Page 1


2


K ATA P E N GA N TA R Hej allihopa! Pertama-tama kami ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada semua pihak yang terlibat dalam pembuatan buku saku Uppsala ini seperti temanteman tim penyusun, tim relawan, PPI Uppsala, beserta PPI Swedia. Terima kasih untuk waktu, usaha dan perhatian yang sudah berikan untuk buku saku ini, baik dalam penulisan, foto serta kritik dan saran selama proses pembuatan buku saku ini. Tanpa kalian, buku ini tidak mungkin ada. Buku saku ini berisikan panduan-panduan untuk kehidupan di Uppsala. Buku ini dibuat untuk teman-teman yang tertarik atau sedang mempersiapkan keberangkatan ke Uppsala, Swedia. Diharapkan dengan membaca buku ini, teman-teman bisa mendapatkan sekilas gambaran mengenai hal-hal apa saja yang bisa teman-teman harapkan/dapatkan selama tinggal di Uppsala. Kita juga harap buku saku ini dapat mempermudah teman-teman dalam menyesuaikan diri dengan kehidupan di Swedia, khususnya di Uppsala. Tujuan pembuatan buku ini adalah karena kami mengerti seberapa menantangnya pindah ke negara lain, di benua lain dengan lingkungan dan budaya yang sangat berbeda dari negara kita. Oleh karena itu, keberadaan buku panduan merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan. Namun sejauh ini belum ada buku panduan yang spesifik ditujukan untuk daerah Uppsala, padahal Uppsala adalah kota pelajar yang sangat populer di Swedia. Oleh karena itulah buku ini dibuat. Akhir kata, kami dari panitia Buku Saku Uppsala dan PPI Uppsala berharap semoga teman-teman senang membaca buku ini. Semoga buku ini bisa membantu teman-teman untuk menavigasikan diri selama tinggal di Uppsala. Lycka till! Tim Penyusun

Cover Photo by Yanti Sastrawan

3


DA F TA R I S I

06 prakedatangan

20 kedatangan

38 profil universitas

• • •

Residence permit Akomodasi Barang-barang yang perlu dibawa

• • •

Kedatangan di Uppsala 22 Transportasi dari 23 bandara Administrasi 26

• • •

Uppsala University SLU Mälardalen University

4

08 12 17

40 42 44


DA F TA R I S I

46 hidup di Uppsala

88 kultur

104

profil PPI Uppsala

• • • •

Tempat ibadah Kebutuhan sehari-hari Transportasi Hidup bersama keluarga Hiburan Kesehatan

48 52 62 70

90 94

Kultur Swedia Kehidupan dan Kebiasaan di Uppsala Bahasa Swedia

100

• •

Profil PPI Uppsala Profil penyusun buku

106 108

• •

• •

5

72 84


Photo by Erik Odiin from Unsplash

6


PRA K E DATA N GA N

7


RESIDENCE PERMIT Residence permit adalah hal paling pertama yang kalian urus setelah kalian diterima di salah satu universitas di Swedia. Residence permit adalah dokumen resmi yang menyatakan seseorang diizinkan tinggal di Swedia untuk suatu tujuan, misalnya studi, dalam jangka waktu lebih dari tiga bulan. Jadi jika kalian akan bekerja atau kuliah di Swedia dalam kurun waktu tiga bulan atau lebih, kalian akan membutuhkan kartu residence permit ini. Kerennya, dengan memiliki residence permit ini, kalian akan dianggap sebagai warga Swedia, jadi kalian tidak butuh visa lagi untuk keliling-keliling negara lain di Eropa seperti Belanda, Islandia, Prancis, Italia, Jerman, dan lain-lain (selama masih dalam grup Uni Eropa atau grup Schengen). Pembuatan residence permit ini dikelola oleh Departemen Imigrasi Swedia (Migrationsverket) dan umumnya berlaku selama maksimal satu tahun. Jadi untuk kalian yang kuliah dua tahun harus memperpanjang masa berlakunya permit ini saat memasuki berakhirnya masa satu tahun. Jalur yang ditempuh untuk kalian yang kuliah dengan biaya mandiri ataupun beasiswa kurang lebih sama. Di halaman-halaman berikut adalah tahaptahap untuk mendapatkan residence permit.

8


1

Membayar Biaya Kuliah

2

Mengisi Formulir Online

Tentu saja ini untuk kalian yang kuliah dengan biaya mandiri, kalian tidak harus membayar full biaya kuliah, paling tidak kalian harus membayar semester pertama dulu. Universitas kalian akan mengirimkan email yang berisi detail bank dan jumlah yang harus dibayarkan. Coba tanyakan dengan bank kalian masing-masing bagaimana untuk transfer ke rekening bank luar.

Nah untuk kalian yang diterima beasiswa, atau telah membayar biaya kuliah, kalian bisa mengisi form permohonan untuk pembuatan residence permit secara online dengan mengakses website untuk Departemen Imigrasi Swedia atau Migrationsverket untuk formular ini. Lebih baik jika kalian mempersiapkan semua dokumen yang dibutuhkan terlebih dahulu. Dokumen-dokumen yang kalian butuhkan adalah sebagai berikut: •

Scan paspor berwarna: Mohon masukkan lembar identitas paspor (yang berisi nama, nomor paspor dan foto kalian) beserta lembar paspor yang memiliki tanda tangan kalian (biasanya di lembar paling belakang). Pastikan semua detail paspor terlihat jelas. Mohon diingat, residence permit ini memiliki masa berlaku selama satu tahun atau sampai sisa masa berlaku paspor jika paspor tidak berlaku lebih dari satu tahun sejak pengajuan aplikasi.

•

Bukti penerimaan studi dari universitas (Admission Letter): Kalian bisa mendapatkan ini dari webportal University Admissions di bagian aplikasi, lalu klik di bagian “Print cover sheet�. Ada beberapa universitas yang menggunakan jalur mandiri (tidak melalui portal university admission). Untuk ini, kalian bisa meminta Universitas kalian untuk mengirimkan dokumen yang diperlukan.

9


• •

• •

Bukti pembiayaan hidup: Untuk kalian yang menggunakan biaya mandiri untuk tinggal di Swedia, kalian harus mengirimkan bukti bahwa kalian mampu membiayai kehidupan kalian selama periode tinggal di Swedia (satu tahun) kalian tinggal di Swedia (tidak termasuk biaya kuliah). Per 1 Januari 2020, pemerintah Swedia menetapkan bahwa kalian membutuhkan biaya hidup minimal sebesar 8.514 SEK per bulan (termasuk tempat tinggal). Jadi paling tidak kalian harus mengirimkan bukti keuangan jika kalian memiliki uang sebesar 8.514 SEK x 12 bulan (jika kalian memohon residence permit selama satu tahun). Bukti keuangan ini dalam Bahasa Inggris dan bisa menggunakan rekening koran yang sudah dicap/dilegitimasi oleh bank, dan harus dari data keuangan maksimal tiga bulan sebelumnya (tidak boleh rekening koran dari empat bulan yang lalu/lebih). Mohon diingat kalau biaya ini berlaku untuk 2020, dan mungkin akan berubah setiap tahun, kalian bisa cek website Departemen Imigrasi Swedia untuk ini. Jika beasiswa kalian menyediakan biaya bulanan untuk tinggal (living cost), kalian harus mengirimkan bukti penerimaan beasiswa kalian, dengan keterangan berapa jumlah uang yang diberikan oleh pemberi beasiswa kepada kalian selama sebulan (dalam dokumen harus tercantum nama kalian sebagai penerima dana beasiswa). Jika jumlah uang bulanan dari beasiswa kalian tidak mencukupi biaya hidup yang ditetapkan oleh pemerintah Swedia, maka kalian tetap harus menyediakan bukti keuangan bahwa kalian mampu untuk membiayai sisa uang bulanan yang dibutuhkan. Membayar biaya pendaftaran permohonan residence permit sebesar 1.500 SEK (per tahun 2020). Pembayaran dilakukan secara online, melalui kartu kredit, kartu debit, atau bank transfer.

Setelah kalian menyiapkan dokumen yang lengkap, kalian bisa mengisi formulir online dengan data diri kalian. Jika ada dokumen yang kalian lupa, jangan khawatir kalian bisa menyimpan progress kalian dan melanjutkannya lain waktu. Setelah kalian selesai mengisi dan mengattach semua dokumen-dokumen yang diperlukan, kalian akan diemail oleh Departemen Imigrasi Swedia. Email pertama adalah untuk menyatakan jika pembayaran biaya permohonan residence permit kalian sudah diterima. Lalu jika ada dokumen lain yang dibutuhkan, kalian juga akan di-email.

10


Mohon ikuti instruksi yang ada di-email untuk melengkapi dokumen yang diminta oleh Departemen Imigrasi Swedia. Jika semua sudah lengkap, maka kalian akan di-email bahwa data-data kalian sudah dimasukkan kedalam database, dan kalian siap untuk ke fase selanjutnya!

3

Mengunjungi Kedutaan Besar Swedia Setelah berhasil men-submit aplikasi melalui formulir oonline, kalian akan diminta untuk mengunjungi Kedutaan Besar Swedia di Jakarta untuk perekaman data biometrik. Untuk ini, kalian diharapkan untuk meng-email Kedutaan Besar Swedia, dengan menyebutkan nama kalian dan universitas tujuan kalian di-email. Jangan lupa untuk menyatakan kalau kalian sedang dalam proses untuk membuat residence permit dan diminta untuk membuat appointment dengan Kedutaan Besar Swedia. Kedutaan Besar Swedia akan membalas email kalian dengan detail berupa tanggal dan waktu untuk kalian diharapkan datang. Sesampainya kalian di Kedutaan Besar Swedia, kalian akan mendaftarkan sidik jari dan tanda tangan kalian. Mohon jangan lupa untuk membawa paspor kalian ke Kedutaan Besar Swedia.

4

Mengambil Residence Permit Setelah kalian mendaftarkan sidik jari dan tanda tangan, kalian tinggal menunggu untuk mengambil kartu residence permit kalian. Kartu residence permit akan dikirimkan oleh Migrationsverket ke Kedutaan Besar Swedia di Jakarta, dan Kedutaan Besar Swedia akan mengirimkan kalian email, jika kartu sudah siap dan dapat diambil. Karena kartu residence permit ini dibuat dan dikirimkan dari Swedia, jadi kalian mungkin harus menunggu agak lama. Bagi kalian yang tinggal di luar Jakarta, kalian bisa diwakilkan dengan membuat surat kuasa kepada yang mewakili.

Itulah proses pembuatan residence permit. Nah, untuk berapa lamanya itu agak susah diperkirakan, karena tergantung kelengkapan dokumen kalian dan keadaan-keadaan lain. Dari kami sarannya hanya lengkapin semua dokumen yang dibutuhkan. Jika kalian mau cari tahu lebih lanjut, bisa ke situs web Departemen Imigrasi Swedia atau University Admissions.

11


A KO M O DA S I JENIS TEMPAT TINGGAL MAHASISWA DI SWEDIA Sebagai kota pelajar dan kota keempat terbesar di Swedia, Uppsala memiliki banyak sekali tempat tinggal. Akan tetapi jumlah tempat tinggal yang banyak ini juga diimbangi dengan jumlah pelajar yang tidak kalah banyak disini. Oleh karena itu, lumayan sulit untuk mencari tempat tinggal disini. Biasanya, bagi mahasiswa baru akan disediakan tempat tinggal yang sudah dialokasikan oleh pihak universitas dikarenakan sistem pencarian tempat tinggal cukup memakan waktu dan butuh birokrasi yang berbeda dari negara-negara di Eropa lainnya. Namun jika kalian ingin pindah dari tempat tinggal yang sudah disediakan oleh universitas, kalian bisa mencarinya melalui website seperti Qasa, Studentboet, Blocket Bostad untuk second-hand atau third-hand accommodation dan website dari official housing agency seperti Heimstaden, Uppsala BostadsfĂśrmedling, Student Bostad, NationsgĂĽrdarna untuk tempat tinggal first-hand dengan sistem antrian. Nah, karena lokasi apartemen atau student housing itu sangat banyak di Uppsala, kami tidak akan membahas satu per satu, namun kami akan bahas berdasarkan jenis tempat tinggalnya. Adapun untuk jenis tempat tinggalnya bisa dibagi sebagai berikut.

1. Apartemen Tunggal Sesuai namanya, apartemen ini merupakan apartemen yang kalian tempati sendiri. Kalian punya dapur dan kamar mandi sendiri. Untuk laundry mungkin bisa pakai fasilitas laundry di apartemen, namun ada juga yang punya laundry sendiri. Apartemen ini bisa disewa dalam kondisi furnished, semi-furnished atau unfurnished.

12


Keuntungan tinggal di sini adalah: • Dapur dan kamar mandi pribadi. • Lebih privat rasanya. • Kamar relatif lebih luas. Kerugiannya adalah: • Kamar mungkin terasa lebih sempit karena ada dapur dan kamar mandi pribadi. • Harus bersihin dapur dan kamar mandi sendiri. • Relatif lebih mahal. Contoh tempat tinggal macam ini ada di: Salixvagen (naik Bus 3 atau 8 dari Centralstation) atau Flogsta Sernanders Väg Tower 11 dst. (naik Bus 5 atau 6 dari Centralstation).

2. Apartemen Sharing Ini sebenernya apartemen dua kamar atau lebih, namun sharing dengan orang lain (bisa saja kita kenal atau tidak). Biasanya kalian punya kamar tidur sendiri, namun sharing kamar mandi, dapur, ruang makan dan ruang tamu. Untuk laundry mungkin bisa pakai fasilitas laundry di apartemen, namun ada juga yang punya laundry sendiri. Apartemen ini bisa disewa dalam kondisi furnished, semi-furnished atau unfurnished. Keuntungan tinggal disini adalah: • Lebih bisa dekat dengan teman satu apartemen. • Relatif lebih murah. • Lebih luas karena punya ruang tamu, ruang makan, dsb. (meskipun sharing). Kerugiannya adalah: • Kalau tidak cocok sama teman satu apartemennya agak susah dalam bersosialisasi. • Harus kompromi dengan teman satu apartemen, bisa saja dia bawa teman dan berisik. • Kamar tidur biasanya kecil ukurannya.

13


Apartemen tipe ini merupakan salah satu jenis apartemen yang paling banyak di Uppsala, contohnya adalah di Blodstenvägen (naik bus 2 atau 7 dari Centralstation), Atterbomsgatan (naik bus 3 dari Centralstation), Flogstavägen (naik bus 5 dari Centralstation), dsb.

3. Student Corridor Tipe tempat tinggal yang berikutnya adalah tempat tinggal yang sangat tipikal untuk pelajar-pelajar di Uppsala, yaitu student corridor. Student corridor ini adalah kumpulan kamar apartemen di satu lantai koridor. Kalian akan memiliki satu kamar, dengan kamar mandi pribadi, akan tetapi kalian akan sharing dapur dengan yang lain. Biasanya satu dapur bisa di share dari 5-12 kamar. Di dapur pun biasanya kalian akan memiliki pantry pribadi yang dilengkapi dengan kunci. Jadi kalian bisa menaruh bahan-bahan makanan dan perlengkapan masak pribadi disana. Kalian juga akan sharing kulkas dan freezer. Biasanya dapur sudah dilengkapi dengan perlengkapan memasak (panci, penggorengan, talenan, dsb.) dan perlengkapan makan (piring, gelas, dsb). Dimana biasanya perlengkapan tersebut adalah peninggalan penyewa kamar sebelumnya. Di apartemen ini kalian akan melaksanakan piket yang terjadwal dengan teman satu lantai kalian, dimana yang piket ini biasanya untuk membersihkan dapur, koridor dan membuang sampah apartemen ke tempat pembuangan sampah. Keuntungan tinggal disini adalah: • Bisa memiliki kesempatan untuk mendapatkan banyak teman. • Biasanya koridor memiliki acara-acara sendiri, seperti kumpulkumpul, malam karaoke, potluck, dsb. • Kamar sedikit lebih luas daripada apartemen sharing. • Kamar mandi pribadi. • Lebih ada privasi dibandingkan apartemen sharing. • Ada jadwal piket, jadi ada waktu dimana kalian tidak perlu membersihkan dapur (tapi piring, gelas dan perlengkapan masak lain yang dipakai cuci sendiri).

14


Photo by PPI Uppsala

Kerugiannya adalah: • Suasana student corridor ini sangat tergantung oleh temanteman satu koridor, kalau pada sepi ya jadi sangat sepi. • Namun bisa juga koridor kalian jadi “party corridor” yang setiap minggu ada acara party-party yang sangat berisik. • Harga lebih mahal dari apartemen sharing. Apartemen tipe ini yang terkenal adalah Sernanders Väg tower 1-10 (naik bus no. 5 atau 6 dari Centralstation) atau Kantorsgatan (naik bus no. 110 atau 115 dari Centralstation, atau naik bus no. 4 atau 6 disambung dengan bus no. 2 ke Kantorsgatan). Semoga tulisan ini bisa membantu kalian untuk merencanakan tempat tinggal yang akan kalian tempati selama kalian menempuh ilmu di Uppsala!

15


Photo by Yanti Sastrawan

16


B A R A N G - B A R A N G YA N G P E R L U D I B A WA

Selamat! Kalian sudah menetapkan pilihan untuk melanjutkan studi di Swedia, sebuah negara yang sangat terkenal dalam kontribusinya di bidang sains. Banyak sekali penemuan ataupun riset penting yang dilakukan di Swedia, seperti penentuan suhu dalam skala Celcius oleh Anders Celsius ataupun Taksonomi pada makhluk hidup yang dilakukan oleh Carolus Linnaeus. Sebagai salah satu negara yang terletak di bagian utara Eropa, Swedia tentu memiliki iklim yang sangat berbeda dari Indonesia. Oleh karena itu kalian harus mempersiapkan diri kalian dengan baik. Selain itu harga-harga barang di Swedia juga lumayan mahal, sehingga dibutuhkan perencanaan matang mengenai barangbarang apa saja yang perlu dibawa. Di sini kami hanya menyarankan apa saja yang perlu dibawa ke Swedia, dari dokumen-dokumen yang wajib dibawa, perlengakapan musim dingin, dan rekomendasi makanan praktis serta obat-obatan. Ini hanya saran dan rekomendasi dari kami berdasarkan pengalaman masing-masing saat baru tiba di Swedia.

Dokumen-dokumen yang wajib dibawa • • • • •

Paspor. Kartu residence permit Swedia. NPWP. KTP. Dokumen Beasiswa (jika kalian mendapatkan beasiswa).

17


Perlengkapan musim dingin • • • • • • • •

Mantel musim dingin. Syal. Sarung tangan. Kaos kaki tebal. Long John atau celana legging thermal. Earmuffs. Kupluk. Penutup mulut.

Rekomendasi untuk makanan Lalu juga untuk kalian-kalian yang bakal kangen dengan masakan Indonesia, mungkin juga bisa bawa bumbu-bumbu masak yang sudah jadi seperti bumbu rawon, soto, opor, dsb. Pengalaman beberapa mahasiswa disini, terkadang ada juga yang bawa makanan kering seperti kering kentang, bawang goreng, kering tempe, dsb. Kalian juga bisa membawa obat-obatan pribadi yang kalian butuhkan. Berikut kami akan coba bantu dengan list obatobatan yang mungkin kalian perlu bawa ya (tergantung kondisi masing-masing). List berikut hanyalah saran saja. Jika kalian memiliki obatobatan tersendiri untuk kalian, lebih baik membawa obat yang sudah kalian pernah pakai sebelumnya. Contohnya adalah pengidap asma biasanya sudah mempunyai list obat-obatan atau merek inhaler yang sudah sering dipakai sebelumnya. Jika kalian tidak ingin membawa obat-obatan, tidak perlu khawatir, karena di Swedia juga bisa dibeli, misalnya paracetamol, obat diare, obat flu, batuk, dsb. (harga mungkin lebih mahal). Tapi tentu saja terkecuali untuk obat-obatan herbal Indonesia, mungkin tidak tersedia disini, seperti Tolak Angin.

18


LIST OBAT-OBATAN RINGAN Paracetamol 500 mg

Obat demam

Asam Mefenamat 500 mg

Obat nyeri grade I (kepala, gigi, haid, dll.)

Natrium Diclofenac 50 mg

Obat nyeri grade II

Ranitidine 150 mg

Obat maag (sebelum makan)

Omenprazole 20 mg

Obat maag grade II (sebelum makan)

Loperamid 2 mg

Obat diare

Cetirizine 10 mg

Obat alergi

Methylprednisolone 4 mg

Obat radang

Dexamethasone 0,5 mg

Obat radang (untuk pasien HT dan DM)

Tremenza

Obat flu

Ambroxol 30 mg

Obat batuk berdahak

Salbutamol 2 mg

Obat asma/sesak

Asam pipedat

Obat nyeri saluran kencing

Simvastatine 10 mg

Obat kolesterol

Amlodipin 5 mg

Obat tensi tinggi

Betamethasone cream

Cream untuk alergi/gatal/radang

Miconazole

Cream untuk jamur

Imboost Force

Boosting imun

Vit. C 250 mg

Vitamin daya tahan tubuh

Trombophop

Untuk lebam-lebam

Bioplacenton

Untuk luka bakar

Acyclovir salep

Infeksi herpes ringan

Chloramphenicol tetes mata

Infeksi mata ringan

Erlamycetin tetes telinga

Infeksi telinga ringan

Chloramphenicol salep

Infeksi kulit ringan

Betahistine 6 mg

Obat vertigo

Minyak Kayu Putih • Betadine • Hansaplast Safe care • Counterpain • Salonpas • Tolak angin • Minyak Ikan

19


Photo by Clara Mutiarasari

20


K E DATA N GA N

21


K E DATA N GA N D I U P P SA L A BANDARA ARLANDA Selamat datang di Swedia! Setelah kalian menyelesaikan rangkaian proses imigrasi dan pengambilan barang bagasi, kalian akan diarahkan keluar menuju pintu kedatangan. Disini kalian bisa menemukan mesin pembelian tiket kereta cepat menuju Stockholm dan juga kereta reguler menuju Uppsala. Kalian juga bisa langsung membeli SIM card Swedia di minimarket PressbyrĂĽn dan langsung mengaktifkan sesuai petunjuk pada struk pembelian dan kemasan.

PENGAMBILAN KUNCI Heimstaden Kunci kamar bisa diambil antara hari Senin-Kamis sebelum jam 4 sore dengan menunjukan identitas berupa paspor dan residence permit. Alamat: Sernaders Vag 10, Uppsala - Heimstaden Office Flogsta

Uppsala University Housing Office (UUHO) Kunci kamar bisa diambil di kantor UUHO dengan menunjukan bukti identitas berupa paspor dan juga residence permit. Alamat: Klostergatan 16, Uppsala Catatan: Bagi yang ingin diwakilkan, mohon hubungi PPI Uppsala melalui akun Instagram ataupun Facebook PPI Uppsala dengan menyertakan surat kuasa/letter of attorney yang nanti akan dipandu oleh tim PPI Uppsala.

22


T R A N S P O RTA S I DA R I BA N DA R A Setelah mendarat di Bandara Arlanda, ada beberapa moda transportasi publik yang dapat kalian akses untuk mencapai tujuan. Untuk menuju kota Uppsala, kalian dapat naik kereta komuter/pendeltĂĽg milik SL atau kereta jarak jauh milik SJ langsung dari Bandara Arlanda. Harga tiket kereta sekitar 99-210 SEK dan dapat dibeli langsung dari pusat informasi atau Arlanda Visitor Center di terminal kedatangan atau dari aplikasi/situs web SL atau SJ, dan kereta dapat diakses langsung dari dalam bandara. Kalau kalian berencana akan naik kereta dari Bandara Arlanda, perlu diketahui bahwa kalian harus bayar 120 SEK untuk airport access fee. Selain kereta, kalian dapat naik bus nomor 801 dari Arlanda ke Uppsala. Harga tiket bus ini sekitar 99 SEK dan dapat dibeli Arlanda Visitor Center atau pusat informasi di dalam terminal dan tidak perlu bayar airport access fee. Informasi lebih lanjut dapat dipelajari di situs web UL. Untuk akses bus bisa ditemukan di area drop-off terminal 5. Disini kalian bisa melihat beberapa lajur bus yang tersedia sesuai tujuan. Selain bus nomor 801 yang dioperasikan oleh UL, kalian bisa melihat ketersediaan Flixbus melalui vending machine yang tersedia atau aplikasi Flixbus. Apabila kalian ingin naik taksi, Uppsala Taxi menawarkan harga pas sejumlah 500 SEK untuk perjalanan dari Arlanda ke Uppsala. Fasilitas taksi online seperti Uber dan Bolt juga hadir di Bandara Arlanda dan dapat dipesan langsung dari aplikasi. Catatan: Pembelian tiket UL bisa dilakukan melalui aplikasi UL App di Playstore dan AppStore, melakukan pengisian saldo dengan metode pembayaran credit card atau E-Card Jenius.

23


Photo by Clara Mutiarasari

24


PENJEMPUTAN DARI UNIVERSITAS Setiap semester baru, Uppsala University menyediakan penjemputan di Bandara Arlanda Terminal 5. Biasanya mereka akan sambut dengan meja kedatangan dari pukul 09:00-21:00. Mereka akan memberikan kunci akomodasi kalian dan melayani dengan penjemputan gratis dari Bandara Arlanda ke area perumahan mahasiswa di Uppsala. Ikuti informasi Welcome Programme yang di-email ke kalian untuk informasi bagaimana daftar penjemputan dari Uppsala University.

TRANSPORTASI MENUJU HOUSING Ada tiga area dimana kebanyakan mahasiswa internasional akan tinggal sesuai anjuran universitas masing-masing, yaitu Flogsta, Salix (Sunersta), dan Kantorsgatan. Berikut akses menuju ketiga area tersebut dari Terminal Uppsala Central.

Flogsta Bisa diakses melalui dua alternatif bus yaitu nomor 6 dari halte E1 hingga halte Ekebyhus atau Sernanders Väg, dan bus nomor 5 dari halte A1 hingga halte bus Flogsta Centrum.

Salixvägen Bisa diakses dengan bus nomor 8 dari terminal B3, berhenti di halte Morkullevägen.

Kantorsgatan Area ini bisa diakses langsung dari Uppsala Central ke halte Uppsala Moskén dengan bus nomor 110 atau 115, atau kalian bisa juga jalan kaki 550 m ke Stora Torget, lalu naik bus nomor 2 ke halte Djäknegatan.

25


ADMINISTRASI PERSONNUMMER (NOMOR IDENTITAS NASIONAL) Sesampainya di Swedia, setelah kalian istirahat dari jetlag, segeralah mengurus personnummer. Personnummer adalah nomor identitas penduduk nasional Swedia sebagai acuan dalam database populasi Swedia, jika sudah mendapat personnumer berarti kalian sudah terdaftar sebagai penduduk Swedia. Jika kalian akan menetap di Swedia selama lebih dari satu tahun, kalian wajib memiliki nomor identitas ini. Bukan hanya wajib, nomor identitas ini merupakan penghubung antara data pribadi kalian dengan segala pihak di Swedia. Karena itu nomor ini diperlukan untuk segala hal di Swedia, mulai dari mendapatkan pelayanan kesehatan, mendaftar bank, mendaftar membership gym, loyalty card dari toko dan lain-lain. Berbeda dengan residence permit, personnummer dikelola oleh kantor pajak Swedia (Skatteverket). Untuk mengurus personnummer ini memerlukan waktu lumayan lama, tergantung dari berapa banyak orang yang mengurus hal ini bersama kalian. Bisa dari 2 sampai 8 minggu, oleh karena itu sebaiknya kalian secepatnya mengurus hal ini. Proses untuk personnummer ini cukup mudah, yaitu:

1. Mengisi formulir online Sebenarnya kalian bisa mengisi formulir ini langsung di kantor pajak Swedia. Akan tetapi, menurut kami mengisi langsung di kantor pajak itu kurang nyaman, karena formulirnya lumayan panjang (6 halaman). Kalian mengisinya sambil berdiri, dan ditunggu oleh petugas. Jadi lebih baik isi secara online di webportal Departemen Pajak Swedia. Mohon isi dengan data diri kalian yang sebenarnya, biar tidak ada masalah. Jika sudah, kalian diharapkan untuk mencetak dokumen ini (untuk printing dimana coba cek bagian printing di buku ini) dan membawanya ke kantor pajak.

26


2. Mengantri di kantor pajak Langkah berikutnya adalah untuk kalian berangkat ke kantor pajak Swedia di Uppsala dengan alamat sebagai berikut: Uppsala Skatteverket Alamat: Ebba Boströms gata 7, 753 19 Uppsala Jam buka: Senin-Jumat, jam 10:00-16:00 (istirahat makan siang jam 12:00-13:00) Mohon diingat ada beberapa dokumen yang harus disiapkan sebelum pergi ke kantor pajak Swedia, yaitu: • • • • • • •

Formulir online yang telah di print. Paspor. Surat penerimaan universitas (bisa membawa print-out cover sheet yang kalian pakai untuk membuat residence permit). Bukti keuangan (bisa memakai rekening koran yang dipakai sewaktu membuat residence permit). Bukti pembayaran uang kuliah. Akte pernikahan (untuk kalian yang membawa suami/istri ke Swedia). Akte kelahiran (untuk kalian yang membawa anak ke Swedia).

Untuk dokumen resmi dari pemerintah Indonesia, mohon bawa yang asli, jangan bawa hasil fotokopi. Saran kami berikutnya adalah datang pagipagi ke kantor pajak, bahkan sebelum mereka buka agar tidak terlalu mengantri atau bisa juga datang sebelum karyawan kantor pajak selesai makan siang. Hal ini dikarenakan panjangnya antrian yang selalu terjadi di kantor pajak, apalagi ketika semester musim gugur dimana banyak mahasiswa yang juga mengurus hal yang sama. Setelah itu kalian akan diberitahukan kira-kira kapan kalian akan menerima nomor personnummer ini. Hal ini akan dikirimkan melalui surat, jadi sering-sering cek kotak surat kalian ya. Untuk personnummer sendiri formatnya adalah tanggal lahir kalian dan empat digit angka identifikasi kalian (YYMMDD - XXXX).

27


SWEDISH ID CARD Langkah berikutnya setelah kalian membuat personnummer adalah membuat Swedish ID Card (ID-kort). Kalian harus membuat Swedish ID card ini, karena ID card atau kartu ID ini memiliki chip yang berisikan data diri kalian dan perlu dipakai di banyak tempat seperti mentransfer uang dengan Forex atau Western Union, untuk rawat darurat, membeli minuman keras, pemeriksaan tiket, dan lain-lain. Selain itu kartu ID juga bisa digunakan sebagai pengganti paspor kalian, jadi kemana-mana tidak usah bawa paspor lagi. Untuk membuat kartu ID ini bisa sekitar dua sampai empat minggu setelah kalian menerima personnummer. Adapun tahap-tahapnya adalah sebagai berikut:

1. Membayar biaya pembuatan Kartu ID Sebelum kalian menuju ke kantor pajak kembali untuk membuat kartu ID, kalian harus membayar biaya pembuatan ID ini. Kalian bisa mencari tahu nomor rekening (nomor giro) untuk kantor pajak Swedia di websitenya dan mentransfernya kesana. Biaya yang dibutuhkan per 2020 adalah 400 SEK.

2. Membuat janji dengan kantor pajak Berbeda dengan personnummer, untuk membuat kartu ID kalian harus membuat janji terlebih dahulu dengan kantor pajak Swedia. Kalian bisa membuat janji ini secara online di website kantor pajak, dan disitu akan diberitahu slot-slot waktu yang masih bisa dipakai untuk membuat janji.

3. Datang ke Kantor Pajak Swedia sesuai waktu yang dijanjikan Disini kalian sudah tidak perlu mengantri lagi, tapi pastikan jangan datang telat ya! Di kantor pajak ini kalian akan melakukan perekaman data biometrik lagi berupa sidik jari dan tinggi badan. Jangan lupa membawa bukti pembayaran biaya kartu ID (bisa kertas atau screenshot). Setelah selesai, kalian akan diberikan dokumen yang harus kalian bawa saat kalian akan mengambil kartu ID kalian.

28


Setelah itu, kalian akan menunggu kira-kira dua sampai empat minggu. Jika kartu ID kalian sudah bisa diambil, kalian akan dikabarkan melalui surat atau SMS oleh kantor pajak. Jika sudah dikabarkan, kalian tinggal datang ke kantor pajak Swedia dengan membawa dokumen yang diberikan sebelumnya dan mengambil kartu ID kalian!

SELAMAT! KALIAN SUDAH MENJADI WARGA SWEDIA SEMENTARA.

Photo by PPI Uppsala

29


BANK Setelah selesai dengan personnummer dan kartu ID, saatnya kalian membuat akun bank Swedia yang sangat diperlukan. Akun bank Swedia ini sangat diperlukan untuk mempermudah hidup kalian di Swedia karena di Swedia hampir semua transaksi menggunakan sistem tanpa tunai (cashless). Dengan akun bank Swedia ini kalian bisa melakukan banyak hal selain beli barang, kalian bisa: • Transfer uang ke teman kalian menggunakan aplikasi digital. • Langganan paket data HP dengan diskon pelajar. • Berlangganan paket fitness. • Beli barang dengan cicilan. • Setor tunai ke rekening bank Swedia kalian. Mungkin ada dari kalian yang berpikir, kan bisa juga beli barang dengan akun bank Indonesia memakai kartu kredit atau kartu debit yang bisa dipakai secara internasional. Hal ini memang bisa, tapi dari pengalaman kami untuk transaksi online, banyak yang memerlukan kode OTP sebagai bentuk konfirmasi dan masalahnya, OTP itu dikirimkan ke nomor Indonesia yang sudah tidak bisa dipakai lagi di Swedia (ada beberapa yang tetap berhasil menggunakan kartu Jenius, ada juga yang tidak bisa). Jadi agak susah transaksi secara online disini. Ditambah lagi dengan memakai bank Indonesia, kalian akan terkena kurs tukar yang fluktuatif dan bisa saja lebih tinggi dari kurs normal. Selain itu, jika kalian mau tarik tunai, butuh biaya tambahan lagi dari bank Indonesia kalian. Disini kami mau menjelaskan dua jenis bank untuk kalian: 1. Bank digital (yang kalian bisa langsung daftarkan begitu kalian sampai di Swedia). 2. Bank Swedia (yang baru bisa diurus setelah personnummer dibuat).

30


Bank digital Untuk kalian yang baru saja mendarat di Swedia dan belum bisa mengurus administrasi apapun, kalian bisa mendaftar ke bank digital. Bank ini mempunyai IBAN (International Bank Account Number). Jadi kalian bisa transfer uang ke rekening bank ini, dan bisa menggunakannya untuk belanja sehari-hari ataupun belanja online, tanpa terlalu terpengaruh dengan fluktuasi kurs mata uang. Pembuatan akun bank ini cukup mudah dan semuanya fully online, cukup dengan mendaftarkan data diri kalian, foto wajah kalian dan upload foto paspor kalian. Contoh-contoh bank digital ini adalah Revolut dan TransferWise. Bank-bank digital ini sangat aman juga, karena di Eropa keamanan data pribadi dan keuangan sangat diutamakan. Bank digital ini juga bisa di-set ke aplikasi pembayaran digital seperti Google Pay, Apple Pay dan Samsung Pay dimana sistem pembayaran dengan smartphone ini sudah sangat tersebar di Swedia. Kalian bisa menggunakan sistem ini untuk membayar belanja kalian sehari-hari.

Bank Swedia Bank Swedia adalah bank yang terdaftar resmi dan memiliki kantor cabang di Swedia. Sebenarnya kalian bisa saja melakukan transaksi sehari-hari dengan bank digital kalian. Akan tetapi akun bank di Swedia itu wajib diperlukan jika kalian akan: • Berlangganan paket HP dengan diskon pelajar. • Mendaftarkan membership bulanan. • Membeli barang dengan sistem cicilan. • Menggunakan aplikasi Swish (untuk pembayaran dan transfer uang dengan memasukkan nomor HP saja).

31


Satu hal yang harus diketahui lagi adalah Bank ID, yaitu sistem identifikasi elektronik yang tersentralisasi di Swedia. Bank ID ini sangat penting sekali untuk akses login dan konfirmasi identifikasi termasuk untuk akses akun bank, catatan medis, dan pembayaran Swish. Jadi hampir untuk semua transaksi elektronik yang berlangsung secara online, memerlukan Bank ID. Banyak bank-bank Swedia besar yang bekerja sama dengan Bank ID ini seperti Nordea, Danske, Handelsbanken, ICA, SEB, dsb. Untuk membuat Bank ID ini, kalian harus membuat akun di salah satu bank Swedia. Untuk membuat akun bank di Swedia ada beberapa hal yang harus kalian lalui, yaitu:

1. Memilih bank di Swedia Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa di Swedia terdapat banyak bank. Kalian bisa memilih bank-bank yang memberikan biaya gratis untuk student seperti Nordea, SEB atau Danske Bank. Tidak usah khawatir soal ketersediaan ATM, karena seperti yang dibilang diatas, hampir semua transaksi keuangan di Swedia itu tanpa tunai. ATM pun tersentralisasi, yaitu yang dinamakan Bankomat. Tidak seperti di Indonesia yang mana setiap bank memiliki ATM masing-masing. Bankbank yang umum dipakai oleh pelajar Indonesia di Swedia adalah adalah ICA Bank, Nordea, SEB, Danske dan Handelsbanken. Jika kalian ingin mencari tahu, berikut website-websitenya: ICA Bank | Nordea | SEB | Danske Bank | Handelsbanken Website-website di atas kebanyakan dalam Bahasa Swedia (ada yang menawarkan pilihan Bahasa Inggris). Jadi siapkan translator kalian!

2. Mendaftarkan diri Setelah memilih bank mana yang akan kalian pilih. Saatnya mendaftarkan diri kalian untuk membuat akun bank ini. Pembuatan akun ini bisa fully online, bisa offline juga. Berikut untuk garis besarnya ya:

32


ICA Bank (kalian cukup punya personnummer) Untuk ICA Bank, kalian bisa mendaftar secara online, namun formulirnya hanya ada dalam Bahasa Swedia dan caranya adalah sebagai berikut: • Kunjungi website ICA Bank. • Isi data diri kalian dan jawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan. • Setelah itu pihak bank akan mengirimkan kartu ATM kalian ke alamat kalian. Nordea Bank (kalian harus punya kartu ID Swedia) Untuk Nordea Bank, kalian harus pergi ke bank Nordea. Di Uppsala, Nordea Bank ada di Stora Torget, buka setiap hari Senin-Jumat di jam 10:00-15:00. Berikut langkah-langkah yang dibutuhkan untuk membuat akun bank ini: • Datang langsung ke Nordea buat membuat appointment/janji untuk mendaftarkan diri menjadi nasabah bank ini. • Datang sesuai waktu yang dijanjikan dengan membawa dokumendokumen ini: ○ Letter of Acceptance yang ditandatangani oleh pihak universitas dan menyebutkan periode studi. ○ Dokumen beasiswa (untuk yang kalian masuk dengan beasiswa). ○ Kartu ID Swedia. • Kalian juga akan diwawancara dan diberikan beberapa pertanyaan yang dimaksudkan untuk memastikan kalian tidak akan melakukan money laundering. Pertanyaan-pertanyaan yang biasanya ditanyakan adalah seperti: ○ Apakah kalian membayar pajak ke Indonesia/negara lain? ○ Apakah kalian akan melakukan/menerima transfer dari luar negeri? Jika ya, kira-kira seberapa sering dan berapa jumlah nominal per transfernya? • Setelah itu kalian akan menandatangani kontrak nasabah bank. • Lalu setelah selesai, pihak bank akan mengirimkan kartu ATM melalui pos ke alamat kalian.

33


SEB (kalian harus punya kartu ID Swedia) Untuk SEB, kalian juga harus datang langsung ke bank, alamatnya ada di Stora Torget juga. Untuk jam buka adalah di Senin-Jumat, di jam 10:0013:00. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: • Datang untuk ngantri dan mengisi form yang disediakan. Kalian juga harus membawa beberapa dokumen yaitu: ○ Paspor. ○ Kartu ID Swedia. ○ Dokumen Beasiswa. ○ Letter of Acceptance. • Lalu kalian akan ditelepon oleh pihak bank untuk membuat appointment. • Datang sesuai waktu appointment untuk menandatangani kontrak nasabah bank dan mengambil kartu ATM kalian. Danske Bank (kalian cukup punya personnummer) Untuk Danske Bank, kalian bisa mendaftar secara online, dan untungnya ada form online dengan Bahasa Inggris, berikut langkahnya: • Kunjungi website Danske Bank. • Isi formulir yang ada disana dengan data diri kalian. • Lampirkan data diri kalian beserta formulir lain yang dibutuhkan, yaitu: ○ Paspor kalian. ○ Formulir perpajakan (bisa di download di web, form ini harus di print dan ditandangani secara fisik, lalu di scan kembali). ○ Nomor NPWP. • Setelah itu dari pihak bank akan menghubungi kalian jika ada dokumen tambahan yang dibutuhkan. Kalian bisa mengirim dokumen ini melalui link yang diberikan oleh pihak bank melalui email. • Jika semua dokumen sudah lengkap, kalian akan diberikan kontrak bank oleh pihak Danske Bank, untuk ditandatangani lalu kirim balik melalui pos (tidak usah pakai perangko, karena untuk surat ini dibayarkan gratis oleh bank). • Setelah ini, bank akan mengirimkan kartu ATM melalui pos.

34


Handelsbanken (kalian harus punya kartu ID Swedia) Sama seperti Nordea, kalian harus datang langsung ke bank Handelsbanken untuk membuat akun di bank ini. Bank ini juga ada di daerah Stora Torget dan buka Senin-Jumat (Senin, Kamis dan Jumat di jam 10:00-16:00 dan di hari Selasa-Rabu di jam 10:00-18:00). Langkah membuat akun di bank ini adalah sebagai berikut: • Datang dan mengantri di Handelsbanken dengan membawa Swedish ID Card dan NPWP Indonesia. • Setelah itu kalian akan diminta mengisi data diri kalian dan juga menjawab beberapa pertanyaan secara online seputar money laundering, karena Eropa memang sangat concern dengan hal ini. • Lalu kalian akan dihubungi untuk mendatangi bank lagi untuk menandatangani surat kontrak nasabah. • Kartu ATM akan dikirim ke alamat kalian. Nah, begitulah kira-kira tahap-tahap untuk membuat akun bank di Swedia. Mohon perhatikan ada beberapa bank seperti Handelsbanken yang tidak bisa menerima transfer dana dari Indonesia. Jadi kalian yang mungkin ditransfer oleh orang tua/beasiswa kantor/LPDP mungkin bisa ke Nordea atau SEB. Satu hal lagi, untuk beberapa bank seperti Handelsbanken, tidak memiliki teller bank. Jadi untuk kalian yang mau setor tunai, harus melalui ATM Bankomat Setor Tunai. ATM ini memang langka untuk ditemukan, tapi kalian bisa menemukannya di: • •

Forumgallerian (sebelah Espresso House di Forumtorget). Mall Kvarnengallerian.

Semoga kalian dimudahkan ya untuk membuat akun bank di Swedia!

35


STUDENT ID Di Swedia, student ID yang diterbitkan oleh universitas lebih bersifat internal kampus. Terpisah dari kartu tersebut, terdapat student ID yang bersifat online, yang mana diterbitkan oleh perusahaan swasta dalam bentuk aplikasi HP yaitu Mecenat dan Studentkortet. Keduanya memiliki database yang terhubung dengan universitas-universitas di Swedia dan berbagai jaringan toko/perusahaan di Swedia. Kenapa sih perlu kartu ini, kan kita udah punya kartu ID Swedia? Kartu ini sangat berguna untuk mendapatkan diskon. Sebagai kota pelajar, Uppsala memiliki banyak toko-toko yang punya diskon pelajar, mulai dari restoran, kafe, buku, alat tulis, barber, pakaian, elektronik, dll. Bahkan diskon pelajar pun ada untuk transportasi dan paket data HP. Mohon diperhatikan, kalau kartu student ID (Mecenat atau Studentkortet) ini adalah satu-satunya dokumen resmi yang diterima saat kalian akan mengajukan diskon pelajar. Bahkan jika kalian membeli tiket bus dengan diskon pelajar dan kalian tidak punya kartu ini, kalian bisa didenda loh! Jadi hati-hati ya. Baik Mecenat atau Studentkortet masing-masing memiliki aplikasi sendiri dan punya diskon-diskon berbeda secara online (untuk diskon offline kalian tetap bisa pake salah satunya). Berikut informasi lebih jelasnya:

Mecenat Kartu mecenat ini bisa kalian dapatkan secara otomatis setelah kalian mendaftarkan program kuliah kalian di sistem student administration yaitu Ladok (untuk universitas tertentu), atau dengan mendaftarkan diri kalian ke Student Union di universitas kalian. Kalian juga bisa request kartu ini secara online di website mecenat, cek situs web ini untuk lebih detail.

Studentkortet Untuk kartu ini, kalian bisa dapatkan jika kalian mendaftar di salah satu nation di Uppsala. Beberapa hari setelah kalian daftar kalian bisa 36


mendapatkan kartu digitalnya. Kartu fisik akan dikirim ke kalian beberapa minggu setelah pendaftaran. Untuk lebih detail bisa cek di sini. Student ID dari Mecenat atau Studentkortet terdapat langsung di appnya. Cukup download aplikasi nya, daftarkan diri kalian atau masukkan link yang kalian terima di-email, login dan kalian akan memiliki kartu digital yang bisa kalian tunjukkan untuk mendapatkan diskon pelajar ini.

Photo by Putu Christ Wirawan

LAPOR DIRI DI KBRI Untuk proses lapor diri, kalian dapat melaksanakannya secara online dari link ini. Ada baiknya kalian lapor diri di portal tersebut antara satu sampai dua minggu sejak tiba di Uppsala, dan sangat disarankan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk antisipasi hal-hal yang tidak ingin terjadi selama tinggal di Swedia.

37


Photo by Clara Mutiarasari

38


PROFIL U N I V E R S I TA S

39


Photo by Yanti Sastrawan

40


UPPSAL A UNIVERSIT Y Uppsala University didirikan tahun 1477 dan merupakan universitas paling tua di Swedia. Universitas ini telah menghasilkan banyak alumni yang terkenal karena kontribusinya pada dunia, di antaranya Carl Linnaeus, Anders Celsius, Anders Ångström, dan Dag Hammarskjöld. Fakultas-fakultas di Uppsala University menempati banyak gedung yang tersebar di sekitar pusat kota Uppsala. Berikut adalah nama-nama gedung Uppsala University dan jurusan-jurusan yang menempatinya: • Engelska Parken: humaniora dan ilmu sosial. • Ekonomikum: ekonomi, media dan geografi. • Ångströmlaboratoriet: teknik, fisika dan kimia. • ITC/Polacksbacken: teknologi informasi. • BMC: bioteknologi, medis, farmasi. • Akademiska Sjukhuset: kedokteran, keperawatan, fisioterapi. • Blåsenhus: psikologi. • EBC: botani, zoologi. • Geocentrum: iklim, geofisika. • Gamla Torget: hukum, ilmu politik. Masing-masing gedung dilengkapi dengan perpustakaan, namun perpustakaan utama Uppsala University adalah Carolina Rediviva. Selain gedung-gedung tersebut, Uppsala University juga memiliki aula utama tempat diselenggarakannya upacara-upacara resmi seperti penyambutan mahasiswa baru dan wisuda. Sementara itu, keperluan administrasi seperti pembuatan akun mahasiswa dilakukan di gedung Segerstedthuset. Lebih lanjut mengenai Uppsala University dapat dilihat di situs web UU.

41


Photo by Bintang Rahmadi

42


SLU Didirikan di Tahun 1977, SLU (Sveriges Lantbruksuniversitet) merupakan Universitas yang berfokus pada lingkungan hidup. SLU adalah singkatan dari Sveriges Lantbruksuniversitet, atau diterjemahkan menjadi Universitas Agrikultur Swedia. Kalau di Indonesia, sama seperti IPB (Institut Pertanian Bogor). SLU itu merupakan gabungan dari berbagai universitas-universitas yang memiliki fokus jurusan dari berbagai bidang (agrikultur, kehutanan, dokter hewan, dsb.) di beberapa kota termasuk Uppsala, Stockholm, Alnarp, Skara dan Skinnskatteberg. SLU sendiri memiliki banyak cabang universitas yaitu di Alnarp, Skara, Skinnskatteberg, Umeå dan Uppsala (Ultuna). Masingmasing cabang memiliki konsentrasi penelitian yang berbeda, yakni: • Alnarp: arsitek landskap, hortikultur, produksi tanaman, agrikultur dan silvi kultur. • Skara: kedokteran hewan, ilmu hewani dan sumber daya alam. • Skinnskatteberg: kehutanan dan riset internasional. • Umeå: kehutanan, sumber daya pangan dan biologi. • Uppsala: manajemen lingkungan, ekonomi lingkungan dan sistem pangan. Selain cabang universitas, SLU juga punya banyak lokasi kantor penelitian yang tersebar di seluruh Swedia. SLU juga memiliki banyak fasilitas, seperti kantin, perpustakaan, laboratorium komputer, rumah kaca, laboratorium untuk berbagai fokus penelitian dan lain-lain. Di dekat SLU Uppsala juga ada fasilitas fitness. SLU merupakan salah satu universitas yang sangat terkenal di Swedia dan merupakan salah satu universitas agrikultur yang sangat ternama di dunia dengan berbagai macam penelitian dan jurnal di bermacam-macam bidang. Lebih lanjut mengenai SLU bisa dilihat di situs web SLU.

43


M Ä L A R DA L E N U N I V E R S I T Y Belajar dan berinteraksi langsung dengan industri di Swedia Mälardalen university (MDH) menjadi perguruan tinggi pertama di dunia yang mendapatkan sertifikasi ramah lingkungan (ISO 14001 standard) pada 1999 dan secara nasional pada 2006 MDH menjadi yang pertama di Swedia yang mendapatkan sertifikasi lingkungan. Kedua hal tersebut menjadi penggerak MDH untuk mengembangkan lingkungan internal dan eksternalnya secara berkesinambungan. Semenjak berdiri pada 1977 MDH dikenal sebagai universitas yang banyak menyelenggarakan kerja sama dengan sektor publik dan swasta untuk mengembangkan kehidupan masyarakat dan industri di sekitarnya. Dalam setiap mata kuliah di MDH, mahasiswa diberikan kesempatan bekerja sama dengan praktisi industri untuk mengembangkan kompetensi sains, contohnya

44


Photo by Mochamad Sunaryadi

bidang Applied AI, Environmental and Energy, serta Software and Computer System. Beberapa industri tersebar yang mengelilingi kampus MDH adalah ABB, Northvolt, Bombardier, Lantmännen, Westinghouse, MälarEnergi, ICA, Volvo CE, Amazon dan Assa Abloy. Perusahaan-perusahaan internasional yang bermula dari Västeras adalah ABB, H&M dan Northvolt. Program studi yang ada di MDH mencakup bidang engineering, bisnis, kesehatan dan pendidikan. Universitas ini mengayomi 16.000 mahasiswa yang tersebar di dua kampus, yaitu kampus Västerås dan kampus Eskilstuna. Kedua kampus yang berjarak 45 km ini mengapit danau Mälaren, danau ketiga terbesar di Swedia. Kelas internasional bachelor dan master di MDH mencakup jurusan Software Engineering, Production and Logistics, Inovasi dan Desain, Sustainable Energy, Matematika, Bisnis, Finance, Marketing, Kesehatan dan Social Studies. Beberapa beasiswa yang tersedia untuk belajar di MDH adalah Swedish Institute, Mälardalen University, Erasmus, Minor Field Studies (study grant) dan Linnaeus-Palme (exchange program).

45


Photo by Monica Utari Mariana

46


HIDUP DI UPPSAL A

47


Photo by Bintang Rahmadi

T E M PAT I B A DA H ISLAM Uppsala Moskén (Masjid Uppsala) Masjid Uppsala (Swedia: Uppsala Moskén) berada di daerah Kvarngärdet, dan termasuk masjid paling utara di Swedia. Alamat: Sportfältsvägen 1, 754 19 Uppsala Website Uppsala Moskén

48


Daftar Mushola di Uppsala University (Kampus Uppsala) 1. Kampus Engelska Parken Andrum 2-K1062 Alamat: Thunbergsvägen 3H 2. Kampus Ekonomikum Andrum B167, Alamat: Kyrkogårdsgatan 10 3. Ångstrom Andrum 1K1667 Alamat: Lägerhyddsvägen 1 4. Kampus BMC Bönerum A8:014b Alamat: Husargatan 3 5. Rudbecklaboratoriet Stilla Rum Alamat: Dag Hammarskjöld väg 20 6. Akademiska Sjukhuset (Uppsala University Hospital) Andrum di Ingång (pintu masuk) 10 Andrum di Ingång 85 Andrum di Ingång 95 Andrum di Ingång 101 Alamat: Akademiska sjukhuset 75185 Daftar Mushola di Kampus SLU Ultuna (Uppsala) SLU Bibliotek Di lantai atas perpustakaan di dekat microwave room Alamat: Almas Allé 7

49


KRISTEN Baptistkyrkan (Uppsala Baptist Church) Alamat: Bandgårdsgatan 11. Kebaktian setiap hari Minggu pk 11.00 (disediakan terjemahan) Website Baptistkyrkan Cross Culture Church (Evangelical Lutheran) Alamat: Löten Church, Heidenstamsgatan 71 Kebaktian setiap hari Minggu pk 14:00 Website Cross Culture Church Hillsong Church Sweden (Hillsong Norra Campus) Alamat: Cederströms Slinga 8, 195 95 Rosersberg Setiap hari Minggu pk 11:00 Website Hillsong Church Sweden

KATOLIK St. Lars Alamat: Slottsgränd 7 Misa setiap hari Minggu pk 18:15 Website St. Lars Non-denominasi ID Church Alamat: Sverkerskolan, Sysslomansgatan 34 Setiap Minggu pk 16:00 Website ID Church Layanan Pastoral Universitas Website

50


Photo by Yanti Sastrawan

BUDDHA Wat Buddhasothorn Alamat: Risslinge 7 75591 Uppsala, Sweden Facebook Wat Buddhasothorn

Wat Thai I Uppsala Alamat: Vaksalagatan 36 c 75331 Uppsala, Sweden Facebook Wat Thai i Uppsala

HINDU Banjar Bhuana Vasa Swedia Di Swedia tidak ada Pura, namun ada grup umat Hindu Bali di Swedia yang dapat dihubungi dari Grup Facebook mereka: Facebook Banjar Bhuana Vasa Swedia

51


KEBUTUHAN SEHARI-HARI TEMPAT BELANJA KEPERLUAN SEHARI-HARI Ada beberapa tempat untuk belanja kebutuhan sehari-hari di Uppsala. Mulai dari segi kelengkapan di toko dan harga barang dengan pros dan cons masing-masing. Untuk grocery stores berikut, kalian juga bisa pesan antar dengan cara membuat akun dengan personnummer juga menjadi member untuk mendapatkan diskon khusus. Sistem pembayaran kebanyakan menggunakan kartu (MasterCard, Visa), terutama untuk self check-out. Jika kalian baru datang dan belum memiliki akun bank di Swedia, tetap bisa membayar dengan cash di kasir. Kebanyakan toko buka setiap hari, namun ada beberapa yang buka lebih siang dan tutup lebih cepat di hari Minggu. Pusat perbelanjaan di city center akan tutup total pada Midsummer (Sabtu pada minggu ketiga atau keempat bulan Juni). ICA ICA merupakan grocery store terbanyak yang ada di Swedia pada umumnya dan memiliki banyak pilihan. Pros: kualitas sayur dan buah bagus Cons: harga relatif lebih mahal dibandingkan grocery store lainnya Willys Willys adalah grocery store besar dengan banyak pilihan. Pros: harga relatif lebih murah dengan kualitas yang bagus dan tersedia daging halal serta Asian section. Cons: lokasi tidak sebanyak ICA Lidl Lidl termasuk grocery store medium. Pros: harga relatif murah dibandingkan ICA dan Willys Cons: pilihan terbatas, hanya ada tiga lokasi di Uppsala, yaitu di dekat Kantorsgatan, Boländerna dan Gottsunda HemkÜp HemkÜp merupakan medium to big grocery store. Harga relatif murah dibandingkan ICA. 52


Photo by The Creative Exchange from Unsplash

Coop Coop merupakan medium to big grocery store. Harga relatif murah di Coop Maxi (lokasi dekat IKEA). Normal Normal adalah toko yang menjual toiletries (sabun, shampoo, dll.) yang relatif lebih murah daripada harga supermarket. Lokasi: S:t Per Gallerian City Center dan Mall Gränbystaden. Asian Grocery Stores Pada umumnya semua Asian market menjual bahan makanan khas Asia, beku maupun segar serta berbagai mie instan. Berikut adalah Asian market yang ada di Uppsala: Asian Livs (satu-satunya Asian market yang menjual mie instan Indomie), Amazing Thai Market, East Asia Market dan Asian Torg. Halal and Middle Eastern Grocery Stores Untuk daging halal, berikut adalah toko-toko yang menyediakan: Orienta, Orienthus, Multimat, dan Uppsala Market AB. Biasanya ada label print atau tulisan menyatakan daging halal, dan kalian bisa tanya langsung ke butcher atau tukang dagingnya untuk konfirmasi.

53


PENGIRIMAN & PENGAMBILAN BARANG Kebanyakan jasa pengiriman barang di Swedia dilakukan oleh Postnord. Jika kalian membeli barang secara online, barang akan dikirim ke Postnord terdekat dengan tempat tinggal. Kalian akan menerima pemberitahuan melalui SMS, email atau surat untuk mengambilnya. Selanjutnya, kalian harus menunjukkan paspor atau Swedish ID Card/ID-kort sebagai ID ketika mengambil dan mengirim barang. Jasa pengiriman barang lainnya yang biasa dipakai adalah DHL dan UPS. Sistemnya sama seperti Postnord jika kalian menerima barang. DHL dan UPS memiliki beberapa Access Point untuk pengambilan dan pengiriman. Fedex sangat jarang dipakai di Uppsala. Jika barang dikirim oleh Fedex maka biasanya diperlukan appointment untuk pengiriman, yang mana berarti kalian harus tinggal di rumah dan menunggu barang kurir datang.

APOTEK Apotek buka setiap hari dan ada yang buka lebih siang dan tutup lebih cepat di hari Minggu. Apotek di Swedia secara umum merupakan tempat untuk menebus resep obat dari dokter. Apotek juga menjual produkproduk OTC (over the counter) tanpa resep dokter. Mulai dari produkproduk perawatan kulit, rambut, gigi, vitamin, dan lain-lain. Karena perubahan cuaca dari Indonesia yang lembab ke Swedia yang cenderung kering, maka produk-produk pelembab kulit sangat disarankan. Berikut adalah beberapa nama apotek yang ada di Uppsala: • • •

Apoteket (bisa pakai student discount 10%). Kronans Apotek. Apoteksgruppen.

Beberapa obat-obatan yang biasa kita temui di Indonesia akan menjadi prescription only di Swedia, seperti antibiotik dan obat flu 3 in 1 (batuk, demam dan pilek). Untuk masalah hidung tersumbat, kalian hanya akan menemui nasal spray yang dijual tanpa resep. Maka, jika kalian memiliki obat flu yang sudah cocok di Indonesia, bisa bawa stock obatnya.

54


Selain itu, mengingat bahwa Swedia memiliki periode gelap selama musim gugur dan musim dingin (Oktober-Maret), sangat dianjurkan untuk menambah asupan Vitamin D, Magnesium dan Kalsium. Jangan lupa beli dan minum multivitamin setiap hari.

BUKU & ALAT TULIS Di Uppsala, sebelum masuk sesi kuliah, tidak jarang kita harus membaca materi. Terkadang, materi ini berupa buku yang tidak bisa diperoleh di perpustakaan. Oleh karena itu, kita harus membeli sendiri buku-buku tersebut. Akademibokhandeln di Stora Torget umumnya menjual bukubuku utama materi perkuliahan bagi mahasiswa dari berbagai jurusan. Jika tidak ada, kita bisa membeli buku-buku tersebut secara online melalui situs adlibris.se atau bokus.se. Kedua situs tersebut juga menyediakan buku-buku dalam versi e-book. Bahkan, jika beruntung, terkadang kita dapat membeli bekas buku-buku tersebut melalui grup Facebook seperti Uppsala University Buy and Sell, atau bahkan memperolehnya dari senior kita di jurusan yang sama. Di Akademibokhandeln terdapat pilihan buku tulis dan alat tulis yang lengkap. Di samping itu, ada juga toko-toko lain seperti Clas Ohlson dan Flying Tiger yang relatif lebih murah tetapi pilihannya lebih terbatas. Di Uppsala University, buku dan alat tulis pun dapat dibeli di bagian layanan administrasi kampus, yaitu tempat yang sama dengan ketika kita membuat Campuskort atau kartu kampus. Sementara di SLU, buku dan alat tulis juga dijual di Service Center (Main Reception), namun harganya relatif mahal. Harga buku tulis di Uppsala berkisar antara 20-75 SEK tergantung ukuran dan ketebalan, sedangkan untuk alat tulis seperti pulpen sekitar 10-80 SEK tergantung jenis dan merknya. Alat-alat tulis di MDH juga dijual di Student Center masing-masing kampus. Apabila memungkinkan, kita juga bisa membawa buku dan alat tulis dari Indonesia jika tidak ingin membeli di Swedia.

55


SECOND-HAND STORE Berbeda dengan di Indonesia, barang-barang bekas (second-hand) itu sangatlah populer di Swedia karena negara ini benar-benar menjunjung tinggi prinsip sustainaibility, dan tentu saja mereka bisa menghemat. Karena dengan barang bekas orang-orang Swedia bisa menghemat banyak uang. Kalian pun bisa mengikuti budaya membeli barang bekas ini buat menghemat uang. Jangan salah, barang-barang bekas di Swedia itu masih bagus banget kualitasnya, jadi tidak keliatan bekas sama sekali. Toko barang bekas disini juga bagus banget, biasanya kalau toko barang bekas, kita mikirnya pasti pasar-pasar tenda seperti pasar kodok atau gedebage, tapi disini seperti toko biasa. Toko barang bekas di Swedia menyediakan berbagai macam barang mulai dari baju, celana, bisa juga furnitur seperti meja dan sofa, peralatan dapur seperti spatula, piring dan alat makan bahkan juga ada peralatan elektronik seperti TV, heater, speaker, dll. Tapi berbeda juga dengan toko barang bekas di Indonesia, di sini sistemnya fixed price, jadi tidak ada tawar menawar. Beberapa toko barang bekas ini tidak buka setiap hari, jadi kalian bisa google dulu untuk hari dan jam bukanya kapan. Jadi buat kalian-kalian yang awal-awal datang mau cari perintilanperintilan buat kosan baru, mungkin bisa kesini dulu buat belinya. Selain

56


Photo by Amanda Vick from Unsplash

menghemat uang, membeli barang bekas juga mendukung konsep sustainability karena kalian memakai barang bekas yang tadinya akan dibuang, dan tidak terlalu konsumtif membeli barang baru. Berikut beberapa toko barang bekas di Uppsala: Kupan Red Cross Danmarksgatan 20B, 753 23 Uppsala Buka setiap Selasa, Kamis (11:00-18:00) dan Sabtu (11:00-16:00) Erikhjälpen Second Hand Bolandsgatan 8A, 753 23 Uppsala Buka setiap Selasa, Kamis (12:00-18:00) dan Sabtu (11:00-16:00) Myrorna Kungsängsgatan Kungsängsgatan 20, 753 22 Uppsala Buka setiap Senin-Jumat (11:00-18:00) dan Sabtu (11:00-16:00) Myrorna Bolandsgatan Bolandsgatan 15G, 753 23 Uppsala Buka setiap Senin-Jumat (12:00-18:00) dan Sabtu (12:00-16:00) Tentu saja karena ini toko barang bekas, ketersediaan barang yang diincar tergantung dari ketersediaan mereka dan juga keberuntungan kalian.

57


TOKO FURNITUR Awal-awal sampai Swedia dan liat kosan, pasti kalian akan berencana membeli furnitur. Baik kalian yang kosannya unfurnished, ataupun yang sudah furnished tapi butuh beberapa tambahan pernak-pernik. Jika mau menghemat uang, kalian bisa datang ke toko barang bekas (second-hand store), atau mencari secara online melalui Facebook group atau website lain (Blocket). Tapi kalau kalian mau cari baru, juga bisa dan jangan khawatir, karena IKEA yang super terkenal di Indonesia itu berasal dari Swedia. Jadi, ada banyak IKEA di Swedia, Uppsala pun tidak luput dari hal ini, berikut alamatnya: IKEA | Website IKEA Alamat: Rapsgatan 3 Jam buka: Setiap hari (Senin-Jumat di jam 10:00-19:00, SabtuMinggu di jam 10:00-18:00) Kalau kalian mau cari pilihan lain, ada juga beberapa toko furniture besar lain, seperti: JYSK | Website JYSK Alamat: Bolandsgatan 17B Jam buka: Setiap hari (Senin-Rabu di jam 10:00-19:00, Kamis di jam 09:00-20:00, Jumat di jam 08:00-21:00, Sabtu di jam 10:00-17:00 dan Minggu di jam 11:00-17:00) Mรถbelhuset | Website Mรถbelhuset Alamat: Bolandsgatan 20 Jam buka: Setiap hari (Senin-Jumat di jam 11:00-19:00, Sabtu-Minggu di jam 11:00-16:00) Kalian juga bisa mengakses website toko-toko tersebut jika kalian ingin membeli secara online, atau untuk mengecek ketersediaan barang.

58


Photo by Yanti Sastrawan

PERALATAN KECANTIKAN & KESEHATAN Selain toko Normal yang kami sebutkan sebelumnya di tempat belanja kebutuhan sehari-hari, toko berikut juga menyediakan peralatan kecantikan, obat-obatan, dan kesehatan di:

Hälsokosten dan Life Uppsala Gerai ini khusus menjual barang-barang kesehatan organik, essential oils, dan pilihan produk healthy lifestyle lainnya yang tidak dijual di gerai-gerai umum.

59


Photo by Yanti Sastrawan

TOKO ELEKTRONIK Untuk kalian yang mau beli barang-barang elektronik seperti TV, laptop, heater, mixer, dll., di Uppsala Centrum ada beberapa toko elektronik kecil, seperti Teknik Magasinet, Elgiganten (untuk di cabang di centrum, mereka spesialis handphone) Kjell & Company, dan Webhallen. Namun jika kalian mau window shopping, atau butuh pilihan yang lebih banyak, kalian bisa datang ke toko elektronik besar di Uppsala, seperti: Media Markt | Website Media Markt Alamat: Bolandsgatan 16G Jam buka: Setiap hari (Senin-Kamis di jam 08:00-21:00, Jumat di jam 07:00-23:00, Sabtu di jam 10:00-17:00 dan Minggu di jam 11:00-17:00) Kjell & Company | Website Kjell & Company Alamat: Svartbäcksgatan 14 Jam buka: Setiap hari (Senin di jam 09:00-19:00, Selasa-Jumat di jam 10:00-19:00, Sabtu di jam 10:00-17:00 dan Minggu di jam 12:00-17:00) Elgiganten (Pusat) | Website Elgiganten Alamat: Verkstadsgatan 16 Jam buka: Setiap hari (Senin dan Jumat di jam 08:00-20:00, Selasa-Kamis di jam 10:00-20:00, Sabtu-Minggu di jam 10:00-18:00) Untuk toko elektronik di atas, kalian juga bisa beli online dari websitenya. Untuk hari-hari tertentu, toko-toko ini juga menyediakan banyak diskon, jadi sering-sering cek websitenya saja. 60


PRINTING DI PERPUSTAKAAN Beda dengan Indonesia, di Swedia tidak ada perusahaan-perusahaan semacem Snapy untuk urusan printing pribadi. Jika kalian search di Google Maps untuk “print shopâ€? nanti bakal muncul banyak toko-toko seperti Arkitektopia. Tetapi, toko-toko ini merupakan toko print untuk perusahaan, bukan untuk perorangan (pribadi) jadi harganya super mahal, dan kalian juga harus bayar service-nya juga. Jadi untuk printing dokumen-dokumen pribadi, biasanya mahasiswa di sini bisa nge-print langsung di universitas masing-masing, seperti di UU atau di SLU. Akan tetapi jika baru awal-awal banget dan kalian belum punya kartu akses, kalian bisa print di perpustakaan umum di Uppsala, seperti tempat-tempat berikut: Public Library (Uppsala Stadsbiblioteket) Alamat: Svärtbacksgatan 17 Jam buka: Senin-Jumat (Senin-Kamis di jam 09:00-20:00, dan Jumat di jam 09:00-18:00) Selain perpustakaan umum di atas, kalian juga bisa print di perpustakaan lain seperti Carolina Rediviva. Untuk print, kalian harus beli kartunya dulu di perpustakaan (ke resepsionis/kasir). Kalian bisa memilih kartu print untuk 5 lembar atau 15 lembar. Setelah kalian punya kartu ini, kalian tinggal memakai komputer yang sudah disediakan, dan ikuti petunjuk yang tertera di situ untuk nge-print. Atau jika kalian merasa kalian akan banyak nge-print, kalian juga bisa beli printer di toko elektronik atau toko barang bekas.

61


T R A N S P O RTA S I SEPEDA Sepeda merupakan salah satu moda transportasi yang dapat dipilih saat tinggal di Uppsala. Selain ramah lingkungan, memilih bersepeda juga lebih menguntungkan dari segi ekonomi, meningkatkan kebugaran tubuh dan menghemat waktu. Hak pengguna sepeda sangat diperhatikan di Uppsala dengan adanya jalur sepeda hampir di seluruh wilayah Uppsala, tempat parkir sepeda yang terletak sangat dekat dengan pintu masuk dan tersedianya pompa sepeda gratis di berbagai sudut kota. Sepeda dapat dibeli di banyak tempat tergantung dengan kondisinya, apakah sepeda baru atau second-hand. Harga sepeda dewasa baru dapat mencapai 5.000 SEK. Disarankan dapat membeli sepeda secondhand bike karena selain lebih sustainable, harganya juga lebih terjangkau mulai dari 500 SEK. Sepeda dapat dibeli secara online maupun offline. Berikut adalah beberapa toko yang bisa dikunjungi untuk membeli sepeda dan melakukan reparasi, diantaranya: • • •

Bibblans Cykel (S:t Olofsgatan 15, 753 32 Uppsala). Folk Cykel (Skolgatan 21, 753 12 Uppsala). Cykel-Viktor (Svartbäcksgatan 25, 753 32 Uppsala).

Untuk pembelian sepeda second-hand secara online dapat dimulai dengan mencari iklan sepeda di aplikasi Blocket dan forum jual beli di Facebook seperti Uppsala University Buy and Sell dan Flogsta Häleri. Jika cocok dengan deskripsi, foto dan harganya, kamu bisa langsung menghubungi penjual dan bertemu untuk melakukan pengecekan barang. Negosiasi harga juga dimungkinkan dalam hal ini.

62


Dalam membeli sepeda second-hand, pastikan barang tersebut bukan barang curian dan dalam keadaan yang baik (kondisi rantai, rem, gigi, bel dan lampu). Saat akan meninggalkan Uppsala, sepeda juga dapat dijual di forum online. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan terkait perlengkapan sepeda, diantaranya: •

Lampu sepeda wajib dinyalakan sebelum matahari terbit, setelah matahari terbenam maupun saat kondisi jalan tidak optimal (berkabut). Posisi lampu sepeda warna putih berada di depan dan lampu sepeda warna merah berada di belakang.

Menggunakan reflektor di roda sepeda dan sangat dianjurkan untuk menggunakan reflektor di bagian tubuh seperti tangan, kaki, atau badan.

Menggunakan ban sepeda yang sesuai dengan kondisi jalan. Seperti saat musim dingin, maka menggunakan winter/snow tires.

Pastikan sepeda memiliki rem dan bel yang berfungsi dengan baik. Rata-rata sepeda memiliki dua rem yakni rem tangan dan kaki

Menggunakan helm (tidak wajib bagi pengemudi di atas 15 tahun, namun sangat dianjurkan).

Selalu mengunci sepeda dengan kunci gembok yang berkualitas (U shape - harga diatas 100 SEK) karena terdapat banyak pencurian sepeda di Uppsala. Selain itu pada saat musim dingin, kunci sepeda mudah beku dan sulit dibuka. Penyemprotan spray anti beku secara reguler di gembok sepeda juga disarankan.

63


Photo by Yanti Sastrawan

Terdapat beberapa peraturan dalam bersepeda di Uppsala, diantaranya: •

Pengguna jalan di Swedia berkendara di jalur kanan. Pastikan tidak bersepeda melawan arah.

•

Tidak diperkenankan bersepeda di tempat pejalan kaki dan di zebra cross untuk pejalan kaki. Jika tidak terdapat jalur sepeda, maka dipersilahkan bersepeda di bagian paling kanan jalan raya.

•

Jika ingin berjalan sambil menuntun sepeda, maka gunakan jalur pejalan kaki bukan jalur sepeda.

•

Ikuti lampu lalu lintas khusus untuk sepeda, jika tidak ada maka ikuti lampu lalu lintas untuk kendaraan bermotor. Jangan ikuti lampu untuk pejalan kaki.

•

Menggunakan hand signals dalam berkomunikasi dengan pengguna jalan lainnya. Sebagai contoh: mengangkat tangan ke atas saat akan berhenti, mengangkat tangan kanan sejajar bahu sebelum berbelok ke kanan dan mengangkat tangan kiri sejajar bahu sebelum berbelok ke kiri.

64


RENTAL SKUTER ELEKTRIK Untuk kalian yang ingin coba menggunakan moda transportasi ramah lingkungan yang mudah dan cepat, bisa coba tiga opsi penyedia layanan skuter elektrik di Swedia yaitu Lime, Voi, dan Transmit. Caranya mudah, cukup mengunduh aplikasi yang tersedia di laman Apple Store atau Play Store, registrasikan akun kalian dan juga metode pembayaran yang diinginkan dan kalian bisa langsung gunakan skuter elektrik yang terdekat dengan kalian. Biaya yang dikenakan cukup sama yaitu 10 SEK untuk biaya unlock dan 2,5 SEK per menit dimana biaya akan ditagihkan setelah pemakaian skuter di akhir perjalanan kalian, mudah kan?

MODA TRANSPORTASI BUS DAN KERETA DI WILAYAH UPPSALA Wilayah Uppsala atau Uppsala County memiliki pengelola moda transportasi umum sendiri yaitu UL yang mengakomodir lima zona wilayah Uppsala. Tiket UL untuk kereta dan bus dapat dibeli melalui aplikasi UL maupun mesin tiket yang tersedia di stasiun Uppsala Central, dengan biaya yang bervariasi menyesuaikan zona wilayah yang ingin dikunjungi, umur, status pekerjaan (pelajar, non-pelajar). Untuk kalian yang saat ini berstatus mahasiswa aktif dengan kartu mahasiswa (Mecenat) aktif, bisa membeli tiket khusus harga pelajar untuk durasi sekali pakai, mingguan, hingga bulanan dengan harga yang lebih terjangkau. Info lebih lanjut kunjungi ul.se.

KERETA SJ Apabila kalian ingin travel dan explore kota-kota Swedia lainnya, ada fasilitas kereta SJ yang bisa secara praktis beli tiketnya online di situs web SJ. Beberapa kota yang dapat dikunjungi termasuk Gävle, Gothenburg, Mälmo, Lund, dan apabila ingin ke utara Swedia, jangan lewatkan kesempatan travel ke Kiruna!

65


HAK KOMPENSASI Swedia memiliki peraturan terkait perlindungan konsumen yang cukup baik, termasuk di bidang jasa transportasi umum. Pengguna jasa SL, UL dan SJ secara garis besar memiliki beberapa pilihan jika terjadi keterlambatan keberangkatan: • Tetap menunggu jadwal keberangkatan yang baru (atau alternatif yang disediakan oleh penyedia jasa: menggunakan angkutan khusus dari perusahaan, rebook tiket, dsb) dan mengajukan klaim kompensasi karena keterlambatan jadwal. • Membatalkan perjalanan dan mengajukan refund/pengembalian dana. • Memilih moda transportasi lainnya (kereta, bus, taksi atau uber) dan mengajukan klaim biaya transportasi yang baru kepada penyedia jasa yang mengalami keterlambatan. Maksimal klaim adalah 1.185 SEK untuk UL dan SL. Sedangan untuk SJ kereta jarak dekat (kurang dari 150 KM) adalah 1.138 SEK. Moda transportasi lainnya dapat dipilih jika pengguna jasa memiliki resiko keterlambatan minimal 20 menit. Catatan khusus: • Keterlambatan jadwal pendeltåg Uppsala-Arlanda/Stockholm dan sebaliknya, merupakan tanggung jawab SL. • Pengguna jasa tetap dapat memilih opsi di atas walaupun keterlambatan terjadi karena kerusakan sinyal dan kondisi cuaca (khususnya saat musim dingin). • Resiko keterlambatan yang dimaksud adalah walaupun kalian belum menunggu selama 20 menit, tapi sudah diumumkan bahwa gangguan akan terjadi lebih dari 20 menit atau sampai waktu yang belum bisa dipastikan, maka kalian bisa langsung menggunakan taksi atau memilih transportasi lainnya. • Untuk kereta jarak jauh SJ (150+ KM) dengan keterlambatan lebih dari 60 menit, pengguna jasa berhak mendapatkan refreshment (makanan dan minuman) dan akomodasi penginapan (jika dibutuhkan). • Pastikan kalian memiliki tiket yang valid. • Pengajuan klaim untuk SL dan UL dilakukan dengan mengisi formulir secara online via website, selanjutnya mengirimkan tiket asli melalui pos tidak berbayar. Untuk SJ dapat dilakukan via aplikasi SJ. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengakses tautan di halaman situs SJ ini, halaman situs UL ini dan halaman situs SL ini. 66


Photo by Yanti Sastrawan

67


Photo by Yanti Sastrawan

STOCKHOLM Panduan singkat untuk transportasi dari Uppsala ke Stockholm Ibukota Swedia bisa dituju dari Uppsala dengan kereta dengan perjalanan dibawah satu jam. Kalian bisa beli tiket kereta SJ dengan destinasi ke Stockholm Central, atau beli tiket kombo Uppsala dan Stockholm yaitu SL & UL dan menuju ke Stockholm City dengan kereta komuter atau pendeltĂĽg. Dari kedua moda transportasi ini, akses ke tengah kota Stockholm bisa dicapai dengan cepat dan mudah.

Tempat Wisata di Stockholm Karena Stockholm tidak jauh dari Uppsala, day-trip visit pun cukup untuk mengenal Stockholm. Pusat kota Stockholm tidak terlalu besar dan dapat ditelusuri dengan jalan kaki. Apabila kalian ingin menggunakan transportasi dalam kota Stockholm, satu tiket SL untuk periode 24 jam cukup untuk day-trip. Berikut adalah beberapa tempat di Stockholm yang dapat kami rekomendasikan: Gamla Stan: Gamla Stan atau kota tua adalah atraksi utama di ibukota Swedia ini dan titik mula Stockholm ditemukan pada tahun 1252. Keunikan jalan cobblestone dan arsitektur abad medieval di Gamla Stan membawa karakter yang khas dalam pulau kecil ini. Atraksi-atraksi yang dapat ditemukan di Gamla Stan termasuk The Royal Palace, Nobel Prize Museum, dan gang terpencil MĂĽrten 68


Trotzigs gränd (gang Mårten Trotzigs). Jangan lupa singgah ke Riddarholmen saat jalan-jalan di Gamla Stan. Riddarholmen adalah pulau kecil bagian dari Gamla Stan dimana kalian dapat mengunjungi Riddarholmskyrkan atau gereja Riddarholmen, dan menikmati pemandangan panorama kota Stockholm. Monteliusvägen: Ingin lihat cityscape view kota Stockholm? Monteliusvägen di dekat Mariatorget, Södermalm adalah viewpoint yang tepat untuk menikmati keindahan kota ini. National Museum: National Museum Swedia belum lama yang lalu dibuka lagi setelah lima tahun direnovasi. Pengunjung dapat masuk secara gratis dan menikmati koleksi seni Skandinavia di museum ini. Djurgården: Pulau Djurgården bisa dibilang salah satu pulau yang penuh dengan atraksi budaya dan rekreasi. Di sini, ada beberapa museum-museum yang sangat kami rekomendasikan untuk mengenal sejarah dan budaya Swedia lebih baik, termasuk Vasa Museum, Nordic Museum, dan ABBA Museum. Selain museum, outdoor recreations seperti Gröna Lund dan Skansen dapat dinikmati terutama di musim yang lebih hangat. Selain mengunjungi tempat-tempat yang kami sebutkan sebelumnya, ada juga tips untuk day-trip Stockholm yang seru: • • • •

Mencoba sup ikan khas di Kajsas Fisk di Hötorgshallen. Menikmati fika di Vete-Katten, pastry dan coffee shop yang ditemukan tahun 1928 dengan nuansa vintage. Ikut Stockholm Sightseeing Boat dan nikmati keindahan kota Stockholm. Di saat musim panas, menikmati berenang di Tantolunden, setelah jalan-jalan sekeliling Södermalm yang memiliki banyak tempat hangout seperti Skinnarviksberg, Monteliusvägen atau berkunjung ke museum Fotografiska. Berkunjung ke Stadsbiblioteket atau Stockholm Public Library, salah satu gedung indah di Stockholm.

69


Photo by PPI Uppsala

HIDUP BERSAMA KELUARGA Swedia merupakan tempat yang sangat indah dan bagus untuk tinggal bersama keluarga kalian. Namun berikut hal-hal yang mungkin perlu dipikirkan jika kalian ingin mengajak keluarga kalian.

KEGIATAN UNTUK PASANGAN HIDUP Sebagai bagian yang sangat penting dalam hidup kalian, tentu saja kebahagiaan pasangan hidup adalah hal yang sangat kalian pertimbangkan pada saat mengajak pasangan kalian ke Swedia. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan pasangan hidup kalian, selama kalian menempuh ilmu di Swedia.

70


• •

• •

Kuliah: Pasangan hidup kalian juga bisa berkuliah juga. Mengambil Kursus Bahasa Swedia: Swedia memilik program SFI (Svenska För Invandrare/Swedish For Immigrants) dimana kalian bisa belajar bahasa Swedia bersama. Bekerja: Untuk bekerja, banyak pekerjaan yang membutuhkan kemampuan dalam berbahasa Swedia. Karena itu SFI sangatlah penting. Grup Sosial: Uppsala memiliki banyak grup sosial di aplikasi media sosial seperti Uppsala social group, dimana mereka sering memiliki acara kumpul-kumpul dan melakukan banyak hobi bersama.

PENDIDIKAN ANAK Untuk kalian yang juga membawa anak kalian ke Swedia, tenang saja, anak kalian bisa bersekolah di Swedia juga dan sama-sama menempuh ilmu seperti kalian. Swedia memiliki program pendidikan yang sangat bagus untuk anak berumur 1-6 tahun, terlebih lagi program ini disubsidi pemerintah, sehingga harganya relatif murah. Untuk anak berusia diatas 6 tahun, mereka bisa menikmati pendidikan gratis dari sekolah dasar, hingga sekolah menengah atas. Untuk bahasa pengantar memang kebanyakan menggunakan Bahasa Swedia, namun juga ada yang menggunakan Bahasa Inggris. Untuk proses pendaftaran bisa dilakukan saat kalian masih di Indonesia. Lalu sesampainya di Swedia, anak kalian akan diwawancara oleh pihak sekolah. Pengaturan pendidikan adalah tanggung jawab pemerintahan daerah lokal di Swedia (kommun). Jadi begitu kalian sudah mendapatkan tempat tinggal, kalian bisa menghubungi pihak kommun untuk memulai pendaftaran. Untuk lebih jelasnya mengenai proses pendaftaran sekolah anak, bisa di cek di blog PPI Swedia.

71


Photo by PPI Uppsala

HIBURAN TEMPAT HANGOUT ASIK DI KOTA UPPSALA Walaupun wilayah kota Uppsala terbilang lebih kecil dari kota-kota populer lainnya seperti Stockholm, Gothenburg, dan Malmรถ, Uppsala juga tetap menghadirkan spot menarik yang pastinya tidak kalah asik dan bisa kalian nikmati tanpa harus pergi jauh-jauh, mulai dari tamantaman yang asri, bangunan-bangunan historis, cafe-cafe klasik, hingga kota tua di Utara Uppsala.

72


Our Top Picks Nations Pub & Cafe Tempat hangout affordable dan fun di Uppsala, selain menyediakan minuman dan makanan budget mahasiswa, pub dan cafe masingmasing Nation juga sering kali mengadakan acara-acara khusus seperti board game night, pub quiz, Pancake day, dan movie night. GĂźntherska Hovkonditori & Schweizeri Berlokasi di tengah kota dekat Stora Torget dan Sungai FyrisĂĽn, GĂźntherska Hovkonditoriet adalah salah satu kafe tertua di Uppsala. Kalian dapat menikmati fika di kafe ini dengan interiornya yang klasik dan elegan. Stadsbiblioteket & Carolina Redviva Dua perpustakaan umum ini selalu jadi andalan untuk belajar bareng tanpa harus mengeluarkan budget. Masing-masing memiliki area sunyi, dan ruang-ruang belajar kelompok, area makan yang enak dan tentunya dengan harga yang terjangkau! Haga Nature Reserve Kawasan lingkungan yang dilindungi ini menjadi tempat outdoor paling diminati di Uppsala, selain lokasinya yang cukup dekat dengan kota, area taman yang luas ini juga menyediakan berbagai macam aktifitas seperti camping, trekking, berry and mushroom picking, piknik, dan peternakan. Info lebih lanjut: Welcome to Uppsala | Destination Uppsala

73


Photo by Clara Mutiarasari

NATIONS Uppsala merupakan satu dari dua kota pelajar tertua di Swedia, maka dari itu Uppsala memiliki organisasi pelajar luar universitas yaitu Nations. Di Uppsala sendiri tersedia 13 Nations yang memiliki keunikannya masing-masing. Di Nations kalian bisa bergabung dengan beragam komunitas, aktivitas, dan juga lowongan part-time khusus mahasiswa. Jika kalian memiliki keanggotaan Nations dan aktif sebagai pengurus, kalian berkesempatan untuk mengikuti antrian student housing khusus anggota Nations yang notabene lebih murah dibandingkan housing pada umumnya. Untuk info selanjutnya, kunjungi situs web Nationsguiden.

74


SYSTEMBOLAGET Untuk kalian yang bisa meminum minuman keras, jangan khawatir. Di Swedia ada kok, tetapi disini minuman keras/minuman beralkohol itu dijaga ketat regulasinya. Kalian bisa membeli minuman keras di supermarket terdekat disini. Tetapi supermarket hanya boleh menjual minuman keras dengan kadar alkohol dibawah 3.5%. Jika kalian ingin membeli minuman dengan kadar alkohol diatas 3.5%, kalian harus pergi ke suatu toko khusus yang bernama Systembolaget. Systembolaget adalah perusahaan yang memiliki monopoli untuk perdagangan minuman keras yang dimiliki oleh pemerintah Swedia sendiri. Systembolaget memiliki banyak cabang dimana-mana. Jadi jika kalian ingin berkunjung, kalian bisa saja ketik “Systembolaget� di Google Maps dan pergi ke cabang terdekat. Mohon diperhatikan, jam buka setiap cabang berbeda-beda, selain itu pada hari-hari weekend, toko ini tutup jauh lebih awal. Hal ini untuk menekan pembelian alkohol secara impulsive dan berlebih. Jadi untuk kalian yang mau mengadakan acara pada hari-hari weekend, harus membeli di jam lebih awal atau hari sebelumnya. Jika kalian punya minuman favorit dan tidak menemukannya di cabang terdekat, mungkin kalian bisa menemukannya di cabang lain. Karena tidak semua cabang toko menjual hal yang sama.

75


JALUR HIKING DAN TREKKING DI SEKITAR UPPSALA Salah satu keuntungan berkuliah di Uppsala adalah alam bebas yang mudah dijangkau. Di Uppsala banyak terdapat Naturreservat atau cagar alam berupa hutan-hutan hijau yang dilindungi. Untuk mempermudah eksplorasi kita, pemerintah kota Uppsala telah mengembangkan rute-rute pendakian yang memungkinkan kita mengakses alam bebas Swedia dengan aman. Total ada 10 jalur pendakian utama di Uppsala, dengan Upplandsleden sebagai yang terpanjang, yaitu sekitar 80 km. Di dalam jalur-jalur utama ini, terdapat beberapa rute yang lebih pendek dan area outdoor yang dapat kita nikmati. Selengkapnya dapat diakses di situs resmi pemerintah kota Uppsala (dalam bahasa Swedia). Beberapa jalur yang cukup mudah dan populer di kalangan mahasiswa Uppsala di antaranya: Hågadalen-Nåsten Rute ini membentang di sebelah barat kota Uppsala dan sangat mudah dijangkau dari Flogsta. Titik yang sangat menarik di jalur ini adalah Sungai Håga dan Kung Björns Hög, sebuah bukit yang dulunya adalah makam dari Zaman Perunggu yang menyimpan harta karun. Salah satu bagian dari jalur ini dinamai jalur Fjärilsstigen, yaitu daerah cagar alam kupu-kupu. St. Eriksleden Jalur St. Erik dulunya merupakan jalur peziarah ketika penduduk Uppsala masih menganut agama Katolik, namun sekarang sudah menjadi rute hiking yang populer untuk pecinta alam berakhir pekan. Panjangnya hanya 6 km dan bermula di Uppsala Domkyrka, serta berakhir di Gamla Uppsala. Wilayah ini dulunya merupakan pusat peradaban kota Uppsala pada era bangsa Viking dan abad pertengahan yang ditandai dengan Kungshögarna, tiga bukit yang dipercaya sebagai tempat peristirahatan tiga dewa utama bangsa Nordik.

76


Photo by Clara Mutiarasari

Vådsätra Strandpromenad Seperti namanya (strand: pantai, promenad: jalan-jalan) hiking di jalur ini membawa kita menyusuri tepi danau Ekoln di selatan Uppsala. Jalurnya dibangun di atas papan kayu, sehingga membuatnya menjadi rute hiking yang berbeda dari yang lainnya. Sebagai kota asal Carl Linnaeus, Uppsala pun dilalui jalur trekking khusus yang merupakan rekonstruksi dari jalur penjelajahan yang dilakukan sang ahli botani ketika mengamati keanekaragaman hayati semasa hidupnya. Jalur ini dikenal dengan Linnestigen, yang ditandai dengan pancang berwarna putih biru bergambar lukisan beliau. Selain jalur-jalur tersebut, ada pula jalur Gula Stigen yang melintasi kota Uppsala dan berakhir di dekat Ekoln. Tentang Gula Stigen, kalian bisa membaca lebih banyak di blog PPI Swedia. Juga ada hutan kota, Stadsskogen, yang memiliki beberapa rute trekking di dalamnya. Kedua jalur ini populer pada musim panas dan gugur karena banyak ditumbuhi blueberry dan stroberi liar yang bebas kita petik. Tentu saja tidak lengkap rasanya jika studi di Swedia tanpa melihat aurora borealis. Ada beberapa spot di jalur hiking di sekitar Uppsala yang cocok untuk berburu aurora, di antaranya Kungs Björn Hög di Hågadalen-Nåsten, Kungshögarna di Gamla Uppsala dan Berthåga Kyrkogård yang tidak jauh dari Flogsta. 77


Photo by PPI Uppsala

OLAHRAGA Selain belajar dan jalan-jalan, kalian juga jangan lupa olahraga loh, terutama di musim dingin Swedia. Karena dingin, dan waktu siangnya pendek itu sangat mendukung loh buat bermalas-malasan. Padahal buat kita yang negara asalnya tropis, kalau kena cuaca dingin, badan jadi gampang “kaget� dan bikin sakit. Nah olahraga penting buat menjaga imunitas kalian. Selain itu olahraga juga bisa jadi tempat buat ketemu temen baru. Nah, buat kalian-kalian yang suka atau mau berolahraga, jangan khawatir. Di Uppsala itu juga banyak fasilitas-fasilitas olahraga, dan bermacam-macam juga. Berikut contoh-contohnya:

Sepakbola/Futsal Tentu saja sebagai olahraga yang paling populer di dunia, Uppsala punya banyak tempat futsal. Klub futsal pun juga banyak di Uppsala, biasanya setiap universitas punya klub masing-masing. Setiap Nation pun juga punya klub masing-masing. Bahkan tempat seperti Flogsta, yang banyak ditempati para mahasiswa juga memiliki klub futsal. Kalian bisa mencari klub-klub ini di Nation, ataupun online seperti Facebook. PPI Uppsala pun punya klub futsal juga loh!

78


Bulutangkis Sebagai rakyat Indonesia, tentu kita tidak bisa lepas dari olahraga yang diungguli oleh negara kita, yakni bulu tangkis. Uppsala punya beberapa tempat dan klub bulu tangkis, seperti: Fyrisfjädern Uppsala Badminton Club Alamat: Badmintonsigen 1 Jam buka: Setiap hari (Senin-Kamis di jam 08:00-22:00, Jumat di jam 08:00-20:00, Sabtu di jam 10:00-18:00 dan Minggu di jam 10:00-20:00) Campus 1477 (khusus member) Alamat: Von Kraemers Álle 5 Jam buka: Setiap hari (Senin-Kamis di jam 06:00-22:30, Jumat di jam 06:00-20:00, Sabtu di jam 08:00-19:00, dan Minggu di jam 09:00-21:00) Kalian bisa membawa perlengkapan sendiri atau menyewa di tempat-tempat olahraga tersebut. Jadi untuk kalian-kalian yang mau mengikuti jejak Jojo, tetap bisa mengasah kemampuan kalian dalam memukul kok!

Tenis Di Uppsala juga ada beberapa klub dan lapangan tenis. Jadi kalian tetap bisa mengejar mimpi kalian menjadi Roger Federer atau Rafael Nadal. Tempattempatnya adalah sebagai berikut: UTK (Uppsala Tennisklubb) Alamat: Edith Södergrans Gata 7 Jam buka: Setiap hari (Senin-Kamis di jam 07:00-23:00, Jumat di jam 07:00-21:00, Sabtu di jam 08:00-21:00 dan Minggu di jam 08:00-22:00) USIF Alamat: Torgny Segerstedts Allé 2 Jam buka: Setiap hari (Senin-Kamis di jam 07:00-22:00, Jumat di jam 07:00-21:00, Sabtu di jam 08:00-20:00 dan Minggu di jam 08:00-22:00) Untuk perlengkapan tenis harus disediakan dari kalian sendiri ya, termasuk bola tenisnya juga, tapi untuk net sudah disediakan di lapangan. 79


Photo by Putu Christ Wirawan

80


Jogging Sebagai kota yang memiliki banyak hutan dan padang, Uppsala itu tempat yang bagus banget memang buat jogging. Kalian bisa jogging di banyak tempat seperti HĂĽga, Gamla Uppsala, Stadsskogen, dll. Jadi kalian bisa olahraga gratis dengan pemandangan bagus. Di Uppsala banyak kok yang suka jogging, bahkan pada saat musim dingin. Ini juga bisa membantu kalian lebih tahan dingin lebih baik, tapi pakai baju yang sesuai ya! Disini kita juga sering liat orang-orang jogging di malam hari, karena daerah Swedia itu jauh lebih aman. Jadi tidak ada alasan lagi untuk kalian yang bertekad mau jogging, tapi males.

Renang Bagi kalian yang senang berenang, di Uppsala ada juga kolam renang umum, yaitu: Fyrishov Alamat: Idrottsgatan 2, 753 33 Uppsala Jam buka: Setiap hari (Senin-Jumat di jam 06:00-21:30, Sabtu-Minggu di jam 08:30-21:00) | Website Fyrishov ini adalah kolam renang terbesar di Uppsala dan punya banyak kolam, mulai dari kolam outdoor, kolam buat serius berenang, kolam anak-anak (lengkap dengan perosotan) dan kolam jacuzzi. Selain itu di sini juga ada loker (bawa gembok sendiri) dan sauna. Mau berenang pas musim dingin? Jangan sedih, kolamnya airnya dihangatkan jadi kalian tidak akan membeku pas berenang disini. Untuk masuk sini kalian bisa beli tiket harian, bulanan atau bahkan tiket tahunan. Setiap musim panas, Fyrishov punya promo summer pass, jadi dengan pass ini kalian bisa berenang sesuka kalian sepanjang musim panas dengan harga yang jauh lebih murah.

81


Fitness Buat kalian yang suka fitness dan tidak mau kehilangan “gain” kalian, di Uppsala juga ada beberapa gym. Ada beberapa yang chain gym jadi punya beberapa gym tersebar di Uppsala, ada juga yang single gym. Beberapa chain gym yang terkenal termasuk: • • • •

Friskis & Svettis: punya cabang di dalam komplek SLU dan juga ada kerjasama dengan kolam renang (Fyrishov). Actic: ada cabang yang punya kolam renang (di Centrum). 24seven Gym: buka 24 jam. Nordic Wellness.

Untuk gym yang single: • Campus 1477 Blåsenhus: letaknya persis di UU (deket perpus Carolina), ada fasilitas panjat tebing disini. • Uppsala Kampsport: ada kelas muay thai disini. • Supreme Gym: tempatnya besar, dan gedungnya baru. Ingat, untuk daftar gym, kalian butuh Swedish ID Card. Kalian bisa membayar langsung setahun di depan. Jika kalian mau bayar per bulan, kalian harus punya Swedish bank account.

Panjat Tebing Untuk kalian yang hobi menantang ketinggian dengan memanjat tebing, di Uppsala juga ada tempat khusus untuk panjat tebing. Di sini kalian bisa rock climbing ataupun bouldering. Kalian bisa datang ke: Klättercentret Uppsala Alamat: Rapsgatan 8 Jam buka: Setiap hari (Senin-Jumat di jam 11:00-22:00, Sabtu-Minggu di jam 10:00-20:00)

82


Untuk kalian yang penasaran dan mau mencoba panjat tebing juga bisa datang. Untuk memanjat, kalian butuh sepatu khusus dan bisa disewa di sana juga. Selamat memanjat!

Membeli Perlengkapan Olahraga Tidak membawa perlengkapan olahraga dari Indonesia? Tenang saja, di Uppsala ada banyak toko yang menjual peralatan olahraga. Bahkan di toko barang bekas pun banyak menjual raket, sepatu ice skating, skateboard, bola, dll. Jadi kalian yang mau coba olahraga tapi tidak mau boros uang, bisa kesini. Kalau kalian mau beli baru juga bisa, ada 2 toko besar khusus olahraga disini, yaitu: Decathlon Alamat: Bolandsgatan 20 Jam buka: Setiap hari (Senin-Jumat di jam 10:00-19:00, Sabtu-Minggu di jam 10:00-18:00) Stadium Outlet (Bolandsgatan) Alamat: Rapsgatan 3 Jam buka: Setiap hari (Senin-Jumat di jam 10:00-19:00, Sabtu-Minggu di jam 10:00-18:00) Stadium (Centrum) Alamat: Kungsängsgatan 2-4 Jam buka: Setiap hari (Senin-Jumat di jam 10:00-19:00, Sabtu di jam 10:00-17:00 dan Minggu di jam 12:00-17:00) Disini menjual bermacam-macam pakaian dan perlengkapan olahraga. Untuk perlengkapan outdoor pun ada disini.

83


K E S E H ATA N FASILITAS KESEHATAN DAN CARA MENDAPATKAN PERAWATAN KESEHATAN DI UPPSALA Swedia menyediakan fasilitas kesehatan umum untuk setiap warganya secara gratis, termasuk pelajar dan pekerja imigran yang terdaftar resmi dengan menunjukkan nomor pribadi atau personnummer yang bisa kalian dapatkan melalui kantor pajak Swedia (Skatteverket). Jika kalian tidak bisa menunjukkan personnummer, kalian akan dikenakan biaya sebesar 2.500 SEK di luar biaya obat. Jika kalian merasakan gejala penyakit atau merasa sakit, kalian dapat hubungi nomor National Healthcare line di 1177 untuk konsultasi agar petugas medis bisa menyarankan beberapa home remedies yang bisa kalian lakukan tanpa harus mengunjungi klinik terdekat. Apabila gejala tidak kunjung membaik, mereka akan menyarankan untuk mengunjungi klinik terdekat setelah beberapa hari yang ditentukan. Namun, jika kalian membutuhkan bantuan emergency untuk gejala serius dan butuh tindakan segera, langsung hubungi nomor 112. Klinik atau Vårdcentral di Swedia memerlukan appointment jika ingin berkunjung. Yang dapat kalian lakukan melalui layanan telepon masingmasing klinik di hari yang sama dan mereka tidak menerima reservasi satu atau beberapa hari sebelum kunjungan, hanya berlaku untuk hari yang sama (reservasi bisa dilakukan mulai dari jam delapan pagi). Akan tetapi kalian bisa mengunjungi satu-satunya klinik emergency yang menerima drop-in atau kunjungan tanpa reservasi, yaitu di klinik Närakut Aleris. Apa saja yang perlu disiapkan? • Kartu ID Swedia atau personnummer. • Paspor (jika kalian belum memiliki kartu ID Swedia). • Mengisi form yang disediakan.

84


Jika kalian memutuskan untuk melakukan reservasi dengan Vårdcentral, maka petugas klinik tersebut akan menjelaskan tata cara dan waktu appointment kalian. Jika kalian memutuskan untuk mengunjungi Närakut Aleris, setelah kalian mengisi form yang disediakan, petugas klinik akan memproses personnummer kalian dan mendaftarkan kalian di waktu yang tersedia di hari itu (waktu appointment sangat bervariasi dan kadang bisa bisa beberapa jam dari waktu dimana kalian mengisi form).

KRISKORT | EMERGENCY CARD SOS ALARM Emergency Number 112

Studenthälsan Student Health Center 018-471 69 10

Uppsala universitets larmnummer Uppsala University Emegency Number 018-471 25 00

Kvinnofridslinjen The Women’s Helpline 020-50 50 50

SLU Crisis Hotline 020-67 68 00

Nationella hjälplinjen National Helpline 020-22 00 60

Polisen The Police 077 114 14 00

Psykiatrisk akut Psychiatric Emergency 018-611 25 00

Sjukvårdsrådgivningen Medical Advice 1177

Universitetskyrkan University Chaplains 0766-22 59 06

85


STUDENT HEALTH CENTRE Selain pelayanan kesehatan yang disediakan pemerintah melalui puskesmas (vĂĽrdcentral) dan rumah sakit (sjukhuset), universitas juga memiliki Student Health Centre (SHC) yang berfokus pada upaya promosi kesehatan mental. Seluruh layanan di SHC tidak dipungut biaya. Terdapat beberapa pelayanan yang dapat diakses oleh mahasiswa Uppsala University dan SLU, baik secara digital maupun pertemuan langsung, diantaranya: Konsultasi atau konseling individu Untuk membuat janji konseling individu, mahasiswa dapat melakukan panggilan ke nomor 018-471 69 10 untuk dilakukan penilaian awal dan jika diperlukan konseling secara langsung, jadwal bisa langsung disepakati via telepon. Pembuatan janji konseling individu tidak dapat dilakukan melalui email. Interaksi antara mahasiswa dan konselor/psikolog di SHC dijamin kerahasiaannya. Workshops dan pertemuan kelompok Setiap bulannya, SHC menawarkan berbagai workshop seperti: Self-care, Sleep and Exercise; Stress Management; Relaxation and Mindfulness; Perfectionism and Self-Compassion; Stop Procrastinating; Winter BluesSwedish Culture and Climates. Untuk mengikuti workshops tersebut, silahkan mengirimkan email ke reception@sh.uu.se Light room Light room merupakan sebuah ruangan yang dibuka saat musim gugur dan dingin, khususnya saat matahari bersinar sangat sedikit. Light room dapat menjadi alternatif saat mahasiswa merasa hari yang dihadapi terlalu gelap, keadaan mencekam, tidak bersemangat dan kehabisan energi. Di dalam light room, mahasiswa akan dimanjakan dengan lampu warna putih yang terang dengan mayoritas furnitur berwarna putih. Untuk menggunakan fasilitas ini, pengunjung hanya perlu datang, menunjukan kartu mahasiswa dan dapat langsung masuk ke light room jika ruangan sedang tidak digunakan. Alamat: Ă–vre Slottsgatan 7, 753 10 Uppsala | Website.

86


ASURANSI FAS Asuransi FAS adalah asuransi yang diberikan oleh pemerintahan Swedia. Asuransi ini diperuntukkan untuk mahasiswa yang berasal dari luar Eropa yang membayar biaya kuliah atau mendapatkan beasiswa. Hal-hal yang ditanggung oleh asuransi ini adalah: • Asuransi jiwa dan disabilitas. • Biaya medis, termasuk dokter gigi. • Transportasi kembali ke negara asal, dalam hal darurat (kecelakaan parah atau penyakit kritis). • Perlindungan terhadap pihak ketiga. • Biaya hukum. Diatas adalah hal-hal yang dicakup oleh FAS, ada lagi FAS+ yang mencakup kerusakan pada barang kepemilikan. Tentu saja masing-masing hal yang dilingkup memiliki batas jumlah uang yang akan ditanggung asuransi. Untuk lebih jelasnya, bisa ke website kammarkollegiet, mereka adalah badan hukum milik Swedia yang menangani semua jenis klaim asuransi. Asuransi ini menggunakan reimburse system, jadi akan dibayar belakangan. Untuk kalian yang mau klaim asuransi silahkan men-download form klaim asuransi di website kammarkollegiet, pilih submit claim. Disitu kalian akan mendapatkan formulir online yang bisa kalian isi secara online, namun kalian tetap harus print formulir ini di kertas putih dan menandatanganinya secara langsung. Tanda tangan harus benar-benar langsung, tidak boleh menggunakan tanda tangan digital. Setelah itu kalian akan mengirim form tersebut beserta dengan detail dokumen yang dibutuhkan dengan pos surat kepada kantor Kammarkollegiet di alamat Kammarkollegiet 651 80 Karlstad, dan pihak Kammarkollegiet akan menghubungi kalian jika ada data, dokumen atau detail tambahan yang mereka butuhkan. PENTING: • Kalian harus punya nomor identitas Swedia (personnummer) untuk bisa mengklaim asuransi. • Klaim asuransi harus dikirim paling lama tiga tahun dari tanggal kejadian.

87


Photo by Yanti Sastrawan

88


K U LT U R

89


K U LT U R S W E D I A

TRADISI DAN HARI RAYA DI SWEDIA Dibanding Indonesia, Swedia tidak merayakan banyak hari raya nasional. Selain Hari Raya Natal dan Paskah, Swedia juga memiliki hari-hari khusus untuk merayakan beberapa kue khas Swedia. Berikut adalah beberapa tradisi dan hari raya di Swedia.

VALBORG Pada tanggal 30 April, malam Valborg dirayakan dengan api unggun besar menyala di seluruh negeri. Valborg dirayakan sebagai simbol berakhirnya musim dingin dan tibanya musim semi. Di Uppsala, Valborg dirayakan di seluruh pusat kota Uppsala dan merupakan acara mahasiswa terbesar sepanjang tahun, termasuk acara student floats di Sungai Fyris dan bernyanyi di Gunilla Bell Tower. Photo from Scandinavia Standard

MIDSUMMER Tepat di bulan Juni di hari terpanjang dalam satu tahun, Midsummer adalah hari raya terbesar Swedia. Perayaan ini dipenuhi dengan tarian dan nyanyian sambil mengelilingi maypole yang dihiasi daun birch dan rangkaian bunga. Midsummer dan Natal adalah dua perayaan paling penting di Swedia. Photo by Yanti Sastrawan

90


KRĂ„FTSKIVA ATAU CRAYFISH PARTY Ketika musim panas akan segera berakhir, pesta udang karang atau crayfish party dirayakan dengan snaps dan nyanyian lagu-lagu khas Swedia. Photo from Visit Sweden

ST. LUCIA & LUSSEKATTEN Pada tanggal 13 Desember, anak perempuan dan laki-laki akan dengan menjalankan prosesi dengan berbusana gaun putih sambil memegang lilin dan menyanyikan lagu-lagu khas dalam rangka memperingati Santa Lucia. Jangan lupa coba kue khas hari raya St. Lucia adalah Lussekatten atau saffron bun. Photo from Visit Sweden

JUL ATAU CHRISTMAS Bisa dibilang Hari Natal di Swedia libur adalah hari libur terbesar setelah Midsummer. Biasanya Natal diperingati dengan santapan Julbord, buffet makanan khas Swedia, serta pepparkakor (gingerbread cookies) dan minuman hangat glĂśgg (mulled wine). Photo from Visit Sweden

91


KANELBULLENS DAG Pada tanggal 4 Oktober, Swedia merayakan Kanelbullens Dag atau Cinnamon Bun Day. Jangan lupa menyantap cinnamon bun di hari spesial ini! Photo by Yanti Sastrawan

FETTISDAGEN ATAU FAT TUESDAY Di hari Fat Tuesday atau Fettisdagen, Swedia menyantap kue khas Swedia yaitu Semla, kue dengan krim dan almond paste. Hari Fettisdagen berupa perayaan sehari sebelum Rabu Abu, hari pertama pra-Paskah. Photo by Yanti Sastrawan

WAFFLES DAY Swedia juga merayakan hari wafel (vĂĽfflor) setiap tanggal 25 Maret. Jangan lupa tambahkan whipped cream dan lingonberry di wafel kalian! Photo by Maria Petersson from Unsplash

92


Photo from Visit Sweden

93


Photo by PPI Uppsala

K E H I D U PA N DA N K E B I A S A A N D I U P P S A L A

Pemisahan Sampah dan Daur Ulang Sebagai negara yang sangat ambisius dalam menciptakan kehidupan yang berkelanjutan, pemisahan sampah dan daur ulang adalah hal wajib di Swedia. Pada umumnya, di kampus dan tempat tinggal mahasiswa sudah disediakan tempat sampah dengan label yang berbeda-beda untuk membantu proses pemisahan. Sampah dipisah menjadi delapan macam: organik atau bekas makanan, sampah rumah tangga, kertas, plastik, logam, botol bening, botol berwarna dan koran/majalah. Sampah rumah tangga adalah segala sampah yang tidak bisa didaur ulang dan harus dibakar (brännbart), misalnya sikat gigi dan pembalut. Ada pula sampah yang memiliki tempat pembuangan khusus, misalnya baterai dan minyak bekas masak dalam jumlah besar. Untuk kedua hal ini, kita harus membawanya ke pusat daur ulang (Återvinningscentral). Di Uppsala, pusat daur ulang ini ada di daerah Bolanderna, Gottsunda dan Librobäck.

94


Allemansrätten: Kebebasan Mengakses Alam Swedia adalah salah satu negara yang memberikan warganya hak untuk mengakses hampir semua bagian dari alam bebas, termasuk beberapa wilayah milik privat. Kita diizinkan untuk berjalan-jalan, bersepeda, berenang, berkemah, berperahu, berkuda, memetik buah dan jamur di hampir seluruh daratan dan perairan di Swedia. Hal yang perlu diperhatikan adalah tetap menjaga kebersihan, tidak merusak alam dan menjaga jarak dari bangunan tempat tinggal orang lain. Selengkapnya dapat dilihat di website ini.

Academic Quarter atau the 15 Minutes Rule Ada sebuah kebiasaan unik di kampus-kampus Swedia yang berakar pada sebuah tradisi di masa lalu. Dahulu, sebelum ada jam tangan atau handphone, mahasiswa di Uppsala mengandalkan lonceng gereja untuk mengetahui waktu. Apabila kelas mereka dimulai pada pukul 9, mereka akan menunggu lonceng katedral berdentang untuk mulai berjalan menuju kelas. Mereka diberikan waktu 15 menit dari waktu lonceng berbunyi untuk menuju kelasnya. Kebiasaan ini dipertahankan sampai sekarang, sehingga kelas-kelas di Uppsala selalu dimulai lewat 15 menit setiap jamnya. Jadi, tidak perlu datang terlalu awal. Kelas pukul 09:00 akan dimulai pada pukul 09:15, kelas pukul 10 mulai pada pukul 10:15 dan seterusnya.

Personal Space Bagi masyarakat Swedia, sopan berarti menghormati wilayah pribadi orang lain. Hal ini mereka lakukan dengan tidak mengajak bicara apalagi berbasabasi dengan orang yang tidak dikenal di tempat umum. Selain itu, mereka juga cenderung menjaga jarak fisik satu sama lain, khususnya dengan orang asing. Hal ini akan terlihat ketika sedang menunggu bus di halte, terutama ketika cuaca tidak hujan. Penting untuk menjaga jarak kita ketika berdiri di halte bus karena jarak yang terlalu dekat akan membuat mereka tidak nyaman. Selain itu, ketika naik kendaraan umum atau berada di tempat umum, usahakan kita mencari deretan bangku yang masih kosong sebelum menduduki deretan yang sudah ditempati, kecuali jika memang sudah tidak ada deret yang kosong.

95


Mencari Teman Orang Swedia Untuk kita yang ingin mengenal budaya Swedia lebih dalam, cara terbaik adalah dengan bergaul dan berteman dengan orang Swedia. Akan tetapi, bagi kita yang terbiasa ramah tamah dan berbasa-basi kepada siapa saja, orang Swedia terkesan tertutup dan sulit didekati. Hal itu bukan berarti kita tidak bisa berteman dengan mereka. Kita hanya perlu tahu triknya saja. Orang Swedia akan mendadak ramah ketika di alam bebas. Jadi jangan heran jika sedang hiking tiba-tiba disapa oleh orang Swedia. Namun, cara termudah mendapat teman orang Swedia adalah dengan bergabung dalam klub atau komunitas. Tidak perlu jauh-jauh, kampus-kampus Uppsala memiliki beberapa klub mahasiswa yang terbuka untuk mahasiswa internasional. Contohnya ada Utrikespolitiska Föreningen (asosiasi hubungan internasional) untuk yang senang dengan isu-isu politik terkini dan debat. Ada juga klub-klub olahraga di student housing dan klub fotografi seperti Uppsala Fotografiska Sällskap. Aktivitas-aktivitas Nation di Uppsala juga bisa menjadi wadah untuk mencari teman Swedia.

Pakaian Musim Dingin ”Tidak ada cuaca yang buruk, hanya ada pakaian yang buruk”, adalah salah satu ujaran yang populer di Swedia. Musim dingin di Uppsala, yang kadang bisa mencapai -25°C, bisa menjadi tantangan tersulit tanpa pakaian yang tepat.

96


Photo by Clara Mutiarasari

Kunci dari berpakaian di musim dingin adalah mengenakan beberapa lapis pakaian dengan tepat. Jumlah lapisan bisa disesuaikan, tetapi umumnya orang mengenakan tiga sampai empat lapis pakaian. Berikut ini adalah contoh lapisan yang dikenakan: • Lapisan 1: long john tipis berbahan thermal (penyimpan panas), stocking atau legging thermal. • Lapisan 2: sweater rajut berbahan wool atau atasan polyester, celana panjang thermal atau jeans. • Lapisan 3: jaket waterproof/windbreaker atau mantel. • Alas kaki: kaos kaki wool dan waterproof boots. • Pelengkap: topi, syal, dan sarung tangan (gloves/mittens). Jika bawahan kita tipis, ada baiknya memilih jaket atau mantel dengan panjang selutut. Untuk di suhu sangat dingin, sarung tangan rajut yang jari-jarinya tidak terpisah (mittens) lebih hangat dibandingkan sarung tangan biasa dengan bagian jari-jari yang saling terpisah (gloves). Pakaian lapisan pertama dapat ditemukan di Uniqlo yang ada di Stockholm, sedangkan untuk jaket atau mantel di antaranya bisa dibeli di Stadium atau toko-toko second-hand seperti Myrorna di Uppsala. Forum jual beli di Facebook maupun membeli dari senior yang akan pulang ke Indonesia juga bisa menjadi alternatif untuk harga murah.

97


Photo by Yanti Sastrawan

98


Fika Bisa dibilang, tradisi fika bukanlah sekedar coffee break biasa. Bagi orang Swedia, fika adalah sebuah fenomena sosial, yaitu momen ketika mereka menyisihkan waktu untuk beristirahat bersama keluarga, teman atau kolega dan mengobrol secara personal ditemani minuman hangat dan kue-kue. Tradisi fika muncul dalam banyak kegiatan, dari mulai seminar hingga bekerja di kantor. Fika juga dapat dilakukan di mana pun, tidak harus di kafe. Fika berasal dari kata “kafi”, pengucapan Swedia untuk coffee atau kopi. Meski demikian, kopi bisa juga diganti dengan teh atau coklat panas. Beberapa kue yang sering menemani fika di antaranya kanelbulle (cinnamon bun) dan kladkaka (kue coklat). Fika adalah pengalaman khas Swedia yang tidak boleh kita lewatkan ketika berkuliah di Uppsala.

Lagom Lagom adalah konsep dalam bahasa Swedia yang sulit untuk diterjemahkan. Untuk memahaminya, mungkin kita perlu melihat dan mengalami sendiri. Lagom kurang lebih bermakna “secukupnya” atau “jumlah yang tepat, tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit”. Orang Swedia mengamalkan konsep ini dalam berbagai aktivitas mereka sehari-hari. Kita dapat melihatnya dalam budaya work-life balance mereka, di mana mereka bukanlah orang-orang yang berlomba-lomba mengumpulkan jam lembur dan menyisihkan waktu untuk menikmati hidup. Kita juga dapat melihat dari cara berpakaian mereka yang cenderung memilih pakaian yang cukup santai tetapi masih rapi dan penggunaan warna-warna netral dan tidak mencolok.

99


Photo by Alexis Brown from Unsplash

BAHASA SWEDIA Walaupun masyarakat Swedia secara umum sangat aktif dan lancar berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, ada pentingnya kita mengenal Bahasa Swedia sehari-hari agar cepat beradaptasi saat melakukan kegiatan seperti berbelanja di supermarket, memesan makanan, ataupun saat membeli kopi di pagi hari di kantin kampus. Berikut kata-kata dan kalimat-kalimat yang kita kira akan berguna untuk dipelajari selama kuliah dan tinggal di Swedia.

100


BAHASA SWEDIA SEHARI-HARI Hej! Tjena!/Tja! God morgon Hur mår du? Hur går det med dig? Hur är läget? Bara bra, tack. Ja Nej Tack (så mycket) Varsågod Ursäkta Vi ses (imorgon) Hej då! Talar du engelska? Jag talar engelska och indonesiska. Jag talar bara lite svenska. Jag är indonesisk. Jag kommer från Indonesien. Vad heter du? Jag heter […] Trevligt att träffas! Jag förstår (inte) Vad sa du? Jag vill ha en kopp kaffe, tack! Jag vill ha dagens lunch, tack! Är det bra så?

Jag vill betala kontant/med kort. Var är biblioteket? Var är toaletten? När kommer bussen? Ska vi fika?

Halo! Yo! Selamat pagi Apa kabar? [formal] Apa kabar? Apa kabar? [informal] Kabar baik, terima kasih. Iya Tidak Terima kasih (banyak) Terima kasih kembali/Silakan Permisi/Maaf Sampai jumpa (besok) Selamat tinggal! Apakah kamu berbicara Bahasa Inggris? Saya berbicara Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Saya hanya bicara sedikit Bahasa Swedia. Saya orang Indonesia. Saya datang dari Indonesia. Siapa namamu? Nama saya […] Senang berkenalan denganmu! Saya (tidak) mengerti. Apa yang kamu katakan barusan? Saya ingin secangkir kopi, terima kasih! Saya ingin menu makan siang hari ini, terima kasih! Apakah sudah semua? [Biasanya ditanyakan oleh kasir ketika sedang belanja] Saya ingin membayar tunai/dengan kartu. Di mana perpustakaannya berada? Di mana toiletnya berada? Kapan busnya tiba? Apakah kamu mau minum kopi dengan saya?

101


BELAJAR BAHASA SWEDIA SFI Ada beberapa cara agar kalian dapat akses untuk belajar Bahasa Swedia saat kuliah di Uppsala salah satunya adalah mengikuti kelas Svenska FÜr Invandrare atau Bahasa Swedia untuk imigran. Kelas SFI merupakan kelas tanpa biaya dan sebagai mahasiswa, kalian dapat mengikut kelas SFI dengan syarat kalian tinggal di Uppsala, memiliki kartu residence permit dan personnummer, dan berumur lebih dari 20 tahun atau sudah lulus SMA. Untuk pendaftaran, kalian bisa langsung menghubungi SFI Reception di telepon: 018 – 727 22 10 (Jam operasi: Senin-Kamis jam 09.00-13.00) Pendaftaran kelas dapat dilakukan juga di situs web Vuxenutbildning i Uppsala. Proses pendaftaran bisa memakan waktu 2-6 minggu, dan dalam proses tersebut, kalian akan disurvei dari latar belakang pendidikan dan profesi kerja untuk memilih kelas SFI yang sesuai untuk kalian. Untuk informasi lebih lanjut, dapat dilihat di situs ini.

Uppsala University’s Basic Swedish Slass Kalian juga bisa ambil kelas Bahasa Swedia sebagai bagian dari studi kalian dengan mata kuliah Basic Swedish. Mata kuliah ini disediakan oleh Uppsala University dan terbuka untuk semua mahasiswa internasional di Uppsala dan berjalan paruh waktu dua kali seminggu. Pada bulan Agustus, mereka menawarkan Basic Swedish 1 sebagai kursus intensif untuk para pemula dan berlangsung selama kurang lebih satu bulan. Informasi lebih lanjut dapat dibaca di situs web Uppsala University.

102


Photo by Putu Christ Wirawan

Språkcafé Salah satu cara untuk belajar dan latih Bahasa Swedia kalian di luar kelas secara gratis bisa didapatkan di Språkcafé atau kafe bahasa. Språkcafé berupa komunitas umum untuk pendatang baru di Swedia yang diadakan di ruang publik, termasuk mahasiswa seperti kalian! Di Uppsala, kalian dapat ikut Språkcafé yang diselenggarakan oleh Svenska Kyrkan, perpustakaan Uppsala, dan SLU. Jangan lupa untuk kontak langsung ke språkcafe-nya untuk mengetahui informasi terbaru mengenai jam buka dan kegiatan - kegiatan yang akan diadakan.

103


Photo by Putu Christ Wirawan

104


PROFIL PPI UPPSAL A

105


Photo by PPI Uppsala

PROFIL PPI UPPSAL A Perhimpunan Pelajar Indonesia wilayah Uppsala (PPI Uppsala) merupakan organisasi yang menjadi wadah bagi seluruh mahasiswa Indonesia yang melangsungkan studi di wilayah Uppsala, Västerüs, Eskilstuna dan Gotland. Bersama dengan PPI regional lainnya di wilayah Swedia, PPI Uppsala turut berinduk kepada PPI Swedia. Adapun aktivitas PPI Uppsala meliputi berbagai kegiatan baik yang bersifat intelektual seperti diskusi ilmiah, kultural seperti penampilan seni budaya Indonesia, hingga insidental seperti kegiatan keagamaan, olahraga, rekreasi, dan lain-lain yang bertujuan untuk membangun keguyuban dan mempererat kebersamaan.

106


PENGURUS PPI UPPSALA 2020

Danar Anindito Koordinator Wilayah

Afandi Charles Sekretaris Wilayah

Caroline Budiwarman Wakil Koordinator Bidang Pemberdayaan SDM dan Humas

Ii Ratna Yanti Kosasih Wakil Koordinator Bidang Pemberdayaan Komunitas dan Kesenian

Fadel Randia Wakil Koordinator Bidang Pemberdayaan Jasmani dan Rohani

KANAL KOMUNIKASI Instagram Youtube LinkedIn Email: ppiuppsala@gmail.com

107


PROFIL PENYUSUN BUKU TIM INTI Putu Christ Wirawan Mahasiswa S2 di jurusan Environmental Management di SLU, tahun 2020-2022. Ketua koordinator Buku Saku Uppsala. Sekarang sedang beralih dari pekerjaannya sebagai marketing consultant yang promote consumerism, menjadi environmentalist yang ingin memasarkan nilai lingkungan. IG di @putuchrist. Clara Mutiarasari Mahasiswi S2 program EMJMD Euroculture di Uppsala University angkatan 2019-2021. Kontributor konten buku saku Uppsala 2020. Tertarik dengan isu imigrasi dan integrasi. Dapat dihubungi melalui Instagram @thetropicalnordicphile.

Bintang Rahmadi Mahasiswa S2 Environmental Economics and Management SLU 2020-2022. Kontributor artikel buku saku Uppsala. Tertarik dengan isu-isu manajemen keberlanjutan, konsumerisme, dan grassroot innovations. Bisa dihubungi melalui akun Instagram @bintangr. Yanti Sastrawan Mahasiswi S2 jurusan Digital Media & Society di Uppsala University tahun 2019-2021, yang tertarik dengan observasi news media dan social media behaviour analysis. Kontributor konten dan graphic designer buku saku Uppsala. Feel free to connect, di akun instagram @yantiyanto.

108


CONTENT CONTRIBUTOR VOLUNTEERS Isyatul Azizah Mahasiswi S2 EMJMD Innovative Medicine 2018-2020, Heidelberg University - Germany dan Uppsala University - Sweden. Tertarik dengan cardiology, health technology entrepreneurship, dan fotografi. Kontributor konten buku saku Uppsala 2020. Bisa dihubungi lewat LinkedIn dan Twitter @isyazizah.

Mochamad Sunaryadi Mahasiswa S2 program studi Product and Process Development, Production and Logistics di Mälardalen University, Västerås tahun 2019-2021. Kontributor konten Buku Saku Uppsala 2020, editor blog/vlog PPI Swedia, anggota Kabinet PPI Swedia 2020-2021. Memiliki minat di bidang supply chain, fotografi dan digital entrepreneurship serta bisa dihubungi di @m.sunaryadi.

Monica Utari Mariana Lulusan program Master of Medical Science in Global Health, Uppsala University tahun 2019. Kontributor konten Buku Saku Uppsala 2020, tertarik di isu kesehatan ibu dan anak, kesehatan remaja dan pendidikan. Dapat dihubungi melalui Instagram @monica.mariana.

109


@ppiuppsala PPI Uppsala PPI Uppsala

Profile for ppiuppsala

Buku Saku Uppsala  

Buku Saku Uppsala merupakan buku panduan yang berisi informasi praktikal tentang hal-hal penting yang bermanfaat untuk menjalankan kehidupan...

Buku Saku Uppsala  

Buku Saku Uppsala merupakan buku panduan yang berisi informasi praktikal tentang hal-hal penting yang bermanfaat untuk menjalankan kehidupan...

Advertisement

Recommendations could not be loaded

Recommendations could not be loaded

Recommendations could not be loaded

Recommendations could not be loaded