Page 1

Digital

KAMIS

01 DES 2016

|

4 HALAMAN

medialaspela

Menerangi Bumi Serumpun Sebalai

Foto: Metrotvnews.com

Rapimnas KADIN 2016

Pisahkan Dunia Usaha dan Politik! P

RESIDEN RI Joko Widodo memberikan apresiasi yang tinggi terhadap para pengusaha yang bernaung di organisasi KADIN Indonesia yang tidak mencampur adukkan politik dan dunia usaha. "Tugas pengusaha itu bersama pemerintah turut menyejahterakan masyarakat Indonesia. Saya menghargai para pengusaha yang tidak mencampuradukkan dunia politik dengan dunia usaha," tandas Jokowi. Penegasan itu disampaikan Jokowi di hadapan 2.000 peserta dan undangan Rapimnas KADIN Indonesia di Hotel Borobudur, Kamis 1 Desember 2016. Rapimnas KADIN mengambil tema "Pemerintah Bersama Dunia Usaha Mendorong Percepatan Laju Pertumbuhan Sektor Riil" Hadir antara lain Ketua MPR, Zulkifli Hasan, Ketua DPR RI, Setya Novanto, Para Menteri dan Duta Besar, Ketua Umum KADIN Indonesia, Rosan P Roeslani, Para Ketua Umum KADIN di Indonesia diantaranya Ketua Umum KADIN Prov. Kepulauan Bangka Belitung, Ir Thomas Jusman MM dan 7 Wakil Ketum KADIN BABEL. Presiden Jokowi kembali menegaskan, "Silakan yang berpolitik ya berpolitik. Pergantian Ketua DPR ya silakan..itu domainnya legislatif," kata Jokowi memberi saran. Mantan Gubernur DKI itu juga mengajak para pengusaha untuk tidak kehilangan konsentrasi, tetap fokus dan tidak kehilangan

momentum. Memang, kata Jokowi, hari-hari ini tensi politik naik. " Itu biasa. Pilkada serentak memang suhunya naik. Dulu juga begitu. Tetaplah konsentrasi dan fokus," tandas Jokowi. Tak Terpengaruh Sebelumnya, Ketua Umum KADIN Indonesia, Rosan P Roesani menyatakan dunia usaha tidak terpengaruh oleh beberapa aksi demo yang berlangsung di ibukota Jakarta. "Pak Presiden Jokowi, saya sudah bertanya langsung kepada para pengusaha dan investor dari luar negeri. Mereka tidak surut dan tidak terpengaruh oleh demo-demo tersebut," kata Rosan yang disambut tepuk tangan peserta undangan. Para investor dan pengusaha itu, kata Rosan, berkata, "Kami tidak terpengaruh dan tetap fokus pada usaha. Investasi kami bukan sesaat tapi long term". Sebelumnya dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga menyinggung masalah pertumbuhan ekonomi Indonesia. Menurut Presiden, kualitas pertumbuhan ekonomi kita sekarang ini lebih konkret. Lebih riil. “Meskipun tumbuhnya sangat tipis sekali, sangat kecil sekali. Tetapi kalau kita lihat dari sisi rasionya turun, dari sisi angka kemiskinan juga turun, dari sisi tingkat pengangguran, juga data-data yang kita

Hari HIV/AIDS Sedunia

Kezia: Sex Education KAMPANYE mengenai bahaya HIV/AIDS hingga kini masih berjalan. Bukan hanya aktivis saja yang memberikan edukasi pada masyarakat, begitu pun para selebritas. Seperti di Hari HIV/AIDS Sedunia yang jatuh pada 1 Desember, HIV Prevention mengajak masyarakat untuk mengangkat tangannya sebagai simbol kepeduliannya terhadap penyakit mematikan tersebut. Selebritas yang ikut berpartisipasi antara lain, Ferdi Hasan. Dia mengajak masyakarat untuk tidak melakukan diskriminasi kepada orangorang yang positif HIV. Dalam akun Instagramnya, Ferdy pun menunjukkan telapak tangannya yang bertuliskan "Zero Discrimination". Hal yang sama juga dilakukan oleh Putri Indonesia 2016, Kezia Roslin Cikita Warouw. Dalam Instagramnya, dia pun menunjukkan telapak tangannya dengan pilihan kata "Sex Education". "Banyak orangtua dan pengasuh malu mendekati topik seks kepada anak-anak. Mereka percaya bahwa mengatakan kepada anak-anak tentang seks akan mendorong eksperimen seksual. Padahal sebetulnya tidak. Bahkan, seorang remaja harus diberitahu jika mereka bertindak secara bertanggung jawab dan aman. Pendidikan seks penting dari sebelumnya," tulis Kezia, Kamis (1/12/2016). (lp6)

punyai juga turun,” jelas Presiden. Kepercayaan yang positif ini juga dirasakan Presiden saat bertemu dengan investor-investor. Pembicaraan bisnis dengan investor, lanjut Presiden, sudah mulai membahas hal spesifik, seperti berbicara masalah angka, lokasi, maupun jangka waktu. Presiden berharap kepercayaan atau trust seperti ini diinjeksi agar benar-benar terealisasi. “Kita harus mengkapitalisasi momentum seperti ini. Jangan sampai pas sentimen investor naik. Kita malah kehilangan momentum,” kata Presiden.

Presiden Jokowi menegaskan, bahwa dalam lima tahun ke depan swasta sangat berperan dalam pembangunan infrastruktur. Ia menyebutkan, kita membutuhkan anggaran misalnya untuk infrastruktur saja dalam lima tahun kurang lebih Rp. 4.900 triliun, sementara dari APBN hanya sanggup menyiapkan Rp. 1.500. “Sisanya dari mana, ya dari swasta, tidak ada yang lain,” ujarnya. Tampak hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam kesempatan itu Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito. (ags)

Presiden Tegaskan Komitmen Pemberantasan Korupsi Penangkapan Koruptor Bukan Prestasi PRESIDEN Joko Widodo menegaskan komitmen memberantas korupsi. Dia menyesalkan hingga saat ini masih banyak pejabat yang harus berurusan dengan hukum karena kejahatan korupsi. "Pertama saya ingin tegaskan kembali komitmen saya dan jajaran pemerintah untuk terus serius berantas korupsi," kata Jokowi dalam sambutannya di Konferensi Nasional Pemberantasan Korupsi 2016 di Balai Kartini, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (1/12) pagi. Dia menjelaskan, indeks persepsi korupsi (IPK) Indonesia saat ini memang masih berada pada peringkat 88. Namun, penegak hukum terus bekerja menjaring koruptor. Jokowi menjelaskan, hingga saat ini, ada 122 anggota DPR/DPRD yang terjerat kasus korupsi, 25 menteri dan kepala lembaga pemerintah, 4 duta besar, 7 komisioner, 16 gubernur, 51 bupati/wali kota, dan 130 pejabat eselon I-III. Mereka kini telah mendekam di penjara. "Jangan tepuk tangan untuk ini. semakin sedikit yang dipenjara semakin berhasil pencegahan korupsi," tegas dia. Mantan Gubernur DKI ini sempat menanyakan mengapa jumlah koruptor yang ditangkap begitu banyak namun rantai korupsi masih terus ada. Dia meminta penegak hukum menjaga integritas sedangkan reformasi birokrasi terus digencarkan. "Kenyataan tadi enggak boleh buat kita

pesimistis, terus kerja keras, terintegrasi, jangkauan pemberantasan korupsi dari hulu hilir, libatkan semua pihak eksekutif, legislatif, peradilan, penegak hukum hingga masyarakat, " ucap dia. Reformasi Sebelumnya terkait aksi pencegahan korupsi, Presiden Jokowi mengaku telah meminta kepada seluruh kementerian/ lembaga untuk memberikan prioritas pada upaya reformasi sektor perizinan dan sektor pelayanan publik yang berkaitan langsung dengan rakyat, seperti pelayanan administrasi pertanahan, pelayanan kesehatan, pelayanan pendidikan, di pelabuhan, di bandara, di jembatan timbang, dan lain-lain. “Saya juga minta dilakukan pembenahan besar-besaran dalam tata kelola perpajakan dan penerimaan negara, terutama dalam pengelolaan sektor pangan dan sumber daya alam. Selain itu, prioritas juga diberikan pada peningkatan transparansi penyaluran dana hibah, bansos, dan pengadaan barang/ jasa,” kata Presiden Jokowi. Dalam acara tersebut, Presiden Jokowi juga meresmikan penggunaan platform yang di dalamnya ada banyak aplikasi, yaitu JAGA Sekolahku, JAGA Rumah Sakitku, JAGA Puskesmasku, dan JAGA Perizinanku. Selain itu, juga dilakukan penyerahan optimalisasi kekayaan negara dari barang rampasan perkara tipikor dan tindak pidana pencucian uang yang berhasil diselamatkan oleh KPK, dari Ketua KPK Agus Rahardjo kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Pembukaan Konferensi Nasional Pemberantasan Korupsi (KNPK) Tahun 2016 itu dihadiri oleh Menko Polhukam Wiranto, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menkominfo Rudiantara, Mendikbud Muhadjir Efendi, Jaksa Agung Prasetyo SH, Kapolri Jenderal M Tito Karnavian, Jaksa Agung M Prasetyo, dan jajaran pimpinan KPK. (mi/stkb)

INDEX Hal 2 Hal 4


2

EKONOMI BISNIS

KAMIS

Indonesia Bekukan Sementara Keanggotaan di OPEC

Bupati Babar Ingin BUMD Sejahterakan Masyarakat

INDONESIA memutuskan membekukan sementara (temporary suspend) keanggotaan di Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC). Keputusan tersebut diambil dalam Sidang ke- 171 OPEC di Wina, Austria, Rabu (30/11). Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan yang menghadiri sidang tersebut menjelaskan, langkah pembekuan diambil menyusul keputusan sidang untuk memotong produksi minyak mentah sebesar 1,2 juta barel per hari, di luar kondensat. Sidang juga meminta Indonesia untuk memotong sekitar 5% dari produksinya atau sekitar 37 ribu barel per hari. "Padahal kebutuhan penerimaan negara masih besar dan pada RAPBN 2017 disepakati produksi minyak di 2017 turun sebesar 5 ribu barel dibandingkan 2016," jelas Jonan.

Dengan demikian pemotongan yang bisa diterima Indonesa adalah sebesar 5 ribu barel per hari. Jonan menambahkan, sebagai negara net importer minyak (crude oil), pemotongan kapasitas produksi ini tidak menguntungkan bagi Indonesia, karena harga minyak secara teoritis akan naik. Dengan pembekuan keanggotaan ini, Indonesia tercatat sudah dua kali membekukan keanggotaan di OPEC. Pembekuan pertama pada 2008, efektif berlaku pada 2009. Indonesia memutuskan kembali aktif sebagai anggota OPEC pada awal 2016. Pembekuan sementara itu adalah keputusan terbaik bagi seluruh anggota OPEC. Sebab dengan demikian keputusan pemotongan sebesar 1,2 juta barel per hari bisa dijalankan dan di sisi lain Indonesia tidak terikat dengan keputusan yang diambil, sejalan dengan kepentingan nasional Indonesia. (lpn/mi)

Dirut dan Dirops BUMD BBS Dilantik Rencana Kerja Perlu untuk Capai Target

MUNTOK, LASPELATeka-teki tentang siapa sosok yang menduduki posisi direktur utama (Dirut) dan direktur operasional (Dirops) BUMD Bangka Barat Sejahtera (BBS) akhirnya terjawab sudah. Yulisandra, dipercayai mengemban amanah sebagai direktur utama (Dirut) BUMD Bangka Barat Sejahtera (BBS) periode 2016-2019 menggantikan Abang Faizal, sementara Saperi menjabat diretur operasional BUMD BBB. Pelantikan keduanya ditandai dengan upacara pengambilan sumpah dan penandatangan pakta intergritas di hadapan Bupati Bangka Barat H Parhan Ali bertempat di gedung OR 1 Pemkab Babar, Rabu (30/11/2016) kemarin. Acara tersebut juga dihadiri Plt Sekda M Effendi, Asisten II Ridwan, kepala SKPD, Staf Ahli dan para kepala badan di lingkungan Pemkab Babar. Bupati Bangka Barat H Parhan Ali pada kesempatan tersebut meminta Yulisandra dan Saperi membuat rencana kerja tahun 2017. Soalnya, menurut Parhan, selama ini direksi BUMD BBS tidak pernah membuat rencana kerja sehingga apa

yang direncanakan tidak sesuai target dan harapan. "Saya minta Direktur dan Dirops BUMD yang baru agar membuat rencana kerja untuk tahun 2017 mendatang. Karena selama ini, direksi sebelumnya tidak pernah membuat rencana kerja," tegas Parhan. Lebih lanjut orang nomor 1 di Pemkab Babar ini berharap kedua pejabat baru memiliki dedikasi dan loyalitas kerja tinggi sehingga mampu membawa BUMD ke arah yang lebih maju. Direksi BUMD juga diharapkan mampu meningkatkan pencapaian kerja sehingga terwujudnya BUMD yang mampu memperdayakan dan mensejahterakan masyarakat Bumi Sejiran Setason. "Moment ini hendaknya dapat dimaknai demi terwujudnya harapan baru. Dirut dan Dirops bekerja iklas dan penuh tanggung jawab dalam membawa BUMD ke arah yang lebih maju dan mensejahterakan masyarakat," harapnya. Tak Hanya Fokus ke Tambang Sementara di awal kepemimpinannya, Yulisandra mengaku belum membuat rencana kerja seperti yang diutarakan Bupati Bangka Barat H Parhan Ali di sela-sela pelantikannya. Namun diakui pria lulu-

san S1 ilmu sosial ini, dirinya tak ingin fokus di sektor pertambangan saja, namun juga di sektor lain. Khususnya, di sektor pertanian dan perkebunan. Terlebih, Kabupaten Bangka Barat punya potensi dan jumlah lahan yang tak kalah dengan daerah lain. Apalagi, Ia mengaku telah memiliki pengalaman di bidang pertanian. "Sejauh ini kami belum membuat rencana kerja, disini kami masih meneruskan rencana dan program kerja direksi lama. Ke depan saya tidak hanya fokus disektor pertambangan saja, tapi juga di sektor pertanian dan perkebunan, apalagi besic dan pengalaman saya memang di perkebunan,"Kata Yulisandra. Meskipun fokus ke sektor pertanian dan perkebunan, namun Yulisandra mengaku memiliki pengalaman di sektor tambang yang menjadi andalan BUMD saat ini. Sebab dirinya pernah menjadi pelaku usaha tambang timah. "Saya dulunya juga sempat menjadi pelaku usaha tambang. Jadi ke depan nanti kita lihat dulu, kalau memang ternyata sektor tambang akan menimbulkan polemik dan merugi, kita akan alihkan ke sektor lain," pungkasnya. (kris)

BPS: Inflasi November 0,47% BADAN PUSAT STATISTIK (BPS) mencatat inflasi 0,47% di November 2016. Sejak Januari-November 2016 laju inflasi yang tercatat 2,59%. "Andil inflasi terbesar November dari bahan makanan. Baik cabai rawit merah yang membuat pedas-pedas sedap. Ada juga minuman dan rokok," kata Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS) Sasmito Hadi Wibowo di kantor pusat BPS, Jakarta, Kamis (1/12/2016). BPS, kata Sasmito, juga mencatat kenaikan harga pada rokok,

perumahan, air, listrik gas dan bahan bakar. "Itu naik. Kalau misal ada kenaikan kontrak (sewa rumah kontrakan) rumah ada negosiasi baru," tambahnya. Adapun inflasi tertinggi terjadi di Manado, sebesar 2,86% yang disumbang kenaikan harga pada komoditas pangan. "Inflasi tertinggi di Manado 2,86%. Tinggi banget nih. Penyebabnya ada tomat, sayur, dan ada cabai. Kenapa Manado? Ini gara-gara dabu-dabu (sambal dabu-dabu), ini harus ada tomat, cabai, bawang harganya. Harus banyak, kalau orang Manado nggak ada dabu-dabu seperti nasi tanpa garam," tandas dia. (b1/dtk)

01 DES 2016


KAMIS

POLITIK DAMAI

01 DES 2016

Kembalinya Novanto Disambut Positif JAKARTA, LASPELAKembalinya Setya Novanto menjabat sebagai Ketua DPR dinilai sebagai langkah politik untuk menjamin dukungan penuh Partai Golkar kepada pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Siti Zuhro mengemukakan hal itu menanggapi hasil Rapat Paripurna DPR yang menyetujui pengangkatan kembali Novanto sebagai Ketua DPR menggantikan Ade Komarudin yang ditarik Partai Golkar dari pimpinan parlemen. "Untuk memastikan dukungan penuh Golkar yang diberikan kepada pemerintah, ketua umum yang turun langsung memimpin parlemen," ujar Siti saat dihubungi, Rabu (30/11) kemarin. Siti juga menyatakan, pengangkatan kembali Novanto yang mengundurkan diri terkait kasus yang popular dengan sebutan 'Papa Minta Saham' itu sah secara hukum. Pengangkatan Setya Novanto, sebelumnya, mendapat persetujuan seluruh fraksi di parlemen. Sepuluh fraksi DPR memandang penggantian pimpinan sepenuhnya kewenangan internal parpol pengusung legislator dan tak bisa diintervensi. "Saya sangat berterima kasih kepada seluruh anggota de-

Presiden Titipkan Tiga Hal pada Pemuda Muhammadiyah

wan dan fraksi-fraksi yang telah mengembalikan saya menjadi Ketua DPR," ujar Novanto seusai diambil sumpah jabatan di kompleks parlemen, kemarin. Novanto juga mengapresiasi kebesaran hati Ade Komarudin yang lapang dada melepas jabatan Ketua DPR. Fraksi Partai Demokrat melalui Benny K Harman mempertanyakan alasan pemberhentian Ade Komarudin yang dianggap tak beralasan kuat, meskipun diakui bahwa penarikan anggota dari alat kelengkapan dewan merupakan kewenangan fraksi dan partai. Benny juga menganggap penggantian Ketua DPR begitu terkesan terlalu diburu-buru. Fraksi PDIP melalui politikus PDIP Aria Bima menyuarakan inisiasi perombakan UU MD3. Tujuannya supaya ada perbaikan sistem formulasi penentuan pimpinan dewan. Adapun Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah melihat ada suasana baru setelah Setya Novanto kembali menjabat Ketua

DPR. Suasana itu terutama masalah hubungan DPR dengan pemerintah. "Ada suasana baru, pak Novanto sekarang partai pemerintah. Ini perbedaannya. Dulu kita bicara KMP dan KIH, sehingga banyak kecurigaan ke DPR," kata Fahri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (1/12/2016). Fahri menjelaskan, bergabungnya Partai Golkar ke pemerintah membuat komunikasi akan terjalin semakin baik. Termasuk komunikasi dengan Presiden Jokowi. Ini dirasakan Fahri sebagai bentuk suasana baru. "Tapi jangan lupa bahwa dalam sistem presidensial, independensi legislatif itu sangat dijunjung tinggi," ujar dia. Sementara itu, Presiden Joko Widodo mengatakan Istana tidak turut campur atas pergantian Ketua DPR dari Ade Komarudin ke Setya Novanto. "Itu wilayah DPR. Kami ingin semuanya bermanfaat bagi bangsa dan negara," tandasnya. (mtc/*)

PRESIDEN Jokowi berpesan tiga hal pada Pemuda Muhammadiyah yakni agar menjaga keberagaman, beretika di media sosial, dan kesiapan untuk meningkatkan daya saing bangsa. Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo saat menutup Tanwir I Pemuda Muhammadiyah yang digelar di Narita Hotel Tangerang, Banten, Rabu (30/11). "Ada 700 suku dan lebih dari 1.100 bahasa lokal berbeda-beda, bermacam-macam, beragam inilah kemajemukan kita, anugerah Allah yang patut kita syukuri, inilah kekuatan kita yang bisa kita tunjukkan ke negara lain, meski beda tetap satu," katanya. Indonesia memiliki 516 kabupaten/kota dengan berbagai keberagaman yang harus dirawat dan dijaga. Presiden juga bercerita tentang kunjungan kerjanya ke 34 provinsi dan hampir separuh kabupaten/kota yang ada di Indonesia. Dari perjalanan-perjalanan itulah, ia menyadari betapa Indonesia memiliki beragam kebhinekaan. "Jangan sampai ada satupun di antara

kita yang tidak menyadari itu, kita ingin ingatkan bahwa kita memang beragam," ujarnya. Pesannya yang kedua kepada para peserta Tanwir I Pemuda Muhammadiyah yakni terkait media sosial. "Saya juga titip ini masalah etika sopan santun, akhlak dalam berbicara di media sosial. Coba kita lihat dalam sebulan belakangan ini apa yang ada di media sosial, kita saling mencela, saling menghujat, saling menjelekkan, saling mengejek, saling mengadu domba. Banyak fitnah di situ, banyak kebohongan di situ, apakah ini tata nilai Islami," tuturnya. Oleh karena itulah, Presiden menekankan perlunya dakwah melalui media sosial. Ia mengajak para pemuda untuk menyampaikan tentang integritas, kejujuran, dan optimisme melalui media sosial. Hal ketiga yang dipesankan Presiden yakni terkait upaya untuk meningkatkan daya saing bangsa. "Ada tiga hal yang menyebabkan daya saing kita jauh dibandingkan negara tetangga kita, yang pertama berkaitan dengan korupsi, kedua inefisiensi birokrasi, ketiga kesiapan infrastruktur kita," katanya. (ant/*)

3

POLITIC

Besok Polisi Perketat Pusat Perblanjaan KAPOLDA Metro Jaya Irjen Mochamad Iriawan memastikan dan menjamin tidak ada personel yang membawa senjata dalam pengamanan Aksi Damai di silang Monas, Jakarta Pusat, Jumat (2/12) besok. "Semua pasukan menjaga doa dan dzikir tak ada yang pakai senjata," katanya, di Monas, Jakarta Pusat, Kamis (1/12). Namun Iriawan mengaku memerintahkan personelnya untuk menjaga kawasan-kawasan yang dinilai cukup rawan seperti pusat perbelanjaan. Pers-

onel yang ditugaskan menjaga pusat-pusat perbelanjaan dilengkapi dengan senjata lengkap untuk mengantisipasi kejahatan. "Seperti di perumahan, gedung perkantoran, dan pokoknya titik-titik rawan, akan dilengkapi (senjata). Itu pun terpaksa dilakukan," ungkapnya. Berapa kekuatan personel yang akan diterjunkan besok, Iriawan tak menyebut jumlahnya. "Yang jelas cukup untuk melayani. Kami juga kerjasama dengan pihak TNI dan Pangdam," katanya. (hnc)

Kemendagri: UU Ormas akan Direvisi PEMERINTAH berencana merevisi Undang-Undang Organisasi Kemasyarakatan (UU Ormas) Nomor 17 Tahun 2013. Tujuannya, agar sesuai perkembangan zaman dalam mengantisipasi ormas yang bertentangan dengan Pancasila. "Nanti coba kita revisi apakah undang-undang ini sudah sesuai dengan kondisi sekarang apa belum. Kalau belum, memang ini kita coba masukkan ke revisi, kalau memang ada hal yang belum sesuai dengan

kondisi sekarang," kata Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri, Soedarmo. Dia mengatakan, pemerintah akan melengkapi payung hukum untuk menindak ormas yang melanggar ketentuan undang-undang dan bertentangan dengan Pancasila. "Namanya antisipasi kan boleh kita antisipasi dulu. Kan lebih bagus kita sedia payung sebelum hujan dari pada kita kehujanan," jelas Soedarmo seperti dilansir Antara. (lp6/f-88)


KAMIS

PELANGI SPORT

01 DES 2016

Semifinal Piala AFF 2016

Tiket Dijual di Loket Stadion GBK "Jumlah 10.000 tiket itu bisa sa- mat (2/12). egori yaitu VIP/kategori satu dengan ja bertambah jika masih ada sisa tiket Panitia penyelenggara sendi- harga Rp 300 ribu, kategori dua Rp 200 kategori yang belum terjual secara ri menyediakan tiket dengan tiga kat- ribu dan kategori tiga Rp 100 ribu. (b1) JAKARTA, LASPELA- Per- daring melakui kiostix. satuan Sepakbola Seluruh Indone- com. Penjualan daring sia (PSSI) menyatakan 10.000 tiket akan ditutup pukul 24.00 semifinal Piala AFF 2016 yang mem- WIB malam ini," tutur pertandingkan Indonesia melawan Ade. Vietnam dijual dalam bentuk fisik Sementara Ketua (offline) di Stadion Gelora Bung Kar- panitia penyelenggara no, Jakarta. pertandingan Indonesia, Hal ini disampaikan Sekretar- Yeyen Tumena menamis Jenderal PSSI Ade Wellington di bahkan, akan ada 30-50 Kantor PSSI, Kuningan, Jakarta, Ka- personel kepolisian dari mis (1/12). Polda Metro Jaya untuk Ade mengatakan, penjualan mengamankan penjualan non-daring (online) dilakukan demi tiket "offline". mengantisipasi tingginya perminta"Polda Metro Jaya an. sudah menyetujui "Kami menyadari ada hal yang penurunan personel," kaberjalan tidak maksimal di sistem. Ja- ta Yeyen. di kami melakukan evaluasi dan menSelain menjual dacari alternatif lain," ujar dia. lam bentuk "offline" di Ade melanjutkan, tiket yang di- Stadion GBK, pihak PSjual langsung dalam bentuk fisik ada- SI juga memberikan selah dari kategori tiga, yang memang dikit kesitimewaan kepaling banyak peminatnya. pada masyarakat sekitar Penjualan dilakukan di pintu Stadion Pekansari, Cibiutara Stadion Gelora Bung Karno, nong, yang menjadi lokaSenayan, Jakarta, (dekat TVRI), pada si pertandingan semifinal Jumat (2/12) mulai pukul 08.00 WIB. Piala AFF 2016 leg perAda delapan loket yang dibuka untuk tama. melayani pembeli. Pihak penyelenggara Mengantisipasi praktik calo, menyediakan 1.000 tiket penyelenggara dan kiostix.com (pi- laga dalam bentuk fisik kan pembinaan secara intensif," teranghak penjual tiket yang direkomenda- yang didistribusikan oleh nya. si AFF), membatasi pembelian terba- pihak Persikabo dan diSementara itu, Dedy Gusnady, selaku tas empat tiket per-orang dan harus jual di Stadion PersikaTOBOALI, LASPELA- Keseriusan Sekretaris Umum ISSI Babel menerangmenyertakan KTP atau SIM. bo Bogor juga mulai Jujajaran pengurus Ikatan Sepeda Sport In- kan bahwa fungsi pengcab ini dibentuk donesia (ISSI) Babel untuk mengem- untuk memaksimalkan organisasi ISbangkan eksistensinya mulai terlihat. SI guna pencarian bakat atlet, wasit dan Hal ini dilakukan agar cabang olahraga pelatih di Babel. sepeda ini bisa ikut andil dalam mengemSelain itu juga untuk mewujudkan bangkan atlit-atlit berbakat di Provinsi sinergitas antara pengurus provinsi dan Kepulauan Bangka Belitung. pengurus cabang. Guna mewujudkan terbentukn"Pengcab ini untuk memaksimalkan ya kepengurusan cabang ISSI di semua program ISSI di Babel dalam hal pencardaerah di Babel, maka pada Rabu 30 No- ian atlet, wasit maupun pelatih. Terus, tiASOSIASI Sepak Bola Ingvember, ISSI Bangka Selatan (Basel) dak kalah pentingnya agar teamwork di gris (FA) resmi menunjuk Gareth menggelar musyawarah daerah. Terben- tubuh ISSI Babel dan pengcab terjalin Southgate sebagai manajer baru tuknya pengcab di Basel tersebut adalah dengan baik,"pungkasnya. timnas Inggris. Pengumuman itu yang ketiga di Babel. disampaikan pada Rabu (30/11) malam WIB. "Pembentukan Pengcab ISSI mer- 3 Pengcab Terbentuk Southgate adalah manajer sementara di timnas Inggris menyusul upakan salah satu program 100 hari PengIa menambahkan saat ini sudah tiga pemecatan Sam Allardyce pada September silam. Secara interim, ia prov ISSI Babel, termasuk di Bangka Se- pengcab terbentuk yakni Bangka Tenhanya bertugas selama empat pertandingan, latan. Pada hari ini (Rabu-red) kemarin, gah, Kota Pangkalpinang dan Bangka sebelum FA memutuskan siapa yang akan telah menggelar musda. Disini kami akan Selatan. Ke depan Pengprov ISSI Babel duduk di kursi itu secara permanen. mencari bibit atlit yang berbakat," ung- akan menyusun Pengcab Bangka dan BePengumuman ini dikeluarkan setelah kap Ketua Umum ISSI Babel, Ferdiyan litung. pertemuan di markas FA Inggris, yang diHermawan Loebis. "Alhamdulillah terbentuknya penghadiri Ketua FA Greg Clarke, Direktur EkIa mengatakan telah terbentuk kepen- cab di Basel hari ini (Rabu-red) kemarin sekutif Martin Glenn, Direktur Teknik Dan gurusan ISSI Basel diharapkan dapat adalah yang ketiga, selanjutnya Bangka Ashworth, mantan pemain Inggris Graeme mengakomodir komunitas-komunitas dan Belitung menyusul," terangnya. Le Saux, dan CEO Asosiasi Manajer Lisepeda yang ada. Selain itu, pembinaan Pada musyawarah daerah (musda) ga Howard Wilkinson. dapat berjalan dengan baik sehingga kepengurusan ISSI Bangka Selatan, DoSebelumnya, Glenn menyebut Southgate dalam posisi kuat untuk menjadapat menghasilkan para atlit berpresta- by Saputra terpilih sebagai Ketua Umum, bat sebagai manajer permanen. Mantan bek Middlesbrough ini dinilai si. "Harapan saya semoga kepengurusan Adis Indra Rukmana sebagai Sekretaris cocok menduduki kursi itu karena beberapa alasan kuat. Tidak hanISSI Basel ke depan bisa mengkonsolida- Umum, dan Robiyanto sebagai Bendahaya membawa Inggris tampil apik, ia juga mampu bertindak tegas dasi pecinta sepeda dan setelah itu melaku- ra Umum. (ar)

Pengcab ISSI Se-Babel Segera Terbentuk Pengcab Basel Ketiga di Babel Bangka dan Belitung Menyusul

Southgate Bos Baru “Tiga Singa�

lam menghadapi kasus kapten Wayne Rooney. Striker Manchester United sempat diberitakan mabuk di hotel atlet, ketika mendapat jatah libur karena cedera minor, di saat pasukan "Tiga Singa" menang 3-0 atas Skotlandia. Southgate ditengarai akan mendapat gaji antara 1,5 juta pounds hingga 2 juta pounds (Rp 3,3 miliar) per tahun. Kontraknya berdurasi empat tahun, yang akan melewati Piala Dunia 2018 dan selesainya Euro 2020. FA dilaporkan langsung memilih staf kepelatihan untuk sang manajer baru. Asisten pelatih Steve Holland disinyalir akan bekerja penuh sebagai tangan kanan Southgate di timnas senior. (hnc)

4

Media Satya Laskar Pelangi  

01 desember 2016

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you