Page 1

BULETIN FISIP - ILMU KOMUNIKASI UBL

EDISI SPESIAL

MABA 2014

ME N E MB U S C AKRAWAL A

F OKU S

TI P S

1.781 MAHASISWA BARU 5 TIPS MENJADI PADATI KAMPUS UBL MAHASISWA YANG KECE BLIT Z G A LLE R Y

GALERI FOTO PPK 2014

@rotasinews |

Rotasinews KomunikasiUbl |

R U BRI K K H U SU S

PILIHAN TEMPAT NYAMAN BUAT NONGKRONG DI KAMPUS UBL rotasinewsubl@gmail.com |

www.rotasinews.com


Redaksi Salam Redaksi Selamat Datang Mahasiswa Baru !!! Yaps, Rotasi hadir kembali. Memasuki september...pertanda masa perkuliahan aktif kembali. Setelah menikmati nuansa liburan, tentunya akan hadir.Di tahun akademik yang baru, tentu kita akan menemui hal-hal yang baru. Suasana semester yang baru hingga hadirnya adik-adik tingkat baru. Selamat Datang Maba ! Ada pepatah, Tak Kenal Maka Tak Sayang. Dengan saling mengenal, kita akan saling menghargai. Pada tahun akademik yang baru, tentu bukan hal yang baru jika ada kegiatan bernama PPK ( Program Pengenalan Kampus). Kegiatan yang berfungsi sebagai ajang pengenalan kampus ini tentunya sangat bermanfaat bagi maba untuk mengenal kampus lebih “jauh�. Sejatinya Program Pengenalan Kampus mengajak para mahasiswa baru untuk saling mengenal diantara maba satu dengan yang lainnya. Nah, pada edisi kali ini Rotasi menghadirkan edisi khusus Maba. Bagi kamu yang Maba, Wajib baca edisi Rotasi spesial kali ini. Karena pada kali ini ada berbagai rubrik seputar maba yang sayang untuk dilewatkan. Selamat Membaca,Selamat Menjalani Aktivitas Perkuliahan Redaksi, Erni

Powered By:

Penasehat : Prof. Dr. Khomsahrial Romli, M.Si | Penanggung jawab: Noning Verawati,MA Dewan Redaksi: Pittri S Manik (PM) Pimpinan Umum : Agung Syaputra (AA) | Pimpinan Redaksi : Erni Nur Kholiani (ER) Para Redaktur : Ririn Jamiah (ER) | Dwi Y Sari (UI) | Abdurrahman S (AX) | Redaktur Artistik: Luqman (LQ) Sekretaris : Dinda Rizkiana AP (DR) | | Keuangan : Olvina Daniati (OV) | | Dana & Usaha : Gesa Vitara (GE) Reporter : M. Denu Poyo (DN) | Dicky Wulandari (DC) | Kristin Oktaviani (KR) Redaksi : Lt.6 Gd. Rektorat UBL | Jl. Z.A Pagar Alam No. 26 | Labuhan Ratu, Bandar Lampung Line : 085769881331

ROTASI || 2


Fokus

1.781 Mahasiswa Baru

PADATI KAMPUS UBL

H

alaman Kampus Universitas Bandar Lampung kembali di padati oleh 1.781 Mahasiswa Baru yang akan mengikuti Program Pengenalan Kampus (PPK). Program Pengenalan Kampus (PPK) yang di laksanakan pada tanggal 13, 14 dan 15 September ini menjadi agenda yang wajib di ikuti oleh seluruh Calon Mahasiswa Baru Unversitas Bandar Lampung.

kan, kegiatan PPK ini dimaksudkan agar mahasiswa baru dapat beradaptasi di lingkungan kampus, baik itu dalam kegiatan belajar mengajar secara akademik maupun non-akademik. “PPK ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran intelektual mahasiswa agar menghasilkan generasi yang cakap dan kritis terhadap perubahan�, ujarnya, Sabtu (13/9).

Program pengenalan kampus yang ada di Universitas Bandar Lampung sangat berbeda. UBL mengemas program pengenalan kampus dengan apik, menarik namun tetap mendidik. Sehingga mahasiswa baru menjadi lebih nyaman dengan berbagai macam wawasan akademik yang di peroleh.

Tidak hanya itu, para mahasiswa baru juga di suguhkan dengan berbagai agenda akademik, seperti kuliah umum dari Kolonel Laut (P) Suharto, S.H., M.Si., (Han) yang sangat mendidik serta bermanfaat bagi para Mahasiswa Baru. (rep:AJ)

Prof. Dr. Khomsahrial Romli, M.Si, selaku Wakil Rektor Bidang Akademik memapar-

ROTASI || 3

Linda Nihara HD, M.I.Kom


5

Tips Menjadi Mahasiswa Yang Kece

1 2 3 4 5

Mahasiswa kece itu anti telat alias on time. Karena buat mahasiswa itu, waktu adalah uang. Gimana enggak, coba cek kwitansi pembayaran tiap semester. OMG !

Aktif dikelas gimanapun caranya. Kedengerenya memang sedikit memaksa gitu, tapi ini jadi kunci utama kalau kamu pengen dapet nilai mata kuliah yang diatas rata-rata. Cari muka sama dosen boleh - boleh aja, tapi harus sesuai juga dengan kemampuan kita.

Ikut satu kelompok sama anak-anak yang smart itu juga penting, walaupun dikelas kamu gak smart dan terkenal tapi setidaknya kamu bisa numpang tenar sama numpang dapet nilai bagus. Karena biasanya anak-anak yang smart itu banyak yang kenal mulai dari dosen, dekan, rektor, staf, penjaga kantin, tukang sapu, sama tukang somay depan kampus. Mahasiswa kece itu gak mesti branded, yang penting pakaian yang kita pakai rapi dan sopan. KW juga banyak yang bisa bikin kita kece dan eksis, asal KW nya gak malu - maluin.

Gaul si boleh, tapi inget, mahasiswa kece itu gaulnya gak asal - asalan. Kalau mau dibilang mahasiswa kece, sering - sering aja ngajak kenalan mahasiswa dari kampus lain, biar punya relasi yang banyak. (DN)

ROTASI || 4


B

Pilihan Tempat yang Nyaman Buat Nongkrong di Kawasan Kampus UBL

Keliling Kampus

agi mahasiswa baru yang belum tau dimana tempat disekitar UBL yang nyaman untuk nongkrong bersama teman - teman maupun bersantai, dan menunggu jam kuliah, nih ada beberapa pilihan tempat yang kami sarankan :

1. TAMAN UBL

Nah, sahabat rotasi pasti tau dong Taman UBL, tepat disebelah masjid UBL. disana tersedia beberapa gazebo terbuka dengan ukuran yang lumayan pas buat ngumpul - ngumpul bareng temen. pasti sangat nyaman, karena gazebo terbuka ditaman UBL dikelilingi bunga dan tanaman hias yang membuat udara semakin segar

2. LAPANGAN BASKET

Pilihan yang kedua adalah Lapangan basket. Selain suasana tenang yang ditawarkan, di lapangan basket UBL juga terdapat beberapa bangku yang difungsikan untuk istrahat para atlet basket, tapi teman - teman juga bisa menjadikan bangku tersebut untuk tempat bersantai bersama teman teman.

3. KANTIN UBL

Pilihan ketiga yang kami sarankan ini tentu teman - teman semua sudah tau dimana lokasinya. Ya, tepat didepan gedung C. Kantin UBL memanjakan lidah teman - teman semua. sangat banyak jenis makanan yang ada sehingga teman - teman gak bakalan bosan kalau nongkrong bareng temen di kantin UBL.

4. MARKETING

Kayaknya gak mungkin deh kalau sahabat rotasi gak tau Marketing. Marketing tepat berada di jalur keluar masuk kendaraan mahasiswa. Dimarketing disediain meja bundar dan kursi yang pasti seru buat ngobrol dan nongkrong nunggu jemputan. Apalagi di Marketing suasananya adem, pokoknya bikin betah.

5. HALAMAN GEDUNG E

Ini rekomendasi terakhir tentang pilihan tempat yang nyaman buat nongkrong temen - temen mahasiswa baru. Didepan gedung E terdapat beberapa bangku yang seru buat nongkrong bareng. Apalagi tepat dibawah pohon rindang yang sejuk. (DN)

ROTASI || 5


DAY 1

Antusiasme mahasiswa baru mengikuti kuliah umum dari Kolonel Laut (P) Suharto, S.H., M.Si., (Han) dihari pertama Program Pengenalan Kampus (PPK), Sabtu (13/9). Serta dilakukan pula penyematan jas almamater kepada mahasiswa baru 2014 oleh Ketua Yayasan Administrasi Lampung, Hj. Sri Hayati Barusman.

ROTASI || 6


DAY 2

Agenda pemberian materi akademik dari berbagai Fakultas mewarnai Program Pengenalan Kampus (PPK) hari ke dua, Minggu (14/9). Setiap Fakultas memiliki cara tersendiri dalam menyambut mahasiswa baru serta pemberian materi dalam rangka meningkatkan intelektual para mahasiswa baru.

ROTASI || 7


DAY 3

Kegiatan hari terakhir Program Pengenalan Kampus (PPK) yakni pengenalan Unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang ada di Universitas Bandar Lampung sebagai wadah bagi mahasiswa baru agar dapat menentukan minat sesuai dengan kemampuan yang dimiliki sehingga bakat para mahasiswa baru dapat tersalurkan.

ROTASI || 8

Buletin ROTASI Edisi Spesial MABA 2014  

Buletin Online Divisi Jurnalistik HMIK UBL, Edisi Khusus mengenai Program Pengenalan Kampus & Mahasiswa Baru 2014.

Advertisement