Issuu on Google+

SENIN, 18 NOVEMBER 2013

Korane Arek Malang Ratusan Anak Belajar Bola dari Indra Sjafri BATU – Melatih anak-anak usia dini, untuk bermain bola, bukan dengan cara menularkan pemikiran atau pendapat. Tapi, membiarkan anak-anak melakukan koreksi sendiri, ketika mereka salah. Penegasan itu, disampaikan Indra Sjafri, pelatih Timnas U-19, saat memberikan coaching clinic, kepada sekitar 200 anak usia 10-12 tahun, kemarin. Pelatihan, berlangsung di Stadion Brantas Kota Batu. Selain pemain muda, pelatih Sekolah Sepakbola (SSB) dan klub, juga ikut serta dalam kegiatan tersebut.

MISKI ALMADURAIN/MALANG POST

TELATEN : Gaya Indra Sjafri ketika memberikan pelatihan kepada 200 murid SSB

SENAM SEHAT DEMI INDONESIA

Instruktur Tamu, Beri Warna Baru MALANG – Kehadiran instruktur tamu, selalu membikin suasana, kian marak dan muncul warna baru. Seperti dalam senam Sehat Demi Indonesia (SDI), di lapangan Rampal, kemarin. Tak heran, even yang digelar rutin oleh Malang Post bersama Kodim 0833 Kota Malang ini, menjadi lebih istimewa dan memuaskan sekitar 5.000 peserta. Sebagian ibu-ibu peserta senam, yang turut mengajak anak-anaknya, juga tidak mau kalah semangat dengan peserta lain.

Baca Ratusan....Hal 7

Baca Instruktur....Hal 7

GUEST GESANK/MALANG POST

SEMANGAT: Instruktur tamu asal Surabaya, Evi SK saat memimpin jalannya Senam di Lapangan Rampal.

Rumah Ratusan Juta Ambrol Pondasi Tergerus Air, Tersisa Seperempat Bangunan MALANG - Warga Jalan Musi, Bunulrejo, pagi kemarin, geger! Akhir pekan yang tenang, Minggu (17/11) itu, mendadak riuh. Sebuah rumah yang ditempati pasangan Andri Oke Taufani dan Mia sekitar pukul 09.45 WIB, ambruk dan masuk ke sungai. Ditengarai, rapuhnya pondasi yang terus terkikis air sungai, rumah tingkat di Jalan Musi nomor 12 itu, langsung ambrol ke sungai yang mengalir tepat di belakang rumah.

BAHAN BAKAR MINYAK

Anggaran Subsidi BBM Jebol JAKARTA - Posisi sebagai net importer minyak membuat Indonesia terus waswas dengan besarnya subsidi bahan bakar minyak (BBM). Konsumsi yang terjaga tidak lantas membuat pagu anggaran aman. Depresiasi rupiah lah yang kini membuat anggaran subsidi BBM jebol. Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani mengatakan, berdasar pantauan hingga awal November, realisasi subsidi BBM hingga akhir tahun ini memang akan melampaui pagu anggaran yang sudah ditetapkan. ”Tahun ini berpotensi lebih besar (dari pagu anggaran),” ujarnya kepada JPNN akhir pekan lalu. Dr. Muhammad Chatib Basri Sebagaimana diketahui, dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Perubahan 2013, subsidi BBM dipatok di angka Rp 199,8 triliun. Menurut Askolani, Kementerian Keuangan kini memantau ketat realisasi subsidi BBM. ”Berapa persentase (kelebihan)-nya, sedang kita kalkulasi,” katanya. Sebelumnya, data sementara dari Direktorat Perbendaharaan memproyeksi realisasi subsidi BBM bakal menembus Rp 224 triliun.

Apes. Reruntuhan bangunan, mengenai bagian belakang rumah milik Samuel Patty, di Jalan Lematang 8, yang memang hanya berbatas sungai selebar 5 meter tersebut. Tanda-tanda bakal ambruknya rumah seluas 200 m2 itu, sudah dirasakan penghuninya sejak Sabtu (16/11) malam. Namun, mereka baru mengevakuasi barang-barang yang bisa diselamatkan, saat hari beranjak pagi.

Baca Rumah....Hal 7

Baca Anggaran....Hal 7

NGOPI BARENG DAHLAN ISKAN ‘’Birokrasi itu ‘binatang’ yang paling aneh di dunia. Kalau diingatkan dia ganti mengingatkan, dengan menunjuk pasal-pasal dalam peraturan yang luar biasa banyaknya.’’

JALUR SATU ARAH

RIZAL FANANI/MALANG POST

RATA TANAH : Inilah kondisi rumah milik Andri Oka yang sudah tidak berbentuk lagi. Padahal, pondasinya baru diperbaiki. Tapi akibat gerusan air sungai, rumah ratusan juta ambruk.

AREMA INDONESIA

Tampil Garang, Bimasakti Mulai Menang

DIAPIT : Pemain Bimasakti berebut bola dengan dua pemain NSH GMC. Bimasakti menang di laga kedua.

MALANG–Bimasakti Nikko Steel Malang, mulai tampil garang, dalam laga hari kedua regular season NBL Indonesia seri 1 Malang di GOR Bima Sakti Minggu (17/11) kemarin. Menghadapi NSH GMC Jakarta, Yanuar Dwi Priasmoro dkk, sukses menekuk anak asuh Mayckel Ferdinadus dengan skor telak 62-45. Ingin menebus kekalahan di laga

perdana, Bimasakti tampil ngeyel sejak menit-menit awal pertandingan. Arif Risqiyanto, Yanuar Dwi Priasmoro, Made Indra Novrihadi, Bima Rizki Ardiansyah dan Restu Dwi Purnomo bermain dipasang sebagai starter dalam pertandingan tersebut. Tim asuhan Oei A Kiat unggul lebih dulu melalui lemparan bebas kapten tim Yanuar Priasmoro. Beberapa serangan melalui pemain andalannya Bima dan

sang kapten Yanuar, sempat membuat NSH GMC kocar kacir. Kuarter pertama ditutup dengan angka 12-7 untuk tim kebanggaan arek-arek Ngalam. Amuk Bimasakti semakin menjadijadi di kuarter kedua. Tembakan 3 poin Bima menambah perolehan poin bagi Bimasakti. NSH GMC dibuat kerepotan hingga harus melakukan beberapa kali pelanggaran.

Baca Tampil....Hal 7

SANTUNAN : HM. Anton bersama KH. Lukman Al Karim usai memberikan santunan kepada kaum duafa dan anak yatim.

RIZAL FANANI/MALANG POST

Ngalam

Ebes Pemain Asli Ngalam

Endang Widati Sukses Berkarya Setelah Pensiun

Bermodal Rp 50 Ribu Hasilkan Rp 50 Juta Sebulan Pensiun, bukan berarti akhir dari segalanya. Bahkan tidak menutup kemungkinan, justru masa pensiun, seseorang menemukan dunia yang sebenarnya. Seperti Endang Widati. Usaha tekstil yang digeluti wanita paruh baya ini, semakin sukses ketika ia pensiun. Bermodal awal Rp 50 ribu, sekarang beromzet Rp 50 juta sebulan.

Kana : Arema wis entuk telu likur pemain bes Ebes : Lek jumlahe wis nayamul, tapi kualitase sik durung mesti jes Kana : Oyi bes, tapi kanyab pemain asli Ngalam sing ublem Ebes : Iki sing sering dadi masalah nawak Aremania, Arema kok kadit kanyab pemain Ngalam, makane karakter lab-laban Ngalam sing keras, ilang. Makane sak iki mulai dibangun maneh.

MUHAIMIN/MALANG POST

BINAR GUMILANG / MALANG POST

SUKSES : Endang Widati menunjukan beberapa hasil kerajinan di outletnya.

Siang itu, seorang wanita berkacamata, berjalan tergopoh-gopoh masuk ke rumahnya yang terletak di Jl Raya Mendit Barat,

Perumahan Bumi Mangliawan No. 20 Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Dia adalah Endang Wi-

dati saat itu menghampiri Malang Post yang telah menunggu di rumahnya. Wanita 58 tahun tersebut, menyapa seraya meminta maaf telah membuat menunggu lama. ‘’Maaf menunggu lama. Tadi saat berjualan di Pasar Minggu, masih banyak pelanggan. Jadi, tidak bisa ditinggal dan terpaksa pulangnya juga harus terlambat seperti ini,’’ ujarnya, sambil mempersilakan duduk.

Baca Bermodal....Hal 7

Direvisi Berlaku Saat Jam Sibuk MALANG – Jalur satu arah, yang mulai diujicobakan sejak 6 November lalu, akan direvisi. Jika sebelumnya jalur satu arah berlaku selama 24 jam, mulai Selasa (19/11) besok, rencananya jalur satu arah akan diberlakukan hanya pada jam sibuk. Saat pagi dan sore hari. Keputusan itu diperoleh dari hasil musyawarah yang dilakukan Wali Kota Malang, HM Anton dengan para tokoh masyarakat Jalan MT Haryono (Dinoyo) dan Jalan Mayjen Panjaitan (Betek), pada Sabtu malam hingga Minggu dini hari kemarin. Pertemuan itu, dimediasi KH Lukman Al Karim, Pengasuh PP. Bahrul Maghfiroh. Abah Anton, sapaan akrab wali Kota Malang itu, sengaja mengambil izin dari kegiatan Diklat kepala daerah di Jakarta, untuk menyelesaikan permasalahan itu. Izin itu tidak sampai 24 jam. Karena siang kemarin, Abah Anton sudah kembali bertolak ke Jakarta untuk kembali mengikuti Diklat kepala daerah yang digelar Kemendagri selama 20 hari.

Baca Direvisi....Hal 7

Jawa Pos Group


SENIN, 18 NOVEMBER 2013

Cuaca Buruk, 4 Kapal Kandas JAKARTA - Sedikitnya empat kapal yang sedang lego jangkar di Perairan Merak terseret ke tepi pantai hingga kandas. Hal itu terjadi akibat cuaca buruk yang disertai gelombang tinggi dan tiupan angin kencang sejak beberapa hari terakhir. Keempat kapal itu kandas di dua lokasi berbeda, yakni dekat Pantai Urugan Cikuasa, Kecamatan Grogol dan Lingkungan Medaksa, Kelurahan Mekarsari, Kecamata Pulomerak atau tepatnya di belakang Terminal Terpadu Merak (TTM). Berdasarkan pantauan Banten Raya (Grup Malang Post), Minggu (17/11), keempat kapal yang kandas itu adalah kapal pengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) milik PT Pertamina, dan tiga kapal pengeruk yang tengah melakukan pengerjaan di Dermaga I Pelabuhan Merak dengan nama lambung Bina 304, Ina 10 serta ina 104. Keempat kapal kandas setelah terhempas ke wilayah pantai oleh kencangnya gelombang dan tiupan angin. Selain kapal kandas, gelombang tinggi yang disertai tiupan angin kencang juga mengakibatkan kapal Roll On - Roll Off (Roro) tidak bisa melakukan bongkar muat dan melanjutkan perjalanan dari Merak menuju Bakaueni, Lampung maupun sebaliknya. Tidak hanya itu, sebanyak 5 bagan milik nelayan setempat juga hancur terhantam ombak. Dimana, sepanjang perairan Merak dari Pantai Urugan Cikuasa hingga Pelabuhan Merak gelombang air laut mencapai 1 - 2 meter. Gelombang tinggi itu menghantam puluhan kapal yang tengah lego. Adanya penomena tahunan itu, banyak masyarakat yang datang kepantai untuk melihat derasnya ombak dan sekedar untuk berfoto. Salah satu warga Lingkungan Medaksa, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Pulomerak Samsul mengatakan, sekitar pukul 09.00 WIB, cuaca di sekitar Perairan Merak cerah. Namun, cuaca itu mendadak berubah mendung dengan tiupan angin berhembus kencang dikecepatan sekitar 10-20 knot. Angin kencang itu disertai tingginya gelombang yang mencapai 2,5 meter. Akibatnya, tiga kapal yang sedang lego jangkar terseret gelombang dan kandas.

RONALD SIAGIAN/BANTEN POS

KANDAS : Kapal banker dan tiga kapal pengeruk dermaga I Pelabuhan gempuran ombak Menurut Nana, cuaca buruk terparah “Ketiga kapal itu sedang melakukan pengerjaan pengerukan dermaga I. Tapi, terjadi, Minggu (17/11), sekitar pukul karena cuaca buruk kegiatan dihentikan dan 11.00 WIB. Dimana, ketinggian gelommelakukan jangkar, namun karena gelom- bang mencapai 1,5 meter hingga 2 meter bangnya tinggi dan kencang kapal itu kan- dengan kecepatan angin 15 knot sampai 20 sknot. “Alhamdulillah, saat ini kondisi das,” kata Samsul kepada Banten Raya. Dilain tempat, Manager Usaha Pelabu- pelabuhan sedang kosong jadi tidak ada han PT Angkutan Sungai Danau Penye- antrean kendaraan,” terangnya. Sementara itu, Kepala Kantor Syahbanberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak Nana Sutisna mengatakan, dar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Banten gelombang tinggi disertai tiupan angin Nafri menegaskan, sejak Senin (11/11) kencang itu mengakibatkan aktivitas lalu pihaknya telah mengimbau seluruh Pelabuhan Merak terhenti. Sebab, ka- pengusaha kapal yang ada di Banten untuk pal yang hendak bersandar di dermaga waspada terhadap cuaca buruk dan gelompelabuhan mengalami kesulita karena bang tinggi disertai tiupan angin kencang terus dihantam gelombang yang tinggi di Perairan Selat Sunda. “Kami sudah mengimbau semuanya. Kondan disertai angin kecang. “Kapal yang beroperasi sebanyak 28 kapal. Adanya disi angin kencang dan gelombang tinggi ini cuaca ekstrim ini jelas mengganggu ak- diperkirakan akan terus terjadi hingga bulan April 2014 mendatang,” tuturnya. tivitas kapal,” ungkapnya

Merak yang kandas karena terkena Nafri menjelaskan, dengan adanya kondisi tersebut pihaknya telah meminta seluruh pengusaha dan pemilik kapal untuk memerhatikan beberapa hal penting, diantaranya mengawaki kapal secara cukup, kapal dilabuhkan secara cukup, dan saat lego diharuskan menggunakan 2 jangkar untuk menahan kuatnya gelombang laut. “Kapal PT Pertamina itu adalah kesalahan mereka. Kami sudah bilang ada beberapa hal yang harus mereka persiapkan dengan kondisi cuaca ekstrem seperti ini,” jelasnya. Saat ini, Nafri menuturkan, jarak pandang laut sekitar 1 kilometer. Untuk itu, pihaknya meminta seluruh pemilik dan pengusaha kapal untuk waspada agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan mereka dan oranglain. “Kami juga tegaskan mereka untuk berhati-hati,” katanya. (dar/jpnn)

Perusuh MK Harus Dihukum Keras JAKARTA - Tindakan anarkis di ruang sidang pleno Mahkamah Konstitusi (MK) dalam sidang pembacaan putusan Perkara Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilkada Provinsi Maluku pada Kamis (14/11) kemarin, bisa menjadi preseden buruk jika para pelakunya tidak diberi sanksi hukum yang keras dan maksimal. Tindakan seperti itu bukan lagi sekadar penghinaan terhadap lembaga peradilan (contempt of court), melainkan sudah masuk dalam kategori menista MK sebagai institusi penjaga konstitusi. Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo berpendapat bahwa wibawa institusi peradilan dalam berbagai tingkatan wajib untuk dijaga wibawanya. Sehingga, menurut dia, pemerintah tidak boleh memberikan toleransi sedikit pun untuk setiap pelaku aksi atau tindakan yang telah menghina institusi peradilan. Dalam hal ini, Bambang menjelaskan bahwa langkah toleransi yang diberikan oleh pemerintah maupun aparat penegak hukum kepada pelaku penghinaan terhadap lembaga peradilan, akan menyebabkan terulangnya kejadian tersebut di pengadilan lain. “Sedikit saja ada toleransi, contempt of court akan terus berulang dan bisa terjadi dimana saja. Kalau pekan lalu sekelompok orang leluasa melakukan pengrusakan di ruang sidang MK, bisa saja di hari-hari mendatang kelompok lain melakukan pengrusakan di ruang sidang Pengadilan Tinggi (PT) atau ruang sidang Pengadilan

tidak puas dengan amar putusan majelis hakim MK. Namun, sekali-kali mereka tidak dibenarkan bertindak anarkitis di ruang sidang MK,” imbuhnya. Seperti yang diberitakan sebelumnya, bahwa kerusuhan di ruang sidang MK pada Kamis kemarin dilakukan oleh sekelompok pendukung pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Maluku Herman Adrian Koedoboen–Daud Sangadji. Kerusuhan terjadi karena massa pendukung Herman–Daud tidak terima dengan putusan majelis hakim konstitusi yang diketuai Hamdan Zoelva yang menyatakan pasangan Herman–Daud tidak lolos dalam putaran Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kabupaten Seram Barat Bagian Timur (SBT), Provinsi Maluku yang dilaksanakan pada 30 Juli 2013. (dod/jpnn)

2

Dikawal Oknum Marinir, 106 Imigran Gelap Diamankan JAKARTA - Perbatasan pantai Cibalong menjadi favorit para imigran gelap yang hendak menyeberang ke Australia. Kemarin (17/11) tim gabungan intelkam Mabes Polri dan Polsek Cibalong berhasil menggagalkan upaya penyeberangan ilegal itu. Para imigran asal Myanmar itu diangkut menggunakan bus E Trans warna coklat dengan nomor polisi B 7808 IZ. “Jumlahnya 106 orang,” ujar AKP Ecep Hidayat, kapolsek Cibalong, Garut, Jawa Barat pada Jawa Pos kemarin (17/11). Rinciannya, 67 orang lelaki, 19 orang perempuan dan anak-anak 20 orang. Mereka hendak menyeberang ke Australia menggunakan kapal dari pantai Cibalong. Namun, upaya itu berhasil digagalkan berdasarkan informasi intelijen yang diterima tim Intelkam Mabes Polri. Menurut AKP Ecep, mereka dikawal oleh tiga orang oknum anggota Marinir. “Saat ini, untuk yang mengawal dari marinir, sudah diambil oleh kesatuannya. Tadi kami juga koordinasi dengan Koramil Pamengpeuk dan Denpom Garut,” kata Ecep. Tiga orang oknum itu adalah Kopda S, Praka Sg, dan Praka AM. Mereka mengawal dengan seragam lengkap. Selain bus E Trans, juga diamankan Avanza warna silver B 2290 RK dan Avanza warna silver B 1347 BFD. 106 imigran itu sudah diserahkan ke kantor imigrasi kelas II Tasikmalaya, yang biasa menangani kasus imigran gelap. Laporan kasus juga diserahkan ke Polres Garut. “Penangkapan pukul 4.30 pagi, lalu jam 10 sudah kami serahkan ke imigrasi dan Polres Garut,” kata Ecep. Kawasan Cibalong memang sangat sering digunakan imigran untuk uji keberuntungan menyeberang ke Pulau Christmas Australia. Agustus 2013 lalu, Polsek Cibalong juga mengamankan 23 imigran asal Iran yang berusaha menyeberang. September lalu, 41 imigran yang juga berasal dari Myanmar berhasil diamankan. Belum diketahui berapa imigran yang lolos dari intaian aparat. Yang jelas kebiasaan para imigran gelap ini memulai rutenya dari Bogor melewati Cianjur, Bandung, dan Garut. Mereka kemudian menggunakan jalur Banjarwangi-Singajaya-Peundeuy -Sancang, hingga akhirnya tiba di pantai Cibalong. Di daerah ini, mereka masuk ke daerah hutan lindung Cagar Alam Sancang dan kemudian menyebar ke tiga titik penyeberangan. Ketiga titik penyeberangan yang digunakan para imigran gelap di Cibalong ini, kata Suryaman, adalah kawasan Pantai Cibako, Pantai Cipanglembuan, serta Pantai Cipunaga. Selain di kawasan Cibalong, di kawasan selatan Garut masih banyak titik lain yang biasa mereka gunakan imigran untuk menyeberang ke Australia, di antaranya Pantai Santolo, Pantai Sayangheulang, dan Pantai Rancabuaya. (rdl/jpnn)

FERY PRADOLO/INDOPOS

DIRUSAK : Pegawai MK ketika membenahi bekas-bekas tindakan anarkis di ruang MK yang dilakukan pendukung pasangan calon gubernur. Negeri (PN),” kata Bambang kepada wartawan kemarin (17/11). Oleh sebab itu, Bambang menyatakan tentang pentingnya pemerintah untuk memberlakukan sanksi keras terhadap setiap pelaku kerusuhan di ruang sidang MK Kamis kemarin sebelum tindakan anarkitis di pengadilan lainnya terjadi. “Para pelaku tindak anarkitis di ruang sidang MK patut diberi sanksi hukum yang

keras dan maksimal agar tumbuh efek jera bagi para pengunjung sidang di pengadilan mana pun,” ujar politisi Partai Golongan Karya (Golkar) tersebut. Bambang juga menambahkan bahwa dengan alasan apapun. siapapun tidak berhak untuk meluapkan kekecewaannya terhadap putusan pengadilan maupun oknum hakim di depan persidangan. “Tergugat maupun penggugat bisa saja

KPK Ngotot Periksa Bos Kernel Singapura JAKARTA - Nama Direktur PT Kernel Singapura, Widodo Ratanachaitong sudah tercatat dalam surat dakwaan kasus dugaan suap di SKK Migas milik terdakwa Simon Tanjaya Gunawan. Widodo disebut sebagai orang yang bersama-sama memberikan suap pada Kepala SKK Migas nonaktif Rudi Rubiandini. Namun, hingga saat ini Widodo belum dijadikan tersangka. Ia masih diperiksa sebagai saksi. Meski baru menjadi saksi, Widodo belum diperiksa KPK karena mangkir dari pemanggilan pemeriksaan. Menurut Ketua KPK Abraham Samad, pihaknya akan terus berusaha menghadirkan Widodo dalam pemeriksaan. Meski surat panggilan yang ditujukan pada alamatnya dikembalikan ke KPK. “Kita tinggal panggil ulang. Kalau belum datang, tiga kali pemanggilan. Kalau tidak datang juga kita jemput (jemput paksa,” kata Abraham di Jakarta, Minggu, (17/11). Abraham mengatakan KPK akan terus menelusuri keterlibatan Widodo dalam kasus suap terhadap Rudi meski ia belum dijadikan tersangka. Alat bukti untuk Widodo, kata dia, masih terus didalami KPK. Penyidik, kata Abraham, juga masih melakukan validasi keterangan saksi-saksi atau tersangka terkait dugaan keterlibatan pihak lain selain Widodo. Bahkan kata dia, dugaan keterlibatan Presiden Direktur PT

Abraham Samad Parna Raya Group Artha Meris Simbolon dan Direktur PT Zerotech Nusantara Febri Prasetyadi tidak akan luput dari perhatian KPK. Informasi yang sudah diterima KPK yang berkaitan dengan dugaan penyuapan keduanya kepada Rudi berapapun angkanya tetap akan didalami.

“Semua yang dibutuhkan, yang berkaitan denga kasus SKK Migas tersebu, untuk mengungkapnya lebih terang benderang akan dilakukan pemeriksaan. Buktinya kita upayakan. Begitu pula yang ditanyakan tadi (Artha Meris dan Widodo),” tandasnya. (flo/jpnn) REDAKTUR: SUNAVIP RA INDRATA, LAYOUTER: DJ AMIEL


SENIN, 18 NOVEMBER 2013

3

SAMSUNG NP355E4X-A021D

Menyala Kurang dari 20 Detik

IRA RAVIKA/MALANG POST

MIRIP: Sekilas, desain Beyond Note 2 memiliki desain yang mirip dengan Samsung Galaxy Note 2.

Beyond Note 2

Note Pintar Harga Murah MALANG – Booming gadget pintar membuat pabrikan menelurkan produk baik smartphone, tablet hingga note di berbagai lapisan harga. Mulai dari kelas premium hingga low end dengan spesifikasi standart. Salah satu pabrikan lokal, Beyond memiliki satu gadget unggulan di kelas note, yaitu Note 2. Faktor bandrol harga yang relatif terjangkau membuat gadget yang satu ini cukup populer di kalangan konsumen. “Harganya Rp 1.3 juta saja,” kata marketing Original Shop Dinoyo, Purnomo kepada Malang Post kemarin. Secara fisik, Beyond Note 2 tampaknya mengadopsi desain Samsung Galaxy Note 2. Bahkan, bahan casing yang membalut tubuh ponsel pun hampir sama. Sehingga banyak mengira produk yang diciptakan dengan satu

warna ini adalah Samsung Galaxy Note 2. Bahkan, saat layar ponsel dinyalakan, tampilan layar pun sangat mirip. Pengguna akan melihat slide merek Beyond, selanjutnya tampilan layar dengan gambar bunga. Tapi begitu, perbedaan akan terlihat dari segi warna pada layar. “Luas layarnya sama denagn Samsung Note 2, yaitu 5,5 inci, tapi jenis layarnya beda. Layar Samsung Galaxy Note 2 sangat tajam, dengan tingkat kerapatan yang sangat tinggi. Layar Beyond Note 2 tidak setajam itu,” katanya kepada Malang Post. Maklum, sebab demi menyesuaikan dengan harga murah, Beyond pun memasang layar jenis TFT Capcitive touch screen dengan kerapatan 540x960 piksel plus 5 point multi touch. Sekalipun tingkat kerapatannya tidak sebesar Samsung

Note 2, tapi soal tampilan multimedia ponsel ini cukup lumayan. Pengguna bisa menggunakan ponsel ini untuk bermain game, atau menonton film. Bukan itu saja, dua kamera masingmasing 5 megapixel di bagian belakang dan VGA yang tertanam di bagian depan juga akan membantu pengguna untuk menangkap semua moment yang ada. Tambahan lampu flash, akan membuat hasil foto terang meskipun diambil di tempat yang memiliki cahaya kurang. Sedangkan untuk kamera depan, bisa digunakan pengguna untuk melakukan aktifitas video call. Fitur TV Analog kini sudah disertakan dalam Beyond Note 2 selain itu masih banyak fitur menarik lainnya seperti Polifonik (MP3), TV Analog, MP3/MP4 player, radio FM, Google

Monster Purity Stereo Redam Distorsi Suara MALANG – Nokia tidak hanya mengenalkan produk smartphone berkualitas, tapi juga mengenalkan berbagai aksesoris pendukung, untuk gadget yang diciptakan. Salah satu aksesoris tersebut adalah headset. Merek Monster Purity Stereo pun menjadi pilihan Nokia, sebagai aksesoris pendukung dan direkomendasikan sebagai aksesoris tambahan selain paket penjualan smartphone. Tentu, Nokia memiliki alasan memilih headset Monster Purity sebagai aksesoris tambahan. Pertama, Monster Purity menghadirkan suara jernih, dan jauh dari kebisingan. Dan headset yang hadir dengan desain yang menarik, serta nyaman digunakan. “Desainnya mulus dengan pelindung telinga lembut, seakan membuat penggunanya lupa menggunakan headset,’’ kata Customer Service Erafone, Dina Mariana kepada Malang Post kemarin. Headset Monster Purity ini juga tidak akan mengganggu pengguna saat melakukan aktifitas. Itu karena headset ini menggunakan kabel yang terpisah antara kanan dan kiri. Untuk menghubungkan, head-

IRA RAVIKA/MALANG POST

PAJANG: Headset Monster Purity Stereo untuk Nokia mampu menghadirkan suara berkualitas tinggi set ini dilengkapi dengan jack konektor 3.5 mm. Headset ini memang tidak dibekali dengan sambungan nirkable layaknya merek monster kebanyakan. Tapi tidak perlu khawatir, karena headset ini mampu menghadirkan suara yang luar biasa. “Untuk tombol kontrolnya, masih dilakukan secara manual, alias pengguna bisa mengurangi atau menambah volume suara melalui ponsel,’’ tambah Dina. Fokus headset Monster Purity Stereo ini adalah musik dengan

audio berkualitas tinggi. Pengguna bisa menikmati semua musik favorit tanpa ada distorsi (gangguan suara bising). Itu karena Monster melengkapi headset ini dengan peredam bising. Dan sudah tentu, headset ini juga dilengkapi dengan tombol menerima panggilan, sehingga pengguna pun tidak perlu khawatir saat mendengarkan musik, dan tiba-tiba ada panggilan masuk. “Pengguna bisa langsung menerima telepon dan berbicara tanpa ada kendala,’’ tandas wanita berambut panjang.(vik/fia)

MALANG – Hadir dengan fitur fast bawaan, Samsung NP355E4X-A02ID menjadi salah satu notebook yang laris di pasaran. Fitur fast yang ditanam tidak hanya mampu membuat notebook ini menyala dalam waktu kurang 20 detik, tapi juga memiliki kemampuan browsing internet dua kali lebih cepat dibandingkan notebook biasa. Marketing Rose Computer, Plaza Dieng, Wawan Budi Pratama mengatakan, ada tiga fitur fast yang ditanam pada notebook ini. Yaitu Fast Boot, Fast Start, dan Fast Browsing. “Fast Boot berfungsi agar notebook mampu menyala dalam waktu 20 detik, Fast Start, notebook dapat kembali aktif setelah 2 detik serta Fast Browsing artinya notebook ini mampu melakukan browsing internet lebih cepat 2 kali lipat,’’ katanya. Wawan memang tidak sekadar berkata. Pria ini kemarin juga mencoba kemampuan tiga fitur tersebut. Dan hasilnya cukup luar biasa. Notebook yang sebelumnya terlihat dalam kondisi mati, seketika menyala dalam waktu tidak lebih dari 20 detik. Demikian saat notebook dalam kondisi standby, seketika menyala saat salah satu tombol pada keyboard notebook ini ditekan. Sedangkan untuk kecepatan browsing, kemarin tidak bisa dilakukan, lantaran harus terhubung dengan internet. Wawan menjelaskan, Samsung NP355E4X-A02ID, memang dilahirkan sebagai produk andalan. Notebook ini memiliki luas layar 14 inci. Teknologi anti-reflektif pada layar notebook, menghasilkan gambar dengan detail, tajam dan warna yang berani. “Permukaan mate pada layar notebook memiliki efek tidak berbayang. Ditambah dengan layar berteknologi HD LED didukung memori grafis Radeon HD7310, akan memanjakan mata pengguna, meskipun digunakan berjam-jam,’’ kata Wawan. Produk yang dibanderol dengan harga Rp 3 jutaan ini juga tampil dengan desain sangat ciamiks. Bezel yang tipis, membuat tampilan notebook sangat elegan. Terlebih lagi, notebook ini hadir dengan berat tidak lebih dari 1.5 kilogram, membuat pengguna pun bisa membawanya kemana saja tanpa merasa berat. Sedangkan untuk memory internalnya, Samsung membekali notebook ini dengan HDD 320 GB.(vik/fia)

Play Store, Gmail, Google Search, GPS, Google Maps, Facebook, Twitter, eBuddy, Yahoo Messenger, G-sensor, Calendar, calculator, alarm, speakerphone, game. Beyond B78 mengunakan sistem koneksi dengan jaringan WiFi 802.11 b/g, sedangkan untuk mengirim atau menerima data dengan jarak yang dekat cukup menggunakan Bluetooth atau kabel data. “Secara keseluruhan teknologi yang tertanam pada ponsel ini, seperti smartphone pada umumnya. Termasuk mesinnya, ponsel ini dilengkapi dengan prosesor dual core berkecepatan 1 GHz. Dan RAM 512 MB. Kolaborasi keduanya mampu menjalankan berbagai aplikasi Android 4.0 Ice Cream Sanwich yang tertanam pada ponsel,” tandas Purnomo.(vik/fia)

Octa Core Diklaim Lebih Efisien QUALCOMM memang cukup mendominasi di kalangan ponsel kelas atas, namun untuk urusan segmen menengah hingga bawah nama MediaTek mungkin justru lebih familiar. Namun demikian tidak menyurutkan pabrikan asal Taiwan ini untuk lebih berinovasi. MediaTek pun sukses membuktikan diri sebagai produsen pertama yang menghadirkan prosesor mobile pure octa-core pertama di dunia. Melampaui Samsung dan juga Qualcomm selaku pesaingnya di bisnis serupa. Paling menarik, tidak seperti Samsung dimana prosesor octa-core besutannya tidak sungguh 8 core karena memadukan 2 jenis prosesor quad-core dalam satu die, prosesor octa-core besutan MediaTek benar-benar mengandalkan 8 core dalam satu arsitektur. Namun menyoal kinerja, berdasarkan banyak hasil benchmark yang beredar di internet, sepertinya prosesor octacore MediaTek memang masih harus mengakui kedigdayaan prosesor pesaingnya yang menggunakan jumlah core dibawahnya (quad core-red). Meski begitu, menurut Finbarr Moynihan selaku GM of International Sales & Marketing MediaTek, selain berusaha menyodorkan kinerja mumpuni, prosesor octa-core MediaTek juga fokus pada kemampuan efisisensi daya. “Selain kinerja mumpuni, MediaTek menonjolkan kemampuan power efficient yang optimal pada prosesor octacore kami (MediaTek-red). Hal ini juga yang meningkatkan cost effective prosesor kami sehingga mampu menghadirkan produk (smartphone-red) dengan kualitas baik namun dengan harga yang dapat dijangkau,” ujar Finbarr di sela-sela peluncuran tablet Evercoss AT8 di Plaza Ex, Jakarta. Pernyataan Finbarr tersebut pun seakan ingin menegaskan bahwa disamping kinerja mumpuni sebuah prosesor juga harus diiringi oleh efisiensi daya yang baik. Selain itu dengan kelebihan cost effective yang ditawarkannya, MediaTek juga berusaha mengatakan bahwa untuk merasakan parangkat dengan kinerja mumpuni, pengguna tak harus merogoh kocek dalam-dalam.(dtc/fia)

IRA RAVIKA/MALANG POST

CEPAT : Samsung NP355E4X-A02ID hadir dengan browsing yang lebih cepat

Evercoss Kenalkan Tablet Selfie JAKARTA - Meski berada di tengah gempuran berbagai produk smartphone import yang membanjiri pasar Indonesia, nyatanya tak membuat produsen ponsel lokal enggan berinovasi. Dibuktikan oleh Evercoss, pembesut ponsel lokal yang memiliki jargon Go International ini baru saja meluncurkan produk teranyarnya. Adalah Evercoss AT8, tidak sekadar tablet, selain menyodorkan kinerja mumpuni berkat spesifikasi yang dimilikinya, perangkat ini juga ditujukan bagi penggunanya yang suka mengabadikan pose dirinya atau yang saat ini populer dengan sebutan narsis. Hal tersebut dimungkinkan berkat penggunaan kamera dengan kemampuan yang terbilang diatas rata-rata untuk ukuran sebuah tablet, yakni 8 MP. Selain itu kelebihan yang juga dimilikinya hadir lewat penggunaan bentang layar sebesar 7,9 inch yang diklaim sebagai ukuran paling ideal untuk sebuah tablet dalam genggaman. Adapun resolusi yang dimilikinya adalah 1024x768 pixel. “Tidak hanya menggunakan smartphone, kini pengguna tablet juga bisa selfie berkat kemampuan kamera mumpuni yang ditawarkan oleh Evercoss AT8,” ujar Djanto Djojo di sela-sela peluncurannya di Plaza Ex, Jakarta. Beralih ke sektor jeroan, Evercoss AT8 terbilang menjanjikan dengan prosesor quad core besutan MediaTek, chip grafis PowerVR SGX544MP, RAM berkapasitas 1 GB, dan memori internal sebesar 16 GB. Sayangnya Evercoss AT8 tidak menyediakan slot micro SD untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan data. Sementara sistem operasinya yang diusungnya juga telah mengandalkan Android versi terkini yakni 4.2.2 Jelly Bean. Menariknya, tidak sekedar akses data, Evercoss AT8 juga memiliki kemampuan untuk melakukan panggilan telepon ataupun sms. Untuk meminangnya, Evercoss membanderol tablet anyarnya itu senilai 2,3 juta. Penempatan harga yang terbilang riskan memang, mengingat banyak tablet sejenis yang menempati kisaran harga tersebut. Namun dengan kelebihan pada sektor kamera, bukan tidak mungkin tablet lokal yang satu ini bakal mendapatkan tempatnya sendiri di kalangan pecinta gadget.(dtc/fia)

iPhone CDMA Hanya Rp 2,8 Juta MALANG – iPhone 4G tidak hanya hadir dengan jaringan GSM, namun juga hadir dengan jaringan CDMA. Kehadirannya pun sontak mendapat respon kalangan operator berbasis CDMA. Salah satu operator CDMA yang seketika melakukan bundling ponsel besutan Apple ini adalah Smartfren. Tak pelak, kehadiran ponsel ini pun cukup laris manis. Tidak heran jika penjualan iPhone 4G ini mengalahkan penjualan beberapa seri Andromax yang menjadi andalan Smartfren. Pengguna akan langsung memilih iPhone 4G CDMA dibandingkan Andromax V yang memiliki prosesor quadcore.

Secara produk, iPhone 4G memiliki prestisius cukup tinggi, dibandingkan dengan ponsel besutan Smartfren lainnya, yang rata-rata dibuat oleh pabrikan lokal. Ditambah dengan desainnya yang elegan, dan tampilan layarnya yang mendukung teknologi retina display, membuat produk ini jauh lebih unggul. Namun begitu, sekalipun banyak diminati, produk ini tidak banyak beredar. Dari pantauan Malang Post, iPhone 4G Smartfren ini hanya tersedia beberapa unit saja setiap gallery maupun konter penjualan produk Smartfren. “Unitnya ada, tapi tidak banyak. Banyak juga peminatnya,’’ kata

Promotor Smartfren, Ika Nilawati kepada Malang Post kemarin (17/11). Sebetulnya, secara fisik, fitur dan spesifikasi, iPhone 4G CDMA ini tidak berbeda dengan iPhone 4G GSM. Memiliki dimensi 115.2 x 58.6 x 9.3 mm, iPhone 4G ini dibekali layar seluas 3.5 inci. Berbagai fitur juga disematkan, diantarannya Facetime, Retina display, kamera 5 megapixel dengan LED Flash dan Video Recording HD. Dan yang membuat ponsel ini handal adalah, operating sistemnya bisa di upgrade ke iOS7, OS terbaru untuk iPhone dan iPad. Apple juga menanamkan layar jenis LED-

backlit IPS LCD. Layar tersebut mendukung teknologi capacitive touchscreen. Adanya teknologi ini, layar ponsel sangat sensitif dalam berbagai sentuhan. Dan untuk tampilannya, layar ponsel ini mendukung 16 juta warna sehingga pengguna akan puas melihat layar karena warnanya yang tajam dan jernih. “Selain jaringan, harga ponsel ini juga berbeda. Jika iPhone 4G GSM 16 GB dijual dengan harga Rp 5 jutaan, sedangkan iPhone 4G 16 GB CDMA hanya dibanderol dengan harga Rp 2.8 juta. Artinya harga ponsel ini sangatlah terjangkau,’’ tandas Ika.(vik/fia)

IRA RAVIKA/MALANG POST

LARIS: iPhone 4G CDMA dibandrol dengan harga murah, namun stok produk masih sangat minim. REDAKTUR: SHUVIA RAHMA, LAYOUTER: DJ AMIEL


SENIN, 18 NOVEMBER 2013

4

Info Penting! JADWAL PENERBANGAN MALANG - JAKARTA Maskapai

berangkat

kedatangan

10:45 12:55 08:35 12:40 14:35

12:15 14:25 10:00 14:05 16:00

Garuda Indonesia Garuda Indonesia Sriwijaya Air Sriwijaya Air Sriwijaya Air

Nomor Telepon Maskapai Penerbangan Lion Air Garuda Sriwijaya Citilink

0341- 400680 0341- 419494 0341- 471777 0341- 405438

JADWAL KERETA API DARI STASIUN KOTA BARU MALANG: Kereta Api: Penataran Tujuan: Blitar Pemberangkatan : 04.25 WIB 07.28 WIB 10.40 WIB 13.48 WIB 19.00 WIB Kereta Api: Penataran Tujuan: Surabaya Pemberangkatan : 04.20 WIB 07.00 WIB 09.53 WIB

12.37 WIB 15.38 WIB 19.48 WIB

Pekalongan-Cirebon-Pasar Senen Jakarta Pemberangkatan : 14.50 WIB

Kereta Api: Malioboro Express Tujuan: Jogjakarta Pemberangkatan : 08.35 WIB

Kereta Api: Gajayana Tujuan: Jakarta Kota Pemberangkatan : 13.45 WIB

Kereta Api: Tawangalun Tujuan: Banyuwangi Pemberangkatan : 14:40 WIB

Kereta Api: Malabar Tujuan: Bandung Pemberangkatan : 15.45 WIB

Kereta Api: Matarmaja Tujuan: Madiun – Solo Jebres-Semarang Poncol-Tegal-

Kereta Api: Senja Kediri Tujuan: Bandung Pemberangkatan : 13.25 WIB

JADWAL SIM KELILING KOTA MALANG Senin : Alun-alun Selasa : Universitas Widyagama Rabu : RM. Ringin Asri Kamis : Giant Sawojajar Jumat : Pos Polisi Mitra I KOTA BATU Mei, Minggu keempat Pukul: 17.00-20.00 WIB

RIZAL FANANY/ MALANG POST

SEMAKIN DIMINATI: Sunday School Photography menggelar pameran foto dengan tema “The Dance Documentary”. Ada sekitar 30 karya yang sudah lolos kurasi dan dipamerkan di Perpus Kota Malang, kemarin (17/11). Semakin hari foto-foto jurnalistik sudah mulai tumbuh kembang dan diminati oleh khalayak. Tampak salah satu pengunjung sedang menikmati karya-karya anggota Sunday School Photography.

URGENSI UU PENDIDIKAN KEJURUAN DI INDONESIA PENDIDIKAN kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Pendidikan kejuruan seperti SMK lebih mengutamakan pengembangan keahlian peserta didik, kemampuan beradaptasi di lingkungan kerja, melihat peluang kerja, dan mengembangkan diri di kemudian hari. Pendidikan kejuruan menekankan penyiapan dan penyesuaian lulusannya dengan dunia kerja sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Secara historis menurut Calhoun dan Finch, pendidikan kejuruan merupakan jawaban atas perubahan kebutuhan manusia, yaitu dari kebutuhan individu/keluarga menuju kebutuhan bangsa. Tenaga kerja yang terlatih menjadi sebuah kebutuhan dalam rangka realisasi tujuan pembangunan nasional, sehingga pendidikan kejuruan sudah merupakan ranah bangsa. Dalam praktiknya secara nasional, pendidikan diselenggarakan dengan mengacu kepada landasan yuridis tertentu yang telah ditetapkan. Dengan adanya landasan yuridis diharapkan akan tercipta tertibnya penyelenggaraan sistem pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional sesuai pembukaan UUD 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Salah satu bentuk landasan yuridis adalah perundangundangan yang berlaku di sebuah negara. Undang-undang

dapat diartikan sebagai sumber hukum, yaitu semua dokumen yang dikeluarkan oleh otoritas yang lebih tinggi, yang dibuat dengan mengikuti prosedur tertulis. Undang-undang dapat pula dikatakan sebagai kumpulan-kumpulan prinsip yang mengatur kekuasaan pemerintah, hak rakyat, dan hubungan di antara keduanya. Secara umum, perundang-undangan berfungsi mengatur sebuah substansi untuk memecahkan suatu masalah yang ada dalam masyarakat. Calhoun dan Finch menyimpulkan bahwa di Amerika Serikat terdapat tiga tahap perkembangan undang-undang tentang pendidikan kejuruan: undang-undang sebelum tahun 1900, antara 1900-1960, dan setelah 1960. Tahap pertama adalah periode dengan keterlibatan pemerintah pusat yang sedikit. Tahap kedua, adalah periode perkembangan ekonomi dan industri yang cepat, atau disimpulkan oleh Sohnadji sebagai periode konflik: yaitu konflik antara pandangan bahwa pemerintah pusat sebaiknya tidak banyak mengatur pendidikan kejuruan dan pandangan bahwa pemerintah pusat harus menjamin bahwa pendidikan bagi semua individu sudah berjalan baik. Selanjutnya, tahap ketiga adalah tahap yang ditandai dengan keterlibatan pemerintah pusat secara penuh pada proses pendidikan kejuruan. Dari tahap ke tahap ada berbagai perundangan yang

Oleh:

AGUNG PANJI SASMITO Mahasiswa S2 Pendidikan Kejuruan, PPs Universitas Negeri Malang dikembangkan dalam mengatur pendidikan kejuruan di Amerika Serikat. Undangundang yang paling terkenal adalah Vocational Education Act of 1963 yang kemudian diamandemen menjadi Vocational Education Act of 1968. Jika dikaji isinya terdapat komitmen penuh pemerintah pusat atas pendidikan kejuruan, yaitu mulai dari memelihara, memperluas, dan meningkatkan program-program pendidikan kejuruan yang ada; mengembangkan program-program kejuruan baru; hingga menyediakan lapangan kerja paruh waktu kepada para pemuda untuk melanjutkan pelatihan kejuruan berbasis penuh waktu. Kebijakan pokok tentang pendidikan kejuruan di Indonesia antara lain tertuang dalam Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Pendidikan Kejuruan masuk ke dalam kategori jalur pendidikan formal, yaitu pada pendidikan menengah. Dari delapan Standar Nasional Pendidikan

sesuai PP No.19 Tahun 2005, yang secara eksplisit mengacu pada pendidikan kejuruan antara lain: standar isi, standar kompetensi lulusan, dan standar penilaian pendidikan yaitu standar pada penyelenggaraan SMK dan yang sederajat. Dari paparan di atas dapat diketahui bahwa jika dibandingkan dengan Undang Undang Pendidikan Kejuruan di Amerika Serikat, maka Undang Undang Pendidikan Kejuruan di Indonesia terlalu singkat dan pada porsi yang kecil. Sonhadji menyatakan bahwa di Amerika Serikat kebijakan pendidikan kejuruan telah lama dirumuskan secara rinci dalam sebuah undangundang tersendiri dan peran serta pemerintah pusat terhadap pelaksanaan pendidikan kejuruan telah digambarkan dengan jelas melalui Vocational Education Act of 1968. Ketika sebuah negara tumbuh dan berkembang, tenaga kerja yang terlatih sebagai output utama dari SMK tentu menjadi sebuah kebutuhan dalam memenuhi sumber daya manusia dalam pembangunan nasional, sehingga pendidikan kejuruan perlu mendapatkan pengakuan dan dukungan dari negara. Hal ini diperkuat oleh pendapat Sonhadji yang menyimpulkan bahwa pemerintah harus bertanggung jawab atas terselenggaranya pendidikan dengan sebaik-baiknya melalui undang-undang dan peraturan-peraturan dengan segala implikasinya. Sebagai salah satu bagian dari sistem pendidikan nasional di Indonesia, pendidikan kejuruan tentunya sudah selayaknya mempunyai dasar hukum dalam pelaksanaannya. Dasar hukum tersebut tertuang dalam perundang-undangan dan peraturan pemerintah terkait dengan sistem operasional dari pendidikan kejuruan tersebut. Dasar hukum tersebut melandasi setiap gerak dalam pendidikan kejuruan sebagai landasan yuridis yang perlu ditegakkan guna terciptanya penyelenggaraan pendidikan kejuruan yang tertib dan efektif.

Bagi Indonesia, perundang-undangan yang khusus mengatur pendidikan kejuruan seharusnya sudah ada. Undang-undang Pendidikan Kejuruan seharusnya tidak hanya tertulis dalam Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional saja, tetapi berdiri sendiri sebagai Undang-Undang Pendidikan Kejuruan. Undang-Undang Pendidikan Kejuruan yang berdiri sendiri diharapkan mampu mendefinisikan dan mengatur segala hal yang berkaitan dengan pendidikan kejuruan di Indonesia secara terperinci, tidak seperti saat ini yang cakupannya hanya sedikit yaitu sebatas standar-standar pendidikan yang bersifat umum dan kurang mendetil. Standar yang kurang terperinci ini terjadi karena secara yuridis merujuk kepada Sistem Pendidikan Nasional saja, bukan berdiri sendiri sebagai Undang Undang Pendidikan Kejuruan. Undang-Undang Pendidikan Kejuruan dapat berfungsi sebagai substansi untuk memecahkan suatu masalah yang ada dalam ranah pendidikan kejuruan di Indonesia. Dengan adanya aturan yang lebih terperinci diharapkan operasional pendidikan kejuruan baik di pusat maupun daerah dapat dikontrol dengan baik, karena sebagai landasan yuridis tentunya mampu mengatur dan mengontrol dari sisi regulasi dan hukum. Undang-undang Pendidikan Kejuruan pada harapannya dapat berfungsi untuk melayani masyarakat dari segi penyelenggaraan hingga perluasan pengajaran pada bidang kejuruan seperti SMK dan yang sederajat. Pada dasarnya undang-undang tidak lain dari sebuah piranti yang diwujudkan oleh masyarakat guna melayani kebutuhan masyarakat tersebut, tentunya dalam lini pendidikan kejuruan. Sehingga dapat dikatakan bahwa Undang Undang Pendidikan Kejuruan dapat digunakan sebagai pengontrol dan dasar hukum dari pelayanan pendidikan kejuruan kepada masyarakat.

Ipok

KABUPATEN MALANG Senin : Terminal Bus Dampit Selasa : Stadion Talok Turen Rabu : Dealer Honda Sekawan Motor Bululawang Kamis : Dealer Yamaha Gondanglegi Jumat : Stadion Kanjuruhan Sabtu : Stadion Kanjuruhan Minggu : Bend. Lahor Karangkates

Ngalam

Simpanan Haji Rp 100 Triliun KEMENTERIAN Agama kini mengemban tugas berat untuk mengelola dana simpanan haji dari masyarakat. Data terakhir sampai tahun 2013 jumlah tabungan mencapai Rp 54,5 triliun dan lima tahun mendatang dana itu bisa berlipat dua menjadi sekitar Rp 100 triliun. Peningkatan ini terjadi karena besarnya animo masyarakat untuk menunaikan ibadah haji. Mereka rela membayar di muka meskipun baru berangkat sepuluh tahun yang akan datang, bahkan lebih. Meskipun mengelola dana begitu banyak tapi Kemenag tidak bisa menggunakan begitu saja, karena harus ada mekanisme yang jelas agar tidak dianggap sebagai korupsi. Dalam cabinet sebelumnya, ada mantan menteri agama yang harus mendekam ke penjara karena dituduh korupsi dana tersebut. Dalam sebuah diskusi di Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta muncul adanya usulan agar dana itu dimanfaatkan untuk meningkatkan pelayanan kepada jamaah haji Indonesia. Seperti diketahui, meskipun biaya yang dikeluarkan sangat mahal, tapi pelayanan terhadap jamaah haji Indonesia tidak masuk katagori baik. Dalam hal penginapan misalnya, masalah yang terjadi setiap tahun adalah lokasinya yang jauh dari Masjidil Haram. Sudah jauh, tempat penginapannya tidak baik pula. Para jamaah haji Indonesia kerap merasa iri dengan pelayanan yang diterima jamaah haji negara tetangga, Malaysia. Mereka tinggal di hotel berbintang yang lokasinya hanya beberapa meter dari masjidil Haram, padahal biaya yang dikeluarkan hampir sama. Pertanyaan inilah yang sampai sekarang masih belum terjawab. Selalu saja dijanjikan bahwa pada musim mendatang masalah pemondokan akan lebih baik, tapi janji tinggal janji, kesemrawutan terulang setiap tahun. Itu belum termasuk masalah transportasi dan konsumsi yang tidak kalah buruknya. Di Mina misalnya, sudah menjadi hal yang biasa setiap tahun kalau jamaah haji Idonesia harus tinggal di tenda yang jaraknya lebih dari 10 Km dari lokasi lempar jumrah. Sangat menarik ketika dalam diskusi itu muncul usulan untuk membangun hotel atau apartemen di Makkah yang digunakan untuk menampung jamaah haji Indonesia. Di luar musim haji, hotel itu bisa disewakan untuk jamaah Umrah yang jumlahnya tiap tahun terus meningkat. Pemondokan milik sendiri dengan standar hotel ini sudah sangat mendesak, karena jumlah jamaah haji Indonesia termasuk yang terbesar. Dengan kuantitas itu sebenarnya Indonesia memiliki bargaining power kepada pemerintah Saudi.Bukan untuk menambah kuota – kalau bisa tentu lebih baik – tapi untuk mendapat pelayanan pemondokan yang lebih baik, seperti yang dinikmati jamaah dari negara lain. Sayang, dalam urusan ini pemerintah Indonesia harus selalu tunduk kepada pemerintah Arab Saudi yang terkesan sangat kaku. Sebagai sebuah wacana, pendirian hotel atau apartemen khusus untuk jamaah Indonesia layak untuk dipertimbangkan agar tidak menimbulkan fitnah. Setelah membangkan dengan jamaah negara lain, tak sedikit jamaah yang membandingkan dengan yang mereka terima. Kalau tidak dijelaskan, akan menimbulkan fitnah. (redaksi@malang-post)

Menerima kiriman foto lucu, unik dan kejadian menarik lainnya di wilayah Malang Raya. File dikirim dalam format JPG ke redaksi@malang-post.com

REDAKTUR: ADINDA, LAYOUTER: SLATEM


SENIN, 18 NOVEMBER 2013

5

KANWIL DJP JATIM III

STENLY REHARDSON/ MALANG POST

STENLY REHARDSON/ MALANG POST

SEPAKAT: Suasana Sosialisasi Kesepakatan bersama antara DJP dengan POLRI yang digelar di Hotel Savana.

LIHAT: Seorang perempuan sedang melihat salah satu koleksi mobil milik Toyota di Auto2000 Sukun.

Dealer Mobil

Berlomba Kejar Target

Penjualan

2013 j e j a r i n g

Hapus Kangen Anak Istri Lewat Telepon MALANG – Di sela kesibukannya bekerja menjadi teknisi Acer Utama Matos, pria bernama lengkap Guruh Andreanto ini mewajibkan diri meluangkan waktu untuk memperhatikan keluarga kecilnya. Hal ini dilakukan sebagai kepala keluarga yang posisinya jauh dari keluarga. “Anak dan istri yang sekarang berada di Trenggalek, harus memperhatikan meskipun dari jarak jauh, mulai dari perkemba­ngan hingga kesehatan,” ung­kapnya. Menurut dia, sebe­ nar­n ya sang istri sebelumnya tinggal di Malang juga. Namun ketika hampir melahirkan, harus kembali ke Trenggalek agar ada yang membantu memperhatikan kesehatan, baik sang bayi maupun sang ibu. “Masih anak pertama pula, masih dalam tahap belajar, jadi mulai awal tahun ini berpisah sementara,” beber dia. Pria berusia 29 tahun ini pun mengakui merasa berat harus terpisah dari istri dan anaknya. Apalagi saat ini sang anak sudah mulai lucu-lucunya. Sebagai ganti, setiap hari pasti dia menghubungi istrinya untuk mendengar suara putrinya. Lalu, begitu ada waktu libur lebih dari satu hari, pria yang akrab dipanggil Andre ini akan menjenguk ke Trenggalek. “Saat ini masih komunikasi via telepon. Pagi sebelum bekerja dan sore setelah pekerjaan selesai, pasti mendengarkan suara mereka. Harus ada waktu yang benar-benar luang untuk pulang kampung. Kangen sih, tapi harus ditahan, kan bekerja juga demi mereka. Nanti kalau sudah anak sudah agak gede, sepertinya bersatu lagi di Malang,” papar dia panjang lebar. Namun dia tetap menyukuri keadaan saat ini, apalagi sang anak dan istri tidak rewel meski harus terpisah. “Kalau anak belum paham mungkin, tapi untuk istri memang ibu yang hebat, meskipun masih sama-sama muda,” puji dia. (ley/fia)

MALANG – Jelang akhir tahun, dealer otomotif mulai gencar melakukan promosi demi mencapai targetnya di tahun 2013 ini. Rangkaian strategi untuk menggenjot penjualan mulai digencarkan seperti show room event, promo berhadiah hingga open table di pusat perbelanjaan. Supervisor PT United Motor Center (UMC) Malang, I Made Adi Sumerta menerangkan, Suzuki memanfaatkan show room event untuk meningkatkan penjualan. “Bulan Oktober lalu kami mengadakan show room event, dan terbukti efektif meningkatkan penjualan,”

terangnya. Menurut dia, event tersebut harus digelar sebab hingga akhir September lalu target sales Suzuki UMC baru mencapai 85 persen. Sehingga mengundang prospek customer akan membantu percepatan penjualan. Dalam sehari event, Suzuki UMC berhasil mendapatkan 30 surat pengajuan kredit (SPK) dari customer. Padahal jika tanpa event, rata-rata harian hanya menjual antara 3-5 unit saja. Lebih lanjut dia menegaskan, hingga akhir tahun nanti Suzuki UMC masih membutuhkan tambahan penjualan sebanyak 250 unit lagi. “Agar target terpenuhi, memang masih kurang banyak, sebab di tahun ini kami mematok 100 unit per bulan. Akhir Oktober lalu, datanya masih kurang sekitar 250 unit,” papar dia kepada Malang Post. Sesuai penuturan Made, untuk mendukung show room event, Suzuki UMC juga memberikan penawaran hadiah di bulan ini. Setiap pembelian unit Ertiga secara tunai, customer bisa mendapatkan hadiah langsung berupa Samsung Galaxy S4 atau logam mulia. Bila pembelian secara kredit tersedia potongan mencapai Rp 6 juta masih ditambah pula dengan televisi mobil 7 inch. Belum lagi kedatangan Wa­

gon R akhir November yang diperkirakan olehnya menarik perhatian customer. Jika tidak ada aral melintang, mobil seharga Rp 80 juta tersebut akan diperkenalkan kepada publik Malang pada 24 November mendatang. Sementara itu, Supervisor Toyota Kartika Sari, M. Amirudin Arif juga mengakui sejak bulan Oktober sudah mulai mengadakan show room event dan secara khusus mengundang kehadiran customer. Penawaran harga serta hadiah ternyata menggoda customer untuk me­ ngajukan pembelian, selama 2 hari event menurut dia sanggup menjual 60 unit. “Selain adanya kesempatan test drive, hadiah juga menjadi penunjang customer untuk berburu mobil saat ada event. Bahkan kami siap memberikan hadiah lebih banyak lagi jelang akhir tahun, masih ditambah ikut pameran pula,” jelas pria yang akrab dipanggil Amir ini. Di tempat terpisah, Manager Authorize Dealer Daihatsu Jolo Abadi, AA Gede Wisnu Putra menguraikan, dealernya sejak September lalu sudah gencar mengadakan pameran. Baik mengikuti pameran otomotif maupun pameran tunggal di pusat perbelanjaan. (ley/fia)

Kabar BUMN

Katrol Omzet dari Bazaar Emas MALANG – Sejak Agustus lalu, PT Pegadaian (Persero) Cabang Malang gencar melakukan promosi atau lelang perhiasan melalui bazaar. Terbukti, event tersebut membantu penjualan barang lelang, dengan omzet dalam sekali bazaar bisa mencapai Rp 200 juta. Hal tersebut diakui oleh Kepala Pegadaian Cabang Malang, Siswuriyanto. “Bazaar yang ada, kalau momennya pas penjualan perhiasan kami bisa mencapai Rp 200 juta. Minimal Rp 100 juta dalam sekali bazaar,” ujarnya. Menurut pria dengan sapaan akrab Sis ini, pada bazaar perdana saat jelang lebaran lalu, banyak nasabah Pegadaian berburu perhiasan, sehingga momen bazaar benar-benar dimanfaatkan untuk mendapatkan emas dengan harga lebih terjangkau. Sementara pada 3 bazaar selanjutnya memang tidak sebesar yang pertama, hanya saja menurut Sis hasilnya masih sesuai harapan. “Memang menurun, trendnya di pasaran untuk penjualan emas juga sedang sepi pasca lebaran. Tetapi paling tidak dalam sehari kami bisa menembus angka Rp 40 juta, kecuali pada

Refresh Pengawasan Penerimaan Pajak MALANG – Direktorat Jenderal Pajak (DJP) telah bekerjasama dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) untuk meningkatkan upaya pencegahan dan pengawasan penerimaan pajak melalui Kesepakatan Bersama di tahun 2012 lalu. Demi menyukseskan program itu, terbaru Kantor Wilayah (Kanwil) DJP Jatim III kembali mengadakan Sosialisasi Kesepakatan Bersama yang berlangsung Jumat (15/11) lalu di Hotel Savana Malang. Kesepakatan Bersama tersebut tertuang melalui Nomor MoU-1/MK.09/2012 dan Nomor B/13/III/2012. “Sosialisasi kembali ini tujuannya untuk melaksanakan amanat kesepakatan, bahwa POLRI juga menjadi bagian kesuksesan penerimaan pajak negara. Sudah setahun, mungkin perlu penyegaran kembali agar tetap ingat semua,” ungkap Kepala Kanwil DJP Jatim III, Budi Susanto. Peserta dalam sosialisasi antara lain dari Kanwil dan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di lingkungan DJP Jatim III. Kemudian dari Polres Kota Malang hingga Polres yang berada di area DJP Jatim III yang mencapai wilayah Trenggalek, Madiun serta Jember. Sosialisasi tersebut antara lain menghadirkan Kepala Biro Penyusunan dan Penyuluhan Hukum (Sunluhkum) Divisi Hukum (Divkum) Polri RM. Panggabean, Brigjen Polisi Drs. Bambang Sri Herwanto dan Humas DJP P2, Krismantoro Petrus. “Agar semua mengingat kembali target penerimaan negara dari pajak pada tahun 2013 yang terhitung tinggi. Untuk itulah pentingnya pencegahan dan pengawasan hukum dalam penerimaan pajak harus dioptimalkan,” papar dia panjang lebar. Jangka waktu kesepakatan selama 3 tahun itu meliputi kerjasama dalam penegakan hukum di bidang perpajakan seperti kerjasama penyidikan perpajakan. Lalu pengamanan kegiatan dan pelaksanaan Direktorat Jenderak Pajak seperti pengamanan kegiatan penagihan aktif. Kemudian yang ter­ akhir adalah pemanfaatan data dan informasi untuk meningkatkan kepatuhan dan penerimaan pajak. Selain itu dalam sosialisasi juga berlangsung tanya jawab. Baik dari Polri maupun Kantor Pelayanan Pajak bergantian menyatakan pertanyaan mengenai apa yang dibingungkan, atau beberapa hal yang belum sempat terselenggara dari kesepakatan yang telah terjalin. Tahun 2013 ini target penerimaan pajak mencapai Rp 1.178 triliun. Sementara itu pada tahun 2013 Kanwil DJP Jatim III dipatok target sebesar Rp 10,8 triliun. Dibandingkan dengan 2012 target itu mengalami kenaikan sebesar Rp 3 triliun. (ley/fia)

Astra Dominasi Pasar Domestik RIZAL FANANY/ MALANG POST

TINGGI: Perolehan Pegadaian selama lelang perhiasan katrol pendapatan PT Pegadaian. edisi pertama dan kedua yang sangat tinggi,” jelas dia kepada Malang Post. Perlu diketahui, dalam sekali bazaar yang dilaksanakan terpusat dan bersama-sama dengan Pegadaian cabang lain yang berada di Malang Raya ini selalu berlangsung dalam waktu 3-4 hari. Cabang lain misalnya Kepanjen, Kotalama, Singosari, Blimbing hingga Kepanjen. Rata-rata penjualan perhiasan bisa mencapai Rp 30 juta per hari. Raihan tersebut di luar Pegadaian Cabang Malang. “Kebetulan hasil kami selalu

bagus, sehingga begitu terbantu dengan adanya bazaar. Pa­ ling tidak, bisa menyumbang 20 persen omzet lelang dalam sebulan,” imbuh Sis. Pegadaian pun merencanakan bazaar akan terus dilaksanakan tiap bulannya. Bila saat ini masih belum terlalu banyak masyarakat yang mengetahui, dia berharap Desember nanti bisa maksimal dikunjungi oleh nasabah. Rencananya, Desember nanti merupakan puncak bazaar Pegadaian di tahun 2013 dan akan diadakan di Pegadaian Cabang Kotalama. (ley/fia)

JAKARTA - Hingga bulan Oktober 2013, PT Astra International Tbk telah menjual setidaknya 1 juta unit mobil dan 6 juta unit sepeda motor di seluruh Tanah Air. Berdasarkan data resmi, antara bulan Januari hingga Oktober 2013, Astra International telah mencatat jumlah penjualan domestik kendaraan bermotor sebesar 7.525.626 unit kendaraan bermotor. Jumlah tersebut terdiri atas 1.020.389 unit mobil dan 6.505.267 unit motor. Pada bulan Oktober 2013 saja, total penjualan mobil Astra International mencapai angka 112.038 unit di seluruh Indonesia. Adapun pada bulan September 2013, penjualan domestik mobil Astra International mencapai 115.975 unit. Toyota masih merajai jumlah penjualan mobil domestik Astra International dalam kelompok Astra pada bulan Oktober 2013, yakni 359.220 unit. Peringkat kedua adalah Daihatsu dengan 154.156 unit. Adapun kelompok non Astra dimayoritasi oleh Mitsubishi sebanyak 15.216 unit dan Suzuki sebanyak 13.257 unit. Sementara itu, penjualan domestik sepeda motor Astra International pada bulan Oktober 2013 mencapai 714.264 unit. Pada bulan September 2013, total penjualan mencapai 675.902 unit. Honda menyumbang persentase terbanyak penjualan sepeda motor, yakni 439.641 unit. Sementara untuk kelompok non Astra didominasi oleh Yamaha sebesar 231.552 unit dan Suzuki sebesar 27.212 unit.(kps/fia)

REDAKTUR: SHUVIA RAHMA, LAYOUTER: REP


SENIN, 18 NOVEMBER 2013

Meski Ditolak, Nama Soekarwo Tetap Diplenokan

Pencairan Jatah DBHC Rp 800 M Terancam Tertunda

HARY SANTOSO/MALANG POST

KUKUH : Zainudin Amali bersama dan pengurus Golkar se Jatim bersikukuh mengusung Soekarwo sebagai Cawapres pendamping ARB.

pemerintah pusat. Karena itu, sangat cocok kalau pengusaha sukses didampingkan dengan birokrat sukses,’’ kata ZA dengan menyebut kreteria unggulan lain yang dimiliki Pakde Karwo. Disinggung munculnya nama Khofifah Indar Parawansa, ZA yang juga Caleg Dapil XI Madura ini menyebutkan, munculnya usulan nama Khofifah dianggap tidak memiliki kekuatan signifikan. Karena, lanjut dia, nama mantan Cagub 2013-2018 itu hanya diusung oleh seorang kader Golkar saja. Bukan di usung resmi oleh lembaga yang

memiliki kekuatan politik yang sah. ‘’Nama ibu Khofifah kan hanya pendapat seseorang dan meramaikan bursa cawapres ARB,’’ kilahnya. Soal penolakan Pakde Karwo, ZA merasa masih memiliki optimism tinggi Gubernur Jatim itu mau menerima pinangannya. Bahkan, saat Rapimnas DPP Golkar di Jakarta 22-23 Nopember mendatang, Golkar Jatim akan membuat pernyataan resmi. ‘’Lihat saja nanti. Saya akan berdiri dan menyampaikan secara resmi dihadapan peserta Rapimnas. Sehingga, nama Soeka-

rw akan masuk sebagai daftar untuk rwo di diinvetarisasi oleh DPP sebagai Cawapres pe pendamping ARB,’’ tandasnya. Selain alasan kapabilitas, ZA meni nilai, Pakde Karwo yang berasal dari Ja Jawa (Jatim) dianggap bisa sebagai pe perimbangan ARB yang berasal dari lu Jawa. Sebutan Pakde yang melekat luar di dibenak warga Jatim dinilai mampu mew wakili masyarakat Jawa yang tersebar di seluruh tanah air. ‘’Kami menghormati tanggapan Pakde Karwo tentang kondisi beliau. Tetapi, jik rencana ini (mengusung sebagai jika C Cawapres) tentu akan berkoordinasi de dengan partai Demokrat sebagai tempat Pa Pakde Karwo bernaung,’’ ucapnya. Secara terpisah, Pakde Karwo menyebutkan, dirinya tetap memilih melanjutkan tugasnya sebagai Gubernur Jatim 20142019 ketimbang menjadi Cawapres ARB. Dan semua itu sudah disampaikan langsung kepada ARB, awal pekan lalu. ‘’Mekanisme yang berhak mengajukan calon presiden dan wakil presiden adalah Ketua Majelis Tinggi dan Ketua Umum Partai Demokrat. Saya tunduk dan patuh pada regulasi dan proses yang ada. Dan juga saya memilih tetap ingin melanutkan tugas sebagai gubernur,’’ elaknya ketika menghadiri gerak jalan HUT Korpri di Gedung Grahadi, Minggu pagi. (has/ary)

HARY SANTOSO/MALANG POST

Golkar Jatim Ngotot Usung Jadi Cawapres ARB SURABAYA – Penolakan Soekarwo sebagai Cawapres Golkar 2014, tidak membuat DPD Partai Golkar Jatim putus arang. Sebaliknya, Rabu besok, Golkar justru akan memplenokan keinginannya agar mendapat persetujuan DPD Golkar di 38 kabupaten/kota di Jatim. ‘’Yang membuat keputusan adalah saya dan pasti akan disetujui semua DPD di Jatim. Rabu besok akan diplenokan dan menjadi keputusan resmi,’’ kata Zainudin Amali, Ketua DPD Golkar Jatim usai gerak jalan HUT Golkar 49 Tahun, Minggu siang. Seperti diberitakan diharian ini sebelumnya (MP, 16/11), Soekarwo menolak diusung Golkar Jatim sebagai Cawapres pendamping ARB. Penolakan itu dilakukan sebagai bentuk Soekarwo menjaga etika politik. Dukungan 8,6 juta warga Jatim di Pilgub Jatim lebih berharga ketimbang menerima pinangan Golkar Jatim. Dikatakan ZA, panggilan akrab Zainudin Amali, keteguhan Golkar Jatim mencalonkan Soekarwo sebagai Cawapres 2014 bukan tanpa pertimbangan matang. Kekuatan Soekarwo sebagai birokrat tulen sangat cocok jika disandingkan dengan ARB yang pengusaha tulen. ‘’Banyak kebijakan pakde Karwo di Jatim diadopsi dijadikan progam

6

SURABAYA – Jatah Dana Bagi Hasil Cukai (DBHC) Jatim 2014 Rp 800 Miliar, bisa jadi tidak akan cair 2014 mendatang. Penyebabnya tidak lain karena Kementerian Keuangan (Kemenkeu) belum menyetujui draft DBHC Jatim 2013. ‘’Karena kondisi itulah, sekarang ini, kami (Komisi C) terus mengawal di pusat agar bisa dicairkan. Cairnya DBHC Jatim tentu bisa menambah kekuatan APBD Jatim 2014,’’ kata Mochtar, Anggota Komisi C DPRD Jatim di Gedung Golkar Jatim,, Minggu gg pagi. p g Diceritakan dia, seharusnya D DBHC Jatim harus dibayarkan DB awal aw 2014 mendatang. Tetapi, karena draft penyusunan pemka bagian DBHC se Indonesia belum ba disetujui, maka pencairan bisa dis tertunda. Kondisi ini tidak dialami ter Jatim Jat saja melainkan propinisi lain juga jug kondisinya sama. ‘’Intinya, draf pembagian cukai belum selesai dan belum disetujui. Tidak Jatim saja namun dis se Indonesia alami hal serupa,’’ papar pa mantan Cabup Nganjuk ini Mochtar dengan menyebut, DPRD Jatim de akan mendorong Kemenkeu segera mencairkan awal 2014. Secara teknis, lanjut dia, pencairan jatah DBHC di awal tahun, tengah tahun atau akhir tahun berimplikasi terhadap perubahan APBD Jatim 2014. Padahal melakukan perubahan APBD membutuhkan waktu cukup lama dan bisa memperngaruhi progam kerja lain yang sudah tersusun. ‘’Harapan kami awal tahun bisa cair. Andaikata harus cair pertengahan tahun depan, konsekuensinya harus merubah tatanan di APBD. Dan itu butuh waktu lama untuk mengubahnya,’’ paparnya. Ditambahkan dia, DBHC senilai Rp 800 miliar tentu tidak akan dinikmati Pemprov Jatim sendirian. Sebaliknya, Kabupaten/kota di Jatim juga akan mendapat pembagian sesuai porsi yang sudah diatur mekanismenya. ‘’Pembagian untuk kabupaten/kota sudah ada aturannya. Daerah yang memiliki pabrik rokok dan tidak memiliki pabrik rokok sudah ada prosentase penerimaannya,’’ pungkasnya dengan menyebut selama ini pembagian DBHC tidak pernah ada masalah. Sementara itu dihubungi terpisah, M Ardi Prasetyawan Kabiro Perekonomian Jatim menyebutkan, pihaknya sekarang ini juga tengah sibuk melakukan konsolidasi terkait penggunaan DBHC. Karena, sampai sekarang, masih banyak jatah DBHC yang belum bisa dimanfaatkan secara maksimal. ‘’Gampangnya begini, tinggal menghabiskan saja tidak bisa. Akhirnya dana DBHC banyak yang sisa di daerah-daerah. Termasuk di propinsi juga begitu. Repotnya untuk menghabiskan juga banyak aturannya,’’ ungkapnya. Ditambahkan dia, meski laporan pertanggungjawaban penggunaaan DBHC belum selesai, tetapi pihaknya berharap tidak mempengaruhi pencairan DBHC 2014. Karena, dana itu dianggap sangat membantu progam sosialisasi pembangunan, kesehatan dan progam lainnya di Jatim. (has/ary)

Polisi Dilempar Bom di Mojokerto

HARY SANTOSO/MALANG POST

BISNIS : Gubernur Jawa Timur Soekarwo bersama Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin saat meresmikan Surya Mart, bisnis Muhammadiyah di Surabaya.

Din: Banyak Parpol Sudah Dekati Muhammadiyah SURABAYA –Muhammadiyah sebagai organisasi non politik ternyata masih menjadi daya tarik bagi partai politik di Indonesia. Menjelang pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2014, sejumlah parpol berusaha mendekati Muhammadiyah dengan tujuan bisa mendongkrak parpolnya bertarung di Pileg dan Pilpres. ‘’Tidak hanya satu atau dua parpol saja. Tetapi, sudah banyak parpol sudah mendekati. Tetapi, karena pendekatan itu belum resmi, maka tidak etis kalau saya sebutkan nama parpolnya,’’ kata Din Syamsuddin, Ketua Umum PP Muhammadiyah ketika meresmikan supermarket Muhammadiyah di Surabaya, akhir pekan lalu. Menurut Din, tujuan parpol mendekati Muhammadiyah tidak lain agar mereka mendapat simpati warga Muhammadi-

yah. Jika simpati itu didapat tentu akumulasi parpol bersangkutan secara otomatis akan ikut terdongkrak. ‘’Sekali lagi, karena sifatnya masih belum resmi maka tidak etis saya sebutkan parpolnya. Muhammadiyah milik masyarakat seluruhnya. Siapa saja bisa bisa mendekati,’’ kilahnya sembari tetap menolak nama parpol dimaksudkan. Ditanya tentang pinangan sebagai Capres atau Cawapres 2014, Din mengatakan, dirinya akan siap menjalankannya. Artinya, jika dirinya dipinang untuk maju di Pilpres 2014 maka akan diperhatikan. ‘’Saya siap saja. Tapi, pengurus menyepakati dan mempersilahkan saya maju, maka saya akan maju. Tetapi, kalau pengurus tidak setuju, mohon maaf

saya tidak akan maju,’’ kata Din, yang kelahiran Nusa Tenggara Barat ini. Organisasi Muhammadiyah, tambah dia, tidak akan dilibatkan secara langsung atau tidak langsung dalam utusan politik praktis. Pihaknya akan sebatas memberikan saran dan membantu pemikiran untuk membangun bangsa menjadi lebih baik. ‘’Muhammadiyah tahu diri dan tidak terlibat dalam politik kekuasaan. Karena hanya berpolitik moral. Kalau ada partai politik mau melamar kader Muhammadiyah sebagai pemimpin, Insya Allah, kami punya banyak,’’ katanya. Di Surabaya, Muhammadiyah membuat terobosan baru dengan menggarap sektor Usaha Kecil Menengah (UKM). Konsentrasi utama bidang UKM difokuskan untuk warga Muhammdiyah yang

tersebar di berbagai daerah di Jatim. ‘’Kami fasilitasi mereka dengan membangun membangun outlet berupa supermarket yang dinamai Surya Mart. Dengan Surya Mart pengusaha kecil khususnya warga Muhammdiyah bisa menitipkan barangnya,’’ katanya. Sementara itu M Nadjib, Sekretaris Muhammadiyah Jatim menyebutkan, kualitas dan pelayanan supermarket milik Muhammadiyah tidak kalah dengan supermarket lainnya. Berbagai strategi sudah dipersiapkan matang-matang agar tidak kalah dengan yang lain. ‘’Semisal, branding, order tepat waktu dengan harga yang kompetitif. Intinya, Surya Mart menomorsatukan kualitas serta memuaskan pelanggan,’’ katanya dengan menyebut akan membangun 50 outlet Surya Mart. (has/ary)

Unipa Pecat Dua Mahasiswa Tersangka Pembunuh SURABAYA-Paska penangkapan 2 pelaku pembunuh Fita Fitria Dewi (21) mahasiswi semester VII Fakultas Tata Busana oleh Polres Mojokerto, Rektor Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Drs H Sutijono SH memberhentikan dua mahasiswanya. Mereka yakni Restu Eka Brianti Tasari dan Yunanda Bagus Putra mahasiswa angkatan 2008 Jurusan Seni Rupa. Dua mahasiswa ini dianggap telah menodai nama baik kampus dan terbukti melakukan perbuatan kriminal.“SK pemberhentiannya sebagai mahasiswa sudah kami dikeluarkan,” kata Sutijono kepada wartawan saat menggelar jumpa pers di Garden Palace Hotel, kemarin. Rektor Unipa menuturkan, pihak kampus yakin bahwa Restu dan Yunanda mahasiswa semester XI terbukti bersalah. Tim investigasi dari pihak kampus juga telah mengikuti proses penyelidikan kasus pembunuhan Fita. “Kami ikut mendalami proses penyelidikan. Pelaku juga sudah mengakui perbuatannya. Pihak kampus tidak bisa menerima mahasiswa yang melakukan

IST/MALANG POST

TERSANGKA : Dua tersangka ketika digelandang Polisi, insert foto korban.

tindak kriminal,” tutur dia. Dia juga menjelaskan, Unipa tercatat memiliki lebih dari 7.000 mahasiswa. Dari sekian banyak jumlah itu, Sutijono mengatakan ada banyak mahasiswa yang berprestasi. Namun perbuatan kriminal yang dilakukan Restu dan

Yunan akan menjadi bahan evaluasi ev bagi pihak akademik. “Hal ini akan menjadi bahan evaluasi kami. Mulai dari kegiatan ke mahasiswaan hingga akademik, aturanaturan akan diperketat,” ujar dia. Saat menggelar konferensi pers

ini, Sutijono didampingi oleh Wakil Rektor III Pungut Asmoro dan Humas Unipa Widodo. Diberitakan sebelumnya, mayat Fita Fitria Dewi (21) ditemukan dalam karung plastik oleh warga sekitar yang sedang mencari rumput, Senin (11/11) di Desa Claket Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto. Dan 1 minggu kemudian, polisi berhasil menangkap pelaku pembunuhan di Banjarnegara, Jawa Tengah.(dtc/ary)

MOJOKERTO - Upaya polisi menangkap komplotan perampok yang biasa beraksi di Mojokerto mendapat perlawanan. Seorang pelaku melempar bondet (bom ikan) dan menembakkan air softgun ke arah polisi.Menurut Kasat Reskrim Polres Mojokerto, AKP I Gede Suartika, semula polisi bermaksud menangkap para perampok SPBU di Desa Pugeran, Kecamatan Gondang, yang terjadi Minggu (10/11/2013) lalu. Polisi yang sudah mengetahui identitas perampok SPBU, melakukan pengintaian di salah satu kawasan di Pasuruan dalam beberapa hari terakhir. Saat mendapat laporan jika komplotan perampok menuju ke arah Mojokerto, anggota Satuan Reskrim Polres Mojokerto disiagakan untuk menghadang sekaligus menangkap pelaku. Tepat di kawasan bukit kapur, perbatasan Watu Kosek, Gempol, Pasuruan dan Kecamatan Ngoro, Mojokerto, polisi melakukan penyergapan sekitar pukul 20.30 WIB, Sabtu (16/11/2013). Saat itu para terduga perampok berjumlah empat orang naik dua sepeda motor. Saat tahu polisi menghadang, salah seorang pelaku melempar bom ikan dan menembakkan pistol air softgun ke arah polisi, namun meleset. Tak ingin buronan kabur, polisi lalu menabrak salah satu sepeda motor Supra tak bernopol yang ditumpangi pelaku.Dua terduga perampok yang naik sepeda motor terjatuh. Seorang pelaku bisa kabur naik sepeda motor berboncengan dengan dua terduga perampok. (dct/ary)

PSK Dolly Tewas Bugil IST/MALANG POST

EVAKUASI: Pihak terkait ketika mengevakuasi jenazah korban.

SURABAYA - Seorang Pekerja Seks Komersial (PSK) Dolly ditemukan tewas telanjang di kos nya, Jalan kupang Gunung timur VII/25. PSK bernama Vera Eliefianti tersebut ditemukan dalam keadaan membusuk. Diduga Elie menjadi korban pembunuhan.“Berdasarkan saksi yang kami periksa, dugaannya memang begitu (dibunuh),” kata Kompol Manang Soebeti saat dihubungi wartawan,kemarin. Kapolsek Sawahan tersebut mengatakan, indikasi jika Elie dibunuh adalah wajahnya yang rusak yang diduga dia dianiaya sebelum dibunuh. Pada mulut elie juga ditemukan kain yang diduga digunakan untuk membekapnya. Selain itu, pintu kamar kos dikunci dari luar. Jenazah PSK asal Nangapanda, Ende, NTT itu ditemukan pertama kali oleh pemilik kos yang mencium bau busuk dari dalam kamar Elie di lantai 2. Setelah didobrak, kagetlah pemilik kos melihat kondisi Elie yang mengenaskan. Peristiwa itu segera dilaporkan ke polisi. Elie diketahui merupakan PSK di Wisma 27 di kawasan Dolly. Di wisma tersebut, Elie baru ‘berdinas’ selama 3 hari. Sebelumnya ia bekerja di Wisma 1 A. Elie sendiri sudah sekitar 2 tahunan ada di kawasan Dolly. “Korban ini berpacaran dan kumpul kebo dengan pacarnya yang biasa dipanggil Ambon,” lanjut Manang. Ambon dikenal sebagai penerima tamu di Wisma Lancar Jaya di Jalan Kupang Gunung Timur I/12. Apakah Ambon adalah pembunuh Elie? Manang belum bisa memastikan. Yang pasti keberadaan Ambon tidak terlihat saat jenazah Elie ditemukan. Apalagi berdasarkan keterangan saksi lain, sebelum Elie tewas, pasangan itu sempat cekcok. “Kami masih melakukan penyelidikan dan menunggu hasil pemeriksaan forensik,” tandas Manang.(dtc/ary) REDAKTUR: BAGUS ARY, LAYOUTER: OLIS


SAMBUNGAN Rumah Ratusan Juta Ambrol Sambungan dari Hal 1 ‘’Sejak malam sudah terdengar suara retakan. Makin lama, semakin menakutkan. Jadi, kami tidak tidur semalaman karena khawatir. Akhirnya,waktu subuh kami boyong barang-barang keluar rumah,’’ ungkap Mia kepada Malang Post. Kekhawatiran itu menjadi kenyataan. Sekitar pukul 09.00 WIB, sedikit demi sedikit bagian bangunan rumah, mulai berjatuhan ke sungai. Hingga akhirnya kejadian yang berlangsung tak lebih dari 5 menit itu tinggal menyisakan seperempat bagian rumah warisan Bambang Parikesit (alm) kepada Sunjoto (alm) tersebut. ‘’Kami sudah tahu kalau pondasinya rusak. Bulan lalu baru saja dicor ulang habis Rp 30 juta. Tapi, tetap saja aliran air sungai mengikis pondasi,’’ imbuh Retno, mertua Mia yang menyaksikan langsung detikdetik ambruknya rumah di Kecamatan Blimbing itu. Ditengarai, hujan deras yang mengguyur Kota Malang Sabtu lalu membuat debit air sungai setempat kian meluap. Akibatnya, bagian pondasi rumah semakin tergerus aliran yang deras. ‘’Kalau hujan deras, sungai di sini memang sering banjir. Pondasi rumah yang berbatasan langsung dengan sungai, jadi begitu rapuh,’’ tandas Asri Hartadi, warga Jalan Musi 8. Beruntung, tak ada korban jiwa akibat kejadian itu. Hanya saja, kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Bagian belakang dan lantai dua rumah di Jalan Musi 12,

yang terdiri dua kamar tidur, dua kamar mandi dan dapur yang masih penuh perabot rumah tangga ludes terbawa longsoran. Rumah atas nama Bambang Parikesit yang dihuni sejak tahun 1971 tersebut, hanya menyisakan tiga kamar di bagian depan, teras dan ruang tamu yang tinggal separo. Sedangkan, keluarga Samuel yang terkena imbas, harus merelakan teras belakang dan kamar mandi kediaman mereka hancur. ‘’Kami baru tahu kalau kondisi rumah seberang (Jalan Musi 12) sudah kritis, mau ambruk, tadi pagi (kemarin, Red.). Pondasinya sudah melompong tinggal menunggu jatuh ke sungai,’’ tukas Ata Tomasouw, penghuni rumah Jalan Lematang 8 yang sempat merekam video detik-detik ambruknya rumah. Akibat peristiwa nahas di akhir pekan ini, dua kompi tim gabungan TRC dan Satgas Perkim DPU PPB Kota Malang, dituntut bekerja keras membersihkan puing-puing bangunan yang memenuhi sungai. Jika aliran sungai tersumbat, bukan tidak mungkin malah menyebabkan banjir bandang yang bisa menyapu lebih banyak korban. ‘’Proses evakuasi jelas butuh waktu yang tidak sebentar. Tapi, juga tidak boleh lambat karena kalau aliran air sungai tersumbat. Nanti malah membuat banjir bandang,’’ ucap Juari, personil Satgas Perkim. Sementara itu, Kabid Perumahan dan Pengawasan Bangunan DPU PPB Kota Malang, M Thoriq menegaskan, pihaknya bakal maksimal

menangani evakuasi bangunan yang ambruk. ‘’Kami akan bantu penanganan darurat. Diawali dengan langsung menerjunkan Tim Satgas Perkim. Penanganan kami lakukan sampai semuanya benar-benar aman,’’ jawabnya kepada Malang Post. Hanya saja, wujud bantuan yang diberikan pihak DPU PPB hanya sebatas bantuan tenaga untuk mengevakuasi reruntuhan rumah di Jalan Musi 12 dan Lematang 8. Termasuk, membangun barikade sementara untuk menggantikan plengsengan yang jebol. ‘’Baru itu dulu yang bisa kami bantu. Kalau bantuan materi mungkin bagian SKPD lain, misalkan saja Dinas Sosial,’’ imbuhnya. Sementara itu, Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Malang, Saiful Rusdi berharap masalah ini menjadi perhatian seluruh pihak, mulai warga setempat sampai Pemkot Malang. ‘’Kalau ada bencana seperti itu, semua harus cepat tanggap membantu. Namanya juga bencana, ya harus diprioritaskan untuk ditolong,’’ tuturnya. Menurut pria yang juga Ketua PBSI Kota Malang itu, paling tidak pihak DPU PPB terus melakukan pemantauan dan turun ke lapangan seoptimal mungkin. ‘’Termasuk DPU harus bertanggungjawab membantu. Nanti, penyebab ambruknya harus ditelusuri. Dari situ, kemudian dirembug soal solusi penanganannya dan bantuan yang perlu diberikan,’’ pungkas pria berkumis ini. (tom/avi)

Ratusan Anak Belajar Bola dari Indra Sjafri Sambungan dari Hal 1 Selain itu, mengajar anak usia dini, juga dibutuhkan kesabaran dan telaten. ‘’Yang paling penting, menjauhkan dari sikap yang bisa menjatuhkan mental pemain. Jadi bagaimana memberikan teguran terhadap anak, itu sangat penting,’’ kata Indra lagi. Teguran itu, tandasnya, harus tetap bisa memberikan motivasi dan dilakukan secara enjoy saat berlatih. ‘’Jangan sampai teguran malah membuat anak-anak down,’’ jelasnya kepada Malang Post. Dia lantas mencontohnya. Misal ada salah satu pemain yang melakukan tendangan ke gawang. Tendangannya tidak berbuah gol. Kebanyakan pelatihan SSB di Indonesia, pasti langsung mengarahkan bagaimana cara menendang yang baik. ‘’Bukan seperti itu. Yang tepat, dikembalikan kepada pemain. Tanyakan kenapa tidak gol. Coba ulangi lagi, sampai bisa bikin gol. Pemain tersebut sudah pasti mempunyai jawaban dan tindakan, untuk mencetak gol, tanpa harus langsung

dikasih tahu,’’ urainya. Saat memberikan pelatihan, Indra tidak sendiri. Jajaran pelatih Timnas U-19 lain, seperti Eko Purdjianto dan Nursaelan, juga turut serta. Dalam sesi coaching clinic itu sendiri, Indra memulai dengan memberikan materi dasar. Seperti tendangan ke gawang, passing dan dribling bola. ‘’Yang diberikan bukan tekniknya. Tapi skill dalam melakukan hal tersebut. Ini masih dasardasarnya saja,’’ kata Indra, yang benar-benar terlihat telaten ketika melatih pemain. Sekretaris Pengcab PSSI Kota Batu, Zainul Arifin menjelaskan, coaching clinic bersama Indra Sjafri dan Garuda Muda U-19 itu, menjadi kesempatan berharga bagi komponen sepakbola Kota Batu. Dia mengajak, semua pemain muda dan pelatih di semua tingkatan baik itu dari SSB sampai Divisi 2, Divisi 1, bisa ikut. ‘’Ini kesempatan emas. Harus

dimaksimalkan oleh pemain dan pelatih. Harapan kita, dalam 2 - 3 tahun ke depan, sudah mampu mengirimkan pemain-pemain terbaik ke timnas,’’ kata Zinung, panggilan akrabnya. Sementara Pelatih SSB Krida Yuwana, Sabar mengatakan, sangat perlu sekali bagi pelatih usia dini, memahami lebih cara melatih yang benar sesuai dengan program FIFA. ‘’Semoga hasilnya bisa dikembangkan di masing-masing SSB dan sekolah yang mempunyai ekskul sepakbola. Kami mengucapkan banyak terima kasih atas ilmu dan pengalaman yang singkat ini,’’ tambahnya. Antusiasme warga Kota Batu, juga terlihat saat pelatihan berlangsung. Apalagi meski hujan, pemain dan pelatih tampak serius dan mengikuti serangkain coaching clinic. Kondisi itu juga menjadikan warga, tetap berada di tempat, melihat talenta-talenta muda berlatih, bersama pelatih handal. (mik/avi)

Anggaran Subsidi BBM Jebol Sambungan dari Hal 1 Askolani mengakui, tahun ini, pemerintah bisa sedikit lega karena laju konsumsi BBM subsidi bisa ditekan dengan adanya kenaikan harga pada Juni lalu. Sehingga, lonjakan konsumsi BBM seperti yang terjadi pada 2012 lalu bisa dicegah. Sebagai gambaran, tahun lalu volume BBM subsidi dipatok 40 juta kilo liter. Namun, lonjakan konsumsi pada pertengahan tahun membuat pemerintah menambah jatah sebesar 4,04 juta kiloliter. Lalu, karena konsumsi terus melonjak, pemerintah kembali menambah kuota sebesar 1,23 juta kiloliter. Pada akhir tahun, realisasi konsumsi tercatat 45,07 juta kiloliter.

Menteri Keuangan Chatib Basri mengatakan, laporan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebut konsumsi BBM subsidi hingga akhir Oktober sebesar 33 juta kiloliter, masih jauh dari kuota 48juta kiloliter. ”Konsumsi sampai akhir tahun diperkirakan 46,6 juta kiloliter, atau paling tinggi 47 (juta kiloliter),” ujarnya. Lalu, apa yang membuat subsidi BBM tahun ini berpotensi membengkak? ”Kali ini dipengaruhi depresiasi rupiah,” kata Askolani. Sebagaimana diketahui, nilai tukar rupiah dalam APBN Perubahan 2013 ditetapkan sebesar Rp 9.600 per USD. Namun, rata-rata realisasi

nilai tukar hingga akhir Oktober sekitar Rp 10.500 per USD. Depresiasi rupiah memang membuat anggaran subsidi BBM melonjak. Ini disebabkan sebagian BBM subsidi berasal dari impor. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, sepanjang periode Januari September 2013, impor BBM sudah mencapai USD 21,76 miliar. Sedangkan impor minyak mentah untuk diolah menjadi BBM sebesar USD 12,13 miliar. Sehingga, totalnya mencapai USD 33,89 miliar atau sekitar Rp 372 triliun. Angka impor ini lebih tinggi jika dibandingkan periode sama tahun lalu yang sebesar USD 29,65 miliar. (owi/sof/jpnn)

Direvisi Berlaku Saat Jam Sibuk Sambungan dari Hal 1 ‘’Kita sudah musyawarahkan dengan tokoh masyarakat dan sudah ada titik temu yang disepakati bersama. Rencananya, jalur satu arah akan dilakukan uji coba sistem buka tutup. Satu arah tidak lagi 24 jam seperti sebelumnya,’’ kata Abah Anton kepada Malang Post, usai menghadiri haul KH. Abdullah Fatah bersama warga Betek di Jalan Mayjen Panjaitan Gg. XI, kemarin. Dijelaskannya, dari hasil pertemuan itu, jalur satu arah akan dicoba hanya pada jam-jam sibuk lalu lintas. Yakni pada pagi hari saat berangkat kerja dan sekolah. Saat sore hari, juga akan diberlakukan satu arah. Diluar itu, jalur dua arah akan dibuka untuk semua kendaraan. Dengan sistem buka tutup itu akan diketahui bagaimana efektifitas pelaksanaan satu jalur yang sudah ditetapkan Pemkot Malang. Sejak 6 November lalu, saat jalur satu arah diberlakukan. Permasalahan lalu lintas sudah dapat di atasi. Simpul-simpul yang biasanya terjadi kemacetan sudah dapat terurai dan tidak lagi terjadi kemacetan, meski di jam-jam sibuk lalu lintas. ‘’Rencananya akan diuji cobakan mulai Selasa besok. Untuk mematangkan rencana itu, besok Senin (hari ini, Red.) akan dilakukan pembahasannya bersama Forum Lalu Lintas di Balai Kota

Malang,’’ ungkapnya. Dalam silaturahmi dengan warga Betek, orang nomor satu di Pemkot Malang itu, juga meminta maaf bila kebijakannya membuat sebagian warga jengkel. Tapi, dia menegaskan, jika kebijakan yang diambil untuk kemaslahatan warga Malang yang lebih luas. ‘’Kalau memang saya tidak diharapkan dan tidak dikehendaki masyarakat untuk memimpin Kota Malang lagi, saya ikhlas untuk melepaskannya. Kebijakan yang saya ambil sudah saya pikirkan dan untuk kemaslahatan warga Kota Malang,’’ jelas Ketua PITI Malang Raya itu. Abah hanya mengkhawatirkan kondisi jembatan Soekarno-Hatta yang kondisinya saat ini sudah rawan. Rangka baja jembatan sudah goyang. Jika kemacetan sering terjadi di atas jembatan akan sangat membahayakan pengendara. Karena rangka baja tidak bisa bengkok, tapi bisa langsung patah. ‘’Kalau patah tentu sangat bahaya dan bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Ini yang Abah sangat khawatirkan,’’ tegasnya. Abah yakin, jika Kota Malang bisa terbebas dari kemacetan dan banjir akan meningkatkan perekonomian masyararakat. Wisatawan akan berduyun-duyun datang ke Kota Malang. Warga yang berjualan pun

akan meningkat transaksinya karena wisatawan mau membelanjakan uangnya di Kota Malang. ‘’Tapi kalau macet jalanannya dan sering banjir, orang akan malas datang ke Malang. Imbasnya juga pada ekonomi masyarakatnya,’’ terang bendahara PC NU Kota Malang itu. Karena sudah menjadi hasil musyawarah bersama, Abah berharap uji coba buka tutup satu arah dapat dilaksanakan bersama. Baik Dishub, Polisi dan semua yang terlibat dalam program ini. ‘’Ini kita bangun dengan rasa kebersamaan. Polisi juga akan kita ajak bicara untuk penerapannya. Semua ini tetap akan kita evaluasi bersama karena semuanya masih dalam masa uji coba,’’ terangnya. Kapolres Malang Kota, AKBP Totok Suhariyanto yang juga hadir di acara haul KH. Abdullah Fatah, enggan untuk menjawab pertanyaan terkait rencana sistem buka tutup jalur satu arah yang akan diberlakukan pada jam-jam sibuk lalu lintas. Dia hanya meminta untuk konfirmasi ke wali kota. Seperti diketahui, warga Betek dan Jalan MT. Haryono melakukan aksi penolakan jalur satu arah yang diberlakukan wali kota. Aksi dilakukan dengan membentangkan banyak spanduk di sepanjang Jalan MT Haryono dan Mayjen Panjaitan. (aim)

SENIN, 18 NOVEMBER 2013

7

Rp 4 T Dana BOS Kemenag Salah Alokasi JAKARTA – Permasalahan pemanfaatan dana bantuan operasional sekolah (BOS) di Kementerian Agama (Kemenag) belum beres. Tim Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemenag masih menemukan kesalahan alokasi dana BOS. Pihak sekolah dituntut untuk mengembalikan uangnya ke negara. Irjen Kemenag M. Jasin menuturkan, untuk mengawasi penyaluran dana BOS tahun anggaran 2013 pihaknya menerjunkan tim khusus ke sejumlah daerah. ’’Hasilnya banyak sekali temuan. Diantaranya adalah kesalahan alokasi,’’ kata Jasin kemarin (17/11). Mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu menuturkan, penelusuran perkembangan penyaluran dana BOS terdiri dari beberapa aspek. Diantaranya adalah aspek pemanfaatan. Di dalam aspek ini, tim menemukan kesalahan dalam alokasi dana BOS. Diantaranya adalah digunakan untuk biaya peringatan hari besar Islam (PHBI), di madrasah negeri dana BOS dipakai membayar gaji guru melebihi toleransi (lebih dari 20 persen), dan belanja barang untuk membayar honorarium guru. Kesalahan alokasi lainnya berupa pemanfaatan dana BOS untuk membayar biaya TV berbayar dan

membeli laptop melebihi ketentuan. Terkait dengan kesalahan alokasi tersebut, Jasin mengatakan pihak sekolah akan dijatuhi sanksi. Sanksinya bervariasi tergantung dari tingkat penyimpangannya sebagaimana diatur dalam PP 53/2010. ’’Diantaranya adalah mengembalikan dana BOS yang salah alokasi itu ke negara,’’ katanya. Jika diusut lebih dalam dan ternyata ada unsur korupsi penggunaan dana BOS, Jasin mengatakan PNS yang bersangkutan akan dicopot dengan tidak hormat. Dia mengatakan tim Itjen sudah mendata potensi penyimpangan pemanfaatan dana BOS itu. Tetapi dia tidak bersedia membeber nominalnya. ’’Terkait nominal itu sensitif,’’ ujarnya. Jasin mengatakan penyimpangan penggunaan dana BOS ini dilakukan di sekolah madrasah negeri maupun swasta. Dari sebarannya, penyimpangan ini dilakan madrasah di penjuru pulau Jawa. ’’Di Jawa pun masih begitu (terjadi penyimpangan, red) apalagi di luar Jawa,’’ ucap dia. Temuan selain penyimpangan penggunaan dana BOS adalah sistem administrasi. Dia mengatakan laporan berkala kepada manajemen BOS kabupaten/kota umumnya belum dibuat oleh tingkat sekolah.

Temuan lainnya adalah perencanaan penggunaan dana BOS belum dipajang pihak sekolah di papan-papan pengumuman umum. Padahal upaya ini wajib dilaksanakan sebagai upaya transparansi penggunaan dana BOS. Jasin juga mengatakan, sosialisasi program BOS kepada kepala dan komiter madrasah oleh tim manajemen BOS dinilai sangat kurang. Anggaran dana BOS di Kemenag setiap tahun mengalami peningkatan. Pada 2013 ini alokasi dana BOS di Kemenag mencapai Rp 4 triliun lebih. Dengan rincian penyaluran Rp 580 ribu/siswa/ tahun untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah (setingkat SD) dan Rp 710 ribu/sisiwa/tahun untuk jenjang Madrasah Tsanawiyah (setingkat SMP). Sebelumnya pada 2012 sebesar Rp 3 triliun. Pemerintah sejatinya sudah mengatur ketentuan penggunaan dana BOS. Diantaranya adalah dana BOS dilarang disimpang dalam jangka waktu yang lama dengan maksud dibungakan. Kemudian dana BOS tidak boleh dipinjamkan ke pihak lain, membeli buku LKS, membiayai kegiatan yang tidak prioritas seperti studi tour, karya wisata, dan sejenisnya. Dana BOS juga dilarang dipakai untuk membayar bonus dan transportasi rutin para guru. (wan/agm/jpnn)

Muhaimin Optimis Wilfrida Bebas dari Hukuman Mati JAKARTA - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar yakin Wilfrida Soik, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang menjadi terdakwa pembunuhan dan terancam hukuman mati di Malaysia bisa bebas dari tuntutan vonis mati yang didakwakan Jaksa. “Kita tetap optimis Wilfrida bisa bebas dari hukuman mati dan pemerintah terus memperjuangkan untuk pembebasannya dari hukuman mati,” kata Muhaimin melalui siaran persnya di Jakarta, Minggu (17/11). Dikatakan, Pemerintah terus melakukan upaya membebaskan Wilfrida dari hukuman mati. Di antaranya dengan menemui Menteri Dalam Negeri Malaysia Dato Seri Ahmad Zahid bin Hamidi beberapa waktu lalu.

Pemerintah Indonesia juga terus mendesak agar pemerintah Malaysia ikut memberikan perhatian khusus terhadap para TKI yang terancam hukuman mati di Malaysia, termasuk salah satunya adalah Wilfrida. “Pemerintah Malaysia bersedia memberikan dukungan yang dibutuhkan dalam upaya-upaya yang kita lakukan untuk pembelaan. Meskipun memang tidak bisa intervensi langsung terhadap setiap proses pengadilan yang sedang berlangsung,” jelas Menteri asal PKB itu. Proses persidangan kasus Wilfrida telah berjalan hampir tiga tahun dan saat ini masih berlangsung di Mahkamah Tinggi Kota Bharu, Kelantan, Malaysia (setingkat Pengadilan Negeri di Indonesia). Proses persidangan kasus

tersebut masih panjang. Karena saat ini baru berada di tahap awal dalam sistem peradilan di Malaysia. Nah, apabila hakim telah mengeluarkan keputusan pada Mahkamah Tinggi, proses berikutnya yang harus dilalui dalam penanganan kasus dimaksud adalah Mahkamah Banding (Mahkamah Rayuan), Mahkamah Kasasi (Mahkamah Persekutuan) dan Permohonan Amnesti (pengampunan dari Yang Dipertuan Agung). Menurut Muhaimin, sejak ditahannya Wilfrida, Pemerintah telah melakukan pendampingan dan menunjuk pengacara Raftfizi dan Rao yang sebelumnya telah berhasil membebaskan beberapa TKI dari ancaman hukuman mati di Malaysia. (fat/jpnn)

Tampil Garang, Bimasakti Mulai Menang Sambungan dari Hal 1 Tembakan bebas hasil pelanggaran sukses dimasukkan oleh yanuar. Skor 32-22 untuk Bimasakti menutup pertandingan kuarter kedua. Di kuarter ketiga, seakan tak ingin mengulang kesalahan di pertandingan pertama, Bimasakti menaikkan tensi. Bermain deffence tetap dilakukan namun serangan-serangan juga gencar dilakukan. Angka 50-32 mengakhiri kuarter ketiga untuk Bimasakti. Merasa sudah diatas angin, pada kuarter akhir Oei A Kiat menurunkan beberapa pemain rookie untuk menggantikan pemain-pemain inti. ‘’Bukan bermaksud meremehkan tim lawan. Tapi kita ingin kenalkan nuansa pertandingan NBL

kepada pemain-pemain baru,’’ ujar Pelatih Bimasakti Nikko Steel Malang, Oei A Kiat ketika dikonfirmasi usai pertandingan. Meski NSH GMC terus melakukan serangan, namun usahanya tidak berhasil untuk mengejar ketertinggalan. Kedudukan 62-45 menutup pertandingan malam hari itu. Menanggapi permainan anak asuhnya, Oei A Kiat mengaku puas atas hasil yang diperoleh. ‘’Saya bangga, anak-anak bisa jalankan intuksi yang saya berikan,’’ kata Oei A Kiat. Ia menambahkan, kemenangan ini berkat usaha tim yang telah melupakan kekalahan sebelumnya. ‘’Kami terus berikan motivasi ke-

pada para pemain untuk melupakan kekalahan dan menjadikan kekalahan itu sebagai bahan pelajaran,’’ tandasnya. “Buktinya hari ini (kemarin, Red.) mereka tunjukkan yang terbaik. Deffence bagus dan lancar,’’ lanjut Oei A Kiat Ditanya mengenai strategi yang diterapkan, pelatih keturunan Tionghoa ini mengatakan tidak ada perubahan strategi dari pertandingan sebelumnya. ‘’Secara umum tidak ada perubahan. Cuma kita tekankan pada konsentrasi pemain agar tidak lengah saat memimpin. Agar kesalahan di pertandingan sebelumnya tidak terulang,’’ pungkasnya. (mg11/avi)

Instruktur Tamu, Beri Warna Baru Sambungan dari Hal 1 Terbukti, anak dan ibu terlihat kompak dan enjoy sepanjang senam. Instruktur tetap seperti Sugeng Bahenol dan Farida Ariyani, terlengkapi dengan gerakan yang dipimpin Evi SK, sang instruktur tamu dari Surabaya. Evi SK yang akrab disapa Vivi, hadir kembali, setelah awal puasa lalu, pernah mengguncang lapangan Rampal. ‘’Kebetulan jadwal kosong. Temanteman instruktur meminta saya untuk datang lagi ke Rampal,’’ kata Vivi yang terlihat bersemangat sepanjang acara. Menurutnya, Senam Rampal ini sudah menjadi magnet tersendiri bagi warga Kota Malang. Tak heran, sema-

kin hari pesertanya terus bertambah. ‘’Saya sudah 15 tahun di dunia senam. Namun baru pertama ini dibuat takjub dan puas memimpin jalannya senam di pagi hari,’’ ujarnya seraya memamerkan senyuman. Dengan dresscode warna kuning, ditambah teriakan khas dan goyangan, membuat Senamers, tak menggubris teriknya matahari yang di pagi itu. Kordinator Senam Rampal, H.Sudarno mengatakan, kali ini para peserta kembali dihibur oleh instruktur tamu. Dengan begitu, ada gerakan-gerakan baru yang disajikan guna menggenjot fisik senamers.

‘’Peserta terlihat semangat dan antusias. Penyegaran seperti ini sangat butuh,’’ terang Abah Darno, panggilan akrab GM Malang Post ini. Menurutnya, setelah Jumat (15/11) kemarin peserta juga senam bersama Menteri BUMN, Dahlan Iskan, ternyata Minggu kemarin, justru peserta bertambah. ‘’Alhamdulillah pesertanya bertambah. Saya yakin, hari-hari mendatang bakal banyak lagi yang ikut,’’ jelasnya. Senam yang dimulai pukul 06.30 wib itu kemudian ditutup dengan goyangan India, Bang Jali. Terlebih dahulu diawali dengan goyang Caesar, SDI dan goyang wedus. (mik/avi)

Bermodal Rp 50 Ribu Hasilkan Rp 50 Juta Sebulan Sambungan dari Hal 1 Ibu dua anak dan satu cucu ini, mulai bercerita mengenai kesuksesannya menggeluti usaha tekstil. Awalnya di tahun 1997 silam, dia mulai mendirikan End’s collection embroidery dan handicraft di rumahnya. Meski sejak lama, Endang punya hobi membuat pakaian dan menjahit. ‘’Saat itu, mayoritas industri maupun usaha, tutup terkena dampak dari krisis moneter. Namun, saat itu saya justru memulai usaha tekstil dengan bermodalkan Rp 50 ribu saja dan satu unit mesin jahit,’’ terang wanita berkacama ini. Modal Rp 50 ribu itu, dia belikan kain yang kemudian dibuat bed cover dan pakaian. Saat mengawali usahanya itu, dia masih aktif sebagai PNS di Badan Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jatim di Karangploso. Walaupun usaha sudah mulai berjalan, tapi mayoritas tenaga dan pikirannya, masih tercurah terhadap pekerjaan tetapnya. Sekalipun, wirausahanya, tetap tak ditinggal. Pekerjaan sebagai PNS di BPTP Jatim dan wirausahanya End’s collection embroidery dan handicraft, berjalan seiringan. Namun

diakuinya, usahanya itu belum menunjukan perkembangan yang cukup signifikan hingga tahun 2009. Keadaan seperti itu, membuatnya khawatir. Apalagi tahun 2010, dia akan memasuki masa pensiun. Kekhawatiran itu bukan tanpa alasan. Bila dia pensiun, untuk biaya hidup, hanya mengandalkan uang pensiunan saja, tidak cukup. Namun, kekhawatirannya akhirnya sirna. Ketika awal pensiun, dia memberanikan diri lebih menyeriusi usahanya itu. ‘’Awalnya memang ada kekhawatiran tidak produktif lagi saat pensiun. Namun, berkat dorongan suami dan anak-anak, ternyata saya bisa juga,’’ terang wanita tamatan Sarjana Hukum di Universitas Merdeka (Unmer) Malang ini. Lambat laut setelah pensiun, usaha tekstilnya terus menunjukan kenaikan. Hingga saat ini, dia mempunyai omset Rp 50 juta perbulan dari modal awal Rp 50 ribu. Bahkan lantaran pesanan terus berdatangan, dia sekarang harus dibantu 15 karyawan, dengan 16 mesin jahit. Terakhir, dia sudah membuka outlet

sendiri yang tidak jauh dari rumahnya. Belum cukup sampai di situ saja, melalui usahanya itu pula, Endang Widati berhasil mengantarkan kedua anaknya lulus sarjana. ‘’Tahun kemarin, alhamdulillah saya juga baru saja naik haji, berkat keuntungan dari usaha tekstil ini,’’ ucapnya bersyukur. Hasil karyanya seperti bed cover, taplak meja, selimut dan sebagainya, bahkan sudah menembus Kalimantan, Sumatera, hingga Batam. Itu belum termasuk kota-kota lain di Jawa. Diapun sudah berancang-ancang untuk melebarkan sayapnya ke luar negeri. Endang pun makin yakin, kesuksesan yang diraih, tidak memandang umur. Saat muda bahkan pensiun di usia senjapun, bukan halangan untuk meraih kesuksesan beriwirausaha. ‘’Asal bila dikerjakan dengan serius dan semangat tinggi, bisa meraih kesuksesan. Tentunya pekerjaan yang ditekuni, juga harus disesuaikan dengan usia dan tenaga. Kalau masa pensiun atau saat tua, pekerjaan yang paling pas yakni seperti menjahit, memasak, membuat kerajinan dan aktivitas ringan lainnya,’’ tutupnya. (binar gumilang) REDAKTUR : SUNAVIP RA INDRATA, LAYOUTER : MOKA


POL TIKA

SENIN, 18 NOVEMBER 2013

8

Caleg Demokrat Wajib Sosialisasikan Peserta Konvensi JAKARTA - Konvensi Demokrat digelar bukan hanya untuk kepentingan Partai Demokrat semata. Lebih dari itu, Konvensi digelar untuk kepentingan melanjutkan tradisi demokrasi yang berkembang dan sehat, serta proses seleksi kepemimpinan nasio­ nal. Apalagi dalam proses ini, masyarakat dilibatkan dalam menyeleksi dan memilih para peserta yang akan diusung Partai Demokrat sebagai calon presiden. “Kami yakin dan optimistis peserta konvensi akan mendapatkan di ruang publik. Kami juga optimistis konvensi akan melahirkan calon presiden yang sesuai harapan masyarakat,” kata Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat, Saan Mustopa, di sela-sela acara sepeda santai bersama komunitas sepeda dan masyarakat di Karawang, Jawa Barat (Minggu,

17/11), kemarin. Terkait hasil beberapa survei yang menyatakan bahwa elektabilitas peserta konvensi masih kalah di antara calon presiden dari partai lainnya, Saan mengatakan, Partai Demokrat akan menjadikannya sebagai masukan dan pemicu sehinga semakin giat melakukan sosialisasi dan publikasi ke masyarakat. Saan mengatakan, masih ada waktu bagi peserta konvensi Partai Demokrat untuk meningkatkan elektabilitasnya masing-masing. “Selain itu, caleg-caleg Partai Demokrat juga punya kewajiban mensosialisasikan konvensi ke konstituen karena itu program utama partai. Setiap caleg juga memiliki kewajiban dan tanggung ja­ wab menyampaikan konvensi ke dapilnya masing, selain melakukan sosialisasi dirinya

ke konstituen,” papar Saan. Sebelumnya, Saan pernah melakukan sosialisasi konvensi di dapilnya di Karawang. Tidak hanya itu, Saan bahkan mengajak salah satu peserta konvensi ke dapilnya, yaitu Pramono Edhie Wibowo. Ketika itu, Saan memperkenalkan Pramono kepada konstituennya di Karawang. Saan mengatakan, semua peserta konvensi, kader dan pengurus Partai Demokrat harus optimistis bahwa elektabilitas partai akan terus meningkat. Waktu masih cukup untuk meningkatkan elektabilitas, dan semua pengurus pusat dan daerah juga harus fokus pada pekerjaannya untuk mensosialisasikan konvensi. Saan menjelaskan, konvensi Partai Demokrat saat ini dalam tahap pertama memperkenalkan para pesertanya. Pada Desember nanti, lanjutnya,

TINGKATKAN ELEKTABILITAS: Para peserta konvensi diharapkan elektabilitasnya terus meningkat. Karena itu, semua Caleg dan kader Partai Demokrat diwajibkan mensosialisasikan peserta konvensi. Partai Demokrat akan menggelar survei terkait elektabilitas

peserta konvensi. Setelah hasil survei muncul, kata Saan, kon-

vensi akan masuk pada putaran kedua, di mana para peserta

akan melakukan debat gagasan di hadapan publik. (jpnn/aim)

Elektabilitas Rendah, Pencapresan Ical Perlu Dievaluasi JAKARTA - Partai Golkar dinilai perlu mengevaluasi kembali pencalonan Aburizal Bakrie alias Ical sebagai presiden pada pemilu 2014 mendatang. Pasalnya, elektabilitas ketua umum Partai Golkar itu terus berada di bawah angka 10 persen. Demikian kesimpulan hasil survei terbaru Lembaga Klimatologi Politik (LKP) yang dirilis hari ini, Minggu (17/11) kemarin. Survei yang bertujuan untuk menakar elektabilitas tokoh-tokoh asal partai berlambang pohon beringin

itu menunjukan bahwa elektabilitas Ical berada pada angka 9,2 persen. “Elektabilitas Aburizal Bakrie stagnan di kisaran angka 10 persen, jauh di bawah elektabilitas Partai Golkar. Bahkan dalam beberapa bulan terakhir elektabilitas ARB sedikit menurun,” kata CEO LKP Usman Rachman dalam jumpa pers di Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta. Usman memaparkan, elektabilitas Ical pada November 2012 sebanyak 7,1 persen dan naik

menjadi 10,6 persen pada Maret 2013. Kemudian pada Juli 2013 melorot menjadi 9,5 persen dan menjadi 9,2 persen pada November 2013. Elektabilitas Ical ini jelas terpaut sangat jauh dengan tokoh-tokoh seperti Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Maka, hampir dipastikan Ical sulit bersaing dengan kedua tokoh itu pada pilpres tahun mendatang. Selain itu elektabilitas partai juga terbukti tidak berpengaruh apa-apa terhadap pencapresan

Ical. Buktinya, di berbagai survei, Golkar terus berada di peringkat atas bersaing ketat dengan PDIP. Karena itu, ujar Usman, jika Golkar tidak cepat bertindak maka pengalaman buruk mereka pada pemilu 2004 akan terulang lagi. “Jika pencapresan ARB masih berlanjut, Golkar akan bernasib sama dengan pemilu 2004. Walau menang pemilu, tapi capres yang diusungnya kalah. Pemenang pilpres malah dari partai menengah,”

paparnya. Survei nasional LKP dilaksanakan pada tanggal 1-10 November 2013 di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Jumlah sampel sebanyak 1.070 responden yang seluruhnya memenuhi syarat untuk memilih. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik wawancara dengan responden mengacu pedoman kuesioner. Untuk uji validitas, tim peneliti pusat LKP melakukan spot check sebesar 10 persen dari total sampel. (jpnn/aim)

Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Pengawasan Ba­ngunan (DPUPPB) Kota Malang menuntaskan program bedah rumah. Bedah rumah di Kota Malang, diproyeksikan untuk 1000 unit. Sumber anggaran dari Kementerian Perumahan Rakyat yang dilaksanakan oleh DPUPPB sebanyak 257 unit. Kemudian dari Kementerian Sosial melalui Dinas Sosial Kota Malang sebanyak 40 unit. FOTO : RIZAL FANANY/PT BTU/MALANG POST TEKS : BAGUS ARY WICAKSONO/MALANG POST

KOMPAK : Kepala DPUPPB Dr. Ir. Jarot Edi Sulistyono dan Direktur Utama PT Bulan Terang Utama, Umang Gianto bersama para tokoh.

PEDULI: Kepala DPUPPB ikut menurunkan genting rumah warga yang akan dibedah.

KIPRAH DPUPPB KOTA MALANG DAN PT BULAN TERANG UTAMA

BATU PERTAMA : Jarot Edi Sulistyono memulai peletakan batu pertama diikuti para tokoh lainnya.

BAHAGIA : Penerima bedah rumah, Hasim dan Seneti warga RT 4 RW 5 Lesanpuro, bersama Umang Gianto (tengah) dan Jarot.

GUYUB : Masyarakat sekitar ikut gotong royong membangun rumah Seneti dan Hasim, ini menunjukkan rasa guyub masih ada di Kota Malang.

TAK LA­YAK HUNI: Hasim dan anakanaknya berada di depan rumah me­ reka sebelum dibedah, rumah ini tak layak huni.

REDAKTUR: AIM, LAYOUTER: REP-MIL


RONCE NGALAM

SENIN, 18 NOVEMBER 2013

9

Di Kelurahan Gadang Tiga RW Penuh Semangat MALANG-Semangat warga RW 05 Kelurahan Gadang, Kecamatan Sukun mengikuti lomba Kampung Bersinar yang digelar Pemkot Malang, cukup antusias. Hampir seluruh warga setempat, hingga anak-anak, mengetahui jika akan didatangi tim juri lomba yang yang akan melakukan penilaian. Tak heran, ketika tim juri yang didampingi Lurah Gadang Achiyat Hadi Supriyanto S, Sos datang, warga setempat pada keluar rumah. ‘’Ada lomba, ada lomba,’’ teriak anakanak kecil di gang kampung saat rom-

bongan tim juri bersama Kader Lingkungan hendak masuk di wilayah RW 05. Tidak hanya itu saja, setiap RT seluruhnya ingin dikunjungi tim juri. Warga setempat ingin menunjukkan wilayahnya. Di wilayah yang terdiri enam RT ini, penghijauannya sudah cukup bagus. Hampir setiap gang yang dilewati terdapat penghijauan berupa tanaman dalam pot. Hanya saja, karena wilayahnya luas, sehingga ada beberapa tempat yang masih perlu ditingkatkan lagi. Di RW 05 ini juga terdapat pembibitan sawi yang berada di RT 04. Dari

segi kebersihan, juga sudah lumayan. Hanya saja, kompostingnya masih kurang.‘’Tema lingkungan sudah ada namun pergolanya masih kurang, pemanfaatan tanaman toga juga belum tampak,’’ kata Djuwartinigsing, salah satu tim juri dari unsure PKK Kota Malang saat memberikan evaluasi. Bu Jajuk sapaan akrabnya mengakui partisipasi masyarakat sudah bagus. Terbukti, Kader Lingkungan, RT hingga warga setempat sangat antusias dengan lomba ini. Baca Di Kelurahan... Hal.10

JON SOEPARIJONO/MALANG POST

SEMANGAT: Tim juri Lomba Kampung Bersinar saat melakukan penilaian di tiga RW di Kelurahan Gadang.

KREATIF, FESTIVAL KAMPOENG MERJOSARI BANGKIT M MALANG - Karnaval dalam rangka be bersih desa Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru berlangsung semarak, m ke kemarin. Peserta karnaval diberangkatkan ol oleh Wakil Wali Kota Malang Sutiaji. D Dalam pemberangkatan itu, Sutiaji m menerima rangkaian bunga dari pemeran R Raja Gajayana dan ratunya. Kegiatan tersebut mendapatkan apresi siasi positif dari orang nomor dua di K Kota Malang tersebut. Kata dia, bersih de desa sebagai suatu tradisi masyarakat hharus selalu dipupuk kelestariannya. S Sebab, di dalamnya terdapat budaya gotong royong, guyub serta rasa syukur te terhadap Tuhan Yang Maha Esa. “Kami m mewakili Pemkot Malang bangga, acara tr tradisi seperti ini tetap bisa berjalan dan m meriah sekali,” ujar Sutiaji. Ketua LPMK Merjosari Dr. Ir. H. H Herwintono Radji, MS menambahkan ba bahwa kegiatan ini bagian dari Festival K Kampoeng Merjosari Bangkit (FKMB) 20 2013. Festival sendiri merupakan gaw we besar masyarakat Merjosari yang se selalu kreatif dan guyub. FKMB sendi diri memiliki 11 agenda kegiatan besar ya yang dimulai sejak 2 November dengan

RIZAL FANANY/MALANG POST

MERIAH : Wakil Wali Kota Malang Sutiaji bangga melihat kreatifitas peserta karnaval Merjosari kemarin.

sarasehan sejarah dan budaya Merjosari. Dilanjutkan kerja bakti masal seluruh Merjosari pada 3 November. “Dilanjutkan napak tilas dan ziarah leluhur, pawai obor dan bedug muharram pada 4 November,” terang Dosen UMM ini. Lalu pada 10 November dilaksanakan jalan sehat, senam YKS, bazar dan pasar rakyat. Kemudian baru dilanjutkan dengan karnaval yang dimeriahkan seluruh RW dan RT mulai pukul 11, kemarin. Rangkaian tersebut kembali dilanjutkan dengan bazar dan pasar rakyat pada 18 – 23 November. “Pada 18 – 23 November itu ada lomba dan permainan tradisional, kemudian apresiasi dan pentas seni, lantas sebagai gongnya ditutup Wayang Kulit pada tanggal 23 November,” urainya. Sementara itu, Lurah Merjosari Abdullah mengatakan bahwa karnaval itu diikuti 12 RW dan 82 RT. Rata-rata masing-masing RT mengirimkan tiga kelompok seni budaya dalam karnaval. Sebagian besar juga mengangkat potensi lokal di RW maupun RT untuk ditunjukkan kepada masyarakat. Baca Kreatif... Hal.10

Ratusan Atraksi Meriahkan Karnaval Merjosari Festival Kampoeng Merjosari Bangkit (FKMB) 2013 SESUAI pemaparan Ketua LPMK Merjosari Dr. Ir. H. Herwintono Radji, MS karnaval merupakan bagian dari Festival Kampoeng Merjosari Bangkit (FKMB) 2013. seluruh warga antusias, sesuai data Lurah Merjosari Abdullah karnaval itu diikuti 12 RW dan 82 RT. Setiap RT mengirimkan tiga kelompok seni budaya dalam karnaval FKMB, kemarin siang.

PANGGUNG : Wakil Wali Kota Malang Sutiaji, Lurah Merjosari Abdullah bersama tokoh masyarakat.

PANITIA: Dr. Ir. H. Herwintono Radji, MS (paling kiri) mendampingi Wakil Wali Kota dan Lurah Merjosari.

FOTO-FOTO: RIZAL FANANY/MALANG POST TEKS: BAGUS ARY WICAKSONO/ADV

CANTIK: Gadis Bali ini ikut memeriahkan karnaval Merjosari sebagai bagian dari bersih desa tersebut.

KREATIF: Masyarakat Merjosari begitu kreatif, bahkan mengusung jamaah haji lengkap dengan untanya.

MERIAH: Masyarakat tumplek blek menyaksikan kemeriahan karnaval Kelurahan Merjosari.

ANGKARA: Ogoh-ogoh raksasa sebagai simbol angkara diarak dan menarik perhatian masyarakat.

REDAKTUR: HALIM, LAYOUTER: OLIS


SENIN, 18 NOVEMBER 2013

10

Progress Bedah Rumah Dinas Sosial Capai 91,5 Persen MALANG - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Malang hampir menyelesaikan tanggungan program bedah rumahnya. Dari sekitar 40 rumah dan satu sarana lingkungan yang menjadi beban Dinsos, progressnya sudah mencapai 91,5 persen. Seluruhnya sudah hampir selesai, sehingga target Desember selesai bakal tercapai. Hal tersebut ditegaskan oleh Ke pala Dinas Sosial Kota Malang Zubaidah kepada Malang Post, kemarin. Pihaknya masih mengebut satu sarana lingkungan yang dibangun di timur kota. Yakni gedung pertemuan untuk warga di Kelurahan Buring yang ikut menjadi tanggungan Dinsos.

“Sudah sisa 8,5 persen, termasuk sarana lingkungan yang ada di Buring, target kita Desember selesai,” urainya. Kata dia, program bedah rumah tidak layak huni merupakan bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos). Program itu harus selesai pembangunannya dalam waktu dua bulan. Pihaknya diharapkan menyusun laporan pada awal Desember. “Setiap rumah dialokasikan Rp 10 juta, dana dari rekening Kemensos ke penerima dan pelaksana di lapangan melalui Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK),” terangnya. 40 rumah yang dimaksud, kata

Zubaidah, tersebar di tiga kelurahan. Mulai dari 19 rumah di Kelurahan Wonokoyo, 20 rumah di Kelurahan Buring, Kecamatan Kedungkandang dan satu rumah ada di Kelurahan Sukun. Program itu sejalan dengan program dari Kementerian PU untuk pembenahan rumah. Setiap rumah dipatok Rp 7,5 juta per unit untuk rusak ringan hingga Rp15 juta per unit untuk rusak berat. Sebelumnya, Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Pengawasan Bangunan (DPUPPB) Kota Malang menggeber program bedah rumah. Dengan sasaran dua rumah warga miskin di RT 4 RW 5 Lesanpuro Kedungkandang yang

dibongkar dan diperbaiki. “Ini demi merealisasikan visi misi Kota Malang yakni menjadikan Malang sebagai Kota Bermartabat, Wali Kota Abah Anton yang gagas program bedah rumah ini,” Kepala DPUPPB Dr. Ir. Jarot Edi Sulistyono kepada Malang Post. Dijelaskan Jarot, bahwa bedah rumah di Kota Malang, diproyeksikan untuk 1000 unit. Sumber anggaran dari Ke menterian Perumahan Rakyat yang dilaksanakan oleh DPUPPB sebanyak 257 unit. Kemudian dari Kementerian Sosial melalui Dinas Sosial Kota Malang sebanyak 40 unit.(ary/lim)

RIZAL FANANY/MALANG POST

DIBEDAH: Rumah warga miskin Kota Malang dibedah oleh dua SKPD demi percepatan program untuk warga miskin.

RANPERDA TEMPAT HIBURAN TOMMY YUDA PAMUNGKAS//MALANG POST

DIRUGIKAN: Sejumlah wali murid mengaku kecewa karena unsur ‘paksaan’ membeli buku paket Kurikulum 2013, yang diperjualbelikan di salah satu toko buku kawasan Wilis.

Minimal 100 Meter dari Sekolah dan Tempat Ibadah

DEWAN SEGERA PANGGIL DIKNAS Telusuri Kasus Mafia Buku Paket Kurikulum 2013 MALANG - Komisi D DPRD Kota Malang langsung merespon kasus dugaan praktik mafia buku Kurikulum 2013 di lingkungan sekolah. Mereka menuntut Dinas Pendidikan segera turun tangan menyelesaikan kasus yang mencuat karena pengaduan sejumlah wali murid tersebut. Anggota Komisi D, Ya’qud Ananda Gudban berharap Dinas Pendidikan Kota Malang yang dinakhodai Sri Wahyuningtyas tak tinggal diam. “Diknas harus tegas turun tangan. Cari tahu permasalahan sebenarnya dan atasi secepatnya. Karena, tidak boleh seperti itu (unsur pemaksaan kepada siswa),” ujarnya saat dihubungi Malang Post, siang kemarin.

Ketua Fraksi Gerakan Nurani Damai (GND) itu meminta Diknas betul-betul me lakukan penelusuran sehingga nan tinya bisa memberi penjelasan saat hearing dengan dewan. “Kenapa sekolah melakukan hal itu juga perlu ditelusuri. Diknas biar segera turun lapangan untuk cari tahu, baru kita panggil untuk hearing,” lanjutnya. Hal itu diamini Ketua Komisi D, Fransiska Rahayu Budiwiyarti. Dalam waktu dekat, pihaknya akan se gera memanggil Kepala Diknas Kota Malang. “Pihak Diknas akan segera kami panggil. Bagaimana pun, kita harus tahu klarifikasi mereka bagaimana. Kebenarannya harus dicek lebih dulu,” serunya. Fransiska tak mau gegabah. Dia khawatir, penyelewengan ini berada di luar jangkauan dinas terkait. Dia menyebut, tak menutup kemungkinan justru ada pihak-pihak lain yang bermain. “Bisa jadi buku yang beredar bukan yang dari Kemendikbud. Zaman sekarang, mudah

sekali mengcopy buku sehingga sama persis seperti aslinya. Ini juga harus ditelusuri. Yang penting, jangan sampai masyarakat dirugikan,” tandas politisi Demokrat itu. Sebelumnya, pengelola toko buku Dian Ilmu yang menjual buku paket senilai Rp 225 ribu telah membantah adanya kerjasama terselubung antara pihaknya dengan Diknas Kota Malang maupun sekolah-sekolah. Teguh, sang pengelola menegaskan tokonya menjalankan bisnis secara legal dengan suplai buku dari percetakan resmi. Masalah ini mengemuka setelah perwakilan wali murid mengadu ke Forum Masyarakat Peduli Pendidikan (FMPP) tentang indikasi beberapa sekolah mewajibkan siswanya untuk membeli puku pegangan pelajaran yang dicetak Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang seharusnya tidak diperjualbelikan. Padahal, sekolah tersebut tidak

termasuk sekolah yang melaksanakan Kurikulum 2013. Di Kota Malang, hanya ada 243 sekolah yang menerapkan Kurikulum 2013, sehingga otomatis menggunakan buku paket tersebut. Rinciannya, ada 198 SD/MI, 32 SMP/MTS dan 13 SMA/MA. Padahal, berdasarkan Permendikbud No 71/2013 sebagai turunan dari Peraturan Pemerintah No 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Aras Pemerintah No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, buku Kurikulum 2013 tidak diperjualbelikan. Artinya, Diknas Kota Malang tak menggubris instruksi Kemendikbud bahwa yang melaksanakan Kurikulum 2013 hanyalah sekolah yang dipilih. Muncul kesan Diknas malah memaksakan semua sekolah di Kota Malang wajib melaksanakan kurikulum itu secara mandiri. Hingga kemarin Kadiknas Kota Malang belum juga bisa dikonfirmasi menyikapi temuan ini. (tom/lim)

MALANG - Klub, karaoke maupun tempat hiburan tertentu di Kota Malang akan dibatasi keberadaannya. Aturan baru itu muncul dalam ranperda tempat hiburan tertentu yang akan dibahas di gedung dewan hari ini. Salah satu pasalnya letak klub, karaoke dan tempat hiburan, minimal radius 100 meter dari sekolah dan tempat ibadah. Menurut Ketua Komisi A DPRD Kota Malang Arief Wahyudi, aturan itu diusulkan dalam rancangan perda (Ranperda) tempat hiburan tertentu. Perda itu nantinya akan mengatur keberadaan tempat hiburan semacam klub malam, diskotik, karaoke dan lain-lainnya. Rencananya hari ini akan dibahas dalam pandangan fraksi di DPRD Kota Malang. “Ranperda tempat hiburan tertentu itu termasuk salah satu ranperda mengenai masalah sosial yang besok (hari ini) akan dibahas dalam pandangan fraksi,” tegas Arief kepada Malang Post, kemarin. Menurut dia, salah satu yang diusulkan DPRD, adalah lokasi tempat hiburan minimum radius 100 meter dari sekolah dan tempat ibadah. Sehingga yang jaraknya di bawah 100 meter, seprti 80 meter, 50 meter ke bawah, maka dianggap melanggar perda. Ranperda ini bakal dibahas secara serius untuk didok pada akhir tahun ini. “Di samping itu izinnya juga harus melalui musyarawah warga sekitar,” ujarnya. Kenapa harus ada musyawarah masyarakat sekitar? Menurut Arief ini sangat penting demi tersalurnya aspirasi warga. Selama ini, masalah yang kerap muncul akibat tidak ada musyawarah yang nyata dan riil. “Jadi tidak hanya formalistik tapi harus ada berita acara musyawarah dengan warga,” terangnya. Total jendral, untuk tahun 2013 ini harus ada 12 ranperda yang selesai pembahasannya. Sebagian besar memang mengatur terkait masalah sosial yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Di antaranya ranperda tentang izin gangguan, ini akan mengatur lebih detail persyaratan izin gangguan. Kemudian ada pula ranperda pengelolaan pasar tradisional dan penataan toko modern. “Lantas ada juga ranperda tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan, serta ranperda penanggulangan anak jalanan, gelandangan dan pengemis,” urainya. Selain itu, menurut Arief, juga ada ranperda pelayanan kesehatan. Disusul ranperda perlindungan dan pemberdayaan penyandang disabilitas. Keseluruhan ranperda yang dia paparkan itu menyentuh langsung persoalan sosial di masyarakat.(ary/lim)

GUEST GESANG/MALANG POST

3 Jam J Rocks Goyang J Rockstars MALANG - Parade musik yang diperagakan J Rocks sukses menggoyang ratusan penggemarnya di Malang, Sabtu (16/11) malam lalu. Selama kurang lebih 3 jam, ratusan J Rockstars julukan fans J Rocks, dibikin berjingkrak-jingkrak di Hall Kartika Graha Hotel. Dengan tajuk Konser Perjalanan Satu Dekade, J Rocks menampilkan performa musik nan solid lewat belasan lagu andalannya.Pa da awal konser, Iman (vokal-gitar), Sony (gitar), Wima (bass) dan Anton (drum), langsung memamerkan ciri khas musik Jepang yang diusung lewat lagu Lepaskan Diriku. Lagu yang menjadi hits di awal karir band kelahiran 2003 ini membuat J Rockstars kesetanan dan melompatlompat senang. “Terima kasih buat J Rockstars di sini, ada yang dari Jakarta,Surabaya, Bangkalan,Tasikmalaya,Sidoarjo,Sol o, Bojonegoro, terutama J Rockstars di Bhumi Arema. Kita ada selama 10 tahun ini karena kalian semua yang setia dukung kita. Terima kasih juga buat sesepuh Aremania, Bang Ovan Tobing yang mau hadir menemani kita,” ungkap vokalis Iman, yang disambut tepuk tangan riuh para fans. Tak ingin momentum euforia konser berhenti, J Rocks langsung menyambung lagu Lepaskan Diriku dengan Ceria. Permainan bass yang solid dari Wima dipadu dengan petikan gitar eletrik Sony membuat lagu ini semakin bergairah di telinga fans. Aroma kental musik jazz yang ditunjukkan pada pertengahan lagu juga menunjukkan betapa J Rocks belum kehilangan sentuhannya sebagai band yang meng eksplorasi skill, bukan tampang.

DIBATASI : Letak tempat karaoke di Kota Malang akan dibatasi sesuai Ranperda tempat hiburan tertentu yang hari ini dibahas DPRD.

Di Kelurahan Gadang Tiga RW Penuh Semangat FIN YUDISTIRA/ FINO MALANG POST MA

SP SPESIAL A AREMA: P Penampilan J Rocks yang m menghibur dan be berkesan pada ra ratusan J Rockstars di Kota Malang.

Meski demikian, penampilan kostum J Rocks juga tak kalah eksentrik. Selama konser, band yang terbentuk usai festival musik berskala nasional itu, melakukan pergantian kostum sebanyak tiga kali. Tiap kostum yang dipamerkan selalu unik dan menarik. “Kita memang ingin menampilkan keglamoran gaya musik kita, tak cuma aransemen, kostum kita coba eksplorasi seunik mungkin,” ujar Wi ma, sang bassist, yang sempat mengenakan kostum kimono modifikasi dalam konser hari Sabtu lalu. Lagu Kau Curi Lagi yang sempat dinyanyikan bersama gitaris wanita Prisa, menjadi tembang duet J Rocks dan penyanyi cantik nan seksi, Vicky Shu. Meskipun hanya menjadi bintang pendamping, penampilan cantik Vicky bisa menyegarkan suasana konser yang didukung oleh Indosat IM3 tersebut. Lagu Ku Ingin Kau Untukku meredam

ritme konser yang digeber tembang2 rancak ala J Rocks. Lagu mellow ini menurunkan tempo konser, namun tetap terasa emosional karena suara khas dari Iman sang vokalis. Usai lagu ini dinyanyikan, sang gitaris, Sony pun berbicara tentang spesialnya Kota Malang bagi J Rocks. Ia mengaku sangat senang bisa menggelar konser satu dekade di Malang. “Tepat 10 tahun lalu, J Rocks menggelar tur pertama di Malang juga di hotel ini. Sejak tur Malang satu dekade lalu,semangat kami tetap sama hingga sekarang. Apalagi, di kota ini saya juga bertemu dengan istri saya,” terang Sony. Cobalah Kau Mengerti yang mengusung aliran pop rock kembali memanaskan konser. Apalagi, lagu ini langsung disambung dengan tembang Selamat Tinggal Kekasihku. Para fans yang sudah lama tak melihat perform

memanfaatkannya untuk J Rocks pun memanfaat melompat-lompat sebagai ekspresi kegirangan. Sementara itu, Anton sang drummer menyebut bahwa kunci sukses menjaga keutuhan band terletak pada keterbukaan. “Yang jelas band itu bisa bertahan kalau saling terbuka, baik masalah pribadi maupun masalah musik. Kita gak takut mengekspresikan apa yang ada dipikiran kita, selama itu untuk kebaikan band ini,” tegasnya. Dalam konser tersebut, J Rocks sempat berganti posisi. Anton yang biasanya jadi drummer berubah jadi vokalis. Wima pembetot bass pun memainkan gitar akustik, sementara Sony bermain keyboard. Sang vokalis, Iman secara spesial memamerkan kebolehannya menggesek biola. Disposisi formasi J Rocks ini digunakan untuk memainkan lagu favorit Anton milik Greenday, Time Of My Life.(fin/lim)

Sambungan dari Halaman 9

Sementara itu Ketua RW 05 Suhari mengaku akan terus memperbaiki wilayahnya. Terutama, berkaitan dengan peresapan air. Pasalnya, sungai kecil yang ada di wilayahnya letaknya lebih tinggi dari pada wilayah RW-nya. Akibatnya, sering terjadi genangan air ketika hujan lebat. ‘’Posisi sungai lebih tinggi sehingga kami mengandalkan peresapan. Memang peresapannya sudah ada, namun hanya beberapa saja sehingga masih kurang,’’ kata Suhari. Sementara itu di RW 06 Kelurahan Gadang kondisinya masih harus ditingkatkan lagi. Meski sudah ada penghijauan di ganggang, namun ada beberapa wilayah yang masih kosong. Di wilayah ini tema berupa ajakan membuang sampah banyak ditemukan. ‘’Tiap RT ada benner. Kita secara pelan-pelan mengajak warga melalui benner itu akan pentingnya kebersihan dan penghijauan lingkungan,’’ kata Ketua RW 06 Heri Andrianus. Sementara itu di RW 08 di penilaian tahap pertama Lomba Kampung Bersinar ini menunjukkan wilayahnya yang apa adanya. Tim juri diajak keliling seluruh RT dengan kondisi yang ada.‘’Ini kondisi obyektif wilayah kami. Di penilaian tahap kedua akan kami perbaiki,’’ kata Ketua RW 08 Sakur kepada tim juri.(jon)

Kreatif, Festival Kampoeng Merjosari Bangkit Sambungan dari Halaman 9

“Harapan kita ini bisa menjadi suguhan budaya kepada wisatawan, karena kreatifitas warga sangat variatif,” ungkapnya.Karnaval dimulai dengan pawai anak-anak Merjosari serta drum band setempat. Kemudian diikuti oleh pemeran sesepuh desa, serta para mantan lurah di Merjosari. Diikuti pula pawai kerajaan yang disertai pengalungan bunga kepada Wakil Wali Kota Malang Sutiaji. Pawai sendiri dimulai dari perempatan kelurahan merjosari Jalan Gajayana (belok pertigaan SARDO) - Dinoyo pertigaan daging - Dinoyo Pasar Lama - Tandon air (gangnya rumah Abah Anton dan finish di Kelurahan Merjosari.(ary/lim) REDAKTUR: HALIM, LAYOUTER: OLIS


SENIN, 18 NOVEMBER 2013

On Time, Please! JAM KARET! Istilah ini kayaknya cuma ada di Indonesia. Garagaranya, sebagian orang Indonesia punya kebiasaan datang terlambat saat janjian, alias molor. Kondisi ini bisa bikin orang lain mendadak bad mood, mulai dari geram, marah gara-gara harus menunggu. Tapi ternyata, nggak sedikit lho Sobat M-Teens yang toleran dengan golongan jam karet. Maman Sigit Pratama, SMPN 13 Malang salah satunya. Ia bisa menoleransi temannya yang datang terlambat saat janjian dengan catatan ada alasan bagus yang membuat temannya datang terlambat. “Ya tergantung nggak on time gara-gara apa. Kalau dia sengaja telat ya males aja janjian sama dia lagi,” ungkap cowok yang punya hobi main futsal ini. Cowok yang suka jogging ini bisa memaklumi orang yang terlambat janjian karena suatu hal atau konfirmasi terlebih dahulu kalau bakalan telat. Maman memang sering merasa geram kepada orang yang nggak tepat waktu. Doi bercerita, saat ia berusaha on time saat janjian dengan teman, namun ternyata haltersebut membuatnya menunggu,

maka dia pun melakukan ‘pembalasan’ dengan sengaja datang terlambat saat janjian berikutnya. “Nunggu bikin sebel, jadi aq nelat juga. Jadi aku nggak perlu nunggu terlalu lama,” ungkap dia. Maman sendiri mengaku dirinya termasuk dalam orang yang suka nggak on time. Apalagi saat datang ke sekolah, dirinya terkadang sengaja untuk tidak tepat waktu karena ia beralasan sekolah sangat sepi jika ia berangkat terlalu pagi. “Hehe, jujur sih males dateng ke sekolah pagi-pagi, sebenarnya bisa on time tapi aku kadang tak sengaja dateng siang. Karena males di sekolah kalau pagi-pagi sepi jadi nggak enak,” ungkap

cowok yang benci banget main ke mall ini. Sedikit berbeda dengan yang diungkapkan oleh Putri Aidila siswi MAN Tlogomas Malang. Cewek yang satu ini adalah tipe-tipe orang yang tepat

waktu dalam segala hal. Sudah menjadi kebiasaannya setiap hari untuk datang ke sekolah ataupun melakukan aktifitas lain tanpa ada kata terlambat. “Harus tepat waktu dong kalau ngapain aja. Ke sekolah juga aku biasanya berangkat kurang dari jam tujuh. Les juga gitu, nggak boleh telat,” ungkap cewek yang ikut ekskul PMR ini. Kebiasaan selalu tepat waktu membuat Putri paling sebel sama teman yang hobi jam karet. Pasalnya, menunggu menjadi hal yang sangat menyebalkan. Karena itulah, saat seseorang yang ditunggunya tak juga datang sampai lewat jam janjian, maka ia tak segan untuk membatalkan janjian. “Aku nggak suka nunggu, pernah waktu itu aku janjian sama orang tapi dia telatnya lama banget, aku pulang aja lah, ngapain nunggu lama-lama,” ceritanya. Gara-gara sering menunggu, cewek yang punya hobi membaca komik ini sekarang ogah janjian sama orang kalau mau pergi kemana-mana. Dirinya lebih memilih untuk jalan sendiri. “Aku mending kemana-mana sendiri, dari pada janjian terus yang diajak janjian ngaret. Soalnya tiap kali janjian pasti nggak tepat waktu,” imbuhnya. Putri mengaku, sebagian temannya memang ada yang memiliki kebiasaan ngaret, na-

mun ia masih bersyukur, sebagian yang lain termasuk orang yang menghargai waktu, alias selalu on time, terutama saat janjian. “Untungnya nggak semua temanku ngaret,” tuturnya sembari tersenyum. Jika Putri adalah orang yang selalu on time, tak berbeda dengan Annisa Nurjannah, siswi SMK Bina Mandiri. Cewek tembem berjilbab itu mengaku termasuk orang yang tepat waktu saat punya janji dengan orang lain. Namun, karena dirinya sering menunggu lantaran temannya tidak tepat waktu, lama-lama Annisa jadi malas kalau datang tepat waktu. “Sebenarnya aku orangnya tepat waktu kalau janjian sama orang. Tapi karena aku selalu dateng duluan dan temenku telatnya lama jadi bête banget,”ujarnya. Cewek yang masuk jurusan keperawatan ini terpaksa sering menunggu ketika ia hendak jalan ke mall atau belajar kelompok dengan teman sekelas. Annisa menambahkan dirinya sering marah dan memasang muka bête di depan teman yang ngaret. Alih-alih merasa bersalah, teman cewek berzodiak Cancer ini justru menganggapnya tak serius. “Aku pasang muka bete. Tapi kadang marahku suka dianggap bercanda. Soalnya aku emang nggak bisa marah, jadi temenku ngerasa biasa aja kali ya, hehe,” pungkas dia.(*/fia)

11

Disiplin dari Diri Sendiri Endang Styoningsih, S. Pd – Waka Kesiswaan SMAN 10 Malang “YANG dimaksud dengan tepat waktu itu macammacam. Kalau bagi pelajar, tepat waktu bisa diartikan untuk datang ke sekolah, tidak terlambat, tepat waktu mengumpulkan tugas, itu termasuk tepat waktu bagi siswa. Yang terpenting adalah bagaimana caranya untuk mengatur waktu. Misalnya saja, sekolah masuk jam tujuh pagi. Jadi harus bisa mengatur waktu sendiri bagaimana agar tidak terlambat datang ke sekolah. Agar tidak ada yang terlambat dan untuk menjaga kedisiplinan, sekolah biasanya memanggil orang tua siswa jika siswa tersebut terlambat lebih dari tiga kali. Jadi nantinya pihak sekolah bisa berkomunikasi langsung dengan wali murid. Akhirnya nanti bisa ditemukan jalan keluarnya. Mungkin anaknya terlambat karena bangun kesiangan, dan lain sebagainya. Juga untuk mengumpulkan tugas, seharusnya sebelum waktu pengumpulan tugas, sudah dipersiapkan, agar nantinya tidak keteteran. Karena memang biasanya sekolah memberi nilai plus untuk anak yang mengumpulkan tugas sebelum deadline, pada saat deadline ada nilai sendiri, dan melebihi deadline pun tentunya ada penilaian sendiri. Jadi memang harus ada disiplin waktu dari diri siswa itu sendiri”. (*/fia)

„TEKS : LAILI ULFIA PUSPITASARI – UNIVERSITAS NEGERI MALANG „FOTO: RIZAL FANANY / MALANG POST „MODEL: PUTRI THANIA DEWINTA (SMPN 1 MALANG)

Selalu Lihat Jam Mengubah Pola Hidup KEBIASAAN tidak on time memang sudah menjadi budaya yang menjamur bagi masyarakat Indonesia. Hal tersebut seakan sudah menjadi sebuah kebiasaan. Sebenarnya banyak hal yang mempengaruhi seseorang hingga membuatnya harus ngaret alias tidak tepat waktu untuk menjalani rutinitas sehari-hari. Seperti yang dialami sobat Mteens kali ini. Arih Cahyaning Ananda, SMPN 3 Malang. Cewek yang punya seabrek prestasi di cabang olah raga bulutangkis ini memang terkadang susah mengatur waktu antara sekolah, latihan, dan istirahat. Peraih juara 3 bulu tangkis pemula putri sirkuit nasional di Bali ini memang sering mengeluh kecapekan saat dirinya memang selalu disibukkan dengan latihan, hal tersebut akhirnya berimbas pada ketidaktepatan waktunya untuk datang pada latihan selanjutnya. “Aku aku sendiri sebenarnya orangnya juga kadang nggak on time kalau datang latihan. soalnya masih ngantuk, atau kalau nggak gitu masih capek,” ceritanya. Cewek yang juga meraih Juara 1 O2SN se kota Malang ini berpendapat, budaya ngaret di Indonesia memang susah untuk dihilangkan. Dirinya juga berpendapat sebenarnya hal tersebut tidak baik dan patut diubah. “Sebenarnya budaya ngaret itu juga nggak baik karena merugikan diri sendiri dan orang lain. Tapi gimana lagi, kadang kondisi memang bikin aku terpaksa ngaret,” ungkap Arih. Peraih juara 1 ganda anak putri Walikota Malang (7 Negara) ini mengungkapkan, memang setiap orang punya kepentingan yang berbeda-beda. Jadi manajemen kegiatan agar lebih dispilin waktu sangat tergantung masing-masing individu. “Jadi menurutku, biar nggak punya kebiasaan telat, harus mendisiplinkan diri sendiri dulu,” ucap dia. Untuk urusan sekolah, cewek yang punya prestasi akademik, juara 2 matematika sakamoto sekota Malang ini memang tidak pernah main-main. Selalu tepat waktu baik saat datang ke sekolah maupun saat mengikuti pelajaran dan tugas. “Kalau urusan sekolah memang aku nggak main-main, berangkat sekolah juga nggak telat, tugas-tugas juga harus dikumpulin tepat waktu. Misalnya saja nggak on time berangkat ke sekolah, pasti kan malu sama guru, sama temen juga bisa dicap jelek,” pungkasnya. (*/fia)

BANYAK cara yang dilakukan seseorang agar dirinya tidak terlambat datang pada sebuah acara, misalnya saja dengan menyalakan alarm pada hp atau me-

makai sesuatu yang bisa mengingatkannya pada waktu. Seperti yang dilakukan oleh Khansa. Pramudhia Khansa Kirana yang sekolah di SMA Taman Harapan lebih bisa mengantisipasi ketidaktepatan waktunya dengan cara memakai jam tangan kemanapun ia pergi. Cewek berambut ikal ini memang suka ngaret kalau punya janji dengan temannnya. “Biasanya aku suka ngaret sih kalau punya janjian ketemu sama temen, hehe. Makanya kemanamana pakai jam tangan, soalnya aku suka lupa waktu kalau ngapangapain,” ungkap cewek berzodiak Virgo ini. Baginya, jam tangan adalah cara yang tepat untuk mengantisipasi kemoloran waktunya. Karena cewek yang hobi berenang ini sering melihat jam yang melingkar di pergelangan tangannya. “Buatku jam tangan itu penting, selain aku suka pakai jam karena biar modis, jam tangan juga bisa bikin aku tepat waktu, soalnya aku sering liatin jam,” celotehnya. Namun, cewek yang kerap di-

sapa Khansa ini memang punya alasan sendiri kenapa ia terpaksa ngaret. Biasanya Khansa memang ada urusan lain yang menyebabkan dirinya nggak on time saat janjian dengan temannya. “Emang aku masih ada urusan lain kalau pas aku ngaret gitu, dan urusan itu penting. Jadi aku menomorduakan urusan yang nggak begitu penting,” papar dia. Untuk urusan sekolah dan tugas, Khansa memang sangat on time. Hal tersebut lantaran dirinya nggak mau kalau sampai harus kena hukum guru jika dirinya telat mengumpulkan tugas. “Kalau urusan tugas bisa on time banget, hehe. Takut kena hukum soalnya kalau telat numpulin tugas,” kata dia. Namun, yang dialami oleh Chintya Permata Putri, siswi SMP Wahid Hasyim sedikit berbeda. Kebiasaan ngaret menjadi hal yang paling dibenci sama cewek yang lahir lima belas tahun silam ini. Mantan pengurus OSIS ini sering mengikuti rapat yang nggak on time alias jam karet. “Dulu waktu jadi OSIS

sering rapat buat kegiatan, tapi mulai rapatnya selalu molor. Udah jadi kebiasaan mungkin ya”. paparnya singkat. Bukan hanya saat rapat, diakui Chintya kebiasaan ngaret pun terjadi saat acara berlangsung. Padahal segala sesuatu yang diperlukan untuk kegiatan tersebut sudah dipersiapan dengan matang. “Nggak cuma pas rapat aja, pas hari H aja acaranya pasti molor, padahal semuanya udah dipersiapkan dengan matang. Tu bikin sebel banget,” paparnya. Menurut cewek yang suka pakai sepatu kets ini, kebiasaan jam ngaret harus dihilangkan. Karena menurutnya hal tersebut dapat merugikan orang lain. “Nggak baik banget kebiasaan ngaret itu. masalahnya kita janjian sama orang, ya kalau orang yang janjian sama kita itu nggak lagi ada acara lain, kalau dia sibuk gimana? Kan merugikan,” jelasnya. Menurut Khansa, jika saat mengadakan acara salah satu pesertanya ngaret, pasti semuanya ikutan ngaret. Hal ini harus dihilangkan. Ia mencontohkan, saat rapat ada kesepakatan untuk menghukum peserta yang datang terlambat. “ Kalau salah satu orang nggak tepat waktu, pasti nanti yang lainnya nggak tepat waktu juga. Jadinya molor semua deh,” katanya. (*/fia)

Gara-gara Motor Haidar Zulmy - SMKN 1 Singosari “PERNAH pas ke sekolah aku sampek telat hampir satu jam, karena saat berangkat ke sekolah di tengah jalan motorku mogok nggak mau jalan. Ya itu deh gara-gara motor mogok, telat, pernah sampek nggak masuk sekolah deh aku. Maklum, motorku kan tua”.(*/fia)

Tetap Bersabar Ria Cahyani Putry - SMAN 7 Malang “KALAU aku janjian sama orang terus dian nggak on time, lebih baik disikapi aja dengan sabar dulu, maksudnya dikasih maaf dulu kan masih satu kali telat, denger alasan dia apa dulu. Mungkin dia telatnya karena ada kesibukan di rumah atau gimana”.(*/fia)

Sengaja Telat Lima Menit Fidyasari Kusuma Putri, SMAN 8 Malang “KALAU aku sendiri tergantung acaranya. Kalau acara penting banget, biasanya on time, atau bahkan datangnya lebih awal. Tapi kalau jalan sama temen biasanya ngikut ngaret. Soalnya temen-temen suka ngaret. Aku berangkatnya lima me nit lebih lama, toh nyampek tempatnya juga tetep datang paling awal, hehehe”.(*/fia) REDAKTUR: SHUVIA RAHMA, LAYOUTER: SITI


12

SENIN, 18 NOVEMBER 2013

SENIN, 18 NOVEMBER 2013

Di Balik Launching UMM Green and Clean

Dahlan Iskan Jadi Pembina Program Kewirausahaan

Bikin Ketagihan Bersepeda, Menginspirasi Hidup Sehat SUDAH 40 tahun lamanya Sekretaris Badan Pengurus Harian (BPH) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Wakidi tak menyentuh sepeda anginnya. Namun Sabtu lalu (16/1113), ia merasa tertantang untuk ikut funbike yang digelar dalam rangka launching UMM Green and Clean. Bersama dengan sekitar 500 keluarga besar UMM, ia dengan gagah menaiki sepeda yang disiapkan kampus dan menempuh rute funbike. “Segar sekali rasanya, dan ternyata saya masih kuat bersepeda,” ujarnya bangga. Diakuinya saat akan berangkat bersepeda, ia sempat ragu karena katanya rute funbike cukup jauh. Belum lagi harus melewati jalanan yang naik turun. Namun ternyata pria 66 tahun ini masih bisa melalui tantangan tersebut. Bahkan baginya rute yang dilalui

FOTO IST/MALANG POST

GOWES YUK!: Kebijakan UMM melarang motor masuk area kampus disambut baik oleh semua pihak. kurang jauh. “Mungkin ini yang dibilang orang kemaruk, rasanya rute tadi terlalu dekat,” ujarnya tergelak. Rupanya virus peduli lingkungan yang disebarkan UMM menginspirasi banyak

orang untuk hidup sehat. Tak hanya yang muda, yang tua pun ikut bersemangat menggenjot sepeda. Bahkan sejumlah awak media yang diundang menghadiri launching UMM Green and Clean tergiur untuk ikut

bersepeda. “Saya jadi kepikiran sepeda yang sudah lama kempes di rumah, nanti kalau pulang mau saya pompa biar bisa dipakai lagi,” ungkap salah satu wartawan, Kurnia Mahiruni. Bersepeda di lingkungan kampus memang sudah disuarakan sejak beberapa bulan lalu di UMM. Mahasiswa tak lagi boleh menaiki motornya memasuki areal kampus, mereka boleh memakai sepeda yang disiapkan gratis oleh kampus. Sebanyak 350 sepeda sudah disiapkan disejumlah sudut kampus, dan rencananya akan ditambah lagi hingga 2000 unit sepeda. Bagi mereka yang tidak memungkinkan menggunakan sepeda, seperti ibu-ibu, atau karena alasan kesehatan tertentu tetap disediakan angkutan shuttle. Saat ini kendaraan khusus antar jemput itu masih dalam proses penyelesaian karena desainnya memang dirancang khusus. Mobil shuttle itu nantinya berkeliling ke berbagai “halte” secara periodik untuk mengantar dan menjemput. Menariknya lagi tak hanya mahasiswa yang dilarang memakai kendaraan bermotor

JELAJAH SEJARAH BERSEPEDA

IST/MALANG POST

SD ISLAM BAITUL MAKMUR

STUDENT EXCHANGE: Rombongan SDI Baitul Makmur saat berkunjung ke SK Bukit Beruntung Selangor Malaysia, Juli lalu.

Cara Asyik Belajar Budaya

SAMBUT SISTER SCHOOL DARI MALAYSIA

MALANG ALANG - Pagi ini, Senin (18/11), /11), SD Islam Baitul Makmurr kedatangan tamu istimewa darii negara tetangga, Malaysia. Sebanyak anyak 34 orang dari SK Bukit Beruntung Selangor Malaysia, yang terdiri dari 19 siswa, lima guru, waka kurikulum serta delapan orang komite sekolah akan melakukan studi banding di sekolah yang berada di Jalan Sawojajar No 17 ini. Rombongan dari Negeri Jiran tersebut dipimpin langsung oleh Guru Besar (Kasek), Puan Nor Azian Binti Abdul Manan. Program studi banding yang dilakukan SK Bukit Beruntung Selangor Malaysia bertajuk Student Exchange ini bertujuan untuk melihat dari dekat sistem

proses belajar mengajar yang ada di SD Islam Baitul Makmur. SD Islam Baitul Makmur sendiri sudah melakukan kunjungan ke SK Bukit Beruntung Selangor Malaysia sebelumnya. “Ini merupakan kunjungan balasan setelah pada bulan Juli lalu kami berkunjung ke SK Bukit Beruntung Selangor Malaysia dengan membawa 11 siswa dan dua guru pendamping, “ ujar Kepala SD Islam Baitul Makmur Drs H Suningo B.S, M.M pada Malang Post. Rombongan rencananya akan diterima langsung oleh Wali Kota Malang, H Moch Anton. Abah Anton, sapaan akrabnya, akan didampingi Kepala Diknas Kota Malang, Dra Sri Wahyuningtyas

di dalam kampus, satpam pun kini familiar dengan tunggangan baru. Sehari-hari memantau keamanan kampus, mereka asyik menggenjot sepeda yang disiapkan di tiap sudut posko satpam. UMM berhasil mempelopori gerakan peduli lingkungan sebagai kampus bebas asap kendaraan dan rokok. Bahkan menularkan virusnya kepada lingkungan sekitarnya. Langkah ini pun disambut antusias oleh sejumlah mahasiswa asing yang sedang studi di UMM. Di antaranya Pavlina dari Checko dan Mirjana dari Serbia yang Sabtu lalu juga ikut bersepeda saat acara launching. “Gerakan ini sangat penting untuk menjaga lingkungan, apalagi orang Indonesia jarang berolahraga,” komentar Mirjana. Pavlina yang sering bersepeda dari tempat kosnya di Batu menuju UMM juga memberikan apresiasi. Dan ia berharap langkah ini disambut pemerintah daerah untuk menyiapkan jalur khusus sepeda. (lailatul rosida/nda)

M.Si dan Ketua Yayasan Baitul Makmur Dr H Rolla Gino. Dalam kesempatan itu Suningo menjelaskan rombongan ini berada di Malang selama dua hari hari. “Tak hanya berkunjung ke sekolah, tetapi mereka akan kami ajak juga melihat dari dekat kebudayaan bangsa,” tutur pria ramah ini. Ketua Yayasan Baitul Makmur, Drs H Rolla Gino berharap kegiatan Student Exchange yang dilakukan SDI Baitul Makmur dan SK Bukit Beruntung Selangor Malaysia dapat mempereratr tali silaturahmi. “Selain itu, dengan adanya kegiatan ini semoga dapat meningkatkan kualitas pendidikan, baik Indonesia maupun Malaysia. Harapan kami ke depan, semoga SDI Baitul Makmur

dapat menjalin kerjasama di bidang pendidikan dengan negara-negara lain se ASEAN sehingga dapat meningkatkan hubungan bilateral,” urainya. Agenda hari ini akan diawali dengan Salawat Al Banjari. Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan dan sambutan-sambutan. Setelah itu, akan dilakukan penandatangan MoU antara Kepala SDI Baitul Makmur dengan Kepala SK Bukit Beruntung Selangor Malaysia. Rombongan asal Malaysia tersebut akan dihibur juga dengan tari tradisional Malang, Tari Topeng yang akan dibawakan oleh siswa-siswi SDI Baitul Makmur. Sedangkan besok, agenda akan dilanjutkan kunjungan ke SDN Tlogowaru serta penutupan. (ian/sir/nda)

MALANG – Kegiatan Jelajah Sejarah Bersepeda Minggu (17/11) pagi kemarin berlangsung seru. Sesuai dengan penjelasan panitia pada technical meeting sebelumnya, rute bersepeda dimulai dari Museum Brawijaya, Taman Krida Budaya, SD/SMP Cor Jesu, Alun-Alun Kota Malang, dan Balai Kota/AlunAlun Tugu, untuk selanjutnya menuju garis finish di depan stasiun kota baru. Di setiap pos, peserta disuguhi dengan game-game seu yang mengasah wawasan tentang sejarah dan budaya. “Banyak materi sejarah yang kami pelajari di kelas, menjadi soal game tadi. Misalnya tentang Kerajaan Singasari dengan para tokohnya, yaitu Ken Arok, Ken Dedes, dan Tunggul Ametung, juga tentang Arca Ganesha Tikus yang masyhur itu,” ujar Muhammad Kazin, siswa SMPN 19, antusias. Selain keseruan di setiap pos, di sepanjang jalur yang ddilalui peserta pun tidak ditemui kendala sseperti kemacetan yang awalnya dipredik diprediksi panitia. Akibatnya, rute yang dijadwa dijadwalkan finish pada pukul 10.30 WIB, bera berakhir lebih awal. Tepat pukul 08.30 WIB WIB, peserta dari kelompok SMPN 21 Malan Malang, tiba di garis finish, disusul oleh SMA SMAN 3 Malang yang tiba beberapa menit se sesudahnya. Sedikit insiden ringan malah terjadi ddii garis finish. S Salah satu peserta yang kkelelahan elelahan setib setibanya di garis finish,

tanpa sengaja menjatuhkan bendera merah putih yang mereka bawa sebagai penyemangat. Panitia yang berjaga pun segera menegur siswa tersebut. “Di garis start tadi kami sudah mewanti-wanti peserta yang membawa bendera untuk berhati-hati. Apa lagi ini adalah event yang mengusung misi kebangsaan. Bendera merah putih harap dijaga tetap di atas,” ujar Wiwik, penyelenggara dari pihak Kemendikbud. Sementara itu, guru pendamping SMPN 25, Karunia, menegaskan bahwa insiden tersebut sama sekali diluar kesengajaan. Meski kecewa dengan teguran yang dirasa berlebihan tersebut, Karunia mengaku hal itu tidak mengurangi semangat siswanya. “Meski begitu, kami tetap senang bisa berpartisipasi dalam grakan cinta sejarah dan nilai budaya ini. Selanjutnya, kami tidak akan kapok mengikuti kegiatan apa pun yang memberi nilai positif bagi siswa kami,” ujar Nia, sapaan akrab wanita tersebut. Kegiatan tersebut diakhiri dengan pengumuman pemenang dan penampilan karawitan oleh Sanggar Srikandi. Berdasarkan penilaian juri, gelar juara diraih oleh Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh, Kepanjen, sebagai Juara 1. Disusul kemudian oleh SMPN 15 Malang dan SMPN 2 Malang sebagai juara 2 dan 3. (ily/nda)

ENTREPRENEURIAL UNIVERSITY

MALANG - Universitas Islam (Unisma) Malang meneguhkan diri sebagai Entrepreneurial University. Tak tanggung-tanggung, Menteri BUMN Dahlan Iskan yang membina program kewirausahaan di sana. “Kehadiran Pak Dahlan Iskan sekaligus untuk menandatangani prasasti Entrepreneur Centre Unisma, dan beliau bersedia menjadi pembinanya,” ungkap Wakil Rektor Bidang Publikasi dan Kerjasama Unisma, Dr. H. Masykuri Bakri M.Si. Menurutnya semangat wirausaha di kampus Unisma bukan hal baru, namun di usia 33 tahun ini kembali diperteguh dalam jiwa civitasnya. Tidak hanya mahasiswa Fakultas Ekonomi yang digenjot kewirausahaan, tapi juga mahasiswa di fakultas yang lain.”Kehadiran Pak Dahlan memberi inspirasi kepada civitas tentang konsep jiwa entrepreneur,” ujarnya. Kehadiran Dahlan Iskan disambut antu-

sias di Unisma, tak hanya mahasiswa tapi juga pemuda Anshor, IPNU dan banser. Unisma memang memberikan kesan yang mendalam bagi Menteri BUMN, Dahlan Iskan. Usai berkunjung ke Unisma Jumat lalu (15/11/13), Dahlan mengirim pesan pendek kepada Rektor, Prof Dr Surahmat M.Si. ”Prof, saya bangga dengan Prof Surahmat yang telah membawa Unisma lebih moncer segala-galanya. Saya melihat wajah-wajah mahasiswa Unisma yang merasa bangga berada di kampus yang terus diperbaharui. Hebat! Saya berdoa Unisma terus di bawah Prof terus melejit! Amin Dahlan Iskan,” begitu SMS yang dikirim Dahlan kepada Rektor Unisma. Kedatangan Menteri Dahlan Iskan ke Unisma adalah menjadi pembicara utama sarasehan yang digelar dalam rangkaian perayaan Dies Natalis ke-33 Unisma. Dahlan memberikan motivasi luar biasa kepada

mahasiswa, salah satunya Widya Nurul Yuniarti. Mahasiswi Fakultas Ekonomi (FE) Unisma ini mendapatkan kesempatan berdialog langsung dengan sang menteri. Bahkan ia sempat menangis haru saat dimotivasi oleh Menteri BUMN, Dahlan Iskan. Widya tak menyangka tokoh nasional itu mengapresiasi dan memotivasi perjuangannya meniti bisnis yang sedang digeluti. Hal itu terjadi saat DI, sapaan akrab Dahlan Iskan menjadi keynote speaker dalam acara Seminar Kebangsaan dan Grand Opening Sekolah Kewirausahaan PC Ansor Kabupaten Malang bekerjasama dengan Unisma, di kampus Unisma, Jumat lalu. Widya merupakan salah satu dari beberapa mahasiswa yang diajak dialog. DI lalu menanyakan tentang aktifitas bisnis yang dilakukan para mahasiswa itu lantaran sebelumnya mengaku selain kuliah juga menekuni bisnis. (oci/nda)

M FIRMAN/MALANG POST

INSPIRASI: Mahasiswa Unisma berfoto dengan menteri idolanya, Dahlan Iskan.

Dies Natalis Ke-35, MBC Makin Kompak MALANG – Meskipun sudah menjadi alumni, terbukti kecintaan terhadap almamater masih tinggi. Hal ini dibuktikan oleh jebolan ekstrakurikuler pecinta alam SMAN 1 Malang bersama adik kelasnya yang masih di ekskul tersebut dalam perayaan ulang tahun. Minggu (17/11) kemarin, berlangsung di Royal Pool Royal Regency Riverside Malang, alumni Misa Bhawana Citta (MBC) kompak merayakan Dies Natalis ke-35 bersama siswa SMAN 1 Malang. Mengambil tema Lets Gather Be Closer, semua yang hadir tidak memandang perbedaan usia. Kumpulan anggota MBC lintas usia tersebut merayakan ulang tahun dari ekstra pecinta alam ini. “Selama ini, semua kakak-kakak alumni MBC juga peduli, dan terbukti dengan suksesnya penyelenggaraan Dies Natalis ini,” ujar Ketua Pelaksana Dies Natalis MBC ke-35, Rohma Widowati. Perayaan ulang tahun sengaja berkon-

sep garden party, agar semua yang hadir semakin erat merasakan kebersamaan, layaknya sedang berpetualang seperti pendakian atau camp yang dekat dengan nuansa hijau serta alam. Dari awal pula, sesuai pengakuan Rohma, kebersamaan sudah terbentuk. “Memang semua alumni dan kami yang masih menjadi siswa aktif MBC berusaha mensukseskan acara secara bersama. Alumni yang sudah sukses banyak membantu, baik dalam hal finansial maupun sounding kepada anggota yang lain,” papar dia panjang lebar. Rohma menambahkan, alumni selama ini juga telah menjadi pembina MBC, padahal kesibukannya sudah beraneka raga MBC selama ini sukses menyelenggarakan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan alam. Sebut saja pendakian, salah satu siswanya bernama Reyhan di tahun 2013 ini berhasil menjadi orang pertama yang mencapai Puncak Ma-

hameru. Kemudian kegiatan seperti ekspedisi lereng Arjuno, maupun jelajah coban yang ada di Malang Raya. Sementara itu salah satu alumni, Andrea Angga Yanuar Putra mengungkapkan sudah terlanjur cinta dengan MBC. Apalagi, kekompakan teman-temannya, baik dulu hingga sekarang. “Kami masih saling komunikasi satu dengan lain, sering ngadain camp bersama pula, selain itu beberapa juga turut membina adik-adik di MBC,” ungkapnya. Dia berharap, setiap tahunnya MBC akan melaksanakan Dies Natalis dan semakin banyak pula yang bergabung. Baik itu pelajar SMAN 1 yang tertarik dengan alam, hingga alumni MBC sendiri yang telah berbeda-beda pekerjaan. “Seperti ini bisa menjadi ajang temu kangen, serta merencanakan pendakian lagi mungkin,” seloroh pemilik Ciliwung Camp ini sembari tertawa. (ley/sir/nda)

FOTO IST/MALANG POST

SEMINAR: Dr. Kusdi Raharjo DEA saat menyampaikan materi dalam seminar nasional Perkembangan Paradigma Pendidikan Bisnis di Indonesia yang dihelat di Gedung FIA UB Lantai 4.

Pendidikan Bisnis Administrasi

dan Manajemen Berbeda

MALANG - Masyarakat awam seringkali memandang sama pendidikan bisnis administrasi dan manajemen, bahkan pemerintah juga memiliki pandangan yang sama. Padahal dua disiplin ilmu tersebut sebenarnya berbeda. Isu Paradigma Pendidikan Bisnis di Indonesia inilah yang menjadi topik bahasan utama dalam seminar nasional yang digelar jurusan Administrasi Bisnis bekerjasama dengan Asosiasi Ilmu Administrasi Bisnis Indonesia (AIABI) di Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) UB, Sabtu (16/11/13). Kegiatan seminar ini dilaksanakan pada perayaan Dies Natalis ke-53 FIA UB. Ketua AIABI, Dr Kusdi Rahardjo DEA, menuturkan seminar yang dihelat ini berupaya untuk mendiskusikan dua paradigma tersebut. Sehingga ke depan masyarakat maupun pemerintah bisa membedakan dengan jelas perbedaan antara administrasi dan manajerial. Apalagi saat ini, pemerintah sedang menyiapkan nomenklatur program studi di perguruan tinggi. ”Setelah semua sepakat bahwa dua disiplin itu memang berbeda, maka akan membawa konsekuensi pada kompetensi lulusan, dan inilah yang sedang ditata oleh pemerintah,” ungkap Kusdi. AIABI, lanjutnya akan merekomendasi pemikiran yang dihasilkan dalam seminar ini. Rekomendasi tersebut

selanjutnya akan diberikan kepada pemerintah untuk menjadi pertimbangan merumuskan standar kompetensi di masing-masing disiplin ilmu tersebut. Dosen Jurusan Administrasi Bisnis FIA UB ini menegaskan dua disiplin ilmu tersebut memiliki domain wilayah kajian yang berbeda. salah satunya bahwa cara fikir administrasi bisnis adalah berorientasi pada sarana atau cara mencapai tujuan. Pola pikir administrasi cenderung mengarah pada seni pengelolaan, sementara manajemen lebih kepada masalah teknis pelaksanaan. Sementara itu Pakar ilmu administrasi yang diundang dalam seminar tersebut diantaranya, Prof. Togar M. Simatupang, M.Tech, Ph.D (Wakil Direktur Bidang Akademik School of Business and Management ITB. Pembicara kedua, Dr. Arief Daryanto M.EC, Ketua Asosiasi Program Magister Manajemen Indonesia (APMMI) yang juga Direktur Program Pascasarjana Manajemen dan Bisnis IPB. Pembicara ketiga Ketua AIABI, Dr. Kusdi Rahardjo, DEA. Hadir juga Sekjen AIABI, Dr. Urip Santoso, SE, MM, Ak yang memoderatori acara seminar. Kegiatan ini diikuti 300 peserta terdiri dari dosen, mahasiswa dan praktisi pendidikan bisnis di Indonesia dan dibuka Dekan FIA UB, Prof. Dr. Bambang Supriyono, MS. (oci/sir/nda)

DAHLAN ISKAN

HADIRI SARASEHAN

LAILI SALIMAH/MALANG POST

SAMPAI: Tiba di garis finish, meski berkeringat peserta mengaku puas dengan game-game tentang sejarah dan budaya yang mereka ikut di setiap pos sejarah.

SAMBUTAN: Ketua Panitia Diesnatalis, Dr H Masykuri Bakri M.Si membuka acara.

LAILI SALIMAH/MALANG POST

LINTAS USIA: Anggota MBC berbeda generasi ketika merayakan Dies Natalis ke-35 di Royal Pool Riverside, Minggu (17/11) kemarin.

SEMINAR FIA UNIVERSITAS BRAWIJAYA

UNISMA TEGUHKAN DIRI SEBAGAI

SENI: Salah satu peserta lomba tari yang berlaga di Open House VII SDK Mardi Wiyata 1 (Frateran Celaket 21). Pada hari kedua, kegiatan tersebut dimeriahkan dengan senam sehat dan game-game berhadiah.

STENLY REHARDSON/ MALANG POST

13

SDK Mardi Wiyata 1 sendiri juga menunggu hasil penilaian lomba fotogenic yang dilaksanakan dalam lingkup internal sekolah. “Kegiatan ini memang bagian dari aktualisasi jiwa seni anak. Seni dan budaya adalah dua hal yang saat ini tengah mendapat perhatian besar dari pemerintah, dan juga menjadi salah satu perhatian utama SDK Mardi Wiyata 1,” ujar Kepala SDK Mardiwiyata 1, Drs AM Widyanto. Selain penampilan peserta lomba, berbagai bakat yang diwadahi dalam ekskul di SDK Mardi Wiyata 1 juga menjadi magnet penonton. Widyanto menuturkan, display ekskul-ekskul tersebut adalah wujud partisipasi dan sambutan siswa SDK Mardi Wiyata 1 terhadap peserta. Tak cukup hingga di situ saja, menjelang pengumuman pemenang lomba, peserta juga dibanjiri puluhan doorprize menarik dari panitia dan sponsor. Dengan antusiasme peserta

yang demikian tinggi, Widyanto berharap, misi yang diusung dalam kegiatan tersebut dapat tercapai. “Semangat untuk melestarikan budaya diharapkan tumbuh seiring dengan jiwa kepahlawanan yang menjadi tema utama kami,” imbuh pria ramah tersebut. Berdasarkan penilaian tim juri, pemenang lomba mewarna adalah TK Tadika Puri sebagai juara I yang disusul oleh TK Mardi Wiyata dan TK Negeri Pembina sebagai juara 2 dan 3. Untuk lomba mewarnai, juara I diraih oleh TK ABA 10, juara 2 diraih oleh TK Senaputra dan juara 3 oleh TK Negeri Pembina. Untuk lomba colour with parent, juara I diraih oleh TK LB YPTB dan disusul oleh TK Mardi Wiyata dan TK Muslimat NU 15. Sedangkan untuk lomba computer kids, pemenangnya adalah TK Margo Basuki sebagai juara 1, TK tadika Puri sebagai juara 2, dan TK Borobudur Indah sebagai juara 3. (ily/sir/nda)

DI UNISMA

PEMBINA: Menteri BUMN Dahlan Iskan menandatangani prasasti pembina Unisma Entrepreneurcentre.

Puncak Open House VII SDK Mardi Wiyata 1 Meriah MALANG – Sesuai prediksi, puncak acara Open House VII SDK Mardi Wiyata 1 (Frateran Celaket 21) Minggu (17/11) pagi kemarin berlangsung meriah. Tak kurang dari ratusan peserta senam sehat mengawali puncak kegiatan sekolah yang berlokasi di Jalan Jaksa Agung Suprapto 21 tersebut. Ketua panitia kegiatan itu, Yohanes Dwi Santosa S Pd, mengungkapkan bahwa senam sehat tersebut dilaksanakan sebagai pengganti jalan sehat yang biasa dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya. Setelah pada hari pertama penonton disuguhi belasan tari anak, hari minggu kemarin tujuh kelompok kembali menuai applaus panjang dari ratusan penonton yang memenuhi hadapan venue. Dengan memukaunya aksi tari pada hari sebelumnya, tujuh kelompok tari yang berlaga pada hari kedua tersebut tak ingin kalah heboh. Di waktu yang sama, siswa

UNIVERSITAS Islam (Unisma) Malang menggelar sarasehan menghadirkan Menteri BUMN, Dahlan Iskan pada Jumat (15/11/13). Kegiatan ini digelar dalam rangka Diesnatalis ke-33 Unisma. Tema seminar adalah Membangun Jiwa Kewirausahaan Melalui Pilar-Pilar Pendidikan.

SIAGA: Sejumlah Banser bersiaga menyambut kedatangan Menteri BUMN Dahlan Iskan.

CINDERAMATA: Menteri BUMN, Dahlan Iskan menerima cinderamata dari Ketua Dewan Pembina Yayasan, Prof Dr Achmad Shodiki.

AKRAB: (ki-ka) Rektor Unisma, Prof Dr Surahmat M.Si, Menteri BUMN Dahlan Iskan, Ketua Dewan Pembina Yayasan, Prof Dr Achmad Shodiki, dan Wakil Rektor bidang Publikasi dan Kerjasama, Dr. Masykuri Bakri M.Si

IDOLA: Mahasiswa berfoto dengan Menteri BUMN Dahlan Iskan. LESEHAN: Menteri BUMN Dahlan Iskan memasuki ruang seminar yang didesain lesehan. FOTO-FOTO GUEST GESANG/M FIRMAN/MALANG POST

REDAKTUR : NOER ADINDA ZAENI, LAYOUTER : ABDEE

MOTIVASI: Menteri BUMN Dahlan Iskan mengusap air mata mahasiswa yang terharu bisa berdialog dengan sang menteri.


SENIN, 18 NOVEMBER 2013

14

Samakan Persepsi dengan Bos Muda

Bersaing dengan Newcomers?

Why Not!

BELUM terlalu lama rasanya Anda menjadi angkatan muda di kantor. Sebagai fresh graduate yang menyandang gelar sarjana strata satu, saat itu bekal pendidikan rasanya cukup dapat diandalkan untuk bekerja sampai pensiun. Mendadak situasi berubah. Mereka yang lebih senior mulai pensiun, meninggalkan tempat kosong yang menanti pengganti. Apakah posisi itu milik Anda? Lihat bagaimana angkatan kerja muda mulai memasuki lapanganlapangan pekerjaan. Mungkin mereka menempelkan titel S-2 atau S-3 di belakang namanya. Mungkin juga banyak yang lulusan perguruan tinggi luar negeri. Jujur saja, penampilan luar itu bisa jadi membuat Anda sedikit khawatir, bahkan rendah diri. Apa yang harus dibenahi agar Anda mampu melaju bersama newcomers ini? Kenali kekuatan diri Dalam buku Paul Falcone berjudul “96 Pertanyaan Penting untuk Merekrut Karyawan Andal”, diulas demografi pekerja di Amerika Serikat. Yaitu tradisional yang lahir sebelum tahun 1946, baby boomers yang lahir tahun 1946-1964, generasi X yang lahir tahun 1965-1980, dan generasi milenium yang lahir tahun 1981-2000. Dua kelompok terakhir inilah yang saat ini banyak meramaikan dunia kerja. Kelompok terakhir, atau sering disebut generasi milenium atau generasi Y, disebut juga generasi jejaring dan generasi IM (Instant Messaging), generasi yang paling melek teknologi. Sebagai angkatan kerja, mereka menjalani hidup dengan telepon selular, internet, iPod, pengiriman pesan sekejap, surat elektronik, pesan teks singkat, dan perangkat hiburan elektronik perorangan. Generasi milenium ini memiliki ciri tersendiri; keyakinan diri yang tidak hanya tumbuh dari jiwa mudanya saat ini, tetapi dari pola asuh di lingkungan yang lebih sejahtera, percaya diri dan optimisme yang tinggi, mampu menyeimbangkan ambisi dan kepraktisan serta memiliki

kesadaran yang tinggi, fokus pada prestasi, menghargai keberagaman dan cerdik. “Dalam dunia kerja, yang sangat khas pada generasi Y adalah mereka sangat mementingkan value. Mengutamakan faktor why dari pekerjaan itu. Kalau dia tidak tahu ‘why’-nya, buat apa dia

pesan sekejap dan teks singkat yang tidak membutuhkan negosiasi secara tatap muka. Karakteristik generasi milenium ini tentu saja berbeda pada setiap negara, tergantung kondisi sosial dan ekonomi negara tersebut. Tetapi secara umum ditandai dengan meningkatnya penggunaan dan keakraban

TANTANGAN: Kreatifitas rekan muda menjadi tantangan untuk meningkatkan produktifitas Anda. melakukan pekerjaan itu,” tutur Eileen Rachman, Direkur Experd, Konsultan Sumber Daya Manusia. Menurut Eileen, kekhasan lain dari anak-anak muda ini adalah mereka punya banyak teman dan lincah bergaul. Meski tampak sempurna dan menjadi incaran para pemberi kerja, generasi milenium bukannya tidak memiliki kekurangan. Mereka adalah generasi yang narsistis, banyak menuntut, manja, dan memiliki rentang perhatian yang pendek. Mereka menerima banyak pujian dan jarang dikritik, cenderung mengaburkan batas komunikasi pribadi dan publik karena adanya teknologi yang memungkinkan mereka mencantumkan rahasia mereka yang paling dalam. Generasi ini juga kurang terbiasa berkomunikasi secara pribadi karena terbiasa berkomunikasi melalui

mereka dengan media, teknologi komunikasi, dan teknologi digital. Kelompok ke-3 yang disebut generasi X digambarkan mempunyai ambisi karier yang tinggi. Bagi generasi ini, yang penting adalah kualitas dan pemanfaatan waktu, lebih berorientasi pada masa kini dan masa depan. Memasuki usia pensiun, generasi X lebih senang mengandalkan usaha sendiri ketimbang mengandalkan instansi tempatnya bekerja. Mereka memiliki semangat belajar yang tinggi, bersikap terbuka, dan mudah menyesuaikan diri. Meski tidak secanggih generasi milenium, generasi X akrab dengan internet dan teknologi informasi, dan berteman dengan jejaring sosial semacam facebook. Sebagian di antaranya

pun merupakan ‘penduduk’ Twitterland. Dengan pemahaman tersebut, mungkinkah Anda berkompetisi dengan generasi yang berbeda? Di satu sisi mungkin Anda merasa rendah diri karena tak punya ilmu selengkap angkatan kerja muda. Tapi di sisi lain, Anda merasa ‘menang’ karena pengalaman kerja Anda yang tak diragukan, terutama dalam hal keterampilan yang diperoleh dalam waktu yang cukup lama. Dorongan untuk bersaing atau berkompetisi merupakan dorongan alamiah. Ketika seorang karyawan baru memasuki departemen Anda, pikiran pertama mungkin, “Apakah orang ini akan sok pinter ?” Di saat yang sama, Anda membandingkan diri dengan pendatang baru ini. Persaingan dalam dunia kerja bukan hal buruk. Suasana persaingan ini justru penting sebagai sumber motivasi untuk lebih produktif. Persaingan juga bisa membangunkan Anda dari comfort zone. Kalau Anda sekarang merasa berada pada suasana kompetitif, Anda perlu berpikir dan bersikap rasional untuk menyeimbangkan kemampuan Anda dan pendatang baru ini. Namun menurut Eileen, pertanyaan pentingnya bukan itu. “Apakah memang ada kompetisi? Yang disebut kompetisi itu berarti perebutan. Perebutan ‘lahan.’ Berkompetisi atau tidak, mereka yang datang adalah anak-anak muda,” tandas Eileen. Eileen mengingatkan agar Anda memikirkan hal ini, apakah lahan Anda dengan mereka sama? Apakah pengalaman Anda dan mereka sama? Tak kalah penting, apakah pengalaman Anda sudah basi? Dengan memikirkan hal-hal itu Anda dapat mengubah cara pandang terhadap situasi ini. Bahwa anak-anak muda punya cara kerja yang lebih kreatif dan inovatif adalah tantangan bagi Anda untuk mengelola mereka. “Yang membuat seseorang merasa terancam adalah karena dia merasa diri tua dan merasa paling benar,” ujar Eileen. (psn/fia)

MEMANG pada awalnya terasa menyebalkan. Bayangkan, bos baru itu cukup muda untuk menjadi anak Anda! Tapi apa mau dikata. Seperti dikatakan seorang petinggi sebuah organisasi industri di Virginia, Amerika Serikat, “Di seluruh dunia, angkatan kerja semakin lama semakin muda. Bila sekarang ini Anda belum memiliki bos muda, bisa saja hal itu terjadi bulan depan atau tahun depan.” Karyawan lama, termasuk Anda, mungkin terusik egonya karena merasaAndalah yang seharusnya naik pangkat dan menduduki jabatan si bos muda. Bukankah Anda sudah lebih berpengalaman? “Banyak karyawan lama merasa berhak karena menganggap dirinya sudah banyak berjasa pada perusahaan,” ujar seorang kepala HRD sebuah perusahaan di New York. Namun apa boleh buat, si anak muda itulah yang terpilih. “Manajemen yang baik adalah manajemen yang baik,” ujar David Sirota, pemilik Sirota Survey Intelligence, konsultan di New York. Sekalipun mula-mula ada tentangan ketika seorang muda diangkat untuk memimpin karyawan-karyawan yang lebih tua, yang paling penting adalah kompetensi si manajer muda. “Kemampuan tidak mengenal usia,” begitu dia menekankan. Bukan berarti, bos muda itu enak-enakan saja. Dalam film “In Good Company” digambarkan kesulitan seorang bos muda dalam mengepalai ayah kekasihnya. Memang cuma sekedar fiksi, namun kenyataannya tak jauh berbeda. Presiden sebuah perusahaan konsultasi di Colorado, AS pernah mengungkapkan, bos muda yang mengepalai staf yang lebih tua mengalami masalah yang pelik. Kata pakar ini, situasi seperti ini menciptakan ‘prasangka antar generasi’ p ‘orang tua’ dan ‘anak’ berlaku terbalik. “Orang karena peran ‘or tua menjadi anak dan anak menjadi orang tua. Tak heran kalau terasa janggal ba bagi kedua pihak,” katanya. Banyak hal m menjengkelkan berawal dari persepsi. Salah satunya, bos mu muda lebih suka berkomunikasi secara instan lewat e-mail bbahkan SMS, sedangkan karyawan lama gaya tatap muka. Bos muda lebih terbiasa berkomunikasi berkom mementingkan hhasil sedangkan karyawan lama menekankan proses. perlunya proses Ada contoh unik un dari praktek sehari-hari: Bos muda suka makan siang di luar selama satu dua jam - bisa jadi sambil entertain klien - atau memanfaatkan waktu makan siang dengan berlatih fisik di gym. Karyawan lama menganggap dan tidak mematuhi peraturan kantor, sekalipun dia seenaknya da untuk menebus waktu yang ‘terbuang’ itu si bos muda rela bekerja sampai llarut malam. persepsi, hal-hal penting sebaiknya Untuk menyamakan menya didiskusikan. Bos muda biasanya suka mengadakan rapat bersama ekspektasi dan target-target perusahaan. staf untuk mendiskusikan mendis Dalam l kkesempatan ini karyawan perlu menghadapinya dengan berbekal sikap positif. Hindari menyebutnya ‘anak muda’ atau menyebut diri sendiri ‘kawakan’. Hindari pula ‘bernostalgia’ tentang kesuksesan masa lalu atau menyebutkan, bagaimana sesuatu ditanggulangi di masa lalu. Kecuali diminta, tentunya. Hadapi situasi Anda sekarang seperti menghadapi bos baru mana pun, tak peduli tua ataupun muda. Bagaimanapun, adalah tugas Anda untuk beradaptasi dengan bos, bukan sebaliknya. Siapa tahu di bawah pimpinan bos muda ini, dengan ide-ide barunya yang segar dan kesediaannya belajar dari sumber mana pun termasuk Anda, Anda justru bisa lebih berkembang lagi. Bukankah meminjam istilah Sirota, kemampuan tidak mengenal usia?(psn/fia)

ADAPTASI: Beradaptasilah dengan ide-ide dari bos baru Anda yang lebih muda.

Tetap Muda di Kantor mu Tanpa sadar, seringkali timbul muda. nal nalurinya untuk bersikap sebagai ‘ibu’ bagi ba mereka. Tapi suatu kali ia sadar, sikap sik itu sebaiknya tidak dipelihara. Rekannya, R Yani, bercerita bahwa kl kliennya yang berusia ‘kepala 5’ m memperkenalkannya dalam rapat p penting dengan berkata, “Ini Yani, d perusahaan anu yang bekerja dari s sama dengan kita dalam proyek ini. Sekalipun masih muda, ia cerdas, lho.” Menurut Yani, “Aku a kini agar bisa merasa dilecehkan dan sakit hati. as m i as rm fo in genai Mendadak ia kelihatan jauh lebih Cari tahu men EKSPLORASI: an rekan kerja. tua dari usianya. Dasar nenek.” ng de g berdialo Kita mungkin juga sering tidak membentuk tim ‘darah muda’. Dengan alasan sadar mengeluarkan ungkapan USIA memang akan terus bertambah, reorganisasi, yang senior disingkirkan, ‘mematikan’ (bagi diri sendiri) seperti, “Sekarang kalian enak. Dulu, karena itulah tak heran jika peman- memberi akses pada yang yunior. Tapi menurut seorang pakar SDM, mana ada program Word yang bisa dangan di kantor Anda berubah. Kaum muda tampak di mana-mana, beberapa tak selamanya ‘musuh’ kita adalah cut and paste. Kami heboh dengan di antara mereka menyandang gelar si majikan yang tega atau bos muda mesin tik, tip-ex, gunting, kertas,” luar negeri, beberapa gesit meniti yang seenaknya memecat karyawan. Di telinga anak muda yang seumur tangga karier dan menjadi bos-bos Bisa jadi, orang yang mencap diri hidup belum pernah memakai mesin muda. Lalu, di mana tempat Anda? kita tua adalah… kita sendiri. Kita tik, kita jadi barang antik. Pantangan lain: menunjukkan sikap Atau lebih spesifik lagi, masih adakah memang tidak bisa membendung bertambahnya usia, tapi kita bisa tetap lelah, bosan, dan putus asa. Marini, tempat bagi Anda? 52 tahun, suatu saat rapat dengan Kadang alasan efisiensi membuat bersikap dan bertindak ‘muda’. rekan-rekan gurunya. Ketika ada manajemen memilih untuk mengganti yang menyarankan untuk memulai karyawan lama bergaji tinggi Anda Bukan Ibu Mereka Utari bekerja sama dengan lima suatu proyek yang sulit, seorang dengan karyawan baru. Ada pula kecenderungan bos-bos muda untuk wanita, semuanya 20-an tahun lebih guru senior mematahkan ide itu.

“Kami sudah mencobanya 20 tahun lalu tapi tidak berhasil.” Para guru muda langsung menggerutu, “Kalau begitu minggir saja, supaya kami bisa melakukannya.” Jembatan Komunikasi Referensi budaya, dalam contoh ini lagu semasa kecil, memang afdol untuk mengakrabkan diri dengan orang lain. Tapi bagaimana bila rekan-rekan kita jauh lebih muda dan memiliki referensi yang berbeda? Mau tak mau, kitalah yang menyesuaikan diri. Kalau Anda tak tahu apa-apa saat kolega Anda bergurau tentang cara Donald Trump memecat orang dalam The Apprentice, atau perselingkuhan Gabrielle dalam Desperate Housewives, tak heran Anda ketinggalan dalam obrolan ‘sepele’ yang sebenarnya bisa membantu merekatkan hubungan. Untuk membangun jembatan komunikasi seperti ini, ada baiknya kita menonton acara TV kegemaran mereka, atau membuka internet untuk mencari informasi. Pedoman tentang apa yang sedang ‘hot’ di luar tak perlu jauh-jauh dicari. Rida, 47 tahun, manajer restoran di salah satu hotel berbintang,

mencari info soal musik lewat anaknya yang masih kuliah. Jangan (mengaku) gaptek Teknologi bisa membuat Anda jadi tua atau muda. Alasan seperti “Aku memang gaptek” sudah tidak laku lagi. Rayni, editor senior pada suatu penerbitan, merasa enggan mengoperasikan komputer. Untuk segala sesuatu yang berkaitan dengan komputer, dia memanfaatkan jasa sekretaris. Segalanya okeoke saja, sampai ia mendapat seorang asisten. Si asisten merasa, pekerjaan jadi terhambat karena Rayni melakukannya dengan cara lama dan merepotkan orang lain. Tak sampai enam bulan, asisten itu menggantikan dia. Dan… Rayni dianjurkan mengajukan surat pengunduran diri. Memang, tak semua orang perlu menggunakan peralatan canggih seperti PDA, HP merangkap PDA, atau notebook agar bisa bekerja di mana saja. Anda bisa memakai cara lama, asal dalam batas wajar dan tidak keteteran, misal sampai lupa janji bisnis karena tidak mencatatnya di reminder HP. Tidak semua orang memperhatikan tren mode. Tapi Anda tidak mau

dicap kuno, kan? Boleh saja tetap mengenakan blazer ke kantor, asal tidak lagi tampil ‘berkuasa’ dengan bahu disumpal tinggi, sepatu pantofel bertumit besar, dan celana panjang mirip celana laki-laki. Sebaliknya, Anda pun tentu tidak memakai celana panjang berpotongan pinggang rendah atau T-shirt bertuliskan Try Me. Selain soal pakaian, bobot tubuh juga penting. Secara umum orang menganggap, bertambah gemuk, bertambah tua. Tubuh ramping bukan hanya demi kesehatan, tetapi juga demi energi. Ketika wanita berusia 40-an atau 50-an terlihat terengah-engah menaiki tangga, atau mengeluh ketika menjatuhkan diri ke kursi, dia seolah-olah mengumumkan dirinya ‘sudah patut pensiun’. Tentu saja, dalam upaya tampil muda, Anda tak perlu sampai menipu diri sendiri atau mengubah kepribadian. Anda ya Anda, yang periang, suka bergurau, tapi juga pekerja keras yang pantang melanggar deadline. Prestasi Anda bagus, jadi ucapkanlah ‘selamat’ pada diri sendiri. Selama ini rekanrekan muda belajar dari Anda. Begitu pula sebaliknya, dari mereka Anda banyak belajar, memperluas wawasan, dan… ketularan muda!(osn/fia) REDAKTUR: SHUVIA RAHMA, LAYOUTER: SITI


SENIN, 18 NOVEMBER 2013

KEJARI

MISKI/MALANG POST

BERI MOTIVASI: Mantan Ketum PSSI, Agum Gumelar foto bersama dengan Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri dan Sekretaris PSSI Kota Batu, Zainul Arifin.

Berencana Panggil Direktur BWR

Agum Gumelar Motivasi Pelatih SSB dan Klub BATU- Mantan Ketua Umum PSSI, Agum Gumelar memberikan motivasi dan arahan bagi para pelatih SSB dan klub sepak bola se Kota Batu, di Hall PDAM Kota Batu, kemarin. Pelatih Timnas U-19, Indras Sjafri dan Sekretaris PSSI Kota Batu, Zainul Arifin menyambut baik kedatangan dia, karena di eranya memimpin PSSI bisa dibilang sukses dan bagus. Berbeda dengan PSSI sekarang yang masih semrawut. Dia berpesan, bahwa untuk memajukan dunia persepakbolaan haruslah tersedia yang namanya Sumber Daya Manusia (SDM), mulai dari pemain, pelatih, guru, bahkan pengurus PSSI sekalipun. “Kalau SDMnya sudah tersedia, tinggal faktor pendukung

lainnya yang harus dipersiapkan,” kata Agum memberikan sambutan didepan para pelatih saat acara coaching clinic. Pria yang kagum dengan banyaknya pelatih sepakbola di Kota Batu itu, terus melanjutkan sambutannya, dimana untuk membentuk seseorang menjadi unggul itu ada beberapa hal, diantaranya seperti kemampuan teknik, kemampuan individu merupakan tugas pelatih, dan pelatih juga harus jeli melihat anak didiknya yang berbakat di sepakbola. Dicontohkan, kalau ada satu anak tidak berbakat di sepakbola, tapi terus dipaksakan untuk berlatih sepakbola, pelatih sekaliber Jose Mourinho saja belum tentu membuat dia bisa hebat bermain bola. Dia menjelaskan, ada

tiga hal yang menjadi tabu dalam dunia sepakbola, yang pertama adalah saat pemain berantem didalam lapangan itu termasuk sebagai pengecut, kedua melawan keputusan wasit mulai dari memukul, meludahi dan melakukan protes keras. Dan yang terakhir adalah suap. “Seharusnya jika di tackling harus membalas dengan salaman dan meminta maaf, serta kalaupun mau memprotes wasit tidaklah dengan cara kekerasan, dan hal paling urgent adalah suap dan ini marak masih di Indonesia. Sebab, dengan suap entah pemain, pelatih, maupun pengurus klub dapat melancarkan keinginannya,” urainya sambil mendapatkan tepuk tangan dari peserta.

Hal tersebut juga diamini oleh pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri, menurutnya, keberhasilan Evan Dimas dan kawankawan tidak lain karena menjauhi tiga hal tersebut. “Kami sudah menerapkannya di tim, sebab saat pak Agum memimpin PSSI saya masih bermain sepakbola dan tahu persis komitmennya,” tambah Indra dengan ramah. Sebenarnya, kesempatan besar bagi PSSI Kota Batu untuk menjadikan Kota Apel ini sebagai industri pemain sepakbola. Salah satunya adalah digelarnya berbagai kompetisi. “Satu tim akan besar karena kompetisi, Evan Dimas bisa dikenal karena kompetisi. Tinggal bagaimana kompetisi ini dikemas agar dapat menetaskan pemain-pemain berbakat,” pungkasnya. (mik/mar)

Parpol dan Caleg Dilarang Terima Sumbangan BATU- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu kembali memanggil 12 partai politik untuk mengikuti penjelasan pelaporan dana kampanye pemilu DPR, DPD, dan DPRD tahun 2014 di Aula KPU, kemarin. Dalam pemaparan tersebut, Yusuf Sofyan daru Akuntan Publik Santoso Surabaya menjelaskan, jika audit dana kampanye ini yang terbaru yaitu terkait dengan peraturan dari KPU Pusat sudah lebih ketat dan mengarah pada sanksi pidana. Dalam artian, format laporan setiap parpol saling terintegrasi atau penelusuran ke belakang lebih jelas dan tegas. “Perorangan memberikan bantuan maksimal Rp 1 miliar dan perusahaan yang memiliki badan usaha Rp 7,5 miliar bagi parpol, dan harus disetorkan laporannya ke KPU setiap daerah,” kata Yusuf, sapaan akrabnya. Kalau ada parpol yang tidak melaporkan, sanksinya adalah salah satunya yaitu pembatalan bagi parpol sebagai peserta Pemilu 2014 ataupun pembatalan penetapan caleg yang menang. “Mengacu pada UU Nomor 8 Tahun 2012 dan PKPU Nomor 17 Tahun 2013, yang menerangkan tentang laporan dana kampanye,” ujarnya seusai acara. Hal sama juga disampaikan oleh Ketua KPU Kota Batu, Bagyo Prasasti Prasetyo. Dia menyebut bahwa dari 12 parpol yang diundang pada kali ini, ada 3 parpol belum bisa merapat, dengan alasan ada kegiatan internal parpol. “Tidak masalah, meski mereka tidak datang. Jadi nantinya mereka bisa langsung menyesuaikan dengan adanya pe-

MISKI/MALANG POST

PAPARAN: Yusuf Sofyan didampingi Ketua KPU Kota Batu, Bagyo Prasasti Prasetyo saat memberikan pemaparan tentang audit dana kampanye dihadapan perwakilan 12 Parpol. maparan ini. Sehingga, di pemilu 2014 secara administrasi parpol di Kota Batu bisa ikut serta,” kata Bagyo. Mantan wartawan ini menyebut, jangan garagara mereka tidak menyampaikan dana kampanyenya, lantas tidak dapat ikut pemilu. Dan deadline dari KPU yaitu tahap pertama pada tanggal 2 Maret 2014 dan tahap kedua 24 April 2014. “Tahap pertama setiap parpol harus menyetorkan laporan awal khusus kampanye, serta laporan awal rekening dana

15

kampanye. Setelah itu, tahap kedua tepatnya setelah pemilu harus juga menyerahkan laporan akhir dari keseluruhan. Jika tidak, dampaknya semua caleg yang jadi, juga digagalkan penetapannya,” jelasnya kepada Malang Post. Dia menegaskan, untuk pemilu 2014 kali ini, dana atau donor dari asing baik perseorangan maupun perusahaan dilarang keras parpol maupun caleg menerimanya. “Dilarang keras untuk menerima bantuan tersebut, karena peraturan

dari KPU sekarang lebih ketat dan mengarah pada sanksi yang berakibat fatal terhadap parpol. Meski diakui atau tidak peraturan ini sudah dari dulu ada, namun kali ini lebih diperjelas,” paparnya. Dia menambahkan, untuk pemilu 2014 ini, ada sebanyak 270 caleg baik perempuan maupun laki-laki dari tiga wilayah atau dapil. Sementara, pada tahun 2009 lalu ada sekitar 350an caleg yang ikut serta dalam pesta demokrasi lima tahunan ini. (mik/mar)

BATU– Kejari Batu terus melakukan penyelidikan tentang PT. Batu Wisata Resource (BWR). Kejari siap memanggil Direktur Utama PT. BWR, Dwi Martono Arlianto untuk memberikan keterangan penggunaan dana APBD sebesar Rp 2 miliar. “Tentu. Nanti kita akan panggil Direktur Utama untuk mengetahui penggunaan dananya itu,” ungkap Kajari Batu, Meran SH kepada Malang Post. Namun dia mengaku, belum bisa menetapkan kapan akan memanggil Anton, panggilan bos PT. BWR itu. Hal itu belum bisa ditentukan karena Kejari juga masih perlu melakukan penyelidikan dan pemeriksaan dari sumber lain. Sebelumnya, Kejari sudah memanggil Zadiem Effisiensi dan Edy Antoro, Komisaris PT. BWR. “Kami terus melakukan pemanggilan untuk pemeriksaan saksisaksi. Bisa saja Direktur Utama itu dipanggil awal tahun depan,” tambahnya. Meran mengatakan, pemanggilan terhadap Anton masih dalam rangka penyelidikan terkait kasus penyelewengan. Hal itu untuk memberikan kesimpulan apakah ada dugaan tindak pidana korupsi apa tidak dalam penggunaan anggaran untuk PT BWR itu. Apalagi, kata dia, pihaknya masih bagi tugas dengan anggotanya. Banyak anggota sedang memiliki tugas lain. Seperti diketahui, PT. BWR merupakan BUMD milik Pemkot Batu dengan modal awal Rp 2 miliar. Sebagian modal tersebut digunakan untuk menyewa dan mengelola komplak ruko di Batu Galeria, Jalan Diponegoro Kota Batu. Ruko-ruko tersebut diubah menjadi pusat oleh-oleh, rumah makan dan ruang pertemuan. Namun pengelolaan BWR dengan memanfaatkan ruko di Batu Galeria tersebut tidak berlangsung lama. Hanya berkisar setahun, kondisi ruko yang dikelola oleh PT BWR sudah tutup karena kehabisan modal. Sempat diberitakan jika BWR terus merugi sehingga pedagang yang terlibat di dalamnya mengundurkan diri. (feb/mar)

WISATA

DOK/MALANG POST

TAK PENGARUH: Suasana rafting di Kota Batu tak pengaruh suasana hujan.

Hujan Tak Pengaruhi Rafting BATU– Musim hujan yang terjadi di Kota Batu belum mempengaruhi wisata rafting. Terbukti, peminat rafting masih cukup banyak di kota wisata tersebut meski hujan biasa mengguyur. Peminat yang cukup banyak masih terlihat pada Minggu (17/11) kemarin. “Ya masih banyak. Sepertinya musim penghujan tidak mempengaruhi peminat rafting dalam berlibur,” ungkap Muklas Rofiq, pengelola Kaliwatu Rafting. Menurutnya, musim penghujan justru membawa keberuntungan kepada pengelola rafting. Masalahnya, hujan bisa menjadikan debit air di sungai Brantas semakin tinggi. Pada musim kemarau selama ini, debit air sempat menyusut tajam sehingga kekuatan air membawa perahu masih kurang. Hanya saja pada musim penghujan seperti sekarang, kewaspadaan harus semakin ditingkatkan. Pengelola harus mewaspadai air bah karena kondisi itu bisa terjadi jika di daerah hulu hujan deras. “Kami harus banyak informasi. Apakah hujan lebat terjadi di daerah hulu atau tidak. Kalau hujan lebat, kedatangan air bah yang harus diwaspadai,” katanya. Kaliwatu adalah rafting yang memanfaatkan aliran sungai Brantas dengan start di dan finish di Desa Pandanrejo. Panjang lintasan rafting tersebut sekitar lima kilometer dan ditempuh sekitar 1,5 jam. Sebelum melintas di Pandanrejo, aliran sungai Brantas melintas di Desa Sumberbrantas, Tulungrejo, Punten dan Sidomulyo. “Kami terus pantau desa-desa sebelum Pandanrejo ada hujan apa enggak. Kalau di sini (Pandanrejo) tidak hujan, bisa saja desa-desa seperti Sumber Brantas, Tulungrejo atau Punten yang hujan,” tegas pria berkantor di Jalan Dieng Kota Batu ini. Dia juga menyarankan, para tamu lebih memilih rafting pagi hari ketika melakukan reservasi. Pada pagi, kemungkinan besar Kota Batu masih belum diguyur hujan sehingga pengunjung tetap bisa menikmati suasana rafting. “Sebagian tamu malahan senang rafting dalam suasana hujan,’’ pungkas Rofiq. (feb/mar)

Perhatian Bu Mega untuk Kesejahteraan Petani Sambungan dari Halaman 16

Karnaval Sosialisasikan Pertanian Organik BATU- Jalur utama Batu-Kediri, yang berada pas di perempatan Lippo Plaza Batu, Minggu kemarin sempat tersendat cukup lama seiring adanya kegiatan karnaval Kelurahan Temas rangkaian acara bersih desa tersebut. Tampilan yang disajikan oleh peserta, jauh lebih meriah dan meningkat daripada tahun-tahun sebelumnya. Mulai dari, banyaknya peserta yang menggunakan kostum bercorak bunga, kostum serba pertanian. Ada pula yang tampil seperti hantu berjalan disiang bolong. Salah satu warga yang menonton, Anton mengaku, jika terhibur dengan adanya karnaval bersih desa ini, sebab selain pesertanya yang kreatif juga bisa melihat berbagai penampilan yang serba baru dan menakjubkan.”Saya bersama istri sengaja datang kesini hanya untuk nonton ini, sebab di Kota Batu setiap desa lagi menggelar bersih desa. Dan saya rutin

setiap tahun menontonnya,”kata Anton yang sambil duduk di sepedanya itu. Hasil pertanian sayuran, buah maupun produk pertanian lainnya juga diarak, termasuk sajian berbentuk sosialisasi go organik go internasional taniku wisataku. Start mulai dari Stadion Brantas menyusuri jalan Sultan Agung-Imam Bonjol-Jalan Wukir sampai di Kelurahan sebagai finishnya. Aparat kepolisian dan Linmas yang mengatur jalannya acara tampak sibuk mengatur para pengendara sepeda motor dan mobil serta melubernya para penonton hingga memakan separuh jalan. Goyang ala Caisar dan bang jali yang lagi ngetren, ikutan disuguhkan sekaligus menjadi hiburan tersendiri. Dalam karnaval kali ini, sedikitnya ada 70 penampilan dari perwakilan 12 RW atau setidaknya ada 1000 peserta yang turut menyemarakkan acara tahunan ini. (mik/mar)

MISKI/MALANG POST

ANGGUN: Salah satu peserta yang menggunakan kostum bercorak bunga tampak anggun sambil melenggak lenggok menyusuri jalanan.

yakni menjual kegiatan pertanian dengan segala macam aspek dan hasilnya. Masyarakat bisa terjun langsung dalam kegiatan pertanian, misalnya petik buah, petik bunga, sayur dan peternakan. Perpaduan inilah yang terus dikembangkan agar para wisatawan mendapat sajian yang bervariasi dengan harapan, mereka bisa lebih lama tinggal menikmati wisata di sini. Bu Mega menaruh perhatian kepada nasib para petani yang harus ditingkatkan kehidupannya agar tidak tergilas oleh produk impor yang membanjiri pasar. Inilah konsep ekonomi kerakyatan yang diyakini Bu Mega cocok untuk diterapkan di Indonesia, yakni memberi kesempatan kepada petani untuk lebih berdaya. Pemerintah memang tidak bisa melepaskan diri dari globalisasi, tapi juga tidak boleh membiarkan para petani mati di kandang sendiri. Selama ini petani hanya mendapatkan penghasilan dari hasil panen, tapi dengan sistem gabungan dengan wisata, mereka bisa mendapatkan tambahan penghasilan. Hasil pertanian mereka bisa langsung dijual kepada para wisatawan yang berkunjung, tentu dengan harga yang lebih baik, dibanding dijual melalui tengkulak. Kalau sistem yang ada di KWB ini bisa diterapkan di tempat lain di seluruh Indonesia, diyakini akan mampu memberi nilai tambah bagi petani. Dengan demikian, mereka akan lebih suka menekuni pekerjaan sebagai petani dan tidak sampai pindah pada pekerjaan lain. Beliau berpesan agar program ini dilaksanakan dengan sungguh-sungguh agar berhasil menjadikan petani lebih sejahtera. Kalau sudah berhasil, bisa menjadi contoh bagi petani di tempat lain.(*) REDAKTUR: SUMARGA, LAYOUTER: ABDEE


KOTA WISATA

SENIN, 18 NOVEMBER 2013

BIRO BATU Jalan Diran 1 B, Batu Telp. 0341 - 592 967

16

Perhatian Bu Mega

FEBRY SETYAWAN/MALANG POST

PETIK: Megawati Soekarno Putri melakukan petik apel di kebun Kusuma Agrowisata Kota Batu.

Megawati Nikmati Petik Apel dan Paprika BATU- Hari kedua kunjungannya di Kota Batu, Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri bersama rombongan menikmati petik apel dan paprika di Kusuma Agrowisata. Dia tampak didampingi Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko dan beberapa pengurus DPC PDIP

Kota Batu. Dalam kegiatan itu, mantan presiden RI ini nampak menikmati suasana petik apel. Dia juga langsung melakukan tanya jawab mengenai pertanian apel dan paprika kepada pemilik Kusuma Agrowisata, Edi Antoro. Perawatan, pengobatan

hingga pemasaran apel dan paprika menjadi topik yang hangat dalam pembicaraan itu. “Kalau ada penyakit diatasi pakai apa?,” tanya Megawati. Edi Antoro pun sigap menjelaskan panjang lebar soal pertanian, perawatan, pemasaran hingga

tenaga kerjanya. Setelah mendapatkan penjelasan itu, Megawati menyempatkan mengaambil dan mengantongi buah hasil petikannya. Katanya, buah dengan petik sendiri di kebun tersebut sebagai oleh-oleh saat tiba di Jakarta. (feb/mar)

Real Time Data Sekolah Dinas Pendidikan Berlakukan Sistem Online BATU– Pendataan sekolah di Kota Batu bakal dilakukan setiap hari dengan sistem online. Pendataan sistem online tersebut merupakan bentukan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga dan sekolahsekolah yang ada di kota wisata itu. Menurut Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga, Budi Santoso, sistem pendataan secara online ini berfungsi untuk mengetahui data masing-masing sekolah secara real time. Data itu berisi jumlah siswa, jumlah siswa yang hadir, jumlah siswa tidak hadir, jumlah guru hadir, guru tidak hadir dan kegiatan yang dilakukan guru dan siswa. “Nanti ada tim khusus dari dinas untuk

Budi Santoso menangani masalah data online ini. Sebagian ruang kerja saya, akan disekat untuk ruang tim pendataan ini. Dengan sistem ini, semua sekolah wajib kirim

data secara harian,” ungkap Tossi, sapaannya. Dia menjelaskan, semua sekolah wajib melaporkan apapun kondisi sekolah. Semua laporan itu digunakan Dinas Pendidikan untuk melakukan evaluasi dan melakukan tindakan secara cepat terhadap sekolah-sekolah. “Dinas Pendidikan harus bisa mengontrol semua kegiatan dan kondisi sekolah. Dengan adanya laporan tersebut, tidak ada lagi yang bersifat asal bapak senang (ABS). Sebab laporan berdasarkan data yang ada dan masing-masing sekolah akan berbeda,” urainya. Masih menurutnya, saat ini semua sekolah sudah ada jaringan internet termasuk piranti pendukungnya. Keberadaan piranti itu memungkinkan sekolah bisa memberikan lapo-

ran harian berdasarkan data yang ada. “Program ini berlaku SD hingga SMA atau SMK. Sistem pelaporan secara online ini akan efektif mulai awal Desember ini,” tegasnya. Mantan Kepala Dinas Pengairan dan Bina Marga ini menjelaskan, sistem online tersebut sebagain memperbaiki kualitas pendidikan di Kota Batu. Apalagi Pemkot sudah bertekad menghapuskan semua biaya sekolah mulai tahun 2014 nanti, sehingga mutu pendidikan harus semakin baik. Selain system pelaporan data ini, mutasi Kepala Sekolah dan Guru juga akan diberlakukan untuk memperbaiki kualitas pendidikan merata pada semua sekolah di Batu. “Kami ingin sekolah menjadi lebih baik,” pungkas Tossi. (feb/mar)

BANYAK kesibukan yang saya kerjakan pada akhir pekan yang seharusnya diisi waktu untuk istirahat. Hari Jumat menyambut kedatangan menteri BUMN Dahlan Iskan yang menggelar acara senam di puncak ulang tahun Malang Post, setelah itu kesibukan bergeser pada persiapan penyambutan Bu Megawati Sukarnoputri. Seperti biasa, Bu Mega masih sering nyekar ke makam orang tuanya, Bung Karno di Blitar. Setiap kali ke Blitar Bu Mega selalu menyempatkan diri mampir ke Malang, meskipun hanya sebentar. Tapi akhir kemarin, Bu Mega justru menghabiskan waktunya di Kota Wisata Batu (KWB). Setelah dari Blitar, Bu Mega yang didampingi oleh beberapa mantan menteri dan pejabat saat dia menjadi presiden, langsung menuju ke KWB untuk beristirahat. Beliau berkunjung ke BNS dan menginap di Klub Bunga. Selain wisata, Bu Mega juga menaruh perhatian yang besar pada masalah pertanian. Misalnya, panen paprika dan strawberry di Kusuma Agrowisata. Di tempat ini, selain hotel dan tempat konvensi, menjadikan pertanian sebagai suguhan andalan kepada para pengunjung. Selain paprika dan strawberry, di tempat ini Bu Mega juga menikmati petik apel langsung dari kebun. Beliau memetik sendiri apel dan menyimpannya untuk dibawa pulang ke Jakarta. Inilah salah satu unggulan wisata di KWB, memadukan wisata dengan pertanian tanpa menghilangkan keaasliannya. Sehari berikutnya, Bu Mega berkunjung ke Desa Sumberbrantas, salah satu sentra pertanian penghasil sayur dan kentang di KWB. Di desa ini Bu Mega ikut terjun langsung dalam acara panen raya kentang yang kebetulan dilakukan pada bulan ini. Beliau sangat kagum dengan hasil kentang yang dihasilkan oleh para petani Sumberbrantas yang menurut beliau cukup bagus. Menurut para petani, panen

GUEST/MALANG POST

untuk Kesejahteraan Petani

Catatan Wali Kota Batu

Eddy Rumpoko kentang saat ini cukup bagus sehingga mereka bisa mendapat hasil yang cukup baik. Para petani di KWB menjadi pemasok kentang dan aneka sayuran untuk daerahdaerah lain di Jatim, Kalimantan, Bali dan daerah lain. Bu Mega memberi perhatian khusus pada masalah pertanian ini agar nasib petani bisa lebih baik. Beliau bepesan agar sistem yang menggabungkan antara pertanian dan wisata itu tetap dipertahankan dan dikembangkan. Belum banyak daerah yang mengembangkan sistem ini, karena masing-masing daerah memiliki karakter yang berbeda. Khusus KWB, paduan antara pertanian dan wisata ini sangat cocok, karena kondisi alamnya sangat menunjang. Sebelumnya KWB dikenal sebagai tujuan wisata utama di Jatim, bahkan nasional yang menjual kemolekan alamnya. Kini, suguhan kepada para wisatawan semakin dikembangkan dengan wisata yang khas, Baca Perhatian... Hal.15

400 Siswa Ikuti Try Out Akbar BATU- Sekitar Sekkitar 400 40 siswa SMA dan SMK se-Kota Batu, mengikuti try out t kemarin kem k akbar di GOR Ganesha. Try out yang digeGan lar oleh Ganesha O Operation ini merupakan bentuk corporate social responsibility (CSR) so yang menjadi agend agenda rutin. Humas Ganesha Operation, Faris Ikhwan Fauzi mengatakan, Ik kegiatan try out ini sudah dua kali digelar. “Ini merupakan bakti ba kami bagi masyarakat,” katanya. Dia menje menjelaskan, selain itu pihaknya juga bertujuan untu untuk mengukur sejauh mana kemampuan para siswa dan seberapa siapkah dalam menghadapi Ujian Nasional (UN). “Ternyata melihat hasil tahun lalu, tampak ada pengaruh positif bagi para siswa, mulai dari kesiapan dan menyelesaikan ujian,” jelas Faris, panggilannya. Try out ini, dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama, yakni untuk sekitar 200 siswa SMA,

dan untuk sesi kedua bagi 200 siswa SMK. Sedangkan untuk mata pelajarannya yang diujikan juga berbeda. Bila SMA jurusan IPA, mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi sedangkan untuk jurusan IPS yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika Sosiologi, Geografi dan Ekonomi. Sementara untuk siswa SMK yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika (Tehnologi, Pariwisata, dan Akuntansi). Namun dia mengakui, sejauh ini para siswa yang berada di bawah naungannya atau yang dibimbing langsung oleh Ganesha itu, mudah dipantau tingkat kemajuan memahami pelajaran. Dia berharap, dengan digelarnya try out seperti ini dapat menambah wawasan dan pola belajar siswa, agar lebih siap dalam menjalani UN mendatang. (mik/mar)

Noah Born to Make Shining Batu BATU– Persiapan panitia HUT ke-12 Kota Batu semakin matang dalam konser Noah Band di Amarta Hill, Sabtu (23/11) nanti. Setelah mendapatkan kepastian Ariel dan kawan-kawan datang ke Kota Batu, panitia juga sudah menentukan tema konser tersebut Noah Born to Make Shining Batu. “Ya, tema itu yang diangkat Noah dalam konser di Amarta Hill, 23 November nanti. Jadi Noah lahir untuk Batu bersinar, begitu tema tersebut,” ungkap Sinal Abidin, Kabag Humas Pemkot Batu kepada Malang Post, kemarin.

Menurutnya, penonton atau penggemar Noah diminta membawa jaket saat menyaksikan konser tersebut. Masalahnya, suhu udara di lereng Gunung Panderman (lokasi konser) 17 derajat selsius saat suasana malam. Jaket itu menjadi tambahan penghangat sehingga mereka tetap asyik saat menyaksikan konser. “Panitia sudah melakukan survey pada malam hari di lokasi konser. Suhu bisa 17 derajat selsius,” terang mantan Kepala Bagian Kesbanlinmas Pemkot Batu ini. Suhu yang sangat dingin itu tidak meny-

iutkan nyali panitia untuk menggelar konser di pegunungan. Suasana dingin itu malah menjadi nuansa berbeda konser Noah di Kota Batu dengan konser-konser lain yang sudah dilakukan Ariel dan kawan-kawan. Pengunjung, kata dia, bisa merasakan sensasi dinginnya Kota Batu saat menyaksikan konser Noah secara gratis itu. “Banyak penggemar Ariel dari berbagai daerah yang siap datang ke Kota Batu. Mereka tidak peduli di mana lokasi konser, yang penting bisa menyaksikan band kesayanganya unjuk kebolehan,” tambah pria yang juga Humas Panitia HUT ini. Konser Noah tersebut rencananya juga dihadiri pemain dan official timn a s U - 1 9 . Anak asuh pelatih Indra Sjafri ini mendapatkan undangan khusus dari Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko untuk menyaksikan konser Noah di pegunungan. (feb/mar) IST/MALANG POST

KONSER:Ariel dan kawankawan siap melakukan konser di Kota Batu. REDAKTUR: SUMARGA, LAYOUTER: ABDEE


17

SENIN, 18 NOVEMBER 2013

Pemkab Malang Pacu Kinerja Koperasi dan UMKM P

EMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Malang terus menggulirkan gerakan revitalisasi daerah dengan cara mengembangkan produk asli atau unggulan daerah. Gerakan One Village One Product (OVOP) atau satu desa satu produk ini demi mengantarkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang tersebar di wilayah Kabupaten Malang mampu bersaing di tingkat global.

Pemkab meyakini pengembangan komoditi unggulan yang ada dapat memajukan koperasi, industri kecil dan menengah. Bupati Malang, H Rendra Kresna pertama kali melancarkan gerakan ini pada saat membuka Acara Temu Solusi Perumusan Pengembangan Produk Unggulan Daerah melalui Koperasi di Provinsi Jawa Timur, tahun lalu. Kini, gerakan ini terus bergulir dan sudah menuai hasilnya. ‘’Saat ini, desa dan kelurahan sudah memiliki produk unggulan yang terus berjalan. Misal, produk yang berbasis hasil olahan pertanian, perikanan dan peternakan. Hasil produknya tidak hanya menembus pasar lokal, melainkan sudah nasional hingga internasional, karena memang layak ekspor,” terang Rendra didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Malang, Bambang Sumantri kepada Malang Post, kemarin. Banyak potensi yang dimiliki desa/kelurahan dan kecamatan. Misal di sektor pertanian, dengan lahirnya produk unggulan hasil pertanian apel, kentang dan sayur-sayuran. Pelaku UMKM di Dau dan Poncokusumo menyulap bahan pertanian itu jadi hasil olahan seperti keripik apel, keripik kentang, minuman sari apel dan keripik bayam. Sedangkan, di Pujon, pelaku UMKM yang di bidang peternakan mampu menghasilkan susu murni dan olahan susu. Disampaikan Rendra, Pemkab Malang melalui Dinas Koperasi dan UMKM serta beberapa

TINJAU : Bupati Malang, H. Rendra Kresna meninjau produk unggulan UMKM dan koperasi yang dipamerkan dalam Hari Koperasi, beberapa waktu lalu. SKPD terkait terus melakukan pembinaan dan pendampingan demi mengembangkan UMKM. Utamanya, pengembangan tiap wilayah punya produk unggulan dan memiliki ciri khas tersendiri untuk tingkatkan nilai tambah produknya. Gerakan OVOP adalah bagaimana dapat meningkatkan nilai tambah suatu produk, tapi tetap mengacu pada keunikan lokal. Semuanya dalam upaya guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam wadah

Koperasi atau UMKM. ‘’Untuk meningkatkan nilai tambah, hal lain yang perlu diperhatikan adalah sisi pengemasannya dibuat unik dan semenarik mungkin sehingga pembeli merasa terkesan, seperti jamur sintake kering salah satu produk unggulan Jepang yang sudah dikemas menarik harganya berkisar $ 280/ ons,” pungkas bupati sembari mengajak pelaku UMKM untuk bersama-sama memajukan koperasi dan UMKM. (poy/aim)

FOTO RIZAL FANANY/MALANG POST

Kopwan Ujung Tombak Pemberdayaan Kaum Hawa KIPRAH Koperasi Wanita (Kopwan)

di Kabupaten Malang terus menggeliat. Salah satunya yakni Kopwan Lumbung Arto yang terletak di Desa Mangliawan Kecamatan Pakis. Dengan kucuran modal sebesar Rp 25 juta dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim, sekarang sukses memutarnya menjadi Rp 75 juta per bulan. Ketua Kopwan Lumbung Arto, Endang Widati SH mengatakan bantuan modal itu di dapatkan pada pertengahan tahun 2012 lalu. “Saat itu, kopwan kami termasuk salah satu Kopwan di Kabupaten Malang yang menerima bantuan modal dari Gubernur Jawa Timur Soekarwo,“ ujarnya kepada Malang Post. Mendapatkan modal itu, pihaknya tidak menyia-niyakan kepercayaan tersebut. Salah satunya yakni berkomitmen agar perputaran modal tersebut dapat berkembang. Meski begitu, wanita berkacamata ini menegaskan akan mengutamakan kesejahteraan para anggotanya, ketimbang memburu perkembangan modal ataupun keuntungan “Yang membuat Kopwan ini sukses memutar uangnya hingga Rp 75 juta per bulan, ya para anggota itu sendiri. Bentuknya, mereka selalu tepat waktu membayar iuran anggota dan juga angsuran pinjaman,“ papar ibu dua anak dan satu cucu ini. Disiplinnya para anggota Kopwan Lumbung Arto membayar iuran dan angsuran pinjaman, tak lepas syarat selektif yang diterapkan oleh pengelola. Salah satunya yakni setiap calon anggota yang ingin bergabung, mutlak harus memiliki usaha sendiri. “Saat ini terdapat 50 anggota Kopwan Lumbung Arto. Mereka seluruhnya mempunyai usaha yang sudah berkembang dengan baik,“ terangnya. Dijelaskan olehnya usaha yang digeluti oleh para anggotanya diantaranya usaha jamu, pembuatan makanan ringan, industri tekstil, kerajinan, dan beberapa industri rumahan lainnya. Sedangkan untuk keuntungan sisa hasil usaha (SHU) dibagi rata kepada seluruh anggotanya. “Sebagian keuntungan, kami buat untuk pembiayaan pelatihan bagi ibu-ibu dan remaja putri yang kurang mampu. Tak

lupa kami juga memberikan modal kepada mereka,“ tuturnya. Dia berpesan kepada ibu rumah tangga lainnya agar tidak berpuas diri dengan apa yang dimilikinya saat ini. Dia juga menyarankan agar terus meningkatkan taraf kehidupannya beserta keluarganya. “Tidak ada salahnya ibu rumah tangga ikut membantu penghasilan para suaminya. Melalui kegiatan seperti ini, juga sekaligus menumbuhkan kreativitas mereka. Jadi, meski sudah tua, tidak melulu berdiam diri di rumah. Otak dan kreativitas harus diasah melalui berbagai usaha dan bergabung dengan Kopwan,” paparnya. (big/aim)

PENINGKATAN : Produk unggulan UMKM akan terus ditingkatkan kualitasnya.

Gemebyar Bhumi Kanjuruhan,

Ajang Pamerkan Produk Unggulan KELOMPOK Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)

PAMERAN : Ketua Kopwan Lumbung Arto, Endang Widati SH mengikuti pameran batik di Surabaya.

Kabupaten Malang, siap meramaikan peringatan hari jadi ke-1253 Kabupaten Malang. Produk-produk hasil unggulan UMKM akan dipamerkan kepada masyarakat Malang Raya, saat acara puncak Gemebyar Bhumi Kanjuruhan yang akan dilangsungkan pada 29 November – 1 Desember mendatang. “Seperti peringatan HUT Kabupaten Malang sebelumnya, kelompok UMKM siap meramaikan dengan memamerkan produk-produk unggulan yang menjadi kebanggaan warga Kabupaten Malang,” ungkap Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Malang, Bambang Sumantri. Produk-produk unggulan serta kuliner yang dipamerkan tersebut, nantinya akan ditempatkan pada stand-stand yang didirikan di sepanjang Jalan Ahmad Yani Kepanjen. Setiap UMKM akan memamerkan satu produk unggulan di wilayahnya masing-masing. Namun dari ribuan UMKM yang tersebar di Kabupaten Malang, tidak setiap kelompok usaha menempati satu stand. Hal itu karena jumlah stand yang terbatas. Sebab selain stand pendukung yang dari warga Kepanjen, stand lain yang disediakan adalah untuk 33 kecamatan serta puluhan stand untuk SKPD Pemkab Malang. “Sistemnya nanti adalah kolaborasi dengan kecamatan atau SKPD. UMKM di masing-masing kecamatan, akan bergabung sesuai dengan stand kecamatannya. Begitu juga dengan UMKM yang berkolaborasi dengan SKPD. Seperti produk susu SAE Pujon, nantinya akan bergabung dengan Dinas Peternakan. Atau UMKM dari pertanian,

bergabungnya dengan Dinas Pertanian,” terang Bambang. Begitu pula dengan kelompok usaha yang menyediakan kuliner unggulan. Seperti kelompok nelayan yang memamerkan kuliner hasil dari tangkapan laut, dengan mengolahnya menjadi bakso gurita, nugget gurita atau kerupuk gurita. Mereka bisa memamerkan produknya dengan berkolaborasi Dinas Kelautan dan Perikanan. Dengan tampilnya hasil produk-produk unggulan UMKM Kabupaten Malang di Gemebyar Bhumi Kanjuruhan tersebut, diharapkan hasil produk unggulan kelompok usaha kecil ini bisa lebih terangkat. Hasil produknya tidak hanya dikenal di wilayahnya, tetapi bisa diketahui warga Malang Raya atau warga dari luar kota.(agp/aim)

REDAKTUR: MUHAIMIN, LAYOUTER: SLATEM


SENIN, 18 NOVEMBER 2013

Komunitas Fotografer Leica Potret Keindahan Singosari SINGOSARI- 13 anggota komunitas Fotografer Leica Surabaya mengadakan gathering sekaligus hunting ke Kecamatan Singosari. Mereka membidik objek wisata seni, budaya dan peninggalan sejarah yang menjadi modelnya. Kegiatan bertujuan mengenalkan potensi wisata Singosari itu, yang difasilitasi Perum Singhasari Residence. Bupati Malang H Rendra Kresna menyerahkan sertifikat kepada para peserta gathering dan hunting. Dalam sambutannya, orang nomor satu di Kabupaten Malang itu menegaskan, Kecamatan Singosari kaya akan potensi seni, budaya, dan peninggalan sejarah lainnya yang cocok untuk diabadikan dalam foto oleh para fotografer. “Melalui kegiatan seperti ini, sekaligus sebagai ajang promosi bagi kami untuk mengenalkan kekayaan potensi wisata yang ada di Kecamatan Singosari,“ ujarnya. Bung Rendra begitu bupati akrab disapa, juga mengapresiasi apa yang telah dilakukan Perum Singhasari Residence melalui kegiatan semacam ini. “Tentunya kegiatan ini sangat positif dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang

BINAR GUMILANG / MALANG POST

SIMBOLIS: Bupati Malang H Rendra Kresna secara simbolis menyerahkan sertifikat hunting kepada salah seorang peserta.

tentu mendukungnya. Juga termasuk kedepannya, bisa ditindak lanjuti dengan rutin mengadakannya,“ paparnya. Sementara itu Dirut PT Intelegensia Grahatama (IGT) Singosari pengembang Perum Singhasari Residence, David Santoso mengatakan, kegiatan ini baru pertama kali diadakan oleh pihaknya. Dijelaskan seluruh peserta gathering dan hunting dibawa

mengunjungi sejumlah obyek wisata. Diantaranya yakni Candi Singosari, Candi Sumberawan, Pembuatan Keris Empu Fanani, dan melihat batik di Pusat Kerajinan Kendedes (PKR). “Mereka mengambil tema hunting seni, budaya dan human interest ataupun kemanusiaan. Semuanya ada di Kecamatan Singosari,” ujar David Santoso kepada

Malang Post di tempat yang sama. Menurutnya, kegiatan tersebut dapat berimbas positif salah satunya meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Malang. “Setelah mereka berkunjung ke Singosari, tentunya akan banyak bercerita kepada kolega dan keluarganya. Selain itu, cerita mereka juga didukung foto berkualitas, yang telah diambil

sebelumnya,” terangya. Melalui hasil foto itulah diyakini David akan membuat penasaran bagi yang melihatnya, terutama yang belum pernah mengunjungi Kecamatan Singosari. “Kegiatan ini, sebagai bentuk koitmen kami membantu Pemkab Malang untuk mengembangkan wisata terutama di Kecamatan Singosari ini,” tutupnya. (big/sir/aim)

Perampok Juga Gasak Brankas Kosong UPT Bina Marga KEPANJEN – Empat kawanan perampok yang beraksi Sabtu (16/11) dini hari lalu, ternyata tidak hanya menjadikan kantor Dinas Pengairan dan Radio Kanjuruhan FM sebagai sasarannya. Tetapi kantor UPT Dinas Bina Marga yang satu tempat di Jalan Kawi 1 Kepanjen tersebut, juga turut jadi sasaran pelaku. Di kantor Dinas Bina Marga yang bersebelahan dengan Dinas Pengairan Kabupaten Malang ini, pelaku juga bernasib sial. Satu brankas besi di ruang pegawai yang diperkirakan berisi uang, ternyata juga kosong. Kasatreskrim Polres Malang, AKP Muhammad Aldy Sulaeman SIK, saat dikonfirmasi juga membenarkan. Dia mengatakan dalam kejadian perampokan pada Sabtu dini hari lalu, ada tiga kantor yang menjadi sasaran perampok. Selain Dinas Pengairan dan Radio Kanjuruhan FM, juga kantor Dinas Bina Marga. “Dari tiga kantor yang dirampok tersebut, sama sekali tidak ada kerugian. Sebab tiga brankas yang dibongkar sama sekali tidak ada uangnya. Yaitu dua brankas milik Dinas Pengairan serta satu brankas milik Dinas Bina Marga,” ujar Aldy Sulaeman.

AGUNG PRIYO/MALANG POST

SERIUS : Kapolres Malang ketika memberikan arahan agar lebih waspada pengamanan perkantoran di kabupaten malang. Dilanjutkan Aldy, dari tiga kantor yang menjadi sasaran perampokan tersebut, hanya tiga penjaga yang disekap. Dua penjaga adalah pegawai Dinas Pengairan dan satu lagi adalah pegawai Radio Kanjuruhan FM. Sedangkan di kantor Dinas Bina Marga, saat kejadian tidak ada yang menjaga. Untuk perkembangan penyelidikan, mantan tenaga pendidik (Gadik) SPN

Brimob Polda Jatim ini, mengatakan bahwa sampai kemarin pihaknya masih menyelidiki pelakunya dengan memeriksa saksi-saksi. Polisi memperkirakan bahwa pelaku perampokan adalah pendatang dari luar Kota Malang. Dan kemarin, seluruh Pasukan Wanteror Polres Malang, dikumpulkan untuk menyelidiki kasus perampokan itu. “Pelakunya masih

kami selidiki,” katanya. Terpisah, Kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Malang, Muhammad Anwar, saat dikonfirmasi mengatakan bahwa kantor Bina Marga yang turut menjadi sasaran perampokan, bukan kantor Dinas Bina Marga Kabupaten Malang. Tetapi adalah kantor UPTD Bina Marga Provinsi Jawa Timur. “Yang menjadi satu dengan kantor Dinas Pengairan serta Radio Kanjuruhan FM itu, milik Bina Marga Provinsi Jatim,” tutur Anwar. Seperti diberitakan sebelumnya, aksi perampokan kembali terjadi di wilayah Kabupaten Malang. Sabtu lalu, kantor Dinas Pengairan dan kantor Radio Kanjuruhan FM Jalan Kawi 1 Kepanjen, yang menjadi sasarannya. Meski tiga orang penjaga berhasil dilumpukan, namun pelaku yang berjumlah empat orang gagal mendapatkan hasil. Dua brankas milik Dinas Pengairan yang sempat dibongkar paksa oleh pelaku, ternyata sama sekali tidak ada uangnya. Karena kecele, setelah sekitar dua jam beraksi, para pelaku langsung kabur. Kasus perampokan tersebut, kemarin langsung ditangani Polsek Kepanjen yang diback up Polres Malang.(agp/aim)

18

Rendra Disambati Kader Posyandu KEPANJEN – Bupati Malang, H Rendra Kresna disambati para kader Posyandu Kabupaten Malang, saat hadir pada perayaan Hari Kesehatan Nasional (HKN) di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, pagi kemarin. Rendra berjanji dirinya dan Pemkab Malang akan lebih memperhatikan keberadaan kader, meningkatkan pelayanan kesehatan dan mensejahterakan masyarakat. Curahan hati itu disampaikan sejumlah perwakilan kader saat talk show bupati dengan para kader. Rahmawati, salah satu kader membuka curahan hati terkait proses penyerahan jatah beras Raskin. Sebab, dari data baru jumlah masyarakat tak mampu yang layak sebagai penerima raskin dengan jatah beras Raskin yang justru tidak seimbang. Alhasil, para kader kerap ’ditabrak’ warga yang kecewa karena tidak mendapat jatah beras Raskin. ‘’Pak Rendra, harusnya jatah beras Raskin yang diberikan sesuai dengan jumlah masyarakat tidak mampu. Sehingga semuanya dapat 10 kilogram per KK. Selama ini, agar semua bisa rata, jatah beras Raskin yang kami terima, kami bagi sendiri sama rata,” terang Rahmawati. Keluhan lainnya, terhadap keberadaan peralatan posyandu yang dinilai banyak tidak layak. Contohnya, alat timbang badan bayi yang sudah banyak usang dan belum dapat bantuan peralatan baru dari pemerintah. Para kader di wilayah berusaha memaksimalkan peralatan yang ada. Tak jarang mereka mengaku mengeluarkan biaya sendiri untuk berusaha memberikan pelayanan maksimal kepada anggota posyandu. Sementara, Rendra menampung sambatan itu. Untuk jatah Raskin, jika di lapangan dijumpai jumlah penerima lebih besar dibanding jatah beras, maka desa/kelurahan bisa membuat berita acara untuk pembagian secara merata di wilayah. Itupun harus dilalui rembuk desa yang melibatkan lurah/ kades, BPD dan tokoh masyarakat. Pada dasarnya, langkah itu tidak diperbolehkan. Pemkab pun berusaha mengajukan penambahan jatah Raskin dengan berpatokan data baru. Selain itu, bupati juga merespon keinginan kader Posyandu mempunyai seragam baru. Pihaknya akan menindak-lanjuti dan mengajak DPR untuk menyiapkan anggaran. Kebetulan pada talk show juga hadir Endang Sarwan Hamid, anggota Komisi IX DPR RI dan Sanusi, wakil ketua DPRD Kabupaten Malang. (poy/aim)

Pelatih Sea Games Pantau Lintasan Sepatu Roda Kepanjen KEPANJEN – Lintasan sepatu roda milik Kabupaten Malang yang berada di area luar Stadion Kanjuruhan Kepanjen, mendapat apresiasi dari pelatih Timnas Sea Games sepatu roda, Erik Primus. Pelatih yang berdomisili di Bekasi tersebut, sengaja didatangkan oleh Perserosi Kabupaten Malang untuk memantau lintasan sepatu roda yang baru saja dibangun dengan anggaran sekitar Rp 400 juta lebih. Dalam kaca mata Erik, lintasan sepatu roda milik Kabupaten Malang ini sudah sesuai standart International. Kriterianya adalah dari kepadatan konstruksi lintasan sekaligus kemiringan serta tikungannya. “Panjang lintasannya juga dikatakan sudah sesuai standart yaitu 200 meter,” kata Yuartono, ketua pelaksana Kejurnas sepatu roda Bupati Malang Cup II. Hanya untuk lebar lintasan saja, yang menurutnya tidak sesuai. Sebab semestinya lebar lintasan minimal adalah 7 meter, namun karena keterbatasan tempat lintasan hanya dibangun 6 meter. Tetapi hal tersebut sama sekali tidak berpengaruh. “Selain Erik Primus, kami juga mendatangkan konsultan untuk memantau kelayakan lintasan. Termasuk club-club sepatu roda. Menurut mereka semua, sudah sesuai standart international,” terangnya. Dikatakannya, target selesai pembangunan lintasan sepatu roda tersebut, sebelum akhir bulan harus sudah selesai. Sehingga pada saat Kejurnas nanti, sudah tidak ada pembangunan yang mengganggu jalannya turnamen. “Pembangunan tahap pertama kami selesaikan lintasannya saja. Nantinya, ke depannya akan kami lengkapi juga dengan tribun penonton, toilet serta ruang ganti atlit,” sambung Kadispora Kabupaten Malang, Iriantoro. Terpisah, anggota Komisi B DPRD Kabupaten Malang, Purnomo Anwar, mengatakan sangat mendukung adanya lintasan sirkuit sepatu roda tersebut. Dengan adanya lintasan berstandart International tersebut, dia berharap Perserosi Kabupaten Malang bisa mengembangkan dengan membuka club sepatu roda di setiap kecamatan.(agp/aim)

TPQ Pandan Ajeng Juara Umum Pekan Muharam TUMPANG- Dalam rangka mengisi bulan Muharram 1435 H, KUA Kecamatan Tumpang bekerjasama dengan PG TPQ dan Penyuluh Agama Islam, menggelar Pekan Muharam 1435 H. Acara yang diisi dengan pawai taaruf itu di ikuti sekitar 3000 santri dari 70 lembaga TPQ yang ada di wilayah Tumpang. Peserta pawai menempuh jarak sekitar 2,5 kilometer dari garis start di TMP Tumpang dan finish di Lapangan Tumpang. Selama melakukan pawai, setiap kelompok peserta diberikan kebebasan untuk menampilkan kreatifitas dan keragaman seni serta budaya bangsa Indonesia. “Pekan muharram yang digelar ini juga dilakukan penilaian oleh panitia.

SIGIT ROKHMAD/MALANG POST

JUARA UMUM: TPQ Pandan Ajeng, yang mendapat penghargaan sebagai juara umum setelah menyertakan sekitar 176 murid atau anak didiknya. Siapa kelompok peserta terunik atau kreatif akan mendapatkan tropi. Juara umum pawai berhasil direbut oleh

TPQ Pandan Ajeng-Tumpang,” kata Kepala KUA Tumpang, Muh Sulthoni Bashori kepada Malang Post, kemarin. Ditambahkannya, pawai yang dilaksanakan tersebut merupakan puncak kegiatan Pekan Muharam yang sejak Oktober lalu digelar. Sebelumnya sudah digelar pembinaan tenaga keagamaan P2A (Pembinaan Pengamalan Agama Islam). “Selain memperingati tahun baru Islam, kegiatan juga bagian dari peringatan Hari Pahlawan, Hari Jadi Kabupaten Malang dan Hari Amal Bakti ke-68 Kemenag,” terangnya. Dalam pelaksanaan kemarin, selain mengisi kegiatan dengan acara inti pawai, juga dilakukan sejumlah pembagian doorprize untuk peserta.(sit/aim)

REDAKTUR: MUHAIMIN, LAYOUTER: SLATEM


SENIN, 18 NOVEMBER 2013

19

Regular Season Speedy NBL Indonesia seri 1 Malang Jadwal Regular Season Speedy NBL Indonesia Seri 1 Malang Senin 18 November 2013 di GOR Bima Sakti Malang: 15:00 - 17:00 WIB Pelita Jaya Energi Mega Persada Jakarta vs NSH GMC Jakarta 17:00 - 19:00 WIB Stadium Jakarta vs JNE BSC Bandung Utama 19:00 - 21:00 WIB Pacific Caesar Surabaya vs Aspac Jakarta

Hasil pertandingan Minggu 17 November

RIZAL FANANY/MALANG POST

HIBURAN: Fanatisme penonton untuk melihat tim tuan rumah bertanding di gelaran regular Season Speedy NBL Indonesia seri 1 Malang selalu besar.

Sedot Antusiasme Penonton

MALANG - Gelaran regular season Speedy NBL Indonesia seri 1 Malang menjadi ajang hiburan bagi pecinta basket Kota Malang. Even yang sudah dimulai sejak Sabtu (16/11) lalu itu selalu menyedot antusiasme penonton. Dari pantauan Malang Post, dua sisi tribun GOR Bima Sakti Malang hampir terisi penuh. Bahkan sempat terisi padat saat pertandingan-pertandingan besar. Fanatisme penonton lebih terlihat ketika tim tuan rumah sedang bertanding. Suporter Bimasakti Nikko Steel Malang berkali-kali memberikan teriakan

semangat bagi Yanuar Priasmoro dan kawan-kawan. Sadar akan antusias publik, pihak penyelenggara memberikan fasilitas berupa kemudahan-kemudahan bagi penonton. Kemudahan tersebut berupa promo, diantaranya memberikan free entry untuk penonton wanita, hari ini. Selain itu maih ada promo free entry untuk mahasiswa pada hari Rabu (20/11).Para mahasiswa cukup menunjukkan kartu tanda mahasiswa untuk masuk ke arena pertandingan. Tak cukup sampai disitu, ada dua promo menarik dalam even tersebut.

Para penonton bisa mendapat free entry pada hari Kamis (21/11) dengan menunjukkan SMS notifikasi Speedy dari nomor 8108. Pada hari Jumat (22/11), penyelenggara memberi diskon 40 persen untuk pelajar dan mahasiswa. Pelajar dan mahasiswa bisa masuk GOR Bima Sakti dengan menunjukkan kartu identitas pelajar atau mahasiswa untuk mendapat promo tersebut. Salah seorang penonton, Yuni Saraswati menyatakan sengaja datang langsung ke GOR Bima Sakti untuk menyaksikan tim kesayangan-

JNE BSC Bandung Utama v Hangtuah Sumsel IM: 59 – 56 Satya Wacana Metro LBC Bandung v Garuda Kukar Bandung: 57 – 74 Satria Muda BritAma Jakarta v Stadium Jakarta: 80 – 61 NSH GMC Jakarta v Bimasakti Nikko Steel Malang: 45 – 62 CLS Knights Surabaya v Pelita Jaya Energi Mega Persada Jakarta: 54 – 60

nya bertanding. Wanita berparas cantik itu tak ingin melewatkan setiap pertandingan Bimasakti Nikko Steel Malang. “Saya asli Malang, jadi saya dukung Bimasakti,” ujarnya kepada Malang Post ketika ditemui di sela-sela pertandingan kemarin (17/11). Yuni mengaku mengidolakan Bima Rizki Ardiansyah. “Saya cukup sedih Bima dicoret dari timnas Indonesia,” keluhnya. Padahal menurutnya, Bima pemain bagus dan layak menjadi punggawa timnas. (mg11/mar)

RIZAL FANANY/MALANG POST

CALO: Papan peringatan terhadap calo yang dipasang.

Imbau Jangan Beli Tiket di Calo

MUHAMMAD CHOIRUL/GUEST GESANG/MALANG POST

JUARA: Ketua Umum dan beberapa pengurus FORKI Kota Malang bersama para atlet peraih medali yang membawa FORKI Kota Malang menjadi juara umum dan (foto kanan) dua atlet karate bertanding.

FORKI Kota Malang Rebut Juara Umum MALANG- Kejurnas Karate Malang Open V yang digelar di GOR Ken Arok sejak 15 November lalu telah berakhir kemarin. Dalam even tahunan itu, tim tuan rumah FORKI Kota Malang sukses menjadi juara umum. Hingga kejuaraan berakhir, tercatat 19 medali emas dikoleksi tim FORKI Kota Malang, ditambah dengan 8 perak dan 16 perunggu. Raihan medali tersebut jauh diatas saingan terdekatnya, INKAI Jatim yang memperoleh 10 medali emas, 14 perak dan 5 perunggu. Posisi ketiga ditempati UPT Samanor Jatim dengan 9 emas, 2 perak, dan 3 perunggu. Sementara itu, gelar

Best of the Best Usia Dini Pemula II Putra diraih Alfian dari INKAI Jatim, Putri diraih Garini dari FORKI Kota Malang. Untuk kelas Kadet Junior Putra dan Putri masing-masing disikat oleh Adi Anara dari UPT Samanor Jatim dan Yofin Yola dari KKI Baru. Sedangkan kelas U-21 Senior didapatkan Andika dari INKAI Jatim di kelompok Putra dan Besty dari FORKI Jombang di kelompok Putri. Menanggapi hal ini, Ketua Umum FORKI Kota Malang, Priyatmoko Oetomo mengaku bangga dengan atletatletnya yang telah mempersembahkan gelar untuk FORKI Kota Malang. “Saya bangga, khususnya terhadap

atlet-atlet muda kita yang bertalenta. Terbukti dengan raihan juara umum ini,” ujar Moko, sapaan akrabnya. Ia menambahkan, sebenarnya target utama FORKI Kota Malang bukanlah menjadi juara umum. “Target kita sebenarnya adalah mencari bibitbibit muda berpotensi yang belum tergabung dengan FORKI untuk kita bina guna melakoni even yang lebih tinggi. Selain itu juga untuk menambah jam terbang atlet kita,” imbuhnya. Menurut Moko, dalam pencarian bibit tersebut ada klasifikasi tertentu yang diutamakan. “Ada batasanbatasan usia yang kita cari, utamanya

junior dan kadet,” jelasnya. Ia memaparkan bahwa dalam Kejurnas Karate Malang Open kali ini menjadi ajang yang paling meriah dari tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, sekitar 30 tim dari luar FORKI Kota Malang turut serta, ditambah lagi 1 tim dari Brunei Darussalam. “Dan hampir seluruh sekolah di Kota Malang mengirimkan tim untuk ikut antar pelajar disini. Ini prestasi tersendiri bagi kita. Selain itu kita juga berperan dalam memperkenalkan Kota Malang sebagai kota industri, pendidikan, dan pariwisata. Karena banyak peserta yang datang dari luar Malang,” pungkasnya. (mg11/mar/sir)

MALANG - Pihak penyelenggara Regular Season NBL Indonesia seri 1 Malang memberi ketegasan mengenai pendistribusian tiket. Senior Manager Communications PT DBL Indonesia, Yondang Tubangkit menuturkan bahwa pihaknya tidak akan membiarkan para calo bergerak secara leluasa. “Security kita selalu mengawasi para pembeli tiket. Kita tugaskan untuk mengamati mana yang murni penonton, mana yang calo,” ujar Yondang, sapaan akrabnya Dia menilai, penegasan ini diperlukan karena tidak hanya dalam even NBL, menurutnya di semua even selalu saja ada calo yang memanfaatkan situasi. “Mereka itu ada dimanamana, oleh karenanya kita antisipasi,” tegasnya. Selain memberi ketegasan pada calo, pihaknya juga memberikan edukasi kepada penonton NBL. “Kita pasang plakat himbauan untuk tidak membeli tiket di calo. Selain merugikan panitia, juga merugikan penonton karena jelas mereka beli tiket dengan harga yang lebih mahal,” ungkapnya. Yondang mengimbau kepada para penonton agar membeli tiket di loket yang telah disediakan. “Penonton jangan khawatir kehabisan tiket. Karena tiket tidak akan habis. Sistem kita mengenai tiket tergantung jumlah penonton yang ada di dalam GOR. Jika kondisi sudah tidak memungkinkan jadi kita tutup loket, lalu dibuka lagi setelah keadaan memungkinkan,” katanya. (mg11/mar)

Perserosi Kabupaten Malang Gelar Kejurnas KEPANJEN– Persatuan sepatu roda seluruh Indonesia (Perserosi) Kabupaten Malang, menggelar kejuaraan nasional (Kejurnas) sepatu roda antar club Bupati Malang Cup II. Turnamen tingkat nasional ini, dalam rangkaian hari jadi Kabupaten Malang. Pelaksanaannya akan digelar mulai 30 November sampai 1 Desember 2013. Ketua pelaksana kejuaraan sepatu roda, Yuartono, mengatakan turnamen yang memperebutkan hadiah puluhan juta tersebut, selain untuk memperingati hari jadi Kabupaten Malang, juga sekaligus launching lintasan sepatu roda berstandart internasional yang dibangun di area luar Stadion Kanjuruhan Kepanjen. Turnamen sendiri nantinya akan diikuti sekitar 200 atlit. “Semua persiapan sudah matang. Termasuk proses finishing penyelesaian lintasan sepatu roda. Dari 200 atlit yang akan mengikuti, sudah 80 persen atlit serta official yang memastikan ikut kejuaraan ini,” ungkap Yuartono. Menurut dia, selain klub sepatu roda di Malang Raya yang akan turun

dalam kejuaraan ini, juga ada klub-klub lokal di Indonesia. Seperti 15 klub asal Jawa Timur, 3 klub asal Jawa Barat, 2 klub asal Kalimantan serta 1 club dari Medan. Selain klub lokal tingkat nasional tersebut, kejuaraan sepatu roda Bupati Malang Cup II, akan digelar kejuaraan kelas marathon sepatu roda. Khusus kejuaraan marathon ini, pesertanya adalah atlit di tingkat International. Yaitu dari India, Kore, Thailand serta Malaysia. “Untuk kejuaraan marathon sepatu roda, nantinya akan kami tempatkan di Kecamatan Turen. Ada enam kelas untuk marathon, yaitu kelas A-B satu lap 7 kilometer, kelas C-D dua lap 17 kilometer serta kelas E-F antara 21 sampai 30 kilometer,” ujarnya. Sebagai pertimbangan untuk atlit sepatu roda International, kemarin Perserosi Kabupaten Malang, akan mengirimkan gambar rekaman video tentang lintasan sepatu roda ke masing-masing Negara jelang kejuaraan. Diharapkan nantinya sebelum kejuaraan dilaksanakan, atlit-atlit kelas dunia tersebut sudah tiba di Malang. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga

(Dispora) Kabupaten Malang, Iriantoro mengatakan lintasan sirkuit sepatu roda berstandart International, di Jawa Timur hanya ada di Kabupaten Malang. Dengan adanya lintasan tersebut, diharapkan bisa mendongkrak prestasi sepatu roda. Termasuk bisa membawa nama harum Kabupaten Malang, di Kejurnas sepatu roda Bupati Malang Cup II. “Targetnya di Kejurnas nanti tidak muluk-muluk, cukup dua medali saja di kelas D standart. Namun kalau bisa lebih dari itu, jelas sangat bagus sekali,” terangnya. Sementara itu, untuk persiapan kejurnas nanti, kemarin lintasan sepatu roda yang sedang dalam tahap finishing pembangunan sudah mulai dijajal untuk latihan. Tidak hanya club sepatu roda dari Malang, tetapi juga dari luar kota, antara lain MIS ( Malang Inline Skate), KIS ( Kanjuruhan Inline Skate), KSR (Kanjuruhan Sepatu Roda), X speed (club sepatu roda dari Sidoarjo), dan FKSR Jatim ( Forum Komunikasi Sepatu Roda) Surabaya. (agp/mar)

POH HERI/MALANG POST

SEPATU RODA: Beberapa atlet sepatu roda sedang berlatih untuk persiapan Kejurnas yang diadakan Perserosi Kabupaten Malang.

REDAKTUR: SUMARGA, LAYOUTER: ABDEE


ANDA punya aktifitas harian, mingguan, bulanan yang layak diketahui publik? Mulai dari arisan, PKK, karang taruna, reuni, ulang tahun, seminar, diskusi, peresmian, pengajian, pernikahan, selamatan, yasinan, tahlil, kematian, kelahiran dan masih banyak kegiatan lainnya. Ingin di muat di Harian Malang Post, ketik informasinya dan kirim: ke No HP : 081 5555 0098 / 0857 9119 1887 atau kirim email ke: redaksi@malang-post.com. Jangan lupa, sebutkan nama, alamat serta kegiatannya.

SENIN, 18 NOVEMBER 2013

SEMINAR Semnas Rahasia Sukses di Usia Muda Seminar Nasional bertema ‘Rahasia sukses di Usia Muda: Being a Competent Edupreneur (Entrepreneur od Education)‘ menghadirkan pembicara Hamzah Izulhaq (Founder How to be a competent edupreneur) dan Prof. Dr. Muhadjir Effendi, M.Ap (rector UMM). Kegiatan ini digelar oleh HMJ Pendidikan Luar Sekolah FIP UM pada Minggu, 24 November 2013.

Seminar Supervisory Terpanas Seminar Supervisory terpanas 2013. Supervisor in You. Kamis, 21 November 2013 di Hotel Harris Malang. Investasi: Rp.1.000.000 per orang. Hubungi: 08970473906 (Vandim Surplus). Persediaan kursi terbatas!

Kompetisi Desain SMA-SMK Miami Cari Maskot. Kompetisi Desain SMA-SMK se Malang Raya berhadiah beasiswa jutaan rupiah. Caranya, buat Maskot dan kirim ke Facebook Miami. Batas akhir pengiriman tangga; 1 Desember 2013. Info kunjungi:

BEM FIA UB menggelar seminar nasional demi peringatan Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan pada tanggal 23 November 2013. Melanie Subono dan Ratna Sarumpaet hadir sebagai narasumber. Seminar digelar di gedung FIA lantai 4 UB Malang. Cp: 081316790661 (janet), 081285940027 (syeril).

Seminar Seventseas 2013 Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya mengadakan International Symposium Seminar Sharia Economics Event South East Asia (Seventseas) 2013 yang mengambil tema utama The Reinforcement of Global Economics based on Islamic Principle. Acara ini akan dilaksanakan pada Ahad, 24 November 2013 pukul 08.00 – 16.00 WIB di Auditorium Dekanat Lantai 2, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya. Fasilitas yang akan didapatkan oleh peserta antara lain seminar kit, coffe break, makan siang, stiker, doorprize, dan sertifikat.

Seminar ASEAN Community Tanggal 23-24 November 2013, FISIP UB bakal menggelar Seminar Interna sional Asean Community 2015, dengan tema ”Persiapan Pelajar Indonesia meng hadapi Asean Community 2015 da lam aspek sosial kultural”. Acara digelar di gedung FIA UB. Informasi hubungi Resti 081231838764

BIA on 2013 The 3rd Brawijaya’s International Agriculture (BIA) on 2013 akan diisi dengan agenda seminar pada 30 Nov 2013. Kegiatan ini dilaksanakan dengan serangkaian kegiatan yang meliputi International conference, Expo, dan Fieldtrip. Acara bertempat di Aula Fakultas Teknik Universitas Brawijaya untuk International Seminar, Gedung Konferensi Widyaloka untuk konferensi Internasional dan Expo, serta Wildlife Education Center, Dau untuk kegiatan fieldtrip.

Selamat Ultah Nurhadi Selamat Ulang Tahun Muhamad Nurhadi (Nurhadi) karyawan Haichi MX Mall Malang. Semoga panjang umur, sehat selalu dan sukses dalam pekerjaan.

www.miamichicken.co.nr

Atlas 2013 FH UB Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (UB) menggelar ajang karya tulis mahasiswa (Atlas) 2013 Brawijaya Law Fair IV. Tema kegiatannya adalah Mewujudkan Good and Clean Governance Meruntuhkan Dinasti Korupsi. Acara akan dilaksanakan pada 22-24 November 2013 di Auditorium lantai VI Gedung A FHUB.

Lomba Fotografi dan Cerpen Narasumber Melanie dan Ratna Sarumpaet

ULTAH

Brawijaya Mengajar menggelar lomba fotografi, sketsa gambar dan cerpen. Kategori lomba adalah untuk mahasiswa dan umum. Hadiah berupa uang tunai dan sertifikat. CP Safda 085259152426

NBL Reguler Season Even bola basket tertinggi se Indonesia ini akan memulai Seri 1 Malang di Gor Bima Sakti Malang. Even itu dilaksanakan pada 16 hingga 24 November 2013 mendatang.

Met Ultah Pernikahan Slamat ulang tahun ke 16 pernikahan. Rustika dan Achmad, 25 November Smoga diberikan panjang umur, diberikan umur barokah dan sehat slalu menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, dan warohmah.

DUKA CITA Ustadz Fadloli Wafat Turut berbela sungkawa atas wafatnya Ustadz Fadholi, Pengasuh Musholla Raudatul Mubtadiin WonokoyoKedung kan dang.

Business Administration Grand Bazaar 2014 Mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang menggelar Business Administration Grand Bazaar 2014. Acara meliputi Grand Bazar 35 stand, Festival dan lomba band umum se Malang Raya, Festival dan lomba dance se Malang Raya, games, dan lomba Advertising. Kegiatan akan dilaksanakan pada 15 – 16 Januari 2014 di Aula Pertamina Politeknik Negeri Malang.

Sang Mandor Teater Hampa Teater Hampa Universitas Negeri Malang menggelar ‘Pentas Produksi 2013’ dengan judul ‘Sang Mandor’ karya Rahman Arge. Pementasan ini digelar Jumat, 22 November 2013 jam 18.30 – selesai.

Karya Bhakti Mahasiswa Politeknik UKM Karya Mahasiswa Politeknik Negeri Malang menggelar Program Karya Bhakti Mahasiswa 2013 pada 25-31 Desember di Desa Jombok Kecamata Ngantang Kabupaten Malang. Adapun kegiatan meliputi perbaikan fasilitas pendidikan dan khitanan masal.

yang akan diikuti oleh seluruh kalangan masyarakat. Mulai dari tokoh pemuda, ulama, tokoh masyarakat dan siswasiswa se Kota Batu.

Pekan Amal Psikologi UMM Departemen Kesejahteraan Sosial UMM mempersembahkan Pekan Amal Psikologi (PAP) UMM. Acara dimulai 23 Oktober sampai 5 Maret 2014. Menerima bantuan soal berupa buku, uang, pakaian dll.

Jalan Sehat Warga Gunungsari Senin, 25 Novemberi 2013, gerak jalan dalam rangka bersih Desa Gunungsari, yang akan diikuti seluruh RT dan RW se Gunungsari. Gerak jalan tersebut akan dilombakan untuk memacu semangat para peserta. Acaranya akan dimulai ai dari pukul.10.00 WIB sampai selesai ai

20

HIBURAN Konser Harmonica Fakultas Ekonomi dan Bisnis UB menggelar konser Harmonica demi Dies Natalis ke-52. Acara digelar 19 Desember 2013. Raisa Adriana dan Sheila On 7 bakal jadi bintang tamu. Untuk informasi lanjutan hubungi 081230909175 (dewi) reservation ticket : 083834818933 (fiska)

Launching Album Kompilasi Homeband FISIP UB bakal melaunching album kompilasi volume 3 pada tanggal 29 November 2013. Open Gate pukul 16.00 WIB. Tiket pre sale dihargai Rp 15 ribu, On The Spot Rp 20 ribu. Bintang tamu D’Cinnamons. CP Valin 087752880968

Turut Berduka Cita Turut berdukacita atas wafatnya ananda Farida Ulya, putri kedua Bapak Ahmad Cahyo dan ibu Arifah, Wonokoyo kedungkandang. Semoga almarhumah diterima di sisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan mendapat ketabahan.

jus semangka, rendah kalori dan kuatkan tulang BUAH semangka yang menyegarkan, cocok dikonsumsi saat musim panas karena buah ini mampu mempertahankan kadar air dalam tubuh. Tapi ternyata, semangka memiliki manfaat yang lebih dari itu. Dikutip dari Mag for Women, berikut ini beberapa manfaat jus semangka yang baik untuk kesehatan. 1. Rendah kalori Jika Anda terbiasa ngemil di antara waktu makan, ataupun memakan junk food saat lembur, gantilah makanan tersebut dengan jus semangka tanpa gula. Minuman ini sangat rendah kalori. Kadar air yang tinggi namun rendah lemak dan kolesterol mampu mengenyangkan perut Anda.

2. Meredakan nyeri otot dan kelelahan Sebuah studi menyatakan bahwa jus semangka mampu meredakan nyeri setelah berolahraga. Jus semangka juga dipercaya mampu menormalkan detak jantung setelah berolahraga serta mengurangi lelah otot. Jika dikonsumsi sebelum berolahraga, jus tersebut diklaim dapat melancarkan sirkulasi dalam pembuluh darah karena mengandung asam amino L-cittruline. L-cittruline pada semangka, dapat diserap lebih cepat oleh tu buh dibanding L-cittruline yang berasal dari suplemen. 3. Kaya akan vitamin dan mineral Sama seperti buah lainnya,

semangka juga kaya akan vitamin dan mineral. Semangka mengandung vitamin A, B, C, potasium, zat besi, kalsium, magnesium, zinc, antioksidan dan nutrisi lainnya. Minum segelas jus semangka saat sarapan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi Anda. 4. Bagus untuk penderita penyakit jantung Jika Anda menderita penyakit jantung atau ingin menyehatkan sistem cardiovascular Anda, kon sumsilah lebih banyak jus semangka. Semangka mengandung antioksidan yang bernama lycopene, yang mengurangi peradangan pembuluh darah penyebab stroke.

Lycopene juga mampu mengurangi tekanan darah tinggi dan diabetes, yang seringkali menjadi penyebab serangan jantung. 5. Mencegah kanker Walaupun belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa semangka dapat mencegah kanker, para ahli tetap merekomendasikan untuk mengonsumsi semangka sebanyak mungkin karena buah ini mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas. Jus semangka diyakini mampu mencegah beberapa kanker seperti kanker prostat dan usus. 6. Meningkatkan energi

Beberapa ahli mereko mendasikan untuk meminum jus semangka di pagi hari untuk meningkatkan energi. Gula alami dan kadar air tinggi yang terdapat pada buah semangka sangat diperlukan tu buh untuk menjalani aktivitas seharian. Jika Anda terburu-buru dan tidak sem pat sarapan, minum segelas jus semangka dapat memenuhi kebutuhan energi Anda. 7. Menguatkan tulang Semangka diyakini dapat mencegah beberapa penyakit tulang termasuk arthritis karena buah ini mengandung kalsium yang menguatkan struktur dasar tulang Anda.(jpnn/lim)

Seminar Karir Seminar Karir: Kiat menyikapi perjanjian kerja dan wawancara. Pukul 08.00 WIB, Selasa, 19 November di Aula BAU UMM. Untuk pendaftaran, hubungi: 085204904858.

Visit Industry Partnership Seminar ini akan diadakan pada 23 November 2013 di Gedung C lantai 3 FIA UB. Menghadirkan pemateri Saptuari Sugiharto, Andik Top, Ainul Hidayat, dan Yusuf Mansur.

FESTIVAL Himpunan Mahasiswa Budidaya Pertanian UB Menggelar acara Carnival UB pada 1 Desember 2013. Acara dihelat di Graha Cakrawala UM. Bintang tamu yang dihadirkan adalah Afgan.

Brawijaya International Agriculture 2013 The 3rd Brawijaya’s International Agriculture (BIA) on 2013 akan diisi dengan serangkaian kegiatan meliputi: International conference, Expo, dan Fieldtrip. Kegiatan ini menggabungkan 4 aspek pembelajaran Agrokompleks di UB yaitu Pertanian, Perikanan dan Kelautan, Peternakan, serta Teknologi pangan. tgl. 30 Nov. Seminar’s by keynote speaker, 1 Des International Conference and Expo), 2 Des Fieldtrip

LOMBA Kompetisi Karya Cipta Seni SMAN 10 Malang mempersembahkan Kompetisi Karya Cipta Seni se Malang Raya. Tema: Phenomenon of Art. Tempat: SMAN 10 Malang (Kampus 2). Lomba poster (tingkat SMP), Fotografi (tingkat SMA), dan akustik (tingkat SMP). Guest Star: Extraordinary. Special Event: workshop membatik. 22-23 November 2013. Cp: 0857487636

ASEC 2013 Polinema Himpunan Mahasiswa Akuntansi Politeknik Negeri Malang menggelar accounting skill and english competition (ASEC) 2013. Ada dua kegiatan, olimpiade akuntansi SMA dan SMK se Jatim dan speech contest SMA dan SMK se Jatim. Kegiatan digelar pada 30 November 2013 di Polinema.

Turnamen Goes Plano Yuk ikut futsal turnamen Goes Plano 2013 untuk SMA dan sederajat. Pendaftaran maksimal 12 Novermber 2013. pelaksanaan 15 – 18 November 2013. Contact saja 085745632612 Suprayogi. Persembahan Himpunan Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik UB.

Mesin S1 ITN Motocross 2013

Pemilihan Mawapres CIA Volume 9

Himpunan Mahasiswa Mesin ITN Malang menggelar Motocross 2013. Kegiatan bertema ‚‘Spirit of Fire‘ ini digelar pada 14-15 Desember 2-13 di Sirkuit Djagung. Peserta kejuaraan terbuka ini seluruh pembalap dari wilayah se Indonesia.

Pemilihan mahasiswa berprestasi jurusan Ilmu Komunikasi UB 2013 yang merupakan rangkaian dari CIA volume 9. Pendaftaran dan pengumpulan berkas mulai 11-21 November 2013. Info lebih lanjut di twitter @himanikaUB

EVENT Posko Visual UM Desain Komunikasi Visual Universitas Negeri Malang menggelar Posko Visual. Kegiatan pameran karya seni desain bertema ‘We Dare, We Care, We Share‘ ini meliputi acara pameran karya, seminar dan workshop serta lomba dan musik. Acara digelar pada 13 dan 15 Desember di Gedung Sasana Budaya UM dan Graha Cakrawala UM.

Christmas in Town Unit aktifitas Paduan Suara Mahasiswa UB menggelar Christmas in Town. Konser musical ini bakal digelar di Gedung Kesenian Gajayana pada 8 Desember 2013.

Graduation Show 2013 First Quinna School of Fashion presents: Graduation Show 2013 at Hall Malang Town Square (Matos). Tuesday, 26 Nov 2013 at 6 pm. Performance: 2nd Fashion Fusion, Malang fashion design competition, Malang fashion illustration competition, and many others. Contact person: 083834645383 (April)

Peringatan Hari AIDS/HIV Minggu, 1 Desember 2013, peringatan hari AIDS/HIV sedunia digelar di depan Kantor Dinas Kesehatan Kota Batu

Pilkades Serentak 42 Desa Pilkades serentak 42 desa Se Kabupaten Malang, termasuk Desa Gubugklakah Kecamatan Poncokusumo, dilaksanakan pada hari Senin, 25 November 2013

Tipe X di Ultah FMIPA UM Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang (UM) menggelar acara perayaan ulang tahun fakultas dengan meng hadirkan band Tipe X. Acara digelar tanggal 23 November 2013. Gate masuk dibuka pukul 16.00 WIB. Harga tiket masuk Rp 20 ribu, untuk On The Spot Rp 25 ribu.

PESTA RAKYAT Nikah Masal Non Muslim Acara Nikah Masal non Muslim yang diselenggarakan oleh Dinas Ke pendudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Batu, bertempat di Gedung Graha Wangsa, Kelurahan Sisir, Rabu 30 November 2013. Peserta: orang Kristen, Katolik, Budha, Hindu.

Batu Travel Mart

PERNIKAHAN

Batu Travel Mart, 26-28 November 2013 (The Real Batu Tourism Table Top). Kegiatan ini mempertemukan buyer dan seller seluruh Indonesia. Even besar untuk kegiatan kepariwisataan merupakan hasil kerja sama Dinas Pariwisata Kota Batu dengan BAPTA.

Semoga Berbahagia Faruq-Indah Keluarga besar Muhammad Zuhri mengucapkan selamat menempuh hidup baru kepada Achmad Faruq Abdullah dan Indah Nur Aini atas pernikahan pertama dan terakhir di Wonokoyo, Kedungkandang.

REDAKTUR: HALIM, LAYOUTER: OLIS


21

MALANG POST

SENIN, 18 NOVEMBER 2013 MALANG

• SUZUKI •

KOST

LOWONGAN

RUPA-RUPA

RUPA-RUPA

TOUR & TRAVEL

MOBIL - MOTOR

JUAL Suzuki Baleno matic 1.5 Th 2001 Plat Cantik sampai Desember akhir a/n sndri Hitam Metalik hrg 81 jt nego 08164291898

DIKONTRAKAN “PERUM TIRTASANI” PELANGI BLOK M2 NO.6 Lt. 105M2 TIPE 47 KARANGPLOSO MIN.3THN HUB. 082139529736

MENERIMA pendaftaran agen pulsa all operator dan token PLN sms 085646768442

BL-22/ 11

BG-7/11

DCR kurir paham,hafal Mlg kabupaten.LAM:Eterna Ekspres. Jl.Tapak Siring 29A 0341-346291

MEBEL Nusantara menerima cash & kredit kursi, sofa, almari, sping bed dan segala peralatan rumah tangga. Hub Jl. Agus Salim No. 18-20 Batu. Tlp. 0341-592444

AERRO LAUNDRY spesialis cuci sofa, springbed, kursi kantor, karpet, karpet permanen, gordyn, jok mobil, obras karpet dll siap dtg ketempat anda 24 jam non stop hari lbr ttp bka mlyani hotel, kantor, & perumahan Juga mlyni laundry kiloan hub. 03417077 376/736 7077/ 085646604841 ruko sulfat boulevard kav. I

SURYA TOUR & TRAVEL PUSAT NYA TRAVEL SGL JU RUSAN Melayani Bis mlm, Pswt, Kapal laut, Carter mbl, pkt ke sgl jurusan. Jl. Trunojoyo 10 E telp. 0341-354117. Website: www. surya travel. com.

Wagon R mobil murah 80 jtan free sensor parkir info lengkap hub 081330191784/08563013979 BG-16/12

HONDA revo absolute um800 angsr 300rb an kondisi ok, brg terbatas hub.0812317744177728007

“PROMO SUZUKI DISCON SU PER BESAR” APV, Swift, Sx 4, Pick Up, DP & Angsran termurah Hub. 0341-7562297

BG-19/11

BG-30/ 11

AIRLANGGA mbl mlg Jl. Danau Toba Raya E 1-27 (0341) 7557181-0811362010. Jual Beli Tukar Tambah mobil bekas Cash & Kredit www.kapanlagi.com

JUAL Suzuki Esteem 1.3 Th 96 Plat L a/n sndri Merah Metalik hrg 46 jt nego 081390454277

BG-29/12

ISUZU DIJUAL mobil panter HiGrade 1995 warna biru Bu hub.081253743162 BL-21/11

BL-30/11

GRATIS Konsultasi kredit /tunai, Mobil baru Suzuki HUb. Hadi 2374008/ 085239073708 BG-30/11

“PROMO SPLASH DP 25JT/PU, DP 15JT/APV, DP 33JT/ERTIGA, DP 45JT Hub. 2888236/087759798877

DAIHATSU

BG-29/11

JUAL mbl Xenia’08 warna hitam N kota audio, TV, lengkap JL. LA sucipto 78 G harga 110 jt mlg hub 08123399874

READY Stock Ertiga GA GL 8 GX Manual 8 Matik DP. 52 jt -an Bisa Tenor 5th 082141959999/9568253

BG-13/12

BG-28/11

JUAL Cpt Espass. Th 97 wrn mrh, VR,Tape,Kond. Siap pakai,N. Kab. Hrg 45jt Nego Hub.03419187273

SUZUKI FUTURA GRV TH.2000 TLP:0341(2810547) 081233126916

BG-23/11

BIG SALE “XENIA DP 18JT, Terios 20jt, GM PU , MB 16jt, LUXIO 23jt, HUB. 082131930990/9572750 BG-6/12

JUAL CHARADE CLASY’94 HITAM FULL HG 42 JT Siap Pakai Hub. 085732310559 / 085815481695 BL-28/11

MITSUBISHI GEBYAR Promo Lebaran Pajero, Outlander, Mirage, Discount s/d 25jt free: KC, S. Visor, Bumper 081235146235/5186696 BG-10/12

DIJUAL cpt mbl Mitsubishi L300 Ctitzen th86 Indonesia Jaya Istimewa, N Kab, Hrg 42,5jt Hub: 081333452872 BG-30/11

TOYOTA DIJUAL:Toyota Avanza Hitam G,Plat: N km: 18000an,hrg: 156 jt Hub.081373902929/0818729188 BG-23/11

DIJUAL cepat kijang grand extra’96 plat N,long nusa,double blower,power window,71 juta nego 081333378555 BG-11/12

JUAL KIJANG,94,bi ru,Ac,Tp,Pajak br,Asli N.Harga nego.Hub. Jl.Bayam Asabri Bumiayu Indah C 14,T.085645078877/751569 BG-30/11

DIJUAL terios thn 2007 wrn hitam hub:7780727, 082143503013 BG-21/11

DIJUAL mbl Toyota twin cim thn’88 Wrn Putih’Hub: 08123399874 .Pak Sa nto BL-30/11

AVANZA G 2009 HITAM N MLG Ko ta Perum Graha Kencana Seltan I/IIA Hub. 081333452767 BG-26/11

BL-27/11

•HONDA• DIJUAL HNDA Accord VTiL exlusive 2000 Velg Rac R16 Ban Baru 105jt (nego) biru tua met, cat trwat kaki2 br gnti (bkl hnda) Jok Kulit Honda asli, Hub 087853231009, 0341 3725275 (Batu) BL-27/11

DIJUAL H.MAESTRO’92 PGMFI Istimewa 43JT Nego Tipis U/ ONH Hub.085790978974 Pajak Masih Lama Mlg Asli. BG-20/11

DIJUAL Honda Accord.Thn’85 Warna Merah, N.Kota, Ac, Power Window, Power Staring, Interior Ori, Central Lock, Alarm, Harga 28Jt. Hub: 081937986494. Jl.Panji Suroso no.8E. BG-30/11

VARIASI MOBIL ALRM 275rb, central lock 200rb, kaca film 200rb, DVD/USB/MP3 775rb, audio 1,2 jt, cover jok 575rb, Jl. Veteran 17 / Hub.03417020502/7750675 BG-21/11

TANAH DI JUAL cepat tanah kavling SHM 8x12 M2 35 jt belakang gor ken arok kotamadya mlg hub 085985910545

VILLA BU VILLA Batu ,baru mnls 190 m2 Hg.550 jt Nego 081916571873 BL-13/11

RUMAH J CPT di SBY baru citraland Grand Eastwood EW 2 Lntai HGB Jl. Ngagel Tama Selt 1/43 sby 20th. Hub. 088803248053 BG-15/12

DI JUAL rumah minimalis 2 KT, 1 KM , PDAM , PLN SHM , dkt jl ry pakis rp 75 jt nego hub 082142802128 pin 31521807 BG-15/12

DIJUAL rmh murah lt:72m lb:72m Genengan Pakisaji, rt01 rw09 Hub Rodiyah 7568026 BG-19/11

DJL rmh perum BMR Blok BA SHM + IMB T.36 3KT, Renov Full fasilitas lgkp tingkat hrg nego hub: 0341 9089500 / 085235170784 BG-17/11

DIJUAL rmh Hook Jl.Timah 19 Malang Lt 236/Lb 180 SHM 4 KT 2 KM hub:087859522850 / 081330371598

BL-18/11

DI JUAL RMH JL.ACALIPA NO 1 KEDAWUNG SHM TNH 299/250 KM 7 SIAP UNT KOS2AN HRG 1,5 M NEGO HUB.087788564762 BL-25/11

JUAL rumah Jl.Anggrek blok A11 kepanjen 1 km dr pasar kepanjen,1 km dr pasar sumedang luas 85 hub.08819922112 nego BL-1/12

DIKONTRAKKAN Perum Type 27 Renovasi + perabotan, lokasi belakang BNS, nego. Hub. 081334512426. Perum Puri Indah triple O Blok K3 No.25 Beji-Batu BG-2/11

DJL rmh dan tnh 1370 m2. kyai Tambak Deres. Sby. Hub. 081916492079/085755130040 BG-31/11

DIJUAL Rumah tipe 47. Luas tanah 105 m2. Alamat Perum Tirtasani Blok M2 no.6. Karangploso Malang Hub: 082139529736 BG-29/11

BL-`5/11

JUAL cpt tanah ada bangunanya dkt campus baik utk kos Lt ± 175 m Lb. ± 42,5 m dlm gang tlp 085235085068

RUMAH mrh yg lain 200jt, kami 120jt T.36/61 lks.Bandulan bonus TV-LCD tlp. 08180501147/085746571600

BG-11/11

BUTUH Dana cepat+trm gadai titipkan Laptop/HP/Kendaraan+BPKB Jl.Bendungan sutami 33B Sumbersari tlp. 0341-7359448

BG-31/11

RUPA-RUPA JUAL beli+tukar tmbah barang elektronik:Tv,Dvd led,kulkas dll. Jl.S.Supriadi 6/32 tlp:7021089/085649861563 BG-12/12

GALERY GORDEN:Mnrm sgl model gorden, vitrase, vertikal & horizontal blind, accesories dll. Anda telpon kami datang Hub: Jl. Ranugrati 33 Sawojajar Tlp: 6358666/726960 BG-07/12

DIJUAL triplek meranti 3-18ml hub. 081937736100 (ex KARYA SAKTI) BG-10/12

AGEN resmi kartu “ ABACA ” MEDIA BELAJAR MEMBACA, 085648862027 / BB: 3268CB43 BG-9/12

BG-10/12

JASA pembuatan rombong franchise, both, stan pameran, interior, kicten set,pagar,canopy DLL Hrg 1 juutaan hub.0341-2801809/081216550509 (Cr marketing) BG-4/12

JUAL beli+tukar tambah barang elektronik:Tv.Dvd led,Kulkas DLL. Jl.S.Supriadi 6/32 tlp:7021089/085649861563. BG-4/12

DICARI ,Laptop,LED,LCD,zzBB,T,PS2.Telp.08885443336 Pin.BB 314CF4A4 BG-4/12

SEGERA! Prminiaga ce, trampil, kreatif, lmrn &CV&Rmh kado jl.gajayana 107A mlg. BL-29/11

WWW.RDV MALANG.COM TERIMA JASA RANCANG & BANGUN EXTERIOR-INTERIOR HUB.0817535712/0341-7744022

BG-07/12

PRAYOGO AHLI SEDOT WC GOT BUNTU & mslh lain mengenai saluran pmbuangn limbah Rmh tangga Hub. Jl. Kebonsari 7 Telp. (0341) 802826 . 9443937

BL-6/11

BG-18/11

DIJUAL rmh Prum Mas Bumi Indah Blok F30D Jedong Mlg shm : kt2 km 1 L : 12 m2. Hub : 081555838552 (P. Antok). Hrg : 135jt, nego

DIJUAL TANAH: LUAS 693m2 SHM Jl. Raya Abd. Saleh, dekat Bandara. Hub. 081352978588

BG-8/11

KEHILANGAN

TOKO DIJUAL : RMH + TOKO 7 ×18m SHM JL.RY SUMBER PASIR – PAKIS DKT.POM BENSIN 350 JT. HUB. 087859444129

MP JUAL : Rmh siap huni, sertifikat hgb,full bgn 66m2, lok saptoraya Pakis, Rp 95jt ng,r tamu,2 r tdr, kmr mandi, r kel,r mkn,dpr, carpot,sms/ tlp:08170475057 MP~JUAL : 2 set rak minimarket dan 2 BB Gemini , 1pc TAM.. Hub 089696000996 MP JUAL: ikan gurami dan lele siap supply, gurami size 400-600 gram.Hub.arik 085646622223 MP~JUAL : Paket Pengantin Mulai RP.1 jt,Paket Wisuda RP.200 rb ,Make~up Artist,Perawatan Wanita,Sewa Baju, dll.Hub.Griya Rias Alfa,JL.Ry.Karangwidoro 64 Mlg. MP-Jual jasa akupresur (tusuk jari) khusus wanita, tempat praktek JL Bukit Tanggul S1/50 Tidar HP 081803813837. MP-Jual : gorden lengkap bekas kondisi masih bagus harga nego minat hub 081232783909 MP-Jual : Cincin emas 22 k, ada 2 mata permata harga 1,1jt.sms 089668036711

MP-JUAL : labet 1 pasang udah bikin sarang tinggal nerusin hrg 1,3jt

MP- jual : burung kenari wrna putih sdah bs buat pemacek. tp masih blum pernah dipakai. harga 325rb bs nego BU. HUB: 03413167167

MP-JUAL: rombong pangsit + dadang pangsit siap jual hub 082132634131 handoko

MP-JUAL : Tv kondisi perbaikan Toshiba 29 inch & samsung 14 inch .hub :0341 2249896

BG-30/11

RENTAL komputer SIDQI melayani print cetak foto dll. Jl.Kelud No. 45 depan Kapolsek Klojen Hub: Abd.Wahid 085931021522 “MURAH BERKUALITAS” BG-17/12

STNK

MP-JUAL:Tanah 2 kavling ukuran 10 x 200 m,nmr 3 dan 7.lokasi randuagung singosari,harga 1jt500rb/m. hub 081234884242.

BG-18/11

BG-17/11

RUPA-RUPA

BL-17/11

MP-jual : rmbong tuk jual LaLapan plus smua pralatan nya lengkap,anda tinggal bli bhan sja,d jual cpt bu.Rmbong n pralatanx hanya 2jta bs nego.Hub: 089619339605 MP-JUAL:suzuki thunder 2005 harga 6 jt nego hub 081334878182 MP-JUAL: JUAL JUS MENGKUDU DAN BUNGA ROSELLA UNGU UTK MENSTABILKAN PENYAKIT: TEKANAN DARAH, KOLESTEROL DLL.HUB: 081553034700(SMS).

“SAQINAH COLLECTION” Melayani pemesanan jaket, kaos, training, kostum olahraga (basket, volley, sepak bola, futsal, bersepeda,dll) Jl. Bela Negara tuko taman niaga rampal k.V1 no hp: 081233130971 (0341)9374077 (0341)7474006

(PRATAMA AHLI SEDOT WC ) melayani sedot wc got buntu dll. Jl. Dirgantara VI B XI no.23 sawojajar mlg tlp.0341-7647878/7630312 hr libur tetep buka. BG-20/11

DICARI alat second. Perkan toran & mixer, Video, Per alatan Shooting Video. hub: 081803830045 BG-31/11

PASANG parabola gratis indovision/topytv/okvision di scpparabola rukokaranglomega kav.3 0341456222/456333

BL-17/11

BG-26/11

TOKO “JUARA SPORT” jual alatalat olahraga harga bersaing, mutu berkualitas. Hub Jl. Diponegoro 62 TLP. 0341-7723930

BERKAH JAYA AC, service AC mobil/split, kulkas, m-cuci, wtr heater, dll. 03415334555 / 5430 345 Jl. Cengger Ayam 30A

BL-19/11

MP-CARI

MP-Cari : kryawati Tk.Bakery, smp/smk max 22th.Hub. bu Hasi 081334365000

BG-26/11

MP-cari : SPG pemula, max 21 thn, cantik, penampilan menarik, komunikatif, info: 081252392299 MP-Cari: tukang pengalaman dakcor.085649650610

MP-cari : kontrakkan rumah sktr mergan max 3jt penawaran sms ke 083834926102

MP-Cari : kasir shift wanita, sma, tdk pnya ank kcl. Di MOG, gj 600 rb. Hub : Ayu 085604008858

Mp-cari : pegawai bag.serabutan pengiriman aqua galon,training gaji 780rb+makan(130rb)setelah training gaji 1040rb+bns kedisiplinan 100rb+makan(130rb)hub 7301599

MP-Cari : 1 salesman farmasi pria min d1 max 27th, sim C + motor, blm nikah lamaran ke PT. Kimia Farma Trading & Distribution alamat PBI Utara IV-2 B A1/19 Malang.

MP-cari : laki-laki max 20 th,lulus smp,bujangan, bisa sepeda motoran Hub 6102818/6358666

MP-Cari : pegawai putri penampilan menarik untuk jaga toko pendidikan min smp blm menikah umur max 20 th hub : sony music school jl gunung raung 8 malang

MP-JUAL: hp CROSS CB80 keypad qwerty hp+chas, fitur: ada kamera, vidio,mp3.radio. internet, &ada mmry 2giga. hrga 125rb bs nego/ bs tkar burung. hub 3167167

MP-Cari: Agen Tire Guard,Formula Anti Ban Bocor,Akan Menambal Otomatis Dari Dalam Ban Saat Ban Tertusuk Paku,Ban Tidak Akan Bocor/ Kempes.Hub:081 805 131 258.

MP-Cari : Koleksi Foto2 gdung kuno kota malang th 1870 .- 1920. Cri mitra krjasma punya tmpat, modal utk buka galery mini. Pminat hub: Perum Graha Dewata. 0878.5948.8685

MP-Jual : HP Modem yg bisa untuk Usaha Loket Bayar Listrik & pulsa. Dapatkan PAKET HEMAT hanya 399 rb. Kesempatan hanya utk 10 orang saja. SMS : #DAFTAR-IB*nama*alamat lkp# ke 085.755.310.871

MP-CARI : TENAGA LAS, NGECAT DUCO, PERKAYUAN INTERIOR, ALMUNIUMKUSEN, KONTRUKSI,BANGUNAN, SERABUTAN. FASILITAS : GAJI, UM, UT, HUB. CV. LINTANG ABADI JL. RAYA KASIN 170 AMPELDENTO KARANGPLOSO TELP. 0341-2801809 / 081555992213

MP-CARI : TUKANG ALMUNIUM HUB. 081555992213

MP-Cari : Tv LCD 24inch bekas hrga 600an ato cri kulkas 1pntu yg bkas hrga.300an.Hub: 089619339605

MP-Cari : pembatu rumah tangga, tinggal dalam janda/lajang , gaji awal minimal 700rb, makan 3x, kamar sendiri. Sms 03412138666

MP-Cari : kryw /ti roti smp/sma, khusus kryw pria py Sim C, Hub. bu Hasni 081334365000

Mp-cari : supir pribadi paruh waktu minimum tamat sma umur minimum 25 max 30. Hubungi 082132620663

MP-JUAL:Benih /bibit Cabe, Tomat, Terong,kacang panjang,Buncis, sawi,semangka,melon dan bibit buah - buahan seperti kelengkeng 1 tahun bisa buah ,durian,SIRSAK BANGKOK,pepaya dan lain2 hubungi Anang 081334403431 dan 0341 8106284 konsultasi Gratiss

KULINER MERY’S BAKERY & CAFÉ menerima Pesanan Roti, Donut, tart, Spiccu, DLL Jl.LA.Sucipto No.339 Depan SDN Pandanwangi 1 telp.03419552483/087852501110 BG-12/11

BG-31/11

BG-6/11

BL-22/11

BG-26/11

BG-14/12

BMC (Becam Medicine Center) pengobatan modern cara Nabi, menyediakan terapi: becam, hirudo, lintah, gurah dll.Jl.pepen dpn pom bensin Kepanjen Tlp: 0341-7060111, 085755181862, 085785062601

MP-cari : tenaga salon wanita, berpengalaman, penampilan menarik. hub 03417354091 MP- cari : vega r kondisi normal siap pakai.hub.085258701777

BG-29/11

“YONO TRANS” Mlg-Sby-Prk PP. Bondowoso 1B Mlg 0341-2194639/ 081334614154 .Tiket Pesawat/ Laut, Tour Wisata, Rent Car BG-30/11

ANDA BTH INTERIOR RMH, KNTR, HOTEL MLPTI: gorden, vitras, spending, wall paper, vertikal & horisontal Blind, karpet, kasa nyamuk, taplak meja, canopi tnpa di las (New Produk) Hub: GALERY GORDEN Jl. Ranugrati 33/sawo jajar 6358 666/726960

DEPOT MANINJAU sedia masakan Jawa & madura mnrima psnn nasi Bungkus, rantang, kotak, kuning, tumpeng. Buka setiap hari mulai 05.30. Jl. Danau Maninjau No. 91/ 711842

CV. ABADI mlyani kuras WC & sluran buntu tangki plg bsr 5000 liter buka 24 jam Hub. Jl. Lombok / Yulius Usman Gg. 3/216 Mlg Tlp. (0341) 329517, hari libur tetap buka BUTUH Dana cepat+trm gadai titipkan Laptop/HP/Kendaraan +BPKB Jl.Bendungan Sutami 33B Sumbersari tlp.0341-7359448

BG-26/11

SERVIS

Ahli gigi “MORO JOYO DENTAL” menerima : Pemasangan, Reparasi dan segala kebutuhan gigi serta terima panggilan. Hubungi Mukhlis : Jl.Ki Ageng Gribig Selatan Pom Bensin. Tel: 0341 7312267, 085931137727

ATOM clinic handphone service semua jenis HP, hardware dan software Jl. Bendungan Sutami No. 6 Sumber sari (depan kampus UMM II) telp: 0341 579998 Pin: 268BD5B7

MP-JUAL : Mobil daihasu classy 91 pw,ps,cl,tape,ac, ori l/d brg bgs. Hg.35jt nego +623412823649

Mp-jual : honda astre legenda kondisi protolan an mesin ng0b0s tanpa bpkb dijual murah 1,9jt nego dikit.hub 08170497776

BG-07/12

BG-13/11

BG-3/12

BL-18/11

MP-JUAL : nugget ayam sehat bergizi tnp bhn pgawet.. Frozen food ...Cocok u bekal,sarapan,camilan buat anak2, dwasa, Kami jg terima catering u acara/pesta... .terima catering paket ato ongkos masak saja hub: 0341-7688890 ato 081945330605.

BUTUH biaya sekolah,reno rumah/ modal usaha. Kami solusinya. Jaminan BPKB mtr/mbl & SHM bisa TO hub. tlp. 9363696

ASHAFA Bodymist Aromaterapi ada 18 aroma. Hrga grosir Jl. Kyai Tamin I/9 Hub. 081933011366/ 083114210902/ BB.332FF78D

NIA Massage kebugaran dgn pelayanan ramah and sopan. Khusus panggilan ke Hotel Hub.081335039157

BG-23/11

MP-Jual: Tire Guard,Formula Anti Ban Bocor,Akan Menambal Otomatis Dari Dalam Ban Saat Ban Tertusuk Paku,Ban Tidak Akan Bocor/Kempes.Hub:081 805 131 258.

DANA TUNAI

BG-19/11

BG-11/10

BL-22/ 11

MP-JUAL: rmh 2 lantai,lt 210m2,lb 290m2,6kmr tdr,4kmr mandi(water heather),HRG 1,2M nego hub 085608766656

BG-16/12

BG-19/11

KURSUS piano privat guru sabar, telaten, profesional, berpengalaman. Serius Hub 081937787292

DIKONTRAKKAN Rmh 3KT 2 KM 2200W TLP AC 2 UNIT Grasi water Heater Prbt, 085755538358/ 085239669963

DIJUAL Suzuki Futura Station DRV 2001 Original Indomobil Rp 50 Jt (0341) 4422551 (L) Perum Bumi Asri Blok Q No.8 Sengkaling.

MP-JUAL : TV dan mesin cuci masih bagus dan normal hub.081333424040.

DCR ibu rmh tangga pensiunan/ PNS/Pendidikan min. SMA/ income 500rb s/d 5jt/bln SMS Rini 085755135500/0341-7716371

BG-23/11

UD.AZIZ KUSUMA jual mcm2 pot bunga, air mancur, mainan les, gypsun, pilar dan pembuatan taman hub: Jl.Ry Pakisaji(sebl kantor kec pakisaji) Mlg 085649554292

BG-18/11

STNK spd mtr Yamaha Mio’09 N-5495-BU noka: MH328D00B9J707454 nosin: 28D708012 a/n EDI RIYANTO d/a Jl.Temenggungan Ledok 63 RT.03 RW.12 Kel. Ksatrian Kec.Blimbing Kota Malang.

Mp-jual: daihatsu zebra.th 88.warna abu2 met.N kab.pajak panjang.bln 4.harga 19jt nego. hub 081233265926.

BG-17/11

BL-19/11

SURYA MANDIRI GORDYN.Sedia sgl mcm Gordyn,Vitrage,Vertikal Blind.Horizontal Blind,accesories dll.Anda tlp kami dtg Jl.Ry.Pakis Tlp. 0341-8696529,085855989910

J.TNH Sawojajar Gg 21 (dkt terusan sulfat dan sawojajar mas) Ls.139 m2 SHM. 185 jt Nego hub.0341724435/081233081622

KONTRAKAN

MP JUAL

BPK/Ibu/Sar yang ingin penghasilan nyata Hub.Kris Dewi 081944825463

BTH dana cpt? Prs mdh,syrt proposal perkebunan, property, pertambangan dll. SDAI jkt, Aryo 081210058489, dena 089651511978

DIKONTRAKKAN 1.Ruko tingkat cocok buat usaha Jl.Puntodewo no.3 Mlg lt.204m² lb: 230m² 2.Rumah lt.234m² Jl.Permadi no.12 Mlg hub. segera Ivan: 087884510184, Agus: 0341320358 / 082139500516

BL-17/ 11

BG-23/11

DIJUAL Rumah+toko L126m² SHM Jl.Raya Pakis Lok.Strategis dkt Pom bensin & sekolah cocok utk usaha Hub.087859444129

STNK spd mtr Suzuki’10 N-2776 -BL noka:MH8CAAJ429426 nosin:F484ID430997 a/n UMI KHOMSIATIN d/a Jl Sumbersari VII No.40 RT 004 RW 003 Kel.Sumbersari Kec.Lowokwaru Malang.

DIJUAL Suzuki futura station drv 2001 original inpomobil Rp. 50jt (0341)4422551 (L) perum bumiasri blok Q no.8 sengkaling

DCR Karyawan/wati counter+ security: SMA,jujur,pkrjkrs lam: Jl. S.Parman 23 Mlg 0341418788

BG-3/11

BL-7/11

BG-16/12

BL-16/11

BG-9/12

DIJUAL rmh Bandulan atas T.36 hrg:120jt anda ajak pembeli kami beri komisi 5jt. Hub: 0818050 1147081945334462

• SUZUKI • Pesta ertiga gratis LCD 7” ertiga dan hadiah lainya untuk pembelian bulan ini . DP 40 jt-an hub 03417716179/081330191784

BL-17/11

PIJAT APA anda membutuhkan jasa body Spa, pijat capek2, terapi vitalitas silahkan call saya mbak Evi di no. 081252749612 maaf khusus terima panggilan saja ok tunggu call anda makasih BG-07/12

“MILENIUM MASSAGE” dgn tenaga wanita muda proforsional khusus panggilan ke hotel Hub.085774410568 BG-22/11

PENGOBATAN PENGOBATAN alternative pijat refleksi mngobati sgala sgala mcm pnyakit, stroke, darah tinggi, kanker dll Jl. Kbnsari 2 skun (dpn Gg. salak) T. 03414333882 BG-24/12

TOUR & TRAVEL “BOROBUDUR TRANS” “Penjor” = mlg-dps PP “Buana”= mlg-blt, TL Agung Trenggalek PP “Surya”= mlg-jember PP346966/ 359155/ 7751155

TYFAGAS TRANSPORT drop juanda, carter, sewa mobil bromo hub: 0341-9422477 082131896481 BG-07/12

WWW.AIRLANGGARENTCAR. COM (0341-716458/7056458081838 6458) menyewakan mobil pngan tin, tamu VIP dan travel mlgsby/juanda(PP), dgn driver pengalaman, sabar,tepat waktu, & tdk merokok, Alphard, Velfire, Camry, Mercy, Altis, Fortuner, Innova, Avanza, Xenia, Dll. Jl. Danau Toba E1-27 Mlg Hotline: 081 730 1000 BG-26/11

STASIUN TIKET. Solusi Penjual tiket transportasi dengan harga termurah dan pengiriman paket kilat se-Indonesia. Hub: Jl. Tru nojoyo 46 F-1 Malang. Telp 0341-322777. website: www. stasiun tiket .com BG-29/11

WAROENG COMPUTER BANG IWAN.Mnrm Serv. panggilan,jual beli comp rusak,TV. Jl.Ry. Pakis/Komplek Toko Psr.Pakis. Dpn Alfamart 0341-9396778/085706236235 BG-23/11

KOMPUTER CENTRA COMPUTER –TOSHIBA-LENOVO-ASUS- Spesialist Store Toshiba N at kasir, Finger Print paling murah kualitas ter jamin..!!! ISI TONER Mulai 55rb, bisa Infus GRATIS, Ambil antar service. Hub. Jl. Panjaitan 111 Mlg telp. 576593- 9037898 BG-31/11

KOMPUTER PUSAT GROSIR & SERVICE LAPTOP &PRINTER Printer : IP2770 Lkp infuse 459rb, Mp287 Lkp infus 659rb, T13= 615rb, BISA INFUS GRATIS Lap top : Acer AOD270 Dualcore 2,5jt-an, Compaq CQ43 3,4jtan disini semua plg MURAH dan plg berkualitas, CEEK..!! Hub : Jl. Galunggung No.91Mlg Telp. 558440-9634440 Hp. 085735 607111-0821 31475761 BG-23/11

BG-30/11

ANGKASA RENT CAR melayani sewa mbl: APV Arena, Xenia, Avanza, Kijang LGX, Mercy pengantin, Grand max, Grand Livina. Travel Mlg-Juanda/ Perak/ Srbya. Carter sgl jursn. telp/Hp: 0341-7324064/ 081 55373516/ 0819318 71298 BG-31/11

MALANG POST Korane Arek Malang

www.malang-post.com

Jl. J Jl l S Sriwijaya rii wi wija w i j aya ya 1 1-9, 1-9 9 Malang


SENIN, 18 NOVEMBER 2013

22

Mantan Bek Timnas Inggris Semprot Kebijakan Hodgson

RAKA DENI/JPNN

OPTIMIS: Timnas Brasil jauh-jauh hari sudah optimis bisa juara Piala Dunia 2014 mendatang.

Brasil Berani Sesumbar Juara Piala Dunia MIAMI-Konsistensi permainan tuan rumah Piala Dunia 2014, Brasil masih menjadi tanda tanya. Tampil bagus di babak pertama seringkali tidak diikuti dengan konsistensi di babak kedua. Hal sebaliknya justru terjadi saat tim Samba menghadapi Honduras, kemarin (17/11) WIB. Brasil tidak kunjung menemukan ritme permainan di babak pertama. Namun, mereka tampil menggila di babak kedua. Hasilnya, satu gol tercipta di babak pertama dan empat lainnya di babak kedua. Brasil membekuk salah satu wakil Zona Concacaf 5-0 pada laga di Stadion Sun Life, Miami Gardens, Florida, Amerika Serikat (AS).

Lima pemain berbeda menyumbangkan gol kemenangan. Bernard membuka keunggulan disusul Dante, Maicon, Willian, dan Hulk di babak kedua. Robinho juga tampil kali pertama dalam dua tahun ini bersama Brasil saat diturunkan dari bangku cadangan di babak kedua.”Saya senang dengan cara kami bermain. Kami sangat bagus dan sangat menyenangkan bagi saya kembali dan bermain seperti ini. Kami pantas mendapatkan kemenangan dan saya senang dengan kemenangan ini,” ujar Robinho seperti dikutip Reuters. Permainan keras Honduras menyulitkan Brasil. Namun perlahan-lahan skuad Selecao mengambil alih kontrol

permainan. Paulinho tampil menjanjikan di lini tengah dan David Luiz mengawal pertahanan solid tim juara dunia lima kali ini. Pelatih Brasil Luiz Felipe Scolari langsung sesumbar terkait peluang timnya menjadi juara di Piala dunia 2014. Kemenangan melawan Honduras merupakan kemenangan kesebelas Brasil dari 12 kali uji coba. “Tidak akan ada tekanan ketika main di Brasil nanti. Brasil akan menjadi juara Piala dunia,” ujar Scolari seperti dikutip Goal. Soal kemenangan 5-0, Scolari menyebutkan hasil itu agak mengejutkan. Dia menyebut hasil itu terlalu besar mengingat kesulitan yang dihadapi timnya.

“Skor 5-0 tak menggambarkan pertandingan yang sebenarnya. Dengan cara kami bermain, seharusnya hanya menang 2-0 atau 3-0. Kami berhasil mengeksploitasi peluang di beberapa kesempatan saja,” kata Scolari. Dalam sisa waktu tujuh bulan, Scolari masih kesulitan memastikan pemain yang akan masuk ke skuad Piala Dunia. Dengan memperbanyak uji coba, dia berharap kerangka timnya segera didapat sebelum Maret 2014. Setelah ini, Brasil akan terbang ke Toronto, Kanada untuk menghadapi Cile di laga uji coba. Laga itu akan dihelat di stadion Rogers Centre pada 19 November nanti. (ady/ruk/jpnn/jon)

LONDON- Mantan bek timnas Inggris, Mark Wright, mengkritik keras kebijakan manajer Roy Hodgson di skuad The Three Lions. Menurut Wright, sudah seharusnya Hodgson bersikap bijak membentuk skuadnya agar lebih stabil. Wr i g h t m e n g a k u kecewa dengan kekalahan yang dialami Inggris dari Chile. Dalam partai yang digelar di Stadion Wembley, London tersebut, Inggris harus kalah dengan skor 0-2. Di laga tersebut, Hodgson melakukan eksperimen dengan memainkan dua pemain debutan, Adam Llalana dan Jay Rodriguez sebagai starter. Alhasil, tidak hanya kekalahan yang diterima oleh Inggris, para suporter pun mencaci maki mereka karena dinilai bermain Mark Wright sangat buruk. “Inggris punya banyak talenta bagus dan mereka punya banyak pilihan di setiap posisi. Sudah cukup untuk melakukan eksperimen di setiap posisi, ini bukan waktunya,” cetus Wright kepada talkSPORT. Sebagai salah satu raksasa Eropa, permainan Inggris belakangan ini memang terlihat tidak meyakinkan. Banyak pihak menilai, Inggris akan kesulitan untuk menghadapi rivalrival mereka di perhelatan Piala Dunia 2014, Brasil. Pandangan itu bisa saja berubah jika Inggris mampu tampil baik dan meraih kemenangan ketika menghadapi Jerman di partai uji coba, Selasa 19 November 2013 lusa. “Melawan Jerman, Hodgson harus bisa menyusun skuad yang terbaik. Tidak ada lagi eksperimen di laga keras itu,” tegas Wright. (vvn/jon) Gianluigi Buffon

Lini Depan Jadi Sorotan LONDON-Ketajaman barisan depan Italia mendapatkan sorotan dalam laga terakhir melawan Jerman akhir pekan lalu. Mario Balotelli belum mampu menunjukkan karakternya sebagai striker utama Gli Azzurri. Di uji coba berikutnya saat melawan Nigeria, Pelatih Italia Cesare Prandelli membuka kesempatan untuk megubah komposisi di lini serang. Prandelli memang belum mengumumkan nama-nama skuadnya yang akan diturunkan menghadapi Nigeria. Namun, eks-allenatore Fiorentina itu mengisyaratkan akan memainkan pemain yang tak diturunkan saat meraih hasil imbang 1-1 dari Jerman. Prandelli bisa lega jelang laga kontra Nigeria yang dilangsungkan di Craven Cottages, London, besok dini hari WIB. Hal ini seiring kabar baik yang diterima dari dua pemain utamanya, striker asal Fiorentina, Giuseppe Rossi, dan gelandang milik AS Roma, Daniele De Rossi. Di uji coba sebelumnya keduanya absen. Rossi mengalami gejala flu, sedang De Rossi menderita cedera pada jari kakinya. Prandelli mengisyaratkan bakal mengubah formasi timnya. Formasi 4-4-2 saat menghadapi Jerman dipinggirkan dan diganti dengan formasi 4-3-3. Jika di formasi sebelumnya Prandelli sibuk memilih tandem untuk Balotelli yang menjadi fokus serangan, kali ini Prandelli mengandalkan Rossi. Top scorer sementara Serie A itu kemungkinan akan didampingi Emmanuele Giaccherini dan Alessandro Diamanti. “Kami punya skuad yang bagus. Jika kami punya bahan-bahan untuk mendapatkan hasil yang kami inginkan, kami harus dapat memastikan semua dalam kondisi yang siap untuk memberikan yang terbaik,” ungkap Prandelli pada Footbal Italia. Prandelli mengungkapkan, keberhasilan menahan Jerman 1-1 di laga yang berlangsung di San Siro, Milan, menunjukkan timnya memiliki karakter yang kuat untuk menghadapi tim yang lebih

difavoritkan. Meski demikian, dia belum mau memberikan prediksi sejauh mana Gli Azzurri, julukan Italia, bakal melangkah di Piala Dunia 2014. “Di Piala Dunia kami bisa melakukan hal luar biasa. Kami belum bisa mengatakan akan mencuri gelar juara, juga mengatakan bahwa kami tim terkuat. Kami benar-benar belum mencapai tahap itu,” ujar Prandelli. Italia dan Nigeria hanya memiliki satu rekor pertemuan. Itu terjadi 19 tahun silam kala Nigeria untuk pertama kalinya meraih kesempa-

tan tampil di Piala Dunia. Italia yang diperkuat Roberto Baggio unggul 2-1 di babak 16 besar. Menuju London, Nigeria masih diliputi euforia keberhasilan lolos ke Brasil. Mereka langsung membiasakan diri tampil di iklim turnamen dengan istirahat yang singkat. “Melawan Italia jadi laga penting sebagai awal untuk membangun tim menuju Piala DUnia. Hasil bagus juga akan membantu kami meraih peringkat yang baik guna menuju drawing Piala Dunia,” terang Stephen Keshi, pelatih Nigeria. (ady/jpnn/jon) Mario Balotelli

Pantai Gading Ogah Jadi Pelengkap CASABLANCA-Bermaterikan pemain top seperti Didier Drogba, Yaya Toure, Kolo Toure, dan Didier Zokora, Pantai Gading selalu kandas di fase grup dalam dua partisipasi awal di Piala Dunia (2006 dan 2010). Undian berat merupakan salah satu penyebabnya. Pada edisi 2006 di Jerman, Pantai Gading mampu mengalahkan Serbia & Montenegro, tapi hanya finis ketiga di bawah Argentina dan Belanda. Sedangkan di Afrika Selatan pada 2010, tim berjuluk Les Elephants itu meraih empat poin, tapi mengakhiri grup di belakang Brasil dan Portugal. Nah, setelah memastikan lolos ke Piala Dunia 2014, Pantai Gading mengusung target tak ingin kembali menjadi pelengkap. Ini seperti yang diungkapkan sang kapten, Didier Drogba. “Dua edisi sebelumnya memang berlangsung sulit bagi kami. Jadi, kami berharap dalam partisipasi ketiga nanti kami bisa lolos dari fase grup,” kata bintang penyerang Galatasaray itu kepada AllAfrica. Jika menilik skema pembagian unggulan dalam drawing yang akan dihelat di Bahia pada 6 Desember nanti, Pantai Gading bakal sulit terhindar dari setidaknya dua tim raksasa. Itu karena Italia, Inggris, sampai Rusia tidak masuk dalam pot 1 atau unggulan utama. Begitu juga Belanda seandainya Uruguay akhirnya memastikan lolos.“Kami jelas berharap memperoleh drawing mudah. Tapi, untuk saat ini, kami hanya ingin merayakan keberhasilan negeri kecil seperti kami yang lolos kali ketiga beruntun Piala Dunia. Dan, saya bangga karena selalu menjadi bagian di dalamnya,” imbuh Drogba. Pantai Gading menjadi kontestan ke-22 dari kualifikasi yang melenggang ke Brasil tahun depan usai menahan seri 1-1 Senegal di tempat netral, Stade Mohamed V di Casablanca, Maroko, kemarin. Meski unggul 3-1 dalam leg pertama, Pantai Gading dibuat waswas karena tertinggal lebih dulu pada menit ke-77 melalui eksekusi penalti Moussa Sow. Penalti diberikan menyusul pelanggaran Drogba kepada Sadio Mane. Di sisa laga, Pantai Gading dalam posisi tertekan karena Senegal semakin gencar menekan untuk memforsir gol kedua yang bakal memastikan tiket Piala Dunia kedua bagi Lions of Teranga “ sebutan Senegal. Namun, Senegal mengulang kesalahan di leg pertama. Asyik menyerang, pertahanan mereka pun longgar sehingga dimanfaatkan Salomon Kalou untuk mencetak gol balasan pada menit keempat injury time. “Kami membuang kesempatan setelah mencetak gol dan membayar buruknya koordinasi di sektor pertahanan,” kata Alain Giresse, pelatih Senegal asal Prancis, seperti dilansir Senego. Sementara pelatih Pantai Gading Sabri Lamouchi memberi simpati kepada Senegal karena memberikan perlawanan ketat dalam dua leg. (dns/bas/jpnn/jon)

Media Cerca Timnas Prancis PARIS-Meski bermain di kandang sendiri dalam leg kedua, Selasa (19/11), bukan tugas mudah bagi Prancis untuk membalikkan defisit dua gol dari Ukraina. Terlebih, Les Bleus “ sebutan Prancis sepertinya tak akan memperoleh dukungan masif dari publik mereka sendiri. Itu mengacu sikap apriori yang ditunjukkan fans maupun media Negeri Anggur menyusul hasil negatif Hugo Lloris dkk kemarin. Media-media Prancis bahkan mencela habis-habisan dan memberi label kekalahan Les Bleus dari Ukraina sebagai “yang terburuk dalam sejarah” bahkan “kebodohan”. Le Monde, harian sore ternama yang

berbasis di Paris, menulis peluang Prancis membalikkan keadaan di leg kedua sangat tipis. Le Monde sekaligus menyindir Les Bleus seolah menulis surat pengunduran diri dari partisipasinya di Piala Dunia 2014. Sedangkan judul “Les Bleus dalam Mimpi Buruk” menjadi headline koran olahraga paling kondang di Prancis, L”Equipe. Koran yang dulunya bernama L”Auto itu juga memprediksi tim asuhan Didier Deschamps hanya akan mampu bermain seri dalam leg kedua. L”Equipe juga menyoroti ketergantungan Les Bleus terhadap Franck Ribery. Ketika bintang Bayern Muenchen itu menjadi

Soal Perlindungan Wasit, Balotelli Tak Dibela Buffon ROMA- Kiper Timnas Italia, Gianluigi Buffon, tak percaya ada prasangka buruk dari para ofisial pertandingan kepada rekan setimnya di Azzurri, Mario Balotelli, setelah adanya anggapan bahwa striker AC Milan itu kerap menjadi korban dari keputusan wasit. Balotelli merasa dirugikan karena kurangnya perlindungan dari wasit Olegario Benquerenca dalam pertandingan persahabatan kontra Jerman, yang berakhir 1-1. Tapi, Buffon menyatakan bahwa Balotelli tidak harus menganggap dirinya diperlakukan kasar, karena para ofisial telah berusaha menjaga permainan tetap berjalan dengan baik. “Saya tidak melihat ada prasangka terhadap Balotelli. Hanya saja sekarang cara wasit mencegah agar permainan tak mudah berhenti telah berubah. Wasit cenderung mengurangi meniup peluit dan membiarkan permainan tetap berjalan, dan saya setuju dengan itu,” kata Buffon, seperti dilansir Gazzetta dello Sport, Minggu 17 November 2013. Italia tidak berada di antara daftar unggulan teratas dalam drawing untuk penyisihan Grup Piala Dunia yang digelar pada 6 Desember 2013. Namun, penjaga gawang Juventus ini yakin Azzurri telah membuktikan mereka adalah tim yang harus ditakuti, terutama setelah pertandingan kontra Jerman. “Kami mungkin bukan yang terkuat, tapi kami dapat menantang siapa pun. Kami baru saja bermain imbang dalam pertandingan yang banyak orang berpikir kami akan kalah,” ujarnya. “Anda akan melihat Italia yang sebenarnya di Brasil. Masalah ada pada mereka yang akan beurusan dengan kami, bukan sebaliknya,” tutup mantan pemain Parma ini.(vvn/jon)

Franck Ribery

sasaran utama marking lawan, bahkan menerima tekling sampai sepuluh kali, tak ada rekan setimnya yang mampu memanfaatkannya dan malah kartu merah untuk Laurent Koscielny. “Sebuah malam kelam yang harus dilupakan”. Demikian kalimat pemungkas dari ulasan L”Equipe. Reaksi dari fans Prancis tak kalah menyesakkan Lloris dkk. Dalam sebuah polling online yang dilakukan Le Parisien, 89,7 persen dari 15.810 fans meyakini Prancis tak akan mampu lolos ke Piala Dunia 2014. Yang lebih fatal, mereka mungkin malas memberikan dukungan langsung di leg kedua. (dns/jpnn/jon) REDAKTUR: JON SOEPARIJONO, LAYOUTER: DJ AMIEL


SENIN, 18 NOVEMBER 2013

DAFTAR NAMA SISWA AKADEMI AREMA U-10 YANG LOLOS SELEKSI RAYON KOTA & RAYON KEPANJEN No Nama Siswa Tempat, tanggal lahir Orang Tua/Wali Alamat Lengkap Pss Rayon 1 Ariya Nugroho Malang, 17 April 2004 Sunarto Dsn. Karangrejo Ds. Jambearjo RT 04 RW 01 FC KEPANJEN 2 Eriel Gibran Malang, 4 April 2005 Erni Juwartik Diponegoro, Gg. Mercumas No. 81 Denpasar Barat FC KOTA 3 Reza Setiawan Malang, 2 Februari 2003 Mujiono Jl. I.R. Rais Gg. 9 No. 43 A FC KOTA 4 Azhar Rizqi Ferdiansyah Malang, 5 Agustus 2004 Sudarto Jl. Pudak Cepokomulyo Kepajen FC KEPANJEN 5 Raka Bima Dwi Saputra Batu, 27 Januari 2005 Rosykan Jl. Raya Krebet 12 A Bululawang MR KEPANJEN

Status Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi

No Nama Siswa Tempat, tanggal lahir Orang Tua/Wali Alamat Lengkap Pss 1 Alviansyah Ramadhan Malang , 28 november 2002 Moch . Erwanto Jl . Kresno no. 46 polehan FC KOTA 2 Dendy Pramulya Malang , 2 mei 2001 Mulyono Jl . Janti gg buntu 13 001/009 malang FC KOTA 3 Andy Prasetyo Blitar , 9 April 2001 Jasmadi Dsn . Tambakan gandusari blitar KEPANJEN 4 Ahmad Wahyu Jember , 6 Desember 2001 Yajianto Kesamben , Blitar MRL KEPANJEN 5 Nanta Wiguna Blitar , 16 februari 2001 Pujianto Dsn. Plosorejo gandusari blitar FC KEPANJEN 6 Putra Zeus Malang , 15 Juli 2001 Windo darmawan lestari Jl . Sembilang tujuh / 13 KOTA 7 Ifang Dwi Blitar , 26 Juni 2001 Siswanto Blitar , rejoso DC KEPANJEN 8 M. Syafi'il anam Palangkaraya , 21 Maret 2002 Sodiq Rembun , sentong dampit rt 20 rw 04 AMF KEPANJEN 9 Akbar Taufan Maulana Malang , 27 Mei 2002 Ali fauzi Jl . Sultan agung 85 rt XI/03 kepanjen KEPANJEN 10 Frizky Azzratuta Setya Budi Malang , 12 desember 2002 Willis setya budi Jl . Pudak Rt 29/03 cepokomulyo - kepanjen KEPANJEN 11 Michael Agung Silolo Malang , 7 April 2002 Leonardus silolo Jl . Kopi sraba II 10E / 27 sawojajar - malang KOTA 12 Alfred Victorio Rama Awang Malang , 23 Juni 2001 Esau rama awang Jl . Bandulan IE / 67 MC KOTA 13 Gagas Antero Arema Putra Malang , 10 oktober 2001 M . Suwandi wantoro Jl . Raya tlogomas IX/25 FC KOTA 14 Insan Kamel Hariyono Bojoneoro , 30 Maret 2002 Purhariyono Jl . Klayatan GG II RT 8 RW 12 no . 35 DC KOTA 15 Nauval Z.A. Batu , 2 juni 2002 Arif Susanto Jl . Abdul ghonaim bumiaji MRL KOTA

Status Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi

No Nama Siswa Tempat, tanggal lahir Orang Tua/Wali Alamat Lengkap Pss 1 Sangga Arya Malang , 02 januari 2000 Pitono Jl . Stasiun 22A pakisaji - malang DC KEPANJEN 2 Aksal Alamsyah S. Pasuruan , 30 Desember 2000 Bambang suliono purwosari - pasuruan FC KOTA 3 Roni Setiawan Blitar , 6 maret 2000 Boidi Dsn . Sukorejo krajan Rt 3/3 wates blitar MC KEPANJEN 4 I Gusti Bagus Dewa A.F.P. Malang , 20 November 2000 Yunita Jl . Garuda no.2 MRL KOTA 5 Muhammad Arsy S.Z. Trenggalek , 03 sept 2000 Siti yulaikah Jl . Panglima sudirman no.119 ML 6 Kukoh Fakrul Akbar Malang , 26 Desember 2000 Sugeng hermawan Tawang argo / karangploso 7 Dani Vibi Nur Fadilah Malang , 03 februari 2000 Ach . Toyib fadillah karangploso 8 Dimas Prayoga T. S. Malang , 20 januari 2000 Teguh wiyono Jl . Tumbal negara no.11 MC KOTA 9 Celvinanda O. Blitar , 22 oktober 2000 Sunarwan Desa sambigede Rt 1 Rw 1 binangun blitar GK KOTA 10 Dicky Wahyu Kalimasodo Trenggalek , 8 april 2000 Habib solehudin Rt 9/04 krandegan gandusari trenggalek GK KOTA

Status Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi

No Nama Siswa Tempat, tanggal lahir Orang Tua/Wali Alamat Lengkap Pss 1 Putra Prassyah Malang , 17 april 1999 Anang awaludinsyah Asr . HUB DAM V / BRW DC KOTA 2 Randy Hendrawan Malang , 1 agustus 1999 Bero Binangun , blitar ML KEPANJEN 3 Dandi Eka Pradana Blitar , 13 mei 1999 Bonajianto Binangun , blitar DC KEPANJEN 4 Ardiansyah Blitar , 3 april 1999 Samsul hadi Dsn . Selok Rt 03 / 01 Ds . Binangun blitar MC KEPANJEN 5 M. Amirul Rizal Malang , 16 maret 1999 Yasinta Tumpakrejo Rt 08 Rw 03 kec . Kalipare MC KEPANJEN 6 Renal Asparega Eko P. Malang , 24 juni 1999 Eko susilo adi Desa kedungbanteng , sumbermanjing MR KEPANJEN 7 Reza Prambudi Malang , 20 oktober 1999 Sulisno Jl . Jambangan rembun dampit FC KEPANJEN 8 M. Burhanudin Malang , 21 april 1999 kariyanto sumbermanjing kulon , pagak , malang KEPANJEN 9 Al Amin Diharjo Jember , 10 agustus 1999 Juariyah Paseban , kencong , jember FC KEPANJEN 10 Andika Dwi Blitar , 17 maret 1999 Satori Desa binangun rt 02 rw 01 blitar FC KEPANJEN 11 Risky Adi P. Malang , 15 April 1999 Pratikto Dsn . Sumbersari rt 07 rw 10 gunung kawi MRL KEPANJEN 12 M. Rizky Malang , 18 agusutus 1999 Sri wahyudanti Jl . Mayjen sungkono 18 rt 03 / rw 03 MC KOTA 13 M. Novan Aryanto Denpasar , 27 november 1999 Setyo budianto Jln . GN Slamet VII no. 19 denpasar FC KOTA 14 Jaelani Mixco Tabanan , 27 mei 1999 Madtasan Dusun cangaan FC KOTA 15 Panji Agung Malang , 28 april 1999 Rahmat agung wibowo Desa subermanjing kulon , Rt 27 Rw 8 KEPANJEN 16 Aji Saka Malang , 06 juli 1999 Miskat Jl . Mayor damar pagedangan turen FC KEPANJEN 17 Didik Santoso Trenggalek , 19 April 1999 Aris Jl . Ciliwung I no . 21 DC KOTA 18 Agus Hananto Blora , 10 agustus 1999 Sutarji Blora GK KOTA 19 Alfa Thoni Azis Lumajang , 10 juli 1999 Asy'ari Lumajang KOTA 20 Marcel Reva Augusta Malang , 24 agustus 1999 Antonius very tabah Jl . Dirgantara 4 blok A4 no.42 sawojajar FC KOTA 21 Riyo Alfindo Malang , 4 sept 1999 Restiyan sudjono Jl . Tamtama no. 168 rembun MC KEPANJEN 22 Kevin Merico Banyuwangi , 26 mei 1999 wasis siswanto lingk . Tanjung salang 002/001 kalipuro banyuwangi DC KEPANJEN 23 Hamzah Falatah Banyuwangi , 10 juni 1999 Inong eki indiyaswati Dusun krajan rt 04 rw 02 buluagung , siliragung , banyuwangi MC KEPANJEN 24 Haris Abdul Banyuwangi , 3 mei 1999 Nurohmad Jatisari Rt 04 Rw 01 ds. Bomo rogojampi banyuwangi ML KEPANJEN 25 Rizky Utomo Asaren , 9 sept 1999 Sumarji Singajaya putat kidul FC KEPANJEN 26 Ahmat Maftuh Malang , 8 oktober 1999 Pi'ati Jl . Anusopati DC KEPANJEN 27 Regal Suganda Malang , 11 Mei 1999 Lukman hakim Jl . Keramat sanan kerto turen KEPANJEN 28 Febriananda Wahyu Malang , 4 februari 1999 Mariyanto Sumbermanjing kulon DR KEPANJEN 29 Saka Ferdianto Malang, 17 sept 1999 Sugiono Jl . Karya barat no . 6 malang MC KOTA 30 Fatah Nur Aziz Kebumen , 14 november 1999 Slamet sutiono Tanjungsari DC KEPANJEN 31 Moch. Dandira Y.S. Probolinggo , 02 sept 1999 Ririef rusbianto Jl . Anggur no . 23 c Probolinggo MC KOTA 32 Septiyan Dwi Cahyono Malang , 18 sept 1999 Purnomo Jl . Karyawan no . 137 Tumpang DR KOTA 33 Muhammad Rohman Malang , 23 sept 1999 Slamet margono Jl . Raya kambingan DL KOTA 34 Rama Dwi F. Malang , 28 november 1999 Moch ya'i muhadi Jl . Bareng tenes gg 4 A / 669 DR KOTA 35 Kevin Julius Dwi S. Malang , 06 juli 1999 Siti aminah purwodadi DC KEPANJEN 36 Kevin Pramudya D. C. Sumenep , 31 Januari 1999 Bertus mudi hartono Jl . Kesatrian E . 3 Malang GK KOTA 37 M Farid Malang , 05 oktober 1999 Zainur ridho Jl . Ranu grati III / 25 sawojajar malang GK KOTA

Status Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi Lolos Seleksi

DAFTAR NAMA SISWA AKADEMI AREMA U-12 YANG LOLOS SELEKSI RAYON KOTA & RAYON KEPANJEN

DAFTAR NAMA SISWA AKADEMI AREMA U-14 ('00) YANG LOLOS SELEKSI RAYON KOTA & RAYON KEPANJEN

DAFTAR NAMA SISWA AKADEMI AREMA U-14 ('99) YANG LOLOS SELEKSI RAYON KOTA & RAYON KEPANJEN

DAFTAR NAMA SISWA AKADEMI AREMA U-16 ('98) YANG LOLOS SELEKSI RAYON SINGOSARI

No Nama Siswa Tempat, tanggal lahir Orang Tua/Wali Alamat Lengkap Pss Status 1 Gevy Rozikin Blitar , 15 juli 1998 Sunyoto Binangun DL KEPANJEN Lolos Seleksi 2 Andika Rahmanda Indramayu , 13 desember 1998 H . Tarmidi Jl . By pass losarang , indramayu ML KEPANJEN Lolos Seleksi 3 Ahmad Malek Malang , 27 mei 1998 Markilin Dsn . Kaligading sumberkerto pagak KEPANJEN Lolos Seleksi 4 Rosit Ridhon Malang , 17 september 1998 Hanafi Jl . Sanan Gg 12 FC KOTA Lolos Seleksi 5 M. Yodha Pradipta Malang , 12 oktober 1998 Mimik suwarti sumberejo Rt 04 Rw 01 gedangan ML KEPANJEN Lolos Seleksi 6 Tegar Ibrahim Malang , 21 juli 1998 Winarta Malang KOTA Lolos Seleksi 7 Abi Krisna Malang , 11 april 1998 Garnan Lambangsari Rt 43 / Rw 06 DC KEPANJEN Lolos Seleksi 8 Luthfi Izdihar Dany Balikpapan , 10 september 1998 Hery wiyono Jl . Tugu mulyo no. 24 Rt 02/07 dampit ML KEPANJEN Lolos Seleksi 9 M Shoikul Ghomam Surabaya , 31 juli 1998 Imam bukhori ST Jl . Semeru selatan dampit FC KEPANJEN Lolos Seleksi 10 Riza Deni Malang , 29 januari 1998 Hari aditono Jl . Tempean 30 talok DL KEPANJEN Lolos Seleksi 11 Alvin Ahmad Karawang , 27 agustus 1998 Ahmad saepudin Perumnas bumi teluk jambe blok T no . 174 karawang KOTA Lolos Seleksi 12 Achmad Jevri Blora , 15 maret 1998 Japar Blora GK KEPANJEN Lolos Seleksi 13 Achmad Eri Blora , 5 januari 1998 Mariman Blora KEPANJEN Lolos Seleksi 14 Fernanda Hardiansyah Blora , 3 februari 1998 Sukemi Blora KEPANJEN Lolos Seleksi 15 Kurnia Rizki Adi Blora , 18 maret 1998 Suraji Blora KEPANJEN Lolos Seleksi 16 Ivan Santuri Lumajang , 26 september 1998 Mistono Lumajang KOTA Lolos Seleksi 17 Ilham Ramadhan Blora , 1 februari 1998 Setiarta Blora KEPANJEN Lolos Seleksi 18 Bayu Firnanda Malang , 30 januari 1998 Tugimun Dusun krajan Rt 11 / 03 rejosari , bantur MR KEPANJEN Lolos Seleksi 19 Titok Rahmat P Banyuwangi , 27 oktober 1998 Dwi astoko Jl . Tegalsari Rt 05 Rw 03 setail genteng , banyuwangi KEPANJEN Lolos Seleksi 20 Dafit Kurniawan Malang , 16 maret 1998 Samirin Purwodadi Rt 08 Rw 06 AMF KEPANJEN Lolos Seleksi 21 Pingki Cokro Malang , 04 juni 1998 Tariyono Jl . Branjangan Rt 3 Rw 7 gedog wetan DL KEPANJEN Lolos Seleksi 22 Roy Adi S. Pasuruan , 02 mei 1998 Ariful anam Ngerong - gempol - pasuruan FC KEPANJEN Lolos Seleksi 23 Rio Dwi Krisdianto Malang , 6 mei 1998 Partilah Jl . Dewi sartika / sambigede DC KEPANJEN Lolos Seleksi 24 Muhammad Iksan Suhadak Malang , 5 desember 1998 Julianto Jl . Ciwulan no . 18 A DC KOTA Lolos Seleksi 25 Ahmad Gunawan Kebumen , 11 april 1998 Samidah Kebumen kec . Petarahan DC KEPANJEN Lolos Seleksi 26 Nanda Ilham Azmi Malang , 16 mei 1998 Asmianto Jl . Gatot subroto no. 180 turen FC KEPANJEN Lolos Seleksi 27 Bagus Yoga Setiawan Magetan , 7 agustus 1998 I Gede sandi artha Jl . Mawar no. 37 tabanan - bali MC KEPANJEN Lolos Seleksi 28 Alif Brillian Abiwardhani Malang , 2 oktober 1998 Bibit Jl . Kebonsari Gg 1G no.16 DM KEPANJEN Lolos Seleksi 29 Handika Eka Malang , 26 juli 1998 Handoko Jl . Sultan agung Rt 12A Rw 01 sepanjang - gondanglegi MR KEPANJEN Lolos Seleksi 30 Gilang Dwi C. Malang , 03 september 1998 Siyono Jln. Hasanudin codo kec.wajak MRL KEPANJEN Lolos Seleksi 31 Rachmad Firmansyah Malang , 19 september 1998 Subandi Jl . Plaosan barat 72 F DC KOTA Lolos Seleksi 32 Tio Blitar , 18 september 1998 Supi'i Binangun GK KEPANJEN Lolos Seleksi 33 Moch. Ferdiansyah Dwi F. Malang , 18 februari 1998 Bintang wibowo Jl . Murcoyo III Gondanglegi malang GK KEPANJEN KETERANGAN : 1. BAGI SISWA AKADEMI YANG LOLOS SELEKSI, DIHARAP MELAKUKAN PENGAMBILAN FORMULIR REGISTRASI/ DAFTAR ULANG DI KANTOR AREMA (JL. KERTANEGARA 7 MLG) LANTAI 2 PADA TANGGAL 18 NOVEMBER - 26 NOVEMBER 2013 PADA JAM KERJA (10.00 - 16.00 WIB) 2. MEMBAWA PERSYARATAN DALAM BENTUK CD (soft file) YANG BERISI : 1. Scan pas photo 4 x 6 (terbaru) 2. Scan Kartu Keluarga 3. Scan Akta Kelahiran 4. Scan Ijazah terakhir 5. Scan KTP Orang Tua/ Wali 6. Membawa materai (Rp. 6.000,-) 2 lembar. 3. MEMBAWA BERKAS PERSYARATAN (ASLI + COPY) YANG DISEBUTKAN PADA POINT 2 (KECUALI PHOTO)

23

Akademi Arema

Rilis

Nama Siswa yang Lolos

Seleksi

MALANG–Akademi Arema merilis daftar nama siswa yang lolos dalam seleksi Akademi Arema Rayon Kepanjen dan Kota yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu. Hanya lima pemain lolos dalam kelompok usia 10 tahun. Sedangkan untuk kelompok usia 12 tahun, terdapat 15 nama yang dinyatakan lolos. Untuk kelompok usia 14 tahun, Akademi Arema merilis 47 nama siswa yang dinyatakan lolos seleksi. Yang terakhir di kelompok usia 16 tahun ada 33 pemain yang bergabung untuk memperoleh pendidikan di Akademi Arema. ‘’Semoga bakat yang dimiliki pemain-pemain cilik bisa terasa melalui pendidikan di Akademi Arema,’’ kata Manager Operasional Akademi Arema Sudarmaji kepada Malang Post. Bagi siswa akademi yang dinyatakan lolos seleksi, diharapkan melakukan pengambilan formulir registrasi atau daftar ulang di kantor Arema Jalan Kertanegara 7 Malang Lantai 2 pada tanggal 18- 26 November 2013 pada jam kerja (10.00 - 16.00 WIB). Selain itu, siswa juga diharapkan membawa bebe­ rapa persyaratan yang telah ditentukan dalam bentuk CD atau soft file. Adapun persyaratan itu diantaranya: Scan pas photo 4 x 6 (terbaru), Scan Kartu Keluarga, Scan Akta Kelahiran, Scan Ijazah terakhir, Scan KTP Orang Tua/ Wali, dan membawa materai (Rp. 6.000,-) sebanyak dua lembar. Selain membawa persyaratan tersebut dalam bentuk soft file, siswa diharapkan juga membawa semua berkas persaryatan berupa hard file, yakni asli dan foto copy kecuali pas foto 4 x 6. (mg11/jon)

Metro FC Junior Tuan Rumah Liga Remaja KEPANJEN - Untuk kesekian kalinya Metro FC Junior mendapat kehormatan sebagai tuan rumah Liga Remaja U-17 Piala Soeratin atau kelahiran Tahun 1996. Dalam laga yang dijadwalkan mulai berlangsung Jumat (22/11) mendatang itu, Metro FC Junior akan bergabung dalam Grup III bersama PSBK JuniorBlitar, Genby-Mojokerto dan Jember United-Jember. “Total ada enam grup untuk seluruh tim yang akan bersaing dalam Piala Soeratin. Dari masing-masing grup tersebut, Metro FC Junior ditunjuk sebagai tuan rumah dalam babak penyisihan untuk Grup III,” kata Bendahara Pengcab PSSI Kabupaten Malang, Slamet Suyono. Dari masing-masing grup, tambah Slamet, sesuai tehnikal meeting yang berlangsung di Surabaya, akan diambil juara dan runner-up grup. Selanjutnya, akan melakoni laga lanjutan 12 besar. “Untuk screening peserta di Grup III, dilakukan pada Minggu kemarin. Sementara mengenai laga, akan dikonsentrasikan di Stadion Talok-Turen atau Stadion Kanjuruhan-Kepanjen,” terangnya. Disinggung mengenai kekuatan tim tuan rumah, Slamet mengatakan, sudah disiapkan dari pembinaan yang telah dilakukan oleh Pengcab PSSI Kabupaten Malang. Yakni, pemain akan diambilkan dari hasil akademi Metro FC, yang selama ini menjadi wadah dari pelaksanaan kompetisi internal tahunan. “Pemain-pemain yang akan diturunkan nantinya adalah pemain-pemain hasil seleksi yang ada di akademi Metro FC. Keseluruhan pemain adalah hasil dari kompetisi internal yang rutin digelar oleh Pengcab,” ungkapnya. (sit/jon)

Pelatih Kepala Sudah Deal g

Sambungan dari Halaman 24

Robert sendiri juga bilang dalam emailnya ke Arema, bahwa dia sedang sibuk mengatur komposisi tim, termasuk menyeleksi pemain asing untuk Liga Malaysia, yang jelas bukan Robert,” tegas General Manager Arema Ruddy Widodo. Namun demikian, dari informasi yang dikumpulkan, manajemen Arema siap membeberkan sedikit demi sedikit terkait siapa pelatih kepala Arema, begitu Rahmad Darmawan (RD) resmi menggelar pressconference terkait statusnya sebagai pelatih kepala Persebaya Surabaya. Sampai sekarang, RD sama sekali belum memberi statemen resmi dalam pressconference soal status kepelatihannya, karena sedang sibuk mengurus timnas U-23 yang baru saja pulang dari Hongkong.(fin/jon)

Tertunda, Bwele Datang... g

Sambungan dari Halaman 24

Ruddy pun menyebut bahwa Arema memberi kesempatan bagi pemain asal Kamerun ini untuk memamerkan kebolehannya. Tapi, tampaknya manajemen tak mau berlama-lama memberi kesempatan bagi mantan timnas Kamerun ini. Sebab, Ruddy hanya memberi waktu tiga hari saja untuk seleksi. ”Kita tak mau berlama-lama menyeleksi pemain, khususnya yang sudah berpengalaman main di Malaysia. Dia sudah tak punya kendala apapun dalam bahasa ataupun kultur. Jadi, manajemen hanya beri dia waktu tiga hari untuk seleksi di Arema,” terang pria berkacamata ini. Ruddy menaruh harapan besar kepada sosok Bwele. Dengan Curicculum Vitae (CV) yang menjanjikan serta prestasi di bawah kendali Robert Alberts, tak salah bila manajemen ingin Bwele memamerkan kemampuannya sebagai seorang gelandang bertahan. ”Tapi kalau kualitasnya tidak super, ya mohon maaf, eliminasi,” tutup Ruddy.(fin/jon) REDAKTUR: JONS, LAYOUTER: REP


SENIN, 18 NOVEMBER 2013

AREMA IND NESIA

The PO W IS OU ER RS

24

Pelatih Kepala Sudah Deal MALANG – Robert “Rene” Alberts dikabarkan me­ ngunjungi Malang De­ sember 2013, mendatang. Ro­b ert yang kini sedang melatih Sarawak FC ingin berlibur di Malang, sembari bernostalgia dengan kota yang membesarkan nama­ nya di kancah persepakbo­ laan Indonesia. Kedatangannya ke Malang pun dikaitkan de­ ngan kemungkinan Meneer melatih Arema lagi. Namun, Robert datang ke Malang tidak atas undangan manaje­ men Singo Edan, melainkan atas kemauannya sendiri.

Informasinya, 7 Desember nanti Robert bakal mengi­ nap di Batu dan menikmati liburan. Meskipun isu kembali­ nya Robert ke Malang sedang memanas, manaje­ men diam-diam sudah me­ mastikan pelatih kepala Arema Indonesia. Pelatih kepala tersebut bukanlah sosok Robert. Dari in­ formasi yang dihimpun Malang Post kemarin, sang pelatih kepala Arema untuk musim 2013/2014 sudah teken kontrak. Narasumber yang enggan disebut namanya menyebut,

Akui Sempat Incar Emanuel Wanggai dan Maitimo MALANG – Manaje­ men Arema Indonesia sudah agak berlega hati karena skuadnya sudah hampir lengkap. Ting­ gal beberapa nama lagi, maka tim Singo Edan telah siap menghadapi persiapan serius jelang kompetisi. Karena skuad sudah hampir lengkap, manajemen akhirnya mau buka kartu terkait para pemain buruannya. Termasuk, buruan yang gagal direkrut beberapa waktu lalu. Media Offi­ cer Arema, Sudarmaji Iwan Budianto menyebut, Arema me­ ngakui pernah menjalin komunikasi dengan gelandang naturalisasi asal Belanda, Raphael Maitimo yang akhirnya tetap bersama Mitra Kukar musim 2013/2014. “Ya jujur kita akui, Arema pernah incar Raphael Maitimo untuk masuk skuad musim 2013/2014, tapi akhirnya mbele­ set karena ekspos yang terlalu besar dari media, manajemen Mitra Kukar buru-buru memagari Maitimo,” terang Sudar­ maji saat dikonfirmasi Malang Post kemarin. Selain Maitimo, ada lagi satu nama yang tak terendus oleh media, yakni Emanuel Wanggai. Gelandang bertahan Persipura Jayapura itu sempat ingin ikut Arema untuk musim 2013/2014. Namun, Manu, sapaan akrabnya juga lepas meskipun sem­ pat berkomunikasi dengan manajemen Arema. Untungnya, Arema langsung mendapatkan pengganti dari Manu dan Maitimo, yakni Arif Suyono dan Ahmad Bustomi. ”Begitu dua orang ini lepas, skenario kita bergeser, kita fokus dapat­ kan Arif Suyono dan Ahmad Bustomi,” tandas Sudarmaji. Selain itu, kehilangan sosok Manu yang sebenarnya bakal diplot sebagai gelandang jangkar, membuat Arema menerima tawaran dari Robert ”Rene” Alberts untuk me­ nyeleksi Guy Bwele, mantan kapten Sarawak FC berdarah Kamerun.(fin/jon)

sang pelatih kepala sudah menemui manajemen dan menandatangani kesepaka­ tan untuk melatih Arema. ”Dia sudah ketemu manajemen kemarin hari Jumat dan tanda tangan kontrak jadi pelatih Arema,” terangnya. Pelatih kepala ini di­ kabarkan siap datang ke skuad Arema begitu se­ luruh pemain berkumpul pada akhir November men­ datang. Meski demikian, identitasnya pelatih yang akan didampingi Joko ’Gethuk’ Susilo masih tak mau dibocorkan oleh pihak

manajemen Arema. Terkait hal ini, manajemen belum membuka suara maupun clue yang lebih detail ter­ kait identitas sang pelatih kepala. ”Ditunggu saja, akan ada waktunya kita bicarakan kepada media,” kilah CEO Arema, Iwan Budianto saat dikonfirmasi terkait nama pelatih kepala Arema. Namun informasi yang berkembang, pelatih Are­ ma nanti bukan pelatih asing. Bahkan namanya sudah tidak asing lagi bagi Aremania maupun sepak bola Malang. Sebelumnya

ada nama Aji Santoso yang kini bersama Rahmad Dar­ mawan menangani timnas U-23. Terbaru, muncul nama Suharno. Pasalnya, menurut informasi Su­ harno sempat dua kali me­ nyaksikan laga uji coba Arema, yakni saat meng­ hadapi Persekam Metro FC dan Jember United be­ berapa waktu lalu. Namun hingga kemarin malam, Suharno masih belum bisa dihubungi. ”Yang jelas bukan Robert. Karena dia dalam kontrak dengan Sarawak FC. Baca Pelatih... Hal.23

GUEST GESANG/MALANG POST

PENDAMPING: Joko ’Gethuk’ Susilo kembali akan mendampingi pelatih kepala Arema yang sudah deal.

Tertunda, Bwele Datang Rabu Malam MALANG – Guy Bwele, pemain seleksi yang juga mantan kapten Sarawak FC tampaknya tidak akan tiba di Malang secepat mungkin. Padahal, ia sejatinya dijadwalkan sudah datang untuk menjadi pemain seleksi Arema Indonesia mulai hari ini, Senin 18 November 2013. Ru­ panya, visa kerja yang dibutuhkan­ nya belum terbit. ”Awalnya dia dijadwalkan da­ tang hari Senin karena dari in­ formasi agennya Francis Yonga, Guy Bwele sudah dapat visa hari Jumat lalu. Tapi, sepertinya dia bakal datang beberapa hari lagi,” tandas General Mana­ ger Arema, Ruddy Widodo saat dikonfirmasi Malang Post kemarin. Dari informasi yang dihimpun, Bwele akan datang ke Malang hari Rabu tanggal 20 No­ vember 2013. Sebab, pemain berusia 29 tahun itu baru men­ dapat visa kerja hari ini. Menurut R u d d y, k e d a ­ tangan Bwele kemungkinan besar adalah Rabu malam dari Bandara Juanda, Surabaya. ”Kata agen­ nya Yonga, ke­ mungkinan dia bakal tiba di Malang ma­

PILIH PELATIH DAN PEMAIN AREMA

Arema Indonesia mulai mempersiapkan diri menghadapi Indonesia Super League (ISL) musim depan. Sebagai Aremania, berikan masukan siapa pemain maupun pelatih yang layak di tim Singo Edan.

lam hari Rabu, berarti dia akan naik kenda­ raan dari Bandara Juanda ke Malang, tapi jika dia berangkat Kamis pagi, maka dia bakal naik pesa­ wat langsung dari Jakarta ke Malang,” tandas pengusaha travel tersebut. Baca Tertunda... Hal.23

Guy Bwele

GETHUK JADI PELATIH JJOKO GETHUK COCOK JD PELATIH pasalnya joko gethuk susilo sangat tau permainan tim singo edan yg edan dii kandang maupun luar kandang dan saya sarankan jokolah yg pantas jadi pelatih…by rian glow aremania 085755099214

AREMANIA BERAKSI Walau panas terik matahari..I.. Berjutakali arema beraksi itulah hal yg pasti..Hari” esok adalah milik kita..ArEMA JADI JUARA di final,KEMPAS-kempis arek” malang,demi kejayaan singo edan. Marilah kawan mari kita nyanyikan sebuah lagu..BONEK itu JA****,!!! 089620736448

TROPI ISL KEMBALI Sak Djiwo AREMA.! Kita semua berharap musim depan tropi ISL akan kembali di kandang singa. Aremania ..apapun profesi/golongan akan membaur jadi satu kekuatan tuk dukung AREMA. walaupun harga tiket mahal.demi AREMA apa sih yg tidak..? tapi ..apakah pengorbanan kmi akn dibayar dgn Mahkota Juara? Pengurus sing itreng ker… By:deva aremanoize 085645017087

Penambahan Tribun Berdiri Tuntas Desember KEPANJEN – Komunitas sup­ porter Arema Indonesia, Aremania akan merasa lebih gembira seiring menyambut datangnya kompetisi musim mendatang. Hal ini menyu­ sul Pemkab Malang sedang me­ nyelesaikan pembangunan tribun tambahan Stadion Kanjuruhan Kepanjen. Stadion yang menjadi home base tim berjuluk Singo Edan ini dipersiapkan mempunyai kapasitas total 50 ribu penonton. Daya tampung ini lebih besar dibanding sebelumnya yang hanya 35 ribu penonton. Penambahan itu dikerjakan Pemkab melalui Dinas Cipta Karya Kabupaten Malang. Konsep yang diusung yakni tribun berdiri ekonomi yang

melingkar tepat mulai dari sektor kedua belakang gawang stadion. Tiap kurva utara dan selatan serta tribun barat bawah papan skor ter­ dapat tribun berdiri dengan lebar kurang lebih enam meter. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Iriantoro, menjelaskan penambahan tribun stadion ini dijalankan berdasarkan pertim­ bangan membludaknya Arema­ nia ketika Arema melakoni per­ tandingan big match di Stadion Kanjuruhan. Aremania kemudian melayangkan saran, masukan dan desakan kepada Presiden Klub Arema Indonesia, H Rendra Kresna melakukan penam­ bahan kapasitas stadion.

Rendra yang juga Bupati Malang merespon hangat. ‘’Pembangunan tribun ini ke­ bijakan Bupati Malang. Dengan bertambahnya kapasitas jumlah penonton dari Stadion Kanjuruhan Kepanjen diharapkan dukungan supporter bisa semakin tinggi saat memasuki kompetisi musim depan,” akunya didampingi Kabid Sarana dan Prasarana Dispora Ka­ bupaten Malang, Abdul Haris ke­ pada Malang Post, siang kemarin. Tribun ini dijadwalkan tuntas Desember nanti. Saat ini, proses pengerjaan pemasangan besi kerangka, sebelum masuk penge­ coran lantai tribun. Pagar pem­ batas setinggi tiga meter se­

bagian sudah berdiri dan berjarak 11 meter dari lapangan. Sedang­ kan, pagar pembatas tribun yang lama tetap berdiri kokoh. Selisih ketebalan antara sisi depan dan belakang tribun berdiri ini dibuat berselisih 40 centimeter untuk menghasilkan sudut pandang ke lapangan penonton. ‘’Semoga memacu prestasi Arema lebih baik lagi dan tentu bisa berimbas pada peningkatan finansial klub serta PAD Pemkab Malang, juga menjadi kebanggaan tersendiri masyarakat Malang Raya mempunyai stadion megah dengan kapasitas yang besar,” tambah Haris. Sementara itu, Media Officer

Arema Indonesia, Sudarmaji me­ ngaku, pihaknya berterimakasih kepada Pemkab Malang. Khusus­ nya kepada Bupati Malang yang mengapresiasi keinginan Arema dan manajemen untuk menambah kuota, termasuk memperbaiki sejumlah fasilitas agar Kanju­ ruhan siap tidak sekadar venue ISL, tetapi juga event sepakbola internasional. ‘’Arema juga sedang me­ nyusun program yang agen­ danya mengadakan pertandingan friendly match dengan tim-tim dunia, sekaligus mempromosi­ kan Kanjuruhan ke khalayak luar Malang dan Indonesia,” ujar Sudarmaji. (poy/jon)

JERSEY SEPERTI SERAGAM SEKOLAH INDONESIA memang bukan AREMA saja. tapi yg terbaik di Indonesia tentu AREMA.. mosok ker tim besar gak bisa bkn desain jersey sing mbois..ANKER Soprt kan perusahaan besar.. tolong dong bkn jersey yg bagus bagus gitu lho..apalagi musim dpn AREMA tour luar negeri..opo gak isin dgn jersey kayak seragam arek sekolah boz.. by deva Aremanoize Mboiz. 085645017087

UNTUK AREMANIA: Pengerjaan tribun berdiri Stadion Kanjuruhan sedang dilakukan untuk menambah kapasitas stadion. POY HERI PRISTIANTO/MALANG POST REDAKTUR: JONS, LAYOUTER: REP


Mp1811