Issuu on Google+


Salam | Editorial Pembina Meike Bunadi Pemimpin Umum & Perusahaan Bang Mar Pemimpin Redaksi Rusman Madjulekka Manajer Bisnis Rafael S. Hadjon Marketing Dede, Fadli, Taufik Event & Promo Sherly Management & Bhinneka Entertainment Fotografer Armin Sulfikar Yahya Layout & Design www.imagistudio.com Website & IT Andi Fatawari Finance & Admin Endang Martiningsih

Doa dan Harapan Sambut 2014  

Penasihat Hukum H. Tadjuddin Rahman, SH., MH Penerbit CV. Artha Ajeg Agung

Malam itu, usai Maghrib, susana kantor redaksi kami sedikit ramai dari biasanya. Pasalnya, kami kedatangan puluhan anak yatim piatu dari sebuah panti asuhan di kota Makassar. Lantunan ayat suci dan dan doa dipanjatkan mereka bersama awak redaksi memohon keselamatan, kesuksesan  dan kelancaran segala urusan di sepanjang tahun 2014 mendatang. Acara yang kami gelar di penghujung tahun 2013 tersebut, tak lain dimaksudkan sebagai bentuk syukur segenap awak redaksi yang telah melewati penerbitan edisi yang ke-10 dan sekedar berbagi dengan para anak yatim. Selain itu, sebagai ‘suntikan rohani’ agar kami bisa mengarungi tahun 2014 dengan segenap harapan yang sesuai cita-cita kami. Boleh dikata, di ujung 2013, kami banyak melakukan evaluasi, refleksi dan introspeksi demi upaya perbaikan tampilan dan konten.  Misalnya, rubrikasinya pun diharapkan kian beragam untuk memenuhi kebutuhan informasi para pembaca.  Pada Januari 2014 ini,  Majalah Panakkukang telah memasuki

Alamat Redaksi/Iklan Jl. Pengayoman Ruko Pasar Segar RB. 10 Lt. 2, Makassar Telp. 0411-5222360 Agen Iklan & Sirkulasi Imagi Studio Jl. Onta Lama V No. 1 Makassar Flexi. 5012324, Hp. 081355964151 Email redaksi.panakkukang@gmail.com & iklan.panakkukang@gmail.com Social Media Facebook : Majalah Panakkukang Twitter : @majalahpanakkukang Website : www.majalahpanakkukang.com Bank BNI 46 no. 1031358383 an. CV. Artha Ajeg Agung. Redaksi berhak memuat ulang semua materi yang pernah ditayangkan di majalah ini.

penerbitan edisi kesebelas. Artinya sebentar lagi berusia setahun. Secara perlahan, ibarat kereta,kehadiran majalan ini sudah mulai on the track dengan tetap konsisten mengusung tagline sebagai ‘family magazine’. Selain tetap menggandeng mitra SHIAM Magazine yang dibidani oleh teman-teman di PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, kami juga terus berupaya dan membuka diri untuk menjalin kerjasama dengan pihak lain. Hal tersebut tergambar dari rubrikasi kami yang lebih variatif. Meskipun demikian, kami tidak melupakan fitrah kami sebagai media yang senantiasa memberikan inspirasi, edukasi dan pengetahuan yang bermanfaat.Karena itu, perbaikan menyangkut isi, rubrikasi,maupun perwajahan/desain menjadi sebuah keniscayaan. Akhirnya, kami berdoa dan berharap semoga di  awal  tahun 2014, kami bisa tampil dengan spirit baru. Selamat membaca! ***

Cover Story Model : Para Juara II Lomba Cover Boy/Girl Majalah Panakkukang Kategori Remaja dan Ciilik. Lokasi : IMAGI Studio Fotografer : Armin Sulfikar Yahya


Daftar Isi Rubrik Arzeti Bilbina

Sekolah atau Karir Beberapa model yang sebentar lagi akan tamat SMU sempat terpikir untuk nggak meneruskan ke perguruan tinggi dan fokus saja mengejar karier.

08 Health

Karang Gigi dan Bahayanya Bila gigi jarang dibersihkan, lama kelamaan, sisa-sisa makanan bersama-sama bahan-bahan yang ada di dalam ludah akan bersatu menjadi keras dan melekat pada permukaan gigi.

14 30

Woman

Manfaat Yoga Dalam Kesehatan Olah nafas yang bagus dan benar akan meningkatkan aliran energy ke dalam badan kita lebih tinggi dan stabil, olah gerak dalam YOGA bermanfaat untuk meningkatkan fleksibelity, mencegah cedera, menguatkan otot, mengu­atkan tulang dan memperbaiki postur tubuh.

Wisata Dunia

Melbourne Tak hanya berseni, kota Melbourne juga sangat nyaman untuk ditinggali, ini terbukti dengan selalu masuk dalam 3 besar kota yang paling layak dihuni 5 tahun berturut turut.

42

36 Sosialita

5 Tips Agar Tidak Menjadi Korban di Dunia Maya Banyak orang tak sadar apa yang dilakukannya dalam dunia maya bisa berakibat fatal di dunia nyata. Seperti cyberbullying misalnya, tindakan ini bisa terjadi lantaran tak adanya kepekaan dari sang korban sendiri.

Pendidikan

SMA Negeri 17 Makassar, Mengukir Prestasi Merajut Asa Sejak didirikan pada 1992, sekolah ini merupakan unggulan di Sulawesi Selatan dengan status RSBI (rintisan sekolah berstandar internasional).

46

HEALTH Seksologi : Siapa Saja Tempat Curhat Yang Dipercaya Pria....................................... 15 Yoga : Manfaat Yoga Dalam Kesehatan......... 16 Komunitas IWAPI News : Pleno IWAPI Sulsel ................. 18 Sosial : Mengenal PRESTIST ........................ 20 Woman Fashion ........................................................... 22 Single Parent : Tanpa Suami Kita Bisa .......... 26 Tips : Tips Gaya Berbusana Untuk Tetap Tampil Muda dan Percaya Diri ....................... 27 Bauty & Wellness : Facial untuk Pria Metrosexual (Perlukah) ? ............................... 28 Wisata Wisata Kuliner : Si Tulang Rawan Yang Bikin Kangen ......................................... 34 Caraka Travelindo : Promosikan Destinasi Baru di Kawasan Timur .................. 35 Serba Serbi Kuliner : Asal Usul Caesar Salad .................................................. 38 SOSIALITA Modus Operandi : Hati-hati Pelaku Hipnotis Berkelompok Berkeliaran di Makassar .................................................... 40 Ombudsman : LSM pun melapor ke Ombudsman ................................................... 41 Pendidikan Preschool : Greensville Montesori, Ajari Kemandirian dan Pluralisme Sejak Dini ......... 44 Parenting Melly Kiong : Orangtua Takut Lingkungan Yang Mempengaruhi Anaknya ??? Yakin ?? ................................... 45 Cerpen : Antara Ego dan Suksesku ............... 48 Pengumuman Pemenang Lucky Face............ 50 Daftar Distribusi............................................... 51


Rubrik Model Asuhan

Arzeti Bilbina

7


Rubrik Model

SEKOLAH atau KARIER ? oleh : Arzeti Bilbina

B

eberapa model yang sebentar lagi akan tamat SMU sempat terpikir untuk nggak meneruskan ke perguruan tinggi dan fokus saja mengejar karier. Well, sebaiknya kamu diskusikan hal ini dengan orang tuamu. Bagaimanapun, kamu perlu memikirkannya baik-baik mengingat apa pun keputusan yang diambil berpengaruh langsung ke masa depanmu. Bagaimanapun menyenangkannya, karier model memiliki rentang usia yang tak terlalu panjang (sekitar 8-10 tahun). Setelah itu akan banyak pilihan karier yang bisa kamu jalani baik itu dunia entertaiment maupun bidang lainnya di berbagai kor足 porasi. Pendidikan formal dan gelar yang tersedia untukmu menjadi lebih luas. Untuk beberapa kasus, ada juga model yang sudah sibuk menjalani ak足 ti足vitasnya di dunia modeling atau enter足 taiment selagi masih duduk di bangku SMP atau SMU. Jika kamu termasuk yang sudah memiliki akses seperti ini, mungkin kamu bisa menggunakan momen-momen liburan. Tapi, waktu pemotretan dan audisi juga tak akan mengikuti jadwal kesibukan di sekolahmu. Di saat padat pekerjaan, kamu tetap berhadapan dengan tumpukan tugas-tugas sekolah dan ujian. Gurugurumu nggak peduli bahwa kamu mesti bekerja seharian penuh kemarin hingga tak mengerjakan tugas atau tak sempat belajar

8

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 11, Januari 2014


Apakah kamu memiliki persyaratannya ? Postur Tubuh Tubuh proporsional adalah syarat dasar yang harus dimiliki model. Aturan paling ketat diperuntukkan bagi model catwalk atau runway model. Bagi lakilaki, tinggi minimal adalah 185 cm dan perempuan 175 cm. Tapi, tahu Kate Moss kan? Supermodel ini adalah kasus istimewa karena tingginya hanya 171 cm. Proporsi yang bagus adalah panjang kaki harus melebihi panjang badan. Dengan proporsi ini, penampilan model akan terlihat jenjang dan sempurna. Dengan tubuh seperti ini, penampilan baju saat

melekat di tubuh model pun lebih bagus. Untuk model perempuan, lebih disukai yang dadanya ber-cup kecil. Ini akan membuat busana yang dikenakan si model nggak akan berkerut terhalang besarnya payudara sehingga ‘jatuhnya’ akan kelihatan lebih indah. Kalau kamu nggak memenuhi syaratsyarat di atas, jangan cepat berkecil hati. Kamu masih bisa kok menjadi model foto atau iklan televisi. Kalau kamu memiliki payudara besar dan pinggul yang nggak terlalu kecil, kamu bisa mencoba menjadi underwear model. Atau, jangan raguragu juga untuk mencoba audisi iklan sepatu, produk rambut, atau iklan yang mengekspos tangan.

Foto-foto : Ist.

untuk ulangan hari itu. Kamu juga harus siap-siap izin absen sekolah dan mengejar kesempatan ulangan susulan. Menjalani home schooling atau aktivitas belajar mengajar yang dilakukan di luar sekolah bisa jadi merupakan salah satu alternatif yang bisa dilakukan. Pilihan ini memungkinkan waktu belajar yang lebih fleksibel. Sekali lagi, pastikan orang tuamu terlibat dalam pengambilan keputusan ini karena sekolah pun sangat penting bagi masa depanmu. Kondisi yang paling ideal adalah mampu menjalani karier dan sekolah secara berdampingan. Tentunya ini membutuhkan kerja keras, disiplin tinggi dan kepandaian mengatur prioritas.

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 11, Januari 2014

9


Kategori 1

10

Kategori 2

Nur Putri Apriliana Tgl. Lahir: 12 April 2005

Sofia Shireen Tgl. Lahir: 20 Maret 2009

Farida Jasmine Razak Tgl. Lahir: 16 Agustus 2003

Waode Nurul Wahidatur Rahma Tgl. Lahir: 05 Januari 2003

Ali Fikry Tgl. Lahir: 7 Maret 2008

Nadia Kamilah Tgl. Lahir: 27 April 2005

Putri Maulidya H Tgl. Lahir: 25 Mei 2002

A. Fahrul AR Tgl. Lahir: 11 Mei 2004

Kaila Anjalica Tgl. Lahir: 28 Maret 2009

Nadya Salsabilah Putri Tgl. Lahir: 20 April 2009

Desthalia Azhilah Putri Tgl. Lahir: 12 Desember 2004

Andini Aminarti H Tgl. Lahir: 31 Agustus 2002

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 11, Januari 2014


Pengarah Gaya : Farel

Kategori 4

Kategori 3

Haryani Ramadhani Tgl. Lahir: 07 Maret 1994

Fauzan H

Irfan S Tgl. Lahir: 11 Desember 1995

Andi Rezki Nurul Amaliyah Tgl. Lahir: 18 Juli 1994

Rahmiyanti Amir Tgl. Lahir: 08 November 1994

Muh. Joko Purwanto Tgl. Lahir: 18 Maret 1993

Muh. Obey Ahadastofa Tgl. Lahir: 02 Juli 1995

Julinda Arfany Arfah Tgl. Lahir: 15 Juli 1993

Annie Tgl. Lahir: Thn 1997

Arif Budiyanto Tgl. Lahir: 27 Oktober 1994

Muh. Taqdir Nurlette Tgl. Lahir: 08 Agustus 1994

Fyren Gentari Putri Tgl. Lahir: 28 Maret 1998

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 11, Januari 2014

11


12

Panakkukang Panakkukang Makassar Makassar Metropolitan Metropolitan | PMM | PMM edisiedisi 10,11, Desember Januari 2014 2013


Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 11, Januari 2014

13


Konsultasi Gigi & Mulut

Foto-foto : Ist.

Pengasuh: Drg. Uleng Utari Dokter Gigi

KARANG GIGI DAN BAHAYANYA Terbentuknya karang gigi Bila gigi jarang dibersihkan, lama kelamaan, sisa-sisa makanan bersama-sama bahan-bahan yang ada di dalam ludah akan bersatu menjadi keras dan melekat pada permukaan gigi. Biasanya mulai dari daerah leher gigi. Lama kelamaan bisa menyelimuti permukaan mahkota gigi. Warnanya kekuning-kuningan. Bila sampai di bawah gusi warnanya jadi coklat sampai hitam. Warna ini disebabkan karena merembesnya darah ke dalam bahan ini. Dan inilah yang disebut karang gigi. Karang gigi ini juga dapat terbentuk apabila sederet gigi tidak berfungsi atau tidak digunakan. Misalnya oleh sesuatu sebab, misalnya gigi itu sakit, maka ia makan dengan sebelah rahang yang gigi geliginya tidak sakit. Maka gigi-gigi yang tidak digunakan itu, lama kelamaan malah dipenuhi karang gigi. Kenapa bisa demikian? Hal ini disebabkan karena gigi-gigi yang tidak digunakan justru menjadi sasaran penum­ pukan sisa-sisa makanan. Sedangkan gigi-

gigi yang digunakan malah menjadi bersih, karena air ludah dan gerakan otot pipi ketika mengunyah membersihkan daerah itu. Bahaya karang gigi a. Karang karang gigi yang terbentuk menempel pada permukaan gigi itu lama-lama mendesak gusi yang menyelimuti leher gigi, sehingga gusi mengalami retraksi. Retraksi artinya gusi mengecil, mengisut sehingga akar gigi bagian atas menjadi telanjang, tidak terlindungi gusi. Bagian yang berlubang itu tentu saja akan terasa ngilu bila kena rangsangan (sensitif). b. Mula-mula gusi yang sudah terdesak tadi karena rangsangan benda asing, membengkak sangat merah dan mudah berdarah serta terasa sakit. Bila dipijat kadang-kadang keluar nanah. Terjadilah radang gusi (gingivitis). Ini baru permulaan. c. Penyakit tersebut akan menjalar, ma­ suk ke dalam jaringan sekitar gigi,

d.

yakni periodontium. Bakteri-bakteri berkembang biak dan menyerbu daerah ini. Keadaan ini disebut periodontitis (radang jaringan pen­ dukung gigi). Gejala-gejalanya yakni bila terkena rangsangan panas atau dingin, misalnya bila minum air es atau hangat, terasa sakit sekali. Segala macam penyakit, seterusnya dapat dideritanya, sebagai akibat­nya bila tak dirawat seperti pembeng­ kakakn (abses) yang bisa sampai menembus pipi

Cara menghindari dan perawatannya a. Menjaga kebersihan mulut dan gigi sebaik-baiknya b. Jangan sekali-kali mengunyah maka­ nan hanya dengan satu sisi atau sebelah gigi-gigi, karena hal ini akan mengakibatkan terbentuknya karang gigi c. Melakukan tindakan pembersihan karang gigi (scaling) di dokter gigi minimal 6 bulan sekali.

Bagi yang ingin mengajukan pertanyaan seputar masalah kesehatan gigi dan mulut, dapat mengirimkan email ke: ulengutari@gmail.com atau ke redaksi.panakkukang@gmail.com Pertanyaan juga bisa via sms ke : 081342667736

14

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 11, Januari 2014


Seksologi

Siapa Saja Tempat Curhat yang Dipercaya Pria?

Temannya Jika si sahabat yang menjadi tempat curhatnya, tandanya dia butuh teman untuk bercerita apa saja tanpa berharap mendapat masukan opini. Ia hanya perlu mencurahkan yang ia rasakan untuk membuatnya merasa lega. Mereka bisa saja curhat sambil bermain game atau menendang bola di lapangan. Nah, begitu pula jika kita ingin mengorek informasi dari sahabatnya. Daripada bertanya lewat telepon yang membuat kita terlihat terangterangan, lakukan secara tersirat. Misalkan saja saat ngumpul bareng, kita bisa sambil memancing pertanyaan sambil mengobrol. - Jika belum terlalu akrab dengan sahabatnya, hindari bertanya langsung seputar masalah. Basa-basi itu penting karena si sahabat enggak akan semudah itu membocorkan rahasia dengan orang yang baru dikenal. - Jika si sahabat sangat tertutup, jangan terobsesi untuk mengorek informasi. Lakukan pendekatan beberapa kali agar dia lebih mengenal dan memercayai kita. Kalau sudah percaya, siapa tahu dia akan memberi informasi tanpa kita minta. Saudara perempuannya Curhat dengan saudaranya menandakan bahwa dia ingin mendapat dukungan. Pria yakin bahwa saran apa pun yang dilontarkan oleh saudaranya mempunyai tujuan yang terbaik baginya. Well, seperti yang kita tahu sesama perempuan lebih mudah untuk bertukar pikiran, termasuk curhat. Tahu dong kegiatan yang bikin mood perempuan jadi happy? Ya, belanja. Coba deh sekali-kali minta bantuan untuk memilihkan hadiah yang cocok untuk si dia. Shopping bareng membuka kesempatan untuk membicarakan banyak hal, termasuk

Foto-foto : Ist.

Baru kenal sudah "curcol" alias curhat colongan? Eits ini tidak berlaku bagi pria. Mereka enggak mudah untuk curhat seputar kehidupan pribadinya, apalagi jika sudah menyangkut hubungan asmara. Menurut seorang psikologis, Dr Cecilia d’Felice, ketika curhat mengenai hubungannya, pria tidak akan meminta bantuan. Tetapi, pria yakin bahwa orang yang ia jadikan tempat curhat tidak akan membongkar rahasia atau perlu bersikap membela diri." Yuk, kenali dengan siapa biasanya si dia mencurahkan hatinya dan bagaimana trik mencari bocorannya.

Ketika curhat mengenai hubungannya, pria tidak akan meminta bantuan. Tetapi, pria yakin bahwa orang yang ia jadikan tempat curhat tidak akan membongkar rahasia atau perlu bersikap membela diri. mencari informasi mengenai curhatan si dia. - Merasa bahwa pendapatnya dibutuhkan bisa membuat dia lebih menghargai kita. Tunjukkan bahwa kita menganggap saudaranya adalah penasihat yang baik. Jangan ragu untuk bertanya, misalnya, "Menurut kamu, gimana caranya biar dia enggak marah lagi?" dan sebagainya. - Terbuka pada sarannya dan jangan lupa ucapkan terima kasih jika sarannya berhasil memperbaiki hubungan kita. Ibunya Si dia ingin mendapat belaan, termasuk jika sebenarnya ia yang salah. Ia yakin bahwa orangtua akan selalu membela anaknya daripada orang lain. Lebih asyik mengorek informasi dari orangtuanya karena mereka lebih paham bagaimana cara mengatasi sikap anaknya. Jika kita sudah mengambil hati, mereka enggak akan sungkan memberi tahu caranya menghadapi si dia atau malah membela kita, hehe. • Hindari bersikap sok tahu karena bagaimanapun orangtuanya mengenal

si dia lebih baik daripada kita. Jangan berbohong atau mengarang cerita untuk membela diri. Bersikap dewasa dan mengerti keadaan malah membuat mereka simpati kepada kita. • Tenang dan santai, jangan menjadi drama queen. Misalnya ketika ditanya, "Lagi berantem ya?" cukup senyum sambil menjawab, "Iya nih tante, biasa," dan obrolkan dengan santai apa yang menjadi penyebabnya dan cari solusinya. Nah, kalau dia enggak terbiasa curhat sama sekali? • Yakinkan dia bahwa apa pun yang ia ceritakan hanya dia dan Anda yang mengetahuinya. • Jangan memaksa, beri tahu bahwa kita siap mendengarkan kapan pun dia ingin bercerita. • Jangan mencoba untuk mengoreksi apa yang ia katakan. Setelah ia selesai berbicara, baru beri tanggapan mengenai apa yang kita pikirkan dan rasakan. • Break the ice! Jika keadaan sudah semakin kaku, buat dia tertawa sehingga dia bisa lebih rileks untuk bercerita. *** Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 11, Januari 2014

15


16

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 11, Januari 2014


KOMUNITAS

17


IWAPI News

Pleno IWAPI Sulsel

R

apat Pleno DPD IWAPI Sulawesi Selatan,

Humas diketuai oleh Nining Haris, bidang Sosial

baru saja diselenggarakan di Hotel Clarion

diketuai oleh A. Nining Pujiastuti, bidang Pendidikan

Makassar pada tanggal 13 Desember 2013

diketuai oleh  Hj. Megawati, bidang Hukum dan HAM

kemarin. Rapat Pleno ini membahas mengenai

diketuai oleh Ria Naulina, bidang Koperasi dan UKM

program-program yang akan dilaksanakan pada tahun

diketuai oleh Ida Maryam, bidang Pemberdayaan

2014. Reshufle anggota serta perampingan bidang-

Perempuan diketuai oleh Hj. Kasmawati, bidang Jasa

bidang juga ditetapkan, yang mana jumlah bidang yang

dan Pariwisata diketuai oleh Ainun Jariah, bidang

selama ini ada 13 berkurang menjadi 9 bidang saja.

Perdagangan diketuai oleh Julia Pupela, sedangkan

Adapun pengurus baru, Ketua Umum masih dipimpin oleh ibu Ida Farida Noer Haris, Sekertaris

Projeck Consultant oleh Ir. Novi, dan untuk Economic

umum ibu Ana Supiana Sultan, Wakil Sekertaris ibu

and Monetary Consultant ditangani oleh Yanti Sultan.

Iin Siregar, Bendahara ibu Hj. Khalijah, dan Wakil Bendahara ibu Yusniar Arifin. Adapun bidang-bidang yang ada adalah bidang

Adapun rencana program untuk tahun 2014 akan diselenggarakan Rakerda dan Ulang tahun IWAPI Sulsel yang jatuh pada bulan Februari.  Disela2 rapat, ibu Ketua memberi kejutan kepada

Foto-foto : dok. pribadi

Organisasi dengan Ketua ibu Retno Yulianti, bidang

18

untuk Event Consultant ditangani oleh Icha Z. Lili,

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 11, Januari 2014


IWAPI News

ibu Ledy yang berulang tahun pada hari itu juga. Ibu Ketua

lagi dua kepengurusan baru yakni DPC Sidrap dan DPC

beserta seluruh pengurus, terus saling memberi perhatian

Pangkep. Jadi, sampai saat ini untuk Sulsel sudah memiliki

dan support, sehingga rasa kekeluargaan dan kekompakan

14 DPC IWAPI di ditingkat Kabupaten / Kota, yang terdiri

terus bisa terjalin. Jayalah Perempuan Indonesia.

dari DPC Makasar, Gowa, Pangkep, Sidrap, Takalar, Soppeng,

Dalam rapat pleno tersebut, juga membahas

Pare-Pare, Pinrang, Luwu, Palopo, Luwu Utara, Enrekang,

mengenai program-program yang telah dilaksanakan

Bulukumba, dan Sinjai. 

oleh tiap-tiap bidang selama tahun 2013. Untuk tahun

Untuk tahun 2014 direncanakan untuk melantik lagi

2013 program-program yang telah dilaksanakan antara

beberapa DPC di Kabupaten/Kota.

lain  pelatihan IT tahap pertama, yang mana pelatihan ini

Salah satu program IWAPI  diakhir tahun yang sudah

merupakan kelanjutan dari hasil MOU antara DPD IWAPI

terealisasi dan insya Allah akan terus berjalan adalah MOU

Sulsel dengan PT TELKOM. Pelatihan kewirausahaan

antara DPD IWAPI Sulsel dengan Majalah Panakkukang,

kerjasama dengan Kemenakertrans Pusat, yang

yang mana Majalah Panakkukang menjadi salah satu media

dilaksanakan selama 3 hari dan  melibatkan para wanita

partner IWAPI dalam meliput kegiatan-kegiatan yang

Pengusaha UKM.

dilakasanakan oleh IWAPI.

Pemberian bantuan2 sosial kepada korban kebakaran,

Sedangkan program-program yang direncanakan

dan yang masih 'on going' adalah program kerjasama IWAPI

untuk dilaksanakan di tahun 2014, adalah kelanjutan dari

dengan Bank Mandiri dalam pembangunan rumah produksi

program-program dari tahun 2013 yg belum rampung,

abon ikan Fatimah Azzahra di daerah Patingalloang, yang

kemudian  pelaksanaan hari ulang tahun IWAPI yang

insya Allah akan rampung di bulan Februari 2014.

rencananya akan dilaksanakan dibulan Februari dan akan

Untuk tahun ini DPD IWAPI Sulsel telah melantik

dikemas secara berbeda.

19


Sosial

Mengenal PRESTIST

20

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 11, Januari 2014

dengan harapan bahwa anakanak tersebut dapat mencapai kesejahteraan dalam hidupnya dikemudian hari bersama keluarga besarnya,  sekaligus sebagai 'tunas bangsa' dalam rangka 'bela bangsa' dengan tulus dan bersih. Maka Prestist selalu mengajak ; 'MARILAH para Perempuan-perempuan yang mam­pu dalam banyak hal untuk dapat bergabung dengan Prestist untk tugas mulia yg tak ternilai dalam memberikan atau menyisihkan bagi yg memerlukan'. Kiranya para pemerhati dapat mencapai keseimbangan dalam kehidupan DUNIA-nya dengan tujuan ACHERAT-nya. Tentunya tidak bo­ leh men­­­ter­lantarkan tu­ gas inti sebagai istri yang Acara bersama anak anak asuh di Trans mall,dari sebelah kiri baik bagi suami dan tetap Bunda Dally kanan,tengah anak asuh,sebelah kiri,ketua cabang prestist di Makassar,ibu Hj.Niar. Prestist adalah yayasan yg menjadi seorang Ibu ido­ la bagi anak-anaknya.  bergerak di bidang sosial,khususnya dlm menangani anak2 yg tdk mampu bersekolah untuk dibiayai uang sekolahnya/bulan. Ren­­ca­nanya pada tanggal 10 Januari 2014 nanti Semoga Allah mengijinkan sehingga semua akan dibentuk kepengurusan baru dengan  Ketua Cabang : ibu Sari S.  berjalan lancar, amin.

Foto-foto : dok. pribadi

P

restist adalah Perempuan Pemerhati yg Sehati dan Setujuan. Dibentuk pada tanggal 27 Mei 2010 oleh beberapa perempuan  yang berkeinginan untuk mengabdikan waktu luangnya bagi kegiatan-kegiatan sosial dari pada sekedar hanya kumpul-kumpul yang kurang bermanfaat. Maka ramai-ramailah kami dengan  bergotong royong membuat kegiatan-kegiatan sosial dengan VISI MISI : "Berani Berbuat Berbagi Berguna bagi sesama - Bergotong Royong dukung mendukung bantu membantu tanpa memandang 'sara', secara kekeluargaan bersama khususnya bagi para PEMERHATI", dengan Kantor Sekretariat yang beralamat di KOTA WISATA Cluster Coutesvile 18-19. Acara besar pertama pada tahun 2010 menyelenggarakan "Sunat massal" bagi 150 anak di KOTA WISATA Cibubur tepatnya pada tanggal 9 juni 2010. Acara besar kedua di ta­ hun 2011 menggelar acara "menye­ hatkan GIZI BURUK BALITA" di sebuah desa disekitar Kota Wisata. Aca­ra besar ketiga ditahun 2012 "mendatangkan Koes Plus di Makassar" yang ditampilkan di Hotel Clarion tepatnya pada tanggal 11 Nov 2012 sekaligus membuka Cabang Makassar dan melantik pengurus-pengurus Cabang Makassar de­ ngan Kantor  Sekretariat yang beralamat di Pasar Segar Pengayoman, Blok R no 1, Cafe RDQ. Acara besar keempat di tahun 2013 tepatnya pada tanggal 10 juni 2013, "mendatangkan Chef Yuna di GTC". Acara-acara tersebut didukung dan dikerjakan dengan cara gotong royong oleh para Pemerhati-pemerhati, dan juga banyak Relawan-relawan yang senantiasa siap men-SUKSES-kan terkumpulnya Pemerhati-pemerhati yang tulus memberi­ kan BEA SISWA kepada anak-anak dhuafa yg mencapai rangking 10 besar dlm kelasnya di SMA. Alhamdulillah di Kantor Pusat terkumpul 100 Anak Asuh dengan 35 Ibu Asuh dan di Makassar ada 14 Anak Asuh dengan 10 Ibu Asuh. Prestist akan berjuang terus dalam bidang  pendidikan, khususnya bagi anakanak berprestasi klas-1 sampai klas-3

Para pengurus prestist, dari kiri ke kanan, ibu Angky, Lala, Bunda Dally, ibu Lily, ibu Yessy, ibu Nungky.


Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 11, Januari 2014

21


Fashion

Wardrobe Pin/Hp Model Profesi Fotografer Hijab Stylist Lokasi

22

: Hesty Yusuf Junaidi (Butik Namira) : 2A447314 / 0816 253 517, 08219395 5488 : Yusniaty : Makeover Consultant : Armin Sulfikar Yahya : Lia Mashuri : Hotel Pantai Gapura, Makassar

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 11, Januari 2014


Fashion

23


Fashion

24

Wardrobe : Roemah Kabaya 17 Alamat : Jl. Hertasning IV, no. 38 Hp : 087885066985 / 08135619925 Email : lalaanjani@@yahoo.com Model : Wahyuningtyas Fotografer : Andi Muhammad Akbar Lokasi : Swissbell inn Hotel, Panakkukang


Fashion Wardrobe : Roemah Kabaya 17 Alamat : Jl. Hertasning IV, no. 38 Hp : 087885066985 / 08135619925 Email : lalaanjani@@yahoo.com Model : Nia Zainal Fotografer : Andi Muhammad Akbar Lokasi : Swissbell inn Hotel, Panakkukang

25


Single Parent

TANPA SUAMI KITA BISA....

L

inda, begitu wanita muda ini biasa dipanggil oleh temantemannya. Penampilannya cukup sederhana ketika ditemui di Gudang yang disewanya untuk menjalankan usahanya dikawasan KIMA. Di Gudang itu Linda menyewa tempat untuk memproses ikan yang didapatkannya dari para supplier. Konon para supplier ini adalah pedagang pengumpul yang membeli ikan-ikan tersebut langsung dari Nelayan. Linda kemudian memproses ikan-ikan yang diterimanya dari para supplier, mengelompokkannya sesuai jenis dan ukuran, kemudian menimbangnya dan dipacking sebelum disimpan di Cool Storage sambil menunggu giliran dikapalkan ke Jakarta untuk diexport kemanca negara. Bisnis Frozen Fish yang ditekuninya sejak 2 (dua) tahun lalu ini, sekarang sudah berkembang dengan menggembirakan. Tidak hanya 1 gudang yang disewanya tapi Linda menyewa 3 gudang dilokasi yang berbeda-beda.  "Dalam memulai bisnis ini kirakira 2 tahun lalu pada awalnya saya dibantu oleh pak Jaya Baramuli bang.

26

Saya dimodali 1 Truk Ikan untuk saya jual," Kenangnya. Sekarang si pemilik nama lengkap Herlinda Mansyur S.Pd., ini rata-rata bisa mengirim 10 container ke Jakarta setiap bulannya, bahkan pada waktu ramai bisa mengirim 17 container.  Linda sekarang sedang membangun gudang sendiri di Paotere untuk menyatukan semua kegiatan dari 3 gudang yang disewanya saat ini, agar lebih mudah diawasi dan lebih effisien. Karyawan di CV. Ciputri Prakarsa Utama yang dikelolanya ini sekitar 50 orang. Ibu dari 3 anak perempuan, yang pertama  Andi Cita Nadya Fortuna 13 tahun yang sekolah di SMP Negri 6 Makassar, yang kedua Andi Nabila Putri Salima yang sekolah di kelas 5 SD Negeri  Sudirman 4, dan anak ketiga Andi Cantika Anastya Khairiya yang masih duduk di kelas 1, SD Negeri sudirman 4 ini oleh para karyawannya akrab dengan panggilan Bunda Linda. "Selama masa pernikahanku aku sangat banyak menangis bang, tapi sekarang....I'm happy....no more tears", tutupnya dengan senyum lepas.


Tips

Tips Gaya Berbusana untuk Tetap Tampil Muda dan Percaya Diri

S

Foto-foto : Ist.

etiap wanita selalu ingin tampil cantik, kelihatan muda dan selalu tampil percaya diri setiap saat, namun terkadang dengan  bertambahnya usia yg membuat wanita merasa bahwa dirinya sudah tidak cantik lagi seperti dulu sehingga kepercayaan diri mulai menurun.  Berikut tips agar selalu tetap tampak muda dan tampil memikat setiap saat di saat umur sudah mencapai 30 thn ke atas.  Tips pertama : pakailah baju yang membuat dirimu tampil lebih muda. Ketika kamu  remaja, mungkin kamu pernah pakai rok pendek dan hanya kaos saja yg berbalut di tubuhmu, pakailah kaos dan rok pendek sesekali atau dress pendek yg casual ketika kamu sedang pergi acara santai. Semisalkan ke mall atau ke acara santai lainnya. Sesuatu yang berbau mini akan membuatmu tampil lebih muda. Kalau tidak biasa mengenakan rok pendek, boleh diganti dengan celana jeans panjang dan kaos saja dengan tas selempang di badan atau tas yang menggunakan tali panjang.

Tips kedua : Untuk acara formal, semisalkan acara pernikahan, kamu bisa mengenakan kebaya berlengan pendek atau berlengan 3/4 saja. Untuk bawahan kebaya bisa mengenakan kain selutut saja atau rok selutut. Memang kelihatannya kain panjang itu terlihat anggun, tapi sesungguhnya akan membuatmu kelihatan tampak lebih tua. Kalau tidak senang dengan busana kebaya bisa mengenakan dress formal tanpa lengan atau berlengan pendek dengan panjang dress selutut.  Tips ketiga : Hindari pemakaian aksesories yang berlebihan. Untuk acara santai, cukup kenakan aksesories yang sederhana saja. karena aksesories yang berlebihan akan menutupi aura cantik wajahmu sehingga ketika orang orang melihatmu, perhatiannya tidak akan tertumpu ke wajah cantikmu melainkan ke aksesoriesmu. Untuk acara formal, apabila bajumu sudah berpayet hindari pemakaian kalung yang besar. Tambahan anting-anting dan gelang akan mempercantik tampilanmu. 

Tips keempat : Rajinlah berolah raga yg rutin 3 kali seminggu karena olah raga akan memperlancar metabolisme tubuhmu dan membuat dirimu tetap sehat dan awet muda.  Tips kelima : Bangkitkan semangat jiwa mudamu. Rajinlah bersilaturahmi bertemu  teman teman lama. Lupakan sejenak urusan rumah yang menumpuk. Habiskan waktu di salon seharian dengan teman teman untuk mempercantik diri. Dengan merasa cantik otomatis rasa percaya diri kita akan muncul sehingga semangat jiwa mudamu akan timbul dengan sendirinya. Selamat mencoba, semoga bermanfaat untuk mengeluarkan aura cantik mudamu.

Penulis : Gemala Anjani owner Roemah Kabaya 17& La galigo by gemala (Sentra Bazaar Panakukkang KBB 40) email : lalaanjani@yahoo.com

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 11, Januari 2014

27


Beauty & Wellness

Facial untuk Pria Metrosexual (Perlukah) ?

G

aya hidup pria metrosexual memang sedikit “berlebihan” dibandingkan dengan pria lainnya. Dari gaya dan pemilihan busana sudah lebih modis dan modern. Juga dari penampilan fisik yang lebih “macho” dengan gaya rambut dan wajah yang bersih dan terawat. Bisa dikatakan waktu pria metrosexual lebih banyak untuk memperhatikan penampilan mereka dibandingkan dengan pria pada umumnya. Apakah wajar bagi pria untuk lebih memperhatikan penampilan fisik, kebersihan dan kesehatan kulit dan tubuhnya serta wajahnya? Mitos yang mengatakan bahwa pria tidak perlu memperhatikan penampilan fisik dan wajahnya saat ini sudah tidak berlaku lagi. Mari kita simak mengapa pria juga perlu merawat dirinya dan memperhatikan penampilan fisik dan busana mereka sama seperti wanita pada umumnya. Pria Metrosexual memang perlu lebih memperhatikan fisik, gaya rambut dan penampilan mereka lebih daripada

28

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 11, Januari 2014

penampilan pria pada umumnya. Saat ini dengan kemajuan teknologi dan ekonomi para pria metrosexual bekerja di ruangan yang lebih bersih, nyaman dan aman sehingga mereka bisa mengikuti gaya busana yang lebih rapi, modern dan mewah. Ruangan yang full AC, gedung yang modern dan mewah menuntut mereka berpenampilan lebih “wah” dibandingkan dengan pria yang bekerja di luar ruangan. Wajar bila mereka lebih berani menggunakan pakaian yang mewah, rapih dan modern. Juga perhiasan dan asesoris seperti jam tangan yang modis, dasi, sepatu dan perhiasan seperti cincin dan kalung. Bagaimana dengan perawatan tubuh dan wajah mereka? Tentunya itu juga mereka perlukan dalam menambah rasa percaya diri akan penampilan mereka. Tempat Facial (perawatan wajah) dan SPA (perawatan tubuh) yang tumbuh pesat seiring kebutuhan masyarakat membuat pria metrosexual juga memanfaatkan

tempat-tempat tersebut untuk merawat tubuh dan wajah mereka. Wajah yang bersih dan sehat serta terawat tanpa keriput dan komedo membuat mereka lebih percaya diri. Perawatan SPA dan facialpun menjadi trend bagi pria metrosexual. The Secrets SPA and Beauty Centre yang pertama kali di Indonesia menyediakan perawatan khusus pra sejak 25 tahun lalu terus memperhatikan kebutuhan pria metrosexual akan perawatan wajah dan kulit mereka. Facial anti aging, facial kulit berminyak, whitening, SPA, Hair SPA, Hand SPA serta Foot SPA menjadi favorite para pria metrosexual. Dengan tekhnologi modern perawatan menjadi lebih singkat, mudah dan hasilnya memuaskan. Peralatan yang canggih dan modern seperti IPL, microdermabrasi, ultrasound, dan macam2 produk yang dapat menjaga kulit mereka tetap awet muda, bersih dan sehat membuat pria metrosexual merasa nyaman melakukan perawatan facial dan SPA.


Beauty & Wellness

Perawatan di rumahpun menjadi ritual rutin mereka. Mulai dengan penggunaan sabun khusus wajah pria, toner serta serum dan cream anti aging membuat produsen kosmetik menyediakan produk khusus wajah pria. Masalah jerawat, pori2 dengan komedo dan keriput di usia muda sudah dapat dihindari sejak dini. Pria Metrosexual dapat dikenali dari wajah yang bersih terawat, tanpa komedo dan keriput, mulus dan cerah, busana yang trendy dan modis, bentuk fisik yang sehat dan “macho� dan tentunya memiliki penghasilan yang memadai untuk memenuhi keperluan mereka semua.

Jadi tidak ada salahnya bagi pria untuk merawat wajah dan tubuhnya di klinik dan SPA untk mendapatkan penampilan yang lebih baik dan lebih sehat. Untuk Facial Pria : 1. Mencegah dan mengobati jerawat. 2. Menghaluskan permukaan kulit bekas jerawat dan komedo 3. Mencerahkan flek dan noda hitam di wajah dan sekitar mata 4. Mencegah dan menghilangkan keriput di usia dini. 5. Memperbaiki kondisi kulit yang sensitive dan iritasi akibat penggunaan kosmetik yang salah. Alat tekhnologi yang dapat dimanfaatkan dalam merawat kulit pria: 1. Intensive Pulse Light (IPL) untuk rejuvenating, flek dan jerawat. 2. Microdermabration untuk menghaluskan dan mencerahkan permukaan wajah 3. Galvanic SPA untuk mengencangkan dan mengembalikan kulit menjadi lebih muda.

4.

Ultrasound dan berbagai alat lainnya yang dapat membantu memperbaiki dan menyehatkan kulit wajah.

Jangka waktu perawatan bisa dilakukan minimal sebulan sekali, tetapi untuk perawatan intensive dalam mengatasi berbagai masalah kulit wajah bisa dilakukan sesuai dengan anjuran beauty therapist. Untuk anti aging pengencangan, flek dan jerawat bisa dilakukan seminggu sekali. Reservasi perawatan facial dapat dilakukan di The Secrets SPA and Beuty Centre, Mall Panakkukang Lantai 3 Mezanine. 0411.424219. (Foto-foto : Elang Herdian)

Oleh : Henny Anastasia S.Pd.M.E (Beauty Consultant The Secrets SPA and Beauty Centre)

29


Yoga

MANFAAT YOGA DALA

D

30

alam kehidupan sehari-hari ma­sya­rakat kadang tidak mengutamakan olahraga dan olah gerak dalam agenda kegiatan rutinnya dalam keseharian. Padahal setiap hari manusia memerlukan otak, otot dan tulang untuk melakukan kegitannya dalam kehidupan, dan itu juga merupakan aktifitas fisik yang terkadang sama dan terus menerus berulang. Dan kegiatan fisik itu terkadang tanpa kita sadari ada beberapa gerakan yang salah dan kita lakukan secara berulang dan dalam tempo yang lama. Aktifitas salah itu terkadang kita lakukan dengan sadar, akan tetapi karena belum sampai mencederai diri dan tidak menimbulkan rasa sakit maka terkadang manusia lupa untuk memperbaiki gerakan salahnya dengan mengabaikan potensi cedera yang sebenarnya dia sadari akan terjadi. Memerlukan kesadaran yang tinggi untuk menggerakan diri pribadi mengutamakan kesehatan fisik dalam keseharian, dan merubah seluruh pola hidup, pola makan dan pola pikiran akan kebutuhan badan dan jiwa kita akan kata “sehat” secara utuh. Manusia yang berjiwa positif dalam era ini adalah manusia yang menyadari kekurangan dirinya, kebutuhan badan dan jiwanya dan berusaha semaksimal mungkin untuk mengontrol, melatih, mengisi diri pribadinya dengan apapun yang akan membuat badan dan jiwanya bahagia dan sehat. Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 11, Januari 2014

Salah satu olah gerak yang bisa mengatasi problema itu adalah “YOGA”, dalam hal ini YOGA itu sendiri merupakan olahraga yang terdiri dari olah nafas dan olah gerak. Olah nafas yang bagus dan benar akan meningkatkan aliran energy ke dalam badan kita lebih tinggi dan stabil, olah gerak dalam YOGA bermanfaat untuk meningkatkan fleksibelity, mencegah cedera, menguatkan otot, menguatkan tulang dan memperbaiki postur tubuh. Manfaat YOGA secara umum: Lebih Kuat Otot yang kuat membuat anda terlihat lebih menarik dan kokoh. Otot yang kuat menjaga tubuh kita dari penyakit arthritis dan nyeri punggung seperti mudah terjatuh pada lansia. Lebih Flexible Pada saat memulai latihan kita akan merasakan gerakan yang amat berat dan kaku, tetapi seiring dengan rutinitas latihan yang kita lakukan maka kita akan mulai merasakan tubuh kita lebih flexible dan kita mulai merasakan gerakan-gerakan yang kita lakukan tidak lagi menimbulkan rasa pegal dan nyeri di otot badan. Memperbaiki Postur Beberapa organ badan kita yang berat menjadi alasan kita untuk melakukan posisi yang kita anggap nyaman padahal sebenarnya itu adalah posisi yang buruk dan apabila kita lakukan secara terusmenerus dan dalam waktu lama itu akan membentuk postur badan kita itu sendiri

menjadi salah posisi dan akhirnya akan membuat kita lebih cepat lelah bahkan menimbulkan cedera perlahan. Dengan yoga kita bisa melatih diri kita untuk selalu berada di posisi badan yang benar dan seimbang sehingga kita bisa menjaga organ dalam dan luar kita tetap sehat dan seimbang. Melindungi persendian dari rematik dan artistic Pada saat beryoga kita melakukan gerakan dengan disiplin penuh dan menjangkau secara penuh untuk mencapai pose yang kita inginkan walaupun itu tetap kembali kepada kemampuan kita. Ini artinya kita mencegah penyakit arthritis degeneratif, degan cara memeras dan merendam daerah cartilage : daerah seperti spon yang menyerap nutrisi hanya ketika cairan dikeluarkan. Tanpa latihan jaringan ini akan lapuk dan meninggalkan tulang tanpa bantalan. Melindungi tulang punggung Ruas-ruas tulang belakang sebagai peredan kejut antar tulangbelakang juga butuh dilatih, jika rajin berlatih back bend, forward bend dan twist, anda menjaga ruas-ruas tulang belakang jadi lebih flexible Melancarkan Peredaran Darah Yoga melatih anda untuk relaks dan bisa mengendalikan diri, latihan relaksasi ini membantu sirkulasi darah, khususnya di tangan dan kaki, yoga juga memb


Yoga

AM KESEHATAN

Foto-foto : Armin Sulfikar Yahya

sangat ditekankan pada saat melakukan asanas. Penelitian menemukan bahwa latihan teratur yoga dapat memperbaiki koordinasi, reaksi, memori, dan tingkat nilai IQ. Orang yang berlatih meditasi transcendental mampu memecahkan masalah, mengolah informasi lebih baik karena mampu berkonsentrasi, dan tidak mudah terganggu masalah lain.

antu oksigen untuk masuk ke dalam sel. Semua pose kepala di bawah membantu membawa darah dari kaki dan panggul ke jantung dan dan dari situ dipompa ke paru-paru. Membersihkan Limfa Ketika melakukan perenggangan otot , anda akan meningkatkan pembersihan limfa, dimana limfa kaya akan sel kekebalan tubuh. Ini akan mengurangi resiko infeksi, merusak sel-sel kanker, membuang racun-racun dari produksi fungsi selular. Melindungi jantung Pada saat beryoga anda bisa menaikkan detak jantung sampai ke tingkat aerobic. Penelitian menemukan yoga menurunkan tingkat jantung istirahat, meningkatkan stamina, memperbaiki asupan oksigen maksimum. Menurunkan Tekanan darah Savasana adalah pose yang berefek menurunkan tekanan darah sistolik sebanyak 26 poin dan 15 poin pada tekanan diastolic. Menjaga memori Yoga menurunkan kadar hormone kortisol. Normalnya kelenjar adrenalin mengeluarkan kortisol sebagai respon pada keadaan krisis akut yang kemudian secara temporer mendorong fungsi kekebalan tubuh. Meningkatnya kortisol temporer akan membantu menjaga

memori jangka panjang. Tapi kortisol tidak boleh terus menerus tinggi karena akan menyebabkan perubahan permanen pada otak, depresi, osteoporosis, tekanan darah tinggi, dan resistensi insulin. Oleh karena itu meningkatkan adrenalin tidak boleh secara terus menerus tanpa relaksasi. Mendatangkan kebahagiaan Yoga telah terbukti memperbaiki depresi, meningkatkan kadar serotonin, dan menurunkan kortisol. Penelitian Richard Davidson dari University of Wisconsin, AS , menemukan Menurunkan Berat Badan Latihan yoga membantu bergerak dengan sistematis dan membakar kalori. Sisi spiritual yang diciptakan secara pribadi dan emosi stabil yang diciptakan di yoga membantu anda memperbaiki pola makan dan berat badan lebih disiplin, dan sadar akan pola hidup anda sendiri. Menurunkan Gula darah dan kolesterol jahat Yoga menurunkan kolesterol jahat sekaligus menaikkan kolesterol baik. Pada diabetes, yoga membantu mengontrol gula darah dengan menurunkan kortisol dan kadar hormon adrenalin, menurunkan berat badan dan memperbaiki sensitifitas pada insulin. Meningkatkan kecerdasan Focus adalah salah satu komponen penting pada saat beryoga, dan itu

Mencegah osteoporosis Latihan beban menguatkan tulang dan mencegah osteoporosis, begitu juga yoga pose. Banyak yoga pose yang mengharuskan anda mengangkat beban tubuh anda sendiri. Downward dan upward facing dog menguatkan tulang lengan anda yang rentan terkana osteoporosis, dan banyak sekali postur yoga meningkatkan kepadatan tulang belakang kita, yang merupakan pondasi badan kita dalam kehidupan. Semua manfaat ini sangat berguna bagi kita semua dan pada wanita sangat memiliki makna besar dari sebuah kata “sehat�, karena wanita melalui beberapa fase dalam hidupnya, dari mulai siklus menstruasi, melahirkan dan sebagainya yang hal-hal itu akan sangat menunjang beberapa penyakit yang terkadang tidak diprediksi sama sekali apabila wanita tidak sadar akan kesehatan dirinya dan menyanyangi dirinya sendiri. Setidaknya wanita adalah tiang pondasi di sebuah rumahtangga, seyogyanya wanita harus kuat, sehat dan memiliki nilai lebih untuk keluarga dan anak-anaknya. Seorang wanita yang sehat akan membawa aura sehat di keluarganya, hal itu sudah menjadi tuntutan yang tidak bisa dipungkiri. Semoga kesadaran akan kesehatan diri sendiri bisa terinspirasi dengan manfaat yang telah dijelaskan diatas dan wanita-wanita Indonesia menjadi wanita sehat dan kuat untuk menciptakan generasi hebat di Indonesia .

Penulis : Liza Lolita

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 11, Januari 2014

31


32

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 11, Januari 2014


33


Wisata Kuliner

Si Tulang Rawan yang Bikin Kangen

J

lagi, bumbunya yang nampak melimpah membanjiri konro yang meresap hingga ke daging.

Kalo berkunjung ke Ma­ kassar, tak boleh di­le­wat­­kan mencicipi kuli­ner sop konro. Bah­­ kan kini, makanan khas ‘kota daeng’ yang satu ini sudah memiliki va­ rian baru iga bakar alias konro bakar.

Foto-foto : Ist.

ika engkau makan sop konro kau harus melepas dagingnya dan mengunyah bersama nasi agar kau bisa menikmati dunia. Demikian bait puisi  D.Zawawi Imron terhadap makanan sop konro. Menurut Zawawi, ia jatuh cinta pada ‘sop konro’ setelah mencobanya pertama kali tahun 90-an silam. Kalo berkunjung ke Makassar, tak boleh dilewatkan mencicipi kuliner sop konro. Bahkan kini, makanan khas ‘kota daeng’ yang satu ini sudah memiliki varian baru berupa iga bakar alias konro bakar.   Makanan ini terbuat dari Iga dan tulang rusuk sapi ini memang memiliki ciri khas dengan irisan bawang dan cabai rawit merah menggugah selera. Belum

34

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 11, Januari 2014

Untuk menyantap iga ini disediakan pisau dan garpu, namun jika daging sudah ludes di bagian tengah dan tidak bisa dijangkau dengan pisau, maka setiap disediakan sedotan untuk digunakan sebagai alat penghisap isi sumsum yang tersembunyi dibalik tulang rawan tersebut. Inilah salah satu keunikan dari kuliner berkalori tersebut. Di Makassar, tersebar warung sop konro. Salahsatunya, warung Sop Konro ‘Karebosi’ di Jl.Gunung Lompobattang. Warung yang buka sejak 1968 silam oleh Alm. Haji Hanafing. Kini, warung ini telah memiliki tiga cabang di Jakarta, yakni di Jalan Boulevard Kelapa Gading, Serpong, dan Jalan Cassablanca. “Di sejumlah cabang itu, kami tetap menggunakan merk ‘Konro Karebosi’, karena sudah memiliki nilai jual,” tutur Ilham Hanafie, penerus usaha orang tuanya.  *** (rusman madjulekka).


Advertorial

Caraka Travelindo

M

eningkatnya arus kunjungan wisata, baik domestik maupun mancanegara membuat para perusahaan tour and travel di daerah ini harus lebih kreatif dan inovatif untuk tetap survive. “Kami tetap memprioritaskan pelayanan dan harga yang terjangkau kepada para konsumen sehingga sampai kini mereka masih mempercayai perusahaan kami,” ujar General Manager PT Caraka Travelindo, Ilsa Sopamena Pattinasarany

berpromosi, saat kami bertandang ke kantornya di bilangan Jl.Dr.Wahidin Sudirohusodo/Irian, Senin(16/12). Sebagai salahsatu pemain di bisnis jasa tour and travel di kota ini, lanjut Ilsa, pihaknya senantiasa melakukan diversifikasi layanan jasa sesuai dengan kebutuhan para konsumen. Selain itu, perusahaan ini juga selalu mempromosikan destinasi wisata baru yang eksotis di kawasan timur Indonesia. “Memang selama ini Bali masih jadi primadona, tetapi banyak objek wisata lainnya di kawasan timur yang tak kalah menariknya, hanya saja masih kurang promosi saja,” kata Ilsa. Secara internal, menurut Ilsa, pihaknya berinisiatif untuk menekankan kepada para karyawan agar memberikan pelayanan terbaik demi tercapainya target dan kepuasan bagi costumer. Misalnya, salah satu agenda yang kerap dilakukan Ilsa adalah sharing dan dialog santai dengan para

stafnya sebelum aktivitas dijalankan. “ Hal itu selain untuk menjaga kekompakan, juga agar lebih mendekatkan dengan seluruh staf yang sudah saya anggap seperti keluarga sendiri,” tutur wanita kelahiran Makassar, 12 November 1963. Kedepan, kata Ilsa, pemerintah daerah harus lebih memperhatikan sarana dan prasarana baik yang menuju obyek wisata maupun di wilayah areal destinasinya sendiri. Selama ini, para turis asing banyak mengeluhkan minimnya sarana akomodasi di beberapa destinasi wisata di luar Makassar. “Padahal sarana seperti itu kelihatannya sepele, tapi justru itu yang bisa memberi kesan bagi mereka ketika pulang ke negaranya,” cerita Ilsa yang telah membuka cabang perusahaan travelnya di berbagai daerah. Belum lama ini, pihak Caraka Travelindo, menurut Ilsa, telah menjalin kerjasama dengan pihak maskapai PT Garuda Indonesia mempromosikan obyek wisata di wilayah Papua. Apalagi, maskapai BUMN itu belum lama ini telah membukla rute penerbangan Makassar-Sorong, Manokwari, dan Jayapura. “Oh...ya, pada 20-21 Desember 2013 kami ikut Garuda Indonesia Travel Fair di Jakarta yang dikemas dengan tema “Enjoy Papua & Beyond” promosi ini termasuk Maros Karst Tower dan Toraja,” jelasnya. (*/rus). 

35

Foto-foto : Taufiq HD

Promosikan Destinasi Baru di Kawasan Timur


Wisata Dunia

Melbourne Teks & Foto : Steve Lafian

B

agi para penikmat olahraga tenis dan F1, nama Melbourne tentu sering terdengar. Tidak hanya grand slam tenis ataupun lomba balap F1, Melbourne juga menjadi tuan rumah bagi balap motor Moto GP. Ya, kota Melbourne merupakan kota di Australia yang sering menjadi tuan rumah ajang olahraga2 dan seni. Berbeda dengan Sydney, Melbourne memposisikan diri sebagai kota metropolitan yang berseni dan tenang jauh berbeda dengan Sydney yang ramai dan sibuk. Tak hanya berseni, kota Melbourne juga sangat nyaman untuk ditinggali, ini terbukti dengan selalu masuk dalam 3 besar kota yang paling layak dihuni 5 tahun berturut turut. Memang, kota Melbourne sangat memanjakan warganya dengan kemudahan kemudahan yang diberikan. Apabila kita ingin berkeliling kota, kita

36

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 11, Januari 2014

cukup naik ke tram tram yang lalu lalang ke setiap sudut kota, jalur tram di kota Melbourne merupakan yang terbesar di dunia. Para penduduk cukup membeli kartu ‘myki’ yang terintegritas dengan seluruh layanan transportasi public yang dimiliki oleh kota. Pengalaman 4 tahun tinggal di kota ini semasa kuliah dulu sangat berkesan bagi saya, sehingga pada saat mendapat kesempatan berlibur akhir November lalu, saya tidak menyianyiakan kesempatan itu. Setibanya di airport Tullamarine, saya bergegas menuju ke loket Sky Bus, bus yang menghubungkan airport dan kota Melbourne ini member I kemudahan bagi solo traveler seperti saya yang ingin menghemat uang untuk biaya transportasi. Bus membawa kita berhenti di Southern Cross Station sehingga memudahkan bagi orang orang yang ingin melanjutkan perjalanan ke daerah lain yang dapat

ditempuh dengan kereta. Tram stop terdapat juga tepat di depan stasiun sehingga jika ingin pergi ke pusat kota cukup menaiki tram selama 5 menit. Tram akan membawa kita tepat di persimpangan Bourke St dan Swanston St. Kembali menyusuri jalanan Swanston St, melihat bagaimana Melbourne menata kota mereka menyambut natal membawa saya kembali ke memori ketika masih tinggal di kota ini. Satu hal yang akan selalu mengingatkan saya akan Kota Melbourne adalah budaya ngafe. Budaya ini sudah ada dimulai dari invasi para imigran Italia datang ke kota ini sehingga tidak heran café café unik bertebaran di setiap sudut kota. Tidak hanya bangsa Italy, banyaknya para pendatang di kota ini membuat kota ini menjadi ‘melting pot’ beragam suku dan bangsa, sehingga tidak heran apabila anda ingin mencicipi kuliner dunia hampir


Wisata Dunia semua tersedia di kota ini. Mulai dari kebab ala Turki, Chinese food, mie pho Vietnam, hingga Kitfo makanan khas Ethiopia bisa kita dapatkan di kota ini. Berkunjung ke kota Melbourne jangan lewatkan kesempatan menyusuri gang gang kecil yang terkenal di kalangan local untuk duduk bersantai menyeruput kopi panas seperti di daerah Flinders Lane hingga

Little Collins. Bahkan di buku panduan Lonely planet, gang gang kecil di kota Melbourne merupakan tujuan nomor 1 di Australia yang mereka rekomendasikan untuk dikunjungi. Crown Casino complex juga dapat menjadi alternative tujuan berjalan jalan, areal kasino mereka adalah yang termegah di Australia dimana di dalam kompleks terdapat kelab malam, theater, restoran bintang 5 hingga bioskop mewah. Bagi mereka yang ingin sesuatu yang berbeda, anda dapat menaiki balon udara dan menikmati breakfast melewati areal perkebunan anggur hingga pemandangan kota. Jika ingin bepergian, pastikan anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan agen perjalanan yang mengetahui seluk beluk daerah tersebut dengan baik sehingga anda dapat merencakan perjalanan anda dengan lebih baik. Sampai jumpa di tulisan berikutnya! Tentang penulis: Steve Lafian merupakan tour leader dari PT Suita Tour & Travel yang telah memiliki pengalaman lebih dari 8 tahun menjadi pemandu wisata. Telah berulang kali memimpin rombongan para pesohor negeri mulai dari ibu Fatima Kalla, Bpk Gubernur Syahrul YL hingga pemilik Musica Studio (Noah,Nidji) Ibu Acin Santoso. Silahkan merequest Steven untuk menjadi tour leader anda dengan mengambil paket perjalanan dari PT Suita Tour & Travel (04113613164)

37


Serba Serbi Kuliner

Foto-foto : Ist.

Oleh : Chef Frank

Asal Usul Caesar Salad

S

ejarah munculnya Caesar Salad yang sangat dikenal dikalangan industri kuliner saat ini sangat variatif. Masih banyak Lembaga Pendidikan kuliner atau para pecinta hidangan ini, bahkan kemungkinan masih banyak Chef yang belum mengetahui dari mana asal muasal Salad yang istimewa ini. "Alkisah diawal abad ke-19 disebuah Restoran milik seorang Chef, secara tidak diduga kedatangan pengunjung yang sangat banyak sehingga persediaan makanan sesuai daftar  menu sudah habis. Namun para tamu yang belum kebagian minta dibuatkan 'apa saja' karena mereka sudah sangat kelaparan. Chef Caesar Cardini demikian nama pemilik restoran terpaksa mengumpulkan sisa-sisa bahan yang tersisa. Ada potongan-potongan roti, setumpuk daun selada romaine, beberapa telor, keju, serta bumbu-bumbu dapur yang tersisa". Demikian sepotong paragraf dari buku tulisan Julia Child yang dijadikan bahan pelajaran semasa kuliah saya di Thomson University di Pennsilvania, USA. Dibagian lain Julia menuturkan ; "Kala itu ditahun 1920 saya berusia 9 tahun dan saya ikut orang tua saya bersama rombongan tamu yang belum kebagian makanan tersebut. Tiba-tiba para tamu yang sudah kelaparan dikejutkan oleh Chef Caesar Cardini yang datang kemeja mereka dengan membawa sisa-sisa bahan

38

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 11, Januari 2014

tersebut, termasuk minyak zaitun, jeruk lemon dan lain-lain serta beberapa jenis bumbu dapur. Chef kemudian dengan lincah menyiapkan hidangan dihadapan para tamunya yang menunggu. Dimulai dengan pembuatan dressing yang diawali dengan memecahkan telor mentah kedalam mangkuk yang disusul dengan memeras jeruk lemon dan mengaduknya dengan daun-daun selada dengan sebilah sodet kayu....tampak indah dipandang bagaikan ombak yang sedang bermain dilautan. Dan tidak lama semangkuk CAESAR SALAD yang ditaburi dengan parutan keju parmesan pun telah tersaji dihadapan mata kami semua, begitu nikmat dan terasa segarnya daun selada yang luar biasa." Dibagian lain Julia bertutur lagi ; "Yang unik, dan jangan dilupakan.....kami makan tanpa alat, tanpa sendok, tanpa garpu, dan daunnya tidak dipotong." Restoran milik Caesar Cardini tersebut terletak di Tijuana, Mexico, yang berbatasan dengan Kota San Diego, California. Tentang Penulis : Chef Frank terlahir dari keluarga Ustadz di Palopo. Setelah menyelesaikan sekolah Madrasah selama 12 tahun Chef Frank belajar tentang Kuliner dan Perhotelan. Dunia Kuliner inilah yang membawanya ke Amerika Serikat. Selama 16 tahun Frank malang melintang sebagai CHEF dan berteman dengan 'para Chef kelas dunia' di Negri Paman Sam tersebut. Dalam 2 tahun terakhir Chef Frank sudah berada di Makassar atas permintaan Ibundanya dan merintis usaha sendiri dibidang Catering.

Berikut adalah Resep Caesar Salad ciptaan Tuan Caesar Cardini : • 18-24 helai daun muda ROmaine Lettuce • 1/4 Liter Roti Crouton panggang • 200 ml minyak Zaitun • 1 buah jeruk Lemon (belah dan buang bijinya) • Worcestershire sauce • Garam • Lada hitam bubuk kasar • 3 sendok makan Keju Parmesan Parmegiano Reggiano Cara membuatnya : 1. Cuci dan bersihkan daun selada, bersihkan dan keringkan dengan tissue, lalu dinginkan dalam refrigerator dengan suhu sekitar 4'C. 2. Didihkan air dalam panci lalu celupkan telor selama 1 menit terus diangkat dan biarkan pada suhu ruangan. 3. Tuangkan saus worcestershire kedalam mangkuk dan kasih perasan jeruk limau. 4. Pecahkan telor dalam mangkuk dan aduk berputar searah sambil menuangkan minyak zaitun sedikit demi sedikit hingga habis tercampur dan membuat suatu emulsi menyerupai Mayonnaise. 5. Tuangkan daun Slada Romaine yang telah didinginkan lalu aduk rata, tambahkan garam dan lada hitam. 6. Sajikan dalam sebuah mangkuk selada dengan taburan Crouton dan Keju parut. Penyiapan Crouton ; 1. Cincang bawang putih lalu campurkan dengan minyak zaitun dan taburan garam. 2. Oleskan ke potongan Roti yang dipotong dadu. 3. Masukkan kedalam oven beberapa menit hingga berwarna kuning kecoklatan.


Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 11, Januari 2014

39


Modus Operandi

Hati-hati, Pelaku Hipnotis Berkelompok Berkeliaran di Makassar korban. Di mana sasaranya seorang

sebagai orang dermawan dari daerah yang

belum dikenal. Pelaku kejahatan

perempuan. "Kasus ini masih dalam

tidak tahu jalan untuk menyumbang ke pati

hipnotis atau ilmu gendam

penyelidikan," tambahnya.

asuhan di Makassar.

masih berkeliaran di Makassar.

Berdasarkan informasi yang diperoleh,

Modus pelaku yaitu mendatangi rumah korban dan pura-pura bertanya

menunjukan alamat panti asuhan yang akan

pelaku hipnotis dilakukan oleh sekelompok orang dengan jumlah 4 orang tiga laki-laki dan satu perempuan diperkirakan umurnya 30 tahun ke atas. Mereka melakukan aksinya pada siang hari  menggunaka mobil.  Korbannya rata-rata adalah perempuan yang memiliki banyak perhiasan dengan barang berharga. Kepala Unit Reserse Kriminal Polsek Rappocini, Makassar, IPTU Andi Haris, mengaku benar adanya laporan kejadian tersebut. Namun pelaku hipnotis ini belum berhasil diamankan. "Benar ada,  laporanya bulan yang lalu. Pelaku sempat terekam

Lantaran pelaku  mengunakan mobil korbanpun dengan senang hati

Pelaku hipnotis dilakukan oleh

didatanggi dengan alasan itu supaya pelaku bisa banyak berbincang dan korban. Korban yang terjebak naik ke mobil pelaku di dalam

sekelompok orang

perjalanan pelakupun melakukan aksinya.

dengan jumlah 4

hipnotis uang yang diperlihatkan korban

orang tiga laki-laki

Karena korban sudah sudah terkena adalah kertas terpotong pehiasan imitasi tidak diketahui . Dan saat itu korban tidak

dan satu perempuan

sadarkan diri. Dengan kesempatan itulah

diperkirakan umurnya

serta ATM dan menggantongi PIN pelaku.

30 tahun ke atas.

pelakupun mengambil barang korban Setelah itu pelaku langsung menurunkan ke tempat sepi. Untuk mengantispasi adanya korban

CCTV disalah satu ATM. Tetapi mukanya tidak kelihatan," kata Kanit Reskrim Polsek

kepada korban alamat panti asuhan yang

berikutnya, Haris berharap warga tetap

Rappocini Andi Haris. Haris menyebutkan,

terdekat dari rumah korban dan meminta

waspada terhadap orang yang belum

modus pelaku dengan cara mendekati

tolong untuk diantarkan. Mereka beralasan

dikenal. ***(*/rus).

Anda punya cerita terkait pengalaman pribadi dengan modus-modus operandi kejahatan ? Kirimkan pengalaman anda ke : redaksi.panakkukang@gmail.com. Naskah yang layak akan akan dimuat di edisi mendatang.

40

Panakkukang Panakkukang Makassar Makassar Metropolitan Metropolitan | PMM | PMM edisiedisi 10,11, Desember Januari 2014 2013

Foto-foto : Ist.

H

ati-hati dengan orang yang


Ombudsman

LSM pun Melapor Ke Ombudsman

B

ukan hanya orang per orang yang menjadi Pelapor/Pengadu di Ombudsman, lembaga swadaya masyarakat pun bisa menjadi Pelapor di Ombudsman. Salah satu LSM yang pernah melaporkan kasusnya ke Ombudsman Sulsel adalah LSM Pattiro Jeka. Pattiro adalah akronim dari Pusat Telaah dan Informasi Regional adalah LSM yang berbasis di Kabupaten Jeneponto yang consern pada advokasi kebijakan publik lokal. Pada tanggal 18 Desember 2012 silam, salah satu aktifis LSM Pattiro Jeka bernama Firmansyah Amal melapor ke Ombudsman Sulsel terkait ketidakjelasan pembentukan Komisi Pelayanan Publik (KPP) Jeneponto sebagaimana diamanahkan dari Peraturan Daerah No. 2 Tahun 2007 tentang Pelayanan Publik di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Jeneponto. Perda tersebut telah ditetapkan di Jeneponto pada tanggal 27 September 2007 dan telah ditandatangani oleh Bupati Jeneponto, Radjamilo, serta telah disebarluaskan melalui Lembaran Daerah Kabupaten Jeneponto Tahun 2007 Nomor 169. Pengaduan LSM Pattiro Jeka tercatat dengan nomor registrasi : 0035/ LM/XII/2012/MKS. Dua bulan berikutnya tepatnya pada hari Selasa 19 Februari

2013, tim Ombudsman Sulsel berkunjung ke wilayah Kabupaten Jeneponto untuk menindaklanjuti laporan/pengaduan dari aktifis Pattiro Jeka. Ada dua sasaran kunjungan kerja saat itu yakni Kantor Bupati Jeneponto untuk menemui pimpinan tertinggi di tingkat pemerintah kabupaten dan di Kantor DPRD Jeneponto. Ketika berkunjung ke Kantor Bupati Jeneponto, para petinggi pemerintah kabupaten sedang tidak berada di tempat. Akhirnya Tim Ombudsman Sulsel memilih Kepala Bagian Hukum Pemkab Jeneponto, Halsyamsi SH untuk mendiskusikan pengaduan LSM Pattiro Jeka. Dari informasi Halmsyamsi, SH bahwa hasil telaah staf sudah sampai ke meja Bupati Jeneponto dan sudah mendapat persetujuan untuk dilanjutkan. Selanjutnya tinggal menunggu tindak lanjut dari Sekretaris Daerah untuk dibuatkan Surat Keputusan pengangkatan panitia seleksi. Rencana alokasi dana untuk proses seleksi anggota Komisi Pelayanan Publik (KPP) sebesar RP 300 juta. Selanjutnya Tim Ombudsman Sulsel mengunjungi Kantor DPRD Jeneponto untuk mendapatkan keterangan terkait implementasi Peraturan Daerah No. 2 Tahun 2007 yang mengamanahkan pembentukan Komisi Pelayanan Publik (KPP). Tim Ombudsman Sulsel diterima

Wakil Ketua DPRD Jeneponto, Syamsuddin Karlos. Selanjutnya pihak DPRD berjanji akan menindaklanjuti pengaduan Pattiro Jeka ke Ombudsman sesuai kewenangan DPRD sebagai pengawas pemerintah kabupaten. Selain pertemuan dan kunjungan kerja secara formal, juga disertai pembicaraan secara informal. Salah satu pembicaraan informal yang terjadi adalah ketika salah seorang Asisten Ombudsman Perwakilan Sulsel bertemu dengan Sekretaris Daerah Pemkab Jeneponto ketika itu yakni Ikhsan Iskandar di Bandara Sengkareng, Jakarta. Saat itu secara kebetulan satu pesawat dari Makassar ke Jakarta dan Asisten Ombudsman menyempatkan mendekati Ikhsan Iskandar untuk mendorong agar segera dibentuk Komisi Pelayanan Publik sebagai amanah Perda No. 2 Tahun 2007. Setelah perhelatan pemilihan Bupati/ Wakil Bupati Jeneponto digelar, akhirnya pemerintah Kabupaten Jeneponto pun menggelar pula seleksi calon komisioner Komisi Pelayanan Publik (KPP) di bulan Desember 2013. Ini adalah hasil perjuangan panjang para aktifis sosial di Jeneponto utamanya oleh aktifis LSM Pattiro jeka yang dibantu didorong oleh Ombudsman Sulsel. Komisi Pelayanan Publik (KPP) Jeneponto sebagaimana diatur dalam Peraruran Bupati Nomor 8 Tahun 2008 beranggotakan lima orang komisioner yang berasal dari unsur akademisi, pemerintah daerah, LSM, Tokoh Masyarakat dan Pers (Pasal 5 ayat 1). Struktur organisasi KPP Jeneponto terdiri dari seorang Ketua merangkap anggota, seorang wakil ketua merangkap anggota, dan tiga orang anggota yang dipilih dari dan oleh anggota Komisi (Pasal 7 ayat 1). Masa jabatan anggota KPP Jeneponto selama tiga tahun dan dapat dipilih kembali untuk satu kali masa jabatan periode berikutnya (Pasal 8 ayat 1). Penulis : Muslimin B. Putra (Asisten Ombudsman Sulsel, Bidang Pencegahan). Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 11, Januari 2014

41


IT & Gadgets

5 Tips Agar Tak Jadi ‘Korban’ di Dunia Maya Maka, jangan pernah umbar hal apapun mengenai diri Anda yang sekiranya tak pantas dikonsumsi publik. Jika tidak, maka nasib Anda mungkin akan benar-benar sial.

Foto-foto : Ist.

B

42

anyak orang tak sadar apa yang dilakukannya dalam dunia maya bisa berakibat fatal di dunia nyata. Seperti cyberbullying misalnya, tindakan ini bisa terjadi lantaran tak adanya kepekaan dari sang korban sendiri. Padahal, hal seperti ini seharusnya bisa dihindari dan dicegah jika tindakan preventif dan hati-hati dilakukan saat berselancar di dunia maya. Namun, karena sangat sedikit sekali kesadaran yang muncul, seringkali hal ini diremehkan. Efek cyberbullying sendiri kalau boleh dibilang memang sangat berbahaya. Ada yang merugi secara materi, ada pula yang dipermalukan hingga ambil jalan pintas dengan cara bunuh diri. Oleh karenanya, sebelum hal ini terjadi pada Anda atau orang yang Anda sayangi, lebih baik lakukan beberapa langkah berikut ini yang disadur dari pendapat Sameer Hinduja, Ph.D. dan Justin W. Patchin, Ph.D., ahli dan pemerhati cyberbullying.   1. Perbanyak informasi Untuk mencegah tindakan cyberbullying, ada baiknya Anda harus memahami terlebih dulu apa itu cyberbullying. Peneliti sendiri sudah banyak membicarakan tentang apa itu cyberbullying dan kapan saja bisa terjadi.

Efek cyberbullying sendiri kalau boleh dibilang memang sangat berbahaya. Ada yang merugi secara materi, ada pula yang dipermalukan hingga ambil jalan pintas dengan cara bunuh diri. Oleh karenanya, lebih banyak lagi menggali informasi tentang ini dan komunikasikan dengan beberapa teman yang mungkin pernah mengetahui atau mengalaminya. 2. Lindungi privasi  Informasi pribadi mengenai password dan data diri lainnya memang tak boleh diketahui oleh banyak orang. Cukup Anda dan Tuhan saja yang tahu mengenai hal ini.

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 11, Januari 2014

3. Jangan pernah buka konten 'abu-abu' Saat ini orang tak bertanggung jawab memiliki banyak cara untuk menjebak korbannya agar mau membocorkan data pribadinya. Salah satu caranya, dengan memberikan jebakan lewat konten seperti ini. Jika menerima email atau pesan dari orang yang tak Anda kenal, terlebih dari orang yang memiliki reputasi buruk, lebih baik jangan dibuka. Langsung saja hapus konten ini agar Anda tak terancam.   4. Tingkatkan kewaspadaan Seringkali korban tak menyadari bahwa kelalaian merekalah yang jadi penyebab utama aksi cyberbullying itu sendiri. Mereka biasanya seenaknya sendiri melakukan segala aktivitas di dunia maya tanpa berpikir ke depan tentang efek yang akan terjadi pada dirinya sendiri. Oleh karena itu, mulai perhatikan apa yang akan Anda lakukan. Baik itu dalam hal berteman, menulis komentar, atau memasukkan indentitas pribadi, semuanya harus dipikirkan dengan matang sebelum dilakukan.    5. Jangan jadi cyberbully Perlakukan orang lain dengan perlakuan yang ingin Anda dapatkan dari orang lain. Jangan jadi bully bagi orang lain kalau Anda tak ingin dibully. Ingat, hukum karma itu ada! *** (*/rus).


Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 11, Januari 2014

43


Preschool

Greensville Montesori

“Sejak belajar di Montesori, anak saya lebih mandiri dan lebih santun,” tutur dr.Hidajah Said, orang tua siswa. Penasaran dengan ungkapan bu dok­ ter muda ini,

“Selama ini kami mengasah potensi dan ke­te­rampilaan anakanak tidak hanya untuk mendapatkan mereka melalui sekolah tetapi untuk mempersiapkan mereka untuk hidup.”

kami pun menyambangi sekolah yang dimaksud. Pagi itu, sepintas tak ada yang menarik dari sekolah Greensville Montessori yang berada di bilangan Jl. Hertasning Makassar. Suasana pun sepi. “Maaf para siswa lagi libur,jadi tidak ada aktivitas belajar mengajar. Januari baru masuk lagi,” kata Maria Gayla Escamillas, pimpinan sekolah tersebut didampingi teacher Ika. Menurut Maria, sekolah yang dibinanya mulai jenjang play group, TK, hingga kelas 3 SD. Dibandingkan dengan sekolah lain, tambah Maria, pihaknya lebih menekankan proses belajar mengajar de­ngan metode

44

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 11, Januari 2014

khas Montessori: otentik dan filsafat. “Selama ini kami mengasah potensi dan keterampilan anak-anak tidak hanya untuk mendapatkan mereka melalui sekolah tetapi untuk mempersiapkan mereka untuk hidup,” jelasnya. Selain itu, tambah teacher Ika, pihaknya juga menepis persepsi orang bahwa sekolah ini adalah sekolah agama tertentu. “Justru di sini kami menerima siswa dengan latarbelakang agama dan suku yang berbeda sehingga ditumbuhkan rasa kebersamaan dan menghargai satu sama lainnya,” katanya. Sekolah yang memiliki motto “Kami menyediakan anak kunci;dan anak yang membuka pintu” ini merancang penerapan kurikulum yang ditujukan untuk merespon selera mental anak, memberikan kebebasan untuk memilih dan menekankan kreativitas, imajinasi dan keterlibatan aktif dalam pembelajaran. “Agar hal ini terjadi, anak-anak harus memperoleh keterampilan dasar yang diperlukan, karena ini adalah alat penting untuk pengembangan lanjutan,” jelas Maria. Sedangkan fungsi guru sebagai fasilitator dan konsultan. Mereka membuat kegiatan dan situasi yang akan membantu merangsang minat anak-anak dan rasa ingin tahu dalam lingkungannya. (*/rus).

Foto-foto : dok. Montesori

Ajari Kemandirian dan Pluralisme Sejak Dini


Foto : Ist

Parenting

Orangtua Takut Lingkungan yang Mempengaruhi Anaknya??? Yakin??

B

anyak orangtua selalu menyalah­ kan lingkungan yang membuat anaknya jadi tidak benar. Anaknya jadi lebih berani melawan karena lingkungan, gaya bicaranya lebih keras karena lingkungan dan masih banyak lagi yang bisa mengkambinghitamkan lingkungan.  Tetapi kemarin ada obrolanku de­ ngan seorang teman yang membawa anaknya cari sekolah yang lumayan jauh dari rumahnya. Terus saya tanya “kenapa dengan sekolahnya yang sekarang?”. Jawabannya sederhana “karena teman anak-anaknya pindah”. Wow, excited sekali anaknya pindah sekolah bukan karena sekolahnya yang jauh lebih bermutu, bukan sekolahnya yang secara kualitas memang pantas diperjuangkan, namun hanya karena pengaruh temannya. Dan tanpa disadari orangtua, orangtua bukannya telah memfasilitasi anaknya untuk terpengaruh oleh lingkungan? Kita coba lihat faktanya ya : • orangtua yang tadinya tidak pakai BB jadi pakai BB karena sekitarnya

pakai BB. orangtua yang sekarang rambutnya dikuning-kuningkan karena temantemannya semir kuning. • orangtua yang ketagihan hangout di cafe-cafe karena lagi trend arisan dan reuni. • orangtua yang sibuk ganti PP dengan gambar karikatur semua pakai karikatur. Pertanyaannya apakah kita bukan terpengaruh lingkungan? Ya saya termasuk orangtua yang dikomplain sama Matthew tentang BB, dimana dulu saya merasa kenapa orang pakai BB itu seperti orang gila yang ketawa ketiwi sendiri? Tetapi akhirnya sekarang saya pakai BB, namun yang saya pegang prinsipnya adalah tetap perlihatkan ke mereka dan buktikan ke mereka bahwa saya bisa bertanggung jawab atas pilihan saya, dan itu yang saya tekankan. Kita ini makhluk sosial yang butuh lingkungan, dan pesanku adalah bukan lingkungan yang mempengaruhimu melainkan ka­ mu­lah yang membuat lingkunganmu menjadi lebih baik. •

Sobat orangtua, tolaklah jika hasil pertimbangan kita masih lebih kuat, tidak semua yang diinginkan anak harus dipenuhi, tegakkan wibawa sebagai orangtua, tentunya dengan memberikan ruang kepada anak untuk diskusi dan jika dalam diskusi memang ada alasan yang bisa diterima dan anak mengerti menerima segala konsekuensinya.

salam smile, Melly Kiong

Panakkukang Panakkukang Makassar Makassar Metropolitan Metropolitan | PMM | PMM edisiedisi 10,11, Desember Januari 2014 2013

45


Sekolah

SMA Negeri 17 Makassar

Mengukir Prestasi, Merajut Asa

P

agi itu, 18 Desember 2013, cuaca mendung menyambut kami saat bertandang ke SMA Negeri 17 Makassar. Suasana nampak sepi, ruang kelas kosong. Hanya beberapa siswa lalu

Drs.Mustari M.Si

46

lalang, lainnya asyiklatihan musik. Namun cuaca pagi itu berbanding terbalik dengan prestasi sekolah yang berlokasi di bilangan Jalan Sunu 11 itu. “Siswa kami tahun lalu mendapat nilai ujian akhir atau NEM tertinggi di Sulsel,” ungkap Drs.Mustari M.Si, Kepala Sekolah (Kepsek) SMA Negeri 17 Makassar, mengawali pembicaraan kami.   Sejak didirikan pada 1992, sekolah ini merupakan unggulan di Sulawesi Selatan dengan status RSBI (rintisan sekolah berstandar internasional). Bahkan pasca keputusan MK yang meniadakan status sekolah RSBI di Indonesia, sekolah ini pun tak terpengaruh. “Status RSBI boleh sudah dikubur. Tapi ‘roh’ nya tetap kami hidupkan karena kami merasa spiritnya selama ini banyak memberi kontribusi terhadap

peningkatan prestasi akademik siswa dan hasilnya telah terbukti,” jelas Mustari.        Agaknya, tak heran bila sekolah ini berperdikat unggulan. Pasalnya, para siswa yang diterima pun memang ‘unggulan’ di sekolahnya masing-masing. “Ibarat bibitnya sudah unggul, kami sisa ‘memoles’ mereka agar outputnya nanti bisa tambah unggul,” tutur Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) bidang kurikulum, Drs. Sukirman,MM. Sejak penerimaan siswa, lanjut Sukirman, sekolah ini menerapkan seleksi yang ketat. Misalnya calon siswa yang mendaftar harus memilki nilai rapor 7,5 sebagai syarat untuk mengikuti tes tertulis. Namun, meski setelah lulus jangan gembira dulu, karena masih harus menunggu hasil nilai UAN yang bersangkutan harus mencapai standar nilai yang dipersyaratkan. Selain itu, sekolah ini selalu mendorong efektifitas proses belajar mengajar (PBM), dimana para guru yang akan mengajar sudah harus


Sekolah

Foto-foto : Armin Sulfikar Yahya

memiliki rencana pembelajaran yang di setujui wakasek kurikulum dan kepala sekolah. “Jadi tidak ada guru yang mengajar tanpa persiapan atau tiba masa tiba akal,” tandasnya. Begitu juga, ungkap Sukirman, pihaknya menerapkan penilaian prestasi siswa yang obyektif, serta adanya remedial dan pengayaan pasca evaluasi hasil ulangan harian.

Seabrek Eskul Tidak hanya urusan akademik sekolah ini unggul, tapi di kegiatan eskul pun para siswanya kerap menyabet jawara. Hal itu terlihat dari deretan piala yang terpajang apik dalam lemari besar di ruang utama sekolah itu. “Kami mensupport dan memberi kebebasan para siswa mengembangkan bakat dan minatnya diluar jam sekolah,” tutur Hj.St. Rukaya, S.Pd,MM, staf guru yang membidangi kesiswaan. Sedangkan Ketua OSIS SMA 17 Makassar, Raihan Jolanda Putra, mengungkapkan setidaknya ada puluhan unit eskul diantaranya Paskibra 17, Marching Band Gema Suara 17 (MB 17), PMR 17, SeEDS (Seventeen English Debating Society), Mata 17 (Madingta' 17), KURMA 17 (Kerukunan Remaja Masjid 17), KAISAR 17 (Karya Tulis Ilmiah Remaja), BONSAI (Biologi Organisation Seventeen), SBBC (Seventeen Basket Ball Club), dan lainnya.  “Motto kami tiada event yang diikuti tanpa gelar juara,” ujar Raihan optimis yang juga diiyakan Dedi Bima Prastya (Ketua Paskibra) dan M.Asro Akjuma Pratama (Ketua Marching Band Gema Suara 17 Makassar). “Kami baru selesai LPJ pengurus supaya ada regenerasi yang membawa Marching Band sekolah kami berjaya di setiap event,” ujar Asro. *** (teks:rusman madjulekka, foto: Armin Sulfikar Yahya).

Dea Ambarwati Kusuma

Duta Baca Perpustakaan Sekolah

Drs.Sukirman,MM.

Dea Ambarwati Kusuma, ter­pi­­ lih sebagai Duta Baca pe­lajar  Makassar mewakili SMA Negeri 17Makassar, tahun 2012 yang digelar Perpustakaan kota Makassar.  Ia terpilih  karena selama ini aktifsebagai ketua SBLC  (Seventeen Book Lovers Club) di sekolahnya. Dea, begitu ia dipang­gil,  mem­ prakarsai kampanye membaca 15 menit di perpustakaan SMA 17 yang dicanangkan Kepsek Drs Mustari, M.Si, dengan menghadirkan pembicara DR H.M.Aswar Hasan, MSi, Bachtiar Adnan Kusuma. Putri pertama pasangan  Bachtiar  Adnan  Kusuma dan Ani Kaimuddin inisejak kelas 4 SDN Slipi 11 pagi aktif mengikuti lomba lomba. Alumnus SMP 6 Makassar ini masuk  ke  SMA  17  Makassar dan  aktif menjadi relawan membacadisekolahnya. Lalu, Dea bersama teman-teman­ nya  mendirikan komunitas baca deras, dan memimpin Trio Deras yang tampil bernyanyi dan berpuisi di ajang temu kepala perpustakaan seIndonesia.”Dengan membaca kita bisa membuka pintu cakrawala,” tutur siswa kelas XI IPA-3.**

Hj.St.Rukaya, S.Pd Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 11, Januari 2014

47


Cerpen

Antara Ego dan Suksesku

P

dikening mengantarkan aktifitasnya hari ini.  Ya.....dia  anak tetangga yang seumuran denganku. Saat itupun  seperti ada rasa iri didalam hati, tapi ”sudahlah” ! Dengan acuh tak acuh, aku menghilangkan kepenatan yang  mulai mengganggu fikiranku. Sejak beberapa tahun lalu, aku diantar ke tempat ini, berada jauh dari orangIlustrasi : Ist.

agi itu, aku telah rapi dengan pakaian dan sepatu  yang terikat rapi, dandanan sederhana dengan percaya diri yang cukup.  Aku mengambil  tas dan mulai meninggalkan ruangan ini.. Sembari membuka pintu pagar dan mulai melangkahkan kaki. Sejenak aku terdiam memandangi mereka, rangkulan penuh kasih sayang  serta kecupan hangat

48

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 11, Januari 2014

orang yang aku sayangi.... mengharukan rasanya, dipisah dengan orang tua seperti diasingkan kesuatu tempat yang tidak ada penghuninya, meskipun sebenarnya aku berada dalam keramaian kota . Untuk mereka yang jauh disana.., aku ingin mereka tahu bahwa  anak perempuan yang telah mereka antarkan beberapa tahun lalu untuk menuntut ilmu dikota, kini sangat merindukan  mereka, merindukan belaian kasih sayang  dari sang ibu dan kecupan hangat  dikeningku  dari ayah tercinta,  yang selalu mengawali hari dan mimpimimpi indah dalam lelap tidurku … Air matapun menetes ,…...hmmmm .. …. Tarik nafas, keluarkan …..tarik nafas, keluarkan perasaanku mulai tidak karuan . Dalam khayalku, aku berharap  mereka bisa ada disini, bersamaku. Aku rindu bersandar manja dipundak mereka “harapku berbisik lirih....” Terlintas dalam egoku, bahwa sebenarnya aku bisa pulang dan bertemu mereka kapan saja, tapi kufikir itu hanya akan mengecewakan mereka karena aku meninggalkan bangku perkuliahanku begitu saja . Betapa sulit dan besar perjuangannya  agar  aku juga bisa menuntut ilmu dijenjang bangku perkuliahan seperti anak seusiaku. Ya, bedanya saja, mungkin aku berasal dari keluarga yang pas-pasan. Tapi aku cukup Pede, bekal percaya diri dari orang tua. Karena Jika Egoku mengalahkanku, maka suksesku akan terus tertunda,..... “hmmmmm” ....tanpa terasa kutarik nafas panjang ……… Saat ku terdiam dalam lamunan, aku teringat pesan ibu .. “Man jadda wa jada, barang siapa yang bersungguh-sungguh, maka ia akan berhasil”.. “Bersungguh-sungguhlah dalam study mu nak, maka engkau akan berhasil dan sesegera mungkin ibu hadir dalam Prosesi wisudamu nanti, melihatmu memakai Topi hitam bertali”.. ku Aminkan setiap do’a dan


Cerpen ku berdering  dan segera kuangkat telephone. Yaa ! telephone dari HP mama… “iya, mama dimana ? nanda sudah dari tadi menunggu, nanda terus menghubungi mama tapi tak ada jawaban. Mama jadikan jenguk nanda ? Belum sempat terjawab pertanyaan itu, terdengar suara pria dengan suara tertahan dibalik HP genggamannya.. “hallo nak, ini ayah “ “oww ayah, ayah dimana ? jadikan jenguk nanda ? mama mana  yah ? kenapa  sms dan telpon nanda tidak dijawab ?,,” Perlahan dengan suara tertahan ayah berusaha menjawab pertanyaan itu. “ayah sedang di rumah sakit, mobil yang kami kendarai tadi tertabrak truk

Foto : Getty Iamges

pesan-pesan ibu . Sejenak  kulupakan dan  beranjak untuk  memulai aktifitas perkuliahan hari ini.. “hari ini kau terlihat aneh, kenapa ?  pelajaran pagi hari ini akuntansi,  semangat dong semangat” ujar salah seorang sahabatku. “ ah ? ow tidak aku baik-baik saja, namun hanya sedikit rindu pada ayah dan ibuku”  jawabku pelan sembari tersenyum padanya. Perkuliahan hari ini berakhir, penat pun mulai terasa. Aku terus melangkah menyusuri jalan pulang, tak terasa aku telah bertepi diruas jalan didekat taman. Kuraih HP disaku celanaku dan terlihat ada satu Pesan ....  Segera kubuka pesan itu.. *PESAN* From : beloved mother : “assalamu alaikum, adinda tercinta apa kabarmu ?" “Bagaimana untuk perjuanganmu hari ini nak ?" “semoga kamu sehat ya, hari ini ibu dan ayah juga  adikadikmu berencana untuk mengunjungimu, beristirahatlah nak, ibu sayang kamu."  Sungguh kabar yang membahagiakan, rasa rindu yang membuatku penat yang sejak tadi kurasakan terhapus sudah dan  berganti bahagia.. “syalalalalalalalala syalalalla” segera ku berlari, berlompat-lompat kecil dan bernyanyi riang dalam setiap  langkah…. Yeahhhhh “Ibu datang ………” Segera Kurapikan  kamarku, kubereskan pakaian dan buku-buku yang  berantakan , menyemprotkan  pewangi disetiap sudut ruangan agar mereka nyaman saat mengunjungiku .. “Ah rasanya sudah tak sabar “ ujarku sambil kukepalkan kedua telapak tanganku.. Sembari menunggu kedatangan mereka, sebaiknya aku mandi dan sedikit beristirahat...... Beberapa jam kemudian mereka belum juga datang, sudah berpuluh-puluh kali aku mengirim text messages dan telepon, tapi tak juga ada jawaban. Kuhilangkan fikiran-fikiran aneh dan terus menunggu. Sampai akhirnya HP

tronton  saat berjalan menuju rumahmu, adikmu mengalami sedikit luka-luka, sedang  mamamu yang duduk tepat disamping ayah terluka parah dan akhirnya tidak dapat tertolong . “maafkan ayah nak, maafkan, ini karena kecorobohan ayah" ujar ayah penuh  isak tangis penyesalan. Tubuhku kaku, jatuh  duduk meyender tembok, mulutku terkatup bisu. Kepala ini tiba-tiba terasa sakit tak tertahankan. Seluruh pandanganku hitam dan kepala  terasa mau pecah dengan adanya berita itu. suasana hening ….... Mata ini pelan-pelan mulai menatap jelas orang-orang disekelilingku. Ku lihat dengan pasti wajah-wajah itu. Tidak begitu jauh didepanku, terlihat seseorang sedang tetidur pulas dengan selimut yang menutupi seluruh tubuhnya .  Ayah menghampiriku dan berbisik pelan ditelingaku, “kamu harus sabar dan tabah, kamu harus

bisa menerima kenyataan ini nak"...... ”itu adalah ibumu nak , dia sudah tertidur untuk selama-lamanya”.. Sekarang hanya ada ayah yang menjagamu, mendengarkan semua keluh kesah dan terus mendidik dan membesarkan kalian.  Air mataku kembali tumpah. Dengan rasa tak percaya aku kehilangan kesadaran, Kudapati diriku sedang tertidur, hingga akhirnya aku bangun dengan Kecupan hangat dan suara lembut memanggil namaku……... “bangun nak",.. pelan sosok itu menjamah kepala dan menyandarkan bantal dikepalaku. “mama sudah datang bersama ayah dan adik-adikmu, membawa makanan kesukaanmu” Segera kupeluk erat sosok itu dengan air mata bercucuran deras dipipiku, aku terus menciuminya.  “Terima kasih telah benar-benar membangunkanku dari mimpi buruk itu”... semakin erat aku memeluk. “Aku mencintamu mama, aku menyayangimu, betapa tidak berartinya hidupku tanpamu, jangan pernah meninggalkanku".  “Aku berjanji akan menyelesaikan studyku dengan baik, agar sesegera mungkin kalian hadir dalam prosesi wisudaku nanti, melihatku memakai Topi hitam bertali (Toga). Bersama-sama kembali pulang ke daerah dan menceritakan kepada mereka, betapa nikmatnya menjadi seseorang yang berpengetahuan. Hingga akhirnya kelak aku kembali meninggalkan ayah dan ibu demi tugas dan pengabdianku terhadap Negara. Aku bernafas lega, menikmati kebersamaan hangat Bersama keluargaku, dan kejadian buruk itu hanyalah mimpi , ditengah istrahatku menunggu mereka.

Penulis : Ainun Dwi Rismayani

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 11, Januari 2014

49


Pemenang "Lucky Face" Matahari Mall Panakkukang bulan ini

Kepada konsumen yang beruntung (yang wajahnya dilingkari) silahkan menghubungi Kasir Matahari Dept. Store Mall Panakkukang

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 11, Januari 2014 50untuk mendapatkan hadiah.


TARGET

DISTRIBUSI

TRANSPORTASI Semua Lounge di Bandara Hasanuddin Garuda Airlines Executive Lounge – Bandara Hasanuddin Garuda Airlines – Jl. Slamaet Riyadi Agus Tour & Travel – Jl. Nusantara Tx Travel – Jl. Nusantara Sanatana Tour & Travel – Jl. Sulawesi Duta Tour Jumantara – Jl. Sulawesi Caraka Travelindo – Jl. Dr.Wahidin Sudirohusodo Agung Wisata Tour – Jl. Pattimura Mauraga Travel – Jl. Ujung Pandang Cakra Wisata Tour & Travel – Jl. Penghibur Lion Air - Jl. Jend Ahmad Yani Dewi Wisata Travel – Jl. St. Hasanuddin Terminal Ticket - Jl. Dr. Sam Ratulangi Ticket Tour & Travel – Jl. Haji Bau Victory Travel – Jl. Kumala Terminal Ticket – Jl. Gn. Latimojong Anzho Timoho Travel – Jl. Lanto Dg. Pasewang Lestari Tour & Travel - Jl. Gn. Merapi Fortuna Travel – Jl. Tinggi Mae Merpati – Jl. Gn. Bawakaraeng Limbunan - Jl. Gn. Bawakaraeng Suita Tours n Travel - Jl. Gn. Bawakaraeng Hakata Tour & Travel – Jl. Penghibur Manorian Travel – Jl. Cendrawasih Patapulo Tours & Travel – Jl. A. P. Pettarani Manorian Tours & Travel - Jl. A. P. Pettarani PT. Mersalina Tours & Travel - Jl. Pengayoman PT. Tama Tours - Jl. Pengayoman Citylink Avia – Jl. A. P. Pettarani Sriwijaya Air – Jl. Boulevard Talenta Tour & Travel - Jl. Boulevard Air Asia - Jl. Boulevard Maharani Tour & Travel – Jl.Gn. Bawakaraeng Panakkukang Travel - Jl. Boulevard Boulevard Travel - Jl. Boulevard Mitra Sejati Travel – Jl. Adhyaksa Ziar Tour & Travel - Jl. Adhyaksa Travel Agus – Jl. Hertasning Merpati Nusantara KCP Hertasning - Jl. Hertasning Jalan-jalan Bersama Tour & Travel - Jl. Hertasning Tiva Travel – Jl. Adhyaksa PT. Stars Travel – Jl. Abdullah Dg. Sirua TX Travel Perintis – Jl. Perintis Kemerdekaan ASURANSI Astra Credit Companies – Jl. Dr. Sam Ratulangi Garda OTO - Jl. Dr. Sam Ratulangi Asuransi Jasindo - Jl. Dr. Sam Ratulangi Jasa Raharja - Jl. Dr. Sam Ratulangi PT. Equity Life Indonesia - Jl. Dr. Sam Ratulangi Asuransi Ramayana - Jl. Dr. Sam Ratulangi Askrindo – Jl. Kakatua PT. ACA – Jl. A. Mappanyukki PT. Avrist Assurance – Jl. St. Hasanuddin Allianz - Jl. A. P. Pettarani (Ruko Diamond) BFI Finance - Jl. Pengayoman Kop. Inti Megah Syariah - Jl. Adhyaksa DSF Dipo Star Finance – Jl. Pengayoman FASHION Jakarta Tailor & Textil – Jl. Pengayoman FINANCE Bank Bukopin – Jl. Slamet Riyadi BCA – Jl. Jend Ahmad Yani Bank Danamon - Jl. Jend Ahmad Yani CIMB Niaga - Jl. Jend Ahmad Yani OCBC NISP - Jl. Jend Ahmad Yani Bank Mega - Jl. Jend Ahmad Yani Bank Artha Graha - Jl. Jend Ahmad Yani BRI - Jl. Jend Ahmad Yani Bank Muamalat – Jl. Dr. Sam Ratulangi Bank Mandiri – Jl. Kartini Bank BTN - Jl. Kajaolalido Bank PANIN - Jl. Dr. Sam Ratulangi Bank Perkreditan Rakyat - Jl. Pengayoman Bank Panin – Jl. Pengayoman (Pasar Segar) BII - Jl. Pengayoman (Pasar Segar) Bank Perkreditan Rakyat - Jl. Pengayoman (Pasar Segar) Bank BNI – Jl. Perintis kemerdekaan Robobank – Jl. Jend. Ahmad Yani Bank BNI Syariah – Jl. Veteran Selatan Bank Mandiri – Jl. Veteran Selatan Bank Panin - Jl. Veteran Selatan Bank Danamon - Jl. Veteran Selatan Bank BRI - Jl. Veteran Selatan Bank BII - Jl. Veteran Selatan FOOD & DRINK Semua Cafe di Bandara Hasanuddin Makassar Suki – Jl. Bali Brothers Coffee – Jl. Kumala Phoenam – Jl. Jampea

Black Canyon – Jl. Pattimura Emerald Cafe – Jl. Ujung Pandang Dapur Sulawesi – Jl. Ujung Pandang Istana Laut – Jl. Datumuseng Imperial Star Restaurant - Jl. Datumuseng Resto Hade - Jl. Lamaddukelleng Kareba Resto – Jl. Penghibur Losari Beach Inn Cafe n Resto – Jl. Penghibur SOHO - Jl. Jend Ahmad Yani Abe Cafe dan Resto - Jl. Jend Ahmad Yani De Luna Cafe & Resto - Jl. Jend Ahmad Yani Mam’s Cafe – Jl. Lagaligo Madam Wong Resto - Jl. Lagaligo Ben’z Cafe – Jl. Kajaolalido Pisa Kafe - Jl. Bontolempangan Zodiac Cafe & Resto - Jl. Bontolempangan Dunkin Donuts - Jl. St. Hasanuddin Bengkel Kopi - Jl. St. Hasanuddin Starbucks – Mal Ratu Indah Tator - Mal Ratu Indah Black Canyon - Mal Ratu Indah Pizza Hut - Mal Ratu Indah JCO - Mal Ratu Indah My Kopi O - Mal Ratu Indah Kios Lagaligo – Jl. Arif Rate Smile Hotel & Resto – Jl. Muchtar Lufti Numero Uno Cafe n Resto – Jl. Dg. Tompo Kios Lagaligo – Jl. Kumala Cafe Enak-Enak – Jl. Lanto Dg. Pasewang Restaurant Bambuden – Jl. Gn. Latimojong Pizza Ria Cafe - Jl. Gn. Latimojong Restaurant Pualam – Jl. Penghibur Balleza – Jl. Penghibur Coffe Break Cafe – Jl. Cendrawasih Kedai Kita – Jl. Landak Roemah Kopi Coffee - Jl. A. P. Pettarani (Ruko Diamond) Kopi Q Cafe - Jl. A. P. Pettarani (Ruko Diamond) Rally Cafe - Jl. A. P. Pettarani (Ruko Diamond) New Kaisar Resto & Cafe – Jl. Sultan Alauddin RM. Wong Solo – Jl. Sultan Alauddin Kios Lagaligo - Jl. Pengayoman The Poject Coffe – Jl. Pengayoman Brother Coffee Cafe - Jl. Pengayoman Pizza Ria Cafe - Jl. Boulevard Warung Cobek-cobek - Jl. Boulevard Kafe Baca – Jl. Adhyaksa Coffe Lovers – Jl. Hertasning Toko Kue Mama – Jl. Bougenville Kopi Tiam – Mall Panakkukang Excelso - Mall Panakkukang Roppan - Mall Panakkukang Solaria - Mall Panakkukang Kopi Oey - Jl. Topaz Raya RM. Ulu Juku – Jl. Recing Centre Buana – Jl. Urip Sumoharjo Woodsy Gab - Jl. Urip Sumoharjo Coffe Toffe – Jl. Perintis Kemerdekaan HOTEL Hotel Clarion – Jl. A. P. Pettarani Hotel Aryaduta – Jl. Penghibur Hotel Makassar Mulia – Jl. Nusantara Hotel Beril Nur – Jl. Nusantara Grand Populer Hotel – Jl. Sulawesi Hotel Grand Palace – Jl. Tentara Pelajar Hotel Dinasti – Jl. Lombok Hotel Century – Jl. Timor Hotel Mangga Dua – Jl. Tanimbar Hotel Lestari – Jl. Savu Hotel Lamacca – Jl. Pettarani Hotel Yasmin – Jl. Jampea New Legend Hotel – Jl. Jampea Hotel Tiara Sari – Jl. Bali Hotel Pantai Gapura – Jl. Pasar Ikan Makassar Golden Hotel – Jl. Pasar Ikan Hotel Quality – Jl. Somba Opu Losari Beach Inn Hotel – Jl. Penghibur D’Bugis Ocean Hotel – Jl. Penghibur Hotel Istana Mas - Jl. Jend. Ahmad Yani Hotel Singgasana – Jl. Kajaolalido Hotel Citra Wisata – Jl. Bontolempangan Hotel Pacific Makassar - Jl. Bontolempangan Hotel Venus Kencana - Jl. Bontolempangan Hotel Lydiana - Jl. Bontolempangan Hotel Delta – Jl. St. Hasanuddin Hotel Grand Wisata - Jl. St. Hasanuddin Hotel Celebes - Jl. St. Hasanuddin Hotel Lestari Permai – Jl. Karunrung Hotel Valentino – Jl. Dr. Sutomo Hotel Horison – Jl. Jend. Sudirman Hotel SAS - Jl. Jend. Sudirman Hotel Sahid Jaya – Jl. Dr. Sam Ratulangi The Banua Hotel – Jl. Haji Bau Losari Metro Hotel – Jl. Chairil Anwar Kenari Tower Hotel – Jl. Yoseph Latumahina Hotel Asyra – Jl. Maipa Hotel Mercure – Jl. Dg. Tompo Hotel Surya - Jl. Dg. Tompo Hotel Alden – Jl. Lasinrang

Hotel Favor - Jl. Lasinrang Hotel Bungaya – Jl. Letjen Mappaodang Hotel Taman Marannu – Jl. Baji Gau Hotel Baji Gau - Jl. Baji Gau Hotel Astika Puriwisata – Jl. Lanto Dg. Pasewang Hotel Grand Celino - Jl. Lanto Dg. Pasewang Hotel Maricaya – Jl. Kijang Hotel Coklat – Jl. Onta Lama Hotel Vindhika – Jl. Gn. Merapi Mega Inn Hotel – Jl. Lompobattang Hotel Celebes Indah – Jl. Gn. Latimojong Hotel Mustika Sari - Jl. Gn. Latimojong Hotel Aswin - Jl. Gn. Latimojong Hotel Harapan – Jl. Sungai Poso Hotel Santika – Jl. Sultan Hasanuddin Hotel Aston - Jl. Sultan Hasanuddin Hotel Permata – Jl. Andi Tonro Hotel Scarlet – Jl. Bonto Manggepe Hotel Mario Inn – Jl. Bonto Sunggu Hotel Jade – Jl. A. P. Pettrani (Ruko Diamond) Hotel Jolin – Jl. Pengayoman Hotel Istana – Jl. Sungai Saddang Hotel Bonto Cinde - Jl. Sungai Saddang Capital Hotel – Jl. Pengayoman Hotel Gladiol - Jl. Pengayoman Hotel Al-Badar - Jl. Pengayoman Hotel Pengayoman - Jl. Pengayoman Hotel Grand Town - Jl. Pengayoman Hotel Royal - Jl. Pengayoman Hotel Asia - Jl. Pengayoman Hotel Anugrah - Jl. Pengayoman Hotel Denpasar - Jl. Boulevard Hotel Panakkukang - Jl. Boulevard JL Star Hotel - Jl. Boulevard Aswin Inn Hotel - Jl. Boulevard Hotel Boulevard - Jl. Boulevard Swiss Bell Inn Hotel - Jl. Boulevard Pondok Green Adhyaksa – Jl. Adhyaksa Continent Centre Point Hotel - Jl. Adhyaksa Hotel Diamond – Jl. Adhyaksa Hotel Genesis - Jl. Adhyaksa Hotel Adhyaksa - Jl. Adhyaksa Hotel Hertasning – Jl. Hertasning Pondok Modern - Jl. Hertasning Akik Hijau – Jl. Adhyaksa Amaris Hotel – Jl. Bougenville Hotel Bali – Jl. Sungai Pareman Andrin Hotel – Jl. Penjernihan Air Hotel Anugrah 2 – Jl. Pengayoman Hotel Trisula – Jl. Topaz Raya Hotel Sulawesi - Jl. Topaz Raya Hotel Parade Guest House - Jl. Topaz Raya Avira Hotel – Jl. Adhyaksa Hotel Tree – Jl. Pandang Raya Hotelku – Jl. Toddopuli Hotel Karezona - Jl. Toddopuli Hotel Toddopuli Mas - Jl. Toddopuli Hotel Jakarta – Jl. Ance Dg. Ngoyo Hotel Prima – Jl. Dr. Ratulangi Hotel Agus – Jl. Nusantara Hotel Kamanre – Jl. Perintis Kemerdekaan Hotel Paradiso - Jl. Perintis Kemerdekaan Hotel Angin Mamari – Jl. Somba Opu Hotel Permata – Jl. Andi Tonro Hotel Grand Imawan – Jl. Pengayoman Hotel Grand Platinum – Komp. Lily Hotel Max – Jl. Topaz Hotel Lynt – Jl. Hertasning KESEHATAN & KECANTIKAN Graha Celebes Spa – Jl. Sulawesi Salon Jessipin – Jl. Sawerigading Salon Wan’z – Jl. Bali Salon Wendis – Jl. Pasar Ikan Drg. Handojo WT – Jl. Lamaddukelleng Miracle Aesthetic Clinic - Jl. Lamaddukelleng Suriani Bridal House – Jl. Pasar Ikan Salon Ebony – Jl. Lagaligo Poetri Spa - Jl. Lagaligo My Place Spa & Health Club – Jl. Kajaolalido Maystar Beauty Salon - Jl. Bontolempangan Salon Masita - Jl. Bontolempangan Salon Sayonara – Jl. Karunrung Salon Sayonara – Jl. Bau Massepe Ratulangi Medical Centre - Jl. Dr. Sam Ratulangi Salon Mahkota – Jl. Kumala Impression – Jl. Gn. Batu Putih RSB Restu – Jl. A. Mappanyukki Angel Bridal Make Up - Jl. Gn. Latimojong Lab. Prodia – Jl. Batu Putih Lab. Prodia – Jl. Boulevard De Salon - Jl. Sungai Saddang Salon Fifie Violina - Jl. Sungai Saddang House Of Dura - Jl. Sungai Saddang Le Bliss Spa – Jl. Sultan Hasanuddin Hermin Salon - Jl. Sultan Hasanuddin Mejile Spa - Jl. A. P. Pettarani (Ruko Diamond) Sing She Tong Ji Medistra - Jl. A. P. Pettarani

(Ruko Diamond) Lyraas Skin Care - Jl. A. P. Pettarani (Ruko Diamond) Metro Spa – Jl. Pengayoman Diamond Fitnes Centre - Jl. A. P. Pettarani (Ruko Diamond) Finari Medical Centre – Jl. Boulevard Natasha Skin Care – Jl. Pengayoman Erha Clinic Makassar - Jl. Pengayoman Salon Hermin - Jl. Pengayoman Klinik Lacasino – Jl. Adhyaksa Poetrie Spa – Jl. Pengayoman The Secret’s Spa – Mall Panakkukang Rudy Hady Suwarno - Mall Panakkukang Best Salon - Mall Panakkukang D’Spa & Refleksi – Jl. Bau Mangga Salon Yanti – Jl. Hertasning Johnny Andrean – Mall Panakkukang Salon Ungu – Jl. Adhyaksa Citra Kusuma Salon – Jl. Toddopuli Toko Jaya – Jl. Perintis Kemerdekaan Optik Internasional - Jl. Perintis Kemerdekaan JASA & PROPERTY Huebsch Laundry - Graha Celebes Spa – Jl. Sulawesi TIKI - Jl. Jend Ahmad Yani Mal Ratu Indah – Jl. Dr. Sam Ratulangi PT. Pegadaian – Jl. Hati murni PT. Dann – Jl. Lanto Dg. Pasewang IMB Group – Jl. A. Mappanyukki PT. Pegadaian – Jl. A. Mappanyukki Mr. KLIN – Jl. Sungai Saddang Glow Photo Studio - Jl. Sungai Saddang Gelael – Jl. Sultan Hasanuddin Shine Car Wash - Jl. A. P. Pettarani Outo Clean - Jl. A. P. Pettarani Martinizing – Jl. Sungai Saddang Astra Rent Car – Jl. Recing Centre KOMUNIKASI Indosat – Jl. Slamet Riyadi Smart FM – Jl. Nusantara Telkomsel - Jl. Kajaolalido ESIA – Jl. Bontolempangan Telkom Indonesia - Jl. A. P. Pettarani Flexi - Jl. A. P. Pettarani XL - Jl. A. P. Pettarani Sucofindo - Jl. Urip Sumoharjo KANTOR PEMERINTAHAN Kantor Walikota Humas Pemkot - Jl. Jend Ahmad Yani Kantor Gubernur – Jl. Urip Sumoharjo PENDIDIKAN Sekolah Athirah – Jl. Kajaolalido LIA - Jl. Dr. Sam Ratulangi Briton – Jl. Lagaligo FLUO - Jl. Gn. Latimojong STIA LAN - Jl. A. P. Pettarani Briton Pettarani - Jl. A. P. Pettarani (Ruko Diamond) Ahmad Dhani School Of Rock - Jl. A. P. Pettarani (Ruko Diamond) LIA – Jl. Boulevard OTOMOTIF PT. Draya Triputra (Honda) – Jl. Veteran Utara Nissan – Jl. A. P. Pettarani PT. Astra Internasional Daihatsu - Jl. Pengayoman Toyota - Jl. Urip Sumoharjo Bosowa - Jl. Urip Sumoharjo Daihatsu - Jl. Urip Sumoharjo Hyundai - Jl. Urip Sumoharjo Matramas (Yamaha) – Jl. Sultan Alauddin Toyota – Jl. Sultan Alauddin MEDIA LPP TVRI Sulsel – Jl. Kakatua Tribun Timur – Jl. Cendrawasih HIBURAN Happy Puppy Losari – Jl. Ujung Pandang E Club 3 – Jl. Ujung Pandang Bee Karaoke Keluarga - Jl. Gn. Latimojong Nav Karaoke Keluarga - Jl. Gn. Latimojong Scarlet Family Karaoke - Jl. Gn. Latimojong Happy Puppy Pettrani - Jl. A. P. Pettarani (Ruko Diamond) D Class Karaoke - Jl. A. P. Pettarani (Ruko Diamond) E Club – Jl. Boulevard Nav Makassar 02 - Jl. Boulevard Orange Karaoke - Jl. Boulevard Diva Karaoke – Jl. Pengayoman (Pasar Segar) FAM Family Karaoke – Jl. Perintis Kemerdekaan Inul Vista Perintis - Jl. Perintis Kemerdekaan Diva Karaoke - Jl. Perintis Kemerdekaan

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 11, Januari 2014

51


Majalah Panakkukang Edisi 11 | Januari 2014