Issuu on Google+

PPI PRANCIS

laporan simposium ppi kawasan eropa & amerika mengoptimalkan peran demokrasi dan kemajuan ekonomi indonesia sebagai modal menjadi bangsa yang besar Istanbul, Turki 16-20 mei 2013

kegiatan simposium ppi kawasan eropa – amerika 2013 ini merupakan kegiatan perdana dari ppi kawasan eropa-amerika dimana ppi turki ditunjuk sebagai tuan rumah. kegiatan ini dibagi menjadi 2 fase penting yaitu: pertama, roadmap ppi eropa-amerika, sebagai pembahasan program kerja bersama ppi kawasan eropa & amerika. kedua, seminar yang diisi oleh pakar-pakar di bidangnya untuk seluruh anggota ppi di turki dan delegasi ppi kawasan eropa & amerika yang hadir. rangkaian kegiatan ini akan ditutup dengan field trip pada hari ketiga.


daftar isi latar belakang .......................................................................................................................................... 2 Page | 2 tujuan ........................................................................................................................................................... 2 road map ppi kawasan eropa & amerika ....................................................................................... 3 Draft Istanbul ............................................................................................................................... 3 Lampiran Road Map PPI Kawasan Eropa & Amerika ........................................................... 4 kuliah umum .............................................................................................................................................. 5 dokumentasi .............................................................................................................................................. 6 lampiran ...................................................................................................................................................... 6

latar belakang Sebagai sebuah negara, Indonesia telah berevolusi dari zaman kolonialisme, orde lama dan orde baru, hingga masa reformasi. Semua fase itu erat kaitannya dengan peran para pemuda dan mahasiswa yang menjadi lokomotif perubahan. Peran penting ini tidak boleh terputus, bahkan harus selalu ditingkatkan dan melibatkan lebih banyak kelompok pemuda dan pelajar, agar tercipta sinergi yang menghasilkan sesuatu yang lebih besar bagi kemajuan bangsa. Simposium PPI Eropa – Amerika yang diprakarsai oleh persatuan pelajar-pelajar Indonesia di Turki, dimaksudkan untuk meneruskan dan mengembangkan peran di atas. Diharapkan momen ini akan membentuk wadah bagi mahasiswa-mahasiswi Indonesia di wilayah Eropa-Amerika dalam mencari solusi atas tantangan yang dihadapi Indonesia, khususnya dalam kaitan dengan tantangan bangsa menghadapi dunia yang semakin terbuka, demokratis, dan global. Simposium ini ditujukan agar mahasiswa Indonesia yang sedang studi di luar negeri, khususnya di kawasan Eropa dan Amerika dapat ikut mengambil peran dalam mempercepat transformasi Indonesia menjadi sebuah negara yang berdaulat secara politik, mandiri secara ekonomi, dan berkarakter secara budaya.

tujuan Tujuan dari simposium ini adalah: a) Sebagai wadah bagi pelajar-pelajar Indonesia di luar negeri untuk saling bertukar-pikiran dan tercetus ide nyata untuk kemajuan Indonesia sebagai sebuah negara yang bermartabat. b) Meningkatkan pemahaman tentang peran dan fungsi Pelajar/Mahasiswa Indonesia dalam memberikan kontribusi nyata bagi bangsa indonesia dengan segala potensi yang dimiliki. c) Membentuk jaringan formal secara intelektual yang didorong oleh pelajar-pelajar Indonesia di seluruh dunia.

Šppiprancis2013


road map ppi kawasan eropa & amerika Page | 3

Road Map PPI Kawasan Eropa & Amerika pertama telah berhasil dilaksanakan di kota Istanbul, Turki pada tanggal 17 Mei 2013 dengan dihadiri oleh 8 negara dari 20 PPI kawasan Eropa & Amerika yakni: PPI Prancis, PPI Portugal, PPI Austria, PPI Swedia, PPI Turki, PPI Spanyol, PPI United Kingdom dan PPI Serbia. Selain itu, kegiatan ini dihadiri pula oleh PPI Oman sebagai delegasi observatoir. Pembentukan road map ini bertujuan untuk menyelaraskan program kerja PPI Kawasan Eropa & Amerika yang diharapkan bisa menjadi landasan dan gambaran program kerja bersama PPI kawasan Eropa & Amerika dan selanjutnya dapat diimplementasikan secara berkelanjutan. Dalam rapat pembahasan road map PPI Kawasan Eropa & Amerika ini ditetapkan tiga pimpinan sidang tetap yakni M. Dhafi Iskandar (PPI Prancis), Zulaicha (PPI Austria), dan Hari Priyadi (PPI Swedia). Road Map PPI Kawasan Eropa & Amerika ditandai dengan dideklarasikannya Draft Istanbul, yakni bentuk kesepakatan para delegasi dalam menjalankan road map terlampir. Isi draft Istanbul tersebut adalah sebagai berikut: Draft Istanbul

Berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami perwakilan PPI Kawasan Eropa dan Amerika, berkumpul di Istanbul, Turki untuk menyumbangkan pemikiran dan peranan bagi bangsa Indonesia. Menerapkan praktik demokrasi dan kepemimpinan yang bertanggung jawab untuk menciptakan bangsa yang lebih maju, berintegritas, dan bermartabat. Meningkatkan peran bangsa Indonesia di dalam pergaulan internasional melalui pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi serta sumber daya manusia yang berkualitas untuk mencerdaskan dan meningkatkan daya saing bangsa Indonesia. Mempersiapkan Indonesia menuju kemandirian ekonomi bangsa yang bersaing dan berdaya guna secara global. Dengan itikad baik, siap mendukung dan mewujudkan kemajuan bangsa Indonesia melalui roadmap PPI Kawasan Eropa & Amerika sebagaimana terlampir. Dibuat di Istanbul, Turki, pada tanggal 18 Mei 2013. Atas nama perwakilan PPI Kawasan Eropa & Amerika, PPI Prancis, PPI United Kingdom, PPI Austria, PPI Swedia, PPI Turki, PPI Serbia, PPI Spanyol dan PPI Portugal.

Šppiprancis2013


Lampiran Road Map PPI Kawasan Eropa & Amerika Komisi Sains dan Teknologi -

Page | 4

Membuat website integrasi dengan komisi lain. Membuat repository karya ilmiah dan dipublish di website. Meningkatkan kerjasama dalam penyebaran informasi bidang sains dan teknologi PPI Kawasan Eropa & Amerika. Menulis artikel / video sains dan teknologi (populer). Menyediakan dana hibah bagi aplikasi sains dan teknologi di Indonesia (tujuan pemberdayaan masyarakat Indonesia).

Komisi Ekonomi dan Kewirausahaan - Membuat platform knowledge management website.twitter/media sosial. - Menyusun panduan berbisnis/usaha di luar negeri. o Melakukan desk research : - pengusaha Indonesia di negara Eropa-Amerika serta informasi mengenai birokrasi usaha di negara o Melakukan networking session/gathering o Mendatangi Institusi Usaha o Mendatangi institusi pemerintah lokal dan KBRI - Membuat resume dan profile pengusaha indonesia di Eropa Amerika. - Menyusun business directory indonesia. - Menyediakan data mengenai usaha di negara-negara Eropa Amerika terkait bidang kewirausahaan. - Menyusun business directory Indonesia. - Membangun dan mensinergikan hubungan antara berbagai pihak dalam bidang. kewirausahaan dengan PPI Eropa – Amerika (misalnya hubungan investor dengan calon wirausaha, hubungan antar pengusaha Indonesia di negara-negara). - Membuat forum kajian bidang ekonomi dan kewirausahaan. Komisi Demokrasi dan Kepemimpinan - Membuat video/tulisan mengenai isu kepemimpinan dan demokrasi di negera Eropa Amerika dan membagikannya kepada pelajar dan guru di indonesia ( bekerja sama dengan indonesia mengajar). - Menyelenggarakan teleconference terkait dengan isu demokrasi dan kepemimpinan dengan tokoh pemimpin baik di Indonesia maupun di Eropa Amerika. - Menyusun acuan pembentukan PPI baru di wilayah Eropa - Amerika. - Menyusun panduan legalitas formal organisasi PPI di negara setempat.

Šppiprancis2013


kuliah umum Page | 5

1. State Running Government ke Society Running Government Menuju Indonesia 2025: Peran Kementerian PAN-RB dalam Menata RB oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (IR.H.Azwar Abubakar, M.M.) Keterangan: Presentasi Power Point terlampir. 2. Kuliah Umum Kebangsaan oleh Director of Disaster Management Center, Dompet Dhuafa (Asmoro Hadiyanto) Keterangan: Presentasi Power Point terlampir.

Šppiprancis2013


dokumentasi

Page | 6

Pembacaan Draft Istanbul oleh para delegasi PPI Kawasan Eropa & Amerika disaksikan oleh para pembicara kuliah umum dan anggota PPI Turki.

lampiran 1. Presentasi oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (IR.H.Azwar Abubakar, M.M.) (powerpoint terpisah) 2. Presentasi oleh oleh Director of Disaster Management Center, Dompet Dhuafa (Asmoro Hadiyanto) (powerpoint terpisah) 3. Bukti perjalanan Paris – Istanbul (delegasi PPI Prancis)

Šppiprancis2013


Page | 7

Šppiprancis2013


Boarding Pass

Page | 8

Šppiprancis2013


Lpj2013 laporan%20kegiatan%20simposium%20ppi%20eropa%20&%20amerika%20 %20delegasi%20ppi%20prancis