga hangat. 5. Gunakan air rebusan untuk membasuh vagina, 2 kali sehari. Resep diatas dapat dimodifikasi dengan menghilangkan daun sirih, dan air rebusan dapat di minum.(perm)

Ngantung: Kami segera laksanakan try out Manado—Siswa SMAN 7 Manado siap mengikuti Ujian Nasional (UN) tahun ini. Hal ini dibuktikan dengan keseriusan anak didik Dra Mediatrix Ngantung yang dalam waktu dekat akan mengikuti try out sekolah. “Try out guna melatih siswa dalam menyelesai-

kan soal-soal yang akan diujikan dalam UN nanti dan dari try out ini siswa dapat mengetahui cara yang benar dalam mengisi setiap Lembar Jawaban Komputer (LJK) nantinya,” tutur Ngantung. Disampaikan Ngantung, pekasanaan try out ini juga atas instruksikan langsung

oleh Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Sulut, Drs Star Wowor MSi yang menghimbau para peserta UN untuk wajib mengikuti Bimbingan Belajar (Bimbel). Terlebih, dalam pelaksanaan bimbel dan tryout, pada siswa bisa mempelajari seluruh pelajaran yang pernah di

dapat dari kelas 1 sampai kelas 3. “Kami dari pihak sekolah telah mengadakan bimbel sejak awal Januari lalu, karena Bimbel itu membantu para siswa mengingat pelajaran yang pernah mereka pelajari dari kelas 1 sampai kelas 3 SMA,” tutup Ngantung.(emem)

TERUNTUK PARA ORTU

Asah kecerdasan sosial anak ANAK sebaiknya tidak hanya belajar di kelas. Mereka pun perlu bermain di luar rumah bersama alam dan lingkungan untuk mengasah kecerdasan sosial dan emosional. Pada dasarnya setiap orangtua mendambakan anak-anak yang sehat, cerdas, dan berperilaku yang baik dalam kehidupan sehariharinya. Dengan begitu, kelak mereka akan menjadi anak-anak yang unggul dan tangguh menghadapi berbagai tantangan pada masa depan. Namun, perlu disadari bahwa generasi unggul semacam itu tidak akan tumbuh dengan sendirinya. Mereka sungguh memerlukan lingkungan subur yang sengaja diciptakan untuk itu, yang memungkinkan potensi anak-anak itu dapat tumbuh dengan optimal sehingga menjadi lebih sehat, cerdas, dan berperilaku baik. Dalam hal ini, orangtua memegang peran yang amat penting. Suasana penuh kasih sayang, mau menerima anak sebagaimana adanya, menghargai potensi anak, dan memberi stimulus yang kaya untuk segala aspek perkembangan anak, baik secara kognitif, afektif, maupun psikomotorik, semua itu sungguh merupakan jawaban nyata bagi tumbuhnya generasi unggul pada masa yang akan datang. Namun, pembentukan anak

yang sempurna seperti itu sepertinya akan terhambat. Sebab, saat ini masih ada anak-anak terkungkung ke

dalam pola pembelajaran di ruang kelas yang monoton dan tertutup, penuh aturan dan tekanan. Hasilnya, anak

menjadi stres dan tak punya k e s e m p a t a n mengembangkan dirinya lebih jauh.(okez)

ASAL LOE TAU AJA

11 sistem planet baru ditemukan TELESKOP luar angkasa Keppler menemukan 11 sistem planet baru di luar tata surya. Salah satu sistem planet baru tersebut terdiri dari lima planet dengan orbit yang lebih dekat dengan planet induk mereka ketimbang lingkaran Merkurius terhadap matahari. Penemuan ini menambah panjang daftar sistem planet bari di luar tata sura kita menjadi 729 buah, 60 diantaranya ditemukan oleh teleskop Kepler. Teleskop luar angkasa

Kepler diluncurkan Maret 2009 lalu. Teleskop ini mampu mendeteksi cahayacahaya kecil yang datang

dari gugusan bintangbintang secara reguler. Dari pantauan Kepler ini, ilmuwan akan bisa melihat

jika ada perubahan cahaya tersebut yang disebabkan adanya planet yang melintas.(miol)


JUMAT 18 JANUARI 2013 Kasus ... dari Halaman 1

Banjir ... dari Halaman 1

Daming dilaporkan mengatakan, “Pertimbangan harus diambil secara menyeluruh untuk pengenaan hukuman mati bagi pemerkosa karena dalam kasus perkosaan baik pemerkosa dan korban menikmatinya.” Berita komentarnya itu dengan cepat menyebar di media sosial, mendorong marah, jijik, dan seruan agar pencalonannya dibatalkan. Dalam kaitan ini, menyangkut penyikapan publik terhadap pemerkosaan, media ini menyebut Indonesia sama dengan AS. Media ini menyamakan kasus Daming dengan dilakukan oleh politikus Partai Republik Richard Mourdock dan Todd Akin. Setelah unggul dalam jajak pendapat, Mourdock dan Akin kehilangan peluangnya untuk menjadi senator pada November setelah komentar mereka mengenai kehamilan dan pemerkosaan beredar luas. Ketika ditanya media lokal tentang apa yang dia pikir tentang aborsi dalam kasus pemerkosaan, Akin berkata, “Pertama-tama, dari apa yang saya mengerti dari dokter, hamil karena pemerkosaan benar-benar langka. Jika itu adalah pemerkosaan yang sah, tubuh perempuan memiliki cara sendiri untuk menggugurkannya.” Komentarnya dengan cepat menuai kecaman dan pencalonannya batal. Mourdock mengalami hal yang sama. Dalam sebuah debat di televisi, ia menyatakan bahwa hidup adalah karunia Tuhan. “Bahkan jika hidup dimulai yang situasi yang paling mengerikan seperti pemerkosaan, maka itu adalah sesuatu yang diinginkan Tuhan untuk terjadi,” katanya. Berita CNN soal hakim Daming mendapat sorotan luas publik AS. Selain diunggah 2,3 juta kali, dan di-retweet 745 kali, berita ini dikomentari oleh 585 pembacanya. Salah satu pembaca yang hanya mengidentifikasi dirinya sebagai ‘God’ menulis, “Pemerkosaan bukan hubungan intim. Pemerkosaan sungguh bukan sebuah keindahan dan kenikmatan,” tulisnya, seraya mengumpat mereka yang menganggap biasa pemerkosaan sebagai “monster” dan “orang sakit”. Yang lain, Arnt Johnsen menulis, “Pemerkosaan bukan seks, tapi kontrol kekuasaan atas wanita.” Ia menyebut, hanya satu hukuman yang layak bagi pemerkosa, yaitu digantung sampai lehernya patah. “Daming Sanusi seperti tak memiliki ibu atau saudara perempuan saja,” tulis pembaca CNN bernama James. “Dia membuat lelucon? Tidak ada Mahkamah Agung untuk Anda!” Pembaca lain berinisial sc2pilot menulis pemerkosaan adalah tentang kekuasaan dan kontrol. “Ini adalah ritual yang akan membawa kembali manusia menjadi layaknya hewan,” katanya. Lynda Duke menulis dengan huruf besar, pemerkosaan tak sama dengan seks. “Itu adalah tindakan kekerasan terhadap pikiran, tubuh, dan jiwa. Bersihkan otak Anda!” Sedang pembaca berinisial Jane Conrad mencoba menengahi diskusi yang sengit di ruang komentar. “Tolong jangan memberikan buruk untuk semua orang. Saya adalah korban, tapi saya percaya sebagian besar orang adalah warga negara yang taat hukum yang baik yang layak,” tulisnya. Yang lain, McBain, menulis komentar satir, “Wow! Anda adalah orang yang spesial.” Di situs Huffington Post, pembaca berinisial Pdwinkie mengomentarinya sebagai pria yang sungguh memprihatinkan. “Stupid! Stupid man!!!” tulisnya. Berbagai media asing menulis berita soal Daming. Media ternama Amerika Serikat, CNN, misalnya, mengulas lengkap tentang kasus hakim Daming Sanusi mulai dari awal dia berkomentar hingga reaksi publik Indonesia. CNN menyebut, dalam soal pemerkosaan, kemarahan publik Indonesia sama dengan publik AS saat dua calon senator Partai Republik, Richard Mourdock dan Todd Akin, mengomentari perkosaan, hal yang membatalkan pencalonan keduanya setelah publik menanggapinya dengan berang. Berita CNN soal hakim Daming mendapat sorotan luas publik AS. Selain diunggah 2,3 juta kali, dan di-retweet 745 kali, berita ini dikomentari oleh 585 pembacanya.(temc)

Hanya jalur busway yang bisa dilewati. Petugas Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya Briptu Seno menuturkan, berdasarkan pantauan kamera CCTV, ketinggian air nyaris merata di sekitar Monas sehingga tidak ada kendaraan yang bisa melintas. Di Kebon Sirih, Sarinah, menuju Semanggi ketinggian air juga rata mencapai 40-50 sentimeter. “Kami sarankan pengendara tidak lewat Sudirman-Thamrin,” katanya. Dengan kondisi demikian maka wilayah Jakarta yang terendam banjir dipastikan akan makin meluas. Kondisi ini ditambah dengan banyaknya titiktitik genangan air akibat hujan yang terjadi sejak malam hari. Kepala BNPB, Syamsul Maarif, telah melaporkan perkembangan terkini kepada Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), pada pukul 09.10 WIB, mengenai ancaman banjir dan upaya penanggulangannya. Dengan tinggi muka air 1.020 centimeter, kemungkinan debit sungai Ciliwung sebagian dialihkan ke Sungai Ciliwung lama. Jika tidak maka dikhawatirkan tanggul Kanal Banjir Barat dapat jebol dan banjir makin meluas. Kepada Maarif, Presiden SBY menyampaikan bahwa tak masalah Istana Negara kebanjiran asalkan masyarakat selamat. “Tidak masalah Istana terendam banjir. Yang penting masyarakat

Obama ... dari Halaman 1 Obama juga menginstruksikan penambahan petugas konseling dan tenaga yang diperlukan di sekolah-sekolah dan memperbaiki akses ke layanan kesehatan jiwa. Semuanya ini untuk mencegah terulangnya aksi penembak brutal. Selain mengeluarkan instruksi presiden, Obama juga meminta Kongres menghidupkan kembali larangan penjualan senapa serbu standar militer di toko-toko. Larangan ini pernah berlaku selama beberapa tahun sebelum akhirnya berakhir pada 2004. Kongres juga diminta membuat aturan yang mewajibkan pemeriksaan latar belakang kriminal bagi semua pembeli senjata api dan memperketat distribusi senjata api secara komersil. Obama pun berharap Kongres membuat aturan yang melarang beredarnya senjata api di suatu kota yang dibeli atau diperoleh di wilayah lain. Kebijakan baru pemerintah ini ditentang keras oleh para pendukung peredaran senjata api di tengah masyarakat sipil Amerika. Melalui kelompok yang berpengaruh, National Rifle Association (NRA), mereka dalam suatu iklan menuduh Obama “hipokrit” karena dia sendiri mengizinkan para pengawal (Secret Service) melindungi kedua anaknya dengan senjata api. Gedung Putih menyebut iklan itu “menjijikan.” Di AS, kepemilikan senjata api di kalangan warga sipil dijamin oleh Konstitusi. Namun, warga boleh bersenjata api hanya untuk membela diri, bukan untuk menembaki orang-orang yang tidak bersalah.(vinc)

terlindungi. Lakukan upaya penanggulangan banjir dengan mengerahkan seluruh potensi nasional yang ada. Tetap semua mendukung Pemda DKI dan memberikan pendampingan. Untuk nasional semua di bawah kendali Kepala BNPB. Pantau terus perkembangan dan laporkan ke Presiden upaya penanggulangannya,” kata SBY dikutip Maarif. Memang kemarin beberapa bagian kompleks Istana terendam banjir setinggi sekitar 30 centimeter (cm). Jurubicara Kepresidenan Julian Pasha berujar, Presiden SBY sempat meninjau lokasi-lokasi di kompleks Istana yang terendam banjir. “Tadi (kemarin pagi, red) Bapak Presiden meninjau beberapa titik yang terendam cukup tinggi sekitar 30cm di sekitar Wisma Negara, yang berada di tengah Istana Merdeka dan Istana Negara,” ujar Julian. Saat kebanjiran, Presiden SBY berada di Istana dengan berbagai agenda kenegaraan, termasuk menerima kunjungan kenegaraan Presiden Republik Argentina, Cristina Fernandez de Kirchner. Usai menerima Presiden Argentina, SBY menemui masyarakat yang terendam banjir. SBY ditemani Ibu Negara Kristiani Herawati menyempatkan mengunjungi masyarakat, termasuk di sejumlah posko tempat evakuasi. SBY kemudian menegaskan agar jajaran pemerintahan, baik pusat

maupun daerah, bekerja sama dalam menangani banjir di Jakarta. “Saya ingin jajaran pemerintah pusat maupun daerah, dan sampai tingkat RT/RW bekerja bersama-sama,” katanya di Rawajati, seusai meninjau dan menyusuri Sungai Ciliwung. Presiden meminta kepada Pemprov DKI Jakarta agar mengerahkan sumber daya yang dimiliki untuk menangani banjir kali ini. Sementara Pemerintah Pusat, seperti Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat, maupun Kepolisian dan TNI Polri, akan memastikan bantuan akan sampai ke pihak yang membutuhkan. “Pagi-pagi sekali saya sudah bicara dengan BNPB dan Menko Kesra untuk memastikan, harus ada bantuan dari pusat, TNI kita kerahkan membantu mengamankan tempat-tempat yang ditinggalkan penghuninya, yang berkumpul di tempat pengungsian. Pendek kata sekarang semua sedang mengemban tugasanya,” katanya. Presiden dalam kesempatan tersebut juga mengimbau kepada masyarakat dan semua pihak turut serta membantu para korban banjir, antara lain dengan membentuk dapur umum. Presiden menjelaskan, banjir di Jakarta kali ini, merupakan yang terbesar setelah banjir yang terjadi lima tahun lalu. Bahkan Kompleks Istana Kepresidenan pun tak luput

Mimpi ... dari Halaman 1 Selain itu, pembangunan di Jakarta dan Jawa adalah konsep peninggalan Belanda. Soekarno ingin membangun sebuah ibu kota dengan konsepnya sendiri. Bukan peninggalan penjajah, tapi sesuatu yang orisinil. “Jadikanlah Kota Palangkaraya sebagai modal dan model,” ujar Soekarno saat pertama kali menancapkan tonggak pembangunan kota ini 17 Juli 1957. Satu hal lagi, seperti Jakarta yang punya Ciliwung, Palangkaraya juga punya punya sungai Kahayan. Soekarno ingin memadukan konsep transportasi sungai dan jalan raya, seperti di negaranegara lain. Soekarno juga ingin Kahayan secantik

sungai-sungai di Eropa. Di mana warga dapat bersantai dan menikmati keindahan kota yang dialiri sungai. “Janganlah membangun bangunan di sepanjang tepi Sungai Kahayan. Lahan di sepanjang tepi sungai tersebut, hendaknya diperuntukkan bagi taman sehingga pada malam yang terlihat hanyalah kerlapkerlip lampu indah pada saat orang melewati sungai tersebut,” kata Soekarno kala itu. Untuk mewujudkan ide itu Soekarno bekerjasama dengan Uni Soviet. Para insinyur dari Rusia pun didatangkan untuk membangun jalan raya di lahan gambut. Pembangunan ini berjalan dengan baik. Tapi seiiring

dengan terpuruknya perekonomian Indonesia di awal 60an, pembangunan Palangkaraya terhambat. Puncaknya pasca 1965, Soekarno dilengserkan. Soeharto tak ingin melanjutkan rencana pemindahan ibukota ke Kalimantan. Jawa kembali jadi sentral semua segi kehidupan. Kini Jakarta makin semrawut, sementara pembangunan di Palangkaraya berjalan lambat. Hampir tak ada tanda kota ini pernah akan menjadi ibukota RI yang megah. Hanya sebuah monumen berdiri menjadi pengingat Soekarno pernah punya mimpi besar memindahkan ibukota ke Palangkaraya.(yahc)

Gugatan ... dari Halaman 1 Juga Pihak Terkait yakni pasangan Jantje Wowiling Sajouw dan Ivan Sarundajang (JWS-Ivansa) berharap MK menolak gugatan Pihak Pemohon yakni CNR-DJT. Seperti diketahui, CNRDJT melalui kuasa hukumnya Daniel Tonapa Masiku, menyatakan telah terjadi pelanggaran yang dilakukan KPUD Minahasa dan KPUD Sulut. Pelanggaran tersebut berupa pengakomodiran pemilih yang tidak masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) maupun Daftar Pemilih Sementara (DPS) oleh Termohon dengan menerbitkan Surat Edaran pada 10 Desember 2012. Menariknya, dalam sidang nama Gubernur Sulut Dr SH Sarundajang

(SHS) disebut. Dimana, terbitnya Surat Edaran itu, lanjut Masiku, tidak terlepas dari adanya pertemuan Gubernur Sulut dengan seluruh Hukumtua (kepala desa) yang ada di Minahasa, dan penggantian secara mendadak Ketua KPUD Minahasa yang dilakukan oleh KPUD Sulut. “Gubernur Sulawesi Utara merupakan ayah kandung dari Calon Bupati dari Pihak Terkait,” ungkap Masiku dalam sidang perdana. Namun, tuduhan itu dibantah SHS, dengan menyebut bahwa pertemuan para Hukumtua dengan Gubernur di rumah pribadi Gubernur di Kelurahan Kinali Kecamatan Kawangkoan, tidak ada kaitan dengan Pilkada Minahasa. “Pertemuan dan

pengeluhan para Hukumtua tersebut merupakan hal yang wajar. Karena tidak ada aturan yang melarang para Hukumtua (Kepala Desa) tersebut untuk bertemu dan menyampaikan berbagai aspirasi/pengeluhan mereka kepada Gubernur. Hal ini pula karena dalam konstelasi ketatanegaraan Hukumtua (Kepala Desa) dipilih oleh rakyat, bukan ditunjuk atau diangkat oleh Bupati. Karena itu Hukumtua juga punya landasan yuridis untuk bertemu dengan Gubernur dan menyampaikan berbagai aspirasi mereka,” ujar Kabag Humas Pemprov Sulut, Jackson Ruaw STTP MSi, dalam rilis yang diterima Swara Kita, sehari setelah pernyataan kuasa hukum CNR-DJT.(dewe)

BERITA KEHILANGAN 1. BPKB NO. 29369648

HONDA GL PRO

THN 2000 - DB 6225 AA

2. BPKB NO. 29369658

HONDA LEGENDA

THN 2000 - DB 6227 AA

Dirikan ... dari Halaman 1 Melalui BBM yang diterima redaksi KapanLagi.com®, Atiqah menyatakan lewat Adik Karuniawan, manajernya, bahwa dia mendirikan Posko Kesehatan RSCC di rumahnya di Kampung Melayu Kecil V/24 Bukitduri RT 04/09, untuk membantu korban banjir. Atiqah menyatakan bahwa dirinya juga menampung sumbangan untuk korban banjir seperti obat-obatan, susu, selimut, dan pembalut yang bisa didonasikan melalui Novi di nomor 0218291657. “Semoga banjir di Jakarta segera diatasi,” katanya. Bukan kali pertama ini saja Atiqah memutuskan membuat posko di rumah, di tahun-tahun sebelumnya putri dari aktivis Ratna Sarumpaet ini memang sudah mendirikan posko banjir.(kplc)

3. BPKB NO. 2936948 S HONDA GL PRO

THN 2000 - DB 6228 AA

4. BPKB NO. 2936948 S HONDA LEGENDA

THN 2000 - DB 6229 AA

5. BPKB NO. 7784377 S HONDA ASTREA

THN 2000 -

5990 AK

6. BPKB NO. 0159586 S MITSUBISHI PS 120 THN 2000 - DB 8547 AZ

Semua BPKB tersebut, atas nama PT. SULUT MAKMUR PERKASA Hub: 0431 - 813444

IBUKOTA Jakarta yang terendam banjir.

dari banjir kali ini. “Kita masih ingat dulu 2007 bahkan lebih besar, semua tempat yang tadinya tidak kena jadi kena, Istana Negara kantor saya juga kena tadi pagi, sekarang sudah susut, tempat yang langganan yang banjir kena lagi,” kata Presiden. Sementara itu, Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan cuaca buruk masih akan melanda seluruh wilayah Jakarta dan Jawa Barat sampai akhir pekan ini. “Perkiraannya menurut hasil pantauan satelit hingga 2-3 hari ke depan,” kata peneliti cuaca dari BMKG Bandung, Deni Septiadi, Kamis (17/1) kemarin. Ia mengatakan, jika dilihat dari kondisi regional, posisi matahari saat ini berada di selatan sehingga Pulau Jawa akan menerima lebih banyak massa udara yang lembab dari Benua Asia. Hal inilah yang menyebabkan hampir seluruh daerah di Jawa, terutama bagian barat, lebih basah dari biasanya. “Ada tekanan rendah yang berpotensi menjadi badai, seperti badai tropis di Australia kemarin. Dari pantauan satelit, daerah Jawa bagian barat memang tertutup dominan dengan awan. Ini kondisi pasca badai tropis di Australia beberapa waktu lalu yang memunculkan bibit-bibit potensi badai,” ujar Deni. Dia juga mengatakan,

kondisi seperti ini berpotensi pada terjadinya bencana alam seperti longsor dan banjir. Curah hujan pun merata terjadi di seluruh Jawa Barat. Meski intensitas hujannya ringan, namun justru hujan seperti inilah yang memicu bencana, terutama longsor. “Hujan gerimis tapi terusmenerus sehingga berpotensi lebih besar memicu bencana. Kondisi tanah di Jawa Barat juga banyak yang dalam keadaan jenuh dan tidak stabil. Ini akan mudah longsor bila terus tersiram hujan secara konstan,” kata Deni MENDUNIA Di satu sisi, peristiwa ini tidak hanya ramai diberitakan oleh media tanah air, kantor berita di seluruh dunia juga mengabarkannya. Salah satunya adalah Wall Street Journal (WSJ) dalam salah satu artikelnya yang berjudul “Floods Paralyze Jakarta” atau “Banjir Lumpuhkan Jakarta.” Kantor berita yang bermarkas di New York, Amerika Serikat, ini mengetengahkan banjir besar di ibukota Indonesia. “Banjir sering terjadi di Jakarta pada musim penghujan, tapi Kamis ini genangan akibat hujan lebat terjadi merata,” tulis WSJ. Kantor berita internasional lainnya yang menulis soal Jakarta yang dikepung banjir adalah Al

Jazeera. Dalam artikelnya, kantor berita asal Qatar ini mengambil angle puluhan ribu orang di Jakarta mengungsi akibat banjir. “Banjir memicu evakuasi sedikitnya 20.000 orang dan membawa penderitaan bagi yang lainnya, “ tulis Al Jazeera. Al Jazeera menuliskan bahwa banjir di beberapa tempat di Jakarta mencapai empat meter. “Hujan lebat, penggundulan hutan di selatan Jakarta, perencanaan kota yang buruk dan ratusan sungai dan aliran air menjadi satu menyebabkan banjir. Hal ini bukti buruknya infrastruktur Indonesia, walaupun negara ini memiliki perkembangan ekonomi yang mengagumkan,” tulis Al Jazeera lagi. Kantor berita resmi pemerintah Inggris, BBC, dalam artikel berjudul “Flooding hits Indonesian capital Jakarta” melaporkan tayangan televisi Indonesia yang menampilkan warga di tengah banjir. “Televisi lokal menayangkan warga terendam hampir seleher di beberapa bagian kota, dan banjir mencapai pusat bisnis yang biasanya tidak tergenang,” tulis BBC di situsnya. Sementara itu situs Bloomberg mengetengahkan soal ancaman banjir bagi Istana Negara. Hanya saja, Indonensia diyakini akan bisa melewati bencana yang tengah terjadi.(vinc/ komc/dw)

Polda ... dari Halaman 1 Bukan hanya itu saja, namun pihak terus mencari solusi agar kejadian tersebut tidak akan terulang lagi. “Sementara data sudah ada, nanti kita kembangkan, yang pasti nama-nama sudah kami kontongi. Dan kami akan menuntaskan masalah ini secepat mungkin,” ujarnya. Dirinya juga menambahkan, pihaknya telah mempunyai pola penanganan masalah tersebut, dengan cara tentunya melibatkan semua unsur baik dari kepolisian, TNI, masyarakat bahkan pun dengan media. “Kalau dulu ada kejadian kecil itu yang hanya ditangani Polsek, namun sekarang saya hilangkan, sekecil apapun masalah tersebut, harus Polda turun supaya cepat tuntas. Untuk masalah Picuan-Wanga, ada dua Kombes yang diturunkan, untuk membantu kapolres, menyelesaikan masalah Wanga dan Picuan, ada juga Brimob 30 personil dan Polres,” ungkapnya. Atotoy juga meminta agar masyarakat yang ada di dua desa tersebut mempercayakan masalah ini kepada pihaknya, dan jangan bertindak sendirisendiri. Yakin pihaknya

akan mampu menyelsaikan masalah Wanga dan Picuan. “Yakin saja sama Polisi, karena Polisi bermaksud baik, dan kami juga ingin yang terbaik untuk masyarakat. Yang jelas, semaksimal mungkin kami akan lakukan, sehingga secepat mungkin akan terungkap, karena salah satu solusi agar Wanga dan Picuan redam, yakni menangkap para pelaku,” tambahnya. Sementara itu, situasi dan kondisi antara Desa Wanga dan Picuan, saat ini sudah mulai kondusif, namun juga masih terdapat baik Warga Wanga dan Picuan tetap berjaga-jaga. Dimana banyak petugas dari Brimob Polda Sulut dengan senjata lengkap yang berjaga, dibantu Polres Minsel dan juga anggota TNI. Untuk informasi penguburan korban tarkam, Jayus Rumengen warga Wanga Jaga II, akan dilakukan, Jumat 18 Januari 2013 (hari ini, red). Sementara itu, kunjungan kerja Kapolda Sulut Brigjen Pol Drs Dicky Atotoy, bersama dengan perwira tinggi di jajaran Polda Sulut, Kamis (17/1) kemarin, dimanfaatkan oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah

(Forkopinda). Dalam dalam pertemuan tersebut, Forkopinda Minsel bersama dengan Kapolda membahas masalah konflik yang terjadi antara desa Wanga dan Picuan yang sampai menimbulkan korban jiwa. Hadir dalam pertemuan dengan Kapolda Sulut Brigjen Pol Drs Dicky Atotoy, di antaranya Bupati Minsel Christiany ‘Tetty’ Paruntu SE, Wakil Bupati Minsel Drs Sonny ‘Frans’ Tandayu, Ketua Dekab Minsel Boy Tumiwa BSc SH, ketua Pengadilan Negeri (PN) Amurang Ivon Maramis SH, serta seluruh pejabat dilingkup Pemkab Minsel, serta perwira tinggi Polda Sulut dan Polres Minsel. Bupati Tetty, menjelaskan pertemuan Forkopinda Minsel dengan Kapolda, salah satunya membahas masalah konflik di Wanga dan Picuan. “Kami dalam kesempatan tersebut membicarakan masalah konflik antara Wanga dan Picuan, agar secepatnya dituntaskan. Dan kami sangat yakin bapak Kapolda dan jajaran akan mampu menyelesaikan masalah di Picuan,” ujar Tetty.(esem/sl)

Tahun ... dari Halaman 1 Tapi hal ini bisa terjadi dan bahkan bisa juga akan terseret sampai ke meja hijau, apabila aparat penegak hukum yakni Kepolisian dan Kejaksaan benar-benar bekerja dengan baik. Sementara, untuk perekonomian dan pembangunan dibawah pemerintahan Bupati Sehan Landjar dan Wakil Bupati Medy Lensun, diprediksikan akan ada perkembangan dan perubahan sekaligus bisa dirasakan langsung

oleh masyarakat. Karena tahun ini, Pemerintah pusat telah menganggarkan anggaran belanjah daerah atau APBD untuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim, sebesar RP 300 Miliar lebih. Namun hal ini bisa berjalan dengan baik, serta sesuai harapan masyarakat, jika pimpinan para Bendahara dan PPTK di masing-masing jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim, yang

ditempatkan oleh Bupati dan Bapperjakat, tidak akan melakukan penyelewangan anggaran seperti tahun-tahun sebelumnya, hingga mengakibatkan disclaimer dua tahun berturutturut. Namun hanya satu harapan masyarakat Boltim, Pemerintah dapat mewujudkan fisi dan misi Bupati Sehan Landjar, yang selalu disuarankan dihadapan rakyat, yaitu p e m b a n g u n a n perekonomian yang berbasis pedesaan.(*)


JUMAT 18 JANUARI 2013

Ekonomi China siap keluar dari pelambatan PEREKONOMIAN China diperkirakan segera lepas dari siklus pelambatan yang terjadi dalam tujuh triwulan terakhir. Ini seiring dengan rencana pemerintah negeri itu merealisasikan proyek-proyek infrastruktur. Seperti dinyatakan ekonom Samuel Sekuritas Indonesia Lana Soelistianingsih dalam analisanya di Jakarta, Kamis (17/1/2013), proyek-proyek itu antara lain jalan kereta api dan jalan raya pada semester kedua tahun ini. Hal itu merupakan bagian dari kebijakan stimulus fiskal dan moneter bagi perekonomian negeri Tirai Bambu itu. Biro Statistik Nasional China besok akan mengumumkan pertumbuhan ekonominya pada kuartal keempat tahun lalu. Analis memperkirakan pertumbuhan ekonomi akan mencapai 7,8 persen dibanding tahun sebelumnya (YoY), membaik dari pertumbuhan triwulan lalu sebesar 7,4 persen. Pengumuman besok termasuk data factory output yang diperkirakan naik 10,2 persen (YoY) pada bulan Desember, dari 10,1 persen pada bulan November. Ini akan diikuti penjualan ritel yang naik 15,1 persen dibanding bulan sebelumnya (MoM) dari 14,9 persen MoM pada bulan November. Fixed assets investment meningkat 20,7 persen. Lana menegaskan, perbaikan ekonomi China ini sebagai indikasi ada perbaikan ekonomi di Uni Eropa dan Amerika Serikat. Keduanya merupakan mitra ekonomi utama China.(komc)

Raskin perdana 2013 segera disalurkan Bulog: Stok beras cukup untuk penuhi kebutuhan masyarakat Manado—Penyaluran beras masyarakat miskin (Raskin) perdana di tahun 2013 khusus untuk Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) segera terealisasi. “Kami sudah siap untuk menyalurkan raskin di tahun 2013, dan saat ini tinggal menunggu Surat Keputusan (SK) Gubernur Sulut saja,” kata Kepala Perum Bulog Divre Sulut,

Benhur Ngkaimi. Menurut Benhur, Bulog sudah siap menyalurkan raskin tapi tinggal tunggu alokasi yang nanti dikeluarkan Gubernur, sebab ada kemungkinan terlambatnya pemasukan data dari kabupaten/kota. “Mudah-mudahan secepatnya raskin di awal tahun ini akan segera di salurkan untuk

memenuhi kebutuhan masyarakat penerima beras miskin di Sulut,” katanya. Menurutnya, data yang nantinya dimasukan kabupaten/kota nantinya akan terjadi perubahan, apakan bertambah atau berkurang, sehingga laporan tersebut sangat dibutuhkan pemerintah provinsi untuk ditindaklanjuti menjadi surat

keputusan. Dikatakannya, saat ini stok beras bulog sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. “Masyarakat tidak perlu cemas karena stok yang ada di gudang gudang penyimpanan kami masih sangat banyak, bahkan stok yang ada bisa mencapai 3 bulan ke depan,” pungkasnya.(haer)

SWASEMBADA PANGAN

Indonesia butuh penyuluh petani handal

Harga minyak naik karena pasokan di AS turun

BURSA saham Wall Street masuk ke dalam kinerja bervariasi (mixed) pada Rabu (16/1/2013) waktu setempat, (Kamis pagi WIB), karena masalah pesawat terbaru Boeing membayangi pendapatan kuat dari bankbank terkemuka.Indeks Dow Jones Industrial Average berakhir turun 23,66 poin (0,17 persen) pada 13.511,23. Indeks S&P 500, naik tipis 0,29 poin (0,02 persen), menjadi 1.472,63. Indeks komposit teknologi Nasdaq naik 6,77 poin (0,22 persen) menjadi 3.117.54. Kinerja yang lumayan terjadi ketika Boeing kembali menjadi berita utama, karena pesawat 787 Dreamliner yang dioperasikan oleh All Nippon Airways melakukan pendaratan darurat di Jepang. ANA dan Japan Airlines, dua maskapai penerbangan terbesar di Jepang, melarang terbang armada 787 mereka untuk pemeriksaan keamanan, sebuah langkah menyusul serangkaian insiden yang mendorong sebuah peninjauan keselamatan federal AS. Saham Boeing, anggota Dow, turun 3,4 persen. JP Morgan Chase dan Goldman Sachs, keduanya naik setelah membukukan laba sesuai harapan. JP Morgan naik 1,0 persen, sementara Goldman melonjak 4,1 persen. Hasil laba juga mendorong bank-bank terkemuka lainnya, termasuk Bank of America naik 2,0 persen yang melaporkan pada Kamis dan Morgan Stanley naik 0,5 persen yang melaporkan pada Jumat. Apple, yang telah berada di bawah tekanan jual akhirakhir ini karena kekhawatiran tentang permintaan untuk iPhone terbarunya, melonjak 4,2 persen. Hewlett-Packard melonjak 4,1 persen di tengah berita bahwa ia menerima keinginan pembeli potensial untuk unit Outonomy-nya. Dell, yang menguat di sesi terakhir di tengah spekulasi bahwa pihaknya akan segera “go private”, menyerahkan beberapa dari kenaikannya, jatuh 4,3 persen. Saham General Motors turun 4,2 persen menyusul laporan dari asosiasi perdagangan mobil Eropa yang menempatkan penjualan 2012 di tingkat terendah sejak 1995. Saham Ford juga mundur, sebesar 0,6 persen. Cobalt International Energy, sebuah perusahaan eksplorasi, kehilangan 7,1 persen setelah mengumumkan akan mengeluarkan 40 juta saham tambahan.(komc)

Kekeringan di Amerika Selatan dorong harga kedelai KEKERINGAN yang masih melanda kawasan Amerika Selatan berdampak pada produksi kedelai di daerah tersebut. Akibatnya, permintaan kedelai ke Amerika Serikat meningkat. Hal itu mendorong harga kedelai di pasar internasional. Harga kedelai naik kembali ke harga tertinggi tiga minggu terakhir, setelah kemarin turun karena aksi jual investor. Harga kedelai Maret naik 1,6 persen menjadi 14,365 dollar AS per gantang di CBOT. Harga kedelai sempat menyentuh 14,36 dollar AS, yang merupakan harga tertinggi sejak 26 Desember 2012. Support 13,83 dollar AS dan resistant 14,96 dollar AS per gantang.(komc)

Perikanan tangkap ditargetkan naik 5% Manado—Realisasi perikanan tangkap Provinsi Sulut ditargetkan naik 5 persen pada tahun 2013 ini. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulut, Ronald Sorongan mengatakan, pihaknya menargetkan produksi perikanan tangkap tahun 2013 mampu mencapai 234.953 ton atau mengalami peningkatan sekitar 5 persen dibandingkan realisasi tahun 2011 yang hanya sebanyak 225.777 ton. “Produksi perikanan tangkap sebanyak ini diharapkan mampu diproduksi nelayan di 13 dari 15 kabupaten/kota yang ada di Sulut,” kata Sorongan. Penyumbang tertinggi, kata terutama diharapkan

PENYULUH pertanian harus dibekali dengan pengetahuan tidak hanya sekadar hingga proses panen, namun juga hingga bagaimana untuk mengolah hasil pertanian itu hingga bagaimana pendistribusian yang efisien.(foto:ist)

Jakarta—Indonesia sebagai negara agraris membutuhkan penyuluh pertanian untuk mengemban tugas sebagai fasilitator dan motivator terhadap para petani dalam rangka meningkatkan kapasitas produksi dan menunjang program swasembada pangan dari pemerintah. Sehingga penyuluh pertanian harus dibekali dengan pengetahuan tidak hanya sekadar hingga proses panen, namun juga hingga bagaimana untuk mengolah hasil pertanian itu hingga bagaimana pendistribusian yang efisien. “Sayangnya ini masih belum dilakukan secaa

maksimal, dan saya rasa ini menjadi sebuah permasalahan yang harus ditemukan solusinya,” ujar Ketua Umum Perhiptani Isran Noor dalam keterangannya, Rabu (15/1/2013) malam. Menurut dia, Indonesia merupakan negara besar yang sepatutnya tidak bergantung dengan produk impor luar negeri. “Karena yang dipertahankan hanya ketahanan pangan, mau menggunakan produk impor atau lokal, yang penting terpenuhi, Ini kelemahan sistem pembangunan bangsa ini. Sehingga yang diuntungkan adalah produsen asing,” paparnya. Isran yang juga Ketua

Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) ini menambahkan diperlukan suatu terobosan langkah nyata untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi para petani di Indonesia. “Secara daya saing sebenarnya petani kita mampu namun kita tidak ingin terus terjebak pada keadaan sekarang, maka disini penyuluh sangat berperan,” tukas Isran. Selain itu, menurut Isran, Pemerintah juga harus membuat undang-undang jika memang menganggap pertanian itu penting, alokasikan anggaran untuk pertanian, sehingga dampaknya tidak hanya

pada petani Indonesia saja, namun akan membawa dampak pada pembangunan Indonesia. Terpisah, Staf Ahli Kementerian Pertanian Prabowo menuturkan, kunci keberhasilan pertanian adalah trading, menurutnya tanpa ada sistem trading yang baik, peningkatan produktivitas dan sumber daya manusia akan menjadi sia-sia. “Kelemahan kita ada tiga, dalam diplomasi, negosiasi dan market intelijen, jika ini tidak ditutupi, jangankan menembus pasar internasional,untuk pasar nasional saja saya rasa akan sulit,” kata Prabowo.(okez)

Banjir, penyaluran BBM tersendat Jakarta—PT Pertamina (Persero) mengaku penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) dari depot ke Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) terganggu akibat banjir yang merata saat ini. Namun, masalah tersebut bisa diatasi dengan bekerjasama dengan pihak

keamanan. Vice President Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir mengatakan, banjir membuat arus lalu lintas terhambat. Sehingga akan menghambat kendaraan tangki Pertamina yang akan menyalurkan BBM ke SPBU. “Tetapi, kalau

kondisi seperti ini, macet dan stuck di mana-mana maka otomatis mobil-mobil tangki akan terganggu juga sehingga pengiriman BBM akan terkendala,” kata Ali, di Jakarta, Kamis (17/1/2013). Ali mengungkapkan, untuk mengatasi kondisi darurat seperti ini,

Pertamina akan bekerjasama dengan pihak keamanan agar mobil tangki yang akan menyalurkan BBM ke SPBU diprioritaskan. “Untuk darurat, kami akan koordinasi dengan pihak kepolisian untuk prioritaskan tangki BBM,” tutup Ali.(okez)

disumbangkan nelayan di Kota Bitung ditargetkan sebanyak 173.221 ton atau berkisar 74 persen pangsanya. “Kota Bitung masih sangat dominan dalam menyumbang kinerja perikanan tangkap di daerah ini, sebab presentasenya masih di atas 70 persen,” katanya. Target produksi perikanan tangkap, katanya, memang tidak sebesar perikanan budidaya, namun demikian pemerintah akan berupaya mengoptimalkan nelayan yang ada. “Kami akan terus mengoptimalkan kinerja nelayan dengan memberikan berbagai teknologi maupun bantuan agar volume yang ditangkap lebih besar,” pungkasnya.(haer)

Banjir surutkan minat investasi di Indonesia Jakarta—Hujan yang merata telah menyebabkan Jakarta terendam banjir. Banjir yang terjadi di beberapa kawasan industri pun telah menurunkan produktivitas perusahaanperusahaan tersebut. Meski Menteri Perindustrian MS Hidayat tidak menyebutkan secara rinci kawasan industri mana saja yang mengurangi produktivitasnya karena banjir. Namun. Hidayat mengatakan, kawasan industri di Jabodetabek tetap menjalankan produksinya meski sedikit menurun. “Sudah tahu industri real estate kebanjiran? Sampai tadi saya monitor kawasan industri banyak yang terkena banjir,” kata dia, di kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Kamis (17/1/2013). Hidayat mengimbau,

PENURUNAN pasokan minyak di Amerika Serikat berdampak pada kenaikan harga minyak dunia. Harga minyak mentah Februari NYMEX di elektronik trading Sidney, Kamis (17/1/2013) dibuka turun 16 sen ke 94,08 dollar AS per barel, sedangkan harga minyak mentah Februari, pada perdagangan kemarin ditutup naik 1 persen menjadi 94,24 dollar AS per barel, Support 89,7 dollar AS dan resistant 99,5 dollar AS per barel. Kenaikan harga juga terjadi pada kontrak minyak Brent di London. Kontrak Februari naik 0,3 persen menjadu 110,61 dollar AS per barel. Kontrak aktif Maret naik 5 sen ke 109,68 dollar AS per barel. Support 108 dollar AS dan resistant 112 dollar AS per barel. Persediaan minyak mentah AS turun 951.000 barel minggu lalu. Konsumsi minyak tanah meningkat 1,1 persen menjadi 18 juta barel, sedangkan konsumsi bensin meningkat 3,9 persen menjadi 8,32 juta barel. Bank Dunia merilis penjualan minyak global diperkirakan tumbuh 1,5 persen selama beberapa tahun ke depan, dipimpin pertumbuhan ekonomi di negara-negara berkembang. Kondisi itu juga akan diimbangi efisiensi bahan bakar otomotif dan listrik, gas alam dan bahan bakar alternatif lainnya di lebih-negara maju.(komc)

Boeing tekan bursa AS, Apple “Rebound”

KINERJA

kepada sentra-sentra industri untuk tetap bekerja dan berproduksi seperti biasa. Dia juga menginginkan penanggulangan secara cepat di kawasan sentra industri. “Jangan sampai proses distribusi terganggu, sentra produksi jangan kebanjiran, kalau itu banjir produksinya akan terganggu,” kata dia. Seringnya terjadi banjir di kawasan industri, dikhawatirkan menganggu minat investor untuk berinvestasi di Indonesia. Menurutnya, dengan kejadian ini sangat mempengaruhi minat investasi asing ke Indonesia. “Seluruh Jabodetabek, mereka masih beroperasi. Mungkin intensitasnya yang berkurang karena karyawannya ada terhambat kinerjanya,” tukas dia.(okez)

Pemerintah produksi 15 juta dosis vaksin flu burung Jakarta—Pemerintah memutuskan segera memproduksi 15 juta dosis vaksin flu burung kelompok (clade) 2.3.2. Meski begitu, vaksinasi terhadap itik atau bebek akan menemui kendala mengingat sistem pemeliharaan itik atau bebek banyak yang berpindah tempat. Menteri Pertanian Suswono menyatakan hal itu, Rabu (16/1/2013), seusai membuka Rapat Kerja Nasional Sektor Pertanian 2013 di Kementerian Pertanian (Kementan), Jakarta. Suswono menyatakan, Kementan telah berhasil mengidentifikasi kelompok virus flu burung dalam sebulan. Selanjutnya akan membuat vaksin. Pada awal Februari 2013 1 juta vaksin flu burung 2.3.2 akan diproduksi. Karena populasi itik nasional mencapai 46 juta ekor, produksi vaksin diperkirakan akan mencapai 15 juta dosis. Vaksin tahap awal akan diproduksi pemerintah. Selanjutnya swasta juga akan memproduksi. “Semua vaksin akan diproduksi di dalam negeri,” tutur Suswono. Terkait penanggulangan vi-

rus flu burung 2.3.2, Kementan sudah mengajukan tambahan anggaran Rp 221 miliar untuk program depopulasi. “Kami berharap ada penggantian uang 100 persen untuk peternak yang bebeknya terpaksa didepopulasi,” katanya. Suswono menyatakan, vaksinasi akan terkendala karena itik atau bebek sebagian masih dipelihara secara berpindah. Oleh karena itu, pemerintah mengimbau agar itik atau bebek dipelihara dengan pola kandang. Tantangan lain, dengan pengandangan itik atau bebek, biaya produksi harus lebih murah. Oleh karena itu, pemerintah akan mendukung peternak untuk meringankan biaya produksi, tetapi modelnya akan dipelajari. Suswono menyatakan, penanganan virus flu burung 2.3.2 masih bisa dikendalikan. Oleh karena itu, pemerintah tidak menetapkan kejadian luar biasa flu burung 2.3.2. Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa menyatakan, usulan penambahan anggaran flu burung Kementan akan dibahas dalam rapat koordinasi pangan.(komc)

Kemenakertrans bentuk satgas pemantau ancaman PHK Jakarta—Untuk memantau ancaman terjadinya pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap pekerja atau buruh yang diakibatkan oleh penerapan kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) tahun ini, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi membentuk Satuan Tugas (Satgas) Khusus Pemantauan Ancaman PHK. Satgas ini bertugas

melakukan koordinasi dengan dinas-dinas tenaga kerja di di seluruh Indonesia untuk melakukan pengumpulan informasi, pendataan, dan pendampingan, terkait antisipasi terjadinya PHK pekerja atau buruh akibat kenaikan UMP di daerah-daerah. Demikian disampaikan Kepala Biro Humas Kemenakertrans Suhartono, Rabu (16/1/

2013) malam tadi. Sebelumnya, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar menggelar konperensi pers untuk membentuk Satgas Pemantau Ancaman PHK. “Satgas terus memantau agar tidak ada satu pun PHK yang diakibatkan oleh kenaikan UMP. Satgas ini menjadi deteksi dini, sehingga pelaksanaan UMP 2013 itu tidak

mengganggu kinerja perusahaan dan tidak mengakibatkan PHK pekerja atau buruh” kata Suhartono. Ditambahkan, jika ada perusahaan yang benarbenar mau PHK dengan alasan UMP, maka dipersilakan untuk berkoordinasi dengan dinas tenaga kerja setempat lebih dulu. “Nanti akan dicarikan jalan keluar

dengan berbagai kemudahan termasuk penangguhan pelaksanaan UMP,” katanya. Menurut dia, yang paling penting adalah mencegah dan menghindari terjadinya PHK pekerja atau buruh terkait UMP. Dinas-dinas tenaga kerja akan menelusuri dan melakukan pengecekan bersama dengan melibatkan pengusaha

serta serikat pekerja, untuk memastikan apakah memang perusahaan itu tidak mampu menerapkan UMP dan kondisinya terancam PHK. S u h a r t o n o menambahkan, serikat pekerja dan perusahaan diminta untuk berkoordinasi secara bipartite untuk menghindari PHK di perusahaannya.(komc)


JUMAT 18 JANUARI 2013

SWARA KAMI

SWARA ANDA

Sistem masih memenjara

Hapus Depag?

KEMBALI pada titik pergulatan sejarah. Masa lalu miris manakala koran-koran, majalah, buku-buku, dan alat-alat pendidikan rakyat lainnya, yang kritis dan berani berbeda dengan pandangan penguasa, dibredel. Para awak media yang tidak menghendaki pengawasan sepihak atas informasi oleh pemerintah dikirim ke penjara. Kaum buruh yang ditindas secara ekonomi, diintimidasi, diteror bahkan dilenyapkan. Kaum tani semakin sulit mempertahankan tanahnya dan hak-haknya karena harus harus berhadapan dengan militer yang apabila mereka melawan jarahan kaum kapitalis. Semua logika kekuasan itu dipelihara dengan tujuan menjaga stabilitas akumulasi modal. Waktu berputar, berlari meninggalkan manusia pada sebuah realitas keterbelakangan, manusia mengejar dan menjaring angin, dalam obsesi, nafsu dan angkara. Bagaimana upaya pencerdasan masyarakat bagi sejarah masa depan yang gemilang? Mungkin saja masih berupa mimpi sampai hari ini. Kata sebuah teori, jika hendak menaturalisasi budaya bangsa, maka kita harus membangun budaya yang esensinya untuk praksis pembebasan bagi masyarakat, tanpa membiaskan nilainilai tradisi-budaya yang ada. Kenyataan yang harus disesali hari ini, masyarakat kita masih tetap tertinggal dalam ketidakpuasan sebab sistem ternyata masih bersandiwara. Suatu esensi yang terletak pada keambiguitasan idea pada relasi kekuasaan. Di mana saja sudah ada berbagai produk aturan yang ditelurkan sistem. Sangat ironis, praksis kekuasaan dengan hukum-hukum yang seakan-akan untuk melindungi prilaku manusia, termasuk tentang moralitas di dalamnya, kini berdiri jauh dari hadapan rakyat, lalu memaki dan meludahi kemanusiaan. Realita kemiskinan, realita ketertindasan dan bentuk kejahatan terhadap kemanusiaan, realita eksploitasi sistemik, realita peperangan, soal keadilan dalam kehidupan sehari-hari, sampai pada generasi lanjutannya; hal itu merupakan realita masyarakat yang menyejarah. Perjalanan tiada ujung. Suatu teori bukan hukum, pun hukum dipertanyakan, dirombak, berganti tanpa henti. Kelak, peradaban menjadi pertanyaan, yang mana yang disebut modern, mana yang tradisional. Mana teknologi, mana kearifan lokal, semua lalu jadi bias karena masyarakat modern sudah bosan dengan kemodernannya, beralih ke kaedah naturalis dan pascastrukturalis. Pluralisme yang dikotbahkan seperti penawar rusuh, disebut sebagai pilihan yang paling mungkin untuk diterakan pada sistem negara. Hanya deras teori yang menggelayut dalam wacana seminar-seminar dan sosialisasi tanpa henti di layar tiga dimensi. Diumumkan seperti cerita dongeng bersambung yang sudah memekakkan dinding-dinding sistem yang tuli terhadap kemanusiaan yang hilang jejak. Atau konstruksi negara berdasarkan keberagaman sehingga kelebihan dan kekurangan masing-masing berkompetisi menemukan sesuatu yang baru tanpa meniadakan yang lain. Sedangkan, ada suatu sistem yang telah mereposisi uang, sebagai salah satu kebutuhan esensi dalam kehidupan manusia, dan hal ini juga merupakan realita masa kini. Lalu bagaimana dengan realitas pembedaan manusia yang terjadi pada masyarakat dewasa ini? Apakah harus dikeluarkan seperangkat perundangan dan peraturan agar tidak terjadi adanya masyarakat kelas? Ataukah harus dipasrahkan oleh semacam takdir yang terjadi di tengahtengah masyarakat? Kita hanya mampu meminimalisirnya, dengan memberikan sedikit candu tentang budaya ambigu. Lalu apakah berarti kita harus meniadakan seperangkat hukum dan aturan yang mengontrol masyarakat? Tentu saja tidak. Tetapi bukan berarti hukum dan aturan untuk mengontrol masyarakat, ditujukan hanya untuk sekadar mengontrol masyarakat hingga sampai kepada moralitasnya. Karena hal tersebut telah terbukti sebagai alat bagi pembodohan masyarakat. Praksis yang paling utama adalah praksis pencerahan, agar masyarakat sadar dan cerdas akan realita yang tengah dihadapi olehnya. Kriteria bentukan manusia yang memproklamirkan moderenitas, normativitas muncul di luar kesadaran zaman modern itu sendiri. Sayang belum ada pengejawantahan normatif yang memadai bagi prinsip subjektivitas. Karena dilema selanjutnya adalah mempertanyakan, bagaimana dengan subjektivitas yang negatif? Padahal semua rakyat mengharap bahwa suatu ketika pemerintahan yang berwatak demokratik dan kerakyatan haruslah hadir dengan arah jelas tentang masa depan rakyat, serta punya jalan keluar bagi berbagai persoalan yang kini sementara berlangsung di tanah air kita. Berkaitan dengan semangat perubahan yang merupakan kerinduan rakyat berwujud pada sejumlah model yang dikembangkan di tingkat lokal seperti model pengelolaan sumberdaya alam berbasis komunitas. Hal ini menunjukkan bahwa kepercayaan diri rakyat mulai tumbuh dan secara bertahap melepaskan diri dari ketergantungan. Catatkan lagi: Ada memang yang mesti dipilah dan dibedakan secara diametral. Walau, sistem masih pada perspektif seperti ini, kalau bukan benar berarti salah, kalau bukan kiri berarti kanan. Kesimpulan lahir tidak berdasarkan analisa yang kuat terhadap permasalahan yang menjadi akar persoalan. Lalu, kesimpulan tidak pernah tuntas, selalu ada yang ragu-ragu dan was-was. Episode baru. Waktu yang membawa kita pada kesimpulan yang masih bisa direvisi. Kesimpulan awal bagi sebuah sejarah baru peradaban. Ambiguitas, tanya pada sistem. Bias nilai yang mendua dan seterusnya adalah peran salah kaprah. Melangkah lagi tinggalkan waktu yang sering memenjarakan kemanusiaan. Seperti sistem, yang juga, mestinya dievaluasi ketika ternyata ia sudah tumbuh menjadi tembok memenjarakan kemanusiaan adil dan beradab.

IKAN TUNA:

Mencegah pembentukan racun histamin (5) Oleh Zalniati Fonna Rozali TEKNIK PEMBONGKARAN IKAN DI PELABUHAN S e w a k t u pembongkaran muatan, sebaiknya hasil tangkapan dipisahkan ber-dasarkan waktu penangka-pan. Proses perpin-dahan harus dilakukan dengan ce-pat

dan hati-hati serta tidak menggunakan peralatan yang tajam dan kasar. Suhu dingin, es dan kontak lang-sung dengan si-nar matahari harus tetap di-jaga karena kesegaran ikan bersifat sementara. Selama pendara-tan tersebut ikan tidak boleh diletakkan di lantai

Pada saat ini ikan masih diperlakukan pada suasana dingin sehingga kesegaran-nya tetap terjaga. Kondisi kebersihan personal, sarana dan prasarana harus diperhatikan. Perlakuan seperti ini akan menjamin kualitas ikan segar sampai ke tangan konsumen.

PENANGANAN IKAN DI TINGKAT INDUSTRI PENGOLAHAN Industri pengolahan ikan sebaiknya terlebih dahulu menjalin kerjasa-ma dengan nelayan tuna, agar hasil ikan yang diperoleh benar-banar dalam keadaan segar. Selanjutnya secepatnya diolah menjadi produk unggulan industri tersebut. Ikan yang tidak langsung diolah pada hari itu

dapat disimpan pada refrigerator/chiller dan freezer setelah sebelum-nya disiangi. Sebaiknya proses penyia-ngan dilakukan pada suhu dingin dan dibersihkan de-ngan air bersih dingin me-ngalir. Selama proses dija-ga agar tidak terjadi kontaminasi silang, yaitu ikan yang telah bersih tidak ter-kena kotoran dari ikan lain atau dari peralatan, es, dan orang. (bersambung)

Ekonomi kerakyatan dan pembaharuan desa (4) Oleh: Bambang Hudayana Dosen pada Jurusan Antropologi FIB UGM dan OC FPPD Yogyakarta Desentralisasi dan otonomi juga harus diwujudkan agar terjadi proses redistribusi ekonomi, keadilan dan pemerataan. Ia juga mengamanatkan bahwa ekonomi kerakyatan merupakan gerakan ekonomi yang tumbuh dari masyarakat. Empat tahun belakangan ini Prof Mubyarto juga menaruh perhatian terhadap program pembaharuan desa di era reformasi dan khususnya otonomi desa. Namun beliau belum

memberikan sebuah rumusan tentang arah dari otonomi desa dalam kerangka penguatan ekonomi kerakyatan. Dalam benak saya, otonomi desa akan lebih bermakna bila justru mendorong terwujudnya gerakan ekonomi kerakyatan. Tanpa mengambil pilihan ini maka pembaharuan desa yang salah satu agendanya mempromosikan otonomi desa (OTDES) akan kehilangan maknanya.

Ada beberapa alasan yang susah diabaikan. Pertama: Pemerintahan desa merupakan lembaga paling dekat dengan kehidupan sehari-hari orang desa yang kebanyakan menghadapi masalah keterpurukan ekonominya, sehingga seharusnya lebih sensitif terhadap permasalahan ekonomi yang dihadapi warganya. Kedua: sesuai aliran romantisme bahwa pemerintahan desa pada masa lalu justru menjadi institusi lokal yang bekerja untuk mengelola ekonomi dalam kerangka terwujudnya masyarakat sejahtera (welfare society).

Tanah kas desa dan kekayaan lainnya, misalnya bukan hanya untuk mendanai anggaran desa, tetapi juga menjadi sumber penghasilan warganya. Ketiga: Desa dapat menjadi filter masuknya kapitalis yang dapat berdampak negatif bagi ekonomi desa. Keempat: desentralisasi di tingkat Desa tidak akan menjawab kemiskian dan kerapuhan ekonomi desa bila tidak dialokasikan sebesarbesarnya untuk program ekonomi. Masalahnya klasik untuk mempromosikan pembaharuan desa yang mengembangkan ekonomi

kerakyatan yang selalu muncul adalah dukungan regulasi. Bahkan UU 32/ 2004 sepertinya tidak memberikan otonomi yang luas kepada Desa. Terlepas dari ada tidaknya regulasi, prakarsa mewujudkan ekonomi kerakyatan menjadi bagian yang terpenting dari pembaharuan desa. Apabila ekonomi kerakyatan tidak menjadi visi dan misinya, maka pemerintahan desa akan menjadi beban ekonomi bagi warganya.

(bersambung)

HAM dan kebebasan beragama (19/selesai) Oleh: Siti Musdah Mulia Sekjen Indonesian Conference on Religion for Peace Takenfrom: http://www.icrp-online.org

Redaksi REDAKSI menerima tulisan dalam bentuk opini, cerita, puisi atau apa saja. Redaksi berhak mengedit tulisan tanpa mengurangi makna yang dikandung tulisan itu. Kirimkan tulisan anda ke: redaksi@swarakita-manado.com atau langsung di antar ke redaksi d/a: Mega Smart VIII No.7 Kawasan Mega Mas Boulevard Manado Telp: 0431 841060, Fax: 0431 841071

PENANGANAN IKAN DI TINGKAT PEDAGANG

Cita-cita luhur dan ideal inilah yang mendasari para pendiri republik ini (the founding fathers) ketika merumuskan dasar negara Pancasila dan UUD 1945, khususnya pasal 29 tentang kebebasan beragama. Spirit kebangsaan mereka hendaknya menjadi acuan dalam membangun peradaban bangsa ini ke

depan sehingga tidak ada alasan untuk tidak mewujudkan kebebasan beragama dan berkeyakinan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagaimana digariskan oleh para pendiri republik tercinta ini. Akhirnya, sebagai rekomendasi untuk solusi

ke depan, penulis mengajak seluruh elemen bangsa, seluruh unsur civil society: kelompok akademisi, korporasi, agamawan, dan budayawan agar membangun sinergi, bergandeng tangan, bahu membahu untuk menegakkan hak dan prinsip kebebasan beragama di negeri ini melalui upaya-upaya konkret sebagai berikut. Pertama, melakukan upaya-upaya rekonstruksi

budaya melalui jalur pendidikan dalam arti yang seluas-luasnya, baik pendidikan formal, nonformal maupun informal. Perlu sekali mengubah budaya masyarakat yang eksklusif, intoleran, dan senang kekerasan menuju budaya inklusif, toleran, cinta damai dan pluralis. Kedua, merevisi sejumlah undang-undang dan peraturan yang tidak kondusif bagi terwujudnya kebebasan beragama di tanah air, seperti RUU

KUHP, khususnya bab tentang Tindak Pidana terhadap Agama dan Kehidupan Beragama. Ketiga, mengembangkan reinterpretasi ajaran agama yang lebih kondusif bagi pemenuhan hak kebebasan beragama. Itulah ajaran agama yang hakiki, ajaran yang membebaskan manusia dari belenggu tirani dan kebencian, ajaran yang akomodatif terhadap nilai-nilai kemanusiaan. Wa Allah a’lam bi as-shawab.(*)

SAYA pernah membaca satu artikel yang membahas tentang kolom agama yang sampai saat ini masih ada di Kartu Tanda Penduduk (KTP) kita. Dalam artikel tersebut dikatakan yang mana pada kolom agama tersebut hanya dimungkinkan tertulis: Islam, Kristen, Hindu, Budha, Katolik dan belakangan ini Konghucu. Padahal, pada kenyataan di masyarakat tidak sedikit orang yang menganut kepercayaan lokal, seperti menganut kejawen, Sikh, Sinto dan lain sebagainya. Di beberapa negara selain Indonesia, identitas diri semacam KTP-nya Indonesia sudah tidak mencantumkan kolom agama. Dan saya pikir saya juga mendukung apa yang dilakukan di beberapa negara itu supaya tidak mencantumkan lagi kolom agama. Ada beberapa artikel yang saya baca juga dengan nada yang sama. Berikut ini coba saya petikkan dan menjadi perenungan kita. “Hapus kolom agama di KTP harus disertakan dengan penghapusan Departemen Agama (Depag).” Pertimbangannya ialah, agama berkembang di negara kita ini tumbuh tanpa adanya departemen yang mengatur. “Departemen agama adalah ciptaan untuk pemboroskan uang kas negara, karena selama ini tidak dibuktikan kehidupan umat beragama bertambah baik malah sebaliknya toleransi kaum beragama tidak hidup rukun, aman dan sejahtera. Jadi kalau kalau untuk kehidupan duniawi saja tidak bisa diurus Depag, maka tentu saja tidak ada jaminan Depag bagi umat beragama untuk bisa masuk surga. Jadi membuang-buang uang negara yang sepatutnya dipakai untuk mempertinggi mutu pendidikan ilmu berfaedah untuk mempertinggi kehidupan hidup manusia dari miskin menjadi sejahtera, damai dan aman. “Patut diperhatikan bahwa setiap kali ada jemah haji selalu saja ada problem yang merugikan jemaah haji. Depag tercatat sebagai sarang koruptor, lihat saja pada mantan Menteri Agama, Sadi Agil Husni Al Munawar, yang menyikat uang sebanyak Rp 50.000.000.000.000. Di negeri-negeri yang tidak ada Depag, pengririman jemaah haji tanpa ada problem seperti apa yang biasa dialami oleh jemaah haji dari Indonesia. Sebagai contoh India, mempunyai jumlah umat beragama Islam hampir sama besarnya dengan di Indonesia, tetapi tidak mempunyai Depag. Semua urusan diatur perusahaan wisata.” Karena itu, janganlah kita mau dipermainkan para penjahat masyarakat yang memakai lambang agama dan nama Allah untuk menindas manusia, dan menjadi lebih miskin dalam kebudayaan, sirpitual dan material kehidupan sehari-hari. Nama dan alamat Ada pada redaksi

KOMISARIS UTAMA: Ina Eryana. KOMISARIS: Christianus H. DIREKTUR UTAMA: Meilany Mongilala. DIREKTUR: Hendra Zoenardjy. WAKIL DIREKTUR: Michael Towoliu. PEMIMPIN REDAKSI: Hendra Zoenardjy. WAKIL PEMIMPIN REDAKSI: Donny Wungow. REDAKTUR PELAKSANA: Glenly Bagawie. KOORDINATOR LIPUTAN: MUSYAWARAH REDAKSI: Hendra Zoenardjy, Michael Towoliu, Ronald Rompas, Donny Wungow, Glenly Bagawie. REDAKTUR: Glenly Bagawie, Tonny Mait, Finda Muhtar. REPORTER: Deddy Wakkary, Hanny Rais, Robby Liando. BIRO-BIRO: Glenly Bagawie (TOMOHON), Rommy Kaunang (MINAHASA), Rusdianto Rantesalu (MINUT), Servi Maradia (MINSEL), Stenly Lumempouw (MITRA), Wolter Pangalila (BITUNG), Sam Daleda (SANGIHE-TALAUD), Stenly Gaghunting (SITARO), Verdynan Manoppo (KOTAMOBAGU-BOLMONG), Faruk Langaru (BOLTIM-BOLSEL), Kurniawan Golonda (BOLMUT). KONTRIBUTOR: Syaiful W Harahap (KHUSUS KESEHATAN). FOTOGRAFER: Bobby Rambing, KOORDINATOR ARTISTIK: Fadjrin Haryanto. STAF ARTISTIK: Richard Tamara, Vecky Sentinuwo, Bobby Rambing, Alphen Mamentu. SEKRETARIS REDAKSI: Angelia Natasia Herline. MANAGER IKLAN: Herry Bagau, KOORDINATOR IKLAN: Stembri F Legi. STAF IKLAN: Denny Moningka, Hervy Sumarandak, Malik Thaib, Romel Najoan,Denny Sumolang, Didik Agusprianto. ADMINISTRASI IKLAN: Nancy Bertha. MANAGER PEMASARAN: Noldy Poluan. STAF PEMASARAN: Meisisco Gaghana. DISTRIBUSI: Jendra (Minahasa, Tondano, Tomohon), Sterfi Lumangkun (Bitung), Alfrits Samolah (Minahasa), Marchel Wowor, Denny Poluan, Steven Manengkey (Manado). PACKING: Samiun Hulantu. KOLEKTOR PEMASARAN: Reinold Welong, ADMINISTRASI: Lisa Wuisan. STAF UMUM: Deydi Mokoginta. SEKRETARIS/BENDAHARA PERUSAHAAN: Nancy Bertha. PENERBIT : PT. Sulut Lestari Press, PERCETAKAN: PT. Manado Media Grafika (Isi di luar tanggung jawab percetakan) HARGA Langganan: Rp. 45.000,-/bulan (luar kota tambah ongkos kirim) TARIF Iklan: Rp. 6000/mm kolom (BW), Rp.12000/mm Kolom (FC), ALAMAT: Mega Smart VIII No.7 Kawasan Mega Mas Boulevard Manado, Telp (0431) 841060, Fax: (0431) 841071 PERCETAKAN: Jl. AA Maramis, Kairagi, Manado. Telp (0431) 812777


JUMAT 18 JANUARI 2012

Lakukan operasi payudara? TAYLOR Swift lagi-lagi jadi buah bibir dunia. Kali ini, pelantun tembang I Know You Were Trouble tersebut dikabarkan telah melakukan operasi pembesaran payudara. Benarkah? Demikianlah yang diungkapkan oleh Dr. Michael Fiorillo pada majalah InTouch. Setelah melihat dada Taylor di

ajang People’s Choice Awards pekan lalu, dokter tersebut yakin bahwa penyanyi itu telah melakukan sesuatu pada dadanya. Dada Taylor Swift dulu dan sekarang. “Kalian bisa lihat dia pakai implan,� ungkap Fiorillo. Taylor disebutsebut telah memperbesar dadanya dari ukuran A cup ke B.

Pasalnya, gaun seksi Taylor yang dikenakannya saat itu memang menunjukkan bentuk dada yang lebih penuh dan seksi. Kabarnya, operasi tersebut dilakukan tak lama setelah penyanyi 22 tahun itu putus dari Harry Styles. Apakah itu salah satu cara Taylor menyembuhkan patah hati?.(kplc)

EVA LONGORIA

Ekspose dada di red carpet PENAMPILAN Eva Longoria di ajang Golden Globe 2013 lalu memang mempesona. Sayangnya, moment itu harus rusak gara-gara satu kesalahan teknis. Apa yang terjadi? Seperti dilaporkan oleh The Sun, bagian atas gaun yang dikenakan Eva ini memang sengaja tidak dikancingkan. Alhasil, dada kiri bintang DESPERATE HOUSEWIVES ini pun tampak dari samping. Karena Eva tak mengenakan bra maupun pelindung lain, nipple-nya pun tertangkap jelas oleh kamera. Rupanya, bintang cantik ini juga tak menyadari apa yang dilihat publik. Dalam acara yang digelar di hotel Beverly Hilton tersebut, Eva mengenakan gaun hitam dengan belahan paha cukup tinggi. Sepatu hak tinggi nan cantik juga menjadi pelengkap penampilannya saat itu.(kplc)


JUMAT 18 JANUARI 2013

Tunggal China habis

The ... dari Halaman 16 Klub sudah tak sabar diasuh oleh pelatih berpaspor Spanyol tersebut. “Kami sangat senang bisa berhasil mendapatkan Guardiola, yang telah diminati oleh banyak klub terkenal,” ungkap Karl-Heinz. “Pep Guardiola adalah salah satu pelatih tersukses di dunia. Kami menantikan saat bekerja sama dengannya, yaitu mulai Juli 2013,” sambungnya. Merapatnya Pep ke tim asal Bundesliga ini tentunya menjadi kabar yang cukup mengejutkan. Terlebih, belakangan dirinya lebih sering dikaitkan dengan beberapa klubklub asal Premier League, seperti Manchester City, Chelsea, hingga Arsenal. Munich sendiri sebelumnya enggan berkomentar saat dikaitkan dengan Guardiola. Terlepas dari itu semua, keputusan Bayern merekrut pelatih yang sukses meraih 14 trofi bersama El Barca itu, tak lain karena keputusan Heynckes yang memilih pensiun saat kontraknya bersama Bayern habis pada 30 Juni 2013 mendatang. ALASAN MEMILIH BAYERN Te r p i l i h n y a B a y e r n M u n i c h s e b a g a i pelabuhan baru bagi karier kepelatihan Josep ‘Pep’ Guardiola menjadi hal cukup mengejutkan. Namun, mantan pelatih Barcelona tersebut memiliki alasan memilih Bayern. Sejak memutuskan untuk meninggalkan jabatannya sebagai pelatih El Barca pada akhir musim lalu, Guardiola langsung menjadi incaran beberapa klub besar. Klub-klub asal Premier League menjadi yang paling sering dikaitkan dengannya. Bahkan, pelatih asal Spanyol itu sempat mengisyaratkan dirinya untuk melanjutkan karier di Inggris. Belum lagai direktur olahraga Bayern, Matthias Sammer yang juga membantah kabar berlabuhnya Guardiola ke Allianz Arena. Hingga akhirnya, misteri pun terpecahkan dengan pernyataan Bayern yang mengonfirmasi bahwa Guardiola menjadi pelatih mereka di musim depan dengan kontrak selama tiga tahun, Rabu (16/1). Guardiola akan mulai melatih Bayern pada tanggal 1 Juli 2013. Agen Guardiola, Jose Maria Orobitg, mengungkapkan bahwa kesepakatan dengan Bayern sebenarnya telah terjalin cukup lama. Namun, kedua belah pihak sepakat untuk tidak mengumumkannya. “Penandatanganan (kontrak dengan Bayern) berlangsung sekitar Natal. Saya tidak ingat tepatnya kapan, tapi itu sekitar tanggal 20 Desember. Kami sengaja tak mengumumkannya agar bisa mengecoh media, “ ungkap Orobitg kepada EFE Radio. Pada Desember tahun lalu, pelatih Jupp Heynckes memang menyatakan dirinya akan pensiun saat kontraknya bersama Bayern habis pada 30 Juni 2013 mendatang. Bahkan, dikabarkan bahwa Heynckes terlibat dalam negosiasi dengan Guardiola. Terlepas dari itu semua, sang agen menjelaskan bahwa dipilihnya Bayern bukanlah karena uang, tapi karena komposisi pemain yang ada. “Bayern bukan tim yang mengajukan banyak uang. Guardiola memilih Bayern karena struktur mereka dan pemain-pemain yang dimiliki,” pungkasnya.

SONY Dwi Kuncoro berhasil menghabisi Gao Huan 21-15 21-16. kekalahan yang dialami Gao, membuat China tidak me-miliki wakil lagi di tunggal putra pada babak perempatfinal Malaysia Open 2013.

Pep ... dari Halaman 3 Busquets, Pedro dan Thiago termasuk di dalam rencana pembelian musim depan. Untuk ketiga pemain yang diminta Guardiola, Bayern Munich berani mengucurkan biaya sebesar •60 juta euro kepada Barcelona FC. Jika kesepakatan pembelian ditolak, Die Roten bersedia meminjam ketiga pemain tersebut. Selain tiga pemain Barcelona tadi, Josep Guardiola berencana menarik Marcel Schmelzer dan Ilkay Gundogan dari Borussia Dortmund. Meski berat, pihak manajemen The Bavarians akan berupaya melakukan negosiasi demi permintaan pelatih baru.(blnt)

Pamer ... dari Halaman 3 Dalam akunnya di sosial media, pelantun WAKAWAKA - lagu resmi Piala Dunia 2014 itu, menuliskan. “Kami ingin merayakan kelahiran putra kami yang kian dekat bersama Anda semua.” Sebagai ganti hadiah untuk si jabang bayi, Shakira yang juga duta besar UNICEF sejak 2003 kemudian mengimbau fans untuk mengalihkannya kepada jaringan amal. Mereka yang beramal akan mendapat ucapan terima kasih pribadi dari Shakhira dan Pique, serta berhak memenangkan hadiah jika mereka mau membantu menyebarkan even tersebut. “Untuk merayakan kelahiran putra pertama kami, kami berharap, atas namanya, anak-anak yang kurang beruntung lainnya di dunia bisa tercukupi kebutuhan dasarnya lewat pemberian dan amal. Terima kasih sudah membagi momen tak terlupakan ini bersama kami,” tulis keduanya di situs baby shower UNICEF. (blnt)

game pertama dengan kemenangan 21-15. Dominasi Sony berlanjut di game kedua. Tunggal putra andalan Indonesia ini memimpin dengan skor 11-6 atas Gao. Namun, Gao tidak mau menyerah begitu saja. Pebulutangkis asal China berusaha untuk bangkit dan memberikan perlawanan. Namun, Sony justru semakin menjauh lewat keunggulan 14-7 atas Gao. Setelah melewati pertarungan selama 44

Jordan/Marissa melaju ke perempatfinal DUEL sengit antara dua pasangan Indonesia terjadi di babak ketiga. Kali ini pasangan Praveen Jordan/Vita Marissa tampil lebih baik dengan mengalahkan pasangan seniornya, Muhammad Rijal/ Debby Susanto. Pertandingan antar wakil Garuda ini berjalan seru sejak awal pertandingan, kedua

pasangan ini selalu kejar mengejar angka hingga terjadilah deuce sebanyak empat kali, dan Jordan/Marissa mampu mengungguli poin lawannya, sehingga terhentilah pertarungan sengit di skor 2826. Pada game kedua, permainan terus memanas dengan masih diwarnainya kejar mengejar angka. Seperti

tidak ada yang mau mengalah, game kedua ini pun harus dilewati dengan deuce. Tapi kali ini pasangan Rijal/Debby yang mengambil game kedua dengan skor 22-20. Game ketiga, pasangan Rijal/ Debby seperti kehabisan tenaga dan tidak mampu mengimbangi permainan Jordan/ Marissa yang tampil konsisten

hingga akhir game, alhasil kemenangan pun diraih Jordan/ Marrisa dengan 21-17, sekaligus memastikan diri lolos ke babak perempatfinal. Pada partai perempatfinal nanti, pasangan Jordan/Marissa ini akan berhadapan dengan pasangan China, yang baru saja mengalahkan pasangan Inggris, CrhisAdcock/Gabrielle White

AUSTRALIA OPEN 2013

dengan pertarungan tiga game, 21-17 11-21 21-16. Sementara itu duel antar pasangan Indonesia juga terjadi di nomor ganda putra, di mana pasangan Muhammad Ahsan/Hendra Setiawan berhasil menundukkan juniornya, Angga Agung Saputra dengan dua game langsung 21-15 2110.(okez)

menit, Sony berhasil menyudahi perlawanan Gao dengan kemenangan 2116. Di babak perempatfinal, Sono akan melawan Sho Sasaki. Dengan demikian, China yang tidak menurunkan tunggal putra terbaiknya di Malaysia Open tidak memiliki wakil di babak perempatfinal. Sebelumnya, Wang Zhengming sudah angkat koper sejak babak pertama. Hasil pertandingan lainnya, pasangan ganda putri Lejarsar Variella/Vita Marissa berhasil merebut satu tiket ke babak perempatfinal. Pasangan anyar ini mengalahkan Kunchala V/Duanganong A 21-16 21-17. Sayang, keberhasilan mereka gagal diikuti oleh ganda putri Pia Zebadiah/Rizki Amelia. Pasangan Merah Putih ini harus mengakui keunggulan Reika Kakiiwa/ Miyuki Maeda 21-14 1521 17-2.(okez)

BASKET

Sharapova digdaya di partai pembuka LeBron cetak rekor

DITUNGGU EGO BESAR Mantan pemain Barcelona FC dan Real Madrid, Bernd Schuster meragukan masa depan Josep Guardiola di Bayern Munich, karena ego klub yang begitu besar. Akan tetapi keputusan tersebut dinilai Schuster akan menyulitkan Guardiola di kemudian hari. Pasalnya, di jajaran petinggi Bayern terdapat sejumlah nama yang berpengaruh pada klub. “Yang saya lihat dari masa depan Guardiola adalah kesulitan. Mereka memiliki seorang direktur olahraga, Matthias Sammer, Karl Heinz Rimmenigge dan Uli Hoeness. Ia akan berhadapan dengan mereka semua,” terang Schuster. “Dan ini begitu rumit, karena orang-orang itu juga akan memiliki opini mereka sendiri.” Kendati ragu akan keleluasaan yang dimiliki Guardiola di Allianz Arena musim depan, namun Schuster mengakui jika Bayern adalah klub yang bertanggung jawab atas pemain dan para stafnya. “Bayern memiliki banyak tuntutan, tetapi juga memperhatikan para pemain dan pelatih mereka.” (komc/okez)

SONY Dwi Kuncoro berhasil menghabisi Gao Huan 21-15 21-16. kekalahan yang dialami Gao, membuat China tidak memiliki wakil lagi di tunggal putra pada babak perempatfinal Malaysia Open 2013. Dalam pertandingan di Kuala Lumpur, Kamis (17/ 1) malam WIB, Sony sudah mendominasi sejak game pertama. Sony yang menempati unggulan delapan, berhasil menutup

MARIA Sharapova dengan mulus melewati partai pembuka Australia Open 2013.

PETENIS peringkat dua dunia asal Rusia, Maria Sharapova mengawali turnamen Grand Slam Australia Open 2013 dengan gemilang. Finalis Australia Open tahun lalu tersebut mengalahkan petenis Rusia lainnya, Olga Puchkova, dengan sempurna, 6-0 60. Pada pertandingan yang dilangsungkan di Melbourne Park, Senin (14/1) pagi WIB tersebut, Sharapova benar-benar dominan dan sama sekali tak memberikan kesempatan bagi Puchkova untuk mengembangkan permainan. Petenis berusia 25 tahun tersebut membutuhkan waktu 55 menit untuk menyudahi pertandingan. Sharapova sendiri awalnya diragukan untuk bermain lantaran mengalami cedera leher dan collarbone yang menyebabkannya gagal mengikuti Brisbane International 2013. Namun,

dengan comeback gemilang -setelah cederatersebut, Sharapova pun berharap bisa menjalani musim 2013 dengan kemenangan demi kemenangan. “Saya sangat senang akhirnya memainkan pertandingan di 2013, karena Anda tentunya ingin memainkan pertandingan sebanyak mungkin. Tujuan saya adalah bermain di Brisbane, tapi saya tak bisa melakukannya. Saya sangat berharap bisa melangkah lebih jauh pada tahun ini,” ujar Sharapova, seperti dilansir ESPN, Senin (14/ 1). Pada babak kedua, Sharapova akan berhadapan dengan petenis Jepang, Misaki Doi, yang melaju berkat kemenangan atas wakil Kroasia, Petra Mar-tic. Ini merupakan tahun pertama Doi, yang merupakan petenis peringkat 92 dunia, berpartisipasi pada ajang Australia Open. (okez)

Kaka buka pintu kembali ke Milan? GELANDANG serang Real Madrid, Ricardo Kaka membuka kemungkinan untuk kembali memperkuat mantan klubnya, AC Milan. Pemain asal Brasil ini mengaku mencintai Kota Milan, dan memiliki banyak teman yang membela Rossoneri. Meskipun sebelumnya CEO Milan, Adriano Galliani menegaskan bahwa pihaknya hampir mustahil memboyong Kaka kerena masalah gaji. Kaka malah berpikir dirinya bisa mempertimbangkan jika Rossoneri benar-benar menginginkan dia. Kaka saat ini diketahui tengah berada di kota Milan untuk bertemu dengan kompatriotnya yang juga penyerang Rossoneri, Robinho. Berbicara dengan Sky Sport Italia, melihat situasi terkini dirinya bersama Madrid, Kaka tak menutup kemungkinan kembali ke Milan dengan

semua romantisme yang dimilikinya bersama klub milik Silvio Berlusconi itu. “Saya memiliki dua hari libur dan memutuskan datang untuk bertemu Robinho,” kata Kaka, seperti dilansir FootballItalia, Kamis (17/1). “Dia teman yang hebat dan pemain yang hebat, seseorang yang masih bisa memberikan banyak untuk klub,” lanjutnya. “Masa depan saya di Milan? Saya punya kontrak di Real Madrid, tapi situasi terkini saya rasa tidak terlalu bagus untuk saya atau Real,” ungkap pemain berusia 30 tahun ini. “Saya dalam posisi terbuang di klub, tapi kedua belah pihak (MilanMadrid) harus mencapai kesepakatan. Saya masih sangat berterimakasih pada Milan, saya mencintai kota ini, dan saya meninggalkan banyak teman di sini,”

tuturnya. Mengenai persoalan tingginya gaji Kaka yang diperZmasalahkan oleh Rossoneri, mantan pemain Sao Paulo ini mengaku siap bernegosiasi agar

kemungkinan dirinya bisa kembali ke klub yang bermarkas di San Siro itu. “Saya terbuka untuk setiap solusi, dan saya telah mengatakan hal ini kepada Real Madrid,”

LeBron James (Heat).

Miami Heat kembali meraih kemenangan dalam dua pertandingan terakhir, setelah mengalahkan Golden State Warriors dengan 92-75. Kemenangan ini terasa spesial bagi LeBron James, karena mencetak rekor di NBA. LeBron menjadi pemain termuda di NBA yang telah mencetak 20 ribu poin dan juga menyumbang 5 ribu assist. Tambahan 25 poin, 10 assist, dan tujuh rebound pada pertandingan yang berlangsung di Oracle Arena, markas Warriors. LeBron juga sempat membantu Heat untuk unggul 34 poin dari Warriors pada saat kuarter ketiga. Sebelum akhirnya juara bertahan ini memastikan kemenangan 92-75 di akhir kuarter keempat. Kemenangan ini membuat Heat lebih percaya diri, setelah terlepas dari tren buruk yang dialami anak asuhan Erik Spoelstra di awal tahun ini. Sebab pada pertandingan berikutnya, Heat bakal ditantang LA Lakers Jumat (18/1) WIB. Sedangkan di pertandingan lain, San Antonio Spurs berhasil mengalahkan tamunya, Memphis Grizzlies dengan skor 103-82.

Kemenangan Spurs ini tak lepas dari kedua bintang mereka, Tony Parker yang mencetak 17 poin dan Tim Duncan yang mencetak 19 poin.(okez) HASIL LENGKAP PERTANDINGAN NBA INDIANA 86 ORLANDO 97 CHICAGO 107 TORONTO 105 BROOKLYN 95 ATLANTA 109 HOUSTON 100 DALLAS 105 NEW ORLEANS 90 BOSTON 78 DENVER 97 OKLAHOMA CITY 117 MEMPHIS 82 SAN ANTONIO 103 WASHINGTON 94 SACRAMENTO 95 CLEVELAND 93 PORTLAND 88


TERBIT 16 HALAMAN Harga: Rp.2000,- Luar Kota + Ongkos Kirim

JUMAT 18 JANUARI 2013

SPORTAINMENT

The Bavarians kontrak Pep hingga 2016 KEMANA Josep ‘Pep’ Guardiola akan berlabuh terpecahkan juga akhirnya. Bayern Munich menjadi klub yang bakal dilatih oleh mantan pelatih Barcelona tersebut hingga 2016 mendatang. Dalam situs res-

minya, Munich akan mulai melatih Frank Ribery dkk mulai 1 Juli 2013 nanti. Kesepatakan sendiri telah terjadi pada Rabu (16/1), bahkan negosiasi sendiri melibatkan pelatih Munich saat ini, Jupp Heynckes. Ketua

eksekutif Bayern, KarlHeinz Rummenigge, mengatakan bahwa klubnya sangat senang bisa mendapatkan pelatih yang menjadi incaran klub-klub besar Eropa. Baca: The ( Halaman 15 )

Pep bawa 3 pemain barca? SHAKIRA

Pamer kehamilan TINGGAL menghitung hari saja sebelum bintang pop Shakira melahirkan bayinya. Dan dia memamerkan perutnya yang sudah membuncit bersama sang kekasih, Gerard Pique disertai himbauan amal. Penyanyi asal Kolombia itu bersanding dengan kekasihnya yang merupakan bek Barcelona dalam sebuah foto hitam putih. Keduanya tampak berbahagia memegang perut buncit Shakira yang berisi buah cinta keduanya. Baca: Pamer ( Halaman 15 )

JOSEP Guardiola dikabarkan berniat mengajak Sergio Busquets, Pedro Rodriguez dan Thiago Alcantara bergabung dengan Bayern Munich di bulan Juli mendatang. Pep mungkin baru bergabung dengan Philipp Lahm dkk pada musim depan, namun rencana transfer pelatih asal Spanyol itu telah dipersiapkan sejak lama. Menurut The Independent, Guardiola berniat mengajak sejumlah mantan pemainnya untuk bermain di Allianz Arena. Baca: Pep ( Halaman 15 )

PEDRO termasuk dalam rencana Guardiola di musim depan.


18 Jan 2013