Page 1

Majalah Gratis Anak SMA

E d i s i J U L I -AG U S T U S 2 0 1 8

Edisi Spesial Tahun Ajaran Baru

Lebih banyak CERPEN + PUISI! - Segmen Spesial K ALBIS Institute: Mau Jadi Apa? - Kuis Berhadiah


SCAN THIS AND TYPE THIS CODE: SCATTO ON SUNDAY SEND IT TO SCATTO LINE@


Editor's Note Apa itu Sunday? Jika kamu melakukan hal yang kamu cintai, maka setiap hari akan terasa seperti

hari

Minggu.

Berdasarkan

filosofi ini, lahirlah Sunday! Kami adalah free magazine bulanan (tiap tanggal 10) untuk anak muda di kawasan Kelapa Gading, Sunter, Kota Harapan Indah, Buaran,

Rawamangun,

Kalimalang

dan Pulomas. Majalah ini dibuat oleh

KETEMU LAGI! Hey, apa kabar kamu di Tahun Ajaran 2018/2019 ini? Semoga libur yang panjang nggak bikin semangat kamu drop untuk memulai hari-hari studi lagi ya! Sunday juga sudah mulai menggeliat lagi nih setelah libur panjang Lebaran dan pergantian Tahun Ajaran Baru. Di edisi ini, Sunday menghadirkan banyak hal yang super spesial untuk kamu, dari segmen khusus mengenai karir masa depan yang merupakan hasil kerja sama tahunan dengan KALBIS Institute, hingga segmen Cerita Pendek dan Puisi spesial ‘Tribute to Anita Cemerlang’ Enjoy!

pelajar SMA untuk pelajar SMA. Tim kami percaya, majalah kaum muda bisa tetap asyik tanpa harus ada aneka gosip dan selebriti asing di dalamnya. Informasi? Iklan? Saran? Kontak kami ya

FB : Majalah sunday Twitter : @majalahsunday Instagram: majalahsunday

Apakah kamu punya

Pertanyaan, komentar, usulan, infoinfo tentang acara sekolah, koleksi atau hobi atau komunitasmu, blog, karya seni, cerpen atau karya fotografi orisinil yang mau ditampilkan di salah satu Rubrik SUNDAY ? Ayo informasikan sama kami di majalahsunday@gmail.com. Jangan lupa cantumkan Inbox/Watchout/Collection/Shortie di judul email ya ;)

Email : majalahsunday@gmail.com www.bacasunday.wordpress.com

Pemimpin Redaksi

Pejuang Sunday!

Leny Margaretha Sultan Salahudin Muhammad Rizki Fauzi Rosandi D. Koordinator Iklan, Humas dan Kerjasama Melinda (SMA St. Lukas) Budiman Manurung Ezra Merdekawati (0813.842.86.415/ Poppy Fadhilah (SMKN 48) Budiman_manurung@yahoo.com) Bernard Adrianus (SMA Marie Joseph) Stefanie Arshiel Gracia (SMA Budhaya 2 St Social Media Admin Agustinus) Priscillia Charista Victoria Wong K (UJC) Monica Mastan (SMA Galatia) Arssal Anam Vanessa Stefanny T. (UIC Kelapa Gading) Joanne Clarice (UJC Kelapa Gading) Desain Layout Arvi Firmansyah (SMK Prestasi Prima) Scatto! Photography and Design Octavia Steevani (SMAK Penabur Harapan Indah) Mellanie Nurhaliza Majalah Sunday adalah publikasi bulanan Eunike Janet Putri (SMAN 72 Kelapa Gading) Emir Husaini (SMKN 48 Buaran) Alamat REDAKSI Luthfi Perdana Respati (SMKN 48 Buaran) Jl. Tarian Raya Timur blok J 24 Muhammad Ilham Alfatah (SMKN 48 Buaran) Kelapa Gading 14250 Muhammad Sofyan (SMKN 48 Buaran)

Olivia Elena Hakim

Ilustrasi cover oleh Ray Lidia

Telp: 4586 0389 Nomor ISSN: 2337-8018 2

Tim Magang SMK Paramitha 1 Grace Asty Naibaho Novia N. Bachmid Hans Faris Ebenhaezer S.


Pengumuman

Pemenang Sunday’s Riddle Jawaban:

Bendera Jepang jika dibalik sama saja, maka ia berbohong Ferdinan Louis Ciadarma SMA Tunas Gading - Kelapa Gading

Winda Nurul Pebriyani

Marwah Tazkia

Utami Wulandari

SMAN 44 - Buaran

SMKN 48 - Buaran

SMAN 31 - Kayu Manis

Ariyati Herman

SMK Dharma Paramitha - Cakung

Pemenang Cerita Berantai

Andre Kurniawan Tan SMA Santo Yoseph – Metland

Selamat ya! Hadiah akan dikirim ke sekolah masing-masing, silakan DM ke ig @majalahsunday untuk info lebih lanjut.

Kehabisan majalah di sekolah? Jangan khawatir, kamu masih bisa mengakses Majalah Sunday versi digital di aplikasi HIGO (android/iOS) atau www.issuu.com. Mau acara kamu diliput oleh Majalah Sunday? Kirimkan proposal acara kamu ke majalahsunday@gmail.com.

s k a e p s "Music " t ' n a c s d r o w n e whPIANO MUSICAL COURSE WITH EXPERIENCED TEACHER

FREE Trial & registration: 0877 8255 0132

IG @pianoles1 www.lespianokursuspianoabrsm.wordpress.com

3


Sunday Special: Tribute to

Anita Cemerlang Legenda Majalah Remaja Indonesia 1978-2000

photo Anita cemerlang courtesy of Jamawi.blogspot.com, dearrian2001.blogspot.com

“Saya terkesan dengan Majalah Anita Cemerlang, karena banyak sekali cerita fiksi yang ditampilkan – bahkan, saya percaya sebagian dari cerita itu adalah pengalaman nyata.� - Da n i el W i s n u , d os en S T MK Trisakti

4


Profil Juri Dalam rangka menyusun edisi khusus ini, Sunday menggelar kompetisi menulis cerpen dan puisi dengan tema CINTA SELUASLUASNYA. Kompetisi ini juga diikuti dengan workshop menulis dan sosialisasi keliling SMA.Karya para pemenang kami tampilkan di edisi ini, yang telah melalui penilaian oleh para dewan juri berikut ini: Arsanda

(@arsandaaa)

Sejak kecil ia gemar menulis dan menyukai kreativitas. Saat lulus kuliah, Arsanda belajar menulis dengan Bapak Dodi Mawardi di Sekolah Menulis Kreatif Indonesia dan novel Kisah Anak Cahaya adalah karya perdananya.

Herdiana Hakim (@herdianahkm)

Editor-at-Large untuk Media Kawasan; tahun 2015 lalu, novel debutnya berjudul Kota Lama & Sepotong Cerita Cinta diterbitkan oleh Gagas Media. Saat ini Herdiana Hakim adalah kandidat Phd dalam bidang Sastra Anak di University of Glasgow

Olivia Elena H. (@oliphviola)

Pemimpin Redaksi Majalah Sunday sejak 2013 dan kontributor aktif untuk MNC Media Group. Tahun 2010, ia menerbitkan novel berjudul Pergi oleh Wortel Books.

5


Juara

1 Ingatan Kecil Novia RA – SMA Diponegoro Rawamangun

Kapten, ingatkah kau pada masa itu? Masa saat kita melewati jalan setapak di bawah tangisnya semesta. Tunggu, baru saja teringat, sudah tidak ada lagi kata 'kita'. Hanya kenangan di masa itu. Kapten, bisakah aku menyampaikan rindu lewat semilir angin yang akan menerbangkan rambutmu itu? Atau, lewat hangatnya senja di sore hari? Jika bisa, muncul harapan untuk kau mengingat kenangan di masa itu.

Juara

2

Kuharap Kau Tahu Melisa Valentine – SMAN 10 Harapan Indah

Aku hanya menceritakannya kepada mereka. Ya, mereka. Yang hanya mendengarkan tanpa bisa berkata. Yang hanya memperhatikan tanpa bisa tertawa. Dan yang hanya diam tanpa bisa memberi tahu orang lain, siapapun itu. Karena semua yang kuceritakan, adalah tentang kebahagian kita. Karena semua yang kuceritakan, adalah tentang canda tawa kita. Karena semua yang kuceritakan, adalah tentang kita yang bahagia. Tanpa ada susah atau pun duka. Dan yang perlu kau tahu adalah, Karena semua yang kuceritakan, hanyalah hayalan, angan, dan harapanku. Yang berharap menjadi sebuah cerita yang nyata. Kuharap kau tahu.

6


Juara

3

Capaikan Harap Tania Belinda – SMA St. Ursula Jakarta Pusat

Menjadi sang yang dipuja Tanpa suara, kegirangan Sebab kemampanan itu Membuat hasrat gejolak membara Kusimpulkan kecup manis Dalam benak ini Membisikkan patah kata "Jangan lari, aku di sini" Tak lupa senantiasa Kugapai hati cintanya Tak cukup waktu beri ijin Segera kupagar pintu itu Supaya tak kunjung beralih arah Dia tersebut Adam Terpukul malu Mengungkapkan sesuatu yang menggelitik Aku pun mengakuinya Dan tak harap putus Kami sejoli dengan kesamaan hal Inilah kebahagiaan kami Tak sabar Menduduki yang kusebut putih Bak raja dia Mendampingiku hingga singgasana Kuharap dialog singkat Yang sering terdengar parau Karena hanya kami berdua Kusebutkan harap kita pada Nya Berharap terijinkan

7


Juara 3 Kategori Cerita Pendek Cindy Aurelia Siswanto SMA Marie Joseph Kelapa Gading

101

Unused Mannequin Di suatu siang yang cerah seorang pemuda bernama Samuel duduk di kursinya, di sebuah toko baju. Pria di awal usia 30-an nya itu dengan tenang membaca buku sembari menyeruput teh hangat. Buku bersampul pink tua itu sudah lusuh termakan usia seolah – olah akan langsung hancur jika sekali terjatuh.

8


Di seberang toko baju itu terdapat toko tua yang tidak terlalu menarik dibandingkan toko-toko lain sederetannya. Toko itu berisi lukisan – lukisan indah, dari kecil sampai besar. Seorang kakek bernama Joel yang rambutnya sudah setengah putih dimakan usia duduk di mejanya membaca buku. Buku bersampul pink tua yang lusuh. Hari – hari berlalu cepat, tanpa disadari musim semi sudah tiba. Kakek tua itu berjalan pulang dari toko, di tangan kirinya terdapat kantong belanjaan berisi berbagai macam warna cat dan kuas, sedangkan di tangan kanannya terdapat buku tua yang selalu dibacanya. Tiba – tiba sesuatu yang memantulkan cahaya dari tempat gelap menarik perhatiannya; sebuah benda berbentuk bulat dan mengkilap di dalam kardus di gang sempit sebelah toko baju itu. Walaupun sudah tua, tapi rasa penasarannya masih belum padam. Joel menghampiri benda itu lalu dilihatnya lebih dekat. Ternyata benda itu adalah boneka manekin yang biasanya digunakan untuk peraga pakaian di toko baju. Manekin dengan kulit bersih mengkilap layaknya masih baru itu diabaikan begitu saja di tempat gelap dan kotor ini. Di sampingnya terdapat sepasang pakaian yang masih bersih juga. Kenapa barang sebagus ini dibuang begitu saja? Lebih baik aku memanfaatkannya… batin Joel sembari mengumpulkan manekin itu dan bajunya. *** Joel membawa manekin itu ke dalam tokonya lalu membersihkan dan memakaikannya baju. Boneka manekin itu kini sudah bersih dan indah. Joel menatanya di kursi dan mulai mengambil kuas dan kanvas. Mulai digoreskannya kuas ke kanvas, satu persatu goresan dibentuk dengan penuh kasih sayang dan mulai tampak lukisan seorang gadis dengan busana yang indah layaknya putri elegan di Inggris. Keringat menetes dari dahi Joel dan senyum lebar terpampang di wajahnya yang tirus. Ekspresi wajah yang menunjukkan kebanggaan atas hasil kerjanya. Lukisan yang sudah jadi itu Joel pajang di depan toko. Joel kemudian mengambil segelas air untuk memuaskan dahaga. Ia duduk di balik counter meja dan mulai bernostalgia. Ia mengingat kembali kenangan masa kecilnya, ketika ibunya masih ada dan badannya masih kuat. Joel menyentuh permukaan buku pink tua yang sudah lusuh itu. Saking tuanya, judul buku itu hampir tidak terbaca lagi. Itu adalah buku yang sering dibacakan ibu padanya waktu kecil.

Buku itu mengajarinya tentang kasih yang seluasluasnya. Ibunya dulu pernah berkata kalau cinta atau kasih itu tidak dapat dibatasi apapun. Sesuatu yang dikerjakan dengan penuh kasih pasti akan membuahkan hasil yang bagus. Joel hanya tersenyum mengenang perkataan almarhum ibunya. Bagi Joel, kanvas dan kuas adalah dunianya; tanpanya Joel tidak tahu apa tujuan hidupnya. Cintanya dengan dunia seni begitu besar karena ia percaya bahwa cinta itu luas. Setiap minggu di hari yang sama, Joel selalu menemukan manekin di tempat yang sama dan selalu membawanya pulang lalu dibersihkan, dipakaikan baju yang sudah tersedia di dekat manekin itu, lalu ia melukisnya. Hari, minggu, dan bulan pun berlalu cepat. Joel memperhatikan bahwa toko baju di seberangnya memajang manekin yang indah dan semakin hari semakin bertambah jumlahnya. Manekin yang dipajang Samuel, seorang pemuda pemilik toko baju itu memiliki wajah dan tubuh yang indah. Kian hari toko bajunya semakin ramai pengunjung begitu juga dengan lukisan Joel yang semakin bertambah jumlah dan variasinya. Suatu hari sekawanan ibu yang tua berjalan melewati toko lukisan Joel. Muka ibu itu seketika berubah menjadi horor ketika melihat lukisan Joel dan mulai menangis histeris. Sebagian dari mereka berteriak “Anakku!!!” Tidak lama kemudian, polisi pun datang. Joel yang tidak tahu apa-apa hanya bisa terdiam saat polisi memeriksa tokonya. Salah seorang polisi mendobrak pintu kerja Joel dan menemukan 101 manekin. Ternyata semua manekin mengenakan baju yang dikenakan semua wanita yang hilang. Joel dibawa ke kantor polisi dan diinterogasi. Tentu saja, Joel tidak menjawab apa-apa karena ia tidak tahu. Ia hanya mendapatkannya di sebelah toko baju Samuel. Tanpa basa-basi polisi segera mendatangi toko baju Samuel dan tentu saja Joel ikut serta. Samuel sontak terkejut saat polisi mulai berdatangan ke tempatnya. “Dasar kakek tua! Jangan melemparkan kesalahanmu padaku! Pak polisi, apakah kau sebodoh itu mendengarkan perkataan kakek tua ini?!? Coba kalau dipikir ulang, kakek ini pasti yang menculik gadis-gadis itu, karena ia sudah lama men-jomblo,” bentak pria itu. Joel dengan muka yang tenang dan tersenyum melangkah mendekati Samuel; dengan mata yang sayu ia berkata, “Samuel… Aku perhatikan kau memiliki buku yang sama denganku dan kau

9


membacanya setiap hari. Pasti kau tahu kan, kalau cinta itu begitu luas dan melampaui segala hal. Aku mungkin tidak beristri atau memiliki kekasih, tapi aku mencintai hobiku, aku mencintai dunia seni, kanvasku dan kuasku. Itu sudah sangat cukup bagiku.” Mata Samuel membesar karena terkejut, ekspresinya menjadi garang dan marah. “Hey kakek tua! Tahu apa kau! Aku akui, aku memiliki buku itu dan aku mengerti hal itu. Cinta itu bisa pada apa saja, aku tahu itu!” “Pak harap tenang, kami tidak bisa mengerti perka-,” kata seorang polisi mencoba menenangkannya. “Diam kamu,laknat! Ini bukan urusan-.” BRUK!!! Sikut Samuel tidak sengaja menyenggol salah satu manekinnya. Manekin itu terjatuh lalu tangannya putus. Sontak bau busuk menyebar ke seluruh ruangan. Muka Samuel langsung berubah menjadi pucat. Polisi segera menangkap Samuel. Ternyata semua 101 manekin di ruangan itu adalah tubuh wanita yang hilang dan dilapisi dengan porselen. Karena pengawetan yang minim, jasad itu masih membusuk dan mengeluarkan baunya setelah porselennya pecah. Samuel diborgol dan digiring ke mobil polisi. Samuel berpapasan dengan Joel dan memberhentikan langkahnya. Punggung Joel menatap punggung Samuel. Joel membuka mulutnya dan berkata, “Cinta seluas-luasnya tidak berarti kamu dapat memaksakan kehendakmu seperti itu. Cinta bisa kepada siapa pun dan apa pun. Bisa dibilang cinta itu harus tulus. Yang kau lakukan adalah kebusukan. Cinta itu luas dan butuh waktu untuk memahaminya. Aku rasa kau harus lebih banyak belajar lagi, Samuel.” Samuel hanya bisa terdiam.

Jangan biarkan luasnya tenggelam dalam kejahatan.

10

cinta

membuatmu


Juara 2 Kategori Cerita Pendek Kezia Dyah SMA Galatia

Masihkah Aku Temanmu?

Aku yang melihat mereka kabur sedang mencoba menenangkan diriku sendiri. Lalu perempuan itu menghampiriku. “Hey! Tenanglah, mereka sudah pergi,” katanya menenangkanku. “Umm.. Sebelumnya terimakasih atas pertolonganmu. Entah apa jadinya aku kalau saja kamu tidak datang menolongku,” ucapku berterimakasih. Dan ini pertama kalinya aku melihat wajahnya, bukan karena aku tidak memperhatikan dirinya sedari tadi. Tapi, di saat dia menolongku, dia membelakangiku. “No problem. Untuk apa kau malam-malam begini di luar sendirian?” tanyanya. “Aku hanya pergi mencari angin. Aku suntuk di rumah.” “Oh iya, maaf, aku harus pergi. Ada sesuatu yang harus aku urus. Lain kali jaga dirimu. Senang bertemu denganmu.” Selesai mengatakan itu, perempuan itu langsung pergi meninggalkanku tanpa menunggu jawabanku. Aku kecewa, kita belum sempat berkenalan dan aku ingin sekali belajar bela diri seperti dirinya agar tidak menyusahkan orang lain seperti ini. Semoga

Mataku terbelalak tidak percaya. Lihatlah! Seorang perempuan yang mungkin seumuran denganku berhasil mengalahkan dua pria bejat yang mencoba menggodaku; dengan gesit ia membuat dua pria itu meninggalkan kami dengan ketakutan. saja aku masih bisa bertemu dia di lain kesempatan. Dan sekarang, aku harus bergegas pulang. Takut kalau pria-pria bejat kembali menggodaku. Malam itu, aku langsung berlari masuk ke dalam kamar tanpa menghiraukan panggilan kakakku. Karena masih kaget juga kelelahan, aku langsung masuk ke dunia mimpi. *** Hari ini rasanya Seira ingin sekali membolos. Kalau bukan karena Seira lebih takut dengan papanya, mungkin ia akan melanjutkan niatku untuk bolos. Dengan berat hati, Seira melangkahkan kakinya memasuki gerbang sekolah. “Pagi-pagi sudah lesu aja Neng,” sapa satpam sekolah yang hanya dibalas dengan senyuman, itu pun terpaksa. Bukan karena sombong, tapi memang mood Seira hari ini kacau. Entah kenapa. “Seira!” panggil seseorang. Dan ternyata dia kekasih Seira. Dia menghampiri. Seira kira, dia akan menanyakan keadaannya hari ini. Perkiraannya salah, ternyata dia menceritakan koleksi novelnovel barunya. 11


Hey, kekasihmu itu siapa? Aku atau novelnovelmu? batin Seira lalu pergi begitu saja meninggalkan kekasihnya. Seira masuk kelas dan langsung duduk di bangku tanpa memperhatikan keadaan kelas. Seira menyadari kalau dirinya terlalu cuek dengan lingkungan sekitar. Bahkan mungkin dirinya dikenal sombong di sekolah. Hidupnya terlalu monoton. Dia sudah mencoba berbagai cara untuk membuat hidupnya lebih berwarna, salah satunya menerima seseorang yang tidak dia kenal menjadi kekasih. Seira kira berhasil, ternyata nihil. Saking asyiknya merenung, Seira tak mendengar bel masuk sudah berbunyi. Sekarang di depan kelas sudah ada wali kelas beserta seorang siswi baru yang familiar. Seira tidak peduli. Toh, nanti juga dirinya tahu siapa dia. Entah apa saja yang terjadi di saat Seira merenung, tiba-tiba siswi baru itu duduk di sampingnya. Memang tempat di samping Seira adalah satu-satunya tempat yang kosong. Siswi baru itu tersenyum manis kepada Seira. Seira merasa pernah bertemu dengannya sebelum ini. “Bukankah kamu yang membantuku malam itu?” tanya Seira penasaran.

12

“Ternyata kamu masih ingat aku. Aku kira kamu sudah lupa,” ujarnya sambil tertawa. Seira banyak bicara dengannya. Ternyata teman barunya itu bernama Alice dan dia murid pindahan dari sekolah sebelah. Dari situ, Seira mulai dekat dengan Alice. Hidup Seira sudah tidak telalu monoton dengan keberadaan Alice. Alice selalu baik padanya. Alice selalu menemani dan menghibur Seira. Hingga pada akhirnya, terkuak sebuah pengakuan yang membuat Seira cukup terkejut. “Jadi sebenarnya kamu adalah teman SD-ku yang dulu aku bully?” tanya Seira tak percaya. “Kamu tidak sepenuhnya mem-bully aku kok. Setelah aku pikir-pikir, tindakanmu dulu ada dampak positifnya. Kamu adalah satu-satunya orang yang bisa merubah diriku menjadi pribadi yang lebih baik. Meskipun banyak orang bilang, cara kamu salah,” jelas perempuan di depan Seira


itu. “Tidak. Tindakanku dulu sudah sangat keterlaluan. Sampaisampai kamu pindah sekolah. Aku minta maaf,” ucap Seira menyesal. Seira mengetahui ini semua setelah dirinya mencari tahu segalanya tentang Alice. “Aku sudah memaafkanmu dari dulu kok, Seira,” jawab Alice. “Bahkan aku sengaja pindah ke sekolah ini agar aku bisa bertemu denganmu lagi.” “Terima kasih Alice. Apa aku boleh bertanya sesuatu?” Pertanyaan itu langsung disetujui oleh Alice. “Kenapa kamu masih menganggap aku temanmu setelah aku mem-bully kamu?” Alice terdiam sebentar. Lalu dengan senyum khasnya ia menjawab pertanyaan Seira. “Karena aku ingin membagikan cintaku kepadamu.” Seira dibuat bingung dengan

pernyataannya. “Sebenarnya, cinta itu mempunyai arti luas. Yaitu cinta dapat kita bagi kepada semua orang tanpa membeda-bedakan orang tersebut. Cinta dapat kita berikan kepada orang tua, keluarga, sahabat, teman, kekasih hati, bahkan dengan musuh kita,” lanjutnya. “Jadi, apakah aku musuhmu?” tanya Seira. “Kamu adalah satu-satunya sahabat yang aku punya. Karena seorang sahabat tidak akan menjerumuskan kita ke jalan yang salah. And you did it!” Masih dengan senyum yang terus mengembang, Alice memeluk Seira. “Terima kasih, Alice. Terima kasih untuk segalanya,” ucap Seira tulus. Dirinya tidak menyangka, bahwa teman masa kecil yang dulu dia bully, malah memberikan warna di dalam hidupnya.

13


Arkan dan Aksara

Sepasang kaki kian berpacu di sepanjang koridor dari waktu ke waktu. Rambut hitamnya yang dibiarkan terurai menyibak ke sana ke mari seiring dengan langkah kakinya yang mempercepat gerakan.

14


Juara 1 Kategori Cerita Pendek Renaldi Manurung SMA Budhaya 2 St Agustinus (Buaran)

Dia terus berlari hingga tanpa sadar seseorang memanggil namanya. "Aninda, kemana saja kamu! Habis ini penampilanmu!" Wanita paruh baya itu berseru dalam pekikan tertahan. Jantungnya agak sedikit mencelus sebenarnya. Lantas, gadis yang disebut-sebut sebagai Aninda itu berhenti dalam gerakan mendadak. Dia berjalan ke arah wanita itu seraya membenarkan kacamatanya. Jika saja dia tidak ditunjuk-tunjuk sebagai perwakilan sekolah dalam kompetisi menulis puisi, dia tidak akan datang ke tempat tersebut pada hari Sabtu pukul sepuluh tepat. Aninda mengatur napasnya, tenggorokannya agak kering, dia menyambar tangan keriput milik wanita itu kemudian menyalaminya. "Aduh, maaf Bu Retno, tadi saya sempat kesasar." Sebenarnya dia ingin memberikan nada gurauan di dalam kalimatnya. Namun, perlu dicatat! Hal tersebut tidak akan pernah berpengaruh kepadanya, guru pembimbing paling killer dari sekolahnya. Wanita paruh baya yang dipanggil Bu Retno itu tidak beringsut dari tempatnya. Kedua lengannya dilipat di depan dada. Beberapa daging tampak jatuh membentuk beberapa gelambir, terlihat jelas menunjukkan seberapa tua dirinya. "Ibu tidak peduli! Sekarang, siapkan puisimu lalu duduk di sana sekarang!" Telunjuk Bu Retno menuntun padangan Aninda tepat ke tengah lapangan. Sebuah panggung besar berukuran 7x7 meter, rangkaian kain keemasan terlihat dalam corak selaras, didesain berbagai bentuk hingga sedemikian rupa, di bawahnya berderet jajaran kursi plastik berwarna biru gelap. Lengkap dengan anak-anak sekolah lain yang siap menjadi kompetitornya. Aninda menghela napas, samar-samar dia dapat melihat pembawa acara yang berdiri tepat di atas permadani merah itu. Dia mengulas senyum

sumringah, tingginya semampai, dia memakai seragam SMA pada umumnya, kemeja putih serta celana kain abu-abu. Matanya menelusup ke arah penonton, hingga tanpa sadar pandangan mereka bertemu. Hanya beberapa detik, kemudian berpaling. Waktu melamun baginya ternyata tidak berlangsung lama. Sesaat setelah itu, Bu Retno menegurnya, "Heh, ini anak malah melamun. Udah sana, kamu duduk, sebentar lagi kamu tampil." Aninda mengangguk, kepalanya dijulurkan kembali ke Bu Retno. Ia menarik senyum simpul, kemudian berkata, "Ya udah deh, Bu. Saya ke sana, ya!" Aninda kemudian berjalalan dengan mantap. Sebuah puisi telah dibuatnya kemarin malam. Sindiran politik, sesuai dengan tema yang telah ditentukan sebelumnya. *** Udara menjadi semakin dingin dari detik ke detik. Mengiris kulitnya dari ujung kepala hingga kaki. Aninda begitu gusar terhadap sikap ketidakpercayaan diri yang masih melekat dalam dirinya. Dia menegukkan salivanya, menerawang ke atas laksana ada yang mendukung setiap pergerakannya. Dia kemudian memejamkan mata perlahan, kemudian memulai puisinya. "Sinestesia Hitam dan Putih, karya Aninda Frista." Jantungnya sekarang kian berpacu dengan cepat, dia kembali membuka kelopak matanya dalam sekali hitungan. Pandangannya jatuh ke pembawa acara tadi. Mata mereka saling bertemu, kemudian gadis itu membacakan puisi yang berada di genggamannya. "Kobaran api ledakkan raga, lenyap tertelan suara .... Aspirasi sekadar alat peraga. Akhir hidup layaknya metafora." Detik ke detik menjadi kecanggungan yang luar biasa hebat. Kebisuan kini menyelimuti tempat tersebut. Dia kembali menerawang ke sekitar, kemudian melanjutkan puisinya, "Sebuah sinestesia

15


hitam dan putih. Sindiran halus memanipulasi, seonggok harapan tertatih-tatih. Tak seorang pun yang dapat menguasai. Lagi ... dan lagi." Suara tepuk tangan terdengar riuh memenuhi udara, dia mengakhiri penggalan puisinya dengan mantap. Matanya menelusuri setiap sudut, pria itu! Dia sedang bertepuk tangan di antara keramaian. Gadis itu tahu betul, beberapa saat setelah ini, dia akan berteman baik dengan lelaki asing itu. Dan ... dugaannya terbukti benar. *** Sudah satu minggu mereka berteman baik. Namanya Arkan, sederet nama yang masih tertanam jelas di dalam memorinya. Setelah dua hari usainya acara itu, Aninda mendapatkan juara ketiga dari sekian banyak peserta yang mewakili masing-masing sekolahnya. Kini gadis itu dikenal dengan cepat di antara banyak kalangan di sekolahnya. Keadaan makin tak terkendali - apalagi ketika teman sekelasnya mengetahui bahwa Arkan dan dirinya mulai berteman semenjak acara itu. Gosipnya ialah, dia memang sudah lama menjadi pembawa berbagai acara. Lelaki itu adalah mantan ketua OSIS di sekolahnya. Kedekatan mereka menciptakan sebuah kebiasaan aneh yang selalu dibawa oleh Arkan. Pria itu selalu menyukai setiap puisi yang selalu dibuat oleh gadis itu setiap dua hari sekali. Sebetulnya, yang tidak pernah Aninda tahu, ini bukanlah kisah mereka. Ini tentang dia, yang datang tanpa mengetuk pintu, yang datang tanpa memberi peringatan, yang datang untuk menanti setiap lembar rangkaian aksara ciptaannya. Ini tentang dia, Arkan dan aksara.

16

Gadis itu menggegah maju di antara kerumunan lautan manusia. Dia tak sanggup menyeka air mata yang tak dapat dibendung lagi. Waktu berjalan dan terus merambat. Rasa menyesal menjadi rasa amarah. Dia ingin merapalkan siasat. Fakta sebenarnya adalah, gadis itu mencintai Arkan. Sebaliknya, dia berpikir lelaki itu juga mencintainya. Namun, Aninda salah besar. Ini bukan tentang dirinya, ini tentang Arkan dan aksara, yang selalu ditorehkannya di kertas berwarna itu. Setelah mengetahui bahwa Arkan memberikan puisi buatannya kepada gadis pujaannya, hatinya seakan dihempaskan dari ketinggian, kemudian remuk dalam seketika. Napasnya seakan tercekat. Dia tidak peduli dengan belaian angin di sekitarnya. Dia menuliskan sajak terakhirnya untuk Arkan. Intelegensi Suara. Kepada sang penikmat aksara Atas nama sastra membungkam suara Oleh sang karsa penarik harapan Hingga sang surya hilang dari peradaban Intelegensimu gagah perkasa Tetapi aksara bukan sekadar kata Aksara ialah sebuah bahasa Pengganti kata menjadi suara Gadis itu menangis untuk pertama kalinya hanya karena sekadar salah hati. Dia tak sadar bahwa selama ini dia telah mengharapkan sesuatu yang tidak pasti. Di balik pekatnya penyesalan, seharusnya gadis itu tahu, bahwa hanya berharap tidak pernah bernasib baik.


Di edisi Tahun Ajaran Baru kali ini, Sunday menyajikan segmen spesial berupa panduan untuk masa depan kamu; anggaplah tiap artikel di segmen ini seperti ruang kelas, di mana masing-masing memberikan kamu kesempatan untuk ‘mencicip’ realita dalam bidang pekerjaan yang saat ini jadi cita-cita kamu. Pssst‌nggak hanya berhenti sebagai bacaan! Di akhir artikel, kamu bisa mendapatkan akses ke kelas-kelas seminar yang asyik, dipandu oleh para ahli di bidang itu.

Mau

J a di ? a p A

S e gm e n S pe sial E disi Tah u n Ajar an Bar u in i dipe r se m bah k an o le h K AL BIS In stitu te .

17


Kelas Bisnis

Bagaimana Caranya‌

Bisnis sambil Sekolah? Kita sering dengar cerita soal pelajar SMA yang sukses meraup untung puluhan juta bahkan lebih dari bisnis sambilan. Mau seperti mereka? Semua berawal dari perencanaan yang tepat! Yuk, orat-oret rencana bisnis kamu dengan panduan di bawah ini:

Hal-Hal yang Harus Disiapkan

Deskripsi Bisnis (Apa yang mau kamu kerjakan/tawarkan, permasalahan apa yang ia jawab, dan mengapa ide bisnis kamu ini merupakan ide yang bagus, bahkan lebih bagus dari competitor, dan bisa dijalankan) Visi dan Misi (Plus bagan organisasi dan tugas masing-masing orang kalau kamu merintis bisnis bersama temanteman) Deskripsi Produk (Nama produk kamu dan keunikannya) Identitas Produk (Logo, slogan, akun sosmed dan info kontak)

18

Lokasi (tempat ‘markas’ kamu dan jangkauannya) Profil Target Pembeli (Siapa saja dan karakter orang seperti apa yang cocok memakai produk kamu – hal ini terkait dengan strategi kamu mempromosikannya) Strategi Harga (Berapa harga produk kamu, jangan lupa memperhitungkan modal dan keuntungannya) Strategi Penjualan (Bagaimana cara menjual dan mempromosikan produk/jasa kamu, berapa target penjualan per minggu/bulannya)


Bisnis Sambil Sekolah?

Bisa! Nah, di kesempatan ini, Sunday ngobrol sama Kak Yudhi Hidayat dari Printkaos.com yang ternyata sudah mulai bisnis dari kelas 6 SD! Hi, Kak Yudhi! Kayak apa sih, bisnis yang pas buat dijalankan siswa SMA? Bisnis kecil dulu untuk anak SMA, jangan yang perlu pakai waktu full time. Ada anak SMA yang saya kenal jualan sepatu tiap Sabtu-Minggu saja di CFD (Car Free Day). Jadi nggak ganggu sekolah. Prinsip bisnis seperti apa yang harus diingat ketika seorang siswa SMA mau mulai merintis bisnis? Kalau benar-benar awal, cari pengalaman dulu. Untung nomor dua, lah. Ceritakan dong, soal pengalaman pribadi Kak Yudhi dalam berbisnis dari jaman sekolah! Saya bisnis dari kelas 6 SD – dulu jualan bolpen Faster, karena harga bolpen itu di koperasi sekolah lebih mahal, jadi laku. Waktu SMP, jualan kartu perdana Jempol dari XL, karena jaman dulu SMS gratis itu langka. Jadi saya lihat peluang, sebelum masuk sekolah, saya antri beli perdana dulu. Di sekolah dibatasi, satu orang hanya boleh beli 5. Nah, jaman SMA mulai punya modal deh, saya buat usaha jual-beli Tamiya sama ternak ikan Lou Han. Waktu SMA, penghasilan sudah belasan juta sebulan. Baru deh di jaman kuliah main kaos, sampai sekarang.

Mau jadi pebisnis sukses di masa depan? Dapatkan lebih banyak ilmu di Kelas Bisnis dalam acara Vision Day Kalbis Institute, GRATIS! Daftar di sini ya: http://bit.ly/DaftarVisionDayKalbis Ada kejutan lebih! Daftarkan dirimu pada scan barcode ini dan dapatkan souvenir menarik dari Kalbis Institute!

19


Kelas Entrepreneurship

Bagaimana Caranya…

Cari Dana? Entah itu untuk modal bisnis kamu, buat beli gadget kesayangan atau penyelenggaraan acara sekolah, kita semua pasti pernah dihadapkan pada situasi dimana kita harus mencari dana. Seperti apa cara-cara kreatif mendapatkan dana? Cek sejumlah tips berikut ini!

Buka Usaha Sistem PO

Jual Talenta

Kalau kalian mau menjual sesuatu dalam rangka cari dana tapi kuatir rugi (atau minim modal), cobalah menjual produk kalian dengan sistem PO (pre-order). Misalnya begini – OSIS SMA A mencari dana dengan cara jual bakmi ayam, nah pengurus OSIS cukup print beberapa voucher bakmi dan menjualnya ke kelas-kelas. Orang yang sudah membeli voucher kalian bakal mendapatkan bakminya besok jam istirahat siang. Keuntungan sistem ini, kalian hanya memproduksi bakmi yang sudah pasti terbeli, dan uangnya diterima duluan. Nggak harus print voucher, bahkan jika relasi kalian baik, kalian cukup membuka pendaftaran sederhana untuk pemesanan bakmi ini (bisa langsung maupun via sosmed)

Ekonomi Berbagi Apa maksudnya? Jadi orang yang menggalang dana cukup membagi apa yang memang sudah ia miliki. Contohnya adalah OSIS SMAN 44 Buaran yang pernah share ke Sunday kalau mereka menggalang dana dengan cara membuka jasa ojek online – para pengurus OSIS yang punya motor, membuka jasa antar-jemput sepulang sekolah yang bisa dipesang lewat LINE. Menarik bukan?

Jika kamu atau teman di tim kamu punya skill seni yang bagus, cobalah membuat merchandise eksklusif (yang lagi-lagi, bisa kamu jual dengan sistem PO). Jadi, kalian promosikan gambar desainnya saja, lalu buka pemesanan; jadi cukup memproduksi sesuai jumlah yang sudah terjual. Untuk produksi aneka merchandise desain, sudah banyak percetakan online yang bisa digunakan dengan praktis, misalnya uprint.id Selain itu, banyak anak muda cari dana dengan cara mengamen ke tempat-tempat tongkrongan yang ramai. Mau pakai cara ini juga untuk galang dana? Tingkatkan strategi kamu sambil menghemat energi dengan cara berkolaborasi dengan orang-orang di jejaring kamu. Misalnya, tawarkan jasa band kamu dengan sistem perjanjian di awal (mirip sistem ‘roadshow’ sebuah band profesional). Kamu bisa tampil di acara ulang tahun atau syukuran, atau kerjasama eksklusif dengan café tertentu. Salah satu contoh yang dapat kamu lihat ada di mussy.co

Dapatkan lebih banyak ilmu di Kelas Entrepreneurship dalam acara Vision Day Kalbis Institute, GRATIS! Daftar di sini ya: http://bit.ly/DaftarVisionDayKalbis Ada kejutan lebih! Daftarkan dirimu pada scan barcode ini dan dapatkan souvenir menarik dari Kalbis Institute!

20


Kelas Broadcasting

Bagaimana Caranya…

Jadi Penyiar Radio? Nggak harus jadi anak SMK jurusan Teknik untuk bisa rakit radio, sekarang eranya radio digital via aplikasi seperti Spoon atau memproduksi konten via Podcast. Nah untuk itu…yuk kita latihan produksi materi siaran sendiri!

∆ Kenali diri kamu dulu, apa materi pembicaraan yang ‘kamu’ banget. Jangan berpura-pura jadi orang lain hanya demi viral. Misalnya, kamu memang hobi di gitar, ya obrolkan saja soal review gitar baru, gitar paling keren sepanjang masa, atau cover lagu pakai gitar. Buat perencanaan konten yang jelas, misalnya: Target: Siaran seminggu 3x di sore hari jam 5-6 Konten: Senin: Review Gitar Rabu: Lima Gitar Termahal di Dunia Jumat: Cover lagu Despacito pakai gitar

Kemudian, setelah menyusun perencanaan seperti di atas, kamu bisa lanjut membuat naskahnya. Beberapa prinsip yang harus diingat dalam menulis naskah radio: Write the Way You Talk (pakai bahasa

lisan – untuk tahu naskah kamu sudah enak atau belum, cobalah membacanya dengan lantang), KISS (Keep It Simple and Short), dan ELF (Easy Listening Formula). Gunakan tanda ‘/’ untuk menandai jeda (seperti koma dalam naskah biasa) dan ‘//’ untuk titik.

∆ Latihan dan persiapan – lalu setelah sreg, mulai deh produksi konten kamu, misalnya lewat aplikasi Spoon. Nah, mungkin belum semua teman kamu tahu Spoon, itu sebabnya kamu perlu buat pengumuman juga di sosmed pribadi kamu secara teratur kalau kamu produksi konten di sana. Makin menarik promosi kamu, makin banyak teman yang tertarik untuk mencoba mendengarkan materi siaran kamu. Selain itu, kalau di sekolah kamu ada radio, coba deh gabung ke dalam pengurusannya.

Tertarik dengan dunia broadcasting, tapi kamu mau memastikan apakah industri ini benar-benar masa depanmu? Dapatkan lebih banyak ilmu di Kelas Broadcasting dalam acara Vision Day Kalbis Institute, GRATIS! Daftar di sini ya: http://bit.ly/DaftarVisionDayKalbis Ada kejutan lebih! Daftarkan dirimu pada scan barcode ini dan dapatkan souvenir menarik dari Kalbis Institute!

21


Kelas Advertising

Bagaimana Caranya‌

Magang di Agensi Periklanan? Kita mungkin lebih mengenalnya sebagai Aming di film Cek Toko Sebelah – tetapi sebenarnya Kak Edward Suhadi tak hanya berkarir sebagai aktor, ia pemilik agensi Ceritera yang telah memproduksi berbagai konten menarik untuk kliennya. Mau tahu serunya bekerja di dunia periklanan? Yuk simak obrolan Sunday dengan Kak Edward!

22


K ALBIS S P E C I A L

Diantara kami ada yang belum paham, apa persisnya peranan sebuah agensi periklanan di industri kreatif saat ini? Agensi periklanan itu intinya konsultan yang ahil di bidang marketing dan komunikasi. Tiap perusahaan itu kan butuh komunikasi, baik buat jualan barang, memperkenalkan produk baru atau mau meningkatkan image positifnya di masyarakat. Buat mengerjakan semua itu, mereka biasanya butuh konsultan, orang-orang yang lebih pengalaman dan spesialis di bidang marketing dan komunikasi. Itu sebabnya perusahaan memakai jasa agensi periklanan. Beberapa agensi, termasuk Ceritera, membuat pesan sampai memproduksinya; tapi ada juga agensi yang hanya bikin narasinya, lalu untuk produksi mereka menyewa production house lagi.

Seperti apa iklan yang bagus menurut Kak Edward?

Iklan sekarang macam-macam sekali bentuknya, bagaimana menurut Kak Edward?

Kalau kami mau berkarir di industri periklanan, harus gimana?

Iklan itu memang tujuannya banyak - apakah mau jualan, atau hanya untuk memberikan gambaran positif /menaikkan citra perusahaan di masyarakat. Kalau tujuannya menjual, ya harus persuasif dan bikin orang mau beli. Kalau tujuannya memperkenalkan sesuatu, ya harus jelas barangnya apa dan kegunaannya apa. Dulu mungkin iklan bentuknya ituitu saja karena formatnya sudah kaku, 30 detik harus selesai. Sekarang kan kita bisa pakai macam-macam platform, entah itu Youtube misalnya. Ngoceh selama 15 menit juga boleh kalau cukup menarik sehingga orang mau dengar sampai habis.

Mulailah dari magang – anak muda itu kan punya waktu dan tenaga, difoya-foyain saja dengan magang di tempat yang bagus. Belajar Komunikasi yang benar – kalau jadi nama jurusan kesannya membosankan sekali ya, tapi Komunikasi itu everything that we do, dari WA ke teman, ngobrol sama guru, semua itu komunikasi. Dari SMA belajar deh gimana cara menyampaikan sesuatu dengan jelas/jernih ke ortu, pacar atau tetangga. Karena iklan itu kan mengenai komunikasi, bagaimana memahami orang dan mengetahui cara paling pas untuk bicara sama dia, itu semua komunikasi. Selain belajar mengenai iklan itu, pahami juga dasar-dasar komunikasi.

Iklan yang mudah diingat. Orang harus ingat agar mereka mau sharing kontennya, biasanya kalau nggak karena lucu, ya karena menarik. Ceritakan dong mengenai campaign paling unik yang pernah dilakukan Ceritera? Kami membuat video permintaan maaf Blue Bird karena dia sudah bikin rusuh ketika baru-baru taksi online masuk Indonesia. Ini salah satu produksi kami yang akhirnya jadi viral. Ini menarik karena nggak banyak perusahaan besar yang mau mengaku salah dan minta maaf di depan publik dan berani bilang kalau mereka mau berubah. Hasilnya memang luar biasa bagus, respons masyarakat positif. Dari satu video saja, dampaknya bisa begitu besar.

Mau meniti karir dengan cara membuat iklan yang viral? Dapatkan lebih banyak ilmu di Kelas Advertising dalam acara Vision Day Kalbis Institute, GRATIS! Daftar di sini ya: http://bit.ly/DaftarVisionDayKalbis Ada kejutan lebih! Daftarkan dirimu pada scan barcode ini dan dapatkan souvenir menarik dari Kalbis Institute!

23


Kelas Public Speaking

Bagaimana Caranya…

Bicara di Depan Banyak Orang tanpa Gugup? Kamu sering gemetar di muka publik? Benci banget waktu harus presentasi di kelas? Sunday ‘berguru’ pada newsanchor Michael Tjandra untuk menguasai teknik Public Speaking dengan baik!

24


Sebelum Bicara di Depan Publik • Persiapan Saya percaya nggak mungkin ada hasil yang baik kalau persiapannya nggak baik juga; jadi ketika mau bicara dengan hasil yang maksimal, siapkan dulu materinya. Nggak pernah ada orang bisa tahu-tahu jago tanpa persiapan. Ibaratnya, usaha tidak pernah mengkhianati hasil. • Tahu apa yang mau disampaikan Kuasai dan pahami betul apa yang mau kamu sampaikan • Tahu kepada siapa kamu bicara Apakah kamu bicara di forum yang banyak orang yang lebih tua dari kamu? Atau teman-teman sepantaran? Acara formal atau informal? • Latihan Belajar menguasai suara gestur, dll. Latihannya diulang-ulang, buat semacam simulasi. Semakin banyak latihan, pasti kamu makin mahir presentasi.

Menghadapi Kegagalan • Jangan takut salah Kegagalan sekali belum tentu sama artinya kamu nggak mahir bicara di depan banyak orang. Karena kita harus evaluasi terus, apa yang bisa kita perbaiki. Lalu coba lagi. Proses berulang-ulang, nggak satu hari saja. • Buat target kecil-kecil saja Dulu, saya juga gemetar dan keringat dingin saat

siaran. Kemudian saya bikin target, oke berikutnya kaki saya saja yang nggak gemetar, tangan boleh deh. Ketika saya coba lagi, kaki dan tangan sudah nggak gemetar tapi suara masih nggak stabil. Lalu saya coba, coba, lama-lama jadi terbiasa. • Mulai dari forum kecil dulu Jadi kalau orang bilang nervous, ya coba dulu pelanpelan. Sebelum bicara ke 100 orang, bicara di depan 30 orang dulu. Setelah biasa, naikin jumlahnya. Degdegan jangan jadi alasan untuk nggak coba lagi. Semua orang bisa kok menguasai ilmu bicara di depan orang banyak.

Ketika Bicara di Depan Kamera • Audience perlu tahu kalau dia lagi diajak berkomunikasi sama kamu, gimana biar mereka tertarik untuk dengar terus • Kesunyian ketika kita bicara depan kamera itu kadang ganggu kita juga; kita nggak tahu apakah audience suka sama kita atau tidak. Belajarlah untuk tidak terdistraksi oleh kesunyian. • Pikirkan bagaimana kita bisa mentrasfer pesan dari kita ke audience kita? • Gestur verbal dan non-verbal saling melengkapi. Verbal, voice, gestur dan ekspresi. Gestur jadi penentu di awal, nggak mungkin orang senang lihat wajah kita malas-malasan di kamera.

“Dulu saya orangnya pemalu, jaman sekolah saya maunya bel sekolah cepat-cepat bunyi biar cepat pulang. Nah waktu kuliah Arsitektur, ada orang yang bilang sama saya, ‘Nggak mungkin kamu bisa jadi arsitek terkenal, kalau kamu nggak bisa mengkomunikasikan ide kamu.’ Dari situ saya belajar, kalau mau pasti bisa. Public Speaking itu kuncinya kita berbagi dan menginspirasi orang. Bagaimana ketika kita cerita, orang

terbawa di dalamnya. Influencenya benar-benar terasa. Ya, bisa bicara depan kamera itu bagus, tapi yang paling penting adalah apakah kita bisa influence orang.” *Kak Michael Tjandra saat ini juga mengadakan kerjasama dengan T & T Learning Center untuk mengadakan pelatihan public speaking di berbagai sekolah. Cek informasi lebih lanjutnya di michaeltjandra.com atau hubungi Ana di +62 813-1516-3145

Mau lebih menguasai teknik bicara di depan massa dan menginspirasi banyak orang? Dapatkan lebih banyak ilmu di Kelas Public Speaking dalam acara Vision Day Kalbis Institute, GRATIS! Daftar di sini ya: http://bit.ly/DaftarVisionDayKalbis Ada kejutan lebih! Daftarkan dirimu pada scan barcode ini dan dapatkan souvenir menarik dari Kalbis Institute!

25


Kelas Aktuaria

Gimana Caranya‌

Memahami Skema di Balik BPJS, KJP, Asuransi, dll?

26


Kalau orang dengar kamu mau belajar Matematika Aktuaria di kampus, mungkin temanteman akan mengerutkan dahi. Yup, banyak yang belum paham dengan apa persisnya bidang ini dan dampaknya ke masyarakat. Menurut Persatuan Aktuaris Indonesia, aktuaris adalah seorang ahli yang dapat mengaplikasikan teori matematika, probabilita dan statistika, serta ilmu ekonomi dan keuangan untuk menyelesaikan persoalan-persoalan risiko bisnis. Masalah bisnis tersebut dihubungkan dengan peristiwa yang terjadi di masa depan, kemungkinan peristiwa tersebut terjadi, kapan peristiwa tersebut akan terjadi dan berapa jumlah dana yang perlu disisihkan untuk mengatasi biaya yang muncul jika peristiwa tersebut terjadi. Jadi, yang membuat profesi ini unik, kalian hampir seperti ‘peramal’ tetapi di bidang ekonomi dan berbasis ilmiah!

(Appraisal Value dan Embedded Value), cadangan teknis. Bayangkan, tanpa perhitungan matang seorang aktuaris, bisa-bisa perusahaan asuransi kolaps karena gagal memenuhi kebutuhan nasabahnya.

Coba cek deh, misalnya kakek/nenek kamu sudah tidak bekerja tapi masih menerima dana pensiun tiap bulannya dari kantor mereka dahulu, itu berkat analisis tajam seorang pakar aktuaria yang turut menentukan bagaimana perusahaan bisa mengatur dana untuk membiayai semua pensiunannya, dari perputaran dana tabungan pensiun yang dilakukan oleh karyawannya yang masih aktif bekerja. Selain itu, jika orang tua kamu ada yang membeli produk investasi jangka panjang dari bank untuk membiayai sekolah kamu, nah itu juga karena analisis seorang aktuaris.

• Perusahaan Asuransi Jiwa

Produk-produk asuransi yang kita kenal di luar sekarang merupakan buah pemikiran seorang aktuaris – di perusahaan asuransi, mereka bertugas merancang produk-produk asuransi baru, menentukan tingkat premi dan profitabilitas produk, menghitung tingkat solvabilitas perusahaan, nilai perusahaan

Bicara dalam skala nasional, sistem Jaminan Sosial seperti BPJS dan KJP juga menggunakan perhitungan aktuaria. Jadi walau mungkin kamu belum akrab dengan istilahnya, tapi pasti tanpa sadar peranan para aktuaris sudah memengaruhi hidupmu loh- minimal, kamu pakai BPJS kan? Kerja Dimana? • Perusahaan Asuransi Umum • Perusahaan Asuransi Kesehatan • Perusahaan Dana Pensiun • Perusahaan Konsultan Aktuaria • Perusahaan Investasi • Perusahaan Sistem Jaminan Sosial Keunggulannya? • Tergolong profesi elit dengan gaji besar • Dicari banyak orang karena jumlah aktuaris di Indonesia masih sedikit

Mau jadi aktuaris sukses dan bergengsi di masa depan? Dapatkan lebih banyak ilmu di Kelas Aktuaria dalam acara Vision Day Kalbis Institute, GRATIS! Daftar di sini ya: http://bit.ly/DaftarVisionDayKalbis Ada kejutan lebih! Daftarkan dirimu pada scan barcode ini dan dapatkan souvenir menarik dari Kalbis Institute!

27


Kelas Informatika

Gimana Caranya‌

Cari Uang dari Game? Ketika bicara soal industri game di Indonesia saat ini, kebanyakan orang bicara mengenai dunia e-sports yang memang cukup menjanjikan penghasilan lumayan dari pertandingan-pertandingan; namun bagaimana dengan game programming & developing? Sunday berbincang dengan Kak Dhaniel Gumala, Public Relations dari POPCON Asia 2018 mengenai potensi game lokal saat ini.

Hi, Kak Dhaniel! Seperti apa perkembangan game di Indonesia saat ini? Pesat banget, terutama di bidang e-sports. Perkembangan Indonesia sebagai developer game juga sudah oke. Menurut Kak Dhaniel, bagaimana agar developer lokal dapat bertahan di industri game? Iya, menjanjikan – tetapi para developer harus tekun karena memang ada proses yang harus dilewati sebelum bisa melejit. Sekarang ada developer lokal yang mendapat sorotan karena gamenya akan hadir di Nintendo Switch dan PS4. Nama gamenya Ghost Parade. Wah berarti daya saing game lokal bagus juga ya? Daya saing tentunya ada. Game lokal DreadEye masuk nominasi game favorit di ajang SXSW Apa yang menjadi tantangan developer game saat ini? Yang kurang dari kita bukan resource. Menurut saya lebih ke dana. Ada beberapa game yang berpotensi 28

bagus di pasaran tapi karena dana kurang, akhirnya masuk ke situs crowfunding dahulu. Setelah dana terkumpul baru mereka bisa bergerak. Contoh game yang berpotensi namun awalnya dananya kurang adalah Dreadout. Sekarang Dreadout mendapat respon yang sangat bagus dari pasar. Bahkan hingga dibuat spin-offnya yaitu game virtual reality DreadEye dan juga akan dibuat film live-action dibioskop Game yang bikin gamer main terus? Kalo ini agak subyektif tergantung jenis gamenya. Saat ini yang lagi populer di Indonesia ada dua jenis genre game. Yang pertama genre moba yang diwakili Mobile Legends dan AOV. Lalu Battle Royale yang diwakili dengan game PUBG dan Fortnite. Game apa yang lagi dimainin Kak Dhaniel? Saya sendiri nggak terlalu suka game-game populer tadi. Lebih suka yang ke action adventure macam God of War :)


photos by albert

Acara Game

Komunitas

Nasional: IGX

Republic Games & Collector Indonesia (RGCI)

Indonesia Game Xperience menyajikan e-sports, virtual reality, arcade amusement,retro game, bazaar toys & games, unique lives experiences, dll.

Kalau kamu sempat menghadiri event #Oktoberkarya yang Sunday adakan di MOI tahun lalu, pasti kamu sempat melihat satu booth yang ramai dikunjungi orang – booth dari komunitas RGCI yang menampilkan aneka konsol game dari yang paling jadul sampai terbaru. Kalau kamu tertarik mengikuti perkembangan konsol game dan mau coba-coba menggunakannya, kamu bisa tongkrongin acara-acara komunitas ini. Cek rgci.us untuk info lebih lanjut.

Internasional: E3 Event computer &video game akbar di Amerika Serikat yang menjadi ajang para produsen meluncurkan produk terbarunya (atau, minimal teasernya!).

Impian kamu bekerja di dalam industri game? Dapatkan lebih banyak ilmu di Kelas Teknik Informatika dalam acara Vision Day Kalbis Institute, GRATIS! Daftar di sini ya: http://bit.ly/DaftarVisionDayKalbis Ada kejutan lebih! Daftarkan dirimu pada scan barcode ini dan dapatkan souvenir menarik dari Kalbis Institute!

29


Kelas Desain Komunikasi Visual

Gimana Caranya‌

Mengenal Seni Modern & Kontemporer?

30


Oke, siapa diantara kamu yang belum ke Museum MACAN (The Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara)? Beberapa waktu lalu, Sunday mengunjungi museum ini untuk melihat event pameran mereka yang telah menjadi sensasi Instagram: YAYOI KUSAMA: Life is the Heart of a Rainbow Yayoi Kusama, seniman Jepang yang kini telah sepuh itu, membuktikan pada kita bahwa berkarya itu tak mengenai usia dan untuk tidak ragu mengeksplorasi berbagai media menjadi ekspresi seni kita – sangat mengagumkan, dari lukisan dan instalasi yang biasa digunakan seniman lain, hingga karya multimedia yang memberikan banyak sensasi pada sensori kita dan patung ‘empuk’ yang tampak solid tapi sesungguhnya dibuat dari bahan isian layaknya boneka.

Sekilas dilihat, publik mendapatkan kesan ‘ceria’ dari warna-warna terang dan polka-dot khas Yayoi, tetapi sesungguhnya, karya Yayoi memiliki ‘akar’ yang lebih kelam. Hidupnya yang keras sejak kecil membuat Yayoi mulai melihat halusinasi berupa titik-titik, berkas cahaya bahkan ia pernah melihat bunga seakan mengajaknya berbicara; hal inilah yang kemudian ia tumpahkan dalam karya seninya yang indah.

Belajar Kilat Karya Seni Modern & Kontemporer Sunday mewawancarai Communication Officer Museum MACAN Nina Hidayat mengenai karya seni modern dan kontemporer di sini. Hello, Kak! Boleh diperkenalkan soal Museum MACAN ke pembaca Sunday? Jadi sesuai namanya, museum ini menampilkan karya seni modern dan kontemporer. Secara misi, kami ada dua, yaitu membawa seniman-seniman internasional untuk dilihat dan dipelajari oleh publik Indonesia dan sebaliknya, kami juga membawa seniman-seniman Indonesia untuk dipamerkan di luar negeri. Selain pameran tidak tetap seperti Yayoi Kusama ini, seperti apa koleksi permanen Museum MACAN? Kami memiliki kira-kira 800 koleksi permanen dari era modern dan era kontemporer.

Apa bedanya karya seni modern dan kontemporer? Karya seni dari era modern itu dibuat sebelum Perang Dunia 2, sedangkan era kontemporer setelah Perang Dunia 2. Kalau di Indonesia sendiri, seni kontemporer dimulai setelah Peristiwa Desember Hitam di tahun 80an. Bagaimana respons dari para pelajar dengan dibukanya museum ini? Karena kami menjual tiket khusus pelajar, maka pelajar menjadi salah satu audience Museum MACAN yang utama - dari SD , SMP, SMA sampai Universitas. Kami juga mensponsori kunjungan sekolah.

Kamukah calon seniman masa depan Indonesia (atau bahkan dunia)? Dapatkan lebih banyak ilmu di Kelas Desain Komunikasi Visual dalam acara Vision Day Kalbis Institute, GRATIS! Daftar di sini ya: http://bit.ly/DaftarVisionDayKalbis Ada kejutan lebih! Daftarkan dirimu pada scan barcode ini dan dapatkan souvenir menarik dari Kalbis Institute!

31


Kelas Arsitektur

Gimana Caranya‌

Mendesain Venue untuk Pensi? Kamu mendapat tanggung-jawab mendesain panggung untuk acara spesial di sekolah kamu? Bahkan meskipun kamu memakai vendor untuk stage, sebaiknya tetap ada arahan desain yang jelas karena kamu dan para panitia yang paling tahu seperti apa acara yang ‘sekolah kamu banget.’ Nggak pede? No worries, ini sejumlah tips dari Sunday untuk mengasah bakat arsitektur kamu sambil melepaskan kreativitas terpendammu!

Drama Panggung adalah jantung dari acara kamu, salah satu titik yang paling banyak difoto sehingga bakal menggambarkan seperti apa acara kamu hingga tahun-tahun mendatang. Nah, pastikan ada elemen dramatis di panggung kamu yang mudah menarik perhatian dari jarak jauh sekalipun.

Indoor? Nggak masalah! Sejumlah SMA memang mengadakan pensi secara indoor memakai aula sekolahnya – hal ini bagus juga, karena kamu terbebas dari deg-degan kalau mendadak hujan. Tetapi minusnya, kamu nggak bisa

32

buat panggung tinggi-tinggi. Desainlah panggung kamu melebar ke samping, sisi kiri dan kanan agar panggung terasa lebih besar dari sebenarnya. Tambahkan berbagai properti yang senada di penjuru venue sehingga greget acara tetap terasa.

Ruang pengunjung Walau panggung ingin semegah mungkin, bukan berarti sampai mengorbankan ruang untuk pengunjung – pastikan posisi panggung tepat, misalnya mepet tembok sekolah, agar hemat ruang dan banyak orang bisa tertampung di acara kamu.


Orang Indonesia di Balik Perancangan Venue Oscar! Irma Hardjakusumah adalah perancang ruang kontemporer yang berkarir dengan basis Los Angeles – dua tahun lalu, ia menjadi orang Indonesia pertama yang diminta merancang ruang pesta Oscar 2016, tepatnya dalam acara Governors Ball! Bukan kamu yang belum tahu,

Governors Ball adalah pesta yang diadakan di malam hari setelah perhelatan Piala Oscar – semua tamu undangan dan selebriti berkumpul di sini. Dalam event bergengsi tersebut, Irma menghadirkan suasana Hollywood yang vintage.

source Google

Arsitektur vs Teknik Sipil vs Desain Interior Arsitektur

Teknik Sipil

Desain Interior

Fokus pada menggambar rancangan sebuah bangunan, banyak menggunakan imajinasi dan kreativitas, dan ilmu persuasi untuk berkomunikasi dengan klien agar desainnya disetujui.

Fokus pada mengeksekusi rancangan tersebut menjadi sebuah bangunan yang nyata (termasuk menghitung kekuatan bangunan, perhitungan konstruksi, dll).

Desainer interior berkarya di ruangan yang sudah jadi – ia mempercantiknya dengan merancang aneka produk seperti kursi, meja, lemari dll yang sesuai dan seimbang antara keindahan dan fungsi.

Cita-citamu jadi arsitek? Dapatkan lebih banyak ilmu di Kelas Arsitektur dalam acara Vision Day Kalbis Institute, GRATIS! Daftar di sini ya: http://bit.ly/DaftarVisionDayKalbis Ada kejutan lebih! Daftarkan dirimu pada scan barcode ini dan dapatkan souvenir menarik dari Kalbis Institute.

33


34


Special Report

Mengunjungi Studio Alam Yogyakarta! Hai teman-teman, ada yang pernah mendengar Desa Wisata Gamplong dan Studio Alam Film Sultan Agung? Desa Wisata Gamplong terletak di Desa Sumberrahayu, Moyudan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, berjarak 19 km dari pusat kota dan memakan waktu tempuh 38 menit menggunakan kendaraan bermotor. Desa Wisata ini memiliki sebuah Studio Alam yang dinamakan Studio Alam film Sultan Agung.

maka kalian akan disambut Istana Karta Kerajaan Mataram dengan Pendopo Ageng yang memiliki ciri khas arsitektur Jawa yang sangat kental dan megah. Puas melihat-lihat Pendopo Ageng Istana Kerta, cobalah berjalan ke belakang; ada replika rumahrumah perkampungan Jawa dan pasar pada zaman Mataram.

Studio ini dibangun untuk keperluan syuting film ‘Sultan Agung the Untold Love Story’ yang dipersembahkan oleh Ibu DR BRA Mooryati Soedibyo S.S M.Hum , yang biasa disapa Eyang Moor. Film ini sutradarai oleh Hanung Bramantyo, dan diisi oleh beberapa artis papan atas seperti Ario Bayu, Andinia Wirasti, Putri Marino, Lukman Sardi, Christine Hakim, dan Anindya Kusuma Putri (Putri Indonesia 2015& Top 15 Miss Universe 2015). Film ini mengambil setting latar zaman Kerajaan Mataram Islam dan Kota Batavia pada tahun 1600-an, sebagaimana terlihat dari arsitektur yang ada di lokasi Studio Alam Sultan Agung.

Di sebelah rumah-rumah perkampungan Jawa ada sebuah benteng yang berdiri megah, yaitu benteng VOC, yang terletak di dekat replika Sungai Ciliwung. Selain kedua replika tersebut, Studio Alam Sultan Agung ini juga memiliki replika kampung pecinan, Jembatan Intan, dan rumah Gubernur Jenderal Hindia Belanda Jan Pieterszoon Coen.

Jika teman-teman memakir kendaraan di halaman,

Semua bangunan replika ini dibangun semirip mungkin dengan keadaan asli, dengan tujuan agar penonton film dan pengunjung Studio Alam film Sultan Agung bisa mendapatkan gambaran suasana pada zaman itu. Lokasi yang sangat Instagrammable! *Saksikan film sultan Agung the Untold Love Story tahun 2018 ini di bioskop seluruh indonesia.

35


Truth or Dare

Putri Marino & Marthino Lio Kaya Apa Mereka Waktu SMA???

Sunday ngobrol dengan dua bintang utama film Sultan Agung, Putri Marino dan Marthino Lio, untuk mengulik-ulik seperti apa sih sosok mereka waktu SMA dulu???

Putri Marino:

The

Silver-Screen

Princess

Seperti apa Kak Putri waktu SMA dulu? Masa SMA menurut aku itu masa yang paling menyenangkan! Kenangan SMA paling nggak terlupakan? Aku SMA di Bali...kebayang gimana asyiknya, pulang sekolah bisa langsung main ke pantai hihihi‌ Gimana serunya terlibat dalam film Sultan Agung? Sangat bersyukur bisa bergabung di film Sultan Agung, karena dari awal casting dan ketemu Mas Hanung Bramantyo, aku sudah sangat tertarik dengan proyek ini.

36

Kayak apa karakter Kak Putri di film ini? Aku disini berperan sebagai Roro Lembayung muda. Karakter Lembayung itu aktif dan tidak takut untuk melakukan sesuatu yang dia anggap benar.. Ada pengalaman seru apa selama shooting? Semuanya seru, dari tahap reading shooting di Jogjakarta!

sampai

Pesan untuk pembaca Majalah Sunday? Jangan lupa nonton film Sultan Agung ya, rilis tahun ini!


Marthino Lio:

The Thoughtful Guy Seperti apa Kak Marthino waktu SMA dulu? Jujur aku nggak pernah merasakan SMA karena waktu itu aku ikut semacam homeschooling gitu. Kenangan SMA paling nggak terlupakan? Di masa-masa itu aku menghabiskan waktu shooting-shooting sinetron dan mengejar karir. Tapi yang aku dapatkah adalah, ternyata pengalaman benar-benar guru yang terbaik. Aku belajar langsung dari orang-orang yang jauh lebih berpengalaman. Di masa ini aku juga belajar bahwa salah satu kunci sukses dari para aktor senior itu adalah jujur dan selalu jadi diri sendiri apa adanya. Ada pengalaman seru apa selama shooting? Aku merasa sangat senang, jauh lebih rendah hati, karena meskipun aku sendiri bukan orang

Jawa, tapi merasakan sendiri kalau orang Jawa itu penuh dengan tata krama dan apa yang boleh dilakukan/tidak, menghadapi orang yang derajatnya lebih tinggi, dll. Mereka penuh dengan kesantunan. Tradisi itu sangat penting untuk kita jaga. Karena aku sangat menyukai proses, pengalaman reading, workshop sampai take itu semua aku suka – kita kerja tapi rasanya seperti ‘bermain.’ Berusaha berandai-andai seperti apa kehidupan di masa lalu. Paling berkesan ketika aku naik kuda dan meluk dia pakai kaki – ternyata kuda itu sensitif, begitu kena kakiku langsung lari kencang banget. Pesan untuk pembaca Majalah Sunday? Semoga kamu bisa belajar sesuatu dari film ini

37


38


39


40


Let’s Make Bullet Journal!

Buat kamu yang belum tahu, bullet journal adalah salah satu cara membuat agenda harian kamu jadi lebih fun. Memakai PencilTic (pen fine liner) dan Kokoro (pen jell) aneka warna, ternyata buku catatan yang biasanya membosankan bisa jadi makin seru! Langkah-langkahnya pun tidak rumit, sehingga para peserta yang hadir tampak asyik mengikuti jalannya workshop. Seperti apa sih contohnya bullet journal? Yuk simak sejumlah contoh berikut, siapa tahu kamu bisa memakai teknik ini untuk membuat tahun ajaran baru ini lebih ceria dan penuh warna!

Dapatkan lebih banyak tips ilustrasi yang lucu-lucu dengan langkah mudah dan cukup memakai bolpen biasa di www.zebraindonesia.com 41


Police Movie Festival 2018 @policemoviefestival Djakarta Theater pada 23 Juni lalu dimeriahkan oleh kesibukan Awarding Night Police Movie Festival! Nggak main-main, dewan juri kompetisi ini adalah actor Chicco Jerikho, Faza Meonk (creator Si Juki), sutradara Anggy Umbara, aktris Prisia Nasution, wartawan dan praktisi film Akhlis Suryapati, sekjen PP DMII Imam Addaruqutni dan Brigjen Pol. Drs. Rikwanto, M.Hum. SSR Kelapa Gading turut berperan di ajang nasional ini sebagai salah satu pendukung acara. Cek keseruan dan karya para pemenangnya, baik kategori animasi maupun film pendek, di Instagram mereka!

Final Abang None Jakarta Barat 2018 @abnonbarat

SSR Open Day @ssrjakarta Ada yang berbeda di SSR Kelapa Gading pada 30 Mei lalu! Selama seharian penuh, kita bisa merasakan berbagai kelas kreatif yang mereka sajikan dalam perkuliahannya, gratis! Pastinya para pelajar SMA nggak mau ketinggalan merasakan seperti apa rasanya belajar animasi, DJ, tata suara, perfilman, ilustrasi, dan berbagai program kreatif lain yang tersedia di SSR

42

Dalam rangka memperingati HUT Jakarta, diselenggarakan event tahunan Abang None Jakarta Barat. Kontes diselenggarakan pada 11 Mei malam diadakan di Dian Ballroom, Hotel Ciputra yang berkawasan di Jakarta Barat, dimeriahkan oleh berbagai bintang tamu antara lain Budi Doremi. Ada 15 pasang finalis Abang None Jakarta Barat yang memperebutkan gelar 5 predikat juara (favorit, Harapan II, Harapan I, wakil II, wakil II) dan puncaknya Abang dan None Jakarta Barat 2018. Cek update terbaru mereka di IG @abnonbarat


Spirit of Kindness @buddhistreborn Dalam rangka menyambut Hari Raya Waisak 2562, Buddhist Reborn kembali dengan acara tahunan Tribute to Buddha’s Legacy atau yang biasa disingkat TBL. TBL tahun ini bertemakan “Spirit of Kindness”. Tujuan dari “Spirit of Kindness” adalah agar para Pemuda/Pemudi Buddhis dapat melakukan usaha untuk menyebarkan kebaikan, baik melalui kata-kata maupun tindakan nyata dan untuk membangkitkan kembali nilainilai dari martabat, sikap saling menghormati dan kebaikan itu sendiri. Acara berlangsung 26 Mei lalu di Wisma Narada, Sunter.

Popcon Asia 2018

MOS SMA Marie Joseph

@popconasia

@sma_marie_joseph

Nongkrongin acara Popcon Asia tiap tahun? Nah, di tahun 2018 ada yang berbeda loh! Pertama, Majalah Sunday didaulat menjadi salah satu media partner perhelatan pop culture ini; kedua, lokasi acara dipindah ke ICE – BSD. Catet ya! Acara tahun ini bakal makin keren dan makin besar, dengan sejumlah lineup guest star yang sudah mereka rilis seperti Wil Traval (Nuke – Marvel Jessica Jones) – yang menjadi momen kehadiran actor MCU pertama di event pop culture Indonesia! Cek popcon.asia untuk tahu lebih banyak soal acara tahun ini, yang bakal berlangsung 22-23 September.

Pada 16-18 Agustus lalu, SMA Marie Joseph mengadakan aktivitas MOS (Masa Orientasi Siswa) untuk angkatan baru yang tahun ini mulai mengenakan seragam putih abu-abu! Sunday diundang untuk melihat-lihat aktivitas yang mereka adalah – untuk pertama kali,dalam MOS para peserta menginap di sekolah. Tapi jauh dari kesan ‘horor’ yang mungkin melekat pada MOS dulu, di sini para murid baru diisi dengan aktivitas bermanfaat seperti aksi sosial di lingkungan sekitar sekolah dan seremoni serahterima dari orangtua ke sekolah. Bagaimana cerita MOS di sekolah kalian? Sharing dong ke Instagram @majalahsunday! 43


Comic Rider Competition 2018 @comicriderjakarta Intip keseruan ajang kompetisi komik yang diadakan pada 21 April lalu di Mall of Indonesia, Kelapa Gading! Kompetisi yang melibatkan bakat-bakat muda di dunia gambar ini didukung juga oleh produsen sketchbook lokal, Gambart.

PSM Agria Swara @agria_swara SELAMAT! PSM IPB Agria Swara kembali mendapatkan juara pertama pada kompetisi paduan suara The 54th International Montreux Choral Festival yang dilaksanakan pada tanggal 4-7 April 2018 di Montreux-Swiss, kategori Mixed Choir.

BDSM (Berdiri di Depan Sendiri & Menceritakan) @standupindonesia @ubmuniversity Para pemburu tawa dibuat terpingkal-pingkal dengan acara standup comedy yang diadakan di Universitas Bunda Mulia 12 April lalu. Bekerja sama dengan Komtung TV, event ini menghadirkan sejumlah talenta muda di seni ini, dan bintang tamu Bintang Bete dan Marshell SUCA.

44


Perayaan Wisuda Uniprep & UIC College @uniprep_jc Rabu, 6 Juni 2018, bertempat di Soehanna Hall – The Energy Building, SCBD Jakarta, UNIPREP dan UIC COLLEGE yang berada dibawah naungan Lembaga Pendidikan UniSadhuGuna menggelar acara wisuda untuk 100 pelajar yang telah berhasil menyelesaikan studi mereka di Indonesia. Sampai saat ini UniSadhuGuna telah meluluskan lebih dari 2700 lulusan terbaik yang berhasil meraih

gelar Bachelor, Master maupun PHD di Universitas terbaik di Australia, UK, USA dan beberapa negara terkemuka lainnya. Acara perayaan Wisuda Uniprep ini turut dihadiri oleh Perwakilan dari Australian Embassy Jakarta, British Council, UTS Insearch, Yayasan Persaudaraan Bangbayang ’66, Manajemen UniSadhuGuna, Rekan Media, Konsultan Pendidikan, dan para Alumni

Seminas Nasional FISIP Universitas Al-Azhar Indonesia @semnasuai

Keluarga Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Al Azhar Indonesia (KM FISIP UAI) mengadakan Seminar Nasional “Merajut Kebangsaan dan Sikap Nasionalisme melalui Penguatan Bahasa Indonesia dan Budaya Lokal” dengan pembicara 1. Prof. Dr. H. Arief Rachman, M.Pd. (Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO) 2. Dr. H. Nadjamuddin Ramly, M.Si. (Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya, Kemendikbud)

3. Dr. Fokky Fuad, S.H., M.Hum. (Pakar Antropologi Hukum) 4. Abdy Azwar, S.Ikom. (Duta Bahasa Nasional) Acara yang berlangsung 23 Maret lalu ini dipandu oleh moderator Heri Herdiawanto, S.Pd., M.Si. dan dimeriahkan dengan penampilan Samanita UAI

45


Labsproject 2018,

The Changcuters:

Hebat Anak SMA Bisa Bikin Acara Setingkat Festival di Luar Negri! oleh Fanisa Maghfira, SMAN 10 BEKASI Semua foto oleh @fanisamagh

Labsproject kembali di tahun 2018. Sudah tahu belum, Labsproject itu apa sih? Yup! Labsproject adalah acara pensi tahunan yang diadakan oleh SMA Labschool Jakarta, yang setiap tahunnya mempunyai tema berbeda-beda; mulai dari Perpectrum (2015), Holosthetic (2016) dan Diverlusion (2017). Bertempat di Jiexpo Kemayoran Jakarta hall B3, tahun ini Labsproject mengusung tema retro ala tahun 1950-1980 dengan tema Euphorade: Euphoric Retrograde. Pengisi acaranya juga lintas generasi lho, mulai dari artis tahun 70-an Fariz RM, tahun 90-an Sheila on 7 hingga para musisi tahun 2000-an yaitu Gugun Blues Shelter dan Raisa. Ingin tau keseruan acaranya? Let’s check this out! Ditemui selepas manggung, Majalah Sunday berbincang dengan The Changcuters terkait musik mereka dan penampilan di Labsproject 2018 . “Seru banget tadi, rame juga. Keren anak SMA sekarang bisa bikin acara sebesar ini dan sekelas festival luar negeri dan terima kasih Labschool atas kesempatannya, seneng banget bisa tampil di sini,” ujar The Changcuters. Mereka menjelaskan bahwa musik di Indonesia berkembang sangat pesat. “Beat-beat, nada-nadanya berkembang dari yang simple jadi yang lebih harmonis lagi,” ujar salah satu gitaris The Changcuter, Qibil. Warna musik The Changcuters juga termasuk yang berkembang cukup pesat. Dari yang lebih ke

46

era 50-80’s Rock dan sekarang perkembangannya di tahun 2000-an. “Banyak orang Indonesia yang ahli di segala macam genre musik di dunia ini dan hebatnya Indonesia ini, semua genre musik bisa masuk dan bisa berkembang,” tambah mereka. The Changcuters baru saja merilis single baru mereka berjudul Berangkat, yang mengisahkan tentang pengalaman membuat band The Changcuters. Di dalamnya ada pesan bahwa apapun yang terjadi, tetap Berangkat! Itu dia keseruan Labsproject Sabtu, 12 Mei 2018 lalu. Gak nyesel kan nonton pensi yang kece ini? Semoga tahun depan lebih meriah lagi yaa gengs!


EKSKUL

Acara Kampus Pesta Rakyat Fisika 9th Universitas Indonesia Tema: Bring Back the Energy of Physics Acara: Kuliah umum, lomba, dan pameran teknologi Waktu: 29 September – 3 November Lokasi: Balairung Universitas Indonesia, Depok Kontak: www.pestarakyatfisika.com

Metal Exist Himpunan Mahasiswa Metalurgi FT Untirta Tema: Unleash Creativities, Grow All Potentials, and Break the Limit Acara: Seminar nasional, sertifikasi dan kompetisi Waktu: 10 November – 8 Desember Lokasi: FT Untirta Kontak: Instagram @metalexist2018

Ideanation Sekolah Bisnis IPB Tema: Super Mind Creates Super Generation Acara: Seminar entrepreneurship Waktu: 28 Oktober Lokasi: IPB International Convention Center (IICC) Kontak: Instagram @ideanation2018

Pentas Drama Zookarta Grup Teaterin Sastra Indonesia - Universitas Negeri Jakarta Tema: Zookarta Acara: Pementasan drama Waktu: 4 Oktober 2018 Lokasi: Gedung Kesenian Miss Tjitjih,Jakarta Pusat. Kontak: Instagram @teaterin_

2020 Acara: Expo, talkshow dan kompetisi Waktu: 30 September Lokasi: IPB Kontak: indonesianecologyexpo@gmail. com

Lomba Cepat Tepat Ilmu Pangan ke-26 HIMA Fateta – IPB Tema: Maximize the Greatest Sensation of a Cup of Coffee Acara: Food expo, education fair, perlombaan dan seminar nasional Waktu: 6-7 Oktober Lokasi: IPB Kontak: Instagram @lctipipb

Acara umum Young on Top 2018 PT YOT Inspirasi Nusantara Tema: Terus MENGINSPIRASI Acara: Konferensi nasional Waktu: 25 Agustus 2018 Lokasi: Kartika Expo Center, Balai Kartini Kontak: Instagram @youngontop

Acara SMA Competition and Arts 45 (COMP45) SMAN 45 Kelapa Gading Tema: Make Your Own Future Acara: Perlombaan futsal, basket, short movie, ratoeh jaroe, band, dan Mobile Legend antar SMA se- Jabodetabek Waktu: 7 - 30 September 2018 Lokasi: SMAN 45 Kelapa Gading Kontak: Instagram @comp45cup

UI Career & Scholarship Expo XXVI 2018 Career Development Center, Universitas Indonesia (CDC-UI) Acara: Job fair dan pameran beasiswa Waktu: 20-22 September 2018 Lokasi: Gedung Balairung, Universitas Indonesia, Depok Kontak: Instagram @cdc.ui

Indonesian Ecology Expo BEM Fakultas Ekologi Manusia - IPB Tema: Inovasi Generasi Milenial dalam Mewujudkan Visi Indonesia Bebas Sampah

47


Pop Quiz

Kasus Baru! Tragedi Tahun Ajaran Baru

Hari pertama tahun ajaran baru tiba. Sebagai OSIS, Karen disibukkan seharian mengurus MOS anak-anak baru sehingga kamu merasa agak sedih karena diacuhkan. Jelang jam istirahat kedua, Si Jangkung masuk ke kelasmu dengan tergesa-gesa. "To-tolong! Gudang dibobol - semua properti untuk malam keakraban hilang!"

"Saya di kantor, sibuk memeriksa hasil ujian!" Pak Doni, guru baru di sekolahmu menyahut. Siapa diantara mereka bertiga yang bohong?

Siapa pelakunya, dan bagaimana kamu bisa tahu?

Kalian pun disibukkan mengecek alibi para saksi di sekitar lokasi.

Hadiah:

"Saat kejadian, saya sedang mengantar surat ke kantor pos," ujar staf penjaga sekolah.

Goody bag dari Bimbel Peter

Goody bag dari GS FAME Pulomas

"Saya kan lagi mengepel toilet atas, ada tuh di CCTV," sahut staf kebersihan.

Aturan Main: • Kalian Berantai atau

boleh atau

ikut

Cerita

Detektif

Sekolah,

dua-duanya

sekaligus!

• Kirim jawabanmu ke majalahsunday@gmail.com sebelum 30 September 2018 (untuk Cerita Berantai, kirim lanjutan cerita sekitar 1 paragraf saja) • Sertakan info: Nama Lengkap – Sekolah – Kelas – Email – Nomor HP dalam email tersebut

Jantung Debby berdegup sangat kencang. Ia menatap nyalang ke sekitar. Hanya ada kegelapan dan bunyi-bunyian serangga yang tidak ia kenal. Rasa nyeri di kaki dan bau anyir darah menandakan kecelakaan ini cukup serius.


Majalah Sunday Agustus 2018  

Edisi spesial tahunan Majalah Sunday sudah tiba di sini. Lebih tebal, makin banyak keseruan baru !

Majalah Sunday Agustus 2018  

Edisi spesial tahunan Majalah Sunday sudah tiba di sini. Lebih tebal, makin banyak keseruan baru !

Advertisement