Page 1

NURUL FIKRI

Creates Future Leaders

Edisi 86 I Mei 2015


Dari Redaksi

Kepemimpinan Dialogis Sejumlah tokoh mahasiswa dan alumni perguruan nggi dari berbagai kota akhirnya diterima Presiden Joko Widodo di Istana Negara untuk berdialog. Tentu saja ada pro-kontra terhadap inisia f pemerintah menampung aspirasi masyarakat dari beraneka segmen, di tengah situasi ekonomi nasional yang belum membaik. Padahal, pada semester pertama pemerintahan baru masyarakat berharap banyak akan terjadi peningkatan kualitas hidup. Protes mahasiswa dan kelompok masyarakat sempat merebak di seantero daerah. Mulai dari isu kenaikan harga bahan pokok tak terkendali akibat uktuasi harga bahan bakar minyak (BBM), hingga penegakan hukum yang mandek karena per kaian antar lembaga penegak hukum Kepolisian RI dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Gonjang-ganjing poli k menyebabkan erosi kepercayaan publik dan mengurangi efek vitas pemerintahan.

Daftar isi 2 3 5 8 10 12 15

Dari Redaksi Sekilas Program Coretan Peserta Sambut Ramadhan Liputan Utama Kabar Mitra Terima Kasih Mitra

Sementara itu, situasi global belum sepenuhnya stabil, konik masih terjadi di beberapa kawasan: Timur Tengah, Eropa Tengah dan Afrika Utara. Bahkan, kondisi domes k negara adidaya Amerika Serikat juga sedang terpukul dengan kelesuan ekonomi dan kerusuhan di negara bagian. Tekanan global itu mempengaruhi kondisi negara berkembang, termasuk Indonesia yang mematok devisa berbasis mata uang dollar AS. Tak hanya pengaruh global, kondisi poli k domes k Indonesia sendiri tak kondusif mendukung perkembangan ekonomi. Dampak hasil pemilihan presiden 2014 masih terasa dengan terbelahnya dua kubu poli k, hingga merembet ke partai poli k dan organisasi pendukungnya. Puncaknya, terdengar kabar akan terjadi demonstrasi besar pada 20 Mei 2015, dalam rangka peringatan Hari Kebangkitan Nasional. Di tengah suasana tegang dan kegaduhan, terlaksana dialog di Istana Negara.Sebelumnya, Presiden juga berkonsultasi dengan pimpinan lembaga-lembaga nggi negara serta tokoh-tokoh masyarakat. Apapun hasilnya, kita berharap proses dialog semakin memperjelas masalah nasional yang dihadapi bersama. Pasca dialog, masing-masing berbagi tugas agar bangsa ini bisa terus bergerak (move on) mencapai tujuan nasional. Sebagai bagian dari komponen bangsa yang kri s, Rumah Kepemimpinan PPSDMS berharap dialog antara Pemerintah dengan Masyarakat berlangsung tulus dan produk f, tak hanya basa-basi. Kesediaan untuk berdialog menunjukkan kualitas kepemimpinan terbuka dan akomoda f, sebab proses pembangunan pada hakikatnya adalah perwujudan aspirasi rakyat. Tugas pemerintah mendengarkan, merumuskan dan melaksanakan aspirasi yang diajukan.PPSDMS mendorong dialog di kalangan Peserta dan Alumni dengan berbagai kalangan intelektual dan profesional serta penentu kebijakan. Kepemimpinan dialogis atau komunika f harus menjadi karakter utama di era keterbukaan informasi saat ini. Pemimpin bukan superman yang dapat menangani masalah sendirian. Pemimpin seja menginspirasi segenap komponen bangsa turut serta memecahkan masalah di bidangnya masing-masing. Salam Redaksi

2

Future Leaders | edisi 86 Mei 2015


SEKILAS PROGRAM

Geliat Kontribusi Peserta Rumah Kepemimpinan Melalui Community Development Selama dibina di Rumah Kepemimpinan, para peserta yang merupakan mahasiswa ak f berprestasi di kampus masing-masing dak hanya diajarkan membangun pola pikir yang baik dan benar namun juga pola aksi yang konkrit dan bermanfaat bagi orang lain. Sejak diluncurkan pada bulan Maret 2015 lalu sekaligus menandakan dimulainya fase lepas landas prestasi dan kontribusi para peserta setelah fase internalisasi di bulan-bulan awal pembinaan, community development leadership project yang digerakkan oleh para peserta di se ap regional mulai menggeliat dan menghasilkan dampak posi f bagi target sasaran program dan masyarakat pada umumnya. Dampak yang dihasilkan oleh para Leadership Project (LP) ini dapat terlihat dari jumlah penerima manfaat yang semakin bertambah.

K

etujuh regional Rumah Kepemimpinan pada Maret 2015 lalu mendeklarasikan Leadership Project skala nasional di bidang an korupsi bertajuk GERAK (Gerakan An Korupsi). GERAK merupakan gerakan yang menjadi wadah bagi generasi muda dan seluruh elemen masyarakat pada umumnya untuk menyuarakan dukungan terhadap pemberantasan Korupsi. Dengan terbentuknya GERAK diharapkan dapat memudahkan masyarakat dan generasi muda khususnya untuk berperan ak f dalam menyuarakan kepeduliannya pada ndak pidana korupsi di Indonesia. Melalui program pencerdasan, edukasi ke sekolah-sekolah, social movement, kunjungan dsb diharapkan mampu menggerakkan masyarakat dalam ikut serta mengawasi dan melakukan pemberantasan korupsi di Indonesia.

Yang menarik, GERAK juga diluncurkan di se ap regional Rumah Kepemimpinan dengan mengadakan talkshow berskala besar yang mengundang mahasiswa peduli an korupsi secara umum di kampus masing-masing sehingga diharapkan memberikan efek inisiasi yang fantas s serta mendapatkan dukungan secara langsung dari kalangan muda intelektual di kampus untuk bergerak bersama GERAK. Selain GERAK yang berskala nasional, Leadership Project regional yang sudah menorehkan berbagai prestasi juga mulai bermunculan. Di Regional 2 Bandung ada Kampung Mandiri yang memberdayakan desa Babakan Ciparay menjadi lebih sejahtera dari berbagai aspek seper ekonomi, sosial, dan pendidikan. Hal serupa juga terjadi di Regional 7 Makassar yang memiliki Kampung Joeara yang memberdayakan desa Kera-kera di Makassar menjadi salah satu desa unggulan. . Future Leaders | edisi 86 Mei 2015 3


Kedua Leadership Project pemberdayaan masyarakat ini merupakan contoh sukses dan konkrit dari kontribusi para peserta Rumah Kepemimpinan kepada masyarakat sekitar Leadership Project lainnya juga ada yang bergerak di bidang yang lebih spesiďŹ k seper pertanian yang digerakkan oleh Fer llo dan V-Greeny di Regional 5 Bogor, Urban Farming di Regional 2 Bandung dan Agrisultan di Regional 6 Medan. Kemudian ada yang bergerak di bidang pendidikan dan sudah cukup terasa dampaknya di masyarakat terutama anak-anak yang mulai terbina dan berprestasi dengan baik di sekolah-sekolahnya. Para leadership project di bidang pendidikan ini terdapat di Regional 1 Jakarta dengan Rumah Belajar Matahari, Regional 3 Yogyakarta dengan Masjid Nusantara, Regional 4 Surabaya dengan Kelas Matahari dan Regional 5 Bogor dengan 4 Future Leaders | edisi 86 Mei 2015

Taman Akar Rumput yang juga cukup unik dengan p endidikan pertanian sejak dininya. Tidak hanya itu, Leadership Project di ketujuh regional Rumah Kepemimpinan juga ada yang bergerak di bidang seni dan budaya, kesehatan, sociopreneur, teknologi dan jurnalis k yang kesemuanya menghasilkan karya-karya nyata berupa kontribusi bagi masyarakat. Dengan lahirnya leadership project sebagai wadah berkontribusi para peserta Rumah Kepemimpinan sekaligus bersinergi dengan para mahasiswa berjiwa sosial lainnya ini, diharapkan menjadi modal dasar pembentukan pola pikir dan pola aksi yang baik dan benar bagi para pemimpin Indonesia di masa yang akan datang. Ini merupakan salah satu proses dan hasil dari pembinaan yang dirancang dengan baik dan berkelanjutan di Rumah Kepemimpinan untuk menuju Indonesia yang lebih baik dan bermartabat. Semoga. (JAI)


CORETAN PESERTA

HOS Tjokroaminoto: Seasli-aslinya Guru Bangsa Oleh: Nur Izzatul Muthi'ah [Regional 1 Jakarta]

HOS Tjokroaminoto merupakan seorang pemikir besar, salah satu pentolan dalam hal pemikiran dan pergerakan menuju Indonesia merdeka. Di Jalan Peneleh gang VII Surabaya, HOS Tjokroaminoto nggal bersama istri dan anaknya serta anak-anak yang indekos di rumah bagian belakangnya, antara lain Soekarno, Semaoen, Alimin, Kartosoewirjo, Musso. Mereka datang dari berbagai penjuru Indonesia untuk belajar di Surabaya. Rumah tersebut bisa dikatakan sebagai rumah tempat dialog dan ideologi berkembang. HOS Tjokroaminoto membuka diri dengan berbagai macam diskusi, termasuk dengan anak-anak yang nggal di rumahnya. Berbagai pandangan pun akhirnya bermunculan. Ditambah lagi dengan posisinya sebagai pemimpin organisasi besar, rumah HOS Tjokroaminoto merupakan tempat p e rs i n g ga h a n d i s ku s i p a ra p e m i m p i n b e s a r b a n g s a i n i . (Seri Buku Tempo, 2011).

Latar Belakang Pendidikan Islam yang kuat didapatkan oleh HOS Tjokroaminoto sejak kecil. Leluhurnya yang merupakan seorang kiai yang terkenal berilmu nggi sekaligus seorang pembina pondok pesantren yang melipu seluruh wilayah Kerajaan Jawa. Kakeknya, Raden Mas Adipa Tjokronegoro, merupakan Bupa Ponorogo, dan a yahnya, Raden Mas Tjokroamiseno,

merupakan seorang wedana di Madiun. Tak heran jika HOS Tjokroaminoto memiliki pemahaman agama Islam yang baik. Selain itu, beliau juga memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat akibat didikan ayah dan kakeknya yang merupakan seorang pemimpin besar tersebut (Tashadi, et. al., 1993). Terlahir dari keluarga ningrat membuat HOS Tjokroaminoto memiliki banyak akses untuk mengetahui tentang kehidupan kebangsaan di Indonesia, sekaligus dengan cepat menyadari belenggu kolonialisme yang melingkupi bangsa Indonesia. Sungguhpun demikian, beliau dak suka mengangkatangkat gelar bangsawan yang dimilikinya untuk mendapatkan perha an dari orang lain.

Future Leaders | edisi 86 Mei 2015

5


Bahkan, beliau terkesan dak suka dengan gelar keningratan karena menurut beliau hal itu hanya akan membangun jarak antara dirinya d e n g a n r a k y a t .

Namun, dinamika organisasi mandek d i ra n a h e ko n o m i s a j a s e h i n g ga Samanhoedi pun mengajak rekannya ini untuk membantu membuat dinamika dalam organisasi S I .

Sarikat Islam: awal perjuangan

Hal yang pertama kali dilakukan oleh Hos Tjokroaminoto setalah bergabung adalah menetapkan anggaran dasar yang jelas untuk semua anggotanya, empat bulan setelah bergabungnya beliau dalam SI. Salah satu hal yang digagas oleh HOS Tjokroaminoto adalah berdirinya SI sebagai organisasi nasional. Upaya ini sebelumnya juga dilakukan oleh Samanhoedi namun dihalangi oleh Pemerintah Belanda yang hanya memperbolehkan adanya organisasi lokal.

Bergabungnya HOS Tjokroaminoto pada Sarikat Islam (SI) dimulai pada Mei 1912 atas ajakan rekannya, pendiri SI, Samanhoedi. Pada saat itu, SI yang masih berjuang untuk bertahan di awal pembentukannya membutuhkan seseorang yang memiliki jiwa kepemimpinan dan pengalaman mengelola sebuah organisasi yang berpotensi berkaliber besar seper SI. S I pada awalnya didirikan untuk memberdayakan dan meningkatkan daya saing pedagang ba k pribumi di tengah pandangan sebelah mata dan kompe si dengan pedagang Cina pasca Revolusi Cina pada tahun 1911 ( S e r i B u k u Te m p o , 2 0 1 1 ) . Keadaan Indonesia cukup buruk karena sifat kaum ningrat yang mebedakan kelas antara kaum bangsawan dengan rakyat biasa dari pakaian ba k yang dikenakan. Seakan-akan bangsa ini telah mengiku budaya penjajahan antara bangsa sendiri. Kemudian SI d e n ga n v i s i t e rs e b u t b e r u s a h a menghimpun para pedagang yang kemudian berusaha juga mengajak rakyat lain untuk ikut bergabung dalam kelompok ini sebagai bangsa I n d o n e s i a .

6 Future Leaders | edisi 86 Mei 2015

SI kemudian berkembang menjadi banyak SI lokal di Indoneisa. Perlakuan yang sama diterima oleh HOs Tjokroaminoto dalam upayanya membuat organisasi nasional, namun HOS Tjokroaminoto tak kurang akal. Beliau membagi wilayah kerja menjadi ga, yaitu Jawa Barat dan Sumatra, Jawa Tengah hingga Kalimantan, dan Jawa Timur hingga kawasan Timur Indonesia (Seri Buku Tempo, 2011). Kemudian pada kongres SI pada Februari 1914 dibentuklah pengurus pusat dengan HOS Tjokroaminoto sebagai ketua.

Belajar dari Guru Bangsa Adalah sebuah visi yang dapat mengh i n d a r ka n m a n u s i a d a r i l e m a h nya semangat. Adalah sebuah pemikiran yang menjadi bahan bakar dari segala pergerakan.

Adalah guru yang dapat memberikan contoh sehingga tercipta murid yang berkualitas dan mampu menunjukkan potensinya secara utuh. Itulah HOS Tjokroaminoto, seorang guru dari pemimpin bangsa Indonesia yang mampu menjadi contoh bagi muridnya sekaligus menjadi pemimpin yang mampu diterima oleh semua. H O S T j o k ro a m i n o to m e r u p a ka n muslim yang taat dalam menjalankan urusan agama, namun juga bukan pendukung Islam yang terlalu fana k sehingga dak mau menerima pandangan dari orang lain selain muslim. Kepemimpinan yang bersandar pada Islam mampu diterima oleh kalangan lain yang bermacam-macam asal-usulnya karena sifat beliau yang berpikiran terbuka. Berkat kegemarannya berkelana dan keterlepasannya d a r i s e g a l a m a c a m p r o t o ko l e r keningratan, beliau berhasil masuk ke semua kalangan dan mendengarkan harapan-harapan rakyat yang dak mungkin bisa dilakukan oleh seorang bangsawan yang menikma agenda agenda birokra s.


Ke p e m i m p i n a n d a n ke m a m p u a n manajerial yang baik pun ditunjukkan oleh H O S Tjokroaminoto dalam mempimpin SI di masa gen ng pada awal pembentukan. Sifat pantang menyerah untuk melebarkan sayap SI dan menyentuh semua simpul pergerakan di Indonesia d i b a re n g i d e n ga n st rate g i ya n g dipikirkan dengan matang membuat beliau berhasil konsisten mencapai visinya tersebut. Retorikanya yang tak dapat diragukan lagi selalu dapat m e n g ge ra k ka n h a o ra n g - o ra n g yang mendengarkannya. Bahkan, musuh pun terdiam karena kebenaran yang disampaikannya. Kemampuan ini yang kemudian di ru oleh anakanak yang nggal di rumahnya saat itu. Soekarno, sang orator unggul pun belajar dari beliau. Pe r j u a n ga n H O S T j o k ro a m i n o to tentu juga mengalami banyak naik turun, terutama saat pada akhirnya SI terpecah menjadi SI Merah dan SI Pu h. Tantangan pun datang dari muridnya yang juga pada akhirnya m e n j a d i p e n e n t a n g ny a , s e p e r Semaoen dan Musso. Namun, “se daknya� H O S Tjokroaminoto memberikan standar bagi pergerakan Indonesia. Beliaulah standar b a ga i m a n a s e h a r u s ny a s e o ra n g p e m i m p i n p e rge ra ka n ( S h i ra i s h i dalam Seri Buku Tempo, 2011). Murid-muridnya belajar sangat banyak dari H O S Tjokroaminoto dengan melihat gaya kepemimpinan mentornya.

Masalah ideologi memang masalah yang dak dapat serta merta diubah dalam pikiran seseorang karena berasal dari latar belakang individu yang bermacam-macam. Begitupun yang terjadi dengan murid-murid HOS Tjokroaminoto. Mereka datang dengan telah membawa belief, keyakinan, kebiasaan, dan penilaian pribadi yang telah mereka dapatkan sejak kecil. Mereka bertemu dengan HOS Tjokroaminoto hanya pada sebagian kecil h i d u p m e r e k a s a j a . Jika ingin dinilai seberapa jauh HOS Tjokroaminoto mengajar mereka, hendaknya dilihat secara adil dengan melihat aspek lain pula selain ideologi. Pikiran mereka terbukakan mengenai kepemimpinan, kemampuan manajerial, sifatsifat kenegaraan, sifat pantang menyerah, cara berkomunikasi dan mempengaruhi orang lain, pengetahuan mengenai kebangsaan, ide-ide baru dari tokoh yang mungkin dak akan mereka temui jika dak nggal di rumah HOS Tjokroaminoto, serta banyak hal lainnya. Tak berlebihan jika saya mengatakan bahwa HOS Tjokroaminoto adalah seasliaslinya guru bangsa, yang lahir dari rakyat dan kembali ke rakyat. Guru bangsa yang mengalami berbagai macam rintangan dan juga keberuntungan lalu menampilkannya kepada rakyat dengan kualitas seorang negarawan. Bagaimana dengan kita? Apakah kita telah meneladani guru bangsa kita ini? Mari kita siapkan jawaban-jawaban terbaik kita sendiri. 7

Future Leaders | edisi 86 Mei 2015

7


SAMBUT RAMADHAN 1436 H

Rumah Kepemimpinan PPSDMS Sambut Ramadhan 1436 H urang dari 1 bulan lagi akan datang bulan mulia yang senan asa dirindukan oleh umat Islam sedunia yaitu bulan Ramadhan. Bulan dimana umat Islam diwajibkan untuk berpuasa dalam rangka mencapai derajat taqwa, ukuran kebaikan manusia dalam pandangan Allah swt. Bulan dimana Rasulullah saw menunjukkan kualitas dan kuan tas ibadah yang paling nggi dibandingkan dengan bulan-bulan selainnya. Bulan dimana petunjuk utama seorang muslim yaitu Al Quran diturun -kan untuk pertama kalinya. Serta sederet keis mewaan lain yang sudah sepantasnya kita mengucapkan “ahlan wa sahlan yaa Ramadhan.� Bak seorang tamu mulia yang dinan -nan kedatangannya dan disambut dengan penuh suka cita. Bahkan berbahagia atas kedatangannya saja sudah Allah berikan ganjaran y a n g b e s a r :

K

Barangsiapa bergembira dengan kedatangan bula Ramadhan maka akan diharamkan jasadnya dari api neraka (Hadist) Tak ingin ke nggalan dalam meramaikan penyambutan bulan Ramadhan 1436 H tahun ini, Rumah Kepemimpinan PPSDMS menyelenggarakan berbagai ak vitas baik ke dalam maupun ke luar ins tusi. Pembentukan panita Ramadhan sudah dilakukan sejak akhir bulan April 2015 lalu dengan melibatkan beberapa orang sebagai pengurus in . Tim in inilah yang kemudian membahas dan menyusun berbagai target dan program R a m a d h a n 1 4 3 6 H d i R u m a h Ke p e m p i n a n P P S D M S . Program Ramadhan 1436 H Rumah Kepemimpinan PPSDMS 1436 H tahun ini sedikit berbeda dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Di antaranya yaitu penetapan target capaian ZISWAF Ramadhan yang disertai dengan berbagai perangkat pendukungnya. Menyadari bahwa era keterbukaan dan kemudaan informasi yang begitu luas saat ini, maka dibuatlah berbagai .

8 8Future Leaders | Edisi 86 Mei 2015

program semarak Ramadhan dengan membuat berbagai poster digital inspira f tentang Ramadhan. Poster ini dibuat secara berkala dan disebarkan ke semua media sosial R u m a h K e p e m i m p i n a n P P S D M S Di internal sendiri, ada program Ramadhan Countdown Reminder Compe on (RCRC). Dimana se ap individu ekseku f pusat dan regional mendapatkan jadwal harian untuk memberikan pengingatan H minus sekian Ramadhan baik berupa gambar maupun tulisan. Selain kampanye di media sosial, secara serentak Rumah Ke p e m i m p i n a n P P S D M S m e l a ku ka n ko n s o l i d a s i pembentukan dan penguatan Unit Kegiatan Peserta (UKP). Program UKP dilakukan oleh para peserta di Regional yang membentuk berbagai program turunan dalam bentuk Leadership Project dengan tujuan memberikan manfaat kepada masyarakat baik sekitar asrama Rumah Kepemimpinan PPSDMS ataupun masyarakat luas melalui ak vitas sesuai dengan potensi minat dan bakat peserta. Sebagai Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang disahkan melalui Surat Keputusan (SK) dari BAZNAS, Rumah Kepemimpinan PPSDMS melakukan penguatan ins tusi dan perangkatnya. Salah satunya dengan program diskusi mengundang perwakilan BAZNAS pada Rabu 13 Mei 2015 lalu. Selain itu perapihan administrasi keuangan berupa audit keuangan dan penggunaan so ware keuangan tak luput digarap untuk meningkatkan kepercayaan para donatur dan muzakki menyalurkan Z I SWAf-nya ke U PZ Rumah K e p e m i m p i n a n P P S D M S < A W A >


Program Tahsin dan TahďŹ dz Al-Quran Regional 3 Yogyakarta se ap hari Rabu dan Jumat pagi hari dilaksanakan di Asrama Putra Temu Kangen Alumni PPSDMS Regional 3 Yogyakarta yang berdomisili di Jakarta dilaksanakan pada tanggal 6 September 2014 di Solaria Pasar Fes val Kuningan

REGIONAL 4 SURABAYA

Kajian Islam Kontemporer bersama Ust. Musholi, Kamis-Jumat, 25-26 September 2014, bertempat di Aula Asrama PPSDMS Regional 4 Surabaya Peserta Regional 5 Bogor mengiku Leaders andPPSDMS leadership bersama Bach ar Firdaus, ST,MPP si Futsal26-27 antarSeptember rumah kos 2014, di sekitar padakompe Jumat-Sabtu, bertempat di Aulakampus AsramaIPB PPSDMS Regional 4 Surabaya

Future Leaders | edisi 86 Mei 2015

9


LIPUTAN UTAMA

Konkretpreneur Indonesia 2015 Seminar Kewirausahaan Inspira f, Konkret Menghasilkan Pengusaha, Bazaar Produk Lokal, Profit Event untuk Program Beasiswa & Program Sosial Indonesia patut bersyukur memiliki generasi muda yang berkiprah untuk kebangkitan ekonomi melalui sektor wirausaha. Satu di antaranya adalah Gibran Hudzaifah yang membuat sistem pemberian pakan ikan berbasis teknologi digital (www.efishery.com). Karyanya telah dinikma oleh lebih dari 150 petani ikan di seluruh Indonesia dan didaulat sebagai juara dunia pada Global Entrepreneurship Week di Ro erdam, Belanda. Selain itu, Achmad Zaky, CEO Bukalapak telah sukses memfasilitasi lebih dari 200.000 pelapak online untuk meningkatkan pemasaran UMKM di ranah digital. Kedua pemuda inspira f ini masih berusia di bawah 30 tahun dan merupakan alumni dari Rumah Kepemimpinan PPSDMS.

Konkretpreneur diisi Narasumber Inspiratif, Sukses, dan Berkelas Dunia Acara ini berlangsung pada 25 April 2015 dan 23-24 Mei 2015 lalu, bertempat di Auditorium Fakultas Hukum, Universitas Indonesia. Acara dihadiri oleh 1.680 peserta seminar, bazaar, dan kompe si bisnis. Tiga tema yang diangkat dalam Konkretpreneur ini masing-masing dibahas oleh narasumber inspira f dan berkelas dunia. Pertama, tema “Langkah Konkret Bisnis Beromzet Ratusan Juta-Milyar Rupiah”, dengan narasumber: Arief Prahasta 10 Future Leaders | edisi 86 Mei 2015

(Kepala Bidang Pengaderan Kewirausahaan Kementerian Pemuda dan Olahraga) membuka acara Batch 1 dan menyatakan dukungan kepada masyarakat untuk berwirausaha. Ibnu Riyanto (Owner Trusmi Group), membeberkan kisah bisnisnya yang meni kberatkan pada inovasi dan pelayanan terbaik pada pelanggan. Narasumber lain adalah alumni Rumah Kepemimpinan PPSDMS, yaitu Sigit Susilo (Owner Mr.BrownCo), pengusaha kuliner yang mengedepan -kan standar pangan dan gizi berkualitas nggi. Ia membuat brownies berbahan baku singkong sehingga mampu memberdayakan petani singkong. Andreas Senjaya (CEO Badr Interac ve) membahas

pembuatan sistem aplikasi di android yang membawa misi edukasi publik melalui teknologi. Ada pula Achmad Ferdiansyah (Founder Green Flame Stove) membahas karakter dan sikap yang selayaknya dimiliki seorang entrepreneur sehingga dak mudah menyerah saat mengalami kegagalan bisnis. Dan puncaknya, Gibran Hudzaifah (CEO www.efishery.com) berbagi pengalaman merin s bisnis penuh liku hingga akhirnya dapat bersaing di kancah dunia. Pada batch kedua dengan tema “Sukses E-Commerce dan Digital Marke ng”, Agus Muharram (Sekretaris Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia) memberikan sambutan tentang Kebijakan dan


Program Pemberdayaan KUMKM dalam Mendorong Pengembangan Kewirausahaan. Selanjutnya Hasnul Suhaimi (Komisaris MARS Indonesia, CEO XL 2006-2015) menyampaikan cara mencapai sukses menjadi entrepreneur leader. Talkshow Achmad Zaky (CEO Bukalapak) dan Diajeng Lestari (CEO HijUp) berbagi tentang pengalaman bisnis dan perkembangan bisnis e-commerce yang sedang melambung. Materi digital marke ng disampaikan M. Maula Nurudin (Digital Strategist Afrakids) yang membedah Facebook Ads, Kumandan Keke (Pakar Internet Marke ng) membahas tentang SEO dan Google+, ditambah Andry Salim (Pakar Internet Marke ng) menyampaikan manfaat mengguna -kan internet marke ng. Tema pada batch ke ga adalah “Social Entrepreneur: Solusi Konkret Mengatasi Kemiskinan”, yang dibuka oleh Bayu Krisnamurthi (Wakil Menteri Perdagangan RI, 2005-2014), salah satu penggagas komunitas

social entrepreneur pertama di Indonesia yang menyampaikan terkait pen ngnya pengentasan kemiskinan dengan social entrepreneur. Kemudian Muhammad Asmi (CEO President TV) yang menyampaikan upaya mewujudkan mimpi pemimpin dan mimpi negara. Narasumber lain dari alumni Rumah Kepemimpinan PPSDMS yaitu Alfi Irfan (CEO AgriSocio) dan Goris Mustaqim (Founder Asgar Founda on) berbagi tentang pengalaman dan prinsip peningkatan taraf hidup masyarakat. Mitra Konkretpreneur dan Juara Kompe si Bisnis Disamping OJK, Konkretpreneur disponsori: Bukalapak, Dompet Peduli Ummat Daarut Tauhiid, I Am President Ins tute, Bank Rakyat Indonesia, serta didukung oleh CEDS UI, RTC UI 107.9, Afrakids, Kampus Update, Young On Top, Majalah Wirausaha dan Keuangan, Majalah Inside Tax, IPMI School Management, Majalah Franchise, Mr. BrownCo, Depoknews.com, Freecyber.com, Kabarkampus.com, Seputarkampus.com, President TV, Wardah, Alae. Di sela-sela Seminar, pani a menghimbau para peserta untuk turut peduli dengan pengungsi Rohingya, donasi terkumpul Rp. 3.200.000,-

terpilihlah 5 besar finalis, yang diberikan materi tambahan oleh Lingga Nashirudin (Direktur PT Lentera Mitra Strategis) dan Adji Wahyu Aji (Manager Keuangan Rumah Kepemimpinan). Peserta juga mendapat coaching bisnis sehari bersama Ihsan Akhirulsyah (CFO Cybreed) juara dunia Global Entrepreneurship Week di Ro erdam, agar dapat tampil op mal saat presentasi di depan juri. Adapun juri dalam kompe si bisnis ini adalah para pakar yang sudah berpengalaman di bidanganya, yaitu Abdul Basith dan Roy Darmawan. Hasil kompe si: juara pertama adalah Alifa k Yogurt yang menggarap olahan yogurt di Purwokerto. Juara kedua adalah Rengo yang mengolah rengginang menjadi camilan snack dari Jakarta. Juara ke ga adalah Peinture Cloth yang memproduksi kaos lukis dari Bogor. Ke ga pemenang akan diberikan coaching bisnis selama setahun dan berkesempatan pitching bersama para investor dari PT LMS.

Konkretpreneur menerima 30 m yang mengiku Kompe si Bisnis sejak bulan April. Setelah melalui penjurian ketat,. Future Leaders | edisi 86 Mei 2015 11


KABAR MITRA

Silaturahim ke LAZIS Amaliah Astra Disambut Hangat Siang itu (15/6) cuaca begitu terik, saat perwakilan dari Rumah Kepemimpinan PPSDMS, Fachriadi Tanjung dan Aqil Wilda Arif bertandang ke LAZIS Amaliah Astra yang bertempat di Masjid Astra, Jakarta Utara. Kunjungan m RK adalah jawaban atas respon Lazis setelah menerima permohonan untuk menjalin silaturrahim. Tim RK ba di Masjid Astra yang terletak di Jalan Gaya Motor, Sunter, tepat ke ka azan Dhuhur berkumandang. Perjalanan yang cukup melelahkan terbayar seke ka saat air wudhu membasuh wajah.

S

etelah shalat, m RK langsung menuju ruang Sekretariat LAZIS Astra yang terletak di bagian barat daya masjid. Sambutan hangat diberikan petugas yang sedang berjaga. Perbincangan ringan pun berlangung sambil menunggu pimpinan LAZIS Astra yang dijadwalkan bertemu. Sekitar 15 menit menunggu, m RK bertemu Mas Ganjar, Direktur Operasional LAZIS Astra. Is dibantu sekitar 20 orang karyawan LAZIS untuk menghimpun dan mengelola dana ZISWAF yang bersumber dari pegawai perusahan dan anak perusahaan ASTRA yang berada di Indonesia. LAZIS ini menjadi salah satu LAZ perusahaan yang cukup ak f dan masif dalam ak vitas-ak vitas penghimpunan d a n p e n g e l o l a a n d a n a z a k a t .

Fachri selaku Manager Bidang Kemitraan berbagi banyak hal untuk mengenalkan RK kepada mas Ganjar dan jajaran pengurus LAZIS lainnya. Pemaparan Fachri disambut dengan antusias oleh mas Ganjar, apalagi saat mas Ganjar melihat produk-produk alumni RK yang dibawa. Mas Ganjar mengatakan bahwa produk-produk ini adalah buk bahwa pembinaan di RK berhasil membentuk jiwa kewirausahaan dari para pesertanya. Mas Ganjar pun menambahkan bahwa semangat berwirausaha sangat mungkin diduplikasi kepada peserta beasiswa binaan L A Z I S Astra. 12 Future Leaders | edisi 86 Mei 2015


Ada beberapa peluang kemitraan strategis yang mungkin dapat di ndaklanju antara RK dan LAZIS Amaliah Astra. Salah satu peluang terbuka adalah kolaborasi dalam penghimpunan ZISWAF kepada karyawan perusahaan dan anak perusahaan Astra yang nan nya akan dipromotori oleh LAZIS Astra dengan menggunakan products atau tools RK. Itu peluang strategis bagi RK mengingat jumlah anak perusahaan dan karyawan cukup b a n y a k .

Perbincangan begitu mengalir hingga tak terasa waktu sudah menjelang Ashar. Cukup senja untuk beranjak kembali menuju markas RK di Jakarta Selatan, mengingat perjalanan yang memakan waktu. Tim RK undur diri dengan harapan peluang kemitraan strategis dapat di ndak-lanju kedua belah pihak. “Semoga kita dapat menggalang sinergi untuk bersama membangun masa depan I n d o n e s i a y a n g l e b i h b a i k d a n b e r m a r t a b a t ,” sambut Fachri mengakhiri pertemuan. (AWA)

“A d a s e k i t a r 1 9 0 perusahaan di bawah perusahaan induk Astra yang mempekerjakan lebih dari 200 ribu karyawan. Hal ini menjadi peluang bagi RK untuk lebih dikenal dan lebih dipercaya sebagai salah satu NGO yang peduli di bidang pendidikan dan paling utama adalah misinya untuk membina pemimpin-pemimpin m a s a d e p a n ,” u j a r G a n j a r.

Future Leaders | edisi 86 Mei 2015

13


LAPORAN KEUANGAN

LAPORAN KEUANGAN PROGRAM PEMBINAAN SDM STRATEGIS BULAN JANUARI 2015 NO

URAIAN

Ė

SALDO AWAL BULAN

B

PENERIMAAN

JANUARI 196,180,351

DONASI / ZISWAF INSTITUSI

121,000,000

DONASI / ZISWAF INDIVIDU

205,842,365

DONASI KEGIATAN PPSDMS LAINNYA

C

D E F

PENDAPATAN JASA

22,500,000

PENDAPATAN LAINNYA

12,939,558

JUMLAH PENERIMAAN

362,281,923

JUMLAH SUMBER DANA ( A + B ) PENDAYAGUNAAN C1. BIAYA PUSAT C2. BIAYA REGIONAL C3. ALUMNI & KOMUNITAS C4. PEMBANGUNAN ASRAMA JUMLAH PENDAYAGUNAAN PENAMBAHAN HUTANG PEMBAYARAN HUTANG SALDO AKHIR (A+B-C+D-E)

558,462,274

12 14 Future Leaders | edisi 86 Mei 2015

166,123,960 257,813,533

423,937,493 72,827,977 61,696,804


LAPORAN KEUANGAN PROGRAM PEMBINAAN SDM STRATEGIS BULAN FEBRUARI 2015 NO

URAIAN

Ė

SALDO AWAL BULAN

B

PENERIMAAN

FEBRUARI 61,696,804

DONASI / ZISWAF INSTITUSI

372,000,000

DONASI / ZISWAF INDIVIDU

298,311,319

DONASI KEGIATAN PPSDMS LAINNYA PENDAPATAN JASA

C

D E F

PENDAPATAN LAINNYA

13,085,717

JUMLAH PENERIMAAN

683,397,036

JUMLAH SUMBER DANA ( A + B ) PENDAYAGUNAAN C1. BIAYA PUSAT C2. BIAYA REGIONAL C3. ALUMNI & KOMUNITAS C4. PEMBANGUNAN ASRAMA JUMLAH PENDAYAGUNAAN PENAMBAHAN HUTANG PEMBAYARAN HUTANG SALDO AKHIR (A+B-C+D-E)

745,093,840 307,643,035 259,639,312

567,282,347 26,328,177 151,483,316

Future Leaders | edisi 86 Mei 2015

15


LAPORAN KEUANGAN PROGRAM PEMBINAAN SDM STRATEGIS BULAN MARET 2015 NO

URAIAN

Ė

SALDO AWAL BULAN

B

PENERIMAAN

MARET 151,379,299

DONASI / ZISWAF INSTITUSI

132,700,000

DONASI / ZISWAF INDIVIDU

189,118,332

DONASI KEGIATAN PPSDMS LAINNYA PENDAPATAN JASA

C

D E F

1,500,000

PENDAPATAN LAINNYA

21,415,115

JUMLAH PENERIMAAN

344,733,447

JUMLAH SUMBER DANA ( A + B ) PENDAYAGUNAAN C1. BIAYA PUSAT C2. BIAYA REGIONAL C3. ALUMNI & KOMUNITAS C4. PEMBANGUNAN ASRAMA JUMLAH PENDAYAGUNAAN PENAMBAHAN HUTANG PEMBAYARAN HUTANG SALDO AKHIR (A+B-C+D-E)

496,112,746

16 Future Leaders | edisi 86 Mei 2015

175,913,587 227,935,997

403,849,584 26,328,177 65,934,985


LAPORAN KEUANGAN PROGRAM PEMBINAAN SDM STRATEGIS BULAN APRIL 2015 NO

URAIAN

Ė

SALDO AWAL BULAN

B

PENERIMAAN

APRIL 65,839,207

DONASI / ZISWAF INSTITUSI

126,000,000

DONASI / ZISWAF INDIVIDU

196,862,487

DANA KEGIATAN PPSDMS LAINNYA

31,514,626

PENDAPATAN JASA

C

D E F

1,176,000

PENDAPATAN LAINNYA

25,168,660

JUMLAH PENERIMAAN

380,721,773

JUMLAH SUMBER DANA ( A + B ) PENDAYAGUNAAN C1. BIAYA PUSAT C2. BIAYA REGIONAL C3. ALUMNI & KOMUNITAS C4. PEMBANGUNAN ASRAMA JUMLAH PENDAYAGUNAAN PENAMBAHAN HUTANG PEMBAYARAN HUTANG SALDO AKHIR (A+B-C+D-E)

446,560,980 181,966,631 223,669,859

405,636,490 26,328,177 14,596,313

CATATAN SALDO HUTANG PER APRIL 2015

PERUNTUKAN Î ŐÑǾMŒÒŎŌMÕÄ Ĩ ÑÖ NBĖŒǾMÖ M Pembelian Asrama Reg 4 (Depan) Pembelian Asrama Reg 4 ( Belakang ) Operasional PPSDMS TOTAL

SUMBER Lukman / LP3T-NF Bank Muamalat Bank Syariah Mandiri Aulia / Arief/ Musoli

Rp Rp Rp Rp Rp

SISA HUTANG 12,550,244 1,585,463,424 624,959,215 59,000,000 2,281,972,883

Future Leaders | edisi 86 Mei 2015

17


beruntung," ujar Dony membuka percakapan dengan wajah tersenyum. Pertemuan berlangsung di gedung pusat Wisma Baja, Krakatau Steel, Jakarta. Ia menyambut Ekseku f PPSDMS Regional II Bandung, dengan hangat. Kunjungan dimulai tepat pukul 11.00 WIB, di salah satu ruang rapat lantai 9 Wisma Baja. Ekseku f memaparkan tentang profil singkat PPSDMS, pemutaran video, dan profil khusus PPSDMS Bandung. Ia begitu antusias mendengar apa yang dipaparkan. Lebih tertarik lagi dengan kegiatan kemasyarakatan yang dilakukan PPSDMS Regional 2 Bandung, yaitu Community Development (Comdev). Ia mengatakan bahwa untuk program sosial dan dana tanggungjawab sosial kemasyarakatan PT. Krakatau Steel, sesuai dengan peraturan yang ada, bahwa dana tersebut wajib disalurkan kepada masyarakat yang nggal di s e k i t a r p e r u s a h a a n berada/beroperasi. Di tengah perbincangan, ia juga mengatakan siap jika suatu saat diundang ke asrama

PPSDMS Regional 2 Bandung untuk berbagi pengalaman dan mo vasi kepada anak muda penerus perjuangan bangsa. Ia juga siap berperan sebagai donatur individu.

Syariah dan PPSDMS mampu bersinergi kembali untuk mencapai misi dan tujuan bersama: menuju masa depan Indonesia yang lebih baik dan bermartabat.

Pertemuan berlangsung cukup lama, dilanjutkan dengan shalat Jumat bersama, makan siang dan diakhiri dengan sesi "pembekalan hidup" hingga tepat pukul 14.00 WIB. Ia membekali Ekseku f PPSDMS dengan wawasan dan pengetahuan seputar hakekat perubahan yang harus diawali oleh diri sendiri, kemudian keluarga, masyarakat hingga bangsa, negara dan dunia. “Sampai kita dapat berperan seper yang Islam inginkan, yakni sebagai, rahmat bagi semesta alam,” simpulnya. Sungguh menyejukkan.

Dukungan dari berbagai macam pihak terus digalang oleh PPSDMS. Alhamdulillah dalam kurun waktu yang telah terlewa kerjasama PPSDMS dengan berbagai mitra ins tusi berjalan dengan baik. Hal ini tentu juga dilandasi dengan semangat amanah atas se ap tugas dan tanggung jawab yang ada pada ins tusi masing-masing. Semoga kerjasama yang sudah terjalin dengan baik ini dapat berlanjut di masa yang akan datang.

Kabar baik juga turut datang dari Kemitraan Ekseku f Pusat, alhamdulillah per Oktober tahun ini salah satu mitra ins tusi yang sebelumnya sempat 'beris rahat' sejenak untuk menjalin kerjasama dengan PPSDMS akhirnya berkenan kembali menyambung tali sikaturahimnya. Ya, Yayasan Hasanah Ti k (YHT) BNI Syariah dan PPSDMS pada hari Kamis (2/10) telah menandatangani nota kesepakatan kerjasama untuk periode 2014-2015 dengan bantuan dana sebesar Rp. 15.000.000 per bulan. Setelah melalui proses yang cukup panjang, PPSDMS dibantu oleh salah seorang alumni, Tri Mukhlison Anugrah, berhasil meyakinkan kembali bahwa YHT BNI

22 Future Leaders | edisi 82 September 2014


donasi via ATM Masuk ke Menu Utama

Pembayaran

Beasiswa PPSDMS

ZIS & Qurban

Rekening Donasi

010 857 0945

a.n. Yayasan Bina Nurul Fikri

003 005 8574 a.n. PPSDMS NF www.ppsdms.org

info@ppsdms.org

Masukkan Nominal Pembayaran

Pilih Jenis Rekening

421 3020 903

157 000027 9225

a.n. Yayasan Bina Nurul Fikri

a.n. Yayasan Bina Nurul Fikri

307 00098 15

528 01000 31001

a.n. Yayasan Bina Nurul Fikri

a.n. Yayasan Bina Nurul Fikri

donasi@ppsdms.org

1000 323 91 SYARIAH

Konfirmasi & Selesai

a.n. PPSDMS NF

a.n. Yayasan Bina Nurul Fikri

PPSDMS Nurul Fikri

@ppsdms

www.ppsdms.org

PPSDMS Call Centre :021 7888 3828| 0816 141 3000 pin

75FC64F3


Newsletter Rumah Kepemimpinan Edisi 86 - Mei 2015  
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you